Senin, 16 Oktober 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 RSS

Liputan6 : RSS2 Feed


NBA: Celtics Bukan Ancaman bagi Cavaliers

Posted: 16 Oct 2017 09:30 PM PDT

Shooting guard Cleveland Cavaliers, J.R. Smith, meremehkan Boston Celtics pada laga pembuka NBA 2017/2018 di Quicken Loans Arena, Rabu (18/10/2017) pagi WIB.

Smith menilai Celtics tidak akan memberi ancaman berarti bagi Cavaliers dalam pertandingan nanti. "Ada sejumlah perubahan penting di Celtics. Tapi mereka tidak mengintimidasi kami," ungkap juara NBA satu kali itu, dilansir SLAM.

Celtics menukar Avery Bradley dengan Marcus Morris musim panas lalu. Mereka juga melepas Isaiah Thomas, Jae Crowder, dan Ante Zizic untuk mendapatkan Kyrie Irving dari Cavaliers.

Perubahan tersebut membuat Cavaliers akan menghadapi tim berbeda pada pertemuan terakhir di play-off musim lalu.

Pada gim lima final wilayah timur, Mei silam, Celtics memulai pertandingan dengan Bradley, Crowder, Marcus Smart, Kelly Olynyk, dan Al Horford. Kini kemungkinan hanya Horford yang tetap menjadi starter. Dia bersanding bersama Irving, Gordon Hayward, Jaylen Brown, dan rookie Jayson Tatum.

"Sekarang mereka punya Kyrie. Tapi sebelumnya Celtics mengandalkan Isaiah. Sedangkan penukaran Avery dan Gordon membuat mereka lebih lemah dalam bertahan. Keseluruhan, Celtics tetap sama meski personelnya berbeda," ungkap Smith.

Cavaliers mengalahkan Celtics 4-1 untuk masuk final NBA musim lalu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rayakan Hari Bokong karena Bokong Besar Itu Sehat

Posted: 16 Oct 2017 09:30 PM PDT

Hari ini, 17 Oktober, ternyata dirayakan sebagai Hari Bokong Nasional di Amerika Serikat. Walau asal usulnya tidak jelas, tapi hari ini memang ditujukan untuk merayakan bagian tubuh tersebut.

Tak bisa dipungkiri, sekarang banyak para selebritas yang memiliki bokong besar yang penuh lekuk dan montok. Berbeda dengan beberapa dekade lalu, dimana tubuh wanita cenderung lebih kurus dan langsing, ala supermodel.

Para wanita berbokong besar bisa berterima kasih pada pesohor seperti Kim Kardashian, Beyonce, Jennifer Lopez, Rihanna, dan Nicki Minaj yang telah mempopulerkan bokong besar. Sekarang bahkan banyak wanita bertubuh langsing melakukan berbagai cara agar memiliki bokong besar dan sintal.

Dan ternyata, wanita berbokong besar memang lebih sehat, dan pintar. Kok bisa?

Sebuah studi dari Oxford University, Inggris, yang menganalisis data dari 16.000 wanita menemukan, wanita dengan bokong besar jauh lebih kuat melawan penyakit kronis.

Menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal Cell Metabolism, mengutip More FM, Selasa (17/10/2017), lemak di area bokong dan paha berperan sebagai penghadang penyakit jantung, diabetes, dan penyakit akibat obesitas lainnya.

Lemak di tubuh bagian bawah akan berfungsi seperti spons atau tempat penyimpanan, yang akan menghentikan lemak bergerak menunju organ internal. Hal ini membuat jantung dan paru-paru terlindungi.

Jadi, selama Anda menjalani pola hidup yang sehat, tidak perlu bersusah payah menyingkirkan lemak di bokong. Bahkan kalau perlu, jagalah bokong besar Anda agar selalu sintal dan berlekuk. 

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bayi 'Raksasa' Berbobot 7,1 Kg Lahir di Vietnam

Posted: 16 Oct 2017 09:30 PM PDT

Seorang ibu asal Vietnam mendapat kejutan yang tak pernah ia bayangkan sebelumnya. 

Pasca-melahirkan, ia tak menyangka bahwa anak yang ia lahirkan memiliki bobot yang tak biasa, yaitu 7,1 kilogram dan dianggap sebagai salah satu bayi terberat yang pernah dilaporkan lahir di negara tersebut.

Dikutip dari laman AsiaOne, Selasa (17/10/2017), kelahiran bayi 'raksasa' ini membuat wajah kedua orangtuanya berseri-seri. Peristiwa ini terjadi di sebuah provinsi bernama Vin Phuc Utara.

"Ketika dokter mengatakan anak saya memiliki bobot sekitar 7,1 kilogram, tentu semua tak dapat mempercayainya," ujar Tran Van Quan ayah dari bayi tersebut.

Saat menjalani proses pemeriksaan kandungan, dokter sudah mengatakan bahwa bayi yang dikandung oleh Nguyen Kim Lien akan terlahir dalam ukuran yang cukup besar.

Vu Thi Thu menggendong cucunya, Tran Tien Quoc di pusat kesehatan Vinh Tuong, provinsi Vinh Phuc, Vietnam, Minggu (15/10). Bayi yang lahir dengan berat 7,1 kilogram itu pun menjadi bayi terberat di negara Asia Tenggara. (LE PHUONG/AFP)

Dokter menyebut, beratnya bisa mencapai 5 kg. Namun, semua tak menyangka jika beratnya melebihi prediksi awal.

"Saat kami pergi berkemas untuk pulang, berat bayi kami bertambah menjadi 7,2 kg. Saya kira hal ini disebabkan oleh pakaian yang digunakan oleh bayi kami," ujar Quan.

Sang ayah mengatakan, bayi yang baru saja dilahirkan oleh istrinya bernama Tran Tien Quoc. Ia pun memastikan anak dan istrinya dalam keadaan sehat.

Seorang bayi laki-laki, Tran Tien Quoc (atas) sedang tidur di samping bayi laki-laki tidak dikenal di pusat kesehatan Vinh Tuong, provinsi Vinh Phuc, Minggu (15/10). Ibu asal Vietnam melahirkan bayi laki-laki itu dengan berat 7,1 kilogram. (LE PHUONG/AFP)

Tran Tien tak hanya menjadi satu-satunya bayi 'raksasa' yang lahir di Vietnam. Pada tahun 2008, negara tersebut sempat dihebohkan dengan kelahiran bayi dengan bobot 7 kg di provinsi Gia Lai.

Sementara itu, bayi terberat yang pernah dicatat oleh Guinness World Records terjadi pada tahun 1955 di Aversa Italia dengan berat 10,2 kg.

 

Kelahiran bayi 'raksasa' juga pernah terjadi di India tahun 2015. Seorang ibu di India melahirkan bayi terbesar di negaranya. Bobot buah hatinya itu hampir dua kali ukuran normal yakni 14,77 pon atau sekitar 6 kg.

Firdous Khatun, menyambut anak kesembilannya di Raja Ram Hospital Kalawati di Orai, Uttar Pradesh pada 5 November 2015 malam waktu setempat.

Petugas medis yang membantu persalinan Khatun terkejut bukan main, karena kelahiran bayi jumbo itu terbilang lancar. Dengan proses normal dan hanya memakan waktu singkat yakni sekitar 15 menit.

Para dokter di rumah sakit itu mengkonfirmasi bahwa bayi itu yang terbesar yang pernah ada.

"Dia adalah bayi ajaib. Selama 21 tahun aku bertugas, belum pernah aku melihat bayi sebesar itu," ucap Dr Anjana Gupta yang membantu persalinan Khatun seperti dikutip dari Daily Mail.

"Kami tak percaya bagaimana bayi sebesar itu bisa keluar dengan lancar dari rahim sang ibu. Meski bahunya sempat terjebak selama beberapa detik, dalam waktu 3 menit ia sudah berada di tanganku. Dia begitu besar, tidak pas di tangan. Dia bayi yang cantik," imbuh Dr Anjana.

Petugas medis mengungkapkan, meskipun si jabang bayi sempat mengalami masalah pernapasan pada awal, ia dan ibunya kini baik-baik saja.

Wanita 36 tahun yang memiliki bobot 77,5 kg itu baru kali ini melahirkan di rumah sakit. Kedelapan anaknya lahir di rumah, semuanya memiliki berat normal.

Kelahiran bayi terbesar di India ini terbilang aneh, sebab sang ibu tidak memiliki riwayat diabetes. Umumnya orok yang terlahir obesitas akibat masalah tersebut.

"Kami tidak tahu mengapa bayi yang begitu besar itu terlahir sehat, semuanya baik-baik saja," beber Dr Gupta.

Bayi jumbo itu akhirnya dirujuk ke RS Vatsalya dan dirawat di Unit Perawatan Anak. Dokter di rumah sakit sedang memantau perkembangannya selama lima hari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sudah Kurus, Tampilan Gracia Indri Makin Cetar Setelah Sulam Alis

Posted: 16 Oct 2017 09:29 PM PDT

Gracia Indri kembali terlihat mempercantik diri dengan melakukan sulam alis. Setelah sebelumnya mengaku sedang menurunkan berat badan yang membuatnya kurang percaya diri.

Dalam momentum di tengah proses cerai dengan personel Noah, David, Gracia terlihat menjadi semangat melakukan perawatan. Menurutnya, setelah sulam alis, seolah satu problematikanya dan seluruh perempuan selesai.

"Sulam alis ini benar-benar mengatasi masalah perempuan dan aku. Apalagi bentuk alis aku bermasalah karena tidak seimbang kiri dan kanan. Dan aku juga agak enggak pintar bikin alis, jadi butuh waktu lama tiap makeup," ujar Gracia usai melakukan sulam alis di Ali Tattoo Sulam di Cosmobeaute di JCC, Senayan akhir pekan lalu.

 

Gracia Indri sulam alis di Ali Tattoo Alis (Foto: Dok Ali Tattoo)

Setelah melihat hasilnya, Gracia mengaku puas. Mulai dari bentuk sampai pemilihan warna. "Jadi lebih pede dan enggak perlu makeup lama-lama lagi. Kalau alis sudah cetar Cukup alis dan lipstik saja," lanjutnya.

Sulam alis Gracia Indri dilakukan dengan teknik terbaru nano circling. Untuk mengoreksi bentuk wajah Gracia yang panjang dan sekarang lebih tirus, bentuk alis dibuat lebih lurus agar tidak terkesan tua.

Apa Anda tertarik sulam alis juga?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenpar Dukung PUTRI di Yogyakarta Genjot Pariwisata

Posted: 16 Oct 2017 09:28 PM PDT

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) sukses mendukung acara Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) dalam menggelar Forum Komunikasi Nasional 2017 di Sahid Rich Hotel Yogyakarta, pada 12 hingga 15 Oktober 2017.

Mengangkat Tema "Percepatan Pertumbuhan Destinasi Pariwisata yang Berkelanjutan untuk Kesejahteraan Masyarakat", Forum Komunikasi Nasional 2017 PUTRI merupakan ajang Pertemuan Nasional untuk meningkatkan pariwisata Indonesia dengan menghadirkan narasumber dari Kemenpar.



Ketua DPP PUTRI Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), GKR Bendara, mengatakan bahwa kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi media serta sarana yang tepat untuk mengangkat dan memperkenalkan destinasi wisata Indonesia kepada masyarakat Indonesia dan dunia, terutama wilayah Yogyakarta.

"Ini sebagai wujud implementasi dari seluruh anggota PUTRI dalam upaya mempromosikan potensi daerahnya dan memperkuat jejaring kerja sama untuk keberlanjutan pariwisata Indonesia, sekaligus sebagai ajang pertemuan untuk mencari solusi terkait permasalahan yang ada di dalam industri pariwisata Indonesia," ujar Bendara.



Lebih lanjut, ia mengatakan, dalam kegiatan tersebut diagendakan kegiatan RAKERDA DPD PUTRI Provinsi Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah, serta dilengkapi dengan penyelenggaraan PUTRI EXPO 2017.

Kegiatan yang diprakarsai DPD Yogyakarta tersebut diikuti seluruh anggota DPD PUTRI beserta stakeholders pariwisata Indonesia.

"Ini agar kekuatan serta potensi wisata yang dimiliki masing-masing daerah dapat terekspos dan menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik dan mancanegara untuk datang berkunjung," kata Bendara.



Wanita yang juga Putri Bungsu Sultan Hamengku Buwono X tersebut menambahkan, Forum Komunikasi Nasional 2017 PUTRI juga sebagai wujud implementasi seluruh anggota PUTRI dalam upaya meningkatkan, mengembangkan, dan mempromosikan pariwisata Indonesia, sekaligus sebagai sarana penyampaian informasi tentang kekuatan potensi destinasi wisata Indonesia.



"Kami harus memperkuat jejaring untuk keberlanjutan pariwisata Indonesia dalam rangka memajukan dan mengembangkan industri pariwisata Indonesia ke arah yang lebih baik dan berkelanjutan," ujar Bendara.

Kegiatan Forum Komunikasi Nasional 2017 tersebut dihadiri 400 peserta yang terdiri dari Pemerintah Daerah, taman rekreasi/objek wisata milik Pemerintah, Swasta, dan Perorangan, institusi pendidikan di bidang pariwisata, asosiasi di bidang pariwisata, industri perhotelan, usaha perjalanan wisata, jasa maskapai penerbangan, jasa kuliner, serta praktisi dan pemerhati di bidang pariwisata.



Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantar, Esthy Reko Astuti, mengatakan bahwa untuk terus mempromosikan pariwisata Indonesia, khususnya Yogyakarta, promosi perlu dibarengi dengan kesiapan tempat-tempat wisata untuk terus meningkatkan kualitas atraksi maupun fasilitas atau amenitasnya.



"Jangan sampai promosinya gencar, kemudian banyak wisatawan yang datang, tapi saat datang tidak menemukan sesuatu yang memuaskannya, sehingga yang malah muncul kekecewaan. Semua elemen harus bersatu untuk memberikan pelayanan yang baik kepada wisatawan," ucap Esthy, didampingi Kepala Bidang Promosi Perjalanan Insentif, Hendri Karnoza.

Ia melanjutkan, dengan bandara baru nanti, target wisatawan mancanegara (wisman) ke Yogyakarta pada 2021 adalah 15 juta wisatawan. Sekarang ini, kata Esthy, wisatawan mancanegara yang ke Yogyakarta baru 3 juta orang.

"Jadi butuh kerja keras dan kerja sama, serta promosi dari berbagai pihak," ujarnya.



Hendri menambahkan, kerja sama dan promosi itu harus dilakukan dengan koordinasi yang baik. Kekayaan destinasi wisata di Yogyakarta sangat komplet, mulai dari alam, budaya, sejarah, dan buatan manusia. 

"Semuanya memiliki daya tarik yang luar biasa. Bila kerja sama dan promisi dilakukan dengan baik, maka target-target akan lebih mudah dicapai," ucapnya.



Hendri melanjutkan, kegiatan Forum Komunikasi Nasional 2017 PUTRI ini bisa mensinergikan usaha taman rekreasi dengan wisata MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition), sehingga memberikan dampak share economy.

"Misalnya, kegiatan MICE dilakukan di taman rekreasi atau sebaliknya, MICE yang biasanya diadakan di hotel atau gedung bisa membawa pesertanya ke taman rekreasi. Ini akan memberikan nilai tambah, khususnya pemerataan ekonomi," kata dia.



Menteri Pariwisata, Arief Yahya, berharap PUTRI lebih inovatif dalam menarik minat kunjungan wisatawan ke obyek wisata yang dikelola, mengingat target pertumbuhan pariwisata tahun ini sebesar 20 persen, berarti empat kali lipat dari pertumbuhan perekonomian nasional. Percepatan akselerasi pun harus dilakukan dengan pendekatan great spirit dan grand strategi, yakni bagaimana mendapatkan hasil yang luar biasa dengan cara yang tidak biasa.

"Kita harus bangun spirit bahwa pariwisata Indonesia bisa mengalahkan pariwisata negara-negara pesaing di kawasan ASEAN. Pariwisata harus menjadi penghasil devisa utama bagi bangsa Indonesia," ujarnya.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persaingan Ketat, Penjualan Mobil Astra Naik Tipis

Posted: 16 Oct 2017 09:25 PM PDT

PT Astra International Tbk (ASII) mencatatkan penjualan mobil mencapai 44.911 unit sepanjang September 2017.  Hingga September 2017, penjualan mobil Astra mencapai 443.906 unit.

Mengutip data perseroan, Selasa (17/10/2017), penjualan mobil Astra turun 18,77 persen dari periode September 2016 sebesar 55.293 unit mobil.

Dibandingkan Agustus 2017, penjualan mobil perseroan juga tergelincir 14,31 persen dari 52.412 pada Agustus 2017 menjadi 44.911 pada September 2017.

Penjualan mobil mencapai 44.911 unit mendorong PT Astra International Tbk kuasai pangsa pasar kendaraan roda empat mencapai 51 persen pada September 2017. Total penjualan mobil perseroan mencapai 443.906 unit hingga September 2017.

Penjualan mobil Astra International naik tipis 5,39 persen menjadi 443.906 unit pada Januari-September 2017 dari 421.200 unit pada Januari-September 2016.

Di segmen mobil low cost green car (LCGC), PT Astra International Tbk mencatat penjualan 13.109 unit sepanjang September 2017. Angka ini turun 32,89 persen dari periode September 2016 di kisaran 19.535 unit.

Dengan penjualan 13.109 unit kendaran LCGC sepanjang September 2017 mendorong total penjualan mencapai 137.889 unit sepanjang September 2017. Astra menguasai pangsa pasar 74 persen untuk kendaraan LCGC.

Untuk penjualan motor, PT Astra International Tbk mencatatkan penjualan 408.116 unit pada September 2017. Angka ini turun 3,5 persen dari periode September 2016 sebesar 423.256 unit.

Dengan penjualan kendaraan motor 408.116 unit mendorong perseroan menguasai pangsa pasar 75 persen. Total penjualan motor mencapai 3,23 juta hingga September 2017.

Analis PT Semesta Indovest Aditya Perdana menuturkan, persaingan ketat di industri otomotif mempengaruhi penjualan mobil PT Astra International Tbk. Para pesaing PT Astra International Tbk menurut Aditya menawarkan produk baru lebih menarik.

"Ada pemain baru seperti Wuling, dan Mitsubishi yang mengeluarkan produk Xpandernya. Ini berimbas ke penjualan mobil Astra sehingga market share Astra turun. Penjualan Avanza dan Xenia pengaruhi total penjualan kendaraan roda empat Astra," kata Aditya saat dihubungi Liputan6.com.

Aditya menuturkan, penjualan mobil Astra International tidak dipengaruhi daya beli masyarakat. Ia melihat, adanya tekanan penjualan mobil karena ada perpindahan pembelian mobil ke merek lain.

"Kompetisi cukup ketat di kendaraan roda empat. Penjualan mobil memang melambat tapi tidak turun drastis. Ini ada shifting di Wuling dan Mitsubishi bukan karena daya beli," ujar Aditya.

Aditya menuturkan, persaingan penjualan mobil masih ketat hingga akhir tahun. Apalagi bila Astra belum mengeluarkan produk baru ketimbang pesaingnya. Meski demikian, Aditya prediksi penjualan mobil secara nasional berpotensi tembus 1 juta unit hingga akhir 2017.

Untuk rekomendasi saham, Aditya melihat, pergerakan saham PT Astra International Tbk secara teknikal ada potensi koreksi. "Buy on weakness untuk saham PT Astra International Tbk dengan target harga Rp 8.400-Rp 8.500 hingga akhir tahun," tutur dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesawat Ini Terbang di Rute 'Iblis' pada Hari Sial, Apa Jadinya?

Posted: 16 Oct 2017 09:21 PM PDT

Pada hari Jumat tanggal 13 Oktober 2017, sebuah penerbangan bernomor unik mendarat dengan selamat di HEL untuk terakhir kalinya.

Nomor penerbangan yang dimaksud adalah 666, yang bagi beberapa orang dikaitkan dengan angka perlambang setan atau iblis. Demikian juga Jumat tanggal 13 yang disebut-sebut sebagai hari yang sial.

Sementara itu, dalam bahasa Inggris, kata HEL sama bunyinya dengan kata "hell" yang berarti neraka. HEL itu sendiri adalah kode internasional untuk bandara Helsinki di Finlandia.

Dikutip dari News.com.au pada Senin (16/10/2017), penerbangan dalam kisah ini adalah Finnair 666 yang melakukan penerbangan harian dari Kopenhagen (Denmark) ke Helinski.

Finavia, operator untuk 21 bandara di Finlandia, pada Jumat lalu menjelaskan bahwa penerbangan pada Jumat lalu itu mendarat 8 menit lebih awal pada 3.47 sore waktu setempat, demikian menurut laporan Fox News.

Peta perjalanan penerbangan Finnair AY666 pada Jumat 13 Oktober 2017. (Sumber flightradar24.com)

Ilustrasi bandara Helsinki. (Sumber Wikimedia Commons)

Penerbangan Finnair 666 dimulai pada 2006 dan sudah 21 kali berlangsung tepat pada Jumat bertanggal 13, namun selama ini tidak ada laporan adanya masalah baik yang bersifat alamiah ataupun yang lainnya.

Pada 2013, sebelum sebuah penerbangan Jumat tanggap 13, seorang pilot veteran Finnair bernama Juha-Pekka Keidas mengatakan kepada Associated Press, "Hal itu sudah lama menjadi guyonan di kalangan pilot."

"Saya bukan orang yang percaya takhayul. Bagi saya, hal itu hanya kebetulan saja."

Walau begitu, Finnair tetap memutuskan untuk menghentikan penerbangan 666 karena adanya penggantian nomor penerbangan di akhir bulan ini, dari penerbangan AY666 menjadi AY954.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

‎Kuatkan Laporan, Lyra Virna Berniat Libatkan Roy Suryo

Posted: 16 Oct 2017 09:20 PM PDT

‎Kasus dugaan pelanggaran etik yang dilakukan ADA Tour terhadap Lyra Virna memasuki babak baru. Penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya telah memeriksa Kalina Ocktaranny yang memiliki nasib sama dengan Lyra Virna.

Pada kesempatan itu, penyidik mencecar janda Deddy Corbuzier ini dengan 25 pertanyaan.

(Adrian Putra/Bintang.com)

"Ditanya sebanyak 25 pertanyaan tentang apa saja yang saya ketahui soal masalah ini. Awal mulanya seperti apa hingga Lyra melaporkan. Ceritanya enggak jauh-jauh sampai adanya pelapor dan terlapor," ujar Kalina Ocktaranny di Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (16/10/2017).

Kesaksian Kalina Ocktaranny ini disambut pengacara Lyra Virna, Razman Arief Nasution, dengan baik. Apalagi, pihak penyidik meminta untuk menghadirkan seorang saksi ahli informasi dan transaksi ekeltronik (ITE). Dengan kehadiran saksi ITE, kata Razman, akan sangat memudahkan laporannya terhadap ADA Tour.

"Jadi kami diskusi dengan penyidik, untuk memperkuat argumentasi yang kami bangun, dihadirkan saksi ITE. Saksi itu kan orang yang mengetahui, mengalami, atau penyaksikan suatu tindak pidana kejahatan. Karena kalau tidak, bisa masuk ke masalah baru," kata Razman Arief Nasution.

"Penyidik minta untuk hadirkan saksi ahli ITE. Kami sangat senang, karena itu sangat baik untuk kami," lanjutnya.

(Adrian Putra/bintang.com)

Meski belum menentukan nama yang tepat untuk menjadi saksi, kemungkinan besar pihak Lyra Virna akan mengontak ahli ITE seperti Roy Suryo atau Hermansyah.

"Nanti saya bisa komunikasikan lagi dengan rekan-rekan saya, seperti Roy Suryo atau teman saya yang masih sakit, Hermansyah. Kalau memang bisa masuk, enak kami," ungkap Razman Arief Nasution. (Ras)‎

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua KPI: Jangan Sampai RUU Penyiaran Salah Langkah

Posted: 16 Oct 2017 09:19 PM PDT

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) berharap Rancangan Undang-undang Penyiaran yang saat ini masih dalam tahap pembahasan di Badan Legislatif, dapat berpihak tidak hanya pada satu lembaga penyiaran milik pemerintah, tapi juga seluruh lembaga penyiaran termasuk swasta.

Pembahasan ditahap inisiasi ini sempat trik ulur dengan rencana DPR menggunakan sistem Single Mux Operator, Multi Mux Operator, dan Hybrid Mux.

Sistem pertama, Single Mux, menerapkan pola bahwa penyiaran dipegang oleh satu lembaga penyiaran publik baik dari regulasi dan juga operasional. Berbeda dengan sistem kedua dan ketiga yang melibatkan lembaga penyiaran swasta atau industri televisi sebagai regulator dan juga operator.

Ketua KPI Yuliandre Darwis mengatakan, bila sistem Singel Mux diterapkan, ada kekhawatiran monopoli praktik penyiaran. Dampaknya ada perlambatan pertumbuhan industri televisi.

"Jangan sampai industri kolaps karena salah kebijakan," kata Andre, sapaan akrab Yuliandre, saat berbincang dengan Liputan6.com, Selasa (17/10/2017).

Selain itu, bila sistem Single Mux diterapkan, sejauh mana infrastruktur dan sumber daya manusianya mampu mendukung penerapan sitem tersebut.

"Apapun pilihan dalam kebijakan nanti, industri harus bertumbuh dengan konten bagus. Ini yang harus dipertimbangkan pemerintah," kata Andre.

Jalan tengah yang bisa dicapai agar tidak ada kebijakan yang berat sebelah dalam pembahasan RUU Penyiaran, kata Andre, adalah penyiaran melibatkan industri televisi dan lembaga penyiaran publik.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Pembahasan harmonisasi RUU Penyiaran kemarin ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan. Wakil Ketua Baleg DPR Firman Soebagyo mengatakan, pembahasan penggunaan sistem penyiaran hingga kemarin masih alot dalam pembahasan.

Kita cooling down dulu lah. Kita kembalikan ke fraksi-fraksi terlebih dahulu," ujar Firman kepada Liputan6.com di Jakarta, Senin 16 Oktober 2017.

Alasannya, kata Firman, sebuah undang-undang seharusnya memberikan rasa aman bagi semua pihak, bukan menguntungkan salah satu pihak.

"Undang-undang ini kan harusnya beri keamanan pada semua pihak, kan enggak bisa sepihak. Kalau kita dicurigai, lah wong kita yang buat (UU)," ucap dia.

Sementara itu, terkait polemik single mux dan multi mux operator, Firman menjelaskan saat ini masih dipermasalahkan.

"Itulah persoalan. Single mux dimonopoli oleh lembaga pemerintah. Kalau dimonopoli swasta dikendalikan oleh swasta yang baru dibentuk, belum tahu lembaganya kayak apa, kemudian risikonya investasi di sebuah perusahaan kan enggak main-main," kata dia.

Sehingga, menurut Firman, muncul lah sistem hybrid. Hybrid ini dijelaskannya sebagai campuran dari single mux dan multi mux.

"Inginnya kombinasi antara single mux dan multi mux, sudah lazim disebut hybrid," tutur dia.

Firman menambahkan, DPR tidak mungkin membuat regulasi undang-undang yang justru mundur seperti konsep single mux. Konsep single mux dinilainya bisa memunculkan monopoli baru dalam duniapenyiaran.

"Tidak boleh undang-undang membentuk monopoli baru. Penguasaan frekuensi sekarang swasta, dan sekarang harus dikembalikan ke negara. Misalnya yang punya empat frekuensi, tiga dikembalikan ke negara. Sehingga dengan begini, maka pemerintah akan memiliki lebih banyak dan menguasai," papar dia.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pergi Jauh, Jangan Sembarang Pilih Kendaraan

Posted: 16 Oct 2017 09:18 PM PDT

Akhir tahun sebentar lagi, tentu hal ini menjadi momentum yang baik bagi Anda dan keluarga untuk travelling. Anda bisa melancong naik kereta atau pergi ke luar negeri dengan pesawat.

Namun, untuk merasakan pengalaman liburan yang berbeda, Anda bisa merencakan untuk bepergian menggunakan kendaraan pribadi, mobil misalnya. Nah, agar liburan Anda dan keluarga menyenangkan tak ada salahnya menyiapkan beberapa hal yang diperlukan.

Berikut beberapa tips yang diperlukan untuk bepergian dengan mobil.

Lokasi

Sebelum bepergian, Anda dan keluarga harus memutuskan lokasi yang akan didatangi. Cari tahu seluk beluk mengenai lokasi tersebut. Apakah lokasi tersebut ada dekat dengan penginapan dan destinasi wisatanya.

Selain itu, cermati pula rute yang Anda lalui. Jangan sampai, saat Anda bepergian jalur yang akan Anda tempuh tidak bisa dilalui. Alhasil, Anda dan keluarga akan membutuhkan waktu yang lama untuk sampai kesana.

Logistik

Berpergian jarak jauh dengan mobil, Anda perlu menyiapkan beberapa makanan dan minuman. Tentu, hal itu akan mencegah Anda dan keluarga lapar selama perjalanan. Apalagi, kalau Anda melewati jalur yang sepi, dimana jarang terdapat penjual makanan.

Just in case, bawalah beberapa camilan dan minuman untuk Anda sekeluarga. Pilihlah camilan yang mampu menjadi penahan rasa lapar sampai ke lokasi.

Memilih kendaraan yang tepat

Dari semua hal yang di atas, hal yang wajib dicermati adalah pemilihan mobil saat travelling. Jangan sampai perjalanan jauh Anda dan keluarga terganggu atau kurang nyaman karena salah memilih kendaraan.

Untuk itu, pilihlah mobil tipe MPV (Multiple Purpose Vehicle). Ingat, dari segi pemakaian jenis mobil jenis ini bisa memastikan perjalanan jauh jadi tetap menyenangkan.

Mobil tipe MPV memang bisa diandalkan, karena memiliki daya angkut penumpang cukup banyak (7 seater) dan juga kapasitas bagasi yang luas. Ini sangat cocok dengan karakter keluarga Indonesia.

Tak hanya soal kapasitas, mobil yang tepat adalah mobil yang bisa menyesuaikan dengan kondisi jalanan yang beragam. Salah satu mobil yang sudah terbukti memiliki kemampuan ini ialah Toyota Avanza dan Veloz.

Toyota Avanza dan Veloz mampu menyesuaikan berbagai kondisi jalanan di Indonesia, mau ke pegunungan atau pantai sekalipun. Dengan begitu, Anda dan keluarga tak perlu khawatir dengan rute jalanan berliku maupun tanjakan.

Nyaman berkendara dengan Toyota Avanza dan Veloz bukan tanpa alasan. Pasalnya, mobil ini mempunyai sistem gerak roda belakang dimana gejala roda berputar (slip) bisa diminimalisir, khususnya saat di tanjakan dan mobil sedang mengangkut banyak penumpang.

Selain itu, sistem gerak roda belakang yang digunakan oleh Toyota Avanza dan Veloz juga memiliki kelebihan lain dari sisi daya tahan komponen kaki-kaki maupun suspensi. Perlu diketahui, dengan sistem gerak roda belakang, perangkat kaki-kaki maupun suspensi memiliki usia pakai lebih lama.

Nah, kalau sudah begitu, tak perlu lagi khawatir dengan kondisi jalanan yang beragam. Mau kemana pun dan sejauh apapun, Toyota Avanza dan Veloz tetap nyaman dan selalu menemani.

 

 

(ADV)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP: Lupakan Kegagalan, Rossi Fokus Musim Depan

Posted: 16 Oct 2017 09:15 PM PDT

Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, sudah melupakan MotoGP musim ini. Pembalap berjulukan The Doctor ini mulai memikirkan bagaimana tampil lebih baik tahun depan.

Rossi saat ini berada di peringkat kelima klasemen sementara kejuaraan dunia MotoGP 2017 dengan torehan 168 poin. Dia tertinggal 76 poin dari pemuncak klasemen, Marc Marquez yang menunggangi motor Repsol Honda.

"Saya lebih peduli tentang masa depan daripada saat ini," ujar Rossi, seperti dilansir Bike Sport News.

MotoGP 2017 menyisakan tiga balapan lagi yakni di Australia, Malaysia, dan Valencia. Poin yang dimiliki Rossi sudah tidak bisa lagi mengejar The Baby Alien. 

"Karena kami berada di luar pertarungan kejuaraan dunia, balapan yang tersisa ini penting, tapi kami utamakan memikirkan tahun depan," terang pembalap asal Italia ini.

Juara dunia balap motor sembilan kali ini mengakui kegagalannya dalam persaingan juara MotoGP 2017. Menurut Rossi, Yamaha punya mimpi buruk ketika mengaspal dalam cuaca ekstrem seperti di Sirkuit Motegi, MotoGP Jepang.

 

Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, finis kelima pada balapan MotoGP Aragon, Minggu (24/9/2017). (Bola.com/Twitter/btsportmotogp)

"Ini sangat aneh. Lihat saja Yamaha di jalurnya. Bahkan Johann Zarco, yang sedang memakai motor 2016, dia cepat dalam keadaan basah, tapi dalam lima lap terakhir dia harus melambat tiga sampai empat detik satu putaran, dari posisi keempat dia harus turun dari posisi kedelapan," terangnya.

"Jadi, ban tidak bekerja pada motor kami. Antara ide kami dan Michelin perlu pemahaman bagaimana membuat ban ini bekerja, karena mereka mengerjakan motor lainnya," papar pembalap berusia 38 tahun ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemilik Bongkar Lapak, Eksekusi 47 Bangunan Liar di Puncak Batal

Posted: 16 Oct 2017 09:15 PM PDT

Pembongkaran sebanyak 47 bangunan liar yang ada di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, kembali ditunda. Seharusnya, pembongkaran bangunan liar berupa rumah dan warung dijadwalkan Selasa ini.

"Sementara ditunda lagi. Sekitar satu mingguan lah mereka diberi kesempatan bongkar sendiri," kata Kepala Bidang Penegakan Perundang-undangan Daerah Satpol PP Kabupaten Bogor, Agus Rido, Selasa (17/10/2017).

Menurutnya, keputusan ini diambil setelah dilakukan rapat koordinasi antara pemerintah daerah, kepolisian dan pemilik bangunan liar pada Senin 16 Oktober 2017.

"Hasil rapat siang kemarin pemilik minta waktu seminggu untuk membongkar sendiri," ujar Agus.

Apabila dalam waktu satu minggu ini para pemilik tidak membongkar sendiri, petugas Satpol PP akan membongkar paksa bangunan yang berdiri di atas lahan milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat itu.

"Ya kita yang bongkar," tegas Agus.

 

Pemkab Bogor sebelumnya juga pernah menunda eksekusi 47 bangunan liar yang berada di Kampung Sampay, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua. Saat itu pembongkaran dijadwalkan dilakukan pertengahan September kemarin, namun gagal tanpa alasan yang jelas.

Eksekusi ini sendiri dilakukan untuk mengembalikan lahan seperti semula yakni sebagai daerah resapan air di kawasan Puncak.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Uniknya Kompetisi Menahan Napas di Dalam Air

Posted: 16 Oct 2017 09:15 PM PDT

Sebuah kejuaraan menahan napas di dalam air baru diselenggarakan di Tangerang. Belasan atlet dari beberapa negara ikut serta dalam lomba itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tren Fashion Groutfit, Busana Serba Abu-Abu ala Gigi Hadid

Posted: 16 Oct 2017 09:15 PM PDT

Jika berbicara tentang fashion, maka tak jauh-jauh dari tren warna. Salah satunya adalah tren fashion "Groutfit". Seperti apakah tren fashion ini?

Groutfit adalah singkatan dari Grey Outfit atau busana serba abu-abu. Tren ini mulai muncul semenjak Gigi Hadid tertangkap kamera mengenakan busana serba abu-abu dengan tampilan yang chic. Warna abu-abu memang menjadi warna aman yang dapat dikenakan semua warna kulit. Warna netral ini juga sangat mudah dipadukan dengan warna lain yang lebih cerah.

Groutfit, tren busana serba abu yang terlihat ringan dan stylish. (Sumber foto: www.whowhatwear.com)

Namun, untuk mendapatkan tampilan Groutfit yang sempurna, Anda harus mengenakan busana atasan dan bawahan warna abu-abu senada. Melansir dari laman Who What Wear, Selasa (17/10/2017), tentu saja apa pun outfit yang dikenakan oleh Gigi Hadid selalu menarik perhatian dan menjadi tren.

Kali ini, ia mengenakan busana serba abu-abu dengan penampilan sporty chic. Gigi mengenakan setelan atasan jumper dan sweatpants warna abu-abu dengan detail garis hitam putih pada bagian pinggir. Ia pun melengkapinya dengan sepatu sneakers warna putih yang trendi.

Selena Gomez dan tren busana groutfit (Sumber foto: www.whowhatwear.com)

Jika Anda tertarik untuk mengenakan sentuhan Groutfit pada tampilan sehari-hari, coba intip inspirasi lain dari penampilan Selena Gomez berikut ini. Selena Gomez pun tampil kasual seperti Gigi Hadid dengan mengenakan atasan sweater dan celana jogger warna abu-abu. Tak ketinggalan sepatu sneakers yang warnanya senada.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Ilusi Jembatan Retak, Coretan Tangan Ungkap Kepribadian

Posted: 16 Oct 2017 09:14 PM PDT

Berjalan di ketinggian seperti atap gedung atau jembatan layang terkadang membuat nyali ciut. Apalagi kalau berjalan di sebuah jembatan yang terbuat dari kaca.

Seperti seorang pengunjung di sebuah distrik Tiongkok yang ketakutan saat berjalan di jembatan kaca pada ketinggian 3.971 kaki. Pasalnya, jembatan yang dia lintasi itu tampak retak. Namun ternyata, jembatan retak itu hanya ilusi yang dirancang untuk menantang pengunjung.

Artikel yang berisi video yang menggambarkan kepanikan pengunjung saat melintasi jembatan retak tersebut menjadi yang paling banyak dikunjungi pembaca Citizen6, Liputan6.com.

Sementara itu, artikel tentang coretan garis tangan yang bisa menggambarkan sifat seseorang menempati urutan kedua terpopuler. Diikuti artikel seputar letusan Krakatau yang berada di balik sebuah lukisan terkenal pada urutan ketiga paling populer.

Berikut top 3 Citizen6:

1. Nyaris Pingsan Jembatan yang Diinjak Retak, Ternyata Cuma Ilusi

ejabat di sebuah distrik di Tiongkok meminta maaf karena telah membuat seorang pengunjung ketakutan saat berjalan di jembatan kaca dengan ketinggian 3.871 kaki atau sekitar 1,18 kilometer. Dalam sebuah video yang beredar luas, terlihat bahwa pengujung tersebut ketakutan dan histeris saat jembatan tersebut seolah-olah retak saat dirinya menginjakkan kaki.

Setelah panik, pria tersebut langsung merangkak dan duduk sambil ketakutan. Diketahui bahwa jembatan tersebut terletak di sekitar Gunung Taihang, Hebei, China.

Selengkapnya..

2. 6 Macam Coretan Tangan Bisa Ungkap Sifat Orang, Kamu yang Mana?

Apakah kamu pernah iseng membuat corat-coret (doodle) di atas kertas yang menghasilkan sebuah gambar? Biasanya kegiatan tersebut dilakukan saat bosan atau stres. Nah, coretan tangan yang kita buat ternyata bisa mengungkap apa yang tengah kita rasakan lho.

Penasaran gambar apa saja yang bisa mengungkap tentang kamu? Berikut ulasannya seperti melansir Brightside, Senin (16/10/2017).

Selengkapnya..

3. Letusan Krakatau Ada di Balik Rahasia Lukisan Terkenal Ini

kon terkenal di dunia, beberapa karya seni, dan arsitektur terkenal lainnya memiliki rahasia-rahasia yang menarik untuk diungkap. Misteri tersebut tak banyak diketahui oleh orang. Hm, apa saja contohnya? Ini dia.

Selengkapnya..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Resmi, Huawei Mate 10 Usung Kamera Ganda dan Layar Bezeless

Posted: 16 Oct 2017 09:11 PM PDT

Huawei akhirnya mengumumkan kehadiran flagship smartphone teranyarnya, Mate 10 dan Mate 10 Pro pada Senin (16/10/2017).

Kedua smartphone ini diklaim sebagai seri high end dari semua lini perangkatnya. Maka tak heran, baik Mate 10 dan Mate 10 Pro mengusung spesifikasi gahar dan dibekali sejumlah fitur canggih, mengikuti arus tren smartphone di masa depan.

Seperti dilansir The Verge, Selasa (17/10/2017), Mate 10 dan Mate 10 Pro sama-sama mengusung layar tipis dengan konsep nyaris tanpa bezel alias bezeless.

Perbedaan paling mencolok dari keduanya hanya ukuran layar dan bentuk. Mate 10, ukurannya 5,9 inci dengan layar LCD 2.560x1.440 aspek rasio 16:9, sedangkan Mate 10 Pro layarnya 6 inci dengan resolusi OLED 2.160x1.080 aspek rasio 18:9.

Untuk material, kedua smartphone sama-sama dibalut dengan bahan kaca dengan pinggiran metal yang membuat fisiknya tampil lebih premium.

Salah satu keunggulan lain adalah konfigurasi kamera ganda yang ada pada Mate 10 dan Mate 10 Pro. Mereka dipersenjatai kamera ganda kerjasama dengan Leica.

Masing-masing sensor mengusung resolusi berbeda. Yang satu 12MP (sensor warna), dan yang satunya lagi 20MP (sensor khusus monokrom). Sementara, kamera depannya mengusung resolusi 8MP.

 

Huawei Mate 10. (Foto: The Verge)

Terkait dapur pacu, baik Mate 10 dan Mate 10 Pro sama-sama ditenagai prosesor terbaru besutan Huawei, Kirin 970.

Vendor smartphone asal Negeri Tirai Bambu tersebut mengklaim, Kirin 970 adalah prosesor berbekal teknologi kecerdasan buatan, mirip dengan prosesor Apple A11 Bionic yang dibenamkan pada iPhone 8, 8 Plus, dan iPhone X.

Dengan demikian, prosesor bisa bekerja lebih cerdas untuk menjalankan beberapa tugas berat seperti mendeteksi gambar, menerjemahkan tulisan asing lewat kamera, dan masih banyak lagi.

Beranjak ke sistem operasi dan antarmuka, kedua smartphone sudah berjalan dengan Android Oreo (8.0) dengan antarmuka terbaru EMUI 8.

Untuk kapasitas daya, duo smartphone yang digadang-gadang sebagai rival berat Galaxy Note 8 dan iPhone X ini sudah mengusung baterai 4.000mAh dengan kemampuan Quick Charging,

Terkait harga dan ketersediaan, Huawei akan melepas Mate 10 dan Mate 10 Pro ke pasaran pada November 2017. Mate 10 akan dilego sebesar US$ 825 (Rp 11 jutaan), sedangkan Mate 10 Pro akan dibanderol US$ 943 (Rp 12 jutaan).

Tidak diungkap kapan kedua smartphone ini akan menyambangi Indonesia.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menpar Ajak Netizen Vote Indonesia Juara National Best Costume

Posted: 16 Oct 2017 09:11 PM PDT

Jangan berhenti bantu vote Dea Rizkita memenangkan Kostum Nasional Terbaik (National Best Costume) di ajang Miss Grand International 2017 (MGI 2017). Saat ini, Dea Rizkita masuk dalam 25 besar dan sedang berjuang untuk masuk 10 besar dengan kompetitor lainnya.



Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya, pun mengajak seluruh netizen warga Indonesia untuk voting di manapun mereka berada. Hasil voting yang berjalan di Facebook Miss Grand International hingga saat ini, Indonesia berhasil mengungguli tuan rumah, Vietnam.

Wanita runner up ketiga Putri Indonesia 2017 yang sekaligus Putri Indonesia Perdamaian tersebut dalam hasil perhitungan voting hingga penutupan tanggal 15 Oktober 2017, meraih hasil tertinggi dengan 7.502.479 vote. Kedudukannya disusul Vietnam dengan jumlah suara 6.678.491, Kamboja 1.906.713, Filipina 1.440.128, dan Laos 790.950.

Dengan hasil ini, Indonesia masuk ke babak 25 Top National Custome, di mana 15 kostum Nasional berasal dari perolehan tertinggi dan 10 lainnya dipilih oleh Dewan Juri. Selanjutnya, kembali dilakukan pada 16 Oktober 2017 untuk memilih 10 nasional kostum terbaik yang akan diumumkan pada puncak acara Miss Grand International 2017, pada Rabu (25/10/2017).

"Perjuangan belum berakhir, masih ada vote tahap kedua, masih dibutuhkan dukungan masyarakat untuk memberikan kembali vote-nya kepada kostum Nasional yang dikenakan Dea Rizkika agar bisa masuk 10 besar nasional kostum," ujar Arief.

Dukungan masyarakat sangat penting sekali bagi Dea Rizkita yang sedang berjuang membawa nama Indonesia di ajang internasional dan semoga tahun ini Indonesia bisa kembali lagi keluar sebagai juara. Pada 2016, wakil Indonesia, Ariska Putri Pertiwi, berhasil meraih gelar Best National Costume di MGI. Tak hanya itu, Ariska juga berhasil dinobatkan menjadi Miss Grand International 2016.

"Sekarang saatnya vote di tahap Top 25 National Costume agar @dearizkita bisa lolos ke Top 10 National Costume," ucap Arief.

Cara vote-nya mudah. Cari foto National Costume Indonesia @dearizkita di album terbaru di official fanpage Facebook Miss Grand International atau klik link vote yang ada di Bio Instagram. Kemudian, Like & Share sebanyak-banyaknya foto National Costume Indonesia @dearizkita di official fanpage MGI.

"Vote dimulai hari ini, 16 Oktober sampai Jumat, 20 Oktober 2017, jam 9 malam," ucap Arief.

Menteri asli Banyuwangi tersebut menilai, kostum yang dikenakan Dea Rizkita memang sangat mengangumkan. Kostum nasional yang dibawakan ini adalah hasil kolaborasi Morphacio Body Art dan Maya Ratih Couture.

"Kostum Dea Rizkita memang indah, berkelas dunia. Karena yang mendesain juga kelas dunia. Saya optimis kita bisa menjadi juaranya," kata Arief.

Mengambil tema Ibu Pertiwi, kostum tersebut hadir dengan desain rumit dan penuh makna. Busana seberat 27 kg itu memperkenalkan Indonesia sebagai negara maritim dengan pemilihan warna biru tua. Adapun lima lima kristal biru yang dihadirkan di ornamen lingkaran, mewakili Pancasila.

Tiga kristal biru di bagian kepala melambangkan kesempurnaan tubuh, jiwa, dan semangat. Sementara itu, lima kristal kuning menggambarkan generasi muda sebagai penerus bangsa.

Kostum tersebut pun terlihat menawan dengan aksen sayapnya. Sayap itu dihadirkan sebagai simbol kelembutan dan kekuatan, juga doa dan lagu dari para leluhur. Kemudian, ornamen tulang punggung mewakili Indonesia sebagai tulang punggung dunia.

Bahkan, bagian ikat pinggangnya punya arti tersendiri, yakni menyimbolkan kesuburan dan persaudaraan. Adapun pemakaian lima tekstil dari Nusantara yang menggambarkan keragaman budaya Indonesia. Sementara itu, miniatur candi ditambahkan untuk mewakili kepercayaan orang Indonesia yang melihat tubuh sebagai candi dan simbol pencarian pencerahan diri.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Meski Hamil, Kate Middleton Lincah Berdansa di Stasiun Kereta

Posted: 16 Oct 2017 09:10 PM PDT

Kate Middleton berdansa dengan seorang aktor yang mengenakan kostum Paddington di stasiun kereta Paddington, London, Senin (16/10). Kate berdansa dalam iringan band yang memainkan lagu soundtrack untuk film kedua Paddington. (Jonathan Brady/Pool via AP)

Kate Middleton berdansa dengan seorang aktor yang mengenakan kostum Paddington di stasiun kereta Paddington, London, Senin (16/10). Kate berdansa dalam iringan band yang memainkan lagu soundtrack untuk film kedua Paddington. (Jonathan Brady/Pool via AP)

Pangeran William melihat Kate Middleton berdansa dengan seorang aktor berkostum Paddington di stasiun kereta Paddington, London, Senin (16/10). Kate dan William datang bersama Pangeran Harry, serta beberapa pemain film Paddington 2 (Chris J Ratcliffe/AFP)

Pangeran William melihat Kate Middleton berdansa dengan seorang aktor berkostum Paddington di stasiun kereta Paddington, London, Senin (16/10). Kate dan William datang bersama Pangeran Harry, serta beberapa pemain film Paddington 2 (Chris J Ratcliffe/AFP)

Kate Middleton asyik berdansa dengan seorang aktor yang mengenakan kostum Paddington di stasiun kereta Paddington, London, Senin (16/10). Seperti biasa, kate tampil anggun dalam balutan gaun pink salem rancangan Orla Kiely. (Jonathan Brady/Pool via AP)

Kate Middleton asyik berdansa dengan seorang aktor yang mengenakan kostum Paddington di stasiun kereta Paddington, London, Senin (16/10). Seperti biasa, kate tampil anggun dalam balutan gaun pink salem rancangan Orla Kiely. (Jonathan Brady/Pool via AP)

Kate Middleton asyik berdansa dengan seorang aktor yang mengenakan kostum Paddington di stasiun kereta Paddington, London, Senin (16/10). Duchess of Cambridge itu tampak menikmati momen dansa dengan Beruang Paddington. (Chris J Ratcliffe/AFP)

Kate Middleton asyik berdansa dengan seorang aktor yang mengenakan kostum Paddington di stasiun kereta Paddington, London, Senin (16/10). Duchess of Cambridge itu tampak menikmati momen dansa dengan Beruang Paddington. (Chris J Ratcliffe/AFP)

Kate Middleton asyik berdansa dengan seorang aktor yang mengenakan kostum Paddington di stasiun kereta Paddington, London, Senin (16/10). Ini merupakan kemunculan kedua Kate di publik sejak pengumuman kehamilan ketiganya. (Jonathan Brady/Pool via AP)

Kate Middleton asyik berdansa dengan seorang aktor yang mengenakan kostum Paddington di stasiun kereta Paddington, London, Senin (16/10). Ini merupakan kemunculan kedua Kate di publik sejak pengumuman kehamilan ketiganya. (Jonathan Brady/Pool via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Dicintai Jessica Mila, Mischa Chandrawinata Bohong Soal Ini?

Posted: 16 Oct 2017 09:10 PM PDT

Jessica Mila dan Mischa Chandrawinata telah menjalin hubungan selama lebih dari satu tahun. Secara umur, keduanya pun terhitung telah siap membina rumah tangga, terutama Mischa Chandrawinata yang telah menginjak kepala tiga.

Screening film Pertaruhan (Nurwahyunan/bintang.com)

Hal tersebut diutarakan sendiri oleh Jessica Mila saat ditemui di gala premiere film Posesif di Senayan City, Jakarta Pusat, Senin (16/10/2017). "Mischa kan sudah umur 30. Kalau aku sih ngerasanya, bisa dilihat siap," ujar aktris 25 tahun itu.

Menanggapi pernyataan sang kekasih, Mischa Chandrawinata malah bereaksi di luar dugaan. Rupanya, kesiapannya meminang kekasih dinyatakan hanya demi membuat Jessica Mila percaya akan keseriusannya.

"Kalau enggak digituin (bilang siap menikah), nanti dia (Mila) mikirnya, 'Ini dia serius enggak sih'. Menunjukkan saja bahwa sebenarnya gue sudah siap. Ya sebenarnya siap nggak siap," ungkap Mischa Chandrawinata dalam kesempatan yang sama.

Mischa Chandrawinata dan Jessica Mila. (Instagram/mischach)

Sementara menunggu keputusan matang tersebut, Mischa Chandrawinata dan Jessica Mila sepakat fokus meniti karier di dunia hiburan. Saat ini, keduanya aktif dalam bidang akting di sinetron dan film.

Pasangan yang kerap menunjukkan romantisme melalui media sosial itu pun telah mengumpulkan dana untuk masa depan melalui penghasilan mereka di dunia hiburan. "Entah untuk apa pun itu tetap menabung. Dia (Mischa) juga seperti itu," Jessica Mila menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pilkada Jatim, PKB Minta Gus Ipul Segera "Gerilya"

Posted: 16 Oct 2017 09:04 PM PDT

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyambut baik keputusan PDIP mengusung Saifullah Yusuf-Abdullah Azwar Anas sebagai bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur. Terlebih, PKB sudah lama menjagokan dan memberi dukungan ke Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf.

Ketua Desk Pilkada DPP PKB, Daniel Johan, mengaku bahagia dengan pilihan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang menyandingkan Anas dan Gus Ipul.

"PKB menyambut dengan hormat dan bahagia, PDIP telah menetapkan Azwar Anas sebagai cawagubnya, tentu itu pilihan terbaiknya PDIP. Anas sudah seperti kader dan sahabat PKB juga, sangat layak mendampingi kader PKB Gus Ipul," ujar Daniel di Jakarta, Selasa (17/10/2017).

Setelah dideklarasikan, Daniel meminta agar Gus Ipul-Anas segera bergerilya pada basis masyarakat serta kantong-kantong suara di seluruh pelosok daerah di Jawa Timur.

Menurut dia, perjalanan dan perjuangan Gus Ipul-Anas masih panjang dan berat. Untuk itu, kata dia, tidak ada cara lain, kecuali segera mulai bergerak untuk merebut hati warga Jawa Timur.

"Sekali lagi, selamat kepada Gus Ipul dan Mas Anas, mari segera bergerak menangkan hati rakyat Jatim," kata Wasekjen PKB tersebut.

Daniel mengungkapkan, tak lama lagi PKB dan PDIP akan terus memperluas koalisi dengan partai politik yang lain, serta membicarakan mengenai penunjukan ketua tim sukses atau pemenangan yang akan menjadi komandan pemenangan Gus Ipul-Anas di Pilgub Jatim.

"Tentu setelah ini, PKB dan PDIP akan terus menjajaki koalisi dengan parpol yang lain. Untuk ketua tim pemenangan akan segera dibahas lebih lanjut oleh DPW," jelas Daniel.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Usai diusung PDIP dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf dan Abdullah Azwar Anas menyambangi kantor PKB. Mereka melakukan silaturahmi dengan jajaran pengurus pusat partai tersebut.

Kedatangan keduanya disambut Sekjen PKB, Abdul Kadir Karding. Ia mewakili ketidakhadiran Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang sedang berada di luar negeri.

Karding menyampaikan langkah selanjutnya yang akan dilakukan bersama PDIP. Langkah itu terkait konsolidasi kedua partai untuk memenangkan pasangan Saifullah-Azwar di Pilkada Jawa Timur 2018.

"DPP PKB dan PDIP akan segera melakukan koordinasi rapat teknis untuk mengambil langkah-langkah dan menyiapkan program-program untuk pemenangan pasangan ini," ujar Karding di Graha Gus Dur, Kantor PKB, Jakarta, Minggu 15 Oktober 2017.

Karding juga menyampaikan harapan partainya agar pasangan Cagub-Cawagub Jawa Timur Saifullah-Azwar bisa menjadi representasi dari Jawa Timur. Keduanya dianggap sebagai pasangan serasi dan representasi Indonesia.

"Kita berharap kedua pasangan ini menjadi pasangan merah-putih karena Jawa Timur adalah salah satu representasi negara Indonesia, representasi orang-orang nasionalis dan orang-orang agamis," ujar Karding.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Anies Angkat Isu Pribumi, Ini Respons Warganet

Posted: 16 Oct 2017 09:03 PM PDT

Dalam pidato pertamanya sebagai Gubernur DKI Jakarta, Anies mengangkat isu warga pribumi. Hal ini langsung direspon warga di media sosial.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Inspirato Bersama 3 Sosok Inspiratif Indonesia

Posted: 16 Oct 2017 09:01 PM PDT

Bulan Oktober lekat dengan Sumpah Pemuda. Sebagai tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia, ikrar dalam Sumpah Pemuda dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Namun, meski negara Indonesia telah berdiri, bukan berarti perjuangan tersebut selesai. Masih banyak tugas rumah yang harus dilakukan oleh para pemuda untuk memajukan Indonesia.

Dalam Inspirato bulan Oktober, Liputan6.com menghadirkan sosok-sosok inspiratif yang bersemangat dalam memajukan dan membawa Indonesia ke arah yang lebih baik. Mereka adalah Kepala Pelaksana Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) Yudi Latif , Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo, dan Tung Desem Waringin.

Inspirato yang juga ditayangkan secara live streaming ini dilaksanakan pada:

Hari: Selasa

Tanggal: 17 Oktober 2017

Pukul: 11.00 WIB - selesai

Lokasi: SCTV Tower lantai 8

 

Berikut profil ketiga tokoh tersebut:

 

1. Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo

Sebelum menjadi bupati, beliau dikenal sebagai dokter dan pengusaha bidang jasa kesehatan. Hasto terkenal karena berbagai inovasinya dalam memimpin Kulon Progo.

Misalnya saja, pada tahun 2012, ia meluncurkan program "Bela & Beli Kulonprogo" untuk mengangkat perekenomian Kabupaten Kulon Progo. Kebijakan tersebut mampu mendongkrak industri batik lokal.

Selain itu, ia juga mewajibkan PNS membeli beras produksi petani setempat. Hasto juga membuat PDAM mengembangkan usaha dengan memproduksi air kemasan lokal. Berkat berbagai kebijakannya, angka kemiskinan di Kulon Progo turun dari 22,54 persen pada 2013 menjadi 16,74 persen pada 2014.

Apa lagi kebijakan-kebijakan publik yang ia cetuskan hingga memajukan Kulon Progo?

 

2. Yudi Latif, Kepala Pelaksana Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP)

Pria kelahiran Sukabumi ini sempat mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren Gontor, Universitas Padjajaran, serta Australian National University. Kariernya sebagai peneliti dimulai sejak bergabung dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) saat ia berusia 29 tahun.

Seiring kematangan intelektualnya setelah menempuh pendidikan di luar negeri, ia lebih mengosentrasikan diri dalam bidang pemikiran keagamaan, kenegaraan, dan kebangsaan. Di tengah gonjang-ganjing isu kebhinekaan, toleransi, perpecahan, dan NKRI, pemikiran beliau menjadi sangat relevan untuk persoalan bangsa tersebut.

Presiden Jokowi merespon kerja kerasnya tersebut. Cendekiawan muslim ini akhirnya masuk lingkaran istana. Ia diminta presiden untuk membumikan kembali Pancasila lewat Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila.

Bagaimana sepak terjangnya hingga mencapai posisi tersebut?

 

3. Tung Desem Waringin

Pria kelahiran Surakarta ini merupakan motivator dan pakar marketing terkenal di Indonesia. Tak hanya itu, Tung merupakan penulis buku best seller. Malahan, bukunya yang berjudul "Financial Revolution" mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai buku inspirasional pertama dengan penjualan 10.511 buah pada hari pertama diluncurkan.

Kemampuannya sebagai marketing ulung telah diasah sejak zaman kuliah, sewaktu ia berjualan emas yang diambil dari kakaknya. Sebelum menjadi seorang pembicara dan motivator, ia sempat menjadi pekerja kantoran yang berhasil menyelesaikan masalah audit dalam waktu singkat.

Bagaimana sepak terjangnya hingga menjadi salah satu pembicara terbaik di Indonesia tersebut?

 

Program eksklusif ini bisa disaksikan secara langsung melalui video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Geger Langit Oranye di Inggris, Fenomena Aneh Apa?

Posted: 16 Oct 2017 09:01 PM PDT

Langit di seluruh penjuru Inggris mendadak terlihat tak seperti biasanya, berubah warna menjadi oranye pada Senin 16 Oktober 2017 waktu setempat. Fenomena aneh apa yang sebenarnya terjadi?

Seperti dikutip dari CNN, Selasa (17/10/2017), warna kemerahan adalah efek samping dari sisa-sisa terjangan Badai Ophelia dan kebakaran hutan yang berkecamuk di Portugal serta barat laut Spanyol sejak Jumat 13 Oktober 2017.

Asap dan puing-puing dari kebakaran - bercampur pasir dari Gurun Sahara - terbawa ke utara oleh angin kencang nan dahsyat. Partikel asap, debu dan pasir itulah yang memberi warna kemerahan.

Matahari merah telah pernah terlihat sebelumnya di Inggris, tapi kombinasi peristiwa yang membuat fenomena langit oranye pada Selasa 17 Oktober menjadi sangat mencolok.

Jejak asap terdeteksi membentang lebih dari 1.000 mil (1.600 kilometer). Risiko kesehatan akibat berubahanya langit tersebut diperkirakan tak parah, karena asapnya sebagian besar berada di ketinggian amat tinggi di atmosfer.

Dengan embusan angin yang diperkirakan akan berubah arah pada hari Selasa, udara cenderung akan bersih.

Pengguna media sosial kemudian ramai-ramai mengunggah fenomena aneh langit oranye di Inggris itu ke Twitter dan Instagram.

"Debu Gurun Sahara dan badai tropis #Ophelia telah membawa #redsun (matahari merah) ke Loughborough!" tulis Loughborough University di akun Twitter-nya.

"Suka dengan cuaca di London hari ini," tulis Sylvester Martin.

Wartawan Rupert Myers juga berbagi gambar tentang langit oranye di atas Sungai Thames di London. "Inggris telah kembali ke warna sepia," tulisnya.

Di balik fenomena tersebut, terjangan Badai Ophelia di Irlandia dan Inggris utara ternyata telah menewaskan tiga orang. Badai langka itu juga membuat 360.000 orang di Irlandia terputus dari aliran listrik.

Angin berkecepatan 160 kilometer per jam telah menerjang Irlandia pada Senin 16 Oktober 2017. Selain jaringan listrik yang terganggu, badai itu juga menyebabkan sejumlah gangguan lain.

Lebih dari 140 penerbangan dari bandara Irlandia terpaksa dibatalkan. Badai yang menerjang pada Senin pagi itu juga memaksa seluruh rute bus di Dublin diberhentikan pada pukul 10.00 pagi.

Dikutip dari BBC, Perdana Menteri Irlandia, Leo Varadkar, menggambarkan dampak Badai Ophelia sebagai keadaan darurat nasional. Pasalnya, sekolah dan perguruan tinggi terpaksa diliburkan dan kemacetan juga terjadi di sejumlah tempat.

Menteri Pendidikan Irlandia, Richard Bruton, mengumumkan bahwa seluruh sekolah dan perguruan tinggi akan diliburkan hingga Selasa 17 Oktober 2017. Setelahnya, Departemen Pendidikan di Irlandia Utara mengatakan bahwa seluruh sekolah juga akan diliburkan hingga Selasa.

Varadkar mengatakan, Ophelia adalah badai terburuk yang pernah menerjang Irlandia dalam 50 tahun dan membuat orang-orang harus tinggal di dalam rumah.

"Terakhir kali kita diterjang badai parah, 11 orang tewas, jadi keselamatan adalah prioritas utama," ujar Varadkar merujuk ke Badai Debbie yang terjadi pada tahun 1961.

Menteri Luar Negeri Irlandia, Simon Coveney, mengatakan bahwa pemerintah telah diberi arahan bahwa angin kencang akan menyebabkan gelombang besar hingga ketinggian 12 meter di pesisir Irlandia.

Seusai menerjang Irlandia, Badai Ophelia tiba di Irlandia Utara dengan kecepatan 128 kilometer per jam. Sekitar 18.000 rumah di Inggris bagian utara itu tak teraliri aliran listrik karena terputusnya jaringan akibat pohon tumbang.

Sebuah pohon juga jatuh di jalur kereta api di Lambeg. Hal itu menganggu jadwal salah satu jalur kereta tersibuk di wilayah tersebut.

Sejumlah jalanan di ibu kota Irlandia Utara, Belfast, juga ditutup akibat berterbangannya sejumlah puing. Jembatan terbaru yang membentang di atas Sungai Foyle di Derry juga ditutup.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gelandang Juventus Pantang Remehkan Sporting

Posted: 16 Oct 2017 09:00 PM PDT

Juara Serie A enam kali berturut-turut, Juventus akan menjamu Sporting CP di Stadion Allianz dalam lanjutan babak penyisihan grup Liga Champions, hari Rabu waktu setempat atau Kamis dini hari WIB (19/10/2017).

Bianconeri mengincar kemenangan guna mengembalikan kepercayaan diri usai ditekuk Lazio 1-2 di kandang sendiri pada lanjutan Serie A, hari Sabtu lalu. Tapi Juventus pantang meremehkan Sporting.

Jelang pertandingan tersebut, gelandang bertahan Juventus, Sami Khedira mengingatkan rekan-rekannya agar tidak cepat puas dan menganggap enteng Sporting Lisbon. Menurutnya, wakil Portugal itu merupakan lawan yang kuat.

"Sporting sudah menunjukkan dalam dua pertandingan sebelumnya, bahwa mereka bukanlah lawan yang mudah," ucap Khedira kepada Sky.

Saat ini, baik Juventus maupun Sporting sama-sama telah mengumpulkan tiga poin, dari hasil sekali menang dan sekali kalah. Keduanya sama-sama dikalahkan oleh Barcelona dan mencuri kemenangan dari Olimpiacos. Namun, Sporting berada di peringkat dua karena selisih gol yang lebih baik.

"Mereka klub Portugal. Mereka suka memainkan bola. Kami mesti menghadapi pertandingan ini dengan sabar, tidak buru-buru mencetak gol di menit-menit awal," tutur Khedira.

 

 

Para pemain Juventus (Alessandro Di Marco / ANSA via AP)

Khedira, yang ikut bermain saat menghadapi Lazio di Serie A, mengungkapkan bahwa perkara yang paling penting untuk dibenahi oleh timnya saat ini adalah konsentrasi. Menurutnya, hal itu yang menyebabkan Juventus kebobolan banyak gol musim ini.

"Kami kebobolan banyak gol. Itu bukan perkara formasi yang diterapkan, melainkan soal bagaimana kami bergerak di lapangan," terangnya.

Musim ini, Khedira sempat absen di beberapa pertandingan akibat cedera yang menerpanya. Beruntung, I Bianconeri telah merekrut gelandang baru seperti Rodrigo Bentacur dari Boca Juniors dan Blaise Matuidi dari PSG.

"Blaise merupakan pemain yang kualitasnya sudah diketahui luas. Dia bermain bersama PSG dan timnas Prancis. Itu bukan kejutan lagi buat saya. Dia tipe pemain yang kuat, tapi bukan hanya itu," paparnya.

"Sementara Rodrigo, dia muda tapi dia punya talenta yang luar biasa dan dia melakukannya dengan sangat baik. Dia tidak malu, dia meminta bola dan berusaha menekan lawan. Dia punya masa depan yang cerah bersama kami," ujar Khedira menambahkan. (Abul Muamar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Warganet Dukung Petisi, Begini Reaksi Sopir Transportasi Online

Posted: 16 Oct 2017 09:00 PM PDT

Warganet ramai-ramai menandatangani petisi soal haknya memilih transportasi di Bandung dan sekitarnya. Hal ini menuai tanggapan pengemudi transportasi online atau layanan transportasi berbasis aplikasi tersebut.

Dalam laman change.org, setidaknya terdapat tiga petisi terkait transportasi online tersebut. Pertama, petisi berjudul "Jangan kembali renggut kebebasan masyarakat Jawa Barat untuk memilih transportasi".

Sebenarnya, petisi tersebut sudah ada sejak Maret 2017 lalu. Namun, diperbarui pada 10 Oktober 2017. Sampai Senin malam, 16 Oktober 2017, penanda tangan petisi sudah mencapai 62.611 pendukung.

Pada petisi kedua yang diunggah Denik Irawan Putra, "Kami masyarakat bandung tidak setuju jika transportasi online di hentikan beroprasi" sudah memiliki 25.492 pendukung.

Sedangkan petisi ketiga, yaitu "Cabut larangan transportasi online di Bandung yang diunggah Surili Percussion sejak 10 Oktober lalu memiliki 7.011 pendukung.

Menanggapi petisi tersebut, Ketua Perkumpulan Pengemudi Online Satu Komando (Posko) Jawa Barat Feby Efriansyah tidak terlalu terkejut. Sebab, masyarakat yang berhak memilih mana angkutan yang mereka pakai.

"Betul, hak masyarakat itu yang harus dilindungi bersama," ucap Feby, saat ditemui Liputan6.com di halaman Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin, 16 Oktober 2017.

Dia beralasan, adanya petisi tersebut akan membuat perubahan yang lebih baik bagi semua pihak, terutama pengemudi transportasi online maupun sopir angkutan umum atau konvensional.

"Biar masyarakat yang angkat bicara, pemerintah juga bergerak dibanding kita sebagai pelaku transportasi," Feby berharap.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Suasana di depan Gedung Sate mendadak menjadi lautan hijau hitam saat ribuan sopir ojek online berunjuk rasa. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat, Dedi Taufik mengatakan pihaknya hanya memberikan sosialisasi dan imbauan terkait imbauan pembekuan layanan transportasi online di Jawa Barat. Ia menjelaskan, kewenangan pengaturan angkutan sewa khusus sepenuhnya ada di pemerintah pusat, tepatnya di Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Imbauan kita sosialisasi," kata Dedi dalam audiensi Geram Online Bandung Raya dengan jajaran Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat di sekretariat Gedung Sate, Kota Bandung, Senin, 16 Oktober 2017.

Kejelasan regulasi transportasi online itu sendiri, menurut dia, masih menunggu aturan dari pemerintah pusat. "Hari besok akan rapat di pemerintahan pusat," ucap dia.

Dedi menjelaskan pula, imbauan Dishub bukan kaidah hukum. "Siapa boleh menghentikan itu (transportasi online)?" katanya.

Dia menambahkan, Menteri Perhubungan mengumumkan tidak ada aturan sepihak yang dilakukan oleh pemerintah daerah. "Ya kita tunggulah dari pemerintah pusat," ujarnya.

Sementara itu, perwakilan Gerakan Bersama (Geram) Online Bandung Raya, wadah sopir online dari berbagai komunitas dan organisasi, meminta pemerintah segera mengeluarkan regulasi transportasi berbasis aplikasi.

"Kami meminta dikeluarkannya peraturan daerah (perda) tentang transportasi online, baik roda dua maupun roda empat," kata Andrian Mulya, koordinator aksi Geram Online Bandung Raya.

Selain meminta diterbitkannya perda, mereka juga mendesak aparat kepolisian untuk menindak tegas tindak kekerasan atau intimidasi terhadap pengendara transportasi online.

Mereka meminta aparat terkait untuk menurunkan banner atau apa pun yang bernada provokasi terhadap pengendara online dalam waktu 3x24 jam.

"Selama proses berlangsung, pembahasan atau apa pun terkait perda, tidak boleh ada aksi-aksi yang mengatasnamakan organisasi apa pun. Baik oleh konvensional maupun oleh online," tuturnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Pengacara Lyra Virna Serang Balik ADA Tour

Posted: 16 Oct 2017 09:00 PM PDT

‎‎Polemik Lyra Virna dan ADA Tour bukan cuma melibatkan artis lain seperti Kalina Ocktaranny, melainkan juga beberapa tim pengacara. Sepanjang masalah ini bergulir sejak awal 2017, kedua belah pihak sudah gonta-ganti pengacara.

Yang paling menarik ialah kehadiran Razman Arief Nasution yang balik menyerang ADA Tour dengan menjadi kuasa hukum pihak Lyra Virna. Padahal sebelumnya, Razman Arief Nasution merupakan pembela ADA Tour hingga pertengahan tahun ini.

 Lyra Virna ditemani suaminya, Fadlan Muhamad, dan pengacaranya, Razman Arief, saat melakukan pemeriksaan terkait kasus dengan ADA Travel di Mapolda Metro Jaya,  Jakarta, Selasa (10/10/2017). (Helmi Affandi/Liputan6.com)

Akibatnya, Razman Arief Nasution pun dilaporkan ke dewan kode etik Kongres Advokat Indonesia (KAI). Razman Arief Nasution diduga melakukan pelanggaran berat terhadap kode etik profesi advokat.

"Sepanjang karier saya sebagai pengacara, baru kali ini saya mengalami dilaporkan ke wadah yang menaungi saya. Sudah tidak diberikan kewajiban (bayar), dibilangnya juga memaksa disuruh tanda tangan," ujar pengacara Lyra Virna ini di Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (16/10/2017).

"Dia kan datang ke kantor saya baik-baik. Kalau memang saya memaksa, saya yang ke tempat dia dong, memaksa. Bukan malah ke kantor saya," lanjutnya.‎

 Lyra Virna didampingi kuasa hukumnya, Razman Arief Nasution, mendatangi Polda Metro Jaya, Selasa (10/10). Lyra memenuhi panggilan penyidik terkait kasus pencemaran nama baik yang menjeratnya atas laporan Ada Tour and Travel. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Akibatnya, Razman Arief Nasution pun takkan mundur melawan mantan kliennya. Pengacara yang menikah siri dengan pesinetron Bella Luna itu juga menuturkan alasan mengapa dirinya menyerang balik ADA Tour.

"Waktu diundang ke acara talkshow, Feni Rose pernah tanya, 'Ini (ADA Tour) sudah empat kali ganti (pengacara). Bagaimana?'. Saya bilang ke dia, kalau mereka mengganti (pengacara) tanpa sepersetujuan saya, maka mereka (ADA Tour) akan berhadapan dengan saya," jelas pengacara yang kini membela Lyra Virna dan kawan-kawan. (Ras)‎

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Tahun Jokowi-JK, Ekonomi RI Tumbuh Positif

Posted: 16 Oct 2017 09:00 PM PDT

Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) sudah memasuki usia tiga tahun. Pemerintah mengklaim pertumbuhan ekonomi, tingkat kemiskinan, tingkat pengangguran, kesenjangan pendapatan orang miskin dan kaya (gini ratio), maupun inflasi tercatat mencapai hasil yang positif.

"Dari angka indikator makro ekonomi selama tiga tahun, pertumbuhan ekonomi, tingkat kemiskinan, pengangguran, gini ratio, semuanya positif," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution saat Konferensi Pers di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Selasa (17/10/2017).

Darmin menyebut, beberapa indikator makro yang menunjukkan ekonomi Indonesia dalam kondisi baik, antara lain pertama, pertumbuhan ekonomi. Dijelaskannya, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada periode 2013 ke 2014 mengalami perlambatan dari 5,56 persen bergerak ke bawah menjadi 5,01 persen.

Selanjutnya, realisasi pertumbuhan ekonomi nasional mengalami penurunan menjadi 4,88 persen di 2015. Kemudian mulai membaik atau pulih di 2016 dengan capaian pertumbuhan 5,02 persen. Sementara hingga semester I-2017, pertumbuhan ekonomi tercatat 5,01 persen dan targetnya sebesar 5,2 persen di 2017.

"Tadinya melambat, lalu mulai membaik dan menjadi lebih cepat lagi. Mudah-mudahan, pertumbuhan ekonomi di tahun ini bisa mencapai 5,2 persen. Tentu saja semua ini tergantung ekonomi dunia," Darmin menerangkan.

Indikator makro kedua, sambungnya, realisasi pendapatan per kapita per tahun secara konsisten membaik. Dari datanya, pendapatan per kapita masyarakat Indonesia pada 2014 sebesar Rp 41,92 juta per kapita per tahun, lalu naik menjadi Rp 47,96 juta per kapita per tahun pada 2016.

"Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia secara konsisten membaik," tegas Darmin.

Mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) itu juga menunjukkan data indikator ketiga, yakni tingkat kemiskinan. Sejak Maret 2014, diakui Darmin, tingkat pengangguran konsisten bergerak turun hingga saat ini. Dari 10,96 persen menjadi 10,64 persen di Maret 2017.

Keempat, tingkat pengangguran dituturkan Darmin, tidak mencapai hasil yang konsisten. Sebab pada Agustus 2014, tingkat pengangguran turun menjadi 5,81 persen tapi kemudian naik lagi di Agustus 2015. Namun setelah itu, tingkat pengangguran turun terus sampai dengan Februari 2017 yang sudah berada di angka 5,33 persen.

"Kelima, data gini ratio konsisten turun terus dari September 2014 masih 0,408 menjadi 0,393 di periode Maret 2017," terangnya.

Data terakhir adalah realisasi inflasi. Darmin mengungkapkan, dalam tiga tahun pemerintahan Jokowi, laju inflasi menurun dari 4,49 persen (YoY) pada September 2014 menjadi 3,72 persen (Yoy) pada September 2017.

"Sebelum krisis 1998, inflasi kita selalu dobel digit. Tapi setelah krisis, ekonomi kita makin terbuka, kebijakan makin baik, lalu inflasi pelan-pelan turun," ujarnya.

Pada lima tahun lalu, dia bilang target inflasi pemerintah berkisar 4 plus minus 1 persen. Namun saat ini trennya terus menurun. Termasuk target inflasi di tahun ini diperkirakan berada dalam kisaran sasaran inflasi 4 plus minus 1 persen. Dalam APBN-P 2017, pemerintah mematok target inflasi 4,3 persen.

"Tiga tahun terakhir sebetulnya kita mencatat inflasi di bawah 4 persen. Itu artinya 3,5 plus minus 1 persen. Walaupun inflasi dari administered prices cukup tinggi 9,9 persen, tapi volatile food cukup rendah, inflasi inti rendah, dan inflasi umum di bawah 4 persen," jelasnya.

Darmin mengatakan, pemerintah akan berupaya menurunkan tingkat inflasi di kisaran 3,5 plus minus 1 persen. "Mudah-mudahan dilanjutkan pemerintahan selanjutnya pada dua-tiga tahun ke depan, inflasi bisa bergerak 3 plus minus 1 persen. Setelah itu 2,5 plus minus 1 persen. Dengan begitu, kita bisa setara dengan negara-negara yang tumbuh perekonomiannya," tuturnya.

Untuk data indikator makro ekonomi Indonesia selama tiga tahun pemerintahan Jokowi, Darmin menegaskan, bahwa kualitas pertumbuhan ekonomi bagus. "Capaian ekonomi makro kita bagus, termasuk kualitas pertumbuhan ekonominya. Pertumbuhan ekonomi berada dalam kisaran 5 persen dan telah berhasil menurunkan tingkat ketimpangan, pengangguran, dan kemiskinan," tandas Darmin.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Dianggap Terlalu Mewah, Begini Gaya Prilly Latuconsina ke Kampus

Posted: 16 Oct 2017 09:00 PM PDT

Prilly Latuconsina jadi pembicaraan warganet. Gaya berpakaiannya ke kampus dianggap terlalu mewah dibandingkan mahasiswa lain.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kata PNS soal Program Lari ke Kantor dari Anies-Sandi

Posted: 16 Oct 2017 09:00 PM PDT

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno atau Anies-Sandi telah resmi menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022. Berbagai program bakal dijalankan oleh pasangan ini.

Salah satu program Anies-Sandi yang menarik adalah imbauan kepada pegawai negeri sipil (PNS) di pemerintahan DKI untuk berjalan kaki, naik sepeda, atau bahkan berlari di pagi hari menuju kantor.

Sandiaga mengatakan akan menggelorakan budaya olahraga setiap pekan dan menggunakan kendaraan umum ke kantor.

Tujuannya, selain untuk sehat, juga untuk mengurangi kemacetan. Lalu, apa pendapat PNS terkait hal ini? Simak suara PNS di pemerintahan DKI Jakarta akan program tersebut. 

1. Setuju, tapi...

Salah satu petugas puskesmas di kawasan Duren Sawit, Sri Muwati, menyetujui program yang bakal digelorakan Anies-Sandi itu. "Saya senang banget, setuju saya," tuturnya saat dihubungi Health-Liputan6.com, Senin (16/10/2017)

Sebagai seorang pekerja, Sri merasa memang perlu untuk sehat dan bugar sebelum melayani masyarkat. Ia pun siap jika memang diharuskan untuk berjalan kaki dari rumah karena jarak dengan kantor hanya 2 kilometer.

"Namun teman-teman saya, banyak yang rumahnya jauh. Bagaimana itu?" katanya.

2. Jarak rumah terlalu jauh dari tempat kerja

Jarak antara rumah Ika dengan kantornya di Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk DKI Jakarta sejauh 16 km. Dia pun memilih untuk tidak berjalan kaki atau naik sepeda ke kantor.

"Kalau naik sepeda enggak deh, jalan sepertinya juga nggak. Memang saya naik angkot tiap hari sesuai dengan program ini kan," kata Ika.

3. Harus diatur pelaksanaannya

Salah satu PNS di DKI Jakarta bernama Yudanov mengatakan setuju dengan program tersebut.

"Kalau tujuannya untuk menjaga kesehatan atau kebugaran PNS sih, oke. Atau untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor. Tapi, harus diatur secara tepat agar pelaksanaannya sesuai dengan kebijakan itu," katanya.  

 

Saksikan juga video menarik ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sriwijaya Air Group Eksis Jelajahi Raja Ampat

Posted: 16 Oct 2017 08:56 PM PDT

Sriwijaya Air Group akan membuka rute penerbangan baru menuju destinasi wisata Raja Ampat. Penerbangan ke Raja Ampat tersebut akan dilayani dari kota-kota besar Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, dan Makassar.

"Rute penerbangan baru ini akan kami berlakukan mulai 21 Oktober 2017. Ini sebagai bentuk dukungan Sriwijaya Air Group yang senantiasa mendukung program-program Pemerintah dengan membuka penerbangan ke berbagai tempat wisata yang potensial di Tanah Air," ujar Senior Corporate Communications Manager Sriwijaya Air Group, Agus Soedjono, Senin (16/10/2017).

Lebih lanjut, ia mengatakan, pembukaan rute baru ini untuk memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat. Semuanya mengarah ke wisata eksotis di wilayah kepala burung Pulau Papua tersebut.

"Juga untuk memudahkan masyarakat di wilayah tersebut bepergian ke wilayah lain di Indonesia. Dengan penerbangan Sriwijaya Air Group ini, akses dari dan menuju Raja Ampat akan lebih cepat," ucap Agus.

Selain ke Raja Ampat, pada waktu yang sama Sriwijaya Air Group juga akan membuka penerbangan ke beberapa tempat yang tidak kalah eksotisnya di Papua. Ada yang ke Fak-fak, ada juga yang ke Kaimana. Semua penerbangan ke kota-kota tersebut juga akan tersambung ke kota-kota besar lain di Indonesia lewat jaringan penerbangan Sriwijaya Air Group.

Menurut Agus, penerbangan tersebut akan dilayani dengan integrasi dua maskapai yaitu Sriwijaya Air dan NAM Air. Semua penerbangan akan transit di Sorong dan kemudian dilanjutkan dengan menggunakan pesawat ATR 72-600 menuju Raja Ampat, Kaimana, dan Fak-fak.

Untuk ke Raja Ampat, wisatawan dari Jakarta dapat berangkat memakai penerbangan Sriwijaya Air pada pukul 09.40 WIB, 21.45 WIB, 22.20 WIB, dan 23.05 WIB via Makassar dan Sorong. Atau, menggunakan maskapai NAM Air yang berangkat pukul 00.05 via Sorong. Mereka akan tiba di Raja Ampat pada pukul 08.05 WIT di hari selanjutnya.

Wisatawan dari Surabaya, dapat berangkat dengan menggunakan Sriwijaya Air pada pukul 20.20 WIB dan 21.25 WIB via Makassar dan Sorong. Lalu, tiba di Raja Ampat pada pukul 08.05 WIT di hari selanjutnya.

Sementara itu, wisatawan dari Yogyakarta, dapat berangkat dengan menggunakan Sriwijaya Air pada pukul 11.00 WIB, 20.55 WIB, dan 18.25 WIB via Jakarta, Makassar, dan Sorong. Kemudian, tiba di Raja Ampat pada pukul 08.05 WIT di hari selanjutnya.

Wisatawan dari Semarang, dapat berangkat dengan menggunakan Sriwijaya Air pada pukul 08.50 WIB, 12.20 WIB, via Jakarta, Makassar dan Sorong. Atau, menggunakan NAM Air yang berangkat pukul 06.10 WIB, 17.05 WIB via Jakarta, Makassar, dan Sorong. Mereka akan tiba di Raja Ampat pada pukul 08.05 WIT di hari selanjutnya.

Selanjutnya, wisatawan dari Balikpapan, dapat berangkat dengan menggunakan Sriwijaya Air pada pukul 09.20 WITA dan 17.45 WITA via Surabaya, Makassar, dan Sorong. Lalu, tiba di Raja Ampat pada pukul 08.05 WIT di hari selanjutnya.

Wisatawan dari Makassar, dapat berangkat dengan menggunakan Sriwijaya Air pada pukul 03.15 WITA dan 04.15 WITA via Sorong. Kemudian, tiba di Raja Ampat pada pukul 08.05 WIT di hari selanjutnya.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, pun mengapresiasi langkah strategis yang dilakukan Sriwijaya Air Group dalam meningkatkan pasar ke Raja Ampat. Raja Ampat, baginya, adalah rajanya destinasi bawah laut Indonesia.

CNN pada 2015 sempat menobatkan Raja Ampat sebagai World Best Snorkling Site. Inilah tempat coral terhebat, terlengkap, dan terbaik di dunia. Data dari The Nature Conservancy (TNC) Indonesia menunjukkan, Raja Ampat merupakan rumah bagi 75 persen karang, 553 spesies karang, dan 1.437 spesies ikan karang.

"Inilah surga para penyelam dan snorkeling yang sudah diuji para selebritas dunia. Sriwijaya Air Group sangat jeli dan tepat," kata Arief.

Menurutnya, kunci untuk meningkatkan wisatawan ke Raja Ampat adalah peningkatan air connectivity.

"Air connectivity adalah satu dari tersedianya tiga program utama Kemenpar. Ketersediaan seat pesawat (seat capacity) akan menjadi kunci mencapai target wisman di Raja Ampat," ujar Arief.

Ia pun berharap target kunjungan wisatawan melancong ke Raja Ampat tahun ini sebesar 40 ribu wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri, pada tahun ini dapat tercapai.

"Ini naik dibandingkan tahun lalu yang mencapai 30 ribu wisatawan. Dengan dibukanya rute baru Sriwijaya Air Group ini akan memudahkan pencapaian target 40 ribu wisatawan. Terima kasih Sriwijaya Air Group," kata Arief.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Trik Nabung DP Rumah Sambil Mengontrak

Posted: 16 Oct 2017 08:56 PM PDT

Harus diakui tekanan untuk punya rumah pribadi semakin terasa, apalagi ketika harga sewa hunian naik dari tahun ke tahun. Jika porsi uang bulanan banyak terpakai untuk membayar uang kontrakan, lantas kapan mulai menabung untuk membeli rumah baru?

Tenang, Anda tidak sendirian. Sama seperti penyewa lainnya, masalah keuangan masih menjadi penghambat utama memiliki rumah. Pembeli rumah pertama pun harus lebih kreatif mengatur keuangan demi menyisihkan tabungan uang muka.

Mungkin mengatur keuangan secara hemat terasa berat di awal. Akan tetapi, hal tersebut akan sepadan dengan kelebihan memiliki rumah pribadi. Misalnya, tagihan kontrakan bisa dialihkan untuk mencicil rumah yang merupakan aset investasi berharga. Kemudian Anda bisa bebas merenovasi rumah sesuai dengan selera dan kebutuhan keluarga.

Jadi, bagaimana caranya menabung DP rumah sembari mengontrak? Cari tahu jurusnya lewat ulasan dari Rumah.com.

Simak juga: Single dan Bergaji Rp6 Juta Cocok Tinggal di Apartemen

Dimulai dari Rencana Tabungan yang Jelas

Sebelum mulai menabung, sangat penting untuk membuat target dan rencana keuangan yang pasti. Untuk mengajukan KPR, Anda akan membutuhkan uang simpanan sebesar 30 persen dari harga jual rumah.

Selain untuk uang DP, sisakan sebagian uang untuk biaya KPR dan lain-lain. Tentukan harga rumah yang pas dengan kemampuan angsuran bulanan Anda. Baca juga: Beli Rumah? Anggarkan juga Pengeluaran Tambahan

Supaya lebih jelas, Anda bisa berkonsultasi dengan agen atau pihak perbankan penyedia produk KPR. Jika sudah, maka buat target tabungan yang jelas.

Sebagai contoh: Dalam waktu 18 bulan ke depan, saya harus menabung hingga Rp60 juta untuk membayar uang muka dan biaya esktra (estimasi pembelian rumah dengan bujet Rp200 jutaan).

Saatnya mulai menabung dengan mengurangi pengeluaran bulanan. Beberapa cara berikut ini bisa membuat Anda menghemat uang sampai dengan Rp1 juta dan 18 juta satu bulan. Sebagai contoh:

  • Berhenti keanggotaan gym (pusat kebugaran): Rp250 ribu perbulan
  • Mengurangi jadwal makan di luar: Rp250 ribu perbulan
  • Memotong anggaran belanja pakaian: Rp200 ribu perbulan
  • Belanja bulanan dengan merek/label harga termurah: Rp100 ribu perbulan
  • Berhenti berlangganan layanan televisi kabel: Rp200 ribu perbulan

Jika Anda ingin menambah penghasilan bulanan, maka coba ambil pekerjaan sambilan sesuai dengan kemampuan Anda. Sebagai contoh:

  • Latihan secara rutin? Jalan-jalan keliling rumah di pagi atau sore hari bisa membuat Anda sehat tanpa harus ikut anggota gym.
  • Punya jiwa mengajar? Anda bisa membuat tutorial berbayar lewat video atau datang langsung dan menjualnya dengan tarif yang sedikit miring. Penawaran jasa pelatihan adalah cara paling mudah untuk mencari uang.
  • Senang hewan peliharaan? Sediakan rumah yang nyaman untuk tempat penitipan kucing atau anjing dan sewakan dengan tarif yang bersaing.

Pikir dua kali sebelum mengeluarkan uang yang tidak perlu. Cara ini bisa membantu Anda mencapai target tabungan lebih cepat. Simak beberapa caranya berikut ini

  • Katakan tidak untuk liburan bersama teman. Anda bisa menghemat pengeluaran sampai Rp500 ribu perbulan loh.
  • Punya barang yang bisa dijual? Yuk ubah barang tidak terpakai menjadi uang lewat penjualan online marketplace atau membuka garage sale.
  • Dapat uang bonus bulanan? Langsung simpan ke dalam rekening tabungan sebelum terpakai untuk yang lainnya.

Cara lain untuk meningkatkan pendapatan Anda adalah dengan mencari teman sekamar untuk berbagi tarif sewa. Jika tarif sewa semakin tinggi, Anda juga boleh mempertimbangkan untuk pindah kamar kosan yang lebih terjangkau.

Ingin segera punya rumah sendiri? Lihat daftar rumahnya dengan harga mulai Rp300 Juta di Perumahan Baru Rumah.com.

Isnaini Khoirunisa

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Pastikan Tak Hadiri Undangan Pansus Angket Siang Ini

Posted: 16 Oct 2017 08:54 PM PDT

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang memastikan pihaknya tidak akan hadir dalam rapat dengan Pansus Angket KPK di DPR siang ini. KPK menegaskan masih menunggu putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait keabsahan Pansus Angket.

"Kirim salam saja sama kawan-kawan di Pansus," ujar Saut saat dikonfirmasi, Selasa (17/10/2017).

Dia menjelaskan, selain menunggu hasil dari uji materi keabsahan pansus, para pimpinan KPK juga sedang berada di luar kota. Misalnya, Ketua KPK Agus Rahardjo yang hari ini berangkat ke Surakarta, Jawa Tengah.

"Pak Agus lagi ke Solo, mau menyerahkan barang sitaan KPK ke Om Rudi Wali Kota Solo untuk jadi museum batik," kata Saut.

Pansus Angket KPK dijadwalkan memanggil KPK sekitar pukul 14.00 WIB. KPK memastikan tak akan pernah hadir sebelum putusan MK terkait pansus angket keluar.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Pansus Angket KPK masih bersikukuh meminta KPK untuk memenuhi undangan rapat dengar pendapat (RDP) dengan mereka.

"Kita tidak perlu berlama-lama panggil orang per orang. Saran saya, biar clear kita panggil lagi komisioner KPK. Terlepas mereka datang atau tidak datang, yang pasti secara MD3 kita lakukan apa yang menjadi hak dan kewajiban kita," ujar anggota Pansus Angket KPK, Junimart Girsang di Gedung Nusantara II, DPR RI, Jakarta, Selasa 3 Oktober 2017.

Jika KPK tidak datang, itulah kesimpulan akhir dari kerja pansus. "Kita tidak bisa meng-crosscheck temuan pansus kepada KPK," sambung Junimart.

Menurutnya, pansus bermaksud memberikan waktu dan kesempatan kepada KPK untuk membuat klarifikasi terhadap temuan pansus selama ini. Forumnya tidak hanya dalam RDP dengan Komisi III, tetapi juga RDP dengan pansus hak angket.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Tanggapan AISI Soal Gubernur Baru Jakarta

Posted: 16 Oct 2017 08:51 PM PDT

Ibu Kota Jakarta resmi memiliki pemimpin baru setelah Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta, Senin (16/10) petang.

Pelantikan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno ini sesuai dengan Keppres 87 P tahun 2017 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Masa Jabatan 2017-2022.

Selama lima tahun ke depan, Anies-Sandi bersumpah akan memenuhi kewajibannya sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Dia juga berjanji akan berlaku adil kepada rakyat. Sumpah tersebut disampaikan di depan para tamu undangan yang hadir.

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur/wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa," ucap Anies-Sandi bersamaan.

Menanggapi kepemimpinan baru di pemerintahan DKI Jakarta, Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Johannes Loman optimistis pimpinan baru ini mampu membawa Ibu Kota ke arah yang lebih baik dengan segala terobosannya.

"Kami selalu optimistis dengan adanya pimpinan baru pasti ada pengembangan-pengembangan yang membuat ekonominya tumbuh," terang Loman saat dijumpai di Jakarta, Selasa (16/10) malam.

Lebih lanjut ia juga menyatakan, AISI siap mengikuti langkah-langkah yang diusulkan pemerintah guna mendukung programnya.

"Kami akan patuh dengan apa yang pemerintah lakukan. Saya yakin pemerintah kalau melakukan sesuatu keputusan-keputusan sudah memikirkan dengan baik termasuk kebutuhan transportasi dari penduduk Jakarta," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada Senin, 16 Oktober 2017, mendatang. Setelah resmi menjabat, maka keduanya akan mendapatkan fasilitas, salah satunya adalah mobil dinas. Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri (KDHKLN), Mawardi, mengungkapkan mobil dinas yang diajukan adalah Toyota Land Cruiser.

Mengutip laman resmi toyota.astra.co.id, Land Cruiser tersedia dalam dua varian yaitu, 200VX dan 200 VXR. Keduanya mengadopsi mesin 1 VD - FTV, V8, 32 Valves, DOHC, diesel commonrail berkapasitas 4.461 cc yang menghasilkan tenaga 232 Tk pada 3.200 rpm dengan torsi puncak 616 Nm pada 1.800 - 3.200 rpm. Torsi melimpah tersebut sanggup mengalahkan torsi puncak sebuah Ferrari, tepatnya Ferrari California produksi 2008-2014. Dikutip dari evo, Ferrari California mengadopsi mesin naturally aspirated4,3 liter V8 yang menghasilkan tenaga 459 Tk dengan torsi puncak 485 Nm.

Land Cruiser dilengkapi dengan berbagai fitur yang mendukung kemampuan offroad. Seperti Crawl Control yang mendukung pengendaraan konstan pada kecepatan rendah untuk mempertahankan traksi pada permukaan licin, seperti pasir, lumpur. Model ini dilengkapi dengan pilihan lima kecepatan. Fitur ini dipadukan dengan The Turn Assist Function menolong pengemudi untuk berbelok sambil mempertahankan kecepatan.

Approach angle miliknya mencapai 30 derajat dengan departure angle sebesar 20 derajat. Toyota mengklaim Land Cruiser dapat melewati tanjakan curam dengan kemiringan hingga 45 derajat.

Fitur keselamatan yang tidak kalah penting adalah Vehicle Stability Control yang sanggup memotong tenaga pada mesin dan juga melakukan pengereman secara otomatis saat mobil kehilangan kendali. Fitur ABSnya dilengkapi dengan sistem multi-terrain yang akan memberikan pengereman optimal berdasarkan kondisi jalan.

Toyota Land Cruiser tipe 200 VX dibanderol Rp 1.944.500.000, sedangkan untuk tipe 200 VXR dibanderol Rp 2.280.800.000. Harga tersebut on the road Jakarta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Baswedan Dilantik, Randy Martin Minta Hal Ini Dirampungkan

Posted: 16 Oct 2017 08:50 PM PDT

Jakarta resmi memiliki gubernur dan wakil gubernur baru, yaitu Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Hal tersebut tentu memberikan banyak harapan-harapan baru untuk para penduduknya, salah satunya adalah Randy Martin.

Pemain Get Married The Series  ini juga memiliki harapan  atas pasangan gubernur dan wakil gubernur baru ini. Hal itu ia sampaikan saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Senin (16/10/2017).

"Pertama mau ngucapin selamat untuk Pak Anies - Sandi dilantiknya sebagai Gubernur Jakarta. Agar ke depannya, yang sudah-sudah bisa dilanjutkan, bisa dikembangkan," kata Randy Martin.

Randy secara khusus menyoroti pembangunan MRT (Mass Rapid Transit Jakarta) dan LRT (Jakarta Light Rail Transit) yang diharapkan bisa segera rampung dikerjakan.

"Kita ada MRT, kita ada LRT jadi aku harap pengerjaan bisa diselesaikan segera. Karena aku yakin sih bakal menyambungkan koneksi Jakarta," lanjut Randy Martin.

Pasalnya, kekasih Cassandra Lee ini percaya jika MRT dan LRT dapat menjadi kunci atas masalah utama transportasi di Jakarta, yaitu kemacetan.

Mom and Kids Awards 2016 (Nurwahyunan/bintang.com)

"Gini kalo aku harap direalisasi, macet bisa terurai, kenapa kalo macet bisa terurai ada MRT ini angkutan umum bisa berkembang," katanya lagi.

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno sendiri telah resmi dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta di Istana Negara, Gambir, Jakarta Pusat pada Senin (16/10/2017) sore untuk periode 2017 - 2022.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keagungan Gunung Ijen dalam Banyuwangi Ethno Carnival 2017

Posted: 16 Oct 2017 08:47 PM PDT

Banyuwangi kembali menggelar parade karnaval berskala internasional bertajuk Banyuwangi Ethno Carnival (BEC). Bagi yang penasaran, silakan langkahkan kaki ke Jalan Veteran, Banyuwangi, Sabtu (11/11/2017).

Keseruan yang akan ditampilkan banyak. Maklum, BEC termasuk salah satu dari rangkaian acara Banyuwangi Festival yang digelar sejak 30 Januari sampai 5 Desember mendatang.

Dengan mengangkat tema Majestic Ijen, BEC akan mempertontonkan keagungan Gunung Ijen. Selain itu, ada juga show potensi wisata di Banyuwangi lewat peragaan kostum bertema penambang belerang, blue fire, dan Ijen.

"Kawah Ijen sudah mendunia, temanya mendunia. Jadi budaya lokal untuk dilihat dunia. Format karnaval memang paling efektif untuk memamerkan budaya suatu daerah dam kami terus konsisten mengeksplorasi budaya kami. Banyuwangi Ethno Carnival pun kami gelar dengan tema khusus tiap tahunnya karena budaya lokal kami memang sangat kaya," ujar Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, Senin (16/10/2017).

Dalam BEC nanti, seluruh pengalaman unik festival busana akan ditampilkan. Utamanya kostum-kostum etnik tradisional kontemporer.

Parade akan diawali oleh ratusan penari Gandrung. Inilah tarian pembuka yang sudah rutin digelar di berbagai even seni dan budaya Banyuwangi. Setelah itu, ada barisan Banyuwangi Etho Carnival Kids dengan kostum yang menggambarkan Alas Purwo.

"Banyuwangi Ethno Carnival tahun ini diikuti 160 peserta. Dan seluruh peserta akan berlenggak lenggok menggunakan kostum karnaval mulai dari Taman Blambangan hingga Kantor Bupati Banyuwangi, melewati jalan-jalan protokol Kota Banyuwangi sepanjang 2,2 kilometer," ucap Anas.

Pesertanya pun tidak hanya warga lokal saja. Sekitar 40 wisatawan mancanegara (wisman) juga akan turut serta mengikuti parade busana ini. Turis asing yang ikut memeriahkan acara berasal dari Rusia, Belarusia, Amerika Serikat, Perancis, dan Italia. Mereka berpakaian laiknya penari Gandrung dan ikut berjalan menyapa masyarakat Banyuwangi.

Anas menambahkan, pihaknya memang menjadikan pariwisata event (event tourism) sebagai salah satu sarana pemasaran wisata.

"Event tourism berguna untuk memperpanjang siklus destinasi agar semakin panjang waktu tinggal wisatawan. Misalnya, selain berwisata ke Pantai Pulau Merah, wisatawan bisa melihat Banyuwangi Ethno Carnival. Atau setelah ke Teluk Hijau, bisa nonton jazz pantai malam harinya," kata dia.

Bagi Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya, BEC 2017 merupakan salah satu kekayaan parade karnaval yang dimiliki Indonesia. BEC bisa menjadi jembatan antara kesenian tradisional dengan modern agar lebih diterima di panggung internasional.

"Kreasi kostum karnaval Indonesia memang bagus-bagus. Dari Jember Carnaval, Banyuwangi Ethno Carnaval, Malang Carnival, Batik Solo Carnaval, nama-namanya sudah mendunia. Jadi, persiapannya harus sungguh-sungguh. Tinggal mengemasnya saja. Fasilitasnya harus berstandar dunia, tidak lagi terkotak-kotak oleh birokrasi yang sempit," ujar Arief.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keamanan Pangan Meningkat di 3 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Posted: 16 Oct 2017 08:45 PM PDT

Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) telah memasuki tiga tahun pemerintahan jelang akhir Oktober 2017. Banyak pencapaian yang sudah dicatatkan, khususnya dalam hal keamanan pangan. Keamanan pangan ini menjadi pendukung utama dalam mewujudkan swasembada pangan.

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Kusumastuti Lukito mengatakan, sejak dirinya dilantik, Presiden Jokowi berpesan untuk mengubah pengawasan obat dan makanan, memperkuat sistem, dan memberikan regulasi yang kuat. Apa pun itu namanya, bisa melalui instruksi presiden (inpres) atau peraturan presiden (perpres).

Penny menyampaikan hal ini dalam Rembuk Nasional 2017 tentang Kedaulatan Pangan dan Mengelola Keamanan Pangan dalam memperingati Hari Pangan Sedunia di Banda Aceh.

"Akhirnya dalam perjalanan waktu dalam satu tahun ini kami sudah diperkuat dengan adanya inpres terkait peningkatan efektivitas pengawasan obat dan makanan. Jadi keamanan pangan kini lebih baik," kata Penny dalam keterangan tertulis, Selasa (17/10/2017).

Penny menuturkan, BPOM merasa beruntung sebab pada masa pemerintahan Jokowi-JK ini baru kali ini BPOM diberikan mandat kepercayaan yang jauh lebih besar.

Bahkan Penny menjelaskan Presiden melalui Perpres baru memberikan kewenangan kepada BPOM untuk membuka balai POM di pelosok-pelosok daerah, sehingga semakin dekat dengan rakyat.

"Ke depan, Presiden mengatakan juga masalah keamanan pangan adalah masalah pemerintah hadir, negara hadir. Jadi ini dengan adanya Perpres ini BPOM semakin diperkuat," ujar Penny.

Keamanan, mutu, dan gizi pangan termasuk bagian dari agenda pembangunan RPJMN 2015-2019. Salah satu arah kebijakan pembangunan kesehatan adalah peningkatan pengawasan pangan dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Penny menambahkan, implementasi standar keamanan pangan, termasuk kehalalan, menjadi upaya strategis untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan produktivitas rakyat dan daya saing.

"Peningkatan kedaulatan pangan dengan diversifikasi penyediaan dan konsumsi pangan yang aman, bermutu, dan halal memperbesar peluang mewujudkan kemandirian ekonomi. Potensi pangan lokal maupun pangan fungsional diharapkan semakin berkembang," papar dia.

Sementara itu, Ketua Rembuk Nasional Firdaus Ali menambahkan dalam sejarah pemerintahan di Indonesia, baru pertama kali ini pemerintah mulai hadir memperhatikan masalah keamanan pangan.

"Nah, dalam konteks itu kemudian sangat tepat sekali pemerintahan sekarang tidak hanya memperhatikan kedaulatan pangan, tapi juga keamanan pangan. Selama ini kita hanya bicara kedaulatan pangan," kata Firdaus Ali.

Firdaus menjelaskan, masalah keamanan pangan ini penting dan krusial karena berdampak langsung bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Firdaus mencontohkan dampak yang secara langsung bisa dilihat adalah misalnya orang keracunan, salah makan obat mengakibatkan ada yang sakit atau mati. (Yas)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menikmati Hidup Tanpa Media Sosial ala Rahem Sterling

Posted: 16 Oct 2017 08:45 PM PDT

Media sosial sangat lekat dengan pesepak bola profesional. Lewat dunia maya mereka menjangkau para penggemarnya di berbagai belahan dunia. Namun, bagi sayap Manchester City, Raheem Sterling, meninggalkan media sosial justru meningkatkan kualitas hidupnya. 

Dia mengaku lebih menikmati hidup dan justru lebih dekat dengan keluarga.

Manajer City, Pep Guardiola, sebelumnya memang memiliki aturan khusus soal media sosial. Dia melarang pemainnya untuk memegang gadget dalam latihan, sampai di mes pemain.

Hal ini berdampak baik buat Sterling. Dia sejauh ini bahkan sudah mengemas enam gol dalam lima laga bersama The Citizens.

"Guardiola memperbaiki diri saya sebagai pemain. Dia mengubah hal-hal mendasar dan sederhana, dengan melarang pemainnya menggunakan media sosial," ucap Sterling dikutip Daily Mail.

Guardiola, ucap eks pemain Liverpool itu, merupakan sosok yang tegas. Ketegasannya itu jelas punya latar belakang, yakni agar kebersamaan antar-pemain kian terjalin.

"Dia selalu membuat Anda melakukan hal-hal sederhana. Itulah sisi jeniusnya dan berhasil. Saya menikmati waktu-waktu saya sekarang ini," ucap dia,

City sendiri saat ini penantang gelar serius di Liga Champions maupun Liga Inggris. Sterling ingin terus menjadi tulang punggung tim sambil berharap dilirik oleh Timnas Inggris agar dibawa ke Piala Dunia Rusia.

"Ini adalah tahun yang sangat besar bagi saya, bagi tim dan saya harus terus membangun, terus bekerja keras dan pergi ke Piala Dunia secara positif," pungkas pemain 22 tahun itu.

(Eka Setiawan)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-Detik Truk Terjebak Arus Banjir di Sungai

Posted: 16 Oct 2017 08:45 PM PDT

Hujan deras yang kembali mengguyur wilayah Banyumas Jawa Tengah mengakibatkan terjadinya banjir susulan. Satu truk yang terbawa arus gagal dievakuasi sementara satu motor dinyatakan hilang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selamat, Anisa Rahma Resmi Jadi Sarjana Arsitek

Posted: 16 Oct 2017 08:40 PM PDT

Setelah menempuh pendidikan selama kurang lebih delapan tahun, Anisa Rahma akhirnya lulus sebagai sarjana arsitektur Institut Teknologi Nasional (ITENAS) Bandung. Perjuangan dan kerja keras mantan personel girlband Cherrybelle itu pun berbuah manis.

Kabar bahagia itu diumumkan sendiri oleh Anisa Rahma melalui Instagram pribadinya. Proses wisudanya sendiri berlangsung di hari Minggu (15/10/2017).

 Anisa Rahma lulus kuliah [foto: instagram/anisarahma_12]

"Alhamdulillah kemarin resmi di wisuda menjadi Sarjana Arsitektur ITENAS Bandung.. #15oktober2017," ungkap Anisa Rahma bahagia.

Di hari spesialnya, Anisa Rahma tampak cantik dalam balutan gaun berwarna salem dan biru muda. Penyanyi berusia 26 tahun itu terlihat bahagia berpose mengenakan baju toganya.

Ucapan selamat pun berdatangan dari para warganet yang ikut bahagia atas kelulusan Anisa Rahma. "Alhamdulillah selamat teh atas wisudanya, tambah sukses ya teh @anisarahma_12," ujar @noviaaa_21.

"Congratulation teteh. Cantik teh, bajunya lucu," sahut @testideekace.

 Anisa Rahma lulus kuliah [foto: instagram/anisarahma_12]

Dengan kelulusannya ini, Anisa Rahma akhirnya bisa bernapas lega. Pasalnya, tahun ini adalah kesempatan terakhir Anisa untuk menyelesaikan kuliahnya.

Kalau tidak, Anisa Rahma terancam didepak dari kampus. Itulah sebabnya, beberapa waktu terakhir, Anisa sudah mulai jarang terlihat di layar kaca dan memutuskan fokus pada pendidikannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Keganasan Badai Ophelia di Inggris dan Irlandia

Posted: 16 Oct 2017 08:35 PM PDT

Ophelia adalah badai langka yang menyerang kawasan Atlantik Utara. PM Irlandia menyebutkan, Ophelia merupakan badai terkuat dalam 50 tahun terakhir. Kecapatan anginnya mencapai 150 knot.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saling Klaim Kebenaran, Kalina Ocktaranny Siap Ladeni ADA Tour

Posted: 16 Oct 2017 08:33 PM PDT

Kasus perseteruan artis Lyra Virna dan Kalina Ocktaranny dengan travel haji dan umrah ADA Tour kian memanas. Kedua pihak saling klaim kebenaran. Lyra Virna dan Kalina Ocktaranny merasa ditipu oleh ADA Tour. Sedangkan pihak ADA Tour merasa nama baiknya dicemarkan oleh kedua artis tersebut.

Ditemui usai pemeriksaan di Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (16/10/2017) malam, Kalina Ocktaranny akan terus meladeni ADA Tour.

 Kalina Ocktaranny (Adrian Putra/bintang.com)

"Bukan soal capek. Tapi di situ kan ada sebab-akibat. Jadi kenapa saya merasa benar? Karena saya punya bukti," kata Kalina Ocktaranny.

Kalina Ocktaranny menjelaskan, pihak ADA Tour juga wajar jika melakukan pembelaan diri. Namun, janda Deddy Corbuzier itu meminta pemilik ADA Tour, Lasty Annisa untuk menunjukkan bukti-bukti kebenarannya.

"Kalau ADA Tour juga mungkin begitu (yakin benar) karena mereka kan membela diri. Kalau ada bukti, silahkan keluarkan. Kami juga sebagai korban punya pembelaan diri," ujar Kalina Ocktaranny.

 Kalina Ocktaranny (Adrian Putra/bintang.com)

Hanya saja, untuk menentukan mana yang benar dan salah, Kalina Ocktaranny meminta ADA Tour untuk menerima proses hukum dari kepolisian.

"Saya tidak meminta pembelaan, publik bisa perbikir siapa yang benar. Dan pihak berwajib pun bisa membuktikan siapa yang benar dan salah," tegasnya. (Ras)‎

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Jago Menjelajah Alam, Anggota Pramuka Juga Hebat Ramu Obat

Posted: 16 Oct 2017 08:32 PM PDT

Gerakan Pramuka terkenal dengan kemampuan penelusuran serta bertahan hidup di alam liar. Sebut saja mencari makan, membaca kompas dan peta, serta meramu obat dari bahan tradisional ketika menderita sakit di alam.

Bahkan, untuk kemampuan meramu obat tradisional ini juga tak perlu diragukan lagi. Buktinya dapat dilihat dalam Lomba Tingkat Lima (LT-V) yang diselenggarakan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, 22-28 Oktober 2017 di Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur.

Dalam lomba ini, setiap regu diminta membuat ramuan tradisional dari bahan-bahan alami, baik tumbuh-tumbuhan maupun buah-buahan. Ramuan itu difungsikan sebagai obat penyakit ringan seperti demam, flu, pilek, luka bakar, dan lain-lain. 

"Yang akan dinilai dari bahan-bahan bakunya, tingkat kesulitan proses pembuatannya, keunikan, serta khasiatnya", ujar Wakil Ketua Kwarnas Bidang Organisasi dan Hukum, Kodrat Pramudho di Jakarta, Minggu, 15 Oktober 2017.

Selain itu, peserta yang membawa bahan atau jenis tanaman langka dan khas atau mampu menciptakan resep baru, akan mendapat nilai tambah. Namun, cara membuat obat harus secara tradisional, tanpa bantuan teknologi. Lomba meramu obat ini dinilai oleh ahli farmasi.

Sementara itu, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault menjelaskan, peserta yang mengikuti LT-V adalah Pramuka-Pramuka terbaik dari seluruh Provinsi di Indonesia. Mereka tidak hanya berlomba, tetapi juga merekatkan solidaritas sebagai Kader Pancasila dan perekat NKRI.

"Lebih dari kompetisi, LT-V ini mempertemukan anak-anak muda terbaik di Indonesia dengan tujuan meningkatkan interaksi, mendorong kerjasama di antara mereka, sehingga peran Pramuka sebagai kader Pancasila dan perekat NKRI semakin meningkat," kata Adhyaksa Dault di Jakarta.

Dia menambahkan, LT-V juga menjadi wahana mempraktikan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia, seperti musyawarah, gotong-royong, dan lain-lain. Bukan hanya teori, peserta akan langsung mempraktikkannya di lapangan.

LT-V sendiri menjadi salah satu kegiatan paling bergengsi yang diselenggarakan Kwarnas Gerakan Pramuka. Peserta yang bisa mengikuti lomba ini adalah Regu Penggalang (usia 11-15 tahun) yang menjuarai LT-I (tingkat Gugus Depan), LT-II (tingkat kecamatan), LT-III (tingkat kota/kabupaten), dan LT-IV (tingkat provinsi).

"Bisa dilihat di lapangan, regu yang datang ke LT-V bukan regu yang baru dibentuk. Mereka adalah regu yang telah teruji dalam LT-I, LT-II, LT-III, LT-IV," jelasnya.

Kegiatan yang mengusung tema "Persaudaraan, Mandiri, Prestasi" diibaratkan sebagai "Piala Dunianya" Gerakan Pramuka. Setiap Kwarda mengirimkan regu putra dan putri terbaik dengan delapan anggota pada masing-masing regu.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasukan Demokratik Suriah Klaim Rebut Ibu Kota ISIS

Posted: 16 Oct 2017 08:31 PM PDT

Pasukan yang didukung Amerika Serikat di Suriah mengklaim bahwa saat ini mereka telah merebut kontrol atas Raqqa, wilayah yang dijuluki ibu kota ISIS. Meski demikian, sejumlah kecil anggota ISIS masih tersisa di sana.

Seperti dilansir BBC pada Selasa (17/10/2017), Pasukan Demokratik Suriah (SDF) juga mengatakan, alun-alun al-Naim, yang kerap dijadikan lokasi eksekusi oleh ISIS berhasil mereka kuasai. Pernyataan resmi terkait dengan keberhasilan merebut Raqqa akan segera mereka umumkan.

Sebelumnya diketahui sebuah konvoi pasukan lokal ISIS dan keluarga mereka telah meninggalkan Raqqa. Menurut SDF, pasukan asing ISIS tidak diizinkan untuk bergabung dengan mereka.

Sementara itu, pasukan setempat menerangkan bahwa dalam beberapa hari terakhir, lebih dari 3.000 warga sipil telah melarikan diri dari kota itu.

Raqqa merupakan salah satu kota besar pertama yang direbut ISIS pada tahun 2014. Mereka berkuasa di sana kurang lebih selama tiga tahun.

Pihak SDF menjelaskan bahwa sebuah aliansi milisi Kurdi dan Arab telah mengepung Raqqa selama hampir empat bulan. Pada Senin 16 Oktober, SDF mengatakan kepada BBC bahwa sekitar 50 anggota ISIS tetap bertahan di sekitar rumah sakit dan stadion.

Pembebasan Raqqa akan dilihat sebagai pukulan lain bagi ISIS yang terus mengalami kemunduran di Suriah dan Irak selama dua tahun terakhir.

Selama ini, ISIS yang menarik minat calon anggota dari seluruh dunia dengan interpretasi ekstrem hukum Islam telah menggunakan pemenggalan dan penyiksaan untuk meneror warga yang menentang peraturan mereka.

Raqqa menjadi perhatian utama pasukan koalisi pimpinan AS menyusul keberhasilan mereka mengusir ISIS dari Mosul pada Juli 2017. ISIS mengklaim Raqqa merupakan ibu kota Khilafah mereka. Presiden Donald Trump telah mengizinkan pengiriman senjata ke kelompok Kurdi demi memastikan kemenangan atas ISIS di Raqqa.

Pada Mei lalu, AS telah mengumumkan akan memasok senjata dan peralatan militer ke militan Kurdi yang memerangi ISIS di. Langkah ini sebelumnya telah mendapat persetujuan Donald Trump.

Juru Bicara Pentagon kala itu, Dana W White, menyatakan bahwa Trump telah memberikan lampu hijau bagi Pentagon untuk "mempersenjatai kelompok Kurdi -- bagian dari Pasukan Demokratik Suriah (SDF) -- demi memastikan kemenangan" atas ISIS di Raqqa.

Kebijakan AS untuk mempersenjatai pasukan Kurdi pada awalnya dikhawatirkan akan mendapat tentangan dari Turki. Kelompok Kurdi yang tergabung dalam SDF berasal dari Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG). Mereka merupakan faksi utama yang memerangi ISIS di Suriah.

Selama ini, Turki berpendapat bahwa YPG merupakan perpanjangan tangan dengan Partai Pekerja Kurdistan (PKK), kelompok yang dianggap sebagai gerakan separatis bahkan teroris oleh pemerintah. Namun, belakangan AS menjelaskan ke Turki bahwa pihaknya akan mengambil kembali senjata yang dipasok ke YPG jika perang melawan ISIS berakhir.

Sumber di Kementerian Pertahanan Turki mengatakan bahwa Menteri Pertahanan AS Jim Mattis telah berjanji kepada mitranya, Menteri Pertahanan Turki Fikri Isik untuk memberikan daftar senjata yang diserahkan ke YPG.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Negara ASEAN Kurangi Ketergantungan Dolar AS

Posted: 16 Oct 2017 08:30 PM PDT

Bank Indonesia (BI) bersama Bank Sentral Thailand dan Bank Negara Malaysia sepakat mengurangi ketergantungan terhadap penggunaan dolar Amerika Serikat (AS). Ini terutama dalam penyelesaian transaksi perdagangan bilateral antara Indonesia dengan negara mitra.

Oleh karena itu, BI menerbitkan peraturan penyelesaian transaksi perdagangan bilateral menggunakan mata uang lokal. Hak itu tertuang dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) No 19/11/PBI/2017. Demikian mengutip dari laman Bank Indonesia, Selasa (17/10/2017).

Pengaturan local currency settlement (LCS) bertujuan untuk mendukung kestabilan nilai tukar rupiah dengan cara mengurangi ketergantungan terhadap penggunaan dolar AS. Melalui peraturan ini, diharapkan dapat mengurangi biaya transaksi valas terhadap rupiah dengan terjadinya kuotasi harga secara langsung antara rupiah dengan beberapa mata uang negara mitra. Dengan begitu, pasar mata uang regional dapat berkembang. Selain itu, hal ini juga dapat memperkuat akses pelaku usaha untuk membayar kewajibannya dalam mata uang lokal.

Penerbitan PBI ini merupakan tindak lanjut penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Bank Indonesia dengan Bank of Thailand dan Bank Negara Malaysia pada 23 Desember 2016. Dalam MoU itu sepakati kerja sama LCS antara Indonesia, Malaysia, dan Thailand dalam penyelesaian perdagangan internasional antara ketiga negara itu dengan menggunakan mata uang lokal, yaitu rupiah, ringgit, dan baht.

Aturan itu juga mengatur kewenangan BI bersama dengan bank sentral negara mitra untuk menunjuk bank di Indonesia untuk melakukan kegiatan dan transaksi keuangan tertentu untuk kepentingan LCS atau disebut juga Bank Appointed Cross Currency Dealer (Bank ACCD).

Kaitannya dengan transaksi, importir Indonesia yang melakukan impor barang dari Malaysia dan Thailand dapat membayar menggunakan mata uang MYR atau THB melalui bank ACCD yang ditunjuk tanpa perlu membayar dalam mata uang dolar AS.

Sebaliknya dalam hal terdapat eksportir Indonesia hendak menggunakan mekanisme LCS, eksportir Indonesia juga dapat dibayar dalam mata uang rupiah, ringgit dan baht melalui bank ACCD yang ditunjuk.

Dalam hal ini, aktivitas perbankan dan transaksi keuangan itu harus dilakukan dengan didasari underlying berupa kegiatan perdagangan barang dan jasa.

"Peraturan ini diharapkan dapat mendorong penggunaan penyelesaian perdagangan bilateral dengan menggunakan mata uang lokal, mengembangkan penggunaan mata uang regional dalam perdagangan bilateral di kawasan, dan perluasan akses pelaku ekonomi di masing-masing negara," kata Direktur Departemen Komunikasi BI, Arbonas Hutabarat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menhub Budi Karya Penuhi Panggilan KPK Terkait Suap Dirjen Hubla

Posted: 16 Oct 2017 08:30 PM PDT

Penyidik KPK menjadwalkan pemeriksaan terhadap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Menhub akan diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi yang menjerat Direktur Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) nonaktif Antonius Tonny Budiono.

Pada pemeriksaan kali ini, Budi Karya akan dimintai keterangan untuk melengkapi berkas penyidikan tersangka Komisaris PT Adhiguna Keruktama Adiputra Kurniawan.

"Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka APK (Adiputra Kurniawan)," ujar juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Selasa (17/10/2017).

Pemeriksaan hari ini merupakan penjadwalan ulang dari pemeriksaan sebelumnya. Budi Karya seharusnya diperiksa penyidik KPK pada Jumat, 13 Oktober 2017. Namun, saat itu yang bersangkutan tak bisa memenuhi panggilan penyidik KPK lantaran tengah berada di Singapura.

Budi Karya sendiri sudah terlihat hadir di Gedung KPK. Dengan mengenakan kemeja batik cokelat, Budi memilih langsung masuk ke dalam lobi Gedung KPK.

Pada kasus ini, KPK telah menetapkan Antonius Tonny Budiono dan Adiputra Kurniawan sebagai tersangka. Keduanya diduga bermain dalam perizinan dan pengadaan proyek-proyek di lingkungan Ditjen Hubla tahun 2016-2017.

Terkait ini, tim KPK mengamankan 33 tas ransel berisi uang pecahan rupiah dan mata uang asing yang totalnya mencapai Rp 18,9 miliar. Selain itu, diamankan pula empat ATM, yang salah satunya berisi saldo sebesar Rp 1,174 miliar.

Tonny Budiono diduga menerima sejumlah uang suap dari pelaksanaan proyek di lingkungan Ditjen Hubla sejak 2016 lalu. Dia menggunakan modus baru dengan dibukakan rekening di sejumlah bank, yang telah diisi sebelumnya oleh si pemberi.

KPK menetapkan keduanya sebagai tersangka penerima gratifikasi terkait proyek-proyek di Ditjen Hubla.

Terkait kasus ini, KPK sudah mencegah ke luar negeri dua orang terkait kasus suap perizinan dan pengadaan proyek-proyek di lingkungan Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Laut (Hubla) Kementerian Perhubungan tahun anggaran 2016-2017.

Mereka adalah karyawan swasta bernama Aloys Sutarto dan Oscar Budiono. Pencekalan tersebut untuk kepentingan penyidikan atas tersangka Dirjen Hubla Kementeriaan Perhubungan (Kemenhub) nonaktif, Antonius Tonny Budiono.

"Sejak 31 Agustus 2017, KPK telah meminta imigrasi untuk mencegah dua orang bepergian ke luar negeri untuk kebutuhan penyidikan terhadap tersangka ATB (Antonius Tonny Budiono)," kata juru bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin, 9 Oktober 2017).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Akhir Pekan Ini

Posted: 16 Oct 2017 08:30 PM PDT

Para pembalap MotoGP tidak bisa beristirahat lebih lama. Usai balapan di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang, Minggu (15/10/2017), mereka kembali akan beradu cepat dalam MotoGP Australia.

Balapan MotoGP seri ke-16 ini akan berlangsung di Sirkuit Phillip Island, Australia, Minggu (22/10/2017). Marc Marquez dan Andrea Dovizioso dipastikan akan bersaing sengit untuk mendapatkan hasil terbaik.

Seperti diberitakan sebelumnya, sukses Dovizioso menjuarai balapan MotoGP Jepang membuat persaingan di papan atas klasemen semakin sengit. Pembalap Ducati itu kini mengoleksi 233 poin, tertinggal 11 angka dari Marquez yang memuncaki klasemen sementara.

Namun, untuk balapan di Phillip Island, Valentino Rossi patut menjadi perhatian. Sebab, pembalap Movistar Yamaha tersebut merupakan pengoleksi kemenangan terbanyak, yakni delapan kali. Semua itu dimenangkan Rossi di semua kelas.

Namun, dalam dua musim terakhir MotoGP Australia, pembalap Honda yang selalu berjaya. Musim 2016, pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow yang tampil mengejutkan. Adapun di musim 2015, Marquez yang merebut podium juara.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Jadwal MotoGP Australia

Jumat, 20 Oktober 2017:

FP1: 06:55-07:40 WIB

FP2: 11:05-11:50 WIB

Sabtu, 21 Oktober 2017

FP3: 06:55-07:40 WIB

FP4: 10:30-11:00 WIB

Kualifikasi 1: 11:10-11:25 WIB

Kualifikasi 2: 11:35-11:50 WIB

Minggu, 22 Oktober 2017:

Pemanasan: 07:40 WIB

Balapan: 12:00 WIB

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Canon Umumkan EOS 200D, Kamera DSLR Ringan dan Mungil

Posted: 16 Oct 2017 08:30 PM PDT

Kamera DSLR tak melulu berukuran besar dan berat. Melalui distributor resminya di Indonesia pt Datascrip, Canon memperkenalkan kamera DSLR mungil EOS 200D.

Dalam keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Selasa (17/10/2017), kamera ini mengusung bodi yang kecil, ringkas, dan ringan. Ia hadir dalam pilihan warna silver dan white.

Walau punya bodi kecil, EOS 200D dilengkapi teknologi dual pixel CMOS AF, sensor APS-C CMOS 24,2MP, dan prosesor gambar Digic 7. Dengan begitu, pengguna bisa menghasilkan foto dan video berkualitas.

Canon Division Director pt Datascrip Merry Harun mengatakan, EOS 200D selain trendi juga canggih dan dilengkapi koneksi Wi-Fi. Dengan demikian, kamera ini diharapkan bisa memenuhi pecinta foto yang ingin kamera DSLR ringan dan trendi.

Sekadar diketahui, kamera tersebut memiliki bobot 406 gram dengan desain grip yang nyaman digenggam. "Kamera ini mudah digunakan oleh fotografer pemula sekalipun," kata Merry.

EOS 200D juga dibekali LCD touch screen yang bisa diputar untuk memudahkan pengambilan gambar maupun untuk selfie.

Canon EOS 200D, kamera DSLR Canon berbodi ringan dan bobot ringan dengan LCD touch screen. (Doc.Canon)

EOS 200D didukung sensor CMOS APS-C 24,2MP dan prosesor Digic 7 serta kecepatan ISO hingga 25600 untuk menghasilkan gambar tajam dan jernih.

Pengguna juga disuguhi kecepatan AF dalam mode Live View saat pengambilan video dengan teknologi dual pixel CMOS AF.

EOS 200D pun memiliki Live View Servo AF yang aktif mengejar fokus pada benda bergerak dan mampu menjepret beruntun hingga 3,5 fps (frame per second).

Canon EOS 200D, kamera DSLR Canon berbodi ringan dan bobot ringan dengan LCD touch screen. (Doc.Canon)

Untuk mendukung transfer data, EOS 200D dibekali koneksi WiFi dan NFC. Pengguna juga bisa menggunakan aplikasi Canon Camera Connect untuk mengatur shutter speed, focus selection, self timer secara real time dari smartphone atau tablet.

Kamera DSLR EOS 200D hadir lensa EF-S 18-55mm STM dan dibanderol seharga Rp 9,6 jutaan. Selain itu, lensa ini juga dijual terpisah seharga Rp 5,5 jutaan.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Petaka Kelakuan Buruk Hancurkan 4 Karier Selebritas Ini

Posted: 16 Oct 2017 08:30 PM PDT

Bagi kebanyakan orang, masa depan karier dan arah perjalanan hidup ditentukan oleh setiap hal kecil yang dilakukannya. Pun demikian para selebritas, yang segala gerak-geriknya menjadi sorotan.

Kendati demikian, salah "melangkah" dalam hidup selebritas bisa berakibat lebih fatal. Selain mempermalukan diri sendiri di depan publik, kesalahan yang diperbuat juga bisa berujung pada kehancuran karier mereka.

Pada Selasa (17/10/2017) pagi, pembaca Liputan6.com kanal Global ternyata paling menyimak tentang kisah kehancuran empat selebritas karena ulah sendiri.

Lalu berita tentang potensi naiknya pemimpin muda di Austria yang dikenal berpandangan kanan. Memang belum terpilih, tapi sudah banyak prediksi tentang hal itu.

Ulah pramugrari panik saat menghadapi masalah selama penerbangan di maskapai AirAsia QZ535 rute Bali-Perth juga tak luput dari perhatian pembaca.

Selengkapnya dalam Top 3 Global berikut ini:

1. Cabul, Mabuk...Karier 4 Selebritas Ini Hancur oleh Ulah Sendiri

Saat liburan, fans banyak yang berkerumun di dekat Lindsay Lohan (Dailymail)

Industri hiburan dikenal sebagai dunia yang kejam. Dalam suatu momen, seorang selebritas dapat memuncaki karier tertingginya dengan begitu cepat. Tetapi, hal itu tak menjadi jaminan pasti. Keadaan bisa berbalik dalam waktu yang sangat singkat.

Ibaratnya sebatang pohon, makin tinggi puncaknya makin kencang pula tiupan angin yang menerpa. Belum lagi bicara soal persaingan. Seorang selebritas akan menjumpai para pesaing yang siap memperebutkan satu posisi.

Selanjutnya...

 

2. Pemuda 31 Tahun yang Anti-Islam Ini Akan Memimpin Austria?

Sebastian Kurz, politikus muda berusia 31 tahun yang digadang-gadang akan memimpin Austria (AP Photo/Matthias Schrader)

Partai Rakyat Austria (ÖVP) pimpinan Sebastian Kurz (31) diproyeksikan akan finis pada urutan pertama dalam pemilihan parlemen. Data exit polls tersebut sekaligus menunjukkan adanya pergeseran spektrum politik yang jelas ke arah kanan.

Sebuah proyeksi oleh SORA menunjukkan ÖVP meraih 31,6 persen suara. Meski diprediksi unggul, namun partai pimpinan Kurz masih jauh dari perolehan suara mayoritas dan harus membentuk koalisi.

Jika kemenangan ÖVP disahkan, maka jalan Kurz menuju kursi Kanselir dipastikan mulus dan ia akan dinobatkan sebagai pemimpin termuda di dunia.

Selanjutnya...

 

3. Pramugari Menjerit...Sikap Awak AirAsia Bikin Penumpang Panik

Semarak! Penerbangan Perdana AirAsia Indonesia Makau-Jakarta (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Sebanyak 151 orang yang berada di pesawat AirAsia QZ535, yang terbang dari Australia menuju Bali pada Minggu 15 Oktober 2017, mengalami hal mengerikan. Airbus A320 yang mereka tumpangi mengalami loss altitude atau kehilangan daya untuk mempertahankan ketinggian, setelah 25 menit mengudara dari Bandara Perth.

Awak kabin segera mengumumkan terjadinya situasi darurat. Tak lama kemudian masker oksigen berjatuhan.

Melansir dari The West pada Senin 16 Oktober 2017, kondisi tersebut memaksa pesawat putar balik ke Perth. Kapal terbang itu berhasil mendarat dengan aman. Para penumpang bersyukur bisa selamat.

Selanjutnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Pasta Terbaik dan Paling Lezat di Dunia

Posted: 16 Oct 2017 08:30 PM PDT

Pasta termasuk makanan yang paling sederhana dan cepat untuk disajikan. Jika Anda memasak pasta dengan baik, maka pasta bisa menjadi makanan yang paling enak.

Hampir semua orang menyukai pasta. Ada berbagai jenis  pasta yang popular dimakan. Anda bisa memilih jenis pasta yang disukai.

Orecchiette

Pasta keriting ini merupakan pasta terbaik dari sseluruh jenis pasta. Bentuk pasta ini memiliki konsistensi yang bagus dan sangat baik disandingkan dengan sayuran, terutama brokoli dan cabai.

Bahan pembuat pasta dari telur dan sedikit kenyal sangat kental terasa, terutama di bagian selatan Italia. Orecchiette juga bagus dikombinasikan dengan pasta salad.

Namun, ini bukan jenis pasta yang paling umum dimakan. Tapi kebanyakan orang yang mencobanya ternyata sangat menyukainya.

 

 

 

Simak video menarik berikut ini:

 

Ini salah satu jenis pasta yang paling enak, terutama dibuat dalam bentuk pasta carbonara. Pasta tagliatelle layaknya mi udon khas Italia.

 

Pasta Brokoli Saus Keju, Makan Siang Mengenyangkan yang Lembut

Pasta yang berbentuk kerang terlihat menarik. Anda bisa mencampur saus pasta dengan baik.

Ketika dimakan, saus pasta yang meresap seakan tidak hilang rasanya. Anda juga bisa kombinasikan pasta ini dengan pasta salad, dilansir dari Independent, Selasa(17/10/2017).

 

Pappardelle memiliki bentuk yang panjang dan pipih. | via: buzzfeed.com

Bentuk pasta yang panjang termasuk jenis pasta populer. Saus pasta yang dicampur pada pasta ini nikmat dimakan.

 

Bucatini pada dasarnya adalah spageti tebal dengan lubang di tengahnya. Saus pun dapat masuk dan meresap lewat celah lubang pada spaghetti.

 

Para penggemar fusilli menyukai pasta ini karena mudah makan daripada tagliatelle. | Via: macaroniandcheesecake.com

Para penggemar fusilli menyukai pasta ini karena mudah makan daripada tagliatelle. Tekstur pasta juga sangat baik karena Anda tidak akan kehilangan rasa saus saat pasta dimakan.

 

Bentuk pasta ini mirip spaghetti, tapi lebih lebar dan bentuknya lebih elips (melengkung). Linguine adalah pasta yang lezat.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Intip Warna-warni Festival Tulip Terindah di Dunia

Posted: 16 Oct 2017 08:30 PM PDT

Sebuah festival tulip di Korea Selatan dinobatkan sebagai festival tulip terindah di dunia. Intip keindahan berbagai warna-warni bunga tulip Korea ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: