Jumat, 20 Maret 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


6 Hadiah Wisuda Ini Nyeleneh Banget, Bikin Tepuk Jidat

Posted: 20 Mar 2020 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Masa kuliah tentu menjadi momen yang tak terlupakan. Berkutat dengan tugas yang menumpuk, skripsi yang penuh perjuangan, bertemu dosen unik hingga momen manis bersama teman tentu menjadi kenangan yang tak terlupakan. Tak pelak, momen wisuda adalah momen paling ditunggu. 

Sebagai tanda sudah selesai mengenyam pendidikan di bangku kuliah, universitas menyelenggarakan wisuda. Untuk merayakan kelulusan, biasanya para sahabat akan memberi selamat atau bahkan hadiah. 

Kado yang paling sering diterima ketika wisuda biasanya berupa bunga atau boneka. Tapi lain halnya dengan beberapa warganet di bawah ini, alih-alih memberi bunga atau boneka. Para warganet di bawah ini memilikii hadiah wisuda yang antimainstream. 

Saking antimainstreamnya, sukses bikin kamu tepuk jidat deh! Penasaran apa saja? Kira-kira kamu pernah dapat hadiah wisuda yang nyeleneh juga enggak? Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas hadiah wisuda yang nyeleneh, Sabtu (21/3/2020)

 

1. Kalau buket bunga bawang putih yang senang si emaknya nih!

Hadiah Wisuda Nyeleneh  (Sumber: mStar)
Hadiah Wisuda Nyeleneh (Sumber: mStar)

2. Pacar yang pengertian nih, hadiah wisudanya dikasih saham.

Hadiah Wisuda Nyeleneh (Sumber: Liputan6)
Hadiah Wisuda Nyeleneh (Sumber: Liputan6)

3. Karena bunga udah mainstream banget, kasih batu nisan aja deh!

Hadiah Wisuda Nyeleneh (Sumber:1cak)
Hadiah Wisuda Nyeleneh (Sumber:1cak)

4. Asik dapat hadiah makanan, tapi kok cuma cetakannya aja sih?

Hadiah Wisuda Nyeleneh (Sumber: Instagram/awreceh.id
Hadiah Wisuda Nyeleneh (Sumber: Instagram/awreceh.id

5. Langsung malu deh pasti kalau dapat hadiah wisuda kayak gini!

Hadiah Wisuda Nyeleneh (Sumber:Instagram/awreceh.id
Hadiah Wisuda Nyeleneh (Sumber:Instagram/awreceh.id

6. Enggak ada yang ucapin selamat, jadinya buat ucapan sendiri aja deh.

Hadiah Wisuda Nyeleneh (Sumber:Instagram/awreceh.id
Hadiah Wisuda Nyeleneh (Sumber:Instagram/awreceh.id

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dana Desa Rp 22,8 Triliun untuk Cegah Covid-19 Segera Dikucurkan, Begini Alurnya

Posted: 20 Mar 2020 10:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah segera mencairkan dana desa tahap pertama. Dana desa ini akan didistribusikan ke 74.953 desa yang tersebar di 33 provinsi atau 434 kabupaten/kota. Lantas bagaimana proses penyalurannya?

Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kemendes, Taufik Majid menjelaskan, penyaluran dana desa dilakukan dengan cara pemindahbukuan dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) Kabupaten dan Kota.

Ada tiga syarat yang harus dipenuhi untuk pencairan dana desa. Pertama, mengantongi peraturan gubernur dan peraturan wali kota tentang besaran alokasi dan besaran pembagian dana desa di masing-masing desa di wilayah Kabupaten dan Kota.

Kedua, kepala desa wajib menyiapkan Peraturan Desa (Perdes) Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

Ketiga, memegang surat kuasa dari kepala daerah, baik itu bupati atau wali kota untuk menguasakan distribusi penyaluran dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) ke rekening kas desa.

Oleh karena itu, Taufik menekankan kepada jajaran pemerintah desa supaya mempercepat pemenuhan syarat-syarat pencairan dana desa.

Menurut dia, penyaluran dilakukan secara bertahap. Pada tahap pertama besarannya 40 persen. Tahap kedua 40 persen, dan tahap ketiga 20 persen.

"Tahap pertama 20 persen kurang lebih Rp 22,8 triliun dana desa. Kalau ini dipercepat maka desa punya dana desa yang digunakan seusai dengan kebutuhan masyarakat di desa. Apalagi bisa dipakai untuk mengantisipasi mencegah sekaligus menangani luasnya dampak virus Corona di daerah," ujar Taufik. 

Permintaan Jokowi

 

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta agar dana desa segera direalisasikan dalam bentuk program padat karya tunai dan digunakan untuk membantu menangani wabah Covid-19.

Jokowi menyampaikan hal itu dalam rapat terbatas melalui Video Conference dengan topik Kebijakan Moneter dan Fiskal Menghadapi Dampak Ekonomi Pandemi Global Covid-19 dari Istana Kepresidenan Bogor,  Jawa Barat, Jumat (20/3/2020).

"Saya sampaikan kepada Pak Menteri Desa, Mendagri, dan seluruh kepala daerah dan kepala desa agar dana desa segera direalisasikan terutama berkaitan padat karya tunai," kata dia.

Dia menegaskan, dana desa dapat digunakan untuk membantu penanganan wabah Covid-19 di masing-masing desa.

"Dan juga membantu penanganan Covid-19 ini harus diperbanyak," katanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemendagri Siapkan Gedung Diklat untuk Isolasi Covid-19, Total 5.037 Kamar

Posted: 20 Mar 2020 10:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyiapkan gedung Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) sebagai tempat isolasi bagi pasien positif virus corona (Covid-19). Gedung-gedung diklat untuk menampung pasien corona itu disiapkan di hampir semua provinsi.

"Dalam rangka menindaklanjuti arahan Bapak Presiden terkait pemanfaatan Diklat-Diklat di daerah dalam rangka antisipasi penanganan Covid-19, maka Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian langsung perintahkan Kepala BPSDM Kemendagri," kata Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Bahtiar dikutip dari siaran persnya, Sabtu (21/03/2020).

Adapun gedung yang merupakan aset Kemendagri antara lain, BPSDM di Kalibata dan Bogor, 4 PPSDM Regional di Bukittinggi, Bandung, Yogyakarta, dan Makassar, serta Balai Satpol PP dan Damkar di Rokan Hilir.

Selain itu, Kemendagri juga memiliki Balai-balai diklat Pemdes yaitu di Lampung, Yogyakarta, dan Malang.

Bahtiar mengatakan dari 34 Provinsi, terdapat 32 Provinsi yang sudah memiliki gedung BPSDM beserta kamar. Meski kondisinya berbeda-beda, kamar tersebut secara keseluruhan sangat layak untuk ditempati.

"Ada yang pakai AC dan ada yang tidak pakai AC, namun semuanya layak pakai," jelas Bahtiar.

 

 

5.037 kamar

Ilustrasi orang pakai masker saat wabah Virus Corona COVID-19 di Indonesia. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)
Ilustrasi orang pakai masker saat wabah Virus Corona COVID-19 di Indonesia. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)

Menurut dia, apabila digabungkan kamar yang berada di lingkungan BPSDM Kemendagri, PPSDM Regional, Balai Rohil hingga BPSDM Provinsi jumlahnya mencapai 5.037 kamar.

Sebelumnya, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto menyatakan jumlah pasien positif Covid-19 di Indonesia bertambah 60 orang hingga Jumat 20 Maret 2020siang. Total orang yang terinfeksi virus Corona hingga hari ini menjadi menjadi 369 orang.

Sementara itu, pasien meninggal akibat corona bertambah tujuh menjadi 32 orang. Kemudian, jumlah pasien yang sembuh sebanyak 17 pasien.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korea Utara Menembakkan Dua Proyektil ke Laut

Posted: 20 Mar 2020 10:31 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Korea Utara telah menembakkan dua proyektil ke laut, menurut militer Korea Selatan.

Proyektil tersebut tampaknya merupakan rudal balistik jarak pendek, lanjut laporan tersebut, seperti dikutip dari BBC, Sabtu (21/3/2020).

Mereka diluncurkan pada Sabtu pagi 21 Maret 2020 dari provinsi Pyongan menuju Laut Timur, juga dikenal sebagai Laut Jepang.

Korea Utara meluncurkan beberapa rudal sebagai bagian dari latihan menembak awal bulan ini. AS dan China telah meminta Pyongyang untuk kembali ke perundingan tentang penghentian program nuklir dan misilnya.

Pada hari Sabtu, Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan sedang memantau situasi jika ada peluncuran tambahan.

Ia menggambarkan tindakan sebagai "sangat tidak pantas" pada saat dunia sedang berhadapan dengan pandemi Covid-19.

Proyektil Korea Utara itu terbang sejauh 410 km (255 mil) dengan ketinggian maksimum sekitar 50 km, kata militer Korea Selatan.

Penjaga pantai Jepang mengonfirmasi bahwa sebuah rudal telah mendarat di luar perairan zona ekonomi eksklusifnya.

Pertemuan Parlemen untuk Membahas Virus Corona

Bendera Korea Utara (AFP)
Bendera Korea Utara (AFP)

Penembakan rudal itu terjadi ketika Korea Utara mengumumkan akan mengadakan sidang Majelis Rakyat Tertinggi, parlemen negara itu, pada 10 April. Para analis mengatakan pertemuan itu akan melibatkan hampir 700 pemimpin negara di satu tempat.

Rachel Minyoung Lee, dari situs web pemantauan Korea Utara NK News mengatakan di Twitter bahwa pertemuan itu akan "menjadi pertunjukan utama kepercayaan (Korea Utara) dalam mengelola situasi virus corona."

Belum ada kasus coronavirus yang dilaporkan di Korea Utara, meskipun beberapa ahli meragukan hal ini.

Korea Utara berbatasan dengan China, tempat virus itu muncul, dan Korea Selatan, tempat terjadi wabah besar.

Seorang pejabat tinggi militer AS mengatakan pekan lalu bahwa dia "cukup yakin" ada infeksi di Korea Utara.

Korea Utara mengkarantina sekitar 380 orang asing --kebanyakan diplomat dan staf di Pyongyang-- di kompleks mereka selama setidaknya 30 hari. Pembatasan dicabut pada awal Maret. Sekitar 80 orang asing, terutama diplomat, diterbangkan keluar dari ibukota pada 9 Maret 2020.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Virus Corona Covid-19 Jadi Sandungan MU Rekrut Bek Klub Serie A

Posted: 20 Mar 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) dilaporkan sangat tertarik mendatangkan bek muda milik Hellas Verona, Marash Kumbulla. Bahkan, manajer MU Ole Gunnar Solskjaer sudah mengirim "mata- mata" untuk memantau Kumbulla.

Penampilan pemain muda Verona ini telah mengesankan para pemandu bakat klub-klub di Eropa, termasuk MU. Situasi ini memungkinkan tim Serie A itu memiliki prospek keuntungan besar.

Corriere melansir, Jumat (20/3/2020) daftar klub yang masih mengikuti pemain muda itu, di antaranya MU, Watford dan Everton. Meskipun laporan sebelumnya menunjukkan ada lebih banyak, seperti Manchester City atau Chelsea.

Ada juga klub-klub dari luar Inggris, seperti tim-tim Jerman, yaitu RB Leipzig dan Eintracht Frankfurt. Tak hanya itu, klub Italia (Napoli dan Inter) juga ikut mengawasi situasi.

Tambah Kekuatan

Namun, wabah Corona Covid-19 mungkin telah memperlambat segalanya, meski tidak menghentikan pekerjaan klub. Verona menunjukkan masih ada harapan transfer akan terjadi terlepas dari apakah musim berakhir di lapangan atau lebih dari itu.

Masalah utamanya adalah soal harga. Sebelumnya, harga yang Verona adalah 30 juta euro, seperti yang telah diklaim sebelumnya oleh sumber lain atau lebih rendah. Tapi, MU harus tetap mampu membelinya jika mereka ingin membawanya untuk menambah kedalaman pertahanan mereka.

Gaya Bermain

Banyak pihak menyebut gaya bermain pesepakbola ini disebut mirip Paulo Maldini. Bahkan, ada yang menyebut Kumbulla akan menjadi bek masa depan Timnas Italia.

Oleh karena itu, beberapa tim besar Eropa siap menampung pemain kelahiran tahun 2000 itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Juanda: Surabaya Bakal Hujan pada Malam Hari

Posted: 20 Mar 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memprediksi Surabaya, Jawa Timur berawan pada Sabtu, (21/3/2020).

Mengutip instagram @infobmkgjuanda, Surabaya akan hujan lokal pukul 13.00 WIB dan 19.00 WIB. Sedangkan sore hari berawan dan berlanjut pada pukul 22.00 WIB. Suhu di Surabaya berada di kisaran 24-33 derajat celsius dengan kecepatan angin 20 KM per jam. Kelembaban sekitar 65-85 persen.

Pada siang hari, cuaca di Surabaya sebagian besar hujan lokal dengan suhu 33 derajat celsius dengan kelembaban 65 persen. Kecepatan angin 20 KM per jam dari arah barat.

BMKG Juanda juga merilis peringatan dini tiga harian di wilayah Jawa Timur untuk mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada 21 Maret terutama siang hingga sore hari di sejumlah wilayah untuk kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi.

BMKG: Puncak Musim Hujan hingga Maret

ilustrasi hujan. (Pixabay)
ilustrasi hujan. (Pixabay)

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan cuaca ekstrem di Indonesia akan berlangsung hingga Maret 2020.

"Kalau menurut prediksi BMKG untuk wilayah Indonesia terjadinya cuaca ekstrem tidak serempak, silih berganti. Rata-rata puncak musim hujan Februari-Maret, khusus DIY dan Jateng berlangsung pada Januari-Februari," kata Kepala BMKG Dwikora Karnawati di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa 11 Februari 2020.

Selanjutnya, ujar dia, di kisaran April-Mei sudah memasuki musim kemarau, transisinya adalah pancaroba.

"Untuk ancaman bencananya beda lagi, bukan longsor atau banjir tetapi angin puting beliung. Imbauan kami agar ini bisa diwaspadai oleh seluruh pihak," kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Stasiun Klimatologi Kelas 1 Semarang Tuban Wiyoso mengatakan lebih awalnya cuaca ekstrem yang menjangkau Jawa Tengah dibandingkan wilayah lain karena cuaca di Jawa lebih didominasi oleh pengaruh angin monsun.

"Ini terjadi pada kurun waktu Desember-Februari, puncaknya Januari-Februari. Angin monsun sendiri merupakan angin yang bertiup dari Asia ke wilayah Indonesia. Seperti angin darat, yaitu angin laut tetapi skala musiman, ini dipengaruhi oleh posisi matahari," kata dia seperti dikutip dari Antara.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pandemi Corona COVID-19, Pernikahan Putri Beatrice Bakal Hanya Dihadiri oleh 2 Orang

Posted: 20 Mar 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi corona COVID-19 yang melanda Inggris memaksa Putri Beatrice membatalkan rencana resepsi pernikahan yang sudah dirancang jauh-jauh hari. Meski begitu, ia dan sang tunangan, Edoardo Mapelli Mozzi bakal tetap melangsungkan pernikahan pada 29 Mei 2020.

Semula, Putri Beatrice dan pebisnis asal Italia berencana menikah pada 29 Mei di Kapel Kerajaan di Istana St. James. Rencananya, pernikahan itu bakal dihadiri 150 orang keluarga dan kerabat kedua mempelai.

Itu pun setelah mereka membatalkan rencana menggelar pesta pernikahan di Istana Buckingham. Pengumuman pembatalan disampaikan pada Rabu, 18 Maret 2020, tetapi saat itu, mereka mempertimbangkan opsi menggelar resepsi dalam jumlah undangan lebih terbatas.

Namun, pemikiran itu sepertinya tak bisa dilakukan. Dilansir dari laman Hello Magazine, Jumat (20/3/2020), Gereja Inggris menyarankan adalah selama pandemi COVID-19 berlangsung, jumlah orang yang menghadiri pernikahan di gereja dibatasi hanya lima orang saja, yakni syarat bisa terselenggaranya pernikahan.

Lima orang itu terdiri dari kedua mempelai, pendeta, dan dua orang saksi.

"Putri Beatrice dan Tuan Mapelli Mozzi sangat menantikan momen pernikahan, tetapi juga menyadari untuk menghindari risiko yang tidak perlu dalam kondisi seperti saat ini," demikian pernyataan resmi dari Istana.

 

 

Dihadapkan Dilema

Putri Inggris Eugenie (kiri) dan Putri Beatrice mengenakan topi atau fascinator unik saat menghadiri ajang pacuan kuda Royal Ascot di Ascot, Inggris, Selasa (18/6/2019). Royal Ascot menjadi ajang bagi wanita Inggris untuk tampil dengan fascinator unik. (Mike Egerton/PA via AP)
Putri Inggris Eugenie (kiri) dan Putri Beatrice mengenakan topi atau fascinator unik saat menghadiri ajang pacuan kuda Royal Ascot di Ascot, Inggris, Selasa (18/6/2019). Royal Ascot menjadi ajang bagi wanita Inggris untuk tampil dengan fascinator unik. (Mike Egerton/PA via AP)

Istana melanjutkan, seiring dengan imbauan pemerintah, pasangan itu akhirnya membatalkan untuk mengundang keluarga besar, khususnya Ratu Elizabeth II dan anggota Kerajaan Inggris berusia lanjut lainnya.

Setelah memutuskan menggelar pernikahan dengan hanya dihadiri dua saksi, Putri Beatrice dan sang tunangan kini mengalami dilema tentang siapa yang bisa diundangnya dalam pernikahan tersebut. Sang Putri harus memilih antara saudarinya, Putri Eugenie atau orangtuanya, antara Pangeran Andrew dan Sarah Ferguson.

Siapapun yang menjadi pilihannya, pasti akan ada yang tidak hadir dalam momen bahagia itu. Sementara, keluarga Edoardo yang tinggal di Italia diperkirakan tak bisa datang mengingat negeri itu memiliki korban jiwa akibat COVID-19 tertinggi di Eropa.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Penularan Covid-19 di Tempat Umum, Negara Ini Sediakan Cotton Bud di Lift

Posted: 20 Mar 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Virus corona covid-19 memaksa sejumlah aparat pemerintah di berbagai negara di dunia harus mengambil langkah cepat dan tepat untuk menekan angka pasien terinfeksi. Tercatat sudah ada 276.125 orang terinfeksi, 11.404 meninggal dunia serta 91.952 orang dinyatkan sembuh di seluruh dunia, dikutip dari World Meters. 

Penyebaran virus Corona covid-19 yang kini disebut sebagai pandemi dunia menjadi fokus seluruh dunia saat ini. Sejumlah kebijakan dikeluarkan demi mencegah penyebaran dengan cara mengioslasi, karantina hingga lockdown.

Penyebaran virus Corona yang melalui sentuhan dengan objek yang terinfeksi menjadi salah satu alasannya. Maka dari itu, banyak masyarkaat yang mulai menghindari bersentuhan dengan benda-benda di tempat umum dan dianjurkan untuk selalu mencuci tangan.

Salah satu fasilitas yang kerap digunakan banyak orang adalah lift. Tombol lift menjadi salah satu media yang bisa menjadi perantara virus Corona covid-19 menyebar dari satu orang ke orang lain. Menindak lanjuti hal tesebut salah satu negara yaitu Singapura, memiliki cara unik untuk tidak bersentuhan langsung saat menekan tobol lift. Mereka menyediakan cutton bud.

Sediakan Cutton Bud di Lift

Negara ini sediakan cotton bud untuk tekan tombol lift. (Sumber: Facebook/ VolunteerPatrol)
Negara ini sediakan cotton bud untuk tekan tombol lift. (Sumber: Facebook/ VolunteerPatrol)

Dilansir dari Mothership oleh Liputan6.com, (21/3/2020) SIngapura menjadi negara yang juga terpapar virus Corona atau Covid-19. Tercatat jika Singapura terdapat 385 kasus Corona, 2 orang meninggal dunia dan 131 sembuh, dikutip dari World Meters.

Singapura meminta warganya untuk mengisolasi diri di tengah kepungan Corona. Berupaya turut menekan angka kasus di negara berjulukan Kota Singa itu, sekelompok relawan memiliki ide kratif dan unik.

Mereka menempatkan puluhan cotton bud yang diletakan di dekat tombol lift. Aksi tersebut dilakukan oleh sebuah lembaga relawan bernama Volunteer Community Patrol. Aksi mereka diketahui lewat akun Facebook resminya pada Rabu (18/3/2020) lalu. Relawan tersebut menyematkan puluhan cotton bud dan juga menyediakan tempat khusus untuk tempat sampahnya.

Upaya Menjaga Kesehatan Masyarakat

Negara ini sediakan cotton bud untuk tekan tombol lift. (Sumber: Facebook/ VolunteerPatrol)
Negara ini sediakan cotton bud untuk tekan tombol lift. (Sumber: Facebook/ VolunteerPatrol)

Relawan mengimbau dan menyarankan untuk para penghuni yang menggunakan lift, menggunakan cutton bud untuk menekan tombol. Cutton bud itu dipergunakan sekali pakai sehingga mereka dapat membuang ke tempat yang juga sudah disediakan.

Kelompok relawan tersebut juga meyakinkan netizen bahwa mereka mengenakan sarung tangan untuk mencegah kontaminasi cotton bud selama prosedur pemasangan di lift. Relawan yang memposting foto juga menambahkan bahwa dirinya saat ini sehat dan meyakinkan masyarakat bahwa relawan tidak akan membahayakan kesehatan masyarakat.

Viral di Media Sosial

Negara ini sediakan cotton bud untuk tekan tombol lift. (Sumber: Facebook/ VolunteerPatrol)
Negara ini sediakan cotton bud untuk tekan tombol lift. (Sumber: Facebook/ VolunteerPatrol)

Unggahan yagn diposting pada Rabu (18/3/2020) lalu itu lalu viral di media sosial Singapura. Terlihat hampir postingan tersebut dibagikan 765 kali.

Kelompok relawan saat ini mencari lebih banyak sukarelawan untuk bergabung dengan mereka. Sehingga kelompok itu dapat memperluas jangkauan mereka ke lebih banyak lift di Singapura. Meski demikian, mereka tak tahu apakah penggunaan cotton bud bisa bertahan lama.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Militer Italia Kerahkan 11 Truk Bawa Peti Mati Berisi Korban Covid-19

Posted: 20 Mar 2020 10:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kota Bergamo adalah salah satu kota paling terdampak Covid-19 di Italia. Pada Rabu (18 Maret 2020), militer Italia terpaka mengerahkan 11 truk untuk memindahkan jenazah-jenazah koraban meninggal dunia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Curhatan Wanita di China Bertahan Hidup Saat Lockdown 40 Hari Tanpa Tertular Covid-19

Posted: 20 Mar 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, China - Salah satu upaya efektif yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran wabah Virus Corona atau Covid-19 yakni dengan penguncian atau lockdown.

Kota Wuhan, China menjadi salah satu negara yang pertama kali menerapkan kebijakan lockdown untuk warganya, karena wabah Covid-19 menyebar dengan sangat cepat hingga 81.000 warga China terinfeksi. 

Masa-masa sulit selama lockdown membuat seorang pengguna Facebook asal Malaysia, yang tinggal di Chongqing, China berbagi kisah ketika dirinya bertahan hidup selama lockdown 40 hari dan tidak tertular wabah Covid-19. 

Melansir dari World of Buzz, Sabtu (21/3/2020), pengguna bernama Erycaz Lim awalnya mengklarifikasi bahwa pemerintah China menyatakan bahwa hanya Hubei dan Wuhan yang dikunci. Pada kenyataannya, seluruh China lockdown Covid-19.

Tidak Boleh Meninggalkan Rumah Tanpa Alasan

(Erycaz Lim/facebook.com)
(Erycaz Lim/facebook.com)

Di Chongqing, yang berjarak 800 + km dari Wuham, Erycaz tidak diizinkan meninggalkan kompleks tempat tinggalnya. Hanya seorang dari setiap rumah yang diizinkan meninggalkan rumah setiap 2-3 hari untuk mendapatkan kebutuhan penting seperti makanan dan obat-obatan.

Setiap kali kamu memasuki gedung, suhu tubuhmu akan diperiksa. Ada juga aturan bahwa "jangan berkeliaran tanpa tujuan," jika kamu tertangkap oleh petugas patrol, maka kamu akan diminta pulang.

Dia menambahkan bahwa orang-orang yang tidak pergi ke kantor atau ke sekolah, benar-benar meminimalkan kemungkinan penyebaran virus. Itu menjadi satu-satunya cara untuk memutuskan rantai penyebaran wabah Covid-19.

 

 

 

Aturan Ketika Keluar Rumah

Ketika dia pergi untuk mendapatkan bahan makanan selama 1-2 hari, dia mengikuti langkah-langkah pencegahan. Menggunakan masker wajah, membawa pembersih tangan dan botol kecil yang berisi alkohol 75%. Jadi setiap kali dia memegang uang, barang atau naik transportasi umum, dia wajib menyeprotkan hand sanitizer.

Dia juga memastikan untuk tidak menyentuh wajahnya, terutama di sekitar mata, hidung dan mulut ketika berada di luar. Jika dia benar-benar perlu menggosok matanya, dia akan membersihkan tangannya dan menggunakan bagian dalam bajunya untuk menggosok area yang gatal.

Sesampainya di rumah, dia akan mencuci tangannya dengan sabun dan air, melepas masker, menaruhnya atau menggantungkannya untuk digunakan kembali dan mencuci tangannya lagi.

Lalu dia akan mengganti pakaiannya dan memasukkannya ke dalam mesin cuci dan mencucinya dengan air bersuhu 60 derajat Celcius. Setelah itu, dia segera mandi. Kemudian desinfeksi segala sesuatu, mulai dari bahan makanan, kunci mobil, pegangan pintu, kunci dan ponsel. 

Dia Minta Agar Masyarakat Meniru Apa yang Dilakukannya

Dia mengatakan agar seluruh masyarakat melakukan langkah-langkah yang telah dilakukannya dengan serius untuk mencegah penyebaran virus ini. Pencegahan bukanlah tanggung jawab satu orang, tapi itu adalah tanggung jawab semua orang dan siapa pun. 

Dia berharap wabah ini akan segera hilang ketika dia ingin pulang ke Malaysia, sehingga dia bisa mengunjungi keluarga dan teman-temannya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mischa Chandrawinata Lebih Memilih Haico Van Der Veken daripada Perempuan Ini

Posted: 20 Mar 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mischa Chandrawinata merupakan aktor yang lahir di Hannover, 29 Maret 1987. Mischa adalah pria keturunan Indonesia dan Jerman.

Mischa Chandrawinata digemari banyak pemirsa berkat perannya sebagai Ariel di sinetron SCTV, Samudra Cinta

Kali ini Mischa Chandrawinta akan ditantang SCTV bermain Rapid Fire Questions. Ternyata pria kelahiran Hannover tersebut lebih memilih Haico Van Der Veken dibandingkan dengan Angela Gilsha.

Penasaran pilihan apa lagi yang dipilih oleh Mischa Chandrawinta dalam Rapid Fire Questions kali ini? Simak selengkapnya di channel SCTV hanya di Vidio.

Saksikan Videonya Di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Avigan dan Chloroquine untuk Obat Pasien Covid-19, Begini Cara Kerjanya

Posted: 20 Mar 2020 10:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Avigan dan Chloroquine seakan menjadi angin segar bagi perkembangan penanganan virus corona covid-19di Indonesia. Hal ini setelah Presiden Jokowi mengumumkan bahwa Indonesia akan mendatangkan kedua obat tersebut untuk menangani pengobatan virus corona. 

Dalam jumpa pers di Istana Negara pada Jumat (20/3/2020), Jokowi menyampaikan bahwa pemerintah telah memesan dua juta obat flu Avigan, yang diantaranya sebanyak 5.000 telah didatangkan. Sedangkan, obat Choloroquine juga telah disiapkan sebanyak tiga juta. Hal ini tentunya diharapkan dapat segera mengatasi masalah penyebaran virus corona yang semakin meningkat di Indonesia.  

Avigan dan Chloroquine telah diuji dan diklaim dapat memberi kesembuhan bagi penderita COVID-19 oleh negara lain. Jokowi menyampaikan bahwa obat tersebut sudah digunakan beberapa negara dan terbukti berdampak positif dan memberikan kesembuhan terhadap pasien corona. Walaupun sebenarnya sampai saat ini belum ada obat atau vaksin yang memang spesifik untuk COVID-19 itu sendiri.

Kedua obat tersebut nantinya akan diproduksi secara massal untuk menekan angka kematian akibat virus corona ini. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (21/3/2020) tentang Avigan dan Chloroquine

Mengenal Obat Flu Avigan Cara Kerjanya Melawan Virus Corona

Obat Avigan. ©AFP PHOTO/Kazuhiro Nogi
Obat Avigan. ©AFP PHOTO/Kazuhiro Nogi

Dikembangkan oleh Fujifilm Toyama pada tahun 2014, Avigan (Favipiravir) merupakan agen anti-virus yang secara selektif berpotensi menghambat RNA-dependent RNA polimerase (RdRp) dari virus RNA.

Obat ini telah diuji coba pada 200 pasien virus corona di Rumah Sakit Wuhan dan Shenzen sejak Februari. Otoritas medis di Tiongkok pun mengakui bahwa obat yang digunakan di Jepang untuk mengobati jenis baru influenza ini tampak efektif pada pasien COVID-19.

Zhang Xinmin, seorang pejabat di kementerian ilmu pengetahuan dan teknologi China, mengatakan Avigan memberikan hasil yang positif dalam uji klinis di Wuhan dan Shenzhen yang melibatkan 340 pasien.

Dampak Penggunaan Avigan dalam Pengobatan COVID-19

ilustrasi virus corona/copyright by diy13 (Shutterstock)
ilustrasi virus corona/copyright by diy13 (Shutterstock)

"Pasien yang diberi obat di Shenzhen berubah status menjadi negatif setelah rata-rata empat hari setelah menjadi positif, dibandingkan dengan rata-rata 11 hari untuk mereka yang tidak diobati dengan obat," kata penyiar publik NHK.

Selain itu, sinar-X mengonfirmasi peningkatan kondisi paru-paru pada sekitar 91 persen pasien yang diobati dengan Avigan, dibandingkan dengan 62 persen yang tidak menggunakan obat.

Hasil penelitian keduanya menunjukkan bahwa pasien yang menerima obat teruji negatif dalam waktu singkat, sedangkan gejala pneumonia menjadi sangat berkurang. Hingga kini, obat Avigan masih terus dikembangkan. Para ilmuwan juga tengah menunggu hak paten obat tersebut agar bisa mengembangkan obat generiknya.

Tentunya dengan mengetahui berbagai fakta dan dampak penggunaan obat avigan ini cukup memberikan angin segar bagi penanganan COVID-19 di seluruh dunia.

Mengenal Chloroquine dan Cara Kerjanya Melawan Virus Corona

Ilustrasi Chloroquine
Ilustrasi Chloroquine

Berbeda dengan Avigan yang merupakan obat flu, Chloroquine merupakan obat anti malaria. Mampu memblokir virus dan mengikat diri ke sel manusia dan masuk untuk mereplikasinya, Chloroquine sangat potensial untuk mengobati virus corona atau COVID-19 ini. Bahkan, obat ini juga dapat merangsang kekebalan tubuh.  

Pada sebuah studi di Marseille, Prancis, Para dokter mengklaim telah berhasil mengobati pasien COVID-19 dengan Chloroquine ini. Studi yang dilakukan dengan 36 pasien yang diantaranya 20 orang diberikan obat tersebut. Setelah 6 hari, 70% pasien tersebut dinyatakan sembuh, virus tidak lagi ada di sampel darah, dibandingkan 12,5% pasien grup kontrol.

Sebuah studi di Guangdong, Tiongkok, bahkan melaporkan bahwa chloroquine efektif dalam memerangi virus corona dalam studi yang dilakukan pada 4 Februari 2020.

Cara Kerja Chloroquine dalam Mengobati COVID-19

ilustrasi virus corona covid-19/copyright by diy13 (Shutterstock)
ilustrasi virus corona covid-19/copyright by diy13 (Shutterstock)

Robin May, profesor penyakit menular di University of Birmingham, berspekulasi bahwa proses yang disebut "endositosis", yaitu virus masuk ke inang, mungkin ada hubungannya dengan proses Chloroquine dalam mengobati COVID-19.

"Ini berarti bahwa virus pada awalnya dimasukkan ke dalam 'kompartemen' intraseluler yang biasanya bersifat asam. Chloroquine akan mengubah keasaman kompartemen ini, yang dapat mengganggu kemampuan virus untuk melarikan diri ke sel inang dan mulai mereplikasi," katanya.

Ia juga menambahkan, bahwa kemungkinan lainnya adalah chloroquine dapat mengubah kemampuan virus untuk mengikat bagian luar sel inang, yang merupakan langkah penting pertama untuk masuk.

Selama sekitar 10 tahun telah ada penelitian yang melaporkan efek anti-virus chloroquine dan oabt ini telah digunakan untuk mengobati pasien dalam wabah sindrom pernapasan akut (Sars) yang parah dari tahun 2002 hingga 2003.

Fakta bahwa Chloroquine harganya murah dan relatif mudah dibuat juga cukup membuat lega. Bahkan, perusahaan farmasi Prancis Sanofi telah menawarkan untuk membagikan jutaan bungkus obat dan mengatakan mereka memiliki cukup untuk merawat 300.000 pasien.

Walaupun begitu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa "sampai saat ini, tidak ada vaksin dan tidak ada obat antivirus khusus untuk mencegah atau mengobati COVID-2019."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wabah Corona, KPU: Pilkada Surabaya Tetap Berjalan

Posted: 20 Mar 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya menyatakan tahapan Pilkada Surabaya 2020 masih tetap berjalan sesuai dengan jadwal dan tidak terdampak wabah virus Corona atau Covid-19.

"Masih berjalan sesuai dengan tahapan," kata Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Surabaya Muhammad Khalid di Surabaya di lansir Antara, Jumat, 20 Maret 2020.

Hal sama juga dikatakan Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Surabaya, Soeprayitno. Dia mengatakan tahapan pemilihan untuk Pilkada Surabaya 2020 sudah diatur dalam PKPU 2/2020 sebagai perubahan PKPU 15/2019 dan PKPU 16/2019.

"PKPU dibuat melalui dengar pendapat bersama DPR RI dan stakeholder terkait," kata dia. 

Menurut dia, KPU Surabaya sebagai implementator atas regulasi itu. Terlebih sifat kelembagaan KPU adalah hirarki.

"Sepanjang belum ada regulasi lanjutan dari KPU RI yang diteruskan ke kabupaten/kota melalui KPU provinsi, maka kita tetap berpegang dan mengikuti regulasi tahapan yang telah ada dan sudah maupun sedang dan akan dijalankan," ujarnya.

 

KPU Menunggu DP4

Diketahui satu di antara tahapan yang tengah dilakukan KPU Surabaya saat ini adalah persiapan pemuktakhiran data pemilih. Namun, karena masih dalam tahap persiapan, proses pemutakhiran data pemilih memang belum dilakukan.

Saat ini, KPU Surabaya masih menunggu Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4). Setelah DP4 turun, KPU baru akan melakukan proses pemutakhiran data dengan melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih yang dijadwalkan dilaksanakan pada 18 April sampai 17 Mei mendatang.

Selain itu, lanjut dia, agenda KPU Surabaya lainnya adalah pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang akan dilaksanakan pada hari ini, Sabtu (21/3/2020). 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Builder Indonesia Menggali Ilmu dari Dua Tokoh Dunia Kustom di AS

Posted: 20 Mar 2020 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Banyak hal dan pengalaman telah didapat tim Suryanation Motorland Ride to USA selama berada di Negeri Paman Sam. Terbaru, rombongan yang berisikan builder-builder Tanah Air itu mendapat pengalaman berharga setelah mengunjungi Mooneyes Company dan bertemu dengan motorcycle enthusiast dunia Chopper Dave alias David Freston.

Di Mooneyes Company, tim Suryanation Motorland disambut langsung oleh Shige Suganuma. Rombongan pun diajak berkeliling area Mooneyes di wilayah Santa Fe Springs, California, Amerika Serikat.

Suryanation Motorland Committee Rizky Dwianto menyampaikan, dalam sebuah kesempatan Shige Suganuma menceritakan bagaimana seorang Dean Moon yang sangat menggemari dunia otomotif bisa membesarkan Mooneyes sampai seperti ini.

"Konsistensinya di dunia kustom ini bisa dijadikan panutan bagi para pemenang Suryanation Motorland yang mendengar langsung kisah sukses seorang Dean Moon," terang Rizky dalam keterangan resminya, Sabtu (21/3/2020).

Sekadar informasi, Mooneyes Company merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi berbagai macam part dan aksesori untuk roda dua dan roda empat. Kebanyakan produk yang dibuat memang dikhususkan untuk pecinta balap dan juga pecinta dunia custom.

Beberapa part yang diproduksi antara lain adalah blok mesin, tangki, piringan rem, tutup valve dan banyak lainnya. Selain itu, Mooneyes Company juga dikenal di seluruh dunia dengan berbagai aksesori dan juga merchandise yang lekat dengan dunia hot rod dan custom.

Mengunjungi Chopper Dave

Tim Suryanation Motorland menyambangi workshop Chopper Dave di California, Amerika Serikat. (ist)
Tim Suryanation Motorland menyambangi workshop Chopper Dave di California, Amerika Serikat. (ist)

Usai kunjungan Mooneyes Company, rombongan bergerak ke Long Beach, California, untuk bertemu Chopper Dave. Dikenal sebagai seorang pecinta dunia custom, seniman, biker, dan builder, David Freston memiliki passion dan keahlian teknis tinggi.

Keahliannya membawanya bekerja di West Coast Choppers, sebuah workshop ternama di Amerika Serikat, selama empat tahun sebelum memutuskan membuat perusahaannya sendiri di 2005. Ia juga dikenal sebagai jagonya motor chopper dan bobber bergaya old school karena kegemarannya pada motor-motor vintage.

Baik Shige maupun David Freston, ternyata sempat melihat motor kustom hasil karya builder Indonesia yang sedianya tampil di Mama Tried Show 2020. Keduanya menilai hasil karya dari builder Indonesia sangat menarik dan sekilas memiliki kualitas yang tidak kalah dengan beberapa motor custom yang pernah dilihatnya.

"Obrolan bersama dengan Shige dan Chopper Dave pastinya menambah wawasan dan pengetahuan bagi para pemenang Suryanation Motorland Battle 2019. Semoga kunjungan ini dapat menambah inspirasi para builder Indonesia tersebut dan membantu mereka membangun motor-motor yang lebih keren lagi," tutup Rizky.

Saksikan Juga Video Pilihan Berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Laboratorium Mikrobiologi Klinik FKUI Ditunjuk Jadi Pemeriksa COVID-19

Posted: 20 Mar 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Laboratorium Mikrobiologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) ditunjuk menjadi salah satu laboratorium pemeriksa COVID-19. Hal ini disampaikan Dekan FKUI Ari Fahrial Syam, Jumat (20/3/2020).

Sampel hasil swab nasofaring dan tenggorokan diambil kemudian di pindahkan ke media berupa tabung. Sampel tersebut dicocokan dengan primer COVID-19.

"Ketika ada hasil kita kontak ke dokter yang merawat. Jika positif kita salurkan ke Litbangkes," kata Ari.

Ari menambahkan, pemeriksaan serupa sebetulnya telah dilakukan FKUI sejak dulu. Mereka telah memiliki paket-paket tersendiri untuk pemeriksaan sesuai kebutuhan dengan kisaran biaya mulai dari Rp 750 ribu.

Pemeriksaan ini tidak dilakukan sembarangan melainkan dengan standar Bio Safety Level 2. "Karena kita bermain langsung dengan virus."

Laboratorium tidak menerima pemeriksaan secara individu. Menurut Ari, sampel-sampel disalurkan dari Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo dan Rumah Sakit Persahabatan.

Dalam satu hari, Laboratorium FKUI mampu memeriksa 100 hingga 200 sampel. Satu seri sampel membutuhkan waktu 6 hingga 12 jam.

Hingga kini Tim Laboratorium Mikrobiologi Klinik FKUI terdiri dari enam orang.

Tiga Herbal yang Baik untuk Pasien COVID-19

Ilustrasi kulit jeruk. (dok. congerdesign/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)
Ilustrasi kulit jeruk. (dok. congerdesign/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Dalam konferensi pers tersebut, Ari juga menyebutkan ada tiga bahan herbal yang dianjurkan untuk dikonsumsi pasien COVID-19. Ketiga herbal tersebut adalah "Jambu biji merah, kulit jeruk, dan daun kelor."

"Ini dianjurkan namun perlu penelitian lebih lajut. Tidak bisa disebut dapat mengobati hanya sebagai suplemen."

Tiga tumbuhan ini diyakini memiliki struktur herbal yang baik. Berdasar riset bioinformatika, Institut Pertanian Bogor, pakar kimia, dan farmasi. "Untuk anjuran silakan, kita akan melakukan riset lagi  secara klinik," ujar Ari.

Ia mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan. Caranya dengan tetap melakukan social distancing, istirahat yang cukup, olahraga di dalam ruangan, makan teratur, dan berhenti konsumsi alkohol dan rokok.

"Tidak stress, kita harus tenang karena stress dapat menurunkan daya tahan tubuh kita."

Simak Video Berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penjelasan Ahli Farmakologi soal Keampuhan Kunyit dan Temulawak Cegah Corona Covid-19

Posted: 20 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Dekan Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof Daryono Hadi Tjahjono menjelaskan manfaat tanaman herbal seperti kunyit dan temulawak sebagai salah satu cara untuk membantu pencegahan Corona Covid-19.

Dalam keterangan laman resmi ITB, Daryono mengatakan bahwa kunyit atau Curcuma longa L mengandung senyawa metabolit bahan alam berupa kurkumin yang dilaporkan memiliki potensi terapeutik yang beragam seperti antibiotik, antiviral, antioksidan, antikanker, dan untuk penanganan penyakit alzheimer.

"Kurkumin atau turunannya yaitu kurkuminoid juga terdapat pada temulawak, jahe, dan tanaman sejenis. Selain senyawa kurkuminoid, terdapat puluhan senyawa kimia lain yang terkandung di dalam tanaman tersebut," katanya.

Daryono menjelaskan, masyarakat secara umum memanfaatkan tanaman tersebut dalam kehidupan sehari-hari dan aman dalam penggunaannya. Selain sebagai bumbu masak, tanaman tersebut juga menjadi bahan baku jamu, dan obat herbal terstandarkan. 

Berbagai penelitian farmakologi telah dilakukan terhadap kurkumin. Namun, salah satu yang menjadi perhatian saat ini adalah pengaruh kurkumin terhadap penyembuhan Covid-19. Hal ini diketahui sejak terjadi endemi penyakit SARS pada 2003 silam.

Daryono menjelaskan, reseptor yang berperan (SARS-CoV-2) adalah angiotensin converting enzyme 2 (ACE2). ACE2 dapat berada dalam bentuk fixed (menempel di sel) dan soluble (tidak menempel pada sel).

"Penelitian terhadap senyawa kurkumin baik sebagai senyawa tunggal atau murni dilaporkan meningkatkan ACE2 pada hewan uji tikus. Namun belum ada studi hubungan langsung terhadap infeksi virus Corona," ucapnya.

Agar keperluan terapi menggunakan kurkumin dapat tercapai, Daryono berharap banyak ACE2 yang bebas (soluble). Sehingga akan mencegah virus Corona menempel pada sel yang secara langsung akan mencegah terjadinya infeksi.

Dia juga menjelaskan, secara empiris gabungan kandungan senyawa kimia dari tanaman tersebut bermanfaat sebagai imunomodulator untuk menjaga daya tahan tubuh. Efek farmakologi gabungan senyawa kimia (multi compound) dalam tanaman tersebut tentu bisa berbeda dengan efek farmakologi senyawa kurkumin secara tunggal (single compound).

Dalam kaitannya dengan Covid-19, penggunaan tanaman tersebut baik secara tunggal maupun gabungannya bisa membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh sebagai imunomodulator. Oleh karena itu, pemanfaatan kunyit, temulawak atau jahe sebagai jamu, obat herbal terstandarkan, atau suplemen minuman adalah aman. 

"Manfaat kurkumin terhadap penyembuhan Covid-19 tentu masih memerlukan pembuktian melalui penelitian lanjutan. Diperlukan kerja keras dari berbagai pihak seperti peneliti, industri farmasi, dan pemerintah Indonesia dalam pengembangan tanaman-tanaman tersebut hingga menjadi obat fitofarmaka sebagai antivirus terhadap Covid-19," ujar Daryono.

Simak video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Pesepak Bola Positif Virus Corona Covid-19: Bintang Timnas China Ikut Terpapar

Posted: 20 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pandemi virus Corona Covid-19 terus menjadi perbincangan. Hingga saat ini, setidaknya ada lebih dari 100 negara yang telah warganya terkena virus Corona.

Data terbaru yang dirilis situs resmi WHO pada Senin (16/3/2020) malam mencatat 153,648 orang telah terjangkit virus Corona model baru dengan 5.746 di antaranya meninggal dunia.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk menekan penyebaran virus ini. Sebagian negara seperti Italia bahkan menerapkan kebijakan lockdown demi menghindari jatuhnya korban yang lebih banyak.

Sebagai langkah antisipasi penyebaran virus penyebab Covid-19 ini, kegiatan-kegiatan yang melibatkan massa dalam jumlah besar juga dibatasi. Akibatnya, agenda-agenda olahraga pun ikut lumpuh.

Tak hanya itu, beberapa atlet dari berbagai cabang pun dinyatakan positif terjangkit virus.

Di Italia, Sampdoria yang paling terpukul dengan virus Corona. Ada tujuh pemainnya yang positif terjangkit Corona. Adapun di Spanyol, Valencia yang paling parah. Kini ada tiga pemain El Che yang positif Corona.

Setelah Ezequiel Garay, dua penggawa Valencia lain yang kena virus Corona adalah Jose Gaya dan Eliaquim Mangala. Berikut daftar terkini pemain sepak bola yang terkena virus Corona.

Bintang Timnas China

Striker Timnas China, Wu Lei, selebrasi bersama rekan di Timnas China seusai menjebol gawang Filipina di Piala Asia 2019 (11/1/2019). (AFP/Khaled Desouki)
Striker Timnas China, Wu Lei, selebrasi bersama rekan di Timnas China seusai menjebol gawang Filipina di Piala Asia 2019 (11/1/2019). (AFP/Khaled Desouki)

Winger Espanyol, Wu Lei, dinyatakan positif tertular virus corona Covid-19. Dia termasuk dalam enam anggota skuat Espanyol yang terjangkit virus corona jenis baru tersebut.

Seperti dilansir China Daily, bintang Timnas China ini sebelumnya telah menjalani tes virus corona Covid-19 pada Jumat (20/3/2020). Striker kelahran Nanjing, Provinsi Jiangsu itu pun harus menjalani isolasi.

Liga Italia

Daniele Rugani (Juventus)

Blaise Matuidi (Juventus)

Manolo Gabbiadini (Sampdoria)

Omar Colley (Sampdoria)

Albin Ekdal (Sampdoria)

Antonino La Gumina (Sampdoria)

Morten Thorsby (Sampdoria)

Fabio DePaoli (Sampdoria)

Bartosz Bereszynski (Sampdoria)

Germán Pezzella (Fiorentina)

Patrick Cutrone (Fiorentina)

Dusan Vlahovic (Fiorentina)

Mattia Zaccagni (Verona)

Liga Lainnya

Liga Jerman

Timo Hübers (Hannover)

James Horn (Hannover)

Liga Inggris

Mikel Arteta (Arsenal, pelatih kepala)

Callum Hudson Odoi (Chelsea)

Liga Spanyol

Ezequiel Garay (Valencia)

Eliaquim Mangala (Valencia)

Jose Gaya (Valencia)

Jonathas de Jesus (Elche)

Wu Lei (Espanyol)

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nekat Main Pokemon Go, Pria Ini Ditangkap Polisi karena Langgar Lockdown

Posted: 20 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dalam usaha untuk mencegah penyebaran virus corona, sejumlah negara mulai memberlakukan aturan lockdown.

Salah satu negara yang memberlakukan aturan lockdown karena virus corona adalah Italia. Karena hal itu, pemerintah pun meminta agar warganya tidak meninggalkan rumah mereka.

Bila kedapatan ada warga yang keluar rumah, pihak berwenang pun berhak menuntut pihak yang melanggar aturan tersebut.

Hal inilah yang terjadi terhadap seorang pria berusia 31 tahun di Italia, keluar dari rumahnya dan berjalan di San Fermo untuk bermain gim mobile augmented reality terpopuler, yaitu Pokemon Go, sebagaimana dilansir Leggo, Sabtu (21/3/2020).

Saat ditangkap polisi dan ditanya alasan keluar rumah, ia menjawab, "saya harus berburu Pokemon."

Walau secara teknis masyarakat masih diizinkan pergi ke luar, dengan alasan yang baik dan masuk akal, seperti berbelanja bahan makanan, membutuhkan obat-obatan, dan lain-lain.

Karena aksi nekatnya tersebut, ia akan dituntut melanggar aturan lockdown, beserta dengan 43.000 orang lainnya karena alasan yang berbeda-beda melanggar aturan lockdown yang diberlakukan oleh pemerintah Italia sejak 9 Maret lalu.

 

Niantic Batalkan Event Pokemon Go

Berkaca dari semakin maraknya penyebaran virus corona di berbagai negara, Niantic selaku pengembang gim Pokemon Go pun memutuskan untuk membatalkan acara skala global mereka.

Untuk menekan angka penyebaran virus corona, pengembang pun meluncurkan fitur khusus yang memungkinan pemain setia Pokemon Go tidak harus keluar rumah untuk bermain gim.

Ini termasuk meningkatkan jumlah Pokemon yang muncul di satu tempat, PokeStop menjatuhkan lebih banyak jumlah item dari biasanya, dan potongan harga item.

(Ysl/Why)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil SKD CPNS Siap Diumumkan 22–23 Maret 2020 via Website dan Medsos

Posted: 20 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Proses verifikasi dan validasi (verval) Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi Tahun 2019 telah rampung dan hasilnya sudah mendapatkan digital signature (DS) dari Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), selaku Ketua Pelaksana Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

BKN sudah menyerahkan hasil SKD kepada total 521 Instansi, yang terdiri dari 65 Instansi Pemerintah Pusat (Kementerian/Lembaga) dan 456 Instansi Pemerintah Daerah (Provinsi/Kabupaten/Kota).

"Penyerahan hasil SKD tersebut disampaikan kepada seluruh admin Instansi melalui portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN)," ungkap Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN Paryono dalam keteranga tertulis di Jakarta, Sabtu (21/3/2020).

BKN meminta instansi untuk menyiapkan pengumuman hasil SKD untuk disampaikan secara serentak kepada pelamar melalui masing-masing laman website atau media sosial Instansi pada 22-23 Maret 2020.

Penetapan tanggal pengumuman tersebut merujuk pada jadwal Panselnas yang sudah disampaikan ke seluruh Instansi melalui Surat Kepala BKN Nomor K 26-30/V 205-4/99 tentang jadwal pelaksanaan seleksi CPNS Formasi Tahun 2019.

Sementara untuk jadwal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), pada siaran pers BKN tanggal 17 Maret 2020 sudah disampaikan bahwa pelaksanaan SKB masih dalam status penundaan sampai dengan waktu yang akan ditentukan kemudian oleh Panselnas.

Adapun kriteria peserta yang dapat mengikuti SKB adalah peserta dengan nilai SKD memenuhi passing grade dan 3x jumlah formasi.

Siap-Siap, Hasil SKD CPNS 2019 Diumumkan 22-23 Maret 2020

Peserta tes seleksi CPNS Kemenkumham saat menjawab soal dengan sistem CAT di gedung BKN, Jakarta, Senin (11/9). Pada 2017, tercatat 1.116.138 pelamar CPNS mendaftar di lingkungan Kemenkumham. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Peserta tes seleksi CPNS Kemenkumham saat menjawab soal dengan sistem CAT di gedung BKN, Jakarta, Senin (11/9). Pada 2017, tercatat 1.116.138 pelamar CPNS mendaftar di lingkungan Kemenkumham. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menggelar rekonsiliasi dan validasi data hasil Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (SKD CPNS) 2019 pada Rabu hingga Jumat ini. Hasil dari validasi tersebut akan diumumkan dua pekan lagi.

"Hasil SKD akan diumumkan serentak pada tanggal 22-23 Maret 2020," ujar Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Karo Humas) BKN, Paryono, dikutip dari laman Setkab, Jumat (6/3/2020).

Adapun data yang divalidasi oleh BKN selaku pelaksana teknis seleksi CPNS meliputi jumlah peserta berdasarkan Berita Acara (BA) kehadiran, kesesuaian formasi SSCN dengan penetapan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB),

Selain itu, validasi juga dilakukan dengan kesesuaian ambang batas, kesesuaian nilai P1/TL formasi tahun 2018, BA penyelenggaraan serta panduan SKB.

"Rekonsiliasi data tahap I dilaksanakan untuk 261 dari 521 instansi pusat dan daerah. Sedangkan 260 instansi lainnya akan dilakukan rekonsiliasi datanya pada tahap II tanggal 11-13 Maret mendatang," kata dia. 

Proses rekonsiliasi data dilakukan melalui 4 level proses verifikasi dan validasi (verval). untuk level 4 yaitu tim pengolahan mengumpulkan data hasil SKD dari seluruh titik lokasi (tilok) dan akan disinkronisasikan saat rekonsiliasi data berlangsung.

Kemudian setelah itu diverifikasi dan divalidasi kesesuaian data dari instansi dengan data yang ada di Sistem Informasi Manajemen Fasilitasi Penyelenggaraan Seleksi (Simflek).

Selanjutnya pada level 3 akan diverifikasi ulang oleh Kordinator Tim Finalisasi Hasil Seleksi, Pemberkasan, dan Penetapan NIP sebelum ke level 2 yaitu persetujuan Deputi Bidang Mutasi BKN.

"Terakhir, pada level I yakni Kepala BKN mengesahkan dengan digital signature dan hasil rekonsiliasi diserahkan kepada instansi secara online," imbuhnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: [FEATURE] Jakarta Melawan COVID-19

Posted: 20 Mar 2020 10:00 PM PDT

Relawan membagikan masker kepada pejalan kaki di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Selasa (17/3/2020). Sebanyak 3.000 masker dibagikan secara gratis sebagai salah satu bentuk keprihatinan sekaligus berpartisipasi dalam upaya mencegah penyebaran virus corona COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Relawan membagikan masker kepada pejalan kaki di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Selasa (17/3/2020). Sebanyak 3.000 masker dibagikan secara gratis sebagai salah satu bentuk keprihatinan sekaligus berpartisipasi dalam upaya mencegah penyebaran virus corona COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Relawan membagikan masker kepada pejalan kaki di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Selasa (17/3/2020). Sebanyak 3.000 masker dibagikan secara gratis sebagai salah satu bentuk keprihatinan sekaligus berpartisipasi dalam upaya mencegah penyebaran virus corona COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas menyemprotkan cairan disinfektan pada halte di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis (19/3/2020). Penyemprotan tersebut dilakukan untuk antisipasi dan pencegahan penyebaran virus corona atau COVID-19 di ruang publik yang banyak digunakan oleh masyarakat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan pada halte di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis (19/3/2020). Penyemprotan tersebut dilakukan untuk antisipasi dan pencegahan penyebaran virus corona atau COVID-19 di ruang publik yang banyak digunakan oleh masyarakat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas menyemprotkan cairan disinfektan pada halte di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis (19/3/2020). Penyemprotan tersebut dilakukan untuk antisipasi dan pencegahan penyebaran virus corona atau COVID-19 di ruang publik yang banyak digunakan oleh masyarakat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga melakukan jaga jarak atau social distancing di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta, Rabu (18/3/2020). Jaga jarak atau prosedur social distancing measure harus diterapkan kepada masyarakat yang masih melakukan aktivitas di luar untuk memghindari penyebaran COVID-19. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Warga melakukan jaga jarak atau social distancing di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta, Rabu (18/3/2020). Jaga jarak atau prosedur social distancing measure harus diterapkan kepada masyarakat yang masih melakukan aktivitas di luar untuk memghindari penyebaran COVID-19. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Warga melakukan jaga jarak atau social distancing di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta, Rabu (18/3/2020). Jaga jarak atau prosedur social distancing measure harus diterapkan kepada masyarakat yang masih melakukan aktivitas di luar untuk memghindari penyebaran COVID-19. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pengguna moda transportasi MRT duduk di bangku yang ditempeli stiker panduan jaga jarak di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Kamis (19/3/2020). Warga kini lebih waspada dalam menanggapi penyebaran virus corona COVID-19 seiring bertambahnya kasus tersebut di Tanah Air. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Pengguna moda transportasi MRT duduk di bangku yang ditempeli stiker panduan jaga jarak di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Kamis (19/3/2020). Warga kini lebih waspada dalam menanggapi penyebaran virus corona COVID-19 seiring bertambahnya kasus tersebut di Tanah Air. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengguna moda transportasi MRT duduk di bangku yang ditempeli stiker panduan jaga jarak di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Kamis (19/3/2020). Warga kini lebih waspada dalam menanggapi penyebaran virus corona COVID-19 seiring bertambahnya kasus tersebut di Tanah Air. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengguna moda transportasi Transjakarta menanti kedatangan bus dengan tetap menjaga jarak aman di Halte Monas, Jakarta, Rabu (18/3/2020). Warga kini lebih waspada dalam menanggapi penyebaran virus corona COVID-19 seiring bertambahnya kasus tersebut di Tanah Air. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Pengguna moda transportasi Transjakarta menanti kedatangan bus dengan tetap menjaga jarak aman di Halte Monas, Jakarta, Rabu (18/3/2020). Warga kini lebih waspada dalam menanggapi penyebaran virus corona COVID-19 seiring bertambahnya kasus tersebut di Tanah Air. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pengguna moda transportasi Transjakarta menanti kedatangan bus dengan tetap menjaga jarak aman di Halte Monas, Jakarta, Rabu (18/3/2020). Warga kini lebih waspada dalam menanggapi penyebaran virus corona COVID-19 seiring bertambahnya kasus tersebut di Tanah Air. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Petugas Satpol PP mengenakan jas hujan saat melakukan penyemprotan cairan disinfektan di Kantor Kecamatan Taman Sari, Jakarta, Selasa (17/3/2020). Penyemprotan dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona COVID-19 di berbagai fasilitas publik. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Petugas Satpol PP mengenakan jas hujan saat melakukan penyemprotan cairan disinfektan di Kantor Kecamatan Taman Sari, Jakarta, Selasa (17/3/2020). Penyemprotan dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona COVID-19 di berbagai fasilitas publik. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Petugas Satpol PP mengenakan jas hujan saat melakukan penyemprotan cairan disinfektan di Kantor Kecamatan Taman Sari, Jakarta, Selasa (17/3/2020). Penyemprotan dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona COVID-19 di berbagai fasilitas publik. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Warga beraktivitas di Taman Suropati, Jakarta, Rabu (18/3/2020). Meski ditutup untuk umum terkait upaya mencegah penyebaran virus corona COVID-19, sebagian masyarakat tetap beraktivitas di sekitar taman tersebut untuk berolahraga atau sekadar berekreasi. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Warga beraktivitas di Taman Suropati, Jakarta, Rabu (18/3/2020). Meski ditutup untuk umum terkait upaya mencegah penyebaran virus corona COVID-19, sebagian masyarakat tetap beraktivitas di sekitar taman tersebut untuk berolahraga atau sekadar berekreasi. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Warga beraktivitas di Taman Suropati, Jakarta, Rabu (18/3/2020). Meski ditutup untuk umum terkait upaya mencegah penyebaran virus corona COVID-19, sebagian masyarakat tetap beraktivitas di sekitar taman tersebut untuk berolahraga atau sekadar berekreasi. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Detri Warmanto sempat Di-rontgen Paru-Paru saat Jalani Tes Virus Corona

Posted: 20 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pengakuan artis Detri Warmanto positif virus Corona pada Kamis (20/3/2020) malam menjadi bukti wabah ini juga melanda selebritis Indonesia. 

Lewat akun Istagram, Detri Warmanto menjelaskan, ia menjalani tes virus Corona pada Minggu (15/3/2020) di RSPAD Gatot Subroto Jakarta. Detri Warmanto dinyatakan positif.

Sejam kemudian, kabar melegakan datang. Istri Detri Warmanto, Karunia Putripari Cendana, dan kedua anaknya negatif virus Corona. Istri Detri yang sedang hamil adalah putri Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo.

Detri Warmanto lantas membuka sesi tanya jawab di medsos untuk warganet terkait tes virus Corona yang dijalaninya pekan ini. Dari sesi tanya jawab inilah sejumlah fakta menarik terungkap.

Tes Darah dan Tensi

Unggahan Detri Warmanto. (Foto: Instagram @detriwarmanto)
Unggahan Detri Warmanto. (Foto: Instagram @detriwarmanto)

Seorang warganet mempertanyakan bagaimana detail tes virus Corona sebenarnya? Detri Warmanto menjawab, "Tesnya ambil darah, cek tensi, THT (Telinga Hidung Tenggrokok -red.) ambil dari dalam hidung, dan rontgen paru-paru."

Warganet lain mendoakan Detri Warmanto agar proses pemulihan dari virus Corona berjalan mulus. Bintang sinetron Cinta Fitri dan Kepompong merespons dengan ucapan terima kasih.

Sopir dan Asisten Pribadi Ibunda

Unggahan Detri Warmanto. (Foto: Instagram @detriwarmanto)
Unggahan Detri Warmanto. (Foto: Instagram @detriwarmanto)

Setelah itu, menantu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, Tjahjo Kumolo, ini membuat pengakuan mengejutkan. Ia bukan satu-satunya yang mengidap virus Corona.

"Kenapa gue mau tes? Karena disuruh bokap mertua, satu keluarga harus cek di RSPAD. Dan yang positif kena adalah gue, asisten pribadi nyokap, dan sopir," beber Detri Warmanto.

Sekarang Masih Isolasi Diri

Detri Warmanto dan keluarga. (Foto: Instagram @detriwarmanto)
Detri Warmanto dan keluarga. (Foto: Instagram @detriwarmanto)

Aktor kelahiran Jakarta, 31 Oktober 1986 ini menambahkan, "Dan sekarang gue sedang isolasi diri di rumah." Selama menjalani isolasi di rumah, Detri Warmanto memastikan kondisinya baik dan sehat.

Mencermati unggahan terakhirnya, Detri Warmanto membagikan tiga foto kondisi terkininya selama mengisolasi diri. Menyertai foto itu, bintang film Retak Gading menulis informasi penting. 

Kondisi Terkini

Detri Warmanto. (Foto: Instagram @detriwarmanto)
Detri Warmanto. (Foto: Instagram @detriwarmanto)

"Kalau ditanya kondisi saya saat ini sekarang alhamdulillah saya sehat walafiat. Enggak ada gejala apapun pilek batuk panas dll. Terakhir di cek termometer gun saya 33.5 derajat Celsius," ujarnya.

Yang patut dicamkan awam, kata Detri Warmanto, jangan percaya 100 persen pada hasil pengukuran suhu badan dengan thermometer gun. "(Enggak jadi patokan juga tuh termogun). Sekarang saya harus diisolasi selama 14 hari self quarantine," pungkas Detri Warmanto. 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jack Ma Foundation Luncurkan Buku Pedoman Tangani Covid-19

Posted: 20 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Global MedXchange for combating Covid-19 (GMCC) yang didirikan oleh RS Afiliasi pertama Universitas Zhejiang, Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation meluncurkan buku pedoman penanganan wabah Covid-19.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rapid Test Corona Covid-19 Bukan untuk Diagnosis Virus, Ini Penjelasannya

Posted: 20 Mar 2020 09:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Pemerintah RI telah menerapkan tes Corona COVID-19 massal dengan metode rapid test, sejak Jumat (20/3). Rapid test ini dilakukan dengan cara menggunakan pengambilan sampel darah.

Namun begitu, rapid test massal ini bukan untuk mendiagnosis apakah seseorang positif atau tidak terkena virus corona COVID-19. Tidak semua orang akan diperiksa Covid-19. Namun, hanya mereka yang beresiko.

"Tes Corona massal ini baru tahap skrining saja, bukan untuk deteksi atau diagnosis pasti orang yang bersangkutan positif atau tidak kena COVID-19," kata Juru Bicara Penanganan Percepatan COVID-19 Achmad Yurianto saat dihubungi Health Liputan6.com melalui sambungan telepon, Jumat (20/3/2020).

Yuri menambahkan, bila hasil screening dinyatakan positif, maka pasien akan kembali diperiksa dengan metode VCR. Sebab, kata Yuri, seseorang yang sudah sembuh juga masih bisa terditeksi positif corona Covid-19.

Adapun gambaran awal rapid test yang akan diterapkan, sebagai berikut:

Sampel yang Digunakan

Ilustrasi Foto Peneliti (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Peneliti (iStockphoto)

Darah yang akan diperiksa lebih lanjut, yakni dilihat dari reaksi imunoglobulin (protein yang disekresikan dari sel plasma yang mengikat antigen sebagai efektor sistem imun). Yang perlu diperhatikan, dalam rapid test yang diperiksa adalah imunoglobulinnya. 

Dibutuhkan reaksi imunoglobulin dari seseorang yang terinfeksi Corona COVID-19 paling tidak seminggu sebelum terinfeksi atau terinfeksi kurang dari seminggu. Upaya ini juga sudah diterapkan di negara-negara lain, yang terdapat kasus COVID-19.

"Skrining massal dengan metode imunoglobulin atau pengukuran antibodi di dalam sampel darah ini juga dilakukan oleh banyak negara terdampak virus Corona," ujar Yuri saat konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (19/3/2020).

 

Alat untuk Rapid Test

Tujuan dari skrining massal menggunakan rapid test untuk membantu penanganan potensi penyebaran COVID-19. Yuri menuturkan, Alat rapid test sendiri merupakan kit test, seperti buat tes kehamilan.

Sasaran Rapid Test

Ilustrasi Foto Peneliti (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Peneliti (iStockphoto)

Meski disebut-sebut sebagai tes Corona massal, bukan berarti tes ini menyasar masyarakat secara luas per individu. Rapid test ini dilakukan kepada orang-orang yang dicurigai punya gejala COVID-19, berkontak dengan teman atau rekan kerja yang positif atau ada gejala COVID-19.

"Bukan masyarakat umum sesuai nomor KTP gitu. Tapi masyarakat yang sudah positif atau pernah berkontak dengan orang lain yang positif atau ada gejala COVID-19. Misalnya, ada karyawan yang positif COVID-19. Nah, itu jadi teman-teman satu kantor yang berhubungan dengan dia harus diperiksa. Skriningnya ini nanti yang menggunakan rapid test," jelas Yuri.

 

Lama Waktu Hasil yang Keluar

Untuk orang-orang yang menjalani rapid test tak perlu menunggu lama untuk mengetahui hasilnya. Sebab, hasil rapid test akan keluar secara cepat. Yuri menuturkan, hasilnya bisa keluar dalam hitungan menit.

 

Diuji Ulang dengan PCR

Skrining dengan rapid test Corona massal untuk mengetahui secara awal, apakah seseorang mengarah pada gejala COVID-19. Hasil skrining yang positif akan diuji menggunakan metode polymerase chain reaction (PCR) atau real time polymerase chain reaction (RT-PCR).

"Apabila dinyatakan positif, individu yang telah melakukan skrining melalui pendekatan ini (rapid test) akan diuji ulang dengan metode tes polymerase chain reaction (PCR) yang jauh lebih akurat," Yuri menegaskan.

PCR ini menggunakan sampel usapan (swab) lendir dan tenggorokan. Kita mengenalnya dengan metode swab tenggorok. PCR-lah yang akan menjadi acuan diagnosis, seseorang positif atau tidak COVID-19.

Isolasi Diri dan Komunikasi

Calon penumpang mengenakan masker dan sarung tangan plastik di stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Kamis (19/3/2020). Masyarakat kini lebih waspada dalam menanggapi penyebaran virus corona Corona-19 dengan seiring bertambahnya kasus tersebut di Tanah Air. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Calon penumpang mengenakan masker dan sarung tangan plastik di stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Kamis (19/3/2020). Masyarakat kini lebih waspada dalam menanggapi penyebaran virus corona Corona-19 dengan seiring bertambahnya kasus tersebut di Tanah Air. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Isolasi diri dan konsultasi menjadi salah satu upaya dalam pelaksanaan skrining massal. Individu yang teridentifikasi positif dari hasil rapid test, tidak harus dirujuk ke rumah sakit rujukan.

"Tidak semua harus dirujuk ke rumah sakit rujukan. Namun, kondisi individu akan didiagnosis lebih lanjut, apakah memiliki gejala ringan atau tidak. Apabila terdiagnosis gejala ringan, pasien dapat melakukan isolasi diri secara mandiri," jelas Yuri.  

Selama isolasi diri rumah, orang yang bersangkutan akan dipantau tenaga kesehatan setempat maupun dapat berkonsultasi secara virtual.

"Konsultasi secara virtual ini dengan menggunakan aplikasi online, misalnya, Halodoc dan aplikasi lain, yang mungkin nanti akan dikembangkan lebih lanjut. Kemudian pasien yang menunjukkan gejala sedang hingga berat akan dipindahkan ke rumah sakit rujukan," tegas Yuri.

(Fitri Haryanti Harsono/Dyah Puspita)

Saksikan Video terkait virus Corona di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengamat Ekonomi Unair Dorong Insentif bagi UMKM Agar Bertahan

Posted: 20 Mar 2020 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat ekonomi dari Universitas Airlangga, Wisnu Wibowo menilai, pemberian insentif bagi pelaku usaha terutama usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di tengah wabah virus corona baru (COVID-19) diperlukan.

Ia mendukung langkah pemerintah untuk menjalankan kebijakan insentif bagi pelaku usaha terutama UMKM. Hal ini mengingat pelaku UMKM termasuk salah satu pendorong kegiatan ekonomi di Indonesia. Wisnu mengatakan, pelaku UMKM tersebut perlu diberikan insentif sehingga mampu bertahan di tengah tekanan global.

"UMKM merupakan katup bagi pengaman ekonomi rakyat di tengah situasi yang tidak bagus. Kalau tidak dibantu ekonomi Indonesia lebih berat karena (UMKM-red) output dan penyerapan tenaga kerjanya 90 persen," ujar dia saat dihubungi Liputan6.com, Jumat, 20 Maret 2020.

Ia menuturkan, untuk pemberian insentif kepada UMKM ini juga mempertimbangkan sektor tertentu yang paling terkena dampaknya. Ini dilihat dari bukti lapangan dan sektor UMKM mana saja yang terkena dampak paling besar dan kurang menguntungkan akibat virus corona baru COVID-19.

"Dibutuhkan cluster-cluster. Dan (melihat-red) UMKM mana yang menjadi unggulan dan tulang punggung perekonomian di daerah wajib diprioritaskan," tutur dia.

Lebih lanjut ia menuturkan, pemberian insentif ini dapat berupa modal sehingga penjualan tidak berhenti. "Cashflow bermasalah dengan situasi saat ini, berikan bantuan dana untuk mempertahankan kecukupan modal," ujar dia.

Selanjutnya

Pekerja menyelesaikan produksi kulit lumpia di rumah industri Rusun Griya Tipar Cakung, Jakarta, Kamis (28/11/2019). Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM terus mendongkrak UMKM dengan menyediakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) berbunga cukup rendah, yakni 6 persen. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Pekerja menyelesaikan produksi kulit lumpia di rumah industri Rusun Griya Tipar Cakung, Jakarta, Kamis (28/11/2019). Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM terus mendongkrak UMKM dengan menyediakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) berbunga cukup rendah, yakni 6 persen. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Selain itu, menurut Wisnu bagi UMKM yang menjadi debitur perbankan juga perlu mendapatkan penyesuaian terkait akses kredit. Salah satunya dengan menjadwal ulang atau reschedule untuk angsuran kredit jadi ada pelonggaran.Selain itu juga memantau perkembangan UMKM dan mencari terobosan baik dalam penyediaan pasokan bahan baku, insentif bunga kredit dan keringanan beban cicilan di bank.

"Atau ada diskon bunga yang perlu dirumuskan. Jadi ini untuk pertahankan, sama-sama saling menguatkan dan saling memberikan insentif," kata Wisnu.

Wisnu menegaskan, dengan pemberian insentif bagi UMKM ini dapat membuat usaha dapat bertahan imbas corona COVID-19. Hal ini mengingat ekonomi lesu juga dialami oleh global. "Jangan mikir growth tetapi ada kontinuitas, bagaimana ekonomi bisa bertahan dalam situasi saat ini,"tutur dia.

Oleh karena itu, ia juga mengatakan, dinas terkait harus mendata kondisi UMKM saat ini dan memberikan bantuan fasilitas untuk menyelamatkan UMKM. "Pada sisi lain pemerintah daerah harus cepat melakukan upaya pencegahan, penanganan dan pemulihan kondisi ekonomi," kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inter Milan Tolak Pinangan Barcelona untuk Lautaro Martinez

Posted: 20 Mar 2020 09:35 PM PDT

Milan- Barcelona dilaporkan SPORT sudah melayangkan tawaran barter kepada Inter Milan demi mendapatkan striker Lautaro Martinez. Sayangnya proposal Los Cules tersebut ditolak oleh Inter.

Striker asal Argentina itu tengah menjadi primadona di skuat I Nerrazurri. Dia menjadi mesin gol andalan Inter Milan di bawah kepemimpinan Antonio Conte.

Barcelona diberitakan sangat tertarik untuk mendatangkan Martinez ke Camp Nou. Mereka memplot sang striker menjadi pengganti jangka panjang Luis Suarez di lini serang.

Seperti dilansir SPORT, Barcelona sudah mengajukan tawaran perdana untuk memboyong sang striker ke Camp Nou. Menurut laporan tersebut, penawaran Barcelona untuk Lautaro merupakan proposal tukar tambah.

El Barca keberatan menebus klausul rilis Lautaro Martinez yang berada di angka 110 juta euro (Rp 1,8 triliun). Untuk itu, Los Cules tengah mencari akal untuk bisa merekrutnya.

Alhasil, Barcelona menawarkan tukar tambah pemain, di mana mereka akan menyodorkan Arturo Vidal ditambah sejumlah uang ke Inter. Namun pihak Inter Milan menolak mentah-mentah tawaran itu.

 

Menanti Penawaran Tertinggi

Striker Inter Milan, Lautaro Martinez, menyapa suporter usai dikalahkan Barcelona pada laga Liga Champions di Stadion San Siro, Milan, Selasa (10/12). Inter kalah 1-2 dari Barcelona. (AFP/Miguel Medina)
Striker Inter Milan, Lautaro Martinez, menyapa suporter usai dikalahkan Barcelona pada laga Liga Champions di Stadion San Siro, Milan, Selasa (10/12). Inter kalah 1-2 dari Barcelona. (AFP/Miguel Medina)

Manajemen Inter Milan tahu Lautaro Martinez saat ini tengah diintai banyak klub top Eropa. Mereka juga meyakini Barcelona bukan satu-satunya tim yang akan menawar sang striker.

Oleh karena itu, Il Biscione berharap akan ada penawaran tertinggi untuk Martinez sehingga bisa meraup keuntungan sebesar mungkin.

Pada musim ini, pemain berusia 22 tahun tersebut menunjukkan performa impresif bersama Inter Milan. Dia tercatat mengemas total 16 gol dan empat assist di semua kompetisi.

Sumber: SPORT

Disadur dari: Bola.net (Penulis: Serafin Unus Pasi/Published: 20/03/2020)

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wamendes Budi Arie Setiadi dan Istri Negatif Virus Corona

Posted: 20 Mar 2020 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT), Budi Arie Setiadi dinyatakan negatif Covid-19 atau virus corona.

Hal tersebut sesuai hasil tes yang dilakukan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto (RSPAD).

"Saya dapat telelpon dari dari Dokter Ibrie (RSPAD), hasil tes Covid-19 untuk Bapak Budi Arie Setiadi dan Ibu dinyatakan negatif," seperti dikutip dari pesan yang diterima Liputan6.com.

Hasil Medical Check Up (MCU) dari tes Budi Arie Setiadi sudah selesai dan dapat diambil pada Senin (23/3/2020) di RSPAD.

Sebelumnya, sejumlah pejabat juga telah dinyatakan negatif terinfeksi virus corona, seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Hasil tes kesehatan dijalankan memastikan Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut negatif dari virus corona. Meski begitu, dirinya tetap menjalani isolasi diri dengan bekerja di rumah.

Kemudian juga Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia yang dinyatakan negatif dari virus Corona jenis baru (Covid-19).

"Setelah pemeriksaan, baik darah, paru-paru maupun air liur, dinyatakan negatif dari COVID-19," kata Komite Investasi Bidang Komunikasi dan Informasi BKPM Rizal Calvary Marimbo.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Negatif Virus Corona

Menteri PUPR 2014-2019 Basuki Hadimuljono tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa (22/10/2019). Basuki Hadimuljono akan kembali menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam kabinet Jokowi jilid II. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Menteri PUPR 2014-2019 Basuki Hadimuljono tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa (22/10/2019). Basuki Hadimuljono akan kembali menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam kabinet Jokowi jilid II. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) basuki Hadimuljono dinyatakan negatif virus Corona. Hal tersebut diungkap setelah hasil tes covid-19 pertama di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto (RSPAD) keluar pada Selasa sore kemarin.

Dikutip dari akun instagram resmi Kementerian PUPR, Rabu (18/3/2020), Menteri Basuki dalam keadaan sehat wal afiat sebagaimana hasil test COVID-19 pertama di RSPAD yang diketahui sore ini (Selasa, 17 Maret 2020) dan dinyatakan negatif virus Corona.

Pada Selasa kemarin, Menteri Basuki tetap melakukan kegiatan seperti yang diarahkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yaitu bekerja dari rumah.

Dari pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB, Menteri Basuki mengikuti dua Rapat Terbatas (Ratas) yang dipimpin Presiden Jokowi dan Wapres KH Ma'ruf Amin dengan video conference.

Pertama tentang Pengembangan Kawasan Pariwisata Mandalika, termasuk persiapan penyelenggaraan MotoGP di Mandalika tahun 2021. Kedua tentang Evaluasi Pelaksanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana di NTB.

Agenda lanjutan adalah memimpin Rapat Pimpinan (Rapim) bersama Pejabat Tinggi Madya Kementerian PUPR dari kediaman yang dilakukan juga dengan video conference.

Rapim dimulai pukul 14.00 WIB dan berakhir pukul 16.00 WIB membahas utamanya tentang pola operasi kerja staf PUPR dalam situasi krisis Pandemi COVID-19, serta percepatan pelelangan dan pelaksanaan kegiatan TA 2020 yang difokuskan untuk mengatasi dampak sosial-ekonomi Pandemi COVID-19, seperti kegiatan Padat Karya Tunai (cash for work).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemendes Minta Kepala Desa Selesaikan Administrasi Dana Desa untuk Penanganan Covid-19

Posted: 20 Mar 2020 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kemendes, Taufik Majid meminta pemerintah desa merampungkan persyaratan administrasi untuk memperoleh kucuran dana desa

"Kami juga menitikberatkan pada perhatian seluruh jajaran pemerintah desa untuk mempercepat menyiapkan seluruh dokumen persyaratan pencairan dana desa," kata Taufik saat Konferensi Pers di Gedung BNPB, Sabtu (21/3/2020).

Taufik menjelaskan, alur pencairan dana desa tahun ini kebijakannya di transfer dari kas umum negara ke rekening umum kas desa. Untuk itu pihaknya meminta semua persyaratan segera dilengkapi supaya dana desa dapat dicairkan dan dapat digunakan. 

Dana desa yang dicairkan nantinya dapat dimanfaatkan untuk program padat karya tunai, kedua untuk mencegah di bidang pelayanan dan kesehatan di desa. 

"Apabila di pandang perlu disesuaikan dengan masyarakat desa, kita gunakan penanganan dampak virus Corona atau Covid 19," ujar Taufik. 

 

Antisipasi Eskalasi Virus Corona

Relawan membagikan masker kepada pejalan kaki di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Selasa (17/3/2020). Sebanyak 3.000 masker dibagikan secara gratis sebagai salah satu bentuk keprihatinan sekaligus berpartisipasi dalam upaya mencegah penyebaran virus corona COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Relawan membagikan masker kepada pejalan kaki di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Selasa (17/3/2020). Sebanyak 3.000 masker dibagikan secara gratis sebagai salah satu bentuk keprihatinan sekaligus berpartisipasi dalam upaya mencegah penyebaran virus corona COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menurut data, dana desa akan diberikan kepada 74.953 desa di 33 Provinsi dan 434 kabupaten.

"Ini kami mintakan supaya bisa dialiri, dilaksanakan supaya bisa digunakan secara cepat untuk kita mengantisiapsi eskalasi dari virus Corona ini," ujar dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lantaran Corona Covid-19, Ilmuwan Jerman Meragukan Liga-Liga Eropa Bisa Dilanjutkan Tahun Ini

Posted: 20 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Hamburg - Ilmuwan ahli virus atau virolog Jerman, Jonas Schmidt-Chanasit, tidak yakin kompetisi sepak bola di Eropa bisa dilanjutkan tahun ini. Sebab, menurut Schmidt-Chanasit, pandemi virus corona Covid-19 masih membayangi dunia.

Dia berpendapat, sepak bola akan sulit dimainkan kembali sampai musim dingin nanti. Profesior dari Institut Bernhard-Nocht, Hamburg itu menilai, situasi dunia masih parah dalam menghadapi pandemi virus corona.

"Kita semua melihat situasi di Eropa saat ini dan apa yang masih harus kita hadapi, bahkan jika hal itu tidak berlangsung parah, bukan berarti kompetisi sepak bola bisa berlanjut," terang Schmidt-Chanasit, seperti dilansir OneFootball.

UEFA belum lama ini memutuskan menunda pelaksanaan turnamen Euro 2020 menjadi digelar tahun depan. Hal itu agar memberi kesempatan kompetisi-kompetisi domestik di Eropa merampungkan liga mereka musim ini selambat-lambatnya 30 Juni 2020.

Sayangnya, Schmidt-Chanasit meragukan hal tersebut akan berjalan sesuai rencana. Jika pun pandemi virus corona Covid-19 menurun di Eropa, dia menilai pertandingan sepak bola malah bisa meningkatkannya lagi.

Perburuk Situasi

Suasana pertandingan Serie A antara Inter Milan dan Juventus di Allianz Stadium, Turin, Italia, Minggu (8/3/2020). Pertandingan yang dimenangkan Juventus 2-0 itu digelar tanpa penonton akibat kekhawatiran akan penyebaran virus corona (COVID-19). (Marco Alpozzi/LaPresse via AP)
Suasana pertandingan Serie A antara Inter Milan dan Juventus di Allianz Stadium, Turin, Italia, Minggu (8/3/2020). Pertandingan yang dimenangkan Juventus 2-0 itu digelar tanpa penonton akibat kekhawatiran akan penyebaran virus corona (COVID-19). (Marco Alpozzi/LaPresse via AP)

"Kembali digelarnya kompetisi sepak bola akan memperburuk situasi secara signifikan. Pun jika pertandingan dimainkan tanpa penonton, itu akan memicu orang berkumpul lagi dan menyaksikannya secara bersama-sama," jelas Schmidt-Chanasit.

Schmidt-Chanasit menyarankan banyak hal harus diprioritaskan di luar kegiatan suka ria seperti kompetisi olahraga. Sebab, kompetisi olahraga memicu orang untuk berkerumun.

Data WHO

Berdasarkan data WHO, hingga Jumat (20/3/2020), sedikitnya 209.839 kasus orang terinfeksi virus corona Covid-19 di 169 negara dengan tingkat kematian mencapai 8.778 jiwa.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemlu Benarkan WNI di Singapura Meninggal Akibat Corona COVID-19

Posted: 20 Mar 2020 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Singapura - Seorang WNI di Singapura dilaporkan meninggal dunia akibat Virus Corona. Ia tiba di Singapura pada 13 Maret lalu dan dinyatakan positif Virus Corona sehari kemudian. 

Pasien merupakan kasus nomor 212. Sebelum dibawa ke Singapura, ia terkena gejala pada 9 Maret lalu dan sempat dirawat di Indonesia. 

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menyatakan pasien yang meninggal akibat Virus Corona memang orang Indonesia. Pemerintah pusat sedang berkoordinasi dengan KBRI Singapura. 

"Betul dan KBRI akan keluarkan release," ujar (Plt.) Jubir Kemlu Teuku Faizasyah kepada Liputan6.com, Sabtu (21/3/2020). 

Pihak pemerintah Singapura mengaku siap membantu keluarga korban yang ditinggalkan. Pasien WNI ini adalah satu dari dua kasus meninggal pertama di Singapura akibat Virus Corona. 

Pasien WNI diketahui memiliki riwayat penyakit jantung dan mengalami komplikasi serius. Ia dirawat di ICU selama sembilan hari di National Centre for Infectious Diseases (NCID).

"Kami akan memberikan semua bantuan yang diperlukan ke para keluarga," ujar Kementerian Kesehatan Singapura.

Masih ada 13 WNI yang dirawat di Singapura karena Virus Corona. Satu orang sudah dinyatakan sembuh.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masih Petakan Wilayah ODP, Dinkes Jaksel Tiadakan Rapid Test Virus Corona pada 21 Maret

Posted: 20 Mar 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengintruksikan kepada jajarannya untuk melakukan test massal terhadap masyarakat terkait virus Covid-19 atau corona. Test terlebih untuk masyarakat yang diduga terpapar wabah yang sudah menjadi pendemi global.

Mengenai hal itu, Kepala Suku Dinas Kesehatan Kota Jakarta Selatan, Muhammad Helmi mengatakan, hari ini tak melakukan rapid test corona kepada masyarakat. Karena, pihaknya masih menelusuri peta penyebaran virus corona di Jakarta, terlebih terhadap masyarakat yang masuk dalam Orang Dalam Pemantauan (ODP).

"Kalau hari ini tidak dilakukan. Karena kita telusuri dahulu peta-peta penyebarannya," kata Helmi, Jakarta, Sabtu (21/3/2020).

Ia menjelaskan, masyarakat yang melakukan rapid test corona tersebut yang pernah melakukan kontak dengan orang yang positif terinfeksi virus corona. Hal itu juga menjadi syarat rapid test corona.

"Syaratnya, dilakukan pemeriksaan adalah ada riwayat kontak ataupun masyarakat telah menjadi ODP," jelasnya.

Ia mengungkapkan, rapid test corona itu dilakukan dari pintu ke pintu. Dokter akan mendatangi rumah para ODP dan masyarakat yang diduga terpapar virus corona.

"Jadi pemeriksaanya itu door to door," ungkapnya.

Selain itu, ia belum mengetahui secara pasti kapan bakal melakukan rapid test corona kembali. Karena, pihaknya sedang melakukan pendataan penyebaran ODP tersebut.

"Jadi saya belum tahu persis," pungkasnya.

‎Sebelumnya, pemerintah menyiapkan 1 juta kit untuk mengindentifikasi virus Corona atau Covid-19. Tapi, tak semua orang yang dinyatakan positif harus dirawat di rumah sakit.

Hal itu disampaikan, Juru bicara pemerintah untuk virus Corona Achmad Yurianto saat konferensi Pers, Jumat (20/3/2020).

600-700 Ribu Orang

Yurianto mengatakan, pemerintah bakal mengecek kesehatan seluruh orang yang berisiko terinfeksi virus Corona. Menurut data, jumlahnya berada di kisaran 600 ribu sampai 700 ribu orang.

"Dilakukan dengan analisa risiko. Tidak semua orang harus diperiksa mana kala risiko kita yakini rendah tidak (diperiksa)," kata dia.

Apabila menemukan kasus positif dari screening, Yurianto menuturkan pihaknya bakal melakukan sosialisasi terhadap orang tersebut tentang bagaimana melakukan isolasi diri di rumah atau self isolation.

"Tentunya akan ada panduan tentang ini," ucap dia.

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Karyawan Indosat Ooredoo Dapat Bonus Tambahan selama Masa WFH

Posted: 20 Mar 2020 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selama masa work from home hingga akhir bulan ini sesuai arahan pemerintah, operator seluler Indosat Ooredoo akan menambah bonus bagi karyawannya.

Nilai bonus tambahan tersebut mencapai Rp 1,5 juta, yang ditujukan untuk mendukung kesehatan karyawan.

Selain itu, operator seluler yang identik dengan warna kuning itu juga memajukan pemberian gaji bulan Maret.

"Hal ini dilakukan dalam rangka penanganan pencegahan merebaknya COVID-19, di mana Indosat Ooredoo juga mewajibkan karyawannya bekerja dari rumah selama hampir tiga minggu," tutur CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Al Neama dalam keterangan tertulis.

Ahmad berharap para karyawan memanfaatkan bonus tambahan itu sebaik-baiknya.

"Selalu jaga kesehatan diri sendiri dan keluarga. Hindari bepergian, jika tidak diperlukan," kata Ahmad menutup keterangannya.

Sebelumnya perusahaan juga mengumumkan akan mendukung kebijakan belajar mengajar selama penyebaran Covid-19 yang ditiadakan sementara dan diganti secara online.

Hal ini dilakukan dengan memberikan akses internet gratis ke beberapa platform pembelajaran digital terkemuka di Asia Tenggara, seperti Ruang Guru, Quipper, Sekolahmu.com, dan Rumah Belajar.

Menurut keterangan resmi yang diterima, kuota gratis 30GB ini dapat diperoleh dari aplikasi MyIM3 atau *123*369#. Kuota ini berlaku selama 30 hari sejak diaktifkan.

Kuota ini dapat pula dimanfaatkan untuk mengakses ke lebih dari 60 platform e-learning dan situs resmi dari universitas di Indonesia. Jadi, para mahasiswa dan dosen tetap dapat melanjutkan proses perkuliahan.

 

Diskon Paket Lainnya

"Sebagai bentuk dukungan pemerintah untuk memfasilitasi pelajar yang mengikuti ajakan #BelajarDiRumah , kami memberikan kuota gratis 30GB yang untuk mengakses platform belajar online sehingga mereka tetap semangat belajar meski dari rumah," tutur Presiden Director & CEO Indosat Ooredoo Ahmad Al-Neama.

Tidak hanya itu, IM3 Ooredoo juga memberikan diskon hingga 30 persen untuk beberapa paket internet yang tersedia di myIM3 atau di *123*52#.

Pelanggan juga bisa menikmati kuota hingga 50GB yang digunakan selama 30 hari dan dilengkapi dengan benefit Pulsa Safe agar pulsa pengguna tidak terpotong saat kuota habis.

Pemberian kuota gratis 30GB selama 30 hari ini sekaligus melengkapi program CSR Indosat Ooredoo untuk menunjang kebutuhan digital masyarakat yang diharuskan bekerja dari rumah, termasuk para siswa yang belajar di rumah.

Sebagai bagian dari program, perusahaan bekerja sama dengan lembaga pendidikan yang menggunakan solusi bisnis Indosat Ooredoo Business untuk menyediakan kapasitas bandwidth tambahan gratis layanan internet dedicated untuk mendukung perkuliahan secara online.

(Why/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tegar Septian Menikah di Usia 18 Tahun, Ini 6 Pesona Istri

Posted: 20 Mar 2020 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Masih ingat dengan Tegar Septian? Penyanyi cilik yang pernah sempat viral tahun 2013 ini namanya pernah melejit dengan lagu 'Aku yang dulu bukanlah yang sekarang'. Lirik lagu yang mudah diingat yang dinyanyikan dengan suara khas melayunya, membuat penyanyi kelahiran Subang ini sempat wira-wiri di layar kaca televisi. 

Lama tak terlihat di layar kaca, Tegar Septian datang membawa kabar gembira.  Remaja kelahiran 18 September 2001 ini menikah dengan pujaan hatinya, Sarah Sheilka di usia yang masih muda yakni 18 tahun. Kabar bahagia ini, ia bagikan di laman Instagram pribadinya. 

Menggunggah foto sambil menggunakan baju pengantin, Tegar meminta doa pada para pengikutnya. "Minta do'a nya buat semua semoga tegar menjadi keluarga yang SAMAWA aminn" tulis Tegar Septian pada melalui laman Instagramnya, @tegar_official pada Jumat (20/3/2020)

Tak ayal, unggahan mantan pengamen cilik ini langsung dibanjir ucapan selamat oleh sahabat dan juga para warganet. Sosok istri Tegar Septian pun juga tak luput dari perhatian. Penasaran seperti apa potret sosok yang mampu mencuri hati Tegar?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas pesona istri Tegar Septian, Sabtu (21/3/2020)

 

1. Pelantun lagu 'Aku yang dulu bukanlah yang sekarang' ini menikah dengan Sarah Sheilka di usia 18 tahun.

Pesona Istri Tegar Septian Si Pengamen Cilik (Sumber: Instagram//sarahsheilka/)
Pesona Istri Tegar Septian Si Pengamen Cilik (Sumber: Instagram//sarahsheilka/)

2. Ini dia potret Sarah Sheilka, wanita yang mampu mencuri hati pria kelahiran 2001 ini. Cantik bak boneka ya!

Pesona Istri Tegar Septian Si Pengamen Cilik (Sumber: Instagram//sarahsheilka/)
Pesona Istri Tegar Septian Si Pengamen Cilik (Sumber: Instagram//sarahsheilka/)

3. Meski terpaut usia 5 tahun, tak menyurutkan keduanya untuk melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius.

Pesona Istri Tegar Septian Si Pengamen Cilik (Sumber: Instagram//sarahsheilka/)
Pesona Istri Tegar Septian Si Pengamen Cilik (Sumber: Instagram//sarahsheilka/)

4. Berusia 23 tahun, tetapi wajah Sarah Sheilka masih terlihat menggemaskan ya!

Pesona Istri Tegar Septian Si Pengamen Cilik (Sumber: Instagram//sarahsheilka/)
Pesona Istri Tegar Septian Si Pengamen Cilik (Sumber: Instagram//sarahsheilka/)

5. Dari laman Instagramnya, wanita kelahiran 1997 ini memiliki bisnis online shop di bidang kecantikan.

Pesona Istri Tegar Septian Si Pengamen Cilik (Sumber: Instagram//sarahsheilka/)
Pesona Istri Tegar Septian Si Pengamen Cilik (Sumber: Instagram//sarahsheilka/)

6. Punya wajah yang cantik, enggak jarang Sarah kerap menjadi model loh!

Pesona Istri Tegar Septian Si Pengamen Cilik (Sumber: Instagram//sarahsheilka/)
Pesona Istri Tegar Septian Si Pengamen Cilik (Sumber: Instagram//sarahsheilka/)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melihat Kiprah Pemain Uzur di Awal Shopee Liga 1 2020

Posted: 20 Mar 2020 09:20 PM PDT

Jakarta- Shopee Liga 1 2020 baru berjalan tiga pekan. Nama-nama segar selalu siap untuk pamer kebolehan di Indonesia tiap musimnya, bersaing dengan pemain-pemain uzur yang sudah kenyang pengalaman berkarier di Tanah Air.

Liga Indonesia mungkin memiliki kemiripan dengan Serie A Italia, yakni selalu tersedia tempat untuk pemain berusia lanjut. Sepak bola Indonesia yang dikenal keras tak jadi halangan buat pemain gaek untuk terus berkarya dan menyambung hidup keluarganya.

Tengok saja Bambang Pamungkas yang baru pensiun musim lalu namun sering masuk susunan pemain dalam tiap laga Persija Jakarta. Sebut lagi Ismed Sofyan yang bahkan pada musim ini masih berseragam tim Macan Kemayoran bersaing dengan bek lain macam Alfath Fathir.

Di barisan pemain asing Shopee Liga 1 2020 juga ada keunikan. Banyak dari mereka memilih untuk meneruskan kariernya di Indonesia, bahkan 'rela' dinaturalisasi. Persebaya misalnya, memiliki Zoubairo Garba, bek berusia 34 tahun yang malang melintang di persepakbolaan Tanah Air.

Selain itu, ada nama Alberto 'Beto' Goncalves, striker yang tak pernah bosan mencetak lusinan gol buat tim yang dibelanya, baik itu di Persipura Jayapura, mau pun timnya kini, Madura United.

Dalam sajian khas Bola.com kali ini, akan diulas mengenai performa pemain-pemain uzur di Shopee Liga 1 2020 yang masih diandalkan oleh timnya masing-masing. Berikut ulasannya.

Kiper

Kiper Persib Bandung, Made Wirawan, memegang bola saat melawan Tira Persikabo pada laga Shopee Liga 1 di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (14/9). Tira Persikabo bermain imbang 1-1 atas Persib Bandung. (Bola.com/Yoppy Renato)
Kiper Persib Bandung, Made Wirawan, memegang bola saat melawan Tira Persikabo pada laga Shopee Liga 1 di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (14/9). Tira Persikabo bermain imbang 1-1 atas Persib Bandung. (Bola.com/Yoppy Renato)

Ada empat kiper gaek berusia di atas 33 tahun yang masih dimainkan pada Shopee Liga 1 2020. Mereka adalah I Made Wirawan (Persib Bandung), Wawan Hendrawan (Bali United), Dede Sulaiman (Persipura Jayapura), dan Dwi Kuswanto (Persikabo).

I Made Wirawan baru bermain satu kali bersama Persib, tepatnya ketika tim berjulukan Maung Bandung itu menang atas PSS Sleman dengan skor 2-1 pada pekan ketiga Liga 1 2020. Itu pun sebenarnya ia dipilih pada detik-detik akhir jelang laga dimulai, sebab Teja Paku Alam tak bisa dimainkan karena alasan cedera.

Musim lalu, kiper asal Bali itu sering dimainkan Persib. Ia bermain sebanyak 31 kali dengan catatan 29 kebobolan dan 12 kali meraih clean-sheets. Made Wirawan juga merupakan kiper tertua, yakni 38 tahun. Bahkan bulan depan ia akan berusia 39 tahun.

Selanjutnya ada Wawan Hendrawan, kiper berusia 37 tahun yang bermain untuk Bali United. Musim ini, ia memainkan seluruh pertandingan Liga 1, yakni melawan Persita Tangerang, Barito Putera, dan Madura United. Dari tiga laga tersebut, baru dua kali pemain kelahiran Brebes itu mengalami kebobolan.

Kiprah Dede Sulaiman bersama Persipura cukup menarik. Bisa dibilang ia loyal karena sudah berseragam Tim Mutiara Hitam sejak 2013 silam. Setelah lama menjadi kiper pelapis, pemain berusia 34 tahun itu kini tampaknya bakal terus dipercaya pelatih Jacksen F. Tiago untuk selalu berada di bawah mistar gawang.

Terakhir, ada nama Dwi Kuswanto, kiper Persikabo. Sosoknya mungkin tak banyak dikenal oleh masyarakat pecinta sepak bola Indonesia, namun ia merupakan kiper berpengalaman yang kini memasuki usia ke-34. Musim lalu, Dwi bermain untuk Persela Lamongan sebanyak 25 kali dan meraih 10 kali clean-sheets, sementara pada Shopee Liga 1 2020 ia sudah bermain sebanyak dua kali dan dua kali kebobolan.

Bek

Duel antara pemain muda Arema FC, Feby Eka Putra, dan bek senior Persib Bandung, Supardi Nasir, kala kedua tim bertemu di pekan kedua Shopee Liga 1 2020 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (8/3/2020). (Bola.com/Iwan Setiawan)
Duel antara pemain muda Arema FC, Feby Eka Putra, dan bek senior Persib Bandung, Supardi Nasir, kala kedua tim bertemu di pekan kedua Shopee Liga 1 2020 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (8/3/2020). (Bola.com/Iwan Setiawan)

Bulan depan, Supardi Nasir akan genap berusia 37 tahun, sangat tua untuk pemain berposisi bek sayap. Jika di Eropa ada Dani Alves, atau Filipe Luis di Flamengo, maka Indonesia memiliki Supardi, bek Persib Bandung yang dikenal memiliki kecepatan serta tanpa kompromi ketika berhadapan dengan lawan.

Bergeser ke Persija Jakarta, ada Maman Abdurrahman. Bek tengah yang mencuat ketika bermain di PSIS Semarang itu telah membela Persija sejak 2016. Meski usianya terus menua, ia kerap kali menjadi pilihan utama di jantung pertahanan Tim Macan Kemayoran. Musim ini, ia baru bermain satu kali dari dua laga yang dilalui Persija.

Di Bali United, ada Leonard Tupamahu, bek yang pernah bermain untuk Borneo FC dan Persija Jakarta. Duetnya bersama Willian Pacheco terus dipercaya oleh pelatih Stefano Cugurra Teco.

Bek uzur Shopee Liga 1 2020:

  • Maman Abdurrahman (37 tahun) - Persija Jakarta

Main: 1

  • Fabiano Beltrame (37 tahun) - Persib Bandung

Main: 1

  • Supardi (36 tahun) - Persib Bandung

Main: 3

  • Yustinus Pae (36 tahun) - Persipura Jayapura

Main: 3

  • Leonard Tupamahu (36 tahun) - Bali United

Main: 3

  • O.K. John (36 tahun) - Barito Putera

Main: 2

  • Otavio Dutra (36 tahun) - Persija Jakarta

Main: 2

  • Hamka Hamzah (36 tahun) - Persita Tangerang

Main: 3

  • Victor Igbonefo (34 tahun) - Persib Bandung

Main: 3

  • Lee Won-jae (34 tahun) - Bhayangkara FC

Main: 3

  • Toni Sucipto (34 tahun) - Persija Jakarta

Main: 1

  • Marco Motta (33 tahun) - Persija Jakarta

Main: 2

  • Wallace Costa (33 tahun) - PSIS Semarang

Main: 3

  • Wildansyah (33 tahun) - Borneo FC

Main: 2

  • Ruben Sanadi (33 tahun) - Borneo FC

Main: 3

  • Achmad Jufriyanto (33 tahun) - Bhayangkara FC

Main: 3

Gelandang

Gelandang Bali United, Brwa Nouri, memutuskan pensiun setelah tak masuk skuat Timnas Irak untuk Piala Asia 2019. (Instragram/@brwanouri)
Gelandang Bali United, Brwa Nouri, memutuskan pensiun setelah tak masuk skuat Timnas Irak untuk Piala Asia 2019. (Instragram/@brwanouri)

Brwa Nouri (33 tahun) menjadi sosok sentral buat Bali United sepanjang musim kemarin. Musim ini, tampaknya gelandang asal Irak itu akan kembali menjadi andalan buat pelatih Stefano Cugurra Teco.

Pada Liga 1 2019, Nouri tercatat sebagai salah satu pemain dengan passing rate terbaik. Permainannya mengingatkan kita pada Luka Modric di Real Madrid yang tak cuma 'barbar' membantu penyerangan bersama Paulo Sergio, tapi juga sigap ketika diharuskan bertahan.

Lalu di Borneo FC, ada sosok Sultan Samma. Keberadaannya di lini tengah membuat peran gelandang Nuriddin Davronov asal Tajikistan terlihat. Berperan sebagai penyeimbang, Samma begitu piawai membaca permainan dan tak segan naik guna membantu penyerangan.

Kembali ke Bali United, ada gelandang elegan Paulo Sergio. Kualitasnya tak perlu diragukan lagi. Meski usianya sudah mencapai 36 tahun, ia adalah sosok yang diandalkan Cugurra Teco dalam menggalang penyerangan Bali United.

Bali United juga masih memiliki Hariono (34 tahun) dan Fadil Sausu (34 tahun). Ini menunjukkan bagaimana Cugurra Teco mengedepankan pengalaman sebagai penggalang lini tengah.

Striker

Pemain Persipura Jayapura: Boaz Solossa dan Ian Kabes. (Bola.com/Dody Iryawan)
Pemain Persipura Jayapura: Boaz Solossa dan Ian Kabes. (Bola.com/Dody Iryawan)

Beto dan Herman Dzumafo memegang rekor sebagai striker tertua di ajang Shopee Liga 1 2020. Keduanya berusia 39 tahun. Soal kualitas, mereka membuktikan pribahasa 'makin tua makin jadi'.

Tengok saja berapa total gol Beto dalam tiga musim belakangan. Penyerang naturalisasi asal Brasil itu sukses melesakkan 54 gol, termasuk tiga gol yang sudah ia bukukan musim ini bersama Madura United.

Masih di Madura United, ada Greg Nwokolo, pemain naturalisasi yang sudah malang melintang di persepakbolaan Tanah Air. Memiliki tandem sekelas Beto tak menghalangi Greg untuk tetap memberikan sumbangsih berupa gol dan assist buat rekan setimnya.

Penyerang legendaris Persipura dan Indonesia, Boaz Solossa, juga masih dipercaya untuk menjadi mesin gol Persipura. Bicara kualitas dan kepemimpinannya di atas lapangan, adik kandung Ortizan Solossa itu adalah jagonya. Musim ini, Boaz belum bisa banyak berbicara, namun mengingat musim masih panjang, rekening golnya diyakini bakal deras ketika Liga 1 kembali bergulir.

Samsul 'Super Sub' Arif, mendengar namanya yang menjadi bayangan adalah striker mungil, lincah, dan bisa datang seketika di waktu dan tempat yang tepat. Kini, ia berseragam Persita Tangerang. Eks Arema dan Persela Lamongan itu masih nirgol hingga pekan ketiga Shopee Liga 1 2020, namun ia sudah membukukan satu assist.

Disadur dari Bola.com (penulis Gregah Nurikhsani, Published 21/3/2020)

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selamat, Cynthia Ramlan Lahirkan Anak Kedua

Posted: 20 Mar 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar bahagia datang dari adik Olla Ramlan, Cynthia Ramlan. Artis ini baru saja dikaruniai anak kedua.

Bayi yang dilahirkan Cynthia Ramlan itu berjenis kelamin laki-laki. Cynthia Ramlan kemudian memberikan nama Kaiser Arsanendra Tjokro untuk bayi mungil tersebut.

Kabar bahagia itu diumumkan Cynthia Ramlan melalui unggahan di Instagram pada Jumat (20/3/2020).

"Assalamualaikum om dan tante ☺️ Perkenalkan nama aku "Kaiser Arsyanendra Tjokro ( Kai)" tulis Cynthia Ramlan.

 

Terima Kasih

Unggahan Cynthia Ramlan. (instagram.com/cynthiaramlan)
Unggahan Cynthia Ramlan. (instagram.com/cynthiaramlan)

Masih dalam unggahan tersebut, Cynthia Ramlan kemudian menyampaikan terima kasih untuk semua yang sudah mendoakan dan membantunya dalam persalinan.

"Alhamdulillah aku sudah terlahir kedunia pada tanggal 20 Maret 2020 berkat doa dari om dan tante semua. Terimakasih untuk semua ucapan dan doanya ☺️," lanjut Cynthia Ramlan.

 

Ucapan Selamat

Unggahan Olla Ramlan. (instagram.com/ollaramlanaufar)
Unggahan Olla Ramlan. (instagram.com/ollaramlanaufar)

Unggahan Cynthia Ramlan itu langsung dibanjiri ucapan selamat dari para sahabtnya. Bahkan sang kakak, Olla Ramlan, mengaku langsung jatuh cinta kepada keponakannya itu.

"Masyaa Allah selamat sayaaang, semoga kelak jadi anak Soleh 🤗❤️ Aamiiin ya Rabb," tulis Zaskia Adya Mecca.

"Wohooooooooo selamattttttt yaaaA cynnnnn ! Gantengnyaaaa smg sehat dan jd anak sholeh yaaaa," timpal Meisya Siregar.

"Selamat adikku sayang @cynthiaramlan @elangtjokro. Semoga menjadi anak sehat membanggakan!! Love you already my lil baby," tulis Olla Ramlan dalam Instagram story-nya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Awkarin Jadi Relawan Lawan Covid-19, Semprot Disinfektan di Tempat Umum

Posted: 20 Mar 2020 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak kenal dengan sosok selebgram Awkarin? Ia begitu terkenal di media sosial Instagram maupun Twitter. Tak hanya dikenal sebagai publik figur, Awkarin juga dikenal memiliki rasa sosial yang tinggi.

Wanita yang memiliki nama lengkap Karin Novilda tersebut baru-baru ini membagikan potret aksi dirinya membantu melawan wabah virus Corona covid-19 di Indonesia. Tak sendiri, dirinya tampak bersama teman-teman lainnya. 

Awkarin diketahui bekerja sama dengan salah satu lembaga untuk melakukan aksi relawan tersebut. Ia dan para relawan melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa fasilitas umum, seperti rumah-rumah ibadah hingga gang-gang sempit kos-kosan.

Ia tampak memakai baju pelindung alias hazmat suit lengkap dengan menggendong cairan 16 liter disinfektan di punggungnya. Ia berkeliling ke gereja, pura hingga masjid untuk dilakukan penyemprotan.

Dipuji banyak netizen, berikut ini 6 potret Awkarin dan timnya lakukan aksi penyemprotan disinfektan yang dirangkum dari Instagram pribadinya oleh Liputan6.com, Sabtu (21/3/2020).

1. Awkarin dan timnya lakukan aksi relawan yang bekerja sama dengan salah satu lembaga untuk melawan Corona.

Awkarin keliling rumah ibadah hingga kos-kosan, semprot disinfektan.  (Sumber: Instagram/@awkarin)
Awkarin keliling rumah ibadah hingga kos-kosan, semprot disinfektan. (Sumber: Instagram/@awkarin)

2. Ia tampak menggunakan hazmat suit lengkap dengan menggendong caira disinfektan sebanyak 16 liter.

Awkarin keliling rumah ibadah hingga kos-kosan, semprot disinfektan.  (Sumber: Instagram/@awkarin)
Awkarin keliling rumah ibadah hingga kos-kosan, semprot disinfektan. (Sumber: Instagram/@awkarin)

3. Awkarin pamerkan kegiatan tersebut lewat Instagramnya dan membuktikan aksinya bukan hanya janji semata.

Awkarin keliling rumah ibadah hingga kos-kosan, semprot disinfektan.  (Sumber: Instagram/@awkarin)
Awkarin keliling rumah ibadah hingga kos-kosan, semprot disinfektan. (Sumber: Instagram/@awkarin)

4. Ia dan timnya berkeliling ke tempat umum yang sering dijadikan tempat berkumpul para warga.

Awkarin keliling rumah ibadah hingga kos-kosan, semprot disinfektan.  (Sumber: Instagram/@awkarin)
Awkarin keliling rumah ibadah hingga kos-kosan, semprot disinfektan. (Sumber: Instagram/@awkarin)

5. Ia juga tampak semangat menyemprot beberapa lokasi di gang sempit seperti area depan kos-kosan.

Awkarin keliling rumah ibadah hingga kos-kosan, semprot disinfektan.  (Sumber: Instagram/@awkarin)
Awkarin keliling rumah ibadah hingga kos-kosan, semprot disinfektan. (Sumber: Instagram/@awkarin)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

WNI di Singapura Jadi yang Pertama Meninggal di Luar Negeri Akibat Corona COVID-19

Posted: 20 Mar 2020 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Singapura - Seorang WNI meninggal dunia di Singapura akibat Virus Corona (COVID-19). Ia tutup usia pada Sabtu pukul 10.15 pagi waktu setempat setelah mendapat perawatan di National Centre for Infectious Diseases (NCID).

Channel News Asia melaporkan WNI itu berusia 64 tahun dan tiba di Singapura pada 13 Maret lalu dan langsung dirawat. Sebelumnya, ia sudah menjalani perawatan di Indonesia. 

Pasien baru dinyatakan positif kena Virus Corona pada 14 Maret di Singapura. Saat di Indonesia, ia dirawat karena pneumonia dan memiliki riwayat penyakit jantung. 

Pasien merupakan WNI pertama yang meninggal dunia di luar negeri akibat Virus Corona. Ia juga satu dari dua pasien Virus Corona yang meninggal di Singapura. Seorang lagi adalah perempuan Singapura yang juga berusia lanjut. 

Sebelumnya, ada kasus WNI terkena Virus Corona di luar negeri. Ada kasus kru kapal Diamond Princess di Jepang dan pernah juga kasus WNI terkena Virus Corona dari majikannya di Singapura. Namun, mereka berhasil pulih.

Pihak Kementerian Luar Negeri mengaku masih berkoordinasi dengan KBRI Singapura mengenai kasus terbaru ini. 

Hingga Jumat kemarin, KBRI Singapura menyebut ada total 14 WNI yang dirawat di Singapura akibat terkena Virus Corona. 

Dalam pernyataan resmi, pemerintah Singapura berjanji akan membantu keluarga pasien. Pemerintah Singapura juga meminta agar rakyat tetap teguh untuk melawan virus ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Hoaks Pemerintah Indonesia Berlakukan Lockdown Mulai 20 Maret 2020

Posted: 20 Mar 2020 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Viral kabar yang mengklaim pemerintah menerapkan karantina aktivitas publik (lockdown) mulai 20 Maret 2020, untuk mengatasi penyebaran wabah Virus Corona baru (Covid-19).

Kabar tersebut tersebar di jejaring sosial WhatsApp, berikut narasinya:

"Akhirnya, Indonesia berlakukan Lockdown mulai tengah malam nanti, Jum'at (20/3/2020) pukul 00.01 WIB. Jika sekarang Kamis (19/3/2020) pukul 13.00 WIB berarti waktu Lockdown tinggal 11 jam saja lagiSimak video berikutAkhirnya pemerintah memutuskan Indonesia lockdown (berlaku 20 Maret 2020)"

https://youtu.be/z0tB-Z0OmV8"

Selain menyebarkan narasi di atas, kabar tersebut menyertakan tautan akun Youtube yang menampilkan video Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan informasi mengenai kebijakan tambahan Pemerintah Indonesia terkait Virus Corona baru (Covid-19).

Benarkah pemerintah memberlakukan lockdown mulai 20 Maret 2020? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim yang menyebut pemerintah memberlakukan lockdown mulai 20 Maret 2020, dengan membuka tautan akun Youtube yang disertakan dalam klaim.

Akun Youtube tersebut bernama MoFA Indonesia, memuat video berjudul "Press Statement by Indonesian FM on Additional Measures in Relation to COVID - 19 Response", pada 17 Maret 2020.

Dalam video tersebut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebutkan beberapa kebijakan.

Berikut narasi Retno Marsudi dalam video tersebut:

"Izinkanlah kami menyampaikan kebijakan tambahan Pemerintah Indonesia terkait perlintasan orang dari dan ke Indonesia, terkait Covid-19

Pemerintah terus mencermati dengan laporan dari WHO terkait penyebaran Covid-19.

Mengingat semakin banyaknya negara yang terjangkit Covid-19, pemerintah mengimbau dengan sangat agar Warga Negara Indonesia membatasi kepergian ke luar negeri kecuali untuk kepentingan yang sangat mendesak dan tidak Dapat di tunda.

Untuk warga negara Indonesia yang saat ini bepergian ke luar negeri, disarankan untuk segera kembali ke Indonesia sebelum mengalami kesulitan penerbangan lebih jauh lagi.

Sejumlah negara telah memberlakukan kebijakan untuk membatasi pergerakan orang. Oleh karena itu semua warga negara Indonesia diminta untuk mencermati informasi di aplikasi save travel atau menghubungi hotline perwakilan Republik Indonesia terdekat.

Terkait pendatang asing dari semua negara, pemerintah Indonesia memutuskan bahwa kebijakan bebas visa kunjungan atau BVK, visa-on-arrival dan bebas visa diplomatik dan dinas ditangguhkan selama satu bulan.

Oleh karena itu setiap orang asing yang akan berkunjung ke Indonesia diharuskan memiliki visa dari perwakilan Republik Indonesia sesuai dengan maksud tujuan kunjungan. Saat pengajuan visa harus melampirkan Surat keterangan sehat atau health sertificate yang dikeluarkan oleh otoritas kesehatan yang berwenang oleh masing-masing negara.

Selain itu, sejumlah kebijakan khusus menyangkut beberapa negara sebagai berikut:

Pertama, langkah-langkah untuk pengunjung dari Tiongkok tetap berlaku, sesuai dengan Pernyataan Menteri Luar Negeri pada 2 Februari 2020 Dan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 7 Tahun 2020.

Kedua, kebijakan untuk Korea Selatan, Kota Daegu dan Provinsi Gyeongsangbuk-do masih sesuai dengan Pernyataan Menteri Luar Negeri pada 5 Maret 2020.

Ketiga, pendatang atau travelers yang dalam waktu 14 hari terakhir berkunjung dari negara di bawah ini tidak diizinkan masuk ke Indonesia.

Negara tersebut adalah Iran, Italia, Vatikan, Spanyol, Prancis, Jerman, Swiss dan Britania Raya.

Keempat, semua pendatang wajib mengisi dan menyerahkan Kartu Tanda Kesehatan ke Otoritas Kesehatan Pelabuhan sebelum tiba di pintu masuk bandara Indonesia.

Jika riwayat perjalanan menunjukkan bahwa dalam 14 hari terakhir yang bersangkutan pernah berkunjung ke negara tersebut, maka yang bersangkutan dapat ditolak masuk ke Indonesia.

Kelima, bagi warga negara Indonesia yang berkunjung ke negara-negara di atas, akan dilakukan pemeriksaan oleh kantor Kesehatan Pelabuhan setiba di Tanah Air.

Apabila pemeriksaan tambahan menemukan gejala awal Covid-19, maka akan dilakukan Observasi pada fasilitas pemerintah selama 14 hari.

Apabila tidak ditemukan gejala awal maka sangat dianjurkan yang bersangkutan melakukan karantina mandiri selama 14 hari.

Perpanjangan izin tinggal bagi pendatang asing yang saat ini berada di Indonesia dan sudah habis masa berlakunya maka pengaturannya dilakukan sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia No. 7 tahun 2020.

Bagi Pemegang Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS) dan Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) dan pemegang izin Diplomatik dan dinas yang saat ini di luar negeri dan izin masuknya akan berakhir, maka pengaturannya sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia No. 7 tahun 2020.

Kebijakan ini akan mulai berlaku pada Jumat 20 Maret pukul 00.00 Waktu Indonesia Barat (GMT + 7).

Langkah-langkah ini bersifat sementara dan akan dievaluasi sesuai dengan pengembangan lebih lanjut."

Dalam video tersebut, Retno Marsudi menyampaikan sejumlah kebijakan tambahan Pemerintah Indonesia terkait perlintasan orang dari dan ke Indonesia.

Pemerintah mengimbau Warga Negara Indonesia membatasi kepergian ke luar negeri kecuali untuk kepentingan yang sangat mendesak dan tidak dapat ditunda.

Retno Marsudi tidak membahas pemberlakuan lockdown di dalam negeri pada 20 Maret 2020 dalam video tersebut.

Penelusuran kemudian dilanjutkan menggunakan mesin pencari Google Search dengan kata kunci 'Pemerintah Indonesia terapkan lockdown'.

Pencarian mengarah pada artikel berjudul "Alasan Pemerintah Indonesia Tak Terapkan Lockdown Terkait Covid-19" dimuat situs liputan6.com, pada 18 Maret 2020.

Berikut isinya:

"Liputan6.com, Jakarta - Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menyampaikan, alasan mengapa pemerintah Indonesia tidak menerapkan lockdown atau karantina wilayah. Hal itu berkaitan dengan aktivitas perekonomian masyarakat.

"Di Indonesia banyak sekali yang bekerja mengandalkan upah harian. Itu menjadi salah satu kepedulian pemerintah, supaya aktivitas ekonomi tetap berjalan," tutur Wiku di Kantor Graha Bafan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Rabu (18/3/2020).

Untuk itu, Wiku melanjutkan, pemerintah memilih untuk mengajak masyarakat melakukan pembatasan interaksi sosial atau social distancing terkait Covid-19. Hal itu didukung dengan kebijakan setiap kepala daerah di antaranya meliburkan sekolah dan menutup sementara tempat wisata.

"Lockdown artinya membatasi betul-betul satu wilayah atau daerah dan itu memiliki implikasi ekonomi, sosial, keamanan. Maka itu kebijakan belum bisa diambil saat ini. Kembali social distancing yang paling penting," jelas dia."

Artikel Liputan6.com menyatakan, Pemerintah Indonesia tidak menerapkan lockdown atau karantina wilayah. Hal itu berkaitan dengan aktivitas perekonomian masyarakat.

Kata kunci pencarian kemudian diubah menjadi 'lockdown 20 maret 2020', pencarian mengarah ke artikel berjudul "WNI di Luar Negeri Diminta Pulang Sebelum 20 Maret, Ini Alasan Kemenlu" dimuat situs nasional.kompas.com, pada 20 Maret 2020.

Berikut isinya:

"JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Luar Negeri mengimbau agar seluruh Warga Negara Indonesia yang sedang melakukan perjalanan ke luar negeri dalam rangka liburan atau bisnis, segera kembali ke Tanah Air sebelum 20 Maret 2020.

Pada saat yang sama, pemerintah juga mengevaluasi kebijakan bebas visa kunjungan, visa kunjungan saat kedatangan dan bebas visa diplomatik selama satu bulan.

Pelaksana Tugas Juru Bicara Kemlu Teuku Faizasyah menegaskan bahwa kebijakan baru yang diambil pemerintah saat ini bukan untuk menyatakan Indonesia akan mengambil kebijakan lockdown untuk menekan penyebaran virus corona atau Covid-19.

"Ini spekulasi yang tidak dibenarkan," kata Faizasyah, kepada Kompas.com, Kamis (19/3/2020).

Ia menjelaskan, langkah pemerintah meminta WNI di luar negeri untuk pulang untuk mengantisipasi mereka akan kesulitan saat kembali ke Tanah Air nantinya.

Sebab, sejumlah negara saat ini mulai menerapkan kebijakan lockdown untuk meminimalisasi dampak penyebaran virus corona di wilayah mereka masing-masing. "Karena apa yang dilakukan pemerintah dengan meminta WNI yang bepergian, bukan yang menjadi diaspora yang menetap di suatu negara, untuk menyegarakan kepulangannya," ucap Faizasyah.

"Karena mereka akan berpotensi mengalami stranded (telantar), karena banyak negara yang menerapkan lockdown," tuturnya. Sementara, bagi WNA yang ingin masuk ke Indonesia tetap diperbolehkan. Akan tetapi, mereka harus mengurus dokumen perjalanan dengan melalui perwakilan Indonesia yang ada di negara mereka masing-masing.

"Kami juga tidak melarang WNA, namun mekanisme masuk ke Indonesia, ini yang kita berikan semacam penyesuaian. Dengan demikian harus melalui proses pengajuan visa kembali," kata dia.

Artikel dalam situs nasional.kompas.com menyatakan, kebijakan baru yang diambil pemerintah terkait perlintasan orang dari dan ke Indonesia, bukan untuk menyatakan Indonesia akan mengambil kebijakan lockdown.

Kebijakan tersebut dibuat untuk mengantisipasi WNI mengalami kesulitan saat kembali ke Tanah Air nantinya. Sebab, sejumlah negara saat ini mulai menerapkan kebijakan lockdown untuk meminimalisasi dampak penyebaran virus corona di wilayah mereka masing-masing.

Kesimpulan

Klaim Pemerintah Indonesia menerapkan lockdown mulai 20 Maret 2020 tidak benar. Tautan yang cantumkan dalam klaim tidak terkait penerapan lockdown.  Tautan tersebut berisi video Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengumumkan kebijakan baru terkait perlintasan orang dari dan ke Indonesia.

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berkah untuk Petani Jeruk Lemon California Garut di Tengah Pandemi Covid-19

Posted: 20 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Garut - Kebutuhan jeruk lemon California yang ditanam di wilayah perkebunan Garut, Jawa Barat, terus meningkat seiring merebaknya virus Corona Covid-19 saat ini. Harga jual jeruk pun ikut melambung di pasaran.

Rudi Abdul Gani (30), Pengelola Perkebunan PT Agro Jabar Cikajang mengatakan, seiring masuk dan menyebarnya Covid-19 di Indonesia, kebutuhan buah jeruk lemon bagi masyarakat naik hingga tiga kali lipat.

"Biasanya (sebelum Covid-19) seminggu hanya kirim satu-dua ton, sekarang bisa sampai enam ton," ujar dia saat ditemui di kabunnya, Kamis, 19 Maret 2020.

Menurut dia, besarnya permintaan tidak lepas dari isu kesehatan yang beredar saat ini. Tercatat sejak isu virus Corona pertama kali ditemukan di Depok hampir satu bulan lalu, kebutuhan jeruk lemon, langsung meroket beberapa hari kemudian.

"Kebanyakan yang pesan dari luar Garut," kata dia.

Selain terbilang murah, ujar dia, vitamin C yang berasal dari jeruk lemon dianggap ampuh menjadi salah satu asupan makanan untuk meningkatkan imun tubuh seseorang. "Dipakai buat minuman dan cairan infusan," kata dia.

Tak pelak kondisi itu ikut mengatrol harga jual jeruk dari petani. Jika biasanya dijual dengan harga Rp5.000 per kilogram, saat ini harga dari petani pelonjak hingga Rp10.000 per kilogram.

"Biasanya kami jual lagi di angka 12-13 ribu per kilo, untuk menutupi ongkos transportasi," ujar dia.

Ia mengaku lonjakan permintaan kebutuhan tersebut menjadi berkah tersendiri bagi petani. "Potensi panen kami masih tersedia di kebun milik petani," ungkap dia bangga.

Rudi menambahkan, selain terbilang murah, jeruk lemon California hasil bumi perkebunan kota Intan Garut, memiliki kandungan bulir dan air perasan yang cukup banyak.

"Soal rasa berani diadu," ujar dia.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sarah Hyland Ingatkan Risiko Covid-19 pada Penderita Ginjal

Posted: 20 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Melihat begitu cepatnya penyebaran virus corona Covid-19, aktris Sarah Hyland mengingatkan penderita ginjal untuk selalu waspada.

Seperti dikutip Womenshealthmag, Sarah memang terlahir dengan kondisi gisplasia ginjal atau bagian ginjalnya tidak terbentuk sempurna.

Menurut panduan National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK), ia perlu menjalani 16 operasi sepanjang hidupnya, termasuk 2 transplantasi ginjal, satu dari ayahnya pada tahun 2012 dan satunya lagi dari saudara laki-lakinya pada tahun 2017, karena tubuhnya awalnya menolak.

Pada IG-stories nya, ia menceritakan apa yang membuat dirinya khawatir soal Covid-19 ini.

"Saya pernah berbicara dengan pasien transplantasi (ginjal) yang saya temui di festival musik, dan dia adalah pasien transplantasi yang melakukan rawat jalan, dan benar-benar tidak menerima perawatan yang ia butuhkan sebagai pasien transplantasi," ujarnya.

"Padahal mereka adalah yang paling rentan terhadap Covid-19. Kenapa? Karena menurut penelitian yang sudah ada, Covid-19 mengincar para imunokompromis (orang yang kekebalan tubuhnya menurun)," ujar aktris asal Manhattan tersebut.

 

 

 

Apa yang bisa dilakukan?

Hand sanitizer. (iStock)
Hand sanitizer. (iStock)

Bagi pasien dengan gangguan ginjal, mereka biasanya diresepkan obat imunosupresan, yaitu obat yang melemahkan imun.

"Selagi Anda di rumah dan orang di sekelilingnya berkeliaran kemana-mana tanpa tahu pernah kontak dengan virus atau tidak, itu cukup membuat stres. Saya juga rentan terhadap stres," katanya.

Maka dari itu, Hyland mengatakan rencananya untuk terus tinggal di rumah sampai kondisi terkendali. Ditambah dengan orang di rumahnya, yang memahami kondisinya, termasuk dirinya sendiri selalu menjaga kebersihan diri dan menyemprotkan sanitizer. 

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pembangunan RS Darurat Infeksi Corona di Wisma Atlet Rampung 22 Maret 2020

Posted: 20 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mempercepat penyelesaian rumah sakit darurat bagi pasien terinfeksi virus corona di Wisma Atlet Kemayoran.

Hingga saat ini, progres pembangunan RS Darurat Covid-19 tersebut sudah mencapai 50 persen lebih dan diperkirakan dapat rampung pada Minggu, 22 Maret 2020 besok.

"Dari data yang ada di lapangan progres pembangunan RS Darurat Covid 19 sampai dengan saat ini yakni Jumat (20/3/2020) sudah mencapai 50 persen. Kami harapkan pada hari Minggu (22/3/2020) telah selesai 100 persen," kata Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (21/3/2020).

Khalawi menjelaskan bahwa saat inj sebagian logistik seperti peralatan medis dan tim medis akan mulai masuk RS Darurat Covid-19 mulai Sabtu (21/3/2020). dan mereka diharapkan pada hari Senin (23/3/2020) sudah dapat bertugas guna merawat pasien yang dikoordinasikan oleh Rumah Sakit RSPAD Gatot Subroto.

Selain itu, Khalawi menjelaskan, berdasarkan hasil koordinasi dengan seluruh pihak terkait penanganan Covid-19, seluruh pembiayaan akan ditanggung oleh BNPB.

Khalawi juga menjelaskan, pihaknya jiga berterimakasih atas dukungan dari berbagai pihak dalam proses pembangunan RS Darurat Covid 19.

Untuk operasionalisasi dan kebersihan tower 1, 6, 7 adalah INA Hotel sedangkan untuk tower 3 adalah Moritz. Sedangkan instalasi dan alat kesehatan serta alat rumah sakit dikordinir oleh RSPAD Gatot Subroto yang bekerjasama dengan Kemenkes dan Paramedis.

Lay out rumah sakit tower 7 lantai 1 hingga 3 didesain dan ditetapkan oleh RSPAD Gatot Subroto. PT Panasonic Indonesia juga ikut memberikan bantuan CSR berupa servis AC di seluruh tower yang ada dan PT PLN bertanggung jawab penuh atas kelistrikan di seluruh tower.

Kemudian untuk untuk kebutuhan air penyediaanya adalah PPK Kemayoran turut andil dalam kontribusi penanganan Darurat Covid-19. PT Bank Mandiri juga ikut memberikan bantuan quality insurance untuk rumah sakit.

Kementerian PUPR Kerahkan 700 Tenaga Kerja Bangun RS Darurat Infeksi Corona

Suasana Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Jumat (20/3/2020). Pemerintah akan mengubah fungsi Wisma Atlet Asian Games sebagai rumah sakit darurat khusus penanganan virus corona (Covid-19) sehingga bisa dipakai pada Senin (23/3/2020). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Suasana Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Jumat (20/3/2020). Pemerintah akan mengubah fungsi Wisma Atlet Asian Games sebagai rumah sakit darurat khusus penanganan virus corona (Covid-19) sehingga bisa dipakai pada Senin (23/3/2020). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan mengerahkankan lebih dari 700 tenaga kerja untuk merampungkan persiapan pembangunan Ruman Sakit Darurat Covid-19 (virus corona) di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

"Kami mengerahkan tenaga kerja sekitar 700 orang lebih guna menyelesaikan pembangunan RS Darurat Covid 19 di Wisma Atlet Kemayoran sesuai arahan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Kami telah menyiapkan 4 tower pada Wisma Atlet Kemayoran akan dijadikan RS Darurat Covid19," ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (21/3/2020).

Khalawi menyatakan, Ditjen Perumahan akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya agar persiapan pemanfaatan Wisma Atlet Kemayoran untuk dijadikan Rumah Sakit Darurat Covid-19 dapat berjalan dengan baik di lapangan.

Berdasarkan site plan yang sudah dibuat Ditjen Perumahan Kementerian PUPR, lanjut dia, setidaknya ada empat tower yang akan digunakan yakni tower 1, 3, 6 dan 7 di Blok D10 yang berada dekat RS Mitra Kemayoran.

Adapun rencana pemanfaatan tower yang ada yakni tower 1 adalah lantai 1 sampai dengan 24 untuk dokter dan tenaga medis. Pada tower 1 tersedia 650 unit ruangan yang dapat menampung sekitar 1.750 orang.

Kemudian tower 3 mulai lantai 1 sampai dengan 24 difungsikan sebagai Posko Gugus Tugas Penanganan Covid-19. Di tower ini tersedia 650 unit ruangan dan dapat menampung sekitar 1.750 orang.

Sedangkan tower 6 mulai lantai 1 sampai dengan 24 difungsikan sebagai rumah sakit darurat dan ruang rawat inap pasien. Pada tower ini tersedia 650 unit ruangan yang dapat menampung sekitar 1.750 pasien. Satu unit ruangan dapat menampung 3 orang pasien.

Sedangkan untuk tower 7 akan digunakan untuk beberapa fungsi antara lain lantai 1 untuk IGD, lantai 2 untuk ICU, lantai 3 untuk ruang pemulihan, lantai 4 hingga 24 untuk ruang rawat inap pasien. Di tower ini terdapat 886 unit dan dapat menampung 2.458 pasien.

Adapun pekerjaan perapian dan perbaikan tower 1 dikerjakan oleh PT Adhi Karya, tower 3 dikerjakan oleh PT Nindya Karya, tower 6 dikerjakan oleh PT Waskita Karya dan PT Brantas Abipraya.

Sedangkan tower 7 dikerjakan oleh PT Wijaya Karya dan PT Pembangunan Perumahan (PP, dan yang ditunjuk sebagai konsultan perencanaan dan pengawasan pekerjaan tersebut adalah PT Bina Karya.

Jadi Pusat Penanganan Virus Corona, Intip Fasilitas WIsma Atlet

Wisma Atlet Kemayoran tengah dibersihkan untuk jadi tempat isolasi pasien virus corona. (Dok Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR)
Wisma Atlet Kemayoran tengah dibersihkan untuk jadi tempat isolasi pasien virus corona. (Dok Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR)

Pemerintah menyiapkan Wisma Atlet Asian Games sebagai sentra pusat penanganan Corona. Nantinya, Kementerian BUMN akan bekerja sama dengan BNPB, Satgas Penanganan Corona, Kementerian PU PR, Kementerian Kesehatan, serta pihak terkait untuk segera memaksimalkan Wisma Atlet sebagai lokasi penanganan pasien Corona.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, pihaknya akan membagi masing-masing tower Wisma Atlet untuk kepentingan yang berbeda. Tower 4 akan difokuskan untk tempat istirahat tenaga medis. Sementara tower 6 dan 7 untuk pasien yang dilengkapi dengan ruang santai atau refreshing.

"Mereka harus dilindungi dan harus cukup istirahat karena itu kita tempatkan khusus (di Tower 4). Sedangkan Tower 3 akan menjadi lokasi posko bagi petugas Satgas yang menangani pendemik Virus Corona," ujar Erick di Jakarta, Jumat (20/3/2020).

"Tower 6 dan 7 kita akan fokuskan khusus ke pasien. Di sana akan dilengkapi ruang ICU, ruang refreshing, dan ruang rawat pasien. Pintunya ada dua dan dalam pengawasan," sambungnya.

Dalam pengoperasian Wisma Atlet sebagai lokasi penanganan Corona, BUMN akan menerjunkan tenaga kesehatan yang dimiliki rumah sakit BUMN. Selain itu fasilitas dan alat kesehatan akan dilengkapi dari dana CSR BUMN.

"CSR BUMN akan dialokasikan ke sini. CSR akan membantu akan sediakan alat di sini (Wisma Atlet). Selain itu BUMN farmasi terus memproduksi kebutuhan-kebutuhan obat yang diperlukan," kata Erick.

Libatkan Kementerian Kesehatan

Wisma Atlet Kemayoran dipersiapkan untuk jadi tempat isolasi pasien virus corona. (Dok Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR)
Wisma Atlet Kemayoran dipersiapkan untuk jadi tempat isolasi pasien virus corona. (Dok Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR)

Selain Kementerian BUMN, Kementerian Kesehatan juga akan terlibat dalam menyediakan tenaga-tenaga kesehatan dan perawat. Namun Erick mengakui tenaga pemerintah terbatas terutama terkait tenaga kesehatan.

Oleh karenanya, Erick berterima kasih kepada pihak swasta yang sejak awal menyatakan tekadnya untuk terlibat dalam penanganan pandemik Corona. "Saya ucapkan terima kasih banyak kepada pihak swasta yang sudah bersedia membantu. Kita semua berusaha bersama semaksimal mungkin sesuai dengan arahan Pak Presiden, untuk mengatasi dampak dari pandemik ini," kata Erick.

Tak hanya di sisi kesehatan, langkah antisipasi juga disiapkan Kementerian BUMN di sektor ekonomi. Erick menyadari banyak sektor ekonomi yang terpukul gejolak akibat pandemik yang melanda dunia.

Sektor terparah yang terdampak adalah hotel, restoran, pariwisata, dan penerbangan. Karena itu, Kementerian BUMN akan berkoordinasi dengan lembaga terkait untuk segera meluncurkan kebijakan yang membantu industri yang terdampak itu.

"Tak hanya kesehatan, tapi kita juga memastikan agar sektor bisnis bisa tetap jalan. kita pastikan bank-bank BUMN turunkan suku bunga UKM. Kita juga berkoordinasi dengan lembaga lain yang terkait agar ada relaksasi untuk sektor-sektor terdampak seperti hotel, pariwisata, penerbangan, restoran yang punya pinjaman ke bank-bank BUMN agar diberi keringanan," kata Erick.

 

Anggun P. Situmorang

Merdeka.com  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

WNI di Singapura Meninggal Dunia Akibat Virus Corona COVID-19

Posted: 20 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Singapura - Seorang WNI di Singapura dikabarkan meninggal dunia akibat Virus Corona (COVID-19). Ia adalah satu dari dua orang yang meninggal di Singapura akibat penyakit itu.  

Dilaporkan Channel News Asia, Sabtu (21/3/2020),  WNI ini adalah laki-laki berusia 64 tahun. Ia dibawa ke rumah sakit Singapura pada 13 Maret lalu.

Pasien itu tiba di Singapura dari Indonesia pada hari yang sama. Sehari kemudian, ia dinyatakan positif Virus Corona. 

Sebelumnya, ia sempat dirawat di Indonesia dan menderita pneumonia dan punya riwayat sakit jantung. Kondisinya memburuk akibat komplikasi.

Ia tutup usia pada Sabtu ini pukul 10.15 waktu Singapura. Pemerintah Singapura telah resmi menyampaikan duka cita atas meninggalnya WNI dan seorang pasien lain berusia 75 tahun yang merupakan warga lokal.

Kementerian Luar Negeri Indonesia ketika dikonfirmasi masih melakukan koordinasi dengan KBRI Singapura terkait kasus ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wonderkid Persib Pantang Panik Selama Pandemi Virus Corona Covid-19

Posted: 20 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Wonderkid Persib, Beckham Putra Nugraha, mengambil hikmah dari munculnya pandemi virus corona Covid-19. Kendati cemas, namun Beckham tidak ingin takut dan panik menghadapi musibah ini.

Menurut pemain berusia 18 tahun ini, kepanikan malah membuat situasi jadi tidak lebih baik. Pemain jebolan akademi Persib itu juga berharap pandemi virus corona Covid-19 segera berakhir di seluruh dunia.

"Kita ikuti saja anjuran pemerintah atau yang berwenang. Saya lebih melihat sisi positif untuk tetap tenang dan waspada. Pasti ada hikmah dari semua ini," ujar Beckham, seperti dilansir situs resmi Persib.

"Sisi positif, misalnya kita jadi lebih banyak waktu dengan keluarga, lebih peduli kesehatan, dan kebersihan lingkungan. Pola hidup sehat lebih juga dijaga," tutur pemain Maung Bandung bernomor punggung 7 ini.

Beckham pun mengajak semua orang membiasakan diri untuk mencuci tangan dengan sabun seama 20 detik. Selain itu, dia menyarankan masyarakat untuk banyak minum air putih, istirahat yang cukup dan hindari keramaian, yang berpotensi menjadi sarana penyebaran virus corona Covid-19.

Jaga Kesehatan

"Lebih banyak berada di rumah saja. Kita semua juga berdoa agar virus ini ada obatnya sehingga kehidupan kita bisa normal lagi," tuturnya.

"Tentu semua musibah ada hikmahnya. Semoga kita lebih hidup sehat saja dan jaga kesehatan. Semoga semua segera berakhir dan mendapat kesehatan selalu," ucap Beckham.

Gelandang muda Persib Bandung, Beckham Putra Nugraha. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)
Gelandang muda Persib Bandung, Beckham Putra Nugraha. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Puncak Klasemen

Dari tiga pertandingan sejauh ini di Shopee Liga 1 2020, Beckham baru tampil sekali membela Persib. Tim asuhan Robert Rene Alberts itu untuk sementara memuncaki klasemen setelah meraih poin sempurna dari tiga laga.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Penampakan Rumah Sakit Lapangan Darurat COVID-19 di Italia

Posted: 20 Mar 2020 09:00 PM PDT

Pemandangan ICU rumah sakit lapangan darurat Samaritan's Purse di Cremona, Italia, Jumat, 20 Maret 2020. Rumah sakit lapangan ini dibangun untuk merawat pasien virus corona COVID-19 yang terus melonjak. (Claudio Furlan/LaPresse via AP)
Pemandangan ICU rumah sakit lapangan darurat Samaritan's Purse di Cremona, Italia, Jumat, 20 Maret 2020. Rumah sakit lapangan ini dibangun untuk merawat pasien virus corona COVID-19 yang terus melonjak. (Claudio Furlan/LaPresse via AP)

Pemandangan ICU rumah sakit lapangan darurat Samaritan's Purse di Cremona, Italia, Jumat, 20 Maret 2020. Rumah sakit lapangan ini dibangun untuk merawat pasien virus corona COVID-19 yang terus melonjak. (Claudio Furlan/LaPresse via AP)

Petugas memeriksa peralatan medis ICU rumah sakit lapangan darurat Samaritan's Purse di Cremona, Italia, Jumat, 20 Maret 2020. Rumah sakit lapangan ini dibangun untuk merawat pasien virus corona COVID-19 yang terus melonjak. (Claudio Furlan/LaPresse via AP)
Petugas memeriksa peralatan medis ICU rumah sakit lapangan darurat Samaritan's Purse di Cremona, Italia, Jumat, 20 Maret 2020. Rumah sakit lapangan ini dibangun untuk merawat pasien virus corona COVID-19 yang terus melonjak. (Claudio Furlan/LaPresse via AP)

Petugas memeriksa peralatan medis ICU rumah sakit lapangan darurat Samaritan's Purse di Cremona, Italia, Jumat, 20 Maret 2020. Rumah sakit lapangan ini dibangun untuk merawat pasien virus corona COVID-19 yang terus melonjak. (Claudio Furlan/LaPresse via AP)

Petugas memeriksa peralatan medis ICU rumah sakit lapangan darurat Samaritan's Purse di Cremona, Italia, Jumat, 20 Maret 2020. Rumah sakit lapangan ini dibangun untuk merawat pasien virus corona COVID-19 yang terus melonjak. (Claudio Furlan/LaPresse via AP)
Petugas memeriksa peralatan medis ICU rumah sakit lapangan darurat Samaritan's Purse di Cremona, Italia, Jumat, 20 Maret 2020. Rumah sakit lapangan ini dibangun untuk merawat pasien virus corona COVID-19 yang terus melonjak. (Claudio Furlan/LaPresse via AP)

Petugas memeriksa peralatan medis ICU rumah sakit lapangan darurat Samaritan's Purse di Cremona, Italia, Jumat, 20 Maret 2020. Rumah sakit lapangan ini dibangun untuk merawat pasien virus corona COVID-19 yang terus melonjak. (Claudio Furlan/LaPresse via AP)

Petugas medis membersihkan rumah sakit lapangan darurat Samaritan's Purse di Cremona, Italia, Jumat, 20 Maret 2020. Rumah sakit lapangan ini dibangun untuk merawat pasien virus corona COVID-19 yang terus melonjak. (Claudio Furlan/LaPresse via AP)
Petugas medis membersihkan rumah sakit lapangan darurat Samaritan's Purse di Cremona, Italia, Jumat, 20 Maret 2020. Rumah sakit lapangan ini dibangun untuk merawat pasien virus corona COVID-19 yang terus melonjak. (Claudio Furlan/LaPresse via AP)

Petugas medis membersihkan rumah sakit lapangan darurat Samaritan's Purse di Cremona, Italia, Jumat, 20 Maret 2020. Rumah sakit lapangan ini dibangun untuk merawat pasien virus corona COVID-19 yang terus melonjak. (Claudio Furlan/LaPresse via AP)

Tentara membawa peralatan rumah sakit lapangan darurat Samaritan's Purse di Cremona, Italia, Jumat, 20 Maret 2020. Rumah sakit lapangan ini dibangun untuk merawat pasien virus corona COVID-19 yang terus melonjak. (Claudio Furlan/LaPresse via AP)
Tentara membawa peralatan rumah sakit lapangan darurat Samaritan's Purse di Cremona, Italia, Jumat, 20 Maret 2020. Rumah sakit lapangan ini dibangun untuk merawat pasien virus corona COVID-19 yang terus melonjak. (Claudio Furlan/LaPresse via AP)

Tentara membawa peralatan rumah sakit lapangan darurat Samaritan's Purse di Cremona, Italia, Jumat, 20 Maret 2020. Rumah sakit lapangan ini dibangun untuk merawat pasien virus corona COVID-19 yang terus melonjak. (Claudio Furlan/LaPresse via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Militer Malaysia Keluar Barak untuk Jaga Lockdown Corona COVID-19

Posted: 20 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin memberi lampu hijau bagi militer untuk keluar barak dan membantu menjaga lockdown. Keputusan ini mulai berlaku pada hari Minggu besok.

Berdasarkan pengumuman dari PM Yassin, angkatan bersenjata Malaysia bertugas membantu kepolisian Malaysia dalam lockdown ini. Seperti diketahui, Malaysia resmi lockdown pada pekan ini untuk meredam virus COVID-19.

"Mulai Ahad, 22 Maret 2020, jam 12.01 pagi, Angkatan Tentara Malaysia akan ditugaskan membantu Kepolisian Kerajaan Malaysia dalam menegakkan Perintah Kawalan Pergerakan dalam membasi penularan wabah COVID-19," ujar PM Yassin via Twitter.

Masyarakat diminta patuh pada kebijakan lockdown sementara tersebut dan sanksi tegas akan diambil bagi pelanggar.

Lockdown Malaysia berlangsung dalam dua minggu. Perbatasan Malaysia ditutup dan perkumpulan publik dilarang akibat melonjaknya COVID-19 di negeri jiran.

Tabligh akbar di Kuala Lumpur berkontribusi pada melonjaknya kasus COVID-19 di Malaysia. Hingga Sabtu kemarin, ada 624 peserta tabligh akbar yang tertular, termasuk WNI.

Muhyiddin juga mendukung kegiatan rumah di tengah lockdown COVID-19, beberapa kegiatan yang ia sarankan adalah bermain game, membaca buku, hingga mencuci mobil.

Kementerian Kesehatan Malaysia juga mengingatkan bahwa golongan yang berisiko tinggi adalah lansia, anak-anak, wanita hamil, penderita penyakit kronis, dan mereka yang mengidap penyakit menyerang imun seperti kanker dan HIV.

PM Malaysia Muhyiddin Yassin Batal Kunjungi Indonesia

Muhyiddin Yassin (tengah) melambaikan tangan sebelum upacara pelantikannya sebagai Perdana Menteri Malaysia di Istana Negara, Kuala Lumpur, Minggu (1/3/2020). Berdasarkan hukum Malaysia, penunjukan PM Malaysia bisa dilakukan oleh raja. (NAZRI RAPAAI/AFP/MALAYSIA'S DEPARTMENT OF INFORMATION)
Muhyiddin Yassin (tengah) melambaikan tangan sebelum upacara pelantikannya sebagai Perdana Menteri Malaysia di Istana Negara, Kuala Lumpur, Minggu (1/3/2020). Berdasarkan hukum Malaysia, penunjukan PM Malaysia bisa dilakukan oleh raja. (NAZRI RAPAAI/AFP/MALAYSIA'S DEPARTMENT OF INFORMATION)

Pandemi Corona COVID-19 yang tengah mewabah dunia membuat kunjungan Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin ke Indonesia ditunda.

Hal ini diketahui setelah Menteri Luar Negeri Malaysia Hishammuddin Hussein mengunggah foto bersama Menlu RI Retno Marsudi yang tengah melakukan komunikasi lewat sambungan video 

Hishammuddin Hussein menjelaskan, lawatan yang semula dirancang pada akhir Maret 2020 terpaksa dibatalkan lantaran COVID-19.

"Baru saja selesai berbincang lewat video call dengan rekan sejawat saya di Indonesia, Ibu Retno Marsudi. Kami berbincang mengenai penangguhan lawatan resmi YAB Perdana Menteri, Tan Sri Muhyiddin Yassin, ke Indonesia yang semula dirancang pada akhir Maret ini," tulis Hishammuddin Hussein dalam keterangan fotonya.

Tak hanya itu, Hishammuddin Hussein menyampaikan bahwa ia dan Retno Marsudi turut membahas sidang ASEAN yang direncanakan pada bulan depan di Vietnam.

"Saya dan Ibu Retno juga berbincang tentang Sidang ASEAN di Vietnam bulan depan," tambahnya.

Sejak tanggal 18 Maret lalu, Malaysia telah memberlakukan lockdown alias karantina wilayah. Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin menyampaikan bahwa kenaikan jumlah pasien yang terpapar Virus Corona COVID-19 menjadi alasan utama mengapa pemerintahan Negeri Jiran melakukan lockdown secara nasional.

Sementara itu, PM Muhyiddin Yassin menjelaskan bahwa pihak kerajaan di Malaysia juga memandang serius kasus ini.

Oleh karena itu, pihak kerajaan di Malaysia turut memutuskan lockdown sebagai bentuk antisipasi penyebaran Virus Corona, atau yang mereka sebut "Perintah Kawalan Pergerakan" sejak 18 Maret hingga 31 Maret 2020.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Potret Sabah yang Sepi Bak Kota Hantu

Posted: 20 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu upaya efektif yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran wabah Virus Corona atau Covid-19 yakni dengan penguncian atau lockdown.

Italia dan China sudah terlebih dahulu menerapkan kebijakan lockdown Covid-19. Malaysia kini juga berada dalam status lockdown, di mana pergerakan masyarakat di sana akan sangat dibatasi. 

Dampak dari kebijakan ini adalah tidak ada aktivitas seperti hari-hari biasa di tempat umum. Semua sekolah, restoran, kafe, bar dan klub malam ditutup, kecuali toko bahan pangan dan apotek.

Artikel tentang Malaysia lockdown, potret terkini Sabah yang kosong bak kota hantu menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang chat absurd bersama teman yang bikin jengkel.

Sementara itu artikel terpopuler ketiga tentang bahan makanan yang tak boleh dicuci sebelum dimasak.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Malaysia Lockdown, 10 Potret Terkini Sabah yang Kosong Bak Kota Hantu

(We are Malaysians/facebook.com)
(We are Malaysians/facebook.com)

Italia dan China sudah terlebih dahulu menerapkan kebijakan lockdown Covid-19. Malaysia kini juga berada dalam status lockdown, di mana pergerakan masyarakat di sana akan sangat dibatasi. 

Dampak dari kebijakan ini adalah tidak ada aktivitas seperti hari-hari biasa di tempat umum. Semua sekolah, restoran, kafe, bar dan klub malam ditutup, kecuali toko bahan pangan dan apotek.

Seorang pengguna Facebook berbagi potret terkini jalanan, pasar maupun tempat makan di kawasan Sabah. Pengguna dengan nama We are Malaysians ini menunjukkan jalanan di 13 kota Sabah, seperti Beaufort, Kinabatangan, Tenom dan Sandakan yang sepi bak kota hantu.

Selengkapnya...

2. 6 Chat Absurd Bersama Teman, Bikin Jengkel Sekaligus Ngakak

foto: @awreceh
foto: @awreceh

Saat ini sebagian besar orang tentu kerap kali berkomunikasi dengan orang terdekat melalui chatting. Orang yang paling sering kita hubungi melalui chatting selain keluarga, yakni teman.

Ada begitu banyak obrolan yang dilakukan melalui chatting. Mulai dari diskusi tentang hal-hal sederhana hingga yang serius.

Tak hanya itu, terkadang ada saja hal-hal absurd yang lantas menjadi perbincangan hingga membuat kita lupa waktu saat chatting. Namun, terkadang obrolan tersebut membuat kita kesal hingga tertawa sendiri.

Selengkapnya...

3. 6 Bahan Makanan Ini Tak Boleh Dicuci Sebelum Anda Masak

Ilustrasi daging ayam/copyright shutterstock
Ilustrasi daging ayam/copyright shutterstock

Tak seperti beberapa produk makanan dan permukaan kaleng yang kotor, beberapa bahan makanan tak perlu dicuci sebelum dimasak. Bahkan, melakukannya mungkin lebih berisiko untuk menyebabkan penyakit.

Berikut beberapa makanan tersebut seperti dilansir dari Mashed.com.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Istri Artis Detri Warmanto Tengah Hamil, Nangis Terus Saat Tahu Suami Positif Corona

Posted: 20 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar kurang baik datang dari artis Detri Warmanto. Ia diketahui positif covid-19 atau virus Corona. 

Kabar mengejutkan itu datang di saat sang istri, Uni Putri, tengah hamil. Di Instagram-nya, istri Detri Warmanto itu mengaku masih syok mengetahui sang suami terjangkit Corona. 

Hal itu diungkapkan melalui unggahan istri Detri Warmanto di Instagram Story pada Sabtu (21/3/2020). 

"temen2 insyaAllah besok aku bls satu2 ya dmnya, insyaAllah aku share gmn2nya yg aku tau..skrg lagi siapin hati nih maklum masih agak kaget..," tulisnya. 

 

Bersyukur

Unggahan Istri Detri Warmanto. (instagram.com/uniputri)
Unggahan Istri Detri Warmanto. (instagram.com/uniputri)

Untungnya, ia dan anak-anaknya yang lain tidak tertular virus yang sama, "tp bersyukur seengganya aku sm ank2 sehat.. dan akan trs berdoa utk papa @detriwarmanto biar cepet pulih dan bebas virus...," lanjut Uni Putri.

 

Nangis Terus

Detri Warmanto. (Foto: Instagram @detriwarmanto)
Detri Warmanto. (Foto: Instagram @detriwarmanto)

Melalui unggahan itu pula, istri Detri Warmanto itu meminta masyarakat untuk mendoakan kesembuhan sang suami. Selain itu ia juga mengaku masih sering menangis ketika mengetahui suaminya positif Corona. 

"doanyaa buat detri yaa, dan buat bumil yg satu ini yg bawaan hamil nangis mulu klo nonton korea apalg tau suami sakit dan kepisah lama..yah makin mewek trs deh..," lanjutnya lagi.

 

Menahan Diri

Untungnya, Uni Putri masih bisa menahan diri untuk tidak menemui suaminya yang berpotensi dapat menularkan Corona itu. 

"kalila sakha dan calon adik bayi ini yg bikin mamanya ga nekat kabur nyamperin suaminya lah pokoknya..bismillah..," tutupnya. 

Tanpa Gejala

Diberitakan sebelumnya, Detri Warmanto telah mengonfirmasi dirinya terjangkit virus Corona melalui unggahan di Instagram. Dalam unggahan tersebut, ia mengaku tidak mengalami gejala apapun. 

"Kalau ditanya kondisi saya saat ini sekarang alhamdulillah saya sehat walafiat. Enggak ada gejala apapun pilek batuk panas dll. Terakhir di cek termometer gun saya 33.5 derajat Celsius," tulis Detri Warmanto.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Juru Bicara Presiden: Semua Menteri Sudah Dites, Hasilnya Negatif Covid-19

Posted: 20 Mar 2020 08:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Juru Bicara Presiden Joko Widodo (Jokowi), Fadjroel Rahman menjelaskan setelah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ditetapkan positif virus corona (Covid-19) Presiden Joko Widodo hingga menteri kabinet Indonesia Maju sudah diperiksa.

Fadjroel mengatakan tidak hanya para menteri seluruh pihak yang berasa satu ruangan saat gelar rapat terbatas pada Rabu (11/3/2020) lalu pun sudah dites Covid-19.

"Sudah semua, termasuk Pak Luhut dan kami sudah semua," kata Fadjroel dalam diskusi dengan tema 'Covid-19 ujian kebersamaan kita' di Jakarta, Sabtu (21/3/2020).

Hasilnya Negatif

Hasilnya pun kata Fadjroel negatif dan tidak terinfeksi virus. Termasuk, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana.

"Negatif, Pak Suharso negatif, Bu Sri Mulyani negatif," ungkap Fadjroel.

Sebelumnya diketahui Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengumumkan bahwa mereka negatif Covid-19. Hasil tersebut didapat setelah 4 hari lalu melakukan pemeriksaan.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Marko Simic, Mesin Gol yang Setia Bersama Persija

Posted: 20 Mar 2020 08:55 PM PDT

Jakarta- Persija Jakarta membuat gebrakan besar pada 27 Desember 2017 ketika merekrut Marko Simic. Keputusan yang sampai saat ini terus disyukuri klub berjulukan Macan Kemayoran tersebut.

Marko Simic bergabung dengan Persija Jakarta setelah gagal mencapai kesepakatan dengan Kelantan FA. Buat masyarakat Indonesia, nama Simic ketika itu masih asing terdengar.

Padahal, pemain asal Krosia itu sudah malang melintang di klub-klub Asia Tenggara. Sebelum ke Persija, Simic tercatat pernah membela Becamex Binh Duong, Dong Thap, Long An (Vietnam), Negeri Sembilan, Melaka United (Malaysia).

"Persija adalah tim besar. Saya mendengar dan melihat mereka melalui Youtube dan berita di media online," kata Simic ketika itu.

Turnamen pramusim Piala Presiden 2018 menjadi debut Marko Simic di Indonesia. Pemain berpostur 32 tahun itu langsung tampil moncer dengan sumbangan 11 gol.

Ketajaman Simic juga berdampak langsung pada penampilan Persija yang sukses meraih gelar Piala Presiden 2018. Simic kemudian diganjar penghargaan top scorer dan pemain terbaik.

"Saya sangat bangga dan juga senang. Ini momen terbaik dalam karier saya. Rasanya seperti menjuarai Piala Dunia," ucap Marko Simic setelah membawa Persija Jakarta juara Piala Presiden 2018.

Predator Tajam

Pemain Persija Jakarta, Marko Simic dan Ramdani Lestaluhu merayakan gol ke gawang JDT pada laga Piala AFC 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (10/4/2018). Simic mencetak Hattrick ke gawang JDT.  (Bola.com/Nick Hanoatubun)
Pemain Persija Jakarta, Marko Simic dan Ramdani Lestaluhu merayakan gol ke gawang JDT pada laga Piala AFC 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (10/4/2018). Simic mencetak Hattrick ke gawang JDT. (Bola.com/Nick Hanoatubun)

Ketajaman Marko Simic tak hanya bertahan sampai turnamen pramusim. Marko Simic tumbuh dan berkembang menjadi penyerang yang tajam di lini depan Persija Jakarta.

Marko Simic langsung mampu mengantarkan Persija Jakarta menjuarai Liga 1 2018. Simic menyumbang 18 gol dari 30 penampilannya. Sebaran gol yang dicetak Simic berasal dari semua anggota tubuhnya yakni kepala, kaki kiri dan kanan.

Kecemerlangan Simic bahkan sampai terendus ke negara asalnya. Media asal Kroasia, Index Sport, sengaja membahas peran Simic setelah mampu menyudahi puasa gelar Persija.

"Penyerang Kroasia, Marko Simic, membawa gelar juara liga bagi Persija Jakarta setelah 17 tahun." tulis media Index Sport.

Musim selanjutnya, Persija mengalami perunan performa setelah ditinggal pelatih Stefano Cugurra Teco. Meski demikian, Simic tetap berusaha mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Bahkan, pada musim 2019 Simic menyabet gelar top scorer dengan sumbangan 28 gol. Sayangnya, Persija gagal mempertahankan gelar dan finis di peringkat ke-10.

Marko Simic adalah penyerang komplet yang mampu diandalkan untuk mencetak gol. Memiliki postur tubuh 187 cm membuat sang pemain selalu diandalkan dalam duel-duel udara.

Selain itu, Marko Simic juga bersyukur memiliki rekan setim yang selalu memanjakannya dengan memberikan umpan matang. Contohnya adalah Riko Simanjuntak yang kerap memberikan umpan silang yang akhirnya dieksekusi dengan sempurna oleh Simic.

Komitmen

Pemain Persija Jakarta, Marko Simic dan Heri Susanto, merayakan kemenangan atas Barito Putra pada laga Liga 1 2019 di Stadion Patriot, Bekasi, Senin (23/9/2019). Persija menang 1-0 atas Barito Putra. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Pemain Persija Jakarta, Marko Simic dan Heri Susanto, merayakan kemenangan atas Barito Putra pada laga Liga 1 2019 di Stadion Patriot, Bekasi, Senin (23/9/2019). Persija menang 1-0 atas Barito Putra. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Mengacu kepada penampilan Marko Simic pada dua musim terakhir, manajemen Persija Jakarta kemudian memberikan kontrak jangka panjang. Tidak tanggung-tanggung, Simic disodorkan kontrak berdurasi 3 tahun pada 19 Desember 2019.

Sikap tak biasa yang dilakukan klub sepak bola Indonesia itu dipelopori oleh Persija. Klub ibu kota mungkin menyadari kualias yang dimiliki Simic sehingga khawatir kehilangan sang pemain di masa depan.

"Semua tahu Simic bermain sangat baik di kompetisi tahun ini. Dia juga memiliki komitmen yang kuat untuk tetap bertahan di Persija, dan berjuang bersama di tahun depan," kata CEO Persija, Ferry Paulus.

"Maka dari itu, kami putuskan memperpanjang kontrak Marko Simic untuk tiga tahun ke depan," tegas pria asal Manado itu.

Kontrak anyar yang diberikan Persija kemudian dijawab dengan gol-gol oleh Simic. Pada turnamen pramusim Piala Gubernur Jatim 2020, Simic menjadi pencetak gol terbanyak dengan sumbangan 6 gol.

Sementara itu, Simic juga tampil gemilang pada dua laga awal Persija Jakarta di Shopee Liga 1 2020. Dalam 180 menit bermain, Simic menyumbang sebiji gol.

Disadur dari Bola.com (penulis Zulfirdaus Harahap/Editor Benediktus Gerendo, Published 21/3/2020)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Kreasi Roti Tawar Sederhana untuk Sarapan, Mudah Dibuat

Posted: 20 Mar 2020 08:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kreasi roti tawar sederhana untuk sarapan tentunya cocok buat kamu yang sering buru-buru di pagi hari. Tentunya menjadikan roti tawar sebagai sarapan lebih praktis daripada harus memasak makanan lainnya. Tinggal menambahkan beberapa bahan yang kamu suka, maka bisa setidaknya menunda lapar. 

Dengan begini, kamu bisa menghindari kebiasaan buruk tidak sarapan yang tentunya tidak baik untuk kesehatan. Apalagi tubuh pada pagi hari perlu asupan makanan agar dapat meningkatkan konsentrasi dalam beraktivitas dan meningkatkan kinerja.

Kreasi roti tawar sederhana untuk sarapan bisa kamu terapkan setiap harinya. Tentunya jika makan roti tawar dengan selai saja lama-kelamaan akan membuatmu bosan juga. Kamu bisa menerapkan berbagai kreasi sederhana lainnya yang mudah dibuat dan tidak membosankan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (21/3/2020) tentang kreasi roti tawar sederhana untuk sarapan

Roti Panggang dengan Telur + Keju

Ilustrasi Roti Tawar (iStockphoto)
Ilustrasi Roti Tawar (iStockphoto)

Kreasi roti tawar sederhana untuk sarapan yang pertama adalah roti panggang dengan telur. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa bahan seperti roti tawar, telur, mentega, dan keju.

Caranya ambil beberapa lembar roti dengan kulit. Pipihkan hanya bagian tengahnya saja, dengan sendok teh. Pecahkan sebutir telur dan letakkan tepat di bagian tengah yang tadi sudah di pipihkan.

Selanjutnya, taburi keju parut di bagian kulitnya. Panggang sampai sekiranya cukup matang dan keju meleleh. Roti panggang dengan telur dan keju siap mendampingi pagimu yang buru-buru.

Roti Tawar + Scrambled Egg + Alpukat

Jika kamu suka kreasi roti tawar sederhana dengan rasa gurih sekaligus manis, kamu bisa menerapkan kreasi satu ini. Cukup dengan menyiapkan beberapa bahan seperti roti tawar, telur orak-arik, dan alpukat kamu bisa mendapatkan sarapan idamanmu.

Caranya, letakkan cincangan alpukat dan olahan telur orak arik di atas roti. Kamu juga bisa menambahkan madu untuk mendapatkan rasa manis. Tidak hanya memiliki cita rasa yang unik, kreasi roti tawar ini tentunya juga menyehatkan untuk sarapan.

 

Pizza Roti

Pizza Roti (Foto: Bintang.com/Daniel Kampua, Digital Imaging: Bintang.com/Nurman Abdul Hakim)
Pizza Roti (Foto: Bintang.com/Daniel Kampua, Digital Imaging: Bintang.com/Nurman Abdul Hakim)

Jika menginginkan kreasi roti tawar sederhana untuk sarapan dengan rasa fast food, kamu bisa menerapkan pizza roti. Tinggal menyiapkan beberapa bahan yang mudah ditemukan, dan terapkan langkah-langkahnya.

Caranya cukup mudah, ambil selembar roti, olesi mentega atau mayonaise. Tambahkan irisan bawang bombay, paprika, sosis (jika mau) dan daging cincang kalengan atau ayam cincang (yang sudah dimasak sebentar dengan bumbu sederhana). Taburi dengan keju. Terakhir panggang hingga keju meleleh.

Roti Tawar dengan Selai Coklat + Stroberi

Jika kamu lebih suka sarapan dengan roti tawar bercita rasa manis, kamu bisa mencoba kombinasi roti tawar selai coklat ditambah buah stroberi ini. Sarapanmu tentu akan lebih segar.

Perpaduan dari buah stroberi dengan rasa manis asamnya, dicampur manisnya selai cokelat kesukaanmu, dan taburan kacang yang sudah dihancurkan akan memberikan sensasi makan yang berbeda.

Roti Tawar Krim Keju + Nanas dan Kacang

Ilustrasi Roti Tawar (iStockphoto)
Ilustrasi Roti Tawar (iStockphoto)

Kreasi roti tawar selanjutnya masih menggunakan buah-buahan. Hal ini tentunya karena menggunakan buah-buahan akan membuat sarapanmu lebih segar dan sehat.

Tekstur krim keju yang lembut dan manis, ditambah potongan buah nanas akan menambah asupan energi ke dalam tubuhmu. Ditambah taburan kacang yang crunchy menjadikan cita rasa makananmu semakin menggugah selera.

Roti Tawar Madu + Apel dan Kacang

Selain roti tawar, banyak juga orang yang menyiapkan apel untuk sarapan. Kandungan air yang terasa segar saat digigit memang sayang untuk dilewatkan. Dengan rasa unik dari apel, dilumuri rasa manis madu yang menyehatkan, dan renyahnya kacang di atas roti tawar.

Menu praktis yang menghemat waktu ini tidak hanya lezat di mulut tapi juga bisa menyehatkan kamu dalam sekali gigitan.

 

Roti Goreng Pisang Coklat

Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Aleksandrs Samuilovs's
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Aleksandrs Samuilovs's

Kreasi roti tawar sederhana untuk sarapan selanjutnya adalah roti goreng pisang coklat. Buat kamu penyuka makanan manis, tentunya kreasi ini akan menjadi favorit kamu. Ditambah dengan susu hangat tentunya akan lebih nikmat.

Bahan:

- 4 lembar roti tawar

- 2 buah pisang

- 1 butir telur

- Selai coklat

- Tepung terigu

- Tepung roti

Cara membuat:

- Siapkan beberapa lembar roti, pipihkan dengan botol kaca.

- Oleskan selai coklat dan letakkan potongan pisang (pisang dipotong menjadi 2), lalu gulung.

- Celupkan roti ke dalam bahan campuran (kocok telur dengan tepung terigu), pastikan gulungan roti tidak terlepas saat diangkat.

- Taburi roti dengan tepung roti sampai merata.

- Panaskan minyak dan gorenglah roti sampai roti berwarna kecoklatan, lalu angkat dan tiriskan.

- Roti goreng pisang coklat siap dihidangkan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEOGRAFIS: Cara Membuat Hand Sanitizer dari BPOM

Posted: 20 Mar 2020 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Virus Corona yang kini menjadi pandemi global membuat banyak orang melakukan tindakan preventif. Salah satu cara mencegah penularan virus Corona adalah menjaga kebersihan seperti rajin mencuci tangan dengan air dan sabun. Selain itu penggunaan hand sanitizer juga disarankan saat tidak bisa menjangkau air dan sabun. Penggunaan hand sanitizer dinilai mampu menonaktifkan mikroorganisme yang menempel di tangan. 

Meningkatnya penggunaan hand sanitizer membuat stok kian sulit ditemukan. Anda bahkan mungkin melihat hand sanitizer dijual dengan harga tinggi di toko online. Hingga belakangan ini viral panduan pembuatan Hand Sanitizer mengatasnamakan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: