Sabtu, 21 Oktober 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Said Aqil: Menolak Pancasila, Silakan Hidup di Afghanistan

Posted: 21 Oct 2017 09:41 PM PDT

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siraj mengingatkan kepada para santri agar terus menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan ideologi Pancasila.

"Indonesia ini darussalam bukan darul Islam, negara yang damai merangkul semua bangsa dan budaya," kata Said Aqil saat peringatan Hari Santri Nasional di Tugu Proklamasi, Jakarta, Minggu (22/10/2017).

Said Aqil menyebutkan, Pancasila harus diterima seluruh anak bangsa yang mengaku dirinya Indonesia. Sebab, lahirnya Pancasila juga atas peran ulama dan nasionalis.

"Menolak Pancasila silakan hidup di Afghanistan. Kaum santri mempelopori penerimaan Pancasila sebagai satu-satunya ideologi bangsa," sebut dia.

Ia menambahkan, momentum Hari Santri ini perlu ditransformasikan menjadi gerakan penguatan paham kebangsaan. Menurutnya, mencintai agama harus bersamaan mencintai Tanah Air.

"Mencintai agama mustahil tanpa berpijak di atas Tanah Air, karena itu Islam harus bersanding dengan paham kebangsaan," ujar Said Aqil.

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggelar apel untuk memperingati Hari Santri Nasional yang jatuh setiap 22 Oktober. Acara Hari Santri 2017 itu digelar di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat.

Dalam sambutannya, Ketua Umum PBNU Said Aqil Siraj mengingatkan kepada para santri tentang pentingnya mencintai sesama anak bangsa, apapun latar belakangnya.

"Tidak boleh ada permusuhan kecuali kepada pelanggar hukum, teroris, bandar pijat, bandar narkoba," kata Said Aqil, Minggu (22/10/2017).

Dia menuturkan, salah satu peran besar santri dalam perjuangan kemerdekaan adalah resolusi jihad yang dikelurkan pendiri NU, KH Hasyim Asy'ari, di Jawa Timur. Tanpa itu, tak ada perlawanan melawan penjajah Belanda di Surabaya.

"Kiai Hasyim Asy'ari mengeluarkan resolusi jihad, yakni hukumnya melawan penjaajah adalah fardu 'ain. Tanpa resolusi jihad, tidak akan ada gerakan 10 November di Surabaya yang diperingati menjadi hari pahlawan," tutur dia.

Acara apel Hari Santri Nasional ini selain dihadiri oleh jajaran petinggi PBNU, juga dihadiri Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Dalam Negeri Tjaho Kumolo, perwakilan pejabat TNI-Polri dan ribuan santri dari beberapa daerah.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nyanyi Lagu Sedih Glenn Fredly, Baim Wong Galau Berat?

Posted: 21 Oct 2017 09:40 PM PDT

Baim Wong dikabarkan baru putus hubungan dengan Vebby Palwinta. Padahal, umur hubungan mereka masih seumur jagung. Keduanya bahkan telah dikenalkan pada keluarga masing-masing.

Tak dapat dipungkiri, perasaan sakit hati tentu menghantui Baim Wong. Aktor kelahiran 27 April 1981 itu bahkan mengungkapkan perasaan itu melalui lagu sedih milik Glenn Fredly.

Baim Wong dan Vebby Palwinta (Instagram/@baimwong)

Hal tersebut terlihat di Instagram Story Wulan Guritno, Minggu (21/10/2017). Ibu tiga anak itu tengah bersenang-senang dengan sejumlah rekan sesama selebritas, termasuk Baim Wong.

Dalam sebuah video, Baim Wong tampak menyanyikan lagu "Akhir Cerita Cinta" dengan penuh penghayatan. Chicco Jerikho, Gading Marten, dan Lukman Sardi pun terlihat menertawakan tingkah kocak sang teman.

Video selanjutnya yang diunggah Wulan Guritno pun masih tentang kegalauan Baim Wong. Kali ini, mantan kekasih Marshanda itu menghayati lagu Glenn Fredly yang berjudul "Januari".

Vebby Palwinta dan Baim Wong rayakan Idul Adha bersama.

Seperti yang diketahui, kedua lagu Glenn Fredly itu menceritakan soal kandasnya hubungan cinta antara dua sejoli. Dengan lirik yang seakan senada dengan kisah yang tengah dilaluinya, Baim Wong tampaknya belum siap bangkit dari luka masa lalu.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga 1: Peluang Persipura Melesat ke Puncak

Posted: 21 Oct 2017 09:30 PM PDT

Persipura Jayapura akan tandang ke Perseru Serui pada lanjutan pertandingan Liga 1 Indonesia di Stadion Marora, Minggu (22/10/2017). Jika menang di laga ini, maka Mutiara Hitam akan melesat ke puncak klasemen.

Persipura saat ini berada di peringkat empat klasemen dengan 56 poin. Boaz Salossa dan kawan-kawan hanya tertinggal tiga angka dari Bhayangkara FC di singgasana.

Jika Persipura menang, maka mereka otomatis akan melesat ke puncak. Sebab, Mutiara Hitam unggul selisih gol atas Bhayangkara FC.

Akan tetapi, keinginan Persipura itu takkan mudah terwujud. Sebab, Perseru sedang berjuang mati-matian untuk keluar dari zona degradasi.

Perseru saat ini berada di peringkat 16 dengan raihan 28 poin. Lukas Mandowen dan kawan-kawan tertinggal satu poin dari Semen Padang yang berada di peringkat 15.

Klasemen Liga Indonesia

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Malam Minggu, Anak Marini Zumarnis Ajak Chelsea Islan Kencan

Posted: 21 Oct 2017 09:30 PM PDT

Chelsea Islan dan anak Marini Zumarnis, Daffa Wardhana, benar-benar tengah dimabuk asmara. Meski sempat sembunyi-sembunyi, keduanya kini sudah tak malu lagi memperlihatkan kemesraan mereka ke publik.

Daffa Wardhana dan Chelsea Islan (Facebook/Agus Sanjoyo)

Meski tengah menempuh pendidikan di Negeri Kanguru, Australia, Daffa Wardhana tetap menyempatkan diri pulang ke Tanah Air demi menemui sang pujaan hati. Seperti yang dilakukannya di akhir pekan ini.

Daffa Wardhana langsung mengajak Chelsea Islan menghabiskan malam Minggu bersama. Kebersamaan itu diabadikan oleh Daffa di Instagram Stories-nya, Sabtu (21/10/2017).

Anak Marini Zumarnis itu memperlihatkan senyum lebarnya. Sementara Chelsea Islan tampak mengedipkan sebelah matanya ke kamera.

Foto berbeda diperlihatkan Chelsea Islan di Instagram Storiesnya. Bintang film Rudy Habibie itu berpose bersama kekasihnya serta seorang pria tua yang diduga adalah kakek Daffa.

Chelsea Islan dan Daffa Wardhana.

Sebelumnya, Chelsea Islan sempat dikabarkan menjalin cinta dengan Bastian Steel. Namun keduanya tidak pernah buka suara soal hubungan mereka hingga Chelsea tiba-tiba terlihat mesra dengan Daffa Wardhana.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Suami Terburuk dalam Sejarah, Surat 29 Tahun

Posted: 21 Oct 2017 09:30 PM PDT

Pasangan suami-istri selayaknya saling mempercayai dan terbuka satu sama lain. Hal tersebut akan membuat kehidupan berumah tangga bisa langgeng hingga akhir hayat. 

Namun tentunya, tidak semua suami atau pun istri menceritakan rahasianya kepada sang pasangan. Banyak juga yang menyimpan atau menyembunyikan hal-hal tertentu dari pasangannya masing-masing. Bahkan, sejarah mencatat, ada suami yang tukang selingkuh sehingga membuat istrinya menderita.

Salah satu artikel di kanal Citizen6, Liputan6.com seputar suami-suami yang punya reputasi buruk dalam sejarah menjadi yang paling banyak dikunjungi pembaca. 

Sementara itu, artikel tentang surat dalam botol yang kembali ke pengirimnya setekah 29 tahun mampu menempati urutan kedua terpopuler. Diikuti artikel seputar kemungkinan Bahasa Indonesia menginternasional pada urutan ketiga.

Berikut top 3 CItizen6:

1. Tukang Selingkuh Hingga Homo, Ini 5 Suami Terburuk dalam Sejarah

Membina rumah tangga tidaklah semudah yang dibayangkan. Pernikahan bak putra dan putri raja, terkadang hanya dongeng belaka. Kenyatannya, banyak duri dalam pernikahan yang harus dihadapi.

Dalam permasalahan di rumah tangga, wanita seringkali menjadi korban. Berikut ini, lima suami paling buruk dalam sejarah seperti dilansir dari Pairedlife.

Selengkapnya..

2. Ajaib, Surat dari 29 Tahun Lalu Kembali ke Pemiliknya

Perempuan asal South Carolina, Miranda Chavez, tidak menyangka menemukan surat yang pernah dilemparkannya ke pantai Edisto 1988. Sebelum melempar surat tersebut, Miranda terlebih dahulu memasukkannya ke dalam botol kaca. Surat ini ditemukan oleh seseorang di Pulau Sapelo, Georgia.

Selengkapnya..

3. KOLOM BAHASA: Bahasa Indonesia Menginternasional, Mungkinkah?

Atmosfer kelas Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) di Kantor Lembaga Bahasa Indonesia, Universitas Indonesia (LBI UI), pada Rabu (11/10/2017) tampak meriah ketika Liputan6.com berkunjung. Para mahasiswa yang tengah belajar bahasa Indonesia itu antusias dan bertanya kepada dosennya, perihal kapan liputan hari itu ditayangkan. Mendadak suasana riuh dengan gelak tawa.

Selengkapnya..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Bukti Permintaan Pengaturan Lalu Lintas saat Anies di Puncak

Posted: 21 Oct 2017 09:24 PM PDT

Kawasan Puncak Bogor diselimuti kemacetan menggila pada Sabtu 21 Oktober 2017 kemarin. Kendaraan yang akan menuju kawasan Puncak itu mengular hingga 10 kilometer lantaran adanya kegiatan tea walk KORPRI DKI yang dihadiri Anies-Sandi.

Gubernur DKI Anies Baswedan juga terjebak macet hingga terlambat menghadiri acara pelantikan kepengurusan Keluarga Alumni Gajah Mada (KAGAMA) di Kebun Raya Bogor. Seharusnya, Anies dijadwalkan tiba sekitar pukul 10.00 WIB. Namun, ia baru sampai lokasi pukul 11.06 WIB, setelah Ganjar Pranowo, Ketua PP Kagama, meninggalkan acara tersebut.

Kala turun dari Puncak, kendaraan rombongan Anies Baswedan disebutkan menerobos jalur satu arah (one way) hingga polisi pun menilangnya. Namun kabar itu dibantah oleh Tim komunikasi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

"Tidak benar adanya penilangan terhadap rombongan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan itu," kata petinggi Tim Komunikasi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Naufal Firman Yursak melalui keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (22/10/2017).

Menurut Naufal, sekitar dua pekan sebelum acara, pihaknya sudah memberitahukan tentang rencana Anies Baswedan untuk melintasi kawasan puncak Bogor. Melalui Dinas Perhubungan DKI, ia meminta petugas kepolisian di Bogor untuk mengawal gubernur DKI tersebut.

Permohonan itu tertera dalam surat yang diterima Liputan6.com. Dalam kertas lembar pengantar, tertulis permohonan dari Kepala Dinas Perhubungan [DKI Jakarta]("Panitia kegiatan Soliditas dan Solidaritas Anggota Korpri Provinsi DKI Jakarta telah berkoordinasi, baik dengan pengelola kawasan dan kepolisian terkait rencana kegiatan. Kepadatan di jalur Puncak pada akhir pekan memang kerap terjadi, ditambah dengan adanya beberapa titik perbaikan jalan," kata Naufal.

Surat pengantar dari Dishub DKI Jakarta untuk kepolisian di Bogor. (Liputan6.com/Rezki Apriliya Iskandar)

Surat bernomor 5150/-1.731.1 itu tertulis tanggal 10 Oktober 2017. Dan surat itu diterima seseorang bernama Nurdin pada 12 Oktober 2017.

"Panitia kegiatan Soliditas dan Solidaritas Anggota Korpri Provinsi DKI Jakarta telah berkoordinasi, baik dengan pengelola kawasan dan kepolisian terkait rencana kegiatan. Kepadatan di jalur Puncak pada akhir pekan memang kerap terjadi, ditambah dengan adanya beberapa titik perbaikan jalan," kata Naufal.

Kendati demikian, pihak penyelenggara rangkaian acara Korpri Provinsi DKI Jakarta memohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna jalan di jalur menuju Puncak atau sebaliknya.

"Pemprov DKI berterima kasih atas koordinasi dan bantuan aparat Dishub dan Kepolisian Bogor dalam ikut mengawal rombongan Gubernur DKI. Pemprov DKI Jakarta juga memohon maaf kepada masyarakat atas polemik yang ditimbulkan dari situasi ini," kata Naufal.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lama Tak Muncul, Penampilan Baru Won Bin Bikin Kaget

Posted: 21 Oct 2017 09:20 PM PDT

Pasangan artis papan atas Korea Selatan Won Bin dan Lee Na Young, telah lama tak muncul ke hadapan publik setelah menikah pada 2015 lalu. Baru-baru ini, mereka tampil dalam sebuah acara promosi sebuah merek kopi yang dibintangi keduanya.

Lama tak muncul, penampilan Won Bin dalam acara ini langsung bikin kaget penggemar. Pasalnya, ia muncul dengan gaya yang jauh berbeda dari penampilannya dahulu.

Dilansir dari Allkpop, Minggu (22/10/2017), Won Bin muncul dengan gaya rambut gondrong dan keriting. Tak sedikit warganet yang langsung mengomentari penampilan pemain serial Endless Love ini.

Meski kaget, para warganet masih memberikan pujian untuk ketampanan pria 39 tahun tersebut.

"Dia mungkin mengeriting rambutnya untuk menyembunyikan wajah tampannya...tapi dia masih belum bisa menyembunyikan ketampanannya...," tutur seorang warganet, seperti dikutip dari Netizenbuzz.

Yang kocak, tak sedikit warganet yang melarang orang-orang untuk meniru gaya rambut Won Bin. "Ini berhasil hanya karena dia Won Bin. Orang lain bakal kelihatan bodoh," tutur seorang warganet.

Sementara itu, juru bicara Won Bin dan Lee Na Young menyebutkan bahwa keduanya akan segera kembali ke dunia akting setelah hiatus yang cukup panjang.

"Mereka berencana kembali lewat sebuah film. Won Bin telah mendapat sebuah tawaran untuk daur ulang film Still Life, sementara Lee Na Young berencana kembali setelah absen lima tahun lewat film Beautiful Days."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gabriel Jesus: Gaya Man City Mirip Brasil

Posted: 21 Oct 2017 09:15 PM PDT

Striker Manchester City, Gabriel Jesus, menilai permainan klubnya musim ini mirip dengan Tim Nasional Brasil. Man City, kata Jesus, menerapkan sepak bola menyerang dan indah.

Man City kini bertengger di puncak klasemen Liga Inggris dengan 25 poin. Jesus dan kawan-kawan unggul lima angka atas Manchester United di posisi kedua. Terakhir, City membantai Burnley dengan skor telak 3-0 di Etihad Stadium, Sabtu (21/10/2017).

"Ya, ini hampir seperti sepak bola Brasil. Di Brasil, saat kami menang dengan begitu banyak gol, para pemain cenderung mulai bermain dengan gaya lebih dan bermain-main. Mereka mulai melompat-lompat dan rasanya kurang lebih seperti City. Sebagai pemain kami sangat menikmatinya dan itulah yang kami rasakan di dalam lapangan," kata Jesus kepada Sky Sports.

Jesus juga berbicara soal adaptasinya bersama City. Tak lupa ia juga memuji Manajer Pep Guardiola.

"Jelas, aku sangat senang bermain di sini. Aku adalah orang yang sangat tenang, tapi aku rindu beberapa hal yang tidak dimiliki City dibandingkan dengan tempatku dulu tinggal di Brasil. Tapi aku sangat senang dan mengenal kota ini dengan lebih baik dan lebih baik."

"Pep Guardiola adalah manajer yang sangat ambisius. Itulah alasan mengapa dia bisa memenangkan semua trofi yang dimenangkannya dalam kariernya," Jesus menambahkan.

Gabriel Jesus sendiri sudah membela City dalam tujuh pertandingan Liga Inggris musim ini. Pemain 20 tahun itu menyumbangkan enam gol dan satu assist.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pura-Pura Tanya Alamat, Anak SMP Ini Ternyata Tukang Begal

Posted: 21 Oct 2017 09:15 PM PDT

Seorang anak SMP bersama 3 orang temannya menjadi komplotan begal di Bandung. Modus mereka, berpura-pura menanyaakan alamat lalu membegal korban.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Tips Bagi Anda yang Ingin Menyewa Jasa Pembersih Rumah

Posted: 21 Oct 2017 09:09 PM PDT

Membersihkan rumah merupakan salah satu kegiatan yang melelahkan, sekalipun ukurannya kecil atau rumah minimalis. Apalagi jika Anda harus mengerjakannya sendiri tanpa bantuan asisten rumah tangga atau anggota keluarga lainnya. 

(Baca juga: Ini Estimasi Biaya Menggunakan Jasa Pindahan!)

Agar lebih praktis, menyewa jasa pembersih rumah mungkin bisa jadi pilihan. Namun menyewa jasa pembersih rumah ternyata juga ada aturannya. Dan berikut adalah beberapa hal yang harus Anda pahami sebelum menyewa jasa pembersih rumah yang dirangkum dari Rumah.com.

1. Pastikan jadwal Anda kosong saat apartemen akan dibersihkan Meski semua petugas sudah lulus tes, jangan biarkan apartemen dalam keadaan kosong saat sedang dibersihkan. Selain itu, Anda juga bisa sekaligus mengawasi pekerjaan mereka sehingga yang Anda inginkan bisa dikerjakan.

Tentukan juga apakah Anda ingin area privat seperti kamar tidur juga dibersihkan. Jika ada area tertentu yang tidak ingin Anda bersihkan, seperti kamar tidur atau ruangan tempat menyimpan barang-barang koleksi Anda, maka bisa memberitahukannya kepada petugas bersih-bersih ini.

2. Sediakan produk bersih-bersih yang ingin digunakan Jika ada beberapa produk bersih-bersih yang ingin Anda gunakan pada area tertentu, Anda bisa memberitahukan cara menggunakannya kepada petugasnya. Berikan arahan yang jelas agar petugas tidak salah

3. Sesuaikan jangka waktunya Batas minimal jangka waktu bersih-bersih online ini biasanya adalah dua jam. Sesuaikan jangka waktu tersebut untuk membersihkan semua area yang ingin Anda bersihkan atau Anda bisa menambah jam jika ingin (dengan biaya tambahan).

4. Berikan tanda apresiasi Jika semua pekerjaan bersih-bersih selesai dikerjakan dengan baik, Anda juga bisa memberikan tanda apresiasi kepada petugas jika Anda memang berkenan. Tentu saja ini bukan kewajiban, tapi lebih sebagai bentuk apresiasi semata.

Hunian dan lingkungan tempat tinggal yang bersih tentunya juga dapat meminimalisir potensi berkembangbiaknya virus ataupun kuman sumber penyakit. Cek di sini untuk pilihan hunian yang bersih dengan harga mulai dari Rp500 jutaan!

Dian Probowati

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gubernur Anies Siap Merenovasi dan Merawat Masjid Tua di Jakarta

Posted: 21 Oct 2017 09:04 PM PDT

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri Haul 50 Tahun KH Muhammad Mansur di Masjid Jami Al Mansur, Jembatan Lima, Jakarta Barat. Di depan ratusan warga, Anies berjanji akan merenovasi masjid yang telah berusia 300 tahun itu.

"Renovasi masjid ini akan jadi prioritas renovasi masjid di Jakarta," kata Anies di Lokasi, Minggu (22/10/2017).

Menurut dia, meski telah menjadi cagar budaya sejak 29 tahun lalu, banyak masjid tua belum direnovasi. Berbeda halnya dengan bangunan tua lain yang telah banyak direnovasi. Bangunan tua peninggalan Belanda seperti di Kota Tua.

"Jakarta ini banyak bangunan tua, tapi kebanyakan bukan bangunan kita. Itu bangunannya Belanda. Kota Tua bangunan siapa? Belanda. Kantor gubernur bangunan siapa? Belanda. Tapi masjid ini dibangun keringat orang Islam Jakarta," kata Anies.

Mantan Mendikbud itu meminta agar masjid-masjid di Jakarta kembali dirawat dan menjadi pusat kegiatan warga.

"Kita ingin masjid ini dirawat lagi. Masjid jadi pusat kegiatan masyarakat," tandas Anies.

Sebelumnya, Anies Baswedan menghadiri kirab Hari Santri Nasional di Masjid Raya Hasyim Asy'ari, Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat. Dalam acara yang digelar Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta ini, Anies mengajak para santri sama-sama membangun Ibu Kota.

"Insya Allah kita sama-sama majukan Jakarta," kata Anies di Masjid Raya Hasyim Asy'ari, Jakarta Barat, Sabtu (21/10/2017).

Anies mengatakan santri memiliki peran penting untuk membangun Jakarta. Sama halnya ketika santri memperjuangkan kemerdekaan RI.

"Kita memperingati untuk kembali menyadari bahwa republik ini tidak didirkan secara gratis. Tapi didirkan lewat hibah, hibah nyawa, hibah tenaga, darah, air mata, dari puluhan ribu, ratusan ribu, dan di situ peran para santri luar biasa," terang dia.

Khusus untuk peringatan Hari Santri, Anies berpendapat, santri berperan besar dalam mendirikan RI. Ketika itu, santri ikut berjuang dalam kemerdekaan.

"Kita tahu ini adalah bagian dari peringatan beberapa perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan, meraih kemerdekaan itu dilalui lewat ikhtiar yang luar biasa," ucap Anies.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinyal Penting dari Kegempaan Gunung Agung yang Turun Drastis

Posted: 21 Oct 2017 09:01 PM PDT

Dalam dua hari terakhir, aktivitas kegempaan di Gunung Agung menurun cukup drastis. Kepala ‎Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kasbani memaparkan, Gunung Agung hanya diguncang gempa sebanyak 379 kali pada Jumat, 20 Oktober 2017.

Sementara pada Sabtu, 21 Oktober 2017, hingga pagi tadi baru 99 kali gempa yang terekam seismograf PVMBG. Jika dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya, penurunan itu terbilang drastis. Sebab, Kasbani menyebut biasanya Gunung Agung dihantam gempa di kisaran angka 500 hingga di atas 1.000 tiap harinya.

"Tapi, ini sesaat dan jangan dijadikan pedoman untuk penurunan status, karena harus didukung oleh data yang lainnya," ucap Kasbani di Pos Pengamatan Gunung Api Agung, kemarin.

‎‎Menurutnya, penurunan drastis ini bukan berarti gunung setinggi 3.142 mdpl itu kembali tertidur. Sebaliknya, hal itu mengindikasikan jika sumbat lava yang menjadi penghalang pergerakan magma mulai terkikis.

Kegempaan yang selama ini terjadi berkaitan dengan penghancuran sumbat lava di leher Gunung Agung. Jika sumbat lava telah hancur, tak ada lagi gesekan yang menimbulkan kegempaan karena jumlah gempa vulkanik yang terekam masih terbilang tinggi dibandingkan kondisi sebelum status Gunung Agung dinaikkan bertahap.‎

Saat kondisi normal, tepatnya sejak 1964 atau setahun setelah meletus, jumlah kegempaan Gunung Agung bisa dihitung jari tiap bulannya. ‎"Vulkaniknya masih relatif tinggi. Ini masa fluktuatif, bisa jadi dia akan naik kembali," kata dia.

Kasbani tak berani menyebut dengan kondisi itu letusan Gunung Agung sudah semakin dekat. ‎"Saya tidak mengatakan itu, tapi ini masih status Awas. Kapanpun bisa terjadi (letusan)," tutur dia.

Ia melanjutkan, pada saat kondisi kegempaan turun, warga diminta untuk berhati-hati. Berkaca dari pengalaman letusan gunung api di berbagai daerah, letusan terjadi saat aktivitas kegempaan menurun.

‎"Gunung Merapi tahun 2006, dia meletus pada saat kegempaannya menurun. Gunung Sinabung juga sama. Pernah terjadi letusan pada tahun 2013 pada saat di level III, pada saat turun," ucapnya.

Saat ini, jumlah kegempaan Gunung Agung masih relatif tinggi dibandingkan dengan gunung lain yang telah meletus, seperti Gunung Merapi dan Sinabung. Meski dihantam gempa cukup tinggi tetapi belum juga meletus, Kasbani menilai hal itu karena tiap-tiap gunung memiliki karakteristik berbeda-beda.‎

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

 

Penduduk mengamati Gunung Agung dari Desa Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali, Rabu (11/10). Menurut BNPB, aktivitas vulkanik Gunung Agung masih tinggi sehingga PVMBG masih menetapkan status awas sejak 22 September lalu hingga saat ini. (AP/Firdia Lisnawati)

Ada kepercayaan umum bagi masyarakat Indonesia jika hewan-hewan turun gunung, pertanda gunung akan segera meletus. Begitu juga warga di sekitar lereng Gunung Agung. Namun, tanda alam itu ternyata tak melulu benar.

Hal itu yang disampaikan oleh Ketua Tim Tanggap Darurat Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) untuk Gunung Agung, Devy Kamil Syahbana. "Tidak melulu juga tanda hewan turun berarti gunung akan meletus," kata Devy di Pos Pemantauan Gunungapi Agung, Rendang, Jumat, 20 Oktober 2017.

‎Kendati begitu, Devy enggan menyalahkan kepercayaan umum masyarakat tersebut. ‎"Mungkin itu kearifan lokal dari masyarakat. Mereka mempercayai itu dan itu adalah hak mereka," ucap Devy.

Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur PVMBG itu melanjutkan, tugas lembaganya adalah merekomendasikan langkah penanggulangan bencanaGunung Agung secara ilmiah berdasarkan data-data yang mereka rekam dengan peralatan canggih.

"Kalau data-data menunjukkan aktivitasnya naik ya, kita naikkan. Lalu kita melakukan asessment bahaya itu lewat pemodelan," tuturnya.

Dengan menyatakan hal itu, Devy ingin memberikan pendekatan berbeda perihal aktivitas gunung api. ‎"Kita melakukan pendekatan melalui peralatan, sementara mereka pendekatannya melalui perilaku hewan. Kalau masalah perilaku hewan saya tidak tahu. Itu bukan bidang saya," ujarnya.

Namun, Devy menyebutkan contoh perihal perilaku hewan saat bencana gunung meletus. Ia menyebutkan sejarah letusan Gunung St. Helen di Skamania County, Washington DC, Amerika Serikat, yang berbanding terbalik dengan kepercayaan masyarakat di Indonesia.

"Di St. Helen itu kan miliaran jumlah hewan mati karena letusannya pada tahun 1980. Itu adalah bukti bahwa sebetulnya alam ini mempunyai tanda-tanda yang mungkin tidak bisa dipahami secara komprehensif bukan hanya oleh manusia, tapi juga oleh hewan. Buktinya hewan juga banyak jadi korban," ucap dia.

Begitu pula di Indonesia. Saat Gunung Merapi meletus, tak sedikit hewan yang mati. ‎"Kalau kita lihat kasus Merapi, banyak juga hewan yang mati. Tidak semuanya selalu selamat," ulasnya.

"Yang paling bijak ketika dia beraktivitas adalah hormati Gunung Agung. Nanti suatu saat dia normal kita bisa balik lagi. Tapi kalau dia di atas normal tapi kita cuek-cuek saja, jangan sampai dipikir kita nantangin," kata Devy menambahkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Trump Berencana Buka Dokumen Rahasia Pembunuhan Presiden Kennedy

Posted: 21 Oct 2017 09:00 PM PDT

Presiden Donald Trump mengungkapkan rencananya untuk membuka dokumen rahasia milik Pemerintah AS tentang pembununan Presiden John F. Kennedy. Dokumen yang akan dibuka itu merupakan arsip dengan mandat 'subyek untuk menerima informasi lebih lanjut'. 

Rencana Trump itu ia ungkapkan dalam Twitternya, Sabtu 21 Oktober 2017. Dia mengatakan pada batas waktu 26 Oktober yang ditetapkan oleh undang-undang oleh Kongres yang mewajibkan membuka dokumen rahasia kepada publik - termasuk file FBI dan CIA -. Peraturan itu menghalangi tindakan Presiden untuk memblokir pelepasan dokumen-dokumen tertentu. 

"Dengan mandat itu, saya akan mengizinkan, sebagai Presiden, file JFK yang telah lama diblokir dan diklasifikasikan agar segera dibuka," kata Trump. Meski begitu, suami dari Melania itu berencana agar beberapa dokumen tidak di-deklasifikasi. 

Seorang pejabat Gedung Putih mengatakan kepada wartawan, "Presiden percaya bahwa dokumen-dokumen ini harus dibuka untuk kepentingan transparansi penuh kecuali lembaga-lembaga memberikan pembelaan keamanan nasional atau penegakan hukum yang lebih jelas."

Gedung Putih mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada Politico awal pekan ini bahwa Gedung Putih sedang bekerja "untuk memastikan bahwa jumlah maksimum data dapat dilepaskan ke publik" pada batas waktu minggu depan.

Trump sendiri tidak asing dengan kontroversi dan teori konspirasi yang telah lama beredar seputar pembunuhan presiden ke-35 AS itu.

Selama kampanye 2016, Trump membuat tudingan tidak berdasar bahwa ayah dari saingannya, Senator Ted Cruz dikaitkan dengan pembunuh Kennedy, Lee Harvey Oswald, sebuah klaim yang tidak pernah dia ralat atau meminta maaf.

Penasihat politik Trump, Roger Stone, yang membantu meluncurkan kampanye Trump untuk presiden, juga merupakan sosok penggemar teor konspirasi yang suka menulis sebuah buku tentang klaim liar bahwa Presiden Lyndon B. Johnson, wakil presiden Kennedy, terlibat dalam pembunuhan Kennedy.

Setelah Trump berkicau tentang dibukanya dokumen Kennedy, sejumlah pihak mendesak Trump untuk segera mendeklasifikasikan dokumen rahasia.

Anggota kongres dari Partai Republik, termasuk pemimpin komite peradilan Senat, Chuck Grassley, dari Iowa, telah mendesak Trump untuk mengizinkan pelepasan dokumen secara penuh.

"Tidak ada alasan lagi untuk tetap tersembunyi," Grassley men-tweet awal bulan ini.

Grassley melanjutkan, "Tak ada alasan untuk menyembunyikan lagi. Sudah saatnya warga AS dan sejarawan AS menarik kesimpulan sendiri."

Meski demikian, para sejarawan yang telah mempelajari pembunuhan tersebut tidak percaya bahwa dokumen tersebut akan menghasilkan kesimpulan baru dalam pembunuhan Kennedy, namun dokumen tersebut dapat menjelaskan lebih jauh tentang aspek penyelidikan dan perjalanan misterius Oswald ke Mexico City beberapa minggu sebelum pembunuhan tersebut terjadi.

Beberapa orang menyatakan kekhawatiran bahwa dokumen tersebut bisa memalukan ke Meksiko dan merusak hubungan AS-Meksiko.

Donald Trump sebagai presiden dapat menahan pelepasan dokumen tertentu jika dia yakin deklasifikasi dokumen itu justru dapat membahayakan intelijen AS, penegakan hukum, militer atau hubungan luar negeri AS.

"Tidak akan ada lagi senjata meletus (kalau dokumen dibuka)," kata Gerald Posner, penulis "Case Closed: Lee Harvey Oswald and the Assassination of JFK," kepada Michael Smerconish di CNN.

"Tapi siapa pun yang berpikir ini akan mengubah kasus di kepalanya dan tiba-tiba menunjukkan bahwa ada tiga atau empat penembak di Dealey Plaza - jelas bukan begitu."

"Oswald melakukannya sendiri," lanjut Posner. "Tapi apa file-file itu dan mengapa mereka penting untuk dideklasifikasi adalah mereka mengisi sejarah kasus ini dan menunjukkan kepada kita bagaimana FBI dan CIA berulang kali menyembunyikan buktinya."

Posner mengatakan bahwa teori konspirasi tentang CIA dan massa yang bekerja sama untuk membunuh seorang kepala negara adalah benar - namun sasarannya adalah pemimpin Kuba Fidel Castro, bukan Kennedy.

"Mereka mencoba tujuh kali dan mereka bahkan tidak bisa melukainya ... Mereka tidak bisa menyingkirkan Castro," lanjutnya.

Ken Hughes, seorang peneliti kepresidenan di Miller Center Universitas Virginia, mengatakan kepada CNN bahwa file tersebut dapat menjelaskan keterlibatan AS dalam upaya untuk membunuh Castro dan juga kudeta yang disetujui oleh pemimpin Vietnam Selatan Ngô Đình Diệm pada tahun 1963.

"Ada banyak hal untuk sejarawan konvensional - kami adalah ahli teori non-konspirasi - dan kami mengharapkan agar dokumen itu dibuka," katanya.

 

Jumat 22 November 1963 pukul 12.30 waktu Dallas, Texas, John F Kennedy ditembak.

Tiga peluru -- ada yang bilang 4 -- menerjang tenggorokan dan kepala Kennedy. Yang pertama mengenai bagian tenggorokan. Jackie Kennedy sontak panik. "Jack, Jack apa telah mereka lakukan padamu," desak dia.

Kemudian, dua tembakan menyusul. Mengenai bagian kepala. Memecahkannya. Jackie lalu memanjat bagian belakang mobil untuk mengumpulkan pecahan tengkorak suaminya itu.

Warga yang berkumpul di sekitar mobil kap terbuka yang membawa rombongan VVIP langsung tiarap dan berteriak saat mendengar suara tembakan. Lainnya berlari mengejar kendaraan Kennedy, mencari tahu apa yang terjadi.

Presiden Kennedy yang bersimbah darah dilarikan ke Parkland Hospital. Para dokter berusaha sekuat tenaga menyelamatkannya di sebuah kamar operasi unit gawat darurat (UGD). Namun, terlambat.

Hari itu John F Kennedy dinyatakan meninggal dunia. AS, juga dunia, geger. Wakil Presiden Lyndon B. Johnson langsung dilantik sebagai presiden.

Lee Harvey Oswald menjadi satu-satunya tersangka. Dua hari setelah ia ditangkap polisi, mantan anggota US Marine yang membelot ke Uni Soviet itu ditembak mati oleh Jack Ruby saat digiring ke tahanan.

Ia tewas sebelum sempat membeberkan apa sebenarnya yang terjadi pada hari itu. Juga apakah ia bertindak sendirian atau bersama-sama orang lain? Dan apa motivasinya menghabisi Kennedy?

Investigasi 10 bulan yang dilakukan oleh Warren Commission pada 1963 hingga 1964, juga oleh United States House Select Committee on Assassinations (HSCA) pada 1976 hingga 1979, dan investigasi lain oleh pemerintah menyimpulkan bahwa sang presiden dibunuh oleh Lee Harvey Oswald.

Pada 1979, House Select Committee on Assassinations (HSCA) menemukan cacat investigasi yang dilakukan FBI dan Warren Commission. HSCA juga menyimpulkan ada empat tembakan yang dilakukan dan kemungkinan terdapat konspirasi di dalamnya. Namun, beberapa penyelidikan, salah satunya oleh National Academy of Sciences mempertanyakan keakuratan bukti HSCA tersebut.

Artinya, misteri kematian Kennedy belum terungkap... hingga saat ini. Akankah dokumen yang 26 Oktober mendatang akan menjawab misteri itu?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga 1, Siaran Langsung 22 September 2017

Posted: 21 Oct 2017 09:00 PM PDT

Tiga pertandingan seru dari pekan 31 Liga 1 Indonesia 2017 akan digelar Minggu 22 Oktober 2017. Salah satunya mempertemukan Persib Bandung dengan Persela Lamongan di Stadion Surajaya. 

Laga melawan Persib menjadi pertandingan kandang pertama Persela pasca kematian kiper legendaris Choirul Huda akibat benturan dengan rekan setim di laga kandang sebelumnya melawan Semen Padang.

Pertandingan Persib melawan Persela akan disiarkan langsung oleh TvOne mulai pukul 15.00 WIB.

Malam harinya, ada laga tak kalah seru dari Liga 1. Persija Jakarta akan menjamu Semen Padang di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat.

Jika mampu meraih kemenangan, Persija akan semakin mengamankan posisinya di enam besar klasemen Liga 1. Laga ini dimulai pukul 18.30 WIB dan juga akan disiarkan TvOne.

Satu laga tersisa lainnya mempertemukan dua klub Papua, Perseru Serui melawan Persipura Jayapura. Jika menang, Persipura berpeluang memimpin klasemen Liga 1.

 

 

 

Satu pertandingan seru akan tersaji pada pekan ke-21 Liga 1 antara Barito Putera melawan Arema FC di Stadion 17 Mei, Rabu (23/8/2017) petang. (liga-indonesia.id)

Jadwal Liga 1:

13.30 WIB: Perseru vs Persipura

15.00 WIB: Persela vs Persib (tvOne)

18.30 WIB: Persija vs Semen Padang (tvOne)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

186 Ribu Anak di Dunia Meninggal karena Kecelakaan Lalu Lintas

Posted: 21 Oct 2017 09:00 PM PDT

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar Pekan Nasional Keselamatan Jalan Tahun 2017. Pada tahun ini, acara tersebut mengangkat tema Sayangi Nyawa Kurangi Kecepatan yang berfokus pada manajemen kecepatan dan mendorong masyarakat untuk peduli mengurangi kecepatan saat berkendara.

Plt. Direktur Pembinaan Keselamatan Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Pandu Yunianto mengatakan Lembaga Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, lebih dari 186 ribu anak di seluruh dunia meninggal karena kecelakaan lalu lintas setiap tahunnya. Hal ini menunjukkan jika anak-anak merupakan salah satu kelompok yang rentan terhadap ancaman kecelakaan lalu lintas.

"Sangat penting memberikan edukasi kepada anak sejak usia dini tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas," ujar dia di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Minggu (22/10/2017).

Dia mengungkapkan, pendidikan keselamatan dan sosialisasi harus dilakukan secara terus menerus untuk mengubah persepsi dan pandangan masyarakat tentang pentingnya berperilaku selamat di jalan.

"Penanaman nilai-nilai keselamatan jalan harus dimulai sejak usia dini untuk menumbuhkan semangat disiplin berlalu lintas sehingga nilai-nilai tersebut dapat menjadi nilai-nilai kehidupan," lanjut dia.

 

Menurut data Kepolisian, data kecelakaan pada 2016 jumlah kejadian kecelakaan sebanyak 108.374 kejadian dengan korban meninggal dunia 25.859 jiwa. Jika dihitung dalam satu hari rata-rata sekitar 70-71 jiwa atau 2-3 orang tiap jamnya meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas.

Selain itu, jumlah korban tertinggi kejadian kecelakaan berdasarkan pendidikan merupakan Pelajar SMA sebanyak 45.321 kejadian. Sedangkan dilihat berdasarkan usia, pelaku kecelakaan lalu lintas di dominasi usia 16-24 tahun sebanyak 24.917 kejadian.

Dan data lainnya menyatakan jumlah laka lantas yang disebabkan karena melampaui batas kecepatan sebesar 7.369 kejadian.

"Menanggapi hal tersebut, sudah selayaknya semua stakeholder menunjukkan kepedulian terhadap permasalahan keselamatan lalu lintas jalan di Indonesia," kata dia.

Menurut Pandu, hal inilah yang menjadi latar belakang terselenggaranya Pekan Nasional Keselamatan Jalan Tahun 2017 oleh Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Adapun rangkaian acara yang rencananya akan dilaksanakan di Istana Anak-Anak TMII antara lain yaitu pawai keselamatan anak Sekolah Dasar (SD), penampilan dari perhubungan cilik, marching band Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD), serta lomba melukis anak.

"Kampanye ini diharapkan dapat menjadi promosi sekaligus media pendidikan keselamatan berlalu-lintas sehingga dapat meningkatkan kesadaran dan budaya keselamatan jalan pada anak-anak," tandas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempi Makin Lucu, Gisella Anastasia Ogah Berikan Adik

Posted: 21 Oct 2017 09:00 PM PDT

Gempita Naura Marten salah satu anak selebritas yang eksis di dunia maya. Maklum, hampir setiap hari sang ibunda, Gisella Anastasia selalu mengunggah aksi lucu bocah berusia dua tahun itu.

Walaupun usia sang anak semakin bertambah, Gisella Anastasia mengaku masih belum berencana untuk memberikan adik kepada putri semata wayangnya itu.

"Belum lah, aku masih mau fokus sama Gempi dulu," ujar Gisella Anastasia usai mengisi acara bersama sang buah hati di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta, Jumat (20/10/2017).

Maklum, untuk mengurus satu anak satu saja Gisella Anastasia mengaku masih sering kerepotan dan perlu dibantu oleh orang tua dan asisten rumah tangganya.

"Kalau kerja, konsentrasi aku suka kepecah-pecah. Jadi lumayan repot buat urus anak, untung banyak yang bantuin," paparnya.

Istri Gading Marten ini menambahkan bahwa setiap ibu pasti akan kerepotan mengurus anak. "Kalau repot sih semuanya pasti repot cuma serulah. Umur umur segini kocak gitu. Jadi kadang ribet tapi kocak sih," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Terungkap, Busana Akad Nikah Putri Presiden Jokowi

Posted: 21 Oct 2017 09:00 PM PDT

Perancang busana Hanif Aisyah mengungkapkan busana yang akan dipakai Kahiyang Ayu saat akad nikah. Tema yang dipakai adalah adat Jawa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek, 3 Cara yang Benar untuk Periksa Sendiri Payudaramu

Posted: 21 Oct 2017 09:00 PM PDT

Kanker payudara masih menjadi kematian akibat kanker terbesar kedua di Indonesia, setelah kanker serviks. Salah satu penyebab banyaknya pasien meninggal akibat kanker payudara adalah, deteksi yang terlambat.

Laman Yayasan Kanker Payudara Indonesia menuliskan, 70 persen dari penderita kanker payudara yang mendatangi dokter atau ke rumah sakit sudah berada pada stadium lanjut. Padahal, jika terdeteksi pada stadium awal, ada kemungkinan besar pasien kanker payudara bisa sembuh total.

Deteksi dini pada kanker payudara bisa dilakukan sendiri di rumah. Dan jika dilakukan secara rutin, bisa membantu menyelamatkan payudara dan nyawa penderita kanker payudara.

Dr. Quek Swee Chong, ob-gyn dari ASC Clinic for Women di Gleneagles Hospital, Singapura menjelaskan, deteksi kanker payudara sendiri ini perlu dilakukan oleh wanita berusia 30 tahun ke atas, setiap bulan.

"Semua wanita yang sudah berusia 30 tahun harus melakukan pemeriksaan payudara sendiri setiap bulan. Cukup satu kali sebulan, gampang kok," jelasnya pada Health-Liputan6 ketika ditemuai di Jakarta, ditulis Minggu (22/10/2017). "Tujuannya agar wanita ini familiar dengan payudaranya sendiri. Jadi begitu ada perubahan, atau sesuatu yang tidak biasa, mereka bisa langsung tahu."

Untuk wanita di atas 40 tahun, perlu melakukan mammogram setiap tahun. Namun dr. Chong mengatakan, wanita yang lebih muda belum memerlukan pemeriksaan lanjutan untuk kanker payudara ini.

"Wanita usia 30-an ini belum perlu mammogram, lagi pula tes ini tidak terbukti efektif untuk wanita yang lebih muda (di bawah 40 tahun)," tukasnya.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Ilustrasi pemeriksaan payudara (iStockphoto)

Lebih lanjut, dr. Chong memaparkan tiga tahapan yang perlu dilakukan saat memeriksa payudara sendiri: Lihat-Raba-Remas.

Berikut cara memeriksa payudara sendiri yang bisa dilakukan wanita di rumah, berdasarkan penjelasan dr. Chong:

Lihat

Lihat dan perhatikan bentuk dan simetri payudara dalam posisi:

- Tangan di samping tubuh

- Tangan diangkat ke atas kepala

- Tangan ditopangkan ke panggul

Perhatikan apakah ada perubahan bentuk, ukuran, kondisi kulit, dan bentuk puting.

Raba

Pemeriksaan ini dilakukan dalam keadaan berbaring. Letakkan bantal di bawah salah satu bahu.

- Periksa payudara kanan menggunakan tangan kiri, dan sebaliknya.

- Mulailah pemeriksaan dari ketiak, lalu di seputar payudara dalam gerakan memutar. Periksa dengan cara membentuk lingkaran yang semakin mengecil ketika mendekati puting.

- Raba dan rasakan apakah ada benjolan atau penebalan dalam payudara Anda.

Remas

- Secara perlahan remas puting, seperti ketika berusaha mengeluarkan ASI.

- Periksa apalah ada darah atau cairan yang keluar dari puting.

- Cairan apapun yang keluar dari puting, kecuali ASI saat Anda sedang menyusui, adalah abnormal dan membutuhkan pemeriksaan lanjutan.

Dr. Chong mengingatkan, pemeriksaan payudara sendiri ini sebaiknya dilakukan beberapa hari sesudah menstruasi. Karena sebelum atau saat menstruasi payudara cenderung mengalami pembengkakan atau penggumpalan sehingga akan lebih susah diperiksa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Uber Bangun Kota Mandiri untuk Uji Coba Mobil Otonomos

Posted: 21 Oct 2017 09:00 PM PDT

Rencana Uber untuk mengembangkan mobil otonomos atau swakemudi kian serius. Hal itu ditunjukkan dengan keputusan perusahaan untuk membangun sebuah kota kecil yang dapat digunakan untuk uji coba.

Dikutip dari BGR, Minggu (22/10/2017), kota kecil yang bernama Almono itu terletak di Pennsylvania, Amerika Serikat, dengan luas kira-kira 16 hektar. Uber juga sudah mendesain kota tersebut seperti jalanan asli.

Almono memiliki sejumlah desain jalan, persimpangan yang sulit, lampu lalu lintas, termasuk meletakkan kendaraan lain. Bahkan, Uber sudah menyiapkan manekin yang dibuat mirip seperti pejalan kaki di jalanan.

Tak hanya itu, kondisi jalanan tersebut juga sengaja dibuat cukup padat dan sulit. Kemungkinan besar hal itu dilakukan agar mobil dapat mengetahui kondisi jalan yang sebenarnya termasuk sejumlah halangan.

Uber sendiri cukup gencar mengembangkan mobil otonomos dalam beberapa bulan terakhir. Terlepas dari kendala yang ada, perusahaan sudah mulai melakukan uji coba di jalanan Amerika Serikat.

Sekadar informasi, Uber sebenarnya bukan pihak pertama yang mengembangkan konsep kota uji coba semacam ini. Pemerintah Korea Selatan baru saja menyiapkan tempat uji coba beberapa bulan lalu.

Lahan bernama K-City ini sekarang sedang dalam tahap pembangunan yang disesuaikan dengan sistem transportasi cerdas dari Korea Transportation Safety Autorithy. Fasilitas ini akan dilengkapi jalur bus, jalur cepat, dan lahan parkir.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menu Lezat untuk Buah Hati, Cheesy Meatballs dengan Saus Tomat

Posted: 21 Oct 2017 09:00 PM PDT

Bingung mau memasak apa untuk si kecil? Kini Anda tidak perlu khawatir karena resep kuliner lezat dari Jane Devonshire berikut bisa dicoba di rumah. Dilansir dari Independent, Minggu  (22/10/17), hampir setiap anak menimati menu bakso daging cincang. Olahan berbahan dasar daging ini memang menjadi makanan favorit yang dapat meningkatkan nafsu makan mereka. Namun sayangnya, tidak semua bakso yang dijual di pasaran aman untuk dikonsumsi.

Oleh sebab itu Anda bisa mencoba membuat menu kuliner lezat kreasi sendiri dengan bahan yang sama. Bola-bola daging yang dicampur dengan keju terdengar sangat menggiurkan bukan? Yuk kita intip resep praktis cheesy meatballs dengan saus tomat berikut ini

Buah ini sangat baik bagi kulit dan juga kesehatan karena banyak nutrisi dan vitamin di dalamnya, dan juga mudah untuk ditemukan.(foto: Istockphoto)

Bahan yang dibutuhkan:

  • 90 gr daging cincang
  •  1 butir telur
  •  1 liter Passata Mozzarella
  •  150 gr keju Cheddar
  •  50 gr parsley cincang
  • 10gr daun thyme
  • 74 siung bawang putih cincang halus
  •  1 siung bawang bombay cincang
  • Garam dan lada hitam
  • 1 sdt gula
  • Minyak zaitun
  • Minyak sayur
  • 90gr spagetti

Ilustrasi Foto Spaghetti (iStockphoto)

Cara membuat:

  1. Tuang minyak zaitun ke dalam panci lalu masukkan bawang putih dan bawang bombay. Tumis hingga harum.
  2. Masukkan pasta, thyme, parsley, garam, lada hitam, dan gula.
  3. Biarkan mendidih lebih kurang selama 15 menit
  4. Untuk bola-bola daging, siapkan panci besar, masukkan daging, parsley, telur, bawang putih, garam dan lada hitam. Lalu aduk rata.
  5. Setelah semuanya tercampur, ambil sedikit bahan lalu pipihkan.
  6. Taruh potongan keju di bagian tengah lalu bulatkan hingga seluruh keju tertutup. Kemudian, ulangi hingga semua adonan habis.
  7. Panaskan sedikit minyak di dalam penggorengan, lalu goreng bola-bola daging hingga berwarna kecokelatan lalu angkat.
  8. Taruh bola daging di atas wadah tahan panas, lalu tuangkan saus tomat.
  9. Taburi dengan keju yang tersisa dan panggang di dalam oven sekitar 30-45 menit.
  10. Bola-bola daging keju hangat siap untuk dihidangkan bersama sepiring spaghetti

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kronologi Rombongan Anies Lawan Arus di Puncak Versi Polisi

Posted: 21 Oct 2017 08:51 PM PDT

Kemacetan parah sempat terjadi di jalur Puncak, Bogor, Sabtu kemarin. Kemacetan itu sampai membuat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terlambat menghadiri acara pelantikan kepengurusan Keluarga Alumni Gajah Mada (KAGAMA), di Kebun Raya Bogor.

Anies mengaku terjebak macet di jalur Puncak, usai mengikuti acara Tea Walk yang dihadiri sekitar 8.000 PNS Pemprov DKI Jakarta di area perkebunan teh Gunung Mas.

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasby Rastama mengatakan, kemacetan Sabtu pagi justru diakibatkan oleh bus dari rombongan PNS Pemprov DKI Jakarta yang parkir di bahu Jalan Raya Puncak. "Karena lahan parkir terbatas, jadi parkirnya sampai ke luar area. Ya arus lalu lintas jadi tersendat," kata Hasbi.

Hasbi juga menegaskan, Gubernur Anies Baswedan terjebak macet karena yang bersangkutan melawan arus saat kepolisian memberlakukan aturan satu arah dari Jakarta menuju Puncak sekitar pukul 08.00 WIB. Berikut kronologi insiden rombongan Gubernur DKI Anies Baswedan melawan arus one way versi Polres Bogor:

Pukul 08.30  WIBKasatlantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama dikontak ajudan Anies Baswedan. Ajudan meminta izin melintas turun ke arah bawah pukul 10.00 WIB."Saat itu saya jawab, saya cek sebentar. Saya lihat jam, itu maih belum bisa," beber Hasby.

Pukul 09.50 WIB.

AKP Hasby mendapat informasi rombongan Anies Baswedan sudah turun ke bawah."Ada lima mobil. Ada Patwal juga," tambah Hasby.

Pukul 10.00 WIB

Hasby mendapat informasi posisi rombongan Anies Baswedan memerintahkan anak buahnya ikut membantu membuka jalur. Polantas Polres Bogor ikut melakukan pengawalan."Saya gabungin dengan tim pendorong, biar bisa  lancar. Kami masih bantu saat itu," urai dia.

Tapi kemudian mobil rombongan Anies berhenti di satu tempat. Hasby segera bergerak ke lokasi dan meminta izin agar rombongan mencari jalur alternatif."Ini masih one way. Ini macetnya parah banget sampai interchange Bogor," tambah dia.

Namun saat itu rombongan Anies Baswedan, kata Hasby, memilih untuk tetap maju melawan arus di jalur one way."Ya sudah kami lepas saja," urai dia.

Hasby melanjutkan, sebenarnya, selama ini hanya tiga kondisi yang dia izinkan kendaraan melawan arus di jalur one way."Pertama ibu melahirkan, mobil ambulans, dan mobil membawa jenazah. Ini bahkan dulu ada menteri saya tidak izinkan menembus one way. Saya arahkan ke jalur alternatif, alhamdulillah menteri itu ikut arahan kami," beber Hasby.

Pukul 11.00 WIBAKP Hasby mendapat laporan rombongan Gubernur DKI sudah meninggalkan Puncak.

"Untuk rombongan lain dari Pemprov DKI kami tahan di Gunung Mas, kami minta bantuan mereka agar meninggalkan lokasi di atas jam 12.00 WIB. Ini macet Puncak parah. Sebelumnya ada yang mencoba melambung, kami tilang 7 mobil Pemprov DKI," tutup dia.

Tim komunikasi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta membantah beredarnya kabar terkait kendaraan rombongan Anies Baswedan yang menerobos jalur satu jalur (one way) di Puncak, Bogor, dalam kegiatan tea walk, Sabtu 21 Oktober 2017 kemarin.

"Tidak benar adanya penilangan terhadap rombongan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan itu," kata petinggi Tim Komunikasi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Naufal Firman Yursak melalui keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (22/10/2017).

"Perjalanan dari Gerbang Tol Ciawi sudah dikawal oleh Polres Bogor dan Dishub Bogor. Baik menuju ke Gunung Mas hingga turun kembali melewati Cibinong, Jawa Barat rombongan gubernur masih dikawal oleh Dishub dan kepolisian," imbuh dia.

Menurutnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan sudah bersurat kepada pihak kepolisian terkait kegiatan tea walk.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Cara Mahasiswa Binus Kobarkan Kebaikan

Posted: 21 Oct 2017 08:50 PM PDT

Universitas Bina Nusantara menggelar upacara pengibaran bendera dalam rangka perayaan HUT-RI Ke-72. Upacara diadakan pada pukul 07.00 WIB dan bertempat di Kampus Kijang, Kemanggisan.

Upacara yang diikuti oleh seluruh jajaran dari Yayasan Bina Nusantara dan para mahasiswa baru ini berlangsung khidmat selama satu jam. Mahasiswa/i yang tergabung dalam Forum Paskibra Bina Nusantara (FOPASBIN) yang bertanggung jawab bertugas dalam upacara setiap tahunnya.

Tahun ini, 20 orang mahasiswa/i mendapat kepercayaan dengan tugas dan peran masing-masing dalam menyukseskan upacara. Mulai dari komandan upacara, danton peserta upacara, protokol, pembaca UUD 1945, pembaca teks proklamasi, ajudan inspektur upacara sampai pasukan pengibar bendera.

Bertugas dalam upacara pengibaran bendera, merupakan salah satu cara para mahasiswa/i,sebagai generasi muda penerus bangsa mengobarkan semangat kebaikan di lingkungan universitas. Dengan energi positif, ditambah rasa nasionalisme mereka berhasil melatih diri untuk kobarkan kebaikan dengan mengibarkan Sang Merah Putih.

 

Penulis:

Linda Sugianto - Binus University

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Jakarta

 

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Magic Akhiri Mimpi Buruk Lawan Cavaliers

Posted: 21 Oct 2017 08:45 PM PDT

Orlando Magic berhasil mengakhiri rentetan 17 kekalahan beruntun saat melawan Cleveland Cavaliers. Magic menang 114-93 pada laga lanjutan NBA di Quicken Loans Arena, Minggu (22/10/2017) pagi WIB.

Keberhasilan Magic mengalahkan Cavaliers tak lepas dari start sempurna mereka. Walau tak diperkuat Aaron Gordon, Magic tak pernah tertinggal sejak awal. Mereka mampu unggul 21 poin di akhir kuarter pertama, 36-18.

Cavaliers mencoba memangkas jarak di kuarter dua. Dimotori LeBron James dan Kevin Love, Cavaliers berhasil menipiskan ketertinggalan menjadi 14 angka saat jeda babak pertama.

Di awal kuarter tiga, Cavaliers melanjutkan momentum kebangkitan. Tembakan tiga angka Dwyane Wade membuat Cavaliers sempat hanya tertinggal tujuh poin di pertengahan kuarter tiga.

Tapi Magic langsung menjawab dengan mencetak 12 poin beruntun sehingga skor kembali menjauh. Setelah itu, Cavaliers tak pernah bisa mendekat lagi. Bahkan Magic sempat unggul 37 angka di pertengahan kuarter empat.

Center Nikola Vucevic menjadi bintang kemenangan Magic dengan 23 angka. Pemain cadangan Jonathon Simmons menyusul dengan 19 angka.

Sementara di Cavaliers, LeBron James membuat 22 poin, disusul Iman Shumpert dengan 21 angka. Cavaliers di laga ini tak bisa menurunkan dua point guard, Isaiah Thomas dan Derrick Rose akibat cedera. Jose Calderon yang turun sebagai starter.

Magic terakhir kali menang atas Cavaliers di NBA 23 November 2012.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 WNI Jadi Korban Tewas Tanah Longsor Penang, KJRI Turun Tangan

Posted: 21 Oct 2017 08:40 PM PDT

Sebuah konstruksi bangunan 49 lantai di TAR College, Tanjung Bungah George Town, Penang pada Sabtu 21 Oktober 2017 pukul 09.00 longsor. Dilaporkan 14 orang pekerja tewas tertimbun.

Sementara itu, keterangan dari KJRI di Penang, Malaysia mengatakan, 2 WNI di lokasi tanah longsor di konstruksi itu turut menjadi korban tewas.

Dalam keterangan dari Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kementerian Luar Negeri RI, Lalu Muhammad Iqbal, kepada Liputan6.com pada Mingu (22/10/2017), kedua WNI tersebut adalah Hosrin dan Erwin yang berdasarkan data paspor berasal dari Dawang, Tambak, Gresik, Jawa Timur.

Sejak diperoleh informasi pertama kalinya, Satgas Perlindungan WNI KJRI Penang langsung menuju lokasi kejadian dan terus berkoordinasi serta memantau proses pencarian.

"Sekitar pukul 23.00 jenazah Hosrin berhasil dievakuasi, sementara jenazah Erwin sekitar pukul 02.00 dini hari ini. Keluarga sudah kami hubungi untuk melakukan identifikasi secara visual", ujar Neni Kurniati, Pejabat Fungsi Konsuler KJRI Penang yang langsung menangani kejadian ini.

Kedua WNI adalah pekerja resmi di syarikat Choong Cons Penang. Sdn. Bhd. Menurut perusahaan hanya mereka berdua yang berstatus WNI diantara total 14 korban longsornya tanah sedalam 10 meter tersebut. Korban lainnya berasal dari Cina, Bangladesh, Pakistan dan Rohingya.

Kedua jenazah saat ini berada di General Hospital Pulau Penang untuk dilakukan Visum et repertum. Segera setelah proses visum selesai, keduanya akan diserahkan kepada keluarga masing-masing yang saat ini sudah berada di Penang.

Jenazah Hosrin rencana akan dipulangkan oleh keluarganya ke Gresik. Sementara jenazah Erwin akan dimakamkan oleh keluarganya di Kuala Lumpur.

KJRI Penang akan membantu proses pemulangan kedua jenazah tersebut dan akan memberikan pendampingan kepada keluarga untuk memastikan bahwa semua hak-hak almarhum akan dipenuhi oleh perusahaan.

 

 

Sejauh ini korban tewas mencapai 14 orang termasuk dua WNI. Pihak pemerintah Malaysia telah mengerahkan 160 pekerja untuk membantu evakuasi korban.

Mengutip Channel News Asia, supervisor pekerja asal Malaysia turut jadi korban tewas dalam konstruksi bangunan itu.

Kepala kepolisian Penang Chuah Ghee Lye mengatakan bahwa petugas juga telah dikerahkan "untuk menemukan pemukiman ilegal di dekatnya, terutama di daerah hutan terdekat" karena takut terjadi longsor lain lagi.

Tanah longsor terjadi di lokasi konstruksi sekitar pukul 09:00, tempat dua menara kondominium 49 lantai sedang dibangun. Penyebabnya hingga kini belum diketahui.

Kepala Menteri Penang Lim Guan Eng berjanji bahwa penyelidikan tingkat negara akan digelar dalam menguak sebab kecelakaan tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Tengah Isu Perbedaan, Glenn Fredly Satukan Lewat Cinta

Posted: 21 Oct 2017 08:40 PM PDT

Indonesia saat ini sedang diterpa isu perbedaan yang kembali membesar. Sebagai seorang musisi yang juga peduli dengan kondisi di Tanah Air, Glenn Fredly bersama Ifa Fachir menggelar konser bertajuk Bhineka Tunggal Cinta.

Bhineka Tunggal Cinta diharapkan bisa menjadi suatu pemecahan dalam masalah perbedaan dalam politik, sosial, hingga budaya yang sedang terjadi di Indonesia.

"Bhinneka Tunggal Cinta ini jadi idiom untuk menggambarkan bahwa lagu-lagu cinta yang tidak ada hubungan langsung dengan konteks kebhinnekaan, tapi dalam kehidupan sehari-hari permasalahan cintanya banyak banget. Ragamnya di situ justru," kata Glenn Fredly di Galeri Indonesia Karya, Jakarta Pusat, Sabtu (21/10/2017).

Menurutnya, cinta tak melulu soal asmara, tetapi juga bisa digunakan sebagai medium dalam konteks yang lebih luas.

"Permasalahan dalam lagu cinta itu kami coba tuangkan dalam realitas kehidupan hari ini, konteks politik sosial budaya. Ngomongin masalah aktual tapi pengantarnya lagu-lagu cinta. Lagu cinta itu enggak sekedar lagu-lagu yang bicara soal cinta, sebenernya dia bisa dilihat dari angel narasinya bisa dari beberapa sisi," lanjut Glenn Fredly.

 

Dalam acara tersebut, Glenn Fredly & Ifa Fachir bersama dengan artis lain seperti Alika, Mytha Lestari, Nina Tamam, Regina, Rheno Pooetiray dan Amelia Ong akan membawakan lagu-lagu ciptaan Glenn Fredly dan/atau Ifa Fachir, hingga Kemesraan milik Franky Sahilatua.

"Lagunya semua orang bisa tau dan sing a long semuanya. Jadi orang-orang juga diajak untuk melihat realitas. Kebhinekaan, itulah identitasnya kita," kata Glenn Fredly.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Warriors Tumbang di Markas Grizzlies

Posted: 21 Oct 2017 08:36 PM PDT

Golden State Warriors tak berkutik ketika dijamu Memphis Grizzlies, Minggu (22/10/2017) pagi WIB. Warrios harus menelan kekalahan kedua pada musim reguler NBA 2017-2018 setelah takluk 101-111.

Warriors sebenarnya mengawali laga dengan baik. Tim besutan Steve Kerr itu sempat memimpin 13-8 lewat hujan tiga angka dari Stephen Curry, Kevin Durant, dan Klay Thompson.

Namun, setelah itu Warriors seolah kehilangan tenaga. Efek menjalani laga tandang kedua dalam waktu kurang dari 24 jam tampak nyata. Warriors kesulitan menandingi kecepatan serangan Grizzlies yang dipimpin duo Mike Conley dan Marc Gasol. Warriors tertinggal 51-56 saat halftime.

Warriors mencoba bangkit pada awal kuarter ketiga. Namun, situasi tetap tak berubah, bahkan semakin memburuk bagi tim tamu. Warriors sempat tak mencetak poin selama tiga menit dan defisit hingga 19 poin. Tim tamu masih tertinggal 71-88 menuju kuarter keempat.

Warriors bisa memangkas keunggulan Grizzlies menjadi tinggal sembilan poin pada pengujung laga. Namun, perjuangan Warriors berakhir setelah Curry dan Durant terkena ejected pada menit terakhir.

Curry diusir setelah melempar mouthpiece ke arah ofisial. Dia kesal karena tak mendapat free throw setelah merasa dilanggar saat melakukan layup. Durant yang ikut memprotes ofisial juga diusir.

Warriors benar-benar dibuat frustrasi oleh pertahanan rapat Grizzlies. Tembakan masuk mereka pada laga ini cuma 39,3 persen. Warriors juga dipaksa membuat 17 turnover.

Curry mencetak 37 poin dan Durant mencatat dobel-dobel pertama pada musim ini dengan 29 poin dan 13 rebound. Thompson ikut menyumbang 14 poin.

Warriors juga kewalahan dalam defense. Transisi kilat Grizzlies membuat pertahanan Warriors berantakan. Akibatnya, para pemain Warriors sering melakukan foul (28).

Saat tim utama kesulitan, pemain cadangan Warriors juga tak banyak membantu. Unit kedua Warriors (18 poin) bahkan kalah hingga 25 poin dari bench Grizzlies (41 poin).

Tyreke Evans dan Mario Chalmers memimpin tim cadangan Grizzlies dengan masing-masing mencetak 12 dan 10 poin. Namun, bintang Grizzlies pada gim ini ialah Marc Gasol yang mencatat dobel-dobel 34 poin dan 14 rebound. Conley menyumbang 10 poin dan tujuh assist untuk memberikan kemenangan kedua bagi Grizzlies pada musim ini.

Warriors akan menutup tur tandang dengan bertamu ke markas Dallas Mavericks pada Senin (23/10/2017) atau Selasa (24/10/2017) WIB.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Kalah 2-1, Manchester United Dipermalukan Tim Promosi

Posted: 21 Oct 2017 08:33 PM PDT

Pemain Manchester United, Valencia berebut bola dengan pemain Huddersfield, Tom Ince saat pertandingan Liga Inggris di stadion John Smith di Huddersfield (21/10). Huddersfield menang 2-1 atas Manchester United. (Nigel French / PA via AP)

Pemain Manchester United, Valencia berebut bola dengan pemain Huddersfield, Tom Ince saat pertandingan Liga Inggris di stadion John Smith di Huddersfield (21/10). Huddersfield menang 2-1 atas Manchester United. (Nigel French / PA via AP)

Striker Manchester United, Marcus Rashford berusaha membawa bola melewati gelandang Huddersfield, Aaron Mooy saat pertandingan Liga Inggris di stadion John Smith di Huddersfield (21/10). (AFP Photo/Lindsey Parnaby)

Striker Manchester United, Marcus Rashford berusaha membawa bola melewati gelandang Huddersfield, Aaron Mooy saat pertandingan Liga Inggris di stadion John Smith di Huddersfield (21/10). (AFP Photo/Lindsey Parnaby)

Pemain Huddersfield, Laurent Depoitre mencetak gol kedua untuk timnya saat melawan Manchester United dalam Liga Inggris di stadion John Smith di Huddersfield (21/10). Huddersfield menang 2-1 atas Manchester United. (Nigel French / PA via AP)

Pemain Huddersfield, Laurent Depoitre mencetak gol kedua untuk timnya saat melawan Manchester United dalam Liga Inggris di stadion John Smith di Huddersfield (21/10). Huddersfield menang 2-1 atas Manchester United. (Nigel French / PA via AP)

Laurent Depoitre bersama pemain Huddersfield lainnya merakan gol kedua saat melawan Manchester United dalam Liga Inggris di stadion John Smith di Huddersfield (21/10). Depoitre berhasil menyumbang satu gol untuk Huddersfield. (Nigel French / PA via AP)

Laurent Depoitre bersama pemain Huddersfield lainnya merakan gol kedua saat melawan Manchester United dalam Liga Inggris di stadion John Smith di Huddersfield (21/10). Depoitre berhasil menyumbang satu gol untuk Huddersfield. (Nigel French / PA via AP)

Pelatih Huddersfield, David Wagner memberikan arahan kepada pemainnya saat melawan Manchester United dalam pertandingan Liga Inggris di stadion John Smith di Huddersfield (21/10). (Nigel French / PA via AP)

Pelatih Huddersfield, David Wagner memberikan arahan kepada pemainnya saat melawan Manchester United dalam pertandingan Liga Inggris di stadion John Smith di Huddersfield (21/10). (Nigel French / PA via AP)

Pelatih Manchester United Jose Mourinho memberikan arahan kepada pemainnya saat melawan Huddersfield dalam pertandingan Liga Inggris di stadion John Smith di Huddersfield (21/10). (Nigel French / PA via AP)

Pelatih Manchester United Jose Mourinho memberikan arahan kepada pemainnya saat melawan Huddersfield dalam pertandingan Liga Inggris di stadion John Smith di Huddersfield (21/10). (Nigel French / PA via AP)

Pemain Manchester United Marcus Rashford melakukan sundulan yang akhirnya berbuah gol saat melawan Huddersfield dalam pertandingan Liga Inggris di stadion John Smith di Huddersfield (21/10). (Nigel French / PA via AP)

Pemain Manchester United Marcus Rashford melakukan sundulan yang akhirnya berbuah gol saat melawan Huddersfield dalam pertandingan Liga Inggris di stadion John Smith di Huddersfield (21/10). (Nigel French / PA via AP)

Bek Huddersfield, Christopher Schindler berusaha merebut bola dari striker Manchester United Romelu Lukaku saat pertandingan Liga Inggris di stadion John Smith di Huddersfield (21/10). (AFP Photo/Lindsey Parnaby)

Bek Huddersfield, Christopher Schindler berusaha merebut bola dari striker Manchester United Romelu Lukaku saat pertandingan Liga Inggris di stadion John Smith di Huddersfield (21/10). (AFP Photo/Lindsey Parnaby)

Ekspresi pemain Manchester United Chris Smalling saat bertanding melawan Huddersfield dalam Liga Inggris di stadion John Smith di Huddersfield (21/10). (AFP Photo/Lindsey Parnaby)

Ekspresi pemain Manchester United Chris Smalling saat bertanding melawan Huddersfield dalam Liga Inggris di stadion John Smith di Huddersfield (21/10). (AFP Photo/Lindsey Parnaby)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Pilkada Jatim, PDIP Mulai Konsolidasi untuk Gus Ipul-Anas

Posted: 21 Oct 2017 08:31 PM PDT

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menemui kader di wilayah Mataraman dalam rangka konsolidasi menjelang Pilkada Serentak 2018. Hasto di beberapa pertemuan menjelaskan secara khusus tentang pencalonan Saifullah Yusuf dan Abdullah Azwar Anas di Pilkada Jawa Timur 2018 mendatang.

Di Tulungagung, Hasto menjelaskan, PDIP selalu menyiapkan calon dengan sebaik-baiknya. Dia juga meminta para kader sepenuhnya mendukung keputusan yang telah diambil Ketua Umum Megawati Soekarnoputri itu.

"Secara ideal tugas partai mempersiapkan calon pemimpin. Siapa pun yang direkomendasi, wajib ditaati kader partai," kata Hasto, Sabtu 21 Oktober 2017 malam.

Dia juga menegaskan, dalam pilkada prinsip gotong royong dikedepankan. Kesempatan itu juga dimanfaatkan Hasto mengumumkan rekomendasi DPP PDIP atas calon Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung yang diusung yaitu pasangan petahana Syahri Mulyo dan Maryoto Bhirowo.

Sementara saat berada di Trenggalek, Hasto memimpin rapat koordinasi. Tidak hanya pengurus partai dari Kabupaten Trenggalek, turut hadir pula pengurus partai dari Kabupaten Ponorogo.

Bupati Trenggalek Emil Dardak juga turut hadir mendengarkan pemaparan dari Sekjen PDIP. Hasto pun sempat mendaulat Emil untuk memberikan paparannnya terhadap apa yang dilakukan dan akan dilakukan di Trenggalek.

Dalam pidatonya, Hasto menekankan kepada kader dan struktur partai agar bahu membahu demi kemenangan Gus Ipul dan Anas di Pilkada Jatim mendatang.

"Semua harus tegak lurus dan bergotong-royong mendukung pasangan Gus Ipul dan Anas," tegas Hasto.

Dia menjelaskan, sosok Gus Ipul memiliki kedekatan dengan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

"Gus Dur menitipkan Gus Ipul ke Ibu Megawati. Gus Ipul dari keluarga Nahdliyin yang merupakan sahabat PDIP. Pak Anas sering bertemu dan berdialog dengan Megawati saat dirinya sedang di Jakarta," jelas Hasto.

Terkait alasan PDIP tidak mengusung Khofifah pada pilgub Jawa Timur, Hasto saat di Tulungagung menjelaskan Khofifah saat ini masih menjabat sebagai Menteri Sosial.

Menurut dia, tugas membantu Presiden Jokowi menjaga stabilitas nasional lebih besar bagi Khofifah. Karena itu, PDIP memilih mendukung Saifullah Yusuf yang sama-sama memiliki kedekatan dengan Nahdliyin.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Koleksi I.K.Y.K Paling Berani di JFW 2018

Posted: 21 Oct 2017 08:30 PM PDT

I.K.Y.K menampilkan koleksi outer andalannya di JFW 2018. Bukan hanya itu, koleksi bertema maskulin dan busana formal malam juga dihadirkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suka pada Anak Kecil, Ini yang Dilakukan Rizky Febian

Posted: 21 Oct 2017 08:30 PM PDT

Sukses menjadi seorang penyanyi, Rizky Febian mengaku masih memiliki keinginan lain di dunia musik. Anak dari pelawak Sule ini, diam-diam sempat berpikir untuk menjadi penyanyi cilik.

Sayang, saat tawaran menjadi penyanyi datang usia Rizky Febian sudah tak lagi sesuai jika menyandang predikat sebagai penyanyi cilik.

"Saya sebenarnya kepingin menjadi penyanyi cilik, tapi kan udah enggak cilik lagi," jelasnya di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta, Jumat (20/10/2017).

Kendati demikian, Rizky Febian mengaku masih memiliki jalan lain untuk mewujudkan impiannya itu. Pelantun "Kesempurnaan Cinta" itu berniat untuk membuat lagu bertema anak-anak.

"Kalau nyanyi udah enggak mungkin, palingan aku nanti bisa ciptain lagu untuk anak-anak atau mungkin adik saya," kata dia.

Maklum, Rizky Febian mengaku memang sangat menyukai anak kecil. Wajar saja, saat ini di rumahnya memang dipenuhi dengan bocah-bocah cilik.

"Adik saya kan masih ada yang kecil, jadi saya suka sama anak kecil. Terus, tadi liat Rafathar lucu, banyak fansnya juga. Udah gitu, ada Naura sama adik-adiknya yang pinter nyanyi," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Bola Hari Ini, Siaran Langsung 22 Oktober 2017

Posted: 21 Oct 2017 08:30 PM PDT

Partai seru adari Liga Inggris akan memanjakan pecinta bola pada Minggu (22/10/2017) malam. Everton bakal menjamu Arsenal di Goodison Park. 

Arsenal wajib meraih kemenangan agar tidak tertinggal semakin jauh dari tim-tim papan atas. Minggu lalu Arsenal kalah dari Watford.

Laga seru Liga Inggris ini bisa ditonton melalui layar Bein Sports 1 dengan berlangganan Nexmedia mulai pukul 19.30 WIB.

Sementara dai Liga Spanyol, Real Madrid akan berhadapan dengan Eibar di Santiago Bernabeu. SCTV bakal menayangkan duel Madrid melawan Eibar.

 

ilustrasi

Jadwal Siaran Langsung:

17.00 WIB: Villarreal vs Las Palmas (Bein Sports 2)

19.30 WIB: Everton vs Arsenal (Bein Sports 1)

20.00 WIB: Nice vs Strasbourg (Bein Sports 3)

21.15 WIB: Celta vs Atletico (Bein Sports 2)

22.00 WIB: Troyes vs Lyon (Bein Sports 3)

23.30 WIB: Southampton vs WBA (Bein Sports 1)

01.45 WIB: Real Madrid vs Eibar (SCTV/Bein Sports 2)

02.00 WIB: Marseille vs PSG (Bein Sports 3)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Channing Tatum Batal Main Film Akibat Skandal Harvey Weinstein

Posted: 21 Oct 2017 08:20 PM PDT

Channing Tatum keluar dari proyek film The Weinstein Co setelah skandal mencuatnya kasus pelecehan seksual yang dilakukan mantan petinggi perusahaan itu, Harvey Weinstein.

Sebelumnya ia sedang menggarap "Forgive Me Leonard Peacock" --tentang seorang anak laki-laki yang menghadapi konsekuensi pelecehan seksual-- bersama The Weinstein Company, namun akhirnya memutuskan berpisah dari studio itu.

Tatum dan rekannya Reid Carolin mengeluarkan pernyataan, "Para perempuan berani yang mau membeberkan kebenaran tentang Harvey Weinstein adalah pahlawan kita yang sebenarnya."

"Mereka mengangkat batu bata yang berat untuk membangun dunia yang adil yang pantas kita tempati. Proyek kami yang sedang dikembangkan bersama TWC -- buku brilian Matthew Quick, Forgive Me Leonard Peacock -- adalah cerita tentang anak laki-laki yang hidupnya hancur gara-gara kekerasan seksual."

Dilansir Telegraph, banyak perempuan menuding Harvey Weinstein atas pelecehan seksual, termasuk aktris Rose McGowan, Angelina Jolie, Gwyneth Paltrow dan Asia Argento. (Ant)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gandeng Jepang, Menperin Genjot 3 Sektor Industri

Posted: 21 Oct 2017 08:15 PM PDT

Kementerian Perindustrian dan Japan International Cooperation Agency (JICA) melakukan kerja sama dalam pengembangan industri potensial pada jangka menengah dan panjang. Sektor industri yang menjadi fokus pengembangan antara lain, alat transportasi, elektronika, serta makanan dan minuman.

Langkah sinergi ini diwujudkan melalui kegiatan penelitian terhadap sejumlah manufaktur Indonesia, yang dilakukan oleh Nomura Research Institute dengan judul Promotion for Globally Competitive Study untuk periode April 2017-Maret 2018.

"Kami ingin mendapatan masukan terkait kolaborasi teknis di ketiga sektor industri tersebut supaya bisa naik level," ujar Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (22/10/2017).

Airlangga menjelaskan, dalam survei yang sedang berjalan ini, pihaknya ingin mengetahui tentang alur rantai pasok industri di dalam negeri saat ini sehingga akan fokus menentukan kebijakan pengembangan untuk sektor pendukungnya. Misalnya di industri otomotif, yang membutuhkan masukan terkait riset dan teknologi terbaru.

"Kami juga akan melakukan survei ke beberapa sentra industri kecil dan menengah (IKM) komponen otomotif seperti di Tegal dan Ceper, Jawa Tengah untuk melihat jalannya supply chain di sana. Apalagi, JICA telah mendorong IKM Jepang agar berinvestasi di Indonesia supaya bisa bermitra dengan pelaku usaha lokal," jelas dia.

Sementara itu, di industri makanan dan minuman, Kemenperin ingin mengembangkan daya saing sektor ini di antaranya melalui pembangunan pusat inovasi, peningkatan aspek keamanan pangan, hingga pengemasan produk.

"Kami akan mendukung proses pascapanen, packaging, dan membuat standar untuk ekspor. Kami rasa hal ini dapat memperluas pasar, termasuk membangun innovation center," tutur dia.

Airlangga juga mengungkapkan, komoditas lokal yang tengah diminati Jepang antara lain kakao, kopi, dan udang. Untuk meningkakan nilai tambahnya, Indonesia telah ikut serta dalam Protokol Madrid, yang diharapkan bisa mempermudah dalam mendaftarkan merek secara internasional di banyak negara.

"Selain itu, sudah ada identifikasi geografis yang bisa untuk promosi produk, seperti Kopi Toraja dan Kopi Gayo. Added value ini yang terus dipromosikan oleh Kemenperin," kata dia.

Sedangkan, di industri elektronika, Kemenperin tengah mendorong agar sektor ini dapat mendukung industri alat transportasi di masa depan, khususnya untuk kereta api, pesawat terbang, dan mobil listrik.

"Untuk industri elektronika, kami akan memacu perluasan pasarnya dan bisa men-support ke sektor strategis lainnya," ucap Airlangga.

 

Tiga proyek

Selain kerja sama dalam kegiatan penelitian tersebut, sebelumnya Kemenperin dan JICA telah berkolaborasi dalam tiga proyek utama. Pertama, kerja sama peningkatan kapasitas produk LED. Kerja sama ini rencananya berlangsung selama tiga tahun dalam bentuk pembangunan kapasitas dan bantuan peralatan uji.

Adapun tujuannya, mengkaji kesesuaian SNI lampu LED dengan pasar di Indonesia, meningkatkan kerja sama antara industri dalam negeri dan industri Jepang, dan memperketat pengawasan peredaran LED nonSNI.

Kedua, proyek penguatan kemampuan industri pengerjaan logam pendukung alat konstruksi di Indonesia. Kegiatannya, antara lain membuat prototipe komponen alat berat yang masih diimpor, serta pembinaan industri melalui supervisi dan pelatihan.

Sedangkan, proyek ketiga, peningkatan kapasitas pengolahan makanan berbasis singkong. Proyek ini dilaksanakan di Timor Leste.

Senior Vice President of JICA Shinya Ejima menuturkan, sektor industri manufaktur di Indonesia harus terus ditingkatkan ke level yang lebih tinggi lagi melalui kecanggihan dalam teknologi maupun riset sehingga punya daya saing yang lebih baik di pasar global.

"Melalui survei ini, kami berdialog dengan pelaku industri terkait dan hasilnya akan difinalisasi pada tahun depan," kata Ejima.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Inggris: Manchester City Kokoh di Singgasana

Posted: 21 Oct 2017 08:15 PM PDT

Manchester City semakin kokoh di singgasana Liga Inggris. Kepastian ini didapat setelah Sergio Aguero dan kawan-kawan menang 3-0 atas Burnley pada laga pekan kesembilan Premier League, di Stadion Etihad, Sabtu (21/10/2017).

Manchester City kini menempati puncak klasemen dengan nilai 25. Mereka unggul lima poin atas Manchester United yang menelan kekalahan 1-2 dari tuan rumah Huddersfield Town.

Sementara itu, juara bertahan Chelsea naik ke peringkat empat klasemen dengan 16 poin. The Blues harus susah payah mengalahkan tamunya, Watford City dengan skor 4-2 di Stamford Bridge.

Bomber asal Belgia Michy Batshuayi jadi pahlawan tuan rumah. Masuk di babak kedua, pemain 24 tahun itu sukses menyumbangkan dua gol Chelsea.

Tiga tim kuat lainnya, yakni Arsenal, Liverpool dan Tottenham Hotspur belum bermain. Arsenal akan tandang ke markas Everton, sementara Tottenham menjamu Liverpool, Minggu (22/10/2017).

Berikut Klasemen Liga Inggris:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menyelisik Suara Misteri dari Mobil

Posted: 21 Oct 2017 08:10 PM PDT

Bagi petrol head yang senang mengemudi dan sudah merasakan manis pahitnya bepergian bersama mobil, pasti pernah merasakan suara-suara tidak diundang dari dalam kabin. Beragam suara yang Anda dengar bisa berasal dari luar kendaraan, atau suara tersebut dihasilkan oleh mobil yang sedang dikendarai. Satu hal yang terlintas dalam benak adalah kekhawatiran pada mobil kesayangan.

Lalu bagaimana cara mengenali 'penyakit' yang menyebabkan mobil berbunyi? Dilansir Autoevolution, ada beberapa jenis suara yang bisa dikenali untuk membedakan masalahnya. Secara garis besar, suara tersebut dihasilkan dari balik kap, sistem lingkar kemudi, dan sistem pada roda depan.

Suara pada Lingkar Kemudi

Suara yang dihasilkan oleh lingkar kemudi biasanya berbunyi 'klik'. Suara ini biasanya semakin parah seiring dengan bertambahnya kecepatan mobil dan lingkar kemudi berputar.

Biasanya bisa diakibatkan oleh ausnya sambungan, bearing lingkar kemudi yang sudah jelek, atau rendahnya cairan power steering. Potensi lainnya adalah suara berdecit yang menandakan slip pada belt power steering.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Sistem pada roda depan memiliki lebih banyak komponen dibanding lingkar kemudi. Oleh karena itu, tidaklah mengherankan jika roda depan akan menghasilkan lebih banyak suara dengan beragam masalah.

Salah satu yang sering terjadi adalah suara saat melakukan pengereman. Suara tersebut bisa berasal dari kanvas rem yang menipis. Suara tersebut juga bisa mengindikasikan adanya kotoran pada rem tromol, adanya kotoran yang terselip antara rem cakram dan kanvas. Masalah lain yang mungkin terjadi adalah jeleknya kondisi bearing pada roda, aus maupun keringnya sistem kaki-kaki.

Suara pada Mesin

Permasalahan suara dari mesin agak sulit dideteksi oleh orang awam. Karena ruang mesin biasanya menghasilkan suara yang cukup kencang. Namun, biasanya suara mesin yang tidak dikenali masih bisa dibedakan, biasanya karena suaranya mengganggu. Salah satu yang sering terjadi adalah suara decitan saat berakselerasi, biasanya suara tersebut dihasilkan oleh suara slip pada fan belt.

Suara 'klik' pada mesin bisa menandakan mesin bekerja pada tekanan oli rendah, atau terdapat komponen yang mulai rusak. Suara 'knocking' biasanya dihasilkan saat mesin overheat, penumpukan karbon dalam ruang pembakaran, atau rendahnya kadar oktan pada bahan bakar.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dimutasi, Sidang Etik Polisi Tersandung Kasus Obat PCC Berhenti?

Posted: 21 Oct 2017 08:02 PM PDT

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulsel, Irjen Muktiono resmi merotasi jabatan sejumlah anggota polisi di jajarannya pada Sabtu, 21 Oktober 2017. Salah satu yang termasuk dimutasi adalah AKBP Darwis yang diketahui tersandung dugaan pelanggaran kode etik akibat mengizinkan bos gudang obat PCC keluar tahanan.

Kasus Darwis kini masih ditangani bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Sulsel. Sidang etiknya sendiri masih belum digelar, tapi jabatannya sebagai Kepala Subdit II Direktorat Narkoba (Ditnarkoba) Polda Sulsel sudah dicopot.

Ia kini ditugasi menjadi Analis Kebijakan Muda Bidang Pembinaan Ketertiban dan Penyuluhan (Bintibluh) Direktorat Pembinaan Masyarakat (Ditbinmas) Polda Sulsel. Hal itu dibenarkan Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Dicky Sondani yang menyatakan keputusan mutasi Darwis berdasarkan Surat Telegram bernomor ST/537/X/2017.

"Sesuai surat telegram, jabatan Kasubdit II Dit Narkoba Polda Sulsel diamanahkan kepada AKBP Daniel Siampa yang sebelumnya diketahui sebagai Pamen Polda Sulsel pindahan dari Polda Sulbar," kata Dicky via telepon.

Menurut Dicky, rotasi jabatan atau mutasi merupakan hal yang rutin dilakukan dalam sebuah organisasi termasuk ditubuh jajaran Polda Sulsel sendiri. Selain itu, lanjut dia, rotasi jabatan dilakukan juga karena ada beberapa perwira menengah yang telah memasuki masa pensiunan sehingga perlu segera diganti.

"Jadi, mutasi itu hal yang wajar dan merupaka upaya penyegaran bagi sebuah organisasi untuk mengoptimalkan dan meningkatkan kinerja organisasi," kata Dicky.

Terpisah, Kepala Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Sulsel, Kombes Tri Atmojo kepada Liputan6.com menegaskan bahwa proses mutasi yang dijalani oleh AKBP Darwis tidak mempengaruhi proses penyidikan dugaan pelanggaran kode etik yang sedang berjalan.

"Tidak menghilangkan proses kode etiknya, Mas," kata Tri.

Saat ini, pihaknya berusaha bekerja cepat agar berkas penyidikan dugaan pelanggaran etik yang menjerat Darwis segera rampung dan selanjutnya masuk ke persidangan etik.

"Biarkan dimutasi dulu. Ini kita masih kebut untuk sidang etiknya ,"ujarnya.

Diketahui, AKBP Darwis bersama rekannya yang menjabat Kanit Narkoba Polda Sulsel menjadi terperiksa di Bidang Propam Polda Sulsel karena ulahnya saat menangani kasus kepemilikan ribuan obat PCC yang menetapkan Alex sebagai tersangka.

Darwis selaku Kasubdit II Direktorat Narkoba Polda Sulsel kala itu berperan memberikan penangguhan penahanan kepada Alex yang diketahui sebagai gembong peredaran obat PCC di Sulsel tanpa diketahui pimpinan tertinggi di Dit Narkoba Polda Sulsel, yakni Direktur Narkoba Polda Sulsel, Kombes Eka Yudha.

Ulah Darwis terkuak setelah Eka menelusuri penyebab hilangnya tersangka Alex dari rumah tahanan Mapolda Sulsel saat perkaranya hendak diserahkan ke Kejati Sulselbar untuk segera disidangkan. Perkara Alex sendiri telah menjalani persidangan perdana pekan ini.

Darwis dan rekannya Kanit Narkoba yang namanya masih disamarkan akhirnya menjalani pemeriksaan dugaan pelanggaran etik di Bidang Propam Polda Sulsel. Dari hasil penyelidikan yang dilakukan bidang pengawasan profesi (Wasprof) Propam Polda Sulsel menemukan adanya unsur pelanggaran etik.

Ia dan Kanit Narkoba dinyatakan tidak bekerja secara profesional sewaktu menangani perkara yang menjerat Alex, pemilik gudang penyimpanan ribuan jenis obat PCC sebagai tersangka.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengamat: Harga Penawaran Telkomsel untuk 2.3GHz Terbilang Murah

Posted: 21 Oct 2017 08:00 PM PDT

Operator seluler Telkomsel menjadi kandidat untuk memenangkan lelang frekuensi di 2.300MHz dengan harga penawaran sebesar Rp 1,007 triliun atau tiga kali lipat lebih tinggi dari harga yang ditawarkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, yakni sebesar Rp 366 miliar.

Pengamat menilai harga yang ditawarkan Telkomsel masih terbilang murah. Pasalnya menurut pengamat ekonomi dan Chief Economist Danareksa, Kahlil Rowter, pita 30MHz di 2.300MHz adalah blok terakhir yang tersisa di kanal tersebut. Sedangkan, frekuensi merupakan salah satu sumber daya terbatas.

Selain itu, Kahlil memperkirakan penambahan frekuensi Telkomsel bakal mendongkrak kinerja keuangannya. Ia bahkan optimistis Telkomsel sudah balik modal dalam kurun waktu beberapa tahun saja.

"Jika dihitung kisarannya, biaya yang dikeluarkan Telkomsel untuk frekuensi tak sampai 10 persen dari pendapatannya. Artinya, frekuensi di Indonesia masih murah dan tak bakal membebani konsumen," tutur Kahlil dalam keterangan resminya.

Hal ini berdasarkan perhitungan pendapatan Telkomsel tahun lalu. Per 2016, Telkomsel memiliki total frekuensi selebar 52,5MHz (900MHz, 1.800MHz, dan 2.100MHz). Dari total kepemilikan frekuensi, anak usaha Telkom ini mengantongi pendapatan hingga Rp 86 triliun dan laba bersih Rp 28 triliun.

Adapun, total biaya frekuensi pada 2016 mencapai Rp 3,6 triliun atau setara Rp 0,07/MHz. Sementara, harga frekuensi di 2.300MHz adalah Rp 1,007 triliun untuk 30MHz atau setara dengan Rp 0.033/MHz.

Dengan perhitungan ini, Kahlil berharap lelang frekuensi tersisa di kanal 2.100MHz juga mendapatkan harga penawaran terbaik untuk negara. Kendati demikian, Kahlil berharap pemerintah lebih tegas kepada operator agar komitmen pembangunan jaringan telekomunikasi minimal 10 tahun dapat terlaksanakan.

"Kalau dikelola dengan baik, frekuensi akan memberikan keuntungan bagi masyarakat, negara, dan perusahaan telekomunikasi. Pemerintah harus jeli memilih pemenang lelang yang benar-benar ingin membangun telekomunikasi di Indonesia," tuturnya.

Sementara itu, Sekjen Pusat Kajian Kebijakan dan Regulasi Telekomunikasi ITB, M Ridwan Effendi menambahkan harga frekuensi yang dimenangkan Telkomsel masih terbilang murah dibandingkan negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

"Harga yang mereka bayarkan itu bisa lima kali lebih mahal dari harga frekuensi di Indonesia," ungkap Ridwan.

Sebelumnya, Menkominfo Rudiantara mengungkap harga dasar lelang untuk frekuensi 2.100MHz adalah Rp 296,742 miliar, sedangkan frekuensi 2.300MHz sebesad Rp 366,720 miliar. Menurutnya, acuan harga itu didasarkan pada harga paling tinggi yang dibayarkan oleh operator telekomunikasi di masing-masing frekuensi.

"Aturannya adalah minimal harus sama dari harga yang dibayarkan saat ini," ujarnya ditemui beberapa waktu lalu di Jakarta. Selain itu, teknologi yang berbeda di masing-masing frekuensi juga menjadi patokan penentuan harga.

Sebagai informasi, frekuensi 2.100MHz menggunakan moda Frequency Division Duplexing (FDD) berpasangan pada rentang 1970–1975MHz dengan 2160-2165MHz (Blok 11), dan rentang 1975-1980MHz berpasangan dengan 2165–2170MHz (Blok 12). Sementara 2.300MHz memiliki moda Time Division Duplexing (TDD) dengan lebar frekuensi 30MHz.

"Dari sisi teknologi, memang harga 2.1GHz dan 2.3GHz berbeda. Yang satu menggunakan TDD dan satunya FDD berpasangan," jelasnya. Kedua faktor itulah yang kemudian menjadi penentu harga dasar penawaran lelang.

(Cas/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Bocah 7 Tahun yang Tidur hingga 11 Hari

Posted: 21 Oct 2017 08:00 PM PDT

Seorang anak laki-laki berusia 7 tahun telah membuat dokter bingung karena tertidur, dan tidak terbangun selama 11 hari berturut-turut.
 
Wyatt Shaw dibawa ke rumah sakit di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat setelah mengeluh merasa tidak sehat. Ia pun tertidur dengan nyenyak.
 
Dokter di Norton Children's Hospital menggunakan elektroda untuk memantau aktivitas di otaknya. Namun, dokter tidak dapat menemukan penyebab Wyatt tertidur dengan nyenyak, dilansir dari 9News, Sabtu (21/10/2017).
 
Meski tidak menemukan penyebab Wyatt tertidur, para dokter berupaya membangunkan bocah tersebut dengan obat-obatan. Obat-obatan yang digunakan untuk kejang. Wyatt sekarang sudah terbangun.
 
Kesulitan bicara
 
Setelah Wyatt terbangun, sang nenek, Rhonda Thompson, mengatakan Wyatt sedang kesulitan berbicara dan berjalan.
 
Ia tidak bisa berbicara dengan benar dan harus dibantu untuk berjalan. Berjalan yang harus dibantu setidaknya membuat Wyatt semakin membaik tiap hari.
 
Kondisi Wyatt terjadi setelah menghadiri upacara pernikahan. Kemudian ia mengeluh merasa tubuhnya tidak sehat.
 
Keluarga Wyatt mengira dirinya hanya makan terlalu banyak kue. Wyatt pergi tidur. Kemudian ibunya berusaha membangunkannya tapi tidak berhasil. Bocah itu dilarikan ke rumah sakit.
 
Wyatt menjalani pemeriksaan MRI hingga menjalani pemeriksaan berbagai penyakit menular. Hasil pemeriksaan negatif dan tidak ada tanda-tanda aneh pada tubuhnya.
 
Kini, Wyatt tengah menjalani rehabilitasi.
 
 
 
 
Simak video menarik berikut ini:
 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Pemain Terganas Afrika yang Bermain di Liga Inggris

Posted: 21 Oct 2017 08:00 PM PDT

Afrika secara konsisten menghasilkan banyak penyerang tajam dan menyuplai pemain di Liga Inggris dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan, pemain dari benua tersebut acap menjadi mesin gol para klub-klubnya. 

Penyerang asal Afrika memang terkenal dengan etos kerjanya. Selain punya fisik kuat, visi serta naluri menyerang mereka sudah terbukti.

Musim ini, banyak pemain yang mewakili Afrika tengah saling sikut untuk menjadi top skorer Liga Inggris. Meski musim baru dihelat, tapi mereka sudah menunjukkan kelasnya.

Lantas, siapa sajakah mereka? Berikut daftarnya dikutip Sportskeeda:

Eric Maxim Choupo-Moting

5. Eric Maxim Choupo-Moting

Eric Maxim Choupo-Moting telah menjadi favorit para suporter di Stoke City musim ini setelah kedatangannya dengan status bebas transfer. Dia telah memberikan kontribusi besar sejauh ini dengan rata-rata menghasilkan 0,9 umpan kunci dan 3 tembakan per laga menurut whoscored.com.

Dia juga terkenal dengan giringan bolanya, dengan rataan 1,4 dribbles per game. Sejauh ini, ia telah mencetak 2 gol dalam 8 penampilan untuk Stoke City.

Penampilan terbaiknya di liga datang kala melawan Manchester United. Choupo-Moting mencetak 2 gol yang membantu Stoke City selamat dari kekalahan di Stadion Bet365, dan dihargai man of the match.

Selebrasi Abdoulaye Doucoure (Ian KINGTON / AFP)

4. Abdoulaye Doucoure

Abdoulaye Doucoure punya peran vital bersama Watford dengan bisa berperan di antara banyak posisi di lini tengah. Dia bisa bergerak maju untuk menyerang dan juga bisa membantu dalam bertahan.

Gelandang asal Mali itu memiliki 0,8 tembakan dan 1,4 umpan kunci per pertandingan. Dia telah mencatat 6 tembakan dengan akurasi mencapai 50%.

Musim ini, ia diberi kebebasan untuk menyerang. Hasilnya lumayan bagus, dengan mencetak 3 gol dalam 8 penampilan untuk membantu klub tersebut ke posisi keempat yang mengejutkan di klasemen sementara Liga Inggris.

6. Riyad Mahrez (Leicester City) - Perkiraan klub tujuan Arsenal, Tottenham Hotspur dan AS Monaco. Harga sekitar 40 juta Euro. (EPA/Peter Powell)

3. Riyad Mahrez

Riyad Mahrez adalah salah satu pemain Afrika yang paling kreatif saat ini. Pemain sayap Aljazair itu merupakan otak permainan Leicester City. Musim ini, ia telah berhasil melepaskan 18 tembakan dan 245 umpan.

Setelah awal yang lambat di awal musim, Riyad Mahrez sudah mencetak 2 gol dan satu assist lagi. Mantan pemenang penghargaan PFA Player of the Year ini tidak diragukan lagi merupakan salah satu penyerang terbaik di Liga Inggris.

Dengan kaki kirinya yang mengesankan, dribbling serta tembakan jarak jauh, Mahrez bahkan sempat jadi bidikkan Barcelona. Dia bisa bermain sebagai gelandang atau sebagai pemain depan di sayap kanan, memotong di dalam kotak penalti, menciptakan peluang dan mencetak gol.

Winger Liverpool, Sadio Mane. (dok. Liverpool)

2. Sadio Mane

Sejak Liverpool merekrutnya dari Southampton musim lalu, Mane boleh dibilang telah mengambil alih Liga Inggris. Cara dia bermain benar-benar luar biasa.

Dia memiliki umpan pendek yang sangat bagus, dan bisa menyisir sampai di dalam kotak. Pemain asal Senegal itu sering menciptakan peluang bagi rekan setimnya dan juga berkontribusi dalam hal gol.

Mane bisa bermain sebagai gelandang serang atau sebagai pemain depan di kedua sisi lapangan. Dia sudah mengantongi 3 gol musim ini untuk menjaga Liverpool dalam perebutan gelar. Ia juga menyelesaikan 12 tembakan dan 145 umpan dengan akurasi 58%.

Penyerang asal Mesir, Mohamed Salah (AP/Darko Bandic)

1. Mohamed Salah

Liverpool mendatangkan Salah dari Roma pada bursa transfer musim panas lalu. Sejak saat itu ia menjadi sosok berpengaruh di Anfield.

Langkahnya tak tertandingi dan dia bisa mengalahkan banyak bek dengan kecepatan luar biasa. Selain itu, gelandang asal Mesir itu juga merupakan sosok pemain kreatif dan finisher.

Salah saat ini Afrika merupakan skor tertinggi di liga. Dia mengemas 4 gol dan 1 assists yang membuat The Reds dalam perebutan gelar. Dia juga telah menyumbangkan 28 tembakan dan 199 umpan untuk Liverpool.

Eka Setiawan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Memprihatinkan, Seorang Nenek Mengasuh Anak Gila

Posted: 21 Oct 2017 08:00 PM PDT

Mbah Geliyem yang sudah berusia satu abad ini hidup dalam kemiskinan. Mbah Iyem tinggal bersama putranya yang mengalami gangguan kejiwaan. Untuk makan sehari-hari Mbah Geliyem mengandalkan pemberian dari tetangga sekitar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Cardiff Giant, Raksasa Palsu yang 'Membodohi' Amerika

Posted: 21 Oct 2017 08:00 PM PDT

Sejumlah orang meyakini, para raksasa atau makhluk besar menyerupai manusia pernah ada di muka Bumi. Meski tak ada bukti sahih, sejumlah legenda bahkan penafsiran kitab suci mengisahkan keberadaannya.

Maka geger pun terjadi pada 16 Oktober 1869, ketika dua pekerja, Gideon Emmons dan Henry Nichols, menemukan hal aneh saat menggali sumur di belakang gudang milik William C. "Stub" Newell di Cardiff, New York.

Dari dalam tanah, mereka menemukan sosok yang diklaim sebagai 'manusia beku' yang memiliki tinggi 3 meter.

Kabar temuan itu pun menyebar cepat, memicu kehebohan. Ratusan berdatangan ke lokasi penemuan, ternganga heran, menyaksikan makhluk besar yang diklaim pernah menjejak Bumi dengan kaki-kakinya yang besar.

Sosok itu disebut-sebut adalah nenek moyang jauh dari warga suku asli, Onroaga Iroquois. Temuan itu pun kemudian mendapat julukan Cardiff Giant.

Banyak orang yang mengiranya sebagai salah satu temuan arkeologi paling penting pada Abad ke-19. Koran-koran pada masa itu memuat besar-besar kabarnya. Ahli geologi James Hall dan ilmuwan Rochester University, Henry Ward ikut menyatakan kekagumannya.

"Para pria meninggalkan pekerjaan mereka," demikian dilaporkan Syracuse Journal seperti dikutip dari History. "Para ibu segera menggendong bayi dan anak mereka, cepat-cepat menuju ke lokasi temuan."

Pemilik lahan, Newell lalu melindungi raksasa itu dengan sebuah tenda putih dan mulai menagih 50 sen untuk masuk. Sekitar 2.500 orang datang pada pekan pertama setelah penemuan. Pameran terus dibuka hingga sejumlah pengusaha muncul dan membelinya dengan harga mahal.

Seperti dikutip dari The Vintage News, belakangan, kenyataan pun terkuak. Temuan tersebut sama sekali bukan jasad raksasa yang membeku oleh waktu, melainkan patung belaka yang terbuat dari gipsum.

Raksasa palsu itu sudah diletakkan di lahan pertanian milik Newell, setahun sebelum akhirnya 'ditemukan'. Ternyata, adalah kabar bohong alias hoax yang menjadi asal-muasal kehebohan.

Otak di balik penipuan tersebut ternyata adalah sepupu pemilik lahan yan bernama George Hull.

Hull bukan orang kaya, ia bahkan bisa dibilang tak makan bangku sekolahan. Pria itu mencari nafkah dengan menjual tembakau.

Tapi, Hull juga seorang ateis dan punya antusiasme pada sains -- pada zaman ketika orang-orang berpendirian seperti dirinya tak diterima masyarakat.

Suatu ketika, ia berniat melakukan sesuatu, untuk mengguncang para penganut agama: dengan menciptakan kebohongan dan mengambil manfaat ekonomi dari sana. 

Motif yang lain adalah mendapat uang. Hull dilaporkan meraup keuntungan sebanyak US$ 20.000, jumlah yang sangat banyak pada akhir 1800-an.

Ketika kabar Giant Cardiff menyebar luas, artefak palsu itu akhirnya dibeli oleh beberapa pengusaha yang mulai mengadakan tur di mana mereka memamerkan raksasa tersebut kepada masyarakat yang penasaran -- tentu saja dengan bayaran sejumlah uang. 

Di tengah pameran itulah, kebohongan terkuak. Seorang insinyur pertambangan menimbulkan kegemparan ketika dia mengatakan bahwa gipsum pembuatnya cepat rusak di lahan pertanian milik Newell yang lembab.

Sementara, ahli paleontologi Yale yang terkenal, Otniel Charles Marsh hanya butuh sesaat untuk menyatakan,'raksasa' tersebut masih sangat baru. "Itu omong kosong belaka," kata dia.

Meski demikian, euforia belum berakhir. Raksasa itu ternyata menarik perhatian PT Barnum, pria yang memproklamasikan diri sebagai Pangeran Humbugs, yang antusias membeli artefak apapun, tidak peduli apakah palsu atau asli, untuk ditampilkan dalam museum miliknya, American Museum di New York.

Barnum mengajukan penawaran pada para pengusaha untuk membeli Giant Cardiff. Namun, keinginannya ditolak mentah-mentah.

Para pebisnis terlanjur menganggap raksasa itu sebagai mesin uang dan mendapat untung besar darinya. Karena tak bisa mendapatkan barang itu, ia membuat replika dan memamerkannya pada orang-orang sebagai 'Giant Cardiff yang asli'.

Perselisihan pun muncul. Para pengusaha menggugat Barnum. Hakim yang menangani kasus tersebut mengeluarkan pernyataan cerdik.

"Bawa raksasa milik Anda ke sini, dan buat dia bersumpah sebagai yang asli," demikian kata hakim, seperti diungkap Mark Rose, kontributor topik tersebut untuk Archaeology.org.

Maksudnya, hakim menegaskan, tak masuk akal bagi penggugat membuat tuduhan tentang sesuatu yang sudah palsu sejak awal.

Hull kemudian akhirnya mengaku, bahwa Giant Cardiff adalah tipuan belaka.

Pada tanggal 2 Februari 1870, Chicago Tribune menerbitkan sebuah berita tentang tipuan tersebut, yang menampilkan kesaksian dari pemahat patung raksasa itu. 

Giant Cardiff adalah salah satu tipuan paling terkenal dalam sejarah Amerika. Pertanyaannya, mengapa sampai butuh waktu berbulan-bulan bagi warga untuk menyadarinya?

Disney kini tengah mengembangkan film bertema Charles Darwin dengan gaya petualangan ala Indiana Jones.

Tipuan Giant Cardiff muncul 10 tahun setelah terbitnya buku On the Origin of Species karya Charles Darwin, yang menawarkan gagasan baru dan signifikan pada masyarakat: evolusi.

Orang-orang kala itu sangat tertarik dengan topik seperti evolusi dan fosil. 

Di sisi lain, ilmu arkeologi masih dalam tahap perkembangan awal. Belum ada metode pembuktian terhadap temuan purbakala seperti yang ada saat ini. 

Hingga saat ini Giant Cardiff masih bisa dilihat secara langsung. Patung itu disimpan di Farmers Museum di Cooperstown, New York.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiga Tahun Kepemimpinan Jokowi di Mata Glenn Fredly

Posted: 21 Oct 2017 08:00 PM PDT

Sabtu (20/10/2017) tepat tiga tahun masa kepemimpinan Joko Widodo menjabat sebagai presiden Republik Indonesia. Glenn Fredly, sebagai musisi sekaligus warga negara Indonesia yang dipimpinnya, memberikan apresiasi terhadap kinerja Jokowi --sapaan Joko Widodo-- selama tiga tahun.

Salah satunya adalah pembangunan infrastruktur yang lebih baik selama kepemimpinan Jokowi ini. Hal tersebut ia utarakan pada Sabtu (21/10/2017) di Galeri Indonesia Karya, Jakarta Pusat dalam acara Bhineka Tunggal Cinta.

"Saya harus memberikan sentimen positif untuk tiga tahun pemerintahan Jokowi ini, karena saya melihat harus ada yang kita highlight yang baik. Kayak pembangunan infrastruktur, terutama itu yang jadi kekuatan bahwa dalam tiga tahun ini pemerintahan Jokowi benar-benar infrastruktur itu menjadi sebuah bukti nyata di tengah masyarakat. Kehadiran pemerintah dalam ini menjadi poin plus," kata Glenn Fredly.

Glenn Fredly tampil di acara Soundrenaline 2017 (Foto: Ferry Noviandi)

Namun, ia juga menegaskan masih berharap Presiden Jokowi bisa menyelesaikan masalah-masalah lain yang lebih penting, seperti Hak Asasi Manusia, dan masalah korupsi yang selalu menjadi momok di dalam pemerintahan.

"Dan saya juga masih menanti bagaimana Pak Jokowi menyelesaikan permasalahan HAM. Itu jadi PR buat beliau dan saya sangat berharap di sisa pemerintahan beliau ini, terutama penyelesaian terhadap kasus-kasus korupsi. Itu menjadi hal yang di-highlight juga," ujar Glenn Fredly.

Ia juga menganggap dalam tiga tahun kepemimpinan Jokowi-JK, keduanya sudah dapat membuktikan Nawa Cita, agenda prioritas yang itelah mereka rancang. Program ini digagas untuk menunjukkan prioritas jalan perubahan menuju Indonesia yang berdaulat secara politik, serta mandiri dalam bidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan.  

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (19/10). Kedatangan Jokowi untuk menyaksikan sertifikasi 9.700 tenaga kerja konstruksi di seluruh Indonesia secara serentak. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

"Ya saya pikir dalam tiga tahun pemerintahan beliau ini ada pembuktian-pembuktian program-program Nawacita dia yang sudah bisa dirasakan oleh masyarakat terutama dalam infrastruktur. Karena dia bisa terapkan di daerah-daerah timur," lanjut Glenn Fredly. 

Secara angka, dalam tiga tahun pemerintahannya, Glenn Fredly menilai Jokowi telah berhasil merampungkan 60 persen kerja pemerintahannya. Sisanya, diharapkan bisa selesai dalam dua tahun sisa waktu kepemimpinannya.

"Saya merasa pemerintaham Jokowi ini ada di angka 60 persen lah dalam arti dalam dua tahun sisa nanti dia bisa menyelesaikan apa yang dia bangun. Infrastruktur yang sudah berjalan," harap Glenn Fredly

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertarungan Sengit Elang dan Drone, Mana yang Menang?

Posted: 21 Oct 2017 08:00 PM PDT

Drone kini telah digunakan banyak orang untuk berbagai kepentingan. Dalam fotografi, bantuan kemanusian, sampai dengan digunakan untuk mempelajari alam liar. Sayangnya, penggunaan drone ternyata juga bisa mengganggu beberapa hewan liar, salah satunya seperti kasus ini.

Kisahnya bermula ketika Patrick Pircher sedang menerbangkan drone miliknya untuk melihat keindahan pegunungan salju di Austria. Pada saat bersamaan, dua ekor elang mengelilingi drone miliknya dan salah satu elang mulai menyerang.

Melansir Smithsonian Mag, Sabtu (21/10/2017), rekaman video yang sedang diambil Pircher akhirnya tidak karuan karena drone miliknya sedang diserang. Elang-elang tersebut juga terlihat menjatuhkan drone ke bawah dan mulai menyelidiki musuh aneh yang mereka temui.

 Seekor Elang tampak mencengkram Drone yang berterbangang di Rotterdam , Belanda 29 Januari 2016. Polisi Belanda melatih Elang untuk dapat menangkap drone yang terbang secara ilegal di langit Belanda. (REUTERS / Nederlands Politie )

Sambil berusaha menyelidiki, ternyata musuh yang mereka taklukkan tidak bisa menjadi hidangan mereka. Setelah mengabaikan musuh yang mereka temui, para elang akhirnya pergi sehingga membuat Pircher dapat kembali mengambil drone miliknya.

Source: reddit.com

Tentu saja kasus burung menyerang drone di udara seperti ini bukanlah yang pertama kalinya. Jika dilihat dalam video yang beredar di media sosial, banyak kasus video lainnya dimana burung menyerang drone. Rata-rata dari pertarungan tersebut sering dimenangkan oleh burung. Hal ini bisa terjadi karena burung menyangka drone sebagai penyusup dalam lingkungan udara di sekitar mereka.

(Ai/Ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PBNU Gelar Apel Hari Santri Nasional di Jakarta

Posted: 21 Oct 2017 07:55 PM PDT

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggelar apel untuk memperingati hari santri nasional yang jatuh setiap 22 Oktober. Acara Hari Santri 2017 itu digelar di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat.

Dalam sambutannya, Ketua Umum PBNU Said Aqil Siraj mengingatkan kepada para santri tentang pentingnya mencintai sesama anak bangsa, apapun latar belakangnya.

"Tidak boleh ada permusuhan kecuali kepada pelanggar hukum, teroris, bandar pijat, bandar narkoba," kata Said Aqil, Minggu (22/10/2017).

Said menuturkan, salah satu peran besar santri dalam perjuangan kemerdekaan adalah resolusi jihad yang dikelurkan pendiri NU, KH Hasyim Asy'ari, di Jawa Timur. Tanpa itu, tak ada perlawanan melawan penjajah Belanda di Surabaya.

"Kiai Hasyim Asy'ari mengeluarkan resolusi jihad, yakni hukumnya melawan penjaajah adalah fardu 'ain. Tanpa resolusi jihad, tidak akan ada gerakan 10 November di Surabaya yang diperingati menjadi hari pahlawan," tutur dia.

Acara apel hari santri nasional ini selain dihadiri oleh jajaran petinggi PBNU, juga dihadiri Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Dalam Negeri Tjaho Kumolo, perwakilan pejabat TNI-Polri dan ribuan santri dari beberapa daerah.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cinta AC Milan, Boateng Ogah Merapat ke Inter

Posted: 21 Oct 2017 07:48 PM PDT

Gelandang Eintracht Frankfurt, Kevin-Prince Boateng, mengaku pernah menolak pinangan Inter Milan. Hal ini ia lakukan karena tak mau mengkhianati mantan klubnya, AC Milan.

Boateng membela AC Milan selama dua periode. Yang pertama pada 2010-2014 dan kedua pada 2015-2016. Bersama Rossoneri, pemain asal Ghana itu tampil dalam 114 pertandingan di semua kompetisi dan mencetak 18 gol. Ia juga sukses memenangkan Scudetto dan Piala Super Italia.

Boateng mengaku pernah mendapat tawaran untuk merapat ke Inter. Namun, ia tak mau menyakiti Milan. "Dalam hal emosi dan kasih sayang, tiga tahunku di Milan bernilai 10," kata Boateng kepada La Gazette dello Sport.

"Aku bisa menghadapi saat-saat tertentu dengan lebih baik, terutama di musim ketigaku, tapi aku tidak memiliki seseorang di luar lapangan yang bisa membantu. Meskipun demikian, aku tidak menyesal. Saat memainkan pertandingan-pertandingan penting, menang dan mencetak gol pada detik terakhir, rasanya luar biasa mendengar raungan San Siro untuk golku."

"Memang benar, Inter menginginkanku, tapi sejauh yang aku tahu, hanya ada satu Milan. Aku juga bisa memilih klub lain, bukan hanya Inter, tapi aku adalah orang yang memegang kata-kataku," Boateng menambahkan.

Boateng sendiri sudah membela Eintracht Frankfurt dalam tujuh pertandingan Bundesliga musim ini. Pemain 30 tahun itu juga menyumbangkan satu gol.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Zulkifli Hasan: Jaksa-Polisi Sudah Punya Tugas, Kita Perkuat KPK

Posted: 21 Oct 2017 07:46 PM PDT

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan meminta agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) semakin diperkuat. Hal ini terlontar saat ditanya tentang rencana pembentukan Detasemen Khusus (Densus) Antikorupsi Polri.

"Menurut pendapat saya, mari kita memperkuat KPK. Perkuatlah KPK. Jaksa, Polri kan sudah punya tugas masing-masing. Dan sekarang saatnya kita memperkuat KPK," ucap Zulkifli di Jakarta, Sabtu 22 Oktober 2017.

Saat ditegaskan, apakah ini isyarat bahwa dirinya menolak rencana tersebut, dia menegaskan bahwa yang terpenting adalah KPK diperkuat.

"Enggak pakai diartikan. Mari kita perkuat KPK. Polri sudah punya tugas, jaksa sudah punya tugas, kita perkuat KPK. Itu saja. Eggak pakai tanggapan lain. Itu saja pernyataan saya," tandas Zulkifli.

Diketahui, Polri tengah mempersiapkan Densus Antikorupsi. Namun, Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK punya pendapat sendiri. Dia ingin fokus pemberantasan korupsi dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Jadi cukup biar KPK dulu. Toh sebenarnya polisi, kejaksaan juga masih bisa menjalankan tugas, dan itu bisa. Tidak berarti perlu ada tim baru untuk melakukan itu. Tim yang ada sekarang juga bisa," kata JK.

Dia justru menyarankan agar semua instansi fokus membantu KPK. Meskipun tak menepis bahwa polisi banyak menangani kasus korupsi.

Dia menegaskan, jika muncul Densus Antikorupsi, bisa saja akan menimbulkan ketakutan bagi pejabat. Hal itu akan membuat sulit dalam mengambil kebijakan.

"Kalau nanti di seluruh Indonesia sampai kapolres, kapolsek, bisa menimbulkan ketakutan juga bahaya, juga kalau semua pejabat takut ya. Sulitnya walaupun dia tidak korup, takut juga dia mengambil keputusan. Itu yang kita khawatirkan, semua itu," tandas JK.

Sementara itu, Presiden Jokowi belum mengambil sikap terkait wacana pembentukan Dentasemen Khusus Anti-Tindak Pidana Korupsi (Densus Antikorupsi). Pembentukan Densus Antikorupsi ini masih harus dibahas dalam rapat kabinet.

"Biasanya kalau mengenai hal seperti itu dirapatkan pada rapat kabinet terbatas, di situlah akan terjadi diskusi dari usulan. Baru diputuskan untuk disetujui atau tidak. Nah itu belum ada," ujar Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/10/2017).

Mantan Juru Bicara KPK itu menuturkan, pembentukan Densus Antikorupsi merupakan kewenangan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Namun, pembahasan anggaran dalam pembentukan Densus Antikorupsi harus dibawa ke sidang kabinet paripurna.

‎"Dalam rapat kabinet itu baru diputuskan apakah disetujui atau tidak usulan Densus Antikorupsi. Sampai hari ini belum ada rapat kabinet terbatas yang membahas soal itu," jelas Johan.

Ia menyatakan, Jokowi tetap konsisten dalam memberantas korupsi di Indonesia. Jokowi juga selalu menekankan mengenai sinergi antara penegak hukum dalam pemberantasan korupsi.

"Sinergi yang seperti apa? Ya sinergi yang dilakukan oleh Kapolri, Kejagung, dan KPK dalam konteks ini. Kira-kira gambarannya seperti itu," Johan memungkasi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 10 Bola: Kegemilangan Marquez di Kualifikasi MotoGP Jepang

Posted: 21 Oct 2017 07:36 PM PDT

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez meraih hasil gemilang di sesi Kualifikasi MotoGP Jelang. Marquez menjadi yang tercepat sehingga akan start di posisi terdepan pada balapan yang digelar Minggu (22/10/2017).

Kesuksesan Marquez jadi sorotan pembaca setia kanal bola dan sports Liputan6.com. Berikut 10 berita terpopuler:

1. Kualifikasi MotoGP Australia: Marquez Ungguli Rossi dan Dovizioso

Pembalap Repsol Honda Team, Marc Marquez menjadi yang tercepat saat sesi kualifikasi MotoGP Australia di Phillip Island, Sabtu (21/10/2017). Sementara rivalnya dalam perburuan gelar juara MotoGP 2017, Andrea Dovizioso berada di urutan ke-11.

Di detik-detik akhir, Marquez mengalahkan catatan waktu rider Movistar Yamaha, Maverick Vinales. Marquez mencatatkan waktu 1 menit 28,386 detik, unggul 0,333 detik dari Vinales yang harus puas di urutan kedua. Baca selengkapnya disini.

2. Pacar Ronaldo Kurang Diterima di Kelompok WAGs Real Madrid?

Meski menjadi kekasih pemain bintang sekelas Cristiano Ronaldo, bukan berarti kehadiran Georgina Rodriguez bisa langsung diterima di tengah kelompok WAGs Real Madrid.

Sangat jarang Georgina terlihat jalan bareng atau berkumpul dengan pacar dan istri para penggawa Los Blancos lain. Tak heran bila banyak pihak menduga kehadiran wanita yang tengah hamil besar itu kurang disenangi. Baca selengkapnya disini.

3. Mourinho Bicara Soal Rencana Transfer MU di Januari

Jose Mourinho buka suara soal rencana transfer Manchester United (MU) pada bursa transfer musim dingin, Januari nanti. Apa tanggapan manajer asal Portugal itu?

Dalam beberapa bulan terakhir, MU dikabarkan sedang memburu beberapa pemain top dunia, seperti Gareth Bale (Real Madrid), Antoine Griezmann (Atletico Madrid), hingga pemain serba bisa AS Monaco, Fabinho. Baca selengkapnya disini.

4. Klasemen Liga 1, Enam Tim Saling Sikut Demi Juara

5. MotoGP: Terlempar dari 10 Besar, Rossi Tetap Yakin

6. 4 Hal Ini Bikin MotoGP Makin Menarik

7. Real Madrid Munculkan Opsi Barter Benzema dengan Harry Kane

8. 3 Kiper Terbaik di Dunia Saat Ini

9. Klopp: Tak Seperti MU, Laga Liverpool Vs Spurs Lebih Menarik

10. Di Pernikahan Messi, Neymar Akui Ingin Hengkang dari Barcelona

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasok Air Bersih, Menteri Jonan Bangun Sumur Bor di Sulut

Posted: 21 Oct 2017 07:30 PM PDT

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meresmikan lima sumur bor air tanah bagi empat kabupaten dan kota di Sulawesi Utara. Sumur bor yang diresmikan ini merupakan hasil kegiatan 2016. Peresmian kelima sumur bor air tanah tersebut dipusatkan di Desa Warisa Kampung Baru, Kecamatan Talawaan, Kabupaten Minahasa Utara, Sabtu 21 Oktober 2017 kemarin.

Sebanyak 2 buah sumur bor di Desa Warisa, Minahasa Utara telah dibangun dan siap dimanfaatkan oleh warga sekitar. Dalam bangunan sumur bor tesebut telah dilengkapi dengan pompa selam beserta bangunannya.

Selain itu juga disediakan mesin generator dengan kapasitas 10 kVA beserta rumah genset untuk menghidupkan pompa air. Warga juga mendapatkan bak penampung air dengan kapasitas 5.000 liter yang langsung dilengkapi dengan kran airnya.

Jonan menyatakan air bersih yang berasal sumur bor air tanah Desa Warisa dapat menghasilkan hingga 60 ribu liter air bersih dalam sehari.

"Per 1 detik hasilnya 2 liter jadi kalau 1 menit hasilnya 120 liter, dan satu jam dapat menghasilkan 7.200 liter. satu hari bisa beroperasi 8 jam. Maka hasilnya hampir 60 ribu liter sehari," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (22/10/2017).

Dalam berbagai kesempatan, Jonan menekankan pentingnya penggunaan APBN yang manfaatnya harus dirasakan langsung oleh masyarakat, salah satunya adalah sumur bor air tanah.

Badan Geologi Kementerian ESDM telah melaksanakan pelayanan kegeologian kepada masyarakat berupa pemboran air tanah dalam, secara Nasional di daerah yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan air.

Sejak 2005 hingga 2017, Badan Geologi Kementerian ESDM telah melaksanakan pembangunan sumur bor air tanah di seluruh wilayah Indonesia dengan jumlah sebanyak 1.795 sumur bor serta potensi cakupan layanan kumulatif hingga mencapai sekitar 5,2 juta jiwa.

Khusus di Sulawesi Utara, sejak 2007 hingga 2017, Badan Geologi Kementerian ESDM telah melaksanakan pembangunan 28 buah sumur bor air tanah, termasuk 5 unit di 2016 dan 4 unit di 2017. Kegiatan tersebut dilakukan pada daerah yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan air, dengan potensi cakupan layanan kumulatif hingga mencapai sekitar 81 ribu jiwa.

 

Pembangunan sumur bor air tanah merupakan salah satu bentuk pelayanan publik yang dilakukan oleh Kementerian ESDM melalui Badan Geologi Kementerian ESDM guna membantu masyarakat memperoleh air bersih bagi daerah yang memang mengalami kesulitan mendapatkan air bersih.

"Kalau ada di daerah yang sulit sekali (air bersih) ya kita pasang (sumur bor). Terutama yang daerah pinggiran, perbatasan dan sebagainya, kita bangun," tutur Jonan.

Lima sumur bor yang diresmikan bagi empat kabupaten dan kota tersebut yaitu:

- Dua sumur bor di kabupaten Minahasa Utara, yaitu di Desa Warisa Kampung Baru, Kecamatan Talawaan dan Desa Maen, Kecamatan Likupang.

- Satu sumur bor di kabupaten Minahasa berlokasi di Desa Teling, Kecamatan Tombariri.

- Satu sumur bor di kabupaten Minahasa Selatan yaitu di desa Pinapalangkaw, Kec. Suluun Tareran.

- Satu sumur bor di kota Bitung Kelurahan Lirang, Kec. Lembeh Utara.

Mengingat sumur bor air tanah menggunakan solar sebagai bahan bakar penggerak diesel, Jonan menghimbau agar kedepannya mesin diesel dapat menggunakan listrik sebagai penggerak pompa. "Mungkin lebih murah (menggunakan listrik), saya kira paling kurang lebih murah separuh," tandas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Tundukkan Watford, Chelsea Menang Telak 4-2

Posted: 21 Oct 2017 07:30 PM PDT

Pemain Chelsea Michy Batshuayi merayakan gol kedua untuk timnya saat pertandingan melawan Watford di stadion Stamford Bridge di London (21/10). Michy Batshuayi  berhasil menyumbang dua gol untuk Chelsea. (AP/Matt Dunham)

Pemain Chelsea Michy Batshuayi merayakan gol kedua untuk timnya saat pertandingan melawan Watford di stadion Stamford Bridge di London (21/10). Michy Batshuayi berhasil menyumbang dua gol untuk Chelsea. (AP/Matt Dunham)

Pemain Chelsea Eden Hazard berusaha merebut bola dari pemain Watford Kabasele Kristen saat pertandingan Liga Inggris di stadion Stamford Bridge di London (21/10). Chelsea menang 4-2 atas Watford. (AP/Matt Dunham)

Pemain Chelsea Eden Hazard berusaha merebut bola dari pemain Watford Kabasele Kristen saat pertandingan Liga Inggris di stadion Stamford Bridge di London (21/10). Chelsea menang 4-2 atas Watford. (AP/Matt Dunham)

Pemain Chelsea Michy Batshuayi mencetak gol keempat untuk timnya saat melawan Watford dalam pertandingan Liga Inggris di stadion Stamford Bridge di London (21/10). Michy Batshuayi  berhasil menyumbang dua gol untuk Chelsea. (AP/Matt Dunham)

Pemain Chelsea Michy Batshuayi mencetak gol keempat untuk timnya saat melawan Watford dalam pertandingan Liga Inggris di stadion Stamford Bridge di London (21/10). Michy Batshuayi berhasil menyumbang dua gol untuk Chelsea. (AP/Matt Dunham)

Pemain Watford Abdoulaye Doucoure merayakan gol pertama untuk timnya saat melawan Chelsea di pertandingan Liga Inggris di stadion Stamford Bridge di London (21/10). Watford harus menelan kekalahan 4-2 atas Chelsea. (AP/Matt Dunham)

Pemain Watford Abdoulaye Doucoure merayakan gol pertama untuk timnya saat melawan Chelsea di pertandingan Liga Inggris di stadion Stamford Bridge di London (21/10). Watford harus menelan kekalahan 4-2 atas Chelsea. (AP/Matt Dunham)

Kiper Watford Heurelho Gomes berhasil menyelamatkan gawangnya dari tendangan Cesc Fabregas saat pertandingan Liga Inggris di stadion Stamford Bridge di London (21/10). (AP/Matt Dunham)

Kiper Watford Heurelho Gomes berhasil menyelamatkan gawangnya dari tendangan Cesc Fabregas saat pertandingan Liga Inggris di stadion Stamford Bridge di London (21/10). (AP/Matt Dunham)

Pemain Chelsea, Pedro merayakan gol pertama untuk timnya saat melawan Watford dalam pertandingan Liga Inggris di stadion Stamford Bridge di London (21/10). Chelsea menang 4-2 atas Watford. (AP/Matt Dunham)

Pemain Chelsea, Pedro merayakan gol pertama untuk timnya saat melawan Watford dalam pertandingan Liga Inggris di stadion Stamford Bridge di London (21/10). Chelsea menang 4-2 atas Watford. (AP/Matt Dunham)

Pemain Chelsea, Pedro (kiri) berebut bola dengan pemain Watford Tom Cleverley saat pertandingan Liga Inggris di stadion Stamford Bridge di London (21/10). (AP/Matt Dunham)

Pemain Chelsea, Pedro (kiri) berebut bola dengan pemain Watford Tom Cleverley saat pertandingan Liga Inggris di stadion Stamford Bridge di London (21/10). (AP/Matt Dunham)

Bek Chelsea Cesar Azpilicueta merayakan gol ketiga untuk timnya saat melawan Watford dalam pertandingan Liga Inggris di stadion Stamford Bridge di London (21/10). Chelsea menang 4-2 atas Watford. (AFP/Ian Kington)

Bek Chelsea Cesar Azpilicueta merayakan gol ketiga untuk timnya saat melawan Watford dalam pertandingan Liga Inggris di stadion Stamford Bridge di London (21/10). Chelsea menang 4-2 atas Watford. (AFP/Ian Kington)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Simeone Bantah Ribut dengan Yannick Carrasco

Posted: 21 Oct 2017 07:24 PM PDT

Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone, menegaskan dirinya tak punya masalah dengan winger Yannick Carrasco. Ia juga mengonfirmasi pemain asal Belgia itu sedang cedera.

Carrasco marah-marah saat ditarik keluar oleh Simeone dalam laga melawan Qarabag di Liga Champions. Ia digantikan Angel Correa pada menit 72.

Saat keluar lapangan, Carrasco terlihat kesal dan ia juga berjalan begitu lambat. Padahal, timnya sedang membutuhkan gol dan kemenangan.

"Carrasco takkan main lawan Celta. Dia berusaha keras, dengan ketidaknyamanan lutut, untuk membantu tim. Saya sangat senang dengan Carrasco. Dia sangat menentukan dalam tim, sangat penting untuk masa depan," kata Simeone seperti dilansir Soccerway.

"Kami telah berbicara dengannya sejak lama. Kami membutuhkannya dalam kondisi bagus. Tim ingin dia menjadi kuat dan mudah-mudahan dia akan pulih. Dan sikapnya, para pemain selalu ingin bermain, berada di lapangan. Normal jika ditarik keluar, dia tidak menunjukkan kegembiraan," Simeone menambahkan.

Yannick Carrasco sendiri telah membela Atletico dalam lima pertandingan La Liga musim ini. Pemain 24 tahun itu menyumbangkan tiga gol dan tiga assist.

Atletico kini berada di peringkat empat klasemen La Liga dengan 16 poin. Carrasco dan kawan-kawan tertinggal sembilan angka dari Barcelona di singgasana.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: