Sabtu, 07 Maret 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Mencicipi Jamu Rasa Anak Muda yang Terinspirasi dari 5 Destinasi Wisata Super Prioritas

Posted: 07 Mar 2020 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jamu merupakan minuman tradisional masyarakat Indonesia yang sudah melegenda. Terdiri dari berbagai macam rempah khas Nusantara, jamu dipercaya memiliki khasiat yang beragam untuk tubuh.

Namun, minuman tersebut sering kali dianggap hanya untuk kalangan orangtua saja. Padahal, anak muda pun penting mengonsumsi jamu untuk meningkatkan daya tubuhnya, apalagi di usia yang butuh tenaga untuk melakukan banyak aktivitas.

Sebagai usaha untuk memperkenalkan jamu kepada kalangan anak muda, Mustika Ratu mengeluarkan varian terbaru yang terinspirasi dari lima destinasi super prioritas di Indonesia, yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Manado. 

"Jadi konsepnya diambil dari ngopi, kita namainnya jadi ngejamu. Memang untuk targetnya ialah anak muda untuk menghidupkan kembali jamu supaya lebih kekinian," ujar Head Business Mustika Ratu, Anastasia Budi Amin, Jumat, 6 Maret 2020. 

Beberapa varian jamu yang ditawarkan ialah Jamu Jako Sidikalang, Secang Sembada, Seger Sereh, Moringa Green Tea Latte, Air Guraka, dan Wedang Sarraba'. "Kalau dari NTT kita angkat moringa atau daun kelor, sebab moringanya termasuk yang terbaik di dunia. Moringa tersebut dicampur dengan jahe supaya ada inovasi," jelasnya. 

Sesuai konsepnya, Jamu Jako Sidikalang merupakan terbuat dari jahe yang dipadukan dengan kopi Sidikalang yang berasal dari daerah Danau Toba. Ada pula Seger Sereh yang berisi jahe merah, sereh, gula aren, dan asam Jawa. 

 

Menu Imun Booster

Jamu Mustika Ratu. (Liputan6.com/Tri Ayu Lutfiani)
Jamu Mustika Ratu. (Liputan6.com/Tri Ayu Lutfiani)

Selain menu yang terinspirasi dari destinasi wisata prioritas, Mustika Ratu pun memiliki deretan menu untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang tentunya dikemas dengan cara kekinian. 

Beberapa menu tersebut ialah Kunir Asem, Coco Pandan Latte, Golden Milk on The Rock, Beras Kencur Susu, Temulawak Soda Mint, Jahe Susu Kopi Ekspresso, Jahe Susu Madu, dan Jahe Susu Madu Telur. 

Pertama kali diluncurkan saat malam Grand Final Puteri Indonesia 2020, ke depannya Ngejamu akan terbuka untuk bekerja sama dengan penyelenggara gathering, corporate party, dan kolaborasi dengan perusahaan lainnya. 

Ngejamu pun akan membuka kedainya dalam bentuk layaknya coffee bar atau coffee corner di Grand Indonesia pada Juni 2020 mendatang. Dengan konsepnya yang kekinian diharapkan bisa meningkatkan minat masyarakat khususnya anak muda untuk mengonsumsi jamu. (Tri Ayu Lutfiani)

 

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Single Parent, Ini Potret 8 Artis Cantik Mengasuh Anak

Posted: 07 Mar 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang pasti menginginkan pernikahannya awet sampai maut memisahkan. Namun, jika di tengah jalan ada selisih paham hingga perbedaan, perceraian seolah menjadi jalan keluarnya. Resmi bercerai dari suami, seorang wanita harus menjadi orangtua tunggal bagi buah hatinya. Sebagaimana yang dialami beberapa selebriti ini.

Menjadi orang tua tunggal tentu saja tidak mudah, pasalnya ada dua peran yang harus ia emban dalam keseharian sebagai ayah dan juga ibu. Hal tersebut banyak melanda selebriti cantik Indonesia. Setelah cukup lama membina rumah tangga, banyak pula dari mereka yang memutuskan untuk bercerai dan menjadi single parent.

Mereka bekerja keras demi sang anak, meski sibuk para selebriti cantik ini selalu menyempatkan waktu bersama buah hatinya. Dari mengantar sekolah, pergi jalan-jalan dan sederet aktivitas lainnya. Bagi para single mother ini kebahagiaan anak merupakan yang utama. 

Tak ayal, para seleb cantik ini menjadi sosok yang inspiratif bagi anak-anaknya. Siapa saja mereka? Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas potret selebriti cewek saat mengasuh anak, Minggu (8/3/2020).

1. Kedekatan Gisella Anastasia dan Gempi tentu tidak perlu diragukan lagi. Ibu dan anak ini memang kompak di setiap kesempatan.

Seleb Cantik saat Mengasuh Anak  (Sumber: Instagram//gisel_la/
Seleb Cantik saat Mengasuh Anak (Sumber: Instagram//gisel_la/

2. Meski jadwal padat, pelantun 'Lagu Sambalado' ini menyempatkan waktu mengantar Bilqis ke sekolah.

Seleb Cantik saat Mengasuh Anak  (Sumber: Instagram/m/ayutingting92/
Seleb Cantik saat Mengasuh Anak (Sumber: Instagram/m/ayutingting92/

3. Meski tengah sibuk bisnis kosmetik, tak membuat Cathy Sharon melepaskan tanggung jawabnya sebagai seorang ibu tunggal. Cathy dan kedua buah hatinya kerap pergi berlibur bersama.

Seleb Cantik saat Mengasuh Anak  (Sumber: Instagram//cathysharon/
Seleb Cantik saat Mengasuh Anak (Sumber: Instagram//cathysharon/

4. Bercerai dari Steven Rumangkang, Angel Karamoy resmi menjadi single mom. Dekat dengan sang anak, Angel mendapat kejutan ulang tahun dari kedua anaknya.

Seleb Cantik saat Mengasuh Anak  (Sumber: Instagram//realangelkaramoy
Seleb Cantik saat Mengasuh Anak (Sumber: Instagram//realangelkaramoy

5. Vinessa Inez menjadi single mom di usia 22 tahun. Wanita kelahiran Balikpapan ini pun harus merawat putra semata wayangnya, Elvaro seorang diri.

Seleb Cantik saat Mengasuh Anak  (Sumber: Instagram/vinessainez/
Seleb Cantik saat Mengasuh Anak (Sumber: Instagram/vinessainez/

6. Bercerai dari Jerry Aurum sejak 2015, Denada membesarkan putrinya Shakira dengan sepenuh hati. Penyanyi cantik ini juga sabar mendampingi perawatan Shakira.

Seleb Cantik saat Mengasuh Anak  (Sumber: Instagram//denadaindonesia/
Seleb Cantik saat Mengasuh Anak (Sumber: Instagram//denadaindonesia/

7. Kembali gagal dalam berumah tangga, Nikita Mirzani menjadi single mom untuk ketiga buah hatinya.

Seleb Cantik saat Mengasuh Anak  (Sumber: Instagram/nikitamirzanimawardi_17/
Seleb Cantik saat Mengasuh Anak (Sumber: Instagram/nikitamirzanimawardi_17/

8. Setelah resmi berpisah, Kirana Larasati kini menjadi single parent untuk putra semata wayangnya Kyo Karura Gantama.

Seleb Cantik saat Mengasuh Anak  (Sumber: Instagram/kiranalarasati)
Seleb Cantik saat Mengasuh Anak (Sumber: Instagram/kiranalarasati)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Seorang Bocah Lakukan Pembunuhan Terinspirasi dari Film

Posted: 07 Mar 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seorang remaja perempuan berusia 15 tahun, melakukan pembunuhan terhadap bocah 5 tahun yang merupakan tetangganya sendiri. Pembunuhan itu terjadi karena terinspirasi dari sebuah film.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Thalita Latief Masih Terbaring Lemah Usai Operasi Tumor

Posted: 07 Mar 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presenter Thalita Latief tengah menghadapi ujian yang cukup berat. Tim medis memvonisnya menderita tumor tiroid stadium empat.

Sebagai upaya penyembuhan, Thalita Latief pun menjalani operasi pada Jumat (6/3/2020). Dua hari berselang, sang suami, Dennis Lyla, kembali mengabarkan kondisi terkini istrinya itu.

Lewat Instagram Stories-nya, Dennis Lyla memperlihatkan Thalita Latief yang masih terbaring lemah di kamar perawatan. Ibu satu anak ini meringkuk dengan selimut di tubuhnya.

"Tidur dia, get well soon Bun, tidur," ucap sang suami dalam Instagram Stories-nya itu. Thalita pun terbangun dan hanya menggerakkan tubuhnya tanpa mengucap sepatah kata pun.

Kerja

[Foto: Instagram Dennis Lyla]
[Foto: Instagram Dennis Lyla]

Sementara dalam unggahan sebelumnya, terlihat bahwa Dennis Lyla sempat meninggalkan istrinya ke Palu untuk sementara. Ya sebagai musikus profesional, ia tak bisa meninggalkan pekerjaannya.

"Aku datang ke Palu demi profesionalisme kerja menghibur kalian! Terima kasih untuk malam luar biasanya. Butuh doa dan dukungan kalian untuk istriku Thalita Latief. Semoga dia cepat pulih," tulisnya di Instagram.

Pengangkatan Tumor

Thalita Latief (Nurwahyunan/Fimela.com)
Thalita Latief (Nurwahyunan/Fimela.com)

Seperti diketahui, Thalita Latief sempat mengunggah video berdurasi dua menit soal tumor yang dideritanya. Video itu dibuat jelang Thalita Latief menjalani pengangkatan tumor yang berada di bagian tiroid.

"Aku sakit teman-teman, dari awal Januari kemarin aku divonis memiliki tumor di tiroid aku. Grade 4. Aku juga masih syok saat ini," kata Thalita Latief dalam video yang diunggahnya belum lama ini.

Dua Bulan

"Jadi sudah hampir dua bulan aku melakukan treatment bolak-balik rumah sakit, ke dokter, dan tumor ini harus segera diangkat. Jadi hari ini mungkin pas teman-teman lagi nonton video ini, aku lagi ada di kamar operasi," lanjutnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Italia: Siaran Langsung AC Milan vs Genoa

Posted: 07 Mar 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Milan - Liga Italia kembali berlanjut setelah ditunda enam laga mengalami penundaan pekan lalu. Laga tunda pekan lalu bakal digelar pekan ini.

Liga Italia mengalami kekacauan jadwal karena mewabahnya virus corona. Italia termasuk negara yang paling cepat pandemi virus yang menyebabkan penyakit Covid 19 ini.

Duel Liga Italia yang paling ditunggu yaitu Juventus vs Inter Milan. Ini duel bergengsi dan strategis meski Inter Milan kini tercecer menyusul banyaknya hasil imbang.

Selain laga Juventus Vs Inter Milan yang tertunda pekan lalu, laga AC Milan vs Genoa juga digelar pekan ini. Beberapa pertandingan bakal disiarkan langsung oleh RCTI.

Berikut jadwal lengkap Liga Italia dan siaran langsung di televisi:

 

Jadwal Liga Italia

Pemain AC Milan Zlatan Ibrahimovic menyundul bola saat menghadapi Juventus pada pertandingan Coppa Italia di Stadion San Siro, Milan, Italia, Kamis (13/2/2020). Pertandingan berakhir 1-1. (AP Photo/Antonio Calanni)
Pemain AC Milan Zlatan Ibrahimovic menyundul bola saat menghadapi Juventus pada pertandingan Coppa Italia di Stadion San Siro, Milan, Italia, Kamis (13/2/2020). Pertandingan berakhir 1-1. (AP Photo/Antonio Calanni)

Minggu (8/3/2020)

21:00 WIB AC Milan Vs Genoa

Stadion: San Siro

Live: RCTI

Jadwal Lainnya

Minggu (8/3/2020)

18:30 WIB Parma vs SPAL

21:00 WIB Sampdoria vs Hellas Verona

Senin (9/3/2020)

00:00 WIB Udinese vs Fiorentina

02:45 WIB Juventus vs Inter Milan

Selasa (10/3/2020)

00:30 WIB Sassuolo vs Brescia

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini

Striker AC Milan, Zlatan Ibrahimovic, berselebrasi dengan rekan setimnya usai mencetak gol ke gawang Inter Milan pada laga pekan ke-23 Serie A di Giuseppe Meazza, Minggu (9/2/2020). Sempat tertinggal, Inter Milan sukses mengemas kemenangan 4-2 dari rival sekota AC Milan. (AP/Antonio Calanni)
Striker AC Milan, Zlatan Ibrahimovic, berselebrasi dengan rekan setimnya usai mencetak gol ke gawang Inter Milan pada laga pekan ke-23 Serie A di Giuseppe Meazza, Minggu (9/2/2020). Sempat tertinggal, Inter Milan sukses mengemas kemenangan 4-2 dari rival sekota AC Milan. (AP/Antonio Calanni)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diaz Hendropriyono Nilai Perlu Diferensiasi Program Rehabilitasi Anak Eks ISIS

Posted: 07 Mar 2020 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah tengah mengkaji melakukan pemulangan kepada anak eks ISIS yang yatim piatu dan berusia di bawah 10 tahun.

Terkait hal ini, Staf Khusus Presiden Diaz Hendropriyono mengundang Direktur Rehabilitasi Sosial Anak Kementerian Sosial, Kanya Eka Santi untuk berdiskusi. Hal ini sempat diunggahnya ke akun Instagramnya.

"Saya bertemu Ibu Kanya Eka Santi, Direktur Rehabilitasi Sosial Anak, Kemensos. Kami berdiskusi mengenai persiapan Kemensos dalam menampung anak-anak yang akan kembali ke Indonesia dari Syria, yang ortunya tergabung dengan ISIS," tulis Diaz di akun Instagramnya, seperti dikutip Minggu (8/3/2020).

Dia menuturkan, pertemuan ini untuk mendengarkan paparan mengenai penanganan pengembalian anak-anak yang terpapar radikalisme. Dalam presentasinya, Kanya menjelaskan tanda-tanda seorang anak telah terpapar radikalisme serta proses rehabilitasinya.

Menanggapi paparan Kanya, Diaz pun kembali menegaskan kepada pihak Kemensos agar dalam proses rehabilitasi nanti, anak-anak WNI eks-ISIS harus dipisahkan ke dalam dua kategori yang berbeda.

"Saya memberi masukan ke beliau bahwa anak-anak pun harus diberi kategori yang jelas, apakah anak tersebut sebagai dependant atau fighter," jelas Diaz.

 

Identifikasi Anak

Dia menyebut, Kemensos, BNPT ataupun Densus harus mengidentifikasi anak-anak tersebut.

Ketua umum PKPI ini berharap ketiga lembaga pemerintahan tersebut bisa merumuskan bagaimana prosedur rehabilitasi yang tepat sesuai dengan dua kategori yang ia tawarkan.

"Program rehabilitasi atau deradikalisasi yang diberikan kepada anak-anak inipun otomatis harus berbeda. Tolak Fighter, seleksi ketat untuk dependant," tegas Diaz.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Terbongkarnya Pernikahan Sesama Perempuan di Bengkulu

Posted: 07 Mar 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Bengkulu - Kisah cinta terlarang antara AS (25) dan DS terpaksa dihentikan. Kedok dua perempuan yang sempat mengecap manisnya madu asmara selama dua hari setelah akad nikah di Desa Bukit Makmur Kecamatan Pinang Raya Kabupaten Bengkulu Utara itu terbongkar.

Keluarga AS, datang dari Kota Bengkulu membuka identitas bahwa AS adalah perempuan. Mereka menjemputnya kembali ke Bengkulu serta menyatakan pernikahan itu tidak sah dan harus dibatalkan.

Nurul Hidayati, warga Kecamatan Ketahun Bengkulu Utara mengatakan, Akad nikah dilaksanakan pada Hari Rabu 4 Maret 2020 di kediaman mempelai perempuan. Hari itu juga dilaksanakan resepsi akad nikah.

"Banyak juga yang datang, mereka semua terkecoh," ujar Nurul saat dihubungi Liputan6.com Minggu 8 Maret 2020.

Prosesi akad nikah dan resepsi berlangsung seperti biasa, tidak ada yang mencurigakan. Sang mempelai pria mengenakan stelan jas warna coklat hitam dan peci, sedangkan mempelai wanita mengenakan kebaya putih berpadu bawahan warna pink dan hiasan bunga mawar merah yang disematkan pada kerudung putih.

Tidak ada yang aneh dan sangat natural ketika keduanya bersanding di Pelaminan. Tamu undangan yang datang juga menikmati hiburan dan santap siang yang disediakan keluarga mempelai tanpa kecurigaan bahwa sang mempelai pria adalah perempuan. "Info yang beredar membuat kami merinding," jelas Nurul.

Kronologi

Seperangkat persyaratan dalam mimbar adat penghulu Rajo Bengkulu. (Liputan6.com/Yuliardi Hardjo)
Seperangkat persyaratan dalam mimbar adat penghulu Rajo Bengkulu. (Liputan6.com/Yuliardi Hardjo)

Pernikahan sesama perempuan di Kecamatan Pinang Raya ini menyita perhatian publik. Penelusuran Liputan6.com terungkap bahwa AS (25) merupakan warga Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu mendatangi wilayah Desa Bukit Makmur atau lebih dikenal dengan nama D6 Ketahun mengaku sebagai seorang pria.

Menurut Penghulu di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ketahun Sutanto, pewakilan keluarga DS mendatangi ke KUA pada Senin 2 Maret dan meminta KUA untuk bisa menikahkan DS dan AS dua hari berikutnya.

Pada Rabu 4 Maret terjadilah pernikahan yang langsung dipandu pihak KUA dan orang tua kandung DS yang menjadi wali nikah.

"Ketua KUA langsung yang menjadi penghulu," jelas Sutanto kepada Liputan6.com melalui sambungan telepon.

Pernikahan itu tercatat secara sah di KUA Kecamatan Ketahun. Diketahui Kecamatan Pinang Raya merupakan kecamatan baru atau pemekaran dari Kecamatan Ketahun dan belum memiliki KUA sendiri. Artinya untuk urusan pencatatan pernikahan masih menginduk ke KUA Ketahun.

Karena ada beberapa persyaratan administrasi yang belum dipenuhi, pihak KUA belum mengeluarkan Surat Nikah. Tetapi keluarga mempelai perempuan berjanji akan melengkapi persyaratan dalam beberapa hari setelah akad nikah.

Pada hari Jumat 6 Maret 2020, keluarga AS dari Kota Bengkulu mendatangi KUA, meminta untuk membatalkan pernikahan tersebut sebab AS dijelaskan adalah seorang perempuan.

"Mereka datang meminta maaf dan minta dibatalkan," Kata Sutanto.

Aktifitas DS sendiri sehari-hari dikenal sebagai guru mengaji anak-anak di desa tersebut. Dari prilaku dan pergaulannya, DS adalah perempuan tulen dan tidak ada keanehan dalam bergaul dan bermasyarakat.

"Kami yakin DS itu normal-normal saja," tegasnya.

AS Dikenal Tomboy

Cerano atau Bokor merupakan syarat utama dalam pernikahan adat Bengkulu. (Liputan6.com/Yuliardi Hardjo)
Cerano atau Bokor merupakan syarat utama dalam pernikahan adat Bengkulu. (Liputan6.com/Yuliardi Hardjo)

Banyak pihak yang penasaran dengan sosok AS, perempuan yang mengaku sebagai pria dan menikahi gadis desa di Bengkulu Utara.

Linimasa media sosial banyak yang mempertanyakan siapa AS tersebut.Informasi yang diterima Liputan6.com mengungkap bahwa AS adalah seorang perempuan yang bekerja di salah satu instansi pemerintah sebagai tenaga honorer.

Jebolan salah satu universitas negeri di Bengkulu itu dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari di kantor selalu menggunakan kerudung atau jilbab.

Sumber LIputan6.com di kantor tersebut menyatakan bahwa AS memang berprilaku kelaki-lakian atau tomboy, tetapi tidak terlalu mencolok. Mungkin tertutupi dengan cara berbusana, sehingga rekan kerjanya tidak tetlalu mencuriga.

"Kami terkejut dan tidak menyangka dia sudah sejauh itu," ucapnya.

Instansi tempatnya bekerja memang terus berurusan dengan pekerjaan lapangan. Komunikasi antar pegawai memang sangat jarang terjadi. AS diketahui memang sudah izin kerja sejak Senin lalu.

"Dia belum masuk kantor sudah seminggu kami tidak melihatnya," tegas sumber tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Manfaat Air Garam untuk Kesehatan, Atasi Berbagai Penyakit

Posted: 07 Mar 2020 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Manfaat air garam untuk kesehatan mungkin sudah tidak asing lagi bagi kamu, terutama yang sering sakit gigi. Rasa asin dari air garam dapat mengobati dan meredakan berbagai macam masalah kesehatan yang mungkin sedang kamu alami.

Air garam atau larutan garam merupakan campuran garam dengan air yang dalam ilmu kedokteran disebut juga dengan larutan Natrium Klorida (NaCl). Air garam dapat membantu meredakan sinusitis, meredakan nyeri pada gigi, hingga mengatasi kutu air.

Manfaat air garam untuk kesehatan dapat mengatasi berbagai penyakit. Bahkan, air garam juga dapat digunakan untuk perawatan kulit. Namun, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu terkait pengobatan dengan air garam ini, karena menimbulkan reaksi yang berbeda pada setiap orang.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (8/3/2020) beberapa manfaat air garam untuk kesehatan.

Mengatasi Masalah pada Gigi dan Mulut

Kumur Air Garam  (LarsZ/Shutterstock)
Kumur Air Garam (LarsZ/Shutterstock)

Manfaat air garam yang jamak diketahui banyak orang adalah untuk mengatasi masalah pada gigi dan mulut. Berbagai masalah yang biasa terjadi pada gigi dan mulut seperti, gigi tanggal, mengalami perdarahan, lidah tergigit atau gigi rusak dapat diredakan dan dipercepat proses penyembuhannya dengan air garam. Bahkan air garam juga dapat digunakan sebagai obat gusi berdarah.

Untuk menggunakannya, masukkan 1 sendok teh garam ke dalam 1 cangkir air hangat, aduk hingga larut. Kemudian, berkumur dengan larutan air garam segera setelah makan. Selain itu, disarankan untuk menemui dokter gigi guna mendapatkan penanganan yang tepat.

Mengatasi Hidung Tersumbat dan Sinus

Hidung Tersumbat / Sumber: iStockphoto
Hidung Tersumbat / Sumber: iStockphoto

Selain itu, manfaat air garam juga dapat mengatasi huding tersumbat dan sinus. Hidung tersumbat dan sinus ini biasanya disebabkan oleh alergi, flu, ataupun pilek.

Kamu bisa menerapkannya dengan cara mencuci hidung dengan air garam. Hal ini dapat membantu menjaga saluran hidung terbuka, menghilangkan lendir kental atau yang sudah mengering, membersihkan sinus, mencegah penyebaran infeksi, hingga membuat hidung terasa lebih nyaman.

Meredakan Sakit Tenggorokan

Ilustrasi sakit tenggorokan (iStockphoto)
Ilustrasi sakit tenggorokan (iStockphoto)

Sakit tenggorokan tentunya sangat mengganggu. Hal ini biasanya disebabkan oleh virus atau bakteri, dan menyebabkan rasa sakit saat menelan. Kamu bisa menggunakan manfaat air garam untuk meredakannya.

Caranya, campur 1 sendok teh garam meja dan satu gelas air hangat. Kamu bisa melakukan cara ini sambil menjalani pengobatan dari dokter untuk membantu pemulihan. Metode ini juga bisa dilakukan sebagai salah satu cara mengobati amandel di rumah.

Mengatasi Kutu Air

air garam. (Foto: aos.iacpublishinglabs.com)
issolve-quickly-hot-water_43d42b15c79c0578.jpg

Manfaat air garam selanjutnya adalah untuk mengatasi kutu air. Kutu air merupakan infeksi jamur menular pada kulit kaki dan dapat menyebar ke kuku kaki dan terkadang tangan. Selain dapat ditangani dengan memeriksakannya ke dokter, kamu juga dapat melakukan perawatan untuk infeksi jamur kaki ini di rumah.

Caranya dengan merendam kaki kamu dalam larutan air garam atau cuka encer untuk membantu mengeringkan lecet.

Membersihkan Luka pada Tindikan

Tindikan Telinga (Foto: Unsplash)
Tindikan Telinga (Foto: Unsplash)

Menjaga kebersihan daerah tubuh yang ditindik sangat penting dilakukan. Apalagi, kamu juga harus menjaga bagian tersebut untuk selalu kering agar tidak menimbulkan masalah. Untuk itu, kamu bisa menggunakan manfaat air garam untuk menjaga kebersihan pada luka tindikan ini.

Caranya, gunakan larutan air garam yang terdiri dari 1/4 sendok teh garam dan 1 cangkir air hangat. Bersihkan dua kali sehari setelah mandi. Selain itu, kamu juga bisa mengompresnya menggunakan kapas bersih.

Namun, jangan berlebihan membasuh luka tindikan dengan manfaat air garam ini, karena dapat membuat kulit iritasi dan menunda proses penyembuhan. Jika muncul tanda-tanda alergi atau iritasi, segera periksakan ke dokter.

Menghilangkan Kotoran Telinga

Kotoran Telinga
highlights_telinga_jari_sumbatan.jpg

Manfaat air garam untuk kesehatan berikutnya adalah menghilangkan kotoran telinga. Tumpukan kotoran telinga dapat menimbulkan kerusakan pada gendang dan saluran telinga yang nantinya akan memengaruhi pendengaran.

Kamu bisa memeriksakan telinga ke dokter terkait masalah ini. Biasanya dokter akan membersihkan kotoran telinga tersebut dengan menyemprotkan air atau larutan garam ke telinga dengan lembut dan menggunakan alat khusus.

Aliran air atau larutan garam yang disemprot dengan alat dan cara khusus ini akan mendorong kotoran telinga keluar. Telinga pun akan bersih dari kotoran. Namun, hal ini harus dilakukan oleh dokter yang ahli dan tidak bisa dilakukan sembarangan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kota Tangerang Punya Bus Tayo, Bus Rapid Transit

Posted: 07 Mar 2020 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pameran kendaraan komersial GIICOMVEC 2020 yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, tidak hanya dipenuhi dengan truk saja. Namun, ada satu bus Tayo yang memiliki penampilan lucu dan menggemaskan seperti di film kartunnya.

Bus Tayo berkelir biru ini mejeng di booth Hino, dan merupakan kendaraan yang memang dibuat untuk pemerintah kota Tangerang, karena tersebit di samping bodi, yaitu Trans Tangerang Ayo atau Tayo.

Dijelaskan Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI), bus ini dipesan oleh Pemerintah Provinsi Tangerang, dan dipesan sebanyak 20 unit untuk digunakan sebagai BRT (Bus Rapid Transit).

"Bus Tayo ini hasil karya Walikota Tangerang, Pak Arief (Arief Rachadiono Wismansyah). Dia yang ingin membuatnya seperti ini, dan kemudian kita fasilitasi dan dibuat di karoseri dengan sasis medium bus Hino," jelas Santiko.

Bus ini, memiliki 27 kursi penumpang dan berwarna senada dengan kelir bodi. Konfigurasi joknya, menyamping kanan dan kiri jadi posisi penumpang akan berhadapan. Sisanya, kursi berada di belakang seperti bus pada umumnya.

Sasisnya, menggunakan Hino FB130 dengana sistem mesin turbo intercooler Hino berkode W04D-TN yang mampu menghembuskan daya hingga 130 Tk dan torsi 362,8 Nm.

Selama 37 Tahun Hino Cetak 500 Ribu Unit Kendaraan di Indonesia

Merayakan 37 tahun kehadiran Hino di Indonesia, ditandai dengan pencapaian produksi truk asal Jepang ini yang ke-500 ribu unit. Hal tersebut, sekaligus menajdi bukti nyata keberadaan Hino yang dapat diterima masyarakat luas.

Produksi kendaraan ke-500 ribu unit ini merupakan hasil dari proses panjang, kerja keras dan adanya dukungan penuh dari berbagai pihak, khususnya konsumen di Indonesia. Sejarah panjang keberadaan Hino di Tanah Air, di mulai pada 1967 dalam bentuk kendaraan bus lengkap yang merupakan hibah Pemerintah Jepang kepada Indonesia sebagai bentuk kompensasi pendudukan Jepang pada saat perang dunia kedua.

"Pencapaian produksi kendaraan ke 500.000 unit tersebut merupakan hasil dari proses panjang, kerja keras dan adanya dukungan penuh dari pelanggan, dealer, pemegang saham, manajemen, karyawan, serikat pekerja, pemasok, Instansi Pemerintah terkait serta pihak-pihak lainnya," ujar Presiden Direktur PT HMMI, Masahiro Aso disela pameran GIICOMVEC 2020 di JCC, Senayan Jakarta Pusat.

Dengan meningkatnya kebutuhan sarana transportasi darat, maka proses komersialisasi dan industrialisasi kendaraan bermotor Hino dimulai pada awal dekade 1970-an, dengan ditandai mulainya proses perakitan secara sederhana di Indonesia.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

13 Korban Meninggal Terserang DBD, Warga Sikka Diimbau ke Puskesmas Bukan Dukun

Posted: 07 Mar 2020 09:06 PM PST

Liputan6.com, Kupang - Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur melaporkan hingga Minggu (8/3/2020) jumlah pasien yang meninggal dunia akibat demam berdarah mencapai 13 orang sejak awal tahun.

"Sampai saat ini jumlah pasien yang meninggal mencapai 13 orang dan jumlah ini jika dibandingkan dengan beberapa hari terakhir mengalami peningkatan," kata Plt Kadis Kesehatan Kabupaten Sikka Petrus Herlemus saat dihubungi ANTARA dari Kupang.

Ia mengatakan, bahwa jika dibandingkan dengan data yang dikumpulkan pada Rabu (4/3/2020) lalu, jumlah pasien DBD yang meninggal mencapai 11 orang.

Dua korban susulan yang meninggal terjadi pada Kamis (5/3). Tepatnya pada Kamis sore dan Kamis malam.

Sementara itu jumlah pasien yang masih dirawat di tiga RS yakni TC Hillers, RS Lela, dan RS Kewapante saat ini mencapai 108 orang baik anak-anak hingga dewasa.

"Dan kalau data pasien DBD sejak Januari hingga Maret jumlahnya sudah mencapai 1.145 kasus dari sebelumnya pada Rabu (4/3) lalu hanya mencapai1.131 kasus," ujar dia.

Sampai dengan saat ini juga pemerintah Kabupaten Sikka kata Petrus Herlemus, sudah empat kali memperpanjang status kejadian luar biasa (KLB).

"Status KLB DBD tahap empat sudah diperpanjang lagi karena korban akibat DBD semakin meningkat," tutur dia.

Status KLB DBD tahap keempat ini sudah mulai berlaku sejak Selasa (3/3) lalu dan akan berlaku selama 14 hari ke depan.

Bawa ke Puskesmas Jangan Dukun

Kena DBD, Haruskah Dirawat Inap?
Kena DBD, Haruskah Dirawat Inap?

Sejauh ini, kata dia, pemda setempat sudah berusaha agar kasus DBD di daerah itu tidak meluas dengan cara menyemprotkan fogging, kemudian sosialisasi bahaya DBD, bagi-bagi autan, serta membagi-bagikan bubuk abate.

Namun hingga saat ini korban terus meningkat, bahkan yang meninggal juga terus bertambah.

Namun, katanya, akibat cara hidup sehat yang tak benar mengakibatkan banyak korban berjatuhan.

"Tak hanya itu kebanyakan orang tua yang anaknya sakit panas mereka tidak langsung membawanya ke puskesmas, tetapi justru membawanya ke dukun, sehingga saat dibawa ke puskemas atau RS sudah tak tertolong lagi," kata dia.

Berbagai cara, kata dia, juga terus dilakukan, salah satunya membagi-bagikan obat antinyamuk ke sekolah-sekolah, karena anak-anak rentan demam berdarah.

Dinkes setempat telah membuka posko laboratorium yang bisa digunakan masyarakat untuk mengecek darahnya. Para petugas posko itu akan bertugas selama 24 jam dalam melayani pasien.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tangkal Virus Corona, JK Minta Pengurus Jaga Kebersihan Masjid

Posted: 07 Mar 2020 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden RI ke-10 Jusuf Kalla atau JK meminta pengurus masjid ikut andil dalam mencegah penyebaran virus corona. Dia menginstruksikan agar setiap masjid dapat membersihkan lingkungan rumah ibadah.

"Menjaga kebersihan masjid adalah bagian dari pada iman, karena agama menganjurkan agar menjaga kebersihan," tutur JK di Masjid Nurul Hidayah, Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, Minggu (08/03/2020).

Ketua umum Dewan Masjid Indonesia itu mengatakan, pada umumnya penyebaran virus corona terjadi di tempat yang ramai orang berkumpul. Dia pun meminta agar pengurus masjid hingga masyarakat sekitar dapat menjaga kebersihan tempat wudhu, karpet sajadah, hingga toilet.

"Kepada para jemaah yang sedang sakit flu atau pun batuk sebaiknya melakukan salat di rumah," jelas dia.

JK sendiri melakukan pemantauan penyemprotan disinfektan dan sanitasi di Masjid Nurul Hidayah. Dia juga mengimbau masyarakat tidak panik berlebihan terhadap penyebaran virus corona.

"Tidak panik namun tetap waspada terhadap penyebaran virus corona," JK menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: [CERITA] Perjuangan Ini Belum Usai

Posted: 07 Mar 2020 09:02 PM PST

Dokter melihat gambar saat memeriksa pasien yang terinfeksi virus corona (Covid-19) di Rumah Sakit Palang Merah di Wuhan, 16 Februari 2020. Jumlah korban meninggal akibat virus corona (Covid-19) di seluruh dunia hingga Minggu (8/3) pagi sudah mencapai 3.570 orang, terbanyak masih di China. (STR/AFP)
Dokter melihat gambar saat memeriksa pasien yang terinfeksi virus corona (Covid-19) di Rumah Sakit Palang Merah di Wuhan, 16 Februari 2020. Jumlah korban meninggal akibat virus corona (Covid-19) di seluruh dunia hingga Minggu (8/3) pagi sudah mencapai 3.570 orang, terbanyak masih di China. (STR/AFP)

Dokter melihat gambar saat memeriksa pasien yang terinfeksi virus corona (Covid-19) di Rumah Sakit Palang Merah di Wuhan, 16 Februari 2020. Jumlah korban meninggal akibat virus corona (Covid-19) di seluruh dunia hingga Minggu (8/3) pagi sudah mencapai 3.570 orang, terbanyak masih di China. (STR/AFP)

Dokter melihat gambar CT di bangsal isolasi Rumah Sakit Palang Merah di Wuhan, 16 Februari 2020. Virus Corona yang bermula di China tengah pada Desember 2019 kini menyebar secara global di mana lima negara terdampak paling besar, yakni Cina daratan, Korea Selatan, Iran, Italia dan Jepang (STR/AFP)
Dokter melihat gambar CT di bangsal isolasi Rumah Sakit Palang Merah di Wuhan, 16 Februari 2020. Virus Corona yang bermula di China tengah pada Desember 2019 kini menyebar secara global di mana lima negara terdampak paling besar, yakni Cina daratan, Korea Selatan, Iran, Italia dan Jepang (STR/AFP)

Dokter melihat gambar CT di bangsal isolasi Rumah Sakit Palang Merah di Wuhan, 16 Februari 2020. Virus Corona yang bermula di China tengah pada Desember 2019 kini menyebar secara global di mana lima negara terdampak paling besar, yakni Cina daratan, Korea Selatan, Iran, Italia dan Jepang (STR/AFP)

Petugas medis yang bekerja di bangsal isolasi Rumah Sakit Palang Merah di Wuhan, provinsi Hubei, China pada 16 Februari 2020. Jumlah korban meninggal akibat virus corona (Covid-19) di seluruh dunia hingga Minggu (8/3) pagi sudah mencapai 3.570 orang, terbanyak masih di China. (STR/AFP)
Petugas medis yang bekerja di bangsal isolasi Rumah Sakit Palang Merah di Wuhan, provinsi Hubei, China pada 16 Februari 2020. Jumlah korban meninggal akibat virus corona (Covid-19) di seluruh dunia hingga Minggu (8/3) pagi sudah mencapai 3.570 orang, terbanyak masih di China. (STR/AFP)

Petugas medis yang bekerja di bangsal isolasi Rumah Sakit Palang Merah di Wuhan, provinsi Hubei, China pada 16 Februari 2020. Jumlah korban meninggal akibat virus corona (Covid-19) di seluruh dunia hingga Minggu (8/3) pagi sudah mencapai 3.570 orang, terbanyak masih di China. (STR/AFP)

Petugas medis memasang topeng pelindung di Rumah Sakit Palang Merah di Wuhan, 28 Februari 2020. Virus Corona yang bermula di China tengah pada Desember 2019 kini menyebar secara global di mana lima negara terdampak paling besar, yakni Cina daratan, Korea Selatan, Iran, Italia dan Jepang (STR/AFP)
Petugas medis memasang topeng pelindung di Rumah Sakit Palang Merah di Wuhan, 28 Februari 2020. Virus Corona yang bermula di China tengah pada Desember 2019 kini menyebar secara global di mana lima negara terdampak paling besar, yakni Cina daratan, Korea Selatan, Iran, Italia dan Jepang (STR/AFP)

Petugas medis memasang topeng pelindung di Rumah Sakit Palang Merah di Wuhan, 28 Februari 2020. Virus Corona yang bermula di China tengah pada Desember 2019 kini menyebar secara global di mana lima negara terdampak paling besar, yakni Cina daratan, Korea Selatan, Iran, Italia dan Jepang (STR/AFP)

Petugas medis antre untuk melepas jas pelindung sebelum pulang kerja di Rumah Sakit Palang Merah di Wuhan pada 28 Februari 2020. Jumlah korban meninggal akibat virus corona (Covid-19) di seluruh dunia hingga Minggu (8/3) pagi sudah mencapai 3.570 orang, terbanyak masih di China. (STR/AFP)
Petugas medis antre untuk melepas jas pelindung sebelum pulang kerja di Rumah Sakit Palang Merah di Wuhan pada 28 Februari 2020. Jumlah korban meninggal akibat virus corona (Covid-19) di seluruh dunia hingga Minggu (8/3) pagi sudah mencapai 3.570 orang, terbanyak masih di China. (STR/AFP)

Petugas medis antre untuk melepas jas pelindung sebelum pulang kerja di Rumah Sakit Palang Merah di Wuhan pada 28 Februari 2020. Jumlah korban meninggal akibat virus corona (Covid-19) di seluruh dunia hingga Minggu (8/3) pagi sudah mencapai 3.570 orang, terbanyak masih di China. (STR/AFP)

Petugas medis yang bekerja di Rumah Sakit Palang Merah di Wuhan,, China pada 28 Februari 2020. Virus Corona yang bermula di China tengah pada Desember 2019 kini menyebar secara global di mana lima negara terdampak paling besar, yakni Cina daratan, Korea Selatan, Iran, Italia dan Jepang (STR/AFP)
Petugas medis yang bekerja di Rumah Sakit Palang Merah di Wuhan,, China pada 28 Februari 2020. Virus Corona yang bermula di China tengah pada Desember 2019 kini menyebar secara global di mana lima negara terdampak paling besar, yakni Cina daratan, Korea Selatan, Iran, Italia dan Jepang (STR/AFP)

Petugas medis yang bekerja di Rumah Sakit Palang Merah di Wuhan,, China pada 28 Februari 2020. Virus Corona yang bermula di China tengah pada Desember 2019 kini menyebar secara global di mana lima negara terdampak paling besar, yakni Cina daratan, Korea Selatan, Iran, Italia dan Jepang (STR/AFP)

Petugas medis melakukan peregangan di rumah sakit Palang Merah di Wuhan pada 28 Februari 2020. Jumlah korban meninggal akibat virus corona (Covid-19) di seluruh dunia hingga Minggu (8/3) pagi sudah mencapai 3.570 orang, terbanyak masih di China. (STR/AFP)
Petugas medis melakukan peregangan di rumah sakit Palang Merah di Wuhan pada 28 Februari 2020. Jumlah korban meninggal akibat virus corona (Covid-19) di seluruh dunia hingga Minggu (8/3) pagi sudah mencapai 3.570 orang, terbanyak masih di China. (STR/AFP)

Petugas medis melakukan peregangan di rumah sakit Palang Merah di Wuhan pada 28 Februari 2020. Jumlah korban meninggal akibat virus corona (Covid-19) di seluruh dunia hingga Minggu (8/3) pagi sudah mencapai 3.570 orang, terbanyak masih di China. (STR/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kiat Cegah Penularan Virus Corona di Rumah Ibadah

Posted: 07 Mar 2020 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Mencegah penularan Virus Corona (COVID-19), Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Doni Monardo mengimbau kepada umat muslim supaya membawa sajadah atau alas sujud lainnya secara mandiri. Apalagi ketika hendak salat di masjid dan musala.

Upaya tersebut sebagaimana yang dianjurkan oleh Dewan Masjid Indonesia. Tujuannya menghindari potensi penularan Virus Corona, kuman atau bakteri jahat lain yang dapat merugikan tubuh saat melakukan salat, khususnya saat sujud.

"Kita semua tahu, saat sujud, mulut dan hidung bersentuhan dengan tempat sujud (sajadah atau alas lain). Kalau ada orang yang kena penyakit, virusnya nempel. Satu jam kemudian, kalau ada yang salat di tempat yang sama ya bisa menular," jelas Doni melalui keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com, Minggu (8/3/2020).

Potensi penularan Virus Corona dari tempat sujud umat muslim saat salat di masjid dan musala bisa terjadi. Oleh karena itu, Doni meminta umat muslim selalu membawa perlengkapan salat secara mandiri dan tidak perlu khawatir.

Jaga Kebersihan

Petugas Dewan Masjid Indonesia menyemprotkan cairan disinfektan pada ruang wudhu di Masjid Hablul Muttaqin, Pejambon, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (6/3/2020). Kegiatan ini dilakukan untuk menjaga kebersihan masjid dan mengantisipasi penyebaran virus corona (COVID-19). (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Petugas Dewan Masjid Indonesia menyemprotkan cairan disinfektan pada ruang wudhu di Masjid Hablul Muttaqin, Pejambon, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (6/3/2020). Kegiatan ini dilakukan untuk menjaga kebersihan masjid dan mengantisipasi penyebaran virus corona (COVID-19). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Untuk lebih meningkatkan kenyamanan dan keamanan saat beribadah di masjid atau musala, petugas dewan masjid bersama takmir masjid juga diimbau selalu melakukan sanitasi siaga dengan upaya, sebagai berikut:

1. Menjaga kebersihan lantai masjid/musala dengan cairan desinfektan.

2. Menjaga kebersihan karpet dan alas salat secara rutin/konstan menggunakan vacum cleaner/alat pembersih lain sangat dianjurkan.

3. Meminta jamaah yang sedang batuk, demam dan mengalami gejala seperti flu agar beribadah di rumah hingga sembuh.

4. Menjaga kebersihan tempat wudhu dan toilet dengan cairan desinfektan.

5. Ikut mengawasi penyebaran/penularan virus COVID-19 dan tanggap dengan melaporkan apabila ada masyarakat yang dicurigai terdampak di lingkungan masjid/musala.

Hal paling penting lain yang juga harus diketahui, menjaga imunitas tubuh dan menerapkan pola hidup sehat.

"Imun tubuh yang dijaga dengan baik melalui kegiatan olahraga, makan makanan bergizi, istirahat yang cukup, menghindari stres, dan pikiran tenang menjadi modal kuat untuk memerangi virus corona dan penyakit lain," tutup Doni.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Foto Prewedding Satria Tama dan Aisyah, Pakai Konsep Vintage dan Adat Jawa

Posted: 07 Mar 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Satria Tama Hardianto, penjaga gawang yang namanya melambung saat berseragam tim nasional di bawah kepelatihan Luis Milla. Pemain berusia 22 tahun kini menjadi andalan klub asal Madura, Madura United. Di bawah mistar, ia bersaing dengan kiper lainnya Muhammad Ridho.

Penjaga gawang bernomor punggung 88 ini memang terkenal dengan ketangkasannya di bawah mistar. Ia memiliki reflek yang bagus dan kerap membuat penyelamatan hebat. Permainan hebatnya ini, membuat Satria Tama terus dielu-elukan publik Madura.

Terlepas dari kehebatannya sebagai penjaga gawang, Satria Tama juga sedang bahagia baru-baru ini. Ia baru saja melakukan foto prewedding bersama kekasih hati bernama Aisyah Ayuningtyas. Seperti diketahui, Satria dan Aisyah sudah bertunangan pada 10 Agustus 2019.

Penasaran kan bagaimana potret prewedding Satria Tama dan Aisyah Ayuningtyas? Berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram @satriatama23 dan @ichaayuningtyas, Minggu (8/3/2020).

1. Ini dia foto prewedding pasangan Satria Tama dan Aisyah dengan konsep vintage.

5 Foto Prewedding Satria Tama dan Aisyah, Konsep Vintage dan Adat Jawa (sumber: Instagram.com/satriatama23)
5 Foto Prewedding Satria Tama dan Aisyah, Konsep Vintage dan Adat Jawa (sumber: Instagram.com/satriatama23)

2. Pasangan yang sudah berpacaran sejak 7 Juni 2015 ini terlihat begitu bahagia di foto prewedding.

5 Foto Prewedding Satria Tama dan Aisyah, Konsep Vintage dan Adat Jawa (sumber: Instagram.com/satriatama23)
5 Foto Prewedding Satria Tama dan Aisyah, Konsep Vintage dan Adat Jawa (sumber: Instagram.com/satriatama23)

3. Wajah ceria berseri-seri tidak bisa disembunyikan pasangan yang bertunangan pada 10 Agustus 2019.

5 Foto Prewedding Satria Tama dan Aisyah, Konsep Vintage dan Adat Jawa (sumber: Instagram.com/satriatama23)
5 Foto Prewedding Satria Tama dan Aisyah, Konsep Vintage dan Adat Jawa (sumber: Instagram.com/satriatama23)

4. Tak hanya berkonsep vintage, Satria dan Aisyah juga melakukan prewedding dengan konsep adat Jawa.

5 Foto Prewedding Satria Tama dan Aisyah, Konsep Vintage dan Adat Jawa (sumber: Instagram.com/ichaayuningtyas)
5 Foto Prewedding Satria Tama dan Aisyah, Konsep Vintage dan Adat Jawa (sumber: Instagram.com/ichaayuningtyas)

5. Satria terlihat gagah dengan pakaian adat Jawa, begitu juga Aisyah terlihat sangat anggun.

5 Foto Prewedding Satria Tama dan Aisyah, Konsep Vintage dan Adat Jawa (sumber: Instagram.com/ichaayuningtyas)
5 Foto Prewedding Satria Tama dan Aisyah, Konsep Vintage dan Adat Jawa (sumber: Instagram.com/ichaayuningtyas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Isi Rumah Baru Ammar Zoni dan Irish Bella, Bernuansa Alam

Posted: 07 Mar 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ammar Zoni dan Irish Bella, pasangan selebritas Tanah Air yang menikah pada 28 April 2019. Keduanya menjadi pasangan yang kerap menjadi pusat perhatian publik. Terbaru, melalui channel YouTubenya, Aish TV, mereka melakukan house tour rumah barunya.

Rumah baru pasangan berbeda usia 3 tahun ini masih berada di kawasan Jakarta. Rumah milik Ammar dan Irish ini bernuansa alam banget. Hal tersebut terlihat pada bagian depan rumah Irish yang sangat asri dengan banyak pohon dan tumbuhan.

"Karena kami berdua suka dengan alam, kami bersyukur banget bisa mendapat rumah seperti ini" ujar Ammar Zoni bersyukur seperti dikutip dari video channel Aish Tv, Minggu (8/3/2020).

Penasaran dengan potret isi rumah baru Ammar Zoni dan Irish Bella yang bernuansa alam? Berikut Liputan6.com rangkum dari YouTube Aish TV, Minggu (8//3/2020).

1. Pada bagian depan rumah, terlihat sangat asri dengan banyak pohon-pohon rindang.

7 Potret Isi Rumah Baru Ammar Zoni dan Irish Bella, Bernuansa Alam (sumber: YouTube Aish TV)
7 Potret Isi Rumah Baru Ammar Zoni dan Irish Bella, Bernuansa Alam (sumber: YouTube Aish TV)

2. Rumah Irish Bella terdapat dua lantai. Lantai pertama terdapat ruang khusus editor dan ruang podcast untuk channel YouTube Aish TV.

7 Potret Isi Rumah Baru Ammar Zoni dan Irish Bella, Bernuansa Alam (sumber: YouTube Aish TV)
7 Potret Isi Rumah Baru Ammar Zoni dan Irish Bella, Bernuansa Alam (sumber: YouTube Aish TV)

3. Dekat dengan ruang editor, terdapat ruang santai dalam rumah yang terdapat banyak tanaman yang menambah kesan asri rumah Ammar dan Irish.

7 Potret Isi Rumah Baru Ammar Zoni dan Irish Bella, Bernuansa Alam (sumber: YouTube Aish TV)
7 Potret Isi Rumah Baru Ammar Zoni dan Irish Bella, Bernuansa Alam (sumber: YouTube Aish TV)

4. Lantai 2 rumah Ammar dan Irish terisi ruang santai yang terdapat sofa besar untuk menonton televisi.

7 Potret Isi Rumah Baru Ammar Zoni dan Irish Bella, Bernuansa Alam (sumber: YouTube Aish TV)
7 Potret Isi Rumah Baru Ammar Zoni dan Irish Bella, Bernuansa Alam (sumber: YouTube Aish TV)

5. Dekat dengan ruang santai, terdapat dapur dan ruang makan dengan desain elegan menggunakan serba kayu.

7 Potret Isi Rumah Baru Ammar Zoni dan Irish Bella, Bernuansa Alam (sumber: YouTube Aish TV)
7 Potret Isi Rumah Baru Ammar Zoni dan Irish Bella, Bernuansa Alam (sumber: YouTube Aish TV)

6. Ini dia kamar mandi rumah Ammar Zoni dan Irish Bella yang terlihat sangat bersih dan terawat.

7 Potret Isi Rumah Baru Ammar Zoni dan Irish Bella, Bernuansa Alam (sumber: YouTube Aish TV)
7 Potret Isi Rumah Baru Ammar Zoni dan Irish Bella, Bernuansa Alam (sumber: YouTube Aish TV)

7. Di rooftop lantai dua menjadi tempat favorit keduanya. Mereka bisa melihat pemandangan luar rumah yang sangat asri. Terdapat juga kolam renang di bagian depan rumah.

7 Potret Isi Rumah Baru Ammar Zoni dan Irish Bella, Bernuansa Alam (sumber: YouTube Aish TV)
7 Potret Isi Rumah Baru Ammar Zoni dan Irish Bella, Bernuansa Alam (sumber: YouTube Aish TV)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Dokter India Klaim Cabut Gigi Terpanjang di Dunia

Posted: 07 Mar 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seorang dokter di India mengklaim dirinya mencabut gigi terpanjang dalam sejarah dunia. Dokter gigi ini bernama Saurabh Srivastava.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kesalahan Sepele Ini Berakibat Fatal saat Beli Tiket Pesawat Online

Posted: 07 Mar 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran teknologi terbukti telah banyak memudahkan pekerjaan manusia. Mulai dari mencari informasi, berkomunikasi, memenuhi kebutuhan hidup, hingga sekadar untuk cari hiburan bisa diakses melalui internet. 

Salah satu keuntungan yang bisa didapat dari kemudahan mengakses internet, yaitu ketika memesan tiket pesawat.

Jika dulu pesan tiket pesawat hanya bisa dilakukan dengan cara mengunjungi gerai agen tiket pesawat, sekarang bisa beli kapan saja dan di mana saja melalui jaringan internet. 

Namun, meski saat ini pemesanan tiket pesawat lebih mudah dengan sistem online, kemungkinan seseorang untuk melakukan kesalahan sepele yang berisiko menyebabkan tidak bisa mengikuti penerbangan ternyata kerap terjadi.

Salah satu kesalahan remeh tersebut adalah kurang tepat dalam mengisi data diri saat memesan pesawat. Karena data yang Anda cantumkan saat melakukan booking tiket pesawat secara online sangat penting dan memerlukan ketelitian, kesalahan penulisan sedikit saja dapat membuat Anda gagal berangkat.

Oleh karena itu, jangan sekali-kali melakukan kesalahan yang terkesan sepele tapi berakibat fatal saat booking tiket pesawat online berikut ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Salah Tulis Nama

Ilustrasi Foto Telepon Genggam atau Handphone (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Telepon Genggam atau Handphone (iStockphoto)

Meski mudah dan terkesan sepele, penulisan nama kerap jadi penyebab kegagalan terbang saat booking tiket secara online. Apalagi kalau bukan karena kurang teliti dalam mengetikkan huruf pada kolom pengisian data.

Agar kesalahan saat meng-input nama bisa diminimalisir, ada baiknya Anda menyiapkan terlebih dahulu identitas asli dari calon penumpang. Berkas seperti kartu keluarga, KTP, atau akta kelahiran tentu dapat membantu Anda dalam memastikan kebenaran penulisan nama calon penumpang pesawat. 

Pastikan nama yang Anda tuliskan telah 100 persen sesuai dengan yang tercantum dalam berkas tersebut. Selain itu, agar proses verifikasi di bandara menjadi lebih mudah, hindari untuk menuliskan gelar, baik di depan maupun di belakang nama. 

Apabila Anda baru menyadari bahwa ternyata ada kesalahan dalam penulisan nama dan tiket telah tercetak, upaya yang harus segera dilakukan, yaitu menghubungi pihak customer service maskapai terkait.

Sampaikan mengenai kesalahan nama dan mintalah bantuan pihak tersebut untuk melakukan koreksi, serta mencetak ulang tiket agar proses boarding pesawat Anda nantinya tidak mengalami kendala. 

2. Data Penumpang Tidak Sesuai

Selain penulisan nama yang salah, tertukarnya data calon penumpang dengan data pemesan juga menjadi kesalahan yang sering terjadi saat reservasi tiket pesawat secara online.

Apabila pemesanan tersebut untuk satu orang yang sama, tentu tidak akan jadi masalah. Namun, jika untuk orang yang berbeda, sudah jelas akan jadi kendala dalam proses penerbangan tersebut.

Perlu diketahui bahwa salah satu aturan yang berlaku untuk mengikuti penerbangan adalah nama calon penumpang harus sesuai dengan daftar penumpang yang tercantum dalam data yang dimiliki pihak maskapai.

Jadi, pastikan untuk mencermati infomasi pemesan dan calon penumpang saat melakukan input data agar tidak tertukar. 

3. Abai Cek Ulang Waktu, Asal, dan Tujuan Penerbangan

Ilustrasi pesawat (iStock)
Ilustrasi pesawat (iStock)

Poin yang tak kalah penting untuk diperhatikan saat booking online tiket pesawat adalah waktu, asal, dan tujuan penerbangan.

Agar tidak terjadi kesalahan yang dapat menyebabkan keberangkatan jadi terkendala, cermati lagi data-data yang telah Anda input sebelum melakukan transfer.  

Sekadar berbagi informasi, tidak jarang maskapai penerbangan membuat promo menarik yang dapat Anda manfaatkan untuk memangkas biaya transportasi. Umumnya, pemesanan tiket pulang dan pergi akan diberikan potongan harga.

Selain itu, lakukan reservasi setidaknya dua minggu sebelum jadwal keberangkatan agar harga tiket yang Anda beli bisa lebih terjangkau. 

4. Jumlah Pembayaran Tidak Sesuai

Jika reservasi tiket pesawat Anda lakukan secara online, nominal biaya yang harus Anda transfer selalu tidak pernah 'utuh', dikarenakan adanya kode unik yang digunakan dalam sistem pembayarannya.

Kode-kode tersebut tentunya memiliki fungsi tersendiri, yaitu untuk memudahkan proses pengecekan serta validasi dari transaksi yang telah masuk. 

Apabila Anda melakukan transfer dengan membulatkan nominalnya, bukannya mempermudah proses reservasi, transaksi Anda justru malah akan sulit untuk terverifikasi. 

Jadi, meski angka yang tertera dalam petunjuk transfer tidak pernah genap, Anda wajib mengirimkan dana sesuai jumlah yang telah ditentukan tersebut.

5. Ragu Menghubungi 'Customer Service' Saat Ada yang Tidak Dipahami

Ilustrasi Foto Telepon Genggam atau Handphone (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Telepon Genggam atau Handphone (iStockphoto)

Booking tiket pesawat dengan cara online memang bertujuan untuk memudahkan proses transaksinya. Namun, bagi sebagian orang yang belum terbiasa, tata cara pengisiannya bisa terasa sulit.

Meski telah mengikuti setiap prosedurnya, tidak menutup kemungkinan masih terdapat beberapa hal yang mungkin membuat Anda bingung. Ketika terdapat hal-hal yang tidak Anda mengerti, jangan pernah ragu untuk menghubungi pihak maskapai melalui layanan konsumen. 

Tentunya, meminta panduan dari pihak terkait akan sangat membantu Anda dalam melakukan proses pemesanan tiket. Selain itu, risiko untuk melakukan kesalahan juga bisa diminimalisir karena mendapat arahan dari pihak customer service tersebut. 

Hindari Kesalahan yang Berakibat Fatal saat Booking Tiket

Kunci utama agar proses booking tiket pesawat terbebas dari kendala adalah cermat saat melakukan input data. Pastikan bahwa data pemesan dan calon penumpang telah sesuai dengan identitas asli. Jangan lupa pula untuk memeriksa kembali waktu, asal, dan tujuan penerbangan.

Agar semakin yakin, sempatkan untuk re-check seluruh data yang telah Anda isi sebelum melakukan transfer. Manfaatkan pula layanan customer service maskapai apabila Anda menghadapi kendala saat melakukan booking agar proses booking tiket pesawat bisa Anda lakukan dengan baik.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masa Depan Eden Hazard Bersama Real Madrid Musim Ini Sudah Suram

Posted: 07 Mar 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Madrid - Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane tidak punya gambaran mengenai masa depan Eden Hazard di sisa musim ini. Zidane ragu Hazard bisa memperkuat Los Blancos sebelum musim ini berakhir.

Eden Hazard sudah menjalani operasi patah tulang di pergelangan kakinya. Namun, bintang Real Madrid asal Belgia itu baru pulih pada 15 April 2020.

Hazard mendapat cedera itu kala melawan Lewante di ajang La Liga, 23 Februari 2020. Ketika itu, eks Chelsea tersebut mendapat tekel keras dari pemain Levante, Roger Marti.

"Saya telah berbincang dengannya setelah cedera yang dialami Hazard untuk mencari tahu bagaimana kondisinya. Dia sangat terpukul saat baru saja mengalami cedera itu tapi sekarang operasi telah berjalan baik dan dia jauh lebih baik dari segi mental," kata Zidane, seperti dikutip dari situs resmi klub.

"Saya tidak tahu apakah ia akan dapat kembali tampil sebelum musim kompetisi berakhir. Saya berharap untuk itu, mungkin saja terjadi, dan semoga ia mendapatkan kesempatan untuk bermain bersama kami sebelum musim kompetisi selesai," ucap pelatih Real Madrid berusia 47 tahun itu menambahkan.

Hazard Senang

Winger Real Madrid, Eden Hazard, saat berupaya melewati kawalan pemain Real Betis pada laga pekan ke-12 La Liga Spanyol, di Santiago Bernabeu, Sabtu (2/11/2019). Pada pertandingan itu, Madrid harus puas bermain 0-0 kontra Betis. (AFP/OSCAR DEL POZO)
Winger Real Madrid, Eden Hazard, saat berupaya melewati kawalan pemain Real Betis pada laga pekan ke-12 La Liga Spanyol, di Santiago Bernabeu, Sabtu (2/11/2019). Pada pertandingan itu, Madrid harus puas bermain 0-0 kontra Betis. (AFP/OSCAR DEL POZO)

Lebih lanjut, Zidane menjelaskan, Hazard terlihat senang dengan kondisinya saat ini. Penyerang berusia 29 tahun itu senang kondisinya tidak terlalu parah dari yang diperkirakan.

"Operasi telah berjalan dengan sangat baik seperti yang telah diperkirakan oleh dokter bedah. Dia gembira karena operasi telah berhasil dengan sangat memuaskan," ujar Zidane.

"Mengenai lamanya operasi tersebut saya tidak dapat mengatakan berapa lama. Semoga saja dia dapat kembali berada bersama kami secepat mungkin. Ia baik-baik saja saat ini," kata Zidane menegaskan.

 

Statistik Hazard

Berikut statistik Eden Hazard di La Liga musim ini:

Main: 10

Menit main: 748

Gol: 1

Assist: 4

Kartu kuning: 0

Kartu merah: 0

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Kreatif Orang Atasi Masalah Sehari-hari, Kocak dan Tak Biasa

Posted: 07 Mar 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi seorang yang kreatif adalah dambaan akan banyak orang. Jiwa kreatif juga sangat dibutuhkan dalam dunia pekerjaan. Jika kamu memiliki ide yang cukup banyak, dan melakukannya secara tepat dapat dipastikan banyak yang mengagumimu.

Dalam suasana genting dan sulit menemukan bantuan, ide kreatif yang muncul sangatlah diperlukan. Tak hanya itu, kreatif seseorang juga menjadi pertimbangan dalam sebuah kompetensi keahlian di dunia pendidikan. Semakin kreatif kamu, semakin besar peluangmu.

Menjadi kreatif perlu dilatih sejak dini, mulai dari banyak membaca, tingkatkan rasa ingin tahu, dan memperluas wawasan. Di kalangan generasi milenial ini, banyak ditemukan jiwa-jiwa kreatif muda yang patut diacungkan jempol.

Nah, berikut ini tindakan kreatif yang tak banyak orang bisa lakukan dan unik. Berhasil dirangkum dari Brightsideme, dan dipastikan buat Anda terinspirasi.

1. Waduh Engga Takut Jatoh Tuh Handphone

Sumber : BrightSideme
Sumber : BrightSideme

2. Nah Keren Nih, Bisa Sekali Banyak Nampung Air

Sumber : BrightSideme
Sumber : BrightSideme

3. Bisa Juga Nih Triknya

Sumber : BrightSideme
Sumber : BrightSideme

4. Ini Sih Mantep Banget Buat Sofa Dari Pasir

Sumber : BrightSideme
Sumber : BrightSideme

5. Cakep Tuh Jadi Engga Berantakan

Sumber : BrightSideme
Sumber : BrightSideme

6. Jadi Keliatan Mewah Gitu Ya Jam Tangannya

Sumber : BrightSideme
Sumber : BrightSideme

7. Jadi Mudah dan Engga Ribet Deh Saat Butuhkan Remote

Sumber : BrightSideme
Sumber : BrightSideme

Penulis :

Ayu Ester Simanjuntak

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dianggap Tak Hafal Pancasila, Kalista Iskandar: Ini Pelajaran untuk Saya

Posted: 07 Mar 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nama finalis Puteri Indonesia 2020, Kalista iskandar seketika menjadi pembicaraan hangat. Itu karena finalis yang mewakili Sumatera Barat ini dianggap tak hafal Pancasila.

Sejumlah warganet merundung Kalista Iskandar di media sosial. Di sisi lain, banyak juga pihak yang mendukung. Salah satunya, presenter kondang Najwa Shihab.

Pembaca berita ini menganggap kesalahan Kalista Iskandar sangat wajar terjadi. Apalagi, ketika ia hanya diberi waktu menjawab selama 30 detik. Rasa grogi tentu sulit dihindari.

"Jadi saya bisa memahami kegugupan yang pasti berkali-kali lipat dihadapi Kalista tadi malam. Hanya diberi waktu menjawab 30 detik di tengah riuh rendahnya sorakan penonton," tulis Najwa Shihab di akun Instagramnya, Sabtu (7/3/2020) kemarin.

Dukungan Melanie Putria

Kalista Iskandar (Sumber: Instagram/kalistaiskandar)
Kalista Iskandar (Sumber: Instagram/kalistaiskandar)

Tidak cuma Najwa Shihab yang memberi dukungan. Melanie Putria, Puteri Indonesia 2002, sangat memaklumi kesalahan Kalista Iskandar saat menjawab pertanyaan di atas panggung.

"Tekanan waktu yang terbatas buat menjawab, tekanan karena super gugup dengan keadaan, ditambah rasa kaget dengan pertanyaan tak terduga. It's crazy mix feeling. Keep your chin up, things will get better," tulisnya dalam kolom komentar Kalista Iskandar.

Terima Kasih

[Foto: Instagram Kalista Iskandar via Lambe Turah]
[Foto: Instagram Kalista Iskandar via Lambe Turah]

Melihat banyaknya orang yang mendukung, finalis yang berhasil menduduki kursi enam besar ini mengucapkan terima kasih melalui Instagram Stories miliknya.

"Terima kasih banyak atas cinta dan semangatnya dalam perjalanan ini. Hal besar yang bisa aku ambil pada malam ini adalah, tidak apa-apa merasa gerogi selama kamu tetap mengangkat kepala dan bangga terhadap dirimu sendiri," tulisnya pada Sabtu (7/3/2020).

Pembelajaran

"No matter what, aku tetap bangga pada diriku dan seberapa jauh saya sudah berjalan. Ini akan menjadi pelajaran untuk saya. Ini bukan akhir, melainkan permulaan dari perjalananku," sambungnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Bayi Selamat dari Reruntuhan Hotel Karantina Virus Corona di China

Posted: 07 Mar 2020 08:58 PM PST

Liputan6.com, Quanzhou - Seorang bayi berhasil dievakuasi oleh petugas keselamatan China dari hotel yang runtuh pada Sabtu 7 Maret 2020 malam kemarin waktu setempat. Hotel yang berlokasi di Fujian tersebut ditempati para pasien suspect atau yang punya kontak dengan pasien Virus Corona (COVID-19). 

Media pemerintah China People's Daily melaporkan pada Minggu (8/3/2020) bahwa ada 42 orang yang sudah ditolong dan empat dinyatakan meninggal. Ada total 71 orang yang terjebak dan proses evakuasi masih berjalan. 

Di antara korban yang dievakuasi, ada seorang anak bayi yang berhasil ditolong petugas evakuasi. Pada video yang diposting People's Daily seorang petugas tampak memeluk bayi itu dan petugas lain berusaha memasangkan masker. 

Bayi itu terlihat dalam keadaan tidak sadar dan petugas terus memeluk bayi itu. Suara-suara petugas yang berteriak-teriak tampak terdengar di video. 

Berikut videonya: 

Dalam video itu, pasien lain tampak ditolong oleh petugas, yakni seorang pria. Ia terdengar merintih kesakitan. 

Hotel berada di Quanzhou, provinsi Fujian. Bangunan itu adalah hotel untuk karantina pasien terkait Virus Corona dan sedang dalam modifikasi. Pemilik gedung sudah berada dalam penanganan aparat.

Hotel Tempat Karantina Virus Corona di Fujian Ambruk

Tim penyelamat bekerja di lokasi bangunan hotel tempat karantina virus corona yang runtuh di Quanzhou di provinsi Fujian, China, Sabtu (7/3/2020). Pemerintah setempat telah mengerahkan sekitar 700 petugas penyelamat dan medis untuk membantu evakuasi hotel yang runtuh tersebut. (Chinatopix Via AP)
Tim penyelamat bekerja di lokasi bangunan hotel tempat karantina virus corona yang runtuh di Quanzhou di provinsi Fujian, China, Sabtu (7/3/2020). Pemerintah setempat telah mengerahkan sekitar 700 petugas penyelamat dan medis untuk membantu evakuasi hotel yang runtuh tersebut. (Chinatopix Via AP)

Sebuah hotel di di provinsi Fujian, Tiongkok ambruk. Hotel tersebut akhir-akhir ini digunakan sebagai pusat karantina untuk orang-orang yang berhubungan dengan pasien virus corona.

Runtuhnya hotel Xinjia Express yang berada di kota Quanzhou terjadi pada Sabtu (7/3/2020) pukul 19.30 waktu setempat. Saat itu ada sekitar 70 orang di dalam hotel... Selengkapnya

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditjen Hubdat Bangun 4 Bus Air di Danau Sentani dan Danau Toba

Posted: 07 Mar 2020 08:49 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan membangun sembilan unit kapal penyeberangan Ro-Ro dan empat bus air dengan berbagai ukuran. Itu dilakukan dalam rangka mendukung terlaksananya Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Jayapura Provinsi Papua serta percepatan pembangunan di wilayah Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas Danau Toba. 

Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi saat Peletakan Lunas (Keel Laying) dua unit bus air Danau Sentani, Papua dan dua unit bus air Danau Toba, Sumatera Utara, di Galangan Kapal PT Tri Ratna Diesel Paciran, Lamongan pada Sabtu (8/3).

"Secara keseluruhan bus air Danau Sentani mampu mengangkut 100 penumpang, sementara bus air Danau Toba mampu mengangkut 150 orang. Saya mengucapkan syukur tepat pada Sabtu ini kami bersama-sama menyaksikan peletakan lunas kapal terpadu untuk dua unit bus air Sentani dan dua unit bus air Danau Toba yang akan dibangun oleh PT Tri Ratna Diesel dan PT Tri Setia Cipta Persada," jelas Budi dalam sambutannya.

Senada dengan Budi, melalui laporan Direktur Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan, Chandra Irawan sebagai Kuasa Pengguna Anggaran dalam kesempatan yang sama, menyatakan bahwa kontrak untuk bus air Danau Sentani akan berakhir pada 17 September 2020 dan bus air Danau Toba akan berakhir pada 18 Desember 2020.

"Bus Air ini merupakan kapal prototipe dan baru pertama kali dibangun di Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Seluruh bus air ini dibangun dan diperlengkapi menurut peraturan Klasifikasi Kapal. Dengan spesifikasi teknis bus air ini diharapkan mampu menjawab kebutuhan masyarakat akan sarana transportasi yang aman, nyaman, dan selamat. Pembangunan bus air ini adalah hal prioritas seperti yang sudah disampaikan dalam rapat pimpinan, karena pembangunan bus air ini menunjang konektivitas," jelas Chandra.

Chandra juga menyatakan agat kedua galangan dapat mempersiapkan langkah, agar pembangunan bus air dapat selesai sesuai dengan spesifikasi dan waktu yang disepakati dalam kontrak.

"Dengan adanya hal tersebut, kami berharap kepada PT Tri Ratna Diesel dan PT Tri Setia Cipta Persada dapat memaksimalkan sumber daya manusia dan fasilitas yang ada sehingga dapat menyelesaikan pelaksanaan pembangunan," kata Budi.

Selain itu Budi juga mengimbau kepada masyarakat Danau Sentani dan Danau Toba agar setelah pembangunan bus air ini selesai, masyarakat dapat memanfaatkannya secara optimal serta diharapkan pula kerja sama semua pihak untuk mendukung program tersebut.

"Diharapkan setelah kegiatan PON di Papua selesai, bus air tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat setempat sebagai sarana transportasi penyeberangan maupun wisata di wilayah perairan Danau Sentani," ujar Budi.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tekuk Real Sociedad, Setien Akui Barcelona Menang Berkat VAR

Posted: 07 Mar 2020 08:45 PM PST

Liputan6.com, Barcelona - Pelatih Barcelona, Quique Setien mengakui kemenangan atas Real Sociedad berkat bantuan VAR. Blaugrana menang 1-0 setelah gol Lionel Messi dari titik penalti.

Setien mengakui bahwa VAR membuat perbedaan dalam laga Barcelona kontra Real Sociedad di Camp Nou, Minggu (8/3/2020) dini hari WIB. Tuan rumah kesulitan membongkar pertahanan tim tamu sepanjang pertandingan.

Bek Sociedad, Robin Le Normand pada menit ke-80 melakukan handsball di kotak penalti sendiri. Wasit perlu melihat VAR sebelum memutuskan bahwa Barcelona mendapat hadiah penalti karena handsball tersebut.

Lionel Messi yang ditunjuk menjadi eksekutor langsung menuntaskan tugasnya dengan baik. Itu menjadi gol satu-satunya dalam laga ini sekaligus membuat Barcelona mendulang tiga poin.

"Kami tahu bahwa itu akan menjadi pertandingan yang sangat sulit melawan Real Sociedad, saya pikir mereka telah memenangkan enam pertandingan terakhir mereka, termasuk satu di [Estadio Santiago] Bernabeu," kata Setien, seperti dilansir Tribal Football.

"Mereka berada di final Copa del Rey, mereka bagus dalam menguasai bola, mereka tidak pernah memberikannya. Jika mereka menekan Anda dengan baik, mereka bisa melukai Anda. Mereka punya pemain berkualitas," jelasnya.

Kendalikan Permainan

Striker Barcelona, Lionel Messi, merayakan gol ke gawang Granada (LLUIS GENE / AFP)
Striker Barcelona, Lionel Messi, merayakan gol ke gawang Granada (LLUIS GENE / AFP)

Namun, menurut Setien, anak-anak asuhannya mampu mengendalikan permainan, walaupun di beberapa fase tertentu Sociedad mampu memberikan ancaman. Dia sendiri mengaku tidak melihat insiden handsball yang menyebabkan Barcelona dihadiahi penalti.

"Kami menang berkat VAR. Saya tidak melihat insiden penalti dari bangku cadangan, saya berada jauh," ujar eks pelatih Real Betis ini.

Kurang Kreativitas

Barcelona kurang kreativitas nyaris sepanjang pertandingan melawan Sociedad. Setien berpendapat, anak-anak asuhannya kurang sabar dalam bermain sehingga sulit menemukan celah untuk menyerang dengan efektif.

"Kesabaran diperlukan untuk menciptakan peluang mencetak gol. Kadang-kadang kami ingin menyelesaikan dengan cepat. Fakta ini menyebabkan kami kehilangan bola dan diimbangi lawan," paparnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sandiaga: Wabah Corona Peluang Kuatkan Kemandirian Pangan dalam Negeri

Posted: 07 Mar 2020 08:44 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha nasional Sandiaga Salahuddin Uno menilai penyebaran virus corona sekarang ini dapat menjadi peluang untuk menguatkan pasokan pangan dari dalam negeri.

"Kita harus melihat ini sebagai peluang menguatkan kemandirian pasokan pangan dari dalam negeri. Saatnya kita bangun kekuatan pertanian, perikanan," ujar Sandiaga di Jakarta, Sabtu 7 Maret 2020.

Ia menambahkan mulai dari petani hingga badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak di bidang pangan harus lebih erat lagi melakukan kolaborasi untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional.

"Petani, BUMN pangan, BUMN perkebunan, semua value chain pangan? tunjukkan patriotisme jadi solusi," ucapnya seperti dikutip dari Antara.

Ia menceritakan, saat menjabat Wakil Gubernur DKI Jakarta, dirinya pernah mengalami kenaikan harga cabai hingga menembus Rp 200.000 per kilogram (kg).

Ketika dirinya melakukan pengecekan ke daerah penghasil cabai, Pemda DKI langsung membelinya untuk jangka waktu setahun agar bisa menekan harga di Jakarta.

"Pun dengan beras dan telur. Saya harus safari ke lumbung-lumbung produksi komoditas tersebut agar pasokan di Jakarta terpenuhi dan harga beli di masyarakat tak mahal," papar Sandiaga.

 

Siapkan Paket Kebijakan Antivirus

Sandi, demikian ia biasa disapa juga mengatakan bahwa di tengah kekhawatiran virus corona saat ini, pemerintah disarankan untuk menyiapkan paket kebijakan ekonomi antivirus.

Pertumbuhan ekonomi, lanjut dia, dalam jangka pendek mengarah pada penurunan. Diprediksi, pertumbuhan ekonomi global terpangkas sampai 0,4 persen.

Indonesia, ia mengatakan, harus mengantisipasi pertumbuhan di bawah lima persen. Kondisinya bisa mengarah seperti krisis keuangan pada 2008 lalu.

"Kita harus siapkan paket kebijakan ekonomi antivirus. Memberikan stimulasi untuk menggerakkan roda ekonomi. Kalau perlu seperti di Hong Kong, direct targeted transfer, ekonomi rebooted lewat konsumsi dan peran UMKM, kebijakan pajak yang lebih berorientasi menggairahkan investasi," paparnya.

Di tengah situasi seperti itu, Sandi juga menyarankan pemerintah memperbaiki pola komunikasi publik dalam penanganan COVID-19.

"Komunikasi pemerintah harus transparan, membangun kepercayaan publik agar tak terjadi panic buying. Pemerintah juga harus menunjukkan kekompakan di semua lini, jangan ada mixed message. We are all being tested, bersatu, bersinergi untuk keselamatan rakyat," kata Sandi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hari Perempuan Internasional, Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat: Jurang Kesetaraan Gender Masih Lebar

Posted: 07 Mar 2020 08:44 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Hari Perempuan Internasional diperingati setiap tahunnya yang jatuh pada 8 Maret. Bertepatan dengan perayaan tahun ini yang bertema EachForEqual, disuarakan pula beragam pandangan mengenai perempuan, termasuk oleh Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat.

Lestari menyebut, Indonesia masih harus bekerja keras untuk mencapai kesetaraan gender dalam berbagai bidang. Kampanye kesetaraan gender masih jauh dari selesai.

"Butuh kerjasama dan kontribusi dari semua pihak untuk mencapai ekualitas. Gap atau jurang kesetaraan gender masih lebar. Kampanye kesetaraan gender masih jauh dari selesai," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

Ia lalu merujuk data Pemilu 2019 yang menghasilkan keterwakilan perempuan tertinggi di DPR-RI sepanjang Pemilu pascareformasi berkisar di angka 21 persen dari total kursi 575.

"Banyak faktor yang menyebabkan pencapaiannya belum sampai 30 persen. Pertama, kendala mengajak perempuan menjadi pemimpin yang masih besar. Masih kuat cara pandang bias gender bahwa perempuan tidak layak memiliki peran di area publik, sehingga kita belum dapat bicara dengan solid mengenai perspektif perempuan ataupun pengarusutamaan gender di berbagai tingkatan," tambahnya.

Kuota 30 persen bagi perempuan menduduki kursi di parlemen yang masih sebatas retorika. Perludem memperlihatkan dalam Pemilu Legislatif lalu ada 80 Dapil dan 16 Partai Politik peserta Pemilu. Dari 1.280 calon legislatif dan 80 daerah pemilihan, caleg perempuan yang ditempatkan dalam nomor urut satu ada 235 orang (18,36 persen).

"Jadi niat baik (good will) untuk mematuhi kuota 30 persen bagi perempuan menduduki kursi di parlemen, masih sebatas retorika," jelas Legislator Partai NasDem itu.

Partai NasDem tercatat sebagai partai politik yang memenuhi kuota 30 persen perempuan dengan 20 perempuan duduk sebagai anggota DPR dari total 59 anggota (33,8%). Di sisi lain, persaudarian atau sisterhood, perempuan pilih perempuan dalam pengalamannya tidak terjadi.

"Walaupun mereka hadir dalam acara kampanye dan merasakan manfaat atas aktivitas yang dilakukan, belum tentu mereka memilih. Keputusan perempuan untuk memilih sangat tergantung akan patron-nya," ujar Lestari Moerdijat.

Ajak Semua Pihak Wujudkan Kesetaraan Gender

Hari Perempuan Internasional 2020 #EachforEqual (https://www.internationalwomensday.com/)
Hari Perempuan Internasional 2020 #EachforEqual (https://www.internationalwomensday.com/)

Fakta itu juga pernah diungkap data Surnas LSI--IFES Juni 2014 yang menunjukkan hanya 15,7 persen pemilih perempuan yang akan memilih kandidat perempuan, meskipun jika kualitasnya sama dengan kandidat laki-laki. Mayoritas (46,8 persen) tetap akan memilih kandidat laki-laki.

Lestari menambahkan, fakta-fakta tersebut masih diperburuk adanya pandangan yang memarginalkan dan mendiskriminasi perempuan yang masih kuat di masyarakat.

"Serangan yang digaungkan oleh para pemimpin informal agar saya tidak terpilih bukan soal kapasitas saya, tapi karena saya perempuan. Kampanye perempuan itu, tempatnya di belakang, cukup manjur," tutur Lestari yang maju dari Daerah Pemilihan Jawa Tengah 2 meliputi Kudus, Demak dan Jepara.

Padahal di daerah tersebut dikenal ada Ratu Kalinyamat (1579) sang penggagas Poros Maritim dan Pakta Portugis. Juga tempat kelahiran R.A Kartini (1879--1904), sang pemikir besar untuk isu kemanusiaan dan kesetaraan gender.

"Jadi perjuangan yang tidak main-main sehingga berhasil lolos menjadi perempuan pertama pascareformasi yang terpilih sebagai anggota DPR dari Dapil ini dengan suara terbanyak. Butuh perjuangan ekstra keras dan tidak basa-basi," tambahnya.

Karena itu, Lestari sekali lagi mengajak semua pihak untuk ikut berperan untuk mewujudkan kesetaraan gender di Indonesia. Ia juga membandingkan kesetaraan gender dalam konteks global.

Menurut Global Gender Gap Report 2020 yang dikeluarkan oleh World Economic Forum, Indonesia berada pada peringkat 85 dari 153 negara. Peringkat Indonesia itu lebih baik daripada Vietnam (87), Malaysia (104), Tiongkok (106), India (112), namun masih jauh di bawah Filipina (16), Singapura (54), dan Thailand (75).

Adapun peringkat teratas Islandia (1), disusul dominasi tiga negara Skandinavia, yaitu Norwegia (2), Finlandia (3), dan Swedia (4).

Gender Gap Performance merupakan sintesa dari partisipasi ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan keterlibatan politik. Secara keseluruhan, keterlibatan perempuan dalam politik paling tidak terwakili atau hanya terpenuhi 25 persen. Belum ada satu pun negara yang sudah menutup gap tersebut.

Islandia yang menduduki posisi pertama baru menutup gap keterlibatan politik sebanyak 70 persen yang dilihat dari kehadiran perempuan di parlemen, kementerian, dan kepala negara.

Indonesia mendapat skor 0,7 dari skor 0 - 1. Namun, pada keterlibatan politik, Indonesia hanya mendapat skor 0,172. Keterwakilan perempuan di parlemen berada pada ranking 105 (skor 0,211), dan di kementerian pada peringkat 67 (skor 0,307).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Pesona Bunga Citra Lestari Pakai Hijab, Makin Anggun

Posted: 07 Mar 2020 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Enggak bisa dipungkiri, sosok Bunga Citra Lestari tak pernah luput dari sorotan publik. Wanita berdarah Minangkabau ini  mengawali kariernya sebagai model iklan. Ia mulai terjun di dunia peran saat ia bermain di sinetron Bukan Perempuan Biasa pada 1997 lalu. 

Wanita yang akrab disapa Unge ini melebarkan sayapnya ke dunia tarik suara lewat lagu Cinta Pertama (Sunny). Nama Bunga Citra Lestari kian populer saat berduet dengan Ari Lasso lewat lagu Aku dan Dirimu dalam album "The Best of Ari Lasso".

Menjadi selebriti, tentu saja tindak tanduk wanita kelahiran 1983 ini tak pernah luput dari media. Kerap tampil terbuka, dalam suatu unggahan di laman instagramnya istri mendiang Ashraf Sinclair ini pernah tampil menggunakan hijab.

Terlihat berbeda dari biasanya, sontak penampilan pemain film "Oh Baby" ini mengundang berbagai respons warganet. Meskipun jarang, namun banyak warganet yang memuji penampilan wanita 36 tahun ini terlihat lebih cantik dalam balutan hijab.

Penasaran seperti apa potretnya? Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas pesona Bunga Citra Lestari saat memakai hijab, Minggu (8/3/2020).

1. Kerap tampil terbuka, penampilan wanita yang akrab disapa Unge dalam balutan hijab ini tuai pujian.

Bunga Citra Lestari saat Pakai Hijab (Sumber: Instagram//bclsinclair
Bunga Citra Lestari saat Pakai Hijab (Sumber: Instagram//bclsinclair

2. Meski jarang, wanita 36 tahun ini selalu menggunakan hijab saat hari perayaan umat muslim.

Bunga Citra Lestari saat Pakai Hijab (Sumber: Instagram//bclsinclair
Bunga Citra Lestari saat Pakai Hijab (Sumber: Instagram//bclsinclair

3. Menggunakan mukena dengan warna tosca, penampilan ibu satu anak ini terlihat lebih cantik.

Bunga Citra Lestari saat Pakai Hijab (Sumber: Instagram//bclsinclair
Bunga Citra Lestari saat Pakai Hijab (Sumber: Instagram//bclsinclair

4. Meski tanpa riasan makeup, wajah cantik pelantun lagu 'Cinta Sejati' ini tetap terpancar.

Bunga Citra Lestari saat Pakai Hijab (Sumber: Instagram//bclsinclair
Bunga Citra Lestari saat Pakai Hijab (Sumber: Instagram//bclsinclair

5. Bersama dengan ibu mertua, wanita kelahiran 1983 ini tampil anggun dengan mukena berwarna merah jambu.

Bunga Citra Lestari saat Pakai Hijab (Sumber: Instagram//bclsinclair
Bunga Citra Lestari saat Pakai Hijab (Sumber: Instagram//bclsinclair

6. BCL sebelumnya pernah bermain dalam film 'Jilbab Traveler: Love Sparks in Korea' sebagai Rani, seorang wanita yang berhijab.

Bunga Citra Lestari saat Pakai Hijab (Sumber: Instagram//bclsinclair
Bunga Citra Lestari saat Pakai Hijab (Sumber: Instagram//bclsinclair

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Juventus vs Inter Milan: Sama-Sama Memburu Lazio

Posted: 07 Mar 2020 08:35 PM PST

Turin - Tarik ulur perihal jadwal big match Juventus versus Inter Milan pada Serie A 2019-2020 akihirnya tuntas. Kedua raksasa ini akan berhadapan di Allianz Stadium, markas Juventus, pada Senin (9/3/2020) dini hari WIB.

Derby d'Italia ini merupakan laga tunda pekan ke-26 dan akan digelar tanpa penonton.

Secara khusus, Serie A seharusnya memainkan pekan ke-27. Namun, penundaan yang terjadi akibat penyebaran virus Corona di Italia sejak dua minggu lalu membuat beberapa laga mengalami perubahan jadwal.

Itu termasuk leg kedua semifinal Coppa Italia, Juventus vs AC Milan, dan Napoli vs Inter Milan, yang seharusnya dimainkan tengah pekan kemarin.

Kali terakhir Juventus memainkan pertandingan adalah pada 27 Februari 2020, yakni saat menghadapi tuan rumah Lyon di babak 16 besar Liga Champions leg pertama. Juventus menyerah 0-1.

Sementara itu, laga terakhir Inter adalah 28 Februari 2019, yakni menjamu Ludogorets Razgrad di leg kedua babak 32 besar Liga Europa. Inter menang 2-1 melalui gol-gol Cristiano Biraghi serta Romelu Lukaku, dan lolos dengan agregat 4-1.

Di sisi lain, Lazio sementara memimpin klasemen Serie A musim ini dengan poin 62 dari 26 pertandingan. Juventus berada di peringkat kedua dengan 60 poin dari 25 pertandingan, sedangkan Inter baru memainkan 24 laga dan memiliki 54 poin di peringkat ketiga.

Pada pertemuan pertama di Serie A musim ini, Juventus menang 2-1 di kandang Inter, dan laga itu menjadi panggung adu ketajaman pemain-pemain Argentina. Juventus unggul melalui gol Paulo Dybala, dan Inter menyamakan skor lewat penalti Lautaro Martinez. Kemenangan Juventus ditentukan oleh gol Gonzalo Higuain.

Inter tidak boleh kalah jika tidak ingin makin tertinggal dalam perburuan scudetto Serie A. Mampukah Antonio Conte, yang akan kembali ke Allianz Stadium untuk kali pertama sebagai pelatih lawan, membawa Inter meraih hasil memuaskan?

Jika melihat rekor pertemuan kedua tim, sejauh ini Nyonya Tua masih unggul. Juventus menang 83 kali dari 173 pertemuan, sementara Inter Millan hanya 46 kali.

Juventusjuga tidak terkalahkan dalam enam laga terakhirnya melawan Nerazzurri di pentas Serie A (M4 S2 K0). Tim tuan rumah juga belum pernah kalah saat bermain di kandang sendiri pada musim ini. Di sisi lain, rekor tandang Romelu Lukaku dkk. musim ini, yakni menang 9 pertandingan, dua kali imbang, dan sekali kalah.

Data - Fakta

(AFP/Alberto Pizzoli)
(AFP/Alberto Pizzoli)

Prakiraan Susunan Pemain

Juventus (4-3-3): Szczesny; Danilo, de Logt, Bonucci, Sandro; Bentancur, Pjanic, Matuidi; Cuadrado, Dybala, Ronaldo.

Pelatih: Maurizio Sarri

Inter Milan (3-5-2): Handanovic; D'Ambrosio, de Vrij, Skriniar; Candreva, Vecino, Brozovic, Barella, Young; Lukaku, Lautaro Martinez.

Pelatih: Antonio Conte

 

Head to Head (Serie A)

Pertemuan: 173

Juventus menang: 83

Gol Juventus: 249

Imbang: 44

Inter menang: 46

Gol Inter: 201

 

5 Pertemuan Terakhir

7/10/2019 Inter 1-2 Juventus (Serie A)

28/4/2019 Inter 1-1 Juventus (Serie A)

8/12/2018 Juventus 1-0 Inter (Serie A)

29/4/2018 Inter 2-3 Juventus (Serie A)

10/12/2017 Juventus 0-0 Inter (Serie A)

 

Disadur dari: Bola.net. (Penulis/Editor: Gia Yuda Pradana. Published: 6/3/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Luar Biasa, Nanas dan Paprika Indonesia Capai 25 Ton Per Hektar dan Siap Ekspor

Posted: 07 Mar 2020 08:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Saat ini kondisi pasar ekspor produk hortikultura Indonesia semakin meningkat, terutama untuk memenuhi kebutuhan pasar Eropa. Demikian diungkapkan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo melihat kondisi sektor pertanian China yang terdampak  Covid-19.

Oleh karena itu, Indonesia sebagai negara tropis juga menjadi salah satu negara produsen nanas dunia.

"Nanas sebagai komoditas tropis tidak ada dinegara subtropis dan ternyata nanas sangat dibutuhkan oleh masyarakat Eropa. Saat ini kita perlu membuka akses untuk ekspor menggantikan China yang selama ini menjadi pemasok utama. Kita sedang jajakin," tegas Syahrul saat di wawancarai dalam acara Kujang Festival di Kawasan Pupuk Kujang Cikampek, Karawang, Jawa Barat, Sabtu (7/3).

Syahrul menambahkan selama ini justru China memanfaatkan produk nanas Indonesia untuk kebutuhan pasar Eropa yang ekspornya melalui China. Ke depan peluang ini harus bisa langsung dimanfaatkan oleh kita sendiri.

"Saya kira bukan itu yang penting bahwa mereka lagi stuck sehingga kita harus masuk. Dan kami lagi berusaha melakukan intelejen market untuk itu," ungkap Syahrul.

Syahrul juga mengapresiasi binaan PT Pupuk Kujang, khususnya produk petani milenial yang hasilnya sangat memuaskan. Syahrul berharap agar industri pupuk lainnya dapat mengikuti langkah yang telah dilakukan PT Pupuk Kujang.

"Saya langsung percaya diri produk nanasnya tadi yang besar dan bobotnya berat dan paprikanya luar biasa. Saya tadi sempat tanya berapa ton produksi per hektarnya, petani tadi katakan antara 22 hingga 25 ton, jika harganya ratusan ribu, ini luar biasa,"ungkap Syahrul.

Menurut Syahrul, Kujang Festival membuktikan bahwa PT Pupuk Kujang tidak hanya peduli dengan produksinya sendiri tetapi turut mendorong pengembangan sektor pertanian. Acara tersebut juga dapat sekaligus mengevaluasi hasil penerapan penggunaan pupuk oleh petani.

"Memperhatikan booth yang ada tadi hasilnya yang juga baik, tentu berdasarkan pupuk mereka yang efektif dan efesien dengan binaan PT Pupuk Kujang. Pasti kedepan masyarakat akan semakin smart untuk menggunakan pupuk, sehingga mendapatkan produktivitas dan kualitas yang baik terutama pada sektor tanaman pangan dan hortikultura," tegas Syahrul.

Syahrul dalam kesempatan tersebut, juga meminta agar para kepala daerah mulai dari desa, lurah, camat hingga bupati dan gubernur menggiatkan dan fokus terhadap pembangunan sektor pertanian. Itu karena sektor pertanian menjadi solusi yang harus diambil dalam mensejahterakan masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Dirut PT Pupuk Kujang Bambang Eka Cahyana berterima kasih atas kehadiran Syahrul yang berinteraksi langsung dengan petani binaan PT Pupuk Kujang. Dia mengaku bangga kepada Syahrul yang terus memberikan dukungan, kepada industri pupuk di Indonesia khususnya dalam penyaluran pupuk bersubsidi di Indonesia.

"Kami akan menjaga kepercayaan dan amanah pemerintah walau cukup berat namun menjadi suatu hal yang cukup membanggakan," kata Bambang.

Festival Pupuk Kujang turut dihadiri Anggota Komisi IV DPR RI, Bupati Karawang dan jajarannya beberapa pejabat Eselon 1 Lingkup Kementan.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Kepedulian Muslim India, Menag: Kedepankan Diplomasi Jangan Gunakan Kekerasan

Posted: 07 Mar 2020 08:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Muslim Indonesia telah menyuarakan kepeduliannya terhadap nasib umat Islam di India. Aspirasi itu telah disampaikan dalam banyak cara, mulai dari doa bersama, kecaman, hingga unjuk rasa.

Menag Fachrul Razi mengapresiasi kepedulian dan perhatian Muslim Indonesia kepada umat Islam di India.

"Saya sangat mengapresiasi atas rasa keprihatinan dan kepedulian yang telah ditunjukkan. Kekerasan oknum, apalagi dengan mengatasnamakan agama tidak bisa dibenarkan, kapan pun dan di manapun," tegas Menag di Jakarta, Minggu (08/3/2020).

"Tidak ada ajaran agama manapun yang membenarkan tindakan kekerasan, apapun motifnya. Memuliakan nilai kemanusiaan adalah esensi ajaran semua agama," sambungnya.

Menurut Menag, aspirasi yang disuarakan Muslim Indonesia terus dikomunikasikan pemerintah melalui jalur diplomasi. Komunikasi dengan pihak kedutaan India di Indonesia maupun dengan pemerintah di India terus dilakukan oleh Pemerintah / Menlu RI untuk mencari solusi terbaik atas kehidupan beragama di sana, tanpa mencampuri urusan dalam negeri India.

Sejalan dengan itu, Menag minta agar umat Islam Indonesia tidak terprovokasi melakukan tindakan kekerasan dalam beragam bentuknya, termasuk sweeping warga negara India.

"Ingat, itu bukanlah nilai-nilai Indonesia dan juga bukan nilai-nilai Islam. Demikian juga aksi sepihak dalam bentuk sweeping. Masyarakat Indonesia dikenal dunia sebagai umat yang toleran, rukun dan cinta damai. Mari kedepankan jalur hukum dan komunikasi diplomatik agar ini bisa diselesaikan dengan baik," ujarnya.

"Mencegah kemungkaran adalah hal baik. Tapi itu harus dilakukan dengan cara yang makruf atau baik, agar tidak memunculkan kemungkaran yang lebih besar. Kedepankan diplomasi dan jangan anarki (bertindak kekerasan)," lanjutnya.

 

Pemahaman Ekstrem Sebagian Umat Hindu

Menag meyakini, tindakan kekerasan oleh sekelompok umat Hindu di India tidak menggambarkan ajaran agama Hindu sendiri, melainkan akibat adanya pemahaman ekstrem sebagian umat Hindu atas ajaran agamanya. Menag berharap para tokoh agama mengambil peran dalam mengarahkan umat dalam menyikapi persoalan ini sesuai nilai kedamaian, toleransi, dan keadilan hukum.

"Kita doakan para korban, dan kita berharap kehidupan beragama di India kembali kondusif," pungkasnya.

Sebagaimana yg ditekankan oleh Menag pada saat menutup Kongres Umat Islam Indonesia di Bangka Belitung beberapa hari lalu dan di beberapa kesempatan lainnya, "Islamphobia terkadang muncul karena umat Islam tidak memberikan pemahaman yang baik kepada dunia tentang Islam yang damai dan toleran. Mari kita tunjukkan ke dunia bahwa Islam pemberi rahmat bagi alam semesta."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pangeran Harry dan Meghan Markle Dapat Tepuk Tangan Meriah di London

Posted: 07 Mar 2020 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran Harry dan Meghan Markle berada di Festival Musik Mountbatten di Royal Albert Hall, London, waktu setempat, Sabtu, 7 Maret 2020. Kehadiran Pangeran Harry dan Meghan sebagai salah satu keterlibatan publik terakhir mereka sebelum secara resmi mundur dari posisi senior dalam keluarga kerajaan.

Acara itu juga sebagai peristiwa terakhir Pangeran Harry menjabat sebagai Captain General of the Royal Marines, dilansir dari laman T&D, Minggu, 8 Maret 2020.

Pangeran Harry dan Meghan tiba di festival itu dengan pakaian yang serasi. Gaun Safiya merah Meghan yang memesona adalah warna yang persis sama dengan seragam Harry.

Namun, untuk pengamat kerajaan yang menikmati tampilan Duke, kita mungkin tidak akan melihat Harry mengenakan seragam itu lagi, setidaknya tidak dalam waktu dekat.

Selama musyawarah, Pangeran Harry dan Meghan Markle dengan anggota keluarga kerajaan lainnya tentang bagaimana tepatnya peran mereka akan bergerak maju, Harry setuju untuk menyerahkan semua janji kehormatan militernya.

"Pengunduran dirinya dari tiga peran kehormatan di militer akan mencegah dia mengenakan seragam di acara-acara publik seperti Trooping the Color and Remembrance Sunday di cenotaph," tulis Telegraph.

Tepuk Tangan Meriah

Pangeran Harry dan Meghan Markle saat menghadiri Mountbatten Music Festival di London (Dok.Instagram/@sussexroyal/https://www.instagram.com/p/B9crv9SJNJx/Komarudin)
Pangeran Harry dan Meghan Markle saat menghadiri Mountbatten Music Festival di London (Dok.Instagram/@sussexroyal/https://www.instagram.com/p/B9crv9SJNJx/Komarudin)

Ketika Pangeran Harry dan Meghan Markle mendapatkan tempat duduk kerajaan di depan pertunjukan, yang mempertemukan para musisi militer untuk mengumpulkan uang bagi Asosiasi Marinir Kerajaan, mereka mendapatkan tepuk tangan meriah dari para hadirin.

Malam itu menjadi salah satu emosi yang campur aduk bagi Harry, yang bertugas di militer selama 10 tahun dan telah menjanjikan "dukungan tak tergoyahkan" kepada Angkatan Bersenjata, ketika dia turun dari tugas kerajaan akhir bulan ini, seperti ditulis Hello Magazine.

Pangeran Harry dan Meghan Markle baru ini baru kembali ke Inggris, setelah menghabiskan hampir dua bulan di Kanada setelah pengumuman bahwa mereka beralih dari peran mereka sebagai bangsawan yang bekerja.

Festival malam itu hanyalah satu dari banyak acara yang dihadiri Harry dan Meghan bulan ini. Sebelumnya pada minggu itu, pasangan kerajaan itu memberikan penghargaan di Endeavour Fund Awards.

Pada Senin, 9 Maret 2020, Sussex diharapkan muncul di Commonwealth Day Service di Westminster Abbey, di mana mereka secara terbuka akan bersatu kembali dengan Ratu, Pangeran Charles, dan Cambridges.

Saksikan video pilihan di bawah ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Virus Corona di Inggris Tembus 209 Orang

Posted: 07 Mar 2020 08:25 PM PST

Liputan6.com, London - Pemerintah Inggris mencatat tambahan 45 pasien baru Virus Corona (COVID-19) pada akhir pekan ini. Dengan tambahan itu, jumlah kasus positif Virus Corona di Inggris mencapai 209 orang.

Berdasarkan laporan The Telegraph, Minggu (8/3/2020), ada tiga pasien dari angka itu yang berasal dari Irlandia Utara. Selain itu, ada dua pasien positif Virus Corona yang meninggal di Inggris.

Hingga Sabtu pagi kemarin, otoritas Inggris telah melakukan pengujian Virus Corona kepada 21.460 orang dan mayoritas hasilnya negatif.

Pemerintah Inggris juga memberi instruksi karantina diri sendiri (self-quarantine) bagi mereka yang baru kembali dari Iran, provinsi Hubei, dan wilayah-wilayah tertentu di Italia dan Korea Selatan.

Mereka diinstruksikan tetap berada di dalam rumah selama 14 hari meski tidak menunjukan gejala Virus Corona.

Hal serupa berlaku bagi warga Inggris yang menunjukan gejala batuk, demam, atau sesak napas yang baru kembali dari Italia, Korsel, Kamboja, Hong Kong, Taiwan, dan sejumlah negara Asia Tenggara.

Jika khawatir kena Virus Corona, warga Inggris disarankan tidak pergi ke rumah sakit, melainkan menghubungi nomor hotline 111 untuk mendapat instruksi selanjutnya.

Berdasarkan peta Gis And Data pada Minggu pagi, ada total 105.981 kasus Virus Corona di seluruh dunia. Di antara angka tersebut, 59.916 orang sembuh dan 3.568 pasien meninggal dunia.

Klub Liga Inggris Waspada Virus Corona

Pemain Chelsea Tammy Abraham terkapar di lapangan saat pertandingan menghadapi Everton pada laga Liga Inggris di Goodison Park, Liverpool, Inggris, Sabtu (7/12/2019). Everton menang 3-1. (Nigel French/PA via AP)
Pemain Chelsea Tammy Abraham terkapar di lapangan saat pertandingan menghadapi Everton pada laga Liga Inggris di Goodison Park, Liverpool, Inggris, Sabtu (7/12/2019). Everton menang 3-1. (Nigel French/PA via AP)

Chelsea memutuskan memperketat sistem kebersihan markas mereka, Stamford Bridge menyusul wabah virus corona. Pernyataan itu disampaikan lewat situs resmi klub.

"Kami mengikuti panduan dari otoritas berwenang, yang mana Stadion kami tetap buka untuk umum," tulis pihak manajemen Chelsea. 

"Namun demikian, seturut panduan itu, kami juga meningkatkan level pembersihan fasilitas kami, juga soal sanitasi dan kebersihannya," tulisnya lagi.

Seperti diketahui, Virus Corona mulai menjamah Eropa, dimulai dari Italia. Sejumlah pertandingan di Negeri Pizza pun terpaksa ditunda.

Beberapa negara lain, termasuk Inggris juga mulai mewacanakan hal serupa. Operator Liga Inggris, baru-baru ini, melarang para pemain bersalaman untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona.

Selain meningkatkan level kebersihan Stamford Bridge, Chelsea juga meminta suporter yang datang ke stadion untuk mencuci tangan. Tidak hanya itu, Chelsea juga berharap suporter yang baru saja bepergian ke luar negeri terimbas virus corona untuk menjalani pemeriksaan medis.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi MU vs Manchester City: Sengit di Old Trafford

Posted: 07 Mar 2020 08:20 PM PST

Manchester - Manchester United (MU) akan menjamu juara bertahan Manchester City pada pekan ke-29 Premier League 2019-2020, Minggu (8/3/2020) di Old Trafford. Main kandang bukan jaminan MU bakal menang.

Dalam tiga derbi di Premier League terakhir di Old Trafford, MU selalu kalah. Mereka menyerah 1-2 musim 2016-2017, ditekuk 1-2 musim 2017-2018, dan dipukul 0-2 pada musim 2018-2019.

United dan Manchester City sama-sama baru menang di putaran kelima Piala FA. MU mengalahkan tuan rumah Derby County 3-0 melalui satu gol Luke Shaw dan dua gol Odion Ighalo, sedangkan City menang 1-0 di markas Sheffield Wednesday lewat gol tunggal Sergio Aguero.

City tercatat selalu menang dalam lima terakhirnya di semua kompetisi, sejak dijatuhi sanksi larangan main di Eropa oleh UEFA. Pasukan Josep Guardiola berturut-turut mengalahkan West Ham 2-0, Leicester 1-0, Real Madrid 2-1 di Liga Champions, Aston Villa 2-1 di final Carabao Cup, dan Wednesday.

City sudah sangat siap untuk lawatan ke Old Trafford ini. Lalu, bagaimana dengan Red Devils?

Manchester United juga berada dalam form yang cukup apik. Dimotori gelandang baru Bruno Fernandes, tim berjulukan Setan Merah itu memenangi empat dari tujuh laga terakhirnya di semua kompetisi. Mereka juga tak terkalahkan dalam sembilan pertandingan terakhir.

MUbutuh tambahan poin maksimal demi coba menggusur Chelsea dari posisi empat. Namun, untuk itu, anak asuh Ole Gunnar Solskjaer itu harus bisa menghentikan Manchester City yang sedang sangat bersemangat meraih kemenangan. Itu sepertinya tidak bakal mudah.

Statistik Kedua Tim

(AP/Jon Super)
(AP/Jon Super)

Head-to-Head (Premier League)

Pertemuan: 45

MU menang: 22

Gol MU: 66

Imbang: 8

Manchester City menang: 15

Gol City: 61

5 Pertemuan Terakhir

  • 30-01-2020 City 0-1 MU (Carabao Cup)
  • 08-01-2020 MU 1-3 City (Carabao Cup)
  • 08-12-2019 City 1-2 MU (EPL)
  • 25-04-2019 MU 0-2 City (EPL)
  • 11-11-2018 City 3-1 MU (EPL)

5 Pertandingan Terakhir MU

  • 21-02-2020 Club Brugge 1-1 MU (UEL)
  • 23-02-2020 MU 3-0 Watford (EPL)
  • 28-02-2020 MU 5-0 Club Brugge (UEL)
  • 01-03-2020 Everton 1-1 MU (EPL)
  • 06-03-2020 Derby 0-3 MU (Piala FA)

5 Pertandingan Terakhir City

  • 20-02-2020 City 2-0 West Ham (EPL)
  • 23-02-2020 Leicester 0-1 City (EPL)
  • 27-02-2020 Madrid 1-2 City (UCL)
  • 01-03-2020 Villa 1-2 City (Carabao Cup)
  • 05-03-2020 S Wednesday 0-1 City (Piala FA)

Prakiraan Susunan Pemain dan Prediksi Bola.com

Manchester United (3-4-1-2): De Gea; Lindelof, Maguire, Shaw; Wan-Bissaka, Fred, Matic, Williams; Fernandes; Greenwood, Martial.

Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer.

Manchester City (4-3-3): Ederson; Walker, Fernandinho, Laporte, Mendy; De Bruyne, Rodri, Gundogan; Mahrez, Aguero, Bernardo Silva.

Pelatih: Josep Guardiola.

Prediksi Bola.com

Manchester United 50-50 Manchester City

Disadur dari: Bola.net (Gia Yuda Pradana, published 6/3/2020)

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Password WiFi Super Nyeleneh yang Bikin Bingung

Posted: 07 Mar 2020 08:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Koneksi internet saat ini menjadi hal yang sangat penting bagi kehidupan banyak individu. Tak hanya untuk menunjang komunikasi, koneksi internet juga sangat berguna untuk membantu individu mencari informasi yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Bahkan hampir semua tempat umum seperti hotel, pusat perbelanjaan, restoran dan lainnya menyediakan wifi gratis untuk para pengunjung.

Artikel tentang deretan password wifi tak biasa menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang begini kepribadian dilihat dari hari lahirnya.

Sementara artikel terpopuler ketiga tentang potret kakbah yang ditutup sementara untuk disterilisasi.

Betikut Top 3 Citizen6:

1. Deretan Password Wifi Tak Biasa, Rumit tapi Nyeleneh

Ilustrasi wifi (Sumber: Pexels)
Ilustrasi wifi (Sumber: Pexels)

Koneksi internet saat ini menjadi hal yang sangat penting bagi kehidupan banyak individu. Tak hanya untuk menunjang komunikasi, koneksi internet juga sangat berguna untuk membantu individu mencari informasi yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Bahkan hampir semua tempat umum seperti hotel, pusat perbelanjaan, restoran dan lainnya menyediakan wifi gratis untuk para pengunjung.

Selengkapnya...

2. Tak Banyak yang Tahu, Begini Kepribadian Seseorang Dilihat dari Hari Lahirnya

Ilustrasi Kalender (Sumber Foto: cloudfront.net)
Ilustrasi Kalender (Sumber Foto: cloudfront.net)

Selain pengaruh keluarga dan lingkungan, nyatanya ada begitu banyak hal yang bisa mempengaruhi kepribadian seseorang. Salah satu hal yang paling sering dikaitkan dengan kepribadian seseorang ialah zodiak atau bulan kelahiran.

Namun tahukah kalian bahwa kepribadian seseorang juga bisa dilihat dari hari lahir mereka loh. Lantas, apa kalian penasaran? Dikutip dari elitedaily berikut ulasannya.

Selengkapnya...

3. Sempat Jadi Trending, Ini Potret Kakbah yang Ditutup Sementara untuk Disterilisasi

foto: ABDEL GHANI BASIR/AFP
foto: ABDEL GHANI BASIR/AFP

Penyebaran virus Corona Covid-19 membuat pemerintah di sejumlah Negara bertindak cepat mencegah risiko penularan virus tersebut. Tak sedikit yang membatasi kedatangan turis asing ke negaranya.

Hal ini yang juga dilakukan oleh pemerintah Arab Saudi. Salah satunya dengan membuat larangan bagi warga Saudi dan asing mendekati area suci Kakbah dan Masjidil Haram. Ditutupnya Masjidil Haram untuk sementara pun memperlihatkan pemandangan langka.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Link Live Streaming Shopee Liga 1 2020: Arema Vs Persib Siaran Langsung di Indosiar

Posted: 07 Mar 2020 08:15 PM PST

Liputan6.com, Malang - Arema FC akan menjamu Persib Bandung di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang pada pekan kedua Shopee Liga 1 2020, Minggu (8/3/2020) sore WIB. Kedua tim mengejar kemenangan di laga ini.

Di pertandingan Shopee Liga 1 2020 sebelumnya, Arema dan Persib sama-sama mengantongi kemenangan. Arema FC menang 2-0 atas Persikabo pada laga pekan pertama, sedangkan Persib mengalahkan Persela Lamongan 3-0.Arema kini menempati posisi keenam dengan nilai 3, sedangkan Persib berada di urutan keempat.

Pelatih Arema FC Mario Gomez mengatakan bahwa pertandingan nanti merupakan laga penting bagi Arema untuk tetap berada di papan atas klasemen. "Nanti adalah laga perdana di kandang, tentu Arema ingin menang dan mempersembahkan kemenangan itu untuk suporter," kata Gomez.

Sementara pelatih Persib Robert Rene Alberts menilai pada laga perdana lalu, kedua tim sudah bermain bagus dan mengantongi hasil maksimal. Sehingga, pada pekan ini, diharapkan akan tersaji pertarungan yang sengit dan menarik.

"Ini akan menjadi laga menarik, karena pada laga terakhir Arema FC dan Persib Bandung bermain bagus. Kedua tim juga memainkan sepak bola positif," kata dia.

Anda bisa menyaksikan pertandingan Shopee Liga 1 2020 antara Arema FC vs Persib Bandung di Indosiar dan Vidio mulai pukul 15.30 WIB.

 

Link Live Streaming

Anda dapat menyaksikan pertandingan Arema FC vs Persib Bandung di Shopee Liga 1 2020 dengan berlangganan live streaming eksklusif melalui tautan ini....

 

Prakiraan Susunan Pemain

Arema FC (4-4-2): Teguh Amiruddin (kiper); Taufik Hidayat, Matias Malvino, Bagas Adi, Ahmad Alfarizi (belakang); Dendi Santoso, Hendro Siswanto, Oh In-Kyun, Kushedya Yudo (tengah); Jonathan Bauman, Elias Alderete (depan)

Pelatih: Mario Gomez

Persib (4-4-2): Teja Paku Alam (kiper); Ardi Idrus, Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Supardi Nasir (belakang); Esteban Vizcarra, Omid Nazari, Kim Jeffrey Kurniawan, Febri Hariyadi (tengah) Wander Luiz, Geoffrey Castilion (depan).

Pelatih: Robert Alberts

Klasemen Shopee Liga 1 2020

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Cara Memilih HP dengan Kamera Bagus, Tak Melulu Faktor Megapiksel

Posted: 07 Mar 2020 08:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Cara memilih HP dengan kamera bagus perlu dikenali agar tidak salah pilih. Sebagai alat komunikasi yang fungsinya sudah meluas, membeli dan memilih smartphone tentu menjadi perhatian banyak orang. Bagaimana tidak, smartphone yang akan kamu beli nantinya akan digunakan untuk berbagai aktivitas, termasuk untuk memotret momen-momen menarik.

Kebanyakan orang menganggap bahwa semakin tinggi megapiksel pada kamera smartphone, maka semakin bagus pula hasil jepretan gambar kamu. Nyatanya, kamera 20 MP belum tentu bisa mengalahkan kamera 13 MP yang memiliki teknologi canggih.

Cara memilih HP dengan kamera bagus harus memperhatikan fitur yang ditawarkannya. Kamu perlu mempertimbangkan berbagai fitur yang tersedia pada kamera smartphone, karena hal ini akan menentukan kualitas gambar yang dihasilkan nantinya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (8/3/2020) cara memilih hp dengan kamera bagus yang wajib kamu simak.

Fitur Autofokus

Kamera smartphone (techreviewer.co.uk)
Kamera smartphone (techreviewer.co.uk)

Fitur autofokus menjadi salah satu fitur wajib yang harus ada pada smartphone kamu. Hal ini menjadi salah satu hal yang penting sebagai cara memilih HP dengan kamera bagus yang kamu terapkan.

Autofokus merupakan sebuah fitur yang membuat kamera dapat mengunci atau memfokuskan objek yang akan direkam. Tanpa adanya fitur ini, hasil jepretan kamera smartphone kamu bisa jadi buram atau tidak jelas.

Walaupun kamu memiliki smartphone dengan megapiksel kamera yang tinggi, tanpa fitur autofokus ini hasil jepretan kamera kamu tidak akan terlihat bagus dan berkualitas.

Fitur LED Flash

Ilustrasi kamera smartphone
Ilustrasi kamera smartphone

Cara memilih HP dengan kamera bagus lainnya adalah memperhatikan fitur LED flash. Pencahayaan tentunya menjadi salah satu faktor terpenting dalam dunia fotografi. Hal ini dapat menentukan bagus atau tidaknya hasil sebuah jepretan nantinya.

Sebagai cara memilih HP dengan kamera bagus, kamu bisa membeli smartphone dengan 2 LED Flash atau yang biasa dikenal dengan dual-tone flash.

Perhatikan Aperture

Ilustrasi (gadgetreview)
Ilustrasi (gadgetreview)

Aperture merupakan lubang pada kamera yang berfungsi untuk menarik cahaya yang masuk ke dalam lensa kamera. Cara memilih HP dengan kamera yang bagus selanjutnya bisa dengan memperhatikan Aperture ini.

Semakin kecil aperture, maka cahaya yang ditarik akan semakin banyak pula. Hal ini tentu akan menghasilkan gambar yang bagus pula.

Aperture memiliki banyak fungsi pada kamera smartphone, seoerti menambah dimensi foto dengan membuat latar belakang menjadi kabur, hingga dengan aperture yang kecil, kamera smartphone dapat mengambil gambar dengan jelas walaupun minim cahaya.

Fitur HDR

www.yummymummyclub.ca
www.yummymummyclub.ca

Fitur HDR juga perlu kamu perhatikan sebagai cara memilih HP dengan kamera bagus. High Dynamic Range atau yang biasa disingkat HDR ini memiliki kegunaan untuk mengambil gambar dengan jangkauan pencahayaan yang lebih luas dan dinamis dibandingkan foto yang diambil tanpa mengaktifkan HDR.

Mengambil foto dengan mode HDR membuat kamera mengambil beberapa gambar sekaligus dengan paparan cahaya yang berbeda. Setelah itu, kamera akan menggabungkan semua foto menjadi satu, dan mengambil bagian-bagian terbaik di setiap foto yang diambil. Karena itulah, mengambil foto dengan mengaktifkan HDR memerlukan waktu yang sedikit lebih lama.

Fitur Rekaman 4K

Ilustrasi smartphone (iStockphoto)
Ilustrasi smartphone (iStockphoto)

Cara memilih HP dengan kamera bagus selanjutnya adalah dengan memperhatikan fitur rekaman 4K. Tentunya dalam memilih kamera smartphone kamu juga harus mempertimbangkan penggunaannya dalam membuat rekaman video juga.

Memilih kamera dengan fitur rekaman 4K tentu akan membuat rekaman video kamu menjadi semakin jernih.

Itulah beberapa cara memilih HP dengan kamera bagus yang perlu kamu perhatikan. Jangan sampai salah membeli smartphone yang kualitas kameranya tidak sesuai dengan yang kamu inginkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

54 Pasien dalam Pengawasan Virus Corona di Jakarta Dipulangkan

Posted: 07 Mar 2020 08:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 54 Pasien Dalam Pengawasan virus corona atau Covid-19 di Jakarta telah diperbolehkan pulang. Hasil medis menyatakan mereka negatif terjangkit wabah tersebut.

Dikutip dari website corona.jakarta.go.id, Minggu (8/3/2020), jumlah tersebut terbilang naik dibandingkan hari sebelumnya yang menyebut 44 Pasien Dalam Pengawasan dinyatakan sehat. Untuk saat ini, masih ada 44 Pasien Dalam Pengawasan lagi yang menjalani perawatan intensif.

Sementara itu, untuk kategori Orang Dalam Pemantauan atau ODP, sebanyak 262 orang telah selesai melalui pemantauan medis dan dinyatakan bebas virus corona. Masih ada 94 orang lagi yang statusnya ODP.

Kepala Tim siaga COVID-19 DKI Jakarta, Catur Laswanto menyampaikan, ada perbedaan antara pasien kategori pemantauan dan pengawasan terkait penyebaran virus corona.

Untuk pemantauan, pasien tersebut memiliki mengalami gejala seperti flu dan batuk ringan, yang disertai demam. Selain itu, pasien itu memiliki riwayat perjalanan ke negara yang terjangkit virus.

Sedangkan untuk pengawasan, pasien didiagnosa mengalami peradangan bagian paru-paru.

 

4 Pasien Positif Corona

Warga Iran terlihat memakai masker sebagai upaya perlindungan dari Virus Corona yang telah menyebar luas di negara tersebut. (AP/ Vahid Salemi)
Warga Iran terlihat memakai masker sebagai upaya perlindungan dari Virus Corona yang telah menyebar luas di negara tersebut. (AP/ Vahid Salemi)

Sebelumnya, dua orang kembali dinyatakan positif terinfeksi virus Corona. Sehingga jumlah pasien yang positif terinfeksi virus corona menjadi 4 orang.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto mengatakan, dua orang positif corona tersebut kontak langsung dengan pasien positif corona yang sebelumnya.

"Kita dapatkan 2 orang positif corona yang kita sebut kasus 3 dan kasus 4," kata Yuri di Jakarta, Jumat (6/3/2020).

Yuri mengatakan, kedua orang positif corona ini didapatkan setelah tim kesehatan memeriksa seluruh peserta dansa.

Peserta dansa yang diidentifikasi, kata Yuri adalah 80 orang. Namun, tim kesehatan mengerucutkan menjadi 7 orang karena kontak langsung dan memiliki gejala flu sedang dan ringan. Kemudian 7 orang tersebut dimasukkan ke RSPI Sulianti Saroso untuk diobservasi.

"Kita lakukan pemeriksaan, 7 orang ini tidak masuk pada hari bersamaan," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Balik Alasan Andre Rosiade Tak Maju di Pilkada Sumbar

Posted: 07 Mar 2020 08:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Barat Andre Rosiade menyatakan akan segera mengumumkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan diusung dalam Pilkada Sumatera Barat (Sumbar) 2020 pada pekan depan.

"Sepulang reses minggu depan, akan kita umumkan," kata Andre dilansir Antara saat mengunjungi Universitas Dharma Andalas di Padang, Sabtu, 7 Maret 2020. 

Saat ini sejumlah tokoh sudah mendaftarkan diri. Mulai dari Nasrul Abit yang juga Wakil Gubernur Sumbar, Bupati Agam Indra Catri serta anggota DPR RI dan Mulyadi yang juga Ketua Partai Demokrat Sumbar.

Terkait namanya sendiri yang muncul dalam berbagai survei, Andre menegaskan tidak akan berpartisipasi dalam Pilkada 2020. Dia mengaku menuntaskan amanah yang diberikan masyarakat Sumbar.

"Saya ingin fokus bekerja menyelesaikan amanah sebagai anggota DPR RI yang memberikan manfaat kepada masyarakat Sumbar. Saya ingin membalas kepercayaan masyarakat yang memberikan kepercayaan kepada saya," ucap dia.

Politikus Gerindra ini mengaku, DPP Partai telah menawarkan kepada dirinya untuk maju dalam Pemilihan Gubernur Sumatera Barat. Namun, dirinya berhasil meyakinkan partai agar tetap duduk di Senayan.

"Kami punya komitmen untuk menjadi anggota DPR RI saja, dan meminta partai memilih orang yang lebih baik daripada saya untuk diusung maju," katanya. 

 

Jangan Maju karena Perintah Partai

Menurutnya semua tergantung ambisi ingin meraih kekuasaan. Jangan ada tokoh yang beralasan maju sebagai kepala daerah karena perintah partai.

"Saya diperintahkan partai, namun karena janji dengan masyarakat selama lima tahun saya tetap menjadi anggota DPR RI. Semua berpeluang pada ambisi saja," tutur dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Kesiapan Penanganan COVID-19, Menko Muhadjir Kunjungi RSUD Gunung Jati

Posted: 07 Mar 2020 08:01 PM PST

Liputan6.com, Cirebon Mengecek kesiapan penanganan Virus Corona (COVID-19), Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy mengunjungi RSUD Gunung Jati, Cirebon, Jawa Barat. Dalam kunjungannya, Muhadjir melihat ketersediaan fasilitas yang mendukung perawatan pasien yang memiliki riwayat, suspek maupun positif Corona.

Fasilitas yang dimiliki oleh rumah sakit dalam kondisi yang bagus dan memiliki kesiapan faskes yang memadai. Muhadjir menilai, ruang isolasi rumah sakit rujukan utama di Jawa Barat tersebut sudah siap menangani COVID-19.

"Dari hasil kunjungan, saya dapat melihat, secara umum sudah bagus fasilitasnya. Karena tersedia juga ruangan bertekanan negatif yang digunakan untuk isolasi pasien. Ada juga ruang ICU bagi pasien COVID-19," kata Muhadjir saat berkunjung ke RSUD Gunung Jati, Cirebon, kemarin (7/3/2020).

Melalui keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com, ketersediaan alat perlindungan diri (APD) di RSUD Gunung Jati juga mencukupi. Dokter dan tenaga kesehatan dapat melengkapi diri dengan APD tatkala merawat pasien yang suspek dan positif COVID-19.

 

Fasilitas di Ruang Isolasi

Menko PMK Muhadjir Effendy mengunjungi RSUD Gunung Jati, Cirebon, Jawa Barat pada Sabtu (7/3/2020) untuk mengecek kesiapan rumah sakit tersebut menangani COVID-19. (Dok Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan)
Menko PMK Muhadjir Effendy mengunjungi RSUD Gunung Jati, Cirebon, Jawa Barat pada Sabtu (7/3/2020) untuk mengecek kesiapan rumah sakit tersebut menangani COVID-19. (Dok Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan)

Di dalam ruang isolasi RSUD Gunung Jati, dilengkapi sejumlah fasilitas. Sebut saja CCTV untuk memantau pasien, monitor, alat tekanan darah, alat pendeteksi detak nadi, saturasi oksigen, alat respirasi, dan alat pendeteksi suhu.

Jika pasien mengalami sesak napas, sudah tersedia satu unit alat bantu napas (ventilator).

CCTV untuk memantau pasien dari luar ruangan. Selama 24 jam, kami bisa mengawasi dan melihat secara langsung pasien.Seluruh tim medis juga disiapsiagakan.

Sampai saat ini, ada tiga dokter spesialis paru-paru, yang siap memberikan penanganan dan perawatan terhadap pasien suspect atau paisen positif virus corona.

Pernah Rawat Pasien dari Hubei

Menko PMK Muhadjir Effendy mengunjungi RSUD Gunung Jati, Cirebon, Jawa Barat pada Sabtu (7/3/2020) untuk mengecek kesiapan rumah sakit tersebut menangani COVID-19. (Dok Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan)
Menko PMK Muhadjir Effendy mengunjungi RSUD Gunung Jati, Cirebon, Jawa Barat pada Sabtu (7/3/2020) untuk mengecek kesiapan rumah sakit tersebut menangani COVID-19. (Dok Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan)

Muhadjir melanjutkan, RSUD Gunung Jati tidak hanya untuk penanganan COVID-19 di kota dan Kabupaten Cirebon, tapi bertanggung jawab terhadap 5 kabupaten/kota lainnya, seperti Majalengka, Indramayu, dan Kuningan. Artinya, rujukan ke RSUD Gunung Jati datang dari kota/kabupaten tersebut.

Direktur Utama RS Gunung Jati Ismail Jamaludin menyampaikan, ada satu orang pasien warga negara asing (WNA) dari Hubei, Tiongkok yang pernah dirawat di RSUD Gunung Jati. Pada waktu itu, status pasien adalah pasien dalam pengawasan (PDP).

"Pasien telah dilakukan pemeriksaan PCR di laboratorium penyakit infeksi,  puslitbang biomedis TKD Kesehatan di Jakarta. Hasilnya negatif COVID-19. WNA itu sudah dipulangkan. Dia datang ke Cirebon untuk belajar tari topeng," ujar Ismail kepada Muhadjir.

Turut mendampingi kunjungan di antaranya, Bupati Cirebon Imron Rosyadi, Deputi Bidang Peningkatan Kesehatan Kemenko PMK Agus Suprapto, dan Rektor Universitas Muhammadiyah Cirebon Khaerul Wahidin.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Juanda: Waspadai Hujan Disertai Petir pada Siang Hari di Surabaya

Posted: 07 Mar 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memperkirakan, sebagian besar wilayah di Surabaya, Jawa Timur alami hujan hingga malam hari pada Minggu (8/3/2020).

Mengutip laman BMKG Juanda, sebagian besar wilayah di Surabaya akan alami hujan disertai petir pada pukul 13.00 WIB. Kemudian hujan lokal di Surabaya akan terjadi pada pukul 16.00 WIB, berlanjut hingga pukul 19.00 WIB. Cuaca di Surabaya akan berawan pada pukul 22.00 WIB.

Suhu di Surabaya sekitar 24-33 derajat celsius dengan kecepatan angin dari arah barat 30 KM per jam. Kelembapan 65-95 persen.Pada siang hari, cuaca di Surabaya sebagian besar masih berawan. Suhu 31 derajat dengan kelembapan 75 persen. Kecepatan angin 20 KM per jam dari arat barat.

Selain itu, BMKG Juanda juga merilis peringatan dini tiga harian di sejumlah wilayah di Jawa Timur untuk mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang pada 8 Maret 2020.

Waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat di Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Gresik, Pulau Bawean, Jombang, Nganjuk.

Kemudian di Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Magetan, Trenggalek, Kota Kediri, Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi dan Sumenep. Selanjutnya pada malam hari di Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi.

BMKG: Puncak Musim Hujan hingga Maret

ilustrasi hujan. (Pixabay)
ilustrasi hujan. (Pixabay)

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan cuaca ekstrem di Indonesia akan berlangsung hingga Maret 2020.

"Kalau menurut prediksi BMKG untuk wilayah Indonesia terjadinya cuaca ekstrem tidak serempak, silih berganti. Rata-rata puncak musim hujan Februari-Maret, khusus DIY dan Jateng berlangsung pada Januari-Februari," kata Kepala BMKG Dwikora Karnawati di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa 11 Februari 2020.

Selanjutnya, ujar dia, di kisaran April-Mei sudah memasuki musim kemarau, transisinya adalah pancaroba.

"Untuk ancaman bencananya beda lagi, bukan longsor atau banjir tetapi angin puting beliung. Imbauan kami agar ini bisa diwaspadai oleh seluruh pihak," kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Stasiun Klimatologi Kelas 1 Semarang Tuban Wiyoso mengatakan lebih awalnya cuaca ekstrem yang menjangkau Jawa Tengah dibandingkan wilayah lain karena cuaca di Jawa lebih didominasi oleh pengaruh angin monsun.

"Ini terjadi pada kurun waktu Desember-Februari, puncaknya Januari-Februari. Angin monsun sendiri merupakan angin yang bertiup dari Asia ke wilayah Indonesia. Seperti angin darat, yaitu angin laut tetapi skala musiman, ini dipengaruhi oleh posisi matahari," kata dia seperti dikutip dari Antara.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: [KNOCKED OUT] Kisah Akhir Metromini

Posted: 07 Mar 2020 08:00 PM PST

Suasana sepi penumpang di bus Metromini 69. Karya foto ini sedang dipamerkan dalam pameran foto dengan tema
Suasana sepi penumpang di bus Metromini 69. Karya foto ini sedang dipamerkan dalam pameran foto dengan tema "Innovation" di Erasmus Huis. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Suasana sepi penumpang di bus Metromini 69. Karya foto ini sedang dipamerkan dalam pameran foto dengan tema "Innovation" di Erasmus Huis. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Beni (40), sopir Metromini 03 tidur di dalam bus saat menginap di pool. Karya foto ini sedang dipamerkan dalam pameran foto dengan tema
Beni (40), sopir Metromini 03 tidur di dalam bus saat menginap di pool. Karya foto ini sedang dipamerkan dalam pameran foto dengan tema "Innovation" di Erasmus Huis. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Beni (40), sopir Metromini 03 tidur di dalam bus saat menginap di pool. Karya foto ini sedang dipamerkan dalam pameran foto dengan tema "Innovation" di Erasmus Huis. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Potret sopir Metromini, Jon 42 tahun (kiri atas), Pay 57 tahun (kanan atas), Jumadi 60 tahun (kiri bawah), dan Budi Simanjuntak 50 tahun (kanan bawah). Karya foto ini sedang dipamerkan dalam pameran foto dengan tema
Potret sopir Metromini, Jon 42 tahun (kiri atas), Pay 57 tahun (kanan atas), Jumadi 60 tahun (kiri bawah), dan Budi Simanjuntak 50 tahun (kanan bawah). Karya foto ini sedang dipamerkan dalam pameran foto dengan tema "Innovation" di Erasmus Huis. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Potret sopir Metromini, Jon 42 tahun (kiri atas), Pay 57 tahun (kanan atas), Jumadi 60 tahun (kiri bawah), dan Budi Simanjuntak 50 tahun (kanan bawah). Karya foto ini sedang dipamerkan dalam pameran foto dengan tema "Innovation" di Erasmus Huis. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Budi Simanjuntak (50) saat berada di pool Metromini 03. Karya foto ini sedang dipamerkan dalam pameran foto dengan tema
Budi Simanjuntak (50) saat berada di pool Metromini 03. Karya foto ini sedang dipamerkan dalam pameran foto dengan tema "Innovation" di Erasmus Huis. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Budi Simanjuntak (50) saat berada di pool Metromini 03. Karya foto ini sedang dipamerkan dalam pameran foto dengan tema "Innovation" di Erasmus Huis. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Seekor anjing berada di Terminal Pulogadung yang tidak difungsikan akibat digantikan shelter Bus Transjakarta. Karya foto ini sedang dipamerkan dalam pameran foto dengan tema
Seekor anjing berada di Terminal Pulogadung yang tidak difungsikan akibat digantikan shelter Bus Transjakarta. Karya foto ini sedang dipamerkan dalam pameran foto dengan tema "Innovation" di Erasmus Huis. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Seekor anjing berada di Terminal Pulogadung yang tidak difungsikan akibat digantikan shelter Bus Transjakarta. Karya foto ini sedang dipamerkan dalam pameran foto dengan tema "Innovation" di Erasmus Huis. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Kondisi usang kantor pemilik bus Metromini 53. Karya foto ini sedang dipamerkan dalam pameran foto dengan tema
Kondisi usang kantor pemilik bus Metromini 53. Karya foto ini sedang dipamerkan dalam pameran foto dengan tema "Innovation" di Erasmus Huis. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Kondisi usang kantor pemilik bus Metromini 53. Karya foto ini sedang dipamerkan dalam pameran foto dengan tema "Innovation" di Erasmus Huis. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Bangkai bus metromini tertutup tumbuhan liar setelah dikandangkan selama bertahun-tahun (kiri atas, kanan atas, kanan bawah) dan bekas bangku penumpang di pool Metromini 53 (kiri bawah). (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)
Bangkai bus metromini tertutup tumbuhan liar setelah dikandangkan selama bertahun-tahun (kiri atas, kanan atas, kanan bawah) dan bekas bangku penumpang di pool Metromini 53 (kiri bawah). (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Bangkai bus metromini tertutup tumbuhan liar setelah dikandangkan selama bertahun-tahun (kiri atas, kanan atas, kanan bawah) dan bekas bangku penumpang di pool Metromini 53 (kiri bawah). (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Maruli (43) sopir Metromini tidur di dalam bus saat menginap di pool. Karya foto ini sedang dipamerkan dalam pameran foto dengan tema
Maruli (43) sopir Metromini tidur di dalam bus saat menginap di pool. Karya foto ini sedang dipamerkan dalam pameran foto dengan tema "Innovation" di Erasmus Huis. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Maruli (43) sopir Metromini tidur di dalam bus saat menginap di pool. Karya foto ini sedang dipamerkan dalam pameran foto dengan tema "Innovation" di Erasmus Huis. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Sebuah bus Metromini yang tersisa di pool Pulogebang. Karya foto ini sedang dipamerkan dalam pameran foto dengan tema
Sebuah bus Metromini yang tersisa di pool Pulogebang. Karya foto ini sedang dipamerkan dalam pameran foto dengan tema "Innovation" di Erasmus Huis. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Sebuah bus Metromini yang tersisa di pool Pulogebang. Karya foto ini sedang dipamerkan dalam pameran foto dengan tema "Innovation" di Erasmus Huis. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Tarif Internet 5G di Jepang Bikin Penasaran

Posted: 07 Mar 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Operator telekomunikasi SoftBank Corp akan menggelar layanan internet 5G di Jepang. SoftBank jadi operator telko pertama yang merilis paket 5G untuk para pengguna.

Berita ini bikin penasaran para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Sabtu (7/3/2020) kemarin.

Informasi lain yang tak kalah populer datang dari Facebook yang menutup kantor di London. Hal ini dilakukan setelah mengetahui ada karyawan dari Singapura yang mengunjungi kantor itu diketahui positif virus corona.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Jepang Segera Gelar Layanan 5G Pertama, Berapa Tarifnya?

Operator telekomunikasi Jepang SoftBank Corp akhirnya mengumumkan rencana perilisan layanan internet 5G di kampung halamannya sendiri pada 27 Maret 2020.

SoftBank Corp jadi operator telko pertama yang merilis paket internet 5G untuk para end-user.

Mengutip laman Japan Times, Sabtu (7/3/2020), SoftBank membanderol langganan paket internet 5G dengan biaya tambahan 1.000 Yen atau setara Rp 130 ribuan per bulannya. Namun, SoftBank akan menggratiskan biaya tambahan ini selama dua tahun, langsung jika mendaftar sebelum 31 Agustus 2020.

Baca selengkapnya di sini

2. Facebook Tutup Kantor di London Gara-Gara Karyawan Singapura Positif Virus Corona

Seorang karyawan Facebook asal Singapura yang berkunjung ke kantor Facebook di London positif terinfeksi virus corona (penyakit Covid-19).

Hal ini membuat kantor Facebook di jantung Inggris harus ditutup sementara, hingga 9 Maret 2020. Demikian sebagaimana dikutip dari Business Insider, Sabtu (7/3/2020).

Kronologi kejadian bermula ketika karyawan yang tak disebutkan namanya itu mengunjungi kantor Facebook di London antara 24-26 Februari lalu.

Baca selengkapnya di sini

 

3. Samsung Mulai Rilis Pembaruan untuk Kamera Galaxy S20

Lensa kamera belakang Galaxy S20 Ultra. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)
Lensa kamera belakang Galaxy S20 Ultra. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Samsung mulai merilis pembaruan untuk kamera seri Galaxy S20. Pembaruan ini dilaporkan sudah tersedia di Korea Selatan (Korsel) untuk Galaxy S20, Galaxy S20 Plus, dan Galaxy S20 Ultra.

Dilansir Phone Arena, Sabtu (7/3/2020), versi firmware yang dirilis berbeda untuk masing-masing pembaruan. Update ini bertujuan membuat performa kamera ketiga smartphone tersebut menjadi lebih baik.

Para pemilik Galaxy S20 yang sudah memasang pembaruan tersebut mengklaim, performa kamera memang menjadi lebih baik daripada sebelumnya. Misalnya, autofocus dan fokus manual lebih baik.

Baca selengkapnya di sini

(Isk/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Menarik Jelang Manchester United Vs Manchester City

Posted: 07 Mar 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) harus menjamu Manchester City di Old Trafford malam ini WIB dalam pertandingan lanjutan pekan ke-29 Liga Inggris 2019-2020. Laga bertajuk Derby Manchester ini diprediksi berjalan sengit.

MU sekarang menduduki posisi ketujuh klasemen Liga Inggris dengan mengoleksi 42 poin dari 28 pertandingan. Manchester City sendiri menempati peringkat kedua dengan 57 poin dari 27 laga.

Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, mewaspadai motivasi yang diusung Sergio Aguero dan kawan-kawan. Solskjaer juga ingin memaksimalkan semua potensi ketika berlaga di depan publik sendiri.

"City akan merasa percaya diri. Mereka sedang dalam performa yang bagus. Mereka menang di Santiago Bernabeu dan mampu kembali menjuarai Piala Liga Inggris," ujar Solskjaer, seperti dilansir Sky Sports.

Sementara itu, Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, tidak ingin pulang dengan tangan hampa dari lawatan ke Old Trafford. Guardiola menyadari betapa besar keinginan para pemain Setan Merah untuk mengalahkan The Citizens.

"Manchester United harus menang karena mereka harus finis pada posisi empat dan masuk Liga Champions. Sedangkan target kamis sekarang hanya berusaha berkembang dan tetap menduduki peringkat kedua," jelas Guardiola.

Simak 5 fakta menarik jelang duel MU Vs Man City di bawah ini.

5 Fakta Menarik

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola berbincang dengan pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer. (AP/Jon Super)
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola berbincang dengan pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer. (AP/Jon Super)

5 Fakta Menarik

1. Manchester United tidak terkalahkan dalam 4 laga terakhir Liga Inggris (2 menang, 2 imbang)

2. Manchester United cuma menang sekali dalam 8 laga kandang terakhir lawan Manchester City di Liga Inggris (1 menang, 1 imbang, 6 kalah)

3. Manchester City selalu menang dalam 5 laga terakhir di semua kompetisi.

4. Tak ada hasil imbang dalam 7 pertandingan tandang terakhir Manchester City di Liga Inggris (5 menang, 2 kalah)

5. Manchester City selalu menang dan selalu mencetak dua gol dalam 3 laga tandang terakhir melawan MU di Liga Inggris.

Prediksi Starter

Manchester United (3-4-1-2): De Gea; Lindelof, Maguire, Shaw; Wan-Bissaka, Fred, Matic, Williams; Fernandes; Greenwood, Martial.

Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer

Manchester City (4-3-3): Ederson; Walker, Fernandinho, Laporte, Mendy; De Bruyne, Rodri, Gundogan; Mahrez, Aguero, Bernardo Silva.

Pelatih: Josep Pep Guardiola

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Impor Minyak Mentah Pertamina Turun, Ini Buktinya

Posted: 07 Mar 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mendapat penugasan dari negara untuk melakukan impor minyak karena produksi minyak mentah nasional tidak mencukupi kebutuhan, mencatat penurunan impor minyak dalam 5 tahun terakhir.

Mengutip data yang diterima Liputan6.com, Minggu (08/03/2020), impor minyak mentah (crude oil) dari tahun 2015 hingga 2019 turun sebesar 9 persen. Sedangkan impor produk (gasoline, gasoil dan avtur) turun 4 persen.

Secara rinci, impor minyak mentah terus turun secara fluktuatif. Impor minyak mentah naik dari 382 ribu barel per hari pada 2015 menjadi 411 ribu barel per hari pada 2016.

Namun, impor mulai turun secara berkala dari 411 ribu barel per hari pada 2016 menjadi 370 ribu barel per hari pada 2017. Kemudian, angkanya turun lagi menjadi 344 ribu barel per hari pada 2018, 245 ribu barel per hari pada 2019 dan per Januari 2020 kemarin, nilainya menjadi 237 ribu barel per hari.

Untuk impor produk (gasoline, gasoil dan avtur) Pertamina, nilainya per Januari 2020 mencapai angka 298 ribu barel per hari, turun 33 ribu barel dari 331 ribu barel per hari pada 2019 lalu.

 

Produk BBM

Petugas PT. Pertamina (Persero) melintas Refinery Unit (RU) atau kilang VI Balongan di Indramayu, Jawa Barat, (14/1). RU VI Balongan merupakan tumpuan produksi BBM jenis Pertamax Series milik PT. Pertamina (Persero). (Liputan6.com/Helmi Afandi)
Petugas PT. Pertamina (Persero) melintas Refinery Unit (RU) atau kilang VI Balongan di Indramayu, Jawa Barat, (14/1). RU VI Balongan merupakan tumpuan produksi BBM jenis Pertamax Series milik PT. Pertamina (Persero). (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Produk ini termasuk Bahan Bakar Minyak (BBM) Premium, Pertamax, Pertamax Plus, Pertamax Turbo, Solar dan Pertadex.

Adapun untuk impor Liquified Petroleum Gas (LPG), terjadi kenaikan secara berkala. Mulai dari 4,2 MMSCFD pada 2015 menjadi 4,4 MMSCFD pada 2016, lalu 5,5 MMSCFD per 2017 dan 2018 dan menjadi 5,7 MMSCFD per 2019.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Disinggung Soal Cowok Suka Masak, Reaksi Chef Arnold Tak Terduga

Posted: 07 Mar 2020 08:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Selain foto pose polos Tara Basro, keramaian di Twitter pekan ini salah satunya dipersembahkan oleh juru masak ganteng chef Arnold Poernomo.

Salah satu juri ajang Master Chef Indonesia ini bikin heboh jagat maya usai merespons sebuah akun yang membahas soal laki-laki yang suka memasak. Menilik respons chef Arnold Poernomo tampak sewot.

Uniknya, sewot ala chef Arnold Poernomo malah jadi bahan ledekan warganet. Kekocakan bermula ketika sebuah akun mengunggah foto kering kentang dan tempe di dalam panci warna putih dengan latar bebatuan. Unggahan pada Rabu (4/3/2020) itu rupanya mengusik perhatian chef Arnold Poernomo.

Cowok Yang Suka Masak

Chef Arnold Poernomo. (Foto: Instagram @ arnoldpo)
Chef Arnold Poernomo. (Foto: Instagram @ arnoldpo)

"Fess apa yang kamu pikirkan sama Cowok yang suka masak? Aku cowok suka masak tapi suka malu kalo ada yang tau aku suka masak. Trus kalo misal kalian dapet suami yang suka masak, kalian mau dimasakin apa?" tulis sang pengelola akun menyertai foto makanan menggiurkan itu.

Terusik, chef Arnold Poernomo mencuit ulang dengan menambahkan komentar julid. "Ipi ying kimi pikirkin simi ciwik ying siki misik?" tulis chef kelahiran Surabaya, 18 Agustus 1988.

Dasar Lebay

Unggahan chef Arnold. (Foto: Dok. Twitter @ArnoldPoernomo)
Unggahan chef Arnold. (Foto: Dok. Twitter @ArnoldPoernomo)

"Iki ciwi siki misik tipi siki mili kili idi ying tii iki siki misik, tris kili misil kiliin dipit siimi ying siki misik, kiliin mii di misikin ipi?" chef Arnold Poernomo menyambung seraya membubuhkan emotikon wajah sinis.

"Dasar lebay lu tong," timpal Chef Arnold sembari mengunggah foto wajahnya dengan bibir monyong. Cuitan chef Arnold Poernomo menyita perhatian dan disukai lebih dari 3 ribu orang.

Jadi Pelawak Saja

Chef Arnold. (Liputan6.com/IG/@arnoldpo)
Chef Arnold. (Liputan6.com/IG/@arnoldpo)

Respons warganet pun beragam, dari yang serius sampai bercanda. "Chep mending beralih profesi jd pelawak aja wkwkwkwk," cetus seorang warganet.

Beberapa warganet tampak kebingungan dengan maksud chef Arnold Poernomo dan minta bantuan yang lain. Saking guyub warga negara Twitter, ada lo, warganet yang meluangkan waktu untuk menerjemahkan maksud chef Arnold. 

Iki hiris ngiming ipi?

Chef Arnold. (Liputan6.com/IG/@arnoldpo)
Chef Arnold. (Liputan6.com/IG/@arnoldpo)

"Hhmm Mencoba mentranslate. Apa yang kamu pikirkan sama cowok yang suka masak? Aku cowo suka masak tapi suka malu kalo ada yang tau aku suka masak, trus kalo misal kalian dapat suami yang suka masak, kalian mau dimasakin apa? Sa ae lu bambanx," cuit warganet lain, gemas.

Ada pula yang menirukan gaya chef Arnold dengan merespons, "Iki hiris ngiming ipi? Biling wiw giti, hih (Aku harus ngomong apa? Bilang wow gitu, hah? -red.)." Sabar... sabar...! 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Chelsea vs Everton: Murid Bertemu Mantan Guru

Posted: 07 Mar 2020 07:55 PM PST

London - Chelsea bakal menghadapi Everton pada pekan ke-29 Premier League 2019-2020, Minggu (8/3/2020). Frank Lampard akan melawan salah satu mantan pelatihnya, Carlo Ancelotti.

Ancelotti, yang melatih Everton sejak 21 Desember 2019, adalah mantan pelatih Chelsea periode 2009-2011. Waktu itu, Lampard merupakan salah satu pemain andalannya. Selama periode itu, Ancelotti memberi Chelsea titel juara Community Shield 2009, serta FA Cup dan Premier League 2009-2010.

Chelsea baru saja menyingkirkan Liverpool di putaran kelima Piala FA. Chelsea menang 2-0 di Stamford Bridge melalui gol-gol Willian dan Ross Barkley.

Sementara itu, di laga terakhirnya, Everton bermain imbang 1-1 ketika menjamu Manchester United. Everton sejatinya unggul terlebih dahulu melalui gol Dominic Calvert-Lewin, tapi bisa disamakan oleh Bruno Fernandes, dan harus puas dengan satu poin.

Pada pertemuan pertama di Premier League musim ini, pada pekan ke-16, Chelsea takluk 1-3 di kandang Everton. Chelsea mencetak satu gol lewat Mateo Kovacic, sedangkan Everton menang lewat satu gol Richarlison dan dua gol Calvert-Lewin. Waktu itu, Everton masih dilatih Duncan Ferguson.

Kali ini, Lampard dan Chelsea akan meladeni Everton racikan Ancelotti di Stamford Bridge. Lampard tentu ingin membawa timnya meraih hasil terbaik.

Hanya sayang, tekad menang itu sepertinya sulit diwujudkan. Pasalnya, Lampard kehilangan Jorginho yang terkena skorsing, juga beberapa pemain yang cedera.

Statistik Kedua Tim

(Nigel French/PA via AP)
(Nigel French/PA via AP)

Head-to-Head (Premier League)

Pertemuan: 55

Chelsea menang: 25

Gol Chelsea: 86

Imbang: 19

Everton menang: 11

Gol Everton: 58

5 Pertemuan Terakhir

07-12-2019 Everton 3-1 Chelsea (EPL)

17-03-2019 Everton 2-0 Chelsea (EPL)

11-11-2018 Chelsea 0-0 Everton (EPL)

23-12-2017 Everton 0-0 Chelsea (EPL)

26-10-2017 Chelsea 2-1 Everton (EFL Cup)

5 Pertandingan Terakhir Chelsea

18-02-2020 Chelsea 0-2 MU (EPL)

22-02-2020 Chelsea 2-1 Tottenham (EPL)

26-02-2020 Chelsea 0-3 Bayern (UCL)

29-02-2020 Bournemouth 2-2 Chelsea (EPL)

04-03-2020 Chelsea 2-0 Liverpool (Piala FA)

5 Pertandingan Terakhir Everton

22-01-2020 Everton 2-2 Newcastle (EPL)

01-02-2020 Watford 2-3 Everton (EPL)

08-02-2020 Everton 3-1 Palace (EPL)

23-02-2020 Arsenal 3-2 Everton (EPL)

01-03-2020 Everton 1-1 MU (EPL)

Prakiraan Susunan Pemain dan Prediksi Bola.com

(Nigel French/PA via AP)
(Nigel French/PA via AP)

Chelsea (4-3-3): Kepa; Alonso, Rudiger, Zouma, Azpilicueta; Barkley, Gilmour, Mount; Pedro, Giroud, Willian.

Pelatih: Frank Lampard.

Everton (4-4-2): Pickford; Baines, Holgate, Mina, Sidibe; Sigurdsson, Davies, Gomes, Walcott; Calvert-Lewin, Richarlison.

Pelatih: Carlo Ancelotti.

Prediksi Bola.com

Chelsea 55-45 Everton

Disadur dari: Bola.net (Gia Yuda Pradana, published 6/3/2020)

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Virus Corona, Warga Makin Semangat Olahraga di CFD Jakarta

Posted: 07 Mar 2020 07:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah virus corona yang mewabah, tak mempengaruhi ratusan warga berakvitas di sekitar Bundaran Hotel Indonesia Jakarta. Mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB, jalan mulai dari Sudirman hingga Thamrin tetap padat masyarakat bergiat berolahraga di tengah areal car free day (CFD).

Sejumlah warga mengaku tidak takut untuk ber-CFD ria yang notabene ramai masyarakat. Padahal, Gubernur DKI Anies Baswedan sempat meminta agar sementara menjauhi keramaian sebagai cara pencegahan virus corona.

"Justru di CFD saya jadi semangat olahraganya, enggak kepikiran takut virus, kan olahraga biar sehat," kata Yanto, warga Tebet Jakarta Selatan yang tengah bersantai usai bersepeda di areal CFD, Jakarta, Minggu (8/3/2020).

Senada dengan Yanto, Diah Putri, warga kebon kacang, mengatakan olahraga adalah salah satu cara menjaga kebugaran tubuhnya. Dia mengaku baru saja menghabiskan 45 menit untuk lari kecil di sepanjang jalan Thamrin.

"Yang penting kita sehat, fit dengan olahraga, Insya Allah enggak gampang sakit," ujar dia.

Sebelumnya diberitakan, memang tidak ada penutupan sementara terhadap CFD Jakarta sebagai pusat keramaian. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyatakan Hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) akan tetap digelar di kawasan Sudirman-Thamrin meski sedang ada penanganan virus corona di Jakarta.

 

Tangkal Virus dengan Olahraga

Syafrin menambahkan, arahan gubernur yang melarang izin keramaian hanya yang berisifat mengumpulkan massa. Berbeda dengan CFD yang justru mendorong warga olahraga.

"Jadi untuk hari bebas kendaraan bermotor itu esensinya berbeda dengan izin keramaian. CFD itu masyarakat beraktivitas untuk olahraga," kata Syafrin saat dikonfirmasi kamis (5/3/2020).

Dia berharap dengan aktivitas olahraga saat CFD, warga dapat menyadari bahwa pentingnya kebugaran tubuh untuk menangkal datangnya penyakit, termasuk virus.

"Jadi biar masyarakat paham bahwa yang paling penting itu menjaga kesehatan dan kebersihan," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Real Betis Vs Real Madrid: Los Blancos bak Bertemu Batu Kerikil

Posted: 07 Mar 2020 07:45 PM PST

Liputan6.com, Sevilla - Real Madrid akan menghadapi Real Betis di Estadio Benito Villamarin, Sevilla, Minggu (8/3/2020) atau Senin dini hari WIB dalam lanjutan Liga Spanyol. Di atas kertas, Real Madrid yang saat ini berada di papan atas usai mengalahkan Barcelona, pekan lalu, lebih diunggulkan.

Namun, Real Betis seperti batu kerikil untuk Los Blancos, sebutan Real Madrid. Pada pertemuan pertama di Santiago Bernabeu, 3 November 2019, Real Madrid dipaksa bermain imbang tanpa gol melawan Betis.

Jika Los Blancos kembali gagal meraih kemenangan atas Betis, bisa dipastikan Karim Benzeman dan kolega kehilangan status sebagai pemuncak klasemen. Pesaing Real Madrid, Barcelona sudah meraih kemenangan 1-0 atas Real Sociedad yang membuat mereka berada di posisi teratas dengan 58 poin.

"Kami memahami kesulitan yang ada, itu adalah satu pertandingan yang sulit distadion yang sulit. Betis adalah satu tim yang sedang bermain dengan sangat baik. Mereka mendapatkan kesulitan dalam hasil akhir tapi mereka adalah tim yang bagus."

"Nantinya akan menjadi satu pertandingan yang mengandalkan stamina, tapi juga dari level teknik kami akan harus bermain dengan sangat baik," kata pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, seperti dikutip dari situs resmi klub.

 

Tanpa Banyak Pemain Bintang

Para pemain Real Madrid merayakan gol yang dicetak oleh Isco ke gawang Manchester City pada laga liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Rabu(26/2/2020). Manchester City menang dengan skor 2-1. (AP/Manu Fernandez)
Para pemain Real Madrid merayakan gol yang dicetak oleh Isco ke gawang Manchester City pada laga liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Rabu(26/2/2020). Manchester City menang dengan skor 2-1. (AP/Manu Fernandez)

Laga ini menjadi makin sulit untuk Real Madrid karena banyak pemain bintang mereka yang mengalami cedera. Los Blancos kehilangan Dani Carvajal, Isco, Nacho, Marco Asensio, dan Eden Hazard yang mengalami cedera.

"Kami memiliki satu pertandingan yang sangat penting, sama seperti mereka. Dan yang akan mereka coba lakukan adalah memainkan satu pertandingan yang bagus, sama seperti kami."

"Kami akan mempersiapkannya sebaik mungkin. Di pertandingan nanti, kami akan memberikan segalanya di atas lapangan," ucap Zidane, pelatih Real Madrid berusia 47 tahun itu menegaskan.

Klasemen Liga Spanyol

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPIP Usulkan Finalis Puteri Indonesia Diberi Pembekalan Pancasila

Posted: 07 Mar 2020 07:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Benny Susetyo menyarankan agar para Finalis Puteri Indonesia diberikan pembekalan terkait wawasan kebangsaan, khususnya nilai-nilai Pancasila.

Hal ini disampaikannya menanggapi kejadian Finalis Puteri Indonesia 2020 Kalista Iskandar yang tidak bisa menjawab pertanyaan tentang isi Pancasila.

"Ini penting dalam rangka mempersiapkan dan membangun karakter kebangsaan mereka yang ikut dalam ajang Puteri Indonesia," jelas Benny dalam pernyataan tertulis, Minggu (8/3/2020).

Menurut dia, membangun karakter Pancasila bagi setiap insan warga bangsa Indonesia merupakan hal yang sangat penting. Benny menilai kejadian Kalista tersebut membuka mata para pemangku kepentingan untuk kembali mengajarkan nilai-nilai Pancasila ke publik tanah air.

Untuk itu, dia menegaskan pentingnya melakukan pemetaan terkait pembinaan ideologi bagi setiap elemen bangsa,

"Pemetaan penting untuk dilakukan, setelah dilakukan pemetaan kita bisa kembali mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai Pancasila bagi seluruh elemen bangsa Indonesia," tuturnya.

Benny mengakui Pascareformasi 1998, terjadi reduksi pemahaman terhadap ideologi Pancasila. Dia mengatakan tidak ada lagi institusi yang mengajarkan serta menanamkan pemahaman terhadap Pancasila kepada elemen bangsa.

"Oleh karena itu saya katakan sekali lagi penting untuk mengajarkan Pancasila di tiap jenjang pendidikan dan bagi seluruh elemen bangsa," kata Benny.

Dia pun berharap agar kejadian tersebut tidak terulang kembali. Sebab, Puteri Indonesia akan mewakili Indonesia di ajang internasional sehingga mereka dituntut untuk memiliki pemahaman mengenai wawasan kebangsaan.

"Khususnya Pancasila dan memiliki karakter kebangsaan Indonesia yang kuat," ucapnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

[vidio:(video) Wawancara Khusus Romo Benny 141110 2]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nanas Jadi Tren, Mentan: Kesempatan Indonesia Eskpor ke Eropa, Jerman, dan Itali

Posted: 07 Mar 2020 07:41 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pupuk Indonesia dan Pupuk Kujang milik BUMN saat ini memproduksi pupuk subsidi. Terkait hal tersebut, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo pun mendorong produsen, untuk memproduksi jenis pupuk lain, guna mengembangkan komoditas untuk pemenuhan kebutuhan pasar ekspor. 

"Saya pikirkan kepada seluruh industri pupuk yang ada agar tidak hanya mempersiapkan pupuk-pupuk bersubsidi tetapi mempersiapkan komoditi-komoditi tertentu, untuk didorong mempergunakan pupuk yang luar biasa, agar besok ada ekspor yang dilakukan," ujar Syarul saat menghadiri Kujang Fest 2020 di Kawasan PT Pupuk Kujang, Karawang, Sabtu (7/3).

Syahrul menekankan pembangunan sektor pertanian hingga ke depan harus diperkuat, sebab bicara pertanian adalah tentang kehidupan. Bangsa Indonesia yang memiliki penduduk sebanyak 267 juta jiwa membutuhkan bahan pangan.

"Oleh karena itu semua harus berkonsentrasi mendorong pertanian kita, semua harus berkonsentrasi mempersiapkan pertanian termasuk pangan mereka (rakyat Indonesia)," ujarnya.

Kesempatan Ekspor Besar

Lebih lanjut Syahrul menegaskan, Kementerian Pertanian dan berbagai stakeholder tidak hanya fokus menyediakan beras untuk 267 juta jiwa. Namun demikian, memprioritas juga pengembangan komoditas pangan lain yang menjanjikan untuk diekspor, sehingga sektor pertanian semakin kuat mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional.

"Kita punya jagung kurang apa di semua tempat bisa di tanam. Punya manggis yang tidak ada di negara lain, punya nanas dan jeruk yang rasanya memang rasa tropis berbeda dari negara-negara sub-tropis, dan itu semua dibutuhkan dunia. Belum lagi kita bicara kopi, cokelat, dan erbagai komuditas sayur dan lainnya," jelas Syahrul.

"Nanas itu menjadi tren sekarang. Setelah adanya virus Corona di China, suplainya kurang maka ini kesempatan untuk Indonesia bisa masuk ke Eropa, Jerman, dan Itali," pintanya.

Untuk komoditas pangan Indonesia mengambil bagian dalam pasar ekspor tersebut, Syahrul optimis mampu mewujudkannya. Pupuk Kujang turut berkontribusi menghadirkan pertanian yang semakin siap ke depannya.

"Saya langsung percaya diri melihat karena katakanlah nanasnya menjadi sangat berat sekali, paprikanya luar biasa dan saya tanya berapa per ton, per hektar, jawabannya antara 22 sampai 25 ton. Harganya di atas sekian ratus ribu. Ini luar biasa," ujarnya.

Penuhi Kebutuhan Nasional

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat menghadiri acara Kujang Fest 2020 di Kawasan PT Pupuk Kujang, Karawang, Sabtu (7/3).
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat menghadiri acara Kujang Fest 2020 di Kawasan PT Pupuk Kujang, Karawang, Sabtu (7/3).

Oleh karena, Syahrul optimis Indonesia mampu memenuhi kebutuhan dunia dari aspek pertanian. Peranan industri pupuk khususnya Pupuk Indonesia dan Pupuk Kujang lanjutnya, sangat besar dalam mewujudkan kedaulatan pangan, sehingga jangan membiarkan rakyat sendiri.

"Kapan lagi kita perbaiki negeri ini memberikan dukungan kepada petani kalau tidak dari sekarang. Agar mereka selain memenuhi kebutuhan nasional yang memang dibutuhkan menjadi makanan dan ketersediaan lain, kita memang harus ekspor. Kenapa? karena ekspor itu (hasilnya) menjanjikan berkali-kali lipat," tegasnya.

Terakhir, Syahrul menegaskan sektor pertanian adalah solusi kehidupan yang pasti. Kemajuan suatu daerah dari tingkat desa hingga kabupaten dapat diwujudkan dengan memprioritaskan program pertanian.

"Kalau Bupati mau melihat rakyat Karawang maju perhatikan pertanian dengan baik. Kalau Pak Camat mau melihat kecamatannya maju dorong saja pertanian lebih baik. Kalau kepala desa semua mau melihat rakyatnya hidupnya lebih baik terpenuhi kesejahteraanya dorong pertaniannya. Kalau mau negara ini hebat maka pertanian adalah salah satu jawabannya," tandasnya.

Akses Tani Lebih Mudah

Sementara itu, Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Sarwo Edhy menambahkan, walau didorong untuk ekspor, ketersediaan pupuk dalam negeri dipastikan tercukupi. Baik itu pupuk bersubsidi ataupun non subsidi.

"Ketersediaan pupuk dalam negeri aman. Semua kebutuhan petani dalam negeri yang masuk dalam e-RDKK akan dipenuhi karena pengalokasian pupuk ini sifatnya elastis," ujar Sarwo Edhy.

Adapun upaya untuk mengamankan penyaluran pupuk bersubsidi agar tepat sasaran, Sarwo Edhy mengimbau petani agar bergabung dengan kelompok tani, sehingga akses untuk memperoleh pupuk subsidi bisa lebih mudah.

Sebab, pupuk subsidi hanya dapat diakses oleh petani yang tergabung dalam kelompok tani dan memiliki Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) sebagaimana yang diatur oleh pemerintah.

"RDKK berfungsi untuk menentukan alokasi pupuk subsidi yang didasarkan pada pengajuan. Nanti semuanya akan disimulasikan dengan alokasi pupuk bersubsidi yang tahun ini sebesar 7,9 juta ton," jelas Sarwo Edhy.

Sementara itu, upaya antisipasi kebutuhan petani yang tidak tercantum dalam RDKK dan tidak memperoleh alokasi pupuk bersubsidi, Kementan telah menerbitkan Surat Edaran yang mewajibkan anggota holding Pupuk Indonesia untuk menyediakan pupuk nonsubsidi di kios resmi, termasuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

"Saat ini serapan pupuk masih 21 persen, itu masih sedikit. Idealnya sampai Maret ini harus 30 persen. Dengan target penyaluran pupuk subsidi sebesar 2.293.833 juta ton hingga Maret ini, kami prioritaskan untuk kebutuhan sektor tanaman pangan," katanya. 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Foto Editan Lisa Blackpink Traveling Bareng Fans, Bikin Tepuk Jidat

Posted: 07 Mar 2020 07:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang tidak mengenal Lisa Blackpink? Anggota grup vokal Blackpink asal Korea Selatan ini terkenal dengan kecantikan dan bakat ngerapnya. Berkat paras cantiknya, pemilik nama lengkap Lalisa Manoban ini banyak dikagumi penggemarnya.

Bahkan para penggemarnya sampai mengedit foto agar terlihat bersama Lisa Blackpink. Seperti unggahan beberapa netizen yang memperlihatkan sedang traveling bareng penyanyi berusia 22 tahun tersebut. Editan foto traveling bareng Lisa ini sukses mengundang gelak tawa.

Mulai dari menyamakan ekspresi wajah dengan Lisa hingga ada yang memeluk dari belakang, adalah bukti kreativitas netizen Tanah Air. Saking kocaknya, foto editan traveling bareng Lisa Blackpink ini viral di media sosial.

Penasaran kan bagaimana foto editan netizen saat traveling bareng Lisa Blackpink? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, editan foto traveling bareng Lisa Blackpink, Minggu (8/3/2020).

1. Menikmati malam bersama Lisa Blackpink.

5 Foto Editan Lisa Blackpink Traveling Bareng Fans, Bikin Tepuk Jidat (sumber: Twitter.com/kuswan_)
5 Foto Editan Lisa Blackpink Traveling Bareng Fans, Bikin Tepuk Jidat (sumber: Twitter.com/kuswan_)

2. Haters bilang, foto ini pasti editan.

5 Foto Editan Lisa Blackpink Traveling Bareng Fans, Bikin Tepuk Jidat (sumber: Twitter.com/golilaunyu)
5 Foto Editan Lisa Blackpink Traveling Bareng Fans, Bikin Tepuk Jidat (sumber: Twitter.com/golilaunyu)

3. Duh, sampai diedit bermesraan di pantai coba.

5 Foto Editan Lisa Blackpink Traveling Bareng Fans, Bikin Tepuk Jidat (sumber: Instagram.com/srdesignart)
5 Foto Editan Lisa Blackpink Traveling Bareng Fans, Bikin Tepuk Jidat (sumber: Instagram.com/srdesignart)

4. Mau pamer gaya fashion ya enggak bareng Lisa Blackpink juga kali.

5 Foto Editan Lisa Blackpink Traveling Bareng Fans, Bikin Tepuk Jidat (sumber: Twitter.com/butirangolden)
5 Foto Editan Lisa Blackpink Traveling Bareng Fans, Bikin Tepuk Jidat (sumber: Twitter.com/butirangolden)

5. Astaga, sampai meluk-meluk. Halu maksimal banget sih.

5 Foto Editan Lisa Blackpink Traveling Bareng Fans, Bikin Tepuk Jidat (sumber: Twitter.com/mbaharogan)
5 Foto Editan Lisa Blackpink Traveling Bareng Fans, Bikin Tepuk Jidat (sumber: Twitter.com/mbaharogan)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: