Selasa, 24 Maret 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 RSS

Liputan6 : RSS2 Feed


Viral Video Ketua Umum PSSI Sambangi Rumah Pengusaha saat Tes Corona Covid-19

Posted: 24 Mar 2020 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah video viral memperlihatkan Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Komisaris Jenderal Mochamad Iriawan terlihat menyambangi kediaman Jerry Hermawan Lo, seorang pengusaha dan juga pegiat otomotif. 

Dalam rekaman berdurasi 01.31 menit itu, pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menggunakan pakaian dinas kepolisian. Sedangkan pemilik rumah, Jerry Hermawan Lo mengenakan kaos biru dengan celana abu-abu. Keduanya menutup mulut dengan masker.

Saat memasuki perkarangan rumah, keduanya disemprot disinfektan. Mereka lantas menuju ke salah satu ruangan. Di halaman rumah terparkir kendaraan bus pelayanan kesehatan plat hitam. Tidak diketahui instansi mana yang memiliki kendaraan tersebut. 

Namun orang di balik rekaman tersebut menyebut kendaraan itu milik, "Dinas Pelayanan Kesehatan."

Di dalam ruangan, banyak orang-orang yang sebagian besar menutup mulutnya dengan masker. 

Dalam video Jerry Hermawan Lo memberikan keterangan bahwa keluarga besarnya sedang menjalani tes kesehatan terkait virus Corona atau Covid-19.

"Ini lagi tes pemeriksaan corona untuk seluruh keluarga besar JHL. Kebenaran saudara kita Bapak Iwan mampir buat kontrol. Ini pak dokter lengkap dengan mobil rotgennya. Ini semuanya dicek jantung, ambil darah untuk cek Corona," kata Hermawan seperti yang dikutip Liputan6.com dari video tersebut, Rabu (25/3/2020).

 

Penjelasan Komjen Iriawan

Sementara itu, Iriawan membenarkan dirinya mendatangi kediaman Jerry Lo, Selasa, 24 Maret 2020.

"kemarin memang benar saya datang ke rumah Bapak Jerry untuk memenuhi undangan beliau menyaksikan proses pengecekan kesehatan keluarga besar dan seluruh karyawan rumah tangganya (sopir, asisten rumah tangga dll)," kata Iriawan dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

"Kedatangan saya pada sore hari selepas pulang kantor semata-mata untuk memenuhi ajakan yang berangkutan yang sedang melakukan test covid -19 di rumah dengan menggunakan klinik mobile medis dr RS Royal Progres, termasuk mengecek darah dan rongent keluarga," dia melanjutkan.

Menurut Iriawanb, maksud Jerry Lo mengadakan tes Corona adalah untuk mengetahui keluarga ataupun pegawainya yang terpapar Corona.

"Adapun maksud dan tujuan ybs sekeluarga melaksanakan test agar jelas apakah ada keluarga , supir, satpam, asisten rumah tangga dan karyawannya yang terpapar virus Covid 19," kata Iriawan.

"Yang bersangkutan memanggil dokter dari rumah sakit karena test covid- 19 yang ada di pasaran tidak didapatkan," kata Iriawan menjelaskan maksud Jerry Lo menggelar tes corona secara mandiri.

Selain memenuhi undangan, Iriawan mengatakan Jerry Lo menawarkan tes Corona untuk PSSI. 

"Adapun kedatangan saya karena dihubungi ybs untuk melihat test Covid-19 dari rumah sakit tersebut dan menawarkan apabila PSSI akan melakukan test yang sama seperti yang dilakukannya," kata dia.

Mengundang Iriawan

Sementara itu, dalam keterangan terpisah, Jerry mengatakan, dirinya mengundang Iriawan untuk melihat tes yang dilakukan tim dokter dari RS Royal Progress Sunter.

"Kedatangan Ketua Umum PSSI Muhammad Iriawan dalam video tersebut karena memang dihubungi JHL. Dia juga menawarkan apabila PSSI akan melakukan test yang sama dengan dilakukan dirinya," kata Jerry dalam keterangan tertulis, Rabu (25/3/2020).

Jerry mengatakan, pemeriksaan kesehatan di lakukan di kediamannya pada Selasa (24/3/2020). Tes kesehatan tersebut menggunakan klinik mobile medis dari rumah sakit Royal Progres yang beralamat di jalan Danau Sunter Utara Paradise 1 Jakarta Utara.

"Tidak benar bahwa tes kesehatan itu merupakan hasil bantuan dari pemerintah," ujar dia.

Adapun jumlah orang yang diperiksa dalam tes kesehatan itu sebanyak 80 orang terdiri dari keluarga di rumah, karyawan kantor, sopir, pembantu dan security.

"Saya tak mau, diri saya, keluarga dan karyawan saya jadi penyebar virus corona ke masyarakat lainnya. Makanya kami memilih mengundang mobil tes dari rumah RS Royal Progres dengan biaya pribadi untuk memastikan kondisi kesehatan kami," ujar dia.

JHL pun mengaku tidak memiliki maksud apapun dengan pemeriksaan tersebut. Dia menyatakan, hal ini hanya bentuk kepeduliannya terhadap keluarga dan para karyawannya.

"Yang saya butuhkan hanya butuh hasil lab dari orang-orang terdekat saya, apakah ada dari mereka yang terpapar Covid-19," kata dia

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Hantavirus dan Perbedaannya dengan Corona Covid-19

Posted: 24 Mar 2020 09:35 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta- Virus Corona Covid-19 masih jadi pandemi dunia. Lebih dari 150 negara telah terjangkit virus ini. Kini, muncul virus lainnya yang tak kalah membahayakan.

Baru-baru ini dikabarkan elah ditemukan Hantavirus atau Hantavirus Pulmonary Syndrome (HPS). Hantavirus merupakan penyakit pernapasan yang parah dan bisa berakibat fatal pada manusia, dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention. Virus ini dibawa oleh tikus.

Siapa pun yang bersentuhan dengan tikus yang membawa hantavirus beresiko terkena HPS. Bahkan orang sehat pun berisiko terkena infeksi HPS jika terpapar virus.

Kasus Hantavirus ditemukan di China pada Senin (23/3/2020) lalu. Seorang pria dinyatakan meninggal dunia setelah diketahui mengidap Hantavirus.

Ramai diperbincangkan, berikut ini 5 fakta soal Hantavirus dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Rabu (25/3/2020).

1. Virus yang Disebarkan oleh Tikus

Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat, Hantavirus adalah keluarga virus yang menyebar terutama oleh tikus dan dapat menyebabkan beragam sindrom penyakit pada orang.

Dikutip dari Indiatoday, Pusat Informasi Bioteknologi Nasional (NCBI) Amerika Serikat dalam sebuah jurnal menulis bahwa saat ini, jenis hantavirus mencakup lebih dari 21 spesies. Namun penyebabnya dari tikus-tikus kecil.

"Hantavirus, di Amerika dikenal sebagai hantavirus 'Dunia Baru' dan dapat menyebabkan sindrom paru hantavirus [HPS]," dikutip dari CDC.

"Hantavirus lainnya, yang dikenal sebagai hantavirus 'Dunia Lama', kebanyakan ditemukan di Eropa dan Asia dan dapat menyebabkan demam berdarah dengan sindrom ginjal [HFRS]."

Maka dari itu, baik pria maupun wanita hingga anak-anak sampai orang dewasa bisa tertular virus yang dibawa oleh tikus ini.

2. Gejala Hantavirus

Kompres dingin dan panas cara alami redakan rasa sakit
Kompres dingin dan panas cara alami redakan rasa sakit

Gejala awal yang muncul jika seseorang positif mengidap Hantavirus adalah tampak kelelahan, demam dan nyeri otot. Nyeri akan dirasakan di area otot besar seperti paha, pinggul, punggung dan bahu.

Gejala lainnya yang bisa dirasakan antara lain pusing, kedinginan dan terjadi masalah pada perut seperti diare.

Jika sudah berlangsung beberapa hari, orang yang terjangkit akan merasakan sulit bernapas. Perlu diingat jika orang yang terinfeksi tidak mengalami pilek, sakit tenggorokan atau ruam.

Gejala tertular berlangsung selama 8 pekan setelah terkena kencing atau tetesan lainnya dari tikus.

3. Bukan Merupakan Virus Baru

Masih dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention, Hantavirus bukanlah virus baru yang ditemukan setelah Covid-19. Virus dari tikus ini sudah ada sejak 1981, tepatnya saat terjadinya perang Korea.

"Hantavirus pertama kali muncul pada 1950 di perang antara Korea dan Amerika Serikat (sungai Hantan). Ini disebarkan oleh tikus dan menyebar kalau manusia menelan cairan mereka," kata seorang ilmuwan asal Swedia, Dr Sumaiya Shaikh.

Hantavirus bisa ditemukan di seluruh dinia. Virus ini tersebar luas di Asia Timur terutama China, Rusia dan Korea. Di Amerika, Hantavirus menyebabkan penyakit yang berbeda yang dikenal sebagai sindrom paru Hantavirus.

4. Satu Orang Meninggal

Ilustrasi bagaimana peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Cibinong, Bogor menyimpan sampel bakteri dan virus. (Foto: Liputan6.com/Zulfikar Abubakar).
Ilustrasi bagaimana peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Cibinong, Bogor menyimpan sampel bakteri dan virus. (Foto: Liputan6.com/Zulfikar Abubakar).

Belum usai masyarakat dunia melawan Covid-29, Hantavirus telah membuat satu pria di China meninggal dunia pada 23 Maret 2020 lalu. Pria tersebut merupakan penumpang bus yang tak diungkap namanya itu berasal dari provinsi Yunna. Dia sedang dalam perjalanan kerja menuju Shandong.

"Dia dites positif terkena #hantavirus. Sebanyak 32 penumpang lain juga jalani tes," tulis berita di Global Times seperti dikutip NY Post.

5. Para Ahli Pastikan Hantavirus Tidak Menular Antar Manusia

Dr Sumaiya Shaikh juga menjelaskan jika warga dunia tak perlu panik akan Hantavirus. Virus ini tidak menyebar seperti Covid-19. Virus ini tidak menyebar lewat manusia.

"Jangan panik, kecuali Anda berencana untuk makan tikus," ujarnya.

Badan Pengontrol Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyebutkan virus hanta sangat jarang, tapi rata-rata kematiannya mencapai 38 persen.

(Loudia Mahartika/Septika Shiddiyah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pandemi Corona Covid-19, Ashley Young Berbagi Cerita Kondisi di Italia

Posted: 24 Mar 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Milan - Italia sudah mengambil tindakan lockdown agar pandemi Corona Covid-19 tidak menyebar lebih jauh lagi dari yang sekarang. Namun, para warganya tidak heboh seperti halnya di negara-negara lain.

Di beberapa negara, seperti Indonesia contohnya, sudah ada banyak keluhan-keluhan soal kelangkaan barang-barang tertentu akibat pandemi Corona Covid-19. Terutama barang-barang penting seperti hand sanitizer dan masker.

Tidak sedikit orang yang berbelanja dalam jumlah tidak normal dengan berbagai alasan. Ada yang menimbun barang-barang demi kepentingannya sendiri, juga tak sedikit yang ingin menjualnya lagi demi keuntungan.

Hal itu justru jarang terlihat di Italia sebagai salah satu negara dengan dampak pandemi Corona Covid-19 terbesar. Setidaknya dari apa yang dilihat pemain Inter Milan, Ashley Young.

 

 

Laporan Pandangan Mata Ashley Young

Gelandang Inter Milan, Ashley Young berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Lazio pada pertandingan lanjutan Liga Serie A Italia di stadion Olimpiade Roma, Minggu, (16/2/2020). Lazio menang 2-1 atas Inter Milan.  (Alfredo Falcone/LaPresse via AP)
Gelandang Inter Milan, Ashley Young berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Lazio pada pertandingan lanjutan Liga Serie A Italia di stadion Olimpiade Roma, Minggu, (16/2/2020). Lazio menang 2-1 atas Inter Milan. (Alfredo Falcone/LaPresse via AP)

Mantan penggawa Manchester United itu membagikan secuil informasi mengenai situasi di Italia saat ini melalui media sosial. Informasi tersebut Young paparkan dengan sebuah utas panjang di Twitter.

"Hai semuanya, saya hanya ingin membagikan pemikiran berhubung saya sedang tinggal di Italia, pusat dari virus," tulis Ashley Young.

"Secara realistis supermarket adalah ancaman utama penyebaran virus ini dan bahkan Anda bisa terjangkit. Setelah berbicara dengan keluarga serta rekan di kampung halaman, ceritanya terdengar gila saat ingin mendapatkan makanan. Lockdown artinya Lockdown!" lanjutnya.

 

 

Italia Lebih Tenang

Seperti diketahui, Young berasal dari Inggris. Ia mengaku sudah mendapatkan informasi perihal situasi di negaranya. Namun, ia justru melihat hal yang berbeda dengan Italia pada saat ini.

"Di Italia, pergi ke supermarket secara mengejutkan berasa tenang...," tambahnya.

"Tidak ada pertengkaran soal makanan, tidak ada rak kosong dan yang terpenting tidak ada staf yang kasar dalam membatasi makanan atau alasan apapun! Dan dalam berbagai kasus, biasanya hanya satu orang saja yang pergi berbelanja kebutuhan rumah!" tandasnya.

Di Italia sendiri sudah terdapat nyaris 70 ribu kasus yang tersebar pada berbagai belahan negara. Sementara jumlah kematiannya telah mencapai angka 6,820 jiwa.

Sumber: Twitter

Disadur dari Bola.net (Penulis Yaumil Azis, Published 25/3/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Karyawan Tak Digaji, Kapal Ferry Ketapang-Gilimanuk Terancam Berhenti

Posted: 24 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan karyawan dari 12 perusahaan penyeberangan di lintasan Ketapang-Gilimanuk resah. Mereka terancam tidak mendapat gaji mulai bulan ini karena perusahaan tidak sanggup lagi menutupi biaya operasional.

Ketua DPD Gabungan Pengusaha Nasional Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) Jawa Timur Sunaryo mengungkapkan, sebagian besar operator kapal ferry di Ketapang-Gilimanuk tidak mampu lagi membayar gaji karyawan, bahkan untuk membayar bunga bank pun sudah sulit.

"Bagaimana ini, siapa yang tanggung jawab? Karyawan sudah resah. Kalau mereka tidak dapat gaji, kapal ferry di Ketapang-Gilimanuk bisa-bisa berhenti operasi, angkutan logistik bisa kacau," katanya, Senin, 23 Maret 2020.

Menurut Sunaryo, kondisi saat ini sangat memprihatinkan karena ekonomi masih lesu ditambah ada wabah virus corona. Karyawan juga harus ekstra hati-hati dan perusahaan harus melakukan penanganan khusus karena kapal ferry di lintasan itu beroperasi 24 jam.

"Biaya di penyeberangan terus naik dan tambah banyak, tetapi tarifnya tidak naik-naik. Kalau penyeberangan berhenti beroperasi dan tidak mampu lagi bayar gaji, kami khawatir akan ada gejolak besar. Karyawan bakal turun ke jalan demo besar-besaran," ujar Sunaryo.

Sementara itu, Ketua Bidang Tarif DPP Gapasdap Rakhmatika Ardianto mengatakan proses kenaikan tarif penyeberangan hingga saat ini belum juga ada kejelasan, walaupun Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub sudah memimpin langsung sosialisasi di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, pada 6 Maret 2020.

"Perhitungan tarif sudah dibahas hingga 1,5 tahun, bahkan sudah disosialisasikan tetapi tidak juga direalisasikan. Padahal era sebelumnya hanya butuh waktu beberapa bulan saja," ungkapnya.

Dia mengatakan, Gapasdap telah mengingatkan pemerintah agar segera menetapkan tarif karena semua perusahaan penyeberangan sudah kesulitan menutupi biaya yang sangat besar.

"Tidak heran kalau penyeberangan di daerah-daerah kesulitan. Mereka sudah tidak bisa menjamin kelancaran dan keselamatan pelayaran. Tentu ini sangat berbahaya dan mengganggu kelancaraan logistik di tengah wabah virus corona," ujar Rakhmatika.

Dia heran pemerintah tidak kunjung menetapkan tarif, meskipun tahu tarif penyeberangan di Indonesia sudah ketinggalan 30-50 persen dari biaya operasional.

"Pendapatan perusahaan penyeberangan diketahui oleh pemerintah, sebab penjualan tiket diatur dan dilaksanakan oleh PT ASDP sehingga semuanya transparan," ujarnya.

Perhitungan tarif pun dilakukan secara bersama-sama antara Pemerintah (Kemenhub yang diketahui oleh Kemenko Maritim dan Investasi), Gapasdap dan PT ASDP.

 

Kenaikan Tarif Sudah Mendesak

Ketua Gapasdap Jatim Sunaryo saat memberikan pengarahan kepada awak kapal penyeberangan di ASDP Ketapang Banyuwangi, Senin malam (23/3/2020)
Ketua Gapasdap Jatim Sunaryo saat memberikan pengarahan kepada awak kapal penyeberangan di ASDP Ketapang Banyuwangi, Senin malam (23/3/2020)

Rakhmatika menegaskan, kenaikan tarif penyeberangan merupakan keharusan mengingat biaya terus meningkat setiap tahunnya, antara lain biaya perawatan dan suku cadang kapal yang sebagian besar diimpor melonjak akibat kurs rupiah melemah terhadap dólar AS dan mata uang asing lainnya.

Selain itu, UMR naik 8-10 persen setiap tahun, semakin meningkatnya aturan sertifikasi ABK (anak buah kapal) yang menyebabkan kenaikan biaya SDM, dan biaya pengedokan naik setiap tahun.

Dalam kondisi ini, sektor maritim termasuk penyeberangan dibebani bunga bank yang tinggi, dimana besaran bunganya sama bahkan lebih besar dibandingkan dengan sektor komersial lainnya.

"Bertambahnya aturan-aturan pemerintah, seperti beberapa sertifikasi yang menyebabkan munculnya biaya baru, serta biaya PNBP yang naik sekitar 100%-1.000% sehingga semakin memberatkan pengusaha penyeberangan," paparnya.

Iklim angkutan penyeberangan semakin tidak kondusif karena pemerintah terus mengeluarkan izin operasi untuk kapal-kapal baru, tanpa melihat kapasitas dermaga yang ada.

Hal ini mengakibatkan utilitas kapal dalam beroperasi di bawah 60% setiap bulan. Menurut dia, industri penyeberangan selama ini diregulasi secara ketat oleh pemerintah, baik dari sisi tarif, jadwal, demand, peraturan, sertifikasi, dan lain-lain yang mengakibatkan kesulitan dalam mengoperasikan kapal.

"Angkutan penyeberangan adalah moda transportasi yang tidak tergantikan. Jika terjadi kegagalan pada moda tersebut, maka akan terjadi stagnasi ekonomi dan penurunan pertumbuhan ekonomi," ujarnya.

Update Corona Jatim

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Opsi Larangan Mudik Lebaran 2020 Tergantung Penyebaran Virus Corona

Posted: 24 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah tengah menggodok berbagai opsi kebijakan agar masyarakat tidak melakukan mudik Lebaran 2020. Langkah ini diambil sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus Corona Covid-19.

"Kami sudah bersepakat, hal yang paling utama adalah menjaga keselamatan masyarakat. Atas berbagai pertimbangan ini, kami melihat opsi kebijakan pelarangan mudik," kata Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi, di Jakarta, Rabu (25/3/2020).

Jodi mengatakan, ada tiga skenario yang tengah dibahas oleh sejumlah kementerian terkait. Pertama, bussines as usual, artinya mudik Lebaran seperti dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya. Kedua, meniadakan mudik gratis oleh perusahaan. Ketiga, skenario pelarangan mudik.

"Ketiga skenario itu akan segera dilaporkan kepada presiden. Semua ini masih belum ada keputusan final menunggu kondisi penyebaran virus Corona Covid-19. Pemerintah mengutamakan keselamatan dan keamanan masyarakat termasuk menghadapi puasa dan hari Raya Idul Fitri," pungkasnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

 

Kesiapan Lebaran 2020

Ribuan kendaraan dari arah Bandung menuju ke Jakarta mengalir tanpa henti sehingga kendaraan berjalan merayap.
Ribuan kendaraan dari arah Bandung menuju ke Jakarta mengalir tanpa henti sehingga kendaraan berjalan merayap.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memimpin rapat koordinasi terkait kesiapan kebijakan tidak mudik lebaran tahun 2020 sebagai upaya pembatasan penyebaran virus Covid-19 (Corona) yang tengah melanda Indonesia.

Rapat yang digelar melalui video conference tersebut diikuti oleh sejumlah kementerian dan lembaga terkait seperti Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Agama, Kementerian Perhubungan, BNPB, KSP, TNI, dan Polri.

Dalam rapat itu dibahas berbagai skenario untuk menyikapi potensi penyebaran virus Corona ke seluruh Indonesia akibat mudik. "Kita harus hitung berbagai skenario untuk memastikan keselamatan masyarakat ," ujar Luhut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ma'ruf Amin: Spirit Nyepi Sejalan dengan Seruan Social Distancing

Posted: 24 Mar 2020 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, semangat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1942 bagi umat Hindu sesuai dengan imbauan Pemerintah untuk menjalankan jaga jarak atau social distancing selama pandemi Covid-19.

"Di tengah wabah virus Corona yang melanda bangsa ini, spirit Nyepi sejalan dengan seruan social distancing. Perayaan Nyepi yang dijalankan umat Hindu sejatinya menjadi refleksi yang indah bagi kita semua," kata Wapres Ma'ruf dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu (25/3/2020).

Ma'ruf juga mengucapkan selamat Hari Raya Nyepi kepada seluruh umat Hindu di Indonesia.

Dia berharap, perayaan Nyepi di tengah wabah Covid-19 dapat memberikan kekuatan kepada umat Hindu dan seluruh masyarakat Indonesia dalam menghadapi cobaan pandemi tersebut.

"Saudara-saudara seluruh umat Hindu di Tanah Air, saya mengucapkan selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1942. Kiranya kita tetap diberi kekuatan untuk menghadapi tantangan yang tidak ringan. Namun dengan keyakinan dan kebersamaan, insya allah cobaan ini akan kita dapat lalui," kata Ma'ruf.

Tidak Adakan Pawai Ogoh-Ogoh

Suasana Pura Aditya Jaya di Jakarta, Selasa (24/3/2020). Ibadah hari suci Nyepi Tahun Baru Saka 1942 di Pura Aditya Jaya tidak menyelenggarakan persembahyangan, namun untuk sembahyang dibatasi dalam mencegah penularan Covid-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Suasana Pura Aditya Jaya di Jakarta, Selasa (24/3/2020). Ibadah hari suci Nyepi Tahun Baru Saka 1942 di Pura Aditya Jaya tidak menyelenggarakan persembahyangan, namun untuk sembahyang dibatasi dalam mencegah penularan Covid-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sementara itu, perayaan Nyepi di Bali tidak mengadakan pawai Ogoh-Ogoh pada Selasa (24/3) atau sehari sebelum Hari Raya, sebagai upaya untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Gubernur Bali I Wayan Koster juga mengimbau kepada masyarakat setempat untuk tetap tinggal di rumah setelah Hari Raya Nyepi berakhir agar upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di Pulau Dewata tersebut optimal.

Hari Raya Nyepi berlangsung selama 24 jam sejak Rabu pukul 06 WITA hingga Kamis (26/3) pukul 06.00 WITA. Biasanya, setelah Hari Raya Nyepi berakhir, umat Hindu berkunjung ke rumah kerabat, keluarga hingga tempat-tempat wisata untuk merayakan Ngembak Geni. Meski demikian, Pemprov Bali meminta masyarakat untuk tetap tinggal di rumah pada Kamis.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Penyebaran Corona COVID-19, Medan Zoo Ditutup Sementara Waktu

Posted: 24 Mar 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Medan Jumlah kasus virus corona COVID-19 di Indonesia semakin hari terus bertambah, demikian juga terjadi di Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Hal ini membuat pengelola Kebun Binatang Medan atau Medan Zoo memberlakukan penutupan untuk sementara waktu.

Direktur Utama Perusahaan Daerah (PD) Pembangunan, Putrama Al Khairy mengatakan, pada Jumat, 20 Maret 2020, sudah dilakukan pengarahan secara lisan dari Badan Pengawas Perusda (Perusahaan Daerah) untuk menutup sementara Kebun Binatang Medan mulai Senin, 23 Maret 2020.

"Kebun Binatang Medan ditutup selama 1 bulan dan akan dibuka pada akhir April, ketika sudah memausiki bulan puasa," katanya, Rabu (25/3/2020).

Kepala Urusan Kesehatan Hewan dan Konservasi Kebun Binatang Medan, drh. Sucitrawan menyebut, sebelum diberlakukan penutupan untuk sementara waktu terkait pencegahan penyebaran virus corona COVID-19, jumlah kunjungan di Medan Zoo yang terletak di Simalingkar, Deli Serdang, mulai mengalami penurunan.

"Pada Minggu, 15 Maret 2020, kemarin, hanya 800 orang saja yang berkunjung. Sudah mengalami penurunan. Bahkan beberapa hari berikutnya tidak ada pengunjung sama sekali," ucapnya.

Diungkapkannya, salah satu prosedur pencegahan penyebaran virus corona COVID-19 yang dilakukan pihaknya adalah, jika biasanya penyemprotan cairan anti septik atau disinfektan di kandang dilakukan sebulan sekali, saat ini 3 hari sekali.

"Di pintu masuk juga disediakan hand sanitizer," ujarnya.

 

Mirip Amazon

Biasanya pada hari-hari biasa saat normal, jumlah pengunjung ke Kebun Binatang Medan sebanyak 200 sampai 300 orang. Sedangkan pada hari Minggu atau libur tanggal merah, jumlah pengunjung bisa mencapai 3.000 orang.
Biasanya pada hari-hari biasa saat normal, jumlah pengunjung ke Kebun Binatang Medan sebanyak 200 sampai 300 orang. Sedangkan pada hari Minggu atau libur tanggal merah, jumlah pengunjung bisa mencapai 3.000 orang.

Dikatakan Sucitrawan, sebelum diputuskan penutupan untuk sementara waktu terkait pencegahan penyebaran virus corona COVID-19, terjadi penurunan tingkat kunjungan signifikan. Bahkan suasana di Kebun Binatang Medan mirip Amazon, hanya suara binatang yang terdengar.

"Iya, seperti hutan Amazon, hanya terdengar suara-suara binatang saja," sebutnya.

Biasanya pada hari-hari biasa saat normal, jumlah pengunjung ke Kebun Binatang Medan sebanyak 200 sampai 300 orang. Sedangkan pada hari Minggu atau libur tanggal merah, jumlah pengunjung bisa mencapai 3.000 orang.

"Pada hari Jumat kemarin, sudah tidak ada lagi pengunjung," tandasnya.

Saksikan juga video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gelandang Bali United Ikut Membantu Mencegah Penyebaran Corona Covid-19

Posted: 24 Mar 2020 09:20 PM PDT

Gianyar - Kadek Agung Widnyana Putra punya cara khusus untuk membantu mencegah penyebaran Corona Covid-19. Gelandang muda Bali United tersebut turut dalam kegiatan sosial, yakni membantu penyemprotan cairan disinfektan di desanya.

Kegiatan itu dilakukan Kadek Agung bersama para pemuda di Dewa Luwus, Tabanan. Pemain berusia 21 tahun itu mengaku bangga bisa melakukan kegiatan mulia guna mencegah penyebaran Corona Covid-19.

"Kebetulan ada kegiatan penyemprotan disinfektan di Desa Luwus. Saya bersama pemuda di sini punya inisiatif untuk ikut menyemprotkan di masing-masing rumah," kata Kadek Agung seperti dikutip situs resmi klub, Selasa (24/3/2020).

"Pastinya lewat kegiatan ini, kami sebagai pemuda harus menjadi contoh untuk setiap kegiatan positif di desa," tegas Kadek Agung.

Bali United memang meliburkan seluruh pemain dan ofisial untuk mencegah penyebaran virus corona. Kadek Agung memanfaatkan waktu libur untuk berkumpul bersama keluarga dan berlatih mandiri.

"Selama libur latihan, saya lebih banyak kumpul dengan keluarga di rumah. Untuk menjaga kondisi, saya biasanya latihan ringan di sekitar rumah bersama adik," ujar Kadek Agung.

Ini menjadi musim ketiga bagi Kadek Agung bermain di tim utama Bali United. Pemain asli Tabanan itu sudah tampil sebanyak 18 kali dan mencetak satu gol bersama klub berjulukan Serdadu Tridatu itu.

Nyepi yang Berbeda

Patung ogoh-ogoh diarak saat pawai pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-40 yang dihadiri Presiden Jokowi di Bali (23/6). Acara ini dilaksanakan di depan Monumen Bajra Sandi, Lapangan Puputan Niti Mandala. (Liputan6.com/Pool/Biro Pers Setpres)
Patung ogoh-ogoh diarak saat pawai pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-40 yang dihadiri Presiden Jokowi di Bali (23/6). Acara ini dilaksanakan di depan Monumen Bajra Sandi, Lapangan Puputan Niti Mandala. (Liputan6.com/Pool/Biro Pers Setpres)

Virus corona yang sedang menjangkit di Indonesia, khususnya Bali, berdampak langsung kepada perayaan Hari Raya Nyepi. Kadek Agung Widnyana Putra mengaku ada yang berbeda pada perayaan tahun ini.

Sehari sebelum Nyepi biasanya gelandang Bali United ini turut dalam upacara Pengerupukan dengan mengarak Ogoh-ogoh. Namun, untuk tahun ini acara ditiadakan karena ada imbauan dari otoritas setempat.

"Memang harus diakui Malam Pengerupukan tahun ini sangat berbeda. Biasanya kami mengarak ogoh-ogoh, tapi tahun ini ada larangan demi kesehatan bersama. Untuk kegiatan juga berbeda karena kami harus lebih banyak di rumah agar tetap sehat," tegas Kadek Agung.

Disadur dari Bola.com (Penulis Zulfiradus Harahap / Editor Benediktus Gerendo Pradigdo, Published 25/3/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dinyatakan Negatif Corona, Ini 4 Kabar Terbaru Dokter Handoko Gunawan

Posted: 24 Mar 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabar baik datang dari Dokter Handoko Gunawan. Sempat dirawat di ICU lantaran alami sesak napas, kini kondisi salah satu dokter Spesialis Paru di RS Grha Kedoya ini semakin membaik. Dokter yang berusia 80 tahun ini sudah diizinkan untuk pulang.

Tak hanya itu saja, dokter Handoko Gunawan juga dinyatan negatif terinfeksi COVID-19. Kabar bahagia ini disampaikan oleh pihak keluarga. Melalui surat terbuka, pihak keluarga menyampaikan Handoko Gunawan dinyatakan negatif terinfeksi virus Corona.

"Berdasarkan hasil tes, Dr. Handoko Gunawan dinyatakan negatif terhadap COVID-19," tulis pihak keluarga dalam sebuah foto yang diunggah di akun Instagram @indonesiavoice_, pada Rabu (25/3/2020)

Sebelumnya, sosok dr. Handoko Gunawan mulai viral berkat aksinya membantu tim medis menangani pasien Covid-19 hingga pukul 3 pagi. Kisah perjuangan dokter Handoko Gunawan ini viral dan menjadi perbincangan di media sosial.

Tak sedikit pula yang memberikan apresiasi kepada Dokter Spesialis Paru tersebut. Pasalnya, diketahui jika dokter Handoko saat ini telah berusia 80 tahun. Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas kabar terbaru dokter Handoko Gunawan, Rabu (25/3/2020)

1. Negatif Corona

Dinyatakan Negatif Corona, Ini 3 Kabar Terbaru Dr Handoko Gunawan
Dinyatakan Negatif Corona, Ini 3 Kabar Terbaru Dr Handoko Gunawan

Sempat dirawat di ruang ICU akibat sesak napas. Kini, pihak keluarga mengabarkan bahwa dokter berusia 80 tahun ini sudah mulai membaik. Tak hanya itu saja, Handoko juga dinyatakan tidak terinfeksi COVID-19. Kabar bahagia ini disampaikan oleh pihak keluarga.

"Berdasarkan hasil tes, Dr. Handoko Gunawan dinyatakan negatif terhadap COVID-19," tulis pihak keluarga dalam sebuah foto yang diunggah di akun Instagram @indonesiavoice_, pada Rabu (25/3/2020).

2. Diperbolehkan Pulang

Dinyatakan Negatif Corona, Ini 3 Kabar Terbaru Dr Handoko Gunawan  (Sumber: Instagram/indonesiavoice_/
Dinyatakan Negatif Corona, Ini 3 Kabar Terbaru Dr Handoko Gunawan (Sumber: Instagram/indonesiavoice_/

Selain dinyatakan tidak terjangkit COVID-19, dokter 80 tahun ini juga telah diijinkan keluar dari rumah sakit sejak 24 Maret 2020 lalu. Dokter spesialis paru ini juga telah mendapat izin untuk menjalani isolasi selama 14 hari kedepan di kediamannya. 

"Hari ini, tanggal 24 MAret 2020, dr. Handoko Gunawan sudah diijinkan untuk keluar dari RS dan selanjutnya menjalani self isolation selama 14 hari ke depan di rumah," lanjut pihak keluarga  di akun Instagram @indonesiavoice_, pada Rabu (25/3/2020)

3. Tidak Boleh Dijenguk

Kondisi dr. Handoko, dokter berusia 80 tahun yang turut urus pasien Corona, kian membaik. (Sumber: Facebook/Hengky)
Kondisi dr. Handoko, dokter berusia 80 tahun yang turut urus pasien Corona, kian membaik. (Sumber: Facebook/Hengky)

Meski dalam keadaan baik, pihak keluarga juga mengungkapkan bahwa untuk beberapa waktu ke depan Dokter Handoko tidak dapat dijenguk. Hal ini dilakukan untuk kebaikan semua pihak. 

"Tanpa mengurangi rasa hormat kami, untuk sementara waktu dan demi kebaikan kita semua, Dr. Handoko Gunawan tidak dapat dikunjungi/besuk," tulis pihak keluarga di surat terbuka. 

 

4. Ucapkan Terimakasih

Dalam akhir tulisan, pihak keluarga juga mengucapkan terimakasih pada warganet serta rekan yang turut mendoakan kesehatan dokter Handoko Gunawan. 

"Demikian kabar baik ini kami sampaikan dengan disertai ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh kerabat, sahabat, teman, netizen serta seluruh lapisan masyarakat Indonesia, kiranya Tuhan Yang Maha Kuasa memblas budi baik kalian semuanya." pungkas pihak keluarga di akun Instagram @indonesiavoice_, pada Rabu (25/3/2020)

5. Sempat Berbincang dengan Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah sempat berbincang panjang dengan sang dokter via telepon pada Sabtu (21/3/2020) lalu. 

Dalam sambungan telpon tersebut, dokter spesialis paru tersebut pun mengatakan jika dirinya sudah sehat namun masih merasakan capek luar biasa.

"Kondisinya gimana hari ini?" tanya Ganjar Pranowo lewat sambungan telepon.

"Sudah sehat sih tapi capek luar biasa" jawab dr. Handoko.

Dalam sambungan tersebut, dr. Handoko juga menyampaikan untuk mengimbau masyarakat dan khususnya Ganjar Pranowo yang sering bertemu dengan orang banyak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Keren, Game MotoGP 20 Terlihat Nyata dan Realistis

Posted: 24 Mar 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Game MotoGP 20 menunjukkan gameplay trailer yang terlihat menjanjikan dan realistis. Trailer menunjukkan gameplay saat menggunakan Valentino Rossi yang sedang memacu motornya di sekitar Sirkuit Mugello.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Manfaat Sekam Padi, Jadi Pupuk hingga Pembangkit Listrik

Posted: 24 Mar 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manfaat sekam padi ternyata ada banyak sekali. Tentu saja ini menjadi kabar baik untuk para petani. Karena memang limbah sekam padi jika tidak dimanfaatkan justru akan berdampak pada lingkungan. Berbeda halnya jika sekam padi ini dimanfaatkan, bahkan bisa sampai meraup keuntungan. 

Pada tahun 2020 ini stok beras di Indonesia masih di angka yang cukup aman, mencapai 2.3 juta ton. Hal ini tentu saja berdampak pada jumlah limbah sekam yang berlimpah. Maka perlu sekali bagi para petani terutama, untuk mengetahui manfaat sekam padi dan berupaya untuk memanfaatkannya.

Sebelum itu perlu diketahui bahwa sekam padi ini merupakan lapisan paling luar dari padi atau sering disebut kulit padi. Menurut sebuah penelitian, sekitar 20% berat padi ini adalah sekam.

Jika dibandingkan dengan jumlah rata-rata produksi beras di Asia sebagai salah satu penghasil beras terbesar di dunia, dalam satu tahun ada sekitar 770 juta ton limbah sekam padi.

Maka dari itu akan rugi sekali bagi para petani jika produktivitas produksi beras tidak dibarengi dengan produksivitas produksi sekam padi. Berikut manfaat sekam padi yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (25/3/2020).

Manfaat Sekam Padi untuk pupuk organik, mengusir bekicot, mengusir kucing

Petani memupuk tanaman padi di Karawang, Jawa Barat, Senin (4/7). Untuk mencapai target swasembada pangan 2016, pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 20 triliun. (Liputan6.com/Gempur M Surya)
Petani memupuk tanaman padi di Karawang, Jawa Barat, Senin (4/7). Untuk mencapai target swasembada pangan 2016, pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 20 triliun. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

1. Pupuk Organik

Manfaat sekam padi ternyata bisa dijadikan pupuk organik. Pengolahannya biasanya dilakukan dengan cara dibakar. Hal ini disebabkan sekam padi dapat menggemburkan tanah dan jenis unsur kimia yang ada di dalamnya sangat baik untuk kesuburan tanah.

Metode pemberian pupuk ini bisa diterapkan pada penyemaian biji. Campurkan media tanam dengan pupuk dari sekam padi yang sudah dibakar dan menjadi pupuk organik. Akan lebih baik jika media tanam ini dicampur sedikit dengan pupuk kompos.

2. Mengusir Bekicot

Manfaat sekam padi ternyata bisa digunakan untuk mengusir bekicot. Bekicot ini akan banyak sekali muncul ketika musim penghujan. Perlu diketahui juga bahwa Bekicot ini hama tanaman yang aktif saat malam hari. Mereka menyerang tanaman yang masih muda terutama daunnya.

Penggunaannya bisa dengan hanya menyebar sekam padi di tepi tanah tanaman. Penyebarannya harus rata di seluruh permukaan tanah ya. Karena Bekicot ini paling tidak bisa lewat di media yang tajam seperti tekstur yang dimiliki sekam padi.

3. Mengusir Kucing

Manfaat sekam padi ternyata bisa digunakan untuk mengusir kucing. Bukan mengusir kucing yang ada di dalam rumah, tetapi mengusir kucing yang hobi kencing dan pups di tanah tanaman.

Mengusir kucing ini perlu sekali dilakukan karena air kencing dan pups kucing bukanlah pupuk organik. Maka jika kotoran kucing ini tetap dibiarkan, dampak kepada tanaman juga akan buruk.

Daripada harus membuang kotoran kucing setiap hari, akan lebih efektif jika mengusir dengan memanfaatkan sekam padi. Karena kucing tidak suka dengan tekstur yang bukan tanah untuk buang kotoran, maka kalian bisa mengusirnya dengan menaburkan sekam padi di seluruh permukaan tanah dengan rata.

Manfaat Sekam Padi untuk Industri: Membuat Silika Gel dan Membuat Sumpit

Kandungan dari butiran silika tidak hanya sebagai pengawet makanan tetapi ada beberapa manfaat lainnya yang perlu diketahui
Kandungan dari butiran silika tidak hanya sebagai pengawet makanan tetapi ada beberapa manfaat lainnya yang perlu diketahui

4. Membuat Silika Gel

Manfaat sekam padi ternyata bisa dijadikan sebagai Silika Gel karena menurut penelitian, sekam padi mengandung 87-97% berat kering dari silika. Hal ini berarti sekam padi berpotensi menghasilkan silika dalam jumlah yang besar.

Kelebihan dari penggunaan silika gel ini, mereka tetap kering ketika disentuh. Mereka bisa dimanfaatkan untuk membantu menjaga kelembapan sepatu, tas, obat-obatan, makanan, elektronik, dan lain sebagainya.

Proses pembuatannya biasanya dengan mereaksikan abu sekam padi menggunakan larutan NaOH 1N pada suhu 80°C selama 1 jam, kemudian diberi tambahan larutan asam dengan Ph 7. Jika sudah menjadi gel kemudian didiamkan selama 18 jam. Dikeringkan pada suhu 80°C dengan oven sampai beratnya konstan.

5. Membuat Sumpit

Manfaat sekam padi ini ternyata bisa dirasakan kembali di meja makan tetapi tidak untuk dimakan. Kini sekam padi juga dimanfaatkan untuk membuat sumpit. Hal ini dilakukan oleh Algan Technology di Barcelona Spanyol yang berspesialisasi mengolah kembali limbah, untuk menjawab permasalahan lingkungan akibat limbah sumpit di China.

Dikutip dari laman chinadaily, Rabu (25/3/2020) bahwa ada 45 miliar pasang sumpit yang digunakan dan dibuang setiap tahun. Jumlah ini setara dengan hampir 4 juta pohon dewasa. Sampai pemerintah China memberlakukan "pajak sumpit" untuk mengekang produksi dan penggunaannya.

Di sini kemudian ide memanfaatkan sekam padi untuk dijadikan sumpit dengan materi baru seperti resin. Resin ini adalah produk yang aman, sehingga pada sumpit hasil manfaat dari sekam padi selain dibuat dari 90% sekam padi, juga dibuat dengan 10% resin.

Sumpit ini disebut SOLIT RICEIT. Sumpit ini aman digunakan berulang-ulang dan tanpa memotong satupun pohon dalam pembuatannya. Dan sumpit ini adalah produk hasil manfaat sekam padi yang ramah lingkungan bahkan dapat didaur ulang lagi. Didaur ulang menjadi produk seperti kotak, papan, palet, dan lain sebagainya.

Manfaat Sekam Padi untuk Bahan Bakar

Ilustrasi Listrik Diterangi (Foto: 453169/pixabay.com)
Ilustrasi Listrik Diterangi (Foto: 453169/pixabay.com)

6. Bahan Bakar Alternatif

Manfaat sekam padi ternyata bisa dijadikan bahan bakar alternatif. Dalam hal ini produk turunannya briket arang sekam. Proses pembuatannya cukup mudah. Dengan menghaluskan sekam padi, kemudian setelah dihaluskan bisa dicampur dengan tepung tapioka dan air secukupnya.

Setelah bahan-bahan tersebut dicampurkan, pastikan komposisinya pas. Bisa dibentuk. Tidak terlalu encer dan tidak terlalu keras. Kemudian briket bisa dicetak berbentuk persegi atau bulat, tinggal sesuaikan saja dengan alat cetaknya.

Agar bisa menghasilkan daya bakar yang baik, usahakan sekam padi bisa maksimal saat proses penghalusan. Proses terakhir tinggal jemur briket cetakan di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering.

7. Pembangkit Listrik

Manfaat sekam padi ternyata bisa dijadikan pembangkit listrik. India merupakan salah satu negara yang sudah berhasil memanfaatkan sekam padi dengan maksimal. Pemerintah india berhasil menjadikan sekam padi ini menjadi listrik atau mereka sebut dengan Cahaya Daur Ulang India. Hal ini dilakukan atas kegelisahan pada limbah padi India yang terlalu banyak.

Dikutip dari laman researchgate yang ditulis oleh Alaric Francis Santiaguel, Rabu (25/3/2020) bahwa salah satu pendiri dan CEO dari Husk Power Systems (HPS) adalah Pandey. Menurutnya dalam pemberdayaan desa ini perusahaanlah yang mendesain, menginstal, dan mengoperasikan pembangkit listrik mini menggunakan Biomass Gasification Technology.

Proses yang dilakukan untuk memanfaatkan sekam padi menjadi listrik ini dilakukan dengan cara dibakar. Tetapi pembakaran ini tetap dikendalikan oksigen agar menghasilkan gas yang cukup bertenaga.

Pembangkit listrik mini dari memanfaatkan sekam padi ini memang dikendalikan sendiri oleh penduduk setempat. Tetapi sebelum diserahkan kepada penduduk setempat secara penuh, mereka dilatih dulu oleh Husk Power Systems (HPS). Pembangkit listrik mini ini mampu menghasilkan 25Kw hingga 100Kw listrik untuk menyalakan 2 buah lampu dan 1 pengisian daya untuk ponsel setiap harinya.

Pajak listrik dari memanfaatkan sekam padi ini hanya diminta membayar biaya bulanan tetap mulai dari US$2 hingga US$3, setara dengan Rp 32 ribu hingga Rp 49 ribu. Pada tahun 2014 HPS merencanakan perluasan produksi ke lebih dari 6.500 daerah pedesaan. Dengan ini HPS juga memperkirakan bahwa lebih dari 10 juta orang akan merasakan manfaat dari daur ulang sekam padi ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemendagri: DKI Sebar Alat Rapid Test di Seluruh Puskesmas

Posted: 24 Mar 2020 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Managemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Kementerian Dalam Negeri, Safrizal Za mengatakan, Pemprov DKI Jakarta telah membagikan rapid tes kepada puskesmas-puskesmas di wilayah Jakarta. Hal tersebut dilakukan untuk pencegahan pandemi virus Corona atau Covid-19 yang semakin bertambah.

"Tadi malam pemerintah DKI Jakarta telah membagi rapid test ini kepada puskesmas-puskesmas yang ada di seluruh DKI Jakarta," kata Safrizal di BNPB, Jakarta, Rabu (25/3/2020).

Dia menjelaskan, nantinya masyarakat akan ditangani terlebih dahulu yaitu yang masuk dalam list kontak tracing. Atau masyarakat yang melakukan kontak dekat dengan pasien positif Corona.

"Misal DKI Jakarta, yang akan dilakukan rapid test pertama adalah orang-orang yang masuk ke dalam long list atau orang-orang yang selama ini melakukan kontak dekat dengan pasien yang sudah positif," ungkap Safrizal.

Dia mengakui, saat ini rapid test masih terbatas bisa dilakukan oleh masyarakat. Sebab itu, dia menjelaskan jika masyarakat yang memiliki gejala ringan dan sedang akan ditangani oleh rumah sakit rujukan.

"Masyarakat yang memiliki gejala awal, ringan sampai sedang nanti akan ditangani juga di rumah sakit rumah sakit rujukan tertentu. Jadi perlu juga diketahui bagi masyarakat pengadaan rapid test dikategorikan dalam berbagai macam," kata Safrizal.

 

 

Kemendagri Imbau Pemda Siapkan Logistik Warga

Antrean calon penumpang KRL Commuter Line untuk memasuki Stasiun Sudirman, Jakarta, Selasa (17/3/2020. Terjadi antrean akibat PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memberlakukan kebijakan pengecekan suhu tubuh bagi penumpang KRL mengantisipasi penyebaran virus corona Covid-19.\ (Liputan6.com/Johan Tall
Antrean calon penumpang KRL Commuter Line untuk memasuki Stasiun Sudirman, Jakarta, Selasa (17/3/2020. Terjadi antrean akibat PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memberlakukan kebijakan pengecekan suhu tubuh bagi penumpang KRL mengantisipasi penyebaran virus corona Covid-19.\ (Liputan6.com/Johan Tall

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meminta Pemerintah Daerah (Pemda) memikirkan kondisi warganya selama masa pandemi virus Corona atau Covid-19.

Direktur Managemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Kemendagri Safrizal ZA berharap, Pemda menyiapkan logistik bagi warga yang melakukan sosial distancing, seperti bekerja dan belajar dari rumah.

"Dalam rangka disiplin social distancing, maka masyarakat yang work from home perlu dilakukan pemberian dengan kebutuhan dasar. Pemda perlu menyiapkan kebutuhan masyarakat daerah yang work from home," ujar dia di Graha BNPB, Jakarta Pusat, Rabu (25/3/2020).

Safrizal menyebut, Pemda bisa mengalokasikan kembali anggaran belanja daerah yang belum dibutuhkan untuk kebutuhan penanganan pencegahan Covid-19.

Menurut Safrizal, anggaran belanja perjalanan dinas dan pertemuan-pertemuan bisa direalokasi untuk memenuhi kebutuhan dalam rangka mitigasi Covid-19.

"Kegiatan yang tidak penting dilaksanakan sekarang seperti belanja perjalanan dinas, saat ini tengah dilakukan social distancing, maka belanja dinas, meeting atau belanja lainnya bisa direalokasi untuk pencegahan dan penanganan Covid-19," kata dia.

Selain itu, Safrizal juga meminta kepada pemda untuk mengeluarkan anggaran belanja tak terduga yang dimiliki tiap daerah untuk penanganan Covid-19. Menurut Safrizal, setiap daerah memiliki anggaran belanja tak terduga yang nilainya bervariasi tiap daerah.

Anggaran-anggaran tersebut, menurut Safrizal, selain untuk kebutuhan warga selama social distancing, bisa juga untuk menyiapkan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis di daerah.

"Ini harus segera diambil tindakan-tindakan sambil menghitung keperluan APD bagi petugas kesehatan," kata dia.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hantavirus Muncul di China, Lebih Berbahaya daripada Corona Covid-19?

Posted: 24 Mar 2020 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Sebuah virus baru muncul lagi di China. Seorang laki-laki meninggal dunia di Provinsi Yunnan, Senin (23/3) lantaran dinyatakan positif terjangkit Hantavirus.

Namun, tidak berarti Anda harus khawatir pandemi lain akan datang. Hantavirus adalah anggota keluarga virus yang menyebar melalui tikus.

Ini diungkap Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, demikian dikutip dari laman USA Today, Rabu (25/3/2020).

Sang pria tersebut meninggal dalam perjalanan kembali ke Provinsi Shandong, menurut Global Times. "Dia dites positif untuk Hantavirus. 32 orang lainnya dalam bus diuji," demikian kicauan dari Global Times.

Cuitan itu muncul di tengah pandemi yang disebabkan oleh Virus Corona baru. Kini, cuitan tersebut telah dibagikan lebih dari 15.000 kali.

Bukan Ancaman Global

Meskipun negara-negara di seluruh dunia dalam siaga tinggi karena ketidakpastian seputar penyebaran Corona COVID-19, tidak ada indikasi bahwa hantavirus merupakan ancaman kesehatan masyarakat global.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), kasus-kasus hantavirus jarang terjadi, dan mereka menyebar sebagai akibat dari kontak yang dekat dengan urin hewan, kotoran atau air liur.

Bukan Tikus Sembarangan

Jenis tikus yang dapat membawa virus juga tak sembarangan. Jenis tikus yang menularkan virus ini bisa menyebar hanya lewat perantara udara.

"Hantavirus yang menyebabkan penyakit manusia di Amerika Serikat tidak dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain," kata CDC di situs webnya.

Gejala Hantavirus

Ilustrasi bersin/copyright shutterstock
Ilustrasi bersin/copyright shutterstock

Hantavirus dapat menyebabkan sindrom paru, masalah pernapasan parah yang bisa berakibat fatal.

Gejalanya meliputi kelelahan, demam, nyeri otot, sakit kepala, pusing, kedinginan, dan masalah perut. Batuk dan sesak napas dapat terjadi kemudian.

Demam berdarah dengan sindrom ginjal, sebagian besar ditemukan di Eropa dan Asia, juga dapat terjadi, yang menyebabkan rasa sakit, demam, kedinginan, mual, dan penglihatan kabur, kata CDC. Gejala yang lebih serius termasuk gagal ginjal akut.

Terjadi Juga di Barat AS

Kasus-kasus di Amerika Serikat (AS) biasanya terkonsentrasi di negara bagian barat dan barat daya.

Dari 1993 hingga 2017, hanya ada 728 kasus hantavirus yang dikonfirmasi di Amerika Serikat, dan sebagian besar tidak fatal, menurut data CDC.

(Teddy Tri Setio Berty/Tanti Y)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perangi Corona COVID-19, Volume Limbah Medis di China Mencapai 182.000 Ton

Posted: 24 Mar 2020 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - China telah melewati fase puncak epidemi Virus Corona COVID-19. Selama berjuang mengobati pasien COVID-19, volume limbah medis di China mencapai 182.000 ton sejak akhir Januari.

Menurut Kementerian Ekologi dan Lingkungan China, hingga Sabtu 21 Maret, kapasitas pembuangan limbah medis di China mencapai 6.066,8 ton per harinya, naik dari 4.902,8 ton per hari sebelum wabah Virus Corona jenis baru merebak.

Kapasitas pembuangan limbah di Provinsi Hubei, yang menjadi episentrum wabah tersebut, melonjak dari 180 ton per hari sebelum wabah, menjadi 667,4 ton, seperti dikutip dari Xinhua, Rabu (25/3/2020). 

Kementerian juga mengatakan, saat ini pengelolaan limbah medis Virus Corona COVID-19 di China masih stabil dan teratur, dengan langkah-langkah disinfeksi diterapkan secara ketat.

 

Tak Berdampak pada Kualitas Sumber Air

Han Yi, petugas medis dari Provinsi Jiangsu, bekerja di bangsal ICU Rumah Sakit Pertama Kota Wuhan di Wuhan, Provinsi Hubei, 22 Februari 2020. Para tenaga medis dari seluruh China telah mengerahkan upaya terbaik mereka untuk mengobati para pasien COVID-19 di rumah sakit tersebut. (Xinhua/Xiao Yijiu)
Han Yi, petugas medis dari Provinsi Jiangsu, bekerja di bangsal ICU Rumah Sakit Pertama Kota Wuhan di Wuhan, Provinsi Hubei, 22 Februari 2020. Para tenaga medis dari seluruh China telah mengerahkan upaya terbaik mereka untuk mengobati para pasien COVID-19 di rumah sakit tersebut. (Xinhua/Xiao Yijiu)

Otoritas lingkungan juga telah melakukan 21.399 survei terkait sumber-sumber air minum di negara itu dan tidak menemukan dampak apa pun dari epidemi COVID-19 terhadap kualitas sumber air.

Kementerian Ekologi dan Lingkungan China juga mencatat peningkatan kualitas udara di 337 kota yang dipantau. Persentase hari dengan kualitas udara baik berada di angka 86,3 persen dari 20 Januari hingga 21 Maret, naik 8,8 poin persentase secara tahunan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Steak Beraroma Arang Kelapa di Rumah Makan Padang yang Menggoyang Lidah

Posted: 24 Mar 2020 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Karambia Steak, menu terbaru yang dihadirkan sebagai persembahan ke-5 tahun Cikang Resto. Bukan sekadar steak, tetapi steak ini diklaim bercita rasa Padang.

Kearifan kuliner lokal berpadu apik dengan makanan ala Barat. Chef memanfaatkan kelapa dalam pembuatan steak tersebut.

Ivan R. Sini, pemilik Cikang menjelaskan bahwa dalam minyak kelapa dan arang dimanfaatkan dalam pembuatan menu tersebut. Ia menyebut kedua bahan itu menjadi racikan yang otentik untuk banyak ragam kuliner.

"Pemanfaatan batok kelapa sebagai arang telah dikenal oleh masyarakat di Sumatera Barat selama bertahun-tahun," katanya dalam rilis yang diterima Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Karambia sendiri artinya adalah kelapa dalam Bahasa Minang. Sejak dulu, tanaman itu dikenal sebagai tumbuhan serba guna. Nyaris seluruh bagian dari kelapa bisa dimanfaatkan, mulai dari akar, batang, daun, daging buah, serabut, hingga batoknya.

Berangkat dari pengalaman itu, tercetuslah ide untuk menyajikan menu steak di rumah makan Padang yang dimilikinya. Sentuhan Minang dimasukkan lewat proses pemanggangan menggunakan arang batok kelapa.

Selanjutnya,steak disajikan bersama saus otentik yang terbuat dari kombinasi minyak kelapa dan rempah lokal. Sajian dilengkapi Salada uci plus kerupuk padang sebagai ciri khas kuliner nusantara. Uci berarti Nenek dalam bahasa Padang. 

"Menu ini hanya ada di Cikang dan tidak ada di tempat lain," kata dia.

Berapa Harganya?

Karambia Steak. (dok. Cikang Resto/Dinny Mutiah)
Karambia Steak. (dok. Cikang Resto/Dinny Mutiah)

Ia berharap kehadiran Karambia Steak akan semakin memperkaya keragaman menu sehingga pelanggan punya banyak pilihan untuk disantap. Terdapat dua pilihan jenis potongan maupun berat daging, yakni tenderloin dan sirloin dengan berat 150 dan 180 gram.

Untuk menikmati steak yang menggoyang lidah, Anda cukup membayar Rp 120.000 sampai dengan Rp. 160.000 tergantung pada berat dan jenis daging yang kamu pilih. Ada pula menu baru lainnya yang terbuat dari seafood, yakni Sotong Bakar Pantai Padang yang tak kalah lezatnya.

Penasaran? Cikang Resto berlokasi di Jl. RP. Soeroso, Menteng. Mungkin bisa jadi pilihan kuliner yang layak didatangi bila pandemi corona COVID-19 sudah berakhir.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Potret Memilukan Tenaga Medis Kelelahan Usai Tangani Pasien Corona

Posted: 24 Mar 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dunia sedang berjuang melawan virus Corona Covid-19 yang masih mewabah. Para tenaga medis pun mengerahkan seluruh tenaga dan waktunya untuk merawat pasien yang terinfeksi virus tersebut.

Melalui foto mereka membagikan potret dirinya yang harus mengalami luka-luka dan kelelahan usai beberapa jam merawat pasien. Mereka juga berpesan dan meminta warga yang sehat untuk tetap di rumah dan menjaga jarak dengan setiap orang. Dengan melakukan hal tersebut, mereka mengaku bahwa itu telah meringankan beban mereka.

Artikel tentang deretan potret memilukan tenaga medis yang kelelahan bekerja usai hadapi pasien terinfeksi virus Corona menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel tentang aksi seorang pria sengaja jilati barang di supermarket yang buat warganet geram.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang eksperimen seorang insinyur NASA yang membuktikan betapa cepatnya kuman menyebar di tangan.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 7 Potret Memilukan Tenaga Medis Kelelahan Bekerja Hadapi Pasien Virus Corona, Ini Pesan Mereka

Doc: Twitter.com/PDChina
Doc: Twitter.com/PDChina

Jumlah orang-orang yang dites positif virus Corona (Covid-19) meroket di seluruh dunia. Di Eropa, Italia adalah negara dengan korban tewas terbanyak. Sementara di Indonesia, jumlah orang positif virus tersebut telah lebih dari 680 orang dengan kematian lebih dari 55 orang.

Tak dapat dipungkiri, para tenaga medis adalah para pejuang di garis depan dalam menghadapi pandemi virus Corona ini. Mereka bekerja sampai kelelahan merawat para pasien yang semakin bertambah setiap harinya.

Selengkapnya…

2. Viral Aksi Pria Sengaja Jilati Barang di Supermaket, Warganet Geram

Ilustrasi Supermarket (pixabay.com)
Ilustrasi Supermarket (pixabay.com)

Publik, khususnya para pengguna jejaring sosial tengah diramaikan dengan aksi super konyol seorang pria yang membuat khawatir publik di tengah pandemi Corona atau Covid-19.

Pria yang tidak diketahui identitasnya tersebut merekam dirinya tengah menjilat beberapa produk yang berada di rak supermarket.

Selengkapnya…

3. Eksperimen Insinyur NASA Ini Tunjukkan Betapa Cepatnya Kuman Menyebar

Doc: Youtube.com/MarkRober
Doc: Youtube.com/MarkRober

Kuman, bakteri, virus adalah musuh paling tersembunyi dan paling tak terlihat. Yang menakutkan adalah, mereka ada dapat berpindah hanya karena kita tak dapat mengendalikan diri untuk menyentuh sesuatu, terutama wajah.

Melansir dari Bored Panda, mantan insinyur NASA yang kini telah menjadi Youtuber Mark Rober, baru-baru ini merilis video yang secara visual menunjukkan betapa mudahnya kuman menyebar tanpa kita sadari. Video tersebut juga menunjukkan pentingnya sering mencuci tangan, terutama dengan pandemi virus Corona saat ini.

Selengkapnya…

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yang Harus Dilakukan bila Anggota Keluarga Sering Keluar-Masuk Rumah di Kala COVID-19

Posted: 24 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Kementerian Dalam Negeri Safrizal mengingatkan, apabila ada anggota keluarga yang sering keluar-masuk rumah di kala wabah COVID-19, pembatasan interaksi fisik perlu dilakukan.

Upaya tersebut mencegah penularan virus Corona COVID-19 terhadap anggota keluarga lain. Dalam pelaksanaan pun harus ada dukungan dan pengertian antar anggota keluarga.

"Kalau ada anggota keluarga yang sering keluar-masuk rumah juga dilakukan physical distancing atau pembatasan interaksi fisik. Ini untuk membatasi penyebaran Corona," ucap Safrizal saat konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (25/3/2020).

"Physical distancing selama COVID-19 harus dilakukan bersama-sama oleh anggota keluarga lain. Harus disiplin juga."

 

Di Rumah Dulu

Karyawan swasta sedang koordinasi lewat video call saat kerja dari rumah di kediamannya kawasan Depok, Jawa Barat, Senin (23/3/2020). Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan anjuran kerja dari rumah dimulai sejak 20 Maret hingga 2 April 2020. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Karyawan swasta sedang koordinasi lewat video call saat kerja dari rumah di kediamannya kawasan Depok, Jawa Barat, Senin (23/3/2020). Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan anjuran kerja dari rumah dimulai sejak 20 Maret hingga 2 April 2020. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Upaya yang sebaiknya dilakukan selama wabah COVID-19 sebaiknya beraktivitas dulu di rumah. Kurangi ke luar rumah bila tidak ada sesuatu yang urgent, seperti membeli kebutuhan pokok.

"Yang pasti baiknya kita semua stay at home, work from home, dan pray at home (beribadah di rumah) untuk sementara waktu ini," lanjut Safrizal.

Dari Pedoman Penanganan Cepat Medis dan Kesehatan Masyarakat COVID-19 di Indonesia, pembatasan interaksi fisik (physical contact/physical distancing), sebagai berikut:

1. Tidak berdekatan atau berkumpul di keramaian atau tempat-tempat umum, jika terpaksa berada di tempat umum gunakanlah masker. 

2. Tidak menyelenggarakan kegiatan/pertemuan yang melibatkan banyak peserta (mass gathering).

3. Hindari melakukan perjalanan baik ke luar kota atau luar negeri.

4. Hindari bepergian ke tempat-tempat wisata.

5. Mengurangi berkunjung ke rumah kerabat/teman/saudara dan mengurangi menerima kunjungan/tamu.

Kurangi Frekuensi Berbelanja

Pengunjung memborong telur di sebuah pusat perbelanjaan kawasan Kelapa Gading, Jakarta, Senin (2/3/2020). Warga berbondong-bondong membeli bahan-bahan pokok hingga masker dan hand sanitizer setelah kabar dua warga Depok positif terinfeksi virus corona. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)
Pengunjung memborong telur di sebuah pusat perbelanjaan kawasan Kelapa Gading, Jakarta, Senin (2/3/2020). Warga berbondong-bondong membeli bahan-bahan pokok hingga masker dan hand sanitizer setelah kabar dua warga Depok positif terinfeksi virus corona. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

6. Mengurangi frekuensi belanja dan pergi berbelanja. Saat benar-benar butuh, usahakan bukan pada jam ramai.

7. Menerapkan Work From Home (WFH)

8. Jaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter (saat mengantre, duduk di bus/kereta).

9. Untuk sementara waktu, anak sebaiknya bermain sendiri di rumah.

10. Untuk sementara waktu dapat melaksanakan ibadah di rumah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Senja Kala Dukun Kampung, Sang Peracik Ramuan Tradisional

Posted: 24 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jambi - Sempat terlupakan, ramuan tradisional belakangan terakhir kembali menjadi perbincangan publik di tengah pandemi virus corona Covid-19. Oleh banyak kalangan, ramuan tradisonal diyakini mampu meningkatkan daya tahan dan meningkatkan imunitas tubuh.

Indonesia sebagai negara yang kaya akan keanekaragaman hayati dan kearifan lokalnya menyimpan segudang tanaman obat tradisional dan cara pengolahannya. Tak terkecuali di Jambi, ada seorang dukun kampung yang sampai sekarang masih setia meracik ramuan tradisonal yang berasal dari aneka tumbuhan alam.

Perjalanan siang itu membawa saya ke sebuah kampung di Dusun Keramat Sungke, Desa Jambi Kecil, Kecamatan Maro Sebo, Muaro Jambi, Jambi. Menuju desa ini bisa ditempuh perjalanan kendaraan roda dua dengan waktu tempuh 30 menit dari pusat Kota Jambi.

Sampai tujuan, saya bertemu seorang dukun kampung, Rahina (58). Saat saya temui, ia sedang membawa beberapa ikatan dedaunan yang dicari dari hutan di pekarangan belakang rumah. Pada usianya yang sudah sepuh, ia masih meneruskan profesi itu secara turun-temurun.

Masyarakat di kampung lebih mengenal Rahina dengan nama Nyang Nok. Dia merupakan satu-satunya dukun kampung yang masih tersisa di desa tersebut. Dulu sekali sewaktu belum banyak dokter atau bidan, ia sering membantu prosesi lahiran bayi. Dia juga kerap diminta tolong mengobati warga kampung yang sedang sakit.

Puluhan jenis dedauan, batang sampai akar tumbuhan yang baru dicarinya tadi dijejerkan di teras rumahnya. Jumlahnya banyak, kata dia, mencapai puluhan macam. Aneka tumbuhan obat itu sempat dicatat anaknya. Tapi sialnya komputer jinjing milik anaknya rusak sehingga data-data tanaman obat yang pernah dicatat ikut hilang.

"Anak-anak sekarang dak banyak yang tahu, padahal ini dulu kalau orang sakit diobatinya pakai tanaman-tanaman dan daun-daun ini," kata Nyang Nok dengan logat melayu Jambi saat membuka percakapan kepada saya beberapa waktu lalu.

Lalu dia menjelaskan satu persatu manfaat dan khasiat dari tumbuhan yang bejejer itu. Ia sangat hafal dengan beragam jenis tanaman dengan nama lokal, dan juga khasiatnya. Maklum, sebagai dukun kampung ia lebih banyak mengetahui nama tanaman obat itu dengan nama lokal.

Tanaman obat itu mulai dari; daun jerampang, akar manggul, daun tembesu, daun mamali, petai puyuh, pepulut, daun bebudi, mengkudu, kandis, balik angin (mahang), daun leban, daun sungkai, daun bungur, daun lidah ayam, daun salam, daun siangit dan akar plakijang.

Sebagian besar tanaman obat saat ini masih mudah dicari. Namun ada beberapa tanaman yang sudah sulit ditemui karena hutan dulunya yang banyak menyimpan tumbuhan sudah beralih menjadi kebun sawit.

Demam Panas dan Batuk

Nyang Nok dan suaminya, Usman saat meracik ramuan trasional dari tumbuh-tumbuhan di Desa Jambi Kecil, Kabupaten Muaro Jambi. (Liputan6.com / Gresi Plasmanto)
Nyang Nok dan suaminya, Usman saat meracik ramuan trasional dari tumbuh-tumbuhan di Desa Jambi Kecil, Kabupaten Muaro Jambi. (Liputan6.com / Gresi Plasmanto)

Setiap tanaman obat yang ditunjukan Nyang Nok, mempunyai khasiat masing-masing. Untuk penggunaannya diolah dengan cara yang berbeda pula. Yakni mulai dari menyembuhkan anak bayi rewel hingga menyembuhkan penyakit seperti malaria, batuk pilek, demam panas hingga sesak napas.

"Caro ngolahnyo jugo beda-beda, ado yang ditumbuk, diberengkes, dimasak sudah itu diminum airnyo," kata Nyang Nok.

Untuk mengobati atau meredakan masuk angin dan demam panas, Nyang Nok, hanya cukup menggunakan daun jerampang dan daun siangit. Kedua dedauan ini diolah dengan cara dibrengkes yang kemudian dibarutkan atau tempelkan di perut orang yang sakit sebelum tidur.

Kemudian untuk meredakan batuk, Nyang Nok biasanya menggunakan daun siangit. Daun siangit tersebut direbus dan kemudian airnya ditambahkan garam sedikit lalu diminumkan kepada orang yang batuk.

"Orang dulu di kampung dak ado dokter samo bidan, orang dulu pakai ini lah obatnyo kalau demam," kata dia.

Tak hanya mengolah ramuan tradisonal dari dedauan. Ia juga meracik jamu dari bahan baku kencur, temu lawak, bangle, jelingo, lempuyang, temu putih, temu kunci, jahe dan kunyit. Semua bahan tersebut diracik jadi satu.

Suami Nyang Nok, Usman (64) turut membantu menumbuk racikan jamu dengan bahan-bahan tersebut menggunakan lesung. Usman menumbuk racikan yang telah dikeringkan itu hingga halus.

Aroma wangi ramuan jamu itu langsung meruap di teras rumah sederhana itu ketika diseduh menggunakan air panas. Oleh masyarakat setempat jamu hasil karya Nyang Nok itu dinamai jamu Mak Jum.

"Ini jamu supaya badan sehat, kalau sekarang namonyo kebugaran. Orang kampung kalau habis berladang capek, minum jamu," ujar Usman.

Jamu kampung buatan Nyang Nok belum untuk komersil. Ia belum bisa memproduksi dalam jumlah banyak karena membuatnya masih menggunakan cara-cara yang sangat tradisional. Tak ada alat modern, melainkan ia cukup menggunakan alat seadanya, lesung.

"Kalau dijual enggak, tapi biasonyo orang kampung sini numpang beli jamu ini," katanya.

Keberadaan Dukun Kampung di Jambi

Salah satu rumah dukun kampung yang dipasangi plang
Salah satu rumah dukun kampung yang dipasangi plang

Era sekarang ini dukun kampung seperti profesi dilakukan Nyang Nok, sudah tak jamak. Sudah sulit ditemui dan bahkan keberadaannya bisa dihitung dengan jari.

Pun demikian dengan profesi dukun kampung yang membantu proses lahiran anak semakin jarang. Berbeda dengan jaman dulu, kebanyakan masyarakat untuk proses lahiran mengandalkan dukun kampung.

Memanfaatkan obat tradisonal dari racikan tumbuh-tumbuhan dan dukun kampung memang bukan sesuatu yang asing bagi masyarakat Indonesia. Bahkan cara ini sudah dilakukan masyarakat dari dulu sampai sekarang.

Namun di tengah modernitas dan perkembangan jaman ini akan kah keahlian dukun kampung yang merupakan warisan nenek moyang kita itu masih bertahan.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Jambi mencatat, jumlah dukun kampung atau dukun bayi (traditional attendant) sebanyak 2.847. Umumnya dukun kampung itu berada di daerah. Sementara itu, di daerah perkotaan sudah jarang ditemukan profesi dukun.

BPS melalui publikasi Jambi Dalam Angka Tahun 2019 (hal. 342) itu merinci, dukun kampung/dukun bayi yang berada di masing-masing daerah. Di Kabupaten Kerinci tercatat keberadaan dukun kampung sebanyak (101), Merangin (529).

Kemudian Sarolangun (285), Batanghari (285), Muaro Jambi (419), Tanjab Timur (264), Tanjab Barat (264), Tebo (405), Bungo (272), Kota Jambi (23), dan Kota Sungai Penuh (-).

Simak Video Pilihan Berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rugi Imbas Virus Corona, Pengelola Mal Minta Keringanan Beban Biaya Tetap

Posted: 24 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pengusaha pusat perbelanjaan meminta pemerintah meringankan beban biaya tetap yang harus ditanggung sejumlah pengelola mal. Permintaan keringanan ini seiring penurunan jumlah pengunjung dan omzet akibat wabah Virus Corona atau Covid-19.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja menyatakan, wabah Covid-19 telah membuat kunjungan ke pusat perbelanjaan atau mal berkurang drastis hingga 90 persen.

Pihaknya pun berkirim surat ke pemerintah untuk meminta keringanan beban biaya tetap yang harus ditanggung oleh sejumlah pengelola mal. Namun hingga kini, pemerintah belum menjawab permintaan itu lewat sebuah kebijakan pasti.

"Kami berharap pemerintah dapat memberikan keringanan tarif listrik, tarif gas, pembebasan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), pembebasan sementara atas cicilan/angsuran pinjaman bank, pengurangan bunga pinjaman bank, dan lainnya. Sehingga kami bisa bertahan untuk melayani masyarakat dan tetap mempertahankan serta mempekerjakan karyawan yang tidak sedikit," ujar dia kepada Liputan6.com, Selasa (24/3/2020).

Adapun dalam surat tertulis yang disampaikan kepada pemerintah, Alphon mengungkapkan, berisi penggambaran kondisi pusat perbelanjaan saat ini yang benar-benar dalam keadaan sangat sulit akibat Virus Corona.

Di mana, jumlah pengunjung terus turun dari waktu ke waktu, dan tentunya penjualan pun jadi merosot sangat tajam.

"Sedangkan di satu sisi kami memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk tetap melayani kebutuhan berbelanja dari masyarakat terutama keperluan pokok sehari-hari. Kami juga memiliki tanggung jawab atas semua karyawan agar bisa tetap dipekerjakan. Jadi situasi ini sungguh sangat sulit," tulis dia.

Dia pun meminta pemerintah memperhatikan dan membantu pengelola mal agar bisa bertahan dalam situasi dan kondisi yang sangat berat dan tidak pasti saat ini.

Bentuk permintaan dengan membebaskan atau memberi keringanan atas beban biaya tetap yang harus ditanggung pihak pengelola setiap hari.

"Sampai dengan saat ini belum ada bantuan ataupun insentif yang diberikan oleh pemerintah untuk pusat perbelanjaan," kata dia.

 

 

 

 

 

Jumlah Pengunjung Turun

Suasana pada pusat kuliner di kompleks Pasaraya Blok M, Jakarta, Selasa (24/3/2020). Adanya imbauan pemerintah untuk tidak beraktivitas di luar rumah, membuat sejumlah pemilik toko memilih menutup usahanya sementara waktu  mengantisipasi meluasnya penyebaran COVID-19. (Liputan.com/Faizal Fanani)
Suasana pada pusat kuliner di kompleks Pasaraya Blok M, Jakarta, Selasa (24/3/2020). Adanya imbauan pemerintah untuk tidak beraktivitas di luar rumah, membuat sejumlah pemilik toko memilih menutup usahanya sementara waktu mengantisipasi meluasnya penyebaran COVID-19. (Liputan.com/Faizal Fanani)

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) melaporkan jumlah pengunjung ke pusat perbelanjaan atau mal turun drastis selama wabah Virus Corona atau Covid-19 merebak.

Wakil Ketua Umum APPBI Alphonzus Widjaja mengatakan, pandemi ini telah membuat jumlah kedatangan ke mal-mal di seluruh Indonesia anjlok hingga 90 persen.

"Jumlah kunjungan ke pusat perbelanjaan menurun sangat drastis. Bahkan ada yang cuma tinggal 10-20 persen saja. Berarti turun sampai 80-90 persen," ujar dia kepada Liputan6.com, Rabu (25/3/2020).

Pria yang akrab disapa Alphon ini menjabarkan, jumlah pengunjung ke pusat perbelanjaan mulanya turun 50 persen saat [Covid-19]( 4206463 "") pertama kali merebak di Indonesia.

Namun, jumlah pengunjung kian merosot usai muncul anjuran untuk mengurangi kegiatan di luar rumah demi mencegah penyebaran virus, dan membuat kondisi mal semakin sepi.

Kondisi tersebut, sambung Alphon, membuat pengelola mal banyak merugi. Tapi, APPBI belum sempat menghitung besaran kerugian karena masih fokus dalam penanganan operasional yang cukup kompleks.

"Di satu sisi kami harus ikut membantu pencegahan wabah Covid-19. Tapi di sisi lain kami juga mempunyai tanggung jawab untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, karena masih memerlukan belanja terutama kebutuhan pokok sehari-hari," ungkap dia.

Minimnya jumlah kunjungan juga membuat pihak penyewa toko di dalam pusat perbelanjaan meminta adanya keringanan biaya sewa. Menurut Alphon, pengelola mal juga telah menanggapi permohonan tersebut.

Namun demikian, dia mencatat kondisi di setiap pusat perbelanjaan berbeda satu sama lain, termasuk kontrak perjanjian kerjasama dengan penyewa toko. Jadi pasti kebijakan yang akan diberikan juga tak akan bisa diberlakukan sama untuk semua.

"Yang jelas dan pasti pusat perbelanjaan tidak akan menutup mata atas kesulitan dan kondisi berat yang dialami oleh para penyewa. Untuk saat ini banyak pusat perbelanjaan yang telah memberikan penundaan pembayaran kewajiban agar supaya para penyewa dapat terbantu dulu dari sisi cashflow," tutur dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Westny DJ Bahagia Rayakan Nyepi Jelang Anak Pertama Lahir

Posted: 24 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aktris Westny DJ selalu merayakan Hari Raya Nyepi setiap tahun. Namun, ada yang berbeda di Hari Raya Nyepi tahun ini.

Pembedanya tak lain adalah karena pada tahun ini, Westny DJ merayakan Hari Raya Nyepi di tengah kehamilannya. Ya, Westny DJ memang saat ini tengah menantikan kelahiran anak pertamanya.

Hal itu disampaikan Westny DJ melalui unggahan di Instagram-nya pada Selasa (24/3/2020).

"Nyepi tahun ini is a little different, all though last year i spent my nyepi with you also but its only the 2 of us, dan kita belum nikah 😊, this year is a truly big blessing, me and wayan prepared utk kehadiran #babybuntel soon🤗❤️," tulis Westny DJ.

Antusias

Westny DJ. (instagram.com/westnydj)
Westny DJ. (instagram.com/westnydj)

Westny DJ tak dapat menyembunyikan kebahagiaan yang ia rasakan itu dari wajahnya. Westny DJ begitu antusias merayakan Hari Raya Nyepi ini sekaligus menanti kehadiran buah hatinya yang pertama.

"Aku ngrasain banyak bgt miracle semenjak hamil buntel, and i am so excited bisa ngrayain hari raya nyepi sebelum buntel is born," tulisnya lagi.

Fokus Berdoa

Westny DJ. (instagram.com/westnydj)
Westny DJ. (ins

Tidak ada komentar: