Jumat, 13 Maret 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Penuh Kasih Sayang, Ini 7 Potret Seleb Tanah Air saat Mengasuh Cucu

Posted: 13 Mar 2020 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dikaruniai seorang anak bagi para orang tua tentu hal yang sangat menggembirakan. Bukan hanya bagi para orang tua saja, akan tetapi bagi seluruh anggota keluarga juga merasakan bahagia. Tak terkecuali para selebriti. Apalagi jika para orang tua yang akan memiliki cucu baru tentu sangat antusias. 

Hal ini tentu juga dirasakan oleh sebagian selebriti yang kini sudah memiliki seorang cucu. Bahkan bisa berdekatan dan akrab dengan sang cucu mampu memberi sebuah kebahagian tersendiri. Seperti beberapa selebriti Tanah Air di bawah ini. 

Sejak sang anak mereka memutuskan menikah dan kemudian memiliki cucu, mereka menyandang peran baru sebagai kakek dan nenek. Merasa sangat bahagia dikaruniai cucu, para selebriti ini kerap menghabiskan waktu bersama cucunya. 

Nampaknya, deretan selebriti ini sangat menikmati perannya sebagai kakek atau nenek. Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas momen kebersamaan selebriti Tanah Air dan cucu, Sabtu (14/3/2020)

 

1. Mama Amy dan Rieta Amalia selalu kompak mengasuh putra Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Raftahar.

Seleb dan Cucunya (Sumber: Instagram/rieta_amilia/
Seleb dan Cucunya (Sumber: Instagram/rieta_amilia/

2. Kedekatan Roy Marten dan Gempi enggak perlu diragukan lagi deh, kakek dan cucu ini kompak setiap saat.

Seleb dan Cucunya (Sumber: Instagram//roymarten5213
Seleb dan Cucunya (Sumber: Instagram//roymarten5213

3. Sebagai seorang nenek, enggak jarang Lydia Kandou mengajak keempat cucunya jalan-jalan. Salah satunya membeli buku.

Seleb dan Cucunya (Sumber: Instagram//lydiakandou_/
Seleb dan Cucunya (Sumber: Instagram//lydiakandou_/

4. Sama-sama punya rambut keriting, Achmad Albar dan cucu terlihat kompak ya.

Seleb dan Cucunya (Sumber: Instagram///aialbar/
Seleb dan Cucunya (Sumber: Instagram///aialbar/

5. Bak anak dan ibu, gaya Donna Harun saat mengasuh buah hati Ricky Harun dan Herfiza ini kece banget ya!

Seleb dan Cucunya (Sumber: Instagram//rickyharun
Seleb dan Cucunya (Sumber: Instagram//rickyharun

6. Jadi kakek gaul, ini dia momen manis Ovy /rif saat menghabiskan waktu bersama cucunya.

Seleb dan Cucunya (Sumber: Instagram///ovyrif
Seleb dan Cucunya (Sumber: Instagram///ovyrif

7. Nunung terlihat kompak menggunakan bando Mini Mouse bersama Bhuvi, cucu cantiknya.

Nunung Bersama Cucu (Sumber: Instagram/xamiraray)
Nunung Bersama Cucu (Sumber: Instagram/xamiraray)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

188 ABK World Dream Tiba Tanjung Priok

Posted: 13 Mar 2020 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 188 Warga Negara Indonesia (WNI) Anak Buah Kapal (ABK) World Dream telah tiba di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Mereka sebelumnya menjalani karantina di Pulau Sebaru terkait antisipasi penyebaran virus corona.

Pantauan Liputan6.com, Sabtu (14/3/2020), para ABK tiba di Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Jalan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara sekitar pukul 11.27 WIB. Mereka diantar oleh KRI Semarang-594.

Sejumlah petugas berseragam TNI mendekat menangani kapal berlabuh. Beberapa penumpang tampak berdiri di belakang pagar pembatas kapal.

Sebelumnya, sebanyak 188 Warga Negara Indonesia (WNI) ABK World Dream berangkat menuju pelabuhan Kolinlamil di Tanjung Priok, Jakarta menggunakan KRI Semarang-594.

KRI Semarang-594 berangkat dari perairan Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu sekitar pukul 08.00 WIB. Diperkirakan perjalanan menempuh waktu tiga jam. KRI Semarang akan tiba di Tanjung Priok sekitar pukul 11.00 WIB.

Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Laksamana Madya Yudo Margono ikut dalam perjalanan kapal tersebut. Sesuai rencana, Yudo akan menyerahkan secara resmi para ABK World Dream itu kepada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Efendi.

Para ABK itu terdiri dari 172 laki-laki dan 16 perempuan, telah menyelesaikan proses observasi sejak Jumat (28/2/2020) hingga Jumat (13/3/2020) atau selama 14 hari di Pulau Sebaru Kecil.

Selain itu, turut bersama mereka 67 petugas pendamping kesehatan dalam proses observasi para ABK World Dream tersebut.

 

 

Surat Tak Ada Tanda Covid-19

Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona, Achmad Yurianto memberikan keterangan di Kantor Staf Presiden, Komplek Istana Negara, Jakarta, Kamis (5/3/2020). Keterangan terkait isu virus corona serta mengantisipasi informasi hoaks tentang virus tersebut. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona, Achmad Yurianto memberikan keterangan di Kantor Staf Presiden, Komplek Istana Negara, Jakarta, Kamis (5/3/2020). Keterangan terkait isu virus corona serta mengantisipasi informasi hoaks tentang virus tersebut. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto mengatakan, 188 ABK Dream World yang diobservasi di Pulau Sebaru Kecil selama dua pekan ini, kondisinya sudah sangat baik dan sehat untuk bisa kembali ke rumahnya masing-masing.

"Kondisi mereka sehat, pemerintah sudah memberikan surat keterangan tidak ada menunjukkan tanda-tanda gejala Covid-19," kata Yurianto di Kompleks Istana Presiden, Jumat (13/3/2020).

Dia mengungkapkan, nantinya pemerintah akan mengantar mereka dalam skema pemulangan ABK Dream World menggunakan KRI Semarang menuju Kolinlamil DKI Jakarta, sebelum akhirnya mereka bisa ke rumahnya masing-masing.

"Kami sudah mengkomunikasikan ke Pemda asal ABK ini untuk menerima mereka. Selanjutnya mereka kita izinkan untuk pulang ke kampung halamannya. Tapi saya tidak tahu apakah mreka langsung pulang atau bermalam di Jakarta," Yurianto menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donald Trump Segera Jalani Tes Virus Corona

Posted: 13 Mar 2020 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Washington DC - Presiden Amerika Serikat Donald Trump, pada Jumat 13 Maret 2020, mengatakan bahwa ia "kemungkinan" akan menjalani tes virus corona "segera." Namun, Trump meminimalkan kemungkinan tertular virus dari seorang staf pers kepresidenan Brasil yang kemudian dites positif.

"Kami sedang mengerjakan suatu jadwal," katanya dalam acara Jumat sore di White House Rose Garden, menambahkan bahwa ia tidak memiliki gejala dan hampir tidak menghabiskan waktu dengan pejabat yang sekarang memiliki virus.

Sebelumnya pada Jumat, pejabat Gedung Putih langsung bertindak segera setelah rumor awal mulai mengemuka bahwa Presiden Brasil Jair Bolsonaro mungkin telah dites positif terkena virus corona.

Presiden Brasil melakukan pertemuan dengan Trump di Mar-a-Lago pada hari Sabtu 7 Maret 2020 pekan lalu.

Namun, laporan awal salah dan pemimpin Brasil kemudian mengumumkan ia dinyatakan negatif.

Tetapi, tekanan agar Trump memeriksakan dirinya tetap tak hilang, menyusul salah satu staf kepresidenan Brasil dalam pertemuan itu yang dinyatakan positif.

Gedung Putih mengatakan sehari sebelumnya bahwa baik Trump maupun Wakil Presiden Mike Pence tidak akan menjalani tes, meskipun telah melakukan kontak dengan dua staf Bolsonaro yang dinyatakan positif.

Kedutaan Besar Brasil di Washington mengatakan pada hari Jumat bahwa Chargé d'Affaires Nestor Forster dari Brasil dinyatakan positif terkena virus corona. Forster duduk di meja yang sama dengan Trump saat makan malam di Mar-a-Lago akhir pekan lalu. Anggota delegasi lain yang datang dalam perjalanan AS, Senator Brasil Nelsinho Trad, mengatakan pada hari Jumat bahwa ia telah dites positif untuk virus korona juga.

Tetapi sebelum Trump berbicara, situasi di Gedung Putih berubah, kata seorang pejabat. Para staf kantor kepresidenan menimbang pada hari Jumat apakah Trump harus diuji.

Gedung Putih terus-menerus mengevaluasi apakah akan menguji Presiden dan mengambil langkah-langkah untuk mencegah penyebaran virus lebih lanjut di antara orang-orang dekat Trump, menurut seorang pejabat senior.

Gedung Putih mengatakan pada hari Kamis bahwa baik Trump maupun Pence tidak menunjukkan gejala apa pun, meskipun orang tanpa gejala masih dapat menyebarkan virus dan beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa gejala dapat mulai muncul hanya setelah lima hari.

Beberapa orang di dalam Gedung Putih secara pribadi bertanya-tanya mengapa Donald Trump tidak diuji, menurut pejabat, yang mengatakan orang-orang percaya itu akan menjadi langkah yang bijaksana karena Trump terus bertemu dengan orang-orang, termasuk pertemuan yang dijadwalkan Jumat dengan pejabat industri laboratorium.

Presiden Brasil Klaim Negatif Virus Corona Usai Dikabarkan Positif

Presiden Donald Trump (kiri) bersama dengan Presiden Brasil Jair Bolsonaro ketika bertemu di Mar-a-Lago, Palm Beach, Florida. (Photo: AFP/JIM WATSON)
Presiden Donald Trump (kiri) bersama dengan Presiden Brasil Jair Bolsonaro ketika bertemu di Mar-a-Lago, Palm Beach, Florida. (Photo: AFP/JIM WATSON)

Presiden Brasil Jair Bolsonaro mengatakan pada Jumat 13 Maret 2020 bahwa ia telah dinyatakan negatif virus corona, setelah amunculnya ketakutan setelah ia mengadakan perjalanan menemui Donald Trump bersama satu anggota stafnya yang kini dinyatakan positif virus corona. 

Presiden sayap kanan Brasil tersebut mengunggah hasil tesnya ke halaman Facebook-nya, bersama dengan foto dirinya.

"Jangan percaya pada media berita palsu!" tulisnya.

Melansir Channel News Asia, Sabtu (14/3/2020), laporan media mengatakan sebelumnya bahwa Bolsonaro telah dites positif untuk virus corona dan sedang menunggu hasil tes kedua untuk mengonfirmasi.

Bolsonaro, yang sebelumnya menyebut bahwa ketakutan akan Virus Corona dengan sebutan "overblown," berada dalam posisi serba salah di media setelah kepala komunikasinya, Fabio Wajngarten, telah dinyatakan positif COVID-19.

Hasil tes tersebut keluar setelah perjalanannya ke Amerika Serikat, di mana Bolsonaro dan Wajngarten bertemu Trump, Wakil Presiden Mike Pence dan sejumlah pejabat AS pada Sabtu di resor golf Trump Florida.

Sambil mengenakan masker, Bolsonaro mengatakan dalam sebuah video yang diunggah Kamis malam, bahwa ia akan tahu "dalam beberapa jam ke depan" apakah ia terinfeksi virus yang menyebabkan pandemi.

Setelah mengumumkan hasil tesnya, ia pergi ke kantor kepresidenan, tanpa masker wajah, menyapa pendukung dari kejauhan dan menolak untuk berbicara dengan wartawan.

Bolsonaro menganggap hasil tesnya sebagai kemenangan pribadi. 

Foto yang dia posting di Facebook dengan hasil tesnya dengan rapi menyimpulkan kepribadian provokatif seorang presiden yang dijuluki "Trump of the Tropics."

Bolsonaro telah berulang kali membuat gerakan tangan di foto - secara luas dikenal sebagai "FU," "salut Italia," "tamparan Iberia," "bra d'honneur" atau, di Brasil, "banana" pada wartawan sambil menuduh media menjadi bias terhadapnya.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah di Kompetisi Eropa

Posted: 13 Mar 2020 09:35 PM PDT

Jakarta - Dari semua posisi di satu tim, striker mungkin akan terlihat lebih mencolok mengingat tugasnya sebagai pencetak gol. Berbeda dengan gelandang, seorang striker punya ukuran "pasti" untuk bukti kualitasnya. Tentu, itu adalah banyaknya gol.

Makin rajin seorang striker menjebol gawang lawan, ia akan kian diakui. Ketajamannya menjadi bukti nyata kualitasnya. Namanya akan makin harum, apalagi jika ia mampu keluar sebagai yang paling tajam atau top scorer di liga-liga Eropa yang jadi kiblat sepak bola dunia.

Sepanjang musim 2019-2020, muncul sederet striker baru yang memanaskan persaingan predator di depan gawang. Erling Haaland bisa dibilang menjadi yang paling mengejutkan.

Striker asal Norwegia berusia 19 tahun ini telah mencetak 40 gol musim ini. Ia menorehkan catatan tersebut dengan dua klub berbeda, yakni RB Salzburg dan Borussia Dortmund.

Masa depan Haaland di dunia sepak bola masih panjang. Bahkan Haaland bisa memecahkan rekor sebagai striker terganas di kawasan Eropa, yang saat ini dipegang striker era 1930an, Josef Bican. 

Kalaupun bukan Josef Bican, Haaland maupun striker lain yang berkiprah di liga-liga Eropa bisa mempertajam koleksi gol-gol pendahulu mereka.

Mengacu pada Ronaldo.com, ada lima striker yang tercatat paling haus gol hingga merajai liga-liga di kawasan Eropa. Dari lima itu, ada yang telah meninggal dunia, ada pula yang masih aktif bermain sekarang ini.

Berikut lima striker haus gol yang merajai kawasan Eropa dilansir Bola.com dari Ronaldo.com:

1. Josef Bican - 517

Josef Bican (UEFA)
Josef Bican (UEFA)

Josef Bican merupakan striker Ceko-Autria, tampil mengesankan pada durasi 1931-1948 saat membela Rapid Vienna dan Slavia Prague. Saat berlaga di Praha, ia mencetak 395 gol dalam 217 pertandingan di liga.

Jika ditotal dengan koleksi gol di Rapid Vienna, sang pemain mencetak 517 gol. Bican juga menjadi top scorer sepak bola dunia sepanjang masa dengan 805 gol di semua kompetisi sepanjang kariernya.

2. Ferenc Puskas - 514

Legenda sepak bola Hungaria dan Real Madrid, Ferenc Puskas
Legenda sepak bola Hungaria dan Real Madrid, Ferenc Puskas

Ferenc Puskas merupakan striker legendaris di kawasan Eropa. Namanya begitu harum, hingga digunakan sebagai penghargaan bagi mereka yang mencetak gol terindah versi FIFA.

Puskas, yang berasal dari Hungaria, 514 gol selama 23 tahun berkarier dalam durasi 1943-1966.

Secara khusus, Pria yang telah berpulang selamanya pada 26 November 2006 ini mengoleksi 156 gol dalam 180 pertandingan La Liga bersama Real Madrid.

Puskas berhasil memenangi lima gelar liga berturut-turut serta tiga trofi Liga Champions bersama Los Blancos.

3. Lionel Messi - 438

(AP Photo/Manu Fernandez)
(AP Photo/Manu Fernandez)

Lionel Messi memiliki 438 gol bersama Barcelona di La Liga. Ia juga berhasil memenangkan enam trofi Ballon d'Or.

Musim lalu, La Pulga meraih penghargaan Ballon d'Or keenamnya, satu di antaranya berkat 51 gol dalam 50 pertandingan di semua kompetisi yang ditorehkannya.

Akan sangat sulit untuk bisa menghentikan Messi ketika mengenakan seragam Barcelona.

4. Cristiano Ronaldo - 430

Cristiano Ronaldo. (Foto: Instagram @cristiano)
Cristiano Ronaldo. (Foto: Instagram @cristiano)

Cristiano Ronaldo memiliki catatan 430 gol dari empat liga berbeda yakni Liga NOS, Premier League, La Liga, dan Serie A. Kini, ia memasang target menjadi top scorer di Serie A.

Jika catatan tersebut diraih, Cristiano Ronaldo adalah pemain pertama yang menjadi tampil sebagai top scorer di Inggris, Spanyol, serta Italia.

5. Jimmy McGrory - 408

Jimmy McGrory (Foto: FIFA.com)
Jimmy McGrory (Foto: FIFA.com)

Jimmy McGrory adalan striker buas dari Skotlandia. Striker Celtic itu mencetak 408 gol di Liga Skotlandia.

Total ia mencetak 485 gol di semua kompetisi. Catatan itu menjadikannya sebagai top scorer dari Inggris Raya sepanjang sejarah.

 

Sumber: Ronaldo.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Potret-Potret Lucu Anjing Habis Kecebur Lumpur

Posted: 13 Mar 2020 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki hewan peliharaan berupa anjing adalah sebuah usaha yang susah-susah gampang. Terlebih mengingat anjing merupakan hewan yang sangat aktif dan tak bisa diam.

Keadaan yang paling bisa membuat Anda yang memiliki anjing kesal adalah bila anjing Anda bermain di lumpur. Padahal sebelumnya Anda baru saja memandikannya dan menyisir bulunya.

Artikel tentang potret lucu anjing berlumuran lumpur menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang zodiak yang paling tak bertanggung jawab.

Sementara artikel terpopuler ketiga tentang kebiasaan buruk yang sering tanpa sadar dilakukan.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 7 Potret Kocak Anjing Habis Bermain Lumpur, Gemas Banget

Doc: Boredpanda
Doc: Boredpanda

Tegakah Anda memarahi anjing Anda yang justru terlihat lucu saat bermain lumpur? 

Selengkapnya...

2. 4 Zodiak Paling Tak Bertanggung Jawab tapi Ingin Punya Pacar

ilustrasi zodiak perempuan/Photo by Bia Sousa from Pexels
ilustrasi zodiak perempuan/Photo by Bia Sousa from Pexels

Ada beberapa zodiak yang paling tak bertanggung jawab dan akan selalu membuat Anda seperti telur di ujung tanduk. Bukannya zodiak-zodiak tersebut egois, hanya saja mereka memiliki reputasi tak dapat diandalkan dan cenderung menempatkan kebutuhan mereka sendiri di atas yang lain.

Selengkapnya...

3. Jaga Kesehatan Tubuh, Hindari Kebiasaan yang Tak Sadar Sering Kamu Lakukan Ini

foto: Brightside
foto: Brightside

Ada begitu banyak kebiasaan buruk yang tanpa disadari bisa mengganggu kesehatan tubuh. Umumnya hal-hal tersebut merupakan hal sederhana yang sering kita remehkan.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Fakta Suhu Panas Bikin Virus Corona Keok hingga Pasien Sembuh di AS Terpopuler

Posted: 13 Mar 2020 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dalam Top 3 Global edisi Sabtu, 14 Maret 2020 ini diisi oleh berita-berita seputar Virus Corona yang penyebarannya semakin luas. 

Pertama mengenai kebenaran suhu panas yang disebut mampu mematikan Virus Corona. Indonesia yang dikatakan melaporkan kasusnya di saat negara lain sudah mencapai angka yang tinggi, disebut-sebut penyebabnya adalah karena suhu yang panas. Namun, kebenarannya masih belum dapat dipastikan. Berita ini menjadi yang paling menyorot perhatian pembaca. 

Selanjutnya, virus corona selama ini dinyatakan berasal dari China tepatnya kota Wuhan, provinsi Hubei. Namun, seorang pejabat China baru-baru ini tidak terima akan hal itu dan justru menyebut bahwa AS lah yang membawanya. 

Artikel lainnya yang juga banyak menarik perhatian adalah mengenai kisah seorang wanita di Amerika Serikat yang berhasil dinyatakan sembuh, hanya dengan merawat dirinya sendiri di rumah. Ia tidak mendapat perawatan atau perhatian khusus dari rumah sakit.

1. Mampukah Suhu Panas Mematikan Virus Corona COVID-19?

Warga mengantre untuk membeli masker di luar sebuah supermarket di Seoul, Korea Selatan, Rabu (4/3/2020). Kasus virus corona atau COVID-19 di Korea Selatan menjadi yang terbesar setelah China, negara asal wabah virus tersebut. (Jung Yeon-je/AFP)
Warga mengantre untuk membeli masker di luar sebuah supermarket di Seoul, Korea Selatan, Rabu (4/3/2020). Kasus virus corona atau COVID-19 di Korea Selatan menjadi yang terbesar setelah China, negara asal wabah virus tersebut. (Jung Yeon-je/AFP)

Ketika Virus Corona COVID-19 mulai menyebar ke seluruh dunia pada 2020, salah satu keraguan yang kerap muncul adalah cara untuk menghentikannya sama seperti menghentikan penyakit flu. Namun nyatanya, anggapan tersebut salah. 

Pada perkiraan tingkat kematian terendah berdasarkan data saat ini, COVID-19, penyakit yang disebabkan oleh Virus Corona, diperkirakan membunuh sekitar 1-2% dari pasien yang diketahui, dibandingkan dengan sekitar 0,1% untuk penyakit influenza.

Seperti dilaporkan oleh CNN, Jumat (13/3/2020), Virus Corona juga tampaknya sama menularnya seperti flu, tapi berpotensi lebih berbahaya, terutama karena tidak ada pengobatan khusus, penyembuhan atau vaksin musiman. Para ahli berharap virus akan tetap berperilaku seperti influenza, bagaimanapun akan meruncing di musim semi.

Baca selengkapnya...

2. Pejabat China Tuding Tentara AS Bawa Virus Corona COVID-19 ke Negaranya

Petugas laboratorium melakukan pengujian sampel dari orang yang akan diuji untuk virus corona COVID-19 di sebuah laboratorium di Shenyang, provinsi Liaoning timur laut China, Rabu (12/2/2020). WHO kini tidak lagi menyebut virus yang merebak di China sebagai Virus Corona Baru. (STR/AFP)
Petugas laboratorium melakukan pengujian sampel dari orang yang akan diuji untuk virus corona COVID-19 di sebuah laboratorium di Shenyang, provinsi Liaoning timur laut China, Rabu (12/2/2020). WHO kini tidak lagi menyebut virus yang merebak di China sebagai Virus Corona Baru. (STR/AFP)

Pejabat China mengklaim kasus pertama Virus Corona COVID-19 bukan berasal dari negaranya, melaikan dari Amerika Serikat. Ia menuding seorang tentara asal AS yang membawa COVID-19 ke Negeri Tirai Bambu.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Kamis (13/3/2020) meski demikian, tuduhan yang dilontarkan seorang pejabat tersebut tidak didukung bukti.

Selengkapnya di sini...

3. Kisah Wanita Positif Virus Corona COVID-19 Sembuh dengan Merawat Diri di Rumah

Elizabeth Schneider, penyintas Virus Corona COVID-19. (AFP)
Elizabeth Schneider, penyintas Virus Corona COVID-19. (AFP)

Virus Corona COVID-19 bisa disembuhkan. Berdasarkan data Coronavirus COVID-19 Global Cases by the Center for Systems Science and Engineering (CSSE) at Johns Hopkins University (JHU), sebanyak 68.324 telah sembuh dari sakit akibat COVID-19.

Salah satunya adalah Elizabeth Schneider. Wanita 37 tahun itu telah pulih sepenuhnya dari Virus Corona jenis baru, menjadikannya sebagai harapan yang hidup dan bernafas bagi para pasien yang masih berjuang.

Kisah selengkapnya di sini...

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ridwan Kamil Minta Pusat Beri Informasi Lebih ke Pemda Soal Corona

Posted: 13 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Bandung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta pemerintah pusat memberikan perkembangan informasi kasus positif  virus corona (Covid-19) di wilayahnya. Menurutnya, komunikasi antara pusat dengan daerah perlu untuk mengantisipasi penyebaran.

"Jika ada yang positif yang posisinya di Jawa Barat, jangan sampai pemerintah daerahnya tidak tahu sehingga tidak bisa melakukan penelusuran," kata Ridwan Kamil di Gedung Sate, Jumat (13/3/2020).

Kerahasiaan pasien tetap dijaga dan bukan untuk disebarluaskan. Namun dengan adanya informasi pasien positif, maka Dinas Kesehatan akan bergerak cepat untuk mendeteksi perjalanan penularan virus melalui tracing yang dilakukan petugas.

"Yang penting dijaga itu informasi ini hanya untuk kepentingan pemerintah. Kami butuh data itu untuk melakukan tindakan terukur," ujarnya.

Berdasarkan data dari situs Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jawa Barat (Pikobar), hingga Sabtu pukul 08.00 WIB, terdapat 706 orang dalam pemantauan (ODP), 258 di antaranya negatif.

Sedangkan tiga orang berstatus positif corona asal Jabar. Dua di antaranya diketahui klaster Jakarta. Sementara mengenai satu pasien lainnya, Emil mengaku belum mengetahui. Menurutnya, status pasien positif hanya diketahui pemerintah pusat.

"Dari kementerian itu diberitahukan kepada dokter yang merawat. Untuk mengumumkan positif bukan tupoksi daerah," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar Berli Hamdani mengatakan, sudah menjadi prosedur tetap bahwa Dinkes bertugas untuk melakukan penelusuran.

"Setiap ada penyakit yang berpotensi wabah maka kami melakukan tracking. Begitu kita mendapatkan informasi bahwa terjadi penyakit yang berpotensi wabah maka kita langsung mencari akurasi informasi ini," ujarnya.

Simak video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Link Live Streaming Indosiar PSIS vs Arema FC, Saksikan Eksklusif di Vidio

Posted: 13 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- PSIS Semarang akan menjamu Arema Malang pada lanjutan Shopee Liga 1 2020 pada Sabtu (14/3/2020) sore WIB. Mahesa Jenar berambisi merebut poin penuh pada laga kandang pertama di Stadion Moch Soebroto.

Aura positif sedang hinggap di skuat PSIS Semarang jelang duel kontra Arema. Kemenangan krusial Mahesa Jenar pada laga Shopee Liga 1 2020 sebelumnya di markas Persela Lamongan dengan skor 3-2, Sabtu (7/3/2020), menjadi penyebabnya.

Tiga poin dengan susah payah didapat Wallace Costa di kandang Persela. Meski sempat unggul tiga gol, gawang PSIS kemudian dua kali bobol. Itu menjadi kemenangan pertama, setelah hasil minor di kandang Persipura pada laga sebelumnya.

PSIS Semarang boleh merasa percaya diri dengan catatan yang mereka miliki ketika menghadapi Arema FC. Namun, Singo Edan datang dengan tekad yang bulat, merusak momen laga kandang pertama PSIS pada musim ini.

Arema ingin bangit usai kalah 1-2 dari Persib Bandung di laga terakhir Shopee Liga 1 2020 di kandang sendiri.

Laga seru PSIS Semarang melawan Arema di Shopee Liga 1 2020 akan disiarkan langsung Indosiar mulai pukul 15.30 WIB. Selain di Indosiar, pecinta bola juga dapat menyaksikannya di Vidio melalui live streaming.

 

Link Live Streaming

Anda dapat menyaksikan laga PSIS vs Arema melalui live streaming secara berlangganan di Vidio Premier melalui link ini....

Prakiraan Susunan Pemain

PSIS Semarang (4-4-2): Jandia Eka Putra (kiper); Fredyan Wahyu, Rio Saputro, Wallace Costa, Frendi Saputra (belakang); Jonathan Cantillana, Finky Pasamba, Flavio Beck Jr, Septian David Maulana (tengah); Hari Nur Yulianto, Bruno Silva (depan)

Pelatih: Dragan Djukanovic (Montenegro)

Arema FC (4-3-3): Teguh Amiruddin (kiper); Taufik Hidayat, Matias Malvino, Nurdiansyah, Ahmad Alfarizi (belakang); Dendi Santoso, Hendro Siswanto, Oh In-Kyun (tengah); Kushedya Hari Yudo, Elias Alderete, Jonathan Bauman (depan)

Pelatih: Mario Gomez

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Archie Tak Ikut Meghan Markle dan Pangeran Harry ke Inggris

Posted: 13 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Meghan Markle dan Pangeran Harry telah menghadiri pelayanan Commonwealth Day di Westminster Abbey, London, Inggris, Senin, 9 Maret 2020. Momen tersebut adalah agenda terakhir mereka sebelum resmi mundur dari Kerajaan Inggris pada 31 Maret mendatang.

Dilansir dari People, Jumat, 13 Maret 2020, usai agenda tersebut, Meghan dan Harry terbang kembali untuk bertemu putra mereka, Archie. Bayi berusia 10 bulan ini tetap berada di Kanada di tengah krisis virus corona baru.

Kendati terpisah secara jarak, pasangan ini tetap ingin dekat dengan buah hati pertama mereka. "(Meghan dan Pangeran Harry) FaceTime dengannya (Archie) setiap hari," kata seorang sumber kepada People.

"Ia (Archie) baik-baik saja. Ia meraih sesuatu dan mengambilnya sendiri dan mulai bergerak dengan sangat bersemangat," lanjut sumber itu.

Pangeran Harry dan Meghan dengan cepat beradaptasi dengan kehidupan di Vancouver Island. "Mereka begitu menikmati hidup yang tenang," kata sumber sebelumnya pada People.

"Mereka pergi berjalan-jalan, yoga, dan Meghan Markle memasak. Mereka suka bersantai dengan Archie dan anjing-anjing," lanjut sumber itu.

Tampilan Meghan Markle di Commonwealth Day service

Meghan Markle dan Pangeran Harry saat hadir di Commonwealth Day Service 2020 di Westminster Abbey. (TOLGA AKMEN / AFP)
Meghan Markle dan Pangeran Harry saat hadir di Commonwealth Day Service 2020 di Westminster Abbey. (TOLGA AKMEN / AFP)

Saat pelayanan Commonwealth Day, Meghan Markle mengenakan caped dress hijau dari desainer Inggris Emilia Wickstead. Gayanya dilengkapi topi warna senada dari William Chambers.

Istri Pangeran Harry ini juga mengenakan sepatu hak tinggi bernuansa nude dari Aquazzura. Meghan turut membawa top-handle bag satin dari Gabriela Hearst.

Kemudian, Meghan menyempurnakan penampilan dengan tata rambut sleek bun. Aksesori anting Birks 'Snowstorm' kian mempermanis gaya elegannya.

Ia juga tampil dengan makeup flawless yang dipoles makeup artist sekaligus teman dekatnya, Daniel Martin. Meghan diketahui kerap merias wajah sendiri untuk menghadiri agenda resmi, namun kali ini ia meminta dukungan Daniel untuk jadwal penting di Inggris.

Tampilan tersebut terlihat dari smokey eyes, pulasan lipgloss berry, dan pemakaian highlighter. Hal yang menarik perhatian adalah eyeshadow biru bold Meghan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kepala BNPB Doni Monardo Jadi Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19

Posted: 13 Mar 2020 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menugaskan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 guna mengatasi penyebaran virus penyebab penyakit Covid-19.

Hal itu tertuang dalam Keputusan Presiden RI Nomor 7 Tahun 2020 yang ditetapkan pada 13 Maret 2020, dan juga disampaikan Presiden saat mengecek kesiapan antisipasi penyebaran virus corona tipe baru di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat.

Dilansir Antara, berdasarkan Pasal 3 Keppres Nomor 7 Tahun 2020 tersebut, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 memiliki lima tujuan yaitu, pertama, meningkatkan ketahanan nasional di bidang kesehatan. Kedua, mempercepat penanganan virus corona melalui sinergi antarkementerian/lembaga dan pemerintah daerah.

Ketiga, meningkatkan antisipasi perkembangan eskalasi penyebaran Covid-19. Keempat, meningkatkan sinergi pengambilan kebijakan operasional.

Kelima, meningkatkan kesiapan dan kemampuan dalam mencegah, mendeteksi, dan merespons terhadap Covid-19.

Susunan keanggotaan gugus tugas tersebut yaitu, sebagai Pengarah Gugus Tugas di antaranya Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum Keamanan, Menteri Kesehatan dan Menteri Keuangan.

Sedangkan Pelaksana Gugus Tugas diketuai oleh Kepala BNPB dengan Wakil Ketua Asisten Operasi Panglima TNI dan Asisten Operasi Kapolri.

Tugasnya

Petugas medis melihat keluar dari ruang isolasi untuk tempat pasien yang menunjukkan gejala wabah virus corona di sebuah rumah sakit umum di Mataram, Nusa Tenggara Barat (28/1/2020). (AFP/Moh El Sasaky)
Petugas medis melihat keluar dari ruang isolasi untuk tempat pasien yang menunjukkan gejala wabah virus corona di sebuah rumah sakit umum di Mataram, Nusa Tenggara Barat (28/1/2020). (AFP/Moh El Sasaky)

Tugas Gugus Tugas berdasarkan pasal 6, yakni secara berurutan disebutkan tugas Gugus Tugas harus menetapkan dan melaksanakan rencana operasional percepatan penanganan Covid-19, mengoordinasikan dan mengendalikan pelaksanaan kegiatan percepatan penanganan Covid-19, melakukan pengawasan pelaksanaan percepatan penanganan Covid-19, mengerahkan sumber daya untuk pelaksanaan kegiatan percepatan penanganan Covid-19, dan melaporkan pelaksanaan percepatan penanganan Covid-19 kepada Presiden dan Pengarah.

Gubernur dan bupati/walikota juga diminta membentuk gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 daerah berdasarkan pertimbangan dan rekomendasi Ketua Pelaksana Nasional.

Terkait pendanaan, seluruh kegiatan Gugus Tugas dibebankan kepada ABPN, APBD dan atau sumber lain yang sah dan tidak mengikat sesuai ketentuan undang-undang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain KKN di Desa Penari, Ini 6 Film yang Tunda Tayang Akibat Corona

Posted: 13 Mar 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Virus Corona yang mulai menyebar luas ke beberapa negara telah membuat sejumlah aktivitas, acara besar dan turnamen olahraga harus dihentikan sementara. Sejumlah negara mengambil langkah tersebut utnuk menghindari perkumpulan massal yang bisa saja memudahkan virus Corona meluas. 

Tak hanya itu, sejumlah dunia hiburan juga turut merasakan imbasnya. Diketahui jika banyak rumah produksi yang terpaksa menunda jadwal penayangannya. Tak terkecuali di Indonesia.

Salah satu film Indonesia yang harus ditunda penayangannya akibat meluasnya virus Corona adalah film KKN di Desa Penari. Film yang diangkat dari kisah yang viral di media sosial ini harusnya tayang pada 19 Maret 2020 namun terpaksa ditunda.

"[BREAKING??] Penayangan film #KKNDiDesaPenari ditunda. Nantikan #KKNMovie dan ikuti terus update-nya di akun kami," tulis akun Twitter @KKNmovie pada Kamis (14/3/2020).

Selain KKN di Desa Penari, sejumlah film lainnya juga harus ditunda akibat virus corona. Berikut ini 6 film yang harus mundur jadwal penayangannya dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Sabtu (14/3/2020).

1. Mulan

Berbagai film yang tunda penayangannya akibat virus Corona. (Sumber: Instagram/@nikicaro)
Berbagai film yang tunda penayangannya akibat virus Corona. (Sumber: Instagram/@nikicaro)

Para penggemar film Disney harus bersabar lantaran film Mulan harus ditunda akibat mewabahnya virus Corona. Mulan yang dibintangi Liu Yifei dan Gong Li secara resmi ditunda.

Resmi ditunda, pihak perwakilan film Disney ini belum menyebutkan jadwal terbarunya. Menindaklanjuti penundaan rilis film tersebut, sutradara film Mulan yaitu Niki Caro menulis surat terbuka untuk penggemar di seluruh dunia.

Surat terbuka itu diunggah di akun Instagram terverifikasi miliknya, pada Jumat (13/3/2020) pagi waktu Indonesia. Niki Caro menuliskan keterangan panjang. Ia dan tim begitu bersemangat selama penggarapan film Mulan ini.

"But given the current ever-shifting circumstances we are all experiencing, unfortunately, we have to postpone the worldwide release of Mulan for now (Namun berdasarkan kondisi terkini yang kita alami, dengan sangat menyesal sekarang kami menunda perilisan Mulan di seluruh dunia)," Niki mengonfirmasi.

Bukan bermaksud mengecewakan penggemar, melainkan pemain dan kru film Mulan berempati pada dunia yang tengah berjuang melawan wabah virus Corona.

2. A Quiet Place part 2

Berbagai film yang tunda penayangannya akibat virus Corona. (Sumber: Instagram/@johnkarsinski)
Berbagai film yang tunda penayangannya akibat virus Corona. (Sumber: Instagram/@johnkarsinski)

Studio Paramount Pictures juga menunda film garapan mereka yaitu A Quiet Place Part 2. Film bergenre horor, thriller dan misteri ini dijadwalkan akan tayang pada 20 Maret 2020. Dengan alasan Covid-19, sang sutradara, John Krasinski mengabarkan langsung perihal tersebut.

John Karsinski tak menyebut penyebab A Quiet Place Part 2 ditunda namun wabah virus Corona diyakini sebagai pemicu.

"To all our A Quiet Place fans. One of the things i'm most proud of is that people have said our movie is one you have to see all together (Untuk penggemar A Quiet Place. Salah satu hal yang paling membanggakan bagi saya, saat kalian bilang, film kami salah satu yang wajib ditonton bareng-bareng)," tulis John Karsinski pada Jumat (13/3/2020).

Merespons perkembangan wabah virus Corona, John Karsinski mengundur jadwal perilisan A Quiet Place Part 2 hingga pemberitahuan lebih lanjut.

"As insanely excited as we are for all of you to see this movie, i'm gonna wait to release the film til we CAN all see it together (Sama seperti kalian, kami pun bersemangat untuk menyaksikan film ini. Saya menanti waktu rilis sampai kita bisa menontonnya bersama)," lanjut John Karsinski.

3. No Time To Die

Berbagai film yang tunda penayangannya akibat virus Corona. (Sumber: Twitter/@007)
Berbagai film yang tunda penayangannya akibat virus Corona. (Sumber: Twitter/@007)

Para penggemar James Bond harus kembali menunggu setelah 5 tahun untuk bisa menonton aksinya. Film terbaru James Bond, No Time To Die yang seharusnya dirilis bulan depan namun diundur hingga November 2020.

"The film will be released in the U.K. on November 12, 2020 with worldwide release dates to follow, including the US launch on November 25, 2020 (Film No Time To Die akan rilis di Inggris pada 12 November 2020 dengan jadwal rilis dunia termasuk Amerika Serikat menyusul pada 25 November 2020)," tulis James Bond di Twitternya pada Kamis (5/3/2020).

4. Fast and Furious 9

Berbagai film yang tunda penayangannya akibat virus Corona.(Motor1)
Berbagai film yang tunda penayangannya akibat virus Corona.(Motor1)

Selain penggemar James Bond, para penggemar Fast and Furious juga harus bersabar. Fast and Furious 9 yang dijadwalkan tayang pada 22 Mei 2020 mendatang harus ditunda akibat virus Corona.

Van Diesel dan kawan-kawan bisa menyapa penggemar mereka di bioskop pada April 2021 mendatang. penundaan hingga hampir satu tahun ini dikabarkan langsung lewat akun resmi mereka. Pengumuman ditundanya secara khusus menyatakan virus Corona sebagai alasannya. Maka mereka lebih mengutamakan kepedulian terhadap keselamatan semua orang.

5. Vanguard

Berbagai film yang tunda penayangannya akibat virus Corona. (Foto: IMDb/ China Film Group.)
Berbagai film yang tunda penayangannya akibat virus Corona. (Foto: IMDb/ China Film Group.)

Yang paling terlihat dampak virus Corona, film-film yang mestinya dirilis menyambut Tahun Baru Imlek, Januari 2020. Salah satunya adalah film Vanguard. Film yang dibintangi oleh Jackie Chan ini batal tayang di Indoensia.

Hal ini dikonfirmasi pihak Cinema XXI lewat akun Instagram terverifikasi mereka. Hingga kini belum ada informasi lebih lanjut kapan Vanguard bisa ditayangkan.

"Dengan berat hati kami memberitahukan bahwa penayangan film Vanguard yang dijadwalkan rilis pada 25 Januari 2020 harus ditunda. Penundaan tersebut dikarenakan merebaknya Virus Corona yang sedang terjadi di Tiongkok," jelas pihak Cinema XXI, Jumat (24/1/2020).

6. Antlers

Berbagai film yang tunda penayangannya akibat virus Corona. (Sumber: Wikipedia)
Berbagai film yang tunda penayangannya akibat virus Corona. (Sumber: Wikipedia)

Film lain yang harus ditunda penayangannya adalah Antlers. Film karya sineas peraih 2 Piala Oscar, Guillermo del Toro, yang harusnya tayang pada 17 April 2020 harus ditunda.

Antlers adalah film misteri-horor yang berada di bawah studio Searchlight ini belum diketahui kapan akan segera tayang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketum PSSI Ultimatum 5 Klub Liga 2 yang Tunggak Gaji Pemain

Posted: 13 Mar 2020 09:20 PM PDT

Jakarta - Ultimatum diberikan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan kepada lima kontestan Liga 2 2020 yaitu PSPS Riau, Kalteng Putra, Mitra Kukar, Perserang, dan PSMS Medan. Kelima klub itu memiliki masalah tunggakan gaji pemain.

"Kami mengimbau dan mengapresiasi kepada lima klub ini untuk dapat juga melakukan upaya penyelesaian kewajiban kepada pemain," ujar Iwan Bule, sapaan akrab Mochamad Iriawan.

"Hal tersebut merupakan bentuk komitmen dan dukungan dari klub demi mewujudkan aspek keolahragaan pada umumnya serta industri sepak bola khusunya kearah yang lebih profesional," katanya menambahkan.

Sebelumnya, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi sudah melakukan pertemuan dengan Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI). Rapat tersebut untuk membahas permasalahan ini.

Tak hanya itu, PSSIjuga mempunyai National Dispute Resolution Chamber (NDRC). Badan tersebut untuk menyelesaikan sengketa nasional, dan mempermudah, serta mempercepat pemain memperoleh solusi di kasus yang berkaitan dengan pesepak bolaan.

Kick-off Liga 2 2020

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, melakukan inspeksi ke Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (3/3/2020) untuk melihat persiapan kandidat venue Piala Dunia U-20 2021. (Bola.com/M. Iqbal Icshan)
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, melakukan inspeksi ke Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (3/3/2020) untuk melihat persiapan kandidat venue Piala Dunia U-20 2021. (Bola.com/M. Iqbal Icshan)

Sementara, kompetisi Liga 2 musim ini akan kick off pada Sabtu (14/3) besok. Duel antara Persiba Balikpapan melawan Kalteng Putra di Stadion Batakan, Balikpapan, bakal jadi laga pembuka.

"PSSI ingin agar Liga 2 2020 berjalan lancar, aman, damai dan semua pihak mendukung jalannya kompetisi ini," tutur Iwan Bule.

"PSSI juga meminta untuk klub-klub menjaga stabilitas finansial. Dan kami berharap kedepannya tidak lagi menghadapi masalah finansial yang dapat mengganggu jalannya kompetisi," imbuhnya.

 

Sumber asli: Bola.net

Disadur dari: Bola.net (Fitri Apriani, Published 13/3/2020)

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bill Gates Undur Diri dari Dewan Direksi Microsoft

Posted: 13 Mar 2020 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft baru saja mengumumkan Bill Gates mengundurkan diri dari jajaran dewan direksi.

Kabar ini diumumkan perusahaan pada Jumat 13 Maret 2020 waktu setempat, sebagaimana dilansir Tech Crunch, Sabtu (14/3/2020).

Walau sudah tidak duduk di kursi dewan direksi, Bill Gates akan tetap menjadi penasihat teknologi CEO Microsoft, Setya Nadella.

"Saya membuat keputusan untuk mundur dari jajaran dewan direksi dari tempat saya melayani -Microsoft dan Berkshire Hathaway-untuk mendedikasikan lebih banyak waktu kegiatan filantropis termasuk kesehatan dan pembangunan global, pendidikan, dan peningkatan keterlibatan saya dalam mengatasi perubahan iklim," tulis Gates di LinkedIn.

CEO Microsoft, Setya Nadella, pun mengungkap bagaimana perasaannya bekerja bersama dengan salah satu tokoh teknologi terbesar di dunia tersebut.

"Merupakan kehormatan dan hak istimewa yang luar biasa untuk bekerja bersama dan belajar dari Bill selama bertahun-tahun," tulis Nadella dalam siaran pers Microsoft.

Dirikan Microsoft

Lebih lanjut, Gates mendirikan Microsoft pada 1975 bersama dengan Paul Allen, yang meninggal pada tahun 2018.

Gates mempertahankan posisinya sebagai CEO Microsoft hingga 2000, ketika Steve Ballmer mengambil alih peran tersebut.

Setelah itu, Satya Nadella, mengambil alih posisi Balmer sebagai CEO perusahaan pada 2014.

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Sederhana Rumah Sodiq Monata, Punya Studio Rekaman

Posted: 13 Mar 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi penggemar musik dangdut tentunya sudah tak asing lagi dengan nama Sodiq Monata. Musisi dangdut berbakat ini memiliki sederet karya menakjubkan. Pria bernama asli Sodiq Rifa'i ini semakin dikenal publik setelah kariernya bersama grup Motana cemerlang. 

Bahkan Sodiq Monata mendapat julukan sebagai Raja Dangdut Koplo. Selain itu, pria asal Pasuruan ini juga dikenal sebagai pembuat lagu yang andal. Sodiq Monata bisa menciptakan lagu dalam waktu setengah jam. Salah satu lagu ciptaannya yang populer adalah Iwak Peyek.

Untuk meraih kesukesan tidak cukup mudah bagi penyanyi dangdut Sodiq. Ia harus melewati lika-liku kehidupan yang tak berjalan mulus. Sodiq Monata sempatt mengalami penghasilan yang tidak pasti dan pernah merasakan hidup susah. Namun kini pria 51 tahun ini sudak dikenal luas oleh publik dan sering tampil di layar kaca televisi.

Meski sudah sukses didunia musik dangdut, Sodiq selalu tampak sederhana. Hunian rumahnya pun juga jauh dari kata mewah. Kendati demikian di rumah sederhana itu, Sodiq punya studio rekaman sendiri lengkap dengan peralatan rekaman canggih.

Lantas seperti apa penampakan rumah Raja Dangdut Koplo ini? Berikut rumah Sodiq Monata dirangkum Lipuatn6.com dari berbagai sumber, Sabtu (14/3/2020).

1. Rumah Sodiq Monata berlokasi di Pandaan, Jawa Timur. Bagian dalam rumah didominasi warna hijau.

Sodiq Monata (Sumber: Youtube/Koboan 1234)
Sodiq Monata (Sumber: Youtube/Koboan 1234)

2. Potret jalan menuju ke ruangan lain. Selain hijau, rumah pria yang akrab disapa Cak Sodiq ini juga dipadukan dengan warna kuning di sisi lain.

Sodiq Monata (Sumber: Youtube/Koboan 1234)
Sodiq Monata (Sumber: Youtube/Koboan 1234)

3. Masih berada di ruang tamu, di ruangan ini juga terdapat televisi lengkap dengan dvd player dan sound system.

Sodiq Monata (Sumber: Youtube/Koboan 1234)
Sodiq Monata (Sumber: Youtube/Koboan 1234)

4. Tak lupa Sodiq memajang orkes kebanggaannya, Monata yang membesarkan namanya seperti sekarang ini.

Sodiq Monata (Sumber: Youtube/Koboan 1234)
Sodiq Monata (Sumber: Youtube/Koboan 1234)

5. Ruang makan di rumah Sodiq ini terlihat sangat sederhana dan tepat di jalan langsung menuju ke dapur.

Sodiq Monata (Sumber: Youtube/Koboan 1234)
Sodiq Monata (Sumber: Youtube/Koboan 1234)

6. Meski sederhana, Sodiq punya studio rekaman sendiri lengkap dengan peralatan rekaman canggih.

Sodiq Monata (Sumber: Youtube/Koboan 1234)
Sodiq Monata (Sumber: Youtube/Koboan 1234)

7. Potret studio rekaman dan pengambilan suara di rumah Sodiq. Dilengkapi dengan dinding kedap suara.

Sodiq Monata (Sumber: Youtube/Koboan 1234)
Sodiq Monata (Sumber: Youtube/Koboan 1234)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Deretan Bintang Sepak Bola yang Terjangkit COVID-19

Posted: 13 Mar 2020 09:15 PM PDT

Penyerang Sampdoria, Manolo Gabbiadini (kiri) berebut bola dengan gelandang AC Milan,  Ismael Bennacer pada pertandingan Liga Serie A Italia di stadion San Siro, Milan pada 6 Januari 2020. Sampdoria mengumumkan bahwa striker Manolo Gabbiadini dinyatakan positif virus corona. (AFP/Miguel Medina)
Penyerang Sampdoria, Manolo Gabbiadini (kiri) berebut bola dengan gelandang AC Milan, Ismael Bennacer pada pertandingan Liga Serie A Italia di stadion San Siro, Milan pada 6 Januari 2020. Sampdoria mengumumkan bahwa striker Manolo Gabbiadini dinyatakan positif virus corona. (AFP/Miguel Medina)

Penyerang Sampdoria, Manolo Gabbiadini (kiri) berebut bola dengan gelandang AC Milan, Ismael Bennacer pada pertandingan Liga Serie A Italia di stadion San Siro, Milan pada 6 Januari 2020. Sampdoria mengumumkan bahwa striker Manolo Gabbiadini dinyatakan positif virus corona. (AFP/Miguel Medina)

Pelatih Arsenal Mikel Arteta sebelum pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Crystal Palace dan Arsenal di Selhurst Park ,London pada 11 Januari 2020. Setelah dinyatakan positif virus corona COVID-19, Arsenal meminta mereka yang akhir-akhir ini berhubungan dengan Arteta untuk mengisolasi
Pelatih Arsenal Mikel Arteta sebelum pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Crystal Palace dan Arsenal di Selhurst Park ,London pada 11 Januari 2020. Setelah dinyatakan positif virus corona COVID-19, Arsenal meminta mereka yang akhir-akhir ini berhubungan dengan Arteta untuk mengisolasi

Pelatih Arsenal Mikel Arteta sebelum pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Crystal Palace dan Arsenal di Selhurst Park ,London pada 11 Januari 2020. Setelah dinyatakan positif virus corona COVID-19, Arsenal meminta mereka yang akhir-akhir ini berhubungan dengan Arteta untuk mengisolasi

Foto file yang diambil pada 9 April 2019 Bek Juventus asal Italia, Daniele Rugani  memberikan keterangan sebelum pertandingan melawan Ajax di Johan Cruyff Arena di Amsterdam. Rugani  dinyatakan positif terkena virus corona, yang diumumkan klub pada 11 Maret 2020. (AFP/Emmanuel Dunand)
Foto file yang diambil pada 9 April 2019 Bek Juventus asal Italia, Daniele Rugani memberikan keterangan sebelum pertandingan melawan Ajax di Johan Cruyff Arena di Amsterdam. Rugani dinyatakan positif terkena virus corona, yang diumumkan klub pada 11 Maret 2020. (AFP/Emmanuel Dunand)

Foto file yang diambil pada 9 April 2019 Bek Juventus asal Italia, Daniele Rugani memberikan keterangan sebelum pertandingan melawan Ajax di Johan Cruyff Arena di Amsterdam. Rugani dinyatakan positif terkena virus corona, yang diumumkan klub pada 11 Maret 2020. (AFP/Emmanuel Dunand)

Bek Hannover 96, Timo Hubers (kanan) berebut bola dengan striker Hoffenheim, Andrej Kramaric pada pertandingan Bundesliga di Sinsheim, Jerman selatan pada 27 April 2018. Timo Hubers kini sedang dikarantina dan belum melakukan kontak langsung dengan pemain Hannover lainnya. (AFP/Daniel Roland)
Bek Hannover 96, Timo Hubers (kanan) berebut bola dengan striker Hoffenheim, Andrej Kramaric pada pertandingan Bundesliga di Sinsheim, Jerman selatan pada 27 April 2018. Timo Hubers kini sedang dikarantina dan belum melakukan kontak langsung dengan pemain Hannover lainnya. (AFP/Daniel Roland)

Bek Hannover 96, Timo Hubers (kanan) berebut bola dengan striker Hoffenheim, Andrej Kramaric pada pertandingan Bundesliga di Sinsheim, Jerman selatan pada 27 April 2018. Timo Hubers kini sedang dikarantina dan belum melakukan kontak langsung dengan pemain Hannover lainnya. (AFP/Daniel Roland)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persiapan Pemulangan 188 ABK World Dream di Tanjung Priok

Posted: 13 Mar 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 188 Anak Buah Kapal (ABK) World Dream yang merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) dipulangkan dari Pulau Sebaru melalui Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Pantauan Liputan6.com, Sabtu (14/3/2020), titik lokasi pemulangan yang berada di Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Jalan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, sudah ramai aparat TNI berjaga.

Sejumlah petugas membawa laras panjang berjaga di gerbang utama Kolinlamil. Sementara sebagian Polisi Militer (PM) dan petugas kepolisian mengatur lalu lintas.

Sebelumnya, sebanyak 188 Warga Negara Indonesia (WNI) anak buah kapal (ABK) World Dream berangkat menuju pelabuhan Kolinlamil di Tanjung Priok, Jakarta menggunakan KRI Semarang-594.

KRI Semarang-594 berangkat dari perairan Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu sekitar pukul 08.00 WIB. Diperkirakan perjalanan menempuh waktu tiga jam. KRI Semarang akan tiba di Tanjung Priok sekitar pukul 11.00 WIB.

Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Laksamana Madya Yudo Margono ikut dalam perjalanan kapal tersebut. Sesuai rencana, Yudo akan menyerahkan secara resmi para ABK World Dream itu kepada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Efendi.

Para ABK itu terdiri dari 172 laki-laki dan 16 perempuan, telah menyelesaikan proses observasi sejak Jumat (28/2/2020) hingga Jumat (13/3/2020) atau selama 14 hari di Pulau Sebaru Kecil.

Selain itu, turut bersama mereka 67 petugas pendamping kesehatan dalam proses observasi para ABK World Dream tersebut. 

 

 

Surat Tak Ada Tanda Covid-19

WNI ABK World Dream menjadi koki dadakan di Pulau Sebaru Kecil. (foto: dokumentasi BNPB)
WNI ABK World Dream menjadi koki dadakan di Pulau Sebaru Kecil. (foto: dokumentasi BNPB)

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto mengatakan, 188 ABK Dream World yang diobservasi di Pulau Sebaru Kecil selama dua pekan ini, kondisinya sudah sangat baik dan sehat untuk bisa kembali ke rumahnya masing-masing.

"Kondisi mereka sehat, pemerintah sudah memberikan surat keterangan tidak ada menunjukkan tanda-tanda gejala Covid-19," kata Yurianto di Kompleks Istana Presiden, Jumat (13/3/2020).

Dia mengungkapkan, nantinya pemerintah akan mengantar mereka dalam skema pemulangan ABK Dream World menggunakan KRI Semarang menuju Kolinlamil DKI Jakarta, sebelum akhirnya mereka bisa ke rumahnya masing-masing.

"Kami sudah mengkomunikasikan ke Pemda asal ABK ini untuk menerima mereka. Selanjutnya mereka kita izinkan untuk pulang ke kampung halamannya. Tapi saya tidak tahu apakah mreka langsung pulang atau bermalam di Jakarta," Yurianto menandaskan.

Sebelumnya, 188 anak buah Kapal World Dream yang tengah diobservasi di Pulau Sebaru Kecil Kepulauan Seribu, lantaran ada rekannya dan penumpang kapal yang menderita covid-19, segera dipulangkan. Mereka akan dipulangkan pada Sabtu 14 Maret 2020 pagi.

Panglima Komando Gabungan, I Yudho Margono mengatakan, ABK World Dream itu akan dipulangkan sekitar pukul 06.00 WIB menggunakan KRI Semarang. Mereka akan dilabuhkan di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Dari Sebaru pukul 06.00 WIB. Naik KRI Semarang, tiba pukul 11.00 WIB," ucap Yudho saat dikonfirmasi, Jakarta, Kamis 12 Maret 2020.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bebas Virus Corona, Son Heung-min Segera Latihan Bersama Tottenham

Posted: 13 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, London- Penyerang Tottenham Hotspur Son Heung-min akan kembali berlatih bersama tim asuhan Jose Mourinho pekan depan. Son dinyatakan bebas virus corona baru atau COVID-19.

Pemain asal Korea Selatan itu sempat dikarantina selama dua pekan. Son dikhawatirkan tertular virus corona setelah pulang ke negaranya untuk menjalani operasi.

Seperti diketahui Korea Selatan merupakan salah satu negara dengan kasus virus corona tertinggi di dunia. Spurs sempat melakukan langkah pencegahan dengan mengkarantina Son.

London Evening Standard melaporkan Son baik-baik saja dan tidak sakit selama dua minggu dikarantina. Kini Son akan kembali mengikuti latihan bersama Tottenham pekan depan.

Meski akan kembali berlatih, belum diketahui kapan Son bisa main lagi. Eks pemain Bayer Leverkusen itu dalam proses pemulihan cedera patah tangan.

 

Ditunda

Untungnya kompetisi sepak bola Liga Inggris ditunda sementara waktu karena virus corona. Liga Inggris setidaknya dihentikan hingga 3 April 2020.

Tenaga Son sangat dibutuhkan Tottenham karena mereka sedang krisis pemain depan. Harry Kane masih belum bisa pulih setelah mengalami cedera parah awal tahun ini.

Klasemen Liga Inggris

Pemain Tottenham Hotspur Son Heung-min (AP Photo/Ian Walton)
Pemain Tottenham Hotspur Son Heung-min (AP Photo/Ian Walton)
 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Oksigen Molekuler Tertangkap di Luar Galaksi Bima Sakti

Posted: 13 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah astronom baru saja mengumumkan telah berhasil mendeteksi oksigen molekular di luar galaksi Bima Sakti.

Artikel tentang penemuan molekul berjarak sekitar setengah miliar tahun cahaya dari galaksi Bima Sakti ini curi perhatian pembaca kanal Tekno Liputan6.com, Jumat (13/3/2020).

Berita lain yang menjadi perhatian, Pornhub gratiskan layanan di Italia karena lockdown Corona, dan serangan DDos ke situs pemantauan Virus Corona Pemprov Jakarta.

Lebih lengkapnya, kamu bisa cek di bawah ini.

1. Pertama Kali, Oksigen Molekular Tertangkap di Luar Galaksi Bima Sakti

Sejumlah astronom baru saja mengumumkan telah berhasil mendeteksi oksigen molekular di luar galaksi Bima Sakti. Menurut perhitungan, molekul itu diketahui berjarak sekitar setengah miliar tahun cahaya dari galaksi Bima Sakti.

Dikutip dari Slash Gear, Kamis (13/3/2020), temuan ini terbilang penting, sebab menjadi yang pertama ditemukan di luar Galaksi Bima Sakti. Oksigen sendiri dikenal sebagai elemen yang paling berlimpah di alam semesta, setelah hidrogen dan helium.

Adapun metode yang digunakan para astronom untuk menemukan oksigen ini menggunakan metode astronomi milimeter dengan memanfaatkan panjang gelombang radio yang dipancarkan sebuah molekul.

Baca Selengkapnya di Sini

 

2. Situs Dewasa Pornhub Gratiskan Layanan di Italia Gara-Gara Lockdown Corona

Situs dewasa Pornhub memberikan konten video gratis untuk seluruh pengguna internet di Italia. Pasalnya, kini Italia tengah ditutup dari dunia luar (lockdown) akibat peredaran virus corona di negara tersebut.

Mengutip laman The New York Post, Jumat (13/3/2020), situs dewasa Pornhub menyebut, para peselancar internet yang dikarantina bisa mendapatkan layanan premium gratis.

Tak hanya itu, situs dewasa ini juga menyumbangkan uang untuk membantu negara-negara Eropa melewati masa sulit mereka.

Baca Selengkapnya di Sini

3. Kata Pengamat Soal Serangan DDoS ke Situs Pemantauan Virus Corona Pemprov Jakarta

Baru-baru ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui akun Twitter resminya sempat mengklaim situs pemantauan virus corona yang dimilikinya terkena serangan DDos (Distributed Denial of Service).

"Mohon maaf, situs http://corona.jakarta.go.id sedang sulit diakses karena mendapat serangan DDoS. Saat ini sedang ditangani tim Kominfotik DKI," cuit @DKIJakarta.

Melihat kondisi itu, sejumlah warganet pun geram dan mengecam tindakan tersebut. Namun tidak sedikit pula, warganet yang meragukan kejadian tersebut.

Baca Selengkapnya di Sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tragedi Remaja Kampar Dibakar dalam Lingkaran Ban Gara-gara Dituduh Mencuri

Posted: 13 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Kampar - Polres Kampar memburu sembilan pria yang diduga menganiaya remaja berumur 15 tahun. Korban berinisial DM itu diperlakukan secara kejam, bahkan dibakar setelah tubuhnya dimasukkan ke dalam ban bekas.

Pelaku penganiayaan ini diperkirakan 10 orang. Satu di antaranya berinisial IZ sudah ditangkap dan masih diperiksa intensif di Mapolres Kampar.

Paur Humas Polres Kampar Inspektur Satu Denny Yusra menyebut korban masih dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Selasih, Kabupaten Pelalawan. Tempat itu lebih dekat dengan rumah korban di Desa Rantau Kasih, Kecamatan Kampar Kiri Hulu.

"Akibat kejadian ini korban mengalami luka bakar di sekujur tubuhnya," kata Denny Jumat malam, 13 Maret 2020.

Denny menjelaskan, korban dianiaya pada Senin malam, 9 Maret 2020. Penyelidikan sementara, korban dituduh mencuri kompor seorang warga di Dusun Gunung Makmur, desa tersebut.

Apa yang dialami korban disaksikan oleh orang tuanya, Samauli Br Nainggolan. Saat itu, Samauli baru pulang dari rumah temannya, Tuti dan melihat 10 orang memantik api di sebuah ban.

Begitu mendekat, Samauli langsung berteriak karena dalam ban itu adalah anaknya. Sementara 10 pria tadi yang salah satunya dikenal Samauli berinisial Rz membentak-bentak korban.

"Korban tanpa pakaian, tubuhnya menyala api," ucap Denny.

Samauli meminta tolong kepada tetangganya yang melintas di lokasi. Tetangganya tadi berusaha menghentikan perbuatan sadis itu sementara Samauli terus berteriak minta tolong.

Teriakan Samauli mengundang perhatian warga lain sehingga datang berkerumun ke lokasi. Melihat ini, 10 pelaku penganiayaan tadi meninggalkan lokasi dan Samauli langsung memadamkan api di tubuh anaknya bersama warga lain.

"Korban dibawa orang tuanya ke praktek bidan setempat lalu di rujuk ke RSUD tadi. Orang tua korban lalu melapor ke kantor polisi," kata Denny.

Simak Video Pilihan Berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

YLKI Minta Jokowi Tetapkan Corona sebagai Kejadian Luar Biasa

Posted: 13 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo telah menetapkan kotanya berstatus Kejadian Luar Biasa (KLB) terhadap virus corona atau Covid-19. Penetapan status ini dilakukan pasca meninggalnya satu pasien positif virus corona yang diisasi di RSUD Dr Moewardi, Solo.

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo segera memutuskan untuk meliburkan berbagai kegiatan, termasuk meniadakan aktivitas sekolah mulai dari tingkat SD, SMP dan madrasah.

Merespons aksi tersebut, Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengapresiasi pernyataan KLB corona di Kota Solo yang diinisiasi pemerintah daerah setempat.

"Langkah ini sangat penting untuk menunjukkan keseriusan semua pihak dalam memerangi corona. Termasuk oleh masyarakat. Untuk melawan virus corona tidak mungkin hanya mengandalkan pemerintah, tapi juga peran masyarakat," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (14/3/2020).

Tulus menilai, langkah serupa semustinya juga segera dilakukan oleh pimpinan daerah lain. Khususnya untuk daerah-daerah yang sudah positif corona, semisal DKI Jakarta.

Dia juga menyarankan agar mantan Walikota Solo yang kini menjadi orang nomor satu RI, Joko Widodo (Jokowi) untuk menerapkan status KLB di tingkat nasional.

"Dan sebaiknya, di level nasional Presiden Jokowi juga segera menyatakan serupa. Jangan pertaruhkan keamanan dan keselamatan warganya," imbuhnya.

"Apalagi WHO telah meminta hal serupa kepada Presiden Jokowi. Dan terbukti jumlah pasien yang terinveksi virus corona (di Indonesia) seperti deret hitung (semakin banyak)," tandasnya.

Sri Mulyani Tambah Anggaran Kemenkes Rp 1 Triliun untuk Tangani Virus Corona

Sri Mulyani pada rangkaian Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Bali. Dok: am2018bali.go.id
Sri Mulyani pada rangkaian Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Bali. Dok: am2018bali.go.id

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menambah anggaran Rp 1 triliun untuk Kementerian Kesehatan dalam rangka menghadapi penyebaran Virus Corona. Dana tersebut akan digunakan oleh kementerian tersebut untuk menyiapkan sejumlah kebutuhan termasuk penyediaan sarana prasarana.

"Kebutuhan pendanaan termasuk logistik alat pelindung diri di RS, bandara, pelabuhan, penanganan pasien, serta pengadaan sarana dan prasarana RS rujukan akan mencapai Rp 1 triliun untuk Kemenkes. Langkah-langkah bisa dilakukan tanpa terkendala anggaran," ujar Sri Mulyani di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (13/3/2020)    

Sri Mulyani mengatakan, sejauh ini langkah-langkah penanganan penyebaran Covid-19 terus dikoordinasikan dengan Kemenkes. Pihaknya juga berkoordinasi dalam mencukupi kebutuhan alat pengaman dan obat-obatan di 132 Rumah Sakit rujukan.

"Kebutuhan anggaran untuk situasi ini, kami sudah koordinasi utamanya Kemenkes. Langkah-langkah di bidang kesehatan termasuk 132 RS rujukan menyampaikan dan melakukan edukasi materi kesiapsiagaan untuk menghadapi covid mulai dari risiko. Sekarang ini dibantu public Health sebagai pusat pengendalian 24 jam," papar Sri Mulyani.

Anggaran untuk Beli Disinfektan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi didampingi sejumlah menteri menyaksikan petugas menyemprotkan cairan disinfektan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (13/3/2020). Proses sterilisasi dilakukan dalam rangka mencegah penularan virus corona Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Presiden Joko Widodo atau Jokowi didampingi sejumlah menteri menyaksikan petugas menyemprotkan cairan disinfektan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (13/3/2020). Proses sterilisasi dilakukan dalam rangka mencegah penularan virus corona Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kementerian Keuangan juga membuka ruang menambah anggaran apabila diperlukan untuk mencukupi kebutuhan desinfektan di sejumlah transportasi umum. Sebab, transportasi umum telah dikonfirmasi sebagai salah satu tempat yang rentan untuk penyebaran virus.

"Kebutuhan anggaran tracking ke orang-orang yang kontak langsung, koordinasi pemerintah pusat dan pemerintah daerah di dalam penanganan, pengadaan disinfektan untuk sarana dan prasarana transportasi publik yang sudah dilakukan di berbagai kereta dan disinfektasi sarana dan prasarana sepertu pasar dan mall," jelasnya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut menambahkan, pihaknya juga tidak menutup kemungkinan jika dibutuhankan anggaran tambahan untuk membangun rumah sakit baru apabila penyebaran Covid-19 makin tinggi. "Bahkan termasuk kemungkinan pembangunan rumah sakit tambahan apabila terjadi penambahan pasien korona," tandasnya.

 

Anggun P. Situmorang

Merdeka.com 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cinta Penelope Menikah Kembali untuk Keenam Kalinya

Posted: 13 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Cinta Penelope telah melepas status jandanya. Ia menikah dengan seorang pria asal Turki, Taha Gokhan Arikan.

Pernikahan ini menjadi "pernikahan keenam" bagi Cinta Penelope. Hal itu diakui langsung oleh Cinta Penelope saat ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Jumat (13/3/2020).

"Nah ini, kalau yang (nikah) sebenernya ini jatuhnya yang keempat yah, kemarin tiga, tapi kalau ikut settingan jadi enam. Makasih yah kalian bikin semuanya enam (kali nikah), kan dibaca sama mamanya (jadi) stres," kata Cinta Penelope

Hal tersebut pun sudah diketahui oleh suaminya.

Tak Masalah

Cinta Penelope (Nurwahyunan/bintang.com)
Cinta Penelope (Nurwahyunan/bintang.com)

Namun suami Cinta Penelope itu tidak pernah mempermasalahkan sama sekali hal tersebut.

"Aku tahu segalanya tentang dia, dan dia tahu segalanya tentang aku, itu bukan masalah. Kita tahu satu sama lain," tegas suami Cinta Penelope.

Anggap yang Pertama

Potret Taha Arikan Kekasih Bule Cinta Penelope. (Sumber: Instagram/@tahaarikan)
Potret Taha Arikan Kekasih Bule Cinta Penelope. (Sumber: Instagram/@tahaarikan)

Bagaimanapun masa lalu Cinta Penelope, sang suami menganggap ini adalah pernikahan pertama bagi Cinta Penelope.

"Jelas dia bilang 'anggap ini pernikahan pertama, jangan pernah tanyakan itu lagi. Yang udah ya udah, anggap ini yang pertama, yang dulu jangan diomongin'," timpal Cinta Penelope.

Mertua Tahu

Begitupun dengan orangtua sang suami, mereka mengetahui latar belakang Cinta Penelope yang sudah menikah enam kali. Untungnya, mereka memahami kondisi Cinta Penelope yang merupakan seorang figur publik.

"Iya (tahu) lah, kan di Google translate. Ya untungnya dia (tahu) kan publik figur, jadi akhirnya mamahnya ngerti," terang Cinta Penelope.  

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Unik, Ada Air Sawah Mendidih

Posted: 13 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beredar video di media sosial adanya semburan air yang terlihat mendidih di Batuputih, Kabupaten Sumenep, Madura. Kemunculan semburan air seperti mendidih terjadi di tempat yang berbeda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bicara Virus Corona, Mantan Menkes Nila Moeloek Kenang Pengalaman Menghadapi MERS

Posted: 13 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mantan Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek menceritakan pengalamannya ketika menghadapi ancaman Middle East Respiratory Syndrome atau MERS beberapa waktu lalu. Hal tersebut diungkapkannya ketika membicarakan soal infeksi virus corona atau COVID-19.

"Kami luar biasa kerja betul-betul menjaga," kata Nila dalam sebuah diskusi seputar virus corona COVID-19 di Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Rabu kemarin, ditulis Jumat (13/3/2020).

Nila menceritakan bahwa ketika wabah MERS terjadi di masa jabatannya, dia meminta masyarakat Indonesia yang ke Arab Saudi untuk urusan ibadah agar menjauhi hewan unta.

"Saya selalu bilang, jangan foto-foto sama unta. Lebih cakep foto sama suami sendiri, suami orang jangan," kata Nila berseloroh.

Menkes Indonesia periode 2014-2019 itu juga mengungkapkan dirinya sempat meminta Menkes Arab Saudi untuk menahan pergerakan hewan unta ketika sedang ada keramaian seperti di musim Haji.

"Ini memang jadi dunia rentan. Ternyata, kesehatan kita ini lemah. Bukan kita saja, seluruh dunia lemah," Nila menambahkan.

MERS, SARS, dan COVID-19

Ilustrasi wabah MERS (Liputan6.com/Sangaji)
Ilustrasi wabah MERS (Liputan6.com/Sangaji)

Seperti yang sudah banyak diketahui, MERS disebabkan oleh virus MERS-CoV. Virus tersebut merupakan salah satu dari banyak virus corona. Infeksi virus corona di dunia yang sempat membuat heboh lainnya selain SARS-CoV-2 atau COVID-19 adalah SARS yang juga bermula dari Tiongkok.

Hanya saja, dibandingkan dengan MERS dan SARS, para dokter mengatakan bahwa tingkat kematian COVID-19 terbilang tidak semematikan kedua penyakit "saudaranya" tersebut.

"Dari sisi patogeniknya atau virulensi ini tidak separah atau tidak mematikan. Karena fatality rate-nya lebih rendah dibandingkan SARS atau MERS-CoV," kata Erlina Burhan, dokter spesialis paru dari Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan dalam sebuah temu media di Cikini, Jakarta beberapa waktu yang lalu.

Dalam kesempatan yang berbeda, Erlina menjelaskan bahwa SARS memilki tingkat kematian hingga 10 persen. Sementara MERS-CoV mencapai 35 hingga 37 persen.

Walaupun begitu, Erlina menyebut bahwa transmisi dari virus yang sempat dikenal dengan nama 2019-nCoV atau Novel Coronavirus itu memang sangat cepat dan bisa menginfeksi sekitar 24 ribu orang dalam sebulan.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi PSIS vs Arema FC: Habis-habisan di Laga Kandang Perdana

Posted: 13 Mar 2020 08:55 PM PDT

Magelang - PSIS Semarangbertekad melanjutkan tren positif saat menjamu Arema FC dalam pekan ketiga Shopee Liga 1 2020 di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Sabtu (14/3/2020).

Aura positif sedang hinggap di skuat PSIS Semarang jelang duel kontra Arema. Kemenangan krusial Mahesa Jenar pada laga sebelumnya di markas Persela Lamongan dengan skor 3-2, Sabtu (7/3/2020), menjadi penyebabnya.

Tiga poin dengan susah payah didapat Wallace Costa di kandang Persela. Meski sempat unggul tiga gol, gawang PSIS kemudian dua kali bobol. Itu menjadi kemenangan pertama, setelah hasil minor di kandang Persipura pada laga sebelumnya.

Hal lain yang dapat membakar semangat bertanding anak asuh Dragan Djukanovic adalah catatan impresif PSIS atas Arema pada musim lalu. PSIS berhasil menahan imbang Arema 1-1 di Kanjuruhan (31/8/2019).

Kehebatan PSIS kembali berlanjut pada pertemuan kedua di Magelang. Saat itu PSIS yang dilatih Bambang Nurdiansyah, menang telak 5-1 (8/12/2019). Kondisi inilah yang ingin kembali dilakukan PSIS saat menjamu Arema nanti.

Dukungan penuh dari Panser Biru maupun Snex, makin menambah kekuatan tersendiri bagi PSIS. Arema yang sedang limbung setelah dipermalukan Persib Bandung, juga menjadi catatan bahwa PSIS punya peluang besar untuk mengatasi tamunya.

"Pemain sudah terlihat rileks dalam beberapa sesi latihan terakhir dan sangat memuaskan tim pelatih. Kemenangan di Lamongan sudah kami lupakan dan fokusnya sekarang adalah bagaimana untuk mengalahkan Arema," terang Dragan Djukanovic, Jumat (13/3/2020).

Menghadapi Singo Edan, tak akan banyak perubahan komposisi pemain di PSIS. Terutama hanya Safrudin Tahar yang absen karena akumulasi kartu merah di Lamongan. Dragan Djukanovic berpeluang menempatkan Frendi Saputra sebagai penggantinya.

Dragan juga telah menekankan kepada anak asuhnya, agar tidak kembali lengah seperti yang dilakukan di kandang Persela. Terlebih ia menyebut Arema adalah tim yang dihuni banyak pemain berpengalaman.

"Ada banyak pemain berkualitas di Arema seperti Bauman, Elias, dan terutama Kushedya Hari Yudo. Sangat berbahaya jika mereka dibiarkan di area pertahanan kami," jelas pelatih PSIS Semarang itu.

Arema FC Ingin Rusak Momen Laga Kandang Perdana PSIS

(Bola.com/M Iqbal Ichsan)
(Bola.com/M Iqbal Ichsan)

PSIS Semarang boleh merasa percaya diri dengan catatan yang mereka miliki ketika menghadapi Arema FC. Namun, Singo Edan datang dengan tekad yang bulat, merusak momen laga kandang pertama PSIS pada musim ini.

Tentunya dukungan dari fans Semarang akan penuh sesak. Namun, Arema FC datang membawa misi khusus karena tim berjuluk Singo Edan tersebut ingin membawa pulang tiga poin ke Malang.

Artinya, Arema ingin PSIS merasakan apa dialami Hendro Siswanto dkk. saat kalah di laga kandang pertama. Ya, pada laga terakhirnya, Arema FC kalah 1-2 dari Persib Bandung di Stadion Kanjuruhan, Malang, (8/3/2020), di mana itu merupakan laga kandang pertama Arema pada musim ini.

"Tentu pemain kami kecewa dan marah karena kekalahan dari Persib. Mereka akan melampiaskan kemarahan itu di lapangan," jelas pelatih Arema Mario Gomez.

Dari segi persiapan, pelatih asal Argentina ini mengaku sudah sangat bagus. Dia membawa 19 pemain yang dalam kondisi terbaik.

"Saya tahu pertandingan terakhir PSIS menang. Mereka tim bagus dan pasti ingin tiga poin juga di pertandingan ini. Tapi, kami sudah siap. Datang sejak kemarin (Kamis) dan punya waktu istirahat juga cukup. Jadi persiapan untuk dapat tiga poin sudah bagus," sambung mantan pelatih Persib Bandung itu.

Tentang skema permainan, Gomez mengaku jika ada perbedaan yang akan dibuatnya mengingat Arema tidak turun dengan komposisi terbaik. Stoper Bagas Adi absen lantaran cedera engkel. Bek kanan juga dirotasi setelah Syaiful Indra tampil buruk saat melawan Persib.

"Kami akan bermain lebih kompak di belakang. Tapi, tidak lupa untuk melakukan serangan tentunya," jelas mantan pelatih Persib Bandung dan Borneo FC ini.

Arema juga punya opsi dua formasi, yakni 4-4-2 atau 4-3-3. Gomez bisa mengubah formasi itu dengan cepat sesuai kebutuhan di lapangan. Jika Arema memburu gol, tentu pilihan 4-3-3 akan dipakai lantaran ada 3 striker di depan. Kebetulan Jonathan Bauman, Elias Alderete, dan Kushedya Hari Yudo dalam kondisi fit. Mereka bisa diturunkan bersama. 

 

Prakiraan Susunan Pemain

PSIS Semarang (4-4-2): Jandia Eka Putra (kiper); Fredyan Wahyu, Rio Saputro, Wallace Costa, Frendi Saputra (belakang); Jonathan Cantillana, Finky Pasamba, Flavio Beck Jr, Septian David Maulana (tengah); Hari Nur Yulianto, Bruno Silva (depan)

Pelatih: Dragan Djukanovic (Montenegro)

Arema FC (4-3-3): Teguh Amiruddin (kiper); Taufik Hidayat, Matias Malvino, Nurdiansyah, Ahmad Alfarizi (belakang); Dendi Santoso, Hendro Siswanto, Oh In-Kyun (tengah); Kushedya Hari Yudo, Elias Alderete, Jonathan Bauman (depan)

Pelatih: Mario Gomez

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

15 Perguruan Tinggi Gelar Kuliah Jarak Jauh, Ini Daftarnya

Posted: 13 Mar 2020 08:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setditjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Paristiyanti Nurwardani menyebut sudah lebih dari 15 perguruan tinggi yang melaporkan melakukan kegiatan kuliah jarak jauh. Hal ini untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Dikti sampai hari ini seperti sudah di atas 15 ya. Saya nggak hafal satu-satu. Bukan me-lockdown ya tapi kampus memberikan proses pembelajaran secara blended learning atau pendidikan jarak jauh," kata dia di Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, Gowa, Sulawesi Selatan, Sabtu (14/3/2020).

Menurut wanita yang akrab disapa Paris itu, kebijakan untuk menggelar kuliah jarak jauh adalah mutlak otoritas rektor dan pimpinan perguruan tinggi bersangkutan. Jadi, menurut Paris tidak ada kewajiban bagi kampus untuk meminta pertimbangan dari Kemendikbud atau khususnya Dikit untuk melakukan kuliah jarak jauh.

Mereka hanya diminta melaporkan saja ke pihak Kemendikbud. "Dan itu juga otonomi kampus selama dia yakin selama ini proses pembelajarannya untuk mencapai capaian pembelajaran lulusan fine-fine aja. Karena kan kegiatan seperti ini sudah dilakukan beberapa tahun yang lalu. Kita belajar tuh boleh di kampus, boleh di luar negeri dengan kredit transfer, boleh juga dengan pendidikan jarak jauh," jelasnya.

Dikti percaya bahwa pihak rektorat akan melakukan langkah yang proporsional guna menanggulangi penyebaran wabah Covid-19 di kampus.

"Kami pasti harus percaya, karena kan rektor 30 persen adalah suara Pak Menteri iya kan. Jadi kita percaya banget sama pak rektor bahwa ini adalah yang terbaik buat sivitas akademikanya," tandas Paristiyanti.

Daftarnya

ilustrasi Foto Kampus (iStockphoto)
ilustrasi Foto Kampus (iStockphoto)

Ada sekitar 15 perguruan tinggi yang telah memberlakukan kebijakan kuliah jarak jauh. Adapun kampus tersebut antara lain:

1. Universitas Indonesia (UI)

2. Universitas Gajah Mada (UGM)

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

4. Universitas Gunadharma

5. Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

6. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)

7. Kalbis Institut

8. Binus University

9. Universitas Atmajaya

10. London School Public Relations (LSPR)

11. Universitas Yarsi12. Universitas Pelita Harapan (UPH)

13. Telkom University

14. Universitas Tarumanegara (UNTAR)

15. Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sopir yang Tabrak Tenda Buruh di Pasuruan Jadi Tersangka

Posted: 13 Mar 2020 08:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polisi menetapkan sopir minibus yang menabrak tenda aksi mogok para buruh, di Pasuruan, Jawa Timur, sebagai tersangka. Akibat kelalaiannya, empat orang yang merupakan buruh pabrik air mineral kemasan meninggal dunia, dan melukai setidaknya dua orang lainnya.

Polisi juga menepis dugaan adanya isu jika kecelakaan itu mengandung unsur kesengajaan atau upaya pembunuhan. Satuan Lalu Lintas Polres Pasuruan, Selasa sore, menetapkan Sofyan Wahyu, warga Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto, sebagai tersangka dalam insiden kecelakaan, yang menewaskan empat orang dan melukai dua orang lainnya.

Para korban merupakan buruh yang tengah berada di dalam tenda aksi mogok, menuntut PHK sepihak oleh pabrik produksi air mineral dalam kemasan, di trotoar Jalan Raya Malang-Surabaya, Desa Suwayuwo, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan, pada Selasa dini hari.

Tersangka mengaku kelelahan dan tak bisa menguasai kendaraan saat melintas di lokasi kejadian. Usai bersama lima anggota keluarga dan kerabatnya, saat melakukan perjalanan pergi pulang Mojokerto-Kota Batu untuk acara khitanan.

Dari hasil penyelidikan dan penyidikan sementara, polisi tidak menemukan unsur kesengajaan atau upaya mencelakai korban, seperti dugaan para buruh sebelumnya atau seperti yang tersiar di media sosial.

Menurut Kapolres Pasuruan, AKBP Rofiq Ripto Himawan, peristiwa itu merupakan murni unsur kecelakaan. Demikian seperti dilansir pada Fokus, 12 Maret 2020.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dekat dengan Cucu, Ini 6 Momen Kebersamaan Mama Amy dengan Rafathar

Posted: 13 Mar 2020 08:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Artis multitalenta Raffi Ahmad memang selalu jadi sorotan. Tak hanya mengenai karier dan rumah tangganya dengan Nagita Slavina, tapi juga seluruh anggota keluarganya. Termasuk sang ibunda, Amy Qanita atau yang dikenal dengan Mama Amy

Wanita kelahiran Bandung ini kerap menjadi sorotan publik karena penampilannya yang dinilai awet muda. Di usianya yang ke 55 tahun, ibu dari Raffi Ahmad ini seolah tak menua. Penampilannya selalu modis dan stylish. 

Selain menjadi ibu rumah tangga, Mama Amy aktif di dunia Instagram menjadi selebgram. Ia juga kerap mendapat berbagai endorse. Sebelumnya, mertua Nagita Slavina ini juga pernah menjadi seorang pemandu acara di salah satu stasiun televisi swasta. 

Tak hanya penampilan saja yang sukses mencuri perhatian warganet, kedekatannya dengan Rafathar itu tak luput dari sorotan. Meski sibuk, ibu tiga anak ini selalu menyempatkan waktu bersama para cucu-cucunya termasuk Rafathar. 

Dari laman Instagram pribadinya, Mama Amy kerap mengunggah momen manis bersama Rafathar. Foto tersebut seolah menjadi bukti bahwa ia begitu dekat dengan Rafathar. Dilansir dari laman Instagram @amy_r_qanita, berikut Liputan6.com ulas momen kedekatan Amy Qanita dan Rafathar, Sabtu (14/3/2020)

1. Amy Qanita atau yang lebih dikenal Mama Amy kerap mengunggah momen kebersamaanya dengan Rafathar.

Mama Amy dengan Rafathar (Sumber: Instagram/amy_r_qanita)
Mama Amy dengan Rafathar (Sumber: Instagram/amy_r_qanita)

2. Sebagai seorang nenek, wanita kelahiran Bandung ini juga tak pernah melewatkan momen ulang tahun putra semata wayang Raffi Ahmad.

Mama Amy dengan Rafathar (Sumber: Instagram/amy_r_qanita)
Mama Amy dengan Rafathar (Sumber: Instagram/amy_r_qanita)

3. Di usia yang ke 55 tahun, mertua Nagita Slavina ini masih gesit menemani Raftahar bermain.

Mama Amy dengan Rafathar (Sumber: Instagram/amy_r_qanita)
Mama Amy dengan Rafathar (Sumber: Instagram/amy_r_qanita)

4. Tak hanya dekat dengan Rafathar saja, Mama Amy juga dekat dengan cucu lainnya.

Mama Amy dengan Rafathar (Sumber: Instagram/amy_r_qanita)
Mama Amy dengan Rafathar (Sumber: Instagram/amy_r_qanita)

5. Momen kebersamaan Mama Amy, Rafathar dan cucu lainnya saat hangout. Cucu dan nenek yang kompak ya!

Mama Amy dengan Rafathar (Sumber: Instagram/amy_r_qanita)
Mama Amy dengan Rafathar (Sumber: Instagram/amy_r_qanita)

6. Mama Amy dan Rieta Amalia kompak banget mengasuh bocah menggemaskan ini.

Mama Amy dengan Rafathar (Sumber: Instagram/amy_r_qanita)
Mama Amy dengan Rafathar (Sumber: Instagram/amy_r_qanita)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Bhayangkara FC vs Persija: 2 Klub dalam Tekanan

Posted: 13 Mar 2020 08:35 PM PDT

Jakarta - Bhayangkara FC bakal menghadapi Persija Jakarta pada laga pekan ketiga Shopee Liga 1 2020 di Stadion PTIK, Jakarta, Sabtu (14/3/2020). Kedua klub itu sama-sama dalam tekanan demi merebut poin penuh.

Bhayangkara FC berada di urutan ke-11 klasemen sementara Liga 1 dengan raihan dua poin dari dua laga. Adapun Persija Jakarta berada di urutan ketujuh dengan nilai tiga dari sekali bermain.

Bhayangkara FC dalam tekanan untuk bisa meraih kemenangan perdana pada musim ini. Dalam dua laga awal, klub berjulukan The Guardians itu harus bermain imbang.

Permasalahan yang dihadapi Bhayangkara FC adalah minimnya alur distribusi ke lini depan. Hal itulah yang membuat Ezechiel N'Douassel yang menjadi penyerang tengah kesulitan mencetak gol.

Peran Saddil Ramdani dan Andik Vermansah yang berada di posisi sayap kiri dan kanan belum terlihat. Begitu juga dengan Renan Silva yang menjadi motor serangan, belum juga mampu memanjakan Ezechiel.

Sementara itu, Persija Jakarta juga berada dalam tekanan untuk bisa melanjutkan tren positif. Persija musim ini baru bermain sekali karena pertandingan pekan kedua melawan Persebaya Surabaya harus ditunda.

Pelatih Sergio Farias sadar timnya masih rapuh di lini belakang. Hal itu terlihat pada pekan perdana di mana berhasil meraih kemenangan, namun kebobolan dua kali.

Pemain Persija terlihat masih gelagapan ketika lawan melancarkan serangan balik. Jadi, hal itu tentu tak boleh ditolerir lagi dalam laga melawan Bhayangkara FC.

Persija Jakarta dipastikan masih akan mengandalkan skema 4-2-3-1. Marko Simic akan dijadikan penyerang tunggal dan akan dibantu Riko Simanjuntak, Marc Klok, serta Osvaldo Haay.

Pertandingan ini menjadi pertemuan ke-10 antara Bhayangkara FC melawan Persija Jakarta. Statistik mencatat, Bhayangkara FC meraih tiga kemenangan, Persija Jakarta juga menorehkan tiga kemenangan, dan tiga laga sisa berakhir imbang.

Prakiraan Susunan Pemain

(Bola.com/M Iqbal Ichsan)
(Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bhayangkara FC (4-3-3): Awan Setho (kiper), Ruben Sanadi, Lee Won-jae, Ahmad Jufrianto, Alsan Sanda (belakang), TM Ichsan, Nandy Bi Bola Guy Herve, Renan Silva (tengah), Saddil Ramdani, Andik Vermansah, Ezechiel N'Douassel (depan)

Pelatih: Paul Munster (Irlandia Utara)

Persija Jakarta (4-2-3-1): Andritany Ardhiyasa (kiper), Marco Motta, Maman Abdurrahman, Ryuji Utomo, Rezaldi Hehanusa (belakang), Rohit Chand, Evan Dimas, Riko Simanjuntak, Marc Klok, Osvaldo Haay (tengah), Marko Simic (depan)

Pelatih: Sergio Farias (Brasil)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bintang-bintang NBA Sumbang Pekerja Stadion yang Terkena Dampak Virus Corona

Posted: 13 Mar 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, New York- Kompetisi bola basket terbesar di dunia NBA harus terhenti sementara waktu akibat virus corona baru atau COVID-19 yang semakin parah di Amerika Serikat. Belum diketahui kapan NBA akan kembali dilangsungkan.

NBA memutuskan menunda sementara kompetisi musim 2019-2020 setelah ada pemainnya yang positif terkena virus corona. Center Utah Jazz Rudy Gobert positif terkena corona pada 12 maret 2020 lalu.

Hasil tes Gobert keluar beberapa menit sebelum Jazz bertanding melawan tuan rumah Oklahoma City Thunder. Laga tersebut langsung ditunda. Pemain kedua tim dikarantina. Tak hanya Gobert, rekan setimnya di Jazz, Donovan Mitchell juga kini tertular virus corona.

Nasib NBA musim 2019-2020 belum diketahui hingga saat ini. NBA kemungkinan besar menundanya selama sebulan sembari melihat perkembangan penyebaran virus corona.

Muncul kekhawatiran bila NBA musim 2019-2020 bisa saja dibatalkan dan tidak dilanjutkan lagi jika wabah virus corona semakin parah saja.

Dihentikannya sementara NBA 2019-2020 memberi dampak buruk bagi banyak pihak. Dampak paling parah bukan dialami pemain yang bergaji miliaran melainkan para pekerja stadion. Mulai dari petugas keamanan, usher, penjual makanan hingga tukang pel lapangan.

Mereka kebanyakan menggantungkan hidup dari bayaran per jam yang diterima jika bekerja saat pertandingan berlangsung. Dengan tidak ada pertandingan maka para pekerja stadion tidak akan menerima upah.

 

 

Sumbangan

Beberapa pemain bintang NBA langsung mengambil inisiatif dengan menyelamatkan hidup para pekerja stadion ini yang akan sangat terpukul dengan penundaan pertandingan. Pasalnya bukan hanya NBA saja yang ditunda, kompetisi olahraga lain di Amerika Serikat juga ditangguhkan.

Center Cleveland Cavaliers Kevin Love memulai kampanye menyumbangkan uang untuk pekerja stadion. Love memberikan 100.000 USD untuk para pekerja di kandang Cavaliers, Quicken Loans Arena.

Langkah Love kemudian diikuti MVP NBA dari Milwaukee Bucks Giannis Antetokoumpo dan forward Detroit Pistons Blake Griffin. Keduanya sama-sama menyumbang 100.000 USD untuk pekerja di markas klub mereka.

"Ini lebih besar dari basket! Dan selama masa sulit ini saya ingin membantu orang-orang yang membuat hidup saya, hidup keluarga saya dan rekan satu tim saya lebih mudah. Saya dan keluarga saya berjanji untuk menyumbangkan $ 100.000 kepada staf Forum Fiserv. Kita bisa melewati ini bersama," tulis Giannis via Twitter.

Zion

(ilustrasi/tarkbball.com)
(ilustrasi/tarkbball.com)

Rookie NBA Zion Williamson dari New Orleans Pelicans malah memberikan bantuan lebih dahsyat lagi. Zion berjanji akan menanggung gaji seluruh pekerja stadion selama 30 hari.

"Orang-orang New Orleans sangat ramah dan mendukung sejak saya didraft oleh Pels Juni lalu, dan beberapa orang paling istimewa yang saya temui adalah mereka yang bekerja di Smoothie King Center. Inilah orang-orang yang memungkinkan permainan kami, menciptakan lingkungan yang sempurna untuk penggemar kami dan semua orang yang terlibat dalam organisasi. Sayangnya, banyak dari mereka yang masih pulih dari tantangan jangka panjang yang diciptakan oleh Badai Katrina, dan sekarang menghadapi dampak ekonomi dari penundaan permainan karena virus. Ibu saya selalu memberi contoh bagi saya tentang menghormati orang lain dan berterima kasih atas apa yang kita miliki, jadi hari ini saya berjanji untuk membayar gaji semua pekerja Smoothie King Center selama 30 hari ke depan," kata Zion di Instagram.

Klub Dallas Mavericks juga sudah mengumumkan akan tetap memberikan bayaran penuh kepada seluruh pekerja stadion untuk enam laga kandang yang sudah dijadwalkan. Meski laga ditunda, bayaran tetap akan diberikan.

Bos Mavericks, Mark Cuban memang telah mengungkapkan kekhawatiran terbesarnya atas penundaan pertandingan adalah nasib orang kecil yang bekerja di stadion.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenhub Sediakan 5.000 Kuota Mudik Gratis dengan Kapal Penyeberangan

Posted: 13 Mar 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan menyiapkan mudik gratis dengan kapal penyeberangan atau kapal roro dengan menyediakan kuota sebesar 5.000 untuk penumpang dan 2.500 untuk sepeda motor. Untuk tahun ini, ada 2 rute yang dilayani, yakni Jakarta-Lampung PP dan Jakarta-Semarang PP. Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Perhubungan, Jumat (13/3).

"Untuk rute Jakarta-Lampung PP tersedia 1 unit kapal dengan kuota 1.000 penumpang dan 500 sepeda motor. Sementara, rute Jakarta-Semarang PP tersedia 2 unit kapal yang dapat menampung kuota lebih besar, masing-masing kapal menampung 2.000 penumpang dan 1.000 sepeda motor," ujarnya.

Dirjen Budi menyatakan bahwa kuota yang disediakan untuk arus mudik dan arus balik berjumlah sama. Sehingga, bisa menampung masyarakat dengan jumlah yang cukup besar.

"Pendaftaran mudik gratis dengan angkutan penyeberangan ini dapat dilakukan secara online maupun offline mulai 1 April 2020 sampai 20 Mei 2020. Pendaftar harus menyertakan KTP/SIM C dan STNK, serta akan dilakukan verifikasi sebelum jadwal keberangkatan. Arus mudik tahun ini akan dimulai pada 21 Mei 2020, sedangkan arus balik pada 27 Mei 2020," jelas Dirjen Budi.

Pendaftaran mudik gratis secara online dapat dilakukan melalui http://mudikgratis-hubdat.dephub.go.id. Sementara, untuk pendaftaran offline dapat dilakukan di kantor Kemenhub, kantor perwakilan Pemda, kerjasama dengan mitra paguyuban, Pelabuhan Tanjung Priok, stasiun dan terminal, dan kawasan-kawasan industri di Jabodetabek seperti Pulogadung, MM 2000 Cibitung, dan Jababeka.

Lebih Mudah Pesan Tiket Kapal Penyeberangan dengan Online Ticketing

 

(Foto:Dok.Kemenhub)
(Foto:Dok.Kemenhub)

"Mulai 2 Maret 2020 pembelian tiket kapal penyeberangan dapat dilakukan secara online dengan smartphone melalui aplikasi Ferizy atau mengunjungi laman https://tiket.indonesiaferry.co.id/. Sehingga, per tanggal 1 Mei 2020 seluruh pengguna jasa sudah menggunakan online ticketing. Sementara itu, cashless masih bisa digunakan untuk penumpang yang go show melalui vending machine, namun membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menunggu kuota," jelas Direktur Utama PT ASDP Ira Puspadewi.

Untuk menunjang pengetahuan masyarakat mengenai Ferizy, Ira mengakui pihak ASDP akan melakukan sosialisasi secara massive  kepada pengguna jasa angkutan penyeberangan di pelabuhan Merak, Bakauheni, Ketapang, Gilimanuk melalui media, spanduk, banner dan brosur.

"Banyak keunggulan dari online ticketing ini, di antaranya adalah kemudahan dan kecepatan memperoleh tiket, penerapan diferensiasi tarif relatif lebih cepat dan mudah, memberikan keleluasaan kepada pengguna jasa untuk mengatur waktu keberangkatan, membantu mengurangi antrean di pelabuhan atau pembelian tiket  go show," ujarnya. 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Brasil Klaim Negatif Virus Corona Usai Dikabarkan Positif

Posted: 13 Mar 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Brasilia - Presiden Brasil Jair Bolsonaro mengatakan pada Jumat 13 Maret 2020 bahwa ia telah dinyatakan negatif virus corona, setelah amunculnya ketakutan setelah ia mengadakan perjalanan menemui Donald Trump bersama satu anggota stafnya yang kini dinyatakan positif virus corona. 

Presiden sayap kanan Brasil tersebut mengunggah hasil tesnya ke halaman Facebook-nya, bersama dengan foto dirinya.

"Jangan percaya pada media berita palsu!" tulisnya.

Melansir Channel News Asia, Sabtu (14/3/2020), laporan media mengatakan sebelumnya bahwa Bolsonaro telah dites positif untuk virus corona dan sedang menunggu hasil tes kedua untuk mengonfirmasi.

Bolsonaro, yang sebelumnya menyebut bahwa ketakutan akan Virus Corona dengan sebutan "overblown," berada dalam posisi serba salah di media setelah kepala komunikasinya, Fabio Wajngarten, telah dinyatakan positif COVID-19.

Hasil tes tersebut keluar setelah perjalanannya ke Amerika Serikat, di mana Bolsonaro dan Wajngarten bertemu Trump, Wakil Presiden Mike Pence dan sejumlah pejabat AS pada Sabtu di resor golf Trump Florida.

Sambil mengenakan masker, Bolsonaro mengatakan dalam sebuah video yang diunggah Kamis malam, bahwa ia akan tahu "dalam beberapa jam ke depan" apakah ia terinfeksi virus yang menyebabkan pandemi.

Setelah mengumumkan hasil tesnya, ia pergi ke kantor kepresidenan, tanpa masker wajah, menyapa pendukung dari kejauhan dan menolak untuk berbicara dengan wartawan.

Bolsonaro menganggap hasil tesnya sebagai kemenangan pribadi. 

Foto yang dia posting di Facebook dengan hasil tesnya dengan rapi menyimpulkan kepribadian provokatif seorang presiden yang dijuluki "Trump of the Tropics."

Bolsonaro telah berulang kali membuat gerakan tangan di foto - secara luas dikenal sebagai "FU," "salut Italia," "tamparan Iberia," "bra d'honneur" atau, di Brasil, "banana" pada wartawan sambil menuduh media menjadi bias terhadapnya.

Bagaimana dengan Trump?

Unggahan Fabio Wajngarten lima hari lalu di akun Instagramnya saat berfoto dengan Presiden AS Donald Trump (Instagram/@fabiowajngarten)
Unggahan Fabio Wajngarten lima hari lalu di akun Instagramnya saat berfoto dengan Presiden AS Donald Trump (Instagram/@fabiowajngarten)

Kejadian ini menandakan bahwa Virus Corona kemungkinan berada dalam jarak yang dekat dengan presiden AS tersebut. 

Dalam kesempatan itu, Wajngarten berfoto berdampingan dengan Trump pada hari Sabtu, keduanya dengan topi bertuliskan: "Make Brazil Great Again."

Ajudan itu kemudian mengalami gejala penyakit, hingga akhirnya pemerintah mengumumkan dia telah dites positif. Meskipun dia sebelumnya telah menyebut media dengan sebutan "busuk" ketika laporan tentang kesehatannya muncul, bersikeras bahwa dia "baik-baik saja."

Kantor Bolsonaro mengatakan semua pejabat yang bersamanya di Amerika Serikat sedang mengikuti proses pengujian. Di antara mereka termasuk menteri pertahanan, keamanan dan luar negeri, serta putra presiden Eduardo, seorang anggota parlemen federal.

Eduardo, yang difoto bersama putri Trump, Ivanka selama perjalanan, mengatakan ia dan Menteri Keamanan Augusto Heleno juga dinyatakan negatif.

Brasil telah melaporkan 151 kasus Virus Corona, tanpa kematian sejauh ini.

"Sekaranglah saatnya bagi kita untuk meyakinkan rakyat Brasil bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan," kata juru bicara kepresidenan Otavio Rego Barros dalam pidato yang disiarkan televisi setelah Bolsonaro mengumumkan hasil tesnya.

Di sisi lain, Trump mengatakan pada hari Kamis bahwa ia "tidak peduli" tentang kontaknya dengan delegasi Brasil, sehari setelah mengumumkan larangan 30 hari yang mengejutkan untuk perjalanan dari daratan Eropa karena pandemi.

Gedung Putih mengatakan presiden memiliki interaksi minimal dengan Wajngarten dan tidak perlu melakukan pengujian.

Tetapi faktanya, walikota Miami, Francis Suarez, yang bertemu dengan delegasi Brasil pada hari Senin, mengatakan ia juga telah dinyatakan positif COVID-19.

Suarez mengatakan dalam pesan video dia merasa "benar-benar sehat dan kuat" tetapi akan mengambil semua tindakan pencegahan yang direkomendasikan oleh otoritas kesehatan, termasuk tetap dalam isolasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Serangkaian Kegiatan Menhub Budi Karya Sebelum Jatuh Sakit Tifus

Posted: 13 Mar 2020 08:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi tengah mendapatkan perawatan di rumah sakit setelah menderita penyakit tifus. Kabar tersebut telah dikonfirmasi oleh Staf Khusus Menteri Perhubungan, Adita Irawati.

"Masih dalam perawatan dokter di RS," kata Adita ketika dihubungi Liputan6.com.

Melalui akun Instagram-nya, @aditairawati, Adita menyatakan jika Budi Karya yang merupakan atasannya tersebut memang sosok pekerja keras.

Budi Karya memang dikenal sebagai menteri dengan jadwal kegiatan yang padat. Bahkan pada akhir pekan pun Budi Karya selalu memiliki agenda seperti meninjau terminal, bandara dan lain-lain.

Sebelum jatuh sakit, Menhub sempat bertemu dengan Menteri Infrastruktur dan Manajemen Air Belanda Mrs. Cora Van Nieuwenhuize.

 

Lewat postingan di akun Instagram-nya @budikaryas, Menhub mengatakan pertemuannya dengan Mrs. Cora Van Nieuwenhuize dalam rangka membahas peluang kerja sama di sektor transportasi.

"Kami juga menandatangani Joint Statement (Pernyataan Bersama). Kami sepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang transportasi, serta pengembangan kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia perhubungan," jelas dia.

Beberapa proyek yang dikerjasamakan antara lain, pengembangan sistem transportasi yang cerdas dan ramah lingkungan di ibu kota baru di Kalimantan Timur. Serta proyek pengembangan Pelabuhan di Ambon yang diproyeksikan menjadi pusat industri perikanan bagi wilayah Maluku.

"Kami berharap kerja sama dengan Pemerintah Belanda ini dapat meningkatkan pembangunan transportasi dan pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas," tandas Menhub.

Kegiatan Lain

Menhub Budi Karya Sumadi seusai memantau lokasi pembangunan kereta layang (Light Rail Transit/LRT), rute Cawang-Cibubur di tol Jagorawi Km 13, Jakarta, Minggu (8/1). LRT akan melewati 18 stasiun dengan panjang 42,1 km. (Liputan6.com/Helmi Afandi)
Menhub Budi Karya Sumadi seusai memantau lokasi pembangunan kereta layang (Light Rail Transit/LRT), rute Cawang-Cibubur di tol Jagorawi Km 13, Jakarta, Minggu (8/1). LRT akan melewati 18 stasiun dengan panjang 42,1 km. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Pada Senin 2 Maret 2020, Budi Karya juga membuka dan memberikan sambutan pada acara Rakornis Perhub Darat dengan tema Penguatan Sinergi Stakeholder Transportasi Darat untuk Mewujudkan Visi Misi Presiden RI di Hotel Bidakara, Grand Pancoran Jakarta.

Pada dini harinya, Menhub juga sempat menyaksikan langsung proses pemulangan ke-69 WNI ABK Diamond Princess di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.

Sebelumnya, pada Kamis 27 Februari 2020, Menhub membuka acara ARCH:ID di ICE BSD yang diselenggarakan oleh Ikatan Arsitek Indonesia. Kemudian malam harinya meninjau Penerbangan UmrohMeninjau Pelayanan di T3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebagai dampak penghentian sementara WNA masuk ke Kerajaan Arab Saudi.

Pada Senin 24 Februari 2020, Menhub menggelar Rapat terkait penanganan kendaraan kelebihan muatan (Over Dimension Over Load/ODOL) di RR Lt 2 Gedung Utama Kementerian PUPR.

Serta menghadiri Raker Komisi V DPR ttg Membahas Penjelasan Mengenai Silpa (Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran) TA 2019 & Evaluasi Pelaksanaan Anggaran di RR Komisi V DPR RI (KK-V) Gd Nusantara DPR RI.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RSUD Margono Kembali Isolasi 3 Pasien Suspect Covid-19, Bagaimana Kondisi 3 Pasien Lama?

Posted: 13 Mar 2020 08:25 PM PDT

Liputan6.com, Banyumas - Tiga pasien dalam pengawasan di ruang isolasi RSUD Prof Dr Margono Soekarjo telah dipulangkan setelah dinyatakan negatif Covid-19. Namun ada tiga pasien lagi yang dirujuk ke Margono.

Dua dari tiga pasien suspect virus Corona ini dirujuk Jumat malam (13/3). Keduanya yang merupakan warga Banjarnegara dan Kebumen memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri.

"Satu habis umrah, satunya lagi kalau tidak salah dari Canberra (Australia)," kata dr Veronica Dwi, Kepala Bagian Umum RSUD Margono,l menjelaskan kasus virus Corona terbaru di RSUD Margono Soekarjo.

Sementara satu pasien dirujuk dari RSU Emanual Banjarnegara. Pasien berdomisili Cilacap ini memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta.

"Yang satu sampelnya sudah dikirim ke laboratorium, tapi hasilnya belum keluar karena antreannya banyak sekali," ujar Veronica.

RSUD Margono sebelumnya telah memulangkan tiga pasien yang dinyatakan negatif virus Corona. Pasien pertama warga Banjarnegara. Pasien ini datang dengan gejala demam, batuk dan sesak napas. Gejala ini muncul setelah beberapa hari pulang dari Malaysia.

Kondisi Pasien Isolasi Suspect Virus Corona Lama

Tim Dokter RSUD Prof DR Margono Soekarjo menggelar konferensi pers terkait dua pasien WNA China diduga terjangkit virus Corona. (Foto: Liputan6.com/Humas RSUD Margono Soekarjo/Muhamad Ridlo)
Tim Dokter RSUD Prof DR Margono Soekarjo menggelar konferensi pers terkait dua pasien WNA China diduga terjangkit virus Corona. (Foto: Liputan6.com/Humas RSUD Margono Soekarjo/Muhamad Ridlo)

Pasien kedua dirujuk dari Kebumen. Pasien ini juga mengalami gejala demam dan memiliki riwayat perjalanan dari Taiwan.

Pasien ketiga datang dari Cilacap. Ia baru pulang dari Makau, Cina. Pasien ini juga mengalami gejala yang sama, batuk, demam, dan sesak napas.

"Ketiganya sudah pulang, hasil tesnya negatif," kata dia.

Sementara dua pasien di RSUD Banyumas juga telah dipulangkan setelah hasil uji laboratorium menunjukkan negatif Covid-19.

Pasien pertama dirujuk dari RSU Wiradadi Husada Sokaraja. Ia memiliki jejak perjalanan dari Hong Kong dan mengalami gejala demam, batuk, nyeri ulu hati, dan diare.

Pasien kedua merupakan peserta pertukaran pelajar yang memiliki riwayat perjalanan dari Malaysia dan Singapura. Ia dirujuk dari RSU Wijayakusuma Purwokerto dengan gejala, demam, sesak napas dan batuk.

"Hasil tes negatif dan sudah pulang," kata dr Noegroho Harbani, Wakil Direktur RSUD Banyumas.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Launching Tim dan Jersey, PSMS Medan Targetkan Lolos Liga 1

Posted: 13 Mar 2020 08:21 PM PDT

Liputan6.com, Medan PSMS Medan launching tim dan jersey baru untuk mengarungi kompetisi Liga 2 2020. Acara dilaksanakan di Focal Point, Jalan Ring Road, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Tim berjuluk Ayam Kinantan memperkenalkan 26 pemain. Klub yang diasuh Philip Hansen ini juga memperkenalkan empat jersey home (laga kandang) dan away (laga tandang) yang akan digunakan PSMS selama Liga 2 2020.

Manajer PSMS, Mulyadi Simatupang mengatakan, dengan skuad sekarang ini pihaknya optimis PSMS mampu lolos kasta tertinggi kompetisi sepak bola Tanah Air, yaitu Liga 1.

"Untuk pemain asal Sumut, kita berusaha pulangkan. Tapi ada beberapa tidak bisa. Kita optimis lolos Liga 1," katanya, Jumat, 13 Maret 2020.

Exco Asprov PSSI Sumut, Fidel Ganis Siregar, menegaskan, pihaknya ingin ada klub yang berada di Liga 1, bukan di Liga 2 atau di bawahnya. Karena Liga 1 gengsinya lebih terhormat dari pada liga lain.

"Harapan dan doa kami semua, masyarakat Sumut, tolong jadilah PSMS naik ke Liga 1," ucapnya.

Fidel mengakui tidak mudah untuk mewujudkan hal tersebut. Menurutnya, jika dukungan dan kerja keras para pemain, PSMS akan mampu lolos ke Liga 1 musim depan.

"Marwah kita bersama ada dipundak pemain. Kalian harus bertarung luar biasa, agar lebih terhormat di Liga 1," pesannya kepada para pemain PSMS.

Dalam launching jersey, PSMS tidak hanya memperkenalkan jersey laga kandang dan tandang, juga memperkenalkan seragam penjaga gawang atau kiper.

Jersey kiper ada tiga warna, yakni warna kuning, hitam, dan abu-abu. Seperti jersey kandang dan tandang, jersey kiper juga dihiasi motif ulos.

PSMS akan bertarung di Liga 2 bersua Tiga Naga di Stadion Teladan, Minggu, 15 Maret 2020.

Ke-26 pemain PSMS terseut adalah M Ari Satryo, Herlian Arif, Abdul Rohim (kiper). Syaiful Ramadhan, Arif Budi (bek kiri). M Rifqi, Afiful Huda, Agung Prasetyo, Andre Oki Sitepu, Andre Prambudi (center bek), Ikhwani (bek kanan), Yohanis Nabar (sayap kiri).

Kemudian Ichlasul Qadri, Elina Soka, Hamdi Sula, Legimin Raharjo, Yuda Risky Irawan, Ramadhani, Rahmad Hidayat, Fiwi Dwipan (gelandang), Eki Fauzi Sahputra (sayap kanan).

Selanjutnya Ikhwan Azka Fauzi, Sutanto Tan, Risky Novriansyah, Ari Hermawan, Ananias Fingkreuw (striker).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tawuran Pelajar SMP di Bekasi, 1 Orang Tewas

Posted: 13 Mar 2020 08:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tawuran antarpelajar SMP terjadi di Jalan Underpass, Ganda Agung, Bekasi Timur. Sebanyak 10 pelajar yang terlibat kemudian diamankan, korban pun tak terelakkan.

Pelajar berinisial BI tewas akibat sabetan senjata tajam di beberapa bagian tubuhnya. Ada pula RD yang terkena sabetan di lengan kanan dan kini mendapat perawatan di rumah sakit. Tawuran pelajar ini terjadi pada Jumat pagi, 13 Maret 2020. 

"Ada dua orang yang diduga pelaku pembacokan yang sudah diamankan. Ini sedang kita dalami lagi," kata Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombespol Wijonarko saat dihubungi.

Selain itu, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti berupa senjata tajam yang digunakan para pelajar saat tawuran

"Para pelaku ini merupakan pelajar sebuah SMP di kota Bekasi," ujarnya.

Diproses Hukum

Tawuran antar pelajar SMP ini terjadi di Jalan Underpass, Ganda Agung, Bekasi Timur (Foto: Bam Sinulingga)
Tawuran antar pelajar SMP ini terjadi di Jalan Underpass, Ganda Agung, Bekasi Timur (Foto: Bam Sinulingga)

Kasus ini masih terus didalami pihak kepolisian. Para pelaku yang masih di bawah umur tersebut akan diproses hukum sesuai aturan yang berlaku.

"Kita akan dalami, tetap akan kita proses dan nanti kita sesuaikan dengan tingkat kesalahannya," kata Wijonarko.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Walkot Semarang Minta Pelajar Siapkan Diri Menghadapi Era Keemasan di Tahun 2045

Posted: 13 Mar 2020 08:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wali kota Semarang Hendrar Prihadi meminta para pelajar untuk mempersiapkan diri menghadapi masa keemasan di usia ke-100 tahun Indonesia di tahun 2045. Di tahun tersebut negara Indonesia diprediksi akan menjadi salah satu poros dunia dengan perekonomian terbaik bersama dengan Negara India menggeser sejumlah negara-negara maju seperti Amerika, Rusia, Jepang. Hal itu dikemukakan Hendi, sapaan akrab wali kota saat menghadiri doa bersama dan Istighosah menyongsong UNBK di SMK Pelita Nusantara 1, Jumat (13/3).

Menurut Hendi, di masa tersebut negara Indonesia akan semakin sejahtera, semakin mudah memperoleh pekerjaan, dan banyak orang luar negeri yang datang lantaran ingin berkunjung. Bahkan saat ini Indonesia masuk ke dalam anggota G-21 atau perkumpulan negara-negara dunia dengan kekuatan ekonomi terbaik.

Menanggapi prediksi tersebut, Hendi pun meyakinkan kepada para pelajar agar mempersiapkan diri sebaik mungkin dan tidak hanya menjadi penonton melainkan menjadi pemain utama.

"Di masa tersebut yang menjadi pengusaha sukses adalah orang-orang di usia para pelajar seperti kalian. Maka mulai dari sekarang kalian harus berlatih keras, berpikiran positif, inovatif, kreatif, kompetitif, dan sportif," tandasnya.

Ia menambahkan bahwa tantangan UNBK ini harus dihadapi dengan persiapan yang baik.

"Jika kita siap melalui usaha belajar yang tekun pasti dapat melewati dengan hasil yang baik. Begitu pula sebaliknya, jika kita tidak mempersiapkan UNBK dengan baik hasil yang didapat bisa tidak sesuai dengan harapan. Dari pengalaman Saya, ujian tidak pernah dilihat sebagai momok melainkan sesuatu yang pasti bisa kita lewati dengan baik, maka itulah yang terjadi," ujarnya.

Dirinya pun berpesan kepada para pelajar untuk membangun jaringan dengan baik, artinya memberi kesan yang baik tentang diri kita karena nantinya kita tidak bisa memperkirakan siapa akan menjadi apa. Mencontohkan Presiden Joko Widodo, Hendi menjelaskan bahwa saat muda dengan penampilannya tidak ada yang menyangka Jokowi akan menjadi Presiden, namun dengan integritas dan kejujurannya ia berhasil mendapatkan suara rakyat dan memimpin negeri ini.

"Maka mulailah hari ini dengan mencintai sesama, jangan menilai dan melihat dari sisi fisik atau penampilan luar saja. Jika demikian maka kita akan kehilangan waktu muda untuk mendapatkan karir yang lebih sukses. Kekuatan kita adalah ikhtiar dan doa dari orang tua, tidak ada jaminan anak orang kaya akan kaya juga, dan anak pejabat akan menjadi pejabat juga," tambahnya.

Dengan melakukan investasi nama yang baik dan menjadikan diri agar bermanfaat bagi orang lain maka kita tidak akan rugi. Di akhir dirinya berpesan bahwa kita semua lahir, besar, sekolah dan belajar di Kota Semarang maka bersama-sama berupaya untuk membangun kota ini dengan porsinya serta menjadikan Semarang lebih baik dari kota lain di Indonesia bahkan di dunia.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Rumah Muzdalifah Dijual Rp 32 Miliar, Makam Suami Pertama Tak Dipindah

Posted: 13 Mar 2020 08:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Muzdalifah dikenal sebagai wanita sosialita yang memiliki hunian mewah. Selain dikenal sebagai orang kaya, Muzdalifah kian dikenal publik setelah sempat menikah dengan pedangdut Nassar.

Kini Muzdalifah sudah menikah dengan pria bernama Fadel Islami. Pernikahannya digelar pada 26 April 2019 lalu. Setelah hampir membina rumah tangga selama satu tahun, Muzdalifah kembali menjadi sorotan publik. 

Ia mengumumkan akan menjual rumah mewahnya. Dikenal sebagai orang yang tinggal di rumah bak istana, keputusan Muzdalifah cukup mengagetkan. Sebelumnya sekitar tahun 2017 lalu, beredar isu bahwa Muzdalifah akan menjual rumahnya tersebut. Namun saat itu Muzdalifah tak angkat bicara dan tak membenarkan apapun.

Kini lewat media sosialnya Muzdalifah mengabarkan sendiri jika huniannya yang ia tinggali memang dijual. Ia mengunggah foto rumahnya dengan keterangn dijual dan disertakan nomor telepon bagi yang berminat.

Banyak netizen yang mempertanyakan bagaimana makam suami Muzdalifah jika rumah tersebut dijual. Berikut ini 5 fakta rumah Muzdalifah yang dijual senilai miliaran dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Sabtu (14/3/2020). 

1. Dijual 32 Miliar

Muzdalifah (Sumber: Instagram/@muzdalifah999)
Muzdalifah (Sumber: Instagram/@muzdalifah999)

Lewat Instagram pribadinya, Muzdalifah mengunggah foto rumah mewahnya pada Selasa (3/3/2020) lalu. Ia juga menuliskan keterangan dijual beserta nomor telepon bagi yang berminat membelinya.

Diketahui jika Muzdalifah akan menjual rumahnya dnegan harga fantastis yaitu sekitar Rp 32 miliar. Tak heran lantaran rumah tersebut bergaya Eropa yagn terletak di Tangerang, Banten.

Muzdalifah sempat menjelaskan jika rumah tersebut berdiri diatas tanah 8 ribu meter persegi.

2. Makam Suami di Dalam Rumah Tak Dipindahkan

Muzdalifah jual rumah mewahnya. (Sumber: Status Selebritis)
Muzdalifah jual rumah mewahnya. (Sumber: Status Selebritis)

Dijualnya rumah mewah Muzdalifah membuat banyak orang bertanya. Hal tersebut karena di rumah megah dengan bernuansa coklat keemasan itulah terdapat makam suami pertama Muzdalifah.

Ramai diperbincangkan, Muzdalifah mengaku tak mempermasalahkannya. Menurutnya, ia masih bisa berziarah kapan pun.

"Enggak masalah ya (perihal makam). Kan bisa ziarah. Keluarga saya di situ juga banyak," kata Muzdalifah saat ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan pada Rabu (11/3/2020) lalu.

3. Alasan Dijual

Kedekatan Fadel Islami dan Kelima Anak Muzdalifah (Sumber: Instagram/muzdalifah999/)
Kedekatan Fadel Islami dan Kelima Anak Muzdalifah (Sumber: Instagram/muzdalifah999/)

Tak hanya sekadar ingin menjualnya, Muzdalifah mengaku jika ia memiliki alasan. Salah satunya adalah karena jarak rumah dan sekolah anak-anaknya yang cukup jauh.

"Iya (jarak rumah ke sekolah anak jauh). Kan anak-anak sekolah di Jakarta juga. Jadi nggak capek. Dari rumah enggak setengah enam gitu," lanjut Muzdalifah.

Sebelumnya, Muzdalifah sempat enggan membeberkan alasan rumah mewahnya dijual. Ia mengaku jika hal itu masuk dalam ranah pribadi.

"Untuk saat ini aku tidak bisa bicara dijual atau apa. Karena andai kata dijual pun itu pribadi saya, itu privasi saya, hak saya," kata Muzdalifah pada Senin (27/5/2019) lalu.

4. Pernah Ditawar Uya Kuya

Potret Muzdalifah (Sumber: Instagram/muzdalifah999)
Potret Muzdalifah (Sumber: Instagram/muzdalifah999)

Beberapa waktu lalu rumahnya itu pun sempat ditawar oleh presenter Uya Kuya. Menanggapi hal tersebut, Muzdalifah terbuka kepada siapapun yang ingin membeli rumahnya.

"Aku mah siapa aja, aku terbuka, yang penting berkah, sehat, aku sama anak-anak juga sehat," kata istri Fadel Islami itu.

5. Dijual Lewat Medsos

Muzdalifah jual rumah mewahnya. (Sumber: Instagram/@muzdalifah999)
Muzdalifah jual rumah mewahnya. (Sumber: Instagram/@muzdalifah999)

Tak hanya ditawarkan lewat Instagram pribadinya, Muzdalifah juga dibantu seorang teman untuk mempromosikan rumahnya tersebut.

Muzdalifah dibantu temannya dengan menggunakan media sosial Facebook bernama Bima Putra.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Mitos Seputar Covid-19, Benar atau Salah?

Posted: 13 Mar 2020 08:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wabah virus corona atau Covid-19 telah menyebar ke sejumlah negara, termasuk di Indonesia. Virus ini pertama kali dilaporkan muncul di Wuhan, Hubei, China pada Desember 2019.

Berdasarkan data dari John Hopkins University pada 13 Maret 2020, sudah ada 128.343 kasus Covid-19 di 116 negara. Total korban meninggal akibat infeksi virus ini mencapai 4.720 korban. Sedangkan yang dinyatakan sembuh berjumlah 68.324 orang.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan sudah menetapkan Covid-19 sebagai pandemi. Alasannya, karena virus tersebut telah menyebar semakin luas di seluruh dunia.

"Karena itu kami membuat penilaian bahwa Covid-19 dapat dikategorikan sebagai pandemi," kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, seperti dilansir Xinhua, Kamis 12 Maret 2020.

Sejumlah dugaan muncul, terkait asal usul virus yang menyerang sistem pernapasan ini. Ada sejumlah pihak yang menyebut bahwa virus berasal dari pasar hewan di Wuhan, yang menjual hewan hidup bersama dengan daging dan hasil bumi, dan ada pula hewan-hewan yang ditangkap di alam liar.

"WHO sangat prihatin dengan tingkat penyebaran dan keparahan yang mengkhawatirkan, serta tingkat kelambanan aksi yang sama mengkhawatirkan," ucap Tedros.

Di tengah mewabahnya virus corona, informasi palsu atau bohong mengenai virus ini juga kian bermunculan. Agar tidak menjadi korban hoaks, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengenal dan mencegah penyebaran virus corona.

Berikut ini sejumlah mitos terkait pencegahan Virus Corona versi WHO yang dikutip dari who.int, Sabtu (14/Maret/2020):

Virus COVID-19 Dapat Ditularkan di Daerah dengan Iklim Panas dan Lembab

Coronavirus disease (COVID-19) advice for the public: Myth busters.(Foto: WHO)
Coronavirus disease (COVID-19) advice for the public: Myth busters.(Foto: WHO)

Dari bukti sejauh ini, virus Covid-19 dapat ditularkan di semua area, termasuk daerah dengan cuaca panas dan lembab.

Apa pun iklimnya, lakukan tindakan perlindungan jika Anda tinggal di, atau bepergian ke area yang melaporkan Covid-19. Cara terbaik untuk melindungi diri dari Covid-19 adalah dengan sering membersihkan tangan.

Dengan melakukan ini, Anda menghilangkan virus yang mungkin ada di tangan Anda dan menghindari infeksi yang dapat terjadi saat menyentuh mata, mulut, dan hidung Anda.

Cuaca Dingin dan Salju Tidak Bisa Membunuh Covid-19

Coronavirus disease (COVID-19) advice for the public: Myth busters. (Foto: WHO)
Coronavirus disease (COVID-19) advice for the public: Myth busters. (Foto: WHO)

Tidak ada alasan untuk percaya bahwa cuaca dingin dapat membunuh virus corona baru atau penyakit lainnya. Suhu tubuh manusia normal tetap sekitar 36,5 ° C hingga 37 ° C, terlepas dari suhu eksternal atau cuaca.

Cara paling efektif untuk melindungi diri Anda dari Covid-19 adalah dengan sering membersihkan tangan Anda dengan usapan berbasis alkohol atau mencucinya dengan sabun dan air.

Mandi Air Panas Tidak Mencegah Penyakit Covid-19

Coronavirus disease (COVID-19) advice for the public: Myth busters. (Foto: WHO)
Coronavirus disease (COVID-19) advice for the public: Myth busters. (Foto: WHO)

Mandi air panas tidak akan mencegah Anda untuk menangkap Covid-19. Suhu tubuh normal Anda tetap di sekitar 36,5 ° C hingga 37 ° C, terlepas dari suhu mandi atau tidak mandi.

Sebenarnya, mandi air panas dengan air yang sangat panas bisa berbahaya, karena bisa membakar Anda. Cara terbaik untuk melindungi diri dari Covid-19 adalah dengan sering membersihkan tangan.

Dengan melakukan ini, Anda menghilangkan virus yang mungkin ada di tangan Anda dan menghindari infeksi yang dapat terjadi saat menyentuh mata, mulut, dan hidung Anda.

Covid-19 Tidak Dapat Ditularkan Melalui Gigitan Nyamuk

Coronavirus disease (COVID-19) advice for the public: Myth busters. (Foto: WHO)
Coronavirus disease (COVID-19) advice for the public: Myth busters. (Foto: WHO)

Sampai saat ini belum ada informasi atau bukti yang menunjukkan bahwa coronavirus baru dapat ditularkan oleh nyamuk.

Covid-19 adalah virus pernapasan yang menyebar terutama melalui tetesan yang dihasilkan ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin, atau melalui tetesan air liur atau keluarnya cairan dari hidung.

Untuk melindungi diri Anda, sering-seringlah membersihkan tangan Anda dengan gosok berbasis alkohol atau mencucinya dengan sabun dan air. Selain itu, hindari kontak dekat dengan siapa pun yang batuk dan bersin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Antisipasi Penyebaran COVID-19, KRL Jabodetabek Disemprot Disinfektan

Posted: 13 Mar 2020 08:15 PM PDT

Petugas membersihkan bangku bagian dalam pada rangkaian KRL Jabodetabek di Dipo Depok, Jawa Barat, Jumat (13/3/2020). Pembersihan bagian luar dan bagian dalam kereta menggunakan cairan disinfektan guna mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19). (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas membersihkan bangku bagian dalam pada rangkaian KRL Jabodetabek di Dipo Depok, Jawa Barat, Jumat (13/3/2020). Pembersihan bagian luar dan bagian dalam kereta menggunakan cairan disinfektan guna mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas membersihkan bangku bagian dalam pada rangkaian KRL Jabodetabek di Dipo Depok, Jawa Barat, Jumat (13/3/2020). Pembersihan bagian luar dan bagian dalam kereta menggunakan cairan disinfektan guna mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas membersihkan handgrip bagian dalam pada rangkaian KRL Jabodetabek di Dipo Depok, Jawa Barat, Jumat (13/3/2020). Pembersihan bagian luar dan bagian dalam kereta menggunakan cairan disinfektan guna mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19). (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas membersihkan handgrip bagian dalam pada rangkaian KRL Jabodetabek di Dipo Depok, Jawa Barat, Jumat (13/3/2020). Pembersihan bagian luar dan bagian dalam kereta menggunakan cairan disinfektan guna mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas membersihkan handgrip bagian dalam pada rangkaian KRL Jabodetabek di Dipo Depok, Jawa Barat, Jumat (13/3/2020). Pembersihan bagian luar dan bagian dalam kereta menggunakan cairan disinfektan guna mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas membersihkan kaca bagian dalam pada rangkaian KRL Jabodetabek di Dipo Depok, Jawa Barat, Jumat (13/3/2020). Pembersihan bagian luar dan bagian dalam kereta menggunakan cairan disinfektan guna mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19). (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas membersihkan kaca bagian dalam pada rangkaian KRL Jabodetabek di Dipo Depok, Jawa Barat, Jumat (13/3/2020). Pembersihan bagian luar dan bagian dalam kereta menggunakan cairan disinfektan guna mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas membersihkan kaca bagian dalam pada rangkaian KRL Jabodetabek di Dipo Depok, Jawa Barat, Jumat (13/3/2020). Pembersihan bagian luar dan bagian dalam kereta menggunakan cairan disinfektan guna mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas membersihkan bagian luar pada rangkaian KRL Jabodetabek di Dipo Depok, Jawa Barat, Jumat (13/3/2020). Pembersihan bagian luar dan bagian dalam kereta menggunakan cairan disinfektan guna mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19). (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas membersihkan bagian luar pada rangkaian KRL Jabodetabek di Dipo Depok, Jawa Barat, Jumat (13/3/2020). Pembersihan bagian luar dan bagian dalam kereta menggunakan cairan disinfektan guna mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas membersihkan bagian luar pada rangkaian KRL Jabodetabek di Dipo Depok, Jawa Barat, Jumat (13/3/2020). Pembersihan bagian luar dan bagian dalam kereta menggunakan cairan disinfektan guna mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas mengenakan pakaian pelindung saat membersihkan rangkaian KRL Jabodetabek di Dipo Depok, Jawa Barat, Jumat (13/3/2020). Pembersihan bagian luar dan bagian dalam kereta menggunakan cairan disinfektan guna mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19). (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas mengenakan pakaian pelindung saat membersihkan rangkaian KRL Jabodetabek di Dipo Depok, Jawa Barat, Jumat (13/3/2020). Pembersihan bagian luar dan bagian dalam kereta menggunakan cairan disinfektan guna mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas mengenakan pakaian pelindung saat membersihkan rangkaian KRL Jabodetabek di Dipo Depok, Jawa Barat, Jumat (13/3/2020). Pembersihan bagian luar dan bagian dalam kereta menggunakan cairan disinfektan guna mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Persik vs Persiraja: Bidik 3 Poin Perdana

Posted: 13 Mar 2020 08:10 PM PDT

Kediri - Persik Kediri kembali akan bertemu dengan Persiraja Banda Aceh pada pekan ketiga Shopee Liga 1 2020 di Stadion Brawijaya Kota Kediri Sabtu (14/3/2020). Kedua tim sama-sama membidik tiga poin perdana musim ini.

Duel ini terbilang dini bagi kedua tim promosi dari Liga 2 2019 ini. Pasalnya, mereka sempat bersua pada semifinal Liga 2 pada 22 November 2019 lalu di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Ketika itu, Persik menahan laju Laskar Rencong untuk promosi ke Liga 1 musim ini dengan pertarungan ketat hingga terjadi adu penalti. Persik unggul atas Persiraja dengan skor 5-4. Persiraja akhirnya mengikuti jejak Macan Putih ke Liga 1 setelah menyingkirkan Sriwijaya FC 1-0 pada perebutan tempat ketiga.

Setelah hampir empat bulan berlalu, kedua tim bersolek diri untuk mengarungi pentas kasta tertinggi Indonesia. Mereka sama-sama mempertahankan mayoritas putra daerah masing-masing.

Tentu kedua tim menambah amunisi lokal dan asing. Namun, sejatinya baik Persik dan Persiraja tak terlalu banyak perubahan. Meski Joko Susilo didapuk sebagai pelatih kepala, namun di sisinya masih ada Alfiat, Johan Prasetyo, dan Wahyudi yang bertahan.

Sementara di kubu Laskar Lantak Laju, sebutan lain Persiraja, tetap dinakhodai arsitek bertangan dingin, Hendri Susilo. Para asisten di tim ini juga tak banyak berubah.

Pada dua laga awal musim ini kedua tim kompak belum terkalahkan dengan dua kali hasil seri.

Tak pelak, pertandingan nanti pasti berjalan sengit. Persik sebagai tuan rumah dapat dukungan ribuan Persikmania dan rekor tak terkalahkan atas Persiraja. Sementara Hendri Susilo memiliki pasukan militan yang pantang menyerah. Buktinya, mereka sukses menahan imbang Madura United tanpa gol di Pamekasan pekan lalu.

Namun Joko Susilo tak mau menganggap enteng sang tamu. "Posisi kami sama, belum pernah kalah. Saya sangat serius menghadapi Persiraja. Meski sama-sama tim promosi, mereka juga patut diwaspadai," kata Joko Susilo.

Pria asal Cepu, Jawa Tengah, ini telah menyiapkan racikan untuk meraih kemenangan perdana musim ini.

"Saya sudah siapkan semua. Fisik, taktik, dan mental kepada pemain. Kami harus memenangkan partai ini. Karena kami sudah kehilangan poin saat ditahan Bhayangkara FC kemarin," ucapnya.

Sosok yang akrab disapa Getuk ini juga mengungkapkan semua pemain Persik siap tanding. Kecuali Andri Ibo yang menjalani hukuman kartu merah dan kiper Dimas Galih yang cedera hamstring.

"Semua pemain siap. Ibo dan Galih memang tak bisa dimainkan. Tapi Faris Aditama dan Sackie Doe, kondisinya sudah pulih dari cedera. Saya akan turunkan komposisi terbaik Persik untuk menghadapi Persiraja," ujarnya.

 

Hendri Susilo Tak Kalah Bergairah

(Bola.com/Gatot Susetyo)
(Bola.com/Gatot Susetyo)

Juru taktik Persiraja Hendri Susilo pun tak kalah bergairah menatap partai ini. Dia memboyong 20 pemain terbaiknya untuk meladeni juara Liga 2 2019 itu.

Tiga mantan penggawa Persik, Rendy Saputra, Asep Budi, dan putra asli Kota Kediri, kiper Tedy Heri Setyawan di bawa. Hendri pun sangat percaya dengan anak asuhnya.

"Saya seratus persen yakin dengan mereka. Kami telah berkomitmen untuk selalu serius bertanding. Termasuk menghadapi Persik. Kami ingin meraih hasil terbaik," katanya.

Pria beranak dua yang tinggal di Kota Batu, Malang, ini masih penasaran dengan Persik.

"Di Liga 2 kemarin yang saya takuti Persik. Mereka punya pemain muda bagus, bertenaga, dan pintar main bola. Sekarang saya masih penasaran. Tapi kabarnya pemain inti mereka banyak yang keluar ya," ucapnya.

Kendati begitu, Hendri Susilo tetap yakin Persik sulit dikalahkan di kandangnya. "Persebaya dan Bhayangkara FC yang bertabur bintang kesulitan melawan Persik. Apalagi nanti mereka main di kandang sendiri. Tapi bagi saya tak ada yang mustahil," ucapnya.

Mantan striker Timnas Indonesia dan Pelita Jaya ini juga punya cita-cita pribadi memperbaiki rekor pertemuan Persiraja kontra Persik.

"Sejarahnya, kami belum pernah mengalahkan Persik. Ini tantangan bagi saya dan pemain untuk mengubah catatan itu. Kami juga ingin meraih tiga poin pertama musim ini," tuturnya.

Prakiraan Susunan Pemain

Penyerang Persik Kediri, Nikola Asceric. (Bola.com/Gatot Susetyo)
Penyerang Persik Kediri, Nikola Asceric. (Bola.com/Gatot Susetyo)

Persik (4-4-3): Junaidi Bachtiar (K), Ibrahim Sanjaya, Ante Bakmaz, Jefferson Formigao, Dany Saputra (B), Sackie Teah Doe, Gaspar Vega, Adi Jayanto, Faris Aditama (T), Satria Bagaskara, Nikola Asceric (D)

Cadangan: Fajar Setya Jaya (K), Vava Mario Zagallo, Paulo Sitanggang, Antonio Putro Nugroho, Bayu Otto, Galih Akbar, Ronaldo Robener Wanma

Pelatih: Joko Susilo

Persiraja (4-1-4-1): Fakhrurrazi Quba (K), Adam Mitter, Ganjar Mukti, Eriyanto, Rendy Saputra (B), Fary Komul, Bruno Dybal, Samir Ayass, Defri Riski (T), Vanderlei Francisco, Ahsanur Rijal (D)

Cadangan: Tedi Heri Setyawan (K), Asep Budi, M. Kasim Slamat, Mukhlis Nakata, Nazarul Fahmi, Rezham Baskoro, Miftahul Hamdi

Pelatih: Hendri Susilo

Prediksi Bola.com

Persik Kediri 55-45 Persiraja Banda Aceh

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potret Tom Hanks dan Istri Saat Dikarantina, Tetap Penuh Semangat

Posted: 13 Mar 2020 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Canberra - Beberapa hari lalu, Tom Hanks mengungkap kabar bahwa ia dan istrinya, Rita Wilson, dinyatakan positif terinfeksi virus Corona. Bintang Sully ini dinyatakan positif terinfeksi saat ia berada di Australia untuk menjalani syuting film biopik Elvis Presley.

Alhasil, Tom Hanks dan sang istri pun mesti dikarantina di Negeri Kangguru tersebut.

Jumat (13/2/2020) kemarin, Tom Hanks akhirnya mengungkap kabar terbarunya saat dikarantina. Ia berpose berdua bersama sang istri, mengenakan pakaian kasual dan topi.

Terima Kasih

Tom Hanks dan Rita Wilson kini tengah diisolasi. (Instagram/tomhanks)
Tom Hanks dan Rita Wilson kini tengah diisolasi. (Instagram/tomhanks)

Dalam unggahan ini, Tom Hanks menulis sejumlah ucapan terima kasih kepada pihak medis yang merawatnya di Australia.

"Halo semuanya. Rita Wilson dan aku ingin berterima kasih kepada semua orang Di Bawah Sini (Australia) yang sangat baik dalam merawat kami," tuturnya.

 

Diisolasi

Aktor Tom Hanks dan istri Rita Wilson menghadiri
Aktor Tom Hanks dan istri Rita Wilson menghadiri

"Kami tertular Covid-19 dan saat ini sedang diisolasi agar tak menularkan kepada orang lain. Kami tahu ada orang yang bisa [tertular] sampai menyebabkan penyakit serius," kata dia menambahkan.

Pesan Menenangkan

Meski ia telah dinyatakan terinfeksi penyakit mematikan ini, Tom Hanks masih tetap mengungkap pesan yang menenangkan publik.

"Ada hal-hal yang bisa kita lewati bersama dengan mengikuti anjuran para pakar dan menjaga diri kita sendiri dan satu sama lain, kan?" tuturnya.

Jangan Menangis

Terakhir, ia memberi pesan penyemangat yang merupakan kutipan dialognya di film A League of Their Own. "Remember, despite all the current events, there is no crying in baseball (Ingat, meski apa pun yang terjadi belakangan ini, tak ada tempat untuk menangis dalam baseball)," kata pria 63 tahun ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ITS Bagi Hand Sanitizer dan Tanpa Salaman Saat Gelar Wisuda

Posted: 13 Mar 2020 08:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksanaan wisuda 121 di Institut Teknologi 10 Nopember (ITS) pada Sabtu (14/3/2020) kali ini berbeda. Di tengah merebaknya penyebaran virus corona baru (COVID-19), ITS memberlakukan wisuda tanpa salaman dan membagikan hand sanitizer secara gratis.

Kepala Unit Komunikasi Publik ITS, Anggra Ayu Rucitra menuturkan, pihaknya menyediakan hand sanitizer di setiap goodie bag wisudawan. ITS juga menyediakan botol hand sanitizer di beberapa titik untuk para tamu dan panitia. "Semua tamu yang masuk ruangan disemprot dulu tangannya dengan hand sanitizer," ujar dia, Sabtu (14/3/2020).

Ia menuturkan, pada wisuda kali ini juga ditiadakan salaman dengan rektor saat menyerahkan ijazah.  Salaman diganti dengan hanya menangkupkan kedua tangan. Pada Sabtu, 14 Maret 2020 ada sekitar 706 wisudawan sedangkan hari kedua ada 570 wisudawan. Pembagian hand sanitizer dan tanpa salaman saat wisuda ini pun baru pertama kali dilakukan di ITS. Hal ini dilakukan seiring merebaknya penyebaran virus corona baru (COVID-19) sehingga perlu langkah antisipasi.

Adapun alur penyerahan ijazah antara lain wisudawan ITS menempati tempat duduk, wisudawan dibariskan sesuai dengan urutan, wisudawan diberikan hand sanitizer.

Pemanggilan wisudawan untuk penyerahan ijazah, penyerahan ijazah oleh dekan (wisudawan menerima ijazah, menunjukkan ijazah, dan berfoto tanpa bersalaman). Kemudian rektor memindahkan tali toga dari kiri ke kanan (wisudawan memegang ijazah bersama rektor untuk berfoto tanpa bersalaman).

ITS Produksi Hand Sanitizer

Institut Teknologi Surabaya (ITS) membuka pendaftaran mahasiswa melalui Jalur Mandiri
Institut Teknologi Surabaya (ITS) membuka pendaftaran mahasiswa melalui Jalur Mandiri

ITS pun memproduksi hand sanitizer sendiri yang merupakan kerja sama antara Departemen Teknik Kimia, Eco Campus ITS, dan Departemen Teknik Lingkungan ITS.

Kepala Unit ITS Smart Eco Campus, Susi Agustina Wilujeng menuturkan, latar belakang dari produksi hand sanitizer ini adalah karena semakin mewabahnya virus Corona di seluruh dunia.

"Dengan memproduksi hand sanitizer ini, ITS melalui Smart Eco Campus ingin membudidayakan mahasiswa untuk hidup sehat dengan membiasakan diri menjaga kebersihan," ujar dia.

Selain itu, lanjut Susi, acara wisuda merupakan suatu peristiwa yang sakral, di mana banyak tamu undangan dan mahasiswa yang menjalin interaksi.

"Dengan memberikan hadiah hand sanitizer ini, kami berharap mahasiswa dan para tamu undangan dapat memanfaatkannya sebagai media preventif dari kemungkinan persebaran Virus Corona ," papar Susi bersemangat.

Herdayanto Sulistyo Putro S Si M Si, mengatakan, dalam waktu dekat, ia bersama 12 mahasiswanya akan memproduksi sekitar 1.300 botol hand snitizer.  Bahan yang dipilih untuk memproduksi hand sanitizer diantaranya ada etanol 80 persen, hidrogen peroksida 3 persen, gliserol, aquadest, daun mint, dan minyak esensial.

"Bahan dan formula yang kami pilih ini sesuai dengan resep dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sehingga kualitasnya terjamin," tutur Dosen Departemen Kimia ini.

Pria yang akrab disapa Danang ini juga menjelaskan fungsi dari masing-masing bahan. Gliserol sebagai pelembab kulit, hidrogen peroksida sebagai oksidator yang menonaktifkan kontaminasi virus dan bakteri, minyak esensial  untuk memberikan sensasi dingin, dan etanol 80 persen sebagai desinfektan dan agen mikroba.

"Kami juga menambahkan daun mint yang diproduksi langsung oleh Urban Farming Smart Eco Campus ITS untuk memberikan aroma khas dan efek menenangkan pada tubuh," ungkapnya.

Untuk Acara Besar

Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) menerima pendaftaran lewat jalur mandiri. (ITS)
Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) menerima pendaftaran lewat jalur mandiri. (ITS)

Ketika ditanya mengenai fokusan produksi, Danang menuturkan, untuk jangka pendek, produksi hand sanitizer difokuskan untuk acara-acara besar ITS, salah satunya wisuda 121 dan untuk kebutuhan internal.

Namun, lanjut Danang, tidak menutup kemungkinan bahwa ke depannya, hand sanitizer ini akan diproduksi untuk masyarakat sekitar ITS juga. "Mengingat ketersediaan hand sanitizer yang mulai langka dan mahal akibat dampak persebaran virus Corona, jika kita bisa memproduksi sendiri, kenapa tidak?," tegasnya. 

Dr Eng Ir Ahmad Rusdiansyah, M Eng, Wakil Rektor III bidang Bidang Sumber Daya Manusia, Organisasi, dan Teknologi Sistem Informasi menyampaikan, produksi hand sanitizer ini merupakan jawaban ITS bahwa ITS tanggap terhadap upaya preventif persebaran virus Corona (COVID-19).

"Melalui Laboratorium Kimia Mikroorganisme dan Laboratorium Kimia Bahan Alam dan Sintesis, kita bisa memberikan solusi terhadap masalah yang terjadi di masyarakat," terangnya. 

Ahmad Rusdiansyah berharap agar hand sanitizer produksi ITS dapat terus diproduksi dan dapat menjadi produk yang mampu mendukung upaya preventif terhadap persebaran Virus Corona (COVID-19).

"Semoga manfaat dari produk ini bisa dirasakan oleh penggunanya, yang dalam jangka pendek ini adalah wisudawan dan tamu wisuda 121 ITS," ujar dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemendikbud Bentuk Tim Tanggulangi Kekerasan Seksual hingga Radikalisme di Kampus

Posted: 13 Mar 2020 08:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Plt Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nizam mengatakan, akan membentuk sebuah tim yang disebut Tim Kampus Aman guna menanggulangi kekerasan seksual, radikalisme, serta perundungaan di kampus.

"Saat ini kementerian membentuk satu tim untuk nanti kita tuangkan dalam peraturan-peraturan. Sebenarnya sudah ada, tapi kita perlu lagi mendorong perlindungan atau kampus yang aman ya dari pelecehan seksual, dari bullying, aman dari radikalisme, aman dari kejahatan-kejahatan yang terjadi di kampus," kata Nizam kala ditemui di Four Points Hotel, Makassar, Jumat malam (13/3/2020).

Nizam menyebut pihaknya menaruh perhatian yang serius akan kasus kekerasan seksual yang terjadi di lingkungan kampus. Ia mengharapkan bahwa kampus menjadi tempat yang aman untuk mahasiswa mengembangkan diri.

"Jadi kita menjadikan kampus sebagai tempat para mahasiswa itu mengembangkan diri mengembangkan potensinya, mengembangkan hobinya dalam kondisi yang aman dan kondusif," harapnya.

Tim Terdiri dari Ahli dan Pakar

ilustrasi Foto Kampus (iStockphoto)
ilustrasi Foto Kampus (iStockphoto)

Dia menyebut, tim tersebut akan terdiri dari beberapa kalangan. Utamanya para akademisi guna meramu kebijakan untuk memerangi berbagai masalah di kampus itu.

"Ada beberapa ahli terdiri dari pakar, ada pakar gender, pakar psikologi dan masukan-masukan dari beberapa kampus. Karena ada beberapa kampus yg mempunyai protap yang sangat bagus untuk mengantisipasi dan menghindari kasus-kasus semacam itu. Nah nanti kita sarikan untuk didesiminasikan ke kampus-kampus," ucapnya.

Nizam berkomitmen akan secepatnya membentuk tim tersebut. "Secepatnya. Kita siapkan semua peraturan-peraturan kemudian pedoman- pedoman," tutur Nizam.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Tipe Pengunjung Alun-Alun Bandung, Unik Abis

Posted: 13 Mar 2020 08:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berwisata ke taman hiburan memang menyenangkan bagi Anda dan keluarga. Apalagi ketika Anda benar-benar ingin bersantai dan menghabiskan hari dengan bersenang-senang.

Salah satu taman hiburan yang wajib dikunjungi terletak di Bandung, yaitu kawasan Alun-alun Bandung. Kali ini Infobdg TV akan membagikan tipe-tipe orang di Indonesia jika lagi mengunjungi suatu tempat hiburan.

Seperti kita ketahui, Orang-orang Indonesia memiliki kebiasaan yang sangat berbeda yang jarang terjadi di negara-negara lainnya.

Penasaran seperti apa tipe-tipe pengunjung orang Indonesia? Saksikan selengkapnya di channel Infobdg TV hanya di Vidio.

Saksikan Videonya Di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Covid-19 Paksa Pabrik Lamborghini Setop Produksi

Posted: 13 Mar 2020 08:02 PM PDT

Liputan6.com, Sant'Agata Bolognese - Wabah Covid-19 memaksa Lamborghini untuk menghentikan aktivitas produksi di Pabrik di Sant'Agata Bolognese mulai kemarin, Jumat (13/3/2020). 

 

Melansir Autoevolution, pemberhentian produksi sementara ini akan dilakukan hingga 25 Maret 2020. Meski begitu, tak produksi mobil selama sepekan tentu akan memengaruhi angka penjualan.

"Langkah ini adalah tindakan tanggung jawab sosial dan kepekaan tinggi terhadap orang-orang kami, yang mana penyebaran virus Corona terjadi di Italia dan di seluruh dunia," kata Chief Executive, Stefano Domenicali.

 

Beruntungnya Lamborghini bukanlah perusahaan publik. Sehingga tak ada pemegang saham yang bisa menekan produsen untuk memulai kembali produksinya sesegera mungkin.

Sebelumnya Covid-19 juga membuat balapan F1 2020 Australian GP dibatalkan 2 jam sebelum Free Practice (FP1) dimulai. Pembatalan itu menyusul ditemukannya salah satu tim balap McLaren yang dinyatakan positif Covid-19 .

Sumber: Otosia.com

 

 

Karena Covid-19, Film Fast and Furious 9 Tayang Tahun Depan

Tak hanya sektor ekonomi, dampak covid-19 juga berpengaruh pada penundaan sejumlah acara dan film, salah satunya Fast and Furious 9. Resmi membuat pengumuman, penayangan film yang melekat dengan aksi balap ini harus diundur selama satu tahun.

Seperti dilansir akun Twitter @TheFastSaga, Jumat (13/3/2020), Fast and Furious 9 baru akan melakukan debut pada April 2021. Sebelumnya, film yang menceritakan kehidupan Dominic Toretto akan melakukan penayangan perdana di bioskop pada 22 Mei 2020 mendatang.

 

Kepedulian terhadap keselamatan semua orang terkait covid-19 menjadi alasan utama tertundanya penayangan Fast and Furious 9. Hal itu dikarenakan, tak ada informasi terkait keterlambatan pasca produksi.

Berdasarkan trailernya, film ini akan melanjutkan alur cerita yang sudah ada sebelumnya. Memiliki konflik lebih besar, Fast and Furious 9 menjadi salah satu yang banyak ditunggu penayangannya.

Beragam mobil mewah menjadi salah satu daya tarik. Aksi menegangkan dengan kendaraan bermotor juga mampu memacu adrenalin penontonnya.  

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Akhir Pekan: Deretan Rempah Bahan Baku Jamu yang Naik Daun

Posted: 13 Mar 2020 08:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jamu mendadak jadi bahan perbincangan hangat masyarakat Indonesia sejak Covid-19 mulai merebak. Minuman olahan yang terbuat rempah tradisional Nusantara ini bahkan kian banyak dicari.

Di sisi lain, eksistensi jamu telah ada sejak dahulu kala. Jamu dikenal memiliki beragam khasiat, mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh hingga tubuh dapat terhindar dari penyakit.

Tak hanya itu, penyajian jamu saat ini dikemas dalam sentuhan yang lebih kekinian yang disuguhkan lewat kehadiran kafe-kafe jamu yang menjamur di Jakarta.

"Sekarang jamu naik daun terbukti banyak kafe yang dekat dengan milenial seperti Suwe Ora Jamu, Acaraki dan itu bagus berarti diterima kalangan modern, jauh sebelum kasus virus corona baru," kata Heru Wardana, Head of Kampoeng Djamoe Organik kepada Liputan6.com, Rabu, 11 Maret 2020.

Adapun jamu terbuat dari rempah-rempah Nusantara yang bisa jadi anti-bakteri terutama empon-empon, rimpang-rimpang seperti jahe, kunyit, temulawak, kencur, lengkuas, hingga lempuyang.

Proses pembuatan jamu kunyit asem. (dok. Liputan6.com/Tri Ayu Lutfiani)
Proses pembuatan jamu kunyit asem. (dok. Liputan6.com/Tri Ayu Lutfiani)

"Tanaman rimpang, jahe, empon-empon buat jamu itu semuanya ada unsur bahan aktif, anti-virus. Yang terpenting fungsi bahan-bahan alami ini lebih promotif, memperkuat imun sistem, antibodi, doping bahan alami," tambahnya.

Tingginya minat pada jamu belakangan ini berimbas pada ketersediaan rempah dan mempengaruhi harga jual di pasaran. Heru menambahkan, penanaman rempah-rempah juga membutuhkan waktu setidaknya selama 10 bulan.

"Demand tetap, banyak yang sudah mulai mau merasakan khasiat meski tidak langsung, lebih ke arah promotif mulai sadar konsumsi setiap hari. Pengguna lama tetap (minum jamu) jadi permintaan meningkat," jelas Heru.

Harga Rempah Naik

Jahe merah. (Liputan6.com/Putu Elmira)
Jahe merah. (Liputan6.com/Putu Elmira)

Naiknya permintaan dan harga jamu juga dikatakan oleh seorang pedagang rempah-rempah dan bumbu dapur di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Nursabika. Rata-rata rempah yang diolah untuk jamu dan minuman hangat tradisional mengalami kenaikan.

"Iya betul naik harga, jahe dari harga Rp30 ribu jadi Rp35 ribu per satu kilogram. Jahe merah Rp60 ribu biasanya Rp40 ribu, jahe emprit dari Rp40 ribu jadi Rp50 ribu, lempuyang harga biasa Rp15 ribu sekilo," kata Nursabika kepada Liputan6.com, Jumat, 13 Maret 2020.

Jahe emprit. (Liputan6.com/Putu Elmira)
Jahe emprit. (Liputan6.com/Putu Elmira)

Perempuan yang sudah 22 tahun berjualan di Pasar Kebayoran Lama ini menyebut perubahan harga telah terjadi berbulan-bulan lalu. "Temulawak naik dari Rp15 ribu sekarang Rp25 ribu, kencur Rp70 ribu satu kilogram," tambahnya.

"Yang paling banyak dicari jahe, serai, kunyit, temulawak, kayu manis. Serai sempat Rp15 ribu per kilogram," kata pedagang asal Cirebon ini.

Nursabika menambahkan, biasanya yang membeli rempah-rempah Nusantara jualannya banyak pedagang jamu.

"Mereka belanja hari ini, besok ke sini lagi. Tapi ada juga yang beli buat konsumsi sendiri beli setengah, seperempat, atau ada yang ngambil sedikit kita yang kasih harga," ungkapnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertemuan Menyentuh Anak Adopsi dengan Kakek Angkat yang Miliki Disabilitas Serupa

Posted: 13 Mar 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pada usia 20 hari, bocah tunadaksa, Kirril,  dititipkan di panti asuhan oleh keluarga kandungnya dengan harapan ada yang ingin mengadopsi. Di usia empat tahun, ia diadopsi oleh sebuah keluarga dengan kakek angkat yang memiliki disabilitas serupa.

Kisah anak adopsi tanpa tangan ini mulai viral setelah seorang fotografer mengabadikan momen seorang kakek angkat bertemu dengan anak itu untuk pertama kali.  Anak asal Kazakhstan itu baru dapat dibawa ke Kanada setelah tiga tahun menunggu.

Doug dan Lesley Facey, sang orangtua angkat, mengaku senang bisa menjemput Kirril ke Kanada. Pasalnya, anak itu telah mengalami enam kali penolakan saat hendak diadopsi karena tidak memiliki satu tangan.

Sang ayah angkat mengatakan kepada Fox 6 bahwa ketika dia menyatakan minat untuk mengadopsi Kirill, agensi adopsi menanyainya berulang kali. Mereka menanyakan apakah dia dan istrinya benar-benar menginginkan anak dengan hanya satu tangan.

Pada usia empat, Kirill berpikir tidak ada orang lain yang seperti dia. Sampai akhirnya ia bertemu ayah Doug, Chris Facey, yang secara otomatis menjadi kakek angkatnya. Untuk pertama kalinya, bocah itu melihat orang lain yang hanya memiliki satu tangan sama seperti dirinya.

Doug mengatakan kepada ABC News, saat putra angkatnya bertemu sang ayah, pertemuan itu sangat menyentuh. "Aku senang ketika Kirill bertemu ayahku," kata Doug seperti dikutip dari liveaction.org.

Adopsi Mengubah Hidup

"Aku tahu itu akan menjadi hal yang hebat, Kirill akan menyadari bahwa dia bukan satu-satunya orang di dunia yang kehilangan tangan," ujar Doug.

Doug menggambarkan pertama kali ayahnya melihat foto Kirill. "Reaksi Ayah sangat emosional saat pertama kali dia melihat gambarnya."

"Reaksi Ayah saya juga sangat menggembirakan karena dia dapat menunjukkan dan mengajari Kirill bahwa langit adalah batasnya dan dia dapat melakukan apa pun yang dia inginkan," tambah Lesley.

Perhatian media yang diterima keluarga tersebut sangat luar biasa. "Banyak orang mengatakan, 'Kalian telah melakukan hal yang luar biasa,' tetapi Doug dan saya tidak pernah berpikir seperti itu," katanya kepada CBC Kanada.

Lesley menegaskan, mengadopsi anak dengan disabilitas bukanlah masalah bagi keluarganya. Buktinya, Chris dengan keterbatasannya adalah seorang mantan atlet paralimpiade, dermawan hebat, dan pengusaha sukses.

"Bagaimana Anda bisa duduk di sana dan berkata anak saya tidak akan bisa melakukan semua itu?"

Kakek angkat Kirill setuju, mencatat bahwa ketika dia bertemu dengan cucunya untuk pertama kali, "Aku tidak melihat seorang anak lelaki kecil yang difabel dan kehilangan tangan kanan."

Doug mengatakan bahwa dia dan Lesley senang kini memiliki seorang anak. Mereka mengungkap kepada media bahwa mengadopsi Kirill telah mengubah hidup mereka dan mereka senang memiliki anak kecil untuk dicintai, dihargai, dan dididik.

"Dia akan mendapatkan kesempatan terbaik untuk menjadi yang terbaik yang dia bisa. Dia cerdas, dia cerdas, dia penjaga," pungkas Kakek.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyederhanaan Birokrasi Berdampak ke Tunjangan Kinerja PNS

Posted: 13 Mar 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah mengupayakan berbagai cara untuk percepatan penyederhanaan birokrasi. Salah satunya dengan memasukkan proses penyederhanaan birokrasi ke dalam penilaian Indeks Reformasi Birokrasi (RB) dari instansi pemerintah.

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo menyatakan, proses penyederhanaan Birokrasi tersebut nantinya akan turut berpengaruh terhadap pemberian tunjangan kinerja untuk masing-masing kementerian/lembaga.

"Implementasi penyederhanaan birokrasi ini menjadi bagian dari penilaian Indeks RB, dan ini berpengaruh terhadap tunjangan kinerja yang diterima oleh masing-masing kementerian dan lembaga," ujar Tjahjo dalam keterangan tertulis, Sabtu (14/3/2020).

Sekretaris Deputi bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB Didid Noordiatmoko menjelaskan, bahwa saat ini besaran tunjangan kinerja di tiap kementerian dan lembaga sangat bervariasi.

 

Berdasarkan hasil evaluasi reformasi birokrasi tahun 2019, baru 40 kementerian/lembaga yang tunjangan kinerjanya mencapai 80 persen. Sedangkan 44 instansi lainnya masih dibawah angka tersebut.

"Arahan bapak Menteri (Tjahjo) adalah pada tahun 2020 diharapkan tunjangan kinerja seluruh kementerian dan lembaga sudah minimal 80 persen," ungkapnya.

Untuk mencapai tunjangan kinerja minimal 80 persen, tiap kementerian/lembaga harus mendapatkan nilai Indeks RB minimal 75,01. Sejak 2018 hingga 2019, terdapat peningkatan dari 34 menjadi 46 kementerian dan lembaga yang mendapatkan angka minimal tersebut.

Didid melanjutkan, adanya pergerakan ke level yang lebih tinggi ini patut diapresiasi, namun kecepatannya belum seperti yang diharapkan.

"Artinya reformasi birokrasi yang dilakukan masih belum langsung kepada perbaikan dari permasalahan birokrasi yang ada di masing-masing kementerian dan lembaga," pungkasnya.

Jika Pensiun, PNS Bisa Kantongi Rp 1 Miliar?

Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta berakitivitas di Balaikota, Jakarta, Senin (10/6/2019). PNS kembali berdinas di masing-masing instansinya pada hari pertama kerja usai libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta berakitivitas di Balaikota, Jakarta, Senin (10/6/2019). PNS kembali berdinas di masing-masing instansinya pada hari pertama kerja usai libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo memberi keterangan terkait kabar yang beredar bahwa dirinya mengusulkan agar Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) dapat uang pensiun Rp 1 miliar.

Dalam beberapa pemberitaan, disebutkan bahwa Tjahjo telah mengkomunikasikannya dengan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, dan sudah bertemu dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) atau BTN terkait wacana ini.

Menanggapi hal itu, Tjahjo menyangkal dirinya pernah mengusulkan kepada Sri Mulyani dan BTN agar PNS yang akan pensiun dapat uang pensiun Rp 1 miliar. Menurut klarifikasinya, ia sempat diskusi soal pengelolaan dana tabungan ASN dengan Ketua Umum Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) dan PT Taspen (Persero).  

Dia menegaskan, itu pun bukan membicarakan usulan tentang ASN dapat dana pensiun Rp 1 miliar. Namun mengkaji pengelolaan iuran bulanan PNS yang dikelola PT Taspen mulai dari awal hingga akhir masa kerja.

"Saya hanya berharap, iuran tabungan ASN itu dikelola dengan baik oleh PT Taspen. Sehingga nanti diharapkan ASN bisa mendapatkan hasil tabungannya di Taspen dengan jumlah siginifikan, syukur bisa mencapai Rp 1 miliar," ungkapnya dalam sebuah pesan tertulis, Selasa (18/2/2020).

Menurut dia, kondisi manajemen keuangan PT Taspen saat ini sedang sehat, sehingga pengelolaan iuran ASN bisa dilakukan dengan baik dan menghasilkan tabungan bagi PNS secara maksimal kalau saat pensiun.

"Jika dikelola dengan baik, iuran yang ditabungkan ASN di PT Taspen nanti saat selesai masa kerja mereka bisa menuai hasilnya dengan optimal. Harapannya, jika kelola dengan baik, PNS semoga dapat Rp 1 miliar," ujar dia.

Tunjangan Hari Tua PNS

Ilustrasi PNS. www.pdk.or.id
Ilustrasi PNS. www.pdk.or.id

Sebelumnya, Ketua Umum KORPRI Zudan Arif Fakrulloh juga sempat menyinggung soal tunjangan hari tua Bagi PNS. Menurut Zudan, reformasi birokrasi tidak hanya dengan memotong struktural birokrasi, namun juga mulai membenahi kerangka regulasi, sistem karir, kesejahteraan, dan perlindungan hukum.

"Misalnya kami, Korpri menginginkan tunjangan hari tua PNS tidak lagi hanya 70 juta, tetapi kita berharap ke depan tunjangan hari tua bisa mencapai maksimal dan seterusnya," tutur dia.

Maka dari, untuk membantu para ASN agar punya tunjangan hari tua yang laik, pihaknya telah menggandeng PT Taspen dan seluruh anak perusahaannya untuk bekerjasama. Sehingga nanti PNS bisa memulai mendesain sistem pensiun dengan cara sendiri-sendiri sesuai dengan besaran premi yang disetorkan saban bulan.

"Sejak mulai menjadi pegawai, ASN harus mendesain sendiri kebahagiaannya. Jangan sampai terlambat," imbuh Zudan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Pesona Paula Verhoeven Tanpa Makeup, Cantik Natural

Posted: 13 Mar 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sosok Paula Verhoeven tak pernah luput dari sorotan warganet. Selebriti cantik kelahiran Semarang ini mengawali kariernya sebagai model. Ia pernah menjadi Juara Wakil 2 None Jakarta Barat pada tahun 2006 dan Juara Harapan 2 None Jakarta pada tahun yang sama. 

Selebriti cantik keturunan Belanda-Tionghoa ini namanya kian populer sejak menikah dengan Baim Wong pada tahun 2018 lalu. Beprofesi sebagai model profesional, setiap hari ia disibukkan dengan kegiatan pemotretan dan fashion show di dalam ataupun luar negeri.

Enggak heran, dalam setiap kemunculannya Paula Verhoeven ini selalu dituntut tampil sempurna di berbagai kesempatan. Dalam penampilan, istri Baim Wong kerap tampil cetar dengan full makeup. Namun, Paula tetaplah wanita pada umumnya. Dalam momen tertentu, ia bisa saja tampil polos alias tanpa riasan wajah di wajahnya. 

Seperti beberapa potret di bawah ini, ibu dari Kiano ini memilih tampil tanpa makeup. Terbiasa tampil glamor dengan riasan makeup, tak ayal penampilan wanita kelahiran 18 September 1987 tanpa makeup ini mampu mencuri perhatian warganet.

Enggak sedikit juga warganet yang mengatakan Paula ini tetap cantik tanpa riasan makeup. Penasaran seperti apa potret selebriti cantik ini? Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas 6 potret Paula tanpa makeup, Sabtu (14/3/2020)

 

1. Saat beribadah ke Tanah Suci, istri Baim Wong ini tampil natural dalam balutan hijab.

Paula Verhoeven Tanpa Makeup (Sumber: Instagram /paula_verhoeven)
Paula Verhoeven Tanpa Makeup (Sumber: Instagram /paula_verhoeven)

2. Beraktivitas di rumah bersama Kiano, ibu satu anak ini tampil tanpa riasan makeup. Wajah cantiknya kian terpancar.

Paula Verhoeven Tanpa Makeup (Sumber: Instagram /paula_verhoeven)
Paula Verhoeven Tanpa Makeup (Sumber: Instagram /paula_verhoeven)

3. Saat berolahrga wanita kelahiran Semarang ini memang tidak memoles makeup di wajahnya.

Paula Verhoeven Tanpa Makeup (Sumber: Instagram /paula_verhoeven)
Paula Verhoeven Tanpa Makeup (Sumber: Instagram /paula_verhoeven)

4. Tampil tanpa makeup saat berolahraga, wanita 32 tahun ini terlihat seperti anak remaja ya?

Paula Verhoeven Tanpa Makeup (Sumber: Instagram /paula_verhoeven)
Paula Verhoeven Tanpa Makeup (Sumber: Instagram /paula_verhoeven)

5. Enggak sedikit warganet yang mengatakan wanita kelahiran 1987 ini terlihat lebih cantik tanpa riasan.

Paula Verhoeven Tanpa Makeup (Sumber: Instagram /paula_verhoeven)
Paula Verhoeven Tanpa Makeup (Sumber: Instagram /paula_verhoeven)

6. Momen liburan Paula dan Baim, pemain film Supernova ini terlihat cantik alami tanpa riasan.

Paula Verhoeven Tanpa Makeup (Sumber: Instagram /paula_verhoeven)
Paula Verhoeven Tanpa Makeup (Sumber: Instagram /paula_verhoeven)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perusahaan Teknologi Diminta Lindungi Data Pengguna Aplikasi Kesehatan

Posted: 13 Mar 2020 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Apple dan Google sebelumnya mengumumkan tidak akan memberi izin pada aplikasi terkait virus corona yang menggunakan informasi di luar dari WHO atau pemerintah.

Kini, perusahaan raksasa teknologi diminta untuk melindungi data-data dari aplikasi kesehatan yang mencuri data pengguna.

Mengutip laman Tech Times, Sabtu (14/3/2020), perusahaan teknologi diminta memastikan bahwa aplikasi pemantau kesuburan dan menstruasi tidak membagikan informasi-informasi tanpa persetujuan si pengguna.

Apple, Google, dan Samsung mendapatkan surat dari anggota parlemen Demokrat New Jersey. Pihak berwenang juga meminta vendor aplikasi untuk berhenti memberi izin bagi aplikasi kesehatan untuk berbagi data dengan pihak ketiga, saat pengguna membuka aplikasi tersebut.

Berdasarkan penelitian Consumer Reports, sejumlah aplikasi pemantau menstruasi memberikan data pengguna mereka untuk keperluan iklan tertarget tanpa sepengetahuan pengguna.

Aplikasi Pemantau Menstruasi

Hati-hati, untuk Anda yang sering begadang dan lupa mengaplikasikan tabir surya kenali bahayanya bagi kesehatan kulit. (Foto: Istockphoto)
Hati-hati, untuk Anda yang sering begadang dan lupa mengaplikasikan tabir surya kenali bahayanya bagi kesehatan kulit. (Foto: Istockphoto)

Penelitian berbeda yang dilaksanakan oleh Privacy International yang berbasis di Inggris menyebut ada 61 persen aplikasi pemantau menstruasi yang secara otomatis memindahkan catatan ke Facebook setelah pengguna membuka aplikasi tersebut.

Adapun aplikasi pemantau menstruasi biasanya meminta pengguna menginput berbagai data. Misalnya aktivitas seksual, siklus menstruasi, dan penggunaan alat kontrasepsi. Belum lagi data seperti nama, alamat email, usia, dan berat badan.

Penegak hukum juga meminta perusahaan teknologi untuk menyingkirkan aplikasi yang diduga telah melanggar privasi dan berbagi data pribadi dengan pihak lain.

(Tin/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: