Selasa, 17 Maret 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Jangan Ada Stigma untuk Orang yang Positif Corona di Indonesia

Posted: 17 Mar 2020 10:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah mengingatkan agar masyarakat tidak menciptakan stigma terkait COVID-19.

Menurut tim pakar gugus tugas penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, begitu nama pasien yang positif Virus Corona diketahui publik, tidak sedikit yang menganggap bahwa COVID-19 terjadi karena perilaku negatif.

"Penyakit ini disebabkan karena virus. Tidak ada hubungannya dengan perilaku yang negatif. Saudara kita yang terkena, seharusnya dibantu," kata Wiku saat konfrensi pers di BNPB Jakarta, Rabu, 18 Maret 2020.

Dan, yang sudah dinyatakan positif Corona, tahu diri bahwa mereka bukan korban dari kegiatan yang negatif.

"Masyarakat harus tenang dan waspada. Tenang, enggak usah panik, dan waspada karena kita berhadapan dengan musuh," Wiku menambahkan.

Musuh (Virus Corona, -red), lanjut Wiku, sudah teridentifikasi meskipun kita belum memahami cara kerja musuhnya.

"Cara kerja yang sudah diketahui adalah dengan kontak tadi. Makanya, hilangkan kontak, penularan akan turun, kasus akan turun. Yang penting, orang sehat tetap sehat," katanya.

Simak Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Protokol Kewaspadaan Pencegahan Wabah COVID-19 Bagi Kegiatan Keolahragaan

Posted: 17 Mar 2020 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pemuda dan Olahraga telah menyusun Protokol Kewaspadaan Pencegahan Wabah COVID-19 Bagi Kegiatan Keolahragaan yang dituangkan melalui Surat Nomor 3.17.4/SET/lll/2020 17 Maret 2020 terkait kewaspadaan terhadap penyebaran virus Covid-19 terhadap dunia olahraga di Indonesia. 

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali meminta dengan sangat kepada seluruh Pemangku Kepentingan Bidang Keolahragaan terhitung mulai tanggal 17 Maret 2020 ini untuk memperhatikan dan mentaati Protokol ini bagi kepentingan kita bersama.

Berikut Protokol Kewaspadaan Pencegahan Wabah COVID-19 Bagi Kegiatan Keolahragaan : 

Dalam rangka melindungi para pelaku olahraga dan warga masyarakat yang melakukan kegiatan keolahragaan dan sekaligus meminimalisasi dampak pandemik wabah COVlD-19 pada setiap kegiatan keolahragaan, maka Kementerian Pemuda dan Olahraga bersama ini menyampaikan panduan protokol sebagai berikut:

A. Protokol Kewaspadaan Pencegahan Virus Corona (COVlD-19) Bagi Personil Komite Olahraga dan İndük Organisasi Cabang Olahraga (untuk selanjutnya disebut Mitra Olahraga Kemenpora / MOK)

1. Personil MOK tidak direkomendasikan untuk melakukan perjalanan ke negara dan / atau kota di dunia yang telah atau berpotensi terpapar pandemik wabah COVlD-19 baik dalam rangka tıy out, try in atau training camp atau mengikuti kejuaraan / pekan olahraga internasional.

2. Personil MOK yang tidak dapat menghindari rencana perjalanan ke luar negeri karena akomodasi sudah dipersiapkan jauh hari sebelumnya, maka diminta menghindari bepergian jika daya tahan tubuh lemah atau mengalami demam dan atau batuk.

3. Personil MOK yang sedang berada di luar negeri diminta memperhatikan hal-hal berikut ini:

a. Jika mengalami demam, batuk dan atau kesulitan bernapas, diminta untuk segera menuju pelayanan kesehatan dan menceritakan sejarah perjalanannya;

b. Menghindari kontak jarak dekat dengan penderita demam dan atau batuk;

c. Mencuci tangan dengan air dan sabun atau alcohol-based hand rub;

d. Mencuci bagian telapak, punggung tangan, sela-sela jari, kuku, dan jari-jari tangan;

e. Menghindari menyentuh mata, hidung dan mulut;

f. Menghindari kontak dengan hewan yang sakit atau prodük makanan (daging) yang tercemar;

g. Saat batuk dan atau bersin, diminta untuk menutup mulut dan hidung dengan lipatan lengan atau tisu, dan segera membuang tisu dan cuci tangan;

h. Dianjurkan untuk selalu menggunakan masker selama kegiatan jika mengalami flu;

i. Dianjurkan untuk menghindari mengkonsumsi prodük hewani mentah.

4. Personil MOK yang akan kembali ke Indonesia dari kota-kota negara yang terinfeksi COVlD-19 direkomendasikan untuk mengikuti protokol berikut ini:

a. Mengikuti prosedur screening kesehatan yang dilakukan oleh otoritas bandara;

b. Melaporkan kedatangan dari negara terinfeksi kepada Pimpinan MOK;

c. Melakukan karantina mandiri yaitu berdiam di tempat tinggal (rumah / apartemen / kost) dan membatasi kontak dengan anggota keluarga, atau rekan satu tempat tinggal selama 14 hari;

d. Menggunakan masker pelindung jika timbul gejala batuk dan atau flu;

e. Menjaga kebersihan tangan secara rutin, terutama sebelum memegang mulut, hidung dan mata; serta setelah memegang instalasi publik (handle pintu, perangkat digital, pegangan tangga dan Iain-Iain);

f. Mencuci tangan dengan air dan sabun cair dan bilas setidaknya selama 20 detik, mencuci bagian telapak, punggung tangan,sela-sela jari, kuku, dan jari-jari tangan, dan mencuci dengan air dan keringkan dengan handuk atau kertas sekali pakai. Jika tidak ada fasilitas mencuci tangan, dapat mencuci tangan dengan cairan yang direkomendasikan Oleh Kementerian Kesehatan;

g. Menutup mulut dan hidung saat bersin dan atau batuk menggunakan tisu, atau bagian dalam lengan atas. Segera membuang tisu setelah digunakan dan mencuci tangan dengan cairan yang direkomendasikan Oleh Kementerian Kesehatan atau air bersih dan sabun;

h. Ketika memiliki gejala gangguan pernapasan, diminta untuk mengenakan masker, dan mencari perawatan di fasilitas kesehatani. Jika melihat seseorang yang terlihat batuk, bersin dan atau demam, untuk segera membatasi jarak minimal 1 m hingga 2 m;

j. Membuang masker setelah merasa kotor, dan tidak boleh memakainya selama lebih dari sehari;

k. Dilarang berbagi makanan, peralatan makan, gelas dan handuk;

Melaporkan kondisi kesehatan kepada Pimpinan MOK terkait setelah 14 hari dari waktu kedatangan dan jika tidak ditemukan adanya gejala Virus Corona (COVID-19), maka personil MOK dapat beraktivitas kernbali di sekretariat MOK atau Pelatnas seperti semula.

5. Jika selama masa karantina mandiri terdapat gejala demam, batuk dan atau bersin, maka personil MOK diminta segera mengunjungi pelayanan kesehatan terdekat (Puskesmas / Klinik / Rumah Sakit) dan melapor kepada Pimpinan MOK.

6. Pimpinan MOK diminta melakukan pengecekan kesehatan bagi pengurus, pelatih dan atletnya sesuai kemampuan masing-masing MOK untuk memastikan, bahwa ada atau tidak ada personil MOK yang diduga terkena dan bahkan terkonfimasi tertular Virus Corona (COVID-19).

7. Informasi terkait pencegahan penyebaran wabah COVID-19 bisa di dapatkan pada kanal informasi Kementerian Kesehatan dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

B. Protokol Kewaspadaan Pencegahan Virus Corona (COVID-19) Dalam Melakukan Pelatnas

MOK direkomendasikan untuk meninjau ulang dan melakukan pembatasan secara ketat dalam pelaksanaan Pelatnas dalam rangka persiapan untuk mengikuti eventevent olahraga internasional hingga batas waktu yang ditetapkan Oleh Kementerian Kesehatan dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Jika perlu, dimungkinankan untuk melakukan penundaan sementara waktu pelaksanaan Pelatnas atas dasar:

1. Adanya Keputusan Kementerian Kesehatan dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana tentang kondisi darurat penyebaran virus Corona (COVID-19).

2. Adanya kepastian dari pihak federasi olahraga internasional tentang adanya penundaan dan atau pembatalan event olahraga internasional karena penyebaran virus Corona (COVID-19).

Meskipun ada kemungkinan penundaan Pelatnas karena alasan tertentu di atas, namun kepada para atlet tetap diminta untuk melakukan kegiatan pelatihan secara mandiri dengan dibimbing oleh pelatih melalui long distance supervision atas tanggung-jawab MOK terkait dengan tetap menyampaikan laporannya secara periodik kepada Kernenpora.

C. Protokol Kewaspadaan Pencegahan Virus Corona (COVID-19) Dalam Melaksanaan Kompetisi dan Kejuaraan Olahraga Nasional dan Daerah

1. MOK direkomendasikan untuk menunda sementara waktu pelaksanaan kompetisi dan atau kejuaraan olahraga nasional dan daerah karena adanya penyebaran virus Corona (COVID-19).

2. Kelanjutan pelaksanaan kompetisi dan atau kejuaraan olahraga nasional dan daerah akan diputuskan setelah adanya konfirmasi rekomendasi dari Kementerian Kesehatan dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana tentang masih tinggi atau tidaknya potensi pernyebaran virus Corona (COVID1 9).

D. Protokol Kewaspadaan Pencegahan Virus Corona (COVID-19) Dalam Mengikuti Event Internasional

MOK direkomendasikan untuk tidak mengikuti event olahraga internasional yang diadakan di negara yang ada warganya terkonfirmasi telah menjadi korban yang tertular positif virus Corona (COVID-19). Seandainya pihak federasi olahraga internasional tertentu tetap memaksakan diadakannya event olahraga internasional terkait, maka harus dapat dipastikan adanya pelaksanaan protokol kesehatan yang diatur dan disupervisi oleh WHO.

E. Protokol Kesehatan Pencegahan Virus Corona (COVID-19) Dalam Melakukan Perubahan Anggaran Yang Diperoleh Dari Kemenpora

Mengingat dampak virus Corona (COVID-19) secara global mengakibatkan penundaan dan pembatalan event olahraga internasional, regional dan nasional, sehingga berdampak pada tidak terlaksananya kegiatan event dan Pelatnas seperti kegiatan try out, try in dan training camp yang dilakukan oleh MOK, maka bagi MOKyang sudah memperoleh bantuan APBN dari Kemenpora, dimungkinkan untuk mengajukan perubahan program dan anggaran dengan mekanisme sesuai Keputusan Menteri Pemuda dan Olahraga No. 12 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknik Penyaluran Bantuan Pemerintah Untuk Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional.

F. Protokol Kewaspadaan Pencegahan Virus Corona (COVID-19) Dalam Melakukan Olahraga Massal Non Prestasi

Bagi warga masyarakat yang tetap rutin mengikuti kegiatan olahraga secara massal seperti kegiatan senam bersama di hari-hari tertentu, di tempat umum terbuka dan atau tertutup, maka sangat direkomendasikan untuk:

I . Menjaga jarak dalam melakukan kegiatan olahraga sejauh minimal 1 s/d. 2 meter.

2. Tidak melakukan interaksi fisik secara langsung.

3. Peserta kegiatan olahraga secara massal disarankan untuk menggunakan masker.

4. Bagi yang diindikasikan sedang demam, batuk dan atau flu, diminta untuk meninggalkan lokasi dan harus dirujuk ke pelayanan kesehatan terdekat (Puskesmas / Klinik / Rumah Sakit).

G. Protokol Kewaspadaan Pencegahan Virus Corona (COVID-19) Dalam Menyampaikan Laporan kepada Kemenpora

Pimpinan MOK wajib menyampaikan laporan secara berkala kepada Menteri Pemuda dan Olahraga secara berkala (bulanan) dan atau jika ada kejadian tertentu yang sangat mendesak tentang kondisi masing-masing MOK khususnya termasuk yang terkait ada atau tidaknya personil MOK yang diduga diduga terkena dan bahkan terkonfimasi tertular Virus Corona (COVID-19), mengingat sesuai Pasal 1 butir (33) Ul-J No. 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional disebutkan bahwa Menteri adalah Menteri yang bertanggung jawab dalam bidang keolahragaan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bocah Ini Super Apes, Sudah Masuk Comberan dan Tubuh Dipenuhi Lumpur, Ditertawakan Pula

Posted: 17 Mar 2020 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Apes betul nasib bocah ini. Sudah masuk comberan, tubuh penuh kotoran, ditertawakan pula. Itu ia alami setelah motor yang ia kendarai nyemplung selokan.

Ya, Surat Izin Mengemudi (SIM) merupakan salah satu syarat untuk bisa mengendarai kendaraan bermotor. Di Indonesia, agar bisa mendapat SIM seorang warga negara harus berumur minimal 17 tahun.

Hal ini bukan tanpa alasan, anak di bawah umur memiliki sifat labil dalam mengendalikan emosionalnya. Karena itu, tak sedikit kecelakaan kendaraan motor terjadi karena pengendara belum cukup umur, salah satunya dibagikan akun Instagram @roda2blog.

Dalam video yang dibagikan terlihat seorang anak mengalami kecelakaan karena masuk ke dalam selokan yang penuh dengan lumpur. Akibatnya, seluruh tubuh dan motor yang digunakan penuh dengan lumpur.

Tak langsung ditolong, beberapa warga sekitar justru menertawakan dan merekam kejadian tersebut. Kesal tak ada yang menolong, anak yang tak diketahui identitasnya tersebut memilih pergi meninggalkan motornya di dalam selokan.

Kejadian ini langsung menarik perhatian komentar warganet, salah satunya datang dari akun @muhammadrrouff.

"Mencoba ide kreatif yang baru," tulis akun tersebut.

"Banyak bat bocah masuk got," tulis @ryan_noors.

"Aku kira menequin," tulis @jisenlee.

Saksikan Videonya di Bawah Ini

 
 
 
View this post on Instagram

Kamu jihit kok bingit sih malah kitiwi 😁 . #camot #cegahanaknaikmotor

A post shared by roda2blog.com (@roda2blog) on

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Antisipasi Virus Corona, Siswa di Jepang Lakukan Upacara Kelulusan Lewat Minecraft

Posted: 17 Mar 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Tokyo - Virus Corona telah membuat dunia kalang kabut. Masyarakat diminta untuk menghindari pertemuan dengan orang-orang banyak agar virus tersebut tak semakin menyebar.

Sehubungan dengan pandemi virus Corona, sekolah-sekolah di Jepang dan ditutup selama dua minggu terakhir dan kemungkinan akan terus ditutup setelah liburan musim semi. Ini berarti, semua acara yang berkaitan dengan sekolah seperti seminar, festival, dan upacara kelulusan juga dibatalkan.

Uniknya, beberapa siswa sekolah dasar di Jepang memutuskan untuk tidak membuat hari penting itu berlalu tanpa perayaan yang tepat dan memutuskan untuk berimprovisasi. Upacara kelulusan resmi di sekolah ditiadakan karena virus Corona, beberapa siswa tersebut kemudian membuat upacara kelulusan sendiri di Minecraft.

 

Upacara kelulusan di Minecraft

Doc: Twitter.com/backyennew
Doc: Twitter.com/backyennew

Sebuah cuitan pada 14 Maret 2020 yang diunggah oleh akun @backyennew membuktikan hal tersebut. Cuitan tersebut menunjukkan putranya berpartisipasi dalam upacara kelulusan sekolah yang dilakukan di gim Minecraft.

 

Menurut Bored Panda, cuitan tersebut dilakukan oleh Shuhei Kashiwara. Shuhei merupakan orangtua dari salah satu siswa yang melakukan upacara kelulusan sekolah lewat Minecraft.

Cuitan tersebut berbunyi: "Apa yang kamu lakukan? Kami semua memutuskan untuk mengadakan upacara wisuda bersama! Oh, luar biasa. Para siswa sekolah dasar berkumpul untuk melakukan kelulusan sendiri."

 

 

Ingin merasakan upacara kelulusan yang hanya sekali seumur hidup

Doc: Twitter.com/backyennew
Doc: Twitter.com/backyennew

Menurut Shuhei, ia kebetulan melihat putranya melakukan hal tersebut. Putera Shuhei yang merencanakan ide tersebut dan kemudian mengeksekusinya dengan teman-temannya. Meski tak diorganisir oleh sekolah, para siswa itu tak masalah. Asalkan mereka masih bisa merasakan upacara kelulusan yang hanya sekali seumur hidup meski dilakukan hanya lewat Minecraft.

 

Lewat Minecraft, para siswa yang berasal dari kelas dan daerah yang berbeda, berhasil mewujudkan upacara kelulusan impian mereka. Acara itu menampilkan auditorium yang penuh dengan pembawa acara, ucapan selamat, siswa, guru, pemberian ijazah, dan segala sesuatu yang Anda harapkan dari upacara kelulusan.

 

Respons Netizen

2D Minecraft
2D Minecraft

Posting-an tersebut telah dibagikan lebih dari 27 ribu kali dan disukai lebih dari 86 ribu kali. Menurut netizen, hal tersebut bisa menjadi pilihan untuk tetap berkumpul lewat acara virtual sehingga menghindari penyebaran virus Corona.

"Ini menunjukkan bahwa meski tak boleh keluar rumah, generasi muda tetap tahu cara bersenang-senang," tulis Baka Foo.

"Itulah apa yang aku sebut inovasi dan improvisasi ala orang Jepang," tulis Abdul Aziz Abu Samah.

"Masalah modern butuh penyelesaian dengan cara modern pula," tulis Sebastian Gamarra.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harry Styles Pakai Fishnet dan Dipulas Lipstik dalam Pemotretan Majalah Beauty Papers

Posted: 17 Mar 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bukan Harry Styles namanya jika tidak kembali dengan sesuatu yang unik dan menarik. Kali ini, pelantun Sign of the Times tersebut jadi sorotan khalayak luas setelah pemotretan teranyarnya.

Dilansir dari People, Rabu (18/3/2020), majalah Beauty Papers pada Senin, 16 Maret mengumumkan Harry Styles akan menghiasi sampul edisi ke-8 mereka.

Dalam salah satu foto promosi yang, pria berusia 26 tahun itu tampil mengenakan fishnet dan sepatu Gucci. Sedangkan, pada potret lainnya Harry Styles memakai setelan Gucci lengkap.

Mengetahui Harry bakal jadi model sampul majalah ini, para penggemar seketika mengakses situs untuk membeli majalah tersebut. Namun, peningkatan traffic yang terlalu tinggi untuk ditangani situs majalah ini.

Sementara, pengumuman resmi Harry Styles berkolaborasi dengan Beauty Papers hadir lewat video berdurasi satu menit yang disutradarai oleh Casper Wackerhausen Sejersen.

Pakai Lipstik Gucci

Harry Styles menghiasi sampul majalah Beauty Papers. (dok. Instagram @beautypapersmag/https://www.instagram.com/p/B91RIOPl5g_/Putu Elmira)
Harry Styles menghiasi sampul majalah Beauty Papers. (dok. Instagram @beautypapersmag/https://www.instagram.com/p/B91RIOPl5g_/Putu Elmira)

Dalam video, Harry menjawab pertanyaan meski pertanyaan tidak terdengar. Pemilik nama lengkap Harry Edward Styles ini lantas muncul mengenakan setelan Gucci warna biru dengan eyeshadow kemerahan dan sentuhan bronze glow.

Gucci mengonfirmasi bahwa Harry tidak hanya memakai pakaian dari merek mereka dalam video, tetapi juga produk kecantikan Gucci. Lipstik itu adalah Rouge à Levres Matte Lipstick dengan shade "They Met in Argentina".

Hal tersebut disampaikan brand mewah asal Italia itu dengan mengunggah sesi pemotretan Harry Styles yang dibagikan melalui akun Instagram resmi mereka pada Selasa, 17 Maret 2020.

Menurut Beauty Papers, Harry berkolaborasi dengan mereka soal masalah yang merespons secara visual untuk kebebasan dunia yang menyusut dengan ledakan individualitas, kreativitas, keragaman, dan persatuan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Juanda: Surabaya Berpeluang Hujan Disertai Petir hingga Malam Hari

Posted: 17 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan  Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprediksi Surabaya, Jawa Timur alami hujan disertai petir dari siang hari hingga malam hari.

Mengutip instagram @infobmkgjuanda, Surabaya akan alami hujan disertai petir pada pukul 13.00 WIB, 16.00 WIB, dan 19.00 WIB. Sedangkan pada malam hari pukul 22.00 WIB cenderung cerah berawan.

Suhu akan berada di kisaran 26-34 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 KM per jam. Kelembaban udara 60-95 persen. Selain itu, BMKG Juanda merilis peringatan dini tiga harian di Jawa Timur untuk mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada siang hari di Surabaya, Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten Blitar, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Malang.

Selain itu, Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang dan Jember. Kemudian pada malam hari waspadai hujan disertai petir pada malam hari di Pacitan.

BMKG: Puncak Musim Hujan hingga Maret

Ilustrasi Hujan (iStockphoto)
Ilustrasi Hujan (iStockphoto)

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan cuaca ekstrem di Indonesia akan berlangsung hingga Maret 2020.

"Kalau menurut prediksi BMKG untuk wilayah Indonesia terjadinya cuaca ekstrem tidak serempak, silih berganti. Rata-rata puncak musim hujan Februari-Maret, khusus DIY dan Jateng berlangsung pada Januari-Februari," kata Kepala BMKG Dwikora Karnawati di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa 11 Februari 2020.

Selanjutnya, ujar dia, di kisaran April-Mei sudah memasuki musim kemarau, transisinya adalah pancaroba.

"Untuk ancaman bencananya beda lagi, bukan longsor atau banjir tetapi angin puting beliung. Imbauan kami agar ini bisa diwaspadai oleh seluruh pihak," kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Stasiun Klimatologi Kelas 1 Semarang Tuban Wiyoso mengatakan lebih awalnya cuaca ekstrem yang menjangkau Jawa Tengah dibandingkan wilayah lain karena cuaca di Jawa lebih didominasi oleh pengaruh angin monsun.

"Ini terjadi pada kurun waktu Desember-Februari, puncaknya Januari-Februari. Angin monsun sendiri merupakan angin yang bertiup dari Asia ke wilayah Indonesia. Seperti angin darat, yaitu angin laut tetapi skala musiman, ini dipengaruhi oleh posisi matahari," kata dia seperti dikutip dari Antara.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi 5 Artis Indonesia Bantu Lawan Corona, Ada yang Capai Rp 2 Miliar

Posted: 17 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Indonesia saat ini tengah waspada terhadap Virus Corona atau COVID-19. Bahkan, Badan Nasional Penanggunlangan Bencana (BNPB) menambah masa darurat corona dari 29 Februari hingga 29 Mei 2020 mendatang. Pasalnya, di beberapa daerah di Indonesia sudah memasuki status keadaan darurat, bahkan wabah corona juga masuk dalam bencana nasional.

Bahkan, hingga saat ini Rabu (18/3/2020) jumlah pasien positif corona di Indonesia telah mencapai 172 orang. Jumlah yang cukup melonjak sejak pasien pertama ini tentu saja membuat banyak orang perlu lebih waspada namun tetap tenang. Beberapa arahan dari pemerintah kepada masyarakat pun dilakukan. Mulai dari menjaga kesehatan hingga melakukan social distance.

Bertambahnya jumlah pasien corona di Indonesia sendiri membuat masyarakat harus saling tolong menolong agar tidak menambah jumlah daftar pasien positif corona. Bahkan, beberapa artis Tanah Air juga melakukan aksi bantu lawan corona.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (18/3/2020) berikut ini beberapa aksi artis Indonesia bantu lawan COVID-19.

1. Nikita Mirzani.

Nikita Mirzani (Nurwahyunan/Fimela.com)
Nikita Mirzani (Nurwahyunan/Fimela.com)

Dalam rangka ulang tahunnya yang ke-34 yang jatuh pada 17 Maret 2020 kemarin,  Nikita Mirzani memberikan sejumlah sumbangan untuk membantu masyarakat melawan corona. Wanita yang akrab disapa Nini ini diketahui menyumbangan uang tunai sebanyak Rp 100 juta. Hal ini diketahui dari unggahan video di akun Instagram pribadinya.

"Niki ada sedikit rezeki, Niki akan menyumbangkan Rp 100 juta uang Niki pribadi untuk membantu. Mudah-mudahan bisa mengurangi penyebaran virus Corona yang ada di Indonesia," ujar Nikita Mirzani.

Aksi Nikita Mirzani yang menyumbangkan sebagian rezekinya demi melawan virus corona di Indonesia pun mendapat pujian dari banyak pihak. Langkah ini menjadikan Nikita sebagai artis pertama di Indonesia yang membantu untuk melawan corona.

2. Melanie Subono

Ramai virus Corona di Indonesia, Melani Subono bagikan masker gratis. (Sumber: Instagram/@melaniesubono)
Ramai virus Corona di Indonesia, Melani Subono bagikan masker gratis. (Sumber: Instagram/@melaniesubono)

Penyanyi sekaligus presenter Melanie Subono juga melakukan aksi bantu lawan virus corona. Melalui akun Instagram pribadinya @melaniesubono, dirinya membagikan masker gratis bagi masyarakat kurang mampu. Pasalnya selama beberapa hari terakhir diketahui jika harga masker melonjak drastis dan mulai sulit ditemukan. Melanie juga mengajak masyarakat lainnya untuk membantu melawan corona dengan cara yang sama.

Ia bahkan memperbolahkan masyarakat lain menyumbang masker yang nantinya akan didistribusikan. Bahkan, anak dari Adrie Subono ini menerima sumbangan dana, nantinya hasil sumbangan tersebut akan ia belikan masker yang harganya telah melonjak tinggi dan akan dibagikan kepada yang kurang mampu. Aksi dari Melanie Subono ini pun mendapat apresiasi dari banyak pihak.

3. Uya Kuya

Uya Kuya (Fimela.com/Bambang E Ros)
Uya Kuya (Fimela.com/Bambang E Ros)

Presenter Uya Kuya juga melakukan aksi serupa. Suami Astrid Kuya ini menjual masker dengan harga Rp 2.000 per buah. Bahkan, dirinya pun hanya memperbolehkan seseorang membeli sebanyak dua buah saja. Hal ini dilakukan untuk membantu masyarakat lainnya yang kesulitan mencari masker.

Uya mengungkapkan jika dirinya membeli masker Rp 7.000 per buah sebelum kembali dijual Rp 2.000 per buah. Dirinya juga sebelumnya telah membagikan masker gratis ke masyarakat. Dilansir Liputan6.com dari MOP Channel, Rabu (18/3/2020) Uya Kuya mengaku tak lagi membagikan masker gratis karena tak ingin dimanfaatkan oleh orang yang tak bertanggungjawab.

4. Rachel Vennya.

Rachel Vennya (dok. Instagram @rachelvennya/https://www.instagram.com/p/BuJRyQzArDM/Putu Elmira)
Rachel Vennya (dok. Instagram @rachelvennya/https://www.instagram.com/p/BuJRyQzArDM/Putu Elmira)

Selebgram Rachel Vennya juga turut melakukan aksi lawan corona. Melalui akun Instagram pribadinya, Rachel membuka donasi bagi masyarakat luas untuk membantu melawan COVID-19. Dari akun Instagram pribadinya, hasil donasi yang terkumpul nantinya akan dibelikan untuk masker, hand sanitizer, sarung tangan dan alat perlindungan diri (APD) untuk rumah sakit rujukan COVID-19.

Bahkan, diketahui hingga kini donasi yang terkumpul telah mencapai lebih dari Rp 2,1 miliar. Aksi Rachel Vennya ini pun mendapat apreasiasi dari banyak pihak. Bahkan, diketahui dari website kitabisa.com sebanyak lebih dari 53 ribu orang telah melakukan donasi bersama Rachel lawan virus corona.

5. Atta Halilintar

Atta Halilintar
Atta Halilintar

Sama halnya dengan Rachel Vennya, Atta Halilintar juga membuka donasi untuk bantu lawan COVID-19. Melalui akun Instagram pribadinya, Atta pun membuka donasi panggilan kemanusiaan bersama lawan COVID-19.

Dari website kitabisa.com laman donasi yang dibuat oleh Atta Halilintar pun diketahui telah terkumpul dana sebanyak lebih dari Rp 49 juta. Nantinya, hasil donasi tersebut akan digunakan untuk membeli alat perlindungan diri (APD) bagi tenaga kesehatan serta sembako dan kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat kurang mampu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ada Jam Belanja Khusus Lansia di Australia

Posted: 17 Mar 2020 10:00 PM PDT

Warga lanjut usia (lansia) berbelanja di pasar swalayan Woolworths di Canberra, Australia, 17 Maret 2020. Mulai Selasa (17/3), sejak pukul 07.00 hingga 08.00, pelanggan yang rentan akan dapat membeli kebutuhan mereka, sebelum para pembeli lain memborong habis barang-barang . (Xinhua/Chu Chen)
Warga lanjut usia (lansia) berbelanja di pasar swalayan Woolworths di Canberra, Australia, 17 Maret 2020. Mulai Selasa (17/3), sejak pukul 07.00 hingga 08.00, pelanggan yang rentan akan dapat membeli kebutuhan mereka, sebelum para pembeli lain memborong habis barang-barang . (Xinhua/Chu Chen)

Warga lanjut usia (lansia) berbelanja di pasar swalayan Woolworths di Canberra, Australia, 17 Maret 2020. Mulai Selasa (17/3), sejak pukul 07.00 hingga 08.00, pelanggan yang rentan akan dapat membeli kebutuhan mereka, sebelum para pembeli lain memborong habis barang-barang . (Xinhua/Chu Chen)

Warga lanjut usia (lansia) berbelanja di pasar swalayan Woolworths di Canberra, 17 Maret 2020. Jaringan pasar swalayan terbesar di Australia, Woolworths, akan menawarkan jam khusus belanja prioritas bagi lansia dan penyandang disabilitas, yang terkena dampak panic buying COVID-19. (Xinhua/Chu Chen)
Warga lanjut usia (lansia) berbelanja di pasar swalayan Woolworths di Canberra, 17 Maret 2020. Jaringan pasar swalayan terbesar di Australia, Woolworths, akan menawarkan jam khusus belanja prioritas bagi lansia dan penyandang disabilitas, yang terkena dampak panic buying COVID-19. (Xinhua/Chu Chen)

Warga lanjut usia (lansia) berbelanja di pasar swalayan Woolworths di Canberra, 17 Maret 2020. Jaringan pasar swalayan terbesar di Australia, Woolworths, akan menawarkan jam khusus belanja prioritas bagi lansia dan penyandang disabilitas, yang terkena dampak panic buying COVID-19. (Xinhua/Chu Chen)

Warga lanjut usia (lansia) berbelanja di pasar swalayan Woolworths di Canberra, Australia, 17 Maret 2020. Mulai Selasa (17/3), sejak pukul 07.00 hingga 08.00, pelanggan yang rentan akan dapat membeli kebutuhan mereka, sebelum para pembeli lain memborong habis barang-barang . (Xinhua/Chu Chen)
Warga lanjut usia (lansia) berbelanja di pasar swalayan Woolworths di Canberra, Australia, 17 Maret 2020. Mulai Selasa (17/3), sejak pukul 07.00 hingga 08.00, pelanggan yang rentan akan dapat membeli kebutuhan mereka, sebelum para pembeli lain memborong habis barang-barang . (Xinhua/Chu Chen)

Warga lanjut usia (lansia) berbelanja di pasar swalayan Woolworths di Canberra, Australia, 17 Maret 2020. Mulai Selasa (17/3), sejak pukul 07.00 hingga 08.00, pelanggan yang rentan akan dapat membeli kebutuhan mereka, sebelum para pembeli lain memborong habis barang-barang . (Xinhua/Chu Chen)

Penyandang disabilitas berbelanja di pasar swalayan Woolworths di Canberra, 17 Maret 2020. Jaringan pasar swalayan terbesar di Australia, Woolworths, akan menawarkan jam khusus belanja prioritas bagi lansia dan penyandang disabilitas, yang terkena dampak panic buying COVID-19. (Xinhua/Chu Chen)
Penyandang disabilitas berbelanja di pasar swalayan Woolworths di Canberra, 17 Maret 2020. Jaringan pasar swalayan terbesar di Australia, Woolworths, akan menawarkan jam khusus belanja prioritas bagi lansia dan penyandang disabilitas, yang terkena dampak panic buying COVID-19. (Xinhua/Chu Chen)

Penyandang disabilitas berbelanja di pasar swalayan Woolworths di Canberra, 17 Maret 2020. Jaringan pasar swalayan terbesar di Australia, Woolworths, akan menawarkan jam khusus belanja prioritas bagi lansia dan penyandang disabilitas, yang terkena dampak panic buying COVID-19. (Xinhua/Chu Chen)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Minyak Anjlok, Jokowi Minta Harga BBM Dihitung Ulang

Posted: 17 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajaran menteri menghitung ulang harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di Indonesia. Hal ini menyusul lonjakan harga minyak dunia yang jatuh ke level USD 30 per barel.

Jokowi menyampaikan hal itu dalam rapat terbatas mengenai penyesuaian harga gas untuk industri dan juga BBM non-subsidi. Rapat digelar melalui video conference, Rabu (18/3/2020).

"Karena itu saya minta dikalkulasi, dihitung dampak dari penurunan ini pada perekonomian kita. Terutama BBM baik BBM bersubisidi maupun BBM non subsidi," ujar Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta agar jajaran menterinya menghitung berapa lama penurunan harga minyak dunia berlangsung dan perkiraan harga ke depan.

"Kita harus merespons dengan kebijakan yang tepat dan kita juga harus bisa memanfaatkan momentum dan peluang ini, dari penurunan minyak ini untuk perekonomian negara kita," jelas dia.

Seperti diketahui, harga minyak dunia semakin terperosok. Mengutip market data BBC, Selasa (17/03/2020), harga minyak Brent (Brent Crude Oil) masih berada di posisi USD 30,72 per barrel dan minyak WTI (West Texas Intermediate Crude Oil) masih dipatok di angka USD 29,92 per barrel.

Anjloknya minyak dunia disebabkan karena perang dingin antara Arab dan Rusia, dimana Arab mencoba mengambil kembali pasar dengan mengguyur pasokan minyak mentah gila-gilaan.

Kemudian dtambah wabah pandemi Corona yang semakin menjadi-jadi, tidak ada yang bisa dilakukan untuk mengendalikan gejolak harga ini.

Gelar Ratas Lewat Video Conference, Jokowi Bahas Insentif Harga Gas

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menyiapkan insentif gas industri. Namun dia mengingatkan kepada Menteri Kabinet Indonesia maju agar industri yang diberikan insentif penurunan harga gas diverifikasi dan dievaluasi.

Sehingga pemberian insentif penurunan harga gas akan memberikan dampak yang signifikan bagi perekonomian. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut juga berharap dengan adanya industri yang akan diberikan insentif bisa meningkatkan kapasitas produksi, investasi.

"Sehingga produknya lebih kompetitif. Industri yang diberi insentif harus bisa meningkatkan penyerapan tenaga kerja," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas melalui teleconference, terkait penyesuaian harga gas untuk industri dan bahan bakar minyak nonsubsidi di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/3).

Sebab itu, dia meminta kepada para menteri agar mengevaluasi dan memonitorng secara berkala terkait industri yang akan diberikan insentif. Jika industri tidak bisa menyerap tenaga kerja, hingga meningkatkan kapasitas investasi maka insentif ditarik.

"Harus ada disinsentif. Harus ada punishment sehingga industri memiliki performance sesuai yang kita inginkan," ungkap Jokowi.

Sebelumnya, pada Ratas 6 Januari lalu, Jokowi menargetkan pembahasan mengenai tiga opsi penurunan gas bisa rampung dalam 3 bulan sehingga tidak membebani industri dalam negeri.

Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 40 Tahun 2016 mengenai Penetapan Harga Gas Bumi, harga gas bumi ditetapkan sebesar USD 6 per MMBTU. Hingga saat ini, harga gas bumi masih berada di atas harga patokan itu.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

OPINI: Bisnis Halo-Halo kala Coronanomics

Posted: 17 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Senin, 16 Maret 2020 bisa menjadi salah satu hari yang penting dicatat dalam sejarah pemerintahan Indonesia.

Mengutip unggahan foto yang disebarkan Sekretaris Kabinet Pramono Anung di instagramnya @pramonoanungw, terlihat Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (16/3/2020) melakukan rapat terbatas terkait percepatan ekonomi menghadapi tekanan virus corona (Covid-19) secara virtual.

Dalam foto tersebut terlihat Jokowi yang fotonya berada di baris tiga komputer memimpin rapat telekonferensi yang diikuti 41 anggota kabinet.

Ratas secara virtual ini bisa dikatakan cara Jokowi untuk menunjukkan ke masyarakat agar melakukan social distancing tanpa mengurangi produktivitas pasca Covid-19 telah menjadi pandemi global, seperti diumumkan World Health Organization (WHO) pada Rabu (11/3/2020).

Penetapan itu didasarkan pada persebaran virus secara geografi yang telah mencapai 114 negara. Skema bekerja dari rumah (work from home/WFH) atau belajar dari rumah (distance learning) pun terus didengungkan pemerintah agar masyarakat bisa melakukan social distancing untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.

Munculnya dua istilah ini tentu tak bisa dilepaskan penetrasi internet yang lumayan tinggi di Indonesia.

Dari jumlah penduduknya sebesar 272,1 juta jiwa, Indonesia memiliki pengguna internet mencapai 175,4 juta, di mana sekitar 160 juta diantaranya aktif bermedia sosial di tahun 2019.

Data We are social 2020 yang dikeluarkan Hootsuite menyatakan smartphone menjadi andalan bagi masyarakat Indonesia untuk mengakes internet.

Masyarakat Indonesia menggunakan internet pada 2019 per hari sekitar 7 jam 59 menit, di mana 3 jam 26 menit dihabiskan untuk bermedia sosial.

Selama berselancar di internet, pengguna banyak mengakses online video, menonton vlog, mendengarkan streaming musik dan radio, hingga Podcast. 

Selama work from home, aplikasi seperti Zoom, Slack, atau WhatsApp makin akrab digunakan untuk berkomunikasi. Sementara platform Ruangguru, Zenius, dan Quipper bisa diandalkan agar anak tetap belajar di rumah. 

Bagi korporasi, mungkin sudah saatnya mempercepat adopsi solusi Unified Communications (UC) agar karyawan tetap produktif, tetapi berkomunikasinya lebih aman. 

Unified Communication adalah solusi yang menggabungkan fungsi tradisional seperti teleponi, mobile VoIP, messaging dan konferensi dengan inovasi seperti kolaborasi workstream, artificial intelligence dan virtual asssistant.

Beberapa nama besar sudah memiliki solusi UC, seperti Telkom, Cisco, atau Ribbon.

 

Keamanan

Seiring WFH kian didengungkan, jangan lupakan isu keamanan dan pertahanan siber.

Setiap elemen di negara ini harus menyadari domain digital yang tidak memiliki batas fisik menjadikan medan perang tersaji setiap saat dalam rangka memperebutkan sumber daya sebuah negara.

Serangan siber, kampanye disinformasi, dan berita palsu adalah beberapa cara yang sekarang banyak digunakan untuk memecah belah hingga melemahkan ideologi guna merebut pengaruh ekonomi di sebuah negara.

Temuan dari Kaspersky baru-baru ini telah membuka kedok para pelaku kejahatan siber yang dan masih beroperasi di wilayah Asia Tenggara.

Kaspersky mengungkap terjadinya peningkatan aktivitas kelompok-kelompok Advanced Persistent Threats (APT) utama yang melancarkan kegiatan cyber espionage canggih di kawasan Asia Tenggara.

Cyber espionage adalah tindakan atau praktek memperoleh rahasia tanpa izin dari pemegang informasi.

Kaspersky menyatakan para kelompok APT meluncurkan alat serangan baru, termasuk memata-matai malware ponsel demi mencapai tujuannya yaitu mencuri informasi dari entitas, organisasi pemerintah, militer, dan organisasi di wilayah Asia Tenggara.

Motivasi serangan utama adalah melakukan pengumpulan intelijen ekonomi dan geopolitik. Tak pelak, korban utama kebanyakan adalah organisasi pemerintah, entitas diplomatik, dan partai politik.

Ngerinya, dari semua jenis kelompok APT dan malware yang aktif menyerang, terungkap Indonesia selalu menjadi salah satu target utama dari serangan.

Membaca paparan di atas, tentunya sangat disarankan bagi penyelenggara negara untuk tidak sembarangan memanfaatkan aplikasi dalam menjalankan protokol WFH.

Tak terbayang bagi saya, jika rapat kabinet virtual yang dilakukan Kabinet Indonesia Maju, materinya bisa keluar semua ke publik secara real time.

Sementara bagi masyarakat juga diminta hati-hati dalam membuka tautan dokumen karena banyak digunakan sebagai penyamaran untuk melakukan phishing oleh penjahat siber.

Tantangan

Berubahnya perilaku masyarakat ke arah digital tentunya bisa dianggap peluang, terutama bagi operator telekomunikasi di masa Coronanomics (dampak ekonomi yang ditimbulkan oleh virus corona).

Operator yang selama ini identik dengan penyelenggara jaringan internet tentu akan mendapatkan lonjakan trafik data. Selain itu, bagi pemilik platform atau solusi tentu juga menjadi momentum untuk scale up bisnisnya.

Tetapi benarkah semulus itu? Jawabannya tidak. Operator bisa dikatakan belum lolos dari efek gunting di era data di mana beban dan marjin dalam menyelenggarakan layanan data belum ideal di Indonesia.

Saat ini operator bisa dikatakan mengandalkan pendapatan dari menjual paket data. Sementara pendapatan dari penggunaan panggilan telepon dan pesan singkat (SMS) dipastikan menurun karena aplikasi Over The Top (OTT) yang banyak disediakan aplikator asing. 

Operator di Indonesia hanya untuk frekuensi bisa mengeluarkan biaya hak penggunaan (BHP) minimal sebesar Rp 1,2 triliun. Belum lagi sumbangan Universal Service Obligation (USO) yang dipotong 1,25 persen dari total pendapatan setiap tahun.

Harap diingat, dua kewajiban itu tetap harus dibayar tak peduli operator untung atau rugi. Padahal, operator masih harus berinvestasi menggelar kabel optik, menambah jaringan, belanja bandwitdh, dan lainnya untuk menyelenggarakan layanan.

Bagaimana dengan pesaingnya, OTT asing? Bisa dikatakan OTT seperti Google, Facebook, dan lainnya tak ada kewajiban membayar BHP dan sumbangan USO.

Tetapi senyap namun pasti, pemain seperti Google dan Facebook telah menjelma menjadi operator entah disadari atau tidak oleh pemerintah.

Tak percaya? Lihat saja Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) dan kabel optik atau data center yang dimiliki keduanya, bisa jadi sudah mengalahkan kemampuan dari operator Tier-2 di Indonesia.

 

Insentif

Melihat situasi ini tentu tak ada salahnya pemerintah memberikan insentif bagi operator dan pemain lokal yang mengembangkan platform WFH atau distance learning saat Coronanomics ini.

Misal, jika pemerintah meminta adanya akses gratis diberikan bagi platform belajar online, jangan segan memberikan subsidi langsung ke operator untuk belanja bandwitdh. Atau jika ingin mendorong adanya akses gratis ke platform yang mendukung WFH atau distance learning, pilihlah mitra lokal yang telah memenuhi aturan di negeri ini.

Insentif lain tentunya adalah pemerintah harus berani mengubah mindset dalam setoran BHP atau USO agar dua komponen ini tak menjadi beban yang terus menggelayuti pundak operator.

Dua setoran tersebut adalah Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP), tetapi jika terus menerus diperlakukan sebagai sumber keuntungan dan tak dikembalikan secara utuh ke sektor telekomunikasi tentu sudah menjadi hal yang harus dikoreksi di masa depan.

Terakhir, Coronanomics ini bisa menjadi pintu masuk bagi pemerintah menata ulang bisnis teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) agar benar-benar potensi ekonomi digital digunakan dan dirasakan oleh semua komponen anak bangsa.

Pemerintah sebagai regulator harus bisa menciptakan hubungan yang seimbang antara penyedia jaringan, konten, dan perangkat. Ketimpangan yang terjadi seperti sekarang ini harus diakhiri segara dengan merevisi Undang-undang Telekomunikasi yang sudah ketinggalan zaman.

Saat ini tanpa disadari regulator di bidang TIK terkesan "akomodatif" dalam memenuhi keinginan pemain asing atas nama investasi. P

adahal, jika regulator mampu memproduksi regulasi yang pro lokal dan menjaga kedaulatan digital, tentu ekosistem akan tumbuh lebih sehat karena memiliki kepastian hukum yang jelas bukan "fleksibel" sesuai selera pasar.

Saatnya negara hadir untuk melindungi kepentingan pelaku ekonomi digital lokal agar daya tahannya kuat menghadapi masa Coronanomics.

Ingat, disrupsi bukan harus dipuja, tetapi dikendalikan menjadi transformasi yang positif agar menguntungkan pelaku industri TIK nasional.  

**Penulis adalah Doni Ismanto Darwin, Founder IndoTelko Forum

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Pemain dan Staf Rival Sekota Barcelona Positif Terjangkit Virus Corona Covid-19

Posted: 17 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Penyebaran virus Corona model terbaru kembali menimpa insan sepak bola kembali bertambah. Kali ini, enam pemain dan staf rival sekota Barcelona, Espanyol, telah didiagnosa positif Covid-19.

Kabar ini disampaikan langsung oleh manajemen Espanyol lewat situs resminya. Seperti dilansir dari AS, kejadian ini sekaligus menambah panjang daftar atlet-atlet yang terinfeksi virus yang sama. 

"Siang ini, telah dikonfirmasi bahwa 6 anggota dari tim utama dan staf pelatih RCD Espanyol dari Barcelona telah positif mengidap Covid-19 usai menjalani tes beberapa jam lalu," bunyi penyataan resmi Espanyol setelah hasil pemeriksaan terhadap para pemain keluar, Selasa malam waktu setempat.

"Semua mengalami gejala ringan, dan mematuhi rekomendasi tim kesehatan."  

Meski demikian, Espanyol, tidak merinci siapa saja yang telah terjangkit virus Corona penyebab Covid-19. Selanjutnya pemain dan staf yang terinfeksi akan menjalani proses karantina selama 14 hari. 

 

 

Ikut Langkah Valencia

Estadio de Mestalla, markas Valencia CF, berada di jantung kota Valencia. Malam hari, stadion berkapastias 55 ribu ini masih terlihat indah.  (Marco Tampubolon/Liputan6.com)
Estadio de Mestalla, markas Valencia CF, berada di jantung kota Valencia. Malam hari, stadion berkapastias 55 ribu ini masih terlihat indah. (Marco Tampubolon/Liputan6.com)

Espanyol bukan tim La Liga pertama yang telah megumumkan pemainnya terjangkit virus Corona model terbaru. Sebelumnya, Valencia juga telah melakukan langkah yang sama, Minggu lalu. 

Kelelawar Mestalla menyampaikan bahwa lima anggota tim utamanya juga terjangkit Covid-19. 

Sebelumnya, Real Madrid juga meminta pasukannya untuk mengisolasi diri setelah salah seorang pebasket yang menggunakan fasilitas gym di lokasi latihan mereka positif terjangkit Covid-19. 

Sementara itu, La Liga sendiri sudah berhenti untuk sementara menyusul kian meningkatnya angka penyebaran virus Corona di Negeri Matador. Setidaknya sudah 11.748 orang yang dinyatakan terjangkit dan 533 di antaranya meninggal dunia. Spanyol sampai saat ini masih berstatus lockdown.

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 46 Jemaah Gereja Korea Selatan Positif Corona

Posted: 17 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah komunitas gereja di Korea Selatan, menyemprotkan air garam ke mulut jemaahnya yang dipercaya dapat mencegah penularan virus corona. Namun sayangnya, hal itu justru membuat 46 orang anggotanya terinfeksi virus tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Kemiripan Adegan Wabah di Film Contagion dan Virus Corona, Bikin Merinding

Posted: 17 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saat virus Corona mewabah, sejumlah pencinta film lantas teringat Contagion karya Steven Sodenbergh. Contagion mengisahkan kematian Beth Emhoff (Gwyneth Paltrow) usai melakukan kunjungan bisnis ke Tiongkok. Dianggap tak wajar, kematian Beth Emhoff lantas diselidiki tim medis yang diperkuat dr. Arrington (Steff Tovar), dr. Cheever (Laurence), dr. Sussman (Elliott Gould) dan dr. Leonora (Marion Cottilard).

Hasil autopsi jenazah Beth memperlihatkan jaringan Sulcus di otak hancur. Pemicunya virus baru tak dikenal. Saat virus Corona menjadi isu kesehatan global, Contagion disebut telah meramalkan kejadian ini. Seperti diketahui, kasus virus Corona kali pertama ditemukan di provinsi Wuhan, Tiongkok, akhir tahun lalu. Lantas ia menyebar ke sejumlah negara.

Tanpa bermaksud menakut-nakuti Anda, kami hadirkan enam kemiripan virus tak bernama di Contagion dengan virus Corona. Kalau ada waktu senggang, kami sarankan Anda untuk menonton. Contagion memang bagus.

1. Gejala Demam Tinggi

Beth Emhoff (Gwyneth Paltrow), korban pertama dari virus di film Contagion. (Foto: IMDb/ Warner Bros.)
w), korban pertama dari virus di film Contagion. (Foto: IMDb/ Warner Bros.)

Ditemukan kali pertama di Wuhan, Tiongkok, Desember 2019, virus ini awalnya dinamai 2019-nCOV. Kini ia punya nama resmi Covid-19. Di Contagion, Beth Emhoff diceritakan melawat Tiongkok sebelum mengalami batuk, demam 38,7 derajat Celsius, susah menelan, pusing, kejang, lalu meninggal dunia.

Pasien yang terpapar virus Corona memiliki gejala mirip berupa pilek, sakit tenggorokan, batuk, dan demam. Kondisi ini bisa memburuk dalam hitungan hari dengan serangkaian faktor penyerta.

 

2. Virus, Kelelawar, dan Pasar Hewan

Suasana pasar hewan di film Contagion. (Foto: Dok. IMDb/ Warner Bros.)
Suasana pasar hewan di film Contagion. (Foto: Dok. IMDb/ Warner Bros.)

Meninggalnya Beth dalam film Contagion membuat tim medis yang diperkuat dr. Arrington (Steff Tovar), dr. Cheever (Laurence), dr. Sussman (Elliott Gould) dan dr. Leonora (Marion Cottilard) meriset. Hasilnya, mereka menemukan gen kelelawar yang berbaur dengan gen babi dalam virus. Ada pula sejumlah adegan di pasar hewan dan pasar tradisional. Ini mengingatkan kita pada fenomena virus Corona.

Saat virus Corona mewabah, kelelawar dituding sebagai biangnya. Sempat berembus isu sup kelelawar menjadi faktor pencetus. Sampai saat ini riset terus dikembangkan untuk mengenali Covid19 lebih dalam dan menemukan vaksinnya.

3. Kepanikan di Prancis Hingga Amerika

Adegan pemerintah AS merespons wabah virus dari Tiongkok di film Contagion. (Foto: IMDB/ Warner Bros.)
Adegan pemerintah AS merespons wabah virus dari Tiongkok di film Contagion. (Foto: IMDB/ Warner Bros.)

Contagion menggambarkan virus tak bernama yang membunuh Beth Emhoff berekspansi lintas kota. Bahkan, lintas negara dalam hitungan hari. Steven Sodenbergh menyajikan kondisi provinsi Guan Dong, Tiongkok, akibat wabah virus.

Tak hanya itu, Contagion menyorot Departemen Keamanan Dalam Negeri Prancis dan Amerika Serikat dalam merespons wabah. Seperti diketahui, saat ini Prancis melakukan lockdown untuk menahan penyebaran virus Corona. Washington telah memetakan sejumlah langkah taktis untuk menghalau Covid19.

4. Penularan lewat Udara dan Kontak Fisik

Virus dalam Contagion diceritakan menular lewat kontak fisik dan udara. (Foto: IMDb/ Warner Bros.)
Virus dalam Contagion diceritakan menular lewat kontak fisik dan udara. (Foto: IMDb/ Warner Bros.)

Virus baru dalam Contagion diceritakan menyebar lewat udara dan mereka yang tanpa sengaja bersinggungan dengan orang yang terinfeksi. Merespons virus Corona, masyarakat disarankan menghindari kontak langsung dengan menerapkan social distancing.

Hingga kini, penularan virus Corona lewat udara terus dikaji lebih detail. Anda yang batuk diminta menutupnya dengan lipatan lengan untuk mencegah cipratan ke orang lain.

5. Pasar Swalayan Diserbu

Contagion juga memotret masyarakat yang panik dan menyerbu pasar swalayan. (Foto: IMDb/ Warner Bros.)
Contagion juga memotret masyarakat yang panik dan menyerbu pasar swalayan. (Foto: IMDb/ Warner Bros.)

Tahukah Anda, virus Corona mencetus ketertarikan orang terhadap Contagion? Awal tahun ini, Contagion memuncaki iTunes Rental Charts. Film ini memperlihatkan kepanikan publik terhadap virus baru. Saking paniknya, pasar swalayan digambarkan laris manis.

Masyarakat melakukan aksi borong. Hal yang sama sempat terjadi di sejumlah negara yang terpapar virus Corona termasuk Indonsia. Gambar antrean di pasar swalayan akibat kebijakan pembatasan kunjungan sempat bertebaran di jagat maya.

6. Fenomena Masker

Adegan menggunakan masker di film Contagion. (Foto: Dok. IMDb/ Warner Bros.)
Adegan menggunakan masker di film Contagion. (Foto: Dok. IMDb/ Warner Bros.)

Persamaan yang paling mendasar antara Contagion dan wabah virus Corona tentu saja penggunaan masker. Dari tim medis yang meneliti virus di tubuh Beth Emhoff hingga wartawan menggunakan masker.

Di Indonesia, masker per boks semula dihargai 25-45 ribu rupiah. Sejak virus Corona mewabah, masker jadi barang langka di pasar. Kalau pun ada, harganya tak masuk akal dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melihat 'Social Distancing' Korban Penggusuran di Semarang

Posted: 17 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Semarang - Semua waspada penyebaran corona covid-19. Pun juga Semarang. Social distancing jadi pilihan. Mungkin tak masalah bagi kaum berada, bagaimana dengan warga Tambakrejo yang digusur dan kini menempati bedeng sempit nyaris tanpa jarak? Ikuti kisah Erlinda Puspita Wardhani, kontributor Liputan6.com di Semarang.

Anjuran lebih banyak berdiam diri di rumah, menerapkan belajar di rumah, bekerja di rumah membuat sebagian kawasan di kota Semarang lengang. Kekhawatiran terhadap penyebaran virus Covid-19 dan anjuran dari pemerintah menjadi sebab.

Di sebuah perkampungan di sisi utara kota Semarang yaitu kampung Tambakrejo, kumpulan anak-anak tetap mengaji, belajar, dan bermain. Teha Edy Johar, salah satu tokoh masyarakat setempat menyebutkan bahwa saat ini ada 97 kepala keluarga tinggal di bedeng, sejak digusurnya kawasan ini untuk pembuangan lumpur normalisasi Banjir Kanal Timur.

"Kehidupan warga ya biasa. Nggak ada perubahan dengan anjuran banyak berdiam diri," kata Teha.

Linear dengan pengakuan Rahmadi, ketua RT 05, RW 16 Kelurahan Tanjungmas Semarang Utara. Meski diakui aktivitas anak-anak berkurang.

"Entahlah, mungkin tak takut corona, tapi lebih takut tak bisa kerja," kata Rohmadi.

Menurut Rohmadi hingga kini tak ada penyemprotan disinfektan sosialisasi gaya hidup sehat maupun bahaya corona. Untuk urusan kesehatan, warga cukup melapor ke kelurahan, dan akan dihubungkan ke Puskesmas.

"Rata-rata disini sakitnya ya ISPA, flu, diare. Yang berurusan dengan pernafasan itu yang bahaya covid-19," kata Rahmadi.

Simak video pilihan berikut:

 

Resiko Orang Miskin

Bu Rahmadi, istri ketua RT yang tinggal di bedeng sempit setelah rumah mereka digusur untuk pembuangan lumpur normalisasi Banjir Kanal timur Semarang. (foto: Liputan6.com/erlinda puspita wardhani/edhie prayitno ige)
Bu Rahmadi, istri ketua RT yang tinggal di bedeng sempit setelah rumah mereka digusur untuk pembuangan lumpur normalisasi Banjir Kanal timur Semarang. (foto: Liputan6.com/erlinda puspita wardhani/edhie prayitno ige)

Sebelum heboh pandemi Covid-19, warga Tambakrejo biasa ditemani komunitas mahasiswa UNDIP, UNNES, UDINUS, dan UNISULA. Mereka dengan sukarela memberi pengajaran gratis termasuk mengaji.

"Setelah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta mengubah Kegiatan Belajar Mengajar dilakukan online, para relawan dan komunitas berdiskusi dengan warga Dusun Tambakrejo dan menyatakan berhenti mengajar untuk sementara waktu," kata Teha.

Setelah mahasiswa tak lagi hadir, warga gelisah. Tak ada pendampingan yang jelas terkait belajar secara online bagi anak-anak sekolah yang diliburkan ini. Mereka diminta belajar di rumah, tapi tak punya rumah.

"Kalau yang punya rumah sih ada fasilitas. Disini kan nggak ada. Yang terjadi justru anak-anak bukan nurut malah tambah liar," kata istri pak RT ikut ngobrol.

Sebenarnya anjuran pemerintah itu sangat serius. Tapi bagi warga korban gusuran ini khawatir jika harus membiarkan anak-anak libur begitu saja. Konsekwensinya, warga harus siap menerima resiko apapun, bahkan jika sampai ada yang menjadi transmisi virus corona.

"Saya dan beberapa teman disini juga berusaha mengajari anak-anak cuci tangan pakai sabun, jelasin apa itu Corona, dan gak nerima tamu dari luar. Tentu saja dengan bekal informasi seadanya," kata bu Rohmadi.

 

Mengandalkan Solidaritas

Dengan jarak antar bilik dan ukuran bilik sekecil ini, sulit menerapkan social distancing membatasi penyebaran covid-19. (foto: Liputan6.com/erlinda puspita wardhani/edhie prayitno ige)
Dengan jarak antar bilik dan ukuran bilik sekecil ini, sulit menerapkan social distancing membatasi penyebaran covid-19. (foto: Liputan6.com/erlinda puspita wardhani/edhie prayitno ige)

Beberapa acara di Dusun Tambakrejo terancam batal. Launching buku anak-anak, peringatan hari Nelayan, pasar tiban, panggung pentas yang akan dilaksanakan 4-6 April 2020 kini belum jelas nasibnya.

Menurut Teha Edy Johar, mengisolasi diri bagi orang-orang kaya masih mungkin. Sebab, orang-orang kaya mempunyai rumah dan halaman yang luas. Di perkampungan miskin atau bedeng gusuran ini, orang-orang hidup dalam rumah atau kamar sempit. Ukuran 6 meter persegi, diisi 4 orang atau satu keluarga.

"Antar kamar atau rumah dinding mereka menempel," katanya.

Setting lockdown di Italy, misalnya, rumah mereka berupa apartemen. Orang-orang masih bisa bernafas hidup di apartemen yang tersusun berjarak. Di Itali mereka bernyanyi secara komunitas sahut-sahutan, menghibur diri.

Begitu juga di Wuhan. Mereka bertahan pada apartemen yang padat, namun dalam ruangan rumah yang layak. Orang-orang warga gusuran ini tentu sulit bertahan lama jika terjadi lockdown. Sulit karena harus berbuat apa dalam ruang yang sempit. Selanjutnya, bagaimana jika ada yang kena infeksi di sana?

"Salah satu kekuatan orang miskinadalah solidaritas. Ini bisa mengatasi situasi ancaman ini," kata Teha.

Penyebaran virus corona dapat menghinggapi wilayah miskin kapan saja. Banyak diantara orang miskin menjadi buruh orang-orang kaya, yang mungkin tanpa sengaja virus tertularkan. (erlinda puspita wardani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dampak Virus Corona, Pedagang Setuju Batasi Jual Beras hingga Mie Instan

Posted: 17 Mar 2020 09:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Satgas Pangan Polri telah meminta pembatasan penjualan 4 bahan makanan pokok di tengah penyebaran virus corona atau Covid-19. Keempat bahan pangan tersebut antara lain beras, gula, minyak goreng, dan mie instan.

Menyikapi kebijakan itu, Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) menyatakan, telah menerima permintaan tersebut dan menyetujuinya.

"Kami APPSI setuju dan tak mempermasalahkan adanya aturan itu," ucap Wakil Ketua Umum APPSI Ngadiran saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (18/3/2020).

Ngadiran menyampaikan, APPSI juga sudah menerbitkan surat himbauan kepada seluruh pedagang pasar untuk melakukan pembatasan setiap transaksi pembelian pribadi pada 4 bahan pokok pangan yang dimaksud.

"Iya, sudah kami terima. Kami sudah buat dan sebar surat edarannya juga kok (kepada pasar-pasar tradisional di bawah APPSI)," ujar dia.

Lebih lanjut, ia pun tak khawatir aturan pembatasan tersebut pada saat yang sama akan mempersulit para pedagang pasar memperoleh keuntungan dalam menjual stok barangnya di tengah wabah virus corona.

"Enggak. Kalau soal harga juga itu sudah ada yang atur kok. Ya kami ikut saja," pungkas Ngadiran.

Pandemi Covid-19, Satgas Pangan Polri Minta Pengusaha Batasi Penjualan Bahan Pokok

Antrean pengunjung untuk membayar belanjaan mereka di sebuah pusat perbelanjaan kawasan Kelapa Gading, Jakarta, Senin (2/3/2020). Warga berbondong-bondong membeli bahan-bahan pokok hingga masker dan hand sanitizer setelah dua warga Depok positif terinfeksi virus corona. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)
Antrean pengunjung untuk membayar belanjaan mereka di sebuah pusat perbelanjaan kawasan Kelapa Gading, Jakarta, Senin (2/3/2020). Warga berbondong-bondong membeli bahan-bahan pokok hingga masker dan hand sanitizer setelah dua warga Depok positif terinfeksi virus corona. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Satgas Pangan Polri mengawasi ketersediaan bahan pokok di Indonesia di tengah penyebaran virus corona atau Covid-19 yang telah menjadi pandemi global dan bencana nasional.

Kepala Satgas Pangan Polri Brigjen Daniel Tahi Monang Silitonga menyampaikan, pihaknya telah mengirimkan surat pengawasan ketersediaan bahan pokok ke sejumlah pihak terkait.

Seperti Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia(Aprindo), Pusat Koperasi Pedagang Pasar (Puskoppas), (Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia) APPSI, Asosiasi Pedagang Daging Indonesia (APDI), dan Induk Koperasi Pedagang Pasar (Inkopas).

"Tadi malam kita keluarkan itu (surat) agar juga tidak ada yang memanfaatkan situasi," tutur Daniel saat dikonfirmasi, Selasa (17/3/2020).

Menurut Daniel, beberapa komoditas kebutuhan pokok dibatasi pembeliannya untuk pribadi. Seperti beras maksimal 10 kilogram, gula maksimal 2 kilogram, minyak goreng maksimal 4 liter, dan mie instan maksimal 2 dus.

"Ya itu kan teori ekonomi. Makin meningkat (permintaan), makin mahal harganya. Oleh karena itu rakyat makanya tidak usah panik, biasa saja. Tidak usah borong-borong. Biasa saja, kan pangan tersedia," jelas dia.

Satgas Pangan Polri akan menindak tegas pihak yang melakukan pelanggaran pidana, seperti menimbun barang demi menaikkan keuntungan. Namun sejauh ini, belum ditemukan kasus tekait permainan harga bahan pokok.

"Tidak ada, kalau ada kita tindak," kata Daniel menandaskan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Mencegah Penyebaran Virus Corona di Berbagai Tempat, Selalu Waspada

Posted: 17 Mar 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara mencegah penyebaran virus Corona perlu dilakukan di tengah maraknya penyakit ini di Indonesia. Ada beberapa langkah pencegahan penyebaran virus Corona. Untuk mencegah bertambahnya kasus virus Corona di Tanah Air, masyarakat Indonesia diminta untuk tidak panik dan terus menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. 

Meskipun diam di rumah menjadi hal yang tepat dalam melakukan pencegahan penyebaran, namun ada beberapa kegiatan sehari-hari di luar rumah yang tidak bisa dilewatkan.

Ketika kondisi atau kegiatan mengharuskan kamu untuk beraktivitas di luar rumah, maka kamu perlu mengetahui cara mencegah penyebaran virus Corona ketika di luar rumah. Penularan virus yang dapat terjadi antar manusia ke manusia lewat droplet ini perlu selalu diwaspadai.

Berikut cara mencegah penyebaran virus Corona di tempat umum yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (18/3/2020).

Melakukan Social Distancing

Ilustrasi jabat tangan (Sumber: iStockphoto)
Ilustrasi jabat tangan (Sumber: iStockphoto)

Cara mencegah penyebaran virus Corona pertama dengan melakukan social distancing atau menjaga jarak sosial. Langkah ini merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh sejumlah negara dalam penanganan virus Corona.

Social distancing merupakan tindakan yang bertujuan untuk mencegah orang sakit melakukan kontak dalam jarak dekat dengan orang lain untuk mengurangi peluang penularan virus.

Sedangkan menurut Center for Disease Control (CDC) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit yang merupakan badan Departemen Kesehatan dan Layanan Masyarakat Amerika Serikat, social distancing adalah menjauhi perkumpulan, menghindari pertemuan massal, dan menjaga jarak antar-manusia.

Dilansir dari voanews, dampak suksesnya praktek social distancing di Korea Selatan, negara ini tak perlu melakukan lock down. Social distancing dinilai bisa mengurangi risiko penyebaran virus corona karena virus ini menular antarmanusia melalui droplet (partikel air liur) saat penderita bersin atau batuk.

Dalam menjalani social distancing, kamu dapat menjaga jarak minimal dua meter dengan orang lain dan dianjurkan tidak berjabat tangan atau berpelukan saat bertemu orang lain.

Cara Mencegah Penyebaran Corona di Kantor

Ilustrasi orang pakai masker saat wabah Virus Corona COVID-19 di Indonesia. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)
Ilustrasi orang pakai masker saat wabah Virus Corona COVID-19 di Indonesia. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)

Cara mencegah penyebaran virus Corona di kantor dengan menggunakan masker. Pada situasi apapun yang mengharuskan dan melibatkan orang-orang berkumpul, memakai masker merupakan salah satu cara paling efektif untuk melindungi diri dari infeksi akibat Covid-19.

Hal ini dikarenakan virus dapat menyebar melalui percikan cairan yang dapat terhirup. Para pakar pengendalian penyakit menganjurkan masyarakat untuk mengenakan masker selama bekerja. Kecuali tidak ada orang lain di dalam ruangan, maka kamu tidak perlu mengenakannya.

Selain mengenakan masker, kantor juga perlu menerapkan pertukaran udara dan sterilisasi rutin. Lengkapi kantor dengan cairan pembersih tangan dan disinfektan lainnya, serta sediakan masker untuk angota kantor.

Ketika menggelar rapat, pastikan ruang rapat memiliki ventilasi yang baik. Membersihkan dan melakukan disinfeksi pada permukaan meja, gagang pintu, dan lantai sebelum dan sesudah rapat. Kurangi jumlah dan durasi rapat, membatasi kehadiran dan memperbesar jarak antarkaryawan, serta memastikan menggunakan masker.

Cara Mencegah Penyebaran Corona di Tempat Makan

Ilustrasi/copyright shutterstock
Ilustrasi/copyright shutterstock

Cara mencegah penyebaran virus Corona di tempat makan bisa dengan mengenakan masker. Ketika hendak memesan makanan, kamu bisa memakai masker untuk mengurangi penyebaran virusnya.

Pilih tempat duduk dengan ventilasi atau sirkulasi udara yang baik. Alangkah baiknya duduk berjauhan dari pelanggan lain dan menghindari percakapan dengan orang tidak dikenal.

Pastikan bagian dalam masker tetap terjaga bersih ketika melepasnya untuk makan. Kalau tempat makan yang kamu kunjungi ramai, lebih baik memesannya untuk dibawa pulang.

Cara Mencegah Penyebaran Corona di Pusat Perbelanjaan

Pengunjung berada di salah satu pusat perbelanjaan Grand Indonesia. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Pengunjung berada di salah satu pusat perbelanjaan Grand Indonesia. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Frekuensi pergi ke pusat perbelanjaan atau pasar swalayan sebaiknya dilakukan seminim mungkin. Kurangi waktu berada di keramaian atau tempat-tempat tersebut. Kamu juga perlu menjaga jaga aman dengan pembeli lain, minimal 1 meter lebih.

Cara mencegah penyebaran virus Corona juga menyarankan untuk menggunakan metode pembayaran elektronik. Pastikan selalu mengenakan masker dan cuci tangan dengan benar setelah bepergian dan melakukan transaksi jual-beli.

Cara Mencegah Penyebaran Corona di Lift

Ilustrasi Foto Lift (iStockphoto)​
Ilustrasi Foto Lift (iStockphoto)​

Cara mencegah penyebaran virus Corona ketika berada di lift dengan menjaga jarak dengan orang lain. Kamu disarankan untuk menjaga jarak dari satu orang dengan orang lainnya ketika kondisi mengharuskan menggunakan lift.

Hindari kontak langsung dengan besi pegangannya. Selain itu, pastikan untuk tidak menekan tombol lift dengan tangan secara langsung atau tangan telanjang. Kamu bisa menekan tombol menggunakan siku atau melapisi tangan dengan kain.

Cara Mencegah Penyebaran Corona pada Ibu Hamil

Ilustrasi ibu hamil (iStock)
Ilustrasi ibu hamil (iStock)

Wanita hamil tentunya akan melakukan pemeriksaan rutin ke rumah sakit. Pada kondisi ini, rumah sakit sebaiknya menyediakan pintu masuk dan keluar khusus untuk bagian kebidanan.

Jadwal pemeriksaan kehamilan juga harus disesuaikan secara fleksibel sesuai kebutuhan masing-masing orang. Jika memungkinkan, kamu bisa konsultasi kehamilan via internet atau telepon untuk mengurangi penyebaran virus Corona di rumah sakit.

Cara Mencegah Penyebaran Corona di Rumah Sakit

ilustrasi sakit memakai masker/copyright by Tom Wang (Shutterstock)
ilustrasi sakit memakai masker/copyright by Tom Wang (Shutterstock)

Cara mencegah penyebaran virus Corona di rumah sakit sama dengan cara lainnya di atas. Jika bukan dalam keadaan darurat, sebaiknya kamu melakukan reservasi terlebih dahulu.

Pastikan kamu atau anak-anak memakai masker selama berada di rumah sakit dan hindari menyentuh benda-benda dengan tangan telanjang. Pastikan untuk selalu mencuci tangan dan wajah dengan menyeluruh ketika selesai dari rumah sakit atau setibanya di rumah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1 Pegawai KKP Suspect Corona Covid-19

Posted: 17 Mar 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bergerak cepat ketika mengetahui mengenai kabar adanya pegawai yang menjadi suspect Corona Covid-19, antara lain dengan segera berkoordinasi dengan pihak Kementerian Kesehatan.

"Kami bergerak cepat, Pak Menteri Kelautan dan Perikanan sudah menghubungi Menteri Kesehatan agar yang bersangkutan segera dilarikan ke rumah sakit rujukan," kata Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Luar Negeri KKP, Agung Tri Prasetyo dikutip dari Antara, Rabu (18/3/2020).

Agung menerangkan, kondisi pegawai yang dimaksud memang perlu penanganan medis segera. Namun belum bisa dipastikan apakah positif atau negatif Corona Covid-19.

"Kami masih menunggu hasil pemeriksaan. Kami berharap rekan kami ini bisa segera pulih. Kami juga akan mendampingi keluarga yang bersangkutan," papar Agung.

Agung menambahkan, KKP sudah menerapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona Covid-19.

Hal tersebut, lanjutnya, antara lain seperti penyemprotan disinfektan ke seluruh Gedung Mina Bahari I, II, III, dan IV. Kemudian, semua pintu masuk dan keluar gedung maupun ruangan dibiarkan terbuka.

Dengan membiarkan akses pintu terbuka, ujar Agung, maka pegawai tidak menyentuh langsung pintu yang rentan akan penyebaran virus. Selain itu, ujar dia, hand sanitizer juga disebar ke banyak titik di setiap gedung.

 

Kerja dari Rumah

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo melakukan restocking 50.000 ekor ikan nilem ke Waduk GOR Jakabaring. (Foto: KKP)
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo melakukan restocking 50.000 ekor ikan nilem ke Waduk GOR Jakabaring. (Foto: KKP)

Kendati melakukan tindakan pencegahan dengan memberlakukan sistem kerja dari rumah secara bergiliran, Agung memastikan pelayanan KKP tetap berjalan secara optimal.

"Pejabat eselon III ke bawah dapat bekerja dari rumah dengan tetap memperhatikan pelayanan publik masing-masing unit agar berjalan dengan baik dan dikoordinasikan oleh eselon I masing-masing," ucapnya.

Sebelumnya, sejak Minggu 15 Maret 2020, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengeluarkan kebijakan agar jajarannya meningkatkan kewaspadaan.

Melalui surat edaran bernomor B.181/SJ/KP.620/III/2020, terdapat sejumlah ketentuan pemberlakuan sistem kerja di lingkungan KKP, seperti work from home serta peniadaan atau pembatalan kunjungan ke daerah dan luar negeri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Buka Peluang Turunkan Harga BBM

Posted: 17 Mar 2020 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah saat ini mulai membuka peluang penurunan harga bahan bakar minyak (BBM). Hal tersebut menyusul anjloknya harga minyak mentah di pasar dunia yang mencapi USD 30 per barel.

Sebab itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta kepada menteri Kabinet Indonesia maju agar menghitung kembali dampak dari penurunan harga minyak mentah terhadap perekonomian nasional.

"Saya minta dikalkulasi dampak dari penurunan ini pada perekonomian kita terutama BBM, baik BBM bersubsidi atau nonsubsidi," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas melalui teleconference di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/3).

Dia mengatakan saat ini harus merespon dengan kebijakan yang tepat. Dan kata dia Indoensia harus memanfaatkan momentum dan peluang dari penurunan minyak tersebut.

"Ini untuk perekonomian negara kita," lanjut Jokowi.

Kemudian, Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut meminta agar menghitung berapa lama penurunan harga minyak mentah terjadi serta proyeksi harga ke depan.

Perhitungan tersebut, kata dia akan digunakan sebagai dasar bagi pemerintah untuk menerapkan kebijakan lanjutan termasuk ada penurunan harga BBM.

Diketahui, Penurunan harga minyak mentah dunia terus terjadi. Sebab dua produsen utama, Arab Saudi dan Rusia, belum mau memangkas angka produksinya di tengah kekhawatiran penurunan permintaan.

Hal tersebut disebabkan oleh sentimen terhadap penyabaran Covid-19 yang sudah ditetapkan sebagai pandemi global.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

Harga Minyak Dunia Anjlok, Akankah Harga BBM Turun?

Pengendara motor melakukan pengisian baham bakar minyak (BBM) di SPBU, Jakarta, Rabu (5/2/2020). Kesiapan program tersebut didukung oleh komitmen bersama dari 70 Bupati terhadap perizinan pembangunan BBM Satu Harga di wilayah masing-masing. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pengendara motor melakukan pengisian baham bakar minyak (BBM) di SPBU, Jakarta, Rabu (5/2/2020). Kesiapan program tersebut didukung oleh komitmen bersama dari 70 Bupati terhadap perizinan pembangunan BBM Satu Harga di wilayah masing-masing. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Harga minyak dunia semakin terperosok. Mengutip market data BBC, Selasa (17/03/2020), harga minyak Brent (Brent Crude Oil) masih berada di posisi USD 30,72 per barrel dan minyak WTI (West Texas Intermediate Crude Oil) masih dipatok di angka USD 29,92 per barrel.

Anjloknya minyak dunia disebabkan karena perang dingin antara Arab dan Rusia, dimana Arab mencoba mengambil kembali pasar dengan mengguyur pasokan minyak mentah gila-gilaan. Ditambah wabah pandemi Corona yang semakin menjadi-jadi, tidak ada yang bisa dilakukan untuk mengendalikan gejolak harga ini.

Jika harga minyak dunia terus turun, mungkinkah harga Bahan Bakar Minyak (BBM) juga ikut turun?

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, harga minyak dunia yang tidak pasti tidak bisa dijadikan patokan untuk menentukan harga BBM.

"Penurunan BBM? Terlalu awal lah untuk kita memprediksi, kita belum tahu. Nanti kalau Arab dan Rusia damai, harga minyak naik lagi," kata Luhut saat melakukan telekonferens di kantornya kemarin, Senin (16/03/2020).

Ada Peluang Penurunan Harga BBM

Mesin pompa pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU Jakarta, Selasa (26/11/2019). PT Pertamina (Persero) mulai menyediakan solar dengan kandungan 30 persen Fatty Acid Methyl Ester (FAME) yang berbahan baku minyak sawit bagi sektor transportasi maupun sektor industri. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Mesin pompa pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU Jakarta, Selasa (26/11/2019). PT Pertamina (Persero) mulai menyediakan solar dengan kandungan 30 persen Fatty Acid Methyl Ester (FAME) yang berbahan baku minyak sawit bagi sektor transportasi maupun sektor industri. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Adapun, menurut Pengamat Energi sekaligus Direktur Eksekutif ReforMiner Komaidi Notonegoro, meskipun ada peluang untuk menurunkan harga BBM, namun ada beberapa hal yang mempengaruhi penentuan harga tersebut.

"Seharusnya ada peluang untuk bisa turun, namun perlu hati-hati melihatnya," kata Komaidi saat dihubungi Liputan6.com.

Untuk Indonesia, lanjut Komaidi, paling tidak ada 2 variabel utama yang menentukan harga jual BBM, yaitu harga minyak mentah dan nilai tukar rupiah.

"Ada kondisi tertentu ketika harga minyak mentah turun harga BBM belum tentu bisa diturunkan jika pada saat yg sama rupiah melemah yg mana dampaknya sama atau lebih besar dari penurunan harga minyak mentah itu sendiri," imbuhnya.

Seperti saat ini, dimana rupiah baru saja tertekuk hingga ke level Rp 15.010 (per 1 USD), membuat peluang penurunan harga tersebut semakin kecil.

Adapun, penentuan harga juga harus dihitung dengan mekanisme yang hati-hati karena memang, tidak satu negarapun bisa mengontrol harga minyak dunia.

"Harus dihitung dulu sama Pertamina, berapa penurunan akibat harga minyak dan berapa kenaikan akibat kurs rupiah, kemudian selisihnya akan menjadi basis harga bisa turun atau tidak," katanya, mengakhiri. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Karl von Habsburg dari Austria Jadi Anggota Kerajaan Pertama Positif Corona COVID-19

Posted: 17 Mar 2020 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Wina - Karl von Habsburg, pemimpin kerajaan Austria, telah menjalani tes Virus Corona COVID-19. Hasilnya positif. Kini ia menjalani karantina.

Politikus berusia 59 tahun itu merupakan kepala House of Habsburg-Lorraine dan cucu Kaisar Austria terakhir, Charles I dari Austria. Ia telah mengonfirmasi berita itu ke saluran TV Austria oe24, setelah mulai mengalami gejala minggu lalu.

Dia bersikeras bahwa kondisinya 'baik' dan mencap virus 'mengganggu', seraya menambahkan: 'Ini bukan wabah hitam'. (mengacu pada wabah Black Death)

"Saya pikir itu adalah flu biasa. Ketika seorang teman menelepon saya bahwa ia memiliki tes positif di sebuah kongres di Swiss, saya juga diuji," katanya menjelaskan.

Dia kemudian memuji otoritas Austria untuk memastikan tidak panik dengan bertindak semestinya. Demikian seperti dilansir dari Fox News, Rabu (17/3/2020). 

Karl, yang gelar leluhurnya adalah Archduke of Austria, Pangeran Kerajaan Hongaria, Bohemia dan Kroasia, mengungkapkan pekan lalu bahwa dia mengalami gejala-gejala ringan dari Virus Corona COVID-19, termasuk batuk, sakit kepala, dan 'sedikit demam'.

Dia mengatakan kepada salah satu media bahwa dia tetap 'benar-benar sendirian di rumah', menjelaskan: 'Saya punya teman yang menaruh barang belanjaan di pintu saya setiap dua hari.'

"Aku berada di sebuah acara di Swiss sepuluh hari yang lalu, sang archduke menjelaskan. "Ada juga banyak orang Italia di sana."

"Ketika teman saya memanggil saya di sana beberapa hari kemudian dan mengatakan bahwa ia memiliki Virus Corona COVID-19, saya tahu bahwa saya juga harus diuji. Saya mendapat hasilnyna setelah dua hari. '

Dia mengatakan bagaimana dia menelepon hotline dan keesokan paginya, Palang Merah pun mengambil sampel darinya.

Setelah hasil tes positif, ia menerima pemberitahuan dari polisi, memerintahkannya untuk mengisolasi diri.

Anggota Kerajaan Pertama yang Tertular Corona COVID-19

Ilustrasi Virus Corona 2019-nCoV (Public Domain/Centers for Disease Control and Prevention's Public Health Image)
Image)

Karl von Habsburg merupakan bangsawan pertama yang didiagnosis dengan Virus Corona COVID-19.

"Menjadi panic tidak tepat," tegas Karl von Habsburg.

Sebagai langkah pencegahan, Raja Felipe dan Ratu Letizia dari Spanyol juga menjalani pengujian Virus Corona COVID-19 setelah pertemuan ratu dengan Menteri Kesetaraan Irene Montero, yang juga dites positif beberapa waktu kemudian.

Sebuah pernyataan dari pasangan itu kemudian mengkonfirmasi bahwa mereka menjalani pemeriksaan terkait Virus Corona COVID-19.

"Berdasarkan kegiatan publik Yang Mulia Ratu baru-baru ini dan informasi yang dikirimkan oleh Pemerintah, sebagai tindakan pencegahan yang ditunjukkan oleh otoritas kesehatan, Yang Mulia telah melakukan tes pendeteksian COVID terkait...," demikian bunyi pernyataan dari pihak berwenang menurut People.

Keduanya kemudian dinyatakan negatif Virus Corona COVID-19.

Sementara itu, Ratu Elizabeth yang kini berusia 93 tahun dilaporkan akan pindah ke Windsor Castle per Kamis 19 Maret. Lebih awal dari yang direncanakan sebelumnya, untuk menghabiskan liburan Paskah.

Keluarga kerajaan di seluruh dunia telah menangguhkan acara terjadwal dan membatalkan rencana perjalanan sampai penyebaran Virus Corona berkurang. Sang Ratu telah membatalkan pesta kebun tahunannya di Istana Buckingham serta acara tahunan Kamis Putih.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jahe hingga Kunyit Mulai Langka di Pasar

Posted: 17 Mar 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ibu rumah tangga keluhkan kelangkaaan sejumlah bahan rempah di pasar Induk Kramat Jati sejak lima hari terakhir. Hal ini diakibatkan aksi borong yang dilakukan sejumlah orang terkait pandemi Virus Covid-19.

"Sekarang nyari rempah-rempah susah, kayak jahe, temulawak, kunyit. Semua mulai berkurang," kata Lina seorang warga yang tinggal di Kampung Melayu, saat dikonfimasi Merdeka.com, Rabu (18/3/2020).

Ia menyebutkan bahwa kelangkaan sejumlah bahan rempah tersebut, disebabkan oleh aksi borong yang dilakukan sekelompok masyarakat.

Diyakini, rempah ini diolah menjadi ramuan jamu yang dapat mencegah terjangkit virus Corona yang tengah mewabah.

Akibat kelangkaan sejumlah bahan rempah di pasar Induk Kramat Jati, Lina yang juga berstatus ibu rumah tangga merasa terganggu karena diakuinya sejumlah rempah tersebut sangat diperlukan terutama untuk keperluan memasak sehari-hari.

"Ya sekarang harus muter otak, terpaksa ke bumbu instan. Mau enggak mau," imbuhnya.

 

Operasi Pasar

Sederet rempah-rempah tradisional sebagai bahan baku pembuatan jamu. (Liputan6.com/Putu Elmira)
Sederet rempah-rempah tradisional sebagai bahan baku pembuatan jamu. (Liputan6.com/Putu Elmira)

Untuk itu, dirinya meminta pemerintah bersama dinas terkait segera menggelar operasi pasar atau melakukan sidak agar kelangkaan sejumlah bahan rempah dapat segera diatasi.

"Di Pasar induk (Kramat Jati) aja langkah, gimana pasar kecil lainnya," ujar Lina.

Sementara itu Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengatakan bahwa kelangkaan sejumlah rempah yang terjadi di pasar Induk Kramat Jati merupakan kejadian yang bersifat rasional di tengah pandemi virus Covid-19 di Tanah Air.

Dalam pemaparannya, Tulus kemudian meminta masyarakat di berbagai wilayah Tanah Air untuk tetap tenang dan tidak melakukan aksi panic buying. Apalagi, hal ini dianggap dapat memicu terjadinya kelangkaan sejumlah stok bahan pangan, seperti rempah-rempah yang sedang langkah di pasar Induk Kramat Jati.

Untuk itu, ia meminta keseriusan pemerintah dan dinas terkait dalam meningkatkan pengawasan, guna mencegah beberapa oknum melakukan aksi penimbunan sejumlah bahan pangan. Karena jika terjadi kelangkaan stok bahan pangan, tentu akan memicu kenaikan harga pangan yang merugikan masyarakat selaku konsumen.

"Masyarakat, khususnya yang punya uang banyak, jangan egois untuk membeli sebanyak-banyaknya. berkonsumsilah secara rasional," ucap Ketua Harian YLKI.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kang Emil Minta Kepala Daerah Lakukan Proaktif Test Bertahap Cegah Covid-19

Posted: 17 Mar 2020 09:45 PM PDT

 

 

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menekankan agar para kepala daerah beserta jajarannya proaktif tes kepada Orang Dalam Pemantauan (ODP). Hal itu ditegaskan Kang Emil saat menggelar video conference dengan 27 kepala daerah kabupaten/kota terkait Covid-19 di Command Center, Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (16/3).

Oleh karena itu, Pemda Provinsi Jawa Barat memberikan kuota terbatas bagi setiap kabupaten/kota supaya warga yang berstatus ODP melakukan proaktif tes di UPTD Laboratorium Kesehatan (Labkes) Jabar.

"Proaktif tes itu dilakukan kepada yang mayoritas ODP (Orang Dalam Pemantauan) yang datang dari luar negeri dari negara yang dicurigai terpaparnya lebih banyak. Dan memang secara statistik semakin mendekati, kita akan memberikan prioritas bantuan kepada daerah-daerah yang mendekati kota Jakarta, seperti Depok," kata Kang Emil.

Menurut Kang Emil proses proaktif tes makin intensif dilakukan, untuk memperluas jaringan informasi dan situasi. "Ini yang kami harapkan bisa hadir dengan informasi yang sejelas-jelasnya."

Kang Emil mengatakan, proaktif tes dapat dilakukan secara bertahap. Artinya, tidak semua masyarakat bisa melakukan proaktif tes dalam waktu berdekatan.

"Jadi, proaktif tes ini dilakukan secara bertahap. Tahap pertama untuk para ODP dan PDP yang mengantre terlalu lama di Jakarta," jelasnya. 

Jika sudah selesai dan test kit makin banyak, maka masuk ke tahap dua, yaitu masyarakat yang merasa tidak nyaman, tapi tetap dalam kendali keputusannya dari pemerintah.

"Tidak bisa versi dari masyarakat saja, karena kalau versi masyarakat semua ingin tes juga kapasitasnya tidak memungkinkan, kita penduduk hampir 50 juta," tambahnya.

 

Kurangi Kegiatan di Luar

Menurut Kang Emil, upaya proaktif tes yang digagas Pemda Provinsi Jabar pun mendapat apresiasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Kami juga sudah konsultasi ke Pak Doni Monardo (Kepala BNPB), yang juga mengapresiasi proaktif tes itu, sehingga juga akan membantu sesuai kewenangannya test kit yang lebih banyak," katanya.

"Saya juga sudah konsultasi juga tadi malam dengan Menteri Dalam Negeri, Pak Tito Karnavian yang mengapresiasi Pikobar (Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jabar) Jabar ini. Beliau akan mengirimkan tim sebagai studi banding agar provinsi lain yang datanya masih blank, itu bisa mengikuti apa yang dilakukan di Jawa Barat," tambahnya.

Selain itu, Kang Emil menyatakan bahwa penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 adalah tugas bersama. Terlebih, BNPB sudah menetapkan Covid-19 sebagai bencana nasional non-alam.

Kang Emil pun mengimbau kepada warga Jabar agar kegiatan yang melibatkan massa untuk dikurangi atau ditunda. Selain itu, dia meminta destinasi wisata yang bisa dikunjungi orang dalam jumlah banyak ditutup sementara.

"Saya sampaikan minimal dalam dua minggu dari sekarang dikurangi dibukanya tempat-tempat wisata yang sifatnya berkerumun dan massal," katanya.

"Tapi kalau Pangandaran, bupatinya per hari ini masih pengen membuka seperti biasa, tapi saya sudah arahkan sebaiknya dua minggu ini ikuti arahan pemerintah provinsi," imbuhnya.

Guna memastikan stok pangan di Jabar aman, Kang Emil meminta sejumlah pihak untuk memonitor ketersediaan kebutuhan pangan masyarakat.

"Antisipasi itu sudah dilakukan oleh rapat Pak Sekda (Jabar), Bulog, dan dinas-dinas terkait untuk sembako," katanya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 6 Warga di Surabaya Dinyatakan Positif Corona

Posted: 17 Mar 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta 6 orang dirawat di sejumlah rumah sakit di Surabaya Jawa Timur. Mereka dinyatakan positif terjangkit virus corona. Gubernur Jawa Timur meminta warganya agar tetap tenang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Juventus Perintahkan Karantina, Paulo Dybala Malah Bermesraan dengan Pacar

Posted: 17 Mar 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Turin- Juventus telah menginstruksikan para pemainnya untuk melakukan karantina di rumah masing-masing. Langkah ini diambil I Bianconeri guna mencegah penularan virus corona Covid-19.

Keputusan karantina mandiri diambil Juventus setelah pekan lalu bek mereka Daniele Rugani positif terjangkit virus corona Covid-19. Rugani menjadi pemain Serie A pertama yang positif.

Tak tanggung-tanggung Juventus mengkarantina 121 orang baik pemain, staf pelatih, pengurus klub maupun pekerja lain yang dikhawatirkan melakukan kontak dengan Rugani.

Terbukti kini ada satu pemain Juventus lain yang terkena virus corona covid-19 yakni gelandang Blaise Matuidi. Pria Prancis itu dinyatakan positif pada Selasa (17/3/2020) waktu setempat.

Meski diperintahkan menjalani isolasi, ternyata tak semua pemain Juventus mendengarkan instruksi tersebut. Penyerang Paulo Dybala malah asyik bermesraan dengan pacarannya Oriana Sabatini.

 

 

 

Olahraga Ringan

Hal ini terungkap dari Insta Story Sabatini. Dalam video tersebut, Dybala dan Sabatini bermesraan sembari berolahraga ringan di rumah. Sabatini dan Dybala saling berpengangan. Sabatini berada di atas tubuh Dybala sebelum kemudian duduk di pangkuan pemain Argentina itu.

Aksi Dybala dan Sabatini ini tentu berisiko. Pasalnya Dybala dan Sabatini saling bersentuhan. Dybala sendiri diduga kuat sempat berinteraksi dengan Rugani dan Matuidi pekan lalu saat pertandingan melawan Inter Milan

Aksi Dybala dan Pacar

Dybala sendiri tak mengunggah kegiatan bareng Sabatini ini di media sosialnya. Dybala hanya sempat mengunggah aktivitasnya saat membuat makanan di rumah.

 

 
 
 
View this post on Instagram

Expectation vs Reality - Dybala & his GF edition 😂 @paulodybala @orianasabatini

A post shared by Italian Football TV (IFTV) (@italianfootballtv) on

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Obat-Obatan yang Perlu Disiapkan Selama Isolasi karena Virus Corona Covid-19

Posted: 17 Mar 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Pemerintah sudah membantasi gerak masyarakat dengan keputusan isolasi mandiri di rumah karena mewabahnya virus corona covid-19. Tak hanya menjaga jarak sosial, Anda juga harus menjaga pola hidup bersih dan melakukan isolasi diri sendiri di rumah.

Saat ini, penting untuk menjaga jarak minimal satu meter dari orang yang batuk atau bersin di dekat Anda dan menjaga pola hidup bersih seperti rajin mencuci tangan dengan sabun; tutupi wajah dengan tisu atau siku saat batuk atau bersin, lalu buang tisu ke tempat sampah; hindari menyentuh mata, hidung dan mulut; bersihkan permukaan dan benda yang sering Anda sentuh; cari pertolongan medis jika Anda memiliki gejala; serta hindari kontak langsung dengan hewan di daerah terdampak Virus Corona COVID-19.

Karena masker longgar atau masih memiliki celah sehingga tidak dapat sepenuhnya mencegah yang lewat di udara. Masker lebih berguna dalam menjaga orang yang terinfeksi agar tidak mempengaruhi orang lain.

Namun karena vaksin untuk virus corona Covid-19 belum ada, dan tenaga medis hanya bisa mengatasi gejalanya, ada beberapa obat yang harus Anda persiapkan saat mengalami gejala (setelah menghubungi tenaga medis dan menunggu mereka datang ke rumah Anda untuk memeriksa kondisi Anda), dilansir dari Aljazeera.

Hubungi Hotline

Liu Huan (kanan), petugas medis dari Provinsi Jiangsu, memasuki sebuah bangsal ICU Rumah Sakit Pertama Kota Wuhan di Wuhan, Provinsi Hubei, 22 Februari 2020. Tenaga medis dari seluruh China mengerahkan upaya terbaik mereka untuk mengobati para pasien COVID-19 di rumah sakit itu. (Xinhua/Xiao Yijiu)
Liu Huan (kanan), petugas medis dari Provinsi Jiangsu, memasuki sebuah bangsal ICU Rumah Sakit Pertama Kota Wuhan di Wuhan, Provinsi Hubei, 22 Februari 2020. Tenaga medis dari seluruh China mengerahkan upaya terbaik mereka untuk mengobati para pasien COVID-19 di rumah sakit itu. (Xinhua/Xiao Yijiu)

Jika Anda merasakan gejala seperti flu, dan pernah kontak dengan orang yang positif COVID-19, segera hubungi hotline dan jelaskan kondisi Anda.

Jangan pergi ke rumah sakit atau klinik karena untuk saat ini Anda akan semakin rentan tertular Virus Corona Covid-19. Tetap tinggal di rumah hingga tenaga medis yang Anda hubungi datang dan memeriksa Anda.

Juga, siapkan beberapa obat bebas, seperti obat demam, diare, dan batuk untuk persediaan selama sebulan. Jangan membeli obat anti-inflamasi tanpa resep dokter.

 

Minum Parasetamol

Menteri Kesehatan Prancis Olivier Veran mengatakan di Twitter pada hari Sabtu, untuk menghilangkan rasa sakit atau demam di rumah, lebih baik menggunakan parasetamol karena obat antiinflamasi yang dijual bebas dapat memperburuk virus corona.

"Mengonsumsi obat anti-inflamasi (ibuprofen, kortison) bisa menjadi faktor yang memperburuk infeksi. Jika demam, minum parasetamol. Jika Anda sudah mengonsumsi obat antiinflamasi, mintalah saran dokter," kata Veran.

Paracetamol mampu mengurangi demam tanpa menyerang balik dengan peradangan. Sedangkan obat anti-inflamasi diketahui berisiko bagi mereka yang memiliki penyakit menular karena cenderung mengurangi respon sistem kekebalan tubuh.

Bawang Putih dan Antibiotik?

bawang putih | unsplash.com/@gaellemarcel
bawang putih | unsplash.com/@gaellemarcel

Bagaimana dengan bawang putih? Bawang putih memang memiliki beberapa sifat antimikroba, tetapi tidak ada bukti bahwa makan bawang putih mampu melindungi orang dari Covid-19, menurut WHO.

Antibiotik hanya bekerja pada bakteri. Mereka tidak bekerja melawan virus. Sedangkan Covid-19 disebabkan oleh virus, oleh karena itu antibiotik tidak boleh digunakan sebagai pengobatan.

Saksikan Video terkait Virus Corona di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gugus Tugas Virus Corona Tegaskan Covid-19 Bukan Akibat Perilaku Negatif

Posted: 17 Mar 2020 09:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tim Pakar Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Memahami Risiko Corona, Wiku Adisasmito meminta masyarakat berhenti membuat stigma terhadap pasien positif virus corona atau Covid-19. Dia menegaskan, Covid-19 bukan akibat perilaku negatif. 

"Hindari stigmatisasi di masyarakat, semua menyampaikan nama siapa yang terkena, terinfeksi, apalagi kalau itu pejabat publik dan ada stigma. Penyakit ini disebabkan virus dan tidak ada kaitannya dengan perilaku negatif. Yang terkena juga harus sadar diri bukan karena perilaku negatif," ujar Wiku di Kantior Graha BNPB, Jakarta Timur, Rabu (18/3/2020).

Wiku menyebut, tiap orang dapat secara tidak sadar terjangkit Covid-19saat melakukan aktivitas publik atau pun mendatangi keramaian. Untuk itu, perlu kesadaran untuk menerapkan antisipasi pencegahan.

"Pertama, cuci tangan dengan sabun. Caranya sesuai WHO, mencakup pergelangan tangan sehingga benar-benar bersih. Kemudian ada hand sanitizer. Pastikan mengandung alkohol sehingga dapat membunuh virus tersebut," jelas dia.

Untuk yang sedang batuk pilek, lanjutnya, perlu menggunakan masker. Bahkan untuk masyarakat umum yang tidak dapat menghindari aktivitas di tempat ramai pun perlu menggunakan masker, atau sekedar proteksi sapu tangan.

"Penyakit ini dapat sembuh sendiri selama daya tahan tubuh manusia memadai untuk itu. Kalau kita ingat, masyarakat dunia relatif sehat, maka dari itu kesehatannya tinggi. Kalau sakit, daya tahan tubuhnya yang akan melawan.

Menurut dia, Covid-19 bisa sembuh sendiri dengan antibodi dan imunitas manusia. "Virus ini dalam bahasa ilmiah disebut antigen. Masuk tubuh manusia dilawan antibodi. Kalau antibodi banyak, maka orang itu dapat sembuh," Wiku menandaskan.

Alasan Tak Lakukan Lockdown

Petugas melewati layar pemantau yang menunjukan penyebaran virus corona (COVID-19) di Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Senin (9/3/2020). Dari 3.580 orang yang menghubungi Posko COVID-19 DKI Jakarta, ada 64 kasus kategori Orang Dalam Pantauan dan 56 Pasien Dalam Pengawasan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas melewati layar pemantau yang menunjukan penyebaran virus corona (COVID-19) di Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Senin (9/3/2020). Dari 3.580 orang yang menghubungi Posko COVID-19 DKI Jakarta, ada 64 kasus kategori Orang Dalam Pantauan dan 56 Pasien Dalam Pengawasan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Wiku Adisasmito juga menyampaikan, alasan mengapa pemerintah Indonesia tidak menerapkan lockdown atau karantina wilayah terkait pandemi Covid-19. Hal itu berkaitan dengan aktivitas perekonomian masyarakat.

"Di Indonesia banyak sekali yang bekerja mengandalkan upah harian. Itu menjadi salah satu kepedulian pemerintah, supaya aktivitas ekonomi tetap berjalan," tutur Wiku di Kantor Graha Bafan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Rabu (18/3/2020).

Untuk itu, Wiku melanjutkan, pemerintah memilih untuk mengajak masyarakat melakukan pembatasan interaksi sosial atau social distancing terkait Covid-19. Hal itu didukung dengan kebijakan setiap kepala daerah di antaranya meliburkan sekolah dan menutup sementara tempat wisata.

"Lockdown artinya membatasi betul-betul satu wilayah atau daerah dan itu memiliki implikasi ekonomi, sosial, keamanan. Maka itu kebijakan belum bisa diambil saat ini. Kembali social distancing yang paling penting," jelas dia.

Menurut Wiku, mekanisme penularan virus corona yang sejauh ini diketahui adalah melalui kontak penderita dengan orang lain secara langsung.

"Jadi dengan yang demam, batuk ringan, yang berbahaya itu batuknya. Maka harus jaga jarak sehingga tidak mengenai kita. Batuk, bisa karena ini (Covid-19) atau yang lain, tapi karena ada hal ini (kasus virus corona), maka kita social distancing," Wiku menandaskan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tersandung Kasus Narkoba, 5 Artis Ini Diciduk Polisi Bareng Pasangan

Posted: 17 Mar 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kasus narkoba memang dekat dengan para selebriti. Sudah banyak selebriti yang ketahuan mengonsumsi narkoba hingga ditangkap oleh polisi.

Terbaru, artis Tanag Air yang ditangkap polisi ialah pasangan Vanessa Angel dan Bibi. Pada Senin (16/3/2020) malam pasangan ini diamankan oleh Satresnarkoba Polres Metro Jakarta Barat. Saat ini keduanya telah menjalani pemerikasaan.

Dari hasil pemeriksaan Bibi Ardiansyah, suami Vanessa Angel dinyatakan positif mengonsumsi narkoba, sedangkan Vanessa Angel negatif. Dalam kondisi sedang hamil, Vanessa Angel yang sudah diperiksa polisi ini pun sudah diperbolehkan pulang, Selasa (17/3/2020).

Penyalahgunaan narkoba yang pernah menjerat pasangan selebriti ini ternyata tidak hanya terjadi pada Vanessa Angel. Sebelumnya cukup banyak selebriti yang ditangkap bersama dengan pasangannya. Baik itu pasangan suami istri maupun dengan kekasihnya.

Berikut 5 seleb yang diciduk polisi bareng pasangan karena kasus penyalahgunaan narkoba yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (18/3/2020).

1. Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah

Vanessa Angel dan Bibie (Sumber: YouTube/Vanessa Angel TV)
Vanessa Angel dan Bibie (Sumber: YouTube/Vanessa Angel TV)

Pasangan suami istri, Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah diciduk polisi karena dugaan kasus narkoba. Keduanya diamankan oleh polisi pada Minggu (16/3/2020) malam oleh Satresnarkoba Polres Metro Jakarta Barat.

Usai ditangkap keduanya pun menjalani serangkaian pemerikasaan. Dalam hasil pemeriksaan, suami Vanessa Angel, Bibi pun dinyatakan positif menggunakan narkoba, Selasa (17/3/2020).

"Satu orang positif, dua orang negatif. Yang positif FA alias BB," kata Kombespol Audie saat ditemui di Polda Metro Jakarta Barat, Selasa (17/3/2020).

2. Lucinta Luna dan Abash

Abash, Kekasih Lucinta Luna (Sumber: Instagram/
Abash, Kekasih Lucinta Luna (Sumber: Instagram/

Lucinta Luna sempat menghebohkan saat ia ditangkap atas kasus narkoba. Lucinta Luna pada waktu itu ditangkap bersama dengan kekasihnya Abash di apartemen Thamrin City, Selasa (11/2/2020).

Usai menjalani pemeriksaan, Lucinta Luna pun positif menggunakan amphetamine. Sedangkan Abash dinyatakan sebagai saksi dan dibebaskan. Saat ini Lucinta Luna ditahan di Rutan Pondok Bambu.

3. Nunung dan Iyan Sambiran

Pelawak Tri Retno Prayudati atau Nunung Srimulat dan suaminya July Jan Sambiran menuju ruang tahanan sebelum menjalani sidang perdana di PN Jakarta Selatan, Rabu (2/10/2019). Nunung dan July Jan Sambiran akan mendengar pembacaan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Pelawak Tri Retno Prayudati atau Nunung Srimulat dan suaminya July Jan Sambiran menuju ruang tahanan sebelum menjalani sidang perdana di PN Jakarta Selatan, Rabu (2/10/2019). Nunung dan July Jan Sambiran akan mendengar pembacaan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pasangan suami istri Nunung dan Iyan Sambiran ditangkap polisi karena kepemilikan narkoba jenis sabu di rumahnya, Jumat (19/7/2019). Dari hasil pemeriksaan diketahui, ternyata Nunung  telah mengonsumsi sabu sejak lima bulan.

Saat tes urine Nunung dan suami pun dinyatakan positif. Saat putusan persidangan, pasangan ini mendapat vonis 1,5 tahun penjara.

4. Dhawiya Zaida dan Muhammad

Seperti diketahui, Dhawiya Zaida serta kakaknya, Syechans, kakak iparnya (istri Syechans) Chauri Gita dan tunangan Dhawiya, Muhammad ditangkap polisi akibat penyalahgunaan narkoba. Sabu dan beberapa alat bukti lain diamankan. (Istimewa)
Seperti diketahui, Dhawiya Zaida serta kakaknya, Syechans, kakak iparnya (istri Syechans) Chauri Gita dan tunangan Dhawiya, Muhammad ditangkap polisi akibat penyalahgunaan narkoba. Sabu dan beberapa alat bukti lain diamankan. (Istimewa)

Putri pedangdut Elvy Sukaesih mengejutkan publik dengan ditangkapnya dirinya bersama dengan suami atas kepemilikan narkoba Februari 2018 lalu. Dhawiya Zaida bersama dengan suaminya Muhammad ditangkap oleh polisi di rumahnya di kawasan Cawang, Jakarta Timur, oleh Ditresnarkoba Polda Metro Jaya pada 16 Februari 2018.

Dalam penangkapannya polisi menemukan sabu dari Dhawiya dengan berat 0,45 gram dan 0,49 gram beserta alat hisap. Sedangkan dari Muhammad polisi menemukan sabu 0,38 gram. Keduanya menjalani 1,5 tahun rehabilitasi.

5. Tora Sudiro dan Mieke Amalia

Tora Sudiro dan Mieke Amalia (Sumber: Instagram/@t_orasudi_ro)
Tora Sudiro dan Mieke Amalia (Sumber: Instagram/@t_orasudi_ro)

Pasangan seleb Tora Sudiro dan Mieke Amalia juga pernah berurusan dengan penyalahgunaan narkoba. Atas tindakannya ini ia pun pernah ditangkap oleh polisi bersama istrinya tersebut pada 3 Agustus 2017 lalu.

Dalam penangkapannya polisi menyita barang bukti 30 butir pil yang diduga jenis psikotropika. Dalam tes urin keduanya pun dinyatakan positif. Namun dalam perjalanan kasusnya hanya Tora yang ditetapkan tersangka.

Ia pun harus menjalani rehabilitasi di RSKO hingga akhirnya bebas pada 12 Agustus 2017 usai polisi mengeluarkan surat penangguhan penahanannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Negatif Virus Corona

Posted: 17 Mar 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) basuki Hadimuljono dinyatakan negatif virus Corona. Hal tersebut diungkap setelah hasil tes covid-19 pertama di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto (RSPAD) keluar pada Selasa sore kemarin.

Dikutip dari akun instagram resmi Kementerian PUPR, Rabu (18/3/2020), Menteri Basuki dalam keadaan sehat wal afiat sebagaimana hasil test COVID-19 pertama di RSPAD yang diketahui sore ini (Selasa, 17 Maret 2020) dan dinyatakan negatif virus Corona.

Pada Selasa kemarin, Menteri Basuki tetap melakukan kegiatan seperti yang diarahkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yaitu bekerja dari rumah.

 
 
 
View this post on Instagram

Pada hari ini, Selasa, 17 Maret 2020, Menteri Basuki menjalankan tugas rutin dan mengikuti beberapa kegiatan penting dari kediaman. Dari pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB, Menteri Basuki mengikuti 2 (dua) Rapat Terbatas (Ratas) yang dipimpin Presiden Jokowi dan Wapres KH Ma'ruf Amin dengan video conference. Pertama tentang Pengembangan Kawasan Pariwisata Mandalika, termasuk persiapan penyelenggaraan MotoGP di Mandalika tahun 2021. Kedua tentang Evaluasi Pelaksanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana di NTB. Agenda lanjutan adalah memimpin Rapat Pimpinan (Rapim) bersama Pejabat Tinggi Madya Kementerian PUPR dari kediaman yang dilakukan juga dengan video conference. Rapim dimulai pukul 14.00 WIB dan berakhir pukul 16.00 WIB membahas utamanya tentang pola operasi kerja staf PUPR dalam situasi krisis Pandemi COVID-19, serta percepatan pelelangan dan pelaksanaan kegiatan TA 2020 yang difokuskan untuk mengatasi dampak sosial-ekonomi Pandemi COVID-19, seperti kegiatan Padat Karya Tunai (cash for work). Alhamdulillah Menteri Basuki dalam keadaan sehat wal afiat sebagaimana hasil test COVID-19 pertama di RSPAD yang diketahui sore ini (Selasa, 17 Maret 2020) dan dinyatakan negatif virus Corona. Semoga kita semua, rakyat Indonesia dimanapun berada, selalu diberikan kekuatan, kesehatan dan keselamatan dalam melalui masa-masa sulit dalam Pandemi COVID-19. Aamiin yRa

A post shared by Kementerian PUPR (@kemenpupr) on

Dari pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB, Menteri Basuki mengikuti dua Rapat Terbatas (Ratas) yang dipimpin Presiden Jokowi dan Wapres KH Ma'ruf Amin dengan video conference.

Pertama tentang Pengembangan Kawasan Pariwisata Mandalika, termasuk persiapan penyelenggaraan MotoGP di Mandalika tahun 2021. Kedua tentang Evaluasi Pelaksanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana di NTB.

Agenda lanjutan adalah memimpin Rapat Pimpinan (Rapim) bersama Pejabat Tinggi Madya Kementerian PUPR dari kediaman yang dilakukan juga dengan video conference.

Rapim dimulai pukul 14.00 WIB dan berakhir pukul 16.00 WIB membahas utamanya tentang pola operasi kerja staf PUPR dalam situasi krisis Pandemi COVID-19, serta percepatan pelelangan dan pelaksanaan kegiatan TA 2020 yang difokuskan untuk mengatasi dampak sosial-ekonomi Pandemi COVID-19, seperti kegiatan Padat Karya Tunai (cash for work).

 

Tanggapan Netizen

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (tengah) dan Menhub Budi Karya Sumadi mengikuti rapat kerja dengan Komisi V DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (28/1/2020). Rapat membahas evaluasi penanganan sarana dan prasarana transportasi perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (tengah) dan Menhub Budi Karya Sumadi mengikuti rapat kerja dengan Komisi V DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (28/1/2020). Rapat membahas evaluasi penanganan sarana dan prasarana transportasi perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Postingan akun instagram Kementerian PUPR tersebut mendapat tanggapan dari banyak netizen. Salah satunya adalah akun @noorvadli yang mengingatkan kepada Menteri Basuki agar tak lupa istirahat

"Kalau pekerjaan, percaya deh sama Bapak, yang penting jangan lupa istirahat Pak," tulisnya.

Begitu pula dengan akun @unique_agnes yang memberikan selamat kepada Menteri Basuki. "Puji Tuhan hasilnya negatif...sehat trus pak Bas....Tuhan berkati🙏🙏🙏" tulis dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mantan Presiden Real Madrid Terinfeksi Virus Corona COVID-19

Posted: 17 Mar 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Mantan presiden Real Madrid, Lorenzo Sanz, menjadi salah satu orang yang terinfeksi virus corona COVID-19 di Spanyol. Pria berusia 76 tahun itu sekarang masih dalam perawatan intensif.

Seperti dilansir Marca, Presiden Real Madrid pada periode 1995-2000 tersebut saat ini berada dalam Instalasi Gawat Darurat (IGD) di salah satu rumah sakit di Kota Madrid.

Lorenzo Sanz telah menderita demam tinggi selama beberapa hari. Setelah dokter melakukan pemeriksaan, Lorenzo Sanz dinyatakan positif tertular virus corona COVID-19.

Kondisi Lorenzo Sanz masih dalam tahap serius sehingga perlu penanganan esktra. Seperti diketahui, virus corona COVID-19 lebih rentan menular ke orang lanjut usia hingga dapat berdampak lebih buruk.

Kasus penularan virus corona terus meningkat di Spanyol yang hingga Selasa (17/3/2020) malam waktu setempat telah mencapai lebih dari 11 ribu orang positif. Kematian di Spanyol sudah menyentuh angka 533 dan berpotensi bertambah, sedangkan yang sembuh mencapai 1.028 orang.

Jasa Lorenzo Sanz

Fernando Redondo, bintang Real Madrid era kepemimpinan Lorenzo Sanz. (AFP)
Fernando Redondo, bintang Real Madrid era kepemimpinan Lorenzo Sanz. (AFP)

Lorenzo Sanz sosok yang dihormati karena jasanya untuk Real Madrid di masa lalu. Semasa kepemimpinannya, Los Blancos berhasil menyabet dua gelar Liga Champions.

Selain itu, Lorenzo Sanz juga dianggap berjasa dalam mendatangkan sederet pemain bintang ke Santiago Bernabeu kala itu. Sebut saja nama Fernando Redondo, Clarence Seedorf, Davor Suker, sampai Roberto Carlos sukses ia datangkan.

 

Perbandingan dengan Perez

Saat ini, Florentino Perez masih menjabat sebagai Presiden Real Madrid hingga 2021. Prestasi Perez lebih mentereng ketimbang Sanz selama menjadi orang nomor satu di Los Blancos.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ikut Perangi Virus Covid 19, Pengusaha Siap Berdonasi hingga Bagikan Masker

Posted: 17 Mar 2020 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) menyatakan siap membantu memerangi Virus Corona atau Covid 19 yang saat ini tengah merebak di Tanah Air.

Hal ini terungkap saat Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri rapat bersama Kamar Dagang Indonesia (Kadin) untuk membahas pandemi virus corona atau Covid-19 di Menara Kadin, Jakarta Selatan, Selasa kemarin (17/3/2020).

Kalla hadir sebagai Ketua Umum Palang Merah Indonesia atau PMI. Dia pun menyinggung soal transmisi Virus Corona yang dapat menimpa siapa pun. "Saya ada satu catatan. Virus ini tidak pilih-pilih," ujar dia, seperti dikutip Rabu (18/3/2020).

Kalla pun mengimbuhkan jika Virus Corona yang sudah menginfeksi puluhan ribu orang di dunia tak bisa terdeteksi keberadaannya. Bahkan, virus itu menyerang tubuh tokoh-tokoh negara seperti menteri-menteri.

Teranyar, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dinyatakan positif Corona. Adapun virus itu juga menginfeksi Wakil Presiden Iran Eshaq Jahangiri dan istri Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez, Begona Gomez.

Dalam pertemuan, Ketua Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani mengaku siap membantu PMI dan DMI untuk memerangi penyebaran Covid 19 dengan mengumpulkan donasi dari pelaku usaha.

Menurut Rosan, meski saat ini dunia usaha dalam kondisi packelik namun pihaknya siap membantu bersama sama elemen bangsa lainnya untuk memerangi Virus Covid 19 yang sudah menyebar.

Kadin juga akan membentuk tim kecil untuk mengumpulkan donasi dari para pelaku usaha baik berupa uang tunai maupun bentuk barang berupa masker, hand sanitiser ataupun lainnya.

Indonesia Paparkan Penanganan Dampak Virus Corona ke 119 Negara

Menparekraf Wishnutama menjalani pemeriksaan suhu tubuh saat akan memasuki Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (3/3/2020). Istana Kepresidenan memperketat pemeriksaan terhadap tamu, ASN, dan pejabat negara untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19). (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Menparekraf Wishnutama menjalani pemeriksaan suhu tubuh saat akan memasuki Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (3/3/2020). Istana Kepresidenan memperketat pemeriksaan terhadap tamu, ASN, dan pejabat negara untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara bersama Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Mahendra Siregar melakukan video conference dengan 119 perwakilan negara asing terkait situasi penanganan wabah virus corona (COVID-19) di Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Suahasil menyampaikan bahwa pemerintah sudah menyiapkan berbagai kebijakan untuk meminimalisir dampak wabah virus corona terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Menurutnya isu ini pun sudah menjadi prioritas dan telah diputuskan untum menggunakan APBN dan sumber lain untuk menangani wabah virus asal China itu.

"Anggaran belanja kementerian atau Lembaga dan pemerintah daerah juga sudah diarahkan agar penggunaannya diutamakan untuk penanganan COVID-19 dari sisi kesehatan," jelas Suahasil dikutip dari laman resminya, Rabu (18/3).

Selain itu, Suahasil juga memahami wabah virus corona ini akan memberikan dampak pada kegiatan ekonomi masyarakat sehari-hari. Sektor Industri, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dan sektor keuangan yang diperkirakan akan merasakan dampaknya.

"Oleh karenanya, pemerintah telah menyiapkan berbagai stimulus fiskal untuk tetap menjaga daya beli masyarakat," katanya.

Untuk menjaga kondisi pasar keuangan, Kementerian Keuangan bersama Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) terus mengawasi kondisi pasar global dan menyelaraskan kebijakan terkait pasar keuangan dengan kondisi global.

Indonesia akan terus menjaga integritas dalam pengelolaan pasar keuangan agar dapat terus meningkatkan kepercayaan investor.

"Kami berharap dengan anggaran yang disediakan oleh pemerintah, kondisi ini akan cepat teratasi. Kami juga berharap volatilitas kondisi global akan segera menurun, melihat kondisi di beberapa negara yang terdampak COVID-19 sudah mulai berangsur baik dan semoga dapat membawa optimisme bagi pertumbuhan ekonomi global," ucapnya lagi.

Sementara itu, Wamenlu Mahendra Siregar juga turut memberikan pemaparan secara umum yang telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia dalam penanganan isu wabah covid-19. Utamanya kebijakan yang akan diberlakukan oleh Kementerian Luar Negeri atas berbagai kegiatan yang melibatkan partisipasi dari negara asing yang bekerja sama dengan Indonesia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

Tonton Video Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Capai Rp 15.224 per Dolar AS Efek Ancaman Resesi Global Mencuat

Posted: 17 Mar 2020 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus melemah pada hari ini. Pada pukul 11.19 WIB, rupiah tembus 15.224 per dolar AS. Penyebaran virus corona masih menjadi sentimen paling tinggi dalam pelemahan rupiah ini.

Mengutip Bloomberg, Rabu (18/3/2020), rupiah dibuka di angka 15.085 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 15.172 per dolar AS. Menjelang siang ini, rupiah terus tertekan hingga ke 15.224 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 15.085 per dolar AS hingga 15.224 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah tertekan 9,79 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 15.223 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan sebelumnya yang ada di angka 14.083 per dolar AS.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra di Jakarta, Rabu, mengatakan, sebagian aset berisiko bergerak positif pagi ini terpicu oleh pengumuman stimulus pemerintah AS sebesar 1 triiliun dolar AS semalam.

"Ini mungkin bisa membantu menahan pelemahan rupiah hari ini," ujar Ariston seperti dikutip dari Antara, Rabu (18/3/2020).

Sementara itu, lanjut Ariston, pasar yang khawatir mengenai dampak negatif COVID-19 terhadap perekonomian, bakal menghalangi penguatan aset berisiko tersebut.

 

Ancaman Resesi

Pegawai menunjukkan mata uang rupiah di penukaran uang di Jakarta, Rabu (4/3/2020). Rupiah ditutup menguat 170 poin atau 1,19 persen menjadi Rp14.113 per dolar AS dibandingkan posisi hari sebelumnya Rp14.283 per dolar AS. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pegawai menunjukkan mata uang rupiah di penukaran uang di Jakarta, Rabu (4/3/2020). Rupiah ditutup menguat 170 poin atau 1,19 persen menjadi Rp14.113 per dolar AS dibandingkan posisi hari sebelumnya Rp14.283 per dolar AS. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

S&P global mengumumkan hasil risetnya kemarin malam bahwa ekonomi global akan mengalami resesi di 2020 karena dampak COVID-19 dan memangkas proyeksi pertumbuhan PDB negara besar seperti China, AS dan Zona Euro.

Proyeksi pertumbuhan global 2020 oleh S&P yang sebelumnya di Desember 2019 tumbuh 3,3 persen, revisi terbaru menyebutkan hanya tumbuh 1-1,5 persen.

China direvisi hanya tumbuh 2,7-3,2 persen dari sebelumnya 5,7 persen. AS direvisi 0,5-0 persen dari sebelumnya 1,9 persen. Zona Euro direvisi minus 1-0,5 persen dari sebelumnya 1 persen.

Ariston memprediksi rupiah hari ini akan bergerak di kisaran Rp15.000 per dolar AS hingga Rp15.270 per dolar AS.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Mahasiswa IPB Positif Corona, Ini Reaksi Pemkot Bogor

Posted: 17 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang mahasiswa Institut Pertanian Bogor atau IPB dinyatakan positif terjangkit virus corona. Pemerintah Kota Bogor ambil sejumlah langkah untuk merespon temuan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Layanan Wajib Pajak Jatim Tetap Berjalan dengan Protokol Berbeda

Posted: 17 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur menerapkan protokol cegah COVID-19 untuk melayani wajib pajak di Kantor Bersama Samsat di tengah merebaknya virus corona atau COVID-19.

"Layanan Samsat tetap buka sesuai jam pelayanan, namun diterapkan Protokol Cegah COVID-19," ujar Kepala Bapenda Jatim Boedi Prijo Soeprajitno kepada wartawan di Surabaya, Jawa Timur, Selasa, 17 Maret 2020.

Beberapa langkah yang dilakukan, yakni penyemprotan disinfektan sebelum membuka pelayanan, pemeriksaan suhu tubuh petugas dan wajib pajak menggunakan thermal gun, dilansir dari Antara.

Berikutnya, mewajibkan mencuci tangan dengan menambah titik keran air atau wastafel di sekitar pintu masuk ruang tunggu, menyiapkan hand sanitizer di tiap-tiap loket layanan, serta menyediakan masker bagi petugas maupun pengunjung.

Menurut dia, sampai saat ini layanan di Kantor Bersama Samsat Jatim berjalan normal meskipun ada penurunan pengunjung sekitar 20 persen dari hari biasa akibat kekhawatiran COVID-19.

"Namun, dari sisi penerimaan pembayaran pajak kendaraan bermotor tidak mengalami penurunan ekstrem," ucapnya.

Ia mengapresiasi dan berterima kasih kepada masyarakat yang telah memenuhi kewajibannya membayar pajak kendaraan bermotor di tengah kekhawatiran merebaknya COVID-19.

 

Sesuai Protokol COVID-19

Petugas melayani masyarakat yang ingin melaporkan SPT di Kantor Direktorat Jenderal Pajak di Jakarta, Rabu (11/3/2020). Hingga 9 Maret 2020, pelaporan SPT pajak penghasilan (PPh) orang pribadi meningkat 34 persen jika dibandingkan pada tanggal yang sama tahun 2019. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Petugas melayani masyarakat yang ingin melaporkan SPT di Kantor Direktorat Jenderal Pajak di Jakarta, Rabu (11/3/2020). Hingga 9 Maret 2020, pelaporan SPT pajak penghasilan (PPh) orang pribadi meningkat 34 persen jika dibandingkan pada tanggal yang sama tahun 2019. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pelayanan samsat, lanjut dia, baik samsat unggulan seperti "samsat corner", "payment point", "drive thru" dan samsat mobil keliling tetap buka seperti biasa dengan menjalankan protokol cegah COVID-19.

Sementara itu, sebagai salah satu bentuk inovasi, ia menyarankan masyarakat untuk tetap melaksanakan kewajibannya dengan menggunakan layanan online atau daring yang sudah disediakan.

"Tapi, bila masih khawatir ke samsat, bisa tetap melakukan pembayaran daring dan nontunai seperti LinkAja, GriyaBayar, Tokopedia maupun Indomaret dan Alfamart," katanya.

Layanan nontunai selama ini sudah digunakan untuk mendukung transaksi oleh wajib pajak khusus seperti dealer atau main dealer dengan nilai pembayarannya yang besar.

"Inovasi ini sudah dimanfaatkan masyarakat. Pada 2019, transaksi dari layanan nontunai mencapai Rp4 triliun," katanya.

Layanan nontunai merupakan salah satu inovasi KB Samsat Jatim untuk memudahkan pembayaran pajak yang wajib pajak dapat melakukan pemindahbukuan melalui bank, transfer bank, atau "Electric Data Capture" (EDC).

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dukung MotoGP Mandalika, PUPR Bangun Jalan 17,4 Km

Posted: 17 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan bahwa pembangunan infrastruktur PUPR pada lima Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Mandalika terus berjalan.

Alokasi angggaran infrastruktur PUPR tahun 2020 uuntuk Mandalika sebesar Rp 903,4 miliar digunakan diantaranya untuk pembangunan pengendali banjir KEK Mandalika, pembangunan jalan Bypass Bandara Internasional Lombok (BIL), pengembangan kawasan di tiga Gili, pengembangan jaringan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), kawasan geopark Rinjani dan pembangunan home stay.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan jalan Bypass BIL sepanjang 17,4 Km akan meningkatkan konektivitas dari Bandara BIL ke Kawasan Wisata Mandalika dengan anggaran Rp 814 miliar dan masa pelaksanaan tahun 2020–2021.

"Saat ini dalam tahap lelang, pada bulan Mei 2020 diharapkan sudah mulai konstruksinya. Untuk pembebasan lahan sudah selesai dua pertiga, sedangkan sisanya akan mulai dibayarkan minggu ini dan minggu depan" kata Basuki dalam keterangannya, Rabu (18/3/2020).

Jalan Bypass BIL dibangun dengan lebar 50 meter, 4 lajur yang dilengkapi trotoar dan median jalan. Jalan Bypass akan mendukung akses menuju sirkuit MotoGP yang juga akan dibangun di kawasan Mandalika.

Disamping itu juga Kementerian PUPR melakukan pembangunan pengendali banjir KEK Mandalika sepanjang 5 km yang ditargetkan mulai konstruksinya pada akhir Maret 2020 dan rampung Desember 2020 dengan anggaran Rp 75 miliar.

 

Bangun Promenade

Foto udara pada 23 Februari 2019 menunjukkan proyek pengembangan pesisir Mandalika yang diusulkan menjadi lokasi balapan sepeda motor MotoGP dengan sirkuit jalan yang dibangun khusus, di Mandalika, selatan Lombok. (ARSYAD ALI/AFP)
Foto udara pada 23 Februari 2019 menunjukkan proyek pengembangan pesisir Mandalika yang diusulkan menjadi lokasi balapan sepeda motor MotoGP dengan sirkuit jalan yang dibangun khusus, di Mandalika, selatan Lombok. (ARSYAD ALI/AFP)

Kementerian PUPR juga akan membangun Promenade di Desa Gerupuk, Kabupaten Lombok Tengah yang menjadi salah satu tujuan wisatawan seiring dengan penyelenggaraan event MotoGP.

Desa ini menawarkan wisata budaya dan keindahan Pantai Kuta Mandalika dan menjadi lokasi wisatawan untuk berselancar ataupun menyelam dengan anggaran sebesar Rp 50 miliar dengan masa pelaksanaan November 2020–Desember 2021. Selain itu dilakukan pengembangan kawasan 3 Gili yakni Gili Air, Meno dan Trawangan di Kabupaten Lombok Utara dengan anggaran Rp 70,2 miliar yang ditargetkan rampung akhir tahun 2020.

Di bidang permukiman, Kementerian PUPR pada tahun 2020 mengalokasikan anggaran Rp 31,3 miliar miliar yakni untuk Peningkatan Kapasitas Tempat Pengelolaan Akhir (TPA) Pengengat dengan volume 17.500 KK, pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) 3 Gili di Kabupaten Lombok Utara dengan total kebutuhan air bersih yakni Gili Air 19 liter/detik, Gili Meno 8 liter/detik dan Gili Trawangan sebesar 51 liter/detik dengan anggaran Rp. 30,9 miliar.

Sebagai alternatif akomodasi untuk event MotoGP, Kementerian PUPR juga akan membangun sekitar 750 unit home stay yang berada di Kabupaten Lombok Tengah. Program rumah swadaya atau dikenal bedah rumah di NTB juga dianggarkan pada tahun 2020 yakni sebesar Rp 47,4 miliar untuk 2.300 unit.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Peta Interaktif Virus Corona Buatan Microsoft Paling Dicari

Posted: 17 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft merilis peta interaktif untuk melacak penyebaran virus corona. Informasi ini paling dicari para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Selasa (17/3/2020) kemarin.

Berita lain yang juga jadi perhatian datang dari Kemkominfo yang akan merilis layanan chatbot terkait virus Corona di WhatsApp.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Microsoft Rilis Peta Interaktif untuk Lacak Virus Corona

Microsoft baru saja merilis peta interaktif untuk melacak penyebaran virus corona. Perusahaan menggunakan sumber data yang hampir sama seperti situs web Johns Hopkins.

Mengutip laman Ubergizmo, Selasa (17/3/2020), peta tersebut selalu diperbarui dan diklaim cukup akurat karena datanya disusun langsung oleh tim Microsoft.

Menariknya, kamu dapat berinteraksi dengan masing-masing titik data di peta untuk mendapatkan rincian lebih lanjut tentang jumlah kasus yang dikonfirmasi, kasus aktif, kasus yang dipulihkan, dan kasus fatal.

Baca selengkapnya di sini

2. Besok, Kemkominfo Rilis Chatbot WhatsApp soal Virus Corona

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) akan merilis layanan chatbot terkait virus Corona di WhatsApp. Peluncurannya dijadwalkan besok, Rabu (18/3/2020).

"Iya, rencana hari Rabu besok," ungkap Plt. Kepala Biro Humas Kemkominfo, Ferdinandus Setu, saat ditanya mengenai rencana peluncuran chatbot WhatsApp untuk informasi soal virus Corona, Senin (16/3/2020).

Sejauh ini, pihak Kemkominfo belum memberikan rincian terkait layanan chatbot tersebut.

Baca selengkapnya di sini

3. Kemkominfo Temukan 242 Hoaks Virus Corona

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Tim Ais Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), hingga hari ini, Selasa (17/03/2020) menemukan 242 konten hoaks dan disinformasi yang berkaitan dengan virus corona (Covid-19).

Seluruh konten itu tersebar di platform media sosial maupun website dan platform pesan instan.

MeKominfo Johnny G. Plate menyatakan akan terus melakukan identifikasi dan menangkal setiap informasi yang tidak benar atau hoaks yang beredar di dalam negeri.

Baca selengkapnya di sini

(Isk/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fungsi Slime Activator dan Cara Membuatnya yang Mudah dan Aman

Posted: 17 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Fungsi slime activator tidak hanya sebagai mainan anak saja, namun juga berpengaruh terhadap kondisi mental. Dikatakan slime dapat meredakan stres karena memiliki sifat lembut sehingga ketika dipegang rasa stres dapat tersalurkan. Seperti ketika kamu gemas, kamu dapat meremas-remas slime untuk menyalurkan emosi. Selain itu, slime juga diklaim dapat menghilangkan rasa jenuh ataupun bosan.

Slime adalah sebuah cairan lengket dan pekat yang sekilat terlihat seperti lendir. Cairan slime ini dibuat dalam berbagai macam variasi warna dan menggunakan bahan-bahan yang berbeda. Sehingga digandrungi oleh anak-anak.

Fungsi slime activator bisa kamu dapatkan dengan membuatnya sendiri di rumah. Mainan unik ini terbuat dari bahan polimer yang berbentuk cairan dan biasanya ditambahkan larutan polivinil alkohol dan ion borat. Namun, kamu juga bisa membuatnya dari bahan-bahan dapur yang tentunya mudah ditemukan di rumah dan lebih aman.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (18/3/2020) fungsi slime activator dan cara membuatnya yang aman.

Fungsi Slime Activator (Menenangkan Persaan dan Melepas Kecanduan Smartphone)

Ilustrasi Slime (sumber: iStock)
Ilustrasi Slime (sumber: iStock)

Menenangkan Perasaan

Salah satu fungsi slime activator adalah untuk menenangkan perasaan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, fungsi slime activator satu ini bekaitan dengan sifatnya yang lembut, sehingga saat dipegang rasa stres dapat tersalurkan.

Daripada marah dan berteriak-teriak, kamu dapat meremas-remas slime untuk meredakan emosi tersebut.  Sensasi yang diterima oleh tangan saat memegang, menarik, dan meremas slime dapat membuat kamu lebih tenang.

Melepas Kecanduan Smartphone

Selain itu, fungsi slime activator selanjutnya adalah untuk melepas kecanduan smartphone. Bagi kamu yang kecanduan menggunakan smartphone, bermain slime bisa menjadi solusi untuk melepaskan ketergantungan.

Hal ini disebabkan karena fungsi slime activator salah satunya adalah untuk menghilangkan rasa jenuh ataupun bosan. Pengalaman yang didapatkan saat membuat dan bermain slime, serta sensasi yang didapatkan melalui indra, akan membuat setiap orang berpikir bahwa ada mainan yang lebih menarik, terutama pada anak-anak.

Fungsi Slime Activator (Melatih Kreativitas Anak dan Membersihkan Debu)

Slime (Shutterstock.com)
Slime (Shutterstock.com)

Melatih Kreativitas Anak

Fungsi slime activator tentunya juga dapat melatih kreativitas anak. Proses kreatif dalam mainan slime adalah ketika anak mencampur bahan-bahannya. Anak ingin mendapatkan slime yang seperti apa, terserah keinginannya. Warna, aroma, tingkat kelembekan, semuanya bergantung pada kreativitas pembuatnya.

Membersihkan Debu

Fungsi slime activator berikutnya adalah untuk membersihkan debu. Slime bisa digunakan untuk membersihkan debu khususnya di tempat-tempat yang sulit terjangkau. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan slime untuk membersihkan debu keyboard baik PC atau laptop. Bisa juga untuk membersihkan debu pada layar televisi, komputer, laptop, dan lainnya. Cara membersihkan debu laptop dan keyboard adalah dengan menaruh slime pada permukaan keyboard. Lalu, tunggu hingga slime melentur sampai ke tempat yang sulit dibersihkan, lalu angkat kembali.

Cara Membuat Slime Activator dengan Garam dan Shampo

Cara Membuat Slime dengan Shampoo (Sumber: iStock)
Cara Membuat Slime dengan Shampoo (Sumber: iStock)

Berikut cara membuat slime activator dengan garam dan shampoo:

Bahan-bahan:

- Shampo (merk apa saja, tapi dianjurkan untuk menggunakan shampoo yang kental.

- Garam (hanya boleh garam halus supaya cepat tercampur).

- Cara membuat slime activator dengan garam dan shampo biasanya menggunakan obat sariawan GOM yang dijual di apotek.

Setelah bahan-bahan tersebut siap, selanjutnya sediakan wadah plastik dan pengaduk sebagai alatnya.

Cara membuat slime activator dengan garam dan shampo:

- Cara membuat slime activator dengan garam dan shampo pertama, masukan kita-kira 4 sendok makan shampoo ke dalam wadah dan tambahkan 2 sendok garam halus.

- Aduk supaya garam menyatu rata dengan shampoo. Pengadukan garam dan shampoo akan membuat shampoo menjadi semakin kental.

- Kemudian, tambahkan slime activator/GOM sekitar 1 sendok makan ke dalam adonan. Penambahan slime activator bertujuan agar slime nantinya stratchy, kenyal, dan tidak mudah patah.

- Cara membuat slime activator dengan garam dan shampo terakhir, masukan adonan ke dalam lemari es kurang lebih selama 20 menit.

- Slime dari garam dan shampo pun siap dimainkan.

Cara Membuat Slime Activator dengan Tepung Kanji

Cara Membuat Slime (Sumber: iStockphoto)
Cara Membuat Slime (Sumber: iStockphoto)

Tepung kanji merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk membuat slime activator karena sangat aman untuk anak-anak. Berikut cara membuat slime activator dengan tepung kanji:

Bahan-bahan:

- Air bersih kurang lebih 400 ml

- 2 Gelas tepung kanji / tepung tapioka

- Pewarna makanan 2 -3 sendok teh (sesuai dengan selera yang kamu inginkan)

- Minyak goreng setengah gelas

Cara Membuat Slime Activator dengan Menggunakan Tepung Kanji:

- Cara membuat slime activator pertama yang harus kamu lakukan adalah siapkan wadah berukuran sedang. Sebelum itu kamu harus membersihkan wadah tersebut terlebih dahulu.

- Kemudian masukkan tepung kanji ke dalam wadah tersebut. Ratakan supaya adonan mudah diuleni.

- Selanjutnya tuangkan air bersih secara perlahan-lahan sambil terus diaduk agar adonannya tidak menggumpal.

- Cara membuat slime activator selanjutnya masukkan minyak sayur ke dalam adonan. Aduk adonan sampai rata dan jangan lupa untuk mengecek ke kentalannya. Jika kurang cair, tambahkan air dan sedikit minyak lagi.

- Cara membuat slime activator terakhir, masukkan pewarna makanan ke dalam adonan slime. Aduk lagi sampai pewarna tadi tercampur rata dengan adonannya.

- Masukkan slime ke dalam plastik dan ikat dengan kuat.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dokter Handoko Gunawan Berjibaku Rawat Pasien Virus Corona, Kirana Larasati Kirim Doa

Posted: 17 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di tengah-tengah maraknya virus Corona di Indonesia, muncul satu nama yang menarik perhatian publik, yaitu dokter Handoko Gunawan. Ia disebut-sebut sebagai pahlawan dalam memerangi virus Corona ini.

Bukan tanpa alasan, di usianya yang sudah menginjak 80 tahun itu, dokter Handoko Gunawan rela menyumbangkan waktu dan tenaganya untuk menjadi salah satu tenaga medis dalam menangani virus Corona.

Keberadaan dokter Handoko Gunawan juga menarik perhatian banyak selebritas Tanah Air, salah satunya adalah Kirana Larasati.

Apresiasi kepada Sang Dokter

Unggahan Kirana Larasati di Twitter  (Twitter/_kiranalara)
Unggahan Kirana Larasati di Twitter (Twitter/_kiranalara)

Kirana Larasati memberikan apresiasi terhadap sikap pahlawan dr. Handoko Gunawan melalui unggahan di Twitter dan Instagram-nya pada Selasa (17/3/2020).

"Beliau adalah dr. Handoko Gunawan, dokter ahli paru di RS Graha Kedoya. Umurnya sudah 80. Beliau kerja sampai jam 3 pagi. Anak-anaknya sudah saranin jangan ikut terjun, tetapi katanya kalau dia mati juga gpp," tulis Kirana Larasati.

 

Karma Baik

(Adrian Putra/Fimela.com)
(Adrian Putra/Fimela.com)

Kirana Larasati juga mengajak masyarakat untuk memberikan doa terbaik kepada dr. Handoko Gunawan.

"Mari kita doakan agar selalu diberi kesehatan dan kekuatan. Karma baik untuknya..," lanjut Kirana Larasati.

 

Kondisi Menurun?

Namun belakangan tersebar kabar bahwa kondisi kesehatan dr. Handoko Gunawan justru menurun. Ia dikabarkan sedang terbaring di ICU karena sesak napas.

Banjir Doa

Di kolom komentar, ratusan doa mengalir deras untuk sang pahlawan. Termasuk juga dari kalangan artis.

"Semoga diberikan kekuatan pahlawan terbaik," tulis Titi Kamal.

"Semoga sehat panjang umur," timpal Maya Septha.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Panik, Pertamina dan Bulog Papua Jamin Ketahanan Stok

Posted: 17 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jayapura - Pertamina MOR VIII Maluku Papua memastikan pelayanan dan operasional penyaluran BBM di 4 provinsi berjalan dengan normal, pasca virus corona covid-19 menyebar ke penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Unit Manager Communication, Relations, & CSR MOR VIII PT Pertamina (Persero), Edi Mangun menyebutkan Pertamina tetap meningkatkan kewaspadaan dan keselamatan seluruh petugas, mulai dari penyaluran hingga pelayanan kepada para pelanggan di SPBU untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Kata Edi, stok BBM di wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, dan Maluku Utara dalam kondisi aman, dengan ketahanan stok rata-rata mencapai diatas 20 hari, termasuk untuk ketahanan stok LPG.

Untuk tetap melayani masyarakat, terdapat 426 lembaga penyalur di empat provinsi wilayah MOR VIII yang terdiri dari SPBU reguler, SPBU kompak, SPBU nelayan, hingga AMT.

Pertamina terus berkoordinasi dengan pengusaha SPBU dan AMT untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan meningkatkan kewaspadaan serta keselamatan para operator dan konsumen di tengah ancaman Covid-19.

"Masyarakat tak perlu khawatir untuk pelayanan dan persediaan BBM. Untuk mengingatkan bahaya virus corona, kami juga memberikan sosialisasi dengan cara memasang spanduk yang di seluruh SPBU Maluku Papua," kata Edi.

 

 

Ketersediaan Beras juga Aman

Pekerja memanggul karung Beras milik Badan Urusan Logistik (Bulog) di Gudang Bulog kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (7/6). Bulog memiliki stok beras sebanyak 2,1 juta ton. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Pekerja memanggul karung Beras milik Badan Urusan Logistik (Bulog) di Gudang Bulog kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (7/6). Bulog memiliki stok beras sebanyak 2,1 juta ton. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sementara itu, Perum Bulog Kanwil Papua dan Papua Barat menjamin ketersediaan stok di gudang beras Papua dan Papua Barat akan bertahan hingga 4 bulan kedepan.

Jumlah yang tercatat dalam gudang berkisar 32.137 ton beras, dengan asumsi penyaluran rutin di wilayah Papua dan Papua Barat sebanyak 10 ribu ton.

"Masyarakat tidak perlu khawatir, karena kebutuhan stok beras masih cukup banyak," kata Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil Papua dan Papua Barat, Sopran Kenedi, Rabu (18/3/2020).

Bulog setempat menyebutkan pasca menyebarnya virus corona hampir ke penjuru dunia, termasuk Indonesia, permintaan stok beras di Papua dan Papua Barat masih terbilang normal.

Tak hanya beras, persediaan minyak goreng saat ini mencapai 10.900 liter dan terigu 8.200 kilogram.

Bulog Papua dan papua Barat juga telah mengajukan kembali minyak goreng sebanyak 56.509 liter, terigu 7.000 kilogram dan gula pasir 5.000 ton, guna ketahanan persediaan.

Bulog menjual beras dengan jenis medium PSO seharga Rp 8.900 per kilogram, serta premium lokal dengan harga Rp 9.600 hingga Rp10 ribu per kilogram.

"Masyarakat tak perlu panik, apalagi hingga melakukan penimbunan. Sebab ketersediaan stok kami di gudang dalam kondisi aman," jelasnya.

simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gelar Ratas Lewat Video Conference, Jokowi Bahas Insentif Harga Gas

Posted: 17 Mar 2020 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menyiapkan insentif gas industri. Namun dia mengingatkan kepada Menteri Kabinet Indonesia maju agar industri yang diberikan insentif penurunan harga gas diverifikasi dan dievaluasi.

Sehingga pemberian insentif penurunan harga gas akan memberikan dampak yang signifikan bagi perekonomian. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut juga berharap dengan adanya industri yang akan diberikan insentif bisa meningkatkan kapasitas produksi, investasi.

"Sehingga produknya lebih kompetitif. Industri yang diberi insentif harus bisa meningkatkan penyerapan tenaga kerja," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas melalui teleconference, terkait penyesuaian harga gas untuk industri dan bahan bakar minyak nonsubsidi di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (18/3).

Sebab itu, dia meminta kepada para menteri agar mengevaluasi dan memonitorng secara berkala terkait industri yang akan diberikan insentif. Jika industri tidak bisa menyerap tenaga kerja, hingga meningkatkan kapasitas investasi maka insentif ditarik.

"Harus ada disinsentif. Harus ada punishment sehingga industri memiliki performance sesuai yang kita inginkan," ungkap Jokowi.

Sebelumnya, pada Ratas 6 Januari lalu, Jokowi menargetkan pembahasan mengenai tiga opsi penurunan gas bisa rampung dalam 3 bulan sehingga tidak membebani industri dalam negeri.

Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 40 Tahun 2016 mengenai Penetapan Harga Gas Bumi, harga gas bumi ditetapkan sebesar USD 6 per MMBTU. Hingga saat ini, harga gas bumi masih berada di atas harga patokan itu.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

Pertamina Ajukan Insentif untuk Turunkan Harga Gas

Dirut Pertamina Nicke Widyawati memberikan keterangan pers terkait tumpahan minyak di Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kamis (1/8/2019). Tumpahan minyak spill terjadi laut pantai utara Karawang dan Pertamina siap mengganti kerugian kepada semua pihak yang terimbas. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Dirut Pertamina Nicke Widyawati memberikan keterangan pers terkait tumpahan minyak di Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kamis (1/8/2019). Tumpahan minyak spill terjadi laut pantai utara Karawang dan Pertamina siap mengganti kerugian kepada semua pihak yang terimbas. (Liputan6.com/Johan Tallo)

PT Pertamina (Persero) usulkan sejumlah insentif untuk menurunkan harga gas menjadi USD 6 per MMBTU.

Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi Vi DPR RI, Selasa (25/02/2020), Direktur Utama (Dirut) Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan bahwa Pertamina telah membuat simulasi untuk menurunkan harga gas menjadi USD 6 per MMBTU.

"Kami mensimulasi bagiamana kami bisa mem-provide gas untuk 6 dolar," ujar Nicke.

Adapaun sejumlah insentif yang dimaksud, antara lain tambahan bagian kontraktor produsen gas, insentif pajak dan relaksasi perlakuan aset negara.   

"Nah, untuk itu, untuk bisa USD 6 dapat terpenuhi," tegasnya.

Nicke menambahkan, dengan insentif tersebut akan bisa menurunkan harga gas bumi dari sisi hulu menjadi USD 4,5.

Selain itu, Pertamina juga akan meminta Perusahaan Gas Negara (PGN) melakukan efisiensi, untuk menurunkan biaya distribusi gas.

"PGN juga harus membangun infrastruktur dan efisiensi," pungkasnya.  

DPR Usulkan Dua Formula Penurunan Harga Gas

Petugas membersihkan area dekat instalasi jaringan gas PGN di Rusunawa Griya Tipar Cakung, Jakarta, Kamis (28/11/2019). Menurut pengelola rusun, saat ini tercatat hampir 90 persen penghuni beralih menggunakan Jargas PGN karena lebih hemat biaya. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Petugas membersihkan area dekat instalasi jaringan gas PGN di Rusunawa Griya Tipar Cakung, Jakarta, Kamis (28/11/2019). Menurut pengelola rusun, saat ini tercatat hampir 90 persen penghuni beralih menggunakan Jargas PGN karena lebih hemat biaya. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Komisi VII DPR memandang pemerintah perlu mematangkan skenario penurunan harga gas untuk sektor industri, salah satu pilihanya dengan mengurangi bagian negara dari sisi hulu.

Dalam rapat dengar pendapat Komisi VII DPR dengan PGN, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (10/2/2020).‎ Anggota Komisi VII DPR Falah Amru mengatakan,‎ formula pengurangan bagian negara dari sisi hulu untuk menurunkan harga gas sebesar USD 6 persen ditingkat konsumen industri harus dikaji dengan matang, didukung dengan skenario yang baik dari pemerintah.

"Harus kita cari formulanya. Agar sekenario besar gas ini dapat dijalankan,"‎ kata Falah, dikutip Selasa (11/2/2020).

Dia melanjutkan, sekma lain yang memungkinkan untuk ‎menurunkan harga gas bumi menjadi USD 6 per MMBTU ditingkat konsumen industri adalah mengurangi pajak pertambahan nilai (PPN).

"Bagian pemerintah di hulu ini harus dikurangi, atau PPN ini harus dikurangi, ‎" tuturnya.

Menurutnya, pemerintah pun harus pintar memilah industri yang berhak mendapat penurunan harga gas menjadi US$ 6 per MMBTU. "Implementasi pemerintah terkait industri industri mana yang akan di ditunjuk harganya oleh pemerintah," tuturnya.

Dia memandang, untuk penurunan harga gas‎ perusahaan penyalur gas di antaranya Perusahaan Gas Negara (PGN) hanya bisa menunggu kepasitan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral, selaku regulator yang mengatur harga gas.

"Untuk harga gas, sebenarnya menunggu kementrian untuk menjawab hal ini, agar dapat segera dijalankan oleh PGN," tandasnya.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seruan Mensos Lawan Covid-19 Lewat Semangat Kesetiakawanan Sosial

Posted: 17 Mar 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Sosial Juliari P Batubara menyerukan kepada semua elemen masyarakat untuk meningkatkan semangat kesetiakawanan sosial di tengah upaya keras pemerintah memerangi penyebaran virus Corona atau Covid-19

Juliari menyakini bahwa gerakan bersama berbasis kerelaan sosial dapat meredam penyebaran Covid-19 yang terus meluas di Tanah Air. 

"Mari berkontribusi sesuai dengan kapasitas dan kemampuan masing-masing. Mudah-mudahan cobaan ini segera berakhir dan kita sebagai bangsa dapat bangkit kembali," kata Mensos Juliari di Jakarta, Rabu (18/03/2020).

Hal lain yang tak kalah penting adalah bagaimana masing-masing elemen masyarakat bisa memainkan perannya dalam mencegah penyebaran virus Corona.

Mensos masih melihat aktifitas masyarakat di tempat umum yang belum terjadi perubahan signifikan meski imbauan untuk bekerja, belajar dan beribadah dari rumah telah dikeluarkan.

Di lokasi fasilitas publik masih terjadi kerumunan. Sebagian anggota masyarakat bahkan belum mengenakan masker terlebih di tempat umum. 

"Kemungkinan inilah di antara sebab mengapa jumlah pasien baru yang terjangkit virus terus meningkat," ungkap Juliari. 

Dia pun mengaku prihatin dengan adanya jumlah pasien terjangkit Corona meningkat. Untuk itu Mensos mengimbau kepada semua elemen masyarakat, agar timbul kesadaran kolektif dan gerakan bersama, berbasis kerelaan sosial.

"Mari dengan peran masing-masing, kita meredam penyebaran virus ini. Saya minta kita berbuat sesuatu. Meskipun sederhana, namun bisa berdampak luas kepada masyarakat. Saya kira ini juga bentuk nyata kesetiakawanan sosial. Tentu himbauan ini pertama-tama saya alamatkan kepada pegawai di Kemensos baik di pusat maupun maupun di daerah, di UPT-UPT," kata Juliari.

Menurutnya, banyak hal yang bisa dilakukan dari yang paling sederhana. Misalnya, tidak keluar rumah, kecuali karena urusan yang sangat penting. Kemuduan, disiplin menjaga kebersihan diri dan lingkungan, seperti menggunakan masker bila berada di ruang publik,

"Cuci tangan dengan sabun, serta menjaga stamina fisik dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Segera memeriksakan diri bila terdapat gejala Covid-19," kata ayah dua anak ini. 

Tokoh Adat hingga Agama Punya Peran Penting

Dia juga mengajak kepada segenap tokoh masyarakat, tokoh adat, pendidik, tokoh agama, pejabat di semua level, pemuka masyarakat, para selebritas dan pegiat sosial media agar bersama-sama mengkampanyekan protokol kesehatan mengatasi penyebaran virus korona.

Juliari juga meminta bangsa masyarakat tidak terpecah belah dengan sikap berbeda atau bahkan bertentangan, sehingga menimbulkan kebingungan di tengah-tengah masyarakat.

"Produksilah narasi dan konten yang konstruktif, bisa menjadi panduan, bagi masyarakat," kata mantan Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat ini.

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, bahwa Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (Satgas Penanganan COVID-19) menjadi satu-satunya rujukan informasi terkait virus Corona.

"Untuk menghindari kesimpangsiuran informasi, rujukannya adalah Satgas COVID-19," kata Juliari.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Sebut Pembatasan Transportasi di Jakarta untuk Efek Kejut ke Masyarakat

Posted: 17 Mar 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Video potongan rapat yang diselenggarakan Pemprov DKI Jakarta tersebar di media sosial, baik facebook ataupun twitter. Video berdurasi 0.44 detik dari 13.14 menit dan tersebar dalam akun Facebook 'Hukum Politik' tampak Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama SKPD lainnya tengah mengadakan rapat bersama untuk membahas pencegahan virus corona atau Covid-19.

Anies di dalam rapat tersebut sempat menyinggung mengenai adanya antrean panjang masyarakat di sejumlah transportasi publik di Jakarta pada Senin (16/3/2020).

"Tadi pagi kendaraan umum dibatasi secara esktrem, apa sih tujuannya tujuannya mengirimkan pesan kejut kepada seluruh penduduk Jakarta bahwa kita berhadapan dengan kondisi ekstrem. Jadi ketika orang antre panjang, oh iya Covid-19 itu bukan fenomena di WA (whatsapp) yang jauh di sana. Ini ada di depan mata kita. Kalau kita tidak kirim pesan efek kejut ini penduduk di kota ini masih tenang-tenang saja yg tidak tenang ini siapa yg menyadari ini," ucap Anies dalam video yang beredar.

Ditelusuri dari akun Youtube Pemprov DKI Jakarta dan di-publish tertanggal 17 Maret 2020, rapat tersebut digelar 16 Maret 2020 dengan judul "Gub Anies Baswedan Memimpin Rapat Teknis terkait Percepatan Penanganan COVID-19". Rapat Digelar di Ruang Pola, Bapedda DKI Jakarta. 

Dari video tersebut, Anies memaparkan selama 13 menit 14 detik mengenai kondisi sebaran virus yang harus diwaspadai Pemprov DKI Jakarta dan jajarannya. Meski demikian, di dalam video itu juga dilakukan sensor terkait jumlah orang yang positif terjangkit Covid-19 dan jumlah orang yang meninggal.

 

Antrean Penumpang

Video yang beredar rata-rata berdurasi 44 detik. Sebelumnya, imbas dari pengurangan armada membuat antrean panjang penumpang terjadi di sejumlah transportasi umum. Seperti yang terjadi di Stasiun MRT Dukuh Atas, Lebak Bulus, serta Fatmawati.

Seorang penumpang, Adelina Ghassani, mengaku lama untuk dapat menaiki MRT. Karena ia harus menunggu hingga hampir 40 menit agar dapat menaiki atau masuk ke dalam transportasi umum tersebut.

"Ngantre dari jam 07.00 WIB dong. Jam 07.43 WIB, baru naik MRT," ujar Adel kepada Liputan6.com, Senin (16/3/2020).

Adel menjelaskan, antrean cukup panjang tersebut hingga sampai keluar stasiun. Karena, penumpang diminta untuk mengantre tidak boleh masuk stasiun seperti biasanya.

Menurut dia, antrean yang cukup panjang tersebut terjadi lantaran adanya pembatasan penumpang untuk dapat menaiki kendaraan atau transportasi umum tersebut.

Isi Rapat Lengkap

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Ini pertemuan pertama Gugus Tugas. Ini kebetulan pertemuan pertama. Saya ingin sampaikan saja arah besar kita dulu. Apa yang akan dikerjakan oleh Jakarta menghadapi potensi penyebaran Covid-19

Faktanya. Dua minggu lalu hari Senin, dua pekan lalu, bapak Presiden mengumumkan ada dua kasus confirm Covid-19. Hari ini jumlahnya (sensor) dalam waktu 14 hari.

Itu Jakarta. Artinya kita ketemu dengan kondisi ekstrem yang mengharuskan langkah-langkah berani dan langkah-langkah yang drastis. Kalau ini dibiarkan, maka potensinya akan terus meningkat. Jumlah yang meninggal ada (sensor). Kalau jumlah yang meninggal ada (sensor), tingkat kematian 3% artinya di luar sana ada (sensor) kira-kira. Jadi yang sekarang tercatat (sensor) itu karena kita belum mengetes semuanya

Ini adalah yang dialami oleh beberapa negara. Jadi melihat itu, maka langkah kita harus berani, langkah kita harus tegas, dan harus menyiapkan masyarakat untuk siap menghadapi situasi sulit. Bahwa yang akan kita hadapi situasi sulit.

Seperti kalau kita mendadak ada serangan armada dari luar, tahu-tahu ada perang, tahu-tahu diserang. Kita ketemu dengan situasi listrik mati, air mati, saluran mati, seperti begitu. Cuman bedanya ini sekarang armadanya itu tidak terlihat, karena bentuknya virus. Nah kalau kita tidak melakukan langkah-langkah drastis, maka korban bisa lebih banyak.

Jadi mindset di Gugus Tugas ini jangan kerja tanggung.Jangan kerja normal. Ini situasi tidak normal, ini serangan tidak normal, harus bekerja dengan cara yang tidak normal juga. Tapi tidak normalnya terukur, tidak normalnya usaha untuk melindungi.

Jadi, di dalam merencanakan tindakan nanti, saya ingatkan sekali lagi, jangan tanggung! Jangan tanggung!

Saya beri contoh. Tadi kita akan menghentikan pelayanan. Kita akan menghentikan pelayanan. Menghentikan pelayanan itu sudah, menghentikan pelayanan. Tidak ada pelayanan kepada masyarakat terkait administrasi kependudukan, terkait pengurusan izin. Supaya apa? Tidak ada warga yang datang.

Lalu umumkan, semua perizinan yang habis terhitung tanggal sekarang sampai tanggal 31 Maret maka tidak akan denda yang diberikan. Sudah, jadi anda yang rileks saja. Jadi nanti diurusnya setelah kondisi ini normal. Warganya tenang, kitanya juga tidak harus menyiapkan petugas.

Tadi pagi kendaraan umum dibatasi secara ekstrem. Apa sih tujuannya? Tujuannya mengirimkan pesan kejut kepada seluruh penduduk Jakarta bahwa kita berhadapan dengan kondisi ekstrem. Jadi ketika orang antre panjang, baru sadar, oh iya Covid-19 itu bukan fenomena di WA yang jauh sana. Ini ada di depan mata

Kalau kita tidak memberikan pesan efek kejut, ini penduduk di kota ini masih tenang-tenang saja. Yang tidak tenang itu siapa yang menyadari ini? Petugas medis. Petugas medis itu yang di depan sana, yang melihat satu per satu jatuh. Tapi kalau secara umum, kita tidak merasakan itu

Nah, bapak ibu sekalian yang berada di Gugus Tugas ini. Bapak ibu sekalian harus punya sense of crisis. Harus ada sense of crisis itu. Tidak boleh bapak ibu ini merasa thinks normal (berpikir biasanya). Ini seperti Gugus Tugas penanggulangan banjir, gugus tugas penanggulangan kebakaran. Tidak! Ini kita ketemu situasi yang ekstrem, bapak ibu

Jadi betul-betul tindakannya cepat, berani. Harus berani! Tidak populer, tidak apa-apa. Karena yang nomor satu adalah soal keselamatan. Saya kalau ditanya apa tiga prioritas utama. Saya katakan nomor satu keselamatan, nomor dua keselamatan, nomor tiga keselamatan. Itu tiga prioritas utama kita, tidak ada yang lain.

Dan saya minta kepada semua untuk merujuk kepada pengalaman kota-kota lain yang pernah mengalami, sehingga tidak perlu kita melakukan reinventing the will. Jakarta bukan kota pertama yang menghadapi. Tetangga kita Singapura merasakan. Di utaranya, Jepang ada merasakan. Tiongkok merasakan. Korea merasakan. Ambil cara-cara mereka, belajar dari cara-cara mereka

Ini ironis bagi kita, bapak ibu. Bagaimana dalam dua minggu (censored). Singapura dalam dua bulan jumlah meninggalnya nol. Ini karena kita tidak bertindak cepat dari kemarin-kemarin. Ya sudah, Sekarang yang sudah lewat, sudah lewat. Kita tidak boleh menyalahkan satu sama lain. Tapi kita dalam posisi tidak bisa lambat di sini

Jadi saya minta dalam semua rencana, dengarkan pendapat teman-teman yang expert di bidang medis. Mereka yang tahu persis nih seperti ini. Jangan tanya yang bidang lain. Karena ini, kalau pertempuran, tanyanya kepada infantrinya nih, yang perangnya nih. Yang perang paling depan siapa? Tenaga medis. Mereka ceritakan, langkahnya apa, tindakan baiknya apa, kita lakukan

Jadi untuk populasi secara umum, saya selalu sampaikan social distancing. Menjaga jarak. Ruang rapat ini saja sudah dibuat berjarak

Yang kedua, yang sangat mendasar sekali adalah menyadarkan tokoh-tokoh masyarakat bahwa semua kegiatan yang sifatnya mengumpulkan orang dihentikan, meskipun kegiatannya mulia. Pengajian itu kurang mulia apa coba? Peribadatan kurang mulia apa? Tapi pada saat ini, itu cut-off, potong

Nah, Bapak ibu sekalian, perlu ada kampanye massif. Tadi malam saya juga sampaikan ke Karo Tapem, keliling semuanya. Dan yang terpenting kemarin disampaikan bahwa ada yang mengusulkan bagus. Bukan penyelenggaranya saja yang meniadakan, tapi tokoh-tokoh masyarakatnya bilang: saya tidak mau diundang. Titik! Penceramahnya bilang, saya tidak mau. Kenapa? Ya, saya tidak setuju ada pengumpulan massal, sehingga penyelenggara pun tidak merasa membatalkan yang diundang. Karena yang diundangnya bilang tidak mau

Banyak langkah-langkah lain yang perlu bapak ibu kerjakan. Tapi intinya adalah responnya dengan perasaan kita berhadapan dengan situasi krisis.

Saya akan nanti menyampaikan kepada publik Jakarta, bersiap-siap! Repotnya kendaraan tadi pagi itu bukan apa-apa dibanding potensi kerepotan kita hari-hari ke depan. Ancang-ancang sekarang!

Ketika kita mendengar instruksi dari bapak Presiden. Bekerja di rumah! Itu harus kita bayangkan penyiapan di lapangannya. Karena bekerja di rumah itu gampang kalau rumahnya ada lima kamar, ada tiga kamar. Kalau rumahnya satu kamar tapi bersepuluh, bekerja di rumah itu rumit. Kita akan merasakan itu nanti

Pangan! Kebutuhan pangan harus kita siapkan. Jadi ini contoh, bapak ibu terjemahkan

Ada empat urusan yang menurut saya penting untuk ditangani oleh Gugus Tugas. Satu, kesehatan. Siapkan betul bagaimana kita bisa mendukung seluruh aparatur medis kita.

Yang kedua adalah pasokan pangan. Bagaimana pasokan pangan itu bisa menjangkau rumah tangga, bukan pasokan pangan sampai ke pasar. Kalau kondisi normal, kondisi pangan sampai ke pasar induk. Kalau sekarang, sampai ke rumah tangga. Saat isolasi, bagaimana pangan bisa sampai ke setiap rumah yang diisolasi

Yang ketiga, pergerakan penduduk, mobilitas penduduk. Bagaimana mobilitas penduduk diatur di kita. Siapa boleh bergerak ke mana, siapa tidak boleh bergerak. Siapa tinggal (di rumah), siapa tidak.

Yang keempat adalah pola komunikasi. Interaksi antar aparatur negara, baik Pemprov dengan jajaran TNI, Polisi. Lalu Pemprov dengan masyarakat. Dan antara masyarakat dengan masyarakat yang lain

Jadi empat hal itu perlu jadi fokus perhatian. Itu saja dari saya. Mudah-mudahan pesan ini kita pahami bersama dengan jelas. Dalam situasi begini, kita tidak boleh membayangkan normal. Tidak boleh!

Tapi saya yakin insyaAllah, insyaAllah daya tahan kita kuat. Ini bukan problem pertama yang dihadapi Republik ini. Kita sudah menghadapi tantangan banyak sekali. Di masa lalu kita hadapi dan kita berhasil. Sekarang insyaAllah kita akan berhasil melewati ini dengan baik. Ini yang dititipkan kepada bapak ibu (adalah) tugas penting. Jalankan dengan sebaik-baiknya.

Pesan saya terakhir untuk semuanya di sini. Ingat kalau di pesawat itu ada tulisan bila kondisi pesawat dalam status emergency dan masker udara itu jatuh, maka pasang dulu masker itu untuk anda, baru membantu yang lain. Bapak ibu harus sehat, supaya bisa membantu yang lain. Kalau bapak ibunya sakit, ya... tidak bisa membantu yang lain. InsyaAllah kalau vitamin ada, makan cukup, olah raga. Yang agak kurang itu istirahat. Istirahat kurang, tapi lainnya insyaAllah siap

Selamat bertugas

Terima kasih

Wassalamu alaikum

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gugus Tugas Virus Corona Jelaskan Gejala Awal Penderita Covid-19

Posted: 17 Mar 2020 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tim Pakar Gugus Penanganan Covid-19 Memahami Risiko Corona, Wiku Adisasmito menjelaskan bagaimana gejala yang timbul saat seseorang mulai diserang virus corona atau covid-19.

"Gejala berawal demam. Demam itu reaksi tubuh untuk melawan. Kemudian biasanya tinggi sampai 38 derajat. Batuk kering dan sesak napas. Kalau ada gejala itu, maka harus waspada," tutur Wiku di Kantor Graha BNPB, Jakarta Timur, Rabu (18/3/2020).

Menurut Wiku, tubuh akan berupaya melawan kehadiran Covid-19. Bagi penderita dengan kondisi fisik yang sehat, data tahan tubuh sebagai antibodi akan dapat menekan pertumbuhan covid-19 sebagai antigen.

"Kondisi tubuh yang baik maka akan naik kembali. Kalau berperang maka akan menang dan sembuh. Belum tentu orang itu sadar terinfeksi virus ini," katanya.

Perlindungan Bagi yang Punya Penyakit

Untuk itu, lanjutnya, virus corona lebih rentan berkembang ke tubuh seseorang yang telah memiliki penyakit sebelumnya. Sebab daya tahan tubuhnya terbebani dengan sejumlah penyakit yang ada.

"Resikonya untuk orang-orang yang terkena, khususnya yang memiliki daya tahan tubuh rendah atau riwayat penyakit lainnya yang dapat memperburuk keadaan. Kalau kita pahami, masyarakat umum banyak yang sehat dan tidak sakit lainnya, maka tidak perlu panik. Khusus yang memiliki penyakit lainnya, itu yang memerlukan perlindungan," Wiku menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tetap Produktif Saat Work From Home, Ini yang Perlu Diperhatikan

Posted: 17 Mar 2020 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Salah satu imbauan pemerintah kepada masyarakat Indonesia terkait wabah Covid-19 adalah bekerja di rumah. Hal itu dinilai agar meminimalisir penyebaran virus tersebut.

Langkah tersebut dinilai sanga penting mengingat virus corona menyebar dengan sangat cepat. Maka dari itu, beberapa perusahaan menetapkan work from home sampai keputusan selanjutnya. Namun, bekerja di rumah bukan untuk santai-santai. Kita diharuskan bekerja seperi biasa namun lokasinya di rumah bukan di kantor.

Untuk itu, agar tetap produktif dalam menjalankan pekerjaan. Alangkah baiknya, menyiapkan beberapa keperluan untuk work from home.

Siapkan laptop atau gadget

Pertama yang perlu kamu siapkan saat bekerja di rumah ialah laptop atau gadget. Hal itu bisa memudahkan kamu untuk bekerja seperti biasa dan tetap berkomunikasi dengan rekan kerja. Agar lebih mudah, siapkan beberapa file yang memang dibutuhkan untuk kantor.

Jaringan internet

Hal yang paling dibutuhkan saat kamu bekerja di rumah adalah jaringan internet. Kamu bisa menggunakan Wifi jika rumah kamu sudah terhubung. Namun, jika tidak memilikinya, kamu bisa manfaatkan hotspot dari smartphone.

Gunakan platform pendukung

Sebenarnya yang terpenting dalam bekerja di rumah adalah faktor keamanan data dan jaringan. Mengingat nantinya banyak pekerja lainnya bakal mengakses sistem perusahaan.

Salah satu platfrom yang bisa kamu gunakan ialah Platform Cisco. Platfrom itu merupakan platform kolaborasi dan wadah meeting secara virtual.

Nantinya, memungkinkan pekerjaan dilakukan dari jarak jauh, misalnya rapat tanpa perlu hadir semuanya secara fisik di ruangan.

Jadi, para pengguna dapat melakukan pertemuan secara virtual melalui video conference di manapun dan kapanpun melalui perangkatnya masing-masing dalam waktu bersamaan--tanpa membutuhkan ruang rapat khusus, namun tetap terjamin keamanannya.

Security solution

Untuk melengkapi platform Cisco. Cisco juga menawarkan tiga security solution untuk menunjang bekerja di rumah.

Pertama, adalah Cisco Umbrella. Sistem itu mampu melindungi pengguna dari internet. Seperti yang diketahui, ada saja pencurian data melalui internet. Kecuali kamu menggunakan sistem ini. Selain itu, Cisco Umbrella memudahkan kamu bekerja di mana saja dalam hitungan menit.

Selain itu ada pula sistem keamanan, Duo Security. sistem ini bertujuan untuk organisasi yang memilihi 2 orang. Sistem ini mampu memproteksi data melalui verifikasi identitas kamu. Selain itu, dengan menggunakan model zero-trust, kamu tak perlu takut akan ancaman pencurian data.

Terakhir ada Cisco Any Connect Secure Mobility Klien. Sistem ini mampu memberdayakan karyawan untuk bekerja dari mana saja dengan laptop perusahaan atau perangkat smartphone pribadi.

Sistem ini memberikan kontrol tim keamanan perlu mengidentifikasi siapa dan perangkat mana yang mengakses perangkat mereka. Jadi, saat seseorang akan mengakses gadget milikmu, kamu mengetahui dan bisa membatasi pergerakannya.

Dengan keuntungan yang diberikan Cisco kamu tak perlu takut bekerja di rumah. Data perusahaan dan percakapan bisa terjamin dengan aman.

Saat ini, kamu juga bisa akses gratis selama 90 hari untuk tiga solusi andalan produk security. Rasakan manfaat bisa meeting sampai dengan 100 peserta di dalamnya.

Yuk coba, dan klik tautan ini utk dapatkan akses tanpa biaya http://cs.co/idworkfromhome

 

(*)

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menkes Turki Umumkan Kasus Kematian Pertama Akibat Corona COVID-19

Posted: 17 Mar 2020 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Ankara - Otoritas di Turki mengonfirmasi kasus kematian pertama pada warganya akibat COVID-19. Tak hanya laporan kasus kematian, pemerintah juga mengumumkan adanya kasus baru.

Dikutip dari laman New Straits Time, Rabu (18/3/2020), jumlah teranyar warga negara Turki yang terpapar Virus Corona COVID-19 mencapai 98 orang.

"Hari ini, saya kehilangan pasien pertama saya dalam perjuangan kami melawan Virus Corona COVID-19," Menteri Kesehatan Fahrettin Koca mengatakan pada konferensi pers yang disiarkan televisi.

Fahrettin Koca menyampaikan bahwa korban adalah seorang pria berusia 89 tahun yang terpapar COVID-19 setelah diduga melakukan kontak fisik dengan seorang karyawan yang memiliki koneksi dari China.

Fahrettin Koca juga menyampaikan bahwa kasus baru yang menimpa warga Turki naik dari 47 menjadi 98 pada hari ini.

Namun, Fahrettin Koca juga menyampaikan berita baik. Sejumlah orang yang sebelumnya dinyatakan positif kini sudah sembuh.

"Sebagian besar dari mereka yang dites positif mulai pulih," kata Koca.

Turki telah mengumumkan serangkaian langkah-langkah pencegahan dalam upaya menahan penyebaran Virus Corona COVID-19 COVID-19, termasuk pembatasan perjalanan di 20 negara dan penutupan sekolah dan universitas.

Pihak berwenang pada hari Senin menangguhkan salat di masjid secara berjamaah sampai pemberitahuan lebih lanjut dan memerintahkan penutupan ruang publik, termasuk bioskop.

Turki Konfirmasi Kasus Pertama

ilustrasi turki  (sumber: Pixabay)
ilustrasi turki (sumber: Pixabay)

Pada minggu lalu, Turki mengumumkan kasus pertama Virus Corona COVID-19 di negara mereka.

Kasus Virus Corona COVID-19 itu dialami seorang pasien pria yang baru kembali dari Eropa, kata Menteri Kesehatan (Menkes) Turki Fahrettin Koca.

Menkes Fahrettin Koca juga melaporkan, pasien telah menjalani isolasi. Anggota keluarganya dan orang lain yang melakukan kontak dengannya pun telah dikarantina.

Kasus Virus Corona COVID-19 telah dikonfirmasi di lebih dari setengah negara di dunia, yang menyebabkan penyakit ringan bagi sebagian besar orang, seperti dikutip dari Associated Press.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Piala Eropa 2020 Ditunda karena Pandemi Virus Corona

Posted: 17 Mar 2020 09:20 PM PDT

Suasana Stadion Wembley di London, Selasa (17/3/2020). UEFA menunda gelaran Piala Eropa 2020 karena virus corona COVID-19. (AP Photo/Alastair Grant)
Suasana Stadion Wembley di London, Selasa (17/3/2020). UEFA menunda gelaran Piala Eropa 2020 karena virus corona COVID-19. (AP Photo/Alastair Grant)

Suasana Stadion Wembley di London, Selasa (17/3/2020). UEFA menunda gelaran Piala Eropa 2020 karena virus corona COVID-19. (AP Photo/Alastair Grant)

Logo Piala Eropa 2020 terlihat di sebelah pintu masuk Markas UEFA, Nyon, Swiss, Selasa (17/3/2020). Penundaan Piala Eropa 2020 oleh UEFA dilakukan agar liga-liga di Eropa bisa merampungkan kompetisi di tengah pandemi virus corona COVID-19. (Jean-Christophe Bott/Keystone via AP)
Logo Piala Eropa 2020 terlihat di sebelah pintu masuk Markas UEFA, Nyon, Swiss, Selasa (17/3/2020). Penundaan Piala Eropa 2020 oleh UEFA dilakukan agar liga-liga di Eropa bisa merampungkan kompetisi di tengah pandemi virus corona COVID-19. (Jean-Christophe Bott/Keystone via AP)

Logo Piala Eropa 2020 terlihat di sebelah pintu masuk Markas UEFA, Nyon, Swiss, Selasa (17/3/2020). Penundaan Piala Eropa 2020 oleh UEFA dilakukan agar liga-liga di Eropa bisa merampungkan kompetisi di tengah pandemi virus corona COVID-19. (Jean-Christophe Bott/Keystone via AP)

Logo Piala Eropa 2020 terlihat di sebelah pintu masuk Markas UEFA, Nyon, Swiss, Selasa (17/3/2020). Pengunduran Piala Eropa 2020 diambil berdasarkan rapat UEFA yang digelar melalui konferensi jarak jauh. (Jean-Christophe Bott/Keystone via AP)
Logo Piala Eropa 2020 terlihat di sebelah pintu masuk Markas UEFA, Nyon, Swiss, Selasa (17/3/2020). Pengunduran Piala Eropa 2020 diambil berdasarkan rapat UEFA yang digelar melalui konferensi jarak jauh. (Jean-Christophe Bott/Keystone via AP)

Logo Piala Eropa 2020 terlihat di sebelah pintu masuk Markas UEFA, Nyon, Swiss, Selasa (17/3/2020). Pengunduran Piala Eropa 2020 diambil berdasarkan rapat UEFA yang digelar melalui konferensi jarak jauh. (Jean-Christophe Bott/Keystone via AP)

Petugas keamanan berpatroli di atap Markas Besar UEFA, Nyon, Swiss, Selasa (17/3/2020). Semula, Piala Eropa 2020 bakal digelar pada 20 Juni. (Jean-Christophe Bott/Keystone via AP)
Petugas keamanan berpatroli di atap Markas Besar UEFA, Nyon, Swiss, Selasa (17/3/2020). Semula, Piala Eropa 2020 bakal digelar pada 20 Juni. (Jean-Christophe Bott/Keystone via AP)

Petugas keamanan berpatroli di atap Markas Besar UEFA, Nyon, Swiss, Selasa (17/3/2020). Semula, Piala Eropa 2020 bakal digelar pada 20 Juni. (Jean-Christophe Bott/Keystone via AP)

Papan skor menunjukkan hasil akhir negara yang lolos ke turnamen Piala Eropa 2020 di Bucharest, Rumania, 30 November 2019.  Sebelumnya, Italia sudah melayangkan permintaan penundaan Piala Eropa 2020 kepada UEFA akibat pandemi  virus corona COVID-19. (AP Photo/Andreea Alexandru, File)
Papan skor menunjukkan hasil akhir negara yang lolos ke turnamen Piala Eropa 2020 di Bucharest, Rumania, 30 November 2019. Sebelumnya, Italia sudah melayangkan permintaan penundaan Piala Eropa 2020 kepada UEFA akibat pandemi virus corona COVID-19. (AP Photo/Andreea Alexandru, File)

Papan skor menunjukkan hasil akhir negara yang lolos ke turnamen Piala Eropa 2020 di Bucharest, Rumania, 30 November 2019. Sebelumnya, Italia sudah melayangkan permintaan penundaan Piala Eropa 2020 kepada UEFA akibat pandemi virus corona COVID-19. (AP Photo/Andreea Alexandru, File)

Warga berpose dengan logo Piala Eropa 2020 saat  peluncuran di London, Inggris, 21 September 2016. UEFA memundurkan jadwal Piala Eropa 2020 hingga tahun 2021. (AP Photo/Tim Ireland, File)
Warga berpose dengan logo Piala Eropa 2020 saat peluncuran di London, Inggris, 21 September 2016. UEFA memundurkan jadwal Piala Eropa 2020 hingga tahun 2021. (AP Photo/Tim Ireland, File)

Warga berpose dengan logo Piala Eropa 2020 saat peluncuran di London, Inggris, 21 September 2016. UEFA memundurkan jadwal Piala Eropa 2020 hingga tahun 2021. (AP Photo/Tim Ireland, File)

Para pemain Portugal berpose dengan trofi Piala Eropa 2016 usai mengalahkan Prancis pada laga final di Stade de France, Saint-Denis, Prancis, 10 Juli 2016. Piala Eropa 2020 rencananya dimulai pada 11 Juni hingga 11 Juli 2021. (PHILIPPE DESMAZES/AFP)
Para pemain Portugal berpose dengan trofi Piala Eropa 2016 usai mengalahkan Prancis pada laga final di Stade de France, Saint-Denis, Prancis, 10 Juli 2016. Piala Eropa 2020 rencananya dimulai pada 11 Juni hingga 11 Juli 2021. (PHILIPPE DESMAZES/AFP)

Para pemain Portugal berpose dengan trofi Piala Eropa 2016 usai mengalahkan Prancis pada laga final di Stade de France, Saint-Denis, Prancis, 10 Juli 2016. Piala Eropa 2020 rencananya dimulai pada 11 Juni hingga 11 Juli 2021. (PHILIPPE DESMAZES/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Marak Virus Corona, Ini 6 Potret Pesta Pernikahan Unik Pakai Konsep Drive-Thru

Posted: 17 Mar 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di tengah dunia sedang menghadapi Corona, beberapa kegiatan dan acara besar pun terpaksa dibatalkan. Hal tersebut dilakukan demi menghindari munculnya keramaian ata pertemuan massal yang bisa menyebabkan virus Corona kian menyebar.

Menyadari hal tersebut, pasangan di Malaysia pun memiliki cara unik untuk menggelar pesta pernikahan mereka. Berbeda dari orang-orang yang lebih memilih untuk menunda, pasangan yang menggelar pernikahan pada Senin (18/3/2020) ini punya cara unik dan kreatif yang bisa menekan angka pandemi tersebut.

Mereka menerapkan konsep drive-thru dan membungkus makanannya untuk bisa langsung dibawa oleh para tamu undangan. Konsep drive-thru ini begitu simpel dan sederhana. Pasangan akan duduk di kursi pengantin secara terbuka dan para tamu undangan tak perlu keluar dari mobil.

Para tamu dan pasangan yang tak disebutkan namanya itu juga mengganti salam jabat tangan dengan meletakkan tangan di dada. Mereka juga menyediakan hand sanitizer serta membungkus makanan sebagai ucapan terima kasih. Berikut ini 6 potret pernikahan unik yang mengusung drive-thru agar terhindar tertular Corona, dirangkum dari Facebook Dinas Bridal oleh Liputan6.com, Rabu (18/3/2020).

1. Pasangan asal Malaysia ini mengusung konsep pernikahan yang unik dan kreatif di tengah pandemi Corona.

Pasangan ini gelar pesta pernikahan dengan kosnep drive-thru dan makanannya dibungkus. (Sumber: Facebook/Dinas Bridal)
Pasangan ini gelar pesta pernikahan dengan kosnep drive-thru dan makanannya dibungkus. (Sumber: Facebook/Dinas Bridal)

2. Mereka menggunakan konsep drive-thru untuk menghindari keramaian dan perkumpulan di hari bahagia mereka.

Pasangan ini gelar pesta pernikahan dengan kosnep drive-thru dan makanannya dibungkus. (Sumber: Facebook/Dinas Bridal)
Pasangan ini gelar pesta pernikahan dengan kosnep drive-thru dan makanannya dibungkus. (Sumber: Facebook/Dinas Bridal)

3. Para tamu undangan yang hadir tak perlu turun dari kendaraan mereka.

Pasangan ini gelar pesta pernikahan dengan kosnep drive-thru dan makanannya dibungkus. (Sumber: Facebook/Dinas Bridal)
Pasangan ini gelar pesta pernikahan dengan kosnep drive-thru dan makanannya dibungkus. (Sumber: Facebook/Dinas Bridal)

4. Karena drive-thru, para tamu undangan tetap berada di mobil serta menerima makanan yang telah dibungkus.

Pasangan ini gelar pesta pernikahan dengan kosnep drive-thru dan makanannya dibungkus. (Sumber: Facebook/Dinas Bridal)
Pasangan ini gelar pesta pernikahan dengan kosnep drive-thru dan makanannya dibungkus. (Sumber: Facebook/Dinas Bridal)

5. Cara unik ini pun banyak diapresiasi lantaran tetap mengutamakan keamanan orang banyak.

Pasangan ini gelar pesta pernikahan dengan kosnep drive-thru dan makanannya dibungkus. (Sumber: Facebook/Dinas Bridal)
Pasangan ini gelar pesta pernikahan dengan kosnep drive-thru dan makanannya dibungkus. (Sumber: Facebook/Dinas Bridal)

6. Tangan diletakkan di dada merupakan tanda pengganti salaman dan ucapan terima kasih.

Pasangan ini gelar pesta pernikahan dengan kosnep drive-thru dan makanannya dibungkus. (Sumber: Facebook/Dinas Bridal)
Pasangan ini gelar pesta pernikahan dengan kosnep drive-thru dan makanannya dibungkus. (Sumber: Facebook/Dinas Bridal)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dipuji Cristiano Ronaldo, Gelandang Anyar Manchester United: Dia Idola

Posted: 17 Mar 2020 09:20 PM PDT

Manchester- Gelandang anyar Manchester United, Bruno Fernandes langsung jadi sorotan usai main di Liga Inggris. Cristiano Ronaldo diantaranya yang memberi pujian khusus terhadap gelandang kreatif Theatre of Dreams tersebut.

Reaksi Bruno Fernandes sudah bisa ditebak, yakni sangat senang ketika dirinya mendapat pujian dari sang idola dan seniornya di tim nasional Portugal. Sang pemain datang ke Manchester United dari Sporting Lisbon dengan biaya transfer 55 juta euro.

Harga tersebut ternyata sangat pantas jika melihat dari sisi kontribusi. Dalam sembilan laga pertamanya bersama Manchester United, Fernandes sudah menyumbang tiga gol dan empat assist. Prestasi ini membuatnya menjadi pemain terbaik Setan Merah dan Premier League untuk periode Februari.

Bruno Fernandes mengaku sangat termotiasi berkat dorongan dan pujian yang diberikan Ronaldo ketika keduanya sama-sama berada di tim nasional Portugal.

"Kami melihat dia sebagai seorang idola, dia selalu menjadi idola bagi saya. Ketika saya dipanggil Portugal, dia datang pada saya dan berkata 'Kamu tampil bagus di Sporting, saya menyukainya'. Kata-kata seperti itulah yang membuat perbedaan," sebut Fernandes.

 

Senjata Kebangkitan

Gelandang Manchester United, Bruno Fernandes, melakukan selebrasi usai membobol gawang Everton pada laga Premier League di Stadion Goodison Park, Minggu (1/3/2020). Kedua tim bermain imbang 1-1. (AP/Jon Super)
Gelandang Manchester United, Bruno Fernandes, melakukan selebrasi usai membobol gawang Everton pada laga Premier League di Stadion Goodison Park, Minggu (1/3/2020). Kedua tim bermain imbang 1-1. (AP/Jon Super)

Kehadiran Bruno Fernandes di skuad Manchester United layak disebut sebagai faktor terbesar kebangkitan Setan Merah pada paruh kedua musim ini. Kini, Manchester United tercatat tak pernah tersentuh kekalahan dalam 11 laga terakhir.

Fernandes tampil dalam sembilan laga di antaranya. Manchester United menduduki peringkat lima klasemen Premier League 2019-2020, sebelum dihentikan karena wabah virus Corona

Disadur dari : Bola.net

Penulis / Editor : Ari Prayoga

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Kronologi Kasus Positif Virus Corona Covid-19 Pertama di Tanjung Pinang

Posted: 17 Mar 2020 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Batam - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) baru saja mengumumkan kasus pertama virus corona (Covid-19), Selasa 17 Maret 2020, kemarin. 

Kepala Dinas Kesehatan Kepri, Tjetjep Yudiana, mengungkapkan seorang warga Kecamatan Bukit Bestari, Kota Tanjungpinang, positif virus corona (Covid-19). Tjetjep pun mengungkapkan secara rinci kronologi awal warga berjenis kelamin pria usia 71 tahun itu terpapar virus corona (Covid-19).

Pria dimaksud awalnya pergi berobat ke negara Malaysia. Persisnya pada tanggal 5 Maret 2020. Lalu kembali ke Tanjungpinang pada hari yang sama.

Lima hari berselang atau tanggal 10 Maret 2020, yang bersangkutan mengeluhkan sakit demam, batuk, dan sesak napas.

Pada tanggal 12 Maret 2020, dia memutuskan pergi berobat ke salah satu Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) terdekat.

Oleh pihak Puskesmas, tanggal 13 Maret 2020 langsung dirujuk ke RSUD Raja Ahmad Thabib (RAT) Kepri di Tanjungpinang, karena diduga terkena gejala awal Covid-19.

"Statusnya saat itu sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Otomatis dirawat di ruang isolasi RSUD RAT," ungkap Tjetjep.

Sehari setelah diisolasi atau 14 Maret 2020, pihak medis mengambil sampel usap (swab) tenggorokan si pasien buat diuji di laboratorium Kementerian Kesehatan (Kemenkes) di Jakarta.

"Dikirim hari itu juga. Selasa (17/3/2020), hasil uji lab keluar. Pasien resmi dinyatakan positif Covid-19," ujar Tjetjep.

 

Melacak Kontak

Tjetjep menyebut pihaknya dibantu dengan Dinas Kesehatan Tanjungpinang, dan kepolisian sudah melacak jejak kontak pasien tersebut.

Dari hasil penelusuran yang dilakukan, kata Tjetjep, terdapat 20 orang yang pernah berinteraksi langsung dengan pasien yaitu, keluarga dan orang-orang terdekatnya.

Terhadap ke 20 orang tersebut, terhitung Selasa kemarin dilakukan karantina di rumah singgah di belakang RSUD RAT.

"Sekitar 10 orang sudah dilakukan swab untuk mengambil contoh cairan di tenggorokan atau hidung guna menentukan positif Covid-19 atau tidak," kata Tjetjep.

Sesuai arahan Plt Gubernur Kepri Isdianto dan Sekda Kepri Arif Fadillah. Pihaknya akan terus memperluas pelacakan kontak pasien positif Covid-19.

Warga yang merasa pernah berkomunikasi atau berhubungan erat dengan pasien ini, diimbau dapat segera melaporkan ke Dinas Kesehatan atau pihak rumah sakit.

"Tujuannya ialah untuk memutus mata rantai penularan wabah Covid-19 di Kepri," katanya. 

 

Pasien Stabil

Plt Direktur RSUD Raja Ahmad Thabib Kepri, Elfiani Sandri menyatakan sampai sejauh ini kondisi pasien Covid-19 ini sudah stabil.

Menurutnya, gejala awal COVID-19 yang diidap pasien sudah mulai membaik. Batuk sudah tidak ada, begitu pula demam dan sesak napas perlahan menurun.

"Tapi, kita masih tetap siagakan oksigen buat pasien," kata Elfiani.

Melihat kondisi saat ini, pasien Covid-19 itu pun punya harapan besar untuk sembuh kendati secara persentase tak disebutkan oleh Plt Direktur.

Namun, dia menegaskan penanganan terhadap pasien Covid-19 ini sudah sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

Pasien dirawat intensif 24 selama di ruang isolasi. Terhadap pasien juga dilakukan pembatasan kontak dengan orang lain, termasuk pihak keluarga.

"Mari kita doakan bersama. Mudah-mudahan pasien sehat," ucapnya.

Untuk mengantisipasi kasus pasien Covid-19, RSUD RAT Kepri setidaknya telah menyiapkan empat ruang isolasi berikut tenaga serta peralatan medis yang mumpuni.

Rumah sakit ini juga telah ditetapkan oleh Kemenkes sebagai satu dari empat rumah sakit rujukan penanganan COVID-19 di Kepri.

"Secara umum, RSUD RAT dalam posisi siap untuk menangani pasien Covid-19. Masyarakat tak perlu khawatir, kami akan upayakan yang terbaik dalam memberikan pelayanan kesehatan," kata Elfiani.

 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Paparkan Penanganan Dampak Virus Corona ke 119 Negara

Posted: 17 Mar 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara bersama Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Mahendra Siregar melakukan video conference dengan 119 perwakilan negara asing terkait situasi penanganan wabah virus corona (COVID-19) di Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Suahasil menyampaikan bahwa pemerintah sudah menyiapkan berbagai kebijakan untuk meminimalisir dampak wabah virus corona terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Menurutnya isu ini pun sudah menjadi prioritas dan telah diputuskan untum menggunakan APBN dan sumber lain untuk menangani wabah virus asal China itu.

"Anggaran belanja kementerian atau Lembaga dan pemerintah daerah juga sudah diarahkan agar penggunaannya diutamakan untuk penanganan COVID-19 dari sisi kesehatan," jelas Suahasil dikutip dari laman resminya, Rabu (18/3).

Selain itu, Suahasil juga memahami wabah virus corona ini akan memberikan dampak pada kegiatan ekonomi masyarakat sehari-hari. Sektor Industri, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dan sektor keuangan yang diperkirakan akan merasakan dampaknya.

"Oleh karenanya, pemerintah telah menyiapkan berbagai stimulus fiskal untuk tetap menjaga daya beli masyarakat," katanya.

 

Pengelolaan Pasar Keuangan

Pengunjung melintas dekat layar monitor pergerakan saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (2/1). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada pembukaan perdagangan saham 2019 menguat 10,4 poin atau 0,16% ke 6.204. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pengunjung melintas dekat layar monitor pergerakan saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (2/1). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada pembukaan perdagangan saham 2019 menguat 10,4 poin atau 0,16% ke 6.204. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Untuk menjaga kondisi pasar keuangan, Kementerian Keuangan bersama Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) terus mengawasi kondisi pasar global dan menyelaraskan kebijakan terkait pasar keuangan dengan kondisi global.

Indonesia akan terus menjaga integritas dalam pengelolaan pasar keuangan agar dapat terus meningkatkan kepercayaan investor.

"Kami berharap dengan anggaran yang disediakan oleh pemerintah, kondisi ini akan cepat teratasi. Kami juga berharap volatilitas kondisi global akan segera menurun, melihat kondisi di beberapa negara yang terdampak COVID-19 sudah mulai berangsur baik dan semoga dapat membawa optimisme bagi pertumbuhan ekonomi global," ucapnya lagi.

Sementara itu, Wamenlu Mahendra Siregar juga turut memberikan pemaparan secara umum yang telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia dalam penanganan isu wabah covid-19. Utamanya kebijakan yang akan diberlakukan oleh Kementerian Luar Negeri atas berbagai kegiatan yang melibatkan partisipasi dari negara asing yang bekerja sama dengan Indonesia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Virus Corona Covid-19, UEFA Bertekad Tuntaskan Kompetisi Akhir Juni

Posted: 17 Mar 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Nyon - Otoritas sepak bola Eropa, (UEFA) bakal bertekad menuntaskan semua kompetisi di sana per 30 Juni 2020. Saat ini, sejumlah kompetisi sepak bola di Eropa tertunda karena pandemi virus corona covid-19.

"Komitmen untuk menuntaskan semua kompetisi domestik di level klub paling tidak 30 Juni 2020, jika situasinya lebih baik dan dapat memungkinkan kembali bermain," tulis UEFA di situs resminya.

Keputusan itu merupakan salah satu poin yang disepakati usai UEFA mengadakan pertemuan dengan Asosiasi Klub Eropa (ECA), Asosiasi Liga Eropa (EL), dan Asosiasi Pemain (FIFPro). Lantaran virus corona, pertemuan itu pun diadakan lewat jaringan online.

Dalam pertemuan tersebut, semua pihak menyetujui prinsip yang berkaitan dengan kompetisi baik di level tim nasional maupun klub. Ada lima poin yang disetujui untuk tim nasional dan tiga poin untuk kompetisi di level klub.

Di level tim nasional, salah satunya UEFA setuju menunda gelaran Piala Eropa tahun ini ke tahun depan. Tidak ketinggalan, UEFA juga menjadwal ulang turnamen UEFA Nations League.

"Ini akan memastikan Piala Eropa 2020 dapat menjadi perayaan sepak bola bagi fans di seluruh benua," tulis UEFA.

Seperti diketahui, Virus corona covid-19 telah menjadi pandemi usai menyebar ke seluruh dunia termasuk Eropa. Italia menjadi negara Eropa dengan jumlah pengidap virus corona terbanyak yakni 31 ribu lebih.

Penyebaran virus ini pun membuat sejumlah kompetisi di Eropa ditunda hingga waktu yang belum diketahui.

 

Liga Champions Musim Depan

Logo Liga Champions (Dok. UEFA)
Logo Liga Champions (Dok. UEFA)

UEFA menambahkan, ada kemungkinan kompetisi domestik akan dimainkan pertengahan pekan. Sebaliknya, kompetisi level Eropa bakal bermain di akhir pekan.

Selain itu, UEFA juga menuturkan penjadwalan ulang di musim 2019/20 berimbas kepada kompetisi di musim depan. Jadwal kualifikasi Liga Champions musim 2020/21 misalnya, yang menurut UEFA harus sedikit disesuaikan.

Daftar Kompetisi Eropa yang Ditunda karena Virus Corona

Kompetisi / Ditunda Hingga

1. Liga Inggris / 3 April

2. Divisi Championship / 3 April

3. Liga Skotlandia / Belum Ditentukan

4. Liga Italia / 3 April

5. Liga Spanyol / 4 April

6. Liga Jerman / 2 April

7. Liga Prancis / Belum Ditentukan

8. Liga Belanda / 3 April

9. Liga Portugal / Belum Ditentukan

10. Liga Denmark / Dua Pekan

11. Liga Champions / Belum Ditentukan

12. Liga Europa / Belum Ditentukan

13. Piala Eropa 2020 / Diundur Tahun Depan

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingat, Ban Cadangan Juga Perlu Dirawat

Posted: 17 Mar 2020 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kendaraan yang diniagakan di Indonesia wajib dilengkapi dengan ban cadangan. Hal ini sesuai dengan peraturan yang berlaku. Antisipasi adanya kebocoran dan kerusakan pada ban utama saat berkendara menjadi salah satu alasannya.

Sayangnya, ban cadangan kondisinya sering terabaikan. Padahal posisinya sangat penting terlebih saat mengalami ban bocor atau pecah ban.

Oleh karenanya pemilik kendaraan sebaiknya selalu merawat dan mempersiapkan ban cadangan agar siap saat akan digunakan.

Seperti dilansir Garda Oto, hal paling utama dalam menjaga kualitas ban serep adalah menjaga tekanan udara agar selalu stabil. Tak lupa mengecek apakah karet ban masih layak digunakan.

Anda dapat membawa ban serep ke bengkel untuk mengecek kualitas karet ban yang digunakan. Bila pemilik enggan membawa ban ke bengkel, Anda bisa mengoleskan semir ban agar ban serep tidak mudah rusak.

Ban yang diletakkan di dalam bagasi akan lebih cepat rusak karena jarang terkena udara luar. Untuk mendapatkan ban serep dalam kondisi terbaik, Anda bisa merotasi ban untuk menjaga kualitas karet ban.

Rotasi Ban

Merotasi ban juga membuat tingkat keausan ban tetap merata, sehingga ban cadangan bisa berfungsi maksimal saat digunakan.

Lakukan pengecekan ban utama dan ban serep secara berkala agar Anda dapat berkendara dengan aman dan nyaman.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: