Jumat, 27 Maret 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Cara Bikin Hand Sanitizer Versi WHO di Tengah Pandemi Corona COVID-19

Posted: 27 Mar 2020 11:35 PM PDT

Jakarta - Tindakan preventif menjadi opsi bagus bagi masyarakat Indonesia di tengah pandemi virus Corona penyebab COVID-19. Satu di antara langkah tersebut adalah disiplin dalam menggunakan hand sanitizer. Namun, tak mudah mendapatkan barang tersebut sekarang.

Oleh karena itu, pilihan bagi pencegahan virus Corona penyebab COVID-19 tersebut adalah membuat secara mandiri. Hand sanitizer mampu membersihkan dan mengurangi kuman yang ada di tangan.

Namun, hand sanitizer atau cairan pembersih tangan ini sebaiknya hanya digunakan saat dalam kondisi terbatas, seperti saat kesulitan menemukan air bersih. Selain itu, perlu diingat, agar selalu membeli produk hand sanitizer di pasaran yang telah terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Sebagai cara mengatasi kelangkaan hand sanitizer seiring tingginya permintaan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mempublikasi cara membuat hand sanitizer yang mudah dilakukan. Dilansir dari laman CDC, hand sanitizer harus mengandung setidaknya 60 persen alkohol untuk bekerja secara efektif. 

Ada dua formula yang diberikan oleh WHO, yakni menggunakan bahan gliserol dan etanol. Bahan gliserol digunakan sebagai humektan (menjaga kelembaban) kulit. Kemudian dicampur dengan hidrogen peroksida yang mampu mengatasi bakteri yang terkontaminasi.

Selain gliserol, WHO juga menyarankan penggunaan etanol. Sebagai catatan, perlu diperhatikan cara membuat hand sanitizer, karena menggunakan bahan kimia.

Mengacu pada proses pembuatan versi WHO, Anda harus menunggu sekitar 72 jam hingga hand sanitizer buatan sendiri itu siap dipakai. Bola.com telah merangkum dari WHO, cara membuat hand sanitizer versi Badan Kesehatan Dunia tersebut untuk mencegah penyebaran COVID-19:

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Bahan-Bahan

Digunakan untuk membuat 10 Liter Hand Sanitizer

Formula 1

- Etanol 96 persen sekitar 8.333 ml

- Hidrogen peroksida 3 persen sekitar 417 ml

- Gliserol 98 persen sekitar 145 ml

- Air suling (distilasi) atau air matang yang sudah dingin

 

Formula 2

- Isopopil alkhol 99,8 persen sekitar 7,515 ml

- Hidrogen peroksida 3 persen sekitar 417 ml

- Gliserol 98 persen sekitar 145 ml

- Air suling (distilasi) atau air matang yang sudah dingin

Alat-Alat

(Shutterstock)
(Shutterstock)

Alat-alat yang Diperlukan

- Gelas atau botol palstik berukuran 10 liter dengan sumbat ulir

- Jerigen plastik berukuran 50 liter polythylene, yang tembus pandang untuk melihat tingkat cairannya

- Tangki stainless steel dengan kapasitas 80-100 liter

- Sodet kayu, plastik, atau logam untuk mengaduk adonan

- Tabung pengukur

- Gelas takar, corong plastik atau logam

- Botol plastik dengan tutup anti bocor berukuran 100 ml

- Botol kaca atau plastik berukuran 500 ml dengan tutup sekrup

- Alkohol meter, skala suhu di bagian bawah dan konsentrasi etanol (presentase v/v) di bagian atas 

Cara Pembuatan

(Helmi Fitriansyah)
(Helmi Fitriansyah)

Cara membuat hand sanitizer sesuai standar dari WHO:

- Siapkan 10 botol kaca atau plastik berukuran 10 liter dengan tutup sekrup.

- Pilih formula yang ingin dibuat sesuai takaran ke dalam jerigen.

- Tambahkan hidrogen peroksida ke dalam jerigen.

- Tambahkan gliserol ke dalam jerigen. Gliserol memiliki sifat yang kental dan lengket pada gelas ukur.

- Bersihkan gelas ukur dengan air distilasi atau air matang.

- Tuangkan ke dalam jerigen sekitar 10 liter, dan tambahkan 1 liter air distilasi.

- Aduk hingga tercampur rata.

- Terakhir, segera bagi ke botol plastik berukuran 500 atau 100 ml. Simpan hingga 72 jam sebelum digunakan.

Dengan telah mengetahui cara alternatif versi WHO, Anda bisa terapkan di rumah di saat kesulitan mendapatkan kondisi hand sanitizer atau mengalami kenaikan harga.

Sekali lagi ditegaskan, hand sanitizer hanya sebagai alternatif pengganti jika sulit menemukan air dan sabun untuk membersihkan tangan.

Penggunaan hand sanitizer dalam jangka panjang akan membuat kulit Anda mengalami gangguan kesehatan, seperti kulit kering dan sensitif. Hand sanitizer memiliki berbagai kandungan bahan kimia yang berisiko menyebabkan gangguan pada fungsi otot kerangka dan jantung manusia.

Alkohol juga dipercaya mampu meningkatkan resisten bakteri. Maka dari itu, penggunaan hand sanitizer lebih baik digunakan ketika sulit mencari air dan sabun.

Sumber: WHO, CDC, Popsci

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persiapan Akomodasi Jemaah Haji 2020 di Makkah Hampir Final

Posted: 27 Mar 2020 11:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali menyebut, petugas penyiapan layanan jemaah haji Indonesia di Arab Saudi masih terus bekerja. Mereka terdiri dari tiga tim, yaitu akomodasi, konsumsi, dan transportasi. Mereka berangkat ke Arab Saudi secara bertahap sejak pertengahan Februari.

Endang Jumali mengatakan, persiapan layanan akomodasi di Makkah bahkan sudah hampir final.

"Akomodasi Mekkah penyiapannya sudah hampir final. Sampai saat ini sudah ada deal atau kesepakatan harga untuk 204.755 orang atau sekitar 97.75% dari total kebutuhan," ujar Endang Jumali dari Jeddah melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (28/03/2020).

"Adapun untuk Madinah, sudah ada deal harga untuk 21.015 jemaah atau baru sekitar 34% dari target," sambungnya.

Sementara untuk konsumsi jemaah haji, tim penyedia layanan kata Endang sudah menyelesaikan proses verifikasi dokumen dan verifikasi faktual atau lapangan. Selanjutnya adalah negosiasi harga dengan pendaftar yang lolos verifikasi.

"Sekarang tim sudah deal harga dengan 25 perusahaan konsumsi di Makkah," jelasnya

Sedangkan untuk penyediaan layanan konsumsi jemaah haji di Madinah dan Bandara, kata Endang saat ini belum masuk tahap negosiasi harga.

Belum ada pembayaran

Umat muslim berdoa ketika mereka mengelilingi Kakbah di Masjid al-Haram menjelang puncak pelaksanaan ibadah haji di kota suci Makkah, Arab Saudi pada Senin (5/8/2019). Ibadah haji menjadi pertemuan tahunan umat manusia terbesar di dunia.  (AP Photo/Amr Nabil)
Umat muslim berdoa ketika mereka mengelilingi Kakbah di Masjid al-Haram menjelang puncak pelaksanaan ibadah haji di kota suci Makkah, Arab Saudi pada Senin (5/8/2019). Ibadah haji menjadi pertemuan tahunan umat manusia terbesar di dunia. (AP Photo/Amr Nabil)

Endang juga menyebutkan penyediaan layanan akomodasi dan konsumsi ditargetkan selesai pada minggu kedua bulan April. Adapun untuk layanan transportasi, saat ini baru menyelesaikan tahapan penilaian serta verifikasi dokumen dan lapangan. Prosesnya, ditargetkan selesai pada akhir April 2020.

Endang menambahkan, saat ini proses pengadaan layanan akomodasi dan konsumsi masih terfokus di Makkah. Tim di Makkah belum bisa ke Madinah seiring adanya pengetatan aturan dan pemberlakuan jam malam di Arab Saudi. Sementara proses pengadaan transportasi berlangsung di Jeddah.

"Waktu efektif tim penyedia layanan di Saudi saat ini hanya pagi hingga jam 13.00," tutur Endang.

Endang memastikan, proses pengadaan akan berhenti sampai pada tahapan berita acara kesepakatan, belum sampai proses kontrak dan pembayaran uang muka. Kontrak dan pembayaran uang muka akan dilakukan setelah sistem e-Hajj dibuka kembali.

"Belum ada pembayaran, baik untuk layanan akomodasi, konsumsi, maupun transportasi," pungkasnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PM Inggris Positif Corona COVID-19, Istana Buka Suara tentang Kesehatan Ratu Elizabeth II

Posted: 27 Mar 2020 11:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Istana Buckingham memberi informasi terbaru soal kondisi kesehatan Ratu Elizabeth II setelah Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson dinyatakan positif corona COVID-19, Jumat, 27 Maret 2020.

Mengutip laman Hello, Sabtu (28/3/2020), juru bicara istana mengatakan bahwa Sang Ratu tetap berada dalam kondisi kesehatan yang baik. Beliau kedapatan terakhir bertemu dengan Johnson pada 11 Maret 2020.

Lewat kicauan di akun Twitter-nya, beberapa waktu lalu, PM Inggris itu mengungkap bahwa ia punya gejala ringan dan tengah melakukan isolasi mandiri. Lelaki 55 tahun tersebut menambahkan, ia akan bekerja dari rumah demi meredam penyebaran corona COVID-19.

Ratu Elizabeth II sendiri dilaporkan telah meninggalkan London pada 19 Maret 2020 untuk memulai liburan paskah lebih awal di Windsor Castle sebagai tindakan 'pencegahan bijaksana'.

Baru-baru ini, keluarga kerajaan merilis rekaman pegawai Ratu Elizabeth II di Windsor Castle menunjukkan dukungan mereka bagi para petugas medis dengan cara bertepuk tangan dan memainkan musik pada Kamis malam, 26 Maret 2020.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Pangeran Charles Positif Corona

Pangeran Charles dan Ratu Elizabeth II (Yui Mok/PA via AP, File)
Pangeran Charles dan Ratu Elizabeth II (Yui Mok/PA via AP, File)

Putra Ratu Elizabeth II, Pangeran Charles, telah dikonfirmasi positif corona COVID-19 lewat keterangan resmi yang diberikan Istana Buckingham pada Rabu, 25 Maret 2020. Lelaki 77 tahun ini tengah melakukan isolasi mandiri di kediaman di wilayah Skotlandia dengan Camilla dengan hasil tes negatif corona COVID-19.

Dilaporkan pada Kamis, 26 Maret 2020, ayah Pangeran Harry dan Pangeran William ini tengah bekerja di meja kerjanya untuk kemudian merilis video ia dan Camilla bertepuk tangan dari ruangan terpisah sebagai dukungan bagi para tenaga medis.

Setelah memberitahu kondisi Pangeran Charles, Istana Buckingham juga sempat membuat pernyataan serupa tentang kondisi kesehatan Ratu Elizabeth II. "Yang Mulia terakhir bertemu Pangeran Charles pada Kamis pagi, 12 Maret 2020," begitu bunyi penggalan keterangan resmi istana.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rekomendasi Pakar Hukum Tata Negara UMI Makassar Terkait Kondisi Darurat Corona 

Posted: 27 Mar 2020 11:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pakar Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar Fahri Bachmid meminta Presiden Joko Widodo mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) terkait pandemi virus corona covid-19. Dia menilai Perppu sangat mendesak untuk mengatasi wabah ini.

"Saatnya Presiden mempertimbangkan opsi state of emergency sesuai prinsip necessity. Perppu itu untuk situasi darurat karena virus corona ini," kata Fahri dalam keterangan tertulisnya, Jumat (27/3/2020).

Menurut Fahri, materi muatan Perpu yang dianggap mendesak nanti cakupannya sangat holistik serta teknis, baik pada lapangan penanganan Covid-19, mau pun pada aspek ekonomi, fiskal, serta ketatanegaraan. Itu semua harus diatur secara cermat dan sistemik seperti pengaturan harmonisasi UU No. 4/1984 tentang wabah penyakit menular dan UU No. 6 Tahun 2018 Tentang Kekarantinaan Kesehatan. Hal ini penting agar pencegahan penanganan Covid-19 dapat berjalan sistematis.

"Hal yang perlu diatur dalam soal ini termasuk masih belum adanya peraturan pelaksana (PP) terkait implementasi UU Kekarantinaan Kesehatan, seperti aturan memaksa serta sanksi social distancing dan lain-lain, untuk pengaturan sanksi social distancing agar mempunyai daya memaksa, maka idealnya diatur dalam UU," ujar Fahri.

Fahri mengatakan, pada aspek ketatanegaraan jika dalam keadaan darurat karena covid-19 Perppu tersebut juga nantinya untuk mengatur penundaan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 yang akan dilaksanakan pada 23 September 2020.

"Karena hal tersebut tidak cukup diatur dengan dasar hukum berupa Keputusan KPU atau semacam edaran. Ini membutuhkan produk hukum setingkat UU," tutur Fahri.

 

Cakupan Perppu Corona

Pakar Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar Fahri Bachmid
Pakar Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar Fahri Bachmid

Fahri menambahkan, Perppu tersebut juga sebagai pengaturan tentang merombak postur APBN. Menurut dia, hal ini mendesak dilakukan untuk menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan nasional saat ini, dengan prioritas untuk mengarahkan seluruh sumber daya nasional yang ada untuk mengatasi Covid-19, termasuk mengalokasikan anggaran negara yang lebih besar.

"Hal ini penting mengingat jangan sampai DPR tidak dapat melaksanakan tugas konstitusional secara normal karena tidak bisa malakukan rapat serta sidang paripurna secara normal," jelasnya.

Materi Perppu, kata Fahri, juga memuat pengaturan tentang mengamankan ketersediaan logistik obat, desinfektan, handsanitizer, serta alat-alat kesehatan lainya, menjamin ketersediaan tenaga medis, volunter, memberikan sanksi hukum bagi semua pihak baik perorangan maupun badan hukum yang secara sengaja mencegah, merintangi ataupun menggagalkan upaya penanggulangan penyebaran Covid-19.

"Perppu juga mengatur tentang pemberian sanksi hukum yang tegas kepada setiap orang/badan hukum yang secara sengaja menimbun, menguasai alat-alat kesehatan, serta mengatur tentang ketersediaan distribusi dan subsidi bahan pokok dari kelangkaan yang disebabkan oleh panic buying," papar Fahri.

Begitu juga dengan pengaturan mengenai jaminan keleluasaan pemerintah pusat dan daerah untuk percepatan pengadaan barang dan jasa dalam penanganan wabah Covid-19. Maka karena kondisi darurat, Fahri Bachmid menjelaskan bahwa kaidah pengadaan barang dan jasa untuk kepentingan penanganan Covid-19 terlepas dari instrumen hukum yang diatur dalam Peraturan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) No. 13 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa.

Secara normatif mengatur bahwa dalam kondisi tertentu bisa dilakukan dengan penunjukan langsung. Menurut dia, agar lebih protektif hal itu dapat diperintahkan lewat Perpu.

Fahri menjelaskan, pengaturan mengenai pelibatan TNI/Polri dalam mengatasi keadaan tertentu untuk menanggulangi Covid-19 dengan menyelaraskan UU RI No. 34 Tahun 2004 Tentang Tentara Nasional Indonesia, dan UU RI No. 2 Tahun 2002 Tentang POLRI juga perlu diatur dalam Perrpu.

"Hal ini penting untuk mengatur sejauh mana peran TNI/Polri sebagai organ negara strategis dalam mengatasi pendemi covid-19 ini," ungkapnya.

Sejauh ini penularan Covid-19 sudah terjadi di 28 provinsi di Indonesia. Dampak wabah virus corona ini cukup luas, terutama dalam sektor perekonomian nasional. Menurut Fahri Bachmid, hal ini sangat riskan dan mengkhawatirkan, sehingga perlu dicarikan solusinya.

"Terutama untuk mengatasi serta menyelesaikan berbagai hambatan teknis serta memastikan bahwa lembaga-lembaga negara konstitusional tetap bekerja dan berjalan sebagaimana mestinya," kata dia.

Untuk itu menurut Fahri, Presiden Jokoi segera menetapkan status keadaan bahaya atau darurat nasional. Memang ada konsekuensi secara hukum tata negara jika presiden sebagai kepala negara mengdeclare keadaan darurat nasional. Ini, menurut Fahri, memungkinkan pemerintah untuk mengubah peraturan tertentu agar diorientasikan untuk mengatasi pandemi.

"Secara derivatif perlu disediakan fasilitas hukum yang memadai untuk menerobos dan bekerja secara efektif dalam keadaan serta situasi genting seperti saat ini," ujarnya.

Menurut dia, sudah saatnya presiden mempertimbangkan opsi keadaan bahaya sesuai dengan doktrin proportional necessity dan self-preservation. Dalam ajaran hukum tata negara, ada beberapa ancaman variasi ancaman keadaan yang berhabahaya. Seperti bencana alam (natural disaster) atau kecelakaan yang dasyat atau semacam wabah penyakit atau pendemi yang menimbulkan kepanikan, ketegangan dan mengakibatkan mesin pemerintahan konstitusional yang tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

"Keadaan seperti ini tercakup dalam pengertian keadaan darurat sipil yang dapat disebut sebagai walfare emergencies. Dengan demikian maka presiden dapat menggunakan situasi materil seperti itu untuk menggunakan kewenangan konstitusional eksklusivnya dalam mengatasi keadaan objektif nasional saat ini," papar dia.

Menurut Fahri, prinsip necessity atau prinsip adanya keperluan yaitu mengakui hak setiap negara yang berdaulat untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi dan mempertahankan integritas negara. Untuk kepentingan itu, menurut Fahri, maka hakikatnya adalah keadaan bahaya.

 

Kondisi Genting

Dengan begitu, sistem norma yang dipakai adalah dalam keadaan bahaya atau darurat maka norma hukum biasa tidak dapat diterapkan untuk mengatasi keadaan yang tidak normal state of exeption, sehingga diperlukan norma hukum khusus agar kekuasaan negara dapat berjalan sebagaimana mestinya untuk mengatasi Covid-19 ini.

"Maka materinya dimaksudkan agar dapat mengatasi keadaan tidak normal itu, bersifat sementara sampai keadaan darurat itu berahir, dituangkan dalam bentuk hukum yang tersendiri dan spesifik," tuturnya.

Ia menyebutkan, selama ini instrumen hukum normal digunakan untuk mengatasi covid-19. Seperti : UU RI No. 24 Tahun 2007 Tentang Penangulangan Bencana; UU RI No. 6 Tahun 2018 Tentang Kekarantinaan Kesehatan, UU RI No. 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan, UU RI No. 4 Tahun 1984 Tentang Wabah Penyakit dan Menular, PP RI No. 40 Tahun 1991 Tentang Penanggulangan Wabah Penyakit Menular dan Permenkes RI No. 82 Tahun 2014 Tentang Penanggulangan Penyakit Menular dan lain-lain.

Menurut Fahri, secara normal pijakan hukum melalui instrumen perundang-undangan yang ada masih menyisihkan persoalan teknis serta menimbulkan hambatan nantinya.Fahri menyarankan, presiden dapat mengeluarkan Perrpu untuk mengatasi beberapa hambatan hukum dan kebijakan strategis dan substansial, baik pada sektor keuangan, fiskal, moneter, maupun pada lapangan administrasi publik lainya.

Untuk kepentingan ini, berdasarkan Putusan MK No. 138/PUU-VII/2009, disebutkan Fahari, ada tiga syarat sebagai parameter adanya kegentingan yang memaksa bagi Presiden untuk menetapkan Perppu.

Pertama, adanya keadaan yaitu kebutuhan mendesak untuk menyelesaikan masalah hukum secara cepat berdasarkan UU. Kedua, UU yang dibutuhkan tersebut belum ada sehingga terjadi kekosongan hukum, atau ada UU tetapi tidak memadai.

Ketiga, kekosongan hukum tersebut tidak dapat diatasi dengan cara membuat UU dengan prosedur biasa, karena akan memerlukan waktu yang cukup lama sedangkan keadaan yang mendesak tersebut perlu kepastian untuk diselesaikan.

"Ketentuan pasal 22 UUD NRI Tahun 1945 memberikan kewenangan kepada presiden untuk secara subjektif staatsnoodrecht menilai keadaan negara atau hal ihwal yang terkait dengan negara yang menyebabkan suatu undang-undang tidak dapat dibentuk segera. Sedangkan kebutuhan akan pengaturan materil mengenai hal yang perlu diatur sudah sangat mendesak, sehingga pasal 22 UUD Tahun 1945 memberikan kewenangan konstitusional kepada presiden untuk menetapkan Perppu," kata Fahri.

Saksikan Video Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ayah Kesha Ratuliu Kawin Lagi, Akad Nikah Dihadiri 15 Orang dan Berjarak

Posted: 27 Mar 2020 11:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Maraknya wabah Corona Covid-19 yang tengah dirasakan masyarakat Indonesia, tak menghalangi kebahagiaan keluarga Kesha Ratuliu. Ya, ayah Kesha Ratuliu melepas status dudanya.

Kesha Ratuliu membagikan momen bahagia ini di akun Instagramnya, Sabtu (28/3/2020). Tampak ayah Kesha dan ibu barunya mngenakan pakaian pengantin.

Kesha Ratuliu berpose dengan ayah, ibu tiri serta seorang laki-laki yang mengenakan pakaian ala demang.

 

Satu Jam

Kesha Ratuliu (Foto: Instagram/@kesharatuliu05)
Kesha Ratuliu (Foto: Instagram/@kesharatuliu05)

Dalam keterangan foto, Kesha Ratuliu mengucapkan selamat pada ayahnya yang sudah kembali merajut rumah tangga.

"Selamat papa! Tenang guys acaranya cuma berjalan sejam," tulisnya.

 

15 Orang

Pesta pernikahan itu diakui keponakan Mona Ratuliu tak dihadiri banyak orang. "Cuma 15 orang, dan semua berjarak," sambungnya.

 

Tak Bisa Menahan

Meski mendapat imbauan agar tak saling bersalaman atau bersentuhan, namun diakui ia tak bisa.

"Kecuali aku ya gabisa gapeluk papaa kann hehe," pungkasnya.

Tak Bisa Hadir

Mona Ratuliu, yang merupakan adik dari ayah Kesha Ratuliu ini sedih karena tidak bisa menghadiri pernikahan sang kakak. Meski begitu, ia tetap mendoakan yang terbaik untuk rumah tangga sang kakak.

"Bumil mellow. Sedih memutuskan utk nggak hadir di akad nikah kakak sendiri. Acara besar mendadak direvisi demi keamanan jadi akad nikah yg dihadiri 15org keluarga inti, acaranya outdoor, saling berjarak dan lgsg dihimbau utk bubar setelah akad selesai. Pasti nggak mudah buat mempelai, tapi semoga semua pengorbanan diberi ganjaran berkah berlimpah dari Allah swt. Aamiin. Selamat ya @donny_bule dan @enengulan yang cantik bgt hari ini. Sedih gabisa foto bareng. SAKINAH, MAWADAH, WARAHMAH 🙏🏻🙏🏻🙏🏻❤️❤️❤️. Minta doanya ya netijen tersayang...," tulis Mona di akun Instagramnya, Sabtu (28/3/2020).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Petugas Gabungan Bubarkan Massa dan Semprot Disinfektan

Posted: 27 Mar 2020 11:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Razia terhadap kerumunan orang terus digelar Pemkab Sidoarjo, petugas gabungan menggelar razia cafe dan warung mencegah penyebaran corono. Razia dibarengi dengan penyemprotan disinfektan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ATVSI Beri Bantuan APD untuk Wartawan

Posted: 27 Mar 2020 11:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI) memberikan bantuan perlengkapan Alat Perlindungan Diri (APD) kepada jurnalis yang tetap menjalankan tugasnya menyampaikan pemberitaan ke masyarakat di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

"Sebagai bentuk perhatian ATVSI kepada rekan-rekan Jurnalis pada hari Kamis, 26 Maret 2020 bertempat di Hall Dewan Pers, kami telah menyalurkan bantuan melalui perwakilan rekan-rekan jurnalis berupa APD, untuk melindungi diri sekaligus mengantisipasi terus menyebarnya Virus Covid-19," kata Ketua ATVSI Syafril Nasution dalam keterangannya, Sabtu (28/3/2020).

Menurut Syafril, APD itu meliputi hand sanitizer, masker, dan sarung tangan. Hal itu sebagai bentuk penerapan imbauan pemerintah agar tetap menjaga jarak, memelihara kebersihan, mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer saat menjalankan tugas peliputan.

"Termasuk ikut mengimbau masyarakat untuk menerapkan social distancing yang menjadi salah satu pesan penting yang digaungkan oleh anggota ATVSI melalui iklan layanan masyarakat dan melalui beberapa program, baik berita maupun non berita," jelas dia.

ATVSI yang beranggotakan 10 televisi swasta nasional yakni RCTI, SCTV, Indosiar, ANTV, Metro TV, TRANS TV, TRANS7, GTV, TV One, juga turut menggalang donasi demi membantu mengatasi kebutuhan terkait penanganan Covid-19.

"Kami terus memantau perkembangan yang terjadi dan terus berupaya memberikan kontribusi untuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi bencana yang sedang terjadi," Syafril menandaskan.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasien Corona di Serang Terus Bertambah, Masa Belajar Siswa di Rumah Diperpanjang

Posted: 27 Mar 2020 11:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabupaten Serang Banten memperpanjang masa belajar di rumah bagi siswa SMA sederajat di wilayahnya, lantaran meningkatnya jumlah orang yang terinveksi virus Corona atau Covid-19. 

Saat ini mereka yang masuk dalam kategori orang dalam pemantaua (ODP) di Kota Banten berjumlah 1.614 orang. Kemudian yang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 225 orang.

Sementara, pasien yang terkonfirmasi positif Corona berjumlah 67 kasus, dengan rincian 59 orang dirawat, 7 meninggal dan 1 orang sembuh.

"Memperhatikan kondisi objektif penyebaran Covid-19, saya telah menginstruksikan Kepala Dindikbud Provinsi Banten agar memperpanjang libur sekolah yang menjadi kewenangan Provinsi Banten hingga 1 Juni 2020 mendatang," kata Gubernur Banten, Wahidin Halim (WH), dalam siaran persnya, Sabtu (28/03/2020).

Sebelumnya, masa belajar di rumah ini akan berakhir Senin, 20 Maret besok. Namun, kini diperpanjang hingga 1 Juni 2020.  

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Surat Edaran Gubernur

Perpanjangan masa belajar siswa di rumah tertuang dalam Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Perpanjangan Waktu Libur Proses Mengajar Belajar di Sekolah tertanggal 27 Maret 2020.

Ingub tersebut diterbitkan atas dasar Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), Surat Telegram Kepolisian Republik Indonesia Nomor: ST/868/III/KEP/2020 tangga; 13 Maret 2020 tentang Mengantisipasi virus Copvid-19, Keputusan Gubernur Banten Nomor: 443/Kep.114-Huk/2020 Tentang Penetapan Kejadian Luar Biasa (KLB) Covid-19 di Wilayah Provinsi Banten.

Wahidin berharap orangtua dapat mengawasi anak-anaknya agar tetap belajar di rumah dan tidak keluyuran atau bermain dil uar rumah, terutama di lokasi kerumunan massa.

"Saya harap orangtua dapat ikut mengawasi agar anak-anaknya menaati aturan ini. Karena ini demi keselamatan kita bersama dan upaya kita melindungi generasi bangsa," jelasnya. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Juanda: Surabaya Berpeluang Hujan pada Malam Hari

Posted: 27 Mar 2020 11:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memperkirakan, Surabaya, Jawa Timur cerah berawan pada Sabtu (28/3/2020).

Mengutip instagram @infobmkgjuanda, Surabaya akan cerah berawan pada pukul 13.00 WIB dan berawan pada pukul 16.00 WIB. Sedangkan malam hari di Surabaya akan alami hujan lokal pada pukul 19.00 WIB dan cerah pada pukul 22.00 WIB.

Suhu di Surabaya akan di kisaran 26-33 derajat celsius. Kecepatan angin 20 KM per jam dan kelembaban udara 60-90 persen. Pada siang ini, Surabaya terpantau hujan disertai petir pada pukul 12.30 WIB. Suhu di Surabaya 28 derajat celsius.

BMKG Juanda juga merilis peringatan dini tiga harian di Jawa Timur untuk mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

Pada Sabtu, 28 Maret 2020, siang hingga sore hari, waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di Trenggalek, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso dan Situbondo.

BMKG: Puncak Musim Hujan hingga Maret

Ilustrasi Hujan (iStockphoto)
Ilustrasi Hujan (iStockphoto)

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan cuaca ekstrem di Indonesia akan berlangsung hingga Maret 2020.

"Kalau menurut prediksi BMKG untuk wilayah Indonesia terjadinya cuaca ekstrem tidak serempak, silih berganti. Rata-rata puncak musim hujan Februari-Maret, khusus DIY dan Jateng berlangsung pada Januari-Februari," kata Kepala BMKG Dwikora Karnawati di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa 11 Februari 2020.

Selanjutnya, ujar dia, di kisaran April-Mei sudah memasuki musim kemarau, transisinya adalah pancaroba.

"Untuk ancaman bencananya beda lagi, bukan longsor atau banjir tetapi angin puting beliung. Imbauan kami agar ini bisa diwaspadai oleh seluruh pihak," kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Stasiun Klimatologi Kelas 1 Semarang Tuban Wiyoso mengatakan lebih awalnya cuaca ekstrem yang menjangkau Jawa Tengah dibandingkan wilayah lain karena cuaca di Jawa lebih didominasi oleh pengaruh angin monsun.

"Ini terjadi pada kurun waktu Desember-Februari, puncaknya Januari-Februari. Angin monsun sendiri merupakan angin yang bertiup dari Asia ke wilayah Indonesia. Seperti angin darat, yaitu angin laut tetapi skala musiman, ini dipengaruhi oleh posisi matahari," kata dia seperti dikutip dari Antara.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Virus Corona Covid-19 Masih Menggila, Lampard Ogah Paksa Pemain Chelsea Berlatih

Posted: 27 Mar 2020 11:20 PM PDT

Liputan6.com, London - Manajer Chelsea, Frank Lampard mengaku tidak akan memaksakan para pemainnya untuk berlatih. Lampard khawatir virus corona covid-19 yang telah menjadi pandemi akan menjangkiti pemainnya.

"Hal terakhir yang saya ingin lakukan dengan kondisi pemain saat ini adalah mendorong mereka tanpa alasan yang jelas," kata Lampard seperti dilansir Sportskeeda.

Virus corona telah menjadi pandemi di seluruh dunia. Di Eropa menurut data New York Times, Sabtu (28/3/2020) , Italia menjadi negara terparah dengan 86.498 kasus positif.

Dari jumlah itu, sebanyak 9.134 orang meninggal dunia. Di Britania Raya sendiri, ada 14.579 kasus dengan 759 orang meninggal.

Kompetisi sepak bola di Eropa termasuk Liga Inggris pun terpaksa dihentikan. Itu dilakukan demi mencegah virus corona menjangkiti pemain.

Sebelumnya, pelatih Arsenal, Mikel Arteta dan pemain Chelsea, Calum Hudson-Odoi telah dinyatakan positif.

 

Tidak Sabar Berlatih

Manajer Chelsea Frank Lampard memeluk pemainnya Mateo Kovacic usai mengalahkan Tottenham Hotspur 2-1 dalam lanjutan Liga Inggris di Stamford Bridge, Sabtu (22/2/2020).(AP Photo/Kirsty Wigglesworth)
Manajer Chelsea Frank Lampard memeluk pemainnya Mateo Kovacic usai mengalahkan Tottenham Hotspur 2-1 dalam lanjutan Liga Inggris di Stamford Bridge, Sabtu (22/2/2020).(AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

Lampard memaklumi, situasi sulit saat ini. Namun ia tidak menampik jika skuat Chelsea sudah tidak sabar untuk berlatih.

"Kami melihat situasi saat ini berubah cepat. Jadi, kami hanya akan bertindak sesuai dengan tanggal yang dianjurkan," kata Lampard.

"Namun setiap hari atau pekan, kami menantikan sembari bertanya-tanya, kapan kami akan berlatih," ujarnya menambahkan.

Daftar Pemain yang Positif Covid-19

Serie A

Daniele Rugani (Juventus)

Blaise Matuidi (Juventus)

Paulo Dybala (Juventus)

Manolo Gabbiadini (Sampdoria)

Omar Colley (Sampdoria)

Albin Ekdal (Sampdoria)

Antonino La Gumina (Sampdoria)

Morten Thorsby (Sampdoria)

Fabio DePaoli (Sampdoria)

Bartosz Bereszynski (Sampdoria)

Germán Pezzella (Fiorentina)

Patrick Cutrone (Fiorentina)

Dusan Vlahovic (Fiorentina)

Mattia Zaccagni (Verona)

Marco Sportiello (Atalanta)

 

Liga Lainnya

Bundesliga:

Timo Hübers (Hannover)

James Horn (Hannover)

Premier League:

Mikel Arteta (Arsenal, manajer)

Callum Hudson Odoi (Chelsea)

Pemain Brighton And Hove Albion (Tak disebutkan Identitasnya)

La Liga:

Ezequiel Garay (Valencia)

Eliaquim Mangala (Valencia)

Jose Gaya (Valencia)

Jonathas de Jesus (Elche)

Wu Lei (Espanyol)

Lorenzo Sanz (Eks Presiden Real Madrid/Meninggal Dunia)

Fernando Martin (Eks Presiden Real Madrid)

Anonim (Girona)

Liga Tiongkok:

Marouane Fellaini (Shandong Luneng)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Larang Warga Mudik Akibat Corona, Gubernur Jateng, DKI Jakarta, Jabar, dan Jatim Berkoordinasi

Posted: 27 Mar 2020 11:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku telah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur untuk melarang warganya mudik. Hal itu demi penekan penyebaran virus Corona atau Covid-19.

"Kemarin saya sudah berkoordinasi dengan Pemda DKI, dengan Gubernur Jawa Barat, selanjutnya saya akan koordinasi dengan Gubernur Jawa Timur. Kita membuat kesepakatan bersama untuk melarang warga pulang ke daerah asal," tutur Ganjar dalam video yang diunggah di akun Instagramnya @ganjar_pranowo, Sabtu (28/3/2020).

Ganjar menegaskan koordinasi ini dilakukan agar warga yang di Jakarta tetaplah di Jakarta. Begitu pula yang di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Bahkan dia sepakat dengan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X untuk mengkategorikan seluruh pemudik sebagai Orang Dalam Pengawasan (ODP) Corona.

"Maka bupati, wali kota, hingga kepala desa agar mendata siapa saja pemudik yang sudah datang. Kemudian pemudik ini harus mengisolasi diri di rumah selama 15 hari. Segera melapor jika merasakan gejala sakit agar segera ditangani," jelas dia.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Jangan Anggap Enteng Corona

Ganjar meminta masyarakat tidak menganggap enteng dan menyepelekan pandemi Corona.

"Ini masalah hidup mati. Karena itu mohon sekali lagi saya mohon jangan bersikap meremehkan, jangan semaunya sendiri. Ini masalah kita bersma yang harus kita selesaikan juga dengan kebersamaan. Anda berdiam di rumah Insyaallah kita semua selamat. Atau anda nekat kita semua terancam tidak selamat," Ganjar menandaskan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wali Kota Tegal: Isolasi Wilayah untuk Lindungi Warga dari Corona

Posted: 27 Mar 2020 11:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono memberikan penjelasan terkait langkah isolasi wilayah atau local lockdown yang dia lakukan. Aspek kemanusiaan dan kesehatan masyarakat menjadi poin pertimbangan utama.

"Hal ini saya lakukan ini untuk protect warga saya. Karena kita sekarang, yang tadinya, darurat siaga, kita sudah menetapkan zona merah atau warganya yang status positif," kata dia, dalam diskusi SmartFM bertajuk 'Kerja Efektif Menghadapi Corona', Sabtu (28/3/2020).

Dia sadar bahwa banyak warganya yang merantau ke Jakarta, daerah dengan jumlah kasus positif Corona paling besar se-Indonesia. Sekitar 50 persen. Selain itu, Kota Tegal merupakan daerah transit bagi daerah sekitarnya.

"Kota Tegal sebagai transit city bagi daerah tetangga seperti Brebes, Kabupaten Tegal, dan Pemalang yang banyak warganya merantau di Jakarta. Ini pada pulang," jelas Dedy.

"Makanya saya membikin pembatas dengan istilah local lockdown. Isolasi wilayah dengan keadaan darurat mereka harus dikarantina, di kotanya, tidak boleh keluar, dan juga tidak gampang orang masuk ke kota Tegal melalui satu pintu, ini harus dicek suhu tubuhnya. Dan nanti ada beberapa titik, nanti harus menunjukkan identitas, KTP, SIM, dan sebagainya agar kalau terjadi yang tidak diinginkan, kita melacak mudah," lanjut dia.

Dia mengakui, bahwa pada mulanya langkah-langkah pembatasan alias upaya mendorong jaga jarak mendapatkan penolakan dari masyarakat. Namun, situasi berbalik ketika ditemukan kasus positif Corona. Dukungan dari kemudian mengalir kepada Pemda.

"Setelah tahu warganya ada yang positif, mereka itu merasa tidak nyaman kalau tidak dibatasi. Karena Kota Tegal yang tadi saya sampaikan ini sebagai transit city untuk daerah yang lain di kota tegal," ungkapnya.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Pastikan Bahan Pangan Cukup

Berbagai langkah persiapan sudah dijalankan pihaknya dalam menghadapi isolasi wilayah. Salah satunya memastikan ketersediaan bahan pangan bagi masyarakat. Pihaknya sudah berkomunikasi dengan pihak Bulog untuk memastikan ketersediaan pasokan untuk 3 hingga 4 bulan ke depan.

"Di Kota Tegal sendiri masyarakatnya rata-rata ini mampu. Untuk angka kemiskinan sangat kecil. Masyarakat Tegal ini mampu. Kita kalau melihat kebutuhan masyarakat, kita sudah menginstruksikan Dinas Sosial untuk masyarakat atau tidak mampu ini. Persiapan ya dana yang tidak terduga untuk bencana dapat digunakan," urai dia.

"Selain itu saya dan jajaran seluruh ASN, anggota DPRD, berencana mengkoordinasi mereka semua menyisihkan pendapatan membantu masyarakat tidak mampu," terang Dedy.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tanpa Seremoni, Bandara Baru Yogyakarta Bakal Beroperasi Penuh 29 Maret

Posted: 27 Mar 2020 11:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura I (Persero) memastikan akan tetap mengoperasikan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo secara penuh mulai Minggu, 29 Maret 2020.

Beroperasinya YIA secara penuh akan membuat operasional bandara bertambah menjadi 24 jam dari yang sebelumnya hanya beroperasi 12 jam dari pukul 06.00-18.00 WIB.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan, pengoperasian penuh bandara YIA tak akan disertai peresmian guna menekan penyebaran virus corona atau Covid-19.

"Kita tidak akan ada ceremony. Kita upayakan semaksimal mungkin untuk mengurangi penyebaran virus corona," ujar Faik dalam sesi teleconference, Sabtu (28/3/2020).

Pengoperasian penuh perdana YIA ini disebutnya akan dimulai esok pagi, yakni ditandai dengan penerbangan pertama oleh Batik Air pukul 06.00 WIB menuju Samarinda dan Jakarta. Kemudian juga ada jadwal kedatangan pesawat Lion Air dari Jakarta pukul 06.20 WIB.

 

Sudah Ada 32 Penerbangan

Menhub, Budi Karya Sumadi (tengah) bersama Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X meninjau Bandara Internasional Yogyakarta, Kulon Progo, DI Yogyakarta, Rabu (24/4). Rencananya khusus penerbangan internasional, bandara ini mulai beroperasi, 29 April mendatang. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Menhub, Budi Karya Sumadi (tengah) bersama Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X meninjau Bandara Internasional Yogyakarta, Kulon Progo, DI Yogyakarta, Rabu (24/4). Rencananya khusus penerbangan internasional, bandara ini mulai beroperasi, 29 April mendatang. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sejak pengoperasian pertamanya pada Mei 2020, Faik menambahkan, Bandara YIA sudah memiliki 32 penerbangan yang terdiri dari 16 take off dan 16 landing. Mulai besok, seluruh penerbangan dari Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta akan dipindahkan ke YIA.

"Dengan pemindahan besok pagi, maka ada tambahan 136 movement dari Adi Sutjipto. Ditambah dengan yang eksisting 32, sehingga total per hari nantinya ada 168 movement, 84 flight yang take off dan 84 flight yang landing," tuturnya.

Namun, ia menyatakan, ada beberapa maskapai yang membatalkan penerbangan melalui Bandara YIA akibat wabah corona. Hal itu lantas mengurangi jumlah pergerakan pesawat di hari pertama pengoperasian penuh bandara.

"Ada beberapa penerbangan batal. Beberapa airline terjadi penurunan penumpang signifikan. Keseluruhan besok pagi kurang lebih ada 135 movement di YIA," tukas Faik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Corona, Banyuwangi Tambah Wastafel Portabel dan Bilik Disinfektan di Ruang Publik

Posted: 27 Mar 2020 11:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Kabupaten Banyuwangi kembali melengkapi fasilitas untuk menunjang perilaku hidup bersih di semua kalangan masyarakat guna mencegah penyebaran virus corona alias Covid-19. Salah satunya dengan memasang 14 wastafel portabel di berbagai titik, mulai taman hingga pasar.

"Sebelumnya sudah ada semacam wastafel tapi modelnya permanen. Sekarang kita tambah wastafel portabel di 14 titik. Ini baru awal, kita akan tambah lagi agar semakin menyebar. Tapi di luar yang dilakukan pemerintah daerah seperti ini, sudah banyak swasta dan BUMN yang menyediakan wastafel portabel di masing-masing lingkungannya," ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Kamis (26/3/2020).

Wastafel portabel tersebut didukung oleh Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) Banyuwangi. Wastafel portabel tersebut dipasang lengkap dengan sabun pencuci tangan dan tisu. Sejumlah pasar tradisional juga dilengkapi wastafel portabel tersebut, seperti Pasar Blambangan, Pasar Banyuwangi, Pasar Karangrejo, Pasar Rogojampi, Pasar Muncar, dan Pasar Genteng.

"Mencuci tangan adalah salah satu protokol kesehatan yang sangat dianjurkan oleh WHO untuk mencegah virus corona. Dibanding menggunakan hand sanitizer, cuci tangan  lebih efektif untuk mematikan kuman dan virus," jelas Anas saat melihat pemasangan wastafel portabel ini di Taman Sayu Wiwit, Kamis (26/3/2020).

Anas menyebut fasilitas ini ditempatkan pada lokasi yang strategis dan banyak di lewati masyarakat seperti pasar dan ruang publik. Menurutnya, pemkab menyediakan sarana cuci di tempat umum agar masyarakat dapat mencuci tangan sesering mungkin. 

"Pemasangan wastafel portabel ini juga kami wajibkan kepada seluruh pengusaha di Banyuwangi, di lingkungannya masing-masing," katanya.

Anas berharap, semua tempat usaha bisa melakukan hal serupa ini. Menyediakan sarana cuci tangan yang ditaruh di depan tempat usahanya. Bahkan, saat ini sejumlah kantor pelayanan publik telah menyediakan faslitas ini.

"Saya berharap banyak pihak yang mau menyediakan (sarana cuci tangan) di area masing-masing," tuturnya.

Selain itu, kini di kantor Pemkab Banyuwangi dipasang bilik disinfektan. Setiap pegawai dan tamu yang akan memasuki lingkungan kantor, diwajibkan masuk ke bilik yang akan menyemprotkan cairan disinfektan ke seluruh tubuh.

Selain itu, suhu tubuh setiap tamu juga dicek dengan thermal gun untuk memastikan seluruh pengunjung dalam kondisi sehat.

"Untuk sementara, bilik ini masih tersedia di kantor pemerintah. Kami akan pasang di tempat-tempat keramaian agar warga juga bisa memakainya. Kam sudah pesan lagi, tinggal menunggu datangnya," tutup Anas. 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspada Corona, Driver Ojol Ini Beri Hand Sanitizer dan Cek Suhu Tubuh Penumpang

Posted: 27 Mar 2020 11:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di tengah darurat virus Corona Covid-19 ini ada baiknya kita selalu waspada. Salah satu cara yang bisa dilakukan ialah dengan rajin mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer saat bepergian.

Rupanya telah banyak orang yang peduli dan mengikuti anjuran pemerintah tersebut. Tak terkecuali seperti yang dilakukan seorang pengemudi ojek online satu ini.

Belum lama ini viral sebuah video yang menunjukkan seorang driver ojol memberikan hand sanitizer dan mengecek suhu tubuh penumpangnya.

foto: Twitter @jr_kw19
foto: Twitter @jr_kw19

Pada video yang diunggah oleh akun Twitter @jr_kw19 pada Selasa (24/3/2020) lalu, terlihat seorang driver ojol menjemput pelanggannya. Tak langsung memberikan helm seperti yang dilakukan driver ojol biasanya, dia langsung memberikan hand sanitizer terlebih dahulu.

Beri hand sanitizer dan cek suhu tubuh penumpang

foto: Twitter @jr_kw19
foto: Twitter @jr_kw19

Tak cukup sampai di situ, driver ojol tersebut juga mengecek suhu tubuh penumpang dengan menggunakan termometer tembak. Setelahnya, driver ojol itu baru memberikan helm kepada penumpannya tersebut dan melanjutkan perjalanan.

Aksinya dipuji

foto: Twitter @jr_kw19
foto: Twitter @jr_kw19

"Keren, OJOL standar WHO. Ojol jg terdampak oleh covid19, pendapatan mereka juga turun 50-60%. Mereka juga berjuang, mereka juga berkorban. Tolong yg masih kepala batu ikuti arahan pemerintah, jalankan social distancing #GerakanPhysicalDistancing" tulis akun tersebut.

Videonya viral

Beragam komentar warganet

foto: Twitter @jr_kw19
foto: Twitter @jr_kw19

Tak perlu waktu lama untuk video itu mencuri perhatian warganet. Aksi driver ojol itu pun dipuji.

"totalitas. bukan sekedar nyari uang. mereka jg ingin pulang dengan sehat dan selamat. #GerakanPhysicalDistancing" komentar @moe_nawar.

"Wooowww... Keren. Menjaga diri dan penumpang dlm mencegah corona.. Salut utk abang ojol..." tulis pemilik akun @KobusKeneng.

"Sip...ini ojol ud kelas international!" timpal @ariyfebri1.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wabah Corona Covid-19, MUI: Sebaik-baiknya Salat Dilakukan di Rumah

Posted: 27 Mar 2020 11:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Niam Sholeh mengatakan, ada hikmah di balik peristiwa wabah Corona. Salah satunya, penguatan kekuatan ibadah di dalam rumah.

"Rasulullah SAW menegaskan di dalam hadis shahihnya, bahwa sebaik-baik ibadah salat yang dilaksanakan oleh hamba di dalam hal ini umat Islam yakni salat yang dilaksanakan di rumah," ujar Asrorun Niam melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (28/3/2020).

Dia mengatakan, ibadah tidak hanya dilakukan di masjid atau musala, tetapi bisa juga di rumah masing-masing.

"Salat di rumah itu adalah keutamaan. Sebaik-baik salat yang dilakukan adalah salat di rumah. Kecuali salat-salat yang memang terikat pelaksanaannya di masjid seperti salat tahiyatul masjid," kata Sekretaris Komisi Fatwa MUI tersebut.

MUI juga mengajak umat Islam Indonesia untuk bersama-sama memakmurkan seluruh bumi Allah SWT dengan kepentingan ibadah.

Sebelumnya, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Surabaya mengimbau kepada segenap jajaran struktural dan warga NU di Kota Pahlawan, Jawa Timur untuk melaksanakan salat lima waktu berjamaah bersama keluarga di rumah, sebagai upaya mencegah penyebaran virus Corona

Menurut Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Surabaya Achmad Muhibbin Zuhri, PCNU Surabaya telah membuat dua surat terkait penanganan COVID-19, yakni Surat Seruan Nomor: 935/PC/A.II/L-1/III/2020 dan Surat Edaran Nomor: 934/PC/A.II/L-1/III/2020 yang ditujukan kepada jajaran struktural dan warga NU se-Surabaya.

Dua surat dari PCNU Surabaya tersebut untuk menindaklanjuti instruksi dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Nomor: 3952/C.I.34/03/3030 tentang Protokol NU Peduli COVID-19 dan juga instruksi dari Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, sebagai upaya lanjut menahan laju dan memutus rantai sebaran Virus Corona.

 

MUI Minta Masyarakat Utamakan Keselamatan Ketimbang Mudik

Calon penumpang bersiap menaiki bus di Terminal Kalideres, Jakarta, Kamis (30/5/2019). Menurut Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) puncak arus mudik di Terminal Kalideres diprediksi akhir pekan ini, mulai dari Jumat hingga Sabtu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Calon penumpang bersiap menaiki bus di Terminal Kalideres, Jakarta, Kamis (30/5/2019). Menurut Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) puncak arus mudik di Terminal Kalideres diprediksi akhir pekan ini, mulai dari Jumat hingga Sabtu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga mengimbau umat muslim untuk memprioritaskan terlebih dahulu keselamatan nyawa dan masyarakat ketimbang mudik ke kampung halaman. Sebab saat ini Indonesia tengah dilanda wabah Corona atau Covid-19.

"Di sini penting bagi kita semua memiliki kesadaran kolektif untuk memrioritaskan keselamatan jiwa, baik diri kita maupun orang lain ketimbang aktivitas-aktivitas lain yang bukan prioritas. Saya kira itu kuncinya," kata Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh kepada Antara di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (28/3/2020).

Dia mengatakan bahwa dalam konteks perlindungan jiwa, yang seharusnya wajib dilaksanakan saja akhirnya memperoleh dispensasi untuk dilakukan penyesuaian. Terlebih lagi untuk hal-hal yang tidak terkait dengan kebutuhan dan juga kewajiban.

"Pada prinsipnya perlindungan jiwa harus diutamakan dan juga didahulukan daripada memperoleh upaya untuk kesempurnaan ibadah," katanya usai konferensi pers.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jumlah Kasus Corona Terus Naik, Demokrat Minta Jokowi Lockdown Jakarta

Posted: 27 Mar 2020 11:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah pasien positif Covid-19 akibat virus Corona di Indonesia terus meningkat. Mayoritas ada di Jakarta.

Waketum Partai Demokrat Syarief Hasan meminta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerapkan lockdown di DKI Jakarta.

"Covid-19 semakin hari semakin makan korban termasuk pejabat, anggota DPR, saya mengharapkan sebaiknya Presiden tampil dan menyatakan Jakarta lockdown untuk menyelamatkan bangsa dari wabah virus Corona," kata Syarief lewat pesan, Jakarta, Sabtu (28/3/2020).

Wakil Ketua MPR itu juga meminta pemerintah segera memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada UMKM dan pekerja harian di tengah pandemi Corona.

"Pelaku UMKM dan pekerja harian berikan BLT agar tetap dapat hidup layak," ucap Syarief.

 

Terus Edukasi

Kemudian, dia mengharapkan pemerintah terus menjelaskan langkah-langkah apa saja yang telah dikerjakan dalam menangani corona. Bukan hanya terkait pengumuman korban-korban Covid-19.

"Pemerintah juga setiap hari harus menjelaskan langkah-langkah yang telah diambil dan akan diambil bukan hanya memberikan info korban-korban Covid 19," pungkasnya. 

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AirAsia Indonesia Hentikan Seluruh Layanan Penerbangan Per 1 April 2020

Posted: 27 Mar 2020 11:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - AirAsia Indonesia memutuskan untuk menghentikan sementara seluruh layanan penerbangan per 1 April 2020. Keputusan itu berdasarkan pertimbangan situasi risiko wabah COVID-19 di Tanah Air dan untuk mendukung upaya pemerintah dalam mengatasi penyebarannya.Dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Sabtu (28/3/2020), penerbangan rute domestik akan dihentikan sementara hingga 21 April 2020. Sementara, rute internasional dihentikan hingga 17 Mei 2020.

"AirAsia Indonesia akan terus memantau perkembangan situasi dan akan melakukan langkah antisipasi yang diperlukan untuk memulai kembali layanan penerbangan nantinya saat situasi mulai membaik," demikian pernyataan rilis tersebut.

Penumpang yang terdampak akan menerima pemberitahuan melalui email dan SMS yang terdaftar saat pembelian tiket. AirAsia menawarkan fleksibilitas pilihan termasuk kesempatan untuk 'Ubah Jadwal' tanpa batas dan tanpa biaya tambahan, atau 'Akun Kredit' berupa saldo senilai pembelian yang dapat digunakan untuk pembelian tiket berikutnya selama 365 hari.

"Untuk informasi lebih lanjut terkait layanan kompensasi yang ditawarkan, silakan kunjungi support.airasia.com," lanjut rilis tersebut.

Untuk pemesanan yang dilakukan melalui layanan group booking, agen perjalanan atau pihak ketiga lainnya, penumpang AirAsia Indonesia diminta menghubungi agen masing-masing untuk bantuan lebih lanjut.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Layanan Kargo

TNI AU telah mengirim pesawat pengintai Boeing 737 surveillance untuk mencari Pesawat AirAsia yang hilang.
TNI AU telah mengirim pesawat pengintai Boeing 737 surveillance untuk mencari Pesawat AirAsia yang hilang.

AirAsia menyarankan agar calon penumpang yang mempunyai kebutuhan mendesak untuk melakukan perjalanan dalam waktu dekat, untuk mengubah jadwal keberangkatannya menjadi sebelum 1 April 2020. Calon penumpang juga disarankan untuk memantau informasi imbauan terkini yang tersedia di support.airasia.com dan akun sosial media AirAsia dari waktu ke waktu.

AirAsia Indonesia juga menawarkan layanan penerbangan khusus dalam upaya repatriasi Warga Negara Indonesia dan Warga Negara Asing. Maskapai itu juga bersedia melayani pengiriman barang bantuan ke lokasi-lokasi yang terdampak oleh situasi pembatasan perjalanan.

"AirAsia Indonesia memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi," pungkas rilis tersebut.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Penyebaran Covid-19, Apkasi Imbau Warga Jangan Kampung Pulang Dulu

Posted: 27 Mar 2020 11:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) meminta kepada seluruh warga yang ingin kembali ke kampung halaman dari Jakarta dan sekitarnya untuk menahan diri. Lebih baik tunda mudik demi kebaikan bersama, mengingat Jakarta dan sekitarnya adalah daerah dengan tingkat persebaran Covid-19 terbesar saat ini. Demikian pula untuk kota-kota besar yang sudah dinyatakan terdapat kasus positif Covid-19.

"Jika Anda semua cinta keluarga Anda di kampung halaman, dengan istri dan anak Anda di kampung halaman, dengan orang tua Anda di kampung halaman; mari berbesar hati jangan mudik atau pulang dulu," ujar Ketua Umum Apkasi Abdullah Azwar Anas saat dihubungi, Sabtu (28/3/2020).

Anas yang juga bupati Banyuwangi itu mengatakan hal tersebut terkait fenomena "mudik awal" dari warga yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya ke daerah asalnya, mulai dari Jabar, Jateng, hingga Jateng.

"Sejumlah daerah melaporkan adanya kenaikan jumlah pendatang. Bapak/Ibu gubernur terutama di Pulau Jawa juga sudah melakukan langkah, termasuk mengimbau jangan pulang kampung dulu demi kebaikan bersama, untuk sama-sama mencegah penyebaran Covid-19," ujarnya.

"Imbauan tidak mudik ini bagian dari antisipasi dan bagian dari prosedur, bukan menuduh saudara-saudara yang pulang kampung sebagai carrier virus," imbuh Anas.

Adapun bagi warga yang sudah telanjur mudik, Apkasi mengimbau mereka wajib isolasi selama 14 hari dan memberitahukan kedatangannya kepada petugas berwenang di daerah, baik itu desa/kelurahan, dinas kesehatan, maupun melalui call center yang telah ada di masing-masing daerah.

"Terkait kedatangan para perantau, pemkab-pemkab agar melakukan pemantauan sesuai dengan SOP yang telah disusun masing-masing pemkab," papar Anas.

Apkasi melihat, sebagian besar pemkab sudah melakukan realokasi anggaran untuk penanganan masalah ini. Realokasi APBD digunakan untuk penyiapan ruang isolasi, APD, alat rapid test, dan sebagainya. Pemkab-pemkab juga memiliki gugus tugas dengan bidang-bidang mulai promotif-preventif sampai kuratif.

"Mari semuanya bergotong royong mencegah penyebaran Covid-19. Apkasi percaya seluruh pemkab telah, sedang, dan akan terus bekerja keras melakukan langkah-langkah penanganan dan pencegahan," pungkas Anas.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jumlah Pasien Positif Corona COVID-19 di Yogyakarta Membingungkan, Ini Faktanya

Posted: 27 Mar 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta Jumlah pasien positif Corona COVID-19 di Yogyakarta bertambah satu orang, Jumat (27/3/2020). Dia adalah laki-laki berusia 53 tahun asal Bantul.

Sempat terjadi perbedaan data antara pusat dengan Pemprov DIY yang merilis enam pasien baru Corona COVID-19 di DIY per hari ini. Sementara, Pemprov DIY menyebutkan penambahan pasien positif hanya satu orang.

"Kami hanya menerima tambahan satu orang positif Corona COVID-19 dan setelah kami cross check dengan data pusat ternyata ada tambahan lima nama lain yang positif, tetapi setelah kami cek ke seluruh rumah sakit, tidak ada sample atas nama tersebut, sehingga dipastikan tambahan positif di DIY sudah sesuai, yakni satu orang positif," ujar Berty Murtiningsih, juru bicara Pemprov DIY untuk penanganan COVID-19.

Per 27 Maret 2020, terdapat 143 orang yang sudah diperiksa atau uji seka dengan hasil negatif 37 orang. Sementara, pasien dalam pengawasan (PDP) Corona COVID-19 yang masih dalam proses pemeriksaan lab sebanyak 87 orang dengan empat orang meninggal dunia sebelum hasil lab keluar.

Jumlah pasien positif Corona COVID-19 di DIY sebanyak 19 orang dengan satu orang sembuh dan tiga orang meninggal dunia.

Pandemi Corona COVID-19 telah membuat status DIY menjadi tanggap darurat. Sebanyak 25 rumah sakit rujukan disiapkan di empat kabupaten dan satu kota untuk membantu penanganan Corona COVID-19.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vivo V19 Mulai Dijual Online dan Offline, Harganya?

Posted: 27 Mar 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone terbaru Vivo, Vivo V19, akhirnya dilepas ke pasaran dan penjualannya sudah dilakukan per 25 Maret lalu.

Bagi konsumen yang tertarik, bisa mendapatkannya lewat Vivo Offlicial Store, Shopee, Tokopedia, dan partner penjualan resmi Vivo di berbagai daerah di Indonesia.

Perangkat ini dibanderol seharga Rp 4,3 jutaan dengan RAM 8GB dan memori internal 128GB.

Senior Brand Director Vivo Indonesia, Edy Kusuma mengatakan, setelah masa pre-order, Vivo resmi memulai masa penjualan perdana Vivo V19 varian ROM 128GB.

"Setiap pembelian V19 saat ini, kami menyarankan konsumen untuk melakukan pemesanan melalui mitra online atau call center resmi kami agar dapat lebih mudah melakukan pembelian selama masa jaga jarak sosial ini," kata Edy dalam keterangannya yang diterima Liputan6.com.

Sementara, untuk Vivo V19 versi memori internal 256GB akan dijual secara pre-order mulai 27 Maret hingga 3 April 2020 dengan keuntungan senilai Rp 1,3 juta.

Spesifikasi Vivo V19

Penampakan bagian depan Vivo V19. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)
Penampakan bagian depan Vivo V19. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)

Diungkapkan, Product Manager Vivo Indonesia, Ricky Burnadi, Vivo V19 hadir dengan desain punch-hole di bagian depan layar yang diberi nama Ultra O Screen. Namun berbeda dari desain punch hole lain, Vivo menerapkan ukuran yang jauh lebih kecil.

""Vivo mencoba berinovasi lebih lanjut dengan menghadirkan desain punch-hole terkecil di kelasnya, yakni 2,98mm. Sementara kebanyakan punch hole berukuran 5mm," tuturnya saat peluncuran Vivo V19 di Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Layar Vivo V19 berukuran 6,44 inci dengan resolusi FullHD+. Perusahaan menggunakan layar AMOLED E3 untuk smartphone ini, dan sudah didukung TUV Rheinland Eye Comfort Certification.

 

RAM Vivo V19

Tampilan belakang Vivo V19, yang dirilis pada 10 Maret. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).
Tampilan belakang Vivo V19, yang dirilis pada 10 Maret. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Untuk spesifikasi, smartphone ini ditopang chipset Snapdragon 675 AIE. Sementara performanya ditunjang baterai berkapasitas 4.500mAh yang sudah mendukung fitur fast charging 18W.

Vivo V19 memiliki empat kamera belakang yang masing-masing beresolusi 48MP dengan bukaan f/1.8, lensa super wide angle 8MP, depth sensor 2MP, dan makro 2MP. Adapun kamera depannya yang beresolusi 32MP terletak di bagian punch-hole bagian depan layar.

Perangkat ini hadir dengan dua varian memori, yakni RAM 8GB yang dipadukan memori internal 128GB. Sementara varian lain memiliki RAM 8GB dan memori internal 256GB.

(Tin/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Nikmatnya Minum Kopi Sambil Belajar Bahasa Isyarat di Kopi Tuli

Posted: 27 Mar 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kopi Tuli tidak hanya menyajikan kopi yang nikmat tapi juga ilmu yang bermanfaat. Disini para pengunjung bisa belajar bahasa isyarat dari teman tuli atau petunjuk yang ada di setiap meja.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dukung WFH, Limit Transfer Harian KlikBCA Ditingkatkan Jadi Rp 250 Juta

Posted: 27 Mar 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah situasi yang dinamis terkait COVID-19, BCA sebagai bank andalan masyarakat tetap berupaya memberikan service excellence dalam pemenuhan kebutuhan nasabah.

Mendukung imbauan pemerintah dan otoritas terkait untuk #DiRumahAja, BCA turut mengimplementasikan gerakan #BankingFromHome untuk nasabah di seluruh penjuru Tanah Air dalam rangka mengantisipasi penyebaran COVID-19.

BCA menambah limit transfer harian KlikBCA Individu yang semula Rp100 juta per hari, dinaikkan menjadi Rp 250 juta per hari per User-ID untuk transfer antar rekening BCA dan transfer ke rekening bank lain dalam negeri. Kebijakan ini berlaku dari 27 Maret 2020 hingga 31 Mei 2020.

"Tentunya, kami berharap dengan penambahan limit transfer di KlikBCA Individu ini dapat memberikan nilai tambah kepada nasabah setia BCA untuk melakukan transaksi finansialnya," urai Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA, Hera F Haryn.

 

Mempermudah Nasabah

Kantor PT Bank Central Asia Tbk (BCA). saat ini transpormasi digital BCA melalui internet dan mobile banking, dan berbagai aplikasi, fitur, alat pembayaran nontunai.
Kantor PT Bank Central Asia Tbk (BCA). saat ini transpormasi digital BCA melalui internet dan mobile banking, dan berbagai aplikasi, fitur, alat pembayaran nontunai.

Hera menambahkan, melalui kebijakan ini, nasabah dapat semakin leluasa melakukan transaksi transfer dari rumah dan tetap produktif dengan #BankingFromHome.

Nasabah BCA juga tetap dapat melakukan transaksi finansial secara langsung di kantor-kantor cabang BCA terdekat dengan penyesuaian waktu operasional cabang sementara pada pukul 08.15 sd 14.00 waktu setempat yang berlaku dari 23 Maret 2020 sd 02 April 2020.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Pemain Yang Bisa Kembalikan Kejayaan Barcelona

Posted: 27 Mar 2020 11:00 PM PDT

Jakarta- Masa keemasan para pemain bintang Barcelona akan segera berakhir. Luis Suarez, Gerard Pique, Jordi Alba, dan Lionel Messi sudah berusia di atas 30 tahun.

Tinggal menunggu beberapa musim lagi untuk para pemain ini tetap berada di puncak performa, sebelum akhirnya pensiun.

Barcelona pun perlu menyiapkan pemain muda untuk dipoles menjadi bintang di masa mendatang.

Terlebi, Barcelona memiliki akademi La Masia yang meski belakangan dianggap daya dukungannya terhadap tim senior mengalami penurunan, harus diakui, tetap melahirkan talenta-talenta terhebat dunia.

Messi, Xavi Hernandez, Cesc Fabregas bisa menjadi contoh.

Langkah Barcelona untuk menatap masa depan juga sudah dimulai. Pelatih Quique Setien mulai memberikan menit bermain pada para pemain muda.

Lantas siapa saja talenta muda yang siap membuat era baru di Barcelona?

Berikut Bola.com merangkum lima pemain tersebut seperti dilansir dari Sportskeeda, Sabtu (28/3/2020).

1. Ansu Fati

Wonderkid Barcelona, Ansu Fati, saat diberi kesempatan tampil melawan Real Betis, Minggu (25/8/2019) (Josep LAGO / AFP) (Josep LAGO / AFP)
Wonderkid Barcelona, Ansu Fati, saat diberi kesempatan tampil melawan Real Betis, Minggu (25/8/2019) (Josep LAGO / AFP) (Josep LAGO / AFP)

Ansu Fati merupakan satu di antara pemain muda paling berbakat di generasinya. Pemain yang baru berusia 17 tahun ini telah membuat serangkaian rekor domestik dan Eropa untuk Blaugrana.

Meski masih berusia 17 tahun, Ansu Fati telah menunjukkan kualitas yang cukup untuk memantapkan diri di tim utama Barcelona.

2. Riqui Puig

Riqui Puig, gelandang muda Barcelona yang memukau di pramusim ICC (AP Photo/Mark J. Terrill)
Riqui Puig, gelandang muda Barcelona yang memukau di pramusim ICC (AP Photo/Mark J. Terrill)

Riqui Puig menawarkan bakat kreatvitas dalam permainan menyerang. Ia bisa menjadi aset favorit Barcelona di masa depan.

Pemain berusia 20 tahun ini telah membuat debut di tim senior pada Desember 2018 di Copa Del Rey. Ia pun termasuk produk akademi La Masia.

3. Ousmane Dembele

Gelandang Barcelona, Ousmane Dembele, merayakan gol yang dicetak ke gawang Sevilla pada laga Piala Super Spanyol di Stadion Ibn Batouta, Tangiers, Minggu (12/8/2018). Barcelona menang 2-1 atas Sevilla. (AP/Mosa'ab Elshamy)
Gelandang Barcelona, Ousmane Dembele, merayakan gol yang dicetak ke gawang Sevilla pada laga Piala Super Spanyol di Stadion Ibn Batouta, Tangiers, Minggu (12/8/2018). Barcelona menang 2-1 atas Sevilla. (AP/Mosa'ab Elshamy)

Ousmane Dembele hijrah ke Barcelona dengan nominal cukup mahal pada 2015 dari Borussia Dortmund. Ia didatangkan sebagai pengganti Neymar, yang hijrah ke Paris Saint-Germain.

Meski kerap mengalami masalah cedera, Dembele tetap menjadi aset berharga Barcelona. Pemain berusia 22 tahun ini memiliki potensi untuk memimpin generasi berikutnya bersinar di masa depan.

4. Frenkie de Jong

Gelandang asal Belanda Frenkie de Jong mencium logo klub barunya saat pengenalan dirinya sebagai pemain Barcelona di stadion Camp Nou, Spanyol (5/7/2019). Frenkie de Jong sangat antusias bisa bermain dengan sang superstar, Lionel Messi. (AFP Photo/Lluis Gene)
Gelandang asal Belanda Frenkie de Jong mencium logo klub barunya saat pengenalan dirinya sebagai pemain Barcelona di stadion Camp Nou, Spanyol (5/7/2019). Frenkie de Jong sangat antusias bisa bermain dengan sang superstar, Lionel Messi. (AFP Photo/Lluis Gene)

Frenkie de Jong telah membuktikan diri sebagai satu di antara gelandang muda terbaik di dunia. Ia sukses membawa Ajax Amsterdam lolos semifinal liga Champions 2018-2019 dengan menyingkirkan Real Madrid dan Juventus.

Frenkie de Jong juga masuk skuat utama Barcelona musim ini. Pemain kelahiran 22 tahun silam ini berhasil menggeser pemain senior seperti Ivan Rakitic ke bangku cadangan.

5. Arthur Melo

Arthur Melo dianggap sebagai suksesor Andres Iniesta di skuat Barcelona. (doc. Barcelona FC)
Arthur Melo dianggap sebagai suksesor Andres Iniesta di skuat Barcelona. (doc. Barcelona FC)

Arthur Melo menjadi pelengkap pengaruh Amerika Selatan dalam tubuh Barcelona. Pemain berusia 23 tahun ini bisa menggantikan sosok Xavi Hernandez yang telah heingkang beberapa tahun silam.

Melo masih banyak membutuhkan jam terbang untuk mengasah mental ketika bertanding di lapangan.

Sumber: Sportskeeda

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ratu Elizabeth II Pernah Bertemu PM Inggris yang Positif Corona COVID-19

Posted: 27 Mar 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, London - Pada Jumat 27 Maret 2020, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menjadi pemimpin utama dunia pertama yang dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona Baru.

Namun, riwayat kontak PM Johnosn menimbulkan kekhawatiran baru.

Salah satu riwayat kontak terakhir Johnson adalah bertemu dan berinteraksi langsung dengan Pemimpin Monarki Britania Raya, Ratu Elizabeth II yang berusia 93 tahun pada 11 Maret 2020, kata Istana Buckingham kepada USA Today dalam sebuah pernyataan.

Muncul dugaan bahwa Ratu Elizabeth II mungkin terinfeksi Virus Corona.

Namun, pihak Buckingham mengatakan;

"Sang Ratu tetap dalam kondisi sehat. Sang Ratu terakhir melihat (perdana menteri) pada 11 Maret dan mengikuti semua saran yang tepat berkaitan dengan kesehatannya," Istana Buckingham mengatakan dalam sebuah pernyataan Jumat 27 Maret 2020, seperti dikutip dari USA Today, Sabtu (28/3/2020).

Istana menolak berkomentar apakah sang ratu dan sang suami, Pangeran Philip (98) telah diuji untuk Virus Corona.

Sebelumnya, putra ratu, Pangeran Charles, juga dites positif terkena virus korona awal pekan ini dan terakhir melakukan kontak dengan sang ratu pada 12 Maret 2020.

The Prince of Wales yang berusia 71 tahun yang juga merupakan pewaris takhta Inggris, dinyatakan positif terkena virus itu setelah "menunjukkan gejala ringan," kata Clarence House, kediaman resminya, dalam sebuah pernyataan, Rabu pekan ini.

Pada hari Jumat, Clarence House membenarkan bahwa terakhir kali Charles ada di hadapan Johnson adalah 9 Maret.

"Untuk mengkonfirmasi terakhir kali Pangeran Wales bertemu Perdana Menteri adalaha pada pertemuan di Westminster Abbey Commonwealth pada 9 Maret," kata pernyataan itu.

Pernyataan dari Clarence House yang mengumumkan hasil tes positif Pangeran Charles mencatat: "Tidak mungkin memastikan dari siapa sang Pangeran terserang virus karena banyaknya keterlibatan yang ia lakukan dalam peran publiknya selama beberapa minggu terakhir."

Sang putra mahkota kini mengisolasi diri di Birkhall, rumah sang pangeran di tanah kerajaan Balmoral di Skotlandia. Istrinya, Duchess Camilla of Cornwall, 72, telah dites negatif untuk virus dan juga mengisolasi diri sendiri dari Charles di Birkhall.

Berita tentang hasil tes positif Pangeran Charles dan PM Johnson datang seminggu setelah ratu pindah ke Windsor Castle di tengah pandemi Virus Corona.

 

Agenda Kerajaan Ditunda

PM Inggris Boris Johnson dan Ratu Elizabeth II (WPA Pool Photos / Pool)
PM Inggris Boris Johnson dan Ratu Elizabeth II (WPA Pool Photos / Pool)

Juga pada hari Jumat, Istana Buckingham mengumumkan bahwa parade tahunan Trooping the Color, perayaan populer ulang tahun resmi sang ratu, tidak akan dilanjutkan "dalam jadwal tradisional" pada bulan Juni.

"Sejumlah opsi lain dipertimbangkan, sejalan dengan panduan yang relevan," kata pernyataan istana. Ratu berusia 94 tahun pada bulan April, tetapi hari ulang tahunnya dirayakan pada bulan Juni ketika cuaca di Inggris biasanya lebih baik.

Perayaan ini menampilkan barisan pasukan berbaris dan pengawal berseragam warna-warni, kerumunan besar di The Mall dan keluarga semua-kerajaan menyebar di balkon istana ketika sebuah angkatan udara terbang melintasi akhir perayaan.

Sang ratu membatalkan sejumlah acara "sebagai tindakan pencegahan yang masuk akal" karena pandemi, tetapi hingga pekan lalu, ia masih mengadakan "audiensi" dengan para pejabat tinggi yang berkunjung, termasuk PM Boris Johnson.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Corona, Gubernur Imbau Kurangi Perjalanan dari dan ke Bali

Posted: 27 Mar 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Denpasar Gubernur Bali, Wayan Koster mengeluarkan imbauan kepada masyarakat untuk mengurangi atau menunda perjalanan ke Bali atau ke luar Bali, kecuali ada keperluan yang sangat mendesak atau warga negara asing yang akan kembali ke negara asalnya. 

Imbauan gubernur itu dikeluarkan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Virus Corona (COVID-19) di Provinsi Bali.

"Pemerintah Provinsi Bali saat ini sedang sangat serius dan fokus melaksanakan upaya-upaya pencegahan penyebaran Corona COVID-19 guna mempercepat pemulihan kondisi Bali," tulis Wayan Koster dalam surat imbauannya, Sabtu (28/3/2020).

Kendati begitu, ia menegaskan imbauan untuk tak melakukan perjalanan ke Bali atau ke luar Bali tidak berlaku bagi angkutan logistik, keperluan penanganan kesehatan, penanganan keamanan dan tugas resmi dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Di sisi lain, Koster meminta kepada otoritas terkait di pintu-pintu masuk Bali agar melakukan pengetatan lalu lintas orang dan sedapat mungkin melaksanakan pemeriksaan kesehatan sesuai protokol Corona COVID-19.

"Kepada penyelenggara pintu masuk Pulau Bali seperti bandara, pelabuhan penyebrangan dan pelabuhan laut agar meningkatkan pengawasan terhadap perlintasan penumpang sesuai protokol pintu masuk protokol kesehatan  COVID-19," katanya.

Pada kesempatan itu, Koster juga mengimbau agar masyarakat meniadakan kegiatan adat dan agama yang mengumpulkan banyak massa.

Ia juga meminta agar masyarakat tidak berkumpul, mengurangi interaksi, pengumpulan massa dan menjaga jarak sosial dengan mengurangi aktivitas di luar rumah, bekerja di rumah, belajar di rumah dan beribadah di rumah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Polisi di London, Suami Angie Virgin Masih Bertugas Saat Lockdown

Posted: 27 Mar 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Angie Virgin beserta suami dan anaknya saat ini menetap di Inggris. Angie sendiri bekerja sebagai akuntan di sebuah perusahaan, sementara sang suami, Habibie Syaaf adalah seorang polisi di London.

Saat ini, Inggris sudah berstatus lockdown untuk menghentikan penyebaran virus Corona. Angie Virgin pun sudah bekerja di rumah, namun tidak dengan suaminya.

Ya, profesi Habibie Syaaf membuatnya untuk tetap bertugas meski di tengah kondisi darurat. Hal ini tentu saja membuat Angie Virgin diliputi kekhawatiran akan kesehatan suaminya.

"Iya (khawatir) tapi bangga, ngerti kalau dia harus, harus ada yang tetap kerja untuk memastikan keamanan dan keselamatan jiwa manusia," tutur Angie Virgin saat dihubungi wartawan melalui pesan singkat, Jumat (27/3/2020).

"Kalau rezeki itu sudah di tangani negara di sini, semua orang pekerja harian atau perusahaan sudah dibayar gajinya sama pemerintah sampai 80 persen untuk tiga bulan ke depan," sambungnya.

Preventif

Angie Virgin (dok. Pribadi)
Angie Virgin (dok. Pribadi)

Angie Virgin juga mulai mengubah pola hidup yang lebih bersih dan sehat sebagai tindakan preventif untuk menghindari wabah virus Corona. Apalagi, sang suami yang masih tetap bekerja di luar.

"Tiap pagi sebelum anak sarapan aku disinfektan rumah, lap handle pintu, permukaan meja dan switch lampu yang kira-kira di sentuh pas dia pulang. Memang extra tapi keadaan di UK sangat jauh lebih gawat dibanding di Indonesia," terangnya.

Khawatir

Angie Virgin dan Habibie Syaaf (Sumber: Instagram/bb_safe)
Angie Virgin dan Habibie Syaaf (Sumber: Instagram/bb_safe)

Meski tinggal di Inggris, namun sebagai warga negara Indonesia, bintang film Hantu Jeruk Purut ini juga khawatir dengan keadaan Indonesia. Ia berharap penyebaran virus corona di tanah kelahirannya dapat ditangani dengan baik.

"Aku lebih khawatir kalau di Indonesia outbreaknya meningkat, sangat hawatir dan prihatin buat orang-orang yang ekonominya lemah dan pekerja harian," ucap bintang film Virgin ini.

Belajar dari Eropa

"Pemerintah negara-negara terkaya pun tidak dapat mengantisipasi musibah ini, semua negara Eropa sampai lockdown. Buat yang di Indonesia, stay at home dan cuci tangan. Belajar dari sini, jangan sampai seperti di sini," tutur Angie Virgin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Plasma Darah, Harapan Sembuh Pasien Covid-19

Posted: 27 Mar 2020 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Para dokter di New York akan segera menguji darah dari penyintas Covid-19 pada pasien dengan kondisi parah di rumah sakit.

Dokter percaya, darah dari orang yang pulih dari Sars-Cov2 tersebut dapat menjadi sumber antibodi yang mampu melawan virus. 

Percobaan ini bukan hal baru di bidang medis. Bagian darah yang mengandung antibodi, yang disebut plasma, telah digunakan selama beberapa dekade untuk mengobati penyakit menular, termasuk Ebola dan influenza.

"Secara ilmiah, agak sulit untuk mengetahui betapa berharganya plasma pada penyakit apapun sampai Anda mencobanya sendiri," ujar Dr. David L. Reich, presiden dan kepala petugas operasi Rumah Sakit Mount Sinai, yang akan menggunakan perawatan tersebut.

Ia mengatakan akan mencoba metode ini untuk merawat pasien rawat inap yang sedang sakit pernapasan, tapi tidak yang memiliki komplikasi.

"Idenya yaitu agar ampuh pada pasien yang tepat pada waktu yang tepat, tapi ini masih eksperimental," ujarnya.

Pada hari Selasa, Food and Drug Administration (FDA) memberikan izin agar plasma digunakan secara eksperimental berdasarkan keadaan darurat untuk mengobati pasien coronavirus, dan segera rumah sakit di New York mulai meminta untuk segera berpartisipasi untuk mengumpulkan, menguji dan mendistribusikan plasma, ujar Dr. Bruce Sachais, kepala petugas medis di New York Blood Center.

"Fokus utama kami adalah, bagaimana kami menerapkan ini dengan cepat untuk membantu rumah sakit mendapatkan produknya untuk pasien," ujar Dr. Sanchais.

"Kami memiliki pusat darah di New England, Delaware dan Midwest, jadi kami bisa menerapkannya di wilayah lain. Kami bekerja sama dengan pusat darah dan rumah sakit lain yang juga mengumpulkan darah dan ingin melakukan ini. New York mungkin tidak memiliki jumlah plasma yang cukup untuk dibagikan ke seluruh negara, jadi kami meminta pusat-pusat lain untuk membantu."

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Sukarelawan akan disaring

Ilustrasi golongan darah (iStockphoto)
Ilustrasi golongan darah (iStockphoto)

Reich mengatakan, email yang sebelumnya meminta anggota staf Mount Sinai yang telah pulih untuk mempertimbangkan menyumbangkan plasmanya, menjadi viral dan dengan cepat menarik perhatian 2.000 respon.

Tetapi sukarelawan harus disaring dengan cermat untuk memenuhi kriteria yang ketat. Para pendonor akan menyertakan orang-orang yang dites positif terkena virus, lalu pulih, tidak memiliki gejala selama 14 hari, dan sekarang dites negatif, serta memiliki kadar titer (antibodi yang melawan virus) tinggi.

Plasma juga diuji untuk memastikan tidak membawa infeksi lain seperti hepatitis atau HIV atau protein tertentu yang dapat memicu reaksi kekebalan tubuh. Jika lulus tes maka plasma bisa dibekukan atau langsung digunakan. Setiap pasien yang dirawat akan menerima satu unit (sekitar satu cangkir) yang akan diteteskan seperti transfusi darah.

Sebagai catatan, antara pendonor dan penerima donor plasma harus memiliki kecocokan, sebagaimana transfusi darah.

Reich mengatakan bahwa karena ada penundaan dan kekurangan dalam pengujian, jumlah orang yang memenuhi syarat mungkin rendah pada awalnya.

Mereka berharap dengan diberikan suntikan antibodi ini, pasien akan membaik dalam sebulan, ujar Dr. Sachais.

Para penyintas, atau orang yang pulih akan memiliki sisa antibodi, dan jika diambil sebagiannya tidak akan membahayakan mereka ataupun mengurangi resistensi mereka terhadap virus, ujar Dr. Sachais. "Kami munkin mengambil 20% antibodi mereka, tapi beberapa hari kemudian antibodi akan terisi kembali."

"Empat hingga enam atau delapan minggu setelah infeksi, darah mereka terisi dengan antibodi yang akan menetralkan virus dan secara teoritis akan membatasi infeksi," kata Vineet Menachery, seorang ahli virologi di University of Texas Medical Branch.

Dr.Sachais menekankan bahwa ini masih dalam proses uji coba, meskipun terdapat laporan pada kasus SARS dan MERS bahwa pasien membaik, tapi dalam epidemi virus corona lainnya belum mendapatkan bukti kuat.

Ia mengatakan keputusan mencoba metode ini atas dasar laporan dari China yang melihat keberhasilan pada pasien yang tampak aman dan dengan cepat menurunkan tingkat virus pada mereka. Tetapi laporan tersebut tidak didasarkan pada studi terkontrol atau data definitif.

Kini Amerika Serikat menjadi negara dengan jumlah kasus Covid-19 teratas yang melebihi jumlah kasus di China dan negara lainnya, sejak 26 Maret 2020.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua PHDI Minta Umat Hindu Tingkatkan Keimanan Hadapi Corona

Posted: 27 Mar 2020 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Bidang Kesehatan dan Pemberdayaan Umat Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat, Nyoman Suarthanu meminta umat Hindu untuk meningkatkan keimanan dalam menghadapi virus Corona atau Covid-19.

"Seluruh bangsa alami kejadian oleh sebab itu sebagai umat Hindu, yakini percayai, tingkatkan sradha, keimanan kita untuk dapat lakukan hal terbaik hindari bencana ini. Corona bencana dahsyat dan besar bagi bangsa kita," ujar Nyoman di Graha BNPB, Jakarta Pusat, Sabtu (28/3/2020).

Nyoman mengimbau umat Hindu di Indonesia untuk mengikuti arahan pemerintah dalam meminimalisir mewabahnya virus Corona atau Covid-19. Seperti budaya hidup bersih dan menghindari kerumunan.

"Mari kita lakukan giat yang bisa hindari diri kita dari bencana ini. Majelis sudah keluarkan edaran untuk imbau seluruh umat untuk lakukan giat yang bisa hindari bencana ini. Tidak lakukan giat sembahyang bersama, ritual penting-penting saja, gerakan perilaku hidup bersih yang selama ini kita suarakan," kata dia.

Menurut Nyoman, untuk meminalisir tertular virus Corona, umat Hindu diimbau melakukan ibadah untuk sementara waktu di rumah saja.

"Kita lakukan ritual cukup dari rumah saja. Doa, meditasi untuk kesembuhan kita sendiri, perbaikan pada bangsa kita, untuk pencegahan mari jaga jarak satu meter, cuci tangan, hindari sentuh wajah, tutup hidung, mulut, produktif di rumah, hindari berkumpul dan bersama-sama," kata dia.

Data 27 Maret 2020

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto menjelaskan rapid test Corona massal saat konferensi pers secara live di Graha BNPB, Jakarta pada Sabtu (21/3/2020). (Dok Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB)
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto menjelaskan rapid test Corona massal saat konferensi pers secara live di Graha BNPB, Jakarta pada Sabtu (21/3/2020). (Dok Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB)

Jumlah pasien yang terkonfirmasi positif Corona Covid-19 di Indonesia hingga saat ini masih terus bertambah.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan Corona Covid-19 Achmad Yurianto menuturkan, jumlah kasus positif Covid-19 pada Jumat (27/3/2020) bertambah 153 kasus baru. Dengan demikian, totalnya mencapai 1.046 orang.

Menurut dia, dari jumlah tersebut, pasien Corona Covid-19 yang meninggal dunia sebanyak 87 orang.

"Dan ada 9 kematian baru. Meninggal menjadi 87," ujar Yurianto melalui konferensi pers di Gedung BNPB Jakarta Timur, Jumat (27/3/2020).

Dia mengatakan, dari total kasus tersebut, jumlah pasien sembuh dari infeksi Corona sebanyak 46 orang.

Semua data pasien Corona Covid-19 tersebut dikumpulkan dari Kamis, 26 Maret hingga hari ini pukul 12.00 WIB, Jumat (27/3/2020).

Yurianto mengingatkan kepada semua masyarakat untuk menjaga jarak, lebih dari 2 meter, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, dan tetap produktif selama di rumah.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MUI Minta Masyarakat Tak Paksakan Gelar Resepsi Pernikahan di Tengah Wabah Corona

Posted: 27 Mar 2020 10:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta masyarakat untuk tidak memaksakan resepsi pernikahan dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona Covid-19.

"Jangan dipaksakan untuk kepentingan resepsi (pernikahan) yang megah dan mewah, mengumpulkan banyak orang yang berdampak pada kerugian semua pihak dari aspek kesehatan," ujar Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (28/3/2020).

Akad nikah yang dilaksanakan harus berpedoman dan mengikuti pada protokol kesehatan.

"Jangan berkumpul terlalu banyak, kemudian dilaksanakan sesuai ketentuan kewajiban-kewajiban saja," kata Asrorun Niam seperti dikutip dari Antara.

Sebelumnya Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis mengatakan jajaran Polri telah membubarkan sebanyak 7.031 kerumunan massa sejak dikeluarkannya Maklumat Kapolri tentang Kepatuhan Terhadap Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona.

Kapolri menjelaskan kerumunan massa yang dibubarkan terdiri dari kegiatan resepsi pernikahan hingga perkumpulan sejumlah warga yang bersantai di kafe maupun di tempat publik lainnya.

Demi memutus penyebaran Corona dan mendukung kebijakan pemerintah agar masyarakat menjaga jarak serta patuh melaksanakan imbauan bekerja di rumah. Mantan Kapolda Metro Jaya ini mengatakan akan terus mengintensifkan patroli hingga ke daerah-daerah.

Idham berharap patroli yang dilakukan jajaran Polri bersama TNI dan para pemangku kepentingan terkait ini bisa dipahami dan dipatuhi oleh masyarakat.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Cegah Penyebaran Corona

Pihaknya pun meminta jajarannya untuk tak bosan mengingatkan masyarakat agar mematuhi imbauan Pemerintah dalam menjaga jarak fisik demi mencegah penularan Corona.

Pihaknya pun menyadari bahwa dibutuhkan kesabaran agar masyarakat bisa memahami dan mematuhi imbauan Pemerintah dan sejumlah protokol yang dibuat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran Corona.

Berikut kriteria perkumpulan massa yang dapat dibubarkan oleh aparat keamanan setelah dilakukan upaya imbauan secara persuasif dan humanis, yakni pertemuan sosial, budaya, keagamaan dan aliran kepercayaan dalam bentuk seminar, lokakarya, sarasehan serta kegiatan yang sejenis.

Kemudian kegiatan kerumunan massa seperti konser musik, pekan raya, festival, bazar, pasar malam, pameran hingga resepsi keluarga. Termasuk pula kegiatan olahraga, kesenian, dan jasa hiburan, unjuk rasa, pawai, karnaval serta kegiatan lainnya yang mengumpulkan massa.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Bupati Teluk Bintuni Cegah Corona COVID-19 Meluas di Papua Barat 

Posted: 27 Mar 2020 10:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Data terbaru menunjukkan sudah ada pasien positif corona COVID-19 di Papua dan Papua Barat. Pemerintah dan warga setempat perlu segera mengantisipasi agar wabah tidak semakin meluas.

Bupati Teluk Bintuni, Papua Barat, Petrus Kasihiw kembali mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup bersih selama masa perang melawan virus corona Covid-19. Ajakan itu disebarluaskan lengkap dengan infografis oleh Humas Pemda Teluk Bintuni.

Di dalam infografis itu, bupati memberikan contoh cara mencuci tangan dengan menggunakan sabun yang baik dan benar untuk meminimalkan paparan terhadap virus Covid-19.

Bupati Petrus Kasihiw menyatakan, imbauannya ini ditekankan untuk mengajak masyarakat bisa lebih sadar dengan kebersihan diri terutama membudayakan mencuci tangan dengan baik serta melakukan social distancing sebagai upaya-upaya melawan dan mencegah penularan wabah virus Covid-19.

"Etika ketika mencuci tangan dengan sabun harus diperhatikan betul, salah satu cara mencegah pemaparan Corona ini yaitu dengan memperhatikan kebersihan diri secara terus menerus. Saya tekankan sekali lagi mengenai jaga jarak fisik ketika harus bersosialisasi, jika tidak penting-penting banget, ya di rumah saja. Jangan keluar-keluar," ujar Petrus, Jumat (27/3/2020).

Petrus juga mengingatkan perihal lebih efektifnya mencuci tangan dengan menggunakan sabun, daripada penggunaan hand sanitizer yang berlebihan yang bisa mengakibatkan kekosongan di pasar.

"Hand sanitizer itu hanya kita gunakan ketika kita tidak bisa mengakses air dan sabun ketika kita berada di luar. Mencuci tangan dengan sabun yang bersih, lebih efektif ketimbang menggunakan hand sanitizer. Ayolah, masyarakat, mari kita budayakan mencuci tangan lebih sering. Karena virus itu bisa tertular ketika kita melakukan kontak dengan tangan kita," sambung Petrus.

Petrus pun membeberkan upaya Pemkab Teluk Bintuni melawan penyebaran virus Corona.

 

Batasi Jam Operasional Pasar

Teluk Bintuni Melawan Corona
Teluk Bintuni Melawan Corona

Pemkab Teluk Bintuni terus melakukan upaya untuk meminimalkan potensi penyebaran Covid-19 dengan mendatangkan alat kesehatan yang dibutuhkan untuk pencegahan dan penanganan Covid-19. Pemeriksaan dan screening yang dilakukan di semua akses masuk Teluk Bintuni terus digiatkan oleh pemerintah daerah yang bekerja sama dengan dinas-dinas terkait.

Selain itu, melalui surat edaran bupati nomor : 443.2/ 76/ III/ 2020 tanggal 26 Maret 2020, pemerintah kabupaten telah membatasi waktu operasional Pasar Sentral Bintuni dalam rangka penyemprotan cairan desinfektan.

"Kami harap masyarakat bisa memaklumi perihal pembatasan waktu operasional ini. Demi kepentingan bersama, Pemda harus mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga Teluk Bintuni secara maksimal," kata Petrus.

Ia berharap masyarakat bisa menekan egonya untuk berkumpul atau melakukan kegiatan komunal yang tidak penting selama masa pandemi ini.

Saksikan video menarik ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alhamdulillah, Acara Akad Nikah di Zona Merah Covid-19 di Bekasi Sesuai Ketentuan

Posted: 27 Mar 2020 10:34 PM PDT

Liputan6.com, Bekasi - Sepekan belakangan warga RW 021 atau tepatnya di Perumahan Alinda Kencana, Kaliabang Tengah, Bekasi Utara dihebohkan dengan tenda besar acara pernikahan yang digelar di jalan. Bukan tanpa alasan. Bekasi Utara masuk dalam zona merah wabah penyebaran Corona Covid-19.

Pihak aparat terkait, mulai dari kepolisian sampai ke tingkat RW mengawal jalannya acara, Sabtu (28/3/2020) pagi. Tenda yang awalnya digelar menutupi satu jalan, kini hanya tinggal setengah.

Acara berlangsung hanya satu jam, dan hanya akad nikah. Sejak pukul 09.00 WIB sampai sekitar pukul 10.00 WIB.

Setiap tamu keluarga yang hadir diberikan fasilitas sarung tangan, hand sanitizer, dan masker. Begitu juga aparat yang berjaga. Yang hadir pun diklaim hanya dari pihak keluarga.

"Malah disediakan disinfektan yang disemprot dari kipas angin. Dan ada juga tenaga medis dari RS Persahabatan dan RS Santo Carolus," kata Kapolsek Bekasi Utara Kompol Chalid yang langsung hadir di lokasi acara.

Dia melanjutkan, acara berjalan lancar dan semua ketentuan sudah dipenuhi. Bahkan untuk keamanan, pihak keluarga hanya menyediakan nasi kotak agar bisa dibawa pulang dan tidak berlama-lama di lokasi acara.

"Iya kita sudah awasi dan semua ketentuan dipenuhi. Nasinya juga nasi kotak. Alhamdulillah berjalan lancar. Jadi semoga tidak ada lagi kekhawatiran warga," ujar dia.

Lebih jauh dia menimbau kepada warga yang akan atau mempunyai rencana menggelar acara serupa harus mengutamakan keselamatan warga. Namun lebih baik bisa ditunda dulu.

"Ya lebih baik ditunda dulu. Kalau memang tidak bisa ya harus memenuhi aturan dan jangan sampai membuat keresahan apalagi sampai ada kumpulan. Kita harus sadar ini wabah Corona Covid-19 bahaya," harap dia.

Koordinasi dengan Pihak Terkait

Pengecekan suhu tubuh di acara akad nikah
Pengecekan suhu tubuh di acara akad nikah

Senentara itu, Koordinator Paguyuban RT Alinda, Eksan Sumino mengatakan, setiap acara yang digelar di lingkungan ada baiknya melakukan koordinasi dengan pihak terkait. Mulai dari RT, RW, dan aparat terkait. Terlebih saat ini sedang mewabah Corona Covid-19.

"Ya koordinasi diperlukan agar semua berjalan baik dan tidak mengundang keresahan warga," singkat dia.

Lurah Kaliabang Tengah, Rr Sri Setianingrum mengaku telah berbincang langsung dengan pemilik hajat untuk merinci secara detail terkait prosedur tetap (protap) pelaksanaan akad.

"Katanya akan mengikuti protap. Karena situasi ini sedang wabah Corona, protapnya harus menggunakan masker, sarung tangan, jarak 1 meter. Tenda dibuat besar agar jarak bangkunya bisa diatur," kata Sri saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (27/3/2020).

Untuk lebih memastikan kondisi benar-benar aman, ujarnya, pihaknya juga akan menyiagakan dua dokter yang bertugas memeriksa seluruh orang yang hadir pada acara tersebut. "Jadi sebelum masuk ke area akad nikah, akan diperiksa dulu," ucap Sri.

Menurutnya, sang pemilik hajat hanya menyiapkan kursi seadanya, dikarenakan jumlah keluarga yang hadir sangat terbatas. Dikatakan tak lebih dari 12 orang keluarga yang bakal hadir, yang seluruhnya tinggal di sekitaran lokasi.

"Nanti yang datang hanya keluarga kandung dari orangtua calon mempelai. Keluarga dari luar daerah dibatalkan semua. Tenda sengaja dibuat agak besar agar duduknya bisa berjauhan," paparnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Penyebaran Corona, Bea Cukai Fasilitasi Pengadaan APD dan Alat Bantuan Medis

Posted: 27 Mar 2020 10:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebagai salah satu bentuk dukungan pemerintah dalam melindungi masyarakat dari wabah Covid-19, Kementerian Keuangan melalui Bea Cukai memberikan fasilitas terhadap impor barang berupa alat bantuan medis. Ratusan ribu unit alat diimpor dari China telah tiba di Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Minggu (22/3) lalu.

Didampingi dan diawasi oleh petugas Bea Cukai Soekarno-Hatta dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), alat bantuan medis tersebut terdiri dari alat tes Corona, masker N95, masker bedah, baju pelindung, bahan pembuat hand sanitizer, dan lain sebagainya.

Kepala Bea Cukai Soekarno-Hatta, Finari Manan menjelaskan bahwa kemudahan yang diberikan terhadap impor ini yaitu fasilitas Rush Handling.Kkemudahan ini didasari Surat Edaran Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor SE-04/BC/2020 tentang Pembebasan Cukai Etil Alkohol Dalam Rangka Tindak Lanjut Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019.

"perlu diketahui fasilitas Rush Handling atau pelayanan segera ini merupakan pelayanan yang diberikan atas barang impor tertentu yang karena karakteristiknya memerlukan pelayanan segera untuk dikeluarkan dari kawasan pabean," jelas Finari.

Adapun karakteristik barang yang memerlukan pelayanan segera antara lain; organ tubuh manusia seperti ginjal, kornea mata atau darah, jenazah dan abu jenazah, barang yang dapat merusak lingkungan antara lain bahan yang mengandung radiasi, binatang hidup dan tumbuhan hidup, surat kabar dan majalah yang peka waktu, dokumen atau surat, dan/atau barang lain karena karakteristiknya perlu mendapatkan pelayanan segera setelah mendapat izin kepala kantor pabean.

Sementara itu, Bea Cukai Bogor juga turut tanggap dalam pencegahan penyebaran Covid-19 dengan memfasilitasi pengadaan alat pelindung diri (APD). Bea Cukai bersama Pemerintah telah mengupayakan proses kerjasama Indonesia dan Korea sehingga bahan baku akan disuplai oleh Korea melalui kawasan berikat (KB) yang ada di Bogor dan Bandung.

"Ada lima kawasan berikat yang telah menjahit bahan baku menjadi APD, dari 205 ribu APD yang telah diproduksi, separuhnya akan didistribusikan ke berbagai wilayah di Indonesia dan sisanya akan dikirim ke Korea," ungkap Tatang Yuliono, Kepala Kantor Bea Cukai Bogor.

"Bea Cukai akan terus mendukung dan memberikan kemudahan terkait impor maupun ekspor alat bantuan medis dan kegiatan sejenisnya sebagai bentuk dukungan bantuan kemanusiaan dalam memerangi wadah pandemi ini" pungkas Finari.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kurang dari 24 Jam Merapi Erupsi 3 Kali, Ini Penjelasan BPPTKG Yogyakarta

Posted: 27 Mar 2020 10:34 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - Setelah meletus dua kali pada tanggal 27 Maret 2020, Gunung Merapi kembali meletus pada Hari Sabtu tanggal 28 Maret 2020. Letusan terjadi pukul 05:21 WIB tercatat di seismogram dengan amplitudo 50 meter.

Sementara durasi letusan terjadi selama 180 detik. Teramati tinggi kolom erupsi mencapai 2.000 meter dari puncak Gunung Merapi. Arah angin saat erupsi terjadi mengarah ke Barat.

Dari pantauan seismogram, terlihat bahwa beberapa waktu sebelum terjadinya overscale letusan Merapi, terdapat getaran lemah yang cukup panjang, kemudian diikuti beberapa getaran cukup kuat sebelum akhirnya mengalami overscale.

Pada erupsi Merapi tanggal 27 Maret 2020 yang terjadi pukul 20.46 WIB. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyatakan tidak adanya precursor atau tanda-tanda aktivitas seismisitas yang jelas sebelum terjadi letusan. Hal ini juga terjadi pada saat letusan pada tanggal 3 Maret 2020 yang lalu.

"Tak ada peningkatan kegempaan yang signifikan, bahkan di tanggal 26 Maret 2020, hanya dua kali terjadi gempa Fase Banyak dan satu kali gempa guguran," papar Hanik Humaida, Kepala BPPTKG.

Demikian juga deformasi tidak menunjukkan perubahan yang signifikan.

"Observasi ini menunjukkan bahwa menjelang letusan tidak terbentuk tekanan yang cukup kuat karena material letusan didominasi oleh gas vulkanik", ungkap Hanik lebih lanjut.

Sementara dari data seismisitas tanggal 27 Maret 2020 pukul 18.00 WIB hingga 24.00 WIB, terpantau Gempa Hembusan sebanyak 6 kali, Gempa Frekuensi Rendah sebanyak 12 Kali dan Gempa Hibrid sebanyak 2 Kali. Letusan Pukul 21.46 WIB sendiri menghasilkan kolom asap setinggi 1.000 meter dari puncak Gunung Merapi.

Sampai dengan berita ini ditulis, status Gunung Merapi masih pada tingkat Waspada (level II) yang telah ditetapkan sejak tanggal 21 Mei 2018.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Luis Enrique Bakal Balik Latih Barcelona?

Posted: 27 Mar 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona- Pelatih timnas Spanyol Luis Enrique tak menutup kemungkinan untuk kembali bekerja di Barcelona suatu hari nanti. Enrique sangat menikmati masa-masa memoles Barca.

Enrique pernah menukangi Barcelona selama tiga tahun, dari 2014 sampai 2017. Dia sukses memberikan dua gelar La Liga dan satu Liga Champions selama menukangi Barcelona.

Saat ini Enrique sedang menangani timnas Spanyol sejak November 2019. Enrique sempat mundur sebentar dari timnas Spanyol pada Juni 2019 karena harus mengurus anaknya yang sakit keras.

Dalam sesi tanya jawab dengan fans belum lama ini, eks pelatih AS Roma itu sama sekali tak menutup pintu untuk kembali memoles Barcelona.

"Saya pikir saya bisa melatih di mana pun saya [sebelumnya]. Saya membiarkan pintu- pintu terbuka pada mereka semua. Waktu saya di Barcelona luar biasa dan saya akan selalu bersyukur. Saya sangat beruntung telah berada di klub selama bertahun-tahun yang memberi saya segalanya," kata Enrique seperti dikutip dari Sportsmole.

 

Setien

Pelatih Spanyol, Luis Enrique (AFP)
Pelatih Spanyol, Luis Enrique (AFP)

Barcelona sendiri kebetulan sedang mencari pelatih baru untuk musim mendatang. Pelatih saat ini Quique Setien kemungkinan tidak akan bertahan lama.

Performa Barcelona di bawah asuhan Setien tak membaik. Setien baru didaulat memoles Lionel Messi cs sejak Januari 2020. Setien menggantikan Ernesto Valverde yang dipecat.

Klasemen Liga Spanyol

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wabah Corona Covid-19, Umi Pipik: Allah Matikan Dunia Dalam Sekejap

Posted: 27 Mar 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyebaran virus Corona Covid-19 tak hanya datang pada satu negara saja, tapi seluruh dunia. Umi Pipik pun merasakan pandemi virus ini.

Melalui akun Instagram, Kamis (26/3/2020), Umi Pipik mengunggah sebuah foto siluet seorang wanita yang tengah berdoa di tengah malam.

Bukan foto itu yang menjadi perbincangan publik. Namun, nasihat Umi pipik yang dihubungkan dengan kondisi sekarang ini terkait Corona Covid-19.

Bermula dari cerita Umi Pipik mengenai sabda Nabi Muhammad SAW. "Bismillah, nasehat untukku.. ~CINTA DUNIA DAN TAKUT MATI ( WAHN ) ~ .Rasulullah saw bersabda, "Akan tiba suatu saat di mana seluruh manusia bersatu padu melawan kalian dari segala penjuru, spt halnya berkumpulnya manusia mengelilingi meja makan."," tulisnya.

 

Seperti Sampah

Umi Pipik (Foto: Instagram/@_ummi_pipik_)
Umi Pipik (Foto: Instagram/@_ummi_pipik_)

"Kemudian seseorang bertanya,"Katakanlah wahai Rasulullah, apakah jumlah Muslim pada saat itu sedikit?" .Rasulullah berkata,"Bahkan kalian pada saat itu banyak. Akan tetapi kalian bagai sampah yang dibawa oleh air hujan. Allah akan menghilangkan rasa takut pada hati musuh kalian dan akan menimpakan dlm hati kalian 'Wahn'. . Kemudian seseorang bertanya,"Apa itu 'wahn'?" Rasulullah berkata,"Cinta dunia dan takut mati." (HR. Abu Daud no. 4297 )," lanjutnya.

 

Teguran Allah

Belakangan ini kembali marak teroris. Banyak bom meledak dimana-mana. Salah satu yang sering mendapat pemeriksaan saat memasuki gedung adalah perempuan bercadar, memakai celana cingkrang dan berjenggot. (Bambang E Ros/Bintang.com)
Belakangan ini kembali marak teroris. Banyak bom meledak dimana-mana. Salah satu yang sering mendapat pemeriksaan saat memasuki gedung adalah perempuan bercadar, memakai celana cingkrang dan berjenggot. (Bambang E Ros/Bintang.com)

Umi Pipik menjelaskan musibah yang kini tengah melanda merupakan teguran dari Allah SWT akan kelalaian manusia.

"Inilah yg terjadi skrg , Allah berikan musibah yg menjadi teguran,adzab,ujian utk manusia ,Sebelum ada wabah semua sibuk dgn pekerjaanya, karirnya,popularitasnya, berkumpul ,bercengkrama berghibah ,hingga semua lupa akan ibadah, mengulur waktu sholat ( dgn kalimat ah entar jg sholat ,sekalipun diujung waktu sholatnya , bahkan bs sholatnya dia tinggalkan krn urusan pekerjaan ,) ,alqur'an pun tak tersentuh utk dibaca difahami, ( lbh asyik hp lbh menarik itu ucapnya )," sambungnya.

 

Matikan Dunia

Memberi peringatan pada manusia, Allah pun seolah mematikan dunia melalui wabah Corona Covid-19. Umi Pipik menyakini itu semua sebagai pengingat kematian.

"Dan sekarang dgn wabah ini dunia tak ada artinya apa2., LOCKDOWN,...STAY HOME ...Allah matikan dunia dlm sekejap , semua pengusaha bingung dgn usahanya ? Kemerosotan ekonomi , dll ,kemaksiatan berhenti , yg difikirkan skrg takut akan kematian," paparnya.

 

Tentara Kecil

Ini merupakan tentara kecil yang Allah turunkan ke bumi."COVID19 begitu dahsyatnya Allah mengirimkan tentara2 kecilNYA utk mjd teguran buat semua manusia...," imbuhnya.

 

Pengingat Dosa

Umi Pipik mencoba mengajak masyarakat Indonesia juga dunia untuk intropeksi atas semua dosa yang sudah dilakukannya.

"Now stay home, inilah yg terjadi...sdh saatnyalah muhasabah , dosa & maksiat apa yg kita kerjakan & amalan apa yg kita tinggalkan ? Hingga Allah mengadzab & menegur kita , saat ini Allah buat kita menjauh dari dunia dan mendekat kpd SANG pemilik dunia ..tafakur, taubat, menangis atas waktu yg sdh kita sia2kan utk NYA selama ini , sdh mulai perbaiki hubungan kita dgn Allah , sujud merendah , buang kesombongan diri," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Polisi Membubarkan Acara Warteg Gratis

Posted: 27 Mar 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Acara warteg gratis yang digelar kelompok relawan dihentikan oleh polisi mencegah penyebaran corona. Oleh kelompok relawan acara diubah dengan pembagian nasi untuk dibawa pulang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

IDI Kaltim Bikin Jamu Tingkatkan Imun

Posted: 27 Mar 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Samarinda - Produksi jamu terus dilakukan secara mandiri dengan cara tradisional di tengah pandemi Virus Corona Covid-19. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kalimantan Timur (Kaltim) salah satu penggagas produksi jamu secara massal.

Ketua IDI Kaltim dr Nataniel Tandirogang menjelaskan, jamu yang dibuat merupakan ramuan dari bahan rempah-rempah yang diolah sehingga menghasilkan minuman. Hasil olahan kemudian dikemas ke dalam botol untuk dibagikan kepada tenaga medis dan masyarakat luas.

"Jamu ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga kami berinisiatif membuatnya," kata Nataniel, Sabtu (28/3/2020).

Untuk bahan, Nataniel menyebut jamu yang dibikin berbahan dasar daun kelor, meniran, kunyit, jahe, sambiloto dan madu kelulut. Bahan-bahan ini disebut mampu meningkatkan imun tubuh terhadap serangan virus.

Untuk peracikan, IDI Kaltim mengolahnya di Laboratorium Farmasi Universitas Mulawarman. Untuk sementara, jumlah yang diproduksi masih terbatas sebelum uji coba khasiat dilakukan.

"Uji coba akan diberikan kepada orang dalam kondisi sehat, kemudian kita mengetahui cita rasa, efek samping seperti alergi yang ditimbulkan," paparnya.

Proses uji coba membutuhkan waktu tiga hari. Jika berhasil, maka IDI Kaltim akan memproduksi lebih banyak.

"Karena masih berproduksi skala lokal, kita akan berikan ke tenaga medis dan masyarakat di Kota Samarinda," kata Nataniel.

Sebagai tahap awal, sebanyak 1.000 liter jamu akan diproduksi. Warga yang minum jamu, kata Nataniel, harus memastikan tidak alergi dari salah satu bahan jamu.

"Dianjurkan minum dua hari sekali," katanya.

Dia mengingatkan, jamu ini bukan untuk menyembuhkan pasien terjangkit Virus Corona Covid-19. Hanya meningkat imun atau daya tahan tubuh terhadap serangan virus.

"Agar virus tidak mudah masuk ke dalam tubuh," pungkasnya.

Donasi Untuk IDI Kaltim

FH Pokja 30 terima sumbangan masker N95 dari masyarakat yang nantinya akan disalurkan ke petugas medis.
FH Pokja 30 terima sumbangan masker N95 dari masyarakat yang nantinya akan disalurkan ke petugas medis.

Kepedulian terhadap tenaga medis ditunjukkan masyarakat di Kaltim. Berbagai organisai, komunitas, hingga perorangan berlomba membantu petugas medis semampunya.

Seperti Forum Himpunan Pokja 30, sebuah lembaga swadaya masyarakat di Kaltim yang membuka rekening donasi. Tak hanya itu, lembaga ini juga membuka donasi Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas medis.

"Kita ingin menunjukkan kalau para tenaga medis itu tidak berjuang sendiri. Kami yang bekerja dari rumah berusaha memberikan perhatian," kata Koordinator Pokja 30, Buyung Marajo.

Saat ini donasi yang terkumpul dan diserahkan ke IDI Kaltim mencapai Rp 8.435.166. Dana yang terkumpul langsung ditransfer ke rekening milik IDI Kaltim.

"Sebagai bentuk solidaritas kita semua untuk ambil bagian melawan pandemi ini. Siapa yang lebih berkompeten? Tentu saja paramedis," kata Buyung.

Dana yang diserahkan bisa digunakan oleh IDI Kaltim untuk keperluan tenaga medis maupun masyarakat lain yang membutuhkan. Salah satu informasi yang diterima Pokja 30 adalah pembuatan jamu yang digalang organisasi profesi dokter itu.

"Ketua IDI Kaltim berjanji akan transparan melaporkan penggunaan dana mereka. Kita berharap masyarakat juga ikut membantu sebagai wujud kebersamaan mengatasi wabah ini," ujarnya.

Pokja 30 juga sudah menerima donasi masker N95 yang sangat dibutuhkan tenaga medis untuk pasien isolasi. Diharapkan donasi APD bisa lebih banyak karena stok untuk tenaga medis masih terbatas.

Simak juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengintip Dalam Rumah Madonna di Portugal Saat Mengisolasi Diri

Posted: 27 Mar 2020 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Madonna hanyalah satu dari banyak pesohor dunia yang melakukan isolasi diri di tengah pandemi corona COVID-19. Dia tinggal di Lisbon, Portugal, bersama keenam anaknya, yaitu Lourdes, Rocco, David, Mercy, dan si kembar Estere dan Stella.

Setelah pindah ke sana pada 2017, Madonna memberikan dukungan impian putranya, David, untuk bermain sepakbola.

Mengutip dari lama Hello Magazine, Kamis (26/3/2020), rumah bernilai 6 juta pound sterling atau Rp116 miliar ini adalah istana abad ke-18 yang dikonversi dan memiliki empat lantai, empat kamar tidur, tujuh kamar mandi, pondok tamu, dan bahkan pondok terpisah untuk para penjaga.

Sejak menempati  rumah tersebut, Madonna sempat membagikan beberapa potret rumah miliknya dan itu sangat cocok untuk keluarganya.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Kamar Tidur

Kamar tidur Madonna dengan headboard warna hijau (Dok.Instagram/@madonna/ https://www.instagram.com/p/BbxHJWJhmS5/Komarudin)
Kamar tidur Madonna dengan headboard warna hijau (Dok.Instagram/@madonna/ https://www.instagram.com/p/BbxHJWJhmS5/Komarudin)

Kamar utama Madonna memiliki langit-langit tinggi dan tempat tidur besar dengan headboard hijau berlapis. Dia memiliki tempat tidur linen putih, dan foto artis Michael Jackson dan aktris Debi Mazar yang tergantung di atas tempat tidurnya.

Dapur

Dua anak Madonna sedang memasak di dapur (Dok.Instagram/@madonna)
Dua anak Madonna sedang memasak di dapur (Dok.Instagram/@madonna)

Dapur Madonna bergaya Portugis dengan koleksi keranjang yang tergantung dari tali di langit-langitnya. Kamarnya putih dan memiliki estetika pedesaan dari wastafel beton dan meja kerja, dan oven stainless steel.

Kamar Mandi

Madonna mempunyai kamar mandi yang luas dan mewah (Dok.Instagram/@madonna/https://www.instagram.com/p/B99e4YpCpuv/Komarudin)
Madonna mempunyai kamar mandi yang luas dan mewah (Dok.Instagram/@madonna/https://www.instagram.com/p/B99e4YpCpuv/Komarudin)

Madonna memiliki kamar mandi yang mewah yang didominasi warna putih dengan bak mandi marmer besar dan dinding marmer.

Ruang Tamu

Ruang tamu Madonna cukup besar (Dok.Instagram/@madonna/https://www.instagram.com/p/B5bZcO4hOy9/Komarudin)
Ruang tamu Madonna cukup besar (Dok.Instagram/@madonna/https://www.instagram.com/p/B5bZcO4hOy9/Komarudin)

Ruang tamu utama Madonna memiliki dinding biru dengan tirai dari lantai ke langit-langit yang terkoordinasi dan lantai kayu. Dia juga memiliki lukisan Frida Kahlo di dinding, dan koleksi gitar.

Di ruang tamunya, Madonna menyimpan buku-buku pilihan di atas meja kayu hitam besar, di sebelah vas kaca tulip.

Taman

Dua anak Madonna, David dan Mercy, sedang bermain di taman (Dok.Instagram/@madonna/https://www.instagram.com/p/BzWLR8IhnG5/Komarudin)
Dua anak Madonna, David dan Mercy, sedang bermain di taman (Dok.Instagram/@madonna/https://www.instagram.com/p/BzWLR8IhnG5/Komarudin)

Madonna mempunyai teras di sekeliling rumahnya. Dia juga memiliki taman di belakang yang besar, banyak tanaman dan pintu kaca.

Ruang Bermain

Dua anak Madonna asyik sedang bermain (Dok.Instagram/@madonna/https://www.instagram.com/p/Btip1mFhqh4/Komarudin)
Dua anak Madonna asyik sedang bermain (Dok.Instagram/@madonna/https://www.instagram.com/p/Btip1mFhqh4/Komarudin)

Ruang bermain rumah Madonna berada di atas dengan karpet krem ​​dan dinding putih. Lorong memiliki dinding biru.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Bentuk Sinergi Pengawasan Laut Bea Cukai dengan Polairud Polda Aceh dan PSDKP Lampulo

Posted: 27 Mar 2020 10:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Aceh adakan sinergi pengawasan laut Aceh dengan menggunakan metode patroli udara bersama Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara Kepolisian Daerah (Dit. Polairud Polda) Aceh dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (Ditjen PSDKP) Pangkalan PSDKP Lampulo.

Patroli udara yang dilaksanakan tiga instansi ini dilaksanakan pada Kamis (19/03) menggunakan sarana helikopter yang dilaksanakan sebagai salah satu metode pengawasan laut Aceh. "Kami mengambil rute dari area Ditpolairud Polda Aceh di Lampulo menuju ke Kecamatan Lhoong, Kelurahan Lampulo, Pulau Bunta, Pulau Batee, Teluk Banda, dan kembali lagi menuju area Ditpolairud Polda Aceh," jelas Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Kanwil Bea Cukai Aceh, Iwan Kurniawan.

Iwan, didampingi Direktur Polairud Polda Aceh, Kombes Pol. Jemmy Rosdiantoro dan selaku Kepala Pangkalan PSDKP Lampulo, Basri, juga mengungkapkan bahwa sinergi pengawasan ini akan terus dipertahankan, "dengan terus menjaga prinsip bahwa bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh, demi Bea Cukai makin baik, Aceh hebat, dan Indonesia maju."

Bicara tentang penegakan hukum di laut, Iwan mengungkapkan bahwa Bea Cukai memandang masing-masing instansi penegak hukum yang ada di laut saat ini melaksanakan tugas dan fungsi yang kompleks sesuai dengan kewenangan yang diatur dalam dasar hukumnya masing-masing.

"Bahwa dalam kaitannya dalam melakukan upaya perbaikan sistem penegakan hukum di laut, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai bentuk kerja sama antar instansi, diantaranya pelaksanaan penegakan hukum oleh masing-masing instansi sesuai dengan kewenangannya secara baik dan konsisten dengan tetap tidak bersikap acuh terhadap dugaan pelanggaran lain yang diketahui pada saat bertugas, dan mendorong terciptanya sinergi dan koordinasi serta menjaga level of confidence dan level of trust di antara sesama instansi penegak hukum di laut," ujarnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bea Cukai dan BNNP Papua Musnahkan Narkotika

Posted: 27 Mar 2020 10:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bea Cukai dan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Papua bersinergi berantas peredaran narkotika di wilayah Papua dengan menggelar pemusnahan barang bukti narkotika, pada Rabu (18/03) di Gurabesi, Jayapura.

Kepala Kantor Bea Cukai Jayapura, Albert Simo menjelaskan bahwa barang bukti yang dimusnahkan merupakan narkotika golongan I jenis ganja sebanyak 1.147,2 gram, yang merupakan hasil penindakan yang telah dilakukan oleh Bea Cukai Jayapura.

"Kami bekerja sama dengan tim penegak hukum lainnya yang meliputi BNN, Kepolisian, dan TNI di wilayah Jayapura pada bulan Januari dan Februari yang lalu, kemudian barang bukti hasil penindakan tersebut diserahkan ke BNNP Papua untuk dilakukan tindak lanjut, yaitu dimusnahkan," ujar Albert yang didampingi Kepala Bidang Brantas BNNP Papua, AKBP Safei dan beberapa perwakilan dari Kepolisian.

"Bea Cukai akan selalu bersinergi dan meningkatkan kerja sama dengan BNNP Papua, Polda Papua, Kodam Cenderawasih serta instansi penegak hukum lainnya, dan tentunya dibantu oleh masyarakat untuk tetap terus bersama-sama memberantas narkotika yang bisa merusak generasi penerus bangsa kita," tambahnya.

Ia juga berharap sinergi antar aparat penegak hukum di Papua dalam memberantas peredaran narkotika dapat tetap terjalin baik dan terus dilaksanakan sehingga dapat ikut menyelamatkan dan melindungi masyarakat terutama generasi muda indonesia dari bahaya narkotika.

"Dapat kami tekankan bahwa jaringan narkotika tidak akan pernah berhenti untuk menyelundupkan narkotika yang membahayakan anak bangsa. Untuk itu, kami imbau masyarakat untuk selalu dapat membentengi diri dan mendukung pemerintah dalam memberantas peredaran narkotika, salah satunya dengan melaporkan tindakan mencurigakan kepada aparat penegak hukum. Kami juga berharap sinergi yang baik antar aparat penegak hukum terus berjalan dan selalu dapat ditingkatkan, untuk mengamankan masyarakat dari ancaman barang haram tersebut," tegas Albert.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Minimalkan Dampak Corona COVID-19, Pemprov Jatim Upayakan Restrukturisasi Kredit

Posted: 27 Mar 2020 10:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jawa Timur) berupaya untuk meminimalkan dampak ekonomi akibat pandemi Corona COVID-19. Salah satunya dengan merestrukrisasi kredit terutama bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) imbas Corona COVID-19.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak menuturkan, pihaknya memberikan kepastian terutama dari kebijakan pemerintah pusat untuk mengalihkan anggaran akibat Corona COVID-19. Anggaran itu untuk meminimalkan dampak berat dari Corona COVID-19. Selain itu, Emil menuturkan, restrukturisasi kredit bagi UKM dilakukan agar kelangsungan kehidupan tetap berjalan.

"Kami sudah rapat yang dipimpin Bu Gubernur, dengan narasumber dari OJK, BI, Kantor Perbendaharaan Negara, BPKP bertuuan untuk memberikan sebuah keyakinan apa yang menjadi kebijakan pusat kaitan upaya untuk merefocusing anggaran kita tak alami dampak berat dari COVID-19," ujar dia, Jumat, 27 Maret 2020.

"Dampak pasti ada, tetapi bagaimana menyikapi pelaku kecil tak langsung kehilangan seluruh tetapi kelanjutan kehidupan," ia menambahkan.

Ia menuturkan, rapat tersebut mengkaji kebijakan restrukturisasi kredit. Kebijakan tersebut juga perlu berkoordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengingat intervensi tetap dibutuhkan meski tidak otomatis.

"Walaupun demikian, berkoordinasi dengan OJK, restrukturisasi kredit seperti apa. Pemprov Jatim ada Bank Jatim dan BPR di kabupaten yang dikelola kredit Rp 10 triliun, Bank Jatim Rp 2,3 triliun. Disiapkan regulasi restrukturisasi kredit karena juga ada dana kredit bergulir dan skema lain bisa direstrukturisasi," ujar dia.

Selain itu, restrukturisasi kredit ini, menurut Emil juga harus tepat sasaran. Mengingat tak semua pihak mendapatkan karena melihat kemampuan bank.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Lima Sektor Ekonomi yang Bakal Terpengaruh

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak memberi pemaparan dalam dialog Jelajah Kebangsaan di Stasiun Gubeng, Surabaya, Kamis (21/2). Dialog bertema 'Mengikuti Semangat Arek Surabaya dalam mempersiapkan Indonesia Emas 2045'. (Liputan6.com/JohanTallo)
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak memberi pemaparan dalam dialog Jelajah Kebangsaan di Stasiun Gubeng, Surabaya, Kamis (21/2). Dialog bertema 'Mengikuti Semangat Arek Surabaya dalam mempersiapkan Indonesia Emas 2045'. (Liputan6.com/JohanTallo)

Selain itu, Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga memetakan dampak Corona COVID-19 terhadap sektor ekonomi. Emil menuturkan, lima sektor berkontribusi terhadpa ekonomi di Jawa Timur. Salah satu terbesar sektor industri. Pihaknya berupaya agar pekerja di industri juga mendapatkan perlindungan maksimal di tengah merebaknya Corona COVID-19.

"Belum bisa kami hitung dampaknya, disruption ini. Ada sekitar 1.200 industri besar kerjakan 380 ribu orang. Disnaker dan Disperindag mengimbau untuk sesuaikan protokol dengan social distancing. Pabrik beroperasi tapi beri perlindungan untuk pekerja," kata dia.

Selain itu, industri menengah alami kesulitan bahan baku, dan kalau adapun harga bahan baku tersebut naik. "Disperindag akan mencari substitusi agar industri itu tetap beroperasi," kata dia.

Selanjutnya sektor pariwisata dan ritel terkena dampak Corona COVID-19. Meski demikian, Emil menuturkan, pihaknya berupaya memikirkan bagaimana untuk penggantian jalur pemasaran. Apalagi saat ini juga pemerintah mengimbau untuk melakukan aktivitas di rumah.  Oleh karena itu, ia melihat jalur online akan menjadi salah satu cara untuk meningkatkan konsumsi.

Di sisi lain, masyarakat juga sudah mengurangi aktivitas berbelanja di pasar tradisional. Meski demikian, ia mengimbau pemerintah setempat juga berikan perlindungan di pasar seperti penyemprotan disinfektan, membagikan hand sanitizer. "Proses transisi juga lebih banyak ke pasar, kini pedagang memakai sepeda motor," ujar dia.

Ia menambahkan, sektor akomodasi dan pariwisata, serta konstruksi juga terpukul. Meski demikian, ia melihat ada pekerjaan infrastruktur masih dikerjakan untuk melindungi masyarakat. Salah satu contoh di Jember ada penanganan sungai untuk melindungi masyarakat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspada Corona Covid-19, Ganjar Tegaskan Perantau-Pemudik Jangan Masuk Jateng

Posted: 27 Mar 2020 10:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta para perantau tidak dulu pulang ke kampung halaman di tengah pandemi virus corona atau Covid-19 yang semakin mengkhawatirkan. Termasuk juga untuk masyarakat luar daerah agar tidak mudik.

"Jika panjenengan nekat pulang, saya tegaskan sama saja anda membahayakan anak, istri, atau suami, serta mengancam seluruh hidup orang yang kami sayangi, yang kita sayangi, termasuk orang tua panjenengan yang sudah sepuh," tutur Ganjar dalam video yang diunggah di akun Instagramnya @ganjar_pranowo, Sabtu (28/3/2020).

Ganjar mengingatkan peran serta terbaik masyarakat yang dilakukan dalam memerangi corona Covid-19 saat ini adalah memutus peryebaran virus dari kota ke desa. Khususnya Jakarta yang telah ditetapkan sebagai zona merah.

"Kita tidak tahu siapa yang sudah terpapar. Mungkin saya, anda, teman, atau keluarga kita. Artinya bapak ibu mungkin saja sudah tertular, sudah positif corona, tapi tidak mengetahuinya. Sebab sebagian penderita memang tidak merasakan gejala," jelas dia.

Ganjar meminta masyarakat belajar dari kasus temuan pertama Jawa Tengah di Kota Solo. Pasien positif Covid-19 itu mengikuti seminar di Bogor dan tertular virus di sana. Pada akhirnya dia tutup usia dengan meninggalkan istri dan teman-temannya yang tertular Covid-19.

Kemudian di Purbalingga, ada empat pasien positif Covid-19 dan semuanya merupakan warga yang baru pulang dari Jakarta.

"Jika anda sudah mengidap corona lalu anda nekat pulang, anda bisa menulari teman seperjalanan di bus, di kereta, atau pun angkutan lainnya. Orang-orang yang ada di jalan juga bisa tertular, keluarga juga bisa tertular, bahkan satu desa bisa kena semuanya. Pasien positif corona pertama yang dirawat di Solo bisa jadi peringatan buat kita semua," Ganjar menandaskan.

 

MUI Minta Masyarakat Utamakan Keselamatan Ketimbang Mudik

Sejumlah pemudik membawa barang bawaan mereka setibanya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (8/6/2019). Volume penumpang arus balik melalui moda transportasi kereta api  di stasiun Stasiun Senen mengalami lonjakan pada H+3 Lebaran. (merdeka.com/Imam Buhori)
Sejumlah pemudik membawa barang bawaan mereka setibanya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (8/6/2019). Volume penumpang arus balik melalui moda transportasi kereta api di stasiun Stasiun Senen mengalami lonjakan pada H+3 Lebaran. (merdeka.com/Imam Buhori)

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau umat muslim untuk memprioritaskan terlebih dahulu keselamatan nyawa dan masyarakat ketimbang mudik ke kampung halaman. Sebab saat ini Indonesia tengah dilanda wabah Corona atau Covid-19.

"Di sini penting bagi kita semua memiliki kesadaran kolektif untuk memrioritaskan keselamatan jiwa, baik diri kita maupun orang lain ketimbang aktivitas-aktivitas lain yang bukan prioritas. Saya kira itu kuncinya," kata Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh kepada Antara di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (28/3/2020).

Dia mengatakan bahwa dalam konteks perlindungan jiwa, yang seharusnya wajib dilaksanakan saja akhirnya memperoleh dispensasi untuk dilakukan penyesuaian. Terlebih lagi untuk hal-hal yang tidak terkait dengan kebutuhan dan juga kewajiban.

"Pada prinsipnya perlindungan jiwa harus diutamakan dan juga didahulukan daripada memperoleh upaya untuk kesempurnaan ibadah," katanya usai konferensi pers.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ganjar Pranowo: Kasus Positif Corona Covid-19 di Jateng Melonjak Akibat Pemudik

Posted: 27 Mar 2020 10:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta masyarakat untuk tidak mudik di tengah pandemi virus Corona. Pasalnya, kenaikan signifikan kasus Covid-19 di wilayahnya diduga akibat adanya warga yang datang dari luar daerah.

"Bapak ibu mohon maaf kalau saya semakin keras mengingatkan panjenengan. Ini semua tidak lepas dari peningkatan virus Corona di Jawa Tengah yang sangat cepat. Dalam 3 hari pasien terkonfirmasi positif melinjak dari 19 orang menjadi 40 orang," tutur Ganjar dalam video yang diunggah di akun Instagramnya @ganjar_pranowo, Sabtu (28/3/2020).

Ganjar prihatin, sejauh ini sudah ada 6 orang yang meninggal dunia di Jawa Tengah akibat Corona. Sementara jumlah Orang Dalam Pengawasan (ODP) naik drastis hingga 3.638 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada 294 orang.

"Kenaikan signifikan ini dugaan kami salah satunya karena ada lonjakan warga perantauan yang mudik ke wilayah Jawa Tengah," jelas dia.

Ada 40 Ribu Lebih Pemudik Datang ke Jateng

Menurut Ganjar, tercatat hingga 26 Maret 2020 ada 46.018 pemudik dari berbagai provinsi yang pulang ke Jawa Tengah. Paling banyak ada di Wonogiri dengan 42.838 orang.

"Kemudian Kota Semarang dan sekitarnya ada 10.979, di Cilacap ada 4.527, Jepara 2.164, lainnya ada di Tegal, Pemalang, Pekalongan, Kudus, Pati, Grobogan, Kabupaten Magelang, Purbalingga, Boyolali, Sragen dan di Karang Anyar," Ganjar menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bea Cukai Kuala Langsa dan Bea Cukai Aceh Gagalkan Penyelundupan Bawang

Posted: 27 Mar 2020 10:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Petugas Bea Cukai Kuala Langsa, Bea Cukai Wilayah Aceh, dan aparat penegak hukum lain berhasil menggagalkan penyelundupan 1 unit kapal kayu dan 3 unit sarana pengangkut darat yang membawa bawang sebanyak 1.835 karung dengan berat masing-masing 10Kg di Kecamatan Rantau, Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh, Senin (16/03) sekitar pukul 02.00 WIB. Bawang tersebut diduga berasal dari luar negeri berhasil digagalkan penyelundupannya berkat informasi masyarakat.

"Dari hasil pemeriksaan awal di lokasi kejadian diketahui bahwa seluruh muatan dari 3 unit sarana pengangkut tersebut adalah bawang dalam kemasan karung yang dimuat dari salah satu kapal kayu di Kecamatan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang Provinsi Aceh. Petugas kemudian membawa barang hasil tangkapan untuk dilakukan proses pencacahan," ungkap Kepala Kantor Bea Cukai Kuala Langsa, Tri Hartanta.

Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap pihak-pihak yang dianggap mengetahui kejadian tersebut dan juga pemeriksaan terhadap karung bawang, diperoleh informasi bahwa bawang tersebut berasal dari luar daerah pabean dan tidak memiliki izin dan persyaratan lainnya yang ditetapkan oleh Kementerian/Lembaga teknis terkait

"Salah satunya adalah Peraturan Menteri Pertanian Nomor 43/Permentan/OT.140/6/2012, sehingga diduga produk tersebut tidak aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat. Selain merugikan negara dari penghindaran bea masuk dan pajak impor, bawang tersebut juga sangat berbahaya jika digunakan karena belum memiliki izin," ujar Tri.

Dengan masuknya bawang ilegal yang tidak aman bagi masyarakat ini mengakibatkan persaingan harga yang tidak sehat dengan produk yang legal. Saat ini proses penelitian masih dilakukan untuk menentukan pelanggaran di bidang kepabeanan terhadap tangkapan bawang tersebut. Nilai barang hasil tangkapan diperkirakan mencapai Rp190 juta  dengan taksiran kerugian negara sebesar Rp 70 juta. 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kompak, Ini 6 Potret Kedekatan Esta Pramanita dengan Pemain Anak Langit

Posted: 27 Mar 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Anak Langit merupakan salah satu sinetron populer SCTV yang sudah tayang sejak 20 Februari 2017. Hingga kini sinetron yang menceritakan tentang kehidupan anak motor ini masih tayang di SCTV pada pukul 18.00 WIB.

Salah satu aktris dalam sinetron Anak Langit adalah Esta Pramanita. Artis cantik ini berperan sebagai Ayumi dalam sinetron yang sudah menyentuh episode hingga lebih dari 1.000 episode dan tetap dicintai masyarakat.

Jarang tersorot, cewek 20 tahun ini kerap kali membagikan potret kebersamaannya bersama pemain lainnya seperti Nasya Marcella, dan Marcella Daryanani, Audi Marissa, dan lainnya. Terlihat kompak di sinetron, pemilik nama lengkap Lestari Vania Pramanita ini dan pemain lainnya juga terlihat kompak di belakang layar. Bahkan menyempatkan untuk liburan atau hangout bersama. 

Penasaran bagaimana potret kedekatannya? Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber, Sabtu (28/3/2020) 6 potret kedekatan Esta Pramanita dengan pemain Anak Langit.

 

1. Potret Esta Pramanita dengan pemain Anak Langit saat syuting. Kompak banget ya!

Potret Kedekatan Esta Pramanita Dengan Pemain Anak Langit. (Sumber: Instagram @estapramanita)
Potret Kedekatan Esta Pramanita Dengan Pemain Anak Langit. (Sumber: Instagram @estapramanita)

2. Finalis Gadis Sampul 2015 ini bersama Nasya Marcella dan Marcella Daryanani. Wajah mereka bertiga hampir mirip ya!

Potret Kedekatan Esta Pramanita Dengan Pemain Anak Langit. (Sumber: Instagram @estapramanita)
Potret Kedekatan Esta Pramanita Dengan Pemain Anak Langit. (Sumber: Instagram @estapramanita)

3. Selain Nasya dan Bella, Esta juga terlihat liburan bareng bersama Angela Gilsha dan Hana Saraswati.

Potret Kedekatan Esta Pramanita Dengan Pemain Anak Langit. (Sumber: Instagram @estapramanita)
Potret Kedekatan Esta Pramanita Dengan Pemain Anak Langit. (Sumber: Instagram @estapramanita)

4. Cewek cantikpara pemanin Anak Langit nih. Makin betah nonton deh!

Potret Kedekatan Esta Pramanita Dengan Pemain Anak Langit. (Sumber: Instagram @estapramanita)
Potret Kedekatan Esta Pramanita Dengan Pemain Anak Langit. (Sumber: Instagram @estapramanita)

5. Gaya kece Esta Pramanita bersama Raya Kitty dan Audi Marissa. Bikin pangling!

Potret Kedekatan Esta Pramanita Dengan Pemain Anak Langit. (Sumber: Instagram @estapramanita)
Potret Kedekatan Esta Pramanita Dengan Pemain Anak Langit. (Sumber: Instagram @estapramanita)

6. Momen Esta saat bersama istri Angga Putra dan Philip De May.

Potret Kedekatan Esta Pramanita Dengan Pemain Anak Langit. (Sumber: Instagram @estapramanita)
Potret Kedekatan Esta Pramanita Dengan Pemain Anak Langit. (Sumber: Instagram @estapramanita)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bea Cukai, BNN, dan Kepolisian Gelar Operasi Bersinar

Posted: 27 Mar 2020 10:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebagai implementasi sinergi dan kolaborasi antara Bea Cukai, BNN, dan Kepolisian diadakan kegiatan "Operasi Bersinar" guna melindungi masyarakat terutama generasi muda dari penyalahgunaan narkotika dan menekan peredaran gelap narkotika di wilayah perairan maluku dan Sekitarnya. Kegitan patroli laut bersama ini mengunakan 3 armada Polair (1 kapal 40 meter, dan 2 speedboat) dan 1 speedboat Bea Cukai.

Kegiatan Patroli Laut Operasi Berantas Sindikat Narkotika, yang diikuti oleh BNNP Maluku, Kanwil Bea Cukai Maluku, Ditserse Narkoba dan Ditpolair Polda Maluku ditandai dengan pelaksanaan apel bersama yang dipimpin oleh Kakanwil Bea Cukai Maluku, Erwin Situmorang, bersama Kepala BNN Provinsi Maluku, Brigjen Pol. Drs. Imam Sumantri, M. Si., Dirpolair Polda Maluku, Kombes Harun Rosyid, Dirserse Narkoba Polda Maluku, Kombes Pol Cahyo Hutomo, dan diikuti oleh satuan tugas patroli bersama yang terdiri dari anggota BNNP Maluku, Kanwil Bea Cukai Maluku, Ditserse Narkoba dan Ditpolair Polda Maluku.

Kakanwil Bea Cukai Maluku, Erwin Situmorang, menyampaikan bahwa pengawasan terhadap peredaran gelap narkotika harus dilakukan secara bersinergi dan berkelanjutan antar aparat penegak hukum, dan tidak bisa dilakukan secara parsial atau sendiri-sendiri. Narkotika menjadi musuh bersama yang dapat merusak mental bangsa karena penyalahgunaanya dapat menghancurkan generasi mudah dan berbagai lapisan masyarakat.

"Patroli bersama ini adalah wujud komitmen, sinergi dan keseriusan bersama antara aparat penegak hukum bahkan dukungan serta peran masyarakat dalam memberantas dan menekan peredaran gelap narkoba di wilayah Maluku," pungkas Erwin.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Wabah Corona, MUI Minta Masyarakat Utamakan Keselamatan Ketimbang Mudik

Posted: 27 Mar 2020 10:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau umat muslim untuk memprioritaskan terlebih dahulu keselamatan nyawa dan masyarakat ketimbang mudik ke kampung halaman. Sebab saat ini Indonesia tengah dilanda wabah Corona atau Covid-19.

"Di sini penting bagi kita semua memiliki kesadaran kolektif untuk memrioritaskan keselamatan jiwa, baik diri kita maupun orang lain ketimbang aktivitas-aktivitas lain yang bukan prioritas. Saya kira itu kuncinya," kata Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh kepada Antara di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (28/3/2020).

Dia mengatakan bahwa dalam konteks perlindungan jiwa, yang seharusnya wajib dilaksanakan saja akhirnya memperoleh dispensasi untuk dilakukan penyesuaian. Terlebih lagi untuk hal-hal yang tidak terkait dengan kebutuhan dan juga kewajiban.

"Pada prinsipnya perlindungan jiwa harus diutamakan dan juga didahulukan daripada memperoleh upaya untuk kesempurnaan ibadah," katanya usai konferensi pers.

 

Pemerintah Siapkan Kebijakan Larangan Mudik

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menyebutkan pemerintah sedang menyiapkan suatu kebijakan terkait dengan larangan mudik sementara untuk pencegahan penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Ia mengingatkan bahwa di dalam hukum ada klausul bahwa dalil keselamatan rakyatlah yang menjadi hukum tertinggi.

Oleh karena itu, kata dia, pemerintah sekarang ini sedang menyiapkan juga satu rencana kebijakan agar masyarakat tidak mudik dahulu ke kampung halaman.

Namun, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu mengatakan bahwa saat ini Indonesia sedang dalam situasi bencana sehingga larangan mudik menjelang Lebaran sedang dipertimbangkan.

Ia tidak memungkiri ada beberapa masyarakat yang saat ini sudah mudik ke kampung halaman. Akan tetapi, akan segera dikoordinasikan dengan pemerintah daerah setempat.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Impor Unggas Hidup Senilai Rp 8 Miliar

Posted: 27 Mar 2020 10:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Petugas gabungan Kanwil Bea Cukai Aceh, Kanwil Bea Cukai Sumatera Utara, dan Pangkalan Sarana Operasi (PSO) Bea Cukai Tanjung Balai Karimun berhasil gagalkan upaya penyelundupan importasi unggas hidup asal Satun, Thailand pada Jumat (13/03) di Perairan Aceh Tamiang, Provinsi Aceh.

Unggas yang berhasil disita petugas sebanyak 1.015 ekor terdiri atas 509 ekor ayam bangkok (kontes dan aduan) dan 506 ekor burung (cucak hijau, poksai dan wambi). "Keseluruhan tangkapan ditaksir senilai Rp8.000.000.000,00 dengan potensi kerugian negara dari sektor pajak impor senilai Rp1.400.000.000,00," ungkap Kepala Kanwil Bea Cukai Aceh, Safuadi.

Penindakan bermula dari informasi yang diperoleh oleh petugas bahwa ada kapal yang diindikasikan membawa muatan barang impor ilegal dari Satun, Thailand menuju Aceh Tamiang.

"Atas informasi awal tersebut, Tim Operasi BERSINAR menindaklanjuti dengan melakukan patroli laut dengan menggunakan kapal patroli Bea Cukai BC 20010 pada Jumat malam(13/03) di sepanjang Perairan Aceh Tamiang," ujar Safuadi.

Saat patroli, tepat pukul 23.30 WIB petugas mendeteksi sebuah kapal yang terindikasi membawa muatan barang impor ilegal dimaksud. Dalam kegelapan malam serta ombak tinggi khas laut di Selat Malaka pesisir timur Aceh, petugas melakukan upaya penghentian kapal target untuk dilakukan pemeriksaan kepabeanan. Petugas memberi isyarat lampu, klakson, maupun peringatan melalui pengeras suara kepada target untuk menghentikan kapal. Namun kapal target tidak mengindahkannya bahkan kapal target melakukan perlawanan dengan cara memutar haluan serta menabrakkan kapalnya ke kapal patroli "BC 20010".

Meskipun kapal target mencoba melarikan diri dari kejaran, namun petugas tidak menyerah. 40 menit kemudian, petugas berhasil menghentikan kapal target tepat pukul 00.10 WIB Sabtu dini hari (14/03) di Perairan Aceh Tamiang. Petugas lalu memeriksa kapal target yang ternyata nama lambungnya adalah KM. Brahma GT.25 No. 108/QQd. "Saat pemeriksaan awal di atas laut, petugas menemukan unggas hidup (ayam dan burung) tanpa dilengkapi dengan dokumen impor yang sah. Untuk pemeriksaan lebih lanjut, petugas menarik KM. Brahma berserta muatannya menuju Pangkalan Kanwil Bea Cukai Sumatera Utara di Pelabuhan Belawan," tambah Safuadi.

Selanjutnya, petugas menserahterimakan muatan kapal (ayam dan burung) ke Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Belawan untuk dilakukan pemeriksaan laboratorium. Hasil laboratorium mengindikasikan bahwa unggas tersebut terinfeksi penyakit avian influenza/flu burung sehingga BBKP mensterilisasi KM.

Brahma beserta unggas tersebut. Untuk menghindari penularan penyakit flu burung ke manusia maupun unggas hidup lainnya di dalam negeri, maka BBKP Belawan merekomendasikan untuk memusnahkannya. Sinergi antara BBKP Belawan dan Bea Cukai Sumut dan Aceh gelar pemusnahan unggas tersebut pada hari Kamis (19/03) di Pangkalan Bea Cukai Sumut sesuai Standard Operation Procedure (SOP) Karantina Pertanian dengan cara unggas dimatikan selanjutnya dibakar dan petugas mengenakan Alat Pelindung Diri (APD).

Sanksi hukum atas pelaku tindak pidana penyelundupan barang impor diatur dalam Pasal 102 huruf (a) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2006 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1995 Tentang Kepabeanan bahwa setiap orang yang mengangkut barang impor yang tidak tercantum dalam manifes dipidana karena melakukan penyelundupan di bidang impor dengan pidana penjara paling singkat 1 tahun dan pidana penjara paling lama 10 tahun dan pidana denda paling sedikit Rp50.000.000,00 dan paling banyak Rp5.000.000.000,00.

Pemasukan hewan media pembawa penyakit dari luar negeri tanpa sertifikat kesehatan negara asal, tidak melalui tempat pemasukan yang ditetapkan, tidak melaporkan dan menyerahkan kepada petugas Karantina juga diatur dalam Undang-Undang Nomor 21 tahun 2019 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan Pasal 86 dengan ancaman pidana penjara paling lama 10 tahun dan pidana denda paling banyak Rp 10.000.000.000,00.

Dengan adanya sanksi hukum ini, diharapkan pelaku usaha maupun masyarakat tidak melakukan tindakan penyelundupan dan/atau membeli barang hasil penyelundupan sebagai bentuk partisipasi warga negara untuk berupaya melindungi peternak unggas, melindungi masyarakat dan lingkungannya dari penyakit yang diakibatkan adanya importasi unggas dan produk turunannya serta meningkatkan daya saing industri dalam negeri dan mendongkrak penerimaan negara dari sektor pajak.

Hal ini sejalan dengan fungsi Bea Cukai sebagai community protector, trade facilitator, industrial assistance, dan revenue collector untuk menjadikan Kementerian Keuangan Tepercaya dan Bea Cukai Makin Baik.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tinggal di London, Ini 7 Potret Angie Virgin dan Putrinya yang Bak Kakak-Adik

Posted: 27 Mar 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini nama Angie Virgin kembali menjadi perbincangan. Angie yang tinggal di London ini pun menceritakan keadaan sudut kota di tengah wabah Corona Covid-19 yang tak jauh berbeda dengan di Asia melalui media sosial Instagramnya @angie_virgin, Sabtu (21/3/2020).

Meski di London tidak sepenuhnya lockdown, para warganya pun tidak diperbolehkan keluar rumah seenaknya. Aktivitas keluar rumah hanya diizinkan apabila ada keperluan penting menurut paparan Angie Virgin.

"Lalu diperbolehkan juga kerja untuk yang tidak bisa WFH, worker polisi, dokter, perawat," ungkap Angie Virgin dalam pesan singkat, Jumat (27/3/2020).

Angie pun sampai saat ini masih berangkat bekerja, namun jam kerjanya sudah dikurangi. Ia pun kerap mengunggah aktivitasnya di Kota London dalam media sosial Instagramnya @angie_virgin.

Selain ia pun kerap membagikan potretnya bersama anak sulungnya, Serra Abbie yang sering dianggap sangat mirip bagaikan kakak dan adik. Berikut 7 potret Angie Virgin dan anak sulungnya yang Liputan6.com kutip dari Instagram @angie_virgin dan @serra_abbie, Sabtu (28/3/2020).

1. Potret kebersamaan Angie Virgin dan anak sulungnya Sierra Abbie.

Angie Virgin dan anak sulungnya (Sumber: Instagram/serra_abbie)
Angie Virgin dan anak sulungnya (Sumber: Instagram/serra_abbie)

2. Anak sulungnya ini pun sering disebut netizen sangat mirip dengannya.

Angie Virgin dan anak sulungnya (Sumber: Instagram/angie_virgin)
Angie Virgin dan anak sulungnya (Sumber: Instagram/angie_virgin)

3. Sierra Abbie disebut mewarisi kecantikan dari Angie Virgin.

Angie Virgin dan anak sulungnya (Sumber: Instagram/serra_abbie)
Angie Virgin dan anak sulungnya (Sumber: Instagram/serra_abbie)

4. Tak heran jika sekilas ibu dan anak ini malah terlihat seperti kakak-adik.

Angie Virgin dan anak sulungnya (Sumber: Instagram/serra_abbie)
Angie Virgin dan anak sulungnya (Sumber: Instagram/serra_abbie)

5. Baik Sierra maupun Angie Virgin sering mengunggah kebersamaannya di media sosial masing-masing.

Angie Virgin dan anak sulungnya (Sumber: Instagram/serra_abbie)
Angie Virgin dan anak sulungnya (Sumber: Instagram/serra_abbie)

6. Busana keduanya pun sering kali gayanya kompak bak kakak beradik.

Angie Virgin dan anak sulungnya (Sumber: Instagram/serra_abbie)
Angie Virgin dan anak sulungnya (Sumber: Instagram/serra_abbie)

7. Momen kebersamaan Angie Virgin dan anak sulungnya yang sedang berulang tahun.

View this post on Instagram

Moments

A post shared by SerraAbbie (@serra_abbie) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1 komentar:

Adhityas kripsiani mengatakan...

Tolong kalian semua harus membaca apa yang saya katakan. . . .

Biarkan saya perkenalkan dulu diri saya, Nama saya Adhityas Kripsiani, saya berasal dari kota Bandung, saya bekerja sebagai karyawan di salah satu perusahaan di Yogyakarta.
Harapan saya dan impian tertinggi saya adalah ingin memiliki bisnis atau toko sendiri, tetapi jika Anda hanya mengandalkan gaji Anda, mungkin butuh waktu yang sangat lama di mana biaya sewa dan anak-anak yang telah terakumulasi hanya akan lebih sulit dan lebih lama mimpi itu tidak akan terwujud
Saya mencoba "buka internet dan saya melihat tulisan orang-orang sukses yang dibantu oleh seorang klerus dari sana saya mencoba untuk menghubunginya, pada awalnya saya terus mengirim sms sampai saya mendapat balasan dari perusahaan yang merupakan awal kesuksesan saya. Jika Anda mau untuk mendapatkan cara mudah menuju SOLUSI MUDAH, CEPAT MEMBAYAR HUTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI LAINNYA, TANPA KEBUTUHAN RITUAL, CEPAT CEPAT. Saya mencoba menghubungi Perusahaan Pinjaman Rebacca Alma dengan kompensasi yang sama untuk impian saya dan untuk membayar hutang, terima kasih Tuhan kepada Tuhan yang maha kuasa melalui bantuannya. Saya sekarang membuka bisnis distribusi di Bandung. Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada Erlina Tuty Sartika untuk merujuk saya ke perusahaan pinjaman tempat saya mencapai impian saya sekarang.
Hubungi ibu yang baik REBACCA ALMA LOAN COMPANY melalui emailnya: rebaccaalmaloancompany@gmail.com Untuk penjelasan lebih rinci, silakan. Anda juga dapat menghubunginya melalui Whatsapp +14052595662

Anda mungkin ingin mengajukan pertanyaan, hubungi saya melalui email saya adhityaskripsiani@gmail.com. Anda juga dapat menghubungi wanita yang merujuk saya ke perusahaan pinjaman yang sah ini. Erlina Tuty Sartika email: erlinatutysartika15@gmail.com

Anda tidak perlu ragu atau dibodohi dan dikejar-kejar oleh hutang lagi, sekarang saya berbagi pengalaman yang saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin ...