Jumat, 06 Maret 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Sempat Jadi Trending, Ini Potret Kakbah yang Ditutup Sementara untuk Disterilisasi

Posted: 06 Mar 2020 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Penyebaran virus Corona Covid-19 membuat pemerintah di sejumlah Negara bertindak cepat mencegah risiko penularan virus tersebut. Tak sedikit yang membatasi kedatangan turis asing ke negaranya.

Hal ini yang juga dilakukan oleh pemerintah Arab Saudi. Salah satunya dengan membuat larangan bagi warga Saudi dan asing mendekati area suci Kakbah dan Masjidil Haram. Ditutupnya Masjidil Haram untuk sementara pun memperlihatkan pemandangan langka.

Bagaimana tidak, area Kakbah yang selalu dipadati orang dari berbagai belahan dunia kemarin tampak begitu sepi. Sudah menjadi hal yang biasa kalian lihat jika Kakbah biasanya dipenuhi oleh jutaan umat muslin untuk melakukan tawaf.

Namun Jum'at (6/3/2020) kemarin potret kosongnya Kakbah sempat menjadi trending topic. Rupanya ditutupnya Masjidil Haram atau area Kakbah untuk dilakukan sterilisasi atas kekhawatiran penyebaran virus Corona.

Penutupan area Kakbah dan Masjidil Haram tersebut juga dilakukan di luar waktu salat. Penutupan dilaksanakan satu jam setelah salat isya dan dibuka kembali satu jam sebelum salat fajar.

Ka'bah yang biasanya dipenuhi jamaah, kemarin sempat terlihat sangat sepi

foto: ABDEL GHANI BASIR/AFP
foto: ABDEL GHANI BASIR/AFP

Hal ini lantaran telah dilakukan sterilisasi pada area Ka'bah demi pencegahan virus Corona

foto: Twitter/@Awais_raja1
foto: Twitter/@Awais_raja1

Namun penutupan tersebut hanya dilakukan sementara dan di luar waktu shalat

foto: ABDEL GHANI BASIR/AFP
foto: ABDEL GHANI BASIR/AFP

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keluh Kesah Pengusaha yang Bisnisnya Terdampak Virus Corona

Posted: 06 Mar 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pengusaha mengeluhkan bisnisnya yang kian terganggu wabah Virus Corona. Pengusaha yang berkeluh kesah berasal dari sektor pariwisata dan pemilik usaha dengan bahan baku impor.

"Data kami, yang terdampak pariwisata dan pengusaha yang bahan bakunya impor," kata Wakil Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Eka Sastra dalam satu diskusi di Jakarta, Sabtu (7/3/2020).

Eka menuturkan, jika saat ini kondisi sektor pariwisata sudah lesu. Sementara dari sisi aktivitas impor, terjadi keterlambatan pengiriman bahan baku produksi. Begitu juga dengan ekspor yang tertahan di beberapa titik.

Mengatasi ini, pengusaha akhirnya mencari pasar ekspor baru ke negara-negara tradisional yang tak terdampak Virus Corona.

Tak hanya itu, beberapa kerja sama perdagangan dengan negara yang terkena suspect covid-19 seperti China, Jepang dan Korea ikut terganggu. Bahkan terpaksa melakukan penundaan transaksi.

"Tentu saja itu sangat mengganggu cash flow dan perencanaan yang kami bangun," kata Eka.

Dalam kondisi ini Eka menilai pemerintah dan semua pemangku kebijakan harus melakukan evaluasi dari sisi produksi dan tata niaga. Dunia usaha mengharapkan sistem kelembagaan yang responsif.

"Harapan kita agar situasi kembali normal sehingga kita bisa mengeksekusi semua rencana dan beberapa kontrak kontrak yang sudah berjalan saat ini," kata Eka.

Reporter: Anisyah Alfaqir

Sumber: Merdeka.com

Penanganan Virus Corona di Indonesia Jadi Perhatian Bank Dunia

Ilustrasi Bank Dunia (Liputan6.com/Andri Wiranuari)
Ilustrasi Bank Dunia (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan pertemuan tertutup dengan perwakilan Bank Dunia. Pertemuan tersebut membahas mengenai dampak penyebaran Virus Corona serta rencana penerapan Kartu Pra Kerja di Indonesia.

"Dengan Bank Dunia bahas Kartu Pra Kerja, bahas corona virus, bahas Cipta Kerja. Jadi banyak hal dibahas," ujar Airlangga di Kantornya, Jakarta, Jumat (6/3/2020).

Airlangga melanjutkan, penanganan Virus Corona di Indonesia menjadi perhatian khusus Bank Dunia. Sebab, Indonesia secara resmi sudah masuk dalam daftar negara yang mengakui warna negaranya terpapar Covid-19.

"Jadi Indonesia tentu sebagai negara lain juga masalah Corona Virus ini yang menjadi perhatian utama dan harapannya kesiapan di health care sector," jelasnya.

Mantan Menteri Perindustrian tersebut menambahkan, pihaknya juga membahas mengenai Omnibus Law dengan Bank Dunia. Omnibus Law diharapkan mampu merestrukturisasi berbagai aturan yang selama ini banyak menghambat ekonomi.

"Kemudian harapan berikut mengenai reformasi struktural ekonomi itu melalui Omnibus Law. Dan mereka mendukung program tersebut karena ini dianggap The Light at The End of The Tunnel," jelasnya.

"Jadi ini harapan ke depannya melalui restrukturisasi di bidang perekonomian melalui UU Cipta Kerja, tahap berikutnya tentu reformasi birokrasi yang akan mendeliver keputusan-keputusan yang diambil," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Punya Kulit Bening? Coba Diet Ini

Posted: 06 Mar 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Anda ingin memiliki kulit bening alias glass skin? Ini semua tidak cukup dengan hanya mengandalkan skincare, tapi juga dari makanan perlu diperhatikan.

Para ahli mengatakan bahwa ketika makanan termasuk dalam dalam perawatan kulit, Anda akan melihat dampak langsung pada kesehatan dan penampilan kulit Anda.

"Kulit yang baik membutuhkan pendekatan luar ke dalam, dalam ke luar untuk hasil terbaik," kata ahli kulit yang berbasis di California, Caren Campbell, MD, seperti dikutip InStyle

Menurutnya aturan ini berlaku entah saat berurusan dengan komedo, sering berjerawat, jerawat kistik, atau bahkan kondisi kulit yang meradang, seperti rosacea.

"Saya bekerja dengan pasien untuk mengatasi tidak hanya apa yang mereka terapkan di kulit mereka, tetapi apa yang mereka letakkan di tubuh mereka," kata Campbell.

Campbell bilang, dengan menambah makanan tertentu juga bisa memiliki kulit bening impian. Apa saja?

1. Makanan dari tanaman

Ahli diet dan koki terdaftar Julie Harrington menjelaskan untuk memiliki kulit jernih tak ada satu ukuran sayuran atau buah-buahan.

"Apa yang Anda makan dapat berdampak pada kulit Anda," kata Harrington.

Namun dalam daftar atas diet tanaman untuk menjaga kulit dalam kondisi prima membutuhkan antioksidan nabati - seperti beta karoten, vitamin C, vitamin E, selenium, dan vitamin B. Ini berfungsi sebagai perisai untuk melindungi sel-sel kulit Anda dari kerusakan.

Blueberry, blackberry, sayuran berdaun gelap, cranberry, brokoli, asparagus, bit, kentang manis, dan berbagai labu hanyalah beberapa buah dan sayuran yang mengandung antioksidan untuk membantu menjaga kesehatan kulit, mengurangi peradangan, dan meningkatkan umur panjang.

2. Jangan lupakan Omega-3

Omega-3 selalu dikaitkan dengan kecerdasan, tapi asam lemak esensial juga dapat memperbaiki warna kulit Anda.

"Asam lemak omega-3 sangat membantu menenangkan peradangan," kata Campbell.

Anda dapat memperoleh omega-3 dari berbagai sumber makanan. Menurut Harrington sebagian besar ditemukan pada ikan berlemak seperti arctic char, mackerel, sarden, sablefish, tiram, rainbow trout, halibut, dan bahkan salmon kaleng.

3.Jadikan vitamin D sebagai prioritas

Campbell mengatakan vitamin D memang bisa membantu mengobati psoriasis, tapi vitamin oral D (4000 hingga 5000 unit per hari) juga dapat membantu memperbaiki kulit.

Faktanya, sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam Farmakologi dan Fisiologi Kulit menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dapat menyebabkan kondisi kulit tertentu, termasuk psoriasis dan dermatitis atopik (alias eksim).

 

4. Minum air

Ilustrasi Minum Air Putih (iStock Photo)
Ilustrasi Minum Air Putih (iStock Photo)

Menurut Harrington, air adalah komponen penting dalam rutinitas perawatan kulit Anda, terutama karena kulit terdiri dari 30 persen air.

Dalam studi tahun 2018, para peneliti menemukan bahwa partisipan yang meningkatkan asupan air mereka menunjukkan berkurangnya kulit kering dan kasar, serta meningkatkan elastisitas kulit.

"Menjaga agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik adalah salah satu cara paling sederhana untuk meningkatkan cahaya Anda dan menjaga kulit dan jaringan Anda berfungsi sebaik mungkin," katanya.

Anda bisa meremajakan kulit dengan minum kira-kira delapan gelas air, dengan menambahkan irisan jeruk, seperti lemon atau jeruk nipis.

5. Pastikan untuk memasukkan protein

Campbell mengatakan penting untuk memasukkan sumber protein yang sehat, seperti dada ayam, daging merah tanpa lemak, atau, jika Anda seorang vegetarian atau vegan, kacang-kacangan dan biji-bijian, tahu dan kacang-kacangan, seperti lentil dan buncis.

"Protein memungkinkan penyembuhan luka dan perbaikan jaringan," kata Campbell.

Tetapi jangan berlebihan juga. Faktanya, Campbell menunjuk pada penelitian terbaru bahwa diet tinggi protei, seperti diet keto, dapat menyebabkan kondisi kulit yang menyebabkan ruam gatal.

6. Lewatkan produk dairy

"Susu - terutama susu skim - telah terbukti secara statistik signifikan dalam memperburuk jerawat," kata Campbell.

Sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam Jurnal Akademi Dermatologi dan Venereologi Eropa menunjukkan hubungan antara jerawat dan produk susu, termasuk protein whey dan makanan manis berbahan dasar susu.

Namun, ketika sebuah tinjauan tahun 2014 yang diterbitkan dalam The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology menemukan bahwa jenis susu, seperti susu skim, mungkin menjadi penyebab utama, sementara penelitian lain menunjukkan hubungan jerawat-susu mungkin merupakan hasil dari hormon pertumbuhan yang secara alami terjadi pada susu sapi.

7. Kurangi gula dan makanan olahan

Apabila Anda merasa apa yang Anda makan berkontribusi dengan munculnya berjerawat, kata Harrington, perhatikan yang ada di dapur Anda.

Anda mungkin akan menemukan barang olahan, seperti biji-bijian olahan atau makanan manis dengan tambahan gula yang menjadi akar masalah kulit Anda.

"Ketika gula darah Anda meningkat, itu menyebabkan peradangan di seluruh tubuh Anda," kata Harrington.

Campbell menambahkan ketima hubungan antara makanan seperti gula dan jerawat belum terbukti secara statistik, ada penelitian yang menunjukkan korelasi antara diet tinggi glikemik dan meningkatnya jerawat.

Penelitian pada 2017 menunjukkan hubungan antara mengonsumsi makanan dengan kadar glikemik tinggi dan jerawat.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banjir Kritik, 3 Pemain Ini Tetap Layak Dipertahankan Chelsea

Posted: 06 Mar 2020 10:00 PM PST

London - Performa Chelsea pada musim 2019-2020 tak stabil. Kehilangan Eden Hazard dan larangan transfer pemain membuat sang manajer, Frank Lampard, berjuang dengan pemain seadanya. 

Para pemain Chelsea juga berkutat dengan cedera sehingga strategi permainan tidak maksimal. Belum lagi para pemain muda yang minim pengalaman seperti belum siap mental membela tim besar dan berlaga di kompetisi yang ketat.

Chelsea sebetulnya memiliki waktu untuk menambah pemain saat bursa transfer Januari 2020. Sanksi The Blues dicabut CAS, namun manajemen gagal mendapat satu pun pemain baru.

Tanpa ada tambahan pemain baru, membuat Lampard perlu memutar otak lebih keras. Apalagi, posisi empat besar mulai digoyang oleh Manchester United.

Klub yang bermarkas di Old Trafford itu mulai menemukan bentuk permainan setelah kehadiran Bruno Fernandes yang digaet pada bursa transfer Januari 2020.

Selain memikirkan cara untuk bertahan di empat besar, Lampard juga perlu menyiapkan beberapa pemain untuk dipakai di musim depan.

Tiga pemain ini mungkin layak dipertahankan Lampard untuk musim depan meski kerap mendapat kritikan fans. Berikut tiga pemain Chelsea tersebut dilansir dari Sportkeeda:

1. Kepa Arrizabalaga

(AFP/Glyn Kirk)
(AFP/Glyn Kirk)

Kepa Arrizabalaga gabung Chelsea pada musim panas 2018 dengan rekor pembelian kiper termahal di dunia. Ia diplot untuk menggantikan posisi Thibaut Courtois yang hengkang ke Real Madrid.

Namun, performa Kepa menurun musim ini. Ia kerap kebobolan sehingga dicadangkan Lampard pada beberapa pertandingan terakhir. Fans juga kerap mengkritik performa kiper asal Spanyol tersebut. 

Tetapi, Ia menunjukkan potensi kala tampil brilian saat Chelsea mengalahkan Liverpool di babak kelima Piala FA. Bahkan, Kepa membuat tiga penyelamatan beruntun.

2. Marcos Alonso

(Glyn KIRK/AFP)
(Glyn KIRK/AFP)

Marcos Alonso kerap mendapat kritikan dari fans Chelsea karena kerap terlalu agresif dalam menyerang. Aksinya itu membuat sektor sayap kiri yang ia jaga menjadi kendor.

Padahal, Alonso kerap menjadi pahlawan The Blues dengan mencetak gol-gol dimomen-momen krusial. Itu menjadi sedikit kelebihan bek asal Spanyol ini untuk mendapat pertimbangan khusus dari Lampard agar dipertahankan di Stamford Bridge.

3. Ross Barkley

Gelandang Chelsea, Ross Barkley (Twitter Chelsea)
Gelandang Chelsea, Ross Barkley (Twitter Chelsea)

Ross Barkley belum menemukan performa terbaik seperti saat membela Everton. Ia kalah bersaing dengan Mateo Kovacic dan Jorginho.

Padahal, nafsu menyerang Barkley sangat dibutuhkan Chelsea, terutama melakukan tembakan keras dari luar penalti. Pemain berpaspor Inggris itu hanya perlu tampil konsisten saja untuk bisa meyakinkan Lampard agar dipertahankan musim depan.

Sumber: Sportskeeda

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menelisik Penyebab Kelangkaan Masker di Blora

Posted: 06 Mar 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Blora - Kelangkaan masker di Indonesia, menjadi isu yang hangat sejak awal tahun hingga Maret 2020 ini. Fenomena itu tak lepas dari wabah virus Corona yang rupanya juga telah menjangkit Warga Negara Indonesia (WNI).

Di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, meski belum ada informasi warga yang terjangkit virus itu, namun masker juga langka. Seperti halnya di Apotek Kaliwangan. Di apotek tersebut, masker sama sekali tak tersedia.

"Masker kosong Mas, salesnya sudah tidak lagi kesini," kata pegawai Apotek Kaliwangan, Lega, kepada Liputan6.com, Kamis (5/3/2020).

Menurut Lega, sales sudah tak lagi mengirim masker dua minggu terakhir ini. Penyebabnya setelah adanya kabar virus Corona meluas.

"Dulu sini menyediakan. Ecerannya Rp1.000, per boks isi 50 harganya Rp50 ribu. Terakhir lebih dari dua minggu lalu harga dari sales naik Rp250 ribu," katanya.

Apotek K24 Blora juga menyampaikan hal senada. Apotek ini tidak lagi menyediakan masker. Bahkan, apotek ini sudah tak lagi menyediakan masker sejak awal 2020, atau dua bulan lebih.

"Disini sudah sejak awal tahun 2020 kemarin kosong. Stok dari sananya tidak ada," kata Asisten apoteker K24 Blora, Abdul Rozaq.

Hal sedikit berbeda diungkapkan saat ke apotek Sinar Sehat Blora. Meski pun di apotek-apotek lain sudah kosong, apotek ini tampak masih menyediakan masker.

"Disini ada tapi tidak banyak, harga perbiji Rp7.500, kalau beli per boks isi 50 harganya Rp350 ribu," ujar pihak Apotek Sinar Sehat Blora, Ainia Zulva.

 

Pemantauan 64 Warga Blora Terkait Virus Corona

Langkanya masker disampaikan apotek-apotek di Blora, Jawa Tengah (Foto: Liputan6.com/ Ahmad Adirin)
Langkanya masker disampaikan apotek-apotek di Blora, Jawa Tengah (Foto: Liputan6.com/ Ahmad Adirin)

Saking banyaknya warga yang mencari masker, Zulva mengungkap bahwa apotek Sinar Sehat terpaksa mencari masker bukan dari sales yang sering datang ke apotek-apotek Blora seperti biasa.

"Sini dapat dari luar Mas, kita dapatnya harga mahal ya kita jual mahal. Saat ini stoknya tinggal sedikit," kata dia.

Pengurus Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Blora, Mochamad Jumarno menyebut kelangkaan masker bisa dilihat dari beberapa hal. Dari sudut pandang perdagangan, dia menengarai ada permainan dalam perdagangan alat kesehatan tersebut.

Di lain sisi, serbuan masyarakat yang mencari masker untuk mengantisipasi keberadaan virus Corona juga membuat makser langka dan mahal.

"Hal ini wajar ketika banyak yang nyari masker, pastinya dimana-mana banyak yang kosong," ucap Jumarno.

Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Blora, Jawa Tengah, memantau 64 warga Blora yang baru datang dari luar negeri. Sebagian besar mereka dari Arab Saudi, setelah melaksanakan umrah.

Rinciannya 60 orang dari Arab Saudi, satu dari Malaysia, satu Vietnam dan dua orang dari Singapura. Sebanyak 58 orang dinyatakan sehat.

"Sedangkan enam lainnya dinyatakan kurang enak badan saat tiba di Blora," kata Plt. Kepala DKK Blora, Lilik Hernanto saat rapat koordinasi (Rakor) kesiapan penanganan dan kewaspadaan virus Corona atau COVID-19, di Gedung Samin Surosentiko, Rabu (4/3/2020).

 

Upaya Pemerintah Menekan Histeria Virus Corona

Rakor Kesiapan Penanganan Kewaspadaan Covid-19 (Foto: Liputan6.com/Humaskab/Ahmad Adirin)
Rakor Kesiapan Penanganan Kewaspadaan Covid-19 (Foto: Liputan6.com/Humaskab/Ahmad Adirin)

Lilik menyampaikan, keenam orang tersebut terus didampingi oleh tim kesehatan. Hal itu dilakukan karena mereka menderita batuk, pilek dan demam.

"Demamnya masih di bawah 36 derajat celsius. Sedangkan yang satu orang mengalami demam di atas 36 derajat Celsius, batuk, pilek, pusing dan nyeri tenggorokan," dia menjelaskan.

Lilik menegaskan, keenam orang tersebut berada dalam pemantauan dan pengawasan lanjutan. Mereka saat ini dianjurkan untuk tidak keluar rumah, selalu memakai masker, dan makan makanan bergizi.

"Sekarang kondisinya sudah dinyatakan sehat," katanya.

Sekretaris Daerah Blora, Komang Gede Irawadi, menyambut baik langkah-langkah yang telah dilakukan dinas kesehatan untuk menyikapi maraknya pemberitaan tentang bahaya COVID-19 yang telah sampai di Indonesia.

"Sudah ada dua WNI yang dinyatakan positif terkena COVID-19. Maka rakor ini kita laksanakan sebagai wujud kewaspadaan di tingkat daerah, khususnya Blora. Kami minta seluruh dinas terkait untuk gencar melaksanakan sosialisasi," ujar Komang.

Menurutnya, guna mengurangi kecemasan masyarakat terhadap bahaya COVID-19 ini, pihaknya meminta seluruh awak media bisa menyampaikan pemberitaan yang benar dan tidak menimbulkan kepanikan.

"Manfaatkan media sosial dengan baik. Isi dengan sosialisasi yang mengedukasi, bukan menakut-nakuti," ucap Komang.

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Anggota Senior Kerajaan Arab Saudi Ditahan, Gagal Mengkudeta Putra Mahkota?

Posted: 06 Mar 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Riyadh - Tiga anggota senior keluarga kerajaan Arab Saudi, termasuk saudara raja, telah ditangkap karena alasan yang tidak dapat dijelaskan, menurut laporan media AS.

Dua dari pria itu termasuk di antara tokoh kerajaan yang paling berpengaruh.

Penahanan dikaitkan dengan Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman (MBS), demikian seperti dilansir BBC, Sabtu (7/3/2020).

Mohammed bin Salman dianggap sebagai penguasa kerajaan secara de facto, setelah ia dinobatkan sebagai putra mahkota oleh ayahnya pada tahun 2016.

Penahanan terjadi pada Jumat 6 Maret 2020 pagi waktu setempat, lapor the New York Times dan the Wall Street Journal. Sementara itu, media Israel the Times of Israel menyebut adanya plot kudeta yang gagal sebelum penahanan itu terjadi.

"Pengadilan kerajaan Saudi menuduh dua (dari tiga) orang, di mana pernah menjadi penerus takhta, 'merencanakan kudeta untuk menggulingkan raja dan putra mahkota' dan dapat menghadapi hukuman penjara seumur hidup atau eksekusi," kata surat The Times of Israel, mengutip the Wall Street Journal.

Belum ada konfirmasi resmi dari pihak Arab Saudi terkait laporan tersebut.

Siapa yang Ditahan?

Mantan putra mahkota Arab Saudi Pangeran Muhammad bin Nayef (AP)
Mantan putra mahkota Arab Saudi Pangeran Muhammad bin Nayef (AP)

Tiga orang yang dilaporkan telah ditangkap adalah Pangeran Ahmed bin Abdulaziz (adik Raja Salman), mantan putra mahkota Mohammed bin Nayef, dan Pangeran Nawaf bin Nayef (sepupu Raja).

Mohammed bin Nayef adalah menteri dalam negeri sampai perannya dihapus dan ditempatkan di dalam tahanan rumah oleh Pangeran MBS pada 2017.

Para penjaga tiba di rumah para bangsawan mengenakan topeng dan berpakaian hitam, dan menggeledah rumah mereka, kata Wall Street Journal.

Jika dikonfirmasi, ini akan menjadi langkah signifikan oleh Pangeran Mahkota Mahkota yang berkuasa di Arab Saudi Mohammed bin Salman untuk mengonsolidasikan posisinya. Pangeran Ahmed bin Abdulaziz adalah salah satu putra terakhir pendiri negara itu, Raja Abdulaziz, dan secara luas dihormati di antara anggota keluarga penguasa yang lebih tua.

Pangeran senior lainnya, Mohammed bin Nayef, merupakan orang pertama dalam garis suksesi raja. Namun, ia disingkirkan secara tiba-tiba tiga tahun lalu.

Sebelum itu, sebagai menteri dalam negeri, ia dikreditkan dengan mengalahkan pemberontakan al-Qaeda yang mencengkeram Arab Saudi pada tahun 2000-an.

Belum ada konfirmasi resmi langsung atau penolakan terhadap cerita yang diterbitkan di media AS, tetapi urusan istana di Arab Saudi sering kali diselimuti kerahasiaan.

Pada 2017 puluhan tokoh kerajaan Saudi, menteri dan pengusaha dikurung di hotel Ritz-Carlton di Riyadh setelah putra mahkota memerintahkan penangkapan mereka.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pertunjukan Batal karena Virus Corona, Artis Ini “Konser” Dadakan di Stasiun

Posted: 06 Mar 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Virus Corona membuat acara konser musik dibatalkan. Salah satunya adalah Joey Yung penyanyi asal Hongkong yang terkena dampaknya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ibunda Baim Wong Sempat Tak Sadarkan Diri Selama 2 Hari Sebelum Meninggal

Posted: 06 Mar 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kartini Marta Atmadja, ibunda Baim Wong, meninggal dunia setelah mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta Pusat, Jumat (6/3/2020). Ibunda Baim Wong  mengembuskan napas terakhir sekitar pukul 22.05 WIB setelah menjalani perawatan selama 12 hari.

Bedasarkan keterangan Moammar Emka, sahabat Baim Wong, sebelum meninggal dunia almarhumah sempat tak sadarkan diri selama dua hari.

"Baru dua hari mulai enggak sadar dan sekitar jam 10 malam, beliau enggak ada," kata Moammar Emka di rumah duka di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (7/3/2020).

Komplikasi

Baim Wong (Sumber: Instagram/baimwong)
Baim Wong (Sumber: Instagram/baimwong)

Menurut Moammar Emka, ibunda Baim Wong meninggal akibat komplikasi penyakit. Namun untuk lebih detailnya ia menyarankan bertanya kepada pihak keluarga.

"Komplikasi saja sih yang saya tahu," kata Moammar Emka.

Diabetes

Baim Wong (Sumber: Instagram/baimwong)
Baim Wong (Sumber: Instagram/baimwong)

Ditemui di tempat yang sama, kerabat Baim Wong bernama Winda mengatakan bahwa Kartini Marta Atmadja sudah lama menderita penyakit diabetes.

Dari penyakit tersebut, akhirnya terjadi komplikasi dan membuat ibunda Baim Wong sering keluar masuk rumah sakit.

"Sakit sudah lama, diabetes," kata Winda.

Dimakamkan di Purwakarta

Paula Verhoeven dan Baim Wong (Instagram/kianotigerwong)
Paula Verhoeven dan Baim Wong (Instagram/kianotigerwong)

Saat ini jenazah ibunda Baim Wong telah dibawa ke Purwakarta, Jawa Barat, untuk dimakamkan di kota kelahirannya.

Sebelum dimakamkan, jenazah sempat disemayamkan sejenak untuk dikafankan di rumah duka di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (7/3/2020).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Jihane Almira, Aktris yang Wakili Indonesia di Miss Supranational 2020

Posted: 06 Mar 2020 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ajang kecantikan Puteri Indonesia 2020 baru saja selesai digelar pada Jumat (6/3/2020) malalam. Pada ajang tersebut Perwakilan dari Jawa Timur, Rr.Ayu Maulida meraih gelar sebagai Puteri Indonesia 2020 yang selanjutnya akan menjadi wakil Indonesia dalam ajang Miss Universe. Sedangkan wakil Bali, Putu Ayu Saraswati menjadi runner up pertama dan mewakili Indonesia dalam ajang Miss International 2020 yang akan digelar di Jepang.

Tak hanya Ayu Maulida dan Putu Ayu Saraswati saja yang menjadi sorotan. Akan tetapi Jihane Almira Chedid sebagai perwakilan Jawa Tengah dalam ajang Puteri Indonesia 2020 juga jadi sorotan. Wanita kelahiran Semarang ini berhasil mendapat runner up kedua pada ajang Puteri Indonesia 2020.

Hal ini membuat Jihane Almira mendapat kesempatan untuk menjadi wakil Indonesia dalam ajang Miss Supranational 2020 mendatang. Sosok Jihane Almira Chedid memang telah menjadi sorotan publik sejak dirinya berhasil maju di ajang Puteri Indonesia 2020.

Pasalnya, wanita keturunan Lebanon ini dikenal luas sebagai pesinetron dan model. Meski tak mendapat gelar Puteri Indonesia 2020, ia tetap mendapat dukungan dari publik untuk maju di Miss Supranational 2020. Dirinya juga mendapat gelar Puteri Pariwisata 2020. 

Wanita yang juga disebut-sebut sebagai Kylie Jenner Indoensia ini tak hanya dikenal karena paras dan bakatnya saja dalam berakting. Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (7/3/2020) berikut ini beberapa fakta mengenai Jihane Almira Chedid yang jadi wakil Indonesia dalam Miss Supranational 2020.

1. Dikenal lewat akting

Jihane Almira (Sumber: Instagram/jihanealmira)
Jihane Almira (Sumber: Instagram/jihanealmira)

Nama Jihane Almira Chedid mulai dikenal luas publik lewat perannya dalam sinetron Boy dan Cinta Buta. Tak hanya bermain dalam sinetron saja, akan tetapi wanita kelahiran 4 Februari 2000 ini juga beberapa kali bermain dalam film layar lebar. Bahkan, saat ini Jihane diketahui turut bermain dalam Gossip Girl versi Indonesia.

2. Jadi Model sejak remaja

Jihane Almira (Liputan6.com/IG/@jihanealmira)
Jihane Almira (Liputan6.com/IG/@jihanealmira)

Sebelum terjun di ajang kecantikan Puteri Indonesia 2020, rupanya Jihane Almira telah menekuni dunia modelling cukup lama. Dirinya mulai terjun di dunia model sejak usia 11 tahun dengan menguikuti ajang cover majalah. Dan pada 2014 dirinya berhasil menjadi finalis cover majalah ternama.

Karier modelling wanita 20 tahun ini tak hanya di Indonesia saja. Akan tetapi dirinya juga berhasil masuk dalam 15 besar Guess Girl Search South East Asia 2015. Bahkan saat mengikuti ajang tersebut, ia berhasil lolos bersama dengan Bunga Jelitha, alumni Puteri Indonesia 2017. Tak hanya itu saja, Jihane juga menjadi Top 10 Nylon Magazine Face Off 2016.

3. Jago bela diri

Jihane Almira (Sumber: Instagram/jihanealmira)
Jihane Almira (Sumber: Instagram/jihanealmira)

Tak hanya memiliki paras yang cantik serta bakat dalam dunia akting serta model saja. Akan tetapi ia juga jago olahraga, terutama boxing atau tinju. Bahkan, dirinya sempat mengunggah momen latihan boxing di akun Instagram pribadinya. Tak hanya itu saja, saat mengikuti Puteri Indonesia 2020 dirinya juga menunjukan bakat olahraga tinju di hadapan publik.

4. Masuk TOP 3 Puteri Indonesia 2020

Jihane Almira (Sumber: Instagram/jihanealmira)
Jihane Almira (Sumber: Instagram/jihanealmira)

Berhasil lolos dalam ajang Puteri Indonesia 2020 sebagai wakil Jawa Tengah merupakan kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri bagi Jihane Almira. Bahkan, dirinya tak menyangka bisa lolos dan mengikuti karantina di kontes kecantikan tersebut.

Jihane Almira pun berhasil masuk dalam TOP 3 Puteri Indonesia 2020 yang digelar pada Jumat (6/3/2020) kemarin. Dirinya pun mendapatkan gelar runner up 2 dengan menjadi Puteri Indonesia Pariwisata 2020.

5. Wakil Indonesia di Miss Supranational 2020

Jihane Almira (Sumber: Instagram/jihanealmira)
Jihane Almira (Sumber: Instagram/jihanealmira)

Lolos dan berhasil mendapat gelar Puteri Indonesia Pariwisata 2020. Banyak pula netizen yang mendukung dan setuju jika Jihane Almira cocok mendapat gelar tersebut dan maju di ajang Miss Supranational 2020.

Pasalnya, penampilan serta kepribadian Jihane yang energik dan memiliki banyak bakat pun dianggap cocok untuk maju pada ajang Miss Supranational 2020. Dirinya pun mendapat banyak dukungan dari para netizen serta rekan selebritis untuk maju di ajang Miss Supranational 2020 mendatang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Antisipasi Corona, BPJS Kesehatan Pastikan FKTP Mitra Beri Perhatian Khusus

Posted: 06 Mar 2020 09:44 PM PST

Liputan6.com, Medan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memastikan upaya penanganan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) apabila ada yang terindikasi diagnosis penyakit akibat virus corona COVID-19.

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fachmi Idris, saat melakukan kunjungan ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di Kota Medan, mengatakan, telah membuat surat ke FKTP dan Kantor Cabang BPJS Kesehatan seluruh Indonesia tentang hal tersebut. Untuk memastikan pelaksanaan di lapangan, Fachmi mengunjungi klinik Medan Medical Center (MMC).

"FKTP juga diharapkan lebih proaktif untuk memantau kondisi kesehatan peserta JKN-KIS, mengingatkan serta memberikan edukasi terkait penerapan pola hidup bersih dan sehat," kata Fachmi, Jumat (6/3/2020).

Saat di Klinik MMC, Fachmi sempat melakukan dialog dengan pasien yang sedang berobat. Ia menanyakan apakah ada yang baru melakukan perjalanan ke luar negeri, juga menanyakan apakah ada yang baru melakukan interaksi dengan orang yang baru melakukan perjalanan ke luar negeri.

"Saya sempat tanya, ternyata tidak ada yang baru melakukan perjalanan ke luar negeri," ucapnya.

Direktur Klinik MMC, dr Budi Esnizar mengungkapkan, sudah menerima imbauan dari BPJS Kesehatan untuk memastikan penanganan virus corona. Ia juga sudah juga menginstruksikan jajarannya untuk melakukan sosialisasi dan edukasi kepada peserta JKN-KIS yang datang.

"Salah satunya untuk terus menerapkan pola hidup bersih sehat sebagai bentuk kewaspadaan terhadap menularnya virus corona," ungkapnya.

Diakui dr Budi, Klinik MMC juga telah menyiapkan penatalaksanaan pelayanan serta kewaspadaan terhadap virus corona. Begitu ditemukan, pihaknya akan langsung menghubungi rumah sakit rujukan untuk menjemput.

"Hal itu langsung kita lakukan apabila ada pasien suspect virus corona," ujarnya.

Sebelumnya pada Senin, 2 Maret 2020, Presiden Joko Widodo atau Jokowi, mengumumkan langsung tentang adanya 2 Warga Negara Indonesia (WNI) berstatus ibu dan anak positif corona COVID-19.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa Magnitudo 5,5 Guncang Yalimo Papua, Terasa hingga Wamena

Posted: 06 Mar 2020 09:39 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,2 mengguncang Kabupaten Yalimo, Papua. Lindu terjadi pada pukul 11:37:51 WIB. 

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, gempa berada pada kedalaman 10 kilometer dan getarannya terasa hingga Kota Wamena dalam skala II-III MMI (Modified Mercalli Intensity). 

Belum ada informasi dari BMKG terkait potensi tsunami maupun dampak kerusakan infrastruktur yang ditimbulkan akibat gempa.

Lewat laman resminya, BMKG juga mengungkap, gempa tersebut berpusat di darat atau sekitar 62 km selatan Yalimo. 

Ada pun koordinat titik gempa terletak pada 4,16 Lintang Selatan (LS) dan 139, 55 Bujur Timur (BT). 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Juanda: Hujan Intensitas Lebat Bakal Guyur Surabaya hingga Sore Hari

Posted: 06 Mar 2020 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memperkirakan hujan intensitas sedang hingga lebat pada Sabtu (7/3/2020) di Surabaya, Jawa Timur.

Prakirawan BMKG Juanda, Arif Krisna menuturkan, hujan intensitas sedang hingga lebat tersebut akan terjadi pada siang hingga sore hari. Sedangkan malam hari terjadi hujan lokal di Surabaya. Suhu diperkirakan 25-35 derajat celsius dengan kelembapan 65-95 persen dan kecepatan angin dari arah barat sekitar 30 KM per jam.

Selain itu, BMKG Juanda merilis peringatan dini tiga harian di Jawa Timur untuk mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di sejumlah wilayah antara lain pada siang hingga sore hari di Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Lamongan.

Kemudian di Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Magetan, Trenggalek, Kota Kediri, Kabupaten Malang Batu, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi dan Sumenep.

"Sedangkan malam hari waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir, dan angin kencang di Bondowo, Situbondo, dan Banyuwangi," ujar Arif saat dihubungi Liputan6.com.

BMKG: Puncak Musim Hujan hingga Maret

Ilustrasi Hujan (iStockphoto)
Ilustrasi Hujan (iStockphoto)

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan cuaca ekstrem di Indonesia akan berlangsung hingga Maret 2020.

"Kalau menurut prediksi BMKG untuk wilayah Indonesia terjadinya cuaca ekstrem tidak serempak, silih berganti. Rata-rata puncak musim hujan Februari-Maret, khusus DIY dan Jateng berlangsung pada Januari-Februari," kata Kepala BMKG Dwikora Karnawati di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa 11 Februari 2020.

Selanjutnya, ujar dia, di kisaran April-Mei sudah memasuki musim kemarau, transisinya adalah pancaroba.

"Untuk ancaman bencananya beda lagi, bukan longsor atau banjir tetapi angin puting beliung. Imbauan kami agar ini bisa diwaspadai oleh seluruh pihak," kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Stasiun Klimatologi Kelas 1 Semarang Tuban Wiyoso mengatakan lebih awalnya cuaca ekstrem yang menjangkau Jawa Tengah dibandingkan wilayah lain karena cuaca di Jawa lebih didominasi oleh pengaruh angin monsun.

"Ini terjadi pada kurun waktu Desember-Februari, puncaknya Januari-Februari. Angin monsun sendiri merupakan angin yang bertiup dari Asia ke wilayah Indonesia. Seperti angin darat, yaitu angin laut tetapi skala musiman, ini dipengaruhi oleh posisi matahari," kata dia seperti dikutip dari Antara.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Disebut Jadi Calon Pimpinan Ibu Kota Baru, Ini Deretan Kinerja Bupati Azwar Anas

Posted: 06 Mar 2020 09:31 PM PST

Liputan6.com, Banyuwangi Presiden Joko Widodo telah mengumumkan sejumlah nama kandidat calon kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara yang pembentukannnya bakal menunggu undang-undang baru. Sejumlah nama disebut, mulai dari Basuki Tjahaja Purnama, Bambang Brodjonegoro, Abdullah Azwar Anas, hingga Tumiyana.

Azwar Anas enggan berbicara banyak saat ditemui di kantor Kementerian Dalam Negeri, Jumat (6/3/2020). Bupati Banyuwangi itu bertemu Mendagri Tito Karnavian sebagai ketua umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh (Indonesia). Dia datang bersama sejumlah bupati yang menjadi pengurus Apkasi.

"Saya belum bisa komentar soal itu," ujar Anas singkat.

Azwar Anas sendiri dikenal sebagai salah seorang bupati berprestasi. Banyuwangi, daerah di ujung timur Pulau Jawa yang jauh dari pusat-pusat pertumbuhan ekonomi dan dulu dikenal dengan persepsi minor, kini bertransformasi mencapai kemajuan-kemajuan terukur.

Berdasarkan data BPS, kemiskinan Banyuwangi berhasil diturunkan ke level 7 persen dari sebelumnya selalu di atas dua digit. Pendapatan per kapita masyarakat juga melonjak jadi hampir Rp49 juta per orang per tahun, dari sebelumnya di kisaran Rp20 juta.

 

Smart Kampung

Kemendagri menetapkan Banyuwangi sebagai Kabupaten Terinovatif pada 2018 dan 2019. Banyuwangi juga menjadi kabupaten pertama di Indonesia yang meraih nilai A dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP).

Anas juga menginisiasi program "Rantang Kasih" yang mendistribusikan makanan bergizi setiap hari secara gratis kepada warga lanjut usia dan pemberian uang saku setiap hari untuk pelajar kurang mampu.

Di Banyuwangi, ada program Smart Kampung yang mendorong penggunaan teknologi dalam pelayanan publik berbasis desa. Banyuwangi menjadi kabupaten pertama yang mempunyai Mall Pelayanan Publik dengan lebih dari 200 dokumen/izin di satu tempat.

Salah satu terobosannya yang juga mendapat perhatian adalah melibatkan arsitek-arsitek top nasional untuk ikut menata daerah. Termasuk menginisiasi bandara berarsitektur hijau pertama di Indonesia. Bandara itu membuka aksesabilitas Banyuwangi dari sebelumnya tak ada penerbangan hingga kini melayani 7 frekuensi rute penerbangan setiap hari.

 

Inovasi Bidang Pariwisata

Dia juga dikenal dengan inovasi pariwisata melalui Banyuwangi Festival, sebuah ajang atraksi wisata yang berisi ratusan event wisata berbasis rakyat setiap tahunnya. Banyuwangi Festival dimulai sejak 2012. Pengembangan pariwisata di Banyuwangi mendapat penghargaan inovasi kebijakan publik bidang pariwisata terbaik dunia dari Badan Pariwisata PBB (UNWTO).

 

Marketer of the Year 2014

Anas ditetapkan sebagai Marketer of the Year 2014 oleh MarkPlus Inc dan Tokoh Arsitektur Tempo dari Tempo Media Group.

Anas lahir di Banyuwangi, 6 Agustus 1973. Dia merampungkan pendidikan sarjana di Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Negeri Jakarta, serta pascasarjana di UI. Anas pernah menjadi ketua umum Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), salah satu badan otonom NU.

Anas menjadi salah satu bupati yang diberangkatkan untuk mendalami kebijakan publik dalam program studi singkat ilmu kepemerintahan di Harvard Kennedy School of Government dan menjadi peserta studi di The Institute of Public Administration of Canada (IPAC) di Kanada.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Chelsea Tingkatkan Kewaspadaan Antisipasi Virus Corona

Posted: 06 Mar 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, London - Chelsea memutuskan memperketat sistem kebersihan markas mereka, Stamford Bridge menyusul wabah virus corona. Pernyataan itu disampaikan lewat situs resmi klub.

"Kami mengikuti panduan dari otoritas berwenang, yang mana Stadion kami tetap buka untuk umum," tulis Chelsea.

"Namun demikian, seturut panduan itu, kami juga meningkatkan level pembersihan fasilitas kami, juga soal sanitasi dan kebersihannya," tulisnya lagi.

Seperti diketahui, virus corona mulai menjamah Eropa, dimulai dari Italia. Sejumlah pertandingan di Negeri Pizza pun terpaksa ditunda.

Beberapa negara lain, termasuk Inggris juga mulai mewacanakan hal serupa. Operator Liga Inggris, baru-baru ini, melarang para pemain bersalaman untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

Selain meningkatkan level kebersihan Stamford Bridge, Chelsea juga meminta suporter yang datang ke stadion untuk mencuci tangan. Tidak hanya itu, Chelsea juga berharap suporter yang baru saja bepergian ke luar negeri terimbas virus corona untuk menjalani pemeriksaan medis.

 

Lawan Everton

Premier League - Chelsea Vs Everton - Head to Head Pelatih (Bola.com/Adreanus Titus)
Premier League - Chelsea Vs Everton - Head to Head Pelatih (Bola.com/Adreanus Titus)

Chelsea akan meladeni Everton pada pekan ke-29 Liga Inggris, Minggu (8/3/2020). Kedua tim menargetkan poin penuh demi finis di zona Eropa di akhir musim.

Chelsea untuk sementara berada di peringkat ke-4 dengan 45 poin. Sementara, Everton ada di peringkat ke-11 dengan 37 poin.

 

Jadwal Liga Inggris

Sabtu 7 Maret 2020

21.30 WIB, Arsenal vs West Ham United (TVRI)

Minggu 8 Maret 2020

20.30 WIB, Chelsea vs Everton (TVRI)

Sabtu 7 Maret 2020

19.30 WIB, Liverpool vs Bournemouth (Mola TV)

22.00 WIB, Wolverhampton vs Brighton Albion (Mola TV)

22.00 WIB, Southampton vs Newcastle United (Mola TV)

22.00 WIB, Sheffield United vs Norwich City (Mola TV

22.00 WIB, Crystal Palace vs Watford (Mola TV)

Minggu 8 Maret 2020

00.30 WIB, Burnley vs Tottenham Hotspur (Mola TV)

23.00 WIB, Manchester United vs Manchester City (Mola TV)

Selasa, 10 Maret 2020

03.00 WIB, Leicester City vs Aston Villa (Mola TV)

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akibat Virus Corona, Gucci Batalkan Pertunjukan di San Fransisco

Posted: 06 Mar 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Virus coronamenimbulkan dampak dalam banyak hal, termasuk dunia fesyen. Dilansir dari Independent.co.uk, Jumat, 6 Maret 2020, Gucci membatalkan acara Cruise 2021 karena khawatir virus corona.

Dalam sebuah pernyataan juga disebutkan, rumah mode Italia itu menegaskan mereka tidak akan melanjutkan pertunjukan berikutnya yang rencananya akan digelar pada 18 Mei 2020 di San Francisco, Amerika Serikat (AS).

Seorang juru bicara untuk Gucci mengklarifikasi keputusan brand mewah itu. Pembatalan tersebut benar karena kekhawatiran akan virus corona, sekaligus sebagai tindakan pencegahan.

"Keputusan tentang waktu dan lokasi baru dari pertunjukan akan diumumkan di kemudian hari, setelah situasinya menjadi lebih jelas," tulis pernyataan tersebut. "Pada saat ini, pikiran kita dengan semua orang yang terkena dampak di seluruh dunia," sambungnya.

Direktur Kreatif Gucci, Alessandro Michele menuturkan, mulanya ia memilih Amerika untuk menjadi tuan rumah pertunjukan Cruise 2021 karena reputasi kota di sana dianggap sebagai pusat aktivisme liberal dan wadah peleburan budaya.

Acara ini termasuk salah satu acara besar yang lagi-lagi dibatalkan karena wabah virus corona. Bulan lalu, Prada juga mengumumkan bahwa mereka memutuskan untuk menunda acara Cruise 2021 yang telah dijadwalkan pada 21 Mei 2020 di Tokyo.

Ada yang Tetap Berjalan

Merek Armani tetap melangsungkan acara mereka. (dok. Instagram @imporiorarmani/https://www.instagram.com/p/B9PVwFBncTz//Adhita Diansyavira)
Merek Armani tetap melangsungkan acara mereka. (dok. Instagram @imporiorarmani/https://www.instagram.com/p/B9PVwFBncTz//Adhita Diansyavira)

Setelah banyaknya acara dan agenda besar yang rencananya akan dilaksanakan oleh brand-brand ternama, ada dugaan jumlah ini akan semakin bertambah.

Namun ternyata tidak semua. Alih-alih khawatir dengan virus corona, brand Armani justru memilih untuk tetap melangsungkan gelaran landasan pacunya. Dalam sebuah pernyataan, merek tersebut mengatakan keputusan itu dibuat untuk menjaga kesejahteraan semua tamu undangannya.

Sejauh ini, lebih dari 90.000 orang diketahui terinfeksi virus corona dan lebih dari tercatat lebih dari 3.000 korban meninggal dunia. Sampai dengan 6 Februari 2020, sudah sekitar 76 negara terjangkit virus corona atau Covid-19. (Adhita Diansyavira)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

44 Pasien dalam Pengawasan Virus Corona di Jakarta Dipulangkan

Posted: 06 Mar 2020 09:28 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 44 pasien dalam pengawasan (PDP) virus Corona dipulangkan. Hal ini berdasarkan data laman corona.jakarta.go.id pada Sabtu (7/3/2020) yang Liputan6.com kutip.

Data ini berbasis laporan dari fasilitas kesehatan di DKI Jakarta dan telah dilaporkan ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Sementara orang dalam pemantauan (ODP) virus Corona, berdasarkan data tersebut sebanyak 83 orang. Puluhan orang itu masih dalam pemantauan, sedangkan 221 orang sudah selesai pemantauan.

Akumulasi jumlah ODP dan PDP terbanyak di Jakarta Selatan dengan jumlah 96, Jakarta Pusat 62 orang, Jakarta Barat 59 orang, Jakarta Timur 56 orang, Jakarta Utara 47 orang, di luar DKI Jakarta sebanyak 72 orang.

Untuk jenis kelamin ODP dan PDP terkait penyakit yang disebabkan virus Corona atau covid-19, laki-laki sebanyak 50,77 persen sementara perempuan 49,23 persen.

 

Jadi 4 Orang

Petugas Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengenakan pakaian pelindung khusus saat menangani pasien yang diduga terinfeksi Corona di Gedung Mawar RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta, Senin (2/3/2020). (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Petugas Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengenakan pakaian pelindung khusus saat menangani pasien yang diduga terinfeksi Corona di Gedung Mawar RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta, Senin (2/3/2020). (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Sebelumnya, dua orang kembali dinyatakan positif terinfeksi virus Corona. Sehingga jumlah pasien yang positif terinfeksi virus corona menjadi 4 orang.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto mengatakan, dua orang positif corona tersebut kontak langsung dengan pasien positif corona yang sebelumnya.

"Kita dapatkan 2 orang positif corona yang kita sebut kasus 3 dan kasus 4," kata Yuri di Jakarta, Jumat (6/3/2020).

Yuri mengatakan, kedua orang positif corona ini didapatkan setelah tim kesehatan memeriksa seluruh peserta dansa.

Peserta dansa yang diidentifikasi, kata Yuri adalah 80 orang. Namun, tim kesehatan mengerucutkan menjadi 7 orang karena kontak langsung dan memiliki gejala flu sedang dan ringan. Kemudian 7 orang tersebut dimasukkan ke RSPI Sulianti Saroso untuk diobservasi.

"Kita lakukan pemeriksaan, 7 orang ini tidak masuk pada hari bersamaan," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sikapi Virus Corona, Apkasi Sinergi dengan Kemendagri Redam Kepanikan Masyarakat 

Posted: 06 Mar 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) bertemu dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian untuk membahas sejumlah permasalahan di daerah. Salah satu yang menjadi pembahasan serius adalah penanganan virus corona.

Ketua Umum Apkasi Abdullah Azwar Anas mengatakan, berdasarkan analisis Kementerian Kesehatan, saat ini penyebaran virus corona memasuki gelombang kedua (second wave), ditandai dengan penyebaran ke negara-negara lain di luar Tiongkok, termasuk Indonesia. Gejala klinis orang yang terjangkit virus bernama Covid-19 itu juga disebut semakin ringan, bahkan tidak bergejala atau asimtomatis.

"Memasuki gelombang kedua penyebaran corona, sesuai arahan Presiden Jokowi, semua stakeholder di tingkat kabupaten diharapkan tidak panik dan jangan membuat masyarakat panik," ujar Anas seusai menghadap Mendagri di kantor Kemendagri, Jumat (6/3/2020).

Turut hadir Sekjen Apkasi Najmul Akhyar (Bupati Lombok Utara), Bendahara Apkasi Christiany Eugene Paruntu (Bupati Minahasa Selatan), Wakil Ketua Umum Apkasi Sutan Riska (Bupati Dharmasraya), dan Ketua Bidang Kerja Sama Antarlembaga Ahmed Zaki Iskandar (Bupati Tangerang).

Anas menambahkan, Mendagri Tito juga meminta seluruh bupati agar bisa meredam kepanikan masyarakat. Apkasi sepakat menghindari penggunaan istilah "Crisis Center", melainkan lebih memilih pembentukan Pusat Informasi di daerah-daerah.

"Sesuai arahan Pak Mendagri, para bupati juga sudah mengumpulkan seluruh unit kesehatan di daerah, termasuk Puskesmas dan kader-kader kesehatan Posyandu, untuk secara sistematis memberikan informasi yang tepat terkait corona. Karena banyak sekali hoax terkait virus ini," ujar bupati Banyuwangi tersebut.

 

Kampanye Gaya Hidup Sehat

Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) bertemu dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian untuk membahas sejumlah permasalahan di daerah.
Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) bertemu dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian untuk membahas sejumlah permasalahan di daerah.

Para bupati juga akan menggencarkan aksi promosi dan preventif dengan mengampanyekan gaya hidup sehat, termasuk menggiatkan konsumsi tanaman herbal Nusantara untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

"Selain aktif melakukan penyuluhan kesehatan, sejumlah cara seperti menyebarkan video dari Presiden Jokowi dilakukan ke berbagai grup perbincangan di daerah, karena rakyat di bawah lebih tenang kalau Pak Jokowi yang langsung bicara," ujar Anas.

Di video tersebut, Presiden Jokowi meminta masyarakat jangan panik dan takut, karena virus korona bisa disembuhkan. Sudah puluhan ribu pasien sembuh dari korona. Musuh kita bukanlah virus itu sendiri, tapi rasa panik.

Sekjen Apkasi Najmul Akhyar menambahkan, terkait rumah sakit rujukan, Apkasi memastikan RS yang menjadi milik pemerintah kabupaten telah siap karena sebelumnya mereka juga berpengalaman menjadi rujukan saat terjadi penyebaran virus SARS dan MERS beberapa waktu lalu.

"Ada sekitar 100 RS rujukan di seluruh Indonesia, di antaranya memang RS milik pemerintah kabupaten. Para bupati sudah mengontrol langsung untuk memastikan kesiapan, dengan arahan Kementerian Kesehatan," jelas Najmul Akhyar.

Pemerintah kabupaten juga siap mendukung pemerintah pusat melakukan surveillance tracking apabila ada kasus positif lain. "Pemerintah kabupaten pasti akan bekerja sesuai protokol yang ada, dengan arahan Kementerian Kesehatan," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Makanan Penguat Kandungan Trimester Pertama, Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Posted: 06 Mar 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Makanan penguat kandungan trimester pertama sangat penting diperhatikan. Selama trimester pertama, ibu akan mengalami serangkaian perubahan. Ibu akan lebih sering merasalam mual di pagi hari, kelelahan, nyeri payudara, sembelit, dan banyak lagi.

Untuk mengatasi perubahan-perubahan ini, ibu perlu mengonsumsi makanan penguat kandungan trimester pertama. Selama janin mulai berkembang, makanan penguat kandungan trimester pertama ini harus terpenuhi dengan baik.

Makanan penguat kandungan trimester pertama ini berisi nutrisi yang dibutuhkan tubuh selama kehamilan. Selama kehamilan, ibu akan memerlukan lebih banyak nutrisi untuk perkembangan janin. Nutrisi ini seperti folat, zat besi, kolin, vitamin, dan kalsium.

Kombinasi makanan penguat kandungan trimester pertama ini dapat mendukung perkembangan janin dan menguatkan fisik ibu. Makanan penguat kandungan trimester pertama terdiri dari sayur, buah, susu, hingga daging.

Berikut 10 makanan penguat kandungan trimester pertama yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (7/3/2020).

Olahan susu

Ilustrasi/copyrightshutterstock/Davizro Photography
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Davizro Photography

Susu

Selama trimester pertama penting memenuhi kebutuhan protein dan kalsium ekstra untuk janin yang sedang tumbuh. Kalsium juga penting untuk membangun tulang kuat pada ibu selama kehamilan. Pilih produk susu rendah lemak atau non-lemak. Jika memiliki intoleransi laktosa, ibu bisa mengonsumsi susu kedelai yang diperkaya kalsium.

Yogurt

Yogurt, terutama yogurt Yunani, sangat bermanfaat bagi wanita hamil. Ini mengandung lebih banyak kalsium daripada kebanyakan produk susu lainnya. Selama trimester awal dan selanjutnya, ibu hamil akan sering mengalami sembelit. Beberapa varietas yogurt mengandung bakteri probiotik yang mendukung kesehatan pencernaan.

Kacang dan buah kering

Ilustrasi kacang-kacangan. (dok. ExplorerBob/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)
Ilustrasi kacang-kacangan. (dok. ExplorerBob/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Kacang-kacangan

Kelompok makanan ini termasuk lentil, kacang polong, buncis, buncis, kedelai, dan kacang tanah. Kacang-kacangan adalah sumber nabati yang sangat baik dari serat, protein, zat besi, magnesium, folat (B9) dan kalsium.

Folat adalah salah satu vitamin B (B9). Ini sangat penting untuk kesehatan ibu dan janin, terutama selama trimester pertama. Kekurangan folat selama kehamilan dikaitkan dengan peningkatan risiko cacat tabung saraf dan berat lahir rendah.

Kurma

Kurma mengandung folat, zat besi, vitamin K, dan serat yang penting selama kehamilan. Kurma juga merupakan sumber folat, yang membantu mengurangi kemungkinan cacat lahir. Zat besi pada kurma dapat meningkatkan tingkat energi dan melawan anemia selama trimester pertama.

Selain itu, vitamin K membantu bayi yang sedang tumbuh mengembangkan tulang yang kuat. Nutrisi ini juga dapat meningkatkan fungsi otot dan saraf ibu. Kurma juga mengandung serat yang mencegah sembelit terkait kehamilan. Kalium pada kurma membantu menjaga pembuluh darah tetap rileks dan menurunkan tekanan darah.

Sayuran hijau

Bayam (iStock)
Bayam (iStock)

Bayam

Bayam adalah sayuran hijau gelap yang penuh dengan vitamin dan nutrisi. Bayam sangat tinggi konsentrasi vitamin K, vitamin A, mangan, asam folat, magnesium, dan zat besi.

Bayam adalah sumber asam folat yang tinggi. Asam folat bagi wanita hamil karena mencegah keguguran. Vitamin ini berkontribusi terhadap perkembangan tulang belakang dan kognitif janin. Bayam juga tinggi zat besi yang mencegah anemia selama kehamilan.

Brokoli

Brokoli kaya akan vitamin A, C, K, B6, kalsium, folat, serat, dan agen antioksidan. Brokoli memastikan pasokan hemoglobin yang baik, memperkuat tulang, mencegah penyakit, cacat lahir, dan meningkatkan asupan nutrisi selama awal kehamilan Brokoli juga kaya serat yang dapat melancarkan pencernaan.

Daging dan telur

Ilustrasi telur (sumber: iStockphoto)
Ilustrasi telur (sumber: iStockphoto)

Telur

Telur adalah sumber kolin yang bagus. Kolin sangat penting untuk perkembangan awal janin. Satu telur utuh mengandung sekitar 113 mg kolin yang memenuhi sekitar 25% kebutuhan untuk wanita hamil. Asupan kolin yang rendah selama kehamilan dapat meningkatkan risiko cacat tabung saraf dan kemungkinan menyebabkan penurunan fungsi otak pada janin.

Telur juga sangat tinggi protein. Seorang wanita hamil perlu mendapatkan 40 hingga 70 gram protein, dan satu telur mengandung 7 gram protein. Namun, pastikan untuk tidak memakan telur mentah atau setengah matang.

Daging rendah lemak

Daging merupakan sumber protein, kolin, dan zat besi yang penting selama awal kehamilan. Protein penting untuk memberi kekuatan selama awal kehamilan. Kolin penting untuk perkembangan janin. Sementara kebutuhan zat besi harian berlipat ganda selama kehamilan.

Kadar zat besi yang rendah selama awal dan pertengahan kehamilan dapat menyebabkan anemia defisiensi besi, yang menggandakan risiko kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah. Pastikan untuk memilih daging yang rendah lemak seperti ayam tanpa kulit.

Buah-buahan

Ilustrasi Buah Pisang (iStockphoto)
Ilustrasi Buah Pisang (iStockphoto)

Pisang

Pisang sangat tinggi folat dan dapat dengan mudah membantu memenuhi kebutuhan kehamilan. Pisang juga kaya nutrisi, termasuk kalium, vitamin B6, dan mangan. Pisang yang kata serat juga dapat membantu mengatasi sembelit selama kehamilan. Vitamin B-6 juga dapat membantu meringankan mual dan muntah di awal kehamilan.

Alpukat

Sarat dengan folat, potasium, vitamin C dan vitamin B alpukat merupakan pilihan tepat untuk mendapatkan vitamin selama kehamilan. Kandungan kalium dan magnesiumnya mampu meringakan mual pada trimester pertama. Alpukat juga mengandung kolin yang penting untuk perkembangan otak dan saraf bayi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Khasiat Jamu Empon-Empon di Palembang Dipercaya Cegah Virus Corona

Posted: 06 Mar 2020 09:18 PM PST

Liputan6.com, Palembang - Kecemasan masyarakat Indonesia karena 2 orang warga Depok Jawa Barat (Jabar) dinyatakan positif Virus Corona, berdampak pada tingginya pembelian masker dan hand sanitizer, termasuk di Palembang Sumatera Selatan (Sumsel).

Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang juga menyarankan warganya untuk tetap menjaga kesehatan, dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun, serta menggunakan masker jika sedang sakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Ada juga alternatif yang bisa warga Palembang lakukan, untuk terus menjaga kesehatan agar terhindar dari Virus Corona. Salah satunya dengan mengkonsumsi tanaman herbal.

Mungkin sulit untuk meracik tanaman herbal, untuk bisa dikonsumsi dengan rasa nikmat. Namun tanaman herbal ini bisa dikonsumsi dengan ramuan jamu gendong.

Mbok Darti, penjual jamu yang biasa berjualan di lingkungan Mapolrestabes Palembang, mempunyai salah satu ramuan yang bisa menambah daya tahan tubuh.

Ramuan jamunya yaitu Empon-empon, yang dalam bahasa Jawa berarti racikan beragam jenis tanaman herbal.

"Bahan Jamu Empon-empon ini yaitu kunyit, kunyit putih, temulawak dan jahe. Jamu ini manjur untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Terlebih untuk mencegah Virus Corona," ujarnya, Jumat (6/3/2020).

Wanita berusia 40 tahun ini mengatakan, Jamu Empon-empon bisa membuat tubuh peminumnya kebal terhadap berbagai penyakit.

Dia mengatakan, Jamu Empon-empon ini sudah terbukti puluhan tahun khasiatnya untuk menjaga stamina. Harga satu botol Jamu Empon-empon 700 mL dihargai Rp50.000. Sedangkan untuk satu gelas ukuran sedang, hanya dihargai sebsar Rp10.000.

"Jamu Empon-empon ini harganya cukup terjangkau dan kalau diminum rutin dua kali sehari, Insyaallah bisa mencegah tertular virus Corona," ujar wanita asal Semarang ini.

Selfi, salah satu warga Palembang mengatakan, sejak kecil dia sering mengkonsumsi jamu gendong. Namun dia baru tahu jika jamu yang sering diminumnya adalah Jamu Empon-empon.

"Sering minum jamu Empon-empon, karena sudah biasa dari kecil. Khasiatnya memang benar, menambah daya tahan tubuh. Saya jarang sakit, kalau pun sakit tapi cepat pulih," ucapnya.

Kepala Dinkes Sumsel Lesty Nuraini juga turut menghimbau masyarakat, untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), dalam pencegahan penularan virus Corona dan gangguan kesehatan lainnya.

"PHBS seperti mencuci tangan menggunakan air bersih dan sabun, mengonsumsi sayur dan buah-buahan serta rajin berolahraga," ujarnya.

 

Perilaku Hidup Sehat

Selfi, salah satu warga Palembang rajin mengkonsumsi Jamu Empon-Empon (Liputan6.com / Nefri Inge)
Selfi, salah satu warga Palembang rajin mengkonsumsi Jamu Empon-Empon (Liputan6.com / Nefri Inge)

Menurutnya, PHBS secara umum adalah rekayasa sosial untuk menjadikan sebanyak mungkin anggota masyarakat, sebagai agen perubahan guna meningkatkan kualitas perilaku sehari-hari. Dengan tujuan hidup bersih dan sehat secara teratur.

Melalui upaya tersebut, dia mengharapkan masyarakat bisa terhindar dari segala penyakit termasuk virus Covid-19 yang penyebarannya dari Wuhan Tiongkok.

"Waspada kontak langsung dengan rekan yang baru mendarat selepas melakukan perjalanan menggunakan pesawat. Jaga jarak waspada," ucapnya.

Jika ada masyarakat yang terindikasi mengidap penyakit mirip virus Corona, seperti demam panas dengan suhu badan 38 derajat Celsius, batuk, pilek, sesak nafas hingga Pneumonia atau radang paru-paru, segera memeriksakan diri ke dokter.

"Corona ini merupakan Kegawatdaruratan Kesehatan yang Meresahkan Dunia (KKMD). Harus waspada dan perlu penanganan cepat. Jika ada indikasi, namun setelah orang tersebut dalam 14 hari inkubasi sehat-sehat saja, berarti negatif Virus Corona," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Penampakan Ronaldinho Saat Tersangkut Kasus Paspor Palsu

Posted: 06 Mar 2020 09:16 PM PST

Mantan pemain timnas Brasil, Ronaldinho tiba memberikan keterangan di Asuncion's Justice Palace, ibu kota Paraguay, Jumat (6/3/2020). Ronaldinho bersama saudara laki-lakinya berurusan dengan pihak berwenang Paraguay karena menggunakan paspor palsu untuk memasuki negara itu. (Norberto DUARTE/AFP)
Mantan pemain timnas Brasil, Ronaldinho tiba memberikan keterangan di Asuncion's Justice Palace, ibu kota Paraguay, Jumat (6/3/2020). Ronaldinho bersama saudara laki-lakinya berurusan dengan pihak berwenang Paraguay karena menggunakan paspor palsu untuk memasuki negara itu. (Norberto DUARTE/AFP)

Mantan pemain timnas Brasil, Ronaldinho tiba memberikan keterangan di Asuncion's Justice Palace, ibu kota Paraguay, Jumat (6/3/2020). Ronaldinho bersama saudara laki-lakinya berurusan dengan pihak berwenang Paraguay karena menggunakan paspor palsu untuk memasuki negara itu. (Norberto DUARTE/AFP)

Mantan pemain timnas Brasil, Ronaldinho tiba memberikan keterangan di Asuncion's Justice Palace, ibu kota Paraguay, Jumat (6/3/2020). Ronaldinho bersama saudara laki-lakinya berurusan dengan pihak berwenang Paraguay karena menggunakan paspor palsu untuk memasuki negara itu. (Norberto DUARTE/AFP)
Mantan pemain timnas Brasil, Ronaldinho tiba memberikan keterangan di Asuncion's Justice Palace, ibu kota Paraguay, Jumat (6/3/2020). Ronaldinho bersama saudara laki-lakinya berurusan dengan pihak berwenang Paraguay karena menggunakan paspor palsu untuk memasuki negara itu. (Norberto DUARTE/AFP)

Mantan pemain timnas Brasil, Ronaldinho tiba memberikan keterangan di Asuncion's Justice Palace, ibu kota Paraguay, Jumat (6/3/2020). Ronaldinho bersama saudara laki-lakinya berurusan dengan pihak berwenang Paraguay karena menggunakan paspor palsu untuk memasuki negara itu. (Norberto DUARTE/AFP)

Mantan pemain timnas Brasil, Ronaldinho tiba memberikan keterangan di Asuncion's Justice Palace, ibu kota Paraguay, Jumat (6/3/2020). Ronaldinho bersama saudara laki-lakinya berurusan dengan pihak berwenang Paraguay karena menggunakan paspor palsu untuk memasuki negara itu. (Norberto DUARTE/AFP)
Mantan pemain timnas Brasil, Ronaldinho tiba memberikan keterangan di Asuncion's Justice Palace, ibu kota Paraguay, Jumat (6/3/2020). Ronaldinho bersama saudara laki-lakinya berurusan dengan pihak berwenang Paraguay karena menggunakan paspor palsu untuk memasuki negara itu. (Norberto DUARTE/AFP)

Mantan pemain timnas Brasil, Ronaldinho tiba memberikan keterangan di Asuncion's Justice Palace, ibu kota Paraguay, Jumat (6/3/2020). Ronaldinho bersama saudara laki-lakinya berurusan dengan pihak berwenang Paraguay karena menggunakan paspor palsu untuk memasuki negara itu. (Norberto DUARTE/AFP)

Mantan pemain timnas Brasil, Ronaldinho dikawal oleh polisi meninggalkan kantor pengadilan di Asuncion, ibu kota Paraguay, Jumat (6/3/2020). Ronaldinho bersama saudara laki-lakinya berurusan dengan pihak berwenang Paraguay karena menggunakan paspor palsu untuk memasuki negara itu. (AP/Jorge Saenz)
Mantan pemain timnas Brasil, Ronaldinho dikawal oleh polisi meninggalkan kantor pengadilan di Asuncion, ibu kota Paraguay, Jumat (6/3/2020). Ronaldinho bersama saudara laki-lakinya berurusan dengan pihak berwenang Paraguay karena menggunakan paspor palsu untuk memasuki negara itu. (AP/Jorge Saenz)

Mantan pemain timnas Brasil, Ronaldinho dikawal oleh polisi meninggalkan kantor pengadilan di Asuncion, ibu kota Paraguay, Jumat (6/3/2020). Ronaldinho bersama saudara laki-lakinya berurusan dengan pihak berwenang Paraguay karena menggunakan paspor palsu untuk memasuki negara itu. (AP/Jorge Saenz)

Mantan pemain timnas Brasil, Ronaldinho dikawal oleh polisi meninggalkan kantor pengadilan di Asuncion, ibu kota Paraguay, Jumat (6/3/2020). Ronaldinho bersama saudara laki-lakinya berurusan dengan pihak berwenang Paraguay karena menggunakan paspor palsu untuk memasuki negara itu. (AP/Jorge Saenz)
Mantan pemain timnas Brasil, Ronaldinho dikawal oleh polisi meninggalkan kantor pengadilan di Asuncion, ibu kota Paraguay, Jumat (6/3/2020). Ronaldinho bersama saudara laki-lakinya berurusan dengan pihak berwenang Paraguay karena menggunakan paspor palsu untuk memasuki negara itu. (AP/Jorge Saenz)

Mantan pemain timnas Brasil, Ronaldinho dikawal oleh polisi meninggalkan kantor pengadilan di Asuncion, ibu kota Paraguay, Jumat (6/3/2020). Ronaldinho bersama saudara laki-lakinya berurusan dengan pihak berwenang Paraguay karena menggunakan paspor palsu untuk memasuki negara itu. (AP/Jorge Saenz)

Mantan pemain timnas Brasil, Ronaldinho dikawal oleh polisi meninggalkan kantor pengadilan di Asuncion, ibu kota Paraguay, Jumat (6/3/2020). Ronaldinho bersama saudara laki-lakinya berurusan dengan pihak berwenang Paraguay karena menggunakan paspor palsu untuk memasuki negara itu. (AP/Jorge Saenz)
Mantan pemain timnas Brasil, Ronaldinho dikawal oleh polisi meninggalkan kantor pengadilan di Asuncion, ibu kota Paraguay, Jumat (6/3/2020). Ronaldinho bersama saudara laki-lakinya berurusan dengan pihak berwenang Paraguay karena menggunakan paspor palsu untuk memasuki negara itu. (AP/Jorge Saenz)

Mantan pemain timnas Brasil, Ronaldinho dikawal oleh polisi meninggalkan kantor pengadilan di Asuncion, ibu kota Paraguay, Jumat (6/3/2020). Ronaldinho bersama saudara laki-lakinya berurusan dengan pihak berwenang Paraguay karena menggunakan paspor palsu untuk memasuki negara itu. (AP/Jorge Saenz)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Kronologi Gadis Remaja Bunuh Bocah 6 Tahun di Jakpus

Posted: 06 Mar 2020 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengungkapkan kronologi pembunuhan terhadap bocah berusia 6 tahun yang dilakukan gadis remaja berusia 15 tahun di Jakarta Pusat. Dia mengatakan, pelaku berinisial NF memang memiliki hasrat membunuh orang.

Berdasarkan pengakuan pelaku, kata Yusri, hasrat remaja itu untuk membunuh orang membuncah kala rumahnya kosong. Di saat yang bersamaan, korban datang ke rumah pelaku untuk bermain.

"Timbul rasanya ingin membunuh dan pada saat melihat korban, korban dipanggil untuk diambilkan mainan di bak mandi," kata Yusri di Mapolres Jakarta Pusat, Sabtu (7/3/2020).

Karena sudah terbiasa bermain di rumah NF yang merupakan tetangganya, bocah tersebut nurut. Korban sempat melepas celananya lantaran hendak bermain air di dalam bak.

"Pada saat di bak, ditenggelamkan sampai lima menitan," kata Yusri.

Supaya tidak berteriak, pelaku menyumpal mulut korban menggunakan jarinya. Tindakan itu yang membuat mulut korban mengalami pendarahan. 

"Lalu diangkat dimasukkan ke dalam ember, lalu ditutup pakai seprai," ucap Yusri.

Gadis remaja itu sempat berniat membuang mayat korban, namun merasa takut ketahuan warga. Apalagi pelaku tinggal di daerah sempit dan padat penduduk.

 

Disimpan di Lemari

Ilustrasi lemari pakaian (Photo by Charles P/on Unsplash)
Ilustrasi lemari pakaian (Photo by Charles P/on Unsplash)

Kamis 5 Maret 2020 malam, pelaku akhirnya membawa jasad korban yang sempat disimpan di dalam ember ke kamarnya. Jasad korban kemudian disimpan di dalam lemari. Kondisi korban diikat dan disumpal mulutnya menggunakan tisu.

"Malam hari dia masih tidur di kamar. Besok pagi dia berangkat sekolah, kemudian dia membawa baju biasa," kata Yusri.

Kasus tersebut akhirnya terungkap setelah NF mendatangi Kantor Polsek Metro Tamansari, Jakarta Barat dan mengaku baru saja membunuh anak kecil. Remaja tersebut menyerahkan diri ke Polsek Tamansari pada Jumat 6 Maret pagi.

Awalnya polisi tidak mempercayai pengakuan pelaku. Namun benar saja, polisi mendapati jasad bocah malang di dalam lemari kamar saat mengecek tempat kejadian perkara (TKP) di kawasan Sawah Besar, Jakarta Pusat. 

"Dari Polsek dan Polres mengecek ke TKP ternyata memang betul ada seorang mayat anak perempuan 6 tahun terikat dan mulut disumpal dengan tisu," jelasnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kalista Iskandar Gagal jadi Puteri Indonesia 2020 Gara-Gara Tak Hapal Pancasila?

Posted: 06 Mar 2020 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Perjuangan para perwakilan Puteri daerah untuk menjadi Puteri Indonesia 2020 memiliki jalan berliku. Salah satu adalah wakil Sumatera Barat, Louise Kalista Iskandar. 

Dalam babak 6 besar final Puteri Indonesia 2020, Kalista Iskandar bahkan diketahui salah dalam menjawab pertanyaan salah satu juri soal Pancasila. Saat itu, dewan juri yang bertanya adalah Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Bamsoet, biasa dipanggil, meminta mahasiswi hukum itu untuk menyebutkan sila dalam Pancasila. Ekspresi terkejut tampak dari wajah Kalista saat mendengar pertanyaan itu. Perlahan-lahan, finalis Puteri Indonesia 2020 itu menjawab pertanyaan yang diajukan. Sila 1, sila 2, dan sila 3 bisa dijawab dengan mulus, walau ia menggantikan penyebutan sila dengan nomor.

Namun, kegugupannya tampak saat ia menyebutkan sila keempat.  "Nomor empat, kemanusiaan..," ucapnya yang buru-buru diralat dengan, "Kemasyarakatan yang dipimpin oleh hikmat/kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan."

Padahal, sila keempat Pancasila semestinya berbunyi 'Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat/kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.'

Kalista masih berusaha menyelesaikan sila kelima dengan menyampaikan, "Kemanusiaan sosial yang adil dan beradab." Padahal, yang tepat adalah Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.

 

Tak Lolos

Pemenang Kedua Best Evening Gown Puteri Indonesia Sumatera Barat 2020 Kalista Iskandar. (dok. Instagram @officialputeriindonesia/https://www.instagram.com/p/B9Jf_cYFS5z/Adhita Diansyavira)
Pemenang Kedua Best Evening Gown Puteri Indonesia Sumatera Barat 2020 Kalista Iskandar. (dok. Instagram @officialputeriindonesia/https://www.instagram.com/p/B9Jf_cYFS5z/Adhita Diansyavira)

Atas jawaban yang disampaikan tersebut, Kalista tak lolos ke babak selanjutnya. Selain Kalista, dua finalis enam besar lain yang tak masuk babak selanjutnya adalah wakil dari Nusa Tenggara Timur Angel Boelan dan wakil dari Maluku Clara Yokate. 

Deretan tiga besar Puteri Indonesia 2020 adalah Jihane Almira Chedid dari Jawa Tengah, Rr. Ayu Maulida dari Jawa Timur, dan Putu Ayu Saraswati dari Bali. 

 

Juara

Pemenang Best Evening Gown yaitu Puteri Indonesia Jawa Tengah 2020 Jihane Almira , Puteri Indonesia Sumatera Barat 2020 Kalista Iskandar dan Puteri Indonesia Jawa Timur 2020 Ayu Maulida. (dok. Instagram @officialputeriindonesia/https://www.instagram.com/p/B9Jry-flgzB//Adhita Diansyavira)
Pemenang Best Evening Gown yaitu Puteri Indonesia Jawa Tengah 2020 Jihane Almira , Puteri Indonesia Sumatera Barat 2020 Kalista Iskandar dan Puteri Indonesia Jawa Timur 2020 Ayu Maulida. (dok. Instagram @officialputeriindonesia/https://www.instagram.com/p/B9Jry-flgzB//Adhita Diansyavira)

Malam puncak Pemilihan Puteri Indonesia 2020 pun mengumumkan perwakilan Jawa Timur, Rr. Ayu Maulida menjadi pemenangnya. Ayuma, biasa dipanggil, berhasil mengalahkan 39 finalis Puteri Indonesia yang mewakili 34 provinsi di Indonesia. Ia berhak mengenakan Mahkota Borobudur yang langsung disematkan Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Full dan selempang Puteri oleh Miss Universe 2019 Zozibini Tunzi. 

Ayuma dikenal sebagai seorang model dan mahasiswa hukum. Dengan terpilih sebagai Puteri Indonesia 2020, ia berarti akan mewakili Indonesia di ajang Miss Universe tahun ini yang belum diketahui lokasi penyelenggaraannya.

 

Pesaing

Sementara itu, pesaing terdekatnya, Putu Ayu Saraswati akan mewakili Indonesia di ajang Miss International 2020. Sedangkan, Runner Up 3 Jihane Almira Chedid akan mewakili Indonesia di Miss Supranational 2020.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Efisiensi, Wamenhan Minta PT Pindad Modernisasi Mesin Produksi

Posted: 06 Mar 2020 09:09 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono meminta PT Pindad untuk melakukan modernisasi mesin-mesin di fasilitas Divisi Munisi yang diimiliki Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Turen, Malang, Jawa Timur. 

"Pindad harus melakukan modernisasi fasilitas yang dimilikinya di Divisi Munisi agar bisa meningkatkan kapasitas produksi dan menurunkan harga satu peluru," kata Sakti dalam keterangannya, Sabtu (6/3/2020).

Dia menegaskan, jika Pindad mampu melakukan modernisasi fasilitasnya dengan menerapkan otomatisasi dan integrasi akan bisa membuat biaya produksi menjadi turun secara signifikan dan harga jual menjadi lebih terjangkau.

"Sekarang harga jual peluru sekitar Rp 4.200 per butir. Jika mesin produksi dimodernisasi, maka akan terjadi penurunan biaya karena lebih efisien," jelas Sakti.

Dia pun menuturkan, mesin produksi yang ada sekarang sudah sangat tua. 

"Mesin produksi yang ada saat ini adalah mesin tahun 60-an, jadi sudah sangat tua. Kemhan memastikan seluruh kapasitas Pindad akan di serap oleh TNI dan Polri," ungkap Sakti.

Penambahan Kapasitas Produksi

Senjata buatan Pindad dipamerkan dalam acara pemberian hadiah lomba tembak AARM-27/2017 dan AASAM 17 di Jakarta, Rabu (27/12). PT Pindad mengapresiasi  kontingen TNI karena berhasil mendapatkan prestasi. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Senjata buatan Pindad dipamerkan dalam acara pemberian hadiah lomba tembak AARM-27/2017 dan AASAM 17 di Jakarta, Rabu (27/12). PT Pindad mengapresiasi kontingen TNI karena berhasil mendapatkan prestasi. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sementara itu, Direktur Utama Pindad Abraham Mose menjelaskan, pihaknya berencana meningkatkan kapasitas produksi Munisi Kaliber Kecil (MKK), Munisi Kaliber Besar (MKB) atau menengah, roket atau rudal dan lain-lain.

Hal ini telah menjadi program pemerintah dalam rangka mendorong kemampuan industri lokal, menuju kemandirian Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan (Alpalhankam) dalam negeri. 

"Harapan Pindad agar dukungan penuh dari Kementerian Pertahanan ini segera terlaksana terhadap penambahan kapasitas produksi, serta peningkatan kualitas produksi Pindad untuk mendukung kemandirian Alpalhankam," jelas Abraham.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Romanus dan Ridwan Maju di Pilkada Merauke 2020

Posted: 06 Mar 2020 09:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Merauke, Papua, Romanus Mbaraka dan H Ridwan (Romarin) akan maju pada Pilkada Serentak 2020 dengan dukungan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerindra. 

Ribuan warga memadati deklarasi yang digelar di GOR Hiad Say, Merauke, Kamis, 4 Maret 2020. 

"Secara sah, Partai Gerindra belum memberikan rekomendasi, tetapi kami yakin Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mendukung kami untuk maju Pilkada Merauke," jelas Romanus, Rabu 4 Maret 2020.

Dalam orasinya, Romanus mengaku, selama ini dizolimi oleh lawan politik, seperti dituduh melakukan korupsi, dan tindakan kriminal lainnya.

"Tuduhan itu semua tanpa dasar dan hanya ingin mematikan karir saya dalam politik," kata dia.

Maju kembali sebagai calon bupati Merauke pada Pilkada 2020 diakui Romanus sebagai bentuk keprihatinan melihat kondisi masyarakat saat ini. 

"Perekonomian Merauke lesu, perputaran uang di kampung tidak berjalan, tidak seperti  semasa saya menjabat sebagai bupati periode 2012-2016. Masyarakat sulit mendapatkan uang," jelas Romanus. 

Kesejahteraan Masyarakat Merauke

Sementara, calon wakilnya Romarin mengklaim maju dalam Pilkada Merauke dengan satu tujuan yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dengan mengusung slogan Merauke Bangkit 2020, dia berharap Merauke bisa bangkit dari ekonomi, pertanian, pendidikan, kesehatan dan lainnya.

"Saat ini petani padi di Merauke menangis, karena beras tidak bisa dijual. Beras lokal Merauke banyak, tapi tidak ada pasar yang menampung. Dulu, waktu saya masih bupati, saya membuka kran pasar di Jayapura dan Manokwari, sehingga petani bisa menikmati hasilnya," ungkap Romarin. 

 

Simak berita Kabarpapua.co selengkapnya di sini

Saksikan video pilihan selengkapnya di sini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menyentuh Hati, Viral Potret Dokter Temani Pasien Corona Lihat Matahari Terbenam

Posted: 06 Mar 2020 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Virus Corona Covid-19 masih menjadi isu yang paling hangat dibicarakan di seluruh dunia. Organisasi Kesehatan dunia WHO bahkan menetapkan status darurat akibat wabah virus Corona.

Sejak Desember lalu, sekiranya 69.000 orang telah terinfeksi di seluruh dunia. Ya, tak hanya di China, virus Corona telah menginfeksi korban dari Negara-negara lain seperti Malaysia, Jepang, Korea hingga Indonesia.

Di China sendiri hingga Sabtu 22 Februari, jumlah pasien di seluruh China daratan yang meninggal karena Virus Corona tercatat 2.442 orang. Data itu diumumkan Komisi Kesehatan Nasional China pada Minggu (23/2/2020).

Tentu saja para medis berjuang tak kenal lelah dan waktu untuk menyelamatkan nyawa pada korban terinfeksi di sana. Di tengah perjuangan mereka tersebut ada momen-momen menyentuh yang lantas menjadi sorotan publik.

Salah satunya seperti yang dilakukan seorang dokter di rumah sakit di Wuhan ini. Dalam sebuah foto yang viral terlihat seorang dokter menemani pasien terinfeksi virus Corona yang berusia 87 tahun melihat matahari terbenam.

Menyentuh

foto: Twitter/@chenchenzh
foto: Twitter/@chenchenzh

Dari postingan yang diunggah oleh akun Twitter @chenchenzh, diketahui bahwa dokter tersebut hendak membawa sang pasien yang sudah dirawat selama sebulan untuk melakukan CT Scan.

Namun di tengah perjalanan, dia menawarkan sang pasien untuk berhenti sejenak dan melihat matahari terbenam. Sang pasien pun menyetujuinya. Akhirnya mereka berhenti sejenak untuk menyaksikan matahari terbenam bersama. Momen tersebut berhasil diabadikan oleh seorang perawat.

"Seorang dokter dari Shanghai membawa pasien berusia 87 tahun yang telah dirawat selama sebulan untuk melakukan CT scan. Dia bertanya apakah pasien tersebut ingin berhenti sejenak untuk melihat matahari terbenam. Dia mengatakan iya. Mereka pun menikmati momen tersebut bersama," tulis akun itu.

Unggahan tersebut sontak menjadi viral dan membuat warganet terenyuh.

"Ini bisa jadi foto paling ikonik selama mewabahnya virus Covid-19 yang pernah kami lihat," komentar akun @PaulGodsmark.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Ciri Rumah Idaman Pasangan Muda

Posted: 06 Mar 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pasangan yang baru saja menikah, rumah menjadi salah satu kebutuhan yang perlu diprioritaskan. Sayangnya, membeli rumah bukan perkara mudah, apalagi bagi mereka yang baru pertama kali membelinya.

Sebenarnya seperti apa hunian idaman untuk pasangan muda? Beberapa waktu lalu, Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah.

Dari hasil survei tersebut mengatakan bahwa ternyata mayoritas pasangan muda menginginkan membeli hunian dekat dengan sarana infrastruktur, seperti pintu tol, terminal bis ataupun stasiun kereta api. Tak mengapa membeli rumah jauh dari pusat kota Jakarta, asalkan di sekitar lokasi perumahan terdapat sarana infrastruktur yang memadai.

Selain lokasi, berdasarkan survei Lamudi ternyata banyak pasangan muda yang mengharapkan memiliki rumahyang sudah terkoneksi dengan internet. Alasannya karena kehadiran internet saat ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat, baik untuk bekerja ataupun mencari hiburan.

"Saat ini masyarakat kita sudah sangat tergantung dengan koneksi internet, jadi sudah sewajarnya jika saat ini setiap perumahan memiliki koneksi internet," ujar Mart Polman, Managing Director Lamudi, dalam keterangan tertulis, Sabtu (7/3/2020). 

Tidak hanya itu, Mart juga mengatakan, banyak pasangan muda yang mengincar rumah dengan luas 60 - 90 meter persegi dengan dua kamar tidur. Mereka memang tidak memilih untuk membeli rumah dengan tipe terlalu besar, karena dianggap terlalu repot untuk mengurusnya.

 

Target Pengembang

Pengunjung melihat maket perumahan di pameran properti di Jakarta, Kamis (8/9). Dengan dilonggarkannya rasio LTV, BI optimistis pertumbuhan KPR bertambah 3,7%year on year (yoy) hingga semester I-2017. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pengunjung melihat maket perumahan di pameran properti di Jakarta, Kamis (8/9). Dengan dilonggarkannya rasio LTV, BI optimistis pertumbuhan KPR bertambah 3,7%year on year (yoy) hingga semester I-2017. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Bagi para pengembang, pasangan muda dianggap sebagai target pasar yang cukup menggiurkan, kalangan ini merupakan pembeli loyal sebuah produk perumahan. Contohnya seperti PT Inti Innovaco, pengembang perumahan Nusa Indah Residence tersebut mengaku mayoritas pembeli rumahnya merupakan pasangan muda.

"Lebih dari 60 persen pembeli rumah Nusa Indah Residence merupakan pasangan muda," kata Ratna Julia, Head of Marketing PT Inti Innovaco.

Ratna mengatakan, pasangan muda biasanya memiliki begitu banyak kegiatan mulai dari bekerja, membangun network dan hangout untuk itu mereka akan mencari hunian yang strategis. Perumahan Nusa Indah Residence sendiri berada di lokasi yang strategis karena berjarak hanya 300 meter dekat dengan pintu tol Bogor Outer Ring Road (BORR), hunian ini juga dekat dengan Jl. Pandu Raya yang dikenal sebagai tempat hangout kekinian Kota Bogor.

Perumahan Nusa Indah Residence di bangun di Jalan Pangeran Asogiri, Tanah Baru, Kota Bogor. Perumahan ini dilengkapi dengan fasilitas cukup lengkap seperti taman, row jalan yang luas, CCTV, gedung serbaguna hingga tempat ibadah. Satu unit rumah di sana dijual mulai dari Rp 900 jutaan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tanda-Tanda Wanita Sedang Jatuh Cinta

Posted: 06 Mar 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ketika jatuh cinta, perasaan wanita ke seorang pria bisa sulit didefinisikan. Bahkan terkadang bingung ini jatuh cinta atau tidak.

Kalau Anda belum yakin sedang jatuh cinta atau belum, Ann Shoket, mantan Pimpinan Redaksi Seventeen berbagi cara untuk mengetahuinya:

1. Merasa nyaman tanpa makeup di dekatnya

Shoket menjelaskan, ketika wanita jatuh cinta, ia tak akan merasa stres untuk menutupi jerawatnya atau kekurangan di wajahnya. Justru wanita ingin menunjukkan dirinya apa adanya dan meyakini bahwa pria yang dicintainya tak akan mengejeknya.

2. Merasa yang terbaik

Wanita yang sedang jatuh cinta, kata Shoket, tidak merasa khawatir tentang perasaan si pria. Wanita malah merasa lebih percaya diri dalam segala hal ketika dekat pria.

3. Menyukai ketidaksempurnaannya

Sebagian besar hubungan dimulai dengan ketertarikan, tetapi lanjut Shoket, jatuh cinta membantu wanita mengenali hal-hal unik yang membuat pria istimewa. "Yang lebih penting, Anda tidak akan ingin mengubahnya," ujarnya dalam buku Seventeen Ultimate Guide to Guys.

 

4. Baik-baik saja ketika bertengkar

Jatuh cinta bikin hilang akal sehat?/Copyright shutterstock.com/g/panuwat+phimpha
Jatuh cinta bikin hilang akal sehat?/Copyright shutterstock.com/g/panuwat+phimpha

Setiap usai bertengkar, menurut Shoket, wanita memilih untuk mengatasi ketidaksepakatan karena sang wanita tahu betapa ia bahagia dekat dengannya.

5. Tak ingin mempermainkan

Pada awalnya, wanita dapat saja mengujinya dengan menggoda pria lain dan melihat apakah ia cemburu. Tapi ketika wanita sedang jatuh cinta, lanjut Shoket, dia tidak harus terus-menerus membuktikan perasaan pria untuknya.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setien Tegaskan Barcelona Tidak Pikirkan Lagi Kekalahan di El Clasico

Posted: 06 Mar 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Barcelona - Pelatih Barcelona Quique Setien mengaku tetap tenang setelah timnya kalah dalam laga El Clasico melawan Real Madrid. Setien menegaskan, Barcelona akan tetap fokus bersaing hingga musim ini berakhir.

"Saya tenang karena saya tahu kami akan menjalani pertandingan setelah kekalahan melawan Real Madrid," kata Setien seperti dilansir Sportskeeda.

Barcelona kalah 0-2 dari Real Madrid pada pekan ke-26 Liga Spanyol, Senin (2/3/2020) dinihari WIB. Kekalahan itu membuat Barcelona kini tertinggal satu poin dari Real Madrid yang tengah memuncaki klasemen.

Jika ingin tetap juara, Lionel Messi dkk. tidak boleh membuang satu poin pun di setiap pertandingannya. Pasalnya, Real Madrid akan terus tancap gas demi mempertahankan keunggulan.

Apalagi, tidak akan ada lagi El Clasico di musim ini. Setien pun menyadari hal tersebut.

Mantan pelatih Real Betis itu menegaskan, Barcelona akan berjuang sekuat tenaga. "Kami termotivasi untuk menjaga tensi sesuai keinginan kami," kata Setien.

 

 

Jamu Real Sociedad

La Liga - Barcelona Vs Real Sociedad (Bola.com/Adreanus Titus)
La Liga - Barcelona Vs Real Sociedad (Bola.com/Adreanus Titus)

Barcelona sendiri akan menjamu Real Sociedad pada pekan ke-27, Minggu (8/3/2020) dinihari WIB di Nou Camp. Di atas kertas, partai itu dapat dimenangkan Barcelona.

Namun Barcelona tetap harus waspada. Pasalnya, Real Sociedad sempat menahan imbang mereka 2-2 pada pertemuan musim lalu.

Jadwal Liga Spanyol

Sabtu 7 Maret 2020

19.00 WIB, Eibar vs Mallorca

22.00 WIB, Atletico Madrid vs Sevilla

Minggu 8 Maret 2020

00.30 WIB, Barcelona vs Real Sociedad

03.00 WIB, Getafe vs Celta Vigo

18.00 WIB, Osasuna vs Espanyol

20.00 WIB, Real Valladolid vs Athletic Bilbao

22.00 WIB, Levante vs Granada

Senin 9 Maret 2020

00.30 WIB, Villarreal vs Leganes

03.00 WIB, Real Betis vs Real Madrid

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kelebihan Map Kalahari di Free Fire

Posted: 06 Mar 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Free Fire merupakan sebuah gim perang yang mengumpulkan hingga 50 pemain di sebuah peta yang luas.

Mereka harus saling membunuh dan satu-satunya orang yang dapat bertahan menjadi pemenang.

Belum lama ini, Free Fire melakukan beberapa update. Salah satunya menghadirkan Map Kalahari. Map ini sebelumnya sudah pernah hadir, namun belum hadir dalam versi full map.

Kali ini Garena Free Fire Indonesia akan membagikan kelebihan dari Map Kalahari tersebut.

Dalam full Map Kalahari sendiri memiliki 13 tempat dengan lebih banyak medan perang dan drop yang lebih tingg.

Penasaran seperti apa selengkapnya? Simak selengkapnya di channel Garena Free Fire Indonesia hanya di Vidio.

 

Saksikan Videonya Di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tanpa SIM B, Pengunjung GIICOMVEC Bisa Mengendarai Bus dan Truk

Posted: 06 Mar 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - GIICOMVEC 2020 yang sedang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, menyediakan arena khusus untuk pengunjung yang ingin mencoba truk keluaran terbaru atau kendaraan komersial lainnya. 

Namun, tak semua pengunjung bisa mencoba kendaraan komersial, karena salah satu persyaratannya adalah wajib memiliki SIM B.

Bagi Anda yang ingin mencicipi kendaraan komersial tak perlu berkecil hati. Karena booth indoor Mercedes-Benz menyediakan sepasang simulator, yang satu simulator truk , dan satunya lagi adalah simulator bus.

Menurut Tubagus yang bertanggung jawab di area simulator, tak sulit untuk mencicipi simulator ini. " Pengunjung bisa ambil nomor antrean, setelah itu tinggal discan dan menunggu giliran," ungkap Tubagus.

Pengunjung nantinya bisa memilih salah satu simulator yang ingin digunakan. "Keduanya memiliki misi yang berbeda. Kalau truk nanti akan mengantar barang, sedangkan bus digunakan untuk mengantar penumpang. Waktu untuk 1 misi kurang lebih 5 menit," pungkas Tubagus.

Mau Test Drive Truk di GIICOMVEC 2020, Ini Syaratnya

Bagi Anda yang ingin mencoba truk keluaran terbaru atau kendaraan komersial lainnya, Anda bisa berkunjung ke GIICOMVEC 2020 yang sedang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat.

Demo Area truk terletak di Loading Area Hall B JCC. Di area ini, calon pengguna juga bisa mencoba aneka truk dari delapan merek, yaitu DFSK, FAW, Hino, Mercedes-Benz, Mitsubishi Fuso, Suzuki, UD Trucks, dan United Tractors.

Sebelum menjajal, ada beberapa persyaratan yang wajib dilakukan dan diikuti oleh peserta, di antaranya mendaftar terlebih dahulu di konter registrasi, memiliki SIM B, menggunakan sabuk pengaman, dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ditetapkan.

Peserta juga harus didampingi oleh perwakilan dari merek yang akan dicoba unitnya dalam melakukan uji kendara. Untuk menjadi perhatian, keputusan izin penggunaan unit untuk uji kendara akan menjadi hak merek pemilik unit yang akan dicoba.

Jika ingin merasakan inovasi teknologi terbaru dari bus. Anda bisa melihat langsung di Demo Area GIICOMVEC 2020 yang berlokasi di Drop Off Area Hall A.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: [FEATURE] Warna-warni Festival Holi

Posted: 06 Mar 2020 09:00 PM PST

Umat Hindu India merayakan Holi, festival warna musim semi, di sebuah kuil di desa Nandgaon, negara bagian Uttar Pradesh, 5 Maret 2020. Festival Holi diselenggarakan pada awal musim semi yaitu pada akhir Februari hingga Maret, tepatnya sesudah bulan purnama. (Money SHARMA/AFP)
Umat Hindu India merayakan Holi, festival warna musim semi, di sebuah kuil di desa Nandgaon, negara bagian Uttar Pradesh, 5 Maret 2020. Festival Holi diselenggarakan pada awal musim semi yaitu pada akhir Februari hingga Maret, tepatnya sesudah bulan purnama. (Money SHARMA/AFP)

Umat Hindu India merayakan Holi, festival warna musim semi, di sebuah kuil di desa Nandgaon, negara bagian Uttar Pradesh, 5 Maret 2020. Festival Holi diselenggarakan pada awal musim semi yaitu pada akhir Februari hingga Maret, tepatnya sesudah bulan purnama. (Money SHARMA/AFP)

Umat Hindu merayakan Holi, festival warna musim semi, di sebuah kuil di desa Nandgaon, negara bagian Uttar Pradesh, 5 Maret 2020. Ribuan orang India menyambut musim semi pada Kamis (5/3) dengan merayakan Festival Holi yang identik dengan aksi saling melemparkan bubuk warna warni. (Money SHARMA/AFP)
Umat Hindu merayakan Holi, festival warna musim semi, di sebuah kuil di desa Nandgaon, negara bagian Uttar Pradesh, 5 Maret 2020. Ribuan orang India menyambut musim semi pada Kamis (5/3) dengan merayakan Festival Holi yang identik dengan aksi saling melemparkan bubuk warna warni. (Money SHARMA/AFP)

Umat Hindu merayakan Holi, festival warna musim semi, di sebuah kuil di desa Nandgaon, negara bagian Uttar Pradesh, 5 Maret 2020. Ribuan orang India menyambut musim semi pada Kamis (5/3) dengan merayakan Festival Holi yang identik dengan aksi saling melemparkan bubuk warna warni. (Money SHARMA/AFP)

Sejumlah pria mengolesi bubuk warna pada wajah seorang gadis saat merayakan festival Holi di sebuah kuil di desa Nandgaon, Uttar Pradesh, 5 Maret 2020. Festival Holi diselenggarakan pada awal musim semi yaitu pada akhir Februari hingga Maret, tepatnya sesudah bulan purnama. (Money SHARMA/AFP)
Sejumlah pria mengolesi bubuk warna pada wajah seorang gadis saat merayakan festival Holi di sebuah kuil di desa Nandgaon, Uttar Pradesh, 5 Maret 2020. Festival Holi diselenggarakan pada awal musim semi yaitu pada akhir Februari hingga Maret, tepatnya sesudah bulan purnama. (Money SHARMA/AFP)

Sejumlah pria mengolesi bubuk warna pada wajah seorang gadis saat merayakan festival Holi di sebuah kuil di desa Nandgaon, Uttar Pradesh, 5 Maret 2020. Festival Holi diselenggarakan pada awal musim semi yaitu pada akhir Februari hingga Maret, tepatnya sesudah bulan purnama. (Money SHARMA/AFP)

Umat Hindu merayakan Holi, festival warna musim semi, di sebuah kuil di desa Nandgaon, negara bagian Uttar Pradesh, 5 Maret 2020. Ribuan orang India menyambut musim semi pada Kamis (5/3) dengan merayakan Festival Holi yang identik dengan aksi saling melemparkan bubuk warna warni. (Money SHARMA/AFP)
Umat Hindu merayakan Holi, festival warna musim semi, di sebuah kuil di desa Nandgaon, negara bagian Uttar Pradesh, 5 Maret 2020. Ribuan orang India menyambut musim semi pada Kamis (5/3) dengan merayakan Festival Holi yang identik dengan aksi saling melemparkan bubuk warna warni. (Money SHARMA/AFP)

Umat Hindu merayakan Holi, festival warna musim semi, di sebuah kuil di desa Nandgaon, negara bagian Uttar Pradesh, 5 Maret 2020. Ribuan orang India menyambut musim semi pada Kamis (5/3) dengan merayakan Festival Holi yang identik dengan aksi saling melemparkan bubuk warna warni. (Money SHARMA/AFP)

Umat Hindu merayakan Holi, festival warna musim semi, di sebuah kuil di desa Nandgaon, negara bagian Uttar Pradesh, 5 Maret 2020. Festival Holi diselenggarakan pada awal musim semi yaitu pada akhir Februari hingga Maret, tepatnya sesudah bulan purnama. (Money SHARMA/AFP)
Umat Hindu merayakan Holi, festival warna musim semi, di sebuah kuil di desa Nandgaon, negara bagian Uttar Pradesh, 5 Maret 2020. Festival Holi diselenggarakan pada awal musim semi yaitu pada akhir Februari hingga Maret, tepatnya sesudah bulan purnama. (Money SHARMA/AFP)

Umat Hindu merayakan Holi, festival warna musim semi, di sebuah kuil di desa Nandgaon, negara bagian Uttar Pradesh, 5 Maret 2020. Festival Holi diselenggarakan pada awal musim semi yaitu pada akhir Februari hingga Maret, tepatnya sesudah bulan purnama. (Money SHARMA/AFP)

Umat Hindu menari saat merayakan Holi, festival warna musim semi, di sebuah kuil di desa Nandgaon, Uttar Pradesh, 5 Maret 2020. Ribuan orang India menyambut musim semi pada Kamis (5/3) dengan merayakan Festival Holi yang identik dengan aksi saling melemparkan bubuk warna warni. (Money SHARMA/AFP)
Umat Hindu menari saat merayakan Holi, festival warna musim semi, di sebuah kuil di desa Nandgaon, Uttar Pradesh, 5 Maret 2020. Ribuan orang India menyambut musim semi pada Kamis (5/3) dengan merayakan Festival Holi yang identik dengan aksi saling melemparkan bubuk warna warni. (Money SHARMA/AFP)

Umat Hindu menari saat merayakan Holi, festival warna musim semi, di sebuah kuil di desa Nandgaon, Uttar Pradesh, 5 Maret 2020. Ribuan orang India menyambut musim semi pada Kamis (5/3) dengan merayakan Festival Holi yang identik dengan aksi saling melemparkan bubuk warna warni. (Money SHARMA/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 100 Ribu Orang Terinfeksi Virus Corona

Posted: 06 Mar 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta WHO menyebut ada lebih dari 100 ribu kasus virus corona di seluruh dunia. Jumlah ini diikuti dengan kenaikan yang sembuh dan meninggal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

COVID-19: Italia Catat Rekor Kematian Harian Terbesar, Total 197 Orang Tewas

Posted: 06 Mar 2020 09:00 PM PST

Liputan6.com, Roma - Angka kematian akibat Virus Corona Baru di Italia telah meningkat menjadi 197 setelah lonjakan harian terbesar dalam kematian di sana sejak wabah dimulai.

Pejabat mengatakan, 49 orang telah meninggal dalam 24 jam pada Jumat 6 Maret 2020, yang merupakan rekor harian terbesar. Sementara itu, lebih dari 4.600 kasus telah dilaporkan secara total, demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (7/3/2020).

Negara itu sekarang telah melaporkan kematian terbanyak di luar China, tempat virus itu muncul pada Desember 2019.

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO mengatakan, hampir 100.000 orang di seluruh dunia telah terinfeksi Virus Corona.

Lebih dari 3.000 orang tewas, mayoritas di China.

Direktur jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyebut, penyebaran Virus Corona "sangat memprihatinkan" dan mendesak semua negara untuk membuat penangkalan penyebaran sebagai "prioritas tertinggi mereka".

Lonjakan Kasus di Italia

Orang-orang memakai masker berjalan di Milan, Italia (24/2/2020). Kepala Departemen Perlindungan Sipil sekaligus Komisaris Luar Biasa untuk Darurat Coronavirus, Angelo Borrelli mengatakan enam orang meninggal dan 222 lainnya teruji positif infeksi COVID-19 di Italia. (Xinhua/Daniele Mascolo)
Orang-orang memakai masker berjalan di Milan, Italia (24/2/2020). Kepala Departemen Perlindungan Sipil sekaligus Komisaris Luar Biasa untuk Darurat Coronavirus, Angelo Borrelli mengatakan enam orang meninggal dan 222 lainnya teruji positif infeksi COVID-19 di Italia. (Xinhua/Daniele Mascolo)

Para pejabat mengumumkan rekor kematian harian dalam sebuah pernyataan pada Jumat 7 Maret 2020.

Mereka mengatakan, jumlah itu tidak dapat dikonfirmasi secara resmi sampai pejabat kesehatan telah "menetapkan penyebab sebenarnya kematian".

Lembaga kesehatan nasional mengatakan usia rata-rata mereka yang telah meninggal adalah 81, dengan mayoritas menderita masalah kesehatan lain sebelum terinfeksi Corona. Diperkirakan, 72% dari semua yang telah meninggal adalah laki-laki.

Menurut data pemerintah Italia, 4,25% dari kasus Virus Corona yang dikonfirmasi telah meninggal. Presentase itu merupakan tingkat tertinggi di dunia.

Italia memiliki salah satu populasi tertua di dunia.

Pemerintah minggu ini memerintahkan penutupan semua sekolah selama 10 hari karena berjuang untuk mengatasi wabah tersebut.

Semua olahraga profesional, termasuk pertandingan sepak bola Serie A, juga akan dimainkan secara tertutup selama sebulan.

China, Korea Selatan, dan Iran melaporkan lebih banyak kasus COVID-19 daripada Italia.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Mengejutkan Kasus Gadis Remaja Bunuh Bocah 6 Tahun di Jakpus

Posted: 06 Mar 2020 08:59 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seorang bocah berinisial APA tewas di tangan gadis remaja berusia 15 tahun. Bocah berusia 6 tahun itu dibunuh saat sedang bermain bersama pelaku.

Berdasarkan pengakuan sementara pelaku, peristiwa itu terjadi saat APA menyambangi rumah NF di Jalan B2 Dalam Karang Anyar, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Kamis 5 Maret 2020, sekitar pukul 16.00 WIB.

"Korban kemudian bermain dengan tersangka," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto dalam keterangan tertulis, Jumat, 6 Marert kemarin. 

Heru mengatakan, saat itulah pembunuhan terjadi. Jasad korban kemudian dimasukan ke dalam lemari baju. Saat ini, pihak kepolisian masih mendalami kasus pembunuhan yang dilakukan gadis remaja itu.

"Pelaku masih kami periksa," ujar dia.

Dihimpun dari Liputan6.com, berikut fakta-fakta mengejutkan dari kasus pembunuhan yang didalangi remaja perempuan terhadap bocah berumur 6 tahun: 

 

Datang Menyerahkan Diri ke Polisi

Kasus ini terungkap setelah gadis remaja berinisial NF itu mendatangi Kantor Polsek Metro Tamansari, Jakarta Barat, Jumat, 3 Maret kemarin. Kepada petugas dia mengaku telah melakukan pembunuhan.

"Ada tadi pagi, tapi cuma sebentar saja. Yang piket bertanya, rupanya tempat kejadian perkaranya itu di Sawah Besar (Jakarta Pusat), jadi diarahkan ke sana," kata Kapolsek Taman Sari, AKBP Abdul Ghofur saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (6/3/2020).

Abdul Ghofur menjelaskan, gadis remaja itu datang seorang diri sekitar pukul 10.00 WIB. Salah satu petugas jaga lantas menemuinya. Remaja itu menjelaskan, ada jasad anak kecil yang disimpan di lemari kamarnya

"Katanya dia habis membunuh, yang dibunuh ada di rumah. Dia disimpan dalam lemari," ujar Kapolsek.

"Cerita di kita dia menyerahkan diri. Motif dan modus kita belum periksa karena itu tugas Polsek Sawah besar, kami hanya limpahkan saja," tandasnya.

Terinspirasi dari Film

Ilustrasi Pembunuhan dengan Senjata Tajam (iStockphoto)
Ilustrasi Pembunuhan dengan Senjata Tajam (iStockphoto)

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto mengatakan, tayangan-tayangan film yang menampilkan adegan kekerasan mempengaruhi perilaku remaja bernisial NF (15). Sifat sadistis pun tertanam di dalam dirinya.

"Pengakuan dari seorang NF, dia melakukannya dengan kesadaran dan terinspirasi oleh film," kata Heru Novianto di Polres Metro Jakarta Pusat. 

Heru menerangkan, film yang ditonton mengisahkan cara-cara pembunuhan. Misalnya dengan memasukan ke dalam bak mandi. NF pun lalu menirukannya ke bocah APA. 

"Si anak diajak ke kamar mandi lalu disuruh ambil mainan yang ada di dalam. Setelah anak itu berada di dalam bak baru ditenggelamkan hingga korban meregang nyawa," ucap dia.

Berniat Membuang Jasad Korban

Ilustrasi Pembunuhan dengan Senjata Tajam (iStockphoto)
Ilustrasi Pembunuhan dengan Senjata Tajam (iStockphoto)

Heru menjelaskan, sebelumnya pelaku ingin membuang jasad korban. Tetapi karena hari menjelang sore, niat tersebut diurungkan dan malah menyimpannya di lemari baju.

"Besoknya pas mau buang dia bingung," jelasnya.

"Kami cek ke dalam lemari ada sosok mayat," tambahnya.

Pelaku Membuat Sketsa Pembunuhan

Ilustrasi Bunuh Diri  (iStockphoto)
Ilustrasi Bunuh Diri (iStockphoto)

Wakapolres Metro Jakarta Pusat, AKBP Susatyo Purnomo menjelaskan, tersangka mengambarkan sketsa tentang apa yang akan dia lakukan terhadap bocah 6 tahun tersebut. 

Hal itu terungkap saat jajaran Polres Metro Jakarta Pusat melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), Jumat kemarin. 

"Apa yang dia lakukan hari ini sudah tergambar. Ini adalah gambar wanita dengan terikat dengan tulisan Keep calm and give me," katanya saat Konferensi Pers, Jumat (6/3/2020).

 

Kondisi Kejiwaan Pelaku Akan Diperiksa

Susatyo menerangkan, pihaknya juga telah memeriksa empat orang sebagai saksi. Nantinya, setiap temuan itu akan dikonsultasikan dengan ahli kejiwaan.

"Semua temuannya akan dihimpun untuk disinkronkan dengan pendapat dari ahli kejiwaan," ujar dia.

Selain itu, Susatyo mengatakan, pelaku memiliki kecerdasaan yang luar biasa. Kemampuan berbahasa inggrisnya juga terbilang cukup baik.

"Dia mengungkapkan berbagai perasaan dalam berbagai tulisan seperti I Hope, dan Please Don't Me Make," ujar dia.

 

(Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pakar Ekonomi Prediksi bank bjb Semakin Bertumbuh di Tahun 2020

Posted: 06 Mar 2020 08:51 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kinerja apik yang diperlihatkan bank bjb sepanjang 2019 diprediksi akan terus berlanjut memasuki tahun 2020. Meski situasi makroekonomi masih dihadapkan dengan tantangan besar, bank bjb dipandang akan akan mampu mengulangi tren kinerja positif yang sudah dicatatkan.

Pengamat Ekonom Universitas Pasundan Acuviarta Kartabi menilai kinerja yang diperlihatkan bank bjb sepanjang 2019 sudah sesuai dengan ekspektasi. Terlebih, bank bjb sudah memperlihatkan tren pertumbuhan positif pada kuartal keempat.

"Dengan situasi makroekonomi yang sangat berpengaruh kepada industri perbankan, bertahan pun sebetulnya sudah bisa dikatakan baik. Kondisi yang dicapai bank bjb sudah jauh lebih baik. Itu sudah sesuai dengan ekspektasi. Pencapaian ini akan menjadi modal dasar bagi bank bjb di 2020," kata Acuviarta, Rabu (4/3/2020).

Tercatat sepanjang 2019 lalu, perusahaan mencatatkan laba bersih sebesar Rp1,56 triliun atau tumbuh 0,8% y-o-y. Pertumbuhan laba diikuti penambahan nilai aset sehingga menjadi sebesar Rp123,5 triliun atau tumbuh 2,8% y-o-y. Sektor kredit yang menjadi ujung tombak utama perseroan dalam mendongkrak pendapatan tumbuh 8,7% y-o-y menjadi Rp81,9 triliun.

Selain itu, net interest margin (NIM) bank juga terus menguat memasuki akhir tahun dengan berada pada level 5,7% lebih baik ketimbang NIM perbankan nasional yang tercatat 4,91% berdasarkan Statistik Perbankan Indonesia yang dikeluarkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Angka kredit macet dan bermasalah (Non Performing Loan) ikut berhasil ditekan pada kisaran 1,58% jauh di bawah rata-rata industri perbankan nasional rasio kredit bermasalah (NPL) di 2,53%.

Kondisi kinerja positif tersebut dinilai bakal terus menampak merujuk kepada kondisi internal dan strategi pergerakan perseroan yang sudah ditempuh. Belum lama ini, bank bjb menerbitkan Penawaran Umum Berkelanjutan II (PUB II) Obligasi Subordinasi Tahap I senilai Rp500 miliar. Penerbitan obligasi yang dilakukan disebut Acuviarta sebagai pertanda optimisme yang bertumbuh di tubuh perseroan. Dia melihat langkah penerbitan surat utang ini bakal mendapat respons positif dari publik.

"Langkah ini menunjukkan bahwa bjb cukup optimis dari segi peluang pasar. Sepanjang pasarnya terukur, obligasi akan selalu laris manis, apalagi dengan yield yang kompetitif dan status jaminan likuiditas bank pelat merah. Yang menjadi penentunya, tinggal kembali kepada rencana investasi dan pengembangan usaha bank bjb akan seperti apa ke depan," katanya.

Penambahan struktur permodalan ini dilakukan seturut dengan target penyaluran kredit perseroan sebesar 10%. Target tersebut dinilai dapat dicapai mengingat menguatnya daya dukung pemerintah yang mengandalkan perbankan domestik di tengah situasi perekonomian global yang tidak menentu.

Seiring dengan itu, kinerja bank berkode emiten BJBR di Bursa Efek Indonesia (BEI) ini juga memperlihatkan tren positif di lantai bursa. Perlahan-lahan, harga per lembar saham BJBR kembali menggariskan kurva peningkatan. Acuviarta menilai, tren peningkatan nilai emiten ini akan berjalan konsisten sepanjang tahun.

Sikap perseroan yang memilih melakukan penyesuaian terhadap penurunan suku bunga acuan BI 7-day Reverse Repo Rate (BI7DRR) menjadi 4,75% juga disebut sebagai langkah yang sesuai dan akan memberi keuntungan. Acuviarta mengatakan hal tersebut bakal membantu daya serap pembiayaan di tengah kondisi pasar yang masih terbuka lebar.

Direktur Utama Bank Bjb Yuddi Renaldi (ketiga kiri) bersama jajaran Direktur bank bjb lainnya saat acara Analyst Meeting Full Year 2019 bank bjb di The Ritz Carlton Pacific Palace, Jakarta, Jumat (28/2/2020).
Direktur Utama Bank Bjb Yuddi Renaldi (ketiga kiri) bersama jajaran Direktur bank bjb lainnya saat acara Analyst Meeting Full Year 2019 bank bjb di The Ritz Carlton Pacific Palace, Jakarta, Jumat (28/2/2020).

 

Faktor lain yang semakin menunjang akselerasi pertumbuhan kinerja ini adalah strategi digitalisasi yang semakin giat dilakukan perseroan. Pelayanan yang semakin baik bakal menghadirkan potensi fee based income (FBI) bagi perseroan. Apalagi tren FBI ini senantiasa terjaga tumbuh positif dengan torehan Rp929 miliar sepanjang 2019.

Walau banyak peluang tersedia, Acuviarta memperingatkan agar perusahaan tetap berhati-hati dan bersikap waspada terhadap berbagai tantangan yang akan datang. Selain situasi pelemahan pertumbuhan ekonomi global yang masih mengintai, kehadiran virus Corona yang mewarnai situasi global di awal tahun 2020 disebut bakal berdampak dan harus diantisipasi.

Kendati demikian, kondisi ini juga membuka peluang untuk mengambil alih pangsa pasar investasi dan barang yang selama ini amat bergantung kepada Tiongkok. bank bjb, bisa memanfaatkannya dengan cara mensubstitusi peran investor dan memberikan stimulasi kepada para pengusaha lokal agar mampu bersaing di arena jual-beli yang selama ini banyak diisi barang-barang impor dari Tiongkok.

"Corona dampaknya terhadap investasi asing terutama Tiongkok akan berkurang. Ruang itu bisa menjadi peluang bagi bank bjb. Dari sisi perdagangan, volume transaksi barang e-commerce yang lebih dari 60% berasal dari Tiongkok akan drop. Saatnya para pengusaha lokal mendapatkan sokongan untuk bank bjb mengambil peran itu. Di sisi lain, para pelaku usaha juga harus memperbaiki produktivitas dan kualitas efisiensi," tutur Acuviarta.

Di luar itu, Acuviarta juga menyarankan agar bank bjb terus mematangkan strategi dan melakukan peningkatan kualitas pelayanan maupun efisiensi demi merespons kebutuhan pasar yang semakin bergerak dinamis. langkah-langkah yang telah ditempuh perseroan sejauh ini dinilai sudah tepat dan sesuai dengan kebutuhan ekspansi yang diharapkan.

"bank bjb harus mengkombinasikan peluang yang tersedia, baik itu di sektor pembiayaan untuk korporasi, maupun UMKM. Inovasi-inovasi yang sudah diupayakan juga harus menjangkau daerah yang fokus menjadi pasar. Efisiensi harus terus dilakukan. Sinergi dengan pemerintah daerah untuk mendukung berbagai program dan menstimulasi pertumbuhan ekonomi melalui beragam sektor juga harus terus digelorakan," ujarnya.

Gaung inovasi memang semakin bergelora diupayakan bank bjb belakangan ini. Serentetan pembaruan yang memanjakan, baik dalam rupa produk pun juga program, terus disajikan perseroan. Beberapa yang teranyar, bank bjb telah melakukan perbaikan rumah aplikasi bjb digi sehingga menjadi lebih ramah dan mudah saat digunakan. bank bjb juga menjadi salah satu perbankan pionir dalam mengadopsi teknologi QR Code Indonesian Standard (QRIS) payment yang saat ini tengah direncanakan untuk diterapkan secara menyeluruh.

Di luar itu, perseroan juga memiliki sejumlah infrastruktur andalan dalam bentuk pusparagam yang merupakan hasil kolaborasi dengan pemerintah daerah dalam bentuk elektronifikasi pajak dan pengelolaan keuangan daerah melingkupi Pembayaran PBB-P2, E-Channel Samsat (E-Samsat), Tabungan Samsat (T Samsat), Samsat Jawa Barat Ngabret/Bergerak Cepat (SAMSAT J'bret), Samsat Banten Hebat (SAMSAT), Internet Banking Corporate (IBC) dan Kartu Kredit Pemerintah (KKP).

Beriringan dengan itu, optimalisasi perambahan pasar yang juga senantiasa digenjot di berbagai daerah. Langkah tersebut dijalankan via strategi pembiayaan bagi pengusaha mikro yang kian ekspansif. Berdasarkan catatan perseroan, outstanding kredit mikro konsisten bertumbuh beberapa tahun terakhir. Teranyar, sepanjang 2019 lalu bank bjb mencatatkan penyaluran pembiayaan mikro sebesar Rp5,8 triliun atau tumbuh 5,5% y-o-y. Upaya ini, didukung pula oleh siasat pemberdayaan agen bjb BiSA Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai) sebagai mitra pemasaran sekaligus perpanjangan tangan perseroan yang melakukan edukasi produk-produk keuangan perbankan demi perluasan akses.

Dengan merujuk pada bekal infrastruktur dan langkah-langkah strategis yang telah dipersiapkan secara matang, Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb menilai optimisme yang berhembus dari dalam tubuh perseroan sebagai sesuatu yang wajar. Diyakini perseroan bakal mampu menjaga tren pertumbuhan positif di tengah berbagai situasi dan kondisi yang bakal terjadi sepanjang tahun.

"Pada prinsipnya, kondisi internal perseroan telah siap menghadapi sekaligus mengkonversi segala bentuk tantangan yang datang sebagai intervensi eksternal menjadi peluang untuk dimanfaatkan. Dalam praktiknya, kami senantiasa menjalankan usaha dengan asas kehati-hatian sekaligus berpegang teguh pada pedoman good corporate governance (GCG) sebagai pemandu jalan dalam mengakselerasi misi bank bjb dalam menorehkan pertumbuhan berkualitas dan berkelanjutan," kata Widi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ibunda Baim Wong Meninggal Dunia, Ini 6 Potret Kenangan Keduanya

Posted: 06 Mar 2020 08:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari keluarga selebritis Baim Wong. Pasalnya, sang ibunda, Kartini Martaatmadja binti Sahir Martaatmadja dikabarkan meninggal dunia pada Jumat (6/3/2020) malam. Kabar duka ini pun diketahui dari unggahan Instagram Sultan Djorghi dan Wulan Guritno.

Unggahan Sultan Djorghi di akun Instagram pun langsung menjadi sorotan publik. Menurutnya, kabar mengenai kepergian ibunda Baim Wong diketahui dari pihak keluarga. Sebelumnya diketahui jika ibu Baim Wong tengah mendapat perawatan di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta Pusat.

Meski kehilangan orang tersayang, akan tetapi Baim pun berusaha untuk tetap tegar. Ibunda Baim Wong pun akan dimakamkan di TPU Sinar Sari Rawa Mekar, kota kelahirannya, Purwakarta, Jawa Barat.

"Doain aja, mama juga udah tenang," ujar Baim Wong saat ditemui di rumah duka yang berada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Sebelumnya, ibunda dari aktor 38 tahun ini tengah mendapatkan perawatan internsif selama kurang lebih dua pekan. Hal ini disampaikan oleh sang sahabat sekaligus penulis, Moammar Emka saat melayat ke rumah duka, Sabtu (7/3/2020).

"Dibawa ke rumah sakit 12 hari. terus 2 hari ini mulai enggak sadar. terus sekitar jam 10 malam, almarhum sudah tidak," ujar Moammar Emka.

Sebelumnya, Baim Wong pun cukup sering mengunggah beberapa foto bersama sang ibunda di akun Instagram pribadinya. Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @baimwong, Sabtu (7/3/2020) berikut ini beberapa potret kenangan Baim Wong dan sang ibunda.

1. Ibunda Baim Wong sendiri diketahui telah cukup lama mengidap diabetes.

Baim Wong (Sumber: Instagram/baimwong)
Baim Wong (Sumber: Instagram/baimwong)

2. Tak hanya itu saja, akan tetapi sang ibunda juga memiliki penyakit lainnya atau komplikasi.

Baim Wong (Sumber: Instagram/baimwong)
Baim Wong (Sumber: Instagram/baimwong)

3. Baim Wong meminta doa kepada masyarakat untuk sang ibunda yang baru saja berpulang.

Baim Wong (Sumber: Instagram/baimwong)
Baim Wong (Sumber: Instagram/baimwong)

4. Bahkan, dilihat dari akun Instagram pribadinya, Baim Wong beberapa kali mengunggah momen ketika sang ibunda tengah melakukan perawatan di rumah sakit.

Baim Wong (Sumber: Instagram/baimwong)
Baim Wong (Sumber: Instagram/baimwong)

5. Baim Wong sendiri memang diketahui sosok yang sangat menyayangi sang ibunda.

Baim Wong (Sumber: Instagram/baimwong)
Baim Wong (Sumber: Instagram/baimwong)

6. Bahkan, dirinya pernah membawa serta Kiano untuk menjenguk ibunda saat masih terbaring lemah di ranjang rumah sakit.

Baim Wong (Sumber: Instagram/baimwong)
Baim Wong (Sumber: Instagram/baimwong)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal All England 2020, Siaran Langsung di TVRI

Posted: 06 Mar 2020 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - TVRI akan meyiarkan ajang bulu tangkis bergengsi, All England 2020. Ajang ini bakal dimulai sejak Rabu (11/3/2020) atau dari babak 32 besar.

Mengacu dari data kejuaraan All England 2020 yang dirilis BWF, turnamen berkategori World Tour Super 1000 ini tidak mempertandingkan babak kualifikasi. Seluruh kontestan yang telah masuk dalam daftar drawing akan langsung melakoni laga pertama di babak 32 besar pada hari Rabu (11/3/2020).

Sementara hari Kamis (12/3/2020) diisi dengan laga 16 besar. Kemudian agenda hari Jumat (13/3/2020) untuk duel 8 besar. Lantas semifinal dan final dihelat pada hari Sabtu (14/3/2020) dan Minggu (15/3/2020).

Secara keseluruhan, kontingen Indonesia bakal menurunkan 15 wakil di kejuaraan berhadiah 1.100.000 dolar AS ini. Susi Susanti selaku Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI menargetkan satu gelar juara bagi skuad Merah Putih, seperti torehan tahun lalu.

"Target kami tetap satu gelar, mempertahankan yang tahun lalu. Tapi saya tidak menyebutkan sektor mana, karena tidak ingin membebani atlet tertentu. Memang yang paling berpeluang ada di sektor ganda putra. Tapi tunggal putra, ganda putri dan ganda campuran memiliki peluang yang sama," ujar Susi, dikutip dari laman PBSI.

Lihat jadwal All England 2020 di halaman selanjutnya.

 

 

Jadwal All England 2020

Ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan menjuarai All England 2019 yang berlangsung di Arena Birmingham, Minggu (10/3). Di final Hendra/Ahsan menang 11-21, 21-14, 21-12 atas Aaron Chia/Soh Wooi Yik. (AFP/Oli Scarff)
Ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan menjuarai All England 2019 yang berlangsung di Arena Birmingham, Minggu (10/3). Di final Hendra/Ahsan menang 11-21, 21-14, 21-12 atas Aaron Chia/Soh Wooi Yik. (AFP/Oli Scarff)

Rabu, 11 Maret 2020

16.00 WIB-Selesai, Babak penyisihan

Kamis, 12 Maret 2020

18.00 WIB-04.00 WIB, Babak penyisihan

Jumat, 13 Maret 2020

17.00 WIB-03.00 WIB, Quarter Final

Sabtu, 14 Maret 2020

17.00 WIB-03.00 WIB, Semifinal

Minggu, 15 Maret 2020

19.00 WIB-24.00 WIB, Final

* Live di TVRI

Daftar Wakil Indonesia di All England 2020

Tunggal Putra:

Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Tommy Sugiarto, Shesar Hiren Rhustavito.

Tunggal Putri:

Gregoria Mariska Tunjung

Ganda Putra:

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso.

Ganda Putri:

Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto.

Ganda Campuran:

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BCL Tampil Serba Hitam di Malam Puncak Puteri Indonesia 2020

Posted: 06 Mar 2020 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bunga Citra Lestari alias BCL tampil mengisi panggung malam puncak Puteri Indonesia 2020 pada Jumat (6/3/2020) malam. Seolah masih berduka atas meninggalnya sang suami, Ashraf Sinclair, BCL tampil mengenakan busana serba hitam.

Setelah host Puteri Indonesia 2020 menyebut nama BCL serta judul lagu yang akan dinyanyikan, BCL pun mendapatkan tepukan tangan meriah dan teriakan yang riuh dari penonton. Bahkan sebelum ia mulai bernyanyi.

BCL menyanyikan lagu "Cinta Sejati" dengan penuh penghayatan sambil diiringi para peserta Puteri Indonesia 2020 yang berjalan di atas panggung. Busana hitam yang membalut tubuh BCL merupakan karya desainer Sebastian Gunawan.

Masih Jadi Sorotan

BCL sukses merebut hati penonton dengan lantunan suaranya di Puteri Indonesia 2020. (Daniel Kampua/Fimela.com)
BCL sukses merebut hati penonton dengan lantunan suaranya di Puteri Indonesia 2020. (Daniel Kampua/Fimela.com)

Seperti diketahui, BCL masih menjadi sorotan setelah sang suami, Ashraf Sinclair, meninggal dunia pada 18 Februari lalu. Wanita yang akrab disapa Unge itu sempat absen dari dunia hiburan selama dua pekan karena dalam suasana berkabung.

Tampil Sempurna

Bunga Citra Lestari (BCL) di Malam Puncak Puteri Indonesia 2020. (Youtube - Surya Citra Televisi)
Bunga Citra Lestari (BCL) di Malam Puncak Puteri Indonesia 2020. (Youtube - Surya Citra Televisi)

Pada malam puncak Puteri Indonesia 2020, BCL tampil dengan sempurna. Suaranya yang merdu seolah menyejukkan suasana dari panasnya persaingan di antara peserta Puteri Indonesia 2020.

Penonton pun seolah terbius dengan suasana syahdu yang disuguhkan BCL. Bahkan menjelang akhir penampilan BCL, para penonton terus-terusan meneriakkan nama ibunda Noah Sinclair itu.

Artis Lain

Sejumlah penyanyi papan atas Indonesia selain BCL juga ikut menghibur panggung Puteri Indonesia 2020.

Mereka adalah Isyana Sarasvati dan Afgan. Ketiganya pun menampilkan performa yang sangat maksimal.

Gelar Puteri Indonesia 2020

Ajang Puteri Indonesia 2020 mendaulat Ayu Maulida dari Provinsi Jawa Timur sebagai juara Puteri Indonesia 2020.

Ia tampak mengenakan Mahkota Borobudur yang disematkan oleh Puteri Indonesia 2019, Frederika Alexis Full serta selempang Puteri oleh Miss Universe 2019, Zozibini Tunzi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mantan Kepala BNPT: Virus Radikal ISIS Lebih Mengerikan Dibanding Corona

Posted: 06 Mar 2020 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Ansyaad Mbai menilai, virus radikalisme lebih bahaya ketimbang virus Corona atau Covid-19. Ansyaad merujuk pada mereka yang bermigrasi ke Suriah sebagai orang yang telah terpapar virus radikalisme ISIS.

Ansyaad mengatakan, alasan utama radikalisme sangat bahaya karena menyangkut keutuhan bangsa dan negara. Sebab jika ideologi radikal telah mendominasi, kata dia, maka keutuhan negara akan hancur.

"Lebih mengerikan virus ISIS, radikal. Karena menurut saya lebih bahaya ini. Virus ISIS ini korbannya bangsa kita," kata Ansyaad dalam sebuah diskusi di Jakarta Pusat, Sabtu (7/3/2020).

Ansyaad kemudian mengutip beberapa poin hasil konferensi internasional yang diadakan di Mesir, dan dipimpin langsung oleh pimpinan tertinggi Al Azhar Ahmad Thayyib, yang dianggap memiliki korelasi dengan beberapa peristiwa di Indonesia.

Poin krusial menurut Ansyaad adalah manipulasi pemahaman agama, doktrin penghakiman, hijrah, jihad, dan pengkafiran.

Sejumlah poin krusial itu, dikatakan Ansyaad, beberapa kali terjadi di Indonesia, seperti pengkafiran dan doktrin penghakiman. Dua poin ini, berdasarkan konferensi internasional, sudah seharusnya dientaskan oleh seluruh masyarakat.

"Oleh karena itu, lembaga dan masyarakat wajib mendukung negara untuk menumpas bahaya kelompok radikal dan teroris ini," ujarnya.

 

Jokowi Tak Setuju WNI Eks ISIS Dipulangkan

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat membuka rapat kerja Kementerian Perdagangan 2020 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/3/2020). Jokowi meminta dalam raker ini dapat mempercepat prosedur-prosedur yang sebelumnya sangat lama dan berbelit-belit. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat membuka rapat kerja Kementerian Perdagangan 2020 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/3/2020). Jokowi meminta dalam raker ini dapat mempercepat prosedur-prosedur yang sebelumnya sangat lama dan berbelit-belit. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku tak setuju apabila ratusan Warga Negara Indonesia (WNI) eks ISIS pulang ke tanah air. Namun, Jokowi mengatakan keputusan itu harus dibahas terlebih dahulu dalam rapat terbatas.

Ia menjelaskan bahwa pemerintah harus menghitung plus minus apabila WNI eks ISIS itu dipulangkan ke Indonesia. Jokowi mengaku dirinya harus mendengarkan masukan dari kementerian terkait.

Setelah itu, barulah dirinya akan memutuskan hal itu dalam rapat terbatas. Meski begitu, Jokowi telah menerima laporan soal rencana kepulangan WNI eks ISIS.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD pun memastikan pemerintah belum memutuskan apakah akan memulangkan 600 Warga Negara Indonesia (WNI) eks ISIS ke tanah air. Pemerintah, kata dia, masih mempertimbangkan manfaat dan kerugian apabila mereka dipulangkan ke Indonesia.

"Mulai dari mudaratnya kalau dipulangkan itu nanti bisa menjadi masalah di sini, bisa menjadi virus baru di sini. Karena jelas-jelas dia pergi ke sana untuk menjadi teroris," ujar Mahfud MD di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (5/2/2020).

Menurut dia, apabila ratusan WNI eks ISIS itu pulang ke Indonesia, mereka harus terlebih dahulu mengikuti program deradikalisasi. Mahfud khawatir mereka akan kembali lagi menjadi teroris jika dikucilkan oleh masyarakat.

"Kalau nanti habis deradikalisasi diterjunkan ke masyarakat nanti bisa kambuh lagi, kenapa? Karena di tengah masyarakat nanti dia diisolasi, dijauhi. Kalau dijauhi nanti dia jadi teroris lagi kan," katanya.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Rahasia Ighalo Langsung Tajam di MU

Posted: 06 Mar 2020 08:35 PM PST

Manhester - Penyerang anyar Manchester United (MU), Odion Ighalo, langsung membungkam pihak-pihak yang meragukan kemampuannya. Pembuktian terbaru Ighalo adalah sepasang golnya ke gawang Derby County pada babak kelima Piala FA di Pride Park Stadium, Jumat (6/3/2020) dini hari WIB. 

Berkat peran signifikan Odion Ighalo tersebut mengantar MU lolos ke perempat final Piala FA dengan skor 3-0. Satu gol Manchester United lainnya dilesakkan Luke Shaw.   

Pada laga kontra Derby County, Ighalo tampil impresif. Berdasarkan statistik di Whoscored, pemain berusia 30 tahun itu melepaskan lima tembakan yang empat di antaranya mengarah ke gawang, memenangkan empat duel udara, dan akurasi umpan yang mencapai 79 persen.

Dari empat peluang bagus yang didapat oleh Odion Ighalo, dua di antaranya berhasil berbuah gol. Catatan itu cukup menjanjikan untuk pemain yang baru bergabung dengan MU pada hari terakhir bursa transfer Januari 2020. 

Bagi Odion Ighalo, sepasang gol tersebut membuatnya telah mendulang tiga gol dari enam laga yang sudah dijalani bersama Manchester United. Satu gol lainnya tercipta ketika MU menang 5-0 atas Club Brugge, pada leg kedua 32 besar Liga Europa, 27 Februari 2020.

Odion Ighalo perlahan menunjukkan bukti bahwa MU tak perlu menyesal meminjamnya dari klub Liga China, Shanghai Shenhua. Dia juga membungkam orang-orang yang sempat meragukan keraguannya. 

Apa rahasia Odion Ighalo cepat moncer di MU. Berikut ini empat di antaranya, seperti dilansir Mirror. 

1. Dapat Kepercayaan dari Rekan Setim dan Manajer

(Dok MU)
(Dok MU)

Odion Ighalo mengungkapkan faktor yang dianggapnya terpenting bagi dirinya selama memperkuat Manchester United. Dia mengatakan akan maju terus asalkan mendapat kepercayaan penuh dari semua pihak di Manchester United. 

Kepercayaan yang dimaksud Ighalo berasal dari manajer, rekan setim, dan fans.

"Sepanjang rekan setim saya memercayai saya, bos memercayai saya, dan fans memercayai saya, saya akan tetap melaju terus," kata Ighalo, seperti dilansir Mirror.  

 

2. Tak Pedulikan Omongan Orang

(AP Photo/Rui Vieira)
(AP Photo/Rui Vieira)

Di mata Odion Ighalo, omongan orang di luar Manchester United tidak penting bagi dirinya. Sepanjang mendapat kepercayaan penuh dari rekan setim, manajer, dan fans, baginya sudah cukup. 

Pemain yang dipinjam dari Shanghai Shenhua tersebut memilih mengabaikan omongan, sindiran, maupun kritikan dari pihak lain. 

Komentar itu diungkapkan Ighalo setelah laga melawan Derby County. 

"Saya senang. Saya ingin memberi selamat kepada tim untuk perjuangan keras selama pertandingan," kata Ighalo. 

Sang pemain juga senang mendapat kepercayaan dari rekan-rekannya hingga fans. "Saya tak peduli dengan apa yang dikatakan orang lain," kata Ighalo. 

 

3. Percaya Diri dan Berbeda

(AP Photo/Rui Vieira)
(AP Photo/Rui Vieira)

Rahasia lain di balik moncernya penampilan Odion Ighalo diungkapkan sang menajer, Ole Gunnar Solskajaer setelah kemenangan 3-0 Manchester United kontra Derby County. 

Menurut Solskjaer, Ighalo merupakan sosok yang percaya diri. Ia tetap melangkah terus meskipun pada awal kedatangannya ke Old Trafford diiringi keraguan banyak pihak. 

Solskjaer juga menyebut Ighalo sebagai pemain yang berbeda. 

"Dia striker yang berbeda bagi kami dan mencetak beberapa gol bagus. Tak banyak yang bisa mengeluarkan kemampuan itu pada momen-momen pertamanya. Kami punya tim yang terdiri dari pemain-pemain bagus," kata Solskjaer. 

 

4. Bahagia

(Twitter/Odion Ighalo)
(Twitter/Odion Ighalo)

Apalagi rahasia di balik keberhasilan Odion Ighalo membungkam para pengkritiknya? Ternyata, menurut Solskjaer jawabannya adalah sang striker bahagia menjadi bagian Manchester United/ 

"Ketika Anda mendatangkan striker, Anda ingin mereka bahagia dan percaya diri," kata Solskjaer setelah laga kontra Derby County. 

"Dia datang ke sini dan tentu saja kami masih menghadapi beberapa cedera dan bagi kami luar biasa punya Odion," imbuh manajer asal Norwegia tersebut. 

Sumber: Mirror, The Sun

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ayu Maulida Sabet Gelar Putri Indonesia 2020

Posted: 06 Mar 2020 08:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ayu Maulida berhasil menyabet gelar Putri Indonesia 2020 setelah mengalahkan Bali dan Jawa Tengah di babak 3 besar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Gaun Cantik Berbahan Tenun NTT di Panggung Final Puteri Indonesia 2020

Posted: 06 Mar 2020 08:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemilihan Puteri Indonesia 2020 yang berlangsung pada Jumat malam, 6 Maret 2020, masih menyisakan beragam cerita. Salah satunya penampilan para finalis Puteri Indonesia yang mengangkat tema tenun Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Julie Sutrisno Laiskodat, Ketua Dekranasda NTT menyebut pihaknya seakan kejatuhan bintang. Karya para penenun yang selama ini dianggap benda biasa oleh warga sekitar, bisa dipakai oleh para finalis hingga tiga ratu dunia, Miss Universe 2020 Zozibini Tunzi, Miss International 2019 Leeamrawat Sireethorn, dan Miss Supranational 2019 Anntonia Porsild.

"Kami tidak pernah nyangka tenun NTT bisa dikenakan ketiga wanita cantik ini," ucapnya menunjuk pada para ratu dunia. 

 

 

Para finalis Puteri Indonesia 2020 mengenakan gaun rancangan Eko Chandra. (dok. Instagram@officialputeriindonesia/https://www.instagram.com/p/B9Z1fAjlwTl/Dinny Mutiah)
Para finalis Puteri Indonesia 2020 mengenakan gaun rancangan Eko Chandra. (dok. Instagram@officialputeriindonesia/https://www.instagram.com/p/B9Z1fAjlwTl/Dinny Mutiah)

Ia juga senang para desainer lokal bersedia menggunakan bahan tenun NTT yang kaya motif. Salah satunya mengangkat motif tenun NTT dari Timor Tengah Selatan yang dimanfaatkan desainer Eko Chandra untuk mempercantik seluruh finalis dalam tahap perkenalan.

Gaun tersebut terlihat menarik perhatian lantaran didominasi warna merah. Potongan kain tenun berwarna senada membuat tampilan keseluruhan menjadi lebih cantik.

"Saya larang motifnya diubah karena filosofinya itu yang jadi nilai jualnya. Kalau warna, ada yang suka warna cerah, ada warna alam, jadi mainkannya di situ," kata Julie.

Deretan Desainer

Gaun para finalis Puteri Indonesia 2020 rancangan Defrico Audy. (dok. Instagram @officialputeriindonesia/https://www.instagram.com/p/B9amVvqFB7u/Dinny Mutiah)
Gaun para finalis Puteri Indonesia 2020 rancangan Defrico Audy. (dok. Instagram @officialputeriindonesia/https://www.instagram.com/p/B9amVvqFB7u/Dinny Mutiah)

Selain Eko Tjandra, ada pula desainer Defrico Audy yang bertanggung jawab atas penampilan 11 besar finalis Puteri Indonesia. Berbeda dengan tampilan sebelumnya yang cerah, ia menghadirkan gaya elegan lewat deretan gaun bernuansa keemasan.

Meski tipe warna kulit para finalis beragam, gaun tersebut bisa menampilkan aura maksimal dari masing-masing kontestan. Termasuk di antaranya gaun yang dikenakan oleh wakil dari Papua Barat, Hivanly Salawane Leha, yang membiarkan rambut keriting panjangnya tergerai bebas.

Gaun finalis Puteri Indonesia rancangan Diana M Putri. (dok. Instagram @officialputeriindonesia/https://www.instagram.com/p/B9aq7e4Fs3R/Dinny Mutiah)
Gaun finalis Puteri Indonesia rancangan Diana M Putri. (dok. Instagram @officialputeriindonesia/https://www.instagram.com/p/B9aq7e4Fs3R/Dinny Mutiah)

Sementara, para kontestan di babak enam besar mengenakan gaun rancangan Diana M Putri. Desainer asal Surabaya itu memilih nuansa keperakan dalam sesi tersebut.

Aura yang ditampilkan sontak berubah. Terkesan lebih kalem meski tetap anggun. Apalagi, seluruh pesesrta membiarkan rambut panjangnya tergerai.

Dalam babak final alias tiga besar, desainer Intan Avantie lah yang bertugas mendandani para finalis terpilih. Jihane Almira Chedid, Putu Ayu Saraswati, dan Rr Ayu Maulida Putri terlihat cantik dan anggun dalam balutan kebaya modern dengan sentuhan warna keemasan.

"Saya bisa bilang tidak ada kata-kata, hanya air mata saja. Mimpi pun tidak pernah dapat. Penenun di desa tidak pernah sangka," kata Julie.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Beberapa Tempat Wisata Ini Rusak Setelah Viral di Media Sosial

Posted: 06 Mar 2020 08:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kata "viral" mungkin bisa jadi musibah untuk sebuah tempat wisata. Semuanya berubah karena diserbu oleh wisatawan. Ini dia beberapa tempat wisata yang rusak setelah viral di media sosial.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Segera Menikah, Ini 6 Potret Taha Arikan Kekasih Bule Cinta Penelope

Posted: 06 Mar 2020 08:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Cinta Penelope akan segera melepas status jandanya. Penyanyi kelahiran 1984 ini akan menikah keenam kalinya dengan kekasih bulenya asal Turki. Pria tersebut diketahui bernama Taha Arikan.

Pasangan ini dikabarkan dekat sejak Desemeber 2019 lalu. Meski pertemuannya masih singkat, keduanya tampak menjalin hubungan yang semakin serius. Hal tersebut terlihat dari kedua akun Instagram mereka yang menuliskan nama masing-masing di keterangan biodata dengan emoji cincin.

Kekasih Cinta Penelope yang memiliki nama lengkap Taha Gokhan Arikan juga sempat santer dikabarkan melangsungkan prosesi lamaran saat berada di Mekah. Keduanya dikabarkan pula akan menggelar pernikahan di Jakarta.

Taha Gokhan Arikan diektahui seorang aktor, model sekaligus bintang iklan di Turki. Ia juga seorang marketing digital di salah satu perusahaan di negara Eurasia tersebut.

Jarang tersorot publik, berikut ini 6 portet calon suami Cinta Penelope, Taha Arikan, dirangkum dari Instagramnya oleh Liputan6.com, Sabtu (7/3/2020). 

1. Cinta Penelope memiliki kekasih bule asal Turki bernama Taha Arikan yang merupakan seorang aktor.

Potret Taha Arikan Kekasih Bule Cinta Penelope. (Sumber: Instagram/@tahaarikan)
Potret Taha Arikan Kekasih Bule Cinta Penelope. (Sumber: Instagram/@tahaarikan)

2. Kedekatan Cinta dan Taha Arikan dikabarkan cukup singkat yaitu sejak Desember 2019 lalu.

Potret Taha Arikan Kekasih Bule Cinta Penelope. (Sumber: Instagram/@tahaarikan)
Potret Taha Arikan Kekasih Bule Cinta Penelope. (Sumber: Instagram/@tahaarikan)

3. Meski singkat, keduanya tampak menjalin hubungan yagn serius dan segera menikah.

Potret Taha Arikan Kekasih Bule Cinta Penelope. (Sumber: Instagram/@tahaarikan)
Potret Taha Arikan Kekasih Bule Cinta Penelope. (Sumber: Instagram/@tahaarikan)

4. Keduanya cukup jarang memamerkan potret kebersamaan mereka di laman Instagram masing-masing.

Potret Taha Arikan Kekasih Bule Cinta Penelope. (Sumber: Instagram/@tahaarikan)
Potret Taha Arikan Kekasih Bule Cinta Penelope. (Sumber: Instagram/@tahaarikan)

5. Calon suami Cinta Penelope ini cukup aktif mengunggah segala aktivitasnya di media sosial.

Potret Taha Arikan Kekasih Bule Cinta Penelope. (Sumber: Instagram/@tahaarikan)
Potret Taha Arikan Kekasih Bule Cinta Penelope. (Sumber: Instagram/@tahaarikan)

6. Pesona Taha yang jarang sekali dipamerkan Cinta Penelope membuat netizen penasaran.

Potret Taha Arikan Kekasih Bule Cinta Penelope. (Sumber: Instagram/@tahaarikan)
Potret Taha Arikan Kekasih Bule Cinta Penelope. (Sumber: Instagram/@tahaarikan)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Kekacauan Hidup Ronaldinho Usai Gantung Sepatu

Posted: 06 Mar 2020 08:20 PM PST

Barcelona - Ronaldinhopunya segudang prestasi di dunia sepak bola. Sayang, setelah pensiun kehidupan sang legenda berantakan. 

Ronaldinho gantung sepatu 16 Januari 2018. Pada puncak kariernya, pria berusia 39 tahun tersebut pernah memenangi dua penghargaan Pemain Terbaik FIFA serta Ballon d'Or. Dia juga mengantongi berbagai gelar di level klub dan Timnas Brasil. 

Selama lima tahun memperkuat Barcelona, dia menjelma jadi pujaan publik Camp Nou karena teknik, trik-trik, dan umpan-umpan jeniusnya.  Ronaldino menjadi bintang di sana. 

Ronaldinho meninggalkan Barcelona pada 2008. Setelah itu, dia bertualang di berbagai klub, yaitu AC Milan, Flamengo, Atletico Mineiro, Querétaro, dan Fluminense. Pemain Brasil itu akhirnya pensiun karena bermasalah dengan kondisi kebugarannya. 

Sejak itu, kehidupannya mulai lepas kendali. Berbagai masalah dan kekacauan terus berdatangan dalam hidupnya. Dia juga terlibat utang besar. 

Yang terbaru Ronaldinho tersandung kasus pemalsuan paspor. Aura bintang Ronaldinho mulai dibayangi berbagai kasus yang seharusnya bisa dihindarinya. 

Berikut ini lima kekacauan yang dialami Ronaldinho sejak memutuskan gantung sepatu dari kancah sepak bola dunia, seperti dilansir The Sun: 

1. Skandal 2 Kekasih

Selama bertahun-tahun, Ronaldinho bisa dibilang playboy ulung. Dia tak kesulitan berganti-ganti kekasih, yang tentu saja semuanya punya paras menawan.

Namun, pada 2018 dia mengalami skandal. Dia dikabarkan harus menikahi dua wanita sekaligus secara bersamaan. Berita sensasional tersebut dirilis koran Brasil, O Dia. Menurut media tersebut, Ronaldinho harus menikahi dua kekasihnya sekaligus, Beatriz Souza dan Priscilla Coelho.

Media tersebut menyatakan Ronaldinho sudah memberikan cincin pertunangan kepada dua pacarnya tersebut. Adapun acara pernikahan seharusnya berlangsung di mansion mewahnya di Rio De Janeiro. 

Menikahi dua wanita sekaligus alias poligami adalah tindakan ilegal di Brasil, dan bisa terancam hukuman penjara enam tahun. Namun, Ronaldo menyebut rumor itu tidak benar. 

"Saya tak akan menikah. Itu kebohongan terbesar," kata Ronaldinho saat itu kepada media Brasil, Globo

Meskipun membantah menikahi dua kekasihnya sekaligus, Ronaldino ternyata hidup serumah dengan mereka. Mantan pemain Barcelona dan AC Milan ini hidup harmonis bersama dua kekasihnya sekaligus.

Seperti dikutip dari The Sun, Ronaldinho tinggal bersamaan dengan kedua kekasihnya itu di rumah mewahnya di Rio de Janeiro. Keduanya diberi kamar berbeda, di mana Ronaldinho bergantian tidur di kedua kamar itu.

2. Putus dengan Sang Kekasih dan Kehilangan Sebagian Kekayaan

(AFP Photo/Ezequiel Becerra)
(AFP Photo/Ezequiel Becerra)

Cerita Ronaldinho tinggal bersama dengan dua kekasihnya, Priscilla dan Beatriz, tak bertahan lama. Setelah skandal rumor bahwa Ronaldinho harus menikahi dua kekasihnya beredar, Priscilla memilih putus. 

Priscilla meninggalkan Ronaldinho setelah enam tahun bersama. Dia mengajukan tuntutan untuk mendapat bagian dari kekayaan Ronaldinho yang mencapai 70 juta euro. 

Ibu Priscilla, Maria Aldenice dos Santos, pernah mengungkapkan hubungan cinta Ronaldinho dengan dua kekasihnya itu. 

"Saya hampir mati saat mendengarnya dari mereka. Saya marah karena Ronaldinho telah berkomitmen untuk mencintai dan menjaga anak perempuan saya. Tapi dia malah menambah pacar. Semua itu membuat keluarga kami malu," kata Maria Aldenice dos Santos.

"Priscilla tidak seharusnya terlibat dalam urusan seperti ini. Namun, dia menerimanya karena dia sangat mencintai Ronaldinho," imbuh Maria.

Menurut Maria, Ronaldinho berusaha selalu bersikap adil kepada dua kekasihnya. Bahkan, Ronaldinho memberi hadiah selalu sama persis.  

"Dia memiliki kamar tidur untuk dirinya dan Priscilla dan kamar tidur lain untuknya dan Beatriz. Mereka tak pernah tidur bersama. Hari ini Priscilla dan hari berikutnya Beatriz," kata Maria. 

"Dia memberikan jumlah uang belanja yang sama setiap bulan dan juga memberikan hadiah yang sama. Dia pernah memberikan hadian jam tangan Rolex untuk keduanya." 

Maria mengatakan Priscilla mengaku sudah menyerah menjalani hubungan itu pada akhir 2018. Dia meninggalkan Ronaldinho setelah keduanya bertengkar hebat. 

"Priscilla mengatakan Ronaldinho mulai pergi ke pesta sendirian, menghabiskan malam di luar rumah dan meninggalkannya sendirian di rumah. Dia kemudian menemukan pesan antara Ronaldinho dengan wanita lain di ponselnya. Saat itu Beatriz tidak ada di rumah, dia sedang menghabiskan Natal di London," imbuh Maria. 

"Priscilla menanyakan soal pesan itu kepada Ronaldinho, tapi dia tak mau bicara. Ronaldinho berjalan menuju mobilnya, dan Priscilla mengikutinya, serta bilang ia tak bisa hanya pergi begitu saja."   

"Priscilla mengunci diri di kamar selama tiga hari, tanpa makan, berusaha bicara kepadanya dan ingin dia kembali. Namun, Priscilla memutuskan tak bisa terus seperti itu, kemudian mengemasi kopernya dan pulang ke rumah kami," imbuh sang ibu. 

 

3. Mobil dan Lukisan Disita

(AFP/Johan Ordonez)
(AFP/Johan Ordonez)

Pada 2018, kondisi finansial Ronaldinho benar-benar berada pada titik terendah. Jaksa menggerebek rumah Ronaldinho untuk menyita aset-asetnya, termasuk koleksi mobilnya dan lukisan mahal.

Sebulan sebelum penggerebakan itu, paspor Ronaldinho disita dan diketahui Ronaldinho hanya memiliki 5 pounds (Rp92.607) di rekeningnya. Dia tak bisa membayar utang-utangnya. 

Petugas menyita dua BMW dan Mercedes-Benz dari properti Ronaldinho untuk pelunasan denda yang dijatuhkan kepada legenda sepak bola Brasil itu. 

Menurut Kementerian Publik Brasil, saudara Ronaldinho, Assis Moreira, dan Institut Ronaldinho Gaucho, yang membantu anak-anak dan remaja, dinyatakan bersalah atas kerusakan lingkungan oleh Pengadilan Kehakiman Rio Grande do Sul pada 2013.

Mereka dituduh telah menebangi hutan asli tanpa izin. Denda yang harus Ronaldino cukup besar, mencapai 1,75 juta dolar atau setara Rp32,3 miliar.  

 

 

4. Sebanyak 57 Properti Tak Bisa Dijual

Pada musim panas tahun lalu, Ronaldinho dikabarkan punya 57 jenis properti yang disita. Paspor Brasil dan Spanyol miliknya juga ditahan. 

Utang atas denda kerusakan lingkungan yang dijatuhkan kepadanya belum terbanyak. Jumlahnya malah membengkak menjadi 2 juta pounds (Rp36,9 miliar). 

Ronaldinho juga dikabarkan dikejar kreditor lain untuk melunasi utang senilai 1,69 juta pounds atau setara Rp31,3 miliar.  

 

5. Pemalsuan Paspor

(AFP/Norberto Duarte)
(AFP/Norberto Duarte)

Mantan bintang Barcelona, Ronaldinho, diduga masuk ke Paraguay dengan menggunakan paspor palsu. Alhasil, Ronaldinho ditahan oleh kepolisian Paraguay.

Seperti dilansir BBC, pihak berwenang Paraguay menggeledah sebuah hotal di Kota Asuncion, Rabu (4/3/2020). Di hotel tersebut, Ronaldinho menginap bersama dengan saudaranya, Roberto.

Dalam penggeledahan tersebut ditemukan paspor yang bertuliskan nama Ronaldinho dan Roberto dengan kewarganegaraan Paraguay. Padahal, keduanya berstatus warga negara Brasil.

Ronaldinho dan sang kakak langsung ditangkap oleh kepolisian Paraguay untuk dimintai keterangan. Menteri Dalam Negeri Paraguay, Euclides Acevedo, menyebut Ronaldinho membantah telah melakukan kesalahan dan siap bekerja sama dengan petugas kepolisian.

"Ronaldinho akan dimintai keterangan pada pukul delapan Kamis (5/3/2020) pagi (waktu setempat) di kantor kejaksaan," jelas Euclides Acevedo kepada AFP.

"Saya menghormati popularitas olahraganya, tetapi hukum juga harus dihormati. Tidak peduli siapa Anda, hukum tetap berlaku," lanjut Acevedo.

Ronaldinho mengunjungi Paraguay untuk mempromosikan buku miliknya dan mengunjungi anak-anak kurang mampu. Selain pria berusia 39 tahun tersebut dan Roberto, polisi Paraguay juga menahan Wilmondes Sousa Lira yang juga sang kakak.

 Sumber: The Sun, BBC 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ibunda Baim Wong Meninggal

Posted: 06 Mar 2020 08:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari Baim Womg. Sang Ibunda meninggal setelah dirawat intensif belasan hari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Vidio Borneo FC Vs Persipura di Shopee Liga 1 2020

Posted: 06 Mar 2020 08:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Borneo FC akan menghadapi lawan berat dalam pekan kedua Shopee Liga 1 2020. Tim Pesut Etam akan menantang Persipura Jayapura di Stadion Segiri sore nanti.

Pada pekan pertama Shopee Liga 1 2020 kedua tim meraih hasil berbeda. Borneo FC menelan kekalahan sementara Persipura menang.

Borneo FC takluk 2-3 melawan Persija Jakarta. Mereka pun tertahan di posisi ke-13 klasemen Shopee Liga 1 2020.

Sementara Persipura menang 2-0 atas PSIS Semarang. Tim Mutiara Hitam berada di posisi keenam klasemen.

Saksikan laga Borneo FC Vs Persipura di Shopee Liga 1 2020 mulai pukul 15.30 WIB di Vidio.com.

 

Link Live Streaming

Shopee Liga 1 2020: Pusamania Borneo FC vs Persipura Jayapura. (Bola.com/Dody Iryawan)
Shopee Liga 1 2020: Pusamania Borneo FC vs Persipura Jayapura. (Bola.com/Dody Iryawan)

Anda dapat menyaksikan pertandingan Borneo Vs Persipura di Shopee Liga 1 2020 melalui tautan ini...

Prakiraan Susunan Pemain

Borneo FC (4-3-3): Gianluca Pandenuwu (kiper); Diego Michiels, Javlon Guseynov, Andika Kurniawan, Kevin Gomes (belakang); Nuriddin Davronov, Sultan Samma, Wahyudi Hamisi (tengah); Guy Junior, Francisco Torres, Diogo Campos (depan)

Pelatih: Edson Tavares

Persipura (4-2-3-1): Dede Sulaiman (kiper), Yustinus Pae, Arthur Cunha, Donni Monim, Valentino Telaubun (belakang), Takuya Matsunaga, M. Tahir, Thiago Amaral (tengah), Todd Rivaldo Ferre, Boaz Solossa, Sylvano Comvalius (depan).

Pelatih: Jacksen Tiago

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Idap Tumor Tingkat 4, Thalita Latief: Mohon Maaf Lahir Batin

Posted: 06 Mar 2020 08:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Thalita Latief memberikan kabar mengejutkan melalui video singkat berdurasi 2 menit, yang diuanggah melalui akun Instagramnya, Jumat (6/3/2020). Dalam video tersebut, Thalita Latief mengumumkan ia mengidap tumor tingkat 4 di bagian tiroid-nya.

Sebelum menjalani operasi untuk pengangkatan tumor tersebut, Thalita Latief meminta maaf pada seluruh orang yang ia kenal atas kesalahan yang pernah ia perbuat baik sengaja atau tidak.

"Dan tumor ini harus segera diangkat. Jadi hari ini, mungkin pas teman-teman lagi nonotn video ini, itu aku lagi ada di kamar operasi. aku mohon maaf lahir batin sama semuanya," ucap Thalita Latief.

Shock

Thalita Latief (Foto: Instagram/@thalitalatief)
Thalita Latief (Foto: Instagram/@thalitalatief)

Meski begitu, Thalita Latief berusaha tegar dan mencoba menahan tangis di setiap kata-kata yang diucapkan tentang penyakitnya. Ia masih tak percaya penyakit itu bersarang ditubuhnya.

"Aku juga masih shock sampai saat ini. Jadi sudah hampir dua bulan aku melakukan treatment, bolak balik rumah sakit, ke dokter," paparnya.

Doakan

(Nurwahyunan/Fimela.com)
(Nurwahyunan/Fimela.com)

Thalita Latief juga meminta doa agar penyakitnya bisa disembuhkan, dan operasi pengangkatan tumor bisa berjalan dengan lancar.

"Doain semoga pengangkatan tumor di leher aku ini berjalan dengan lancar. Semoga Allah mengangkat semua penyakit yang ada di tubuh aku. Mohon dukungannya, mohon doanya, apabila selama ini aku ada kesalahan kata, perbuatan, aku mohon dimaafkan," kata Thalita Latief.

Dukungan Sahabat

Thalita Latief (Nurwahyunan/Fimela.com)
Thalita Latief (Nurwahyunan/Fimela.com)

Dukungan dari sahabat didapatkan Thalita Latief dari sahabat selebritis lewat unggahannya tersebut.

""Thaaaaa.... semoga oprasi berjalan dengan lancar, pemulihan cepat dan sembuh total. amien my prayers are with you ❤❤❤ God Bless u tha Tuhan adalah dokter diatas segala dokter ❤ percaya tidak ada yang mustahil bagiNya. Be strong tha," tulis Sheila Marcia.

"Gws sayanggg, semoga semua nya berjalan lancarrr," sambung Sarwendah.

"Sist ku @thalitalatief sayanggg kamu wanita kuat, aku percaya yang terbaik untuk kesehatan kamu.. semoga berjalan lancar, cepat pulih dan mengisi hari" kita semua.. peluk dan doa untuk kamu , Raf sekeluarga @lisettetampubolon Stay blessed n strong," ujar Jennifer Arnelita.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Imbas Virus Corona, AP 2 Belum Setop Rute Penerbangan Internasional Kecuali China

Posted: 06 Mar 2020 08:13 PM PST

Liputan6.com, Jakarta PT Angkasa Pura II (Persero) memastikan penangguhan (suspended) penerbangan internasional di Bandara Soekarno-Hatta hanya berlaku untuk rute dari dan ke China selama wabah Corona Virus Disease (COVID-19). 

Penangguhan penerbangan dari dan ke China itu dimulai sejak 5 Februari 2020 sesuai dengan kebijakan pemerintah, hingga waktu yang belum ditentukan guna mencegah penyebaran Corona (COVID-19) ke Tanah Air.

Penerbangan rute internasional lainnya di Soekarno-Hatta tetap dioperasikan, baik oleh maskapai nasional maupun asing.  Adapun kebijakan terbaru pemerintah terkait perkembangan COVID-19 juga tidak melarang penerbangan dari dan ke Korea Selatan, Iran dan Italia.

"Penerbangan dari Jakarta ke Seoul dan sebaliknya masih dioperasikan di Soekarno-Hatta," ujar President Director PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin dalam siaran persnya, Sabtu (7/3/2020).

Dia menuturkan jika sesuai dengan kebijakan pemerintah, mulai 8 Maret 2020 traveler yang dilarang masuk dan transit di Indonesia adalah mereka yang dalam 14 hari terakhir sebelum tiba di Indonesia melakukan perjalanan di sejumlah wilayah Korsel yaitu Daegu dan Gyeongsangbuk-do.

Bagi traveler yang tidak ke dua wilayah itu harus memiliki surat keterangan sehat yang valid serta dikeluarkan otoritas kesehatan di Korsel untuk bisa masuk atau transit di Indonesia," jelas Muhammad Awaluddin.

Penerbangan Jakarta – Seoul dan sebaliknya saat ini dioperasikan oleh Garuda Indonesia dan Asiana Airlines di Soekarno-Hatta.

Frekwensi penerbangan Garuda Indonesia di Rute Jakarta - Seoul adalah setiap hari (daily), sementara itu Asiana Airlines menjadi 3 kali dalam seminggu.

Sebelumnya, Korean Airlines juga melayani rute Jakarta - Seoul namun mulai bulan ini ditangguhkan sementara oleh maskapai tersebut sebagai dampak dari COVID-19.

Adapun bandara-bandara PT Angkasa Pura II saat ini memang belum melayani penerbangan langsung ke Italia dan Iran. Pemerintah juga tidak melarang penerbangan dari dan ke Italia serta Iran, hanya melarang traveler masuk atau transit bagi yang dalam 14 hari terakhir sebelum tiba di Indonesia melakukan perjalanan dari sejumlah wilayah di Iran yaitu Tehran, Qom dan Gilan, serta di Italia yaitu Lombardi, Veneto, Emilia, Romagna, Marche dan Piedmont.

 

Rute Internasional

Calon penumpang berjalan di Terminal 3 Bandara-Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Calon penumpang berjalan di Terminal 3 Bandara-Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Seperti diketahui, sesuai laporan WHO saat ini tengah terjadi kenaikan signifikan kasus Corona di Korsel, Iran dan Italia. Selain tiga negara itu, negara-negara lain juga tengah menghadapi tantangan penyebaran Corona.

Namun demikian, konektivitas internasional di Soekarno-Hatta tetap terjaga dengan masih dioperasikannya rute internasional eksisting meski ada pengurangan frekwensi penerbangan.

Rute-rute penerbangan internasional yang beroperasi dari dan ke Soekarno-Hatta dengan pengurangan frekwensi pada Maret 2020, antara lain:

 1. Singapura (pengurangan frekwensi oleh Singapore Airlines, Garuda Indonesia dan AirAsia Indonesia)

2. Hong Kong (pengurangan frekwensi oleh Cathay Pacific dan Garuda Indonesia)

3. Bangkok (pengurangan frekwensi oleh Thai Airways, Thai Lion Air dan AirAsia Indonesia)

4. Taipei (pengurangan frekwensi oleh Eva Air)

5. Hanoi (pengurangan frekwensi oleh VietJet)

6. Ho Chi Minh (pengurangan frekwensi oleh VietJet dan Vietnam Airlines)

6. Seoul (pengurangan frekwensi oleh Asiana Air, dan Korean Air tidak beroperasi)

7. Kuala Lumpur (pengurangan frekwensi oleh Malaysia Airlines)

Untuk rute-rute internasional lainnya masih tetap beroperasi dengan normal seperti penerbangan dari dan ke negara-negara di Timur Tengah, Asia Barat, serta Eropa.

Tonton Video Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PDIP Bentuk Tim Khusus Omnibus Law

Posted: 06 Mar 2020 08:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, partainya memberikan dukungan atas Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law Cipta Kerja. Menurutnya ini sebagai landasan kebijakan di dalam menjalankan perintah konstitusi Pasal 27 Ayat 2 UUD 1945.

"Meskipun demikian kajian dalam perspektif ideologis harus tetap dilakukan, agar nilai kemanusiaan, keadilan sosial, dan upaya membangun kedaulatan ekonomi negara benar-benar menjadi landasan ideologis. Dan dengan demikian pembahasan RUU tersebut jangan menjadi ajang bagi liberalisasi perekonomian yang bertentangan dengan Pasal 33 UUD 1945. Keadilan dalam bidang perekonomian bersifat wajib," kata Hasto, Sabtu (7/3/2020).

Bentuk dukungan PDIP terhadap RUU Omnibus Law dilakukan dengan membentuk tim khusus yang akan menjabarkan seluruh konsepsi partai melalui pembahasan Daftar Inventaris Masalah atau DIM yang memuat sikap Partai terhadap setiap materi muatan yang terkandung dalam RUU tersebut.

"PDI Perjuangan memiliki tanggung jawab ideologis. Sesuai amanat pendiri bangsa, berbagai persoalan bangsa tidak hanya dijawab dengan lengkap tidak atau sempurna tidaknya suatu undang-undang, namun yang menentukan adalalah semangat para penyelenggara Negara, semangat para pemimpin pemerintahan. Seluruh desain undang-undang harus mengabdi pada tujuan bernegara," ungkap Hasto.

 

PDIP Menerima Kritik

Dia pun menuturkan, PDIP tidak menutup mata terhadap berbagai aspirasi, khususnya yang disuarakan oleh buruh melalui konfederasi organisasi buruh, para akademisi, praktisi hukum dan pihak lain yang bersikap kritis terhadap RUU Cipta Kerja.

"Partai melihat positif niat baik Presiden Jokowi di dalam merancang kebijakan legislasi terintegrasi untuk cipta kerja. Namun, dialog dengan mereka yang kritis tetap harus dilakukan. Sebab aspirasi rakyat sangatlah penting. Partai membuka diri dan kedepankan dialog. Partai menangkap aspirasi, adanya tuduhan kepentingan buruh, kepentingan rakyat dikalahkan demi karpet merah investasi asing. Dalam hal ini komunikasi politik Pemerintah jadi sangat penting untuk menjelaskan niat baik RUU ini," jelas Hasto.

Adapun, lanjut dia, aspirasi terhadap materi RUU ini akan disampaikan oleh fraksi dan Balitbang Partai.

"Aspirasi terhadap materi muatan RUU Cipta Kerja dapat disampaikan melalui Fraksi PDI Perjuangan DPR RI dan atau Badan Legislasi Partai/ Balitbang Partai," pungkasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: