Senin, 30 Maret 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Anak Muda Bisa Terpapar Corona Covid-19, Simak Gejala dan Penyebabnya

Posted: 30 Mar 2020 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beragam literatur dan juga pemberitaan mengungkapkan Corona Covid-19 berdampak besar terhadap kalangan berusia lanjut. Namun, menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan beberapa peneliti menyebutkan anak-anak muda juga rentan terhadap virus tersebut.

Corona Covid-19 menyerang hampir seluruh kalangan usia tanpa memandang latar belakang. Meskipun usia di atas 50 tahun yang paling rentan, kalangan anak muda juga harus waspada. Dibeberapa kasus, gejala virus corona pada usia muda kadang tidak terdeteksi.

Seperti diberitakan kanal Bola Liputan6.com, Direktur Jendral WHO, Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus memberi ancaman kalau virus ini dapat membuat anak-anak muda masuk rumah sakit selama berminggu-minggu. Menurutnya, data dari beberapa negara mengungkapkan, usia di bawah 50 tahun adalah usia yang menunjukkan data signifikan pasien rawat inap.

Sebuah studi yang dirilis dalam jurnal Pediatri menunjukkan, 2.134 anak muda di China menjadi penyebab penyebaran virus corona. Studi ini mengkonfirmasi infeksi virus corona umumnya pada anak muda tidak terlihat parah. Dengan lebih dari 90 persen memiliki penyakit ringan hingga sedang atau bahkan tanpa gejala.

Namun disisi lain, hal tersebut menjadi kekhawatiran tersendiri. Dikarenakan anak muda menjadi faktor penyebab dalam penyebaran virus corona Covid-19. Hal pertama yang perlu diketahui adalah virus corona dapat menginfeksi semua kelompok umur dan jenis kelamin.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Gejala dan Ciri-Ciri virus corona COVID-19

Menurut peneliti Pusat Medis Anak Shanghai Yuanyuan Dong, Xing Mo dan rekannya mengungkapkan, 52 persen kasus ringan ditandai gejala khas flu seperti kelelahan, batuk, sakit tenggorokan, dan bersin. Beberapa pasien tidak memiliki gejala demam dan hanya mengalami gejala pencernaan seperti mual, muntah,sakit perut, dan diare.

Pada kasus ringan 39 persen mengalami gejala pneumonia dengan demam dan batuk yang berulang, dimana batuk yang dialami adalah batuk kering yang kemudian diikuti oleh batuk basah. Beberapa penderita tidak memiliki sesak napas.

Pada kasus berat sekitar 5 persen seperti halnya dengan pasien yang membutuhkan perawatan insentif sekitar (0,4 persen). Gejala yang paling parah dalam kasus ini adalah dimulai dengan gejala masalah pernapasan yang disertai dengan masalah pencernaan. Kemudian dalam waktu 1 minggu, akan mengalami kesuliatan bernapas.

Gejala-gejala tersebut dapat berkembang dengan cepat. Dapat menjadi penyakit kritis yaitu gangguan pernapasan akut atau mengalami kelainan disfungsi organ lain seperti gagal jantung.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: WNI Pulang dari Luar Negeri Berstatus ODP Harus Isolasi Mandiri

Posted: 30 Mar 2020 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memantau Warga Negara Indonesia (WNI) yang baru pulang dari luar negeri demi mencegah penyebaran virus corona (Covid-19). Menurut dia, WNI yang pulang dari luar negeri akan berstatus sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP).

"Mungkin bagi (WNI) yang tidak ada gejala, bisa dipulangkan ke daerah masing-masing, tapi statusnya ODP," ucap Jokowi dalam rapat terbatas melalui video conference dari Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Selasa (31/3/2020).

Meski begitu, dia meminta agar mereka disiplin menjalani isolasi mandiri selama 14 hari. Hal ini demi mencegah penyebaran virus corona meluas di Indonesia.

"Jadi setelah sampai di daerah betul-betul kita harus menjalankan protokol isolasi secara mandiri dengan penuh disiplin," kata Jokowi.

Sementara itu, bagi WNI yang memiliki gejala virus corona usai pulang dari luar negeri wajib melalukan isolasi di rumah sakit. Mereka nantinya akan terlebih dahulu menjalani pemeriksaan kesehatan di bandara, pelabuhan, ataupun Pos Lintas Batas Negara (PLBN).

"Sedangkan yang memiliki gejala harus melakukan proses isolasi di rumah sakit yang telah kita siapkan, misalnya di Pulau Galang," jelas Jokowi.

Perketat arus mobilitas WNA

Presiden Joko Widodo meninjau ruang perawatan Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Presiden memastikan bahwa rumah sakit darurat ini siap digunakan untuk karantina dan perawatan pasien Covid-19. (Kompas/Heru Sri Kumoro/Pool)
Presiden Joko Widodo meninjau ruang perawatan Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Presiden memastikan bahwa rumah sakit darurat ini siap digunakan untuk karantina dan perawatan pasien Covid-19. (Kompas/Heru Sri Kumoro/Pool)

Jokowi menegaskan, pemerintah akan memperketat arus mobilitas WNA yang masuk ke Indonesia untuk mencegah penyebaran imported case. Jokowi mencatat ada sejumlah negara yang menghadapi banyakya kasus virus corona karena imported case.

"Di beberapa negara yang telah mampu mendatarkan kurva penyebaran Covid-19 menghadapi juga tantangan baru dengan yang dinamakan gelombang baru Covid-19. RRT, Korea Selatan, dan Singapura banyak hadapi imported cases. kasus-kasus yang dibawa dari luar negeri," ujar dia.

Sementara itu, kasus virus corona di Indonesia mencapai 1.414 hingga Senin 30 Maret 2020. Sebanyak 75 orang dinyatakan meninggal dunia dan 122 orang meninggal dunia.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Temuan soal Pengendara Tabrak Lansia di Karawaci: Soju hingga Kecepatan Tinggi

Posted: 30 Mar 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kawasan perumahan elite Lippo Karawaci, Tangerang, mendadak riuh, Minggu 29 Maret 2020. Seorang pejalan kaki, Andre Njotohusodo (51), ditabrak dari belakang oleh mobil sedan yang dikendarai seorang perempuan bernama Aurelia Margaretha Yulia (26). 

Penyidikan kepolisian, Aurel diduga hilang kendali akibat asyik bermain ponsel.

Namun ada kejanggalan ditemukan keponakan almarhum di lokasi kejadian pasca insiden. Melalui akun Instagramnya, @dea********rm, ada fakta yang terkuak lebih dari sekedar keterangan resmi polisi.

 

Sebotol Soju

Ilustrasi
Ilustrasi

Lewat fitur Instagram Stories, Dea mengunggah temuan botol soju di kursi penumpang depan. Dea menambahkan dalam kolom komentar bahwa tidak mungkin kecelakaan maut terjadi hanya karena pengemudi bermain ponsel.

Selain itu, Dea juga menyorot bagian mobil bagian dalam dan luar yang ringksek tak karuan hingga airbag yang terbuka.

"Kalau hanya minuman doang tidak mungkin parah begini, diliat buktinya" tegas Dea.

 

Kecepatan Melaju Mobil Tak Wajar

Lewat rekaman CCTV dari beebrapa sudut pandang, DSSea meyakini bahwa kecepatan mobil tidak dalam kondisi normal area perumahan.

Menggunakan aplikasi penghitung kecepatan, diperkirakan pengemudi menancap gasnya hingga mencapai 120-142 KM/jam.

Tentu hal ini terasa janggal saat kecepatan ditempuh berada di atas rata-rata di medan yang tak sesuai seperti di kompleks perumahan.

"Apa kah masuk akal? jika kita melaju lebih dari di atas rata-rata karna sedang main hp/gadget?" tulis Dea.

 

Emosi Seusai Menabrak

Rekaman video diunggah Dea di akun Instagramnya juga menangkap suatu keanehan dimana Aurelia tidak merasa ada penyesalan usai menabrak korban hingga tergeletak dan meninggal dunia. Aurelia justru mengamuk dan menyerang istri korban dengan rasa kesal dan emosi.

"Setelah nabrak, pelaku marah dan memukili serta menendang istri korban, apakah pantas pelaku balik marah serta memukuli di samping jenazah korban (video ada di highlight saya buktinya), istri korban (tante saya) memakai dres biru sedangkan pelaku memakai baju putih dan celana pendek putih," jelas Dea.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lionel Messi Setuju Potong Gaji karena Pandemi Virus Corona Covid-19

Posted: 30 Mar 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Presiden Barcelona, Joseph Bartomeu menegaskan, Lionel Messi mendukung rencana klub memotong gaji para pemain. Pemotongan itu dilakukan setelah kompetisi berhenti lantaran pandemi virus corona covid-19.

"Messi mengatakan kepada saya, dia tahu pemotongan ini perlu dilakukan," ujar Bartomeu seperti dilansir Sportskeeda.

Virus corona telah menjadi pandemi di seluruh dunia sejak ditemukan di Tiongkok Desember lalu. Menurut data New York Times, Selasa (31/3/2020) ada 770.600 orang dinyatakan positif terjangkit dengan 37.042 meninggal dunia.

Italia menjadi negara terparah di Eropa yang terpapar virus corona. Ada 101.739 kasus dengan 11.591 orang meninggal dunia di sana. Spanyol berada di urutan kedua dengan 85.195 kasus dan 7.340 orang meninggal dunia.

Pandemi virus corona pun membuat otoritas sepak bola Eropa, UEFA menghentikan kompetisi termasuk Liga Spanyol. Alhasil, klub-klub pun kini seperti mati suri.

Ketiadaan kompetisi membuat klub kehilangan pemasukan. Beberapa klub termasuk Barcelona pun berinisiatif memotong gaji pemainnya.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Respon Pernyataan Messi

Presiden Barcelona Josep Bartomeu María (JOSEP LAGO / AFP)
Presiden Barcelona Josep Bartomeu María (JOSEP LAGO / AFP)

Pernyataan Bartomeu dikeluarkan merespon unggahan Messi di akun instagram. Messi menyebut, para pemain tidak keberatan gajinya dipotong.

Namun Messi yang juga kapten tim menilai ada perlakuan klub yang dianggap kurang adil kepada para pemian. Pasalnya, negosiasi mengenai besaran pemotongan gaji masih berlangsung.

Bartomeu tidak memungkiri ada kesalahpahaman antara para pemain dan pihak klub. "Mungkin para pemain frustasi dengan apa yang dikatakan orang-orang di dalam maupun di luar klub, yang tidak punya informasi yang utuh," ujarnya.

Rugi Rp 1,8 Triliun

Sementara itu, Barcelona disebut-sebut bakal rugi sekitar 200 juta euro Rp 1,8 triliun lantaran pandemi virus corona. Itu lantaran Barcelona kabarnya kehilangan pemasukan dari beberapa sektor.

Sektor-sektor itu antara lain penjualan tiket, hak siar, bonus lolos kualifikasi Liga Champions, dan penjualan cenderamata. Barcelona juga akan kehilangan sekitar 20 juta euro andai UEFA memutuskan tidak lagi melanjutkan Liga Champions musim ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bank Dunia: Ekonomi Asia Timur dan Pasifik Hanya Tumbuh 2,1 Persen di 2020

Posted: 30 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bank Dunia baru saja merilis laporan ekonomi untuk kawasan Asia Timur dan Pasifik edisi April 2020.

Dampak pandemi Corona yang merebak di hampir seluruh negara Asia Timur dan Pasifik telah menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi kawasan dari yang awalnya 5,8 pada 2019 persen menjadi 2,1 persen saja, dengan skenario paling rendah -0,5 persen.

"Dalam lingkungan yang berubah dengan cepat membuat proyeksi pertumbuhan ekonomi yang akurat menjadi sangat sulit. Karena itu, laporan ini menyajikan skenario dasar dan skenario alternatif yang lebih rendah," demikian tertulis dalam laporan tersebut, sebagaimana dikutip Liputan6.com, Selasa (31/3/2020).

Adapun untuk China sendiri pertumbuhn ekonomi tahun 2020 diprediksi turun menjadi 2,3 persen pada skenario baseline dan 0,1 persen dalam skenario lebih rendah, dari yang awalnya 6,1 persen pada 2019.

Lebih lanjut, guncangan penyebaran virus ini juga berdampak serius pada pengentasan kemiskinan, dimana jumlah penduduk yang diproyeksi keluar dari lingkaran kemiskinan akan berkurang.

"Bahkan jika kondisi semakin memburuk, diperkirakan penduduk miskin akan bertambah 11 juta," demikian dikutip dari laporan Bank Dunia tersebut.

 

Punya Kemampuan Melawan Krisis

Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi (Liputan6.com/Andri Wiranuari)
Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Sementara, proyeksi sebelumnya menyatakan bahwa setidaknya akan ada 35 juta orang yang akan keluar dari lingkaran kemiskinan di Asia Timur dan Pasifik pada 2020, termasuk lebih dari 25 juta orang di China saja.

Namun begitu, Wakil Presiden Bank Dunia untuk Asia Timur dan Pasifik Victoria Kwakwa menyatakan bahwa negara-negara di kawasan ini telah memiliki ketahanan melalui krisis dan pandemi.

"Kabar baiknya adalah bahwa kawasan ini memiliki ketahanan dan potensi kemampuan untuk melewati krisis, tetapi negara tetap harus bertindak cepat dan pada skala sebelumnya yang tidak pernah dilakukan," ujarnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meski Jauh dari Orangtua, Coba 7 Tips Jalani Isolasi di Rumah

Posted: 30 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membantu saat situasi krisis seperti saat ini, yaitu saat wabah Covid-19 yang belum jelas kapan akan berakhir. Beberapa menyumbangkan sebagian hartanya untuk membeli APD untuk kemudian dibagikan ke rumah sakit yang membutuhkan.

Ada juga yang turut serta menjadi relawan yang menangani pasien Covid-19. Beberapa menyumbangkan makanan ke petugas medis dan orang-orang yang masih harus bekerja di luar saat ini (misalnya pengantar makanan, belanjaan, petugas kebersihan lingkungan, dll.)

Bantuan sekecil apapun itu, tentu akan sangat berharga bagi orang yang menerimanya, dan tentu menyelamatkan banyak orang.

Clear Living membuat infografis panduan bagi mereka yang ingin menolong orang yang lebih tua di lingkungan kita saat krisis, mengutip dari Forbes.

Karena orang yang lebih tua lebih berisiko jika kontak dengan seseorang yang positif Covid-19 atau menyentuh permukaan yang terkontaminasi, berikut ini 7 tips menolong mereka.

1. Rutin menghubungi mereka untuk memastikan mereka terinformasi dan paham terkait situasi yang sedang berlangsung.

Tekankan saran untuk melarang mereka keluar rumah dan bertatap muka dengan siapapun kecuali situasi darurat. Ditambah, mereka tentu akan senang berbincang dengan Anda dan mampu melawan rasa kesepian mereka.

2. Pastikan mereka memiliki info kontak darurat.

Anda bisa memberitahu lewat pesan atau email jadi tidak ada kesalahan penulisan angka dan memudahkan mereka menemukannya.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Persediaan makanan cukup

Karyawan swasta sedang koordinasi lewat video call saat kerja dari rumah di kediamannya kawasan Depok, Jawa Barat, Senin (23/3/2020). Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan anjuran kerja dari rumah dimulai sejak 20 Maret hingga 2 April 2020. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Karyawan swasta sedang koordinasi lewat video call saat kerja dari rumah di kediamannya kawasan Depok, Jawa Barat, Senin (23/3/2020). Keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan anjuran kerja dari rumah dimulai sejak 20 Maret hingga 2 April 2020. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

3. Pastikan mereka memiliki persediaan makanan yang cukup.

Anda bisa membelikan makanan kaleng atau makanan beku yang tahan lama dan memudahkan mereka memasaknya.

4. Pastikan mereka memiliki obat-obatan yang cukup.

CDC sudah menganjurkan untuk menyiapkan obat-obatan selama setidaknya untuk 2 minggu. Jika mereka butuh memeriksakan diri ke dokter, bantu mereka memesan kunjungan dokter.

5. Pertimbangkan alat bantu medis.

Bagi para lansia, kehilangan fungsi pendengaran mungkin sudah wajar. Tanyakan pada mereka apakah alat bantu dengarnya masih berfungsi dengan baik dan masih memiliki baterai cadangan.

6. Pastikan mereka menerapkan PHBS.

Mencuci tangan dengan sabun merupakan cara ampuh melindungi diri dari Covid-19. Beritahu mereka betapa pentingnya menjaga kebersihan.

7. Bantu mereka dengan rutinitas baru.

Semakin bertambahnya usia seseorang, rutinitas yang dilakukannya bisa berubah dalam beberapa bulan ke depan. Pastikan mereka rutin senam dan mendapat hiburan agar selalu aktif tetapi sambil waspada. Ada banyak aktivitas yang bisa Anda temukan di Internet saat ini. Ajari mereka yang kesulitan akan teknologi baru.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemain Incaran MU Tertangkap Basah Keluyuran saat Inggris Lockdown

Posted: 30 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, London- Kapten Aston Villa yang juga sedang diincar Manchester United (MU) Jack Grealish membuat ulah saat sedang dilakukan lockdown di Inggris. Grealish tertangkap basah keluyuran ke rumah temannya.

Grealish ketahuan melanggar isolasi mandiri setelah mobil Range Rover miliknya menabrak dua mobil yang sedang diparkir dipinggir jalan. Dalam foto yang beredar di internet, diketahui Grealish yang mengendarai mobil dengan memakai hoodie berwarna biru.

Ulah Grealish ini sungguh memalukan. Kurang dari 24 jam sebelum insiden pada Minggu (28/3/2020) pagi, Grealish meluncurkan kampanye video yang mengajak masyarakat diam di rumah saat lockdown diberlakukan.

Aston Villa langsung mengambil tindakan tegas. Grealish dijatuhi denda. Semua uang denda nantinya akan disumbangkan ke yayasan amal setempat.

"Aston Villa sangat kecewa karena salah satu pemain kami mengabaikan petunjuk Pemerintah untuk tetap tinggal di rumah selama krisis coronavirus," bunyi pernyataan klub," demikian pernyataan resmi Aston Villa.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Minta Maaf

Grealish sendiri langsung meminta maaf lewat video di media sosial. Dia berharap kesalahannya tak diikuti oleh masyarakat lain.

"Saya harap semua orang bisa menerima permintaan maaf saya dan kita bisa beralih dari ini dan mudah-mudahan dalam waktu dekat kita semua bisa keluar dan menikmati diri kita lagi setelah semuanya berakhir," ujar Grealish.

Mount

Sebelum Grealish, pemain Chelsea Mason Mount juga membuat kesalahan serupa. Dia diketahui jalan-jalan saat skuat Chelsea diminta mengisolasi diri selama dua pekan.

Mount berada di taman meski beberapa hari sebelumnya rekan setimnya Callum Hudson-Odoi dinyatakan positif terjangkit virus corona.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Polisi Jambi Bikin Band Nyanyikan Lagu Semangat Lawan Corona Covid-19

Posted: 30 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jambi - Berbagai cara dilakukan agar pandemi virus corona covid-19 dapat segera berakhir. Salah satunya datang dari lima personel anggota kepolisian di jajaran Polda Jambi. Mereka beraksi dengan membentuk band yang diberi nama C19.

Grup band yang baru dibentuk itu langsung merilis video klip dengan menyanyikan lagu yang berisi tentang ajakan semangat untuk melawan corona covid-19. Tembang yang berjudul "Lawan Corona" tersebut lantas mendapat respon masyarakat Jambi.

Mari semua kita bersama-sama kuatkan langkah dalam satu doa. Ayo dunia lawan corona!

Begitu penggalan lirik lagu yang dibuat grup band C19. Lagu tersebut terinspirasi dari lagu Jiayou Wuhan. Ada pesan ajakan semangat yang mereka selipkan di tengah pandemi sekarang.

"Kami berharap masyarakat menjadi semangat dan termotivasi untuk ikut berperan dalam penanggulangan covid-19, karena tanpa peran aktif kita semua hal ini akan sulit diatasi," kata salah satu vokalis dari grup band C19, Bripka Hans Simangunsong ketika dihubungi Liputan6.com, Senin (30/3/2020).

Grup band tersebut beranggotakan lima personel yang bertugas di jajaran Polda Jambi. Dari kelima anggota polisi itu di antaranya adalah AKBP Ruliandi, Bripka Hans Simangunsong (vokalis), Bripka Agung Bayu (melodi), Bripda Defran Sukma Wijaya (drummer) dan Bripda Bagus A (bassis).

"Saya sendiri dari Polres Sarolangun, personel yang lain bertugas di Polda Jambi," kata Hans.

Sementara untuk sosok Hans Simangunson sendiri, sebelumnya telah viral lewat tembang lagu Jiayou Wuhan yang ia nyanyikan dengan bahasa mandarin. Bahkan, lagu yang ia nyanyikan sebelumnya itu mendapat respon dari kedutaan Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

"Ini terinspirasi dari sebelumnya, dari lagu Jiayou Wuhan, lagu ini kami nyanyikan buat seluruh masyarakat di dunia, termasuk Indonesia," kata Hans.

Garap Video Klip

Selain menyanyikan lagu semangat lawan corona, para anggota polisi yang membentuk grup band tersebut juga menggarap video klip. Penggarapan video klip yang langsung di bawah tanggung jawab Kapolda Jambi itu dilakukan hanya dengan waktu 6 jam.

Penggarapan video klip itu mereka lakukan di berbagai tempat, salah satunya di jembatan Gentala Arasy Jambi dan di Markas Polda Jambi. Sementara untuk lagunya sendiri mereka garap dalam waktu sehari.

Video klip berdurasi 3:38 menit yang telah selesai penggerapannya itu langsung disebarkan di media sosial. Bahkan, video tersebut juga telah berulangkali dibagikan ulang oleh warganet.

"Jika ada kesalahan lirik kata lagu kami ini mohon petunjuk dan kiranya dapat kami perbaiki, kami juga minta masyarakat untuk mengikuti anjuran pemerintah untuk berdiam diri di rumah," ujar Hans.

Berikut lirik lagu semangat lawan corona ciptaan grup band C19:

Mari semua kita bersama sama

Kuatkan langkah kita dalam satu doa

Kita bersama saling berbagi rasa kasih dan cinta kita akan selalu ada

Semangat dunia kita bersama untuk melawan semua kesedihan kita

Reff

Ayo dunia lawan corona

Tuhan kan melindungi kita....

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hibur Warga Saat Lockdown, Polisi Spanyol Patroli Sambil Bernyanyi dan Menari

Posted: 30 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Corona atau Covid-19 membuat beberapa negara harus melakukan lockdown guna menekan angka penyebaran Virus Corona jenis baru tersebut. Negara Spanyol salah satunya.

Spanyol bahkan menempati posisi tertinggi kedua setelah Italia, terkait jumlah kasus kematian. Spanyol mengalami peningkatan jumlah infeksi menjadi 78.797 dari 72.248 sehari sebelumnya. 

Hal ini membuat pemerintah Spanyol harus mengambil langkah tegas dengan melakukan lockdown sejak beberapa pekan lalu. Ini tentu membuat masyarakat setempat harus berdiam diri di rumah dalam waktu yang cukup lama.

 

 

foto: twitter @adamarch83/ IG @beautifuldestinations
foto: twitter @adamarch83/ IG @beautifuldestinations

Guna menghibur warganya, polisi di kota Palma de Mallorca pun melakukan hal yang cukup unik. Ketika berpatroli, mereka menyempatkan diri untuk bernyanyi dan berdansa sejenak.

Benyanyi sambil menari

foto: twitter @adamarch83/ IG @beautifuldestinations
foto: twitter @adamarch83/ IG @beautifuldestinations

Momen tersebut dapat terlihat dari akun Instagram @beautifuldestinations yang diunggah ulang dari akun Twitter @adamarch83. Dalam video tersebut, terlihat para polisi kota Palma de Mallorca, Kepulauan Balears, Spanyol itu menghibur warga.

Salah satu di antara mereka bernyanyi sambil bermain gitar, sementara empat polisi lainnya menari. Beberapa warga pun terlihat ikut bernyanyi lewat jendela rumahnya. 

Menghibur warga

foto: twitter @adamarch83/ IG @beautifuldestinations
foto: twitter @adamarch83/ IG @beautifuldestinations

"Suka video polisi di Spanyol bermain musik sambil menari untuk warga saat lockdown ini," tulis akun tersebut.

Videonya pun viral dan telah ditonton sebanyak satu jua kali.

Darurat Corona

Proses pemakaman pasien Virus Corona COVID-19 di Madrid, Spanyol. (BALDESCA SAMPER / AFP)
Proses pemakaman pasien Virus Corona COVID-19 di Madrid, Spanyol. (BALDESCA SAMPER / AFP)

Spanyol sendiri menjadi salah satu negara dengan jumlah pasien Corona meninggal terbanyak. Jumlah kematian akibat Virus Corona di Spanyol kini meningkat sebanyak 838 kasus dalam sehari menjadi 6.528.

Menempati posisi tertinggi kedua setelah Italia terkait jumlah kasus kematian, Spanyol juga mengalami peningkatan jumlah infeksi menjadi 78.797 dari 72.248 sehari sebelumnya. 

Seperti dilaporkan oleh Channel News Asia, Senin (30/3/2020), Perdana Menteri Pedro Sanchez, dalam pidato yang disiarkan melalui televisi pada Sabtu malam, mengumumkan bahwa semua pekerja yang tidak penting harus tinggal di rumah selama dua minggu. Ini menjadi langkah pemerintah terbaru dalam perang melawan Virus Corona.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Viral Ibu-Ibu Keliling Ingatkan Social Distancing

Posted: 30 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beredar video yang menunjukkan ibu-ibu sedang keliling mengingatkan warganya yang masih berkumpul.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sleman Krisis Donor Darah di Tengah Pandemi Corona

Posted: 30 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kegiatan donor darah dilakukan di Pendopo Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Kegiatan ini dilakukan unuk menjemput bola para pendonor yang jumlahnya menurun di tengah pandemi corona.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Angel Lelga Bersyukur Akhirnya Cerai dari Vicky Prasetyo

Posted: 30 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Angel Lelga akhirnya resmi bercerai dari Vicky Prasetyo. Sidang putusan keduanya telah dilaksanakan pada Senin (30/3/2020) yang tercantum dalam e-Court.

Mendengar gugatannya dikabulkan okeh majelis hakim, Angel Lelga sangat bersyukur. Ia lega karena keinginannya untuk pisah dari sang suami akhirnya dapat terwujud.

"Barusan saya sampaikan ini barusan baru masuk ini, cuma intinya dari Mba Angel dia mengucapkan syukur alhamdulillah," ujar kuasa hukum Angel Lelga, Didik Sumariyanto saat dihubungi, Senin (30/3/2020) sore.

Perjuangkan Status

Angel Lelga. (Adrian Putra/Fimela.com)
Angel Lelga. (Adrian Putra/Fimela.com)

"Upaya dia memperjuangkan berkaitan status perkawinannya dikabulkan oleh majelis hakim intinya seperti itu. Konteksnya dalam gugatan kami perceraian aja dalam upaya kami seperti itu," lanjutnya.

Talak dari Vicky

Vicky Prasetyo dan Angel Lelga. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Vicky Prasetyo dan Angel Lelga. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sekadar mengingatkan, pada akhir 2018, Vicky Prasetyo menalak cerai Angel Lelga ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Setelah berproses, keduanya dinyatakan bercerai oleh majelis hakim.

Gugur

Namun hingga waktu yang ditetapkan, Vicky Prasetyo tak kunjung mengucap ikrar talak pernikahan. Gara-gara hal ini, putusan cerai keduanya dinyatakan gugur sehingga mereka tetap menyandang status sebagai suami istri.

Diulang

Hingga pada akhir 2019, Angel Lelga kembali mengajukan gugatan cerai. Sidang pun kembali diulang dari awal, hingga majelis hakim kembali memutus status pernikahan keduanya pada Senin (30/3/2020).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

One UI 2.1 Tak Akan Hadir untuk Galaxy S9?

Posted: 30 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Samsung dilaporkan tidak akan menghadirkan One UI 2.1 untuk seri flagship 2018, yaitu Galaxy S9 dan Note 9. Hal ini diketahui dari sebuah unggahan di forum resmi Samsung di Korea Selatan (Korsel).

Dilansir GSM Arena, Selasa (31/3/2020), sejauh ini belum ada konfirmasi resmi langsung dari pihak Samsung. Oleh sebab itu, masih ada kemungkinan perusahaan mengubah rencananya di kemudian hari.

Sebelumnya, Samsung pada awal bulan ini disebut tengah mempersiapkan pembaruan One UI 2.1 untuk Galaxy S9, S9 Plus, dan Note 9. Informasi tersebut berasal dari perwakilan perusahan di forum yang sama.

One UI 2.1 merupakan antarmuka terbaru Samsung. Software ini memulai debut pada S20, S20 Plus, dan S20 Ultra. One UI 2.1 juga telah menyambangi S10, S10 Plus, dan Note10 pada pekan lalu.

One UI 2.1 adalah pembaruan dari versi One UI 2.0. Software tersebut sebelumnya telah dirilis untuk semua handset Samsung yang mendapatkan Android 10, termasuk S9, S9 Plus, dan Note 9.

Sudah Bisa Dipesan di Indonesia, Ini Harga Samsung Galaxy M31

Samsung Galaxy M31. Dok: Samsung Electronics Indonesia
Samsung Galaxy M31. Dok: Samsung Electronics Indonesia

Samsung Electronics Indonesia baru saja memperkenalkan Galaxy M31, yang hadir dengan baterai jumbo berkapasitas 6.000 mAh dan empat kamera belakang.

Dilengkapi layar Super AMOLED 6,4 inci, smartphone ini kian memaksimalkan sisi hiburan dengan kehadiran speaker surround sound effect berteknologi Dolby Atmos.

Untuk mendukung aktivitas harian pengguna, Samsung Galaxy M31 dipersenjatai RAM 6GB dan memori internal 128GB yang bisa diekspansi hingga 512GB, serta didukung sistem operasi Android 10.

Smartphone ini bisa dipesan melalui program flash sale pada 23–28 Maret 2020. Harga rekomendasi retail Galaxy M31 adalah Rp 3.699.000.

(Din/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Merapikan Baju, Ini 4 Fungsi Unik Tak Terduga dari Setrika

Posted: 30 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setrika pakaian dikenal sebagai alat yang sederhana untuk merapikan pakaian. Namun ternyata, alat setrika tidak hanya bisa merapihkan pakaian saja.

Mulai dari memperbaiki tampilan dari furnitur hingga membersihkan noda dari permen karet, setrika dapat membantu melakukan kedua hal tersebut, seperti dikutip dari brightside.me, Selasa (31/3/2020).

Ternyata ada keunikan dan fungsi lain yang tak terduga dari setrika.  

Berikut adalah 4 fungsi unik dari setrika untuk merapikan dan membersihkan beberapa barang di rumah: 

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

1. Bersihkan Noda Lilin

Ilustrasi kain. (Freepik)
Ilustrasi kain. (Freepik)

Anda bisa membersihkan noda lilin pada pakaian, karpet, atau kain apa pun dengan setrika. Caranya adalah dengan meletak setrika di area yang memiliki noda di antara 2 handuk dan tekan bagian itu dengan temperatur hangat (pastikan di pengaturan panas yang rendah).

Dengan cara itu, lilin akan menempel pada handuk. Untuk menghilangkan lilin dari permukaan yang keras, Anda juga dapat menggunakan trik yang sama. 

2. Bershikan Noda Permen Karet

Ilustrasi permen karet. (iStockphoto)
Ilustrasi permen karet. (iStockphoto)

Selain membersihkan noda lilin, setrika juga dapat membersihkan noda permen karet pada pakaian Anda. 

letakkan setrika di selembar karton pada area yang terkena permen karet, sehingga sisi dengan permen karet menyentuh karton. Setelah itu, seterika sisi kain lain di baliknya.

Permen karet akan menempel di karton, dan akan menjadi lebih lunak, sehingga Anda dapat membersihkan sisanya dari pakaian Anda. Pastikan suhu dari setrika tidak terlalu tinggi, karena dengan suhu yang terlalu tinggi, permen karet akan meleleh dan susah dihilangkan.

3. Hilangkan Noda Panas dari Bahan Kayu

Ilustrasi Foto Setrika. (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Setrika. (iStockphoto)

Noda panas mungkin dapat muncul jika Anda menaruh piring atau cangkir panas di atas meja kayu.

Cara untuk menghilangkannya, mulai dengan meletakkan handuk di atas noda panas tersebut, kemudian setrika area itu dengan uap menyala.

4. Laminating Lembaran Kertas

Ilustrasi kertas. (sumber: Pixabay)
Ilustrasi kertas. (sumber: Pixabay)

Fungsi unik dari setrika lainnya adalah melaminating kertas dokumen Anda.

Caranya adalah dengan meletakkan selembar kertas di antara 2 lembar plastik tipis, dan diatasnya, letakkan selembar kain, lalu setrika area itu.

Pastikan tidak ada air di setrika itu dan suhunya tidak terlalu tinggi. 

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wabah Corona, Kemenag Imbau Calon Pengantin Daftar Online

Posted: 30 Mar 2020 09:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dirjen Bimas Islam, Kementrian Agama Kamaruddin Amin memastikan layanan pencatatan nikah tetap berjalan meskipun adanya perpanjangan sistem kerja dari rumah atau work form home (WFH) sampai 21 April 2020.

Karena itu, dia mengimbau khusus calon pengantin dapat mendaftarkan secara online melalui simkah.kemenag.go.id.

"Maka pelayanan pencatatan nikah dilaksanakan bagi mereka yang sudah mendaftar. Sedangkan bagi pendaftar baru, bisa mendaftar secara online melalui simkah.kemenag.go.id," Kamaruddin di Jakarta, Selasa (31/03/2020).

Selain itu, dia juga mengimbau kepada masyarakat atau para calon pengantin dapat melakukan perencanaan terkait acara seremonial pernikahan. Sebab saat ini kondisi di Indonesia masih tanggap darurat virus Corona atau Covid-19.

"Jika memungkinkan, waktu seremonial acara pernikahan dijadwal ulang. Sehingga prosesnya bisa berjalan dalam suasana dan kondisi yang lebih baik," jelasnya.

Berikut ini, tahapan yang dilakukan saat akan mendaftar layanan pencatatan nikah secara online:

1. Akses: simkah.kemenag.go.id

2. Klik daftar nikah

3. Pilih nikah di mana: a. Provinsi/Kab/Kota/Kecamatan, b. Tanggal dan jam

4. Masukan data calon suami dan calon istri

5. Ceklis dokumen

6. Masukan Nomor Handphone

7. Upload foto

8. Cetak bukti pendaftaran.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Pasien Corona Terus Meningkat

Sebelumnya, juru bicara pemerintah penanganan Corona Achmad Yurianto mengatakan, jumlah pasien yang dinyatakan positif Corona Covid-19 pada Senin (30/3/2020) bertambah sebanyak 129 kasus.

Dengan begitu, total akumulatif jumlah pasien Covid-19 karena virus Corona di Indonesia menjadi 1.414. orang.

"Dari 29 Maret sampai 30 Maret pada hitungannya pukul 12.00 WIB, penambahan kasus 129 orang, jadi total kasus 1.414," ujar Yurianto di Kantor BNPB Jakarta, Senin (30/3/2020).

Sedangkan untuk pasien meninggal dunia karena virus Corona Covid-19, bertambah 8 orang, jadi total keseluruhan 122 orang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPS akan Perpanjang Pengisian Sensus Penduduk Online

Posted: 30 Mar 2020 09:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Badan Pusat Statistik (BPS) memperpanjang waktu pengisian Sensus Penduduk 2020 yang dilakukan secara online. Sejatinya, tenggat waktu pengisian sensus penduduk akan berakhir Selasa, 31 Maret 2020 ini.

"Kemungkinan besar akan ada perpanjangan waktu, besok akan disampaikan secara resmi oleh Kepala BPS setelah rilis inflasi," ujar Deputi Bidang Statistik Sosial BPS Margo Yuwono di Jakarta.

Kendati begitu, Margo belum bisa memastikan sampai kapan perpanjangan ini dilakukan. Mengingat saat ini pihaknya masih mendiskusikan secara internal di lingkungan BPS.

"Perpanjangan waktu masih mau dirapatin hari ini. Pengumuman besok ya," kata dia.

Berasarkan catatan BPS, hingga per hari ini masyatakat yang sudah merespon melakukan sensus penduduk secara onlie sudah mencapai 32,4 juta orang.

Dia mengharapkan, dengan dilakukan perpanjangan maka lebih banyak lagi masyarakat yang merespon Sensus Penduduk 2020.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

Ingin Ikut Sensus Penduduk Online, Ini Caranya

Petugas BPS menunjukan jumlah masyarakat yang telah melakukan sensus penduduk online di Gedung BPS, Jakarta, Senin (17/2/2020). BPS telah memulai pendataan Sensus Penduduk pada 15 Februari hingga 31 Maret 2020 yang dapat diakses dengan perangkat yang terhubung internet. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Petugas BPS menunjukan jumlah masyarakat yang telah melakukan sensus penduduk online di Gedung BPS, Jakarta, Senin (17/2/2020). BPS telah memulai pendataan Sensus Penduduk pada 15 Februari hingga 31 Maret 2020 yang dapat diakses dengan perangkat yang terhubung internet. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Badan Pusat Statistik (BPS) akan segera melakukan sensus penduduk. Namun, berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini BPS akan mencoba melakukan metode input data online.

Dengan metode ini, masyarakat diimbau untuk mengisi data diri mereka secara mandiri lewat situs web yang disediakan. BPS juga sudah membuka sensus online ini sejak 15 Februari 2020, dan berakhir 31 Maret 2020 mendatang.

Untuk Anda yang ingin mencoba melakukan input sensus penduduk online, yuk, simak langkah-langkahnya dengan seksama di bawah ini, sebagaimana dikutip dari poster digital Sensus Penduduk 2020, Senin (17/02/2020):

1. Buka laman web https://sensus.bps.go.id/login. Isi data dan jawab 16 pertanyaan tentang sensus penduduk

2. Isi NIK dan nomor KK sesuai dengan data diri Anda. Klik Cek Keberadaan. Sebelumnya, jika Anda baru pertama kali mengakses sistem ini, jangan lupa buat kata sandi dan pilih pertanyaan keamanan, lalu klik Buat Password.

4. Masukkan password yang telah dibuat, jangan sampai lupa. Klik Masuk.

5. Klik Mulai Mengisi. Kalau bingung, baca panduan awal pengisian form sensus. Pilih bahasa yang sesuai

6. Isi kolom jawaban pertanyaan dengan jujur dan sebenar-benarnya. Ikuti petunjuk dan jangan sampai ada yang terlewat

7. Pastikan seluruh data sudah terisi dan benar lalu klik Kirim

8. Isi alamat e-mail untuk mendapatkan bukti pengisian. Nanti, buktinya akan dikirim lewat email

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Raja Thailand Isolasi Diri Bersama 20 Selirnya ke Jerman, Ini Faktanya

Posted: 30 Mar 2020 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn pergi melakukan isolasi diri bersama 20 selirnya di Jerman. Aksi Raja Thailand ini menimbulkan kritikan dari para warga Thailand. Menurut informasi, Raja Thailand yang berusia 67 tahun ini sudah memesan Hotel Grand Sonnenbichl di Bavaria, Jerman dengan izin khusus. Padahal, seluruh hotel di wilayah ini sudah ditutup untuk menghambat penyebaran virus corona covid-19.

Raja yang dikenal sebagai Rama X ini sebenarnya sudah memiliki rencana yang lebih besar lagi, namun 119 anggota rombongan bersama para pelayannya dilaporkan telah kembali ke Thailand. Hal tersebut dikhawatirkan dapat membuat virus corona covid-19 menjadi lebih luas lagi penyebarannya.

Tidak ada yang mengetahui apakah Raja Thailand Maha Vajiralongkorn pergi bersama sang istri atau tidak. Namun aksi Raja yang dikenal sebagai Rama X ini telah memicu kemarahan warga Thailand. Aksi Raja Tahiland yang menimbulkan kontroversi ini juga memunculkan tagar "Mengapa kita membutuhkan seorang raja?" yang muncul sebanyak 1,2 juta kali di Twitter dalam 24 jam.

Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, fakta Raja Thailand lakukan isolasi diri bersama 20 selirnya di Jerman.

1. Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn pergi ke jerman bersama 20 selirnya.

Laki-laki berusia 67 tahun itu dilaporkan mengisolasi diri bersama 20 selir (harem) dan sejumlah pelayan di Jerman. Namun tidak disebutkanapakah keempat istri Raja Vajiralongkorn ikut dalam rombongan isolasi ini.

Aksi Raja Thailand Vajiralongkorn melakukan isolasi diri dari virus corona ini sontak mendapat kecaman dari publik.

Raja Thailand Isolasi Diri Bersama 20 Selirnya ke Jerman
Raja Thailand Isolasi Diri Bersama 20 Selirnya ke Jerman

2. Hotel Grand Sonnenbichl kabarnya dijadikan sebagai tempat isolasi Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn bersama 20 selirnya.

Raja Thailand Isolasi Diri Bersama 20 Selirnya ke Jerman. (Sumber: nypost.com)
Raja Thailand Isolasi Diri Bersama 20 Selirnya ke Jerman. (Sumber: nypost.com)

Raja Vajiralongkorn dikabarkan telah memesan seluruh Grand Hotel Sonnenbichl di Jerman. Hotel bintang empat itu menerima "izin khusus" dari dewan distrik untuk mengakomodasi pestanya. Hotel ini juga menjadi satu-satunya penginapan di wilayah tersebut yang masih buka. Padahal sejumlah wisma dan hotel lain telah diperintahkan untuk ditutup karena krisis virus corona.

3. 119 Anggota rombongan Raja dikirim kembali ke Thailand.

Maha Vajiralongkorn memegang kepala Ratu Suthida selama penobatan Raja baru Thailand di Istana Negara, Bangkok (4/5/2019). Dalam prosesi hadir kaum Hindu Brahma. Mereka menjadi saksi transformasi Maha Vajiralongkorn, Rama X, dari manusia menjadi sosok dewa. (Photo by Thai TV Pool /Thai Tv Pool/AFP)
Maha Vajiralongkorn memegang kepala Ratu Suthida selama penobatan Raja baru Thailand di Istana Negara, Bangkok (4/5/2019). Dalam prosesi hadir kaum Hindu Brahma. Mereka menjadi saksi transformasi Maha Vajiralongkorn, Rama X, dari manusia menjadi sosok dewa. (Photo by Thai TV Pool /Thai Tv Pool/AFP)

Tak cuma 20 selir, rupanya Raja Thailand juga membawa anggota rombongan dalam jumlah besar. Namun, 119 anggota rombongan Raja Vajiralongkorn dilaporkan telah dikirim kembali ke Thailand karena dicurigai telah terinfeksi virus corona Covid-19.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jadwal Baru Olimpiade Tokyo, Digelar 23 Juli 2021

Posted: 30 Mar 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Olimpiade Tokyo terpaksa ditunda akibat pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia. Ketua Panitia Olimpiade Tokyo Yoshiro Mori, serta CEO Olimpiade Tokyo, Toshiro Muto, memutuskan penyelenggaraan Olimpiade Tokyo akan dilakukan pada 23 Juli 2021.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terdampak Corona COVID-19, Ini Kegiatan 7 Artis yang Menetap di Luar Negeri

Posted: 30 Mar 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pandemi virus Corona COVID-19 saat ini memang membuat banyak orang cukup waspada. Pasalnya, virus yang pada awalnya diketahui berasal dari daerah Wuhan, China ini telah menyebar hingga beberapa negara termasuk Indonesia. Persebaran dari pandemi virus corona ini pun terbilang cukup cepat. Hal ini juga terlihat dari angka pasien yang dinyatakan positif terjangkit corona Covid-19 mengalami peningkatan.

Beberapa selebritas Tanah Air pun memilih untuk mengurangi bahkan tidak melakukan berbagai kegiatan di luar rumah. Meski harus melakukan karantina mandiri, banyak pula kegiatan yang bisa dilakukan para artis untuk menghabiskan waktu luangnya yang mungkin jarang didapat.

Melakukan karantina mandiri juga dilakukan oleh para artis Indonesia yang saat ini tengah menetap di luar negeri. Mereka juga kerap membagikan beberapa aktivitas selama menjalani karantina di akun Instagram pribadi masing-masing.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (31/3/2020) berikut ini beberapa kegiatan artis Tanah Air yang tengah menetap di luar negeri saat menjalani masa karantina mandiri.

2. Pica Priscilla yang kini mengikuti suami di Amerika pun terlihat menyibukan diri dengan memasak.

Kegiatan artis (Sumber: Instagram/picapriscilla)
Kegiatan artis (Sumber: Instagram/picapriscilla)

4. Anggun C. Sasmi juga memilih menggunakan waktunya untuk membersihkan rumah.

Kegiatan artis (Sumber: Instagram/anggun_cipta)
Kegiatan artis (Sumber: Instagram/anggun_cipta)

5. Baru dikaruniai seorang anak, Acha Sinaga juga memilih menghabiskan waktunya dengan keluarga tercinta.

Kegiatan artis (Sumber: Instagram/achasinaga)
Kegiatan artis (Sumber: Instagram/achasinaga)

6. Sama seperti Acha Sinaga, Kimberly juga memilih menghabiskan waktu selama social distancing dengan anak dan suami tercinta.

Kegiatan artis (Sumber: Instagram/kimbrlyryder)
Kegiatan artis (Sumber: Instagram/kimbrlyryder)

7. Meski didera rasa khawatir, akan tetapi Angie Virgin tetap menikmati waktunya dengan anak-anak tersayang.

Kegiatan artis (Sumber: Instagram/angie_virgin)
Kegiatan artis (Sumber: Instagram/angie_virgin)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenkeu Percepat Pencairan Anggaran untuk BNPB Sebesar Rp 3,14 T

Posted: 30 Mar 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mempercepat pencairan anggaran untuk Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Gugus Tugas Covid-19. Anggaran ini nantinya diberikan untuk menangani dampak Corona Covid-19 dari sisi kesehatan seperti pelayanan kesehatan, kefarmasian dan alat kesehatan.

Saat ini, anggaran sebesar Rp 3,14 triliun telah ditetapkan untuk Bagian Anggaran BNPB (BA BNPB) yang dikelola BNPB. Anggaran ini siap digunakan oleh Kemenkes dan Gugus Tugas Covid-19 untuk menangani dampak Corona Covid-19.

"Ini adalah respons kebijakan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) agar kementerian atau lembaga dapat merefocussing dan merevisi alokasi anggaran yang sudah ada untuk percepatan penanganan Covid-19 secara cepat, sederhana, akuntabel, dan prudent (hati-hati)," dikutip dari keterangan resmi Kementerian Keuangan, Selasa (31/3/2020).

Kemenkeu juga mempercepat proses revisi dan penyesuaian anggaran untuk penanganan Corona Covid-19 ini dari 5 hari kerja menjadi 2 hari kerja secara online.

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai Ketua Gugus Tugas Covid-19 berdasarkan Keppres Nomor 7 Tahun 2020 mengajukan usulan anggaran untuk penanganan Corona Covid-19.

Usulan ini disampaikan melalui surat Kepala BNPB Nomor B-109/KA-BNPB/PR.04.02/03/2020 tanggal 17 Maret 2020.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Kepala Gugus Tugas Covid-19 Ajak Seluruh Masyarakat Kolaborasi Lawan Corona

Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo bersiap mengumumkan pembentukan gugus percepatan tugas penaganan Covid-19 di Jakarta, Sabtu (14/3/2020). Gugus tugas dibentuk berdasarkan Keppres Nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona. (merdeka.com/Imam Buhori)
Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo bersiap mengumumkan pembentukan gugus percepatan tugas penaganan Covid-19 di Jakarta, Sabtu (14/3/2020). Gugus tugas dibentuk berdasarkan Keppres Nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona. (merdeka.com/Imam Buhori)

Kepala Gugus Tugas penanganan Covid-19 Doni Monardo mengingatkan seluruh pihak menggunakan metode kolaborasi pentahelix berbasis komunitas dalam penanganan penyebaran virus Corona atau Covid-19. Pentahelix merupakan kerja sama antar lini di masyarakat.

Dia juga mengingatkan seluruh perangkat pemerintahan mulai tingkat Provinsi hingga RT/RW secara aktif di saat penyebaran virus Corona.

"Kami selalu mengajak seluruh pihak untuk menggunakan metode kolaborasi pentahelix berbasis komunitas dan ini kami sangat harapkan tidak hanya di pusat melainkan juga tingkat provinsi, tetapi juha menyentuh tingkat provinsi, kabupaten, kota, kecamatan, kelurahan, desa, bahkan sampai RT RW," ucap Doni saat konferensi pers di gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sabtu (28/3).

Ia menekankan seluruh pihak tetap optimis dalam menghadapi virus Corona yang saat ini sudah mencapai seribu lebih kasus positif.

Doni menuturkan, angka kasus bisa turun jika seluruh pihak disiplin dalam melakukan segala protokol pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19.

"Kita bisa mengatasi ancaman virus ini manakala kita tetap menjaga, disiplin, dengan semangat gotong royong kita bisa bersama menangani Covid-19," ungkapnya.

Selain itu, dia mengucapkan terima kasih atas segala bantuan yang terus mengalir. Khususnya bantuan bagi tenaga medis, pekerja di rumah sakit seperti sopir ambulans, sopir mobil jenazah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mesut Ozil Resmi Jadi Ayah, Sang Istri Lahirkan Anak Perempuan

Posted: 30 Mar 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, London - Playmaker Arsenal, Mesut Ozil, sekarang resmi telah menjadi seorang ayah. Itu setelah sang istri, Amine Gulse, melahirkan anak perempuan.

Mesut Ozil mengunggah foto dia bersama sang istri sambil menggendong anaknya di akun media sosial Instagram pribadinya, @m10_official. Ozil dan Gulse sepakat memberi nama Eda untuk putri pertama mereka itu.

"Terima kasih Tuhan, putri kami Eda, terlahir sehat, semoga Tuhan memberi anak yang baik untuk kami, lingkungannya, dan semua umat manusia, insyaallah, amin, Amine dan Mesut Ozil," tulis Ozil di akun Instagram-nya.

Kabar bahagia itu disambut antusias oleh rekan-rekan Mesut Ozil, baik di Arsenal maupun Timnas Jerman. Fans pemain berusia 31 tahun itu juga memenuhi unggahan tersebut dengan ucapan selamat dan doa.

"Masyaallah Bruder," tulis striker Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang di kolom komentar akun Ozil.

Mantan rekan di timnas Jerman, Jerome Boateng turut mengucapkan selamat. "Selamat Abi, semua yang terbaik untuk Anda dan keluarga Anda," ucapnya di Instagram.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

 

Menikah 7 Juni 2019

Amine Gulse dan Mesut Ozil (Sumber: Instagram/aminegulse)
Amine Gulse dan Mesut Ozil (Sumber: Instagram/aminegulse)

Pemain internasional Jerman keturunan Turki ini menikah dengan Gulse pada 7 Juni 2019. Kala itu, Ozil menikah di Istanbul, Turki setahun setelah keduanya bertunangan.

Pernikahan Ozil kala itu memicu kontroversi, karena mengundang Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, yang punya hubungan kurang harmonis dengan pemerintah Jerman. Sikap Ozil memunculkan pertanyaan soal loyalitasnya untuk Jerman.

Pensiun dari Timnas Jerman

Ozil sendiri setelah Piala Dunia 2018 di Rusia telah mengumumkan pensiun dari Timnas Jerman. Dia memiliki 92 caps bersama Der Panzer, termasuk saat menjuarai Piala Dunia 2014 di Brasil.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Berjemur Sinar Matahari Pagi Saat Pandemi Corona Covid-19

Posted: 30 Mar 2020 09:45 PM PDT

Seorang pegawai berjemur di bawah sinar matahari di Kawasan Fatmawati, Jakarta, Selasa (31/3/2020). Berjemur diri di bawah sinar matahari saat pagi merupakan salah satu upaya yang paling sederhana untuk menjaga kesehatan selama wabah virus COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Seorang pegawai berjemur di bawah sinar matahari di Kawasan Fatmawati, Jakarta, Selasa (31/3/2020). Berjemur diri di bawah sinar matahari saat pagi merupakan salah satu upaya yang paling sederhana untuk menjaga kesehatan selama wabah virus COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Seorang pegawai berjemur di bawah sinar matahari di Kawasan Fatmawati, Jakarta, Selasa (31/3/2020). Berjemur diri di bawah sinar matahari saat pagi merupakan salah satu upaya yang paling sederhana untuk menjaga kesehatan selama wabah virus COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah pegawai berjemur di bawah sinar matahari di Kawasan Fatmawati, Jakarta, Selasa (31/3/2020). Berjemur diri di bawah sinar matahari saat pagi merupakan salah satu upaya yang paling sederhana untuk menjaga kesehatan selama wabah virus COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Sejumlah pegawai berjemur di bawah sinar matahari di Kawasan Fatmawati, Jakarta, Selasa (31/3/2020). Berjemur diri di bawah sinar matahari saat pagi merupakan salah satu upaya yang paling sederhana untuk menjaga kesehatan selama wabah virus COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah pegawai berjemur di bawah sinar matahari di Kawasan Fatmawati, Jakarta, Selasa (31/3/2020). Berjemur diri di bawah sinar matahari saat pagi merupakan salah satu upaya yang paling sederhana untuk menjaga kesehatan selama wabah virus COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah pegawai berjemur di bawah sinar matahari di Kawasan Fatmawati, Jakarta, Selasa (31/3/2020). Berjemur diri di bawah sinar matahari saat pagi merupakan salah satu upaya yang paling sederhana untuk menjaga kesehatan selama wabah virus COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Sejumlah pegawai berjemur di bawah sinar matahari di Kawasan Fatmawati, Jakarta, Selasa (31/3/2020). Berjemur diri di bawah sinar matahari saat pagi merupakan salah satu upaya yang paling sederhana untuk menjaga kesehatan selama wabah virus COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah pegawai berjemur di bawah sinar matahari di Kawasan Fatmawati, Jakarta, Selasa (31/3/2020). Berjemur diri di bawah sinar matahari saat pagi merupakan salah satu upaya yang paling sederhana untuk menjaga kesehatan selama wabah virus COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah pegawai berjemur di bawah sinar matahari di Kawasan Fatmawati, Jakarta, Selasa (31/3/2020). Berjemur diri di bawah sinar matahari saat pagi merupakan salah satu upaya yang paling sederhana untuk menjaga kesehatan selama wabah virus COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Sejumlah pegawai berjemur di bawah sinar matahari di Kawasan Fatmawati, Jakarta, Selasa (31/3/2020). Berjemur diri di bawah sinar matahari saat pagi merupakan salah satu upaya yang paling sederhana untuk menjaga kesehatan selama wabah virus COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah pegawai berjemur di bawah sinar matahari di Kawasan Fatmawati, Jakarta, Selasa (31/3/2020). Berjemur diri di bawah sinar matahari saat pagi merupakan salah satu upaya yang paling sederhana untuk menjaga kesehatan selama wabah virus COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Seorang pegawai bermain ponsel sambil berjemur di bawah sinar matahari di Kawasan Fatmawati, Jakarta, Selasa (31/3/2020). Berjemur diri di bawah sinar matahari saat pagi merupakan salah satu upaya yang paling sederhana untuk menjaga kesehatan selama wabah virus COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Seorang pegawai bermain ponsel sambil berjemur di bawah sinar matahari di Kawasan Fatmawati, Jakarta, Selasa (31/3/2020). Berjemur diri di bawah sinar matahari saat pagi merupakan salah satu upaya yang paling sederhana untuk menjaga kesehatan selama wabah virus COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Seorang pegawai bermain ponsel sambil berjemur di bawah sinar matahari di Kawasan Fatmawati, Jakarta, Selasa (31/3/2020). Berjemur diri di bawah sinar matahari saat pagi merupakan salah satu upaya yang paling sederhana untuk menjaga kesehatan selama wabah virus COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Imported Case Corona, Jokowi Pantau Kepulangan WNI dari Malaysia

Posted: 30 Mar 2020 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, sejumlah negara kini tengah menghadapi penyebaran virus corona (Covid-19) yang disebabkan imported case atau terinfeksi dari luar negeri. Jokowi melakukan antisipasi banyaknya imported case di Indonesia.

Dia menyebut Korea Selatan, China, dan Singapura adalah sebagian negara yang menghadapi kasus corona yang disebabkan imported case. Untuk mengantisipasinya, Jokowi meminta agar kepulangan Warga Negara Indonesia (WNI) dari Malaysia benar-benar dipantau.

"Arus kembalinya WNI dari beberapa negara, ini terutama yang dari Malaysia ini betul-betul perlu kita cermati karena ini menyangkut bisa ratusan ribu, bisa jutaan WNI yang akan pulang," kata Jokowi dalam rapat terbatas melalui video conference dari Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Selasa (31/3/2020).

Menurut dia, setiap harinya ada sekitar 3.000 pekerja migran Indonesia yang kembali ke tanah air dari Malaysia. Selain pekerja migran, Jokowi juga meminta agar kepulangan WNI Anak Buah Kapal (ABK) diantisipasi.

"Perkiraan kita ada 10-11 ribu ABK. Ini juga perlu disiapkan dan direncanakan tahapan-tahapan untuk screening mereka," jelas Jokowi.

Prioritaskan kesehatan warga

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat membuka rapat kerja Kementerian Perdagangan 2020 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/3/2020). Jokowi mengingatkan jajaran Kemendag agar segera mencari jalan keluar dari krisis yang disebabkan oleh virus corona (covid-19). (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat membuka rapat kerja Kementerian Perdagangan 2020 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/3/2020). Jokowi mengingatkan jajaran Kemendag agar segera mencari jalan keluar dari krisis yang disebabkan oleh virus corona (covid-19). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menekankan, pemerintah terus memprioritaskan kesehatan WNI yang kembali ke tanah air maupun seluruh masyarakat Indonesia. Jokowi mengingatkan agar protokol kesehatan dilakukan secara ketat di seluruh pintu masuk ke Indonesia.

"Karena itu sekali lagi saya ingin menekankan yang pertama protokol kesehatan harus terus ketat dilakukan baik di airport, di pelabuhan dan pos lintas batas," ujar Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta agar aturan yang mengatur perlintasan Warga Negara Asing (WNA) masuk ke Indonesia dievaluasi secara berkala. Hal ini demi mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) ke Indonesia.

"Saya minta kebijakan yang mengatur perlintasan WNA ke Indonesia dievaluasi secara reguler secara berkala untuk antisipasi pergerakan Covid-19 dari berbagai negara yang ada di dunia," ujar Jokowi dalam rapat terbatas melalui video conference dari Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Selasa (31/3/2020).

Menurut dia, saat ini lebih dari 202 negara menghadapi tantangan virus corona. Epicentrum atau penyebaran virus ini pun trlah bergesar dari China ke Amerika Serikat dan Eropa.

Amerika Serikat menjadi yang tertinggi dengan 161.088 kasus virus corona dan diikuti Italia 101.739 kasus, Spanyol 87.956 kasus. Sementara itu, China yang menjadi negara ditemukannya virus corona memiliki 81.470 kasus.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengemudi yang Tabrak Lansia di Lippo Karawaci jadi Tersangka

Posted: 30 Mar 2020 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aurelia Margaretha Yulia (26), wanita yang menabrak pejalan kaki hingga tewas di perumahan elite Lippo Karawaci, ditetapkan sebagai tersangka oleh kepolisian.

"Ya, hari ini tersangka," ujar Ipda Heri, Kanit Laka Lantas Polres Metro Tangerang, Selasa (31/3/2020).

Status Aurelia yang menabrak Andre (51) hingga tewas di tempat itu dinaikkan sebagai tersangka setelah sebelumnya wanita tersebut ditahan di Polres hingga tiga hari pascakejadian.

"Setelah gelar perkara, naik sidik sekaligus naik status menjadi tersangka," ujar Kanit.

Seperti diketahui sebelumnya, Aurelia dinilai lalai dalam mengendarai mobil Honda Brio di dalam pemukiman elit tersebut. Hingga akhirnya menyebabkan mobil tersebut menabrak Andre yang berjalan kaki di pinggir jalan bersama dengan anjing peliharaannya.

Polisi menyebut, Aurelia asyik bermain handphone atau tengah chatting dengan kawannya, sehingga lengah dalam berkendara dan menyebabkan nyawa melayang.

 

Kronologi

Mobil Aurellia yang menabrak di Karawaci Tangerang. (Pramita/Liputan6.com)
Mobil Aurellia yang menabrak di Karawaci Tangerang. (Pramita/Liputan6.com)

Kejadian tersebut terjadi pada Minggu sore, 29 Maret 2020. Awalnya, kejadian tersebut sempat membuat heboh warganet, lantaran tersebar video dan foto-foto kecelakaan di dalam perumahan elit tersebut.

Kanit Laka Lantas Polres Metro Tangerang Kota, Ipda Heri menjelaskan, kecelakaan maut terjadi di Perumahan Lippo Karawaci depan rumah nomor 815.

"Awalnya, kendaraan Honda Brio B-1578-NRT datang dari arah pintu masuk perumahan Lippo Karawaci menuju ke arah Jalan Sabang di perumahan tersebut," jelas Heri, Senin (30/3/2020).

Kemudian saat berada di depan rumah nomor 815, Aurelia mengendarai Brio sembari mengetik pesan atau bermain dengan telepon genggamnya. Hingga akhirnya Brio yang dikendarai oleh Aurelia tersebut menabrak Andre (51).

Saat itu, lanjut Heri, sedang berjalan kaki bersama anjingnya. "Sesampainya di dekat rumah 815, menabrak pejalan kaki yang saat itu berjalan di pinggir jalan. Berakibat pejalan kaki meninggal dunia di TKP," katanya.

Dari pengakuan Aurelia kepada polisi, saat itu dia mengendarai Brio dengan kecepatan 50-60 Km/jam. Namun, karena asik bermain handphone sehingga hilang konsentrasi dan menabrak korban yang berjalan di pinggir jalan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Putus Corona, Kemendes Minta Pejabat Desa Aktif Data Warga Pendatang

Posted: 30 Mar 2020 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Peneliti dan Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan dan Informasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Eko Sri Haryanto meminta, kepada seluruh pejabat di desa agar aktif memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19. Salah satunya adalah membuat pos jaga 24 jam

Dia menjelaskan, dengan adanya pos itu diharapkan agar seluruh warga memeriksa warga, baik yang keluar masuk maupun perantau yang tiba di desa.

"Mendata warga desa yang datang atau perantau, selain itu pekerja dari daerah lain termasuk yang sekolah dari luar daerah," kata Eko di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Selasa (31/3/2020).

Dia meminta perangkat desa harus mendata para perantau yang tiba dari kota-kota terpapar Corona, seperti Ibu Kota Jakarta. Apabila ada perantau dari DKI, warga itu harus langsung dilakukan isolasi di lokasi yang disiapkan oleh relawan desa tanggap darurat Covid-19.

"Termasuk didata, jika mereka ada kaitannya dari wilayah terdampak covid misalnya Jakarta itu harus masuk langsung isolasi," kata Eko.

"Pos jaga gerbang desa karena mobilitas warga bisa siang, malam dan pagi, ini harus dijaga 24 jam. Jangan sampai ada potensi terdampak Corona masuk, harus mendata dan periksa kondisi warga keluar masuk, warga sendiri mulaiin didata," sambung Eko.

 

Relawan Desa

Suasana ruang tunggu keberangkatan di area Terminal Kampung Rambutan Jakarta, Senin (30/3/2020). Pemerintah sedang menyiapkan peraturan terkait mudik lebaran 2020 untuk mengurangi mobilitas penduduk dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona COVID-19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Suasana ruang tunggu keberangkatan di area Terminal Kampung Rambutan Jakarta, Senin (30/3/2020). Pemerintah sedang menyiapkan peraturan terkait mudik lebaran 2020 untuk mengurangi mobilitas penduduk dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona COVID-19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Eko mengaku, berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo, Kementerian Desa mengeluarkan surat edaran. Dalam surat edaran itu juga mengatur beberapa pengaturan lainnya terkait pencegahan virus tersebut.

"Ada beberapa protokol kaitannya desa tanggap Covid-19 pertama membentuk relawan desa tanggap Covid-19," ujar Eko.

Relawan itu akan dikomandoi oleh kepala desa masing-masing yang beranggotakan dari Badan Pemusyawaratan Desa (BPD). Para relawan itu diminta menjalin koordinasi dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas dalam tugasnya.

"Relawan desa lawan Covid-19, dan bermitra juga dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas, karena ini bagian kesatuan mereka kerja dan koordinasi dengan Pemda. Cara penularannya harus tahu, ada edukasi, penularan ini lalui droplet jaga jarak, tidak boleh sentuh barang yang ada penularan. Ini bagian yang penting juga," pungkas Eko.

 

Reporter: Ronald Chaniago

Sumber: Merdeka

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Corona Covid-19, Berikut 8 Manfaat Zinc Agar Bisa Tangkal Virus

Posted: 30 Mar 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Banyak hal dilakukan untuk mencegah virus corona Covid-19 masuk ke dalam tubuh. Pola hidup sehat seperti mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer dan berjemur di pagi hari dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Berbagai jenis olahraga dan konsumsi makan-makanan penuh gizi dilakukan demi menangkal virus Corona yang sudah memakan ribuan korban ini. Salah satu zat yang harus dikonsumsi namun belum banyak diketahui adalah makanan yang mengandung zinc atau seng.

Apa saja manfaat zinc untuk tubuh? Dilansir dari healthline dan medicalnewstoday, berikut manfaat zinc untuk tubuh.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Meningkatkan Sistem Imun

Tingkatkan sistem kekebalan tubuh dalam 15 detik saja!
Tingkatkan sistem kekebalan tubuh dalam 15 detik saja!

Zinc merupakan mineral penting yang terlibat di dalam produksi sel-sel kekebalan tubuh. Kekurangan zing dapat menyebabkan respons imun yang melemah. Suplemen zinc dapat merangsang sel kekebalan tertentu dan mampu mengurangi stres oksidatif. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 80-92 mg zing per hari dapat mengurangi lamanya flu hingga 33%.

Tidak hanya itu, suplemen zinc dapat mengurangi risiko infeksi dan meningkatkan respons kekebalan pada orang yang lebih tua secara signifikan. Termasuk kekebalan pada virus corona.

Menurut European Journal of Immunology, tubuh setiap manusia membutuhkan zinc untuk mengaktifkan limfosit T (sel T). Sel T dapat membantu tubuh dengan dua cara, yaitu: Mengendalikan dan mengatur respon imun, dan menyerang sel yang terinfeksi atau kankerKemudian, kekurangan kandungan seng dapat merusak fungsi sistem kekebalan tubuh.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition, "orang dengan kandungan zinc yang minim dapat mengalami peningkatan kerentanan terhadap berbagai patogen."

Mempercepat Penyembuhan Luka

Salah satu manfaat zinc adalah mampu menyembuhkan luka bakar, bisul dan lain-lain. Zinc memiliki peran penting dalam sintesis kolagen, kekebalan tubuh dan respon peradangan. Fakta menyebutkan bahwa kulit memiliki jumlah yang relatif tinggi (sekitar 5%) dari kandungan zinc dalam tubuh.

Sementara itu, kekurangan zinc dapat memperlambat penyembuhan luka, maka dari itu supleman dengan kandungan zic dapat mempercepat pemulihannya.

Studi dalam 12 minggu menyebutkan bahwa 60 orang dengan ulkus kaki diabetik diobati dengan 200 mg seng per hari. Efeknya ulkus menjadi berkurang secara signifikan dibandingkan dengan yang tidak menggunakan zinc.

Mengobati Diare

Menurut Organisasi Kesehatann Dunia (WHO), setiap tahunnya penyakit diare mampu membunuh 1,6 juta anak di bawah 5 tahun di seluruh dunia.

Menurut studi dari PloS Medicine menegaskan bahwa mengonsumsi satu tablet zinc selama 10 hari efektif untuk mengobati diare dan mencegah serangan penyakit di masa depan.

Meningkatkan Memori dan Nafsu Belajar

Manfaat zinc selanjutnya ialah mampu meningkatkan memori. Sebuah penelitian di Toronto Unversity mengatakan dan diterbitkan dalam jurnal Neuro mengatakan, zinc memiiki peran penting dalam mengatur bagaimana kadar neuron berkomunikasi satu sama lain, memengaruhi bagaimana ingatan terbentuk dan bagaimana proses belajarnya.

Mengurangi Risiko Penyakit di Usia Tertentu

Salah satu manfaat zinc lainnya adalah mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan usia, seperti pneumonia infeksi dan degenerasi makula. Zinc yang mampu menghilangkan stres oksidatif dan meningkatkan respon kekebalan dengan aktivitas sel T yang meningkat, mampu melindungi tubuh dari infeksi. Selain itu, zinc juga bermanfaat untuk meningkatkan sel-sel pembunuh alami.

Selain faktor umur, orang dewasa berusia sekitar 30-40 tahun yang mengonsumsi makanan dengan kandungan zinc yang cukup akan mengalami penginkatan respon vaksinnasi influenza dan mengurangi risiko radang paru-paru. Di sisi lain, zinc juga mampu meningkatkan kinerja mental.

Orang dewasa yang lebih tua yang melengkapi dengan seng mengalami peningkatan respons vaksinasi influenza, mengurangi risiko radang paru-paru dan meningkatkan kinerja mental.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa 45 mg zinc per hari dapat menurunkan tingkat infeksi pada orang dewasa hingga 66%. Sebuah studi yang melibatkan 4.200 orang juga mengungkapkan bahwa, mengonsumsi suplemen antioksidan setiap hari (seperti vitamin E, C dan beta- karoten) ditambah 80 mg zinc mampu mengurangi risiko mata kabur dan risiko AMD lanjut secara signifikan.

Mampu Mengobati Jerawat

Menurut healthlines, jerawat merupakan penyakit umum yang berpengaruh pada populasi global hingga 9,4%. Jerawat disebabka oleh sumbatan kelenjar penghasil minyak, bakteri dan peradangan yang ada di wajah, leher atau punggung.

Sebuah studi menunjukkan manfaat zinc pada jerawat, yaitu dengan perawatan zinc topikal dan oral. Kedua perawatan ini secara efektif mampu mengobati jerawat dan mengurangi peradangan. Di samping itu, perawatan zinc ini mampu menghambat pertumbuhan bakteri P. Acnes dan menekan aktivitas kelenjar minyak pada wajah.

Studi menunjukkan bahwa kedua perawatan seng topikal dan oral dapat secara efektif mengobati jerawat dengan mengurangi peradangan, menghambat pertumbuhan bakteri P. acnes dan menekan aktivitas kelenjar berminyak. Orang yang berjerawat cenderung memiliki kadar zinc yang rendah. Salah satu obatnya adalah mengonsumsi suplemen zinc agar gejala berkurang.

Mengurangi Peradangan

Manfaat zinc yang tak kalah penting ialah mengurangi peradangan. Stres oksidatif dapat menyebabkan peradangan kronis, faktor yang berkontribusi banyak dalam beragam penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker dan penurunan mental. Salah satu manfaat zinc adalah mengurangi stres oksidatif yang juga mampu mengurangi kadar protein inflamasi dalam tubuh.

Pada sebuah penelitian pada 40 orang dewasa yang menggunakan 45 mg zinc per hari mengalami pengurangan penunda peradangan yang lebih besar daripada yang tidak mengonsumsi.

Meningkatkan Kesuburan

Beberapa penelitian telah menghubungkan jumlah zinc yang buruk pada tubuh dengan kualitas sperma. Sebagi contoh, sebuah studi di Belanda menemukan bahwa orang akan memiliki jumlah sperma lebih tinggi setelah mengonsumsi suplemen zinc sulfat dan asam folat.

Sebuah studi lain juga meneliti manfaat zinc pada kualitas sperma. Peneliti menyimpulkan bahwa asupan zinc yang rendah dapat menjadi faktor risiko rendahnya kualitas sperma dan infertilitas pria.

Disadur dari: Merdeka.com (penulis/editor, Dimas Putra Mandegani, published 31/3/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Polresta Bogor Kerahkan Water Cannon Semprot Disinfektan di Jalan

Posted: 30 Mar 2020 09:30 PM PDT

Polresta Bogor mengerahkan mobil water cannon untuk melakukan penyemprotan disinfektan di kawasan Tugu Kujang, Bogor, Selasa (31/3/2020). Penyemprotan disinfektan secara menyeluruh di wilayah Kota Bogor itu guna mencegah memutus rantai penyebaran virus corona. (merdeka.com/Arie Basuki)
Polresta Bogor mengerahkan mobil water cannon untuk melakukan penyemprotan disinfektan di kawasan Tugu Kujang, Bogor, Selasa (31/3/2020). Penyemprotan disinfektan secara menyeluruh di wilayah Kota Bogor itu guna mencegah memutus rantai penyebaran virus corona. (merdeka.com/Arie Basuki)

Polresta Bogor mengerahkan mobil water cannon untuk melakukan penyemprotan disinfektan di kawasan Tugu Kujang, Bogor, Selasa (31/3/2020). Penyemprotan disinfektan secara menyeluruh di wilayah Kota Bogor itu guna mencegah memutus rantai penyebaran virus corona. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas kepolisian Polresta Bogor menyemprotkan cairan disinfektan menggunakan mobil Water Cannon di kawasan Tugu Kujang, Bogor, Selasa (31/3/2020). Penyemprotan disinfektan secara menyeluruh di wilayah Kota Bogor itu guna mencegah memutus rantai penyebaran virus corona. (merdeka.com/Arie Basuki)
Petugas kepolisian Polresta Bogor menyemprotkan cairan disinfektan menggunakan mobil Water Cannon di kawasan Tugu Kujang, Bogor, Selasa (31/3/2020). Penyemprotan disinfektan secara menyeluruh di wilayah Kota Bogor itu guna mencegah memutus rantai penyebaran virus corona. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas kepolisian Polresta Bogor menyemprotkan cairan disinfektan menggunakan mobil Water Cannon di kawasan Tugu Kujang, Bogor, Selasa (31/3/2020). Penyemprotan disinfektan secara menyeluruh di wilayah Kota Bogor itu guna mencegah memutus rantai penyebaran virus corona. (merdeka.com/Arie Basuki)

Polresta Bogor mengerahkan mobil water cannon untuk melakukan penyemprotan disinfektan di kawasan Tugu Kujang, Bogor, Selasa (31/3/2020). Penyemprotan disinfektan secara menyeluruh di wilayah Kota Bogor itu guna mencegah memutus rantai penyebaran virus corona. (merdeka.com/Arie Basuki)
Polresta Bogor mengerahkan mobil water cannon untuk melakukan penyemprotan disinfektan di kawasan Tugu Kujang, Bogor, Selasa (31/3/2020). Penyemprotan disinfektan secara menyeluruh di wilayah Kota Bogor itu guna mencegah memutus rantai penyebaran virus corona. (merdeka.com/Arie Basuki)

Polresta Bogor mengerahkan mobil water cannon untuk melakukan penyemprotan disinfektan di kawasan Tugu Kujang, Bogor, Selasa (31/3/2020). Penyemprotan disinfektan secara menyeluruh di wilayah Kota Bogor itu guna mencegah memutus rantai penyebaran virus corona. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas kepolisian Polresta Bogor menyemprotkan cairan disinfektan menggunakan mobil Water Cannon di kawasan Tugu Kujang, Bogor, Selasa (31/3/2020). Penyemprotan disinfektan secara menyeluruh di wilayah Kota Bogor itu guna mencegah memutus rantai penyebaran virus corona. (merdeka.com/Arie Basuki)
Petugas kepolisian Polresta Bogor menyemprotkan cairan disinfektan menggunakan mobil Water Cannon di kawasan Tugu Kujang, Bogor, Selasa (31/3/2020). Penyemprotan disinfektan secara menyeluruh di wilayah Kota Bogor itu guna mencegah memutus rantai penyebaran virus corona. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas kepolisian Polresta Bogor menyemprotkan cairan disinfektan menggunakan mobil Water Cannon di kawasan Tugu Kujang, Bogor, Selasa (31/3/2020). Penyemprotan disinfektan secara menyeluruh di wilayah Kota Bogor itu guna mencegah memutus rantai penyebaran virus corona. (merdeka.com/Arie Basuki)

Polresta Bogor mengerahkan mobil water cannon untuk melakukan penyemprotan disinfektan di kawasan Tugu Kujang, Bogor, Selasa (31/3/2020). Penyemprotan disinfektan secara menyeluruh di wilayah Kota Bogor itu guna mencegah memutus rantai penyebaran virus corona. (merdeka.com/Arie Basuki)
Polresta Bogor mengerahkan mobil water cannon untuk melakukan penyemprotan disinfektan di kawasan Tugu Kujang, Bogor, Selasa (31/3/2020). Penyemprotan disinfektan secara menyeluruh di wilayah Kota Bogor itu guna mencegah memutus rantai penyebaran virus corona. (merdeka.com/Arie Basuki)

Polresta Bogor mengerahkan mobil water cannon untuk melakukan penyemprotan disinfektan di kawasan Tugu Kujang, Bogor, Selasa (31/3/2020). Penyemprotan disinfektan secara menyeluruh di wilayah Kota Bogor itu guna mencegah memutus rantai penyebaran virus corona. (merdeka.com/Arie Basuki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Lawan Corona COVID-19, 5 Pejabat Tanah Air Ini Sumbangkan Gajinya

Posted: 30 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyebaran virus Corona COVID-19 semakin meluas ke berbagai negara di dunia. Menurut data gissanddata.maps.arcgis.com sudah ada 176 negara terdampak virus Corona COVID-19, termasuk Indonesa, Jumat (27/3/2020).

Wabah virus corona COVID-19  resmi dinyatakan sebagai pandemi ini tentunya mempengaruhi perekonomian di seluruh negara. Pasien yang terus meningkat di Indonesia, membuat pemerintah mulai mengatur berbagai rencana dan penelitian baru. 

Dana yang dibutuhkan negara pun tak sedikit. Utuk melawan virus Corona COVID-19, para pejabat negara pun rela membantu dan menyumbangkan penghasilannya.

Gaji sederet pejabat negara ini akan dimanfaatkan untuk keperluan penanganan penyebaran virus Corona COVID-19. Berikut 5 pejabat yang rela menyumbangkan gajinya demi memerangi virus Corona COVID-19 dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (31/3/2020).

1. Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil akan menyumbangkan gajinya menangani virus Corona COVID-19. Ia juga akan memotong gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) di Jawa Barat selama empat bulan ke depan untuk membantu penanganan pandemi virus Corona COVID-19.

Gubernur Ridwan Kamil juga menegaskan bahwa upaya pemberantasan virus corona harus dilakukan dengan gerakan bersama. Maka dari itu, tidak ada alasan untuk menolaknya atau keberatan.

"Ini adalah kewajiban kita bersama, tidak ada istilahnya menolak atau tidak menolak. ASN di Jabar ini kan sudah ada peningkatan pendapatan cukup Ridwan di Gedung Pakuan, Kota Bandung seperti dikutip Liputan6.com dari Merdeka.com, Selasa (31/3/2020)

2. Kepala Desa Wonosoba

Beberapa waktu lalu sempat viral video seorang Kepala Desa di Wonosobo akan menyumbangkan gajinya untuk melawan virus Corona COVID-19. Kepala Desa Talunombo, Badarudin membuat video berdurasi 45 detik dan mengajak masyarakat turut berperan dalam menangani kasus Corona COVID-19.

Badarudin seorang Kades yang berasal dari Kecamatan Sapuran, Wonosobo Jawa Tengah ini berniat mengurangi beban pemerintah dalam melawan corona Covid-19. Ia mengatakan bahwa virus Corona COVID-19 yang sedang meluas, tentu melemahkan ekonomi dan menguras anggaran negara.

Sebagai seorang yang berpofes sebagai Kades dan menerima gaji dari negara, Badarudin merasa harus ikut andil bukan hanya aksi nyata di desanya saja. Ia akan juga membantu dalam bentuk dana sebesar gaji satu bulan.

"Saya selaku Kades menyumbangkan gaji saya selama satu bulan untuk meringkan beban pemerintah. Dan saya mengajak seluruh perangkat desa, kades, BNS, DPRD, DPD, serta seluruh masyarakat Indonesia yang mendapatkan gaji dari negara untuk ikut serta berpartisipasi dalam penanganan virus corona ini. Karena ini wabah nasional. Besar kecil sumbangan yang Anda berikan dapat bermanfaat," ucap Badarudin seperti dikutip Liputan6.com dari video yang diunggah di akun Instagram @magelang_raya, Selasa (30/3/2020).

3. Hengky Kurniawan

Hengky Kurniawan (Foto: Instagram/@hengkykurniawan)
Hengky Kurniawan (Foto: Instagram/@hengkykurniawan)

Untuk memerangi virus Corona COVID-19, Hengky Kurniawan merasa terketuk. Sebagai wakil Bupati Bandung Barat, ia menyisihkan gajinya selama 6 bulan untuk menghadapi kondis pandemi Corona COVID-19.

Dari penghasilannya tersebut, artis sekaligus pejabat negara ini memasang lima sarana cuci tangan atau wastafel portabel di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Bandung Barat.

Aksi nyatanya itu dilakukan untuk langkah mencegah penyebaran COVID-19. Lantaran, pasar tradisional dinilai lokasi yang banyak dikunjungi warga, maka ia memasang wastafel portabel agar masyarakat tetap menjaga kebersihan.

4. Hillary Brigitta Lasut

Hillary Brigitta Lasut, anggota DPR RI periode 2019--2024. (dok. Instagram @hillarybrigitta/https://www.instagram.com/p/B2jY9hGh6Sx/)
Hillary Brigitta Lasut, anggota DPR RI periode 2019--2024. (dok. Instagram @hillarybrigitta/https://www.instagram.com/p/B2jY9hGh6Sx/)

Anggota DPR RI asal Sulawesi Utara, Hillary Brigitta Lasut bikin aksi nyata demi memerangi penyebaran virus Corona COVID-19. Tak tanggung-tanggung, ia rela mendonasikan gaji dan tunjangannya untuk membantu tenaga medis melalui penyediaan Alat Pelindung Diri (APD), masker, sarung tangan, hand sanitizer dan lain-lain.

Melalui unggahan di akun Instagramnya, Senin (30/3/2020) ia juga telah memberikan informasi bahwa mulai bulan depan 50% gaji akan disalurkan lewat pemerintah secara tunai.

"Gaji dan Tunjangan bulan kemarin 100% diberikan untuk penanganan Covid-19 di Sulut, mulai bulan depan 50% gaji akan disalurkan lewat pemerintah secara tunai sesuai kesepakatan partai, dan 50%nya lagi bagi penanganan covid-10 di Sulut, sedangkan Tunjangan Tetap 100% buat masyarakat Sulut." ungkap Hillary.

5. Abdul Hamid Rizal

Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal (Liputan6.com/Johan Tallo)
Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal (Liputan6.com/Johan Tallo)

Bupati Kabupaten Natuna, Abdul Hamid Rizal tak memandang remeh wabah Corona COVID-19 yang melanda wilayahnya. Daerahnya tersebut bahkan membentuk Satgas COVID-19 guna menanggulangi bencana biologis tersebut.

Tak tanggung-tanggung, Bupati Abdul Hamid Rizal rela menggelontorkan seluruh gajinya guna mendukung kerja Satgas Corona COVID-19 di daerahnya. "Memerintahan seluruh jajaran di Kabupaten Natuna semaksimal mungkin agar Natuna bersih dari Corona denga berbagai upaya" kata Abdul, Kamis (26/3/2020).

Selain itu, dana tesbut dipergunakan sebagai intensif dan bantuan pokok bagi tenaga kesehatan yang terlibat dalam penanganan wabah ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jumlah Penumpang di Bandara Soetta dan Halim Perdanakusuma Turun 30 Persen

Posted: 30 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura II mencatat adanya penurunan pergerakan penumpang pesawat di atas 30 persen dalam 14 hari terakhir di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) dan Halim Perdanakusuma.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, data tersebut seolah menunjukan masyarakat sudah menaati himbauan pemerintah untuk tetap bekerja di rumah (Work From Home/WFH) selama masa penyebaran virus corona (Covid-19).

"Jika melihat data pada periode 14 hari work from home dan stay at home atau pada 16-29 Maret 2020, terjadi tren penurunan pergerakan penumpang pesawat di Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma, yang menandakan masyarakat merespons baik himbauan pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (31/3/2020).

Berdasarkan data Angkasa Pura II, pada 7 hari pertama periode stay at home dan work form home (16-22 Maret), jumlah pergerakan penumpang pesawat rute domestik di Soekarno-Hatta tercatat 763.633, dan pada 7 hari kedua (23-29 Maret) menjadi 500.080 atau turun 34,51 persen. Sementara itu, pergerakan pesawat turun 34,22 persen dari 6.069 pergerakan menjadi 3.992 pergerakan.

Di Bandara Halim Perdanakusuma, pada 7 hari pertama (16-22 Maret) jumlah penumpang rute domestik tercatat 86.653 penumpang, dan mengalami penurunan 35,07 persen menjadi 56.265 penumpang pada 7 hari kedua (23-29 Maret). Seiring dengan itu, pergerakan pesawat juga mengalami penurunan 18,82 persen atau dari 1.217 pergerakan menjadi 988 pergerakan.

 

Rute Favorit

Calon penumpang memasuki pintu keberangkatan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (13/2). Jumlah penumpang di jalur penerbangan domestik Bandara Halim menurun sebesar  18,38 persen sejak kenaikan harga tiket pesawat. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)
Calon penumpang memasuki pintu keberangkatan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (13/2). Jumlah penumpang di jalur penerbangan domestik Bandara Halim menurun sebesar 18,38 persen sejak kenaikan harga tiket pesawat. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Awaluddin menyatakan, data tersebut juga mengindikasikan bahwa penumpang yang bepergian ke luar Jakarta akan kembali lagi ke Jakarta sesegera mungkin.

"Pergerakan pesawat masuk ke Jakarta lebih tinggi dibandingkan dengan keluar Jakarta. Data juga menyatakan bahwa penumpang yang keluar Jakarta, akan segera kembali ke Jakarta," kata dia.

Adapun Top 10 destinasi rute domestik dari Soekarno-Hatta yakni Medan, Palembang, Padang, Pontianak, Semarang, Solo, Surabaya, Denpasar, Balikpapan, dan Ujung Pandang.

"Dilihat dari Top 10 destinasi favorit, penerbangan yang meninggalkan Jakarta jumlahnya imbang dengan penerbangan yang datang di Jakarta. Indikasinya adalah pesawat yang datang ke Jakarta itu membawa kembali penumpang yang sebelumnya meninggalkan Jakarta," pungkas Awaluddin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manajer Tiffany Young Didiagnosis Terinfeksi Virus Corona

Posted: 30 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu manajer Tiffany Young, Tara Anne didiagnosa terinfeksi virus Corona. Kabar ini diketahui dari halaman situs penggalangan dana GoFoundMe.

"Teman kami, Tara, baru-baru ini dinyatakan menderita kasus Covid-19 yang disebabkan oleh strain Coronavirus. Hal ini juga membuatnya mengalami pneumonia," kata perwakilan GoFoundme, dilansir dari Allkpop, Selasa (31/3/2020).

GoFoundMe juga telah berupaya membantu manajer Tiffany Young untuk menutupi tagihan medis dan biaya lainnya selama masa pengobatan melawan virus Corona.

 

Donasi

Tiffany Young (Foto: Instagram/tiffanyyoungofficial)
Tiffany Young (Foto: Instagram/tiffanyyoungofficial)

"Ini merupakan kesulitan tak terduga untuk dihadapi baik secara fisik dan finansial, jadi dia pasti memerlukan dukungan dana untuk melewatinya," tuturnya.

"Donasi ini akan sangat membantu Tara yang saat ini tidak dapat bekerja karena fokus pada pemulihan. Donasi ini juga dapat menutup biaya tak terduga selama menjalani perawatan," sambungnya.

Manajer Tur Konser

Tiffany Young tampil beda di MV terbarunya, Born Again. (Popcrush)
Tiffany Young tampil beda di MV terbarunya, Born Again. (Popcrush)

Belakangan diketahui bahwa Tara Anne bukanlah manajer utama Tiffany Young. Ia adalah manajer yang menangani konser eks member SNSD ini dalam tur konser.

Tara Anne juga telah mengelola banyak nama besar, termasuk Zara Larsson, Chromeo, Brooke Fraser, dan Noel Gallagher. Dia telah bekerja dengan Tiffany sejak 2019 untuk tur dan promosi global.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Google Classroom Jadi Aplikasi Terpopuler Selama Pandemi Covid-19

Posted: 30 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Artikel tentang jumlah unduhan Google Classroom yang melonjak tajam selama pandemi Covid-19, menjadi perhatian pembaca kanal Tekno Liputan6.com, Senin (30/3/2020).

Selain itu, pembaca tertarik membaca artikel tentang Hooq yang mengajukan likuidasi di Singapura, dan Google hapus aplikasi dari Play Store karena sebar hoaks tentang virus corona.

Lebih lengkapnya, kamu bisa cek di bawah ini.

1. Gara-Gara Covid-19, Google Classroom Masuk Daftar Aplikasi Terpopuler

Pandemi Covid-19 di seluruh dunia membuat banyak orang harus tinggal di rumah, tidak terkecuali siswa sekolah atau mahasiswa.

Selama beberapa minggu terakhir, sekolah menerapkan pembelajaran online dengan mengandalkan platform digital seperti Zoom dan Google Classroom supaya tetap bisa tatap muka.

Rupanya, berdasarkan data dari AppBrain's, jumlah unduhan atas Google Classroom melonjak begitu tajam selama pandemi Covid-19.

Baca Selengkapnya di Sini

 

2. Akui Sulit Bersaing, Hooq Ajukan Likuidasi di Singapura

Hooq sebagai salah layanan streaming video baru saja mengajukan likuidasi pada para krediturnya. Informasi ini diketahui dari pengumuman perusahaan beberapa waktu lalu.

Dikutip dari Business Times, Senin (30/3/2020), likuidasi ini diajukan sebab tantangan layanan over-the-top video saat ini sudah jauh meningkat dari beberapa tahun lalu.

"Penyedia konten lokal dan global terus bertumbuh, biaya produksi konten tetap tinggi, dan kemampuan konsumen di pasar berkembang untuk membayar lebih di tengah layanan yang makin banyak," tutur perusahaan.

Baca Selengkapnya di Sini

3. Google Hapus Aplikasi dari Play Store Gara-Gara Hoaks soal Virus Corona

Google akhirnya menghapus aplikasi Infowars dari toko aplikasi Play Store. Sekadar informasi, Inforwars merupakan situs web asal Amerika Serikat yang suka memberikan informasi terkait teori konspirasi.

Mengutip laman The Verge, Minggu (29/3/2020), aplikasi Infowars langsung hilang dari Google Play Store.

Rupanya, belakangan diketahui aplikasi Infowars dihapus karena sebuah video yang diiunggah oleh penyebar teori konspirasi Alex Jones menyebarkan hoaks terkait dengan virus corona.

Baca Selengkapnya di Sini

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Rumah Sakit Darurat Corona Berdiri di Central Park New York

Posted: 30 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Central Park yang biasanya terkenal sebagai taman di New York, kini memiliki funsi rumah sakit darurat corona. Puluhan tempat tidur disediakan bagi pasien covid-19.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PKS: Kebijakan Darurat Sipil Kurang Tepat untuk Atasi Corona

Posted: 30 Mar 2020 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Langkah terbaru Presiden Jokowi dalam penanganan wabah Corona atau Covid-19, yaitu pembatasan sosial skala besar dan wacana penerapan status darurat sipil, direspons oleh berbagai pihak. Termasuk Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Juru Bicara PKS Ahmad Fathul Bari mengatakan kebijakan darurat sipil dinilai kurang tepat untuk atasi virus Corona.

"Muncul pertanyaan ketika Presiden Jokowi menyinggung wacana penerapan Darurat Sipil, yang kemungkinan diterapkan dengan menggunakan payung hukum Perppu No. 23 Tahun 1959", ungkapnya di Jakarta, Selasa (31/3/2020).

Fathul menilai hal itu tidak relevan dengan kondisi wabah Corona saat ini. Bahkan terkesan dianggap sebagai upaya lepas tangan pemerintah dengan tanggung jawab lebih besar dalam mengambil langkah yang lebih tepat sebagaimana yang diamanahkan dalam UU 6/2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

Perppu tersebut, kata dia, bisa menimbulkan masalah baru jika disalahgunakan penerapannya. Karena memungkinkan adanya langkah yang kurang sesuai dengan semangat demokrasi yang menjadi amanat Reformasi 1998.

"Kami menilai wacana darurat sipil tidak tepat, bahkan kami akan menentang keras jika status itu malah membuka ruang penyalahgunaan wewenang dan langkah represif dibanding upaya penanganan wabah Covid-19 yang lebih baik," ujar Fathul.

Menurut dia, payung hukum yang relevan sudah ada melalui status Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang diatur dalam UU 6/2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. "Jadi pemerintah jangan aneh-aneh malah melirik status darurat sipil," tegas Fathul.

"Langkah penanganan yang lebih masif dan sistematis sebetulnya sudah disediakan payung hukumnya dan diatur secara detail dalam UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan, yang salah satunya perlu diawali dengan langkah Pemerintah Pusat dalam menetapkan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat sesuai Pasal 10 UU 6/2018," ucapnya.

PKS pun menilai, arahan Presiden Jokowi terkait pembatasan sosial skala besar yang menjadi bagian dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 menjadi terkesan tidak jelas, karena saat ini pemerintah pusat belum menetapkan status Kedaruratan Kesehatan Masyarakat tersebut.

"Padahal jika kita merujuk UU No. 6/ 2018, dalam Pasal 59 ayat 1 sudah sangat jelas dinyatakan bahwa 'Pembatasan Sosial Berskala Besar merupakan bagian dari respons Kedaruratan Kesehatan Masyarakat'," ujar Fathul.

Belum lagi soal desakan berbagai pihak agar pemerintah melakukan lockdown atau dalam UU itu disebutkan sebagai Karantina Wilayah. "Seharusnya pemerintah fokus saja jalankan UU tersebut dan segera buat aturan pelaksananya jika belum lengkap, lalu tinggal dijalankan sesuai UU dan aturan lainnya," ujar Fathul.

"Misalnya Karantina Wilayah, segera rampungkan peraturan pemerintah terkait hal tersebut, bukan malah seolah mau melepaskan tanggung jawab lalu menyampaikan wacana darurat sipil," ungkapnya.

Menurut Fathul, tidak tegasnya dan tidak jelasnya langkah dan orientasi kebijakan pemerintah bahkan membuat sebagian kepala daerah di Indonesia mengambil langkah antisipatif yang seolah dilakukan tanpa komando dan tanpa koordinasi dengan pemerintah.

"Kami mendesak pemerintah untuk mengambil kebijakan yang lebih tepat dan jelas orientasinya, serta menggunakan payung hukum yang lebih relevan, agar bisa menyelamatkan masyarakat melewati masa-masa sulit menghadapi wabah Covid-19 ini, bukan malah memperlihatkan ketidakjelasan orientasi dan ketidakberpihakan kebijakannya terhadap masyarakat kita," ujar Fathul.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Bersifat Sementara

Ketua DPP PAN Saleh Daulay menilai tidak tepat darurat sipil diterapkan saat krisis pandemi virus corona. Sebab, aturan hukum darurat sipil itu lahir di masa revolusi sebagai respon yang bersifat sementara.

"Menurut saya, pilihan penerapan darurat sipil kurang tepat. Ada beberapa alasan yang dapat dikemukakan. Pertama, dasarnya hukumnya adalah Perppu tentang keadaan bahaya dimana kelahiran Perppu itu sendiri lahir di masa revolusi sebagai respon terhadap situasi pada saat itu yang sifatnya sementara dan temporal," ujar Selasa (31/3/2020).

Saleh mengatakan, saat Perppu itu lahir sebelum diberlakukan otonomi daerah. Sehingga situasi dan sistem politiknya berbeda dengan masa sekarang.

Saleh mengatakan, Perppu darurat sipil ditetapkan jika keamanan dan tertib hukum terancam. Serta, jika diakibatkan bencana alam. Sementara virus corona tergolong bencana non alam.

"Selain itu, saat ini sudah ada BNPB dan gugus tugas yang bekerjasama dengan 33 kementerian," kata Saleh.

Menurut Saleh, penerapkan darurat sipil bertentangan dengan asas hukum Lex specialis derogat legi generalis (hukum yang khusus dapat menyampingkan hukum yang umum). Dia menilai, UU Kekarantinaan Kesehatan lebih khusus dan lebih sesuai dengan bencana yang dihadapi.

Anggota Komisi IX itu menilai lebih baik pemerintah menerapkan karantina wilayah sesuai UU Kekarantinaan Kesehatan. Dia tak yakin penerapan darurat sipil akan membantu kondisi saat ini.

"Ini kan sama dengan melakukan pembatasan sosial berskala besar dengan alat "darurat sipil". Jadi darurat sipil dipakai sebagai alat untuk menjalankan pembatasan sosial berskala besar. Daripada pakai darurat sipil, pemerintah mestinya menetapkan darurat kesehatan masyarakat sebagaimana amanat pasal 10 ayat 1 Undang-undang tentang Kekarantinaan Kesehatan," ujarnya.

Saleh mengatakan, karantina wilayah sepertinya bukan opsi utama pemerintah. Sebab, karantina wilayah membutuhkan biaya besar karena membiayai kebutuhan pokok masyarakat yang terdampak. Belum lagi dampak sosial ekonomi dimana banyak perusahaan dan tenaga kerja tak beroperasi sehingga tak semua dapat menerimanya.

"Saya juga heran, kenapa tiba-tiba opsi ini muncul. Setahu saya, kemarin menkopolhukham sudah mengumumkan bahwa pemerintah sedang menyiapkan Peraturan Pemerintah untuk melaksanakan karantina wilayah. Dengan adanya opsi baru ini, pemerintah kelihatannya belum siap untuk mengambil keputusan yang cepat dan tegas. Sementara, masyarakat sedang menunggu kebijakan yang dianggap dapat memutus penyebaran virus corona di Indonesia," kata Saleh.

Reporter: Ahda Bayhaqi, Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update Corona COVID-19 31 Maret: 785.709 Orang di Dunia Terinfeksi, 165.837 Pasien Sembuh

Posted: 30 Mar 2020 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Infeksi Virus Corona COVID-19 di seluruh dunia per pukul 10.42 pagi WIB telah mencapai 785.709 kasus. 165.837 di antaranya telah dinyatakan sembuh berdasarkan peta Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE. 

Jumlah kesembuhan pasien Virus Corona COVID-19 paling besar tercatat di China, yang mencapai 76.192 dan Spanyol dengan 16.780 orang pulih.

Amerika Serikat telah tercatat sebagai negara yang memiliki kasus terbesar yang mencapai 164.274 dengan 3.040 kematian dan 5.847 pasien sembuh.

Saat ini, Italia, Spanyol dan China tercatat sebagai negara dengan kasus terbesar setelah Amerika Serikat dalam data peta Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE yang dikutip Selasa, (31/3/2020). 

Jumlah kasus infeksi Virus Corona COVID-19 terbesar kedua tercatat di Italia, yang mencapai 101.739 kasus dengan 14.620 orang yang pulih.

Kasus infeksi COVID-19 terbesar ketiga tercatat di Spanyol, yang mencapai 87.956 kasus. Lalu China, yang mencapai 82.240 kasus. 

Selain Italia, Spanyol, dan China, kasus lain mencapai lebih dari 60.000 tercatat di Jerman, yang memiliki 66.885 kasus. 

Jumlah kesembuhan pasien Virus Corona  COVID-19 di Jerman tercatat sebanyak 13.500 dengan 645 kematian. 

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Italia Mencatat Jumlah Kematian Terbesar

Petugas medis yang bekerja di Rumah Sakit Palang Merah di Wuhan,, China pada 28 Februari 2020. Virus Corona yang bermula di China tengah pada Desember 2019 kini menyebar secara global di mana lima negara terdampak paling besar, yakni Cina daratan, Korea Selatan, Iran, Italia dan Jepang (STR/AFP)
Petugas medis yang bekerja di Rumah Sakit Palang Merah di Wuhan,, China pada 28 Februari 2020. Virus Corona yang bermula di China tengah pada Desember 2019 kini menyebar secara global di mana lima negara terdampak paling besar, yakni Cina daratan, Korea Selatan, Iran, Italia dan Jepang (STR/AFP)

Mengutip dari gisanddata.maps.arcgis.com, jumlah kematian karena COVID-19 secara global tercatat sebanyak 37.686 jiwa. Terus Bertambah setiap hari.

Dalam data peta penyebaran Virus Corona COVID-19 tersebut kini ada 178 negara dan wilayah yang terjangkit termasuk China dan pasien dari Kapal Pesiar Diamond Princess.

Angka kematian paling besar tercatat di Italia, yang mencapai 11.591 jiwa. Bahkan Prancis mencatat jumlah kematian akibat Virus Corona COVID-19 harian terburuk pada Senin 30 Maret, melebihi 3.000 kasus untuk pertama kalinya.

Total kematian terbesar kedua berada di Spanyol, yang berjumlah 7.716 jiwa. Sementara pusat wabah Virus Corona jenis baru itu di Provinsi Hubei, China, kini turun setelahnya dengan 3.187 pasien meninggal.

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kota Sukabumi Tertinggi di Jabar Terdeteksi Corona Klaster Baru, dari Mana Penyebarannya?

Posted: 30 Mar 2020 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 300 orang terdeteksi positif virus Corona atau Covid-19 setelah hasil rapid test atau tes cepat yang digelar sejumlah daerah di Jawa Barat.

Dari situ, muncul fakta baru, bahwa Kota Sukabumi menjadi wilayah dengan angka tertinggi baru orang yang terdeteksi Covid-19.

"Di luar dugaan untuk tes di kota Sukabumi. Terjadi hasil tes yang paling besar dari seluruh kota/kabupaten di Jawa Barat," kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam siaran langsung Youtube Humas Jabar, Senin, 30 Maret 2020.

Meski tak merinci angka kasus orang terdeteksi positif tersebut, Emil mengaku pihak Pemprov Jabar telah memerintahkan Wali kota Sukabumi untuk melakukan tes tahap kedua serta melakukan karantina wilayah parsial.

Sementara itu, Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi membantah bahwa ratusan warga Sukabumi positif Corona.

"Yang pertama, warga Kota Sukabumi yang dilakukan rapid test itu jumlahnya adalah 60. Dan sampai saat ini dari 60 itu kita belum keluar hasilnya. Karena prosesnya berakhir hari ini," ujar Fahmi dari rekaman video yang diterima Liputan6.com, Senin, 30 Maret 2020.

Dia juga menyinggung kemungkinan adanya instansi lain di Kota Sukabumi yang juga menjalani rapid test. Hanya saja dia mengaku tidak mengetahui hasil dari tes tersebut.

"Yang dites hanya 60. Tetapi mungkin memang ada institusi lain yang melakukan proses rapid test ya saya belum dapat informasi dari institusi lain tersebut. Institusi yang ada di wilayah Kota Sukabumi tetapi bukan melakukan pemeriksaan kepada warga Sukabumi," Fahmi menandaskan. 

 

 **Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

7 Siswa Sekolah Pembentukan Perwira Sukabumi Berstatus ODP

Sementara itu, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Raden Prabowo Argo Yuwono membenarkan bahwa seluruh siswa Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) Polri di Sukabumi, Jawa Barat menjalani rapid test virus corona atau Covid-19.

Hasilnya, tujuh orang kini berstatus Orang Dalam Pengawasan (ODP).

"Semua siswa Setukpa memang di rapid test untuk mengetahui awal. Tujuh orang teridentifikasi ODP, isolasi 14 hari," tutur Argo saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (31/3/2020).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Via Vallen Bagi-bagi Sembako, Bantu Warga di Tengah Corona Covid-19

Posted: 30 Mar 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Merebaknya virus Corona Covid-19 membuat pemerintah meminta masyarakat untuk berdiam diri di rumah. Hal itu pun dilakukan oleh masyarakat tak terkecuali oleh para selebriti Tanah Air. Banyak para seleb yang memutuskan untuk menunda dan membatalkan sejumlah kegiatan mereka dan memilih untuk diam di rumah bersama keluarga. 

Salah satunya juga pedangdut asal Jawa Timur, Via Vallen. Jadi penyanyi dangdut yang kini sudah dikenal luas, Via Vallen juga turut mengikuti aturan pemerintah. Meski telah mengurangi kegiatannya di luar rumah, namun pedangdut kelahiran 1991 tersebut tak hanya diam saja. 

Pelantun lagu Bojo Galak tersebut bersama rekan dan saudaranya melakukan aksi membantu sesama. Via Vallen membagikan sembako ke warga sekitar dengan menggunakan motor. Aksi tersebut diketahui lewat unggahannya di laman Instagram pribadi pada Senin (30/3/2020). Dalam video, Via membagikan sembako kepada warga hingga orang-orang yang ia temui di pinggir jalan saat pandemi corona.

"Alhamdulillah bantuan sembako di situasi wabah #corona sebagian sudah di salurkan. Semoga tepat sasaran dan bisa sedikit meringankan," tulisnya. 

Ia juga meminta orang lain untuk melakukan hal yang sama agar dapat meringankan beban orang yang lebih membutuhkan. Aksinya tersebut tentu dipuji netizen. Berikut ini 6 potret Via Vallen bagi-bagi sembako saat pandemi corona, dirangkum darii Instagram @viavallen oleh Liputan6.com, Selasa (31/3/2020). 

1. Via Vallen berkeliling bagikan sembako ke masyarakat dengan naik motor.

Merebak virus Corona Covid-19, Via Vallen bagi-bagi sembako ke masyarakat. (Sumber: Instagram/@viavallen)
Merebak virus Corona Covid-19, Via Vallen bagi-bagi sembako ke masyarakat. (Sumber: Instagram/@viavallen)

2. Ia memilih menggunakan motor agar bisa masuk ke gang-gang sempit, sedangkan sembakonya menggunakan mobil.

Merebak virus Corona Covid-19, Via Vallen bagi-bagi sembako ke masyarakat. (Sumber: Instagram/@viavallen)
Merebak virus Corona Covid-19, Via Vallen bagi-bagi sembako ke masyarakat. (Sumber: Instagram/@viavallen)

3. Beberapa rumah warga menjadi sasaran sembako dari Via Vallen.

Merebak virus Corona Covid-19, Via Vallen bagi-bagi sembako ke masyarakat. (Sumber: Instagram/@viavallen)
Merebak virus Corona Covid-19, Via Vallen bagi-bagi sembako ke masyarakat. (Sumber: Instagram/@viavallen)

4. Tak sedikit orang yang menerima sembako dari Via mengucapkan terima kasih dan doa padanya.

Merebak virus Corona Covid-19, Via Vallen bagi-bagi sembako ke masyarakat. (Sumber: Instagram/@viavallen)
Merebak virus Corona Covid-19, Via Vallen bagi-bagi sembako ke masyarakat. (Sumber: Instagram/@viavallen)

5. Bahkan penjual bakso pun tak luput dari sasaran Via untuk menerima sembako darinya.

Merebak virus Corona Covid-19, Via Vallen bagi-bagi sembako ke masyarakat. (Sumber: Instagram/@viavallen)
Merebak virus Corona Covid-19, Via Vallen bagi-bagi sembako ke masyarakat. (Sumber: Instagram/@viavallen)

6. Orang-orang di pinggir jalan seperti tukang becak juga Via berikan sembako sebagai bentuk bantuan di tengah pandemi Corona Covid-19 ini.

Merebak virus Corona Covid-19, Via Vallen bagi-bagi sembako ke masyarakat. (Sumber: Instagram/@viavallen)
Merebak virus Corona Covid-19, Via Vallen bagi-bagi sembako ke masyarakat. (Sumber: Instagram/@viavallen)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Susun Formula Baru, UEFA Upayakan Musim 2019-2020 Selesai Agustus

Posted: 30 Mar 2020 09:20 PM PDT

Zurich - UEFA masih berusaha menyusun formula terbaru agar kompetisi sepak bola di Eropa yang tertunda musim ini bisa selesai pada Agustus 2020. Sebagai konsekuensinya, musim 2020-2021 akan dimulai sedikit telat.

Pandemi virus corona COVID-19 memberikan dampak yang sangat berpengaruh buat sepak bola Eropa. Sejumlah liga top Eropa terpaksa dihentikan karena situasi kacau, terutama di wilayah Italia dan Spanyol.

Tak cuma liga, Piala Eropa 2020 pun harus mundur satu tahun dan baru akan dihelat musim panas 2021 mendatang. Oleh karena itu, UEFA bersusah payah merumuskan formula terbaik agar sepak bola di Benua Biru kembali tertata rapi.

Satu aspek yang terdampak dari dihentikannya kompetisi sepak bola adalah perihal finansial. Membatalkan kompetisi membuat pemasukan dari hak siar praktis sirna. Premier League misalnya, kehilangan 750 juta pounds dari uang hak siar.

Operator Premier League memberikan batas waktu hingga 30 April sampai kompetisi kembali berjalan. Sementara Serie A dan La Liga belum membuat tenggat waktu karena Italia dan Spanyol merupakan dua negara Eropa paling parah terpapar virus corona.

Pada Minggu (29/3/2020) kemarin, ofisial medis Premier League, dr. Jenny Harries mengklaim, dibutuhkan waktu hingga enam bulan supaya Inggris dan negara-negara tetangga bisa kembali normal pasca lockdown.

Terancam Hilang

Suasana pertandingan Serie A antara Inter Milan dan Juventus di Allianz Stadium, Turin, Italia, Minggu (8/3/2020). Pertandingan yang dimenangkan Juventus 2-0 itu digelar tanpa penonton akibat kekhawatiran akan penyebaran virus corona (COVID-19). (Marco Alpozzi/LaPresse via AP)
Suasana pertandingan Serie A antara Inter Milan dan Juventus di Allianz Stadium, Turin, Italia, Minggu (8/3/2020). Pertandingan yang dimenangkan Juventus 2-0 itu digelar tanpa penonton akibat kekhawatiran akan penyebaran virus corona (COVID-19). (Marco Alpozzi/LaPresse via AP)

Pandemi virus corona COVID-19 telah membuat dunia sepak bola kelabakan. Kompetisi-kompetisi ditangguhkan. Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, bahkan tak menutup kemungkinan kalau musim ini bisa hilang.

Menurut Ceferin, yang bisa dilakukan saat ini hanya menunggu. Skenario terburuknya adalah jika sepak bola tetap belum bisa dilanjutkan kembali pada bulan Juni 2020.

"Di momen dramatis ini, yang paling penting adalah kesehatan orang-orang, juga untuk keluar dari krisis ini," kata Ceferin kepada La Repubblica. "Tentu saja, interupsi terhadap sepak bola berarti Eropa dan seluruh dunia telah terhenti."

"Kita tidak tahu kapan pandemi ini akan berakhir," lanjut Ceferin. "Namun, kami punya rencana A, B, bahkan C."

"Kami terus menjalin kontak dengan liga-liga, dengan klub-klub. Ada grup yang bekerja untuk itu. Kita harus menunggu, sama seperti sektor-sektor lainnya."

Ada beberapa solusi yang disiapkan UEFA untuk menyikapi situasi ini. Namun, jika tidak terealisasi, seluruh kompetisi sepak bola di Eropa bisa hilang.

"Bisa dimulai lagi di pertengah Mei, pertengahan Juni, atau akhir Juni. Jika itu tidak berhasil, maka musim ini kemungkinan hilang."

"Ada pula proposal untuk mengakhiri musim ini di awal musim depan, yang kemudian membuatnya (musim depan) ditunda, dimulai sedikit terlambat."

"Kita akan cari solusi terbaik untuk masing-masing liga dan klub."

"Sulit membayangkan semua laga harus digelar tanpa penonton," lanjut Ceferin. "Namun, sekarang kita bahkan tidak tahu apakah kita masih bisa lanjut, dengan atau tanpa penonton."

"Jika tak ada alternatif lain, masih lebih baik untuk menyelesaikan kompetisi-kompetisi. Saya bisa bilang bahwa saya tak berpikir tentang final European Cup tanpa penonton," imbuh sang presiden UEFA.

Sumber: La Repubblica, The Times

 

Disadur dari: Bola.com (penulis/editor, Gregah Nurikhsani, published 31/3/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Manfaat Jalan Kaki Pagi Bagi Kesehatan, Bantu Sehatkan Paru-Paru

Posted: 30 Mar 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manfaat jalan kaki pagi dapat memberikan berbagai macam keuntungan yang sangat banyak bagi tubuh. Bahkan dengan hanya melakukan aktivitas berjalan kaki saja, kamu sebenarnya sudah mendapat berbagai manfaat yang menyehatkan dan baik bagi tubuh.

Berjalan kaki merupakan cara paling murah, mudah dan menyenangkan untuk meningkatkan jumlah aktivitas fisikmu. Tentunya terdapat sangat banyak manfaat jalan kaki pagi apabila kamu melakukannya secara rutin.

Selain dapat membantu dalam menambah stamina, membuat jantung lebih sehat, dan membakar kalori berlebih, manfaat jalan kaki pagi adalah karena kondisi udara di pagi hari masih sangat segar dan dapat membuat tubuh serta pikiran menjadi lebih rileks. Bahkan manfaat jalan kaki pagi ini dapat semakin maksimal apabila kamu mengimbangi dengan pengaturan pola makan dan istirahat yang teratur.

Walau dengan banyaknya manfaat jalan kaki pagi tersebut, tapi sangat disayangkan karena masih banyak yang merasa enggan dan terkadang malas untuk melakukan kegiatan tersebut. Padahal tubuh akan terasa jauh lebih baik jika kita selalu melakukan aktivitas yang menuntut tubuh untuk bergerak.

Untuk lebih jauh mengetahui apa saja berbagai manfaat jalan kaki pagi yang bisa didapatkan untuk kesehatan tubuh, dibawah ini Liputan6.com, Selasa (31/3/2020) rangkum dari berbagai sumber berbagai manfaat jalan kaki pagi yang bisa didapatkan tubuh jika dilakukan secara rutin.

1. Membantu menyehatkan paru-paru

ilustrasi perempuan menghirup udara segar/copyright By violetblue (Shutterstock)
ilustrasi perempuan menghirup udara segar/copyright By violetblue (Shutterstock)

Manfaat jalan kaki pagi yang pertama adalah membantu menyehatkan paru-paru. Berjalan kaki di pagi hari dengan tempo yang lumayan cepat, sangat baik dalam membantu meningkatkan kesehatan paru-paru.

Pada saat berjalan dengan tempo yang cepat, maka otomatis akan semakin banyak udara yang masuk ke dalam paru-paru. Sedangkan udara yang dihirup pada pagi hari merupakan udara yang masih bersih dan belum terpapar oleh polusi baik asap kendaraan maupun debu, maka hal tersebut akan baik untuk paru-paru.

2. Dapat mengontrol gula darah dan mencegah diabetes

Sering tidur pagi bisa menyebabkan diabetes akibat gula darah naik (Sumber foto: Healthbusiness.com)
Sering tidur pagi bisa menyebabkan diabetes akibat gula darah naik (Sumber foto: Healthbusiness.com)

Jalan kaki di pagi hari secara rutin, dapat membantu kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil dan selalu terjaga, hal tersebut mampu mencegah datangnya penyakit diabetes. Karena pada saat melakukan aktivitas fisik, diperlukan energi dari kalori yang dihasilkan dari gula di tubuh.

Pada dasarnya semakin besar aktivitas fisik yang dilakukan, maka gula dalam tubuh akan berkurang, tetapi perlu diingat, bahwa gula dalam tubuh yang terlalu rendah sangat berbahaya dan dapat menyebabkan pingsan.

Ada baiknya jika beraktivitas fisik di pagi hari, cukup melakukan kegiatan yang ringan saja, agar gula dalam tubuh tetap terjaga dan tidak terlalu turun drastis.

3. Menurunkan tekanan darah

Mengukur tekanan darah (iStockphoto)
Mengukur tekanan darah (iStockphoto)

Manfaat jalan kaki pagi yang lainnya yaitu mampu membantu tekanan darah menjadi rendah dan mampu mengurai kerekatan antar sel darah. Pasalnya, apabila sel darah terlalu rekat, dapat berakibat pada terjadinya penggumpalan darah dan dikhawatirkan akan menimbulkan penyumbatan pada pembuluh darah.

4. Meningkatkan pembakaran lemak

Pernakah bertanya-tanya kemana lemak pergi saat Anda turun berat badan? Ini jawabannya. (iStockphoto)
Pernakah bertanya-tanya kemana lemak pergi saat Anda turun berat badan? Ini jawabannya. (iStockphoto)

Manfaat jalan kaki pagi selanjutnya adalah dapat meningkatkan pembakaran lemak di tubuh. Jalan kaki sendiri pada dasarnya merupakan aktivitas dengan gerakan lambat yang menggunakan berbagai macam otot dari kelompok otot besar pada kaki.

Otot besar pada kaki memerlukan energi yang lebih besar dibandingan dengan otot di bagian tubuh lain. Energi tersebut selain dari gula juga didapatkan dari lemak. Dengan kata lain lemak akan digunakan sebagai bahan bakar penggerak. Dengan intensitas yang sedang, 200 hingga 300 kalori dapat dibakar dalam satu jam.

5. Melepaskan hormon endorphin pada otak

Ilustrasi perasaan senang (Foto:Shutterstock)
Ilustrasi perasaan senang (Foto:Shutterstock)

Endorphin merupakan hormon yang memiliki kandungan senyawa kimia yang mampu memberi seseorang perasaan senang. Hormon endorphin merupakan hormon yang diproduksi oleh kelenjar pituitary, yang letaknya berada di bagian bawah otak.

Seperti zat kimia morphine, hormon endorphin ini bahkan dikenal mempunyai kekuatan hingga 200 kali lebih besar dibandingkan morphine. Sehingga tidak heran jika hormon ini sangat mampu membantu meningkatkan perasaan rileks saat melakukan jalan kaki di pagi hari.

6. Mencegah osteoporosis

Awas, Osteoporosis Juga Serang Usia Muda
Awas, Osteoporosis Juga Serang Usia Muda

Kesehatan pada tulang tidak hanya berasal dari kalsium dan manfaat vitamin D, tetapi juga membutuhkan gerakan yang dilakukan oleh badan dengan berjalan kaki di bawah sinar matahari pagi setidaknya 15 menit sehari.

7. Menjaga kesehatan jantung

Penyakit jantung koroner merupakan penyakit utama yang disebabkan oleh kolesterol tinggi.
Penyakit jantung koroner merupakan penyakit utama yang disebabkan oleh kolesterol tinggi.

Salah satu manfaat jalan kaki pagi adalah menjaga kesehatan jantung. Penyakit yang paling mematikan di dunia salah satunya adalah serangan jantung. Wajar saja karena jantung merupakan inti pada sistem tubuh manusia yang memiliki peran sangat penting untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Oleh sebab itu, banyak orang akan dengan suka rela melakukan apapun agar dapat mengobatinya.

Apabila kamu ingin memiliki jantung yang selalu sehat dan terhindar dari risiko serangan jantung, satu hal yang mudah dan murah untuk dilakukan adalah dengan mengambil dari manfaat jalan kaki pagi, karena mampu membntu meningkatkan kinerja jantung menjadi lebih baik, dan risiko mendapat serangan jantung dapat diminimalisir.

Nah setelah menyimak beberapa manfaat jalan kaki pagi di atas, semoga membantumu untuk semakin rutin dalam melakukan aktivitas fisik ya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Virus Corona Covid-19 Bisa Menempel di Benda Cukup Lama, Berapa Jam?

Posted: 30 Mar 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Salah satu cara virus corona Covid-19 menular yaitu karena memegang sebuah permukaan benda yang tercemar virus. Lalu berapa lama virus corona menempel di permukaan benda?

Merebaknya virus corona COVID-19 membuat para peneliti bergerak untuk mempelajari virus ini. Salah satunya dalam segi ketahanan virus di beberapa permukaan benda.

Menurut weforum.org, ketahanan virus tergantung pada jenis permukaan tempat mereka menempel. Penelitian menunjukkan, virus corona dapat bertahan hingga 72 jam di permukaan yang keras dan mengkilap.

"Virus hanya mereplikasi di dalam sel hidup, di luar sel, mereka berada dapat menginfeksi kita, atau hancur dengan sendirinya. Tingkat ketahanan virus di luar sel bervariasi," tulis weforum.org.

Para peneliti menemukan SARS-CoV-2 tetap menular di tetesan udara setidaknya selama tiga jam. Ini tidak berarti manusia yang terinfeksi menghasilkan cukup virus setelah batuk untuk menginfeksi orang lain. Tetapi kemungkinannya tetap ada.

Virus juga menyebar melalui sentuhan jika virus menempel di benda yang disentuh kemudian tangan itu diletakan di hidung atau mulut maka virus dapat menular. Permukaan yang keras dan mengkilap seperti plastik, stainless steel, dan kaca dapat mendukung virus bertahan di benda-benda tersebut selama 72 jam.

Tetapi keaktifan virus corona dapat menurun dengan cepat selama waktu tersebut. Sedang, pada permukaan berserat dan menyerap seperti karton, kertas, kain dan goni, virus akan tidak aktif dalam waktu lebih cepat daripada di benda keras dan mengkilap.

 

Mengurangi Risiko

ilustrasi cuci tangan/credit: @pixabay/ivabalk
ilustrasi cuci tangan/credit: @pixabay/ivabalk

 

Setiap orang memiliki risiko tinggi tertular COVID-19. Pasalnya, berbagai benda di tempat umum seperti gagang pintu, pegangan di bus, dan kursi penumpang bisa saja tertempel virus.

Tanpa disadari tangan menyentuh benda-benda itu ketika hendak pergi kerja, sekolah, atau kegiatan lain.

"Pikirkan tangan Anda sebagai musuh. Cuci dengan baik, dan jauh lebih sering daripada biasanya. Saat mencuci tangan, hindari terus-menerus menyentuh selaput lendir yang mengarah ke saluran udara Anda. Pada dasarnya, cobalah untuk tidak menggosok mata, dan menyentuh hidung, bibir, dan mulut Anda."

Dalam membantu memerangi penyebaran virus, beberapa cara kecil dapat dilakukan. Contohnya di Sydney, Australia, penyeberangan otomatis telah diatur sehingga orang tidak perlu menyentuh tombol.

Untuk memperlambat penyebaran COVID-19, orang-orang dapat menganggap segala sesuatu yang ada di luar rumah memiliki potensi kontaminasi yang tinggi. Sering mencuci tangan setelah memegang benda dan tidak membiasakan memegang wajah adalah langkah awal yang baik.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasang Wastafel Portabel, Risma Imbau Warga Surabaya Cuci Tangan dan Muka

Posted: 30 Mar 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) menyampaikan salah satu cara melawan virus corona baru (Sars-CoV-2) yang sebabkan COVID-19 dengan mencuci tangan. Namun, menurut Risma, cuci tangan saja belum cukup untuk membersihkan virus tetapi juga harus diikuti dengan cuci muka.

Hal tersebut disampaikan Risma usai  acara penyerahan secara simbolik bantuan berupa sabun cair Nuvo sebanyak 700 liter dan wastafel portabel yang diserahkan langsung oleh Rebecca Tanoyo selaku Direktur PT Wings Surya di Balai Kota Surabaya, Selasa (31/3/2020).

"Kami akan ganti sabun cair di seluruh wastafel portabel yang biasanya digunakan untuk cuci tangan. Dengan sabun cair yang baru ini, warga Surabaya juga bisa cuci muka," tutur Wali Kota Risma.

Risma mengatakan, walaupun kulit agak kering setelah menggunakan sabun ini tapi yang terpenting bersih dan terbebas dari COVID-19.

"Lebih baik mencegah dari pada mengobati, karena rumah sakit dan petugas medis kita sudah kewalahan menangani pasien yang sakit," kata dia.

Risma menuturkan, sabun dan hand sanitizer juga merupakan disinfektan. Bilik disinfektan yang sudah disediakan oleh Pemkot Surabaya, cairannya sudah aman.

"Kita sudah konsultasi dengan Departemen Farmasi Universitas Airlangga, guru besar Bu Ratna kepala departemennya, beliau menyampaikan cairan disinfektan kita aman," ucapnya.

Risma mengaku membaca artikel Vietnam berhasil mencegah penyebaran COVID-19 salah satunya dengan menggunakan  bilik disinfektan ini. Mengingat virus Sars-CoV-2 ini juga senang menempel di logam dan juga tidak hanya di tangan.

"Jadi menurut analisa saya, kalau cuci tangan saja tidak cukup karena jika virus ini justru menempel di sabuk dan kancing baju yang terbuat dari logam maka akan bisa jadi berbahaya. Dan kenapa saya minta sabun ini karena saya berharap mukanya juga bisa dicuci dengan sabun dan diusapkan ke rambut hingga ke telinga, menurut saya seperti itu," ujar Risma.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Terapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat

Acara penyerahan secara simbolik bantuan berupa sabun cair Nuvo sebanyak 700 liter dan wastafel portabel yang diserahkan langsung oleh Rebecca Tanoyo selaku Direktur PT Wings Surya di Balai Kota Surabaya, Selasa (31/3/2020).
Acara penyerahan secara simbolik bantuan berupa sabun cair Nuvo sebanyak 700 liter dan wastafel portabel yang diserahkan langsung oleh Rebecca Tanoyo selaku Direktur PT Wings Surya di Balai Kota Surabaya, Selasa (31/3/2020).

Sementara itu, Direktur PT Wings Surya Rebecca Tanoyo menyampaikan, langkah yang dilakukan ini sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap kebersihan dan kesehatan masyarakat Kota Surabaya dalam mencegah penyebaran COVID-19.

"Dengan adanya sabun cair Nuvo dan wastafel portable ini, kami mengajak masyarakat Kota Surabaya untuk tetap menerapkan pola hidup bersih, salah satunya dengan rajin mencuci tangan dan wajauh atau muka dengan sabun," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1.332 Koperasi dan UMKM Terdampak Corona hingga 29 Maret 2020

Posted: 30 Mar 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) merilis kembali jumlah pengaduan dari Koperasi serta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) yang terdampak virus corona.

Dalam keterangan tertulis yang dikutip Liputan6.com, Selasa (31/3/2020), terdapat 1.332 Koperasi dan UMKM yang terdampak Corona selama periode 17 – 29 Maret 2020.

Berdasarkan presentase keseluruhan, rata-rata Koperasi dan UMKM tersebut melaporkan bahwa dampak virus Corona ini menyebabkan menurunnya penjualan. Terdapat 917 Koperasi dan UMKM atau setara dengan 69 persen yang menyatakan turun penjualannya.

Dengan klasifikasi wilayah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan, Dan Kalimantan Selatan.

Keluhan lainnya yang dilaporkan adalah sulitnya bahan baku, sejumlah 67 Koperasi dan UMKM  atau setara dengan 5 persen yang mengalami kendala. Wilayahnya yakni Banten, DKI Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa tengah.

 

Terganggu Distribusi hingga Permodalan

Presiden Jokowi membuka acara UMKM Export BRILian Preneur 2019. Sumber foto: Document/BRI.
Presiden Jokowi membuka acara UMKM Export BRILian Preneur 2019. Sumber foto: Document/BRI.

Selain itu, terkait distribusi baik penyaluran bahan baku, penjualan, dan lainnya, yang menyebabkan terhambatnya aktivitas distribusi KUMKM. Sebanyak 119 Koperasi dan UMKM atau setara dengan 9 persen yang mengeluhkan terkait hal ini.

Wilayahnya, yakni Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, DKI Jakarta, Riau, Sulawesi Utara dan Banten.

Dari sisi permodalan juga ada yang terganggu akibat virus corona ini, yakni sejumlah 179 Koperasi dan UMKM atau setara dengan 13 persen, menyatakan bahwa mereka sulit mendapatkan permodalan usaha.

Wilayah yang terdampak, yaitu Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Bali, Jambi, Jawa Barat, Yogyakarta,Bali, Kepulauan Riau dan DKI Jakarta.

Terakhir, mengenai aktivitas produksi terhambat, sejumlah 50 Koperasi dan UMKM atau setara dengan 4 persen menyatakan produksinya menurun bahkan terpaksa tidak melanjutkan produksi.

Wilayah nya Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Bengkulu, Kepulauan Riau dan DKI Jakarta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alumni Matematika UI Buat Simulasi 3 Skenario Pandemi Covid-19 di Indonesia

Posted: 30 Mar 2020 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tim peneliti yang terdiri dari empat orang alumni Program Studi Matematika Universitas Indonesia (UI)--Barry Mikhael Cavin, Rahmat Al Kafi, Yoshua Yonatan Hamonangan, dan Imanuel M. Rustijono--membuat simulasi pandemi Covid-19 di Indonesia dengan tiga skenario.

Simulasi yang menggunakan model bernama SIRU--Susceptible, Infected, Reported, dan Unreported--ini antara lain merujuk pada sebuah penelitian mengenai kasus Covid-19 di Tiongkok yang berjudul "Understanding Unreported Cases in the COVID-19 Epidemic Outbreak in Wuhan, China, and the Importance of Major Public Health Interventions". Selain itu, simulasi ini menggunakan data kasus akumulatif dari 2 hingga 29 Maret yang dirilis di kawalcovid19.id.

Susceptible berarti seseorang mungkin saja tertular dan ini bisa berlaku bagi siapa pun. Infected berarti seseorang sudah terinfeksi tetapi belum menunjukkan gejala (periode inkubasi).

Adapun Reported berarti seseorang terinfeksi, menunjukkan gejala, dan sudah terlapor. Sementara Unreported berarti seseorang terinfeksi tetapi tidak melapor karena gejalanya ringan atau alasan lainnya.

"Kami meyakini bahwa sebenarnya banyak orang yang terinfeksi namun tidak menunjukkan gejala, seperti di negara lain," kata Barry dan rekan-rekannya.

Mengacu pada grafik di atas, pandemi Covid-19 di Indonesia akan mencapai puncaknya pada 16 April dengan 546 kasus positif baru. Tren ini lalu akan mereda pada akhir Mei hingga awal Juni. Selain itu, grafik di atas juga menunjukkan adanya gap yang sangat besar antara Reported dan Infected.

"Berdasarkan data, 1 orang positic Covid-19 bisa menularkan penyakit ini kepada 2-3 orang. Dengan jumlah penduduk terinfeksi yang mencapai ribuan orang, jika implementasi physical distancing tidak dilaksanakan secara disiplin, maka akan semakin banyak orang yang tertular dan menjadi reported case," tutur para peneliti lebih lanjut.

Tiga Skenario

Para peneliti juga menyebut bentuk intervensi pemerintah seperti menutup tempat hiburan dan memberlakukan Work From Home turut berkontribusi dalam mengurangi laju interaksi antarmanusia.

Berdasarkan fungsi laju interaksi antarmanusia yang dibuat, para peneliti mencoba memetakan tiga skenario.

Skenario 1

Per 1 April 2020 tidak ada kebijakan tegas dan strategis dalam mengurangi interaksi antarmanusia. Puncak pandemi akan terjadi pada 4 Juni dengan 11.318 kasus positif baru dan akumulasi kasus positif mencapai ratusan ribu kasus. Akhir pandemi akan berlangsung antara akhir Agustus dan awal September.

Skenario 2

Per 1 April 2020 sudah ada kebijakan tetapi kurang tegas dan kurang strategis dalam mengurangi interaksi antarmanusia, serta masyarakat tidak disiplin menerapkan physical distancing. Puncak pandemi akan terjadi pada 2 Mei dengan 1.490 kasus positif baru dan akumulasi kasus positif mencapai 60.000 kasus. Akhir pandemi akan berlangsung antara akhir Juni dan awal Juli.

Skenario 3

Per 1 April sudah ada kebijakan tegas dan strategis dalam mengurangi interaksi antarmanusia, serta masyarakat disiplin menjalankan physical distancing. Puncak pandemi akan terjadi pada 16 April dengan 546 kasus positif baru dan akumulasi kasus positif mencapai 17.000 kasus. Akhir pandemi akan berlangsung antara akhir Mei dan awal Juni.

Terakhir, para peneliti menekankan bahwa model ini masih bersifat dinamis dan bergantung pada pemerintah dan masyarakat. 

"Model ini masih sangat dinamis, sehingga bergantung juga pada kebijakan-kebijakan pemerintah ke depannya dan keseriusan masyarakat dalam menjalankan kebijakan yang diberlakukan," tutur para peneliti.

(Why/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Satu Pasien Terkait Corona Covid-19 Meninggal Dunia di RS Darurat Wisma Atlet

Posted: 30 Mar 2020 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Satu pasien terkait virus Corona atau Covid-19 meninggal dunia di Rumah Sakit darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksdya TNI Yudo Margono, mengatakan pasien tersebut meninggal kemarin malam 30 Maret 2020.

Pasien tersebut telah dirawat sejak 24 Maret 2020 dan berstatus pasien dalam pemantauan (PDP) Corona.

"Iya kemarin pukul 20.52 WIB telah meninggal 1 orang pasien suspect covid (PDP), wanita, umur 23 tahun," kata Yudo saat dikonfirmasi, Selasa (31/3/2020).

Adapun jumlah pasien yang dirawat di RS Wisma Atlet per 31 Maret 2020 pukul 08.00 WIB, berjumlah 413 orang, dengan rincian 253 pria dan 160 wanita.

101 Orang Positif Corona

Sedangkan, menurut Yugo, yang positif berjumlah 101 orang.

"Positif Covid 101 orang, PDP 232 orang, dan ODP 80 orang," pungkasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AS-Eropa Jadi Episentrum Corona, Jokowi Minta Aturan Perlintasan WNA Diperkuat

Posted: 30 Mar 2020 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta agar aturan yang mengatur perlintasan Warga Negara Asing (WNA) masuk ke Indonesia dievaluasi secara berkala. Hal ini demi mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19) ke Indonesia.

"Saya minta kebijakan yang mengatur perlintasan WNA ke Indonesia dievaluasi secara reguler secara berkala untuk antisipasi pergerakan Covid-19 dari berbagai negara yang ada di dunia," ujar Jokowi dalam rapat terbatas melalui video conference dari Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Selasa (31/3/2020).

Menurut dia, saat ini lebih dari 202 negara menghadapi tantangan virus Corona. Epicentrum atau penyebaran virus ini pun telah bergesar dari China ke Amerika Serikat dan Eropa.

Amerika Serikat menjadi yang tertinggi dengan 161.088 kasus virus Corona dan diikuti Italia 101.739 kasus dan Spanyol 87.956 kasus. Sementara itu, China yang menjadi negara ditemukannya virus Corona memiliki 81.470 kasus.

Untuk itu, Jokowi menekankan perlunya kebijakan perlintasan WNA ke Indonesia diperkuat. Pasalnya, sejumlah negara menghadapi kasus penyebaran virus Corona yang disebabkan imported case atau terinfeksi dari luar negeri.

"Kita harus perkuat kebijakan yang mengatur perlintasan lalu lintas WNA ke Indonesia," kata dia.

Sementara terkait WNI yang pulang dari luar negeri, dia menyatakan bahwa pemerintah tetap akan melindungi kesehatan kesehatan WNI yang kembali dan seluruh masyarakat di Tanah Air. Sehingga, Jokowi meminta agar protokol kesehatan dilakukan secara ketat di bandara, pelabuhan, dan pos lintas batas demi mencegah penyebaran virus Corona semakin meluas.

"Kemudian mungkin bagi yang tidak ada gejala bisa dipulangkan ke daerah masing-masing tapi statusnya ODP (Orang Dalam Pemantauan). Jadi setelah sampai di daerah betul-betul kita harus menjalankan protokol isolasi secara mandiri dengan penuh disiplin," jelas Jokowi.

Pembatasan Sosial untuk Cegah Corona Harus Didampingi Kebijakan Darurat Sipil

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (30/10/2019). Rapat terbatas perdana dengan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju itu mengangkat topik Penyampaian Program dan Kegiatan di Bidang Perekonomian. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (30/10/2019). Rapat terbatas perdana dengan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju itu mengangkat topik Penyampaian Program dan Kegiatan di Bidang Perekonomian. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menetapkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar dalam menghadapi pandemi virus Corona (Covid-19). Menurut dia, pembatasan sosial perlu didampingi kebijakan darurat sipil.

"Saya minta kebijakan pembatasan sosial berskala besar, physical distancing, dilakukan lebih tegas, lebih disiplin dan lebih efektif lagi," kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas melalui video conference dari Istana Kepresidenan Bogor, Senin (30/3/2020).

"Sehingga tadi sudah saya sampaikan, bahwa perlu didampingi adanya kebijakan darurat sipil," sambungnya.

Jokowi meminta jajaran menterinya menyiapkan aturan pelaksanaan dalam menjalankan kebijakan pembatasan sosial berskala besar. Aturan itu akan dijadikan panduan di level provinsi, kabupaten, dan kota.

Jokowi juga mengingatkan agar seluruh kepala daerah memiliki visi yang sama dalam menangani virus Corona. Dalam hal ini, dia menegaskan bahwa karantina wilayah merupakan kebijakan pemerintah pusat.

"Saya ingatkan kebijakan kekarantinaan kesehatan termasuk karantina wilayah adalah kewenangan pemerintah pusat, bukan kewenangan pemerintah daerah," jelasnya.

Di samping itu, dia meminta agar seluruh apotek dan toko yang menyuplai kebutuhan pokok tetap buka dan melayani kebutuhan warga. Namun, dia menekankan agar ada penerapan protokol jaga jarak yang ketat.

"Kemudian bagi UMKM, pelaku usaha dan pekerja informal tadi sudah kita bicarakan bahwa pemerinta segera menyiapkan program perlindungan sosial dan stimulus ekonomi," tutur Jokowi.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Catat, Ini Durasi Corona Covid-19 Bertahan di 7 Permukaan Benda

Posted: 30 Mar 2020 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Indonesia harus ekstra berhati-hati saat ini karena berhadapan dengan Corona Covid-19 yang merajalela. Beragam cara dapat dilakukan untuk mengurangi risiko penularan.

Mulai dari physical distancing atau menjaga jarak, sering mencuci tangan dengan sabun, minimalkan menyentuh wajah, hingga meningkatkan imunitas tubuh dengan mengonsumsi makanan-makanan bergizi.

Tak hanya itu, cara lain seperti disinfektan terhadap berbagai benda mati juga bisa dilakukan demi mengurangi risiko terpapar virus Corona SARS-Cov-2.

Seperti diberitakan kanal Bola Liputan6.com, barang-barang yang bisa dibersihkan antara lain telepon genggam, gagang pintu, sakelar lampu, laptop dll. Baru-baru ini, dalam sebuah penelitian mengemukakan bahwa virus Corona COVID-19 bisa menginfeksi permukaan benda yang dipegang oleh orang terinfeksi.

Itu artinya, virus cororna berupa COVID-19 yang terdapat dalam tubuh manusia bisa bertahan hidup pada benda atau permukaan. Pertanyaannya, berapa lama virus Corona SARS-CoV-2 bertahan pada benda mati?

Berikut ini redaksi Bola.com mencoba mengulasnya dari berbagai sumber, seberapa lama virus Corona SARS-CoV-2 bertahan di permukaan benda.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Waktu Virus Corona COVID-19 Bertahan di Permukaan

1. Kaca

Virus corona SARS-CoV-2 ternyata juga bisa bertahan pada permukaan licin seperti kaca. Virus tersebut bisa hidup lama di kaca selama kurang lebih lima hari.

Maka dari itu perlu sering-sering membersihkan benda-benda yang terbuat dari kaca.

2. Plastik dan Baja

Virus corona COVID-19 diketahui bisa hidup lama di plastik dan baja, termasuk besi. Virus tersebut dapat bertahan hingga sekitar 72 jam setara dengan 2 atau 3 hari. Tetapi jumlah virus yang layak atau mampu menularkan, menurun tajam selama waktu ini.

3. Tembaga

Melansir dari New York Times dan USAToday, virus corona SARS-CoV-2 yang menempel pada tembaga akan bertahan selama kurang lebih empat jam.

 

4. Udara

Peneliti menyebutkan bahwa virus corona dapat ditangguhkan selama sekitar setengah jam di udara sebelum menetap di permukaan sebuah benda. Meski begitu, virus corona bertahan di udara masih dalam tahap penelitian lebih lanjut.

Sementara itu Dr. Vincent Munster, ahli virologi National Institute of Allergy and Infectious Diseases, menyebutkan bahwa virus bisa bertahan sekitar 10 hingga 30 menit di udara. Namun, ada pula yang menyebutkan virus tersebut bisa bertahan di udara sampai tiga jam.

5. Kertas

Melansir dari The New York Times, virus corona mampu bertahan hidup dan menempel selama 24 jam di kardus. Jika dibanding dengan lainnya, kardus memiliki risiko tertempel virus corona lebih rendah.

Kendati demikian, bagi kalian yang menggunakan kardus, sebaiknya tetap bisa waspada dan berhati-hati.

6. Kayu

Kalian mungkin takut untuk membuka pintu lantaran berpikir akan adanya virus yang menempel di permukaannya. Meski masih dalam penelitian lebih lanjut berapa lama virus Corona dapat bertahan di kayu, namun karena permukaannya yang keras masih ada kemungkinan sama dengan benda keras lain.

7. Sarung Tangan

Bagi Anda yang memakai sarung tangan, sebisa mungkin untuk selalu mencucinya setelah memakai karena virus juga bisa bertahan cukup lama pada sarung tangan.

Virus Corona SARS-CoV-2 bisa tetap hidup di sarung tangan hingga 8 jam.

Sumber: berbagai sumber

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gaya PM Malaysia Muhyiddin Yassin Saat Belanja ke Supermarket Saat Pandemi Corona COVID-19

Posted: 30 Mar 2020 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin meluangkan waktunya untuk berbelanja kebutuhan pokok di supermarket di tengah pandemi corona Covid-19 yang terjadi di Malaysia.

Penampilan Muhyiddin Yassin itu terlihat sederhana, layaknya pengunjung supermarket yang lain. Dia mengenakan kemeja lengan pendek bermotif dan celana panjang coklat.

Di tengah pandemi corona COVID-19, Muhyiddin Yassin memakai masker putih dan sarung tangan plastik. Sebuah jam tangan hitam melingkari lengan kirinya.

Dilansir dari The Star, Senin, 30 Maret 2020, Muhyiddin tidak hanya berbelanja kebutuhan pokok, tapi juga memerika pasokan barang selama periode perintah kontrol gerakan (movement control order/MCO).

Dalam sebuah unggahan dalam akun Facebook, Muhyiddin Yassin mengatakan bahwa dia ingin melihat bagaimana anggota masyarakat bersikap selama periode tersebut. 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Dorong Troli

Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin sedang berbelanja di supermarket sambil mendorong troli (Dok.Facebook/Muhyiddin Yassin)
Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin sedang berbelanja di supermarket sambil mendorong troli (Dok.Facebook/Muhyiddin Yassin)

"Pagi ini, saya bisa mengunjungi supermarket di Kuala Lumpur. (Saya) sedang mencari beberapa barang sambil menonton bagaimana orang berperilaku di supermarket," ujar Muhyiddin Yassin seperti dikutip dari The Star.

Muhyiddin bersyukur memperhatikan warganya yang menjaga jarak sosial saat berbelanja.  Selain itu, barang-barang di supermarket juga penuh, sehingga tidak perlu panik.

"Alhamdulillah, banyak yang menyadari perlunya menjaga jarak sosial. Supermarket juga penuh. Kami tidak perlu panik," kata Muhyiddin.

Dalam unggahannya itu, Muhyiddin Yassin sedang mendorong troli dengan beberapa barang belanjaannya. Unggahan Muhyiddin tersebut mendapat simpati dari warga Malaysia.

"Alhamdullilah...didoakan Semoga TSMY sentiasa dlm keadaan sihat, dipanjangkan umur, success selalu dan sentiasa diberkati Allah...," kata seorang warganet. "Terbaik PM.. Kami mendoakan semoga Tsmy diberi kesihatan yg baik. We all Love you ❤," imbuh warganet yang lain.

Saksikan video pilihan di bawah ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lawan COVID-19, PPSDM Migas Donasikan Bilik Desinfektan ke Puskesmas di Cepu

Posted: 30 Mar 2020 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Cepu Semakin meluasnya wabah Covid-19, menjadikan PPSDM Migas ikut serta untuk berperan serta aktif menanggulangi penyakit tersebut. Sejumlah langkah berkesinambungan untuk pencegahan sudah dilakukan oleh PPSDM Migas baik di lingkungan internal kantor maupun di lingkungan sekitar sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama.

Pada hari Senin, 30 Maret 2020 PPSDM Migas menyerahkan sejumlah bilik desinfektan dan tempat cuci tangan portabel ke beberapa Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di wilayah Cepu, yaitu ke  Puskesmas Cepu, Puskesmas Sambong dan Puskesmas Ngroto.

"Ini (bilik desinfektan dan tempat cuci tangan portable) sebagai bentuk kepedulian PPSDM Migas untuk pencegahan penyebaran virus COVID-19 bagi masyarakat Cepu dan sekitarnya. Beberapa Puskesmas di sekitar Cepu kita beri bilik desinfektan karena mereka adalah garda terdepan dalam melayani masyarakat khususnya dibidang kesehatan," kata Wakhid Hasyim Kepala PPSDM MIGAS saat menyerahkan salah satu bilik desinfektan dan tempat cuci tangan portable di Puskesmas Cepu.

Heri, Kepala Puskesmas Cepu sangat berterima kasih dengan pemberian bilik desinfektan dan tempat cuci tangan portable ini.

"Kedua alat ini sangat bermanfaat bagi kami, terima kasih atas perhatian dan kepedulian PPSDM MIGAS," ujar Heri.

 

 

 

Wajib Cuci Tangan

PPSDM Migas menyerahkan sejumlah bilik desinfektan dan tempat cuci tangan portabel ke beberapa Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di wilayah Cepu.
PPSDM Migas menyerahkan sejumlah bilik desinfektan dan tempat cuci tangan portabel ke beberapa Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di wilayah Cepu.

Sementara itu Chatarina Dumiati, Kepala Tata Usaha Puskesmas Sambong juga mengucapkan terima kasih kepada PPSDM MIGAS yang telah berpartisipasi dalam kegiatan pencegahan virus COVID-19. 

"Di tempat kami kedua alat ini sangat penting dan bermanfaat karena akhir-akhir ini banyak masyarakat yang mudik dari luar kota untuk kembali ke Sambong dan pastinya mereka lapor kesehatan terlebih dahulu ke puskesmas. Semua pasien nantinya akan kami anjurkan terlebih dahulu melewati bilik desinfektan dan cuci tangan," ujar Dumiati.

Wakhid Hasyim juga mengungkapkan bahwa  bilik desinfektan dan tempat cuci tangan portable juga diletakkan di depan kantor PPSDM Migas, sarana pelatihan, serta wisma tempat peserta pelatihan menginap. 

"Bilik desinfektan juga bertujuan untuk membunuh mikroorganisme yang kandungan desinfektan yang aman untuk manusia," imbuhnya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Potret Tingkah Kocak Para Pengendara Motor

Posted: 30 Mar 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kalian tentu biasa melihat pengendara motor di jalan-jalan yang kalian lewati. Namun pernahkah kalian melihat pengendara motor dengan tingkah tak biasa?

Pasalnya tak sedikit loh pengendara motor yang kelewat kreatif mulai dari memodifikasi motornya dengan nyeleneh hingga melakukan hal kocak ketika berkendara.

Artikel tentang deretan tingkah kocak pengendara motor yang bikin kalian geleng-geleng kepala menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang video viral para medis menghibur diri dengan main Tik Tok.

Sementara artikel terpopuler ketiga tentang 3 zodiak yang dikatakan selalu berhasil mencuri perhatian banyak orang.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 7 Potret Tingkah Kocak Pengendara Motor Ini Bikin Geleng-Geleng Kepala

Doc: Instagram.com
Doc: Instagram.com

Kendaraan roda dua ini bisa dibilang favorit banyak orang. Karena bentuknya, motor mudah melewati jalanan sempit dan mendukung mobilitas sehari-hari.

Tak hanya itu, motor juga paling mudah dimodifikasi dan tak butuh banyak biaya seperti modifikasi mobil. Lucunya, terkadang pengendara motor memiliki tingkah kocak saat membawa motor mereka.

Selengkapnya…

2. Viral Video Para Medis Hibur Diri dengan Main Tik Tok

foto: Twitter @HezekiaBenjamin / TikTok @2151155755
foto: Twitter @HezekiaBenjamin / TikTok @2151155755

Saat ini para medis menjadi garda terdepan yang membantu memerangi pandemi Corona atau Covid-19. Tentu bukanlah hal yang mudah untuk bisa terus menjaga diri agar selalu sehat dan menjaga pikiran tak jenuh selama bertugas.

Bagaimana tidak, mereka harus menghabiskan waktu seharian penuh merawat pasien terinfeksi Covid-19. Belum lagi penggunaan baju hazmat membuat mereka merasa tak nyaman.

Selengkapnya…

3. Bikin Iri, 3 Zodiak Ini Selalu Curi Perhatian Banyak Orang

ilustrasi zodiak perempuan/Photo by Hanny Naibaho on Unsplash
ilustrasi zodiak perempuan/Photo by Hanny Naibaho on Unsplash

Tak sedikit orang yang enggan diperhatikan oleh sekitarnya dalam suatu waktu. Ya, bisa jadi tatapan tajam orang menjadi hal yang menakutkan baginya. Namun rupanya, ada pula orang yang justru senang menjadi pusat perhatian orang banyak.

Seperti contohnya deretan zodiak yang dikatakan memiliki aura sangat baik ini. Dikutip dari Fimela, berikut deretan zodiak tersebut.

Selengkapnya…

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemprov Jabar Siapkan Gedung BPSDM Jadi Pusat Isolasi ODP dan PDP Tanpa Gejala

Posted: 30 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat menyiapkan pusat isolasi mandiri virus Corona Covid-19 dengan menyulap fasilitas milik Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jabar menjadi pusat isolasi mandiri.

Gedung yang berada di Jalan Kolonel Masturi No.11, Kota Cimahi, itu dijadikan pusat isolasi mandiri sebagai langkah preventif sekaligus rehabilitatif dalam proses perawatan orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) tanpa gejala.

"Misalnya, PDP yang tadinya positif lalu jadi negatif, tapi mereka masih harus dijaga. Karena yang negatif dua kali yang baru boleh pulang ke rumah, jadi yang negatif baru satu kali dipindahkan ke sini," kata Kepala Dinkes Jabar Berli Hamdani dalam keterangan tertulisnya, Minggu (29/3/2020).

Selain untuk PDP tanpa gejala, Berli berujar bahwa ODP yang khawatir menularkan kepada anak dan keluarga, bisa tinggal di sana sampai 14 hari.

Untuk tenaga kesehatan, Dinkes Jabar bekerja sama dengan RSUD Kesehatan Kerja (RSKK) Jabar. Sebanyak 150 tenaga kesehatan akan bersiaga di pusat isolasi mandiri tersebut. Selain itu, RSKK juga akan menunjang peralatan kesehatan yang dibutuhkan.

"Perawat 40 orang, dokter (13), juga ada farmasi dan tenaga medis lainnya. Total 150 orang dari RSKK. Penunjang peralatan medis dan nonmedis semua dari RSKK," katanya.

Terpisah, Kepala BPSDM Provinsi Jabar Muhamad Solihin mengatakan, pihaknya siap mendukung upaya Pemprov Jabar dalam menangani pandemi Covid-19 dengan menyediakan lebih dari 500 kamar untuk fasilitas pusat isolasi mandiri.

"Untuk kamar itu ada sekitar 235 kamar. Sementara untuk bungalow, ada 80 masing-masing empat kamar, jadi ada 320 kamar. Jadi, pada prinsipnya kamar-kamar dan fasilitas yang kami siapkan bisa dipergunakan," ujar Solihin.

Sedangkan, Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna mengatakan, fasilitas BPSDM Jabar cukup menunjang dan memiliki udara yang cukup bersih. Dia juga berharap, pusat isolasi mandiri ini dapat lebih mengoptimalkan penanggulangan Covid-19 di Jabar.

"Baik sekali menurut saya, karena rumah sakit juga sudah tidak bisa menampung lagi, dan ini cukup banyak ruangannya, udaranya juga cukup segar disini. Saya mendukung dan tentunya mudah-mudahan ini bisa lebih bisa dioptimalkan, dan saya harap ini kosong tempatnya, karena kalau kosong berarti penyakitnya sudah tidak ada lagi," ujarnya.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

 

Simak video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Penyebaran Corona di Rutan, Menkumham Bebaskan Sebagian Narapidana

Posted: 30 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly akan membebaskan sebagian narapidana dan anak-anak untuk mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19 di rumah tahanan dan lembaga pemasyarakatan. Pembebasan sebagian narapidana itu akan melalui asimilasi dan pembebasan bersyarat.

"Pengeluaran dan pembebasan narapidana dan anak melalui asimilasi dan integrasi adalah upaya pencegahan dan penyelamatan narapidana dan anak yang berada di Lembaga Pemasyarakatan, Lembaga Pembinaan Khusus Anak, dan Rumah Tahanan Negara dari penyebaran Covid-19," ungkap Menkumham Yasonna dalam surat keputusan bernomor M.HH -19.PK.01.04.04. Tahun 2020 itu, Senin (30/3/2020).

Ada beberapa ketentuan bagi narapidana dan anak yang akan dibebaskan melalui asimilasi menurut keputusan tersebut. Adapun ketentuannya adalah, bagi narapidana yang dua pertiga masa pidananya jatuh pada 31 Desember 2020. Kemudian bagi anak setengah masa pidananya jatuh pada 31 Desember 2020.

Syarat lainnya adalah narapidana dan anak tersebut tidak terikat dengan PP Nomor 99 Tahun 2012 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan. Serta tidak sedang menjalani subsider dan bukan warga negara asing.

"Asimilasi dilaksanakan di rumah dan surat keputusan asimilasi diterbitkan Kepala Lapas, Kepala LPKA, dan Kepala Rutan," beber Menkumham.

Sementara ketentuan narapidana dan anak yang dibebaskan dengan cara integrasi, yakni pembebasan bersyarat, cuti bersyarat, dan cuti menjelang kebebasan adalah narapidana yang telah menjalani dua pertiga masa pidananya. Sementara bagi anak adalah mereka yang telah menjalani setengah masa pidananya.

"Narapidana dan anak tidak terkait dengan PP Nomor 99 Tahun 2012, yang tidak sedang menjalani subsider dan bukan warga negara asing," katanya.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

 

Diusulkan Melalui Sistem Database

Yasonna dalam keputusan itu mengungkapkan, usulan napi dan anak yang akan dibebaskan dilakukan melalui sistem database pemasyarakatan dan surat keputusan integrasi diterbitkan oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan.

Sedangkan untuk pembimbing dan pengawasan integrasi dan asimilasi dilaksanakan oleh Balai Pemasyarakatan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: