Senin, 16 Maret 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Mariposa Tembus 526 Ribu Penonton Dalam 4 Hari Di Tengah Wabah Virus Corona

Posted: 16 Mar 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saatnya kami perbarui informasi dari tangga box office Indonesia. Di tengah wabah virus Corona dan imbauan pemerintah agar masyarakat melakukan social distancing, ternyata pergerakan jumlah penonton film Mariposa tidak terbendung.

Minggu (15/3/2020) malam, Mariposa menembus setengah juta penonton lebih. Hingga artikel ini disusun, Mariposa yang dibintangi Angga Yunanda dan Adhisty Zara, mendominasi jumlah layar bioskop di Tanah Air.

Pencapaian film Mariposa pada Minggu malam dibenarkan sang sutradara, Fajar Bustomi. "Benar, jumlah penonton Mariposa mencapai 526 ribu lebih. Semoga kita semua sehat selalu, ya," terang Fajar Bustomi saat dihubungi Showbiz Liputan6.com, Senin (16/3/2020) siang. 

 

Hari Pertama, 140 Ribu Penonton

Infografik Mariposa. (Foto: Dok. Fajar Bustomi)
Infografik Mariposa. (Foto: Dok. Fajar Bustomi)

Dirilis Kamis (12/3/2020), Mariposa konsisten mengumpulkan 100 ribuan penonton. Seperti diketahui, Mariposa pada hari pertama penayangan merangkul 140 ribuan penonton.

Kabar ini didapat dari infografik yang beredar di kalangan jurnalis film. Infografik bernuansa ungu dan bergambar kupu-kupu itu menampilkan potret Angga Yunanda tengah merangkul Adhisty Zara.

Melibas Bloodshot

Guy Pearce sebagai Dr. Emil Harting dalam Bloodshot. (Foto: IMDb/ Columbia Pictures)
Guy Pearce sebagai Dr. Emil Harting dalam Bloodshot. (Foto: IMDb/ Columbia Pictures)

"Terima kasih penonton film Indonesia, 140.000 pada hari ke-1," demikian keterangan yang tercantum di infografik. Pencapaian Mariposa pekan ini menempatkannya di posisi ke-7 dalam daftar film Indonesia terlaris 2020.

Tak heran jika jumlah layar Mariposa pekan ini masih dominan. Akun Twitter pemerhati film @bicaraboxoffice menyebut jumlah layar Mariposa kini lebih banyak ketimbang Bloodshot yang dibintangi Vin Diesel.

Aku Tahu Kapan Kamu Mati

Poster film Aku Tahu Kapan Kamu Mati. (Foto: Dok. Maxima Pictures)
Poster film Aku Tahu Kapan Kamu Mati. (Foto: Dok. Maxima Pictures)

"Peringkat jumlah layar per Senin (16/03/2020). 1. Mariposa 2. Bloodshot 3. Aku Tahu Kapan Kamu Mati 4. The Invisible Man. 5. Onward," beri tahu akun Twitter @bicaraboxoffice pada Senin pagi.

Pencapaian lain yang patut diapresiasi, yakni film Aku Tahu Kapan Kamu Mati. Film horor yang dibintangi Ria Ricis, Natasha Wilona, dan Al Ghazali ini meneror 509 ribu penonton lebih setelah beredar selama 11 hari.

Sebelum Iblis Menjemput ayat 2

Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2 (Instagram/ timobros)
Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2 (Instagram/ timobros)

Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2 yang menempatkan Chelsea Islan dan Baskara Mahendra sebagai pemeran utama sukses menakut-nakuti 804 ribu penonton dan kini menghuni posisi ke-6.

Sementara itu, Teman Tapi Menikah 2 telah mengharubirukan 814 ribu penonton. Diperkuat pasangan Adipati Dolken dan Mawar De Jongh, film karya Rako Prijanto itu kini membuka 5 besar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yuk, Lihat Fakta Tentang Haico Van Der Veken Pesinetron Samudra Cinta

Posted: 16 Mar 2020 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Haico Van der Veken merupakan aktris yang lahir di Bali, 18 Februari 2002. Haico sendiri memiliki keturunan darah campuran Indonesia dan Eropa.

Haico merupakan seleb yang kini menjadi idola baru berkat perannya sebagai Cinta di sinetron SCTV, Samudra Cinta. Perempuan yang juga merupakan model itu berhasil menciptakan karakter yang berkesan saat memerankan karakter Cinta.

Pada kesempatan kali ini SCTV akan mengulik fakta tentang Haico yang mungkin banyak para penggemarnya belum ketahui.

Penasaran seperti apa keseruannya? Simak selengkapnya di channel SCTV hanya di Vidio.

Saksikan Videonya Di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

49 WN China Tiba di Kendari, Imigrasi Sebut Mereka Sudah Dikarantina di Thailand

Posted: 16 Mar 2020 10:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM menyatakan 49 Warga Negara (WN) China sudah menjalani rangkaian pemeriksaan medis sebelum tiba di Tanah Air pada Minggu, 15 Maret 2020 kemarin.

Menurut Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Kemenkumham Arvin Gumilang, 49 WN China itu sudah dikarantina di Thailand selama kurang lebih 14 hari.

"Berdasarkan medical certificate atau surat sehat pemerintah Thailand sejak tanggal 29 Februari hingga 15 Maret 2020 bahwa mereka telah dikarantina di Thailand, dan surat tersebut telah diverifikasi oleh pihak perwakilan RI di Bangkok, Thailand pada tanggal 15 Maret 2020," ujar Arvin saat dikonfirmasi, Selasa (17/3/2020).

Arvin mengatakan, usai dikarantina di Thailand, 49 WN China tersebut kemudian terbang dan tiba tiba di Tanah Air pada 15 Maret 2020. Mereka tiba di Bandara Soekarno Hatta.

"15 Maret 2020 Warga Negara Tiongkok tersebut mendarat di Bandara Soekarno Hatta dan kemudian dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Soekarno Hatta dan telah menerbitkan surat rekomendasi berupa kartu kewaspadaan kesehatan pada setiap orang tersebut," kata Arvin.

 

Laik Masuk Indonesia

Berdasarkan pemeriksaan kesehatanan tersebut, akhirnya Imigrasi menyatakan 49 WN China tersebut laik masuk wilayah kedaulatan NKRI. Menurut Arvin, mereka ke Tanah Air dalam rangka uji coba kemampuan bekerja. Menurut Arvin, 49 WN China itu menggunakan visa kunjungan B211 yang berlaku 60 hari.

"(Visa) itu diterbitkan pada tanggal 14 Januari 2020 di KBRI Beijing untuk kegiatan calon TKA dalam rangka uji coba kemampuan bekerja," ujar Arvin

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Social Distancing Jadi Pilihan Lebih Bijak Dibanding Lockdown

Posted: 16 Mar 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat Transportasi Universitas Soegijapranata, Djoko Setijowarno, menyarankan agar pendekatan menjaga jarak atau social distance lebih dikedepankan, ketimbang melakukan upaya penutupan atau lockdown. Kedua langkah tersebut bertujuan sama yaitu meminimalisir penyebaran virus Corona.

"Pendekatan social distance atau menjaga jarak lebih dikedepankan, supaya ekonomi masyarakat tetap berjalan," kata Djoko Setijowarno dalam keterangan tertulisnya, kepada Liputan6.com, Selasa (17//3/2020).

Merebaknya virus Corona ke beberapa negara termasuk Indonesia, telah membuat Pemerintah Indonesia mengantisipasi agar virus tersebut tidak menyebar luas. Pemerintah Indonesia telah menerbitkan lima protokol, salah satunya Protokol di Area dan Transportasi Publik.

Sementara itu, upaya lockdown seperti halnya di Wuhan (Tiongkok) atau beberapa negara lain memang belum dilakukan. Bisa jadi pertimbangan ekonomi menjadi penyebabnya jika suatu kota di Indonesia dilakukan lockdown. Dengan kondisi seperti sekarang ini, perekonomian masyarakat mulai menurun.

"Sektor pariwisata salah satunya mulai menurun yang juga berimbas pada rantai bisnis pendukungnya, seperti persewaan kendaraan, penginapan hotel, kuliner, usaha catering. Pendekatan social distance atau menjaga jarak lebih dikedepankan, supaya ekonomi masyarakat tetap berjalan." Ujarnya.

 

Protokol Transportasi

Calon penumpang menunggu bus Transjakarta di halte Tosari, MH Thamrin, Jakarta, Kamis (26/7). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim jumlah penumpang Transjakarta meningkat hingga 10 persen. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Calon penumpang menunggu bus Transjakarta di halte Tosari, MH Thamrin, Jakarta, Kamis (26/7). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim jumlah penumpang Transjakarta meningkat hingga 10 persen. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Selain itu, protokol perubahan transportasi di Jakarta pun berpengaruh, yang biasanya menggunakan transportasi umum, beralih menggunakan kendaraan pribadi, untuk menghindari antrian panjang pengguna seperti MRT dan Trans Jakarta, ojek online bisa menjadi pilihan bertransportasi untuk menghindari penyebaran virus Corona.

Begitupun kini, dengan aktivitas di pusat perbelanjaan, perkantoran, perbankan masih berlangsung normal. Walaupun ada himbauan untuk bekerja di rumah, kontak dengan publik akan memperbesar risiko penyebaran Covid-19.

"Mengisolasi diri tidak hanya untuk keselamatan diri sendiri, tetapi juga untuk orang lain, bahkan mungkin pula dalam skala besar untuk uamt manusia," pungkasnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lama Tak Terdengar Kabarnya, Ini Potret Terbaru 6 Mentor AFI

Posted: 16 Mar 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejak awal 2000-an, reality show yang menjaring bakat-bakat dari orang biasa menjadi superstar begitu diminati. Salah satunya adalah Akademi Fantasi Indosiar (AFI). Pada zamannya AFI pernah menjadi salah satu tontonan paling diminati masyarakat Indonesia.

Tak hanya para kontestannya saja, namun para mentornya juga yang cukup menarik perhatian. Ya, seperti yang diketahui setelah para peserta terpilih menjadi akademia, mereka dikumpulkan dalam sebuah asrama untuk dikarantina.

Di sana mereka dilatih oleh para pengajar profesional yang meliputi bidang koreografi, psikologi, olah vokal, nada, akting, dan bahasa Inggris. Enggak kalah dari para pesertanya, para mentor ini punya kesan khusus di hati para penggemar AFI. Seperti sosok Bertha, pelatih vokal yang tegas, atau Arie Tulang yang lihai dalam koreografinya.

Lama tak terlihat di layar kaca, kira-kira bagaimana ya kabar para mentor AFI ini? Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas potret dan kabar para mentor AFI, Selasa (17/3/2020).

 

1. Ubiet

Lama Tak Terdengar, Ini 6 Potret dan Kabar Terkini Para Mentor AFI (Sumber: Twitter @TuraNewMusic)
Lama Tak Terdengar, Ini 6 Potret dan Kabar Terkini Para Mentor AFI (Sumber: Twitter @TuraNewMusic)

Nya Ina Raseuki atau yang lebih dikenal Ubiet, wanita kelahiran Jakarta ini menjadi pengajar vokal di musim 2 sampai musim 4 AFI.

Lama tak terdengar kabarnya, wanita kelahiran 1965 ini masih aktif di dunia musik loh. Dalam beberapa kesempatan, Ubiet juga masih aktif di tampil pertunjukan musik. 

2. Otty Jamalus

Lama Tak Terdengar, Ini 6 Potret dan Kabar Terkini Para Mentor AFI (Sumber: Instagram//ottijamalus/)
Lama Tak Terdengar, Ini 6 Potret dan Kabar Terkini Para Mentor AFI (Sumber: Instagram//ottijamalus/)

Wanita berhijab Otty Jamalus atau yang lebih dikenal Mbak Otti menjadi pelatih vokal di musim kelima. Meski kini jarang terlihat di layar kaca, Otty masih aktif di dunia musik. 

Ia tampil di beberapa acara festival musik jazz, seperti BNI Java Jazz Festival. Perempuan kelahiran Jakarta, 27 Oktober 1968 ini juga membuka sekolah musik bernama OJ Music House. 

3. Bertha

Lama Tak Terdengar, Ini 6 Potret dan Kabar Terkini Para Mentor AFI
Lama Tak Terdengar, Ini 6 Potret dan Kabar Terkini Para Mentor AFI

Penggemar AFI pasti tidak asing dengan sosok Bertha. Pemilik nama lengkap Etta Herawati ini menjadi pelatih vokal AFI di musim pertama. 

Hingga saat ini, wanita yang akrab disapa Bertha ini masih menjadi pelatih vokal. Sejumlah penyanyi ternama pernah menjadi murid Bertha, salah satunya Agnes Monica. Terbaru, Bertha melatih vokal Barbie Kumalasari.

4. Arie Tulang

Lama Tak Terdengar, Ini 6 Potret dan Kabar Terkini Para Mentor AFI (Sumber: Instagram/arietulang)
Lama Tak Terdengar, Ini 6 Potret dan Kabar Terkini Para Mentor AFI (Sumber: Instagram/arietulang)

Enggak cuma pelatih vokalnya aja yang mencuri perhatian, pelatih koreografi pun jadi sorotan. Sosok Ari Tulang tak luput menjadi perhatian para penggemar. 

Sama seperti Bertha, Arie Tulang dikenal sebagai koreografer yang tegas bagi para akademi. Usai dari AFI, Arie Tulang tetap menjadi pelatih tari. Ia pun kerap menunjukkan kegiatannya di laman Instagram pribadinya.

5. Tamam Husein

Lama Tak Terdengar, Ini 6 Potret dan Kabar Terkini Para Mentor AFI (Sumber: Instagram/ninatamam)
Lama Tak Terdengar, Ini 6 Potret dan Kabar Terkini Para Mentor AFI (Sumber: Instagram/ninatamam)

Kepala sekolah Tamam Huesin, ini sosoknya tak asing lagi di dunia musik Tanah Air. Meski tak lagi muda,  ayah Nina Tamam ini masih aktif di dunia musik loh. Dalam beberapa kesempatan Nina dan sang ayah terlihat bekerja bersama. 

Pada 2005 lalu, Tamam Husein turut andil dengan menyumbangkan lagu berjudul "Kembali Padamu" di  album solo putrinya. 

 

 

6. Tyson Lynch

Lama Tak Terdengar, Ini 6 Potret dan Kabar Terkini Para Mentor AFI
Lama Tak Terdengar, Ini 6 Potret dan Kabar Terkini Para Mentor AFI

Dalam AFI, tak hanya vokal atau koreografi saja, namun juga ada pengajar Bahasa Inggris. Enggak banyak yang tahu, rupanya suami Melaney Ricardo, Tyson Lynch pernah menjadi pengajar Bahasa Inggris di AFI loh.

Ia menikah dengan Melaney Ricardo pada 31 Juli 2010. Dari pernikahan tersebut mereka dikaruniai dua orang anak yaitu, Chloe Valentine Lynch dan Courage Jordan Lynch. Jarang terlihat di layar kaca, kini Tyson aktif di dunia Youtube. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Gubernur dan Wagub Maluku Utara Nyaris Berkelahi Saat Pelantikan Eselon II

Posted: 16 Mar 2020 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah Insiden terjadi di kediaman gubernur Maluku Utara saat pelantikan pejabat pemprov Maluku Utara. Wagub Al Yasin Ali marah dan nyaris memukul gubernur Abdul Gani Kasuba karena marasa tidak diajak berkoordinasi dalam pelantiakan tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspada Virus Corona COVID-19, Penyaluran BBM dan Elpiji di Sumut Normal

Posted: 16 Mar 2020 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Medan Kewaspadaan dan kesiapan pekerja Pertamina di tengah wabah virus corona COVID-19 lebih ditingkatkan. Salah satunya dengan membentuk Tim Task Force pencegahan infeksi virus corona COVID-19 di bawah pimpinan Direksi Pertamina.

Unit Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I, M Roby Hervindo mengatakan, tugas Tim Task Force melakukan langkah pencegahan infeksi virus corona COVID-19 dengan tetap mengutamakan pemenuhan kebutuhan energi masyarakat.

"Di tengah kewaspadaan virus corona COVID-19, operasional penyaluran BBM dan elpiji tetap berjalan normal," kata Roby, Selasa (17/3/2020).

Dijelaskannya, di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) hingga Februari 2020, Pertamina telah menyalurkan Premium sebesar 71,17 juta liter. Sedangkan untuk Biosolar, disalurkan sebanyak 184,76 juta liter. Untuk penyaluran elpiji 3 kilogram, periode Januari hingga Februari 2020, disalurkan total 21,49 juta tabung melalui 228 agen dan 9.607 pangkalan di seluruh Sumut.

"Masyarakat diharapkan tetap tenang. Beli BBM dan elpiji sesuai kebutuhan dan peruntukan. Stok BBM dan elpiji yang tersedia di Fuel Terminal mampu memenuhi kebutuhan masyarakat hingga 28 hari ke depan," Roby menjelaskan.

Untuk menghindari pembelian berlebih maupun aksi ambil untung pengecer, agen dan pangkalan elpiji diinstruksikan untuk tidak melayani pembelian tabung elpiji subsidi 3 kg baru. Konsumen hanya diperbolehkan menukar tabung elpiji 3 kg kosong dengan yang isi di pangkalan, maksimum 2 tabung per konsumen.

Pembelian tabung gas baru, diperbolehkan untuk jenis Bright Gas dan LPG 12 Kg. Kepada pangkalan juga ditekankan kembali untuk menjual sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET), kepada konsumen yang berhak.

"Bila masyarakat menemukan indikasi pelanggaran ketentuan oleh SPBU maupun pangkalan, laporkan segera. Kami menindaklanjuti semua laporan yang masuk," Roby menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Ratas Bareng Menhub, Menteri Edhy Prabowo Tetap Tes Corona

Posted: 16 Mar 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat pada Senin kemarin. Pemeriksaan in idilakukan dalam rangka antisipasi terhadap penyebaran virus Corona.

Sebagaimana diketahui tanggal 14 Maret lalu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dinyatakan positif terjangkit virus corona. Sebelum diumumkan, Budi Karya masih sempat mengikuti rapat terbatas (Ratas) tingkat menteri di Istana Merdeka pada 11 Maret 2020.

Edhy mengaku dalam keadaan sehat dan tidak mengalami gejala terpapar covid-19. Politisi Partai Gerindra ini tidak mengalami batuk atau sesak napas.

"Saya aman, baik, tapi kita tunggu saja hasilnya ya," kata Edhy dalam keterangan pers yang diterima merdeka.com, Jakarta, Selasa (17/3/2020).

Saat Ratas 11 Maret lalu Edhy Prabowo tidak hadir karena menjalani sidang terbuka promosi doktor di Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung. Sehingga dia tidak bersama dengan Budi Karya.

 

Kerja dari Rumah

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo (Istimewa)
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo (Istimewa)

Menyikapi penyebaran Covid-19 Edhy memberlakukan sistem kerja dari rumah atau work from home (WFH) secara bergiliran bagi pegawai Kementerian Kelautan dan Perikanan. Kebijakan ini diambil dalam rangka menekan penyebaran virus. Tetapi tetap memastikan pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan.

Edhy menyarankan pegawai KKP yang hamil menuju masa melahirkan untuk mempercepat cutinya. Begitu juga dengan pegawai yang masih menyusui anak. Edhy memberikan dispensasi untuk bekerja dari rumah.

"Yang penting pekerjaan bisa virtual, terpenting hasil akhir," kata Edhy mengakhiri.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Disadari, Empat Kebiasaan Ini Bisa Bikin Motor Rusak

Posted: 16 Mar 2020 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Melihat kondisi jalan yang super macet dan membuat pemilik mobil terjebak di tengah padatnya lalu lintas. Pilihan pun jatuh pada kendaraan roda dua, sepeda motor.

Dikutip dari Wahana Honda, motor memang menjadi pilihan terbaik untuk menembus kemacetan. Sayangnya, banyak pemiliknya menggunakan kendaraannya tanpa menyadari kesalahan yang sering dilakukan.

Berikut ini rincian kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh pengendara motor.

Menunda isi angin ban

Ban terasa aneh, motor pun sering kurang stabil saat melaju kencang. Biasanya, hal ini diakibatkan kurangnya tekanan angin pada ban. Ban kurang angin bisa membuat permukaannya terkoyak dan pelek bengkok.

Memakai bensin oplosan

Biasanya ini dilakukan oleh orang-orang yang ingin berhemat. Hal ini disebabkan oleh bensin oplosan bukanlah bensin murni dan sudah dioplos dengan bahan lain.

Kalau terus memakai bensin ini, mesin motor akan rusak dan menimbulkan korosi. Lebih baik kamu mengeluarkan uang berlebih untuk membeli bensin di SPBU agar motor tetap awet.

Gunakan Sparepart Tidak Ori

Mencuci Motor di bawah sinar mentari

Kebanyakan orang mencuci motornya di bawah terik matahari dengan tujuan motor cepat kering. Namun hal ini ternyata salah besar.

Cuci motor di bawah terik matahari bisa membuat warna bodi motor belang. Apalagi, kamu menggunakan sabun yang bukan untuk khusus motor.

Keempat, menggunakan sparepart palsu

Si penjual pun sering mengklaim sparepart KW tidak jauh beda kualitasnya dengan sparepart asli. Tak disadari, motor bisa lebih mudah rusak. Kamu bisa lebih banyak mengeluarkan uang untuk perbaikan.

Sumber: Dream.co.id

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita 3 Orang Italia Hidup di Tengah Lockdown karena Pandemi Corona COVID-19

Posted: 16 Mar 2020 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seiring banyaknya keputusan maupun desakan lockdown di sekian banyak negara akibat pandemi virus corona COVID-19Lonely Planet, sebagaimana dilansir Selasa (17/3/2020), bertanya pada tiga orang Italia tentang bagaimana hidup dalam kondisi tersebut.

Pertama, Benedetta Geddo yang tinggal di Piedmont.

Sudah enam hari lamanya sejak Geddo meninggalkan rumah. Minggu lalu, ia masih pergi ke pusat kebugaran, bahkan datang ke acara makan malam keluarga. "Sangat tak sadar bahwa itu bakal jadi hari normal terakhir yang saya alami," katanya.

"Pada Minggu (8 Maret 2020) area tempat tinggal saya ditetapkan sebagai zona merah. Kemudian Senin (9 Maret 2020), status tersebut diperluas jadi seluruh wilayah Italia. Hari ini hari Kamis (12 Maret 2020), dan kemarin perdana menteri kami mengumumkan bahwa hanya toko penjual kebutuhan pokok dan obat yang bakal buka," imbuhnya.

Seruan demi seruan berujung Italia lockdown membuatnya beranggapan harusnya tak seperti ini, namun berpikir ini adalah satu-satunya cara di waktu bersamaan. "Saya sungguh tak bisa mendeskrispikannya dengan cara berbeda," ucapnya.

Situasi secara umum dikatakan sama dengan yang dideskripsikan media. Satu kekhawatiran Geddo adalah kakek-neneknya yang tinggal di kota berbeda dan tak bisa dikunjugi karena larangan keluar rumah dan bepergian jauh.

"Saya hanya berusaha meredakan pikiran bahwa mereka termasuk orang yang punya risiko tinggi untuk terinfeksi virus," katanya. Terlepas dari segala keterbatasan, Geddo tetap beranggapan dirinya masuk dalam golongan beruntung.

Selama lockdown, ia mencoba menyusun rutinitas baru. "Ada pekerjaan yang harus diselesaikan karena sehari-hari pun saya bekerja secara remote. Setelah makan siang, saya coba berjalan-jalan sebentar di kebun rumah untuk merasakan udara segar," katanya.

Ia juga tetap berolahrga dan bersosialisasi dengan teman-temannya lewat video call selama Italia lockdown. "Semua yang saya lakukan cukup nyaman, walau secara keseluruhan situasi ini masih sangat aneh untuk saya," tandasnya.

Warga Kota Roma dan Tuscany

Tuscany, Italia. (Liputan6/iStockphoto)
Tuscany, Italia. (Liputan6/iStockphoto)

Kedua, Alexandra Bruzzese yang bertinggal di Roma.

Ia mengatakan, saat virus corona pertama dilaporkan tercatat di utara Italia sekitar Februari, warga Roma masih melakukan kegiatan seperti biasa, mulai dari bekerja sampai kumpul-kumpul di bar. "Bahkan di hari Sabtu (7 Maret 2020), saya masih keluar bertemu dengan teman-teman di restoran," kata Bruzzese.

Tapi, pengumuman lockdown membuat siapapun yang keluar rumah harus membawa semacam sertifikasi berisi alasan keluar rumah dan harus diperlihatkan pada pihak berwajib.

"Hanya sedikit sekali orang yang keluar. Mereka yang keluar pun selalu mengenakan masker," ucapnya. Terlepas dari ketakuan bahwa ekonomi negaranya bakal jeblok, Bruzzese mengaku melakukan keseharian dengan cukup baik.

"Saya bekerja dari rumah, punya cukup makanan, Wi-Fi, menonton Netflix, dan mempersiapkan buku yang cukup banyak. Saya sadar kondisi ini mungkin bertambah buruk. Karenanya, saya senang bisa turut bekerja sama dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19," tuturnya.

"Saya harap, makin cepat kita ikut semua anjuran, makin cepat pula segala hal bakal kembali normal," tandasnya.

Terakhir, cerita dari Tuscany oleh John Fullman.

Sehari sebelum lockdown, Fullman mengatakan, kehidupan di Tuscany berjalan tenang sebagaimana biasanya. Kendati sempat ada panic-buying yang akhirnya bisa diselesaikan dengan baik oleh pihak supermarket.

"Kemarin (Rabu, 11 Maret 2020) saya berkendara sekitar tujuh kilometer ke pusat kota. Tak ada polisi di jalur maupun kota. Jalanan cenderung normal. Satu-satunya yang berubah adalah petugas keamanan di supermarket yang memastikan semua orang membeli barang sesuai jumlah minimal yang ditentukan," ucapnya.

Orang-orang yang Fullman kenal kebanyakan mengisolasi diri dengan tidak pergi bekerja, namun melakukan apapun yang mereka bisa dari rumah. "Tak ada kepanikan berarti dan orang-orang cenderung bermain berdasarkan aturan," katanya.

Tempat tinggalnya yang tak berada di pusat kota membuat Fullman, dalam beberapa hari sekali, harus keluar rumah dan membeli berbagai macam kebutuhan di pusat Tuscany. "Yang membuat saya sedih, beberapa hari lagi saya ulang tahun," ceritanya

Tapi, karena anjuran untuk tak melakukan perjalanan antarkota maupun provinsi, ulang tahun kali ini sepertinya akan ia lewati seorang diri. "Setidaknya satu mile (setara 1,6 km) dari orang terdekat dari rumah saya," tutupnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kurangi Angka Pengangguran, Kemnaker Bakal Perbanyak Bursa Kerja Khusus

Posted: 16 Mar 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Untuk mencapai target penempatan 2,1 juta orang dalam satu tahun, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mendorong Sekolah Menengah Kejuruan, Lembaga Pendidikan Kejuruan (LPK) dan Pendidikan Tinggi menggelar kegiatan Bursa Kerja Khusus (BKK). 

BKK berguna membantu alumni Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Perguruan Tinggi/LPK mencari pekerjaan dan menjembatani dunia usaha dalam merekrut tenaga kerja, sekaligus tolok ukur keberhasilan sekolah dalam menyiapkan tenaga terampil yang dibutuhkan pasar kerja.

"Keberadaan BKK sangat diperlukan bagi, pendidikan tinggi sebagai lembaga yang menyalurkan lulusan ke dunia kerja," ujar Plt. Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binapenta dan PKK) Aris Wahyudi, Kemnaker saat membuka Forum Group Disscusion (FGD) bertema "Pelayanan Penempatan Tenaga Kerja Dalam Rangka Mendukung Command Centre TA.2020" di Jakarta, Rabu (12/3/2020).

 

 

Bursa Kerja Khusus

Plt. Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binapenta dan PKK) Aris Wahyudi, Kemnaker saat membuka Forum Group Disscusion (FGD) di Jakarta.
Plt. Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binapenta dan PKK) Aris Wahyudi, Kemnaker saat membuka Forum Group Disscusion (FGD) di Jakarta.

Pengelolaan BKK secara optimal kata Aris Wahyudi, akan memberikan dampak positif bagi siswa yang akan menyelesaikan studi maupun bagi alumni di sekolah tersebut.

"Siswa merasa memiliki jaminan memperoleh pekerjaan setelah lulus melalui suatu wadah berupa BKK," kata Aris.

BKK juga kata Aris Wahyudi, merupakan ujung tombak keberhasilan sekolah dalam menyalurkan siswa ke dunia kerja.

"Jika BKK mampu menjalankan fungsi-fungsi BKK dengan baik, maka persepsi masyarakat terhadap sekolah tersebut secara tidak langsung akan baik pula, " ujar Aris.

Berdasarkan informasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan per Februari 2020, terdata jumlah BKK adalah 1.372 BKK dari 14.327 SMK. Sedangkan data BKK pada pendidikan tinggi dan pelatihan kerja belum terdata dengan baik.

 

Laporan Data Penempatan

Aris menyatakan BKK harus mematuhi Permenaker Nomor 39 Tahun 2016, untuk menyusun laporan kegiatan penempatan tenaga kerja setiap bulan, triwulan, dan tahunan. Termasuk data alumni yang ditempatkan by name by address serta laporan disampaikan kepada Dinas Tenaga Kerja Kab/Kota setempat dan seterusnya sampai ke Pusat.

"Faktanya, sebagian besar BKK belum melaporkan data penempatannya. Padahal Database BKK akan mempermudah Pemerintah (Kemnaker, Kemdikbud dan Dinas) melakukan pembinaan, pengawasan dan peningkatan kapasitas pengelola BKK," ujar Aris.

Kendala ini harus dicari solusi bersama, agar BKK dapat melaporkan datanya dengan mudah, tepat dan akurat.

Aris berharap integrasi data antara Sistem informasi ketenagakerjaan (sisnaker) dengan sistem informasi yang dimiliki Kemendikbud yaitu psmk.kemendikbud.go.id/ bkk dan sindikker.ristekdikti. go.id dapat segera terlaksana untuk mendukung pelayanan penempatan oleh BKK dan memudahkan BKK untuk melaporkan penempatan alumninya.

"Kerja sama BKK dengan Disnaker Provinsi/Kabupaten/Kota, khususnya dengan Pengantar Kerja, diharapkan dapat memperoleh informasi pasar kerja yang lebih benar dan terpercaya," kata Aris.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dipercaya Bisa Tangkal Covid-19, Ratusan Orang di India Minum Urin Sapi

Posted: 16 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Virus Corona Covid-19 hingga kini masih terus mewabah. Bermula dari Wuhan, China, kini virus tersebut telah menginfeksi ribuan orang di lebih dari 100 negara dan wilayah.

Hal ini nampaknya membuat banyak orang waspada dan melakukan berbagai cara agar terhindar dari risiko penularan virus tersebut. Salah satu cara yang banyak dilakukan ialah dengan berdiam diri di rumah guna menghindari interaksi dengan orang lain.

Namun, apa yang dilakukan oleh ratusan warga di India agar terhindar dari penularan Virus Corona terbilang cukup aneh. Bagaimana tidak, mereka memilih untuk meminum urin sapi dengan keyakinan bisa mencegah virus tersebut.

Melansir dari DW.com, acara "pesta" minum urine sapi itu diadakan oleh organisasi Akhil Bharat Hindu Mahashaba pada Sabtu (14/3/2020) di New Delhi. Pada acara tersebut mereka beramai-ramai minum urin sapi yang mereka sebut sebagai "gaumutra."

"Kami telah meminum urin sapi selama 21 tahun, kami juga mandi dengan tinja sapi. Kami merasa tidak perlu mengonsumsi obat-obatan Inggris," kata Om Prakash, salah satu peserta acara itu.

Keyakinan ini salah satunya dipicu oleh para petinggi dari partai Perdana Menteri India Narendra Modi, Partai Bharatiya Janata (BJP). Pemimpin BJP di negara bagian Assam awal bulan ini mengatakan bahwa urin dan tinja sapi bisa melawan Virus Corona di sebuah pertemuan.

Dibantah oleh ahli

foto: AP Photo/A.Qadri
foto: AP Photo/A.Qadri

Meski begitu, para ahli mengatakan bahwa urin hingga kotoran sapi yang kerap dianggap sebagai media pengobatan tradisional tak bisa mengobati Covid-19.

"Tak ada penelitian ilmiah yang menyatakan bahwa pengobatan tradisional semacam itu bisa mencegah Virus Corona," ujar virologis dan peneliti pengobatan tradisional, Debprasad Chattopadhyay.

 "Kotoran dan urin sapi adalah material sisa, tak ada penelitian yang menyatakan bahwa keduanya baik untuk tubuh kita," tambahnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pandemi Covid-19 dan Kegusaran Pengelola Belasan Kilang Sagu di Meranti

Posted: 16 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Meranti - Belasan kilang sagu di Desa Sungai Tohor, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, tidak sesibuk seperti biasanya. Kondisi ini sudah berlangsung dalam dua bulan belakangan karena imbas dari virus corona covid-19.

Minggu siang, 16 Maret 2020, belasan karung berisi sagu basah masih menumpuk di setiap kilang, seolah menunggu kepastian kapan akan diekspor ke Malaysia. Jika dibiarkan hingga dua pekan, kualitas bahan utama pembuat tepung sagu itu dipastikan menurun.

Pemilik dan pekerja di desa penghasil sagu tentu saja gusar. Tidak lagi soal keuntungan, tapi tiap harinya menghitung kerugian karena produksi sagu basah mereka sudah lama tidak terima negeri jiran itu.

Salah satu pengelola kilang, Jasri menyebut kerugian yang dialaminya dalam sebulan bisa mencapai Rp100 juta. Jika dikalikan dengan 15 kilang yang ada saat itu, sudah ada Rp 1,5 miliar kerugian yang dialami.

"Itu kerugian dari kilangnya saja, belum dari petani sagunya. Sebab kami tak berani menerima karena imbas dari virus corona ini, toke tidak mau mengirim ke Malaysia," kata Jasri di kilangnya.

Di kilang Jasri, ada puluhan tual sagu mengantre untuk dikupas lalu dimasukkan ke mesin penghancur. Jumlah ini belum termasuk ratusan tual yang mengantre di pinggir kanal yang tak jauh dari kilang.

Jasri hanya mengolah sedikit saja untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar yang sudah menjadikan sagu sebagai panganan utama.

"Kalau diolah semuanya mau dikirim ke mana nanti, sementara sagu basah ini bagusnya hanya 15 hari. Lebih dari itu ada noda hitam, tidak bagus jadinya," kata Jasri.

Jasri hanya berharap virus corona yang sudah ditetapkan menjadi pandemi oleh organisasi kesehatan dunia (WHO) ini segera berlalu. Menjelang itu, dia berharap ada solusi, baik itu oleh pemerintah daerah ataupun pemerintah pusat.

"Soalnya kalau dipaksa dijual sementara, Malaysia tidak terima lagi, harga sagu tentu anjlok. Ini bisa juga berimbas kepada warga sini yang rata-rata mengolah sagu basah menjadi makanan," imbuhnya.

Ketahanan Tual Sagu

Seorang pengelola sagu bersama tual yang baru saja dikupas untuk dikelola menjadi sagu basah. (Liputan6.com/M Syukur)
Seorang pengelola sagu bersama tual yang baru saja dikupas untuk dikelola menjadi sagu basah. (Liputan6.com/M Syukur)

Jasri menerangkan, tual atau potongan pohon sagu sepanjang satu meter lebih yang diambil dari petani hanya bertahan dua bulan di air. Air merupakan tempat parkir sekaligus sarana untuk mengangkut tual dari kebun petani.

Jika terkena air asin dari pasang karena Meranti merupakan pulau dikelilingi laut, usia tual sagu tak sampai segitu. Tual sagu akan mudah membusuk dan butuh waktu memisahkan antara yang bagus dan tidak.

"Ancaman berikutnya adalah ulat atau larva dari kumbang tanduk. Kami menyebutnya ulat mato yang bisa memakan tual sagu dari dalam, lama-lama membusuk," kata Jasri.

Meletakkannya ke darat juga bukan solusi. Apalagi saat ini cuaca Kepulauan Meranti lebih terik dari daerah lainnya sehingga membuat tual sagu kering. Jika ini terjadi, serat yang keluar dari mesin tidak banyak sehingga mempengaruhi produksi sagu basah.

"Inilah yang sedang kami hadapi dua bulan belakangan ini sebagai imbas dari virus corona," katanya.

Jasri menyebutkan, tual sagu yang sudah dihancurkan mesin akan mengalir ke wadah di ujung mesin. Ada beberapa wadah, satunya sebagai penyaring, di mana tumpukan sagu basah akan diambil lalu dimasukkan ke karung.

Menurut pekerja lainnya, Erman, satu tual bisa menghasilkan hingga 35 kilogram sagu. Satu kilogram sagu basah biasanya dijual ke pengepul Rp 1,9 ribu dan bisa naik jika permintaan banyak.

Sagu basah ini juga dipasarkan ke masyarakat sekitar ataupun daerah lainnya. Masyarakat akan mengolahnya lagi menjadi tepung, lalu dibuat beragam jenis bahan makanan, salah satunya mi sagu.

"Kalau pabrik pembuat tepung sudah ada di sini, punya perusahaan. Kalau masyarakat sendiri belum punya hanya kilang," jelas Erman.

Erman mengaku sudah bekerja di kilang yang berusia puluhan tahun. Hal ini juga dilakoni warga lainnya karena pendahulu Sungai Tohor memang menjadikan kebun sagu sebagai sumber kehidupan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Hanya Demam, Waspadai Gejala Virus Corona Baru yang Muncul Selama 14 Hari

Posted: 16 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah telah mengimbau seluruh masyarakat agar segala aktivitas sebaiknya dilakukan di rumah selama 14 hari. Hal ini guna mencegah penyebaran virus corona (COVID-19). 

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan agar seluruh rakyat Indonesia tetap bersikap tenang menghadapi penyebaran virus Corona atau Covid-19 yang meluas.

"Kepada seluruh rakyat Indonesia saya harap tenang, tidak panik, tetap produktif agar penyebaran Covid-19 ini bisa kita hambat dan kita setop," ujar Jokowi dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/3).

Presiden mengatakan, dengan kondisi sekarang ini adalah saatnya semua pihak untuk memulai langkah melakukan semua akivitas dari rumah.

"Saatnya kita bekerja dari rumah, belajar dari rumah, beribadah di rumah. Inilah saatnya bekerja bersama-sama, saling tolong menolong dan bersatu padu, gotong royong," ujar Jokowi.

Dengan semua langkah yang diambil pemerintah, Presiden berharap penanganan Covid-19 bisa efektif dan efisien menjangkau semua lapisan masyarakat. Dia juga mengajak masyarakat untuk menyamakan langkah agar wabah cepat berlalu.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, juga mengeluarkan surat edaran mengenai penutupan sementara fasilitas umum dan penundaan sementara kegiatan tertentu di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat terkait upaya pencegahan penyebaran COVID-19. Ia juga mengeluarkan surat edaran mengenai peningkatan kewaspadaan terhadap risiko penularan COVID-19 di Jawa Barat.

"Belajar di rumah bukan libur. Belajar di rumah selama dua minggu untuk disiplin di jam sekolah untuk belajar dengan tugas-tugas dan panduan dari katanya, beberapa waktu lalu. 

Lantas kenapa semua orang perlu mengikuti instruksi pemerintah untuk diam di rumah selama 14 hari? 

Pemerintah mengikuti rekomendasi dari World Health Organization (WHO) untuk melakukan social distancing atau mengurangi interaksi dengan orang-orang selama 14 hari. Hal ini perlu disertai dengan pasrtisipasi dan kepatuhan seluruh masyarakat agar dapat menyelamatkan ribuan jiwa.

14 hari merupakan estimasi waktu yang dibutuhkan COVID-19 untuk menunjukkan gejala bagi seseorang yang sudah terinfeksi melalui kontak apapun.

 

 

Gejala Bisa Muncul dalam 14 Hari

Ilustrasi Virus Corona/copyright shutterstock By Halfbottle
Ilustrasi Virus Corona/copyright shutterstock By Halfbottle

Dikutip dari website resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat, jabarprov.go.id, ada beberapa gejala yang akan muncul dari hari ke hari yaitu:

Hari ke 1-3

1. Gejalanya mirip masuk angin

2. Sakit tenggorokan ringan, sedikit sakit

3. Tidak demam, tidak lelah, dan masih makan-minum secara normal

Hari ke-4

1. Sakit tenggorokan sedikit, merasa mabuk

2. Suara mulai serak

3. Suhu tubuh berkisar antara 36,5 derajat celcius (setiap orang berbeda-beda)

4. Mulai anoreksia

5. Sakit kepala ringan

6. Diare ringan

Hari Ke-5

1. Sakit tenggorokan, suara serak

2. Tubuh demam ringan, suhu berkisar 36,5-36,7 derajat Celsius

3. Tubuh lelah, merasa nyeri pada persendian

Hari Ke-6

1. Demam meningkat jadi 37 derajat celcius

2. Batuk kering atau berdahak

3. Sakit tenggorokan saat makan, berbicara atau menelan

4. Kelelahan, mual

5. Sesekali sulit bernapas

6. Jari sakit

7. Diare, bisa muntah

Hari ke-7

1. Demam lebih tinggi dari 37,4-37,8 derajat Celsius

2. Batuk lebih banyak, begitupun dahaknya.

3. Nyeri badan, kepala terasa berat

4. Frekuensi napas pendek sesekali

5. Diare makin sering

6. Muntah

Hari ke-8

1. Demam tinggi, minimal 37,9 derajat celcius

2. Napas sulit, setiap kali bernapas terasa berat

3. Batuk terus-menerus

4. Sakit kepala, nyeri sendi, sakit punggung

Hari ke-9

1. Gejala bertambah buruk

2. Demam semakin tinggi

3. Batuk tidak mereda, lebih buruk dari sebelumnya

4. Meski sudah berusaha, masih kesulitan bernapas

Jika selama 14 hari tidak menunjukkan gejala apapun maka dapat dinyatakan negatif dari COVID-19.

Jadi, 14 hari berfungsi untuk saling pantau agar orang yang menunjukkan gejala terinfeksi COVID-19 dapat segera ditangani. Penularanpun dapat dihentikan karena tidak ada kontak dengan orang lain dalam 14 hari tersebut.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia usai Alami Perubahan Akibat Virus Corona

Posted: 16 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jadwal Timnas Indonesia dalam kalender FIFA yang diagendakan pada Maret dan Juni 2020 mengalami perubahan. Hal tersebut terjadi karena adanya virus Corona.

Seharusnya, pada bulan ini, Timnas Indonesia dijadwalkan berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2020 sebanyak dua kali, yakni melawan Thailand dan Uni Emirat Arab. Kemudian, di bulan Juni, Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam.

Semua pertandingan itu pun akan dilangsungkan pada Oktober dan November mendatang. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan pun memilih untuk mengormati keputusan tersebut.

"Timnas Indonesia kita telah melakukan persiapan pada bulan lalu. Rencananya pertengahan Maret ini pun akan berkumpul kembali."

"Namun, kita sama-sama memaklumi perkembangan terakhir di dunia, yang secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh pada aktivitas persepakbolaan. Bagaimanapun, kemanusiaan ada di atas segalanya," kata Iriawan, seperti dikutip dari situs resmi PSSI.

 

Jadwal Timnas Terbaru

Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Jadwal Timnas Indonesia Terbaru

8 Oktober 2020

Thailand vs Timnas Indonesia

13 Oktober 2020

Timnas Indonesia vs Uni Emirat Arab

12 November 2020

Vietnam vs Timnas Indonesia

Skuat Timnas

Skuat Timnas di TC Terakhir

Kiper

1. Andritany Ardhiyasa (Persija Jakarta)

2. Muhammad Riyandi (Barito Putera)

3. Nadeo Argawinata (Bali United)

4. Muhammad Adi Satrio (PSMS Medan)

Belakang

5. Fachruddin Aryanto (Madura United)

6. Bagas Adi Nugroho (Arema FC)

7. Andy Setyo Nugroho (Tira Persikabo)

8. Rudolf Yanto Basna (PT Prachuap)

9. Hansamu Yama (Persebaya Surabaya)

10. Alfeandra Dewangga (PSIS Semarang)

11. Ricky Fajrin (Bali United)

12. Gavin Kwan Adsit (Bali United)

13. Putu Gede Juni Antara (Bhayangkara FC)

14. Firza Andika (PSM Makassar)

15. Asnawi Mangkualam (PSM Makassar)

16. Pratama Arhan Alif (PSIS Semarang)

Tengah

17. Sani Rizki Fauzi (Bhayangkara FC)

18. T.M. Ichsan (Bhayangkara FC)

19. Rachmat Irianto (Persebaya Surabaya)

20. Muhammad Tahir (Persipura Jayapura)

21. Bayu Pradana (Barito Putera)

22. Zulfiandi (Madura United)

23. Septian David Maulana (PSIS Semarang)

24. Stefano Lilipaly (Bali United)

25. Irfan Bachdim (PSS Sleman)

26. Rizky Rizaldi Pora (Barito Putera)

27. Febri Hariyadi (Persib Bandung)

28. Saddil Ramdani (Tanpa Klub)

29. Rizky Eka Pratama (PSM Makassar)

30. Osvaldo Haay (Tanpa Klub)

Depan

31. Ilija Spasojevic (Bali United)

32. Lerby Eliandry (Bali United)

33. Irfan Jauhari Bali United)

34. Muhammad Rafli (Arema FC)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ulang Tahun ke-38, Ini 6 Transformasi Dian Sastro dari Kecil hingga Kini

Posted: 16 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang tidak mengenal Dian Sastrowardoyo? Seleb cantik Tanah Air yang namanya meroket sejak memerankan karakter Cinta di sinetron Ada Apa dengan Cinta pada 2014. Seleb yang mengawali karier sejak 2001 ini sudah membintangi 18 judul film.

Film terbaru yang akan dibintangi Dian Sastro yakni berjudul Guru-Guru Gokil. Film Guru-Guru Gokil akan tayang di bioskop pada April 2020. Tak hanya film, perempuan berusia 38 tahun tersebut juga kerap terlibat menjadi model video klip di berbagai lagu seperti berjudul Menghapus Jejakmu milik Peterpan.

Kemarin Rabu (17/3/2020), Dian Sastro genap berusia 38 tahun. Kini mendekati masuk kepala 4, Dian tetap berpenampilan cantik memesona. Bila diperhatikan, penampilan Dian semakin terlihat awet muda saja. Hal tersebut dikarenakan pemeran Cinta di AADC ini gemar berolahraga.

Penasaran kan bagaimana potret transformasi Dian Sastrowardoyo dari kecil hingga menjadi aktris ternama? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, transformasi Dian Sastrowardoyo, Selasa (17/3/2020).

1. Dengan gaya rambut poni bob, potret masa kecil Dian Sastro ini sangat menggemaskan.

Ulang Tahun ke-38, Ini 6 Transformasi Dian Sastro dari Kecil Hingga Aktris Ternama (sumber: Instagram.com/seleb_doloesekarang)
Ulang Tahun ke-38, Ini 6 Transformasi Dian Sastro dari Kecil Hingga Aktris Ternama (sumber: Instagram.com/seleb_doloesekarang)

2. Dari kecil, Dian Sastro memang sudah terlihat begitu ekspresif.

Ulang Tahun ke-38, Ini 6 Transformasi Dian Sastro dari Kecil Hingga Aktris Ternama (sumber: Instagram.com/therealdisastr)
Ulang Tahun ke-38, Ini 6 Transformasi Dian Sastro dari Kecil Hingga Aktris Ternama (sumber: Instagram.com/therealdisastr)

3. Saat masih kecil, pemeran Cinta di film AADC ini memiliki gigi yang ompong.

Ulang Tahun ke-38, Ini 6 Transformasi Dian Sastro dari Kecil Hingga Aktris Ternama (sumber: Instagram.com/seleb_doloesekarang)
Ulang Tahun ke-38, Ini 6 Transformasi Dian Sastro dari Kecil Hingga Aktris Ternama (sumber: Instagram.com/seleb_doloesekarang)

4. Masuk usia remaja, Dian Sastro semakin cantik dan berprestasi. Ia berhasil menjadi Pemenang 1 Gadis Sampul 1996.

Ulang Tahun ke-38, Ini 6 Transformasi Dian Sastro dari Kecil Hingga Aktris Ternama (sumber: Instagram.com/memoryjadoel)
Ulang Tahun ke-38, Ini 6 Transformasi Dian Sastro dari Kecil Hingga Aktris Ternama (sumber: Instagram.com/memoryjadoel)

5. Penampilan cantiknya ini membuatnya mendapat banyak tawaran bermain film. Film pertama yang dibintanginya adalah Pasir Berbisik yang tayang 2001.

Ulang Tahun ke-38, Ini 6 Transformasi Dian Sastro dari Kecil Hingga Aktris Ternama (sumber: Instagram.com/memoryjadoel)
Ulang Tahun ke-38, Ini 6 Transformasi Dian Sastro dari Kecil Hingga Aktris Ternama (sumber: Instagram.com/memoryjadoel)

6. Sekarang, Dian Sastro genap berusia 38 tahun dan sudah menjadi ibu dari 2 orang anak.

Ulang Tahun ke-38, Ini 6 Transformasi Dian Sastro dari Kecil Hingga Aktris Ternama (sumber: Instagram.com/therealdisastr)
Ulang Tahun ke-38, Ini 6 Transformasi Dian Sastro dari Kecil Hingga Aktris Ternama (sumber: Instagram.com/therealdisastr)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kelas Pintar Beri Layanan Belajar Online Gratis Selama Sebulan

Posted: 16 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah pusat dan sejumlah pemerintah daerah melakukan beberapa langkah antisipatif guna meminimalisir penyebaran COVID-19 di Indonesia.

Salah satu di antaranya adalah dengan menghentikan sementara kegiatan belajar mengajar di sekolah. Beralih ke belajar di rumah atau belajar online.

Mendikbud Nadiem Makarim mengapresiasi langkah proaktif yang dilakukan di semua lini pemerintahan daerah serta mitra di kalangan swasta.

"Kemendikbud siap dengan semua skenario termasuk penerapan bekerja bersama-sama untuk mendorong pembelajaran secara daring (dalam jaringan) untuk para siswa," ujar Nadiem sebagaimana dikutip dari blog resmi Kemendikbud, Selasa (17/3/2020).

Ia menyebut dampak penyebaran COVID-19 akan berbeda dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Pihaknya siap dukung kebijakan yang diambil pemda karena keamanan dan keselamatan peserta didik serta guru dan tenaga kependidikan itu yang utama.

Senada dengan Mendikbud, Kelas Pintar sebagai penyedia solusi pendidikan berbasis teknologi, mendukung langkah antisipatif pemerintah guna meminimalisir penyebaran COVID-19.

Fernando Uffie, Founder Kelas Pintar, mengatakan selama satu bulan ke depan guru maupun siswa-siswi di seluruh Indonesia bisa menggunakan solusi belajar online dari Kelas Pintar secara gratis.

"Kami juga menambahkan jam operasional fitur Tanya menjadi dua sesi pada pukul 09:00-12:00 dan 18:00-21:00 untuk memaksimalkan proses pembelajaran tetap berlanjut, kapan dan dari mana pun," ujar Fernando melalui keterangannya.

Siswa Bisa Tetap Poduktif

Guru membuat materi pelajaran daring di ruang guru SMP Negeri 92, Jakarta, Senin (16/3/2020). Pemprov DKI menutup kegiatan belajar mengajar di sekolah selama dua pekan dan menerapkan online home learning sebagai langkah mengatisipasi penyebaran virus corona COVID-19. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Guru membuat materi pelajaran daring di ruang guru SMP Negeri 92, Jakarta, Senin (16/3/2020). Pemprov DKI menutup kegiatan belajar mengajar di sekolah selama dua pekan dan menerapkan online home learning sebagai langkah mengatisipasi penyebaran virus corona COVID-19. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Menurut Uffie, penghentian sementara kegiatan belajar mengajar di sekolah tak lantas membuat proses pembelajaran terhenti.

Siswa bisa tetap belajar secara online, guru bisa tetap memberikan pendampingan dalam proses belajar siswa, dan orangtua bisa memonitor perkembangan belajar anaknya.

Semua itu bisa dilakukan dengan solusi Pendidikan berbasis teknologi yang dikembangkan Kelas Pintar.

"Kelas Pintar bisa digunakan sebagai sarana belajar tanpa menghilangkan interaksi antara siswa dengan gurunya di sekolah. Dengan begitu, proses belajar siswa di sekolah tidak terputus, hanya lokasi belajarnya saja yang berbeda (belajarnya dilakukan secara online)," jelas Uffie.

Hal tersebut dimungkinkan karena Kelas Pintar menyediakan materi pelajaran yang sama dengan apa yang diberikan di sekolah. Baik dari sisi content (sesuai kurikulum) maupun dari sisi jumlah mata pelajaran, yang terdiri dari 8 mata pelajaran untuk kelas 1-3, 10 mata pelajaran untuk kelas 4-6, 7 mata pelajaran untuk kelas 7-9, dan 11 mata pelajaran untuk kelas 10-12.

Melalui fitur assessment, guru bisa membangun interaksi dengan siswa layaknya proses pembelajaran di sekolah. Dengan begitu, guru bisa tetap mengajar peserta didiknya sesuai dengan kurikulum yang diajarkannya di sekolah dan siswa bisa melanjutkan proses belajar dengan pendampingan dari gurunya.

 

Bagaimana Cara Akses Gratis ke Kelas Pintar?

Layanan SOAL dari Kelas Pintar
Layanan SOAL dari Kelas Pintar

Cara mendapatkan akses gratis Kelas Pintar, guru maupun siswa hanya perlu mengunjungi laman https://www.kelaspintar.id atau dengan mengunduh aplikasi Kelas Pintar yang di Google Play Store dan Apple Apps Store.

Lalu, lakukan pembelian paket Kelas Pintar Regular 1 bulan dengan menggunakan kode kupon KELASPINTAR.

Akses gratis dengan menggunakan kupon tersebut berlaku hingga 16 April 2020. Kelas Pintar juga memberikan free access kepada pihak sekolah untuk menggunakan solusi belajar Kelas Pintar.

Akses layanan secara gratis tersebut bisa didapat dengan langsung menghubungi pihak Kelas Pintar di nomor +621 40403999 atau email ke info@kelaspintar.id.

Sebagai informasi, solusi belajar Kelas Pintar yang dapat diakses secara cuma-cuma ini mencakup semua mata pelajaran dari kelas 1 SD sampai dengan SMA kelas 12, untuk semua penjurusan.

(Isk/Why)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PGN Jamin Pasokan Gas Lancar saat Covid-19 Mewabah

Posted: 16 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN), berkomitmen terus memberikan layanan pelanggan sesuai standar kualitas yang telah berjalan, di tengah wabah virus Corona (Covid-19) menyebar di Indonesia.

Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama mengatakan, sebagai pionir pembangunan infrastruktur dan pemanfaatan gas bumi, PGN pastikan Kegiatan tersebut tetap berjalan normal. PGN juga memastikan prosedur keselamatan operasi dipatuhi di seluruh lini bisnis perusahaan.

"Kami sangat prihatin dengan situasi saat ini dimana sebaran virus Corona terus meluas. Meski demikian, sebagai sub-holding gas bumi, PGN memiliki protokol kerja yang dapat menjamin layanan kepada pelanggan tetap berjalan normal," kata Rachmat, di Jakarta, Selasa (17/3/2020).

Rachmat menuturkan, PGN saat ini melayani lebih dari 359 ribu pelanggan dari berbagai segmen seperti kelistrikan, pupuk, industri, UMKM, transportasi hingga rumah tangga. Dengan pengalaman pengelolaan infrastruktur dan pemanfaatan gas bumi lebih dari setengah abad, PGN telah menyiapkan prosedur tetap, jika terjadi hambatan dalam proses operasi perusahaan.

Seperti yang pernah terjadi, ketika jaringan gas bumi kepada pelanggan di Jakarta Timur mengalami kerusakan pada akhir tahun lalu. Dalam waktu singkat, tidak lebih dari 48 jam, pasokan gas dapat segera teratasi.

Ketika itu PGN menyalurkan Compress Natural Gas (CNG) kepada 6.896 pelanggan RT di lima lokasi di wilayah Jakarta Timur di antaranya Metering Regulating Station (MRS) Rusun Klender, Perumnas Klender, Rawamangun, Pulomas dan Pulogadung.

"Kami telah siapkan mekanisme untuk mengatasi setiap hambatan dalam penyaluran gas kepada pelanggan. Kami berharap pelanggan PGN tetap tenang dalam situasi apapun, termasuk dalam mengantisipasi merebaknya wabah virus Corona ini," tutur Rachmat.

 

Infrastruktur

Warga mengecek instalasi aliran gas milik PGN di Rusunawa Griya Tipar Cakung, Jakarta Timur, Kamis (28/11/2019). Griya Tipar Cakung merupakan rusunawa kedua milik Pemprov DKI Jakarta yang telah dialiri jaringan pipa gas PGN. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Warga mengecek instalasi aliran gas milik PGN di Rusunawa Griya Tipar Cakung, Jakarta Timur, Kamis (28/11/2019). Griya Tipar Cakung merupakan rusunawa kedua milik Pemprov DKI Jakarta yang telah dialiri jaringan pipa gas PGN. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

PGN juga memastikan bahwa proyek pembangunan infrastruktur yang sudah direncanakan perusahaan akan tetap berjalan. Rencananya tahun ini, PGN menambah jaringan pipa gas untuk membangun jaringan gas rumah tangga sebanyak 316 ribu di 49 kabupaten kota di seluruh Indonesia. Sementara untuk mendukung bertumbuhnya sektor industri di daerah, PGN juga sedang membangun proyek infrastruktur gas di Jawa Tengah, Jawa Timur dan beberapa daerah di Sumatera.

Rachmat mengungkapkan, proyek infrastruktur gas bumi tahun ini ditargetkan bertambah sepanjang 453 km. Mayoritas pembangunan infrastruktur tersebut dialokasikan untuk mendukung pertumbuhan industri di daerah melalui pemanfaatan gas bumi. Sebagai energi baik, gas bumi terbukti lebih efisien, ramah lingkungan dan banyak diproduksi di dalam negeri.

"Tahun 2020 PGN akan membangun infrastruktur gas untuk industri dan rumah tangga sepanjang 453 km. Kami berharap penguatan infrastruktur ini akan semakin meningkatkan ketahanan energi Indonesia," ujarnya.

 

Antisipasi Sebaran Covid-19

PGN membangun  fasilitas Liquid Natural Gas (LNG) Terminal di Pelabuhan Tanjung Perak, Teluk Lamong, Surabaya, Jawa Timur yang akan beroperasi secara bertahap pada tahun ini.
PGN membangun fasilitas Liquid Natural Gas (LNG) Terminal di Pelabuhan Tanjung Perak, Teluk Lamong, Surabaya, Jawa Timur yang akan beroperasi secara bertahap pada tahun ini.

Sebagai antisipasi sebaran Covid-19, Direktur Sumber Daya dan Umum PGN, Desima E. Siahaan mengungkapkan, PGN telah mengedarkan sosialisasi penanganan Covid-19 kepada saluruh pekerja. Termasuk himbauan untuk meningkatkan kewaspadaan personal terhadap penularan Covid-19 seperti menghindari keramaian (public area) kecuali keperluan penting dan meningkatkan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS).

"Kami menghimbau seluruh pekerja untuk wajib saling mengingatkan kepada pekerja yang lain bila ada pekerja yang demam, batuk, atau gangguan pernapasan lainnya untuk segera berobat di klinik perusahaan atau rumah sakit serta menggunakan masker," kata Desima.

Desima berharap, setiap pekerja tetap tenang, tidak mudah terpancing kepanikan, dan mengikuti perkembangan kasus Covid-19 melalui sumber yang valid dan terpercaya. PGN akan meningkatkan edukasi tentang pencegahan dan penanggulangan Covid- 19 dengan tetap mempertimbangkan berjalannya bisnis dan operasional perusahaan.

"Kami telah mengeluarkan surat, terkait himbauan work from home bagi pekerja PGN meski tidak untuk semua pekerja. Seluruh Anak Perusahaan dan Afiliasi telah menyiapkan dan mengatur kemungkinan dijalankannya Satellite Office dan Corporate's Work From Home (WFH) yang disesuaikan dengan karakteristik dan proses bisnis masing-masing dengan tetap mempertimbangkan standar operasional perusahaan dan keamanan pelayanan kepada pelangan dan masyarakat," tutup Desima.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harus Lebay, Syahrini Minta ART dan Sopir Pakai Sarung Tangan dan Masker

Posted: 16 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wabah virus Corona juga menjadi perhatian sejumlah selebritas termasuk Syahrini. Maklumlah penyebaran virus Corona telah menjadi isu kesehatan global. Presiden Joko Widodo meminta masyarakat melakukan social distancing selama beberapa hari ke depan termasuk bersekolah dan bekerja dari rumah.

Syahrini  pun ikut mengampanyekan gerakan di rumah saja untuk mempersempit ruang gerak virus Corona.

Istri pengusaha Reino Barack ini menyampaikan sejumlah langkah sederhana yang ia terapkan di rumah untuk mencegah penularan virus Corona.

Jurus sederhana ala Syahrini itu bisa dilihat dalam unggahan di Instagram Stories-nya pada Senin (16/3/2020) kemarin. Penyanyi berdarah Sunda ini mengunggah sejumlah tips dengan latar warna abu-abu tanpa motif.

Harus Lebay

Unggahan Syahrini. (Foto: Instagram @princessyahrini)
Unggahan Syahrini. (Foto: Instagram @princessyahrini)

"#Cofid19 di rumah saja. Banyak dzikir ke Allah SWT, exercise, eat well, sleep well," bintang film Bodyguard Ugal-ugalan itu mengingatkan. Di bagian lain unggahan tersebut, Syahrini mengingatkan untuk lebih lebay.

Khususnya dalam hal cuci tangan. "Harus lebay. Cuci tangan like crazy is a must!!! Pakae antiseptic," beri tahu pelantun "Seperti Itu" dan "Gubrak Gubrak Gubrak Jeng Jeng Jeng." 

Mbak di Rumah dan Sopir

Syahrini dan suami. (Sumber: Instagram)
Syahrini dan suami. (Sumber: Instagram)

Yang menarik, Syahrini memastikan semua orang yang berada di sekitarnya menggunakan sarung tangan serta masker untuk mencegah penularan Covid-19. "Mbak di rumah, sopir pakai masker sarung tangan," ia menyambung.

Syahrini kemudian mengingatkan, "Teknologi serbacanggih. Belajar bekerja dari rumah saja. Enggak usah panik. Apalagi tetap menjaga wudhunya. Insyaallah dijaga Allah SWT."

Tak Usah Cipika-cipiki

Syahrini dan Reino Barack (Instagram/princessyahrini)
Syahrini dan Reino Barack (Instagram/princessyahrini)

Syahrini berpendapat, bertemu dengan kerabat, sahabat, atau klien sebenarnya boleh dengan sejumlah catatan. "Ketemu siapa pun enggak usah cepika-cepiki. Selamanya ganti pakai gerakan salam nasional. Ada tiga gerakan tinggal pilih," sambung penyanyi kelahiran Sukabumi, 1 Agustus 1982. 

Syahrini mengaku, selama imbauan social distance belum dicabut oleh pemerintah, ia berada di rumah saja. "Incess juga di rumah aja. Movie marathon di rumah seru juga, khaaan!" pungkas Nyonya Reino Barack.

Data Terkini

Ilustrasi Virus Corona 2019-nCoV (Public Domain/Centers for Disease Control and Prevention's Public Health Image)
Image)

Seperti diketahui, virus Corona mewabah hingga ke Tanah Air awal tahun ini. Data terkini yang dipublikasikan pada 16 Maret 2020 menyebutkan, jumlah kasus infeksi virus Corona atau Covid-19 di Indonesia mencapai 134.

Dari yang 134 itu, 8 pasien dinyatakan sembuh sementara 5 orang meninggal dunia. Selebihnya, masih menjalani prosedur kesehatan dan diharapkan pulih dalam waktu dekat.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Status Darurat Virus Corona 91 Hari, Terhitung 29 Februari hingga 29 Mei 2020

Posted: 16 Mar 2020 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memutuskan untuk memperpanjang Status Keadaan Tertentu Darurat Wabah Bencana Penyakit Akibat Virus Corona di Indonesia.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Bencana BNPB Agus Wibowo membenarkan hal tersebut.

"Iya," tutur Agus saat dikonfirmasi, Selasa (17/3/2020).

Hal itu tertera dalam Surat Keputusan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 13.A Tahun 2020.

Dalam naskah tersebut, tertulis masa perpanjangan berlaku selama 91 hari, terhitung tanggal 29 Februari hingga 29 Mei 2020.

Kepala BNPB Doni Monardo langsung menandatangani surat tersebut dengan tanggal tertera 29 Februari 2020.

Bencana Non-Alam

Mobil ambulans Dinkes Kota Depok tiba di ruang isolasi Gedung Mawar RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Jakarta, Senin (2/3/2020). Mobil ambulans Dinkes Kota Depok  yang diketahui membawa kerabat dari dua warga Depok yang positif Corona untuk diperiksa secara intensif. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Mobil ambulans Dinkes Kota Depok tiba di ruang isolasi Gedung Mawar RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Jakarta, Senin (2/3/2020). Mobil ambulans Dinkes Kota Depok yang diketahui membawa kerabat dari dua warga Depok yang positif Corona untuk diperiksa secara intensif. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

WHO telah menetapkan Covid-19 atau penyakit yang disebabkan karena virus Corona sebagai pandemi global. Indonesia sendiri menetapkan penyakit itu sebagai bencana non-alam.

"Karena virus ini sudah dikategorikan pandemi global, statusnya bencana non-alam," ujar Ketua Satgas Pelaksana Percepatan Penanganan Covid-19 di Indonesia, Doni Monardo, di kantor BNPB, Jakarta, Sabtu (14/3/2020). 

Oleh karena itu, percepatan akan dilakukan dengan menerapkan management penanggulangan bencana. Management ini memberikan akses yang lebih luas dan mudah bagi pemerintah daerah dalam pengerahan sumber daya yang terencana dan terpadu.

Percepatan penanganan Covid-19 ini berdasar Pasal 50 UU Nomor 24 tahun 2007.

Pasal tersebut mengatur, "Dalam hal status keadaan darurat bencana ditetapkan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan badan penanggulangan bencana daerah mempunyai kemudahan akses yang meliputi: a. pengerahan sumber daya manusia;b. pengerahan peralatan;c. pengerahan logistik;d. imigrasi, cukai, dan karantina;e. perizinan;f. pengadaan barang/jasa;g. pengelolaan dan pertanggungjawaban uang dan/ataubarang;h. penyelamatan; dani. komando untuk memerintahkan sektor/lembaga."

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prosedur Pemeriksaan Sampel COVID-19 di LBM Eijkman

Posted: 16 Mar 2020 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman di Jakarta juga ditunjuk menjadi salah satu tempat untuk pemeriksaan spesimen seseorang terkait COVID-19 selain Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan.

Berdasarkan edaran yang dikeluarkan LBM Eijkman, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebelum mendapatkan tes di lembaga penelitian di bawah Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi itu.

Dalam edaran yang diterima Health Liputan6.com pada Selasa (17/3/2020), apabila Anda mengalami:

  • Gejala berupa demam, batuk dan pilek, sakit tenggorokan, sesak napas, atau gangguan pernapasan, atau
  • Memiliki riwayat perjalanan dalam 14 hari terakhir dari negara yang terdampak COVID-19, atau
  • Kontak dekat dengan orang yang terpapar virus corona (SARS-CoV-2) dalam jangka waktu 14 hari setelah munculnya gejala

Hubungi fasilitas layanan kesehatan seperti puskesmas, rumah sakit, atau klinik dokter terdekat.

 

Prosedur Pengambilan Spesimen

Ilustrasi Foto Peneliti (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Peneliti (iStockphoto)

Terkait prosedur pemeriksaan COVID-19, LBM Eijkman akan mengirimkan Standar Operasional cara pengambilan spesimen. Kemudian, pengambilan bisa dilakukan di fasyankes untuk kemudian dikirimkan ke LBM Eijkman.

Spesimen tersebut diambil dengan dari usapan saluran pernapasan atas dalam VTM (Virus Transport Medium) pada pasien terduga dan dikoleksi saat mengalami gejala.

VTM bisa diambil didapat dengan menghubungi dan berkoordinasi dengan LBM Eijkman serta untuk mengetahui berapa yang akan diambil. Nantinya, spesimen akan dikirim dengan ice gel (4 derajat Celsius) dalam waktu kurang dari 24 jam setelah diambil.

Ketika dikirimkan, lampirkan dengan beberapa dokumen pendukung yaitu:

  1. Surat pengantar permintaan untuk pemeriksaan SARS-CoV-2 (rujukan dokter),
  2. pengisian formulir Permintaan Uji Laboratorium Deteksi Virus (data klinis) dari LBM Eijkman, serta
  3. Lembar persetujuan pasien yang sudah diisi.

Syarat Sampel Bisa Diteliti

Ilustrasi penelitian. (iStockphoto)
Ilustrasi penelitian. (iStockphoto)

LBM Eijkman dapat melayani pemeriksaan sampel uji SARS-CoV-2 dengan kondisi:

  1. LBM Eijkman hanya menerima sampel yang berasal atau dikirimkan dari fasyankes, berdasarkan rujukan tenaga kesehatan (nakes)
  2. Nakes melengkapi Surat Pengantar Permintaan untuk Pemeriksaan Virus Corona
  3. Nakes mengisi Formulir Permintaan Uji Laboratorium untuk Deteksi Virus dengan mencantumkan data klinis
  4. Pasien mengisi Lembar Persetujuan Pasien

LBM Eijkman menyatakan bahwa hasil pemeriksaan akan dijaga kerahasiaannya dan hanya diberikan kepada pihak yang berwenang. Selain itu, mereka menyatakan bahwa hasil tes bisa diambil satu hari setelahnya dan tidak dipungut biaya.

 

Tidak Bisa Langsung ke LBM Eijkman

Ilustrasi penelitian. (iStockphoto)
Ilustrasi penelitian. (iStockphoto)

Sebelumnya, Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Prof Amin Soebandrio, mengatakan bahwa pasien yang ingin melakukan tes Corona tidak bisa langsung datang ke Eijkman.

"Tetap harus ke rumah sakit," kata Amin saat dihubungi pada Senin, 16 Maret 2020.

Menurut Amin, tes untuk mengetahui adanya Virus Corona dapat dilakukan di rumah sakit mana saja. Tidak harus di rumah sakit rujukan nasional untuk penanganan COVID-19, seperti RSPI-Sulianti Saroso maupun RSUP Persahabatan.

Amin mengatakan, yang terpenting fasyankes tersebut bisa melakukan tes swab. "Karena sampel dari bagian itu yang akan kami cek," ujarnya.

Tes swab sendiri berarti mengambil sampel lendir dari bagian belakang hidung. Amin mengatakan, virus corona hidup di tempat tersebut.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berseteru Perang Dagang, Miliarder China Jack Ma Kirim Bantuan Masker ke AS

Posted: 16 Mar 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Miliarder China sekaligus Pendiri grup Alibaba, Jack Ma, membuat akun twitter untuk pertama kalinya dan mengumumkan pengiriman pertama masker wajah dan kit uji coronavirus jenis baru atau Covid-19 yang disumbangkannya tengah dalam perjalanan menuju Amerika Serikat.

"Pengiriman pertama masker dan alat uji coronavirus ke AS bertolak dari Shanghai. Semua yang terbaik untuk teman-teman kami di Amerika," cuit pertama Jack Ma di Twitter (16/03/2020).

Sebelumnya, Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation mengumumkan telah mempersiapkan 500 ribu unit alat tes virus corona dan 1 juta lembar masker untuk dikirim ke AS.

Kedua yayasan tersebut juga telah mendonasikan alat-alat kesehatan ke negara lainnya, termasuk Jepang, Korea Selatan, Italia, Iran, dan Spanyol.

Jack Ma Sumbang USD 14 Juta untuk Pengembangan Vaksin Virus Corona

Jack Ma pernah menjadi seorang guru Bahasa Inggris dengan bayaran hanya sekitar US$ 12 - US$ 15 per bulan.
Jack Ma pernah menjadi seorang guru Bahasa Inggris dengan bayaran hanya sekitar US$ 12 - US$ 15 per bulan.

Orang terkaya China, Jack MA, telah menyumbangkan USD 14 juta melalui yayasannya untuk membantu mengembangkan vaksin untuk virus Corona, menurut sebuah laporan New York Times.

Para pendiri Alibaba akan membagikan USD 5,8 juta kepada dua organisasi penelitian pemerintah China dengan sisa dana untuk mendukung upaya pencegahan dan pengobatan, CNN Business melaporkan.

Sementara itu, Perusahaan farmasi Johnson & Johnson awal pekan ini mengatakan dengan cukup percaya diri dapat menemukan vaksin untuk mengatasi virus coronaini.

"Kami memiliki puluhan ilmuwan yang bekerja pada hal ini sehingga kami cukup yakin kita bisa mendapatkan sesuatu yang dibuat yang akan bekerja dan tetap aktif untuk jangka panjang," kata Paul Stoffels, Chief Scientific Officer perusahaan, kepada CNBC.

Tapi dia bilang itu bisa memakan waktu hingga satu tahun untuk vaksin yang akan tersedia di pasar.

"Kita akan melihat dalam beberapa minggu ke depan bagaimana ini terjadi," tambah Stoffels, menurut laporan.

Virus Corona baru-yang telah menewaskan lebih dari 100 orang-muncul di pusat kota Cina Wuhan dan belum memiliki obat penangkalnya.

 

Reporter : Danar Jatikusumo

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

All England 2020 Selesai, Kontingen Indonesia Langsung Diisolasi

Posted: 16 Mar 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia meraih satu gelar di All England 2020 dari pasangan ganda campuran, Praveen Jordan / Melati Daeva. Ketika tugas mereka kelar di Birmingham, kontingen Indonesia pun langsung pulang ke tanah air.

Namun, Pengurus Pusat PBSI mengambil kebijakan untuk mengisolasi para atlet di pelatnas Cipayung untuk menghindari virus Corona. Inggris merupakan salah satu negara di Eropa yang sudah terindikasi COVID-19.

Tercatat, sebanyak 24 atlet yang tampil di All England 2020 telah kembali ke Indonesia. Mereka akan menjalani isolasi selama 14 hari sebelum kembali ke keluarganya masing-masing.

"Dengan mempertimbangkan keselamatan dan kesehatan pemain serta tim ofisial, maka semua yang dari luar negeri, khususnya negara yang terdapat outbreak Covid-19, harus menjalani self isolation," kata Sekjen PP PBSI, Achmad Budiharto, dikutip dari Badmintonindonesia.org.

"Pemain yang baru pulang dari Inggris akan dapat program latihan khusus selama masa isolasi mandiri. Untuk jadwal dan pengaturannya masih kami diskusikan," ucap pria yang bertindak sebagai Chef de Mission tim Indonesia di All England 2020.

 

Terbagi Dua Tim

Chef de Mission Piala Sudirman, Achmad Budiharto, memberikan penjelasan saat perayaan ulang tahun PBSI dan pelepasan tim Piala Sudirman di Kantor PBSI Cipayung, Jakarta, Sabtu (6/5/2017). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)
Chef de Mission Piala Sudirman, Achmad Budiharto, memberikan penjelasan saat perayaan ulang tahun PBSI dan pelepasan tim Piala Sudirman di Kantor PBSI Cipayung, Jakarta, Sabtu (6/5/2017). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Skuat All England 2020 pulang ke Indonesia terbagi menjadi dua tim. Tim pertama tiba dari Birmingham pada Minggu malam (15/3) dan sudah diisolasi di asrama Pelatnas Cipayung.Tim kedua akan tiba hari ini, Selasa (17/3), terdiri dari empat atlet yang berlaga di final All England 2020 yaitu Praveen Jordan / Melati Daeva Oktavianti dan Kevin Sanjaya Sukamuljo / Marcus Fernaldi Gideon beserta tim ofisial.

PP PBSI juga memutuskan, tahun ini tidak ada tradisi penyambutan juara All England 2020 di bandara Soekarno-Hatta. Indonesia meraih satu gelar juara dari ajang bergengsi tersebut lewat ganda campuran Praveen Jordan / Melati Daeva Oktavianti.

Aktivitas Ditunda

 

Seluruh aktivitas wawancara langsung dengan media di dalam dan luar pelatnas juga sementara ditunda hingga para atlet selesai masa isolasi mandiri. Seiring terus bertambahnya kasus Covid-19 di Tanah Air, PP PBSI memperketat aturan di kawasan pelatnas.

PP PBSI juga menutup akses pelatnas bagi semua tamu sampai dua pekan ke depan. Hal ini dijelaskan dalam Surat Edaran nomor 158/0.5/III/2020 yang diterbitkan PP PBSI pada hari ini perihal Peraturan Pencegahan Covid-19.

Kegiatan atlet juga dibatasi pada latihan dan istirahat di asrama. Dalam sebulan ke depan, seluruh turnamen nasional dan internasional resmi dibatalkan. Program latihan atlet hingga hari ini tetap berjalan seperti biasa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Imigrasi: 49 WN China di Kendari Sempat Dikarantina di Thailand

Posted: 16 Mar 2020 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Ditjen Imigrasi Kemenkumham) membenarkan kabar 49 Warga Negara (WN) China mendarat di Kendari, Sulawesi Tenggara pada, Minggu (15/3/2020).

Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Kemenkumham Arvin Gumilang mengatakan, 49 WN China itu ke Tanah Air dalam rangka uji coba kemampuan bekerja. Menurut Arvin, 49 WN China itu menggunakan visa kunjungan B211 yang berlaku 60 hari.

"(Visa) itu diterbitkan pada tanggal 14 Januari 2020 di KBRI Beijing untuk kegiatan calon TKA dalam rangka uji coba kemampuan bekerja (Permenkumham Nomor 51 Tahun 2016)," ujar Arvin saat dikonfirmasi, Selasa (17/3/2020).

Arvin menyebut, sebelum tiba di Tanah Air, WN China itu sempat singgah di Thailand pada 29 Februari 2020. Arvin mengatakan, berdasarkan surat sehat dari pemerintah Thailand, 49 WN China tersebut sempat dikarantina sejak tanggal 29 Februari 2020 sampai 15 Maret 2020 di Thailand.

"Surat (sehat) tersebut telah diverifikasi oleh pihak Perwakilan RI di Bangkok, Thailand pada tanggal 15 Maret 2020," kata Arvin.

Usai dikarantina, pada 15 Maret 2020, WN China tersebut terbang ke Tanah Air dan tiba di Bandara Soekarno Hatta. Ke-49 WN China tersebut telah diperiksa kesehatannya oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Soekarno Hatta.

Dinyatakan Layak Masuk

Arvin mengatakan, dari serangkaian tes medis yang dilakukan para WN China tersebut, mereka dinyatakan laik masuk wilayah Indonesia. Apalagi, KKP Soekarno Hatta juga sudah menerbitkan surat rekomendasi berupa kartu kewaspadaan kesehatan pada para WN China itu.

Berdasarkan surat rekomendasi itu, Petugas Imigrasi Bandara memberikan izin masuk pada tanggal 15 Maret 2020 sebagaimana tertera pada paspor.

"Kantor Imigrasi membenarkan bahwa pada tanggal 15 Maret 2020 pukul 20.00 WITA sebanyak 49 Warga Negara Tiongkok yang berasal dari Provinsi Henan, Hebei, Jiangsu, Shaanxi, Jilin dan Anhui datang ke Kendari dari Jakarta menggunakan maskapai Garuda Indonesia dengan kode penerbangan GA-696," kata Arvin.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pandemi Virus Corona COVID-19, Uzbekistan Akan Pulangkan Warganya dari Indonesia

Posted: 16 Mar 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Uzbekistan menyatakan siap menjemput warganya di Indonesia sebagai langkah antisipasi Virus Corona (COVID-19). Pesawat carter akan disiapkan, berangkat dari Jakarta dalam beberapa hari mendatang.

Kebijakan ini berlaku untuk turis saja, bukan untuk diplomat, dan sifatnya wajib. Pesawat akan berangkat dari Jakarta ke Tashkent dan sebaliknya untuk menjemput turis dari kedua negara.

"Selama situasi Virus Corona ini, dan adanya enam kasus positif Corona di Uzbekistan, pemerintah Uzbekistan membuat pergerakan bagi semua masyarakat Uzbekistan di Indonesia dan masyarakat Indonesia yang saat ini berada di Uzbekistan," ujar pengumuman resmi Kedutaan Besar Uzbekistan, Selasa (17/3/2020).

Sejauh ini pihak Kedubes belum bisa memberikan jadwal penerbangan. Namun, ada kemungkinan pesawat penjemput berangkat pekan ini.

"Tanggalnya belum diketahui, bisa jadi pada pekan ini. (WNI) bisa ikut dan harus bergabung. Wajib," jelas Kedubes Uzbekistan kepada Liputan6.com.

Penerbangan juga tidak gratis. Mereka yang mau ikut harus membeli tiket terlebih dahulu.

Berikut kontak yang dapat dihubungi:

 

Nomor Uzbekistan:+99871 233 28 28

+99897 1365151

Call center 1164

Nomor Indonesia:+6281519488141

 

Sebelumnya dilaporkan, weorang warga Uzbekistan terbukti positif terkena Virus Corona sepulangnya dari Prancis. Kasus itu menjadi infeksi pertama di negara Asia Tengah berpenduduk 34 juta tersebut.

Pembatasan Penerbangan

Ilustrasi di dalam pesawat | unsplash.com/@by_syeoni
Ilustrasi di dalam pesawat | unsplash.com/@by_syeoni

Uzbekistan kini sedang mengambil langkah yang diperlukan terkait pencegahan penyebaran Virus Corona COVID-19.

Pada Minggu 15 Maret 2020, maskapai pemerintah Uzbekistan menghentikan sementara atau membatasi penerbangan ke sejumlah kota di Eropa Barat, Asia dan Timur Tengah hingga akhir April.

Virus Corona COVID-19, pertama kali muncul di China tengah pada Desember tahun lalu. Hingga kini telah menjangkit ke lebih dari 120 negara dan wilayah.

Kematian global akibat Virus Corona melebihi angka 5.300 dengan sedikitnya 142.000 kasus terkonfirmasi. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut Eropa sebagai episentrum baru Virus Corona.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Corona Makin Mewabah, Perlukah Jakarta Lockdown?

Posted: 16 Mar 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai sektor ekonomi tergerus ketidakpastian global beberapa waktu belakangan. Mewabahnya pandemi Covid-19 atau virus Corona memperparah keadaan. Pemerintah pun gelimpungan mencari cara agar masyarakat tetap sehat namun kegiatan ekonomi, yang tidak akan pernah bisa berhenti, tetap terus berjalan seperti biasanya.

Namun jika datangnya virus Corona memaksa masyarakat Indonesia untuk "beristirahat", mau tak mau, akan ada beragam kejutan dalam kegiatan ekonomi, baik dari kebiasaan kultural hingga kebijakan-kebijakan yang digelontorkan pemerintah.

Opsi lockdown langsung terbesit di benak semua pihak, mengingat negara-negara yang juga terpapar Corona seperti Spanyol dan Italia sudah menerapkan hal ini. Namun, apakah Jakarta perlu benar-benar di-lockdown?

"Sebagai salah satu opsi antisipasi perluasan penyebaran virus Corona, saya kira lockdown ini mesti disikapi dengan sangat hati-hati. Ada baiknya tidak mengambil kebijakan yang justru memantik kontraksi ekonomi," ujar Ekonom Economic Action Indonesia (EconAct) Ronny P Sasmita kepada Liputan6.com, Selasa (17/03/2020).

Lanjut Ronny, pemerintah harus ingat bahwa Jakarta adalah nadi ekonomi nasional, yang jika aktivitas ekonominya berhenti, diisolasi dan dikunci, pasti ekonomi akan mengalami kontraksi serta inflasi. Dan secara langsung, imbas lockdown juga akan memukul rakyat baik kalangan pengusaha maupun kaum menengah ke bawah.

"Lockdown bagi sebagian besar masyarakat menengah ke bawah dan UMKM, memiliki arti berhenti mencari makan. Untuk pengusaha, lockdown berarti berhenti berproduksi, namun tetap harus membayar gaji," imbuhnya.

Sehingga, yang harus pemerintah lakukan ialah menetapkan protokol darurat Corona secara komprehensif dan mendetail, menentukan lembaga yang bertanggung jawab secara umum dan sektoral, menentukan sumber pembiayaannya dan memastikan aksesibilitas kinerjanya transparan.

"Kebijakan tersebut akan memperjelas kapasitas dan fungsi masing-masing lembaga, yang bisa diupdate setiap waktu hasilnya. Opsi ini jauh lebih baik daripada mendelegasikan wewenang penentuan sikap ke daerah-daerah," tutup Ronny.

PM Muhyiddin Yassin Umumkan Malaysia Lockdown Nasional Karena Virus Corona

Muhyiddin Yassin (tengah) melambaikan tangan sebelum upacara pelantikannya sebagai Perdana Menteri Malaysia di Istana Negara, Kuala Lumpur, Minggu (1/3/2020). Berdasarkan hukum Malaysia, penunjukan PM Malaysia bisa dilakukan oleh raja. (NAZRI RAPAAI/AFP/MALAYSIA'S DEPARTMENT OF INFORMATION)
Muhyiddin Yassin (tengah) melambaikan tangan sebelum upacara pelantikannya sebagai Perdana Menteri Malaysia di Istana Negara, Kuala Lumpur, Minggu (1/3/2020). Berdasarkan hukum Malaysia, penunjukan PM Malaysia bisa dilakukan oleh raja. (NAZRI RAPAAI/AFP/MALAYSIA'S DEPARTMENT OF INFORMATION)

Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin memutuskan untuk melakukan lockdown nasional atau mengunci akses seantero Negeri Jiran. Keputusan itu diambil karena melonjaknya jumlah kasus Virus Corona COVID-19.

Dalam pidato pada Senin (16/3/2020) malam, Muhyiddin mengatakan, pemerintah akan menerapkan Perintah Kontrol Gerakan selama lockdown yang dimulai pada 18 Maret hingga 31 Maret, seperti dilansir SCMP.

Keputusan Muhyiddin seiring dengan meningkatnya jumlah kasus positif Virus Corona di Malaysia yang mencapai 553. Jumlah itu merupakan kasus positif COVID-19 tertinggi di Asia Tenggara.

Malaysia melaporkan 125 kasus baru pada Senin, 95 di antaranya terkait dengan acara tabligh akbar yang diadakan pada Februari, menurut kementerian kesehatan, menyusul lonjakan 190 kasus selama akhir pekan.

Acara tabligh akbar itu dihadiri sekitar 16.000 dari 27 Februari hingga 1 Maret. Dari 14.500 warga Malaysia yang hadir, hanya 7.000 yang melakukan tes Virus Corona.

Sejauh ini, total 42 pasien Virus Corona di Malaysia telah sepenuhnya pulih dari Virus Corona dan telah dipulangkan. Sementara 511 masih di rumah sakit, 12 di antaranya masih dalam perawatan intensif.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

49 WN China Masuk via Bandara Haluoleo Kendari, Ini Penjelasan Imigrasi

Posted: 16 Mar 2020 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Ditjen Imigrasi Kemenkumham) membenarkan kabar 49 Warga Negara (WN) China mendarat di Kendari, Sulawesi Tenggara pada, Minggu (15/3/2020).

Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Kemenkumham Arvin Gumilang mengatakan, 49 WN China itu ke Tanah Air dalam rangka uji coba kemampuan bekerja.Menurut Arvin, 49 WN China itu menggunakan visa kunjungan B211 yang berlaku 60 hari.

"(Visa) itu diterbitkan pada tanggal 14 Januari 2020 di KBRI Beijing untuk kegiatan calon TKA dalam rangka uji coba kemampuan bekerja (Permenkumham Nomor 51 Tahun 2016)," ujar Arvin saat dikonfirmasi, Selasa (17/3/2020).

Arvin menyebut, sebelum tiba di Tanah Air, WN China itu sempat singgah di Thailand pada 29 Februari 2020. Arvin mengatakan, berdasarkan surat sehat dari pemerintah Thailand, 49 WN China tersebut sempat dikarantina sejak tanggal 29 Februari 2020 sampai 15 Maret 2020 di Thailand.

"Surat (sehat) tersebut telah diverifikasi oleh pihak Perwakilan RI di Bangkok, Thailand pada tanggal 15 Maret 2020," kata Arvin.

Usai dikarantina, pada 15 Maret 2020, WN China tersebut terbang ke Tanah Air dan tiba di Bandara Soekarno Hatta. Ke-49 WN China tersebut telah diperiksa kesehatannya oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Soekarno Hatta.

Arvin mengatakan, dari serangkaian tes medis yang dilakukan para WN China tersebut, mereka dinyatakan laik masuk wilayah Indonesia. Apalagi, KKP Soekarno Hatta juga sudah menerbitkan surat rekomendasi berupa kartu kewaspadaan kesehatan pada para WN China itu.

Berdasarkan surat rekomendasi itu, Petugas Imigrasi Bandara memberikan izin masuk pada tanggal 15 Maret 2020 sebagaimana tertera pada paspor.

"Kantor Imigrasi membenarkan bahwa pada tanggal 15 Maret 2020 pukul 20.00 WITA sebanyak 49 Warga Negara Tiongkok yang berasal dari Provinsi Henan, Hebei, Jiangsu, Shaanxi, Jilin dan Anhui datang ke Kendari dari Jakarta menggunakan maskapai Garuda Indonesia dengan kode penerbangan GA-696," kata Arvin.

Simpang Siur Informasi

Kapolda Sulawesi Tenggara Brigjen Pol Merdi Syam mengeluarkan informasi tidak akurat soal kedatangan 49 WN China yang merupakan warga negara China. Saat itu dia menyatakan, kedatangan 49 orang TKA asal China via Bandara Haluoleo Kendari bukan berasal dari China, tetapi dari Jakarta.

Puluhan TKA China itu, menurut pengakuannya, merupakan pekerja asal Konawe yang kembali ke Jakarta mengurus perpanjangan visa. Selanjutnya, mereka kembali ke Kota Kendari disertai keterangan sehat dan sudah menjalani karantina.

Informasi itu langsung dibantah Kepala Kanwil Kemenkum HAM Sulawesi Tenggara, Sofyan. Dirinya menyatakan mereka adalah TKA baru asal China yang baru masuk Sulawesi Tenggara. Kedatangan mereka dari Provinsi Hainan China selanjutnya menuju Thailand.

"Disana, mereka dikarantina selama 14 hari," ujar Sofyan.

Dia menyatakan, semua TKA yang menuju Morosi, Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara merupakan pekerja yang baru saja mengurus perpanjangan visa di Thailand. Tidak seperti pernyataan Kapolda bahwa TKA China ini merupakan orang dari Jakarta yang mengurus perpanjangan visa.

Sofyan Melanjutkan, berdasarkan data imigrasi Kelas IIA Kendari, pekerja China ini datang pada 15 Maret 2020. Kedatangan mereka menggunakan Maskapai Garuda dengan kode penerbangan GA-696.

Sofyan kembali mematahkan pernyataan Kapolda Sultra, yang ternyata warga asal China ini keluar dari Thailand pada 15 Maret 2020 berdasarkan cap tanda keluar dari Pemerintah Thailand.

"Itu bisa dilihat di paspor mereka," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Program Pemagangan Kemnaker Dapat Dukungan Ratusan Perusahaan Jepang

Posted: 16 Mar 2020 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sedikitnya 730 Perusahaan Jepang di kawasan Jakarta dan sekitarnya siap mendukung program pemagangan dan vokasi yang digagas Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

Dukungan tersebut mengemuka dalam diskusi terbatas Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, dengan pengurus The Jakarta Japan Club (JJC) yakni Kyogi Ueda (Panasonic), Masamichi Tanaka (Toyota), dan Yoshihiro Kobi (Befa), di kantor Kemnaker, Jakarta, Kamis (12/3/2020).

"Kami menyambut positif dukungan para pengusaha Jepang dalam pengembangan sumberdaya manusia (SDM) melalui program pemagangan dalam dan luar negeri serta job fair," ujar Ida Fauziyah kepada awak media.

Menaker Ida berpendapat, kerja sama program pemagangan cukup efektif memberikan dampak positif bagi industri/perusahaan, karena perusahaan mendapatkan tenaga terampil dari proses pemagangan tersebut dan perusahaan juga meningkat produktifitasnya.

"Itu salah satu yang ingin kita dorong kepada anggota JJC agar bisa mengembangkan program seperti yang dilakukan Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Karawang, Jawa Barat," katanya.

 

Pemagangan Dalam Negeri

Menaker Ida mengatakan, selama ini Jepang adalah negara yang termasuk sangat mensupport pembangunan SDM, karena Jepang termasuk negara yang memiliki usaha atau industri di Indonesia. Diantaranya, bergerak di bidang industri otomotif dan elektronika.

"Kemnaker berharap JJC mendorong ratusan perusahaan Jepang yang ada di Indonesia untuk melaksanakan program pemagangan dalam negeri, yang mengacu pada Permenaker Nomor 36 Tahun 2016, tentang penyelenggaraan pemagangan dalam negeri," katanya.

 

Pemagangan Luar Negeri

diskusi terbatas Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, dengan pengurus The Jakarta Japan Club (JJC).
diskusi terbatas Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, dengan pengurus The Jakarta Japan Club (JJC).

Selain itu, sesuai Permenaker Nomor 08 Tahun 2008 tentang Perizinan Pemagangan Luar Negeri, Ida Fauziyah juga mendorong JJC agar menjembatani bagi perusahaan- perusahan yang ada di Jepang melalui Accepting Organization (lembaga penerima peserta pemagangan) untuk menjalin kerjasama dengan LPKS atau sending organization (lembaga pengirim peserta pemagangan ke Jepang) yang ada di Indonesia.

 

Pengembangan Wirausaha

Menaker Ida Fauziyah juga menginginkan ada pengembangan kewirausahaan mengingat selama ini JJC juga ikut membantu pengembangan wirausaha di Jawa Tengah. "Kita ingin JJC bisa mengembangkan wirausaha di daerah-daerah lain," katanya.

Dalam kesempatan sama, Masamichi Tanaka, menyatakan komitmennya untuk terus bekerja sama di bidang pemagangan. Bahkan dalam beberapa tahun ke depan, telah disepakati lanjutan kerja sama penambahan kuantitas jumlah peserta pemagangan ke Jepang.

"Perusahaan-perusahaan Jepang sangat puas atas kinerja peserta magang dari Indonesia yang gigih, ramah, dan sangat disiplin, " kata Tanaka.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Pesona Emma Maree, Satu-Satunya Finalis Miss World Australia 2020 Berhijab

Posted: 16 Mar 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dalam beberapa waktu terakhir nama Emma Maree menjadi perbincangan netizen. Pasalnya, wanita bernama lengkap Emma Maree Edward ini merupakan salah satu finlis dari Miss World Australia 2020 dengan penampilan yang curi perhatian masyarakat.

Wanita yang diketahui merupakan mahasiswa jurusan psikologoi ini merupakan satu-satunya finalis Miss World Australia 2020 yang menggunakan hijab. Final dari ajang Miss World Australia 2020 sendiri akan diadakan pada Juni mendatang. Namun, Emma Maree telah mencuri perhatian netizen dengan hijabnya.

Bahkan, lewat akun Instagram resmi @missworldaustralia juga mengunggah potret dari Emma Maree yang tengah menggunakan busana berwarna hitam dengan hijab hijau. Emma sendiri cukup aktif mengunggah berbagai kegiatannya di media sosial. Bahkan, dirinya juga sempat membagikan beberapa kegiatan terkait dengan acara Miss World Autralia 2020.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (17/3/2020) berikut ini beberapa potret Emma Maree, finalis Miss World Australia 2020 yang berhijab.

1. Penampilan Emma Maree yang ikut ajang kecantikan pun berhasil curi perhatian netizen.

Emma Maree (Sumber: Instagram/emmamareeedwards)
Emma Maree (Sumber: Instagram/emmamareeedwards)

2. Ia diketahui merupakan seorang mualaf.

Emma Maree (Sumber: Instagram/emmamareeedwards)
Emma Maree (Sumber: Instagram/emmamareeedwards)

3. Mengikuti ajang Miss World Australia 2020, Emma mewakili negara bagian Queensland.

Emma Maree (Sumber: Instagram/emmamareeedwards)
Emma Maree (Sumber: Instagram/emmamareeedwards)

4. Wanita kelahiran Brisbane ini menjadi satu-satunya kontestan berhijab di ajang kecantikan tersebut.

Emma Maree (Sumber: Instagram/emmamareeedwards)
Emma Maree (Sumber: Instagram/emmamareeedwards)

5. Ia juga cukup sering mengunggah foto di akun Instagram pribadinya.

Emma Maree (Sumber: Instagram/emmamareeedwards)
Emma Maree (Sumber: Instagram/emmamareeedwards)

6. Penampilannya dengan hijab sederhana saat menggunakan gamis pun tuai pujian.

Emma Maree (Sumber: Instagram/emmamareeedwards)
Emma Maree (Sumber: Instagram/emmamareeedwards)

7. Kini Emma tengah bersaing dengan kontestan lainnya di ajang Miss World Australia 2020.

Emma Maree (Sumber: Instagram/emmamareeedwards)
Emma Maree (Sumber: Instagram/emmamareeedwards)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Starting XI Terbaik Shopee Liga 1 2020 Hingga Pekan ke-3

Posted: 16 Mar 2020 09:35 PM PDT

Jakarta - Shopee Liga 1 2020 telah merampungkan pekan ketiga. Meski keseruan seniman lapangan hijau terbaik di Indonesia terpaksa terhenti untuk sementara karena wabah virus corona, setidaknya ada 11 pemain paling bersinar.

Persib Bandung masih menjadi kesebelasan terbaik dengan meraih tiga kemenangan dari tiga laga Shopee Liga 1 2020. Satu di antara kemenangan itu diraih ketika bersua lawan kuat Arema Malang di Stadion Kanjuruhan.

Persiraja Banda Aceh, tim pomosi Liga 1 2020, di luar dugaan mampu menyodok ke papan atas klasemen sementara. Mereka juga belum terkalahkan bahkan mengalami kebobolan hingga pekan ketiga.

Sebaliknya, Persita Tangerang dan Persik Kediri yang juga merupakan tim promosi belum mampu berbicara banyak. Keduanya urung meraih kemenangan.

Seperti pada musim-musim sebelumnya, tiap peserta Liga 1 selalu memunculkan bintang-bintang baru yang bermain gemilang. Performa ciamik tiap individunya juga menjadi faktor kuat yang membuat klub yang dibelanya mampu melesat ke posisi terbaik di papan klasemen sementara.

Jumlah gol tak menjadi ukuran baku baik buruknya penampilan. Sebab, peran pemain di posisi lain juga sangat menentukan.

Berikut ini 11 pemain terbaik Shopee Liga 1 2020 hingga pekan ketiga.

Penjaga Gawang

Skuat Persiraja Banda Aceh. (dok. Persiraja Banda Aceh)
Skuat Persiraja Banda Aceh. (dok. Persiraja Banda Aceh)

Fakhrurrazi Quba menjadi pilihan Bola.com di posisi kiper karena berkat penampilan heroiknya, gawang Persiraja Banda Aceh urung kebobolan hingga pekan ketiga. Menariknya, Persiraja baru mencetak satu gol saja, bahkan kemenangan tipis 1-0 mereka diraih di kandang lawan, yakni Persik Kediri.

Penjaga gawang asli Aceh itu sebelumnya malang melintang di sejumlah klub Sumatera. Sebelum bergabung dengan Persiraja, ia lebih dulu membela PSAP Sigli dan Semen Padang.

Tak disangka, kiper kelahiran Pante Bidadari 30 tahun lalu itu mampu bermain gemilang pada tiga pekan pembuka Shopee Liga 1. Yang paling mencolok adalah aksi menawannya ketika bersua Persik Kediri, di mana ia sanggup menahan gempuran tim berjulukan Macan Putih itu.

Berkat performa impresifnya, Persiraja menjadi satu-satunya tim yang belum kebobolan. Laskar Rencong juga dibawanya melesat ke posisi tujuh klasemen sementara berkat satu kemenangan dan dua kali imbang.

Pemain Belakang

Bek Bali United, Willian Pacheco, berkomunikasi dengan rekan setimnya saat melawan Tira Persikabo pada laga Shopee Liga 1 di Stadion Patriot Pakansari, Bogor, Kamis (15/8). Bali menang 2-1 atas Tira Persikabo. (Bola.com/Yoppy Renato)
Bek Bali United, Willian Pacheco, berkomunikasi dengan rekan setimnya saat melawan Tira Persikabo pada laga Shopee Liga 1 di Stadion Patriot Pakansari, Bogor, Kamis (15/8). Bali menang 2-1 atas Tira Persikabo. (Bola.com/Yoppy Renato)

Naik ke posisi pemain belakang, ada tiga bek yang permainannya paling menonjol pada pembukaan Shopee Liga 1 2020. Mereka adalah Willian Pacheco, Adam Mitter, dan Victor Igbonefo.

Adam Mitter merupakan debutan di Liga 1. Ia bermain untuk Persiraja Banda Aceh dan langsung nyetel dengan sepak bola Indonesia.

Ia tak canggung tiap kali beradu fisik dengan lawan. Kelebihannya adalah kepintarannya dalam membaca permainan. Ia juga berani naik melewati garis tengah untuk menghentikan laju bola, baik yang datangnya bola dari bawah mau pun udara.

Gaya Inggris yang tak kenal kompromi dan juga keras sangat terlihat pada tiga pertandingan awal Persiraja. Berkat kepemimpinannya, Persiraja menjadi satu-satunya tim yang belum kebobolan di Liga 1 2020.

Bek berikutnya yang layak masuk starting eleven terbaik adalah Igbonefo dan Pacheco. Performa keduanya sangat dominan pada tiga laga pembuka. Pacheco bahkan turut mencetak satu gol saat Bali United mengalahkan Madura United dengan skor 3-1.

Pemain Tengah

Thiago Amaral menyumbang dua gol cantik saat Persipura menggulingkan hegemoni Persebaya dengan skor 3-4 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jumat (13 3/2020). (Bola.com/Gatot Susetyo)
Thiago Amaral menyumbang dua gol cantik saat Persipura menggulingkan hegemoni Persebaya dengan skor 3-4 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jumat (13 3/2020). (Bola.com/Gatot Susetyo)

Terdapat lima pemain tengah yang terpilih masuk sebagai susunan pemain terbaik Shopee Liga 1 2020 hingga pekan ketiga. Satu di antaranya adalah Thiago Amaral.

Thiago Amaral menyumbang dua gol cantik saat Persipura menggulingkan hegemoni Persebaya dengan skor 3-4 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jumat (13 3/2020).

Tak hanya itu saja, gelandang asal Brasil itu juga telah mengoleksi dua assist. Ini membuktikan bahwa gelandang tersebut andal dalam mengkreasi dan menyelesaikan serangan.

Dari barisan lokal, ada nama Evan Dimas dan Sultan Samma. Evan Dimas, meski baru dua kali tampil dan bermain sebagai pemain pengganti pada laga pembuka kontra Borneo, sudah mengoleksi dua gol.

Gelandang yang baru saja melangsungkan pernikahan itu mencetak gol indah ke gawang Bhayangkara FC pada laga yang berakhir dengan skor imbang 2-2. Bisa jadi, gol tersebut bakal masuk nominasi gol terbaik Liga 1 2020.

Sementara itu, Sultan Samma yang menggalang lini tengah Borneo FC juga tak kalah menawan. Meski urung mencetak gol, duetnya bersama pemain asing Nuriddin Davronov terbilang kompak.

Berperan sebagai penyeimbang, Samma membuat tugas Davronov di posisi gelandang menjadi sangat terbantu. Ia juga lebih taktis dan hasilnya, Borneo mampu menang dua kali dan kalah satu kali, itu pun kalah tipis 2-3 kala menghadapi Persija Jakarta.

Satu pemain lagi adalah Paulo Sergio. Pemain satu ini tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Hingga pekan ketiga, pemain asal Brasil itu sudah mengoleksi dua assist. Bukan tak mungkin, dalam beberapa laga ke depan, ia bisa mencetak gol perdananya musim ini.

Pemain Depan

Penyerang Persib Bandung: Wander Luiz. (Bola.com/Dody Iryawan)
Penyerang Persib Bandung: Wander Luiz. (Bola.com/Dody Iryawan)

Wander Luiz (Persib Bandung), Beto Goncalves (Madura United), dan Bruno Silva (PSIS Semarang) terpilih menjadi tiga penyerang terbaik versi Bola.com. Ini tak lepas dari peran pentingnya membawa tim mereka masing-masing pada tiga pekan Shopee Liga 1 2020.

Nama terakhir yang disebutkan, yakni Bruno Silva, merupakan ruh lini serang PSIS. Duetnya bersama Hari Nur Yulianto merupakan musuh besar bek-bek lawan. Striker berkepala pelontos itu sudah menciptakan dua gol, satu ke gawang Persela Lamongan, satu lagi ke gawang Arema FC.

Sementara itu, Wander Luiz menyita perhatian publik pecinta Liga 1 berkat penampilan moncernya bersama Persib. Ia telah melesakkan empat gol dan menjadi top scorer sementara hingga pekan ketiga.

Dari barisan lokal, ada pemain naturalisasi, Beto Goncalves. Meski timnya sempat tumbang oleh Bali United, Beto tetap menjadi andalan di lini depan. Total, sudah tiga gol ia lesakkan buat Madura United.

Starting XI Shopee Liga 1 Hingga Pekan ke-3

Kiper: Fakhrurrazi Quba (Persiraja/Indonesia)

Bek: Willian Pacheco (Bali United/Brasil), Adam Mitter (Persiraja/Inggris), Victor Igbonefo (Persib/Indonesia)

Tengah: Evan Dimas (Persija/Indonesia), Sultan Samma (Borneo FC/Indonesia), Thiago Amaral (Persipura/Brasil), Paulo Sergio (Bali United/Brasil)

Depan: Wander Luiz (Persib/Brasil), Beto Goncalves (Madura United/Indonesia), Bruno Silva (PSIS/Brasil)

 

Disadur dari Bola.com (Penulis / Editor Gregah Nurikhsani, Published 17/3/2020)

Saksikan video Shopee Liga 1 2020 berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: KPK Periksa Tersangka Kasus Jiwasraya Heru Hidayat

Posted: 16 Mar 2020 09:33 PM PDT

Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk Heru Hidayat (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (17/3/2020). Heru diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dengan kerugian negara diperkirakan mencapai Rp 13,7 T. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk Heru Hidayat (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (17/3/2020). Heru diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dengan kerugian negara diperkirakan mencapai Rp 13,7 T. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk Heru Hidayat (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (17/3/2020). Heru diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dengan kerugian negara diperkirakan mencapai Rp 13,7 T. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk Heru Hidayat (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (17/3/2020). Heru diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dengan kerugian negara diperkirakan mencapai Rp 13,7 T. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk Heru Hidayat (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (17/3/2020). Heru diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dengan kerugian negara diperkirakan mencapai Rp 13,7 T. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk Heru Hidayat (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (17/3/2020). Heru diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dengan kerugian negara diperkirakan mencapai Rp 13,7 T. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk Heru Hidayat (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (17/3/2020). Heru diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dengan kerugian negara diperkirakan mencapai Rp 13,7 T. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk Heru Hidayat (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (17/3/2020). Heru diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dengan kerugian negara diperkirakan mencapai Rp 13,7 T. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk Heru Hidayat (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (17/3/2020). Heru diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dengan kerugian negara diperkirakan mencapai Rp 13,7 T. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk Heru Hidayat (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (17/3/2020). Heru diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dengan kerugian negara diperkirakan mencapai Rp 13,7 T. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk Heru Hidayat (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (17/3/2020). Heru diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dengan kerugian negara diperkirakan mencapai Rp 13,7 T. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk Heru Hidayat (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (17/3/2020). Heru diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dengan kerugian negara diperkirakan mencapai Rp 13,7 T. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk Heru Hidayat (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (17/3/2020). Heru diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dengan kerugian negara diperkirakan mencapai Rp 13,7 T. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk Heru Hidayat (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (17/3/2020). Heru diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dengan kerugian negara diperkirakan mencapai Rp 13,7 T. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk Heru Hidayat (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (17/3/2020). Heru diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dengan kerugian negara diperkirakan mencapai Rp 13,7 T. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk Heru Hidayat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (17/3/2020). Heru diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dengan kerugian negara diperkirakan mencapai Rp 13,7 T. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk Heru Hidayat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (17/3/2020). Heru diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dengan kerugian negara diperkirakan mencapai Rp 13,7 T. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk Heru Hidayat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (17/3/2020). Heru diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dengan kerugian negara diperkirakan mencapai Rp 13,7 T. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk Heru Hidayat (kanan) bersiap menjalani pemeriksaan penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (17/3/2020). Heru diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero). (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk Heru Hidayat (kanan) bersiap menjalani pemeriksaan penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (17/3/2020). Heru diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk Heru Hidayat (kanan) bersiap menjalani pemeriksaan penyidik di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (17/3/2020). Heru diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero). (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tanggul Jebol Ratusan Rumah di Bekasi Timur Terendam

Posted: 16 Mar 2020 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tanggul Kali Bekasi di Kelurahan Margahayu Bekasi Timur Jebol akibatnya ratusan rumah terendam banjir. banjir antara 50 cm hingga 2 meter. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Shopee Liga 1 2020: Persib Bandung Sempurna

Posted: 16 Mar 2020 09:31 PM PDT

Jakarta - Ajang Shopee Liga 1 2020 untuk sementara ditunda hingga dua pekan ke depan. Rencananya ajang sepak bola tertinggi di Indonesia ini akan kembali digelar mulai 3 April 2020.

Untuk sementara di klasemen Shopee Liga 1, Persib Bandung nyaman berada di puncak. Kemenangan 2-1 atas PSS Sleman, Minggu (16/3) membuat tim berjulukan Pangeran Biru itu tercatat sebagai satu-satunya klub yang selalu meraih nilai sempurna, sembilan usai tiga kemenangan dalam tiga pertandingan awal.

Saat ini, Persib membukukan sembilan poin dari tiga laga Shopee Liga 1. Pangeran Biru unggul dua angka dari Bali United di peringkat kedua.

Empat teratas di klasemen sementara Shopee Liga 1 diisi oleh Persib, Bali United, Borneo FC, dan Persipura Jayapura.

Borneo FC dan Persipura memiliki nilai yang sama. Namun, tim Pesut Etam unggul selisih gol.

Di papan bawah, Persela Lamongan di dasar klasemen sementara dengan nol poin dari tiga pertandingan. Zona degradasi dilengkapi oleh Barito Putera yang berperingkat ke-17 dan PSS di posisi ke-16.

Berikut hasil lengkap dan klasemen pekan ketiga Shopee Liga 1:

Klasemen Shopee Liga 1 per Minggu (15/3/2020)

Hasil Shopee Liga 1 Pekan Ketiga

Gelandang Persija Jakarta, Osvaldo Haay, berebut bola dengan pemain Bhayangkara FC pada laga pekan ketiga Shopee Liga 1 2020, Sabtu (14/3/2020). Persija bermain imbang 2-2 atas Bhayangkara. (Bola.com/Yoppy Renato)
Gelandang Persija Jakarta, Osvaldo Haay, berebut bola dengan pemain Bhayangkara FC pada laga pekan ketiga Shopee Liga 1 2020, Sabtu (14/3/2020). Persija bermain imbang 2-2 atas Bhayangkara. (Bola.com/Yoppy Renato)

Jumat (13/3/2020)

Persebaya 3-4 Persipura

(David Silva 43, Mahmoud Eid 74, Rendy Irwan 90+1 - Thiago 20, 34, M Tahir 51, Y Pahabol 88)

Borneo 2-1 Persela

(Wildansyah 14, Titus Bonai 29 - Ady Setiawan 49)

Sabtu (14/3/2020)

Persik 0-1 Persiraja

(Defri Rizky 2)

Bhayangkara 2-2 Persija

(Renan Silva 20, E N'Douassel 69 - Olivio Dutra 52, Evan Dimas 64)

PSIS 2-0 Arema FC

(Hari Nur 45, Bruno Silva 47)

 

Hasil Shopee Liga 1 Pekan Ketiga

Stiker Tira Persikabo, Alex Goncalves saat kelabui kiper Persita, Annas Fitrianto pada laga pekan ketiga Shopee Liga 1 2020. (Bola.com/Yoppy Renato)
Stiker Tira Persikabo, Alex Goncalves saat kelabui kiper Persita, Annas Fitrianto pada laga pekan ketiga Shopee Liga 1 2020. (Bola.com/Yoppy Renato)

Minggu (15/3/2020)

Bali United 3-1 Madura United

(Melvin Platje 3, 80, Willian Pacheco 34 - Alberto Goncalves 42)

Persikabo 1-1 Persita Tangerang

(Alex Goncalves 6, Ciro Alves 55, Silvio Escobar 83 - Raphael Maitimo 82)

PSM Makassar 1-1 Barito Putera

(Giancarlo Rodrigues 38 - Ambrizal Umanailo 34)

Persib Bandung 2-1 PSS Sleman

Geoffrey Castillion 20, Wander Luiz 36 - Aaron Evans 2)

Disadur dari Bola.com (Muhamma Adyaksa/Wiwig Prayugi)

Saksikan Video Shopee Lig 1 di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klassku Bagikan Voucher untuk Belajar Online Lewat Aplikasi

Posted: 16 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengajak peserta didik di kota-kota terdampak virus corona untuk belajar online menggunakan portal Rumah Belajar dan edtech startup mitra Kemdikbud. 

Kebijakan ini menanggapi penyebaran virus corona di beberapa wilayah di Indonesia. 

Melengkapi Rumah Belajar Kemdikbud dan mitranya, juga hadir aplikasi edtech untuk membantu peserta didik belajar online dari smartphone, yakni Klassku. 

"Klassku hadir sebagai inovasi agar belajar di rumah tetap efektif dan asyik seperti di sekolah. Selain itu, tidak perlu panik untuk menghadapi ancaman tertularnya Corona, bisa menjaga kesehatan dan kebersihan lebih baik daripada berada di luar rumah," kata perusahaan melalui keterangan tertulis

Aplikasi ini tersedia di Google Play Store untuk perangkat berbasis Android. Salah satu kelebihan Klassku, menurut perusahaan, adalah tenaga pengajar terverifikasi dan muatan pelajaran sesuai dengan kurikulum. 

Di kesempatan kali ini Klassku menawarkan voucher dengan kode TETAPBELAJAR bagi peserta didik SD, SMP, dan SMA semua jurusan. 

 

Kemdikbud Ajak Siswa Gunakan Portal Rumah Belajar

Sebelumnya melalui akun Twitter resminya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengajak siswa yang kegiatan belajar mengajar di sekolahnya dihentikan sementara untuk belajar online menggunakan portal Rumah Belajar dan mitra edtech startup.

Mitra edtech startup yang mendukung inisiatif ini adalah Google for Education, Microsoft Office 365, Ruangguru, Zenius, Quipper, Sekolahmu, dan Kelas Pintar.

Layanan belajar online yang dapat diakses oleh umum secara gratis meliputi:

  1. Google G Suite for Education, yang beralamat di https://blog.google/outreach-initiatives/education/offline-access-covid19/.
  2. Kelas Pintar, yang beralamat di kelaspintar.id
  3. Microsoft Office 365, yang beralamat di https://www.microsoft.com/id-id/education/products/office
  4. Quipper School, yang beralamat di https://www.microsoft.com/id-id/education/products/office
  5. Sekolah Online Ruangguru, yang beralamat di https://sekolahonline.ruangguru.com/
  6. Sekolahmu, yang beralamat di https://www.sekolah.mu/tanpabatas
  7. serta Zenius, yang beralamat di https://www.zenius.net/belajar-mandiri/

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bulog Jamin Harga Beras Tak Naik Selama Penanganan Virus Corona

Posted: 16 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perum Bulog menegaskan, pasokan pangan aman selama masa penanganan penyebaran pandemik virus corona atau Covid-19. Direktur SDM dan Umum Perum BULOG Bagya Mulyanto menjamin kecukupan stok pangan pokok yang dikuasai oleh Perum BULOG sebesar 1,6 juta ton setara beras di seluruh Indonesia.

"Bulog memiliki stok 1,6 juta ton setara beras yang tersebar di seluruh Indonesia dan 300 ribu ton ada di Gudang Bulog Kelapa Gading, Jakarta. Sehingga tidak ada alasan untuk harga beras naik selama masa penangan penyebaran pandemi Covid-19," ujar Bagya dalam keterangan tertulisnya, Selasa (17/3/2020).

Dia menambahkan, Perum Bulog juga terus berkordinasi dengan pemerintah pusat maupun daerah untuk membantu mensukseskan program pemerintah dengan menstabilkan harga selama masa penangan penyebaran pandemik virus corona.

 

Selain memastikan keamanan jumlah stok beras yang tersebar di seluruh Indonesia, Perum Bulog juga menjamin kemudahan dalam menjangkau kebutuhan pangan tersebut melalui Operasi Pasar dengan nama Kegiatan Pasokan Stabilisasi Harga (KPSH).

Menurut Bagya, pihaknya selalu melakukan operasi pasar secara masif yang dilakukan di seluruh wilayah kerja Perum Bulog demi menjaga stabilnya harga beras di tingkat konsumen.

Di sisi lain, Perum Bulog juga disebutnya menyediakan penjualan melaui daring dengan nama iPANGANANDOTCOM. Bekerjasama dengan Shopee, aplikasi tersebut telah memiliki 7 titik gudang distribution centre yang ada di Jakarta, Bandung, Medan, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, dan Makassar.

"Di sana menjual lengkap bahan pangan mulai dari beras, gula, hingga mie instan yang semua gratis ongkir diantar sampai ke rumah," tegas Bagya.

Ekonom Khawatir Indonesia Alami Krisis Ekonomi Berkepanjangan Akibat Corona

Pemandangan deretan gedung-gedung pencakar langit di Jakarta, Jumat (29/9). Pemerintah melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani meyakinkan target pertumbuhan ekonomi tahun 2018 sebesar 5,4 persen tetap realistis. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Pemandangan deretan gedung-gedung pencakar langit di Jakarta, Jumat (29/9). Pemerintah melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani meyakinkan target pertumbuhan ekonomi tahun 2018 sebesar 5,4 persen tetap realistis. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ekonom sekaligus Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah Redjalam, mengkhawatirkan jika pemerintah tidak bergerak cepat mengatasi penyebaran virus Corona, maka akan menyebabkan Indonesia alami krisis ekonomi berkepanjangan.

"Kalau pemerintah tidak mengantisipasi corona ini dengan baik, Kita bisa mengalami krisis. Krisis bisa dicegah dengan persiapan kebijakan yang tepat, sayangnya sejauh ini kebijakan itu belum tampak, pemerintah terlihat tidak punya persiapan untuk kondisi yang terburuk," kata Piter kepada liputan6.com, Selasa (17/3/2020).

Menurutnya, saat ini perkembangan virus corona sangat mengkhawatirkan, sementara pemerintah nampak ragu-ragu untuk mengambil tindakan drastis mengatasi corona.

Pemerintah seakan diharapkan dilema antara upaya yang benar-benar fokus mengatasi virus corona dengan upaya menyelamatkan perekonomian.

Bahkan beberapa kebijakan stimulus sudah dikeluarkan pemerintah untuk membantu dunia usaha, tapi apakah pemerintah sudah mempersiapkan kebijakan untuk kondisi terburuk?, Tanya piter.

"Saya khawatir dengan penanganan virus corona yang serba tanggung saat ini akan terjadi ledakan penderita corona, yang pada ujungnya akan memaksa pemerintah mau tidak mau melakukan lockdown atau isolasi," ujarnya.

Namun, apabila nanti lockdown diakukan tanpa perencanaan, dan dilakukan ketika korban virus corona sudah tidak tertanggulangimaka proses penyembuhannya akan jauh Lebih lama dan dampak negatifnya terhadap perekonomian justru akan jauh lebih besar.

Kendati begitu, Piter mangatakan bahwa Indonesia berpotensi mengalami krisis ekonomi, apabila terjadi faktor-faktor berikut, yakni suatu perekonomian dikatakan krisis apabila mayoritas pelaku ekonomi dihampir semua sektor tidak bisa melakukan aktivitas ekonomi secara baik, semua indikator ekonomi mengalami perkembangan negatif.

"Serta pertumbuhan ekonomi merosot drastis hingga negatif, dan mengakibatkan meningkatkan pengangguran dan kemiskinan," pungkasnya.  

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

19 Poin Penting Agenda Universitas Jember Mencegah Virus Corona

Posted: 16 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Universitas Jember Jawa Timur menjalankan beberapa langkah untuk meningkatkan kewaspadaan, pencegahan dan pengendalian virus corona baru (COVID-19).

Rektor Unej membuat surat edaran dengan nomor 4687/ UN25/LL/2020 tentang pencegahan COVID-19 yang ditujukan kepada para wakil rektor, dekan fakultas, direktur pascasarjana, ketua lembaga, kepala UPT, kepala biro di lingkungan Kampus Unej tertanggal 16 Maret 2020 yang berisi sebanyak 19 poin penting.

"Seluruh warga Unej (dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan) tetap melaksanakan kegiatan akademik secara daring dengan menyiapkan materi/bahan perkuliahan, tugas, kuis dan menggunakan fasilitas forum atau chat," kata Rektor Unej Iwan Taruna di Kabupaten Jember, Selasa (17/3/2020), dilansir Antara.

Pelaksanaan kegiatan perkuliahan secara daring melalui media manajemen pembelajaran (MMP) terhitung mulai 16 Maret hingga 31 Maret 2020, Dosen yang baru pertama kali melaksanakan kuliah daring, perkuliahan dilakukan di dalam kelas dipandu oleh Tim Fakultas atau LP3M yang mendapatkan surat tugas dari dekan atau universitas.

Setiap dosen diberikan keleluasaan dalam mengembangkan aktivitas untuk memenuhi capaian pembelajaran mata kuliah yang pelaksanaanya disiapkan rambu/panduan kegiatan dalam MMP dengan pelaksanaan kegiatan pembelajaran dipantau oleh pimpinan fakultas bersama Gugus Pengendali Mutu.

"Pelaksanaan kegiatan praktikum di tunda atau diganti dengan media lain yang dapat memvisualisasi konsep dan teori berupa simulasi atau video, streaming dan sejenis lainnya," kata rektor Universitas Jember.

Sedangkan untuk pelaksanaan ujian, tes, dan kuis dapat dilaksanakan secara daring melalui media manajemen pembelajaran, kemudian ujian skripsi tetap dapat dilaksanakan di fakultas/jurusan/program studi masing-masing.

Kegiatan penelitian yang dilakukan secara berkelompok atau kegiatan yang memerlukan kegiatan pendukung, seperti survei, wawancara, dan lain-lain agar dijadwal ulang.

"Dalam surat edaran itu, kami juga meminta kegiatan kemahasiswaan berupa kunjungan ke luar atau kegiatan di luar kampus, kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan KKN, serta kegiatan wisuda agar dijadwal ulang," ujar dia.

 

Tunda Perjalanan Luar Negeri

Ia menjelaskan semua civitas akademika Unej menangguhkan perjalanan dinas ke luar negeri untuk kepentingan yang dapat ditunda, terutama di negara-negara terdampak COVID-I9.

"Unej juga menunda kegiatan-kegiatan baik yang diselenggarakan dalam skala nasional atau internasional yang mengundang banyak tamu/peserta dari luar daerah maupun luar negeri," katanya.

Dalam rangka menjaga lingkungan kampus, lanjut dia, fakultas rumpun ilmu kesehatan diminta melakukan kegiatan sosialisasi kesehatan antisipatif terhadap penyebaran COVID-19.

"Kami juga meminta Fakultas MIPA, Fakultas Farmasi dan Fakultas Teknik (Teknik Lingkungan dan Teknik Kimia) agar bekerjasama mempersiapkan bahan desinfektan atau bahan lain yang diperlukan untuk kebersihan kampus," ujarnya.

Kuliah Lewat Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Waspada Corona, Sekolah di Jakarta Mulai Disemprot Disinfektan

Posted: 16 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hingga (16/3) sudah 117 jiwa positif terinfeksi virus corona, PMI melakukan upaya untuk mencegah penyebaran virus di Indonesia dengan mendisinfeksi sekolah di Jakarta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jessica Iskandar Isolasi Diri dan Tunda Pernikahan

Posted: 16 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jessica Iskandar dan Richard Kyle terpaksa menunda resepsi pernikahanan mereka yang rencananya akan digelar pada Minggu, 22 Maret 2020 di Bandung, dan Sabtu, 11 April 2020 di Bali. 

Penundaan resepsi pernikahan ini merupakan upaya Jessica Iskandar dan Richard Kyle untuk membantu menekan penyebaran wabah virus Corona di Indonesia. Resepsi ditunda sampai pada waktu yang belum bisa ditentukan. 

"Ini semua kami lakukan semata-mata karena kami sayang kepada semua tamu, keluarga, kerabat, dan demi menjaga keselamatan dan keamanan semua pihak," ucap Jessica Iskandar dalam di IG TV yang diunggah Senin (16/3/2020).

 

Mengisolasi

Prescon Lamaran Jessica Iskandar dan Richard Kyle.(Nurwahyunan/Fimela.com)
Prescon Lamaran Jessica Iskandar dan Richard Kyle.(Nurwahyunan/Fimela.com)

Saat ini, Jessica Iskandar dan Richard Kyle juga tengah berupaya untuk mengisolasi diri. Semua dilakukan untuk memperkecil risiko terpapar virus Corona.  

"Untuk saat ini kami dan keluarga berusaha untuk mengisolasi diri kami di rumah dan mengurangi kegiatan di luar rumah kecuali mendesak," ungkap ibu satu anak ini.

"Kami berusaha membantu mengurangi penyebaran virus Corona COVID-19 dengan tidak berkegiatan di luar rumah seperti syuting, meeting, wawancara dan kegiatan lainnya," ujarnya.

 

Berharap

Jessica Iskandar. (Foto: Instagram @inijedar)
Jessica Iskandar. (Foto: Instagram @inijedar)

Richard Kyle berharap wabah virus Corona segera berakhir, sehingga situasi di seluruh negara yang terjangkit kembali membaik dan berjalan normal seperti sedia kala. 

"Yang penting kita selamat, sehat dan harus lebih waspada. Jangan lupa cuci tangan, take care of yourself. Minum, makan yang banyak vitamin, nutrisi semoga masa depan sama persiapan pernikahan kita bisa lancar lagi," ia mengakhiri.

 

Menyemangati

Warganet turut menyemangati Jessica Iskandar dan Richard Kyle agar tak bersedih karena resepsi yang ditunda. 

"Kak Jes aku cuma bisa bilang tetap bahagia dan kuat ya. Kalian akan selalu bahagia," ungkap salah seorang warganet di kolom komentar unggahan IG TV-nya.

"Sabar Kak Jess tunggu momen yang tepat lagi untuk resepsi ya. Yang penting Kalina tetap sehat dan bahagia," warganet lain menimpali. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah China Telusuri Jejak Pasien Pertama yang Terjangkit COVID-19

Posted: 16 Mar 2020 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah China tengah menelusuri jejak pasien pertama yang terinfeksi virus Corona penyebab COVID-19. Diduga, kondisi tersebut telah ada sejak 17 November 2019.

Dalam pemberitaan South China Morning Post, dikutip Senin (16/3/2020), para ilmuwan di Tiongkok dikabarkan sudah memetakan pola penularan awal COVID-19 sejak situasi masih pandemi di Wuhan.

Mereka mencoba mempelajari bagaimana virus Corona menyebar dan menentukan bagaimana kasus yang tidak terdeteksi dan tidak tercatat memiliki kontribusi terhadap metode penularannya. Hal ini demi meningkatkan pemahaman tentang seberapa besar ancaman sesungguhnya.

Dalam data yang diberikan secara terbatas kepada The Post, pemerintah China menyatakan, seorang pria berusia 55 tahun asal Provinsi Hubei, kemungkinan menjadi orang pertama kali berkontak dengan virus Corona SARS-CoV-2 pada tanggal 17 November tahun lalu.

Sejak saat itu, satu sampai lima kasus baru dilaporkan setiap harinya. Pada 15 Desember, jumlah kasus mencapai 27 pasien.

Melacak Pasien Nol

Para pasien yang telah dinyatakan sembuh berjalan keluar dari rumah sakit sementara Wuchang di Wuhan, Provinsi Hubei, 10 Maret 2020. Kelompok terakhir 49 pasien yang telah sembuh dari COVID-19 meninggalkan rumah sakit sementara Wuchang pada Selasa (10/3) sore. (Xinhua/Fei Maohua)
Para pasien yang telah dinyatakan sembuh berjalan keluar dari rumah sakit sementara Wuchang di Wuhan, Provinsi Hubei, 10 Maret 2020. Kelompok terakhir 49 pasien yang telah sembuh dari COVID-19 meninggalkan rumah sakit sementara Wuchang pada Selasa (10/3) sore. (Xinhua/Fei Maohua)

Dalam pernyataan resminya, pemerintah Tiongkok melaporkan pada World Health Organization bahwa kasus pertama yang dikonfirmasi dan telah menjalani diagnosis ada di tanggal 8 Desember 2019.

Saat itu, seorang dokter yang mencoba memperingatkan rekan-rekannya malah dibungkam oleh otoritas setempat.

Pihak berwenang baru mengungkapkan adanya penularan dari manusia ke manusia pada 21 Januari.

Sementara itu, dikutip dari Business Insider Singapore, dalam sebuah publikasi di The Lancet, pasien pertama yang dites dan mendapatkan hasil positif terpapar virus berada pada tanggal 1 Desember.

"Kita tidak tahu siapa pasien nol pertama itu, mungkin di Wuhan, dan itu menyisakan banyak pertanyaan yang tidak terjawab tentang bagaimana wabah dimulai dan bagaimana penyebaran awalnya," kata Sarah Borwein, dokter di Hong Kong's Central Health Medical Practice.

Tiga Kemungkinan Skenario pada Kasus Pertama

Warga Wuhan, Provinsi Hubei, berjalan-jalan di luar mengenakan masker. (dok. STR / AFP)
Warga Wuhan, Provinsi Hubei, berjalan-jalan di luar mengenakan masker. (dok. STR / AFP)

Dikutip dari The Guardian, Jonathan Mayer, proferor emeritus dari Departemen Epidemiology University of Washington, Amerika Serikat, mengatakan setidaknya ada tiga perkiraan pada kasus yang terjadi pada bulan November.

Dia mengatakan kemungkinan: kasus itu tidak terdeteksi pada saat itu, mereka terdeteksi namun tidak dikenali sebagai penyakit baru, atau mereka terdeteksi dan dikenal, tetapi tidak dilaporkan secara terbuka.

"Kita tahu bahwa ada penekanan terhadap laporan awal atas kasus tersebut, dan 'pelapor ditangani dengan buruk. Namun secara adil, tanda dan gejala COVID-19 tidak spesifik dan bahkan sekarang, tanpa tes konfirmasi, mudah untuk keliru dengan penyakit lain," kata Mayer.

"Saya tidak memiliki cara untuk mengetahui mana dari kemungkinan-kemungkinan ini yang sebenarnya terjadi," kata Mayer.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Andhara Early Saat Remaja, Bukti Cantik Tak Pernah Luntur

Posted: 16 Mar 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Andhara Early Astrawinata merupakan aktris, presenter sekaligus model Tanah Air yang sudah berkecimpung di dunia entertainment sejak 1995. Andhara mengawali kariernya di dunia hiburan dengan berhasil menjadi juara 2 dan pemenang favorit GADIS Sampul 1995.

Sepanjang kariernya, perempuan kelahiran 11 September 1979 ini sudah membintangi 5 judul film dan 2 judul sinetron. Kini Andhara yang berpenampilan mengenakan hijab terlihat semakin cantik saja. Meski begitu, Andhara sudah jarang terlihat lagi di layar kaca televisi dan lebih memilih fokus mengurus anak bernama Maghali Inala Netar.

Terkait asmara, Andhara Early pernah dua kali gagal berumah tangga. Ia bercerai dengan Ferry Iskandar pada 2005 dan cerai dengan David Cessa pada 2008. Saat ini Andhara sudah menikah lagi dengan pria bernama Bugi Ramadhana pada 11 September 2011.

Terlepas dari kehidupan pribadi Andhara Early, sejak remaja ia dikenal sebagai salah satu selebriti yang cantik memesona. Berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram @memoryjadoel, foto remaja Andhara Early, Selasa (17/3/2020).

1. Pemilik nama lengkap Andhara Early Astrawinata ini memang sudah memiliki paras menawan sejak remaja.

6 Potret Andhara Early saat Remaja, Bukti Cantik Tak Pernah Luntur (sumber: Instagram.com/memoryjadoel)
6 Potret Andhara Early saat Remaja, Bukti Cantik Tak Pernah Luntur (sumber: Instagram.com/memoryjadoel)

2. Tak hanya cantik, Andhara juga sudah berprestasi sejak remaja. Seperti saat berhasil menjadi juara 2 dan pemenang favorit Gadis Sampul 1995.

6 Potret Andhara Early saat Remaja, Bukti Cantik Tak Pernah Luntur (sumber: Instagram.com/memoryjadoel)
6 Potret Andhara Early saat Remaja, Bukti Cantik Tak Pernah Luntur (sumber: Instagram.com/memoryjadoel)

3. Pada saat menjadi pemenang favorit Gadis Sampul 1995, Andhara masih berada di bangku SMP kelas 2.

6 Potret Andhara Early saat Remaja, Bukti Cantik Tak Pernah Luntur (sumber: Instagram.com/memoryjadoel)
6 Potret Andhara Early saat Remaja, Bukti Cantik Tak Pernah Luntur (sumber: Instagram.com/memoryjadoel)

4. Gaya penampilan lulusan SMPN 12 Jakarta semakin cantik saja saat memakai behel di giginya.

6 Potret Andhara Early saat Remaja, Bukti Cantik Tak Pernah Luntur (sumber: Instagram.com/memoryjadoel)
6 Potret Andhara Early saat Remaja, Bukti Cantik Tak Pernah Luntur (sumber: Instagram.com/memoryjadoel)

5. Bila diperhatikan, saat tersenyum seperti ini Andhara semakin terlihat manis.

6 Potret Andhara Early saat Remaja, Bukti Cantik Tak Pernah Luntur (sumber: Instagram.com/memoryjadoel)
6 Potret Andhara Early saat Remaja, Bukti Cantik Tak Pernah Luntur (sumber: Instagram.com/memoryjadoel)

6. Ini dia momen saat Andhara berhasil menjadi juara 2 dan juara terfavorit Gadis Sampul 1995.

6 Potret Andhara Early saat Remaja, Bukti Cantik Tak Pernah Luntur (sumber: Instagram.com/memoryjadoel)
6 Potret Andhara Early saat Remaja, Bukti Cantik Tak Pernah Luntur (sumber: Instagram.com/memoryjadoel)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

70 Persen Pegawai OJK Mulai Kerja dari Rumah

Posted: 16 Mar 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Anjuran Work from Home (WFH) atau kerja dari rumah dari Presiden Jokowi nambapknya lagnsung diikuti oleh berbagai instansi pemerintahan, salah satunya Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Deputi Komisioner Humas dan Logistik Anto Prabowo mengatakan, Dewan Komisioner OJK hari ini memerintahkan pegawai OJK mulai bekerja dari rumah.

"Sekitar lebih dari 70 persen pegawai yang bekerja dari rumah diwajibkan tidak keluar rumah dan tetap menyelesaikan pekerjaan dengan memanfaatkan teknologi informasi," kata Anto kepada wartawan, Selasa (17/3/2020).

Sementara untuk memastikan tetap berfungsinya layanan industri jasa keuangan, lanjut Anto, pegawai OJK yang masuk kantor diminta tetap menjaga kesehatan, menghindari keramaian dan diperpendek jam kerjanya.

"Semoga OJK dapat berkontribusi aktif untuk mendukung arahan Presiden mengendalikan persebaran virus COVID-19," pungkas Anto.

Ada Aturan Kerja dari Rumah, PNS Tak Boleh Jalan-Jalan

Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta berakitivitas di Balaikota, Jakarta, Senin (10/6/2019). PNS kembali berdinas di masing-masing instansinya pada hari pertama kerja usai libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta berakitivitas di Balaikota, Jakarta, Senin (10/6/2019). PNS kembali berdinas di masing-masing instansinya pada hari pertama kerja usai libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) boleh bekerja dari rumah mulai hari ini. Hal tersebut diumumkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo dalam video-konverensi pada Senin (16/03/2020).

Kebijakan PNS boleh kerja dari rumah ini sebagai salah satu upaya untuk menekan penyebaran covid-19 di lingkungan instansi pemerintah.

Namun dalam pelaksanannya, ada beberapa syarat yang wajib dipatuhi, salah satunya PNS harus berada di rumah atau tempat tinggal masing-masing kecuali keadaan mendesak. Artinya, PNS tak boleh berjalan-jalan atau bekerja di tempat lain selain di rumah. 

Tjahjo mengatakan, Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) baik di pusat maupun daerah harus mengatur sistem kerja secara seleksi untuk PNS yang bekerja dari rumah. Ada sejumlah hal yang harus diperhatikan PPK dalam memutuskan hal tersebut.

"Satu, jenis pekerjaan yang dilakukan pegawai, kemudian mencermati peta sebaran Covid-19 yang dikeluarkan pemerintah pusat dan daerah," kata Tjahjo.

 

Surat Edaran Menteri PANRB

Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta melakukan tugas dinasnya di Balaikota, Jakarta, Senin (10/6/2019). PNS kembali berdinas di masing-masing instansinya pada hari pertama kerja usai libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprov DKI Jakarta melakukan tugas dinasnya di Balaikota, Jakarta, Senin (10/6/2019). PNS kembali berdinas di masing-masing instansinya pada hari pertama kerja usai libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Melansir dari Surat Edaran (SE) Menteri PANRB No.19 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara dalam Upaya Pencegahan Covid-19 di Lingkungan Instansi Pemerintah, PNS di Instansi Pemerintah dapat bekerja di rumah/tempat tinggal (WFH), namun Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) memastikan minimal terdapat 2 level Pejabat Struktural tertinggi tetap melaksanakan tugasnya di kantor agar penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat tidak terganggu.

"Kemudian ditegaskan, dicermati juga riwayat perjalanan keluar negeri pegawai dalam 14 hari kalender terakhir, kemudian riwayat interaksi pegawai dengan penderita yang sudah terkonfirmasi dalam 14 hari kalender terakhir, serta efektivitas pelaksanaan tugas dan pelayanan unit organisasi," tuturnya.

Lebih lanjut Tjahjo menegaskan pengaturan sistem kerja tersebut agar dapat memperhatikan dan tidak mengganggu kelancaran dan pelayanan kepada masyarakat.

"Jadi kami tegaskan tidak diliburkan. Tidak. Tapi saya kira bisa diberikan tugas untuk kerja di rumah masing-masing," tegasnya.

Pelaksanaan tugas kedinasan dengan bekerja di rumah akan berlaku sampai dengan 31 Maret 2020 dan akan dievaluasi lebih lanjut. Setelah berakhirnya masa berlaku sistem kerja tersebut, Pimpinan Instansi Pemerintah melakukan evaluasi atas efektivitas pelaksanaannya dan melaporkannya kepada Menteri PANRB.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Pemain MU yang Bakal Hengkang Musim Depan

Posted: 16 Mar 2020 09:20 PM PDT

Manchester - Liga Inggris 2019-2020 baru sampai pekan ke-29. Namun, Liga Inggris kini harus dihentikan sementara karen virus Corona. Namun, Manchester United (MU) sudah siap menghadapi musim 2020-2021 dengan lebih baik lagi.

Hingga pertandingan ke-29 musim ini, MU bertengger dii posisi kelima. Tinggal satu setrip lagi untuk bisa meraih tiket ke Liga Champions musim depan.

Manajer Ole Gunnar Solskjaer telah mendatangkan beberapa pemain di bursa transfer musim dingin lalu. Dua di antaranya adalah Bruno Fernandes dan Odion Ighalo. Sekarang ini keduanya ini sedang moncer.

Kedatangan keduanya membuat kinerja Manchester United dalam 11 pertandingan terakhir berjalan oke.

Bruno Fernandes yang diboyong dari Sporting CP dan Odion Ighalo dari Shanghai Greenland Shenhua dengan status pinjaman, mampu memberiakan energi baru bagi Setan Merah.

Namun, Ole Gunnar Solskjaer diyakini masih belum puas dengan komposisi skuad yang ada.

Manchester United akan melakukan pembenahan. Beberapa pemain akan dikorbankan demi membuka jalan bagi pemain baru di musim baru.

Dilansir dari Sport Bible, Senin (16/3/2020), Manajer MU Ole Gunnar Solskjaer diprediksi sibuk pada musim panas mendatang. Berikut pemain yang berpotensi hengkang dari MU pada musim panas nanti.

1. David de Gea

Kiper Manchester United, David de Gea, melakukan blunder saat timnya bermain 1-1 kontra Everton pada laga pekan ke-28 Premier League di Goodison Park, Minggu (1/3/2020). (AFP/Paul Ellis)
Kiper Manchester United, David de Gea, melakukan blunder saat timnya bermain 1-1 kontra Everton pada laga pekan ke-28 Premier League di Goodison Park, Minggu (1/3/2020). (AFP/Paul Ellis)

Kiper kawakan asal Spanyol, David de Gea, dikabarkan akan meninggalkan Old Trafford pada musim panas mendatang. Performa yang dinilai buruk musim ini menjadi satu di antara faktor kemungkinan kepindahannya.

De gea musim ini telah kebobolan 30 gol dari semua pertandingan yang dijalani. Selain performa yang buruk, ketidakjelasan perihal kontrak menjadi hal laiin yang membuatnya santer dikabarkan bersiap untuk hengkang.

Saat ini Paris Saint-Germain (PGG) siap mengajukan tawaran untuk mendapatkan tanda tangan de Gea.

2. Paul Pogba

Gelandang Manchester United asal Prancis, Paul Pogba. (AFP/Paul Ellis)
Gelandang Manchester United asal Prancis, Paul Pogba. (AFP/Paul Ellis)

Setali tiga uang, Paul Pogba juga dikabarkan akan meninggalkan Manchester United. Superstars asal Prancis itu tidak memiliki masa depan yang jelas di tengah skuad di Manchester United.

Pogba dikabarkan akan kembali ke klub lamanya, Juventus, dan raksasa Spanyol, Real Madrid, masih terus dikabarkan ingin mendatangkannya.

Pogba, 27 tahun, hanya bermain kurang dari tiga penampilan bersama Setan Merah sejak Desember tahun lalu akibat cedera. 

3. Jesse Lingard

Gelandang Manchester United, Jesse Lingard, merayakan gol ke gawang Liverpool pada laga Premier League di Anfield, Minggu (16/12/2018). (AFP/Paul Ellis)
Gelandang Manchester United, Jesse Lingard, merayakan gol ke gawang Liverpool pada laga Premier League di Anfield, Minggu (16/12/2018). (AFP/Paul Ellis)

Jesse Lingard dikabarkan akan berpisah dengan publik Old Trafford. Penyebabnya, performa penyerang sayap berusia 27 tahun itu Lingard terus mengalami penurunan.

Ole Gunnar Solskjaer dikabarkan sudah tak lagi bersedia memberikan kepercayaan kepada Lingard. Setelah kedatangan Bruno Fernandes, posisi Lingard saat ini kian tergeser.

Disadur dari Bola.com (Penulis Alif Yuda / Editor Aning Jati, Published 17/3/2020)

Saksikan video Manchester United berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perangi Virus Corona COVID-19, Prancis Lockdown 15 Hari

Posted: 16 Mar 2020 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Paris - Presiden Prancis Emmanuel Macron pada Senin 16 Maret 2020 waktu setempat meluncurkan langkah untuk memerangi penyebaran lebih luas Virus Corona COVID-19. Memerintahkan pembatasan ketat pada pergerakan orang-orang di tengah pandemi yang memburuk dengan cepat.

Dalam kesempatan tersebut, seperti dikutip dari France24, Selasa (17/3/2020), ia mengatakan tentara akan ditugaskan untuk membantu memindahkan orang sakit ke rumah sakit.

"100.000 petugas akan dikerahkan selama lockdown," kata Menteri Dalam Negeri Prancis Christophe Castaner menegaskan.

Selain itu, Macron juga mengumumkan langkah-langkah untuk "sangat membatasi pergerakan setidaknya untuk 15 hari ke depan," mulai Selasa 17 Maret tengah hari (waktu setempat).

Selama periode lockdown memerangi Virus Corona COVID-19 itu, warga diminta membatasi kontak sosial sebanyak mungkin. Selain itu, ia juga memerintahkan orang untuk tinggal di rumah kecuali untuk membeli bahan makanan, bepergian ke tempat kerja, berolahraga atau mencari perawatan medis.

Siapa pun yang ditemukan di luar harus memberikan bukti alasan perjalanan mereka.

Macron mengatakan, putaran kedua pemilihan pemimpin kota akan ditangguhkan, demikian juga dengan pemeriksaan dana pensiun kontroversial pada pemerintahannya.

Presiden Prancis mengatakan perbatasan eksternal Uni Eropa (UE) akan ditutup selama 30 hari, tetapi warga negara Prancis akan diizinkan pulang. Kendati demikian perjalanan melintasi perbatasan internal Area Schengen akan sangat dibatasi.

Dalam upaya tersebut, Macron juga menyatakan tengah mendirikan rumah sakit lapangan di wilayah Alsace yang paling parah terdampak di timur Prancis.

Macron juga mengumumkan paket 300 miliar euro untuk membantu menopang bisnis yang sedang berjuang.

Per Selasa, korban tewas akibat pandemi Virus Corona COVID-19 di Prancis naik menjadi 148. Dengan total 6.650 kasus dikonfirmasi.

Belanda Juga Lockdown

Bendera nasional Belanda (AFP)
Bendera nasional Belanda (AFP)

Sebelumnya, Belanda juga menjadi salah satu negara Eropa yang ikut melakukan lockdown untuk mencegah penyebaran Virus Corona (COVID-19). Kebijakan ini berlaku sejak 16 Maret dan akan berlangsung hingga 6 April mendatang.

Dampak dari kebijakan ini adalah semua sekolah, bar, restoran, klub olahraga, klub malam harus tutup. Kafe ganja tidak luput dari aturan ini, alhasil para pecinta ganja rela mengantre untuk menyetok barang sebelum lockdown.

Berdasarkan laporan Dutch News, Selasa (17/3/2020), warga yang mayoritas anak muda terpantau mengantre panjang ingin membeli ganja di kafe-kafe. Untuk mengatasi itu, akhirnya pemerintah mengubah aturan.

Aturan barunya adalah kafe ganja masih boleh buka saat lockdown, namun hanya boleh untuk dibawa pulang. Hal sama berlaku bagi restoran atau gerai makanan, yakni boleh buka asalkan takeaway.

Sebelumnya, masyarakat juga sudah menyetok makanan di supermarket. Barang yang dicari adalah pasta, nasi, buah, sayuran, dan perlengkapan toilet.

Asosiasi supermarket Belanda, CBL, menegaskan bahwa panic buying tidak perlu dilakukan, sebab stok sebetulnya masih banyak. Masyarakat diminta belanja normal saja.

Malaysia pun Memutuskan Lockdown

Bendera Malaysia (AFP PHOTO)
Bendera Malaysia (AFP PHOTO)

Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin  memutuskan untuk melakukan lockdown nasional atau mengunci akses seantero Negeri Jiran. Keputusan itu diambil karena melonjaknya jumlah kasus Virus Corona COVID-19.

Dalam pidato pada Senin (16/3/2020) malam, Muhyiddin mengatakan, pemerintah akan menerapkan Perintah Kontrol Gerakan selama lockdown yang dimulai pada 18 Maret hingga 31 Maret, seperti dilansir SCMP.

Keputusan Muhyiddin seiring dengan meningkatnya jumlah kasus positif Virus Corona di Malaysia yang mencapai 553. Jumlah itu merupakan kasus positif COVID-19 tertinggi di Asia Tenggara.

Malaysia melaporkan 125 kasus baru pada Senin, 95 di antaranya terkait dengan acara tablig akbar yang diadakan pada Februari, menurut Kementerian Kesehatan, menyusul lonjakan 190 kasus selama akhir pekan.

Acara tabligh akbar itu dihadiri sekitar 16.000 orang dari 27 Februari hingga 1 Maret. Dari 14.500 warga Malaysia yang hadir, hanya 7.000 yang melakukan tes Virus Corona.

Sejauh ini, total 42 pasien Virus Corona di Malaysia telah sepenuhnya pulih dari Virus Corona dan telah dipulangkan. Sementara 511 masih di rumah sakit dan 12 di antaranya masih dalam perawatan intensif.

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP 2020 Berpotensi Berakhir pada Januari 2021

Posted: 16 Mar 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jerez - Penyebaran virus corona (COVID-19) yang belum terkendali membuat ajang balapan MotoGP 2020 tertunda. Namun, Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) menyebut bahwa mereka punya opsi baru soal jadwal.

Seharusnya, seri perdana MotoGP 2020 digelar di Qatar pada 8 Maret lalu. Tapi, Qatar memilih mundur dan tiga negara tuan rumah MotoGP setelah mereka juga memutuskan mengundurkan diri.

FIM dan Dorna Sports hingga sekarang masih belum menentukan kapan dan di mana balapan perdana MotoGP 2020 berlangsung. Opsi terbaru yakni balapan musim ini bisa saja lanjut sampai tahun depan.

Presiden Federation Internationale de Motocyclisme (FIM), Jorge Viegas, menyatakan musim balap MotoGP 2020 kemungkinan diperpanjang dan baru berakhir pada awal 2021, setelah penundaan di awal tahun ini.

"Ya, apabila dibutuhkan. Anda bisa bayangkan beberapa balapan saat ini yang belum dibatalkan dan kami harus menyelesaikan balapan dalam waktu yang lebih lama," jelas Jorge Viegas, seperti dilansir Crash.

Jadwal Ulang

Ilustrasi balapan MotoGP. (Vincent Jannink / ANP / AFP)
Ilustrasi balapan MotoGP. (Vincent Jannink / ANP / AFP)

Apabila berdasarkan jadwal saat ini, MotoGP 2020 bakal dimulai di Jerez, Spanyol pada 1-3 Mei nanti. Untuk balapan di Qatar, Thailand, Amerika Serikat, dan Argentina bisa dijadwal ulang.

Regulasi menyebutkan bahwa satu musi MotoGP memerlukan minimal 13 seri balapan untuk bisa dikategorikan selesai. Faktor ini pula yang membuat FIM mempertimbangkan opsi menjalankan MotoGP 2020 sampai Januari 2021.

 

Hingga Januari 2021

"Kami upayakan semaksimal mungkin demi menjaga kelayakan nama besar ajang ini. Jika diperlukan, kami bisa saja menggelarnya hingga Januari 2021, dan itu bukan sesuatu yang aneh bagi kami," terangnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bermodal Pastel dan Arang, Lukisan Pria Ini Bak Foto Backlight

Posted: 16 Mar 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kreativitas seorang pelukis memang berbeda-beda. Hanya dengan media pastel dan arang pelukis ini bisa memberikan kesan yang berbeda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian Agama Siapkan E-Learning Madrasah untuk Belajar di Rumah

Posted: 16 Mar 2020 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa sekolah sudah menerapkan kegiatan belajar di rumah. Peraturan tersebut dibuat untuk mencegah adanya penularan lebih masif virus corona (Covid-19).

Terkait hal tersebut, Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah A Umar mengatakan, siswa bisa belajar lewat e-Learning Madrasah.

"Saat ini, sudah lebih dari ribuan madrasah dengan puluhan ribu guru dan siswa yang telah menggunakan e-Learning madrasah," terang Umar dalam rilis yang didapat merdeka.com, Jakarta, Selasa (17/3/2020).

Dia mengatakan, madrasah terus berinovasi dalam bidang terknologi informasi. Dengan cara pembelajaran berbasis online atau e-Learning Madrasah.

"Dalam e-Learning Madrasah, siswa-siswi mendapatkan beragam fitur yang mampu memudahkan mereka mendapatkan informasi serta pembelajaran dengan cepat," tutur Umar.

Tidak hanya siswa dan siswi, kata dia, ada lima user yang dapat diakses e-Learning Madrasah. Yaitu untuk Operator Madrasah, guru mata pelajaran, guru bimbingan konseling, wali kelas dan kepala madrasah.

"Masing-masing memiliki user sendiri untuk masuk ke dalam aplikasi e-Learning Madrasah, kapanpun dan dimana pun," ucap Umar.

Fitur dalam e-Learning Madrasah

Umar menjelaskan terdapat beberapa fitur dalam e-Learning tersebut. Yaitu kelas online, berisi konten mulai dari awal proses pembelajaran, pembuatan standar kompetensi, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), materi pembelajaran, jurnal guru, pengolahan penilaian harian, ujian berbasis komputer (CBT) hingga pengolahan nilai rapor.

Kemudian, kedua Guru Berbagi. Fitur Guru Berbagi kata Umar, adalah platform yang akan menampung kreatifitas guru madrasah di seluruh Indonesia untuk saling berbagi informasi apapun yang bermanfaat.

"Guru hanya tinggal memposting informasi tersebut dalam kolom dengan mudah. Selain itu, siapapun dapat berkomentar dan memberi masukkan, bahkan menyukai postingan tersebut," ungkap Umar.

Selanjutnya, Forum Komunitas Madrasah, menurut dia, siswa dan guru dapat dengan mudah berbagi ide dan membuka forum diskusi karena di dalamnya terdapat media sosial untuk saling berkomunikasi antara guru dan siswa. User juga dapat saling berkomentar dan berbagi ide atau gagasan dalam fitur chat.

"e-Learning Madrasah dibuat senyaman mungkin bagi para pengguna agar mampu menarik semangat belajar dengan mudah, cepat dimanapun dan kapanpun," ungkap Umar.

Untuk dapat mengunduh aplikasi e-Learning Madrasah, lanjut Umar, user harus terlebih dahulu melakukan log in sebagai operator madrasah (operator dapat mengunduh pada link https://elearning.kemenag.go.id/).

Dalam proses itu, user harus mengunggah Surat Keputusan (SK) sebagai salah satu syarat utama mendapatkan aplikasi e- Learning Madrasah.

"Setelah SK berhasil diunggah, operator harus menunggu SK tersebut disetujui oleh tim dari Direktorat KSKK Madrasah. Jika SK sudah disetujui, Operator akan diberikan akses untuh mengunduh Aplikasi e-Learning Madrasah," jelas Umar.

 

Berikan Banyak Tugas

Anggota Komisi X DPR RI Andreas Hugo Pareira meminta Kampus dan Sekolah tetap memberikan tugas kepada peserta didik. Hal ini perlu dilakukan agar keputusan sekolah merumahkan peserta didik, tidak dianggap sebagai libur.

"Baik guru maupun dosen wajib memberikan tugas kepada siswa atau mahasiswanya yang mana tugas dan hasil kerja selama di rumah tersebut diberikan penilaian sesuai aturan di masing-masing sekolah maupun PT. Penilaian ini perlu sehingga makna kerja dari rumah ini tidak disalahartikan dengan liburan," ujar dia, ketika dikonfirmasi, Selasa (17/3/2020).

Menurut dia, kebijakan para kepala daerah untuk menon-aktifkan aktivitas pertemuan tatap muka di universitas maupun sekolah seharusnya dijelaskan dan dimaknai dengan tepat oleh insan pendidikan.

Baik rektor, civitas akademika kampus, para kepala sekolah, guru dan siswa selaiknya memanfaatkan waktu tersebut untuk bekerja dan melaksanakan tugas-tugas perkuliahan, ujian, pengajaran dan aktivitas-aktivitas perguruan tinggi maupun aktivitas sekolah lainnya dari rumah.

"Tentu aktivitas kerja dari rumah ini bisa dilaksanakan dengan media pelayananan online yang tersedia. Tujuan utamamya untuk menghindari atau memperkecil ruang penularan virus Covid-19," urai dia.

Karena itu, patutlah menjadi perhatian dunia pendidikan, bahwa penonaktifan pertemuan tatap muka di PT dan di sekolah ini tidak diartikan sebagai liburan. Catatan ini harus ditegaskan kembali karena terjadi pemaknaan yang salah seolah penonaktifan pertemuan tatap muka sama dengan liburan atau meliburkan siswa/mahasiswa.

"Yang artinya berdiam di rumah, atau malah jalan-jalan berlibur yang justru membuka ruang penyebaran virus di luar PT atau sekolah," Andreas menandasi.

 

Reporter: Intan Umbari, Wilfridus Setu Embu 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Rumah Masa Kecil Baim Wong, Berada di Gang Sempit

Posted: 16 Mar 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejak aktif menjadi YouTuber, artis Baim Wong terus menjadi sorotan. Hal ini lantaran suami dari Paula Verhoeven ini terus membuat konten kreatif yang banyak diminati oleh warganet. Tak hanya konten prank, ia pun juga sering menampilkan kehidupan pribadinya melalui channel YouTubenya.

Pada konten vlog yang ia unggah di channel YouTube BAPAU FAMILY tanggal 19 Januari 2020, Baim menunjukkan rumah yang pernah ia tinggali di masa kecilnya. Diketahui, Baim telah 5 tahun tak mengunjungi rumah tersebut.

Rumah yang terletak di Purwakarta tersebut nampak tidak dalam kondisi yang baik. Telah lama ditempati keluarga Baim, rumah itu terlihat tidak terawat. Banyak atap yang bocor beserta keramik yang rusak.

Selain itu, rumah milik ibunda Baim Wong ini, ternyata jauh dari kata mewah. Rumah ini terletak di gang sempit yang hanya bisa dilalui oleh satu mobil saja. Sepanjang perjalanan menuju rumah tersebut, nampak rumah ini berada di kawasan padat penduduk.

Penasaran seperti apa penampakan rumah tersebut? Berikut merupakan ulasan tentang potret rumah masa kecil Baim Wong yang sederhana, dihimpun dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Selasa (17/3/2020).

1. Tak berada di kawasan elit, untuk menuju rumah tersebut harus melalui gang sempit yang hanya bisa dilalui oleh satu mobil

Potret rumah masa kecil Baim Wong yang sederhana. (Sumber: YouTube BAPAU FAMILY)
Potret rumah masa kecil Baim Wong yang sederhana. (Sumber: YouTube BAPAU FAMILY)

2. Potret teras rumah, tampak sederhana dan jauh dari kata mewah

Potret rumah masa kecil Baim Wong yang sederhana. (Sumber: YouTube BAPAU FAMILY)
Potret rumah masa kecil Baim Wong yang sederhana. (Sumber: YouTube BAPAU FAMILY)

3. Pada bagian dalam rumah masih terpasang dengan rapi foto keluarga Baim Wong

Potret rumah masa kecil Baim Wong yang sederhana. (Sumber: YouTube BAPAU FAMILY)
Potret rumah masa kecil Baim Wong yang sederhana. (Sumber: YouTube BAPAU FAMILY)

4. Sudah tak lagi ditempati keluarga Baim Wong, rumah ini pun menjadi tak terawat. Banyak atap bocor dan keramik yang retak

Potret rumah masa kecil Baim Wong yang sederhana. (Sumber: YouTube BAPAU FAMILY)
Potret rumah masa kecil Baim Wong yang sederhana. (Sumber: YouTube BAPAU FAMILY)

5. Penampakan rumah bagian belakang, tempat mencuci sekaligus menjemur baju

Potret rumah masa kecil Baim Wong yang sederhana. (Sumber: YouTube BAPAU FAMILY)
Potret rumah masa kecil Baim Wong yang sederhana. (Sumber: YouTube BAPAU FAMILY)

6. Meskipun berbentuk sederhana, namun rumah ini memiliki halaman belakang yang cukup luas dilengkapi dengan taman dan mainan anak

Potret rumah masa kecil Baim Wong yang sederhana. (Sumber: YouTube BAPAU FAMILY)
Potret rumah masa kecil Baim Wong yang sederhana. (Sumber: YouTube BAPAU FAMILY)

7. Uniknya, kamar mandi di rumah ini terpisah dari bangunan utama

Potret rumah masa kecil Baim Wong yang sederhana. (Sumber: YouTube BAPAU FAMILY)
Potret rumah masa kecil Baim Wong yang sederhana. (Sumber: YouTube BAPAU FAMILY)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kabar Sekjen Terpapar Corona, Ini Jawaban Kemenhub

Posted: 16 Mar 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa hari yang lalu, publik dikejutkan dengan kabar bahwa Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terpapar virus Corona. Beliau langsung menjalani pemeriksaan dan dirawat secara insentif. Penelusuran penyebaran virus ini pun dilakukan ke dalam orang-orang yang memiliki lingkaran komunikasi yang dekat dengan Menhub.

Salah satu orang di lingkup tersebut ialah Sekretaris Jenderal Kemenhub Djoko Sasono. Tersiar kabar bahwa Djoko juga terpapar virus asal Wuhan, China tersebut.

Lantas bagaimana jawaban dari Kemenhub?

Plt Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik (BKIP) Kemenhub Yudhonur Setyaji Paridjo menyatakan, hingga saat ini masih belum ada informasi mengenai isu tersebut.

"Terkait hal ini, kami belum punya data dan informasinya," ujar Yudho melalui pesan singkat saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (17/03/2020).

Lebih lanjut, belum ada informasi pula apakah orang dekat Menhub lainnya seperti Direktur Jenderal (Dirjen) telah menjalani pemeriksaan kesehatan. Yang jelas, Kemenhub sendiri sudah melakukan sterilisasi seluruh ruangan kerja untuk meminimalisir penyebaran virus Corona.

"Kami sudah lakukan sterilisasi dengan menyemprotkan disinfektan ke seluruh ruangan mulai dari ruang kerja pak Menhub, ruang pegawai Kemenhub sampai ke ruang pelayanan terpadu satu atap di Kemenhub," jelas Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati beberapa waktu lalu.

Selain itu, Kemenhub juga semakin mengintensifkan penggunaan thermometer gun dan memastikan ketersediaan hand sanitizer di sudut-sudut ruangan.

Tak lupa, Kemenhub bekerjasama dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta untuk melakukan tes swab kepada jajaran Kemenhub yang pernah berinteraksi dengan Menhub selama 14 hari terakhir.

Ini Kabar Terbaru Menhub Budi Karya Sumadi yang Positif Covid-19

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan sambutan serta pengarahan saat Launching Perkumpulan Angkutan Daring Indonesia (PADI) di Gedung Inkoppol, Jakarta, Senin (7/1). (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan sambutan serta pengarahan saat Launching Perkumpulan Angkutan Daring Indonesia (PADI) di Gedung Inkoppol, Jakarta, Senin (7/1). (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menceritakan perkembangan terbaru Menhub Budi Karya Sumadi yang positif terjangkit covid-19. Moeldoko menyampaikan hal itu usai menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Moeldoko mengatakan, dirinya tidak menjenguk Menhub Budi secara langsung. Tetapi, mendapatkan informasi oleh dokter di RSPAD. Kondisi Menhub Budi mengalami perkembangan yang baik.

"Perkembangan baik tadi beberapa dokter, enggak ada masalah," ujarnya di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Senin (16/3/2020).

Moeldoko juga sempat ditanya bagaimana hasil cek kesehatan Presiden Joko Widodo. Dia mengaku belum tahu hasilnya. "Aku belum tanya" ucapnya.

Pada pemeriksaan hari ini, Moeldoko tak sendiri. Ada tiga menteri lain yang menjalani pemeriksaan kesehatan. Mereka adalah Menaker Ida Fauziah, Menristek Bambang Brodjonegoro, Wamenkeu Suahasil Nazara.

Moeldoko mengatakan, hasil pemeriksaan kesehatan dia hari ini baik-baik saja. Segala tes kesehatan sampai tes swab dijalaninya.

Mantan Panglima TNI itu menyarankan lebih baik para menteri sampai anak buahnya di Kantor Staf Kepresidenan untuk menjalani tes kesehatan.

"Sebaiknya memang menteri-menteri lebih baik agar pastikan agar lebih firm. Saya sih gak ada panas enggak ada batuk. Nggak ada macam-macam tapi saya ingin yakin kan jangan sampai anak lingkungan saya di kantor (terpapar virus corona). Kita harus yakin agar lingkungan kita terjaga," kata Moeldoko.

   

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Protokol Pemakaman Jenazah Meninggal Dunia Covid-19

Posted: 16 Mar 2020 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Agama Indonesia melalui situs resminya, mengeluarkan perrnyataan terkait protokoler memakamkan jenazah korban meninggal dunia akibat virus corona.

Selain mengikuti arahan pihak rumah sakit dan arahan Kementerian Kesehatan, bagi muslim, memandikan jenazah dan menyolatkannya adalah kewajiban yang harus dilakukan, sebelum dikubur.

"Karenanya harus memperhatikan ketentuan syariahnya sesuai dengan tata cara petunjuk rumah sakit rujukan," tulis keterangan pers dikutip dari situs resmi Kementerian Agama, seperti dilihat Liputan6.com, Selasa (17/3/2020).

Kementerian Agama menekankan bagi mereka yang beragama Islam yang mensalatkan agar dapat dilakukan di rumah sakit terkait.

Namun, bila keluarga menghendaki disalatkan di masjid, Kementerian Agama meminta agar masjid tersebut dapat dilakukan pemeriksaan sterilisasi sebelum dan sesudahnya secara total.

Setelah disalatkan, jenazah yang akan dikuburkan harus memenuhi aturan dengan lokasi penguburan harus berjarak 50 meter dari sumber air tanah yang digunakan untuk konsumsi. Selain itu, Kementerian Agama juga meminta jika jenazah dikuburkan dapat menjaga jarak sejauh 500 meter minimal dari pemukiman penduduk.

"Jenazah juga harus dikubur sekurangnya pada kedalaman 1,5 meter dan ditutup dengan tanah setinggi 1 meter, dan jika terdapat jenazah lain yang hendak dikubur, jenazah tersebut sebaiknya dikubur di area terpisah. Dan untuk petugas pemakaman harus mengenakan alat pelindung diri untuk petugas kesehatan, semacam jas hujan plastik, kemudian dimusnahkan selesai pemakaman," jelas anjuran Kemenag.

 

Bagaimana Untuk Jenazah Dikremasi?

Kementerian Agama juga merilis protokler terkait cara kremasi jenazah korban meninggal dunia akibat virus corona.

Pertama, lokasi kremasi minimal harus berjarak 500 meter dari pemukiman terdekat. Kemudian, kremasi sebaiknya tidak dilakukan pada beberapa jenazah sekaligus untuk mengurangi polusi asap.

Kedua, semua bahan, zat kimia, ataupun benda lainnya yang tergolong limbah klinis harus dibuang di tempat aman. Desinfeksi pun dilakukan kembali pada petugas medis dan semua barang yang digunakan dalam perawatan jenazah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menaker Ida Dorong Perguruan Tinggi Percepat Peningkatan Kompetensi

Posted: 16 Mar 2020 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Surakarta Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah mendorong Perguruan Tinggi (PT) untuk mempercepat peningkatan kompetensi masyarakat yang masih rendah dengan melakukan penguasaan teknologi terkini.

Tak hanya itu, Perguruan Tinggi juga didorong untuk menumbuhkembangkan enterpreneur atau wirausaha baru sehingga mampu membuka lapangan kerja baru.

"Pelatihan dan peningkatan kompetensi perlu dilakukan agar bisa diterima di pasar kerja sesuai kebutuhan revolusi industri 4.0. Kita dorong tumbuhnya wirausaha baru yang sudah beradaptasi dengan kebutuhan teknologi terkini," kata Menaker Ida Menaker Ida dalam Talk Show Ketenagakerjaan di STIE Adi Utama Bhirawa, Surakarta, Jawa Tengah, Selasa (10/3/2020).

Menaker Ida berharap, PT menjadi bagian penting bagi upaya peningkatan kompetensi SDM dalam merebut bonus demografi dan Indonesia unggul 2045. Indonesia diharapkan menjadi lima negara terbesar di dunia yang pertumbuhan ekonominya tinggi dan angka kemiskinannya mendekati 0 persen.

"Kita harapkan akan sampai pada Indonesia maju dan Indonesia unggul pada tahun 2045. Keterlibatan PT sangat dibutuhkan untuk bisa sampai pada Indonesia maju, Indonesia unggul 2045, " kata Menaker Ida.

Menaker Ida mengatakan, pemerintah membutuhkan kolaborasi dengan perguruan tinggi, industri, dan lembaga pelatihan untuk mengidentifikasi permintaan dan ketersediaan skill bagi era digital di masa depan.

"Kemnaker akan menjadi fasilitator agar semua stakeholder bekerja secara bersama-sama merespon kondisi ketenagakerjaan sekarang," kata Menaker Ida.

Ida Fauziyah menegaskan, pemerintah saat ini fokus kepada peningkatan kompetensi tenaga kerja melalui pendidikan dan pelatihan vokasi. Sebab untuk jangka pendek, pelatihan vokasi berperan sentral karena dampaknya yang relatif lebih cepat bisa dirasakan oleh masyarakat dibanding pendidikan vokasi.

 

Skema Tripple Skilling

Menaker Ida menambahkan, kebijakan pemerintah dalam pelatihan vokasi melalui skema tripple skilling akan fokus tiga sasaran utama.

Pertama, Skilling dalam bentuk vokasi. Pelatihan ini ditujukan kepada masyarakat yang belum memiliki keterampilan agar diterima di pasar kerja. Kedua, Up-skilling yang bertujuan untuk menaikkan keterampilan agar relevan dengan zaman.

"Sedangkan re-skilling, ditujukan kepada pekerja ter-PHK jika ingin beralih ke pekerjaan baru, sebagai safety net tenaga kerja," ujarnya.

Dialog interaktif bertajuk "Penyiapan SDM Unggul Dalam Menghadapi Era Industri Kreatif 4.0 dan Dunia Global" dihadiri lebih dari 300 mahasiswa STIE, STMIK dan Akademi Teknologi (AT) AUB, Surakarta.

Hadir dalam acara Talkshow Ketenagakerjaan ini diantaranya, Sekda Pemkot Surakarta, Ahmad Yani; Kepala BLK Surakarta, Sofwan Setiawan; Sesdisnaker Surakarta, Windy Satriawan; Ketua STIE, Agus Utomo; dan Ketua Yayasan Karya Dharma Pancasila (YKDP) Anggoro Panji Nugroho.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: