Jumat, 20 Maret 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Gejala Penyakit Cemas Berlebihan dan Cara Mengatasinya yang Efektif

Posted: 20 Mar 2020 12:30 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gejala penyakit cemas berlebihan kerap kali diabaikan oleh banyak orang. Padahal, penyakit cemas berlebihan ini merupakan gangguan mental yang serius dan dapat menyebabkan berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari seseorang.

Sebenarnya, kecemasan merupakan reaksi normal saat kamu mengalami stres. Namun, jika rasa cemas terjadi berlebihan dan secara terus menerus dapat memberikan dampak buruk terhadap tubuh. Kecemasan ini dapat dialami dari berbagai hal, seperti takut terserang penyakit hingga saat akan mengambil atau menerima keputusan yang berat.

Gejala penyakit cemas berlebihan perlu dikenali agar bisa segera ditangani. Penyakit yang disebut juga dengan anxiety disorder ini bisa dikendalikan dengan penanganan yang tepat. Oleh karena itu, kamu perlu untuk tenang dan mengontrol diri.

Penyakit gangguan kecemasan atau cemas berlebihan sendiri terdiri dari beberapa jenis, yaitu serangan panik, gangguan kecemasan umum, gangguan kecemasan sosial, dan fobia atau rasa takut yang berlebihan terhadap sesuatu, contohnya takut berada di ketinggian.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (20/3/20200 tentang gejala penyakit cemas berlebihan. 

Penyebab Penyakit Cemas Berlebihan

Sebelum mengenali gejala penyakit cemas berlebihan, kamu tentunya harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Cemas berlebihan atau gangguan kecemasan merupakan salah satu gangguan mental yang serius. Kondisi ini dapat disebabkan oleh adanya masalah pada fungsi otak yang mengatur rasa takut dan emosi.

Berikut beberapa faktor yang dapat memengaruhi seseorang terkena penyakit cemas berlebihan:

- Trauma psikologis atau pengalaman negatif yang menyebabkan stres.

- Keturunan.

- Gangguan kepribadian.

- Efek samping obat atau zat tertentu, termasuk kafein dan narkoba.

- Penyakit tertentu, seperti gangguan irama jantung dan penyakit tiroid.

 

Gejala Penyakit Cemas Berlebihan

Cemas Berlebihan (ATCHARIN SIMALHEK/Shutterstock)
Cemas Berlebihan (ATCHARIN SIMALHEK/Shutterstock)

Penyakit cemas berlebihan memang terdiri dari beberapa jenis yang telah disebutkan sebelumnya. Namun, secara umum, semua jenis gangguan kecemasan memiliki gejala yang sama, yaitu:

- Merasa kesulitan, panik, atau takut.

- Tidak bisa tenang atau tetap diam.

- Jantung berdebar-debar

- Tangan dan kaki terasa dingin, berkeringat, mati rasa, atau kesemutan.

- Sesak napas.

- Merasa pusing.

- Mulut kering.

- Mual.

Sedangkan, jika kamu mengalami gangguan kecemasan umum yang merupakan sakah satu jenis gejala cemas berlebihan, kamu akan mengalami tanda-tanda sebagai berikut:

- Mudah lelah.

- Selalu merasa gelisah.

- Mudah marah.

- Sulit berkonsentrasi atau mengosongkan pikiran.

- Otot terasa tegang.

- Gangguan tidur.

- Sulit mengendalikan rasa cemas.

- Merasa sakit hati atau "berada di ujung tanduk".

Cara Mengatasi Penyakit Cemas Berlebihan

Cara mengatasi penyakit cemas berlebihan biasanya dilakukan dengan psikoterapi. Berikut beberapa jenis psikoterapi untuk mengatasi penyakit cemas berlebihan:

Psikoterapi. Cara mengatasi penyakit cemas berlebihan yang pertama adalah dengan psikoterapi. Psikoterapi membantu kamu menceritakan apa yang kamu rasakan. Psikoterapi juga bisa memberikan saran tentang bagaimana memahami serta mengatasi gangguan kecemasan yang kamu alami.

Terapi perilaku kognitif. Ini merupakan jenis psikoterapi di mana terapis akan mengajarkan kamu bagaimana mengenali dan mengubah pola pikir, serta perilaku yang dapat memicu kecemasan berlebihan.

Terapi mengelola stres. Terapi mengelola stres dengan relaksasi atau meditasi dapat membantu mengatasi kecemasan berlebihan pada seseorang.

Selain itu, penggunaan obat-obatan juga dapat diterapkan sesuai dengan petunjuk dokter. Dukungan keluarga juga sangat penting dalam pemulihan seseorang dari gangguan kecemasan berlebihan.

Cara Mengendalikan Penyakit Cemas Berlebihan

Ilustrasi jogging. (Photo by Fitsum Admasu on Unsplash)
Ilustrasi jogging. (Photo by Fitsum Admasu on Unsplash)

Selain dengan melakukan psikoterapi, kamu juga bisa melakukan beberapa tindakan untuk mengendalikan atau mengurangi penyakit cemas berlebihan ini, seperti:

- Menjalankan pola makan yang sehat dan benar.

- Berolahraga teratur, seperti jogging, senam aerobik, dan bersepeda, dapat membantu melepaskan zat kimia otak untuk mengurangi stres dan memperbaiki suasana hati.

- Tidur tepat waktu dan bicaralah dengan dokter jika mengalami gangguan tidur.

- Mengurangi makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, minuman berenergi, atau minuman berkarbonasi. Kafein dapat memperburuk gejala gangguan kecemasan.

- Hindari mengonsumsi minuman beralkohol, obat-obatan terlarang, dan merokok karena bisa memperparah gangguan kecemasan yang dialami.

- Menceritakan kecemasan yang kamu alami kepada orang lain atau pun orang terdekat agar lebih tenang

Penyakit cemas berlebihan ini tidak bisa hilang begitu saja tanpa adanya penanganan medis. Apalagi, pengobatan penyakit cemas berlebihan dan gangguan mental lainnya akan lebih mudah dilakukan di awal saat gejala belum memburuk. Jadi, jika kamu mengalami gangguan mental, seperti penyakit cemas berlebihan ini, segera hubungi dokter atau psikiater agar gejala yang kamu rasakan bisa diredakan secepatnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bursa Transfer: Chelsea Buka Peluang Boyong Philippe Coutinho

Posted: 20 Mar 2020 12:30 AM PDT

Liputan6.com, London - Chelsea membuka peluang merekrut pemain baru ke Stamford Bridge Staium, pada bursa transfer mendatang. Tidak tanggung-tangung, mereka berniat memboyong Philippe Coutinho.

Saat ini, Coutinho sedang menjalani masa pinjaman ke klub asal Jerman, Bayern Munchen. Untuk mendapatkan gelandang serang asal Brasil tersebut, Liverpool harus menyerahkan lebih dari 100 juta pound sterling ke rekening Barcelona.

The Blues, sebutan Chelsea, pun mempertimbangkan meminang Coutinho, meski mereka sudah mendapatkan Hakim Ziyech dari Ajax Amsterdam seharga 33 juta pound sterling. Ziyech sendiri mendapat kontrak selama lima tahun.

"Kami saat ini mempertimbangkan apa yang terjadi jika musim diperpanjang," bunyi pernyataan resmi Chelsea dikutip dari situs resmi klub.

Disebutkan oleh Mirror, yang dikutip dari AS, manajer Chelsea, Frank Lampard sudah melakukan diskusi awal dengan pihak Barcelona dan agen dari Coutinho.

 

Barcelona Butuh Uang

Pemain Bayern Munchen Philippe Coutinho (kiri) dan pemain Tottenham Hotspur Moussa Sissoko merebut bola pada pertandingan Grup B Liga Champions di Munich, Jerman, Rabu (11/12/2019). Munchen mengalahkan Tottenham 3-1. (Odd ANDERSEN/AFP)
Pemain Bayern Munchen Philippe Coutinho (kiri) dan pemain Tottenham Hotspur Moussa Sissoko merebut bola pada pertandingan Grup B Liga Champions di Munich, Jerman, Rabu (11/12/2019). Munchen mengalahkan Tottenham 3-1. (Odd ANDERSEN/AFP)

Peluang Chelsea mendapatkan Coutinho terbilang besar. Pasalnya, mereka membutuhkan uang tambahan untuk membawa kembali striker Paris Saint-Germain (PSG), Neymar ke Camp Nou.

Barcelona pun disebut oleh beberapa media Spanyol sudah siap melepas Coutinho. Los Blaugrana rela melepas pria berusia 27 tahun tersebut karena penampilannya tidak sesuai dengan gaya bermain Lionel Messi.

Selama memperkuat Barcelona sejak dibeli Liverool, Coutinho hanya mampu mencetak 21 gol dan 11 assist dari 76 pertandingan.

 

Statistik Coutinho

Berikut statistik Philippe Coutinho selama masa pinjaman bersama Bayern Munchen:

Main: 32

Menit main: 2.036

Gol: 9

Assist: 8

Kartu kuning: 0

Kartu merah: 0

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Tutup 56 Kawasan Konservasi untuk Cegah Penyebaran Covid-19

Posted: 20 Mar 2020 12:30 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah menutup 56 kawasan konservasi untuk kunjungan wisata sebagai bagian dari upaya mencegah penyebaran virus corona penyebab Covid-19.

Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Wiratno menjelaskan, penutupan kawasan konservasi mencakup 26 taman nasional (TN), 27 taman wisata alam (TWA), dan tiga suaka margasatwa (SM).

Kawasan konservasi yang ditutup antara lain TN Gunung Leuser di Aceh; TN Bukit Duabelas, TN Berbak Sembilang, dan TN Kerinci Seblat di Jambi; TN Bukit Tigapuluh di Riau; TN Way Kambas di Lampung; TN Kepulauan Seribu di DKI Jakarta; TN Gunung Halimun Salak di Banten; TN Gunung Ciremai di Cirebon-Kuningan; dan TN Gunung Gede Pangrango di Sukabumi dan Cianjur.

TN Karimunjawa, TN Merbabu, dan TN Gunung Merapi di Jawa Tengah; TN Bromo Tengger Semeru dan TN Alas Purwo di Jawa Timur; TN Gunung Rinjani dan TN Gunung Tambora di Nusa Tenggara Barat; serta TN Gunung Palung dan TN Bukit Baka Bukit Raya di Kalimantan Barat juga ditutup.

Penutupan kawasan konservasi dari kunjungan wisatawan pun dilakukan di TN Tanjung Puting dan TN Sebangau di Kalimantan Tengah; TN Kutai di Bontang; TN Bantimurung Bulusaraung dan TN Taka Bonerate di Sulawesi Selatan; TN Aketajawe Lolobata di Maluku Utara; dan TN Lore Lindu di Sulawesi Tengah, di tengah wabah Covid-19.

Sementara taman wisata alam yang ditutup di antaranya TWA Grojogan Sewu di Karanganyar, TWA Telogo Warno/Pengilon di Wonosobo, TWA Sumber Semen di Rembang, TWA Gunung Selok di Cilacap; TWA Guci di Tegal, TWA Kawah Ijen di Jawa Timur, TWA Bukit Kelam di Sintang, TWA Tanjung Belimbing di Kalimantan Barat, TWA Bukit Tangkiling di Kalimantan Tengah, TWA Tanjung Keluang di Kalimantan Tengah, TWA Malino di Sulawesi Selatan, dan TWA Lejja di Sulawesi Selatan.

TWA 17 Pulau Riung, TWA Baumata, TWA Gugus Pulau Teluk Maumere, TWA Menipo, TWA Camplong, TWA Bipolo, TWA Teluk Kupang, TWA Ruteng, TWA Pulau Rusa, TWA Pulau Lapang, TWA Pulau Batang, dan TWA Tuti Adagae di Nusa Tenggara Timur; TWA Wera di Sigi; TWA Bancea di Poso, dan TWA Pulau Tokobae di Morowali Utara juga ditutup.

Selain itu, pemerintah menutup Suaka Margasatwa Pulau Rambut dan Muara Angke di Jakarta serta Suaka Margasatwa Pinjan Tanjung Matop di Tolitoli-Sulawesi Tengah.

"Khusus untuk Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur, kami juga menutup kunjungan kapal pesiar, mengingat cruise (kapal pesiar) biasa sandar langsung di dermaga Pulau Komodo, dan membawa wisatawan dalam jumlah banyak. Di sisi lain, Balai TN Komodo belum memiliki peralatan deteksi dini virus corona yang memadai," kata Wiratno soal upaya pencegahan penyebaran Covid-19, seperti dilansir Antara, Jumat (20/3/2020).

 

Evaluasi

Dia mengatakan, aparat pemerintah di 74 Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam dan Taman Nasional juga akan mengevaluasi penutupan kunjungan ke lembaga konservasi umum, termasuk kebun binatang, taman satwa, dan penangkaran satwa liar jika diperlukan.

Sementara itu, penanganan konflik terkait satwa liar serta penyelamatan, rehabilitasi, dan pelepasliaran satwa tetap dilaksanakan sesuai situasi dan kondisi di lapangan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BEI Perpanjang Batas Waktu Laporan Keuangan Emiten selama 2 Bulan

Posted: 20 Mar 2020 12:30 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memberikan beberapa relaksasi bagi pemenuhan kewajiban bagi perusahaan tercatat. Langkah ini untuk meringankan dampak yang timbul akibat kondisi darurat virus Corona Covid-19 di Indonesia.

Sekretaris Perusahaan BEI Yulianto Aji Sadono menyampaikan, BEI memperpanjang batas waktu penyampaian Laporan Keuangan Tahunan, Laporan Keuangan Interim I Tahun 2020 dan Laporan Tahunan bagi perusahaan tercatat melalui SPE-IDXnet. 

Perpanjangan tersebut selama dua bulan dari batas waktu penyampaian laporan sebagaimana dimaksud dalam peraturan BEI.

Sehubungan dengan perpanjangan batas waktu tersebut, maka bursa menyesuaikan pengenaan notasi khusus "L" bagi perusahaan tercatat.

Keringanan tersebut diberlakukan mulai 20 Maret 2020 berdasarkan Keputusan Direksi PT Bursa Efek Indonesia Nomor: Kep-00027/BEI/03-2020 tanggal 20 Maret 2020 perihal Relaksasi Batas Waktu Penyampaian Laporan Keuangan dan Laporan Tahunan.

"Hal ini dilakukan untuk memberikan perpanjangan waktu kepada perusahaan tercatat agar dapat menyampaikan informasi yang akurat kepada investor dengan tetap memperhatikan kondisi darurat yang sedang diberlakukan," ungkap Aji lewat pernyataan tertulisnya, Jumat (20/3/2020).

BEImengimbau kepada publik agar senantiasa memperhatikan keterbukaan informasi yang disampaikan oleh perusahaan tercatat.

BEI Minta Emiten Gelar Public Expose Insidentil untuk Redam Kepanikan

Suasana pergerakan perdagangan saham perdana tahun 2018 di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (2/1). Perdagangan bursa saham 2018 dibuka pada level 6.366 poin, angka tersebut naik 11 poin. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Suasana pergerakan perdagangan saham perdana tahun 2018 di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (2/1). Perdagangan bursa saham 2018 dibuka pada level 6.366 poin, angka tersebut naik 11 poin. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menginisiasi penyelenggaraan Public Expose Insidentil untuk memberi ruang bagi emiten menyampaikan kinerja keuangannya kepada investor. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan kepercayaan diri para investor dan mencegah aksi panic selling (penjualan saham berlebihan).

"Kita sudah sampaikan seminggu yang lalu kita kirim surat ke mereka (para emiten). BEI mendorong mereka memaparkan kinerja perusahaannya, supaya saham mereka tidak semakin tergerus dan dapat meyakinkan kepercayaan investor," kata Direktur Penilaian Perusahaan BEI, I Gede Nyoman Yetna di Gedung BEI, Jakarta, pada Jumat 13 Maret 2020.

Ia kemudian mengklaim BEI berkomitmen mendukung penuh bagi perusahaan yang tertarik untuk menggelar acara Public Expose Insidentil. "Kita siap sediakan tempat di BEI atau jika mereka memilih di kantornya kita juga siap datang," imbuh Nyoman.

Gede juga menyebut bahwa kinerja sejumlah perusahaan yang melantai di BEI masih baik, bahkan di level Asia Tenggara. Untuk itu para investor di minta lebih rasional dengan tidak melakukan aksi panic selling, karena sejumlah perusahaan tercatat masih mempunyai nilai saham yang baik.

"Tercatat sebanyak 79 persen perusahaan kita berhasil membukukan net income. Malaysia hanya sebesar 68 persen perusahaan, dan Singapura hanya sebesar 64 persen perusahaan yang mencatatkan net income," pungkas Nyoman.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Trik Takmir Masjid Agung Solo Usir Jemaah yang Berkerumun Usai Salat Jumat

Posted: 20 Mar 2020 12:30 AM PDT

Liputan6.com, Solo - Masjid Agung Solo tetep menggelar ibadah salat Jumat, meski Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Solo telah mengeluarkan imbauan untuk meniadakan salat Jumat pada 20 Maret 2020. Meski demikian, takmir masjid juga telah melakukan berbagai persiapan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona Covid-19.

Persiapan untuk pencegahan penyebaran virus Covid-19 itu di antaranya dengan menggandeng PMI Solo untuk menyemprot cairan disinfektan di bangunan masjid peninggalan Keraton Kasunanan Surakarta itu.

Sejumlah petugas PMI tampak menyemprot disinfektan secara merata baik di bagian serambi maupun bagian dalam masjid. Penyemprotan itu dilakukan untuk untuk mensterilkan masjid sebelum digunakan untuk ibadah salat Jumat.

Tak hanya itu, di bagian pintu masuk masjid juga disediakan botol berisi cairan antiseptik. Para jemaah yang akan masuk harus menyemprotkan cairan itu ke dalam telapak tangan agar bersin dari segara bakteri.

Sedangkan di tempat wudhu yang terletak di bagian utara bangunan utama masjid, pihak takmir telah menyiapkan sabun cuci tangan. Para jemaah yang akan wudhu dihimbau untuk mencuci tangan terlebih dahulu demi mencegah terpapar virus Corona alias Covid-19.

Tetap Menggelar Salat Jumat

Pengumuman pelaksanakaan ibadah salat Jumat di Masjid Agung Solo, Jumat (20/3).(Liputan6.cim/Fajar Abrori)
Pengumuman pelaksanakaan ibadah salat Jumat di Masjid Agung Solo, Jumat (20/3).(Liputan6.cim/Fajar Abrori)

Ketua Takmir Masjid Agung Solo, Muhtarom mengatakan Masjid Agung Solo tetap menggelar salat Jumat. Pasalnya berdasarkan imbauan dari Kemenag Solo yang disampaikan pada hari Kamis kemarin masih ada kebebasan untuk menggelar ibadah salat Jumat.

"Tapi imbauan yang kemarin itu masih diperbolehkan. Tapi pagi ini Kemenag ada koordinasi dengan MUI, dengan tokoh agama lainnya memutuskan kondisi yang ada menganjurkan untuk tidak meniadakan salat Jumat," kata dia.

Sedangkan imbaun terbaru dari Kemenag Solo yang menganjurkan untuk meniadakan ibadah salat Jumat tidak bisa dilaksanakan di Masjid Agung lantaran waktu untuk pembatalan terlalu mepet. Apalagi pelaksanaan salat Jumat yang dilakukan pada hari ini merupakan hasil dari pengumuman yang telah disampaikan pada hari Kamis kemarin.

"Berhubung informasi yang saya terima baru saja dan sementara jemaah Masjid Agung dari berbagai wilayah yang sudah terkondisikan informasi kemarin sehingga tidak mungkin dibatalkan begitu saja," ucapnya.

Sebab itu, Muhtarom menegaskan bahwa Masjid Agung tetap menggelar salat Jumat. Bahkan, berbagai usaha dan tindakan preventif untuk pelaksanaan salat Jumat pada hari ini telah dilakukan.

"Seperti penyemprotan (disinfektan) sudah kita lakukan, alat-alat untuk kesehatan cuci tangan sudah kita siapkan semuanya," kata dia.

Waktu Salat Jumat Diperpendek

Petugas PMI Solo menyemprot cairan disinfektan untuk persiapan salat Jumat di Masjid Agung Solo, Jumat (20/3).(Liputan6.com/Fajar Abrori)
Petugas PMI Solo menyemprot cairan disinfektan untuk persiapan salat Jumat di Masjid Agung Solo, Jumat (20/3).(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Bahkan, imbauan sosialiasi terkait pelaksanaan salat Jumat yang waktunya diperpendek juga sudah dipasang. Seperti halnya imbauan untuk membawa sajadah sendiri, tidak melakukan jabat tangan, hingga mencuci tangan dengan alat yang telah disediakan pihak takmir masjid.

"Dengan sosialisasi itu jemaah bisa terkondisikan. Terus usai salat Jumat, kita sosialisasikan lagi untuk segera meninggalkan masjid dan beraktivitas ke komunitasnya masing-masing agar tidak berkerumun di Masjid Agung," harapnya.

Muhtarom menambahkan, untuk mengusir para jemaah yang berkerumum usai salat Jumat juga tidak mungkin dilakukan. Lantas, ia pun memilih menggunakan trik dengan mengepel lantai masjid usai pelaksanaan salat.

"Caranya (untuk membubarkan) ya nanti akan dipel lagi, otomatis dengan cara itu mereka akan mengkondisikan. Kan ngemong roso itu susah juga, jadi kita harus bijaksana di dalam menghimbau jemaah itu," jelasnya.

Sedangkan untuk kegiatan pengajian, Muhtarom mengatakan pihak takmir masjid telah memutuskan untuk meliburkan sejak penetapan Solo sebagai KLB virus corona Covid-19.

"Sejak Sabtu dan Minggu lalu sudah kita kondisikan untuk sementara waktu diliburkan sambil menunggu perkembangan yang ada," kata dia.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ayah Daus Mini Meninggal Dunia

Posted: 20 Mar 2020 12:30 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka datang dari keluarga Daus Mini. Ayahandanya, Wildan bin Asmawi, meninggal dunia pada Jumat (20/2/2020).

Kabar tersebut diketahui melalui unggahan status Daus Mini di aplikasi percakapan. Daus mini menuliskan status kepergian ayahnya yang diduga karena sakit.

"Ayah Udah Gak Ngerasain Sakit Lagi...Selamat Jalan Ayah," tulis Daus Mini.

Dalam unggahan selanjutnya, Daus Mini memperlihatkan sebuah foto jenazah ayahnya yang terbaring di rumah duka.

Ungkapan Duka

Jenazah ayahanda Daus Mini. (Instagram Daus Mini)
Jenazah ayahanda Daus Mini. (Instagram Daus Mini)

"Innalillahi Wa Innalillahi Rojiun Telah Berpulang Ke Rahmattullah Ayah WILDAN BIN ASMAWI," tulis Daus Mini.

Hal yang sama juga dilakukan oleh mantan istri Daus Mini, Yunita Lestari. Di Instagram pribadinya, ia mengunggah foto berisi ucapan duka.

Kata Mantan Istri

Daus Mini. (Instagram @lee_yunita)
Daus Mini. (Instagram @lee_yunita)

"Innalillahi wainailaihi rojiun, turut berduka cita yang sedalam dalamnya, atas meninggalnya kakek Ichal (ayah kandung dausmini) semoga Allah mengampuni semua dosa2 beliau dan diterima di sisinya...," tulis Yunita Lestari.

Dukungan

Daus Mini. (Instagram Daus Mini)
Daus Mini. (Instagram Daus Mini)

Yunita Lestari juga memberikan dukungan kepada Daus Mini dan seluruh anggota keluarga yang ditinggalkan agar diberi kekuatan.

"Ya Allah ayah😭😭😭 Buat papi daus, mama nuryani, ate wirda dan ati nina semoga dikuatkan hatinya...," sambungnya lagi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Angka Kematian Corona di Italia Lewati China

Posted: 20 Mar 2020 12:30 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Angka kematian akibat corona di Italia lebih tinggi dari China.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Menghadapi Corona COVID-19, Kini China Tawarkan Bantuan ke Negara Lain

Posted: 20 Mar 2020 12:25 AM PDT

Liputan6.com, Beijing - Dalam beberapa minggu terakhir, China telah mendonasikan alat uji Corona COVID-19 ke Kamboja dan sejumlah negara.

China juga dilaporkan telah mengirim ventilator, masker dan tenaga medis ke Italia dan Prancis. Mereka juga berjanji untuk membantu Filipina, Spanyol dan negara-negara lain, serta mengirimkan tenaga medis ke Iran dan Irak.

Dikutip dari laman The Guardian, Jumat (20/3/2020) ketika pandemi Corona COVID-19 telah menyebar ke seluruh dunia dan sempat menerima bantuan dari negara lain, kini China melakukan hal serupa.

"Sekarang dapat kita lihat pejabat China dan media pemerintah mengklaim bahwa negaranya memberi dunia waktu untuk mempersiapkan pandemi ini," kata seorang peneliti di Loqy Institute Sydney dan mantan diplomat Australia, Natasha Kassam.

Meski demikian, para ahli menyatakan bahwa bantuan kemanusiaan ini mereka pandang memiliki tujuan politik.

Dalam panggilan telepon dengan PM Italia, Giuseppe Conte, minggu ini, Xi Jinping mengatakan ia berharap dapat membangun "jalan sutra kesehatan" sebagai bagian dari kebijakan One Belt One Road.

"Kami tahu mesin propaganda di China mampu menulis ulang sejarah, tetapi sekarang kami melihat itu direplikasi luar negeri," kata Kassam.

"Tidak ada yang salah dengan China membantu negara-negara Eropa dan lainnya, terutama sekarang karena China telah unggul dalam mengendalikan COVID-19. Tetapi ini jelas, Beijing melihat bantuannya sebagai alat propaganda," kata Noah Barkin dari German Marshall Fund.

Menurut Barkin, dengan menawarkan dukungan kepada negara-negara seperti Italia, Beijing menyoroti perjuangan yang telah dilakukan negara-negara Eropa dalam saling membantu dan menarik kontras yang menguntungkan antara dirinya dan AS.

"Sementara Trump memilih kebijakan pelarangan terbang ke Eropa. Sementara China adalah teman yang murah hati dan tidak mementingkan diri sendiri," kata Barkin.

 

Upaya Pendekatan China?

Banner Infografis Cara China hingga Vietnam Tangani Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)
Banner Infografis Cara China hingga Vietnam Tangani Virus Corona. (Liputan6.com/Abdillah)

Upaya itu dinilai pengamat berhasil.

Pekan lalu, Menteri Luar Negeri Italia Luigi Di Maio memposting video dirinya di Facebook yang tengah melihat langsung pesawat pasokan dan tenaga medis dari Tiongkok, mencatat bahwa China adalah yang pertama mengirim bantuan.

Presiden Serbia Aleksandar Vučić mengatakan dalam konferensi pers minggu ini bahwa ia percaya pada "saudara dan temannya Xi Jinping". Dia berkata: "Satu-satunya negara yang dapat membantu kami adalah China."

Kampanye ini ditujukan untuk audiens domestik sebanyak yang diarahkan pada komunitas internasional.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Shopee Liga 1 2020: Persiraja Maklumi Jadwal Mundur Akibat Virus Corona Covid-19

Posted: 20 Mar 2020 12:25 AM PDT

Aceh - Persiraja Banda Aceh mengaku tak masalah Shopee Liga 1 2020 tertunda lagi akibat virus corona. Klub promosi itu menilai kesehatan masyarakat lebih penting saat ini.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) atas restu PSSI dan Kementerian Pemuda Olahraga telah mengeluarkan keputusan penundaan Shopee Liga 1 2020 selama dua pekan. Namun, penundaan itu tak berdampak pada jadwal karena memang sedang dalam jeda kompetisi.

Sekretaris Umum Persiraja, Rahmat Djailani, menyebut pihaknya tak masalah jika durasi penundaan ditambah sehingga mengganggu jadwal kompetisi. Menurut Rahmat, itu lebih penting karena alasan kemanusiaan.

"Kami setuju dan menyambut itu dengan alasan kemanusiaan. Meskipun di Aceh sampai saat ini belum ada kasus virus corona. Lagipula di Shopee Liga 1 ini memang sedang ada jeda kompetisi selama dua pekan," kata Rahmat.

"Secara jadwal Shopee Liga 1 2020 tidak berpengaruh. Walaupun nanti setelah dua minggu masih ditambah harus diundur atas dasar kemanusiaan kami tetap setuju," tegas Rahmat.

 

Liburkan Skuat

Saat ini, Persiraja sudah kembali berlatih setelah meliburkan skuatnya setelah laga melawan Persik Kediri (15/3/2020). Para pemain mulai berlatih demi menjaga kebugaran dan persiapan untuk laga selanjutnya di Shopee Liga 1 2020.

Persiraja Banda Aceh bercokol di peringkat ketujuh setelah mengumpulkan lima poin hasil dua kali imbang dan sekali menang. Klub berjulukan Laskar Rencong itu juga menjadi satu-satunya klub Shopee Liga 1 2020 yang belum kebobolan.

Disadur dari: Bola.com (penulis Zulfirdaus, editor Yusmei, published 20/3/2020)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketika yang Lain Bekerja dari Rumah, Polisi Tetap Harus Ngantor

Posted: 20 Mar 2020 12:24 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, pihaknya tak bekerja dari rumah dan tetap bekerja seperti biasanya di kantor. Oleh karena itu, tak ada anggota polisi yang libur dari pekerjaan atau tugasnya meski ada imbauan untuk bekerja dari rumah guna mencegah Covid-19.

"Kegiatan rutinitas seperti biasa tetap kita lakukan, tidak ada anggota yang libur," kata Yusri, Jakarta, Jumat (20/3/2020).

Meski tetap ngantor, bukan berarti mereka mengabaikan kesehatan untuk menghindari wabah virus Covid-19 atau Corona. Karena, setiap anggota sudah dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) untuk menghindari virus Corona.

Selain itu, untuk area Polda Metro Jaya sendiri sudah dilakukan pembersihan dengan cara disemprotkan disinfektan di setiap ruangan.

"Disatu sisi imbauan sudah disampaikan, instruksi dari Pak Kapolri, Kapolda juga kepada satuannya di bawah bahwa anggota kita ini bersih-bersih. Kita sudah lakukan penyemprotan di masing-masing satker, ruangan-ruangan yang ada secara internal ya, juga di tempat-tempat tahanan di kepolisian," jelasnya.

"Sama-sama kita bersihkan semuanya. Yang kedua, hindari adanya perkumpulan ramai-ramai yang banyak orang ya. Ini salah satu antisipasi, ini kita sampaikan," sambung Yusri.

Pemeriksaan Suhu Tubuh

Tak sampai situ, setiap pengunjung yang ingin masuk Polda Metro Jaya lebih dulu dilakukan pemeriksaan suhu tubuhnya. Hingga kini, belum adanya anggota Polda Metro Jaya yang terinfeksi atau terpapar virus Corona yang sudah ditetapkan menjadi pandemi global.

"Sampai saat ini Polda Metro Jaya tidak ada. Alhamdulillah, mudah-mudahan sehat," tandas Yusri.

 

Reporter: Nur Habibie/Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Episode Pertama Vidio Original Series OMEN

Posted: 20 Mar 2020 12:20 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bertepatan dengan kondisi yang terjadi saat ini, masyarakat Indonesia diimbau untuk mengurangi kegiatan dan aktivitas apa pun di luar rumah.

Vidio memberikan kemudahan kepada konsumen untuk menonton serta menikmati berbagai hiburan di rumah, di mana pun, kapan pun hingga kondisi menjadi lebih kondusif #NontonGakPakeRibet #BetahDiRumah.

Salah satunya Anda dapat menikmati Original Series terbaru dari Vidio. Ini merupakan Original Series kelimanya bertajuk OMEN yang bergenre, drama dan thriller yang dibalut dengan romance. OMEN sendiri dibintangi oleh Cut Syifa, Rangga Azof, Ciccio Manassero dan Cut Keke.

OMEN berceritakan tentang Erika (Cut Syifa) yang kerapkali dimarahi dan diperlakukan tidak adil oleh Grace (Cut Keke), ibunya sendiri. Ini bukan tanpa alasan, perkelahian antara Erika dan saudari kembarnya, Eliza yang menyebabkan sang Ayah meninggal dunia menjadi pemicu utama amarah tersebut.

Penasaran seperti apa Vidio Original Series OMEN? Saksikan episode perdananya yang tayang mulai hari ini, Jumat, 20 Maret 2020 dengan klik tautan ini. Episode barunya akan tayang setiap hari Jumat hanya di Vidio Premier.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Dampak Buruk Kelebihan Protein, Bahayakan Jantung

Posted: 20 Mar 2020 12:20 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Protein merupakan mineral yang dibutuhkan tubuh. Protein memainkan peran penting dalam membangun dan memperbaiki otot, organ, dan tulang. Diet tinggi protein terbukti membantu mengurangi lemak, menurunkan berat badan, dan meningkatkan rasa kenyang.

Jumlah ideal protein harian yang harus konsumsi bervariasi tergantung pada sejumlah faktor, termasuk usia, jenis kelamin, aktivitas, kesehatan, total diet, dan variabel lainnya.

Bagi kebanyakan orang dewasa dengan aktivitas fisik yang minimal, para ahli merekomendasikan untuk mengkonsumsi rata-rata harian minimum 0,8 gram protein per kilogram (kg) berat badan.

Meski punya serangkaian manfaat, konsumsi protein berlebih juga dapat menimbulkan sejumlah risiko. Pakar gizi pun menganjurkan untuk tidak mengonsumsi protein melebihi jumlah harian yang disarankan.

Berikut dampak negatif konsumsi protein berlebih dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (20/3/2020).

Dampak buruk kelebihan protein

Ilustrasi/copyrightshutterstock/JOKE_PHATRAPONG
Ilustrasi/copyrightshutterstock/JOKE_PHATRAPONG

Berat badan meningkat

Meski konsumsi protein dikaitkan dengan penurunan berat badan. Mengonsumsinya secara berlebihan justur akan berdampak sebaliknya. Kelebihan protein yang dikonsumsi biasanya disimpan sebagai lemak, sedangkan kelebihan asam amino diekskresikan.

Ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan dari waktu ke waktu terutama jika protein yang dikonsumsi mengandung kalori.

Kehilangan kalsium

Diet tinggi protein dan daging dapat menyebabkan kehilangan kalsium. Efek ini dapat dikaitkan dengan osteoporosis dan kesehatan tulang yang buruk.

Dampak buruk kelebihan protein

Ilustrasi diare (iStockphoto)
Ilustrasi diare (iStockphoto)

Sembelit

Diet tinggi protein yang membatasi karbohidrat biasanya rendah serat. Protein hewani, khususnya, cenderung tidak mengandung serat. Kekurangan serat dapat menyebabkan sembelit. Konsumsi protein berlebih dapat meningkatkan kebutuhan cairan tubuh. Ini dapat membuat tubuh kekurangan cairan dan menyebabkan sembelit.

Untuk mencegah sembelit, konsumsilah protein yang juga tinggi serat. Kacang dan buncis merupakan sumber protein dan serat yang sangat baik.

Diare

Tak cuma sembelit, kelebihan protein terkadang juga menyebabkan diare. Konsumsi terlalu banyak susu atau makanan olahan, ditambah dengan kekurangan serat, dapat menyebabkan diare. Ini terutama bisa terjadi jika seseorang mengonsumsi sumber protein seperti daging, ikan, dan unggas yang digoreng.

Untuk menghindari diare, minumlah banyak air, hindari minuman berkafein, batasi makanan yang digoreng, lemak berlebih, dan tingkatkan asupan serat.

Dampak buruk kelebihan protein

Masalah ginjal (iStockphoto)
Masalah ginjal (iStockphoto)

Dehidrasi

rotein membutuhkan banyak pengolahan oleh ginjal dan hati. Setelah protein dibuka oleh cairan lambung di perut, ia akan dipecah menjadi asam amino oleh enzim pankreas di usus. Asam amino bebas kemudian harus diproses oleh hati Anda, dan produk sampingan yang dihasilkan disaring ke dalam urin oleh ginjal. Proses ini bisa menguras cairan tubuh dan menyebabkan dehidrasi.

Masalah ginjal

Kelebihan protein dapat menyebabkan kerusakan pada orang dengan penyakit ginjal yang sudah ada sebelumnya. Ini karena kelebihan nitrogen yang ditemukan dalam asam amino yang membentuk protein. Ginjal yang rusak harus bekerja lebih keras untuk menyingkirkan nitrogen tambahan dan produk sisa metabolisme protein.

Dampak buruk kelebihan protein

Ilustrasi kesehatan jantung (sumber: pixabay)
Ilustrasi kesehatan jantung (sumber: pixabay)

Risiko kanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa diet tinggi protein berbasis daging merah dikaitkan dengan peningkatan risiko berbagai masalah kesehatan, termasuk kanker. Makan lebih banyak daging merah atau olahan dikaitkan dengan dengan kanker kolorektal, payudara, dan prostat.

Sebaliknya, mengonsumsi protein dari sumber lain seperti kedelai dan kacang-kacangan telah dikaitkan dengan dengan penurunan risiko kanker.

Penyakit jantung

Protein banyak ditemukan pada daging merah dan olahan seperti susu berelemak. Makanan-makanan ini mengandung asupan lemak jenuh dan kolesterol tinggi yang merupakan penyebap penyakit jantung. Sebuah studi 2018 juga menunjukkan bahwa konsumsi jangka panjang daging merah dapat penyakit jantung.

Saat memilih protein, pilihlah opsi rendah lemak, seperti daging tanpa lemak, susu skim, atau makanan lain seperti kacang dan biji-bijian. Pilih hidangan utama yang menggabungkan daging dan sayuran bersama, seperti sup rendah lemak, atau tumis sayuran.

Dampak buruk kelebihan protein

Ilustrasi jerawat/copyright shutterstock
Ilustrasi jerawat/copyright shutterstock

Jerawat

Konsumsi protein berlebih juga dikaitkan dena masalah kulit seperti jerawat, bruntusan, dan komedo. Makanan berprotein yang kerap dikaitikan dengan jerawat adalah bubuk protein, susu, daging, dan telur.

Asam amino yang terdapat pada makanan-makanan ini bisa membuat sel-sel kulit tumbuh dan membelah lebih cepat, yang dapat berkontribusi pada pembentukan jerawat. Asam amino yang tinggi juga menghasilkan tingkat insulin yang lebih tinggi, yang telah dikaitkan dengan pengembangan jerawat.

Bau mulut

Makan protein dalam jumlah besar dapat menyebabkan bau mulut, terutama jika membatasi asupan karbohidrat. Saat tubuh mengonsumsi protein tinggi dan karbohidrat rendah, tubuh masuk dalam fase ketosis. Fase ini menghasilkan bahan kimia yang mengeluarkan bau yang tidak menyenangkan.

Bahkan, menyikat dan membersihkan benang tidak akan menghilangkan baunya. Seseorang harus menggandakan asupan air, menyikat gigi lebih sering, dan mengunyah permen karet untuk mengatasi beberapa efek ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia Negatif Corona Covid-19

Posted: 20 Mar 2020 12:15 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia dinyatakan negatif dari virus Corona jenis baru (Covid-19).

"Setelah pemeriksaan, baik darah, paru-paru maupun air liur, dinyatakan negatif dari COVID-19," kata Komite Investasi Bidang Komunikasi dan Informasi BKPM Rizal Calvary Marimbo dalam keterangan tertulis, Jumat (20/3/2020).

Akhir pekan lalu usai melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur, Bahlil langsung mendapat arahan dari Istana untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Hal yang sama diwajibkan bagi semua Menteri Kabinet Indonesia Kerja.

Menurut Rizal, meski tergolong gila kerja, termasuk hari Sabtu dan Minggu, Bahlil disebutnya sudah menerapkan pola hidup sehat dan hidup teratur.

"Sekarang, jam 11 malam beliau sudah istirahat. Bangun jam 05.00 subuh. Kalau dulu, saat masih pengusaha, tidak teratur. Kacau betul jadwal beliau. Bisa jam 04.00 subuh baru tidur," ungkapnya.

Dalam satu bulan ke depan, Kepala BKPM dan jajarannya belum akan melakukan perjalanan dinas ke luar negeri mengingat wabah Corona meluas ke berbagai negara.

"Kegiatan dinas ke luar negeri dan jumpa investor di luar negeri, untuk sementara ditangguhkan dulu. Untuk itu, BKPM mengaktifkan komunikasi dengan investor secara online. Offline (tatap muka) betul-betul kita off-kan (hentikan) dulu," pungkas Rizal.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Negatif Virus Corona

Menteri PUPR 2014-2019 Basuki Hadimuljono tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa (22/10/2019). Basuki Hadimuljono akan kembali menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam kabinet Jokowi jilid II. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Menteri PUPR 2014-2019 Basuki Hadimuljono tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa (22/10/2019). Basuki Hadimuljono akan kembali menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam kabinet Jokowi jilid II. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) basuki Hadimuljono dinyatakan negatif virus Corona. Hal tersebut diungkap setelah hasil tes covid-19 pertama di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto (RSPAD) keluar pada Selasa sore kemarin.

Dikutip dari akun instagram resmi Kementerian PUPR, Rabu (18/3/2020), Menteri Basuki dalam keadaan sehat wal afiat sebagaimana hasil test COVID-19 pertama di RSPAD yang diketahui sore ini (Selasa, 17 Maret 2020) dan dinyatakan negatif virus Corona.

Pada Selasa kemarin, Menteri Basuki tetap melakukan kegiatan seperti yang diarahkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yaitu bekerja dari rumah.

Dari pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB, Menteri Basuki mengikuti dua Rapat Terbatas (Ratas) yang dipimpin Presiden Jokowi dan Wapres KH Ma'ruf Amin dengan video conference.

Pertama tentang Pengembangan Kawasan Pariwisata Mandalika, termasuk persiapan penyelenggaraan MotoGP di Mandalika tahun 2021. Kedua tentang Evaluasi Pelaksanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana di NTB.

Agenda lanjutan adalah memimpin Rapat Pimpinan (Rapim) bersama Pejabat Tinggi Madya Kementerian PUPR dari kediaman yang dilakukan juga dengan video conference.

Rapim dimulai pukul 14.00 WIB dan berakhir pukul 16.00 WIB membahas utamanya tentang pola operasi kerja staf PUPR dalam situasi krisis Pandemi COVID-19, serta percepatan pelelangan dan pelaksanaan kegiatan TA 2020 yang difokuskan untuk mengatasi dampak sosial-ekonomi Pandemi COVID-19, seperti kegiatan Padat Karya Tunai (cash for work).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mantan Bek MU Kritik Sikap Pemerintah Inggris Tangani Virus Corona Covid-19

Posted: 20 Mar 2020 12:15 AM PDT

Liputan6.com, Manchester - Mantan bek Manchester United (MU) Gary Neville mengkritik ketegasan Perdana Menteri Boris Johnson saat menangani krisis virus Corona. Ia menuduh sikap pemerintah Inggris membingungkan selama pandemi.

Pemerintah Inggris sejuah ini memang telah menyampaikan berbagai keputusan untuk warganya. Tapi, eks pemain senior MU itu mengatakan bahwa pesan keseluruhannya telah membingungkan dan tidak jelas sejauh ini.

"Pada saat-saat krisis para pemimpin sejati berdiri dan membuat keputusan sulit, yang terkadang bertentangan dengan apa yang sebenarnya terjadi," kata Neville di Sky Sports 'The Debate.

"Pemerintah pada waktu itu [awal pandemi], melalui Boris Johnson, pada dasarnya adalah zig-zag di semua tempat dengan pesan mereka.

"Bahkan hari ini dia berbicara tentang 'mari kita saling melindungi. Sebelumnya dan dia berbicara tentang mengasingkan diri, melindungi diri sendiri dan satu sama lain, tangguh dalam hal ini, tapi dia tidak menutup klub, bar, restoran, pub - sekolah tidak tutup sampai besok malam," kata legenda MU tersebut.

Tidak Nyaman

"Saya memahami kerumitannya, tetapi saya merasa kepemimpinan yang menentukan itu penting [...] Setiap kali saya melihat kepala petugas medis [Chris Whitty] berdiri di sebelah Boris Johnson, dia terlihat semakin tidak nyaman," katanya.

"Dia menjelaskan strateginya dengan kehadiran Perdana Menteri, dan kemudian ditantang oleh 200 ilmuwan lain selama akhir pekan dan kemudian Matt Hancock pada program hari Minggu menyarankan mereka tidak akan mengejar strategi itu. Pada akhirnya, saya bukan seorang ilmuwan, tetapi Anda harus memiliki konsistensi pesan dan kepemimpinan yang menentukan." ujarnya.

Kamar Gratis

Neville dan mantan rekan setimnya Ryan Giggs menutup hotel Manchester mereka minggu ini. Hal itu dilakukan untuk memungkinkan staf NHS tidur di kamar secara gratis di tengah beban kerja yang berat yang disebabkan oleh pandemi.

Sementara itu, setelah pertemuan pada Kamis kemarin (19/3/2020), Liga Premier akan diperpanjang penangguhan semua pertandingan hingga 30 April.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RSPI Sulianti Saroso Banjir Kiriman Bunga, Doakan Tenaga Medis yang Tangani Corona

Posted: 20 Mar 2020 12:11 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso (RSPI SS) dibanjiri karangan bunga dari masyarakat. Puluhan karangan bunga itu untuk mendoakan tenaga medis yang menangani pasien virus Covid-19 di Indonesia senantiasa sehat.

Tidak hanya tenaga medis, para staf dan Kementerian Kesehatan pun mendapat apresiasi berupa karangan bunga yang datang sejak Rabu (18/3/2020) itu.

"Lindungilah selalu para pejuang medis, mulai dokter, perawat, staf RS, dan Kemenkes dalam melayani masyarakat agar kita cepat terbebas dari Covid-19/corona," tulis salah satu karangan bunga kiriman masyarakat di RSPI SS, Jakarta, Jumat (20/3/2020). Seperti dikutip dari Antara.

Pihak RSPI Sulianti Saroso pun mengapresiasi kiriman karangan bunga yang diberikan masyarakat.

Melalui akun Instagram, RSPI SS memfoto dan satu persatu karangan bunga itu dan mengucapkan terima kasih karena telah mendukung kinerja mereka dalam menangani pasien virus corona (Covid-19).

"Terima kasih atas perhatian kepada kami," tulis akun instagram @RSPI_SS.

RS Pertama yang Jadi Rujukan Pasien Corona

Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof Dr Sulianti Saroso, Jakarta Utara menjadi rumah sakit pertama yang menangani pasien Covid-19.

Nama rumah sakit ini juga sempat disebut-sebut ketika wabah SARS dan flu burung melanda Indonesia. Sejumlah pasien dirujuk ke RSPI untuk mendapatkan perawatan intensif.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potret 7 Seleb Cantik FTV Indosiar Dulu Vs Kini, Bikin Pangling

Posted: 20 Mar 2020 12:10 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi para penikmat program acara televisi, tentunya sudah tak asing dengan FTV yang tayang di Indosiar dan SCTV. Sebelum menampilkan kisah tentang percintaan anak remaja, FTV di era 2000-an banyak yang mengangkat kisah keluarga hingga cerita drama yang menguras air mata.

Tak hanya alur ceritanya saja yang apik, bahkan beragam episode dikemas bak film India yang dipadukan dengan nyanyian dan jogetan. Menariknya lagi, program tersebut menghadirkan aktor dan artis yang berbakat.

Beberapa seleb FTV yang hits di awal 2000-an seperti Imel Putri Cahyati, Penty Nur Afiani, Temmy Rahadi dan lain sebagainya menjadi ikon FTV pada kala itu. Kini para seleb FTV ini sudah jarang muncul di layar kaca.

Namun sebagian juga masih aktif di dunia hiburan. Sudah belasan tahun, penampilan seleb FTV ini mengalami banyak perubahan. Meski usianya semakin bertambah, gaya penampilannya tampak semakin memesona. Tak sedikit orang pangling dengan perubahan para seleb cantik FTV ini.

Lantas seperti apa potret dulu vs sekarang seleb cantik ini? Berikut 7 potret seleb cantik FTV Indosiar dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (20/3/2020).

1. Imel Putri Cahyati merupakan artis yang populer pada kala itu. Lama tak terlihat, Imel kini makin memesona dengan hijab. Ia juga sibuk jadi seorang desainer dan menjalankan bisnis fashionnya.

Potret 7 Seleb Cantik FTV Dulu Vs Kini (Sumber: Instagram/@imelpc)
Potret 7 Seleb Cantik FTV Dulu Vs Kini (Sumber: Instagram/@imelpc)

2. Penty Nur Afiani kini sudah mengubah penampilannya dengan berhijab. Meski sudah jadi ibu, ia terlihat makin memesona.

Potret 7 Seleb Cantik FTV Dulu Vs Kini (Sumber: Instagram/@pentypenk)
Potret 7 Seleb Cantik FTV Dulu Vs Kini (Sumber: Instagram/@pentypenk)

3. Revi Mariska adalah salah satu artis FTV yang sering dipasangkan dengan Temmy Rahadi. Penampilannya sekarang pun sukses bikin pangling.

Potret 7 Seleb Cantik FTV Dulu Vs Kini (Sumber: Instagram/@revimariskareal_)
Potret 7 Seleb Cantik FTV Dulu Vs Kini (Sumber: Instagram/@revimariskareal_)

4. Chaterine Pamela dulu kerap mendapatkan peran antagonis. Kini ia sudah lama tak muncul, namun penampilannya terlihat awet muda.

Potret 7 Seleb Cantik FTV Dulu Vs Kini (Sumber: Instagram/@gpid/@chaterine_pamela)
Potret 7 Seleb Cantik FTV Dulu Vs Kini (Sumber: Instagram/@gpid/@chaterine_pamela)

5. Lisda kini tampil cantik dengan balutan hijab. Ia juga masih aktif dalam akting nih.

Potret 7 Seleb Cantik FTV Dulu Vs Kini (Sumber: Instagram/@gpid/@lisdaoxalis)
Potret 7 Seleb Cantik FTV Dulu Vs Kini (Sumber: Instagram/@gpid/@lisdaoxalis)

6. Erina Gracesita kini sibuk menikmati perannya sebagai ibu rumah tangga. Penampilannya dulu dan kini terlihat beda ya?

Potret 7 Seleb Cantik FTV Dulu Vs Kini (Sumber: kapanlagi.com/Instagram/@erringracesita)
Potret 7 Seleb Cantik FTV Dulu Vs Kini (Sumber: kapanlagi.com/Instagram/@erringracesita)

7. Penampilan Ratu Annisa tampak berbeda, kini ia tampil dengan berhijab. Annisa sekarang juga sudah jadi seorang ibu.

Potret 7 Seleb Cantik FTV Dulu Vs Kini (Sumber: Instagram/@gpid & @queen.annisa)
Potret 7 Seleb Cantik FTV Dulu Vs Kini (Sumber: Instagram/@gpid & @queen.annisa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kerap Ganti Pelatih, AC Milan Bakal Sulit Berjaya Lagi

Posted: 20 Mar 2020 12:10 AM PDT

Milan - Berstatus sebagai satu di antara klub tersukses di Eropa, AC Milan seperti kehilangan taji. Mereka mengalami kesulitan untuk bersaing menembus papan atas klasemen Serie A dan juga merengkuh titel juara dalam satu dekade terakhir.

Di Serie A musim ini, AC Milan masih terdampar di peringkat tujuh klasemen dengan nilai 36. Mereka tertinggal 12 poin dari Atalanta yang berada di peringkat keempat, atau batas akhir zona Liga Champions musim depan.

Sementara itu di Coppa Italia, AC Milan diprediksi akan kesulitan menembus partai puncak. Pasalnya, pada pertemuan pertama kontra Juventus di San Siro, 13 Februari lalu, Il Diavolo Rosso harus puas bermain sama kuat 1-1.

Alhasil, AC Milan wajib meraih kemenangan saat gantian melawat ke markas Juve di Allianz Stadium pada laga leg kedua, jika ingin lolos ke final Coppa Italia.

Eks gelandang Demetrio Albertini menilai AC Milan butuh stabilitas untuk bisa kembali bersaing dalam memperebutkan titel juara. Hal tersebut tak terlihat dari Milan dalam beberapa musim terakhir.

I Rossoneri tercatat telah sembilan kali berganti pelatih dalam 10 tahun terakhir. Selain itu, AC Milan juga kerap bongkar pasang pemain pada bursa transfer.

Butuh Stabilitas

Striker AC Milan, Zlatan Ibrahimovic, berselebrasi dengan rekan setimnya usai mencetak gol ke gawang Inter Milan pada laga pekan ke-23 Serie A di Giuseppe Meazza, Minggu (9/2/2020). Sempat tertinggal, Inter Milan sukses mengemas kemenangan 4-2 dari rival sekota AC Milan. (AP/Antonio Calanni)
Striker AC Milan, Zlatan Ibrahimovic, berselebrasi dengan rekan setimnya usai mencetak gol ke gawang Inter Milan pada laga pekan ke-23 Serie A di Giuseppe Meazza, Minggu (9/2/2020). Sempat tertinggal, Inter Milan sukses mengemas kemenangan 4-2 dari rival sekota AC Milan. (AP/Antonio Calanni)

 

"Mereka membutuhkan stabilitas, mereka membutuhkan proyek yang dapat diselesaikan. Selalu sulit untuk berubah setiap tahun. Dibutuhkan stabilitas dan mengetahui bagaimana menerima kritik, karena ketika Anda memulai sesuatu yang baru, itu tidak pernah bersifat jangka pendek," kata Albertini.

"Mengelola kritik sangat penting untuk klub besar. Jika Anda percaya pada proyek, Anda harus mengelola saat-saat sulit, ketika hasilnya tidak tiba," lanjut pria yang sukses meraih 14 trofi juara bersama AC Milan tersebut.

"Jika Anda memulai dari awal setiap tahun karena Anda pikir Anda telah melakukan kesalahan, semuanya menjadi lebih sulit," tuturnya.

Sumber: Football Italia

Disadur dari: Bola.com (penulis Rizki, published 20/3/2020)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Waspada Corona, Sejumlah Warga Salat Jumat Pakai Masker di Masjid Raya Cinere

Posted: 20 Mar 2020 12:10 AM PDT

Umat muslim dengan mengenakan masker menghadiri salat Jumat di Masjid Raya Cinere, Depok, Jawa Barat, Jumat (20/3/2020). Masjid Raya Cinere tetap menggelar salat Jumat di tengah penyebaran virus corona Covid-19, meski begitu jemaah diimbau tetap menjaga kesehatan. (merdeka.com/Arie Basuki)
Umat muslim dengan mengenakan masker menghadiri salat Jumat di Masjid Raya Cinere, Depok, Jawa Barat, Jumat (20/3/2020). Masjid Raya Cinere tetap menggelar salat Jumat di tengah penyebaran virus corona Covid-19, meski begitu jemaah diimbau tetap menjaga kesehatan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Umat muslim dengan mengenakan masker menghadiri salat Jumat di Masjid Raya Cinere, Depok, Jawa Barat, Jumat (20/3/2020). Masjid Raya Cinere tetap menggelar salat Jumat di tengah penyebaran virus corona Covid-19, meski begitu jemaah diimbau tetap menjaga kesehatan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Umat muslim dengan mengenakan masker melaksanakan salat Jumat di Masjid Raya Cinere, Depok, Jawa Barat, Jumat (20/3/2020). Masjid Raya Cinere tetap menggelar salat Jumat di tengah penyebaran virus corona Covid-19, meski begitu jemaah diimbau tetap menjaga kesehatan. (merdeka.com/Arie Basuki)
Umat muslim dengan mengenakan masker melaksanakan salat Jumat di Masjid Raya Cinere, Depok, Jawa Barat, Jumat (20/3/2020). Masjid Raya Cinere tetap menggelar salat Jumat di tengah penyebaran virus corona Covid-19, meski begitu jemaah diimbau tetap menjaga kesehatan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Umat muslim dengan mengenakan masker melaksanakan salat Jumat di Masjid Raya Cinere, Depok, Jawa Barat, Jumat (20/3/2020). Masjid Raya Cinere tetap menggelar salat Jumat di tengah penyebaran virus corona Covid-19, meski begitu jemaah diimbau tetap menjaga kesehatan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Seorang anak mengenakan masker saat dirinya mengikuti salat Jumat di Masjid Raya Cinere, Depok, Jumat (20/3/2020). Masjid Raya Cinere tetap menggelar salat Jumat di tengah penyebaran virus corona, meski begitu jemaah diimbau tetap menjaga kesehatan. (merdeka.com/Arie Basuki)
Seorang anak mengenakan masker saat dirinya mengikuti salat Jumat di Masjid Raya Cinere, Depok, Jumat (20/3/2020). Masjid Raya Cinere tetap menggelar salat Jumat di tengah penyebaran virus corona, meski begitu jemaah diimbau tetap menjaga kesehatan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Seorang anak mengenakan masker saat dirinya mengikuti salat Jumat di Masjid Raya Cinere, Depok, Jumat (20/3/2020). Masjid Raya Cinere tetap menggelar salat Jumat di tengah penyebaran virus corona, meski begitu jemaah diimbau tetap menjaga kesehatan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Umat muslim dengan mengenakan masker melaksanakan salat Jumat di Masjid Raya Cinere, Depok, Jawa Barat, Jumat (20/3/2020). Masjid Raya Cinere tetap menggelar salat Jumat di tengah penyebaran virus corona Covid-19, meski begitu jemaah diimbau tetap menjaga kesehatan. (merdeka.com/Arie Basuki)
Umat muslim dengan mengenakan masker melaksanakan salat Jumat di Masjid Raya Cinere, Depok, Jawa Barat, Jumat (20/3/2020). Masjid Raya Cinere tetap menggelar salat Jumat di tengah penyebaran virus corona Covid-19, meski begitu jemaah diimbau tetap menjaga kesehatan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Umat muslim dengan mengenakan masker melaksanakan salat Jumat di Masjid Raya Cinere, Depok, Jawa Barat, Jumat (20/3/2020). Masjid Raya Cinere tetap menggelar salat Jumat di tengah penyebaran virus corona Covid-19, meski begitu jemaah diimbau tetap menjaga kesehatan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Umat muslim dengan mengenakan masker melaksanakan salat Jumat di Masjid Raya Cinere, Depok, Jawa Barat, Jumat (20/3/2020). Masjid Raya Cinere tetap menggelar salat Jumat di tengah penyebaran virus corona Covid-19, meski begitu jemaah diimbau tetap menjaga kesehatan. (merdeka.com/Arie Basuki)
Umat muslim dengan mengenakan masker melaksanakan salat Jumat di Masjid Raya Cinere, Depok, Jawa Barat, Jumat (20/3/2020). Masjid Raya Cinere tetap menggelar salat Jumat di tengah penyebaran virus corona Covid-19, meski begitu jemaah diimbau tetap menjaga kesehatan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Umat muslim dengan mengenakan masker melaksanakan salat Jumat di Masjid Raya Cinere, Depok, Jawa Barat, Jumat (20/3/2020). Masjid Raya Cinere tetap menggelar salat Jumat di tengah penyebaran virus corona Covid-19, meski begitu jemaah diimbau tetap menjaga kesehatan. (merdeka.com/Arie Basuki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Social Distancing, Ini Saatnya Manfaatkan Kemudahan Belanja dari Rumah

Posted: 20 Mar 2020 12:10 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Merebaknya COVID-19 di Indonesia, membuat pemerintah menghimbau masyarakat untuk menerapkan social distancing atau mengurangi jumlah aktivitas di luar rumah, interaksi dengan orang lain dan kontak tatap muka langsung, seperti menghindari pergi ke tempat-tempat yang ramai dikunjungi seperti mall dan supermarket.

Dalam kondisi seperti ini, masyarakat yang berencana untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari juga dianjurkan untuk berbelanja dari rumah. 

Kondisi ini sudah diantisipasi oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk yang memberikan kemudahan melalui CERIA untuk berbelanja online dari rumah.

 

Aplikasi CERIA

Aplikasi CERIA.
Aplikasi CERIA.

CERIA merupakan produk pinjaman digital berupa aplikasi di smartphone yang memberikan kemudahan untuk pembiayaan transaksi melalui e-commerce. Aplikasi ini menggunakan sistem digital verification, digital scoring, dan digital signature yang seluruh prosesnya dilakukan secara digital. 

"Kami berupaya agar masyarakat tetap dapat memenuhi kebutuhan belanja dari rumah melalui layanan dan fasilitas yang kami sediakan pada aplikasi CERIA. Dari segi keamanan, nasabah tidak perlu khawatir karena CERIA telah mendapatkan persetujuan dari regulator dan menerapkan prosedur yang ketat dalam menjaga keamanan data nasabah. Terlebih kami juga menawarkan nasabah untuk dapat menikmati gratis biaya admin bulanan dan tahunan," jelas Handayani, Direktur Konsumer Bank BRI.

 

Limit Hingga Rp 20 Juta

Belanja Sehari-hari Tanpa Harus Pergi.
Belanja Sehari-hari Tanpa Harus Pergi.

Proses persetujuan limit pinjaman di aplikasi CERIA bisa dilakukan dalam waktu 10 menit hingga maksimal Rp 20 juta. Dengan tenor yang fleksibel sampai dengan 12 bulan, pengajuan dapat dilakukan tanpa harus datang dan tatap muka dengan petugas bank. CERIA juga menawarkan bunga yang rendah dibandingkan dengan layanan keuangan digital serupa. Saat ini masyarakat sudah dapat mengunduh CERIA di sistem operasi Android, Play Store.  

Sejak diluncurkan tahun lalu, saat ini sudah lebih dari 200.000 pengguna telah mengunduh aplikasi CERIA di Play Store dengan total limit kredit yang telah disalurkan mencapai Rp 26 Miliar.

"Nasabah dapat menikmati fasilitas CERIA untuk bertransaksi di merchant-merchant e-commerce kerja sama yaitu Tokopedia dan DINOMARKET.com. Untuk memberikan manfaat lebih kepada nasabah, kami memberikan program cashback hingga Rp 1 juta untuk transaksi menggunakan CERIA. Kami berharap nasabah dapat tetap memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan produk BRI dari rumah dengan aman dan nyaman," tutup Handayani.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bima Arya Positif Corona, Pemkot Bogor Tetapkan Status KLB

Posted: 20 Mar 2020 12:07 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Kota Bogor menetapkan virus Corona di kotanya sebagai kejadian luar biasa (KLB). Hal ini menyusul ada tiga kasus, satu di antaranya Wali Kota Bogor Bima Arya positif Corona Covid-19.

Plt Dinas Kesehatan Kota Bogor Sri Nowo Retno mengatakan penetapan status KLB untuk menekan penyebaran virus Corona. Sebelumnya, pemkot telah melakukan isolasi terbatas. 

Semua kegiatan yang menimbulkan kerumunan dihentikan sementara. Sekolah diliburkan, fasilitas publik seperti taman hingga tempat hiburan malam ditutup.

"Dengan adanya tiga kasus positif ini, maka Kota Bogor dinyatakan KLB," kata Sri, Jumat (20/3/2020).

Sri menyebutkan, ketiga pasien positif terpapar virus Corona adalah wali kota, seorang pejabat pemkot, dan seorang pasien PDP yang sudah dirawat sebelumnya.

"Wali kota belum bisa dipastikan terkena virus di mana. Kemungkinan keduanya terkena di luar negeri," kata dia.

Saat ini, Dinkes fokus melakukan penelusuran terhadap tiga kasus positif itu. Termasuk mengidentifikasi orang-orang yang sempat kontak langsung dengan wali kota.

"Bima Arya sempat ikut kegiatan Road to BHM di Sukabumi pada 6-7 Maret, tapi Wali Kota Sukabumi dan semua tim lari kini dalam keadaan sehat," ujar dia.

 

Telusuri Kontak Bima Arya di Luar Negeri

Spanduk Pencegahan Virus Corona terpasang di kereta di stasiun kereta Depok, Jumat (6/3/2020).  PT KAI Daop 1 melakukan kegiatan  sosialisasi mengenai penyebaran virus corona dengan menghadirkan kereta kesehatan Rail Clinic bagi warga sekitar stasiun Depok dan Bogor. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Spanduk Pencegahan Virus Corona terpasang di kereta di stasiun kereta Depok, Jumat (6/3/2020). PT KAI Daop 1 melakukan kegiatan sosialisasi mengenai penyebaran virus corona dengan menghadirkan kereta kesehatan Rail Clinic bagi warga sekitar stasiun Depok dan Bogor. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Seluruh panitia Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) juga mengonfirmasi dalam keadaan sehat. Bima sempat menghadiri acara keagamaan yang diselenggarakan GPIB di Kota Bogor pada 26 Februari 2020.

"Di Turki, sampai tadi malam sebagian menyatakan keadaan sehat. Tapi hari ini akan dipastikan kembali. Untuk di Azerbaijan sedang dilakukan penelusuran orang-orang yang bertemu dengan wali kota," terang dia.

Selain tiga pasien positif virus tersebut, ada lima pasien dalam pengwasan (PDP) dan saat ini tengah dalam perawatan di RSUD Kota Bogor.

Kemudian, dari 109 orang dalam pemantauan (ODP), 21 orang di antaranya sudah selesai atau dinyatakan sehat dan tidak terpapar Covid-19.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini : 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Corona COVID-19, BPJS Kesehatan Surabaya Optimalkan 2 Layanan Ini

Posted: 20 Mar 2020 12:07 AM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Munculnya imbauan Pemerintah untuk mengurangi interaksi dalam kegiatan apapun sebagai antisipasi penyebaran virus corona COVID-19, langsung mendapat respons dari BPJS Kesehatan, dengan mengeluarkan kebijakan khusus terkait pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Surabaya, Herman Dinata Mihardja menuturkan, per 19 Maret 2020 BPJS Kesehatan melakukan pelayanan terbatas di seluruh Kantor Cabang termasuk Kantor Cabang Surabaya.

"Sejumlah pelayanan administrasi yang biasanya dapat dilakukan di Kantor Cabang, dialihkan ke BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 dan aplikasi Mobile JKN. Selain untuk mencegah risiko penularan virus corona, layanan menggunakan BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 dan aplikasi Mobile JKN dapat mempermudah peserta melakukan urusan administratif tanpa harus mengunjungi Kantor BPJS Kesehatan," terang Herman, Jumat (20/3/2020). 

Layanan pendaftaran peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP), serta penggantian kartu hilang, dialihkan melalui aplikasi Mobile JKN (berupa KIS digital). Penambahan anggota keluarga PBPU dan BP, serta perubahan identitas peserta non Penerima Bantuan Iuran (PBI) dialihkan melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500 400. 

Perubahan Fasilitas

Petugas BPJS Kesehatan melayani warga di kawasan Matraman, Jakarta, Rabu (28/8/2019). Menkeu Sri Mulyani mengusulkan iuran peserta kelas I BPJS Kesehatan naik 2 kali lipat yang semula Rp 80.000 jadi Rp 160.000 per bulan untuk JKN kelas II naik dari Rp 51.000 menjadi Rp110.000 per bulan. (merdeka.com
Petugas BPJS Kesehatan melayani warga di kawasan Matraman, Jakarta, Rabu (28/8/2019). Menkeu Sri Mulyani mengusulkan iuran peserta kelas I BPJS Kesehatan naik 2 kali lipat yang semula Rp 80.000 jadi Rp 160.000 per bulan untuk JKN kelas II naik dari Rp 51.000 menjadi Rp110.000 per bulan. (merdeka.com

Adapun untuk perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) non peserta PBI, serta perubahan kelas rawat peserta PBPU dan BP, dapat dilakukan melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 maupun aplikasi Mobile JKN.

"Sedangkan pelayanan yang dapat dilakukan di kantor cabang hanya pelayanan bagi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) meliputi perubahan data peserta PBI yaitu perubahan identitas, perubahan FKTP, dan pendaftaran bayi baru lahir, serta pengaduan peserta yang membutuhkan penyelesaian segera," ujar Herman.

Sementara mengenai batas waktu pelaksanaan mekanisme kebijakan khusus ini diberlakukan, Herman menuturkan, batas waktunya adalah sampai dengan ada kebijakan lebih lanjut terkait penanganan virus corona COVID-19.

"Kapan batas waktu penerapan kebijakan ini, kami belum tahu. Tapi yang pasti, kami senantiasa melakukan sosialisasi dan edukasi kepada peserta JKN-KIS untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat sebagai bentuk kewaspadaan terhadap virus corona COVID-19," pungkas Herman.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Penularan Corona Covid-19, Pengunjung Dealer Honda Harus Lewati Tahap Ini

Posted: 20 Mar 2020 12:02 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mencegah penularan Corona Covid-19, PT Wahana Makmur Sejati (WMS) selaku main dealer sepeda motor Honda di wilayah Jakarta dan Tangerang melakukan antisipasi preventif di seluruh jaringan.

Tak hanya jaringan penjualan, WMS juga memperketat pemeriksaan di bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).

Salah satu antisipasi yang dilakukan Wahana ialah pemantauan kesehatan terhadap seluruh pengunjung yang datang. Selain mengukur suhu tubuh pengunjung yang datang, terdapat pula hand sanitizer yang bisa digunakan.

"Karena kami peduli dan kebutuhan konsumen baik pembeliaan dan pemeliharaan unit, selaku main dealer di Jakarta Tangerang kami berlakukan tindakan preventif terkait Corona dengan melakukan scan suhu tubuh dan penyediaan cairan steril hand sanitizer," kata Group Head Corporate Communication Wahana, Evi Haryadi.

Tak hanya untuk konsumen, Wahana juga memberlakukan aturan yang ketat untuk pihak internal perusahaan. Adapun beragam tindakan preventif yang dilakukan ialah pemeriksaan suhu tubuh, penyemprotan ruang kerja, kerja sistem shift, teleconference meeting, hingga penundaan beragam kegiatan hingga kondisi membaik.

"Selaku penyedia layanan, kami wajib untuk tetap untuk melayani kebutuhan konsumen, apalagi tranportasi motor merupakan jadi salah satu alternatif kendaraan setelah adanya beragam pengurangan layanan transportasi publik," kata Evi.

Tetap Optimis di Tahun 2020

Meski dibayangi beragam isu seperti banjir dan penyebaran wabah virus Corona Covid-19, WMS optimistis dengan pergerakan bisnis yang memasuki usia ke-48 di tahun ini.

Hadir sejak 1972, main dealer Honda wilayah Jakarta dan Tangerang ini mampu menjual 400.000 unit per tahun. 

"Bisnis main dealer sepeda motor memiliki keunikan tersendiri, khususnya di Jakarta dan Tangerang. Itulah sebabnya kami berupaya meningkatkan kepuasan konsumen secara konsisten. Salah satunya dengan menjalankan standar terbaik," kata Chief Marketing Officer Wahana, Edi Setiawan.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Membersihkan Ponsel di Tengah Krisis Corona COVID-19

Posted: 20 Mar 2020 12:01 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyebaran corona COVID-19 yang kian meluas membuat banyak pihak lebih peduli dengan kebersihan. Upaya pencegahan virus corona baru ini juga dapat dilakukan dengan rajin membersihkan ponsel.

Ponsel dan perangkat lain dapat membawa banyak kuman sehingga penting untuk membersihkannya. Lalu, bagaimana cara membersihkan ponsel?

Dilansir dari Time, Kamis, 19 Maret 2020, penelitian menunjukkan bahwa bakteri staph hingga e. Coli dapat berkembang di layar ponsel Anda. COVID-19 dapat bertahan hidup di permukaan selama beberapa jam hingga lebih dari seminggu, tergantung pada kondisinya.

Jika Anda ingin membunuh kuman-kuman itu dapat menggunakan alkohol. Tidak ada salahnya dilakukan sekarang karena perusahaan seperti Apple baru-baru ini menyarankan memakai tisu berbasis alkohol dan produk disinfektan serupa pada perangkat mereka.

"Bisa menggunakan 70 persen isopropyl alcohol wipe atau Clorox Disinfecting Wipes. Anda dapat dengan lembut menyeka permukaan luar iPhone Anda," jelas Apple di laman support-nya.

Disebutkan juga jangan menggunakan pemutih serta menghindari kelembapan. Jangan pula merendam ponsel iPhone di pembersihan lainnya.

 

Cuci Tangan

Ilustrasi mencuci tangan (iStockphoto)
Ilustrasi mencuci tangan (iStockphoto)

Hal penting lainnya adalah mencuci tangan Anda. Ingatlah untuk mencuci tangan secara teratur, jangan menyentuh wajah Anda, dan sebagainya.

"Yang pasti, jika Anda khawatir tentang ponsel Anda, Anda dapat membersihkan ponsel Anda," kata Dr. Donald Schaffner, profesor di Departemen Ilmu Pangan Rutgers University.

"Tetapi yang lebih penting, jauhi orang yang sakit, dan cuci dan bersihkan tangan Anda. Hal itu mungkin akan dilakukan lebih sering untuk mengurangi risiko Anda daripada membersihkan ponsel," tambahnya.

Schaffner juga mengatakan kemungkinan menangkap virus seperti COVID-19 dari ponsel sangat kecil dibandingkan dengan risiko berada di dekat seseorang yang sudah terinfeksi penyakit tersebut. Tetapi, tidak ada salahnya menjaga ponsel Anda tetap bersih.

"Jika Anda punya seratus (bakteri) di jari Anda dan Anda menjepit jari Anda di area yang lembap seperti hidung, nah sekarang Anda punya permukaan kering yang dipindahkan ke permukaan yang basah," katanya.

"Anda mungkin akan menjadi sangat efisien dalam men-transfer ratusan organisme yang Anda dapatkan di jari Anda ke hidung," lanjutnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hoaks Pasar Tradisional di Cirebon Tutup karena Corona Covid-19

Posted: 20 Mar 2020 12:00 AM PDT

Liputan6.com, Cirebon - Pemerintah Cirebon memastikan hanya menerapkan sistem belajar dan bekerja di rumah selama 14 hari menyusul adanya pasien positif covid-19.

Oleh karena itu, pemerintah menyatakan informasi mengenai tutupnya pasar tradisional di Cirebon adalah hoaks. Walikota Cirebon Nashrudin Azis mengatakan, sejumlah upaya telah dilakukan Perusahaan Daerah (PD) Pasar Berintan Kota Cirebon.

"Ada langkah preventif yang dilakukan PD Pasar sehingga tidak benar kalau pasar tradisional itu tutup," ujar dia, Kamis (19/3/2020).

Beredar informasi pesan berantai yang diterima masyarakat Cirebon. Informasin tersebut berupa pesan tertulis yang menyatakan pasar tradisional di Kota Cirebon akan tutup.

Penutupan pasar tradisional tersebut selama tiga hari terhitung mulai hari Jumat, 20 Maret 2020. Selama penutupan, pemda setempat akan melakukan penyemprotan cairan diainfektan.

"Kami tidak pernah menginstruksikan pasar dan mall tutup. Hanya mewanti-wanti agar pengurus pasar dan pengelola mall bisa melindungi diri dan pedagang dengan baik selama masa penyebaran virus covid-19," kata Azis.

Azis menekankan agar pengurus pasar dan pengelola mall menaati aturan mengenai pencegahan penyebaran covid-19 yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Azis juga meminta kepada setiap warga di Kota Cirebon untuk disiplin menjalankan aturan-aturan pencegahan penyebaran virus covid-19.

Kontak Fisik

Walikota Cirebon Nashurudin Azis menyebutkan isu penutupan pasar tradisional akibat covid-19 di Kota Cirebon adalah hoaks. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)
Walikota Cirebon Nashurudin Azis menyebutkan isu penutupan pasar tradisional akibat covid-19 di Kota Cirebon adalah hoaks. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

"Kuncinya saat ini, jalankan terus pola hidup sehat dan tingkatkan daya tahan tubuh," tegas Azis.

Sementara itu Direktur Utama (Dirut) PD Pasar Berintan, Akhyadi, SE., juga membantah adanya informasi jika pasar tradisional akan tutup ada tanggal 20 Maret 2020.

"Itu bohong," ungkap Akhyadi.

Saat ini, kata Akhyadi, situasi dan kondisi yang ada di pasar tradisional berjalan normal dan terkendali. PD Pasar Kota Cirebon akan melakukan langkah antisipasi untuk mencegah penyebaran virus covid-19 di pasar-pasar tradisional.

Diantaranya meminta agar antara pedagang dan penjual tidak terjadi kontak fisik, seperti berjabat tangan.

"Kami juga mewajibkan kepada pengurus pasar untuk menyiapkan wastafel dan cairan antiseptik," tegas Akhyadi.

Imbauan tersebut disampaikan melalui berbagai media yang ada, mulai dari spanduk di masing-masing pasar hingga melalui pengeras suara yang ada di setiap pasar.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain APD Tangani Corona COVID-19, Ada Prosedur Lain yang Perlu Diperhatikan Dokter

Posted: 20 Mar 2020 12:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selain menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) demi menangani pasien suspek maupun positif Corona COVID-19, ada prosedur lain yang perlu diperhatikan dokter. Prosedur universal precaution (kewaspadaan universal) perlu diterapkan.

"Dokter juga perlu menerapkan Universal Precaution setiap melakukan pemeriksaan terhadap pasien, terutama pada pasien dengan keluhan gangguan pernapasan atau pasien yang dicurigai terinfeksi Corona COVID-19," ungkap Ketua Satgas Kewaspadaan dan Kesiapsiagaan COVID-19 IDI Zubairi Djoerban melalui keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Kamis (19/3/2020). 

Kewaspadaan universal adalah tindakan pengendalian infeksi yang dilakukan oleh seluruh tenaga kesehatan untuk mengurangi risiko penyebaran infeksi. Ini karena penularan penyakit, baik berasal dari pasien maupun dari tenaga kesehatan dapat berasal dari darah dan cairan tubuh. 

Oleh karena itu, menjaga sterilisasi alat kesehatan dan cuci tangan, jarum dan alat tajam sangat diperlukan. Penerapan kewaspadaan diharapkan menurunkan risiko penularan patogen, termasuk virus Corona COVID-19.

Bangun Kerjasama

Petugas menyiapkan mobil ambulans untuk membawa pasien terduga virus corona di RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Kamis (5/3/2020). Satu WNA terindikasi virus corona diizinkan pulang setelah hasil pemeriksaan, WNA itu negatif corona. (merdeka.com/Imam Buhori)
Petugas menyiapkan mobil ambulans untuk membawa pasien terduga virus corona di RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Kamis (5/3/2020). Satu WNA terindikasi virus corona diizinkan pulang setelah hasil pemeriksaan, WNA itu negatif corona. (merdeka.com/Imam Buhori)

Zubairi juga menekankan, dokter dan tenaga medis harus menjaga kebersihan dan kesehatan diri. Boleh juga melakukan pengaturan pembatasan jumlah jam praktik dan lama masa kontak dengan pasien.

"Yang pasti harus terus membangun kerjasama yang kuat dan intensif antar-rekan sejawat ditempat kerja agar deteksi dan tatalaksana pasien ODP (Orang Dalam Pemantauan) dan PDP (Pasien Dalam Pemantauan) berjalan maksimal di semua fasyankes," tegasnya.  

Selama menjalankan tugas, dokter tetap berkonsentrasi pada rumah sakit/fasyankes tempatnya bekerja dan menyiapkan diri sebagai relawan jika dibutuhkan dalam mengatasi COVID-19.

Selain itu,ikut berperan aktif dalam upaya memutus rantai penularan COVID-19 dengan memberikan edukasi, sosialisasi, pengarahan, dan contoh tindakan yang baik kepada masyarakat luas.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Erick Thohir: 4,7 Juta Masker Buatan BUMN Bakal Tersedia di Pasar Mulai 31 Maret

Posted: 20 Mar 2020 12:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjamin ketersediaan alat kesehatan dari BUMN untuk masyarakat di tengah pandemi Covid-19, salah satunya masker.

Dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Jumat (20/3/2020), Erick memastikan pada 31 Maret mendatang, 4,7 juta masker produksi dalam negeri akan didistribusikan ke masyarakat.

"BUMN farmasi terus memproduksi kebutuhan yang diperlukan yang kita bisa, contohnya itu 31 Maret akan tersedia 4,7 juta masker," kata Erick.

Jumlah masker tersebut diproduksi oleh BUMN. Namun, Erick enggan menyebut darimana bahan baku tersebut berasal.

"Kalau bahan baku, saya nggak mau terbuka, nanti shortage, pokoknya kita dapat sumber bahan baku supaya bisa produksi," katanya.

 

Obat-obatan Juga Mencukupi

Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin, Erick Thohir memimpin pertemuan sembilan perwakilan partai pendukung koalisi ke kediaman pribadi Ketua Dewan Pembina Partai Golkar, Aburizal Bakrie di Jakarta, Senin (8/10). (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin, Erick Thohir memimpin pertemuan sembilan perwakilan partai pendukung koalisi ke kediaman pribadi Ketua Dewan Pembina Partai Golkar, Aburizal Bakrie di Jakarta, Senin (8/10). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Tak hanya itu, ketersediaan obat juga dipastikan dalam kapasitas yang mencukupi. Nantinya, obat tersebut dapat dikonsumsi oleh hingga 60 ribu pasien.

Lebih lanjut, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, CSR BUMN untuk saat ini memang akan difokuskan untuk memastikan kesehatan masyarakat terjamin, melalui pengadaan obat, masker, APD dan lainnya.

"Saya rasa, kita harus tetap sesuai arahan Presiden kalau kita harus fokus di kesehatan, social safety dan bagaimana kelanjutan daya beli masyarakat berkaitan dengan dunia usaha. Ini salah satu langkah yang kami tempuh," katanya mengakhiri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Pesona Nadya Indry, Wanita yang Dikabarkan Kekasih Asli Rio Ramadhan

Posted: 20 Mar 2020 12:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Nadya Indry belakangan ini menjadi perbincangan hangat oleh warganet. Hal ini lantaran dirinya dikabarkan sebagai kekasih asli Rio Ramadhan. Kebersamaan keduanya mulai terungkap setelah Rio dan Nadya tertangkap kamera sedang menonton pertandingan sepakbola Persija vs Borneo FC, di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Minggu (1/3/2020).

Selama ini publik mengetahui Rio Ramadhan sebagai sosok yang kontroversial. Ia muncul sebagai kekasih dari beauty vlogger Kekeyi. Banyak yang menduga bahwa hubungan keduanya merupakan settingan. Namun berulang kali, keduanya menampik dengan jawaban kompak bahwa mencintai satu sama lain.

Setelah keberadaan Nadya mulai muncul di publik, Kekeyi pun akhirnya buka suara. Melalui akun YouTube pribadinya pada Jumat (20/3/2020), ia mengakui bahwa selama ini hubungannya dengan Rio Ramadhan hanyalah sebatas pekerjaan belaka. 

Sudah penasaran dengan sosok Nadya Indry? Berikut merupakan kumpulan potret pesona Nadya Indry yang dikabarkan kekasih dari Rio Ramadhan. Dihimpun oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (20/3/2020).

1. Nadya Indry merupakan finalis Putri Pariwisata Indonesia Banten 2019

Potret pesona Nadya Indry kekasih asli dari Rio Ramadhan. (Sumber: Instagram/nadyaindry)
Potret pesona Nadya Indry kekasih asli dari Rio Ramadhan. (Sumber: Instagram/nadyaindry)

2. Wanita yang dikabarkan kekasih Rio Ramadhan ini kuliah di jurusan Hubungan Internasional

Potret pesona Nadya Indry kekasih asli dari Rio Ramadhan. (Sumber: Instagram/nadyaindry)
Potret pesona Nadya Indry kekasih asli dari Rio Ramadhan. (Sumber: Instagram/nadyaindry)

3. Diketahui dari akun Instagramnya, kini Nadya dan Kekeyi pun telah menjadi sahabat

Potret pesona Nadya Indry kekasih asli dari Rio Ramadhan. (Sumber: Instagram/nadyaindry)
Potret pesona Nadya Indry kekasih asli dari Rio Ramadhan. (Sumber: Instagram/nadyaindry)

4. Potret Nadya mengenakan kimono warna kuning

Potret pesona Nadya Indry kekasih asli dari Rio Ramadhan. (Sumber: Instagram/nadyaindry)
Potret pesona Nadya Indry kekasih asli dari Rio Ramadhan. (Sumber: Instagram/nadyaindry)

5. Hanya mengenakan kaus hitam dan makeup tipis Nadya nampak menawan

Potret pesona Nadya Indry kekasih asli dari Rio Ramadhan. (Sumber: Instagram/nadyaindry)
Potret pesona Nadya Indry kekasih asli dari Rio Ramadhan. (Sumber: Instagram/nadyaindry)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ibu Striker Inter Milan Punya Risiko Tinggi Tertular Virus Corona Covid-19

Posted: 20 Mar 2020 12:00 AM PDT

Liputan6.com, Milan - Striker Inter Milan, Romelu Lukaku mengkhawatirkan sang ibu di tengah pandemi virus corona COVID-19 yang melanda Italia. Ibu Lukaku, Adolphine, punya risiko tinggi tertular pandemi virus corona.

Italia merupakan negara terparah yang terjangkit pandemi virus corona. Di sana, sudah ada hampir 3.500 kematian akibat wabah yang pertama kali muncul di Wuhan, China, Desember 2019.

"Anda harus berhati-hati. Bisa saja Anda menyentuh seseorang yang mungkin mereka sudah terkena virus," ucap striker Inter Milan berkebangsaan Belgia tersebut, dikutip dari saluran YouTube Ian Wright.

Virus ini membuat Lukaku mengkhawatirkan ibunya. Sebab, Adolphine sudah tua dan punya riwayat penyakit kronis, yang bisa dengan mudah tertular COVID-19.

"Ibu saya menderita diabetes. Dia punya risiko lebih tinggi ketika sudah tertular. Jadi, saya tidak bisa menyentuhnya," kata striker Inter Milan, yang musim lalu memperkuat Manchester United.

 

Pergerakan Terbatas

Romelu Lukaku. (AFP/Miguel Medina)
Romelu Lukaku. (AFP/Miguel Medina)

Karena penyakit yang kronis itu, Adolphine hanya bisa melakukan pergerakan tidak terbatas. Ibu Lukaku tersebut hanya menghabiskan waktu di rumah seharian.

"Ibu saya tidak bisa keluar. Dia hanya pergi ke galaman belakang sampai larut malam untuk berjalan, kemudian kembali lagi ke dalam (rumah)," ujar Lukaku.

 

Lukaku Tersiksa

Tak hanya sang ibu, Lukaku juga mengaku tersiksa akibat pandemi virus corona. Dia sudah bosa terkurung di rumahnya sendiri.

"Saya tidak bisa keluar, tidak berlatih, sudah sembilan hari. Kalau makan biasanya ikan dan sayuran, itupun di antar dari tim setipa jam 12 siang. Sebab, kami harus menjaga diet ketat," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Facebook Bakal Donasikan Rp 1.632 Miliar untuk UMKM Terdampak Virus Corona

Posted: 20 Mar 2020 12:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Facebook mengumumkan akan berdonasi senilai USD 100 juta (setara Rp 1.632 miliar) untuk pelaku UMKM yang bisnisnya terdampak pandemik virus corona.

Facebook menyebut, pihaknya memahami sebagian bisnis UMKM mengalami gangguan akibat penyakit Covid-19.

"Kami tahu, sedikit dukungan finansial bisa membantu, jadi kami menawarkan USD 100 juta dalam bentuk hibah tunai dan kredit iklan untuk membantu selama masa sulit ini," kata Facebook, sebagaimana dikutip dari CNBC, Jumat (20/3/2020).

Facebook menyebut, hibah tersebut bakal mengkover 30.000 pelaku bisnis UMKM di 30 negara. Rata-rata, per pelaku bisnis UMKM mendapatkan dana sebesar USD 3.333 (setara Rp 54,3 juta).

Facebook berharap, bantuan ini bisa membantu bisnis yang mengalami penurunan lalu lintas tajam. Pasalnya, bagi Facebook bisnis UMKM menyumbang sebagian kecil dari pendapatan iklannya.

Aplikasi Pengajuan

Ilustrasi Facebook (Foto: New Mobility)
Ilustrasi Facebook (Foto: New Mobility)

Sekadar informasi, Facebook menghasilkan USD 21,08 miliar pada kuartal keempat 2019.

Dalam beberapa minggu mendatang, Facebook bakal mulai menerima aplikasi pengajuan. Perusahaan menyebut, program ini bisa membantu bisnis, misalnya untuk sewa tempat biaya operasional, menggaji karyawan, dan tetap terhubung dengan pelanggan.

Dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg, Chief Operating Officer Facebook Sheryl Sandberg mengatakan, industri pemasaran pasti mendapatkan pukulan akibat dari virus corona.

Pelatihan Virtual Pendukung

Ilustrasi Facebook. (Foto: Fox News)
Ilustrasi Facebook. (Foto: Fox News)

"Ini tidak berjalan seperti biasa, dan industri pemasaran pastiakan menghadapi dampak nyata. Saya tidak tahu seberapa besar dampaknya," kata Sandberg.

Sandberg pun menyebut, perusahaan sedang mencari cara memperluas pelatihan virtual yang mendukung bisnis yang beroperasi di lingkungan meresahkan ini.

"Ada berbagai hal yang akan dibagikan dalam beberapa minggu ke depan," tutur Sandberg.

(Tin/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementan dan Kemendag Belum Sepakat Soal Pembebasan Izin Impor Bawang

Posted: 20 Mar 2020 12:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah mengeluarkan kebijakan pembebasan izin impor komoditas bawang, utamanya bawang putih dan bawang bombai. Langkah tersebut dilakukan guna menangkal lonjakan harga bahan pokok selama penyebaran virus Corona Covid-19.

Aturan itu tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 27 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 44 Tahun 2019 tentang Ketentuan Impor Produk Hortikultura.

Adapun pembebasan izin impor untuk berbagai komoditas bawang tersebut berlaku hanya sampai 31 Mei 2020.

Ketua Perkumpulan Pengusaha Bawang Nusantara (PPBN) Mulyadi menyatakan, pembukaan keran impor bawang tersebut akan membuat stok kebutuhan konsumsi domestik untuk bawang putih dan bombai terpenuhi hingga Juni 2020.

Mulyadi pun yakin, harga jual kedua komoditas tersebut akan kembali stabil jika ketersediaannya di tingkat domestik sudah terpenuhi.

"Dengan adanya kebijakan bebas kuota impor bawang putih dan bombai, kebutuhan konsumsi domestik akan terpenuhi sampai bulan Juni. Sehingga harga bawang putih dan bombay akan stabil di tengah situasi dalam negeri yang tidak kondusif karena Covid-19," ungkapnya kepada Liputan6.com, Jumat (20/3/2020).

Dia menilai aturan pembebasan impor bawang tersebut merupakan kebijakan yang sangat bagus. Oleh karenanya, ia menambahkan, pihak pengusaha akan mematuhinya dengan melaksanakan impor bawang putih dan bombay sesuai kebutuhan dalam negeri.

Kendati demikian, Mulyadi mengaku pihaknya saat ini masih khawatir lantaran belum mendapat kepastian dari Kementerian Pertanian (Kementan) terkait kebijakan bebas kuota impor tersebut.

"Karena sampai saat ini Kementerian Pertanian belum menyampaikan statemennya secara resmi. Apalagi antara Kementan dan Kemendag masih belum satu pandangan soal bebas kuota impor ini," kata dia.

Izin Impor Dihapus, Bawang Bombai Serbu Indonesia Akhir Maret 2020

Bawang bombay yang dijajakan pedagang di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Kamis (12/3/2020). Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengklaim telah menerbitkan surat izin impor atau SIP untuk komoditas bawang bombay secara bertahap. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Bawang bombay yang dijajakan pedagang di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Kamis (12/3/2020). Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengklaim telah menerbitkan surat izin impor atau SIP untuk komoditas bawang bombay secara bertahap. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengeluarkan kebijakan pembebasan persetujuan impor untuk komoditas bawang putih dan bawang bombai. Kebijakan ini diambil lantaran tingginya harga kedua komoditas itu di pasaran.

"Kita akan membebaskan persetujuan impor untuk komoditas bawang putih dan bawang bombai," kata Agus dalam siaran langsung di aplikasi Zoom, Jakarta, pada Rabu 18 Maret 2020.

Langkah ini diambil lantaran harga dua komoditas ini di pasaran terus mengalami peningkatan. Terlebih dalam rangka menyikapi dampak penyebaran virus Corona asal Wuhan, China.

Saat ini harga bawang putih menyentuh angka Rp 42.000 per kilogam (kg). Sementara bawang bombai mengalami peningkatan harga lebih dari 100 persen hingga menyentuh angka Rp 200 ribu per kg.

Pembebasan izin impor ini sudah diundangkan pada 18 Maret 2020. Kebijakan ini mulai berlaku pada 19 Maret 2020 sampai 31 Mei 2020.

"Jadi ini tidak jangka panjang, jangka pendek untuk situasi sekarang," kata Agus.

Sehingga dalam kurun waktu 2,5 bulan ini pemerintah importir tidak memerlukan izin berupa Rancangan Persetujuan Impor Produk Hortikultura (RPIH). Sebab proses ini bisa memakan waktu yang cukup lama.

"Dengan situasi ini kita menyederhanakan bagaimana proses impor lebih simple khususnya pada komoditas dalam pantauan yang harganya tidak stabil," kata Agus menerangkan.

Dengan begitu, mulai besok, importir sudah bisa mengirim dua komoditas tersebut ke Indonesia. Diperkirakan, dua komoditas impor ini akan sampai ke pasar dalam negeri sekitar 7- 10 hari lagi atau paling lambat akhir Maret 2020.

Setelah berakhir masa pembebasan izin impor ini, pihaknya akan melakukan evaluasi. Dia ingin melihat sisi positif dari kebijakan ini untuk mencegah spekulan-spekulan dan menstabilkan demand dan supply.

"Jadi belanja silahkan tapi sesuaikan dengan kebutuhan," ujar Agus.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

IGN Kembangkan Media Informasi Beasiswa Luar Negeri

Posted: 20 Mar 2020 12:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - International Global Network (IGN) menjadi organisasi pengembangan diri anak muda yang bertujuan untuk memberi kesempatan bagi generasi muda dari seluruh penjuru dunia untuk meningkatkan keterampilan dan membangun kesadaran terkait isu-isu global.

Berdiri sejak akhir tahun 2015 atas gagasan seorang pemuda bernama Muhammad Fahrizal. Pria kelahiran Tasikmalaya ini telah berpetualang bersama tim ke berbagai negara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Korea Selatan, Hong Kong dan Jepang dalam membuat event international.

Kini IGN akan terus berinovasi untuk menyediakan program-program terdepan yang dapat membawa perubahan positif bagi dunia.

Sejauh ini, IGN telah berhasil menghubungkan lebih dari 10 ribu anak muda dari 199 negara dengan program-program yang inspiratif dan edukatif seperti Youth Excursion (YOUTEX), Sasambo Greeneration Camp, Asia Students Summit, Asia Youth International Model United Nations (AYIMUN), Asia World Model United Nations (AWMUN), Global Goals Model United Nations (GGMUN), dan Bali Asia International Model United Nations (BAIMUN).

 

Sajikan Informasi Mengenai Pendidikan dan Beasiswa

IGN Kembangkan Media Informasi Beasiswa Luar Negeri
IGN Kembangkan Media Informasi Beasiswa Luar Negeri

Saat ini, IGN sedang mengembangkan media online yang menyajikan informasi aktual dan menarik mengenai pendidikan, beasiswa, kompetisi, konferensi, program pertukaran pelajar, fellowships, magang, beasiswa, workshop dan lainnya yang dikemas dalam bentuk artikel dan video.

Anak-anak muda di seluruh dunia dapat mengakses artikel-artikel dan video pembelajaran tersebut secara gratis melalui website internationalglobalnetwork.com. Tidak hanya itu, ada juga IGN mentor class hadir dengan tujuan untuk menjadi wadah berbagi pengetahuan dan informasi-informasi yang positif antar pemuda dalam bentuk kelas daring.

Program ini terbuka untuk semua anak muda dari seluruh dunia. Melalui IGN mentor class, para pemuda yang memiliki pengetahuan dan pengalaman seperti menerima beasiswa, menjadi peserta pertukaran pelajar di luar negeri, mewakili negaranya dalam sebuah konferensi, dan lainnya akan mendapatkan kesempatan untuk berbagi pengetahuan dan pengalamannya dengan pemuda lainnya yang ingin berjuang untuk meraih prestasi.

"Kami sedang menargetkan 1.000 mentor dan 1 juta user dalam 6 bulan ke depan. Kami juga akan bekerjasama dengan lebih dari 100 institusi pendidikan di berbagai negara, kita baru mulai melakukan testing produk dan sudah memiliki 8.000 user lebih dari seluruh penjuru dunia dan di pandu oleh lebih dari 10 mentor," kata Muhammad Fahrizal, Founder IGN.

Fahrizal menambahkan bahwa program ini dibuat secara gratis dengan tujuan memberikan dampak yang sebesar-besarnya bagi anak muda di seluruh dunia, khususnya negara-negara berkembang yang ingin belajar banyak hal mengenai bagaimana mendapatkan beasiswa keluar negeri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asmara Abigail Sebut Warga Italia yang Keluar Rumah Tanpa Izin Bisa Dipenjara dan Denda Rp 3 Juta

Posted: 20 Mar 2020 12:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bintang film Asmara Abigail diketahui masih berada di Milan, Italia. Seperti diketahui, Italia adalah negara paling terdampak wabah virus Corona setelah Tiongkok.

Laporan terkini menyebut jumlah korban meninggal akibat wabah virus Corona di Negeri Piza hampir mencapai 3.500 jiwa. Sementara Reuters melaporkan, jumlah infeksi virus Corona di Italia telah melewati 40 ribu kasus.

Asmara Abigail sendiri belum bisa kembali ke Tanah Air karena tertahan kebijakan Pemerintah Italia yang menerapkan lockdown (penutupan sementara) sejak beberapa hari terakhir. 

Izin Resmi untuk Keluar Rumah

Asmara Abigail (Adrian Putra/Fimela.com)
Asmara Abigail (Adrian Putra/Fimela.com)

Lockdown yang diterapkan Pemerintah Italia dimaksudkan untuk menahan laju persebaran virus Corona. Dari penuturan Asmara Abigail, peraturan terkait lockdown di Italia begitu ketat.

Bahkan untuk bisa ke luar rumah pun harus mengantongi izin resmi yang dirilis pihak berwenang. Hal itu disampaikan bintang film Pengabdi Setan dan Perempuan Tanah Jahanam saat dihubungi pada Kamis (19/3/2020) kemarin. 

Keluar di Sekitar Rumah Saja

Asmara Abigail (Bambang E Ros/© Fimela.com)
Asmara Abigail (Bambang E Ros/© Fimela.com)

"Kita memang bisa keluar rumah tapi cuma ke supermarket, apotek, joging, dan membawa anjing keluar. Tapi cuma boleh di sekitar wilayah rumah. Dan memang harus bawa surat jalan," beri tahu Asmara Abigail.

Pemerintah juga begitu tegas menerapkan hukuman bagi warga Italia yang melanggar peraturan tersebut.

Penjara Hingga Denda

Foto Eksklusif Asmara Abigail. ( Foto: Bambang E Ros, DI: Nurman Abdul Hakim/Fimela.com)
Foto Eksklusif Asmara Abigail. ( Foto: Bambang E Ros, DI: Nurman Abdul Hakim/Fimela.com)

Hukumannya bisa sampai dipenjara dan denda uang yang jika dirupiahkan setara dengan 3 juta. "Kalau tidak (ada izin), sudah masuk ke tindakan kriminal, bisa masuk penjara 3 bulan dengan denda kurang lebih 3 juta rupiah," imbuh artis kelahiran Jakarta, 3 April 1992 ini.

Lebih lanjut, izin tersebut hanya boleh diberikan kepada satu orang dalam satu keluarga, tidak lebih.

Menakutkan di Indonesia

Ilustrasi Novel Coronavirus 2019 (2019-nCoV). (CDC via AP, File)
Ilustrasi Novel Coronavirus 2019 (2019-nCoV). (CDC via AP, File)

"Enggak ada, kok. Hanya 1 orang dalam 1 keluarga yang berbelanja. Jadi enggak boleh ramai-ramai," ia menambahkan.

Jika dibandingkan dengan Indonesia di mana warganya masih bisa berlibur atau jalan-jalan di tengah wabah Corona, Asmara Abigail kaget. Asmara Abigail merasa hal yang terjadi di Indonesia itu justru menakutkan.  

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tiga Orang Positif Corona di Kendari

Posted: 20 Mar 2020 12:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah provinsi Sulawesi Tenggara mengkonfirmasi 3 kasus corona di Kendari. Ketiganya kini sedang dalam peraatan di rumah sakit dan dalam kondisi baik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pandemi Corona COVID-19, 45 Juta Warga Argentina Diminta Tak Keluar Rumah

Posted: 19 Mar 2020 11:55 PM PDT

Liputan6.com, Buenos Aires - Pemerintah Argentina Alberto Fernandez telah memberlakukan langkah-langkah baru terkait pencegahan penularan Corona COVID-19.

Dikutip dari laman CNN, Jumat (20/3/2020) Alberto Fernandez memerintahkan agar 45 juta warga Argentina untuk tinggal di dalam rumah dan meminimalisir aktivitas luar ruangan serta melibatkan banyak orang sebagi pencegahan penyebaran virus.

Fernandez menjelaskan dalam pidato yang disiarkan lewat saluran TV bahwa Buenos Aires menerapkan tindakan darurat hingga akhir bulan.

Masyarakat diperbolehkan untuk pergi ke pasar mencari kebutuhan dasar dan menemui dokter apabila sakit. Namun, jaga jarak harus tetap dilakukan.

Polisi akan berpatroli di jalan-jalan dan mereka yang tidak memiliki alasan kuat untuk berada di luar akan dihukum.

Hingga saat ini, Kementerian Kesehatan Argentika telah melaporkan bahwa ada 128 kasus Corona COVID-19 dengan tiga kematian.

 

Kematian Pertama Akibat COVID-19 di Argentina

Ilustrasi Foto Jenazah (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Jenazah (iStockphoto)

Pada awal Maret ini, Otoritas Argentina mengonfirmasi kasus pertama Virus Corona COVID-19. Pasien merupakan seorang pria (43) yang pada Minggu 1 Maret kembali ke Buenos Aires usai mengunjungi Italia.

"Pria itu sempat berada di beberapa lokasi di Eropa, tetapi terutama di Italia, di wilayah utara," kata Menteri Kesehatan Argentina Gines Gonzalez dalam konferensi persnya, seperti dilansir Xinhua.

Dalam penerbangan kembali ke Argentina, ungkapnya, pria itu menempati kabin first class yang agak membatasi kontak langsung dengan orang lain.

Pria tersebut mengatakan kepada para petugas medis bahwa dirinya tinggal seorang diri dan tidak berinteraksi sosial baru-baru ini, sehingga kemungkinan bahwa dia telah menulari Virus Corona ke orang lain terbilang rendah.

Di Amerika Latin, Brasil, Ekuador, Meksiko, dan Republik Dominika juga telah melaporkan adanya kasus Virus Corona COVID-19.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Erick Thohir Impor Alat Tes Corona dari Swiss, Masuk Indonesia Akhir Maret 2020

Posted: 19 Mar 2020 11:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir akan mengimpor alat pendeteksi Virus Corona dari Swiss. Alat ini akan masuk Indonesia pada akhir Maret 2020.

"Kita beli juga itu (alat kesehatan) dari Swiss. Saya enggak mau sebut merek. Dari Swiss itu order, akhir bulan ini datang nanti akan kita distribusikan," ujar Erick di Jakarta, Jumat (20/3/2020).

Erick mengatakan, alat tes kesehatan untuk mendeteksi Virus Corona menggunakan dua media, yaitu air liur dan darah. Dari Swiss sendiri, pemerintah akan memesan yang dapat mendeteksi virus melalui air liur.

"Jadi alat tes kit itu kan ada dua macam, ada yang air liur apakah dari tenggorokan atau hidung ada juga yang darah. Nah kita prioritaskan air liur, ini akan dipergunakan untuk rumah sakit," jelasnya.

"Kalau yang darah kan katanya bisa dipakai oleh siapa pun dan standarnya beda-beda. Kalau yang air liur ini memang harus standar yang kita pastikan," katanya.

Dia menambahkan, pihaknya tidak dapat merinci lebih jauh mengenai kecanggihan alat tes virus Coronadari Swiss tersebut. Namun yang pasti, alat tersebut sudah pernah diuji coba ketika mendapat hibah dari Singapura.

"Alhamdulillah kita berterima kasih kemarin dapat bantuan dari Singapura yang kemarin gratis berupa test kit. Lalu seperti itu juga yang kita beli itu dari Swiss," ucapnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Jack Ma Sumbang Masker hingga Alat Tes Virus Corona ke Indonesia

Pendiri Alibaba Group Jack Ma dalam diskusi panel
Pendiri Alibaba Group Jack Ma dalam diskusi panel "Disrupting Development" Pertemuan IMF-Bank Dunia di Nusa Dua, Bali pada Jumat (12/10). Jack Ma hadir membahas digital ekonomi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, pendiri raksasa e-commerce Alibaba Group, Jack Ma, mendonasikan berbagai perlengkapan medis ke empat negara di Asia Tenggara, yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Thailand. Sumbangan itu diberikan untuk menghadapi wabah virus Corona (Covid-19).

Bantuan peralatan medis itu terdiri dari 2 juta masker, 150 ribu test kit, 20 ribu baju pelindung, dan 20 ribu pelindung wajah, yang semuanya akan dikirimkan ke empat negara tersebut.

"Kami bergandengan tangan dengan negara-negara tetangga kami di Asia untuk bersama-sama menghadapi Covid-19," ujar Jack Ma dalam pesan tertulis yang diterima Liputan6.com, Jumat (20/3/2020).

Donasi tersebut disalurkan lewat dua yayasan, yakni Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation. Kedua yayasan telah menghubungi pemerintah Indonesia, Malaysia, Filipina dan Thailand untuk mengajukan donasi perlengkapan medis guna menangkal virus corona.

Jack Ma menyatakan, donasi ke negara-negara lain di Asia akan dilakukan seiring dengan upaya bersama mengatasi virus Corona.

"Selanjutnya, akan diikuti dengan bantuan untuk negara-negara Asia lainnya. Go Asia!" seru Jack Ma.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Virus Corona Covid-19 Hentikan Bundesliga, Pemain Gladbach Relakan Gaji untuk Bayar Karyawan Klub

Posted: 19 Mar 2020 11:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aksi terpuji dilakukan para pemain Borussia Monchengladbach dalam menghadapi pandemi virus corona Covid-19. Mereka bersedia merelakan gajinya agar pegawai di klub tersebut masih bisa tetap gajian di tengah kondisi keuangan klub yang hancur akibat berhentinya kompetisi hingga 2 April mendatang.

Seperti diketahui, pandemi global virus Corona Covid-19 tidak hanya membuat kacau jawdal kompetisi di berbagai belahan dunia, termasuk Eropa. Berhentinya kompetisi di masing-masing negara juga memaksa klub kehilangan pendapatan dan bakal kesulitan membiayai operasionalnya. 

Ancaman itu kini semakin nyata seperti yang dirasakan oleh Borussia Monchengladbach. Berhentinya kompetisi membuat Gladbach kehilangan sumber pemasukan utama, yakni tiket dan sponsor. Tim yang sudah berusia 119 tahun itu pun terancam kesulitan untuk memenuhi kewajibannya kepada karyawan. 

Beruntung, Gladbach memiliki pemain berhati mulia. Seperti dilansir dari AS, tidak ingin situasi ini para pekerja di sana, mereka mengusulkan proposal yang luar biasa kepada manajemen. Para pemain bersedia merelakan gajinya demi meringankan beban manajemen dalam memenuhi kewajibannya. 

"Saya tidak perlu menjelaskan terlalu banyak (kepada pemain)," kata Direktur Olahraga Gladbach, Max Eberl dalam wawancaranya dengan situs resmi klub seperti dilansir dari AS. "Mereka tahu apa yang terjadi. Itu pekerjaan mereka, dan mereka sudah diberitahu dan memikirkan hal itu," bebernya. 

"Tim menawarkan untuk merelakan gajinya membantu klub dan membayar karyawan," katanya. 

 

 

Bangga kepada Pemain

Bek AS Roma, Federico Fazio mencetak gol ke gawang Borussia Monchengladbach dalam laga matchday keempat fase grup Liga Europa 2019-2020 di Stadion IM Borussia-Park, Kamis (7/11/2019). AS Roma takluk dari tim tuan rumah dengan skor 2-1. (AP/Martin Meissner)
Bek AS Roma, Federico Fazio mencetak gol ke gawang Borussia Monchengladbach dalam laga matchday keempat fase grup Liga Europa 2019-2020 di Stadion IM Borussia-Park, Kamis (7/11/2019). AS Roma takluk dari tim tuan rumah dengan skor 2-1. (AP/Martin Meissner)

Saat ditanya apakah manajemen menerima tawaran itu? Elberl menjawab,"Ya, saya sangat bangga kepada mereka. Ini adalah sinyal yang kuat: Kita bersatu untuk Borussia, di saat suka maupun duka. Mereka ingin mengembalikan sesuatu kepada Borussia dan seluruh fans yang mendukung kami."

"Staf pelatih juga ikut bergabung, begitu juga dengan direktur dan manajer," beber Eberl.

    

Terpaut 6 Poin

Logo Bundesliga (wallpapersource.co)
Logo Bundesliga (wallpapersource.co)

Jerman seperti diketahui menjadi salah satu negara di Eropa yang terdampak penyebaran virus Corona model terbaru penyebab Covid-19 dengan 13.632 kasus dan 33 orang dinyatakan meninggal dunia. 

Sebelum kompetisi diberhentikan sementara, Gladbach berada di posisi keempat Bundesliga terpaut 6 poin dari pimpinan klasemen Bayern Munich. 

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

55 Kata-Kata Gombalan Lucu Romantis yang Bikin Meleleh

Posted: 19 Mar 2020 11:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kata-kata gombalan lucu romantis bisa membuat siapa saja merasa meleleh walau hanya sebatas kata. Kata-kata gombalan lucu romantis biasanya digunakan oleh seorang lelaki yang ingin menghibur kekasihnya. Tak jarang, Kata-kata romantis bisa membuat wanita kembali tersenyum karena tersipu malu.

Dalam sebuah hubungan pasti tidak selamanya berjalan mulus, dan pasti akan mendapatkan sebuah masalah. Selain itu, berada dalam titik jenuh dapat membuat hubungan terasa sangat hambar. Hal tersebut merupakan ujian yang dapat memperkuat sebuah hubungan. Oleh sebab itu, penting untuk saling memahami dan saling menghibur ketika mendapatkan sebuah masalah. Kata-kata gombalan lucu romantis bisa dicoba dan digunakan untuk menghibur pasangan masing-masing.

Kata-kata gombalan lucu romantis tidak harus diungkapkan oleh laki-laki. Seorang wanita juga bisa menggunakan kata-kata gombalan lucu romantis untuk menghibur si dia. Tak jarang wanita merasa gengsi ketika harus mengungkapkan kata-kata kepada pasangannya. Terkadang seorang pria juga ingin mendapatkan perlakuan istimewa dari sang kekasih. Dalam sebuah hubungan, kepekaan untuk saling memahami memang sangat dibutuhkan.

Walaupun hanya sekedar kata-kata, kata-kata memiliki kekuatan tersendiri untuk menghibur, menghipnotis, bahkan membuat seseorang menjadi sedih. Begitu juga dengan kata-kata gombalan lucu romantis. Kata-kata gombalan tersebut bisa dijadikan sebagai pilihan untuk membuat hubungan menjadi seru dan asyik. Gombalan ini dapat menjadi wujud sayang dan pedulimu pada pacar. Tak hanya selalu berisi kata-kata romantis, terkadang selipan humor dalam gombalan dibutuhkan agar lebih menarik.

Buat para cewek atau cowok yang ingin mengungkapkan keromantisan, bisa menggunakan kata-kata gombalan lucu romantis untuk menghibur sang pujaan hati. Berikut liputan6.com merangkum dari berbagai sumber, Jumat (20/3/2020) tentang kata-kata gombalan lucu romantis yang bikin bikin meleleh.

Ragam Kata-Kata Gombalan Lucu Romantis

Ilustrasi Foto Pasangan Romantis (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Pasangan Romantis (iStockphoto)

1. "Kalau kamu jadi senar gitar, aku nggak mau jadi gitarisnya. Karena aku nggak mau mutusin kamu."

Kata-kata gombalan lucu romantis tersebut bisa digunakan apabila pasangan kamu terlihat sedang ingin mendapatkan perhatian lebih dari kamu. 

2."Sayangku tadi pagi aku gak bisa makan karena merindukanmu. Siangnya juga nggak makan karena mikirin kamu. Dan malamnya aku juga nggak bisa tidur karena kelaparan."

3."Yang kamu lihat di kulkas, itu bukan hati sapi. Itu hatiku yang beku karena ditinggal kamu."

4."Ngemil apa yang paling enak? Ngemilikin kamu sepenuhnya."

5."Cintaku padamu seperti utang. Awalnya kecil, didiemin, tau-tau gede sendiri."

6."Hari Minggu itu weekend tapi kalau cinta kita will never end."

7."Sejak kenal kamu, bawaannya pengen belajar terus. Belajar jadi yang terbaik."

8."Jepang bikin robot. Jerman bikin mobil. Kamu bikin kangen."

9."Aku tahu kita tak seumuran, tapi aku ingin seumur hidup dengan kamu."

10."Katanya kalau sering hujan itu bisa bikin seseorang terhanyut, kalau aku sekarang sedang terhanyut di dalam cintamu."

 

Kata-Kata Gombalan Lucu Romantis

ilustrasi pasangan cinta/Photo by  Dragon Images (Shutterstock)
ilustrasi pasangan cinta/Photo by Dragon Images (Shutterstock)

11."Kamu tau gak? Kenapa kalau aku menghafal lihatnya ke atas? soalnya kalau merem langsung kebayang wajahmu."

Kata-kata gombalan lucu romantis satu ini bisa kamu gunakan ketika pasangan kamu sedang jenuh karena tugas sekolah atau tugas kamu yang membuat pikirannya jenuh."

12."Orang kurus itu setia, makan aja tidak pernah nambah apalagi pasangan."

13."Kamu tu kayak warteg, sederhana namun berkualitas."

14."Aku gak sedih kok kalo besok hari senin, aku sedihnya kalau gak ketemu kamu."

15."Cintaku kepadamu itu bagaikan metabolisme, yang gak akan berhenti sampai mati."

16."Kamu tau gak apa persamaannya kamu sama AC? Sama-sama bikin aku sejuk."

17."Aku hanya ingin hidup cukup. Cukup lihat senyummu setiap hari."

18."Aku rela ikut lomba lari keliling dunia, asalkan engkau yang menjadi garis finishnya."

19."Kalau orang kebutuhan primernya ada tiga yaitu sandang pangan dan papan, tapi kalau aku : kamu, kamu, kamu."

20."Cita-citaku dulu pengen jadi dokter tapi setelah mengenalmu, berubah jadi ingin membahagiakanmu."

Kata-Kata Gombalan Lucu Romantis

ilustrasi pasangan bahagia/Photo by Smoke Weddings from Pexels
ilustrasi pasangan bahagia/Photo by Smoke Weddings from Pexels

21."Selain ada garuda di dadaku, di dadaku juga selalu ada kamu."

Nah, untuk kata-kata gombalan lucu romantis selanjutnya ini bisa kamu ungkapkan kepada pasangan kamu yang sedang bertanding di lapangan. Saat bertanding, si dia juga membutuhkan dukungan dari kamu lho!

22."Coba kamu lihat matahari terbenam, dia begitu indah. Namun keindahannya tidak dapat menandingi keindahan dirimu."

23."Walaupun jarak kita bagai matahari dan Pluto saat ephehelium. Amplitudo gelombang hatimu berintervensi dengan hatiku."

24."Kamu tau nggak, aku seperti mentega, dan kamu seperti wajan panas. Soalnya pas lihat muka kamu, aku jadi meelelh"

25."Bukan makanan saja yang harus memiliki gizi yang seimbang, tapi hati ini perlu penyeimbang. Penyeimbangnya ya kamu."

26."Handphone saja sanggup simpan foto sampai beribu-ribu, masa hanya untuk menyimpan aku, hati kamu nggak sanggup?"

27."Lihat kebunku penuh dengan bunga, lihat dirimu aku berbunga-bunga."

28."Abjad dimulai dengan ABC, angka dimulai dengan 123. Lagu dimulai dengan do re mi. Cinta dimulai dengan aku dan kamu."

29."Kamu memang seperti lempeng bumi, bergeser sedikit saja sudah menggoncang hatiku."

30."Ada 3 hal di dunia ini yang tidak bisa kuhitung, jumlah bintang di langit, ikan di laut dan cintaku kepada kamu."

Kata-Kata Gombalan Lucu Romantis

Ilustrasi/copyrightshutterstock/Tom Wang
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Tom Wang

31."Enak ya jadi kamu, kalau mau liat bidadari, tinggal liat di kaca."

32."Jika kamu tanya berapa kali kamu datang ke pikiranku, jujur saja, cuma sekali. Habisnya, gak pergi-pergi sih!"

Kalau kata-kata gombalan lucu romantis satu ini dijamin akan membuat si dia meleleh lho!

33."Jangan GR deh. Aku kangen kamu sedikit aja kok. Sedikit berlebihan maksudnya."

34."Tanggal merah sekalipun aku tidak libur untuk memikirkan kamu."

35."Cintaku padamu bagai diare. Tak bisa kutahan, terus keluar begitu saja."

36."Aku ga lulus ulangan umum sayang, gara-gara di bagian essay-nya aku tulis surat cinta buat kamu."

37."Tahu gak kenapa kita cuma bisa lihat pelangi setengah lingkaran? Sebab setengahnya lagi ada di mata kamu."

38."Kalo kamu lagi di AS, Patung Liberty ga akan bawa obor tapi bakal bawa BUNGA!"

39."Aku rela jadi abang nasi goreng asalkan setiap malam aku bisa lewat depan rumah kamu."

40."Aku rela dipenjara seumur hidup asalkan pelanggarannya karena mencintaimu."

Kata-Kata Gombalan Lucu Romantis

ilustrasi pasangan jatuh cinta/Photo by Analise Benevides on Unsplash
ilustrasi pasangan jatuh cinta/Photo by Analise Benevides on Unsplash

41."Kursi makin lama makin antik, Kalau kamu makin lama makin cantik"

Kalau si dia masih memasang wajah jutek kepada kamu, kata-kata gombalan lucu romantis satu ini bisa kamu coba untuk diungkapkan.

42."Jika kamu bertanya hal terindah apa yang pernah singgah dikehidupanku, aku akan menjawab hal itu adalah kamu."

43."Biasanya orang yang lagi nyasar itu rugi ya, tapi tau gak? Aku gak merasa rugi sebab cintaku sudah nyasar ke hati bidadari."

44."Jangan diam aja dong, memang diam itu emas, tapi ketahuilah suara kamu itu seperti berlian."

45."Napas aku kok sesek banget ya? /tau gak kenapa?/ karena separuh nafas aku ada pada kamu."

46."Jangankan memilikimu, mendengar kamu kentut aja aku sudah bahagia."

47."Seandainya sekarang adalah tanggal 28 oktober 1928, aku akan ubah naskah sumpah pemuda menjadi sumpah aku cinta kamu."

48."Meskipun aku udah dewasa, tapi aku gak bisa hidup mandiri. Buktinya aku gak bisa hidup tanpa kamu."

49."Jika kau bidadari, aku akan patahkan sayapmu. Karena aku gak rela kamu kembali ke surga."

50."Ada 3 hal di dunia ini yang paling aku sukai. Matahari saat pagi hari, bulan ketika malam hari dan yang terakhir adalah kamu untuk selamanya."

Kata-Kata Gombalan Lucu Romantis Lainnya

Ilustrasi pasangan | unsplash.com/@freestocks
Ilustrasi pasangan | unsplash.com/@freestocks

51."Kamu ngizinin aku kangen sehari berapa kali? Aku takut over dosis."

Jika kamu sedang sakit dan masih ingin terlihat romantis, kata-kata gombalan lucu romantis satu ini bisa kamu gunakan untuk menghibur si dia lho!

52."Cinta aku ke kamu itu seperti kuku, meskipun selalu dipotong namun tetep tumbuh terus."

53."Aku tidak peduli ramalan BMKG, sebab saat hujan, badai bahkan tsunami aku akan tetap bertahan pada cintamu."

54."Izinkan aku menjadi kamera di dihapemu, agar setiap saat aku bisa berhadapan memandang wajah cantikmu."

55."Jika langit bumi menjadi gelap, jangan takut. Karena masih ada secerca pancaran sinar wajah cantikmu."

Itulah beberapa kata-kata gombalan lucu romantis yang bisa kamu gunakan untuk menghibur si dia!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Barron Trump Ultah ke-14, Putra Bungsu Presiden AS Itu Kini Beranjak Remaja

Posted: 19 Mar 2020 11:46 PM PDT

Liputan6.com, Washington D.C.- Hari ini, 20 Maret 2020, adalah hari ulang tahun (ultah) Barron William Trump. Ia lahir pada 2006 di Kota New York, Amerika Serikat. 

Putra dari Presiden Amerika Serikat, Donald Trump dan Melania Trump itu genap berusia 14 tahun pada hari ini.

Barron Trump juga dikatakan sebagai anak dari Presiden Donald Trump yang (satu - satunya) tinggal bersamanya di Gedung Putih, seperti dikutip dari biography.com, Jumat, (20/3/2020). 

Melansir dari dailymail.co.uk, saat ini Barron Trump menempuh pendidikannya di suatu sekolah swasta di Maryland, Amerika Serikat. 

Namun sekolah tempat Barron Trump belajar itu dilaporkan telah ditutup sementara untuk mencegah penyebaran Virus Corona COVID-19. Termasuk sekolah lainnya yang ada di wilayah Washington D.C. dan Maryland.

Selain beranjak remaja, berikut adalah sorotan publik dan berbagai media mengenai pertumbuhan pesat Barron Trump.

Tampak Lebih Tinggi dari Sang Ayah

Donald Trump memeluk Barron sesaat setelah pidato konvensi Partai Republik pada 21 Juli 2016. (JOHN MOORE / AFP)
Donald Trump memeluk Barron sesaat setelah pidato konvensi Partai Republik pada 21 Juli 2016. (JOHN MOORE / AFP)

Meskipun tidak diketahui persis berapa tinggi Barron Trump, namun ia tampak setidaknya satu atau dua inci lebih tinggi dari ayahnya, Presiden Donald Trump, seperti dikutip dari businessinsider.sg.

Barron Trump dikatakan jarang terlihat di depan umum, namun pada beberapa waktu lalu, publik dan sejumlah pengguna media sosial mengungkapkan kekejutan mereka dengan pertumbuhan tinggi drastis Barron Trump sejak pelantikan ayahnya, Presiden Donald Trump pada 2017. 

Dalam komentar mengenai Barron Trump itu, banyak orang yang berkata bahwa jika Barron terus tumbuh, dia bisa berakhir sebagai prospek yang cukup bagus di NBA.

Dalam suatu pesan di akun Twitter Daily Mail US, mereka pun menyoroti Barron Trump saat ia menuju ke Mar-a-Lago bersama kedua orangtuanya. 

 

 

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sedih, Calon Prajurit TNI Terima Kabar Ibunda Meninggal

Posted: 19 Mar 2020 11:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beredar video di media sosial seorang calon prajurit TNI Angkatan Laut menangis saat menerima kabar ibundanya meninggal. Kabar sedih itu ia terima bersamaan dengan pengumuman kelulusannya sebagai calon prajurit TNI.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Sebut Situs Pendaftaran Kartu Prakerja Belum Sempurna

Posted: 19 Mar 2020 11:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Program Kartu Prakerja hari ini merilis website www.prakerja.go.id. Situs ini merupakan sumber informasi bagi masayarakat terkait program pembiayaan pelatihan kerja.

Direktur Eksekutif Program Kartu Pra Kerja Denni Puspa Purbasari meyakini penentu dari keberhasilan program ini diawali ketika penerima manfaat memiliki cukup punya info dan edukasi. Sehingga ketika menerima bantuan bisa memilih pelatihan sesuai dengan peminatan.

Denni menyebut, situs didesain interaktif dan menyeseuaikan dengan gaya anak muda. Sebab target utama program ini merupakan calon pekerja muda berusia 18-24 tahun.

"Memang senagaja gaya anak muda karena target utamanya adik-adik para pencari kerja yang usianya muda," kata Denni di Kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta Pusat, Jumat (20/3/2020).

Didalam situs ini memuat informasi tentang program Kartu Prakerja. Informasi disajikan dalam bentuk tanya-jawa. Terbagi menjadi 9 bagian, yaitu Tentang Kartu Prakerja, Akun Saya, Pendaftaran Kartu Prakerja, Tes Kemampuan Dasar, Persetujuan Kartu Prakerja, Pagu Bantuan Biaya Pelatihan, Pembelian Pelatihan di Platform Digital Mitra dan Insentif Pasca Pelatihan.

Denni menyadari situs ini masih belum sempurna. Dia meyakinkan, dalam dua minggu akan ada fitur pendaftaran di situs tersebut.

Sehingga calon peserta Kartu Prakerja bisa langsung mendaftarkan diri secara online. Dia berjanji situs ini bakal bisa digunakan dalam 2 minggu.

 

Proses Pendaftaran Online

Capres petahana Jokowi menunjukkan contoh kartu prakerja, yang merupakan program baru bila terpilih kembali di Pilpres mendatang. (Merdeka.com/Intan Umbari Prihatin)
Capres petahana Jokowi menunjukkan contoh kartu prakerja, yang merupakan program baru bila terpilih kembali di Pilpres mendatang. (Merdeka.com/Intan Umbari Prihatin)

Denni menjelaskan, proses pendaftraran memang sengaja dibuat secara online untuk menghindari adanya duplikasi atau penggandaan dari pemanfaatan program dan klaim insentif.

"Kami usaha keras dalam dua minggu ke depan di minggu pertama April sudah ada pendaftraran sekarang," kata Denni.

Selain website, Denni juga memanfaatkan media sosial untuk sarana informasi dan edukasi. Selama masa sosialisasi dua minggu, pihaknya akan secara masif mempromosikan program Kartu Prakerja.

Sosialisasi secara terjun langsung ke lapangan juga akan dilaksanankan. Saat ini timnya akan mulai promosi di Kepulauan Riau, Bali dan Sulawesi Utara.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Antisipasi COVID-19, Restoran Ini Pakai Sistem Take Away

Posted: 19 Mar 2020 11:45 PM PDT

Para koki memasak mi sapi di sebuah restoran di Xiangyang, Provinsi Hubei, China tengah, pada 16 Maret 2020. Beberapa restoran mi sapi di Xiangyang kembali melanjutkan bisnis dengan layanan take away pada Senin (16/3). (Xinhua/Xie Jianfei)
Para koki memasak mi sapi di sebuah restoran di Xiangyang, Provinsi Hubei, China tengah, pada 16 Maret 2020. Beberapa restoran mi sapi di Xiangyang kembali melanjutkan bisnis dengan layanan take away pada Senin (16/3). (Xinhua/Xie Jianfei)

Para koki memasak mi sapi di sebuah restoran di Xiangyang, Provinsi Hubei, China tengah, pada 16 Maret 2020. Beberapa restoran mi sapi di Xiangyang kembali melanjutkan bisnis dengan layanan take away pada Senin (16/3). (Xinhua/Xie Jianfei)

Para pelanggan membeli mi sapi di sebuah restoran di Xiangyang, Provinsi Hubei, China tengah, pada 16 Maret 2020. Beberapa restoran mi sapi di Xiangyang kembali melanjutkan bisnis dengan layanan take away pada Senin (16/3). (Xinhua/Xie Jianfei)
Para pelanggan membeli mi sapi di sebuah restoran di Xiangyang, Provinsi Hubei, China tengah, pada 16 Maret 2020. Beberapa restoran mi sapi di Xiangyang kembali melanjutkan bisnis dengan layanan take away pada Senin (16/3). (Xinhua/Xie Jianfei)

Para pelanggan membeli mi sapi di sebuah restoran di Xiangyang, Provinsi Hubei, China tengah, pada 16 Maret 2020. Beberapa restoran mi sapi di Xiangyang kembali melanjutkan bisnis dengan layanan take away pada Senin (16/3). (Xinhua/Xie Jianfei)

Seorang pelanggan meninggalkan restoran mi sapi dengan membawa makanan untuk dibawa pulang di Xiangyang, Provinsi Hubei, China tengah, pada 16 Maret 2020. Beberapa restoran mi sapi di Xiangyang kembali melanjutkan bisnis dengan layanan take away pada Senin (16/3). (Xinhua/Xie Jianfei)
Seorang pelanggan meninggalkan restoran mi sapi dengan membawa makanan untuk dibawa pulang di Xiangyang, Provinsi Hubei, China tengah, pada 16 Maret 2020. Beberapa restoran mi sapi di Xiangyang kembali melanjutkan bisnis dengan layanan take away pada Senin (16/3). (Xinhua/Xie Jianfei)

Seorang pelanggan meninggalkan restoran mi sapi dengan membawa makanan untuk dibawa pulang di Xiangyang, Provinsi Hubei, China tengah, pada 16 Maret 2020. Beberapa restoran mi sapi di Xiangyang kembali melanjutkan bisnis dengan layanan take away pada Senin (16/3). (Xinhua/Xie Jianfei)

Para pelanggan membeli mi sapi di sebuah restoran di Xiangyang, Provinsi Hubei, China tengah, pada 16 Maret 2020. Beberapa restoran mi sapi di Xiangyang kembali melanjutkan bisnis dengan layanan take away pada Senin (16/3). (Xinhua/Xie Jianfei)
Para pelanggan membeli mi sapi di sebuah restoran di Xiangyang, Provinsi Hubei, China tengah, pada 16 Maret 2020. Beberapa restoran mi sapi di Xiangyang kembali melanjutkan bisnis dengan layanan take away pada Senin (16/3). (Xinhua/Xie Jianfei)

Para pelanggan membeli mi sapi di sebuah restoran di Xiangyang, Provinsi Hubei, China tengah, pada 16 Maret 2020. Beberapa restoran mi sapi di Xiangyang kembali melanjutkan bisnis dengan layanan take away pada Senin (16/3). (Xinhua/Xie Jianfei)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Seleb Tanah Air yang Kehilangan Bayi saat Masih di Kandungan

Posted: 19 Mar 2020 11:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kelahiran buah hati tentunya sudah menjadi momen yang dinantikan oleh para orang tua. Namun, kadang momen tersebut bisa saja menjadi momen yang sedih mengiris hati jika sang buah hati ternyata tak bisa bertahan dan harus meninggalkan dunia. Seperti halnya yang pernah dialami oleh pasangan seleb Ammar Zoni dan Irish Bella.

Hal ini pula yang beberapa waktu lalu sempat dirasakan oleh pasangan seleb Nagita Slavina dan Raffi Ahmad. Sebelumnya ternyata Nagita sempat melakukan tes kehamilan dan ia pun mendapatkan hasil yang positif. Tapi sepulang pasangan ini dari Jepang, akibat kondisi Nagita yang mungkin masih kelelahan setelah tur keliling dunia mereka, terpaksa harus merelakan kepergian calon bayi kedua mereka.

Duka atas kehilangan bayi dalam kandungan tak hanya dirasakan oleh orang tua bayi saja, melainkan kerabat dan keluarga besar. Terlebih lagi jika keluarga seleb yang mengalami, hal tersebut tentunya akan menarik perhatian publik. Kelahiran bayi dari pasangan seleb memang selalu dinantikan oleh para penggemar. 

Selain Irish Bella dan Nagita Slavina, ternyata ada beberapa pasangan seleb lain yang kehilangan bayinya akibat keguguran. Berita duka dari mereka pun menyita perhatian publik. Siapa saja mereka? Berikut deretan seleb yang harus kehilangan buah hatinya usai melahirkan seperti dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (20/3/2020).

1. Marissa Nasution

Pasangan seleb yang kehilangan bayinya usai melahirkan. (Sumber: Instagram/marissanasution)
Pasangan seleb yang kehilangan bayinya usai melahirkan. (Sumber: Instagram/marissanasution)

Pada Mei 2018 silam, pasangan Marissa Nasution dan suaminya harus kehilangan satu dari calon bayi kembarnya. Hal ini karena ia mengalami Twin to Twin Transfusion Syndrome (TTTS). Yakni sebuah kondisi di mana kedua bayi tersebut harus berbagi satu plasenta. Sehingga suplai darah ke tubuh keduanya menjadi tidak seimbang.

2. Uki Eks Noah dan Metha Yunatria

Pasangan seleb yang kehilangan bayinya usai melahirkan. (Sumber: Instagram/metha_yuna)
Pasangan seleb yang kehilangan bayinya usai melahirkan. (Sumber: Instagram/metha_yuna)

Pada tahun 2017 lalu, pasangan Metha Yunatria dan Uki harus merelakan kepergian anak kedua mereka. Hal ini terjadi lantaran sejak awal kandungan Metha memang lemah, maka dari itu sang calon bayi tak mampu bertahan hingga akhirnya meninggal dunia.

3. Denny Cagur dan Shanty Widihastuti

Pasangan seleb yang kehilangan bayinya usai melahirkan. (Sumber: Instagram/yadisembako127_official)
Pasangan seleb yang kehilangan bayinya usai melahirkan. (Sumber: Instagram/yadisembako127_official)

Telah lama memiliki keinginan untuk menambah momongan, akhirnya pasangan Denny Cagur dan Shanty Widihastuti ikut dalam program bayi tabung. Namun, ternyata takdir berkata lain. Melalui vlog yang diunggah akun YouTube Shanty Denny pada Oktober 2019 lalu, ibu dari dua anak ini mengumumkan bahwa dirinya telah kehilangan bayi dalam kandungannya.

4. Ammar Zoni dan Irish Bella

Ammar Zoni dan Irish Bella (Daniel Kampua/© Fimela.com)
Ammar Zoni dan Irish Bella (Daniel Kampua/© Fimela.com)

Pada Oktober 2019 silam, Ammar Zoni dan Irish Bella harus ikhlas melepas kepergian calon bayi kembarnya. Pada usia 26 minggu, janin kembar Irish Bella terpaksa harus dikeluarkan secara sesar karena telah meninggal dunia. Kedua calon bayi tersebut diberi nama Ayura binti Akbar, dan Ayuna Khadijah binti Akbar. Kini, Irish Bella dikabarkan telah kembali hamil.

5. Nagita Slavina dan Raffi Ahmad

Raffi Ahmad beri kejutan Nagita dengan memberikan perhiasan berlian dengan harga fantastis. (Sumber: Instagram/@raffinagita1717/YouTube/Rans Entertainment)
Raffi Ahmad beri kejutan Nagita dengan memberikan perhiasan berlian dengan harga fantastis. (Sumber: Instagram/@raffinagita1717/YouTube/Rans Entertainment)

Pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina baru saja pulang dari liburan keliling dunia mereka. Bersamaan dengan hal tersebut, sebenarnya ibu dari Rafathar ini membawa kabar gembira. Yakni dirinya telah positif hamil setelah melewatkan 1 periode menstruasi.

Namun, kenyataan pahit harus diterima oleh wanita yang akrab di sapa Gigi ini. Sepulangnya ia dari Jepang, ternyata ia mengalami keguguran. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Penyebaran Covid-19, BPJAMSOSTEK Aktifkan Protokol Lapak Asik

Posted: 19 Mar 2020 11:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Meminimalisir meluasnya penyebaran Covid-19 di kalangan pekerja, khususnya di lingkungan unit kerjanya, BPJAMSOSTEK memfokuskan layanan klaim jaminan menjadi layanan online dan tanpa kontak fisik. Protokol Lapak Asik (Layanan Tanpa Kontak Fisik) BPJAMSOSTEK merupakan salah satu upaya dalam mendukung pemerintah meminimalisir dan menghentikan penularan Covid-19. Sebelumnya, pelayanan yang diberikan BPJAMSOSTEK kepada peserta selalu dilakukan secara tatap muka atau kontak fisik.

Direktur Pelayanan BPJAMSOSTEK, Krishna Syarif, menekankan urgensi pemberlakuan layanan online ini memang penting dilakukan, selain mempermudah peserta, tentunya hal ini berdampak pula pada perlambatan penyebaran virus Covid-19 yang sedang diupayakan pemerintah penanganannya.

Dalam melakukan pelayanan klaim JHT, peserta dapat mengakses registrasi antrian online melalui aplikasi BPJSTKU atau langsung melalui situs resmi antrian online di antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id. Setelah mendaftar, paling lambat H-1 peserta mengunggah dokumen-dokumen yang menjadi syarat klaim melalui alamat email yang diberikan saat registrasi.

Selanjutnya petugas akan melakukan verifikasi berkas. Jika dokumen lengkap dan telah diverifikasi petugas, peserta tinggal menunggu status pengajuan klaim yang akan diinformasikan melalui sarana komunikasi seperti email, whatsapp/sms atau telepon.

Jika yang bersangkutan tidak berhasil mengunggah dokumen, peserta akan diinformasikan untuk datang langsung ke Kantor Cabang BPJAMSOSTEK yang dipilih saat registrasi dan memasukkan dokumen ke dalam _dropbox_ yang tersedia untuk diproses lebih lanjut. Adapun pada saat verifikasi dibutuhkan konfirmasi lebih lanjut, petugas akan menghubungi peserta melalui telepon/email/videocall.

Pelayanan klaim JHT.
Pelayanan klaim JHT.

Selain layanan klaim JHT, pengajuan klaim jaminan lainnya juga diberlakukan metode Lapak Asik. Formulir yang diisi peserta atau perusahaan dapat diletakkan ke dalam dropbox setelah kelengkapan dokumen telah dipenuhi. Peserta, petugas perusahaan, atau ahli waris dapat langsung mendatangi Kantor Cabang BPJAMSOSTEK dengan membawa persyaratan yang ditentukan lalu memasukkan ke dalam dropbox yang disediakan.

Perlu untuk diketahui, bahwa semua peserta yang mendatangi Kantor Cabang BPJAMSOSTEK akan selalu diukur suhu tubuhnya dan diwajibkan menjaga higienitas diri sebagai upaya mengurangi penyebaran Covid-19.

Selain itu, salah satu bentuk mitigasi BPJAMSOSTEK dalam mengurangi interaksi langsung adalah dengan menempatkan dropbox di luar ruangan lalu semua dokumen yang diterima akan terlebih dahulu disemprot dengan desinfektan untuk kemudian bisa diserahkan kepada petugas BPJAMSOSTEK di dalam ruangan. Dokumen di dalam dropbox akan diteruskan secara berkala kepada petugas back office untuk diproses lebih lanjut. Diharapkan dengan cara seperti ini, akan meminimalisir risiko penyebaran Covid-19 semakin meluas.

Informasi lebih lanjut terkait pelayanan BPJAMSOSTEK atau terkait Protokol Lapak Asik, peserta dapat menghubungi Layanan Masyarakat 175, atau melalui situs resmi www.bpjsketenagakerjaan.go.id dan akun resmi BPJAMSOSTEK di Facebook BPJS Ketenagakerjaan atau Twitter @bpjstkinfo.

"Kami jamin pelayanan yang kami berikan selalu sesuai dengan standar yang berlaku di BPJAMSOSTEK. Hal terpenting saat ini adalah, kami mohon pengertian seluruh peserta yang mengakses layanan kami, untuk bersama-sama mendukung program pemerintah dalam mencegah meluasnya Covid-19 untuk kebaikan bersama," tutup Krishna.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasien Covid-19 Terus Bertambah, Ruang Isolasi RSUP M Djamil Nyaris Penuh

Posted: 19 Mar 2020 11:37 PM PDT

Liputan6.com, Padang - Ruang isolasi di RSUP M Djamil Padang Sumatera Barat yang menjadi rumah sakit rujukan pasien terindikasi virus corona Covid-19 hampir penuh. Oleh sebab itu, pemerintah setempat terus mencari rumah sakit rujukan lainnya jika pasien terus bertambah.

"Ruang isolasi di RSUP M Djamil hanya 8 ruangan, kemudian karena pasien terus bertambah maka dikembangkan menjadi 17 ruangan," kata Direktur RSUP M Djamil Padang, Yusirwan Yusuf kepada Liputan6.com, Kamis (19/3/2020).

Ia menyebut saat ini ada 11 orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Corona Covid-19 yang diisolasi di RSUP M Djamil, pihaknya menempatkan satu pasien dengan pasien lainnya secara terpisah sesuai standar.

Menurutnya, rumah sakit lain harus selektif merujuk pasien ke RSUP M Djamil agar ruangan isolasi yang tersisa dapat digunakan lebih optimal. Kemudian rumah sakit juga harus mengambil tanggung jawab terhadap wabah virus corona covid-19 ini.

"Semoga dalam waktu dekat ada beberapa rumah sakit yang bisa menjadi rujukan sehingga tidak hanya tertumpu pada RSUP M Djamil," kata dia.

Menanggapi hal itu, Pemerintah Sumbar terus berupaya mencari alternatif rumah sakit yang bisa menampung pasien yang terindikasi terjangkit corona Covid-19.

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengatakan sebelumnya RS Ahmad Muchtar Bukittinggi sudah ditunjuk sebagai RS rujukan corona oleh Kementerian Kesehatan.

"Setelah ditinjau ke sana, ternyata peralatannya tidak lengkap sehingga belum bisa dijadikan rujukan untuk sementara ini," jelas Nasrul.

Di RS Ahmad Muchtar Bukittinggi, peralatan yang ada saat ini pernah digunakan untuk kasus flu burung sekitar 15 tahun lalu, seperti ventilator, rontgen portabel sudah rusak semua sementara alat perlindungan diri (APD) tidak mencukupi.

"Semoga dalam waktu dekat RS Ahmad Muchtar bisa menjadi tempat rujukan," katanya.

Kemudian alternatif lain yang berpotensi untuk dijadikan rujukan adalah RS Universitas Andalas (Unand). Rumah Sakit pendidikan itu memiliki ruang terpisah di lantai dasar yang bisa dimanfaatkan bagi ruang isolasi pasien.

"Namun juga ada beberapa peralatan yang belum lengkap, ini sedang diupayakan," jelasnya.

Direktur Utama RS Unand, Yevri Zulfiqar mengatakan pihaknya memiliki tujuh kamar khusus yang bisa menampung 21 pasien suspect corona covid-19. Tersedia juga fasilitas ICU dengan enam ventilator.

"Kekurangan yang mendesak adalah kamar mandi petugas, rontgen portabel, oksigen serta tambahan APD, kemudian perawat juga masih kurang," katanya.

OPD Covid-19 di Sumbar Sentuh Angka 1.503 Jiwa

Ketua Gugus Tugas Covid-19 Sumbar, Erman Raham menunjukan website resmi informasi virus corina di provinsi setempat. (Liputan6.com/ Novia Harlina)
Ketua Gugus Tugas Covid-19 Sumbar, Erman Raham menunjukan website resmi informasi virus corina di provinsi setempat. (Liputan6.com/ Novia Harlina)

Jumlah Orang Dalam Pemantaun (ODP) terus bertambah di Sumatera Barat, data terbaru angkanya mencapai 1.503 jiwa. Sebelumnya, pada Rabu 18 Maret 2020 tercatat 1.486 orang.

"Iya ODP bertambah, dari 1.486 menjadi 1.503 jiwa," kata Erman Rahman, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 kepada Liputan6.com, Jumat (20/3/2020).

Ia menyebut semua ODP tersebut sudah diberi kartu kewaspadaan dan mengikuti panduan yang ada di kartu itu jika sewaktu-waktu merasakan flu, batuk, dan sesak napas.

ODP artinya seseorang yang memiliki riwayat sempat bepergian ke daerah yang telah terinfeksi virus corona atau melakukan kontak dengan orang terinfeksi virus covid-19. Namun, ia belum menunjukkan adanya gejala-gejala telah terinfeksi virus.

"Meski tidak ada gejala yang timbul, namun kami tetap memantau kesehatannya," ujar dia.

Kemudian per tanggal 19 Maret 2020 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) juga meningkat dari 16 orang menjadi 17 orang, dari jumlah tersebut 6 di antaranya dinyatakan negatif Covid-19, dan 11 orang lainnya masih menunggu hasil laboratorium.

Hingga kini, pihaknya masih menunggu hasil laboratorium untuk 11 orang lagi yang masih diisolasi di RSUP M Djamil.

Erman menyebut Sumbar sudah memiliki website resmi untuk melaporkan data terbaru kepada masyarakat di laman corona.sumbarprov.go.id, di sana juga terdapat panduan cara mencegah Covid-19.

Terkait belasan PDP yang sedang diisolasi itu merupakan rujukan dari beberapa daerah di Sumbar. Namun, baik PDP maupun ODP belum bisa dinyatakan terjangkit Covid-19.

"Positif atau tidaknya tergantung hasil laboratorium," kata dia.

 

Periksa Diri

ilustrasi virus corona covid-19/copyright by diy13 (Shutterstock)
ilustrasi virus corona covid-19/copyright by diy13 (Shutterstock)

Sementara Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, meminta rumah sakit dan puskesmas harus siap memeriksa ODP. Tindakan ini upaya mengantisipasi penyebaran pendami virus Corona.

"Pihak medis di rumah sakit atau puskesmas tidak boleh takut, sebab tidak semua yang memeriksakan kesehatan terjangkit Covid-19," jelas Nasrul.

Selain itu, agar tidak menumpuk rujukan ke RSUP M Djamil Padang, semua puskesmas yang ada harus siap menampung pemeriksaan ODP. Termasuk bagi masyarakat yang memiliki gejala Covid-19, seperti sesak napas, batuk, demam, pilek, atau lainnya.

"Semua rumah sakit, termasuk puskesmas yang ada, siap tidak siap harus menerima ODP," tegasnya.

Sebelumnya, Direktur Utama RSUP M Djamil Padang, Yusirwan Yusuf, mengatakan, agar semua rumah sakit di Sumbar bersedia bekerja keras untuk mengawasi ODP serta berkoordinasi dan berbagi informasi Covid-19, sebab pandemi ini tanggung jawab bersama.

Menurutnya 80% Covid-19 ini bisa disembuhkan dan ditangani penyebarannya, asalkan, ODP yang ada betul-betul diawasi dengan baik untuk tidak meluas ke yang lain.

11 Daerah di Sumbar Liburkan Sekolah

Ilustrasi belajar
Ilustrasi belajar

Hingga Kamis 19 Maret 2020, sudah 11 daerah dari 19 kabupaten dan kota di Sumatera Barat yang meliburkan sekolah untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19. Pemindahan media belajar dari sekolah ke rumah ini mulai tingkat TK hingga SMP.

Ke-11 daerah itu ialah Bukittinggi, Padang, Limapuluh Kota, Agam, Pasaman Barat, Kabupaten Solok, Padang Panjang, Kota Solok, Payakumbuh, Kabupaten Padang Pariaman, dan Pariaman. Surat edaran dikeluarkan bupati dan wali kota pada 18 dan 19 Maret 2020.

Rata-rata bunyi surat edaran tersebut sama, yakni siswa mulai tingkat TK hingga SMP sederajat terhitung 19 Maret 2020 hingga 2 April 2020 proses belajar dipindahkan ke rumah masing-masing secara mandiri.

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah, dalam edarannya mengatakan selama kegiatan belajar di rumah tenaga pendidik memberikan tugas sesuai dengan program pembelajaran.

Kemudian Mahyeldi melarang siswa melakukan aktivitas di luar rumah yang melibatkan keramaian agar terhindar dari penyebaran Covid-19. Pihaknya mempertegas jika siswa kedapatan keluyuran di luar rumah atau di tempat publik tanpa didampingi orangtua maka akan ditindak oleh Satpol-PP.

Hal yang sama juga diedarkan oleh 10 daerah lainnya yang sudah memindahkan proses belajar di rumah masing-masing setidaknya 14 hari ke depan.

Kemudian untuk tingkat SMA, daerah belum mengeluarkan edaran karenan wewenangnya terletak pada provinsi, hingga saat ini belum ada SMA yang diliburkan.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan diliburkan atau tidak siswa SMA diserahkan pada wali kota/bupati karena mereka yang lebih tahu kondisi daerahnya.

"Iya sementara belum libur, apalagi anak-anak sedang UNBK, namun jika kondisi terus tidak membaik maka wali kota/bupati boleh meliburkan siswa SMA," ujarnya.

Hal itu terkecuali untuk siswa yang sedang melaksanakan UNBK, Irwan menyebut siswa yang sedang ujian silahkan diliburkan setelah UNBK selesai.

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: AA Gym dan Gubernur Jabar Membersihkan Masjid

Posted: 19 Mar 2020 11:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ulama AaGym dan Guberbur Jawa Barat Kang Emil bersama-sama memulai gerakan mencegah penularan corona dengan membersihkan masjid di lingkungan Gedung Sate. Keduanya bersama sama menggulung karpet dan menyemprotkan disinfektan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tetap Bisa Terjangkit Corona Covid-19, Kenali Gejalanya pada Anak

Posted: 19 Mar 2020 11:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Virus corona covid-19 tidak hanya menyerang orang dewasa. Anak-anak juga bisa tejangkit virus ini.

Secara umum, gejala virus corona covid-19 kepada anak-anak tidak jauh berbeda dengan orang dewasa.

Dokter Darmawan Budi Setyanto, spesialis anak dari Unit Kerja Koordinasi Respirologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengatakan, gejala sistemik corona covid-19 pada anak bisa berupa demam, rasa tidak enak badan seperti ngilu di tulang.

"Ini yang kita lihat pada anak kecil, anaknya menjadi rewel," kata Darmawan dalam sebuah temu media di Jakarta beberapa waktu lalu, ditulis Kamis (19/3/2020).

"Kemudian nafsu makan menurun. Ini adalah gejala infeksi secara umum. Demam dan kawan-kawannya," Darmawan menambahkan.

Bisa Pilek dan Batuk

Selain itu, gejala bisa muncul pada saluran napasnya. Darmawan mengungkapkan beberapa kondisi yang mungkin terjadi seperti batuk, pilek, atau suara napas yang berbunyi grok grok.

"Itu ketika proses penyakitnya hanya mengenai salurannya. Tetapi ketika sudah kena paru-parunya yang pneumonia, maka disertai gejala sesak," kata Darmawan menjelaskan.

Banyak yang Tidak Diawali dengan Demam

Ilustrasi Batuk Anak (iStockphoto)
Ilustrasi Batuk Anak (iStockphoto)

Walaupun begitu, dia mengingatkan bahwa COVID-19 adalah penyakit yang baru. Sehingga, masih butuh diketahui benar-benar gejala spesifiknya pada anak.

"Ada laporan di luar negeri yang sudah terjadi kasus terlebih dahulu, itu pada anak-anak cukup banyak yang tidak diawali dengan demam. Jadi hanya gejala saluran napas, batuk pilek, kemudian ternyata diperiksa terkonfirmasi COVID-19," kata Darmawan.

Penurunan Fungsi Paru?

Darmawan menjelaskan, belum diketahui apakah anak yang terkena COVID-19 di usia muda akan mengalami kondisi tertentu seperti penurunan fungsi paru atau tidak di masa depan.

"Kita belum bisa menjawab, seperti pertanyaan awal tadi apakah akan menimbulkan gejala sisa atau tidak pada yang kena pneumonia, kita belum bisa menjawab persisnya seperti apa karena belum banyak kasus pada anak yang dilaporkan."

(Giovani Dio Prasasti/Fitri Syarifah)

Saksikan Video Cara Jitu Jaga Imunitas Anak Cegah Virus Corona di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Cara Mengisi Daya HP Agar Cepat Penuh

Posted: 19 Mar 2020 11:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara mengisi daya HP agar cepat penuh sering diabaikan oleh banyak orang. Hal ini berkaitan dengan kebiasaan seseorang yang tidak bisa lepas dari HP-nya walaupun sedang melakukan pengisian daya. Padahal, cara-cara ini sangatlah mudah diterapkan.

Walaupun sudah ada powerbank sebagai bantuan dalam mengisi daya yang lebih praktis, mengisi daya HP melalui sambungan listrik langsung merupakan cara mengisi daya yang utama. Lagipula, powerbank juga tetap harus diisi dayanya secara berkala saat telah habis.

Cara mengisi daya HP agar cepat penuh harus benar-benar diperhatikan. Selain dapat mengisi daya baterai dengan cepat, penerapan cara-cara tersebut bahkan dapat menjaga ketahanan baterai smartphone saat kamu menggunakannya.  Jadi, tidak ada salahnya untuk mengikuti beberapa tips dalam mengisi daya HP agar cepat penuh ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (20/3/2020) tentang cara mengisi daya HP agar cepat penuh.

Matikan HP

Ilustrasi charger / Sumber: iStockphoto
Ilustrasi charger / Sumber: iStockphoto

Cara mengisi daya HP agar cepat penuh yang pertama adalah dengan mematikannnya. Dengan mematikan HP maka tentunya tidak ada aktivitas lagi yang dapat dilakukan, sehingga pengisian daya akan berjalan lebih cepat.

Mematikan ponsel sepenuhnya tentu akan membuat kamu bisa mengisi ulang lebih cepat daripada mengaturnya dalam mode pesawat ataupun mode hemat baterai. Walaupun begitu, kamu mungkin akan melewatkan beberapa pemberitahuan saat sedang menonaktifkan HP, seperti panggilan dan pesan.

Gunakan Mode Pesawat

Nyalakan Airplane Mode. (Istimewa)
Nyalakan Airplane Mode. (Istimewa)

Cara mengisi daya HP agar cepat penuh berikutnya adalah dengan menggunakan mode pesawat atau airplane mode. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, semakin sedikit aktivitas yang dilakukan pada HP kamu saat sedang mengisi daya, maka akan semakin cepat pengisiannya.

Mengaktifkan mode pesawat membuat HP kamu tidak dapat mencari sinyal maupun menangkapnya sama sekali, sehingga kamu tidak dapat menerima panggilan ataupun pesan. Bahkan kamu juga tidak bisa melakukan panggilan dan browsing internet. Hal ini tentunya akan mengurangi beban aktivitas HP sehingga lebih maksimal dalam mengisi baterai.

Gunakan Mode Hemat Baterai

Masih seputar mengaktifkan mode tertentu, menggunakan mode hemat baterai juga dapat dilakukan sebagai cara mengisi daya HP agar cepat penuh. Biasanya smartphone zaman sekarang sudah memiliki fitur hemat baterai satu ini, yang dapat diaktifkan saat daya baterai melemah atau diatur sejak awal penggunaan.

Mengaktifkan mode hemat baterai ini biasanya akan menonaktifkan beberapa fitur dan aplikasi yang berat dan menguras daya baterai, seperti Wi-Fi, GPS, Bluetooth, hingga NFC.

Gunakan Charger Asli

Kabel charger  (sumber: iStockphoto)
Kabel charger (sumber: iStockphoto)

Menggunakan charger asli juga merupakan salah satu cara mengisi daya HP agar cepat penuh. Menggunakan charger yang palsu atau bukan bawaan dari smartphone tentunya membuat kecocokannya tidak sebagus charger asli.

Hal ini dapat memperlambat proses pengiisian daya karena bisa saja terjadi perbedaan arus lebih rendah atau tinggi. Walaupun sudah banyak charger yang mendukung pengisian daya baterai cepat atau fast charging, tentunya lebih aman menggunakan charger asli bawaan dari smartphone.

Jangan Mengisi Daya di Laptop atau PC

Charger Smartphone. (Doc: Getty)
Charger Smartphone. (Doc: Getty)

Menghubungkan kabel pengisian daya ke laptop atau PC membuatnya lebih lambat dalam mengisi daya. Pengisian daya baterai melalui laptop jauh lebih lambat dibanding steker listik, karena port USB 2.0 mengeluarkan daya listrik hanya 2,5 watt, sementara USB menghasilkan 4,5 watt.

Jangan Gunakan HP saat Mengisi Daya

Ilustrasi Gadget | unsplash.com/@guanmu
Ilustrasi Gadget | unsplash.com/@guanmu

Cara mengisi daya HP agar cepat penuh yang terakhir tentunya dengan menghindari untuk terlalu sering menyentuh HP saat pengisian daya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, HP sudah menjadi kebutuhan dan digunakan setiap saat. Karena itulah banyak orang yang tetap menggunakan HP-nya saat pengisian daya.

Hal ini karena mengaktifkan layar HP saja dapat menyedot daya baterai cukup besar. Jadi, semakin sering kamu menyentuh smartphone, maka semakin cepat pula baterai akan habis. Jadi cobalah untuk menghindari untuk memeriksa setiap pemberitahuan yang datang, biarkan ponsel untuk mengisi daya sehingga cara mengisi daya HP agar cepat penuh dapat menunjukkan hasil yang maksimal.  

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dibangun 4 Hari, Menteri PUPR Minta Fasilitas RS Corona Wisma Atlet Dijaga

Posted: 19 Mar 2020 11:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berharap proses pembangunan Rumah Sakit (RS) Darurat Penanganan Virus Corona Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta dapat berjalan dengan baik.

Namun demikian, ia menghimbau agar proses pengerjaan tetap menjaga kualitas dan fasilitas di RS agar sesuai dengan protokol kesehatan meskipun proses pembangunannya relatif singkat.

"Meskipun RS Darurat Vorona ini dibangun dalam waktu yang singkat yaitu empat hari, tapi saya tetap ingatkan agar kualitas dan fasilitas yang ada nanti sesuai dengan protokol kesehatan karena kita ingin masalah virus Corona ini bisa cepat berlalu," tegasnya dalam pernyataan tertulis, Jumat (20/3/2020).

Lebih lanjut, ia mengapresiasi site plan terkait pemanfaatan empat tower Wisma Atlet Kemayoran yang akan diubah menjadi rumah sakit darurat untuk penanganan penyakit Corona.

"Semoga apa yang sudah dibuat dan direncanakan oleh Ditjen Perumahan semua bisa berjalan dengan baik dan sesuai rencana selesai dalam waktu empat hari sesuai arahan Presiden Joko Widodo," tutur dia.

Basuki juga bersyukur bahwa dirinya dinyatakan negatif virus Corona dari hasil pemeriksaan tim dokter. Dia juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan dan mengikuti himbauan dari pemerintah agar terhindar dari dampak virus Corona.

"Alhamdulillah sampai saat ini saya masih dalam kondisi sehat dan dinyatakan negatif saat pemeriksaan test Corona virus kemarin. Saya ingatkan kepada seluruh masyarakat agar selalu menjaga kesehatan dan mengikuti himbauan pemerintah," imbuhnya.

25 BUMN Keroyokan Pasok Alat Kesehatan di RS Corona Wisma Atlet

Wisma Atlet Kemayoran tengah dibersihkan untuk jadi tempat isolasi pasien virus corona. (Dok Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR)
Wisma Atlet Kemayoran tengah dibersihkan untuk jadi tempat isolasi pasien virus corona. (Dok Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR)

Sebelumnya, Kementerian BUMN memastikan pengadaan alat kesehatan untuk penanganan pasien Virus Corona di Wisma Atlet akan dilakukan oleh 25 BUMN. Semua BUMN tersebut akan menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dalam pengadaannya.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan ini merupakan bentuk komitmen BUMN dalam membantu pemerintah untuk penanganan Virus Corona di Indonesia.

"Pengadaan peralatan kesehatan di Wisma Atlet dari anggaran CSR BUMN, ada 25 BUMN. Itu perimtahnya Pak Menteri," kata Arya kepada wartawan di Jakarta, pada Kamis 19 Maret 2020.

Tidak hanya itu, pembangunan dan persiapan wisma atlet untuk bisa dijadikan rumah sakit khusus pasien COVID-19 ini juga digarap oleh BUMN karya, seperti PT PP (Persero), PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

Bahkan, dalam pengelolaannya, Menteri BUMN menunjuk Hotel Indonesia Natour. Hal ini lantaran perusahaan plat merah ini sudah profesional dalam mengelola hotel.

"Nanti yang ngatur Wisma Atlet itu BUMN, manajemen kamar supaya bagus ya Hotel Indonesia. Karena kapasitas 2000 kamar yang dikelola, pembersihan semua perlu yang profesional," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Cegah Corona, Kegiatan Gereja Katolik Ditiadakan Sementara

Posted: 19 Mar 2020 11:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Keuskupan agung Jakarta memutuskan untuk meniadakan sementara kegiatan di gereja-gereja katolik. Langkah ini diambil untuk mencegah penularan virus corona.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

TCL A5 Series, Smart TV Android dengan Google Assistant

Posted: 19 Mar 2020 11:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - TCL baru saja meluncurkan smart TV berbasis Android, A5 Series. Perangkat hiburan ini hadir dengan dua pilihan ukuran, yaitu 32 inci dan 40 inci.

Smart TV yang mengusung desain borderless screen dan super narrow bezel ini terintegrasi dengan sejumlah fitur menarik, salah satunya Google Assistant dan didukung sistem operasi Android 9.0.

"Smart TV TCL A5 memiliki fitur Google Assistant yang membantu memudahkan sistem operasi televisi dengan menggunakan suara. Selain itu, konsumen mendapatkan sesuatu yang tidak membosankan dan monoton," kata Ayip Bayu Satrio, Assistant Marketing Manager TCL melalui keterangannya, Jumat (20/3/2020).

Ia menuturkan, Google Assistant memberikan hiburan seperti kemampuannya untuk bernyanyi, berbicara, menyebutkan data diri konsumen, mencari informasi, dan berita.

Untuk tampilan layar, Smart TV TCL A5 Series mengadopsi teknologi HDR. Sementara fitur menarik selain Google Assistant (certified by Google Android TV) adalah hadirnya aplikasi Netflix dan YouTube.

Dari sektor audio, TCL menyematkan teknologi Dolby Audio yang diklaim mampu menghasilkan kualitas suara mendalam. Ditambah fitur Smart Volume yang secara otomatis menyesuaikan volume sehingga menghilangkan fluktuasi suara mendadak ketika berpindah saluran.

Soal ketersediaan produk, Smart TV TCL A5 Series 32 inci dan 40 inci bisa didapatkan melalui layanan belanja online Lazada.

 

Kriteria Produk Hiburan yang Diidamkan Konsumen

Berdasarkan hasil dari Nielsen Quest for Convenience Report tentang perubahan kebutuhan konsumen global, dikatakan bahwa seperempat konsumen global mengatakan bahwa mereka mencari produk yang membuat hidup lebih mudah sebesar (27 persen) dan nyaman digunakan (26 persen).

Dalam penelitian tersebut juga disampaikan bahwa semua industri turut mengikuti perkembangan seiring dengan berkembangnya kebutuhan para konsumen, salah satunya dalam bidang teknologi.

Oleh karena itu, riset tersebut menjadi salah satu contoh mengapa TCL kembali meluncurkan smart TV seri terbarunya di pasar Indonesia dengan fitur-fitur terkini yang melengkapi kebutuhan para konsumen.

(Isk/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: