Senin, 23 Maret 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Cegah Covid-19 Meluas, Kampus USU Lockdown hingga 7 April

Posted: 23 Mar 2020 10:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Universitas Sumatera Utara (USU) mengarantina atau lockdown kampusnya selama dua pekan. Karantina dimulai pada 24 Maret hingga hingga 7 April 2020 mendatang.

"Memperhatikan penularan Covid-19 yang terus meluas dan mengkhawatirkan, maka demi mencegah semakin meluasnya penularan Covid-19 maka terhitung sejak hari Selasa, 24 Maret 2020 hingga 7 April 2020 kampus USU ditutup secara penuh (lockdown)," bunyi Surat Edaran Rektor USU, Runtung tentang Upaya Peningkatan Pencegahan Covid-19 di Lingkungan Universitas Sumatera Utara.

Dalam surat edaran tersebut, rektor juga mengimbau para sivitas akademika USU melakukan proses belajar mengajar dan pekerjaan dari tempat tinggalnya masing-masing.

"Selama lockdown, rumah sakit gigi dan mulut, poliklinik, fasilitas olahraga, gedung-gedung pertemuan, kantor unit kegiatan mahasiswa dan fasilitas lainnya di lingkungan USU ditutup," tegas Runtung. 

Selama masa karantina, mahasiswa USU diminta untuk melakukan pembelajaran melalui media daring atau online.

USU pun meminta agar sivitas akademikanya menghindari aktivitas di luar ruangan, guna menghindari penularan wabah Covid-19 yang lebih luas.

Jokowi Ungkap Alasan Indonesia Tidak Lockdown

Sementara itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengungkapkan alasan melarang melakukan lockdown atau karantina wilayah dalam mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19).

Menurut dia, setiap negara memiliki karakter dan budaya yang berbeda-beda.

"Kemudian ada yang bertanya kenapa kebijakan lockdown tidak kita lakukan. Perlu saya sampaikan setiap negara memiliki karakter berbeda-beda, budaya berbeda-beda, kedisplinan yang berbeda-beda.  Oleh itu kita tidak memilih jalan itu (lockdown)," kata Jokowi saat memberikan pengarahan kepada gubernur se-Indonesia melalui video conference, Selasa (24/3/2020).

Dia mengaku telah melakukan kalkulasi dan analisa yang matang terhadap negara-negara yang melakukan kebijakan lockdown. Hasilnya, Jokowi menilai menjaga jarak antarmanusia adalah kebijakan yang paling pas di Indonesia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

70 Persen Pegawai BTN di Jakarta Kerja dari Rumah

Posted: 23 Mar 2020 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN memaksimalkan aktivitas Work From Home (WFH/kerja dari rumah) untuk meminimalisir penyebaran virus corona (corona virus disease 2019/Covid-19).

Opsi tersebut juga dipilih perseroan agar tetap dapat memberikan pelayanan perbankan kepada para nasabahnya.

Direktur Utama Bank BTN Pahala Nugraha Mansury mengatakan sejak awal Presiden Joko Widodo menginstruksikan untuk membatasi aktivitas di luar rumah, perseroan telah memberlakukan beberapa kebijakan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.

Salah satu di antaranya, lanjut Pahala, perseroan memberlakukan WFH sesuai tingkat kritikalitas wilayah. Pemberlakuan tingkat kritikalitas wilayah tersebut, jelas Pahala, menyesuaikan perkembangan penyebaran Covid-19 dari jumlah pasien yang dinyatakan positif oleh pemerintah.

"Dengan perkembangan data penyebaran Covid-19 saat ini, beberapa jaringan kantor dengan tingkat kritikalitas tinggi akan ditingkatkan presentase WFH hingga 70 persen," ujar Pahala di Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Menurut Pahala, di Kantor Pusat BTN di Jakarta yang masuk dalam kawasan dengan kritikalitas tinggi misalnya, diberlakukan WFH minimal 50 persen dan maksimal 70 persen. Porsi tersebut naik dari WFH sebelumnya sebesar minimal 20 persen dan maksimal 40 persen.

"Pemberlakuan ini juga telah menyesuaikan himbauan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengurangi kegiatan perkantoran hingga batas minimal." tegasnya.

 

Utamakan Keselamatan Karyawan dan Nasabah

Seorang wanita menukarkan uang pecahan kecil pada mobil kas keliling Bank BTN di Lapangan IRTI Monas, Jakarta, Rabu (7/6). Bank Indonesia bekerja sama dengan 13 bank lainnya melayani penukaran uang hingga 16 Juni mendatang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Seorang wanita menukarkan uang pecahan kecil pada mobil kas keliling Bank BTN di Lapangan IRTI Monas, Jakarta, Rabu (7/6). Bank Indonesia bekerja sama dengan 13 bank lainnya melayani penukaran uang hingga 16 Juni mendatang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Keputusan WFH, dikatakan Pahala, memang harus diambil walaupun diakui Pahala itu merupakan keputusan yang berat untuk diambil. Namun untuk kondisi saat ini, keselamatan nasabah dan pegawai lebih penting dan menjadi prioritas.

Untuk tetap memberikan pelayanan perbankan bagi para nasabahnya, Pahala mangajak untuk sementara waktu nasabah tidak harus ke kantor untuk mendapatkan layanan perbankan. Nasabah dapat menggunakan mobile banking, internet banking, ATM yang juga terhubung dengan ATM Link lebih dari 50 ribu di seluruh Indonesia.

Kami harapkan nasabah dapat memanfaatkan layanan E-channels Bank BTN yang dapat dilakukan dengan mudah tanpa nasabah harus ke kantor, katanya menjelaskan.

"Kecuali jika urgent nasabah harus ke kantor, BTN siap untuk memberikan pelayanan sesuai dengan prosedur protocol layanan yang ada," jelas Pahala menambahkan.

Selain meningkatkan porsi pegawai yang melakukan WFH, Pahala menyebut perseroan juga telah menyesuaikan jam operasional kerja dan layanan dari jam 09.00 sampai dengan 15.00. Keputusan tersebut telah berlaku mulai Senin, 23 Maret 2020.

Sementara itu Corporate Secretary BTN Ari Kurniaman menyebutkan sebelumnya Bank BTN juga telah merancang dan mengimplementasikan Business Continuity Plan (BCP) terkait Covid-19 untuk meminimalisir dampaknya bagi bisnis perseroan.

BCP berisi kriteria penentuan kritikalitas wilayah dan pemetaan jaringan kantor berdasarkan kriteria kritikalitas tersebut, pedoman prosedur mitigasi Covid-19, daftar rumah sakit rujukan pemerintah, Standard Operating Procedur (SOP) penerimaan tamu, hingga penanganan pegawai suspect Covid-19. BCP ini pun terus diperbarui mengikuti perkembangan terkini penyebaran Covid-19, arahan pemerintah, serta regulator.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Juanda: Waspadai Hujan Disertai Petir pada Sore Hari di Surabaya

Posted: 23 Mar 2020 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memprediksi Surabaya, Jawa Timur alami hujan disertai petir pada Rabu (24/3/2020).

Mengutip laman BMKG Juanda, hujan disertai petir itu akan terjadi pada pukul 16.00 WIB. Sedangkan pada pukul 13.00 WIB, Surabaya akan hujan lokal. Demikian juga pada malam hari, Surabaya akan hujan lokal pukul 19.00 WIB. Pada pukul 22.00 WIB, Surabaya akan berawan.

Suhu akan berada di kisaran 26-33 derajat celsius dengan kecepatan angin 20 KM per jam. Kelembapan udara 75-95 persen.

Pada siang hari, cuaca di sebagian besar wilayah di Surabaya akan hujan petir. Suhu 33 derajat celsius dengan kecepatan angin 20 KM per jam.

BMKG Juanda juga merilis peringatan dini tiga harian untuk wilayah Jawa Timur agar mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang. Pada siang hingga sore hari waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat di Surabaya, Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Gresik, Pulau Bawean.

Selain itu Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Ngawi, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Malang, Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan.

Selanjutnya di Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Sumenep. Sedangkan malam hari di Lumajang.

BMKG: Puncak Musim Hujan hingga Maret

Ilustrasi Hujan (iStockphoto)
Ilustrasi Hujan (iStockphoto)

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan cuaca ekstrem di Indonesia akan berlangsung hingga Maret 2020.

"Kalau menurut prediksi BMKG untuk wilayah Indonesia terjadinya cuaca ekstrem tidak serempak, silih berganti. Rata-rata puncak musim hujan Februari-Maret, khusus DIY dan Jateng berlangsung pada Januari-Februari," kata Kepala BMKG Dwikora Karnawati di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa 11 Februari 2020.

Selanjutnya, ujar dia, di kisaran April-Mei sudah memasuki musim kemarau, transisinya adalah pancaroba.

"Untuk ancaman bencananya beda lagi, bukan longsor atau banjir tetapi angin puting beliung. Imbauan kami agar ini bisa diwaspadai oleh seluruh pihak," kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Stasiun Klimatologi Kelas 1 Semarang Tuban Wiyoso mengatakan lebih awalnya cuaca ekstrem yang menjangkau Jawa Tengah dibandingkan wilayah lain karena cuaca di Jawa lebih didominasi oleh pengaruh angin monsun.

"Ini terjadi pada kurun waktu Desember-Februari, puncaknya Januari-Februari. Angin monsun sendiri merupakan angin yang bertiup dari Asia ke wilayah Indonesia. Seperti angin darat, yaitu angin laut tetapi skala musiman, ini dipengaruhi oleh posisi matahari," kata dia seperti dikutip dari Antara.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemprov DKI Sediakan 5 Unit Ambulans Khusus Covid-19

Posted: 23 Mar 2020 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyediakan lima unit ambulans khusus untuk operasional penanganan Covid-19. Kepala Unit Ambulance Gawat Darurat Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Iwan Setiawan mengatakan jumlah itu dianggap masih mengakomodir keperluan medis, khususnya penanganan Covid-19.

Iwan mengatakan, jumlah penempatan ambulans di setiap wilayah administrasi Jakarta tidak sama, tergantung kebutuhan di setiap lokasi.

"Kita operasionalkan 5 unit. Tapi dalam kondisi sekarang tergantung kasusnya di mana. Jadi enggak dipusatkan di pusat saja. Karena kasus setiap wilayah beda-beda," ujar Iwan, Selasa (24/3/2020).

Dia menambahkan, meski jumlah ambulans khusus Covid-19 tidak banyak, operasional tidak terganggu, sebab masih ada ambulans yang bisa diperbantukan untuk mengantar pasien ke rumah sakit rujukan penanganan virus Corona.

Yang jelas, kata Iwan, petugas ambulans yang membawa pasien rujukan dipastikan membawa alat pelindung diri (APD).

"Kalau selama ini kan normal-normal saja, masih cukup melayani rujukan, tapi kalau sekarang kan sehari bisa berapa kali rujukan, itu pun kita dibantu oleh ambulans Puskesmas di Jakarta Utara, ada pendampingan juga, bisa bantu juga," tukasnya.

Sementara itu, jumlah kasus positif Covid-19 di Jakarta hingga Senin, 23 Maret terus meningkat. Berdasarkan data yang dipublikasikan melalui corona.jakarta.go.id jumlah kasus positif Covid-19 di Jakarta sebanyak 356 kasus.

Sebanyak 221 orang hingga saat ini masih dirawat, dan 22 orang dinyatakan sembuh. Namun jumlah kesembuhan masih rendah jika dibandingkan dengan jumlah kematian akibat virus ini di Jakarta.

432 Kasus Menunggu Hasil

Dari situs tersebut, mencatat kasus kematian dari virus Corona sebanyak 31 kasus. Angka ini meningkat 2 kasus dari data Senin pagi pukul 07.30 WIB.

Sementara itu masih ada 432 kasus yang masih menunggu hasil pemeriksaan untuk menentukan apakah spesimen tersebut menunjukan positif Covid-19 atau tidak.

 

Reporter: Yunita Amalia/Medeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Chelsea Umumkan Kondisi Hudson-Odoi Sudah Pulih Usai Terpapar Corona Covid-19

Posted: 23 Mar 2020 10:04 PM PDT

Jakarta Chelsea mengumumkan bahwa kondisi pemain mudanya, Callum Hudson-Odoi, telah membaik. Bahkan, ia sudah kembali melakukan kegiatan normal usai terpapar virus corona sejak 13 Maret silam.

"Kami dengan senang hati mengabarkan bahwa Callum Hudson-Odoi kini telah membaik usai menjalani periode isolasi diri pasca positif COVID-19," tulis Chelsea di laman resmi.

Winger muda berusia 19 tahun itu tetap menjalani latihan individu di rumahnya guna menjaga stamina dan kebugaran. Hal serupa juga dilakukan oleh skuat Chelsea lainnya.

Lewat akun sosial media Twitter, Hudson-Odoi mengonfirmasi langsung kondisi kesehatannya.

"Hai semuanya. Seperti kalian tahu, dalam beberapa hari belakangan saya positif corona. Sekarang, saya telah pulih dan rasanya tak sabar untuk kembali bertemu kalian," kata Hudson-Odoi.

Kondisi Pemain Chelsea Lainnya

Kiper Chelsea Kepa Arrizabalaga (kanan), Jamie Cumming (tengah), Willy Caballero (kiri) saar sesi larihan di Cobham Training Ground, Stoke D'Abernon, Inggris, Senin (24/2/2020). Chelsea akan menjamu Bayern Munchen pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions. (Glyn KIRK/AFP)
Kiper Chelsea Kepa Arrizabalaga (kanan), Jamie Cumming (tengah), Willy Caballero (kiri) saar sesi larihan di Cobham Training Ground, Stoke D'Abernon, Inggris, Senin (24/2/2020). Chelsea akan menjamu Bayern Munchen pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions. (Glyn KIRK/AFP)

Manajer Frank Lampard sebelumnya mengatakan bahwa seluruh pemain Chelsea lainnya menunjukkan progres yang bagus selama masa isolasi. Toni Rudiger misalnya, meski mengaku takut, namun menuturkan kondisi rekan-rekannya baik-baik saja.

"Semuanya baik-baik saja. Kami masih mengisolasi diri, yang artinya kita tetap berada di rumah. Itu yang kami lakukan," kata Rudiger.

"Ini hal baru buat semua orang, dan ini menakutkan. Saya tipe family-man, tapi sedihnya saya tak bisa melihat keluarga saya saat ini. Mustahil bisa beepergian karena kita tak akan bisa tahu apakah akan membawa virus atau tidak," ujarnya lagi.

Sumber: Chelsea FC

Disadur dari: Bola.com (penulis/editor, Gregah Nurikhsani, published 24/3/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bisnis Hotel Milik Donald Trump Terimbas Corona COVID-19, Akankah Dapat Bantuan?

Posted: 23 Mar 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dilema dihadapi Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Bisnis perhotelan, lapangan golf, hingga restorannya juga terimbas hebat akibat penyebaran corona COVID-19 yang semakin melebar.

Dilansir dari New York Times, Selasa (24/3/2020), Trump Organization telah merampingkan jumlah karyawan yang bekerja di hotel yang ada di New York dan Washington, menghentikan reservasi baru di hotel yang ada di Las Vegas, dan menutup lapangan golf di area Los Angeles dan Miami. Begitu pula dengan klub Mar-a-Lago juga ditutup di Florida yang biasanya mencapai kunjungan tertinggi di musim ini.

Pengetatan itu diperkirakan terus berlanjut pada hari-hari mendatang. Seorang eksekutif perusahaan menyebut upaya itu menjadi solusi terakhir untuk mempertahankan ribuan pekerja tetap dan pekerja kontrak dari PHK.

Portofolio perusahaan yang dimiliki Trump memiliki lebih dari belasan klub golf dan setidaknya dimiliki separuh atau mengoperasikan hotel bintang lima di Chicago, Hawaii, Las Vegas, New York, Vancouver, Washington, Irlandia dan Skotlandia.

Secara umum, perusahaan hanya membatasi operasi saat otoritas setempat memerintahkannya walau ada kondisi darurat yang meminta agar ada pembatasan pertemuan dan menutup bisnis yang tidak esensial. Dalam sebuah wawancara, Eric Trump, anak lelaki Presiden yang mengelola bisnis keluarga itu mengatakan perusahaan sebisa mungkin untuk tidak menutup usaha.

"Sebagai organisasi kami mengikuti perintah dan arahan pemerintah federal, negara bagian, dan lokal dengan sangat hati-hati," kata dia.

Maka, tidak heran bila sejumlah properti yang tetap buka terus mempromosikan bisnisnya di media sosial maupun lewat email. Pada Jumat pagi, 20 Maret 2020, Trup Golf Links yang berlokasi di Ferry Point bahkan mengundang tamu lewat Twitter untuk berolahraga di sana.

"Sedang mencari udara segar? Lapangan golf adalah tempat terbaik untuk melepas stres dan berlatih jaga jarak sosial #openingday," demikian kalimat promosi itu.

Hal yang sama juga dilakukan klub golf milik Trump di Hudson Valley, New York. Sempat ditutup selama musim dingin, tempat itu kembali dibuka untuk para anggotanya pada Rabu pekan lalu sebagai obat untuk demam kabin.

"Gubernur Cuomo merekomendasikan agar kami menggunakan ruang publik dan taman untuk olahraga dan rileksasi," kata pengelola klub itu. "Dengan pertimbangan ini, kami membuka lapangan golf untuk memberi Anda kesempatan untuk keluar rumah dan menikmati alam bebas."

Dapat Bantuan?

Ekspresi Presiden AS Donald Trump saat menghadiri National Prayer Breakfast atau Sarapan Doa Nasional di sebuah hotel di Washington DC (8/2). (AFP Photo/Mandel Ngan)
Ekspresi Presiden AS Donald Trump saat menghadiri National Prayer Breakfast atau Sarapan Doa Nasional di sebuah hotel di Washington DC (8/2). (AFP Photo/Mandel Ngan)

Trump Organization mencoba menghindari penutupan yang dialami oleh jejaring hotel mewah lainnya, seperti Hilton, yang terjadi di sejumlah kota besar dunia. Kebijakan penutupan itu tak bisa dihindari oleh jejaring hotel yang bergantung pada kehadiran tamu bisnis maupun liburan.

Namun, Eric Trump menjelaskan tak seperti jaringan hotel besar lainnya, perusahaannya memiliki fleksibilitas untuk membuat keputusan sesuai kasus per kasus.

"Seluruh rekan dalam perusahaan kami adalah keluarga dan kami menunggu momen pandemi ini bisa ditaklukkan sehingga kami dapat membuka kembali dan kembali bekerja, menjalankan aset terbaik di dunia," kata Trump.

Maka itu, pihaknya tetap menerima reservasi baru di hotel yang berada di Chicago dan Central Park West di New York. Tetapi, jumlah karyawan dikurangi, 40 karyawan dirumahkan, dan mengurangi jam operasional.

Terkait situasi tak menguntungkan itu, Presiden Trump dihadapkan dilema. Sejumlah wartawan yang berusaha mengonfirmasi apakah ia akan menerima bantuan dari negara bila skema dana talangan disetujui oleh senat. Apa jawabannya?

"Kita lihat saja apa yang terjadi," kata Trump di Gedung Putih. "Kami juga memiliki sejumlah perusahaan besar."

Itu kedua kalinya Trump tak menjawab tegas atas isu yang sangat sarat konflik kepentingan. Ucapan yang sama dilontarkannya pada Sabtu, pekan lalu.

"Aku tak tahu," ujarnya. "Aku hanya tak tahu apakah bantuan pemerintah akan juga disalurkan ke (bisnis) yang kumiliki. Aku punya hotel-hotel. Semuanya tahu aku punya hotel ketika aku terpilih. Mereka tahu aku orang sukses sebelum terpilih jadi presiden," tambahnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jepang Kucurkan Dana Rp 224 M untuk Negara Terdampak Corona COVID-19

Posted: 23 Mar 2020 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri Jepang Motegi Toshimitsu melakukan sambungan telepon dengan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi pada Senin 23 Maret, selama kurang lebih 25 menit. Kedua Menlu bertukar pendapat terhadap kondisi penyebaran wabah Virus Corona COVID-19 secara global.

Jepang dan Indonesia juga sepakat untuk melanjutkan kerja sama secara erat untuk mencegah penyebaran Virus Corona jenis baru tersebut.

Motegi menyampaikan, mutlak pentingnya kerja sama antara masyarakat internasional demi mencegah penyebaran Virus Corona baru dan menyatakan Jepang telah memutuskan untuk berkontribusi memberi bantuan melalui WHO dan UNICEF senilai 1,5 miliar yen atau sekitar Rp 224 miliar.

Bantuan darurat tersebut diberikan kepada negara-negara yang terdampak krisis COVID-19, salah satunya Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Retno menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan yang diberikan Jepang.

Selain itu, Menlu Retno juga menyampaikan apresiasinya atas kerja sama yang telah dilakukan bersama dengan Jepang dalam proses evakuasi kru Indonesia dari kapal pesiar Diamond Princess.

"Saya juga menyampaikan penghargaan kepada pemerintah Jepang atas perhatian yang diberikan kepada kru Indonesia. Awak Indonesia sekarang semuanya sepenuhnya pulih dan telah dikonfirmasi negatif untuk COVID-19," tulisnya melalui akun Twitter @Menlu_RI. 

Selain masalah Virus Corona COVID-19, kedua pihak juga menyampaikan komitmennya dalam hubungan bilateral. 

"Indonesia dan Jepang berkomitmen untuk mengintensifkan kerja sama bilateral, regional dan juga melalui mekanisme G-20 dalam memerangi COVID-19," tulisnya lagi.

Keduanya juga sepakat untuk menjadwal ulang pertemuan Indonesia - Jepang 2 + 2 Indonesia - Jepang di masa mendatang. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PDP Covid-19 Melonjak, RSUD Ahmad Muchtar Bukittinggi dalam Dilema

Posted: 23 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Bukittinggi - Meningkatnya jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) virus corona Covid-19 di RSUD Ahmad Muchtar Bukittinggi Sumatera Barat menjadi dilema tersendiri bagi pemerintah setempat.

Permasalahan yang dihadapi RSUD Ahmad Muchtar saat ini adalah ruang isolasi yang penuh serta kosongnya Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas medis di rumah sakit rujukan Covid-19 tersebut.

Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias kepada Liputan6.com, Selasa (24/3/2020) mengatakan, ruang isolasi yang ada hanya untuk kapasitas 9 orang yang saat ini sudah penuh. Kemudian akan masuk lagi 9 orang pasien.

"Untuk 9 pasien yang akan masuk ini diupayakan beberapa ruangan untuk dijadikan ruang isolasi," katanya.

Jika ada lagi pasien yang masuk ke depannya, lanjut Ramlan, tentu akan jadi permasalahan lagi karena ruangan yang terbatas ditambah APD yang kosong.

Saat ini petugas medis di RSUD Ahmad Muchtar yang merawat PDP Covid-19 menggunakan jas hujan plastik untuk pengamanan diri yang dinilai Ramlan tidak sesuai standar.

"RSUD Ahmad Muchtar ini kewenangannya di provinsi, namun kami siap membantu jika stok APD ada dan akan kami pesan, namun stok tersebut yang kosong di semua tempat," jelasnya.

Ramlan meminta pemerintah provinsi maupun pusat agar turut memberikan solusi dalam permasalahan ini, pihaknya siap membantu dari segi anggaran dan menghibahkan ke rumah sakit.

"Kasihan tenaga kesehatan, dengan peralatan seadanya mereka tetap tak gentar di garda terdepan, mereka juga ada keluarga di rumah," ujarnya.

Berdasarkan data gugus tugas penanganan virus corona di Sumbar, jumlah PDP terus meningkat dari sebelumnya 26 orang menjadi 30 orang saat ini.

"Beberapa orang masuk ke PDP namun belum dipastikan apakah terjangkit atau tidak, hanya saja ada indikasi yang mengarah ke sana," kata Ketua Gugus Tugas Penanganan Virus Corona Sumvar, Erman Rahman.

Hingga kini, jumlah pasien positif Covid-19 di Sumbar masih belum ada. Ia berharap ke depan tidak ada yang hasil pemeriksaannya positif.

"Belum ada yang positif, hasil terakhir dari seluruh PDP yang baru keluar uji laboratoriumnya baru enam dan semuanya negatif," kata Erman.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dampak Panic Buying, Perawat Ini Menangis Kehabisan Bahan Makanan

Posted: 23 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah mewabahnya pandemi Covid-19, banyak warga yang melakukan panic buying. Mereka beramai-ramai membeli masker serta cairan pencuci tangan hingga persediaannya kian menipis.

Namun, tak hanya perlengkapan kesehatan, mereka juga memborong bahan makanan dan membelinya dalam jumlah banyak. Tak heran banyak toko yang kehabisan persediaan produk.

Nampaknya panic buying bisa berdampak buruk bagi sebagian orang. Hal ini seperti yang dialami seorang perawat asal Inggris, bernama Dawn Bilbrough.

Dawn yang tak memiliki banyak waktu untuk membeli bahan makanan tak kuat menahan tangisnya ketika tahu bahwa semua persediaan makanan yang hendak dibelinya habis.

Menangis

foto: FB Dawn Bolbrough
foto: FB Dawn Bolbrough

Melalui sebuah video yang diunggahnya di Facebook, Dawn mengungkapkan dirinya tak bisa membeli buah dan sayuran lantaran telah habis tak tersisa.

"Aku adalah suster perawatan kritis. Aku baru selesai kerja selama 48 jam dan aku hanya ingin membeli beberapa barang untuk 48 jam ke depan. Tapi ternyata tidak ada buah, tidak ada sayuran. Aku tidak tahu bagaimana aku bisa tetap sehat," ungkapnya sambil menangis.

Mengimbau orang-orang untuk menghentikan panic buying

Dawn pun memohon kepada orang-orang untuk tak melakkan panic buying. Pasalnya ada banyak orang yang tak memiliki banyak waktu seperti mereka juga membutuhkan makanan tersebut.

"Kalian yang hanya memborong makanan pokok, kalian harus menghentikannya. Karena ada orang-orang sepertiku, yang akan merawat kalian ketika di kondisi terparah... Tolong hentikan," ucapnya memohon.

 

Videonya

Tips cegah panic buying

Warga membeli beras dan minyak goreng saat Operasi Pasar di Pasar Palmerah, Jakarta, Jumat (20/3/2020). Perum Bulog menjual gula pasir, beras dan minyak goreng dengan harga murah dan terjangkau yang tersebar di 35 titik pasar. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Warga membeli beras dan minyak goreng saat Operasi Pasar di Pasar Palmerah, Jakarta, Jumat (20/3/2020). Perum Bulog menjual gula pasir, beras dan minyak goreng dengan harga murah dan terjangkau yang tersebar di 35 titik pasar. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Isu panic buying saat ini memang banyak diperbincangkan, namun ada baiknya kita menghindari hal tersebut. Ketua Pusat Krisis Universitas Indonesia (UI) Dicky Palupessy menyampaikan, dorongan panic buying didasari oleh kepanikan dan kecemasan yang merupakan respons atas pandemi virus corona Covid-19.

"Maka salah satu hal yang bisa dilakukan adalah membuat pikiran kita tetap berada di atas tingkat kecemasan kita. Rasionalitas kita diangkat di atas kecemasan kita, berdasarkan informasi yang benar," tutur Dicky di Kantor Graha BNPB, Jakarta Timur, Minggu (22/3/2020).

"Membeli secara rasional tipsnya cerdas belanja. Belilah keperluan yang sangat dibutuhkan dalam jumlah yang cukup untuk orang atau keluarga sesuai kemampuan," tambahnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BUMN Siapkan Relawan Medis untuk Disalurkan Ke Rumah Pasien Corona COVID-19

Posted: 23 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pasien COVID-19 yang tidak memiliki gejala parah diimbau untuk isolasi mandiri di rumah saja. Hal ini disampaikan Staf Khusus Kementerian BUMN, Arya Sinulingga dalam konferensi pers Selasa (24/3/2020).

Menurutnya, pasien positif COVID-19 dengan gejala ringan tidak perlu khawatir karena BUMN bekerja sama dengan beberapa platform akan menyediakan tenaga medis yang disalurkan langsung ke rumah.

 "Orang yang mau isolasi diri di rumah akan dilayani oleh relawan petugas kesehatan yang datang langsung ke rumah. Terkait logistic, APD dan alat lain akan didukung Gugus Tugas. Supaya orang tidak khawatir kalau di rumah tidak ada yang ngurus," kata Arya.

Kerja sama BUMN ini dilakukan dengan berbagai platform di antaranya Gojek, Grab, Halodoc, Alodokter, dan Sobat Dokter. "Ini untuk support pasien yang mau tinggal di rumah. Akan ada platform atau start up yg bisa mendatangi mereka."

Relawan yang berlatar belakang tenaga kesehatan dapat bergabung dengan mendaftarkan diri ke aplikasi-aplikasi tersebut. "Ini tidak hanya di Jabodetabek, daftarkanlah, supaya yg terkena tidak ragu isolasi diri di rumah."

Antrean di Wisma Atlet

Menurut Arya, beberapa pasien dengan gejala ringan perlu isolasi diri di rumah agar kapasitas di rumah sakit atau Wisma Atlet tetap memadai bagi pasien dengan gejala berat.

Wisma Atlet sendiri dibuka atas perintah presiden yang meminta rumah sakit darurat dengan kamar yang banyak. Dalam empat hari, Wisma Atlet telah siap digunakan dengan berbagai fasilitas layaknya rumah sakit pada umumnya.

Hari pertama dibuka, Senin (23/3/2020) terjadi antrean pasien yang panjang. "Karena tes swab butuh waktu, alatnya tidak bisa melayani 100 orang secara serentak."

Wisma yang digunakan kini memiliki zona masing-masing. Zona hijau dapat dimasuki publik seperti wartawan, zona kuning untuk tempat tinggal tenaga kesehatan, dan zona merah untuk pasien.

Sebelumnya, BUMN telah membuka ruang relawan selama 2 hari untuk ditempatkan di wisma atlet. Tercatat 2600 tenaga kesehatan mendaftar.

"Dari jumlah tersebut dipilih yang terbaik mereka akan ditempatkan di wisma atlet dan tinggal di sana. Semua kebutuhan makan dan lain-lain disediakan. Sedangkan untuk pembagian tugas medis diserahkan ke Kementerian Kesehatan," pungkasnya.

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Grup Astra Sumbang Rp 63 Miliar Perangi Virus Corona di Indonesia

Posted: 23 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Astra dan perusahaan-perusahaan Grup Astra pada telah menyerahkan berbagai bantuan tahap awal senilai total sekitar Rp63 miliar guna membantu pemerintah dan masyarakat dalam mencegah penyebaran COVID-19. Penyerahan bantuan tahap awal ini sejalan dengan semangat kontribusi Astra untuk bangsa.

Melalui Nurani Astra, wujud bantuan tersebut antara lain berupa berbagai peralatan pencegahan penyebaran COVID-19 seperti alat uji tes, alat pelindung diri, hand sanitizer hingga disinfektan, 100 unit Daihatsu Gran Max Pick Up, dan 10 unit truk (lima unit Toyota Dyna dan lima unit Isuzu Elf NMR71) untuk kendaraan penyemprotan disinfektan kepada Palang Merah Indonesia (PMI).

"Kami berharap seluruh elemen bangsa bersatu padu dalam menghadapi situasi saat ini. Bantuan awal ini merupakan wujud kontribusi kami dalam membantu pemerintah dan masyarakat dalam mencegah penyebaran COVID-19, sehingga kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban pemerintah dan masyarakat," ujar Presiden Direktur Astra Prijono Sugiarto dalam keterangannya, Selasa (24/3/2020).

Untuk penyerahan bantuan tersebut, Astra menjalin kerja sama dengan sejumlah pihak yakni Kementerian Kesehatan RI, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), laboratorium medis, dan rumah sakit rujukan pemerintah senilai Rp5,5 miliar. Dan dengan suatu yayasan yang menampung dan mengelola bantuan dari grup-grup perusahaan di Indonesia, sebesar Rp40 miliar.

 

Pengadaan Alat Tes Virus Corona

Gedung Menara Astra setinggi 260 meter yang terletak di Jalan Jendral Sudirman, Jakarta (20/2). Gedung ini dibangun dengan standar internasional Green Mark Platinum. (Liputan6.com/HO/Ilham)
Gedung Menara Astra setinggi 260 meter yang terletak di Jalan Jendral Sudirman, Jakarta (20/2). Gedung ini dibangun dengan standar internasional Green Mark Platinum. (Liputan6.com/HO/Ilham)

Astra juga bekerja sama dengan sejumlah perusahaan dalam pengadaan alat tes COVID-19.

Dukungan Astra terhadap pemerintah dalam mencegah penyebaran COVID-19 ini sejalan dengan pilar kontribusi sosial berkelanjutan Astra dan cita-cita Astra untuk 'Sejahtera Bersama Bangsa'.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Ria Ricis yang Kontroversial, Bertengkar dengan Istri Teman Sampai Pamit dari YouTube

Posted: 23 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sosok Ria Ricis tak usah dipertanyakan lagi eksistensinya di dunia vlog Tanah Air. Sejak menjadi Youtuber, namanya melejit hingga kini ia juga dikenal sebagai bintang film. Namun, sosoknya tak lepas dari kontroversi.

Terbaru, Ria Ricis mendapat protes dari warga karena ia nekat menggelar syuting bersama kru dalam jumlah yang cukup banyak. Kabar ini disampaikan warga pengguna akun Twitter @HennyMyranda.

Pasalnya, saat ini pemerintah sudah mengimbau agar masyarakat tidak bergerombol demi mencegah penularan virus Corona baru atau Covid-19. Manajemen Ria Ricis pun masih belum menanggapi hal ini.

Cukup Banyak

(Nurwahyunan/Fimela.com)
(Nurwahyunan/Fimela.com)

Sebelumnya, tak hanya satu atau dua kali Ria Ricis mendapat sorotan hingga menjadi kontroversi. Ada sejumlah hal yang membuatnya menjadi cibiran masyarakat.

Melalui Konten Vlog

Ria Ricis (Nurwahyunan/Fimela.com)
Ria Ricis (Nurwahyunan/Fimela.com)

Ria Ricis kerap menuai kontroversi karena konten vlog yang dibuatnya. Misalnya ada yang melibatkan mainan, makanan, hingga lokasi yang dianggap tak sesuai.

Apa Saja?

Lalu, apa saja kontroversi yang pernah menimpa Ria Ricis hingga menjadi cibiran masyarakat? Yuk ikut deretannya berikut ini.

1. Membuang Squishy di Toliet

Potret Koleksi Squishy Ria Ricis (sumber: instagram/riaricis1795)
Potret Koleksi Squishy Ria Ricis (sumber: instagram/riaricis1795)

Ya, percaya atau tidak, Ria Ricis sempat mengundang sorotan negatif setelah ia membuat konten vlog membuang squishy di toilet.

Banyak pihak yang menilai bahwa anak-anak bisa saja meniru hal tersebut hingga merugikan orangtuanya. Namun Ricis menerima tanggapan negatif tersebut sebagai bentuk perhatian sekaligus masukan.

2. Menyantap Gurita Hidup

(Instagram/riaricis1795)
(Instagram/riaricis1795)

Kontroversi lain yang menimpa Ria Ricis adalah kala ia memamerkan momen menyantap gurita hidup dalam video berjudul "PERTAMA KALI MAKAN GURITA Hidup! MUKBANG KOREA Tersiksa".

Sampai-sampai, salah satu yayasan pecinta satwa ikut mengkritiknya. Namun, Ricis memilih untuk tak menanggapi dan menonaktifkan kolom komentar.

3. Buang Squishy di Laut

Ria Ricis (Sumber: Instagram/riaricis1795)
Ria Ricis (Sumber: Instagram/riaricis1795)

Ria Ricis pernah ditegur oleh para pemerhati lingkungan setelah nekat menayangkan video membuang squishy di laut. Aksi Ricis dalam vlog tersebut dianggap setara dengan mencemari lautan dengan sampah.

4. Perseteruan dengan Istri Zikri Daulay

Zikri Daulay dan istri, Henny Yuliana Rahman. (Instagram: @zikridaulay1)
Zikri Daulay dan istri, Henny Yuliana Rahman. (Instagram: @zikridaulay1)

Kontroversi lain yang penah menimpa Ricis adalah ketika ia berseteru dengan Henny Yuliana Rahman, istri aktor Zikri Daulay. Ria Ricis disebut telah menjelekkan ibunda Henny.

Sejumlah warganet pun mencibir Ricis karena hal itu. Namun pada akhirnya, Ria Ricis meminta maaf kepada Henny Yuliana Rahman melalui sebuah unggahan.

5. Vlog di Makam Olga Syahputra

Billy Syahputra ziarah ke makam Olga Syahputra (Deki Prayoga/bintang.com)
Billy Syahputra ziarah ke makam Olga Syahputra (Deki Prayoga/bintang.com)

Ria Ricis sempat mengunjungi makam Olga Syahputra bersama adik Olga, Billy Syahputra, pada Februari lalu. Sayangnya, vlog ini malah menuai kritik karena Ria Ricis dituding kehabisan bahan lain.

6. Video Pamit dari YouTube

Pamit Dari Youtube, Ini KOnten Ria Ricis Yang Paling Kontroversi
Pamit Dari Youtube, Ini KOnten Ria Ricis Yang Paling Kontroversi

Tahun lalu, Ria Ricis sempat membuat masyrakat heboh ketika ia mengunggah vlog pamit dari YouTube. Namun, ia malah muncul lagi di YouTube dua hari kemudian.

Banyak yang menduga Ria Ricis hanya sedang mencari sensasi agar jumlah viewers-nya bisa menyalip kompetitornya sesama vloger yang juga artis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Angela Merkel Negatif Virus Corona Usai Jalani Tes Pertama

Posted: 23 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kanselir Jerman, Angela Merkel dilaporan negatif virus corona usai menjalani tes pertama. Namun, ia akan menjalani pemeriksaan lanjutan dalam beberapa hari ke depan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Pertimbangan untuk Beli Gaming Monitor

Posted: 23 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gamer perlu tahu beberapa faktor utama agar gaming experience selalu optimal dan menyenangkan. Selain performa sistem terkait denganjenis prosesor, kartu grafik, RAM, dan penyimpanan, ada satu hal yang tidak kalah penting untuk dicermati seorang gamer, yakni monitor, dalam hal ini gaming monitor.

Gaming monitor bukan hanya penting bagi pengguna PC, tetapi juga bagi bagi pengguna konsol (PlayStation atau Xbox) sebagai perangkat output visual.

Walau ada sedikit unsur subjektivitas (merek, desain, dan unsur selera lain), ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan dalam memilih gaming monitor ideal.

Agar tidak salah memilih, ada beberapa istilah penting yang perlu diketahui seorang gamer, yaitu Resolusi, Refresh Rate, Response Time, Adaptive Sync, Jenis Panel, Color Gamut, dan Dukungan Konektor. Berikut ini penjelasannya.

1. Resolusi

Resolusi merupakan salah pertimbangan utama ketika gamer hendak membeli gaming monitor. Saat ini, mayoritas monitor yang beredar di pasar memiliki dukungan resolusi Full HD / 1080p, 2K / Quad HD / 1440p, serta 4K / Ultra HD / 2160p.

Layar resolusi 1080p, walau masih dominan, perlahan mulai ditinggalkan gamer karena tidak lagi memenuhi ekspektasi mereka dalam ketajaman dan kualitas visual gambar. Akibatnya, sebagian besar gamer setuju bahwa tampilan dengan resolusi 1440p menjadi standar baru dalam gaming monitor. Terlebih lagi, monitor yang mendukung resolusi 1440p masih lebih terjangkau daripada monitor 4K.

2. Refresh Rate

Refresh Rate adalah kemampuan monitor memperbarui (refresh) tampilan gambar setiap detiknya di layar. Diukur dalam satuan Hertz (Hz), semakin tinggi nilainya, semakin banyak jumlah sinyal gambar yang diperbarui.

Oleh karena itu, monitor dengan refresh rate tinggi berguna saat menjalankan game yang sangat dinamis atau bergerak cepat, seperti FPS (First-person shooter), bertarung (fighting), balapan (racing games), RTS (real-time strategy), dan olahraga (sports).

Perhatikan juga dukungan monitor dengan GPU di PC/laptop. Apabila GPU mampu menghasilkan frame rate tinggi, monitor pun harus dapat mengimbanginya dengan refresh rate tinggi, begitu pula sebaliknya.

3. Response time

Response time adalah waktu yang dibutuhkan pixel (piksel) di monitor untuk beralih dari satu warna ke warna lain (hitam menjadi putih atau dari abu-abu ke warna lain). Biasanya diukur dalam satuan milidetik untuk menunjukkan seberapa cepat gambar bergerak. Dalam layar monitor modern, response time 1 ms biasanya ada pada layar monitor berpanel TN dan 4 ms pada panel IPS. Untuk genre game yang pergantian gambarnya sangat cepat (FPS, racing games, dll), Anda harus memprioritaskan layar monitor dengan response time 1 ms agar terhindar dari efek screen tearing (tampilan layar solah robek atau terbelah dua) dan frame rate yang fluktuatif.

4. Adaptive Sync

Teknologi ini berperan dalam mengurangi efek screen tearing di dalam game. Saat ini ada dua teknologi adaptive sync: Nvidia G-Sync dan AMD FreeSync. Adapun onitor dengan teknologi Nvidia G-Sync memiliki harga cukup tinggi, sedangkan monitor dengan AMD FreeSync lebih terjangkau. 

5. Jenis Panel

Ada tiga jenis panel yang biasa digunakan di layar gaming monitor saat ini, yakni panel TN (Twisted Nematic), IPS (In-Plane Switching), dan VA (Vertical Alignment).

  • Panel TN datang dengan dukungan refresh rate tertinggi dan response time rendah.
  • Panel VA diposisikan sebagai panel dengan fitur di antara panel IPS dan TN.
  • Panel IPS menawarkan reproduksi warna dan viewing angle yang lebih baik, tapi response time-nya masih di bawah panel TN.

6Color Gamut

Color gamut merupakan rentang jangkauan warna yang terlihat mata. Semakin tinggi color gamut, reproduksi warna akan jauh lebih baik. Maka, visual gambar dan detail elemen grafis terlihat jauh lebih baik.

Standar color gamut populer adalah sRGB, AdobeRG, BNTSC. Setiap gaming monitor yang mendukung color gamut 100 persen pada satu atau lebih skala ini pasti menghadirkan reproduksi warna luar biasa.

 

7. Dukungan konektor

Ada beberapa port atau konektor yang digunakan pada monitor saat ini:

  • HDMI (High-Definition Multimedia Interface)
  • DisplayPort
  • DVI
  • VGA
  • USB Type C

Mengacu pada beberapa pertimbangan di atas, MSI sebagai salah satu pabrikan yang memiliki produk gaming monitor masih berfokus pada monitor dengan resolusi yang mengkompromikan kinerja tinggi dan visual menarik, yaitu resolusi 1440p atau WQHD. Semua gaming monitor MSI WQHD dilengkapi dengan fitur premium yang meningkatkan gameplay dan pengalaman bermain game.

(Why/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tes Corona Covid-19 dengan Sistem Drive Thru Juga Dilakukan Beberapa Negara

Posted: 23 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai upaya dilakukan seluruh negara di dunia untuk menekan penularan virus Corona Covid-19. Salah satu yang banyak dilakukan ialah melakukan tes dengan sistem drive thru.

Tanpa harus turun dari mobil, masyarakat yang memiliki gejala dan harus melakukan tes diimbau untuk datang ke sebuah tempat dengan menggunakan mobil pribadi.

Setelah sampai, pasien hanya perlu menunggu di dalam kendaraan dan petugas akan mengambil sampel yang dibutuhkan tanpa pasien harus keluar dari dalam kendaraan.

Seperti dilansir Dailymail, Jerman, Inggris, dan Korea Selatan adalah beberapa negara yang telah menggunakan metode drive thru untuk mencegah terjadinya penularan lebih besar.

Selain ketiga negara tersebut, Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat juga menggunakan sistem ini untuk melakukan tes kepada pasien yang diduga terjangkit virus Corona Covid-19.

Sistem Drive Thru Akan Dilakukan di Indonesia

Siap menggelar tes cepat Covid-19 secara massal untuk warga Bogor, Depok, dan Bandung, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menegaskan pelaksanaan tes akan menggunakan konsep drive thru untuk menghindari kerumunan warga.

Tes di tiga daerah yakni Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Karawang akan lebih dulu digelar, tepatnya di area Stadion Patriot Chandrabhaga, Kota Bekasi. Kegiatan tes cepat paling lambat digelar Rabu (25/3/2020).

"Gambarannya, minimal stadion ada tiga jalur masuk, jadi dia datang dites di sebuah tenda ambil sampel darahnya lalu masuk ke area tunggu tanpa harus turun dari kendaraan. Bagi yang tidak punya kendaraan, ketua RW dan Lurah wajib menyediakan kendaraan," kata Ridwan.

Untuk wilayah Jabar, terdapat tiga zona yang ditetapkan untuk pemeriksaan massal. Stadion Patriot Chandrabhaga untuk warga Kota, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Karawang.

"Stadion Pakansari untuk warga Kota Kabupaten Bogor dan Kota Depok. Sisanya, di Stadion Jalak Harupat untuk daerah lainnya, karena statistiknya mengecil," ujarnya.

Tes cepat Covid-19 merupakan metode pemeriksaan untuk melacak infeksi virus SARS-CoV-2 dengan mengambil sampel darah yang akurasinya mencapai 95 persen. Hasil rapid test dapat diketahui dalam waktu 10 menit. Jika ada warga yang positif Covid-19 dari hasil tes cepat, warga tersebut akan dites kembali dengan metode PCR dengan mengambil sampel lendir di hidung dan tenggorokan.

"Kalau dia negatif silakan pulang, tapi kalau positif kita tes lagi oleh metode PCR, kalau betul-betul positif tim akan membawanya ke rumah sakit," ujar Emil.

Adapun kriteria warga yang dites pada tahap satu adalah semua pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pemantauan (ODP). Kemudian, 50 orang terdekat yang sempat melakukan kontak fisik dengan PDP dan ODP akan dites, termasuk warga yang berkontak fisik dengan pasien positif Covid-19.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lionel Messi dan Carli Lloyd Jadi Ikon Kampanye FIFA-WHO Perangi Covid-19

Posted: 23 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Zurich - Bintang Barcelona dan Timnas Argentina, Lionel Messi, menjadi ikon dalam kerjasama antara FIFA dan WHO untuk melawan sekaligus memerangi pandemi virus corona Covid-19 yang menyerang dunia.

Bukan hanya Lionel Messi, bintang Timnas Wanita Amerika Serikat (USWNT), Carli Lloyd juga ambil bagian. Messi dan Lloyd bersama 26 bintang lapangan hijau dunia lainnya menjadi ambassador kerja sama FIFA dan WHO dalam kampanye bertajuk Pass The Message to Kick Out Coronavirus.

Kolaborasi ini diumumkan pada Senin (23/3/2020), di mana Presiden FIFA, Gianni Infantino mengusung kerja tim untuk mengatasi krisis kesehatan dunia ini. Hal itu disambut positif Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam sebuah konferensi media.

"FIFA menggandeng WHO karena kesehatan itu yang utama. Virus ini masalah global dan menunjukkan dua hal kepada kita semua. Pertama, betapa rentannya kita dan kedua betapa mengglobalnya dunia," jelas Gianni Infantino, seperti dilansir Insider.

"Situasi-situasi luar biasa membutuhkan langkah-langkah luar biasa dan masalah-masalah global membutuhkan solusi-solusi global," kata pria berkepala plontos ini.

Upaya baru yang dilakukan dua organisasi yaitu dengan menyerukan semua orang di seluruh dunia mengikuti langkah penting dalam meredam penyebaran virus corona Covid-19. Mereka ingin menyampaikan pesan kesehatan lebih jauh lagi melalui pemain-pemain besar seperti Lionel Messi.

Kampanye Kesehatan

Pemain Timnas Wanita Amerika Serikat, Carli Lloyd memamerkan seragam Manchester City (Doc Man City).
Pemain Timnas Wanita Amerika Serikat, Carli Lloyd memamerkan seragam Manchester City (Doc Man City).

Kiper legenda asal Italia Gianluigi Buffon dan penjaga gawang Brasil Alisson Becker, legenda Barcelona dan Spanyol Xavi Hernandez, serta Michael Owen dari Inggris turut berperan menyampaikan pesan penting ke masyarakat dunia.

Video kampanye yang dirilis pada Senin (23/3) untuk mendidik para penonton tentang cara melindungi kesehatan mereka sesuai dengan pedoman yang disampaikan oleh WHO. Video itu dibintangi para superstar sepak bola tadi.

Mereka semua tampil dalam klip-klip video yang menyampaikan pengingat untuk jangan melupakan cuci tangan, etika bersin, menjaga jarak, sentuh wajah, dan apa yang harus dilakukan jika mengalami gejala.

Peran Sepak Bola

"Kita harus kuat dan mengikuti panduan WHO dan pemerintah kita. Setelah itu, kita harus membangun kembali hubungan kita dengan mungkin, dan harapannya, solidaritas lebih dan kesalingpengertian di antara kita. Sepak bola siap memainkan bagiannya untuk hal itu," papar Infantino.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kembali ke YouTube, Ini 6 Fakta Ericko Lim Usai Terjerat Kasus Narkoba

Posted: 23 Mar 2020 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta YouTuber ternama Ericko Lim memberikan kabar bahagia. Dirinya baru saja terbebas dari jeratan hukum karena kasus kepemilikan narkoba pada 2019 lalu.

Melalui channel YouTube pribadinya Ericko Lim, pria yang juga dikenal sebagai seorang caster di dunia eSport Indonesia ini pun mengunggah video permintaan maaf. Video permintaan maaf yang diunggah pada Senin (23/3/2020) kemarin pun langsung menduduki trending YouTube.

Pada video yang ia unggah di channel YouTube pribadinya, pria yang memiliki nama asli Ericko Timotius ini pun menuliskan judul 'Im Home'. Ia pun meminta maaf kepada seluruh masyarakat dan para netizen atas perbuatan yang pernah dilakukan olehnya beberapa waktu lalu.

Pada video berdurasi 4 menit 52 detik tersebut, Ericko juga menjelaskan sedikit mengenai kronologi penangkapan dan ungkapan permintaan maaf. Lama tak terlihat di berbagai media sosial, tentu saja membuat Ericko Lim cukup dirindukan oleh para penggemar.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (24/3/2020) berikut ini beberapa potret terbaru Ericko Lim, mantan shoutcaster game League Of Legends.

1. Sebelumnya, Ericko Lim diketahui harus mendekam di sel tahanan karena penyalahgunaan narkoba pada pertengahan 2019 lalu.

Ericko Lim (Sumber: YouTube/ Ericko Lim)
Ericko Lim (Sumber: YouTube/ Ericko Lim)

2. Ia mengaku dirinya mulai ditahan oleh pihak kepolisian pada 5 juli 2019.

Ericko Lim (Sumber: Instagram/xrickolim)
Ericko Lim (Sumber: Instagram/xrickolim)

3. Tak hanya harus mendekam di penjara saja, Ericko Lim juga harus menjalani rehabilitasi terkait dengan kasus penyalah gunaan narkoba.

Ericko Lim (Sumber: Instagram/xrickolim)
Ericko Lim (Sumber: Instagram/xrickolim)

4. Ia pun mengaku bersyukur bisa mendapat kesempatan kedua untuk kembali memulai hidup yang baru.

Ericko Lim (Sumber: Instagram/xrickolim)
Ericko Lim (Sumber: Instagram/xrickolim)

5. Ericko Lim juga mengaku cukup mendapat banyak pelajaran saat dirinya harus berada di dalam penjara selama beberapa bulan.

Ericko Lim (Sumber: Instagram/xrickolim)
Ericko Lim (Sumber: Instagram/xrickolim)

6. Bahkan, melalui akun Instagram pribadinya, pria kelahiran 30 Agustus 1993 ini juga mulai aktif kembali dan menebarkan unggahan positif.

Ericko Lim (Sumber: Instagram/xrickolim)
Ericko Lim (Sumber: Instagram/xrickolim)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Antisipasi Penularan Covid-19, Pemprov Kalbar Fokus Lindungi Nakes dengan APD

Posted: 23 Mar 2020 09:53 PM PDT

Liputan6.com, Pontianak Wabah virus corona (COVID-19) menyebar. Berbagai langkah cepat pun dilakukan pemerintah pusat maupun daerah. Namun, begitu ada beberapa hal yang nyaris terlupakan? Apakah itu? Tenaga medis.

Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Usmandy S, menilai di tengah wabah COVID-19, keberadaan tenaga medis merupakan garda terdepan dalam percepatan penanganan COVID-19.

"Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat harus memberikan perhatian serius terhadap berbagai kebutuhan para tenaga medis, sebagai salah satu contoh adalah alat pelindung diri (APD)," ujar Usmandy, ditulis Selasa (23/3/2020) di Kota Pontianak.

Dia mengatakan, betapa pentingnya alat pelindung diri bagi para tenaga medis, terutama tenaga medis yang bekerja pada rumah sakit rujukan penanganan COVID-19 di Kalimantan Barat. Dia menegaskan jangan sampai mereka sudah berjuang untuk melayani dan merawat pasien justru mereka sendiri bisa tertular virus tersebut, dan bahayanya jika mereka telah tertular maka mereka juga bisa menjadi pihak yang menularkan.

"Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa data orang dalam pengawasan (ODP) maupun pasien dalam pengawasan (PDP) di Kalimantan Barat semakin meningkat. Hal ini perlu diantisipasi oleh Pemerintah Provinsi untuk segera memenuhi kebutuhan para tenaga medis," kata Usmandy.

Dia berjanji, akan mendukung pemberian insentif khusus kepada para tenaga medis di Kalimantan Barat serta semua upaya untuk memastikan bahwa masyarakat Kalimantan Barat dapat terlindungi dari wabah COVID-19 ini, termasuk mendorong agar Pemerintah Provinsi segera melakukan langkah realokasi anggaran yang ada.

"Tujuannya, agar dapat fokus menangani COVID-19 di Kalimantan Barat," kata anggota Fraksi Partai Golkar Dapil Kalbar 7 yang meliputi Kabupaten Sintang, Melawi dan Kapuas Hulu.

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kurangi Antrean di Rumah Sakit, Cek COVID-19 di Rumah Melalui Fitur Ini

Posted: 23 Mar 2020 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan RI jalin kerja sama dengan sebuah startup pelayanan kesehatan digital, SehatQ. Kerja sama ini dilakukan guna menangani pandemi COVID-19.

SehatQ menyediakan fitur cek risiko COVID-19 secara mandiri melalui situs sehatq.com. Pengecekan ini dapat dilakukan di rumah tanpa dipungut biaya.

Sebelumnya fitur tes mandiri ini telah dikembangkan oleh tim dokter SehatQ sesuai panduan Kemenkes RI. Pengguna cukup membuka situs SehatQ dan dapat langsung memanfaatkan fitur tersebut.

"Fitur Cek Risiko Covid-19 ini penting untuk mengurangi kepadatan di fasilitas kesehatan, dan tentunya mendukung imbauan dari pemerintah agar masyarakat melakukan social distancing dalam memutus rantai penularan virus," kata Dewi Bramono, Direktur SehatQ dalam rilis (24/3/2020).

Tes mandiri akan memudahkan pengguna dalam mendapatkan rekomendasi yang sesuai mengenai perlu atau tidaknya pemeriksaan lanjutan di fasilitas kesehatan.

Konsultasi daring dapat dilakukan bagi pengguna yang tidak memerlukan kunjungan fisik. Dengan ini, masyarakat bisa mendapat pelayanan tepat tanpa harus keluar rumah.

Kebutuhan Masyarakat Akan Informasi Tentang COVID-19

Menurut data yang dihimpun SehatQ, jumlah pengguna yang mengajukan pertanyaan tentang virus corona Covid-19 meningkat secara signifikan. Masyarakat ingin mencari informasi tentang gejala infeksi Covid-19.

Mulai dari cara mencegah penularan, perbedaan status orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP), hingga rekomendasi makanan serta vitamin untuk menghalau infeksi tersebut.

Fitur tes mandiri Cek Risiko Covid-19, Chat Dokter, serta Portal Informasi Coronavirus dapat mendukung imbauan pemerintah terkait penerapan social distancing.

Namun, jika pengguna memang harus menjalani pemeriksaan fisik langsung, SehatQ memiliki fitur Booking Dokter yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi risiko antrean di rumah sakit.

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bioskop XXI Tutup Sementara untuk Cegah Corona

Posted: 23 Mar 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dewinta Hutagaol, Head of Corporate Communications & Brand Management Bioskop XXI mengambil keputusan untuk menghentikan sementara operasi seluruh bioskop XXI di Jakarta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Pendapatan Sopir Angkot dan Ojek Menurun karena Corona

Posted: 23 Mar 2020 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan pandemi virus Corona atau Covid-19 juga berdampak terhadap perekonomian masyarakat.

Bahkan, menurut mantan Gubernur DKI Jakarta ini, pendapatan sopir angkot dan ojek di Sumatera Utara sampai menurun hingga 44 persen.

"Untuk sopir angkot dan ojek yang paling berat di Sumut, turunnya sampai 44 persen. Angka-angka seperti ini mohon dikalkulasi secara detail," kata Jokowi saat memberikan pengarahan kepada para gubernur melalui video conference dari Istana Merdeka Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Tak hanya itu, Jokowi mengungkap pendapatan para petani di Kalimantan Utara ikut mengalami penurunan sebanyak 36 persen. Diperkirkan mereka hanya mampu bertahan hingga Agustus-Oktober 2020. 

Untuk itu, Jokowi meminta agar kepala daerah menyiapkan bantuan sosial.

"Di daerah juga persiapkan bansos provinsi (dan) kabupaten lewat yang saya sampaikan realokasi dan refocusing," ucap dia.

Buruh Perlu Diperhatikan

Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers saat meninjau Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Pool)
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers saat meninjau Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Pool)

Jokowi juga mengingatkan agar kepala daerah betul-betul memperhatikan keadaan para buruh, khususnya pekerja harian yang terkena dampak virus Corona. Dan juga para pelaku usaha agar tetap bisa berdagang di tengah situasi pandemi Corona. 

"Tolong dilihat betul keadaan para buruh terutama para pekerja harian, para petani, para nelayan. Dan juga ini yang terkena dampak lebih dulu usaha UMKM. Kita usahakan daya beli tetap terjaga dan tetap beraktivitas dalam berproduksi," jelas Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Italia: Juventus Berkuasa Sebelum Serangan Covid-19

Posted: 23 Mar 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Kompetisi Liga Italia ikut terkena dampak dari menggilanya penyebaran wabah virus corona atau Covid-19. Liga Italia terpaksa dihentikan sementara. Rata-rata klub-klub baru melakoni 26 pertandingan saja.

Juara bertahan Juventus masih berada di puncak klasemen Liga Italia. Cristiano Ronaldo dan kawa-kawan mengoleksi 63 poin.

Juventus cuma unggul satu poin dari peringkat dua Lazio. Juve naik ke puncak usai menang 2-0 atas Inter Milan pada laga tunda awal bulan Maret 2020.

Inter Milan sendiri berada di posisi tiga klasemen Liga Italia dengan 54 poin. Namun pasukan Antonio Conte itu masih menyisakan satu pertandingan tunda.

Belum diketahui apakah Liga Italia akan kembali dilanjutkan atau selesai di tengah jalan. Pasalnya wabah virus corona di Italia semakin parah saja.

Nasib

Liga Italia memang secara resmi ditunda sampai awal April. Tapi wabah virus corona di Italia belum ada tanda-tanda mereda. Korban jiwa hampir mendekati 2.000 orang. Setiap hari semakin banyak orang yang terpapar virus corona.

Ada kemungkinan jika wabah corona terus berlangsung sampai Juni maka Liga Italia akan menggelar play-off.

Klasemen

Serie A. (dok. Lega Calcio)
Serie A. (dok. Lega Calcio)
 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seluruh Asrama Haji Bakal Disulap Jadi Rumah Sakit Darurat Corona Covid-19

Posted: 23 Mar 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir terus mencari tempat untuk dijadikan Rumah Sakit Darurat Corona Covid-19. Rencananya, pemerintah akan membangun rumah sakit darurat di tiap provinsi untuk menangani pasien terinfeksi virus Corona.

"Kami diperintahkan Pak Erick supaya mulai cari (tempat) di beberapa provinsi," kata Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga di Kantor BNPB, Jakarta Timur, Selasa, (24/3/2020).

Arya melanjutkan, sejauh ini Kementerian BUMN akan menjalin kerja sama dengan Kementerian Agama. Dalam kerja sama ini kemungkinan besar Kementerian BUMN akan memanfaatkan asrama haji yang dikelola oleh Kementerian Agama untuk dijadikan Rumah Sakit Darurat Corona.

Alasannya, asrama haji dianggap memenuhi kriteria sebab bisa menampung orang banyak. Jika ini dimungkinkan, pihaknya akan segera mengeksekusi dengan bantuan sejumlah anak perusahaan di BUMN.

"Ini nanti disiapkan oleh Kementerian BUMN bersama seluruh anak perusahaannya," ujar Arya.

 

3 Kota Pertama

Petugas merapikan tempat tidur di Gedung E, Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Kamis (4/7/2019). Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi Jakarta - Pondok Gede siap menyambut jemaah haji kloter pertama DKI Jakarta yang dijadwalkan tiba pada Sabtu (6/7). (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)
Petugas merapikan tempat tidur di Gedung E, Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Kamis (4/7/2019). Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi Jakarta - Pondok Gede siap menyambut jemaah haji kloter pertama DKI Jakarta yang dijadwalkan tiba pada Sabtu (6/7). (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Rencananya, rumah sakit darurat di asrama haji ini akan ada di Bandung, Semarang dan Surabaya. Sebagaimana di diketahui, BUMN telah menyulap Wisma Atlet di Kemayoran menjadi Rumah Sakit Darurat Covid-19.

Kamar para atlet ini sudah diubah menjadi kamar yang siap menampung pasien terinfeksi virus corona.

"Itu kami kerjakan 4 hari," kata Arya.

Selain ruang rawat inap, sejumlah fasilitas juga telah disediakan. Misalnya ruang ICU, Unit Gawat Darurat (IGD), hingga laboratorium. Sejumlah perangkat kesehatan juga telah disediakan seperti perlengkapan tes lap, tes PCR, tes paru dan tes darah.

"Apa yang dikerjakan di Jakarta akan kami duplikasi di beberapa daerah," kata Arya mengakhiri.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Tukang Ojek, Sopir Taksi Terdampak Corona Jangan Khawatir Cicilan Kendaraan

Posted: 23 Mar 2020 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyadari bahwa pandemi virus Corona atau Covid-19 berdampak terhadap pendapatan rakyat. Jokowi sendiri mengaku kerap mendapat keluhan dari para tukang ojek hingga supir taksi yang memiliki kredit motor dan mobil.

Untuk itu, dia menjanjikan akan memberikan kelonggaran untuk tukang ojek, supir taksi, serta nelayan dalam pembayaran cicilan kredit kendaraan. 

"Tukang ojek dan supir taksi yang sedang memiliki kredit motor atau mobil, atau nelayan yang sedang memiliki kredit, saya sampaikan ke mereka tidak perlu khawatir karena pembayaran bunga atau angsuran diberikan kelonggaran selama 1 tahun," ujar Jokowi saat memberikan pengarahan kepada para gubernur melalui video conference dari Istana Merdeka Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Seperti diketahui, pemerintah memang tengah mengeluarkan kebijakan agar masyarakat mengurangi aktivitasnya di luar rumah dengan belajar, bekerja, dan beribadah dari rumah. Hal itu untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Jokowi mengatakan bahwa pemerintah kini telah menyiapkan skenario dalam menghadapi wabah corona, mulai dari situasi ringan hingga yang paling terburuk.

"Beberapa skenario juga telah kita hitung, telah kita kalkulasi mengenai prediksi Covid-19 di Indonesia pada bulan April seperti apa, Mei seperti apa. Skenario buruk, sedang, ringan seperti apa," jelasnya.

"Saya kira kita ingin kita berada di skenario yang ringan dan kalau betul-betul sulit dibendung ya paling tidak kita masuk ke skenario sedang jangan sampai masuk ke skenario yang paling buruk," sambung Jokowi.

Pasien Positif Corona 579 Orang

Sementara itu, jumlah pasien positif Corona di Indonesia berjumlah 579 orang per Senin 23 Maret 2020. 49 pasien di antaranya dinyatakan meninggal dunia dan 30 dinyatakan sembuh.

"Penambahan kasus kematian sebanyak 1 orang, dari yang sebelumnya sebanyak 48, saat ini menjadi 49 pasien meninggal" kata Juru bicara pemerintah untuk virus Corona Achmad Yuriantodalam jumpa pers di BNPB, Jakarta, Senin, 23 Maret 2020.

Yurianto mengatakan, data pasien meninggal tersebut tersebar dari sejumlah daerah yang sebelumnya telah dinyatakan terdapat warganya yang dinyatakan positif Covid-19. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wakil Wali Kota Bandung Positif Corona, Pegawai hingga Wartawan Diminta Tes Covid-19

Posted: 23 Mar 2020 09:41 PM PDT

Liputan6.com, Bandung Wali Kota Bandung Oded M Danial meminta sejumlah orang yang pernah berhubungan dengan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana untuk segera mengikuti tes corona (Covid-19). Hal ini berkaitan dengan status Yana yang dinyatakan positif Covid-19.

"Saya perintahkan anggota yang menempel dengan pak wakil seperti ajudan, patwal, sopir, protokol, humas, dan termasuk wartawan untuk tes Covid-19. Selain itu juga harus segera isolasi diri," kata Oded, Selasa (24/3/2020).

Oded mengatakan, tes itu dilakukan agar penyebaran virus Corona segera diketahui. Dengan demikian, bisa dilakukan langkah-langkah penanganan selanjutnya. 

"Saya sendiri telah melaksanakan tes Covid-19," ujarnya.

Seperti diketahui, Yana Mulyana telah mengonfirmasi jika dirinya positif Covid-19. Melalui akun media sosial Instagramnya, Yana menyatakan telah mengisolasi diri.

Terpisah, Kepala Bagian Humas Setda Kota Bandung, Sony Teguh Prasatya mengatakan, saat ini Humas Kota Bandung tengah mendata sejumlah wartawan yang pernah meliput kegiatan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana. Humas Kota Bandung akan berupaya agar para wartawan bisa dites Covid-19 sesuai arahan wali kota.

"Mudah-mudahan bisa segera dilaksanakan," kata Sony.

Tak hanya wartawan, Sony juga berusaha menyertakan para petugas tim peliput Humas Kota Bandung untuk mengikuti tes serupa.

"Karena tim peliputan Humas Kota Bandung memang selalu menempel dengan pak wakil," tuturnya.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadapi Corona, BRI Siapkan Langkah Jitu Lindungi UMKM Indonesia

Posted: 23 Mar 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan pandemi Corona Virus Disease 19 (COVID-19) yang melanda Indonesia masih terus menjadi perhatian semua elemen tak terkecuali dunia perbankan. Kondisi tersebut membuat Pemerintah menghimbau masyarakat untuk menerapkan social distancing atau mengurangi jumlah aktivitas di luar rumah, interaksi dengan orang lain dan kontak tatap muka langsung, seperti menghindari pergi ke tempat-tempat yang ramai dikunjungi seperti pasar ataupun toko swalayan.

Kondisi seperti ini turut memberi tekanan kepada sektor UMKM yang kegiatan usahanya mayoritas masih menggunakan pola konvensional/interaksi jual beli tatap muka.

Mengantisipasi kondisi tersebut, Corporate Secretary Bank BRI Amam Sukriyanto menyampaikan Perseroan telah melakukan langkah-langkah strategis dalam rangka memetakan sektor-sektor ekonomi dan daerah yang terdampak dari penyebaran COVID19.

"BRI juga melaksanakan serangkaian skenario mulai strest test hingga melakukan selektif ekspansi untuk meningkatkan risk awareness jajaran bisnis," tambah Amam. 

Kaitan menjaga kualitas kredit, BRI menyambut baik kebijakan relaksasi stimulus perekonomian yang di keluarkan oleh OJK pada hari Kamis (19/03). Sebagai tindak lanjut, BRI sudah menyiapkan beberapa mekanisme khusus, seperti relaksasi restrukturisasi dan relaksasi kebijakan kredit terdampak wabah covid-19. Langkah ini merupakan upaya preventif BRI untuk mengurangi dampak terhadap kinerja debitur yang diperkirakan akan menurun akibat COVID19 sehingga meningkatkan risiko kredit yang berpotensi mengganggu kinerja perbankan.

Selain itu, pendampingan kepada nasabah UMKM akan terus dilakukan sebagai upaya menjaga kelangsungan usaha. Beberapa jurus yang dilakukan meliputi relaksasi pinjaman berupa rescheduling pembayaran angsuran. Selain itu, BRI membuka akses pasar untuk membantu penjualan produk nasabah UMKM melalui platform e-Commerce seperti halnya Indonesia Mall.

Kemudian, konsultasi & pelatihan manajemen bisnis yang diadakan di 157 Rumah Kreatif BUMN (RKB) kelolaan BRI di seluruh Indonesia serta bantuan Corporate Social Responsibility (CSR)  untuk mendukung operasional bisnis pelaku UMKM.  

Tak berhenti di sana, BRI juga memberikan insentif kepada nasabah mikro, kecil dan ritel dengan menurunkan Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) sampai dengan 50 basis point. "Langkah ini merupakan bagian dari relaksasi yang diberikan BRI bagi pelaku UMKM di saat-saat yang sulit," ungkap Amam.    

"Prinsipnya, BRI senantiasa tanggap dan siap melakukan countercyclical di tengah tantangan wabah covid-19 dengan berbagai kebijakan relaksasi maupun upaya menjaga kelangsungan usaha dari setiap nasabah UMKM kami. Selanjutnya, kami terus berupaya  melaksanakan prudential banking dan tetap melakukan ekspansi bisnis yang sehat secara selective growth," tutup Amam.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Olga Kurylenko Mengaku Sembuh dari COVID-19, Fotonya Bikin Warganet Cemas

Posted: 23 Mar 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, London - Aktris cantik Olga Kurylenko akhirnya membawa kabar gembira soal kondisi kesehatannya. Bond Girl ini menyebut dirinya telah sembuh total.

Hal ini dikabarkan Olga Kurylenko dalam unggahannya di Instagram, Senin (23/3/2020) kemarin. Ia membagikan fotonya yang sedang merayakan Hari Ibu bersama putra semata wayangnya, Alexander Max Horatio.

Dalam fotonya, Olga Kurylenko tampak memangku sang bocah di depan perapian, dengan masker yang menutupi mulutnya.

Untuk mengantisipasi agar warganet tak resah melihatnya berdekatan dengan sang anak, Olga menegaskan bahwa kini ia telah sembuh. "Selamat Hari Ibu! #hari ibu. P.S. Aku sudah sembuh total," tutur bintang Quantum of Solace ini sebagai caption.

Bersama Anak

Aktris Olga Kurylenko. (Tolga AKMEN/AFP)
Aktris Olga Kurylenko. (Tolga AKMEN/AFP)

Karena telah sembuh, wanita 40 tahun ini mengatakan kini ingin nempel saja dengan sang buah hati. "Sekarang aku menikmati waktu untuk memikirkan banyak hal dan menghabiskan waktu dengan anak lelakiku," tuturnya.

Warganet Heran dan Cemas

Olga Kurylenko mengungkap bahwa ia sudah sembuh. (Instagram/ olgakurylenkoofficial)
Olga Kurylenko mengungkap bahwa ia sudah sembuh. (Instagram/ olgakurylenkoofficial)

Unggahan Olga Kurylenko ini ternyata tetap menimbulkan keheranan warganet. Tak sedikit yang mempertanyakan apakah sang aktris memang benar-benar telah aman untuk berdekatan dengan anaknya.

"Doa yang terbaik Olga! Tapi aku pikir bahkan setelah pulih, seseorang bisa menularkan [virus] selama beberapa minggu! Aku berharap kamu baik-baik saja!! Jaga keluarga dan dirimu," tulis @robertcharles75 di kolom komentar.

 

Ibu dan Anak

Komentar ini kemudian dijawab langsung oleh Olga. "Ya, memang sulit diketahui. Karena itu, bahkan setelah 14 hari aku masih mengenakan masker dan tak terlalu dekat dengan orang-orang. Aku akan tetap melakukannya untuk jaga-jaga," tulis Olga.

Jawaban Olga ini kembali menerbitkan keheranan sebagian warganet. Karena Olga mengatakan ia menghindari orang, tapi di foto ini ia memangku sang buah hati.

"Tapi tidak ada orang yang memisahkan ibu dari anaknya. Bahkan selama wabah. Ngomong-ngomong ini adalah kalimat dokter kepadaku. Dia bilang: Kita tidak pernah memisahkan ibu dan anak!" tulis Olga.

 

Tes Ulang

Warganet lain dengan akun @eugeniya_kuz berkomentar, "Mustahil benar-benar pulih bahkan sebelum melewati masa 14 hari."

Olga menjawab, "Sudah 14 hari untukku."

Ada pula yang memintanya untuk kembali melakukan tes Corona, tapi Olga mengatakan alat tesnya begitu langka. Alhasil, walaupun ingin dites ulang, ia tak bisa menjalaninya.  

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

WHO Peringatkan Kaum Muda Tak Kebal Virus Corona Covid-19

Posted: 23 Mar 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kaum muda ternyata rentan terkena infeksi virus corona penyebab COVID-19. Peringatan ini disampaikan Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO).

Hal tersebut diutarakan WHO mengingat kebanyakan peringatan lebih berfokus pada perlindungan kelompok yang rentan seperti lansia dan mereka yang memiliki masalah kesehatan bawaan.

"Meskipun orang yang lebih tua adalah yang paling terdampak, orang yang lebih muda juga tidak diselamatkan," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus seperti dikutip dari Business Insiders Singapore pada Senin (23/2/2020).

Dia menambahkan, saat ini terlihat ada penambahan kasus corona COVID-19 secara signifikan pada orang-orang berusia di bawah 50 tahun.

"Anda tidak kebal. Virus corona ini membuat Anda masuk rumah sakit selama berminggu-minggu atau bahkan membunuh Anda," kata Tedros dalam konferensi persnya beberapa waktu lalu.

Berkaca dari Kaum Muda di Italia

Perawat dengan alat pelindung diri saling berpelukan di rumah sakit Cremona, tenggara Milan, Lombardy pada 13 Maret 2020. Jumlah kematian akibat Covid-19 di Italia sekarang yang tertinggi di dunia, menyalip China tempat wabah ini pertama kali. (Paolo MIRANDA/AFP)
Perawat dengan alat pelindung diri saling berpelukan di rumah sakit Cremona, tenggara Milan, Lombardy pada 13 Maret 2020. Jumlah kematian akibat Covid-19 di Italia sekarang yang tertinggi di dunia, menyalip China tempat wabah ini pertama kali. (Paolo MIRANDA/AFP)

Dr. Antonio Pesenti, Kepala unit perawatan krisis intensif di Lombardy, Italia, tempat COVID-19 paling mewabah di Eropa mengatakan, banyak kelompok usia muda yang dirawat di rumah sakit dengan gejala parah.

"50 persen pasien di unit perawatan intensif kami, yang merupakan pasien terparah, berusia di atas 65 tahun. Namun itu berarti bahwa 50 persen dari pasien kami, lebih muda di bawah 65," kata Pesenti seperti dikutip dari Sky News.

Dia menambahkan, dalam perawatan, banyak pasien berusia 20 atau 30an tahun. Beberapa juga mengalami gejala parah seperti lansia.

Gejala Ringan

Pesenti mengungkapkan, alasan Italia memiliki angka kematian yang tinggi adalah karena tingginya populasi lansia. Namun, bukan berarti kelompok usia muda juga tidak akan terkena COVID-19 atau hanya mengalami gejala ringan.

Di Italia, hampir seperempat dari sekitar 28 ribu pasien COVID-19 berusia antara 19 sampai 50 tahun.

Tedros juga mengatakan bahwa meski seseorang tidak sakit, namun seseorang juga bisa berkontribusi pada kehidupan orang lain.

"Pilihan yang Anda ambil tentang ke mana Anda pergi bisa menjadi perbedaan antara hidup dan mati untuk orang lain," ujarnya. Selain itu, Tedros juga berterima kasih pada kaum muda yang menyebarkan kewaspadaan, bukan virusnya.

 

(Giovani Dio Prasasti/Fitri Syarifah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menlu AS Mike Pompeo Temui Petinggi Taliban di Qatar

Posted: 23 Mar 2020 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Doha - Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengadakan pertemuan dengan para petinggi Taliban di Qatar, pada hari Senin, dalam perjalanan kembali dari perjalanan satu hari ke Afghanistan. Hal itu sebagai bagian dari upaya untuk menyelamatkan kesepakatan bersejarah yang ditandatangani dengan kelompok bersenjata tersebut pada bulan Februari.

Pompeo mengadakan pembicaraan tingkat tertinggi antara Amerika Serikat dan Taliban, kata Departemen Luar Negeri AS.

"Sekretaris Pompeo akan bertemu dengan para petinggi Taliban di Doha termasuk Mullah Baradar, kepala perunding Taliban, untuk menekan Taliban agar terus mematuhi perjanjian yang ditandatangani bulan lalu," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Morgan Ortagus.

Melansir Al Jazeera, Selasa (24/3/2020), sebagai bagian dari kesepakatan dengan AS, Taliban menuntut pembebasan semua tahanannya yang ditahan oleh pemerintah Afghanistan, yang enggan menindaklanjutinya.

Pompeo dan Mullah Baradar bertemu di Pangkalan Udara Al Udeid Qatar, yang digunakan oleh pasukan Amerika dan lainnya di negara Teluk yang menjadi tuan rumah bagi pembicaraan selama setahun antara Amerika Serikat dan Taliban.

Sebelumnya, Pompeo bertemu dengan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani dan saingan lamanya Abdullah Abdullah, yang melakukan pelantikan paralel setelah memperebutkan hasil pemilihan presiden.

Pompeo tiba pada Senin pagi di ibukota Afghanistan Kabul, pada kunjungan yang sebelumnya tidak diumumkan untuk membantu menyelamatkan kesepakatan yang ditandatangani pada Februari antara AS dan kelompok Taliban di tengah ketegangan di antara para pemimpin Afghanistan.

Dia mengunjungi Ghani di istananya sebelum bertemu Abdullah, yang keduanya mengatakan mereka adalah pemimpin sah Afghanistan setelah pemilihan presiden yang disengketakan pada bulan September.

Kebuntuan mereka pun telah menghentikan pemilihan tim perunding untuk mewakili pemerintah Afghanistan dalam pembicaraan yang direncanakan dengan Taliban.

Tak Konklusif

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo (AP PHOTO)
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo (AP PHOTO)

Seorang diplomat di Kabul memberi pengarahan pada pertemuan-pertemuan itu dan dua pejabat Afghanistan lainnya mengatakan mereka tidak konklusif.

"Itu tidak berhasil. Tak satu pun dari keduanya bergerak," kata diplomat itu, yang berbicara dengan syarat anonim.

Seorang juru bicara Ghani menolak berkomentar, mengatakan rincian pertemuan belum dirilis.

Omid Maisam, juru bicara Abdullah, mengatakan jika ada lebih banyak pertemuan, solusinya "bukan tidak mungkin" dan bahwa mereka ingin mengakhiri krisis dengan damai.

Salah satu ketentuan dari perjanjian AS-Taliban yang ditandatangani di Qatar pada 29 Februari adalah proposal untuk mengatur pembicaraan antara kepemimpinan Afghanistan dan Taliban untuk mencapai perdamaian abadi di negara yang dilanda perang.

Pembicaraan resmi belum dimulai, terhambat oleh ketidaksepakatan atas pembebasan tahanan - kondisi yang ditetapkan oleh Taliban - dan oleh perselisihan antara Ghani dan Abdullah.

Perjanjian pada bulan Februari juga menyerukan penarikan bertahap pasukan asing lainnya AS dan selama periode 14-bulan, di mana telah menjadi fokus utama dari upaya diplomatik AS.

Fase pertama penarikan itu telah dimulai, meskipun beberapa gerakan pasukan telah diperlambat oleh pandemi Virus Corona COVID-19.

Sebagai gantinya, Taliban berkomitmen untuk tidak membiarkan tanah Afghanistan digunakan melawan kepentingan keamanan Amerika dan berjanji untuk bernegosiasi untuk pertama kalinya dengan kepemimpinan Kabul yang didukung Barat. 

Namun, sejak perjanjian Doha ditandatangani, Taliban terus melakukan serangan.

Lebih jauh, pemerintah Afghanistan dan Taliban belum memulai negosiasi formal seperti yang direncanakan, sebagian dihalang-halangi oleh perselisihan sengit antara Ghani dan Abdullah, yang telah menghentikan penunjukan tim negosiasi untuk mewakili pemerintah Afghanistan.

Kunjungan di Tengah Pandemi

Ilustrasi Virus Corona 2019-nCoV (Public Domain/Centers for Disease Control and Prevention's Public Health Image)
Image)

Kunjungan Pompeo terjadi pada saat banyak perjalanan global terhenti oleh pandemi Virus Corona baru, yang telah menginfeksi lebih dari 360.000 dan membunuh lebih dari 15.000 orang secara global.

Perwakilan Khusus AS Zalmay Khalilzad, yang membantu menegosiasikan perjanjian Doha, pekan lalu meminta kedua pihak untuk bertindak cepat atas pembebasan para tahanan, suatu kondisi yang telah ditetapkan Taliban untuk pembicaraan tersebut. Khalilzad mengatakan pandemi itu menambahkan urgensi untuk pembebasan itu, menggambarkan bagaimana wabah itu memengaruhi salah satu prioritas kebijakan luar negeri utama Presiden AS Donald Trump.

Dengan 40 infeksi di Afghanistan, kekhawatiran meningkat bahwa ribuan orang yang pulang dari Iran yang bertetangga setiap hari dapat menambah wabah di negara dengan jaringan kesehatan masyarakat yang hancur akibat perang bertahun-tahun.

Taliban dan pemerintah Afghanistan mengadakan pertemuan "virtual" untuk pembebasan tahanan pada hari Minggu, kata para pejabat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Facebook dan Apple Sumbang Masker untuk Lindungi Tenaga Kesehatan dari Covid-19

Posted: 23 Mar 2020 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta -  Mewabahnya virus corona di seluruh dunia membuat perusahaan teknologi bergerak menyumbang berbagai bantuan untuk membantu melindungi masyarakat.

Kemarin, CEO Facebook Mark Zuckerberg mengatakan, perusahaannya telah menyumbangkan cadangan masker darurat mereka yang jumlahnya 720 ribu unit.

"Para pekerja medis jauh lebih membutuhkan masker untuk perlindungan mereka," kata Mark Zuckerberg, sebagaimana dikutip dari New York Post, Selasa (24/3/2020).

Zuckerberg mengatakan, masker cadangan tersebut merupakan persediaan Facebook untuk kondisi darurat seperti kebakaran. Nantinya, ia menyebut Facebook akan menyumbangkan berbagai bantuan lainnya.

Tidak hanya Facebook, perusahaan teknologi lainnya, yakni Salesforce, juga menyumbangkan 9.000 masker ke University of California di San Francisco. Demikian diumumkan oleh CEO Salesforce Marc Benioff.

Sebelumnya, universitas yang berfokus pada bidang kesehatan itu menyerukan panggilan publik untuk menyumbang berbagai alat kesehatan.

Apple juga Sumbang Masker

Tim Cook, CEO Apple saat berkunjung ke Apple Store 3 November 2017 di Palo Alto, California. (Doc: Gettyimage)
Tim Cook, CEO Apple saat berkunjung ke Apple Store 3 November 2017 di Palo Alto, California. (Doc: Gettyimage)

University of California menyebut, tenaga kesehatan yang bertugas di garis depan sangat membutuhkan masker, sarung tangan, dan persediaan lainnya.

"Kami bekerja keras untuk memberikan tambahan 5 juta masker minggu ini, ditambah dengan berbagai peralatan pelindung pribadi lainnya," kata Benioff melalui akun Twitter.

Tak berhenti di situ, Apple juga memerangi virus corona dengan "menyumbangkan jutaan unit masker untuk tenaga kesehatan yang ada di Amerika Serikat dan Eropa."

CEO Apple Tim Cook tidak menyebut berapa banyak total masker yang disumbangkan perusahannya dan kemana saja sumbangan didistribusikan.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tambah Stok Pangan Nasional, Petani Gunung Kidul Panen Raya Palawija

Posted: 23 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) meminta segenap jajarannya agar memantau produksi sektor pertanian selama masa pandemi virus corona covid-19. Memasuki masa panen raya Maret-April, petani harus dipastikan memperoleh juga harga jual yang layak, sehingga terjaga kesejahteraannya.

Pantauan dari lapangan, kini sejumlah Desa di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta sedang menggelar panen raya palawijaya, seperti kacang tanah dan jagung. Panen ini merupakan panen kedua setelah sebelumnya para petani juga memanen komoditi yang sama dengan hasil yang memuaskan.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunung Kidul, Bambang Wisnu Broto menyampaikan bahwa kacang dan jagung adalah dua komoditas unggulan Gunung Kidul yang menjadi andalan kebutuhan nasional.

"Walaupun panennya musim hujan yang tidak menentu, tapi kita harus bersyukur bahwa hasil ini cukup memuaskan. Tentu ke depan, kita akan pacu lagi dengan berbagai program yang ada agar hasil panennya meningkat," kata Bambang dari keterangan yang diterima liputan6.com, Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Lanjut Bambang, hasil ubinan kacang yang dihasilkan petani kurang lebih mencapai 16,5 kuintal wose per hektare yang ditanam di atas lahan monokultur seluas 50 hektare.

"Sedangkan untuk jagung ubinan yang ditanam dengan metode tumpang sari di lahan 146 Hektar totalnya mencapai 11 kilogram tongkol atau sekitar 9,8 ton pipil kering per hektare," katanya.

 

 

 

Petani Untung

Jagung yang dipanen di Desa Kalawara, Kecamatan Gumbasa, Sigi, Sulawesi Tengah (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)
Jagung yang dipanen di Desa Kalawara, Kecamatan Gumbasa, Sigi, Sulawesi Tengah (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Manunggal Karya Kanigoro, Nyoto menambahkan bahwa keuntungan yang diperoleh mencapai puluhan juta rupiah untuk area lahan satu hektare.

"Karena itu, saya berharap pemerintah mampu menyediakan alat bantu seperti Power theser Multiguna atau mesin perontok untuk memudahkan produksi dengan jumlah yang banyak," kata Karya.

Selain itu, diharapakan semua hasil panen yang ada dapat dijual ke dalam bentuk wose, dikarenakan perhitungan analisa usaha tani dalam satu hektar dengan produksi 16,5 kuintal wose yang dijual seharga Rp 25.000 perkilogram.

Sehingga dari hasil panen ini, petani bisa mendapatkan pendapatan bersih sebesar Rp 25.192.000 perhektare. Namun jika dijual gelondong kering dengan harga Rp 13.000 perkilogram hanya mendapatkan pendapatan bersih sebesar Rp 19.495.000 perhektare.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Cegah Penyebaran Corona, Afrika Selatan Lockdown

Posted: 23 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Afrika Selatan mengambil keputusan untuk melakukan lockdown di negaranya. Langkah ini ditempuh guna menghindari lonjakan jumlah warga yang terinfeksi virus corona.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Feni Rose Baru Menikah, Ini 6 Potret Kecantikannya

Posted: 23 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presenter Feni Rose tengah berbahagia setelah anak sulungnya, Giannirma Gavrila Herman, menikah dengan pria bernama Janed Kharisma pada Sabtu (21/3/2020) lalu.

Diketahui, prosesi dan resepsi pernikahan anak Feni Rose ini dihadiri oleh keluarga dekat kedua belah pihak saja. Mempelai pria pun mengucapkan ijab kabul dengan lancar.

Selama akad nikah, keduanya pun sama-sama mengenakan busana serba putih, seperti disampaikan Brilio.net. Busana adat yang dikenakan anak Feni Rose pun semakin memancarkan kecantikannya.

Lamaran

Giannirma Gavrila Herman (Sumber: Instagram/gnnrmgvrl)
Giannirma Gavrila Herman (Sumber: Instagram/gnnrmgvrl)

Pada 29 Juni 2019 lalu, Giannirma dan Janed sempat melangsungkan lamaran. Momen ini berjalan mengharukan hingga Feni Rose tak kuasa menahan tangis.

Seperti Ibunda

Feni Rose unggah foto bersama anaknya (Instagram/@fenirose)
Feni Rose unggah foto bersama anaknya (Instagram/@fenirose)

Tentunya, Giannirma memiliki paras wajah yang cantik seperti sang ibunda. Cukup aktif di media sosial, warganet kerap menyampaikan pujian kepadanya.

Seperti Apa?

Lalu, seperti apa potret cantik putri Feni Rose ini? Yuk kita ikuti deretannya berikut ini.

1. Pernikahan

Potret akad nikah dari Giannirma Gavrila dan Janed Kharisma. (Sumber: Instagram @nikenwap)
Potret akad nikah dari Giannirma Gavrila dan Janed Kharisma. (Sumber: Instagram @nikenwap)

Potret pernikahan Giannirma dan Janed yang sempat beredar di salah satu akun media sosial ini memperlihatkan betapa cantiknya putri Feni Rose dalam balutan kebaya putih.

2. Potret Lamaran

Giannirma Gavrila Herman, putri presenter Feni Rose (Sumber: Instagram/gnnrmgvrl)
Giannirma Gavrila Herman, putri presenter Feni Rose (Sumber: Instagram/gnnrmgvrl)

Potret yang diambil saat momen lamaran ini juga menampakkan kecantikan Giannirma saat berada di sisi Jared.

3. Potret Close Up

Giannirma Gavrila Herman, putri presenter Feni Rose (Sumber: Instagram/gnnrmgvrl)
Giannirma Gavrila Herman, putri presenter Feni Rose (Sumber: Instagram/gnnrmgvrl)

Salah satu potret close up wajah yang diunggah sendiri oleh Giannirma ini memperlihatkan betapa kecantikannya sangat natural.

4. Pandai Berpose

Giannirma Gavrila Herman, putri presenter Feni Rose (Sumber: Instagram/gnnrmgvrl)
Giannirma Gavrila Herman, putri presenter Feni Rose (Sumber: Instagram/gnnrmgvrl)

Potret di atas sepeda motor ini mengesankan Giannirma juga pandai berpose di depan kamera.

5. Selalu Kasual

(Instagram/gnnrmgvrl)
(Instagram/gnnrmgvrl)

Melihat sejumlah potret yang diunggahnya, Giannirma memang hampir selalu berbalut busana kasual.

6. Ekspresif

Giannirma Gavrila Herman, putri presenter Feni Rose (Sumber: Instagram/gnnrmgvrl)
Giannirma Gavrila Herman, putri presenter Feni Rose (Sumber: Instagram/gnnrmgvrl)

Giannirma juga bisa sangat ekspresif ketika difoto. Lihat saja kolase yang ia unggah ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Wisma Atlet, Asrama Haji Bisa Dijadikan RS Darurat Pasien Covid-19

Posted: 23 Mar 2020 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, pihaknya tengah mencari lokasi strategis untuk dijadikan rumah sakit darurat di daerah untuk pasien positif Corona atau Covid-19

Menurut arahan Menteri BUMN Erick Thohir, asrama haji yang tersebar di tiap wilayah di Indonesia adalah hal yang paling memungkinkan.

"Kita sudah diperintah Pak Erick untuk menduplikasi, mencari tempat yang bisa menampung banyak orang seperti di Wisma Atlet, dan kami hendak bekerja sama dengan Kementerian Agama untuk memakai asmara haji mereka," kata Arya saat jumpa pers di Gedung BNPB Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Bila hal tersebut memungkinkan, lmaka asrama haji dapat dijadikan rumah sakit darurat untuk penanganan pasien terjangkit virus Covid-19.

"Jadi kita tengah bekerja keras untuk siapkan itu," jelas Arya.

 

Impor PCR dari Swiss

Untuk ruang rawat, Arya mengaku saat ini Kementerian BUMN tengah berjibaku menyiapkan alat-alat kesehatan seperti masker, alat pelindung diri (APD), hingga PCR alat untuk tes Covid19.

"Semua akan kami kerjakan bertahap, kita produksi mandiri dan kurangnya kita impor, seperti alat tes Covid-19. PCR itu kita dapat 10 impor dari Swiss dan akan kita sebar merata di 10 provinsi di Indonesia," ujar Arya. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Covid-19, Seruan Berpuasa hingga Misa Gereja Keuskupan Jayapura Ditiadakan

Posted: 23 Mar 2020 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Jayapura - Keuskupan Jayapura mengeluarkan surat edaran nomor 75 tertanggal 19 Maret 2020 yang berisi meniadakan misa harian dan ibadat sabda hari minggu hingga 4 April 2020.

Surat edaran yang ditandatangani oleh Uskup Jayapura, Mgr Leo L. Ladjar, OFM menyebutkan situasi saat ini makin kritis dan menuntut tindakan yang lebih tegas untuk pencegahan corona covid-19.

Walaupun ibadat sabda pada Minggu (22/3/2020) masih dilaksanakan, namun tetap mematuhi petunjuk-petunjuk untuk menjaga jarak, atau social distancing, misalnya disediakan pencuci tangan, sebelum dan sesudah masuk gereja.

"Keuskupan Jayapura akan melakukan ibadat sabda dengan cara live streaming dan meminta umat mengikuti misa sesuai dengan jam yang telah ditentukan. Umat akan mengikuti misa dari rumah, serta berdoa bersama keluarga," ujarnya, Selasa  (24/3/2020).

Sedangkan untuk paroki  yang berada di pedalaman atau pegunungan Papua, dapat mengikuti perkembangan sesuai situasi di paroki tersebut. Umat tetap bisa berkumpul di gereja seperti biasa, jika tidak ada orang yang tiba dari tempat lain dalam empat belas (14) hari terakhir dan menjalani periode isolasi diri di rumahnya.

Keuskupan Jayapura membawahi 9 kabupaten di sekitar Kota Jayapura hingga bebera kabupaten di wilayah pegunungan tengah Papua, seperti Jayawijaya, Yahukimo, hingga Pegunungan Bintang. 

"Peniadaan misa di Gereja hingga 4 April akan ditinjau kembali hingga situasi normal dan covid-19 tak terjadi lagi. Jika keadaan normal, akan dilihat kembali cara kita merayakan Pekan Suci, Trihari Suci dan Paskah," jelasnya. 

 

Doa dan Puasa

Pemeriksaan suhu tubuh di Enarotali ibu kota Kabupaten Paniai oleh Dinas Kesehatan setempat. (Liputan6.com/Dinkes Paniai/Katharina Janur)
Pemeriksaan suhu tubuh di Enarotali ibu kota Kabupaten Paniai oleh Dinas Kesehatan setempat. (Liputan6.com/Dinkes Paniai/Katharina Janur)

Seruan berpantang dan berpuasa juga dilakukan oleh Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano dalam pencegahan covid-19. Ia meminta masyarakat di Kota Jayapura untuk tetap berada di rumah dan melakukan doa rutin serta puasa, untuk perang terhadap corona covid-19. 

"Selain menjaga kebersihan tubuh, kiranya kita wajar meminta pertolongan Tuhan Yang Maha Esa. Sebagai umat beriman, kiranya semua pihak dapat melakukan ini," ujarnya. 

Benhur mengingatkan warganya tetap berada di rumah, mengerjakan segala sesuatunya dari rumah dan jika tak terlalu mendesak untuk tak keluar rumah, mengindari penyebaran covid-19. 

Sementara itu, Badan Pengurus Pusat Gereja Injili di Indonesia  (BPP-GIDI)  di Papua dan seluruh Indonesia mengimbau umat GIDI mengisolasikan diri secara mandiri atau social distancing untuk berdoa dan berpuasa.

Surat edaran BPP- GIDI yang ditandatangani President GIDI Pendeta Dorman Wandikbo disebar pada 8 wilayah pelayanan GIDI, 97 klasis, badan misi sebagai mitra kerjasama GIDI, 22 Sekolah Theologi GIDI.

"Seama 14 hari umat GIDI harus melakukan social distancing di rumah masing-masing dan menjauhkan diri dari pusat keramaian," kata Dorman.

 Budaya orang Papua adalah memberi salam dengan berjabat tangan dan berpelukan harus dihentikan sementara waktu, sebab cara ini dapat mempercepat penyebaran virus corona  covid -19, sehingga sangat perlu untuk membatasi pertemuan-pertemuan dan komunikasi dan dapat digantikan melalui media telekomunikasi, seperti telepon dan media sosial.

"Umat GIDI harus berdoa dan berpuasa selama di rumah dalam melakukan social distancing, serta mengikuti aturan pemerintah lainnya dalam upaya mencegah penyebaran covid-19," jelasnya.

Simak video pilihan berikut ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Aisyah Ayuningtyas, Kekasih Satria Tama yang Memesona

Posted: 23 Mar 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Satria Tama Hardianto, penjaga gawang muda Madura United dan tim nasional Indonesia U-23. Nama Satria Tama mulai meroket setelah tampil apik saat dilatih oleh Luis Milla. Hal tersebut membuat Madura United musim lalu menggaetnya untuk mengisi posisi penjaga gawang. 

Tak hanya hebat di dalam lapangan, nyatanya Satria Tama juga hebat dalam memilih calon pasangan hidup. Pemain berusia 22 tahun tersebut sudah memiliki kekasih bernama Aisyah Ayuningtyas. Bahkan hubungan Satria dengan perempuan yang akrab disapa Icha sudah terjalin sejak 7 Juni 2015.

Keseriusan penjaga gawang bernomor punggung 88 dengan Icha terbukti sudah bertunangan pada 10 Agustus 2019 lalu. Bahkan keduanya juga sudah melaksanakan foto prewedding yang membuat keduanya semakin terlihat serasi.

Paras cantik yang dimiliki Icha berhasil membuat Satria Tama jatuh hati. Berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram @ichaayuningtyas, pesona Aisyah Ayuningtyas, kekasih Satria Tama, Sabtu (24/3/2019).

1. Ini dia kekasih Satria Tama, Aisyah Ayuningtyas yang sebentar lagi akan menikah dengan Satria.

6 Pesona Aisyah Ayuningtyas, Kekasih Satria Tama yang Memesona (sumber: Instagram.com/ichaayuningtyas)
6 Pesona Aisyah Ayuningtyas, Kekasih Satria Tama yang Memesona (sumber: Instagram.com/ichaayuningtyas)

2. Gaya penampilan perempuan yang sudah menjalin hubungan 4 tahun lebih dengan Satria Tama memang sangat menawan.

6 Pesona Aisyah Ayuningtyas, Kekasih Satria Tama yang Memesona (sumber: Instagram.com/ichaayuningtyas)
6 Pesona Aisyah Ayuningtyas, Kekasih Satria Tama yang Memesona (sumber: Instagram.com/ichaayuningtyas)

3. Gayanya yang fashionable ini memang kerap diunggahnya di Instagram. Icha sudah memiliki lebih dari 10 ribu followers.

6 Pesona Aisyah Ayuningtyas, Kekasih Satria Tama yang Memesona (sumber: Instagram.com/ichaayuningtyas)
6 Pesona Aisyah Ayuningtyas, Kekasih Satria Tama yang Memesona (sumber: Instagram.com/ichaayuningtyas)

4. Pada September 2019, Icha baru saja lulus dengan gelar Sarjana Ekonomi Islam (SE.i).

6 Pesona Aisyah Ayuningtyas, Kekasih Satria Tama yang Memesona (sumber: Instagram.com/ichaayuningtyas)
6 Pesona Aisyah Ayuningtyas, Kekasih Satria Tama yang Memesona (sumber: Instagram.com/ichaayuningtyas)

5. Pada 10 Agustus 2019, Aisyah resmi bertunangan dengan Satria Tama

6 Pesona Aisyah Ayuningtyas, Kekasih Satria Tama yang Memesona (sumber: Instagram.com/ichaayuningtyas)
6 Pesona Aisyah Ayuningtyas, Kekasih Satria Tama yang Memesona (sumber: Instagram.com/ichaayuningtyas)

6. Bahkan keduanya baru saja melangsungkan foto prewedding dengan adat Jawa.

6 Pesona Aisyah Ayuningtyas, Kekasih Satria Tama yang Memesona (sumber: Instagram.com/ichaayuningtyas)
6 Pesona Aisyah Ayuningtyas, Kekasih Satria Tama yang Memesona (sumber: Instagram.com/ichaayuningtyas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Ada 3 Opsi Terkait UN 2020

Posted: 23 Mar 2020 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan bahwa virus Corona (Covid-19) sangat menganggu proses pendidikan di Indonesia, khususnya pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2020. Menurut dia, ada 8,3 juta siswa yang seharusnya mengikuti UN 2020.

Untuk itu, Jokowi meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim segera memutuskan apakah UN 2020 tetap dilaksanakan atau ditunda. Dia menyatakan ada tiga opsi yang dapat dipilih saat ini.

"Harus segera diputuskan dan ada tiga opsi yang dapat kita pilih, apakah UN ini tetap dilaksanakan, yang pertama. Yang kedua apakah UN ditunda waktunya atau yang ketiga ditiadakan sama sekali," jelas Jokowi dalam rapat terbatas melalui video conference, Selasa (24/3/2020).

Mantan Gubernur DKI Jakarta meminta agar pilihan-pilihan tersebut segera diputuskan. Namun, dia mengingatkan agar kebijakan yang diambil tidak merugikan 8,3 juta siswa yang seharusnya mengikuti UN 2020.

"Prinsip yang utama yang harus kita pegang adalah kebijakan ini bisa kita ambil, tetapi jangan sampai merugikan hak dari 8,3 juta siswa yang harusnya mengikuti UN yang diadakan," kata Jokowi.

Ketua Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Syaiful Huda mengatakan DPR dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sepakat pelaksanaan Ujian Nasional (UN) ditiadakan untuk melindungi siswa dari Covid-19.

"Dari hasil rapat konsultasi DPR dan Kemendikbud, disepakati bahwa pelaksanaan UN SMP dan SMA ditiadakan untuk melindungi siswa dari Covid-19," ujar Syaiful Huda dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Tak Ada Lockdown

Sebelumnya, Jokowi mengungkapkan alasan melarang melakukan lockdown atau karantina wilayah dalam mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19). Menurut dia, setiap negara memiliki karakter dan budaya yang berbeda-beda.

"Kemudian ada yang bertanya kenapa kebijakan lockdown tidak kita lakukan. Perlu saya sampaikan setiap negara memiliki karakter berbeda-beda, budaya berbeda-beda, kedisplinan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kita tidak memilih jalan itu (lockdown)," kata Jokowi saat memberikan pengarahan kepada gubernur se-Indonesia melalui video conference, Selasa (24/3/2020).

Dia mengaku telah melakukan kalkulasi dan analisis yang matang terhadap negara-negara yang melakukan kebijakan lockdown. Hasilnya, Jokowi menilai menjaga jarak antarmanusia adalah kebijakan yang paling pas di Indonesia.

"Kebijakannya seperti apa semua dari Kemenlu dari Dubes yang ada terus kita pantau setiap hari. Jadi yang paling pas di negara kita physical distancing, menjaga jarak aman," jelas dia.

"Kalau itu bisa kita lakukan saya yakin kita bisa mencegah penyebaran Covid-19 ini," sambung Jokowi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AC Milan dan Inter Rebutan Ciro Immobile

Posted: 23 Mar 2020 09:20 PM PDT

Milan - Inter Milan dan AC Milan tertarik mendatangkan Ciro Immobile. Namun, Napoli juga berhasrat tinggi untuk menjadikan Immobile sebagai goal getter tangguh.

Agen Ciro Immobile, Alessandro Moggi menegaskan, tiga klub tersebut sudah menyatakan ketertarikan. Inter Milan dan AC Milan sudah mendekati dengan nilai penawaran, sejak setahun lalu. Namun, kini Napoli ikut meramaikan perburuan bomber Timnas Italia tersebut.

Pesona Ciro Immobile layak menjadi incaran tim-tim besar. Saat ini, ia berstatus top skorer sementara dengan koleksi 27 gol. Angka tersebut 6 gol lebih banyak dari bintang Juventus, Cristiano Ronaldo.

Seperti dirilis Tuttosport. Moggi menyatakan Ciro Immobile bisa saja pergi ke manapun sang klien suka. Artinya, trio Inter Milan, AC Milan dan Napoli, bisa menjadi tujuan karier Ciro Immobile, plus kemungkinan nama lain di luar Italia.

 

Ada Sosok Penting

Penyerang Lazio, Ciro Immobile beraksi pada laga kontra Bologna dalam lanjutan Serie A 2019-2020. Lazio menang 2-0 atas Bologna. (Dok. Lazio)
Penyerang Lazio, Ciro Immobile beraksi pada laga kontra Bologna dalam lanjutan Serie A 2019-2020. Lazio menang 2-0 atas Bologna. (Dok. Lazio)

Moggi tak menampik jika Napoli punya kekuatan khusus. Selain nama besar, ada sosok Cristiano Giuntoli yang menjadi bagian dari keberhasilan Ciro Immobile. Sekarang, Giuntoli adalah Direktur Olahraga Napoli.

"Giuntoli menjadi orang yang sangat ingin membawa Ciro Immobile ke Naples. Sebuah keputusan yang nantinya akan kami diskusikan," tegas Moggi.

Satu yang pasti, Moggi meminta klub-klub yang berharap Ciro Immobile bergabung, harus mengetuk pintu manajemen Lazio. Maklum, kontrak sang bomber dengan rival sekota AS Roma tersebut baru kelar pada 2023.

Oleh karena itu, Inter Milan, A C Milandan Napoli harus merogoh kocek cukup dalam bagi pemain berusia 30 tahun tersebut. Namun, jika menilik kebutuhan, bisa saja trio tersebut akan menggelontorkan apa yang diminta Lazio.

Sumber : Tuttosport

Disadur dari: Bola.com (penulis/editor, Nurfahmi Budiarto, published 24/3/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Siapkan Kerja Sama Startup Tangani Pasien Covid-19 ke Rumah

Posted: 23 Mar 2020 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian BUMN berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 untuk bekerja sama dengan sejumlah perusahaan rintisan atau start up agar dapat melakukan pemeriksaan medis warga di rumah.

"BUMN diminta juga oleh Gugus Tugas untuk menyatukan berbagai plarform Gojek, Grab, Halodok, Sobatdokter, dan lain-lain. Kerja sama ini untuk men-support pasien-pasien yang mau tinggal di rumah," tutur Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga di Kantor Graha BNPB, Jakarta Timur, Selasa (24/3/2020).

Menurut dia, sejumlah startup tersebut akan mengunjungi kediaman warga, khususnya mereka yang dinyatakan positif Covid-19 namun bukan kategori berat dan memilih untuk mengisolasi diri di rumah.

"Dengan selesainya menyatukan ini semua, akan membantu Gugus Tugas. Mereka bisa daftar nanti didaftarkan di Halodok dan lain-lain satu per satu. Semua perlengkapan, APD, akan disupport Gugus Tugas," jelas dia.

Arya juga menyarankan agar para relawan dan dokter di seluruh wilayah Indonesia yang ingin bergabung, juga dapat mendaftarkan diri ke sejumlah startup tersebut.

"Mudah-mudahan dalam minggu ini siap dan dapat membantu masyarakat yang mengambil langkah mengobati diri di rumah," Arya menandaskan.

Sudah Ada Pasien

Sebelumnya, Arya Sinulingga menyampaikan, sudah ada pasien Covid-19 yang ditangani di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Begitu sore dibuka, hanya dalam waktu sejam masuk 30 pasien," tutur dia.

Menurut Arya, antrean sempat terjadi lantaran petugas menangani pasien satu per satu, sementara yang datang membludak.

"Jadi kami mohon dimaklumi," jelas dia.

dia mengatakan, pihaknya menyulap Wisma Atlet menjadi RS Darurat dalam kurun waktu 4 hari. Berbagai alat kesehatan disediakan, mulai dari PCR, tes paru-paru, hingga tabung oksigen.

"Benar-benar layak sebagai RS. Kemarin puncaknya Pak Jokowi sudah meresmikan dan melihat, sehingga bisa melayani 1.500 pasien tahap pertama. Untuk tahap berikutnya akan menggunakan tower selanjutnya," Arya menandaskan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenkeu Keluarkan Aturan Pengajuan Revisi Anggaran

Posted: 23 Mar 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) Kementerian Keuangan mengeluarkan petunjuk teknis (juknis) percepatan revisi usulan anggaran yang menjadi kewenangan DJA melalui Peraturan Direktur Jenderal Anggaran Nomor PER-2/AG/2020. Hal ini dilakukan dalam rangka percepatan realokasi anggaran untuk penanganan Covid-19,

Dijelaskan pada peraturan tersebut untuk penyelesaian revisi anggaran dilakukan melalui sistem aplikasi.

"Sistem aplikasi yang digunakan adalah SAKTI untuk pengajuan revisi anggaran oleh Kementerian Lembaga (KL)," bunyi aturan tersebut seperti dikutip dari laman resmi kemenkeu Selasa (24/3/2020).

Selanjutnya, setelah mengajukan revisi anggaran pada aplikasi SAKTI, KL dapat memantau proses penyelesaian revisi anggaran pada aplikasi SATU Anggaran. Penyelesaian usulan revisi anggaran oleh DJA akan ada di aplikasi DSW dan terakhir penyelesaian DIPA revisi oleh DJA akan menggunakan aplikasi SPAN.

Untuk mengajukan revisi anggaran, KL harus melengkapi beberapa dokumen pendukung setelah Sekretaris Jenderal atau Sekretaris Utama/Sekretaris/Pejabat Eselon I mengajukan revisi melalui aplikasi SAKTI.

Pertama, surat usulan revisi anggaran yang telah ditandatangani Sekretaris Jenderal/Sekretaris Utama/Sekretaris/Pejabat Eselon I. Kedua, arsip data komputer. Ketiga, surat pernyataan dari Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) yang menyatakan usulan revisi anggaran yang disampaikan sudah lengkap dan benar.

 

Selanjutnya

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Keempat, surat persetujuan pejabat Eselon I atas pengajuan revisi anggaran. Kelima, surat persetujuan Menteri/Pimpinan Lembaga selaku Pengguna Anggaran dalam hal usulan revisi anggaran berkaitan dengan pergeseran anggaran antar program, perubahan peruntukan dan/atau penurunan volume keluaran (output) secara total. Terakhir, dokumen yang harus turut disertakan juga adalah surat reviu APIP K/L.

Aturan ini memangkas proses revisi yang semula memakan waktu lima hari kerja menjadi hanya dua hari terhitung sejak penelahaan dilakukan.

Selanjutnya, diinformasikan juga, apabila pengusul belum memiliki user id dan password atau terdapat kendala dalam proses pengusulan dan penyelesaian usulan revisi anggaran dapat menghubungi Pusat Layanan DJA di call center 021-3868085, WA: 08118300931 email: pusatlayanan.dja@kemenkeu.go.id.

"Peraturan Direktur Jenderal Anggaran ini mulai berlaku pada tanggal 20 Maret 2020,"

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Italia Diterjang Virus Corona Covid-19, Pacar Bintang Juventus Mudik ke Brasil

Posted: 23 Mar 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Porto Alegre- Italia tengah berjuang melawan ganasnya virus corona baru atau Covid-19. Korban positif dan meninggal dunia di Italia akibat virus corona semakin banyak.

Saat ini Italia menempati posisi pertama korban jiwa terbanyak akibat virus corona. Italia melewati rekor Tiongkok sebagai negara asal virus corona Covid-19.

Parahnya virus corona di Italia membuat beberapa pemain Juventus memilih pulang kampung. Gonzalo Higuain, Sami Khedira, Miralem Pjanic dan yang terbaru Douglas Costa memilih mudik.

Costa turut membawa pacarnya Nathalia Felix pulang ke Brasil. Model seksi tersebut saat ini sudah berada di Porto Alegre. Dia menunggah foto tengah berada di kolam renang di Porto Alegre pada Senin (23/3/2020).

Sebelumnya Nathalia Felix selalu setia mendampingi Costa saat main di Juventus. Dia sering bolak-balik Turin-Milan. Nathalia Felix banyak menghabiskan waktu di Milan karena profesinya sebagai model.

 

 

 

Diisolasi

Virus corona Covid-19 telah mengubah Italia. Masyarakat kini diminta tetap berada di dalam rumah. Situasi ini nampaknya membuat Nathalia Felix dan Douglas Costa tidak betah sehingga memilih balik ke Brasil.

Costa sendiri sempat dikarantina selama lebih dari satu minggu. Pasalnya tiga rekannya di Juventus yakni Daniele Rugani, Paulo Dybala dan Blaise Matuidi positif terjangkit corona.

Negatif

Bintang Juventus Gebet Model Seksi Bekas Neymar, Nathalia Felix (Instagram)
Bintang Juventus Gebet Model Seksi Bekas Neymar, Nathalia Felix (Instagram)

Untungnya hasil tes menunjukkan Costa dan para pemain Juventus lainnya termasuk Cristiano Ronaldo tidak tertular virus mematikan asal Wuhan tersebut.

Brasil sendiri juga memiliki kasus virus corona Covid-19. Namun penyebaran di Brasil masih belum separah di Italia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Imbas Covid-19, Jumlah Penumpang MRT, LRT, Transjakarta dan KRL Turun Signifikan

Posted: 23 Mar 2020 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo menyatakan, jumlah penumpang sejumlah transportasi publik di Jakarta, seperti MRT, LRT, KRL dan Transjakarta menurun signifikan.

Penurunan itu, karena mulai sadarnya masyarakat terkait imbauan jaga jarak atau sosial distancing serta pelaksanaan bekerja dari rumah seiring makin merebaknya virus corona atau Covid 19.

"Artinya sesuai imbauan presiden dan seruan Gubernur agar masyarakat mulai bekerja dari rumah dan beribadah di rumah dipatuhi dengan baik," kata Syafrin saat dihubungi, Selasa (24/3/2020).

Berdasarkan data jumlah penumpang, Syafrin merincikan penurunan jumlah penumpang mulai dari MRT, LRT, Transjakarta dan KRL commuterline.

Untuk Transjakarta dalam sepekan terakhir terus berkurang setiap harinya. Mulai 16 hingga 20 Maret rata-rata penumpang dalam setiap hari sebanyak 400 ribu orang padahal biasanya dapat mencapai 900 ribu pengguna.

Bahkan, untuk akhir pekan 21-22 Maret penumpang Transjakarta hanya menampung rata-rata 200 ribu orang.

Lalu untuk, MRT Jakarta selama 16-20 Maret 2020 penumpang MRT rata-rata sebanyak 20 ribu dalam satu hari. Biasanya setiap harinya penumpang dapat mencapai 90 ribu sampai 100 ribu orang.

Cegah Corona

Penumpang membersihkan tangan menggunakan cairan pembersih di halte transjakarta Cawang UKI, Jakarta, Selasa (3/3/2020). PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) menyiapkan cairan pembersih tangan (hand sanitizers) di 80 halte untuk mencegah penyebaran virus corona. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
1.jpg

Kemudian LRT juga mengalami penurunan dengan rata-rata per hari selama sepekan kemarin hanya mencapai 1 ribu penumpang.

Sedangkan untuk, KRL commuterline juga mengalami penurunan jumlah penumpang hingga 50 persen dari rata-rata setiap harinya. Sebab dalam sehari jumlah penumpang dapat berkisar pada 900ribu sampai 1 juta pengguna.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau agar seluruh warga Jakarta untuk melaksanakan arahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk bekerja di rumah untuk cegah penyebaran Covid-19.

"Mari semua yang di Jakarta ikut melaksanakan arahan Presiden @jokowi: kerja dari rumah," tulis Anies Baswedan dalam akun Instagramnya, @aniesbaswedan, Senin (16/3/2020).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Didiet Maulana Kritik Keras Selebgram yang Asyik Syuting Saat Pandemi Corona COVID-19

Posted: 23 Mar 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - "Apa yang Anda lakukan sangat tidak terpuji bagi saya," ucap Didiet Maulana membahas masalah social distancing dalam sebuah video yang diunggah ke akun Instagram-nya, Senin, 24 Maret 2020. Narasi tersebut ditujukan sang desainer pada seorang selebgram yang disebutkan punya belasan juta pengikut.

Bukan tanpa alasan Didiet melayangkan kritik keras untuk sang selebgram. Masih dalam rekam gambar yang sama, ia mengatakan, selebgram yang dimaksud tetap syuting dan mengumpulkan banyak orang di tengah pandemi corona COVID-19.

Keputusan ini lantas membuat resah warga sekitar, di mana salah satu teman Didiet dikatakan tinggal bersebelahan dengan figur tersebut. Ia menyebutkan, sebelumnya pihak terkait telah beberapa kali memperingatkan sang selebgram untuk menyudahi syuting.

"Apa yang Anda lakukan sangat berbahaya dan membahayakan tak hanya keluarga Anda, tapi juga masyarakat sekitar," ucap Didiet. Ia menyambung, punya belasan juta pengikut sebenarnya berarti si selebgram dipercaya Tuhan untuk menyebarkan hal baik dan jadi contoh bagi publik.

"'Tapi tidak bisa. Ini syuting terakhir dan segala macam,' I don't care man. Apakah ini bakal jadi hari terakhir buat Anda dan yang lainnya? Kita tidak pernah tahu. Nyawa orang itu sekarang sedang dipertaruhkan," ucap Didiet Maulana.

Saling Jaga

Desainer dan Creative Director IKAT Indonesia, Didiet Maulana. (Liputan6.com/Putu Elmira)
Desainer dan Creative Director IKAT Indonesia, Didiet Maulana. (Liputan6.com/Putu Elmira)

Didiet Maulana menyambung, di tengah penyebaran corona COVID-19, publik harusnya punya kesadaran untuk saling menjaga, baik keluarga, diri sendiri, maupun lingkungan.

Kendati dengan keras menyuarakan kritik, Didiet menegaskan bahwa ia tak ingin ribut, apalagi cari masalah. "Saya hanya ingin memberi peringatan pada Anda bahwa follower banyak berarti ada tanggungan mental," ucapnya.

Juga, semua gerak-gerik si selebgram akan dijadikan panutan. Lewat video tersebut, Didiet berharap si selebgram bisa terbuka hati nuraninya.

"Mari kita sehat bersama. Saya doain mba, seluruh keluarga, dan crew yang terlibat hari ini sehat semua, jangan ada yang sakit," ucapnya. Sebagai kata penutup, Didiet mengajak khalayak untuk menjaga Indonesia, terlebih lingkungan masing-masing, dari pandemi corona COVID-19.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Imbas Corona, Pengunjung Pura Dibatasi Jelang Perayaan Nyepi

Posted: 23 Mar 2020 09:04 PM PDT

Petugas memberikan cairan hand sanitizer kepada pengurus Pura Amerta Jati menjelang persiapan Hari Raya Nyepi Saka 1942 di Cinere, Depok, Selasa (24/3/2020). Rangkaian Nyepi di sejumlah pura hanya akan dilakukan oleh panitia dalam jumlah terbatas untuk mencegah Covid-19. (merdeka.com/Arie Basuki)
Petugas memberikan cairan hand sanitizer kepada pengurus Pura Amerta Jati menjelang persiapan Hari Raya Nyepi Saka 1942 di Cinere, Depok, Selasa (24/3/2020). Rangkaian Nyepi di sejumlah pura hanya akan dilakukan oleh panitia dalam jumlah terbatas untuk mencegah Covid-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas memberikan cairan hand sanitizer kepada pengurus Pura Amerta Jati menjelang persiapan Hari Raya Nyepi Saka 1942 di Cinere, Depok, Selasa (24/3/2020). Rangkaian Nyepi di sejumlah pura hanya akan dilakukan oleh panitia dalam jumlah terbatas untuk mencegah Covid-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas memasang spanduk imbauan dan seruan terkait virus corona di Pura Amerta Jati, Cinere, Depok, Selasa (24/3/2020). Rangkaian perayaan Hari Raya Nyepi Saka 1942 di sejumlah pura hanya akan dilakukan oleh panitia dalam jumlah terbatas untuk mencegah penyebaran Covid-19. (merdeka.com/Arie Basuki)
Petugas memasang spanduk imbauan dan seruan terkait virus corona di Pura Amerta Jati, Cinere, Depok, Selasa (24/3/2020). Rangkaian perayaan Hari Raya Nyepi Saka 1942 di sejumlah pura hanya akan dilakukan oleh panitia dalam jumlah terbatas untuk mencegah penyebaran Covid-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas memasang spanduk imbauan dan seruan terkait virus corona di Pura Amerta Jati, Cinere, Depok, Selasa (24/3/2020). Rangkaian perayaan Hari Raya Nyepi Saka 1942 di sejumlah pura hanya akan dilakukan oleh panitia dalam jumlah terbatas untuk mencegah penyebaran Covid-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas memberikan cairan hand sanitizer kepada pengurus Pura Amerta Jati menjelang persiapan Hari Raya Nyepi Saka 1942 di Cinere, Depok, Selasa (24/3/2020). Rangkaian Nyepi di sejumlah pura hanya akan dilakukan oleh panitia dalam jumlah terbatas untuk mencegah Covid-19. (merdeka.com/Arie Basuki)
Petugas memberikan cairan hand sanitizer kepada pengurus Pura Amerta Jati menjelang persiapan Hari Raya Nyepi Saka 1942 di Cinere, Depok, Selasa (24/3/2020). Rangkaian Nyepi di sejumlah pura hanya akan dilakukan oleh panitia dalam jumlah terbatas untuk mencegah Covid-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas memberikan cairan hand sanitizer kepada pengurus Pura Amerta Jati menjelang persiapan Hari Raya Nyepi Saka 1942 di Cinere, Depok, Selasa (24/3/2020). Rangkaian Nyepi di sejumlah pura hanya akan dilakukan oleh panitia dalam jumlah terbatas untuk mencegah Covid-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas memeriksa suhu tubuh pengurus Pura Amerta Jati menjelang persiapan Hari Raya Nyepi Saka 1942 di Cinere, Depok, Selasa (24/3/2020). Rangkaian perayaan Nyepi di sejumlah pura hanya akan dilakukan oleh panitia dalam jumlah terbatas untuk mencegah penyebaran Covid-19. (merdeka.com/Arie Basuki)
Petugas memeriksa suhu tubuh pengurus Pura Amerta Jati menjelang persiapan Hari Raya Nyepi Saka 1942 di Cinere, Depok, Selasa (24/3/2020). Rangkaian perayaan Nyepi di sejumlah pura hanya akan dilakukan oleh panitia dalam jumlah terbatas untuk mencegah penyebaran Covid-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas memeriksa suhu tubuh pengurus Pura Amerta Jati menjelang persiapan Hari Raya Nyepi Saka 1942 di Cinere, Depok, Selasa (24/3/2020). Rangkaian perayaan Nyepi di sejumlah pura hanya akan dilakukan oleh panitia dalam jumlah terbatas untuk mencegah penyebaran Covid-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas memeriksa suhu tubuh pengurus Pura Amerta Jati menjelang persiapan Hari Raya Nyepi Saka 1942 di Cinere, Depok, Selasa (24/3/2020). Rangkaian perayaan Nyepi di sejumlah pura hanya akan dilakukan oleh panitia dalam jumlah terbatas untuk mencegah penyebaran Covid-19. (merdeka.com/Arie Basuki)
Petugas memeriksa suhu tubuh pengurus Pura Amerta Jati menjelang persiapan Hari Raya Nyepi Saka 1942 di Cinere, Depok, Selasa (24/3/2020). Rangkaian perayaan Nyepi di sejumlah pura hanya akan dilakukan oleh panitia dalam jumlah terbatas untuk mencegah penyebaran Covid-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas memeriksa suhu tubuh pengurus Pura Amerta Jati menjelang persiapan Hari Raya Nyepi Saka 1942 di Cinere, Depok, Selasa (24/3/2020). Rangkaian perayaan Nyepi di sejumlah pura hanya akan dilakukan oleh panitia dalam jumlah terbatas untuk mencegah penyebaran Covid-19. (merdeka.com/Arie Basuki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Positif Covid-19, Wakil Wali Kota Bandung: Ini Hari ke-12 Saya Isolasi Diri

Posted: 23 Mar 2020 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana dinyatakan positif terkena virus Corona Covid-19. Hasil itu diketahui dari unggahan akun Instagram Yana Mulyana @kangyanamulyana pada Senin, 23 Maret 2020.

Usai dinyatakan positif Covid-19, Yana pun kembali mengunggah sebuah video terkait kondisinya saat ini yang tengah diisolasi di sebuah rumah sakit.

Dalam videonya, Yana menyebut dirinya sudah isolasi diri sejak 12 hari lalu. Bahkan, itu dilakukannya sebelum dirinya dinyatakan Covid-19.

"Saya, Yana Mulyana, Wakil Wali Kota Bandung, setelah kemarin saya dinyatakan positif Corona Covid-19, dan hari ini merupakan hari ke-12 saya mengisolasi diri. Alhamdulillah sudah tidak demam, temperatur terakhir barusan 36,4 derajat Celsius dengan tensi 130/80," ujar Yana dikutip Liputan6.com dari Instagramnya @kangyanamulyana, Selasa (24/3/2020).

Ia kemudian berharap agar seluruh masyarakat tetap melakukan social distancing atau jaga jarak demi pencegahan penyebaran virus Corona Covid-19.

"Mudah-mudahan kondisi terus membaik dan mari kita social distancing terus lakukan demi kebaikan kita semua, keluarga kita, bangsa, dan seluruh warga masyarakat. Mohon doanya. Terima kasih, wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh," tutup Yana.

 

Minta Warga Jaga Kesehatan

Wakil Wali Kota Bandung
Wakil Wali Kota Bandung

Menyertai unggahan videonya, Yana Mulyana juga meminta kepada seluruh masyarakat agar terus menjaga kesehatan.

"Update hari ke 12.

Assalamualaikum wargi Bandung sadayana, Alhamdulillah. Setelah dinyatakan positif covid19. Kondisi saya semakin membaik. Suhu tubuh sudah berangsur-angsur normal. begitupun tekanan darah. Dalam kesempatan ini saya menghimbau kepada seluruh wargi Bandung, untuk tetap menjaga kesehatan, daya tahan tubuh, dan melaksanakan Social Distancing demi kebaikan kita bersama. Mari kita bersama-sama bahu membahu untuk melawan Virus Covid19. Bismillah......

#KangYana #YanaMulyana #kitapastimenang #covid_19" tulis Yana.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana dinyatakan positif corona Covid-19. Hal itu dia sampaikan langsung lewat akun Instagram pribadinya, Senin, 23 Maret 2020.

"Saya, Yana Mulyana, Wakil Wali Kota Bandung setelah mengalami demam dan melakukan tes corona Covid-19 beberapa hari yang lalu dan hari ini hasilnya sudah keluar dan dinyatakan saya positif corona Covid-19," tutur Yana.

Melalui unggahan video tersebut, Yana tampak mengenakan masker hijau. Tampak dia terlihat di ruang isolasi salah satu rumah sakit. Dia mengungkapkan dirinya telah mengisolasi diri dan akan dilanjutkan beberapa hari ke depan.

"Hari ini, saya melakukan isolasi dan Insya Allah mohon doa dari semua. Terima kasih," tutur Yana.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rangkul Mercedes-Benz, Michelin Perkenalkan Ban untuk Kelas Premium

Posted: 23 Mar 2020 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bekerja sama dengan PT Mercedes Benz Distribution Indonesia (MBDI), PT Michelin Indonesia (Michelin) terus memperkenalkan ban premiumnya untuk kendaraan penumpang di Indonesia. Mengikuti acara bertajuk Mercy Star Drive, yang berlangsung 12 sampai 15 Maret 2020 di Senayan City, Michelin menghadirkan ban seri Primacy dan Pilot Sport.

Dipasang di unit Mercedes-Benz yang digunakan untuk test drive, Michelin seperti ingin menunjukkan komitmennya untuk konsumen di Indonesia.

"Michelin dan Mercedes-Benz memiliki keselarasan visi dalam menghadirkan produk yang didukung oleh teknologi terdepan untuk memastikan keselamatan dan performa berkendara yang optimal," ujar Head of Marketing Consumer Products Michelin Indonesia, Roslina Komalasari dalam siaran persnya.

Michelin Primacy 3 ZP, adalah salah satu seri ban premium yang dirancang khusus bagi kendaraan penumpang. Beberapa seri mobil keluaran Mercedes-Benz menggunakan ban yang dilengkapi teknologi zero pressure tyre.

Ban jenis ini memiliki keunggulan pengendalian optimal, baik di lintasan basah maupun kering. Sementara dengan teknologi Michelin ZP, kendaraan tetap dapat melaju hingga 80 km saat ban telah kehilangan semua tekanan udara.

Pola tapak khusus pada Primacy dapat mengoptimalkan cengkeraman di permukaan jalan basah dan kering, serta memperpendek jarak pengereman. Kombinasi ini membuat Primacy lebih unggul dalam daya handling, daya cengkeram, serta ketahanan sesuai dengan standar dan spesifikasi Mercedes-Benz.

Keunggulan

Selain itu, Primacy dilengkapi teknologi Everygrip dan Silent Rib yang memberikan daya cengkram kuat di jalan, kenyamanan tinggi serta minim bising.

Sedangkan seri Pilot Sport memiliki kelebihan dalam pengendalian dan traksi sehingga menjamin keselamatan.

Rancang bangun Pilot Sport, disesuaikan dengan kendaraan-kendaraan tipe sport yang mengedepankan performa dan sensasi berkendara yang lebih sporty dan mature.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Surabaya Buka Peta Persebaran Corona COVID-19

Posted: 23 Mar 2020 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya membuka peta persebaran corona COVID-19 di Surabaya mulai 23 Maret 2020. Peta tersebut dapat dilihat dari laman https://lawancovid-19.surabaya.go.id/ milik Pemkot Surabaya.

Dari peta itu terlihat secara keseluruhan terdapat 134 warga berstatus orang dalam pemantauan (ODP), tujuh orang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) serta 23 orang terkonfirmasi positif COVID-19 yang tersebar di 28 kecamatan di Surabaya.

Hanya saja jumlah data pasien positif COVID-19 yang disampaikan Pemkot Surabaya itu berbeda dengan data Pemprov Jatim. Pemkot Surabaya menyebut ada sekitar 23 warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 per 23 Maret 2020 pukul 19.32 WIB. Sedangkan Pemprov Jatim menyampaikan ada 29 orang posotif COVID-19.

Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi (DisKominfo) Surabaya, M.Fikser menuturkan, data yang diterimanya itu sudah diolah dari Dinas Kesehatan Surabaya. Hanya saja jika masih ada selisih enam warga yang positisf COVID-19 itu dikarenakan masih dalam pemutakhiran data.

"Mungkin saja enam orang itu bukan warga Surabaya, tapi dirawat di rumah sakit di Surabaya," ujar dia seperti dikutip dari Antara, Rabu (24/3/2020).

Selain itu, jika ada perubahan data, Satgas Pencegahan COVID-19 Surabaya akan memberikan pembaharuan melalui laman milik Pemkot Surabaya itu. Fikser mengatakan jika ada perubahan data, pasti pihaknya akan memperbaharui datanya sehingga masyarakat bisa mendapatkan informasi yang jelas.

Alasan Peta Dibuka

Tugu Pahlawan Merah Putih di Surabaya, Jawa Timur. (Foto: Dok Humas Pemkot Surabaya)
Tugu Pahlawan Merah Putih di Surabaya, Jawa Timur. (Foto: Dok Humas Pemkot Surabaya)

Ia mengatakan data kasus COVID-19 baru bisa dibuka setelah pihaknya mendapatkan pembaharuan data dari pihak Dinas Kesehatan Kota Surabaya pada Senin malam, 23 Maret 2020. "Biar kita bisa sama-sama waspada atas COVID-19," kata Fikser.

Adapun 19 kelurahan itu antara lain Kelurahan Sidotopo (Kecamatan Semampir), Kelurahan Kenjeran (Kecamatan Bulak), Kelurahan Kedung Cowek (Kecamatan Bulak), Kelurahan Tambak Dukuh (Kecamatan Bubutan), Kelurahan Panjaringan Sari (Kecamatan Rungkut), Kelurahan Manyar Sabrangan (Kecamatan Mulyorejo), Kelurahan Menur (Kecamatan Sukolilo).

Selanjutnya , Kelurahan Gunung Anyar (Kecamatan Gunung Anyar). Selain itu, Kelurahan Babatan (Kecamatan Wiyung), Kelurahan Wiyung (Kecamatan Wiyung), Kelurahan Ngagel Rejo (Kecamatan Wonokromo), Kelurahan Sawunggaling (Kecamatan Wonokromo), Kelurahan Darmo (Kecamatan Wonokromo).

Kemudian ada Kelurahan Prada Kali Kendal (Kecamatan Dukuh Pakis), Kelurahan Dukung Kupang (Kecamatan Dukuh Pakis), Kelurahan Lontar (Kecamatan Sambikerep), Kelurahan Bangkingan (Kecamatan Lakarsantri), Kelurahan Putat Gede (Kecamatan Sukamanunggal) dan Kelurahan Simomulyo (Kecamatan Sukamanunggal).

Dari data tersebut diketahui ada dua warga dalam satu kelurahan yang dikonfirmasi positif COVID-19 yakni Kelurahaan Gunung Anyar (Kecamatan Gunung Anyar), Kelurahan Ngagel Rejo (Kecamatan Wonokromo), Kelurahan Prada Kali Kendal (Kecamatan Dukuh Pakis) dan kelurahan Simomulyo (Kecamatan Sukamanunggal) dua orang.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Surabaya Reni Astuti menyarankan agar peta sebaran COVID-19 di Surabaya bisa faktual, maka data pasien harus per domisili bukan per KTP kartu tanda penduduk (KTP). "Biasanya masih ada beda alamat KTP dan domisili," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Filipina Konfirmasi 39 Kasus Baru Positif Corona COVID-19

Posted: 23 Mar 2020 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Manila - Kementerian Kesehatan Filipina pada pagi ini membenarkan bahwa ada 39 kasus baru akibat Corona COVID-19.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Selasa (24/3/2020), dengan angka ini, jumlah warga Filipina yang terpapar COVID-19 menyentuh angka 501.

Jumlah pasien positif Virus Corona COVID-19 yang dilaporkan meninggal sebanyak 33 orang. Sementara itu 19 orang telah dinyatakan sembuh oleh Wakil Menteri Kesehatan Maria Rosario Vergeire.

Hanya selisih satu hari, jumlah pasien bertambah 39 orang. Pada Senin 23 Maret kemarin, kementerian kesehatan setempat juga melaporkan ada 16 kasus baru.

Kemarin, otoritas di Filipina juga melaporkan ada delapan orang yang meninggal dunia akibat Virus Corona baru itu.

Pihak berwenang di seluruh wilayah Asia-Pasifik telah meningkatkan upaya untuk membendung penyebaran COVID-19.

Filipina menghentikan penerbitan visa bagi orang asing, melarang semua warga negara memasuki negara itu untuk menghentikan penyebaran Virus Corona.

Pada 12 Maret lalu, Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengumumkan lockdown. Melakukan penuntupan akses masuk ke negara itu, dengan penghentian perjalanan darat, laut dan udara domestik ke dan dari Manila.

Mengutip The Star, selain itu juga diberitahukan tindakan karantina masyarakat, dalam apa yang disebutnya lockdown ibu kota untuk menangkap penyebaran Virus Corona.

Duterte menyetujui resolusi untuk memungkinkan langkah-langkah mencegah Corona COVID-19 meluas. Termasuk larangan pertemuan massal, satu bulan penutupan sekolah dan karantina di masyarakat di mana kasus terdeteksi, selain menghentikan perjalanan domestik masuk dan keluar dari Manila.

KBRI Pastikan Tak Ada WNI Positif Corona COVID-19

Petugas medis dari Provinsi Jiangsu bekerja di sebuah bangsal ICU Rumah Sakit Pertama Kota Wuhan di Wuhan, Provinsi Hubei, 22 Februari 2020. Tenaga medis dari seluruh China telah mengerahkan upaya terbaik mereka untuk mengobati para pasien virus corona COVID-19 di rumah sakit itu (Xinhua/Xiao Yijiu)
Petugas medis dari Provinsi Jiangsu bekerja di sebuah bangsal ICU Rumah Sakit Pertama Kota Wuhan di Wuhan, Provinsi Hubei, 22 Februari 2020. Tenaga medis dari seluruh China telah mengerahkan upaya terbaik mereka untuk mengobati para pasien virus corona COVID-19 di rumah sakit itu (Xinhua/Xiao Yijiu)

KBRI Manila telah memastikan bahwa hingga kini belum ada WNI yang menjadi suspect maupun pasien positif Virus Corona COVID-19.

Maka dari itu, KBRI Manila telah melakukan sejumlah langkah preventif berupa peniadaan kegiatan kemasyarakatan yang menggunakan fasilitas KBRI Manila sejak 10 Maret 2020 hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Tak hanya itu, pihak KBRI juga mengeluarkan imbauan langkah preventif kepada WNI di wilayah kerja KBRI Manila melalui platform media sosial KBRI Manila.

"Kami membuka hotline WA call dan text 24/7 yang bisa dihubungi WNI untuk berikan guidance," ujar Agus Buana, bidang Humas dan Media KBRI Manila.

KBRI Manila terus berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri RI dan Kementerian Luar Negeri Filipina, serta terus menjalin komunikasi dengan WNI/Diaspora, khususnya di Metro Manila untuk meminimalisir kemungkinan dampak yang dialami oleh WNI akibat kebijakan tersebut.

Walaupun berada dalam status lockdown, KBRI Manila tetap beroperasi seperti biasa dengan tetap memperhatikan kewaspadaan ancaman penyebaran COVID-19.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia Jika Pandemi Virus Corona Covid-19 Selesai

Posted: 23 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia mengalami perubahan jadwal pertandingan dalam kalender FIFA. Jadwal itu berubah lantaran pandemi virus Corona covid-19.

Sejatinya, pada bulan ini, Timnas Indonesia dijadwalkan turun di Kualifikasi Piala Dunia 2020 sebanyak dua kali pada Maret dan April bulan depan. Timnas Indonesia dijadwalkan meladeni Thailand dan Uni Emirat Arab.

Kemudian, di bulan Juni, Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam.

Namun pandemi virus corona yang melanda dunia membuat FIFA mengubah jadwal semua pertandingan internasional. Semua pertandingan Timnas Indonesia itu akan dilangsungkan pada Oktober dan November mendatang.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan pun memilih untuk mengormati keputusan tersebut.

"Timnas Indonesia kita telah melakukan persiapan pada bulan lalu. Rencananya pertengahan Maret ini pun akan berkumpul kembali."

"Namun, kita sama-sama memaklumi perkembangan terakhir di dunia, yang secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh pada aktivitas persepakbolaan. Bagaimanapun, kemanusiaan ada di atas segalanya," kata Iriawan, seperti dikutip dari situs resmi PSSI.

 

Jadwal Timnas Terbaru

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat sesi latihan di Stadion Madya, Jakarta, Selasa, (18/2/2020). Untuk meningkatkan performa kiper, Shin Tae-yong menambah porsi waktu latihan. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat sesi latihan di Stadion Madya, Jakarta, Selasa, (18/2/2020). Untuk meningkatkan performa kiper, Shin Tae-yong menambah porsi waktu latihan. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Jadwal Timnas Indonesia Terbaru

8 Oktober 2020

Thailand vs Timnas Indonesia

13 Oktober 2020

Timnas Indonesia vs Uni Emirat Arab

12 November 2020

Vietnam vs Timnas Indonesia

Skuat Timnas

Skuat Timnas di TC Terakhir

Kiper

1. Andritany Ardhiyasa (Persija Jakarta)

2. Muhammad Riyandi (Barito Putera)

3. Nadeo Argawinata (Bali United)

4. Muhammad Adi Satrio (PSMS Medan)

Belakang

5. Fachruddin Aryanto (Madura United)

6. Bagas Adi Nugroho (Arema FC)

7. Andy Setyo Nugroho (Tira Persikabo)

8. Rudolf Yanto Basna (PT Prachuap)

9. Hansamu Yama (Persebaya Surabaya)

10. Alfeandra Dewangga (PSIS Semarang)

11. Ricky Fajrin (Bali United)

12. Gavin Kwan Adsit (Bali United)

13. Putu Gede Juni Antara (Bhayangkara FC)

14. Firza Andika (PSM Makassar)

15. Asnawi Mangkualam (PSM Makassar)

16. Pratama Arhan Alif (PSIS Semarang)

Tengah

17. Sani Rizki Fauzi (Bhayangkara FC)

18. T.M. Ichsan (Bhayangkara FC)

19. Rachmat Irianto (Persebaya Surabaya)

20. Muhammad Tahir (Persipura Jayapura)

21. Bayu Pradana (Barito Putera)

22. Zulfiandi (Madura United)

23. Septian David Maulana (PSIS Semarang)

24. Stefano Lilipaly (Bali United)

25. Irfan Bachdim (PSS Sleman)

26. Rizky Rizaldi Pora (Barito Putera)

27. Febri Hariyadi (Persib Bandung)

28. Saddil Ramdani (Tanpa Klub)

29. Rizky Eka Pratama (PSM Makassar)

30. Osvaldo Haay (Tanpa Klub)

Depan

31. Ilija Spasojevic (Bali United)

32. Lerby Eliandry (Bali United)

33. Irfan Jauhari Bali United)

34. Muhammad Rafli (Arema FC)

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Ayah Meninggal Akibat Covid-19, Pria Ini Sedih Tak Bisa Ucap Perpisahan

Posted: 23 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Virus Corona atau Covid-19 tak mengenal usia, jenis kelamin, dan profesi. Siapapun bisa tertular virus yang menyerang saluran pernapasan ini.

Karena penyebarannya lewat droplet yakni cairan yang dikeluarkan penderita, virus Corona dapat bertahan lama di tempat terbuka. Penting bagi kita untuk sering mencuci tangan, menjaga kebersihan, serta menjaga jarak dengan penderita.

Artikel tentang kisah haru pemuda yang tidak bisa ucap selamat tinggal pada ayah yang meninggal akibat Virus Corona menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang pakaian hingga pintu, berapa lama Virus Corona bertahan di benda sekitar.

Sementara itu artikel terpopuler ketiga tentang curhat haru wanita yang ibunya meninggal karena Covid-19, pemakaman sepi tanpa pelayat.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Kisah Haru Pemuda Tak Bisa Ucap Selamat Tinggal pada Ayah yang Meninggal Akibat Virus Corona

Doc: Twitter.com/peterjohndario
Doc: Twitter.com/peterjohndario

 

Kisah-kisah haru para pasien Virus Corona maupun kisah yang diceritakan oleh keluarga pasien bertebaran di media sosia. Beberapa kisah tersebut begitu mengharukan. Seperti kisah di bawah ini.

Seorang pemuda bernama Peter John Dario (@peterjohndario) mengisahkan kepedihannya ditinggal sang ayah yang wafat akibat Virus Corona. Ia berharap ayahnya bisa sembuh dan kembali berkumpul dengannya. Namun kenyataan berkata lain.

Selengkapnya...

2. Pakaian hingga Pintu, Berapa Lama Virus Corona Hidup di Benda Sekitar?

Ilustrasi Virus Corona 2019-nCoV (Public Domain/Centers for Disease Control and Prevention's Public Health Image)
Image)

Virus Corona Covid-19 masih mewabah di berbagai negara. Virus yang dikatakan sangat berbahaya ini membuat para ahli terus melakukan penelitian.

Kabar terbaru, banyak penelitian yang mengatakan bahwa virus Corona Covid-19 mampu menginfeksi dari permukaan benda yang dipegang oleh orang terinfeksi. Dengan kata lain, virus yang ada di tubuh orang yang terinfeksi masih dapat bertahan hidup di benda atau permukaan.

Nyatanya berbeda material, berbeda pula masa virus ini dapat bertahan. Dikutip dari Merdeka, berikut ulasan lengkap berapa lama virus Corona mampu bertahan di benda mati.

Selengkapnya...

3. Curhat Haru Wanita yang Ibunya Meninggal karena Covid-19, Pemakaman Sepi Tanpa Pelayat

Ilustrasi Foto Pemakaman (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Pemakaman (iStockphoto)

Seorang pengguna Instagram baru-baru ini tengah menjadi perbincangan publik, khususnya para pengguna jejaring sosial. Wanita bernama Eva Rahmi Salami berbagi kisah haru atas kepergian ibunya karena pademi Virus Corona atau Covid-19.

Melalui akunnya dengan nama @evarahmisalama, ia menunjukkan potret ketika ia dan dua adiknya tengah melepas kepergian ibunya di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur. Dalam foto tersebut juga tidak terlihat seorang pun pelayat yang mengantar kepergian ibu Eva.

Meski sedih karena tidak ada pelayat yang hadir kecuali dia dan dua adiknya, tapi ia mengerti dengan kondisi yang kini tengah terjadi.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1 komentar:

AMISHA mengatakan...

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut