Minggu, 22 Maret 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Corona Covid-19 Mengancam, Masyarakat Jepang Rela Antre Berjam-jam demi Lihat Api Olimpiade 2020

Posted: 22 Mar 2020 12:00 AM PDT

Liputan6.com, Tokyo - Ancaman virus Corona Covid-19 tidak mengurangi antusias masyarakat Jepang untuk melihat api Olimpiade 2020 yang baru tiba dari Yunani.

Panitia sebenarnya sudah memperkecil skala acara mengantisipasi pandemi virus Corona. Namun, AFP melaporkan, puluhan ribu orang berbondong-bondong mendatangi api Olimpiade di barat laut Jepang sepanjang akhir pekan ini.

Mereka rela mengantre berjam-jam untuk melihat api Olimpiade. Banyak di antara mereka yang mengenakan masker saat mengambil gambar.

"Saya mengantre selama tiga jam, tapi menyaksikan api Olimpiade sangat membesarkan hati," kata seorang perempuan berusia 70 tahun dikutip NHK.

Sesuai tradisi, api Olimpiade pertama kali dinyalakan di Kuil Hera, Olympia, Yunani. Ajang kali ini berlangsung pada 12 Maret 2020. 

 

Rute Parade Api Obor

Presiden Olimpiade Tokyo 2020 Yoshiro Mori (kiri) menyaksikan dua atlet peraih tiga kali medali emas olimpiade Tadahiro Nomura (kanan) dan Saori Yoshida menyalakan obor Olimpiade saat tiba dari Yunani di Pangkalan Udara Matsushima, Prefektur Miyagi, Jepang, Jumat (20/3/2020).  (AP/Eugene Hoshiko)
Presiden Olimpiade Tokyo 2020 Yoshiro Mori (kiri) menyaksikan dua atlet peraih tiga kali medali emas olimpiade Tadahiro Nomura (kanan) dan Saori Yoshida menyalakan obor Olimpiade saat tiba dari Yunani di Pangkalan Udara Matsushima, Prefektur Miyagi, Jepang, Jumat (20/3/2020). (AP/Eugene Hoshiko)

Api kemudian dibawa ke Athena dan berakhir di Stadion Panathenaic, lokasi penyelenggaraan Olimpiade modern pertama tahun 1896, dan diserahkan ke delegasi Jepang.

Miyagi, Iwate, dan Fukushima dipilih sebagai lokasi awal parade api obor sebagai bagian promosi Jepang untuk memamerkan kebangkitan kawasan tersebut setelah gempa, tsunami, dan krisis nuklir 2011. Rencananya parade api obor Olimpiade berakhir di Stadion National Tokyo pada 24 Juli.

Olimpiade Tetap Digelar?

Pandemi virus Corona sudah merusak kalender olahraga global, dengan kompetisi top ditangguhkan dan turnamen besar ditunda, termasuk pembatalan sejumlah kualifikasi Olimpiade 2020. Hal tersebut meningkatkan keraguan akan berlangsungnya Olimpiade Tokyo yang rencananya berlangsung 24 Juli hingga 9 Agustus mendatang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lawan Corona COVID-19, Singapura Tolak Masuk Pengunjung Jangka Pendek

Posted: 22 Mar 2020 12:00 AM PDT

Liputan6.com, Singapura - Singapura, pada 22 Maret 2020, menerapkan langkah kontrol tambahan untuk mengurangi kasus infeksi Virus Corona Baru (SARS-CoV-2) yang menyebabkan penyakit COVID-19.

Kebijakan tersebut, yang berlaku mulai 23 Maret 2020 pukul 23.59, ditujukan untuk menekan angka kasus pasien COVID-19 dari kluster impor (dari luar negeri).

"Mengingat tingginya risiko kasus impor COVID-19 ke Singapura, semua pengunjung jangka pendek (Short-term visitors) sekarang tidak akan diizinkan masuk atau transit melalui Singapura," jelas Kementerian Kesehatan Singapura dalam pernyataan pers terbaru, Minggu 22 Maret 2020.

"Hal ini juga dilakukan untuk menghemat sumber daya sehingga kita dapat fokus pada orang Singapura."

Sebelumnya, kecuali beberapa negara, pengunjung jangka pendek dari tempat lain diizinkan untuk datang ke Singapura, dengan catatan, mereka harus melaksanakan 14 hari Stay-Home Notice (SHN) atau isolasi mandiri di rumah tepat setelah kedatangan.

Namun, bagaimanapun, sumber daya Singapura "justru dikeluarkan untuk melayani dan menegakkan SHN pada mereka. Dan, jika mereka jatuh sakit, petugas kami justru dikerahkan untuk memberi mereka perawatan medis."

Kemarin, sehari sebelum kebijakan itu diumumkan, masih ada 533 pengunjung jangka pendek yang tiba di Singapura.

 

Pemegang Visa Kerja Tetap Bisa Masuk Secara Terbatas

Para wisatawan mengunjungi Taman Merlion di Singapura pada 6 Maret 2020. Tempat-tempat wisata utama di Singapura sepi dari turis di tengah epidemi virus corona COVID-19. (Xinhua/Then Chih Wey)
Para wisatawan mengunjungi Taman Merlion di Singapura pada 6 Maret 2020. Tempat-tempat wisata utama di Singapura sepi dari turis di tengah epidemi virus corona COVID-19. (Xinhua/Then Chih Wey)

Singapura juga menetapkan "tidak ada entri atau transit melalui Singapura untuk semua pengunjung jangka pendek," kecuali "entri terbatas untuk pemegang izin kerja," lanjut Kementerian Kesehatan negara tersebut.

"Dari 23 Maret 2020, pukul 23.59, semua pengunjung jangka pendek (dari mana saja di dunia) tidak akan diizinkan masuk atau transit melalui Singapura."

"Lebih lanjut, Kementerian Tenaga Kerja hanya akan mengizinkan masuk/kembalinya pemegang izin kerja, termasuk tanggungan mereka, bagi mereka yang menyediakan layanan penting, seperti perawatan kesehatan dan transportasi." Dalam catatan kaki, pemegang izin kerja harus mendapat persetujuan dari Kementerian Ketenagakerjaan Singapura (MOM) sebelum masuk ke Singapura.

"Seperti yang diumumkan sebelumnya, semua Warga Negara Singapura, Warga Tetap dan Pemegang Paspor Jangka Panjang yang kembali ke Singapura akan tetap melaksanakan SHN 14 hari. Orang-orang di bawah SHN harus tetap di tempat tinggal mereka selama periode itu.

"Komite Kerja Khusus Singapura-Malaysia telah sepakat bahwa orang Malaysia dengan izin kerja di Singapura akan terus dapat bekerja di Singapura selama periode ini, dengan pengaturan akomodasi yang sesuai. Pengangkutan semua jenis barang antara Malaysia dan Singapura juga akan difasilitasi. Diskusi di Komite sedang berlangsung."

"Karena tindakan Singapura akan disesuaikan sesuai dengan situasi global yang berkembang, warga Singapura harus memeriksa situs web Departemen Kesehatan (https://www.moh.gov.sg/covid-19) untuk langkah-langkah terbaru."

 

Peningkatan Tajam

Para wisatawan mengunjungi Taman Merlion di Singapura pada 6 Maret 2020. Tempat-tempat wisata utama di Singapura sepi dari turis di tengah epidemi virus corona COVID-19. (Xinhua/Then Chih Wey)
Para wisatawan mengunjungi Taman Merlion di Singapura pada 6 Maret 2020. Tempat-tempat wisata utama di Singapura sepi dari turis di tengah epidemi virus corona COVID-19. (Xinhua/Then Chih Wey)

Telah ada peningkatan tajam lebih lanjut dalam kasus-kasus secara global dan infeksi yang terus menyebar. Hingga saat ini, ada lebih dari 260.000 COVID-19 kasus di 185 negara, dan sekitar 11.200 kematian.

Di Singapura, hampir 80 persen dari kasus COVID-19 baru selama tiga hari terakhir merupakan kluster kasus impor, kebanyakan dari mereka adalah warga Singapura dan pemegang Kartu Jangka Panjang yang pulang dari luar negeri. Kasus impor ini memiliki riwayat perjalanan ke 22 negara yang berbeda.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diisolasi karena Corona Covid-19, Detri Warmanto Masak dan Mencuci Sendiri

Posted: 22 Mar 2020 12:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hingga dua minggu ke depan, Detri Warmanto diharuskan mengisolasi diri usai dinyatakan positif Corona COVID-19. Saat ini, ia tinggal secara terpisah dari istri serta kedua anaknya.

Kondisi ini mengharuskan Detri Warmanto hidup secara mandiri. Ia harus melakukan aktivitas seorang diri tanpa bantuan siapa pun untuk mencegah penularan.

"Saya sendirilah, sendiri ini, enggak ada siapa-siapa. Bikin sendiri, masak sendiri, makan sendiri, nyuci sendiri," kata Detri Warmanto dalam live Instagram, Sabtu (21/3/2020).

Dalam sesi live Instagram tersebut, Detri Warmanto juga mengungkap aktivitas yang disarankan oleh dokter selama menjalani isolasi. Sebenarnya, tak ada treatment khusus untuk dirinya selama isolasi.

"Yang dilakukan saat isolasi yang disarankan dokter makan, tidur, minum vitamin, minum obat, eh enggak ada obat sih. Enggak ada. Iya berjemur juga," paparnya.

 

Gejala?

Detri Warmanto. (Foto: Instagram @detriwarmanto)
Detri Warmanto. (Foto: Instagram @detriwarmanto)

Saat ini, Detri Warmanto tak merasakan gejala seperti demam dan batuk. Ia juga tak memiliki keluhan pada sistem pernapasan. Bintang FTV ini merasa dalam kondisi yang sehat.

Sementara itu, Uni Putri, istri Detri Warmanto mengatakan sangat merindukan suaminya. Ia tentu merasa sedih karena tak bisa bertemu sang suami hingga dua minggu lamanya.

Kangen

[Foto: Instagram istri Detri Warmanto]
[Foto: Instagram istri Detri Warmanto]

"Iya sih emang klo kmu di rumah mulu bikin senewen krn aku ga kuat sm usilnya kmu,tp ga ada kamu lama,juga jd senewen..semoga Allah selalu jaga kamu yaa,cepet sehat cepet pulang," tulisnya, Sabtu (21/3/2020).

"Enggak apa apa deh diusilin yg penting ada yg papa yg suka mandiin kalila sakha sama suka ngajak main kalila sakha jadi mamanya bisa tidur siang..sampe ktemu 2 minggu lagi papa dalam keadaan sehat insyaallah," sambungnya.

Tak Tetular

Sebelum dinyatakan positif Corona COVID-19, tentu Detri Warmanto banyak berinteraksi dengan kedua anak, juga istrinya yang sedang mengandung, Uni Putri. Beruntung, hasil rapid test menyatakan bahwa mereka tidak tertular.

Meski begitu, istri Detri Warmanto tetap harus menjalani tes ulang untuk memastikan bahwa dirinya benar-benar bersih dari paparan COVID-19.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Nyanyi Syahdu Warga Roma Dalam Karantina Virus Corona

Posted: 22 Mar 2020 12:00 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Warga Roma yang dikarantina di sebuah apartemen, bernyanyi bersama. Mereka keluar ke balkon unit apartemen masing-masing, lalu bernyanyi menghasilkan paduan suara yang indah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persib Bandung Kehilangan Momentum Positif setelah Shopee Liga 1 2020 Ditunda

Posted: 21 Mar 2020 11:50 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Persib Bandung dalam performa positif di awal Shopee Liga 1 2020. Sayang mereka tidak bisa mempertahankan momentum karena penundaan kompetisi. 

Maung Bandung menjadi satu-satunya tim dengan rapor sempurna pada awal Shopee Liga 1 2020. Mereka mengoleksi sembilan poin usai menaklukkan Persela Lamongan (3-0), Arema FC (2-1), dan PSS Sleman (2-1).

Performa tersebut menempatkan anak asuh Robert Alberts di puncak klasemen sementara. Dengan perolehan sembilan poin, Persib unggul dua nilai atas pesaing terdekat sekaligus juara bertahan Bali United.

Sayangnya, Shopee Liga 1 2010 sementara ditunda selama dua pekan imbas pandemi virus Corona Covid-19 di tengah laju positif Persib. Supardi menilai hal ini cukup merugikan timnya karena merusak ritme Maung Bandung

"Sebenarnya tidak efektif ketika tim lagi meningkat performanya harus jeda lagi. Kita harus mencari momen itu lagi, agak sedikit butuh waktu lagi," kata kapten Supardi Nasir dikutip Ayo Bandung.

Percaya Tim Pelatih

Duel antara pemain muda Arema FC, Feby Eka Putra, dan bek senior Persib Bandung, Supardi Nasir, kala kedua tim bertemu di pekan kedua Shopee Liga 1 2020 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (8/3/2020). (Bola.com/Iwan Setiawan)
Duel antara pemain muda Arema FC, Feby Eka Putra, dan bek senior Persib Bandung, Supardi Nasir, kala kedua tim bertemu di pekan kedua Shopee Liga 1 2020 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (8/3/2020). (Bola.com/Iwan Setiawan)

Pemilik nomor punggung 22 itu yakin performa Persib akan terjaga andai kompetisi diselenggarakan sesuai jadwal. Namun, Supardi yakin tim pelatih memiliki langkah anternatif untuk tetap menjaga motiasi Maung Bandung di masa jeda kompetisi.

Apalagi penundaan kompetisi ini bukan tanpa alasan. Pandemi virus Corona yang semakin masif harus dapat dipahami semua pihak. Karenanya, Supardi mengatakan timnya pun harus bisa beradaptasi dengan situasi yang ada.

"Ini kebijakan pemerintah kita, tentunya itu banyak kebaikan dari situ, untuk khalayak umum khususnya untuk pemain. Harap dimaklumi dan ini untuk kebaikan kita semua. Memang ini permasalahan yang serius dan tidak bisa dianggap remeh," kata Supardi.

"Kalau kemarin kompetisi lanjut terus kita tinggal coba menjaga. Kalau sekarang kita harus adaptasi lagi. Tapi pelatih punya program, bagaimana caranya biar momen ini terjaga terus," ucap Supardi.

 

Klasemen Liga 1

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Transformasi Maia Estianty dari Remaja hingga Sekarang

Posted: 21 Mar 2020 11:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan selebritas Tanah Air memang sangat menarik untuk diikuti. Seperti kehidupan musisi Tanah Air, Maia Estianty. Maia merupakan musisi yang namanya meroket dengan grup duet, Ratu bersama Pinkan Mambo. Maia mengawali kariernya di industri musik Tanah Air pada 2003.

Sepanjang kariernya bermusik, Maia beberapa kali ganti teman duet. Mulai dari Pinkan Mambo, Mulan Jameela hingga Mey Chan. Hingga sekarang, perempuan kelahiran Surabaya, 27 Januari 1976 sudah menelurkan 10 judul album.

Selain eksistentinya di dunia musik Tanah Air, penampilan Maia juga kerpa mencuri perhatian. Pasalnya, ia dikenal sebagai salah satu selebriti yang memiliki gaya hidup mewah dan mengenakan busana branded. Di usianya ke-44, kini istri Irwan Musry ini semakin cantik saja.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, potret transformasi Maia Estianty dari remaja hingga sekarang, Minggu (22/3/2020).

1. Saat remaja, penampilan ibu Al, El dan Dul memang sudah terlihat cantik.

6 Potret Transformasi Maia Estianty dari Remaja hingga Sekarang (sumber: Instagram.com/maiaestiantyreal)
6 Potret Transformasi Maia Estianty dari Remaja hingga Sekarang (sumber: Instagram.com/maiaestiantyreal)

2. Dengan rambut panjangnya, Maia menjadi tumbuh sebagai remaja cantik yang diidolakan banyak orang.

6 Potret Transformasi Maia Estianty dari Remaja hingga Sekarang (sumber: Instagram.com/maiaestiantyreal)
6 Potret Transformasi Maia Estianty dari Remaja hingga Sekarang (sumber: Instagram.com/maiaestiantyreal)

3. Saat usia remaja, ia berhasil menjadi pemenang 2 Top Guest Aneka 90.

6 Potret Transformasi Maia Estianty dari Remaja hingga Sekarang (sumber: Instagram.com/memoryjadoel)
6 Potret Transformasi Maia Estianty dari Remaja hingga Sekarang (sumber: Instagram.com/memoryjadoel)

4. Karier Maia di industri musik Tanah Air diawali dengan membuat grup duet Ratu bersama Pinkan Mambo pada 2003.

6 Potret Transformasi Maia Estianty dari Remaja hingga Sekarang (sumber: KapanLagi)
6 Potret Transformasi Maia Estianty dari Remaja hingga Sekarang (sumber: KapanLagi)

5. Terakhir kali Maia berduet adalah dengan Mey Chan di grup duet Duo Maia yang hits pada 2008.

6 Potret Transformasi Maia Estianty dari Remaja hingga Sekarang (sumber: KapanLagi.com)
6 Potret Transformasi Maia Estianty dari Remaja hingga Sekarang (sumber: KapanLagi.com)

6. Kini di 2020, Maia semakin terlihat cantik saja sebagai istri dari Irwan Musry.

6 Potret Transformasi Maia Estianty dari Remaja hingga Sekarang (sumber: Instagram.com/maiaestiantyreal)
6 Potret Transformasi Maia Estianty dari Remaja hingga Sekarang (sumber: Instagram.com/maiaestiantyreal)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RS Tempat Andrea Dian Diisolasi Kekurangan Hand Sanitizer dan Air Minum

Posted: 21 Mar 2020 11:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Andrea Dian, istri Ganindra Bimo, sedang diisolasi setelah dinyatakan positif terinfeksi virus Corona. Artis berusia 34 tahun ini dinyatakan positif setelah melakukan tes swab.

Melalui Instagram pribadinya, Andrea Dian mengungkap kondisi rumah sakit tempat ia menjalani isolasi saat ini. Menurutnya, pasien isolasi sangat kekurangan beberapa kebutuhan dasar.

"Mohon lebih diperhatikan lagi para tenaga medis ini, fasilitas dan penangan pasien yang diisolasi seperti hal - hal dasar; sanitizer, tissue, sabun, air minum," tulis Andrea Dian pada Minggu (22/3/2020).

"Yang juga penting adalah penanganan pasien yang membludak. Kami semua, baik pasien atau tenaga kesehatan di sini butuh pertolongan. Butuh peralatan yang layak dan system yang jelas," sambungnya.

Tidur di Bangsal

[Foto: Instagram Andrea Dian]
[Foto: Instagram Andrea Dian]

Bahkan, belum semua pasien mendapat kamar perawatan yang semestinya. Ya, itu disebabkan karena jumlah pasien yang berjatuhan melebihi kapasitas rumah sakit.

"Beberapa pasien bilang ada yang tidur di bangsal, bahkan di konteiner. Bila ada pihak yang berwenang membaca pesanku ini, mohon lebih diperhatikan lagi para tenaga medis ini," kata dia.

Awal Mula

(Instagram/andreadianbimo)
(Instagram/andreadianbimo)

Sementara itu, awalnya Andrea Dian didiagnosa menderita sakit demam berdarah. Namun setelah dilakukan scan pada paru-paru, rupanya terdapat flek di bagian kanan dan kirinya.

Untuk itu, dokter melakukan tes swab dan dinyatakan positif. Ia harus menjalani isolasi karena memiliki riwayat penyakit penyerta, yaitu autoimmune.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Andrea Dian Positif Corona COVID-19, Ini 7 Potretnya saat Olahraga

Posted: 21 Mar 2020 11:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aktris sekaligus presenter Andrea Dian dinyatakan positif terinfeksi virus corona atau COVID-19. Hal ini terungkap dari unggahan terbaru Andrea Dian di akun Instagram pribadinya.

Sebelumnya, sang suami Ganindra Bimo sempat mengunggah foto Andrea Dian bersama caption yang cukup panjang mengenai kesehatan sang istri. Namun, pada unggahan Ganindra Bimo tersebut tidak menyebutkan penyakit yang tengah diderita oleh wanita yang telah menjadi istrinya sejak 11 Mei 2013 lalu. Bimo hanya menyebutnya jika sang istri tengah mengalami sakit cukup parah dan tetap menguatkannya lewat postingan tersebut.

Andrea Dian juga mengunggah foto pada Instagram Story pribadinya saat ia tengah menjalani perawatan dan karantina di sebuah rumah sakit. Pasalnya, dalam foto tersebut terlihat pula ranjang rumah sakit yang telah diisi oleh seseorang. Dalam foto unggahan terbarunya, wanita kelahiran 11 April 1985 ini juga terlihat tengah menggunakan sebuah masker. Dirinya juga tetap memberikan imbauan kepada masyarakat pentingnya untuk tetap menjaga dari agar tidak terpapar virus yang tengah mewah di berbagai belahan dunia ini.

Kabar Andrea Dian yang dinyatakan positif Corona tentu saja membuat banyak pihak cukup terkejut. Pasalnya, artis 34 tahun itu cukup dikenal sebagai wanita yang menjaga kesehatan tubuh dan rajin berolahraga. Meski begitu, tak sedikit pula para netizen dan rekan artis yang tetap memberikannya semangat.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram pribadinya @andreadianbimo, Minggu (22/3/2020) berikut ini beberapa potret terbaru Andrea Dian saat tengah berolahraga.

1. Ini dia unggahan Andrea Dian yang mengabarkan dirinya positif corona.

View this post on Instagram

Aku positif terinfeksi COVID-19. Melalui pesan ini aku pengen orang - orang terdekatku yang aku sayangi, dan orang-orang yang belakangan bertemu aku, bisa aware dan melakukan tindakan - tindakan pencegahan sebelum virus ini makin menyebar. Don't worry, I'm okay. Awalnya aku demam tanggal 13 Maret dan langsung dibawa ke RS Swasta. Di sana aku didiagnosis Demam Berdarah dan langsung opname. Tanggal 15 aku udah mulai fit. Tapi karena khawatir aku diminta untuk cek thorax. Hasilnya bagus. Cek influenza, hasilnya negative. Dan waktu scan paru, ada flek di kanan dan kiri. Karena ada flek maka besoknya tanggal 16 Maret aku cek swab untuk tes apakah aku terinfeksi virus Covid-19 apa tidak. Baru tanggal 18 Maret aku dikasih kabar kalo aku positif Covid-19. Malem itu juga aku dipindahkan ke RS yang dirujuk pemeritah untuk aku diisolasi. Aku punya kondisi auto immune yang mana membuat aku punya tuntutan tertentu untuk menjaga kondisi immune ku. Aku sekarang ada di sebuah ruangan bersama 5 pasien positif lainnya dengan kondisi berbeda. Aku sehat dan tidak ada keluhan apapun. Tapi di ruangan ini beberapa temen tidak dengan kondisi sebaik aku. Perawat dan dokter di sini sangat ramah dan membantu. Tapi aku lihat sendiri bagaimana mereka sangat kuwalahan menghadapi banyaknya pasien, baik yang positif maupun yang suspect. Aku cukup beruntung mendapatkan tempat tidur, walau fasilitas kamar yang seadanya. Tapi di luar masih banyak yang tidak dapat tempat istirahat yang layak. Beberapa pasien bilang ada yang tidur di bangsal, bahkan di konteiner. Bila ada pihak yang berwenang membaca pesanku ini, mohon lebih diperhatikan lagi para tenaga medis ini, fasilitas dan penangan pasien yang diisolasi seperti hal – hal dasar; sanitizer, tissue, sabun, air minum, kami kekurangan. Yang juga penting adalah penanganan pasien yang membludak. Kami semua, baik pasien atau tenaga kesehatan di sini butuh pertolongan. Butuh peralatan yang layak dan system yang jelas. (lanjut di-comment)

A post shared by AndreaDian (@andreadianbimo) on

2. Selama ini Andrea Dian cukup dikenal aktif berolahraga.

Andrea Dian (Sumber: Instagram/andreadianbimo)
Andrea Dian (Sumber: Instagram/andreadianbimo)

3. Dirinya kerap mengunggah foto saat melakukan fitness di akun Instagram pribadinya.

Andrea Dian (Sumber: Instagram/andreadianbimo)
Andrea Dian (Sumber: Instagram/andreadianbimo)

4. Ia pun cukup rutin menjaga kesehatan tubuh dan melakukan pola hidup sehat.

Andrea Dian (Sumber: Instagram/andreadianbimo)
Andrea Dian (Sumber: Instagram/andreadianbimo)

5. Sebelumnya, wanita 34 tahun ini juga diketahui memiliki autoimun.

Andrea Dian (Sumber: Instagram/andreadianbimo)
Andrea Dian (Sumber: Instagram/andreadianbimo)

6. Ia pun memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan dan berada di rumah.

Andrea Dian (Sumber: Instagram/andreadianbimo)
Andrea Dian (Sumber: Instagram/andreadianbimo)

7. Lewat unggahan foto pribadinya, Andrea Dian juga menjelaskan kronologi dirinya dinyatakan positif corona

Andrea Dian (Sumber: Instagram/andreadianbimo)
Andrea Dian (Sumber: Instagram/andreadianbimo)

8. Bahkan, ia juga turut menjelaskan mengenai keadaan rumah sakit tempatnya dirawat yang cukup kekurangan tenaga medis dan alat perawatan lainnya.

Andrea Dian (Sumber: Instagram/andreadianbimo)
Andrea Dian (Sumber: Instagram/andreadianbimo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Panglima TNI Persilakan Warga Periksa Corona Covid-19 di RS TNI dan Polri

Posted: 21 Mar 2020 11:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Indonesia telah menyiapkan sejumlah rumah sakit untuk menangani pasien virus corona atau Covid-19. TNI-Polri juga telah menyiapkan beberapa rumah sakitnya di seluruh Indonesia yang dapat menampung pasien positif maupun suspect Covid-19.

"Untuk TNI sendiri dari 109 dari tingkat I, II, III, IV yang ada di seluruh Indonesia sudah dan sedang dipersiapkan sebagai ruang isolasi yang mampu menampung 10 tempat tidur sampai 30 tempat tidur setiap rumah sakit," kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (22/3/2020).

Katanya, masyarakat seluruh Indonesia apabila dinyatakan positif atau memiliki gejala mengarah kepada Covid-19 bisa periksa dan dirawat di rumah sakit TNI dan Polri.

"Jadi kami silakan, ada yang merasa sakit dan memang terpapar menggunakan rumah sakit milik TNI-Polri, RS milik BUMN, termasuk rumah sakit pemerintah daerah di luar rumah sakit yang ada di Pulau Galang dan yang dibangun di rumah sakit tersebut," kata Hadi.

 

2.000 Kamar di RS Polri

Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto, Jumat siang (14/2/2020) di Markas Yonif 410/Alugoro Blora (Foto: Liputan6.com/ Ahmad Adirin)
Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto, Jumat siang (14/2/2020) di Markas Yonif 410/Alugoro Blora (Foto: Liputan6.com/ Ahmad Adirin)

Di lokasi yang sama, Kabarharkam Polri Irjen Agus Andrianto menambahkan, Polri telah menyediakan 2.000 kamar bagi para pasien corona Covid-19. Hal ini tersebar di Jakarta dan seluruh Indonesia.

"Sebagaimana perintah Bapak Kapolri di Jakarta di RS Brimob sudah ada 200 kamar sudah siap dengan fasilitas respirator dan sebagainya. Kemudian 50 (kamar) di Rumah Sakit (Polri) Kramatjati," kata Agus mewakili Kapolri Jenderal Idham Azis.

"Ada 52 rumah sakit yang sudah disiapkan di seluruh jajaran kepolisian. Ada klasifikasi I, II, III untuk melayani masyarakat sekitar ada 2.000 kamar," sambung Agus.

 

Reporter: Ronald Chaniago

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Momen Akad Nikah Syamsir Alam dan Bunga Jelitha di Tengah Wabah Corona

Posted: 21 Mar 2020 11:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabar bahagia datang dari dunia entertainment, pasangan Bunga Jelitha dan Syamsir Alam sah menjadi suami istri. Bunga dan Syamsir menggelar akad nikah di The Manor Andara, Depok, Jawa Barat, pada Sabtu (21/3/2020).

Jika banyak selebriti yang memilih menunda pernikahan karena adanya wabah virus corona, Bunga dan Syamsir Alam mantap meresmikan hubungan mereka.

Namun, di hari bahagia tersebut keduanya mengaku membatasi undangan, demi mencegah penularan virus corona. Selain itu Bunga Jelitha dan Syamsir Alam menyediakan hand sanitizer dan memeriksa suhu tubuh tamu undangan di lokasi akad nikah mereka.

Acara Bunga dan Syamsir berlangsung meriah. Pada acara sakral tersebut, Syamsir terlihat gagah dengan busana pernikahan warna perak dipadukan dengan busana kebaya Bunga berwarna biru laut.

Mantan pemain tim nasional tersebut memberikan maskawin berupa perhiasan dan emas seberat 25 gram. Saat akad, Syamsir pun dengan mantap melakukan ijab kabul disaksikan keluarga besarnya.

Selama acara pernikahan tersebut, Syamsir dan Bunga tidak bisa menyembunyikan raut wajah bahagia. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, momen manis pernikahan Syamsir Alam dan Bunga Jelitha, Minggu (22/3/2020).

1. Ini dia momen menegangkan bagi Syamsir Alam saat hendak melakukan ijab kabul pernikahan pada Sabtu (21/3/2020).

6 Momen Pernikahan Syamsir Alam dan Bunga Jelitha, Beri Maskawin 25 Gram Emas (sumber:Instagram.com/juna.perwira)
6 Momen Pernikahan Syamsir Alam dan Bunga Jelitha, Beri Maskawin 25 Gram Emas (sumber:Instagram.com/juna.perwira)

2. Setelah ijab kabul, Syamsir memberikan maskawin berupa perhiasan dan emas seberat 25 gram.

6 Momen Pernikahan Syamsir Alam dan Bunga Jelitha, Beri Maskawin 25 Gram Emas (sumber:Instagram.com/juna.perwira)
6 Momen Pernikahan Syamsir Alam dan Bunga Jelitha, Beri Maskawin 25 Gram Emas (sumber:Instagram.com/juna.perwira)

3. Keduanya terlihat kompak saat mempamerkan buku nikah yang dipegang mereka.

6 Momen Pernikahan Syamsir Alam dan Bunga Jelitha, Beri Maskawin 25 Gram Emas (sumber:Instagram.com/juna.perwira)
6 Momen Pernikahan Syamsir Alam dan Bunga Jelitha, Beri Maskawin 25 Gram Emas (sumber:Instagram.com/juna.perwira)

4. Bila diperhatikan, Syamsir dan Bunga terlihat serasi dengan busana warna perak dan biru laut yang terlihat cocok.

6 Momen Pernikahan Syamsir Alam dan Bunga Jelitha, Beri Maskawin 25 Gram Emas (sumber:Instagram.com/syamsir11alam)
6 Momen Pernikahan Syamsir Alam dan Bunga Jelitha, Beri Maskawin 25 Gram Emas (sumber:Instagram.com/syamsir11alam)

5. Ekspresi bahagia pun tidak bisa disembunyikan Syamsir dan Bunga setelah sah menjadi pasangan suami istri.

6 Momen Pernikahan Syamsir Alam dan Bunga Jelitha, Beri Maskawin 25 Gram Emas (sumber:Instagram.com/juna.perwira)
6 Momen Pernikahan Syamsir Alam dan Bunga Jelitha, Beri Maskawin 25 Gram Emas (sumber:Instagram.com/juna.perwira)

6. Saking bahagianya, Syamsir sampai terlihat begitu senang memamerkan cincin kawin yang sudah melingkar di jari manisnya.

6 Momen Pernikahan Syamsir Alam dan Bunga Jelitha, Beri Maskawin 25 Gram Emas (sumber:Instagram.com/brotheralle)
6 Momen Pernikahan Syamsir Alam dan Bunga Jelitha, Beri Maskawin 25 Gram Emas (sumber:Instagram.com/brotheralle)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kabar Baik Untuk Barcelona

Posted: 21 Mar 2020 11:35 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Striker Barcelona, Luis Suarez, mengalami kemajuan dalam proses pemulihan cederanya dan bisa kembali bermain saat kompetisi La Liga dilanjutkan pada Mei mendatang.

Suarez absen sejak Januari 2020 karena menjalani operasi lutut. Ia diperkirakan bakal menepi sampai akhir musim.

Akan tetapi, angin segar datang dari pihak medis Barcelona, yang memperkirakan eks pemain Ajax Amsterdam dan Liverpool itu bisa kembali bermain pada bulan Mei, atau saat kompetisi La Liga kembali dilanjutkan.

Seperti diketahui, La Liga sedang ditangguhkan karena pandemi virus Corona. Kompetisi tersebut diperkirakan baru akan kembali digelar pada pertengahan Mei mendatang.

"Kembalinya saya adalah kemungkinan yang telah kami prediksi dan sekarang ada perubahan, tetapi gagasan untuk kembali lebih cepat selalu jelas," kata Suarez kepada Referi.

"Dokter memberi tahu bahwa saya sudah melakukannya dengan baik dan itu memberi saya harapan untuk kembali bermain secepat mungkin. Perbedaannya sekarang adalah ketika Barcelona kembali bermain, saya akan bisa bermain."

 

Lebih Cepat Operasi

(AP Photo/Emilio Morenatti)
(AP Photo/Emilio Morenatti)

Suarez mengaku awalnya ingin operasi pada bulan Mei. Namun, kondisinya memburuk dan ia harus naik meja operasi di awal tahun.

"Operasi diprediksi pada awal Mei, tetapi setelah pertemuan saya dengan dokter dan karena kondisi saya yang terus-menerus memburuk, itu berjalan sedikit lebih awal. Saya telah mengatasi dengan sangat baik pekerjaan yang diminta dan itu memberi saya kekuatan untuk kembali lebih cepat dari yang diperkirakan," Suarez menambahkan.

Statistik Suarez

Suarez sendiri sudah membela Barcelona dalam 23 pertandingan di semua kompetisi musim ini.

Pemain asal Uruguay itu juga menyumbangkan 14 gol dan 11 assist.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Andrea Dian Positif Corona COVID-19, Begini Kronologinya

Posted: 21 Mar 2020 11:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pesinetron Andrea Dian Bimo dikonfirmasi positif terinfeksi COVID-19 pada 18 Maret 2020. Istri aktor Ganindra Bimo itu mengumumkan hal tersebut melalui akun Instagramnya.

Melalui unggahan terbarunya, Andrea menuturkan kronologi sakitnya hingga dinyatakan positif terinfeksi Corona COVID-19.

"Aku positif terinfeksi COVID-19. Melalui pesan ini aku pengen orang - orang terdekatku yang aku sayangi, dan orang-orang yang belakangan bertemu aku, bisa aware dan melakukan tindakan - tindakan pencegahan sebelum virus ini makin menyebar. Don't worry, I'm okay," tulisnya.

Menurut Andrea Dian, ia mengalami demam pada 13 Maret 2020 dan langsung memeriksakan diri ke rumah sakit. Semula ia didiagnosis Demam Berdarah dan menjalani opname.

Andrea mulai merasa fit pada 15 Maret. Namun, ia lalu diminta cek thorax dan influenza. Keduanya menunjukkan hasil negatif. Sedangkan hasil scan paru menunjukkan flek di bagian kanan dan kiri. Berdasarkan scan itu, Andra pun menjalani tes swab pada 16 Maret guna memastikan apakah dirinya terinfeksi COVID-19 atau tidak.

 

Positif Corona COVID-19

[Foto: Instagram Andrea Dian]
[Foto: Instagram Andrea Dian]

Konfirmasi bahwa ia positif COVID-19 didapat Andrea Dian pada 18 Maret. Petang di hari yang sama, ia pun dipindahkan ke rumah sakit yang dirujuk Pemerintah untuk menjalani isolasi.

"Malem itu juga aku dipindahkan ke RS yang dirujuk pemeritah untuk aku diisolasi," tulisnya.

Melalui unggahan tersebut diketahui Andrea Dian memiliki kondisi auto-immune yang membuatnya punya tuntutan tertentu guna menjaga imunitas tubuh. Namun, Andrea tak merinci lebih jauh mengenai kondisi tersebut.

Dian mengatakan, dia menjalani isolasi bersama lima pasien positif Corona COVID-19 lainnya di sebuah ruangan. Meski sama-sama positif COVID-19, Andrea mengatakan, kondisi mereka berbeda-beda, beberapa di antara mereka kondisinya tak sebaik dirinya.

Minta agar Para Tenaga Kesehatan Diperhatikan

Andrea juga bertutur bahwa tenaga medis di rumah sakit tempatnya dirawat sangat ramah dan membantu. Meski demikian, Andrea menulis bahwa para nakes tersebut kewalahan menghadapi banyaknya pasien yang positif maupun suspek. Ia merasa beruntung mendapat tempat tidur meski fasilitas kamar seadaya. Sementara masih ada pasien-pasien lain yang tak mendapat tempat istirahat layak.

Melalui pesan dalam unggahan itu, Andrea meminta pihak berwenang agar lebih memperhatikan kondisi para nakes.

"Bila ada pihak yang berwenang membaca pesanku ini, mohon lebih diperhatikan lagi para tenaga medis ini, fasilitas dan penangan pasien yang diisolasi seperti hal – hal dasar; sanitizer, tissue, sabun, air minum, kami kekurangan. Yang juga penting adalah penanganan pasien yang membludak. Kami semua, baik pasien atau tenaga kesehatan di sini butuh pertolongan. Butuh peralatan yang layak dan system yang jelas," tulisnya.

 

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dekorasi Resepsi Pernikahan Putri Wakil Wali Kota Samarinda yang Batal Digelar

Posted: 21 Mar 2020 11:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Resepsi pernikahan putri Wakil Wali Kota Samarinda, Muhammad Barkati resmi ditunda hingga waktu yang belum ditentukan. Langkah ini diambil guna mencegah penyebaran virus corona COVID-19.

Rencana awalnya, resepsi pernikahan putri Barkati, Kania dan Samri bakal digelar hari ini, Minggu (22/3/2020). Beragam hal pun telah siap di venue yang akan gunakan yakni di Convention Hall Samarinda, termasuk dekorasi dan peralatan lainnya.

Mengutip dari Kanal Regional Liputan6.com, dekorasi pernikahan mewah di venue seluas 26 ribu meter ini telah terpasang lengkap untuk menjamu 50 ribu undangan.

Begitu pula dengan area exhibition hall yang telah cantik. Untuk area plenary hall dipersiapkan menghibur tamu undangan dengan artis Ibu Kota.

Convention Hall Samarinda telah disulap sedemikian rupa. Dekorasi yang terlihat mulai dari panggung pelaminan yang dihias dengan latar belakang ukiran dan pilar besar bernuansa putih dan emas.

Kursi pelaminan dan untuk orang kedua mempelai berwarna putih sudah tersedia. Panggung pelaminan juga dikelilingi oleh rangkaian bunga-bunga cantik yang didominasi bunga warna merah, putih, dan merah muda.

Meja-meja bulat berselimut kain emas dan jajaran kursi putih untuk para undangan. Di atas meja, piring-piring hingga gelas juga tampak tersusun dengan rapi.

Pada bagian tengah venue, ada empat buat pilar putih besar yang menyangga dekorasi yang tak kalah cantik. Selain bunga-bunga, tetapi juga ada lampu hias besar nan megah turut menggantung.

 

Makanan Bakal Disumbangkan

Keputusan penundaan resepsi pernikahan putri Wakil Walikota Samarinda diambil lewat musyawarah keluarga.
Keputusan penundaan resepsi pernikahan putri Wakil Walikota Samarinda diambil lewat musyawarah keluarga.

Sebelumnya, Barkati telah mempersiapkan empat titik tempat cuci tangan termasuk hand sanitizer. Ada pula empat dokter, empat perawat, mobil ambulans yang rencananya disiagakan, dan alat pengukur suhu badan.

Keputusan menunda resepsi pernikahan putrinya disampaikan Barkati pada Sabtu malam, 21 Maret 2020.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kaltim dr Nathaniel Tandiorogang bahkan sampai harus membuat surat terbuka melalui media sosial. Surat terbuka itu ditujukan kepada Walikota Samarinda.

"Saat ini kami tenaga medis sangat kuatir dengan rencana Pak Wawali besok apakah ditunda atau tidak. Karena sangat beresiko besar untuk warga Kota Samarinda," tulis Nathaniel.

Rencananya, semua makanan yang telah dipersiapkan untuk resepsi akan disumbangkan. Makanan untuk lebih dari 100 ribu orang itu akan dikirim ke berbagai pondok pesantren, panti asuhan, dan warga yang membutuhkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gugus Tugas Covid-19 Harap Pemerintah Rumuskan Kecemasan Panic Buying

Posted: 21 Mar 2020 11:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Pusat Krisis Universitas Indonesia Dicky Palupessy meminta pemerintah dapat duduk bersama pihak terkait untuk mengatasi kepanikan masyarakat berbelanja lebih atau panic buying terkait pandemi virus corona Covid-19.

"Dasar munculnya panic buying adalah kecemasan. Selain karena virus corona, bisa karena hal lain. Misalnya informasi yang tidak jelas dan tertutup. Pemerintah harus duduk bersama membicarakan apa yang memicu kecemasan," ujar Dicky di Kantor Graha BNPB, Jakarta Timur, Minggu (22/3/2020).

Menurutnya, pemerintah juga perlu memastikan pasokan bahan pokok dan kebutuhan medis tercukupi demi menekan kecemasan masyarakat.

Dia menilai, koordinasi bersama berbagai pihak dalam menyampaikan informasi tersebut menjadi perlu, termasuk dengan para influencer.

"Selain pasokan, informasi adalah kunci. Kecemasan muncul karena memahami informasi masing-masing. Sumber informasi juga mungkin tidak utuh, maka perlu duduk bersama identifikasi apa yang menjdi sumber kecemasan," ucap Dicky.

Ia pun juga berharap, media dapat bekerja sama meredakan kecemasan masyarakat agar tak terjadi panic buying. Tentunya, kata Dicky, dengan menyajikan informasi yang faktual dan valid.

"Rekan-rekan media untuk tidak membuat konten yang terlalu bombastis dan memicu kepanikan masyarakat. Bukan hanya media, tapi pemerintah juga harus mencegah (memberi informasi yang memicu kepanikan)," Dicky menandaskan.

 

Panic Buying

Warga antre saat Operasi Pasar di Pasar Palmerah, Jakarta, Jumat (20/3/2020). Perum Bulog bekerja sama dengan Sugar Group Companies menyiapkan 10 ton suplai gula tiap harinya dalam rangka Gerakan Stabilitas Pangan di 35 titik pasar. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Warga antre saat Operasi Pasar di Pasar Palmerah, Jakarta, Jumat (20/3/2020). Perum Bulog bekerja sama dengan Sugar Group Companies menyiapkan 10 ton suplai gula tiap harinya dalam rangka Gerakan Stabilitas Pangan di 35 titik pasar. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Sebelumnya, Sekretaris Jendral Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Solihin mengakui bahwa pihaknya telah menerima surat dari Satgas Pangan Polri, terkait pengawasan ketersediaan bahan pokok di tengah kondisi kekhawatiran masyarakat akan pandemi Virus Corona di tanah air.

"Ya benar sudah kami terima, karena kita lihat indikasi masyarakat terjadi panic buying. Sehingga dikhawatirkan stok pangan habis," kata Solihin saat dikonfimasi oleh Merdeka.com, di Jakarta, Selasa, 17 Maret 2020.

Aprindo sendiri menyambut baik langkah tim Satgas Pangan Polri dan menyebutnya sebagai upaya tindakan preventif untuk mencegah terjadinya aksi panic buying pada tataran masyarakat Indonesia.

Terkait adanya pembatasan pembelian sejumlah bahan pangan dalam surat edaran Satgas Pangan Polri, Solihin menyebutkan bahwa hal ini bertujuan agar stok pangan tetap terkendali. Untuk itu masyarakat diminta tetap tenang dan tidak melakukan aksi borong kembali.

Dalam kesempatan itu, Solihin juga membantah adanya anggota Aprindo yang terlibat praktik penimbunan stok bahan pangan.

Ia justru mengklaim bahwa pihaknya telah memberikan himbauan bagi para anggotanya untuk tidak memanfaatkan momentum wabah virus Corona dengan menimbun stok bahan pangan, yang dianggap merugikan masyarakat selaku konsumen.

"Sebelum Pak Jokowi umumkan warganya terjangkit Corona, sudah kita himbau," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diisolasi Positif Corona Covid-19, Andrea Dian: Ada Pasien yang Tidur di Bangsal

Posted: 21 Mar 2020 11:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Andrea Dian sedang menjalani isolasi akibat positif terinveksi virus Corona. Ia sudah diisolasi sejak 18 Maret 2020 di sebuah rumah sakit karena memiliki penyakit penyerta, yaitu autoimmune.

Istri Ganindra Bimo ini menjalani isolasi bersama lima pasien positif Corona lainnya. Lewat akun Instagram, ia menyampaikan kondisi terkininya.

"Aku sekarang ada di sebuah ruangan bersama 5 pasien positif lainnya dengan kondisi berbeda. Aku sehat dan tidak ada keluhan apapun," tulis Andrea Dian, Minggu (22/3/2020).

Tim medis juga memperlakukan Andrea Dian dan pasien-pasien lain dengan sangat baik. Namun, ia merasa kasihan melihat dokter dan perawat kewalahan menangani banyaknya pasien yang positif maupun suspect.

Kamar Perawatan

[Foto: Instagram Andrea Dian]
[Foto: Instagram Andrea Dian]

Kesedihannya bertambah saat tahu bahwa masih ada pasien di rumah sakit tersebut yang belum mendapat kamar perawatan seperti yang seharusnya.

"Aku cukup beruntung mendapatkan tempat tidur, walau fasilitas kamar yang seadanya. Tapi di luar masih banyak yang tidak dapat tempat istirahat yang layak," papar Andrea Dian.

"Beberapa pasien bilang ada yang tidur di bangsal, bahkan di konteiner. Bila ada pihak yang berwenang membaca pesanku ini, mohon lebih diperhatikan lagi para tenaga medis ini," sambungnya.

Kronologi Positif Corona

Andrea Dian (Fimela.com/Adrian Putra)
Andrea Dian (Fimela.com/Adrian Putra)

Sementara itu, lewat akun media sosialnya itu, Andrea Dian mengungkap krononologi hingga ia dinyatakan positif terpapar COVID-19. Pada 13 Maret 2020, ia justru didiagnosis menderita demam berdarah.

Saat scan paru-paru, hasilnya mulai mengkhawatirkan. Itu karena terdapat flek pada sisi kanan dan kiri paru-parunya. Untuk itu, pada 16 Maret 2020, ia menjalani tes Swab. Pada 18 Maret 2020 ia dinyatakan positif COVID-19.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Layanan Publik BI yang Tetap Berjalan Meski Ada Virus Corona

Posted: 21 Mar 2020 11:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bank Indonesia (BI) memastikan untuk menjaga stabilitas moneter, stabilitas sistem keuangan, terselenggaranya layanan sistem pembayaran yang aman, lancar, andal, dan efisien, serta memastikan ketersediaan uang Rupiah di masyarakat. Kepastian ini seiring penyebaran Virus Corona atau COVID-19 di Indonesia.

Direktur Eksekutif BI, Onny Widjanarko menuturkan, Minggu (22/3/2020), jika tugas dan layanan publik BI yang akan tetap berjalan normal yaitu BI Real Time Gross Settlement (BI-RTGS), Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI).

Kemudian transaksi operasi moneter Rupiah dan valas yang didukung sistem Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS) dan Bank Indonesia Electronic Trading Platform (BI-ETP).

Serta, layanan penarikan dan penyetoran uang Rupiah dari perbankan/PJPUR (Penyelenggara Jasa Pengolahan Uang Rupiah), serta layanan transaksi keuangan Pemerintah.

"BI akan tetap memperhatikan dan mempertimbangkan perkembangan-perkembangan yang terjadi terkait penyebaran COVID-19, serta akan mengumumkan apabila terjadi penyesuaian dalam kegiatan dan jadwal operasional serta layanan publik," ujar dia.

 

 

 

Langkah Lain

Ilustrasi Bank Indonesia
Ilustrasi Bank Indonesia

BI dikatakan juga telah menerapkan dan terus memperkuat langkah-langkah penguatan aspek Keamanan, Kesehatan, dan Keselamatan Kerja (K3) baik dari sisi pegawai BI.

Demikian pula bagi masyarakat/para pihak yang berinteraksi dengan BI serta menerapkan himbauan Pemerintah untuk menjaga jarak interaksi sosial (social distancing).

Pegawai yang melaksanakan tugas kritikal dan memberikan layanan kritikal telah bekerja dari beberapa lokasi yang tersebar (split operations).

Sebagian besar pegawai lainnya saat ini bekerja dari rumah (work from home). BI juga meningkatkan pembersihan dan kebersihan di semua lokasi kerja termasuk area-area publik perkantoran BI.

"Selain itu, dalam rangka menjaga dan menjalankan keberlangsungan tugas dan layanan publik yang mengedepankan keamanan dan keselamatan masyarakat, BI terus melakukan koordinasi dan sinergi dengan Pemerintah dan otoritas terkait dalam menempuh langkah-langkah kolektif untuk melakukan pemantauan, asessmen, pencegahan dan mitigasi implikasi penyebaran COVID-19," dia menandaskan.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Doni Monardo: Hentikan Polemik Lockdown

Posted: 21 Mar 2020 11:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo meminta semua pihak menghentikan polemik perlunya kebijakan penguncian diri atau lockdown. Ia menegaskan, pemerintah tidak akan mengambil kebijakan tersebut dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus Corona ini.

"Hentikan polemik istilah lockdwon, yang kita butuhkan kedisiplinan dengan menerapkan social distancing. Ini tolong dipatuhi, tanpa kita mematuhi ini akan banyak masyarakat terpapar. Kita bisa sehat klo kita disiplin," tegas Doni di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (22/3/2020).

Menurut Doni, saat ini pemerintah sedang memprioritaskan sumber daya nasional yang dimiliki. Di mana menggerakkan seluruh para pejabat di tingkat atas hingga bawah.

"Dengan demikian seluruh tugas Kepala Gugus Tugas, gubernur, bupati/wali kota dan wakilnya TNI/Polri, maka ini harus bisa melakukan perencanaan dengan baik. Rumah Sakit milik TNI/Polri segera mungkin dioptimalisasi dengan baik," ujarnya.

"Kementerian PUPR mendukung penuh kebutuhan daerah bisa bekerjasama dengan baik sehingga segala operasi kemanusiaan COVID-19 ini bisa kita lakukan dengan baik," sambungnya.

Lebih lanjut Doni menegaskan, salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah mengajak seluruh relawan untuk bersama-sama menangani ini. Nantinya, para relawan akan dibagi tugas baik medis hingga logistik.

"Baik menyiapkan logistik tenaga medis kita termasuk memobilisasi tenaga relawan untuk tenaga medis yang telah dilatih sebelumnya," pungkasnya.

Reporter: Ronald

Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Artis Andrea Dian Umumkan Positif Terinfeksi Corona Covid-19

Posted: 21 Mar 2020 11:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pesinetron Andrea Dian Bimo mengumumkan bahwa dirinya positif terinfeksi COVID-19 melalui akun media sosial Instagram, Minggu (22/3/2020). Andrea Dian mengunggah foto diri mengenakan masker dengan keterangan berisi pernyataan dan imbauan agar masyarakat lebih peduli terhadap penyebaran Corona COVID-19.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menkes: Pasien Covid-19 Gejala Ringan Bisa Dipindah ke Wisma Atlet Kemayoran

Posted: 21 Mar 2020 11:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah telah menyiapkan Wisma Atlet Kemayoran menjadi rumah sakit darurat untuk menangani pasien yang terinfeksi virus corona Covid-19. Rumah sakit darurat Covid-19 itu akan mulai beroperasi pada Senin 23 Maret 2020.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan, Wisma Atlet Kemayoran ini juga akan dijadikan sebagai tempat isolasi bagi pasien Covid-19. Dia mengatakan, pasien Covid-19 dengan gejala ringan sebaiknya dipindah ke Wisma Atlet Kemayoran.

"Jadi RS yang berkelebihan tapi keluhannya ringan, gejalanya ringan sebenarnya tak perlu di rumah sakit, bisa digeserkan ke sini, sehingga rumah sakit bisa fokus menangani pasien-pasien yang kondisinya berat," ujar Terawan, Jakarta, Minggu (22/3/2020).

Menurut dia, rumah sakit rujukan nantinya hanya akan menangani pasien Covid-19 dengan gejalan klinis yang berat. Sementara Wisma Atlet Kemayoran yang menjadi RS darurat Covid-19 hanya untuk menangani pasien dengan gejala ringan.

"Kan kita bagi, sakit berat dan sakit ringan. Kalau dia (gejala ringan) tak bisa mengisolasi diri, bisa melakukan di rumah sakit atau di wisma atlet ini. Kami menyiapkan ribuan kamar untuk melakukan melewati ini dengan baik," tutur Terawan.

 

Harus Melalui Pemeriksaan

Petugas menyiapkan mobil ambulans untuk membawa pasien terduga virus corona di RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Kamis (5/3/2020). Satu WNA terindikasi virus corona diizinkan pulang setelah hasil pemeriksaan, WNA itu negatif corona. (merdeka.com/Imam Buhori)
Petugas menyiapkan mobil ambulans untuk membawa pasien terduga virus corona di RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Kamis (5/3/2020). Satu WNA terindikasi virus corona diizinkan pulang setelah hasil pemeriksaan, WNA itu negatif corona. (merdeka.com/Imam Buhori)

Terawan menjelaskan, masyarakat tidak bisa serta merta datang dan meminta dirawat di Wisma Atlet Kemayoran. Menurut dia, siapapun yang akan dirawat di Wisma Atlet Kemayoran ini harus melalui pemeriksaan dan rujukan dari rumah sakit.

"Itu harus ada, supaya dia terpantau harus ada pemeriksaannya. Bukan hanya rapid test harus swab, karena itu RS yang harus memantaunya, kalau tidak penularannya akan ke mana-mana. Jadi lebih baik RS yang mendorong ke sini yang sudah terseleksi mana yang bisa dirawat di sini. Karena membangun ICU di sini hampir tidak mungkn. Mana yang bisa dirawat di sini," katanya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

40 Kata-Kata untuk Suami yang Selingkuh, Menyentuh Hati

Posted: 21 Mar 2020 11:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kata-kata untuk suami yang selingkuh perlu diutarakan guna mengutarakan isi hati yang kecewa. Kesetiaan pasangan memang tidak berarti mereka tidak memiliki ketertarikan pada orang lain selain pasangannya.

Namun, orang yang setia bisa mengendalikan keinginannya dan tetap setia pada pasangan untuk selamanya. Ketika suami selingkuh, wajar jika seorang istri mengalami sakit yang mendalam.

Untuk mengutarakan isi hati yang sakit pun tak mudah. Namun, ketika hal itu terjadi padamu, kamu bisa menggunakan kata-kata untuk suami yang selingkuh untuk menenangkan.

Selain itu, kamu juga bisa menjadikan kata-kata untuk suami yang selingkuh sebagai bentuk pesan untuknya. Berikut kumpulan kata-kata untuk suami yang selingkuh yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (22/3/2020).

Kata-Kata untuk Suami yang Selingkuh

Ilustrasi/copyright shutterstock.com
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

1. "Suamiku, jangan pernah meninggalkan seseorang yang baik untuk orang yang kini kau anggap terbaik. Pada saatnya nanti, jika kau akhirnya memilih pergi. Kau mungkin akan sadar bahwa yang terbaik sebenarnya sudah ada padamu sejak lama."

2. "Kepercayaan itu bagaikan sebuah kaca. Ketika dia rusak, kamu bisa memperbaikinya kembali. Namun kamu masih bisa melihat bekas retakannya."

3. "Aku sadar selingkuh adalah perbuatan yang salah. Tapi maafkan aku, aku tidak bisa memafkan kesalahanmu yang itu."

4. "Sakit hati yang begitu dalam hingga mungkin tidak pernah bisa dimaafkan adalah ketika engkau menduakan cinta pasanganmu. Berselingkuh mengejar kebahagiaan yang hina bersama orang lain."

5. "Banyak yang beralasan untuk sekedar hiburan, namun di sisi lain bagaimana hati istrimu saat melihatmu menggoda wanita lain."

Kata-Kata untuk Suami yang Selingkuh

perselingkuhan./Copyright shutterstock.com
perselingkuhan./Copyright shutterstock.com

1. "Dia yang menerima kamu saat kaya, belum tentu bertahan saat kamu miskin kembali."

2. "Ketulusan lebih mudah kamu dapat ketika dalam kondisi berjuang, saat berhasil kemungkinan besar kamu hanya dijadikan pelarian sosok yang ingin enaknya saja."

3. "Beda istri pertama dengan istri kedua adalah, kebanyakan istri pertama menemani dari nol hingga suami jadi sukses. Sedangkan istri kedua kebanyakan menemani suami dari sukses hingga jadi nol lagi. Dan suami tidak tahu diri akan kembali pada istri pertama karena dicampakkan istri kedua setelah keadaan kembali jadi nol."

4. "Ketulusan hanya dimiliki oleh wanita yang bersedia ada saat pria dalam kondisi susah. Saat kondisi pria sukses bahkan kaya raya, justru lebih banyak wanita yang mengaku tulus meskipun ketulusan itu tidak pernah ada dalam hati mereka."

5. "Pria yang berpaling setelah sukses itu tidak sadar, bahwa ancaman bangkrut bisa membuat dia kehilangan kedua wanita yang dianggap mencintainya."

Kata-Kata untuk Suami yang Selingkuh Berupa Sindiran

Ilustrasi/copyright shutterstock.com/4 PM production
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/4 PM production

1. "Pria yang mencari wanita lain setelah sukses, tidak menyadari bahwa wanita lain kemungkinan besar menjadi jalan menuju kebangkrutan."

2. "Jika wanita yang menemani sejak berjuang justru kamu tinggalkan setelah sukses, maka siap-siap saja doa kebangkrutan kamu akan mengalir deras darinya."

3. "Kesuksesan pria tidak lepas dari doa istri yang sayang padanya, sebaliknya kebangkrutan pria juga bisa datang dari doa istri yang teraniaya."

4. "Mendapatkan banyak wanita saat pria dalam kesuksesan itu mudah, tapi mempertahankan ketika miskin kembali itu yang sulit."

5. "Jika takdir wanita hanya menemani dari awal hingga pria capai kesuksesan kemudian ditinggalkan, maka kemungkinan wanita akan melihat pria hancur dengan pasangan barunya."

Kata-Kata untuk Suami yang Berubah Sikap

Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Dragon Images
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Dragon Images

1. "Rasanya aku sudah lelah dengan perilakumu akhir-akhir ini. Bagaimanapun aku berusaha untuk tetap mempercayaimu, namun sayang aku tak bisa menahan rasa kecewaku padamu."

2. "Cintaku padamu mungkin tak sempurna, sering sekali aku merasakan cemburu buta. Ketika hal itu terjadi, aku mohon padamu untuk segera menyadarkanku. Sebab kamu adalah satu-satunya orang yang kupercaya dapat melakukan itu."

3. "Katakanlah jika istrimu ini sudah tak membuat kamu tertarik lagi, jangan kamu diam dan tenggelam dengan asyik di duniamu sendiri seolah aku seperti bukan siapa-siapa kamu."

4. "Aku tahu aku tak secantik dan semenarik waktu dulu, tapi rasa sayang dan cintaku padamu mengalahkan rasa lelah membesarkan buah cinta dari kamu."

5. "Hidupku tadinya tidak menyedihkan sampai kamu telah banyak berubah. Aku rindu kamu yang dulu. Kamu yang selalu menyayangiku."

6. "Rasanya menyedihkan saat aku sudah berusaha semaksimal mungkun untukmu. Tapi semua ternyata belum cukup."

7. "Biarlah bila memang apa yang telah kamu lakukan itu kamu anggap baik, aku hanya bisa berusaha tak berburuk sangka padamu."

Kata-Kata untuk Suami yang Selingkuh

Ilustrasi/copyright shutterstock.com
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

1. "Aku sebagai istri tahu bahwa ketika seorang suami sudah mulai tak betah diam di rumah, biasanya ada seseorang di luar sana yang telah menarik hati kamu."

2. "Sakitnya tertusuk tidak sebanding dengan sakitnya melihatmu selingkuh di depan mataku."

3. "Aku terluka mengetahui kebenaran menyakitkan ini. Mengapa kau memilih orang yang baru bertemu denganmu saat kau telah menjadi suamiku."

4. "Selamat atas penghianatanmu yang sudah membuatku kecewa, dan terimakasih sudah mengingatkanku akan kesadaran tentang mu."

5. "Kau adalah milikku, belakangan aku sadar, ada orang lain yang berusaha mencurimu dariku."

6. "Sesekali aku ingin kau bercermin dan melihat seseorang yang pantas mendampingimu. Apakah aku, orang yang bersedia hidup bersamamu, ataukah dia, orang yang kau anggap menarik meski sebenarnya pengganggu."

7. "Aku tidak ingin berjauhan denganmu, aku harap kau mengerti dan berjalan ke arahku. Tapi mengapa kau berbelok? Kau sudah salah arah. Berbaliklah dan kembali padaku."

Kata-Kata untuk Suami yang Menyakiti

Ilustrasi/copyright shutterstock.com
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

1. "Mengapa kau menghancurkan jiwaku ketika sebelumnya kamu tak bisa menghancurkan hatiku lagi. Karena hatiku sudah cukup hancur."

2. "Diamnya seorang istri bukan berarti membiarkanmu berbuat semakin menyakitiku dan semaumu, sungguh aku tak mengerti dengan jalan pikiranmu wahai suamiku."

3. "Ada dua arti ketika seseorang itu tersenyum, pertama tanda dia bahagia yang sesungguhnya. Kedua bisa jadi dia sebenarnya kecewa dan hancur namun senyumnya hanya sebuah pemanis saja."

4. "Kamu pikir semua wanita itu tegar. Padahal menangis adalah salah satu cara untuk mengungkapkan rasa kecewa."

5. "Aku sebenarnya selalu ada di sisimu. Sayang kamu tidak mengetahuinya. Nampaknya hatimu sudah menjadi buta."

Kata-Kata untuk Suami yang Selalu Sibuk

berselingkuh./Copyright shutterstock.com
berselingkuh./Copyright shutterstock.com

1. "Jangan terlalu sibuk pada pekerjaanmu. Ketahuilah sayangku, aku tidak bisa terus muda, dan anak-anak hanya punya masa kecil sekali dalam hidup mereka."

2. "Katika aku bersandar di pundakmu, rasanya lebih nyaman dari suasana rumah. Engkau rumahku. Tapi sayang tempat bersandarku sedang jauh di sana. Cepatlah kembali, aku ingin bersandar lagi."

3. "Suamiku, jangan jadikan kesibukanmu membuat kau melupakan istrimu yang menginginkan perhatianmu."

4. "Jangan menelantarkan sumber kebahagian. Mengapa kamu bekerja meninggalkan istrimu demi mengejar uang. Kamu menyianyakan kecantikan istrimu, dan pulang dengna mengeluh karena sudah tak menarik dulu."

5. "Sebesar apapun uang yang kamu miliki dari bekerja. Tetap saja harta terbesar yang kau jaga adalah keluarga."

6. "Di sela-sela kesibukanmu, aku selalu menunggu. Tolong jangan melupakan istrimu."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Warga Banyumas yang Meninggal Dunia di RS Ciracas Positif Virus Corona Covid-19

Posted: 21 Mar 2020 11:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang warga Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah yang meninggal dunia di RS Ciracas, Jakarta Timur dinyatakan positif virus Corona Covid-19. Ini diumumkan Bupati Achmad Husein, Minggu pagi, 22 Maret 2020.

Itu berarti, pasien positif virus Corona Covid-19 di Banyumas dua orang. Pasien meninggal dunia tersebut adalah kasus positif pertama. Adapun positif kedua adalah warga Purwokerto Lor, Kecamatan Purwokerto Timur.

Husein menjelaskan, kasus pertama adalah warga Desa Karangnangka, Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas. Ia sakit di Jakarta, meninggal di RS di Jakarta, dan dimakamkan di Karangnangka, Kedungbanteng.

"Keluarga serta rumah, sudah diisolasi, dan dikarantina," ucapnya, melalui video.

Adapun positif virus Corona Covid-19 kedua adalah warga Banyumas yang bekerja di luar kota. Saat ini, warga Purwokerto lor ini diisolasi di RSUD Margono Soekarjo.

"Tindak lanjut sudah mulai dilakukan tadi malam. investigasi tracking mulai dilakukan. Disiinfektan lingkungan sudah mulai dilakukan," ucap bupati.

Informasi yang dhimpun, pasien positif kedua ini sebelumnya memeriksakan diri ke RSUD Margono lantaran mengalami gejala mirip Covid-19, yakni batuk, pilek, sesak napas dan demam.

Jumlah ODP, PDP dan Positif Covid-19 Banyumas

Bupati Banyumas mengumumkan perkembangan penanganan pandemi virus Corona Covid-19 di Banyumas. (Foto/LIputan6.com/Rudal Afgani-Ridlo)
Bupati Banyumas mengumumkan perkembangan penanganan pandemi virus Corona Covid-19 di Banyumas. (Foto/LIputan6.com/Rudal Afgani-Ridlo)

Husein mengungkapkan, per Minggu 22 Maret 2020, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) Banyumas adalah 162 orang atau meningkat 10 orang dibanding hari sebelumnya. Adapun Pasien dalam pemantauan (PDP) berjumlah sembilan orang atau bertambah tiga orang dibanding hari Sabtu.

"Positif dua orang," kata Husein.

Husein juga mengingatkan agar masyarakat tetap tenang dan menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Salah satunya dengan rutin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir.

Dia meminta masyarakat menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) untuk mecegah terpapar penularan virus Corona baru atau Covid-19.

Salah satunya yakni dengan tidak mendekati kerumunan. Kemudian, warga juga diminta menjaga harak sekitar 1,8 meter dengan orang lain yang tidak diketahui riwayat perjalanannya.

"Masyarakat Banyumas jangan sentuh wajah menggunakan tangan, kecuali tangan sudah bersih dan steril. Jaga jarak dengan orang lain minimal 1,8 meter," katanya.

Selain itu, bupati juga menyarankan agar warga berjemur di bawah sinar matahari pagi hari, minimal 10 menit. Warga diminta banyak meminum air putih dan olahraga. Warga juga diminta untuk menghindari gorengan yang banyak mengandung minyak atau lemak.

Bupati Husein yakin dengan mengikuti instruksi ini, masyarakat relatif bebas dari ancaman tertular virus Corona. Sebaliknya, virus penyebab penyakit lebih mudah menular masyarakat jika pola hidup bersih tidak diterapkan sehari-hari.

"Minum vitamin C dan E. Insyaallah dengan mengikuti instruksi ini akan sehat," dia mengimbau.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Aman Bersih-bersih Rumah dengan Disinfektan untuk Usir Virus Corona COVID-19

Posted: 21 Mar 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Membersihkan rumah mungkin sudah rutin Anda lakukan. Namun, dengan mewabahnya Novel Coronavirus (COVID-19) saat ini, sangat penting menjaga semua permukaan rumah tangga yang sering disentuh, seperti gagang keran, telepon, kenop pintu dan lainnya agar bebas kuman dibanding sebelumnya.

Tidak semua produk pembersih yang mengklaim diri sebagai disinfektan sama efektifnya untuk semua jenis kuman. Ada banyak jenis bakteri dan virus dan tidak setiap produk efektif membunuh mereka semua.

Seperti dikutip Good Housekeeping, sebelum menggunakan produk ketahuilah bahwa sanitasi tidak sama dengan disinfektan. Sanitasi (mengurangi jumlah kuman) biasanya membutuhkan waktu lebih sedikit, kadang-kadang hanya 30 atau 60 detik. Sedangkan, disinfektan (membunuh kuman-kuman itu) dapat memakan waktu hingga 10 menit, tergantung pada produk.

Periksa label untuk mengetahui berapa lama permukaan yang keras dan tidak berpori harus tetap basah untuk membunuh kuman yang paling efektif. Karena cairan menguap, ini mungkin mengharuskan Anda untuk menerapkan produk beberapa kali.

Saat membersihkan rumah, penggunaan sabun dan air secara teratur membersihkan kuman dan mengurangi jumlah kuman, yang juga mengurangi kemungkinan infeksi. Tetapi untuk benar-benar membunuh kuman, Anda juga harus membersihkan atau mendisinfeksi permukaan setelah membersihkannya. Jangan sekali-kali mengombinasikan disinfektan atau produk pembersih apa pun.

Permukaan lunak berpori, tidak akan pernah membunuh kuman sepenuhnya. Namun beberapa semprotan antibakteri dapat membersihkan permukaan yang lembut, seperti bantal dan mainan.

Pembersih Rumah Tangga DIY yang Bunuh Coronavirus?

Ilustrasi Foto Ibu Rumah Tangga (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Ibu Rumah Tangga (iStockphoto)

Menurut Pusat Pengendalian Penyakit AS (CDC), cara mudah untuk mensterilkan permukaan yang keras dan tidak berpori dengan produk yang mungkin Anda miliki di rumah. Caranya dengan mencampur 1/3 cangkir pemutih klorin (sodium hipoklorit) reguler per galon air. Untuk jumlah kecil, gunakan 4 sendok teh pemutih klorin biasa dan 1 liter air.

Untuk menerapkan disinfektan: mengenakan sarung tangan, celupkan kain ke dalam campuran, lap permukaannya, biarkan larutan menyentuh permukaan selama lima menit dan kering terkena udara.

Untuk permukaan kontak makanan seperti meja, bilas dengan air hangat dan udara kering setelah disinfektan. Berhati-hatilah untuk tidak memercikkan larutan pemutih ke pakaian atau mata, serta menggunakannya dengan hemat pada wastafel dan permukaan stainless steel.

Apakah Hidrogen Peroksida Bunuh Virus?

Menurut CDC, hidrogen peroksida adalah disinfektan yang stabil dan efektif terhadap virus ketika digunakan pada permukaan yang keras dan tidak berpori. Biasanya dijual dalam larutan 3 persen, hidrogen peroksida dapat digunakan apa adanya, langsung dari botol.

Yang terbaik adalah menjauhkannya dari kain saat membersihkan dan mengenakan sarung tangan untuk melindungi tangan Anda.

Untuk menggunakan: semprotkan atau usap pada permukaan, biarkan tetap basah setidaknya satu menit sebelum menyekanya.

Apakah Alkohol akan Mendisinfeksi Permukaan?

Petugas menyemprot cairan disinfektan di kantor BI NTT. (Liputan6.com/Ola Keda)
Petugas menyemprot cairan disinfektan di kantor BI NTT. (Liputan6.com/Ola Keda)

Isopropyl alkohol adalah disinfektan yang efektif terhadap banyak patogen, termasuk coronavirus, selama konsentrasinya 70 persen. Sebagian besar alkohol gosok adalah 70 persen alkohol isopropil, tetapi konsentrasinya dapat berkisar 60-99 persen.

Untuk membunuh coronavirus dengan cepat di permukaan, 70 persen adalah yang terbaik - alkohol murni (100 persen) menguap terlalu cepat untuk menjadi efektif.

Untuk menggunakan: bersihkan atau semprotkan permukaan dengan alkohol dan pastikan itu tetap basah setidaknya selama 30 detik.

Bisakah Cuka Bunuh Kuman?

Menurut CDC dan NSF (organisasi kesehatan dan keselamatan masyarakat), cuka (atau produk pembersih alternatif berbasis cuka) tidak boleh digunakan untuk mendisinfeksi atau membersihkan. Produk pembersih yang mengandung cuka dapat menjadi baik dalam beberapa kasus, tetapi tidak membunuh flu atau coronavirus.

Cuka putih yang belum dilarutkan dapat bekerja pada beberapa jenis bakteri terbatas, tetapi itu bukan cara terbaik untuk mendapatkan permukaan yang bebas kuman. (Selain itu, coronavirus bukan bakteri).

Uji permukaan untuk keamanan di tempat tersembunyi sebelum menggunakan alkohol, hidrogen peroksida, atau disinfektan apa pun, terutama permukaan yang lembut. Pada permukaan kontak makanan, bilas dengan air jernih dan keringkan setelah disinfektan, kecuali label produk secara khusus mengatakan itu tidak perlu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Pemain Muda Paling Gemilang di Liga Top Eropa

Posted: 21 Mar 2020 11:00 PM PDT

Jakarta- Sepak bola musim 2019-2020 di Eropa harus terhenti sejenak karena pandemi virus Corona baru atau Covid-19. Padahal, musim ini diwarnai dengan performa apik dari para pemain muda.

Satu di antara pemain muda yang bersinar adalah Erling Braut Haaland. Pemain berusia 19 tahun tersebut menjadi remaja pertama yang mencetak 10 gol atau lebih di Liga Champions.

Torehan 10 gol tersebut diraih dengan dua klub berbeda, yakni Borussia Dortmund dan RB Salzburg. Haaland juga sempat memanaskan bursa transfer Januari 2020 setelah menjadi incaran Manchester United.

Namun, dari daftar 7 pemain muda paling menonjol di lima liga top Eropa, ia tak menempati urutan pertama. Haaland duduk di peringkat keempat.

Penasaran dengan tiga pemain muda yang berada di atas Erling Haaland. Berikut bola.com merangkum 7 pemain muda paling bersinar di lima liga top Eropa dilansir dari Squawka, Sabtu (21/3/2020).

1. Kylian Mbappe

Pemain Paris Saint-Germain (PSG) Kylian Mbappe melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Dijon pada pertandingan Liga Prancis di Parc des Princes, Paris, Prancis, Sabtu (29/2/2020). PSG menang 4-0, Mbappe mencetak dua gol dan satu assist. (FRANCK FIFE/AFP)
Pemain Paris Saint-Germain (PSG) Kylian Mbappe melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Dijon pada pertandingan Liga Prancis di Parc des Princes, Paris, Prancis, Sabtu (29/2/2020). PSG menang 4-0, Mbappe mencetak dua gol dan satu assist. (FRANCK FIFE/AFP)

Kylian Mbappe menjadi pemain muda paling bersinar saat ini di Eropa. Pemain berusia 21 tahun itu telah memenangkan gelar Ligue 1 dengan dua tim berbeda.

Mbappe juga juga menjadi aktor kunci Timnas Prancis mengunci gelar Piala Dunia 2018.

2. Jadon Sancho

Jadon Sancho (Borussia Dortmund). (AFP/Adrian Dennis)
Jadon Sancho (Borussia Dortmund). (AFP/Adrian Dennis)

Jadon Sancho memperlihatkan performa ciamik kala bermain di Borussia Dortmund. Pemain berusia 19 tahun itu merupakan produk akademi Manchester City.

Sancho juga menjadi target utama Manchester United pada musim panas 2019. Sayang upaya The Red Devils gagal. Namun, The Red Devils dikabarkan akan berusaha membajak sang pemain musim depan.

3. Trent Alexander-Arnold

Bek Liverpool, Trent Alexander-Arnold. (Dok. Liverpool FC)
Bek Liverpool, Trent Alexander-Arnold. (Dok. Liverpool FC)

Trent Alexander-Arnold menjadi bek pertama yang mencetak 10 assist di dua musim Premier League berturut-turut. Pemain berusia 21 tahun itu juga menjadi pahlawan kala Liverpool menghentikan langkah Barcelona di semifinal Liga Champions musim lalu.

Alexander-Arnold juga berperan dengan dominasi Liverpool di Premier League musim ini. Sayang kiprah Liverpool harus berhenti sejenak karena pandemi virus Corona.

4. Erling Haaland

Erling Braut Haaland (Borussia Dortmund). (AFP/Ina Fassbender)
Erling Braut Haaland (Borussia Dortmund). (AFP/Ina Fassbender)

Erling Haaland memiliki modal yang bagus sebagai striker. Pemain berusia 19 tahun itu memiliki kombinasi bagus dalam kecepatan dan finishing yang bagus.

Haaland pun digadang-gadang akan menjadi striker ternama masa depan.

5. Martin Odegaard

Martin Odegaard. (Ist)
Martin Odegaard. (Ist)

Martin Odegaard belum mendapat kesempatan di tim utama Real Madrid. Dia dipinjamkan ke Real Sociedad untuk mendapat jam terbang tinggi.

Ia mencatatkan 54 peluang kala bermain di Real Sociedad. Itu merupakan rekor tertinggi dibandingkan para pemain muda lainnya di La Liga musim ini.

6. Frenkie De Jong

Gelandang asal Belanda Frenkie de Jong mencium logo klub barunya saat pengenalan dirinya sebagai pemain Barcelona di stadion Camp Nou, Spanyol (5/7/2019). Frenkie de Jong sangat antusias bisa bermain dengan sang superstar, Lionel Messi. (AFP Photo/Lluis Gene)
Gelandang asal Belanda Frenkie de Jong mencium logo klub barunya saat pengenalan dirinya sebagai pemain Barcelona di stadion Camp Nou, Spanyol (5/7/2019). Frenkie de Jong sangat antusias bisa bermain dengan sang superstar, Lionel Messi. (AFP Photo/Lluis Gene)

Frenkie De Jong menjadi pemain andalan lini tengah Barcelona musim ini. Ia sanggup mencatat 55 dribel sukses di La Liga dan Liga Champions.

Torehan itu membuatnya berada di urutan kedua setelah Lionel Messi. Pemain berusia 22 tahun itu juga berperan membawa Ajax Amsterdam ke semifinal Liga Champions musim lalu. Sekadar informasi, Ajax Amsterdam menyingkirkan Real Madrid dan Juventus di babak sebelumnya.

7. Lautaro Martinez

Striker Inter Milan, Lautaro Martinez, tampak kecewa gagal membobol gawang Barcelona pada laga Liga Champions di Stadion San Siro, Milan, Selasa (10/12). Inter kalah 1-2 dari Barcelona. (AFP/Miguel Medina)
Striker Inter Milan, Lautaro Martinez, tampak kecewa gagal membobol gawang Barcelona pada laga Liga Champions di Stadion San Siro, Milan, Selasa (10/12). Inter kalah 1-2 dari Barcelona. (AFP/Miguel Medina)

Lautaro Martinez merupakan striker ulet yang dimiliki Inter Milan. Pemain berusia 22 tahun ini sukses mencetak 50 persen dari total gol Inter Milan di Liga Champions 2019-2020.

Pemain berpaspor Argentina ini juga akan menjadi properti panas di bursa pemain musim panas nanti.

Sumber: Squawka

Disadur dari Bola.com (penulis Hanif Sri Yulianto, Editor Yus Mei, Published 22/3/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gandeng VMware, Telkomtelstra Perkuat Solusi SD-WAN di Indonesia

Posted: 21 Mar 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Telkomtelstra baru saja mengumumkan kolaborasi dengan VMwarre untuk menghadirkan solusi Software-Defined Wide Area Network (SD-WAN), lewat VMware SD-WAN by Velo Cloud. Solusi ini menawarkan nilai tambah berupa fleksibilitas, agilitas, dan skalabilitas lebih besar bagi perusahaan Indonesia.

Tujuan kolaborasi ini adalah turut mendukung perjalanan transformasi digital yang diyakini bakal menjadi motor pertumbuhan ekonomi digital Indonesia di masa depan. Terlebih, Indonesia diprediksi akan menjadi negara dengan potensi pertumbuhan ekonomi digital tercepat di Asia Tenggara.

Menurut perkiraan, Indonesia akan melipatgandakan ukuran ekonomi digitalnya pada 2019 sebesar USD 40 menjadi USD 130 pada 20205. Untuk itu, Telkomtelstra menghadirkan solusi VMware SD-WAN by Velo Cloud untuk memberikan fleksibilitas yang dibutuhkan perusahaan termasuk sistem keamanan intrinsik.

"Dalam lingkungan bisnis aat ini, model jaringan tradisional tidak lagi mampu mengatasi kurangnya kelincahan, fleksibilitas, dan skalabilitas termasuk mengakomodasi cepatnya perubahan dan dinamika lingkungan teknologi informasi perusahaan," tutur Chief of Products and Service Officer Telkomtelstra Agus F. Abdillah dalam keterangan resmi yang diterima.

Untuk itu, Telkomtelstra menghadirkan WMware SD-WAN bya Velo Cloud guna memperkuat SD-WAN Telkomtelstra di Indonesia, mengingat solusi ini hadir dengan sejumlah fitur lebih beragam dan memiliki banyak nilai tambah, mulai dari otomatisasi, Dynamic Multi-Path Optimization (DMPO), auto failover, hingga zero-touch provisioning.

"Dengan pertumbuhan ekspansi yang cepat, bisnis di Indonesia sekarang mencari cara efektif untuk memperluas dan mendukung permintaan yang terus meningkat, dan di sisi lain diperlukan sistem efektif untuk menghubungkan kantor cabang dan situs terpencil," tutur Agus lebih lanjut.

Optimalkan Kinerja Workload di Jaringan Cloud

Ilustrasi Startup, Perusahaan Teknologi, Cloud, Komputasi Awan. Kredit: Freepik
Ilustrasi Startup, Perusahaan Teknologi, Cloud, Komputasi Awan. Kredit: Freepik

Oleh sebab itu, VMware SD-WAN by Velo Cloud dapat mengoptimalkan kinerja workload dalam jaringan cloud, memungkinkan alokasi bandwidth lebih baik, termasuk kinjera aplikasi lebih cepat di kantor cabang dalam sistem operasi yang lebih seamless.

"VMware SD-WAN by Velo Cloud adalah solusi jaringan terdepan yang dapat membantu bisnis mengatasi tantangan sekaligus menghadirkan kinerja yang konsisten dan mempermudah pengalaman pengguna baik di kantor cabang maupun area terpecil," tutur Country Manager VMware Cin Cin Go.

Saat ini, solusi ini sudah diimplemantasikan di lebih dari 5.000 cabang pelanggan Telkomtelstra. Untuk itu, perusahaan patungan antara Telkom Indonesia dan Telstra Australia ini memperkirakan akan ada peningkatan permintaan SD-WAN di pasar, mengingat banyak perusahaan mulai berimigrasi ke solusi cloud.

(Dam/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Truk-Truk Militer Italia Angkut Korban Meninggal COVID-19

Posted: 21 Mar 2020 11:00 PM PDT

Konvoi truk militer yang membawa peti mati berisi jasad korban virus corona COVID-19 dari Bergamo tiba di Ferrara, Italia, Sabtu (21/3/2020). Jasad para korban selanjutnya akan dikremasi. (Massimo Paolone/LaPresse via AP)
Konvoi truk militer yang membawa peti mati berisi jasad korban virus corona COVID-19 dari Bergamo tiba di Ferrara, Italia, Sabtu (21/3/2020). Jasad para korban selanjutnya akan dikremasi. (Massimo Paolone/LaPresse via AP)

Konvoi truk militer yang membawa peti mati berisi jasad korban virus corona COVID-19 dari Bergamo tiba di Ferrara, Italia, Sabtu (21/3/2020). Jasad para korban selanjutnya akan dikremasi. (Massimo Paolone/LaPresse via AP)

Konvoi truk militer yang membawa peti mati berisi jasad korban virus corona COVID-19 dari Bergamo tiba di Ferrara, Italia, Sabtu (21/3/2020). Pemindahan ini dilakukan karena kamar jenazah Bergamo telah mencapai kapasitas maksimum. (Massimo Paolone/LaPresse via AP)
Konvoi truk militer yang membawa peti mati berisi jasad korban virus corona COVID-19 dari Bergamo tiba di Ferrara, Italia, Sabtu (21/3/2020). Pemindahan ini dilakukan karena kamar jenazah Bergamo telah mencapai kapasitas maksimum. (Massimo Paolone/LaPresse via AP)

Konvoi truk militer yang membawa peti mati berisi jasad korban virus corona COVID-19 dari Bergamo tiba di Ferrara, Italia, Sabtu (21/3/2020). Pemindahan ini dilakukan karena kamar jenazah Bergamo telah mencapai kapasitas maksimum. (Massimo Paolone/LaPresse via AP)

Konvoi truk militer yang membawa peti mati berisi jasad korban virus corona COVID-19 dari Bergamo tiba di Ferrara, Italia, Sabtu (21/3/2020). Italia mencatat kematian tertinggi akibat COVID-19 dalam sehari dengan 793 korban meninggal. (Massimo Paolone/LaPresse via AP)
Konvoi truk militer yang membawa peti mati berisi jasad korban virus corona COVID-19 dari Bergamo tiba di Ferrara, Italia, Sabtu (21/3/2020). Italia mencatat kematian tertinggi akibat COVID-19 dalam sehari dengan 793 korban meninggal. (Massimo Paolone/LaPresse via AP)

Konvoi truk militer yang membawa peti mati berisi jasad korban virus corona COVID-19 dari Bergamo tiba di Ferrara, Italia, Sabtu (21/3/2020). Italia mencatat kematian tertinggi akibat COVID-19 dalam sehari dengan 793 korban meninggal. (Massimo Paolone/LaPresse via AP)

Konvoi truk militer yang membawa peti mati berisi jasad korban virus corona COVID-19 dari Bergamo tiba di Ferrara, Italia, Sabtu (21/3/2020). Jumlah total kasus COVID-19 di Italia naik menjadi 53.578 dari sebelumya 47.021. (Massimo Paolone/LaPresse via AP)
Konvoi truk militer yang membawa peti mati berisi jasad korban virus corona COVID-19 dari Bergamo tiba di Ferrara, Italia, Sabtu (21/3/2020). Jumlah total kasus COVID-19 di Italia naik menjadi 53.578 dari sebelumya 47.021. (Massimo Paolone/LaPresse via AP)

Konvoi truk militer yang membawa peti mati berisi jasad korban virus corona COVID-19 dari Bergamo tiba di Ferrara, Italia, Sabtu (21/3/2020). Jumlah total kasus COVID-19 di Italia naik menjadi 53.578 dari sebelumya 47.021. (Massimo Paolone/LaPresse via AP)

Tentara bersiap menurunkan peti mati berisi jasad korban virus corona COVID-19 dari Bergamo di Ferrara, Italia, Sabtu (21/3/2020). Hingga saat ini, sebanyak 4.825 orang dilaporkan meninggal akibat COVID-19 di Italia. (Massimo Paolone/LaPresse via AP)
Tentara bersiap menurunkan peti mati berisi jasad korban virus corona COVID-19 dari Bergamo di Ferrara, Italia, Sabtu (21/3/2020). Hingga saat ini, sebanyak 4.825 orang dilaporkan meninggal akibat COVID-19 di Italia. (Massimo Paolone/LaPresse via AP)

Tentara bersiap menurunkan peti mati berisi jasad korban virus corona COVID-19 dari Bergamo di Ferrara, Italia, Sabtu (21/3/2020). Hingga saat ini, sebanyak 4.825 orang dilaporkan meninggal akibat COVID-19 di Italia. (Massimo Paolone/LaPresse via AP)

Petugas membawa peti mati berisi jasad korban virus corona COVID-19 yang diturunkan dari truk militer di pemakaman Ferrara, Italia, Sabtu (21/3/2020). Dari mereka yang awalnya terinfeksi COVID-19 secara nasional, 6.072 orang telah dinyatakan pulih sepenuhnya. (Massimo Paolone/LaPresse via AP)
Petugas membawa peti mati berisi jasad korban virus corona COVID-19 yang diturunkan dari truk militer di pemakaman Ferrara, Italia, Sabtu (21/3/2020). Dari mereka yang awalnya terinfeksi COVID-19 secara nasional, 6.072 orang telah dinyatakan pulih sepenuhnya. (Massimo Paolone/LaPresse via AP)

Petugas membawa peti mati berisi jasad korban virus corona COVID-19 yang diturunkan dari truk militer di pemakaman Ferrara, Italia, Sabtu (21/3/2020). Dari mereka yang awalnya terinfeksi COVID-19 secara nasional, 6.072 orang telah dinyatakan pulih sepenuhnya. (Massimo Paolone/LaPresse via AP)

Petugas membawa peti mati berisi jasad korban virus corona COVID-19 yang diturunkan dari truk militer di pemakaman Ferrara, Italia, Sabtu (21/3/2020). Italia menghadapi krisis paling parah sejak Perang Dunia II.  (Massimo Paolone/LaPresse via AP)
Petugas membawa peti mati berisi jasad korban virus corona COVID-19 yang diturunkan dari truk militer di pemakaman Ferrara, Italia, Sabtu (21/3/2020). Italia menghadapi krisis paling parah sejak Perang Dunia II. (Massimo Paolone/LaPresse via AP)

Petugas membawa peti mati berisi jasad korban virus corona COVID-19 yang diturunkan dari truk militer di pemakaman Ferrara, Italia, Sabtu (21/3/2020). Italia menghadapi krisis paling parah sejak Perang Dunia II. (Massimo Paolone/LaPresse via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Australia Pertimbangkan Lockdown untuk Tekan Pandemi Corona COVID-19

Posted: 21 Mar 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Canberra - Perdana Menteri Australia Scott Morrison memperingatkan bahwa negaranya mempertimbangkan menerapkan lockdown dalam upaya untuk menekan penyebaran Virus Corona Baru SARS-CoV-2 yang menyebabkan penyakit COVID-19.

Langkah-langkah potensial datang setelah kerumunan besar berkumpul di pantai-pantai Sydney termasuk Bondi pada Sabtu 21 Maret 2020, yang mengundang cemooh publik tentang bagaimana masyarakat setempat meremehkan imbauan menjaga jarak sosial (social distancing).

Morrison mengatakan situasi di Pantai Bondi harus menjadi "peringatan untuk mengambil kebijakan ini dengan serius," demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (22/3/2020).

Dia juga mengumumkan stimulus paket keuangan untuk membantu perekonomian negara selama krisis.

Jumlah kasus orang terinfeksi Virus Corona di Australia telah mencapai 1.000 dan tujuh orang telah meninggal.

Pantai Bondi ditutup sementara pada Sabtu 21 Maret setelah kerumunan melebihi batas perkumpulan massa di luar ruang, yakni lebih dari 500 orang Australia. Pantai tetap ditutup pada Minggu 22 Maret 2020.

Morrison mereferensi insiden itu sebagai alasan pertimbangan lockdown dan meminta warga Australia untuk menunjukkan akal sehat dalam hal mengikuti aturan.

"Kamu harus menjaga jarak yang sehat antara satu sama lain," katanya.

"Jika orang Australia tidak dapat melakukan itu dalam skala luas, maka mereka membangkang terhadap pemerintah dan pihak berwenang. Senjata paling penting yang kita miliki untuk menyelamatkan jiwa dan menyelamatkan mata pencaharian, dan negara-negara bagian dan teritori adalah dengan harus mengambil tanggapan yang lebih serius untuk berurusan dengan itu semua."

Morrison mengimbau bahwa "langkah yang lebih tegas" termasuk lockdown akan dibicarakan pada Minggu 22 Maret 2020. Kebijakan itu akan diterapkan di area dengan kasus positif COVID-19 yang tinggi/

Ia juga mengingatkan agar warga Australia menunda perjalanan yang tidak perlu dan agenda berlibur ke lintas negara bagian juga dibatalkan, demi menekan penyebaran Virus Corona di sana.

Menyiapkan Stimulus Ekonomi

Penumpang tiba di bandara internasional Sydney pada 16 Maret 2020. Australia mengumumkan pada 15 Maret bahwa siapa pun yang tiba di negara itu akan menghadapi 14 hari wajib isolasi diri sendiri, dalam upaya untuk memperlambat penyebaran virus corona. (Photo: AFP / Peter Parks)
Penumpang tiba di bandara internasional Sydney pada 16 Maret 2020. Australia mengumumkan pada 15 Maret bahwa siapa pun yang tiba di negara itu akan menghadapi 14 hari wajib isolasi diri sendiri, dalam upaya untuk memperlambat penyebaran virus corona. (Photo: AFP / Peter Parks)

Morrison mengatakan, pemerintah akan menyediakan hampir 189 miliar dolar Australia untuk mendukung sektor ekonomi yang paling rentan terhadap dampak krisis pandemi COVID-19.

Langkah-langkah tersebut termasuk menggandakan dukungan pendapatan bagi mereka yang mendapat tunjangan Pencari Kerja. Tes aset dan masa tunggu akan dihapuskan.

Hibah hingga AU$ 100.000 akan tersedia untuk usaha kecil dan menengah.

Individu yang terinfeksi Virus Corona akan dapat mengakses jaminan sosial mereka hingga AU$ 10.000 selama 2019 dan 2020. Mereka akan dapat mengambil AU$ 10.000 lebih lanjut pada tahun berikutnya.

Maskapai penerbangan dan bandara Australia akan diberikan dukungan hingga AU$ 715 juta.

Paket keuangan adalah paket stimulus pertama negara itu sejak krisis keuangan global 2008.

Morrison menekankan bahwa tindakan tersebut mencakup enam bulan ke depan. "Ini bukan perbaikan cepat," katanya. "Ini bukan kunjungan terakhirku ke podium. Akan ada lebih banyak paket dan lebih banyak dukungan."

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bisnis Jasa Membaca Nasib

Posted: 21 Mar 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Alih-alih tergerus zaman, para peramal di era modern seperti sekarang berlomba-lomba untuk memanfaatkan kemajuan teknologi dan komunikasi dalam usaha mengembangkan bisnis jasa mereka. Lambat laun hal tersebut menggerus kesan mistis atau klenik yang sering kali hinggap di benak masyarakat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Jokowi di Isra Miraj: Semoga Kita Segera Keluar dari Kesulitan Ini

Posted: 21 Mar 2020 10:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi berdoa agar kesulitan yang melanda bangsa akibat virus corona (COVID-19) segera terlewati. Hal itu disampaikan Jokowi dalam akun Instagram @Jokowi, dalam rangka menyambut hari Isra Miraj. 

"Hari ini, 22 Maret 2020, bertepatan dengan 27 Rajab 1441H, kita memperingati peristiwa Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW ketika dunia tengah dilanda pandemi global yang memaksa umat manusia membatasi perjalanan mereka," tulis Presiden dalam akun Instagram @jokowi, Minggu (22/3/2020).

"Semoga bangsa kita, dan seluruh umat manusia, keluar dari kesulitan yang membelit ini selekas mungkin," tulis Jokowi.

Berkaitan penanganan pandemi Covid-19, Jokowi telah mendorong sikap sukarela dan partisipatif publik dalam mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 sebagai pilihan rasional dan bertanggungjawab dalam kehidupan demokrasi.

Jokowi juga telah menekankan pemerintah beserta seluruh komponen bangsa terus bekerja keras bergotong-royong tanpa henti dengan kerendahan hati dalam melawan Covid-19, untuk keselamatan seluruh rakyat Indonesia.

Presiden berterimakasih sebesar-besarnya kepada seluruh tenaga kesehatan baik dokter, perawat, dan lainnya.

Jokowi juga menekankan salus populi suprema lex atau keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemendagri Akan Koordinasi KPU soal Penundaan Tahapan Pilkada 2020

Posted: 21 Mar 2020 10:54 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kemendagri memahami keputusan KPU untuk menunda tahapan pilkada 2020. Staf Khusus Mendagri Tito Karnavian, Kastorius Sinaga menyatakan, Kemendagri akan segera berkordinasi dengan KPU untuk antisipasi penyelenggaraan Pilkada serentak 2020 dalam kaitannya dengan perkembangan Covid 19.

"Harus diakui ada berbagai arahan-arahan teknis menyangkut langkah-langkah pencegahan Covid-19 serta imbasnya ke tahapan Pilkada 2020. Kita akan terus mencermati perkembangan dampak Covid-19 terus-menerus hingga Juli 2020, berikut dampaknya ke tahapan Pilkada," ungkap Kasto, Jakarta, Minggu (22/3/2020).

Menurut dia, bila kegiatan tahapan Pilkada di rentang Juli-September tertunda, maka harus diatur lebih jauh.

"Maka penundaan tersebut harus dilakukan lewat perubahan UU nomor 10/2016 dan perubahan UU tentu dengan persetujuan DPR," pungkasnya.

Sebelumnya, Dalam surat edaran yang ditandatangani Ketua KPU Arief Budiman tersebut, disebutkan tahapan yang ditunda ada diantaranya menunda pelaksanaan pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pilkada 2020.

Namun, disebutkan jika KPU Kabupaten/Kota telah siap melaksanakan pelantikan POS dan sudah berkoordinasi dengan pihak berwenang, bahwa daerah tersebut belum terdampak penyebaran Covid-19, makapelantikan PPS dapat dilanjutkan.

"Masa kerja PPS yang telah dilantikakan diatur kemudian," tulis surat edaran tersebut.

Ikuti Perkembangan

Kemudian, tahapan yang lainnya, yakni menunda pelaksanaan verifikasi syarat dukungan calon perseorangan yang belum dilaksanakan.

"Menunda pembentukan petugas pemutakhiran daftar pemilih, menunda pelaksanaan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih," lanjut Surat Edaran tersebut.

KPU Provinsi serta Kabupaten/Kota diminta menerbitkan keputusan penetapan penundaan, setelah didahului koordinasi dengan Bawaslu setempat dan pihak-pihak terkait.

Saat dikonfirmasi, Komisioner KPU Viryan Aziz membenarkan hal tersebut. Namun, dia menegaskan, penundaan ini belum tentu mempengaruhi penjadwalan pemungutan suara.

"Belum tentu, kita melihat perkembangan Covid-19," ungkap Viryan.

Dia pun menuturkan, semuanya ini, termasuk penundaan tersebut, mengikuti perkembangan wabah yang ada.

"Sampai waktu yang akan ditentukan kemudian dengan pertimbangan tersebut (perkembangan Covid-19)," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tetap Waspada, Jangan Sepelekan Orang Tanpa Gejala Virus Corona Covid-19

Posted: 21 Mar 2020 10:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Pandemi virus corona covid-19 masih terus mengancam. Hingga kini, lebih dari 200 ribu orang telah terjangkit virus ini.

Di Indonesia, bahkan, hingga Sabtu (21/3), sudah 38 orang meninggal lantaran virus corona covid-19. Maka itu, masyarakat pun diminta benar-benar waspada, tanpa harus panik.

Kepala Pusat Kesehatan Angkatan Darat Mayjen TNI Tugas Ratmono meminta seluruh masyarakat dapat menyadari akan bahaya penyebaran virus corona Covid-19. Ada kelompok Orang Tanpa Gejala (OTG) dan hal tersebut sangat penting menjadi perhatian bersama.

"Dalam pengendalian Orang Tanpa Gejala sangat penting dilakukan dari seluruh komponen, supaya Orang Tanpa Gejala tidak dianggap tenang-tenang dan diketahui dengan baik," tutur Tugas di Kantor Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Minggu (22/3/2020).

Social Distancing Penting

Tugas menegaskan, itulah yang membuat pembatasan interaksi sosial atau sosial distancing menjadi sangat penting. Jangan lantaran merasa sehat kemudian meremehkan penularan virus tersebut.

"Artinya semua harus menganggap ini Covid-19 bahaya. Semua harus disiplin mengendalikan diri atau karantina sendiri di rumah. Kemudian sosial distancing atau jaga jarak," jelas dia.

Pembagian Kluster

Han Yi (belakang), petugas medis dari Provinsi Jiangsu, bekerja di sebuah bangsal ICU Rumah Sakit Pertama Kota Wuhan di Wuhan, 22 Februari 2020. Tenaga medis dari seluruh China telah mengerahkan upaya terbaik mereka untuk mengobati para pasien COVID-19 di rumah sakit itu. (Xinhua/Xiao Yijiu)
Han Yi (belakang), petugas medis dari Provinsi Jiangsu, bekerja di sebuah bangsal ICU Rumah Sakit Pertama Kota Wuhan di Wuhan, 22 Februari 2020. Tenaga medis dari seluruh China telah mengerahkan upaya terbaik mereka untuk mengobati para pasien COVID-19 di rumah sakit itu. (Xinhua/Xiao Yijiu)

Dalam dunia medis, lanjut Tugas, dikenal sejumlah pembagian atau kluster pasien. Untuk kasus Covid-19, ada mulai dari orang sehat hingga Orang Tanpa Gejala yang perlu pemeriksaan untuk menentukan kesehatannya.

"Mungkin sehat, ada juga mungkin terpapar Covid-19. Kemudian setelah diketahui ada kontak dengan Covid-19, masuk dalam pemantauan. Dan saat timbul gejala, maka harus mendatangi fasilitas kesehatan dan ditentukan apakah cukup karantina pengawasan atau dirawat di rumah sakit," kata Tugas.

Pentingnya Koordinasi

Kemudian tidak kalah penting adalah koordinasi antar instansi terkait dalam upaya pengendalian Orang Tanpa Pengawasan. Tanpa adanya kerjasama, kecil kemungkinan keberhasilan upaya menekan kasus Covid-19.

"Kami TNI mendukung penuh melakukan penanganan secara cepat demi menangulangi bencana Covid-19," Tugas menandaskan.

Rapid Test

Petugas medis dari Provinsi Jiangsu bekerja di sebuah bangsal ICU Rumah Sakit Pertama Kota Wuhan di Wuhan, Provinsi Hubei, 22 Februari 2020. Tenaga medis dari seluruh China telah mengerahkan upaya terbaik mereka untuk mengobati para pasien virus corona COVID-19 di rumah sakit itu (Xinhua/Xiao Yijiu)
Petugas medis dari Provinsi Jiangsu bekerja di sebuah bangsal ICU Rumah Sakit Pertama Kota Wuhan di Wuhan, Provinsi Hubei, 22 Februari 2020. Tenaga medis dari seluruh China telah mengerahkan upaya terbaik mereka untuk mengobati para pasien virus corona COVID-19 di rumah sakit itu (Xinhua/Xiao Yijiu)

Pemerintah Indonesia sendiri sudah mengambil langkah-langkah khusus melawan virus corona covid-19 ini. Sejak Jumat (20/3), Pemerintah RI telah menerapkan tes Corona COVID-19 massal dengan metode rapid test.Test ini dilakukan dengan cara menggunakan pengambilan sampel darah.

Namun begitu, rapid test massal ini bukan untuk mendiagnosis apakah seseorang positif atau tidak terkena virus corona COVID-19. Tidak semua orang akan diperiksa Covid-19. Namun, hanya mereka yang beresiko.

Tes Corona massal ini baru tahap skrining, bukan untuk deteksi atau diagnosis pasti orang yang bersangkutan positif atau tidak kena COVID-19.

Datangkan Obat

Kabar baik lainnya, Pemerintah juga mendatangkan obat Avigan dan Chloroquine untuk menangani pengobatan virus corona. Hal ini diumumkan Presiden Jokowi di Istana Negara, Jumat (20/3/2020).

Menurut Jokowi, pemerintah telah memesan dua juta obat flu Avigan, yang diantaranya sebanyak 5.000 telah didatangkan. Sedangkan, obat Choloroquine juga telah disiapkan sebanyak tiga juta.

Avigan dan Chloroquine telah diuji dan diklaim dapat memberi kesembuhan bagi penderita Covid-19 oleh negara lain.

(Nanda Perdana Putra/Yusron Fahmi/Fitri Haryanti Harsono/Dyah Puspita)

Saksikan Video Virus Corona Covid-19 di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Harga Kebutuhan Pokok Naik di Sejumlah Pasar Tradisional

Posted: 21 Mar 2020 10:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Harga gula pasir di pasar tradisional di Kediri, Jawa Timur merangkak naik, dari harga Rp 12.000 per kilogram, kini mencapai Rp 17.000 per kilogram.

Selain harga gula, harga sejumlah bahan kebutuhan bumbu dapur impor di pasar-pasar tradisional, Mojokerto, juga mengalami kenaikan, sejak sepekan terakhir. Bahkan bumbu masak seperti bawang bombai mengalami kelangkaan hingga harganya naik mencapai Rp 110 ribu rupiah per kilogram.

Kenaikan harga gula di Pasar Pahing, Kota Kediri ini mulai terjadi sejak sebulan terakhir. Harga gula pada Februari lalu masih berkisar Rp 12000 per kilogram perlahan naik Rp 14.000 pada awal Maret, kini mencapai Rp 17000 per kilogram.

Tak hanya gula, komoditi lain seperti, telur juga naik dari sebelumnya Rp 22.000 menjadi Rp 24.500 per kilogram. Beras naik dari Rp 10.000 menjadi Rp 10.500 per kilogram. Minyak goreng dari Rp 11000 menjadi Rp 13.000 per liter. Kenaikan harga gula pasir ini diduga karena keterbatasan stok menyusul belum masa giling, sedangkan gula impor juga tak ada di pasaran.

Kenaikan sejumlah kebutuhan bumbu dapur juga terjadi di Pasar Tradisional Tanjung Anyar, Kota Mojokerto, juga terjadi sejak sepekan terakhir. Bawang putih yang sebelumnya dijual Rp 36000 per kilo, kini dijual Rp 40.000 per kilogram.

Cabe kering saat ini dijual pedagang seharga Rp 95000 dari sebelumnya Rp 60.000 per kilogram. Bahkan bahan campuran bumbu masak yakni bawang bombai mengalami kelangkaan. Akibatnya harga bawang bombai pun melejit hingga mencapai Rp 110 ribu, dari sebelumnya Rp 20000.

Naiknya harga kebutuhan pangan ini dikeluhkan oleh para konsumen. Meski begitu, mereka tetap membeli bahan kebutuhan pangan yang naik karena sangat membutuhkan. Berikut video pemberitaannya pada Liputan6, 20 Maret 2020.

Diperkirakan harga kebutuhan pokok dan bumbu dapur ini akan terus mengalami kenaikan saat mendekati Bulan Suci Ramadhan, seiring meningkatnya jumlah kebutuhan pokok di masyarakat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Andrea Dian Diisolasi Bersama 5 Pasien Positif Corona Covid-19 Lainnya

Posted: 21 Mar 2020 10:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Andrea Dian, istri Ganindra Bimo, dinyatakan positif terpapar virus Corona baru atau Covid-19. Hal ini disampaikan langsung melalui akun Instagram pribadinya.

Lewat akun media sosialnya itu, Andrea Dian mengungkap krononologi hingga ia dinyatakan positif Corona. Pada 13 Maret 2020, ia justru didiagnosis menderita demam berdarah.

"Setelah opname, tanggal 15 aku udah mulai fit. Tapi karena khawatir aku diminta untuk cek thorax. Hasilnya bagus. Cek influenza, hasilnya negative," tulis Andrea Dian, Minggu (22/3/2020).

Namun saat scan paru-paru, hasilnya mulai mengkhawatirkan. Itu karena terdapat flek pada sisi kanan dan kiri paru-parunya. Untuk itu, pada 16 Maret 2020, Andrea Dian menjalani tes Swab untuk memastikan apakah ia terkena virus Corona.

 

Positif

"Baru tanggal 18 Maret aku dikasih kabar kalo aku positif Covid-19. Malem itu juga aku dipindahkan ke RS yang dirujuk pemeritah untuk aku Diisolasi," ia menerangkan.

"Aku punya kondisi auto immune yang mana membuat aku punya tuntutan tertentu untuk menjaga kondisi immune ku. Aku sekarang ada di sebuah ruangan bersama 5 pasien positif lainnya dengan kondisi berbeda," sambungnya.

Kabar terkini

Dan setelah sekitar empat hari diisolasi di rumah sakit, Andrea Dian mengatakan bahwa keadaannya baik-baik saja. Ia berharap kondisinya dapat pulih sepenuhnya.

Rekan selebritas pun mendoakan kesembuhan Andrea Dian.

"Ndreee cepat pulih ya. Sehat!! sehat!! sehat!!" kata Tyas Mirasih.

"Love you strong lady. Keep the spirit. Sending my love and prayers," tulis Wulan Guritno.

"Bismillah semoga cepat pulih total sayang," tambah Ussy Sulistiawaty.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beda Gaya 7 Artis Pemeran ART di Sinetron Vs Kehidupan Nyata, Bikin Pangling

Posted: 21 Mar 2020 10:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Berkarier sebagai pemain sinetron ataupun film tentu saja membutuhkan profesionalitas. Peran apapun yang diberikan kepada seorang artis tersebut pun harus dijalankan dengan baik.

Pasalnya, tak sedikit pula artis Tanah Air yang dikenal luas karena penampilannya yang hampir sama di beberapa judul sinetron. Salah satunya ialah peran menjadi asisten rumah tangga (ART). Karakter dari para asisten rumah tangga di sinetron ini pun cukup dikenal nyentrik serta gaul.

Lewat peran menjadi seorang ART, beberapa nama artis ini justru kian melejit dan dikenal luas oleh masyarakat. Kamu mungkin juga tak asing lagi melihat wajah para artis ini di layar kaca. Apalagi jika kamu termasuk penggemar sinetron Tanah Air. Bahkan, hingga kini beberapa nama artis ini masih cukup dikenal luas oleh publik karena perannya dalam karakter ART yang cukup melekat.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (22/3/2020) berikut ini beberapa potret beda gaya artis Tanah Air pemeran ART di sinetron vs kehidupan nyata.

1. Barbie Kumalasari mulai dikenal luas setelah berperan sebagai Ijah, ART dalam sinetron Bidadari.

Artis pemeran ART (Sumber: Instagram/barbiekumalasari)
Artis pemeran ART (Sumber: Instagram/barbiekumalasari)

2. Ana C. Pinem cukup sering mendapat peran sebagai ART di sebuah sinetron. Peran ART pun cukup melekat dari aktris satu ini.

Artis pemeran ART (Sumber: Instagram/anacpinem76)
Artis pemeran ART (Sumber: Instagram/anacpinem76)

3. Berbeda saat di sinetron, penampilan Niniek Arum di kehidupan nyata justru terlihat sederhana.

Artis pemeran ART (Sumber: Instagram/niniek_arum)
Artis pemeran ART (Sumber: Instagram/niniek_arum)

4. Astri Handayani juga dikenal lewat perannya sebagai ART.

Artis pemeran ART (Sumber: Instagram/asri_handayani)
Artis pemeran ART (Sumber: Instagram/asri_handayani)

5. Irish Bella juga pernah mendapat peran sebagai ART, penampilannya di kehidupan nyata pun terlihat cukup berbeda.

Artis pemeran ART (Sumber: Instagram/_irishbella_)
Artis pemeran ART (Sumber: Instagram/_irishbella_)

6. Penampilan Marcella Simon di kehidupan nyata saat ini pun terlihat cukup berbeda dengan menggunakan hijab.

Artis pemeran ART (Sumber: Instagram/marcella_simon)
Artis pemeran ART (Sumber: Instagram/marcella_simon)

7. Ada pula Purwaniatun yang akrab dengan peran ART di sinteron. Penampilannya di sinetron dan kehidupan nyata pun tak jauh berbeda, sama-sama terlihat sederhana.

Purwaniatun (Sumber: Instagram/vatemat)
Purwaniatun (Sumber: Instagram/vatemat)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beroperasi 23 Maret 2020, 3 Menteri Tinjau RS Darurat Corona di Wisma Atlet Kemayoran

Posted: 21 Mar 2020 10:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat, pada Minggu 22 Maret 2020. Peninjauan dilakukan untuk memastikan kesiapan Wisma Atlet untuk menjadi rumah sakit darurat bagi pasien terpapar Virus Corona atau Covid-19.
 
Bersama dengan Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Kepala BNPB Doni Monardo, Basuki memastikan seluruh ruangan di Wisma Atlet sudah dibersihkan dan disemprot disinfektan. 
 
 
"Ini adalah salah satu kesiapan pemerintah menghadapi Covid-19, ada 3 komponen persiapan yaitu pembersihan, penyemprotan sudah 100 persen lalu modifikasi ruangan di tower 7 ini sudah diupgrade. Malam ini bisa gladi bersih," kata Basuki.
 
Adapun, arus pergerakan pasien dan petugas juga sudah dipastikan sehingga tidak akan terjadi bentrokan. Basuki memastikan seluruh fasilitas siap dioperasikan besok. "Besok InsyaAllah dioperasikan, mudah-mudahan siap menampung banyak (pasien)," katanya.
 
Sebagai informasi, akan ada 4 tower di Wisma Atlet yang dapat menampung hingga 22 ribu orang, yaitu Tower 1, Tower 3, Tower 6 dan Tower 7.
 
Tower 1 akan dipergunakan sebagai ruang dokter dan tenaga para medis. Tower 3 akan digunakan posko gugus tugas penanganan Covid-19.
 
Sementara itu, Tower 6 akan menjadi ruang rawat inap pasien. Kemudian Tower 7 akan memiliki fasilitas ruang IGD yang akan bertempat di lantai 1, ruang ICU di lantai 2, ruang refreshing di lantai 3 dan ruang rawat inap pasien di lantai 4.
 
 
 

Fasilitas Rumah Sakit Darurat Corona Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran

Wisma Atlet Kemayoran. Dok
Wisma Atlet Kemayoran. Dok

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dijadwalkan meninjau Wisma Atlet Kemayoran, yang akan menjadi lokasi rumah sakit darurat pasien terpapar Virus Corona atau Covid-19, pada Minggu ini (22/3/2020).

Wisma Atlet Kemayoran digunakan sebagai akomodasi para atlet Asian Games 2018 kala itu. Saat event selesai, bangunan tersebut kosong sehingga dapat dimanfaatkan sebagai fasilitas penanganan Virus Corona.

[bacajuga:Baca Juga](4207893 4207889 4207889)

Dikutip dari dokumen yang diterima Liputan6.com, Minggu (22/3/2020), pemerintah akan menggunakan 5 tower, yaitu Tower 1, Tower 3, Tower 6 dan Tower 7. Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir juga menerangkan terkait denah penanganan Virus Corona di Wisma Atlet ini.

Tower 1 akan dipergunakan sebagai ruang dokter dan tenaga para medis. Tower 3 akan digunakan posko gugus tugas penanganan Covid-19.

"Tower 1 ini untuk dokter dan tenaga medis supaya mereka punya waktu istirahat yang cukup jadi khusus kita tempatkan di situ. Lalu Tower 3 akan jadi tempat untuk fokus satgas penanganan Corona," ujar Erick beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Tower 6 akan menjadi ruang rawat inap pasien. Lalu Tower 7 akan memiliki fasilitas ruang IGD yang akan bertempat di lantai 1, ruang ICU di lantai 2, ruang refreshing di lantai 3 dan ruang rawat inap pasien di lantai 4.

Dengan kata lain, pasien akan ditempatkan di 2 tower yaitu Tower 6 dan Tower 7.

Dalam pengoperasian Wisma Atlet sebagai lokasi penanganan Corona, BUMN nantinya akan menerjunkan tenaga kesehatan yang dimiliki rumah sakit BUMN. Selain itu fasilitas dan alat kesehatan akan dilengkapi dari dana CSR BUMN.

"CSR BUMN akan dialokasikan ke sini. CSR akan membantu akan sediakan alat di sini (Wisma Atlet). Selain itu BUMN farmasi terus memproduksi kebutuhan-kebutuhan obat yang diperlukan," kata Erick.

Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman sebelumnya menyebut Wisma Atlet Kemayoran bisa menampung hingga 22.200 pasien yang terinfeksi virus Corona. Pemerintah, kata dia, terus mempersiapkan agar Wisma Atlet dapat segera dijadikan tempat perawatan pasien corona.

"Kalau 10 tower (Wisma Atlet) itu bisa sekitar 22.200 orang. Senin (23/2/3020) besok sudah bisa dipakai 2.400 kamar," jelas dia.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

WHO Ubah Penerapan Social Distancing Menjadi Physical Distancing

Posted: 21 Mar 2020 10:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Organisasi kesehatan dunia, World Health Organization (WHO) kini mengubah penerapan social distancing menjadi physical distancing.

Hal tersebut disampaikan Tim Pakar Gugus Tugas Penanganan Virus Corona Covid-19 Wiku Adisasmito.

"Dalam pencegahan di masyarakat, penerapan social distancing saat ini yang terbaru dari WHO adalah physical distancing," kata Wiku di BNPB, Jakarta Timur, Minggu (22/3/2020).

Menurutnya, pemerintah meminta agar masyarakat untuk menerapkan hal ini. Sebab, Wiku meyakini hal tersebut akan memutuskan mata rantai penyebaran virus Covid-19.

"Pencegahan masyarakat selain menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Agar dipatuhi oleh seluruh masyarakat sebagai upaya untuk mengidentifikasi agar cepat memutus mata rantai (Covid-19) di masyarakat," pungkas Wiku.

 

Physical Distancing

PT KAI Daop 6 Yogyakarta menerapkan social distancing untuk mencegah penyebaran virus corona di Stasiun Purworsari Solo, Sabtu (21/3).(Liputan6.com/Fajar Abrori)
PT KAI Daop 6 Yogyakarta menerapkan social distancing untuk mencegah penyebaran virus corona di Stasiun Purworsari Solo, Sabtu (21/3).(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Sebagai informasi, physical distancing merupakan istilah yang kerap digunakan WHO untuk membatasi diri seseorang dari penyebaran virus corona Covid-19.

Dalam hal ini, physical distancing yakni masyarakat masih dapat berinteraksi sosial dengan orang lain tanpa bertemu tatap muka.

 

Reporter : Ronald Chaniago

Sumber : Merdeka

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dikarantina Malah Pergi Joging, Wanita Ini Diusir dari China

Posted: 21 Mar 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Beijing - Seorang wanita Australia yang baru saja tiba di Beijing dipecat dan akan dideportasi setelah melanggar aturan karantina yang dibuat untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19). Menurut Shanghaiist, wanita yang diidentifikasi dengan nama keluarga sebagai Liang itu adalah eksekutif di sebuah perusahaan farmasi terkenal Jerman, Bayer yang baru saja kembali ke China pada 14 Maret 2020.

Sehari kemudian, dia dilaporkan melanggar aturan wajib karantina dan pergi joging. Di sana, dia dihadang oleh petugas keamanan lingkungan yang mengatakan kepadanya bahwa dia seharusnya tak meninggalkan rumahnya.

 

Selanjutnya

Petugas kesehatan memindai suhu tubuh wisatawan yang datang di Bandara Internasional Port-au-Prince, Port-au-Prince, Haiti, 4 Februari 2020. Presiden Haiti Jovenel Moise menyatakan keadaan darurat kesehatan menyusul konfirmasi dua kasus virus corona COVID-19. (Photo by CHANDAN KHANNA/AFP)
Petugas kesehatan memindai suhu tubuh wisatawan yang datang di Bandara Internasional Port-au-Prince, Port-au-Prince, Haiti, 4 Februari 2020. Presiden Haiti Jovenel Moise menyatakan keadaan darurat kesehatan menyusul konfirmasi dua kasus virus corona COVID-19. (Photo by CHANDAN KHANNA/AFP)

Bukannya mematuhi larangan tersebut, Liang malah bersikeras dan mengatakan dia harus tetap sehat. Liang juga menolak ketika petugas keamanan memintanya memakai masker.

Namun, konfrontasi meningkat dan wanita itu malah mulai berteriak "Tolong" dan "Aku dianiaya" ketika petugas itu menjauhi dirinya. Situasi baru terkendali setelah polisi datang untuk turun tangan di mana Liang akhirnya setuju untuk kembali ke apartemennya.

 

Selanjutnya

ilustrasi virus corona covid-19/copyright by diy13 (Shutterstock)
ilustrasi virus corona covid-19/copyright by diy13 (Shutterstock)

Tak butuh waktu lama, setelah video perlawanan itu viral di media sosial China, Bayer mengumumkan di Weibo bahwa Liang telah dipecat dari posisinya. Perusahaan itu menambahkan bahwa pihaknya sepenuhnya mendukung upaya pemerintah China untuk mengendalikan penyebaran virus Corona. Perusahaan itu juga meminta semua karyawan untuk mematuhi peraturan.

 

Selanjutnya

ilustrasi lockdown virus corona/copyright by NG-Spacetime (Shutterstock)
ilustrasi lockdown virus corona/copyright by NG-Spacetime (Shutterstock)

Biro Keamanan Publik Beijing kemudian mengumumkan bahwa mereka akan mencabut izin tinggal Liang dan memintanya untuk meninggalkan negara itu pada tanggal yang tak disebutkan. Beijing telah membuat beberapa perubahan dalam peraturan karantina setelah insiden itu.

Selanjutnya

Pekerja medis berpakaian pelindung mengumpulkan sampel untuk tes asam nukleat dari pasien yang diduga terinfeksi virus corona di hotel yang digunakan dalam isolasi medis virus corona di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Selasa (4/2/2020). (Chinatopix via AP)
Pekerja medis berpakaian pelindung mengumpulkan sampel untuk tes asam nukleat dari pasien yang diduga terinfeksi virus corona di hotel yang digunakan dalam isolasi medis virus corona di Wuhan, Provinsi Hubei, China, Selasa (4/2/2020). (Chinatopix via AP)

Mereka yang datang ke Beijing kini diharuskan ditempatkan di bawah karantina terpusat yang awalnya hanya diminta untuk mengkarantina diri sendiri di rumah. Sementara itu, petugas keamanan mengatakan kepada wartawan bahwa mereka belum melihat Liang meninggalkan apartemennya setelah insiden itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Membuat Sayur Lodeh yang Enak

Posted: 21 Mar 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sayur lodeh jadi ramai dibicarakan usai Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19 Achmad Yurianto mengungkapkan bahwa masakan tradisional Indonesia itu bisa mencegah corona COVID-19.

Namun, dilansir dari berbagai sumber, sayur lodeh ternyata mempunyai sejarah sendiri. Masakan itu ada yang menyebut berasal dari dari Jawa, tetapi ada juga yang menyebut dari Betawi.

Secara etimologi, kata "lodeh" disebut-sebut berasal dari kata "lo deh" atau "Anda saja". Namun, berbagai daerah mempunyai resep tersendiri soal sayur lodeh.

Keragaman itu pula yang membuat sayur lodeh sangat terkenal di Indonesia. Selain itu, sayur lodeh juga bisa dinikmati oleh semua orang, dari anak-anak hingga orang dewasa.

Namun, terlepasdari asal-usul nama tersebut, sayur lodeh dapat menggugah selera. Berikut bahan-bahan dan cara pembuatan sayur lodeh hasil kreasi Dendoy Lestari yang dimuat di cookpad.

 

Bahan-Bahan:

Sayur lodeh (Dok.Cookpad)
Sayur lodeh (Dok.Cookpad)

Satu ikat kacang panjang, satu bungkus tempe, dua buah terong ungu, dua lembar daun salam, satu buah serai, satu ruas lengkuas (geprek), dua  buah cabai hijau (iris), lima buah cabai rawit (iris), dua buah cabai merah (iris), satu sdm garam, satu sdt gula pasir, satu sdt kaldu jamur (optional), 500 ml santan, enam siung bawang merah, empat  siung bawang putih, satu sdt ketumbar, dia buah kemiri.

Langkah-Langkah:

- Bersihkan dan potong-potong bahan, seperti tempe, kacang panjang dan terong, serta ulek bumbu halus

- Panaskan minyak, tumis bumbu halus lalu masukka lengkuas serai dan daun salam aduk hingga wangi lalu masukkan santan dan aduk hingga rata

- Masukkan bahan-bahan, seperti tempe, kacang panjang dan terong, lalu masukkan irisan cabai, tambahkan garam, gula dan kaldu jamur. Setelah itu, cek rasa dan tunggu hingga matang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penjelasan Ahli tentang Klorokuin, Obat Malaria Penangkal Covid 19

Posted: 21 Mar 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berencana mendatangkan Klorokuin atau obat anti malaria yang dipercaya dapat menangani penyakit yang ditimbulkan Covid-19.

Guru Besar Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Zullies Ikawati menyebutkan, bahwa beberapa negara, termasuk di China telah menggunakan Klorokuin sebagai obat untuk penanganan Covid-19. Ia menjelaskan, obat ini juga pernah digunakan kala dunia di tengah merebak virus SARS beberap tahun silam.

"Nah penelitian-penelitian tentang itu sudah dilakukan secara in vitro (menggunakan sel), Itu memang bisa dia menghambat masuknya virus ke dalam reseptor sel," kata Zullies saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (22/3/2020).

Zullies menerangkan mekanisme kerja Klorokuin tersebut. Menurut dia penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa obat anti malaria ini bisa menutup reseptor sel sehingga menghambat virus masuk. Zullies menganalogikan reseptor sel itu sebagai gerbang masuk ke dalam sel.

Kendati pengujiannya terhadap virus SARS, namun Covid-19 dan SARS menurut Zullies masih jenis yang sama Coronavirus.

"Selain itu, dengan sifat basanya (pH) itu, Klorokuin juga menyebabkan suasana basa di dalam sel itu. Sehingga itu akan mencegah replikasi dari sel (virus)," terangnya.

Sifat basa, lanjut Zullies mengakibatkan sel virus sulit untuk menggandakan diri. Dan ini bisa menekan jumlah virus Covid-19 di dalam tubuh.

Menurut Zullies, virus itu membutuhkan sifat asam untuk mereka menggandakan diri. Jadi dengan sifat basa yang ditimbulkan Klorokuin membuat virus itu akhirnya kesulitan untuk bereplikasi.

"(Evektivitasnya) sudah (teruji) karena kemarin sudah dipakai di Wuhan itu dan ternyata cukup efektif gitu," ungkapnya.

Zullies menerangkan, obat ini juga kerap digunakan untuk mereka yang menderita penyakit autoimun seperti lupus. Sifat penekanan sistem imun atau  immune suppression membuat Klorokuin digunakan terhadap pasien dengan gangguan autoimun.

Zullies juga beranggapan, kendati obat ini belum secara obat ini belum mendapat rekomendasi resmi dari organisasi kesehatan dunia, namun di tengah situasi genting seperti ini tak masalah jika obat yang secara praktikan di beberapa negara telah teruji.

"Kan memang kalau mendapatkan rekomendasi resmi harus dilakukan clinical trial (uji klinis) kemudian dilakukan pengajuan kepada FDA (badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat) untuk dialkukan approval. Karenan ini kan kondisi sedang darurat ya, penyakitnya kan baru kalau kita menunggu obat teruji klinis juga susah. Jadi kita terus terang lebih banyak pada trial and error," ungkapnya.

Jangan Sembarangan

Meskipun demikian, Zullies berpesan agar masyarakat tidak menggunakan Klorokuin secara sembarangan. Mengingat obat ini merupakan obat keras yang penggunaannya mesti menggunakan resep dokter.

"Saya ingatkan itu obat dengan resep, obat keras. Jadi jangan orang-orang itu pada nimbun, pada beli-beli atau makan sendiri tanpa resep ya," pintanya.

Zullies mengatakan bahwa obat ini seharusnya digunakan pada mereka yang memang telah positif terinfeksi Covid-19. Bagi mereka yang masih seha, ia mengimbau agar cukup menjaga kesehatan dengan makan-makanan yang sehat.

"Obat itu kan harus digaungkan dengan menggunakan pertimbangan manfaat dan resiko. Kalau dilihat resikonya ada, kalau masih sehat dan bisa menjaga gitu ya sebaiknya gak usah minum obat," tandasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

IDI Benarkan Kabar 3 Dokter Meninggal Akibat Terinfeksi Corona COVID-19

Posted: 21 Mar 2020 10:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tiga dokter dikabarkan mengembuskan napas terakhir akibat terinfeksi Corona COVID-19. Mereka diduga terinfeksi Corona dari pasien yang dirawatnya. Ketiganya sempat menjalani perawatan di rumah sakit, tapi nyawa mereka tak dapat diselamatkan.

Adapun tiga dokter yang meninggal, yaitu dokter spesialis saraf Hadio Ali Khazatsin, spesialis bedah Djoko Judodjoko, dan spesialis telinga hidung tenggorokan (THT) Adi Mirsa Putra.

Menanggapi kabar beredar dokter yang terinfeksi Corona COVID-19, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Daeng M Faqih membenarkan hal tersebut.

"Iya, benar, ada tiga dokter yang meninggal. Benar juga nama-nama tiga dokter tersebut," ucap Daeng saat dikonfirmasi Health Liputan6.com melalui pesan singkat, Minggu (22/3/2020).

"Kabar dr Hadio yang saya terima, almarhum meninggal hari ini (22/3/2020) saat subuh. Dokter Djoko dapat berita meninggalnya dua hari lalu (20/3/2020), dr Adi Mirsa kabar meninggalnya kemarin (21/3/2020)."

Dari informasi yang diperoleh, dokter Hadio dan Adi Mirsa sempat mendapat perawatan Corona COVID-19 di RSUP Persahabatan, sedangkan dokter Djoko mengembuskan napas terakhirnya di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.  

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hindari Naik Angkot, Orang Tiongkok Pilih Naik Mobil Sendiri

Posted: 21 Mar 2020 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyebaran virus Corona disebut terjadi dari orang ke orang, melalui droplets atau tetesan kecil air. Akibatnya, untuk menekan angka penularan, semua orang diminta untuk tak berada di kerumunan dan menjaga jarak atau social distancing.

Rupanya, hal itu memicu peningkatan pembelian mobil di China. Melansir Zing, hasil survey yang dilakukan Ipsos pada bulan lalu di China, menunjukkan bahwa warga menghindari menggunakan transportasi publik karena takut terinfeksi virus Corona.

Menurut survey tersebut, pengguna transportasi umum bus berkurang 50 persen. Begitu juga dengan pengguna taksi dan trem juga menurun. Tapi di sisi lain, penggunaan mobil pribadi justru naik, hampir dua kali lipat.

Hal itu memicu pembelian mobil meningkat. Sebanyak 66 persen orang berencana membeli mobil pada 6 bulan ke depan. Setidaknya 77 persen orang mengungkapkan pembelian mobil lantaran mereka tak mau terinfeksi COVID-19 saat menggunakan transportasi publik.

COVID-19 juga disebut membuat pembelian mobil secara online meningkat. Aplikasi jual beli mobil, website, dan social networks pun ikut tumbuh.

Sumber: Otosia.com

Pabrikan Otomotif Tiongkok Produksi 6 Juta Masker untuk Dibagikan Gratis

SAIC-GM-Wuling (SGMW) bertindak mulia dengan menjadikan salah satu pabriknya untuk memproduksi 6 juta masker yang nantinya dibagikan gratis ke masyarakat. Tindakan mulia ini dilakukan sebagai respon dari ancaman Corona Covid-19.

Dalam laman Xinhuanet, kemarin (18/3), diberitakan bahwa prinsipal Wuling yang sukses menjual 1,6 juta mobil tahun lalu di Cina ini mengalihfungsikan salah satu fasilitas bebas debunya. Ya, demi memproduksi alat kesehatan, pabrik yang steril memang dibutuhkan.

SGMW punya itu, dan meski hanya berpengalaman menghasilkan produk otomotif, mereka tak gentar untuk membuat masker

Langkah ini merupakan fase lanjutan. Sebelumnya SGMW sukses mencipta 12 juta masker. Jumlah pertama didistribusikan khusus hanya untuk petugas kesehatan, beberapa universitas, dan rekanan suplier juga distributor yang terlibat langsung menangani pandemi. Kini, giliran masyarakat luas yang mendapatkan hibahnya.

Untuk mendapatkan masker secara cuma-cuma, pabrik Wuling tak mempersulit masyarakat. Setiap warga di seluruh Cina bisa mendapatkannya hanya dengan mendaftar di aplikasi SGMW. Nantinya masker bisa diantar atau diambil di tempat yang sudah ditentukan.

Tak cuma memproduksi masker. SGMW juga mengalihkan beberapa unit pabriknya untuk mengembangkan teknologi kesehatan terdepan.

Misalnya dengan menyiapkan mesin masker otomatis, kendaraan pengecekan suhu, mobil autonomus disinfektan yang semuanya digunakan untuk kepentingan kontrol serta pencegahan epidemik.

Langkah yang dilakukan SGMW, tentu perlu diapresiasi dan dipelajari. Di saat banyak orang di Indonesia malah bertikai menangani Corona dengan gegabah, berbakti secara langsung mungkin adalah cara paling praktis.

Apalagi mereka adalah perusahaan yang bergerak fokus di bidang otomotif, bukan alat kesehatan. Namun hal ini ternyata tak menghentikan upaya dalam memberi bantuan pada komunitas Cina.

Untuk diketahui, SGMW merupakan perusahaan pelat merah hasil joint venture dari tiga institusi. SAIC Motors Corporation Limited dan Liuzhuo Wuling Motors Co-Limited yang merupakan perusahaan lokal, serta satu asing, GM China. SGMW merupakan perusahaan yang relatif baru, mereka memulai aktivitas sejak 2002.

2015, SGMW masuk ke Indonesia untuk memperlebar jangkauan merek Wuling. 2017, produksi dan penjualan pun dimulai. Langkah ini diiringi dengan pengaktifan 50 diler di seluruh penjuru tanah air. Kini, Wuling masuk dalam daftar penjualan mobil terlaris dengan berbagai prestasi.

Saat ini, Wuling punya beberapa model andalan yang menarik bagi pasar Indonesia. Ada Confero S di kelas Low MPV, Cortez dan Cortez CT untuk segmen Medium MPV serta Almaz yang merangsek ke pasar SUV. Tak cuma itu, model kendaraan komersial, Formo juga disiapkan untuk konsumen.

Sumber: Oto.com

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Efek Virus Corona, Ini 6 Potret Pasar Tradisional Sepi Pengunjung

Posted: 21 Mar 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Virus corona mulai menyebar cepat di Indonesia. Sejak kasus pertama pada 2 Maret 2020, orang yang terinfeksi virus corona terus bertambah hingga kini sudah lebih dari 300 kasus. Virus corona yang menyebar cepat membuat Presiden Joko Widodo menginstruksikan mengurangi aktivitas di luar rumah. Mulai dari kerja, belajar hingga ibadah disarankan dilakukan di rumah.

Akibat dari orang-orang yang memilih tetap di rumah membuat pasar-pasar tradisional menjadi sepi. Hanya segilintir orang saja yang masih terlihat mengunjungi pasar tradisional untuk berbelanja. Sepinya pasar tradisional, membuat banyak orang mengabadikan momen tersebut lalu dibagikan ke media sosial.

Pasar yang terlihat sepi menjadi fenomena baru karena efek virus corona. Tidak biasanya, pasar tradisional terlihat begitu sepi pengunjung. Hal ini memang sudah terprediksi karena masyarakat lebih memilih aman dengan berada di rumah saja agar menghindari penyebaran virus corona.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, potret penampakan isi pasar tradisional yang sepi pengunjung, Minggu (22/3/2020).

1. Pasar Muntilan di Magelang sudah terlihat sepi beberapa hari lalu. Penjual pun tidak terlihat banyak seperti biasanya.

Efek Virus Corona, Ini 6 Potret Pasar Tradisional Sepi Pengunjung (sumber: Twitter.com/miaftma29)
Efek Virus Corona, Ini 6 Potret Pasar Tradisional Sepi Pengunjung (sumber: Twitter.com/miaftma29)

2. Pasar Gede Solo hanya terlihat beberapa orang saja yang masih berbelanja di pasar.

Efek Virus Corona, Ini 6 Potret Pasar Tradisional Sepi Pengunjung (sumber: Twitter.com/lukasomanalu)
Efek Virus Corona, Ini 6 Potret Pasar Tradisional Sepi Pengunjung (sumber: Twitter.com/lukasomanalu)

3. Bahkan pasar Parakan di Wonosobo terlihat sepi melompong tidak ada pengunjung.

Efek Virus Corona, Ini 6 Potret Pasar Tradisional Sepi Pengunjung (sumber: Twitter.com/alle_santo)
Efek Virus Corona, Ini 6 Potret Pasar Tradisional Sepi Pengunjung (sumber: Twitter.com/alle_santo)

4. Pasar Andir di Bandung terlihat sepi pengunjung walaupun para penjual masih terlihat memadati pasar.

Efek Virus Corona, Ini 6 Potret Pasar Tradisional Sepi Pengunjung (sumber: Twitter.com/endangrachmat2)
Efek Virus Corona, Ini 6 Potret Pasar Tradisional Sepi Pengunjung (sumber: Twitter.com/endangrachmat2)

5. Pasar Pon kota Blitar terlihat begitu lengang dengan hanya ada beberapa pengunjung saja.

6. Saking sepinya, para penjual di pasar Beringharjo, Yogyakarta sampai bermain bersama untuk mengusir rasa jenuh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hanya Beroperasi Sampai Pukul 20.00 WIB, Headway Kedatangan KRL 10-15 Menit

Posted: 21 Mar 2020 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) membatasi jam operasional kereta rel listrik (KRL) atau commuterline, yakni pukul 06.00 hingga 20.00 WIB. Pembatasan jam operasional mulai Senin 23 Maret 2020 itu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona Covid-19.

VP Corporate Communications PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), Anne Purba menyatakan, dalam perubahan jam operasional KRL, jarak antar kereta kedatangan atau headway yakni 10-15 menit.

"Lintas Bogor/Depok – Jakarta Kota PP (pulang pergi), headway pada pagi dan sore hari 10-15 menit," kata Anne dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Minggu (22/3/2020).

Selanjutnya headway itu juga berlaku untuk lintasan Bogor/Depok/Nambo – Angke/Jatinegara , Bekasi – Jakarta Kota dan Maja/Parungpanjang/Serpong - Tanah Abang PP.

Kemudian lintasan Tangerang - Duri juga headway 10-25 menit pulang pergi (PP). Sedangkan untuk lintasan Tanjung Priok - Jakarta Kota, headway-nya yakni 15-30 menit untuk pagi dan sore.

"Untuk relasi Rangkasbitung - Tanah Abang dan Cikarang - Jakarta Kota sesuai jadwal eksisting dengan jam operasional 06:00 - 20:00 WIB," jelasnya.

Sementara itu, kata dia, saat ini banyak masyarakat telah mengikuti imbauan pemerintah untuk kerja dari rumah. Karena itu, jumlah pengguna KRLjuga telah mengalami penurunan selama satu pekan terakhir.

 

Penumpang Turun 50 Persen

Calon penumpang KRL Commuter Line antre memasuki Stasiun Sudirman, Jakarta, Selasa (17/3/2020. Terjadi antrean akibat PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memberlakukan kebijakan pengecekan suhu tubuh bagi penumpang KRL untuk mengantisipasi penyebaran virus corona Covid-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Calon penumpang KRL Commuter Line antre memasuki Stasiun Sudirman, Jakarta, Selasa (17/3/2020. Terjadi antrean akibat PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memberlakukan kebijakan pengecekan suhu tubuh bagi penumpang KRL untuk mengantisipasi penyebaran virus corona Covid-19. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Penurunan itu, kata Anne, mencapai 50 persen dari jumlah biasanya yang dapat mencapai 1 juta pengguna per harinya.

"Waktu normal dapat melayani 900 ribu hingga 1,1 juta pengguna setiap harinya. Pada Jumat 20 Maret 2020 misalnya, jumlah volume penumpang KRL tercatat hanya 459.922 pengguna," jelasnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kepala Pusat Kesehatan AD: Orang Tanpa Gejala COVID-19 Harus Disiplin Kendalikan Diri

Posted: 21 Mar 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kepala Pusat Kesehatan Angkatan Darat, Tugas Ratmono menyebut pentingnya pengendalian terhadap orang tanpa gejala. Hal ini dapat menekan jumlah pasien COVID-19.

Dalam konferensi pers yang ditayangkan Live di BNPB TV Minggu, (22/3), ia mengimbau agar orang tanpa gejala untuk tetap disiplin dan tidak tenang-tenang saja. "Karena mereka juga memiliki kemungkinan terpapar," ujarnya.

Dalam menghadapi bencana ini, tambahnya, seseorang yang merasakan gejala-gejala harus memeriksakan diri pada petugas kesehatan. "Di sana akan diketahui apa cukup karantina atau harus rawat inap."

Hal ini terutama untuk orang yang merasakan gejala parah seperti sesak napas. Tugas mengatakan, perawatan dengan ventilator atau intensive care unit mungkin dibutuhkan oleh pasien dengan gejala parah.

Patuhi Arahan Pemerintah

Selain itu, Tugas menyatakan pencegahan harus dilakukan oleh seluruh lapisan masyatakat. Bahaya tentang COVID-19 pun harus dipahami.

"Semua orang harus disiplin dalam mengendalikan diri, social distancing, dan mematuhi arahan pemerintah. Koordinasi antar instansi juga diperlukan, tanpa kerja sama-sama, tidak bisa menekan wabah dengan baik.

Ia menyampaikan bahwa TNI sangat mendukung penanganan bencana COVID-19 secara cepat. "Yang paling penting deteksi dini, untuk memilah orang sehat, ODP, dan PDP, tes sangat penting. Mari bersama-sama periksa diri."

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito sebut Tim Pakar sudah merumuskan daftar alat kesehatan dan penanganan medis pasien COVID-19.

Alat dan logistik kesehatan prioritas antara lain: Alat Pelindung Diri (APD), reagen artiPCR, viral transport media, rapid diagnostic test, nasal swab, dan ventilator.

Wiku menambahkan, tim pakar dengan ahli terbaik dari Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia, Persatuan Rumah Sakit Indonesia dan ahli lainnya juga telah merumuskan penanganan medis. Mulai dari komunikasi informasi edukasi, tata kelola rujukan calon pasien, tata kelola rapid test dan labolatorium.

Serta telah dirumuskan penanganan pasien di rumah sakit, karantina dan isolasi, dan penanganan pasien meninggal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kekurangan APD, RS TC Hillers Sikka Terancam Menolak Pasien Covid-19

Posted: 21 Mar 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Sikka - Sebagai rumah sakit rujukan penanggulangan virus Corona Covid-19, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) TC. Hillers Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) dituntut harus siap menghadapi segala hal yang terjadi. Salah satunya adalah keterbatasan alat pelindung diri (APD).

"Kendala utama yang dihadapi adalah Alat Perlindungan Diri (APD) bagi tenaga medis. Saat ini RSUD. TC Hillers tengah merawat dua pasien dengan status Orang Dalam Pantauan (ODP)," kata Kepala Dinas Kesehatan Sikka, Petrus Herlemus dalam rapat koordinasi gugus tugas penanganan covid-19 di aula Bapelitbang, Jumat (20/3/2020) sore.

Dia menjelaskan, petugas dalam satu shift berjumlah 10 orang. Tenaga medis itu dibagi menjadi tiga shift. Idealnya 10 petugas tersebut harus mengenakan APD dan hanya bisa digunakan sekali pakai.

"Sekarang APD yang ada hanya tersisa tiga buah. Ini yang benar-benar membuat kita kesulitan. APD ini wajib bagi petugas. Nah kalau misalkan ada lagi pasien rujukan ODP, maka akan fatal untuk kita. Dan pasti kita akan menolak," ucapnya.

Direktur RSUD TC Hillers dr Mercy Pareira mengatakan Kabupaten Sikka kekurangan alat pelindung diri (APD) untuk penanganan virus Corona Covid 19, di mana RSUD TC Hillers Maumere merupakan rumah sakit rujukan virus Corona Covid-19.

"Tetapi kondisi yang terjadi justeru RSUD TC Hillers malah sama sekali tidak dilengkapi sarana dan prasarana yang memadai. Ini yang jadi kendala buat kami. Kalau tidak ada APD, perawat dan dokter di sini agak segan melayani," kata Mercy.

Idealnya RSUD TC Hillers membutuhkan 30 ADP setiap harinya. Jumlah itu diperuntukkan masing-masing 10 pasang untuk setiap shift. Setiap hari ada tiga shift yakni pagi, siang, dan malam.

"Selain APD, RSUD TC Hillers juga membutuhkan tambahan sarana prasarana habis pakai dan viral transport medium (VTM)," ujarnya.

Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo usai rapat koordinasi gugus tugas penanganan covid-19 di Aula Bapelitbang, Jumat (20/3/2020) sore mengatakan telah melakukan rapat koordinasi yang pertama. Diketahui dalam rapat itu, Kabupaten Sikka belum siap menangani ODP atau pasien Covid-19 dari aspek kesiapan rumah sakit.

 

RS Butuh Bantuan Pemprov dan Pusat Secepatnya

Rapat koordinasi Gusus tugas penanganan covid 19 di aula Bapelitbang. (Foto: Liputan6.com/Dionisius Wilibardus)
Rapat koordinasi Gusus tugas penanganan covid 19 di aula Bapelitbang. (Foto: Liputan6.com/Dionisius Wilibardus)

"Alat Perlindungan Diri (APD) kita tidak punya, pemeriksaan sampel darah virus Covid 19 kita tidak punya dan sampel darah untuk dikirim melalui maskapai penerbangan juga tidak punya sertifikat, sehingga nanti sampel darah virus Covid-19 yang ada di rumah sakit tidak bisa dikirim keluar," kata Diogo.

Diogo berharap Pemerintah Provinsi NTT maupun pemerintahan Pusat lebih cepat menanggapi kondisi ini. Dengan begitu, RSUD TC Hillers Maumere segera membantu melengkapi fasilitas.

"Pemerintah kabupaten Sikka dengan APBD yang terbatas pun kami mampu dan kami siap untuk menggeser, tetapi fasilitas-fasilitas ini kalau kita punya uang belum tentu kita bisa beli, karena kita mau beli dimana," tegasnyaucapnya.

Dia menegaskan, meski sudah ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan pihak rusak sakit juga bisa menolak pasien. Sebab, jika pun menerima pasien, RS tak mampu menangani Covid-19.

"Ini perlu ketegasan sehingga kami akan berkoordinasi dengan pemerintah provinsi maupun Kementerian Kesehatan RI dapat memperhatikan kondisi yang ada saat ini," ujarnya.

Di Flores, NTT, hanya ada dua rumah sakit rujukan Covid-19. Yakni, RSUD TC Hillers Maumere dan rumah sakit Komodo yang ada di Labuan Bajo.

"RSUD TC Hillers Maumere merupakan rumah sakit rujukan terbesar di Flores, yang menangani pasien rujukan dari enam kabupaten seperti kabupaten Lembata, Kabupaten Flores Timur, kabupaten Ende, kabupaten Nagekeo, kabupaten Ngada dan mungkin juga kabuapaten Manggarai," ujarnya.

Menilik kondisi ini, dia meminta agar pemerintah pusat maupun provinsi segera bertindak. Sembari menunggu koordinasi dengan Pemprov dan pusat, maka RSUD TC Hillers Maumere tidak bisa menerima pasien virus Corona atau Covid-19 karena fasilitas belum lengkap.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Galaxy Note 20 dan Fold 2 Pakai Snapdragon 865

Posted: 21 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Samsung dilaporkan mempublikaskan kode kernel untuk Galaxy 20 dengan Exynos. Sejumlah informasi tentang smartphone tersebut pun diketahui.

Dilansir dari GSM Arena, Minggu (22/3/2020), tim XDA-Developers menemukan beberapa petunjuk tentang Galaxy Note 20, Galaxy Fold 2, dan sebuah ponsel yang berhubungan dengan Z Flip, dari kode tersebut.

Samsung Galaxy Note 20 dilaporkan memiliki nama kode "Canvas", yang berarti C2 adalah model Note. Selain itu juga ada kode C0 serta C1, dan disebut berhubungan dengan Kona.

Kona sebelumnya dilaporkan merupakan nama untuk chipset Snapdragon 865. Samsung pun diprediksi akan menggunakan chipset tersebut untuk varian Galaxy Note 20, dan dipasarkan di wilayah Amerika Serikat (AS).

Selain itu juga terdapat kode WIN2 atau Winner 2, yang merupakan suksesor dari Galaxy Fold. Smartphone ini akan meluncur dengan Snapdragon 865, termasuk di pasar Eropa.

Informasi lain yang ditemukan adalah Zodiac Project, yang diperkirakan berkaitan dengan Samsung Galaxy Z Flip. Smartphone ini disokong chipset Snapdragon 855, dan kemungkinan khusus untuk dipasarkan oleh operator-operator Tiongkok.

Samsung Rilis Android 10 untuk 3 Smartphone

Pengunjung booth Samsung di MWC 2018 melihat-lihat ekosistem Smart Home. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)
Pengunjung booth Samsung di MWC 2018 melihat-lihat ekosistem Smart Home. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Lebih lanjut, Samsung terus merilis OS Android 10 untuk berbagai smartphone miliknya. Setelah merilis Android 10 dengan One UI 2.0 untuk Galaxy M40 dan A70s pada bulan ini, Samsung menambah tiga smartphone lain.

Tiga smartphone yang mendapatkan pembaruan ke Android 10 beberapa waktu lalu adalah Galaxy A6 (2018), Galaxy A7 (2018), dan Galaxy A80.

Pembaruan Android 10 untuk Galaxy A7 (2018) hadir dengan kode A750FXXU4CTBC, dan membutuhkan ruang penyimpanan sekira 1,3GB. OS ini hadir dengan dark modegesture navigasi dan UI baru. Pembaruan ini juga dilengkapi patch keamanan Android.

Sementara itu, Galaxy A6 (2018) mendapatkan Android 10 dengan nomor kode A600FNXXU5CTB9, dan patch keamanan Android Maret 2020. Mengenai Galaxy A80, smartphone ini mendapatkan versi Android tersebut dengan One UI 2.0 dan firmware A805FXXU4BTC3.

(Din/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: [CERITA] Dunia Melawan COVID-19

Posted: 21 Mar 2020 10:00 PM PDT

Petugas menyemprotkan cairan disinfektan di kota arkeologi Petra, Yordania, 17 Maret 2020. Berdasarkan data terbaru Universitas Johns Hopkins pada 21 Maret 2020, jumlah kasus virus corona COVID-19 di Yordania mencapai 85 orang. (Photo by Khalil MAZRAAWI/AFP)
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan di kota arkeologi Petra, Yordania, 17 Maret 2020. Berdasarkan data terbaru Universitas Johns Hopkins pada 21 Maret 2020, jumlah kasus virus corona COVID-19 di Yordania mencapai 85 orang. (Photo by Khalil MAZRAAWI/AFP)

Petugas menyemprotkan cairan disinfektan di kota arkeologi Petra, Yordania, 17 Maret 2020. Berdasarkan data terbaru Universitas Johns Hopkins pada 21 Maret 2020, jumlah kasus virus corona COVID-19 di Yordania mencapai 85 orang. (Photo by Khalil MAZRAAWI/AFP)

Anggota Unit Darurat Militer bersiap melakukan disinfeksi di Bandara Josep Tarradellas Barcelona-El Prat, El Prat de Llobregat, Spanyol, 19 Maret 2020. Hingga 21 Maret 2020, Spanyol melaporkan 21.571 kasus virus corona COVID-19 dengan 1.093 orang dinyatakan meninggal. (Photo by Josep LAGO/AFP)
Anggota Unit Darurat Militer bersiap melakukan disinfeksi di Bandara Josep Tarradellas Barcelona-El Prat, El Prat de Llobregat, Spanyol, 19 Maret 2020. Hingga 21 Maret 2020, Spanyol melaporkan 21.571 kasus virus corona COVID-19 dengan 1.093 orang dinyatakan meninggal. (Photo by Josep LAGO/AFP)

Anggota Unit Darurat Militer bersiap melakukan disinfeksi di Bandara Josep Tarradellas Barcelona-El Prat, El Prat de Llobregat, Spanyol, 19 Maret 2020. Hingga 21 Maret 2020, Spanyol melaporkan 21.571 kasus virus corona COVID-19 dengan 1.093 orang dinyatakan meninggal. (Photo by Josep LAGO/AFP)

Pemandangan rumah sakit lapangan di Cremona, Italia, 20 Maret 2020. Italia menjadi negara dengan kasus kematian tertinggi di dunia akibat virus corona COVID-19. (Photo by Miguel MEDINA/AFP)
Pemandangan rumah sakit lapangan di Cremona, Italia, 20 Maret 2020. Italia menjadi negara dengan kasus kematian tertinggi di dunia akibat virus corona COVID-19. (Photo by Miguel MEDINA/AFP)

Pemandangan rumah sakit lapangan di Cremona, Italia, 20 Maret 2020. Italia menjadi negara dengan kasus kematian tertinggi di dunia akibat virus corona COVID-19. (Photo by Miguel MEDINA/AFP)

Petugas kesehatan memindai suhu tubuh wisatawan yang datang di Bandara Internasional Port-au-Prince, Port-au-Prince, Haiti, 4 Februari 2020. Presiden Haiti Jovenel Moise menyatakan keadaan darurat kesehatan menyusul konfirmasi dua kasus virus corona COVID-19. (Photo by CHANDAN KHANNA/AFP)
Petugas kesehatan memindai suhu tubuh wisatawan yang datang di Bandara Internasional Port-au-Prince, Port-au-Prince, Haiti, 4 Februari 2020. Presiden Haiti Jovenel Moise menyatakan keadaan darurat kesehatan menyusul konfirmasi dua kasus virus corona COVID-19. (Photo by CHANDAN KHANNA/AFP)

Petugas kesehatan memindai suhu tubuh wisatawan yang datang di Bandara Internasional Port-au-Prince, Port-au-Prince, Haiti, 4 Februari 2020. Presiden Haiti Jovenel Moise menyatakan keadaan darurat kesehatan menyusul konfirmasi dua kasus virus corona COVID-19. (Photo by CHANDAN KHANNA/AFP)

Polisi menyemprotkan cairan disinfektan di Masjid Agung Baiturrahman, Banda Aceh, Indonesia, 20 Maret 2020. Hingga 21 Maret 2020 siang, jumlah pasien positif virus corona COVID-19 di Indonesia telah mencapai 450 orang, 38 meninggal. (Photo by CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)
Polisi menyemprotkan cairan disinfektan di Masjid Agung Baiturrahman, Banda Aceh, Indonesia, 20 Maret 2020. Hingga 21 Maret 2020 siang, jumlah pasien positif virus corona COVID-19 di Indonesia telah mencapai 450 orang, 38 meninggal. (Photo by CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)

Polisi menyemprotkan cairan disinfektan di Masjid Agung Baiturrahman, Banda Aceh, Indonesia, 20 Maret 2020. Hingga 21 Maret 2020 siang, jumlah pasien positif virus corona COVID-19 di Indonesia telah mencapai 450 orang, 38 meninggal. (Photo by CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP)

Seorang wanita mendapat test swab virus corona COVID-19 di luar Rumah Sakit Yangji, Seoul, Korea Selatan, 17 Maret 2020. Jumlah pasien virus corona COVID-19 di Korea Selatan mencapai 8.799 kasus dengan 102 meninggal. (Photo by Ed JONES/AFP)
Seorang wanita mendapat test swab virus corona COVID-19 di luar Rumah Sakit Yangji, Seoul, Korea Selatan, 17 Maret 2020. Jumlah pasien virus corona COVID-19 di Korea Selatan mencapai 8.799 kasus dengan 102 meninggal. (Photo by Ed JONES/AFP)

Seorang wanita mendapat test swab virus corona COVID-19 di luar Rumah Sakit Yangji, Seoul, Korea Selatan, 17 Maret 2020. Jumlah pasien virus corona COVID-19 di Korea Selatan mencapai 8.799 kasus dengan 102 meninggal. (Photo by Ed JONES/AFP)

Petugas medis menunjukkan isyarat kemenangan dari jendela Rumah Sakit Dubrava, Kroasia, 15 Maret 2020. Pandemi virus corona COVID-19 membuat Kroasia menangguhkan semua layanan transportasi umum selama 30 hari ke depan. (Photo by Denis LOVROVIC/AFP)
Petugas medis menunjukkan isyarat kemenangan dari jendela Rumah Sakit Dubrava, Kroasia, 15 Maret 2020. Pandemi virus corona COVID-19 membuat Kroasia menangguhkan semua layanan transportasi umum selama 30 hari ke depan. (Photo by Denis LOVROVIC/AFP)

Petugas medis menunjukkan isyarat kemenangan dari jendela Rumah Sakit Dubrava, Kroasia, 15 Maret 2020. Pandemi virus corona COVID-19 membuat Kroasia menangguhkan semua layanan transportasi umum selama 30 hari ke depan. (Photo by Denis LOVROVIC/AFP)

Petugas medis melambaikan tangan kepada pasien yang terjangkit virus corona COVID-19 di Rumah Sakit Palang Merah di Wuhan, Provinsi Hubei, China, 16 Maret 2020. Kasus baru pasien terinfeksi virus corona COVID-19 di negara yang menjadi pusat penyebaran pandemi ini mulai menurun.  (Photo by STR/AFP)
Petugas medis melambaikan tangan kepada pasien yang terjangkit virus corona COVID-19 di Rumah Sakit Palang Merah di Wuhan, Provinsi Hubei, China, 16 Maret 2020. Kasus baru pasien terinfeksi virus corona COVID-19 di negara yang menjadi pusat penyebaran pandemi ini mulai menurun. (Photo by STR/AFP)

Petugas medis melambaikan tangan kepada pasien yang terjangkit virus corona COVID-19 di Rumah Sakit Palang Merah di Wuhan, Provinsi Hubei, China, 16 Maret 2020. Kasus baru pasien terinfeksi virus corona COVID-19 di negara yang menjadi pusat penyebaran pandemi ini mulai menurun. (Photo by STR/AFP)

Seorang pria mengenakan masker pelindung berjalan di terowongan sebuah stasiun metro di Tokyo, Jepang, 11 Maret 2020. Pandemi virus corona COVID-19 membuat Jepang dilema untuk tetap menggelar Olimpiade 2020. (Photo by Philip FONG/AFP)
Seorang pria mengenakan masker pelindung berjalan di terowongan sebuah stasiun metro di Tokyo, Jepang, 11 Maret 2020. Pandemi virus corona COVID-19 membuat Jepang dilema untuk tetap menggelar Olimpiade 2020. (Photo by Philip FONG/AFP)

Seorang pria mengenakan masker pelindung berjalan di terowongan sebuah stasiun metro di Tokyo, Jepang, 11 Maret 2020. Pandemi virus corona COVID-19 membuat Jepang dilema untuk tetap menggelar Olimpiade 2020. (Photo by Philip FONG/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Terbaru Pemain Sepak Bola yang Positif Corona Covid-19: Fellaini Juga Jadi Korban

Posted: 21 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sepak bola tidak luput dari wabah virus corona. Sejumlah pertandingan terpaksa digelar tanpa penonton atau bahkan dibatalkan.

Beberapa petinggi, pelatih, dan pemain klub pun disebut telah terinfeksi virus yang pertama kali ditemukan di Tiongkok tersebut. Pelatih Arsenal, Mikel Arteta menjadi insan sepak bola yang pertama-tama terindikasi positif terjangkit virus corona.

"Pusat latihan kami, London Colney ditutup setelah Pelatih Mikel Arteta positif terkena virus COVID-19," tulis Arsenal.

Virus corona memang telah menyebar hingga ke Eropa. Italia menjadi negara dengan pengidap virus corona terbanyak mencapai 53 ribu kasus.

Menurut peta persebaran dari New York Times, di Inggris ada sekitar lima ribu yang terindikasi positif terjangkit virus corona. Pemerintah Inggris pun telah mengeluarkan himbauan agar warganya tidak sering keluar rumah atau pergi ke keramaian.

Arteta bukan satu-satunya insan sepak bola yang terjangkit virus corona. Berikut daftar selengkapnya.

 

Serie A

Paulo Dybala terkonfirmasi positif virus corona (AFP/Isabella Bonotto)
Paulo Dybala terkonfirmasi positif virus corona (AFP/Isabella Bonotto)

Daniele Rugani (Juventus)

Blaise Matuidi (Juventus)

Paulo Dybala (Juventus)

Manolo Gabbiadini (Sampdoria)

Omar Colley (Sampdoria)

Albin Ekdal (Sampdoria)

Antonino La Gumina (Sampdoria)

Morten Thorsby (Sampdoria)

Fabio DePaoli (Sampdoria)

Bartosz Bereszynski (Sampdoria)

Germán Pezzella (Fiorentina)

Patrick Cutrone (Fiorentina)

Dusan Vlahovic (Fiorentina)

Mattia Zaccagni (Verona)

Liga Lainnya

Bundesliga:

Timo Hübers (Hannover)

James Horn (Hannover)

Premier League:

Mikel Arteta (Arsenal, manajer)

Callum Hudson Odoi (Chelsea)

La Liga:

Ezequiel Garay (Valencia)

Eliaquim Mangala (Valencia)

Jose Gaya (Valencia)

Jonathas de Jesus (Elche)

Wu Lei (Espanyol)

Liga Tiongkok:

Marouane Fellaini (Shandong Luneng)

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update Corona COVID-19: 307.277 Orang di Dunia Terinfeksi, 92.372 Pasien Sembuh

Posted: 21 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Kasus infeksi Virus Corona jenis baru yang menyebabkan penyakit COVID-19 di seluruh dunia kini telah mencapai 307.277 kasus, dan ada 92.372 yang telah dinyatakan sembuh berdasarkan peta Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE, Minggu, (22/3/2020).

Jumlah kesembuhan paling besar tercatat di Provinsi Hubei, China, yang mencapai 59.432, lalu disusul Iran yang dengan 7.635 orang pulih.

Mengutip dari gisanddata.maps.arcgis.com, jumlah kematian karena COVID-19 secara global tercatat sebanyak 13.048 jiwa. Terus Bertambah setiap hari.

Dalam data peta penyebaran Virus Corona penyebab penyakit COVID-19, kini ada 171 negara dan wilayah yang terjangkit termasuk China dan pasien dari Kapal Pesiar Diamond Princess.

Saat ini, Italia, Amerika Serikat, dan Spanyol tercatat sebagai negara dengan kasus terbesar di luar China dalam data peta Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE.

Deretan Kasus Terbesar

Petugas medis Universitas Nasional Chonnam menunggu mahasiswa China di Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan, Selasa (25/2/2020). Korea Selatan menjadi negara dengan pasien virus corona (COVID-19) terbanyak di luar China. (AP Photo/Ahn Young-joon)
Petugas medis Universitas Nasional Chonnam menunggu mahasiswa China di Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan, Selasa (25/2/2020). Korea Selatan menjadi negara dengan pasien virus corona (COVID-19) terbanyak di luar China. (AP Photo/Ahn Young-joon)

Jumlah kasus infeksi Virus Corona jenis baru atau COVID-19 paling besar tercatat di China, yang memiliki 81.345 kasus, dengan jumlah kasus terbesar kedua yang tercatat di Italia yang mencapai 53.578 kasus.

Angka kematian paling besar tercatat di Italia, yang mencapai 4.825 jiwa dan total kematian terbesar kedua berada di Provinsi Hubei, China, yang berjumlah 3.144 jiwa.

Kasus infeksi COVID-19 terbesar ketiga tercatat di Amerika Serikat, yang mencapai 26.747 kasus dengan kematian yang mencapai 340 jiwa.

Sedangkan kasus terbesar keempat tercatat di Spanyol, yang mencapai 25.496 kasus dengan 1.381 kematian.

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Imbas Corona, Permintaan Robot di China Melonjak

Posted: 21 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta  Zhenrobotics, sebuah perusahaan pembuat robot di China, mengalami pelonjakan permintaan guna membantu pencegahan penyebaran virus corona. Robot ini dalam digunakan sebagai pengantar makanan, penjaga mall, dan hand sanitizer berjalan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Andrea Dian, Istri Ganindra Bimo Positif Corona Covid-19

Posted: 21 Mar 2020 09:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Istri Ganindra Bimo, Andrea Dian, mengalami penurunan kesehatan. Ternyata, dikabarkan pada hari ini (22/3/2020) bahwa Andrea tengah terinfeksi virus Corona baru atau Covid-19

Kabar ini disampaikan sendiri oleh Andrea Dian melalui keterangan foto yang diunggahnya di Instagram @andreadianbimo.

"Aku positif terinfeksi COVID-19. Melalui pesan ini aku pengen orang - orang terdekatku yang aku sayangi, dan orang-orang yang belakangan bertemu aku, bisa aware dan melakukan tindakan - tindakan pencegahan sebelum virus ini makin menyebar," tulisnya Andrea Dian.

Meski begitu, ia menyatakan bahwa kondisinya saat ini baik-baik saja. "Don't worry, I'm okay," tulisnya lagi.

Dalam fotonya sendiri, Andrea Dian terlihat mengenakan baju putih dan masker di sebuah ruang perawatan. Warganet berharap agar dirinya segera diberi kesembuhan.

 

Detri Warmanto Juga Positif

Sebelum Andrea Dian, Bintang FTV Detri Warmanto juga dinyatakan positif COVID-19. Saat ini ia sedang menjalani isolasi hingga dua minggu ke depan di rumahnya.

"Saya harus Diisolasi selama 14 hari self quarantine. Dan virus ini kata dokter self healing disease (sembuh dengan sendirinya) pengevyalian imun tubuh kita bagus," tuis Detri di Instagram, Sabtu (21/3/2020).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: