Kamis, 05 Oktober 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Polisi Butuh CCTV Canggih untuk Penerapan E-Tilang, Seperti Apa?

Posted: 05 Oct 2017 10:23 PM PDT

Penerapan tilang elektronik atau E-Tilang, bakal diberlakukan di seluruh wilayah Indonesia. Namun saat ini baru diterapkan di beberapa kota besar di Indonesia, sambil terus mematangkan konsep tilang menggunakan CCTV ini.

Begitu juga di wilayah hukum Polda Metro Jaya, yang tengah berkonsolidasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, serta pihak lain untuk menggodok rencana, sekaligus meluruskan persepsi mengenai sistem tilang elektronik.

"Saya dengan Dishub, dengan saksi lain akan duduk dalam forum lalu lintas angkutan jalan, termasuk pengamat transportasi untuk membicarakan hal tersebut," jelas Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Halim Pagarra, seperti disitat di laman resmi NTMC Polri, Jumat (6/10/2017).

Lanjut Halim, CCTV yang dimiliki Dishub DKI Jakarta saat ini belum cukup untuk membantu sistem tilang elektronik. CCTV saat ini hanya bisa memantau pelanggaran lalu lintas yang dilakukan pengendara. Padahal, polisi masih memerlukan kamera yang bisa meng-capture pengendara yang melanggar hukum.

"Kalau alat penegakan hukum dia langsung otomatis orang-orang langsung ter-capture, langsung terfoto. Misalkan dia melanggar zebra cross, maka dia langsung nomor polisinya keluar. Kalau ini hanya mantau, Anda memantau pelanggaran," tambahnya.

Sebelumnya, Wakil Kepala Dishub DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko menyebutkan, jika pihaknya telah memasang belasan kamera CCTV. Penerapan CCTV bertipe pan tilt zoom (PTZ) itu, rencananya terhubung dengan pemberlakuan tilang elektronik (E-Tilang).

Nah, salah satu yang masih menjadi pembahasan adalah pemasangan kabel elektronik yang terhubung dengan CCTV PTZ.

Saat ini, beberapa area yang telah dipasang CCTV PTZ, antara lain persimpangan Jalan Kebon Sirih- M H Thamrin, Hotel Millenium, Sunan Giri, Harmoni, Patung Kuda, dan simpang TU Gas. Begitu juga dengan kawasan Jalan Panjang, seperti Kedoya Pesing - Jalan Panjang, Sunrise Garden - Jalan Panjang, Kedoya Green Garden - Jalan Panjang, Kedoya Duri - Jalan Panjang, dan Pos Pengumben - Jalan Panjang juga sudah dipasangi CCTV PTZ.

Mekanisme E-Tilang ini terbagi menjadi empat bagian:

1. Bagi pelaku yang melakukan pelanggaran lalu lintas akan menerima upaya penindakan berupa tilang

2. Pelanggar yang ditilang mendapatkan nomor BRI Virtual akun (BRIVA)

3. Kode BRIVA ini digunakan pelanggar untuk membayar sistem E-tilang, setelah pelanggar membayar, secara otomatis aplikasi pada petugas tilang akan berubah warna hijau, kalau belum bayar warnanya biru.

4. Setelah denda dibayarkan, masyakat dapat mengambil barang bukti yang disita.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelatih Inter Milan: Derby lawan AC Milan Akan Jadi Duel Gila

Posted: 05 Oct 2017 10:20 PM PDT

Derby Della Madonnina antara Inter Milan melawan AC Milan akan tersaji di pekan kedelapan Serie A, usai jeda internasional, Minggu (15/10/2017) mendatang. Meski pertandingan baru akan digelar sepuluh hari ke depan, pelatih Inter Milan, Luciano Spalletti sudah mewanti-wanti timnya agar tidak meremehkan AC Milan.

Menurut Spalletti, AC Milan tetap merupakan lawan yang kuat meski telah menelan tiga kekalahan dalam tujuh laga Serie A musim ini. Di matanya, I Rossoneri bermain lebih baik dibanding timnya.

"Saya sudah merasakan atmosfer yang meletup-letup dari derby nanti. Itu akan menjadi pertandingan yang gila," ujar Spalletti kepada calciomercato.com.

Spalletti mengaku menyaksikan bagaimana AC Milan dikalahkan Lazio 1-4, Sampdoria (0-2), dan AS Roma (0-2). Ia menilai, kekalahan itu bukan lantaran anak-anak asuh Vincenzo Montella lemah.

"Sejarah mengatakan pemenang derby ini adalah tim yang bangkit dari kekalahan. Saya sendiri sungguh menginginkan kami yang akan menang. Mereka menghadapi Lazio, yang merupakan tim yang sulit. Namun Milan tetap lawan yang sangat hebat," paparnya.

Inter Milan saat ini berada di peringkat tiga klasemen sementara dengan 19 poin dari hasil enam kemenangan dan sekali imbang. Sementara rival sekotanya, AC Milan, merosot ke peringkat ketujuh dengan 12 poin.

"Kami masih harus berkembang dan menjadi lebih baik dalam beberapa hal. Saya selalu mengupayakan perkembangan. Kami tidak bisa lalai dari segala bentuk konfrontasi," tutur Spalletti.

Sementara itu, di kubu AC Milan, laga ini menjadi sangat krusial, terutama bagi Montella. Jika kalah, kemungkinan besar manajemen AC Milan akan mendepaknya. Montella sendiri merupakan mantan anak asuh Spalletti semasa masih menjadi pemain di Empoli dan AS Roma.

"Dia (Montella) punya masalah jantung. Tapi saya tetap memainkannya dalam pertandingan krusial. Kami menang dan bertahan. Dari situ, bisa dikatakan itualah karier kepelatihan saya dimulai," kenang Spalletti. (Abul Muamar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Turis Belanda Terperosok di Trotoar, Emil Bayari Tiket Pulang

Posted: 05 Oct 2017 10:20 PM PDT

Maria Jozefine Mathil (51), warga asal Belanda terperosok di trotoar berlubang di kawasan Ir H Djuanda (Dago), Kota Bandung. Akibat kejadian itu, Maria mengalami patah tulang tungkai kaki kiri dan rusuk kanan.

Turis itu kini dirawat di Rumah Sakit Santo Borromeus setelah sempat ditolong seorang warga setempat bernama Zaskia. Pasca-kejadian itu, Wali Kota Ridwan Kamil datang menjenguknya sambil mengucapkan permintaan maaf atas musibah yang dialami Maria.

Pria yang akrab dipanggil Emil itu juga menyatakan siap menanggung biaya pengobatan Maria di rumah sakit, biaya penginapan di hotel hingga tiket pesawat pulang ke Belanda. Emil juga berjanji menanggung biaya liburan jika Maria kembali berlibur ke Kota Bandung.

"Dalam dua hari ini, beliau sudah bisa pulang," kata Emil dalam siaran pers Humas Kota Bandung, Kamis, 5 Oktober 2017.

Emil menyampaikan pihaknya sudah menegur jajaran Dinas Pekerjaan Umum (PU) yang bertanggung jawab dalam pengerjaan infrastruktur, termasuk trotoar. Selain itu, dirinya memastikan tidak akan lagi terjadi hal-hal seperti itu.

"Saya sudah tegur juga Kepala Dinas PU dengan surat teguran untuk tidak lagi terjadi hal-hal seperti ini," katanya.

Emil mengingatkan jajaran Dinas PU untuk tidak hanya memperbaiki trotoar rusak di Jalan Dago, tetapi di seluruh Kota Bandung. "Yang belum mendapatkan proyek trotoar harus di scanning, pastikan minimal tidak ada yang berlubang-lubang dan membahayakan," ucapnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Justin Bieber Kesulitan Cari Rumah Kontrakan

Posted: 05 Oct 2017 10:20 PM PDT

Kesuksesan Justin Bieber di dunia hiburan, tentu mendatangkan pundi-pundi uang yang tak sedikit ke kantongnya. Namun apa dengan itu segala hal yang ia inginkan di dunia ini dengan mudah bisa ia dapatkan? Ternyata tidak.

Lihat saja, kini Justin Bieber dikabarkan tengah bersusah payah mencari rumah sewaan yang ia incar di kawasan elit Beverly Hills, Los Angeles, Amerika Serikat.

(AFP/Stuart Franklin)

Dilansir dari Ace Showbiz, Jumat (6/10/2017) kesulitan Justin Bieber ini lantaran para pemilik rumah di Beverly Hills kompak menolak pelantun "Never Say Never" ini.

"Justin ingin menyewa rumah besar, tapi banyak pemilik properti mewah di Beverly Hills yang dibuka untuk penyewaan, dengan kompak menyetujui bahwa tak ada yang boleh mengontrakkan propertinya pada Justin," tutur seorang narasumber pada Page Six.

Pasalnya, mereka khawatir dengan reputasi Justin Bieber yang kerap membuat kerusakan di rumah yang ia kontrak. Kerusakan ini disebut lumayan parah, sehingga sulit untuk diperbaiki.

Padahal, Justin Bieber sendiri siap membayar segepok dolar demi bisa tinggal di salah satu rumah mewah di Beverly Hills itu. "Justin menawarkan US$ 100 ribu per bulan untuk tempat yang sebenarnya nilainya tak mencapai harga itu," kata sumber itu menambahkan. Bila dirupiahkan, uang yang ditawarkan oleh Justin per bulan mencapai Rp 1,35 miliar.

 (AFP)

Alhasil, kini Justin Bieber memilih untuk menjalankan rencana cadangannya. Ia memilih untuk tinggal di sebuah hotel di Beverly Hills, yang telah ia sewa hingga setahun lamanya. Sayang, di tempat ini privasinya sedikit terganggu.

"Akhirnya ia tinggal di sebuah hotel, di mana tamu-tamu lain dari kalangan atas akan berkali-kali melihat Justin yang bertato dengan mengenakan celana gombrongnya saat ia sedang sarapan," kata narasumber tersebut menambahkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rutan di Gedung Baru KPK Resmi Beroperasi

Posted: 05 Oct 2017 10:11 PM PDT

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meresmikan operasional rumah tahanan negara klas 1 Jakarta Timur, cabang rutan KPK. Rutan baru cabang KPK itu terletak di bagian belakang Gedung Merah Putih, Kuningan, Jakarta Selatan.

Mengawali sambutannya, Ketua KPK Agus Rahardjo mengingatkan kepada para pejabat negara untuk tidak terlibat dalam kasus korupsi. Peringatan ini sehubungan telah diresmikannya rutan Baru KPK tersebut.

"Pertama kita ucapkan syukur. Syukur yang saya ucapkan bukan karena kita punya rutan cabang. Tapi ini sebagai pengingat, reminder," kata Agus di Gedung KPK Kuningan Jakarta Selatan, Jumat (6/10/2017).

Sekjen KPK Raden Bimo Abdul Kadir menjelaskan, rutan baru itu terdiri dari dua lantai. Yakni lantai dasar dan mezazanine dengan kapasitas 37 tahanan, yang terdiri dari 29 tahanan pria dan delapan tahanan wanita.

"Terdapat sel untuk lima tahanan dan tiga tahanan. Di dalam rumah tahanan ini juga terdapat ruang isolasi untuk orientasi tahanan baru," jelas Bimo.

Dia mengatakan, rutan ini akan dipergunakan bagi 11 tahanan yang saat ini berada di rutan Gedung KPK, Jalan Rasuna Said Kavling C1 atau yang dikenal dengan Gedung KPK lama. Rutan di Gedung KPK lama rencananya bakal direhabilitasi untuk meningkatkan kapasitas dan fasilitasnya.

"Sore ini tahanan di rutan Gedung KPK Kavling C1 akan dipindahkan ke rutan Gedung Merah Putih," ujar Bimo.

 

Rutan ini telah dilengkapi dengan sistem database pemasyarakatan, yang merupakan mekanisme pelaporan dan konsolidasi pengelolaan data Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Sistem ini nantinya berfungsi sebagai alat bantu kerja sesuai kebutuhan Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan Divisi Pemasyarakatan dan Direktorat Jenderal (Ditjen) Pemasyarakatan Kemkumham.

"Dengan sistem ini, rutan induk dan Ditjen Pemasyarakat dapat mengetahui secara langsung jumlah tahanan yang baru maupun yang keluar dari rutan KPK," jelas Bimo.

Selain itu, di rutan ini juga terdapat ruang berkumpul yang dilengkapi TV dan tempat berolahraga. Ada juga ruang ibadah bagi tahanan non-muslim yakni di ruang pertemuan keluarga.

Sementara untuk ruang salat Jumat bagi tahanan muslim akan dilakukan di ruang TV.

"Untuk kunjungan, jam berkunjungnya sama dengan rutan Gedung KPK C1, yakni Senin sampai Jumat saat jam kerja untuk penasihat hukum, dan untuk keluarga Senin dan Kamis," tandas Bimo.

Selain dihadiri Ketua KPK Agus Rahardjo, peresmian ini disaksikan Wakil Pimpinan KPK‎ Basaria Panjaitan, Sekjen KPK R Bimo, Kepala Kantor Wilayah Hukum dan Hak Asasi Manusia, Bambang.

Hadir pula Lurah Guntur, perwakilan Dirjen PAS, perwakilan dari Polres Jakarta Selatan, Kapolsek Setia Budi, dan para tamu undangan hingga awak media.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Arie Untung kepada Anak yang Bikin Sedih

Posted: 05 Oct 2017 10:10 PM PDT

Dikenal sebagai sosok yang humoris, Arie Untung juga memiliki sisi lain yang bisa menimbulkan rasa haru tersendiri. Baru-baru ini, ia mengunggah sebuah foto bersama anaknya di media sosial dengan keterangan foto yang membuat warganet meleleh.

Melalui akun Instagram @ariekuntung, terlihat dalam fotonya Arie Untung sedang berada di sebuah restoran yang terletak di Pangumbahan, Jawa Barat. Ia tampak menggendong anaknya yang ketiga, Mezbareta Yusuf Athala.

Arie Untung dan anak ketiga. (Instagram - @ariekuntung)

"Dulu kamu segenggeman, sekarang megang kamu pake dua tangan, ga lama lagi megang kamu cuma 1 tangan digandeng, habis itu lepas tangan deh.. kalau masih sempat gantian kamu yang gandeng aku," tulisnya sebagai keterangan foto, Jumat (6/10/2017).

"Sampe suatu saat nanti kamu genggem tanganmu sendiri untuk doain aku, karena suatu saat nanti, aku cuma bs bergantung dari doa2mu sayang..," lanjut Arie Untung.

 

Kontan saja beberapa warganet mengaku terharu dan sedih membaca keterangan foto yang dituliskan Arie Untung tersebut. Tak lupa mereka menyisipkan doa kepada sang presenter sekaligus aktor itu.

"Captionnya bikin sedih mas @ariekuntung semoga masih bisa diberi kesempatan untuk dapat melihat mereka tumbuh dewasa yah mas @ariekuntung," tulis @abdul.latif1306.

"Ya allah sedih baca'a semoga om @ariekuntung dan keluarga sllu di beri kesehatan n umur panjang..jga sllu dalam lindungan allah swt...Amiin," kata @ekasugiarti25.

Uniknya, ada juga yang memuji kalimat yang diutarakan oleh Arie Untung. "Caption terbaik yg pernah saya baca yg keluar dari sosmed selebritis," ujar @aldoangrah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jupp Heynckes Kembali Latih Bayern Munchen?

Posted: 05 Oct 2017 10:10 PM PDT

Bayern Munchen telah meminta Jupp Heynckes kembali menjadi pelatih Franck Ribery dan kawan-kawan. Saat ini, Bayern Munchen belum memiliki pelatih usai memecat Carlo Ancelotti.

Heynckes bukan pelatih asing untuk FC Hollywood, sebutan Bayern Munchen. Pada 2013, dia mempersembahkan treble winner untuk Bayern Munchen.

"Mereka meminta saya untuk menjadi pelatih sampai musim panas 2018. Kami sudah membicarakan banyak hal," ucap pelatih berusia 72 tahun itu, dikutip dari ESPN.

Meski demikian, Heynckes belum mau menerima tawaran Bayern Munchen. Pria kelahiran Monchengladbach, Jerman itu tampaknya masih menikmati waktunya terlepas dari sepak bola.

"Namun segalanya belum pasti. Saya akan lebih dulu memikirkannya. Empat tahun telah berlalu selepas saya mengakhiri pekerjaan saya di Bayern dan sepak bola sudah banyak berubah," katanya.

Heynckes pertama kali melatih Bayern Munchen pada 2009 saat ditunjuk sebagai carataker usai FC Hollywood memecat Jurgen Klinsmann. Setelah itu, dia menerima tawaran melatih Bayer Leverkusen hingga 2011.

Dia memilih kembali ke Bayern Munchen pada 2011. Setelah memepersembahkan tiga gelar, Heynckes mundur sebagai pelatih FC Hollywood pada 2013 dan tugasnya digantikan oleh Pep Guardiola.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Rini Klaim Selalu Dahulukan Swasta di Proyek Pemerintah

Posted: 05 Oct 2017 10:08 PM PDT

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengklaim selalu mempersilahkan pihak swasta untuk membangun beberapa proyek pemerintah. Jika swasta tak ada yang berminat baru akan dikerjakan oleh BUMN. Apa yang disampaikan itu sesuai dengan perintah Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Dijelaskannya, dalam membangun suatu proyek, pemerintah akan terlebih dahulu menawarkan kepada swasta. Jika tak ada yang berminat, barulah BUMN turun tangan. Dengan demikian dia juga membantah bahwa BUMN selalu mendominasi proyek-proyek dalam negeri.

"Tol Trans Sumatra itu kita sudah tawarkan, sudah tender tiga kali tapi tidak ada yang mau ambil, kalau di hitung Internal rate of return (IRR) -nya tidak cukup, makanya BUMN yang akhirnya ditugaskan," tegas Rini di Plaza Mandiri seperti ditulis, Jumat (6/10/2017).

Contoh proyek lainnya, yaitu jalan tol Trans Jawa. Izin pembangunan jalan tol itu sudah dikeluarkan sekitar 10 tahun lalu, dan beberapa ruas diambil oleh swasta. Namun dalam pelaksanaannya tidak sesuai harapan.

Banyak perusahaan swasta yang tak kunjung membangun proyek jalan tol trans jawa tersebut dengan alasan sulitnya pembebasan lahan. Maka dari itu akhirnya BUMN tepaksa mendapat tugas untuk mengambi alih beberapa ruas yang sebelumnya dimiliki swasta.

"Terbukti, langsung kita kerjakan. Trans Jawa, pertengahan tahun depan akan sambiung dari Merak sampai Probolonggo, 1.270 km," tegas dia.

Tidak hanya itu, BUMN juga melibatkan swasta dalam pengembangan beberapa Bandar Udara seperti diantaranya Bandara Internasional Kualanamu Medan dan Bandara Internasional Lombok Praya. Pengembangan ini dilakukan untuk meningkatkan kunjungan wisata ke dua bandara yang dikelola Angkasa Pura II dan Angkasa Pura I terserbut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Sebelumnya, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengusulkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi), untuk mengurangi peran Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam menggarap bisnis skala kecil. Dia meminta peran swasta dan UMKM lebih diperlebar.

Ketua Umum Kadin Rosan P Roeslani mengungkapkan, saat ini peran BUMN sudah terlalu besar, padahal Presiden Jokowi pernah mengatakan swasta akan mendapat kesempatan pertama dalam menggarap bisnis.

"Di banyak kesmepatan Pak Presiden sampaikan berikan kesempatan pertama pada pengusaha nasional, kalau nggak mampu baru BUMN," kata Rosan Selasa kemarin.

Rosan mengungkapkan, saat ini jumlah BUMN sebanyak 118 perusahaan, tetapi perusahaan tersebut memiliki anak, cucu bahkan cicit sehingga jumlahnya membengkak. Pengembangan perusahaan tersebut telah mengambil peran bisnis yang seharusnya digarap swasta dan Usaha Mikro Kecil‎ Menengah (UMKM).

‎"Saat ini kami rasakan peran BUMN telah terlalu jauh, BUMN jumlahnya ada 118, tapi dengan anak cucu cicit hampir 800 dan itu mohon maaf ambil banyak porsi swasta dan UMKM,"‎ ujarnya.

Rosan pun meminta Presiden Jokowi, untuk mengembalikan ‎BUMN ke lini bisnisnya. Sehingga memberikan kesempatan pihak swasta dan UMKM berperan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begal Tembak Pria Hingga Tewas di Tangerang

Posted: 05 Oct 2017 10:02 PM PDT

Aksi begal menembak mati korbannya terjadi di Jalan Marsekal Suryadarma, RT 05/04, Kelurahan Selapanjang Jaya, Kecamatan Neglasari Kota Tangerang, Jumat dini hari tadi.

Korban ditembak di kepala dekat pelipis matanya. Korban atas nama Ailif Rizky Maulana (25), sempat dilarikan ke RSUD Kabupaten Tangerang untuk mendapat pertolongan, namun sekitar pukul 05.30 WIB pagi, korban tak tertolong lantaran kehabisan darah.

Kapolres Metro Tangerang, Kombes Harry Kurniawan membenarkan kejadian tersebut.

"Benar. Korban kasus curanmor di wilayah Benda TKP-nya," kata Harry saat dikonfirmasi, Jumat (6/10/2017).

Saat ini, polisi masih menyelidiki lebih lanjut kasus tersebut.

Saksikan vidio pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Alasan Patung Pria Zaman Yunani Kuno Punya Penis Kecil

Posted: 05 Oct 2017 10:01 PM PDT

Saat melihat lukisan atau patung dari zaman Yunani kuno, sering kali kita menemukan banyak patung pria ataupun wanita bertelanjang. Jika diamati secara lebih mendalam, rata-rata patung pria tersebut memiliki penis yang kecil. Anda mungkin malu untuk membahasnya, namun pengamatan tersebut justru dapat menjadi tanda tanya besar.

Melansir Playground Plus, Rabu (4/10/2017), konsep ideal tentang pria pada zaman Yunani sangat berbeda dengan zaman sekarang sekarang. Hal ini disebabakan, pandangan masyarakat pada zaman Yunani kuno menganggap bahwa penis kecil merupakan simbol dari moderasi atau sifat yang tidak berlebihan. Bahkan ukiran patung yang menggambarkan dewa masyarakat Yunani, juga diukir dengan penis yang kecil.

Ada anggapan bahwa laki-laki yang ideal justru dipuji karena kearifan mereka, bukan kejantanan mereka. Kearifan atau sikap bijak mereka dinilai dari bagaimana mereka mengendalikan dorongan hawa nafsu. Sedangkan ukiran patung yang menggambarkan sifat buruk memiliki penis besar yang ereksi. 

Walaupun konsep tentang pria ideal terus berganti terus menerus. Namun, pandangan masyarat Yunani kuno terhadap pria, bisa jadi inspirasi banyak orang. 

(Aida)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hilang 2 Tahun, Pria Difabel Ditemukan Jadi Tulang Belulang

Posted: 05 Oct 2017 10:01 PM PDT

Seonggok tulang belulang yang diduga sebagai jasad seorang pria difabel ditemukan di rumahnya yang terletak di kawasan Ellenwood, Amerika Serikat.

Kabarnya, jasad pria tersebut ditemukan setelah tak pernah terlihat oleh warga sekitar selama lebih dari dua tahun.

Dikutip dari laman Daily Mail, Jumat (6/10/2017), seorang pria tunawisma yang menemukan tulang belulang pria dengan keterbatasan fisik yang tak disebutkan identitasnya itu.

Tak lama setelah penemuan, warga yang tinggal di kawasan Ellenwood langsung menelepon polisi setempat agar tulang belulang tersebut dievakuasi.

Seorang pejabat kepolisian setempat mengatakan, saksi mata -- yang kali ini adalah seorang tunawisma -- melihat seonggok tulang belulang melalui jendela rumah korban.

Sementara itu, Juru Bicara Kepolisian DeKalb Sgiera Campbell mengatakan bahwa tim medis tengah berupaya untuk mengidentifikasi tulang belulang tersebut. Untuk menentukan apakah itu pria difabel penghuni rumah atau orang lain.

Tak hanya itu, tim medis yang diturunkan juga berupaya untuk mengetahui penyebab kematian korban.

Meski begitu, tim medis mengaku sulit untuk mengidentifikasi identitas dan kapan korban meninggal. Pasalnya, jasad tersebut sudah berbentuk kumpulan tulang.

"Saat ini, kami belum dapat memastikan kapan polisi dapat mengungkap identitas jasad tersebut," ujar Campbell.

Dari laporan yang didapatkan dari warga sekitar, rumah tempat ditemukan jasad pria tersebut sudah ditinggalkan oleh sang pemilik sejak beberapa tahun belakangan. Sehingga polisi belum dapat menggali informasi lebih lanjut.

Jika jasad pria yang ditemukan di Ellenwood, Amerika Serikat telah berusia lebih dari dua tahun, tiga jenazah pendaki di Pegunungan Alpen ini baru ditemukan 20 tahun kemudian.

Jasad tiga orang pendaki yang diyakini tewas lebih dari dua puluh tahun lalu itu ditemukan di salah satu gugusan Pegunungan Alpen, Gunung Mont Blanc pada Agustus 2017.

"Gletser terus bergerak dan kita dapat menyebut bahwa kematian mereka terjadi pada 1995," ujar seorang juru bicara polisi penyelamat di Pegunungan Alpen bagian Val d'Aoste, seperti dikutip dari The Guardian.

Menurut media Italia, jasad tersebut ditemukan oleh seorang pendaki Prancis. Ia kemudian memotret keberadaan jasad dan melaporkannya kepada pihak berwenang.

Operasi untuk mengangkat jasad kemudian dilakukan. Lalu evakuasi di medan yang terbilang tak mudah menggunakan sejumlah tali.

Gunung yang masuk ke dalam gugusan Pegunungan Alpen itu berada di perbatasan Italia dengan Prancis. Dengan tinggi mencapai 4.808 MDPL, gunung tersebut tercatat sebagai yang tertinggi di Eropa.

Di balik keindahannya, kawasan itu terus memakan korban.

Terdapat serangkaian kecelakaan fatal di gunung tersebut pada Juli 2017. Saat itu pendaki asal Prancis, Republik Ceko, Korea Selatan, dan Ukraina tewas saat berusaha mencapai puncaknya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukti Presiden Jokowi Memang Hobi Jalan Kaki

Posted: 05 Oct 2017 10:00 PM PDT

Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih jalan kaki sejauh dua kilometer saat terjebak macet ketika menghadiri peringatan HUT TNI ke-72 memang mendadak. Kemacetan parah membuatnya memilih berjalan kaki daripada berlama-lama di dalam mobil. Hitung-hitung olahraga pagi katanya.

Presiden Joko Widodo didampingi Kapolri, Tito Karnavian beserta rombongan berjalan kaki menuju lokasi upacara HUT ke-72 TNI di Pelabuhan Indah Kiat, Banten (5/10). (Liputan6.com/Pool/Agus Suparto)

Rupanya, Presiden Republik Indonesia memang hobi berjalan kaki, hal ini bisa dilihat dalam beberapa kesempatan sebelumnya. Tak heran bila Jokowi yang gemar blusukan ini mengatakan pilihan jalan kaki di tengah kemacetan merupakan hal biasa.

Berikut bukti kebiasaan Jokowi jalan kaki dalam aneka kegiatan formal maupun informal seperti dihimpun Health-Liputan6.com:

1. Blusukan

Saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 2013 mengatakan modalnya untuk blusukan adalah jalan kaki.

"Blusukan enggak ada anggarannya, modalnya ya jalan kaki," katanya.

Presiden Jokowi ditemani Gubernur Ahok membagikan buku tulis, Jakarta, Kamis (3/9/2015). Presiden Jokowi bersama Gubernur Ahok mengadakan blusukan dan membagikan semabko pada warga di kawasan Cilincing. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

 

2. Menemani Gibran melamar Selvi

Saat Jokowi sudah menjabat sebagai Presiden, dia memilih jalan kaki saat mengantarkan putranya Gibran Rakabuming Raka melamar Selvi pada Selasa 9 Juni 2015. Jarak rumah yang dekat yakni sekitar 400-500 meter jadi alasan keluarga dan rombongan berjalan kaki.

Lamaran Selvi & Gibran (Galih W. Satria/bintang.com)

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

 

3. Car Free Day Solo

Pada Januari 2016, Jokowi menyempatkan untuk berjalan-jalan di Car Free Day Solo, Jawa Tengah. Dia berjalan kaki dari perempetan Gendengan Purwosari hingga Bundaran Gladag yang berjarak sekitar 3,5 km.

(Foto:Reza Kuncoro)

 

4. Diplomasi jalan kaki

Jokowi diajak jalan kaki santai oleh Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull, saat berada di Sydney. Tanpa pengamanan ketat, kedua pemimpin itu berjalan sambil berbincang sembari menyusuri taman yang berlatar belakang gedung Opera House Sydney.

Presiden Jokowi Jalan Santai dengan PM Australia PM Turnbull. (Liputan6.com/Biro Pers Sekretariat Presiden)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gelandang Swedia Perkuat Thailand Saat Lawan Timnas U-19

Posted: 05 Oct 2017 10:00 PM PDT

Thailand U-19 tak main-main menantang Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Minggu (8/10/2017) dalam laga uji coba. Untuk pertandingan melawan Timnas Indonesia U-19, Federasi sepak bola Thailand (FAT) memanggil mantan gelandang Timnas Swedia U-17, Robin Holm.

Robin Holm merupakan pemain berdarah Thailand dan Swedia. Dia memiliki darah Thailand dari sang ibu, yang lahir di Negeri Gajah Putih dan besar di Swedia. Thailand sangat beruntung Holm mau memperkuat Timnas U-19 mereka.

Pasalnya, gelandang berusia 19 tahun itu pernah memperkuat Timnas Swedia U-17, dua tahun lalu. Saat ini, Holm bermain untuk klub Divisi 1 Swedia, Vasalunds IF.

"Bisa bermain untuk Timnas Thailand sangat membanggakan. Saya sangat senang dipanggil ke Timnas U-19 Thailand. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada tim saya, Vasalunds IF," kicaunya di Twitter pribadi.

Bagi Thailand, pertandingan melawan Timnas Indonesia U-19 layaknya partai ulang semifinal Kejuaraan AFF U-18 di Myanmar, awal bulan September. Ketika itu, Thailand menang 3-2 dalam drama adu penalti.

Selain menerima tantangan Timnas Indonesia U-19, Thailand juga bakal latih tanding melawan klub lokal Indonesia, Borneo FC U-19. Laga ini bakal berlangsung di Stadion Segiri, Samarinda, 11 Oktober mendatang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: KPK Resmikan Rumah Tahanan Negara Klas I Jakarta Timur Cabang KPK I

Posted: 05 Oct 2017 10:00 PM PDT

Ketua KPK Agus Rahardjo (tengah) memberi keterangan jelang peresmian Rumah Tahanan Negara Klas I Jakarta Timur Cabang KPK, Jakarta, Jumat (6/10). Lokasi Rutan ini berada di areal gedung Merah Putih KPK. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Ketua KPK Agus Rahardjo (tengah) memberi keterangan jelang peresmian Rumah Tahanan Negara Klas I Jakarta Timur Cabang KPK, Jakarta, Jumat (6/10). Lokasi Rutan ini berada di areal gedung Merah Putih KPK. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Layar monitor menampilkan keterangan jumlah tahanan KPK jelang peresmian Rumah Tahanan Negara Klas I Jakarta Timur Cabang KPK, Jakarta, Jumat (6/10). Lokasi Rutan ini berada di areal gedung Merah Putih KPK. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Layar monitor menampilkan keterangan jumlah tahanan KPK jelang peresmian Rumah Tahanan Negara Klas I Jakarta Timur Cabang KPK, Jakarta, Jumat (6/10). Lokasi Rutan ini berada di areal gedung Merah Putih KPK. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Ketua KPK Agus Rahardjo (batik biru) bersama Wakil Pimpinan KPK‎ Basaria Panjaitan meresmikan Rumah Tahanan Negara Klas I Jakarta Timur Cabang KPK, Jakarta, Jumat (6/10). Lokasinya di areal gedung Merah Putih KPK. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Ketua KPK Agus Rahardjo (batik biru) bersama Wakil Pimpinan KPK‎ Basaria Panjaitan meresmikan Rumah Tahanan Negara Klas I Jakarta Timur Cabang KPK, Jakarta, Jumat (6/10). Lokasinya di areal gedung Merah Putih KPK. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Pesan Syakir Daulay untuk Pemirsa Sinetron Baru SCTV

Posted: 05 Oct 2017 10:00 PM PDT

Ikut main di sinetron terbaru SCTV 'Anak Masjid', bintang pendatang Syakir Daulay siap jadi idola baru remaja. Hafiz Quran (penghapal Al-Quran) yang populer di kalangan remaja milenial lantaran video-video mengajinya bertebaran di media sosial Instagram ini, akan menemani Megan Domani sebagai bintang utama.

Banyak pecinta sinetron yang mengaku sudah tak sabar menanti aktingnya. Di Anak Masjid sendiri, Syakir Daulay dikabarkan akan memerankan karakter yang tak jauh beda dengan dirinya, yaitu sebagai seorang Hafiz Quran. Sesuai perannya ini, Syakir pun akan sering-sering memamerkan suara merdunya saat membaca ayat suci Al-Quran.

Mendapat peran bagus di Anak Masjid, Syakir pun tak lupa menyampaikan pesan khusus pada penggemar beratnya. Lewat foto unggahannya di Instagram, adik pesinetron Zikri Daulay ini meminta dukungan penggemar dan berharap sinetron perdananya tersebut bisa sukses. Tak hanya itu, Syakir juga berharap Anak Masjid bisa menjadi sebuah tontonan sekaligus tuntunan buat para penonton.

"BISMILLAH! Minta Support n Doa Nya Banget ya Guys 😊 #CeritaBaruSctv "ANAK MASJID" insyaallah Akan Tayang Mulai Senin 9 Oktober Setiap Hari Jam 17:00 Wib Hanya Di Sctv Satu Untuk Semua 😊🙏 Semoga Sukses Terus Bisa Jadi Tontonan Sekaligus Tuntunan Buat Kita Semua👌 . Jangan Lupa Ajak Temen, Sodara, Keluarga, Mantan, Jodoh Juga, Eh...haha Pokoknya ajak Orang Sebanyak Banyak nya Buat ikut Nonton n Support Film ini yaa 😄 Thank You Guys 😊🙏 #SalamHangatSyakirDaulay #AnakMasjidTheSeries 🎬 . #SyakirDaulay #SalamSyakirDaulay #GaulWithQuran #PemudaHijrah #TaatTapiAsik #JombloHighQuality"

Akting Syakir Daulay sudah ditunggu-tunggu tak hanya oleh penggemar beratnya, namun juga dari para pecinta sinetron. Banyak yang penasaran dengan akting Syakir karena ia tampil cukup menonjol dalam beberapa teaser sinetron yang masuk dalam parade Cerita Baru SCTV yang sudah muncul di layar 'Satu Untuk Semua' tersebut.

Anak Masjid sendiri tak mengandalkan nama bintang yang sudah terkenal. Tak heran, oleh sejumlah pecinta sinetron, Anak Masjid dianggap sebagai pertaruhan besar Sinemart di SCTV. Hal ini lantaran rumah produksi yang telah melahirkan banyak pesinetron papan atas ini cukup berani memasang wajah-wajah baru. Selain Syakir Daulay, nama Emiliano Fernando Cortizo juga tercatat sebagai bintang utama. Keduanya akan menemani Megan Domani, pesinetron muda berbakat yang kini tengah naik daun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Media Sosial, Penyebab Perceraian Terbesar di Bekasi

Posted: 05 Oct 2017 10:00 PM PDT

Data Pengadilan Agama Kota Bekasi menemukan media sosial sebagai penyebab utama orang bercerai di Bekasi. Faktor tersebut berada di atas faktor lain, seperti ekonomi dan perselingkuhan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melihat Isi Komponen Xiaomi Mi MIX 2 Saat Dibongkar

Posted: 05 Oct 2017 10:00 PM PDT

Saat Xiaomi merilis Mi MIX tahun lalu, perusahaan banyak mendapatkan pujian lantaran desainnya yang tak biasa.

Sebagai penerus, perusahaan Tiongkok ini kemudian merilis Mi MIX 2 dengan desain tanpa bezel yang lebih ringkas dan layar yang lebih kecil.

Lantaran smartphone ini sudah dijual di negeri asalnya, ada pihak yang sudah melakukan pembongkaran terhadap Mi MIX 2. Seperti biasanya, foto-foto saat smartphone dibongkar pun dipublikasikan.

Perlu diketahui, Mi MIX 2 hadir dalam dua varian material berbeda, pertama adalah bodi keramik dengan bingkai metal. Ada pun perangkat yang dibongkar adalah Mi MIX 2 versi pertama.

Sebagaimana dikutip dari Gizmochina, Jumat (6/10/2017), pembongkaran bisa dibilang cukup mudah dengan beberapa peralatan seperti obeng, pinset, dan alat pengisap. Alat pengisap dibutuhkan untuk memisahkan bodi smartphone.

Hal pertama yang dilakukan adalah menonaktifkan perangkat lalu memisahkan bodi belakang dengan bodi utama smartphone. Perlu diperhatikan agar kabel pemindai sidik jari tidak terlepas.

Gunakan obeng untuk melepaskan sekrup dan membuka seluruh komponen. Sementara itu, pinset digunakan untuk memegang komponen-komponen kecil yang perlu dilepas. Penasaran seperti apa isi komponen Mi MIX 2?

Mencoba membuka Mi MIX 2 (Sumber: Gizmochina)

Selanjutnya bagian kover dengan bodi dipisahkan. 

Mencoba membuka Mi MIX 2 (Sumber: Gizmochina)

 

Dengan bantuan alat, kover dan bodi utama Mi MIX 2 dapat dipisahkan. Pemisahan kedua bagian tersebut perlu dilakukan secara hati-hati agar kabel yang menghubungkan komponen dengan fingerprint scanner tidak terlepas.

Pembongkaran dilakukan dengan hati-hati agar kabel fingerprint tidak terlepas (Sumber: GeekBar)

Selanjutnya bodi utama itu dibuka lagi dengan bantuan obeng untuk membuka sekrup-sekrup.

Pembongkaran Mi MIX 2 menggunakan obeng untuk membuka bagian (Sumber: GeekBar)

Satu-satu komponen Mi MIX 2 pun dibuka dan dilepas dari tempatnya dengan bantuan pinset. 

Menggunakan pinset untuk memegang komponen yang dibongkar (Sumber: GeekBar)

 

Tidak berhenti, bodi dalam Mi MIX 2 terus dibongkar hingga terlihat komponen apa saja yang ada di dalamnya. 

https://cdn0-a.production.images.static6.com/K-2IX7u6Tmv0iURhigOo_1ay6XI=/673x373/smart/filters:quality(75):strip_icc():format(jpeg)/liputan6-media-production/medias/1730118/original/083500200_1507194096-mi_mix2-4.jpg

Selanjutnya foto di bawah ini menunjukkan baterai Mi MIX 2 saat hendak dilepas dari bodi smartphone.

Baterai Mi MIX 2 (Sumber: GeekBar)

Setelah komponen-komponen dibongkar, tampaklah motherboard yang menunjukkan berbagai komponen utama Mi MIX 2.

Komponen dalam Mi MIX 2 (Sumber: GeekBar)

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Coba Resep Thai Tea Kekinian yang Menyegarkan

Posted: 05 Oct 2017 10:00 PM PDT

Thai Tea atau minuman berbahan dasar teh ala Thailand kini tengah digandrungi para pecinta kuliner. Tak heran, Anda mungkin saja pernah melihat banyak orang mengantre untuk mencoba minuman khas negeri gajah putih tersebut.

Walaupun sudah banyak dijual dalam kemasan sachet, namun tak ada salahnya Anda membuat resep Thai Tea istimewa sendiri di rumah. Bagaimana caranya? Cookpad, membagikan resep praktis dan mudah membuat minuman Thai Tea kekinian yang wajib coba.

Bahan-bahan:

• 1500 ml air

• 50 gr daun teh hitam/ thai tea

• 125 gr gula pasir

• 200 ml susu evaporasi

• 350 ml krimer/ susu kental manis putih

• Es batu secukupnya

Cara membuat:

1. Rebus air bersama daun teh hingga mendidih.

2. Matikan api, tutup panci. Biarkan selama 5 menit hingga berubah warna menjadi pekat.

3. Saring teh, lalu tambahkan gula. Aduk rata, biarkan agak dingin.

4. Campurkan kembali dengan susu evaporasi dan krimer atau susu kental manis. Aduk rata.

5. Anda pun dapat mengocoknya dengan shaker dalam kondisi teh telah dingin hingga berbuih.

6. Sajikan bersama es batu. Thai Tea buatan Anda siap diminum. Selamat mencoba!

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KRL Cikarang Layani Penumpang Mulai 8 Oktober 2017

Posted: 05 Oct 2017 09:53 PM PDT

PT Kereta Commuter Indonesia mulai 8 Oktober 2017 akan mengoperasikan Kereta Rel Listrik (KRL) hingga Stasiun Cikarang di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Akan ada 32 perjalanan atau 16 perjalanan pulang pergi yang melayani para pengguna di lintas Cikarang-Jakarta Kota. Pengoperasian KRL ini merupakan upaya KCI untuk memperluas jangkauan KRL sejalan dengan target PT KCJ melayani 1,2 juta penumpang pada 2019 mendatang.

"Kereta Commuter Indonesia semakin memperluas wilayah pelayanannya. Dari persiapan yang telah dilakukan bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (DJKA) dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan sejumlah uji coba, kami telah siap sepenuhnya untuk melayani para pengguna KRL sampai ke Cikarang," ungkap Direktur Utama PT KCI, M N Fadhila dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Jumat (6/10/2017).

Guna mendukung operasi KRL hingga Cikarang, pemerintah telah membangun dua stasiun baru, yaitu Bekasi Timur dan Cibitung. Sementara Stasiun Cikarang tengah dilakukan proses revitalisasi, dan Stasiun Tambun segera dibangun.

PT KCI sendiri telah menyiapkan infrastruktur e-ticketing dan kelengkapan pelayanan di empat stasiun tersebut. Berbagai pemeriksaan dan uji coba kesiapan sarana prasarana perkeretaapian juga telah dilakukan bersama PT KAI Daerah Operasi 1 Jakarta dan DJKA.

Ada 32 perjalanan KRL setiap hari yang akan melayani Stasiun Bekasi Timur hingga Cikarang. KRL pertama dari Cikarang menuju ke Jakarta Kota mulai beroperasi pukul 04.45 WIB. Sementara kereta terakhir dari Cikarang dijadwalkan berangkat pukul 19.32 untuk tujuan Jakarta Kota, dan berangkat pukul 20.52 untuk tujuan Bekasi.

Pemberangkatan dari Bekasi sendiri tersedia hingga pukul 22.15 untuk tujuan Jakarta Kota.

Untuk arah sebaliknya, dari Stasiun Jakarta Kota, kereta pertama berangkat menuju Cikarang dijadwalkan pukul 05.41 WIB. Sementara kereta terakhir dari Jakarta Kota tujuan Cikarang tersedia pada pukul 17.46. Pemberangkatan dari Bekasi sendiri tersedia hingga pukul 18.43 untuk tujuan Cikarang.

Dengan jarak Cikarang-Jakarta Kota sejauh 43,97 km, maka tarif yang perlu dibayarkan pengguna adalah Rp 5.000. Sementara waktu tempuh untuk Cikarang-Jakarta Kota diperkirakan sekitar 90 menit. Sedangkan untuk Cikarang-Bekasi dengan jarak 16 km adalah sekitar 20 menit.

Selain sarana rangkaian KRL dan jadwal perjalanan, PT KCI juga telah menyiapkan petugas untuk melaksanakan berbagai fungsi layanan di stasiun, antara lain passenger service, announcer, petugas loket, pengamanan, hingga kebersihan.

Untuk melayani transaksi tiket elektronik, PT KCI telah memasang sembilan gate elektronik dan enam mesin point of sales (POS) di Stasiun Cikarang. Sebanyak delapan gate elektronik dan empat mesin POS di Stasiun Cibitung, empat gate elektronik dan lima mesin POS di Stasiun Tambun. Serta sembilan gate elektronik dan lima mesin POS di Stasiun Bekasi Timur.

Sementara untuk kemudahan transaksi tiket, PT KCI menghimbau pengguna jasa untuk lebih banyak menggunakan tiket berlangganan Kartu Multi Trip (KMT) dengan sistem potong saldo dan tanpa masa kedaluwarsa.

Penggunaan KMT akan memudahkan aktivitas menggunakan KRL lantaran penumpang tidak perlu lagi antri diloket untuk melakukan transaksi tiket setiap akan melakukan perjalanan KRL. Selama saldo minimum tercukupi maka penumpang dapat langsung menuju gate tanpa perlu antri di loket stasiun. Tiket Kartu Multi Trip (KMT) dapat diperoleh dengan mudah dan tersedia di seluruh loket stasiun KRL.

PT KCI juga mengimbau para calon pengguna untuk tidak merokok di area stasiun dan di dalam rangkaian KRL serta memperhatikan ketentuan terkait barang bawaan serta aturan dan larangan di dalam KRL.

Adapun dimensi barang bawaan yang diperbolehkan adalah maksimum berukuran 100 cm x 40 cm x 30 cm. Para pengguna juga tidak diperkenankan untuk makan, minum, membuang sampah sembarangan, dan duduk di lantai KRL.

Demi kenyamanan dan keselamatan penumpang juga diminta untuk menjaga kebersihan dan selalu menunggu dibelakang garis kuning peron sebagai batas aman penumpang menunggu KRL serta tidak memaksakan diri untuk naik apabila KRL telah penuh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

JK Terima Penghargaan dari Institut Teknologi Sumatera

Posted: 05 Oct 2017 09:51 PM PDT

Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK mendapat penghargaan Itera Adi Yasa Mahatama dari Institut Teknologi Sumatera (Itera), Jumat hari ini.

JK dinilai punya andil memajukan bangsa serta turut membantu membangun kampus yang baru berusia 3 tahun itu.

Selain JK, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro, juga menerima penghargaan Itera Adi Karsa Utama.

"Terima kasih kepada Pak Rektor atas penghargaan ini. Pak Rektor ini pintar. Kasih penghargaan dulu agar pembangunannya ditambah," canda JK usai menerima penghargaan di Lampung, Jumat (6/10/2017).

JK menyatakan, sejak tahun 2000-an sudah terpikir untuk menciptakan institut teknologi di luar Jawa.

"Sejak dulu kita ingin maju dan seimbang. Karena itu, sekitar tahun 2000-an saya berpikir kenapa kita hanya punya dua institut teknologi di Jawa semua, Bandung dan Surabaya. Saya meminta bangun di Sumatera dan di timur," ujar dia.

JK pun meminta gubernur untuk menyiapkan lahannya dan akhirnya berhasil. Meski pembangunannya di Indonesia Timur lebih dulu, Itera berhasil didirikan pada 2014.

Bicara teknologi, kata JK, ke depan harus membicarakan soal kemajuan. Apalagi untuk pembangunan ke depan.

"Teknologi selalu mengubah kehidupan, memperbaiki kehidupan. Itulah kenapa harus sejalan, agar perubahan-perubahan inovasi di bangsa menjadi yang baik. Tujuan bangsa ini adalah untuk membuat maju bangsa," tegas JK.

Dia pun memberi contoh, bagaimana ITB dan ITS hanya nama kota. Sedangkan Itera nama pulau.

"Artinya cita-citanya lebih besar. Ingin suatu keseimbangan yang besar," tandas JK.

Bukan hanya menerima penghargaan, JK juga meresmikan gedung Asrama A, Embung C, Gedung C, dan Gedung E milik Itera.

Saksikan vidio pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina Gelar Operasi Pasar Elpiji 3 Kg di Sumut

Posted: 05 Oct 2017 09:50 PM PDT

PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) I melakukan operasi pasar di Sumatera Utara, untuk memenuhi kebutuhan elpiji 3 Kilo gram (Kg) bagi masyarakat.

Area Manager Communication and Relations Sumbagut Rudi Ariffianto Petamina MOR I mengatakan,‎ operasi pasar elpiji 3 kg digelar di Kabupaten Kota Labuhan Batu, Tapanuli Utara, dan Humbang Hasundutan pada Jumat, (6/10/ 2017)

"Operasi pasar yang dilakukan hari ini merupakan perluasan, sebelumnya Pertamina juga telah menggelar operasi pasar di Medan, Binjai, dan Deli Serdang di 14 titik sebanyak 5.040 tabung, pada 4 Oktober 2017," kata Rudi, di Jakarta, Jumat (6/10/2017).

Rudi mengungkapkan, dalam operasi pasar yang digelar di Humbang Hasundutan pada hari ini, Pertamina menyalurkan sebanyak 1.120 tabung, di Tapanuli Utara sebanyak 1.680 tabung dan Labuhan Batu sebanyak 2.240 tabung.

Menurut Rudi, dari pantauan penjualan pada operasi pasar sebelumnya, pembelian elpiji 3 Kg cenderung normal. Kondisi ini menunjukan kebutuhan elpiji 3 Kg masyarakat terpenuhi dengan adanya operasi pasar.

Dari 5.040 tabung digelontorkan sebanyak 4.243 tabung atau 84 persen dari total disalurkan yang terjual. Selain itu seluruh operasi pasar dibarengi dengan penyediaan Bright Gas 5.5 kg yang juga terjual sebanyak 53 tabung.

"Total tabung digelontorkan pada Operasi Pasar 4 dan 6 Oktober sebanyak 10.080 tabung LPG 3kg disalurkan ke masyarakat. Kami berharap dengan adanya penjualan Bright Gas 5,5 kg dan operasi pasar, kebutuhan rumah tangga akan LPG dapat terpenuhi dengan baik dan lancar," ungkap Rudi.

Pertamina akan terus melakukan koordinasi dengan dinas perdagangan setempat untuk memantau penyaluran LPG 3 kg bersubsidi. Apabila ada keluhan terhadap produk dan pelayanan Pertamina dapat disampaikan melalui kontak pertamina 1-500-000 atau melalui website www.pertamina.com‎.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kalahkan Song Hye Kyo, Kim Tae Hee Jadi Artis Tercantik di Korsel

Posted: 05 Oct 2017 09:50 PM PDT

Selain bakat, kecantikan wajah merupakan salah satu syarat mutlak yang harus dimiliki bagi sebagian besar selebritas Korea Selatan. Beberapa di antara mereka bahkan memang sudah terlahir dengan dikaruniai wajah cantik alami.

Terkait hal ini, salah satu media Tiongkok membuat voting untuk menentukan predikat artis wanita tercantik di Korea Selatan. Dan hasilnya memang sesuai dengan prediksi.

Kim Tae Hee (Pinterest)

Dari sekian banyak seleb berparas cantik, anggota girl band AOA, Seolhyun, menempati urutan keenam sebagai artis tercantik. Sementara anggota Girls' Day, Hyeri, menempati posisi kelima.

Kekasih Lee Min Ho, Suzy, harus merasa puas dengan menempati urutan keempat, dan Shin Min Ah menempati posisi tiga. Sejumlah pihak tentu bisa menebak siapa yang menempati posisi kedua dan pertama. Mereka tak lain adalah Song Hye Hyo dan Kim Tae Hee.

Song Hye Kyo (Naver)

Song Hye Kyo meraih posisi runner up, dan Kim Tae Hee terpilih menjadi artis tercantik di Negeri Ginseng tersebut. Dari urutan yang telah terpilih, sejumlah warganet mempertanyakan di mana Jun Ji Hyun juga Yoona?

Seperti diketahui, Yoona aktif berkarier di Tiongkok sejak tiga tahun yang lalu. Sementara Jun Ji Hyun sendiri tengah berada di puncak popularitas. Eksistensinya pun banyak diperbincangkan di berbagai negara di Asia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Febri Fokus di Persib Usai Bela Timnas Indonesia

Posted: 05 Oct 2017 09:45 PM PDT

Febri Hariyadi langsung mengalihkan fokus usai membela Timnas Indonesia lawan Kamboja, Rabu (4/10/2017). Febri kini fokus untuk memperkuat Persib agar meraih hasil positif di Liga 1.

Dia bahkan sudah terlihat berlatih di lapangan Lodaya, Bandung, Jumat (6/10/2017) pagi. Meski begitu, latihan hanya berlangsung ringan saja.

Menurut fisioterapis Persib, Benediktus Adi Prianto, latihan hanya ditujukan agar pemain bisa mendapatkan kondisi fit. Febri sendiri mendapatkan perhatian khusus dari masseur tim, Entis Sutisna.

"Ini hanya recovery saja," kata Benediktus seperti dikutip situs resmi Persib. Selain, Febri Hariyadi, tampak pula bek Achmad Jufriyanto yang sama-sama pulang membela Timnas Indonesia.

Tenaga keduanya dibutuhkan saat Persib Bandung menghadapi Barito Putera, Senin (9/10/2017) mendatang di Stadion si Jalak harupat. Menu latihan Persib difokuskan pada sentuhan bola. Latihan lalu diakhiri dengan game internal oleh jajaran pelatih Maung Bandung.

Persib saat ini masih tertahan di papan tengah dengan 36 poin. Posisi Persib bisa saja terangkat jika laga tunda melawan Borneo FC tidak ditunda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Respons Eggi Sudjana soal Petisi yang Meminta Dia Ditangkap

Posted: 05 Oct 2017 09:40 PM PDT

Pengacara Eggi Sudjana dilaporkan ke Bareskrim Polri atas dugaan menebar kebencian. Tak hanya itu, petisi juga muncul setelah potongan video menyebar di warganet terkait ucapan Eggi yang menyebut kepercayaan lain selain Islam tidak pancasilais.

Dihubungi via telepon, mantan pengacara Kepala BIN Jenderal Budi Gunawan ini mengatakan, tidak ada niatnya untuk menghina seperti yang ada di video tersebut.

"Apakah itu ujaran kebencian? Kan tidak ada. Mana kalimat ujaran kebenciannya, kan enggak ada," kata Eggi, Jumat (6/10/2017).

Menurut Eggi, pernyataannya di video itu berbicara dalam konteks konsekuensi hukum Perpu Ormas.

"Saya hanya bicara konsekuensi hukum, kalau Perpu dijalankan, maka konsekuensinya bubarkan ajaran selain Islam. Justru saya bantu semua agama," kata Eggi.

Eggi beralasan, kepercayaan selain Islam tidak menganut sistem keesaan Tuhan.

"Ini pertanyaan jujur, ada enggak konsep Tuhan Esa selain Islam, logika itu harus dimengerti," ujar dia.

Berpotensi Gaduh

Pernyataan pengacara Eggi Sudjana yang diduga menyebut agama Kristen, Hindu, dan Buddha bertentangan dengan Pancasila berbuntut panjang.

"Ada video viral di media sosial, kemudian ada Pak Eggi memberikan statement yang agak mengganggu kebinekaan kita sebagai WNI," kata Ketua Umum DPN Perhimpuan Pemuda Hindu Indonesia, Sures Kumar, saat dihubungi di Jakarta, Kamis 5 Oktober 2017.

Sures mengatakan, pernyataan Eggi dalam video yang dimuat oleh sebuah media online berpotensi menimbulkan kegaduhan. Karena itu, Sures memutuskan untuk melaporkan Eggi ke polisi.

"Jadi pernyataan Beliau itu mengatakan pemeluk agama selain muslim itu bertentangan dengan Pancasila, hanya Islam yang sesuai dengan Pancasila. Sehingga, kalau Perppu Ormas disetujui, maka agama yang lain harus dibubarkan," Sures menjelaskan.

Dalam situs Change.org, petisi itu berjudul "Tangkap dan Proses Hukum Eggi Sudjana, Provokator dan penyebab Kisruh Antar Umat Beragama".

Hingga Jumat (6/10/2017) pukul 11.15 WIB, petisi itu telah ditandatangani 3.065 orang. Jumlah pengunjung yang menandatangani petisi tersebut kian bertambah. Sebelumnya pada pukul 10.07 WIB, petisi ditandatangani 2.710 orang.

Berikut isi petisi tersebut:

Semenjak beberapa tahun belakangan, kita disibukkan oleh perihal SARA yang dipergunakan untuk menyerang pribadi-pribadi berkinerja baik. Bukan itu saja, jurang pemisah berdasarkan perbedaan agama kian diperlebar oleh banyak kelakuan-kelakuan oknum tak bertanggung jawab yang terus menerus memprovokasi massa.

Eggi Sudjana, seorang pengacara, yang juga sering berkumpul bersama sejenisnya seperti Rizieq Shihab dan presidium 212-nya, kembali melakukan tindakan memperkeruh keadaan pada saat melakukan keterangan pers terkait masalah penolakan PERPPU Ormas No.2/2017.

Sebagaimana kita ketahui, PERPPU Ormas No.2/2017 tersebut merupakan peraturan terbaru yang melarang keberadaan organisasi masyarakat yang tidak berazaskan Pancasila, ataupun bermaksud untuk mengganti Dasar Negara dan bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.

PERPPU ini telah menjadi dasar pembubaran Ormas Hizbut Tahrir Indonesia yang memiliki visi misi mendirikan negara Islam berazaskan khilafah, dengan mengganti Pancasila.

Perlu diketahui, Hizbut Tahrir adalah kelompok masyarakat yang telah ditolak di berbagai negara mayoritas muslim, dengan alasan sama, "berupaya mendirikan negara khilafah dan mengganggu stabilitas negara".

Eggi Sudjana dengan kepicikannya melakukan provokasi terselubung sekaligus penghinaan terhadap pemeluk agama lain di negara Indonesia yang melindungi keberadaan mereka.

Ia menyatakan, bahwa dengan keberadaan PERPPU No.2/2017, maka semua agama selain Islam harus dibubarkan dari muka bumi Indonesia, KARENA HANYA ISLAM YANG MENGAKUI KETUHANAN YANG MAHA ESA.

Pernyataan Eggi Sudjana ini mencoreng intelektualitas Islam, kedamaian yang seharusnya menjadi dasar keberadaan Islam, dan juga kedamaian masyarakat Indonesia yang hidup bertoleransi dalam pluralitas.

Eggi Sudjana harus mempertanggungjawabkan pernyataannya yang mungkin memicu perseteruan antar umat beragama, apalagi bila nantinya menyebabkan kesalahpahaman dalam masyarakat mayoritas muslim Indonesia terhadap masyarakat non muslim.

Hal ini dapat saja terjadi, mengingat banyaknya penyimpangan pemahaman yang dilakukan Eggi Sudjana dan kelompoknya untuk mengukuhkan ekslusivitas keyakinan yang mereka anut di atas keyakinan orang lain, termasuk orang-orang yang beragama Islam sendiri.

Oleh karenanya kami mengajukan petisi ini untuk menuntut penangkapan atas Eggi Sudjana dan kelompoknya karena:

1. Telah memprovokasi masyarakat.

2. Melakukan penyimpangan informasi dan pemahaman (misleading) yang dapat menciptakan kekeruhan dalam masyarakat.

3. Melakukan tindakan yang dapat menyebabkan ketidakstabilan keamanan di Negara Kesatuan Republik Indonesia etisi ditujukan untuk Presiden Joko Widodo, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, dan Kepala Bareskrim Polri Irjen Ari Dono agar mereka menangkap dan memproses hukum Eggi Sudjana.

Disebutkan, petisi untuk Eggi Sudjana ini akan dikirim ke Presiden Joko Widodo, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Kabareskrim Polri Irjen Ari Dono Sukmanto, dan dua pengambil keputusan lainnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

HUT ke-72 TNI, Ratna Galih Ungkap Rindu Pada Ayah

Posted: 05 Oct 2017 09:40 PM PDT

HUT ke-72 TNI yang jatuh pada hari Kamis (5/10/2017) kemarin membawa kenangan tersendiri bagi seorang Ratna Galih. Bintang film Hantu Ambulance itu teringat sosok sang ayah, drs. Dodon Ruchian yang telah lama wafat.

 Ratna Galih

"I miss you so much pa... kangen bangeeeeettt... yg lagi kangen papa/ mama nya mana suaranya nih..." ungkap Ratna Galih melalui Instagram pribadinya. Tampak sang ayah mengenakan seragam kepolisian duduk bersama istri dan Ratna Galih serta saudaranya yang masih kecil.

Meski seorang polisi, ayahanda Ratna Galih itu rupanya sering latihan bersama para TNI di Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI). Tak heran, almarhum memiliki kedekatan dengan para anggota TNI.

"drs Dodon Ruchian, Akabri angkatan 1973.. Pada saat itu TNI dan Polisi berlatih bersama di AKABRI.. jadi walaupun almarhum bapak adalah polisi. Memiliki hubungan emosional yang erat dengan TNI," cerita Ratna Galih dengan mengunggah foto sang ayah dengan berseragam kala bertugas.

 Ayahnda Ratna Galih, drs. Dodon Ruchian, seorang anggota kepolisian.

Ratna Galih tak mampu menyembunyikan rasa bangganya menjadi anak dari seorang anggota kepolisian. Ia pun tak lupa mengirimkan doa untuk almarhum.

"Selamanya akan bangga menjadi anak Bapak, semoga dilapangkan kubur nya dan diberikan tempat terbaik yah pak, semoga anak2 bapak bisa jadi anak2 yg soleh dan solehah," doanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Tampilan Rumah Tahanan Negara Klas I Cabang KPK

Posted: 05 Oct 2017 09:35 PM PDT

Petugas KPK mengecek ruang isolasi Rumah Tahanan Negara Klas I Jakarta Timur Cabang KPK, Jakarta, Jumat (6/10). Rutan ini luasnya 839,4 meter persegi dengan kapasitas 37 orang dengan dua blok pria dan wanta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Petugas KPK mengecek ruang isolasi Rumah Tahanan Negara Klas I Jakarta Timur Cabang KPK, Jakarta, Jumat (6/10). Rutan ini luasnya 839,4 meter persegi dengan kapasitas 37 orang dengan dua blok pria dan wanta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Petugas KPK melihat ruangan di Rumah Tahanan Negara Klas I Jakarta Timur Cabang KPK, Jakarta, Jumat (6/10). Rutan ini luasnya 839,4 meter persegi dengan kapasitas 37 orang dengan dua blok pria dan wanta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Petugas KPK melihat ruangan di Rumah Tahanan Negara Klas I Jakarta Timur Cabang KPK, Jakarta, Jumat (6/10). Rutan ini luasnya 839,4 meter persegi dengan kapasitas 37 orang dengan dua blok pria dan wanta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Petugas melihat ruangan di Rumah Tahanan Negara Klas I Jakarta Timur Cabang KPK, Jakarta, Jumat (6/10). Rutan ini luasnya 839,4 meter persegi dengan kapasitas 37 orang dengan dua blok pria dan wanta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Petugas melihat ruangan di Rumah Tahanan Negara Klas I Jakarta Timur Cabang KPK, Jakarta, Jumat (6/10). Rutan ini luasnya 839,4 meter persegi dengan kapasitas 37 orang dengan dua blok pria dan wanta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Petugas KPK mengecek ruang kumpul tahanan di Rumah Tahanan Negara Klas I Jakarta Timur Cabang KPK, Jakarta, Jumat (6/10). Rutan ini luasnya 839,4 meter persegi dengan kapasitas 37 orang dengan dua blok pria dan wanta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Petugas KPK mengecek ruang kumpul tahanan di Rumah Tahanan Negara Klas I Jakarta Timur Cabang KPK, Jakarta, Jumat (6/10). Rutan ini luasnya 839,4 meter persegi dengan kapasitas 37 orang dengan dua blok pria dan wanta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Petugas menunjukkan kamar kecil di Rumah Tahanan Negara Klas I Jakarta Timur Cabang KPK, Jakarta, Jumat (6/10). Rutan ini luasnya 839,4 meter persegi dengan kapasitas 37 orang dengan dua blok pria dan wanta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Petugas menunjukkan kamar kecil di Rumah Tahanan Negara Klas I Jakarta Timur Cabang KPK, Jakarta, Jumat (6/10). Rutan ini luasnya 839,4 meter persegi dengan kapasitas 37 orang dengan dua blok pria dan wanta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Kondisi ruang cuci di Rumah Tahanan Negara Klas I Jakarta Timur Cabang KPK, Jakarta, Jumat (6/10). Rutan ini luasnya 839,4 meter persegi dengan kapasitas 37 orang dengan dua blok pria dan wanta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Kondisi ruang cuci di Rumah Tahanan Negara Klas I Jakarta Timur Cabang KPK, Jakarta, Jumat (6/10). Rutan ini luasnya 839,4 meter persegi dengan kapasitas 37 orang dengan dua blok pria dan wanta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AdAsia 2017, Kongres Periklanan Terbesar se-Asia Digelar di Bali

Posted: 05 Oct 2017 09:35 PM PDT

Indonesia akan menjadi tuan rumah dari penyelenggaraan Kongres Periklanan terbesar di Asia yakni AdAsia 2017. Acara yang digelar dua tahun sekali oleh AFAA (Asian Federation of Advertising Associations) akan diselenggarakan di Bali Nusa Dua Convention Center pada 8 hingga 10 November mendatang.

Dengan tema 'Globalizasian-Advancing New Possibilities', kongres ini menjadi acara yang tepat untuk mempelajari trend terbaru di industri periklanan dan menyorot berbagai studi kasus pemasaran serta periklanan di wilayah Asia Pasifik. Peserta dari 16 negara berbeda akan hadir dalam acara ini.

Mantan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Kofi Annan akan hadir untuk menyampaikan Keynote Speaker dengan tema 'Positive Change'. Dalam paparannya nanti, penerima nobel perdamaian dunia ini akan menyampaikan gagasan tentang bagaimana bisnis dapat menjadi bagian penting dalam sebuah perubahan positif.

Kongres ini juga akan menghadirkan lebih dari 30 pembicara kelas dunia. Beberapa nama yang dipastikan hadir antara lain ahli marketing Guy Kawasaki, atlet F1 David Coulthard, serta Vice President dari Ogilvy Noor Shelina Janmohamed. Beberapa bos perusahaan startup dalam dan luar negeri juga masuk dalam daftar pembicara seperti Charles Adler (co-founder of Kickstarter.com), Piotr Jakubowski (CMO of Go-Jek Indonesia), dan Azran Osman Rani (CEO of iflix Malaysia).

Indonesia sebagai tuan rumah AdAsia adalah salah satu negara Asia yang paling berpotensi dengan perkembangan industri iklan terbesar di Asia. Indonesia memiliki 8.000 brand yang aktif di pasar dan 400 perusahaan di bidang periklanan, dengan sekitar Rp 120 triliun uang yang beredar di industri setiap tahunnya.

Acara ini diselenggarakan oleh Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI). Indonesia terakhir berperan sebagai tuan rumah AdAsia pada tahun 1995.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemesanan Kerbau Besi Mahesa Capai 10.000 Unit

Posted: 05 Oct 2017 09:32 PM PDT

Mobil pedesaan produksi Kiat Motor, Mahesa langsung mengambil hati masyarakat. Terhitung sejak mulai dikenalkan satu bulan terakhir, mobil ini sudah dipesan sebanyak 10.000 unit.

Kiat Motor menjelaskan semenjak kedatangan Presiden Jokowi ke bengkelnya yang ada di Jalan Jogja Solo Km 4 Ngaran, Mlese, Klaten beberapa waktu lalu, mobil Mahesa  kini kian dikenal. Hilir mudik pemesanan baik melalui sambungan telepon ataupun datang langsung ke bengkelnya mengalami lonjakan.

"Pembeli pertama adalah Plt Bupati Klaten (Sri Mulyani). Pemesan bukan hanya dari Jawa, ada beberapa yang dari luar Jawa. Ada pengusaha yang langsung pesan 6.000 unit. Kalau ditotal sudah ada 10.000 pesanan, " jelas Sukiyat yang juga penyandang difabel ini ketika ditemui Liputan6.com di bengkelnya, Kamis, 5 Oktober 2017.

Sukiyat menuturkan jika para pemesan harus sedikit bersabar. Mengingat saat ini pihaknya sedang mengurus perizinan. Ia sendiri menginginkan dalam regulasinya tidak usah melalui uji tipe tetapi hanya uji kelayakan.

"Pengennya cuma uji kelayakan saja, tidak usah uji tipe saja. Nantinya jika hanya uji kelayakan saja, mobil ini tidak boleh beroperasi di jalan raya. Kan ini mobil pedesaan, jadi hanya boleh mengaspal di jalan-jalan pedesaan, " harap dia.

 

Mahesa diklaim telah dipesan sebanyak 10.000 unit (Fajar Abrori)
Demonstrasi fitur pada Mahesa. (Fajar Abrori)

Jika tidak aral melintang, si Kerbau Besi ini bakal mulai diproduksi tahun 2018. Sukiyat mengharapkan semua perizinan sudah tuntas hingga akhir tahun 2017. Ia mengatakan produksi awalnya  sebanyak 16.000 unit. "Pertengahan tahun depan semoga sudah mulai bisa ke tangan pemesan, " ujar lelaki kelahiran 22 April 1957.

Sukiyat berharap jika mobil pedesaan ini bisa membantu kerja para petani. Menurutnya mobil pedesaan Mahesa ini menjadi salah satu wujudnya dalam mendukung Nawacita Presiden Joko Widodo.

"Jangan hanya demo-demo saja, ngejek-ngejek orang, harus kerja-kerja. Sesuai dengan Nawacita Bapak Jokowi, membangun Indonesia dengan memperkuat sektor pertanian, " ujar dia. (Fajar Abrori)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akhir Kisah Dukun Cabul yang Mengaku Titisan Nabi Adam

Posted: 05 Oct 2017 09:31 PM PDT

Seorang dukun cabul bernama Sutrisno (45) warga Desa Bogares Kidul, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, jadi buah bibir masyarakat dalam beberapa bulan belakangan. Dia mengaku sebagai titisan Nabi Adam dan mengajarkan ajaran sesat dengan melegalkan perzinahan.

Sutrisno akhirnya ditangkap Tim Satreskrim Polres Tegal di kediamannya, Selasa, 3 Oktober 2017. Informasi yang diterima Liputan6.com, penangkapan pelaku bermula adanya laporan warga yang juga mantan pengikutnya. Dia sadar bahwa ajaran pelaku itu menyimpang atau sesat.

Pelaku diduga melakukan aksi pencabulan kepada sejumlah korban yang sebelumnya pernah menjadi pengikutnya. Dukun cabul ini berujar kepada korban jika hubungan suami istri di luar nikah itu disahkan. Asalkan, dasar hubungan itu tak ada unsur paksaan alias suka sama suka.

"Memang awalnya ada laporan dari warga yang pernah menjadi pasien pengobatan tradisional yang dibuka pelaku (Sutrisno). Awalnya pelaku ini membuka pengobatan pada 2011, lalu berubah menjadi pengajian mulai 2013 hingga saat ini," ucap Kapolres Tegal, AKBP Heru Sutopo, Kamis, 5 Oktober 2017.

Diduga pengikut Sutrisno rutin melakukan pengobatan dengan cara yang tak lazim. Kapolres menyebutkan jika pengikut pelaku jumlahnya mencapai belasan orang.

Kepada para pengikutnya, Sutrisno mengaku sebagai titisan Nabi Adam dan merupakan anak tiri dari Nyi Roro Kidul. Heru menyatakan, saat ini Sutrisno sudah diproses hukum terkait dugaan pencabulan yang dilakukan terhadap anak di bawah umur.

Modusnya, ia mengaku sebagai guru spiritual. Kemudian, dia mengelabui anak didiknya dengan cara cabul. Sementara, terkait dugaan kasus penistaan agama, Kapolres menyatakan jika pihaknya masih terus mendalaminya.

"Utamanya pelaku ini kita kenakan perbuatan pencabulan. Tapi kasus lainnya, masih kami dalami lagi," jelasnya.

Aksi dukun cabul ini membuat pusing sejumlah unsur pemerintahan Kecamatan Pangkah. Para tokoh masyarakat mengadakan pertemuan di rumah Kepala Desa Bogares Kidul, Kasroi, pada Rabu, 4 Oktober 2017, malam sekitar pukul 21.00 WIB lalu.

Pertemuan itu untuk melakukan pengkajian terhadap aliran yang diajarkan Sutrisno. Di sana mereka membahas segala sesuatu terkait tingkah laku serta ajaran Sutrisno yang dinilai sesat.

Pertemuan itu dihadiri pula perwakilan Forkompicam Pangkah, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal, NU, dan Muhammadiyah. Hasil pertemuan itu, mereka menyatakan jika ajaran pelaku sesat dan menyimpang dari norma agama yang ada.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Cinta Sejoli AS Pemilik Tanggal Lahir Sama

Posted: 05 Oct 2017 09:31 PM PDT

'Kalau jodoh tak akan lari kemana'. Sepertinya perumpamaan tersebut sangat tepat bagi pasangan Jessica Gomes dan Aaron Bairos yang baru saja menikah pada 9 September 2017.

Keduanya tak menyangka, hubungan yang mereka bangun selama ini berakhir di pelaminan. Namun, sebetulnya bukan hal tersebut yang membuat mereka kaget.

Dikutip dari laman New York Post, Jumat (6/10/2017), Jessica dan Aaron tak menyangka jika keduanya sempat bertemu. Bukan di bioskop, kafe atau pun taman, melainkan di rumah sakit.

Keduanya lahir di tanggal dan tempat yang sama, yaitu 28 April 1990 di Rumah Sakit Mortin Tauton, Amerika Serikat. Pasangan Jessica Gomes dan Aaron Bairos mengikat janji suci dua dekade kemudian.

Meski lahir di rumah sakit yang sama, keduanya tak tinggal di kota yang sama. Aaron besar di Kota Taunton, sedangkan Jessica pindah ke Rayham.

Jessica dan Aaron baru menjalin hubungan sebagai sepasang kekasih di bangku SMA.

Namun, keduanya baru sadar lahir di rumah sakit yang sama setelah mengikuti kelas pendidikan mengemudi bersama dan melihat identitas satu sama lain.

Keduanya pun mengaku, bahwa kisah cinta mereka berdua berawal dari pandangan pertama.

Umumnya, pasangan pengantin akan melangsungkan pernikahan di sebuah gedung atau aula, rumah, taman, atau tempat ibadah. Namun, bagaimana jika supermarket dijadikan sebagai lokasi momen perayaan hari kebahagiaan ?

Inilah yang terjadi dengan pasangan di Cambridge, Inggris. Rebecca Wooller dan Blake Green menganggap, tempat belanja sebagai tempat spesial dan romantis untuk melangsungkan pernikahan.

Dilansir dari BBC, kedua mempelai tampak begitu bahagia ketika berjalan menyusuri 'altar' di lorong telur Paskah di dalam area supermarket.

Pasangan yang telah resmi menikah di kantor catatan sipil sebelum menggelar pesta di supermarket mengaku, momen itu akan menjadi sebuah kenangan yang sentimental bagi mereka.

"Saat menikah nanti, aku akan berjalan di tengah supermarket (yang saat ini menjadi lorong telur Paskah), dengan backsound lagu romantis 'Love is an Open Door' -- sebuah lagu dari film Frozen," ucap Rebecca sebelum menikah waktu itu.

Ternyata keinginannya benar-benar menjadi kenyataan.

"Kami ingin orang lain memiliki hari yang menyenangkan, seperti ketika berada di supermarket untuk belanja dan bisa tertawa bersama dengan kami," tambah dia.

Pasangan bahagia itu pun berbagi momen romantis mereka yang tak biasa, seperti makan kari ayam dan kentang goreng di Kafe Morrisons yang ada di dalam area supermarket. Seperti pada saat malam pertama mereka berkencan. Para tamu pun disuguhi makanan yang sama.

"Setiap orang benar-benar berbahagia untuk Becca dan Blake," ucap Gemma Avery, sang manajer supermarket.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Badai Nate Ganggu Laga Kualifikasi Piala Dunia 2018

Posted: 05 Oct 2017 09:30 PM PDT

Laga kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Concacaf yang mempertemukan tuan rumah Kosta Rika melawan Honduras Kamis (5/10/2017) atau Jumat pagi WIB di San Jose, ditunda hingga Jumat waktu setempat. Seperti dikutip dari Antara, hal ini karena terjadi Badai Nate di Kosta Rika.

Menurut Reuters, badai yang terjadi sejak Kamis (5/10/2017) itu menyebabkan hujan deras di Amerika Tengah. Badai ini dikabarkan juga menewaskan sedikitnya 12 orang di wilayah tersebut.

Saat ini, Kosta Rika yang mengumpulkan 15 poin berada di urutan kedua tabel klasemen sementara kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Concacaf. Mereka terpaut tiga angka dari pemuncak klasemen Meksiko.

Adapun Honduras yang memiliki sembilan poin duduk di peringkat lima klasemen, terpaut satu angka dari Panama di posisi ketiga atau batas posisi untuk lolos otomatis ke Rusia.

Pada dua pertandingan terakhir putaran kelima kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Concacaf, Kosta Rika akan menghadapi Honduras dan Panama. Adapun Honduras menantang pemuncak klasemen Meksiko, yang sudah memastikan lolos ke putaran final, pada laga pamungkas pekan depan.

Berikut klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Concacaf.

 

1. Meksiko 8 5 3 0 11-3 18

2. Rika 8 4 3 1 12-5 15

3. Panama 8 2 4 2 7-5 10

4. Amerika Serikat 8 2 3 3 12-11 9

5. Honduras 8 2 3 3 9-16 9

6. Trinidad -Tobago 8 1 0 7 4-15 3

*Meksiko lolos ke Piala Dunia 2018

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan TNI Tunjuk Serda Bella Sopiri Jokowi di Acara HUT TNI

Posted: 05 Oct 2017 09:30 PM PDT

Keberadaan prajurit wanita di belakang kemudi mobil yang ditumpangi Presiden Jokowi saat menginspeksi pasukan di Upacara peringatan HUT ke-72 TNI menarik perhatian warga.

Perempuan itu adalah Serda Bella Paramitha, anggota Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) yang saat ini berdinas di Paspampres.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen Alfred Denny Tuejeh mengatakan, penunjukan tentara wanita sebagai juru kemudi mobil inspeksi merupakan perintah langsung dari Panglima TNI Gatot Nurmantyo.

"Panglima TNI memerintahkan Komandan Paspampres, untuk menunjuk prajurit wanita sebagai pengemudi kendaraan untuk pemeriksaan pasukan. Akhirnya pilihan jatuh pada Serda Bella Paramitha," ucap Denny Tuejeh, di Jakarta, dalam keterangannya kepada Liputan6.com, Jumat (6/10/2017).

Denny mengatakan, setelah resmi ditunjuk, Bella langsung menjalani latihan intensif di Cilegon, Banten agar dapat tampil maksimal.

Denny menyebutkan, penugasan perempuan sebagai juru kemudi mobil inspeksi pasukan oleh Presiden RI merupakan yang pertama dilakukan dalam momen peringatan HUT TNI.

"Ini kali pertama seorang prajurit wanita ditunjuk untuk mengemudikan kendaraan inspeksi pasukan pada peringatan HUT TNI," kata Denny. 

Sementara itu, Serda Bella Paramitha mengaku, awalnya tidak menyangka tugas sebagai pengemudi kendaraan yang digunakan Presiden Jokowi akan diamanatkan kepadanya.

Pasalnya, selama ini tugas seperti itu biasa diemban oleh prajurit TNI pria terpilih, dan sudah memiliki jam terbang tinggi mengemudikan kendaraan untuk inspeksi pasukan. Apalagi, yang ia bawa adalah Presiden Jokowi, Panglima Tertinggi TNI.

"Awalnya saya masih ragu karena baru pertama kali mengemudikan kendaraan untuk pemeriksaan pasukan, apalagi saya dari wanita TNI, dan ini adalah upacara terbesar TNI," ujar Serda Bella kepada Liputan6.com, Jumat (6/10/2017).

Namun, sebagai seorang prajurit, Bella pantang menolak perintah atasan. Dia menganggap, tugasnya sebagai pengemudi kendaraan dalam inspeksi pasukan sebagai tantangan. Ini juga menjadi suatu kebanggaan bagi diri dan keluarganya.

"Di sisi lain saya juga merasa bangga bahwa baru kali inilah seorang prajurit TNI wanita mendapat tugas seperti ini," ucap Bintara Kowad yang memulai karier militernya pada 2013.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diisukan Selingkuh, Suami Kalina Ocktaranny Angkat Bicara

Posted: 05 Oct 2017 09:30 PM PDT

Suami Kalina Ocktaranny, Hendrayan, akhirnya angkat bicara soal isu perselingkuhan yang mengarah padanya belakangan ini. Pesinetron tersebut diduga bermain api dengan istri Epy Kusnandar, Karina Ranau, sahabatnya sendiri.

Melalui Instagram pribadinya, Hendrayan mengunggah latar belakang polos berwarna hitam. Pria yang resmi menikah dengan Kalina Ocktaranny pada 26 Mei 2017 itu bermaksud memberikan klarifikasi soal simpang siur kabar tersebut.

Kalina Ocktaranny (Adrian Putra/bintang.com)

"Saya Hendrayan, disini saya mau meluruskan masalah yg ada antara saya, istri saya @kalinaocktaranny dan @karinaranau9," tulis Hendrayan dalam keterangan foto yang diunggah Jumat (6/10/2017).

Senada dengan perkataan Karina Ranau sebelumnya, Hendrayan mengaku hanya berteman dengan aktris sekaligus pengusaha tersebut. "Saya dan Karin berteman dan berpartner kerja sudah sangat lama dan istri saya tau betul saya tidak ada hubungan apapun dengan istri dari @epy_kusnandar Masalah disini sebenarnya hanya salah paham," tulis Hendrayan.

Hendrayan pun menjelaskan bahwa pernyataan Kalina Ocktaranny yang menjadi pemicu isu tersebut sebenarnya sederhana. "Istri saya hanya meminta utk dihargai dengan tidak memposting foto2 saya dengan Karin berdua setelah saya menikah. permintaan yang sangat simple dari seorang istri," lanjut Hendrayan.

Dengan tegas, Hendrayan pun membantah kabar miring yang terlanjur beredar di khalayak luas. "Sekali lagi disini saya mengatakan tidak ada perselingkuhan atau pihak Karin menggoda saya. Saya pribadi mohon maaf atas ada nya berita ini. Terima kasih," Hendrayan menandaskan.

Sebelumnya, Karina Ranau terlebih dahulu telah memberikan penjelasan soal hubungannya dengan suami Kalina Ocktaranny. Melalui Instagram pribadinya, artis yang kerap tampil seksi itu menyebut bahwa dirinya akan terus berteman dengan Hendrayan meski telah dihujat publik habis-habisan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bertandang ke Tempat Kelahiran ThinkPad Legendaris di Jepang

Posted: 05 Oct 2017 09:30 PM PDT

Genap sudah ThinkPad berusia 25 tahun. Separuh abad produk komersial dari Lenovo itu dikenal dengan model kokoh dan tahan banting. Pantaslah jika ThinkPad memiliki 50 juta pelanggan setia di seluruh dunia.

Dirancang oleh Richard Sapper, ThinkPad lahir di Laboratorium Yamato, Yamato City, kanagawa Prefecture, Jepang. Seri perdana yang rilis ThinkPad 700C pada 5 Oktober 1992.

Kala itu, IBM merupakan pemilik resmi merek tersebut. Kemudian Lenovo mengakuisisi bisnis PC ThinkPad pada 2005 dan laboratorium Yamato direlokasi ke Minatomirai Center Building, Yokohama di 2011.

Laboratorium Yamato adalah saksi sejarah perjalanan panjang ThinkPad hingga usia sekarang. Beruntung, Liputan6.com dan awak media lain dari beberapa negara berkesempatan langsung melongok laboratorium tersebut dalam acara ThinkPad 25Th Anniversary Media Tour di Yokohama, Jepang, kemarin (5/10/2017).

Sebelum di lempar ke pasar, laptop legendaris ThinkPad harus melalui serangkaian uji coba ekstrem di laboratorium Yamato. Tujuannya supaya produk yang dihasilkan tahan air, tahan debu, dan tahan banting.

Intip proses uji ketahanan laptop ThinkPad di Laboratorium Yamato, Yamato City, kanagawa Prefecture, Jepang. Liputan6.com/ Fiki Ariyanti

Vice President of Global Marketing User and Customer Experience Lenovo, Dilip Bhatia mengungkapkan, perusahaan didukung 500 engineer yang menciptakan dan menjual 3 juta unit laptop ThinkPad setiap tahun.

"Banyak hal yang bisa dibanggakan, karena produk ini hasil kerja mereka yang berkualitas tinggi, bagus rancangannya, inovatif, penuh gairah, dan mampu bertahan di pasaran. Para engineer inilah yang menggabungkan semuanya," ujar Bhatia.

Intip proses uji ketahanan laptop ThinkPad di Laboratorium Yamato, Yamato City, kanagawa Prefecture, Jepang. Liputan6.com/ Fiki Ariyanti

Laboratorium Yamato terbagi dalam empat area besar, yakni laboratorium untuk menguji ketangguhan dan ketahanan (Robustness and Durability Design Lab), laboratorium desain daya tahan (Durability Design Lab), EMC and Reliability Design Lab, serta Wireless and Acoustic Design Lab.

Memasuki ruang laboratorium satu per satu, kami tak henti dibuat terkejut. Pertama, Robustness and Durability Design Lab. Di sini, pengujian kasar terhadap ThinkPad dimulai. Jadi, laptop diletakkan pada mesin yang memberikan guncangan dan getaran cukup kencang, dibanting dari ketinggian kurang 1 meter, ditindih dengan besi seberat 5 kilogram (kg), sampai diinjak oleh orang dewasa.

Intip proses uji ketahanan laptop ThinkPad di Laboratorium Yamato, Yamato City, kanagawa Prefecture, Jepang. Liputan6.com/ Fiki Ariyanti

LCD pun tak lepas dari pukulan untuk mengetahui daya tahannya. Dalam sebuah mesin tertutup, ThinkPad harus 'bermandi' debu sehingga engineer dapat mencari solusi ketika debu menumpuk pada PC.

Selanjutnya bergerak ke Durability Design Lab. Para engineer bekerja memeriksa daya tahan terhadap berbagai kondisi buruk yang kerap terjadi pada saat penggunaan PC, seperti listrik statis, gangguan, gelombang elektromagnetik, keyboard, USB, LCD dalam keadaan statis maupun dinamis.

 

Intip proses uji ketahanan laptop ThinkPad di Laboratorium Yamato, Yamato City, kanagawa Prefecture, Jepang. Liputan6.com/ Fiki Ariyanti

Di area laboratorium ketiga, EMC and Reliability Design Lab, kami dapat melihat ThinkPad tengah berada di ruangan dingin bersuhu nol derajat celcius. Produk ini harus melewati uji temperatur di saat dingin maupun panas terik. Temperaturnya paling dingin nol derajat celcius, dan 40 derajat celcius paling panas.

 

Intip proses uji ketahanan laptop ThinkPad di Laboratorium Yamato, Yamato City, kanagawa Prefecture, Jepang. Liputan6.com/ Fiki Ariyanti

Laboratorium terakhir, mengunjungi Wireless and Acoustic Design Lab. Dalam ruangan ini, kami seperti berada di studio rekaman musik. Hanya saja bukan penyanyi yang berada di dalam, melainkan laptop ThinkPad sedang diuji coba. Pengujian di laboratorium tersebut, di antaranya antena, jaringan nirkabel atau wifi di ruangan yang terlindung dari gelombang radio dan suara.

Intip proses uji ketahanan laptop ThinkPad di Laboratorium Yamato, Yamato City, kanagawa Prefecture, Jepang. Liputan6.com/ Fiki Ariyanti

Vice President PCSD Integrated Development Center Lenovo, Luis Hernandez mengatakan, laboratorium Yamato sangat unik karena mengembangkan produk berdasarkan masukan dari pelanggan setia ThinkPad. Inilah janji kami untuk menciptakan produk andal dan berkualitas tinggi, sehingga dalam pemilihan mitra pun diseleksi ketat.

"Kami tidak bisa berkolaborasi dengan mitra yang tidak sesuai dengan janji kami ke pelanggan. Mereka yang menggunakan produk kami, lalu memberi masukan, dan kemudian kami menterjemahkan pengalaman pelanggan ke dalam sebuah tes atau uji coba produk," jelas Hernendez.

Intip proses uji ketahanan laptop ThinkPad di Laboratorium Yamato, Yamato City, kanagawa Prefecture, Jepang. Liputan6.com/ Fiki Ariyanti

Setelah menyambangi laboratorium Yamato, perjalanan kami diakhiri dengan meninjau museum ThinkPad. Dipamerkan beberapa unit laptop dari masa ke masa, termasuk ThinkDog berwarna kuning keemasan, ThinkPad Butterfly, ThinkPad dua layar, dan lainnya.

(Fiki Ariyanti/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspadai Benda di Rumah yang Penuh Kuman

Posted: 05 Oct 2017 09:30 PM PDT

Sabun dan pembersih selalu mengklaim memiliki resep sempurna untuk menyingkirkan kuman. Namun berbagai benda yang sering kita gunakan ternyata mengandung bakteri yang tidak terlihat, sehingga jarang dibersihkan.

Kebersihan benda tersebut tentu menjadi hal utama yang harus diperhatikan, karena jika tidak, kuman-kuman di dalamnya akan terus berkembang dan dapat membahayakan kesehatan. 

Sekecil apapun, kuman tertentu memiliki kemampuan untuk menyerang tubuh kita dan menyebabkan kerusakan serius melalui penyakit. Hal terburuk adalah, organisme mikroskopis ini bisa hidup di sudut kecil yang tidak akan pernah Anda duga. Berikut benda-benda di rumah yang mengandung banyak kuman, melansir Step To Health, Jumat (5/10/2017).

1. Spons

Spons yang penuh dengan sabun, bukan berart bersih. Spons yang lembab merupakan lingkungan ideal untuk pertumbuhan kuman. Spons tidak hanya penuh dengan sabun, mereka juga penuh dengan semua jenis partikel kecil sisaa makanan dan potongan lainnya yang ditemukan di dapur atau wastafel.

Beberapa penelitian menunjukkan, patogen ini bisa hidup sampai dua minggu dalam spons. Itulah mengapa sangat penting untuk selalu memeras air dari spons. Hal ini membuat air yang berlebihan tidak tersisa dan memungkinkan reproduksi bakteri dan patogen lainnya. Gantilah spons Anda setidaknya dua minggu sekali.

2. Talenan

Kita sering menggunakan talenan untuk memotong daging mentah, buah, dan sayuran. Talenan merupakan tempat ideal bagi mikroba yang sangat berbahaya untuk tumbuh. Bakteri seperti salmonella, campylobacter, dan Escherichia coli hanyalah puncak gunung es ketika sampai pada penghuni dapur yang paling umum.

Membersihkan talenan hanya dengan sabun tidak cukup. Gunakan cuka untuk memastikan landasan potong Anda selalu bersih. 

Ilustrasi sikat gigi.

Jamur, bakteri, dan virus menempel pada pegangan sikat gigi. Alat kebersihan pribadi ini selalu basah. Dimana ada air, kemungkinan ada patogen.

Namun, air hanyalah salah satu dari sekian banyak sumber bakteri. Mulut dan tangan Anda adalah konduktor utama jutaan mikroorganisme yang akhirnya hidup di sikat gigi.

Jaga sikat gigi Anda tetap kering, karena hal ini akan membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan penyakit menular terkendali.

4. Mainan anak-anak

Kebanyakan orang tua mengajari anak-anak mereka untuk menyimpan mainan di dalam keranjang, namun hanya sedikit yang sering memahami pentingnya mendisinfeksi mainan sesering mungkin.

Mainan memiliki kecenderungan diletakkan pada tempat yang penuh bakteri, seperti bantal, lantai, bak mandi, dan karpet.

Action figure, balok, dan mainan lainnya dapat menyimpan kuman berbahaya. Apalagi mengingat, sistem kekebalan bayi dan anak jauh lebih rentan daripada orang dewasa. Mainan kayu adalah yang paling mungkin menumpuk mikroorganisme dan bakteri. (Michelle Tania)

Saksikan juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina Lubricants Punya Pelumas Bersertifikasi Halal MUI

Posted: 05 Oct 2017 09:29 PM PDT

Seiring perkembangan, dunia bisnis tumbuh semakin ketat. Banyaknya produk yang masuk dari luar menuntut perusahaan-perusahaan di dalam negeri melakukan inovasi agar tetap dapat bertahan dan terus mendapat kepercayaan konsumen. Hal ini juga berlaku bagi industri penyedia pelumas terbesar di Indonesia, yaitu Pertamina Lubricants.

Anak perusahaan PT Pertamina yang bergerak di sektor pelumas ini, berinovasi dengan menghadirkan pelumas food grade. Pelumas food grade ini adalah pelumas pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk berbagai mesin produksi makanan.

Tim Corporate Secretary Pertamina Lubricants, Nur Rizki Lestari menyatakan bahwa pelumas pada mesin pembuatan makanan kemungkinan bisa mencemari makanan. Oleh karena itu, PT Pertamina Lubricants merasa terpanggil untuk melengkapi kehalalan dalam produksi makanan.

"Kenapa pelumas pakai sertifikasi halal? Jadi gini, makanan ini sekarang kalau di pabrik makanannya diolah dengan menggunakan mesin. Yang namanya menggunakan mesin, mesin itu juga butuh pelumas. Kita tidak bisa menjamin selama proses produksi apakah ada pelumas yang menetes dari mesin itu atau segala macam. Pelumas yang halal gunanya itu kalaupun kemungkinan terburuk dia menetes di makanan, dia tidak akan mempengaruhi rasa dan tidak akan mempengaruhi kehalalan, karena pelumas itu sendiri sudah mempunyai label sertifikasi halal," ujar Nur Rizki.

Untuk informasi, PT Pertamina Lubricants menghadirkan pelumas food grade juga dalam rangka memenuhi UU No. 33 tahun 2014 tentang sertifikasi halal, dan sekaligus mendukung industri makanan di Indonesia.

Pertamina Lubricants menghadirkan lima pelumas food grade H-1 ke pasaran pelumas. Kelima tipe pelumas terbaru tersebut meliputi empat varian Pertamina FG - GO (Food Grade - Gear Oil) dan satu varian Pertamina FG - HO (Food Grade - Hydraulic Oil).

Pelumas H-1 adalah Pelumas Food Grade yang berfungsi melindungi dan melumasi moving parts dari permesinan dalam proses produksi makanan dimana 'incidental contact' antara pelumas dan produk makanan kemungkinan terjadi.

Namun, komposisi yang digunakan untuk Pelumas H-1 merupakan komponen-komponen yang tidak berdampak terhadap makhluk hidup jika dikonsumsi, seperti komponen sintetis khusus dan minyak nabati lainnya. Bahan aditif kimia yang digunakan Pelumas Food Grade hanya yang disetujui oleh US Food and Drug Administration (FDA).

Lebih detil lagi, Pelumas Pertamina Food Grade, yakni Pertamina FG – GO 150, 220, 320, dan 460 merupakan empat jenis pelumas gear oil yang diformulasikan khusus untuk Pelumas Gearbox industri, termasuk industri makanan dan minuman.

Pelumas ini memenuhi spesifikasi US FDA, Sertifikasi H-1 dari NSF (National Sanitation Foundation) dan terdapat dalam White Book (Nonfood Compound Listing Directory).

Sementara, Pelumas Perta­mina FG – HO 46 hadir untuk memberikan keamanan pada proses produksi makanan atau minuman pada saat digunakan sebagai cairan hidrolik untuk peralatan panas pemroses makanan, seperti fryers, ovens, cookers, conveyors, atau peralatan yang posisinya dekat sumber penyalaan api.

Pelumas Pertamina FG – HO 46 memiliki kemampuan pelumasan yang sangat baik dan memberikan perlindungan terhadap korosi serta telah teregistrasi oleh NSF International sebagai pelumas H-1 sesuai persyaratan US Department of Agriculture (USDA). Di samping itu, Pelumas Pertamina FG – HO 46 telah mendapatkan sertifikasi Halal dan MUI.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sosok Ahok di Mata Penyaji Makanannya di Balai Kota

Posted: 05 Oct 2017 09:22 PM PDT

Tangis Indah Pujiati, seorang pekerja harian lepas di Balai Kota Jakarta pecah. Indah bertugas menyiapkan makanan untuk gubernur DKI setiap hari itu sedih lantaran membaca surat balasan mantan bosnya Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok untuk dirinya.

"Namanya Mbak Indah, setiap pagi dan sore selalu menyiapkan makanan untuk Pak Ahok, semasa menjadi wakil dan gubernur DKI Jakarta. Karena kangen, Mbak Indah kirim surat untuk Pak Ahok ke Mako Brimob. Surat Mbak Indah dan balasan surat Pak Ahok serta foto kenangan bersama Pak Indah diberi surprise selama Bapak menjabat ada di slide berikutnya," tulis Tim BTP di akun Instagram Ahok @BasukiBTP, Kamis 5 Oktober 2017.

Rupanya, Indah mengaku terharu lantaran Ahok masih ingat padanya dan cepat membalas suratnya.

Ahok, di mata Indah, bukanlah sosok yang galak. Menurutnya, Ahok hanya tegas saat pekerjaan anak buahnya tidak beres. Di samping itu, Ahok adalah sosok atasan yang baik dan menganggap anak buah seperti keluarga.

"Bapak memang tegas, tapi kalau arogan itu tanggapan orang yang enggak tahu aja. Dia sama anak buah seperti keluarga. Tegas hanya kalau ada pekerjaan yang kekurangan (salah)," kata Indah di Balai Kota Jakarta, Jumat (6/10/2017).

Menurut Indah, anggapan Ahok sosok arogan akan luntur bila mengenal Ahok. Selain itu, menurut Indah, sosok Ahok adalah pemakan segala makanan alias tidak pilih-pilih makanan yang disiapkan anak buahnya.

"Saya sebenarnya PHL kebersihan, saya merangkap kalau siang itu serabutan menyiapkan makan, bapak makan apa saja, suka sayuran, semua suka," tandas Indah.

 

Beberapa hari lalu, Indah mengirim surat pada Ahok ke Mako Brimob. Dalam suratnya, Indah mengaku rindu pada Ahok. Dia juga berterima kasih pada Ahok lantaran selalu menolongnya.

"Saya Indah Pak, saya kangen banget sama Bapak. Kalau saya rindu Bapak, saya selalu buka Youtube, Pak," kata Indah dalam suratnya.

Dalam suratnya, Indah mengaku selalu berdoa agar Ahok kembali memimpin Jakarta.

Hanya berselang dua hari, Ahok langsung membalas surat Indah. Dia mengucapkan terima kasih kepada Indah karena selalu mendoakan Ahok dan keluarganya.

Begini isi surat Ahok:

Saya baik-baik di sini. Banyak waktu untuk membaca, menulis, olahraga dan berdoa. Terimakasih atas doa serta dukungannya kepada saya dan keluarga.

Terimakasih atas bantuan yang selalu menyiapkan makanan dan minuman untuk saya sejak dari wagub sampai selesai tugas saya sebagai gubernur DKI.

Tuhan memberkati dan menolong Indah dan keluarganya.

Salam BPT

Ahok

Mako Brimob

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akibat Wabah, Dua Universitas Diliburkan

Posted: 05 Oct 2017 09:21 PM PDT

 

Otoritas Madagaskar, Kamis (5/10), memerintahkan dua universitas ditutup sementara waktu setelah upaya intensif ditingkatkan untuk menghentikan wabah yang telah menewaskan 33 orang dan menyebabkan kepanikan luas.

Pulau Samudera Hindia itu didera wabah setiap tahun, tetapi tahun ini penyakit tersebut memengaruhi daerah perkotaan, memicu kekhawatiran dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Dalam perang melawan penyebaran wabah, universitas Toamasina dan Antananarivo akan ditutup untuk upaya sanitasi," ungkap Kementerian Pendidikan Tinggi dalam sebuah pernyataan.

Ibu kota Antananarivo dan kota pelabuhan Toasmasina telah menjadi pusat wabah. Tiga puluh tiga orang saat ini dikonfirmasi telah tewas secara nasional sejak akhir Agustus. Kampus di Antananarivo diperkirakan akan dibuka kembali pekan depan, meski pertemuan publik di kota itu akan tetap dilarang.

Wabah tersebut termasuk wabah pes, yang disebarkan oleh tikus yang terinfeksi melalui gigitan kutu, dan wabah infeksi paru-paru, yang disebarkan dari orang ke orang.

Wabah infeksi paru-paru dapat membunuh korban dengan cepat, dalam keadaan terinfeksi selama 18 sampai 24 jam tanpa pengobatan, tetapi penyakit itu dapat disembuhkan dengan penggunaan antibiotik secara dini.

Antrean panjang terbentuk di luar farmasi saat orang-orang berduyun-duyun membeli masker wajah dan obat, demikian laporan AFP.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fast and Furious Versi The Rock dan Jason Statham Resmi Digarap

Posted: 05 Oct 2017 09:20 PM PDT

Pada 4 Oktober 2017, dikabarkan bahwa Fast and Furious 9 batal tayang pada 2019 dan direncanakan tiba pada 2020. Ternyata, Universal memutuskan untuk menjadikan tahun 2019 sebagai jadwal rilis film sempalan (spin-off) Fast and Furious yang dibintangi Dwayne "The Rock" Johnson dan Jason Statham.

Disampaikan Ace Showbiz, Jumat (6/10/2017), film terbaru Fast and Furious yang berfokus pada karakter Luke Hobbs (The Rock) dan Deckard Shaw (Statham) nanti, rencananya akan ditayangkan pada 26 Juli 2019. Namun begitu, belum ada judul yang ditetapkan untuk film ini.

Dwayne

Dikabarkan juga bahwa pihak studio telah mengajak Chris Morgan, penulis setiap film Fast and Furious sejak The Fast and the Furious: Tokyo Drift yang rilis 2006 silam, untuk menulis skenarionya.

Sayangnya, meskipun jadwal tayang film baru Fast and Furious ini sudah ditentukan, masih belum ada kesepakatan yang dibuat antara The Rock dan Jason Statham dengan pihak studio, seperti dilaporkan The Hollywood Reporter.

 

Fast and Furious 8 alias The Fate of the Furious. (alphacoders.com)

"Fast & Furious adalah salah satu properti Universal yang paling disukai, dan kami menangani setiap keputusan yang kami buat seputar waralaba ini dengan sangat hati-hati," kata pimpinan Universal Pictures, Donna Langley.

"Merek global Fast and Furious sangat kuat dan penuh dengan karakter ikonis, dan kami berharap bisa terus membangun film yang memulai semuanya, sekaligus memperluas narasi yang berbeda yang dimulai dengan spin-off pertama kami," lanjutnya.

Cuplikan The Fate of The Furious (Fast and Furious 8)

Sementara itu, sebuah sumber mengatakan bahwa salah satu alasan penundaan Fast and Furious 9 yang akan tiba 10 April 2020 dikarenakan studio butuh waktu untuk mengakomodasi jadwal sutradara yang masih belum ditentukan. Disebutkan juga bahwa Justin Lin yang mengarahkan film Fast and Furious ketiga hingga keenam, kemungkinan menjadi sutradaranya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vettel Ungguli Hamilton di FP1 GP Jepang

Posted: 05 Oct 2017 09:15 PM PDT

Sebastian Vettel tampil gemilang di latihan bebas pertama (FP1) di Formula 1 (F1) GP Jepang, Jumat (6/10/2017). Pembalap andalan Ferrari ini menjadi yang tercepat dan sukses mengungguli Lewis Hamilton.

Vettel menjadi yang tercepat setelah membukukan waktu putaran 1 menit 29,166 detik. Sedangkan Hamilton yang mengusung bendera Mercedes meraih catatan waktu 1 menit 29,377 detik.

Sementara itu, posisi ketiga ditempati pebalap Red Bull, Daniel Ricciardo, yang mengukir catatan waktu lap 1 menit 29,541 detik. 

Posisi keempat dihuni pembalap Ferrari lainnya, Kimi Raikkonen, yang lebih cepat daripada driver Mercedes, Valtteri Bottas. Rekan setim Raikkonen, Max Verstappen, menempati posisi keenam. 

Lewis Hamilton menjadi salah satu pebalap yang paling awal membukukan waktu lap yaitu 1 menit 31,072 detik.Posisi kedua dan ketiga pada catatan waktu lap tercepat ditempati Valtteri Bottas dan Kimi Raikkonen. Vettel masih di posisi keempat latihan bebas F1 ini.

Namun, tak lama berselang, gilirang Daniel Ricciardo yang mengukir waktu lap tercepat, yaitu 1 menit 29 detik. Posisi tersebut terus dipertahankan Ricciardo.

Tiga puluh menit menjelang FP1 berakhir, pebalap Toro Rosso, Carlos Sainz Jr, menabrak pembatas lintasan setelah Tikungan 11. Beruntung, kondisi Sainz baik-baik saja. Namun, insiden itu memaksa dikibarkannya bendera merah. Petugas harus membersihkan lintasan dari debris-debris mobil Carlos Sainz.

Saat balapan kembali dilanjutkan, Hamilton kembali mengukir waktu tercepat 1 menit 28,399, diikuti Vettel dan Ricciardo yang masing-masing berselisih 0,042 detik dan 0,164 detik.

Komposisi posisi tiga besar berubah 10 menit menjelang latihan bebas pertama F1 GP Jepang kelar.Vettel menyodok ke posisi pertama catatan waktu setelah membukukan 1 menit 29,166 detik. Posisi kedua ditempati Hamilton dan Ricciardo. Komposisi ini bertahan hingga FP1 berakhir. 

 

1. Sebastian Vettel (Ferrari) 1 menit 29,166 detik 

2. Lewis Hamilton (Mercedes) 1 menit 29,377 detik 

3. Daniel Ricciardo (Red Bull Racing)  1 menit 29,541 detik 

4. Kimi Raikkonen (Ferrari)  1 menit 29,638 detik 

5. Valtteri Bottas (Mercedes) 1 menit 30,151 detik 

6. Max Verstappen (Red Bull) 1 menit 30,762 detik 

7. Esteban Ocon (Force India)  1 menit 30,899 detik 

8. Nico Hulkenberg (Renault) 1 menit 30,974 detik 

9. Romain Grosjean (Ferrari) 1 menit 31,032 detik 

10. Stoffel Vandoorne (McLaren)  1 menit 31,202 detik 

11. Kevin Magnussen (Haas)  1 menit 31,216 detik 

12. Fernando Alonso (McLaren)  1 menit 31,235 detik 

13. Sergio Perez (Force India)  1 menit 31,530 detik 

14. Lance Stroll (Williams) 1 menit 31,602 detik 

15. Jolyon Palmer (Renault)  1 menit 31,757 detik 

16. Felipe Massa (Williams) 1 menit 31,912 detik 

17. Carlos Sainz (Toro Rosso)  1 menit 32,252 detik 

18. Pierre Gasly (Toro Rosso) 1 menit 32,501 detik 

19. Pascal Wehrlein (Sauber) 1 menit 32,897 detik 

20. Marcus Ericsson (Sauber)  1 menit 33,397 detik

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Model Bertubuh Curvy Tampil di Panggung Alexander McQueen

Posted: 05 Oct 2017 09:15 PM PDT

Sejak dahulu, gambaran tentang tubuh ideal perempuan selalu mengalami perubahan. Kini bentuk tubuh perempuan yang dianggap ideal adalah yang langsing. Hal ini terlihat jelas dalam dunia mode. Lebih parahnya, para model bahkan berusaha untuk menjadi sangat kurus. Banyak model mengaku bahwa mereka kerap ditolak oleh agensi atau brand karena dianggap memiliki tubuh yang kurang ramping.

Model bertubuh curvy tampil di panggung runway Alexander McQueen. (Foto: Document Alexander McQueen)

Hal ini menjadi permasalahan yang ditanggapi oleh berbagai pihak yang berada di dalam maupun di luar industri fashion. Kasus bulimia dan anoreksia yang telah memakan korban jiwa di dunia modeling menjadi peringatan keras bagi para pelaku bidang mode. Beberapa negara seperti Prancis telah menetapkan aturan mengenai indeks masa tubuh model agar kasus serupa tak terjadi lagi.

Selain tentang kesehatan tubuh, perihal body image juga menjadi satu segi permasalahan signifikan di dunia modeling. Tubuh model yang terlalu kurus dinilai bisa berujung pada ketidakpercayaan diri bagi perempuan lain yang memiliki tubuh curvy atau ekstra. Dengan kata lain, gambaran model kurus di dunia fashion dapat membuat para perempuan yang tidak bertubuh ramping menjadi kurang mengapresiasi dirinya sendiri.

Di perhelatan Paris Fashion Week musim ini, Alexander McQueen tampak menjadi brand terkini yang bersuara mengenai hal tersebut. Melansir halaman Yahoo Style UK pada Jumat (6/10/2017), label asal Inggris tersebut menurunkan dua model bertubuh curvy untuk memperagakan koleksi musim semi 2018. Mereka adalah Eline Lykke dan Betsy Teske. Ini adalah hal yang tergolong tak lazim di Paris Fashion Week sebab event itu dikenal cenderung konservatif.

Siapa bilang seorang model harus bertubuh super ramping? Buktinya 2 Model bertubuh curvy tampil di panggung runway Alexander McQueen. (Foto: Document Alexander McQueen)

"Saya sangat berterima kasih dan bahagia! Terima kasih telah mengubah peran dari model Curvy," tulis Eline Lykke dalam akun Instagramnya @elinelykke. Banyak yang berharap agar semakin banyak keragaman bentuk tubuh perempuan terlihat di panggung mode. Perjalanannya mungkin masih cukup jauh. Tahun lalu, hanya ada dua plus-size model di Paris Fashion Week, yakni yang berjalan untuk H&M Studio, sementara di Milan Fashion Week hanya Dolce & Gabbana yang menampilkan model dengan beragam ukuran tubuh.

Bio In God Bless

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemkes Serius Awasi Penyalahgunaan Obat

Posted: 05 Oct 2017 09:14 PM PDT

 

Kementerian Kesehatan berkomitmen untuk mengawasi penggunaan maupun penyalahgunaan obat-obatan di masyarakat dengan cara mengedukasi dan membuat regulasi.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza Kementerian Kesehatan Fidiansjah di Jakarta, Jumat, mengatakan pengawasan yang dilakukan Kemenkes menitikberatkan pada pencegahan penyalahgunaan obat-obatan.

"Masing-masing kementerian punya tugas pokok, kalau pengawasan ada di Badan POM. Kemenkes regulasi terhadap apa yang sudah beredar, dipakai oleh para profesional sesuai dengan peraturannya," kata Fidiansjah.

Dia menjelaskan bila Badan POM mengawasi produksi dan pendistribusian obat-obatan, sementara Kementerian Kesehatan mengawasi penggunaan ketika obat sudah terdistribusi kepada masyarakat.

Fidiansjah memaparkan Kemenkes bergerak mencerdaskan masyarakat dengan mengedukasi penggunaan obat-obatan dengan benar yang harus melalui proses kunjungan dan resep dokter.

"Harus resep dokter, harus datang ke dokter. Jangan mudah teriming-imingi obat lalu main pakai. Ini yang kami katakan kami bergerak ke hulu, kami cerdaskan masyarakat bagaimana cara menggunakan obat dengan baik," kata Fidiansjah.

Kementerian Kesehatan sudah memiliki program pendekatan kesehatan keluarga melalui petugas kesehatan di Puskesmas untuk mengedukasi tentang kesehatan keluarga.

Dia menjelaskan program tersebut digunakan untuk memperkuat ketahanan keluarga untuk memahami setiap anggota keluarga, khususnya untu mengetahui apakah anak-anaknya terlibat penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo mencanangkan aksi nasional pemberantasan obat ilegal dan penyalahgunaan obat untuk memberikan perlindungan kepada segenap bangsa dan seluruh masyarakat Indonesia.

Menteri Kesehatan Nila Moeloek sebelumnya juga mengatakan berkomitmen untuk memberantas peredaran obat ilegal dengan menggandeng Polri dan Badan POM. (Aditya Ramadhan/AntaraNews)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masuk Musim Hujan, Harga Cabai Merangkak Naik

Posted: 05 Oct 2017 09:10 PM PDT

Jelang akhir pekan, harga sejumlah komoditas sayuran naik di pasar tradisional. Seperti harga empat jenis cabai yang kompak naik, mesti tak signifikan.

Umastuti (45), pedagang sayuran di Pasar Minggu Jakarta Selatan mengatakan, harga keempat jenis cabai naik antara Rp 1.000-Rp 3.000 per kg.

Harga cabai rawit merah yang sebelumnya Rp 25 ribu per kg menjadi Rp 26 ribu per kg. Kemudian, cabai merah besar naik Rp 1.500 dari Rp 23.500 menjadi Rp 25 ribu per kg. Cabai rawit hijau naik dari Rp 18 ribu per kg menjadi Rp 20 ribu.

Dan yang mengalami kenaikan paling tinggi yaitu cabai merah keriting, dari sebelumnya di kisaran Rp 29 ribu menjadi Rp 32 ribu per kg.

"Yang lagi naik harganya cabai, itu semuanya naik. Paling tinggi merah keriting. Mungkin gara-gara sudah masuk musim hujan, biasanya banyak yang busuk," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Jumat (6/10/2017).

Selain cabai, harga bawang putih juga melonjak naik. Dari sebelumnya harga komoditas ini dibanderol Rp 28 ribu per kg, saat ini naik menjadi Rp 30 ribu per kg.

Sementara itu, sayuran lain seperti tomat, bawang merah, wortel dan kentang masih cenderung stabil. Untuk tomat dibanderol Rp 10 ribu per kg, sedangkan bawang merah sebesar Rp 25 ribu per kg.

"Yang lain masih stabil, belum ada yang naik turun. Pasokannya juga masih lancar. Yang penting enggak ada yang banjir," tandas dia.

Berikut daftar harga sayuran berdasarkan pantauan:

- Cabai rawit merah Rp 26 ribu per kg

 

- Cabai rawit hijau Rp 20 ribu per kg

 

- Cabai merah keriting Rp 32 ribu per kg

 

- Cabai merah besar (TW) Rp Rp 25 ribu per kg

 

- Bawang merah Rp 25 ribu per kg

 

- Kentang Rp 15 ribu per kg

 

- Timun Rp 8.000 per kg

 

‎- Wortel Rp 10 ribu per kg

 

‎‎- Kol Rp 8.000 per kg

 

- Bawang putih Rp 30 ribu pe‎r kg

 

‎‎- Tomat Rp 10 ribu per kg

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan Kue Artis, Ini Bisnis Pilihan Rio Dewanto

Posted: 05 Oct 2017 09:10 PM PDT

Sebagai pecinta sepatu, Rio Dewanto punya banyak koleksi sepatu bernilai tinggi. Sejak dulu, bintang film 'Garuda di Dadaku' ini memang rajin mengumpulkan sepatu yang dianggapnya langka. Rio Dewanto mengaku punya kepuasan tersendiri jika berhasil mendapatkan sepatu yang tak semua orang bisa dapatkan.

"Di rumah ada tempat khusus. Di situ ada puluhan sepatu, gue taruh rak transparan khusus sepatu yang berteknologi tinggi dan jarang gue pakai. Itu ada kepuasan tersendiri saat gue lihat," kata Rio Dewanto dalam peluncuran Timberland The Giri Collection ‎di Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2017).

‎Selain itu, sepatu juga menjadi bagian dari investasi masa depan yang dilakukan Rio Dewanto. Pasalnya ia pernah punya pengalaman mengejutkan setelah berhasil menjual sepatu langka yang dimilikinya dengan harga tinggi.

"Kadang kalau gue butuh uang, gue merasa sepatu bisa jadi investasi. Gue pernah beli sepatu Rp 7 juta, waktu itu orang-orang belum kenal sepatu itu. Pas gue jual lagi, sepatunya dihargai Rp 18 juta. Dari situ gue coba meyakinkan istri bahwa sepatu yang dia bilangnya 'Mahal banget sih' ternyata bisa jadi investasi yang menjanjikan," ujar Rio Dewanto.

"Kayak Timberland yang Yellow Boots itu gue yakin harganya enggak akan turun. Atau juga produk sepatu yang limited edition kalau kita punya jadi kebanggaan. Dan kalau dijual lagi harganya enggak cepat turun," lanjutnya.‎‎

Soal kocek, Rio Dewanto tak menampik sudah mengeluarkan uang banyak. Namun, suami Atiqah Hasiholan itu yakin koleksi puluhan pasang sepatunya itu bakal memiliki nilai lebih tinggi pada waktu yang akan datang.‎

"Lumayan (menguras uang). Tapi enggak sampai puluhan juta juga sekali beli. Paling gue beli setiap tahun itu1-2 sepatu yang memang punya teknologi baru dan sesuai kebutuhan gue. Dan karena gue sama Atiqah suka banget sepatu, jadi dia support juga," ucap Rio Dewanto.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wonderful Indonesia Unjuk Gigi di Konvensi Teochew Internasional

Posted: 05 Oct 2017 09:09 PM PDT

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) tak pernah berhenti melakoni strategi mendatangkan wisatawan MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition). Event sekelas "The 19th Teochew International Convention" pun ikut disentuh.

Wonderful Indonesia siap tebar pesona di event yang digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, pada ‪6-8 Oktober‬ 2017 itu. Dalam kegiatan ini akan hadir lebih dari 5.000 peserta yang merupakan anggota Perkumpulan Teochew dari dalam dan luar negeri.

Selama dua hari, para peserta akan saling memperkuat jejaring dalam mewujudkan perkembangan kegiatan perdagangan, kerja sama ekonomi dan jaringan bisnis, serta tidak ketinggalan di bidang budaya dan pariwisata.

Ketua Umum Teochew Nusantara, Eka Tjandranegara, mengatakan bahwa orang-orang Teochew merupakan salah satu kelompok Tionghoa yang banyak pergi dari Tiongkok ke berbagai negara.

Guna memperkuat jaringan dan komunikasi di antara mereka, sejak tahun 1980 konferensi internasional Tochew digelar. Konvensi pertama digelar pada 1981 yang diprakarsai oleh Federasi Teochew Malaysia. Pada saat itu banyak komunitas Teochew dari berbagai negara mengirim delegasi ke pertemuan tersebut.

"Yang kemudian menghasilkan kesepakatan untuk membentuk Federasi Internasional Teochew dan menggelar konvensi internasional setiap dua tahun sekali. Tujuan konvensi ini adalah untuk berjejaring dan mempromosikan kontak," ujar Eka.

Selama kurun waktu dari tahun 1981 hingga 2017, secara rutin setiap dua tahun sekali Konvensi Teochew Internasional dilakukan di berbagai negara. Setelah Hong Kong, penyelenggaraan berlanjut ke Bangkok, Malaysia, Singapura, Makau, Amerika Serikat, Prancis, Beijing, Malaysia, Sydey, Vancouver, dan lainnya. 

"Dan untuk pertama kalinya Konvensi Teochew Internasional akan diselenggarakan di Indonesia," ucap Eka.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuti mengatakan, jumlah orang Teochew di Indonesia tidak sedikit. Jumlahnya sekitar tiga juta dan tersebar di penjuru Tanah Air, seperti di Sumatera, Kalimantan, Jakarta, Semarang, dan Surabaya, yang kebanyakan didirikan oleh pengusaha Teochew Indonesia serta tokoh masyarakat setempat.

"Sehingga kegiatan ini merupakan satu kesempatan untuk memperkuat perkembangan ekonomi, budaya, dan pariwisata di Indonesia," kata Esthy, didampingi Asdep Pengembangan Segmen Pasar Bisnis dan Pemerintah, Tazbir, dan Kepala Bidang Promosi Wisata Pertemuan dan Konvensi, Eddy Susilo.

Kegiatan tersebut, dikatakan Esthy, menjadi peluang untuk memperkenalkan dan mempromosikan keberagaman seni budaya Indonesia serta berbagai destinasi daerah wisata yang menarik di Tanah Air.

"Sekaligus mengajak para investor asing untuk menanamkan modalnya demi meningkatkan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi demi tercapainya kesejahteraan rakyat Indonesia," kata Esthy.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun menyambut baik akan terselenggaranya "The 19th Convention of Teochew International Federation". Indonesia, dikatakannya, memang sudah menjadi rujukan tempat penyelenggaraan konferensi-konferensi internasional. Hal ini tidak hanya karena fasilitasnya yang lengkap, tetapi juga didukung ragam destinasi yang bisa dinikmati para peserta konvensi, terutama mereka yang datang dari luar negeri.

"Spending wisatawan MICE itu sangat tinggi. Lebih tinggi dari wisatawan leisure. Lama tinggal mereka juga lebih lama, sampai lima malam. Setelah melakukan konvensi, biasanya mereka pasti akan jalan-jalan, juga belanja," ujar Arief.

Ia pun mengajak para peserta konvensi Teochew Internasional untuk mengeksplorasi Indonesia. Tidak hanya di sekitar lokasi kegiatan, tapi juga ke destinasi-destinasi terbaik lainnya di Indonesia.

"Akses dari ICE ke berbagai destinasi sekitar ataupun menuju Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta juga dekat. Sehingga mereka bisa memilih destinasi mana yang akan dituju setelahnya," ucap Arief.

Lebih dari itu, ia juga memberi peluang sebesar-besarnya pada seluruh pengusaha Teochew yang hadir untuk berinvestasi di sektor pariwisata Indonesia.

"Indonesia memiliki 10 Bali Baru yang telah ditetapkan pemerintah. Presiden Joko Widodo sendiri juga telah menetapkan sektor pariwisata sebagai prioritas, sehingga tentunya akan banyak kemudahan yang diberikan pada investor, terutama pada Kawasan Ekonomi Khusus yang telah ditetapkan pemerintah," kata Arief. "Selamat berkonvensi, nikmati Indonesia, jejaki setiap peluang investasinya," pungkasnya. (*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wiranto Janji Selesaikan Masalah Senjata Api Hari Ini

Posted: 05 Oct 2017 09:05 PM PDT

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto memastikan, kisruh masalah senjata api akan diselesaikan hari ini.

Karena itu, Wiranto mengundang pemimpin lembaga dan institusi negara untuk rapat membahas masalah yang kini menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat.

"Sesuai janji saya, kami mau menuntaskan masalah-masalah yang menjadi isu kemarin, masalah senjata ya," kata Wiranto di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat (6/10/2017).

Wiranto mengatakan, dalam rapat kali ini pihaknya memanggil Panglima TNI, Kapolri, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Dirut PT Pindad, Kepala BNPT, dan Kepala BNN.

"Semua aparat pemerintahan, aparat negara yang menggunakan senjata api, saya undang kemari untuk bincang-bincang kembali," ucap Wiranto.

Wiranto menambahkan, pihaknya akan membahas masalah regulasi, penggunaan, pembelian, serta pengadaan senjata api di tiap lembaga dan institusi pemerintahan.

"Supaya semuanya bisa diatur dengan jelas. Dengan demikian, tidak banyak spekulasi yang berkembang di masyarakat macam-macam," kata mantan Panglima ABRI ini.

Wiranto mengimbau agar masyarakat tidak berpolemik terkait pengadaan senjata. Tidak ada masalah dalam pembelian senjata.

"Publik bukan tempat diskursus menyelesaikan masalah seperti itu. Jangan diributkan di luar, membuat spekulasi, digoreng lagi. Karena itu, setop dulu. Biarkan beri kesempatan kami menyelesaikan itu. Kita panggil wartawan, sampaikan hasil setelah koordinasi tuntas," tegas Wiranto usai upacara bendera di Monumen Pancasila Sakti, Jakarta Timur, Minggu 1 Oktober 2017.

Mantan Panglima ABRI ini menjamin masalah senjata itu tidak mengganggu keamanan nasional. Oleh karena itu, ia berjanji akan segera menyelesaikannya.

"Karena yang memasukkan senjata bukan institusi yang liar. Tapi institusi negara, lalu dananya juga bukan dari money loundring, tapi dana dari pemerintah. Peruntukannya juga untuk masalah keamanan negara," ujar Wiranto.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

'Teror' Macan Tutul di Pabrik Mobil India

Posted: 05 Oct 2017 09:02 PM PDT

Kepolisian New Delhi tengah dibuat sibuk dengan pencarian seekor macan tutul yang berkeliaran di sebuah pabrik mobil.

Hewan buas yang diduga keluar dari habitat aslinya tersebut membuat heboh banyak orang setelah penempakannya terekam sebuah kamera CCTV.

Dikutip dari laman Straits Times, Jumat (6/10/2017), rekaman CCTV tersebut berasal dari sebuah pabrik mobil terbesar di India. Dalam rekaman video, tampak jelas seekor macan tutl tengah melintasi lorong-lorong pabrik mobil.

Melihat kondisi tersebut, hampir 100 anggota kepolisian diterjunkan dengan membawa bius penenang.

Pabrik sengaja dikunci agar macan tutul yang berkeliaran tersebut tak lari ke permukiman warga.

"Sudah ada tim kepolisian dan penjaga hutan yang diterjunkan untuk mencari macan tutul tersebut. Kami sudah menutup seluruh kompleks pabrik," ujar Ashoh Bakshi, Wakil Komisaris Polisi wilayah Manesar.

Akibat penampakan macan tutul tersebut, seluruh pekerja pabrik sengaja dievakuasi agar tak menimbulkan korban jiwa. Penghentian sementara aktivitas kerja tersebut diduga akan menurunkan produktivitas.

Pasalnya, pabrik mobil tersebut dapat menghasilkan 1 juta kendaraan dalam satu tahun.

Konflik mematikan antara manusia dan hewan telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir di India -- terutama karena penyusutan habitat hewan (hutan) dan perluasan kota.

Kementerian Lingkungan India mengatakan, sedikitnya 1.144 orang terbunuh antara April 2014 hingga Mei 2017 oleh hewan liar, salah satunya macan tutul.

Ada sekitar 14 ribu macan tutul yang tewas terbunuh di India akibat tersesat di permukiman warga.

Januari lalu, seekor macan tutul ditemukan mati karena dipukuli oleh warga.

Terori macan tutul sebelumnya juga pernah terjadi pada Agustus 2016 di India. Binatang buas itu dilaporkan menerobos ke dalam sebuah kamar hotel.

"Memberikan penghuninya kejutan buruk," tulis media lokal seperti dikutip dari BBC.

Menurut Press Trust of India (PTI), Sumit Rathore dan istrinya Shivani sedang tidur ketika macan tutul memecahkan jendela dan memanjat ruang pada hari Minggu 28 Juli 2016 pagi waktu setempat.

Pasangan ini akhirnya berhasil mengunci binatang di dalam kamar mandi dan memberitahu pihak berwenang India. Namun tak lama kemudian hewan itu melarikan diri dari ruangan ke dalam hutan.

Para pejabat percaya bahwa macan tutul tersebut dikejar oleh anjing.

Kota berbukit Nainital di Uttrakhand -- di mana hotel terletak, tidak asing dengan kunjungan binatang hutan pada larut malam.

Insiden itu terjadi minggu setelah beruang hitam Himalaya memecahkan kaca jendela kamar hotel di kawasan yang sama.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penjelasan Kepala Kemenkumham NTT soal Tewasnya Tahanan di Rutan

Posted: 05 Oct 2017 09:01 PM PDT

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) NTT, Muhammad Diah, membantah kematian Mikael Manoh akibat pengeroyokan. Menurutnya, tahanan hendak diamankan karena mengamuk dan menyerang salah satu sipir penjara.

Diah juga membantah informasi yang menyebutkan bahwa petugas rutan ikut menganiaya korban. "Oh, bukan, malah sebaliknya petugas kita yang diserang oleh dia (Mikael)," kata Diah, Rabu, 4 Oktober 2017.

Diah menerangkan, sebelum menyerang petugas, Mikael membobol pintu ruang isolasi yang sebagian materialnya berupa papan kayu utuh. Dia lalu membawa bongkahan kayu yang didapat dari pintu ruang isolasi.

"Kemudian menyerang petugas," kata Diah.

Menurut Diah, tahanan tersebut baru dipindahkan dua hari dari Kejaksaan Oelamasi sebelum peristiwa penyerangan terjadi. Saat diserang, petugas rutan berjaga seorang diri dan tidak membawa alat pengaman diri, seperti pentungan.

Di saat bersamaan, warga binaan yang hendak salat Isya melihat penyerangan itu berusaha membantu petugas.

"Dalam peristiwa pergelutan itu, yang bersangkutan (korban) jatuh, dan informasi yang saya dapat kepalanya terbentur kemudian mengakibatkan dia meninggal dunia," ujarnya.

Meski begitu, ia mengaku belum mengetahui penyebab pasti luka di kepala tahanan tersebut itu. "Kita masih menunggu hasil visum," katanya.

Diah juga mengungkapkan tahanan itu masuk dalam keadaan stres. Saat ditempatkan di blok pengenalan lingkungan bersama tahanan lainnya, korban yang stres memukul tahanan lain dan akhirnya dipindahkan ke ruang isolasi.

"Ruang isolasi itu yang tadi malam ia jebol dan mengamuk," kata Diah.

Berdasarkan SOP standar penyelamatan, apabila terjadi penyerangan seperti itu, Diah mengatakan petugas dengan kemampuannya harus berusaha mengamankan situasi agar tahanan tidak bisa mencelakakan orang lain maupun petugas sendiri.

Diah juga mengaku kondisi kesehatan mental tahanan yang tewas itu awalnya tak bermasalah. Hal itu berdasarkan jawaban yang disampaikan pihak Kejari Oelamasi. "Namun setelah dimasukkan ke ruang pengenalan lingkungan, baru dia menunjukkan ada gelaja orang depresi berat," ucapnya.

Meski demikian, seluruh penjelasan yang disampaikannya hanya berdasarkan keterangan petugas maupun warga binaan lainnya mengingat rutan tak dilengkapi CCTV. Ia mempersilakan jika keluarga tahanan hendak menuntut pengusutan kasus hingga tuntas.

"Kita akan lihat dulu hasil autopsi dan apakah ini ada unsur kesengajaan atau tidak," ujarnya.

Di sisi lain, ia juga telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan kepolisian telah melakukan olah TKP. "Saya juga minta kepala rutan segera buatkan laporan kejadian dan saya tunggu," katanya.

Hasil Penyelidikan Sementara Polisi

Kasat Reskrim Alnofriwan Zaputra membenarkan telah memeriksa sejumlah saksi, antara lain para penghuni Blok C dan petugas Rutan Jimmi Meda yang bertugas pada hari itu.

"Pada hari itu, korban yang bermasalah dengan sesama tahanan lain, kemudian korban pun dipindahkan ke ruang isolasi," kata Alnof.

Beberapa saat kemudian, korban merusak pintu sel isolasi. Potongan kayu dari pintu sel isolasi kemudian digunakan untuk menganiaya petugas rutan bernama Jimmi Meda. Akibat penganiayaan itu, tangan Jimmi terluka berat.

"Tahanan lain di Blok C langsung merespons dan memukuli korban secara beramai-ramai hingga korban babak belur dan saat dilarikan ke RSB Titus Uly. Namun dalam perjalanan, korban pun meninggal dunia," ungkap Alnof.

Hasil visum luar terhadap tahanan itu menunjukkan adanya luka di kepala bagian belakang dan bagian muka dan juga di bagian belakang punggung, hingga korban kehabisan darah. Mikael langsung dipindahkan ke instalasi pemulasaran jenazah RSB Titus Uly Kupang.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: HUT TNI Paling Menyedihkan, Uang Koin Rp 60 Juta

Posted: 05 Oct 2017 09:01 PM PDT

Setiap 5 Oktober, Tentara Nasional Indonesia atau TNI selalu menggelar perayaan hari ulang tahun (HUT). Biasanya, perayaan yang berisi upacara dan devile prajurit itu selalu meriah. Seperti pada peringatan HUT ke-72 TNI di Cilegon, Banten.

Namun ternyata, tidak semua peringatan HUT TNI itu digelar dengan suka cita. Pernah pula, HUT TNI diperingati dengan penuh kesedihan. Yakni pada 5 Oktober 1965, beberapa hari setelah peristiwa G30S PKI.

Artikel tentang HUT TNI paling menyedihkan itu menjadi yang paling populer di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Diikuti artikel seputar pennampakan uang koin senilai Rp 60 juta yang dikumpulkan di 10 galon air pada urutan terpopuler kedua. Lalu di posisi ketiga, ada artikel tentang pengendara yang ngotot bayar tunai akhirnya berdebat dengan petugas tol.

Berikut top 3 Citizen6:

1. 5 Oktober 1965, HUT TNI Paling Menyedihkan Sepanjang Sejarah

Tepat hari ini, 5 Oktober 2017, Indonesia merayakan HUT TNI yang ke-72. Perayaannya dilangsungkan dalam upacara yang berlokasi di Pelabuhan Deramaga Indah Kiat Cilegon, Banten.

Upacara peringatan HUT TNI dipimpin Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, didampingi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi, dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Sementara itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara.

Selengkapnya..

2. Menabung 5 Tahun, Ini Penampakan Uang Koin Rp 60 Juta di 10 Galon

Bagi banyak orang, kebiasaan menabung bukanlah perkara mudah. Mereka bahkan mengakui sulit menyimpan uang, walaupun dalam jumlah yang kecil. Namun, ada pula orang yang mampu menyisikan uangnya dengan disiplin untuk ditabung segera setelah mendapatkan penghasilan, seperti yang dilakukan pasangan suami istri ini.

Selengkapnya..

3. Ngotot Bayar Tunai, Pengendara dan Petugas Tol Debat Alot

Video terkait perdebatan antara petugas tol dan pengendara mobil kini tengah viral di dunia maya. Video berdurasi 3 menit 20 detik tersebut diunggah pertama kali di laman Facebook Suara FSPMI pada Sabtu 30 September 2017 pukul 11.54 WIB.

"Akibat kebijakan yang salah, rupiah yang jelas sebagai alat pembayaran yang sah ditolak saat pembayaran di pintu tol," tulis keterangan video di Suara FSPMI.

Selengkapnya..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Surya Sahetapy, Putra Dewi Yull yang Aktivitas Tuli

Posted: 05 Oct 2017 09:00 PM PDT

 

Surya Sahetapy, putra ketiga dari aktor Ray Sahetapy dan penyanyi Dewi Yull itu tak bisa mendengar, tetapi itu bukan penghalang mendulang prestasi.

Tahun lalu, pemilik nama lengkap Panji Surya Putra Sahetapy menjadi delegasi tuli dari Indonesia dan berkunjung ke markas besar Perserikatan Bangsa Bangsa di AS. Pria yang sempat magang di kantor gubernur DKI Jakarta itu juga menyambangi NASA dan bertemu dengan 15 orang tuli yang bekerja di sana.

Surya juga dipercaya mewakili Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Indonesia dalam Global IT for Youth with Disabilities di Bangkok, Thailand pada 2013 dan pernah bertemu dengan Ratu Elizabeth II serta Prince Philip, Duke of Edinburgh mewakili penyandang tuna rungu dari Indonesia.

Sejak empat tahun belakangan, cowok kelahiran 21 Desember 1993 itu mulai getol mempromosikan bahasa isyarat yang penting bagi penyandang disabilitas tuli.

Dibantu juru bicara isyarat Silva Tenrisara Isma, ANTARA News berbincang dengan Surya mengenai beda istilah tunarungu dengan tuli, bahasa isyarat yang membuat awet muda, kegiatannya sebagai aktivis tuli hingga cita-citanya jadi staf presiden.

Sejak kapan memutuskan jadi aktivis tuli?

Waktu tahun 2013 saya masuk ke dalam organisasi tuli. Saya aktif di kegiatan tentang bahasa isyarat. Sebelumnya saya mengidentifikasi diri saya sebagai tuna rungu karena, misalnya, saya itu bisa bicara, tapi sebenarnya saya merasa tertekan.

Saya melihat ada orangtua marah sama anak tuli karena enggak bisa bicara walau sudah dilatih. Saya mulai tergugah dan sedih. Kenapa ya, kalau anak tuli enggak bisa bicara (sebenarnya) bukan masalah, ada cara lain (untuk berkomunikasi).

Lalu saya cari referensi, bertukar pikiran sama teman-teman yang lain karena waktu itu bahasa isyarat dipandang sebagai sesuatu yang negatif.

Orangtua memandang bahasa isyarat bisa mengganggu perkembangan bicara anaknya. Setelah diskusi, bahasa isyarat justru bermanfaat untuk membantu anak-anak agar bisa menulis dan membaca, justru lebih berperan untuk menulis dan membaca.

Ternyata pandangan negatif bahasa isyarat itu mitos aja. Akhirnya saya memutuskan untuk mulai promosi bahasa isyarat, untuk mengajak teman-teman lain memahami dunia kami. Dan mengedukasi orang lain bagaimana caranya berkomunikasi seperti kami dan bagaimana caranya saling memahami.

Saya juga berjuang agar film menyediakan teks dalam bahasa Indonesia sebab banyak teman-teman tuli menonton film luar negeri karena ada teks. Kalau film Indonesia tidak ditonton karena tidak ada teks. Jadi kalau mau teman-teman tuli cinta film Indonesia, harus didukung dengan menyediakan teks.

Selama empat tahun saya sudah aktif memperjuangkan hak-hak itu. Masih berproses supaya pandangan-pandangan negatif itu berubah.

Saya terlibat di film pertama yang pakai teks untuk menyadarkan masyarakat tentang adanya orang tuli dan pentingnya teks itu.

Surya terlibat dalam film "Sebuah Lagu Untuk Tuhan" yang tayang pada 2015. Film itu berkisah tentang persahabatan musisi dengan gadis tuli. Film tersebut ditayangkan lengkap dengan teks bahasa Indonesia agar bisa dinikmati oleh penyandang tuli. Surya juga pernah berakting dalam film "Aisyah Biarkan Kami Bersaudara" yang dibintangi Laudya Cynthia Bella. Surya juga terlibat dalam film horor terbaru karya Joko Anwar "Pengabdi Setan".

 

Kalau bukan saya, semoga suatu saat ada gubernur untuk salah satu daerah di Indonesia adalah salah satu pengguna Bahasa Isyarat Indonesia dan sangat mendukung perkembangan bahasa yang indah ini! Berkat program magang yang diadakan oleh Bapak @basukibtp dan tim staf -- berhasil mengubah persepsi saya yang negatif menjadi optimis terhadap perubahan untuk Jakarta. Ya, sebelumnya pemikiranku mengenai pemerintahan dan politik sangat sempit dan sejak itu saya mulai belajar mengenai sistem demi kebaikan Komunitas Tuli dan semua. Bismillah! P.S.: Pilkada Serentak (15 Februari 2017) sudah dekat, pastikan kalian terlibat dan memperjuangkan hak pilih sehingga tidak ketinggalan serta bebas golput. 🙏🙏🙏 #IndonesiaRamahDisabilitas

Sebuah kiriman dibagikan oleh Surya Putra Sahetapy (@suryasahetapy) pada

Mau main film lagi?

Kalau disuruh pilih antara film dengan bekerja di pemerintahan, saya pilih bekerja di pemerintahan.

Ayahmu seorang aktor. Apakah itu mempermudah usahamu agar membuat film Indonesia menyertakan teks?

Oh, tidak. Ayah saya juga membantu diskusi, produser film selalu menuntut pemerintah menyediakan itu, tetap ada perdebatan dan butuh proses penjang karena ada hubungan sama anggaran. Tapi saya berharap dalam waktu dekat sudah ada penyediaan akses teks.

Yang paling penting Presiden Jokowi sudah menyadari pentingnya kebutuhan isyarat, saya juga menyampaikan kebutuhan teks di dalam vlog (Jokowi). Siapa tahu diteladani orang lain soal penyediaan teks itu. Padahal saya enggak minta masuk vlog tapi beliau yang mengajak, saya merasa sangat terhormat.

Sekarang ada beberapa taksi online yang mempekerjakan supir dengan gangguan pendengaran. Menurut kamu bagaimana kesempatan kerja untuk orang tuli di Indonesia?

Sekarang teknologi itu membantu, mulai ada orang tuli yang bekerja di Uber atau Grab. Tapi masih tetap kerja keras, karena bosnya mungkin masih ada yang khawatir bekerjasama dengan orang disabilitas. Saya berharap mulai saat ini kita aktif mengedukasi perusahaan untuk menerima orang disabilitas karena pada dasarnya kemampuan kita sama tapi kebutuhannya yang berbeda.

Ada perusahaan yang menerima ada yang belum, tentu saja cita-cita ideal semua perusahaan bisa menerima orang disabilitas, artinya kita sudah ramah disabilitas.

Kamu aktif di Gerkatin (Gerakan Untuk Kesejahteraan Tuli Indonesia), memperjuangkan apa saja?

Fokus memperjuangkan hak tuli, seperti akses bahasa Indonesia melalui teks, akses bahasa isyarat, akses kesetaraan dalam pekerjaan, akses kesehatan, akses pendidikan, dsb.

Memegang jabatan apa di Gerkatin?

Saya fokus di Gerkatin Jakarta, memegang posisi sekretaris. Membantu ketua melempar isu-isu soal disabilitas tuli dan membuat laporan-laporan tentang perkembangan, dan sebagainya. Saya baru masuk Gerkatin setelah selesai magang di kantor gubernur DKI Jakarta.

Tantangan berikutnya adalah bagaimana saya bisa terlibat di kantor staf presiden. Magang di kantor gubernur waktu itu adalah pekerjaan berat karena persepsi orang mengenai orang disabilitas masih kurang.

Dulu saya pikir pemerintah itu cuek, ternyata setelah masuk ke dalam dan bekerja di situ, mereka tidak cuek hanya belum paham. Jadi tanggung jawab saya mengedukasi mereka untuk menanamkan konsep disabilitas. PR masih banyak.

Kamu ingin jadi staf presiden, sudah memikirkan langkah-langkah untuk mewujudkannya?

Paling pertama lulus kuliah dulu. Kedua, aku mau belajar tentang kebijakan pemerintah, lalu magang dulu untuk tahu seperti apa sistem pemerintahan pusat. Banyak diskusi dengan orang yang terlibat di dunia pemerintahan. Saya juga harus lihat praktik-praktik cara kerja di kantor staf kepresidenan negara lain.

Tahun lalu saya sempat mengunjungi Gedung Putih di AS, saya lihat ada orang tuli jadi staf Obama. Itu sangat menginspirasi saya. Kalau dia bisa, pasti saya juga bisa bekerja di tempat serupa.

Kamu ambil pendidikan bahasa Inggris, kan?

Cuma sampai semester enam. Setelah itu saya magang di kantor gubernur dan berubah pikiran mau kuliah di Amerika tentang International Studies atau kebijakan publik. Mudah-mudahan, doakan ya, bulan ini ada tesnya. Saya ingin buru-buru, saya ingin cepat kerja soalnya. Mohon doanya.

Di mana?

Ada dua universitas yang mau aku coba daftar. Rochester University sama universitas di Washington D.C.

Surya pernah menjajal variasi sistem pendidikan. Dia pernah mengikuti TK Umum, lalu pindah ke TK Luar Biasa untuk mempersiapkan diri menuju sekolah dasar. Selama enam tahun Surya belajar di SD SLB, lebih cepat dua tahun dari rata-rata murid tuli yang biasanya lulus setelah 8 tahun. Dia kemudian sekolah di SMP Umum, lalu melanjutkan pendidikan tingkat SMA dengan cara homeschooling.

Kamu merasakan SD di SLB, SMP di sekolah umum dan homeschooling saat SMA. Seperti apa dinamikanya?

Akses, sistemnya berbeda. SD, SLB dan homeschooling beda-beda. Saat di universitas saya ada akses juru bahasa. Waktu di SLB… jadi saya dipaksa untuk berbicara, memakai pendengaran, dipaksa hidup seperti orang mendengar.

Dan sekolah umum itu ada hambatan, jadi sering ada miskomunikasi, kalau ujian listening enggak bisa ikut. Waktu SMA homechooling, face to face interaksi lebih gampang. Pas SMP gurunya banyak. Tiap mata pelajaran gurunya berbeda, saya sangat kesulitan menyesuaikan diri untuk membaca gerak bibir guru-guru tersebut. Homeschooling keuntungannya waktu lebih fleksibel, jadi pas SMA saya sudah mulai bisa bergabung sama organisasi tuli. Dari situ saya sadar identitas saya sebagai tuli, bukan tuna rungu

Surya selalu menekankan bahwa tuli dan tunarungu itu berbeda. Tunarungu punya konotasi negatif dan terkesan kasar, sedangkan tuli sebaliknya.

Tunarungu berkaitan dengan perspektif medis. Tuna rungu artinya enggak bisa mendengar, seperti orang ini ada masalah, harus memakai alat pendengaran, harus diperbaiki, harus dibuat seperti orang mendengar. Kalau tuli ya sudah tuli saja, (kami) hanya berbeda.

Surya dilatih sejak kecil sehingga dia bisa berkomunikasi secara verbal. Dewi Yull mengungkapkan dalam berbagai wawancara media bahwa proses mengajari anak tuli agar bisa bicara seperti kaum mendengar tak semudah membalikkan telapak tangan.

Seperti apa sih sekolah verbal? Berat ya?

J: Berat. Pakai stik (menirukan gestur stik diletakkan di dalam mulut) lidahnya ditata… dsb. Di rumah saya juga diajari bicara terus, waktu itu keluarga belum paham perlunya bahasa isyarat. Waktu kecil saya beruntung karena kakak pertama saya (mendiang Gisca Putri Agustina) juga tuli. Jadi saya sebenarnya dapat dua bahasa, bahasa lisan maupun bahasa isyarat. Kalau enggak dapat akses bahasa isyarat dari kecil, saya mungkin akan sangat tertutup, enggak seperti sekarang.

Ada anggapan belajar bahasa isyarat bikin malas belajar verbal, menurut kamu?

Bisa jadi orangtuanya malas belajar bahasa isyarat atau masyarakat belum paham peran bahasa isyarat sehingga terus menekan anak tuli untuk bicara, itu kan pilihan orang. Tetapi menurut saya kalau orang tuli enggak bisa bicara enggap apa-apa karena ada cara lain. Pakai isyarat, tulisan, handphone.

Ternyata orang dengar juga mampu belajar bahasa isyarat. Kalau masyarakat atau pemerintah paham pentingnya bahasa isyarat, pasti orangtua akan belajar dan mau menerima bahasa isyarat. Sekarang banyak pihak belum tahu jadi orangtua terpengaruh, (menganggap) bahasa isyarat enggak bagus.

Ketika sekarang sudah terbiasa dengan bahasa isyarat, lupa enggak sama pelajaran verbal?

Sama seperti orang mendengar yang bisa bahasa Indonesia terus belajar bahasa Inggris, lupa enggak sama bahasa Indonesianya? Tetap masih bisa. Tapi umpamanya aku enggak bisa bahasa bicara, enggak masalah.

Dua tahun silam, Gerkatin (Gerakan untuk kesejahteraan tuna rungu Indonesia) mengusulkan agar Bisindo (Bahasa Isyarat Indonesia) secara resmi menjadi pengganti SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia).

SIBI adalah sistem isyarat yang dibuat orang-orang mendengar tanpa melibatkan orang tuli, sedangkan BISINDO dikembangkan oleh orang tuli sehingga lebih mudah dipahami.

Pada 2014, kamu memperjuangkan agar BISINDO (Bahasa Isyarat Indonesia) jadi bahasa untuk orang tuli. Bagaimana perkembangannya sekarang?

Berkembang dan menyebar luas. Banyak beberapa artis juga mau belajar bahasa isyarat. Ini membawa efek baik untuk penyebaran bahasa isyarat. Pemerintah juga sudah mendorong pengembangan bahasa isyarat. Tahun depan ada Kongres Bahasa Indonesia dan topik bahasa isyarat sudah masuk di kongres itu, ini pertama kali bahasa isyarat masuk kongres yang sifatnya sangat penting.

SLB kan pakai SIBI, sekarang sudah diganti belum dengan BISINDO?

Belum. Mungkin sekolah baru yang akan dibangun bisa mulai pakai BISINDO. Sekarang ada dua sekolah baru, di Bali dan Bekasi yang pakai BISINDO. Mudah-mudahan jumlahnya terus bertambah. Kalau sekolah lain lihat BISINDO berdampak baik buat perkembangan anak, mungkin akan ditiru. Selain BISINDO, sekolah itu menyediakan akses bahasa Indonesia tulis karena kemampuan bahasa isyarat bisa membantu kemampuan kognitif, kemampuan kritis orang tuli setara dengan kaum mendengar

Bahasa isyarat kan bervariasi. Sulitkah berkomunikasi dengan penyandang tuli beda negara?

Bisa. Pernah saya ikut international deaf camp, bahasa isyaratnya berbeda-beda. Awalnya menebak-nebak, ada kesulitan, tapi lama-lama komunikasi lancar.

Surya menganalogikannya seperti ketika orang mendengar harus berinteraksi dengan orang-orang dengan bahasa berbeda. Pasti harus beradaptasi awalnya, namun lama-lama akan terbiasa.

Ada bahasa universal untuk bahasa isyarat?

Tidak ada. Sama seperti bahasa lisan. Ada bahasa Inggris, Spanyol, dan sebagainya. Bahasa isyarat Indonesia dan AS berbeda. Itu adalah bagian identitas kelompok sendiri, itu harus dijaga dan dikembangkan masing-masing.

Di Indonesia banyak variasi bahasa isyarat, misalnya bahasa isyarat Jakarta dan isyarat Yogyakarta. Harus dijaga supaya masing-masing bisa berkembang. Justru semakin banyak variasi, makin baik dan harus dijaga. Sama seperti menjaga sejarah, variasi adalah bagian dari perkembangan komunitas masing-masing.

Apa saja sih mitos-mitos orang tuli?

Pertama, orang pikir orang tuli yang pakai bahasa isyarat enggak bisa mengembangkan kemampuan bicara. Lalu, orang tuli yang pakai alat pendengaran langsung bisa mendengar kayak orang dengar biasa.

Penggemar klub sepakbola Chelsea itu juga pernah terlibat proyek musik bersama Andin Komalla. Sebagian personel grup musik itu adalah difabel, Surya sendiri memainkan piano dalam pertunjukan itu.

Menurut Surya, musik tak melulu berhubungan dengan suara atau telinga, tapi berkaitan juga dengan getaran yang dirasakan tiap individu.

Ada rencana proyek musik mendatang?

Mungkin ada, misalnya menerjemahkan lagu ke bahasa isyarat, membuat musik yang kuat secara visual sehingga bisa dinikmati orang tuli.

Pesan?

Ayo belajar bahasa isyarat! Sebab bahasa isyarat bermanfaat untuk semuanya, bisa memberikan warna kehidupan baru. Jangan berpikir orang lain punya keterbatasan, itu adalah sebuah ujian. Kita harus mencari kelebihan. Seperti ada satu pintu tertutup, tapi ada sejuta pintu lain yang terbuka, carilah pintu itu. Artinya, cari kesempatan yang bisa kita dapat. (Nanien Yuniar/AntaraNews)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: