Rabu, 04 Maret 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


7 Potret Ekspresi Hewan saat Ketahuan Mencuri Ini Kocak

Posted: 04 Mar 2020 10:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Memelihara hewan di rumah memang menjadi kesenangan tersendiri. Selain ada hewan lucu yang menggemaskan seperti kucing maupun anjing, sang pemelihara pun tentu akan merawatnya dengan baik.

Namun terkadang meski sudah diberi makan, hewan-hewan ini masih saja mencoba mencuri makanan yang lain. Baik seperti roti, sosis. 

Meski tidak masalah hewan ini mengambil makanan yang tidak disediakan untuknya, namun saat mempergokinya mencuri makanan, hewan ini memberikan ekspresi yang kocak dan lucu.

Melihat ekspresinya yang lucu, tentu membuat si pemilik tidak akan tega menghukumnya. Berikut 7 potret kelakuan hewan saat ketahuan mencuri yang Liputan6.com kutip dari berbagai sumber, Kamis (5/3/2020).

1. Ketahuan mencuri makanan, kucing ini nampak murung

Potret hewan mencuri (Sumber: toopanda)
Potret hewan mencuri (Sumber: toopanda)

2. Mencuri makanan dari bayi memang paling mudah, seperti yang dilakukan kucing ini

Potret hewan mencuri (Sumber: toopanda)
Potret hewan mencuri (Sumber: toopanda)

3. Begini reaksi memelas kucing saat ketahuan ini menggapai roti yang ada di depannya

Potret hewan mencuri (Sumber: toopanda)
Potret hewan mencuri (Sumber: toopanda)

4. Sembunyi di bawah meja, kucing ini mencuri alat tulis dengan memasang muka kaget

Potret hewan mencuri (Sumber: toopanda)
Potret hewan mencuri (Sumber: toopanda)

5. Sudah ketahuan mencuri, kucing ini masih gigit makanannya

Potret hewan mencuri (Sumber: toopanda)
Potret hewan mencuri (Sumber: toopanda)

6. Anjing kecil saat ketahuan mencuri sepatu di kebun langsung melarikan diri

Potret hewan mencuri (Sumber: toopanda)
Potret hewan mencuri (Sumber: toopanda)

7. Ekspresi anjing ini kocak saat ketahuan mau membuka isi tas majikannya

Potret hewan mencuri (Sumber: toopanda)
Potret hewan mencuri (Sumber: toopanda)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal OTT, Ketua KPK: Tunggu Saatnya

Posted: 04 Mar 2020 10:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri memastikan penindakan terus dilakukan tim lembaga antirasuah. Termasuk menjalankan penyelidikan, baik secara terbuka maupun tertutup.

"KPK tetap fokus penyelidikan, baik itu penyelidikan terbuka maupun tertutup," ujar Firli di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (5/3/2020).

Firli mengatakan, pihaknya sadar masyarakat menunggu penindakan yang dilakukan KPK masa kepemimpinannya. Dua operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan sebelumnya merupakan bagian dari penyelidikan yang dijalankan tim penindakan semasa Agus Rahardjo memimpin.

"Walaupun sekarang belum mendapatkan hasil, terutama yang ditunggu oleh rekan-rekan, kawan-kawan wartawan pada khususnya menunggu berita kalau ada OTT kan?," kata Firli.

Firli memastikan, penyelidikan terus dilakukan pihaknya. Hanya saja, sejauh ini belum membuahkan hasil.

"Kegiatan itu sedang berjalan, kita tinggal tunggu saatnya tentang keberhasilan rekan-rekan tim yang ada di lapangan, pasti akan kita beri tahu pas ada hasil. Kalau selama proses (penyelidikan) tentu tidak akan kita sampaikan," kata Firli Bahuri.

Diketahui, pada pertengahan Februari 2020 kemarin, tim lembaga antirasuah mendapatkan perlakuan tak menyenangkan saat sedang bertugas di Jember, Jawa Timur. Tim yang tengah menyelidiki kasus dugaan korupsi ditangkap warga Desa Sukowono, Jember, Jawa Timur.

Tim penyelidik diamankan warga sekitar lantaran gerak geriknya dianggap mencurigakan. Mereka akhirnya dibawa ke Polsek Sukowono oleh warga. Namun tim penyelidik dilepaskan setelah memberikan indentitas pegawai KPK saat sudah berada di Polsek Sukowono.

"Jadi sesungguhnya biasa, kesalahpahaman. Karena kami pada saat melaksanakan penyelidikan, kan ada dua model, model tertutup dan model yang terbuka. Pada saat mengadakan penyelidikan dengan sistem tertutup itu kan langsung turun ke masyarakat yang menjadi target untuk mengumpulkan bukti dan keterangan," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron, Rabu, 4 Maret 2020 kemarin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Musala Mungil nan Wangi di Sudut Pusat Perbelanjaan Mewah di Jepang

Posted: 04 Mar 2020 10:03 PM PST

Liputan6.com, Nagano - Siapa bilang kaum muslim yang berwisata belanja di Jepang tak bisa beribadah? Karuizawa Prince Shopping Plaza yang berada di Nagano, Jepang, menyediakan musala khusus untuk kaum muslim melaksanakan kewajibannya.

Liputan6.com bersama rombongan JNTO tiba di pusat perbelanjaan mewah itu pada Senin, 2 Maret 2020. Kami tiba dengan menaiki Shinkansen dari Stasiun Tokyo sekitar satu jam perjalanan.

Kabut cukup pekat menyapa kedatangan rombongan kami di sana. Tak heran mengingat shopping outlet yang memiliki 240 toko tersebut berada di daerah pegunungan. Belum lagi musim dingin belum selesai sepenuhnya.

Menjadi salah satu yang terbesar di Jepang, pusat perbelanjaan yang didominasi brand-brand mewah itu memiliki luas 25 hektare. Kira-kira luasnya serupa dengan Mal Grand Indonesia di Jakarta.

Gambaran musala di Karuizawa Prince Shopping Plaza, Jepang. (Liputan6.com/Dini Nurilah)
Gambaran musala di Karuizawa Prince Shopping Plaza, Jepang. (Liputan6.com/Dini Nurilah)

Karuizawa Prince Shopping Plaza terdiri dari enam blok yang dipisahkan di dua sayap, timur dan barat. Pusat perbalanjaan ini hanya memiliki satu lantai. Saat musim panas, Anda bisa menikmati pemandangan pegunungan yang menakjubkan dan dua blok taman hijau nan luas di beberapa sudut.

Tak hanya deretan toko yang menawarkan barang branded dan diskon menggiurkan, Karuizawa juga menawarkan fasilitas yang ramah muslim. Adalah musala yang berada di sudut pusat perbelanjaan, tak jauh dari tempat penitipan anak dan ATM.

Jangan bayangkan Anda akan memasuki satu ruangan kecil yang dipaksakan menjadi tempat salat dengan lantai karpet yang sedikit berbau apek. Tidak ada sama sekali. 

Tak Dibuka Sembarangan

Salah satu sudut dalam musala di Karuizawa Prince Shopping Plaza, Jepang. (Liputan6.com/Dini Nurilah)
Salah satu sudut dalam musala di Karuizawa Prince Shopping Plaza, Jepang. (Liputan6.com/Dini Nurilah)

Kebersihannya terjaga dengan pencahayaan yang memadai. Ruang musala itu terbagi menjadi empat ruangan, masing-masing dua ruangan untuk pengunjung pria dan wanita. Tempat wudunya pun terpisah. Tersedia pula cermin besar di sudut ruangan dan papan peringatan untuk melepas sepatu yang salah satunya tertulis dalam Bahasa Indonesia.

Berbeda dengan musala di Indonesia, tempat ibadah ini tak dibuka bebas. Para pengunjung yang hendak menggunakannya diminta untuk mengubungi pusat informasi terlebih dulu.

Petugas nantinya akan membukakan akses, sementara pengunjung wajib mengisi form identitas. Hal itu bertujuan untuk menjaga keamanan dan kebersihan musala.

"Iya, di sini sistemnya begitu, harus ke informasi atau contact nomor yang tertera untuk dibawakan kunci. Di beberapa tempat di Jepang lainnya, ada yang sudah pakai password jadi ketika pengunjung datang lebih baik mampir dulu ke informasi untuk meminta password saja," jelas Didik Lutfi, penerjemah rombongan kami.

Di tempat ini tidak tersedia mukena atau sarung untuk pengunjung karena dikhawatirkan hilang. Jadi, jangan lupa untuk membawa alat salat masing-masing.

Menu Ramah Muslim

Menu ramah muslim di Shinsu Soba Restaurant Yamahei. (Liputan6.com/Dini Nurilah)
Menu ramah muslim di Shinsu Soba Restaurant Yamahei. (Liputan6.com/Dini Nurilah)

Selain musala, wisatawan muslim juga tidak perlu bingung untuk mengisi perut di sini. Beberapa restoran menyediakan menu ramah muslim, dengan catatan, pengunjung harus bertanya lebih dahulu atau inisiatif menyatakan diri sebagai muslim.

Rombongan kami makan siang di Shinsu Soba Restaurant Yamahei, dengan kisaran harga per menu dari 50 hingga 2000 yen. Setelah mengelilingi ratusan toko, makan siang dengan menu set khas Jepang jadi pilihan yang tepat.

Terakhir, pengunjung pun dapat menikmati fasilitas loker dengan harga kisaran 300-500 yen per harinya, agar tidak perlu berkeliling dengan barang bawaan yang merepotkan.

Anda juga bisa menggunakan fasilitas gudang barang jika pengunjung kebetulan adalah wisatawan seperti kami, rombongan tur yang baru mendarat di Jepang dan menuju Prince Plaza dengan koper yang banyak. Biayanya hanya dengan 700 yen untuk sehari, satu kali. Berminat? (Dini Nurilah)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ridwan Kamil Minta Masyarakat Saring Informasi Soal Virus Corona

Posted: 04 Mar 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengimbau masyarakat untuk bijak dalam menyaring dan menyikapi informasi perihal virus Corona atau Covid-19. Sejak Senin (2/3/2020), ada dua WNI dinyatakan positif virus Corona yang diumumkan pemerintah pusat.

Ridwan mengatakan, masyarakat harus menyaring informasi yang beredar luas di era digital sekarang ini.

"Saya meyakini jumlahnya banyak. Oleh karena itu saya berharap masyarakat jangan langsung percaya atau membagikan. Lihat saja ke berita-berita anda ini (arus utama), berarti sudah terkonfirmasi," kata Ridwan di Gedung Pakuan, Rabu (4/3/2020) malam.

Mantan wali kota Bandung juga meminta kepada media massa agar turut menciptakan kondisi yang menyejukkan di tengah informasi soal Covid-19.

"Khusus saya titip di kondisi seperti ini sampaikan selain faktualnya juga ada kalimat kalimat yang menenangkannya," ujarnya.

Sementara, terkait perkembangan informasi terkait penanganan dan pencegahan virus Corona, Emil menyebut pihaknya secara resmi membentuk Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jawa Barat (Pikobar).

"Untuk menguatkan arahan dari pemerintah pusat agar sumber informasi datang dari lembaga kredibel, oleh karena itu pemerintah daerah membentuk yang saya ubah namanya dari crisis center jadi Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jawa Barat," ujarnya.

Secara terpisah, Tim Jabar Saber Hoaks Divisi Media dan Fact Checker Alfianto Yustinova menyebutkan, pihaknya menerima 867 aduan yang masuk dari masyarakat per 1 Januari hingga 4 Maret 2020.

Dari ratusan hoaks, kata dia, sebanyak 37,6% atau 326 aduan di antaranya terkait dengan virus Corona.

"Dari 326 aduan yang masuk, kami mengklarifikasi 53 hoaks tentang virus Corona. Sisanya adalah aduan yang berulang dan aduan yang hasil klarifikasinya adalah benar," ujar Alfianto dalam rilis yang diterima Liputan6.com.

Selain itu, lanjut Alfianto, setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa ada dua WNI yang positif virus Corona pada 2 Maret 2020, terjadi peningkatan aduan terkait virus Corona sebesar 44,5%.

"Yaitu sebanyak 145 aduan dari 326 aduan yang masuk terkait dengan informasi virus Corona," tuturnya.

Untuk menghindari misinformasi yang beredar di masyarakat, Jabar Saber Hoaks mengimbau masyarakat untuk tidak mudah mempercayai semua informasi yang tidak jelas sumber dan kebenarannya. Serta memastikan kebenaran informasi dari media-media yang terdaftar di Dewan Pers.

Simak video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wabah COVID-19, Wapres Ma'ruf Amin: Kesempatan Kembangkan Obat Dalam Negeri

Posted: 04 Mar 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Penyebaran Virus Corona penyebab COVID-19 dinilai oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin sebagai kesempatan untuk memproduksi obat dan vitamin dengan bahan baku dari dalam negeri. Ini karena penyebaran Virus Corona berdampak pada ketersediaan obat-obatan yang bahan bakunya diimpor dari China menjadi terbatas.

"Kita bisa mengembangkan produk dalam negeri sendiri untuk menyediakan bahan baku obat-obatan itu. Nah, ini juga ada hikmahnya, kemudian kita jadi harus bersiap untuk menyiapkan bahan baku obat-obatan dan vitamin-vitamin itu," kata Ma'ruf Amin di Kantor Wapres, Jakarta, Rabu (4/3).

Melansir Antara, sebagian besar bahan baku untuk obat-obatan dan vitamin yang diproduksi di Indonesia diimpor dari China. Virus Corona yang merebak di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China menyebabkan produksi bahan baku farmasi di negara itu dihentikan sementara.

 

Impor dari Negara Lain

Wapres mengatakan, Pemerintah membuka impor bahan baku produk farmasi dari negara lain demi menjaga produksi obat-obatan dan vitamin di dalam negeri berjalan lancar.

"Ya Pemerintah sedang mengusahakan impor (bahan baku obat) dari negara lain selain China, memperbesar impor dari negara lain," jelas Ma'ruf.

Dalam kesempatan berbeda, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto juga mendorong perusahaan farmasi di Indonesia untuk memproduksi obat-obatan dan vitamin dair bahan baku dalam negeri. Terawan menyebut, obat-obatan tersebut sebagai obat modern asli Indonesia (OMAI).

Menurut Terawan, OMAI memiliki efek samping yang kecil dan bisa menekan harga obat-obatan jadi lebih terjangkau.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Breathe, Film Hollywood tentang Penyandang Polio yang Ciptakan Alat Bantu untuk Difabel

Posted: 04 Mar 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Film Breathe menceritakan kehidupan Robin Cavendish, yang memilih untuk membangun kehidupan yang lebih baik setelah lumpuh karena polio. Film ini tayang di bioskop pada 13 Oktober 2017 silam.

Breathe menceritakan kisah nyata Cavendish yang menyandang polio pada usia 28 saat istrinya mengandung anak tunggal mereka, Jonathan. Dia menjadi lumpuh dari leher ke bawah dan membutuhkan ventilator untuk bernapas. 

Dokter memvonis dirinya hanya akan bertahan selama tiga bulan. Hal tersebut membuatnya depresi dan kehilangan semangat hidup. Namun, istri Cavendish, Diana, bersikeras bahwa ia harus terus berjuang.

"Ketika Cavendish pertama kali lumpuh, ia ingin mati. Istrinya mengatakan bahwa ia harus hidup," kata aktor Andrew Garfield yang memerankan Cavendish dalam film seperti dikutip dari liveaction.org.

Kisah Cavendish

Kisah Cavendish berawal dari keinginannya untuk keluar dari rumah sakit dan menikmati kehidupan di luar. Pada 1962, ia menciptakan kursi roda dengan respirator yang memungkinkan dia meninggalkan tempat tidurnya. Penemuan ini dilakukan dengan bantuan temannya, Teddy Hall, seorang profesor Oxford.

"Kursi ini menjadi model untuk kursi roda di masa depan dan akan mengubah kehidupan para penyandang polio lainnya. Alat ini memungkinkan mereka meninggalkan rumah sakit tempat mereka tinggal terkurung di tempat tidur."

Dia juga membantu menciptakan perangkat yang akan memungkinkannya dan orang-orang lumpuh lainnya untuk mengendalikan lingkungan mereka. Dengan gerakan kepala, perangkat tersebut dapat digunakan untuk menyalakan telepon dan televisi.

Dia bahkan menciptakan tempat untuk keluarga penyandang disabilitas di mana mereka dapat dengan nyaman berlibur bersama. Cavendish memengaruhi mereka yang hidup dengan disabilitas dan juga mereka yang tidak.

Cavendish meninggal setelah 36 tahun semenjak menyandang polio. Menurut berita kematiannya, "Seolah-olah kehidupannya yang tidak dapat berpindah-pindah memberinya sudut pandang yang lebih luas dan visi yang lebih tajam daripada kita semua."

Cavendish menikmati 36 tahun yang tidak akan dia miliki jika dia tidak mendengar perkataan istrinya. Disabilitas membuat dirinya dapat mengubah dunia dengan meninggalkan penemuan-penemuan bermanfaat bagi para penyandang disabilitas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Perbedaan Mode Full dan Intermittent pada Wiper

Posted: 04 Mar 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tuas wiper pada mobil bukan sekadar untuk menyalakan dan mematikan wiper saja. Terdapat beberapa mode yang bisa dipilih, misalkan saja model Full dan Intermittent.

Dilansir laman Hyundai Indonesia, umumnya mobil keluaran terbaru juga memiliki 4 mode untuk wiper. Pertama Mist, mode ini akan aktif ketika Anda menggeser tuas satu kali ke atas.

Mode Mist bisa dipakai ketika kondisi kaca depan mobil tertutup air tipis. Mode Mist hanya menyapu permukaan kaca satu kali. Mode Mist lebih baik dipakai saat kondisi hujan grimis dengan intensitas sangat rendah.

Mode INT

Mode kedua, Intermittent atau biasa diberi kode INT. Mode Intermittent berguna untuk intensitas hujan yang lebih tinggi ketimbang Mist. Kondisi hujan masih gerimis, namun belum deras.

Mode INT biasanya memberikan pilihan interval penyapuan kaca berkala. Sehingga pengemudi bisa mengatur jeda sapuan wiper. Pengaturannya mudah, cukup memutar bagian ujung dari tuas wiper untuk memilih interval. 

Mode Full

Lalu ada mode Full yang terdiri dari dua pilihan. Yakni, LO dan HI. Jika mengaktifkan model Full LO, maka wiper akan terus bergerak dalam kecepatan rendah.

Sedangkan jika mengaktifkan mode Full HI, maka wiper akan terus bergerak dalam kecepatan kencang. Mode Full HI lebih cocok dipakai ketika hujan sangat deras. Dengan demikian, pengemudi bisa memakai wiper sesuai dengan kondisi hujan.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Varian Paling Murah dari Huawei P40 Sudah Hadir di Eropa

Posted: 04 Mar 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Huawei memang belum memperkenalkan secara resmi lini smartphone premium terbarunya, yakni P40. Namun di Eropa, perusahaan asal Tiongkok itu ternyata sudah mengumumkan kehadiran varian paling murah dari lini P40.

Dikutip dari GSM Arena, Kamis (5/3/2020), smartphone ini diberi nama Huawei P40 Lite E. Smartphone ini ternyata merupakan nama lain dari Huawei Y7p yang diperkenalkan di Thailand beberapa bulan lalu.

Sesuai namanya, smartphone ini merupakan varian paling terjangkau dari Huawei P40. Sudah dipajang di situs Huawei Polandia, perangkat ini dibanderol dengan harga 272 euro (Rp 4,3 juta), dan kini sedang didiskon menjadi 163 euro (Rp 2,5 juta).

Rencananya, smartphone ini akan mulai tersedia pada 12 Maret 2020. Sebagai bagian dari penjualannya, P40 Lite E turut dibundel dengan Huawei Band 4 secara gratis.

Untuk spesifikasi, Huawei P40 Lite E memiliki layar berukuran 6,39 inci. Smartphone ini dipersenjatai chipset Kirin 710F yang dipaduk dengan RAM 4GB dan memori internal 64GB.

Sementara dari departemen kamera, smartphone ini memiliki tiga kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 48MP, lensa ultra wide-angle 8MP, dan depth sensor 2MP. Adapun kamera depannya beresolusi 8MP.

Sama seperti smartphone Huawei anyar lain, Huawei P40 Lite E tidak didukung dengan layanan Google Mobile, tapi masih menjalankan EMUI 9.1 berbasis Android. Huawei P40 Lite E hadir dengan dua pilihan warna, yakni black dan aurora blue.

Huawei P40 Hadir 26 Maret 2020

Bocoran gambar render Huawei P40. (Doc: GizChina)
Bocoran gambar render Huawei P40. (Doc: GizChina)

Huawei sendiri akan mengumumkan seri P40 pada bulan ini. Informasi soal jadwal peluncurannya pun sudah diketahui.

Dilansir GSM Arena, Rabu (26/2/2020), CEO Huawei, Richard Yu, mengungkapkan seri flagship P40 akan diumumkan secara resmi pada 26 Maret di Paris, Prancis. Hal ini diumumkan dalam acara peluncuran Mate Xs.

Sejumlah informasi tentang varian smartphone tersebut juga sudah banyak beredar di internet. Menurut laporan, Huawei akan mengumumkan tiga varian yaitu P40, P40 Pro, dan P40 Premium Edition.

Huawei P40 Premium Edition dilaporkan akan meluncur dengan lima kamera dan salah satunya dengan lensa telephoto periscope yang bisa melakukan 10x optical zoom.

P40 Pro akan memiliki lensa telephoto dengan kemampuan 5x optical zoom bersama dengan kamera utama 54MP, 40MP, dan 8MP. Sementara varian Huawei P40 akan memiliki kamera periscope dengan 3x optical zoom, serta tiga kamera lain seperti P40 Pro.

Ketiga varian smartphone tersebut akan hadir dengan konektivitas dual-mode 5G. Sejauh ini belum ada informasi tentang harga jualnya.

Pasar Smartphone Tiongkok Lesu, Huawei Terus Tumbuh

Huawei (Foto: Huawei)
Huawei (Foto: Huawei)

Perusahaan riset pasar Canalys merilis laporan tentang pasar smartphone Tiongkok pada kuartal IV (Q4) 2019. Huawei mempertahankan dominasinya di pasar smartphone terbesar di dunia tersebut.

Huawei pada Q4 2019 telah mengapalkan 33,3 juta unit smartphone di Tiongkok, tumbuh 11 persen dibandingkan satu tahun lalu. Pangsa pasarnya sebesar 39 persen.

Oppo berada di posisi kedua dengan pengapalan 14 juta unit smartphone dan 16,4 persen pangsa pasar. Vivo bertengger di posisi tiga besar dengan 13,1 juta unit pengapalan smartphone, dan 15,4 persen pangsa pasar.

Posisi keempat dan kelima ditempati oleh Apple dan Xiaomi. Masing-masing mengapalkan 10,1 juta dan 8,1 juta unit smartphone. Pangsa pasar Apple sebesar 11,8 persen, sedangkan Xiaomi 9,5 persen.

Dari kelima vendor tersebut, hanya pangsa pasar Huawei yang mengalami pertumbuhan dibandingkan Q4 2018. Oppo turun 25 persen, Vivo 29 persen, Apple 12 persen, dan Xiaomi turun 14 persen.

Secara keseluruhan, pengapalan smartphone di Tiongkok pada Q4 2019 mencapai 85,3 juta unit, turun 15 persen year-over-year (YoY).

(Dam/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tottenham Hotspur Dipecundangi Norwich, Berikut 15 Ledekan untuk Jose Mourinho

Posted: 04 Mar 2020 10:00 PM PST

London - Langkah Tottenham Hotspur di Piala FA terhenti pada babak kelima. Klub berjuluk The Lilywhites tersebut disingkirkan Norwich City melalui drama adu penalti dengan skor 2-3 di Tottenham Hotspur Stadium, Kamis (5/3/2020). 

Tottenham Hotspur unggul lebih dulu atas tim tamu melalui Jan Vertonghen pada menit ke-13. Namun, Norwich City menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat Josip Drmic pada menit ke-78.

Skor imbang 1-1 bertahan hingga 45 menit kedua usai. Alhasil, pertandingan antara Tottenham Hotspur vs Norwich City harus dilanjutkan ke babak tambahan waktu.

Kemudian pada babak tambahan waktu kedua tim gagal menciptakan gol. Kedudukan imbang tersebut memaksa laga diselesaikan ke babak adu penalti.

Pada babak adu penalti, tiga algojo Tottenham Hotspur, Eric Lamela, Troy Parrot, dan Fernandes gagal menuntaskan tugasnya dengan baik. Sementara, dari empat penendang Norwich City hanya Kenny McLean yang tidak bisa menceploskan bola ke gawang Spurs.

Norwich sukses mengakhiri laga dengan kemenangan 3-2 atas tim tuan rumah. Kekalahan tersebut merupakan yang keempat kali secara beruntun dialami Spurs.

Kondisi tersebut tentunya merupakan hasil minor buat sang pelatih, Jose Mourinho, yang digadang-gadang bisa mendongkrak performa Spurs.

Setelah laga Tottenham Hotspur vs Norwich City pun banyak yang mengolok-olok Mourinho melalui media sosial, Twitter. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Benci Jose Mourinho

Saya benar-benar benci jose mourinho. Saya minta maaf telah mencoba menyukainya, tetapi itu tidak mungkin

2. Bisa Apa Tanpa Pemain Bintang

3. Jose Mourinho pada 2020

4. Jose Mourinho Vs Tottenham Hotspur

5. Jose Mourinho Sejak Menggantikan Pochettino

6. Entah Apa yang Merasukimu

7. Mengganti Pochettino dengan Mourinho Bukan Ide Bagus

8. Bisakah Membawa Pulang Pochettino?

#MourinhoOut Bisakah kita mendapatkan Poch kembali? Apa yang saya lihat di sinic menjijikkan

9. Tidak Ada Pola Permainan

10. Keluarkan Badut dari Klub Kami

11. Mourinho Menunggu Troy Parrot Setelah Pertandingan

12. Tunggu Dulu

Mourinho: saya datang ke sini untuk memenangi banyak trofi dan menciptakan sejarah bersama klub hebat ini

Reaksi Spurs:

13. Yang Dikatakan Jose Mourinho kepada Skuat Spurs di Ruang Ganti Pemain Setelah Laga

14. Guardiola > Mourinho

15. Karam Semua

 

Disadur dari Bola.com (Penulis Faozan Tri Nugroho / Editor Yus Mei Sawitri, Published 5/3/2020)

Saksikan video Jose Mourinho berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemkot Surabaya Tolak Kapal Pesiar Viking Sun Bersandar, Ini Alasannya

Posted: 04 Mar 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) mengeluarkan surat terkait penundaan kunjungan kapal pesiar Viking Sun. Kapal pesiar asal Norwegia itu berencana datang pada 6 Maret 2020 di Surabaya, Jawa Timur.

Surat tersebut bernomor 556/2675/436.7.19/2020 yang ditujukan kepada Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak, Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak, dan Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III.

Kabag Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara membenarkan mengenai surat tersebut. "Benar (surat penundaan-red). Pemkot menolak karena ada suspect (corona-red) dua orang," ujar dia saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (5/3/2020).

Dalam surat tersebut memaparkan mengenai pertimbangan penundaan kedatangan kapal pesiar Viking Sun tersebut. Pertama, berdasarkan informasi yang diperoleh, di dalam kapal tersebut terdapat dua orang yang menderita sakit demam, batuk, pilek dan mempunyai riwayat perjalanan mengunjungi negara New Caledonia dan Australia yang merupakan negara terjangkit covid-19 atau virus corona.

Kedua, sesuai dengan pedoman kesiapsiagaan menghadapi coronavirus disease (covid-19) yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada Februari 2020, seseorang yang mengalami demam lebih dari sama dengan 38 derajat celsius atau ada riwayat demam atau ISPA tanpa pneumonia dan memiliki riwayat perjalanan ke negara yang terjangkit pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala disebut orang dalam pemantauan.

Pertimbangan Lainnya

Ilustrasi Kapal Pesiar (iStockphoto)
Ilustrasi Kapal Pesiar (iStockphoto)

Ketiga,berdasarkan hasil konsultasi dengan narasumber pakar kesehatan, serta memperhatikan pada poin pertama dan kedua, kedua penderita tersebut harus dilakukan pemeriksaan laboratorium, yang membutuhkan waktu dua hari hingga keluarnya hasil pemeriksaan.

Namun demikian, pemeriksaan laboratorium tersebut tidak mungkin dilakukan karena kapal pesiar Viking Sun hanya akan bersandar di Surabaya kurang dari 10 jam.

"Memperhatikan hal-hal tersebut di atas dan untuk meminimalisir potensi kontaminasi dari segala sumber terinfeksi serta demi melindungi warga Kota Surabaya, maka kapal pesiar Viking Sun beserta seluruh penumpang dan kru tidak diizinkan bersandar dan turun di Kota Surabaya," dikutip dari isi surat tersebut.

"Hal ini juga diberlakukan bagi kapal pesiar yang akan bersandar di pelabuhan Kota Surabaya yang berasal dan pernah singgah di negara terjangkit covid-19," tulis surat tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DANA Bagi-Bagi Hadiah Samsung Note 10 dan Galaxy Buds

Posted: 04 Mar 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ingin punya gadget baru yang keren dan canggih? Bisa hasilkan gambar dengan kualitas fotografer pro? Atau mungkin ingin dengerin musik kesayangan dari headset yang lebih 'ngebass'? Ini saatnya kamu mencoba keberuntungan dengan mengikuti giveaway dari DANA dompet digital.

DANA mengadakan kuis 'Tangkap QRIS' di Instagram. Hadiahnya tak tanggung-tanggung lho, ada Samsung Galaxy Note 10 dan Samsung Galaxy Buds buat kamu yang terpilih. Wow, keren banget kan?

Simak cara ikutan dan info lengkapnya di bawah ini ya. Buruan hanya sampai 6 Maret 2020.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korean Air Batalkan Penerbangan ke Bandara Soetta Sampai 25 April 2020

Posted: 04 Mar 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Maskapai Korean Air melakukan pembatalan penerbangan rute Seoul-Jakarta-Seoul. Pembatalan ini karena adanya wabah Virus Corona atau Covid-19.

Dikonfirmasi, Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta, Febri Toga Simatupang, membenarkan adanya pembatalan penerbangan Korean Air. Pembatalan tersebut untuk penerbangan mulai dari 6 Maret hingga 25 April 2020.

"Betul, kami sudah dapatkan surat pemberitahuannya terkait pembatalan atau pembatasan penerbangan dari Seoul menuju Bandara Soetta, Tangerang ataupun sebaliknya. Hal itu memang dikarenakan wabah Virus Corona," ujarnya, Kamis (5/3/2020).

Hingga kini, pihaknya masih terus menunggu informasi lanjutan terkait dengan sejumlah maskapai yang akan melakukan pembatasan penerbangan menuju Bandara Soetta terkait dengan pencegahan virus tersebut.

"Sampai saat ini baru satu maskapai, kita masih tunggu maskapai lainnya, apakah akan melalukan pembatasan atau tidak," ujarnya.

Febri juga mengimbau, agar informasi tersebut segera disebarluaskan dan dikabarkan kepada para penumpang. Tidak hanya itu, dia juga meminta agar maskapai dapat segera melakukan kewajibannya pada penumpang yang sudah terlanjur membeli tiket.

"Kita minta, info ini segera diberitahukan ke penumpang atau masyarakat. Selain itu, maskapai juga diminta segera melakukan refund kepada penumpang," ungkapnya.

Diketahui, Korea Selatan merupakan salah satu negara yang memiliki kasus Virus Corona terbanyak setelah China. 

Terminal Kedatangan Bandara Soetta Disemprot Disinfektan

Pengelola Bandara Internasional Soekarno Hatta, PT Angkasa Pura II (AP II), menyemprotkan cairan disinfektan di  Terminal 2 dan Terminal 3 Kedatangan Internasional, Kamis (5/3/2020) dini hari.
Pengelola Bandara Internasional Soekarno Hatta, PT Angkasa Pura II (AP II), menyemprotkan cairan disinfektan di Terminal 2 dan Terminal 3 Kedatangan Internasional, Kamis (5/3/2020) dini hari.

Pengelola Bandara Internasional Soekarno Hatta, PT Angkasa Pura II (AP II), menyemprotkan cairan disinfektan di Terminal 2 dan Terminal 3 Kedatangan Internasional, Kamis (5/3/2020) dini hari.

Sebanyak 7 orang petugas diterjunkan untuk melakukan penyemprotan disinfektan pada tempat-tempat dan fasilitas yang sering disentuh oleh penumpang (pax) di Terminal 3 Kedatangan Internasional. Penyemprotan disinfektan ini dilakukan mulai Rabu malam hingga Kamis dini hari. 

Chief Officer In Charge Bandara Soetta Edi Rohadi mengatakan, penyemprotan disinfektan ini merupakan salah satu upaya perseroan dalam mencegah penyebaran Virus.

"Jadi pada pagi hari ini dari malam tadi, kita melakukan penyemprotan disinfektan yang tujuan utamanya adalah melakukan pencegahan penyebaran virus," kata Edi di Terminal 3 Bandara Soetta, Tangerang, Kamis (5/3/2020) dini hari.

Adapun sasaran utama yang menjadi target penyemprotan disinfektan tersebut antara lain handle eskalator, trolley, kursi, toilet dan fasilitas lain yang sering disentuh oleh para penumpang.

"Itu paling sering yang dipegang oleh penumpang. Handle eskalator, trolley. Di toilet itu paling sering yang dipegang oleh penumpang adalah pada bagian keran dan bagian lainnya," ujar Edi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kambing, Ayam dan Kucing Mati Mendadak di Cibarusah

Posted: 04 Mar 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebuah video menunjukkan sejumlah hewan seperti kambing, ayam dan kucing mati mendadak. Kejadian ini sontak membuat heboh warga hingga tersebar di media sosial.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Fakta Film Onward, dari Pendapatan Rp 616 Miliar Hingga Chris Pratt Nangis Teringat Ayah

Posted: 04 Mar 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Yang lagi viral di jagat maya, film animasi Onward rilisan Walt Disney dan Pixar. Dirilis di bioskop Indonesia mulai Rabu (4/3/2020) kemarin, Onward dengan mudah memenangkan hati penonton.

Mereka menyebut Onward film yang menghangatkan dan mengharukan hati. Onward mengisahkan adik beradik Ian dan Barley yang mendapat kado dari almarhum ayah mereka, Wilden, tongkat kayu serta batu bertuah. Dengan keduanya, Ian dan Barley hendak menghidupkan kembali Wilden.

Ian ingin sekali bertemu Wilden mengingat sang ayah mangkat saat ia masih sangat kecil. Siapkan tisu buat menonton Onward. Showbiz Liputan6.com menghadirkan 6 fakta menarik Onward dari berbagai sumber. Simaklah.

1. Proyeksi Pendapatan Rp 616 Miliar

Poster film Onward. (Foto: Dok. IMDb/ Disney Pixar)
Poster film Onward. (Foto: Dok. IMDb/ Disney Pixar)

Kolaborasi Disney-Pixar ini sinonim kata untung. Onward dirilis di Amerika Utara (AS dan Kanada) pada 6 Maret 2020. Kritikus memprediksi Onward bisa meraup pendapatan kotor 44 juta dolar AS atau sekitar 616 miliar rupiah.

Onward kolaborasi kedua Tom Holland dan Octavia Spencer setelah Dolittle yang dilempar ke pasar awal tahun ini. Film ini menuai pendapatan kotor 217 juta dolar AS (3,03 triliun rupiah) dari seluruh dunia. Wow!

2. Lagu Tema Kelas Grammy

Poster film Onward. (Foto: Dok. IMDb/ Disney Pixar)
Poster film Onward. (Foto: Dok. IMDb/ Disney Pixar)

Banyak yang bilang lagu tema Onward tidak sefenomena nomor Disney lainnya seperti "A Whole New World" atau "Let It Go." Patut dicatat, Disney dan Pixar sebenarnya menangangi lagu tema Onward secara serius. February 2020, Brandi Carlile merekam lagu "Carried Me With You" yang menggema di akhir film Onward.

Ia menulis lagu ini bersama Phil dan Tim Hanseroth. Brandi bukan penyanyi ecek-ecek. Dua tahun terakhir, ia diganjar empat Piala Grammy untuk Album Americana, Lagu Americana Roots, Performa American Roots, dan Lagu Country Terbaik.

3. Meninggalnya Ayah Sang Sutradara

Poster film Onward. (Foto: Dok. IMDb/ Disney Pixar)
Poster film Onward. (Foto: Dok. IMDb/ Disney Pixar)

Kali pertama Pixar mengumumkan Onward sebagai film fantasi suburban pada Juli 2017. Kala itu, Dan Scanlon telah ditetapkan sebagai sutradara dan Kori Rae duduk di kursi produser.

Onward rupanya terinspirasi dari kisah meninggalnya ayah Dan. Karakter Ian dan Barley merefleksikan hubungan Dan dengan adik kandungnya. Dan menulis kisah tentang ayah dengan mendengarkan sejumlah rekaman suara almarhum.

4. Tom Holland dan Chris Pratt Gabung

Adegan film Onward. (Foto: Dok. IMDb/ Disney Pixar)
Adegan film Onward. (Foto: Dok. IMDb/ Disney Pixar)

Desember 2018, Disney dan Pixar mengumumkan bergabungnya sejumlah bintang untuk mengisi suara para tokoh Onward. Tom Holland, Chris Pratt, Julia Louis-Dreyfus, dan Octavia Spencer langsung disebut.

Tom dan Chris merekam suara bersama untuk sejumlah adegan. Ini untuk membangkitkan chemistry tokoh Ian-Barley. Dan Scanlon ketika diwawancara People tahun lalu menjelaskan, "Mereka bekerja bersama. Sebelumnya sempat menongkrong bareng untuk menguatkan chemistry."

5. Chris Pratt Kenang Almarhum Ayah

Adegan film Onward. (Foto: Dok. IMDb/ Disney Pixar)
Adegan film Onward. (Foto: Dok. IMDb/ Disney Pixar)

Onward proyek emosional bagi si ganteng Chris Pratt. Pasalnya, sang ayah meninggal pada 2014 hanya beberapa hari sebelum film Guardians of the Galaxy dirilis.

Kepada USA Today, Chris menjelaskan, "Saya tidak merasa ini kegagalan besar karena belum sempat memperlihatkan karya-karya saya kepada ayah sejak saat itu. Saya yakin ayah kini menjadi versi terbaiknya di sana dan mengawasi saya sepanjang waktu."

6. Andai Chris Pratt Bertemu Almarhum Ayah

Adegan film Onward. (Foto: Dok. IMDb/ Disney Pixar)
Adegan film Onward. (Foto: Dok. IMDb/ Disney Pixar)

Masih dalam rekaman wawancara dengan USA Today yang dipublikasikan 3 Maret 2020, Chris Pratt diajak berandai-andai. Yakni, andai ia dapat kesempatan bertemu almarhum ayah meski hanya 24 jam.

"Tapi jika saya bisa mengembalikan ayah, waktu 24 jam tidak akan cukup. Saya akan mengajaknya movie marathon menonton film-film saya lima tahun terakhir atau memancing bareng, berburu kepiting, atau lainnya," ujar sang bintang Jurassic World dan Avengers: Endgame.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Alasan Nyeleneh Pelanggan Pesan Ojek Online Ini Bikin Tepuk Jidat

Posted: 04 Mar 2020 09:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Perjalanan para driver ojek online atau ojol memang selalu punya banyak cerita diantaranya lewat chat, mulai dari haru hingga lucu. Keberadaan ojol tentu kini sangat membantu masyarakat untuk bisa berpergian dengan waktu singkat hingga menunjang aktivitas dan kegiatan penumpangnya.

Enggak bisa dipungkiri, bekerja sebagai pengemudi ojek online tentu akan mendapatkan beragam penumpang. Enggak jarang, para pengemudi ojek online menjumpai pelanggan yang nyeleneh. Seperti yang satu ini, para pelanggan ini memesan driver ojek online dengan alasan yang enggak biasa.

Enggak cuma sekedar meminta dijemput atau mengantar makanan, para penumpang ini pesan ojek online yang bikin kamu ngelus dada sendiri. Sayangnya, karena bagi para ojek online pelanggan adalah raja. Tak sedikit, para ojek online ini menjalankan permintaan pelanggannya. 

Penasaran apa saja? Kira-kira kamu pernah mengalami kejadian yang serupa enggak ya? Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas alasan nyeleneh pelanggan pesan ojek online yang bikin kamu tepuk jidat, Kamis (5/3/2020).

1. Bukan minta diantar, ibu ini pesan ojek online buat pinjam sepatu loh! Enggak takut kebesaran tuh?

Alasan Nyeleneh Pelanggan Pesan Ojek Online    (Sumber: Instagram/dramaojol.id)
Alasan Nyeleneh Pelanggan Pesan Ojek Online (Sumber: Instagram/dramaojol.id)

2. Waduh, apa enggak takut kalau dikira selingkuhannya?

Alasan Nyeleneh Pelanggan Pesan Ojek Online    (Sumber: Instagram/dramaojol.id)
Alasan Nyeleneh Pelanggan Pesan Ojek Online (Sumber: Instagram/dramaojol.id)

3. Menyamar jadi bapak pelanggan pun ojek online juga bisa kok!

Alasan Nyeleneh Pelanggan Pesan Ojek Online    (Sumber: Instagram/dramaojol.id)
Alasan Nyeleneh Pelanggan Pesan Ojek Online (Sumber: Instagram/dramaojol.id)

4. Kehabisan air waktu buang air kecil? Pesan ke ojek online aja!

Alasan Nyeleneh Pelanggan Pesan Ojek Online    (Sumber: Instagram/dramaojol.id)
Alasan Nyeleneh Pelanggan Pesan Ojek Online (Sumber: Instagram/dramaojol.id)

5. Daripada di jalan sendirian, mending bareng ojek online~

Alasan Nyeleneh Pelanggan Pesan Ojek Online    (Sumber: Instagram/dramaojol.id)
Alasan Nyeleneh Pelanggan Pesan Ojek Online (Sumber: Instagram/dramaojol.id)

6. Bukan pesan makanan atau minta di antar, ojek online ini diminta untuk memasang gas.

Alasan Nyeleneh Pelanggan Pesan Ojek Online    (Sumber: Instagram/dramaojol.id)
Alasan Nyeleneh Pelanggan Pesan Ojek Online (Sumber: Instagram/dramaojol.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BNI Komitmen Benahi Kredit Beresiko

Posted: 04 Mar 2020 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) menyatakan bakal menyelesaikan persoalan Loan to Asset Ratio (LAR) atau kredit berisiko perusahaan.

Hingga saat ini kredit berisiko BNI masih tinggi untuk nasabah golongan 3,4, dan 5. Dimana pada tahun 2018 kondisi rasio LAR masih sebesar 8,3 persen dan melonjak sebesar 9,4 persen pada akhir 2019.

Wakil Direktur Utama BNI Anggoro Eko Cahyo mengatakan pihaknya sudah mendapat dukungan dari Dewan Komisaris dan Serikat Pekerja (SP) BNI.

"Ini angka yang besar dan harus kita bereskan bersama-sama. Komitmen manajemen dan SP yang kuat harus dilanjutkan," ujar Anggoro di Jakarta, Kamis (5/3/2020).

Tidak hanya soal LAR, tantangan lain yang akan diselesaikan manajemen BNI yang baru yaitu mengenai porsi simpanan dana murah (CASA) perseroan yang baru sebesar Rp180 triliun di akhir 2019. Menurutnya angka tersebut masih setengah yang dimiliki pesaing sesama bank BUKU IV.

"Saya yakin kita semua bisa dengan saling bekerja sama. Kalau ingin bertahan kita harus bekerja sama dan memperkuat teamwork yang ada. Kita butuh kepemimpinan berikutnya yang kuat, tidak cengeng, dan memiliki kemampuan enterpreneur yang baik. Ini bisa dikembangkan di SP," ujarnya.

 

Dukungan Komisaris

Mantan Menteri Keuangan Agus Martowardojo berada di ruang tunggu seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jumat (17/5/2019). Agus Martowardojo memenuhi panggilan KPK sebagai saksi kasus dugaan korupsi proyek e-KTP untuk tersangka anggota DPR Fraksi Golkar Markus Nari. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Mantan Menteri Keuangan Agus Martowardojo berada di ruang tunggu seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jumat (17/5/2019). Agus Martowardojo memenuhi panggilan KPK sebagai saksi kasus dugaan korupsi proyek e-KTP untuk tersangka anggota DPR Fraksi Golkar Markus Nari. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Komisaris Utama BNI Agus Martowardojo menambahkan tantangan pembenahan kredit masih menjadi tugas bersama. Meski begitu, dirinya menyambut baik rencana bisnis bank dengan memiliki visi bank yang unggul dalam layanan dan menjadi the most profitable bank di tahun 2023.

"Tantangan pembenahan kredit ini harus diwaspadai. Rasio dana murah CASA meskipun sudah 66 persen tapi biayanya agak tinggi. Ini juga butuh perhatian kita semua," ujar Agus.

Selain itu, dia mengaku, pengembangan SDM dilingkungan BNI juga harus dilaksanakan dalam upaya meningkatkan kinerja dan layanan kepada nasabah.

Aguspun menilai, kinerja BNI sudah maksimal dengan aset di atas Rp600 triliun dan memiliki pertumbuhan kredit yang terbesar. Inisiatif BNI dalam digitalisasi juga sangat dihormati di industri perbankan. Namun juga terdapat tantangan kredit berisiko yang naik jadi 9 persen dan kredit bermasalah NPL yang naik 1,8 persen jadi 2,3 persen.

"Kita harus bekerja sama dan berkomitmen mendukung rencana kerja yang sudah disetujui. Dalam strategi utama kita adalah dengan pengembangan SDM. Kita harus berikan perhatian kepada SP karena sudah kuat dalam mengembangkan SDM selama ini," kata Agus.

 

Dukungan Serikat Pekerja

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) kini mencapai usianya yang ke-73 tahun. Sebuah ikon baru diresmikan sabagai salah satu kado istimewa pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) BNI tersebut, yaitu Gedung Menara BNI di kawasan Pejompongan, Jakarta, pada Jumat (5 Juli 2019).
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) kini mencapai usianya yang ke-73 tahun. Sebuah ikon baru diresmikan sabagai salah satu kado istimewa pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) BNI tersebut, yaitu Gedung Menara BNI di kawasan Pejompongan, Jakarta, pada Jumat (5 Juli 2019).

Sementara itu, Ketua Umum SP BNI Irfan Ferdiansyah ‎mengatakan, hadirnya jajaran direksi dan komisaris dalam acara tersebut membuat pihaknya semakin optimistis BNI dapat mencapai target kinerja tahun ini. Begitu juga dengan Komisaris yang baru dipilih, mampu meyakinkan akan memiliki komitmen yang sama kuat dengan direksi.

"Manajemen sebelumnya telah membangun fondasi yang bagus dan berikutnya kami yakin akan lebih baik lagi. Sinergi antara direksi, komisaris, dan pegawai akan menjadi kunci menghadapi tantangan global dan domestik. Tapi kami optimistis target RBB di 2020 akan tercapai," pungkas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan dan Kecantikan

Posted: 04 Mar 2020 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Manfaat daun pegagan untuk kesehatan bisa mengobati berbagai macam penyakit. Selain itu, daun pegagan ini juga berkhasiat baik untuk kecantikan. Daun pegagan atau Centella asiatica adalah tanaman liar yang banyak tumbuh di negara-negara Asia seperti Tiongkok, Indonesia, Jepang, dan India. 

Daun pegagan dapat mengobati berbagai penyakit mulai dari yang ringan hingga penyakit berat. Beberapa manfaatnya telah terbukti secara ilmiah membantu mengobati penyakit tertentu. Kamu bisa menggunakan daun herbal ini sebagai alternatif pengobatan.

Manfaat daun pegagan untuk kesehatan dan kecantikan menarik banyak ahli menelitinya lebih lanjut. Namun, penting untuk diingat bahwa meski alami, obat herbal tidaklah selalu aman. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (5/3/2020) tentang manfaat daun pegagan

Melancarkan Aliran Darah dan Meredakan Kecemasan dan Stres

Melancarkan Aliran Darah (Via: infraredheatheals.com)
Melancarkan Aliran Darah (Via: infraredheatheals.com)

Melancarkan Aliran Darah

Manfaat daun pegagan dalam melancarkan aliran darah ini diduga berasal dari kandungan triterpenes pada daun yang memiliki sifat anti-peradangan. Kandungan kimia ini juga diketahui menstimulasi pembentukan kolagen serta glikosaminoglikan yang merangsang penyembuhan luka.

Daun pegagan dapat membantu mengurangi pembengkakan dan melancarkan aliran darah pada orang-orang yang memiliki varises dan insufisiensi vena, yaitu suatu kondisi yang menyebabkan darah menggenang di kaki. Penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal Angiology juga menunjukkan pegagan bermanfaat dalam membantu pengobatan hipertensi vena.

Sebuah jurnal tinjauan sistematis menemukan bahwa Centella asiatica membantu mengurangi gejala-gejala insufisiensi vena. Gejala seperti nyeri, bengkak, dan keluhan kaki yang terasa berat diketahui dapat berkurang akibat penggunaan tanaman herbal ini.

Meredakan Kecemasan dan Stres

Penelitian yang dilakukan pada 33 orang dengan gangguan kecemasan umum menemukan bahwa ekstrak daun pegagan yang dikonsumsi selama 60 hari dapat menurunkan stres, kecemasan, bahkan depresi.

Hal ini lagi-lagi terkiat dengan kandungan senyawa triterpenoid dalam pegagan yang memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Salah satu manfaat daun pegagan tersebut adalah meredakan kecemasan dan stres.

Manfaat Daun Pegagan: Mempercepat Penyembuhan Luka dan Mengatasi Stretch Marks

Pegagan Mempercepat Penyembuhan Luka. (Foto: http://www.motherearthliving.com/)
Pegagan Mempercepat Penyembuhan Luka. (Foto: http://www.motherearthliving.com/)

Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat daun pegagan yang satu ini sebenarnya sudah dikenal sejak berabad-abad lalu. Secara tradisional pegagan telah lama digunakan untuk mengobati luka ringan. Kandungan bahan kimia yang dikenal sebagai triterpenoid berperan untuk mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan kadar antioksidan, dan suplai darah ke area luka.

Penelitian terbaru yang dilakukan pada April 2018 mengamati manfaat pegagan untuk mengurangi jaringan parut setelah operasi. Hasilnya, pasien yang minum ekstrak daun pegagan secara rutin setelah operasi mengalami proses penyembuhan yang lebih cepat. Bahkan, kemunculan jaringan parut di area bekas sayatan operasi juga cenderung lebih sedikit.

Berdasarkan laporan yang diterbitkan dalam jurnal Medicine, seorang pasien yang mengalami luka bakar dan langsung mengoleskan salep ekstrak daun Centella asiatica atau pegagan pada daerah yang terluka mengalami proses penyembuhan yang lebih cepat. Salep herbal ini juga membantu menurunkan risiko terjadinya infeksi pada kulit.

Mencegah dan Mengatasi Stretch Marks

Sebuah studi pada tahun 2013 menyebutkan bahwa manfaat daun pegagan dapat menyamarkan kemunculan stretch marks di kulit. Hal ini disebabkan oleh senyawa terpenoid yang terkandung dalam Centella asiatica membantu meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh.

Selain membantu menyamarkan stretch marks yang sudah ada, senyawa tersebut juga membantu mencegah kemunculan stretch marks yang baru.

Manfaat Daun Pegagan: Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak dan Membantu Mengobati Penyakit Alzheimer

Membantu Mengobati Penyakit Alzheimer (Yurchanka-Siarhei/Shutterstock)
Membantu Mengobati Penyakit Alzheimer (Yurchanka-Siarhei/Shutterstock)

Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak

Sebuah penelitian pada tahun 2016 menyebutkan bahwa manfaat daun pegagan dan asam folat sama-sama dapat meningkatkan fungsi otak. Akan tetapi, para ahli menemukan bahwa pegagan lebih efektif dalam meningkatkan daya ingat seseorang setelah stroke dibanding asam folat.

Studi terpisah yang dilakukan pada tikus juga menemukan hal serupa. Meski dapat meningkatkan fungsi otak tikus usia muda dan tua, efek tersebut lebih optimal pada tikus yang lebih tua.

Membantu Mengobati Penyakit Alzheimer

Centella asiatica memiliki kemampuan untuk meningkatkan fungsi memori dan saraf. Peningkatan kedua fungsi itu memiliki potensi dalam membantu pengobatan penyakit Alzheimer.

Bahkan, satu studi pada tikus menemukan bahwa ekstrak daun pegagan memiliki efek positif untuk mengobati kelainan perilaku pada tikus yang yang terkena penyakit Alzheimer.

Berdasarkan penelitian tersebut, diketahui bahwa manfaat daun pegagan mampu melindungi sel-sel otak dari keracunan. Selain itu, tanaman ini juga dapat melindungi sel-sel di otak dari pembentukan plak yang memicu penyakit Alzheimer.

Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat pegagan dalam mengobati penyakit Alzheimer. Selalu konsultasikan ke dokter sebelum minum obat herbal.

Mencegah Penuaan Dini dan Jerawat

Ilustrasi penuaan dini. (boldsky.com)
Ilustrasi penuaan dini. (boldsky.com)

Mengatasi Penuaan Dini

Salah satu manfaat daun pegagan adalah mampu menghambat penuaan pada kulit terutama wajah dan leher. Gejala penuaan dini merupakan salah satu masalah kecantikan dan kesehatan yang paling dihindari oleh hampir sebagian besar wanita.  Tidak bisa dipungkiri, semakin bertambahnya usia maka produksi kolagen alami di dalam tubuh juga akan semakin berkurang. Padahal, kolagen merupakan protein yang memiliki peranan penting dalam elastisitas kulit terutama wajah dan leher.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Ayurveda and Integrative Medicine menyatakan bahwa daun pegagan secara efektif mampu membantu dalam produksi kolagen alami di dalam tubuh.

Mengatasi Jerawat

Ketika kamu memiliki jerawat yang tengah aktif, menggunakan krim anti jerawat yang mengandung Centella Asiatica dapat mempercepat proses pemulihan sekaligus membersihkan wajah dari jerawat tanpa meninggalkan bekas.

Selain itu, karena bekerja efektif dalam meningkatkan produksi kolagen, daun pegagan mampu mencegah pembentukan luka bekas jerawat atau hiperpigmentasi. Peningkatan produksi kolagen dalam tubuh juga mampu menghilangkan bekas jerawat karena mengandung beberapa vitamin seperti vitamin C, A, B1 dan B2, niacin, carotene, dan antioksidan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: 5.621 Orang Positif Corona di Korea Selatan, 33 Meninggal

Posted: 04 Mar 2020 09:40 PM PST

Pekerja medis Rumah Sakit Universitas Nasional Kyungpook memindahkan seorang pasien di Daegu, Korea Selatan, Rabu (4/3/2020). Jumlah total pasien yang terinfeksi virus corona (COVID-19) di Korea Selatan bertambah menjadi 5.621 kasus. (Xinhua/Lee Sang-ho)
Pekerja medis Rumah Sakit Universitas Nasional Kyungpook memindahkan seorang pasien di Daegu, Korea Selatan, Rabu (4/3/2020). Jumlah total pasien yang terinfeksi virus corona (COVID-19) di Korea Selatan bertambah menjadi 5.621 kasus. (Xinhua/Lee Sang-ho)

Pekerja medis Rumah Sakit Universitas Nasional Kyungpook memindahkan seorang pasien di Daegu, Korea Selatan, Rabu (4/3/2020). Jumlah total pasien yang terinfeksi virus corona (COVID-19) di Korea Selatan bertambah menjadi 5.621 kasus. (Xinhua/Lee Sang-ho)

Seorang pasien berbaring di bangsal darurat Rumah Sakit Universitas Nasional Kyungpook di Daegu, Korea Selatan, Rabu (4/3/2020). Hingga pukul 16.00 waktu setempat, jumlah pasien yang terinfeksi virus corona (COVID-19) di Korea Selatan mencapai 5.621 orang. (Xinhua/Lee Sang-ho)
Seorang pasien berbaring di bangsal darurat Rumah Sakit Universitas Nasional Kyungpook di Daegu, Korea Selatan, Rabu (4/3/2020). Hingga pukul 16.00 waktu setempat, jumlah pasien yang terinfeksi virus corona (COVID-19) di Korea Selatan mencapai 5.621 orang. (Xinhua/Lee Sang-ho)

Seorang pasien berbaring di bangsal darurat Rumah Sakit Universitas Nasional Kyungpook di Daegu, Korea Selatan, Rabu (4/3/2020). Hingga pukul 16.00 waktu setempat, jumlah pasien yang terinfeksi virus corona (COVID-19) di Korea Selatan mencapai 5.621 orang. (Xinhua/Lee Sang-ho)

Pekerja medis berbicara dengan pasien yang dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Universitas Nasional Kyungpook di Daegu, Korea Selatan, Rabu (4/3/2020). Jumlah pasien virus corona (COVID-19) di Korea Selatan naik 293 kasus dari pengumuman sebelumnya pada tengah malam. (Xinhua/Lee Sang-ho)
Pekerja medis berbicara dengan pasien yang dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Universitas Nasional Kyungpook di Daegu, Korea Selatan, Rabu (4/3/2020). Jumlah pasien virus corona (COVID-19) di Korea Selatan naik 293 kasus dari pengumuman sebelumnya pada tengah malam. (Xinhua/Lee Sang-ho)

Pekerja medis berbicara dengan pasien yang dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Universitas Nasional Kyungpook di Daegu, Korea Selatan, Rabu (4/3/2020). Jumlah pasien virus corona (COVID-19) di Korea Selatan naik 293 kasus dari pengumuman sebelumnya pada tengah malam. (Xinhua/Lee Sang-ho)

Seorang pekerja medis Rumah Sakit Universitas Yeungnam melakukan pemeriksaan kesehatan di klinik drive-through atau tanpa turun dari kendaraan di Daegu, Korea Selatan, Rabu (4/3/2020). Dua kematian akibat virus corona (COVID-19) kembali dilaporkan di Korea Selatan. (Xinhua/Lee Sang-ho)
Seorang pekerja medis Rumah Sakit Universitas Yeungnam melakukan pemeriksaan kesehatan di klinik drive-through atau tanpa turun dari kendaraan di Daegu, Korea Selatan, Rabu (4/3/2020). Dua kematian akibat virus corona (COVID-19) kembali dilaporkan di Korea Selatan. (Xinhua/Lee Sang-ho)

Seorang pekerja medis Rumah Sakit Universitas Yeungnam melakukan pemeriksaan kesehatan di klinik drive-through atau tanpa turun dari kendaraan di Daegu, Korea Selatan, Rabu (4/3/2020). Dua kematian akibat virus corona (COVID-19) kembali dilaporkan di Korea Selatan. (Xinhua/Lee Sang-ho)

Pekerja medis Rumah Sakit Universitas Yeungnam melakukan pemeriksaan kesehatan di klinik drive-through atau tanpa turun dari kendaraan di Daegu, Korea Selatan, Rabu (4/3/2020). Jumlah kematian akibat virus corona (COVID-19) di Korea Selatan menjadi 33 orang. (Xinhua/Lee Sang-ho)
Pekerja medis Rumah Sakit Universitas Yeungnam melakukan pemeriksaan kesehatan di klinik drive-through atau tanpa turun dari kendaraan di Daegu, Korea Selatan, Rabu (4/3/2020). Jumlah kematian akibat virus corona (COVID-19) di Korea Selatan menjadi 33 orang. (Xinhua/Lee Sang-ho)

Pekerja medis Rumah Sakit Universitas Yeungnam melakukan pemeriksaan kesehatan di klinik drive-through atau tanpa turun dari kendaraan di Daegu, Korea Selatan, Rabu (4/3/2020). Jumlah kematian akibat virus corona (COVID-19) di Korea Selatan menjadi 33 orang. (Xinhua/Lee Sang-ho)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Atasi Gangguan Susah Buang Air Besar pada Anak dengan Cukup Serat

Posted: 04 Mar 2020 09:37 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pencernaan anak menjadi permasalahan umum yang sering dihadapi oleh para orangtua di Indonesia. Anak sulit disuruh makan dan susah buang air besar menjadi dua di antara lainnya yang paling dikeluhkan. 

Menurut penelitian yang dilakukan oleh seorang Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastrohepatologi, dr. Badriul Hegar, satu dari tiga anak mengalami indikasi awal konstipasi yang menunjukkan adanya gangguan kesehatan pada saluran pencernaannya.

Konstipasi atau yang lebih dikenal dengan sebutan sembelit ialah gangguan pada sistem pencernaan di mana seseorang mengalami pengerasan tinja yang berlebihan sehingga sulit untuk dibuang dan bisa menyebabkan kesakitan.

Indikasi awal konstipasi bisa terlihat melalui pola defekasi atau buang air besar anak. Meski buang air besar setiap hari tetapi memiliki konsistensi yang keras atau meski konsistensi lunak tetapi frekuensi buang air besar tiga hari sekali atau kurang bisa menjadi pertanda adanya gangguan pada pencernaan.

Untuk mengatasi hal tersebut, dr. Hegar menyarankan para orangtua untuk memenuhi kebutuhan serat sesuai dengan ketentuan Angka Kecukupan Gizi (AKG), yaitu 16 gram serat per harinya.  Dalam praktiknya, bukan hal mudah untuk bisa memenuhi kebutuhan serat sesuai dengan ketentuan yang seharusnya.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh dr. Hegar di salah satu wilayah Jakarta, 9 dari 10 anak usia dua hingga tiga tahun hanya mengonsumsi rata-rata 4.7 gram serat per hari.  Peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) tersebut menyebutkan, asupan serat yang cukup padahal telah teruji secara klinis dapat membantu mengurangi gejala gangguan buang air besar. 

"Ini terjadi karena serat dapat membantu menyerap air di usus besar, memperbesar volume, dan melunakkan konsistensi feses serta mempercepat pembuangan sisa makanan dari usus besar,"ujar dr. Hegar di acara Bicara Gizi: Peranan Serat untuk Dukung Kesehatan Pencernaan Anak di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 4 Maret 2020. 

 

Tidak Semua Anak Sama

Bicara Gizi: Peranan Serat untuk Dukung Kesehatan Pencernaan Anak" di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 4 Februari 2020. (Liputan6.com/Tri Ayu Lutfiani)

Jika anak mengalami susah buang air besar, secara spontan orangtuanya tentu akan memberikan buah pepaya. Sebab, banyak yang percaya bahwa pepaya bisa membantu memperlancar proses defekasi, seperti pasangan Tarra Budiman dan Gya Sadiqah. 

Mereka bercerita, dulunya anaknya susah buang air besar dan diberikan asupan pepaya dan juga sayuran. Tetapi yang terjadi malah sebaliknya, anaknya justru semakin sulit buang air besar. 

"Setiap anak memiliki reaksi yang berbeda dalam menerima makanan. Orangtua mesti tahu kebutuhan serat untuk anaknya,"ujar dr. Hegar. 

Sebagai contoh, secara teori pepaya memiliki cukup serat tetapi ia memiliki selulosa dalam kandungannya. "Selulosa ini bisa membuat feses menjadi keras. Yang terpenting ketika anak sudah menunjukkan reaksi, lebih baik diberhentikan agar tidak terjadi konstipasi,"lanjut dr. Hegar. 

Selain dari sayur dan buah-buahan, anak pun bisa memperoleh serat dari susu. Meskipun demikian, bukan berarti susu bisa dijadikan pengganti secara sepenuhnya. Konsumsi susu untuk anak 2-3 tahun cukup dua kali saja per harinya.

Untuk mengetahui kebutuhan serat anak terpenuhi atau belum, Danone melalui situs Bebelac meluncurkan sebuah aplikasi bernama Fibre-o-Meter. Orangtua tinggal memasukkan menu makanan sehari-hari dari pagi hingga malam dan menghitung total serat. Dari sana akan terlihat apakah si kecil sudah memenuhi kebutuhan seratnya atau belum. (Tri Ayu Lutfiani)

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahfud Md: Timbun Masker untuk Cari Keuntungan Adalah Kejahatan Ekonomi

Posted: 04 Mar 2020 09:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Isu virus corona yang tersebar di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia, dimanfaatkan oleh orang-orang tak bertanggung jawab. Misalkan saja penimbun masker, yang membuat harga melambung tinggi.

Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan, hal ini dipicu lantaran masyarakat panik sehingga memborong masker.

"Saya imbau, pertama corona itu jangan membuat kita panik," kata Mahfud di kantor MUI, Jakarta, Kamis (5/3/2020).

Dia menjelaskan, bahwa seseorang yang menimbun barang, dan mengambil keuntungan akan hal tersebut, bisa dianggap kejahatan ekonomi.

"Pemerintah sudah menyatakan bisa dianggap kejahatan ekonomi subversi di bidang ekonomi, kalau orang menimbun barang, melakukan rush dan sebagainya untuk ambil keuntungan dari isu ini. Oleh sebab itu polisi boleh bertindak dan dicari unsur-unsur kesengajaannya dan tujuannya," jelas Mahfud.

"Kalau tujuannya tidak jelas, tiba-tiba memborong barang lalu dijual dengan sangat mahal, itu bisa dicarikan pasal-pasal pidananya," lanjut dia.

Siap Hadapi Corona

Dia pun kembali menegaskan, bahwa pemerintah sudah siap menghadapi virus corona tersebut.

"Pemerintah itu sudah siap menghadapi corona dan mempunyai semua peralatan dan dokter yang diperlukan untuk itu. Jadi jangan takut untuk corona ini. Kita hadapi secara wajar saja," pungkasnya.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Omnibus Law, Pengemudi Ojol Bisa Bikin Perusahaan Sendiri

Posted: 04 Mar 2020 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjanjikan Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law Cipta Kerja akan memberikan kemudahan usaha bagi semua kalangan, khususnya kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

"Dari RUU Cipta Kerja ini, pemerataan hak dan keadilan sosial akan menjadi pertimbangan utama kepastian hukum, ease of doing business atau kemudahan berusaha, kebersamaan, dan juga kemandirian. Artinya kebersamaan bahwa yang diberi fasilitas itu diutamakan kepada usaha kecil dan menengah," tuturnya dalam acara Business Law Forum 2020 di Four Seasons Hotel, Jakarta, Kamis (5/3/2020).

Airlangga kemudian mencontohkan insentif kemudahan usaha bagi pelaku UMKM membentuk perseroan terbatas (PT). Dia tak memungkiri bahws saat ini banyak masyarakat yang coba mencari pendapatan sampingan dengan menjadi pengusaha digital.

"Kita ketahui bahwa sekarang ini banyak pengusaha digital basisnya perorangan. Apakah itu sebagai pelapak atau sebagai driver untuk Gojek atau Grab, yang mereka juga sebagai delivery barang maupun orang dan yang lain," ujar dia.

Namun, tanpa lembaga hukum pengusaha online itu dikatakannya akan sulit mendapat akses perbankan yang terbatas. Oleh karenanya, ia menganggap Omnibus Law memungkinkan pihak individu termasuk supir ojek online (ojol) untuk mendirikan PT sendiri.

"Jadi kalau PT adalah PT minimal dua orang dan modal minimal Rp 50 juta. Itu untuk UMKM dibebaskan. Jadi supir Gojek bisa jadi entrepreneur dengan PT sendiri, dan itu tidak perlu ke notaris," ucap dia.

"Cukup registrasi ke Kemenkumham, dan itu bisa dibantu oleh notaris pasti, bisa juga oleh platform, bisa juga oleh perbankan. Semua yang akses internet bisa mendaftar," dia menambahkan.

Sebagai kesimpulan, Airlangga menyatakan, RUU Omnibus Law Cipta Kerja hendak membuat UMKM beranjak dari sektor informal menjadi formal dengan badan hukum.

"Sehingga kalau terjadi bankruptcy, yang bankcrupt adalah PT-nya, bukan keluarganya. Sehingga ini tidak masuk ke dapur. Inilah kita melindungi usaha kecil dan masyarakat dari situ," pungkas dia.

Ketua Satgas Omnibus Law Rosan Roeslani: RUU Cipta Kerja untuk Kepentingan Bersama

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani.
Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani.

Pemerintah telah menyerahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law Cipta Kerja ke Dewan Perwakilan rakyat (DPR) pada 12 Februari 2020. Bila disetujui, UU Omnibus Law Cipta Kerja diharapkan dapat meningkatkan iklim investasi dan menambah lapangan kerja.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Omnibus Law Rosan Roeslani menyebutkan, RUU Omnibus Law merupakan kepentingan bersama, dan bukan kepentingan pihak-pihak tertentu.

"Kepentingan jangan dibedakan antara ini kepentingan buruh ini kepentingan pengusaha. Kepentingan ini sama-sama kok, untuk sama-sama meningkatkan ekonomi kita semua," jelasnya kepada Liputan6.com di SCTV Tower, Jakarta, pada Jumat (28/02/2020).

Hal tersebut menanggapi respons buruh yang mempermasalahkan beberapa pasal dalam RUU. Buruh menyebutkan bahwa jika RUU tersebut disetujui maka kesejahteraan mereka akan semakin menurun.  

Menurut Roesan, hak-hak buruh tetap harus dihormati. Untuk itu, pihaknya terbuka dengan pendapat pihak-pihak terkait agar nantinya Omnibus Law ini dapat berjalan dengan baik.

"Kita tetap harus menghormati hak buruh dalam menyampaikan pendapat itu. Kita dengan teman-teman serikat buruh konsentrasi juga akan mulai duduk kok minggu depan untuk mencoba mencari apa solusi solusi terbaik," ujarnya.

Adapun poin yang menjadi tuntutan buruh, diantaranya terkait perubahan jam kerja, sistem kerja, kerja kontrak, outsourcing, upah minimum, dan pesangon. Buruh juga menyoroti aturan tenaga kerja asing, sistem kerja dari long life menjadi fleksibel, serta soal jaminan sosial.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2.706 Orang Positif Virus Corona di Italia, Tak Ada WNI Terinfeksi

Posted: 04 Mar 2020 09:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kesehatan Italia, hingga Rabu 4 Maret, mencatat ada 3.089 orang yang terinfeksi Virus Corona COVID-19. Rinciannya, 2.706 kasus positif, 107 orang meninggal dunia, dan 276 orang sembuh.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Roma pun kembali mengeluarkan imbauan bagi masyarakat Indonesia di Italia untuk tetap tenang, meningkatkan kewaspadaan, serta selalu menjaga kebersihan dan kesehatan diri termasuk di antaranya membersihkan tangan, menggunakan masker jika memungkinkan, serta menghindari kontak dekat penderita demam dan batuk.

Selain itu, Counsellor Penerangan Sosial dan Budaya KBRI Roma Danang Waskito mengimbau WNI untuk tidak melakukan perjalanan ke wilayah-wilayah yang telah ditetapkan Pemerintah Italia sebagai "zona merah" Virus Corona, yaitu: Bertonico, Casalpusterlengo, Castelgerundo, Castiglione D'Adda, Codogno, Fombio, Maleo, San Fiorano, Somaglia, Terranova dei Passerini, dan Vo' Euganeo.

Terkait 5 WNI yang terdata berada di wilayah Lombardy, berdasar pemutakhiran data diperoleh informasi bahwa 3 WNI (1 laki-laki dan 2 perempuan) telah pindah ke kota lain yakni Turin dan Milan. Sedangkan 2 WNI lainnya (perempuan) telah kembali ke Indonesia karena menyelesaikan studi.

"Dengan demikian tidak lagi terdapat WNI di 11 kota dan wilayah lockdown dalam "zona merah" Virus Corona. KBRI juga melakukan imbauan bagi WNI yang belum melakukan pemutakhiran data, untuk segera melakukannya secara online," ungkap Danang dalam keterangan pers yang diterima Liputan6.com, Kamis (5/3/2020).

Tak Ada WNI Terinfeksi

Seorang pria melewati poster seniman Italia TVBOY bergambar Mona Lisa karya Leonardo da Vinci mengenakan masker dan memegang smartphone di Barcelona, Selasa (18/2/2020). Instalasi muncul setelah Mobile World Congress (MWC) 2020 batal digelar karena wabah virus corona yang mencekam. (PAU BARRENA/AFP)
Seorang pria melewati poster seniman Italia TVBOY bergambar Mona Lisa karya Leonardo da Vinci mengenakan masker dan memegang smartphone di Barcelona, Selasa (18/2/2020). Instalasi muncul setelah Mobile World Congress (MWC) 2020 batal digelar karena wabah virus corona yang mencekam. (PAU BARRENA/AFP)

KBRI Roma juga telah membuka Posko Logistik Penanganan Covid-19 bertempat di Gedung KBRI Roma dengan nomor hotline +39338 923 4243. Posko COVID-19 KBRI Roma telah dan terus melakukan komunikasi dan koordinasi berkala dengan perwakilan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) dan masyarakat Indonesia di Italia.

Terdapat beberapa wilayah dengan konsentrasi WNI cukup besar antara lain di Milan, Padova, Venezia, Roma, Firenze dan Trieste. Sejauh ini belum terdapat laporan adanya WNI yang diduga terinfeksi COVID-19 di Italia.

Berdasarkan laporan yang diterima, WNI yang tinggal di "zona kuning" maupun "zona lainnya (hijau)" masih menjalani aktivitas sehari-sehari secara aman dan relatif normal, meskipun terdapat beberapa kebijakan pencegahan penyebaran covid-19 seperti penutupan sekolah, penundaan penyelenggaraan pertandingan olah raga, konser musik, karnaval, festival, dan lainnya.

Terkaitperkembangan kasus Covid-19 di salah satu negara akreditasi KBRI Roma yaitu San Marino, Pemerintah San Marino mengumumkan terdapat 10 kasus infeksiCovid-19hingga 3 Maret 2020.Sebanyak 7 dari 10 orang tersebutdirawat di San Marino State Hospital; 3 orang melakukan homeisolation dan 1 orang meninggal dunia. Pemerintah San Marino sedang menunggu hasil tes 7 orang lainnya dan mengkarantina 98 orang karena kontak langsung dengan penderita.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Chat Gebetan Minta Naik Mobil Ini Bikin Geleng Kepala

Posted: 04 Mar 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Banyak cara yang bisa dilakukan agar dapat membahagiakan gebetan. Seperti mengajak gebetan untuk jalan bersama. Namun terkadang banyak drama yang terjadi sebelum jalan berdua seperti minta naik mobil. Hal tersebut sering terjadi hingga akhirnya tangkapan layar chat gebetan minta naik mobil ini viral di media sosial. 

Persis seperti unggahan akun Instagram @awreceh.id pada Selasa (3/3/2020). Akun Instagram tersebut mengunggah chat tangkapan layar gebetan saat kode minta naik mobil. Hingga sekarang, postingan tersebut sudah mendapatkan 217 ribu like dan 1.543 komentar.

"Beliin becak aja sama" ada atapnya" komentar akun Instagram @qodrirr, Selasa (3/3/2020).

"COWONYA JAWAB DONG IYA BESOK AKU TAROH TERPAL PECEL LELE DIMOBIL BAK MAU GA?" komentar akun Instagram @gellisnaulia_, Selasa (3/3/2020).

Penasaran kan apa saja chat gebetan minta naik mobil yang bikin geleng kepala? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, chat gebetan minta naik mobil, Kamis (5/3/2020).

1. Fix, cewek ini pengen naik becak.

5 Chat Gebetan Minta Naik Mobil Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/awreceh.id)
5 Chat Gebetan Minta Naik Mobil Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/awreceh.id)

2. Ya ampun, pakai ngomong titik segala.

5 Chat Gebetan Minta Naik Mobil Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Facebook Hame)
5 Chat Gebetan Minta Naik Mobil Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Facebook Hame)

3. Yang enggak mau hidup susah bareng mending tinggalin aja deh.

5 Chat Gebetan Minta Naik Mobil Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Twitter.com/dewahoya)
5 Chat Gebetan Minta Naik Mobil Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Twitter.com/dewahoya)

4. Duh, kok pakai ngancem putus segala sih.

5 Chat Gebetan Minta Naik Mobil Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/awreceh.id)
5 Chat Gebetan Minta Naik Mobil Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Instagram.com/awreceh.id)

5. Fix, saatnya mundur teratur. Bikin geleng kepala aja.

5 Chat Gebetan Minta Naik Mobil Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Istimewa)
5 Chat Gebetan Minta Naik Mobil Ini Bikin Geleng Kepala (sumber: Istimewa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Virus Corona Bikin Toko Apple Telat dapat iPhone Pengganti

Posted: 04 Mar 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Apple menginformasi pasokan iPhone pengganti mengalami kendala dalam beberapa minggu ke depan.

Perusahaan memberikan informasi ini ke pegawai bidang bidang perbaikan di toko Apple. Demikian menurut seorang pegawai Apple Store, seperti dilaporkan Bloomberg.

Mengutip laman The Verge, Kamis (5/3/2020), kekurangan komponen dan iPhone pengganti ini merupakan salah satu dampak dari virus corona yang kini mewabah di Amerika Serikat dan dunia.

Terlalu banyak efek virus corona terhadap industri teknologi, termasuk mempengaruhi pasokan produk-produk iPhone.

Bloomberg juga menyebut, lini produksi iPhone 11 dan iPad Pro juga mengalami kekurangan juga.

Sebelumnya, Apple telah melaporkan ke investor kalau perusahaan kemungkinan tidak bisa mencapai target pendapatan yang ditentukan untuk kuartal kedua 2020.

Pasokan iPhone Terganggu Gara-Gara Virus Corona

Warga berjalan melewati Apple Store yang tutup di Beijing, China, Selasa (4/2/2020. Belum diketahui bagaimana nasib Apple Store lainnya yang sudah ditutup sejak 1 Februari lalu lantaran wabah virus corona. (AP Photo/Mark Schiefelbein)
Warga berjalan melewati Apple Store yang tutup di Beijing, China, Selasa (4/2/2020. Belum diketahui bagaimana nasib Apple Store lainnya yang sudah ditutup sejak 1 Februari lalu lantaran wabah virus corona. (AP Photo/Mark Schiefelbein)

CEO Apple Tim Cook bahkan sudah mengatakan, pasokan iPhone kemungkinan bakal terganggu.

Namun, belum jelas virus corona ini bakal mengganggu iPhone pengganti atau komponen yang dipakai dalam perbaikan iPhone.

Bagi konsumen yang ada di Amerika, jika perangkat mereka mengalami kerusakan berat dan ada komponen yang harus diganti, kemungkinan akan lebih lambat mendapatkan komponen itu dibandingkan sebelumnya.

Bahkan, dilaporkan ketersediaan komponen atau iPhone pengganti baru ada dalam dua atau empat minggu lagi.

Pinjamkan iPhone ke Konsumen

Ilustrasi: Selain menjadi toko ritel pertama di Asia Tenggara, Apple Store ini juga menjadi toko pertama yang sepenuhnya menggunakan energi terbarukan (sumber : bgr.com)
Ilustrasi: Selain menjadi toko ritel pertama di Asia Tenggara, Apple Store ini juga menjadi toko pertama yang sepenuhnya menggunakan energi terbarukan (sumber : bgr.com)

Laporan ini juga mencatat, di sejumlah lokasi Apple Store mungkin perbaikan minor yang biasanya dapat dilakukan jadi tidak mungkin karena komponen yang minim.

Meski begitu, Apple masih tetap mengusahakan agar konsumen bisa mendapatkan servis yang memadai. Berdasarkan memo dari Apple, karyawan di toko terautorisasi bisa meminjamkan iPhone  ke pelanggan jika tersedia, hingga produk penggantinya tiba.

Sebelumnya, Bloomberg melaporkan, Apple telah membuka kembali sejumlah toko mereka di Tiongkok yang sebelumnya tutup sementara gara-gara virus corona. Langkah ini bisa jadi tanda kalau bisnis Apple mulai berfungsi normal kembali.

(Tin/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Shopee Liga 1 2020: Persija dan Persebaya Tak Bisa Tambah Poin di Pekan Kedua

Posted: 04 Mar 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Persija Jakarta meraih tiga poin di pekan pertama Shopee Liga 1 2020, minggu lalu. Macan Kemayoran, sebutan Persija, meraih kemenangan 3-2 atas Borneo FC di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Sayangnya, pada pekan kedua Shopee Liga 1 2020 yang berlangsung pekan ini, Persija tidak bisa menambah poin. Pertandingan mereka melawan Persebaya Surabaya di Jakarta ditunda oleh PT Liga Indonesia Baru.

Penundaan itu terkait dengan instruksi Gubernur DKI Jakarta, Anie Baswedan yang menyetop izin keramaian selama ada virus Corona. Penjadwalan ulang pun belum ditentukan oleh operator Shopee Liga 1 2020.

Sementara itu, puncak klasemen masih menjadi milik Madura United yang meraih kemenangan 4-0 atas Barito Putera. Madura United unggul selisih gol dari Persib Bandung, Arema, Persipura Jayapura, dan PSM Makassar.

Lihat klasemen Shopee Liga 1 2020 selengkapnya di halaman berikut.

 

Klasemen Shopee Liga 1 2020

 

Jadwal Pekan Kedua Shopee Liga 1 2020

Jumat 6 Maret 2020

15.30 WIB, Persita Tangerang vs PSM Makassar (O Channel)

15.30 WIB, Persik Kediri vs Bhayangkara FC (Vidio)

18.30 WIB, Barito Putera vs Bali United, (Indosiar)

 

Jadwal Selanjutnya

Sabtu 7 Maret 2020

15.30 WIB, Persela Lamongan vs PSIS Semarang (O Channel)

15.30 WIB, Borneo FC vs Persipura Jayapura (Vidio)

Persija vs Persebaya (BATAL)

Jadwal Selanjutnya

Minggu 8 Maret 2020

15.30 WIB, Arema FC vs Persib Bandung (Indosiar)

18.30 WIB, PSS Sleman vs Tira Persikabo (Indosiar)

Senin, 9 Maret 2020

18.30 WIB, Madura Utd vs Persiraja (O Channel)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kepala Polisi Filipina Jadi Korban Helikopter Jatuh

Posted: 04 Mar 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kecelakaan helikopter terjadi di wilayah Filipina. Helikopter yang itumpangi kepala polisi Filipina ini menabrak sebuah tiang listrik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Awkarin Dipanggil Polda Jatim, Jadi Saksi Kasus Pembobolan Kartu Kredit

Posted: 04 Mar 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Karin Novilda atau yang lebih dikenal sebagai Awkarin, dipanggil Kepolisian Daerah Jawa Timur untuk menjadi saksi dalam kasus pembobolan kartu kredit atau carding. Panggilan ini dipenuhi Awkarin pada hari ini, Kamis (5/3/2020) pagi.

Awkarin datang ke Polda Jatim dengan penampilan simpel, mengenakan blus warna biru tua dan sling bag kecil yang tersampir di pundaknya.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Jatim, Kombes Pol Gideon Arif, mengungkap tujuan pemanggilan Awkarin.

Keterangan Tersangka

Awkarin (dok. Instagram @awkarin/https://www.instagram.com/p/BtIoz3sDeLk/Putu Elmira)
Awkarin (dok. Instagram @awkarin/https://www.instagram.com/p/BtIoz3sDeLk/Putu Elmira)

"Semua untuk mengonfirmasi keterangan tersangka terdahulu. Kemudian bukti digital yang ada berkaitan dengan pembelian tiket menggunakan kartu kredit orang lain," tutur Kombes Pol Gideon Arif, seperti terlihat dalam unggahan video Liputan6.com di Vidio.com. 

Tiket Travel

Ilustrasi Foto Kartu Kredit (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Kartu Kredit (iStockphoto)

Seperti diberitakan sebelumnya, kasus pembobolan kartu kredit ini berawal dari sebuah akun di Instagram yang menawarkan promosi tiket penerbangan dan hotel, Tiketkekinian.

Agen tersebut menggunakan jasa selebritas untuk melakukan endorsement.

Membobol Kartu Kredit

Hanya saja, pelaku ternyata menjual tiket itu secara ilegal. Ia membeli tiket dan membayar dengan membobol kartu kredit milik orang lain. Polda Jatim telah menahan empat pelaku atas kasus ini.

Sejumlah Artis

Selain Awkarin, Polda Jatim juga memanggil sejumlah selebritas lain untuk bersaksi. Dua di antaranya adalah Gisella Anastasia dan Tyas Mirasih.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Skimming di ATM Stasiun UI, BNI Tegaskan Amankan Dana Nasabah

Posted: 04 Mar 2020 09:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Jakarta-Bank BNI segera mengambil langkah atas kasus hilangnya dana nasabah usai bertransaksi di ATM Link Stasiun Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat. Corporate Secretary BNI Meiliana menyampaikan, secara umum pihaknya menjamin dana nasabah aman dari aksi skimming.

"BNI memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk menangani kasus dugaan penyalahgunaan ATM dengan maksud pencurian data nasabah atau skimming. SOP tersebut bermuara pada penjaminan bank atas dana nasabah yang telah dicuri oleh pelaku, sepanjang telah lolos dari proses verifikasi tim khusus dari bank," tutur Meiliana dalam keterangannya, Kamis (5/3/2020).

Menurut Meiliana, untuk kasus mahasiswa UI, BNI sesuai SOP telah menghubungi nasabah dan memintanya segera melapor ke outlet terdekat.

"Kami telah melakukan verifikasi dan telah mengembalikan dana nasabah pada kesempatan pertama. Atas dasar itu, masyarakat tidak perlu khawatir untuk bertransaksi di ATM," jelas dia.

Meiliana menyatakan, BNI juga telah mengambil langkah preventif untuk mengantisipasi kejadian serupa dengan berbagai langkah.

"Demi mengamankan dana nasabah, dengan sistem pendeteksi dini atau fraud alert system terhadap adanya indikasi perbuatan oleh pihak eksternal yang tidak bertanggung jawab," Meiliana menandaskan.

Sebelumnya, salah seorang mahasiswa Universitas Indonesia (UI) kehilangan uang Rp 10 juta usai melakukan transaksi penarikan di ATM Link Stasiun UI, Depok, Jawa Barat. Hanya dalam waktu yang cukup cepat, saldo puluhan juta di tabungan BNI miliknya raib.

Korban berinisial A menceritakan, saat itu pada Jumat 28 Februari 2020 dirinya mengambil uang pecahan Rp 50 ribu di ATM Link Stasiun UI. Sehari setelahnya, dia mendapat telepon dari pihak Bank BNI.

"Pagi dini hari ini, Minggu 1 Maret 2020, ada panggilan dari pihak BNI yang mau mengkonfirmasi penarikan debit sejumlah Rp 5 juta pada pukul 00.00 WIB dini hari," tutur A kepada Liputan6.com, Minggu (1/3/2020).

A kemudian mengkonfirmasi bahwa tidak melakukan transkasi apapun sebanyak Rp 5 juta ke pihak BNI. Dalam sambungan telepon itu, dia kemudian minta pemblokiran kartu debit.

"Cek di m-Banking, daftar transaksi, terhitung dari pukul 23.40 WIB, Sabtu 29 Februari 2020, sampai pukul 00.04 WIB, Minggu 1 Maret 2020, terjadi penarikan di dua lokasi berbeda yang ada di Medan dengan total Rp 10 juta," jelas dia.

 

Penarikan Dana dari Medan

Banner grafis skimming ATM (Liputan6.com/Abdillah)
Banner grafis skimming ATM (Liputan6.com/Abdillah)

Dalam daftar mutasi di m-Banking miliknya, tercatat penarikan dilakukan di Yuki Shopping Center Medan sebesar Rp 4 juta dan Bank BNI Medan Rp 6 juta.

"Setelah mengecek melalui m-Banking aku langsung menghubungi BNI Call Center untuk melaporkan pembobolan kartu debitku dan juga sudah melaporkan untuk melakukan pemeriksaan ATM Link di Stasiun UI," katanya.

Menurut A, operator BNI Call Center menyatakan akan melaporkan kasus tersebut pada pihak pengawasan ATM dan cabang Bank BNI terdekat pada hari Senin 4 Maret 2020.

"Semua bukti transaksi di m-Banking udah aku screenshot dan semua telepon sudah aku rekam juga sebagai bukti untuk dibawa hari Senin besok," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Airlangga Sebut Kurang Koordinasi Jadi Biang Kerok Paket Kebijakan Jokowi Tak Jalan

Posted: 04 Mar 2020 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pada masa pemerintahan periode pertama, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengeluarkan beberapa paket kebijakan ekonomi. Paket kebijakan ini diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Namun sayangnya, sampai saat ini ada beberapa paket kebijakan yang tidak berjalan dengan maksimal.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, membeberkan beberapa alasan tidak tercapainya paket kebijakan ekonomi jilid I Presiden Joko Widodo. Dia mengakui, sebanyak 16 paket kebijakan di lima tahun pertama belum berjalan maksimal.

Airlangga mengatakan, Ketakberhasilan paket kebijakan ekonomi jilid I tersebut dikarenakan ketidakselarasan antara kebijakan pemerintah pusat dengan pemerintah daerah. Utamanya menyangkut terhadap proses perizinan dan investasi.

"Kebijakan paket 16 ada beberapa belum bisa dilaksanakan karena koordinasi terbatas," kata dia di Four Seasons Hotel, Jakarta, Kamis (5/3/2020).

Mantan Menteri Perindustrian ini mencontohkan, beberapa hal yang belum disepakati dalam kebijakan ekonomi jilid I yakni penetapan harga gas industri sebesar USD 6. Kemudian, negatif list di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) juga tidak berjalan.

"Kalau kita gunakan sistem seperti itu transformasi hanya berjalan 10 tahun ini kita tidak ingin hendaki," jelas dia.

Untuk itu, lanjut Airlangga pemerintah saat ini tengah membuat terobosan baru melalui Rancangan Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja. Aturan sapu jagat ini diharapkan akan menggairahkan iklim investasi dan membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat Indonesia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Pemerintah Siapkan 8 Paket Kebijakan Ekonomi

Presiden Joko Widodo berbincang dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat rapat kerja Kementerian Perdagangan 2020 di Istana Negara, Rabu (4/3/2020). Jokowi meminta dalam raker ini dapat mempercepat prosedur-prosedur yang sebelumnya sangat lama dan berbelit-belit (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Presiden Joko Widodo berbincang dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat rapat kerja Kementerian Perdagangan 2020 di Istana Negara, Rabu (4/3/2020). Jokowi meminta dalam raker ini dapat mempercepat prosedur-prosedur yang sebelumnya sangat lama dan berbelit-belit (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pemerintah berencana mengeluarkan kebijakan baru dalam rangka menangani penyebaran virus corona. Salah satunya bakal mengeluarkan 8 paket kebijakan di sektor ekonomi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan paket kebijakan yang bakal dikeluarkan berupa kemudahan perizinan dalam ekspor dan impor barang.

Kemudahan ini akan diintegrasikan dengan sejumlah kementerian/lembaga seperti Kementerian Perdagangan, Kementerian Perhubungan dan Bea Cukai.

"Agar dokumentasi ekspor lebih standar," kata Airlangga di Hotel Borobudur Jakarta Pusat, Rabu (4/3/2020). 

Airlangga ingin perizinan yang membutuhkan sertifikat khusus seperti Sertifikat Keterangan Asal (SKA) atau health sertificate bisa dikeluarkan di titik-titik ekspor agar tidak bolak-balik mengurus izin. Namun, lebih rincinya masih dalam pembahasan dan bakal dipublikasikan secepatnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Javier Pérez de Cuéllar, Mantan Sekjen PBB Wafat dalam Usia 100 Tahun

Posted: 04 Mar 2020 09:21 PM PST

Liputan6.com, Lima - Javier Pérez de Cuéllar, mantan sekretaris jenderal PBB selama dua periode meninggal dunia pada Rabu 4 Maret, dalam usianya ke-100 tahun. Semasa hidupnya, ia pernah menjadi perantara gencatan senjata bersejarah antara Iran dan Irak pada 1988 dan kemudian pensiun untuk membantu membangun kembali demokrasi di tanah kelahirannya di Peru.

Putranya, Francisco Pérez de Cuéllar, mengatakan ayahnya meninggal di rumah karena faktor usia. Sekretaris Jenderal AS saat ini Antonio Guterres menyebut diplomat Peru itu sebagai "inspirasi pribadi." Demikian seperti dikutip dari AP, Kamis (5/3/2020). 

"Kehidupan Pérez de Cuéllar membentang tidak hanya satu abad tetapi juga seluruh sejarah Perserikatan Bangsa-Bangsa, berasal dari partisipasinya dalam pertemuan pertama Majelis Umum pada tahun 1946," kata Guterres.

Meninggalnya Pérez de Cuéllar mengakhiri karier diplomatik panjangnya, yang membawa sepenuhnya dari jabatan pertama sebagai sekretaris di kedutaan Peru di Paris pada 1944 hingga pekerjaan selanjutnya sebagai duta besar Peru untuk Prancis.

Ketika ia memulai masa jabatannya sebagai sekretaris jendral AS pada 1 Januari 1982, ia adalah seorang warga negara Peru yang dikenal sebagai kandidat kompromi pada saat Perserikatan Bangsa-Bangsa dijunjung rendah.

Menjabat sebagai wakil menteri luar negeri untuk urusan politik khusus, dia muncul sebagai kandidat kuda hitam pada Desember 1981. Setelah terpilih, ia dengan cepat membuat perubahan.

Terganggu oleh berkurangnya efektivitas Perserikatan Bangsa-Bangsa, ia berusaha untuk merevitalisasi mesin pemeliharaan perdamaian yang rusak di badan dunia.

Langkah pertamanya adalah "mengguncang sistem di dalam organisasi" dengan laporan yang sangat kritis di mana ia memperingatkan: "Kami sangat dekat dengan anarki internasional baru."

Biografi Singkat

Logo PBB. (UN.Org)
Logo PBB. (UN.Org)

Javier Pérez de Cuéllar lahir di Lima pada 19 Januari 1920. Ayahnya seorang "pengusaha sederhana," dan seorang pianis amatir yang ulung, menurut mantan sekretaris jenderal itu. 

Dia menerima gelar sarjana hukum dari Universitas Katolik Lima pada tahun 1943 dan bergabung dengan layanan diplomatik Peru setahun kemudian. Dia akan melanjutkan ke posting di Perancis, Inggris, Bolivia dan Brasil sebelum kembali ke Lima pada tahun 1961, di mana dia melayani di sejumlah jabatan kementerian tingkat tinggi.

Dia adalah duta besar untuk Swiss dan kemudian menjadi duta besar pertama Peru untuk Uni Soviet sementara secara bersamaan terakreditasi ke Polandia. Tugas lainnya termasuk jabatan sekretaris jenderal Kementerian Luar Negeri Peru dan kepala delegasi untuk PBB.

Setelah meninggalkan Amerika Serikat Pérez de Cuéllar melakukan upaya yang gagal untuk kepresidenan Peru pada tahun 1995 melawan pemimpin otoriter Alberto Fujimori, yang rezim otokratis 10 tahunnya runtuh pada November 2000 di tengah skandal korupsi.

Pada usia 80, Pérez de Cuéllar pensiun di Paris dan kembali ke Peru untuk mengambil kedudukan sebagai menteri luar negeri dan kepala kabinet untuk Presiden sementara, Valentin Paniagua.

Kredensial demokrasinya yang sempurna memberikan kredibilitas kepada pemerintah sementara yang mandatnya adalah memberikan pemilihan yang bebas dan adil. Delapan bulan kemudian, Presiden Alejandro Toledo yang baru terpilih memintanya untuk melayani sebagai Duta Besar untuk Prancis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Insentif Pariwisata Ditunda, Sri Mulyani Sebut Waktunya Belum Tepat

Posted: 04 Mar 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menanggapi penundaan pemberian insentif untuk sektor pariwisata. Menurutnya, penundaan tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan kebutuhan saat ini.

"Kalau mengenai diskon yang lain-lain kita lihat saja timingnya sesuai dengan kesiapan. Yang kalau memang timingnya nggak dianggap tepat ya kita bisa saja dimundurkan. Jadi kita fleksibel terhadap situasi dan demand atau permintaan dan situasi industri," ujarnya di Gedung OJK, Jakarta, Kamis (5/3).

Namun untuk insentif pajak hotel dan restoran tetap akan dilakukan. "Kalau yang efektivitas dari penurunan pajak hotel dan restoran tetap kita lakukan. Ini persiapan kita lihat kalau mereka dalam situasi yang menurun sekarang," paparnya.

Sri Mulyani melanjutkan, pemberian insentif pajak untuk hotel dan restoran sudah mulai dilakukan dengan kerja sama melalui Kementerian Dalam Negeri dan pemerintah daerah. Sementara itu, insentif pariwisata terus dibahas bersama dengan Kementerian Pariwisata.

"Sudah dilakukan sekarang, kita tetap lakukan, jadi persiapan untuk pajak hotel dan restoran kita sekarang dengan Kemendagri dan Pemda kita bicara. Untuk masalah diskon sudah kita bicara dengan Menpar dan para airlines jadi itu tetap dilakukan," jelasnya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut menambahkan, saat ini pemerintah juga tengah mambahas insentif kedua untuk mendongkrak ekonomi. Hingga kini, masih dirumuskan sektor apa saja yang membutuhkan tambahan insentif baru serta besaran anggaran yang dikucurkan.

"Itu (insentif baru) memang sedang kita formulasikan. Nanti arahnya jenis apa saja dan ditujukan untuk sektor apa, mekanismenya seperti apa itu yang sekarang sedang di formulasikan. (Nilainya Rp10,3 triliun?) Nanti kalau sudah diumumkan akan kita sampaikan. Pokoknya nanti kalau sudah selesai kita sampaikan," tandasnya.

Alasan Penundaan

Pastikan Anda berkunjung ke lima destinasi ini saat berlibur ke Labuan Bajo. (foto: shutterstock)
Pastikan Anda berkunjung ke lima destinasi ini saat berlibur ke Labuan Bajo. (foto: shutterstock)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama memutuskan menunda pemberian insentif bagi para wisatawan asing. Hal ini disampaikannya pasca masuknya virus corona (Covid-19) di Indonesia.

"Ditunda, direview dulu (buat wisatawan asing)," ujar Wishnutama di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (3/3/2020).

Awalnya, insentif pariwisata ini diberikan untuk memberikan stimuluns kepada pariwisata Indonesia yang merosot akibat wabah virus corona. Kini, dia mengaku belum mengetahui sampai kapan insentif pariwisata ditunda.

"Sampai lebih jelas lagi kondisinya," ucap Wishnutama.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dewan Juri LIDA 2020 Pulangkan Duta Provinsi Jawa Timur

Posted: 04 Mar 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - LIDA 2020 Indosiar semakin menarik saja untuk disaksikan. Pada konser Top 44 Grup 10, Selasa (3/3/2020) malam, keempat duta provinsi telah memberikan penampilan terbaiknya di hadapan seluruh dewan juri dan masyarakat Indonesia.

Begitupun dengan Dikna (Jawa Timur) yang telah berusaha sekuat tenaga di atas panggung LIDA 2020 untuk bisa maju ke babak selanjutnya.

Namun sayang, nasib berkata lain. Dewan juri memilih untuk menyelamatkan Igo (Sumatera Selatan), sehingga Dikna harus rela tersenggol dari panggung LIDA 2020.

Kritik untuk Dikna

Tampil dengan centil dan menawan, Dikna (Jawa Timur) belum mampu menarik hati dewan juri LIDA 2020 untuk memberikan komentar positif.

Dikna dinilai Soimah terlalu berat saat menyanyikan lagu "Cinta Segitiga" yang padahal seharusnya lebih ringan.

"Ini lagunya fun dan harus dibantu dengan body language nya juga" ujar Soimah.

Senada dengan Soimah, Inul juga mengatakan bahwa seharusnya Dikna lebih memperhatikan ekspresinya sehingga feel-nya tersampaikan dengan baik.

Pujian untuk Igo dan Hamid

Suara Merdu Igo (Sulawesi Selatan) Di Lagu 'Selamat Tinggal Kekasih' Berhasil Memikat Hati Seluruh Dewan Juri LIDA 2020. (Indosiar)
Suara Merdu Igo (Sulawesi Selatan) Di Lagu 'Selamat Tinggal Kekasih' Berhasil Memikat Hati Seluruh Dewan Juri LIDA 2020. (Indosiar)

Berbeda dengan Dikna, Igo (Sumatera Selatan) yang meskipun mendapatkan nilai terendah, mampu melanjutkan perjuangannya karena diselamatkan.

Suara merdu Igo saat bernyanyi "Selamat Tinggal Kekasih" berhasil memikat seluruh dewan juri. Menurut Reza, cengkok Igo di lagu ini terdengar sangat dinamis dan pembawaan lagunya juga tenang.

Begitu juga dengan Hamid (Nusa Tenggara Timur) yang dinilai Fildan sebagai seorang penyanyi klasik yang luar biasa ketika menyanyikan "Masih Punya Cinta".

"Feelnya luar biasa sekali!" puji Fildan.

Duet Zahra dan Reza

Romantisnya Duet Zahra (Riau) dan Reza Bawakan Lagu 'Bukan Cinta Biasa' di LIDA 2020. (Indosiar)
Romantisnya Duet Zahra (Riau) dan Reza Bawakan Lagu 'Bukan Cinta Biasa' di LIDA 2020. (Indosiar)

Sementara itu, Zahra (Riau) yang mendapatkan nilai tertinggi sejak awal konser, membuktikan bahwa dirinya memang layak untuk terus berada di panggung LIDA.

Seluruh dewan juri terpukau dengan kepiawaiannya membawakan lagu "Janji". Reza pun memuji suara lembut Zahra yang dinilainya mirip dengan Siti Nurhaliza.

Suasana semakin meriah ketika Zahra berduet dengan Reza membawakan lagu "Bukan Cinta Biasa" dengan romantis.

Berlanjut

LIDA 2020 telah berlanjut pada Rabu (4/3/2020) malam dalam Konser Top 44 Grup 11 yang menampilkan Eva (Nusa Tenggara Barat), Jelsy (DKI Jakarta), Mayang (Lampung) dan Pauzal (Sumatera Utara).

Saksikan LIDA 2020 setiap hari LIVE pukul 20.00 WIB hanya di Indosiar, Luar Biasa! LIDA 2020: Seni Menyatukan!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Awkarin dan Ruth Stefani Penuhi Panggilan Polda Jatim Jadi Saksi Kasus Carding

Posted: 04 Mar 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Awkarin dan Ruth Stefani memenuhi panggilan Polda Jawa Timur di Surabaya, untuk diperiksa sebagai saksi kasus pembobolan kartu kredit atau carding,pada Kamis (5/3/2020). 

Dirreskrimsus Mapolda Jatim Kombes Pol Gidion Arif Setyawan mengatakan, dua artis diperiksa sebagai saksi yakni Awkarin dan Ruth Stefani pada Kamis pekan ini. "Hari ini yang terjadwal saudari Awk dan RS," kata Gidion.

Dia menuturkan, rencananya pemeriksaan saksi ini soal endorsement tiket kekinian yang melibatkan Awkarin.  "Semua untuk mengonfirmasi keterangan tersangka terdahulu, kemudian bukti-bukti digital yang ada, terkait pembelian tiket melalui kartu kredit orang lain," ucapnya.

Awkarin tiba terlebih dahulu di Mapolda Jatim sekitar pukul 09.20 WIB. Sementara Ruth datang sekitar pukul 10.30 WIB. Awkarin enggan berkata banyak dan segera memasuk ruang penyidikan. "Tolong jangan dulu ya," kata Awkarin.

Selanjutnya

Sejumlah selebritas memenuhi panggilan Polda Jatim sebagai saksi terkait kasus pembobolan kartu kredit (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Sejumlah selebritas memenuhi panggilan Polda Jatim sebagai saksi terkait kasus pembobolan kartu kredit (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sementara Ruth Stefani mengatakan dirinya datang sebagai saksi sesuai panggilan yang dia terima dari Polda Jatim.

"Saya datang sebagai saksi. Saya memberikan saksi sesuai yang saya tahu," kata dia.

Ruth di-endorse para tersangka untuk membantu menjualkan tiket hotel di akun Instagram @tiketkekinian. Dari endorsement tersebut, dia menyatakan tidak mendapat bayaran apapun.

"Iya di-endorse. Saya membantu untuk tiket. Tawaran diberi voucher hotel tapi tidak dibayar, mendapat fee atau semacam pembayaran jasa," katanya.

Dia mengakui dari endorsement tersebut mendapatkan voucher menginap satau malam di sebuah hotel di Malaysia. Namun, Ruth menegaskan dirinya tidak tahu jika penjualan tersebut didapat dari carding.

"Saya hanya mendapat voucher hotel satu malam di Malaysia. Ada kasus ini saya tidak  tahu, karena diendorse sejak tahun 2018 sebelum ada kasus ini," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Ayah Cari Anak Hilang 10 Bulan Ini Bikin Haru, Pasang Pengumuman di Kaus

Posted: 04 Mar 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Memiliki seorang anak bagi pasangan yang telah menikah tentu saja menjadi hal yang sangat membahagiakan. Berbagai cara dilakukan untuk membahagiakan sang buah hati. Namun tentu saja hal ini akan berbanding terbalik jika orang tua mengetahui apabila mereka kehilangan anak

Berbagai cara pencarian pun akan dilakukan. Mulai dari bertanya pada tetangga atau teman dekat hingga melaporkan kehilangan anak kepada pihak kepolisian.

Akan tetapi informasi yang terbatas saat kejadian anak hilang tentu saja membuat proses pencarian berjalan lambat. Tak sedikit pula para orang tua atau keluarga yang kehilangan orang tersayang menyebarkan informasi melalui media sosial. Hal ini diharapkan mampu membantu mereka menemukan orang tersayang.

Namun, dilansir Liputan6.com dari Worldofbuzz, Kamis (5/3/2020) seorang ayah asal Selangor, Malaysia mencari sang anak melalui pengumuman tak biasa.

Buat pengumuman di kaus

Anak Hilang (Sumber: Facebook/Mohd Fauzi)
Anak Hilang (Sumber: Facebook/Mohd Fauzi)

Pria bernama Mohd Fauzi telah kehilangan sang putra selama lebih dari 10 bulan. Hingga saat ini pun proses pencarian masih dilakukan. Tak putus asa, Fauzi pun melakukan berbagai cara agar sang putra tercinta bisa kembali berkumpul bersama di rumah.

Ia pun telah melaporkan soal anaknya yang hilang kepada pihak kepolisian. Akan tetapi informasi yang terbatas membuat pihak kepolisan kesulitan menemukannya.

Tak patah arang, Fauzi pun membuat pengumuman mengenai sang anak lewat kaus. Sang putra yang bernama Muhammad Zahiruddin Putra telah hilang selama 10 bulan lebih atau 303 hari. Penguman yang ia buat di kaus pun dilakukan agar orang-orang bisa mengetahuinya saat ia mengenakan kaus tersebut.

Unggah di Facebook

Tak hanya memasang foto sang anak di kaus, akan tetapi Fauzi juga mengunggah foto sang anak beserta pengumuman kehilangan orang dari pihak kepolisian di akun Facebook. Selama 10 bulan terakhir, Fauzi dan keluarga pun terus berdoa agar sang anak bisa kembali.

Unggahan Fauzi ini pun langsung menjadi sorotan publik. Tak sedikit pula para netizen yang merasa simpati dan merespons unggahan tersebut.

Menghitung hari ... 10 bulan , 303 hari. tidak tahu bagaimana ingin menceritakan lg. Dugaan demi dugaan....hanya allah...

Posted by Mohd Fauzi on Sunday, 16 February 2020

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Abu Sayyaf Minta Tebusan Sandera 5 WNI, Mahfud Md: Saya Cari Infonya Dulu

Posted: 04 Mar 2020 09:19 PM PST

 

Liputan6.com, Jakarta Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan, pihaknya belum mendapatkan informasi terkait kelompok Abu Sayyaf yang meminta tebusan atas sandera 5 WNI agar bisa dibebaskan.

"Laporan langsung saya belum dapat. Nanti hari ini mau saya cari informasinya," kata Mahfud di kantor MUI, Jakarta, Kamis (5/3/2020).

Menurut dia, jika informasi tersebut ini benar, hal itu sudah biasa dilakukan Abu Sayyaf.

"Biasa sih Abu Sayyaf. Hanya berubah angkanya saja sekarang. Tiap kali menyandera orang selalu minta uang," ungkap Mahfud.

Dia pun enggan menerangkan lebih jauh, lantaran informasi tebusan tersebut baru beredar di media dan belum didapatkannya langsung.

"Ya sekarang ini, informasinya baru dari media seperti anda," pungkasnya.

Sebelumnya, Mahfud menyatakan akan mencari solusi panjang agar kasus sandera Abu Sayyaf hal tersebut tidak terjadi berulang-ulang.

"Kita sebenarnya sedang berpikir penyelesaian yang jangka panjang bukan kasus per kasus begitu," ungkapnya.

Meski demikian, untuk 5 WNI tersebut, pihaknya akan melakukan pengintaian. Dan aparat keamanan meningkatkan kerja sama.

"Kementerian Luar Negeri juga sudah melakukan kontak-kontak itu dengan Filipina dan Malaysia," jelas Mahfud.

Menurut dia, evaluasi pasti akan dilakukan. Dan tak perlu dijadwalkan.

"Kalau begini, lalu dibicarakan kan itu namanya evaluasi. Rapat itu tadi kan evaluasi juga. Jadi evaluasi itu enggak perlu dijadwalkan. Harus berlangsung secara otomatis dan terus menerus," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Virus Corona, KPU Harap Tak Pengaruhi Pilkada Depok 2020

Posted: 04 Mar 2020 09:18 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua KPU Kota Depok, Jawa Barat Nana Shobarna berharap, kasus Corona Virus Disease (Covid-19) atau virus Corona yang terjadi tidak mempengaruhi tahapan Pilkada Depok 2020.

"Kami sangat berharap, adanya kasus virus corona ini tidak mempengaruhi tahapan Pilkada Depok 2020 yang sedang kita helat dan pencoblosan pada 23 September 2020," ujar Nana Shobarna, seperti dilansir Antara, Kamis (5/3/2020).

Menurutnya, saat ini KPU Kota Depok tengah melaksanakan tahapan rekrutmen Calon Anggota Panitia Pemilihan Suara (PPS) se-Kota Depok.

Namun, Nana menegaskan, kasus virus corona pada dua WNI yang bertempat tinggal di Depok sama sekali tidak memudarkan semangat calon PPS untuk ikut seleksi.

Hal ini, kata dia, dibuktikan dengan banyaknya jumlah pendaftar yang mengikuti tes calon PPS untuk Pilkada Depok 2020, yakni sebanyak 379 orang dari total 443 orang.

"Kami sangat bersyukur, walaupun Kota Depok sedang dihebohkan dengan adanya virus corona, tapi ini sama sekali tidak mempengaruhi antusiasme para calon anggota PPS untuk mengikuti tes ini," ucap Nana.

 

Tahapan Rekrutmen Segera Dilaksanakan

CPNS saat mengikuti SKD di Kantor BKN Pusat, Jakarta, Senin (27/1/2020). Tes SKD CPNS Tahun Anggaran 2019 diselenggarakan mulai 27 Januari hingga 28 Februari 2020 dengan jumlah peserta memenuhi syarat (MS) untuk mengikuti SKD sebanyak 3.364.868 orang. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
CPNS saat mengikuti SKD di Kantor BKN Pusat, Jakarta, Senin (27/1/2020). Tes SKD CPNS Tahun Anggaran 2019 diselenggarakan mulai 27 Januari hingga 28 Februari 2020 dengan jumlah peserta memenuhi syarat (MS) untuk mengikuti SKD sebanyak 3.364.868 orang. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Nana menjelaskan, pada Rabu, 4 Maret 2020, pihaknya melaksanakan salah satu tahapan dalam rekrutmen Calon Anggota PPS yang akan bertugas dalam penyelenggaraan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok 2020 di seluruh Kelurahan di Kota Depok.

"Seleksi tertulis dengan metode Computer Assisted Test (CAT) kami pilih untuk mengedepankan keterbukaan dan transparansi bagi seluruh peserta yang mengikuti seleksi ini," jelas Nana.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Feby-Ikhsan Dapat PR Khusus dari Pelatih Arema FC

Posted: 04 Mar 2020 09:17 PM PST

Liputan6.com, Malang - Feby Eka Putra dan Muhammad Miftahul Ikhsan jadi dua pemain terakhir yang bergabung dengan Arema FC untuk Shopee Liga 1 2020. Kedua pemain itu mendapat tugas tambahan dari tim pelatih karena harus mengejar ketertinggalan kondisi fisik dari punggawa Singo Edan lainnya.

Mereka merupakan pemain yang bergabung dengan status pinjaman. Feby sendiri bergabung pada 26 Februari dari Persija Jakarta, sedangkan Ikhsan dua hari setelahnya dari Borneo FC.

Kondisi fisik keduanya tentu tidak sama dengan pemain Arema FC lainnya yang sudah lebih dulu mengikuti latihan sejak 16 Januari lalu. Menurut keterangan asisten pelatih, Charis Yulianto keduanya masih harus melakukan sesi tambahan meskipun sudah siap.

"Saya pikir, secara fisik, Feby dan Ikhsan sudah siap. Untuk kondisi fisik ini, termasuk kekuatan otot, setiap latihan selalu dimaintain oleh Coach Marcos. Biasanya ada latihan tambahan sebelum atau sesudah latihan," jelas Charis melalui Wearemania.net.

Feby Eka Putra dan Muhammad Miftahul Ikhsan diminta untuk cepat beradaptasi dengan punggawa Arema FC lainnya. Menurut Charis Yulianto, hal itu penting dilakukan bagi pemain yang baru saja bergabung.

Lebih Mengenal Arema FC

Sebagai pemain anyar, keduanya harus saling mengenal dengan pemain Arema FC lainnya. Minimal, mereka harus mengetahui nama setiap pemain agar komunikasi di lapangan berjalan lancar.

"Mereka harus beradaptasi dengan pemain Arema lainnya, ini yang jadi PR keduanya. Sebagai pemain baru, apalagi pemain muda, biasanya agak canggung. Kalau PR kami, akan ada pendekatan pribadi dengan si pemain," terang Charis.

Tantang Persib

Arema FC akan menjamu Persib Bandung di Stadion Kanjuruhan, Malang pada Minggu 8 Maret mendatang. Laga ini akan digelar pukul 15.30 WIB setelah resmi dilakukan perubahan jadwal karena izin keamanan.

(Balwa Ramadhan/Mg)

Saksikan Video Arema FC di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Duel lawan Persija Ditunda, Persebaya Sesuaikan Program Latihan

Posted: 04 Mar 2020 09:15 PM PST

Liputan6.com, Surabaya - Akhir pekan ini, Persebaya Surabaya dijadwalkan bertandang ke markas Persija Jakarta dalam lanjutan Shopee Liga 1 2020. Namun, pertandingan berlabel partai klasik itu harus ditunda. Alasannya, Pemprov DKI Jakarta melarang adanya kegiatan keramaian untuk mencegah penularan virus Corona.

Selaku operator pertandingan Shopee Liga 1 2020, PT Liga Indonesia Baru (LIB) akhirnya memutuskan untuk menunda pertandingan Persija Jakarta kontra Persebaya hingga waktu yang belum ditentukan.

Keputusan itu disampaikan melalui surat edaran LIB no 127/LIB-KOM/III/2020 yang ditandatangani oleh Direktur PT LIB, Cucu Somantri. 

Mendapati hal tersebut, pelatih Persebaya, Aji Santoso mengaku sempat kaget. Namun, Aji bisa merenima. Dia pun berencana membuat beberapa penyesuaian program Persebaya.

"Kami juga merubah jadwal yang seharusnya kami besok berangkat, ditunda, akhirnya besok kami liburkan pemain, karena dua hari ini tadi dengan kemarin latihannya cukup keras," jelas Aji usai sesi latihan kemarin (4/3).

 

 

Sudah Pesan Tiket dan Hotel

Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso. (Bola.com/Yoppy Renato)
Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso. (Bola.com/Yoppy Renato)

Menurut Aji, penundaan laga kontra Persija bukanlah sebuah keuntungan bagi Persebaya. Karena semua persiapan sudah dilakukan untuk bertolak ke Jakarta.

Mulai dari program latihan, pemilihan nama pemain yang berangkat, hingga tiket pesawat dan hotel yang sudah dipesan. "Terpaksa semua dibatalkan," terang pelatih berusia 49 tahun itu.

Tidak Komplain

Walaupun harus tertunda, mantan pelatih Persema Malang itu menegaskan timnya sudah siap dan menerima seluruh keputusan dari pihak penyelenggara.

"Ditunda atau mau main kami siap saja, tidak komplain, pokoknya siap saja," pungkas Aji.

(Balwa Ramadhan/Mg)

Saksikan Video Persebaya di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waskita Beton Targetkan Kontrak Baru 2020 Capai Rp 11,9 Triliun

Posted: 04 Mar 2020 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) menargetkan perolehan kontak baru sebesar Rp 11,9 triliun sepanjang 2020. Dari jumlah tersebut, kontrak eksternal menjadi salah satu sektor yang akan diandalkan dengan target Rp 5,89 triliun.

Direktur Utama PT Waskita Beton Precast Jarot Subana mengatakan untuk menggenjot kontrak eksternal ini pihaknya telah mengagndeng beberapa anak usaha BUMN.

Pada awal tahun 2020, WSBP melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Kerja sama dengan PT Pertamina Trans Kontinental.

"Ini merupakan kerja sama dalam bidang perbaikan dan pembangunan pelabuhan di lokasi pekerjaan milik anak usaha PT Pertamina (Persero) yang memiliki kegiatan usaha dalam bidang jasa pelayaran, jasa maritim dan jasa logistik serta kegiatan usaha lain yang terkait atau menunjang kegiatan usaha tersebut," ujar Jarot dalam keterangannya, Kamis (5/3/2020).

Kerjasama ini berupa Kerja Sama Operasi (KSO) dalam bentuk Portion, di mana Waskita Beton sebagai partner akan berperan sebagai Perencana/Engineer, Supply Beton Precast, Readymix, dan Kontraktor.

 

 

Bangun Bandara

Terminal Baru Bandara Ahmad Yani di Semarang, Jawa Tengah. (Dok AP I)
Terminal Baru Bandara Ahmad Yani di Semarang, Jawa Tengah. (Dok AP I)

Tidak hanya kerja sama untuk membangun pelabuhan, WSBP juga menunjukkan komitmen dan kontribusinya dalam pembangunan bandar udara melalui sinergi dengan anak usaha BUMN dalam pembangunan dan pemeliharaan area bandar udara yaitu PT Angkasa Pura Properti, anak usaha dari pengelola bandara PT Angkasa Pura I (Persero). 

Hal ini ditempuh sebagai usaha PT Angkasa Pura Properti untuk meningkatkan dan menjaga kualitas infrastruktur bandara-bandara di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura I (Persero) yang secara konsisten terus dikembangkan mengacu pada tingkat pertumbuhan jumlah penumpang dan penerbangan.

Dalam hal ini, PT Angkasa Pura Properti masih akan fokus mendukung induk perusahaan dalam peningkatan kualitas pelayanan bandara, terutama pada bandara-bandara yang telah mencapai tahap akhir pengembangan, seperti; Bandara Ahmad Yani Semarang, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Bandara Hassanudin Makassar, dan Bandara Internasional Yogyakarta.

Terkait hal tersebut, peran WSBP dalam penyediaan produk beton dan precast diperhitungkan akan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas usaha PT Angkasa Pura Properti untuk turut mewujudkan keselamatan dan keamanan penerbangan.

 

Kinerja Tahun Lalu

Produk dari Waskita Beton
Produk dari Waskita Beton

Dari data historis, WSBP berhasil mencatatkan peningkatan perolehan kontrak eksternal mencapai 83,01 persen atau Rp2,43 triliun di tahun 2018 menjadi Rp 4,44 triliun tahun 2019.

Lebih lanjut, hal ini didukung dengan perolehan kontrak eksternal WSBP sebesar 63,2 persen dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 36 persen.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Single Parent, Ini 6 Potret Seleb Cowok saat Mengasuh Anak

Posted: 04 Mar 2020 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang pasti menginginkan pernikahannya awet sampai maut memisahkan. Namun, jika di tengah jalan ada selisih paham hingga perbedaan, perceraian pun seolah menjadi jalan keluarnya. Resmi bercerai dari istri, seorang laki-laki harus menjadi orangtua tunggal. Sebagaimana yang dialami beberapa selebriti ini. 

Menjadi orang tua tunggal tentu saja tidak mudah, pasalnya ada dua peran yang harus ia emban dalam keseharian sebagai ayah dan juga ibu. Hal tersebut banyak melanda selebriti tampan Indonesia. Setelah cukup lama membina rumah tangga, banyak pula dari mereka yang memutuskan untuk becerai dan menjadi single parent.

Enggak kalah kece dari single mother, para selebriti laki-laki ini mampu membuktikan bahwa ia bisa dekat dengan buah hatinya meski sudah bercerai. Mereka bekerja keras demi sang anak, meski sibuk para selebriti tampan ini selalu menyempatkan waktu bersama buah hatinya.

Tak ayal, para seleb cowok ini menjadi ayah yang inspiratif bagi anak-anaknya. Siapa saja mereka? Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas potret selebriti cowok saat mengasuh anak, Kamis (5/3/2020)

 

1. Setelah bercerai, Samuel Riza mengurus putri semata wayangnya seorang diri. Ayah dan anak ini kelihatan kompak banget, bahkan sering pakai baju kembar.

Jadi Single Parent, Ini 6 Potret Seleb Cowok saat Mengasuh Anak (Sumber: Instagram//samuelrizal1/
Jadi Single Parent, Ini 6 Potret Seleb Cowok saat Mengasuh Anak (Sumber: Instagram//samuelrizal1/

2. Kedekatan Deddy Corbuzier dan Azka tidak perlu diragukan lagi. Dalam berbagi kesempatan, ayah dan ini memang kerap menghabiskan waktu bersama.

Jadi Single Parent, Ini 6 Potret Seleb Cowok saat Mengasuh Anak (Sumber: Instagram//mastercorbuzier/
Jadi Single Parent, Ini 6 Potret Seleb Cowok saat Mengasuh Anak (Sumber: Instagram//mastercorbuzier/

3. 4 tahun menduda, Sahrul Gunawan menikmati perannya sebagai single parent. Meski sibuk berbisnis, namun Sahrul selalu menyediakan waktu bersama ketiga buah hatinya.

Jadi Single Parent, Ini 6 Potret Seleb Cowok saat Mengasuh Anak (Sumber: Instagram//sahrulgunawanofficial/
Jadi Single Parent, Ini 6 Potret Seleb Cowok saat Mengasuh Anak (Sumber: Instagram//sahrulgunawanofficial/

4. Pelawak kondang Sule kini menjadi orangtua tunggal dari keempat buah hatinya. Mantan suami mendiang Lina ini mampu membuktikan bisa jadi orang tua tunggal untuk keempat anaknya.

Jadi Single Parent, Ini 6 Potret Seleb Cowok saat Mengasuh Anak (Sumber: Instagram/ferdinan_sule
Jadi Single Parent, Ini 6 Potret Seleb Cowok saat Mengasuh Anak (Sumber: Instagram/ferdinan_sule

5. Bercerai dari Liza Elly, Nicky Tirta mengurus buah hatinya seorang diri. Chef dan juga aktor ini terlihat asyik bermain bersama putri semata wayangnya.

Jadi Single Parent, Ini 6 Potret Seleb Cowok saat Mengasuh Anak (Sumber: Instagram/nickytirta/
Jadi Single Parent, Ini 6 Potret Seleb Cowok saat Mengasuh Anak (Sumber: Instagram/nickytirta/

6. Marcelino harus menjadi orangtua tunggal sejak bercerai dari Dewi Rezer. Tak ada sekat, kedekatan pemain sinetron 'Bidadari' dan kedua buah hatinya terasa hangat.

Jadi Single Parent, Ini 6 Potret Seleb Cowok saat Mengasuh Anak (Sumber: Instagram//marcelinolefrandt/
Jadi Single Parent, Ini 6 Potret Seleb Cowok saat Mengasuh Anak (Sumber: Instagram//marcelinolefrandt/

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RSPI Sulianti Saroso: 1 WNA Dipulangkan karena Negatif Corona

Posted: 04 Mar 2020 09:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, memulangkan seorang pasien warga negara asing (WNA) suspect corona. WNA tersebut dinyatakan negatif corona setelah dipantau sejak Selasa (3/3/2020) lalu.

"Ada yang pulang satu karena dinyatakan sembuh (negatif corona), warga negara asing," kata Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso dr. Mohammad Syahril di RSPI Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Kamis (5/3/2020).

Menurut Syahril, saat datang ke RSPI Sulianto Saroso, WNA tersebut sempat mengalami batuk sehingga patut dicurigai.

"Ketika masuk ke sini dia ada batuk, demam, dan datang dari daerah yang terkangkit. Orang yang kontak atau pergi ke daerah terjangkit belum tentu mereka positif," ucap Syahril.

Dua Orang Positif Corona

Sebelumnya, virus corona atau Covid-19 telah masuk Indonesia. Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan dua orang WNI positif terinfeksi di Jakarta. Ibu berusia 64 tahun dan anaknya yang berusia 31 tahun dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

"Begitu ada informasi bahwa orang Jepang yang ke Indonesia kemudian tinggal di Malaysia dan dicek di sana positif corona, tim dari Indonesia langsung telusuri. Orang Jepang ke Indonesia bertamu ke siapa, bertemu siapa ditelusuri dan ketemu. Ternyata orang yang terkena virus corona berhubungan dengan 2 orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun," tutur Jokowi.

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebut Foto Tara Basro Langgar UU ITE, Warganet Kritik Kominfo

Posted: 04 Mar 2020 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nama aktris Tanah Air Tara Basro baru-baru ini ramai diperbincangkan publik. Hal tersebut usai dirinya mengunggah beberapa foto yang menunjukkan kemolekan tubuhnya. Terlebih lagi, pada satu foto yang diunggahnya di Twitter, dia tampil tanpa mengenakan pakaian.

Namun alih-alih untuk pamer keseksian, Tara Basro mengunggah foto-foto tersebut sambil menyampai pesan untuk para pengikutnya untuk mencintai tubuh sendiri.

Tapi meski mengandung pesan baik, foto tersebut rupanya menjadi sorotan Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo. Tindakan Tara Basro mengunggah foto dirinya tanpa busana dinilai berpotensi dijerat pasal UU ITE.

"Kalau belum dihapus ya melanggar UU ITE pasal 27 ayat 1 karena mengandung unsur asusila, yaitu menampilkan ketelanjangan," kata Ferdinandus Setu, PLT Kepala Biro Humas Kominfo Kamis (5/3/2020) malam.

Dihapus

Pembukaan butik 'Tulola Jewelry' dan peluncuran webseries Tulola (Adrian Putra/Fimela.com)
Pembukaan butik 'Tulola Jewelry' dan peluncuran webseries Tulola (Adrian Putra/Fimela.com)

Tak berselang lama unggahan Tara di Twitter tak bisa diakses kembali oleh publik. Dengan kata lain unggahan tersebut telah dihapus. Hal ini kemudian diapresiasi oleh pihak Kominfo.

"Sudah di-take down, kami mengapresiasi langkah yang bersangkutan. Belum (menghubungi) itu atas inisiatif yang bersangkutan (untuk menghapus)" lanjut Ferdinandus.

Dikritik warganet

Tara Basro. (dok. Instagram @tarabasro/https://www.instagram.com/p/B0FnkkpnfqV//Adhita Diansyavira)
Tara Basro. (dok. Instagram @tarabasro/https://www.instagram.com/p/B0FnkkpnfqV//Adhita Diansyavira)

Rupanya pernyataan Kominfo tersebut mendapat beragam kritik dari pengguna media sosial.

"Kerahasiaan data pribadi konsumen apa pernah diurusin Kominfo? Udah banyak yang protes. Tapi tidak, Kemkominfo menganggap bahwa tubuh perempuan lebih berbahaya daripada penjualan data pribadi, lebih berbahaya daripada penipuan, lebih berbahaya daripada situs-situs radikal," ujar akun @glrhn.

"Hadeh kasian mba tara basro, niat pengen nyebarin mindset positive malah kegetok kominfo," timpal pemilik akun @igoprimas.

"Kominfo kaget bener lihat Tara Basro foto begitu doang. Dia ngga kaget apa ya, tiba2 dapet SMS menang undian tapi ga pernah sampe duitnya? Atau SMS nagih utang, padahal ngga pernah minjem online? Yhaaaa," komentar @Diniswah.

Sementara akun @_sweetyours menulis, " Tara Basro bukan menyebarkan pornografi, dia cuma mengingatkan para wanita untuk mencintai diri sendiri. Apa yang salah dengan kalian, Kominfo?"

Penyanyi Fiersa Besari pun turut memberikan komentarnya, melalui akun twitternya dia menulis "Tara Basro cuma pengin bilang bahwa enggak apa-apa untuk jadi manusia yang enggak sempurna. Setidaknya, itu yang saya tangkap. Membawa hal tersebut ke arah pornografi adalah bentuk kekakuan sistem yang cuma bisa melihat tubuh sebagai objek semata. Kecewa, tapi enggak kaget. Toh, sudah biasa kan? Kaku terhadap kebebasan berpendapat. Karet terhadap hal-hal yang mencemarkan nama baik."

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Penyebaran Virus Corona, 4 Negara Ini Lakukan Penutupan Sekolah

Posted: 04 Mar 2020 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu upaya pencegahan penyebaran Virus Corona COVID-19 yang dilakukan oleh pemerintah di sejumlah negara, adalah dengan cara menutup kegiatan belajar mengajar di sekolah. Hal tersebut terpaksa dilakukan untuk mencegah adanya pertemuan orang dalam jumlah banyak. 

Sebagai gantinya, ada beberapa dari mereka yang memberlakukan kegiatan belajar secara online, yang menjadi solusi paling efektif saat ini karena bisa dilakukan di mana saja, terutama di rumah. 

Berikut adalah beberapa negara yang melakukan penutupan sekolah untuk mencegah penyebaran Virus Corona (COVID-19).

1. Jepang

Ibu-ibu di Jepang membawa anaknya yang sementara tidak bersekolah, ke tempat kerja mereka.(AP Photo/Eugene Hoshiko)
Ibu-ibu di Jepang membawa anaknya yang sementara tidak bersekolah, ke tempat kerja mereka.(AP Photo/Eugene Hoshiko)

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan pada Kamis 27 Februari bahwa pemerintah akan meminta semua sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah tutup mulai dari 2 Maret hingga liburan musim semi, biasanya sekitar akhir Maret.

Berita itu muncul setelah seorang wanita yang bekerja sebagai pemandu bus wisata dites positif terkena Virus Corona untuk kedua kalinya, lapor pemerintah prefektur Osaka. Demikian seperti dikutip dari Channel News Asia, Kamis (27/2/2020).

"Pemerintah menganggap kesehatan dan keselamatan anak-anak di atas segalanya," kata Abe pada pertemuan gugus tugas pemerintah untuk menahan penyebaran COVID-19.

Liburan musim semi untuk sekolah umum biasanya dimulai akhir Maret di Jepang.

"Upaya untuk mencegah penyebaran infeksi di kalangan anak-anak sedang dilakukan di berbagai daerah," tambah Abe.

Banyak sekolah dasar negeri dan sekolah menengah pertama di Hokkaido utara ditutup pada hari Kamis karena atas perintah gubernur setempat selama sekitar satu minggu.

Kota Osaka juga mengatakan akan menutup taman kanak-kanak, sekolah dasar dan sekolah menengah dari Sabtu selama dua minggu.

Namun, kebijakan tersebut ternyata tak serta merta menghasilkan dampak yang baik. Dampak yang paling dirasakan oleh para orangtua adalah bahwa mereka harus memikirkan nasib anak mereka ketika para orangtua harus pergi bekerja. 

Keiko Kobayashi, seorang ibu yang membawa putranya berusia 7 tahun ke kantornya di Tokyo pada hari Senin setelah sekolahnya, seperti kebanyakan sekolah lain di Jepang, tiba-tiba ditutup selama empat minggu dalam upaya pemerintah untuk memperlambat penyebaran Virus Corona.

Dia menjadi salah satu yang beruntung karena perusahaannya setuju untuk membiarkan mereka membawa anaknya ke kantor. 

"Saya terkejut dengan berita penutupan sekolah, dan berpikir, apa yang harus saya lakukan?" kata Kobayashi, seorang manajer senior di penyedia layanan kepegawaian multinasional. "Tidak ada penjelasan tentang bagaimana ini akan bekerja."

2. Hong Kong

Siswa sekolah saat mengikuti aksi protes RUU anti-ekstradisi di Hong Kong (2/9/2019). Gerakan anti-pemerintah yang menuntut demokrasi dan penyelidikan independen atas brutalitas polisi ini diuji setelah liburan musim panas di daerah otonomi khusus China itu berakhir. (AP Photo/Kin Cheung)
Siswa sekolah saat mengikuti aksi protes RUU anti-ekstradisi di Hong Kong (2/9/2019). Gerakan anti-pemerintah yang menuntut demokrasi dan penyelidikan independen atas brutalitas polisi ini diuji setelah liburan musim panas di daerah otonomi khusus China itu berakhir. (AP Photo/Kin Cheung)

Sejumlah sekolah di Hong Kong sedang menghadapi tekanan untuk mengembalikan uang sekolah kepada orang tua murid karena anak-anak didiknya terpaksa tinggal di rumah akibat Virus Corona. 

Sekolah di sana telah ditutup sejak akhir Januari dan akan tetap ditutup hingga setidaknya 20 April 2020.

3. Italia

Seorang pria mengenakan masker berjalan di depan gereja San Biagio, Codogno, dekat Lodi, Italia Utara  (22/2/2020). Pihak berwenang Italia memerintahkan penutupan sekolah, bar, dan ruang publik lainnya di 12 kota, menyusul banyaknya kasus virus corona baru muncul di negara itu. (AP Photo/Luca Bruno)
Seorang pria mengenakan masker berjalan di depan gereja San Biagio, Codogno, dekat Lodi, Italia Utara (22/2/2020). Pihak berwenang Italia memerintahkan penutupan sekolah, bar, dan ruang publik lainnya di 12 kota, menyusul banyaknya kasus virus corona baru muncul di negara itu. (AP Photo/Luca Bruno)

Italia telah mengonfirmasi bahwa mereka akan menutup semua sekolah mulai Kamis selama 10 hari sebagai upaya pencegahan penyebaran Virus Corona. 

Tak hanya itu, semua acara olahraga profesional, termasuk pertandingan sepak bola Serie A, akan dimainkan secara tertutup selama sebulan.

 

4. Uni Emirat Arab

Burj Khalifa diterangi dengan slogan-slogan 'Wuhan jiayou' yang berarti 'Wuhan, semangat' di pusat Kota Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Minggu (2/2/2020). Hal tersebut untuk memberi semangat kepada China dalam perang melawan virus corona. (Xinhua/WAM)
Burj Khalifa diterangi dengan slogan-slogan 'Wuhan jiayou' yang berarti 'Wuhan, semangat' di pusat Kota Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Minggu (2/2/2020). Hal tersebut untuk memberi semangat kepada China dalam perang melawan virus corona. (Xinhua/WAM)

Mulai dari menunda acara berskala besar hingga menutup sekolah, Uni Emirat Arab mengambil langkah-langkah signifikan dalam upaya menghentikan penyebaran Virus Corona di negara itu.

Pada hari Rabu, Kementerian Pendidikan (MOE) UEA mengatakan di Twitter bahwa semua sekolah dan universitas akan ditutup selama empat minggu mulai dari Minggu, 8 Maret. Minggu kerja di Timur Tengah dimulai pada hari Minggu.

Fasilitas sekolah akan dibersihkan selama periode empat minggu, tulis kementerian.

Menurut surat kabar The National, MOE mengatakan liburan musim semi dua minggu, yang seharusnya dimulai pada 29 Maret, akan bergerak maju untuk dimulai pada hari Minggu. Siswa yang terdaftar di sekolah umum kemudian akan belajar dari rumah selama dua minggu ke depan.

"Sekolah swasta didorong untuk berbagi rencana pembelajaran jarak jauh mereka dengan orangtua & siswa," kata kementerian itu.

"Keputusan ini dibuat demi kepentingan kesehatan & keselamatan siswa dan komunitas pendidikan yang lebih luas di sekolah dan universitas," tambahnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Reuni dengan Frederika Alexis Cull, Miss Universe 2019 Sampai Bergoyang

Posted: 04 Mar 2020 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Miss Universe 2019 Zozibini Tunzi kembali datang ke Indonesia. Kehadirannya kali ini adalah untuk memenuhi undangan Yayasan Puteri Indonesia sekaligus tampil di acara malam Grand Final Puteri Indonesia 2020.

Ia tiba di Jakarta pada Kamis (5/3/2020) pagi di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, dan langsung disambut oleh Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull. Perempuan asal Afrika Selatan itu langsung bergoyang karena bisa bertemu kembali dengan rekannya di masa karantina Miss Universe 2019.

Keakraban mereka terlihat lewat unggahan Insta Story keduanya. Dalam potret yang diunggah Zozi, biasa dipanggil, terlihat ia dan Fred memamerkan wajah yang konyol. Sementara, Fred mengunggah sepotong video yang berisi sapaan hangat Zozi kepada teman Indonesianya.

Zozi bahkan sampai menggoyang-goyangkan badannya saking senangnya bertemu kembali dengan salah satu jajaran 10 besar Miss Universe 2019 itu. Berkali-kali ia mengucapkan 'reunited' saat menimpali Fred yang sedang menyapa para pengikut Instagramnya.

"You look so beautiful. hi everyone," ujar Zozi memuji Fred yang saat itu mengenakan gaun off shoulder hitam.

Dari bandara, keduanya langsung beranjak ke pusat kota. Ternyata, Zozi dan Fred telah ditunggu perwakilan dari Yayasan Puteri Indonesia dan desainer kebaya kenamaan Anne Avantie. 

Seakan menjadi tradisi, seluruh Miss Universe yang datang ke Indonesia dalam malam puncak Pemilihan Puteri Indonesia, akan mengenakan kebaya rancangan perempuan asal Semarang tersebut. Kira-kira, bagaimana penampilan Zozi saat berbalut kebaya nanti ya?

Miss Supranational dan Miss International

Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull dan Miss Universe 2019 Zozibini Tunzi. (dok. Insta Story Frederika Cull/https://www.instagram.com/stories/frederikacull/Dinny Mutiah)
Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull dan Miss Universe 2019 Zozibini Tunzi. (dok. Insta Story Frederika Cull/https://www.instagram.com/stories/frederikacull/Dinny Mutiah)

Kedatangan Zozi melengkapi jajaran para pemenang ajang kecantikan internasional yang lebih dulu hadir di Jakarta. Miss Supranational 2019 Anntonia Porsild tiba di Jakarta pada Rabu, 4 Maret 2020. Ia disambut sesama rekannya dalam kontes kecantikan yang berlangsung di Polandia, beberapa bulan lalu, Jessica Fitriana.

Sementara, Puteri Indonesia Lingkungan Jolene Marie menyambut kehadiran Miss International 2019 Bint Sireethorn. Ia datang dengan memakai masker dan membawa sebuah boneka kesayangan.

Ketiga tamu itu rencananya akan ikut serta dalam malam puncak Pemilihan Puteri Indonesia 2020 yang akan berlangsung di JCC Jakarta pada Jumat, 6 Maret 2020. Siapa yang akan bawa pulang mahkota? 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gara-Gara Corona, Penjualan Mobil di Negara Ini Anjlok hingga 80 Persen

Posted: 04 Mar 2020 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Penjualan ritel mobil penumpang di Cina mengalami penurunan besar sepanjang Februari 2020. Hal tersebut, dikarenakan wabah virus Corona yang terjadi di pasar kendaraan roda empat terbesar di dunia tersebut.

Melansir Reuters, menurut Asosiasi Mobil Penumpang Cina (CPCA), secara keseluruhan penjualan mobil di Negeri Tirai Bambu ini turun 80 persen. Namun, tidak disebutkan berapa angka penjualan penuh selama bualn kedua tahun ini.

Salah satu raksasa otomotif asal Jepang, Toyota melaporkan penjualannya selama Fabruari 2020 hanya sebanyak 23.800 unit, dan itu sudah termasuk Toyota dan Lexus. Angka tersebut, turun sebanyak 70 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Selain itu, pasar mobil terbesar di dunia ini juga bersiap untuk dampak yang lebih besar karena penyebaran Covid-19, yaitu terganggunya rantai pasokan global, dan mengurangi permintaan konsumen.

Saingan Toyota, General Motors (GM) sebagai produsen mobil asing terbesar kedua di Cina mengatakan, industri otomotif Cina akan menghadapi tantangan serus pada kuartal pertama tahun ini.

Namun, kondisi akan mulai membaik memasuki kuartal kedua. Menurut Presiden GM Cina, Matt Tsien, dalam postingan resmi di akun WeChat GM.

Pabrikan asal Amerika Serikat ini juga berharap, penjualan mobil di Cina akan mengalami pertumbuhan di paruh kedua tahun ini.

Keterlaluan, Dealer Ini Manfaatkan Isu Virus Corona untuk Jualan Mobil

Isu virus corona yang tersebar di berbagai belahan dunia dimanfaatkan oleh orang-orang tak bertanggung jawab. Misalkan saja penimbun masker, yang membuat harga masker melambung tinggi.

Selain itu, dealer mobil bekas 2 Cheap Cars yang berlokasi di Selandia Baru memanfaatkan momen ini sebagai ajang promosi. Mereka mempublikasikan iklan agar konsumen yang tengah ketakutan akan penyebaran penyakit, untuk datang ke dealer dan membeli mobilnya.

Iklan tersebut dipasang berbayar pada Reddit. Sehingga semua pembuka laman sosial media ini akan membacanya tanpa perlu punya ketertarikan khusus. Dalam berita yang disampaikan Stuff NZ, disebut ada gambar yang menunjukkan seorang pria menggunakan masker dalam kereta. Pria ini tampak menahan mulutnya. Gambarnya mungkin biasa, namun kalimat penyertanya yang provokatif. "Khawatir gunakan transportasi umum? Kami punya banyak mobil di bawah Rp 40 jutaan dengan cicilan mulai Rp 200 ribuan per minggu."

Cara ini tentu tak elok mengingat puluhan ribu warga di seluruh dunia, sudah terinfeksi. Tercatat 73 Negara termasuk Selandia Baru dan Indonesia, sudah mengonfirmasi penyebaran virus corona di wilayahnya. Memanfaakan kepanikan sebagai metode mencari keuntungan, bukanlah tindakan yang manusiawi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beredar Kabar Pasien Suspect Virus Corona di Kupang Tak Mau Dirujuk, Begini Faktanya

Posted: 04 Mar 2020 09:02 PM PST

Liputan6.com, Kupang - Warga Kupang, NTT, beberapa hari terakhir dibuat heboh dengan berkembangnya kabar, bahwa ada satu orang di daerah tersebut yang terpapar virus corona (Covid-19) usai pulang dari Singapura-Batam. Informasi tersebut secara cepat beredar luas melalui pesan berantai di aplikasi Whatsapp dan media sosial lainnya.

Kabar tersebut pertama kali diunggah pemilik akun Facebook Marche Nawa yang mengatakan, ada seorang perempuan berinisial RID (26) warga Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT, positif virus corona (Covid-19). Kabar tersebut langsung dibantah RID sendiri, bahkan dirinya langsung melaporkan kabar bohong alias hoaks tersebut kepada pihak kepolisian.

Kepada polisi Polda NTT, RID mengakui punya riwayat perjalanan ke Batam pada 23-29 Februari 2020 lalu untuk mengikuti rapat yang diutus langsung oleh perusahaannya. Saat pulang ke Kupang, dirinya mengaku mengalami sakit demam, batuk serta flu.

Selasa (3/3/2020) sekitar pukul 10.00 Wita, RID berobat ke Puskesmas Kota Kupang untuk memeriksa kesehatan dan meminta surat keterangan.

"Niat awalnya saya mau minta surat keterangan dokter untuk istrahat karena saya flu dan batuk," ujarnya kepada Liputan6.com. Kamis (5/3/2020).

Kepada perawat, RID mengaku setelah dari Batam, dirinya juga sempat ke Singapura beberapa jam.

"Begitu saya bilang kalau saya sempat ke Singapura maka perawat langsung diam dengan ekspresi lain," ujarnya.

Setelah mengaku demikian, dirinya pun dianjurkan dirujuk ke RSU Prof Dr WZ Yohanes Kupang. "Karena saya hanya batuk dan flu maka saya batal ke RSU, saya langsung pulang untuk istrahat. Sorenya saya kaget kalau banyak postingan yang menuduh saya sebagai orang yang terjangkit virus corona," katanya.

RID hanya berharap polisi bisa menemukan pelaku yang menyebarkan informasi hoaks tersebut.

Sementara itu, Kasubdit V/Cyber Crime Dit Reskrimsus Polda NTT, Kompol Fisie Rahmat Putra, mengaku telah memeriksa sejumlah saksi atas laporan dugaan penyebaran hoaks virus corona tersebut.

"Kita akan minta keterangan akun pengunggah informasi tersebut. Prosesnya tetap berlanjut," katanya. 

 

Isi Unggahan

Berikut tulisan akun Facebook Marche Nawa yang viral tersebut:

"Syalom bapak/mama/saudara semua, mohon ijin dan bantuan. Saya meneruskan informasi update dari Kepala Puskesmas Oebobo dan pihak Dinkes Kota Kupang pada pagi ini. Bapak/mama/saudara mohon bantuan untuk dapat memberikan informasi alamat lengkap terhadap salah seorang warga (Kecamatan) Oebobo, yang baru pulang dari Singapura-Batam (dicurigai terpapar virus corona). Kemarin datang berobat ke Puskesmas Oebobo, lalu diarahkan ke RS (RSU) Johannes. Ternyata dari pagi ini, Tim dari Dinkesmelacak untuk diidentifikasi, ternyata pasien kemarin tidak ke RS Johannes. Jadi mohon bantuan kita bersama untuk 'Melacak' Pasien ini. Terima Kasih, Selamat Bersyukur dan Beraktivitas. TYB KITONG SEMUA.

"Pasien atas nama RID (red), 26 tahun/p. Alamat: Oebobo. Keluhan: demam, batuk, pilek. Sudah batuk pilek katanya sejak dari batam.Riwayat baru pulang dari Batam dan Singapura tanggal 27 februari 2020. Saya kemarin langsung arahkan pasien untuk ke RSU Yohannes."

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Banjir, Pemkab Sidoarjo Terus Normalisasi Sungai

Posted: 04 Mar 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, fokus mengendalikan banjir di dua desa di Kecamatan Tanggulangin yang sudah berlangsung selama beberapa pekan dengan melakukan normalisasi sungai setempat.

Kepala BPBD Kabupaten Sidoarjo Dwidjo Prawito mengatakan normalisasi dengan menggunakan alat berat terus dilakukan, supaya di Desa Kedungbanteng dan Banjarasri segera teratasi, di Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu, 4 Maret 2020, 

"Kami juga melakukan upaya lain, yakni melakukan penanggulangan di sisi selatan desa supaya air tidak turut masuk ke tempat warga," ujarnya ketika dikonfirmasi perihal banjir yang melanda wilayah itu selama dua bulan.

Ia mengakui, saat ini banjir yang terjadi di dua desa itu sudah mulai berangsur surut karena sejak beberapa hari hujan yang turun tidak begitu deras, dilansir dari Antara.

"Kami juga mengoperasikan beberapa unit pompa untuk membantu mengalirkan banjir ke sungai yang sudah dilakukan pengerukan atau normalisasi," tambahnya.

Ia mengatakan, Pemkab Sidoarjo juga memperpanjang masa tanggap darurat yang telah berakhir pada 3 Maret 2020 yakni ditambah 14 hari ke depan.

"Setelah kami evaluasi masa tanggap darurat diperpanjang 14 hari lagi, karena masih ada beberapa lokasi yang tergenang air yakni di depan KUD Mina Dwi Samudra," sebutnya di Sidoarjo.

 

Banjir Sudah Berkurang

Pekerja menggunakan alat berat untuk mengeruk lumpur dan sampah yang mengendap di anak Sungai Ciliwung, Jakarta, Jumat (26/1). Pengerukan dilakukan untuk mencegah pendangkalan sungai. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Pekerja menggunakan alat berat untuk mengeruk lumpur dan sampah yang mengendap di anak Sungai Ciliwung, Jakarta, Jumat (26/1). Pengerukan dilakukan untuk mencegah pendangkalan sungai. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Ia mengemukakan, untuk dapur umum saat ini memang ditiadakan mengingat kondisi air banjir di sebagian titik sudah mulai surut. "Nanti akan kami lakukan evaluasi lagi bagaimana kondisi terbarunya, kemudian bisa dilakukan tindakan selanjutnya," tambahnya.

Dari pantauan di lokasi jalan di depan KUD Mina Dwi Samudra ketinggian banjir sudah berkurang, yang sebelumnya 30 centimeter kini menjadi 20 centimeter.

Beberapa warga juga memasang pompa air untuk mengurangi air yang menggenang halaman dan juga jalan di depan SMP Negeri 2 Tanggulangin.

Sebelumnya, bantuan bahan pokok disalurkan oleh Polresta Sidoarjo sebanyak 1.200 paket kepada warga terdampak banjir. Bantuan tersebut diharapkan mampu mengurangi derita korban banjir yang terjadi di wilayah tersebut.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Shopee Liga 1 2020: Duel Persija vs Persebaya Ditunda

Posted: 04 Mar 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pekan kedua Shopee Liga 1 2020 minus satu pertandingan. Duel yang dimaksud adalah pertandingan Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya.

Duel antara Persija vs Persebaya di Shopee Liga 1 2020 ini seharusnya dijadwalkan pada hari Sabtu di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Namun harus dibatalkan karena Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyetop izin keramaian selama ada isu virus Corona.

Namun, untuk pertandingan lainnya di pekan kedua Shopee Liga 1 2020 tetap berjalan sesuai jadwal. Hal itu dipastikan Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru, Cucu Somantri.

"Penundaan (Persija vs Persebaya) karena ada surat dari Gubernur DKI Jakarta. Di tempat lain, saya rasa sudah sejalan dengan pemerintah pusat, saya percaya kepada pemda. Ini jangan dijadikan momok," ucap Cucu.

Lihat jadwal pekan kedua Shopee Liga 1 2020 di halaman selanjutnya.

 

Jadwal Shopee Liga 1 2020

Pemain Persita Tangerang saat launching di Gading Serpong, Tangerang, Rabu, (26/2/2020). Jelang bergulirnya Shopee Liga 1 2020 Tim berjuluk Pendekar Cisadane ini memperkenalkan tim, jersey hingga logo baru. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Pemain Persita Tangerang saat launching di Gading Serpong, Tangerang, Rabu, (26/2/2020). Jelang bergulirnya Shopee Liga 1 2020 Tim berjuluk Pendekar Cisadane ini memperkenalkan tim, jersey hingga logo baru. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Jumat 6 Maret 2020

15.30 WIB, Persita Tangerang vs PSM Makassar (O Channel)

15.30 WIB, Persik Kediri vs Bhayangkara FC (Vidio)

18.30 WIB, Barito Putera vs Bali United, (Indosiar)

 

Jadwal Selanjutnya

Sabtu 7 Maret 2020

15.30 WIB, Persela Lamongan vs PSIS Semarang (O Channel)

15.30 WIB, Borneo FC vs Persipura Jayapura (Vidio)

Persija vs Persebaya (BATAL)

 

Jadwal Selanjutnya

Minggu 8 Maret 2020

15.30 WIB, Arema FC vs Persib Bandung (Indosiar)

18.30 WIB, PSS Sleman vs Tira Persikabo (Indosiar)

Senin, 9 Maret 2020

18.30 WIB, Madura Utd vs Persiraja (O Channel)

Klasemen Shopee Liga 1 2020

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Batasi Virus Corona, Microsoft Minta Karyawan Kerja dari Rumah

Posted: 04 Mar 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan software terkemuka Microsoft meminta para karyawannya untuk bekerja dari rumah untuk membatasi peredaran wabah virus corona. Apalagi kini virus corona mulai mewabah di Amerika Serikat.

Microsoft meminta sebagian besar karyawan yang bekerja di area Seattle dekat dengan kantor pusat dan San Francisco Bay Area untuk bekerja dari rumah, jika dirasa memungkinkan.

Perusahaan menyarankan karyawannya untuk kerja dari rumah hingga 25 Maret mendatang.

Mengutip laman Reuters, Kamis (5/3/2020), Wakil Presiden Eksekutif Microsoft, Kurt DelBene, mengatakan langkah ini diambil untuk memastikan keselamatan karyawannya.

"Mengambil langkah ini akan memastikan keselamatan Anda dan juga membuat tempat kerja lebih aman bagi mereka yang perlu berada di kantor," kata DelBene dalam sebuah unggahan blog-nya.

DelBene mengatakan, sejumlah karyawan Microsoft yang memang perlu bekerja di kantor antara lain adalah mereka yang bertugas menangani data center dan retail.

Para karyawan bagian tersebut dianggap perlu bekerja di kantor. Perusahaan juga menyebut, pihaknya mengikuti langkah anjuran dari pemerintah untuk membersihkan kantor dengan disinfektan, demi keselamatan para karyawan.

Tunda Perjalanan Dinas

Papan Nama Booth Microsoft di Computex 2017. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Papan Nama Booth Microsoft di Computex 2017. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Microsoft juga meminta para karyawan untuk menunda atau membatalkan perjalanan bisnis ke berbagai tempat. Kecuali memang benar-benar harus bepergian demi kelangsungan operasional perusahaan.

Perusahaan juga memerintahkan karyawan untuk membatalkan perjalanan yang tidak terlalu penting ke area-area yang terdampak aktif virus corona. Misalnya ke sejumlah negara-negara di Eropa, Asia, dan Amerika.

Para karyawan juga tidak diharuskan untuk bepergian jika mereka merasa khawatir akan penyebaran virus corona.

Diminta Tak Terlalu Lama Berkumpul

Han Yi, petugas medis dari Provinsi Jiangsu, bekerja di bangsal ICU Rumah Sakit Pertama Kota Wuhan di Wuhan, Provinsi Hubei, 22 Februari 2020. Para tenaga medis dari seluruh China telah mengerahkan upaya terbaik mereka untuk mengobati para pasien COVID-19 di rumah sakit tersebut. (Xinhua/Xiao Yijiu)
Han Yi, petugas medis dari Provinsi Jiangsu, bekerja di bangsal ICU Rumah Sakit Pertama Kota Wuhan di Wuhan, Provinsi Hubei, 22 Februari 2020. Para tenaga medis dari seluruh China telah mengerahkan upaya terbaik mereka untuk mengobati para pasien COVID-19 di rumah sakit tersebut. (Xinhua/Xiao Yijiu)

Microsoft pun menerapkan pedoman baru bagi karyawan yang datang ke kantor.

"Microsoft merekomendasikan untuk membatasi interaksi terlalu dekat yang berdurasi lama dengan orang-orang. Pertemuan tatap muka diharapkan dilakukan sesingkat mungkin dengan jarak setidaknya 1,8 meter dari orang lain," kata Microsoft.

Sekadar informasi, di wilayah Seattle, jumlah kasus positif virus corona meningkat hingga 39 kasus dengan total kematian 10 kasus. Jumlah ini naik dari hari sebelumnya, yakni 27 kasus dan 9 kematian.

Seattle masuk ke area dengan kasus corona terbesar di Amerika Serikat. Sejumlah kasus terdapat di fasilitas hunian tinggal lansia.

(Tin/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Bahas Pengelolaan Sampah, Menteri ESDM Temui Pimpinan KPK

Posted: 04 Mar 2020 09:00 PM PST

Menteri ESDM Arifin Tasrif (kanan) turun dari mobil saat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (5/3/2020). Arifin Tasrif akan menggelar rapat koordinasi dengan Pimpinan KPK membahas pengelolaan sampah menjadi tenaga listrik untuk menghindari praktik tindak pidana korupsi. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Menteri ESDM Arifin Tasrif (kanan) turun dari mobil saat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (5/3/2020). Arifin Tasrif akan menggelar rapat koordinasi dengan Pimpinan KPK membahas pengelolaan sampah menjadi tenaga listrik untuk menghindari praktik tindak pidana korupsi. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Menteri ESDM Arifin Tasrif (kanan) turun dari mobil saat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (5/3/2020). Arifin Tasrif akan menggelar rapat koordinasi dengan Pimpinan KPK membahas pengelolaan sampah menjadi tenaga listrik untuk menghindari praktik tindak pidana korupsi. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Menteri ESDM Arifin Tasrif (tengah) saat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (5/3/2020). Arifin Tasrif akan menggelar rapat koordinasi dengan Pimpinan KPK membahas pengelolaan sampah menjadi tenaga listrik untuk menghindari praktik tindak pidana korupsi. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Menteri ESDM Arifin Tasrif (tengah) saat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (5/3/2020). Arifin Tasrif akan menggelar rapat koordinasi dengan Pimpinan KPK membahas pengelolaan sampah menjadi tenaga listrik untuk menghindari praktik tindak pidana korupsi. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Menteri ESDM Arifin Tasrif (tengah) saat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (5/3/2020). Arifin Tasrif akan menggelar rapat koordinasi dengan Pimpinan KPK membahas pengelolaan sampah menjadi tenaga listrik untuk menghindari praktik tindak pidana korupsi. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Menteri ESDM Arifin Tasrif (kiri) saat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (5/3/2020). Arifin Tasrif akan menggelar rapat koordinasi dengan Pimpinan KPK membahas pengelolaan sampah menjadi tenaga listrik untuk menghindari praktik tindak pidana korupsi. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Menteri ESDM Arifin Tasrif (kiri) saat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (5/3/2020). Arifin Tasrif akan menggelar rapat koordinasi dengan Pimpinan KPK membahas pengelolaan sampah menjadi tenaga listrik untuk menghindari praktik tindak pidana korupsi. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Menteri ESDM Arifin Tasrif (kiri) saat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (5/3/2020). Arifin Tasrif akan menggelar rapat koordinasi dengan Pimpinan KPK membahas pengelolaan sampah menjadi tenaga listrik untuk menghindari praktik tindak pidana korupsi. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Menteri ESDM Arifin Tasrif (kiri) saat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (5/3/2020). Arifin Tasrif akan menggelar rapat koordinasi dengan Pimpinan KPK membahas pengelolaan sampah menjadi tenaga listrik untuk menghindari praktik tindak pidana korupsi. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Menteri ESDM Arifin Tasrif (kiri) saat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (5/3/2020). Arifin Tasrif akan menggelar rapat koordinasi dengan Pimpinan KPK membahas pengelolaan sampah menjadi tenaga listrik untuk menghindari praktik tindak pidana korupsi. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Menteri ESDM Arifin Tasrif (kiri) saat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (5/3/2020). Arifin Tasrif akan menggelar rapat koordinasi dengan Pimpinan KPK membahas pengelolaan sampah menjadi tenaga listrik untuk menghindari praktik tindak pidana korupsi. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Menteri ESDM Arifin Tasrif saat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (5/3/2020). Arifin Tasrif akan menggelar rapat koordinasi dengan Pimpinan KPK membahas pengelolaan sampah menjadi tenaga listrik untuk menghindari praktik tindak pidana korupsi. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Menteri ESDM Arifin Tasrif saat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (5/3/2020). Arifin Tasrif akan menggelar rapat koordinasi dengan Pimpinan KPK membahas pengelolaan sampah menjadi tenaga listrik untuk menghindari praktik tindak pidana korupsi. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Menteri ESDM Arifin Tasrif saat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (5/3/2020). Arifin Tasrif akan menggelar rapat koordinasi dengan Pimpinan KPK membahas pengelolaan sampah menjadi tenaga listrik untuk menghindari praktik tindak pidana korupsi. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: