Senin, 02 Maret 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


6 Editan Foto Seleb Bak Pasangan Kekasih Ini Bikin Ketawa Geli

Posted: 02 Mar 2020 10:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih saat ini yang enggak tahu Photoshop? Photoshop menjadi aplikasi edit foto paling banyak diminati. Dengan bantuan aplikasi ini seseorang mampu mengubah foto yang awalnya biasa-biasa saja menjadi editan yang mengagumkan.

Enggak cuma itu aja, hasil editan Photoshop juga bisa membuat perut kamu tergelitik loh. Kamu pasti sering menemukan hasil edit foto yang nyeleneh seperti seleb dunia sedang berjualan di Indonesia, atau editan kocak lainnya.

Seperti halnya yang dilakukan oleh seorang pengguna Instagram @raffaeldygta. Pemilik akun dengan 3 ribu lebih pengikut ini kerap mengunggah foto-foto lucu hasil editannya. Salah satunya, saat seleb Tanah Air terlihat sedang berpacaran. Keisengannya dalam mengedit beberapa foto artis terlihat sangat lucu.

Melihat hasil karyanya, dijamin bikin kamu tersenyum geli. Penasaran seperti apa potretnya? Dilansir dari akun Instagram @raffaeldygta, berikut Liputan6.com ulas editan foto seleb bak pacaran yang bikin ketawa geli, Selasa (3/3/2020).

 

1. Waduh bang, inget sudah punya istri sama anak.

Editan Foto Seleb Bak Pacaran (Sumber: Instagram/raffaeldygta/)
Editan Foto Seleb Bak Pacaran (Sumber: Instagram/raffaeldygta/)

2. Prilly diedit dan disandingkan dengan Andika Kangen Band.

Editan Foto Seleb Bak Pacaran (Sumber: Instagram/raffaeldygta/)
Editan Foto Seleb Bak Pacaran (Sumber: Instagram/raffaeldygta/)

3. Wajahnya Ade Bajaj sumringah banget nih waktu gandengan sama Chrissy Teigen.

Editan Foto Seleb Bak Pacaran (Sumber: Instagram/raffaeldygta/)
Editan Foto Seleb Bak Pacaran (Sumber: Instagram/raffaeldygta/)

4. Begini jadinya jika Sule sama Maya Septha disandingkan.

Editan Foto Seleb Bak Pacaran (Sumber: Instagram/raffaeldygta/)
Editan Foto Seleb Bak Pacaran (Sumber: Instagram/raffaeldygta/)

5. Cerai dari Song Hye Kyo, Song Joong Ki kini sama Elly Sugigi.

Editan Foto Seleb Bak Pacaran (Sumber: Instagram/raffaeldygta/)
Editan Foto Seleb Bak Pacaran (Sumber: Instagram/raffaeldygta/)

6. Setuju enggak nih kalau Verrel Bramastha menikah dengan Ana Pinem?

Editan Foto Seleb Bak Pacaran (Sumber: Instagram/raffaeldygta/)
Editan Foto Seleb Bak Pacaran (Sumber: Instagram/raffaeldygta/)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Produksi Mobil Honda Terganggu Virus Corona

Posted: 02 Mar 2020 10:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Honda Motor resmi mengurangi produksinya di pabrik perakitan Jepang untuk sementara waktu. Hal tersebut, karena kurangnya pasokan suku cadang dari Cina, akibat virus Corona yang masih mengancam beberapa negara di dunia.

Melansir Asian Nikkei Review, pabrikan berlambang huruf 'H' ini akan mengurangi output produksi sebanyak ratusan unit kendaraan di dua pabrik di Prefektur Saitama. Pengurangan ini, akan berlangsung selama beberapa hari, mulai awal bulan ini.

Sementara itu, fasilitas perakitan tersebut memproduksi beberapa kendaraan seperti Vezel dan Odyssey.

"Komponen untuk seperti rem dan pintu telah menunjukan tanda-tanda kekurangan," ujar salah seorang eksekutif di bagian pemasok suku cadang.

Honda sendiri memiliki tiga pabrik perakitan di Wuhan, Cina, tempat di mana pusat penyebaran wabah Corona. Bahkan, banyak pembuat suku cadang yang juga berada di wilayah tersebut.

Honda berharap, untuk memulai kembali produksinya di Wuhan pada 11 Maret, namun persediaan komponen untuk beberapa model juga habis. "Pengiriman mulai ditunda untuk Fit, dan model lainnya," jelas salah satu sumber di dealer.

Sementara itu, pembuat mobil asal Jepang lainnya juga telah menyesuaikan produksi, mengingat pasokan komponen dari Cina juga terganggu. Nissan Motor sendiri telah menangguhkan produksi pada Sabtu dan Minggu, di pabrik anak perusahaan Prefektur Fukuoka, mulai bulan ini.

Karyawan Positif Corona, Hyundai Korea Selatan Tutup Pabrik

Hyundai Motor resmi menutup pabriknya di Korea Selatan, Jumat (28/2/2020), setelah karyawannya dinyatakan positif terkena virus Corona. Dengan penghentian produksi ini, pastinya akan mengganggu kiriman model-modelnya untuk domestik maupun ekspor.

Melansir Reuters, saham Hyundai langsung turun 5 persen akibat berita penutupan pabrik tersebut. Selain itu, masalah ini juga cukup memukul telak bisnis Hyundai, karena pabrikan Korea Selatan sudah mulai melakukan produksi secara bertahap, setelah terganggunya pasokan suku cadang dari Cina.

Seperti diketahui, Korea Selatan menjadi negara yang cukup parah terinfeksi virus Corona di luar Cina. Akibatnya, beberapa perusahaan seperti Hyundai dan Samsung mengalami masalah produksi.

"Perusahaan juga telah menempatkan kolega yang melakukan kontak dekat dengan karyawan yang terinfeksi dalam karantina, dan mengambil langkah-langkah agar dites kemungkinan infeksi," jelas Hyundai Motor dalam siaran pers.

Sementara itu, pihak Hyundai sendiri tidak memberikan informasi lebih lanjut terkait kapan produksi bisa dilanjutkan.

Sekedar informasi, pabrik Hyundai sendiri terletak di Ulsan, yang berjarak kurang dari satu jam perjalanan dari Daegu, pusat wabah Corona di Korea Selatan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Corona, Intip Cara Mudah Membuat Hand Sanitizer di Rumah

Posted: 02 Mar 2020 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengumumkan dua WNI positif virus corona pada Senin, 2 Maret 2020. Hal tersebut sekaligus menandai kasus pertama COVID-19 di Indonesia.

Bersamaan dengan itu, imbauan pencegahan infeksi virus tersebut kian banyak diserukan, satu di antaranya penggunaan hand sanitizer. Jika stok di pasaran kian menipis, Anda bisa membuat hand sanitizer sendiri di rumah.

Ada beberapa bahan yang Anda perlukan untuk membuat hand sanitizer sebagai upaya pencegahan virus corona. Simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari Oregon Live, Selasa (3/3/2020).

Bahan-Bahan:

2/3 cup Isopropil alkohol 91%

1/3 cup gel lidah buaya

Minyak esensial sesuai keinginan (opsional)

Mangkuk kecil atau besar

Sendok

Wadah kosong, seperti wadah 3 ons dari travel toiletries kit

Selotip kecil untuk memberi label hand sanitizer

Langkah-langkah Pembuatan:

Hand sanitizer. (iStock)
Hand sanitizer. (iStock)

1. Aduk Isopropil alkohol dan gel lidah buaya di dalam mangkuk hingga tercampur rata.

2. Tambahkan 8--10 tetes minyak esensial (opsional). Aduk hingga rata.

3. Tuang hand sanitizer buatan sendiri ke wadah yang kosong.

4. Tulis "hand sanitizer" pada selotip dan tempel pada botol.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kurang Pengawasan, Remaja Difabel Tewas Tersedak Sarung Tangan Lateks

Posted: 02 Mar 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sophia Nisco remaja dengan disabilitas berat ditemukan tidak bernyawa di kamar mandi sebuah layanan perawatan disabilitas Riverside Disability Living, Felixstow, Australia. Gadis usia 16 ini tewas pada Februari 2017 karena tersedak sarung tangan lateks.

Wakil koroner negara bagian, Anthony Schapel mengungkap, Sophia memiliki kecenderungan untuk memasukkan barang-barang ke dalam mulutnya. Disabilitas yang disandang adalah cerebral palsy, autisme, ADHD, gangguan pendengaran dan penglihatan serta memiliki usia mental satu tahun.

"Kematiannya dapat dicegah jika tingkat pengawasan tinggi," kata Anthony pada abc.net.au.

Anthony memprediksi, sarung tangan diletakkan secara sembarangan dan tidak ada pengasuh  yang mengawasi Sophia secara konstan. Ia menambahkan, perawat tidak mungkin tidak mengetahui kecenderungan anak itu yang suka memasukkan benda ke dalam mulutnya.

"Sophia membutuhkan pengawasan konstan, saat berada di lingkungan Riverside dia tidak mendapat pengawasan konstan. Ketika dia tidak diawasi, dia dapat menemukan sarung tangan dan mengambilnya. Kematiannya dapat dicegah jika dia diberikan tingkat pengawasan dan pengamatan yang diperlukan."

Anthony merekomendasikan satu perawat untuk satu anak yang rentan. Pencatatan tentang karakteristik dan kebutuhan anak pun diperlukan.

Kekecewaan Keluarga

Di luar pengadilan, ayah Sophia, Vincent Nisco, mengatakan dia berharap apa yang terjadi pada putrinya tidak akan terjadi pada anak lain. Dia setuju bahwa kejadian tersebut sebetulnya dapat dicegah.

Pengacara Andrew Carpenter, untuk ibu Sophia, Nella Nisco, mengatakan kliennya menyambut rekomendasi tersebut. Sang ibu sangat menyayangkan kematian Sophia yang sebetulnya dapat diprediksi dan dicegah.

"Saat ini, pihak  Riverside Disability Living berpotensi akan menghadapi komisi kerajaan berdasarkan pelecehan, pengabaian dan eksploitasi anak-anak dalam pengasuhan," katanya.

Dia mengatakan, ini mengecewakan keluarga Nisco mengingat layanan perawatan Sophia yang tidak baik. Mereka sadar gadis itu sering memasukkan barang-barang ke dalam mulutnya, termasuk sarung tangan lateks, namun mereka tidak dapat mencegah.

"Ini jelas tidak bisa diterima, kami akan meminta pemerintah untuk mempercepat jalur komisi kerajaan."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenkes Tegaskan Keputusan Pembatasan Perjalanan Ada di Kemenlu

Posted: 02 Mar 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan pembatasan perjalanan ke beberapa negara terjangkit virus Corona COVID-19 bukanlah keputusan mereka, melainkan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu). Namun, Kemenkes tetap memiliki peran dalam memberikan pertimbangan terkait situasi kesehatan.

"Sampai sekarang Kementerian Kesehatan belum dan/tidak menjadi bagian dari keputusan pembatasan negara asing," kata Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Anung Sugihantono di Jakarta, ditulis Selasa (3/3/2020).

Dalam konferensi pers terkait virus Corona di Indonesia, di kantor Kemenkes Senin kemarin, Anung mengatakan pihaknya hanya memberikan pendapat untuk Kemenlu dan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

"Tetapi keputusannya ada di Kementerian Luar Negeri. Meski imigrasi juga meminta pertimbangan kepada kami mengenai hal ini," Anung menambahkan.

Waspada di 5 Negara

Warga Iran terlihat memakai masker sebagai upaya perlindungan dari Virus Corona yang telah menyebar luas di negara tersebut. (AP/ Vahid Salemi)
Warga Iran terlihat memakai masker sebagai upaya perlindungan dari Virus Corona yang telah menyebar luas di negara tersebut. (AP/ Vahid Salemi)

Lebih lanjut, Kemenkes menyatakan mereka hanya memberikan informasi mengenai epidemi yang terjadi di negara-negara yang berhubungan dengan Indonesia, termasuk mekanisme penularannya. Menurut dia, setiap negara memiliki kasus yang berbeda.

"Saya ambil contoh di Korea ada satu daerah yang sudah diisolasi, Daegu. Penularannya sebagian besar adalah asimptomatik. Kemudian beda lagi dengan kasus yang di Iran, angka kematiannya tinggi. Beda lagi dengan apa yang terjadi di China dan beda lagi apa yang terjadi di Singapura," kata Anung.

"Kami tidak dalam posisi kemudian mengatakan yang ini harus ini, yang itu harus itu dan sebagainya. Kita bicara terhadap risiko. Risiko terhadap traveler dari negara ini ke sana dan negara sana kemari dan prosedur yang bisa kita lakukan di negara kita."

Sehingga, Kemenkes tidak mengeluarkan pembatasan ke negara-negara terjangkit virus Corona. Namun Kemenlu, setelah mendapatkan pertimbangan dari Kemenkes dan berkonsultasi dengan Presiden Joko Widodo-lah, yang mengeluarkan keputusan tersebut.

Meskipun begitu, kepada masyarakat, Anung menyampaikan ada beberapa negara yang harus diwaspadai yaitu: China, Korea Selatan, Italia, Iran, dan Singapura. Kelima daerah tersebut memiliki angka tertinggi kasus COVID-19.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Situs Cek Fakta Belum Efektif Jangkau Pengunjung Situs Tidak Kredibel selama Pilpres AS 2016

Posted: 02 Mar 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jangkauan hoaks selama Pilpres AS 2016 dan dampaknya selama masa kampenye telah menjadi perdebatan.

Hal ini mendorong para peneliti di Dartmouth University, Princeton University, dan University of Exeter untuk mengukur audiens dari hoak-hoaks yang telah beredar. Mereka mengukur kunjungan ke situs web dengan kredibilitas meragukan selama periode sebelum dan setelah Pilpres AS 2016.

Penelitian ini melibatkan survei online terhadap 2.525 orang Amerika dan menggunakan data lalu lintas web yang dikumpulkan YouGov Pulse (7 Oktober-16 November 2016) dari laptop atau komputer desktop responden. Metode ini tidak meminta orang-orang mengingat situs web yang mereka kunjungi, yang berpotensi mengganggu kesalahan pengukuran.

Ternyata, kurang dari separuh orang Amerika mengunjungi situs web tidak kredibel. Selain itu, rata-rata situs web kredibel hanya menyumbang enam persen dari semua berita yang orang Amerika baca.

Secara ideologis, konten situs konservatif tidak kredibel menyumbang hampir 5 persen dari berita. Sebaliknya, situs liberal tidak kredibel hanya menyumbang kurang dari 1 persen.

Responden yang mengidentifikasi diri mereka sebagai pendukung Donald Trump juga lebih cenderung mengunjungi situs kredibel (57 persen) ketimbang mereka yang mendukung Hillary Clinton (28 persen).

Situs cek fakta

Ilustrasi hoax (iStockPhoto)
Ilustrasi hoax (iStockPhoto)

Lebih lanjut disebutkan bahwa Facebook menjadi pintu utama bagi mereka yang mengakses situs web tidak kredibel.

Temuan lain penelitian ini menunjukkan situs-situs pengecekan fakta relatif belum efektif dalam menjangkau audiens situs tidak kredibel. Hanya 44 persen responden pengunjung situs tidak kredibel yang juga mengunjungi situs pengecekan fakta selama penelitian.

Selain itu, hampir tidak satu pun dari mereka pernah membaca cek fakta yang menyanggah klaim spesifik dalam artikel yang berpotensi diragukan.

"Temuan ini menunjukkan mengapa kita perlu mengukur paparan hoaks daripada hanya menganggapnya ada di mana-mana di internet," kata Brendan Nyhan, profesor di bidang pemerintahan di Dartmouth University dikutip dari rilis resmi penelitian.

Misinformasi di internet, menurut Brendan, memang masalah serius. Namun dia menekankan bahwa masalah ini dapat diatasi dengan tepat, jika kita mengetahui besaran masalah itu.

(Why/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemprov Jatim Kerahkan Alat Berat Tangani Amblesnya Jalan Sultan Agung Jember

Posted: 02 Mar 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Evakuasi pembersihan amblesnya Jalan Sultan Agung di Kabupaten Jember, Jawa Timur akan selesai dalam tujuh hari.

"Untuk pembersihannya sekitar tujuh hari," ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, Heru Widagdo, saat dihubungi Liputan6.com lewat pesan singkat Selasa (3/3/2020).

Ia menuturkan, tidak ada kendala untuk evakuasi pembersihan tersebut. Heru mengakui curah hujan tinggi menyebabkan retakan dan penurunan tanah di bantaran sungai Kali Jompo tepatnya di Jalan Sultan Agung. Curah hujan yang tinggi membuat bantaran aliran Sungai Kali Jompo tergerus.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur melakukan aksi cepat tanggap atas kejadian amblesnya Jalan Sultan Agung yang merupakan ruas jalan nasional di Kabupaten Jember hingga berdampak pada ambruknya ruko dengan mengirim tim dan bantuan logistik serta alat berat ke lokasi kejadian.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa turun langsung meninjau lokasi amblesnya jalan nasional di Jalan Sultan Agung pada Selasa dini hari 3 Maret 2020 disambut Bupati Jember Faida dan Forkopimda Jember beserta Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII Ahmad Subki.

Begitu tiba di lokasi kejadian sekitar pukul 00.12 WIB, Gubernur perempuan pertama di Jawa Timur itu segera mengadakan rapat penanganan ruko ambruk dan jalan ambles di Jalan Sultan Agung Kabupaten Jember.

"Berbagai rekomendasi tim PUPR menunjukkan bahwa harus dilakukan pembongkaran pada bangunan ruko di bantaran sungai yang tersisa sekaligus mengganti jembatan Kali Jompo," tutur dia.

Ada 3 Unit Eskavator

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan keterangan kepada awak media usai menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (18/6/2019). Khofifah mengaku membahas sejumlah proyek infrastruktur dan transportasi di Jawa Timur. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan keterangan kepada awak media usai menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (18/6/2019). Khofifah mengaku membahas sejumlah proyek infrastruktur dan transportasi di Jawa Timur. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dari total 31 ruko yang ada di bantaran Sungai Jompo, 10 di antaranya ambruk masuk ke badan sungai. Sedangkan 21 sisanya akan segera dilakukan pembongkaran dengan sistem merobohkan ke arah Jalan Sultan Agung.

Opsi tersebut harus diambil agar bangunan ruko tidak dirobohkan ke arah sungai karena membahayakan permukiman yang ada di bawah sungai yang lebih rendah dan dapat menyumbat aliran Kali Jompo yang dapat berdampak banjir yang lebih dahsyat.

"Pesan saya, alat berat yang digunakan untuk perobohan bangunan ruko tersisa maupun nanti untuk pengangkutan material jangan sampai melebihi kapasitas kekuatan jalan karena di bawah jalan ada pipa PDAM yang mengaliri sekitar 3.000 pelanggan, sehingga jangan sampai ada pipa yang pecah dan mengganggu distribusi air bersih," tutur dia.

Di sekitar Jalan Sultan Agung Jember, ada tiga unit eskavator yang beroperasi melakukan evakuasi reruntuhan material ruko dan juga ada breaker dan dumptruk serta crane.

"Hari ini, rencananya akan ada tambahan breaker dan crane yang didatangkan oleh Kementerian PU PR khusus untuk membantu mengevakuasi ruko yang ambruk ke badan sungai agar lebih mudah diangkut ke atas," ucap mantan Menteri Sosial itu.

Untuk rencana penanganan permanennya, BBPJN VIII telah menganggarkan pekerjaan jalan tersebut dalam DIPA tahun 2020 yang saat ini masih dalam proses penyiapan DED oleh konsultan yang diperkirakan pelaksanaan pekerjaan fisiknya akan dilaksanakan pada Juli 2020.

"Sementara Pemerintah Provinsi Jatim melalui Dinas PU Sumber Daya Air akan mengusulkan untuk pembuatan tanggul sungai menggunakan sheet pile," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Banyak yang Tahu, Deretan Tanaman dari Indonesia Ini Mampu Cegah Virus Corona

Posted: 02 Mar 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Masuknya Virus Corona Covid-19 ke Indonesia membuat publik panik. Pemerintah pun bergerak cepat mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman Virus Corona.

Hal utama yang harus dilakukan yakni dengan menjaga kesehatan. Namun kita nampaknya tak perlu khawatir, seorang peneliti dari Surabaya, Chairul Anwar Nidom, mengklaim telah menemukan penangkal ampuh dari Virus Corona.

Salah satunya ialah curcumin yang nyatanya terdapat pada tanaman yang banyak ditemui di Indonesia. Penasaan apa saja? Berikut penjelasannya:

1. Jahe

Ilustrasi jahe (iStockphoto)
Ilustrasi jahe (iStockphoto)

Jahe merupakan salah satu tanaman yang sangat populer di Indonesia. Tak hanya sebagai bahan makanan, jahe kerap dimanfaatkan sebagai obat. Rasa pedas pada jahe disebabkan oleh senyawa keton bernama zingeron.

Biasanya ada tiga jenis jahe yang banyak terdapat di pasaran yaitu jahe kuning, jahe gajah atau jahe badak, dan jahe merah.

2. Sereh

Sereh, Bahan Alami untuk Mengusir Serangga
Sereh, Bahan Alami untuk Mengusir Serangga

Selanjutnya ada sereh. Sereh mengandung berbagai macam nutrisi seperti vitamin B, magnesium, kalium dan juga zat besi. Sereh juga dikatakan mengandung curcumin yang bisa menjadi penangkal Virus Corona.

Sereh juga bisa membantu menangkal radikal bebas, mengontrol tekanan darah, meredakan demam, batuk, serta sakit kepala. Kamu bisa mengolahnya menjadi minuman seperti dicampurkan dengan teh.

3. Kunyit

Ilustrasi Kunyit (iStockphoto)​
Ilustrasi Kunyit (iStockphoto)​

Mungkin banyak yang tak tahu bahwa kunyit termasuk ke dalam tanaman jahe-jahean. Kunyit biasanya digunakan untuk bumbu masakan, jamu atau dimanfaatkan untuk kecantikan. Kunyit banyak digunakan sebagai pewarna pada makanan. Ekstrak kunyit juga bisa diproduksi sebagai suplemen makanan berbentuk kapsul.

4. Temulawak

Menilik Manfaat Temulawak dalam Menurunkan Kolesterol
Menilik Manfaat Temulawak dalam Menurunkan Kolesterol

Temulawak mengandung kurkuminoid, minyak atsiri, pati, protein, lemak, selulosa, dan mineral. Temulawak kerap dimanfaatkan sebagai obat antiradang, menghambat pembengkakan, antimikroba, dan lain sebagainya.

Temulawak juga mampu mengatasi masalah pencernaan, mengobati sendri yang kaku, mengobati kanker, dan lainnya. Namun mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebih bisa menimbulkan efek negatif seperti iritasi perut dan mual.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Cegah Penyebaran Corona, Restoran Amigos Ditutup 2 Minggu

Posted: 02 Mar 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Restoran Amigos disebut-sebut menjadi tempat bertemunya WNA Jepang yang membawa virus corona bertemu dengan WNI yang kini terinfeksi virus covid-19.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Viral Foto Pria Mirip Wolverine, Cocok Gantikan Hugh Jackman?

Posted: 02 Mar 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Beberapa hari ini media sosial diramaikan foto-foto seorang pria yang mirip Wolverine. Mulai dari bentuk tubuh, gaya rambut, brewok, sampai ekspresinya begitu mirip karakter X-men itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

500 Importir Dapat Kelonggaran Impor Barang yang Masuk Daftar Larangan Terbatas

Posted: 02 Mar 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan melonggarkan ketentuan barang impor untuk komoditas yang masuk daftar larangan terbatas (lartas). Kebijakan ini sebagai stimulus bagi pelaku industri Tanah Air yang terdampak virus Corona.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kemenkeu, Heru Pambudi, menjelaskan bahwa ketentuan ini hanya berlaku untuk 500 importir dengan reputasi baik yang masuk dalam daftar Authorized Economic Operator (AEO) dan mitra utama.

"Iya untuk sementara ini baru lartas. Tapi ini signifikan, karena importir AEO dan mitra utama itu, atau reputable trader ini jumlahnya meskipun cuma 500 immportir, dia berkontribusi terhadap 35 persen seluruh total impor. Dan kalau itu spesifik bahan baku, pasti di atas 40 persen," kata dia di Jakarta, Selasa (3/3/2020).

Heru berharap dengan kelonggaran izin impor komoditas lartas, industri di Indonesia dapat memulihkan pembelian bahan baku yang sempat terhenti akibat virus Corona. Dengan demikian, para pelaku industri dapat kembali melakukan proses produksi secara normal.

"Kita tidak ingin membebani para pelaku industri ini, supaya mereka production-nya bisa lebih efisien, dan bisa nanti untuk ekspor. Saya kira tujuan utamanya ke situ ya. Bisa memberikan support dalam situasi yang tidak mudah seperti ini," jelas dia.

Heru menambahkan, kemudahan impor akan diberikan dari sisi pre-clearance. Dengan kata lain, izin bisa diberikan secara otomatis melalui sistem elektronik. Kondisi ini berbeda dibandingkan sebelumnya, di mana para importir harus izin terlebih dahulu kepada Kementerian Perdagantan untuk mendapatkan persetujuan.

"Yang dilakukan sekarang itu memangkas proses itu, sehingga ini bisa diberikan secara super fast track," imbuh dia.

 

Mulai Minggu Ini

Aktivitas pekerja bongkar muat peti kemas di Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (8/10/2019). Angka tersebut menurun 9,99% dibandingkan Agustus 2018 yang sebesar US$ 15,9 miliar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Aktivitas pekerja bongkar muat peti kemas di Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (8/10/2019). Angka tersebut menurun 9,99% dibandingkan Agustus 2018 yang sebesar US$ 15,9 miliar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dia menyebut kebijakan izin impor tersebut bisa dimulai dalam minggu ini. Nantinya, tim dari DJBC Kementerian Keuangan dan Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan akan membahas teknis pemberian kelonggaran impor itu.

"Saya sudah kontak dengak pak dirjen daglu. Besok tim kami akan bicara level teknis. Mudah-mudahan bisa dalam hitungan hari," tandas dia.

Dwi Aditya PutraMerdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Judika soal Lagunya yang Bikin BCL Menangis Tersedu-sedu

Posted: 02 Mar 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Setelah rehat selama beberapa waktu, Bunga Citra Lestari alias BCL akhirnya kembali menjadi juri dalam acara ajang pencarian bakat Indonesian Idol yang dilangsungkan Senin (2/3/2020) malam.

Dalam salah satu segmen, Judika membawakan lagu barunya yang berjudul "Tak Mungkin Bersama". Lagu ini ia persembahkan khusus untuk BCL yang baru saja kehilangan sosok yang begitu dicintai, Ashraf Sinclair.

Awalnya, Judika enggan merilis lagu tersebut. Namun karena "Tak Mungkin Bersama" memiliki kesamaan cerita dengan lirik lagunya, maka ia pun menyanyikannya. Rupanya lagu ini membuatnya teringat kepada BCL.

"Waktu gue di pesawat, ada kejadian. Gue dengar salah satu sahabat gue, Unge, kehilangan suaminya. Gue nangis. Ternyata cerita lagu ini relate sama yang gue alami," kata Judika, Senin (2/3/2020).

Rasa Kehilangan

Bunga Citra Lestari atau BCL (Screencshot/ RCTI)
Bunga Citra Lestari atau BCL (Screencshot/ RCTI)

"Malam ini seseorang yang kehilangan orang yang amat disayangi pasti bakal relate banget. Ini yang mau gue kasih ke semuanya, gimana rasanya kehilangan orang yang disayang. Lagu ini judulnya 'Tak Mungkin Bersama'," Judika melanjutkan.

 

BCL Menangis

Judika. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Judika. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Setelah mendengar lirik demi lirik lagunya, air mata BCL pun tumpah. Penyanyi berusia 36 tahun ini tak kuasa lagi menahan kepedihan atas kepergian Ashraf Sinclair.

"Kita tak mungkin lagi untuk bersama. Kenyataan ini telah memisahkan kita. Biarkan cinta ini, jadi kenangan indah untukku. Oh mengapa kau membawa semua kenangan indah bersama kita dulu," begitu potongan lirik yang dinyanyikan Judika di panggung.

 

Pelukan

Bunga Citra Lestari atau BCL (Screencshot/ RCTI)
Bunga Citra Lestari atau BCL (Screencshot/ RCTI)

Tangis BCL semakin lama semakin pecah. Ari Lasso yang juga duduk di jajaran juri bersama BCL langsung menghampiri dan memberi pelukan untuk menenangkan. Tangisnya benar-benar terisak.

 

Memberanikan Diri

Lebih lanjut, kebetulan malam itu merupakan penentu siapa kontestan yang layak menyandang gelar juara. Atas nama profesionalitas sebagai juri, BCL tentu mengusahakan untuk hadir.

"Kenapa aku juga memberanikan diri untuk hadir karena kita berlima lihat perjuangan mereka, melihat perkembangan mereka yang pesat sampai ada dua. Mereka berdua siap di industri musik, kita lihat baik-baik siapa yang jadi juara," kata BCL saat itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Acara Olahraga yang Terkena Dampak Virus Corona

Posted: 02 Mar 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Virus corona (COVID-19) tengah menjadi buah bibir setelah mewabah di sejumlah wilayah di dunia. Dampak penyebaran virus itu pun terasa sampai dunia olahraga.

Otoritas olahraga dari berbagai cabang semisal FIFA (sepak bola) dan FIA (Formula 1) mulai mengadakan rapat terkait sejumlah acara. Penundaan atau pembatalan terhadap acara di masing-masing cabang pun sangat mungkin terjadi.

FIFA misalnya bakal bertemu AFC membahas sejumlah laga di pentas Kualifikasi Piala Dunia 2022. Kemungkinan, ada beberapa pertandingan di match day ke-7, 8, 9 dan 10 yang dijadwal ulang.

Virus Corona (COVID-19) pertama kali ditemukan di daerah Wuhan, Tiongkok. Kini, virus tersebut telah menyebar ke sejumlah negara baik dari benua Asia, Eropa, maupun Amerika.

Data terbaru yang dirilis Channel News Asia menyebutkan, COVID-19 telah menginfeksi hampir 90.000 orang dan memakan lebih dari 3.000 nyawa.

Berikut tiga acara olahraga yang terdampak virus corona.

 

 

1. Formula 1

Formula 1. (AP Photo/Joan Monfort)
Formula 1. (AP Photo/Joan Monfort)

1. Formula 1 (F1)

Pihak F1 berencana tetap menyelenggarakan tiga seri awal di Australia (15 Maret), Bahrain (22 Maret), dan Vietnam (5 April). Namun untuk seri di Tiongkok, F1 kabarnya bakal ditunda.

Semula, seri Tiongkok akan berlangsung pada 19 April. Namun pihak F1 memutuskan menundanya karena ada virus corona.

"Kesehatan dan keamanan masyarakat harus diutamakan," ujar Ketua Pelaksana F1, Chase Carey seperti dilansir Guardian.

"Kami belum mencoba segala kemungkinan, tetapi pastinya ada tantangan soal penjadwalan ulang," ujarnya menambahkan.

2. MotoGP Qatar

Pembalap Ducati asal Italia, Danilo Petrucci memimpin balapan Grand Prix MotoGP Italia di sirkuit Mugello, Italia (2/6/2019). Petrucci mencatatkan waktu 41 menit 33,794 detik. Dia unggul 0,043 detik dari Marc Marquez dan Andrea Dovizioso dengan catatan waktu 0,338 detik. (AP Photo/Antonio Calanni)
Pembalap Ducati asal Italia, Danilo Petrucci memimpin balapan Grand Prix MotoGP Italia di sirkuit Mugello, Italia (2/6/2019). Petrucci mencatatkan waktu 41 menit 33,794 detik. Dia unggul 0,043 detik dari Marc Marquez dan Andrea Dovizioso dengan catatan waktu 0,338 detik. (AP Photo/Antonio Calanni)

Dorna resmi memutuskan membatalkan seri perdana MotoGP 2020 di Qatar. Penyebab dibatalkanya MotoGP Qatar tak lain akibat semakin parahnya wabah virus Corona baru atau Covid-19.

MotoGP 2020 seharusnya dimulai akhir pekan nanti di Qatar. Awalnya MotoGP Qatar diperkirakan tetap berlangsung di tengah wabah virus Corona.

Setelah melakukan pertemuan, Dorna, FIM, IRTA akhirnya memutuskan untuk membatalkan MotoGP Qatar. Meski demikian, balapan kelas Moto2, Moto3 serta Asia Telant Cup tetap akan berlangsung.

Langkah pembatalan MotoGP Qatar tak lepas dari adanya pembatasan kunjungan ke negara Timur Tengah tersebut, terutama dari Italia.

Seperti diketahui saat ini virus Corona semakin parah di Italia. Korban jiwa telah mencapai lebih dari 20 orang.

3. Partai Liga Italia

Striker Juventus, Cristiano Ronaldo, berebut bola dengan bek Inter Milan, Diego Godin, pada laga Serie A di Stadion San Siro, Milan, Minggu (6/10). Inter kalah 1-2 dari Juventus. (AFP/Alberto Pizzoli)
Striker Juventus, Cristiano Ronaldo, berebut bola dengan bek Inter Milan, Diego Godin, pada laga Serie A di Stadion San Siro, Milan, Minggu (6/10). Inter kalah 1-2 dari Juventus. (AFP/Alberto Pizzoli)

Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) bersama dengan kementerian terkait akhirnya memutuskan untuk melarang kehadiran penonton pada pertandingan Serie A akhir pekan ini antara Juventus melawan Inter Milan.

Keputusan ini diambil di tengah semakin parahnya wabah virus corona baru Covid-19 di Italia. Korban jiwa virus corona di Italia sudah 17 orang.

Virus corona kebanyakan terjadi di wilayah Italia Utara. Ada 580 kasus. Juventus kebetulan berlokasi di Turin yang terletak di Italia Utara.

Langkah menggelar laga Juventus melawan Inter Milan dengan tanpa penonton diambil pada Kamis (27/2/2020) malam waktu setempat. Sebelumnya sempat ada sedikit harapan penonton akan boleh menghadiri laga di Allianz Stadium itu.

Namun negosiasi terakhir tak membuahkan hasil. Duel Juventus vs Inter Milan tetap dipastikan tanpa kehadiran penonton

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Almanak Jawa dan Sambaran Petir Terhadap 2 Petani

Posted: 02 Mar 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Kebumen - Dalam pranata mangsa Jawa, Februari dan Maret adalah mangsa Kawolu dan Kasanga. Kawolu (kedelapan) dan Kasanga (kesembilan) ditandai dengan curah hujan yang tinggi dan sambaran petir yang intensif.

Orang lokal menyebut dengan istilah 'bledeg ngampar', atau petir yang rendah. Pada musim ini, warga sangat mewaspadai kemungkinan sambaran petir ke pepohonan, bangunan atau bahkan manusia dan hewan.

Secara turun temurun, sebenarnya petani di pedesaan pun telah memperoleh pengetahuan ini dengan teknik tutur dan istilah-istilah yang membuat generasi selanjutnya mudah mengingat dan senantiasa waspada terhadap perubahan musim.

Namun, bagaimana pun, nasib memang sudah tergaris. Tetap saja ada warga yang menjadi korban sambaran petir.

Senin, 2 Maret 2020, dua warga Kebumen dilaporkan meninggal dunia setelah tersambar petir. Keduanya adalah Saimin (55) warga Desa Karangduwur Kecamatan Petanahan dan Setianingsih (35) warga Desa Bocor Kecamatan Buluspesantren.

Keduanya tersambar petir di lokasi berbeda. Korban Saimin tersambar petir sekitar pukul 13.30 WIB saat mencari rumput untuk pakan ternak.

Kepala Subbag Humas Polres Kebumen, Iptu Tugiman mengatakan saat Saimin mencari rumput, turun gerimis. Korban lantas memutuskan pulang ke rumah. Namun dalam perjalanan tiba-tiba petir menyambar tubuh korban saat membawa tumpukan rumput.

Sambar Petani

Polisi mengolah TKP dalam insiden sambaran petir yang menewaskan petani di Kebumen. (Foto: Liputan6.com/Polres Kebumen/Muhamad Ridlo)
Polisi mengolah TKP dalam insiden sambaran petir yang menewaskan petani di Kebumen. (Foto: Liputan6.com/Polres Kebumen/Muhamad Ridlo)

"Kita sudah datang ke TKP dan melakukan pemeriksaan di lokasi kejadian. Kuat dugaan benar karena tersambar petir," kata Iptu Tugiman, dalam keterangan tertulisanya, Senin malam.

Di tempat dan pada waktu berdekatan, rupanya petir juga memakan korban. Setianingsih, seorang petani yang sedang menanam padi di sawah milik tetangganya, Sukadi juga tersambar petir sekitar pukul 14.30 WIB, atau selang satu jam dari peristiwa pertama.

Seorang saksi, Siti Ngaliah menyatakan Setianingsih yang saat itu sedang menanam padi tiba-tiba mendadak tersambar kilatan petir. Kejadian berlangsung cepat dan nyaris tak tertangkap mata.

Korban langsung tersungkur. Korban terluka serius di bagian punggung dan bagian dada.

Beruntung, Siti yang hanya berjarak kurang lebih lima meter dari korban selamat dari peristiwa itu. Ajaib, saksi tak mengalami luka fisik apapun.

"Setelah kejadian, informasi para saksi, korban sempat hidup saat akan dibawa ke RSUD Kebumen untuk mendapatkan pertolongan medis. Namun dalam perjalanan karena parahnya luka, korban meninggal," Tugiman menjelaskan.

Polres Kebumen mengimbau agar warga untuk waspada saat berada di tanah terbuka atau lapang. Lebih baik berlindung dan menghentikan segala aktivitas saat hujan.

"Jika hujan, untuk alasan keamanan, aktivitas lebih baik dihentikan sementara sampai cuaca membaik," dia mengimbau.

Simak Video Pilihan Berikut

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terkuak, Pabrik di Thailand Produksi Masker Bekas Saat Wabah Virus Corona

Posted: 02 Mar 2020 09:58 PM PST

Liputan6.com, Bangkok - Masker menjadi barang buruan di tengah merebaknya Virus Corona (COVID-19). Oknum yang ingin meraup untung sampai tega menimbun benda tersebut atau menjual masker bekas, seperti yang terjadi di Thailand.

Kepolisian Thailand baru-baru ini menggrebek pabrik di Provinsi Saraburi, yang ketahuan menjual masker-masker bekas. Berbekal informasi dari masyarakat setempat.

Dilansir Straits Times, Selasa (3/3/2020), polisi menemukan enam pekerja di pabrik itu tengah memproduksi masker-masker bekas. Bagaimana cara kerjanya.

Enam pekerja itu memilah dulu masker bekas, kemudian mereka menyeterikanya. Setelahnya, masker itu dilipat ke dalam kotak agar terlihat seperti barang baru.

Seorang pekerja mengaku tidak tahu asal masker-masker itu, sebab masker bekas itu didapatkan dari seorang pemasok. Upah pekerja itu tak besar, yakni sekitar Rp 180 ribu per hari.

"Pekerja di pabrik itu dibayar 1 baht (Rp 450) per barang, lalu mereka mendaur ulang sekitar 300-400 masker tiap harinya per orang," ujar Somsak Kaewsena, kepala kepolisian distrik Wihandaeng, lokasi pabrik tersebut.

Aparat menyita seluruh masker di pabrik itu dan mengirimkan sampelnya ke Kementerian Perdagangan agar dilacak asal masker itu. Kepolisian turut meminta otiritas kesehatan setempat untuk menyeret pengelola pabrik itu ke meja hijau.

"Operasi pabrik ini bisa membahayakan kesehatan masyarakat yang memakai masker-masker bekas serta masyarakat dekat pabrik itu," ujar Somsak.

Jangan Beli Masker Jika Sehat

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto didampingi jajaran dokter memberikan keterangan usai menjenguk dua pasien positif terinfeksi Corona di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof. DR. Saroso, Sunter, Jakarta, Senin (2/3/2020). (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto didampingi jajaran dokter memberikan keterangan usai menjenguk dua pasien positif terinfeksi Corona di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof. DR. Saroso, Sunter, Jakarta, Senin (2/3/2020). (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Sementara itu, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto kembali meminta agar masyarakat lebih bijak dalam menggunakan masker. Hal ini mengingat dilaporkannya lonjakan harga usai ditemukannya Virus Corona COVID-19 di Indonesia

"Nomor satu, yang sakit yang pakai. Yang sehat ndak pakai dulu," kata Terawan dalam konferensi pers di kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta pada Senin kemarin. 

"Kalau harga dan sebagainya, kelangkaan dan sebagainya, itu pasar memang begitu. Makin kamu cari, makin langka, makin kamu beli, makin mahal," kata Terawan.

Terawan menegaskan bahwa panduan dari Amerika Serikat dan World Health Organization menyatakan bahwa mereka yang wajib menggunakan masker adalah orang yang sakit.

"Yang pakai masker adalah yang sakit, supaya tidak menularkan. Yang sehat, perlindungannya jelas, higienitas, imunitas, kalau tahu teman dekatnya sakit ya jangan didekati sementara. Biar bilang cinta ya nanti dulu," ujarnya seraya berseloroh.

Jaga Higienitas dan Imunitas

Menkes Terawan Agus Putranto memberikan keterangan usai menjenguk dua pasien positif terinfeksi Corona di RSPI Prof. DR. Saroso, Sunter, Jakarta, Senin (2/3/2020). Kedua pasien merupakan ibu (64) dan anak (31), kini mereka dirawat di ruangan khusus. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Menkes Terawan Agus Putranto memberikan keterangan usai menjenguk dua pasien positif terinfeksi Corona di RSPI Prof. DR. Saroso, Sunter, Jakarta, Senin (2/3/2020). Kedua pasien merupakan ibu (64) dan anak (31), kini mereka dirawat di ruangan khusus. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Terkait pencegahan, Terawan mengatakan yang terpenting adalah dengan menjaga kebersihan serta memperkuat imunitas tubuh.

Dia memberikan contoh 188 Warga Negara Indonesia yang merupakan Anak Buah Kapal Pesiar World Dream yang masih negatif meski berkontak dengan pasien positif virus corona COVID-19.

"Kenapa bisa begitu? Itu karena imunitas tubuh. Kalau kita punya imunitas tubuh yang baik, biar pun close contact yang tidak akan kena. Karena ini virus, bukan bakteri," kata Terawan.

Mantan Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Jakarta itu mengatakan, untuk menangani virus, hal lain yang perlu dilakukan masyarakat adalah menjaga higienitas.

"(Melawan) Virus itu kuncinya imunitas tubuh yang baik, hygiene yang baik, cuci tangan, menurut saya itu akan menjadi hal yang baik," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Unik Ulang Tahun Anak Zaskia Adya Mecca, Pakai Konsep Horor

Posted: 02 Mar 2020 09:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Momen ulang tahun menjadi momen spesial bagi setiap orang. Bertambahnya usia kerap kali dirayakan dengan perayaan yang dihadiri keluarga, saudara hingga kerabat dekat. Ada banyak cara untuk merayakan ulang tahun seperti dilakukan dengan sederhana maupun perayaan mewah.

Namun ada perayaan ulang tahun yang unik yang dilakukan oleh keluarga Zaskia Adya Mecca. Zaskia dan Hanung merayakan ulang tahun buah hatinya, Bhai Kaba yang genap berusia 5 tahun.

Perayaan tersebut mengusung konsep unik yaitu konsep horor. Bhai Kaba tampak menggunakan kostum Chucky si boneka horor. Tampak pula Zaskia dan Hanung turut kompak menggunakan riasan wajah ala tengkorak dan jubah hitam.

Perayaan ulang tahun yang dihadiri keluarga dan sahabat dekatnya itu pun semakin meriah karena semua kompak dengan kostum horor. Bahkan sang kakek turut memakai topeng seram.

Berikut ini 6 momen keseruan ulang tahun Bhai Kaba, anak Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo berkonsep horor yang dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Selasa (3/3/2020).

1. Zaskia, Hanung dan anaknya merayakan ulang tahun Bhai Kaba yang genap berusia 5 tahun.

Keluarga Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca rayakan ulang tahun anak dengan konsep horor. (Sumber: Instagram/@zaskiadyamecca)
Keluarga Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca rayakan ulang tahun anak dengan konsep horor. (Sumber: Instagram/@zaskiadyamecca)

2. Tahun ini Bhai Kaba merayakan ulang tahun dengan mengusung konsep horor serba hitam.

Keluarga Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca rayakan ulang tahun anak dengan konsep horor. (Sumber: Instagram/@drg_oktrimanessa)
Keluarga Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca rayakan ulang tahun anak dengan konsep horor. (Sumber: Instagram/@drg_oktrimanessa)

3. Tak hanya keluarga Bhai Kaba, teman-temannya yang hadir juga kompak pakai kostum seram.

Keluarga Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca rayakan ulang tahun anak dengan konsep horor. (Sumber: Instagram/@laviniamanda)
Keluarga Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca rayakan ulang tahun anak dengan konsep horor. (Sumber: Instagram/@laviniamanda)

4. Bahkan sang kakek yang hadir juga ikut pakai topeng demi merayakan ulang tahun cucunya.

Keluarga Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca rayakan ulang tahun anak dengan konsep horor. (Sumber: Instagram/@laviniamanda)
Keluarga Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca rayakan ulang tahun anak dengan konsep horor. (Sumber: Instagram/@laviniamanda)

5. MC yang memandu acara juga tak kalah seram dengan berdandanan ala hantu Valak.

Keluarga Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca rayakan ulang tahun anak dengan konsep horor. (Sumber: Instagram/@@hanungbramantyo)
Keluarga Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca rayakan ulang tahun anak dengan konsep horor. (Sumber: Instagram/@@hanungbramantyo)

6. Meski masih berusia 5 tahun, Bhai Kaba sudah suka dengan hal-hal bertema horor.

Keluarga Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca rayakan ulang tahun anak dengan konsep horor. (Sumber: Instagram/@laviniamanda)
Keluarga Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca rayakan ulang tahun anak dengan konsep horor. (Sumber: Instagram/@laviniamanda)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gubernur Maluku Yakin Virus Corona Tak Sampai ke Indonesia Timur

Posted: 02 Mar 2020 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Virus corona telah masuk ke Indonesia. Satu warga asal Bekasi telah jadi suspect corona yang meninggal sebelum sempat ditangani.

Namun, hal itu tak membuat Gubernur Maluku Murad Ismail khawatir. Dia meyakini virus corona tidak akan sampai ke wilayahnya.

"Kami percaya, Papua dan Maluku itu panas 39 derajat. Corona mati belum sampai di sana," kata Murad santai saat ditemui di Kantor Bappenas, Jakarta Pusat, Selasa (3/3).

Murad menyebut, semua rumah sakit umum daerah (RSUD) telah melakukan antisipasi. Jika ditemukan pasien dengan gejala terpapar virus corona, bakal di isolasi di ruang yang telah disediakan.

"Kalau ada gejala itu sedikit pun akan masuk ruangan yang telah disiapkan," kata dia.

Hanya saja, di Maluku hanya RSUD Provinsi yang memiliki perlengkapan yang lebih baik dibandingkan dengan rumah sakit yang ada. Sehingga jika ada pasien terjangkit harus menjalani perawatan di RSUD Provinsi.

"Rumah sakit Maluku itu yang paling bagus itu cuma di RS provinsi, yang lain tidak ada," kata Murad mengakhiri.

Pemerintah Bakal Tambah Rumah Sakit Rujukan untuk Tangani Virus Corona

Petugas medis merawat seorang pasien yang terinfeksi virus corona atau COVID-19 di sebuah rumah sakit di Teheran, Iran, Minggu (1/3/2020). Kasus virus corona di Iran mengalami lonjakan tajam dalam beberapa hari. (Ali Shirband/Mizan News Agency via AP)
Petugas medis merawat seorang pasien yang terinfeksi virus corona atau COVID-19 di sebuah rumah sakit di Teheran, Iran, Minggu (1/3/2020). Kasus virus corona di Iran mengalami lonjakan tajam dalam beberapa hari. (Ali Shirband/Mizan News Agency via AP)

Sebeumnya, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti menyatakan pihaknya bersama Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sedang membahas rencana penambahan rumah sakit rujukan dalam penanganan penyebaran virus corona atau Covid-19.

Tiga rumah sakit di Jakarta telah ditetapkan sebagai rujukan di antaranya yakni RSPI Sulianti Saroso (Jakarta Utara), RSPAD Gatot Soebroto (Jakarta Pusat) dan Rumah Sakit Persahabatan (Jakarta Timur).

"Kami sedang membahas bersama dengan tim Kemenkes untuk penambahan rumah sakit rujukan," kata Widiastuti d Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (2/3/2020).

Untuk rumah sakit tambahan, dia menyebut akan segera mengumumkannya kepada masyarakat. Sementara itu Widyastuti menyatakan para petugas kesehatan akan terus bersiaga.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta secara rutin akan mengirimkan pesan WhatsApp ataupun SMS kepada masyarakat untuk mengantisipasi penyebaran lebih luas infeksi akibat virus corona (Covid-19).

"Pemprov akan secara rutin mengirimkan WA blast, SMS blast dan fasilitas komunikasi lainnya sebagai usaha menekan risiko penyebaran virus corona," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota Jakarta, Senin malam, demikian dilansir Antara.

Pesan berantai resmi tersebut juga akan dikirimkan lagi apabila ditemukan tempat-tempat baru yang perlu dihindari atau informasi yang perlu diketahui masyarakat.

"Dan kami juga sudah menyiapkan tenaga yang cukup, fasilitas yang cukup, untuk merespon penyebaran corona. Tapi semuanya dilakukan lewat telpon dulu," kata Anies.

Kendati demikian, Pemprov DKI Jakarta belum bisa menyebutkan jumlah tenaga kesehatan yang akan disiagakan untuk antisipasi virus corona, namun demikian mereka menyatakan fasilitas yang dimiliki siap. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

40 Kata Mutiara Bahasa Arab dan Artinya, Penuh Makna Mendalam

Posted: 02 Mar 2020 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kata mutiara bahasa Arab bisa kamu jadikan sebagai pedoman hidup. Tidak berbeda jauh dengan jenis kata-kata lainnya, kata-kata bahasa Arab juga mengandung makna mendalam penuh makna.

Di dalam kata mutiara bahasa Arab senantiasa mengambil referensi dari Al-Qur'an, sehingga rangkaian di setiap kata-katanya mengandung pesan dengan makna mendalam. Jadi, kamu bisa menjadikan kata-kata mutiara bahasa Arab untuk dijadikan motivasi menjalani hidup.

Apalagi dengan berbagai makna yang dikandung dalam berbagai kata-kata mutiara bahasa Arab tersebut, kamu bisa menjadikannya sebagai pedoman untuk berperilaku dalam bersosialisasi dengan banyak orang. Berikut kumpulan kata mutiara bahasa Arab yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (3/3/2020).

Kata Mutiara Bahasa Arab tentang Menuntut Ilmu

Kata Mutiara Bahasa Arab dan Artinya / Sumber: iStockphoto
Kata Mutiara Bahasa Arab dan Artinya / Sumber: iStockphoto

1. "At ta'alumu fishogiri kannaqsyi alal hajari."

Artinya: Belajar di waktu kecil bagaikan mengukir di atas batu.

2. "Al ilmu bilaa 'amalin kasyajari bila tsamarin."

Artinya: Ilmu tanpa amal atau praktek seperti pohon yang tidak berbuah.

3. "Man lam yadzuq dzulla at ta'alumu saa'atan. Tajarro'a dzulla al jahli thula hayaatihi."

Artinya: Barangsiapa belum merasakan susahnya menuntut ilmu barang sejenak. Ia akan merasakan hinanya kebodohan seumur hidupnya.

4. "Al 'aalimu kabiirun wa inkaana hadatsan. Wa al jaahilu shogiirun wa in kaana syaikhan."

Artinya: Orang yang berilmu itu besar walaupun umurnya masih muda. Sedangkan orang yang bodoh itu kecil walau umurnya telah tua.

5. "Wa akhbaronii bi anna al 'ilma nuurun. Wa nuuru Allahi laa yuhdaa li'aashii."

Aerinya: Beliau memberitahuku bahwasanya ilmu itu adalah cahaya. Dan cahaya Allah itu tidaklah diberi kepada orang yang melakukan maksiat.

Kata Mutiara Bahasa Arab tentang Belajar

Ilustrasi (iStock)
Ilustrasi (iStock)

1. "As shobru kaa as shobiri murrun fii madzaaqotihi. Lakinna 'awaaqibahu ahlaa mina al 'asali."

Artinya: Kesabaran itu seperti buah Shabir (sejenis tanaman obat) yang rasanya pahit. Akan tetapi hasil yang didapatkan setelahnya lebih manis daripada madu.

2. "Aafatu al 'ilmi an nisyaani."

Artinya: Penyakit ilmu adalah lupa.

3. "Laula al 'ilmu lakaana an naasu kaa al bahaaimi."

Artinya: Seandainya tiada berilmu niscaya manusia itu seperti binatang.

4. "Khoiru jaliisin fii az zamaani kitaabun."

Artinya: Sebaik-baik teman duduk pada setiap waktu adalah buku.

5. "Al 'ilmu shoidun wa alkitaabatu qoyyiduhu. Qoyyid shuyuudaka bi alhibaali al waatsiqoti."

Artinya: Ilmu itu seperti hewan buruan sedangkan tulisan adalah tali ikatannya. Maka ikatlah hewan gembalamu dengan tali yang kuat.

Kata Mutiara Bahasa Arab tentang Kehidupan

Ilustrasi Perubahan Hidup (sumber: unsplash)
Ilustrasi Perubahan Hidup (sumber: unsplash)

1. "Man jadda wajada."

Artinya: Barang siapa bersungguh-sungguh, maka dia akan mendapatkan (kesuksesan).

2. "Man shobaro dzhofiro."

Artinya: Barang siapa yang bersabar, maka dia akan beruntung.

3. "As shobru yu'ienu a'la kulli amalin."

Artinya: Kesabaran itu akan menolong segala pekerjaan.

4. "Jarib wa laahidzh takun a'arifan."

Artinya: Cobalah dan perhatikanlah, niscaya kau jadi orang yang tahu.

5. "Al aqlus salim fiel jismis salim."

Artinya: Akal yang sehat itu terletak pada badan yang sehat.

6. "Qulil haqqo walau kaana murrun."

Artinya: Katakanlah kebenaran itu walaupun pahit.

7. "Idza tammal Aqlu qollal kala."

Artinya: Apabila akal seseorang telah sempurna maka sedikitlah bicaranya.

8. "Khoirun naasi ahsanuhum khulukon wa anfa'ahum linnaas."

Artinya: Sebaik-baik manusia adalah yang terbaik budi pekertinya dan yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya.

9. "al ittihadu asasun najaah."

Artinya: Persatuan adalah pangkal keberhasilan.

10. "lan tarji'al ayyamul lati madhot."

Artinya: lan tarji'al ayyamul lati madhot.

 

Kata Mutiara Bahasa Arab tentang Menghargai Waktu

Ilustrasi (iStock)
Ilustrasi (iStock)

1. "Ijhad walaa taksal wa laa takun ghoofilan fa nadaamatu al 'uqbaa liman yatakaasal."

Artinya: Bersungguh- sungguhlah dan jangan bermalas- malasan dan jangan pula lengah, karena penyesalan itu bagi orang yang bermalas- malasan.

2. "Al waqtu atsmanu mina ad dzahabi."

Artinya: Waktu itu lebih mahal dari emas.

3. "Lan tarji'a al ayyamu allatii madhot."

Artinya: Tidak akan pernah kembali waktu yang telah lalu.

4. "Al waqtu kaa assaifi fa in lam taqto'hu qotho'aka."

Artinya: Waktu itu seperti pedang. Jika kau tidak memotongnya maka Ia akan memotongmu.

5. "Inna as syabaaba wa al faroogo wa aljiddata mafsadatun lilmar i ayya mafsadatin."

Artinya: Sesungguhnya masa muda, waktu luang, dan banyak harta adalah perusak seseorang dengan sebenar- benarnya kerusakan.

6. "Wa ightanim 'umroka ibbaana as shibaa. Fa huwa in zaada ma'a as syaibi naqosh."

Artinya: Pergunakanlah waktumu sejak usia dini. Karena ketika usia beranjak senja dengan bertambahnya uban, umur pun berkurang.

7. "Al hayyatu ka al tsalji. Istamti' bihaa qobla an tadzuuba."

Artinya: Hidup itu seperti halnya es nikmatilah dengan baik sebelum ia mencair.

8. " If'al maa yus'iduka, fa al ayyaamu lan ta'uudu."

Artinya: Lakukanlah hal yang membuatmu bahagia karena hari- hari lalu tak akan pernah kembali.

Kata Mutiara Bahasa Arab tentang Orangtua

Ilustrasi orang tua (sumber: iStockphoto)
Ilustrasi orang tua (sumber: iStockphoto)

1. "Ummii kagiimata tahmilu humuumanaa jamiil'an wa laa tumthorunaa ilaa farhan."

Artinya: Ibu selaksa awan, ia menanggung seluruh kesusahan kita, dan ia tidak menghujani kita kecuali dengan kebahagiaan.

2. "Al hibbatu laa yamuutuuna abadan wa in dufinuu."

Artinya: Orang tercinta selamanya tidak mati, meskipun ia telah dikubur.

3. "Maa dumta tusyaahidu basmata ummika, fa alhayaatu laa tazaalu jamiilatan."

Artinya: Selagi engkau dapat melihat senyuman ibumu, hidupmu senantiasa indah.

4. "Al ummu, hiya al insaanatu al wahiidatu allatii qod tansaa an tad'uu linafsihaa fii sholaatihaa liannahaa takuunu masyguulatan bi ad du'aa i li abnaaihaa."

Artinya:  Ibu adalah seorang manusia satu- satunya yang telah lupa mendoakan untuk dirinya sendiri dalam shalatnya, karena ia begitu sibuk mendo'akan anak- anaknya.

5. "Na'rifu qiimata al milhi 'indamaa nafqoduhu, wa qiimatu al abi 'indamaa yamuutu."

Artinya: Kita akan tahu betapa nerharganya garam ketika ia sulit didapatkan, begitu kita akan tahu betapa berharganya seorang ayah ketika ia telah tiada.

6. "Yasalunii maa ajmala 'ithrin ladaika, qultu: rooihatu abii fii malaabisii ba'da maa adhommahu."

Artinya: Mereka bertanya padaku tentang parfum apa yang paling wangi yang aku miliki aku menjawa: bau dekapan ayahku pada pakaianku.

7. "Ummi an nab'u alladzii laa bi nadhbin, al 'athoo u biduuni muqoobilin, al qolbu wa as shodru al hanuunu, biduunihaa yaghiibu kullu tho'min hulwun lil hayaati."

Artinya: Ibu adalah sumber mata air yang tak pernah kering, memberi tanpa meminta balasan, hati yang penuh dengan kasih sayang, tanpanya hilanglah manisnya kehidupan.

Kata Mutiara Bahasa Arab tentang Persahabatan

Ilustrasi Persahabatan | unsplash.com/@josephtpearson
Ilustrasi Persahabatan | unsplash.com/@josephtpearson

1. "Ashlih nafsaka yashluh laka an naasu."

Artinya: Perbaikilah dirimu sendiri, niscaya orang lain akan baik padamu.

2. " 'Aduwwun 'aaqilun khoirun min shodiiqin jaahilin."

Artinya: Musuh yang pandai, lebih baik daripada teman yang bodoh.

3. "Man katsuro ihsaanuhu katsuro ikhwaanuhu."

Artinya: Barangsiapa banyak berbuat kebaikan, maka ia akan memiliki banyak teman.

4. "Man laa 'aba al tsu'baani fii kafihi. Haihaata an yaslama min las'atihi."

Artinya: Barangsiapa memainkan ular di telapak tangannya tidak mungkin baginya untuk selamat dari gigitannya.

5. "idzaa kunta fii kulli al umuuri mu'aatiban. Shodiiquka lam talqo alladzii laa tu'aatibuhu."

Artinya: Kalau kau selalu melihat aib pada diri sahabatmu. Maka kau tak akan menemui seorang sahabat pun yang tak memiliki aib.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasokan Berkurang, Harga Hand Sanitizer di Pasar Pramuka Melonjak Tinggi

Posted: 02 Mar 2020 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Harga jual berbagai merk hand sanitizer atau cairan pembasmi kuman melonjak tajam hingga tiga kali lipat lebih pada sejumlah lapak di Pasar Pramuka, Matraman, Jakarta Timur. Kenaikan harga hand sanitizer sendiri sejak Februari 2020 pasca maraknya pemberitaan terkait wabah virus Corona yang bermula di Wuhan China.

"Biasanya di Rp 40 ribu, sekarang bisa sampai Rp 150 ribu. dari bulan kemarin (Februari), sih karena Corona," keras Rayhan seorang pedagang berbagai produk medis di Pasar Pramuka, Jakarta, Selasa (3/3/2020).

Akibat dari kenaikan harga hand sanitizer, dirinya mengaku sering mendapatkan komplain dari para pembeli. Kebanyakan mengaku keberatan dengan lonjakan harga berbagai merk hand sanitizer.

"Tapi tetep beli," imbuh dia.

Rayhan mengklaim bahwa penjualan produk hand sanitizer sangat meningkat drastis setelah ramainya pemberitaan terkait Corona virus. "Biasanya sehari 40 botol, sekarang bisa 100 botol lebih," keras Rayhan.

Terkait tingginya lonjakan harga hand sanitizer yang memberatkan konsumen, ia mengaku diakibatkan oleh berkurangnya pasokan dari pihak produsen maupun distributor.

"Kemudian harga dari sana juga udah naik," tutupnya.

Reporter: sulaeman

Sumber: Merdeka.com

Cegah Virus Corona dengan Hand Sanitizer, Efektifkah?

Hand sanitizer. (iStock)
Hand sanitizer. (iStock)

Sebelumnya, penyebaran virus corona saat ini sudah sampai hingga ke 28 negara. Untuk mencegah terkena virus corona, banyak pakar kesehatan yang menyarankan untuk rajin cuci tangan menggunakan sabun. Namun, bagaimana jika hanya menggunakan hand sanitizer?

Dilansir dari Asia One, Jumat, 6 Februari 2020, menurut konsultan senior penyakit menular di National Center for Infectious Diseases (NCID), Dr Kalisvar Marimuthu mengatakan, cara terbaik sebenarnya ialah mencuci tangan menggunakan air dan sabun. Sebab, sabun dan air mampu mengurangi jumlah semua jenis kuman di tangan, sehingga dengan sering mencuci tangan akan terjaga kebersihannya.  

Jika Anda tidak dapat mengakses air, hand sanitizer pun bisa digunakan. Namun, pembersih tangan tersebut setidaknya harus mengandung alkohol sebesar 60 persen. 

Untuk lebih efektif, tuangkan hand sanitizer ke seluruh tangan. Setelah itu gosokkan pada tangan Anda selama sekitar 20 detik dan biarkan kering dengan sendirinya. 

Menurut United States Centres for Disease Control and Prevention, hand sanitizer dangan 60-90 persen alkohol membersihkan jauh lebih baik daripada yang tidak memiliki kandungan alkohol di dalamnya. Juga dikatakan sabun dan air lebih baik, karena hand sanitizer tidak menghilangkan semua jenis kuman. 

Alternatif lainnya yang sering digunakan ialah tisu antiseptik. Namun, menurut Dr Marimuthu tisu tersebut sebenarnya digunakan untuk membersihkan benda dan lingkungan bukan untuk tangan. 

Seorang ahli virologi dari Queen Mary University of London melakukan penelitian tentang tisu basah beberapa tahun lalu. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa dalam beberapa kejadian, menggunakan tisu basah sebenarnya justru dapat menyebarkan kuman daripada menghilangkannya. Tetapi, jika tisu tersebut memiliki kandungan pembunuh kuman setidaknya 40 persen, tisu bisa efektif digunakan. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gudang Genset Mal Pelayanan Publik Siola Kota Surabaya Terbakar

Posted: 02 Mar 2020 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gudang genset yang berada di lantai 2 ruang UPTD Metrologi, Mal Pelayanan Publik, Gedung Siola Jalan Genteng Kali Nomor 117, Bubutan, Surabaya, Jawa Timur terbakar.

"Iya benar kejadian sekitar pukul 10.00 WIB," tutur Kasi Pengendali Bidang Operasional Dinas Pemadam Kebakaran (PMK) Surabaya, Gatot Priambodo seperti dikutip dari Antara, Selasa (3/3/2020).

Ia menuturkan, yang terbakar bukan genset melainkan radiasi panas dari genset tersebut yang mengenai kardus sehingga terjadi kebakaran. Akibatnya keluar asap mengepul terlihat dari lantai 2 Gedung Siola.

Atas kejadian itu, Gatot menuturkan tidak ada korban jiwa. Namun, sejumlah pegawai di Mal Pelayanan Publik sempat panik dan keluar dari Gedung Siola di Surabaya.

Sementara sejumlah petugas PMK dibantu Linmas dan Satpol PP ikut mengevakuasi di sekitar area lokasi terjadi kebakaran. "Tidak ada korban jiwa, api sudah kita tangani," ujar dia.

Kerahkan Sekitar 10 Mobil PMK

Saat ditanya berapa mobil MPK yang disiapkan dalam proses pemadaman di gedung Siola tersebut, Gatot mengatakan pihaknya belum mengetahui secara pasti karena hingga berita ini ditulis masih dalam proses pemadaman api.

"Mungkin baru sekitar 10 mobil PMK," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

9 Jenis Jambu Air Termanis, Punya Keunggulannya Masing-masing

Posted: 02 Mar 2020 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ada beragam jenis jambu air termanis sesuai dengan dengan variestasnya. Baik dengan melihat bentuk pohonnya dan bagian-bagian tanamannya, rasa dan sifat-sifat buahnya, maupun sifat-sifat yang tidak mudah dilihat seperti kemampuan tumbuhnya terhadap variasi-variasi lingkungan.

Keberagaman jenis air termanis ini memiliki keunggulannya masing-masing. Tak heran, kalau jambu air sangat cocok untuk dibudidayakan. Tanaman buah jambu air memiliki keunggulan dengan rasa buahnya yang manis dan menyegarkan karena kandungan air di dalam jambu air sangat tinggi. Hal inilah yang membuat jambu air sangat cocok untuk dijadikan camilan sehat.

Bagi kamu yang tertarik atau sudah menjadikan jambu air sebagai menu camilan, kamu perlu mengetahui jenis jambu air termanis. Mani salami yang menyegarkan dapat sekaligus menjaga kesehatan tubuh kamu.

Berikut jenis jambu air termanis yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (3/3/2020).

 

Jambu Madu Deli Hijau

Jambu air (dok Pixabay/Ossid Duha Jussas Salma)
Jambu air (dok Pixabay/Ossid Duha Jussas Salma)

Jenis jambu air termanis pertama adalah Jambu Madu Deli Hijau. Jenis jambu air ini memiliki warna hijau dengan tingkat kemanisan yang luar biasa. Jambu madu hijau tidak memiliki biji di dalamnya dan memiliki daging yang rapuh sehingga lezit saat dimakan.

Pohon jambu madu deli hijau mampu menghasilkan buah yang lebih banyak walau memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan jambu madu lainnya. Keunggulan lain dari jambu madu deli hijau adalah sifatnya yang genjah, cepat berbuah.

Jika bibit yang ditanam berumur 3-4 bulan mulai pencangkokan yang biasanya memiliki tinggi sekitar 60-70 cm, maka ia akan berbuah pada umur 8-9 bulan dengan perawatan standar.

Jambu Madu Kesuma Merah

Jambu Air.
Jambu Air.

Jenis jambu air termanis berikutnya adalah Jambu Kesuma Merah. Jambu air ini merupakan salah satu jambu madu air unggulan yang memiliki buah berwarna merah, Selain itu, jambu air ini memiliki daging yang tebal bahkan saking tebalnya lubang bijinya hampir tidak ada, sehingga dagingnya padat dan sangat rapuh.

Kunggulan  lain jambu air kesuma merah adalah memiliki tingkat kerapuhan yang sangat tinggi, sehingga terkadang cukup sulit untuk memecahkan jambu ketika ingin dimakan. Tanaman buah jambu kesuma merah memiliki waktu yang lebih lama berbuahnya. Hal ini dikarenakan pohonnya yang besar dibandingkan dengan jambu madu deli hijau. Biasanya pohon jambu kesuma merah akan mulai berbuah pada usia 13-15 bulan.

Jambu Madu Super Green

Jambu Madu Super Green merupakan varietas unggulan dari tanaman jambu air. Jenis jambu air ini memiliki keunggulan berupa ukuran buahnya yang sangat besar. Besarnya jambu air ini bisa mencapai ukuran satu botol minuman kemasan gelas.

Sedangkan kalau ditimbang, 1 kilogram berisikan 4 buah jambu air. Meskipun memiliki ukuran buah yang besar, untuk soal rasa, jambu super green memiliki rasa yang super manis. Jambu air ini memiliki rasa manis yang merata, dari atas hingga ke bagian bawah buahnya.

Pada tanaman buah jambu super green mulai berbuah pada usia 1-2 tahun sejak penanaman. Pohon jambu super green menghasilkan buah besar-besar sehingga tidak sebanyak jambu madu Deli Hijau. Tetapi karena pohonnya terbilang lebih besar, maka jambunya juga dapat berbuah dengan banyak.

Jambu Air Citra

Jenis jambu air termanis berikutnya adalah Jambu Air Citra. Jambu air ini merupakan salah satu jambu air unggulan yang memiliki ukuran buah besar, ditambah dengan rasanya yang super manis.

Pohon jambu air citra dapat berbuah sebanyak 3 kali. Keunggulan lainnya adalah tanaman buah jambu air citra tergolong gampang untuk di budidayakan, tidak perlu memakan waktu lama untuk panen.

Tanaman jambu air citra mulai berbuah pada usia 2 tahun ke atas. Kalau buah ini panen pada musim hujan, maka rasa manisnya akan sedikit luntur. Hal ini dikarenakan struktur gabus yang ada pada jambu menyerap air terlalu banyak. Sedangkan saat musim kemarau, jambu ini bisa tumbuh baik. Hal ini ditandai dengan rasanya yang lebih manis ketimbang saat musim hujan.

Jambu Air Delima, Bol, dan Jambu Air Bajang Leang

Ilustrasi Jambu Bol / Sumber: Wikipedia
Ilustrasi Jambu Bol / Sumber: Wikipedia

Jambu Air Delima

Jambu delima merupakan varietas unggulan buah khas dari Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Jambu delima memiliki keunggulan daging buahnya yang renyah dan mengandung banyak air, ditambah lagi, rasanya yang manis mirip dengan jambu citra.

Jambu Bol

Jambu Bol Jamaika merupakan salah satu jenis jambu air unggulan yang memiliki ukuran buah yang besar. Satu buah jambu bol jamaika bisa mencapai ukuran segenggaman tangan orang dewasa. Daging buah jambu bol jamaika tergolong tebal.

Jambu Air Bajang Leang

Jambu Bajang Leang merupakan salah satu jenis jambu air yang paling banyak. Bentuk jambu air ini sangat besar dengan warna yang menarik serta rasa yang manis. Selain itu, kandungan air buah ini sangat tinggi.

Jambu Air Cincalo Merah dan Jambu Air King Rose

Jambu Air Cincalo Merah

Jambu Cincalo Merah merupakan salah satu varietas jambu air unggulan dengan daging buah yang tebal dan padat. Selain itu, rasa buahnya manis dan menyegarkan. Uniknya lagi, bentuk buah jambu cincalo memanjang seperti lonceng, tetapi tidak gemuk membulat di bagian tengahnya sehingga dari pangkal ke ujungnya tampak lurus.

Jambu Air King Rose

Jambu air king rose merupakan salah satu varietas jambu air unggulan dengan keunikan warnanya yang merah legam seperti bunga mawar. Ukuran buah jambu ini juga dikategorikan jumbo, yaitu mencapai 200 – 350 gram per buahnya.

Buah jambu air king rose memiliki rasa yang tak kalah dengan jambu super green. rasanya sangat manis dan segar dengan kadar airnya cukup tinggi dan lebih hebatnya lagi buah jambu air king rose biasanya tidak memiliki biji.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Penampakan Gunung Merapi Erupsi

Posted: 02 Mar 2020 09:35 PM PST

Gunung Merapi menyemburkan material vulkanik ke udara saat erupsi di Sleman, DI Yogyakarta, Selasa (3/3/2020). Gunung Merapi meletus pada pukul 05.22 WIB dengan tinggi kolom 6.000 meter , status waspada (level II). (AP Photo/Slamet Riyadi)
Gunung Merapi menyemburkan material vulkanik ke udara saat erupsi di Sleman, DI Yogyakarta, Selasa (3/3/2020). Gunung Merapi meletus pada pukul 05.22 WIB dengan tinggi kolom 6.000 meter , status waspada (level II). (AP Photo/Slamet Riyadi)

Gunung Merapi menyemburkan material vulkanik ke udara saat erupsi di Sleman, DI Yogyakarta, Selasa (3/3/2020). Gunung Merapi meletus pada pukul 05.22 WIB dengan tinggi kolom 6.000 meter , status waspada (level II). (AP Photo/Slamet Riyadi)

Gunung Merapi menyemburkan asap dan abu vulkanis terlihat dari Sleman, Yogyakarta, Selasa (3/3/2020). Gunung Merapi meletus pada pukul 05.22 WIB dengan tinggi kolom 6.000 meter , status waspada (level II). (PANUT / AFP)
Gunung Merapi menyemburkan asap dan abu vulkanis terlihat dari Sleman, Yogyakarta, Selasa (3/3/2020). Gunung Merapi meletus pada pukul 05.22 WIB dengan tinggi kolom 6.000 meter , status waspada (level II). (PANUT / AFP)

Gunung Merapi menyemburkan asap dan abu vulkanis terlihat dari Sleman, Yogyakarta, Selasa (3/3/2020). Gunung Merapi meletus pada pukul 05.22 WIB dengan tinggi kolom 6.000 meter , status waspada (level II). (PANUT / AFP)

Gunung Merapi menyemburkan asap dan abu vulkanis terlihat dari utara kota Yogyakarta, Selasa (3/3/2020). Gunung Merapi meletus pada pukul 05.22 WIB dengan tinggi kolom 6.000 meter , status waspada (level II). (HO/Merapi Observation/AFP)
Gunung Merapi menyemburkan asap dan abu vulkanis terlihat dari utara kota Yogyakarta, Selasa (3/3/2020). Gunung Merapi meletus pada pukul 05.22 WIB dengan tinggi kolom 6.000 meter , status waspada (level II). (HO/Merapi Observation/AFP)

Gunung Merapi menyemburkan asap dan abu vulkanis terlihat dari utara kota Yogyakarta, Selasa (3/3/2020). Gunung Merapi meletus pada pukul 05.22 WIB dengan tinggi kolom 6.000 meter , status waspada (level II). (HO/Merapi Observation/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Didakwa Aniaya Dipo Latief, Nikita Mirzani Layangkan Nota Keberatan Ke Majelis Hakim

Posted: 02 Mar 2020 09:30 PM PST

 

Liputan6.com, Jakarta Sidang lanjutan kasus dugaan penganiayaan yang dilakukan Nikita Mirzani digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, pada Senin (2/3/2020) kemarin.

Dalam sidang, Nikita Mirzani membacakan eksepsi atau nota keberatan atas dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) terkait penganiayaan terhadap Dipo Latief. 

Secara pribadi, Nikita Mirzani keberatan atas dakwaan JPU yang menyebutnya menganiaya Dipo Latief. Nikita Mirzani mengaku bingung dengan dakwaan tersebut.

Bingung dan Tidak Mengerti

Nikita Mirzani. (Nurwahyunan/Bintang.com)
Nikita Mirzani. (Nurwahyunan/Bintang.com)

"Saya bingung dan tidak mengerti dengan dakwaan yang dibacakan JPU terhadap diri saya pada sidang yang lalu," urai Nikita Mirzani di ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, kemarin.

"Setelah saya baca dan pelajari dengan saksama, bahwa saya didakwa atas dugaan tindak pidana penganiayaan," ibu tiga anak ini membeberkan.

Tidak Berniat

Nikita Mirzani. (Deki Prayoga/Bintang.com)
Nikita Mirzani. (Deki Prayoga/Bintang.com)

Kepada Majelis Hakim, bintang sinetron Jodoh Wasiat Bapak dan Warteg DKI mengatakan bahwa ia tidak melakukan apa yang didakwakan oleh JPU.

Menurut Nikita Mirzani, pertengkarannya dengan Dipo Latief itu lumrah dalam rumah tangga. "Saya tidak pernah punya niat untuk melakukan perbuatan seperti apa yang didakwakan JPU terhadap saya," bantah artis kelahiran Jakarta, 17 Maret 1986.

Sebagai Seorang Wanita Lemah

Nikita Mirzani. (Deki Prayoga/Bintang.com)
Nikita Mirzani. (Deki Prayoga/Bintang.com)

Nikita Mirzani menyambung, "Sebagai seorang wanita lemah, bagaimana mungkin saya melakukan perbuatan seperti itu kepada saksi pelapor, Ahmad Dipo, yang tidak lain adalah suami saya sendiri, kepala rumah tangga, serta ayah dari anak-anak saya."

Soal dakwaan dari JPU dalam sidang sebelumnya, Nikita Mirzani mengaggap pertengkarannya dengan Dipo Latief hanyalah masalah rumah tangga biasa.

Tidak Ada Permasalahan

Nikita Mirzani. (Bambang E. Ros/Bintang.com)
Nikita Mirzani. (Bambang E. Ros/Bintang.com)

"Majelis hakim yang mulia, sebenarnya tidak ada permasalahan hukum antara saya dengan Dipo," ungkap bintang film Mama Minta Pulsa dan Nenek Gayung.

"Pun seandainya terjadi permasalahan antara saya dengan saksi pelapor Ahmad Dipo, itu adalah permasalahan rumah tangga, suami istri, sebagaimana biasanya lazim terjadi dalam sebuah kehidupan rumah tangga," demikian Nikita Mirzani menyatakan keberatan di muka sidang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

El Clasico Beres, Real Madrid Langsung Incar Manchester City

Posted: 02 Mar 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Madrid - Real Madrid telah menyelesaikan El Clasico yang berlangsung di Estadio Santiago Bernabeu, Minggu (1/3/2020) atau Senin dini hari WIB. Los Blancos, sebutan Real Madrid, menang 2-0 atas Barcelona.

Setelah El Clasico beres, pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane langsung membidik Manchester City. Dia ingin timnya meraih kemenangan di kandang Manchester City pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions.

Los Blancos butuh kemenangan minimal 2-0 di kandang Manchester City untuk lolos ke babak selanjutnya. Pada leg pertama, di Santiago Bernabeu, 27 Februari lalu, Los Blancos kalah 1-2.

"Kami siap untuk leg kedua, meski masih ada pertandingan liga sebelum pertandingan itu. Namun, reaksi kami di El Clasico menunjukkan Real Madrid siap. Itu penting," kata Zidane, seperti dikutip dari situs resmi klub.

Sebelum menghadapi Manchester City, Real Madrid masih menjalani dua pertandingan di Liga Spanyol, yakni melawan Real Betis (9/3/2020) dan Eibar (14/3/2020).

Yakin Bisa Comeback

Real Madrid vs Manchester City. (JAVIER SORIANO / AFP)
Real Madrid vs Manchester City. (JAVIER SORIANO / AFP)

Pelatih berusia 47 tahun tersebut menegaskan, Real Madrid bisa membalikkan keadaan. Terlebih, Real Madrid sudah memenangkan Liga Champions sebanyak 13 kali.

"Kita harus berpegang teguh pada apa yang diyakini. Kami tahu itu akan sulit sampai pertandingan berakhir," ucap Zidane, pelatih asal Prancis.

"Real Madrid perlu membuktikan kepada dirinya sendiri saat bermain di sana (kandang Manchester City). Kami sangat menginginkannya," ujar Zidane menegaskan.

Jadwal Pertandingan

18 Maret 2020

Pukul: 03.00 WIB

Manchester City vs Real Madrid

Venue: Etihad Stadium

Agregat: 2-1 (untuk keunggulan Manchester City)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Trump Percepat Pembuatan Vaksin Corona

Posted: 02 Mar 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Presiden AS Donald Trump mengadakan rapat dengan kabinet dan pengusaha farmasi serta bioteknologi untuk mempercepat pembuatan vaksin virus corona di AS.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lippo Karawaci Rombak Direksi, Tunjuk CFO dan CIO Baru

Posted: 02 Mar 2020 09:28 PM PST

Liputan6.com, Jakarta PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) mengumumkan jajaran direksi baru. Perusahaan menunjuk Tevilyan Yudhistira Rusli sebagai Chief Financial Officer (CFO) serta Surya Tatang sebagai Chief Investment Officer (CIO). Pengangkatan keduanya efektif per tanggal 16 April 2020.

Chief Executive Officer LPKR, John Riady, mengatakan pihaknya percaya dalam membangun organisasi yang berbasis talenta.

"Saya senang dapat bekerja sama dengan Yudhis dan Surya karena kami akan terus membangun Lippo Karawaci tidak hanya menjadi perusahaan real estat yang terbesar, tetapi juga menjadi yang paling menguntungkan di Indonesia, yang akan melayani masyarakat Indonesia," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (3/3/2020).

Adapun tim manajemen LPKR adalah sebagai berikut:

Chief Executive Officer: John Riady

Chief Investment Officer: Surya Tatang

Chief Operating Officer: Rudy Halim

Chief Financial Officer: Tevilyan Yudhistira Rusli

Director of Projects: Peter Yu

Director of Human Resource: Norita Alex

Director of Legal Affairs: Jenny Kuistono

Head of Investor Relations: Bret Ginesky

Head of Corporate Planning & Project Management Office: Clarissa Joesoep.

 

Rekam Jejak

Yudhis dalam 20 tahun terakhir karirnya berada di Unilever. Posisi terakhir Yudhis sebagai Chief Auditor di bisnis Global Unilever yang berbasis di London, U.K.

Sebelumnya, Yudhis menjabat sebagai CFO di Unilever Indonesia selama lima tahun, mengendalikan keuangan atas bisnis dengan kapitalisasi pasar sekitar USD19 miliar. Pada 2017, dia dinobatkan sebagai Best CFO di Indonesia oleh majalah SWA.

Sementara, Surya bergabung dengan LPKR pada Maret 2019 sebagai Chief Financial Officer. Surya berhasil memimpin dalam penyelesaian penawaran umum terbatas LPKR, pembiayaan kembali obligasi sejumlah USD 325 juta, penawaran obligasi tambahan sebesar USD 95 juta, penawaran tender obligasi, serta inisiatif utama lainnya.

Dalam posisi barunya, Surya akan mengemban tanggung jawab untuk bisnis pengelolaan dana real estat LPKR.

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Jurus Singapura Lawan COVID-19 hingga Virus Corona di Indonesia Disorot Dunia

Posted: 02 Mar 2020 09:27 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kasus infeksi Virus Corona COVID-19 di Indonesia dilaporkan sudah memasuki data peta persebaran Virus Corona, yaitu Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE. Kabar tersebut menjadi berita populer di antara pembaca kanal Global Liputan6.com hari ini.

Isu Indonesia mengkonfirmasi kasus pertama positif Virus Corona juga menjadi sorotan sejumlah negara di dunia.

Berita lain yang menarik perhatian pembaca lainnya adalah jurus atau upaya yang diterapkan Singapura menangani Virus Corona COVID-19, yang dikatakan perlu dicontoh oleh Indonesia. 

Berikut selengkapnya dalam 3 artikel terpopuler kanal Global Liputan6.com edisi Selasa, (3/2/2020):

1. Indonesia Masuk Daftar Peta Persebaran Virus Corona COVID-19 di Dunia

Peta persebaran Virus Corona COVID-19 di Dunia. Termasuk di antaranya sejumlah negara Asia yang kini Indonesia masuk dalam daftar tersebut. (gisanddata.maps.arcgis.com)
Peta persebaran Virus Corona COVID-19 di Dunia. Termasuk di antaranya sejumlah negara Asia yang kini Indonesia masuk dalam daftar tersebut. (gisanddata.maps.arcgis.com)

Salah satu negara di Asia, kembali dilaporkan terinfeksi Virus Corona. Indonesia kini masuk daftar peta persebaran COVID-19, Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE.

Mengutip gisanddata.maps.arcgis.com, Senin (2/3/2020), dalam daftar tersebut Indonesia disebutkan dengan data berikut:

  • Indonesia Confirmed: 2
  • Deaths: 0
  • Recovered: 0
  • Existing: 2

Baca selengkapnya...

2. Kasus Pertama Virus Corona di Indonesia Jadi Sorotan Dunia

Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan saat membuka Rapat Kerja (Raker) Kepala Perwakilan RI dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) di Istana Negara‎, Kamis (9/1/2020). Pembukaan Raker ditandai dengan pemukulan gong oleh Jokowi didampingi Menlu Retno Marsudi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan saat membuka Rapat Kerja (Raker) Kepala Perwakilan RI dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) di Istana Negara‎, Kamis (9/1/2020). Pembukaan Raker ditandai dengan pemukulan gong oleh Jokowi didampingi Menlu Retno Marsudi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Jokowi mengonfirmasi adanya dua orang di Indonesia yang positif terjangkit Virus Corona. Kabar yang tengah ramai diperbincangkan masyarakat dalam negeri ini ternyata juga menyita perhatian dunia internasional.

Pasalnya, Virus Corona tengah menjadi ancaman bagi masyarakat dunia. Seakan-akan tiap negara di dunia hanya tinggal menunggu giliran saja.

Situs berita Straits times dari Singapura misalnya. Dalam artikel berjudul "Indonesia confirms two coronavirus cases: President Jokowi" menegaskan bahwa kepala negara Indonesia yang menyampaikan informasi tersebut.

Baca selengkapnya...

3. Transparansi, Jurus Singapura Tangani Virus Corona Perlu Dicontoh Indonesia

Calon penumpang kereta api mengenakan masker saat berada di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (31/01). Dalam rangka pencegahan Virus Corona, PT Kereta Api Indonesia (persero) melakukan sosialisasi kepada penumpang dengan membagi-bagikan masker di stasiun Gambir. (merdeka.com/Imam Buhori)
Calon penumpang kereta api mengenakan masker saat berada di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (31/01). Dalam rangka pencegahan Virus Corona, PT Kereta Api Indonesia (persero) melakukan sosialisasi kepada penumpang dengan membagi-bagikan masker di stasiun Gambir. (merdeka.com/Imam Buhori)

Presiden Jokowi telah mengonfirmasi dua kasus positif Virus Corona COVID-19 di Indonesia pada Senin (2/3/2020). Dalam menangani pasien Virus Corona, Indonesia bisa belajar dari Singapura yang langkahnya telah diapresiasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). 

"Kami sangat terkesan dengan upaya yang mereka (Singapura) lakukan untuk menemukan setiap kasus, menindaklanjuti dengan kontak dan menghentikan transmisi," kata Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus, Selasa 18 Februari.

Duta besar RI untuk Singapura I Gede Ngurah Swajaya mengungkap tiga hal yang bisa dicontoh dari pemerintah Singapura dalam menghadapi wabah Virus Corona ini.

Baca selengkapnya...

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jarang Tersorot, Ini 7 Potret Muchlis Rusli Ayah Bunga Citra Lestari

Posted: 02 Mar 2020 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bunga Citra Lestari merupakan salah satu artis ternama Tanah Air. Wanita yang akrab disapa Unge ini memulai kariernya di dunia hiburan dengan bermain sinetron. Namanya semakin melejit usai membintangi sinetron Senandung Masa Puber yang tayang pada 2003 silam.

Tak hanya itu, BCL juga melebarkan sayap di dunia tarik suara. Hingga saat ini wanita 36 tahun ini lebih dikenal sebagai seorang penyanyi. Menjadi seleb ternama di Tanah Air, membuat banyak orang penasaran akan kehidupan pribadi Bunga Citra Lestari.

Di balik kesuksesannya dalam berkarier, dukungan keluarga BCL selalu mengiringi. Namun tak banyak yang tahu, rupanya istri almarhum Ashraf Sinclair ini besar dari keluarga dengan beragam profesi. Sang ibunda, Emmy Syarif diketahui bekerja sebagai dokter gigi. Sedangkan ayahnya, Muchlis Rusli bekerja di Bank Indonesia.

BCL juga kerap berpindah-pindah kota lantaran mengikuti penempatan pekerjaan sang ayah. Meski jarang terekspos oleh media, BCL beberapa kali membagikan momen kebersamaan dengan sang ayah di akun Instagramnya.

Selain itu, Emmy Syarif yang sudah puluhan tahun menikah dengan Muchlis tampak semakin harmonis. Berikut 7 potret Muchlis Rusli dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (3/3/2020).

1. Muchlis Rusli ayah kandung dari Bunga Citra Lestari dulunya pernah bekerja di Bank Indonesia.

Muchlis Rusli (Sumber: Instagram/@bclsinclair)
Muchlis Rusli (Sumber: Instagram/@bclsinclair)

2. Bunga Citra Lestari membagikan potret sang ayah di hari ulang tahun yang ke-75.

Muchlis Rusli (Sumber: Instagram/@bclsinclair)
Muchlis Rusli (Sumber: Instagram/@bclsinclair)

3. Muchlis Rusli juga sangat dekat dengan sang cucu, ia mendukung segala sesuatu yang dilakukan Noah.

Muchlis Rusli (Sumber: Instagram/@emmymuchlis)
Muchlis Rusli (Sumber: Instagram/@emmymuchlis)

4. Semasa kecil, kedua orangtua BCL kerap membujuk putrinya untuk menempuh pendidikan di kedokteran mengikuti sang ibu.

Muchlis Rusli (Sumber: Instagram/@bclsinclair)
Muchlis Rusli (Sumber: Instagram/@bclsinclair)

5. Meski tak menjadi seorang dokter, Muchlis Rusli selalu memberikan dukungan penuh pada pilihan karier BCL.

Muchlis Rusli (Sumber: Instagram/@bclsinclair)
Muchlis Rusli (Sumber: Instagram/@bclsinclair)

6. Muchlis Rusli kerap menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta.

Muchlis Rusli (Sumber: Instagram/@bclsinclair)
Muchlis Rusli (Sumber: Instagram/@bclsinclair)

7. Ayah BCL, juga kerap berkumpul dengan keluarga mendiang Ashraf Sinclair.

Muchlis Rusli (Sumber: Instagram/@bclsinclair)
Muchlis Rusli (Sumber: Instagram/@bclsinclair)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Media Harus Jaga Privasi Pasien Corona

Posted: 02 Mar 2020 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Dua Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Depok dinyatakan positif terjangkit virus Corona. Berbagai media di Indonesia secara serentak mengangkat isu tersebut menjadi isu nasional. Kendati demikian, beberapa pemberitaan yang beredar justru dinilai melanggar privasi kedua pasian tersebut.

Pakar hukum siber (cyberlaw) Universitas Islam Antarbangsa Malaysia (IIUM) asal Indonesia, Prof Dr Sonny Zulhuda menyayangkan banyaknya pemberitaan terkait virus Corona yang mengesampingkan aspek privasi pasien.

"Saya lihat pemberitaan terkait kasus virus Corona atau virus COVID-19 di Indonesia tidak mengindahkan aspek privasi pasien," jelas Sonny dalam wawancara bersama Antaranews.com di Kantor Komisioner PDP Malaysia, Kuala Lumpur, Selasa (3/3/2020).

Meskipun di Indonesia belum ada Undang-Undang tentang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP), dia menegaskan, setiap warga negara perlu dijaga privasinya.

"Itu hak fundamental setiap warga," tegasnya.

Sony juga mengkritik tindakan media yang justru malah menyebarkan data pribadi pasien hingga menyoroti kehidupan pribadinya.

"Sekarang yang ada malah memburu pasien, menyebarkan data pribadi bahkan menyoroti kehidupan personalnya. Jika keperluan medis atau manajemen krisis masih bisa dibuka data pribadinya. Namun, kalau sekedar pemberitaan umum sebaiknya tidak diumbar," imbuhnya.

 

Media Luar Negeri Dinilai Lebih Santun

Apabila dibandingkan media-media di luar negeri, media tersebut dinilai lebih santun dalam menjaga hak privasi warganya.

"Kalau lihat pemberitaan di berbagai media laur negeri, mereka aktif memberitakan kasus per kasus. Namun, tidak sampai membuka data yang bersifat unik atau unique identifier seperti nama dan alamat. Hanya sebatas umur, pekerjaan, dan kota domisili, selebihnya dirahasiakan," ujarnya.

Seperti halnya yang tertuang dalam UUD 1945, Pasal 28G ayat (1), disebutkan bahwa setiap orang berhak atas perlindungan diri pribadi, keluarga, kehormatan, martabat, dan harta benda yang di bawah kekuasaannya. Serta berhak atas rasa aman dan perlindungan dari ancaman ketakutan untuk tidak berbuat sesuatu yang merupakan hak asasi.

 

(Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Benarkah Sembako Bisa Ubah Pilihan Warga di Pilkada Malang?

Posted: 02 Mar 2020 09:23 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Selain politik uang, faktor hadiah berupa souvenir dan sembako bisa mengubah pilihan masyarakat pada Pilkada Kabupaten Malang 2020.

Hal ini merupakan hasil survei kolaborasi antara sosiologi agama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Adiwangsa Research and Consultant yang dirilis di Kepanjen, Minggu,1 Maret 2020.

Menurut survei tersebut, ada 17,06 persen pilihan masyarakat akan berubah karena sembako. Sedangkan faktor politik uang menempati posisi 13,47 persen bisa merubah pilihan masyarakat.

"Sedangkan prosentase paling besar bisa menyebabkan masyarakat berubahnya pilihan adalah faktor lingkungan sebesar 18,4 persen," ujar peneliti dan dosen sosiologi agama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Mahatva Yoga Pradana, kepada TIMES Indonesia.

Dia menjelaskan, bila melihat hasil survei yang ada, maka faktor sembako bisa merubah pilihan ada peringkat kedua setelah faktor lingkungan. Lantaran secara prosentase di atas 10 persen.

"Melalui ajakan dari tetangga, tokoh masyarakat, tokoh agama, kiyai dan sebagainya memang memiliki peluang besar untuk merubah pilihan. Artinya, ajakan dari seorang tokoh, berpengaruh merubah pilihan masyarakat," ungkapnya.

Hal ini menurut Mahatva tidak lepas dari kondisi masyarakat di Kabupaten Malang yang patuh dan taat terhadap ajakan dari seorang tokoh, maupun pemuka agama seperti kiai.

"Maka dari itu, para calon juga melakukan pendekatan terhadap tokoh masyarakat dan kiyai. Tentunya dengan harapan bisa dapat mengajak masyarakat memilihnya," urainya.

Tergiur Iming-Iming

Ilustrasi pilkada serentak (Liputan6.com/Yoshiro)
Ilustrasi pilkada serentak (Liputan6.com/Yoshiro)

Sedangkan untuk faktor sembako dan politik uang yang dapat merubah pilihan pada Pilkada Kabupaten Malang, dikatakan bisa saja terjadi.

Menurut peneliti dan dosen sosiologi agama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini, seorang pemilih bisa saja tergiur dengan iming-iming yang diberikan.

"Sudah menjadi rahasia umum bahwa setiap ada pemilihan, maka akan ada potensi serangan fajar. Tentunya hal ini menjadi ranah dari Bawaslu untuk mengawasi proses Pilkada Kabupaten Malang agar tidak terjadi pelanggaran," tuturnya. 

 

Simak berita Times Indonesia lainnya di sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Warga Sidorejo Klaten Nonton Bareng Erupsi Gunung Merapi

Posted: 02 Mar 2020 09:22 PM PST

Solopos - Klaten - Hujan abu terjadi di sejumlah wilayah di Klaten pascaerupsi Gunung Merapi, Selasa (3/2/2020) pagi. Guyuran hujan abu tipis terutama dirasakan di wilayah sisi utara dan timur Kabupaten Bersinar.

Seperti di wilayah Kecamatan Tulung. Hujan abu mengguyur sekitar pukul 07.30 WIB. Guyuran hujan abu tipis berlangsung sekitar sejam. Dampak guyuran hujan abu seperti yang terlihat di sepanjang jalan raya Klaten-Boyolali wilayah Tulung.

Sejumlah warga yang tinggal di tepi jalan raya terlihat membersihkan abu yang menempel di halaman rumah serta kantor mereka.

"Sejak saya bertugas di sini selama tiga tahun terakhir baru kali ini ada hujan abu. Tadi mulai sekitar pukul 07.30 WIB sudah ada hujan abu dan reda itu sekitar pukul 08.30 WIB," kata Hari (30) salah seorang petugas keamanan salah satu koperasi di tepi jalan raya Klaten-Boyolali, Desa Sorogaten, Kecamatan Tulung saat ditemui Solopos.com, Selasa.

Warga lainnya, Murini (58) juga mengakui hujan abu baru kali pertama mengguyur wilayah Kecamatan Tulung sejak status Merapi masuk pada level waspada Mei 2018 lalu.

"Dulu pernah hujan abu dan tebal saat erupsi 2010," kata warga Sorogaten tersebut.

Hujan abu justru tak terlalu dirasakan di wilayah lereng Merapi. Salah satu warga Deles, Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Sukiman, memastikan tak ada hujan abu di wilayahnya.

"Kolom erupsi membumbung tinggi dan terbawa angin menjauh dari wilayah kami sehingga tidak ada hujan abu," kata Sukiman.

Disinggung kondisi warga saat erupsi terjadi, Sukiman menjelaskan warga tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa setelah (erupsi)(4192532 "") mereda. Tenangnya warga saat erupsi terjadi ditunjukkan Sukiman dengan mengirimkan foto yang menggambar warga berkumpul di jalan kampung dan menonton bareng kolom erupsi yang membumbung.

Di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang juga tak terlalu terdampak hujan abu.

"Tegalmulyo yang terdampak hujan abu hanya di wilayah Gedongijo. Hujannya juga bercampur pasir. Untuk durasi hujan sekitar 15 menit," kata salah satu warga Tegalmulyo, Subur.

Sementara itu, BPBD Klaten membagikan masker ke sejumlah kecamatan yang terdampak hujan abu. Di Kecamatan Tulung dan Polanharjo BPBD membagikan masing-masing 2.000 masker ke kantor kecamatan untuk didistribusikan ke warga terdampak hujan abu.

"Stok masker di BPBD sekitar 25.000 lembar. Kami masih menunggu informasi dari kecamatan lainnya yang terdampak hujan abu untuk menyalurkan bantuan masker. Informasinya hujan abu juga terjadi di wilayah Kecamatan Jatinom dan Wonosari," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Klaten, Sri Yuwana Haris Yulianta. (AMA/PNJ)

Baca berita menarik lainnya di Solopos.

Simak Video Pilihan Berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kronologi Pasien Suspect Corona Asal Bekasi Meninggal Dunia di Cianjur

Posted: 02 Mar 2020 09:21 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pasien suspect Corona, DJ (50) warga di Tambun, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, dikabarkan meninggal dunia di Rumah Sakit Dr Hafiz (RSDH) Cianjur, Selasa (3/3/2020) pukul 04.00 WIB.

"Iya saya baru dapat info dari Kadiskes Cianjur. Pasien tersebut beralamat Kabupaten Bekasi, Tambun. Infonya seperti ini," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Sri Enny, saat dikonfirmasi Liputan6.com, Selasa (3/3/2020).

Dengan kejadian ini, Sri mengimbau masyarakat agar selalu memerhatikan kesehatan, dan segera melakukan tindakan bila menunjukkan gejala menyerupai virus Corona.

"Untuk masyarakat semua menjaga kesehatannya. Untuk masyarakat yang sakit dan diduga ada kontak dengan pasien terinfeksi virus Corona bisa menghubungi call center 119 atau 112," imbuhnya.

Pasien DJ sebelumnya dirawat lantaran mengeluhkan gejala sesak napas usai bepergian dari Malaysia. Pria pegawai Telkom itu diketahui sempat berkunjung ke Malaysia pada 14-17 Februari 2020. Selama dua hari pasca kepulangan dari negeri Jiran, pasien masih dalam kondisi baik.

"Mulai tanggal 20 Februari itu pasien mulai terasa demam dan batuk. Sehingga pada tanggal 22-26 Februari beliau dirawat di RS Mitra Keluarga Bekasi," kata Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman dalam keterangannya di video yang viral di WhatsApp.

Pasien yang belum sembuh 100 persen, lalu memutuskan pulang ke rumah pada 26 Februari 2020. Tanggal 29 Februari, DJ kemudian pergi titirah ke kediaman saudaranya di Ciranjang, Cianjur, sambil berobat alternatif.

"Begitu di saudaranya, Minggu 1 Maret beliau merasa sesak berat dan kondisi menurun terus," ujar Herman.

 

Kondisinya Makin Drop

Karena kondisinya yang semakin drop, pasien kemudian dilarikan ke RSDH untuk mendapatkan perawatan medis pada saat itu juga. Oleh tim medis, kondisi DJ sempat dinyatakan membaik dan rencananya akan dirujuk ke RS Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

"Malam ini rencananya mau dirujuk ke RS Hasan Sadikin Bandung," jelasnya.

Namun pada Selasa dinihari, pasien dinyatakan meninggal dunia sebelum sempat dirujuk ke RSHS. Pihak RSDH saat ini masih belum memastikan apakah pasien benar mengidap virus Corona, lantaran masih menunggu hasil uji laboratorium.

Terkait hal ini, Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja mengimbau warganya untuk tetap tenang dan tak perlu merasa khawatir yang berlebihan.

"Kita juga kan belum memastikan ini Corona atau tidak. Tapi Dinkes sudah saya utus ke Cianjur. Saya mengimbau masyarakat untuk tetap tenang. Belum ada warga Bekasi terdeteksi (Corona)," tegasnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Omnibus Law Beri Perlindungan bagi Selebgram dan Youtuber

Posted: 02 Mar 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (PHI dan Jamsos) Kementerian Ketenagakerjaan, Haiyani Rumondang, mengatakan bahwa kehadiran Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law Cipta Kerja akan memberi kepastian perlindungan bagi pelaku di sektor lapangan kerja baru.

Haiyani memaparkan, pada era perkembangan teknologi digital yang sangat masif ini banyak bermunculan ruang kerja baru yang menuntut inovasi, kreativitas, dan kemampuan baru. Oleh karenanya, pemerintah ingin memberikan kepastian jaminan sosial bagi para pelakunya, termasuk selebgram dan youtuber.

"Jadi misalnya fintech, start-up, selebgram, YouTuber, dan sebagainya. Dalam kondisi ini pemerintah sudah lama menggaungkan perlu menjamin terhadap pekerja yang kehilangan pekerjaannya," ujar dia dalam Konferensi Nasional yang digelar Kementerian Ketenagakerjaan dan International Labour Organization (ILO) di Le Meridien Hotel, Jakarta, Selasa (3/3/2020).

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) di 2019, Haiyani melanjutkan, ada sekitar 56,01 juta orang pekerja Indonesia yang bergelut di sektor formal, atau sekitar 44,28 persen dari total penduduk kerja di Tanah Air.

 

Dikuasai Sektor Informal

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menkeu Sri Mulyani, Menkumham Yasonna Laoly, Menteri KLHK Siti Nurbaya, Menaker Ida Fauziyah dan Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil menyerahkan draft RUU Omnibus Law kepada Ketua DPR Puan Maharani, Jakarta, Rabu (12/2/2020). (Liputan6.com/Johan Tallo)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menkeu Sri Mulyani, Menkumham Yasonna Laoly, Menteri KLHK Siti Nurbaya, Menaker Ida Fauziyah dan Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil menyerahkan draft RUU Omnibus Law kepada Ketua DPR Puan Maharani, Jakarta, Rabu (12/2/2020). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Adapun mayoritas tenaga kerja di Indonesia dikuasai oleh para pekerja di sektor informal, yakni sekitar 70,49 juta orang atau 55,70 persen dari total penduduk kerja. Sedangkan berdasarkan data Satkernas, pada periode yang sama juga masih ada 7.050.000 orang pengangguran.

"Jadi ada angkayan kerja baru setiap tahunnya adalah sekitar 2,4 juta orang," sambung Haiyani.

Mengacu pada kondisi ketenagakerjaan tersebut, ia menyimpulkan, maka tentu dunia kerja dan pelakunya dihadapkan beragam tantangan dan risiko. Termasuk kehadiran industri digital yang mengancam sektor konvensional.

"Kemunculan era baru, era digital dan revolusi industri dapat berpotensi menghilangkan pekerjaan konvensional. Tidak hanya itu, muncul era digital juga bisa menimbulkan pemutusan hubungan kerja. Oleh karena itu, pemerintah mau menjamin seluruh tenaga kerja di berbagai sektor," tegasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Karakter Haico Van der Veken Di Samudra Cinta yang Bikin Rangga Azof Kepincut

Posted: 02 Mar 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Haico Van der Veken merupakan aktris yang lahir di Bali, 18 Februari 2002. Haico sendiri memiliki keturunan darah campuran Indonesia dan Eropa.

Haico merupakan seleb yang kini menjadi idola baru berkat perannya sebagai Cinta di sinetron SCTV, Samudra Cinta. Perempuan yang juga merupakan model itu berhasil menciptakan karakter yang berkesan saat memerankan karakter Cinta.

Haico Van der Veken sendiri beradu akting dengan Rangga Azof yang berperan sebagai Samudra, kerap kali membuat penonton setia SCTV baper jika melihat kemesraan mereka saat beradu akting.

Kali ini SCTV akan membagikan 5 karakter Cinta yang buat Samudra jatuh cinta. Penasaran seperti apa? Simak selengkapnya di channel SCTV hanya di Vidio.

Saksikan Videonya Di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Virus Corona, Grab Edukasi Mitra dan Pelanggan

Posted: 02 Mar 2020 09:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Startup penyedia jasa ride hailing Grab memberi tanggapan mengenai penyebaran virus corona (Covid-19) yang telah mencapai wilayah Asia Tenggara.

Dalam pernyataannya, Juru Bicara Grab Indonesia menyebut, sejak pengumuman kasus virus corona pertama di Asia, Grab telah melakukan pengawasan dan tindakan pencegahan.

"Grab juga telah meningkatkan tingkat kesiapan kami sesuai dengan ketentuan yang berlaku di pemerintahan Indonesia serta negara-negara di mana Grab berada," kata Grab dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Selasa (3/3/2020).

Grab menyebut, kesehatan pelanggan, mitra pengemudi, dan karyawan merupakan prioritas utama mereka. Grab pun melakukan pengawasan terhadap perkembangan situasinya.

"Grab yakin dengan memberikan edukasi bagi para mitra dan pelanggan setia secara bersama-sama dengan banyak pihak bisa secara bertanggung jawab melakukan tindakan preventif penyebaran virus corona di Indonesia," tutur Grab.

Bantu Karantina Jika ada Mitra Perlu Bantuan

10 Fakta Terbaru Tentang Grab SuperApp yang Perlu Kamu Tahu
10 Fakta Terbaru Tentang Grab SuperApp yang Perlu Kamu Tahu

Grab menyebut, jika ada mitra yang perlu dikarantina atau dirawat, Grab akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk membantu mendukung para mitra.

"Langkah nyata yang kami ambil adalah dari sisi edukasi kepada mitra pengemudi dan restoran untuk menghindari simpang siurnya informasi pencegahan virus corona sehingga mitra kami mendapatkan sumber tepercaya," ujar juru bicara.

Grab Bagi-Bagi Masker

Sebuah mobil Hyundai IONIQ Electric bekerjasama dengan Grab di Bandara Soetta, Tangerang Senin (27/1/2020). Di bawah roadmap baru, bertajuk Strategy 2025, Hyundai akan mendorong Perangkat Mobilitas Cerdas dan Layanan Mobilitas Cerdas.  (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Sebuah mobil Hyundai IONIQ Electric bekerjasama dengan Grab di Bandara Soetta, Tangerang Senin (27/1/2020). Di bawah roadmap baru, bertajuk Strategy 2025, Hyundai akan mendorong Perangkat Mobilitas Cerdas dan Layanan Mobilitas Cerdas. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Edukasi ini dilakukan melalui berbagai medium internal dan eksternal yang dapat diakses langsung oleh mitra seperti komunikasi dalam aplikasi, email dan juga media sosial maupun konvensional.

Grab juga memberikan lebih dari 5000 masker kepada mitra pengemudi secara merata di GrabBike Lounge Daan Mogot, Kebayoran Lama, dan TB Simatupang. Masing-masing GrabBike Lounge mendapatkan 1.700 masker.

(Tin/Why)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Intip Penanganan Pasien Virus Corona di Iran

Posted: 02 Mar 2020 09:15 PM PST

Petugas medis merawat seorang pasien yang terinfeksi virus corona atau COVID-19 di sebuah rumah sakit di Teheran, Iran, Minggu (1/3/2020). Kasus virus corona di Iran mengalami lonjakan tajam dalam beberapa hari. (Ali Shirband/Mizan News Agency via AP)
Petugas medis merawat seorang pasien yang terinfeksi virus corona atau COVID-19 di sebuah rumah sakit di Teheran, Iran, Minggu (1/3/2020). Kasus virus corona di Iran mengalami lonjakan tajam dalam beberapa hari. (Ali Shirband/Mizan News Agency via AP)

Petugas medis merawat seorang pasien yang terinfeksi virus corona atau COVID-19 di sebuah rumah sakit di Teheran, Iran, Minggu (1/3/2020). Kasus virus corona di Iran mengalami lonjakan tajam dalam beberapa hari. (Ali Shirband/Mizan News Agency via AP)

Petugas medis mengenakan pakaian pelindung saat berkerja di rumah sakit yang menangani pasien virus corona atau COVID-19 di Teheran, Iran, Minggu (1/3/2020). Iran tercatat memiliki korban meninggal tertinggi setelah China, yang menjadi pusat wabah. (Koosha Mahshid Falahi/Mizan News Agency via AP)
Petugas medis mengenakan pakaian pelindung saat berkerja di rumah sakit yang menangani pasien virus corona atau COVID-19 di Teheran, Iran, Minggu (1/3/2020). Iran tercatat memiliki korban meninggal tertinggi setelah China, yang menjadi pusat wabah. (Koosha Mahshid Falahi/Mizan News Agency via AP)

Petugas medis mengenakan pakaian pelindung saat berkerja di rumah sakit yang menangani pasien virus corona atau COVID-19 di Teheran, Iran, Minggu (1/3/2020). Iran tercatat memiliki korban meninggal tertinggi setelah China, yang menjadi pusat wabah. (Koosha Mahshid Falahi/Mizan News Agency via AP)

Seorang petugas medis membersihkan tangan rekannya di sebuah rumah sakit yang menangani pasien virus corona atau COVID-19 di Teheran, Iran, Minggu (1/3/2020). Sejauh ini, Iran mencatat ada 1.501 kasus virus corona dengan 66 korban meninggal. (Koosha Mahshid Falahi/Mizan News Agency via AP)
Seorang petugas medis membersihkan tangan rekannya di sebuah rumah sakit yang menangani pasien virus corona atau COVID-19 di Teheran, Iran, Minggu (1/3/2020). Sejauh ini, Iran mencatat ada 1.501 kasus virus corona dengan 66 korban meninggal. (Koosha Mahshid Falahi/Mizan News Agency via AP)

Seorang petugas medis membersihkan tangan rekannya di sebuah rumah sakit yang menangani pasien virus corona atau COVID-19 di Teheran, Iran, Minggu (1/3/2020). Sejauh ini, Iran mencatat ada 1.501 kasus virus corona dengan 66 korban meninggal. (Koosha Mahshid Falahi/Mizan News Agency via AP)

Petugas medis menguji sampel dari pasien yang diduga terinfeksi virus corona atau COVID-19 di sebuah rumah sakit di Teheran, Iran, Minggu (1/3/2020). Kasus virus corona di Iran mengalami lonjakan tajam dalam beberapa hari. (Ali Shirband/Mizan News Agency via AP)
Petugas medis menguji sampel dari pasien yang diduga terinfeksi virus corona atau COVID-19 di sebuah rumah sakit di Teheran, Iran, Minggu (1/3/2020). Kasus virus corona di Iran mengalami lonjakan tajam dalam beberapa hari. (Ali Shirband/Mizan News Agency via AP)

Petugas medis menguji sampel dari pasien yang diduga terinfeksi virus corona atau COVID-19 di sebuah rumah sakit di Teheran, Iran, Minggu (1/3/2020). Kasus virus corona di Iran mengalami lonjakan tajam dalam beberapa hari. (Ali Shirband/Mizan News Agency via AP)

Petugas medis menguji sampel darah pasien yang diduga terinfeksi virus corona atau COVID-19 di sebuah rumah sakit di Teheran, Iran, Minggu (1/3/2020). Iran tercatat memiliki korban meninggal tertinggi setelah China, yang menjadi pusat wabah. (Ali Shirband/Mizan News Agency via AP)
Petugas medis menguji sampel darah pasien yang diduga terinfeksi virus corona atau COVID-19 di sebuah rumah sakit di Teheran, Iran, Minggu (1/3/2020). Iran tercatat memiliki korban meninggal tertinggi setelah China, yang menjadi pusat wabah. (Ali Shirband/Mizan News Agency via AP)

Petugas medis menguji sampel darah pasien yang diduga terinfeksi virus corona atau COVID-19 di sebuah rumah sakit di Teheran, Iran, Minggu (1/3/2020). Iran tercatat memiliki korban meninggal tertinggi setelah China, yang menjadi pusat wabah. (Ali Shirband/Mizan News Agency via AP)

Petugas medis merawat seorang pasien yang terinfeksi virus corona atau COVID-19 di sebuah rumah sakit di Teheran, Iran, Minggu (1/3/2020). Sejauh ini, Iran mencatat ada 1.501 kasus virus corona dengan 66 korban meninggal. (Ali Shirband/Mizan News Agency via AP)
Petugas medis merawat seorang pasien yang terinfeksi virus corona atau COVID-19 di sebuah rumah sakit di Teheran, Iran, Minggu (1/3/2020). Sejauh ini, Iran mencatat ada 1.501 kasus virus corona dengan 66 korban meninggal. (Ali Shirband/Mizan News Agency via AP)

Petugas medis merawat seorang pasien yang terinfeksi virus corona atau COVID-19 di sebuah rumah sakit di Teheran, Iran, Minggu (1/3/2020). Sejauh ini, Iran mencatat ada 1.501 kasus virus corona dengan 66 korban meninggal. (Ali Shirband/Mizan News Agency via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Terbaru Michael Villareal, Mantan Suami Sophia Latjuba yang Makin Tampan

Posted: 02 Mar 2020 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sophia Müller atau yang lebih akrab dikenal Sophia Latjuba selalu menjadi magnet pemberitaan. Tindak tanduk, artis berdarah Bugis-Jerman ini tak pernah luput dari sorotan media. Tak hanya karier atau penampilan saja yang mencuri perhatian, namun juga kisah asmaranya. 

Usai bercerai dari Indra Lesmana pada tahun 1993, wanita kelahiran 1970 ini menikah dengan pria berkebangsaan Amerika Michael A. Villarreal. Pernikahan Sophia Latjuba dengan Michael Villarreal sempat menjadi perbincangan hangat. Pasalnya, Michael Villarreal kala itu dikabarkan masih terikat pernikahan dengan Louisa Ibbotson.

Kendati demikian, Sophia dan Michael tak ambil pusing. Keduanya melangsungkan pernikahan pada 18 Desember 2005 dan memutuskan untuk menetap di Amerika Serikat. Dari pernikahannya, Sophia Latjuba dan Michael dikaruniai satu orang putri bernama Manuella Natasha Aziza Villareal. 

Rumah tangga Sophia dan Michael hanya bertahan 6 tahun. Pada 2011, melalui Twitter, Michael Villarreal mengumumkan perpisahannya dengan Sophia Latjuba. Lama tak ada kabar, kini Michael sudah bahagia dengan pacar cantiknya lho! Ia juga kerap menghabiskan waktu bersama putrinya. 

Tak jauh berbeda dengan dulu, penampilan Michael tetap tampan dan memesona. Penasaran seperti apa potretnya? Berikut Liputan6.com ulas dari berbagai sumber potret terbaru Michael, mantan suami Sophia Latjuba, Selasa (3/3/2020)

 

1. Michael Villareal menikah dengan Sophia Latjuba pada 18 Desember 2005 lalu. Namun, rumah tangga keduanya hanya bertahan 6 tahun.

Michael Villareal, Mantan Suami Sophia Latjuba (Sumber: Kapanlagi)
Michael Villareal, Mantan Suami Sophia Latjuba (Sumber: Kapanlagi)

2. Lama tak terdengar kabarnya, begini penampilan Michael Villareal sekarang. Tetap tampan dan memesona ya!

Michael Villareal, Mantan Suami Sophia Latjuba (Sumber: Instagram/justmichaelv)
Michael Villareal, Mantan Suami Sophia Latjuba (Sumber: Instagram/justmichaelv)

3. Kini mantan suami Sophia Latjuba sudah menemukan tambatan hati yang baru bernama Lindy Joice.

Michael Villareal, Mantan Suami Sophia Latjuba (Sumber: Instagram/justmichaelv)
Michael Villareal, Mantan Suami Sophia Latjuba (Sumber: Instagram/justmichaelv)

4. Momen manisnya Michael Villareal bersama sang kekasih saat sedang berlibur. Pasangan yang serasi ya.

Michael Villareal, Mantan Suami Sophia Latjuba (Sumber: Instagram/justmichaelv)
Michael Villareal, Mantan Suami Sophia Latjuba (Sumber: Instagram/justmichaelv)

5. Meski sibuk, Michael selalu menyempatkan waktu quality time bersama putrinya Manuella Natasha Aziza Villareal.

Michael Villareal, Mantan Suami Sophia Latjuba (Sumber: Instagram/justmichaelv)
Michael Villareal, Mantan Suami Sophia Latjuba (Sumber: Instagram/justmichaelv)

6. Meski sudah becerai, pria berkebangsaan Amerika Serikat ini tetap dekat dengan anak sambungnya, Eva Celia. Keluarga yang harmonis ya!

Michael Villareal, Mantan Suami Sophia Latjuba (Sumber: Instagram/justmichaelv)
Michael Villareal, Mantan Suami Sophia Latjuba (Sumber: Instagram/justmichaelv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mazda Ogah Main MPV Lagi, Ini Alasannya

Posted: 02 Mar 2020 09:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) sebagai distributor resmi Mazda di Tanah Air, tetap mengandalkan model sport utility vehicle (SUV) dan hatchback untuk kejar penjualan. Pabrikan asal Jepang ini mengaku tak memiliki rencana untuk menghadirkan multi purpose vehicle (MPV) baru, seperti VX-1 yang sebelumnya sempat diniagakan di pasar nasional.

Dijelaskan Head of Department Public Relations and Media Communications PT EMI, Fedy Dwi Parilaksono, MPV memang sudah tidak diproduksi lagi di seluruh dunia.

"Secara global, Mazda memang sudah tidak lagi mengembangkan model sekelas MPV, dan global direction mengarah ke SUV. Model seperti Mazda5, Mazda8, dan Mazda Biante tidak akan diproduksi lagi," jelas fedy saat berbincang dengan Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Lanjut Fedy, alasannya model MPV ini dinilai oleh Mazda pusat memang sudah tidak lagi memiliki pasar yang besar. "Demand yang tinggi saat ini di kelas SUV, dan itu mengikuti pasar global," tegasnya.

Sekedar informasi, Mazda memang sempat memiliki line up Low MPV yakni Mazda VX-1. Ya, produk Low MPV Mazda ini mengambil basis dari Suzuki Ertiga, yang sejatinya penantang Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Meski terlihat sangat mirip, namun terdapat perbedaan minor antara VX-1 dengan Ertiga, mulai dari eksterior hingga interior. Namun sayang, penjualan Mazda VX-1 sendiri kurang memuaskan. Secara perlahan mobil tersebut pun tak lagi dijual.

Kejar Target, Mazda Indonesia Andalkan Tiga Model Ini

PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) sebagai distributor resmi Mazda di Indonesia, menargetkan penjualan sebanyak 7.000 unit di tahun ini. Jenama asal Jepang itu tetap mengandalkan model-model sport utility vehicle (SUV) dan hatchback untuk bertarung di pasar Tanah Air.

Dijelaskan Fedy Dwi Parileksono, Head of Department Public Relations and Media Communications PT EMI, jika dilihat dari penjualan tahun lalu, Mazda masih mengandalkan model-model, seperti CX-5, Mazda2, dan Mazda CX-3.

"Kalau dilihat dari persentasenya, Mazda CX-5 berkontribusi 40 persen, Mazda2 sekitar 30 persen, dan Mazda CX-3 sekitar 15 persen. Sisanya kontribusi dari model lain," ujar Fedy tanpa menyebutkan detail angka penjualan tiga model tersebut, di sela-sela media test drive Mazda CX-30 di Bandung, Jawa Barat, Senin (24/2/2020).

Sementara itu, berbicara CX-30 yang kemungkinan besar berpeluang menjadi tulang punggung baru penjualan Mazda, pria ramah ini belum meyakini hal tersebut. Pasalnya, jika dilihat dari animo pasar, model tersebut tidak sekuat tiga model andalan yang disebutkan sebelumnya.

"Karena kan SUV masih pegang peranan di Indonesia, terutama CX-5. Terlebih, saat ini ada CX-8, jadi pilihannya lebih banyak," tegasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RSPI Sulianti Saroso Masih Ramai Pasien, Pengunjung Disarankan Kenakan Masker

Posted: 02 Mar 2020 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Aktivitas di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof. Dr. Sulianti Saroso, Jakarta Utara, usai masuknya dua pasien positif mengidap virus corona terlihat normal. Pantauan di lokasi pukul 11.30 WIB, masih terjadi antrean di loket pendaftaran, kasir, dan ruang tunggu dokter.

Menurut Rohman (53) salah seorang pasien yang mengaku sering berobat rutin di RSPI Sulianti Saroso, situasi dan kondisi hari ini tidak berbeda dari hari-hari saat melakukan kontrol mingguan.

Dia mengaku hal yang cukup mencolok adalah makin banyak pasien yang mengenakan masker. Menurutnya penggunaan masker jadi anjuran dan diberikan secara gratis oleh pihak rumah sakit mulai dari pintu lobi.

"Dikasih satpam sekarang masker, disuruh pakai," ujar dia di lokasi, Selasa (4/3/2020).

Namun saat tim Liputan6.com mencoba berkeliling rumah sakit, nyatanya belum semua pengunjung mengenakan masker. Kendati, ada di beberapa lorong yang menjadi area wajib masker dikarenakan alasan medis.

Selain pengunjung yang tidak semuanya bermasker, petugas kebersihan atau satpam pun masih terlihat ada yang tidak mengenakan masker.

Diisolasi

Selain masker, hand sanitizer di RSPI Sulianti Saroso juga telah disiapkan di tiap pintu. Namun sayangnya, ditemukan botol yang persediaannya sudah habis dan belum diisi ulang.

Saat ini dua pasien positif virus corona sedang ditangani intensif di ruang isolasi yang berada di gedung terpisah. Selain petugas medis, tidak ada yang diizinkan mendekat. Semua berada dijarak aman, termasuk bila media ingin mengambil gambar.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Hendry, Pria Toraja yang Gayanya Mirip dengan Wolverine

Posted: 02 Mar 2020 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Film Wolverine yang diperankan oleh Hugh Jackman merupakan film yang cukup digemari oleh banyak orang. Wolverine menjadi salah satu tokoh superhero yang ikonik. 

Tak heran jika ada banyak orang yang terinpirasi dan tertarik mengikuti gaya Wolverine. Seperti yang dilakukan oleh Hendry Causa Sibala. Pria asal Toraja ini baru-baru ini viral di media sosial karena penampilannya mirip dengan Hugh Jackman saat memerankan karakter Wolverine.

Potretnya yang menunjukkan gayanya mirip superhero Marvel Comics itu ia unggah di media sosial Facebooknya Causa Sibala, Minggu (1/3/2020). Ia mengunggah foto dirinya yang menggunakan kaos singlet berwarna putih, rambut yang ditata memanjang serta jambang layaknya sosok Wolverine yang ada di film dan komik.

Tak cuma itu, ia juga berpose menggunakan cakar besi diantara jari-jarinya.  Berkat kemiripan itu, sosoknya pun menjadi perbincangan publik. 

Berikut 7 potret Hendry, pria Toraja yang gayanya mirip dengan Wolverine yang Liputan6.com rangkum dari Facebook Causa Sibala, Selasa (3/3/2020).

1. Begini potret Hendry Sibala Causa yang dianggap mirip dengan sosok Hugh Jackman saat memerankan Wolverine.

Hendry Wolverine (Sumber: Facebook/Causa Sibala)
Hendry Wolverine (Sumber: Facebook/Causa Sibala)

2. Berkat kemiripannya, sosok pria Toraja ini menjadi perbincangan publik.

Hendry Wolverine (Sumber: Facebook/Causa Sibala)
Hendry Wolverine (Sumber: Facebook/Causa Sibala)

3. Sosoknya menjadi viral usai ia mengunggah potretnya yang sangat mirip dengan sosok Wolverine di media sosial Facebook.

Hendry Wolverine (Sumber: Facebook/Causa Sibala)
Hendry Wolverine (Sumber: Facebook/Causa Sibala)

4. Usai viral, akun media sosialnya pun dibanjiri beragam komentar dari netizen.

Hendry Wolverine (Sumber: Facebook/Causa Sibala)
Hendry Wolverine (Sumber: Facebook/Causa Sibala)

5. Dengan jambang dan rambutnya yang ditata sedemikian rupa, netizen menganggap bahwa ia sangat mirip dengan Wolverine.

Hendry Wolverine (Sumber: Facebook/Causa Sibala)
Hendry Wolverine (Sumber: Facebook/Causa Sibala)

6. Totalitas, ia mengenakan baju singlet dan celana denim seperti yang dikenakan Wolverine dalam film.

Hendry Wolverine (Sumber: Facebook/Causa Sibala)
Hendry Wolverine (Sumber: Facebook/Causa Sibala)

7. Begini gaya Hendry Wolverine saat memainkan cakar besinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dirut RSPI Sebut ada 6 Orang Diperiksa Diduga Terinfeksi Corona

Posted: 02 Mar 2020 09:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama RSPI Prof dr Sulianti Saroso, Mohammad Syahril menyebutkan, hingga kini pihaknya merawat sejumlah orang yang terinfeksi Virus Corona atau COVID-19. Enam orang itu telah masuk di ruang isolasi.

"Tadi malam ada pasien masuk 4 orang, sementara dalam isolasi dan sudah diperiksa, dia masuk dengan batuk, demam, dan juga ada sakit tenggorokan. Tiga orang ada kontak dengan pasien sebelumnya, satu orang habis bepergian dari negara terjangkit, lalu pagi ini ada lagi dua orang itu rujukan dari rumah sakit," katanya di RSPI Prof dr Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Selasa (3/3/2020).

Dia menambahkan, hari ini para pasien terduga corona itu masih dalam perawatan tim medis. Diharapkan hasilnya baik.

"Hari ini langsung diperiksa dan besok pagi sudah ada hasilnya ya. Dan yang kemarin masuk dua, besok juga hasilnya, setelah dua hari," pungkasnya.

 

 

 

2 WNI Terinfeksi Corona

Sebelumnya, virus corona atau Covid-19 telah masuk Indonesia. Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan dua orang WNI positif terinfeksi di Jakarta. Ibu berusia 64 tahun dan anaknya yang berusia 31 tahun dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

Jokowi menceritakan kronologi masuknya virus corona ke tanah air. Kasus ini terungkap setelah ada laporan warga negara Jepang dinyatakan positif usai berkunjung ke Indonesia. Pemerintah kemudian menelusuri siapa saja yang kontak dengan WN Jepang tersebut.

"Begitu ada informasi bahwa orang Jepang yang ke Indonesia kemudian tinggal di Malaysia dan dicek di sana positif corona, tim dari Indonesia langsung telusuri. Orang Jepang ke Indonesia bertamu ke siapa, bertemu siapa ditelusuri dan ketemu. Ternyata orang yang terkena virus corona berhubungan dengan 2 orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun," tutur Jokowi.

Reporter: Ronald Chaniago

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Tampil Berjas Formal Saat Suapi Jan Ethes Es Krim Boba

Posted: 02 Mar 2020 09:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kedekatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Jan Ethes Srinarendra selalu mencuri perhatian. Begitu pula saat Jokowi mengunggah sebuah potret bersama Ethes, Minggu, 1 Maret 2020.

Dalam potret itu, dia tampak menyuapi Jan Ethes es krim boba di sebuah mal di Surabaya, Jawa Timur. Ethes tampak asyik disuapi oleh kakeknya itu.

"Di samping cucu, seorang kakek harus bisa menjadi apa saja, dari lawan bermain bola, pendongeng, kawan berenang, sampai jadi pengasuh," tulis Jokowi sebagai keterangan potret.

Dalam potret itu, Jokowi mengenakan kemeja putih lengan panjang dengan dasi merah dibalut dengan setelan jas biru tua. Sementara, Ethes mengenakan kaus putih dengan tangan kiri memegang kue.

Penampilan formal Jokowi menyuapi Jan Ethes yang diunggah melalui akun media sosial, terbilang momen langka. Biasanya, Jokowi lebih banyak mengunggah momen kebersamaan dengan cucunya itu dengan penampilan sederhana, kemeja putih lengan panjang dan celana hitam.

Warganet Gemas

Jan Ethes saat bermain musik dan disaksikan oleh kakek-neneknya Jokowi, Iriana Jokowi dan kedua orangtuanya, Gibran dan Selvi Ananda. (dok. Instagram @gibran_rakabuming/https://www.instagram.com/p/B8qiWQ6BNDf/Putu Elmira)
Jan Ethes saat bermain musik dan disaksikan oleh kakek-neneknya Jokowi, Iriana Jokowi dan kedua orangtuanya, Gibran dan Selvi Ananda. (dok. Instagram @gibran_rakabuming/https://www.instagram.com/p/B8qiWQ6BNDf/Putu Elmira)

Momen Presiden Jokowi sedang menyuapi Jan Ethes Srinarendra riuh dengan beragam komentar. Hingga Senin, 2 Maret 2020, potret tersebut disukai lebih dari 1 juta warganet.

Mereka gemas melihat penampilan Ethes yang sedang disuapi es krim boba oleh Jokowi. Tidak hanya itu, ada juga yang ingin disuapi oleh Presiden Jokowi.

"Lucu amattttt jan ethes❤️," komentar seorang warganet.

"Gemesh amatttt 🙏," sambung wargent yang lain.

"gemess😍," tulis warganet. "Mau juga dong pak di suapin 😁," timpal warganet yang lain.

Saksikan video pilihan di bawah ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diejek Sebagai Pembawa Virus Corona, Pelajar Singapura Dikeroyok

Posted: 02 Mar 2020 09:01 PM PST

Liputan6.com, London - Seorang pelajar asal Singapura di London mengalami penyerangan fisik setelah bereaksi terhadap orang yang berkomentar terkait rasnya dan COVID-19 atau Virus Corona baru.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Selasa (3/3/2020), Jonathan Mok (23) yang sedang berjalan di Oxford Street di London pada 24 Februari mendengar komentar rasis dan kata "coronavirus" dari beberapa pemuda yang lewat di hadapannya.

Mok kemudian berbalik untuk menegur mereka, hal itu ia lakukan karena tak mau dianggap bahwa orang Asia kebanyakan lemah dan mau diintimidasi.

"Saya sangat marah. Orang-orang itu menjadikan saya sebagai sasaran," katanya kepada CNA.

Mok tinggal di London selama dua tahun saat belajar di UCL, tetapi melakukan perjalanan kembali ke Singapura selama liburan musim panasnya.

Setelah berbalik badan dan mendekati sekelompok pemuda tersebut, Mok lantas berkata: "Jangan coba-coba menatapku."

Usai beradu argumen, sekumpulan pemuda di Inggris itu memukul seta menendang Mok.

Pria yang menendang Mok berkata: "Saya tidak ingin Virus Corona ada di negara saya."

Akibat pengeroyokan tersebut, hidung Mok berdarah. Bagian matanya lebam gara-gara pukulan keras yang mendarat pada bagian tersebut.

Kelompok pemuda yang melakukan pemukulan terhadap WN Singapura itu kabur sebelum polisi tiba di lokasi kejadian.

Setelah pemukulan dan kondisi Mok dianggap cukup serius, maka ia dibawa menuju rumah sakit dengan ambulans.

Tindakan Polisi Setempat

Ilustrasi garis polisi. (Liputan6.com/Raden Trimutia Hatta)
Ilustrasi garis polisi. (Liputan6.com/Raden Trimutia Hatta)

Mendengar kesaksian Mok, polisi langsung melakukan penyelidikan dengan melihat rekaman CCTV.

Layanan Kepolisian Metropolis London mengkonfirmasi kejadian yang terjadi pada Selasa 24 Februari 2020 dan langsung menyelidiki serangan rasial yang terjadi di sepanjang Oxford Street tersebut.

"Korban dipukul dan mengalami luka di wajah," kata polisi.

"Investigasi sedang dilakukan untuk mengidentifikasi para tersangka, termasuk rekaman CCTV yang tersedia," kata mereka.

Kekesalan Pria Mok

Ilustrasi Novel Coronavirus 2019 (2019-nCoV). (CDC via AP, File)
Ilustrasi Novel Coronavirus 2019 (2019-nCoV). (CDC via AP, File)

Mok mengatakan kepada CNA bahwa dia marah karena tahu dia kalah jumlah, dan tidak bisa melawan karena mereka semua lebih tinggi darinya.

Mok mengatakan dia telah mendengar komentar rasis serupa lainnya. Bahkan sejumlah temannya mendapat komentar serupa.

"Saya punya teman yang ditolak oleh toko-toko di kota Eropa lain karena mereka adalah keturunan China," ujar Mok.

"Pemilik toko hanya berujar, saya tidak ingin ada Virus Corona," jelasnya.

Mok mengatakan kepada CNA bahwa dia sekarang lebih waspada saat berada di tempat umum. Namun ia tetap berusaha agar hal itu tidak terlalu mempengaruhinya.

"Aku melakukan semuanya seolah itu normal. Aku tidak takut pada orang-orang ini dan aku menolak untuk membiarkan mereka berpikir aku takut pada mereka."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RSUD Kota Depok Jadi Tempat Perawatan Sementara Pasien Terduga COVID-19

Posted: 02 Mar 2020 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menyikapi ada dua warganya yang positif terinfeksi Virus Corona, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menyiapkan Rumah Sakit Umum (RSUD) sebagai tempat perawatan sementara jika ada warga yang memiliki gejala serupa COVID-19.

Berdasarkan arahan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), rumah sakit tersebut difungsikan sebagai lokasi perawatan sementara sebelum pasien dirujuk ke rumah sakit rujukan infeksi Corona.

"Kemenkes mengarahkan RSUD Depok sebagai rumah sakit sentinel untuk perawatan sementara sebelum dirujuk ke RSPI Sulianti Saroso," ujar Direktur RSUD Kota Depok Devy Maryori, melansir Antara, Selasa (3/3).

Devy mengatakan, bila ada kasus-kasus yang mengarah pada gejala COVID-19 seperti demam, batuk, pilek, dan sesak napas akan dirujuk ke RSUD Depok. Pihak RSUD Depok kemudian akan melakukan pemeriksaan, koordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Balitbang guna mengambil sampel darah.

"Apabila positif, akan dirujuk ke RSPI Sulianti Saroso," katanya.

 

Dilengkapi 30 Tempat Tidur

Bila hasil pemeriksaan pasien dinyatakan negatif Virus Corona, maka akan diobservasi selama 14 hari. Bila setelahnya pasien sudah sehat, akan dipulangkan.

Difungsikan sebagai tempat perawatan sementara pasien terduga COVID-19, RSUD Depok telah menyiapkan ruang isolasi khusus. Devy menyebut, ruangan isolasi itu memiliki kapasitas 30 tempat tidur.

Ruangan tersebut mendadak difungikan menyusul adanya dua warga Depok yang positif COVID-19. Saat ini, RSUD Depok masih memerlukan beberapa kelengkapan lain guna menangani pasien terindikasi Virus Corona.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Erick Thohir Angkat 2 Mantan Pejabat KPK Jadi Deputi Kementerian BUMN

Posted: 02 Mar 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melantik dua pejabat pimpinan tinggi madya (setingkat eselon I) di lingkungan Kementerian BUMN. Kedua pejabat yang dilantik ini pernah bekerja di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 81/2019 tentang struktur baru Kementerian BUMN, Erick mengangkat Alex Denni sebagai Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) dan Warih Sadono sebagai Staf Ahli Bidang Implementasi Kebijakan Strategis Kementerian BUMN.

"Dua pejabat yang mengisi struktur tersebut dilantik setelah diseleksi melalui mekanisme seleksi terbuka yang memiliki sejumlah persyaratan teknis dan kompetensi sebagaimana dipersyaratkan oleh ketentuan Kementerian PANRB dan standar kompetensi yang diberlakukan di Kementerian BUMN," tutur Erick Thohir sebagaimana ditulis Selasa (03/03/2020).

Tentunya, masing-masing deputi memiliki tugas pokok dan fungsi masing-masing.

Tak lupa, Erick menekankan pentingnya akhlak bagi para SDM di BUMN dalam upaya menerapkan tata kelola perusahaan yang baik.

"Akhlak penting, tapi tidak hanya menjadi slogan saja, melainkan pembangunan talentanya juga harus digalakkan," kata Erick Thohir.

Penunjukan Alex dan Warih semakin melengkapi komposisi struktur organisasi di Kementerian BUMN, di mana sebelumnya Erick juga telah menunjuk Deputi Bidang Keuangan dan Manajemen Risiko Nawal Nely, Deputi Bidang Hukum dan Perundang-undangan Carlo Brix Tewu, Sekretaris Kementerian BUMN Susyanto, dan Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Loto Srinaita Ginting yang sebelumnya menduduki posisi Direktur SUN Ditjen Pengelolaan dan Pembiayaan Risiko di Kementerian Keuangan.

 

Profil

Alex Denni sendiri memiliki rekam jejak yang mumpuni dengan menempati sejumlah posisi strategis di KPK dan BUMN.  Pria kelahiran Lintau, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, 27 Desember 1968, ini pernah menduduki posisi Chief Human Capital Officer di PT BNI (Persero) pada 2016 hingga 2018.

Jabatan terakhir Alex ialah sebagai Direktur Human Capital dan Transformasi PT Jasa Marga (Persero) sejak 2018.

Sementara Warih Sadono sebelumnya menjabat sebagai Inspektur IV pada Jaksa Agung Muda bidang Pengawasan Kejaksaan Agung.

Pria kelahiran Tegal, Jawa Tengah, pada 1 Maret 1963, ini juga pernah menjadi Direktur Penuntutan KPK pada 2011, Plt Direktur Penyidikan dan merangkap sebagai Direktur Penuntutan KPK pada 2012, dan Deputi Penindakan KPK sekaligus merangkap sebagai Deputi Penyidikan KPK pada periode 2012 hingga 2015.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Perlu Beli, Begini Cara Bikin Hand Sanitizer Sendiri di Rumah

Posted: 02 Mar 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mewabahnya Virus Corona Covid-19 di Indonesia membuat publik khawatir. Tak sedikit yang bahkan telah membeli banyak persediaan masker mencegah penularan virus Corona.

Tak hanya masker, penjualan hand sanitizer pun nampaknya langsung melonjak tinggi. Ya, memang hand sanitizer menjadi salah satu benda yang sangat dicari saat ini selain masker.

Namun jangan khawatir, bagi kamu yang telah kesulitan mencari hand sanitizer di toko-toko maupun apotek terdekat bisa membuatnya sendiri di rumah.

Ada beberapa bahan-bahan yang perlu kamu persiapkan untuk membuat hand sanitizer ini. Melansir dari WikiHow, berikut rinciannya:

Bahan-bahan:

  • 2/3 cup alkohol 99% atau alkohol isopropyl
  • 1/3 cup gel aloe vera murni
  • 8 - 10 tetes minyak esensial seperti lavender, cinnamon atau peppermint
  • Mangkuk
  • Sendok
  • Botol plastik
  • Corong

Cara Membuat

Hand sanitizer. (iStock)
Hand sanitizer. (iStock)
  1. Hal pertama yang harus dilakukan yakni campurkan alkohol 70% dengan gel aloe vera di dalam mangkuk dan aduk hingga merata.
  2. Jika kamu merasa tekstur kurang lembut, tambahkan aloe vera lagi secukupnya.
  3. Selanjutnya, tambahkan minyak esensial dan aduk secara perlahan. Kamu bisa menyesuaikan jumlah minyak esensial sesuai dengan aroma yang disenangi.
  4. Jika sudah dirasa cukup, masukkan cairan tersebut ke dalam botol plastik yang sudah disiapkan menggunakan corong. Hand sanitizer homemade ini pun siap digunakan di setiap saat kamu membutuhkannya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pulang Umrah, Satu Warga Gorontalo Alami Gejala Mirip Pasien Virus Corona

Posted: 02 Mar 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Gorontalo - Usai menjalankan ibadah umrah di tanah suci Makkah, seorang warga Gorontalo mengalami gejala mirip pasien virus corona, yaitu sesak napas, batuk disertai demam. Saat ini warga berusia 74 tahun itu telah diisolasi di Rumah Sakit Aloei Saboe (RSAS) Kota Gorontalo.

Sebelum diisolasi di RSAS Kota Gorontalo, MD sempat dirawat di Rumah Sakit Ainun Habibie, Limboto, Senin sore (2/3/2020). Saat itu MD mengaku mengalami gejala sesak napas, batuk berlendir, serta demam. Kondisi itu dialami MD sejak berada di tanah suci hingga kembali ke tanah air pada 1 Maret 2020.

Beberapa jam dirawat di RS Ainun Habibie, Selasa (2/3/2020) malam, MD dirujuk ke RSAS Kota Gorontalo. Saat tiba di RSAS, pria paruh baya itu menjalani isolasi sebagaimana Standar Operasi Prosedur (SOP) penangangan pasien suspect virus corona.

Direktur RS Ainun Habibie, dr Yana Sulaiman menjelaskan, dari hasil diagnosa, pasien MD mengalami infeksi paru-paru.

"Kondisi yang dialaminya memang seperti gejala corona. Tetapi sama sekali bukan (tertular) corona," ungkap Yana Sulaiman.

Menurut Yana Sulaiman, kini pasien MD terus diawasi dan dilakukan pemeriksaan lanjutan.

"Yang pasti pasien berasal dari negara yang tidak terinfeksi corona," ujarnya.

Sementara Wakil Direktur Pelayanan RSAS dr Boby Harun Oko, membenarkan jika pihaknya telah menerima seorang pasien rujukan dari RS Ainun Habibie Limboto. Menurutnya, yang bersangkutan mengalami infeksi paru-paru sepulangnya dari ibadah umrah.

"Ini dilakukan sebagai bentuk kewaspadaan, karena yang bersangkutan dari luar negeri. Kita lakukan perawatan seperti pasien yang diisolasi, mengingat yang bersangkutan mengalami sesak napas dan batuk," kata Boby.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Thailand vs Timnas Indonesia: PSSI Ikut Aturan Pemerintah

Posted: 02 Mar 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan terbang ke Thailand, akhir bulan ini. Skuat Garuda akan menyelesaikan tugas mereka di kualifikasi Piala Dunia 2020 Grup G zona Asia.

Anak asuh Shin Tae-yong itu akan menghadapi Thailand di Rajamangala National Stadium, 26 Maret 2020. Duel Timnas Indonesia vs Thailand sedikit terganggu dengan adanya virus Corona.

Thailand dan Indonesia merupakan negara yang sudah terinfeksi virus Corona. Pada Minggu (1/3/2020), Thailand mengumumkan seorang pria berusia 35 tahun telah meninggal dunia karena virus tersebut.

Tercatat, di Thailand, sejak Januari 2020, sudah ada 42 kasus virus Corona. Sebanyak 30 orang dinyatakan sudah pulih dan 11 lainnya masih dirawat. Sehari setelahnya, Indonesia mengumumkan dua warga negaranya terinfeksi virus Corona.

Pihak PSSI sendiri menegaskan, duel Thailand vs Timnas Indonesia masih belum ada perubahan. "Sementara masih sesuai jadwal, belum ada travel warning," kata Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Somantri saat dihubungi Liputan6.com melalui pesan singkat, Senin (2/3/2020).

Ikut Aturan Pemerintah

Gelandang Timnas Indonesia, Bayu Pradana, mengamati rekannya saat melawan Thailand pada laga Piala AFF 2018 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/11). Thailand menang 4-2 dari Indonesia. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)
Gelandang Timnas Indonesia, Bayu Pradana, mengamati rekannya saat melawan Thailand pada laga Piala AFF 2018 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/11). Thailand menang 4-2 dari Indonesia. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Cucu mengaskan, keselamatan pemain Timnas Indonesia menjadi prioritas PSSI. Keberangkatan Timnas Indonesia ke Thailand nantinya berdasarkan keputusan negara.

"Semua khawatir, tapi kami akan ikuti aturan negara. Kalau tanpa alasan kita dianggap WO, biar aja FIFA atau Thailand yang memutuskan," ujar Cucu menegaskan.

Di Thailand sendiri ada aturan wajib setelah ada virus Corona. Orang yang baru datang ke Thailand harus dikarantina selama dua pekan.

Jadwal Timnas Indonesia

26 Maret 2020

Thailand Vs Indonesia

31 Maret 2020

Indonesia Vs UEA

4 Juni 2020

Vietnam Vs Indonesia

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

LinkedIn Uji Coba Story Ikuti Jejak Snapchat

Posted: 02 Mar 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jejaring profesional LinkedIn menguji coba fitur Story. Langkah ini menyusul beberapa jejaring sosial seperti Facebook, yang mengadopsi Story di Instagram, WhatsApp, dan Facebook sendiri, serta YouTube.

Namun, uji coba fitur ini hanya melibatkan internal perusahaan.

Pete Davies, Head of Consumer Product, menyebut ia membayangkan apabila perusahaannya menggunakan Story versi LinkedIn sebagai format obrolan untuk membahas suatu topik.

Bukan rahasia lagi jika pengguna aktif LinkedIn sebagian besar merupakan Gen X dan baby boomers. Namun, LinkedIn secara aktif berupaya menggapai generasi milenial dan Z, yang akrab dengan fitur Story pada media sosial lainnya.

 

Tingkatkan engagement

Hal ini juga merupakan upaya terbaru dari LinkedIn untuk mendorong peningkatan keterlibatan (engagement) pengguna lebih banyak.

Setelah fitur Reactions, Newsletters, Trending News, dan Live Video beberapa tahun lalu, disebut ada peningkatan engagement sekitar 25 persen dari tahun ke tahun pada platform LinkedIn.

Sejauh ini belum ada konfirmasi apakah akan diluncurkan secara resmi atau tidak.

(Fitriah Nurul Annisa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Khofifah Minta Penyelesaian Amblesnya Jalan Sultan Agung Jember Menyeluruh

Posted: 02 Mar 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengharapkan, penanganan penyelesaian ambruknya rumah toko (ruko) dan amblesnya Jalan Sultan Agung di Kabupaten Jember, Jawa Timur secara integratif antara tim pemkab, pemprov dan Kementerian PUPR karena kewenangan yang berbeda.

"Jalan nasional itu milik pemerintah pusat, Sungai Jompo dalam kewenangan  Pemprov Jatim dan bangunannya merupakan kewenangan Pemkab Jember, sehingga proses koordinasi harus dilakukan dan tidak ada masalah karena kami sudah melakukan koordinasi beberapa kali," tutur Khofifah saat meninjau lokasi amblesnya Jalan Sultan Agung yang merupakan salah satu ruas jalan nasional, seperti dikutip dari Antara, Selasa (3/3/2020).

Ia menuturkan perlu mempercepat pembongkaran bangunan rumah toko (ruko) yang belum ambruk di lokasi amblesnya Jalan Sultan Agung di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Hal ini agar akses Jalan Sultan Agung harus ditutup sementara hingga pembongkaran bangunan ruko selesai.

"Kami minta masyarakat Jember bisa memberikan pemakluman untuk penutupan Jalan Sultan Agung, agar proses pembongkaran dan pembersihan bangunan yang ambruk di Kali Jompo bisa cepat selesai," ujar dia.

Ia menuturkan, Tim Pemprov Jatim bersama bupati, Dandim, Kapolres, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) dan Tim Kementerian PUPR sudah melakukan beberapa kali membahas soal retakan Jalan Sultan Agung karena sudah berisiko tinggi. Namun, pada Senin, 2 Maret 2020 sudah ambruk.

Ia mengatakan, pembahasan bangunan yang berada di pertokoan Jompo yang rawan ambruk tersebut tidak hanya dilakukan sebulan lalu. Akan tetapi, sudah beberapa kali pada 2019 dan pihak Kementerian PUPR sudah memberikan rekomendasi kalau pertokoan itu harus dibongkar.

"Rekomendasi itu pada Oktober 2019, kemudian ada rapat berikutnya dan rapat sebulan yang lalu. Bangunan ruko itu memang harus dibongkar karena sudah nampak pengeroposan di bawah, sehingga dalam sisi keselamatan tidak aman," ujar dia.

Saat ditanya apakah prosedur penetapan status tanggap darurat dalam kasus amblesnya Jalan Sultan Agung yang dilakukan Bupati Jember sudah sesuai dengan prosedur atau belum, Khofifah menuturkan, setiap ada bencana dalam undang-undang (UU) bisa dilakukan tanggap darurat selama 14 hari dan waktunya dapat ditambah sesuai ketentuan.

Pemkab Jember Sudah Berkoordinasi dengan Pemprov Jatim

Jalan Sultan Agung di Kabupaten Jember, Jawa Timur ambles sepanjang sekitar 94 meter dan lebar 10 meter. (Foto: Dok BPBD Kab Jember)
Jalan Sultan Agung di Kabupaten Jember, Jawa Timur ambles sepanjang sekitar 94 meter dan lebar 10 meter. (Foto: Dok BPBD Kab Jember)

Sementara, Bupati Jember Faida menuturkan, sebulan lalu Pemkab Jember sudah berkoordinasi dengan Pemprov Jatim dan Kementerian PUPR, sehingga sejumlah ruko di kawasan Pertokoan Jompo sudah dikosongkan dan masih ada tiga ruko yang belum dikosongkan hingga Senin sore, 2 Maret 2020.

"Kami menetapkan status darurat bencana selama 14 hari dengan ambruknya ruko ke sungai, sehingga harus dievakuasi secepatnya karena dikhawatirkan material bangunan dapat menyumbat sungai dan berdampak banjir yang dahysat akibat meluapnya air Kali Jompo," katanya.

Oleh karena itu, lanjut dia, ruko yang belum ambruk nomor 11 hingga 31 akan dirobohkan ke arah jalan, sehingga perlu dilakukan penutupan Jalan Sultan Agung Jember selama beberapa hari ke depan.

"Sejumlah alat berat juga sudah disiagakan dan dibantu alat berat dari pemerintah pusat dan provinsi, sehingga pembersihan material bangunan ruko yang ambruk ke sungai dan merobohkan ruko ke arah jalan bisa dipercepat karena akan dikerjakan selama 24 jam dengan tiga shift," kata Faida.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: