Minggu, 22 Maret 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Aksi Nyata Polda Jatim dan Jajaran Lawan Penyebaran Corona COVID-19

Posted: 22 Mar 2020 10:42 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur (Jatim) bersama jajaran melakukan aksi nyata melawan penyebaran virus corona baru COVID-19. Seperti yang terlihat pada Senin pagi ini, Polda Jatim menyemprotkan disinfektan kepada personel dan Ditpolair Polda Jatim melaksanakan penyuluhan kepada para nelayan, Senin (23/3/2020). 

Data yang didapat dari Polda Jatim, Kapolda Jatim Luki Hermawan dan Kayanma Polda Jatim AKBP Iwan Ridwan menyemprotkan disinfektan terhadap personel yang melakukan giat apel pagi, sekitar pukul 07.00 WIB di lapangan Mapolda Jatim. 

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menyampaikan, kegiatan ini dilakukan untuk mencegah atau melindungi anggota Polda Jatim agar terhindar dari COVID-19.

"Kami sebagai garda terdepan bersama - sama dengan stakeholder yang lain berupaya mencegah berkembangnya COVID-19 sekaligus melindungi masyarakat agar tidak terpapar dari Covid 19," tuturnya, Senin (23/3/2020). 

Selanjutnya

Penyemprotan disinfektan di Polda Jatim, Senin (23/3/2020). (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Penyemprotan disinfektan di Polda Jatim, Senin (23/3/2020). (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sementara itu, Ditpolairud Polda Jatim menggunakan KP. X - 103 melaksanakan imbauan tentang pencegahan virus corona baru COVID 19, yang dilakukan sekitar pukul 08.00 WIB. 

"Kegiatan ini dilakukan di wilayah perairan APBS (Alur Pelayaran Barat Surabaya) yang meliputi wilayah Kenjeran, Gresik, dan ke arah Karang Jamuang dengan cara melalui radio kontak antar kapal yang terkoneksi dengan seluruh kapal yang melalui alur perairan timur Surabaya dan giat akan dilakukan setiap hari," ujar Trunoyudo. 

Sebelumnya, Kapolsek Wiyung Surabaya memberikan imbauan kepada para pengunjung kafe yang berada di wilayah setempat. Kegiatan tersebut merupakan penerapan social distancing, salah satu cara untuk menekan penyebaran virus corona baru yang memicu penyakit COVID-19.

Adapun social distancing ini dilakukan dengan menjaga jarak minimal satu meter, menghindari kerumunan massa dan kumpul bersama untuk sementara.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Sebaran Covid-19, TMII Ditutup Mulai 23 Maret 2020

Posted: 22 Mar 2020 10:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akhirnya ditutup untuk umum. Kabag Humas TMII Sahda Silalahi menyebut, penutupan TMII mulai diberlakukan hari ini, Senin (23/3/2020).

"Iya. Baru hari ini keputusan ditutupnya," ujar Sahda saat dikonfirmasi, Senin (23/3/2020).

Sahda menyebut, pihak manajemen belum memutuskan hingga kapan TMII akan ditutup. Dia hanya menyebut akan menyeseuaikan dengan kondisi terkait penanganan virus Corona atau Covid-19.

Sahda menyatakan, seluruh instansi, termasuk pihak swasta yang mengelola area seluas 150 hektare ini sepakat untuk menutup secara keseluruhan taman wisata yang terkenal dengan ikon bioskop Keong Emas ini.

"Benar (semua pihak sepakat menutup). Semua pintu juga ditutup," kata dia.

Sebelumnya, pihak manajemen sempat memutuskan TMII tetap dibuka untuk umum. Masyarakat masih diperbolehkan berwisata di TMII.

"Dibuka, tapi terbatas. Artinya hanya pintu satu saja dan pintu dua satu pintu, jadi tidak semua akses pintu masuk dibuka," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Kamis (19/3/2020).

Sahda mengatakan, keputusan untuk tetep membuka TMII merupakan kebijakan dari menajemen. Dia menyebut ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan.

Pemprov DKI Tutup Ancol, Monas hingga Ragunan 2 Pekan ke Depan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan UMP DKI 2020, Jumat (1/11/2019). (Liputan6.com/ Delvira Chaerani Hutabarat)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan UMP DKI 2020, Jumat (1/11/2019). (Liputan6.com/ Delvira Chaerani Hutabarat)

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menutup destinasi wisata dan tempat hiburan selama dua minggu ke depan untuk mencegah penyebaran Corona. Tempat wisata yang ditutup yakni, Ancol, Kebon Binatang Ragunan, Monas, dan museum.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, car free day juga ditiadakan dalam dua minggu ke depan. 

"Semua destinasi wisata dan tempat hiburan milik Pemprov DKI Jakarta akan ditutup selama dua minggu ke depan. Transportasi umum tetap berjalan, HBKB atau CFD ditiadakan dua minggu ke depan. Itu artinya, Ancol tutup, Ragunan tutup, Monas tutup, museum yang dipegang oleh DKI tutup," ujar Anies di Balai Kota Jakarta, Jumat (13/3/2020).

Menurut dia, penutupan ini bertujuan untuk meminimalkan kegiatan warga di ruang terbuka yang penuh dengan orang untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Namun, dia mengatakan, pelayanan ke masyarakat tetap berjalan seperti biasa. Keluarahan, kecamatan, kantor wali kota, balai kota pusekmas berjalan seperti biasa.

"Lalu kita juga sudah menyiapkan protokol untuk acara-acara di perkantoran, di perumahan, kegiatan-kegiatan ibadah keagamaan, kami siapkan, akan kami siarkan kepada seluruh masyarakat," kata Anies soal pencegahan Corona.

Anies mengingatkan, sebaran Covid-19 cukup luas di wilayah selatan. Hari ini, sudah menyebar ke semua tempat.

"Kita tidak punya cukup waktu untuk menunggu, kita memiliki kewajiban untuk melindungi semua. Karena itu penting sekali bagi kita untuk bergerak cepat dan lebih cepat. Untuk itu, akses untuk menguji harus dilakukan, transparansi harus ada dari situ perlindungan bisa dilakukan," kata Anies.

Dia pun meminta agar warga Jakarta memprioritaskan untuk berkegiatan di rumah dan lingkungan sekitar. Dia meminta masyarakat untuk mengurangi kegiatan di tempat ramai.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DPRD DKI Desak Gubernur Anies Cairkan Dana untuk Warga Terdampak Covid-19

Posted: 22 Mar 2020 10:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Mohamd Taufik mendesak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan segera mengalokasikan anggaran belanja tidak terduga (BTT) untuk warga terdampak virus Corona atau Covid-19. Terkhusus, untuk untuk warga dengan penghasilan harian.

"Sekali lagi saya tegaskan, mereka perlu mendapatkan bantuan dana. Jadi sudah saatnya Gubernur segera mencairkan anggaran BTT tersebut," ujar Taufik, Senin (23/3/2020).

Politikus Gerindra itu menilai dampak berat dari pandemik Covid-19 sangat dirasakan bagi warga dengan penghasilan harian. Di samping itu, Pemprov DKI menuntut warganya tertib beraktivitas di rumah dan menjaga jarak batas aman saat berinteraksi.

Imbauan itu menurut Taufik sulit dilakukan bagi warga penghasilan harian. Sehingga, jika anggaran dicairkan dan didistribusikan ke warga setidaknya membantu mereka tetap berada di rumah tanpa khawatir dengan penghasilan.

"Tujuannya agar warga berpenghasilan tidak menentu atau pekerja harian ini dapat mematuhi imbauan pemerintah untuk tetap tinggal di rumah, menghindari penyebaran virus Corona," tukasnya.

"Mereka yang bekerja harian ini tidak akan bisa memberi makan keluarganya, apabila harus tinggal di rumah dan tidak bekerja. Cara satu-satunya agar imbauan itu efektif, ya dengan memberikan mereka bantuan agar dapat tetap memberi makan keluarganya selama mereka tinggal di rumah," imbuhnya.

Harus Tepat Sasaran

Di sisi lain Taufik juga mengingatkan agar pemberian bantuan dari dana BTT tersebut dilakukan dengan pengawasan yang ketat dan tepat sasaran, kepada mereka yang benar-benar membutuhkan.

Pemberian dana ini, kata dia, dapat terus dilakukan hingga penyebaran virus Corona sudah benar-benar dapat dikendalikan. Mengingat, pandemi Covid-19 merupakan masalah yang serius dengan jumlah korban yang terus bertambah, maka diperlukan langkah-langkah yang cepat dan tepat dalam penanganannya.

 

Reporter: Yunita Amalia/Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Permintaan Izin Usaha Justru Naik selama Wabah Corona Covid-19

Posted: 22 Mar 2020 10:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) meyebutkan perizinan usaha naik selama wabah virus Corona. Paling banyak adalah sektor kesehatan, sebab BKPM telah bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan untuk memperlancar perizinan terkait kebutuhan kesehatan selama Corona.

"Kita pikir bahwa di tengah virus Corona itu tingkat pengusaha dalam mengurus izin itu menurun, ternyata tidak seperti itu," ujar Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia, Senin (23/3/2020).

Bahlil menambahkan, pada saat pihaknya memutuskan untuk pelayanan online, pertumbuhan perizinan setiap harinya justru semakin meningkat.

"Pada hari ini, Nomor Induk berusaha (NIB) yang sudah mulai masuk itu 471 nomor. Kemudian jumlah komitmen ini terkait pemenuhan di Kementerian Lembaga itu 2.893 komitmen per jam setengah sebelas (10.30 WIB). Jadi ini real time," paparnya.

Kemudian ia melanjutkan, bahwa sebelum adanya Corona, sektor yang paling banyak mengurus perizinan adalah perdagangan. Setelah Corona masuk Indonesia, sektor kesehatan menyusul di urutan kedua sebagai sektor yang paling banyak mengurus perizinan.

"Saya ingin menyampaikan bahwa sebelum virus Corona, yang paling banyak mengeluarkan izin itu adalah perdagangan. Tapi begitu masuk virus Corona, yang mulai mengikuti di Departemen Kesehatan itu (sebelumnya) di urutan nomor 6 atau 7 sekarang naik di urutan nomor 2," jelasnya.

 

Perlancar Izin

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia meluncurkan Pusat Komando Operasi dan Pengawalan Investasi, Senin (23/3/2020). (Athika/Liputan6.com)
Kepala BKPM Bahlil Lahadalia meluncurkan Pusat Komando Operasi dan Pengawalan Investasi, Senin (23/3/2020). (Athika/Liputan6.com)

Selama pandemi covid-19 berlangsung, BKPM memperlancar perizinan terkait dengan izin edar dan impor terhadap alat kesehatan ataupun kebutuhan-kebutuhan yang terkait dengan corona.

"Karena BKPM dan Kementerian Kesehatan sudah berkomitmen dalam rangka menghadapi persoalan corona makan bahan-bahan baku maupun barang-barang impor yang terkait dengan masyarakat itu kita memproriataskan secara langsung," ungkap Bahlil.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemeran Si Mbok, Purwaniatun Meninggal Dunia

Posted: 22 Mar 2020 10:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lagi-lagi kabar duka mewarnai dunia hiburan Tanah Air. Artis senior Purwaniatun meninggal dunia pada Senin (23/3/2020) di Rumah Sakit Mayapada, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Aktris yang kerap berperan sebagai asisten rumah tangga ini tutup usia pukul 10.33 WIB karena sakit. Kabar duka ini tersebar dalam grup pesan singkat di kalangan awak media.

"Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Telah berpulang ke Rahmatullah Ibunda kami Purwaniatun. Pada hari Senin tanggal 23 Maret 2020," begitu isi pesan yang tersebar pada Senin (23/3/2020) siang.

"Mohon di maafkan atas segala kesalahannya dan mohon doa agar diterima seluruh amal ibadahnya," sambungnya.

 

Penyebab?

Purwaniatun (Sumber: Instagram/vatemat)
Purwaniatun (Sumber: Instagram/vatemat)

Namun begitu belum diketahui secara pasti apa penyebab sang artis tutup usia. Saat ini jenazahnya masih diurus untuk kemudian dikebumikan.

Purwaniatun telah membintangi banyak judul sinetron seperti Monyet Cantik dan Seigaoa Ganteng, juga Kawin Gantung. Ia juga bermain dalam sejumlah judul FTV.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Virus Corona, BKPM Klaim Investasi Indonesia Tetap Naik

Posted: 22 Mar 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat, merebaknya Virus Corona di Indonesia tak membuat invetasi lantas lesu. Dari catatan BKPM, masih ada peningkatan investasi khususnya untuk permohonan Nomor Induk Berusaha (NIB).

"Setelah pengumuman resmi pemerintah, periode 2 sampai 18 Maret 2020, jumlah pemohon perizinan meningkat hingga 240.178," ujar Kepala BKPM Bahlil Lahadalia di Kantor BKPM, Jakarta, Senin (23/3/2020).

Adapun jenis perizinan yang dipantau oleh BKPM antara lain registrasi perusahaan, Nomor Induk Berusaha (NIB), Izin Usaha (IU), dan Izin Operasional Komersil (IOK).

Sesuai dengan data pada OSS periode 14 Februari sampai 1 Maret 2020 (sebelum pengumuman Covid-19), jumlah pemohon perizinan yang masuk dalam OSS sebanyak 204.199 perizinan.

"Kenaikan aktivitas tertinggi terlihat pada jumlah pemohon NIB sebesar 18,99 persen yang sebelumnya sebanyak 39.618 NIB menjadi 47.144 NIB," jelasnya.

Sampai dengan saat ini, permohonan perizinan investasi melalui OSS terus berjalan, bahkan cenderung meningkat, khususnya dari sektor perdagangan dan kesehatan.

"Permohonan online terus berjalan termasuk hari Sabtu-Minggu, walaupun jumlahnya nggak sebanyak hari-hari kerja," ungkap Bahlil.

Pantau Investasi di Tengah Pandemi Corona, BKPM Luncurkan Command Center

Sejumlah konsumen menunggu di kantor BKPM, Jakarta, Senin (26/10/2015). Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) merupakan komitmen pemerintah demi memberikan pelayanan prima dan cepat kepada investor. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Sejumlah konsumen menunggu di kantor BKPM, Jakarta, Senin (26/10/2015). Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) merupakan komitmen pemerintah demi memberikan pelayanan prima dan cepat kepada investor. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) meluncurkan Pusat Komando Operasi dan Pengawalan Investasi, Senin (23/3/2020). Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyatakan hal ini dibangun untuk mempermudah pusat memantau izin investasi mana saja yang sudah, sedang dan belum diproses secara mudah.

Adapun, command center ini dilengkapi dengan monitor untuk menyajikan data perkembangan investasi secara real time di seluruh Indonesia.

"Jadi sekalipun kami offline, proses kerja BKPM jalan terus, kemudian izin usaha juga keluar. Seperti ini nih, di layar, ada 105 (izin usaha)," kata Bahlil dalam peluncuran Command Center BKPM via siaran langsung, Senin (23/3/2020).

Dirinya memperlihatkan contoh pantauan real time izin usaha sebelum dan sesudah masuknya virus Corona. Sebelum Corona datang, izin usaha paling banyak datang dari sektor perdagangan, yang berada di peringkat 2. Setelah Corona mewabah, izin usaha di sektor kesehatan naik menggantikan posisi izin sektor perdagangan.

Bahlil menyatakan, ini pertama kalinya BKPM menata perkembangan izin usaha dan investasi secara real time dan termonitor. Dirinya juga memerintahkan seluruh kementerian dan lembaga yang memiliki kewenangan izin usaha agar melimpahkan hal tersebut ke BKPM.

"Dengan pelimpahan tugas ini, BKPM berbenah diri untuk memberikan kecepatan, kepastian dan efisiensi bagi para pelaku izin. Dengan sistem sekarang bisa dideteksi mandegnya di kementerian mana," lanjut Bahlil.

Bahlil menegaskan, di tengah kondisi ekonomi yang terpapar dampak Corona saat ini, investasi justru harua ditingkatkan. Dirinya memerintahkan kepada tim BKPM untuk tidak menunda-nunda izin usaha agar investasi berjalan dengan lancar.

"Kami memerintahkan kepada tim BKPM, bila ada pengusaha harus dipercepat, kalau bisa segera dipercepat," ujarnya. 2 dari 3 halaman Investasi China Turun, BKPM Garap Pasar Eropa dan Timur Tengah  Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia (Liputan6.com/Angga Yuniar)Kepala Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyebutkan investasi yang masuk ke Indonesia merosot akibat penyebaran virus corona dari Wuhan, China. Alasannya, China merupakan negara terbesar kedua yang berinvestasi di Indonesia.

Menanggulangi ini, BKPM melakukan ekspansi investasi ke berbagai negara. Misalnya ke Singapura, Jepang, Korea hingga beberapa negara di Eropa dan Timur Tengah.

"Korea kan tidak semuanya kena, dan lagi bagus (investasinya)," kata Bahlil di Kantor BKPM, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat (6/3/2020).

Bahlil mengklaim, saat ini pihaknya sudah mendapatkan investasi dari sebuah negara di Asia. Nilai investasinya mencapai USD 3 miliar sampai USD 4 miliar.

Investasi tersebut nantinya akan membuat smelter hingga tingkat stainless steel. Namun dia masih enggan membeberkan nama perusahaan dan asal negaranya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nasib Olimpiade Tokyo 2020 Ditentukan Paling Lambat 4 Pekan Lagi

Posted: 22 Mar 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Badan eksekutif Komite Olimpiade Internasional (IOC) kembali meminta para atlet dan anggotanya agar bersabar menyikapi masa depan Olimpiade Tokyo 2020. Desakan untuk membatalkan pesta olahraga multi cabang empat tahunan itu menguat di tengah pandemi global virus Corona Covid-19. 

Olimpiade Tokyo 2020 dijadwalkan akan berlangsung mulai 24 Juli 2020. Namun penyebarn virus Corona Covid-19 yang belum mereda membuat banyak pihak meminta agenda ini dibatalkan. 

Selain khawatir terhadap penyebaran yang mungkin bakal terjadi selama Olimpiade berlangsung, virus Corona model terbaru juga membuat persiapan sejumlah atlet terganggu, terutama mereka yang berasal dari negara-negara yang menjadi zona merah dan sudah menerapkan kebijakan lockdown.

Situasi ini membuat IOC dalam dilema. Sebab di satu sisi, membatalkan Olimpiade Tokyo 2020 yang hanya tinggal hitungan bulan bukan perkara mudah. Apalagi, Jepang sebagai tuan rumah belum juga menyerah. Di tengah pandemi global virus Covid-19 yang semakin mengkhawatirkan, masyarakat Jepang masih antusias menyambut api obor Olimpiade yang baru tiba Yunani, Minggu (22/3/2020). 

Meski demikian, IOC juga tidak bisa menutup mata dengan kondisi penyebaran virus Corona Covid-19 yang terus meluas. Saat ini, setidaknya sudah lebih dari 150 negara yang terjangkit virus ini. Jumlah korban sudah mencapai 336 ribu orang dan 14.641 di antaranya meninggal dunia. 

IOC lewat situs resminya menyatakan, bahwa pihaknya tengah berusaha mencari langkah terbaik dalam menyikapi nasib Olimpiade Tokyo 2020. IOC juga akan terus berkoordinasi dengan seluruh stake holder olahraga dunia, termasuk pengurus cabang internasional dan anggota-anggotanya (NOC). 

IOC juga menegaskan akan mengedepankan faktor keselamatan atlet dan pihak penyelenggara. Mengingat belum ada yang bisa memastikan kapan pandemi global virus Corona Covid-19 bakal berakhir,  pihaknya saat ini sudah menyiapkan berbagai skenario bila dibutuhkan. 

"IOC percaya bahwa diskusi ini sudah final dalam empat pekan ini, dan kami menghargai  solidaritas dan kemitraan NOC dan IFs dalam mendukung para atlet dan mengadaptasi perencanaan Olimpiade."

 

Siapkan 3 Opsi

Presiden Olimpiade Tokyo 2020, Yoshiro Mori, menerima api Olimpiade saat tiba dari Yunani di Pangkalan Udara Matsushima, Jepang, Jumat (20/3). Di tengah pandemi virus corona Covid-19, prosesi menuju Olimpiade Tokyo 2020. (AFP/Philip Fong)
Presiden Olimpiade Tokyo 2020, Yoshiro Mori, menerima api Olimpiade saat tiba dari Yunani di Pangkalan Udara Matsushima, Jepang, Jumat (20/3). Di tengah pandemi virus corona Covid-19, prosesi menuju Olimpiade Tokyo 2020. (AFP/Philip Fong)

IOC tidak merinci skenario-skenario tersebut. Namun menurut laporan AS, saat sudah ada tiga langkah antisipasi yang telah disiapkan.  

Pertama, mengembalikan jadwal Olimpiade ke musim gugur. Sementara opsi kedua adalah  menunda kegiatan tersebut hingga musim panas 2021. Dan yang terakhir memundurkannya hingga 2022. 

 

 

 

Kirim Surat

Pekerja berjalan di kapal tongkang yang membawa Cincin Olimpiade di Distrik Odaiba, Tokyo, Jepang, Jumat (17/1/2020). Cincin Olimpiade dengan tinggi 15,3 meter dan panjang 32,6 meter tersebut akan berada di sana hingga Olimpiade 2020 berakhir. (AP Photo/Jae C. Hong)
Pekerja berjalan di kapal tongkang yang membawa Cincin Olimpiade di Distrik Odaiba, Tokyo, Jepang, Jumat (17/1/2020). Cincin Olimpiade dengan tinggi 15,3 meter dan panjang 32,6 meter tersebut akan berada di sana hingga Olimpiade 2020 berakhir. (AP Photo/Jae C. Hong)

Sementara itu, Presiden IOC, Thomas Bach letter, telah mengirim surat terbuka kepada seluruh atlet yang akan berpartisipasi di Olimpiade Tokyo 2020. Dalam surat tersebut, Bach kembali menegaskan bahwa pihaknya akan mengedepankan faktor keselamatan atlet dalam mengambil setiap kebijakan.

"Kehidupan manusia di atas segalanya, termasuk ajang Olimpiade. IOC ingin ambil bagian dalam mencari solusi untuk ini. Oleh karena itu, kami menjadikannya sebagai prinsip utama kami untuk menjaga kesehatan semua orang yang terlibat, dan berkontribusi dalam pengendalian virus."

"Saya berharap, dan kita semua bekerja untuk ini, bahwa harapan yang telah diungkapkan oleh begitu banyak atlet, NOC, dan IF dari lima benua akan terpenuhi: bahwa pada akhir terowongan yang gelap ini kita semua akan melaluinya bersama, tidak tahu berapa lama itu, nyala Olimpiade akan menjadi cahaya di ujung terowongan ini," tulis Bach dalam surat tersebut seperti dilansir dari situs IOC. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Detak Jantung Abi Cancer Sempat Terhenti pada Februari 2020

Posted: 22 Mar 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Abi Cancer, pemeran serial Wiro Sableng musim kedua meninggal dunia pada Minggu (22/3/2020). Ia mengembuskan napas terakhir di usia 44 tahun.

Abi Cancer diketahui meninggal dunia karena serangan jantung. Sebelumnya, ia sempat mendapat penanganan di ruang Intensif Unit Care (ICU), namun nyawanya tak tertolong.

"Pas dibawa ke ICU jantungnya langsung berhenti," ungkap istri Abi Cancer, Rita Wibowo sembari menangis saat dihubungi wartawan pada Senin (23/3/2020).

Riwayat Jantung

Abi Cancer pemeran serial Wiro Sableng di televisi (Istimewa)
Abi Cancer pemeran serial Wiro Sableng di televisi (Istimewa)

Abi Cancer rupanya sudah cukup lama menderita sakit jantung. Awalnya keluhan itu terdeteksi setelah aktor senior ini mengalami kelelahan saat syuting.

"Ketahuan Oktober itu jantungnya detaknya sudah tidak beraturan. Pas Desember dicek ternyata ada pembengkakan jantung dan katupnya itu tidak normal. Makanya jantungnya itu bengkak," jelas Rita Wibowo.

Jantung Berhenti

Bahkan pada Februari 2020, detak jantung Abi Cancer sempat terhenti dan menimbulkan kepanikan di antara keluarga. Beruntung, kala itu tim medis masih sanggup mengatasinya.

"Sempat dirawat juga Februari karena detak jantungnya itu sempet berhenti. Dia bisa merasakan sendiri kalau jantungnya dirasa aneh. Terus dia pergi ke klinik sendiri untuk dicek rekam jantungnya. Katanya gara-gara kolesterol," ucapnya.

Komplikasi

Selain ini, Abi Cancer juga memiliki riwayat penyakit lain. Secara langsung, hal ini semakin memperburuk kondisi kesehatannya.

"Dia juga punya asam lambung. Makanya pas tiap kumat asam lambungnya jantungnya tuh kaya apa ya, detaknya nggak teratur. Baru anfalnya kemarin. Dibawa ke ICU jantungnya langsung berhenti," tuturnya masih diiringi tangisan.

Meninggal Dunia

Hingga pada 22 Maret 2020, nyawanya tak bisa lagi diselamatkan. Sang istri berdoa agar suaminya dapat beristirahat dengan tenang.

Abi Cancer adalah aktor laga yang menggantikan Ken Ken dalam serial Wiro Sableng musim kedua. Pada masanya, nama Abi Cancer sangat terkenal. Selain membintangi Wiro Sableng, ia juga bermain dalam sejumlah film.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Cegah Corona, Polisi Bubarkan Warga Bekasi yang Kumpul di Cafe

Posted: 22 Mar 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Polsek Medan Satria Bekasi berpatroli keliling wilayahnya membubarkan kerumunan massa atau massa yang berkumpul di lokasi hiburan cafe dan warung guna mencegah penyebaran virus Corona.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ikuti Livestreaming: Mencegah, Mendeteksi dan Penanganan Corona COVID-19 Terhadap Keluarga

Posted: 22 Mar 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dunia masih menghadapi pandemi Corona COVID-19. Berdasarkan perhitungan Johns Hopkins University, saat ini lebih dari 325 ribu orang terpapar novel coronavirus, dan setidaknya 14.380 orang telah meninggal dunia.

Di Indonesia, data akumulatif per Minggu (22/3) menunjukkan 514 orang positif terinfeksi Corona COVID-19. Sementara total kasus sembuh menjadi 29 dan meninggal dunia 48 orang.

Peningkatan kasus paparan novel coronavirus terjadi tidak hanya di Indonesia, negara-negara lain pun mengalami penambahan kasus. Kondisi tersebut telah diprediksi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Menurut WHO, meski kasus COVID-19 di Wuhan, China telah menurun, penyebaran Virus Corona baru ini di negara-negara lain baru dimulai.

Meski demikian, WHO menyebut, situasi pandemi COVID-19 sulit untuk diprediksi. Namun, kita bisa mengurangi risiko paparan atau penyebaran COVID-19 dengan melakukan pencegahan sederhana. Seperti rajin mencuci tangan dengan sabun atau sanitizer, menjaga jarak sosial minimum 1 meter, menghindari menyentuh mata, hidung, dan mulut, mempraktikkan etika batuk dan bersin, berdiam di rumah ketika sakit, hingga tak mendatangi lokasi tinggi kasus COVID-19.

Virus SARS-CoV-2 penyebab Corona COVID-19 adalah coronavirus jenis baru yang masih diteliti karakteristiknya oleh para ilmuwan di dunia. Karenanya hingga saat ini belum ada obat atau pun vaksin untuk mencegah paparan virus tersebut.

Bagi Sahabat Liputan6.com yang ingin tahu lebih lanjut dan memiliki pertanyaan seputar Corona COVID-19 bisa mengikuti Livestreaming: Mencegah, Mendeteksi dan Penanganan Corona COVID-19 terhadap Keluarga bersama dr. Dirga Sakti Rambe, M.Sc, Sp.PD. 

Dokter spesialis penyakit dalam dan vaksinolog yang berpraktik di Omni Hospitals Pulomas ini akan menjawab pertanyaan Anda hari ini secara Live pukul 15.00 WIB melalui Facebook Liputan6.com. Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini ya, Sahabat!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPU: Pilkada Sumenep Tak Terganggu Corona

Posted: 22 Mar 2020 10:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur menyatakan tahapan pelaksanaan pemilihan kepada daerah (Pilkada) di wilayah ini tidak berubah dan tetap sesuai jadwal yang ditetapkan. 

"Keputusan KPU RI tentang Penundaan Pilkada Serentak 2020 ini hanya berlaku pada daerah yang rawan," kata Komisioner KPU Sumenep Rafiqi dilansir Antara, Minggu, 22 Maret 2020. 

Kabupaten Sumenep, lanjut Rafiqi termasuk kabupaten yang aman dari penyebaran virus Corona, sehingga tidak termasuk kabupaten yang ditunda pelaksanaannya.

Selain itu, persiapan pelaksanaan pilkada di Kabupaten Sumenep sudah matang, bahkan para penyelenggara pemilu mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa telah terbentuk.

"Jadi, tidak masalah. Selain kami aman dari Corona, persiapan pelaksanaan juga sudah matang," jelas dia. 

Sebelumnya, KPU RI mengeluarkan Keputusan KPU RI Nomor: 179/PL.02-Kpt/01/KPU/lII/2020 tentang Penundaan Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020 dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19. 

Penundaan pelaksanaan sebagian tahapan pilkada telah sesuai dengan regulasi UU Nomor 1 Tahun 2015, khususnya pasal 120 ayat 1. Dengan penundaan dapat dilakukan dikarenakan adanya gangguan lainnya (wabah pandemi Corona) maka dilakukan pemilihan lanjutan.

 

Pelantikan PPS Tetap Digelar

Selain itu, keputusan KPU RI ini juga mengacu pada 122 ayat 1 yang menyebutkan bahwa KPU dapat menunda tahapan pelaksanaan pemilihan sampai waktu yang tidak ditetapkan (kondisional), sampai dirasa bahwa situasi kembali normal dalam artian wabah Corona telah dapat ditangani dan bukan merupakan ancaman lagi.

"Kami sudah siap semuanya. Jadi, tahapan pelaksanaan tidak perlu ditunda, makanya pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) tetap kami gelar, sesuai dengan jadwal yang memang telah ditetapkan sebelumnya," kata Rafiqi menjelaskan.

Kabupaten Sumenep merupakan satu-satunya kabupaten di Pulau Madura yang akan menyelenggarakan pemilihan bupati dan wakil bupati tahun ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinopsis Miniseri SCTV Princess Mermaid Tayang Senin, 23 Maret 2020

Posted: 22 Mar 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Miniseri Princess Mermaid menceritakan tentang Justin, Cio dan Gavin selamat berkat pertolongan Panglima Grot. Sebelum kembali ke lautan, Grot berpesan pada Justin jangan sekali-kali menyakiti Grani, karena kalau itu terjadi dia akan laporkan itu ke Raja Rantara.

Kisah Princess Mermaid masih berlanjut. Jelas, Justin jadi galau, ayahnya (Raja Rantara) punya utang budi sama Panglima Grot. Karena Grot banyak membantu Rantara selama kepemimpinannya, makanya Rantara selalu nurut apa kata Grot, termasuk saat Grot minta Grani dijodohkan dengan Justin.

Keesokan harinya, sikap Justin ke Muti berubah drastis. Justin jadi cuek, dingin dan bahkan menjauhi Muti. Jelasa jsa Muti jadi heran, ada apa dengan Justin? Muti jadi merasa kehilangan perhatian, kekonyolan dan keusilan Justin.

Sekarang keadaan berbalik, malah Muti yang suka caper sama Justin, tapi anehnya Justin tetap cuek. Muti jadi galau, dia sadar perasaannya makin dalam pada Justin. Grani senang karena Justin menepati janjinya untuk menjauhi Muti.

Princess Mermaid selanjutnya....

Lewat Surat

Adegan miniseri Princess Mermaid setiap Senin-Jumat pukul 15.40 WIB (Dok Starvision Plus)
Adegan miniseri Princess Mermaid setiap Senin-Jumat pukul 15.40 WIB (Dok Starvision Plus)

Grani juga terus berusaha akrab sama Rolan, komporin Rolan untuk nyatakan cintanya ke Muti. Pernah sih Rolan nekad mau nembak Muti, tapi karna Rolan takut ngomong langsung, dia nyatain cintanya lewat surat. Tapi sialnya surat itu malah jatuh ke tangan Bu Ranti.

Bu Ranti adukan surat itu ke Dirga, alhasil Rolan dimarahin Dirga, kalau kamu masih nekad mau pacarin Muti, abang pindahin sekolah kamu di pulau lain! begitu ancam Dirga ke Rolan. Sementara itu Raja Rantara mulai tak sabar menunggu janji Justin.

Calon Pengganti Raja

Adegan miniseri Princess Mermaid di SCTV (Dok Starvision Plus)
Adegan miniseri Princess Mermaid di SCTV (Dok Starvision Plus)

Justin dipanggil dan diminta berhenti memburu Muti dan Ibunya, Rantara akan menugaskan Grot menggantikan tugas Justin itu. Tapi Justin menolak, bahkan Justin mempertaruhkan status ''CALON PENGGANTI RAJA''yang dia sandang. Jika Justin gagal menyelesaikan tugas itu, Justin rela tidak jadi Raja kelak.

Panglima Grot tentu mendukung keputusan Justin karna diam-diam dia mengincar kedudukan tersebut. Grot mengatakan ke Rantara, beri anakmu kesempatan untuk berbakti padamu dengan menyelesaikan tugas ini..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tokopedia Tutup Ribuan Toko Online yang Tawarkan Harga Tak Wajar

Posted: 22 Mar 2020 10:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini banyak penjual di sejumlah e-commerce memanfaatkan pandemi virus corona dengan menjual produk kesehatan atau bahan pokok lain dengan harga tak wajar.

Salah satu e-commerce lokal yang langsung mengambil sikap tegas adalah Tokopedia. VP of Corporate Communcations Tokopedia, Nuraini Razak, mengatakan pihaknya telah menutup toko online nakal secara permanen.

"Menanggapi harga/judul/deskripsi tidak wajar atas produk kesehatan maupun kebutuhan pokok lain sebagai dampak dari Covid-19, Tokopedia telah menutup permanen ribuan toko online dan melarang tayang puluhan ribu produk yang terbukti melanggar," kata Nuraini melalui pesan singkat kepada Tekno Lputan6.com, Senin (23/3/2020).

Selan itu, Tokopedia juga memotong biaya layanan 100 persen untuk penjual di kategori produk kesehatan dan kebutuhan pokok lain.

"Selain lewat edukasi, langkah ini dinilai dapat mendorong penjual selalu memastikan ketersediaan produk, juga menjaga harga tetap stabil," ucap Nuraini menambahkan.

Belanja online sendiri dapat menjadi alternatif mengurangi risiko penyebaran virus di tempat ramai, sekaligus mendorong bisnis lokal terus beroperasi secara online.

 

Tokopedia Geber Layanan Bebas Ongkir

Ilustrasi bekerja dari rumah. (dok.Foto Mikayla Mallek/Unsplash)
Ilustrasi bekerja dari rumah. (dok.Foto Mikayla Mallek/Unsplash)

Sejumlah perusahaan mengimbau kepada karyawan untuk bekerja dari rumah atau work from home untuk mencegah penyebaran virus corona.

Untuk mengurangi risiko penyebaran virus di tempat ramai sekaligus mendorong bisnis lokal terus beroperasi secara online, Tokopedia kembali menggeber layanan bebas ongkir (ongkos kirim).

Program ini juga bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari dengan lebih mudah, tanpa harus ke luar rumah.

VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, mengatakan platform teknologi seperti Tokopedia juga memungkinkan masyarakat bertransaksi menggunakan uang elektronik. Sejalan dengan upaya mengurangi penggunaan uang tunai demi mencegah perpindahan virus atau bakteri.

"Tokopedia juga terus melakukan edukasi bagi para penjual dalam platform kami untuk memastikan produk kesehatan dan kebutuhan pokok lainnya dijual sesuai dengan harga pasar," kata Nuraini melalui keterangannya, Senin (16/3/2020).

Tokopedia sendiri saat ini mewajibkan seluruh karyawan bekerja dari rumah atau work from home selama satu minggu penuh, terhitung per hari ini, Senin (16/3/2020).

Upaya membatasi interaksi langsung (social distancing) ini ditujukan untuk mendukung penanganan COVID-19 agar lebih maksimal, sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo.

"Kami juga turut menyarankan seluruh masyarakat untuk #dirumahajadulu sebagai gerakan bersama melawan COVID-19," ucap Nuraini memungkaskan.

Kampanye Peduli Sehat

Makanan sehat ala Tokopedia siap bikin kamu sehat terus.
Makanan sehat ala Tokopedia siap bikin kamu sehat terus.

Demi mempermudah masyarakat mendapatkan produk kesehatan (vitamin, antiseptik, masker mulut, hand sanitizer buatan kreator lokal dsb) dan kebutuhan pokok lainnya (sembako, buah, sayur, lauk-pauk dsb) sesuai kebutuhan dan lebih efisien, Tokopedia mengadakan kampanye Peduli Sehat dan Lengkapi Persediaan Rumah. 

Selain mengantisipasi keadaan dengan menyetok produk sesuai kebutuhan, Tokopedia juga mengimbau masyarakat untuk terus menjaga kesehatan dengan menjalankan pola makan sehat, istirahat dan olahraga cukup, serta menjaga kebersihan secara rutin.

(Isk/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wamenhan: Bertahan di Rumah Cegah Covid 19 Bagian dari Bela Negara

Posted: 22 Mar 2020 10:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono meminta masyarakat disiplin menjalankan social distancing agar wabah virus Corona (Covid-19) dapat ditekan penyebarannya di Indonesia.

"Social distancing dengan menjalankan skema bekerja dan belajar dari rumah itu adalah bagian dari menekan penyebaran virus. Social Distancing ini harus dijalankan dengan disiplin selama masa status darurat bencana hingga 29 Mei 2020 agar Indonesia bisa menang melawan virus corona. Jadi, sekarang bertahan di rumah itu Bela Negara," kata Trenggono, Senin (23/3/2020).

Dia menuturkan, skema bekerja dan belajar dari rumah bisa dilakukan karena infrastruktur digital seperti layanan 4G penetrasinya sudah mencapai 90% dari total populasi Indonesia.

"Pak Jokowi sudah bangun tol langit yang mendukung 4G sehingga kecepatan internet mulai merata di kota-kota besar di Indonesia. Konten untuk bekerja dan belajar dari rumah pun sudah beragam. Sekarang tinggal masyarakat mengubah perilakunya di masa darurat bencana ini. Manfaatkan waktu di rumah untuk hal-hal produktif dalam bekerja serta berkualitas dengan keluarga," jelas Trenggono.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan (Kemhan) adalah salah satu inisiator dari pemberlakuan sistem kerja dari rumah untuk sebagian karyawannya dalam rangka pencegahan penyebaran Covid 19.

Kemhan juga proaktif dalam menekan penyebaran virus corona dengan mendistribusikan beberapa peralatan Disinfektan ke kementerian/lembaga negara lainnya, seperti Badan Intelijen Negara (BIN) dan Kementerian Keuangan, termasuk Bank Indonesia.

Distribusikan Disinfektan

Kemhan juga mendistribusikan peralatan Disinfektan kepada satuan di lingkungan TNI, antara lain Rumah Sakit TNI AD Moh. Ridwan TMII, Rumah Sakit Marinir Cilandak, Rumah Sakit TNI AL Mintohardjo, dan Rumah Sakit TNI AU dr Esnawan Antariksa.

Selain itu, Kemhan juga telah mendistribusikan peralatan Disinfektan kepada Mabes TNI AD, Mabesal, dan Mabesau, BAIS, Puspom AU, Koopsau, Kementerian KKP, Kementerian KPPA, Istana Kepresidenan, Istana Wapres, Kementerian Koordinator PMK, Kodam jaya dan Kormar serta Kohanudnas.

Peralatan yang didistribusikan antara lain berupa tenda/ruang pemeriksaan temperatur dan penyemprotan Disinfektan beserta box set sprayer serta serbuk Disinfektan yang digunakan untuk penyemprotan setiap orang dan juga kendaraan sebagai upaya tindakan preventif mencegah dan menekan penyebaran Covid-19.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usir Virus Corona Covid-19, Ini Cara Aman Bersih-Bersih Rumah dengan Disinfektan

Posted: 22 Mar 2020 10:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Dengan mewabahnya Novel Coronavirus atau virus corona covid-19, seperti sekarang ini, sangat penting bagi kita menjaga kebersihan rumah. Bagaimana kita membuat rumah kita tetap terjaga dari segala kuman.

Salah satu yang terpenting adalah menjaga semua permukaan rumah tangga yang sering disentuh, agar tetap bebas kuman dibandung sebelumnya. Sebut saja gagang keran, telepon, kenop pintu dan lainnya.

Tentu saja, tujuannya agar kita semua terjaga dan terhindar dari serangan virus corona covid-19 yang meresahkan itu.

Perlu diingat, tidak semua produk pembersih yang mengklaim diri sebagai disinfektan sama efektifnya untuk semua jenis kuman. Ada banyak jenis bakteri dan virus dan tidak setiap produk efektif membunuh mereka semua.

Seperti dikutip Good Housekeeping, sebelum menggunakan produk tertentu, ketahuilah bahwa sanitasi tidak sama dengan disinfektan.

Sanitasi (mengurangi jumlah kuman) biasanya membutuhkan waktu lebih sedikit, kadang-kadang hanya 30 atau 60 detik. Sedangkan, disinfektan (membunuh kuman-kuman itu) dapat memakan waktu hingga 10 menit, tergantung pada produk.

Jangan Campur Disfektan dan Pembersih

Periksa label untuk mengetahui berapa lama permukaan yang keras dan tidak berpori harus tetap basah untuk membunuh kuman yang paling efektif. Karena cairan menguap, ini mungkin mengharuskan Anda untuk menerapkan produk beberapa kali.

Saat membersihkan rumah, penggunaan sabun dan air secara teratur membersihkan kuman dan mengurangi jumlah kuman, yang juga mengurangi kemungkinan infeksi.

Tetapi untuk benar-benar membunuh kuman, Anda juga harus membersihkan atau mendisinfeksi permukaan setelah membersihkannya. Jangan sekali-kali mengombinasikan disinfektan atau produk pembersih apa pun.

 

Permukaan Berpori

Permukaan lunak berpori, tidak akan pernah membunuh kuman sepenuhnya. Namun beberapa semprotan antibakteri dapat membersihkan permukaan yang lembut, seperti bantal dan mainan.  

Menurut Pusat Pengendalian Penyakit AS (CDC), cara mudah untuk mensterilkan permukaan yang keras dan tidak berpori dengan produk yang mungkin Anda miliki di rumah. Caranya dengan mencampur 1/3 cangkir pemutih klorin (sodium hipoklorit) reguler per galon air. Untuk jumlah kecil, gunakan 4 sendok teh pemutih klorin biasa dan 1 liter air.

 

Kenakan Sarung Tangan

Ilustrasi Foto Ibu Rumah Tangga (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Ibu Rumah Tangga (iStockphoto)

Untuk menerapkan disinfektan: mengenakan sarung tangan, celupkan kain ke dalam campuran, lap permukaannya, biarkan larutan menyentuh permukaan selama lima menit dan kering terkena udara.

Untuk permukaan kontak makanan seperti meja, bilas dengan air hangat dan udara kering setelah disinfektan. Berhati-hatilah untuk tidak memercikkan larutan pemutih ke pakaian atau mata, serta menggunakannya dengan hemat pada wastafel dan permukaan stainless steel.

Apakah Hidrogen Peroksida Bunuh Virus?

Ilustrasi membersihkan rumah. (dok. The Honest Company/Unsplash/Adhita Diansyavira)
Ilustrasi membersihkan rumah. (dok. The Honest Company/Unsplash/Adhita Diansyavira)

Menurut CDC, hidrogen peroksida adalah disinfektan yang stabil dan efektif terhadap virus ketika digunakan pada permukaan yang keras dan tidak berpori. Biasanya dijual dalam larutan 3 persen, hidrogen peroksida dapat digunakan apa adanya, langsung dari botol.

Yang terbaik adalah menjauhkannya dari kain saat membersihkan dan mengenakan sarung tangan untuk melindungi tangan Anda.

Untuk menggunakan: semprotkan atau usap pada permukaan, biarkan tetap basah setidaknya satu menit sebelum menyekanya.

Apakah Alkohol akan Mendisinfeksi Permukaan?

Petugas menyemprot cairan disinfektan di kantor BI NTT. (Liputan6.com/Ola Keda)
Petugas menyemprot cairan disinfektan di kantor BI NTT. (Liputan6.com/Ola Keda)

Isopropyl alkohol adalah disinfektan yang efektif terhadap banyak patogen, termasuk coronavirus, selama konsentrasinya 70 persen. Sebagian besar alkohol gosok adalah 70 persen alkohol isopropil, tetapi konsentrasinya dapat berkisar 60-99 persen.

Untuk membunuh coronavirus dengan cepat di permukaan, 70 persen adalah yang terbaik - alkohol murni (100 persen) menguap terlalu cepat untuk menjadi efektif.

Untuk menggunakan: bersihkan atau semprotkan permukaan dengan alkohol dan pastikan itu tetap basah setidaknya selama 30 detik.

Bisakah Cuka Bunuh Kuman?

Menurut CDC dan NSF (organisasi kesehatan dan keselamatan masyarakat), cuka (atau produk pembersih alternatif berbasis cuka) tidak boleh digunakan untuk mendisinfeksi atau membersihkan. Produk pembersih yang mengandung cuka dapat menjadi baik dalam beberapa kasus, tetapi tidak membunuh flu atau coronavirus.

Cuka putih yang belum dilarutkan dapat bekerja pada beberapa jenis bakteri terbatas, tetapi itu bukan cara terbaik untuk mendapatkan permukaan yang bebas kuman. (Selain itu, coronavirus bukan bakteri).

Uji permukaan untuk keamanan di tempat tersembunyi sebelum menggunakan alkohol, hidrogen peroksida, atau disinfektan apa pun, terutama permukaan yang lembut. Pada permukaan kontak makanan, bilas dengan air jernih dan keringkan setelah disinfektan, kecuali label produk secara khusus mengatakan itu tidak perlu.

(Melly Febrida/Dyah Puspita W)

Saksikan Video terkait Virus Corona di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Instansi Pusat Umumkan Hasil SKD CPNS, Mana Saja?

Posted: 22 Mar 2020 10:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beberapa instansi pemerintah pusat dan daerah telah mengumumkan hasil SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi Tahun 2019. Pengumuman bisa dilihat melalui akun media sosiasl maupun website instansi terkait.

Pengumuman hasil SKD telah memasuki hari kedua, yang berarti batas akhir masa pengumuman siapa saja peserta yang lolos dan bisa mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).
 
 
Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan, sebanyak total 521 pemerintah pusat dan daerah yang membuka formasi pada CPNS kali ini wajib mengumumkan hasil SKD di laman resmi masing-masing instansi.
 
"Hari ini semua harus mengumumkan hasil SKD. Sudah diatur tanggal 22-23 Maret," kata Plt Kabiro Humas BKN Paryono kepada Liputan6.com, Senin (23/3/2020).

Berdasarkan data SCCN BKN, terdapat 7 instansi pemerintah pusat yang mengumumkan hasil SKD CPNS Tahun 2019. 

Berikut rincian serta link pengumuman:

1. Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI)

Di https://anri.go.id/publikasi/pengumuman

2. Badan Tenaga Nukli Nasional (BATAN)

Di https://storage.batan.go.id/index.php/s/aUKr7nlfoiv3Z4E?path=%2FPengumuman%20Hasil%20SKD

3. Badan Pengawas Pemilihan Umum

Di https://drive.google.com/open?id=165mO0Na66OOlCcL2R_SSWg3ORNCEhVih

4. Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi

Di https://drive.google.com/file/d/1pZ3LxLud_pcl6u9PSsSgMOT5jSY0JheC/view?usp=sharing

5. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)

Di https://bit.ly/SKDPUPR2019

6. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia

Di https://cpns.lipi.go.id/download/41

7. Lembaga Ketahanan Nasional 

Di  https://drive.google.com/open?id=1zpq2zcJB1Nx22bx4Kc-ZD27-lepW4hWA

 

Seluruh Instansi Wajib Umumkan Hasil SKD CPNS Hari Ini

Ekspresi peserta saat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk CPNS Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Kantor BKN Regional V, Jakarta, Senin (27/1/2020). Seleksi diikuti 2.162 peserta. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Ekspresi peserta saat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk CPNS Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Kantor BKN Regional V, Jakarta, Senin (27/1/2020). Seleksi diikuti 2.162 peserta. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Pengumuman hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) telah memasuki hari kedua, yang berarti batas akhir masa pengumuman siapa saja peserta yang lolos dan bisa mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan, sebanyak total 521 pemerintah pusat dan daerah yang membuka formasi pada CPNS kali ini wajib mengumumkan hasil SKD di laman resmi masing-masing instansi.

"Hari ini semua harus mengumumkan hasil SKD. Sudah diatur tanggal 22-23 Maret," kata Plt Kabiro Humas BKN Paryono kepada Liputan6.com, Senin (23/3/2020).

Saat ditanya berapa jumlah instansi yang sudah mengumumkan hasil SKD-nya, Paryono mengaku tak memiliki data rincinya.

Namun, untuk mengetahui kementerian/lembaga maupun pemerintah daerah mana saja yang sudah menampilkan hasil pengumuman, itu bisa dicek lewat portal SSCN.

Oleh karenanya, Paryono menyarankan tiap peserta untuk rutin melihat apakah instansinya sudah mengeluarkan hasil SKD CPNS melalui link sscndata.bkn.go.id/SKD. Adapun masa pengumuman ini telah dimulai sejak Senin, 22 Maret 2020 kemarin.

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bangun Pusat Kopi Buat Awasi Investasi, BKPM Rogoh Kocek Rp 24,5 Miliar

Posted: 22 Mar 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia meluncurkan Command Center atau populernya disebut dengan Pusat Kopi BKPM pada Senin (23/3/2020) pagi di kantor BKPM, Jakarta. Pusat Kopi adalah singkatan dari Pusat Komando Operasi dan Pengawalan Investasi.

Disiapkan sejak 2019 lalu, Pusat Kopi ini ditujukan sebagai pusat komando atau monitoring untuk pembuatan keputusan dalam mendukung respons suatu kejadian-kejadian penting. Pembangunan Pusat Kopi tersebut menelan dana Rp 24,5 miliar.

"Dengan adanya Pusat Kopi ini, saya bisa langsung memantau langsung permohonan perizinan melalui OSS secara harian," ujar Bahlil di Jakarta, Senin (23/3/2020).

Informasi yang dapat ditampilkan dalam Pusat Kopi BKPM, antara lain sentimen media sosial dan media digital, statistik harian permohonan perizinan melalui Online Single Submission (OSS), Potensi Investasi Regional (PIR), tracking status perizinan suatu perusahaan (end-to-end), pemantauan perizinan melalui OSS yang sedang diproses K/L lainnya, serta realisasi investasi.

Melalui Pusat Kopi, BKPM terus memantau permohonan perizinan pasca pengumuman virus Covid-19 pada 2 Maret 2020 lalu. Kabar gembiranya adalah ternyata jumlah permohonan yang masuk ke OSS mengalami peningkatan hingga 17,6 persen. Hal ini menandakan bahwa isu Covid-19 tidak berdampak signifikan terhadap permohonan perizinan yang masuk di OSS.

 

Ada Data Potensi Investasi

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyampaikan paparan saat diskusi panel V Rakornas Indonesia Maju antara Pemerintah Pusat dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Bogor, Rabu (13/11/2019). Panel V itu membahas penyederhanaan regulasi dan reformasi birokrasi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyampaikan paparan saat diskusi panel V Rakornas Indonesia Maju antara Pemerintah Pusat dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Bogor, Rabu (13/11/2019). Panel V itu membahas penyederhanaan regulasi dan reformasi birokrasi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Fungsi menarik lain dari Pusat Kopi yaitu dapat menampilkan data potensi investasi per wilayah yang ada dalam website BKPM Potensi Investasi Regional (PIR) www.regionalinvestment.bkpm.go.id. Potensi ini dapat disandingkan dengan data realisasi investasi di Indonesia secara berkala yang juga ada dalam Pusat Kopi.

Data nilai realisasi investasi ini dapat dipantau baik secara nasional maupun provinsi/kabupaten/kota. Kemudian tidak hanya itu, data tersebut juga dapat diolah sampai dengan data investasi per sektor, asal negara, serta lokasi usaha.

"Kami dapat terus memonitor penyebaran investasi di seluruh negeri. Mungkin ada daerah yang potensinya besar tapi secara nilai realisasi investasi belum tinggi. Hal ini dapat menjadi bahan evaluasi sehingga kami dapat menentukan langkah kebijakan yang diperlukan untuk menghasilkan investasi berkualitas," tegas Bahlil.

Selain menyajikan data monitoring melalui layar besar, Pusat Kopi BKPM memiliki beberapa fasilitas lainnya seperti ruang presentasi, ruang rapat milenial, dan ruang Network Operations Center (NOC). Pusat Kopi juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan video conference dengan perwakilan BKPM di luar negeri serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) untuk melakukan koordinasi tanpa melakukan tatap muka.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Informasi Resmi Covid-19 di Seluruh Indonesia Lewat 12 Situs Berikut Ini

Posted: 22 Mar 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyebaran Covid-19 di Indonesia kini terus meluas. Menurut laporan terbaru pada 22 Maret 2020, tercatat sudah 20 provinsi yang kini terjangkit Covid -19.

Data terbaru menunjukkan virus corona kini sudah hadir di hampir seluruh pulau besar di Indonesia. Melihat penyebaran tersebut, masing-masing pemerintah daerah di Indonesia pun mulai membuat kanal informasi resmi seputar Covid-19 di wilayahnya.

Kanal itu sekaligus melengkapi situs serupa yang juga dimiliki pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Berdasarkan pantuan Tekno Liputan6.com, Senin (23/3/2020), situs resmi soal Covid-19 ini tidak hanya dimiliki Pemerintah Provinsi, tapi juga Kota/Kabupaten.

Kebanyakan situs itu berisi informasi penyebaran Covid-19 di wilayah masing-masing, baik di provinsi maupun kota/kabupaten. Situs tersebut juga menampilkan jumlah Orang dalam Pemantauan (ODP) atau Pasien dalam Pengawasan (PDP).

Untuk mengetahui daftar situs resmi yang berisi informasi mengenai Covid-19, berikut ini ada beberapa situs resmi dari pemerintah yang sudah dihimpun dari berbagai sumber.

Google Rilis Situs Web Khusus Covid-19

Kantor pusat Google di Mountain View. Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza
Kantor pusat Google di Mountain View. Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza

Sebelumnya, Google pada Sabtu (21/3/2020) mengungkap telah merilis situs web untuk Amerika Serikat (AS) yang berisi informasi soal Covid-19. Informasi itu termasuk panduan dan pengujian terkait virus tersebut.

Dilansir dari Reuters, Minggu (22/3/2020), situs web tersebut bisa diakses melalui google.com/covid19, dan berisi berbagai informasi dan tautan-tautan yang fokus pada Covid-19.

Menurut keterangan Google, situs web ini akan tersedia dalam lebih banyak bahasa dan negara beberapa pekan mendatang.

"Kami telah bekerja dengan lembaga-lembaga dan otoritas terkait untuk merilis sebuah situs web - tersedia di google.com/covid19 - yang fokus pada pendidikan, pencegahan, dan sumber daya lokal," demikian penjelasan yang tertulis di blog Google.

"Orang-orang bisa meneriman informasi berbasis negara, keamanan, dan tip pencegahan, tren pencarian terkait Covid-19, dan sumber daya lebih lanjut untuk individu, pendidik, dan bisnis," sambung perusahaan.

Google I/O 2020 Batal dan Tak Ada Kegiatan Pengganti secara Online

Seorang teknisi melewati logo mesin pencari internet, Google, pada hari pembukaan kantor baru di Berlin, Selasa (22/1). Google kembali membuka kantor cabang yang baru di ibu kota Jerman tersebut. (Photo by Tobias SCHWARZ / AFP)
Seorang teknisi melewati logo mesin pencari internet, Google, pada hari pembukaan kantor baru di Berlin, Selasa (22/1). Google kembali membuka kantor cabang yang baru di ibu kota Jerman tersebut. (Photo by Tobias SCHWARZ / AFP)

Lebih lanjut, Google memutuskan untuk sama sekali tidak menggelar konferensi pengembang tahunan I/O. Langkah ini diumumkan oleh Google melalui akun Google Developers, @googledevs, pada Sabtu (21/3/2020).

Google beberapa waktu lalu memang sudah menginformasikan rencana pembatalan I/O, yang sebelumnya dijadwalkan di California, Amerika Serikat (AS), pada Mei 2020. Hal ini mengantisipasi penyebaran virus Corona. Saat itu, perusahaan berencana menggelar acara tersebut secara online.

Berdasarkan informasi baru dari Google, acara tersebut tidak akan digelar dalam bentuk apa pun pada tahun ini, termasuk secara online. Hal ini dilakukan demi kesehatan dan keselamatan semua orang.

"Karena khawatir akan kesehatan dan keamanan para pengembang, karyawan, dan komunitas lokal kami, serta sejalan dengan kebijakan 'shelter in place' oleh pemerintah lokal Bay Area, kami sayangnya tidak akan menggelar acara I/O dalam kapasitas apa pun pada tahun ini," tulis Google.

Raksasa mesin pencari itu mengungkapkan, saat ini yang terpenting adalah memusatkan perhatian membantu orang-orang dengan tantangan baru yang sedang dihadapi.

"Kami akan terus melakukan segala yang kami bisa untuk membantu komunitas-komunitas kami tetap aman, mendapatkan informasi, dan terhubung," tutur perusahaan.

"Perlu diketahui bahwa kami tetap berkomitmen untuk membagikan berbagai hal baru tentang Android dengan kalian melalui blog pengembang dan forum komunitas kami," demikian keterangan tertulis dari Google.

(Dam/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Warga AS Menikmati Bunga Sakura Kala Corona Melanda

Posted: 22 Mar 2020 10:08 PM PDT

Musisi bermain ketika pengunjung berjalan di dekat pohon sakura yang mekar penuh di Tidal Basin, Washington, Minggu (22/3/2020). Puncak mekar bunga sakura tahun ini disebut-sebut yang paling cepat sejak 2012 tersebut  bertepatan dengan wabah pandemi virus corona. (AP/Jose Luis Magana)
Musisi bermain ketika pengunjung berjalan di dekat pohon sakura yang mekar penuh di Tidal Basin, Washington, Minggu (22/3/2020). Puncak mekar bunga sakura tahun ini disebut-sebut yang paling cepat sejak 2012 tersebut bertepatan dengan wabah pandemi virus corona. (AP/Jose Luis Magana)

Musisi bermain ketika pengunjung berjalan di dekat pohon sakura yang mekar penuh di Tidal Basin, Washington, Minggu (22/3/2020). Puncak mekar bunga sakura tahun ini disebut-sebut yang paling cepat sejak 2012 tersebut bertepatan dengan wabah pandemi virus corona. (AP/Jose Luis Magana)

Sebuah keluarga bermain di bawah pohon sakura mekar di Tidal Basin, Washington, Minggu (22/3/2020). Karena virus corona, otoritas National Mall and Memorial Parks meletakkan papan tanda peringatan kepada wisatawan untuk tetap menjaga jarak sosial antar pengunjung. (AP/Jacquelyn Martin)
Sebuah keluarga bermain di bawah pohon sakura mekar di Tidal Basin, Washington, Minggu (22/3/2020). Karena virus corona, otoritas National Mall and Memorial Parks meletakkan papan tanda peringatan kepada wisatawan untuk tetap menjaga jarak sosial antar pengunjung. (AP/Jacquelyn Martin)

Sebuah keluarga bermain di bawah pohon sakura mekar di Tidal Basin, Washington, Minggu (22/3/2020). Karena virus corona, otoritas National Mall and Memorial Parks meletakkan papan tanda peringatan kepada wisatawan untuk tetap menjaga jarak sosial antar pengunjung. (AP/Jacquelyn Martin)

Pengunjung berjalan menikmati pohon sakura yang mekar penuh di Tidal Basin, Washington, Minggu (22/3/2020). Puncak mekar bunga sakura tahun ini disebut-sebut yang paling cepat sejak 2012 tersebut  bertepatan dengan wabah pandemi virus corona. (AP/Jose Luis Magana)
Pengunjung berjalan menikmati pohon sakura yang mekar penuh di Tidal Basin, Washington, Minggu (22/3/2020). Puncak mekar bunga sakura tahun ini disebut-sebut yang paling cepat sejak 2012 tersebut bertepatan dengan wabah pandemi virus corona. (AP/Jose Luis Magana)

Pengunjung berjalan menikmati pohon sakura yang mekar penuh di Tidal Basin, Washington, Minggu (22/3/2020). Puncak mekar bunga sakura tahun ini disebut-sebut yang paling cepat sejak 2012 tersebut bertepatan dengan wabah pandemi virus corona. (AP/Jose Luis Magana)

Seorang pengunjung mengambil gambar saat berjalan di pohon sakura yang mekar penuh di National Mall, di Washington, Minggu (22/3/2020). Puncak mekar bunga sakura tahun ini disebut-sebut yang paling cepat sejak 2012 tersebut  bertepatan dengan wabah pandemi virus corona. (AP/Jose Luis Magana)
Seorang pengunjung mengambil gambar saat berjalan di pohon sakura yang mekar penuh di National Mall, di Washington, Minggu (22/3/2020). Puncak mekar bunga sakura tahun ini disebut-sebut yang paling cepat sejak 2012 tersebut bertepatan dengan wabah pandemi virus corona. (AP/Jose Luis Magana)

Seorang pengunjung mengambil gambar saat berjalan di pohon sakura yang mekar penuh di National Mall, di Washington, Minggu (22/3/2020). Puncak mekar bunga sakura tahun ini disebut-sebut yang paling cepat sejak 2012 tersebut bertepatan dengan wabah pandemi virus corona. (AP/Jose Luis Magana)

Pengunjung berjalan menikmati pohon sakura yang mekar penuh di Tidal Basin, Washington, Minggu (22/3/2020). Karena virus corona, otoritas National Mall and Memorial Parks meletakkan papan tanda peringatan kepada wisatawan untuk tetap menjaga jarak sosial antar pengunjung. (AP/Jose Luis Magana)
Pengunjung berjalan menikmati pohon sakura yang mekar penuh di Tidal Basin, Washington, Minggu (22/3/2020). Karena virus corona, otoritas National Mall and Memorial Parks meletakkan papan tanda peringatan kepada wisatawan untuk tetap menjaga jarak sosial antar pengunjung. (AP/Jose Luis Magana)

Pengunjung berjalan menikmati pohon sakura yang mekar penuh di Tidal Basin, Washington, Minggu (22/3/2020). Karena virus corona, otoritas National Mall and Memorial Parks meletakkan papan tanda peringatan kepada wisatawan untuk tetap menjaga jarak sosial antar pengunjung. (AP/Jose Luis Magana)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dananya Ada, tapi Bingung Cari Distributor APD

Posted: 22 Mar 2020 10:07 PM PDT

Liputan6.com, Samarinda - Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) sudah mengalokasikan dana untuk kebutuhan penanganan wabah Covid-19. Rencananya dana tersebut akan diutamakan untuk pembelian perlengakapan Alat Perlindungan Diri (APD) bagi tenaga medis.

Sejak ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) pekan lalu, Pemerintah Provinsi Kaltim langsung mengoreksi anggaran untuk penanganan wabah. Sejumlah pos anggaran yang bisa ditunda, diarahkan ke penanganan dan penanggulangan pandemi global itu.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim Andi M Ishak menjelaskan, dinas yang dipimpinnya sendiri sudah mengalokasikan dana sekitar Rp 17,1 Milyar. Sejumlah rencana pembelian kebutuhan penanganan Covid-19 langsung dilakukan.

"Kami menyiapkan anggaran dari sumber yang bisa kita lakukan dan prosesnya sudah selesai. Jadi kami mengalokasikan anggaran ini untuk mencukupi rumah sakit yang merawat pasien isolasi," kata Andi, Senin (23/3/2020).

Hanya saja, kata Andi, pihaknya saat ini kesulitan mencari produsen atau penjual APD tersebut. Padahal, kebutuhan APD di sejumlah rumah sakit yang menangani pasien Covid-19 sangat tinggi, tapi ketersediaan justru terbatas.

"Itu yang jadi persoalan. Uang kita ada, distributornya tidak ada. Kami sedang mencari distributor mana yang masih ada, berapa pun akan kami coba beli," ujar Andi yang juga menjabat Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Kaltim.

Untuk rumah sakit milik pemerintah yang berstatus Badan Layanan Umum (BLU), diperkenankan menggunakan anggaran yang ada untuk membeli APD. Dana pembelian itu akan diganti oleh pemerintah.

Rencananya, melalui dana APBD Perubahan, dana BLU yang digunakan untuk penanganan Covid-19 akan diganti pemerintah. Rumah sakit tersebut diperkenankan membeli kebutuhan mendesak terkait penanganan pasien isolasi maupun yang sudah terjangkit.

"Jadi mereka (RSUD) diminta juga secara cepat untuk membeli kebutuhan mendesak dengan menggunakan dana BLU-nya, nanti digantikan melalu APBD Perubahan," kata Andi.

Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim jauh hari sudah menghimbau rumah sakit untuk segera memenuhi kebutuhan perlengakapan penanganan pasien Covid-19. Hanya saja, distributor alat kesehatan juga kehabisan stok.

"Jangan menunggu dari dinas. Kalau kami lakukan pengadaan, ada proses lagi, ada hal-hal lain, itu memakan waktu. Kalau BLU bisa langsung beli," tambahnya.

Simak juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beda Gaya 5 Artis Pemeran Petugas Keamanan di Sinetron Vs Realita, Bikin Pangling

Posted: 22 Mar 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bukan hal baru lagi kalau masyarakat Indonesia sangat menyukai sinetron. Dalam peran yang ada di sinetron terkadang selalu saja ada petugas keamanan seperti polisi maupun satpam. Dengan kehadiran petugas keamanan, kehidupan di sinetron tersebut terlihat lebih nyata.

Peran sebagai petugas keamanan kerap dibawakan oleh beberapa artis yang sudah tak asing dilihat di layar kaca. Meski hanya berperan sebagai petugas keamanan, namun peran tersebut sangat berpengaruh terhadap alur cerita di sinetron tersebut.

Pentingya peran petugas keamanan ini membuat beberapa artis yang memerankannya kerap mendapatkan banyak episode untuk tampil di sinetron yang dibintanginya. Mulai dari Udin Nganga sebagai satpam di sinetron Para Pencari Tuhan hingga Masran Sadindro yang kerap ditunjuk sebagai polisi di berbagai sinetron.

Kehidupan di sinetron dan dunia nyata tentu sangat berbeda. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, beda gaya pemeran petugas keamanan di sinetron vs dunia nyata, Senin (23/3/2020).

1. Masran Sadindro kerap muncul di berbagai sinetron sebagai petugas kepolisian. Profesi sebenarnya Masran adalah seorang guru.

Beda Gaya 5 Artis Pemeran Petugas Keamanan di Sinetron Vs Realita, Bikin Pangling (sumber: Facebook Brilio Video Indonesia)
Beda Gaya 5 Artis Pemeran Petugas Keamanan di Sinetron Vs Realita, Bikin Pangling (sumber: Facebook Brilio Video Indonesia)

2. Nama Udin Nganga mulai meroket setelah memerankan karakter Bang Udin satpam komplek pada 2007. Kini Udin sedang melakukan syuting Para Pencari Tuhan jilid 13.

Beda Gaya 5 Artis Pemeran Petugas Keamanan di Sinetron Vs Realita, Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/udinnga2)
Beda Gaya 5 Artis Pemeran Petugas Keamanan di Sinetron Vs Realita, Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/udinnga2)

3. Satpam Joni di Tukang Ojek Pengkolan yakni Pangeran Tyson bergaya trendi di luar aktingnya sebagai satpam.

Beda Gaya 5 Artis Pemeran Petugas Keamanan di Sinetron Vs Realita, Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/tysonpangeran)
Beda Gaya 5 Artis Pemeran Petugas Keamanan di Sinetron Vs Realita, Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/tysonpangeran)

4. Pemeran Ucup di sitkom Tetangga Masa Gitu berambut gondrong di kehidupan sehari-harinya.

Beda Gaya 5 Artis Pemeran Petugas Keamanan di Sinetron Vs Realita, Bikin Pangling (sumber: Twitter.com/herry_bodong)
Beda Gaya 5 Artis Pemeran Petugas Keamanan di Sinetron Vs Realita, Bikin Pangling (sumber: Twitter.com/herry_bodong)

5. Hansip Adun yang diperankan Thata Surya di Dunia Terbalik ini kerap membagikan momen mesranya bersama sang istri di Instagram.

Beda Gaya 5 Artis Pemeran Petugas Keamanan di Sinetron Vs Realita, Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/thatasuryo)
Beda Gaya 5 Artis Pemeran Petugas Keamanan di Sinetron Vs Realita, Bikin Pangling (sumber: Instagram.com/thatasuryo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Disinfektan Rumah Efektif Tangkal Virus Corona Covid-19?

Posted: 22 Mar 2020 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyebaran virus corona covid-19 masih berlangsung sampai detik ini. Untuk mencegah penyebarannya, perusahaan dan perumahan mulai melakukan penyemprotan disinfektan. Seberapa penting dan efektif langkah penyemprotan ini?

Seperti diberitakan kanal Health Liputan6.com, Ketua umum PP Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) dan Komite Ahli PMKL Kemenkes RI, Prof Arif Sumantri, SKM, M.Kes mengatakan, masyarakat perlu paham dulu apa yang dimaksud dengan disinfektan ini.

"Disinfektan merupakan proses dekonteminasi yang menghilangkan atau membunuh segala hal terkait mikroorganisme (baik virus dan bakteri) pada objek permukaan benda mati. Ini yang membedakan disinfeksi dengan antiseptik. Kalau antiseptik, membunuh atau menghambat mikroorganisme pada jaringan hidup," katanya, di kantor BNPB, Sabtu (21/3/2020).

Ada lagi, kata dia, proses strerilisasi, yakni menghilangkan atau membunuh mikroorganisme secara keseluruhan.

"Banyak meminta disinfeksi di perumahan, perkantoran. Tapi perlu diketahui bahwa proses ini memiliki dampak kesehatan seperti menimbulkan bau dan mengiritasi tangan bahkan mengganggu pernapasan sehingga agar efektif biasanya petugas harus mencuci tangan yang bersih, menggunakan sarung tangan dan menggunakan pakaian khusus untuk melindungi tubuh kita," katanya.

Lagipula, kata dia, disinfeksi ini bukanlah segalanya. Prosesnya mungkin selesai dalam satu jam. Tapi residunya bisa menimbulkan dampak lain. "Sebab sumber penyakit kita tidak pernah tahu. Jangan-jangan masalahnya ada pada kita yang sehat atau sakit, atau pura-pura sehat ternyata di dalam tubuh ada agen penyakit yang bisa menularkan penyakit."

 

Cara Efektif

Prof Arif menuturkan, hal yang paling penting dalam mencegah penularan virus ataupun bakteri adalah tren hidup bersih dan sehat.

"Jika memang berada di zona merah mungkin diperlukan (disinfeksi) dengan berkonsultasi dengan para ahli seperti HAKLI. Tapi yang terpenting mengetahui cuci tangan pakai sabun. Sabun seperti apa? Sabun dengan antiseptik," katanya.

Selain itu, gunakan air bersih. "Air yang bersih bukan hanya sehat dan aman tapi juga bisa memberantas jentik nyamuk yang balap-balapan dengan virus corona. Kasus kematian DBD juga tinggi. Persoalannya di air." 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Chen Wei, Peneliti yang Berjuang Temukan Vaksin Corona COVID-19

Posted: 22 Mar 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Adalah Chen Wei, peneliti yang tak kenal lelah berjuang menemukan vaksin demi menyudahi pandemi corona COVID-19. Sebagai ahli epidemiologi, Chen menempatkan diri di garda depan dengan melakukan penelitian di sebuah labolatorium di Wuhan, Tiongkok.

Mengutip laman ibtimes.sg, Senin (23/3/2020), dilaporkan bahwa Chen bahkan menyuntikkan vaksin virus corona yang masih dalam tahap uji coba pada diri sendiri dan enam anggota timnya. Saat berita ini tersebar, sementara sebagian orang menganggap tindakan ini cerobohsisanya memandang keputusan Chen sebagai loyalitas tanpa batas.

Kendati, unggahan yang dimaksud disebut telah dihapus dari akun Weibo People's Liberation Army (PLA), spekulasi disertai komentar pro-kontra akan tindakan tersebut terus bergulir.

South China Morning Post menulis, jenderal besar berusia 54 tahun tersebut dikenal sebagai ahli biokimia terbaik di Tiongkok. Chen Wei sendiri sudah tiba di Wuhan sejak pertengahan Januari bersama tim yang merupakan para peneliti militer terbaik Negeri Tirai Bambu.

Chen sudah dikenal lewat kontribusinya dalam memimpin tim peneliti menemukan vaksin demi mengendalikan wabah SARS dan Ebola di Afrika Barat pada 2014--2016. Juga, membantu penanganan gempa bumi di Sichuan pada 2008.

"Dibandingkan kepala ahli epidemiologi seperti Zhong Nanshan yang berusia 84 tahun dan Li Lanjuan berusia 72, Chen jauh lebih mudah. Ia mampu menjembatani tenaga medis militer dan tenaga medis lokal di Wuhan dalam penanganan pasien corona COVID-19," ungkap seorang sumber militer di Beijing.

Lahir di Kota Kecil

Ilustrasi Vaksin (iStockphoto)
Ilustrasi Vaksin (iStockphoto)

Lahir di kota kecil bernama Lanxi di bagian timur Provinsi Zhejiang, Chen lulus dengan gelar di bidang kimia dari Universitas Zhejiang pada 1988 dan melanjutkan studi ke Universitas Tsinghua.

Pada 1989, ia bertemu lelaki yang kemudian jadi suaminya, Ma Yiming, seorang teknisi di kilang anggur di Qingdao, dalam perjalanan dari Beijing menuju pelabuhan sebelah timur.

Tiga tahun kemudian, ia bergabung ke People's Liberation Army dan jadi ahli virologi di Academy of Military Medical Sciences. Demi mendukung penelitian Chen, Ma tak keberatan mengambil alih pekerjaan rumah.

Dalam laporan CCTV, Ma mengatakan, saat Chen bersama tim berada dalam isolasi membuat semprotan hidung tahun 2003, anak mereka yang baru berusia empat tahun tak bertemu ibunya selama berbulan-bulan.

"Selama waktu itu, kami hanya bisa melihatnya lewat CCTV. Putra saya melompat dan menciumi layar TV saat melihat ibunya," ungkap Ma.

Pada 2013, Chen jadi delegasi mewakili PLA dalam National People's Congress. Dua tahun kemudian, ia dipromosikan jadi jenderal besar. Kemudian di 2018, Chen didapuk sebagai anggota Chinese People's Political Consultative Conference.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AS Pastikan Vaksin Corona COVID-19 Dijual Online Atas Nama WHO Adalah Palsu

Posted: 22 Mar 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Departemen Kehakiman Amerika Serikat menyatakan vaksin anti-Virus Corona COVID-19 yang diedarkan dalam situs website yang mengatasnamakan organisasi kesehatan dunia (WHO), adalah palsu.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Senin (23/3/2020), mewabahkanya Virus Corona COVID-19 banyak membuat banyak orang tak bertanggung jawab mengambil keuntungan pada momen ini.

Ada banyak sejumlah kasus penipuan yang mengatasnamakan vaksin COVID-19. Di Amerika Serikat, sedikitnya 400 orang telah tewas akibat virus ini.

Sementara ratusan ribu orang di seluruh dunia telah terpapar Virus Corona COVID-19.

Situs itu mengklaim menawarkan kit vaksin yang mereka katakan resmi dari WHO dengan biaya pengiriman US $4,95 ke seluruh dunia.

"Faktanya, saat ini tidak ada vaksin COVID-19 yang sah dan WHO tidak mendistribusikan vaksin semacam itu," kata Departemen Kehakiman dalam sebuah pernyataan.

Atas permintaan departemen, Hakim Distrik A. Robert Pitman mengeluarkan perintah penahanan sementara yang mengharuskan akses publik ke situs web diblokir, kata departemen itu.

WHO Tengah Mengembangkan 20 Jenis Vaksin Corona COVID-19

Ilustrasi Virus Corona 2019-nCoV (Public Domain/Centers for Disease Control and Prevention's Public Health Image)
Image)

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), bekerja dengan para ilmuwan di seluruh dunia, tengah mengembangkan setidaknya 20 jenis vaksin Virus Corona Baru. Beberapa bahkan sudah dalam tahap uji klinis dalam waktu singkat --atau hanya 60 hari setelah mengurutkan gen.

"Akselerasi proses ini benar-benar dramatis dalam hal apa yang dapat kami lakukan, membangun pekerjaan yang dimulai dengan SARS, yang dimulai dengan MERS dan sekarang digunakan untuk COVID-19," kata Dr. Maria Van Kerkhove, pemimpin teknis untuk program kedaruratan WHO, mengatakan pada konferensi pers di kantor pusat organisasi di Jenewa pada Jumat, 20 Maret 2020 lalu, seperti dikutip dari CNBC.

Namun, vaksin masih jauh dari tersedia untuk penggunaan publik, pejabat WHO memperingatkan.

Ilmuwan terkemuka mengatakan, uji coba klinis dan persetujuan keamanan yang diperlukan untuk mendapatkan vaksin Virus Corona Baru yang bisa diterapkan ke pasar bisa memakan waktu hingga 18 bulan.

Mike Ryan, direktur eksekutif program kedaruratan WHO, mengatakan uji coba itu perlu. Hanya ada satu hal yang lebih berbahaya daripada virus jahat "dan itu adalah vaksin yang buruk," katanya.

"Kita harus sangat, sangat, sangat berhati-hati dalam mengembangkan produk apa pun yang akan kita suntikkan ke sebagian besar populasi dunia," katanya, seraya menambahkan bahwa uji coba manusia pertama pada vaksin yang dimulai pekan ini di AS adalah "kemajuan yang belum pernah terjadi sebelumnya."

Dia mengatakan itu tidak akan pernah terjadi jika China dan negara-negara lain tidak berbagi urutan genetik COVID-19 dengan seluruh dunia.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

IDI: Orang Sehat Jangan Latah Borong Chloroquine, Pasien Corona Covid-19 Lebih Membutuhkan

Posted: 22 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M Faqih meminta masyarakat agar tidak sembarangan menggunakan chloroquine, obat anti malaria yang juga digunakan untuk menangani pasien Covid-19. Chloroquine merupakan obat keras yang penggunaannya mesti berdasarkan resep dokter.

"Jangan sampai masyarakat latah gitu, karena diumumkan begitu langsung menggunakan sendiri jangan. Sebaiknya atas resep dokter," kata Daeng saat dihubungi Liputan6.com, Senin (23/3/2020).

Dia menjelaskan, di kondisi darurat seperti ini kebutuhan obat tersebut begitu dibutuhkan. Utamanya bagi mereka yang telah positif terinfeksi virus Corona. Menurutnya jika yang sehat latah dan ikut membeli obat tersebut, maka ketersediaan chloroquine bagi yang benar-benar membutuhkan menjadi berkurang.

"Yang sakit kasihan itu. Berkurang kan nanti stok yang tersedia. Yang sudahlah diam aja di rumah jaga kesehatan, biar obat-obatan itu untuk yang membutuhkan," katanya.

Daeng menegaskan bahwa pada prinsipnya semua obat-obatan itu tidak boleh digunakan oleh sembarang orang kecuali yang membutuhkan sesuai dengan indikasi penyakitnya. Terlebih lagi chloroquine juga tergolong obat keras yang bisa memberikan efek negatif bagi tubuh.

"Bisa jadi (berbahaya), itu bisa mempererat proses penyaringan di ginjal, bisa memperberat proses detoksifikasi di liver. Jadi kalau gak dibutuhkan ya dihindari," tukasnya.

Sementara itu, dalam Jokowi pagi tadi usai meninjau Wisma Atlet Kemayoran mengatakan, chloroquine diproduksi di dalam negeri oleh Kimia Farma. Obat ini digunakan second line untuk pasien Covid-19.

"Chloroquine bukan obat first line, tapi obat second line, karena memang obat Covid-19 ini belum ada, dan juga belum ada anti-virusnya," kata Jokowi, Senin (23/3/2020).

Penggunaan obat ini berkaca dari pengalaman beberapa negara dalam penyembuhan pasien Covid-19. 

"Pengalaman beberapa negara chloroquine digunakan dan banyak pasien Covid-19 sembuh dan membaik, obat ini bukan obat bebas dan harus resep dokter, pemerintah memiliki stok 3 juta chloroquine," ujar Jokowi.

"Jadi untuk pasien Covid-19 yang ada di rumah sakit jika dianggap dokter chloroquine cocok untuk pasien tersebut pasti akan diberikan," dia menadaskan.

Sementara itu, saat Liputan6.com berusaha memeriksa peredaran chloroquine ini di pasaran ternyata masih banyak ditemui penjual obat ini. Beberapa marketplace tokoh online menjajahkan obat keras ini dengan harga yang bervariasi. Mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Penyembuhan Corona

Sebelumnya, pemerintah menyiapkan tiga juta butir obat chloroquin untuk mengangani pasien yang terinfeksi virus corona atau Covid-19.

Juru bicara pemerintah untuk virus Corona Achmad Yurianto menegaskan obat chloroquin diberikan untuk penyembuhan corona bukan untuk pencegahan.

"Oleh karena itu tidak perlu masyarakat kemudian membeli dan menyimpan chloroquin," kata Yurianto saat konferensi Pers di Gedung BNPB, Sabtu (21/3/2020).

Yurianto mengatakan, chloroquin dikategorikan sebagai obat keras sehingga pembelian harus disertai resep dokter.

"Oleh karena itu kami mohon tidak ada persepsi yang salah yang menganggap obat chloroquin untuk mencegah infeksi Covid-19," ujar dia.

Yurianto kembali mengingat masyarakat tidak perlu berbondong-bondong untuk membeli dan menyimpan obat chloroquin di rumah.

"Ini adalah obat yang hanya diberikan melalui resep dokter dan tentunya dengan pengawasan tenaga kesehatan. Ini menjadi penting untuk dipahami bersama," tandas dia.

Yurianto mengatakan keampuhan obat chloroquin berdasarkan hasil riset dan pengalaman beberapa negara.

"Dan memberikan respon yang positif. Ini adalah obat yang segera kita datangkan," ujar dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina Buka Opsi Penurunan Harga BBM

Posted: 22 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) berpotensi untuk memberikan pilihan penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) non-subsidi jika harga minyak dunia tetap di posisi rendah sampai akhir bulan ini.

"Jika sampai akhir bulan ini harga minyak dunia tetap di posisi rendah, maka dimungkinkan bagi Pertamina untuk melakukan penyesuaian harga BBM nonsubsidi," kata VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman dikutip dari Antara, Senin (23/3/2020).

Ia menjelaskan, harga BBM ditentukan oleh beberapa faktor, antara lain harga minyak dunia, nilai tukar rupiah terhadap dolar, dan inflasi.

Perhitungan harga jual BBM nonsubsidi dan nonpenugasan ditetapkan Pertamina periodik bulanan dengan mempertimbangkan salah satunya adalah perkembangan harga minyak dan harga BBM di pasaran.

Adapun untuk harga BBM subsidi dan penugasan adalah kewenangan pemerintah untuk penetapan harga jualnya.

Pertamina sudah melakukan penurunan harga BBM non subsidi sejak Februari lalu dan harga BBM Pertamina yang berlaku saat ini masih kompetitif (lebih rendah dari harga penjual BBM lainnya).

Ia menjelaskan, Pertamina terus memantau pergerakan harga minyak dunia dan nilai tukar rupiah terhadap dolar sebagai faktor utama yang menentukan harga BBM.

"Pada prinsipnya Pertamina selaku operator akan menyesuaikan dengan peraturan pemerintah. sampai saat ini harga BBM mengacu pada ketentuan dari ESDM, dan Pertamina selalu comply dengan hal tersebut. Apabila nanti ada perubahan peraturan atau kebijakan, Pertamina akan menyesuaikan," katanya.

Daftar Harga BBM

Petugas mengisi BBM kendaraan konsumen di SPBU milik Pertamina di kawasan Jakarta, Selasa (26/11/2019). Implementasi penyediaan solar dengan minyak kelapa sawit sebesar 30% atau B30 lebih cepat satu bulan, dibanding kebijakan pemerintah yang mewajibkan 1 Januari 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Petugas mengisi BBM kendaraan konsumen di SPBU milik Pertamina di kawasan Jakarta, Selasa (26/11/2019). Implementasi penyediaan solar dengan minyak kelapa sawit sebesar 30% atau B30 lebih cepat satu bulan, dibanding kebijakan pemerintah yang mewajibkan 1 Januari 2020. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Harga jual BBM non subsidi Pertamina di SPBU saat ini adalah:

- Pertamax Turbo ( RON 98) Rp.9.850 per liter

- Pertamax ( RON 92) Rp.9.000 per liter

- Pertalite (RON 90) Rp.7.650 per liter

- Pertamina Dex (CEN 53) Rp 10.200 per lite

- Dexlite (CEN 51) Rp.9.500/ltr

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sepi Pengunjung, Pedagang di Pasar Beringharjo Asyik Main Bola Gebokan

Posted: 22 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya di Ibu Kota Jakarta, beberapa wilayah di Tanah Air juga melakukan social distancing guna mencegah meluasnya penularan Virus Corona atau Covid-19. Tak heran jika jalan-jalan terlihat lengang tak seperti biasanya.

Tempat-tempat umum pun sepi oleh pengunjung tak terkecuali pasar. Hal ini seperti yang dapat dilihat di pasar Beringharjo, Yogyakarta. Padahal biasanya pasar yang berada di jalan Malioboro tersebut tak pernah sepi pengunjung.

Belum lama ini bahkan viral sebuah video yang menunjukkan para pedagang di pasar tersebut asyik bermain bola Gebokan.

Pada video yang diunggah akun @GuyonAngkring,  awalnya terlihat seorang wanita melempar bola ke tumpukan sandal. Jauh di depannya ada wanita lain yang menjadi lawannya, bertugas menerima bola.

Saat tumpukan sandal jatuh, wanita yang bertugas menerima bola tadi mengambil bola dan mengejar pemain lainnya untuk melemparkan bola. Sontak saja beberapa wanita yang terlibat dalam permainan tersebut berlarian.

Selama video tersebut direkam, pasar terlihat sangat sepi tak ada calon pembeli selain para pedagang yang asyik bermain tersebut.

Videonya

Asyik buat video TikTok

foto: Twitter/@ellyaqul
foto: Twitter/@ellyaqul

Unggahan tersebut rupanya mendapat beragam komentar. Salah satu warganet dengan akun @ellyaqul mengunggah video para pedagang di sebuah pasar yang sepi pengunjung asyik bermain TikTok.

"Same energy, tp ini tiktokan wkwk," tulis akun tersebut.

Bermain sepeda di dalam pasar

foto: twitter/@lutfidwis_
foto: twitter/@lutfidwis_

Sementara warganet lain membalas unggahan @GuyonAngkring dengan sebuah video yang menunjukkan seorang wanita asyik bermain sepeda di dalam pasar yang sepi pengunjung.

"Asyik... mumpung sepi," ujar wanita dalam video tersebut sambil terus mengayuh sepedanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perangi Covid-19, Klub-Klub Brasil Pinjamkan Stadion untuk Jadi Rumah Sakit Darurat

Posted: 22 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Rio de Janeiro - Sederet klub top Brasil bakal meminjamkan stadion mereka kepada otoritas kesehatan untuk mengubahnya menjadi klinik atau rumah sakit darurat demi memerangi pandemi virus Corona Covid-19.

Kompetisi sepak bola Brasil telah dihentikan untuk sementara waktu demi meminimalisasi penyebaran virus corona Covid-19. Para pemain pun diliburkan dari kegiatan latihan sampai waktu yang belum ditentukan.

Situasi ini membuat lebih dari setengah klub-klub Serie A di Brasil telah menyerahkan stadion mereka saat pihak berwenang di Sao Paulo dan Rio de Janeiro berusaha memperluas kapasitas rumah sakit untuk menangani krisis karena padatnya penduduk.

Flamengo, yang merupakan klub Brasil peraih gelar Copa Libertadores, kendali stadion mereka yang terkenal, Maracana di Rio de Janeiro kepada otoritas kesehatan. Hal itu disampaikan Presiden Flamengo, Rodolfo Landim.

"Pada momen yang suram ini, saya ingin mengundang negara Merah dan Hitam kita yang besar untuk memperbarui harapan dan bekerja untuk hari-hari yang lebih baik. Mari kita jaga orang tua kita, bantu mereka yang paling membutuhkan," tulis Landim dalam pesan kepada para suporter seperti dilansir AFP.

Pihak berwenang di Sao Paulo, kota terbesar di Brasil, rencananya akan menempatkan 200 tempat tidur di rumah sakit lapangan di stadion kota Pacaembu untuk mengurangi tekanan pada rumah sakit-rumah sakit di kota tersebut yang diprediksi kedatangan banyak pasien positif Covid-19.

Uluran Tangan

Para pemain Flamengo. (AP Photo/Hassan Ammar)
Para pemain Flamengo. (AP Photo/Hassan Ammar)

Tindakan itu juga dilakukan setelah dua dari klub besar di Kota Sao Paulo mengulurkan tangan. Corinthians mengatakan mereka telah menyediakan stadion Itaquerao dan pusat pelatihan mereka.

Mereka mempersilakan agar pihak berwenang bisa mengevaluasi bagaimana tempat tersebut dapat digunakan untuk memerangi penyebaran penyakit itu. Santos juga mengumumkan bahwa klinik sementara akan dibangun di salah satu ruang tunggu di dalam Stadion Vila Belmiro.

Sistem Kesehatan

Menteri Kesehatan Brasil, Luiz Henrique Mandetta, sebelumnya memprediksi virus corona Covid-19 akan mencapai puncaknya di negara tersebut antara April dan Juni 2020. Penurunan kasus diyakini mulai September 2020.

Mandetta mengingatkan sistem kesehatan di negara berpenduduk 210 juta jiwa itu bisa mengalami krisis pada akhir April 2020. Sejauh ini, sebanyak lebih dari 1.128 orang di Brasil dinyatakan terinfeksi virus corona dan 18 meninggal dunia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ikuti Maklumat Kapolri terkait Covid-19, Warga Kendari Bubarkan Kerumunan Massa

Posted: 22 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Kendari - Maraknya penyebaran Corona Covid-19, Kapolda Sultra Brigjen Pol Merdisyam menyampaikan maklumat Kapolri terkait antisipasi penyebaran virus berbahaya ini di wilayah Sulawesi Tenggara, Minggu (22/3/2020). Kapolda menegaskan, maklumat ini diberlakukan di seluruh wilayah Sultra.

Beberapa poin pentingnya, pelarangan terhadap kegiatan masyarakat yang mengumpulkan massa dalam jumlah banyak. Kemudian, penghentian sementara jasa hiburan, kegiatan sosial budaya, pameran atau seminar.

"Ini dilakukan sampai kondisi membaik dan pemerintah menyatakan kondisi sudah aman dan steril sehingga masyarakat bisa bebas kembali," ujar Kapolda Sulawesi Tenggara, Brigjen Pol Merdisyam, Minggu (22/3/2020).

Dia menyatakan, maklumat ini dikeluarkan pemerintah pusat dan mesti diikuti warga untuk keselamatan bersama. Dia menegaskan, untuk kondisi saat ini kegiatan yang berskala besar mengumpulkan massa ditiadakan.

"Salah satu kegiatan adalah unjuk rasa, Polri tak akan memberikan izin. Jika ada yang memaksa, tentunya kami akan melakukan tindakan sesuai aturan kepolisian," ujarnya.

Dia juga menegaskan, situasi pandemi Corona covid-19 tidak main-main. Semua tindakan Pemerintah dan Polda Sultra, diambil untuk melindungi warga Indonesia dari penyebaran virus ini.

Hanya sekitar dua jam setelah maklumat Kapolri dinyatakan Kapolda Sultra, puluhan warga Kota Kendari langsung membantu polisi dan Pemda menghalau sejumlah lokasi keramaian, Minggu (22/3/2020) malam. Di antaranya, pusat keramaian di Pelataran Tugu Eks-MTQ Sulawesi Tenggara.

Sejumlah warga yang mengggunakan masker penutup wajah, langsung mendatangi lokasi puluhan pedagang kaki lima yang dipadati ratusan pengunjung setiap malam hingga menjelang pagi. Dengan membawa mobil beserta soundsytem, pedagang diminta meninggalkan lokasi oleh warga yang berorasi.

"Tinggalkan lokasi ini, berhenti dulu sementara berkumpul dalam jumlah banyak, ini demi keselamatan bersama. Kita tahu, bahwa selama ini rumah sakit kekurangan APD, maka jangan lagi kita mencoba menjadi pasien karena tidak mendengar imbauan pemerintah," ujar Salman, salah seorang warga Kota Kendari.

Aksi Salman, diikuti ratusan orang lainnya yang mengendarai mobil dan motor. Saat aksi menghalau keramaian, peserta aksi terlihat saling menjaga jarak dan rata-rata menggunakan masker. Aksi berjalan tertib dan lancar setelah respon pedagang terlihat menerima baik ajakan warga.

Pandemi Corona covid-19 mengakibatkan 3 orang dinyatakan positif covid-19 di Sulawesi Tenggara, 6 orang dalam pemantauan, dan 35 orang dokter serta perawat menjalani isolasi. Jumlah warga yang melakukan pemeriksaan terhadap gejala ini, bertambah setiap hari.

Isi Maklumat Kapolri

Isi maklumat Kapolri yang disampaikan Kapolda Sulawesi Tenggara.(Liputan6.com/Ahmad Akbar Fua)
Isi maklumat Kapolri yang disampaikan Kapolda Sulawesi Tenggara.(Liputan6.com/Ahmad Akbar Fua)

Imbauan Kapolda Sultra dikeluarkan berdasarkan maklumat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, nomor II/III/2020. Maklumat yang ditandatangani Kapolri Jenderal Polisi Idham Aziz, mulai berlaku sejak tanggal 19 Maret hingga selesai. 

Isi maklumat, sebagian besar meminta kepada masyarakat untuk tidak berkumpul dalam jumlah eskalasi massa yang besar. Sebab, aktivitas ini dianggap rawan penyebaran covid-19. 

Isinya pertama, mempertimbangkan situasi nasional terkait dengan cepatnya penyebaran covid-19, maka pemerintah telah mengeluarkan kebijakan dalam rangka penanganan secara baik, cepat dan tepat agar penyebarannya tidak meluas dan berkembang menjadi gangguan terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat.

Kedua, untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat, Polri senantiasa mengacu pada keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi (Salus Populi Suprema Lex Esto).

Dengan ini Kepala Kapolisian Negara Republik Indonesia mengeluarkan Maklumat:

A. Tidak mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah banyak baik di tempat umum maupun di lingkungan sendiri, yaitu:

1. Pertemuan sosial, budaya, keagamanan dan aliran kepercayaan dalam bentuk sarasehan atau kegiatan lainnya yang sejenis.

2. Kegiatan konser musik, pekan raya, festival, bazar, pasar malam, pameran, dan resepsi keluarga.

3. Kegiatan kesenian, olahraga, dan jasa hiburan

4. Unjuk rasa, pawai, dan karnaval.

5. Kegiatan lainnya yang menjadikan berkumpulnya massa. 

B. Tetap tenang dan tidak panik serta lebih meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing dengan selalu mengikuti informasi dan imbauan resmi pemerintah.

C. Apabila dalam keadaan mendesak dan tidak dapat dihindari kegiatan yang malibatkan banyak orang, dilaksanakan dengan tetap menjaga jarak dan wajib mengikuti prosedur pemerintah terkait pencegahan penyebaran Covid-19.

D. Tidak melakukan pembelian dan/atau menimbun kebutuhan bahan pokok maupun kebutuhan masyarakat lainmya secara berlebihan. 

E. Tidak terpengaruh dan menyebarkan berita dengan sumber tidak jelas yang dapat menimbulkan keresahan dalam masyarakat.

F. Apabila ada informasi yang yang tidak jelas sumbernya dapat menghubungi kepolisian.

Ketiga, apabila ditemukan perbuatan yang bertentangan dengan maklumat Ini maka setiap anggota Polri wajib melakukan tindakan kopolisian yang diperlukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini :

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Susul Netflix, Facebook dan Instagram Batasi Kualitas Video di Eropa

Posted: 22 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Facebook baru saja mengumumkan akan mengurangi kualitas video yang ada di platform-nya maupun Instagram untuk pengguna di Eropa. Untuk diketahui, Netflix juga sudah melakukan hal serupa.

Langkah ini diambil untuk mengurangi meningkatnya permintaan jaringan akibat banyak warga yang disarankan untuk beraktivitas di rumah selama pandemik Covid-19 ini.

Dikutip dari Engadget, Senin (23/3/2020), juru bicara perusahaan mengatakan baik Facebook dan Instagram akan mengurangi bitrate video di Eropa untuk sementara.

Langkah ini diambil untuk membantu para rekanananya mengatur bandwidth sehingga layanan mereka tetap dapat berjalan normal. Meski ada pengurangan bitrate, perusahaan memastikan layananya tetap berjalan normal.

"Untuk membantu mengurangi potensi kepadatan jaringan, kami akan mengurangi bitrates video di Facebook dan Instagram di Eropa untuk sementara waktu," tutur juru bicara perusahaan.

Langkah ini memang terbilang masuk akal, sebab jumlah pengguna media sosial tersebut di Eropa terbilang besar. Laporan terakhir pada pertengahan 2019 mencatat Facebook memiliki pengguna harian 288 juta di Eropa.

Berbekal jumlah pengguna yang makin besar ditambah kebijakan untuk beraktivitas di rumah, wajar ada kemungkinan mereka akan lebih banyak mengakses media sosial, termasuk Facebook dan Instagram.

Netflix dan YouTube Batasi Kualitas Streaming di Eropa

Cara Agar Anda Bisa Streaming Sepuasnya di Netflix (Netflix)
Cara Agar Anda Bisa Streaming Sepuasnya di Netflix (Netflix)

Netflix dan YouTube akan membatasi kualitas streaming selama 30 hari di wilayah Uni Eropa untuk menghindari clogging di server dan peningkatan tagihan listrik. Hal ini dilakukan mengikuti permintaan dari pihak Eropa.

Dilansir dari GSM Arena, Minggu (22/3/2020), permintaan untuk layanan online mengalami peningkatan tinggi pada level yang belum pernah terjadi sebelumnya. Penyebabnya, isolasi dan karantina mandiri yang tengah diberlakukan terkait penyebaran virus Corona di wilayah Eropa.

Netflix diungkapkan akan mengurangi konsumsi data sebesar 25 persen, tapi pengguna tetap akan mendapatkan kualitas gambar cukup bagus. Biasanya, satu jam video streaming di versi standar (480p) mengonsumsi sekira 1GB data, sedangkan HD bisa mencapai 3GB per jam.

YouTube mengatakan telah terjadi beberapa puncak peningkatan, tapi memutuskan untuk mengambil langkah lebih dahulu dan meminimalkan tekanan pada sistem. YouTube disebut untuk sementara mengalihkan semua trafik di Uni Eropa ke versi standar secara default.

Kedua perusahaan mengungkapkan rencana mereka setelah melakukan panggilan telepon dengan European Commissioner untuk Internal Market, Thierry Breton. Ia memuji kedua perusahaan, dan mengatakan mereka mengambil tindakan sangat cepat. Breton menilai langkah ini akan menjaga kelancaran fungsi internet selama krisis Covid-19.

Netflix Rilis Fitur Daftar 10 Konten Terpopuler

Netflix diberbagai perangkat. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)
Netflix diberbagai perangkat. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)

Lebih lanjut, Netflix sebelumnya menambahkan fitur agar para pengguna bisa menonton berdasarkan popularitas konten-konten yang ada.

Dilansir Phone Arena, Netflix merilis fitur top 10 list alias daftar 10 teratas populer. Bagi yang sudah mendapatkan fitur tersebut, maka akan melihat bagian baru yang menampilkan daftar 10 teratas di negara masing-masing.

Netflix mengungkapkan, film atau serial tersebut akan diperbarui setiap hari dan posisinya akan bervariasi tergantung relevansinya bagi setiap pengguna.

Selain daftar 10 konten top tersebut, Netflix juga menambahkan dua fitur lain yaitu daftar 10 serial dan film teratas. Keduanya akan tersedia ketika pengguna mengakses tab film dan acara TV.

Setiap film atau serial yang berada di daftar 10 teratas akan memiliki lencana khusus, sehingga pengguna dapat mengenalinya ketika membuka Netflix.

Fitur ini sebelumnya telah menjalani pengujian di Meksiko dan Inggris selama enam bulan terakhir. Fitur tersebut diyakini sangat berguna bagi pengguna, sehingga Netflix memutuskan merilisnya ke lebih banyak negara.

(Dam/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Penularan Corona COVID-19, Pakai Hand Sanitizer Cukup 5 Kali

Posted: 22 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Cara paling ampuh memutus rantai penyebaran Virus Corona dengan di rumah aja, dan sering mencuci tangan pakai sabun di air mengalir.

Bukan dengan hand sanitizer yang mengandung alkohol 70 atau 96 persen dan dicampur H202 tiga persen, glycerol, dan aquadest---sebagaimana anjuran dari organisasi kesehatan dunia (WHO).

"Pakai sabun di air mengalir lebih baik ketimbang sedikit-sedikit hand sanitizer," kata Prof Dr dr H Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH MMB FINASIM FACP saat dihubungi Health Liputan6.com pada Senin pagi, 23 Maret 2020.

Dekan Falkutas Kedokteran Universitas Indonesia periode 2017-2021 mengatakan bahwa pemakaian hand sanitizer pun pada akhirnya harus diakhiri dengan sabun di air mengalir.

Menurut Ari, setelah menggunakan hand sanitizer sebanyak lima sampai enam kali, harus dicuci pakai sabun. Biar apa pun jenis virusnya, termasuk penyebab Corona COVID-19, benar-benar hilang.

"Hand sanitizer itu kan isinya alkohol. Virusnya memang sudah mati sebenarnya, tapi masih lengket di tangan kita," kata Ari menambahkan.

Apabila virus masih menempel, Ari mengatakan bahwa tangan kita masih dalam keadaan kotor. Untuk membuang kotoran tersebut, harus dengan sabun di air mengalir.

"Lima sampai enam kali, harus stop. Ujung-ujungnya tetap harus cuci tangan pakai sabun juga," Ari menekankan.

Simak Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pangeran William dan Kate Middleton Patahkan Tradisi Kerajaan Inggris

Posted: 22 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pangeran William dan Kate Middleton diketahui akan mematahkan tradisi kerajaan Inggris dengan tidak menyekolahkan anak-anaknya ke sekolah asrama.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aurel Hermansyah Curhat Soal Nikah Muda Kepada Nagita Slavina

Posted: 22 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Anang Hermansyah baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-51 tahun di kediamannya di kawasan Cinere, Jakarta Selatan. Yang cukup menarik perhatian adalah kehadiran Atta Halilintar yang disebut-sebut tengah dekat dengan Aurel Hermansyah.

Selain Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar, pesta ulang tahun Anang dihadiri pula oleh Nagita Slavina dan Raffi Ahmad. Kehadiran Atta Halilintar juga menimbulkan tanya bagi Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

"Kok ini tuh jadi pertanyaan banget, aku berapa kali kan nanya mulu ke kamu (Raffi Ahmad), 'emang Atta beneran pacaran sama Aurel?" tanya Nagita Slavina soal Aurel Hermansyah dalam video yang diunggah di kanal YouTube Raffi Ahmad pada Kamis (19/3/2020).

Diledek Ashanty

(Instagram/ashanty_ash)
(Instagram/ashanty_ash)

"Gimmick ini, setingan mereka," ledek Ashanty.

Terlepas dari itu semua, Aurel Hermansyah mengaku memang memiliki keinginan untuk menikah di usia muda. Hal itu diungkapkannya kepada Nagita Slavina.

Cita-Cita

Aurel Hermansyah (Instagram/aurelie.hermansyah)
Aurel Hermansyah (Instagram/aurelie.hermansyah)

"Iya emang cita-citanya pengin nikah muda, doain," ujar Aurel Hermansyah.

Memanfaatkan Kesempatan

Dalam kesempatan itu, Aurel Hermansyah memanfaatkan kesempatan untuk bertukar pikiran dengan Nagita Slavina soal jodoh dan nikah muda. Terakhir, Nagita Slavina memberikan doa agar niat baik Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar bisa disegerakan.

Minta Didoakan

"Aamin, didoain semoga disegerakan, diberikan jalan yang terbaik, kalau emang jodoh mau sama mau, kenapa enggak? Karena kalau cari yang harus cocok benar-benar enggak ada," kata Nagita Slavina.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seluruh Instansi Wajib Umumkan Hasil SKD CPNS Hari Ini

Posted: 22 Mar 2020 09:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pengumuman hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) telah memasuki hari kedua, yang berarti batas akhir masa pengumuman siapa saja peserta yang lolos dan bisa mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan, sebanyak total 521 pemerintah pusat dan daerah yang membuka formasi pada CPNS kali ini wajib mengumumkan hasil SKD di laman resmi masing-masing instansi.

"Hari ini semua harus mengumumkan hasil SKD. Sudah diatur tanggal 22-23 Maret," kata Plt Kabiro Humas BKN Paryono kepada Liputan6.com, Senin (23/3/2020).

Saat ditanya berapa jumlah instansi yang sudah mengumumkan hasil SKD-nya, Paryono mengaku tak memiliki data rincinya.

Namun, untuk mengetahui kementerian/lembaga maupun pemerintah daerah mana saja yang sudah menampilkan hasil pengumuman, itu bisa dicek lewat portal SSCN.

Oleh karenanya, Paryono menyarankan tiap peserta untuk rutin melihat apakah instansinya sudah mengeluarkan hasil SKD CPNS melalui link sscndata.bkn.go.id/SKD. Adapun masa pengumuman ini telah dimulai sejak Senin, 22 Maret 2020 kemarin.

 

Belanjut ke SKB

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana (tengah) meninjau pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kantor BKN Pusat, Jakarta, Senin (27/1/2020). (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana (tengah) meninjau pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kantor BKN Pusat, Jakarta, Senin (27/1/2020). (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Pasca pengumuman hasil SKD, proses perekrutan CPNS akan berlanjut ke tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang masih dalam status penundaan sampai dengan waktu yang akan ditentukan oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Adapun kriteria peserta CPNS yang dapat mengikuti SKB adalah peserta dengan nilai SKD memenuhi passing grade dan tiga kali jumlah formasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ayo Bagikan Berita Cek Fakta Liputan6.com dan Dapatkan Voucher Jutaan Rupiah

Posted: 22 Mar 2020 09:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, beragam kabar mudah tersebar. Terutama melalui media sosial. Mudah sekali rasanya bagi orang-orang untuk membagikan kabar.

Namun tak perlu khawatir, Liputan6.com saat ini memiliki tim Cek Fakta yang dipercaya untuk mengecek kebenaran suatu berita.

Daripada menyebarkan berita hoaks, lebih baik membagikan berita Cek Fakta Liputan6.com. Karena, selain dapat memberantas hoaks, juga ada hadiah bagi pembaca yang menyebarkan berita Cek Fakta Liputan6.com.

Caranya:

- Scan barcode dan pilih salah satu berita Cek Fakta

- Upload hasil capture artikel yang sudah dipilih dari scan barcode, kemudian upload ke Instagram Feed dan Stories dan simpan postingan Instagram Stories pada Highlights.

- Berikan caption menarik kamu mengenai artikel yang kamu pilih

- Sertakan #CEKFAKTALIP6 #MUAKHOAXtag dan mention @liputan6.

Hadiah Menarik

ilustrasi Cek Fakta
ilustrasi Cek Fakta

Menangkan hadiah berupa voucher belanja untuk 11 orang :

Voucher 1 Juta Rupiah untuk Pemenang Utama

Voucher 500k untuk 5 orang pemenang

Voucher 300k untuk 5 orang pemenang

Periode Campaign Cek Fakta 18-31 Maret 2020.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 PDP Corona Covid-19 di RSMH Palembang Meninggal Dunia

Posted: 22 Mar 2020 09:52 PM PDT

Liputan6.com, Palembang - Dari enam orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Corona Covid-19 di Rumah Sakit Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang Sumatera Selatan (Sumsel), dua pasien dikabarkan meninggal dunia.

Hal ini dibenarkan oleh Gubernur Sumsel Herman Deru, saat menggelar Pers Conference usai melantik Bupati Muara Enim Juarsyah, di Aula Bina Praja Pemprov Sumsel, Senin (23/3/2020).

"Ada dua PDP yang terkonfirmasi meninggal dunia. Sampai pagi ini, belum ada hasil tes laboratorium dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) melalui Balitbangkes Jakarta. Karena yang berwenang adalah Balitbangkes Jakarta," ujarnya.

Untuk prosesi persemayaman dan pemakaman dua orang pasien tersebut, Gubernur Sumsel menegaskan jika harus dilakukan layaknya pederita Corona Covid-19.

Langkah tersebut sesuai dengan anjuran dari Satgas Penanganan Covid-19, Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel dan SOP dari para dokter.

"Jika nanti hasilnya sudah resmi (keluar), akan kita sampaikan apapun itu, negatif atau pun positif. Namun apabila hasilnya positif, kita akan tingkatkan status jadi Siaga," ucapnya di Palembang.

Dia meminta warga Sumsel untuk terus waspada dan menangkal Virus Corona Covid-19. Yaitu dengan memperkuat stamina melalui asupan makanan yang benar, mengkonsumsi vitamin sesuai dengan anjuran petugas kesehatan.

Herman Deru juga sudah menggelar rapat dengan Direktur RSMH Palembang, terkait ruang isolasi. Saat ini ada 24 ruang isolasi yang disiapkan di RSMH Palembang. Jumlah itu akan ditambah, dengan disediakannya ruang isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Siti Fatimah Palembang.

"Jika nanti tidak cukup, akan kita siapkan di Wisma Atlit Jakabaring Sport City (JSC) Palembang dan Asrama Haji," ujarnya.

Dokter Penanggungjawab PDP (DPDP) dan Juru Bicara (Jubir) Satgas Corona Covid-19 di RSMH Palembang Zen Ahmad mengatakan, dua PDP tersebut meninggal dunia pada pukul 05.45 WIB dan 06.15 WIB.

"PDP yang meninggal pada pukul 05.45 WIB itu adalah pria berusia 54 tahun berasal dari Kota Palembang," katanya.

 

Pasien Dalam Pengawasan

Konferensi Pers Gubernur Sumsel terkait 2 pasien PDP yang meninggal dunia di RSMH Palembang, juga dilakukan melalui Live Instagram sebagai salah satu pencegahan penyebaran Corona Covid-19 (Liputan6.com / Nefri Inge)
Konferensi Pers Gubernur Sumsel terkait 2 pasien PDP yang meninggal dunia di RSMH Palembang, juga dilakukan melalui Live Instagram sebagai salah satu pencegahan penyebaran Corona Covid-19 (Liputan6.com / Nefri Inge)

Sedangkan PDP yang meninggal dunia pada pukul 06.15 WIB, adalah pria berusia 53 tahun yang dirujuk dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prabumulih Sumsel.

Meskipun hasil laboratorium terkait Corona Covid-19 belum keluar. Namun dari hasil laboratorium di RSMH Palembang menunjukkan, kedua pasien mengidap penyakit Diabetes Melitus. Kedua pasien dirawat di ruang isolasi di kamar masing-masing.

Hingga sekarang ada 13 PDP, dimana enam orang PDP sudah dinyatakan negatif, dua orang PDP meninggal dunia. Sedangkan 5 orang PDP masih dirawat di ruang isolasi RSMH Palembang.

"Kondisi mereka saat ini ringan dan sedang, belum ada yang berat. Untuk orang-orang yang pernah berinteraksi dengan dua orang PDP yang meninggal dunia, akan kita telusuri dan masuk Orang Dalam Pengawasan (ODP)," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

China Tawarkan Bantuan soal Covid-19, Prabowo Kirim Daftar Alkes yang Dibutuhkan

Posted: 22 Mar 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengaku mendapat tawaran dari Menteri Pertahanan China terkait bantuan untuk penanganan Covid-19. Prabowo pun menyambut baik tawaran tersebut.

Menurut dia, daftar barang-barang yang dibutuhkan Indonesia sudah dikirimnya ke Menteri Pertahanan China.

"Saya sudah dapat komunikasi dari Menteri Pertahanan Tiongkok menanyakan kebutuhan kita apa. Saya sudah kirim daftar entah apa yang dipenuhi nanti," ujar Prabowo di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (23/3/2020).

Dia mengatakan, salah satu alat kesehatan yang masih dibutuhkan Indonesia untuk menangani Covid-19 adalah ventilator atau alat bantu napas.

Prabowo menilai, hal ini merupakan salah satu wujud kerja sama internasional, terutama dengan China. Oleh karena itu, Prabowo menyambut baik tawaran tersebut. Terlebih, lanjut dia, China sudah berpengalaman dalam menghadapi gelombang dahsyat Covid-19.

"Ini merupakan bentuk kerja sama internasional. Mereka sudah lewati gelombang dahsyat Covid-19, jadi mereka tawarkan kepada kita, kita sambut," kata Prabowo.

12 Ton

TNI menerbangkan Hercules ke Shanghai, China, untuk menjemput alat kesehatan terkait penanganan Covid-19 yang dibeli pemerintah. (dok Puspen TNI AU)
TNI menerbangkan Hercules ke Shanghai, China, untuk menjemput alat kesehatan terkait penanganan Covid-19 yang dibeli pemerintah. (dok Puspen TNI AU)

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima alat kesehatan untuk penanganan Covid-19 yang dijemput tim TNI AU dari China. Alat kesehatan yang diserahterimakan sebanyak 12 ton. 

"Jumlahnya ada 12 ton," ujar Prabowo di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (23/3/2020).

Alat kesehatan yang diterima Prabowo ini antara lain tutup kepala dan sepatu, serta kacamata.

Menurut dia, alat kesehatan ini segera didistribusikan ke rumah sakit yang menjadi rujukan untuk menangani Covid-19.

"Segera didistribusikan ke rumah sakit-rumah sakit dan ini akan kita laksanakan terus-menerus," kata Prabowo soal alat kesehatan untuk penanganan Covid-19.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BI Pecepat Aturan Investor Asing Wajib Pakai Rekening Vostro di Transaksi DNDF

Posted: 22 Mar 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) mempercepat berlakunya ketentuan penggunaan rekening rupiah dalam negeri (Vostro) bagi investor asing sebagai underlying dalam transaksi Domestic Non-Deliverable Forward (DNDF).

Dikutip dari keterangan tertulis BI, Senin (23/3/2020), percepatan tersebut tertuang dalam menyempurnakan ketentuan yang mengatur tentang DNDF melalui Peraturan Bank Indonesia No. 22/2/PBI/2020 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Bank Indonesia No. 20/10/PBI/2018 tentang Transaksi DNDF (PBI DNDF), berlaku efektif sejak 19 Maret 2020.

Penyempurnaan meliputi penambahan underlying transaksi DNDF berupa rekening rupiah yang dimiliki pihak asing, antara lain tabungan, giro, deposito, untuk tujuan investasi, untuk menampung hasil investasi, dan atau untuk tujuan lainnya.

Penyempurnaan ketentuan PBI dimaksud merupakan bagian dari upaya BI untuk memperkuat bauran kebijakan yang diarahkan untuk mendukung upaya mitigasi risiko penyebaran Corona Covid-19, menjaga stabilitas pasar uang dan sistem keuangan, serta mendorong momentum pertumbuhan ekonomi.

Dengan melakukan perluasan jenis underlying transaksi bagi investor asing, dapat memberikan alternatif dalam rangka lindung nilai atas kepemilikan rupiah.

Hal ini dimaksudkan untuk memberikan fleksibilitas bagi investor asing dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian.

 

Layanan Publik BI yang Tetap Berjalan Meski Ada Virus Corona

Ilustrasi Bank Indonesia  (Liputan6.com/Andri Wiranuari)
Ilustrasi Bank Indonesia (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) memastikan untuk menjaga stabilitas moneter, stabilitas sistem keuangan, terselenggaranya layanan sistem pembayaran yang aman, lancar, andal, dan efisien, serta memastikan ketersediaan uang Rupiah di masyarakat. Kepastian ini seiring penyebaran Virus Corona atau COVID-19 di Indonesia.

Direktur Eksekutif BI, Onny Widjanarko menuturkan, Minggu (22/3/2020), jika tugas dan layanan publik BI yang akan tetap berjalan normal yaitu BI Real Time Gross Settlement (BI-RTGS), Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI). 

Kemudian transaksi operasi moneter Rupiah dan valas yang didukung sistem Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS) dan Bank Indonesia Electronic Trading Platform (BI-ETP).

Serta, layanan penarikan dan penyetoran uang Rupiah dari perbankan/PJPUR (Penyelenggara Jasa Pengolahan Uang Rupiah), serta layanan transaksi keuangan Pemerintah.

"BI akan tetap memperhatikan dan mempertimbangkan perkembangan-perkembangan yang terjadi terkait penyebaran COVID-19, serta akan mengumumkan apabila terjadi penyesuaian dalam kegiatan dan jadwal operasional serta layanan publik," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ridwan Kamil Jenguk Bima Arya, Komunikasi via Telepon

Posted: 22 Mar 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Bogor Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menjenguk Walikota Bogor Bima Arya, yang sudah dinyatakan positif COVID-19, di Ruang Sempur Isolasi RSUD Kota Bogor, Minggu (22/3/20).

Dalam kunjungan tersebut, Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil mesti memenuhi semua prosedur rumah sakit, seperti tidak boleh memasuki ruangan Bima Arya.

Untuk berkomunikasi dengan Bima Arya, Kang Emil menggunakan telepon. Sambil berdiri menghadap pintu kaca berjarak sekitar 10 meter, Bima Arya melemparkan senyuman kepada Kang Emil.

"Kumaha kondisi Kang Bim? Harus tetap di sini dulu, ya, sepertinya," kata Kang Emil kepada Bima Arya via telepon.

Setelah dinyatakan positif COVID-19, Bima Arya langsung diisolasi di RSUD Kota Bogor, meski sebelumnya tidak merasakan gejala signifikan.

Kepada Bima Arya, Kang Emil mengatakan bahwa dirinya dan masyarakat Jabar, khususnya Kota Bogor, terus mendoakan kesembuhannya.

"Semoga sehat kembali, kami di sini terus berupaya dan mendoakan," ucapnya.

 

Cek Kesiapan Rumah Sakit Bogor

Selain menjenguk Bima Arya, Kang Emil pun memastikan kesiapan rumah sakit pemerintah tersebut dalam menangani pasien COVID-19. Gedung RSUD yang baru direnovasi dari dana hibah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar sebesar Rp 30miliar tersebut rencananya akan digunakan untuk penanganan pasien COVID-19.

"Pas beres (renovasi) ada situasi COVID-19 jadi kita sudah siapkan satu lantai kita akan skenariokan untuk penanganan COVID-19 kebetulan ruang isolasinya sudah ada, Kang Bima Arya juga dirawat di gedung ini," katanya.

Kang Emil menyatakan, pemerintah akan terus berupaya agar pandemi COVID-19 bisa ditanggulangi. Dia meminta masyarakat untuk mengikuti imbauan pemerintah, salah satunya menghindari kerumunan atau social distancing.

"Kita lagi kerja keras jangan ada lagi penambahan yang positif percayakan kepada pemerintah dan warga juga harus menaati arahan kami," ucapnya.

Selain itu, pemerintah akan menggelar rapid test COVID-19 secara massal untuk warga Kota Bogor, Kabupaten Bogor, dan Kota Depok dengan kriteria tertentu di Stadion Pakansari pada awal minggu ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Curhat Praveen/Melati Juara All England di Tengah Wabah Corona Covid-19

Posted: 22 Mar 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti menjadi satu-satunya penyumbang gelar juara untuk Indonesia di ajang bergengsi All England 2020. Praveen/Melati naik podium juara usai mengalahkan Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (Thailand) dengan skor 21-15, 17-21, 21-8.

Bertanding di turnamen level Super 1000 di tengah merebaknya wabah Covid-19 tentu bukanlah hal yang mudah. Melati mengatakan sempat ada rasa khawatir dalam dirinya, namun sebaliknya, Praveen mengaku tidak memikirkan hal tersebut.

"Rasanya pasti senang karena kami bisa membuktikan, di tengah ada virus corona kami bisa jadi juara. Sekarang bisa juara lagi dengan partner berbeda, ini yang membuat saya tambah senang. Waktu di sana sih saya nggak ada rasa khawatir, mungkin karena terlalu fokus ke pertandingan," kata Praveen kepada Badmintonindonesia.org.

"Khawatir itu pasti ada di tengah wabah Corona begini. Tapi enggak terlalu berpikir ke situ. Lebih fokus ke pertandingan. Saya tetap jaga diri, seperti cuci tangan dan sebagainya," ujar Melati.

"Rasanya jadi juara All England 2020? Pasti senang banget dong, ada rasa bangga karena dari dulu ingin sekali gelar All England," lanjut Melati.

 

 

Gelar All England Pertama Melati

Bagi Melati, ini adalah gelar All England pertamanya. Namun buat Praveen, gelar ini merupakan gelar kedua. Sebelumnya Praveen juga menjadi juara All England di tahun 2016 bersama Debby Susanto.

Saat ini Praveen/Melati tengah menjalani isolasi mandiri di Pelatnas Cipayung. Seluruh tim All England 2020 wajib menjalani isolasi selama 14 hari sekembalinya dari Birmingham, Inggris. Kondisi darurat Covid-19 juga membuat PP PBSI akhirnya meniadakan acara penyambutan juara All England yang sudah menjadi tradisi selama bertahun-tahun.

"Enggak apa-apa, demi kebaikan semuanya. Memang agak berkurang euforia-nya. Rasanya senang juara tapi ada rasa khawatir," jawab Melati soal penyambutan.

"Ya ini juga jadi satu tanggung jawab kami mengikuti aturan untuk kepentingan bersama. Di kamar selama isolasi enggak nngapa-ngapain, paling telepon keluarga atau main game. Sama olahraga sendiri saja biar tetap fit badannnya," ujar pemain asal klub Djarum ini.

Nonton Drama Korea

Jika Praveen banyak menghabiskan waktu dengan main game selama isolasi, Melati memilih untuk menonton drama Korea yang menjadi favoritnya saat ini yaitu Crash Landing on You (CLOY).

"Di kamar lebih banyak istirahat, makan, tidur, repeat! Ha ha ha. Tapi pelatih minta untuk tetap gerak dan jaga kondisi fisik, stretching di kamar. Selebihnya mungkin nonton CLOY, ha ha ha," ungkap Melati.

Praveen juga menanggapi isu penundaan Olimpiade Tokyo 2020 mendatang. Sejauh ini federasi bulutangkis dunia (BWF) pun masih belum mengumumkan secara resmi mengenai hal ini, termasuk sistem penghitungan poin dari turnamen race to Tokyo yang dibatalkan diantaranya German Open 2020, Swiss Open 2020, India Open 2020, Malaysia Open 2020, Singapore Open 2020 serta Badminton Asia Championships 2020.

"Kalau dibilang merugikan ya memang kami sebagai pemain rugi. Tapi ini kan musibah yang dialami dunia, kami enggak bisa apa-apa, demi keselamatan bersama ya," ujar Praveen menutup pembicaraan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

SCG: Tahapan Pilkada Ditunda Pengaruhi Elektabilitas Calon, Ini Sebabnya

Posted: 22 Mar 2020 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penundaan tahapan pemilihan kepada daerah (Pilkada) akan mempengaruhi elektabilitas calon. Hal ini diungkap oleh Direktur Eksekutif SCG Research & Consulting Didik Prasetiyono. 

Sebagai informasi, penundaan tahapan Pilkada telah diputuskan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor: 179/PL.02-Kpt/01/KPU/III/2020 dan Surat Edaran Nomor 8 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Keputusan KPU Nomer 179/PL.02-Kpt/01/KPU/III/2020 tersebut.

Tahapan Pilkada yang ditunda adalah pelantikan panitia pemungutan suara (PPS), dan penundaan masa kerja kepada PPS yang telah dilantik, verifikasi faktual calon perseorangan, pembentukan petugas pemutakhiran daftar pemilih, dan pemutakhiran serta penyusunan daftar pemilih. 

"Tahapan-tahapan tersebut ditunda setelah KPU mempertimbangkan arahan WHO, Presiden RI dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Penetapan kembali jadwal tahapan Pilkada akan dievaluasi pada Bulan Mei dan akan diputuskan kemudian hingga situasi Covid 19 tertangani," kata Didik Prasetiyono dalam rilisnya, Minggu (22/3/2019). 

Untuk itu, SCG melihat keputusan yang dilakukan KPU ini benar dan tepat. Penundaan tahapan Pilkada akan mengurangi interaksi pertemuan fisik dan sesuai arahan nasional untuk melakukan social distancing sebagai upaya menghentikan perluasan wabah Covid-19. 

"SCG melihat tahapan yang dilakukan penundaan adalah tahapan yang penting dan krusial, sehingga sangat mungkin bisa menunda Hari Pemungutan Suara Pilkada Serentak yang nanti seharusnya dilakukan pada 23 September 2020," ujar pria yang akrab disapa Dikdonk ini.

Penyebabnya

Menurutnya, penundaan hari pemungutan suara akan mempunyai pengaruh kepada elektabilitas calon. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya:

a. Bagi calon atau pasangan calon yang telah melakukan deklarasi pencalonan, penundaan ini akan menambah panjang waktu kampanye dan akan mempengaruhi semakin besarnya biaya kampanye yang dikeluarkan. Penurunan volume kampanye akan membuat elektabilitas melemah.

b. Pemilih akan lelah dan jenuh terhadap lamanya waktu kampanye akibat penundaan ini. Calon atau pasangan calon yang monoton dan tidak bisa memproduksi kreatifitas materi dan gerakan kampanye akan mengalami perlemahan elektabilitas.

c. Salah satu yang akan menjadi alasan penguat elektoral adalah pemilih akan melihat apa yang calon atau pasangan calon lakukan di masa krisis Covid-19. Bagaimana peran mereka dalam ikut menangani wabah ini. Kegiatan pembagian masker, hand sanitizer, disinfektan, rempah-rempah tradisional dan sejenisnya akan mempengaruhi elektabilitas.

"Tantangan bagi KPU dan peserta Pemilu adalah bahwa saat ini Pilkada tidak lagi menjadi prioritas isu bagi pemilih. Sementara pemilih akan menghindari pertemuan-pertemuan publik yang biasanya dipakai untuk sosialisasi Pemilu bagi KPU maupun peserta Pemilu," ucap Didik. 

"Covid-19 telah menyita perhatian pemilih, dan untuk itu perlu ditemukan kreativitas baru cara sosialisasi agar partisipasi pemilih nantinya tetap terjaga," tambahnya. 

 

Simak berita Times Indonesia lainnya di sini

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pantau Investasi di Tengah Pandemi Corona, BKPM Luncurkan Command Center

Posted: 22 Mar 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) meluncurkan Pusat Komando Operasi dan Pengawalan Investasi, Senin (23/3/2020). Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyatakan hal ini dibangun untuk mempermudah pusat memantau izin investasi mana saja yang sudah, sedang dan belum diproses secara mudah.

Adapun, command center ini dilengkapi dengan monitor untuk menyajikan data perkembangan investasi secara real time di seluruh Indonesia.

"Jadi sekalipun kami offline, proses kerja BKPM jalan terus, kemudian izin usaha juga keluar. Seperti ini nih, di layar, ada 105 (izin usaha)," kata Bahlil dalam peluncuran Command Center BKPM via siaran langsung, Senin (23/3/2020).

Dirinya memperlihatkan contoh pantauan real time izin usaha sebelum dan sesudah masuknya virus Corona. Sebelum Corona datang, izin usaha paling banyak datang dari sektor perdagangan, yang berada di peringkat 2. Setelah Corona mewabah, izin usaha di sektor kesehatan naik menggantikan posisi izin sektor perdagangan.

Bahlil menyatakan, ini pertama kalinya BKPM menata perkembangan izin usaha dan investasi secara real time dan termonitor. Dirinya juga memerintahkan seluruh kementerian dan lembaga yang memiliki kewenangan izin usaha agar melimpahkan hal tersebut ke BKPM.

"Dengan pelimpahan tugas ini, BKPM berbenah diri untuk memberikan kecepatan, kepastian dan efisiensi bagi para pelaku izin. Dengan sistem sekarang bisa dideteksi mandegnya di kementerian mana," lanjut Bahlil.

Bahlil menegaskan, di tengah kondisi ekonomi yang terpapar dampak Corona saat ini, investasi justru harua ditingkatkan. Dirinya memerintahkan kepada tim BKPM untuk tidak menunda-nunda izin usaha agar investasi berjalan dengan lancar.

"Kami memerintahkan kepada tim BKPM, bila ada pengusaha harus dipercepat, kalau bisa segera dipercepat," ujarnya.

Investasi China Turun, BKPM Garap Pasar Eropa dan Timur Tengah

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kepala Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyebutkan investasi yang masuk ke Indonesia merosot akibat penyebaran virus corona dari Wuhan, China. Alasannya, China merupakan negara terbesar kedua yang berinvestasi di Indonesia.

Menanggulangi ini, BKPM melakukan ekspansi investasi ke berbagai negara. Misalnya ke Singapura, Jepang, Korea hingga beberapa negara di Eropa dan Timur Tengah.

"Korea kan tidak semuanya kena, dan lagi bagus (investasinya)," kata Bahlil di Kantor BKPM, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat (6/3/2020).

Bahlil mengklaim, saat ini pihaknya sudah mendapatkan investasi dari sebuah negara di Asia. Nilai investasinya mencapai USD 3 miliar sampai USD 4 miliar.

Investasi tersebut nantinya akan membuat smelter hingga tingkat stainless steel. Namun dia masih enggan membeberkan nama perusahaan dan asal negaranya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Manfaat Daun Pegagan untuk Otak, Dapat Meningkatkan Daya Ingat

Posted: 22 Mar 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manfaat daun pegagan untuk otak tentunya dapat meningkatkan daya kerja otak menjadi lebih baik lagi. Tanaman liar satu ini tentu  mudah ditemukan disekitar kita. Daun pegagan atau istilah ilmiahnya, Centella asiatica yang awalnya hanya tanaman liar tumbuh di sekitar sawah, kebun dan pegunungan. Kini daun pegagan makin terkenal sebagai tanaman herbal yang bermanfaat untuk otak, dan tentunya cocok sebagai bahan dasar jamu.

Daun pegagan yang merupakan jenis tanaman liar ini, banyak tumbuh di negara-negara Asia seperti Tiongkok, Indonesia, Jepang, dan India. Daun pegagan memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit ringan, hingga penyakit berat. Salah satunya yakni manfaat daun pegagan untuk otak.

Selain manfaat daun pegagan untuk otak, Beberapa manfaat daun pegagan juga telah terbukti secara ilmiah untuk membantu mengobati penyakit tertentu. Daun pegagan yang  merupakan jenis tanaman liar ini, hampir diketahui oleh semua kalangan. Daun pegagan yang bisa dijadikan jamu tentunya dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit tanpa harus  pergi ke dokter untuk mendapatkan penyembuhan.

Berikut liputan6.com meragkum dari berbagai sumber, Senin (23/3/2020) tentang 5 manfaat daun pegagan untuk otak, dapat meningkatkan daya ingat. Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber, Senin (23/3/2020) tentang 5 manfaat daun pegagan untuk otak, dapat meningkatkan daya ingat.

Manfaat Daun Pegagan untuk Otak

Manfaat Daun Pegagan Untuk Otak. (Sumber: hot.liputan6.com)
Manfaat Daun Pegagan Untuk Otak. (Sumber: hot.liputan6.com)

Seperti yang telah diketahui bahwa selain daun pegagan dapat meyembuhkan beberapa penyakit, manfaat daun pegagan untuk otak juga perlu untuk diketahui agar dapat meningkatkan kinerja otak menjadi lebih baik lagi.

1. Mampu Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Manfaat daun pegagan untuk otak yang pertama adalah mampu meningkatkan daya ingat. Kandungan senyawa asiatikosida yang terkandung dalam daun pegagan mampu meningkatkan daya ingat seseorang. Kandungan zat omega yang dibutuhkan otak, terdapat pada daun pegagan ini. Dalam sebuah riset, ekstrak air herbal daun pegagan ini dapat memperbaiki daya ingat seseorang.

2. Memberi Efek Positif Terhadap Daya Rangsang Saraf Otak

Memberi efek positif terhadap daya rangsang saraf otak merupakan salah satu manfaat daun pegagan untuk otak. Daun pegagan dapat memberi efek positif terhadap daya rangsang otak sehingga otak lebih mampu untuk berpikir cepat dan dapat merespon sesuatu dengan baik.

Manfaat Daun Pegagan untuk Otak

Manfaat Daun Pegagan Untuk Otak. (Sumber: doktersehat.com)
Manfaat Daun Pegagan Untuk Otak. (Sumber: doktersehat.com)

3. Melancarkan Peredaran Darah Pada Otak

Daun pegagan yang memiliki rasa manis dan bersifat mendingikan ini juga dapat melancarkan peredaran darah pada otak. Otak merupakan salah satu bagian yang memiliki peranan penting bagi tubuh, dan merupakan pusat dari segala aktivitas yang dilakukan oleh manusia.

Apabila sirkulasi darah pada tubuh manusia tidak lancar, beragam gangguan kesehatan pada tubuh pun dapat terjadi. Untuk itu penting menjaga kesehatan otak dan menjaga agar peredaran darah di otak tetap lancer dan baik.

 4. Meningkatkan  Fungsi Kognitif Otak

Manfaat daun pegagan untuk otak selanjutnya adalah daun pegagan dapat meningkatkan fungi kognitif otak. Sebuah penelitian membuktikan bahwa daun pegagan dapat menigkatkan fungsi kognitiff otak dan dipercaya efektif untuk megembalikan daya ingat seseorang yang stroke.

5. Dapat Meningkatkan IQ dan Kemampuan Mental

Manfaat daun pegagan untuk otak selanjutnya yakni dapat meningkatkn IQ dan kesehatan mental, serta menanggulagi lemah mental pada anak. Meningkatkan kemampuan belajar dan menguatkan memori otak anak. Karena manfaat daun pegagan ini banyak untuk kesehatan otak, sehingga daun pegagan disebut sebagai makanan otak.

Kandungan Daun Pegagan

(Sumber Shutterstock.com)
(Sumber Shutterstock.com)

Selain mengetahui manfaat daun pegagan untuk otak, penting juga untuk mengetahui Kandugan apa saja yang terkandung dalam daun pegagan, sehingga memiliki berjuta manfaat untuk otak. Daun pegagan memiliki kandungan kimiawi yang terdiri dari asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, brahminoside, madasiatic acid, meso-inositol, centelloside, carotenoids, hydrocotylin, vellarine, dan tanin.

Garam mineral yang terkandung dalam daun pegagan yakni seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium dan besi juga merupakan salah satu kandungan sehingga daun pegagan memiliki banyak manfaat daun pegagan untuk otak.

Glikosida triterpenoida yang disebut asiaticoside diduga merupakan antilepra dan penyembuh luka yang sangat luar biasa. Zat vellarine yang terdapat pada daun pegagan tersebut memberikan rasa pahit ketika di konsumsi.

Efek Samping Daun Pegagan

Manfaat Daun Pegagan Untuk Otak. (Sumber: fumyherbalalam.com)
Manfaat Daun Pegagan Untuk Otak. (Sumber: fumyherbalalam.com)

Makanan yang disebut sebagai makanan otak ini memiliki berjuta manfaat untuk otak. Di samping berjuta manfaat daun pegagan untuk otak, penting untuk mengetahui efek samping yang ditimbulkan dari mengonsumsi daun pegagan.

Tanaman herbal satu ini memiliki risiko efek samping yang tak boleh dipandang sebelah mata. Beberapa efek samping yang mungkin terjadi karena penggunaan ekstrak daun pegagan ini adalah sakit kepala, sakit perut, mual dan muntah, pusing, kulit terasa terbakar atau perih, serta reaksi alergi.

Mengonsumsi ekstrak daun pegagan diawali dengan dosis rendah dan kemudian ditingkatkan secara bertahap dapat membantu mengurangi risiko efek samping dari mengonsumsi daun pegagan ini. Jika kamu menggunakan daun pegagan sebagai salep atau digunakan untuk menyebuhkan luka di anggota tubuh, sebaiknya oleskan salep daun pegagan secara tipis-tipis pada siku atau punggung tangan untuk melihat efeknya sebelum digunakan di tempat yang bermasalah.

Tanaman herbal daun pegagan ini juga sebaiknya tidak boleh dikonsumsi dalam jangka panjang. Idealnya, daun pegagan dikonsumsi selama dua hingga enam minggu. Atau sebaiknya anda bisa konsultasikan ke dokter sebelum mengonsumsi atau menggunakannya. Karena walaupun berbahan herbal, daun pegagan harus dikonsumsi sesuai anjuran dokter.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tagar Lockdown Indonesia Jadi Trending Topic

Posted: 22 Mar 2020 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Twitter diramaikan dengan tagar lockdown Indonesia pada Senin (23/3/2020). Warganet minta pemerintah segera melakukan lockdown untuk antisipasi meluasnya penyebaran virus corona.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Politikus PDIP: Kuburan Massal Corona Covid-19 Harus Dicegah

Posted: 22 Mar 2020 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan, 45 ribu dari 105 ribu unit Alat Perlindungan Diri atau APD akan didistribusikan di wilayah DKI Jakarta, Bogor, dan Banten, serta 40 ribu unit akan didistribusikan di Jabar, Jateng, Yogyakarta, dan Bali, serta 10 ribu unit akan didistribusikan ke seluruh provinsi di luar Jawa dan 1 ribu sebagai cadangan

Anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan Adian Napitupulu menyarankan pemerintah segera membuka keran impor untuk alat medis. Dia menilai impor itu dibutuhkan karena jumlah pasien meninggal akibat virus Covid-19 terus bertambah.

"Kuburan massal harus dicegah dengan segala cara, salah satunya adalah dengan membuka keran impor untuk alat alat medis baik utuh maupun bahan baku terkait virus corona," ujar Adian kepada wartawan, Senin (23/3/2020).

Adian menilai, perlu impor alat-alat kesehatan seperti masker, alat pelindung diri, termometer, sarung tangan, hand sanitizer, disinfektan, dan alat rapid test. Menurutnya pihak yang bisa mengimpor alat tersebut harus diberi kemudahan.

"Semua pihak yang sanggup mengimpor alat alat tersebut selama kriteria dan uji alatnya layak harus diberi extra kemudahan import bila perlu sementara waktu di bebaskan dari bea impor dan pajak agar alat alat itu menjadi murah dibeli siapapun," kata dia.

 

Meringankan Tugas Pemerintah

Mesty Ariotedjo, selebritas dan dokter yang baru menyelesaikan program spesialis anak itu menagih janji pemerintahan Jokowi untuk menyediakan APD bagi paramedis yang menangani pasien COVID-19. (dok. Insta Story @mestyarioetdjo/Dinny Mutiah)
Mesty Ariotedjo, selebritas dan dokter yang baru menyelesaikan program spesialis anak itu menagih janji pemerintahan Jokowi untuk menyediakan APD bagi paramedis yang menangani pasien COVID-19. (dok. Insta Story @mestyarioetdjo/Dinny Mutiah)

Tujuannya agar alat medis tersebut mudah ditemukan di toko dan apotek agar masyarakat mudah mendapatkannya. Sehingga, semua pihak saling kerjasama untuk menghalau penyebaran virus corona.

"Dalam situasi ini, kebanjiran lebih baik daripada kekurangan," kata anggota Komisi I DPR ini.

Impor tersebut juga dinilai akan meringankan tugas pemerintah untuk menyediakan alat medis. Tugas pemerintah di sini bisa menetapkan harga eceran tertinggi.

"Kalau negara bisa memanfaatkan para importir dan pedagang maka alat medis itu bisa sampai ke seluruh pelosok pedalaman dengan harga murah tanpa menguras anggaran pemerintah. Selanjutnya Pemerintah bisa menghemat anggaran yang ada untuk di gunakan fokus pada hal lain seperti membangun RS untuk karantina, mensubsidi obat dan alat medis untuk orang orang yang benar benar tidak mampu, lansia, tuna wisma," jelas Adian.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bangun Stasiun Medis Darurat, Upaya Donald Trump Lawan Corona COVID-19

Posted: 22 Mar 2020 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Washington, D.C - Presiden Donald Trump memerintahkan untuk melakukan penyebaran stasiun medis darurat dengan kapasitas 4.000 tempat tidur di seluruh Amerika Serikat.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Senin (23/3/2020) Trump mengatakan pada konferensi pers bahwa ia telah memerintahkan badan manajemen darurat FEMA untuk mendirikan stasiun medis di negara bagian New York, California dan Washington.

Dia mengatakan delapan stasiun di California akan memiliki 2.000 tempat tidur dan empat stasiun untuk negara bagian New York dan Washington akan memiliki total 1.000 tempat tidur masing-masing.

"Saya ingin meyakinkan orang-orang Amerika bahwa kami melakukan segala yang kami bisa setiap hari untuk hadapi musuh yang tak terlihat dan yang mengerikan ini," katanya.

"Kami berperang, dalam arti sebenarnya kami berperang," tambah Donald Trump.

AS memiliki hampir 33.000 kasus COVID-19 yang dikonfirmasi, dengan 409 kematian, menurut penghitungan dari Universitas Johns Hopkins.

Trump mengatakan ia telah menyetujui permintaan untuk mengeluarkan deklarasi bencana besar di negara bagian New York.

Trump juga menambahkan bahwa dia telah menyetujui negara bagian Washington untuk melakukan hal yang sama.

Trump mengatakan kepada para wartawan dalam pertemuannya di Gedung Putih yang sekarang menjadi harian tentang pandemi, bahwa pemerintah federal akan membayar tentara Garda Nasional untuk dikerahkan di tiga negara bagian guna menahan penyebaran Virus Corona baru itu.

Donald Trumpmenambahkan bahwa Korps Insinyur Angkatan Darat AS akan membantu membangun situs medis sementara di New York dan kapal rumah sakit Angkatan Laut AS USNS Mercy akan dikerahkan ke Los Angeles.

 

Antisipasi Otoritas New York

Kunjungan Donald Trump dengan otoritas layanan kesehatan AS terkait uji Virus Corona di Atlanta. (AP Photo/Alex Brandon)
Kunjungan Donald Trump dengan otoritas layanan kesehatan AS terkait uji Virus Corona di Atlanta. (AP Photo/Alex Brandon)

Sebelumnya, Wali Kota New York City Bill de Blasio pada Minggu, 15 Maret 2020 mengumumkan penutupan sekolah dan aktivitas belajar. Hal ini dilakukan sebagai langkah yang bertujuan untuk mengantisipasi penyebaran pandemi Virus Corona COVID-19.

"Dengan menyesal saya mengumumkan bahwa mulai besok sekolah-sekolah umum akan kami tutup," de Blasio mengatakan pada konferensi pers, demikian dikutip dari laman Channel News Asia.

Sebenarnya, Wali Kota New York City menentang penutupan, takut dampak pada ekonomi dan layanan publik menjadi terbengkalai.

Namun, tekanan pada wali kota terus meningkat, datang dari orangtua, pendidik, dan pejabat rumah sakit setempat.

Jumlah kasus Virus Corona COVID-19 yang dikonfirmasi di kota berpenduduk 8,5 juta ini terus meningkat, melewati 300 orang pada hari Minggu kemarin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menhan Prabowo: 12 Ton Alkes Penanganan Covid-19 dari China Segera Didistribusikan

Posted: 22 Mar 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima alat kesehatan untuk penanganan Covid-19 yang dijemput tim TNI AU dari China. Alat kesehatan yang diserahterimakan sebanyak 12 ton. 

"Jumlahnya ada 12 ton," ujar Prabowo di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (23/3/2020).

Alat kesehatan yang diterima Prabowo ini antara lain tutup kepala dan sepatu, serta kacamata.

Menurut dia, alat kesehatan ini segera didistribusikan ke rumah sakit yang menjadi rujukan untuk menangani Covid-19.

"Segera didistribusikan ke rumah sakit-rumah sakit dan ini akan kita laksanakan terus-menerus," kata Prabowo soal alat kesehatan untuk penanganan Covid-19.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Juventus Siap Perpanjang Kontrak Buffon dan 2 Pemain Senior

Posted: 22 Mar 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com,Turin- Juventus tak peduli dengan usia Gianluigi Buffon. Klub asal kota Turin ini dikabarkan akan memperpanjang kontrak Buffon, kiper legendaris asal Italia.

Pada tanggal 28 Januari 2020 kemarin, BUffon merayakan ulang tahunnya yang ke-42. Dan di usianya yang segitu, ia masih ikut bersaing dengan pemain-pemain muda lain dalam level kompetisi papan atas.

Buffon sendiri sudah tidak lagi menjabat sebagai kiper utama maupun kapten Juventus. Kedua posisi tersebut telah diserahkan kepada dua rekan setimnya, Wociech Szczesny dan juga Giorgio Chiellni.

Dan pada usianya yang sekarang, Buffon seharusnya sudah merintis karir sebagai seorang pelatih. Namun tidak, ia masih memperkuat Juventus dan belum menunjukkan tanda-tanda akan gantung sepatu dalam waktu dekat.

 

Buffon Sudah Sepakati Kontrak Baru

Gianluigi Buffon kesal dengan wasit Michael Olivier ketika Juventus menang 3-1 atas Real Madrid di Stadion Santiago Bernabeu, Rabu (11/4/2018) atau Kamis dini hari WIB.  (AP Photo/Francisco Seco)
Gianluigi Buffon kesal dengan wasit Michael Olivier ketika Juventus menang 3-1 atas Real Madrid di Stadion Santiago Bernabeu, Rabu (11/4/2018) atau Kamis dini hari WIB. (AP Photo/Francisco Seco)

Saat ini kontrak Buffon di Juventus tinggal menyisakan beberapa bulan. Sebagaimana yang diketahui, Bianconeri hanya memberinya kontrak berdurasi satu tahun setelah resmi merekrutnya kembali dari PSG di musim panas lalu.

Ini adalah momen yang tepat bagi Buffon untuk berpisah dengan Juventus. Namun ternyata, pihak klub memiliki pendapat yang lain dan berniat untuk memperpanjang kontraknya selama satu tahun lagi.

Bahkan kabar dari Goal mengemukakan kalau Buffon sudah menerima sodoran kontrak barunya. Yang tersisa hanyalah proses penandatanganan sebagai bentuk formalitas.

 

Kontrak Baru untuk Dua Veteran Lainnya

 

Kontrak anyar juga diberikan kepada dua pemain senior yang masa abdinya akan berakhr pada bulan Juni nanti. Mereka adalah Giorgio Chiellini dan Blaise Matuidi.

Juventus merasa masih butuh kedua sosok tersebut meski sudah melakukan proses regenerasi di sektor tempat dua pemain itu bermain. Contohnya, mereka sudah punya bek potensial pada diri Matthijs De Ligt dan Merih Demiral.

Di sektor gelandang, Juventus punya Rodrigo Bentancur dan telah merekrut sosok yang lebih muda dari Matuidi, seperti Adrien Rabiot dan Aaron Ramsey. Porsi bermain Matuidi pun mulai berkurang di musim ini.

Chiellini bahkan baru mencatatkan tiga penampilan saja. Namun hal itu tidak disebabkan oleh adanya penurunan performa, melainkan cedera ACL yang dideritanya pada awal musim kemain.

(Daily Mail)

Disadur dari Bola.net (Yaumil Azis,published 23/3/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal KRL Kembali Normal Sore Nanti

Posted: 22 Mar 2020 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) akan kembali menormalkan jam operasional kereta commuterline (KRL) pada sore nanti, yakni pukul 15.00 WIB.

VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba menyebut kereta commuterline akan kembali melayani sebanyak 991 perjalanan setiap harinya. Yakni mulai pukul 04.00 hingga 24.00 WIB.

"Dengan normalisasi jadwal ini, kami menghimbau pengguna untuk tetap beraktivitas dari rumah, kecuali kegiatan yang sangat perlu dan mendesak. Jadwal KRL Kembali normal tidak untuk dimanfaatkan bepergian dengan tujuan-tujuan yang tidak mendesak," kata Anne dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Senin (23/3/2020).

Sebelumnya, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) membatasi jam operasional kereta mulai Senin (23/3/2020) hingga dua pekan ke depan. Pembatasan itu guna mencegah penyebaran virus corona atau covid-19.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo menyatakan hal tersebut sudah berdasarkan koordinasi dengan Kementrian Perhubungan, PT KCI.

Sebab menyesuaikan dengan jam operasional transportasi di Jakarta, seperti halnya Transjakarta, MRT dan LRT.

"Mulai 23 Maret 2020 sampai dengan 5 April 2020 operasional KRL juga mulai pukul 06.00 sampai 20.00 WIB," kata Syafrin saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (22/3/2020).

Penumpang Mengeluh

Antrean calon penumpang KRL Commuter Line untuk memasuki Stasiun Sudirman, Jakarta, Selasa (17/3/2020. Terjadi antrean akibat PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memberlakukan kebijakan pengecekan suhu tubuh bagi penumpang KRL mengantisipasi penyebaran virus corona Covid-19.\ (Liputan6.com/Johan Tall
Antrean calon penumpang KRL Commuter Line untuk memasuki Stasiun Sudirman, Jakarta, Selasa (17/3/2020. Terjadi antrean akibat PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memberlakukan kebijakan pengecekan suhu tubuh bagi penumpang KRL mengantisipasi penyebaran virus corona Covid-19.\ (Liputan6.com/Johan Tall

Sementara itu, sejumlah pengguna kereta listrik (KRL) commuterline mengeluhkan adanya penumpukan penumpang di stasiun ataupun dalam gerbong.

Sebab mulai hari ini, Senin (23/3/2020) PT KCI memberlakukan pembatasan jam operasional kereta untuk pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19.

Achmad Arifandy Nasution mengaku kereta dari Bogor-Jakarta Kota penuh sesak dengan masyarakat yang ingin berkerja. Bahkan sebelum kereta datang para pengguna sudah ramai untuk menunggu.

"Penuh kereta yang dari Bogor. Kemarin-kemarin sebelum pengurangan jam segini (08.00 WIB) sepi," kata Arifandy, Senin (23/3/2020).

Hal yang sama juga dirasakan oleh Dinur Syafei sebagai pengguna rute Rangkas Bitung-Tanah Abang. Untuk keberangkatan pukul 07.29 WIB kereta sudah penuh dengan penumpang dari stasiun sebelumnya.

Dia mengaku saat di dalam kereta pun penumpang saling berdesakan dan tidak bisa bergerak layaknya kereta setiap pagi hari.

"Kaki gue aja melayang satu enggak bisa sentuh lantai. Padat banget, sumpek. Rata-rata pada pakai masker," jelasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jabar Bakal Gelar Rapid Test COVID-19 Massal di Sejumlah Daerah

Posted: 22 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Bekasi Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengatakan pihaknya akan menggelar rapid test COVID-19 secara massal untuk warga Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Karawang di area Stadion Patriot Chandrabhaga, Kota Bekasi.

"Kepada warga Kota dan Kabupaten Bekasi juga Karawang mulai Selasa (24 Maret 2020) atau paling telat Rabu (25 Maret 2020) akan dilakukan tes massal dengan metode rapid test," kata Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil usai meninjau kesiapan Stadion Patriot Chandrabhaga bersama Wali Kota Bekasi, Minggu (22/3/20).

Rapid test merupakan metode pemeriksaan untuk melacak infeksi virus SARS-CoV-2 dengan mengambil sampel darah yang akurasinya mencapai 95 persen. Hasil rapid test dapat diketahui dalam waktu 10 menit.

Jika ada warga yang positif COVID-19 dari hasil rapid test, warga tersebut akan dites kembali dengan metode PCR dengan mengambil sampel lendir di hidung dan tenggorokan.

"Kalau dia negatif silakan pulang, tapi kalau positif kita tes lagi oleh metode PCR, kalau betul-betul positif tim akan membawanya ke rumah sakit," ucap Kang Emil.

Teknis pelaksanaan rapid test sedang dibahas oleh Forkopimda Kota Bekasi dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar, termasuk mendata warga.

 

Konsep Drive Thru

Menurut Kang Emil, pelaksanaan tes akan menggunakan konsep drive thru. Hal itu bertujuan untuk menghindari kerumunan saat pelaksanaan tes.

"Gambarannya, minimal stadion ada tiga jalur masuk, jadi dia datang dites di sebuah tenda ambil sampel darahnya lalu masuk ke area tunggu tanpa harus turun dari kendaraan. Bagi yang tidak punya kendaraan, ketua RW dan Lurah wajib menyediakan kendaraan," katanya.

Sedangkan, kriteria warga yang dites pada tahap satu adalah semua Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP). Kemudian, 50 orang terdekat yang sempat melakukan kontak fisik dengan PDP dan ODP akan dites, termasuk warga yang berkontak fisik dengan pasien positif COVID-19.

"Kriteria kedua adalah petugas kesehatan. Dan kriteria ketiga adalah warga yang profesinya banyak berinteraksi dengan masyarakat seperti Lurah, Camat, Kiai, ulama," kata Kang Emil.

"Tahap satu ini tidak semua akan dites karena tidak mungkin. Di Korea Selatan saja yang jumlah penduduknya 45 juta, hanya mengetes 200 ribu orang. Jadi, ada kriterianya tidak dites semua. Tetapi, setelah tahap satu selesai, seiring dengan datangnya alat tes yang lebih banyak, masuk ke tahap dua yaitu masyarakat yang ingin dites," imbuhnya.

 

Terbagi Dalam Tiga Zona

Kang Emil mengatakan, peralatan untuk rapid tes akan segera datang di Kota Bandung pada awal pekan ini. Selain itu, kata dia, pelaksanaan pemeriksaan tes massal COVID-19 di Jabar terbagi dalam tiga zona menyesuaikan dengan banyak jumlah warga yang terpapar.

"Alat untuk rapid tes ini pemerintah pusat sudah menjanjikan akan tiba di Bandung sebagai ibu kota Jabar pada besok," ucapnya.

"Di Jabar ada 3 zona yang kami tetapkan untuk pemeriksaan massal. Stadion Patriot (Chandrabhaga) untuk warga Kota, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang. Stadion Pakansari untuk warga Kota Kabupaten Bogor dan Kota Depok. Sisanya, di Stadion Jalak Harupat untuk daerah lainnya, karena statistiknya mengecil," tambahnya.

Pada Minggu (22/3/20) siang, tercatat 55 warga Jabar positif COVID-19. Dari jumlah tersebut, kebanyakan warga Jabar positif COVID-19 berada di wilayah Bogor, Depok dan Bekasi.

Menurut Kang Emil, hal itu mengindikasikan mayoritas penyebaran penularan adalah daerah-daerah yang berdekatan dengan DKI Jakarta sebagai episentrum dari penularan COVID-19.

"Arahan saya, kebijakan yang ada di DKI Jakarta tolong di-copy oleh Bodebek (Bogor, Depok, Bekasi) karena situasinya sama, kotanya padat, kemudian statistik jumlah terjangkitnya juga tinggi," katanya.

Usai melakukan rapat koordinasi di Kota Bekasi, Kang Emil menggelar pertemuan dengan Wali Kota Depok, Wakil Wali Kota Bogor, dan Bupati Bogor untuk pesiapan pelaksanaan rapid tes.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: