Sabtu, 28 Maret 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Lawan Pandemi Corona Covid-19, Manchester City Tawarkan Etihad Jadi Markas Tenaga Medis

Posted: 28 Mar 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manchester City telah menawarkan bantuan pada National Health Service (NHS) atau Layanan Kesehatan Nasional Inggris untuk memerangi pandemi virus Corona Covid-19. City akan menyediakan Stadion Etihad untuk kepentingan tenaga medis.

Mulai minggu depan, dokter dan perawat dapat menggunakan Etihad untuk tujuan perencanaan dan pelatihan. Mereka harus mempersiapkan diri untuk menghadapi peningkatan pandemi.

Namun, tidak ada pasien yang akan dirawat di  markas Manchester City itu. Karena saat ini sedang dibangun rumah sakit sementara dua mil jauhnya di Manchester Central Convention Complex (GMEX).

Manchester City telah menghubungi petinggi kesehatan untuk membuat ruang pertemuan bagi staf NHS untuk berkumpul dan bersiap menghadapi krisis yang sedang berlangsung.

 

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Tempat Aman

Etihad saat ini tidak digunakan untuk kegiatan sepakbola, karena Liga Ingris ditunda hingga akhir April. City dan Manchester United sebelumnya telah menyumbangkan 100.000 pounds kepada bank lokal yang sedang berjuang karena wabah Corona Covid-19.

Pada 2017, Etihad pernah menjadi tempat yang aman bagi keluarga untuk berkumpul setelah pemboman di Manchester Arena.

Langkah Bijaksana

Manchester City sebelumnya sudah mengambil langkah bijaksana dengan terus menyebarnya wabah virus corona. Mereka akan mengembalikan tiket fans yang batal hadir ke stadion saat City bertanding.

Wabah virus corona memang semakin menyebar saat ini. Bahkan beberapa elemen sepak bola seperti pemain, ofisial, hingga pemilik klub sudah terinfeksi virus tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gubernur Khofifah Imbau Warga Jatim di Perantauan Jangan Mudik

Posted: 28 Mar 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menegaskan dan mengimbau agar warga Jawa Timur (Jatim) di perantauan termasuk di Jakarta untuk tidak mudik. Hal ini untuk melindungi keluarga dan memutus rantai penyebaran virus corona baru (Sars-CoV-2) yang menyebabkan COVID-19.

Khofifah Indar Parawansa mengunggah video imbauan tersebut dalam akun instagramnya @khofifah.ip, Minggu (29/3/2020).

"Supaya sekarang di Jakarta tetap tinggal di rumah saja. Jangan mudik karena saling melindungi mereka juga harus terlindungi. Seluruh anggota keluarga juga harus terlindungi," tutur dia.

Dalam caption instagramnya, ia menulis, kepada para perantau asal Jawa Timur yang ada di Jakarta dan sekitarnya untuk "jangan mudik". Ini untuk kebaikan kita bersama, kebaikan Jawa Timur dan kebaikan Indonesia.

"Mohon untuk berbesar hati untuk tetap di #dirumahsaja sampai situasi darurat COVID-19 ini berakhir," ujar dia.

"Mari kita ikhtiar bersama, ketuk pintu langi berdoa bersama-sama dan aminkan paling khusyu, semoga Indonesia bisa melewati cobaan ini dengan sabar, iklas, dan tegar. Semoga, bencana ini cepat berlalu. Jawa Timur kuat," tulis dia.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Update Corona COVID-19 di Jatim pada 28 Maret 2020

Konferensi pers di Gedung Grahadi, Sabtu (28/3/2020). (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Konferensi pers di Gedung Grahadi, Sabtu (28/3/2020). (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menyampaikan perkembangan terkini mengenai perkembangan kasus virus corona baru (Sars-CoV-2) yang menyebabkan Covid-19 di Jawa Timur, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu malam, 28 Maret 2020.

"Pasien yang positif terpapar Covid-19 hari ini bertambah 11 orang. Dari 66 orang kemarin hari ini menjadi 77 orang. Untuk PDP dari 267 menjadi 307 dan ODP dari 3.055 menjadi 4.568," ujar Khofifah.

Khofifah menuturkan, dari 11 orang yang positif terdiri dari tujuh di Surabaya, 1 Sidoarjo, satu dari Gresik dan satu dari Kota Kediri. "Jadi ada satu lagi wilayah yang masuk zona merah yakni Kota Kediri karena sudah ada pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19," kata dia.

Khofifah juga mengimbau dari hasil tracing masyarakat Jatim membutuhkan kewaspadaan berlapis. Hal ini untuk mencegah penyebaran COVID-19. "Untuk physical distancing, PHBS dan perlindungan sehat mandiri sekarang harus berlapis," kata dia.

Pemprov Jatim juga lakukan kewaspadaan berlapis. Ia mengaku sudah koordinasi dengan DPRD Jatim, Kapolda, Pangdam dan Pangko Armada 2.

"Dalam posisi ini kita harus sama-sama berjuang melakukan pencegahan dengan tidak keluar rumah kecuali untuk hal mendesak," kata mantan Mensos ini.

Khofifah juga menuturkan, ada dua lagi rumah sakit (RS) yang menjadi rujukan. Bed juga otomatis bertambah menjadi 2.238 bed.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Laris Banget, Roti Tisu Toilet Terinspirasi oleh Pandemi Corona COVID-19

Posted: 28 Mar 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Virus corona COVID-19 yang melanda Jerman jadi inspirasi seorang koki untuk menciptakan kue berbentuk gulungan tisu toilet. Lelaki bernama Tim Kortuem menyajikan kue tersebut di tokonya di Dortmund.

Pembuat roti itu telah memenuhi permintaan publik yang sangat tinggi selama krisis corona COVID-19 dengan membuat kue berbentuk gulungan toilet.

Sejak merebaknya corona COVID-19, tidak sedikit orang di Jerman yang mengeluh akibat langkanya tisu toilet. Kelangkaan itu yang membuat harga tisu toilet jadi melejit hingga 700 persen sejak Februari 2020--Maret 2020, seperti dilansir dari New Straits Times, Jumat, 27 Maret 2020.

"Kami pikir, kami harus membuat gulungan toilet untuk dimakan. Dan itulah bagaimana ide itu muncul," kata Kortuem kepada Reuters Television.

Roti tisu toilet itu mampu diproduksi sekitar 200 buah sehari. Namun, produksi tersebut terbilang kurang, karena tidak mampu memenuhi permintaan dari para pelanggan.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Tergila-gila

Ilustrasi roti berbentuk gulungan tisu toilet (Dok.YouTube/ Bakeking TV Cake Channel)
Ilustrasi roti berbentuk gulungan tisu toilet (Dok.YouTube/ Bakeking TV Cake Channel)

Kue kertas toilet tersebut dibuat dengan krim dan dilapisi dengan fondant.

Kortuem menyebutkan bahwa para pelanggan roti berbentuk gulungan tisu toilet ini membuat warga tergila-gila. Mereka menyukainya karena membuat senang di masa pandemik ini.

Seorang pelanggan menyebut, kue tersebut benar-benar sempurna. Merek menyebut membutuhkan sesuatu yang manis setelah corona.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Aktivitas Siti Nurhaliza saat Malaysia Lockdown, Gelar Konser Online

Posted: 28 Mar 2020 10:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang tidak mengenal Siti Nurhaliza? Penyanyi terkenal dari Malaysia ini sudah berkarier di industri musik sejak 1995. Tak hanya terkenal di Malaysia, Siti juga cukup terkenal di Indonesia. Beberapa kali, ia berduet dengan penyanyi Indonesia yang membuat namanya semakin meroket.

Kini Siti Nurhaliza tetap eksis sebagai publik figur Malaysia. Ia pun mencontohkan sifat baik berupa mengajak fansnya agar tetap di rumah selama pandemi virus Corona Covid-19 masih mewabah. Saat ini Malaysia sudah menyatakan lockdown dan membuat Siti harus beraktivitas selama dua minggu di rumah.

Penyanyi kelahiran 11 Januari 1979 membagikan beberapa aktivitasnya selama di rumah. Mulai dari memasak di temani sang buah hati hingga menggelar konser online di Instagram. Upaya Siti Nurhaliza menghibur fansnya melalui konser online ini menuai banyak pujian.

Penasaran kan apa saja kegiatan Siti Nurhaliza selama di rumah? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, aktivitas Siti Nurhaliza selama Malaysia lockdown, Minggu (29/3/2020).

1. Bersama dengan putrinya bernama Siti Aafiyah, Siti Nurhalizah mengisi waktunya di rumah dengan memasak.

4 Aktivitas Siti Nurhaliza saat Malaysia Lockdown, Gelar Konser Online (sumber: Instagram.com/ctdk)
4 Aktivitas Siti Nurhaliza saat Malaysia Lockdown, Gelar Konser Online (sumber: Instagram.com/ctdk)

2. Walaupun di rumah, Siti juga tetap menyempatkan waktu untuk bekerja memantau bisnisnya.

4 Aktivitas Siti Nurhaliza saat Malaysia Lockdown, Gelar Konser Online (sumber: Instagram.com/ctdk)
4 Aktivitas Siti Nurhaliza saat Malaysia Lockdown, Gelar Konser Online (sumber: Instagram.com/ctdk)

4. Ini dia video konser online Siti Nurhaliza yang sedang viral di media sosial. Siti menghibur para fansnya dengan menyanyikan beberapa lagu hits.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polri Akan Semprotkan Disinfektan Serentak di Seluruh Indonesia 31 Maret 2020

Posted: 28 Mar 2020 10:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menindaklanjuti Maklumat Kapolri dan Telegram Kapolri bernomor ST/868/III/KEP./2020 tentang antisipasi perkembangan virus Covid-19 atau corona dan kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan corona, Polri memerintahkan melakukan penyemproran disinfektan massal.

Penyemprotan disinfektan secara massal tersebut tertuang dalam Telegram bernomor ST/1008/III/KES.7/2020 tertanggal 27 Maret 202. Hal ini pun sudah ditandatangani oleh Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono.

"Dalam rangka mendukung keselamatan masyarakat diperlukan gerakan preventif secara masif dan serentak untuk meminimalisir tingkat penyebaran virus Corona (Covid-19)," kata Gatot Eddy dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (29/3/2020).

Wakapolri memerintahkan kepada Kepala Satuan Kerja (Kasatker) dan Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil) yakni Kapolres dan Kapolda se-Indonesia beserta seluruh jajaran fungsionalnya seperti Brimob, Sabhara dan Lantas melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan secara serempak.

"Kegiatan ini tentunya dilakukan bersama-sama dengan rekan-rekan TNI dan pemda setempat serta instansi lainnya," ujarnya.

"Bersama dan bersinergi kita minimalisir penyebaran virus Corona dan dengan menggunakan seluruh kendaraan dinas Polri seperti kendaraan watercanon dan KBR atau memanfaatkan kendaraan dinas lain seperti mobil pemadam kebakaran dan sarana pendukung lainya," sambung Wakapolri.

Digelar Serentak

Untuk penyemprotan secara massal dan serentak ini bakal dilakukan pada Selasa 31 Maret 2020 mulai pukul 09.00 WIB atau 10.00 Wita atau 11.00 WIT.

Reporter: Nur Habibie/Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Twit Cocoklogi Work From Home ala Warganet, Bikin Ketawa Geli

Posted: 28 Mar 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia telah menghimbau masyarakat Indonesia, untuk bekerja di rumah atau work from home agar meminimalisir pencegahan penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

Langkah social distancing atau menjaga jarak antar satu dengan yang lain juga menjadi hal paling penting dilakukan dalam situasi pandemi Corona.

Namun, tidak semua individu bisa melakukan pekerjaannya di rumah. Beberapa pekerjaan yang terkait dengan kepentingan publik bahkan harus dikerjakan secara langsung.

Kondisi tersebut pun membuat para warganet membuat twit cocoklogi pekerjaan-pekerjaan yang diwakilkan dengan gim. Penasaran seperti apa? Berikut twit-twitnya seperti merangkum dari Twitter.

1. Tukang bubur yang ikut WFH nih

(@valeusethokben/twitter.com)
(@valeusethokben/twitter.com)

2. Nah, jadi tetap bisa masak ya walau di gim

(@anyeonghasembuh/twitter.com)
(@anyeonghasembuh/twitter.com)

3. Gim yang populer nih

(@atletkarambol/twitter.com)
(@atletkarambol/twitter.com)

4. Jadi, tetap bisa merawat ternak-ternaknya ya

(@bambinaaaa8/twitter.com)
(@bambinaaaa8/twitter.com)

5. Boleh dicoba nih

(@seterahdeh/twitter.com)
(@seterahdeh/twitter.com)

6. Chef Arnold juga di mention lo

(@blumblyy/twitter.com)
(@blumblyy/twitter.com)

7. Pilot juga bisa work from home

(@princefeb7/twitter.com)
(@princefeb7/twitter.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Golongan Darah A Rentan Terinfeksi Virus Corona COVID-19, Benarkah?

Posted: 28 Mar 2020 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah studi yang dilakukan di Wuhan mengungkap kaitan golongan darah dan serangan Virus Corona COVID-19. Benarkah golongan darah A yang paling rentan?

Selama wabah yang melanda, para peneliti Cina mengambil sampel darah dan mengujinya. Ada keterkaitan antara Virus Corona baru SARS-CoV-2 dengan invidu bergolongan darah tertentu. Studi tersebut masih dalam tahap awal.

Menurut penelitian awal di Cina, orang dengan golongan darah A berisiko lebih tinggi terinfeksi dan cenderung mengalami gejala yang lebih serius dibandingkan dengan pemilik golongan darah lain, mengutip laman 9News.

Penelitian awal ini melibatkan lebih dari 2.000 pasien yang terinfeksi COVID-19 di Wuhan dan Shenzhen. Darah mereka diperbadingkan dengan warga lokal yang sehat.

Para peneliti kemudian menemukan bahwa pasien bergolongan darah A menunjukkan tingkat infeksi yang lebih tinggi dan cenderung mengembangkan gejala COVID-19 yang lebih parah. Sementara pemilik golongan darah O yang memiliki daya tahan lebih baik.

Penelitian ini memang belum ditinjau ulang oleh peneliti lain dan penulis studi juga mengingatkan bahwa kemungkinan ada risiko yang timbul bila menggunakan studi yang dipublikasikan di Medrxiv pada 11 Maret tersebut sebagai panduan dalam penanganan tindakan klinis saat ini.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Dipertimbangkan oleh Pemerintah dan Dokter

Meski demikian, para peneliti menyebut, para dokter dan pemerintah bisa mempertimbangkan soal golongan darah tersebut dalam upaya mencegah penyebaran virus.

"Individu dengan golongan darah A mungkin memerlukan penguatan proteksi pribadi untuk mengurangi kemungkinan terinfeksi," tulis pemimpin studi Wang Xinghuan.

"Pasien yang terinfeksi SARS-CoV-2 dengan golongan darah A mungkin perlu mendapat penanganan yang lebih serius dan pengobatan yang lebih agresif," tulisnya lagi.

Menurut studi tersebut, dari 206 pasien meninggal akibat COVID-19 di Wuhan, 85 di antaranya bergolongan darah A, sedangkan 52 persen lainnya bergolongan darah O. Tren tersebut terlihat lintas usia dan gender.

Menjaga Perilaku Hidup Bersih

Lantas, apakah ini artinya individu dengan tipe darah A akan lebih banyak terinfeksi?

Peneliti yang tidak terlibat dalam studi tersebut mengatakan pada South China Morning Post bahwa diperlukan sampel yang lebih luas untuk menentukan panduan praktik medis terkait golongan darah.

"Jika Anda memiliki tipe darah A, tak perlu panik. Itu tidak berarti Anda akan 100 persen terinfeksi," kata peneliti di Tianjin Gao Yingdai.

"Namun, bila Anda bergolongan darah O, bukan berarti Anda benar-benar aman juga. Anda tetap perlu mencuci tangan dan mengikti panduan yang dikeluarkan oleh Pemerintah," lanjutnya.

Simak Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

India Kewalahan dalam Menerapkan Lockdown Corona COVID-19

Posted: 28 Mar 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kebijakan India untuk menerapkan karantina kewilayahan sebagai penanganan pandemi Virus Corona telah menyebabkan jutaan orang telantar dan tanpa makanan, BBC melaporkan.

India menerapkan kebijakan 'lockdown' sebagai bentuk pencegahan atas Virus Corona secara pro-aktif dan dievaluasi secara bertahap, menambahkan bahwa masalah yang dihadapi oleh jutaan penduduknya akan menjadi bahan peninjauan ulang pemerintah.

Populasi India sebesar 1,3 miliar diberikan pemberitahuan lockdown tiga pekan secara mendadak. Mereka mengetahuinya hanya kurang dari empat jam sebelum kebijakan itu diumumkan pada Selasa 24 Maret 2020.

Negeri Bollywood secara resmi melaporkan sekitar 900 kasus positif.

Namun, para ahli khawatir bahwa jumlah infeksi sebenarnya bisa jauh lebih tinggi.

India memiliki salah satu tingkat pengujian terendah di dunia, meskipun upaya sedang dilakukan untuk meningkatkan kapasitas.

Ada kekhawatiran bahwa pandemi di negara itu --salah satu yang paling padat penduduknya di dunia-- dapat mengakibatkan bencana. Sejauh ini 20 orang dilaporkan meninggal akibat Virus Corona.

 

Lockdown yang Tak Terencana?

Seorang wanita India berada di dalam bus saat keluar dari Bandara Internasional Indira Gandhi setelah dievakuasi dari kota Wuhan di China, di New Delhi (1/2/2020). Jumlah total kematian akibat wabah virus corona di China tercatat mencapai 259 hingga Jumat (31/1/2020). (AFP/Money Sharma)
Seorang wanita India berada di dalam bus saat keluar dari Bandara Internasional Indira Gandhi setelah dievakuasi dari kota Wuhan di China, di New Delhi (1/2/2020). Jumlah total kematian akibat wabah virus corona di China tercatat mencapai 259 hingga Jumat (31/1/2020). (AFP/Money Sharma)

Orang-orang dilarang meninggalkan rumah mereka di bawah tindakan "penguncian total". Semua bisnis yang tidak penting telah ditutup dan hampir semua pertemuan publik dilarang.

Tetapi ada laporan antrean panjang dan pembelian barang secara panik karena orang berjuang untuk mendapatkan persediaan.

Setelah kebijakan lockdown diumumkan, orang-orang di Delhi dan ibukota keuangan, Mumbai, dengan cepat memadati toko-toko dan apotek di tengah kekhawatiran akan kekurangan persediaan.

Itu mendorong Perdana Menteri Narendra Modi untuk memperingatkan bahwa pembelian panik hanya akan menyebarkan penyakit. Dia mengatakan pemerintah akan memastikan ada pasokan persediaan kebutuhan mendasar yang cukup.

Sementara itu, jutaan orang kehilangan pekerjaan dan tanpa upah sebagai akibat dari penutupan tersebut.

Ini telah memicu eksodus dari kota-kota besar seperti Delhi, di mana ribuan pekerja migran berangkat dalam perjalanan panjang kembali ke desa asal mereka setelah transportasi dihentikan.

Seorang pekerja meninggal pada hari Sabtu setelah dia berusaha berjalan sejauh 270 mil (270 km) kembali ke rumah, seorang pejabat polisi mengatakan kepada kantor berita Reuters.

Pada Sabtu 29 Maret 2020, Kementerian Informasi dan Penyiaran India membalas kritik bahwa tindakan itu diumumkan tanpa perencanaan.

Pemerintah telah menerapkan "sistem respons komprehensif" di perbatasannya sebelum Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan pandemi Virus Corona sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional pada 30 Januari, tambahnya.

Beberapa pemerintah negara bagian telah menjanjikan pemberian uang tunai kepada pekerja migran, tetapi ada kekhawatiran tentang logistik pengiriman bantuan.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: [CERITA] Saat Dunia Terperangkap Sunyi

Posted: 28 Mar 2020 10:00 PM PDT

Seorang tunawisma duduk di jalan utama Via del Corso yang sepi setelah pemerintah Italia melakukan lockdown untuk menghentikan penyebaran pandemi COVID-19 di Roma pada 24 Maret 2020. (Photo by Vincenzo PINTO / AFP)
Seorang tunawisma duduk di jalan utama Via del Corso yang sepi setelah pemerintah Italia melakukan lockdown untuk menghentikan penyebaran pandemi COVID-19 di Roma pada 24 Maret 2020. (Photo by Vincenzo PINTO / AFP)

Seorang tunawisma duduk di jalan utama Via del Corso yang sepi setelah pemerintah Italia melakukan lockdown untuk menghentikan penyebaran pandemi COVID-19 di Roma pada 24 Maret 2020. (Photo by Vincenzo PINTO / AFP)

Seorang perempuan duduk di sebuah kereta yang kosong saat orang-orang tinggal di rumah untuk memurus rantai penularan pandemi COVID-19 di Medellin, pada 21 Maret 2020. Presiden Kolombia Ivan Duque mengumumkan isolasi mulai 24 Maret hingga 13 April 2020. (Photo by JOAQUIN SARMIENTO / AFP)
Seorang perempuan duduk di sebuah kereta yang kosong saat orang-orang tinggal di rumah untuk memurus rantai penularan pandemi COVID-19 di Medellin, pada 21 Maret 2020. Presiden Kolombia Ivan Duque mengumumkan isolasi mulai 24 Maret hingga 13 April 2020. (Photo by JOAQUIN SARMIENTO / AFP)

Seorang perempuan duduk di sebuah kereta yang kosong saat orang-orang tinggal di rumah untuk memurus rantai penularan pandemi COVID-19 di Medellin, pada 21 Maret 2020. Presiden Kolombia Ivan Duque mengumumkan isolasi mulai 24 Maret hingga 13 April 2020. (Photo by JOAQUIN SARMIENTO / AFP)

Seorang pria mengendarai sepedanya melewati Arc de Triumph selama kebijakan lockdown berlangsung untuk menghentikan penyebaran pandemi virus corona Covid-19 di Paris pada 23 Maret 2020. (Photo by PHILIPPE LOPEZ / AFP)
Seorang pria mengendarai sepedanya melewati Arc de Triumph selama kebijakan lockdown berlangsung untuk menghentikan penyebaran pandemi virus corona Covid-19 di Paris pada 23 Maret 2020. (Photo by PHILIPPE LOPEZ / AFP)

Seorang pria mengendarai sepedanya melewati Arc de Triumph selama kebijakan lockdown berlangsung untuk menghentikan penyebaran pandemi virus corona Covid-19 di Paris pada 23 Maret 2020. (Photo by PHILIPPE LOPEZ / AFP)

Seorang pria yang mengenakan masker melintasi jalan saat Prancis memberlakukan lockdown untuk menghentikan penyebaran pandemi virus corona Covid-19 di Cannes pada 23 Maret 2020. (Photo by VALERY HACHE / AFP)
Seorang pria yang mengenakan masker melintasi jalan saat Prancis memberlakukan lockdown untuk menghentikan penyebaran pandemi virus corona Covid-19 di Cannes pada 23 Maret 2020. (Photo by VALERY HACHE / AFP)

Seorang pria yang mengenakan masker melintasi jalan saat Prancis memberlakukan lockdown untuk menghentikan penyebaran pandemi virus corona Covid-19 di Cannes pada 23 Maret 2020. (Photo by VALERY HACHE / AFP)

Warga membawa tas belanja berjalan di jalan yang sepi di tengah kebijakan lockdown nasional untuk menekan penyebaran virus corona di Madrid pada 27 Maret 2020.  Spanyol menjadi negara kedua dengan jumlah kematian terbanyak akibat wabah virus corona, di bawah Italia. (Photo by Gabriel BOUYS / AFP)
Warga membawa tas belanja berjalan di jalan yang sepi di tengah kebijakan lockdown nasional untuk menekan penyebaran virus corona di Madrid pada 27 Maret 2020. Spanyol menjadi negara kedua dengan jumlah kematian terbanyak akibat wabah virus corona, di bawah Italia. (Photo by Gabriel BOUYS / AFP)

Warga membawa tas belanja berjalan di jalan yang sepi di tengah kebijakan lockdown nasional untuk menekan penyebaran virus corona di Madrid pada 27 Maret 2020. Spanyol menjadi negara kedua dengan jumlah kematian terbanyak akibat wabah virus corona, di bawah Italia. (Photo by Gabriel BOUYS / AFP)

Sebuah gambar menunjukkan Gedung Parlemen (kiri) di ujung Westminster Bridge yang kosong dengan seorang pejalan kaki di trotoar London setelah pemerintah Inggris setempat memberlakukan lockdown akibat pandemi Covid-19 pada 24 Maret 2020. (Photo by JUSTIN TALLIS / AFP)
Sebuah gambar menunjukkan Gedung Parlemen (kiri) di ujung Westminster Bridge yang kosong dengan seorang pejalan kaki di trotoar London setelah pemerintah Inggris setempat memberlakukan lockdown akibat pandemi Covid-19 pada 24 Maret 2020. (Photo by JUSTIN TALLIS / AFP)

Sebuah gambar menunjukkan Gedung Parlemen (kiri) di ujung Westminster Bridge yang kosong dengan seorang pejalan kaki di trotoar London setelah pemerintah Inggris setempat memberlakukan lockdown akibat pandemi Covid-19 pada 24 Maret 2020. (Photo by JUSTIN TALLIS / AFP)

Seorang perempuan berdoa untuk mengakhiri pandemi Virus Corona sambil duduk sendirian di sebuah gereja yang kosong saat menyiarkan khotbah secara online di Nairobi Baptist Church di Nairobi, Kenya pada 22 Maret 2020 . (Photo by LUIS TATO / AFP)
Seorang perempuan berdoa untuk mengakhiri pandemi Virus Corona sambil duduk sendirian di sebuah gereja yang kosong saat menyiarkan khotbah secara online di Nairobi Baptist Church di Nairobi, Kenya pada 22 Maret 2020 . (Photo by LUIS TATO / AFP)

Seorang perempuan berdoa untuk mengakhiri pandemi Virus Corona sambil duduk sendirian di sebuah gereja yang kosong saat menyiarkan khotbah secara online di Nairobi Baptist Church di Nairobi, Kenya pada 22 Maret 2020 . (Photo by LUIS TATO / AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspada Corona Covid-19, Pelatih Persebaya Berhenti Main Tenis

Posted: 28 Mar 2020 10:00 PM PDT

Surabaya - Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso benar-benar memanfaatkan waktu libur dengan berdiam diri di rumah. Legenda Timnas Indonesia itu berusaha memproteksi diri dari ancaman virus Corona Covid-19.

Biasanya, saat libur Aji memanfaatkan waktu luang dengan bermain tenis dan mengurus burung. Tapi, karena wabah Corona, dia memilih tak menyalurkan hobinya.

"Libur juga main tenisnya, saya di rumah saja sementara ini," kata Aji Santoso kepada Bola.net.

Selama pandemi Corona berlangsung, pemerintah memang menghimbau masyarakat berdiam di rumah. Tujuannya untuk memutus mata rantai penyebaran.

Persebaya sendiri memutuskan meliburkan pemainnya selama sepekan. Keputusan itu diambil karena penyebaran virus Corona kian meluas.

Dan, selama libur latihan, Aji memutuskan untuk tinggal di Malang. Kebetulan, mantan pelatih Persela Lamongan tersebut berdomisili di Kota Apel.

"Saya putuskan mudik dulu ke kampung halaman Malang," imbuh pria yang pernah menukangi Arema FC tersebut.

Aji Santoso mengambil hikmah di balik penghentian kompetisi karena Corona. Dia menjadi punya banyak waktu berkumpul dengan keluarganya.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Pasrah Kompetisi

(Bola.com/Aditya Wany)
(Bola.com/Aditya Wany)

Aji Santoso pun pasrah kepada federasi ihwal kelanjutan Shopee Liga 1 2020. Aji siap menerima apapun keputusan PSSI.

Seperti diketahui, federasi menghentikan kompetisi hingga batas waktu yang tak ditentukan. Langkah itu diambil untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona.

"Yang pasti apa keputusan federasi pasti kami patuhi," kata Aji Santoso.

Namun, Aji tidak mau berandai-andai terkait kemungkinan kompetisi tidak dilanjutkan. Dia tetap menunggu perkembangan.

"Kita lihat perkembangan ke depan seperti apa," tegas bek sayap kiri legendaris Timnas Indonesia itu.

 

Posisi 15

(Bola.com/Yoppy Renato)
(Bola.com/Yoppy Renato)

Persebaya sendiri kini berada di posisi 15 klasemen Shopee Liga 1 2020.

Dari dua pertandingan yang dilalui, Bajol Ijo baru mengoleksi satu poin, hasil dari satu satu imbang dan satu kekalahan. 

 

Sumber asli: Bola.net

Disadur dari: Bola.net (Mustopa El Abdy, Published 26/3/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspada, Virus Corona Baru Tetap Berisiko Menular dari Jenazah Pasien COVID-19

Posted: 28 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Masih banyak orang yang belum mengerti bahwa jenazah pasien dengan penyakit menular seperti COVID-19 tetap berpotensi menularkan penyakitnya meski sudah meninggal.

Dokter Ari Fahrial Syam, spesialis penyakit dalam mengatakan bahwa jenazah seseorang yang positif, atau, pasien dalam pengawasan COVID-19, harus dimandikan di rumah sakit dan mendapatkan protokol kesehatan yang ada.

"Petugas harus menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) yang lengkap, dengan masker N96, kacamata goggle, topi lengkap, tertutup semua," kata Ari beberapa waktu lalu, ditulis Minggu (29/3/2020).

Setelah itu, jenazah dimasukkan dalam bungkus khusus yang tertutup rapat dan tidak boleh ada air yang keluar dari sana.

"Ketika sudah dalam posisi seperti ini maka, kecuali untuk kepentingan autopsi atau hal-hal yang lain, maka tidak boleh dibuka," kata Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini dalam temu media secara daring pada Jumat pekan lalu.

Percikan dari Pasien Berisiko Menularkan

Petugas menyelesaikan pembuatan peti mati khusus jenazah virus corona atau Covid-19 di Dinas Pertamanan dan Pemakaman Jakarta, Sabtu (28/3/2020). Peti mati korban meninggal akibat corona Covid-19 itu dilapisi kantong jenazah dan kain kafan untuk mencegah penyebaran virus. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Petugas menyelesaikan pembuatan peti mati khusus jenazah virus corona atau Covid-19 di Dinas Pertamanan dan Pemakaman Jakarta, Sabtu (28/3/2020). Peti mati korban meninggal akibat corona Covid-19 itu dilapisi kantong jenazah dan kain kafan untuk mencegah penyebaran virus. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ari mengatakan, meski sudah meninggal dunia, jenazah masih berpotensi menularkan penyakitnya lewat air yang keluar dari tubuh pasien.

"Ketika dibuka, itu potensi. Bisa saja misalnya percikan-percikan itu keluar dan ketika kena badan kita, disenggol lalu masuk ke tubuh kita bisa tertular," ujarnya.

Maka dari itu, Ari meminta masyarakat lebih memahami mengenai hal ini agar dia tidak terkena penyakit dari jenazah orang yang sudah meninggal karena penyakit menular, khususnya COVID-19.

"Ini tentu pengertian dari masyarakat sekalian, bahwa ketika ada keluarga kita yang memang mengalami musibah seperti ini, ketika sudah terbungkus rapi dari rumah sakit maka tidak perlu dibuka lagi," tambahnya.

Proses penguburan pun juga harus dilakukan berbeda dari pemakaman pada umumnya seperti pemberlakuan pembatasan jarak hingga pemakaian APD pada petugas pemakaman.

"Harus berjarak, karena bisa saja dalam proses tersebut ada percikan-percikan dari tubuh jenazah," pungkasnya.

Saksikan juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gebby Vesta Ingin Operasi Kelamin Kembali Jadi Pria usai Corona Covid-19 Berlalu

Posted: 28 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Virus Corona Covid-19 membawa dampak yang berbeda-beda pada setiap orang. Seperti yang dirasakan Gebby Vesta.

Meski tidak positif terjangkit virus Corona Covid-19, Gebby Vesta justru mendapatkan hikmah.

Gebby Vesta ingin kembali menjadi seorang laki-laki seperti kodratnya saat lahir. Seperti diketahui, ia telah melakukan operasi kelamin untuk menjadi wanita atau transgender.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Ingin Operasi Kelamin Lagi

Gebby Vesta (Foto: Instagram/@gebyy.vesta_)
Gebby Vesta (Foto: Instagram/@gebyy.vesta_)

Dalam akun Instagramnya, Kamis (26/3/2020), Gebby Vesta menuliskan keinginannya setelah Corona Covid-19 berakhir.

"Abis corona aku mau ke thailand lagi mau op balikin b***** gue," ujarnya.

 

Harapannya

Gebby Vesta (Foto: Instagram/@gebby.vesta_)
Gebby Vesta (Foto: Instagram/@gebby.vesta_)

Ia berharap keinginannya tersebut bisa terwujud. "Semoga ada b***** yg mau nempel yaa," tambahnya.

 

Minta Doa

Dalam keterangan unggahannya tersebut, Gebby Vesta minta doa agar terkabul. " Doakan yaaa," tulisnya dengan memberi emotikon menangis.

 

Ikut Miss Queen International 2020

Belum lama ini, Gebby Vesta sempat mengikuti ajang Miss Queen International 2020 yang dihelat di Pattaya, Thailand. Ajang ini dikhususkan bagi para transgender, dan Gebby meraih penghargaan Miss Congeniality.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Strategi Perang Yogyakarta Lawan Corona COVID-19

Posted: 28 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di DIY mulai menunjukkan keseriusannya menangani pandemi Corona COVID-19. Persoalan kecukupan alat pelindung diri (APD) medis yang sempat menjadi pertanyaan beberapa waktu terakhir ini akhirnya terjawab.

BPBD DIY telah menerima 4.000 APD berupa coverall dan 14.400 rapid tes dari pemerintah pusat. Sadar jumlah itu tidak mencukupi, diajukan belanja tak terduga (BTT) melalui APBD DIY. Pengajuan ini bisa dilakukan karena DIY telah menetapkan status tanggap darurat sejak pekan lalu untuk pandemi Corona COVID-19.

"Anggaran tak terduga di bulan pertama ini kami mengajukan Rp 9,25 miliar untuk kepentingan APD dan rumah sakit," ujar Biwara Yuswantana, Wakil Sekretaris Gugus Tugas Penanganan COVID-19 DIY, Sabtu (28/3/2020).

Berdasarkan pendataan, rumah sakit rujukan  dan non rujukan Corona COVID-19 di DIY membutuhkan 18.400 APD lengkap  per bulan. Kebutuhan ini dipenuhi secara bertahap dan dipastikan kebutuhan bulanan terpenuhi.

Sebagian APD lengkap sudah tersedia melalui anggaran BTT. Sementara, bantuan APD dari pusat masih harus dipenuhi oleh daerah (Dinas Kesehatan) untuk pengadaan goggle maupun masker.

Biwara berharap setiap kabupaten dan kota di DIY bisa mengakses BTT melalui APBD kabupaten dan kota masing-masing untuk pemenuhan kebutuhan selama masa tanggap darurat Corona COVID-19.

"Perkiraan kami untuk minggu ini APD tercukupi, dan pengadaannya akan terus dilakukan secara bertahap berdasarkan proyeksi kebutuhan rumah sakit selama satu bulan," ucapnya.

Ia juga memastikan BTT tidak hanya untuk pengadaan APD, melainkan juga untuk mempersiapkan Rumah Sakit Hardjolukito sebagai rumah sakit central COVID-19. Pasien dalam pengawasan (PDP) yang bermunculan akan diarahkan ke sana. Tenaga medis juga sudah siap.

Selain itu, BTT juga untuk anggaran penyemprotan disinfektan ke titik-titik yang berpotensi terjadinya penularan Corona COVID-19.

Sementara, terkait rapid tes, Biwara menegaskan prioritas ditujukan kepada tenaga medis dan keluarga atau kerabat yang bersinggungan langsung dengan pasien dalam pengawasan (PDP) atau pasien positif Corona COVID-19.

"Untuk teknis pelaksanaannya sedang dirancang dinas kesehatan," kata Biwara.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Memperketat Pengawasan kepada Pendatang

Gugus tugas penanganan COVID-19 DIY (foto. dok)
Gugus tugas penanganan COVID-19 DIY (foto. dok)

Biwara menuturkan, banyaknya orang yang masuk ke wilayah DIY dalam beberapa hari ini membuat Gugus Tugas Penanganan COVID-19 DIY menyusun rencana operasi.

Hasil rapat dengan Dinas Perhubungan provinsi, kabupaten, kota, TNI dan Polri, BPBD kabupaten, kota, dan provinsi menyepakati pengawasan kendaraan yang masuk ke DIY, seperti bus.

Bus yang masuk ke DIY wajib masuk ke terminal dan mengikuti rangkaian pengawasan sesuai prosedur. Pendataan penumpang dilakukan untuk mengetahui asal dan tujuan mereka di DIY. Selain itu juga akan dilakukan pengukuran suhu tubuh penumpang yang turun di terminal serta disinfeksi melalui penyemperotan disinfektan kepada penumpang.

Tim gabungan akan berjaga di empat terminal, yakni, Jombor, Wates, Wonosari, dan Giwangan. Tim yang terdiri dari unsur TNI dan Polri, dinas kesehatan, serta dinas perhubungan ini akan mulai berjaga pada pukul 01.00 sampai 06.00 WIB, sesuai dengan waktu bus masuk terminal.

"Tetapi waktu bisa disesuaikan, misal ada regulasi baru bus masuk terminal sebelum pukul 19.00 WIB, maka tim gabungan juga akan berubah jam jaga," kata Biwara.

Ia tidak menampik, sebagian wilayah kampung di Yogyakarta mulai melakukan lockdown. Ia sudah berkoordinasi dengan Gubernur DIY dan ditindaklanjuti bupati serta walikota yang membuat surat edaran terkait pendatang.

Menurut Biwara, lockdown lokal sebagai bentuk inisiatif warga melindungi. Sebenarnya, tindakannya bervariasi, tidak melulu menutup akses jalan kampung, sebab ada pula yang menyiapkan tenda penyemprotan sebelum masuk ke kampung.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Lengkap 28 Perjalanan Kereta dari Jakarta yang Dibatalkan

Posted: 28 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI kembali melakukan pembatalan perjalanan kereta api (KA). Langkah ini dalam upaya memutus rantai penyebaran virus Corona Covid-19. 

Berdasarkan keterangan yang diterima liputan6.com, Minggu (29/3/2020), khusus di Daop 1 Jakarta, terdapat 28 perjalanan kereta api yang akan dibatalkan. Pembatalan ini dalam kurun waktu 1 April sampai dengan 1 Mei 2020. 

Pembatalan untuk keberangkatan Kereta Api Jarak Jauh dari Stasiun Gambir, Pasar Senen dan Jakarta Kota.

Meski terdapat beberapa pengurangan jadwal, KAI Daop 1 Jakarta memastikan bahwa jarak antar penumpang di kereta api tetap akan diterapkan melalui pengaturan oleh petugas. Saat ini volume penumpang juga tidak sepadat di waktu normal bahkan jauh menurun. Untuk stasiun keberangkatan di area Daop 1 Jakarta rata-rata terdapat penurunan volume hingga 70 persen.

Bagi calon penumpang yang terdampak pembatalan KA pada kurun waktu tersebut dapat mengajukan pengembalian bea tiket secara penuh 100 persen di luar bea pesan.

Kali ini PT KAI tidak mengalihkan penumpang yang jadwalnya batal ke perjalanan KA lainnya, namun penumpang dapat melakukan pembelian tiket dengan jadwal KA yang lain secara mandiri.

Sebelum jadwal pembatalan diberlakukan, tentunya seluruh calon penumpang yang sudah membeli tiket pada jadwal kareta api yang dibatalkan sudah diberikan informasi terlebih dahulu melalui layanan informasi pelanggan.

 

 

 

 

Daftar 28 Perjalanan

Suasana pertokoan dekat ruang tunggu keberangkatan Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (27/3/2020). PT Kereta Api Indonesia (Persero) membatalkan sejumlah jadwal perjalanan menyusul meluasnya penyebaran virus corona, pembatalan itu dilakukan mulai 26 Maret 2020. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Suasana pertokoan dekat ruang tunggu keberangkatan Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (27/3/2020). PT Kereta Api Indonesia (Persero) membatalkan sejumlah jadwal perjalanan menyusul meluasnya penyebaran virus corona, pembatalan itu dilakukan mulai 26 Maret 2020. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Berikut Daftar 28 Kereta Api (KA) yang mengalami pembatalan perjalanan periode 1 April - 1 Mei 2020:

1. KA 2A Argo Wilis (Gambir-Bandung-Surabaya Gubeng) keberangkatan 05.00 WIB, BATAL tanggal 2 - 30 April 2020

2. KA 14 Argo Muria (Gambir-Semarang Tawang) keberangkatan 06.55 WIB, BATAL tanggal 2-30 April 2020

3. KA 20 Argo Cheribon (Gambir-Tegal) keberangkatan 11.10 WIB, BATAL tanggal 1-30 April 2020

4. KA 34 Argo Cheribon (Gambir-Cirebon) keberangkatan 07.30 WIB, BATAL tanggal 1-30 April 2020

5. KA 30 Argo Cheribon (Gambir-Cirebon) keberangkatan 18.10 WIB, BATAL tanggal 1-30 April 2020

6. KA 22 Argo Cheribon (Gambir-Cheribon) keberangkatan 22.30 WIB, BATAL tanggal 1 April - 1 Mei 2020

7. KA 28 Argo Cheribon (Gambir-Cirebon) keberangkatan 06.05 WIB, BATAL tanggal 2-30 April 2020

8. KA 66F Argo Parahyangan (Gambir - Bandung) keberangkatan 00.40 WIB, BATAL tanggal 1-30 April 2020

9. KA 42A Argo Parahyangan (Gambir - Kiaracondong) keberangkatan 10.45 WIB, BATAL tanggal 1-30 April 2020

10. KA 7002 Argo Parahyangan (Gambir - Bandung) keberangkatan 19.45 WIB, BATAL tanggal 1-30 April 2020

11. KA 56A Argo Parahyangan (Gambir-Bandung) keberangkatan 07.12 WIB, BATAL tanggal 1-30 April 2020

12. KA 52 Argo Parahyangan (Gambir-Bandung) keberangkatan 22.55 WIB, BATAL tanggal 1 April - 1 Mei 2020

13. KA 78A Turangga (Gambir-Bandung-Surabaya Gubeng) keberangkatan 14.00 WIB, BATAL tanggal 1 April - 1 Mei 2020

14. KA 82 Sembrani (Gambir-Surabaya Turi) keberangkatan 19.00 WIB, BATAL tanggal 1 April - 1 Mei 2020

15. KA 84A Taksaka (Gambir-Yogyakarta) keberangkatan 09.30 WIB, BATAL tanggal 1-30 April 2020

16. KA 86A Taksaka (Gambir-Yogyakarta) keberangkatan 21.30 WIB, BATAL tanggal 1 April - 1 Mei 2020

17. KA 104B Mutiara Selatan (Gambir-Bandung-Surabaya Gubeng) keberangkatan 17.10 WIB, BATAL tanggal 1 April - 1 Mei 2020

18. KA 108B Malabar (Pasarsenen-Bandung-Malang) keberangkatan 16.10 WIB, BATAL tanggal 1 April - 1 Mei 2020

19. KA 112A Gaya Baru Malam (Pasarsenen-Surabaya Gubeng) keberangkatan 10.15 WIB, BATAL tanggal 1 April - 1 Mei 2020

20. KA 134 Gumarang (Pasarsenen-Surabaya Pasar Turi) keberangkatan 15.35 WIB, BATAL tanggal 1 April - 1 Mei 2020

 

21-28

Petugas melintasi ruang tunggu keberangkatan Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (27/3/2020). PT Kereta Api Indonesia (Persero) membatalkan sejumlah jadwal perjalanan menyusul meluasnya penyebaran virus corona, pembatalan itu dilakukan mulai 26 Maret 2020. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Petugas melintasi ruang tunggu keberangkatan Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (27/3/2020). PT Kereta Api Indonesia (Persero) membatalkan sejumlah jadwal perjalanan menyusul meluasnya penyebaran virus corona, pembatalan itu dilakukan mulai 26 Maret 2020. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

21. KA 142A Bogowonto (Pasarsenen-Lempuyangan) keberangkatan 21.45 WIB, BATAL tanggal 1 April - 1 Mei 2020

22. KA 144A Gajahwong (Pasarsenen-Lempuyangan) keberangkatan 06.45 WIB, BATAL tanggal 2-30 April 2020

23. KA 146 Fajar Utama YK (Pasarsenen-Yogyakarta) keberangkatan 07.20 WIB, BATAL tanggal 2-30 April 2020

24. KA 148A Senja Utama YK (Pasarsenen-Yogyakarta) keberangkatan 18.55 WIB, BATAL tanggal 1 April - 1 Mei 2020

25. KA 158A Sawunggaling (Pasarsenen-Kutoarjo) keberangkatan 08.50 WIB, BATAL tanggal 2-30 April 2020

26. KA 202 Tawang Jaya (Pasarsenen-Semarang Poncol) keberangkatan 23.25 WIB, BATAL tanggal 1 April -1 Mei 2020

27. KA 260A Kutojaya Utara YK (Jakarta Kota-Kutoarjo) keberangkatan 05.45 WIB, BATAL tanggal 2-30 April 2020

28. KA 264 Menoreh (Jakarta Kota-Semarang Tawang) keberangkatan 19.15 WIB, BATAL tanggal 1 April -1 Mei 2020

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ngeri, Detik-detik Pesepeda Nyaris Terlindas Truk

Posted: 28 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah rekaman CCTV perlihatkan bagaimana seorang pesepeda nyaris terlindas truk.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Segera Putuskan Penutupan Arus Transportasi Keluar Jakarta

Posted: 28 Mar 2020 09:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah berencana menutup arus transportasi keluar Jakarta. Kebijakan tersebut bertujuan untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Namun rencana tersebut menurut Direktur Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi baru akan diputuskan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan yang juga menjabat sebagai Plt Menteri Perhubungan selambat-lambatnya pada Senin (30/3/2020) mendatang.

"Insyallah dalam waktu dekat. Paling lambat hari Senin," kata Budi saat dihubungi merdekacom, Minggu (29/3/2020).

Budi enggan memberkan terlebih dahulu teknis pembatasan akses untuk mencegah penyebaran virus corona itu. Dia meminta publik agar menunggu keputusan Menteri Luhut. 

Dia menuturkan, pihaknya tengah berkomunikasi dengan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Istiono terkait pelaksanaan kebijakan tersebut.

"Lagi saya diskusikan dengan Pak Kakorlantas Polri dulu. Belum tahu nanti diberlakukan seluruh Indonesia atau Jakarta dahulu," ungkap Budi.

Jika keputusan pembatasan akses untuk mencegah penyebaran virus corona itu diberlakukan, Budi menegaskan, kendaraan logistik barang atau sembako tidak boleh terganggu.

"Kalau nantipun mau diberlakukan, sesuai dengan arahan Pak Menko Maritim, tidak boleh terganggu itu angkutan logistik barang, yang lainnya petugas-petugas itu, yang lainnya nunggu instruksi dari Pak Menko Maritim nanti," ungkap Budi.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Tunda Mudik

Calon penumpang bersiap menaiki bus di Terminal Kalideres, Jakarta, Kamis (30/5/2019). Menurut Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) puncak arus mudik di Terminal Kalideres diprediksi akhir pekan ini, mulai dari Jumat hingga Sabtu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Calon penumpang bersiap menaiki bus di Terminal Kalideres, Jakarta, Kamis (30/5/2019). Menurut Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) puncak arus mudik di Terminal Kalideres diprediksi akhir pekan ini, mulai dari Jumat hingga Sabtu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Ahmad Yurianto meminta kepada masyarakat Indonesia sebisa mungkin menunda tradisi mudik Lebaran pada tahun ini. Hal ini untuk memutus rantai persebaran virus Corona atau Covid-19 di Indonesia yang kian memprihatinkan.

"Tidak perlu bepergian jauh bersama keluarga apalagi harus ke kampung halaman, alangkah lebih baik ditunda," kata Yurianto saat jumpa pers di BNPB Jakarta, Jumat (27/3/2020).

Yurianto mengatakan, hal ini perhatian pemerintah supaya penambahan kasus tidak meninggi dan penularan Corona Covid-19 tidak semakin banyak. 

Dia meminta kepada masyarakat agar menghindari berada di satu tempat secara berkerumun dan bersama lebih dari satu orang, seperti di dalam mobil, bus, atau kereta.

"Jadi maka sebaiknya hati-hati tidak perlu meninggalkan rumah dan pergi bersama keluarga ke tempat jauh di dalam satu alat angkut yang berdesakan, ini risiko berlipat ganda," jelas dia.

Yurianto meyakini, bila arahan pemerintah bisa dilakukan dengan baik, seperti menjaga jarak aman sosial dan bekerja di rumah serta tidak keluar rumah, mata rantai penyebaran Corona Covid-19 bisa segera berakhir.

"Social distancing, work from home, dan selalu cuci tangan pakai sabun sebelum dan setelah makan, sehabis memegang sesuatu di tempat umum dan jangan menyentuh wajah karena ini salah satu cara penularan virus tersebut," Yurianto menandaskan.

 

Reporter: Intan Umbari

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Chat Minta 'Pap' Ini Bikin Geleng Kepala Sekaligus Geregetan

Posted: 28 Mar 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Banyak cara yang bisa dilakukan agar bisa mendapatkan pacar. Salah satunya bisa chat dengan orang yang disuka. Namun biasanya saat chatting selalu saja ada drama yang menyertai. Seperti drama chat minta pap (post a picture) yang sering terjadi pada anak zaman sekarang.

Persis seperti unggahan akun Instagram @awreceh.id pada Kamis (26/3/2020). Akun Instagram tersebut mengunggah tangkapan layar chat pria yang enggan chattingan kalau tidak dikirim pap. Hingga sekarang postingan tersebut sudah mendapatkan 250 ribu like dan 1.798 komentar.

"Sok ganteng banget!" komentar akun Instagram @putrianj_, Kamis (26/3/2020).

"Afgan - Sadis" komentar akun Instagram @siusmhail, Kamis (26/3/2020).

Penasaran kan apa saja chat minta pap yang bikin geregetan? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, chat minta pap, Minggu (29/3/2020).

1. Ya ampun, masak iya harus pap dulu kalau mau chattingan.

5 Chat Minta 'Pap' Ini Bikin Geleng Kepala Sekaligus Geregetan (sumber: Instagram.com/awreceh.id)
5 Chat Minta 'Pap' Ini Bikin Geleng Kepala Sekaligus Geregetan (sumber: Instagram.com/awreceh.id)

2. Aduh si bapak cari kesempatan aja.

5 Chat Minta 'Pap' Ini Bikin Geleng Kepala Sekaligus Geregetan (sumber: Instagram.com/ngakakkocak)
5 Chat Minta 'Pap' Ini Bikin Geleng Kepala Sekaligus Geregetan (sumber: Instagram.com/ngakakkocak)

3. Foto wajah 'kakak' bukan 'kk'. Bikin geregetan aja sih.

5 Chat Minta 'Pap' Ini Bikin Geleng Kepala Sekaligus Geregetan (sumber: Instagram.com/awreceh.id)
5 Chat Minta 'Pap' Ini Bikin Geleng Kepala Sekaligus Geregetan (sumber: Instagram.com/awreceh.id)

4. Lah, foto genitnya malah bikin geleng-geleng. Di-block kan jadinya.

5 Chat Minta 'Pap' Ini Bikin Geleng Kepala Sekaligus Geregetan (sumber: Instagram.com/awreceh.id)
5 Chat Minta 'Pap' Ini Bikin Geleng Kepala Sekaligus Geregetan (sumber: Instagram.com/awreceh.id)

5. Ya elah sampai papnya pakai filter tua biar enggak ketahuan. Ada-ada saja memang.

5 Chat Minta 'Pap' Ini Bikin Geleng Kepala Sekaligus Geregetan (sumber: 1cak.com)
5 Chat Minta 'Pap' Ini Bikin Geleng Kepala Sekaligus Geregetan (sumber: 1cak.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenag Siap Sulap 16 Asrama Haji Jadi Rumah Sakit Darurat Corona

Posted: 28 Mar 2020 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Agama (Kemenag) menyiapkan 16 asrama haji untuk dijadikan Rumah Sakit Darurat Virus Corona atau Covid-19. 16 asrama haji yang disiapkan itu tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

"Sesuai arahan Menteri Agama, bahwa Kemenag siap untuk mem-back-up kebutuhan RS darurat dalam menghadapi wabah virus corona dengan menyediakan asrama haji sebagai alternatif pilihan," kata Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid dalam keterangan persnya, Minggu (29/3/2020).

"Jumlah asrama haji yang dimiliki Kemenag ada 16, tersebar di seluruh wilayah Indonesia," sambung dia.

Zainut menjelaskan bahwa penyiapan asrama haji sebagai rumah sakit darurat corona ini akan disesuikan dengan kebutuhan daerah. Kemenag, kata dia, telah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Pemda setempat terkait teknisnya.

"Kami juga terus melakukan koordinasi dengan seluruh Kanwil untuk mendapat masukan dari mereka tentang kawasan yang sangat membutuhkan bantuan penanganan wabah Covid-19 ini," jelasnya.

 

Asrama Haji Pondok Gede

Petugas merapikan tempat tidur di Gedung E, Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Kamis (4/7/2019). Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi Jakarta - Pondok Gede siap menyambut jemaah haji kloter pertama DKI Jakarta yang dijadwalkan tiba pada Sabtu (6/7). (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)
Petugas merapikan tempat tidur di Gedung E, Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Kamis (4/7/2019). Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi Jakarta - Pondok Gede siap menyambut jemaah haji kloter pertama DKI Jakarta yang dijadwalkan tiba pada Sabtu (6/7). (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Menurut dia, saat ini RS Haji Pondok Gede sudah melayani pasien corona. Kemenag juga bersedia meminjamkan gedung utama Asrama Haji Pondok Gede sebagai fasilitas perawatan pasien dalam pemantauan (PDP).

"Untuk sementara fasilitas yang digunakan 70 kamar guna keperluan mengkarantina orang yang berstatus PDP," ucap Zainut.

Lebih lanjut, dia menegaskan bahwa Kemenag telah merelokasi anggaran sekitar Rp 300 miliar untuk membantu penananganan virus corona. Anggaran itu berasal dari sejumlah pos perjalanan dinas di luar dan dalam negeri serta kegiatan reguler.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kutai Kartanegara Pasang Stiker di Rumah ODP

Posted: 28 Mar 2020 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Kutai Kartanegara - Cara berbeda dilakukan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara dalam menangani penyebaran Virus Corona Covid-19. Tak hanya mengkarantina warga dengan status Orang Dengan Pemantauan (ODP), namun juga membuat stiker khusus.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Kutai Kartanegara Martina Yulianti mengakui pihaknya serius menangani pandemi ini mulai dari warga berstatus ODP. Warga dengan status itu diminta isolasi secara mandiri dan juga disediakan tempat khusus.

"Kita sediakan sejumlah tempat jika isolasi secara mandiri di rumah sulit dilakukan," kata Martina, Minggu (29/3/2020).

Untuk ODP yang memilih isolasi mandiri di rumah, kata Martini, pihaknya sepakat untuk memasang stiker. Stiker ini menjelaskan status warga yang diisolasi, termasuk waktu dimulainya isolasi dan berakhir.

"Itu memang merupakan hasil kesepakatan dan jadi kebijakan dari gugus tugas kemudian mendapat persetujuan. Kita lakukan untuk menjamin agar para ODP yang mengisolasi diri secara mandiri di rumah itu patuh dan tidak menularkan kepada yang lain," katanya.

Selain itu, sambung Martina, masyarakat juga bisa membantu mencegah penularan dengan memastikan isolasi di sekitar lingkungan mereka berjalan dengan baik. Petugas kesehatan juga mudah memantau aktivitas para ODP dan rutin memeriksa kesehatannya.

"Agar masyarakat setempat, terutama pak RT tahu bahwa di sini ada isolasi rumah, jadi sama-sama harus kita jaga agar tidak ada penularan baru," tambah Martina.

Jika ada gejala klinis, petugas medis akan membawa warga ODP untuk diisolasi di ruangan khusus Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Pengawasan ketat mulai dari lingkungan masing-masing diharapkan bisa membantu mencegah penularan Covid-19.

Disamping itu, kata Martina, upaya-upaya isolasi mulai dari warga berstatus ODP diharapkan mampu menggugah masyarakat yang selama ini meremehkan penyebaran virus yang belum ditemukan obatnya ini.

"Kita harapkan masyarakat yang menganggap ini sepele, agar berubah pikirannya dan jadi kewaspadaan bersama," kata Matina.

Warga Kutai Kartanegara sendiri yang terkonfirmasi positif Virus Corona Covid-19 saat ini sebanyak satu pasien. Pasien ini merupakan bagian dari klaster KPU.

Simak juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Donasi Bos Facebook untuk Penelitian Covid-19 Terpopuler

Posted: 28 Mar 2020 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mark Zuckerberg beserta istrinya, Priscilla Chan, menyumbang dana sebesar USD 25 juta atau setara Rp 400 miliar untuk mendanai penelitian Covid-19.

Berita ini pun menjadi yang terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com, Sabtu (29/3/2020). Informasi lain yang tak kalah populer adalah bantuan Jack Ma berupa masker dan lainnya yang sudah tiba di Indonesia.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Bos Facebook dan Istri Sumbang Rp 400 Miliar untuk Penelitian Terkait Covid-19

Pendiri sekaligus bos Mark Zuckerberg beserta istrinya, Priscilla Chan, lagi-lagi berdonasi untuk melawan virus corona.

Melalui yayasannya, The Chan-Zuckerberg Initiative (CZI), pasangan miliarder ini mengumumkan, telah bermitra dengan Bill and Melinda Gates Foundation untuk mendonasikan USD 25 juta atau setara Rp 400 miliar guna mendanai penelitian Covid-19.

Penelitian ini nantinya berupaya untuk mengeksplor kemungkinan terkait upaya penyembuhan dari Covid-19.

Baca selengkapnya di sini

2. Bantuan Masker dan Alat Tes Covid-19 dari Jack Ma Tiba di Indonesia

Bantuan masker dan perlengkapan medis esensial untuk melawan Covid-19 yang dikirimkan oleh pendiri Alibaba Jack Ma akhirnya tiba di Indonesia pada Jumat (27/3/2020).

Sebelumnya, diumumkan bahwa bantuan ini didonasikan melalui Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation. Bantuan tersebut kemarin tiba di Bandara Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Pengiriman bantuan ini merupakan bagian dari donasi perlengkapan medis oleh Jack Ma kepada empat negara di Asia Tenggara yang diumumkan Kamis pekan lalu. Keempat negara yang dimaksud antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Filipina.

Baca selengkapnya di sini

 

3. Google Donasi Rp 12,8 Triliun untuk Produksi APD dan Masker bagi Tenaga Medis

Seorang teknisi melewati logo mesin pencari internet, Google, pada hari pembukaan kantor baru di Berlin, Selasa (22/1). Google kembali membuka kantor cabang yang baru di ibu kota Jerman tersebut. (Photo by Tobias SCHWARZ / AFP)
Seorang teknisi melewati logo mesin pencari internet, Google, pada hari pembukaan kantor baru di Berlin, Selasa (22/1). Google kembali membuka kantor cabang yang baru di ibu kota Jerman tersebut. (Photo by Tobias SCHWARZ / AFP)

Induk perusahaan Google, Alphabet, akan mendonasikan dana sebesar USD 800 juta atau setara Rp 12,8 triliun.

Dana ini bakal digunakan untuk memproduksi alat pelindung diri (APD), masker, hingga sarung tangan untuk membantu tenaga kesehatan melawan Covid-19.

Sumbangan lain, juga akan diberikan dalam bentuk kredit iklan untuk pemerintah dan organisasi kesehatan dan bisnis. Demikian menurut CEO Alphabet Sundar Pichai.

Baca selengkapnya di sini

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Macam Karantina Guna Mencegah Virus Corona Covid-19

Posted: 28 Mar 2020 09:35 PM PDT

Jakarta- Hampir di seluruh dunia saat ini sedang mencoba berbagai cara pencegahan untuk memutus penyebaran virus corona Covid-19. Salah satunya adalah dengan melakukan karantina.

Karantina bertujuan untuk memantau gejala dan mendeteksi dini penyakit sedini mungkin. Orang yang melakukan karantina setidaknya bisa mengurangi kans penularan virus corona ke orang lain.

Secara pengertian berkaitan dengan konteks corona, karantina bisa diartikan sebagai pengisolasian diri agar virus yang mungkin terdapat dalam tubuh manusia tidak menulari manusiannya lainnya.

Berbeda dengan keterangan dari WHO, karantina didefinisikan sebagai pembatasan kegiatan atau pemisahan orang yang tidak mengalami gangguan kesehatan, namun tetap dapat terpapar agen atau penyakit menular.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan, terdapat beberapa jenis karantina yang dapat dilakukan oleh Pemerintah. Berikut merupakan rangkuman dari beberapa jenis karantina yang diterapkan di Indonesia:

Isolasi Diri

Daripada zodiak lain, 5 zodiak ini paling mengisolasi diri ketika patah hati. Mengurung diri, misalnya. (Via: picssr.com)
Daripada zodiak lain, 5 zodiak ini paling mengisolasi diri ketika patah hati. Mengurung diri, misalnya. (Via: picssr.com)

Merujuk pada Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan, isolasi diri bertujuan untuk memantau kesehatan diri sendiri dan berusaha semaksimal mungkin untuk menghindari terjadinya penularan penyakit.

Beberapa hal yang dapat dilakukan ketika sedang melakukan isolasi diri yaitu antara lain tidak berinteraksi secara langsung dengan orang lain, menjaga kebersihan lingkungan sekitar, hindari berbagi barang pribadi dengan orang lain, menggunakan ruang terpisah dengan orang lain, menjaga jarak minimal 1 meter, melakukan observasi gejala, dan jika perlu hubungi tenaga medis apabila muncul gejala penyakit yang berlanjut.

Karantina Rumah

Seorang pria kumpulkan potret orang-orang yang sedang karantina dengan drone. (Sumber: Boredpanda)
Seorang pria kumpulkan potret orang-orang yang sedang karantina dengan drone. (Sumber: Boredpanda)

Karantina rumah dilakukan agar dapat menekan penyebaran virus corona yang dilakukan dalam satu rumah. Hal ini berarti melakukan isolasi diri beserta benda-benda yang disinyalir dapat menularkan virus corona.

Dalam hal ini, orang lain tidak dapat berinteraksi secara langsung pula dengan orang yang terduga terinfeksi virus corona ataupun dengan benda-benda yang telah digunakan. Sebab, virus corona tersebut dapat hidup pada permukaan benda seperti logam, alumunium, kayu, kaca, dan plastik selama beberapa hari.

Kebutuhan untuk bersosialisasi tetap dapat dilakukan menggunakan sambungan telepon atau internet. Hindari berinteraksi sosial secara langsung apabila belum dinyatakan bebas dari virus corona.

Karantina Rumah Sakit

Presiden Joko Widodo meninjau ruang perawatan Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Presiden memastikan bahwa rumah sakit darurat ini siap digunakan untuk karantina dan perawatan pasien Covid-19. (Kompas/Heru Sri Kumoro/Pool)
Presiden Joko Widodo meninjau ruang perawatan Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Presiden memastikan bahwa rumah sakit darurat ini siap digunakan untuk karantina dan perawatan pasien Covid-19. (Kompas/Heru Sri Kumoro/Pool)

Jenis karantina ini memungkinkan adanya tindakan medis secara langsung oleh tenaga medis di rumah sakit. Tindakan ini dilakukan untuk mengobati pasien terinfeksi sekaligus mencegah penyebaran virus corona pada orang lain di sekitar pasien tersebut seperti keluarga dan kerabat.

Saat ini, karantina rumah sakit merupakan hal yang wajib dipertimbangkan mengingat terjadinya ketimpangan kasus positif virus corona dengan fasilitas medis yang ada. Melakukan tindakan pencegahan diri untuk memutus mata rantai penyebaran virus adalah tanggung jawab dari setiap individu di seluruh dunia.

Karantina Fasilitas Khusus

Tim dokter saat menangani pasien dalam penyelidikan virus Corona di RSUD Raden Mattaher Jambi. (Liputan6.com/Istimewa)
Tim dokter saat menangani pasien dalam penyelidikan virus Corona di RSUD Raden Mattaher Jambi. (Liputan6.com/Istimewa)

Karantina dengan fasilitas khusus adalah jenis karantina yang dilakukan oleh pihak-pihak terkait. Karantina fasilitas khusus dilakukan dengan fasilitas khusus yang hanya disediakan bagi orang yang terduga terinfeksi virus corona.

Jenis karantina ini merupakan langkah alternatif bagi Pemerintah apabila fasilitas kesehatan sudah tidak cukup dan mampu untuk menampung orang yang memiliki gejala dan riwayat kontak secara langsung dengan pasien positif virus corona.

Alternatif ini dilakukan di fasilitas yang dikelola khusus untuk menangani virus. Dapat dilakukan di tempat-tempat yang luas seperti asrama haji, wisma, hotel, ataupun tempat-tempat lain yang dirasa layak untuk dijadikan rumah sakit darurat untuk menangani virus pandemi.

Selain itu, fasilitas ini tetap diawasi oleh pihak-pihak yang terkait dan berwenang di bidangnya seperti Lembaga atau Kementerian, Pemerintah Daerah setempat antara lain Badan Penanggulangan Bencana Daerah, TNI, Polri, Puskesmas, Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, dan lain sebagainya.

Fasilitas ini mendapatkan pembiayaan dan di bawah naungan langsung oleh Pemerintah di bawah naungan Kementerian, Gubernur, Walikota, ataupun Bupati yang memiliki wewenang urusan di wilayah fasilitas kesehatan darurat tersebut.

Karantina Wilayah

Sebuah jalan terlihat kosong di Barcelona, Spanyol, Minggu (15/3/2020). Pandemi virus corona COVID-19 membuat pemerintah Spanyol memberlakukan lockdown mulai 14 Maret 2020. (AP Photo/Joan Mateu)
Sebuah jalan terlihat kosong di Barcelona, Spanyol, Minggu (15/3/2020). Pandemi virus corona COVID-19 membuat pemerintah Spanyol memberlakukan lockdown mulai 14 Maret 2020. (AP Photo/Joan Mateu)

Jenis karantina yang terakhir ini merupakan pertimbangan yang dilakukan oleh sebagian besar pihak apabila dirasa virus corona telah melumpuhkan suatu daerah. Di sisi lain, pihak yang berwenang juga perlu mempertimbangkan kembali apabila karantina wilayah ini menjadi suatu kebijakan yang diambil.

Sebab, karantina wilayah berarti juga mengisolasi suatu wilayah agar situasi dan kondisi pada suatu wilayah tersebut dapat dipantau. Dengan mengendalikan pintu masuk dan keluar, maka karantina ini dirasa dapat menekan laju penyebaran virus corona.

Karantina ini sangat diperlukan di daerah episentrum virus. Semua jenis kegiatan yang ada di suatu wilayah tersebut wajib dihentikan untuk sementara waktu.Pihak yang bertanggung jawab untuk mengendalikan karantina wilayah ini adalah pimpinan daerah episentrum virus yang tentu berkoordinasi dengan pimpinan daerah lainnya serta pimpinan pusat.

Beberapa contoh wilayah yang telah melakukan karantina wilayah ini adalah Wuhan, China. Otoritas wilayah Wuhan sempat menghentikan sementara waktu seluruh kegiatan yang berada di wilayah tersebut untuk mengendalikan virus corona.

Sebagai akibatnya, masyarakat setempat dilarang untuk masuk dan keluar di wilayah tersebut pada kurun waktu yang cukup lama hingga terjadi penurunan kasus positif virus corona pada beberapa minggu yang lalu.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Mutia Anggraini, published 28/3/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ronaldo dan 9 Pemain dengan Segudang Prestasi Plus Ukir 100 Caps di Timnas

Posted: 28 Mar 2020 09:30 PM PDT

Jakarta - Cristiano Ronaldo merupakan satu di antara pesepak bola pada abad ke-21 yang memiliki segudang prestasi. Pemain berjuluk CR7 itu tak hanya menorehkan tinta emas di level klub, tapi juga bersama Timnas Portugal.

Megabintang Juventus itu merupakan sosok penting di lini serang Portugal sejak 2003. Sejauh ini, dia berhasil mendulang 99 gol dari 164 pertandingan bersama A Selecao.

Jumlah tersebut membuat Cristiano Ronaldo menyandang status top skorer sepanjang masa Timnas Portugal. CR7 hanya tertinggal 11 gol dari bomber legendaris Iran, Ali Daei, yang berstatus pencetak terbanyak sepanjang masa di level timnas.

Berkat kontribusi Ronaldo tersebut, Timnas Portugal berhasil merengkuh dua trofi bergengsi, yakni Piala Eropa 2016 dan juga UEFA Nations League 2018-2019.

Sayangnya, Cristiano Ronaldo belum pernah membawa negaranya menjuarai Piala Dunia. Dari empat kali keikutsertaan di turnamen antarnegara di dunia itu, prestasi terbaik Ronaldo bersama Portugal adalah peringkat keempat pada 2006.

Selain Cristiano Ronaldo, pesepak bola top lainnya juga menorehkan prestasi gemilang bersama timnas negara masing-masing. Berikut ini adalah sembilan pesepak bola yang mengukir prestasi, sekaligus mencatatkan 100 caps bersama timnas pada abad ke-21.

 

Luis Suarez

(AFP)
(AFP)

Bomber Barcelona itu merupakan satu di antara sosok penting di lini serang Timnas Uruguay. Suarez telah menorehkan 113 caps dan 59 gol bersama Uruguay. Dia juga turut membantu La Celeste merengkuh trofi Copa America 2011 dan finis di peringkat keempat Piala Dunia 2010.

Gianluigi Buffon

(AFP/Marco Bertorello)
(AFP/Marco Bertorello)

Posisi kiper Timnas Italia pada abad ke-21 memang tak bisa dipisahkan dari sosok Gianluigi Buffon. Sejauh ini, Buffon yang telah berusia 42 tahun mencatatkan 176 caps dan membantu Gli Azzurri menjuarai Piala Dunia 2006.

Bastian Schweinsteiger

(AFP/Patrik Stollarz)
(AFP/Patrik Stollarz)

Pria berusia 35 tahun ini pernah menjadi sosok penting di lini tengah Timnas Jerman. Memperkuat Jerman dari 2004 sampai 2016, Bastian Schweinsteiger berhasil mencetak 24 gol dari 121 caps. Dia juga berkontribusi membantu Die Mannschaft keluar sebagai kampiun Piala Dunia 2014.

Fabio Cannavaro

(AFP/Nicolas Asfouri)
(AFP/Nicolas Asfouri)

Pria yang kini menjabat sebagai pelatih Guangzhou Evergrande tersebut adalah pilar penting Timnas Italia di jantung pertahanan. Penampilan yang solid dari Cannavaro di lini belakang, membawa Italia menjadi juara Piala Dunia 2006. Memutuskan pensiun selepas Piala Dunia 2010, Fabio Cannavaro berhasil menorehkan 136 caps dan mengoleksi dua gol bersama Italia.

Philipp Lahm

(AFP/Fabrice Coffrini)
(AFP/Fabrice Coffrini)

Peran eks pemain Bayern Munchen itu di Timnas Jerman sulit tergantikan. Selain bisa tampil sebagai gelandang dan juga bek, Philipp Lahm merupakan kapten yang memimpin rekan setimnya di lapangan dengan sangat baik. Membela Jerman dari 2004 sampai 2014, Lahm mengukir 113 caps dan mengoleksi lima gol, serta membawa negaranya juara Piala Dunia 2014.

Sergio Ramos

(AFP/Damien Meyer)
(AFP/Damien Meyer)

Meski telah berusia 33 tahun, Sergio Ramos masih belum akan pensiun dari Timnas Spanyol. Mulai mendapat panggilan membela La Roja sejak 2005, Ramos mampu mencatatkan 170 caps dan mencetak 21 gol. Dia juga telah mengukir tinta emas dengan membawa Spanyol menjuarai Piala Eropa 2008 dan 2012, serta Piala Dunia 2010.

Andres Iniesta

(AFP/Dani Pozo)
(AFP/Dani Pozo)

Pria bernama lengkap Andres Iniesta Lujan itu adalah kreator serangan Timnas Spanyol di lini tengah. Mendapat kesempatan membela La Furia Roja dari 2006 sampai 2018, Iniesta berhasil menorehkan 131 caps dan mencetak 13 gol. Sama seperti Ramos, Iniesta membawa Spanyol menjuarai Piala Eropa 2008 dan 2012, serta Piala Dunia 2010.

Iker Casillas

AFP PHOTO / JAVIER SORIANO
AFP PHOTO / JAVIER SORIANO

Mantan kiper Real Madrid itu adalah pemain penting di bawah mistar gawang Timnas Spanyol. Selama 16 tahun memperkuat La Roja, yakni dari 2000 sampai 2016, Casillas mengukir 167 caps dan berkontribusi mempersembahkan trofi Piala Eropa 2008 dan 2012, serta Piala Dunia 2010.

Xavi Hernandez

FRANCK FIFE / AFP
FRANCK FIFE / AFP

Pemain jebolan akademi sepak bola Barcelona itu dianggap sebagai satu di antara pemain jenius. Bersama Andres Iniesta, Xavi adalah motor serangan di Timnas Spanyol. Memperkuat Spanyol dari 2000 sampai 2014, Xavi Hernandez berkontribusi besar mempersembahkan gelar juara Piala Eropa 2008 dan 2012, serta Piala Dunia 2010. Dia juga mencatatkan 133 caps dan mengoleksi 13 gol.

Sumber: Squawka

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Surabaya: Kisah Perjuangan Pasien yang Sembuh dari Corona COVID-19

Posted: 28 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Satu dari enam warga Surabaya yang beberapa pekan lalu positif terjangkit Covid-19 ini, akhirnya dinyatakan sembuh. Pasien berinisial C itu pulih setelah menjalani berbagai proses perawatan di rumah sakit selama lebih dari dua pekan.

Sekitar awal Maret 2020, ia mulai merasakan perubahan pada kondisi tubuhnya. Mulanya demam tinggi, lalu disusul badan terasa patah-patah dan kehilangan nafsu makan. Pada 9 Maret, ia memeriksakan kondisinya di salah satu rumah sakit di Surabaya, Jawa Timur.

"Beberapa hari saya dirawat di RS Mitra Keluarga. Waktu itu nafas saya sudah lemas. Dada kanan warnanya abu-abu sudah bisa sembuh karena terapi. Lalu yang kiri memburuk berbentuk embun dan menutup-nutup," kata dia, Sabtu, 28 Maret 2020.

Artikel kisah perjuangan pasien asal Surabaya yang sembuh dari Corona COVID-19 menyita perhatian pembaca di Liputan6.com. Ingin tahu artikel terpopuler lainnya di Surabaya? Berikut sejumlah artikel terpopuler di Surabaya yang dirangkum pada Minggu, (29/3/2020):

1.Kisah Perjuangan Pasien asal Surabaya yang Sembuh dari Corona COVID-19

Satu dari enam warga Surabaya yang beberapa pekan lalu positif terjangkit Covid-19 ini, akhirnya dinyatakan sembuh. Pasien berinisial C itu pulih setelah menjalani berbagai proses perawatan di rumah sakit selama lebih dari dua pekan.

Sekitar awal Maret 2020, ia mulai merasakan perubahan pada kondisi tubuhnya. Mulanya demam tinggi, lalu disusul badan terasa patah-patah dan kehilangan nafsu makan. Pada 9 Maret, ia memeriksakan kondisinya di salah satu rumah sakit di Surabaya, Jawa Timur.

"Beberapa hari saya dirawat di RS Mitra Keluarga. Waktu itu nafas saya sudah lemas. Dada kanan warnanya abu-abu sudah bisa sembuh karena terapi. Lalu yang kiri memburuk berbentuk embun dan menutup-nutup," kata dia, Sabtu (28/3/2020).

Berita selengkapnya baca di sini

2.Update Corona COVID-19 di Jatim: Pasien Positif Tambah 11, Total Jadi 77 Orang

 Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menyampaikan perkembangan terkini mengenai perkembangan kasus virus corona baru (Sars-CoV-2) yang menyebabkan Covid-19 di Jawa Timur, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu malam (28/3/2020). 

"Pasien yang positif terpapar Covid-19 hari ini bertambah 11 orang. Dari 66 orang kemarin hari ini menjadi 77 orang. Untuk PDP dari 267 menjadi 307 dan ODP dari 3.055 menjadi 4.568," ujar Khofifah.

Khofifah menuturkan, dari 11 orang yang positif terdiri dari tujuh di Surabaya, 1 Sidoarjo, satu dari Gresik dan satu dari Kota Kediri. "Jadi ada satu lagi wilayah yang masuk zona merah yakni Kota Kediri karena sudah ada pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19," kata dia.

Berita selengkapnya baca di sini

3.Polisi di Sidoarjo Bakal Tutup Sejumlah Jalan, Cek Jadwalnya

Polisi di Sidoarjo akan menutup ruas jalan di sekitar alun-alun Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur pada waktu-waktu tertentu. Penutupan ruas jalan ini untuk mencegah penyebaran virus corona baru (Sars-CoV-2) yang menyebabkan COVID-19.

Kepala Satuan Lalu lintas Polresta Sidoarjo Kompol, Eko Iskandar menuturkan, ruas jalan yang akan dilakukan penutupan itu di seputar alun-alun Kabupaten Sidoarjo.

Ia mengemukakan, sejumlah ruas jalan yang ditutup adalah Jalan Ahmad Yani, Jalan Sultan Agung, Jalan Gubernur Suryo dan juga di Jalan Cokronegoro, Sidoarjo, Jawa Timur.

Berita selengkapnya baca di sini

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persembahan Manis Rombongan Pelajar yang Menumpang Penerbangan Penyelamatan dari Selandia Baru

Posted: 28 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selalu ada sisi baik di tengah situasi sulit akibat pandemi corona COVID-19. Salah satunya ditunjukkan oleh sekelompok pelajar yang jadi bagian rombongan penumpang terakhir Singapore Airlines.

Dilansir dari AsiaOne, Jumat, 27 Maret 2020, sekelompok pelajar itu pulang ke Singapura dari Selandia Baru. Mereka ingin memberi persembahan manis bagi awak kabin yang melayani mereka.

Para pelajar itu diketahui berasal dari New Zealand Schoold of Dance yang berlokasi di Wellington. Mereka mempertunjukkan sebuah tarian diiringi lagu tradisional Maori.

Aksi menyentuh mereka direkam dalam video dan disebar sekolah tempat mereka belajar pada 26 Maret 2020. Dalam video itu, enam siswa berdiri menghadap ke arah kru kabin. Dengan aba-aba dari salah satu siswa, kelompok pelajar bergerak mengikuti lagu yang dilantunkan.

Tarian itu mengingatkan pada gerakan yang ditarikan warga Maori bagi umat muslim sebagai bentuk dukungan setelah penembakan brutal terjadi di Christchurch, tahun lalu.

Keenam siswa itu adalah Haruka Chan, Zi Yue Woo, Romaine Lee, Timothy Ching, Cherie Wong and Courtney Lim. Mereka pulang menumpang penerbangan terakhir Singapore Airlines dari Selandia Baru.

Pemerintah Selandia Baru mengumumkan bahwa Negeri Kiwi akan menutup akses dari dan ke luar selama sebulan terhitung 26 Maret 2020. Pemerintah juga sudah menutup semua sekolah pada 24 Maret untuk menekan penyebaran COVID-19.

"Kami berbagi waiata sekolah kami untuk berterima kasih kepada kru kabin yang membawa rombongan kecil kami pulang lebih dari 10 jam, di mana mereka menyebutnya sebagai penerbangan penyelamatan," tutur salah seorang siswa.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Dipuji Ketua DPR

Pelajar New Zealand School of Dance mempertunjukaan tarian waiata bagi kru pesawat Singapore Airlines. (dok. Facebook New Zealand School of Dance/Dinny Mutiah)
Pelajar New Zealand School of Dance mempertunjukaan tarian waiata bagi kru pesawat Singapore Airlines. (dok. Facebook New Zealand School of Dance/Dinny Mutiah)

Sejak video beredar di media sosial, para siswa menerima banyak komentar positif dan doa-doa baik. Bahkan, aksi mereka menarik perhatian Ketua DPR Singapura Tan Chuan-Jin.

Ia menuliskan, "Unggahan manis yang sangat membangkitkan! Anak-anak muda ini keren. Tidak saja karena karena pertunjukan mereka, tetapi juga rasa terima kasih yang disampaikan. Selamat datang!"

Tan juga memuji maskapai yang membawa anak-anak itu pulang dengan ungkapan 'telah melakukan apa yang bisa membantu memulangkan para siswa' meski 'saat ini sedang berdarah-darah.'

Singapore Airlines sebelumnya mengumumkan pada 24 Maret 2020 akan menerapkan pemangkasan biaya dan memotong kapasitas hingga 96 persen seiring penurunan masif sebagai imbas pandemi corona COVID-19.

Namun, dengan laporan terbaru yang menyatakan SIA telah mengamankan dana 19 juta dolar AS, sepertinya hal itu yang dicari maskapai tersebut.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemda Bogor Rakor Bahas Rencana Karantina Wilayah Cegah Corona Meluas

Posted: 28 Mar 2020 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Kota dan Kabupaten Bogor tengah merancang kebijakan karantina wilayah untuk mencegah agar virus corona atau Covid-19 tidak terus menyebar. 

Kebijakan tersebut untuk mengatur pembatasan perpindahan dan kerumunan orang demi keselamatan bersama di tengah pandemi virus corona.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim menyatakan, pihaknya segera bertemu dengan Bupati Bogor Ade Yasin dan TNI/Polri di Posko Gugus Tugas Covid-19, Minggu (29/3/2020) siang ini.

Kedua pemerintahan daerah itu akan berkoordinasi soal pengamanan di perbatasan yang dapat dilakukan oleh polisi dan TNI.

"Siang ini jam 13.00 saya dan Bupati Bogor rakor persiapan ke arah sana (karantina wilayah) di rumah dinas wali kota Bogor," ujar Dedie, Minggu (29/3/2020).

Kebijakan tersebut akan merujuk kepada satu Peraturan Pemerintah (PP) tentang karantina lokal yang kini masih dirancang.

Kepala daerah dapat menerapkan karantina lokal di wilayahnya berdasarkan PP tersebut. Namun karantinanya hanya melarang orang lewat, sedangkan barang dan logistik boleh tetap masuk.

karantina wilayah di tengah pandemi virus corona ini sudah diterapkan oleh Kabupaten Tegal dan akan disusul Kabupaten Mentawai serta sejumlah daerah lainnya.

Siapkan PP Local Lockdown

Menko Polhukam Mahfud Md memberikan paparan kepada para peserta Rapat Koordinasi Nasional Kebakaran Hutan dan Lahan 2020 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (6/2/2020). Mahfud Md mengklaim luas kebakaran hutan pada 2019 berkurang hingga 1,5 juta hektare dibanding pada 2015. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Menko Polhukam Mahfud Md memberikan paparan kepada para peserta Rapat Koordinasi Nasional Kebakaran Hutan dan Lahan 2020 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (6/2/2020). Mahfud Md mengklaim luas kebakaran hutan pada 2019 berkurang hingga 1,5 juta hektare dibanding pada 2015. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pemerintah Kota Tegal memberlakukan local lockdown atau karantina wilayah untuk pencegahan penyebaran virus Corona yang menyebabkan Covid-19. Menko Polhukam Mahfud Md menilai, sikap itu tidak menyalahi aturan.

Menurut dia, sebelum wabah Corona terjadi, Indonesia sudah mengenal istilah karantina kewilayahan yang diatur dalam UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

"Itu memang kita mengenal istilah karantina kewilayahan artinya membatasi perpindahan orang, membatasi kerumunan orang, dan membatasi gerakan orang demi keselamatan bersama," kata Mahfud saat jumpa pers di kantornya secara virtual, Jumat (27/3/2020).

Dia mengatakan Pemkot Tegal sudah melaporkan kebijakan dan pertimbangannya kepada pemerintah pusat. Namun sementara ini, pemerintah pusat masih mengkaji seperti apa pola dan format local lockdown yang hendak dilakukan di tengah wabah Corona ini.

"Ya mereka sudah mulai menyampaikan beberapa keputusan kepada pemerintah tapi formatnya belum jelas," lanjut Mahfud.

Oleh karena itu, pemerintah sedang menyiapkan rancangan peraturan pemerintah (PP), terkait pelaksanaan local lockdown atau karantina kewilayahan dalam wabah Corona ini.

"Jadi akan diatur kapan sebuah daerah itu boleh melakukan pembatasan gerakan yang secara umum sering disebut lockdown, apa syaratnya, apa yang dilarang, apa yang boleh dilakukan dan bagaimana prosedurnya sedang disiapkan, insyaallah dalam waktu dekat nanti akan keluar peraturan pemerintah agar ada keseragaman policy itu," Mahfud menandasi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Susy Susanti Peraih Medali Emas Olimpiade 1992

Posted: 28 Mar 2020 09:20 PM PDT

Jakarta- Legenda bulutangkis putri Indonesia, Susy Susanti, tercatat sebagai atlet Indonesia pertama yang meraih medali emas di level Olimpiade. Susy Susanti dan Alan Budikusuma, yang kemudian menjadi suaminya, mampu mempersembahkan dua medali emas pertama Indonesia di level Olimpiade pada tahun 1992 di Barcelona.

Dalam sejarah bulutangkis di level Olimpiade, cabang olahraga tersebut memang untuk pertama kalinya digelar sebagai perebutan medali pada 1992, setelah pada 1972 menjadi cabang demonstrasi dan 1988 menjadi cabang ekshibisi.

Susy Susanti sukses mempersembahkan medali emas pertama Indonesia setelah 40 tahun sejak pertama kalinya mengikuti Olimpiade 1952. Dalam hitungan satu jam, Alan Budikusuma menyusulnya mempersembahkan medali emas kedua Indonesia setelah mengalahkan kompatriotnya, Ardy B. Wiranata.

Kali ini, Bola.com akan khusus membahas mengenai Susy Susanti dan keberhasilannya meraih emas pertama Indonesia di Olimpiade 1992, di mana keberhasilan tersebut mengharumkan nama bangsa dan membuatnya menjadi legenda bulutangkis Indonesia.

Susy Susanti mengawali kiprah di Olimpiade 1992 di babak kedua setelah mendapat bye. Ia menghadapi tunggal putri Jepang, Harumi Kohara, yang juga mendapatkan bye di babak pertama.

Susy terbilang tidak mengalami kendala di awal turnamen. Tunggal putri Indonesia itu menang mudah 11-2 dan 11-2 atas pebulutangkis Jepang tersebut, di mana itu berlanjut di babak ketiga, di mana Susy Susanti menang 11-4 dan 11-2 atas pebulutangkis Hong Kong, Wong Chun Fan.

Perjalanan Susy memang terbilang mudah hingga ke final. Pada perempat final, Susy kembali menang mudah 11-6 dan 11-1 atas pebulutangkis Thailand, Somharuthai Jaroensiri, yang berlanjut dengan kemenangan atas pebulutangkis China, Huang Hua, dengan skor 11-4 dan 11-1 di semifinal.

Susy Susanti pun membuka peluang yang sangat besar untuk menyabet medali emas pertama Indonesia. Namun, di laga puncak tunggal putri bulutangkis Olimpiade 1992 itu, Susy Susanti tidak bisa dengan mudah memenangi laga.

Hadapi Rival Berat di Final

Legenda Bulutangkis Indonesia, Susi Susanti.
Legenda Bulutangkis Indonesia, Susi Susanti.

Pebulutangkis Korea Selatan, Bang Soo-hyun, adalah lawan yang harus dihadapi Susy Susanti di laga final bulutangkis Olimpiade 1992. Dalam sejarah kariernya, Bang Soo-hyun memang akhirnya dikenal sebagai rival utama Susy Susanti di tunggal putri.

Bang Soo-hyun adalah pebulutangkis yang berhasil membawa tim Korea Selatan menyabet Piala Sudirman 1991 di Copenhagen, di mana mereka berhasil mengalahkan Susy Susanti dkk. di laga final.

Pertemuan keduanya di final Olimpiade 1992 tentu menjadi pertunjukan yang menarik. Namun, berbeda dengan Susy yang terbilang cukup mudah mencapai final, Bang Soo-hyun cukup mendapatkan tantangan.

Mendapatkan bye di babak pertama, Bang Soo-hyun mengalahkan pebulutangkis Swedia, Catrine Bengtsson, dengan skor 11-7 dan 11-3 di babak kedua.

Kemudian pebulutangkis Jepang, Hisako Mizui, menjadi korban kedua Bang Soo-hyun di babak ketiga, di mana Bang menang 12-10 dan 11-1.

Dalam laga perempat final, Bang Soo-hyun mendapatkan adangan dari pebulutangkis Indonesia, Sarwendah Kusumawardhani. Bahkan Sarwendah membuatnya kesulitan dalam pertandingan ini dengan merebut gim kedua dan memaksa rubber gim berjalan sengit hingga akhir pertandingan. Namun, Bang Soo-hyun tetap mampu menang 11-2, 3-11, dan 12-11.

Beruntung bisa mengalahkan Sarwendah di perempat final, Bang Soo-hyun kemudian lolos ke final dengan mudah setelah menang 11-3 dan 11-2 atas pebulutangkis China, Tang Jiuhong. Laga kontra Susy Susanti pun menjadi final yang ideal.

Bang Soo-hyun mampu membuat Susy kesulitan di gim pertama. Susy hanya diberikan lima poin di gim pertama itu. Namun, Susy mampu membalasnya di gim kedua. Giliran Bang Soo-hyun yang diberikan hanya lima poin di gim tersebut.

Akhirnya, Susy Susanti mampu memastikan medali emas bulutangkis Olimpiade 1992 itu menjadi miliknya setelah memenangi gim ketiga dengan skor telak 11-3.

Pembalasan Bang Soo-hyun di Olimpiade 1996

Legenda bulutangkis Korea Selatan, Bang Soo-hyun. (Badmintonch)
Legenda bulutangkis Korea Selatan, Bang Soo-hyun. (Badmintonch)

Singkat cerita, rivalitas antara Susy Susanti dan Bang Soo-hyun kembali menarik di Olimpiade berikutnya, yaitu di Atalanta, Amerika Serikat, pada 1996. Namun, kali ini, kedua tunggal putri itu bertemu di semifinal.

Bang Soo-hyun bertemu Susy Susanti di semifinal setelah berjalan cukup mudah dari babak kedua. Obigeli Olorunsola dari Nigeria menjadi korban pertama Bang Soo-hyun. Pebulutangkis Korea Selatan itu menang mudah 11-0 dan 11-0.

Kemudian Bang Soo-hyun menang 11-2 dan 11-3 atas Yasuko Mizui dari Jepang di babak ketiga. Pada pertandingan perempat final, Bang Soo-hyun kembali menang mudah 11-3 dan 11-2 atas pebulutangkis China, Yao Yan.

Sementara itu, Susy Susanti melangkah hingga semifinal setelah menang 11-1 dan 11-3 atas Doris Piche dari Kanada di babak kedua, kemudian menang 11-4 dan 11-0 atas tunggal putri Polandia, Katarzyna Krasowska di babak ketiga, dan mendapatkan perlawanan ketat dari tunggal putri China, Han Jingna, di perempat final. Susy menang 3-11, 11-4, dan 11-8 dalam laga yang cukup melelahkan itu.

Pembalasan Bang Soo-hyun kepada Susy Susanti pun berjalan lancar. Pebulutangkis Korea Selatan itu menang dua gim langsung meski pertandingan berjalan ketat. Bang Soo-hyun menang 11-9 dan 11-8 atas Susy Susanti dan melaju ke final untuk menghadapi tunggal putri Indonesia lainnya, Mia Audina.

Dalam pertandingan final tersebut, Bang Soo-hyun memastikan medali emas Olimpiade 1996 menjadi miliknya setelah menang 11-6 dan 11-7 atas Mia Audina. Sementara Susy Susanti meraih medali perunggu setelah mengalahkan kompatriot Bang Soo-hyun, yaitu Kim Ji-hyun dalam laga perebutan medali perunggu.

Disadur dari Bola.com (Penulis Benediktus Gerendo, Published 29/3/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Video TikTok Satu Keluarga di Malaysia yang Positif Terinfeksi Corona

Posted: 28 Mar 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Virus corona COVID-19 yang menyebar sejak akhir 2019 lalu masih membuat dunia kalut. Hingga hari ini, virus yang muncul pertama kali di Wuhan ini sudah meluas ke berbagai negara. Berdasarkan gisanddata.maps.arcgis.com, jumlah kematian global tercatat sebanyak 24.057 jiwa dan terus bertambah setiap hari.

Namun tak sedikit pula, korban yang sembuh dari virus corona COVID-19. Berdasarkan peta Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE, kasus terinfeksi virus corona COVID-19 telah mencapai 531.860, sedangkan yang dinyatakan sembuh ada 122.203, Jumat (27/3/2020).

Dengan adanya kasus yang semakin bertambah, virus tersebut bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu. Seperti yang terjadi baru-baru ini di Malaysia. Satu keluarga di Negara Tetangga ini yang terdiri dari tujuh orang dinyatakan positif terpapar virus corona.

Meski dalam kondisi sulit dan berjuang untuk sembuh, sang ayah yang berprofesi sebagai dokter, istri dan lima anaknya tetap ceria. Keluarga asal Malaysia tersebut dikarantina di Rumah Sakit Teluk Intan sejak Jumat, (27/3/2020).

Kemudian salah satu anggota keluarga yang bernama Erika Syamim Samsu Ambia membuat video TikTok dan diunggah di akun Twitternya. Sontak video tersebut menjadi trending di Twitter.

Meski Berjuang untuk Sembuh, Satu Keluarga Ini Tetap Ceria

Bukan tanpa alasan, gadis berusia 17 tahun itu membuat vdeo TikTok karena ingin menghibur. Ia juga mengungkapkan bahwa kondisi Erika Syamim Samsu Ambia dan keluarganya dalam keadaan baik-aik saja.

"Meskipun kami positif (corona), sebagai keluarga akan melalui ini bersama. Ditambah lagi, kondisi kesehatan kita baik-baik saja. Ini TikTok (video) yang kami buat untuk menghibur diri di rumah sakit," tulisnya seperti dilansir Liputan6.com dari Channelnewsasia.com, Minggu (29/3/2020).

Di sebuah percakapan dengan Kantor Berita Malaysia Bernama melalui melalui Twitter, Erika Syamim yang merupakan anak tertua di antara lima bersaudara, menceritakan tentang kronologi penyebaran virus yang menyerang keluarganya. Ia mengatakan bahwa ayahnya, Dr Samsu Ambia Ismail, adalah seorang spesialis dan kepala departemen darurat dan trauma di Rumah Sakit Teluk Intan.

Sang ayah yang pertama dalam keluarga terinfeksi dan telah diisolasi di rumah sakit selama enam hari terakhir. Sementara Erika Syamim, empat saudara kandungnya berusia antara delapan dan 15 tahun, dan ibu mereka diisolasi sehari kemudian.

Dapat Dukungan dan Didoakan Sembuh oleh Warganet

Saat ditanya oleh pengguna media sosial online mengenai gejala virus corona COVID-19, Erika menjelaskan bahwa sang ayah mengalami demam, batuk dan kesulitan bernafas sementara sisanya hanya mengalami demam.

Virus corona COVID-19 yang menerba satu keluarga di Malaysia ini pun dibanjiri doa dan kata-kata menghibur dari warganet. Mereka juga berharap Erika dan keluarga akan tetap kuat dan segera pulih. Erika Syamim juga memberi beberapa saran untuk pasien lain, terutama kaum Muslim, untuk terus berdoa dan membaca Alquran.

"Jika Anda berada di bangsal, jangan lemau (lamban). Bersikap ceria, Insya Allah (insyaallah) kita bisa melawan penyakit juga," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tagar Until Tomorrow Viral di Feed Instagram, Apa Itu?

Posted: 28 Mar 2020 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Virus corona yang mewabah di seluruh dunia membuat banyak orang harus tinggal di rumah dan melakukan physical distancing--sebelumnya disebut social distancing--dari teman-temannya.

Gara-gara tinggal di rumah selama berminggu-minggu, platform online pun jadi hiburan. Salah satunya adalah Instagram yang baru-baru ini feed-nya diisi dengan tagar until tomorrow. Apa itu?

Mengutip laman New York Post, Minggu (29/3/2020), until tomorrow merupakan sebuah challenge atau tantangan bagi para penggguna untuk mengunggah foto lawas dan memalukan mereka, ditambah dengan tagar until tomorrow.

Cara kerjanya, ketika pengguna memberikan tanda "likes" ke foto seseorang dengan tagar until tomorrow, si pengunggah foto akan mengirimkan caption tantangan lewat direct message kepada mereka yang menyukai foto tersebut.

Caption yang Dipakai

Ilustrasi Instagram di Smartphone Android. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Ilustrasi Instagram di Smartphone Android. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Begitu caption foto dikirimkan, mereka yang memberi "likes" harus mengunggah foto memalukan mereka sebelum 24 jam dan menge-tag orang yang memberikan tantangan.

Salah satu contoh keterangan foto yang biasa dikirimkan oleh si penantang adalah:

"So… you liked my post so you have to post an embarrassing picture of yourself, for the caption you're ONLY allowed to write 'until tomorrow' and you can only tag me."

Nah, kalau kamu bosan di rumah, mungkin kamu bisa menjajal tantangan until tomorrow ini dan mengajak teman-teman dekat kamu untuk bergabung. 

Selamat mencoba!

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Pasien Corona COVID-19 di Kota Malang Sembuh dan Dipulangkan

Posted: 28 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tiga pasien positif Corona COVID-19 di Kota Malang, Jawa Timur dinyatakan sembuh. Ketiganya telah dipulangkan ke rumah masing-masing.

Menurut Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Malang M Nur Widianto, tiga pasien yang telah dinyatakan sembuh tersebut merupakan jumlah keseluruhan sejak temuan kasus pertama coronavirus baru di wilayah Kota Malang. Dengan begitu, hingga Sabtu (28/3) tak ada lagi pasien berstatus positif COVID-19 di Kota Malang.

"Pasien positif COVID-19 di Kota Malang ada tiga orang. Ketiganya sudah dinyatakan sembuh dan dipulangkan ke rumah masing-masing," kata Widianto di Kota Malang, Sabtu, melansir Antara.

Sebelumnya, dua dari tiga pasien dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Saiful Anwar, dan seorang lainnya di Rumah Sakit Tentara dr Soepraoen Kota Malang.

 

Diimbau untuk Tetap Isolasi Mandiri

Meski telah dinyatakan negatif COVID-19, Pemerintah Kota Malang masih tetap memonitor dan mengimbau pasien-pasien itu untuk melakukan isolasi mandiri. Termasuk untuk sementara menjaga jarak dari keluarga.

Widianto juga mengimbau seluruh warga Kota Malang agar menjaga jarak ketika berinteraksi, beraktivitas di rumah, membatasi kontak orang per orang, serta mempraktikkan pola hidup sehat.

 

Saksikan juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Pandemi Corona Covid-19, Ancelotti Prediksi 'Degradasi' di Sepak Bola

Posted: 28 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi virus Corona berdampak besar pada dunia, termasuk sepak bola. Bagaimanakah jadinya nanti setelah pandemi ini berakhir? Manajer Everton asal Italia, Carlo Ancelotti, punya prediksi.

Ancelotti memperkirakan bakal ada 'degradasi' di banyak sektor di sepak bola, terutama sisi ekonominya. Namun, yang paling penting saat ini, menurut Ancelotti adalah kesehatan. Kapan kompetisi-kompetisi akan dilanjutkan kembali, Ancelotti tak terlalu memikirkannya.

"Kita sekarang melalui kehidupan yang tak pernah kita alami sebelumnya, dan itu akan mengubah banyak hal," kata Ancelotti kepada Corriere dello Sport.

"Saya yakin. Kita semua harus bersiap menghadapi degradasi, mulai dari sepak bola. Saat ini, yang penting adalah kesehatan, membatasi penyebarannya. Kapan kita mulai lagi, kapan akan selesai, tanggalnya... Percayalah, saya tak peduli. Saat ini, itu adalah hal terakhir yang saya pikirkan," Ancelotti menambahkan.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Sisi Ekonomi

(AFP/Paul Ellis)
(AFP/Paul Ellis)

Ancelotti percaya, sisi ekonomi sepak bola akan sangat terpukul gara-gara corona.

"Saya dengar kabar tentang pemotongan gaji, juga penundaan pembayaran. Itu sepertinya bukan solusi yang menguntungkan."

"Ekonomi akan segera berubah, dan itu di semua sektor: Hak siar TV akan lebih murah, para pemain dan para pelatih akan menerima lebih sedikit, harga tiket akan merosot, karena orang-orang akan punya uang lebih sedikit."

"Saya ulangi, yang penting sekarang adalah untuk melawan virus ini dengan efektif. Setelah itu, tentu saja, jika memungkinkan, lanjutkan liga. Jika tidak, ya sudah," tegas Ancelotti.

Klasemen Liga Inggris

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Tanda Seseorang Tidak Menyukaimu

Posted: 28 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketika bertemu dengan orang baru, kamu tentu sering bertanya dalam hati apakah orang tersebut menyukaimu atau tidak, bukan? Tentu bukan hal yang mudah untuk menemukan jawabannya.

Namun, tanpa disadari ada beberapa tanda yang mereka lakukan yang mengindikasikan bahwa mereka sebenarnya tak menyukaimu. 

Artikel tentang banyak yang tidak sadar, ini tanda seseorang tidak menyukaimu menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang deretan hal nyeleneh yang dilakukan orang saat karantina mandiri di rumah.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang kisah haru perawat yang tidak bisa peluk anaknya usai tangani pasien Corona.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Banyak yang Tak Sadar, Ini Loh Tanda Seseorang Tak Menyukaimu

Berantem itu adalah sebuah persoalan yang biasa dihadapi setiap pasangan. Saat si dia marah, kamu bisa membuatnya tak marah lagi kok. (Ilustrasi: VideoBlocks)
Berantem itu adalah sebuah persoalan yang biasa dihadapi setiap pasangan. Saat si dia marah, kamu bisa membuatnya tak marah lagi kok. (Ilustrasi: VideoBlocks)

Ketika bertemu dengan orang baru kalian tentu sering bertanya dalam hati apakah orang tersebut menyukai kalian atau tidak bukan? Tentu bukan hal yang mudah untuk menemukan jawabannya.

Namun tanpa disadari ada beberapa tanda yang mereka lakukan yang mengindikasikan bahwa mereka sebenarnya tak menyukai kalian. Berikut ulasannya.

Selengkapnya...

2. Usir Bosan, 7 Hal Nyeleneh yang Orang Lakukan Saat Karantina Mandiri di Rumah

foto: Boredpanda
foto: Boredpanda

Tak hanya di Indonesia, semua orang dari berbagai negara telah menjalani karantina mandiri dengan berdiam diri di rumah. Hal ini dilakukan untuk menekan penyebaran virus Corona Covid-19.

Sebagian besar pun telah melakukan pekerjaan dengan system Work From Home. Rupanya melakukan karantina di rumah bisa menjadi hal yang membosankan bagi banyak orang.

Bagaimana tidak, berdiam diri di rumah tanpa pergi keluar sama sekali tentu menjenuhkan. Apalagi hal ini dilakukan dalam waktu yang cukup lama.

Selengkapnya...

3. Kisah Haru Seorang Perawat Tak Bisa Peluk Anaknya Usai Tangani Pasien Corona

Dokter meminta putranya jaga jarak karena ia baru saja pulang dari rumah sakit. (dok. screenshot video Twitter @jesicatedja)
Dokter meminta putranya jaga jarak karena ia baru saja pulang dari rumah sakit. (dok. screenshot video Twitter @jesicatedja)

Ada begitu banyak perjuangan yang dilakukan oleh para tenaga medis di berbagai negara di tengah pandemi virus Corona Covid-19 saat ini.

Tak hanya harus menangani pasien selama berjam-jam, mereka juga harus tetap mejaga jarak dengan keluarga tercinta sesampainya di rumah.

Hal ini seperti yang dilakukan oleh seorang tenaga medis di Arab Saudi yang videonya viral baru-baru ini. Dalam sebuah video yang beredar di Twitter, tenaga medis bernama Naser Ali Al-Shahrani harus menahan tangis lantaran tak bisa memeluk anaknya sepulang bertugas.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belum Mereda, Total Kematian Akibat Corona COVID-19 di Italia Salip Angka 10.000

Posted: 28 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Roma - Korban meninggal akibat virus corona COVID-19 di Italia telah mencapai 10.000 lebih pada Sabtu 28 Maret dan tidak menunjukkan tanda-tanda penurunan, meskipun lockdown telah berlangsung selama 16 hari.  

889 kematian baru yang dilaporkan di negara yang paling parah di dunia itu terjadi sehari setelah negara itu mencatat 969 kematian pada hari Jumat, korban tunggal tertinggi sejak virus COVID-19 muncul akhir tahun lalu. Demikian seperti dikutip dari Channel News Asia, Minggu (29/3/2020). 

Secara keseluruhan, korban meninggal di Italia sekarang mencapai 10.023. Tambahan sebanyak 5.974 kasus infeksi, menambah 92.472 jumlah orang yang secara resmi dinyatakan positif COVID-19 di Italia sejak krisis dimulai bulan lalu.

Italia sekarang tampaknya akan memperpanjang penutupan bisnisnya yang melemahkan ekonomi serta larangan pertemuan publik melewati tenggat waktu 3 April.

"Apakah sudah waktunya untuk membuka kembali negara itu? Saya pikir kita harus memikirkannya dengan sangat hati-hati," kata kepala dinas perlindungan sipil Angelo Borrelli kepada wartawan.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Korban Terus Meningkat

Taman Luna yang ditutup di Mantova, Lombardia, Italia pada 8 Maret 2020. Italia memberlakukan isolasi untuk wilayah Lombardia utara dan 14 provinsi di sekitarnya dalam upaya mengendalikan penyebaran virus corona, kata Perdana Menteri Giuseppe Conte pada Minggu (8/3). (Xinhua/Elisa Lingria)
Taman Luna yang ditutup di Mantova, Lombardia, Italia pada 8 Maret 2020. Italia memberlakukan isolasi untuk wilayah Lombardia utara dan 14 provinsi di sekitarnya dalam upaya mengendalikan penyebaran virus corona, kata Perdana Menteri Giuseppe Conte pada Minggu (8/3). (Xinhua/Elisa Lingria)

Orang-orang di Italia mulai berharap bahwa bencana terburuk mereka dalam beberapa generasi ini dapat mereda setelah angka kematian harian mulai melambat pada 22 Maret.

Namun gelombang baru telah mengubah suasana negara Mediterania.

Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte mengatakan pada Sabtu malam untuk siap menghabiskan lebih banyak waktu di rumah.

"Jika seseorang berpikir secara masuk akal, ia tidak dapat membayangkan kembali dengan cepat ke kehidupan normal," kata Conte dalam pidatonya yang disiarkan oleh media televisi setempat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelabuhan Tanjung Priok Kembali Disterilisasi

Posted: 28 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pelabuhan Tanjung Priok kembali disterilisasi untuk mencegah penyebaran wabah Corona Covid-19. Penyemprotan dengan disinfektan itu diprioritaskan di area dermaga. 

"Ketika ada anjuran agar warga bekerja di rumah, aktivitas di Pelabuhan Tanjung Priok tidak berhenti. Petugas pandu, operator crane, petugas lapangan penumpukan peti kemas, termasuk supir truk kontainer terus bekerja," kata Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC, Arif Suhartono, dikutip dari keterangan tertulis, Minggu (29/3/2020).

Sementara itu, Walikota Jakarta Utara, Sigit Wijatmoko mengatakan, di situasi seperti ini, semua pemangku kepentingan di Pelabuhan Tanjung Priok, termasuk Kantor Walikota Jakarta Utara harus terlibat dalam upaya mencegah penyebaran virus Corona.

"Ini adalah bentuk dukungan semua pihak dalam mencegah penyebaran virus Corona di pelabuhan, yang merupakan obyek vital negara," katanya.

Penyemprotan disinfektan dilakukan oleh petugas PMI Jakarta Utara, di bawah koordinasi Kepala Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Kurniawan Tandi Rongre.

Dalam kesempatan tersebut, General Manager IPC Cabang Pelabuhan Tanjung Priok Suparjo menyerahkan donasi kepada PMI Jakarta Utara, untuk memperluas cakupan sterilisasi, termasuk di beberapa area pelabuhan yang berdekatan dengan aktivitas warga.

 

Kerja dari Rumah

Suasana Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (12/2). PT Pelindo II mulai menerapkan pelayanan aplikasi MOS sehingga berhasil menekan biaya dan waktu operasional menjadi lebih cepat hemat dan mudah. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Suasana Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (12/2). PT Pelindo II mulai menerapkan pelayanan aplikasi MOS sehingga berhasil menekan biaya dan waktu operasional menjadi lebih cepat hemat dan mudah. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Arif Suhartono kembali menjelaskan, IPC telah berupaya meminimalisir interaksi antar-manusia di area pelabuhan. Sejak dua pekan lalu, IPC telah menginstruksikan sebagian besar karyawan untuk bekerja dari rumah. Meski demikian, IPC memastikan bahwa layanan terhadap pengguna jasa tetap berjalan normal.

"Kami sudah menghimbau semua pengguna jasa memanfaatkan teknologi informasi di setiap pelayanan adminsitrasi. Sudah ada aplikasi ipc-e-services untuk permintaan pelayanan peti kemas, dan ada portal idpcs.id untuk permintaan pelayanan kapal, sehingga para agen pelayaran tak perlu harus datang ke kantor," jelasnya.

Namun memang, lanjut Arif, operasional di dermaga dan terminal peti kemas tak terhindarkan. Para operator lapangan tetap bekerja guna menjamin kelancaran keluar-masuk barang di Pelabuhan, yang umumnya barang kebutuhan masyarakat.

"Oleh karena itu, sterilisasi di area dermaga menjadi sangat penting," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

40 Hari Ashraf Sinclair Meninggal, Sang Adik: Abang, Aku Selalu Memikirkanmu

Posted: 28 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ashraf Sinclair meninggal dunia pada 18 Februari 2020 jelang subuh akibat serangan jantung. Kepergian Ashraf Sinclair menyisakan kesedihan mendalam bagi BCL, Noah Aidan Sinclair, dan keluarga besarnya.

Sabtu (28/3/2020), genap 40 hari Ashraf Sinclair berpulang. BCL menyampaikan pengumuman lewat Instagram Stories, bahwa tahlilan untuk mendiang Ashraf Sinclair tidak digelar seperti biasanya dengan menggelar perkumpulan.

Ini merespons imbauan pemerintah dalam menahan laju wabah Corona Covid-19. BCL meminta keluarga dan sahabat melantun doa untuk almarhum dari rumah saja. Tak hanya BCL yang terkenang Ashraf Sinclair.

Doa, Cinta, dan Dukungan

Unggahan Adam Sinclair. (Instagram @adamyousofunny)
Unggahan Adam Sinclair. (Instagram @adamyousofunny)

Sang adik, Adam Sinclair, membuat pernyataan mengharukan di akun Instagram pada hari yang sama. "Today marks 40 days since @ashrafsinclair's passing (hari ini menandai 40 hari sejak Ashraf Sinclair pergi)," Adam Sinclair menulis.

"We as a family would like to take this moment to thank everyone for all the prayers, love and support sent our way during the trying time (Sebagai keluarga, kami menggunakan momen ini untuk berterima kasih kepada semua atas doa, cinta, dan dukungan yang dikirim selama melewati masa sulit)," ia menyambung.

Penerang Yang Menuntunku

Ashraf Sinclair dan Adam Sinclair. (Instagram @adamyousofunny)
Ashraf Sinclair dan Adam Sinclair. (Instagram @adamyousofunny)

Adam Sinclair lantas meluapkan kerinduan kepada Ashraf Sinclair. "Like many, I miss him very much and that will never change (Seperti yang lain, saya sangat kangen dan rasa itu tak pernah berubah," ungkap suami penyanyi Yuna.

Adam Sinclair lantas mengandaikan kakaknya cahaya yang memandu hidupnya. "My brother was truly a bright guiding light of happiness, and even though you are gone, my life is so much brighter thanks to you being a big part of it (Abangku adalah penerang yang menuntunku kepada sinar kebahagiaan. Meski ia telah pergi, hidupku makin terang, terima kasih Abang telah menjadi bagian dari ini semua)," Adam berbagi kesan.

Aku Menyayangimu Abang

BCL dan Ashraf Sinclair (Sumber: Instagram/bclsinclair)
BCL dan Ashraf Sinclair (Sumber: Instagram/bclsinclair)

Adam Sinclair juga menyebut Ashraf sebagai kakak sekaligus bagian terbaik dalam hidupnya.

"I love you Abang, and I think of you always. Al-Fatihah (Aku menyayangimu Abang, dan aku selalu memikirkanmu. Al-fatihah)," pungkas Adam Sinclair sembari mengunggah 3 foto kenangan bersama almarhum. 

Ashraf Pulang ke Rahmahtullah

Unggahan ibunda Ashraf Sinclair. (Foto: Instagram @dida_sinclair)
Unggahan ibunda Ashraf Sinclair. (Foto: Instagram @dida_sinclair)

Masih di hari yang sama, ibunda Ashraf Sinclair, Khadijah Abdul Rahman, mengunggah status teks di akun Instagram.

"Assalamualaikum. Its 40 days today Alm Ashraf returned to Rahmahtullah. Pls join us to read Yasin for him after maghrib tonight. Thank you so much (Assalamualaikum. Hari ini genap 40 hari almarhum Ashraf Sinclair berpulang ke Rahmahtullah, mohon bergabung dengan kami untuk membaca Yasin untuknya lepas magrib nanti. Terima kasih banyak)," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Miris, Petugas Medis di Sulbar Cegah Covid-19 dengan Jas Hujan Plastik

Posted: 28 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Polman - Petugas medis di Posko Perbatasan antara Sulawesi Barat (Sulbar) dan Sulawesi Selatan (Sulsel) tapatnya di Desa Paku, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar (Mandar) harus melaksanakan tugas pencegahan virus Corona Covid-19 dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) Seadanya.

Yang mereka gunakan bukan lah pakaian Hazardous Materials (Hazmat) yang terbuat dari bahan impermeabel yang bisa digunakan untuk proteksi diri dari material berbahaya, dan biasa digunakan oleh tenaga medis di daerah yang terkontaminasi atau beracun. Mereka hanya menggunakan jas hujan, yang bahannya hampir sama dengan kantong pelastik dan mudah robek.

"Karena APD yang layak masih sangat susah didapatkan, kita gunakan jas hujan ini saja ditambah dengan masker, kaos tangan dan sepatu bot karet," kata Salehati petugas kesehatan dari Dinkes Polman yang ditemui di Pos Perbatasan, Jumat (27/03/2020) kemarin.

Salahati menambahkan, ia bersama beberapa petugas medis lainnya, mau tak mau harus menggunakan APD seadanya itu. Karena saat ini, pemerintah setempat sedang berusaha mengadakan APD yang layak untuk petugas pencegahan virus Corona Covid-19 ini.

"APD yang hazmat sedang diusahakan, kemarin baru datang 3 set saja. Namun, karena hanya bisa satu kali pakai dan jumlahnya sedikit, makanya kami gunakan jas hujan saja. Nanti APD itu bisa digunakan untuk penanganan di rumah sakit," ujar Salahati.

Salahati sebenarnya sadar akan resiko yang ia hadapi, dirinya tahu betul ia sangat rentan terpapar virus Corona Covid-19 tanpa APD yang benar-banar Safety. Namun, karena sudah menjadi tugasnya untuk melayani masyarakat, maka ia tetap iklas menjalankan tugas sambari tetap memperhatikan keselamatannya di lapangan.

"Kita merasa khawatir, karena kita sangatlah rawan terpapar. Tapi mau bagaimana lagi, tugas kita untuk melayani masyarakat, maka kita harus bertugas. Sementara ini, kita jaga jarak saja, tidak bersentuhan langsung dengan pengendara yang kami periksa dan ketika pulang harus segera membersihkan diri tanpa menyentuh apa-apa dulu," jelas Salahati.

Salahati hanya berharap, semoga APD yang layak dan bisa menjamain keamanannya bersama petugas lainnya, bisa disediakan secepatnya. Karena, mereka merupakan garda terdapan yang melakukan pemeriksaan dan pencegahan terhadap warga yang ingin masuk ke Sulbar.

"Mudah-mudahan secepatnya ada perlengkapan APD yang layak, karena kasihan juga kita tim medis, bekerja tanpa adanya APD yang menjamin keamanan," harap Salahati.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

APD Bantuan untuk Posko Segera Tiba

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulbar yang sementara melakukan pemeriksaan kesehatan dan pendataan warga yang masuk melalui Kabupaten Polman
Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulbar yang sementara melakukan pemeriksaan kesehatan dan pendataan warga yang masuk melalui Kabupaten Polman

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulbar Darno Majid mengatakan, para petugas yang berjaga di semua pokso penanganan Covid-19 akan segera mendapatkan APD yang layak. Karena saat ini, sudah ada bantuan APD dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang akan tiba di Sulbar.

"Insya Allah saya sudah panggil semua BPBD kabupaten untuk menerima APD. Kami tadi ke bandara untuk mengambil APD tapi ada kesalahan teknis. Insya Alalah besok sudah ada APD itu, ini sementara dalam perjalanan dari Makassar, APD bantuan dari BNPB RI Jakarta," kata Darno saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu (28/03/2020).

Darno menjelaskan, seharusnya semua BPBD kabupaten sudah mendapatkan APD hari ini, tapi terjadi kesalahan pengiriman. APD yang seharunya untuk Sulbar sampai di Kota Makassar, sementara APD yang sampai di Mamuju adalah milik Provinsi Maluku, sehingga mereka harus menunggu lagi pengiriman APD dari Makassar.

"Mudah-mudahan ada besok dan langsung didistribusi ke daerah. Mohon sabar, karena Tim Gugus Percepatan Pencegahan Covid-19 sudah bekerja sekuat tenaga sesuai aturan agar bisa tetap menghindarkan Sulbar dari wabah ini," ujar Darno.

Darno juga mengatakan, pihak Pemprov Sulbar akan terus melakukan yang terbaik guna melindungi warganya dari wabah virus Corona Covid-19 ini. Karena itu ia meminta agar warga manaati edaran yang di keluarkan oleh pihak pemerintah utamanya dengan tidak berkeliaran, cukup berdiam diri saja di rumah.

"Mari kita bersama-sama melawan wabah ini, kami bekerja di lapangan untuk melakukan pencegahan, warga cukup tetap waspada dengan berdiam diri saja di rumah dan melaporkan jika ada gejala yang ditemukan disekitar lingkungannya," harap Darno.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hingga Minggu Pagi, Jumlah Pasien Positif Corona Covid-19 di Jakarta Capai 643 Orang

Posted: 28 Mar 2020 08:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jumlah pasien positif virus corona atau Covid-19 di Jakarta meningkat. Berdasarkan data website corona.jakarta.go.id, Minggu (29/3/2020) pagi, jumlah kasus positif di Jakarta mencapai 643 orang.

Dalam laman tersebut juga dituliskan jumlah pasien corona Covid-19 yang dinyatakan sembuh sebanyak 43 orang, meninggal 63 orang, masih perawatan 392 orang, dan yang isolasi mandiri 143 orang.

Selain itu, jumlah yang masih menunggu hasil sebanyak 587 kasus. Kemudian sebanyak 416 kasus telah diketahui titik penyebaran berdasarkan kelurahannya, dan sisanya 231 belum diketahui.

Sementara itu, Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan, jumlah pasien secara nasional yang dinyatakan positif Covid-19 pada Sabtu, 28 Maret 2020 bertambah sebanyak 109 kasus.

Dengan begitu, total keseluruhan pasien Covid-19 karena virus Corona di Indonesia menjadi 1.155 orang.

"Kita prihatin kondisi ini bahwa penularan masih terjadi, kasus positif dan kontak dekat masih terjadi," ujar Yuri di Jakarta, Sabtu (28/3/2020).

Menurut dia, data ini dikumpulkan sejak pukul 12.00 Jumat 27 Maret sampai pukul 12.00 WIB, Sabtu 28 Maret. Sementara, ada penambahan pasien corona yang sembuh hingga Sabtu kemarin sebanyak 59 orang.

Jangan Mudik

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali meminta masyarakat di ibu kota untuk tidak meninggalkan atau keluar dari daerah itu untuk mudik ke kampung halaman karena masih terjadi wabah pandemi virus Corona atau Covid-19.

"Pesan ini sesungguhnya sudah saya sampaikan berkali-kali. Kami minta masyarakat Jakarta tidak meninggalkan Jakarta, khususnya ke kampung halaman," kata Anies saat jumpa pers di Jakarta, Sabtu (28/3/2020) dilansir dari Antara.

Imbauan itu disampaikan Anies dengan tujuan untuk memastikan agar warga di ibu kota sehat dan jika ada yang membutuhkan pelayanan kesehatan dapat segera diberikan.

Ia mengatakan, walaupun fasilitas kesehatan yang ada di Jakarta jumlahnya terbatas dibandingkan total kasus Covid-19, kondisinya masih relatif tersedia dibanding daerah lain.

"Jadi saya berharap kepada semuanya untuk mengambil sikap bertanggung jawab dengan tetap tinggal di Jakarta dan jangan pulang kampung," kata Anies.

Apalagi, jika warga yang ingin pulang kampung tersebut berstatus sebagai Orang Dalam Pemantauan (OPD), maka kata Anies, kemungkinan terburuk makin besar.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berbatov Dukung Langkah MU Bajak Jadon Sancho

Posted: 28 Mar 2020 08:55 PM PDT

Manchester - Dimitar Berbatov berharap MU bisa mendatangkan Jadon Sancho musim panas nanti. Ia yakin Sancho bakal tergoda dengan tawaran yang diberikan Setan Merah.

Winger berusia 20 tahun tersebut tampil impresif bersama Borussia Dortmund. Pada musim ini, dia berhasil mencetak 17 gol dan 19 assist dari 35 pertandingan yang sudah dimainkan. 

Penampilan gemilang Jadon Sancho membuat Chelsea dan MU kepincut untuk mendapatkan tanda tangan si pemain pada bursa transfer musim panas tahun ini. 

The Blues optimistis bisa memboyong Sancho ke Stamford Bridge. Pasalnya, pemain Timnas Inggris itu disebut-sebut merupakan pendukung Chelsea. Oleh karena itu, Tim London Biru siap melakukan pendekatan kepada Dortmund demi meminang Sancho.

Namun, The Red Devils tak akan tinggal diam. MU akan coba merayu Jadon Sancho agar mau mendarat ke Old Trafford. Selain itu, klub asuhan Ole Gunnar Solskjaer tersebut menyiapkan nomor punggung tujuh untuk Sancho.

Meski begitu, Chelsea dan MU harus merogoh kocek dalam-dalam untuk menebus Sancho dari Borussia Dortmund. Manajemen Die Borussen dikabarkan talkSPORT baru akan melepas Sancho ke klub lain dengan banderol 120 juta poundsterling (Rp 2,4 triliun).

Sulit Menolak

Borussia Dortmund nampaknya ingin memanfaatkan daya tarik Jadon Sancho. Raksasa Jerman itu diberitakan menaikkan harga jual sang winger menjadi 140 juta Euro. (AFP/Ina Fassbender)
Borussia Dortmund nampaknya ingin memanfaatkan daya tarik Jadon Sancho. Raksasa Jerman itu diberitakan menaikkan harga jual sang winger menjadi 140 juta Euro. (AFP/Ina Fassbender)

Dimitar Berbatov yakin Sancho bakal sulit menolak tawaran dari Manchester United. Andai proses transfer itu terealisasi, Sancho diyakini bakal mendongkrak performa Tim Setan Merah.

"Ada banyak pembahasan tentang Jadon Sancho pindah ke Manchester United. Dalam kasusnya, karena dia pemain Inggris dan Manchester United menginginkannya, saya yakin dia tidak akan berpikir dua kali untuk pindah ke MU," ujar Berbatov.

"Dia bisa menjadi tambahan yang bagus, dia perlu terus melangkah, bermain, mencetak gol dan maju ke tahap selanjutnya. Solskjaer perlahan tetapi pasti, membangun tim dengan pemain muda dan dipadukan pemain berpengalaman, dan seperti yang bisa kita lihat, itu sudah mendapatkan hasil," lanjutnya.

"Jadi bagus melihat mereka bergerak ke arah yang benar dan jika Sancho adalah pemain berikutnya, itu akan bagus untuk tim," tutur pria yang merasakan enam trofi juara bersama Manchester United itu.

Sumber: talkSPORT

Disadur dari: Bola.com (penulis Rizki H, published 28/3/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Cegah Corona, 6 Pasangan Seleb Ini Rela Pisah Kamar

Posted: 28 Mar 2020 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wabah Virus Corona COVID-19 kini sedang menjadi perhatian utama pemerintah dan masyarakat. Presiden Joko Widodo pun mengeluarkan himbauan agar masyarakat melakukan social distancing dan mengurangi aktivitas di luar rumah.

Hal tersebut terjadi lantaran angka kasus positif corona di Indonesia semakin meningkat. Sejak kasus pertama di umumkan pada awal Maret 2020, hingga Sabtu (28/3/2020) telah mencapai 1.155 kasus.

Guna menekan penyebaran Virus Corona COVID-19, masyarakat pun mematuhi aturan untuk melakukan social distancing. Termasuk di antaranya para artis tanah air pun turut melakukan social distancing, tak hanya dengan dunia luar tapi dengan pasangan dan keluarga. 

Siapa sajakah artis yang harus rela berpisah sementara dengan pasangannya? Berikut ulasan selengkapnya, dirangkum oleh liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (29/3/2020).

1. Andrea Dian dikabarkan positif terinfeksi corona dan harus menjalani isolasi. Membuat pasangan ini harus terpisah sementara waktu. Ganindra Bimo pun terus memberikan dukungan untuk sang istri.

Artis yang harus rela berpisah sementara dengan pasangannya karena wabah Virus Corona COVID-19. (Sumber: Instagram/andreadian)
Artis yang harus rela berpisah sementara dengan pasangannya karena wabah Virus Corona COVID-19. (Sumber: Instagram/andreadian)

2. Ketika hasil menyatakan bahwa Detri Warmanto positif corona, ia pun harus lakukan isolasi mandiri. Hal tersebut membuatnya terpisah dari Karunia Putripari Cendana selama beberapa waktu.

Artis yang harus rela berpisah sementara dengan pasangannya karena wabah Virus Corona COVID-19. (Sumber: Instagram/detriwarmanto)
Artis yang harus rela berpisah sementara dengan pasangannya karena wabah Virus Corona COVID-19. (Sumber: Instagram/detriwarmanto)

3. Demi menjaga anak-anaknya di rumah Maia Estianty pun rela berpisah sementara dengan Irwan Mussry. Diketahui dari Instagram Maia, keduanya telah seminggu lebih tak bertatap muka.

Artis yang harus rela berpisah sementara dengan pasangannya karena wabah Virus Corona COVID-19. (Sumber: Instagram/maiaestiantyreal)
Artis yang harus rela berpisah sementara dengan pasangannya karena wabah Virus Corona COVID-19. (Sumber: Instagram/maiaestiantyreal)

4. Ketika virus corona sedang merebak, ternyata Tyson sedang berada di Australia. Hal ini pun lantas membuatnya tak bisa kembali ke Indonesia untuk bertemu Melaney Ricardo dan anak-anaknya.

Artis yang harus rela berpisah sementara dengan pasangannya karena wabah Virus Corona COVID-19. (Sumber: Instagram/melaney_ricardo)
Artis yang harus rela berpisah sementara dengan pasangannya karena wabah Virus Corona COVID-19. (Sumber: Instagram/melaney_ricardo)

5. Sempat berpergian ke luar kota akibat pekerjaan Titi Kamal terpaksa mengisolasi diri dari Christian Sugiono dan anak-anaknya.

Artis yang harus rela berpisah sementara dengan pasangannya karena wabah Virus Corona COVID-19. (Sumber: Instagram/titi_kamal)
Artis yang harus rela berpisah sementara dengan pasangannya karena wabah Virus Corona COVID-19. (Sumber: Instagram/titi_kamal)

6. Setelah suami pulang dari Amerika Serikat, Titi Rajo Bintang dan Adrianto Djokosoetono melakukan social distancing hingga kondisi aman. Keduanya pun tinggal terpisah, Titi di rumah sedangkan Adrianto di apartemen.

Artis yang harus rela berpisah sementara dengan pasangannya karena wabah Virus Corona COVID-19. (Sumber: Instagram/titirajobintang)
Artis yang harus rela berpisah sementara dengan pasangannya karena wabah Virus Corona COVID-19. (Sumber: Instagram/titirajobintang)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Penyebaran Corona, Media Lawan Covid-19 Serukan Jangan Mudik

Posted: 28 Mar 2020 08:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kolaborasi puluhan media nasional dan lokal yang tergabung dalam #MediaLawanCovid19 kembali meluncurkan konten edukasi bersama bertajuk "Jangan Mudik" pada Minggu (29/3/2020). Kampanye kedua ini dilakukan untuk meredam potensi penyebaran virus corona atau Covid-19 dari Jakarta ke berbagai daerah. 

Kampanye ini juga masih menggunakan tagar #AmanDiRumah ini, akan dipublikasikan secara serentak selama dua hari, yakni Minggu dan Senin, di berbagai platform. Mulai jaringan televisi, radio, majalah, koran, media siber maupun media sosial.

Melalui kampanye masif ini, diharapkan ajakan dan imbauan untuk tidak pulang kampung dalam rangka mencegah penyebaran virus corona Covid-19 ini diterima masyarakat luas.

Bahkan harapannya imbauan itu hingga ke kelompok masyarakat di unit terkecil, seperti di tingkat RT/RW, kelompok arisan, aktivitas keagamaan, dan lainnya.

Aksi ini menindaklanjuti publikasi konten perdana pada Selasa (24/3/2020) yang bertajuk "Jaga Jarak", yang juga menggunakan tagar #AmanDiRumah.

Kampanye kedua ini semula akan dilakukan mulai Senin (30/3/202). Namun, melihat fenomena masyarakat yang sudah berbondong-bondong meninggalkan Jakarta, dirasa penting untuk mempercepat kampanye "Jangan Mudik" ini.

Diperkirakan ada sekitar 15 juta pemudik yang akan meninggalkan Jakarta ke berbagai wilayah di Jawa dan luar Jawa. Jika ini terjadi, maka dikhawatirkan arus mudik penduduk akan membuat wabah virus corona menjalar dengan cepat dan menambah zona merah di berbagai daerah tujuan pemudik.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Kampanye Dipercepat

Calon penumpang bersiap menaiki bus di Terminal Kalideres, Jakarta, Kamis (30/5/2019). Menurut Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) puncak arus mudik di Terminal Kalideres diprediksi akhir pekan ini, mulai dari Jumat hingga Sabtu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Calon penumpang bersiap menaiki bus di Terminal Kalideres, Jakarta, Kamis (30/5/2019). Menurut Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) puncak arus mudik di Terminal Kalideres diprediksi akhir pekan ini, mulai dari Jumat hingga Sabtu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Berbagai imbauan telah dikeluarkan oleh para pemimpin pusat dan daerah yang meminta masyarakat mengurungkan niatnya untuk mudik. Namun, belum adanya larangan resmi dari pemerintah membuat arus mudik tetap deras mengalir ke berbagai wilayah.

Atas dasar itu, maka pada Minggu pagi ini kampanye edukasi "Jangan Mudik" mulai dilakukan oleh berbagai media yang tergabung dalam #MediaLawanCovid19.

Terdapat sejumlah produk bersama yang dapat digunakan, yakni dua poster, dua iklan layanan masyarakat di radio, dan satu materi tayangan video. Di samping itu, terdapat satu video konten bersama, yang mengandung pesan semangat untuk berbagi.

Untuk kian menggaungkan kampanye "Jangan Mudik" berbagai produk yang dibuat oleh media masing-masing juga akan dipublikasikan secara simultan. Produk itu dapat digunakan oleh semua media dengan mencantumkan tagar #MediaLawanCovid19.

Hal ini dilakukan untuk menyiasati keterbatasan tenaga, alat dan waktu di tengah situasi Kerja Dari Rumah. Dengan begitu, jumlah konten yang dapat dipublikasikan pun menjadi berlipat ganda.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU Dapat Kabar Baik dari Rashford

Posted: 28 Mar 2020 08:35 PM PDT

Manchester- Penyerang Manchester United, Marcus Rashford, membenarkan bila proses pemulihan cederanya berjalan dengan baik. Rashford sudah siap kembali berlatih bersama MU jika pandemi virus corona bisa teratasi.

Penyerang Timnas Inggris itu dihantam cedera punggung sejak 16 Januari 2020. Akibat cedera tersebut, Rashford harus absen selama 42 hari dan melewatkan 13 laga yang dijalani MU.

Absennya Marcus Rashford cukup memengaruhi performa The Red Devils. Dari 13 laga terakhir tanpa Rashford, MU meraih delapan kemenangan, tiga hasil imbang, dan menelan dua kekalahan.

Namun kini, kondisi pemain berusia 22 tahun tersebut semakin membaik. Diharapkan Marcus Rashford bisa kembali menjalani latihan bersama Manchester United setelah kondisi dinyatakan normal dan tidak ada lagi virus corona.

"Saya merasa jauh lebih baik. Saya memiliki pemindaian dalam beberapa hari lagi dan itu akan memperkuatnya, tetapi saya merasa jauh lebih baik dibandingkan dengan dua atau tiga minggu lalu," ujar Rashford.

"Saya merasa 10 kali lebih baik saat ini. Bagi saya, sekarang ini hanya tentang bersiap untuk membangun kembali ke pelatihan dan kemudian tampil bersama MU," tuturnya.

Habiskan Waktu di Rumah

8. Marcus Rashford (Manchester United) - Pemain yang bertekad ingin menjadi andalan lini depan skuat Manchester United ini memiliki nilai pasar seharga 80 juta euro. (AFP/Oli SCarff)
8. Marcus Rashford (Manchester United) - Pemain yang bertekad ingin menjadi andalan lini depan skuat Manchester United ini memiliki nilai pasar seharga 80 juta euro. (AFP/Oli SCarff)

Saat ini, Marcus Rashford dan pesepak bola di Eropa harus menjalani karantina mandiri di rumah. Pasalnya, pandemi virus corona di dunia, khususnya Eropa terus meningkat.

Untuk mengatasi rasa bosan ketika berada di rumah, Rashford menghabiskan waktu dengan berolahraga dan juga menonton film.

"Semua orang hanya berurusan dengan keadaan sebaik yang mereka bisa. Saya baru saja berada di rumah untuk berolahraga di gym dan menjalani pemulihan, membaca buku, menonton Netflix dan hanya melakukan apa yang dapat saya lakukan untuk menghabiskan waktu," kata Rashford.

"Tidak ada yang bisa Anda lakukan yang nyaris berada di ruang ganti dan berada di tim, jadi saya tidak berusaha mengharapkan setinggi itu," tambahnya.

Sumber: talkSPORT

Disadur dari Bola.com (Penulis Rizki Hidayat, Published 29/3/2020)

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Juanda: Surabaya Berpeluang Hujan hingga Malam Hari

Posted: 28 Mar 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memperkirakan Surabaya, Jawa Timur alami hujan lokal pada Minggu (29/3/2020).

Mengutip laman BMKG Juanda, sebagian besar wilayah di Surabaya akan alami hujan lokal pada pukul 13.00, 16.00, dan 19.00 WIB. Sedangkan pada pukul 22.00 akan berawan tebal. Suhu di kisaran 25-33 derajat celsius dengan kecepatan angin 20 KM per jam. Kelembaban udara 60-95 persen.

Cuaca di Surabaya pada siang ini pun cerah berawan dengan suhu 30 derajat celsius. Kelembaban udara 75 persen dengan kecepatan angin 10 KM per jam.

BMKG Juanda juga merilis peringatan dini tiga harian di wilayah Jawa Timur antara lain pada siang hingga sore hari di Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto, Lamongan, Jombang, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Trenggalek,Tulungangung.

Lalu Kabupaten Blitar, Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, dan Situbondo.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

BMKG: Puncak Musim Hujan hingga Maret

Ilustrasi Hujan (iStockphoto)
Ilustrasi Hujan (iStockphoto)

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan cuaca ekstrem di Indonesia akan berlangsung hingga Maret 2020.

"Kalau menurut prediksi BMKG untuk wilayah Indonesia terjadinya cuaca ekstrem tidak serempak, silih berganti. Rata-rata puncak musim hujan Februari-Maret, khusus DIY dan Jateng berlangsung pada Januari-Februari," kata Kepala BMKG Dwikora Karnawati di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa 11 Februari 2020.

Selanjutnya, ujar dia, di kisaran April-Mei sudah memasuki musim kemarau, transisinya adalah pancaroba.

"Untuk ancaman bencananya beda lagi, bukan longsor atau banjir tetapi angin puting beliung. Imbauan kami agar ini bisa diwaspadai oleh seluruh pihak," kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Stasiun Klimatologi Kelas 1 Semarang Tuban Wiyoso mengatakan lebih awalnya cuaca ekstrem yang menjangkau Jawa Tengah dibandingkan wilayah lain karena cuaca di Jawa lebih didominasi oleh pengaruh angin monsun.

"Ini terjadi pada kurun waktu Desember-Februari, puncaknya Januari-Februari. Angin monsun sendiri merupakan angin yang bertiup dari Asia ke wilayah Indonesia. Seperti angin darat, yaitu angin laut tetapi skala musiman, ini dipengaruhi oleh posisi matahari," kata dia seperti dikutip dari Antara.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pandemi Corona Covid-19, Ecclestone: Sulit Gelar F1 Tahun Ini

Posted: 28 Mar 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mantan bos Formula 1, Bernie Ecclestone, mengaku ragu kompetisi F1 bisa berjalan musim ini di tengah pandemi virus corona. Jika masih menjadi orang nomor satu di kompetisi Jet Darat itu, maka ia akan menyatakan dengan tegas tahun ini tak ada balapan.

"Hari ini apa yang akan saya lakukan? Saya akan bilang jika kita sudahi pembicaraan untuk menggelar balapan F1 tahun ini," kata Ecclestone.

"Itu satu-satunya hal teraman yang bisa kalian lakukan untuk semua orang jadi janganlah membuat rencana yang konyol yang kemungkinan tak akan bisa terlaksana."

Multi-miliarder Inggris berusia 89 tahun itu juga memperkirakan grand prix di kampung halamannya di Silverstone pada Juli nanti juga mustahil digelar.

Mantan supremo F1, julukan yang diberikan media Inggris, itu mengaku lebih memilih menghapus kalender F1 2020 saat ini agar para tim bisa fokus ke musim 2021. "Itu yang mereka lakukan dengan Olimpiade. Sayang sebenarnya, tapi memang ini adanya," kata Ecclestone.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Ragu-Ragu

(AP Photo/Nelson Antoine)
(AP Photo/Nelson Antoine)

CEO F1 Chase Carey sebelumnya berharap bisa menggelar musim ini dengan jumlah balapan yang dikurangi dari 22 menjadi 15 atau 18 seri. Namun, Ecclestone ragu itu bisa terjadi.

"Saya akan sangat, sangat terkejut jika mereka bisa melakukan itu. Saya harap mereka bisa. Saya harap benar-benar mereka bisa. Mereka bisa menggelar tiga atau empat balapan di awal tahun depan dan tetap memasukkannya di kejuaraan 2020," kata Ecclestone.

Masalahnya adalah balapan itu mau digelar di mana sehingga tim bersedia datang dan juga promotor ingin melangsungkannya. Masalah besarnya adalah mencari promotor yang mau menjalankan balapan."

Penundaan

(AP Photo/Joan Monfort)
(AP Photo/Joan Monfort)

Sebelumnya, seri pembuka Grand Prix Australia, kemudian Monako telah dibatalkan, berikut enam balapan lainnya, Bahrain, Vietnam, Tiongkok, Belanda, Spanyol dan Azerbaijan, yang harus ditunda karena wabah virus corona.

Selain delapan balapan di awal musim tadi, seri-seri selanjutnya juga terancam ditunda mengingat Kanada, Prancis dan Austria juga sedang berperang dengan penyakit virus corona itu.

Sedangkan Inggris, yang akan menggelar grand prix di Silverstone pada 19 Juli, menangguhkan semua kompetisi balap di negara itu hingga akhir Juni.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Virgoun Dikaruniai Anak Ketiga, Ungkap Nama Sang Bayi yang Penuh Doa

Posted: 28 Mar 2020 08:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kebahagiaan tengah menyelimuti penyanyi Virgoun Putra Tambunan. Ia baru saja dikaruniai anak ketiga setelah istrinya melahirkan bayi berjenis kelamin laki-laki, Minggu (29/3/2020).

Kabar tersebut dibagikan Virgoun melalui akun Instagram-nya. Rasa syukur dan bahagia dituliskan Virgoun atas kelahiran buah cintanya dengan Inara Idola Rusli.

"Alhamdulillah..telah lahir dengan selamat dan sehat putra kami.. segala sembah dan sujud bagi mu ya Allah..serta shalawat dan pujian bagi Rasul mu Muhammad salallahu alaihi wasalam...," tulis Virgoun Minggu (29/3/2020).

Nama Anak

Anak Vigoun (Instagram/ virgoun)
Anak Vigoun (Instagram/ virgoun)

Virgoun berharap anak ketiganya ini menajdi penerang bagi keluarga dan orang lain. Ia pun menamakan anaknya seperti yang ia doakan.

"Semoga akhlak mu terang..tutur kata mu..berterus terang..cara berfikir mu cemerlang.. jadi lah apa yg kami doa kan lewat nama mu.. "Terang Sharique Virgoun"- Ari-," tulis Virgoun.

Ucapan Selamat dan Doa

(Instagram/virgoun_)
(Instagram/virgoun_)

Ucapan selamat membanjiri kolom komentar unggahan Virgoun terutama dari para selebritis.

"Alhamdulillah, selamat ya," tulis penyanyi Audy Item.

"Alhamdulillah brooh. Orang2 lagi paniik die malah beranak Ck ck ck. Antimainstream keren. Semoga sehat terus bayinya bro insya Allah menjadi cahaya surga dan keberkahan bagi orang tuanya kelak. Bagus dinamain sama ma gw bro," tulis presenter Arie Untung.

"Masya Allah Tabarakallah, Jadi anak sholeh, Hafidz Qur'an, Qurrota A'yun buat orang tua nya. Selamaaaaatttt ❤️❤️❤️❤️," tulis Rizal Armada.

Saran Nama

Keluarga Virgoun (Sumber: Instagram//virgoun_)
Keluarga Virgoun (Sumber: Instagram//virgoun_)

Lantaran lahir di tengah pandemi virus corona, ada warganet yang menyarankan agar nama anak Virgoun diberi nama Corona. Komentar itu pun dibalas oleh Virgoun.

"G dikasih nama corona bang?," tulis akun @arif_abcdef.

"@arif_abcdef orang jaman dulu bgt nih..di kasih nama sesuai sikon wkkwkwkw," balas Virgoun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Pecat Evi Novida Ginting dari KPU

Posted: 28 Mar 2020 08:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah memberhentikan secara tidak terhormat kepada anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) periode 2017-2022, Evi Novida Ginting Manik melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia (Kepres) No 34/P Tahun 2020.

Kepres tersebut merujuk pada putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) No 317-PKE-DKPP/X/2019 yang memutuskan pemberhentian terhadap Evi Novida Ginting karena terbukti melakukan pelanggaran kode etik.

"Memberhentikan dengan tidak hormat Dra. Evi Novida Ginting Manik, M.SP sebagai anggota Komisi Pemlihan Umum Masa Jabatan Tahun 2017-2022," bunyi Keputusan Presiden tertanggal 23 Maret 2020, seperti dilihat pada Minggu (29/3).

Pada pertimbangan, Plt Ketua DKPP dengan surat No 012/K.DKPP/PP.00/III/2020 tanggal 18 Maret 2020, mengusulkan pemberhentian dengan tidak terhormat terhadap Evi Novida Ginting berdasarkan putusan DKPP 317-PKE-DKPP/X/2019.

Evi dinilai telah memenuhi syarat untuk diberhentikan dengan tidak terhormat sebagai anggota KPU periode 2017-2022.

"Bahwa sehubungan dengan hal tersebut pada huruf a dan b perlu menetapkan pemberhentian dengan tidak hormat Dra. Evi Novida Ginting Manik, M.SP sebagai anggota Komisi Pemilihan Umum Masa Jabatan 2017-2022, dengan keputusan presiden,"

Evi Keberatan

Komisioner KPU RI, Evi Novida Ginting saat memberi keterangan terkait pernyataan sikap KPU RI terhadap putusan DKPP di Gedung KPU RI, Jakarta, Kamis (19/3/2020). Evi Novida Ginting menyatakan keberatan dan akan mengajukan gugatan atas putusan DKPP. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Komisioner KPU RI, Evi Novida Ginting saat memberi keterangan terkait pernyataan sikap KPU RI terhadap putusan DKPP di Gedung KPU RI, Jakarta, Kamis (19/3/2020). Evi Novida Ginting menyatakan keberatan dan akan mengajukan gugatan atas putusan DKPP. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Evi Novida Ginting Manik sempat melawan putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) terkait pemecatannya. Dia mendatangi kantor DKPP hingga bertemu Presiden Joko Widodo karena keberatan terhadap putusan bernomor DKPP 317-PKE-DKPP/2019, pada Senin (23/3/2020).

Evi telah mendatangi DKPP menyampaikan pernyataan keberatan terhadap putusan DKPP. Setelah itu, Evi juga berencana menggugat putusan DKPP ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

"Setelah prosedur administratif dilakukan. Setelah itu ke PTUN," ucap dia, Senin.

Evi Novida Ginting Manik menjabarkan empat poin keberatan terhadap putusan DKPP itu. Pertama, dia keberatan DKPP menilai telah menerima bukti dokumen dan keterangan pengadu. Sebab, kata dia pada persidangan 13 November 2019 dan 17 Januari 2020, majelis sidang DKPP tidak melakukan pemeriksaan terhadap pengadu atas nama Hendri Makaluasc karena pengadu membacakan surat pencabutan laporan.

"Pada sidang tanggal 17 Januari 2020, pengadu (Hendri Makaluasc) maupun pengacaranya tidak lagi menghadiri sidang DKPP. Dengan demikian kesimpulan Majelis DKPP tersebut di atas, tidak sesuai dengan fakta-fakta yang terjadi dalam persidangan, sehingga kesimpulan Majelis DKPP yang dijadikan dasar putusan dalam perkara 317-PKE-DKPP/2019 tidak beralasan hukum," jelas Evi.

Kendati laporan dicabut, DKPP berkukuh menyidangkan perkara karena laporan dugaan pelanggaran etik tidak terikat laporan pengadu. Menurut Evi, ada perbedaan perlakuan DKPP terhadap perkara lain yang dihentikan karena pengadu melayangkan surat pencabutan gugatan.

"Perlakuan yang berbeda ini membuka ruang subjektivitas karena tidak ada aturan dan ukuran yang jelas baik yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 maupun Peraturan DKPP untuk menentukan apakah satu aduan dapat diteruskan atau tidak jika pengadu mencabut aduannya," jelasnya.

Pembacaan putusan DKPP saat itu dinilai tidak memenuhi kuorum karena berdasarkan Pasal 36 ayat (2) Peraturan DKPP Nomor 2 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Peraturan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pedoman Beracara Kode Etik Penyelenggara Pemilihan Umum, menyebutkan rapat pleno harus dihadiri tujuh orang anggota DKPP kecuali dalam keadaan tertentu dapat dihadiri minimal lima orang.

Evi mengatakan, dalam putusan DKPP disebutkan bahwa hanya empat orang anggota DKPP yang hadir. "Keputusan DKPP Nomor 317-PKE-DKPP/X/2019 dibuat dengan cara yang terburu-buru, tidak cermat, tidak mempertimbangkan qorum ini mestinya dinyatakan cacat hukum dan harus dinyatakan batalkan demi hukum," kata dia.

Evi menyoroti pertimbangan DKPP terhadapnya bahwa sebagai Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Logistik Pemilu, memiliki tanggungjawab etik lebih besar. Dia menilai, tuduhan tersebut berlebihan karena pengambilan keputusan di KPU RI secara kolektif kolegial dalam rapat pleno.

Evi mengatakan, tidak ada laporan pengadu maupun fakta persidangan yang spesifik membahas perannya yang disebut mengendalikan dan mengintervensi putusan KPU Kalimantan Barat. Dia mengatakan, supervisi yang dilakukan KPU RI terhadap KPU Kalbar untuk melaksanakan putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 154-02-20/PHPU.DPR-DPRD/XII/2019 demi memberikan kepastian hukum seperti diatur dalam UUD.

"Selanjutnya juga tidak ada bukti perbuatan yang dilakukan, bagaimana melakukan, kapan dilakukan, dimana dilakukan, yang dapat secara nyata menjadi alasan untuk menyatakan bahwa teradu VII secara inperson dapat dikategorikan melakukan perbuatan ketidakadilan yang menyebabkan hasil Pemilu tidak dapat dipertanggungjawabkan validitas dan kredibilitasnya, sehingga tidak cukup alasan hukum untuk membebankan sanksi pemberhentian secara tetap dari anggota kepada teradu VII," tegas Evi.

Sehingga, Evi menilai terdapat cacat prosedur yang dilakukan DKPP baik mekanisme beracara maupun proses pengambilan keputusan. Dia meminta DKPP untuk membatalkan putusan Nomor 317-PKE-DKPP/2019 dan meminta presiden menunda pelaksanaan putusan DKPP tersebut.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Simak, Cara Lengkap Minta Keringanan Kredit ke Bank atau Leasing

Posted: 28 Mar 2020 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merilis tata cara pengajuan keringanan kredit bank dan pinjaman melalui multifinance atau leasing (perusahaan pembiayaan). Keringanan kredit ini bagi debitur yang terdampak virus Corona covid-19.

Pemberian keringanan kredit ini untuk menjalankan perintah Presiden Joko Widodo dalam keterangan pers Selasa 24 Maret lalu yang meminta kepada OJK untuk memberikan kelonggaran atau relaksasi kredit bagi debitur yang terdampak Corona covid-19. Keringanan tersebut berupa penundaan pembayaran cicilan sampai satu tahun dan juga penurunan bunga kredit.

Juru bicara OJK Sekar Putih Djarot mengatakan, debitur tidak perlu datang ke bank atau perusahaan pembiayaan untuk menanyakan hal tersebut.  Nasabah menunggu dan ikuti pengumuman yang akan disampaikan bank atau leasing melalui website dan atau call center resmi," kata Sekar dalam keterangan yang diterima liputan6.com, Sabtu (28/3/2020).

Prioritas debitur yang mendapat keringanan adalah memenuhi persyaratan minimal sebagai berikut:

a. Debitur terkena dampak Corona Covid-19 dengan nilai kredit atau leasing di bawah Rp 10 miliar untuk antara lain pekerja informal, berpenghasilan harian, usaha mikro dan usaha kecil (Kredit UMKM dan KUR).

b. Keringanan dapat diberikan dalam periode waktu maksimum 1 tahun dalam bentuk penyesuaian pembayaran cicilan pokok atau bunga, perpanjangan waktu atau hal lain yang ditetapkan oleh ban atau leasing.

c. Mengajukan kepada bank atau leasing dengan menyampaikan permohonan melalui saluran komunikasi bank atau leasing.

d. Jika dilakukan secara kolektif misalkan melalui perusahaan, maka direksi wajib memvalidasi data yang diberikan kepada bank atau leasing.

 

Bagaimana yang Tak Termasuk?

Pengunjung berjalan di depan pameran kendaraan di salah satu pusat perbelanjaan di Bandung, Sabtu (27/6/2015). Bank Indonesia (BI) telah menerbitkan aturan pelonggaran uang muka/DP untuk kredit kepemilikan kendaraan bermotor. (Liputan6.com/Helmi Afandi)
Pengunjung berjalan di depan pameran kendaraan di salah satu pusat perbelanjaan di Bandung, Sabtu (27/6/2015). Bank Indonesia (BI) telah menerbitkan aturan pelonggaran uang muka/DP untuk kredit kepemilikan kendaraan bermotor. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Bagi debitur yang tidak termasuk dalam kategori kedua tersebut, bank atau leasing memiliki kebijakan keringanan kredit atau leasing, sehingga debitur dapat berkontak langsung melalui sarana komunikasi yang selama ini digunakan dan tetap tidak perlu hadir atau tatap muka .

Debitur agar selalu mengikuti informasi resmi dari bank atau leasing, tidak mudah percaya dengan informasi yang bersifat hoaks, termasuk melaporkan kepada bank atau leasing jika ada pihak debt collector yang melakukan teror atau tidak sesuai ketentuan.

"Dapat juga dilaporkan ke OJK telepon 157, WA 081 157 157 157 atau email konsumen@ojk.go.id dengan menyebutkan nama, perusahaan bank atau leasing, dan masalah yang dihadapi," jelasnya.

Kelima, keringanan kredit atau leasing ini dilakukan dengan penuh tanggungjawab oleh para pihak, baik debitur dan bank atau leasing.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Pilu dari Ruang Isolasi Corona

Posted: 28 Mar 2020 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dian tak kuasa menahan tangis lantaran tak bisa bertemu langsung dengan buah hatinya. Ya, Dian harus menjalani isolasi karena dinyatakan terinfeksi virus corona atau Covid-19, setelah berinteraksi dengan pasien positif. Dian adalah seorang tenaga medis di RS Jawa Tengah.

Rasa rindu setengah mati kepada buah hati memuncak saat orangtuanya mengabarkan bahwa sang anak menanyakan keberadaan ibundanya. Namun yang bisa dilakukan hanya dengan video call. Sebab, Dian harus masuk ruang isolasi corona.

"Rasanya nangis sejak dinyatakan positif Covid-19. Kangen sama anak tapi belum bisa ketemu. Anak saya sudah menanyakan, kapan pulang? Sedangkan, ini masih jalani karantina lima hari," kata Dian, Sabtu (28/3/2020).

Meski begitu, Dian tidak putus asa. Ia hanya berusaha untuk sembuh dari corona Covid-19 demi bisa berkumpul dengan keluarga lagi.

"Saya sayang keluarga dan ingin sembuh. Kasihan anak saya sekarang sama mertua, suami saya kerja di Jakarta," jelasnya.

 

Tertular saat Tangani Pasien Rujukan

Seorang tenaga kesehatan medis melakukan rapid test pendektesian COVID-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (25/3/2020). Pemeriksaan itu khusus hanya diperuntukan bagi tenaga medis seluruh puskesmas, dan rumah sakit yang ada di Kota Bekasi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Seorang tenaga kesehatan medis melakukan rapid test pendektesian COVID-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (25/3/2020). Pemeriksaan itu khusus hanya diperuntukan bagi tenaga medis seluruh puskesmas, dan rumah sakit yang ada di Kota Bekasi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Wanita yang bertugas di bagian rekam medis itu justru tertular saat menangani pasien rujukan suspect Corona. Ketika itu dia mendata pasien dengan kondisi batuk terus menerus selama proses pendataan.

"Saya kontak dengan dia sekitar 15 menitan, sedangkan waktu itu juga tidak mengenakan masker," ujarnya.

Setelah pasien tersebut dirawat dan dinyatakan positif corona, Dian merasakan mulai ada gejala seperti demam, batuk, dan panas tinggi. Meski begitu, ia tetap nekat berangkat bekerja.

"Sampai saya pingsan karena tidak kuat. Setelah dicek, saya dinyatakan positif corona," tegasnya.

 

Doa dari Gubernur Ganjar

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menghubungi petugas medis yang terinfeksi virus corona.
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menghubungi petugas medis yang terinfeksi virus corona.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan, saat ini tengah memberikan semangat kepada tenaga medis yang tertular virus Covid-19 untuk segera sembuh.

"Tetap semangat untuk sembuh, banyak teman-teman yang selalu mendoakan dan mendukung para tenaga medis seperti panjenengan," kata Ganjar.

Selain memberikan semangat tenaga medis, perawat, dan dokter yang melakukan penanganan pasien Corona, pihaknya juga tidak lupa memberikan semangat pasien yang masih dirawat di rumah sakit agar diberi kesembuhan.

"Kita semua selalu berdoa untuk kesembuhan pasien terinfeksi corona. Semoga cobaan ini bisa berlalu," tutup Ganjar Pranowo.

 

Reporter: Danny Adriadhi Utama

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Virus Corona Covid-19 dan 2 Peristiwa Lain yang Pernah Membuat Liga Indonesia Berhenti

Posted: 28 Mar 2020 08:10 PM PDT

Jakarta- PSSI lewat Surat Keputusan bernomor 48/SKEP/III/2020 resmi menghentikan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 sampai 29 Mei mendatang akibat pandemi virus corona. Keputusan ini dibuat guna untuk mendukung Pemerintah Republik Indonesia yang sudah menetapkan status darurat bencana nasional.

"PSSI menetapkan bahwa Maret, April, Mei, dan Juni 2020 adalah status keadaan tertentu darurat bencana terkait penyebaran COVID-19 di Indonesia, maka status ini disebut keadaan Kahar (Force Majeure)," bunyi petikan surat PSSI tertanggal 27 Maret 2020 itu.

Keputusan penghentian sementara kompetisi di Indonesia sudah sangat tepat. Mengacu pada situs pantau virus Corona John Hopkins University & Medicine, Sabtu (28/3/2020), virus Corona saat ini menjangkit di 177 negara dengan total kasus positif 602.262. Adapun di Indonesia telah terjadi 1.155 kasus dengan total kematian 102 kasus.

Andai tidak ada perubahan, kompetisi bergulir kembali pada 1 Juli 2020. Namun, keputusannya tetap mengikuti situasi yang diumumkan Pemerintah nantinya.

Jika situasi belum kondusif, nantinya PSSI akan mengeluarkan keputusan baru untuk kembali menunda atau menghentikan secara total kompetisi di Indonesia. Sebaliknya, jika sudah kondusif dan mendapatkan restu dari otoritas setempat maka kompetisi bisa dilanjutkan.

Penghentian kompetisi di Indonesia ternyata sudah beberapa kali terjadi. Namun, baru kali ini kompetisi dihentikan karena pandemi virus yang memakan banyak korban di Indonesia. Lantas, apa saja faktor penyebab pernah berhentinya kompetisi di Indonesia selain virus corona?

Krisis Politik dan Moneter 1998

ilustrasi
ilustrasi

Divisi Utama Liga Indonesia 1997-1998 harus berhenti karena situasi yang tak kondusif. Ketika itu, Indonesia sedang mengalami pergolakan politik yang membuat krisis moneter.

Kompetisi harus berhenti di tengah jalan setelah memainkan 17 pertandingan. Ketika itu, kompetisi menggunakan format tiga wilayah yakni barat, tengah, dan timur.

Kompetisi resmi dihentikan pada 25 Mei 1998. Ketika itu, pemuncak klasemen sementara adalah Persebaya Surabaya (Wilayah Barat), PSMS Medan (Wilayah Tengah), dan PSM Makassar (Wilayah Timur).

Kompetisi kemudian berlanjut pada musim baru yakni 1998-1999 yang digelar pada 1 November 1998-9 April 1999. PSIS Semarang menjadi kampiun setelah mengalahkan Persebaya Surabaya dengan skor 1-0 melalui gol Tugiyo (89').

Sanksi FIFA

Logo FIFA. (AFP PHOTO / FABRICE COFFRINI)
Logo FIFA. (AFP PHOTO / FABRICE COFFRINI)

Kompetisi Indonesia kemudian terhenti lagi pada musim 2015. Ketika itu, kompetisi sudah menggunakan format Liga Super Indonesia. Sejatinya kompetisi berlangsung pada 4 April - 23 November 2015.

Namun, harus terhenti setelah menggelar 19 pertandingan selama tiga pekan. FIFA menjatuhkan sanksi kpeada PSSI pada 31 Mei 2015 karena kisruh dualisme dan campur tangan Pemerintah Indonesia.

Penghentian kompetisi berimbas pada kehidupan pemain dan pelatih. Banyak pemain yang memilih untuk bermain di pertadingan antarkampung (tarkam) untuk mengais rejeki.

Pemerintah akhirnya menggelar turnamen Piala Presiden 2015 untuk mengisi kekosongan kompetisi. Kemudian menggelar Indonesia Soccer Championship pada 2016 meskipun masih di bawah sanksi FIFA.

Disadur dari Bola.com (penulis Zulfirdaus Harahap, Published 29/3/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Crossover Toyota Mulai Diuji Coba di Daerah Bersalju

Posted: 28 Mar 2020 08:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Toyota diketahui tengah menguji crossover baru yang bodinya dibungkus kamuflase. Pengujian dilakukan di daerah bersalju di kawasan Kutub Utara.

Dilansir dari situs Autoevolution, dapat dipastikan mobil merupakan unit pengetesan crossover mungil berbasis Yaris. Terlihat dari tubuh unit tes, menggunakan bodi milik Yaris generasi ketiga XP130 – versi lama yang lazim ditemukan di Eropa, Canada, dan AS.

Di balik tubuh itu tersembunyi platform TNGA-B serupa Yaris teranyar keluaran Jepang. Meski begitu, kaki-kaki tampak jenjang, menyisakan banyak ruang di sepatbor. Kolong mobil (ground clearance) pun tampak lebih tinggi dari biasanya.

Keyakinan wujud crossover pun diperkuat lewat perbandingan proporsi tubuh. Di salah satu foto ia berdiri persis di samping Renault Captur. Tingginya nyaris setara. Dan apapun nama crossover ini nantinya, ia dibangun atas ide serupa: Crossover berbasis platform hatchback.

Sebagaimana Captur dibangun dari Clio. Nantinya, Yaris versi jangkung ini bakal memasuki ring tinju crossover mungil, memanaskan kompetisi yang juga digeluti Hyundai Venue dan Nissan Kicks.

Belum ada gambaran jelas soal rancangan eksterior lantaran test mule belum mengenakan baju anyar. Kendati begitu, Toyota sendiri pernah menampilkan foto teaser bokong dan siluet samping.

Elemen kupe kemungkinan besar bakal diadaptasi. Mungkin bergaya bak CH-R mungil dan sedikit mengotak. Menarik perhatian justru imaji bokong. Lampu horizontal segaris menciptakan kesan futuristis, ditambah lagi sudut kaca belakang dibuat melandai cantik.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Membidik Eropa

Urusan pemacu daya diekspektasikan mendapat unit 1,5-liter hybrid dan konvensional. Penyaluran tenaga dilakukan melalui transmisi manual enam percepatan atau CVT. Di Jepang, Toyota menawarkan opsi sistem penggerak empat roda e-Four.

Sistem AWD ini unik karena tenaga untuk menggerakan roda belakang tidak berasal dari saluran daya pemacu konvensional. Sebuah motor listrik melekat di suspensi belakang dan langsung terhubung ke roda.

Sebenarnya, si misterius ini bakal tampil di Geneva Motor Show 2020. Sayang dibatalkan karena kasus virus corona. Namun tidak seperti pabrikan lain, Toyota tak punya dorongan untuk buru-buru mengenalkan.

Seperti dikutip dari Automotive News, jadwal unveiling small crossover ini ditunda dalam hitungan minggu atau bahkan bulan. Padahal ia dicanangkan sebagai pusat perhatian panggung Toyota di sana. Sebagai tanda masuknya Toyota ke segmen yang sedang berkembang di Eropa.

Ya, Eropa bakal menjadi target utama crossover mungil ini. Namun, kabarnya Amerika Serikat juga akan disambangi. Kabar baik sebab di Negeri Paman Sam tidak kebagian Yaris berplatform anyar – hanya rebadge dari Mazda 2. Sedang di Eropa, model anyar ini direncanakan untuk mengaspal pada Maret tahun depan.

Sumber: Oto.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Artis Cantik yang Unggah Foto 'Until Tomorrow', Kocak

Posted: 28 Mar 2020 08:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini media sosial Instagram sedang ramai dengan tantangan 'until tomorrow'. Tantangan tersebut mengharuskan akun Instagram mengunggah foto aibnya. Mulai dari foto lawas hingga berbagai pose kocak menjadi keseruan tantangan ini.

Viralnya tantangan until tomorrow ini juga sedang ramai di kalangan selebritas Tanah Air. Para seleb saling menantang satu sama lain, sehingga foto-foto aib mereka diunggah di Instagram. Banyak yang mengunggah foto lawas mereka hingga bergaya belum siap di foto.

Mulai dari Ayu Ting Ting hingga Brisia Jodie ikut meramaikan tantangan until tomorrow. Foto-foto yang dibagikan ke media sosial pun banjir komentar dari netizen. Ada yang menyebut foto aib tersebut masih cantik hingga benar-benar ada yang menyebut bahwa foto lawas tersebut sukses bikin pangling.

Penasaran kan bagaimana foto until tomorrow unggahan para aktris cantik? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, unggahan foto artis ikuti tantangan until tomorrow, Minggu (29/3/2020). 

1. Enzy Storia mengunggah foto muka bantalnya di tantangan until tomorrow. Banyak yang menganggap foto aib Enzy ini tetap terlhat cantik.

7 Artis Cantik yang Unggah Foto 'Until Tomorrow', Bongkar Aib (sumber: Instagram.com/enzystoria)
7 Artis Cantik yang Unggah Foto 'Until Tomorrow', Bongkar Aib (sumber: Instagram.com/enzystoria)

2. Dengan tantangan until tomorrow, bisa dilihat bahwa Jessica Mila pernah memiliki pipi yang chubby.

7 Artis Cantik yang Unggah Foto 'Until Tomorrow', Bongkar Aib (sumber: Instagram.com/jscmila)
7 Artis Cantik yang Unggah Foto 'Until Tomorrow', Bongkar Aib (sumber: Instagram.com/jscmila)

3. Fita Anggriani pun mengunggah foto lawasnya saat masih remaja. Foto ini membuktikan bahwa Fita sudah cantik sedari dulu.

7 Artis Cantik yang Unggah Foto 'Until Tomorrow', Bongkar Aib (sumber: Instagram.com/fitaanggriani)
7 Artis Cantik yang Unggah Foto 'Until Tomorrow', Bongkar Aib (sumber: Instagram.com/fitaanggriani)

4. Michelle Joan ikut mengunggah fotonya yang belum siap berpose saat bersama anjing peliharaannya.

7 Artis Cantik yang Unggah Foto 'Until Tomorrow', Bongkar Aib (sumber: Instagram.com/michellejoan_)
7 Artis Cantik yang Unggah Foto 'Until Tomorrow', Bongkar Aib (sumber: Instagram.com/michellejoan_)

5. Ochi Rosdiana juga mengunggah potret kocaknya demi ikuti tantangan until tomorrow.

7 Artis Cantik yang Unggah Foto 'Until Tomorrow', Bongkar Aib (sumber: Instagram.com/ochi24)
7 Artis Cantik yang Unggah Foto 'Until Tomorrow', Bongkar Aib (sumber: Instagram.com/ochi24)

6. Brisia Jodie pun tak ragu mengunggah foto lawasnya dengan rambut pendek sebahu. Foto ini ramai dikomentari netizen karena sukses bikin pangling.

7 Artis Cantik yang Unggah Foto 'Until Tomorrow', Bongkar Aib (sumber: Instagram.com/brisiajodie96)
7 Artis Cantik yang Unggah Foto 'Until Tomorrow', Bongkar Aib (sumber: Instagram.com/brisiajodie96)

7. Pelantun lagu Sik Asik, Ayu Ting Ting mengunggah foto dengan pose kocak wajahnya. Meski tampil dengan wajah kocak, Ayu tetap terlihat menawan.

7 Artis Cantik yang Unggah Foto 'Until Tomorrow', Bongkar Aib (sumber: Instagram.com/ayutingting92)
7 Artis Cantik yang Unggah Foto 'Until Tomorrow', Bongkar Aib (sumber: Instagram.com/ayutingting92)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Di Jerman Ada Tisu Toilet yang Bisa Dimakan

Posted: 28 Mar 2020 08:00 PM PDT

Pemilik toko roti Tim Kortuem menyiapkan kue berbentuk tisu toilet di toko roti Schuerener Backparadies di Dortmund, Jerman, 26 Maret 2020. Kelangkaan kertas tisu toilet memunculkan ide bagi pemilik toko roti itu membuat kue menyerupai barang yang diburu warga di tengah Covid-19 (Ina FASSBENDER/AFP)
Pemilik toko roti Tim Kortuem menyiapkan kue berbentuk tisu toilet di toko roti Schuerener Backparadies di Dortmund, Jerman, 26 Maret 2020. Kelangkaan kertas tisu toilet memunculkan ide bagi pemilik toko roti itu membuat kue menyerupai barang yang diburu warga di tengah Covid-19 (Ina FASSBENDER/AFP)

Pemilik toko roti Tim Kortuem menyiapkan kue berbentuk tisu toilet di toko roti Schuerener Backparadies di Dortmund, Jerman, 26 Maret 2020. Kelangkaan kertas tisu toilet memunculkan ide bagi pemilik toko roti itu membuat kue menyerupai barang yang diburu warga di tengah Covid-19 (Ina FASSBENDER/AFP)

Seorang karyawan memotong kue berbentuk tisu toilet di toko roti Schuerener Backparadies di Dortmund, Jerman, 26 Maret 2020. Kelangkaan kertas tisu toilet memunculkan ide bagi pemilik toko roti itu, Tim Kortuem, membuat kue menyerupai barang yang diburu warga di tengah Covid-19. (Ina FASSBENDER/AFP
Seorang karyawan memotong kue berbentuk tisu toilet di toko roti Schuerener Backparadies di Dortmund, Jerman, 26 Maret 2020. Kelangkaan kertas tisu toilet memunculkan ide bagi pemilik toko roti itu, Tim Kortuem, membuat kue menyerupai barang yang diburu warga di tengah Covid-19. (Ina FASSBENDER/AFP

Seorang karyawan memotong kue berbentuk tisu toilet di toko roti Schuerener Backparadies di Dortmund, Jerman, 26 Maret 2020. Kelangkaan kertas tisu toilet memunculkan ide bagi pemilik toko roti itu, Tim Kortuem, membuat kue menyerupai barang yang diburu warga di tengah Covid-19. (Ina FASSBENDER/AFP

Andrea Schulz menyiapkan kue berbentuk tisu toilet di toko roti Schuerener Backparadies di Dortmund, Jerman, 26 Maret 2020. Kelangkaan kertas tisu toilet memunculkan ide bagi pemilik toko roti itu, Tim Kortuem, membuat kue menyerupai barang yang diburu warga di tengah Covid-19. (Ina FASSBENDER/AFP)
Andrea Schulz menyiapkan kue berbentuk tisu toilet di toko roti Schuerener Backparadies di Dortmund, Jerman, 26 Maret 2020. Kelangkaan kertas tisu toilet memunculkan ide bagi pemilik toko roti itu, Tim Kortuem, membuat kue menyerupai barang yang diburu warga di tengah Covid-19. (Ina FASSBENDER/AFP)

Andrea Schulz menyiapkan kue berbentuk tisu toilet di toko roti Schuerener Backparadies di Dortmund, Jerman, 26 Maret 2020. Kelangkaan kertas tisu toilet memunculkan ide bagi pemilik toko roti itu, Tim Kortuem, membuat kue menyerupai barang yang diburu warga di tengah Covid-19. (Ina FASSBENDER/AFP)

Nampan berisi kue berbentuk tisu toilet di toko roti Schuerener Backparadies di Dortmund, Jerman, 26 Maret 2020. Kelangkaan kertas tisu toilet memunculkan ide bagi pemilik toko roti itu, Tim Kortuem, membuat kue menyerupai barang yang diburu warga di tengah pandemi Covid-19. (Ina FASSBENDER/AFP)
Nampan berisi kue berbentuk tisu toilet di toko roti Schuerener Backparadies di Dortmund, Jerman, 26 Maret 2020. Kelangkaan kertas tisu toilet memunculkan ide bagi pemilik toko roti itu, Tim Kortuem, membuat kue menyerupai barang yang diburu warga di tengah pandemi Covid-19. (Ina FASSBENDER/AFP)

Nampan berisi kue berbentuk tisu toilet di toko roti Schuerener Backparadies di Dortmund, Jerman, 26 Maret 2020. Kelangkaan kertas tisu toilet memunculkan ide bagi pemilik toko roti itu, Tim Kortuem, membuat kue menyerupai barang yang diburu warga di tengah pandemi Covid-19. (Ina FASSBENDER/AFP)

Andrea Schulz dan rekannya menyiapkan kue berbentuk tisu toilet di toko roti Schuerener Backparadies di Jerman, 26 Maret 2020. Kelangkaan kertas tisu toilet memunculkan ide bagi pemilik toko roti, Tim Kortuem, membuat kue menyerupai barang yang diburu warga di tengah Covid-19. (Ina FASSBENDER/AFP)
Andrea Schulz dan rekannya menyiapkan kue berbentuk tisu toilet di toko roti Schuerener Backparadies di Jerman, 26 Maret 2020. Kelangkaan kertas tisu toilet memunculkan ide bagi pemilik toko roti, Tim Kortuem, membuat kue menyerupai barang yang diburu warga di tengah Covid-19. (Ina FASSBENDER/AFP)

Andrea Schulz dan rekannya menyiapkan kue berbentuk tisu toilet di toko roti Schuerener Backparadies di Jerman, 26 Maret 2020. Kelangkaan kertas tisu toilet memunculkan ide bagi pemilik toko roti, Tim Kortuem, membuat kue menyerupai barang yang diburu warga di tengah Covid-19. (Ina FASSBENDER/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: