Selasa, 10 Oktober 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Pajang Foto Suami Bareng Cucu, Ibunda Ayu Ting Ting Bikin Bingung

Posted: 10 Oct 2017 09:50 PM PDT

Perhatian publik tampaknya tak pernah lepas dari sosok pedangdut Ayu Ting Ting. Apapun yang berhubungan dengan janda satu anak itu selalu menjadi buah bibir masyarakat melalui media sosial.

Janda satu anak berdiri disamping kanan Andhika menarik perhatian para warganet. Bahkan, ada yang melihat mirip. Keduanya didoakan berjodoh. Tidak hanya dengan Andhika, penyanyi Sambalado itu juga didoakan berjodoh dengan Ivan Gunawan. (ayutingting92)

Kali ini, topik pembicaraan publik berasal dari sebuah foto yang diunggah ibunda Ayu Ting Ting, Rabu (11/10/2017). Dalam foto itu, Bilqis dan ayah Ayu Ting Ting tampak berpose sambil tersenyum semringah ke arah kamera.

Bukan soal fotonya, keterangan yang ditulis ibunda Ayu Ting Ting lah yang membuat publik kebingungan. Pasalnya, ibunda Ayu Ting Ting menulis, "Ayah iqiss" yang seakan menimbulkan makna ganda.

Banyak pengguna Instagram yang memprotes cara penulisan ibunda Ayu Ting Ting tersebut. Pasalnya, ayahanda sang penyanyi, Rozak, merupakan kakek dari Bilqis, bukan ayah.

 

Panggilan sayang cucu pada kakeknya tersebut lantas dianggap tak wajar bagi sebagian warganet. Mereka pun menganjurkan ibunda Ayu Ting Ting untuk meralat tulisan tersebut lain kali.

"Itu bukan ayah, tapi kakeknya. Bilqis bukan anak anda. Bilqis cucu anda," tulis @sanofthesky.

"Kok ayah ikis...seolah2 ayahx ikis beneran mnurut ikis...hduhhh....ksian anak kcil diboongin," sahut @eky_kurnia_sari.

"Knpa gak panggil kakek atau Opa ja Mom kan lbh enak didengan. .@mom_ayting92_ agak kurang gmna gtu sebutan àyah..maaf kalau salah comment," ungkap @liandra_87.

"kakek iqis harusx.....sebaikx jgn dbiasakn pgl kakek dgn ayah...biar si anak nti ga bingung,," ujar @frizkaaprilyana.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penjahit Seragam Pelantikan Anies Langganan Pemprov Sejak 70-an

Posted: 10 Oct 2017 09:48 PM PDT

Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan - Sandiaga Uno akan dilantik di Istana Negara pada Senin, 16 Oktober 2017. Beberapa persiapan telah dilakukan Pemprov DKI, di antaranya mengecat ulang beberapa bagian Balai Kota hingga mengatur penjahitan seragam pelantikan Anies-Sandiaga.

Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri (KDHKLN), M. Mawardi, mengatakan baju seragam Anies dijahit oleh salah satu langganan Pemprov DKI, yakni Chiu Tailor.

Penjahit tersebut sudah lama menjahit untuk baju dinas Gubernur DKI Jakarta, yakni sejak pemerintahan Gubernur Tjokropronolo pada era kepemimpinan 1977-1982.

"Dari Chiu Tailor yang menjahitnya. Saya tidak tahu, tapi yang ngukur namanya Hendra," kata Mawardi saat dihubungi, Rabu (11/10/2017).

Sebelumnya Anies menceritakan, baju dinas yang akan dipakainya nanti dipesan kepada penjahit khusus langganan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Sudah fitting. Lupa sama siapa namanya, tapi katanya dari Pemda. Sudah sejak Gubernur Tjokropranolo (menjahit baju dinas)," ucap Anies di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa, 10 Oktober 2017.

Terkait persiapan jelang pelantikan lainnya, Anies mengatakan, semua hal persiapan berkaitan teknis dalam memimpin Jakarta sudah disiapkan juga bersama tim sinkronisasi Anies-Sandi.

"Secara umum sudah berbulan-bulan kita siapkan, sinkronisasi kerja sudah tuntas dan itulah modal kita memasuki tanggung jawab lagi," kata Anies Baswedan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Kementerian Dalam Negeri mengagendakan pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno pada Senin mendatang, 16 Oktober 2017 di Istana Negara oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Sudah diagendakan. Itu di Istana oleh Presiden, biasanya pukul 10.00 WIB," kata Dirjen Otonomi Daerah, Kemendagri, Sumarsono, saat dihubungi Liputan6.com, di Jakarta Pusat, Rabu, 4 Oktober 2017.

Anies-Sandiaga akan menyatakan sumpah dan janji jabatan di depan Presiden. Selanjutnya dilanjutkan dengan tanda tangan pakta integritas.

"Agendanya itu saja, tambah di dalamnya ada foto dengan Presiden," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Investor Berminat Bangun Pesawat R-80

Posted: 10 Oct 2017 09:46 PM PDT

Sebanyak tiga investor menyatakan minat untuk membangun pesawat R-80, buatan Indonesia. Nilai investasi untuk membangun pesawat tersebut di atas US$ 1 miliar.

Komisaris PT Regio Aviasi Industri (RAI) Ilham Habibie masih enggan menyebut investor tersebut. "Ada 3, Indonesia enggak ada yang membuat pesawat, selain PTDI. Beda, kalau PTDI kalau menurut saya sebaiknya menjadi partner di pihak kita sama-sama perusahaan Indonesia," kata di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Rabu (11/10/2017).

Dia memperkirakan, keputusan untuk menggandeng mitra itu pada 2018. Dengan begitu, pesawat bisa uji terbang pada 2022.

"Tahun depan mestinya selesai. Biar bisa on target pesawat terbang 2021-2022 kan tinggl 4 tahun. Sampai terbang belum sertiifkasi," ujar dia.

Dia menambahkan, untuk sertifikasi membutuhkan waktu setahun hingga satu setengah tahun. Setelah itu, produk tersebut dipasarkan ke palanggan.

Meski begitu, dia menuturkan, investasi di pesawat berbeda dengan investasi di bidang lain. Lantaran, risiko dan pendapatan ditanggung bersama.

"Jadi investor ambil bagian, tapi dia menanggung biaya sendiri. Risk and revenue sharing. Jadi menanggung risiko menanggung revenue. Kalau menjual dia mendapat bagian daripada pendapatan," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Masyarakat bisa berpartipasi dalam membangun pesawat dalam negeri yakni R-80. Pasalnya, PT Regio Aviasi Industri (RAI) menggagas penggalangan dana melalui Kitabisa.com.

Komisaris PT Regio Aviasi Industri (RAI) Ilham Habibie mengatakan, penggalangan dana ini sejatinya bukan semata-mata untuk membangun pesawat. Namun, untuk mencari dukungan untuk membangun pesawat tersebut.

"Buat kami crowdfunding lebih untuk menunjukkan kepada siapapun bahwasanya rakyat mendukung. Namanya donasi, buka investasi," kata dia saat berkunjung di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Rabu (11/10/2017).

Ilham tak mengetahui posisi terakhir dana yang terkumpul. Namun, antusias masyarakat sangat besar.

"Crowdfunding donasi, jadi terus terang enggak tahu status terakhirnya tapi dalam seminggu kita sudah mengumpulkan Rp 1,3 miliar. Cepat sekali," ujar dia.

Ilham menuturkan, meski dana yang terkumpul relatif besar tapi tak akan cukup untuk menutup biaya pembangunan pesawat yang sangat besar. Menurut Ilham, biaya yang dibutuhkan untuk membangun pesawat di atas US$ 1 miliar.

"US$ 1 miliar ke atas, di antara US$ 1,1 miliar-1,5 miliar," ujar dia.

Di Amerika Serikat (AS) saja, kata dia, penggalangan dana belum pernah mencapai US$ 100 juta.

"Crowdfunding bukan untuk kebutuhan, ada kebutuhan tentunya, tidak akan mungkin bisa mengumpulkan US$ 1 miliar dengan crowdfunding. Dengan crowdfunding di dunia, di AS bisa puluhan juta dolar tapi lebih US$ 100 juta belum pernah ada. Itu di AS di mana peraturannya lebih progresif, ekonomi lebih kaya jadi partisipasinya lebih substansial," kata dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tim Bakti PMK Disambut Meriah Warga Muna

Posted: 10 Oct 2017 09:45 PM PDT

Kedatangan Tim ekspedisi Bhakti PMK 2017 bersama KRI Banjarmasin-592 Dermaga Nusantara di Raha, Selasa (10/10/2017), disambut meriah oleh masyarakat Muna. Bupati dan jajarannya secara langsung menyambut rombongan peserta yang dipimpin oleh Staf Ahli Menko PMK, Sonny Harry B Harmandi.

KRI Bajarmasin 529 yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Stanley Lakahena, M.Tr. (Hanla) tersebut sebelumnya telah berlayar selama empat hari sejak meninggalkan Dermaga Kolinlamil Tanjung Priok pada Jum'at (6/10/2017). Tim Ekspedisi Bhakti PMK dijadwalkan tinggal di Raha hingga Kamis (12/10/2017). 

Usai upacara penyambutan di dermaga, tim ekspedisi Bhakti PMK mendapat jamuan di rumah jabatan bupati dan bersilaturahmi dengan jajaran pemerintah Kabupaten Muna.

Staf Ahli Menko PMK RI, Sonny Harry B Harmandi, sebagai ketua tim, mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Tim Ekspedisi Bhakti PMK akan menjelajah rute Jakarta – Muna – Ambon – Tual – Dobo –Agats - Merauke – Makassar –  Jakarta.

"Muna jadi persinggahan pertama, kemudian ke Ambon untuk pengisian bahan bakar, lalu masuk Tual, Dobo, sampai Merauke. Tanggal 28 Oktober 2017 puncaknya atau bertepatan dengan jatuhnya hari Sumpah Pemuda," ujar Sonny saat ditemui di Rujab Galampano.

Ekspedisi Bhakti PMK, lanjutnya, bertujuan untuk melihat bagaimana perkembangan pembangunan manusia dan kebudayaan di daerah-daerah.

"Kegiatan ini juga bentuk kehadiran negara, kita ingin menyapa, bersilaturahmi, mendengarkan, dan bertemu langsung dengan masyarakat sambil membawa yang bisa disebut bantuan atau oleh-oleh dari Jakarta," ucap Sonny.

Beragam bantuan yang dibawa berasal dari Kementerian PUPR, BKKBN, Perpustakaan Nasional, BPJS Kesehatan, Bank Indonesia, YBM BRI, Rumah Zakat, IBM Indonesia, SCTV-Indosiar, dan IKAl BPPT. Selain itu juga ada bantuan dari Yayasan Pondok Kasih, Perempuan Berkebaya, Sari Ayu, Dimensi Jaya, Wahana Pandunugraha, Global Systech, Casio Indonesia, Asia 87 Fondation, LDII, PAGI, Persagi, Mata Garuda, Tower Bersama Group, PT. Tempo Scan Pasific, Komite Relawan Nusantara, dan Senkom Mitra polisi.

Sonny mengaskan bahwa selain kedua tujuan tersebut, yang paling penting dari ekspedisi ini adalah menanamkan rasa cinta Tanah Air kepada warga, khususnya di daerah perbatasan dan terpencil.

Usai mendapat jamuan makan siang di runjab Bupati Muna, tim Bhakti PMK menuju dan menyaksikan acara peletakan batu pertama penampungan bak air. Mereka juga mengunjungi pengrajinan tenun tradisional, Masalili, Kecamatan Kontunaga.(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Lolos ke Perempat Final Kejuaraan Dunia Junior

Posted: 10 Oct 2017 09:45 PM PDT

Tim Indonesia lolos ke perempat final Kejuaraan Dunia Junior Bulu Tangkis. Dalam babak playoff Grup H di GOR Among Rogo, Yogyakarta, Rabu (11/10/2017), skuat Merah putih 3-0 atas Spanyol.

Di perempat final Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2017, Indonesia masih menunggu lawan. Pasalnya, untuk babak ini akan dilakukan lagi pengundian.

Poin pertama Indonesia disumbang nomor ganda putra. Pasangan Adnan Maulana / Muhammad Shohibul Fikri menang 21-12 dan 21-14 atas Jose Molares / Alvaro Vazquez.

Turun pada partai kedua, Aurum Oktavia Winata menambah keunggulan Indonesia. Tunggal putri Indonesia itu mengalahkan Sara Penalver Pereira dengan skor 21-12 dan 21-17.

Kemenangan Indonesia ditentukan oleh Gatjra Piliang Fiqihilahi Cupu pada partai ketiga. Gatjar menundukkan tunggal putra Spanyol, Alex Alcala Dominguez, dengan skor 21-13, 21-11

Meski menang 3-0, Manajer Tim Junior Indonesia Susy Susanti mengatakan Spanyol mampu memberi perlawanan. "Para atlet bermain baik, secara kekuatan Spanyol bermain lebih baik ketimbang dua tim sebelumnya," ujar Susy usai pertandingan.

Soal keputusan memainkan Aurum di laga ini, Susy mengatakan hal itu atas dasar pertimbangan pelatih. "Pelatih yakin Aurum bisa memenangkan pertandingan dan dia membuktikannya," ucap Susy.

Saksikan videp pilihan berikut ini:

 

Berikut hasil lengkap Indonesia Vs Spanyol (3-0):

(Ganda Putra) Adnan Maulana/Muhammad Shohibul Fikri vs Jose Molares/Alvaro Vazquez: 21-12, 21-14

(Tunggal Putri) Aurum Oktavia Winata vs Sara Penalaver Pereira: 21-12, 21-17

(Tunggal Putra) Gatjra Piliang Fiqihilahi Cupu vs Alex Alcala Dominguez: 21-13, 21-11

(Ganda Putri) Jauza Fadhila Sugiarto/Ribka Sugiarto vs Elena Andreu/Laura Santos: tidak dimainkan

(Ganda Campuran) Rinov Rivaldy/Angelica Wiratama vs Andres Martin/Paula Lopez: tidak dimainkan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Inilah Senator Transgender Pertama di Uruguay

Posted: 10 Oct 2017 09:45 PM PDT

Michelle Suarez menjadi senator Transgender pertama Uruguay mewakili partai Komunis. Suarez bertugas merancang undang-undang pernikahan sejenis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Haru Monica, Bertemu Ibu Sebelum Berangkat ke Kanada

Posted: 10 Oct 2017 09:42 PM PDT

Kisah Monica yang harus berjuang mencari ibunya demi mendapatkan tanda tangannya membuat banyak orang tersentuh. Nasib remaja 15 tahun itu berada di tangan sang ibu, untuk berangkat atau tidak ke Kanada.

Monica diundang mengikuti program The WHO 8th Milestone of Global Campaign for Violence Prevention, di Ottawa, Kanada, pada 19-20 Oktober 2017.

Monica sendiri tinggal terpisah dengan ibu kandungnya. Monica menetap di Yogyakarta bersama seorang dermawan yang mengasuhnya, sementara sang ibu, Purwati, tinggal di Jakarta.

Karena itu, Monica harus mencari Purwati (46) untuk meminta tanda tangannya sebagai syarat pembuatan visa ke Kanada.

Sempat waswas tak bisa menemukan sang Ibu, kini Monica bisa bernapas lega setelah Kementerian Sosial turun tangan.

Nama Purwati ditemukan dalam daftar penyandang kesejahteraan sosial.

"Para outreacher Dinas Sosial langsung hunting mencari ibunya Moni dan ditemukan datanya," kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa di RPSA Bambu Apus, Jakarta Timur, Rabu (11/10/2017).

Kendati Monica sudah mendapat tanda tangan ibunya, nyatanya perizinan dokumen mengharuskan pengisian form data diri terkait status tempat tinggal dan segala macamnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lantaran Purwati hanya pedagang kopi keliling yang tinggal di emperan selokan Jalan Gandastuli, Jakarta Pusat, Monica pun menemui masalah baru.

Namun, Menteri Khofifah tak mau membuat Monica bersedih.

"Masalah lagi (soal dokumen) adalah rumah, sehingga Kementerian Sosial membawa ke safehouse (RPSA) ini. Di sini banyak (ditampung) keluarga-keluarga seperti itu," ujar Khofifah.

Kisah Monica dan Purwati pun berujung bahagia. Remaja itu telah bertemu ibunya dan visa perizinan ke Kanada juga tengah diurus tim keberangkatan. Kini Monica tinggal menyelesaikan seluruh dokumen sebelum berangkat 16 Oktober 2017.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Serius, Cita Citata Kenalkan Pacar Baru ke Keluarga

Posted: 10 Oct 2017 09:40 PM PDT

Setelah sempat gagal membina rumah tangga dengan Galih Purnama, Cita Citata tak ingin terlalu lama terpuruk. Pasalnya, saat ini pelantun "Goyang Dumang" itu telah memiliki kekasih baru, Ardavan Fazri.

Di depan media, Cita Citata tak merasa sungkan mengenalkan pria yang diketahui berkebangsaan Iran. Wajar saja, sebelum dikenalkan kepada publik, wanita asal Bandung, Jawa Barat ini sudah lebih dahulu mengenalkan kepada keluarganya.

Maklum, untuk hubungannya kali ini Cita Citata memang ingin menjalaninya secara serius. "Kalau dibilang serius tiap aku hubungan sama orang aku jalanin secara serius. karena aku tipikal yang nggak mau main," jelasnya di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (10/10/2017).

"Sampai saat ini aku sih udah mulai ngobrol sama orangtuanya dan aku juga udah kenalin ke keluarga," lanjutnya.

Keseriusan yang Cita Citata berikan nampaknya disambut baik oleh kekasihnya, Ardavan Fazri. Buktinya, saat ditanya media seberapa besar cintanya kepada Cita dengan lantang pria yang diketahui pengusaha itu menjawab, "over a hundread percent (lebih dari seratus persen)," ucapnya.

Kendati demikian, Cita Citata mengaku bahwa untuk saat ini dirinya masih belum berencana meresmikan hubungannya. Apalagi kedekatan keduanya masih hitungan bulan.

"Kalau sekarang masih mau kenal dekat dulu aja. Resmi enggak resmi, nanti dulu aja kita masih butuh waktu. Sekarang jalanin hubungan yang santai tapi serius dan kita punya satu visi yang bagus," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendagri: Hukuman Mati Pengedar Narkoba Masih Perlu

Posted: 10 Oct 2017 09:37 PM PDT

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyatakan, hukuman mati masih dibutuhkan untuk para pengedar dan pemasok narkoba. Apalagi saat ini Indonesia sudah darurat narkoba.

"Perlu, sepanjang yang bersangkutan menjadi pemasok, pengedar," kata Tjahjo di Hotel Kartika Chandra, Jakarta Selatan, Rabu (11/10/2017).

Untuk pemakai, kata dia, harus menjalani rehabilitasi. Karena itu, setiap adanya penangkapan pada mereka pengedar ataupun pemakai harus tetap melalui proses pengecekan urine.

"Saya kira benar, setiap pengguna narkoba harus dicek," ujar dia.

Politikus PDI Perjuangan itu mengingatkan bahwa pembiayaan untuk rehabilitasi tidaklah sedikit. Seperti halnya untuk jumlah 100 ribu pemakai dapat menghabiskan biaya sebanyak Rp 1 triliun.

Untuk pengguna di Indonesia, kata Tjahjo dapat mencapai jumlah yang fantastis. Sehingga pemerintah harus lebih intensif dalam pengawasn hal itu.

"Ada aktivitas dan program yang berkedok untuk rehabilitasi, pengobatan. Tapi ini dimotori oleh sejumlah negara yang ingin memproduksinya," jelas Tjahjo.

Saksikan vidio pilihan di bawah ini:

 

Presiden Jokowi meminta semua pihak serius memberantas narkoba dan penggunaan obat-obat terlarang. 

"Urusan narkoba dan obat ilegal ini kita harus kejam," tegas Jokowi dalam acara Pencanangan Aksi Nasional Pemberantasan Penyalahgunaan Obat di Buperta Cibubur Jakarta Timur, Selasa 3 Oktober 2017.

Jokowi mengatakan, penyalahgunaan obat dan obat ilegal tidak bisa dianggap angin lalu saja. Ia menggambarkannya seperti puncak gunung es yang hanya tampak di permukaan.

"Mungkin di bawahnya tersimpan potensi masalah penyalahgunaan obat terlarang yang besar, yang perlu mendapatkan perhatian kita semuanya," tutur mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-detik Penampakan Mahluk Misterius Muncul di Toilet

Posted: 10 Oct 2017 09:35 PM PDT

Mahluk yang mempunyai bentuk tidak lazim seperti berkepala kecil dan berbutut pendek ini diduga tumbuh di dalam pipa yang terhubung dengan lubang toilet.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pria Berpisau Dekati Isco Usai Spanyol Tekuk Israel

Posted: 10 Oct 2017 09:32 PM PDT

Enam warga Israel ditangkap polisi. Mereka digelandang akibat turun ke lapangan usai laga Israel melawan Spanyol pada babak kualifikasi Piala Dunia 2018, kemarin.

Pertarungan kedua tim berlangsung di Teddy Stadium, Jerusalem, Israel, Selasa (10/10/2017) waktu setempat. Spanyol yang sudah memastikan satu tempat di putaran final di Rusia tetap tampil sepenuh hati dan berhasil mengalahkan, Israel, dengan skor tipis 1-0.

Spanyol unggul lewat gol tunggal Asier Illarramendi Andonegi pada menit ke-76. Dengan kemenangan ini, timnas Spanyol kokoh di puncak klasemen Grup G dengan koleksi 28 poin.

Saat wasit meniup peluit panjang, enam penonton nekat melompati pagar dan menerobos ke tengah lapangan. Salah seorang di antara mereka tampak mendekati pemain Spanyol, Isco.

Belakangan terungkap, pria tersebut ternyata membawa pisau. "Salah seorang tersangka berusaha mendekati Isco. Saat berjalan ke arah pemain, pisau terjatuh dari tangannya. Dia ditangkap polisi sebelum berhasil mendekat ke arah Isco," tulis media Israel The Times. 

Juru bicara kepolisian, Micky Rosenfeld kepada EFE mengatakan bahwa keselamatan para pemain Spanyol tidak terancam selama tampil di Teddy Stadium. Rosenfeld juga menegaskan bahwa pihaknya tidak melakukan pengamanan khusus selama laga. 

"Tidak ada insiden keamanan. Langkah pengamanan biasa dilakukan tadi malam, sebelum, selama, dan sesusah pertandingan," ujar Rosenfeld menambahkan. 

Isco sendiri tampil sebagai pemain pengganti dalam duel ini. Pemain Real Madrid itu masuk pada menit ke-66 menggantikan Aduriz. Kehadiran Isco membuat serangan Spanyol semakin bervariasi sampai akhirnya Illarramendi berhasil mencetak gol pada menit ke-76. 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penggunaan E-Money di Tol Capai 80 Persen

Posted: 10 Oct 2017 09:31 PM PDT

Bank Indonesia (BI) melaporkan perkembangan elektronifikasi di jalan tol atau penggunaan uang elektronik (e-money) di jalan tol secara nasional hingga hari ini sudah mengalami peningkatan yang signifikan.

Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia Pungky Wibowo mengatakan penggunaan e-money secara nasional bahkan sudah di atas 70 persen.

"Data pemakaian uang elektronik untuk pembayaran tol di Jabodetabek itu sudah mencapai 86 persen, sementara secara nasional mencapai 78 persen, bahkan semalam sudah mendekati 80 persen," kata Pungky kepada Liputan6.com, Rabu (11/10/2017).

Peningkatan signifikan penggunaan uang elektronik di jalan tol tersebut tidak terlepas dari komitmen perbankan yang bekerjasama dengan operator jalan tol dalam memberikan kemudahan kepada pengguna jalam tol untuk mendapatkan e-money.

Sejak 17 Agustus hingga 30 September 2017, perbankan dan operator jalan tol sudah menjalankan program diskon 50 persen biaya pembelian kartu uang elektronik di jalan tol. Maka dengan membeli Rp 50 ribu, isi saldo uang elektronik mencapai Rp 40 ribu.

Jika tak ada diskon, biasanya pengguna membeli uang elektronik Rp 50 ribu hanya mendapatkan saldo uang elektronik Rp 40 ribu. Selama ini perbankan menetapkan biaya pembuatan kartu e-money sebesar Rp 20 ribu per kartu.

"Alhamdulillah selain bank berikan diskon, BUJT juga melakukan diskon tarif tol di beberapa ruas, itu membantu keinginan masyarakat transaksi melalui non tunai dengan menunjukkan progres signifikan, hingga 30 September ada 62-63 persen," tambah dia.

Dari angka ini, maka bank dan operator jalan tol, dikatakan Pungky, sepakat untuk memperpanjang pemberian diskon dalam penjualan e-money di jalan tol.

Per 16 Oktober, perbankan dan operator sepakat memberikan diskon 100 persen biaya pembuatan kartu yang selama ini dibebankan ke pengguna. Dengan demikian maka setiap pembelian kartu e-money Rp 50 ribu, saldo yang di dadapatkan mencapai Rp 50 ribu juga.

Diskon ini diberikan untuk mendukung upaya 100 persen elektronifikasi di jalan tol per 31 Oktober 2017.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dunia Kustom Masih Dipandang Sebelah Mata oleh Pemerintah

Posted: 10 Oct 2017 09:31 PM PDT

Tren custom culture di Indonesia terus berkembang. Bahkan sudah banyak karya-karya anak bangsa yang mendunia. Tentu ini menjadi suatu kebanggaan karena bisa mengharumkan nama bangsa.

Tidak cuma diminati di dalam negeri, motor-motor kustom karya anak bangsa ini juga dilirik konsumen luar negeri.

Sayangnya, peran pemerintah dalam mengawal pertumbuhan dunia kustom masih minim. Padahal, dunia kustom berpotensi menjadi sebuah industri baru yang bisa membuka lapangan pekerjaan dan menambah kas negara.

Direktur Kustomfest, Lulut Wahyudi mengisahkan pengalamannya dalam bertransaksi motor kustom yang dalam prosesnya terhambat karena urusan birokrasi.

"Saya terpaksa bercerita, sekitar delapan tahun yang lalu saya mendapatkan order dari Australia, dia datang setelah melihat karya saya di salah satu majalah. Dia terbang khusus ke Jogja, dia bertanya berapa harga membangun satu unit motor custom dengan mesin Harley Davidson," buka Lulut saat dijumpai di arena Kustomfest 2017 baru-baru ini.

Menurut si pembeli, sangat susah untuk impor dari Indonesia, karena barang itu (motor kustom) tidak punya standarisasi di Indonesia. "Jadi almost impossible kalau saya beli motor kustom di negara kamu," kata si pembeli kepada Lulut.

Merekapun mencari jalan keluarnya. "Akhirnya kami sepakat saya buat lima motor kustom ciri khas saya kemudian mesinnya saya ambil. Dan mesin ini nantinya tinggal dibelikan lagi di Australia, jadi frame, bodi, kaki-kaki saya yang buat," ujar pria yang karib disapa LT itu.

Masalah kembali muncul di bea cukai karena barang yang akan dikirim berbentuk motor. "Karena mereka bilang ini motor meskipun tidak ada mesin atau dokumen itu sudah mati harus ditunjukkan," sambungnya.

"Tapi karena dia sudah terlanjur bayar ke saya, saya akhirnya harus mencarikan cara dan terpaksa harus dititipkan ke kontainer furniture, dan sekarang motor hasil karya saya sudah ada di Australia setelah dikawinkan dengan mesin Harley Davidson yang dia punya dan bisa disuratkan di sana," Lulut menambahkan.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Pentolan Retro Classic Cycles itu menyebutkan, sudah seharusnya pemerintah membuat aturan agar proses ekspor motor kustom lebih mudah dan ujung-ujungnya memberikan pemasukan ke pemerintah.

"Ini pentingnya sebuah kesadaran pemerintah, kalau Anda berbicara dengan saya yang hanya punya kekuatan untuk membuat motor custom berapa unit per tahun, tapi kalau Anda tanya ke teman-teman builder lainnya kita bisa berhimpun bersama dan menjual hasil karya kita ke luar negeri dan menghasilkan devisa untuk negara,"

"Itu skala custom, kalau kita bicara skala industri di Amerika ada perhelatan aftermarket dan kontes custom, meskipun industri otomotif seperti mobil dan lain-lainnya sedang menurun, tapi dengan adanya industri kreatif mereka devisa negaranya jadi lebih naik lagi," sambung Lulut.

Lebih lanjut ia menyampaikan, saat menemuinya di Jogja, konsumen dari Australia itu membawa satu aturan bernama Autralia Design Rules (ADR) yang menjadi acuan dalam membangun mobil atau motor modifikasi. Menurutnya, pemerintah Indonesia harus punya aturan seperti ini.

"Jadi kalau Indonesia mempunyai undang-undang lalu lintas, sudah selayaknya Indonesia juga punya undang-undang seperti ADR. Makanya anggota DPR yang ada di Jakarta harus melihat ini, karena ini akan berkembang menjadi sebuah industri yang menghasilkan devisa,"

"Jadi pemerintah bukan hanya sibuk mikirin urusan-urusan yang mereka anggap besar dan lain-lain tapi kami-kami ini juga perlu diperhatikan. Juga bapak-bapak di DPR tolong dong jangan ngomong politik terus, kami anak bangsa juga ingin dipikirkan, mau gimana dan seperti apa, tolong kami diajak bicara," harapnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Dua Gol Terakhir Arjen Robben Untuk Timnas Belanda

Posted: 10 Oct 2017 09:31 PM PDT

Gelandang Belanda, Arjen Robben bersama anaknya usai pertandingan melawan Swedia pada kualifikasi Piala Dunia 2018 di stadion Arena, Amsterdam (10/10). Dua gol yang dicetak Robben gagal mengantar Der Oranje lolos. (AFP Photo/Emmanuel Dunand)

Gelandang Belanda, Arjen Robben bersama anaknya usai pertandingan melawan Swedia pada kualifikasi Piala Dunia 2018 di stadion Arena, Amsterdam (10/10). Dua gol yang dicetak Robben gagal mengantar Der Oranje lolos. (AFP Photo/Emmanuel Dunand)

Gelandang Belanda, Arjen Robben memeluk pelatihnya Dick Advocaat setelah pertandingan melawan Swedia pada kualifikasi Piala Dunia 2018 di stadion Arena, Amsterdam (10/10). Kini Robben ingin fokus ke klubnya Bayern Munchen. (AFP Photo/Emmanuel Dunand)

Gelandang Belanda, Arjen Robben memeluk pelatihnya Dick Advocaat setelah pertandingan melawan Swedia pada kualifikasi Piala Dunia 2018 di stadion Arena, Amsterdam (10/10). Kini Robben ingin fokus ke klubnya Bayern Munchen. (AFP Photo/Emmanuel Dunand)

Arjen Robben menyapa rekan-rekannya setelah pertandingan melawan Swedia pada kualifikasi Piala Dunia 2018 di stadion Arena, Amsterdam (10/10). Belanda gagal ke Piala Dunia 2018 setelah cuma mampu menang 2-0 atas Swedia. (AFP Photo/Emmanuel Dunand)

Arjen Robben menyapa rekan-rekannya setelah pertandingan melawan Swedia pada kualifikasi Piala Dunia 2018 di stadion Arena, Amsterdam (10/10). Belanda gagal ke Piala Dunia 2018 setelah cuma mampu menang 2-0 atas Swedia. (AFP Photo/Emmanuel Dunand)

Arjen Robben melakukan selebrasi usai mencetak gol ke duanya ke gawang Swedia pada kualifikasi Piala Dunia 2018 di stadion Arena, Amsterdam (10/10). Usai pertandingan Robben menyatakan pensiun dari timnas Belanda. (AP Photo/Peter Dejong)

Arjen Robben melakukan selebrasi usai mencetak gol ke duanya ke gawang Swedia pada kualifikasi Piala Dunia 2018 di stadion Arena, Amsterdam (10/10). Usai pertandingan Robben menyatakan pensiun dari timnas Belanda. (AP Photo/Peter Dejong)

Gelandang Belanda, Arjen Robben bersama anaknya usai pertandingan melawan Swedia pada kualifikasi Piala Dunia 2018 di stadion Arena, Amsterdam (10/10). Dua gol yang dicetak Robben gagal mengantar Der Oranje lolos. (AP Photo/Peter Dejong)

Gelandang Belanda, Arjen Robben bersama anaknya usai pertandingan melawan Swedia pada kualifikasi Piala Dunia 2018 di stadion Arena, Amsterdam (10/10). Dua gol yang dicetak Robben gagal mengantar Der Oranje lolos. (AP Photo/Peter Dejong)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menaker dan Serikat Pekerja Mendiskusikan Dampak Ekonomi Digital

Posted: 10 Oct 2017 09:31 PM PDT

Salah satu tantangan ketenagakerjaan mutakhir adalah mengantisipasi dampak ekonomi digital (industri berbasis teknologi digital). Ekonomi digital telah menghadirkan berbagai jenis pekerjaan baru, tetapi pada saat yang bersamaan juga menghilangkan berbagai pekerjaan konvensional. Oleh karena itu, dampak ekonomi digital harus diantisipasi bersama pengusaha, pekerja, masyarakat, dan pemerintah.

Terkait hal itu, Menteri Ketenagakerjaan, M. Hanif Dhakiri, mengundang para pengurus serikat pekerja untuk mendiskusikannya. Pertemuan berlangsung informal dan santai di rumah dinas menteri, komplek Widya Chandra, pada Senin (9/10/2017).

"Kehadiran teknologi digital adalah keniscayaan. Tak bisa dihindari, yang penting adalah bagaimana pengusaha, pekerja, dan pemerintah mengantisipasi dampak ketenagakerjaannya," ujar Hanif.

Ia menjelaskan, kalangan industi harus bergegas melakukan inovasi agar bisnisnya tak lekang disalip perubahan. Dicontohkan, sejumlah industri retail dan transportasi harus bersaing dengan bisnis belanja online dan transportasi online. Antisipasi serupa juga harus dilalukan oleh para pekerja. Di Eropa, 50 ribu lebih teller di perbankan telah digantikan fungsinya oleh mesin.

"Jika ada pekerjaan buruh yang digantikan mesin, harus ada antisipasi agar buruh mendapatkan pekerjaan baru. Ini yang harus dipikirkan bersama agar tak terjadi ledakan pengangguran," ucap Hanif.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menyampaikan pentingnya akses training untuk meningkatkan kompetensi calon pekerja atau retraining bagi pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja. Dengan banyaknya akses pelatihan untuk meningkatkan kompetensi atau mendapatkan kompetensi baru, pekerja bisa meningkatkan kompetensi jabatannya atau mendapatkan kompetensi baru. Dengan begitu, jika terkena pemutusan hubungan kerja, mereka bisa mendapatkan pekerjaan baru dengan mudah.

Pemerintah terus berupaya memperbanyak akses dan meningkatkan mutu pelatihan, baik di di Balai Latihan Kerja milik pemerintah, lembaga pelatihan swasta, maupun training center milik perusahaan. Berbagai hal tentang teknis pendanaan pelatihan, saat ini sedang dikaji skema pendanaannya, termasuk skema yang mirip jaminan sosial.

Selain itu, imbuh Hanif, pemerintah juga sedang mematangkan regulasi ketenagakerjaan terkait ekonomi digital. Misalnya, transportasi online.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris DPP FSP LEM SPSI, Fauna Sukam Prayoga, menyatakan bahwa efek ekonomi digital terjadi di semua negara. "Yang penting, harus ada aturan yang melindungi buruh dan industri, sehingga keduanya sama-sama selamat dalam persaingan ekonomi digital," kata dia.

Arianto wibisono, dari Konfederasi Sarikat Buruh Muslimin Indonesia Nahdlatul Ulama, mengatakan bahwa dampak teknologi digital hanya bisa diimbangi dengan peningkatan kompetensi. Industri, pekerja, dan pemerintah harus mengantisipasinya dengan peningkatan kompetensi dan menyiapkan tenaga ahli masing-masing bidang usaha.

Adapun Rusli, Ketua Serikat Pekerja Gojek yang juga tergabung dalam Serikat Pekerja Dirgantara dan Transportasi, berharap pemerintah segera menerbitkan regulasi yang mengatur transportasi online. "Harus ada kejelasan aturan terkait hubungan ketenagakerjaan dan jaminan sosial bagi driver transportasi online," ujarnya. (*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenkumham Bangun Rumah Khusus untuk Napi yang Jalani Asimilasi

Posted: 10 Oct 2017 09:31 PM PDT

Kementerian Hukum dan HAM melalui Dirjen Pemasyarakatan bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Pemprov Banten, Kabupaten Tangerang, dan beberapa instansi terkait, akan membangun komplek permukiman pemasyarakatan.

Kompleks ini merupakan rumah baru bagi warga binaan yang telah memasuki masa asimiliasi. Jika nanti warga binaan sudah bebas dari masa tahanannya, para mantan napi ini siap bermasyarakat.

Tak tanggung-tanggung, kompleks permukiman pemasyarakatan ini menempati area 30 hektar lahan milik Pemprov DKI Jakarta di Desa Ciangir, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang, yang juga berbatasan dengan wilayah Kabupaten Bogor.

"Kami bekerja sama dengan Pemprov DKI untuk lahan yang akan dimanfaatkan ini," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjen PAS Kemenkumham Ade Kusmanto, saat dikonfirmasi di lokasi, Rabu (11/10/2017).

Ade mengklaim, konsep permukiman ini sangat jauh berbeda dengan lembaga pemasyarakatan (lapas). Namun tetap, akan ada sipir atau petugas yang berjaga di kompleks tersebut.

Adapun kerja sama antara Kemenkumham dan Pemprov DKI Jakarta ini, sebagai pemanfaatan aset milik Pemprov, berupa lahan yang nganggur di Desa Ciangir.

"Totalnya memang 30 hektar. Awalnya memang lahan nganggur jadi kami manfaatkan," kata Ade.

Pagi ini dijadwalkan akan dilakukan peletakan batu pertama yang dihadiri Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, Gubernur Banten Wahidin Halim, dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Insiden Anggota Brimob Saling Tembak, Keluarga Korban Bingung

Posted: 10 Oct 2017 09:30 PM PDT

Kabar tewasnya Bambang Tejo membuat keluarga anggota polisi ini terkejut. Hal ini disebabkan keluarga baru mengetahui tewasnya Bambang beberapa jam setelah insiden penembakan di area migas milik Sarana Gas Trembul (SGT), di Dukuh Canggah, Desa Trembul, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora, terjadi.

Keluarga mengetahui Bambang tewas pada Rabu, 11 Oktober 2017, pukul 03.00 WIB, sedangkan kejadian itu terjadi pukul Selasa, 10 Oktober 2017, pukul 18.30 WIB. Padahal, keluarga Bambang tinggal di Komplek Perumahan Brimob Pati yang lokasinya tidak jauh dari lokasi kejadian. 

"Jam 03.00 kabarnya di rumah sakit di Semarang. Kita di sini bingung memikirkan kapan bisa dibawa pulang. Belum tahu kabar kepulangan, ternyata subuh dikabari jenazah ada di RSUD Blora," ujar Mulyono, kakak ipar Bambang, ketika ditemui di kompeks RSUD Dr R Soetijono, Blora.

Mulyono tidak menyangka insiden itu menimpa adiknya. Apalagi penembakan dilakukan sesama rekan Brimob. Dia juga tidak percaya Bambang Tejo memiliki musuh mengingat karakter adiknya yang humoris.

"Masa iya sih Brimob sama Brimob tembak-tembakan," Mulyono mengaku bingung.Polisi menjaga ketat akses menuju kamar mayat RSUD Blora. (Liputan6.com/Felek Wahyu)Mulyono mengatakan awalnya keluarga di Blora tidak percaya ketika mendapatkan kabar kematian Bambang, apalagi informasi yang diterima masih simpang siur. Untuk itu, keluarga berusaha mencari kebenaranya.

"Saya masih mencari sebenarnya ada apa kok bisa seperti ini," ungkap Mulyono.

Selain keluarga Bambang, keluarga Brigadir Budi juga sudah mendatangi kamar mayat RSUD Blora. Rencananya, Brigadir Bambang Tejo dimakamkan di Desa Jetis, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora.

Sebagai informasi, setelah mengetahui adanya insiden penembakan di area migas milik Sarana Gas Trembul (SGT), di Dukuh Canggah, Desa Trembul, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora, pihak kepolisian langsung melakukan proses evakuasi.

Evakuasi selesai pukul 03.10 WIB. Mobil Disaster Victim Identification (DVI) membawa jenazah tiga korban ke RSUD Blora. Tidak seperti biasanya, akses jalan menuju ruang jenazah RSUD Blora yang selau terbuka kali ini dijaga ketat aparat polisi.‎

Salah satu jenazah anggota Brimob masih berada di lokasi kejadian. Foto: (Felek Wahyu/Liputan6.com)

Tiga personel anggota Brimob ditemukan tewas bersimbah darah, Selasa, 10 Oktober 2017, satu di antaranya tewas dengan kondisi mengenaskan. Dugaan sementara, tiga Brimob itu terlibat aksi baku tembak.

Insiden itu terjadi di area migas milik Sarana Gas Trembul (SGT), di Dukuh Canggah, Desa Trembul, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora. Anggota Brimob itu merupakan petugas yang berjaga di sumur pengolahan migas di tengah hutan.

Hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari pihak kepolisian. Namun, dari pantauan Liputan6.com di sekitar lokasi kejadian, aparat telah memasang garis polisi agar warga tidak memasuki tempat kejadian perkara.

Bahkan dari jarak sekitar 500 meter, tepatnya di pos keamanan, polisi telah menutup akses jalan dengan memasang sejumlah garis pengamanan. Warga sekitar, Alip mengatakan, sempat mendengar suara tembakan. Namun demikian, dirinya tidak menaruh curiga pada suara tersebut.

Suaranya seperti petasan. Kami awalnya menduga itu petasan atau suara bambu. Baru setelah ada yang mengabarkan ada polisi tertembak baru warga ke sini," terang pria yang tinggal sekitar satu kilo dari lokasi.

Suara tembakan itu, tambah dia, terdengar berkali-kali seperti berondongan peluru. "Suara rentetan senjata. Jadi berapa kali ya, banyak banget," tambah pria yang hanya melihat dari kejahuan.

Hingga kini, belum ada keterangan resmi dari kepolisian. Laporan sementara yang didapat, insiden itu menewaskan Brigadir Budi Wibowo (30), Brigadir Ahmad Supriyanto (35), dan Brigadir Bambang Tejo (36).

Sampai berita ini dilaporkan, ketiga jenazah anggota Brimob itu masih berada di lokasi. Tiga mobil ambulans datang silih berganti, salah satu mobil bertuliskan RSI Muhamadiyah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indadari Tak Pernah Menginginkan Perceraian dengan Caisar

Posted: 10 Oct 2017 09:30 PM PDT

Indadari melayangkan gugatan cerainya kepada Caisar. Gugatan itu didaftarkan Indadari ke Pengadilan Agama Depok. Namun, Indadari mengakui bahwa dirinya tak pernah menginginkan adanya perceraian.

Gugatan itu terpaksa didaftarkan lantaran Caisar sudah menjatuhkan talak cerainya kepadanya. Ditambah lagi, Caisar meminta Indadari untuk berperkara di pengadilan.

"Bu Inda awalnya tidak menginginkan perceraian ini terjadi. Tapi Caisar menalak. Bahkan beliau meminta untuk Bu Inda mengurus proses (cerai) ini secepatnya," ucap pengacara Indadari, Jamaludin Fakaubun di Pengadilan Agama Depok, Jawa Barat, Selasa (10/10/2017).

Hal lain yang membuat Indadari akhirnya mantap bercerai, setelah mantan istri Lucky Hakim itu meminta petunjuk lewat salat. Dari situ, Indadari memantapkan hatinya untuk berpisah dengan Caisar yang memutuskan kembali berjoget.

"Dia (Indadari) awalnya mempertahankan. Cuma karena persoalan prinsip, jadinya (bercerai). Dia juga sudah salat istikharah. Sehingga ini adalah keputusan yang terbaik," kata Jamaludin Fakaubun.

"Sidang berikutnya akan dihelat pada 24 Oktober 2017. Agendanya masih seperti sekarang, yakni mediasi. Majelis hakim berharap agar Bu Inda hadir," ia menambahkan. (Ras)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak-anak Pengungsi Gunung Agung Diimunisasi Campak

Posted: 10 Oct 2017 09:30 PM PDT

Ratusan anak pengungsi Gunung Agung di Kabupaten Klungkung, Bali mendapatkan imunisasi campak sebagai salah satu program pelayanan kesehatan secara gratis di posko pengungsian.

"Imunisasi merupakan hak setiap anak di Indonesia, termasuk pula hak dari anak-anak pengungsi Gunung Agung yang ada di Klungkung," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinkes Klungkung, Dr Jaya Putra di Posko Kesehatan GOR Swecapura, Kota Semarapura, seperti dilansir dari AntaraNews, Rabu (11/10/2017).

Ia mengatakan, Dinkes Klungkung bersama dengan puskesmas yang ada di kabupaten tersebut turun langsung ke ratusan posko pengungsian untuk mendata dan sekaligus memberikan imunisasi campak.

Target sasaran anak yang mendapatkan imunisasi campak adalah mereka yang berusia antara 9-59 bulan dan belum pernah melakukan imunisasi campak di wilayah tempat tinggal sebelumnya.

Menurutnya, tidak ada perbedaan antara warga asli Klungkung dan juga warga pengungsi asal Kabupaten Karangasem yang ada di posko-posko pengungsian.

"Pelayanan kesehatan dan utamanya pengungsi tidak membedakan daerah dan wilayah. Semua harus merata dapat pelayanan," tutur dia.

Program imunisasi campak akan dilakukan secara bertahap dalam beberapa waktu ke depan.

"Tentu kami tidak bisa jangkau semua untuk hari ini. Sebanyak 122 posko pengungsian akan dilakukan secara bertahap," terang Jaya Putra.

 

Simak juga video menarik berikut:

Sementara itu, Dinkes Klungkung menyiagakan 24 orang petugas kesehatan untuk berjaga penuh setiap hari untuk melayani pengungsi khusus di GOR Swecapura. Petugas tersebut termasuk dokter umum dan juga dokter gigi, selain puluhan orang perawat dan petugas dari PMI.

Dinkes juga menjangkau pelayanan kesehatan untuk pengungsi di wilayah posko pengungsian yang menempati balai desa dan balai banjar.

"Kami jangkau semua termasuk yang ada di balai desa. Tentu dengan berkoordinasi bersama puskesmas di kecamatan," demikian Jaya.

(IMB Andi Purnomo/AntaraNews)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Skandal Polisi Rusia yang Sempat Menjadi Tentara AS

Posted: 10 Oct 2017 09:30 PM PDT

Seorang polisi Rusia, Sergey Kulakov, dianggap bersalah karena menyembunyikan kewarganegaraan Amerika Serikat dari pemerintah Negeri Beruang Merah. Pengadilan juga meyakini, Kulakov pernah bertugas sebagai tentara AS selama beberapa tahun pada 2000-an.

Bulan ini, Kulakov tengah bertugas di Kepolisian Rusia. Namun, karirnya sebagai penegak hukum harus mengalami kendala setelah dirinya harus berhadapan dengan sistem peradilan pidana.

Seluruh kasus itu bermula dari sebuah foto.

"Foto ini cuma hasil edit. Kenapa kita harus membahas ini?," ujar Letkol Kulakow pada September 2016 lalu, saat menjawab pertanyaan dari wartawan media St. Petersburg, Fontaka.

Foto yang dimaksud merupakan sebuah potret seorang pria menyerupai Kulakov berpakaian dinas militer AS. Fontaka menemukan foto itu dalam media sosial MySpace.

Kulakov mengaku tidak tahu apa-apa tentang foto itu. Bahkan, ia menyangkal bahwa dirinya pernah ke AS.

Meski begitu, para penyidik tidak percaya dengan dalih Kulakov.

Pada Senin 2 Oktober, Kulakov divonis penjara dua tahun karena penyalahgunaan jabatan. Demikian seperti dilansir RBTH Indonesia, Selasa (10/10/2017).

Pengadilan juga memberikan vonis denda 10.000 rubel (setara Rp 2,3 juta ) karena menyembunyikan kewarganegaraan asing.

Rusia merupakan salah satu negara yang mengizinkan kewarganegaraan ganda. Namun, seseorang diwajibkan untuk mendaftarkan dan melapor diri secara resmi kepada aparat terkait status kewarganegaraan gandanya tersebut.

 

(tengah) pria yang diduga sebagai Sergey Kulakov (Sergey Kulakov via RBTH Indonesia)

Mengejutkannya, mencuatnya kasus Kulakov diketahui tanpa sangkut paut intelijen.

Kasus bermula ketika polisi setempat tengah melakukan penyelidikan kasus bisnis. Polisi menerima informasi bahwa salah satu tersangka dalam kasus penyelidikan bisnis itu adalah agen rahasia yang sempat berurusan dengan Kulakov.

Selain itu, tersangka lain, pebisnis dan mantan polisi Igor Khotin, juga mengenal Kulakov. Saat pemeriksaan, Khotin kemudian membeberkan sesuatu yang sangat mengejutkan kepada aparat. Ia menyebut, Kulakov adalah warga negara AS.

Khotin juga mengaku pernah ditunjukkan paspor AS Kulakov oleh si pemiliknya sendiri. Setelah itu, polisi dan Fontanka mulai menyelidiki hal tersebut.

Rusia-AS-Rusia?

Menurut hasil penyelidikan, Sergey Kulakov bertugas di Kepolisian St.Petersburg sejak 1990-an di divisi Kejahatan Terencana. Namun, pria itu berhenti dari kepolisiam pada 2004 atau 2005 ketika menginjak usia 32 tahun.

Setelah berhenti dari instansi penegakan hukum, banyak pihak yang tidak mengetahui kiprah Kulakov selama lima tahun selanjutnya.

Pria itu kemudian muncul kembali dan bekerja sebagai polisi di Rusia. Karirnya terbilang cukup sukses hingga meraih pangkat yang terbilang mentereng.

Namun, selang beberapa saat kemudian, muncul dugaan bahwa Kulakov memiliki hubungan dengan Amerika Serikat. Seperti yang diutarakan oleh Igor Khotin dan foto yang ditemukan oleh Fontaka. 

Seperti yang diterangkan Fontanka, foto orang yang mirip Kulakov tengah mengenakan seragam perang AS lengkap dengan segala atribut kedinasan.

Pakar militer Alexey Stepanov mengatakan, Kulakov mungkin menjadi bagian dari Batalion Intelijen Militer Ke-519 AS, yang ikut serta dalam aksi militer di Afganistan dan Irak.

Menurut para penyelidik, foto yang menampilkan seorang pria mirip Kulakov diambil di Fort Bragg, Carolina Utara, tempat salah satu pangkalan militer terbesar AS.

Akan tetapi, Kulakov berargumen dan mengatakan kepada Fontanka bahwa foto itu merupakan hasil modifikasi Igor Khotin. Meski begitu, sekumpulan foto itu telah berada di situs web selama bertahun-tahun, diduga sejak 2007 atau 2008.

Kulakov tak bisa memberikan bukti konkret terkait argumen itu kepada pengadilan, sehingga ia divonis penjara dua tahun.

Menurut sumber dari pihak penegakan hukum kepada media Rusia Interfax, Kulakov mengaku tak berniat mengganggu kepentingan nasional Rusia dengan memiliki paspor AS.

Ia hanya memutuskan untuk menyembunyikan keterkaitannya dengan Negeri Paman Sam dari teman-teman kerja dan negara. Kulakov juga mengaku bahwa dirinya bukan mata-mata.

Jika iya, hukuman untuk Kulakov bisa lebih berat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kecerdasan Buatan Bakal Kuasai Dunia pada 2045

Posted: 10 Oct 2017 09:30 PM PDT

Ray Kurzweil, Director of Engineering Google, dikenal sebagai sosok yang selalu akurat dengan berbagai prediksi teknologi.

Dari 147 prediksi yang ia lontarkan sejak 1990 silam, hampir semua terbukti benar. Prediksi terbaru Kurzweil ini berkutat pada isu kecerdasan buatan (AI, Artificial Intelligence) yang bakal menguasai dunia dalam waktu 28 tahun lagi, lebih tepatnya pada 2045.

Kurzweil mengungkap, dalam kurun waktu 28 tahun ke depan, kecerdasan buatan akan berkembang dan hadir dalam beberapa 'wajah'.

Salah satu yang bakal kentara adalah robot berbasis kecerdasan buatan. Dengan demikian, ia menyebut singularitas antara kecerdasan buatan dan manusia akan semakin dekat seiring berkembangnya teknologi.

"Singularitas akan terjadi secara utuh pada 2045. Nanti, pada 2029 komputer juga akan memiliki tingkat kecerdasan setara dengan manusia," ujar Kurzweill dalam wawancaranya dengan SXSW seperti dilansir Futurism, Rabu (11/10/2017).

"Ini bukan skenario masa depan, tetapi kenyataan. Sekarang saja kecerdasan buatan sudah memimpin beberapa platform. Ia bekerja seperti otak, menghubungkan berbagai perangkat pintar dan disesuaikan dengan kebutuhan manusia," sambungnya.

Berbeda dengan beberapa petinggi perusahaan teknologi yang khawatir akan dominasi kecerdasan buatan di dunia, Kurzweil justru merasa tidak demikian. Malah, ia mengaku tak sabar menanti 'ledakan' singularitas di masa depan.

"Singularitas adalah kesempatan bagi umat manusia untuk bekerja lebih baik. Yang sebenarnya terjadi sekarang kan kecerdasan buatan memberikan tenaga kepada kita, membantu kita, memudahkan semua," papar Kurzweil.

"Mereka juga membuat kita lebih pintar. Kecerdasan buatan mungkin tak ada di dalam badan kita, tapi mulai 2030 saya yakin mereka bisa menghubungkan neocortex kita--bagian otak manusia yang bekerja untuk berpikir--ke cloud," terangnya menambahkan.

Pemaparan Kurzweil juga sama persis dengan apa yang disampaikan CEO Softbank Masayoshi Son. Beberapa waktu lalu, ia mengatakan singularitas akan terjadi di masa depan.

Bedanya, jika Kurzweil meramal 28 tahun lagi, Son justru mengungkap singularitas bakal sepenuhnya terjadi pada kurun waktu 30 tahun lagi.

"Penggunaan chip akan terus bertambah dalam 20 tahun ke depan. Keadaan ini turut mendorong kehadiran perangkat pintar yang semakin banyak. Saya perkirakan ada sekitar 1 triliun chip yang digunakan dan mendorong ledakan perangkat pintar," ujar Son.

Adapun sejumlah petinggi perusahaan teknologi dan beberapa ilmuwan, mengaku khawatir dengan keberadaan kecerdasaan buatan. Di antaranya seperti Elon Musk dan Stephen Hawking.

Menurut Hawking, kecerdasan buatan bisa berdampak negatif pada sektor pekerjaan--khususnya pekerjaan kelas menengah.

"Keberadaan kecerdasan buatan dan automatisasi teknologi akan mengikis profesi kelas menengah. Jika dibiarkan, ini akan menciptakan ketidaksetaraan yang buruk serta risiko pergolakan industri pekerjaan yang besar," kata Hawking sebagaimana dikutip dari Business Insider.

Pria lulusan Universitas Oxford itu menuturkan, sistem automatisasi teknologi yang kini diterapkan banyak perusahaan besar sebetulnya memang memudahkan proses manufaktur yang tadinya dilakukan manusia.

Namun implementasi tersebut diibaratkan seperti mata pisau. "Proses manufaktur industri yang tadinya dilakukan secara tradisional akan berubah total. Namun profesi kelas menengah seperti pekerja pabrik yang tadinya diperkerjakan untuk itu, tak lagi akan dibutuhkan. Ke mana mereka nanti akan bekerja?" tutur ia menambahkan.

Dalam kesempatan lain, Musk berpendapat pemerintah, instansi terkait, dan pihak berwajib harus menetapkan regulasi yang mengatur kecerdasan buatan agar tidak kelewatan.

Dalam pidatonya di sebuah pertemuan nasional di Rhode Island, CEO Tesla dan SpaceX itu menyebut, pemerintah harus membuat regulasi terkait kecerdasan buatan sebelum terlambat.

"Hingga orang melihat robot turun ke jalan dan membunuh orang-orang, mereka tidak tahu bagaimana harus bereaksi," kata Musk berkomentar.

Musk juga menambahkan, "Kecerdasan buatan adalah kasus langka, sehingga saya rasa kita harus proaktif membuat regulasi, bukannya reaktif. Kalau reaktif terhadap kecerdasan buatan, hal itu akan terlambat."

Dengan begitu ia mendesak regulasi terkait kecerdasan buatan harus dibuat sekarang karena sifatnya yang birokratis. "Peraturan dibuat untuk selamanya. Kecerdasan buatan adalah risiko mendasar bagi keberadaan peradaban manusia," tuturnya.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Minta ke Siswa SMP-SMA Setop Bullying

Posted: 10 Oct 2017 09:28 PM PDT

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar pelajar di Indonesia menghindari tindakan perundungan (bullying) atau kekerasan. Tindakan Bullying, apapun alasannya sangat tidak dibenarkan.

"Hindari kekerasan. Ingat kekerasan apapun akan memberikan pengalaman buruk pada teman-teman kita. Maka stop bullying," kata Jokowi saat menghadiri acara Penyuluhan Narkoba, Pornografi, dan Kekerasan kepada pelajar SD, SMP, dan SMA/SMK se-Provinsi DKI Jakarta di Hall C1 JI-Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (11/10/2017).

Jokowi berharap generasi muda dapat memiliki karakter yang sopan dan santun kepada sesama. Menurut dia, jika karakter ini ditanamkan seak dini, akan membawa Indonesia menjadi bahsa yang besar.

"Kita ingin anak-anak semua memiliki karakter-karakter yang sopan, yang santun. Agar jadi generasi kuat tangguh dan mampu membawa negara ini menjadi bangsa yang besar," jelas mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Selain itu, Jokowi juga meminta agar pelajar wasapada terhadap bahaya narkoba yang dapat merusak bangsa. Dia mengatakan narkoba dapat merusak masa depan dan kesehatan.

"Saya ingn anak-anak betul-betul waspada dengan yang namanya narkoba. Saya titip anak-anak terus belajar, jangan lupa berolahraga supaya badannya sehat," pungkas dia.

 

Saksikan video Pilihan Berikut Ini: 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masuk Ancol Gratis Batal, Ini Respons Djarot

Posted: 10 Oct 2017 09:22 PM PDT

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengakui penggratisan tiket masuk pantai Ancol pada 14 Oktober mendatang masih dalam tahap kajian.

"Saya tunggu tanggal 14 kajiannya seperti apa," kata Djarot di Balai Kota Jakarta, Rabu (11/10/2017).

Bila sebelumnya Djarot optimistis PT Pembangunan Jaya Ancol dapat uji coba tiket gratis pada 14 Oktober mendatang, kini Djarot mengatakan bahwa kajian uji coba gratis itu belum selesai. Ia mengatakan dirinya masih menunggu laporan kajian tersebut.

"Saya masih belum dapat kajian, saya meminta harusnya ada kajian," kata dia.

Djarot pun mengungkit sejarah bagaimana saat Presiden pertama RI Bung Karno menginginkan agar DKI Jakarta mempunyai sarana rekreasi berupa pantai yang dapat dinikmati oleh warga dari seluruh kalangan.

Dia pun menginginkan agar pantai Ancol dapat dinikmati warga, maka akses masuknya harus gratis.

"Begini harusnya Ancol, coba buka sejarah, saat Bung Karno membuka wilayah itu tahun 60-an. Saya lupa, (kalau tidak salah) Bung Karno menginginkan ada pantai bagus di Jakarta yang bisa diakses publik. Maka saya sampaikan sekarang bisa enggak? Tolong dikaji," ucap Djarot.

 

 

 

Kajian yang dimaksud Djarot adalah meski tiket gratis,  Ancol tetap mendapat pendapatan dari penjualan kuliner dan pentas seni yang meningkat, dan tak lupa tarif parkir progresif.

"Nah karena saya tahu Ancol kami punya (saham) 72 persen, ya sudah tolong dikaji. Misal parkir gunakan progresif, lebih mahal. Kemudian pasar seni akan hidup, kuliner akan hidup, itu juga pendapatan bagi Ancol tambah retribusi," ucap mantan Wali Kota Blitar itu.

Djarot meminta pihak PT Pembangunan Jaya Ancol selaku pengelola mengubah skema keuntungan bisnis yang dianggap keliru.

"Jadi jangan hanya dipikir nanti masuk satu kepala 25 ribu, tapi coba hitung juga multiple effect-nya," Djarot menandaskan. 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kronologi Anggota Brimob Tembak Rekannya di Blora

Posted: 10 Oct 2017 09:20 PM PDT

Anggota Brimob berinisial Bripka BT menembak dua rekannya, Brigadir BW dan Brigadir AS. Usai menembak mati dua temannya, Brigadir BT diduga langsung bunuh diri.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono menuturkan, peristiwa itu terjadi di kawasan sumur pengeboran minyak PT Sarana Gas Trembul (SGT), Blora, Jawa Tengah. Insiden tragis itu terjadi pada Selasa, 10 Oktober 2017 sekitar pukul 18.00 WIB.

"Kami sampaikan bahwa memang betul pada hari Selasa, 10 Oktober sekitar pukul 18.00 WIB terjadi penembakan anggota Brimob kepada rekannya sendiri," tutur Condro di sela Apel Kasatwil, Akademi Kepolisian (Akpol), Jawa Tengah, Rabu (11/10/2017).

Ketika itu, Condro mengatakan Bripka BT , termasuk dua korban serta sejumlah anggota Brimob lainnya, tengah menjalankan tugas pengamanan di lokasi pengeboran sumur minyak.

Dari keterangan saksi yang berada di lokasi, awalnya sempat mendengar suara tembakan sebanyak dua kali.

"Sebenarnya ada beberapa orang, tapi secara psikologis mereka pada lari. Ada dua atau tiga orang yang di situ, ada satpam juga. Ada saksi yang mendengar tembakan dua kali," ujar Condro.

Setelah bunyi tembakan itu, Bripka BT langsung meminta saksi yang sempat mendekat untuk menjauh dari lokasi. Tak lama berselang, masih menurut saksi, kembali terdengar suara tembakan. Ketika kembali menghampiri lokasi, Bripka BT sudah terbujur kaku dengan luka tembak di bagian kepala. BT diduga bunuh diri.

"Kemudian dia (saksi) mendengar senjata sekali lagi. Di situ sebenarnya ada beberapa orang, tapi secara psikologis mereka pada lari," ucap Condro.

Saksikan vidio piilihan di bawah ini:

Mantan Kepala Korps Lalu Lintas Polri ini membantah sempat terjadi cekcok atau keributan antara Bripka BT dengan dua korbannya. Menurut Condro, dari hasil interogasi saksi dan olah TKP, tidak didapati informasi tersebut.

"Itu dari saksi yang ada sebelumnya tidak ada (cekcok). Termasuk rekan di barak sebelahnya tidak ada percecokan. Tapi memang ada tiga kali suara tembakan," terang Condro.

Oleh karena itu, Condro menduga insiden penembakan yang berujung pada bunuh diri Bripka BT disebabkan masalah pribadi.

"Dimungkinkan motif pribadi dari mereka. Saya yakin semua punya persoalan pribadi, sehingga melibatkan rekan yang sama-sama dia," ujar Condro.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Pesawat Pribadi, Sofia Richie dan Scott Disick Pamer Ciuman

Posted: 10 Oct 2017 09:20 PM PDT

Hubungan asmara antara Scott Disick dan Sofia Richie semakin panas. Sejak mengumumkan hubungan mereka di Instagram pada bulan lalu, keduanya tak malu-malu untuk bermesraan di mana saja, termasuk ketika sedang berada di dalam pesawat pribadi yang sedang terbang.

Disampaikan Ace Showbiz, Selasa (10/10/2017), Scott Disick dan Sofia Richie belakangan ini memamerkan momen ketika mereka berciuman mesra di dalam pesawat pribadi. Momen tersebut diunggah melalui Instagram Stories milik Sofia Richie pada Minggu (8/10/2017).

Sofia Richie dan Scott Disick. (Instagram - @sofiarichie)

Dalam foto tersebut, Scott Disick dan putri Lionel Richie itu sama-sama mengenakan busana kasual. Bedanya, Sofia memakai kemeja hitam, Scott memakai kemeja putih. Keduanya terlihat berciuman sambil berpegangan tangan saat sedang menikmati makanan mereka.

Terciumnya hubungan antara Scott Disick dan Sofia Richie pertama kali pada tahun ini selama Festival Film Cannes. Sebelumnya, mereka kedapatan sedang mesra di atas kapal pesiar. Namun, rumor asmara mereka sempat disanggah oleh Sofia sendiri.

 

Pasangan ini akhirnya mengonfirmasi hubungan asmara mereka kepada publik saat memamerkan kemesraan di sebuah kapal setelah berpesta.

Dalam akun Instagram fans Sofia dan Scott, kemesraan keduanya pun juga terlihat. Dalam sebuah video, keduanya juga tampak sedang berciuman. Saat itu Sofia mendapat kejutan dari Scott. (Instagram/richieupdates)

Scott Disick yang memiliki tiga anak dari Kourtney Kardashian itu lalu mengunggah sebuah foto di Instagram Stories yang memperlihatkan dirinya mengendus leher Sofia Richie. Lalu, Sofia berbagi gambar meja makan mereka.

Mereka lalu terlihat memakan makanan penutup yang mewah dengan pesan bertuliskan, "Selamat Scott dan Sophia [Sofia]."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Ajak Pengusaha Optimistis Terhadap Ekonomi RI

Posted: 10 Oct 2017 09:18 PM PDT

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap sektor industri dan perdagangan bisa menjadi motor pertumbuhan ekonomi. Oleh sebab itu, dirinya meminta agar produktivitas dan kinerja ekspor Indonesia terus ditingkatkan.

Jokowi mengungkapkan, menurut World Economic Forum (WEF), saat ini kondisi Indonesia sama seperti Korea Selatan saat bangkit dan kini menjadi negara industri dunia. Dengan demikian, bukan tidak mungkin Indonesia juga bisa menyamai Korea ke depannya.

"Menurut WEF, kondisi Indonesia saat ini sama seperti Korea saat pertama kali bangkit menuju negara industri dunia. Ini kita harusnya kalau melihat peringkat kita, kita naik harusnya percaya diri, harusnya optimis. Jangan ada pesimisme di antara kita," ujar dia saat membuka Trade Expo Indonesia ke-32 di ICE BSD City, Banten, Rabu (11/10/2017).

Dengan kondisi ekonomi Indonesia saat ini, lanjut Jokowi, harus dimanfaatkan untuk menggenjot ekspor sehingga bisa memicu pertumbuhan ekonomi lebih tinggi lagi.

"Momentum ini harus di maksimalkan, sehingga perdagangan Indonesia bisa jadi motor pertumbuhan ekonomi kita. Karena memang kunci pertumbuhan ekonomi ada dua, yaitu ekspor dan investasi yang harus naik. Tanpa dua hal itu, enggak mungkin pertumbuhan kita akan ikut meningkat," kata dia.

Selain itu, Jokowi juga mengajak para pelaku usaha untuk optimistis dengan perekonomian Indonesia. Jika memang mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya, bisa langsung dilaporkan kepada pemerintah.‎‎"Kalau ada masalah marilah kita selesaikan. Kalau masih ada yang perlu kita perbaiki ya harus kita perbaiki. Tapi kita harus optimis," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Periksa Kepala Bakamla Ari Soedewo

Posted: 10 Oct 2017 09:17 PM PDT

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Laksamana Madya Ari Soedewo. Ari akan dimintai keterangan terkait kasus dugaan suap proyek pengadaan satelit monitoring di lembaganya.

Jenderal TNI Angkata Laut bintang tiga itu akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Bakamla Nofel Hasan.

"Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka NH (Nofel Hasan)," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Rabu (11/10/2017).

Nama Ari Soedewo sendiri beberapa kali disebut dalam persidangan mengetahui awal proses perencanaan proyek tersebut. Bahkan, Ari juga disebut terlibat dalam bancakan proyek senilai Rp 220 miliar tersebut.

Pada perkara ini, KPK telah menjerat lima tersangka, salah satunya adalah Nofel Hasan. Tersangka lain yang sudah divonis bersalah oleh Pengadilan Tipikor yakni Direktur PT Melati Technofo Indonesia (MTI) Fahmi Darmawansyah. Dia divonis 2 tahun 8 bulan penjara.

Sementara dua anak buah Fahmi, Muhammad Adami Okta dan Hardy Stefanus masing-masing divonis 1 tahun 6 bulan penjara. Sedangkan mantan Deputi Bidang Informasi Hukum dan Kerja Sama Bakamla Eko Susilo Hadi, divonis 4 tahun 3 bulan penjara.

Satu tersangka lainnya, yakni Direktur Data dan Informasi Bakamla Laksamana Pertama Bambang Udoyo ditangani Pusat Polisi Militer (Puspom) TNI.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

KPK terus mendalami kasus dugaan suap proyek pengadaan satelit monitoring di Badan Keamanan Laut (Bakamla). Penyidik menduga ada beberapa pihak yang terlibat dalam penggiringan anggaran proyek senilai Rp 220 miliar.

"Terkait pembahasan anggaran ada beberapa pihak yang diduga terlibat," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jakarta, Selasa 10 Oktober 2017.

Dia mengatakan, penyidik KPK telah menemukan hal baru dalam pengusutan kasus tersebut. Penyidik akan mengungkap dugaan awal proses bancakan ini terjadi.

"Kami juga dalami lebih lanjut aspek awal. KPK temukan hal baru di kasus Bakamla ini," kata Febri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Pelajar Indonesia Harus Rajin Belajar dan Beribadah

Posted: 10 Oct 2017 09:16 PM PDT

Presiden Joko Widodo atau Jokowi berpesan agar pelajar Indonesia harus rajin belajar. Selain itu, dia juga meminta agar para pelajar rajin berolahraga dan beribadah.

"Selain belajar, anak-anak juga harus rajin beribadah. Rajin sembahyang, supaya anak-anak sehat, harus rajin olahraga," kata Jokowi saat menghadiri acara Penyuluhan Narkoba, Pornografi, dan Kekerasan kepada siswa-siswi SD, SMP, dan SMA/SMK se-Provinsi DKI Jakarta di Hall C1 JI-Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (11/10/2017).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan bahwa para pelajar saling menghormati dan menghargai meskipun berbeda agama dan suku.

"Saya titip ke anak-anak semuanya agar di antara kita, anak-anak dengan teman-teman saling menghargai dan menghormati. Meskipun berbeda suku, beda agama," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, dia menegaskan pelajar di Indonesia menghindari tindakan perundungan (bullying) atau kekerasan. Pasalnya, apapun alasannya, kata Jokowi sikap bullying tidak boleh dilakukan.

"Hindari kekerasan. Ingat kekerasan apapun akan memberikan pengalaman buruk pada temen-teman kita. Maka stop bullying," kata Jokowi.

Terakhir, dia meminta agar pelajar terap waspada terhadap bahaya narkoba. Ia mengatakan narkoba dapat merusak masa depan dan kesehatan.

"Anak-anak muda ini kan harus mengerti bahaya narkoba agar terhindar dari bahaya narkoba. Bahaya bagi kesehatan dan bisa merusak," tandas Jokowi.

Dalam kesempatan ini, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga membagikan sepeda kepada dua murid SD. Kali ini, 'tantangan' dari Jokowi, yakni menghafal Pancasila.

"Sekarang enggak ada urusan dengan narkoba, sekarang urusan dengan Pancasila. Sekarang pertanyaannya hafal pencasila nggak?" tanya Jokowi.

Adapun siswa pertama yang beruntung adalah Trimei dari SD Kartika Jakarta. Meskipun, awalnya dia sempat gugup dan salah memaparkan Pancasila. Namun, akhirnya dia bisa membawa pulang sepeda dari Jokowi.

"Pinter. Trimei, nih sini. Saya beri hadiah sepeda. Sudah diambil saja, diambil. Dibawa saja, dibawa ke sana," kata Jokowi.

Selain Trimei, siswa SD yang beruntung mendapatkan sepeda dari Jokowi adalah Satria. Dengan suara lantang, Satria memaparkan isi Pancasila di hadapan Jokowi.

"Pinter, tuh sepedanya diambil," ujar mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Hamil Anak Ketiga, Perut Buncit Kate Middleton Akhirnya Terlihat

Posted: 10 Oct 2017 09:15 PM PDT

Pangeran William dan Kate Middleton menghadiri perayaan Hari Kesehatan Mental Sedunia di Istana Buckingham, London, Selasa (10/10). Sejak mengumumkan kehamilannya bulan lalu, Kate Middleton belum menghadiri acara resmi. (Heathcliff O'Malley/pool AP)

Pangeran William dan Kate Middleton menghadiri perayaan Hari Kesehatan Mental Sedunia di Istana Buckingham, London, Selasa (10/10). Sejak mengumumkan kehamilannya bulan lalu, Kate Middleton belum menghadiri acara resmi. (Heathcliff O'Malley/pool AP)

Pangeran William didampingi Kate Middleton menghadiri perayaan Hari Kesehatan Mental Sedunia di Istana Buckingham, London, Selasa (10/10). Kate Middleton tampak memperlihatkan perut hamilnya yang sudah sedikit membuncit. (Heathcliff O'Malley/pool AP)

Pangeran William didampingi Kate Middleton menghadiri perayaan Hari Kesehatan Mental Sedunia di Istana Buckingham, London, Selasa (10/10). Kate Middleton tampak memperlihatkan perut hamilnya yang sudah sedikit membuncit. (Heathcliff O'Malley/pool AP)

Pangeran William didampingi Kate Middleton serta Pangeran Harry menghadiri Hari Kesehatan Mental Sedunia di Istana Buckingham, London, Selasa (10/10). Kate mengalami morning sickness parah untuk kehamilan anak ketiganya itu. (Heathcliff O'Malley/pool AP)

Pangeran William didampingi Kate Middleton serta Pangeran Harry menghadiri Hari Kesehatan Mental Sedunia di Istana Buckingham, London, Selasa (10/10). Kate mengalami morning sickness parah untuk kehamilan anak ketiganya itu. (Heathcliff O'Malley/pool AP)

Pangeran William dan Kate Middleton setibanya menghadiri perayaan Hari Kesehatan Mental Sedunia di Istana Buckingham, London, Selasa (10/10). Kate Middleton tampil cantik dalam balutan gaun lace biru keluaran Temperley London (Heathcliff O'Malley/pool AP)

Pangeran William dan Kate Middleton setibanya menghadiri perayaan Hari Kesehatan Mental Sedunia di Istana Buckingham, London, Selasa (10/10). Kate Middleton tampil cantik dalam balutan gaun lace biru keluaran Temperley London (Heathcliff O'Malley/pool AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ilham Habibie Angkat Bicara soal Donasi Pesawat R-80

Posted: 10 Oct 2017 09:15 PM PDT

Masyarakat bisa berpartipasi dalam membangun pesawat dalam negeri yakni R-80. Lantaran, PT Regio Aviasi Industri (RAI) menggagas penggalangan dana melalui Kitabisa.com.

Komisaris PT Regio Aviasi Industri (RAI) Ilham Habibie mengatakan, penggalangan dana ini sejatinya bukan semata-mata untuk membangun pesawat R-80. Namun, untuk mencari dukungan untuk membangun pesawat tersebut.

"Buat kami crowdfunding lebih untuk menunjukkan kepada siapapun bahwasanya rakyat mendukung. Namanya donasi, buka investasi," kata dia saat berkunjung di Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Rabu (11/10/2017).

Ilham tak mengetahui posisi terakhir dana yang terkumpul. Namun, antusias masyarakat sangat besar.

"Crowdfunding donasi, jadi terus terang enggak tahu status terakhirnya tapi dalam seminggu kita sudah mengumpulkan Rp 1,3 miliar. Cepat sekali," ujar dia.

Ilham menuturkan, meski dana yang terkumpul relatif besar tapi tak akan cukup untuk menutup biaya pembangunan pesawat yang sangat besar. Menurut Ilham, biaya yang dibutuhkan untuk membangun pesawat di atas US$ 1 miliar.

"US$ 1 miliar ke atas, di antara US$ 1,1 miliar-1,5 miliar," ujar dia.

Di Amerika Serikat (AS) saja, kata Ilham Habibie, penggalangan dana belum pernah mencapai US$ 100 juta.

"Crowdfunding bukan untuk kebutuhan, ada kebutuhan tentunya, tidak akan mungkin bisa mengumpulkan US$ 1 miliar dengan crowdfunding. Dengan crowdfunding di dunia, di AS bisa puluhan juta dolar tapi lebih US$ 100 juta belum pernah ada. Itu di AS di mana peraturannya lebih progresif, ekonomi lebih kaya jadi partisipasinya lebih substansial," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Pengembangan pesawat jarak menengah sudah masuk dalam deretan usulan Proyek Strategis Nasional (PSN). Dengan biaya investasi sebesar Rp 22 triliun, pemerintah berharap bisa membantu pembuatan pesawat R80 dan N245 yang merupakan karya dari Presiden RI ketiga, BJ Habibie.

Meski demikian, besarnya dana yang dibutuhkan membuat perusahaan yang menaungi pembuatan pesawat ini mencari cara lain demi mendapat tambahan dana. Salah satunya dengan patungan publik atau yang lebih dikenal dengan istilah crowdfunding.

Melansir situs kitabisa.com, Rabu 27 September 2017, pesawat R80 ini disponsori oleh Regio Aviasi Industri (RAI) dan digarap oleh PT Dirgantara Indonesia. Di laman ini, RAI menawarkan donasi mulai dari Rp 100 ribu untuk pesawat yang telah masuk ke Program Strategis Nasional sejak Juni 2017.

Perusahaan ini menggalang dana dari publik karena biaya pembuatan prototype pesawat ini lebih dari Rp 200 miliar, sementara keseluruhan biaya pengembangan usaha mencapai Rp 20 triliun.

Dana yang dibutuhkan ini tak hanya bertumpu pada penggalangan dana publik, tetapi juga investasi bank dan pendanaan dari pemerintah.

"Crowdfunding nilai utamanya bukan di jumlah donasi, tetapi juga bukti dukungan atas kebangkitan teknologi Indonesia," tulis RAI.

Hingga berita diturunkan pada Rabu 27 September 2017, uang patungan publik yang berhasil dikumpulkan dari kampanye ini mencapai Rp 428 juta. Uang tersebut didapat dari 1.466 donatur yang telah menyumbang.

Salah seorang penyumbang bernama Eka Rahardja berharap uang yang terkumpul bisa dimanfaatkan dengan baik untuk mengembangkan pesawat karya anak Indonesia.

"Saya doakan diberi kemudahan dan kelancaran untuk terwujudnya cita-cita yang mulia ini," tulisnya.

Regio Aviasi Industri (RAI), perusahaan yang bergerak di bidang perancangan, pengembangan, dan manufaktur pesawat terbang, didirikan oleh Presiden RI ke 3 BJ Habibie bersama putra sulungnya Ilham Akbar Habibie.

RAI khusus mengembangkan pesawat udara R80, untuk menjawab kebutuhan angkutan udara regional di Indonesia dan pasar internasional.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Awal November, Timnas Indonesia Terancam Tanpa Ujicoba

Posted: 10 Oct 2017 09:15 PM PDT

Timnas Indonesia senior berpotensi kehilangan jatah bermain di FIFA match day pada 6-14 November bulan depan. Pasalnya, PSSI kesulitan untuk mencocokan jadwal timnas dengan Liga 1 yang memasuki pekan-pekan terakhir.

"Relatif sulit untuk dieksekusi karena bersamaan dengan itu, komeptisi emmasuki meinggu terakhir. Ini akan kita bicarakan dalam satu minggu ke depan," kata Wakil Ketua Umum PSSI, Djoko Driyono saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (11/10/2017).

Liga 1 sendiri telah memasuki pekan ke-29. Menurut jadwal resmi, kompetisi kasta tertinggi di Indonesia ini akan berakhir pada 12 November bulan depan.

Saat ini, Bhayangkara FC masih memimpin klasemen sementara dengan 59 poin. Bhayangkara unggul 4 poin dari Bali United di posisi kedua.

Timnas Indonesia senior terakhir kali berujicoba internasional melawan Kamboja, Rabu (4/10/2017) awal bulan lalu. Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Patriot, timnas Indonesia senior menang 3-1 atas Kamboja.

Setelah partai tersebut, timnas sebetulnya dijadwalkan melawan Mauritania pada 8 Oktober. Namun partai itu batal digelar karena Mauritania telah punya jadwal ujicoba sendiri.

Joko menuturkan, untuk FIFA match day kali ini, timnas sudah punya beberapa kandidat lawan. Namun ia enggan membeberkannya lantaran tak ingin kejadian seperti batalnya laga melawan Mauritania terulang.

"Apakah ada nanti alternatif atau memang terpaksa kehilangan seperti tanggal 8 kemarin," ujar Djoko mengakhiri.

Timnas Indonesia senior saat ini berada di peringkat 169 FIFA. Timnas akan mendapat poin untuk memperbaiki peringkat, jika menang dalam pertandingan yang berlangsung saat FIFA match day.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kain Tenun NTT Mencuri Perhatian di Couture Fashion Show New York

Posted: 10 Oct 2017 09:15 PM PDT

Kain tenun khas Indonesia mencuri perhatian di Couture Fashion Show 2017. Penampilan khas kain ini ternyata disukai undangan yang datang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip Tampilan Terbaru Reza Artamevia yang Kian Nyentrik

Posted: 10 Oct 2017 09:15 PM PDT

Penyanyi bersuara merdu Reza Artamevia lama tak terdengar kabarnya di dunia hiburan. Namun belakangan ia mencuri perhatian lewat rambut barunya. Mantan istri Adjie Massaid ini terlihat memamerkan foto-fotonya dengan warna dan gaya rambut barunya.

Pada foto yang dibagikannya melalui akun Instagram @rezaartameviaofficial, terlihat Reza Artamevia memilih warna rambut yang banyak digunakan selebritas Hollywood yaitu platinum. Rambut platinumnya ini dipotong pendek sebahu dengan gaya styling wavy.

 

#samsungs8 #rezaartamevia #rezaartameviaofficial #singer #musician #harakatimanagement

A post shared by ReZa Artamevia (@rezaartameviaofficial) on

Tampilan Reza Artamevia terlihat semakin nyentrik di usianya ke-42. Selain wavy hair, pada foto lainnya, terlihat juga gaya rambut lurus belah tengah yang membuatnya terlihat lebih segar.

Selain gaya dan warna baru, tampilan riasan Reza Artamevia juga terlihat baru. Ia lebih berani menggunakan warna-warna bold dan terang pada wajahnya. Salah satunya lipstik merah yang membuat penampilannya semakin seksi dan memukau. 

Begitu juga dengan riasan mata, ibu dua anak ini juga memulaskan warna-warna gelap untuk membuat kesan smokey eyes. Reza Artamevia seakan-akan terlihat kembali muda dengan tampilan barunya ini.

 

Para penggemar sepertinya juga sudah merindukan kembalinya Reza Artamevia di dunia musik tanah air. Selain memuji penampilan barunya, para fans juga berharap Reza akan menggelar konser tunggalnya lagi.

"Makin cantik mba @rezaartameviaofficial dan suaranya gak pernah berubah..," tulis @ncex_putri pada kolom komentar.

"Reza artamevia 100% ajah bangkit lagi yuuu," komentar @kaisanursovia.

"Wih.. tambah cantik saja bunda," tulis @handystergates90.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Fakta Unik Jepang, Terapi Lintah, Makanan Kaleng 64 Tahun

Posted: 10 Oct 2017 09:10 PM PDT

Jepang adalah negara yang punya banyak keunikan. Sebut saja, kecanggihan teknologinya yang mampu menciptakan beragam kemudahan yang tidak ditemukan di negara lain.

Selain itu, komitmen Jepang untuk mempertahankan kebudayaan khasnya juga memberi keunikan tersendiri.

Pada kanal Citizen6, Liputan6.com, artikel seputar fakta-fakta unik dari Jepang menjadi yang paling banyak dikunjungi pembaca. Sementara itu, artikel tentang terapi detoks menggunakan lintah menempati urutan kedua paling populer.

Diikuti artikel seputar rasa makanan kaleng yang sudah berumur 64 tahun pada posisi ketiga terpopuler.

Berikut top 3 CItizen6:

1. Surga Alkohol Hingga Toilet Canggih, Ini 5 Fakta Unik dari Jepang

Membahas tentang Jepang memang selalu terdengar menarik. Negara dengan budaya unik serta kemajuan teknologinya merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan dari negeri sakura tersebut.

Jika, kamu ingin mengenal tentang Jepang, kamu perlu tahu beberapa kebiasaan ini. Berikut merupakan lima hal yang kamu perlu tahui mengenai kebiasaan di Jepang, melansir video JapanesePod101, Jumat (6/10/2017).

Selengkapnya..

2. Lagi Tren Terapi Detoks dengan Lintah, Berani Coba?

Mendengar kata lintah sering kali membuat dahi kita beerkerut. Hewan penghisap darah tersebut mungkin bukan menjadi hewan yang bersahabat bagi banyak orang. Meski terlihat menggelikan lintah juga punya manfaat untuk tubuh manusia.

Selengkapnya..

3. Makanan Kaleng Ini Berumur 64 Tahun, Bagaimana Rasanya?

Sebuah bank makanan di Wales, Cardiff Foodbank, terkejut setelah menerima sup kaleng merek Heinz yang hampir berusia setengah abad sebagai sumbangan. Cardiff Foodbank membagikan foto makanan tersebut pada kamis (05/10/17).

Dalam foto yang mereka unggah, terlihat stiker yang mencantumkan harga dari sup kaleng tersebut. Namun, harga yang tercantum merupakan bentuk mata uang lama dari negara tersebut, yaitu penny lama yang sudah tidak digunakan lagi. Kini, Wales telah menggunakan mata uang poundsterling.

Selengkapnya..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rossa Dapat Kado Ultah Mobil, dari Afgan?

Posted: 10 Oct 2017 09:10 PM PDT

Rossa baru saja merayakan ulang tahunnya ke-39 pada 9 Oktober 2017 lalu. Berbagai kejutan pun didapat ibu satu anak ini, baik berupa pesta ulang tahun maupun hadiah yang diterimanya.

Seperti dalam akun Instagramnya, Selasa (10/10/2017), Rossa mengunggah foto sebuah mobil sebagai kado ulang tahunnya. Mobil bermerek Mercedes warna hitam itu pun diberi tanda pita besar di atas kap depan.

 Syahrini bersama Rossa dan lain-lain (Foto: Instagram)

Hadiah dari siapa? Selama ini, Rossa digadang-gadang sebagai kekasih Afgan. Bahkan kedekatan keduanya kerap didoakan mengarah ke hubungan serius.

Rupanya, kado itu bukan dari Afgan, atau laki-laki lainnya melainkan dari rumah karaoke miliknya. Hal itu membuatnya senang.

"Alhamdulillaah Kado dari DIVA Family KaraokeTadinya ke Diva mau meeting dan makan siang,ternyata dikasih surprise dan kado istimewa

Makasiii DIVA KARAOKE aaaaaa aku happyyyyyy," tulis Rossa sebagai keterangan foto.

 Rossa dapat hadiah mobil mewah, dari siapa? (Foto: Instagram)

Sebelumnya, Rossa menggelar pesta ulang tahunnya dengan mengundang teman-teman dekatnya saja seperti Vidi Aldiano, Afgan, Syahrini, dan juga Cakra Khan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tetap Awas, Begini Kondisi Terkini Gunung Agung

Posted: 10 Oct 2017 09:00 PM PDT

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kasbani, menjelaskan hingga kini belum ada tanda-tanda penurunan aktivitas Gunung Agung. ‎Rabu pagi tadi, Kasbani melanjutkan, cuaca relatif bagus dan Gunung Agung dapat terlihat dengan jelas.

"Tadi pagi relatif bersih, jadi dari bawah kita bisa melihat kondisi puncak ya. Tadi ada embusan asap putih setinggi 50-100 meter. Jadi masih ada uap air di sana," ucap Kasbani di Pos Pengamatan Gunung Api Agung di Desa Rendang, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali, Rabu (11/10/2017).

Namun, dari data instrumen kegempaan dan deformasi belum ada perubahan. "Masih menunjukkan hal yang sama," katanya.

Kasbani menjelaskan, gempa vulkanik masih sangat tinggi. Bahkan, kemarin sepanjang hari, masih tinggi sekitar 800 gempa.

"Gempa vulkanik dangkal dan dalam berada di dalam perut gunung itu. Jadi, aktivitas gunung ini masih sangat tinggi. Di dalamnya masih bergejolak," ujarnya.

Menurut dia, sekalipun kekuatan gempa relatif melemah, jumlahnya tetap tak berkurang. ‎Apalagi, gempa-gempa itu berasal langsung dari perut gunung setinggi 3.031 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut.

"Meskipun relatif gempanya kelihatan kecil-kecil, tapi jumlahnya banyak dan itu berada di perutnya langsung," ia menambahkan.

Secara angka tidak ada penurunan jumlah gempa Gunung Agung. "Masih tetap di atas 700. Kita lihat sendiri 24 jam terakhir tadi ada 800-an tadi kita hitung," tuturnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

 

 

Warga memantau aktifitas Gunung Agung di Pos Pemantauan Desa Rendang, Karangasem, Bali, Jumat (29/9). Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi mencatat aktifitas Gunung Agung masih tetap tinggi. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Sebelumnya, asap Gunung Agung membubung setinggi 1,5 kilometer, pukul 20.30 Wita, Sabtu 7 Oktober 2017. Asap itu didominasi oleh uap air.

"Sembilan puluh sembilan persen uap air," kata Kepala Bidang Mitigasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), I Gede Suantika‎, di Pos Pengamatan Gunung Api Agung di Desa Rendang, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali, Senin, 9 Oktober 2017.

Menurut dia, suhu uap air yang dihasilkan mencapai 100 derajat Celsius. Angka itu tercatat di mulut kawah Gunung Agung.

Sementara, suhu uap air dalam perut gunung setinggi 3.031 mdpl tersebut jauh lebih panas lagi. "Di dasar Gunung Agung panasnya mencapai 200-300 derajat Celsius," Gede Suantika menjelaskan.

Dia menegaskan, asap putih yang terlihat dari kawah Gunung Agung mulai Sabtu malam bukan letusan. "Itu aktivitas solfatara," ujar dia.

Ia menyebut asap tersebut kemungkinan besar disebabkan oleh curah hujan yang tinggi selama beberapa hari terakhir di daerah sekitar gunung. Air hujan kemudian masuk ke kawah dan terjadi pemanasan di dalam perut Gunung Agung.

"Kemungkinan penyebabnya adalah curah hujan yang tinggi tiga hari terakhir," Gede Suantika memungkasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Kandidat Peraih Penghargaan Gol Terindah

Posted: 10 Oct 2017 09:00 PM PDT

Badan Sepak Bola Dunia (FIFA) telah merilis 10 kandidat pemenang penghargaan Puskas Award 2017. Penghargaan ini diberikan kepada pesepak bola profesional, pria atau wanita, yang mampu melahirkan gol indah.

Gol yang akan mendapat penghargaan sebelumnya sudah dinilai juri yang terdiri dari pakar sepak bola. Mereka memilih 10 kandidat dari banyaknya gol terbaik yang dikumpulkan sejak 1 Oktober 2016 hingga 2 Juli 2017.

Pemenang penghargaan tersebut akan diputuskan oleh publik dan diumumkan pada acara penghargaan tahunan FIFA di London pada 23 Oktober.

Ilustrasi gol di laga timnas putri

Castellanos merupakan pemain putri kedua Venezuela dalam dua tahun berturut-turut yang menembus tiga besar dan dinominasikan untuk golnya dari wilayah dekat garis tengah lapangan saat melawan Kamerun pada Piala Dunia putri U-17 di Yordania tahun lalu.

Pemain 18 tahun itu mengikuti jejak kompatriotnya Daniuska Rodriguez, yang golnya masuk tiga besar tahun lalu namun kalah dari tendangan bebas pemain Malaysia Mohd Faiz Subri yang dibukukan dari jarak 35 meter.

Gol Castellanos memberikan kemenangan dramatis 2-1 untuk Venezuela, plus tiga poin berharga. Venezuela sendiri terus melaju ke semifinal dan kalah 0-3 dari Korea Utara.

Penyerang Arsenal, Olivier Giroud akan membuktikan dirinya sebagai pilihan utama lini depan The Gunners saat melawan Chelsea. Giroud baru mencetak satu gol untuk Arsenal. (AP/Kirsty Wigglesworth)

Gol "tendangan kalajengking" yang dilepaskan Olivier Giroud bagi Arsenal saat melawan Crystal Palace musim lalu masuk dalam tiga besar kandidat bagi penghargaan gol terbaik FIFA.

Giroud mencetak gol dengan sepakan volinya pada pertandingan Liga Inggris yang berlangsung pada 1 Januari. Ia melakukan sentuhan akrobatik dengan tumit kirinya untuk mengonversi umpan silang Alexis Sanchez sehingga masuk ke dalam gawang.

Arsenal memenangi pertandingan itu dengan skor 2-0. Giroud, yang mengakui setelahnya bahwa ia sedikit beruntung, mengatakan itu merupakan gol terbaik yang pernah dibukukannya.

Pemain 31 tahun itu merupakan pemain Prancis ketujuh yang dinominasikan untuk penghargaan ini. Ia juga merupakan pemain Prancis pertama yang masuk dalam tiga besar.

Kiper Baroka FC, Oscarine Masuluke. (dok. Soccer Laduma)

Pemain Afrika Selatan Masuluke merupakan kiper pertama serta pemain pertama dari Afrika yang masuk tiga besar. Ia dicalonkan untuk sepakan salto spektakulernya untuk Baroka FC saat melawan Orlando Pirates tahun lalu.

Istimewanya, gol ini juga menyelamatkan tim dari kekalahan. Tim Masuluke kala itu tengah tertinggal 0-1 dan ia memutuskan maju membantu serangan saat Baroka mendapat tendangan pojok di penghujung waktu paruh kedua.

Bola yang datang dari sepak pojok pada awalnya mampu ditinju kiper Pirates, Thapelo Mabokgwane, namun halauannya tidak sempurna dan bola liar masih berbahaya bagi pertahanan Pirates.

Tendangan Masuluke sukses menjebol gawang Pirates dan mengakhiri laga dengan skor 1-1. Entah Masuluke sudah memperhitungkan waktu untuk menendang bola atau hanya melakukan tendangan spekulasi semata.

Simak juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RI Genjot Investasi demi Capai Ekonomi Tumbuh 6 Persen

Posted: 10 Oct 2017 09:00 PM PDT

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyatakan ekonomi Indonesia memiliki prospek cerah tahun ini. Salah satunya didorong oleh investasi yang masuk ke dalam negeri.

JK mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia ditargetkan sebesar 5,1 persen pada 2017. Dalam hal ini, investasi menjadi faktor pendorong ekonomi yang menciptakan lebih banyak lapangan kerja. Dengan demikian, bisa membuat perekonomian Indonesia menjadi lebih produktif.

"Investasi diperlukan untuk menunjang pertumbuhan ekonomi yang kuat. Jadi, jika Indonesia ingin mencapai 6 persen pertumbuhan ekonomi pada 2019, rasio investasi terhadap PDB harus sekitar 38 persen," ujar dia dalam sambutan pada Indonesia-Belgium High Level Roundtable Discussion di Federation of Enterprises in Belgium (FEB) seperti dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (11/10/2017).

Menurut JK, Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) memiliki dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, agar target pertumbuhan ekonomi tersebut tercapai, pemerintah telah menetapkan target realisasi investasi pada 2018 Rp 863,4 triliun dan pada 2019 Rp 933 triliun.

"Kontribusi investasi terhadap PDB Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Investasi langsung merupakan salah satu pendorong utama ekonomi. Karena itu, diharapkan dapat memberikan kontribusi 39 persen dari total PDB pada 2019," jelas dia.

‎Sementara dalam hal lokasi, ujar JK, pemerintah menginginkan lebih banyak investasi di luar Jawa. Oleh karena itu pada 2019, investasi di luar Jawa diharapkan memberikan kontribusi 43,1 persen dari sebelumnya 32,9 persen pada 2015.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,4 persen dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2018. Untuk menggapai target tersebut tentu butuh kerja keras, di antaranya menarik investasi sebesar Rp 799 triliun dan penyaluran kredit harus mencapai Rp 483 triliun.

"Target pertumbuhan ekonomi 5,4 persen di 2018 bisa dipandang optimistis. Tapi memang target ini butuh extra effort. Banyak yang harus dilakukan pemerintah dan pihak swasta, serta lainnya supaya situasi makin kondusif," ujar dia di Gedung DPR, Jakarta, Senin, 11 September 2017.

Kunci mencapai pertumbuhan ekonomi 5,4 persen pada tahun depan, diakui Sri Mulyani, pertumbuhan konsumsi rumah tangga harus di atas 5 persen, yakni targetnya 5,1 persen. Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) atau investasi diharapkan tumbuh 6,3 persen.

"Dibanding outlook sampai akhir tahun ini 5,17 persen, target 5,4 persen di 2018 kenaikannya memang signifikan. Tantangannya menggerakkan investasi yang berasal dari pemerintah, BUMN, pasar modal, perbankan, penanaman modal dari dalam maupun luar negeri, serta korporasi," dia menjelaskan.

Selain konsumsi dan PMTB, Sri Mulyani menuturkan ada beberapa syarat utama untuk bisa mewujudkan target pertumbuhan ekonomi 5,4 persen. Pertama, pertumbuhan kredit. Penyaluran kredit di tahun depan perlu mencapai Rp 483 triliun atau naik dibanding tahun ini yang diperkirakan Rp 370 triliun demi mencapai target pertumbuhan ekonomi 5,2 persen.

Kedua, investasi dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Menteri Keuangan akan tetap berkoordinasi dengan Menteri BUMN, Rini Soemarno agar perusahaan pelat merah mampu mengoptimalkan neraca keuangannya untuk ekspansi guna mendorong pertumbuhan ekonomi lebih tinggi.

"Ketiga di pasar modal, list dari perusahaan yang akan listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan yang melakukan rights issue diharapkan dapat mendorong investasi di pasar modal dengan kontribusi mencapai Rp 855 triliun di 2018," ucap Sri Mulyani.

Terakhir dari Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), lanjutnya, diharapkan mampu berkontribusi terhadap belanja modal sebesar Rp 799 triliun. Kinerja pertumbuhan PMA dan PMDN di 2015-2017 mencapai share 14,5 persen atau tumbuh kuat dengan upaya pemerintah menjaga iklim investasi.

"Jadi 5,4 persen di 2018 masih bisa dicapai, tapi perlu kerja keras. Pertumbuhan kredit harus mencapai 13-15 persen, pasar modal dengan perusahaan yang Innitial Public Offering (IPO) tumbuh 10-15 persen, capex BUMN Rp 523 triliun, serta PMA dan PMDN yang harus tumbuh sekurang-kurangnya 17-19 persen. Itu prasyarat untuk mencapai 5,4 persen di 2018," pungkas Sri Mulyani.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jalani Proses Cerai, Indadari Tutup Komunikasi untuk Caisar

Posted: 10 Oct 2017 09:00 PM PDT

Sidang cerai Indadari dan Caisar mulai digelar Pengadilan Agama Depok, Jawa Barat, Selasa (10/10/2017). Dalam sidang perdana beragendakan pemeriksaan berkas itu Caisar dan Indadari tak hadir.

Indadari yang sedang kurang fit hanya diwakilkan pihak kuasa hukumnya saja. Sedangkan Caisar absen tanpa keterangan.

Kuasa hukum Indadari, Jamaludin Fakaubun menuturkan bahwa komunikasi kliennya dengan Caisar sudah terputus sejak lama. Namun, hal itu tak memengaruhi hubungan baik yang sempat terjalin di antara Caisar dan Indadari.

"Komunikasi Caisar kepada kami tidak ada sama sekali. Tapi tidak menutup kemungkinan berkomunikasi suatu saat, karena mereka memiliki buah hati Abu Kipsmail," ujar Jamaludin Fakaubun usai persidangan.

Indadari pun menjanjikan bila gugatan cerainya dikabulkan majelis hakim, maka dirinya tak akan menghalangi Caisar untuk bertemu anak. Sebagai wanita yang mengerti ajaran agama, Indadari akan memberikan keluasan bagi Caisar mengenai persoalan anak.

"Ditambah lagi, silaturahmi berjalan karena ketentuan agama, itu wajib. Bu Inda bilang ke saya bahwa mereka tidak ada masalah karena menjaga buah hati mereka. Kalau putus silaturahmi kan yang enggak baik," kata Jamulid Fakaubun.

Untuk menunjukkan keseriusannya bercerai, Indadari berencana hadir dalam persidangan berikutnya. "Majelis memang bilang,kalau bisa Bu Indadari hadir di sidang berikutnya," tuturnya. (Ras)‎

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Mendaftar ke KPU

Posted: 10 Oct 2017 09:00 PM PDT

Pendaftaran partai politik untuk Pemilu 2019 sudah dibuka, salah satu partai yang mendaftar adalah Partai Solidaritas Indonesia atau PSI.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Perempuan dari Sumut Cicipi Rasanya Sehari Jadi Menteri

Posted: 10 Oct 2017 09:00 PM PDT

Pagi ini, Rabu (11/10) digelar rapat pimpinan di lantai 10 Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Namun bukan Menteri Yohana Yambise yang memimpin rapat melainkan seorang anak perempuan 18 tahun asal Sumatera Utara, Ayu Juwita.

Ayu bersama Sekretaris Menteri mendengarkan rekomendasi-rekomendasi dari deputi dan asisten deputi mengenai berbagai permasalahan yang terjadi di lingkup kementerian ini. Mulai dari rekomendasi ketidaksetaraan gender, tes keperawanan, bullying pada anak perempuan saat menstruasi, kekerasan rumah tangga, hingga masih banyak perkawinan usia anak.

Sekretaris Menteri, deputi dan asisten deputi yang memberikan rekomendasi pun juga remaja seperti Ayu Juwita.

Total pagi ini ada 21 remaja terpilih dari berbagai wilayah Indonesia mengikuti program Sehari Jadi Menteri sebagai salah satu cara merayakan Hari Anak Perempuan Internasional yang jatuh setiap 11 Oktober 2017.

Lewat Sehari Jadi Menteri, penggagas program ini Plan International ingin memberikan kesempatan bagi anak Indonesia untuk belajar menjadi pemimpin.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ILO: Pengangguran Dunia Meningkat Lebih dari 200 Juta

Posted: 10 Oct 2017 09:00 PM PDT

Data terbatu dari Organisasi Perburuhan Internasional atau ILO menyebut jumlah pengangguran dunia tahun ini mencapai lebih dari 201 juta, atau meningkat 3,4 juta dibandingkan 2016.

Dikutip dari laman VOA Indonesia, Rabu (11/10/2017), ILO mengatakan bahwa sektor swasta, terutama usaha kecil dan menengah, memainkan peran penting dalam menciptakan lapangan kerja yang layak di seluruh dunia.

Kajian ILO tentang "Prospek Lapangan Kerja dan Sosial 2017: Usaha dan Pekerjaan Berkelanjutan" menyebut, bisnis swasta menyumbang hampir 3 miliar pekerja -- atau 87 persen dari total lapangan kerja global.

Menurut laporan dari ILO, sektor publik yang lebih kuat adalah pondasi pertumbuhan, penciptaan lapangan kerja dan pengurangan kemiskinan.

Wakil Direktur Jenderal ILO Deborah Greenfield mengatakan, berinvestasi pada pekerja merupakan kunci keberlanjutan usaha. Dia juga mengatakan, memberikan pelatihan formal untuk pekerja tetap menghasilkan upah yang lebih tinggi, produktivitas yang lebih tinggi, dan biaya tenaga kerja yang lebih rendah.

Di samping itu, Greenfield juga mengatakan, pekerja sementara berada pada posisi yang kurang menguntungkan.

"Penggunaan tenaga kerja sementara dikaitkan dengan pemberian upah yang lebih rendah. Namun hal itu justru menimbulkan produktivitas yang lebih rendah tanpa mencapai keuntungan signifikan dalam biaya unit kerja," kata Greenfield.

Laporan tersebut juga menemukan, pelatihan di tempat kerja merupakan pendorong inovasi yang penting.

"Karena pekerja sementara waktu jarang mendapatkan pelatihan. Hal itu juga dapat mempengaruhi inovasi di perusahaan secara negatif," tambah Greenfield.

Laporan ILO mengatakan dalam beberapa kasus, inovasi telah menyebabkan perusahaan mempekerjakan lebih banyak pekerja sementara waktu, terutama perempuan.

Namun kajian itu mencatat, hal itu mungkin bermanfaat dalam jangka pendek. Sebaliknya, dalam jangka panjang, justru akan menekan upah, menyebabkan produktivitas rendah akibat ketidakstabilan pekerjaan sementara, dan kurangnya manfaat untuk pekerja.

Inovasi juga meningkatkan daya saing dan penciptaan lapangan kerja bagi perusahaan. Selain itu, perusahaan inovatif juga cenderung lebih produktif, mempekerjakan lebih banyak tenaga kerja berpendidikan, menawarkan lebih banyak pelatihan, dan merekrut lebih banyak pekerja perempuan.

Sementara itu, ada sisi lain yang juga dikhawatirkan akan mengakibatkan banyak pengangguran di dunia, yakni tentang otomatisasi.

Banyak perdebatan muncul mengenai dampak otomatisasi terhadap lapangan pekerjaan di AS. Menggunakan sejumlah robot untuk menggantikan jutaan buruh manufaktur, dinilai murah, canggih dan lebih umum dalam sektor-sektor jasa yang lebih besar.

Bidang yang terjamah proses itu beragam, mulai dari transportasi sampai perbankan.

Seperti dikutip dari VOA, seorang pakar mengatakan, puluhan juta pekerjaan bisa terancam akibat keberadaan robot. Sementara pakar lain mengatakan, dampak otomatisasi sesungguhnya tidak seburuk itu.

Lima juta pekerjaan manufaktur di AS hilang dalam beberapa tahun ini. Walaupun sebagian politisi menyalahkan perdagangan, banyak ekonom mengatakan justru otomatisasi lah penyebab utama.

Alasannya, karena robot telah mengambil alih banyak tugas rutin yang sebelumnya dilakukan manusia.

Mobil dan truk swa-kemudi menunjukkan semakin meningkatnya dampak otomatisasi dalam sektor jasa yang jauh lebih besar.

Jutaan pekerjaan manusia terancam, menurut seorang pakar pada Fakultas Bisnis Darden di Universitas Virginia, Profesor Ed Hess.

"Ya, manusia mulai tergantikan, dan itu akan terus terjadi dalam jumlah lebih besar karena kita masih dalam tahap awal otomatisasi sektor jasa, dan itu akan meluas dan mendalam," ujar Hess seperti dikutip dari VOA News.

Hess mengatakan, pekerjaan di restoran cepat saji sangat rentan, karena perusahaan-perusahaan mendirikan kios-kios elektronik untuk mengambil pesanan restoran, meskipun McDonalds mengatakan para pekerja akan dialihkan ke tugas-tugas lain.

Hess menambahkan, riset menunjukkan bahwa hampir separuh pekerjaan di AS bisa diotomatisasi, termasuk pekerjaan ditoko-toko ritel, dokter yang memindai penyakit lewat x-ray, administrasi, bidang hukum, serta pekerjaan manajemen tingkat menengah.

Perbankan merupakan contoh utama otomatisasi, namun tidak serta-merta mengakhiri pekerjaan manusia.

Anjungan Tunai Mandiri atau ATM pertama dipasang 50 tahun lalu dan bertambah menjadi 420.000 di AS saja. Tetapi sebuah analisis oleh Dana Moneter Internasional (IMF) menunjukkan bahwa jumlah petugas teller manusia tidak berkurang. Bahkan naik sedikit.

"Saya rasa karena manusia yang biasanya menjalankan sebagian besar tugas-tugas jasa dan rutin bisa diganti dengan otomatisasi, maka fungsi manusia menjadi lebih berharga dalam layanan konsumen dan penjualan," ujar Sam Ditzion dari Tremont Capital Group melalui Skype.

Ditzion mengatakan otomatisasi bisa menakutkan, tapi perawatan dan operasi mesin-mesin ATM yang rumit menciptakan serangkaian pekerjaan baru bagi puluhan ribu orang.

Banyak pakar khawatir mengenai dampak meningkatnya kemampuan dan jumlah kendaraan swa-kemudi, kios yang dioperasikan komputer, dan berbagai jenis otomatisasi lainnya, termasuk hal lain yang lebih canggih seperti kecerdasan buatan.

Tapi dalam wawancara dengan Mike Allen dari Axios, Menteri Keuangan AS Steve Mnuchin mengatakan, hal itu tak perlu dikhawatirkan sampai 50 atau 100 tahun ke depan.

"Terkait kekhawatiran bahwa kecerdasan buatan akan mengambil alih pekerjaan Amerika, sepertinya kita masih jauh dari itu," ujar Mnuchin.

Tapi para pakar lain berargumen dampak otomatisasi oleh robot sudah mulai bermunculan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Google Pinang Apple Senilai Rp 121 Triliun?

Posted: 10 Oct 2017 08:54 PM PDT

Google dikabarkan bakal mengakuisisi Apple dengan nilai yang tak tanggung-tanggung. Rumor menyebut, kedua raksasa teknologi ini tengah memasuki tahap negosiasi di mana Google akan meminang Apple senilai US$ 9 miliar (setara dengan Rp 121 triliun).

Informasi tersebut ternyata cuma isapan jempol belaka. Perusahaan analis dan media penerbit informasi keuangan Dow Jones, bertanggung jawab atas berita palsu ini.

Menurut keterangan yang dimuat laman Engadget, Rabu (11/10/2017), Dow Jones mengaku berita itu terpublikasikan karena kesalahan teknis. Akibatnya karena sudah terlanjur diterbitkan, banyak orang mengira Google benar-benar akan membeli Apple.

Dalam artikel yang sudah terlanjur diterbitkan, berita Dow Jones menerangkan Google hendak membeli Apple senilai Rp 121 triliun.

"Pendiri Google Larry Page sebetulnya sudah mendiskusikan hal ini dengan almarhum Steve Jobs sejak 2010. Sampai akhirnya mereka memasuki tahap negosiasi yang dilakukan di Cupertino, California, Amerika Serikat," papar artikel yang ditulis oleh Josee Rose ini.

Bunyi lanjutan berita menjelaskan tahap negosiasi akan berakhir pada pekan ini. Setelah itu, Google akan mengambil alih markas baru Apple Park sebagai kantor pusatnya.

Menanggapi kekeliruan fatal tersebut, Dow Jones meminta maaf karena sudah teledor saat menerbitkan berita. Mereka mengaku, kesalahan teknis terjadi karena artikel tersebut murni sebagai bahan uji publikasi.

"Kami menyesal dan meminta maaf atas kesalahan teknis yang terjadi akibat berita soal Google dan Apple. Artikel tersebut tidak pernah direncanakan untuk diterbitkan. Artikel hanya bersifat uji publikasi dan kami memperkenankan si penulis untuk mengarang bebas," ujar CEO Dow Jones William Lewis kepada The Wall Street Journal.

William mengaku telah mencopot artikel tersebut dari Dow Jones. Ia menjamin tak akan mengulangi kesalahan yang sama.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Penyebab Ayah Sule Meninggal Dunia

Posted: 10 Oct 2017 08:50 PM PDT

Rasa duka tengah menyelimuti hati Sule. Ayah tercintanya, Dodo Mulyadi, berpulang ke pangkuan Yang Maha Kuasa pada Rabu (11/10/2017) pukul 07.00 WIB, di Cimahi, Jawa Barat. Kabar ini pertama kali diberitakan Sule melalui Instagram.

Sang ayah meninggal dunia karena penyakit darah tinggi yang dideritanya. Beberapa hari terakhir, kesehatannya kian menurun hingga ia diharuskan menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

Sule

Kondisi terakhir, Dodo Mulyadi sempat mengalami pecah pembuluh darah namun berhasil ditangani, hingga akhirnya Tuhan pun berkehendak lain.

"Iya betul ayahnya Sule meninggal. Kemarin itu hipertensi. Kemarin sempat masuk rumah sakit, pecah pembuluh darahnya. Sempat bisa balik ke rumah, setelah itu ya meninggal dunia," kata Adi, manajer Sule, kepada wartawan melalui sambungan telepon, Rabu (11/10/2017).

Beruntungnya, detik-detik terakhir sebelum ayahanda meninggal, Sule sempat datang menjenguk. Komedian ini juga sempat merawatnya dengan penuh kasih sayang.

Sule sedang menyuapi ayahnya yang sedang sakit (Instagram/@ferdinan_sule)

"Terus rada pulih dan bisa pulang ke rumah. Ya sudah akhirnya meninggal. Sempet terakir Kang Sule ketemu dulu, ya masih di rumah meninggalnya," lanjut sang manajer.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BI: Tak Ada Bagi-Bagi Gratis Uang Elektronik di Jalan Tol

Posted: 10 Oct 2017 08:45 PM PDT

Bank Indonesia (BI) menegaskan tidak ada program bagi-bagi gratis uang elektronik (e-money) di jalan tol pada 16 Oktober 2017.

Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia Pungky Wibowo menegaskan, informasi yang beredar di masyarakat selama ini ada kesalahan persepsi.

Pungky menjelaskan, apa yang akan dilakukan pada 16 September nanti adalah perpanjangan masa diskon uang elektronik yang sebelumnya dilakukan pada 17 Agustus hingga 31 September 2017. Hanya saja, kali ini diskon tersebut ditambah.

"Jadi, tidak ada pembagian kartu gratis. Yang ada pada 17 Agustus-31 September 2017 itu kita diskon biaya kartunya 50 persen, kini diskon biaya kartunya jadi 100 persen. Itu 50 persen diberikan perbankan dan 50 persennya lagi diskon dari operator," kata Pungky kepada Liputan6.com, Rabu (11/10/2017).

Dijelaskan lebih gamblang oleh Pungky, jika sebelumnya setiap pembelian uang elektronik di jalan tol seharga Rp 50 ribu dengan saldo Rp 40 ribu, maka per 16 Oktober 2017 nanti setiap pembelian uang elektronik Rp 50 ribu, maka saldo yang ada di dalam kartu tetap Rp 50 ribu.

Selama ini perbankan sendiri menetapkan biaya pembuatan kartu uang elektronik Rp 20 ribu per kartu. Jika tak ada diskon, setiap pembeliam uang elektronik Rp 50 ribu, biasanya saldo yang ada di dalam kartu uang elektonik tersebut hanyalah Rp 30 ribu.

"Jadi, intinya kali ini tanpa ada biaya kartu, jadi itu tidak dibagikan gratis. Itu tetap diijual kepada masyarakat, yang harus membeli untuk isi saldo tersebut," ujar Pungki.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Sebelumnya, Bank Indonesia Kantor Perwakilan DKI Jakarta mencatat penggunaan transaksi nontunai di jalan tol wilayah Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi (Jabodetabek) sudah di atas 80 persen.

Kepala Bank Indonesia kantor Perwakilan‎ DKI Jakarta Doni P. Joewono mengatakan, dari 13 gerbang tol yang ada di Jabodetabek, 80,75 persennya sudah menggunakan transaksi nontunai sampai 4 Oktober 2017. ‎Jumlah tersebut berkembang pesat, dari sebelumnya pada Juli 2017 hanya 28 persen.

‎"Perkembangan penetrasi jalan tol nontunai sangat cepat,‎" kata Doni, di Jakarta, Selasa (10/10/2017).

Menurut Doni, untuk mengejar target 100 persen penggunaan transaksi nontunai jalan tol pada 31 ‎Oktober 2017, harus ada 3 juta kartu yang dimiliki masyarakat. Untuk mencapai target tersebut, masih dibutuhkan penyebaran 1,5 juta kartu lagi.

"Karena itu di depan ini menyiapkan 31 Oktober 100 persen segala kartunya dan layanannya. Pernah disampaikan Gubenur BI butuh 1,5 kartu untuk sampai 100 persen di Jabodetabek 800 ribu sampai 1 juta kartu sisanya di luar," tutur Doni.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

23 Tim Sudah Lolos ke Piala Dunia 2018

Posted: 10 Oct 2017 08:45 PM PDT

Sudah 23 tim memastikan diri lolos otomatis ke Piala Dunia 2018. Selain tuan rumah Rusia, 22 tim lainnya yang melangkah ke pesta sepak bola akbar empat tahunan itu merupakan hasil dari babak kualifikasi.

Argentina, yang sempat berada di ujung tandung, akhirnya lolos ke Piala Dunia 2018. Tim Tango finis di posisi ketiga klasemen zona Conmebol usai mengalahkan Ekuador di 3-1 di Estadio Olímpico Atahualpa, Rabu (11/10/2017) pagi WIB.

Sementara itu, Portugal menjadi juara Grup B zona Eropa usai memenangkan laga menentukan kontra Swiss. Portugal menang 2-1 di Estadio do Sport Lisboa e Benfica.

Masih dari zona Eropa, Prancis memastikan diri lolos otomatis usai menjadi juara Grup A. Skuat besutan Didier Deschamps ini total mengoleksi 23 poin, unggul empat angka dari Swedia yang ada di peringkat kedua.

Dari zona Concacaf, Panama meraih satu tiket sisa otomatis ke Piala Dunia 2018. Panama finis di peringkat tiga klasemen usai menang 2-1 atas Kosta Rika. Dua tiket lainnya sudah menjadi milik Meksiko dan Kosta Rika.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Berikut daftar tim yang sudah lolos ke Piala Dunia 2018

1. Rusia (tuan rumah)

2. Iran (juara Grup A zona Asia, 12 Juni 2017)

3. Jepang juara Grup B zona Asia, 31 Agustus 2017)

4. Korea Selatan (peringkat kedua Grup A zona Asia, 5 September 2017)

5. Arab Saudi (peringkat kedua Grup B zona Asia, 5 September 2017)

6. Belgia (juara Grup H zona Eropa, 3 September 2017)

7. Jerman (juara Grup C zona Eropa, 5 Oktober 2017)

8. Inggris (juara Grup F zona Eropa, 5 Oktober 2017)

9. Spanyol (juara Grup G zona Eropa, 6 Oktober 2017)

10. Polandia (juara Grup E zona Eropa, 8 Oktober 2017)

11. Serbia (juara Grup D zona Eropa, 9 Oktober 2017)

12. Portugal (juara Grup B zona Eropa, 10 Oktober 2017)

13. Prancis (juara Grup A zona Eropa, 10 Oktober 2017)

14. Islandia (juara Grup I zona Eropa, 9 Oktober 2017)

15. Nigeria (juara Grup B zona Afrika, 7 Oktober 2017)

16. Mesir (juara Grup E zona Afrika, 8 Oktober 2017)

17. Brasil (peringkat pertama zona Conmebol, tanggal lolos 28 Maret 2017)

18. Uruguay (peringkat dua zona Conmebol, tanggal lolos 11 Oktober 2017)

19. Argentina (peringkat ketiga zona Conmebol, tanggal lolos 11 Oktober 2017)

20. Kolombia (peringkat empat zona Conmebol, tanggal lolos 11 Oktober 2017)

21. Meksiko (peringkat pertama zona Concacaf)

22. Kosta Rika (peringkat kedua zona Concacaf, 7 Oktober 2017)

23. Panama (peringkat ketiga zona Concacaf, 11 Oktober 2017)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tanpa Arak-Arakan, PDIP Akan Daftar Pemilu 2019 ke KPU Hari Ini

Posted: 10 Oct 2017 08:45 PM PDT

PDIP akan mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilu 2019 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini. Menurut Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Ahmad Basarah, partainya sudah merampungkan sistem informasi politik tentang data partai politik yang diminta oleh KPU.

Menurut Basarah, partainya berencana hadir ke KPU sekitar pukul 13.30 WIB.

"Hari ini telah siap untuk diserahkan ke kantor KPU Pusat pada oukul 13.30 WIB," ucap Basarah kepada Liputan6.com, Rabu (11/10/2017).

Adapun data yang diminta KPU, kata Basarah, adalah daftar pengurus partai secara nasional sampai ketentuan kuota 30 persen perempuan. Itu semua telah dimasukan dalam sistem informasi partai.

"Seluruh data yang diminta, mulai daftar pengurus partai secara nasional, ketentuan kuota 30 persen perempuan dan lainnya sudah selesai kami input dan masukan dalam sistem manajemen informasi partai," tegas Basarah.

Basarah pun mengatakan, partainya tak akan menggunakan iring-iringan saat mendaftar ke KPU. Hanya beberapa pejabat DPP bersama rombongan akan mengantar laporan tersebut dari kantor DPP PDIP di Jalan Diponegoro Nomor 58 ke KPU di Menteng.

"Yang benar bukan arak-arakan tapi DPP dan rombongan akan secara resmi mengantar laporan verifikasi Parpol ke Kantor KPU Pusat. Dari jalan Diponegoro Nomor 58 (kantor DPP PDIP) ke Taman Suropati, lanjut ke kantor KPU," tandas Basarah.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengingatkan agar setiap partai dapat tepat waktu saat mendaftar sebagai peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat. Sebab dalam pemeriksaan dokumen, satu partai dapat memakan waktu hingga 12 jam.

"Saya ingatkan datang tepat waktu. Pengalaman periksa parpol kemarin membutuhkan waktu lama. Karena dokumennya ribuan," ucap Arif di Jakarta, Selasa (10/10/2017).

Dia menjelaskan, saat ini pihaknya telah menyediakan lima tim verifikasi untuk dokumen setiap partai yang mendaftar. KPU membuka pendaftaran mulai 3 sampai 16 Oktober 2017.

Untuk batas waktu pendaftaran sampai 15 Oktober 2017, KPU hanya melayani dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Sedangakan pada 16 Oktober 2017, KPU siap menerima hingga pukul 00.00 WIB.

"Kalau di luar batas jam, kami enggak akan terima," ujar dia.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMW Super Keren Ini Akan Manjakan Kaum Ningrat di Indonesia

Posted: 10 Oct 2017 08:43 PM PDT

BMW 8 Series concept, menjadi calon sedan terbaru dari perusahaan asal Jerman, BMW, yang direncanakan bakal masuk jalur produksi di 2018 mendatang.

Kehadiran mobil yang diklaim memiliki desain sport, mewah, dan elegan, ditambah garis-garis agresif tersebut ternyata tidak menutup kemungkinan akan masuk pasar Indonesia.

Vice President Corporate Communications BMW Indonesia, Jodie O'tania menyatakan, meski belum mau berkomentar banyak namun dirinya memprediksi BMW 8 Series bisa memberikan peluang untuk BMW untuk memenuhi kebutuhan konsumen lebih lagi.

"Karena mobil ini merupakan flagship dari BMW," ungkap Jodie saat ditemui di Grand Hyatt, Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (10/10/2017).

Meski diprediksi akan mulai diproduksi di 2018, Jodie sendiri tak mengetahui jadwal kapan mobil tersebut bisa mendarat di Indoensia.

Namun begitu, Jodie tak menampik, desain BMW 8 Series akan sama seperti model Coupe dan Gran Coupe yang berpotensi menarik market di Indonesia.

"Jadi memang ada segmen itu," tuturnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Perusahaan mobil asal Jerman, BMW, akhirnya mengungkapkan mobil terbarunya, BMW 8 Series Concept. Meski sekedar purwarupa, namun desain mobil ini diklaim lebih mewah, lebih modern, lebih besar, lebih stylish, lebih lega dari keluarga BMW lainnya.

Dilansir Autoblog, BMW 8 Series Concept rencananya akan masuk tahap produksi pada 2018 mendatang. Kehadiran mobil ini juga diharapkan dapat memberikan keuntungan lebih bagi BMW.

Menurut Senior Vice President of BMW Group Desain Adrian Van Hooydonk, mobil ini akan menjadi mesin penggerak BMW di kelas atas.

"Ini adalah mobil sport mewah, yang mewujudkan dinamika dan kemewahan modern yang tidak ada duanya. Bagi saya, ini adalah murni potongan yang menjadi daya tarik dari otomotif," ungkap Andrian.

Jika dilihat secara seksama, BMW 8 Series Concept mengusung sedan coupe sport dengan wujud yang tampil kekar dan elegan. Hal ini juga terlihat dari garis-garis mobil yang tegas, sehingga terlihat berotot.

Tampang depan sedan ini juga sangat agresif. Bagian wajah hadir splitter, yang dibuat dengan bahan serat karbon.

Menengok bagian samping, mobil ini juga terlihat menawan dan garang, berkat garis siluet yang dipadukan dengan kaki-kaki menggunakan pelek alloy berukuran 21 inci.

Tampak belakang tak kalah menawan. Pada bagian lampu belakang tetap memberikan isyarat khas BMW berupa penggunaan lampu LED berbentuk huruf L.

Selain itu, saluran pembuangan juga telah menggunakan knalpot kembar berbentuk trapezoidal.

Masuk ke dalam kabin, area kokpit terasa simple, namun tetap sedap dipandang mata, dengan balutan kulit abu-abu yang dikombinasikan warna putih di sejumlah bagian.

Kesan sporty memang cukup mendominasi, termasuk pada desain palang kemudi.

Tidak disebutkan bagaimana jeroan mesin mobil BMW tersebut. Namun demikian, mobil ini digadang-gadang akan dibenamkan mesin V12 twin-turbo berkapasitas 6,6 liter.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diberikan Ini, Gatot Brajamusti Menangis di Depan Putri Cantiknya

Posted: 10 Oct 2017 08:40 PM PDT

Gatot Brajamusti akan menjalani tiga persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Usai vonis delapan tahun dan denda Rp 1 miliar subsider tiga bulan penjara oleh Pengadilan Negeri Mataram atas kasus narkoba, kali ini Gatot Brajamusti harus menghadapi kasus dugaan kepemilikan satwa langka, senjata api ilegal, dan asusila.

Meski begitu, Gatot Brajamusti selalu mendapat dukungan dari pihak keluarga. Salah satunya, Suci Patia yang merupakan putri cantik Gatot Brajamusti.

	Suci Patia Brajamusti. (via: Facebook/Suci Patia Brajamusti)

Baru-baru ini Suci Patia telah meluncurkan novel romantis bertajuk Silver Lining. Dalam novel itu, Suci sedikit menyinggung masalah yang tengah membelit sang ayah. Novel itu sudah diperlihatkan Suci Patia ke hadapan Gatot Brajamusti. Pria yang akrab disapa Aa Gatot itu pun memberikan reaksi mengejutkan.

"Papa sudah aku kasih tahu. Dan Papa menangis sih," kata Suci Patia di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (10/10/2017).

Menurut Suci, ayahnya bukan menangis sedih melainkan bangga. Gatot Brajamusti pun memberikan sedikit wejangan kepada Suci Patia agar terus mengejar cita-citanya dan tidak terlalu memusingkan masalah hukum Gatot Brajamusti.

	Aa Gatot Brajamusti (Deki Prayoga/bintang.com)

"Dia menangis yang seperti senang gitu. Lebih kayak yang 'anak gue bisa kayak gini loh, padahal ayahnya begini'. Papa kayak ada kebanggaan tersendiri bisa membesarkan anaknya," ucap Suci Patia.

"Dan menurut Papa, enggak apa-apa Papa gagal. Yang penting anak-anaknya harus sukses dan jangan gagal. Gitu pesan Papa," tuturnya. (Ras)‎

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Catalonia Tunda Deklarasi Kemerdekaan, Ada Apa?

Posted: 10 Oct 2017 08:37 PM PDT

Presiden Catalonia, Carles Puigdemont, memutuskan untuk menahan diri tidak bersinggungan dengan pemerintah Spanyol. Dengan demikian, ia meminta agar deklarasi kemerdekaan ditunda. Salah satu alasannya adalah negosiasi dengan Spanyol.

Catalonia yang baru saja menggelar referendum dan berakhir dengan hasil setuju memisahkan diri dengan Spanyol, kini tengah dalam krisis terburuk dengan Madrid dalam 40 tahun terakhir.

Melansir The Guardian pada Rabu (11/10/2017), di depan parlemen Catalonia pada Selasa malam, Puigdemont mengatakan, meski referendum awal bulan ini telah memberi mandat kepada pemerintahnya untuk menciptakan sebuah republik yang berdaulat, dia tidak akan segera mendesak kemerdekaan dari Spanyol.

"Kami mengusulkan untuk menangguhkan deklarasi kemerdekaan selama beberapa minggu, untuk membuka dialog," katanya.

"Jika setiap orang bertindak secara bertanggung jawab, konflik bisa diselesaikan dengan cara yang tenang dan disepakati."

Dalam pidato panjang di mana dia mengemukakan bagaimana sejarah nelangsanya Catalonia menjadi negara bagian Spanyol, Puigdemont juga menyampaikan keprihatinan banyak orang di Spanyol.

"Saya ingin mengirimkan pesan ketenangan dan rasa hormat; dari kehendak untuk dialog dan kesepakatan politik, "katanya.

"Kami bukan penjahat. Kami bukan orang gila. Kami tidak melakukan kudeta ... kami adalah orang normal yang ingin bisa memilih dan siap menghadapi dialog apa pun yang diperlukan untuk melakukannya dengan cara yang disepakati bersama.

"Kami sama sekali tidak melawan Spanyol. Sebaliknya, kami ingin lebih memahami satu sama lain dengan lebih baik. "

Kata-kata Puigdemont dengan cepat dikecam oleh pemerintah Spanyol dan pemimpin oposisi di parlemen Catalonia.

Wakil perdana menteri Spanyol, Soraya Sáenz de Santamaría, menuduhnya telah menjatuhkan wilayah tersebut ke dalam ketidakpastian baru. Soraya menambahkan bahwa pidatonya adalah tentang seseorang "yang tidak tahu di mana mereka berada, ke mana mereka pergi atau dengan siapa mereka ingin pergi."

Dia mengatakan kabinet akan mengadakan pertemuan darurat pada hari Rabu pagi dan tampaknya mengesampingkan perundingan, dengan mengatakan: "Dialog antara kaum demokrat terjadi di dalam hukum dan menghormati peraturan."

Catalonia telah mengadakan referendum pada 1 Oktober lalu. Menggunakan format pemilihan umum, sekitar 90 persen warga Catalonia menuliskan kata 'ya' dalam surat suara yang berisikan pertanyaan sebagai berikut:

"Apakah Anda mau Catalonia menjadi negara merdeka berbentuk republik?"

Tak hanya warga, para pejabat pemerintahan region yang terletak di timur laut Spanyol itu juga memiliki tekad kuat untuk memerdekakan diri.

Spanyol sendiri sangat menentang langkah kemerdekaan Catalonia. Pemerintah Spanyol mengatakan akan menanggapi dengan "semua tindakan yang diperlukan" untuk melawan apa yang mereka sebut sebagai pembangkangan Catalonia.

Otoritas Catalonia mengatakan sekitar 2,3 juta orang telah memberikan suara dalam referendum yang oleh pemerintah Spanyol dianggap ilegal tersebut.

Namun, jalan menuju kemerdekaan tidak akan mudah bagi Catalonia mengingat wilayah ini tidak memiliki kekuatan dalam sektor pertahanan, urusan luar negeri, pajak, serta pelabuhan dan bandara. Kesemuanya berada di tangan pemerintahan di Madrid.

 

 

 

Banyak di antara pendukung referendum merasa kecewa ketika mengetahui deklarasi kemerdekaan tidak segera diumumkan.

Namun, Ramón Canela, seorang pekerja TI berusia 59 tahun, mengatakan bahwa dia yakin kemerdekaan masih akan terjadi.

"Saya percaya presiden," katanya. "Sekarang giliran pemerintah Spanyol dan rakyat Eropa. Kami ingin dialog. Jika pemerintah Spanyol tidak mau dialog, itu masalah mereka.

Kami telah melalui proses hingga sejauh ini dan tidak ada niat untuk tidak melanjutkan."

Neus Andreu, seorang apoteker, setuju dengan langkah yang diambil presiden, "Penundaan hanya lah jalan potong sehingga pemerintah Spanyol bisa bereaksi."

Dorongan panjang untuk kemerdekaan telah membuat Spanyol menghadapi ancaman terbesar terhadap persatuan nasional sejak kembali ke demokrasi pasca-kematian pembelot fasis, Francisco Franco, pada 1975.

Referendum juga telah mendorong serangkaian bank dan sektor bisnis untuk mengumumkan rencana memindahkan basis mereka keluar dari wilayah Catalonia di tengah ketidakpastian yang terus berlanjut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: