Minggu, 15 Maret 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


1 Karyawan CIMB Niaga Positif Corona

Posted: 15 Mar 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk menyatakan satu orang karyawan telah dinyatakan positif terkena virus Corona atau Covid-19. Saat karyawan tersebut tengah dalam penanganan di salah satu rumah sakit di Jakarta.

Head of Marketing, Brand, and Communications PT Bank CIMB Niaga Tbk Toni Darusman menjelaskan, karyawan tersebut adalah karyawan yang bekerja di back office di Griya Niaga 1 Bintaro dan tidak berinteraksi langsung dengan nasabah.

"Kami bersyukur saat ini karyawan tersebut dalam kondisi stabil dan sudah ditangani dengan baik di salah satu Rumah Sakit yang dirujuk oleh Pemerintah," jelas dia dalam keterangannya kepada Liputan6.com, Senin (16/3/2020).

Toni menjelaskan, karyawan tersebut terakhir masuk kerja pada 28 Februari 2020 sebelum mengalami gejala sakit. Selanjutnya pada 2 Maret 2020 yang bersangkutan mulai dirawat di rumah sakit, sampai akhirnya dinyatakan positif Corona pada Minggu 15 Maret 2020.

"Kami telah memberlakukan protokol serta upaya-upaya preventif. Hal ini untuk memastikan keselamatan karyawan dan nasabah setia kami sebagai prioritas utama perusahaan," tutur dia. 

Berbagai langkah antisipasi dan upaya cepat untuk mencegah kemungkinan penyebaran virus Corona oleh Bank CIMB Niaga. Diantaranya, disinfektasi kantor-kantor CIMB Niaga dan akan terus meningkatkan frekuensi pembersihan dan sanitasi.

"Pengaturan sistem kerja terpisah untuk unit kerja kritikal telah diterapkan secara lancar dan berlanjut ke unit non-kritikal," pungkas dia. 

 

Ada Pegawai Diperiksa Terkait Corona, Bank Mandiri Alihkan Operasional Cabang Kyai Tapa

Nasabah melakukan transaksi di cabang Bank Mandiri Pertamina UPMS III, Jakarta, Rabu (28/6). Bank Mandiri memberikan layanan perbankan terbatas kepada nasabah secara bergantian pada musim liburan Idul Fitri 26-30 Juni 2017. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Nasabah melakukan transaksi di cabang Bank Mandiri Pertamina UPMS III, Jakarta, Rabu (28/6). Bank Mandiri memberikan layanan perbankan terbatas kepada nasabah secara bergantian pada musim liburan Idul Fitri 26-30 Juni 2017. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

PT Bank Mandiri Tbk mengalihkan operasional Kantor Cabang Jakarta Kyai Tapa mulai Senin 16 Maret ke cabang Bank Mandiri Jakarta S. Parman.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rully Setiawan menjelaskan, pengalihan operasional ini dilakukan sebagai tindakan preventif dan perlindungan terhadap nasabah serta pegawai. Pasalnya, terdapat seorang pegawai yang memerlukan pemeriksaan lebih lanjut terkait virus Covid-19.

"Kesehatan pegawai dan nasabah adalah prioritas kami. Jadi kami melakukan ini sebagai langkah preventif. Informasi lebih lanjut kami serahkan kepada Kementerian Kesehatan sebagai lembaga yang berwenang menyampaikan informasi terkait Covid-19 ini," kata Rully Setiawan, Minggu (15/3/2020).  

Terkait dengan upaya pencegahan penyebaran Covid-19, lanjut Rully, nasabah Dapat menggunakan aplikasi Mandiri Online terbaru yang dapat melayani berbagai kebutuhan transaksi keuangan nasabah.

Bahkan, seiring dengan transformasi digital Bank Mandiri, saat ini masyarakat luas juga dapat melakukan pembukaan rekening tabungan di manapun, tanpa harus datang ke kantor bank maupun bertemu dengan staff perbankan di Bank Mandiri.

"Semua keperluan untuk pembukaan tabungan dapat dilakukan dengan video call," kata Rully.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Tempat Wisata Pelabuhan Ratu, Penuh Jajaran Pantai Eksotis

Posted: 15 Mar 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata Pelabuhan Ratu menjadi daya tarik tersendiri di Sukabumi, Jawa Barat. Pelabuhan Ratu atau Palabuhanratu merupakan sebuah kecamatan di Sukabumi yang terletak di pesisir Samudra Hindia.

Pelabuhan Ratu juga merupakan ibu kota Kabupaten Sukabumi. Ini membuat Pelabuhan Ratu menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Ada banyak tempat wisata Pelabuhan Ratu yang bisa dikunjungi.

Karena berada di pesisir pantai, tempat wisata Pelabuhan Ratu didominasi oleh jajaran pantai yang indah. Tak cuma pantai, di tempat wisata Pelabuhan Ratu kamu juga bisa menemukan bangunan bersejarah hingga ruang terbuka lainnya.

Tempat wisata Pelabuhan Ratu juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap mulai dari tempat bersantai, restoran, pemandu, hotel, hingga asuransi keselamatan. Mengunjungi tempat wisata Pelabuhan Ratu bisa menjadi cara untuk melepas penat pikiran.

Berikut 10 tempat wisata Pelabuhan Ratu yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (16/3/2020).

Tempat wisata Pelabuhan Ratu

Ilustrasi pantai (foto: shutterstock)
Ilustrasi pantai (foto: shutterstock)

Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu merupakan pantai yang sangat populer di Sukabumi. Pantai ini memiliki perpaduan pantai yang curam, landai, dengan karang yang terjal. Pantai Pelabuhan Ratu dikenal memiliki ombak yang besar sehingga wisatawan tidak dianjurkan untuk berenang di pantai ini.

Pantai Pelabuhan Ratu juga punya kisah mistis tersendiri. Konon, pantai ini merupakan pintu masuk kerajaan Gaib yang dikuasai Nyi Roro Kidul.

Pantai Cimaja

Pantai Cimaja merupakan pantai yang berada di teluk Pelabuhan Ratu. Pantai Cimaja juga dikenal memiliki ombak besar yang biasanya digunakan para peselancar untuk berselancar. Pantai Cimaja sudah terkenal sebagai pantai surfing sejak tahun 1970-an. Pantai ini juga selalu mengadakan kejuaraan berselancar tingkat dunia.

Tempat wisata Pelabuhan Ratu

ilustrasi pantai/Photo by Nofi Sofyan Hadi on Unsplash
ilustrasi pantai/Photo by Nofi Sofyan Hadi on Unsplash

Pantai Citepus

Pantai menawan lainnya di teluk Pelabuhan Ratu adalah pantai Citepus. Pantai Citepus terletak di tepi jalan raya Cisolok-Pelabuhan Ratu. Lokasi pantai ini sangat strategis membuat pantai ini menjadi destinasi favorit wisatawan. Garis pantai di pantai ini memikiki ukuran yang panjangnya mencapai 3-5 km.

Pantai Cibangban

Pantai Cibangban merupakan pantai alternatif yang bisa dikunjungi selain pantai Pelabuhan Ratu. Dibanding dengan Pantai Pelabuhan Ratu, pantai dengan pasir hitam ini lebih sepi wisatawan. Suasananya yang tenang membuat pantai ini cocok dijadikan tempat bersantai.

Tempat wisata Pelabuhan Ratu

Istana Palabuhanratu (Palabuhanratu.org)
Istana Palabuhanratu (Palabuhanratu.org)

Pantai Batu Bintang

Pantai Batu Bintang atau yang juga dikenal dengan Pantai Cipatuguran berada di esa Jayanti, Kecamatan Palabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi. Pantai ini terkenal akan pemandangan sunsetnya yang indah. Kawasan pantai ini juga kerap dijadikan wisata memancing ikan di Pelabuhan Ratu.

Istana Palabuhanratu

Istana Palabuhanratu merupakan sebuah Istana Kepresidenan Republik Indonesia yang dibangun oleh Ir. Soekarno. Istana ini digunakan sebagai tempat peristirahatan presiden di Pelabuhan Ratu. Istana ini terletak di bibir Pantai Citepus dengan panorama pesisirnya yang indah.

Tempat wisata Pelabuhan Ratu

Ilustrasi Kolam Renang / Sumber: Pixabay
Ilustrasi Kolam Renang / Sumber: Pixabay

Pemandian Air Panas Cisolok

Pemandian Air Panas Cisolok berada di Cikahuripan, Cisolok, Sukabumi. Jika pemandian air panas biasanya berada di dekat pegunungan, pemandian satu ini justru berada di dekat pantai. Tempat wisata Pelabuhan Ratu ini berada sekitar 15 km dari pantai Pelabuhan Ratu.

Di sini sumber air panas keluar langsung dari bebatuan. Ada tiga titik semburan air panas dengan suhu yang cukup tinggi rata-rata 80 derajat Celcius. Pengunjung hanya diperbolehkan berendam di aliran sungai dan kolam yang sudah disediakan.

Gua Lalay

Selain pantai, kamu juga bisa mengunjungi gua Lalay yang berada tak jauh dari pantai. Lalay dalam bahasa Sunda berarti Kelelawar. Di gua ini pengunjung bisa menyaksikan jutaan kelelawar yang menghuni Gua. Gua Lalay hanya berjarak beberapa meter saja dari bibir pantai Pelabuhan Ratu.

Berdasarkan kepercayaan penduduk setempat, Kelelawar-kelelawar ini terbang juga ke daerah lain seperti Banten, Bogor, Jakarta Bahkan Bandung. Biasanya rombongan Kelelawar ini mulai keluar menjelang senja sekitar jam 17.00.

Tempat wisata Pelabuhan Ratu

Ilustrasi Bermain di Taman Kota / Sumber: Pixabay
Ilustrasi Bermain di Taman Kota / Sumber: Pixabay

Water Park Palabuhanratu

Water Park Palabuhanratu merupakan tempat rekreasi favorit di Pelabuhan Ratu. Water Park ini dibangun di area seluas 1,7 hektar di Kelurahan Citepus. Water Park Palabuhanratu berada di kawasan wisata Pantai Citepus. Ada beragam wahana yang bisa dinikmati di tempat ini seperti Family Slide, kolam sport, kolam arus, dan Boowel.

Fasilitas Water Park Palabuhanratu juga cukup lengkap dengan adanya gazebo, tempat bersantai, kantin, musala, dan fotogafer. Palabuhanratu Water Park hampir setiap harinya didatangi oleh pengunjung dari berbagai wilayah.

Alun-alun Pelabuhanratu

Alun-alun Pelabuhanratu berlokasi di Jl. Siliwangi Palabuhanratu. Alun-alun ini merupakan pusat Pelabuhan Ratu yang dikelilingi bangunan-bangunan fungsional. Seperti halnya di kota-kota yang lainnya, Alun-alun Palabuhanratu juga memiliki pola-pola yang sama dengan alun-alun di tempat lain seperti adanya masjid, pendopo, dan perkantoran.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Impor Indonesia pada Februari 2020 Turun 18,69 Persen Jadi USD 11,6 Miliar

Posted: 15 Mar 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data ekspor dan impor Indonesia untuk periode Februari 2020. Nilai impor Indonesia pada Februari 2020 tercatat USD 11,6 miliar.

Angka tersebut turun 18,69 persen jika dihitung secara bulanan atau month-to-month. Sedangkan jika dihitung secara tahunan atau year on year mengalami penurunan  5,11 persen.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Yunita Rusanti menyatakan, impor migas dan non-migas turun secara bulanan atau month-to-month.

"Adapun, impor migas turun 12,05 persen dibanding Januari 2020 dan non-migas turun 19,77 persen dibanding Januari 2020. Secara year-on-year, impor migas naik 10,33 persen dan impor non-migas turun 7,4 persen," kata Yunita dalam telekonferensi di BPS, Senin (16/03/2020).

 

Turun di Semua Lini

Tumpukan peti barang ekspor impor di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (17/7). Ekspor dan impor masing-masing anjlok 18,82 persen dan ‎27,26 persen pada momen puasa dan Lebaran pada bulan keenam ini dibanding Mei 2017. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Tumpukan peti barang ekspor impor di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (17/7). Ekspor dan impor masing-masing anjlok 18,82 persen dan ‎27,26 persen pada momen puasa dan Lebaran pada bulan keenam ini dibanding Mei 2017. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dilihat dari penggunaan barang, kinerja impor mengalami penurunan di semua lini. Di sektor konsumsi, nilai impor tercatat sebesar USD 0,88 miliar, turun 39,91 persen dibanding Januari 2020 dan turun 12,81 persen dibanding Februari 2019.

Di sektor bahan baku/penolong, impor mencapai USD 8,89 miliar, turun 15,89 persen month-to-month dan turun 1,50 persen year on year.

Di sektor barang modal, nilai impor mencapai USD 1,83 miliar, turun 18,03 persen dibanding Januari 2020 dan turun 16,44 persen dibanding Februari 2019.

"Struktur penggunaan impor paling besar ialah golongan bahan baku atau penolong sebesar 76,63 persen, kemudian golongan barang modal sebesar 15,77 persen dan konsumsi 7,60 persen," ujar Yunita.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Juanda: Surabaya Berpeluang Hujan Disertai Petir pada Sore Hari

Posted: 15 Mar 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memperkirakan Surabaya, Jawa Timur akan alami hujan disertai petir pada Senin (16/3/2020).

Mengutip instagram @infobmkgjuanda, hujan disertai petir di Surabaya akan terjadi pada sore hari pukul 16.00 WIB. Sedangkan pada Senin siang, Surabaya akan cerah berawan. Pada malam hari pukul 19.00 WIB, Surabaya akan alami hujan lokal. Pukul 22.00 WIB, hujan lokal akan terjadi di Surabaya.

Suhu akan berada di kisaran 26-34 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 KM per jam. Kelembapan udara sekitar 60-95 persen. Cuaca di Surabaya pada siang hari akan cerah berawan dengan suhu 34 derajat celsius. Kelembapan udara 60 persen dengan kecepatan angin 30 KM per jam.

Selain itu, BMKG Juanda juga merilis peringatan dini tiga harian untuk wilayah Jawa Timur dengan mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat pada awal pekan ini.

Waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat di Surabaya, Sidoarjo, Bojonegoro, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Malang, Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan.Kemudian di Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Situbondo dan Bangkalan.

BMKG: Puncak Musim Hujan hingga Maret

Ilustrasi Hujan (iStockphoto)
Ilustrasi Hujan (iStockphoto)

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan cuaca ekstrem di Indonesia akan berlangsung hingga Maret 2020.

"Kalau menurut prediksi BMKG untuk wilayah Indonesia terjadinya cuaca ekstrem tidak serempak, silih berganti. Rata-rata puncak musim hujan Februari-Maret, khusus DIY dan Jateng berlangsung pada Januari-Februari," kata Kepala BMKG Dwikora Karnawati di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa 11 Februari 2020.

Selanjutnya, ujar dia, di kisaran April-Mei sudah memasuki musim kemarau, transisinya adalah pancaroba.

"Untuk ancaman bencananya beda lagi, bukan longsor atau banjir tetapi angin puting beliung. Imbauan kami agar ini bisa diwaspadai oleh seluruh pihak," kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Stasiun Klimatologi Kelas 1 Semarang Tuban Wiyoso mengatakan lebih awalnya cuaca ekstrem yang menjangkau Jawa Tengah dibandingkan wilayah lain karena cuaca di Jawa lebih didominasi oleh pengaruh angin monsun.

"Ini terjadi pada kurun waktu Desember-Februari, puncaknya Januari-Februari. Angin monsun sendiri merupakan angin yang bertiup dari Asia ke wilayah Indonesia. Seperti angin darat, yaitu angin laut tetapi skala musiman, ini dipengaruhi oleh posisi matahari," kata dia seperti dikutip dari Antara.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Tes COVID-19 Tamu Hotel Four Seasons Bali Sudah Keluar, Apa Jawabannya?

Posted: 15 Mar 2020 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Four Seasons Bali at Jimbaran Bay menyatakan hasil tes tamu yang sempat kontak dengan seorang pasien meninggal akibat COVID-19 sudah keluar. Apa hasilnya?

"Pada tanggal 13 Maret 2020, otoritas kesehatan setempat telah mengkonfirmasi bahwa hasil tes dari salah satu tamu yang menginap di hotel kami adalah negatif," demikian pernyataan tertulis yang diterima Liputan6.com, Senin (16/3/2020).

Tamu yang berjenis kelamin pria itu menginap di Four Seasons pada 4--8 Maret 2020. Ia kemudian dipindahkan ke rumah sakit pada 8 Maret 2020.

"Sebagai tindakan antisipasi, pria ini ditempatkan di ruang karantina rumah sakit, dikarenakan riwayat kontak langsungnya dengan wanita yang meninggal setelah dikonfirmasi positif COVID-19," kata Four Seasons.

Dengan negatifnya hasil tes COVID-19 tamu asing tersebut, pihak hotel memutuskan untuk mengoperasikan resor seperti biasa. Karyawan yang sempat diperintahkan untuk karantina mandiri, kini dapat kembali bekerja secepatnya.

"Resor juga akan menginformasikan hasil tes ini kepada para tamu," tulis keterangan tersebut.

Meski begitu, Four Seasons Resort Bali mengklaim kembali meningkatkan protokol kesehatan yang sebelumnya cukup ketat mengenai cara-cara pemprosesan makanan, sanitasi, pembersihan kuman dan kebersihan kamar-kamar para tamu serta area publik. Cairan sanitasi anti-bakteri telah diletakkan di area-area di seluruh resor, dan juga masker yang disediakan bila para tamu membutuhkannya.

"Kami juga mengadakanpengecekan suhu badan terhadap seluruh karyawan setiap hari, dan juga telah menyediakan peralatan pendukung untuk memastikan bahwa semua kegiatan sesuai dengan protokol dan panduan kebersihan terbaru," pungkas rilis tersebut.

Kabar Pasien Meninggal

Juru Bicara Indonesia untuk penanganan virus corona, Achmad Yurianto memberikan keterangan terkait corona di Kantor Presiden, Komplek Istana, Jakarta, Jumat (6/3/2020). Achmad Yurianto mengungkapkan pengembangan terus dilakukan dalam pemeriksaan ke-25 orang tersebut.  (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Juru Bicara Indonesia untuk penanganan virus corona, Achmad Yurianto memberikan keterangan terkait corona di Kantor Presiden, Komplek Istana, Jakarta, Jumat (6/3/2020). Achmad Yurianto mengungkapkan pengembangan terus dilakukan dalam pemeriksaan ke-25 orang tersebut. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, seorang pasien positif corona baru nomor 25 menjadi korban meninggal pertama di Indonesia. Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, Ahmad Yurianto menyampaikan pasien sebagai warga negara asing dalam jumpa pers pada Rabu, 11 Maret 2020.

Pernyataan itu kemudian dikuatkan oleh Sekda Bali dengan mengatakan pasien meninggal merupakan warga negara Inggris yang sedang berlibur ke Bali. Ia tiba di Pulau Dewata sekitar lima hari lalu. Timbul pertanyaan, di mana ia tinggal selama ini?

Hotel Four Seasons Resort at Jimbaran Bay disebut-sebut sebagai tempat ia menginap. Menanggapi hal itu, pihak hotel mengklarifikasi kabar tersebut dengan menyatakan WN Inggris tersebut belum sempat mereservasi diri di Four Season.

"Wanita tersebut jatuh sakit sebelum reservasi di Four Seasons dan langsung dibawa ke rumah sakit dari hotel tempat menginap sebelumnya," demikian pernyataan tertulis Four Seasons Resorts Bali yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Meski begitu, pihak hotel mengakui ada tamunya yang mengkarantina diri karena kontak dengan pasien positif COVID-19 yang meninggal. Pasalnya, tamu tersebut merupakan partner bepergian pasien WN Inggris itu. Ia diketahui tinggal di resor yang berlokasi di Jimbaran, Bali, tersebut pada 4--8 Maret 2020.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terkait Wabah Covid-19, Menpora Serahkan ke Induk Organisasi Cabor

Posted: 15 Mar 2020 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menyusul adanya pengumuman Badan Kesehatan Dunia (WHO) terkait wabah virus corona atau Covid-19 sebagai pandemi global, Menpora Zainudin Amali langsung melakukan pertemuan dengan stakeholder olahraga, di Kantor Kemenpora, Jumat (13/3). Pertemuan tersebut membahas kelanjutan kompetisi dan event olahraga tertentu pasca pemberlakuan virus corona oleh WHO sebagai pandemi global.

Adapun yang hadir dalam pertemuan tersebut antara lain perwakilan dari Kemenkes, KONI, NOC, FORMI, PSSI, PBVSI, PERBASI, LIB, Proliga dan IBL. Usai mengelar pertemuan, kepada awak media, Menpora menyampaikan bahwa setelah mendengarkan informasi dan pandangan dari perwakilan Kemenkes dan stakeholder olahraga maka kita memperhatikan pernyataan WHO tentang penyebaran virus corona yang telah menjadi pandemi.

"Pernyataan dari WHO sebagaimana yang sudah diberitakan, tentu kita tidak mengacuhkan atau cuek, tapi kita serius. Tapi di tengah-tengah keseriusan kita, kita tetap tidak boleh panik. Karena saya menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan, kesehatan dan kebugaran dengan tetap berolahraga.

Sedangkan kegiatan olahraga yang sedang dan akan dilaksanakan di serahkan kepada induk organisasi masing-masing. Tadi masing-masing pimpinan cabor terutama yang ada kompetisi profesionalnya sudah mendengarkan informasi dan pandangan dari Kementerian Kesehatan dan saya kira ini menjadi rujukan kebijakan di masing-masing induk organisasi olahraga," ujarnya.

Namun, lanjutnya, demi memperhatikan keselamatan umum, Kemenpora menghimbau kegiatan-kegiatan olahraga yang melibatkan orang banyak, disarankan untuk memperhatikan situasi dan kondisi di tempat kegiatan secara sungguh-sungguh. "Kegiatan-kegiatan olahraga yang dilangsungkan dan melibatkan banyak orang harus memperhatikan situasi dan kondisi di tempat penyelenggaraan dengan sungguh-sungguh," jelasnya.

Masih katanya, kebijakan tentang keberlangsungan olahraga yang sedang dan akan dilaksanakan baik itu yang di dalam negeri maupun di luar negeri diserahkan kepada induk organisasi masing-masing. "Segala kegiatan olahraga baik yang ada dalam negeri maupun di luar negeri diserahkan kepada induk organisasi masing-masing dengan memperhatikan perkembangan penyebaran virus corona tersebut di tanah air," tuturnya.

Lebih jauh ia mengatakan bahwa, Kementerian Kesehatan dan Kemenpora bersama dengan stakeholder olahraga akan segera merumuskan protokol tentang penanganan virus corona khususnya dilingkungan kegiatan keolahragaan. Apa yang kita lakukan ini sebagai tanda bahwa kita bersama-sama masyarakat olahraga sangat memperhatikan apa yang menjadi pernyataan dari WHO sebagai mana yang kita ketahui. (rep)

Berikut Hasil Kesimpulan Rapat Menpora dengan Stake Holder Olahraga Menyikapi Virus Corona:

A. Memperhatikan pernyataan WHO bahwa virus corona (COVID-19) telah menjadi pandemi dan perkembangan penyebaran virus corona di tanah air telah meluas.

B. Kemenpora menghimbau masyarakat untuk tetap aktif, beraktifitas fisik, dan lebih menjaga kebersihan serat hidup sehat dan meningkatkan kebugaran.

C. Demi memperhatikan keselamatan umum, Kemenpora menghimbau kegiatan-kegiatan olahraga yang melibatkan orang banyak disarankan memperhatikan situasi dan kondisi di tempat kegiatan dengan sungguh-sungguh.

D. Kebijakan tentang keberlangsungan kegiatan olahraga yang sedang dan akan dilaksanakan baik di dalam dan luar negeri diserahkan kepada induk organisasi masing-masing, dengan memperhatikan perkembangan penyebaran virus corona di tanah air.

E. Kementerian Kesehatan dan Kemenpora bersama dengan stakeholder olahraga akan segar segera merumuskan protokol tentang penanganan virus corona khususnya dilingkungan keolahragaan.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Perangi Corona, Petugas Semprot Disinfektan di Kawasan Wisata Sanur

Posted: 15 Mar 2020 10:02 PM PDT

Seorang petugas kesehatan menyemprotkan disinfektan di kawasan wisata di Sanur, Bali, Senin (16/3/2020). Penyemprotan dilakukan sebagai salah satu langkah untuk mengantisipasi potensi penyebaran virus Corona COVID-19 di kawasan pariwisata tersebut. (SONNY TUMBELAKA/AFP)
Seorang petugas kesehatan menyemprotkan disinfektan di kawasan wisata di Sanur, Bali, Senin (16/3/2020). Penyemprotan dilakukan sebagai salah satu langkah untuk mengantisipasi potensi penyebaran virus Corona COVID-19 di kawasan pariwisata tersebut. (SONNY TUMBELAKA/AFP)

Seorang petugas kesehatan menyemprotkan disinfektan di kawasan wisata di Sanur, Bali, Senin (16/3/2020). Penyemprotan dilakukan sebagai salah satu langkah untuk mengantisipasi potensi penyebaran virus Corona COVID-19 di kawasan pariwisata tersebut. (SONNY TUMBELAKA/AFP)

Seorang petugas kesehatan menyemprotkan disinfektan di kawasan wisata di Sanur, Bali, Senin (16/3/2020). Penyemprotan dilakukan sebagai salah satu langkah untuk mengantisipasi potensi penyebaran virus Corona COVID-19 di kawasan pariwisata tersebut. (SONNY TUMBELAKA/AFP)
Seorang petugas kesehatan menyemprotkan disinfektan di kawasan wisata di Sanur, Bali, Senin (16/3/2020). Penyemprotan dilakukan sebagai salah satu langkah untuk mengantisipasi potensi penyebaran virus Corona COVID-19 di kawasan pariwisata tersebut. (SONNY TUMBELAKA/AFP)

Seorang petugas kesehatan menyemprotkan disinfektan di kawasan wisata di Sanur, Bali, Senin (16/3/2020). Penyemprotan dilakukan sebagai salah satu langkah untuk mengantisipasi potensi penyebaran virus Corona COVID-19 di kawasan pariwisata tersebut. (SONNY TUMBELAKA/AFP)

Seorang petugas kesehatan (kanan) menyemprotkan disinfektan di kawasan wisata di Sanur, Bali, Senin (16/3/2020). Penyemprotan dilakukan sebagai salah satu langkah untuk mengantisipasi potensi penyebaran virus Corona COVID-19 di kawasan pariwisata tersebut. (SONNY TUMBELAKA/AFP)
Seorang petugas kesehatan (kanan) menyemprotkan disinfektan di kawasan wisata di Sanur, Bali, Senin (16/3/2020). Penyemprotan dilakukan sebagai salah satu langkah untuk mengantisipasi potensi penyebaran virus Corona COVID-19 di kawasan pariwisata tersebut. (SONNY TUMBELAKA/AFP)

Seorang petugas kesehatan (kanan) menyemprotkan disinfektan di kawasan wisata di Sanur, Bali, Senin (16/3/2020). Penyemprotan dilakukan sebagai salah satu langkah untuk mengantisipasi potensi penyebaran virus Corona COVID-19 di kawasan pariwisata tersebut. (SONNY TUMBELAKA/AFP)

Seorang petugas kesehatan menyemprotkan disinfektan di kawasan wisata di Sanur, Bali, Senin (16/3/2020). Penyemprotan dilakukan sebagai salah satu langkah untuk mengantisipasi potensi penyebaran virus Corona COVID-19 di kawasan pariwisata tersebut. (SONNY TUMBELAKA/AFP)
Seorang petugas kesehatan menyemprotkan disinfektan di kawasan wisata di Sanur, Bali, Senin (16/3/2020). Penyemprotan dilakukan sebagai salah satu langkah untuk mengantisipasi potensi penyebaran virus Corona COVID-19 di kawasan pariwisata tersebut. (SONNY TUMBELAKA/AFP)

Seorang petugas kesehatan menyemprotkan disinfektan di kawasan wisata di Sanur, Bali, Senin (16/3/2020). Penyemprotan dilakukan sebagai salah satu langkah untuk mengantisipasi potensi penyebaran virus Corona COVID-19 di kawasan pariwisata tersebut. (SONNY TUMBELAKA/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Transjakarta dan MRT Dibatasi untuk Cegah Virus Corona, Netizen: Ini Membunuh Pelan-Pelan Namanya

Posted: 15 Mar 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Transjakarta melakukan perubahan rute bus serta pengurangan jam operasional untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona. Transjakarta hanya akan beroperasi di 13 rute, mulai Senin (16/3/2020) sampai 30 Maret 2020.

Kebijakan yang tak jauh berbeda dilakukan oleh PT MRT Jakarta untuk mengurangi paparan virus Corona. Selain pengurangan jam operasional, MRT Jakarta juga menerapkan jeda waktu 20 menit per kereta serta hanya akan mengangkut 60 orang tiap gerbong dengan empat rangkaian gerbong tiap kereta.

Kebijakan tersebut diprotes oleh netizen yang terpaksa mengantre untuk dapat naik Transjakarta atau pun MRT. Antrean panjang mengular di beberapa titik seperti Halte Puri Beta 2 Ciledug, Halte Busway Lebak Bulus, Stasiun MRT Lebak Bulus, dan lain-lain.

Menurut netizen, meski kebijakan tersebut dilakukan sebagai langkah social distancing penyebaran virus Corona, pada kenyataannya kebijakan tersebut justru merepotkan mereka yang tetap harus bekerja di kantor karena tidak adanya kebijakan bekerja dari rumah. Hal demikian juga dirasakan pekerja pabrik, outsourcing, hotelier, dan lain-lain.

Pantauan Citizen6-Liputan6.com, topik Transjakarta menjadi topik yang paling banyak dibicarakan di Twitter. Mayoritas cuitan netizen terkait Transjakarta adalah keluhan akan antrean yang mengular.

Berikut beberapa di antaranya:

1. Tidak semua orang bisa bekerja dari rumah

Doc: Twitter.com/
Doc: Twitter.com/

2. Delay time 20 menit di jam sibuk adalah kesalahan

Doc: Twitter.com/
Doc: Twitter.com/

3. Menumpuk di antrean malah bikin virus gampang nyebar

Doc: Twitter.com/
Doc: Twitter.com/

4. Seharusnya kebijakannya dipikirkan lagi sih

Doc: Twitter.com/
Doc: Twitter.com/

5. Beda emang dari negara maju

Doc: Twitter.com/
Doc: Twitter.com/

6. Mestinya didengar sama perusahaan swasta nih

Doc: Twitter.com/
Doc: Twitter.com/

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini yang Terjadi Saat Aturan Ganjil Genap Ditiadakan Sementara karena Covid-19

Posted: 15 Mar 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mencegah perkembangan virus Corona atau Covid-19, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencabut sementara aturan ganjil genap, mulai Senin hari ini (16/3/2020) hingga dua pekan ke depan, Senin (30 Maret 2020).

Dijelaskan Kasubdit Bin Gakkum Polda Metro AKBP Fahri Siregar, dengan tidak berlakunya peraturan ganjil genap untuk sementara waktu tersebut, pihak kepolisian tidak akan melakukan penindakan pelanggaran tersebut.

"Selanjutnya, kita akan evaluasi lagi," jelas Fahri Siregar, seperti dikutip dari laman News Liputan6.com, Senin (16/3/2020).

Namun, lanjut Fahri, pihak kepolisian tetap akan menindak pengendara yang melakukan pelanggaran lain. Beberapa contoh yang dia bakal tindak seperti pengendara sepeda motor yang tak pakai helm atau pengendara mobil dan motor yang menerobos masuk jalur Transjakarta.

Penindakan juga akan dimaksimalkan menggunakan kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik (E-tilang).

Meski tidak diberlakukannya ganjil-genap, bukan berarti pihaknya tetap menyiapkan langkah-langkah atau antisipasi apabila terjadinya kemacetan. Salah satunya yakni rekayasa lalu lintas.

"Kami akan lakukan upaya pengaturan dan rekayasa arus lalu lintas," tegasnya.

Jalanan lebih padat?

Sementara itu, Randy Yudha, salah satu pengendara motor yang bekerja di salah satu perusahaan pembiayaan di daerah Kuningan, Jakarta Selatan mengaku, dengan tidak berlakunya ganjil genap, justru merasakan jalanan lebih padat dari sebelumnya.

Biasanya, jika ia berangkat dari rumahnya di bilangan Ciledug, hanya menempuh waktu satu jam untuk tiba di kantor, sedangkan hari ini, ia menempuh perjalanan hingga 1 jam 10 menit.

"Karena ganjil genap tidak berlaku, saya merasa malah macet. Biasanya satu jam, tadi satu jam 10 menit. Berangkat jam 07.00 sampai kantor jam 08.11. Biasanya, jam 08.00 sudah sampai," ujar Randy kepada Liputan6.com.

Sebagai informasi, rute yang dilewatinya memang terkenal sebagai daerah macet, mulain dari Jalan Ciledug Raya, menuju Pakubuwono, Blok S, Rasuna Said, kemudian ke Kuningan. "Entah karena hari Senin juga," pungkasnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan penanganan virus Corona (COVID-19). Anies meminta agar masyarakat sementara beraktivitas di rumah.

"Saat ini potensi penularan di kendaraan umum cukup tinggi. Kita akan menghapuskan sementara kebijakan ganjil-genap di seluruh kawasan Jakarta. Jadi masyarakat bisa memilih moda transportasi lebih minim risiko penularan," kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Minggu (15/3).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dinkes DIY Telusuri Riwayat Kontak Balita Positif Virus Corona Covid-19

Posted: 15 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melakukan penelusuran (tracing) terhadap pasien balita berusia tiga tahun di RSUP Dr Sardjito, yang dinyatakan positif virus corona (Covid-19).

"Upaya ini dilakukan untuk mengetahui siapa saja yang menjalin kontak dengan balita tiga tahun tersebut. Hasil tracing menunjukkan, ada dua orang kontak erat pasien dalam pengawasan (PDP) di RSUP Dr Sardjito," ujar Berty Murtiningsih, juru bicara Pemprov DIY untuk Penanganan Covid-19, Senin (16/3/2020).

Kedua orang itu adalah orangtua balita. Mereka juga diisolasi dan masih menunggu hasil laboratorium untuk menentukan statusnya. Informasi yang dihimpun, balita dan kedua orangtuanya baru saja pulang dari Depok, tempat pertama ditemukannya kasus Covid-19 di Indonesia.

Sampai dengan saat ini, rumah sakit rujukan Covid-19 di DIY melaporkan masih ada tujuh orang PDP yang dirawat. Mereka terdiri dari satu pasien positif Covid-19, empat PDP masih dalam proses uji laboratorium, dan dua PDP yang hasil laboratoriumnya menunjukkan negatif virus corona Covid-19.

Rumah sakit rujukan untuk penanganan Covid-19 di DIY meliputi, RSUP Dr Sardjito, RS Panembahan Senopati Bantul, RSUD Wates, dan RSUD Kota Yogyakarta. 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gara-gara Virus Corona, Liverpool Butuh Bantuan MU untuk Jadi Juara Liga Inggris

Posted: 15 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, London- Wabah virus corona yang semakin mengkhawatirkan membuat nasib Liga Inggris 2019-2020 tak menentu. Kompetisi sepak bola di Inggris telah dihentikan hingga 4 April guna mengantisipasi virus COVID-19.

Meski ditangguhkan hingga awal April muncul kekhawatiran bila musim 2019-2020 benar-benar tidak akan bisa diselesaikan jika virus corona belum juga mereda.

Liverpool selaku pemuncak klasemen sementara Liga Inggris jelas dirugikan. The Reds tinggal selangkah lagi meraih gelar juara untuk pertama kali dalam kurun 30 tahun.

Sebelum Liga Inggris 2019-2020 dihentikan karena virus corona, Liverpool sudah unggul 25 poin di puncak klasemen. Pasukan Jurgen Klopp pun cuma butuh dua kemenangan lagi untuk mengunci gelar.

Menurut laporan The Evening Standard, andai Liga Inggris musim 2019-2020 benar-benar tidak bisa dilanjutkan, nasib Liverpool untuk bisa mendapatkan gelar juara akan bergantung pada klub-klub peserta termasuk rival abadinya Manchester United.

 

 

Diselesaikan

Pengelola Liga Premier Inggris harus meminta keputusan mayoritas klub jika musim ini tidak dapat dilanjutkan sesuai rencana. Sesuai peraturan, sebuah keputusan dapat dijalankan jika mendapat dukungan 14 dari 20 klub peserta.

Saat ini ada tiga opsi yang dipertimbangkan pengelola Liga Inggris. Pertama, mengakhiri musim sesuai dengan poin dan posisi terakhir klub di klasemen sebelum kompetisi dihentikan. Yang berarti Liverpool akan dinyatakan sebagai juara karena saat ini berada di puncak klasemen.

Dibatalkan

Logo Liga Inggris
Logo Liga Inggris

Opsi lainnya adalah mengadakan play-off. Sedangkan opsi ketiga adalah membatalkan seluruh hasil kompetisi musim 2019-2020.

Andai opsi terakhir yang dipilih maka Liverpool tidak akan menjadi juara. West Ham United telah terang-terangan mendukung opsi pembatalan musim ini.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Virus Corona, Pertamina Pastikan Pasokan BBM dan LPG Aman

Posted: 15 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) memastikan pelayanan kepada masyarakat serta pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Liquefied Petroleum Gas (LPG) dalam kondisi aman.

VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman menegaskan, saat ini, ketahanan stok BBM dan LPG untuk seluruh produk secara nasional rata-rata di atas 20 hari.

Fajriyah menegaskan, Pertamina menjamin seluruh produk BBM dan LPG tetap tersedia dan cukup untuk melayani kebutuhan masyarakat di seluruh tanah air.

"Sebagai BUMN yang berperan strategis untuk melayani energi, Pertamina tetap fokus dan memastikan proses penyediaan energi mulai dari fungsi hulu migas, kilang, distribusi hingga pemasaran tetap berjalan baik. Sehingga ketersediaan dan penyaluran BBM dan LPG di seluruh tanah air juga tetap lancar," kata Fajriyah dalam keterangannya, Senin (16/3/2020).

 

Gunakan BBM dan Gas dengan Bijak

Langit Biru yang berpadu dengan Gedung Pertamina Pusat (dok. Linda)
Langit Biru yang berpadu dengan Gedung Pertamina Pusat (dok. Linda)

Dalam menghadapi wabah Covid 19, lanjut Fajriyah, Pertamina menghimbau masyarakat menggunakan BBM dengan bijak dan sesuai kebutuhan. Bagi masyarakat yang tergolong mampu diharapkan menggunakan BBM yang berkualitas baik dan LPG Non Subsidi.

"Kami berharap masyarakat tetap tenang dan membeli BBM dan LPG sesuai kebutuhan dan peruntukannya. Dipastikan seluruh SPBU dan Agen serta Pangkalan LPG tetap beroperasi untuk memberikan layanan terbaik kepada seluruh pelanggan Pertamina," ungkapnya.

Pertamina juga menghimbau, bila masyarakat menemukan ada penyimpangan dapat melaporkan kepada aparat setempat atau menghubungi Call Centre Pertamina 135.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tepuk Tangan untuk Dokter dan Perawat Spanyol, Ada Apa?

Posted: 15 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Malam hari di sudut kota Madrid dan Barcelona tiba-tiba riuh suara tepuk tangan yang terdengar dari rumahnya masing-masing. Ada apa?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemprov Jabar Rilis Peta Daring Interaktif Sebaran Kasus Covid-19

Posted: 15 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah daerah provinsi Jawa Barat merilis peta sebaran kasus Covid-19 melalui portal beralamat di https://pikobar.jabarprov.go.id/. Data yang ditampilkan peta itu merujuk pada data Dinas Kesehatan Jawa Barat.

Menurut pantauan Tekno Liputan6.com, peta itu cukup interaktif. Ada tiga klaster yang ditampilkan peta, yakni PDP, ODP, dan positif.

Titik warna biru merujuk pada ODP (Orang Dalam Pengawasan), warna kuning merepresentasikan PDP (Pasien Dalam Pengawasan), dan warna merah menunjukkan positif Covid-19.

Titik-titik itu, ketika diklik, akan memunculkan informasi berupa status, usia, desa, kecamatan, dan kabupaten/kota.

Melengkapi peta interaktif, portal Pikobar Jabar juga menampilkan informasi lainnya, yakni daftar rumah sakit rujukan di wilayah Jawa Barat dan infografik terkait Covid-19.

Ada juga informasi tentang total pertanyaan seputar Covid-19 yang telah terlayani di sambungan hotline, baik itu melalui telepon atau pesan teks.

Sekolah Libur karena Virus Corona, Edtech Startup Siap Bantu Kegiatan Belajar Online

Diwartakan sebelumnya, beberapa pemerintah daerah mulai mengambil kebijakan meliburkan sekolah sebagai salah satu upaya untuk mencegah atau mengurangi penyebaran virus corona. Sebut saja DKI Jakarta, Jateng, Banten, Bandung, dan Depok.

Menanggapi hal ini, Tomy Yunus, CEO Cakap--edtech startup berbasis di Jakarta--menyatakan kesiapannya untuk menyediakan online platform sebagai alternatif kegiatan belajar mengajar bagi para siswa dan guru di Indonesia.

"Kesehatan tetap harus diutamakan di tengah merebaknya pandemi Covid-19 ini. Dengan teknologi yang kami kembangkan, kami berharap dapat membantu kegiatan belajar mengajar secara aman melalui pembelajaran jarak jauh," tutur Tomy.

Selain Cakap, edtech startup lain yang juga menawarkan platform mereka adalah Zenius. Melalui pernyataan di akun Twitter resminya, Zenius menyebut siswa, guru dan orang tua dapat memanfaatkan semua fitur di platform Zenius, seperti video materi, soal, dan try out tanpa biaya.

"Semoga bisa membantu kelancaran proses belajar selama periode belajar di rumah ini," tutur Zenius.

Ruangguru

Senada dengan Cakap dan Zenius, Ruangguru juga membuka akses terhadap layanan mereka.

"Setiap harinya, mengikuti jadwal sekolah, mulai dari jam 8 pagi, kami menyiarkan pelajaran sekolah lengkap, paralel 15 kanal sekaligus untuk SD kelas 1 sampai SMA kelas 12 IPA dan IPS. GRATIS, tanpa dipungut biayar sepeser pun," ujar Belva Devara, pendiri sekaligus direktur utama Ruangguru melalui akun Twitter pribadinya.

Staf khusus presiden Joko Widodo itu mengatakan telah memilih guru terbaik untuk mengajar semua mata pelajaran melalui platform Ruangguru setiap hari mulai Senin (16/3/2020).

Telkomsel Gratiskan 30GB Sebulan untuk Dukung Siswa Belajar Online via Ruangguru

Telkomsel menggratiskan akses data ke aplikasi edtech startup Ruangguru selama 30 hari ke depan dengan total kuota 30GB. Paket ini berlaku di semua jaringan Telkomsel baik 2G, 3G, maupun 4G. 

Hal ini menyusul edaran pemerintah mengenai kegiatan belajar mengajar di sekolah yang dihentikan selama dua pekan ke depan.

Pengguna Telkomsel dapat membeli paket ini melalui aplikasi MyTelkomsel dengan harga Rp 0.

Kuota 30GB di Telkomsel ini berlaku dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Semua akses di menu RuangBelajar di aplikasi Ruangguru, termasuk video belajar dan semua artikel di dalamnya.
  • Apabila pelanggan mengakses menu lain selain akses diatas, maka akan dibebankan kuota regular.
  • Paket bisa dibeli maksimal 1 kali untuk 1 nomor Telkomsel.
  • Paket dapat dibeli oleh seluruh pelanggan prabayar dan pascabayar Telkomsel (simPATI, KARTU As, LOOP, dan Kartu Halo) tanpa membedakan pelanggan lama atau pelanggan baru dengan harga yang sama (tanpa zona).
  • Urutan prioritas konsumsi kuota adalah kuota Ruangguru, kuota 4G, kuota lokal, all network, kuota reguler lainnya (jika ada), dan GPRS PAYU. 
  • Harga sudah termasuk pajak.

(Why/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Layanan Pelni Tak Terganggu Penyebaran Virus Corona

Posted: 15 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni memastikan bahwa Virus Corona yang telah menyebar di Indonesia tidak mengganggu aktivitas operasional. Pelni tetap memberikan pelayanan baik pada kapal penumpang maupun kapal perintis.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni, Yahya Kuncoro, menjelaskan bahwa Pelni tetap memberikan pelayanan seperti biasa, dibarengi dengan peningkatan prosedur pengecekan terhadap para penumpang.

"Sehubungan dengan adanya virus Corona yang telah masuk di Indonesia, Pelni tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat di seluruh Nusantara dan pelayanan kami baik itu penjualan tiket maupun pelayaran penumpang tetap berjalan normal seperti biasa," ungkap Yahya seperti ditulis Senin (16/03/2020).

Jadwal seluruh kapal penumpang pun juga tidak terganggu dengan adanya virus Corona.

Adapun di beberapa kapal juga sudah dilaksanakan sosialisasi, yaitu KM Ciremai, KM Nggapulu, KM Leuser, KM Awu, KM Dorolonda, serta di beberapa Kantor Pelni cabang, seperti Tg. Priok, Surabaya, dan Makassar.

 

Edukasi

PT Pelni mulai melirik potensi bisnis sektor pariwisata, rencana untuk membeli kapal khusus wisata pun tengah dibahas.
PT Pelni mulai melirik potensi bisnis sektor pariwisata, rencana untuk membeli kapal khusus wisata pun tengah dibahas.

"Kami juga telah memberikan edukasi bagi para nakhoda, ABK dan kantor-kantor cabang terkait penanganan virus Corona. Selain itu, manajemen juga melakukan penyemprotan disinfektan pada kapal serta menempatkan hand sanitizer bagi penumpang pada lokasi yang stategis bagi penumpang," jelas Yahya.

Selain itu, Yahya menambahkan, pihaknya juga memberikan himbauan terkait kebersihan dan kesehatan kepada para penumpang melalui pengeras suara setiap 3 jam sekali, termasuk juga kami menyediakan alat pengukur suhu di setiap kapal-kapal Pelni.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lady Gaga Pilih Isolasi Diri Mencegah Virus Corona

Posted: 15 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu artis mancanegara yang meningkatkan kewaspadaannya terhadap virus Corona adalah Lady Gaga. Penyanyi asal Amerika Serikat ini memilih untuk mengisolasi diri.

Hal itu disampaikan sendiri oleh Lady Gaga dalam keterangan fotonya yang diunggah di Instagram, Minggu (16/3/2020). Dalam potretnya, Lady Gaga tengah berpose dengan tiga anjing peliharaannya.

"Jadi saya bicara dengan beberapa dokter serta ilmuwan. Ini bukan hal paling mudah bagi semua orang untuk saat ini, tapi hal terbaik/paling sehat yang bisa dilakukan adalah mengarantina diri sendiri dan tidak berkumpul dengan lebih dari 65 dan orang dalam kelompok besar," Lady Gaga menyampaikan.

Kangen Keluarga

Tengah mengeluarkan suara emasnya, tiba-tiba ia menghentikan penampilannya dan bertanya kepada salah satu penggemarnya yang hadir saat itu. Gaga menyadari salah satu fansnya ada yang terluka saat itu. (AFP/Valerie Macon)
Tengah mengeluarkan suara emasnya, tiba-tiba ia menghentikan penampilannya dan bertanya kepada salah satu penggemarnya yang hadir saat itu. Gaga menyadari salah satu fansnya ada yang terluka saat itu. (AFP/Valerie Macon)

Selain itu, Lady Gaga juga mengaku sangat ingin bertemu dengan keluarganya. Namun, dalam kondisi sekarang ini, ia memilih untuk mengurungkan niatnya itu.

Mencegah

(Foto: AFP)
(Foto: AFP)

"Saya harap saya bisa menemui orangtua dan nenek saya sekarang juga, tapi lebih aman untuk tidak melakukannya, jadi saya tidak membuat mereka sakit seandainya saya terjangkit. Saya main-main di rumah bersama anjing saja," tulis Gaga.

Optimisme

Lady Gaga juga tak lupa menyampaikan optimismenya kepada masyarakat mengenai maraknya wabah ini. "Aku cinta kalian semua, kita akan segera melalui semua ini. Percayalah kepadaku...," pungkas Lady Gaga.

Komentar Warganet

Ujaran Lady Gaga ini mendapatkan banyak komentar positif dari warganet. Kebanyakan memberikan emotikon seperti lambang hati maupun ekspresi menangkupkan kedua tangan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Empat Menteri Cek Covid-19 di RSPAD Gatot Soebroto

Posted: 15 Mar 2020 09:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju kembali mendatangi RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Senin (16/3/2020). Terpantau ada empat menteri dan pejabat setingkat menteri yang menjalani pemeriksaan Covid-19.

Empat menteri itu ada Menaker Ida Fauziah, Menristek Bambang Brodjonegoro, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Usai menjalani pemeriksaan, Moeldoko mengatakan kondisinya baik-baik saja.

"Alhamdulilah tidak ada apa-apa tadi konsultasi sama dokter untuk menjelaskan hal-hal berkaitan dengan kesehatan alhamdulilah," ujar Moeldoko di RSPAD, Jakarta, Senin (16/3/2020).

Moeldoko mengatakan, sudah diambil darah, menjalani rontgen, diambil cairan dari hidung, hingga menjalankan tes swab untuk cek Covid-19.

"Tadi gak ada masalah," ucapnya.

Semua Menteri Dicek Kesehatan

Moeldoko menyarankan semua menteri menjalani pemeriksaan kesehatan agar mendapatkan informasi yang pasti.

"Tapi saya ingin yakin kan jangan sampai anak lingkungan saya di kantor, kita harus yakin agar lingkungan kita terjaga," ujarnya.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Begona Gomez, Istri PM Spanyol Positif Terinfeksi Corona

Posted: 15 Mar 2020 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Istri Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez, Begona Gomez dinyatakan positif terinfeksi virus Corona. Gomez saat ini dalam kondisi baik dan berada di kediamannya di La Moncloa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Virus Corona Ganggu Start Balapan, Pembalap MotoGP Terancam Tak Berpenghasilan

Posted: 15 Mar 2020 09:46 PM PDT

Jakarta Jadwal MotoGP 2020 semakin tidak pasti usai start balapan terus alami perubahan. Masifnya pergerakan pandemi virus Corona membuat banyak negara membatalkan atau melarang kegiatan olahraga.

Padahal, lomba putaran perdana MotoGP musim ini dijadwalkan berlangsung di Sirkuit Losail, Qatar, 8 Maret lalu. Namun, lomba tersebut harus dibatalkan akibat COVID-19.

Pada perkembangannya, lomba putaran kedua sampai keempat: MotoGP Thailand, Amerika Serikat, dan Argentina juga mengalami penundaan.

Meski balapan urung berlangsung, bukan berarti pembalap bisa makan gaji buta. Karena menurut eks manajer tim Repsol Honda, Livio Suppo, ada kemungkinan pembalap tidak digaji jika balapan urung berlangsung.

Pasalnya, kontrak pembalap dan juga sponsor terdiri dari banyak klausul. Salah satunya adalah peraturan jika ada kejadian emergency atau bencana seperti virus Corona yang menunda lomba MotoGP seperti sekarang.

"Jika balapan dibatalkan, maka sponsor tidak perlu untuk membayar biaya sponsor mereka, termasuk pembalap. Artinya pembalap tidak mendapat bayaran," Suppo menuturkan.

Dua Komponen

Pricipal Repsol Honda Team, Livio Suppo saat mengikuti sesi konferensi pers peluncuran Honda di Kemayoran, Jakarta,  Jumat (3/1/2017). (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)
Pricipal Repsol Honda Team, Livio Suppo saat mengikuti sesi konferensi pers peluncuran Honda di Kemayoran, Jakarta, Jumat (3/1/2017). (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Lebih lanjut Suppo menerangkan gaji pembalap MotoGP terbagi menjadi dua komponen. Pertama berhubungan dengan performa dan kedua hak image.

Jika yang pertama mengalami macet, maka pembayaran otomatis tidak bisa dilaksanakan. Namun, Suppo menyebut semua tergantung perjanjian di masing-masing tim.

Artinya beberapa pembalap mungkin tetap dapat bayaran. "Sekali lagi semua tergantung perjanjian di masing-masing tim," Suppo menjelaskan.

Sumber: gpone.com

Saksikan Video Pilihan Kami:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

INDEF: Kebijakan Stimulus II Pemerintah Masih Kurang Lengkap

Posted: 15 Mar 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Paket stimulus ekonomi jilid II yang dikeluarkan pemerintah dalam upaya menangkal dampak Virus Corona ke perekonomian Indonesia dinilai masih belum maksimal.
 
Direktur Eksekutif Institute For Development of Economics and Finance (INDEF), Tauhid Ahmad menilai masih ada beberapa yang terlewatkan dan tidak dipikirkan oleh pemerintah seperti stimulus terhadap pelaku UMKM.
 
"Saya membaca insentif fiskal diberikan itu ada yang belum lengkap. Misalnya di UMKM hanya diberikan kemudahan dalam proses restrukturisasi," ujar dia kepada Merdeka.com, Senin (16/3/2020).
 
Tauhid menilai seharusnya dalam proses restrukturisasi pemerintah juga menyediakan akses kredit modal bagi para pelaku UMKM. Bahkan, yang tak luput dari perhatian pemerintah adalah tambahan anggaran UMKM untuk memperoleh kredit.
 
 
"Jadi kalau tidak ada kredit yang disediakan gimana cara mereka menarik kredit kalau mereka saat ini sedang mengalami kerugian. Itu kan belum ada. Satu lagi yang mendorong kredit itu tidak ada," dia menambahkan.
 
Selain sektor UMKM, kemudahan impor bahan baku diberikan pemerintah juga masih dianggap ada yang kurang. Sebab, tidak diatur batasan seberapa banyak komoditas yang akan diimpor," jelas dia.
 
"Masalahnya adalah untuk masing masing komoditas itu berapa banyak harus impor dan katakanlah seberapa jauh ini bisa diberikan dan berapa lama, ini penting karena impor terlalu dominan dan banyak diluar batas kewajaran.   
 
Seperti diketahui, situasi pandemik covid-19 yang mengglobal, membuat pemerintah merespons dengan memberi stimulus fiskal jilid II untuk memitigasi dampak negatif virus corona pada ekonomi.
 
Salah satunya dengan memberikan relaksasi pajak penghasilan (PPh) pasal 21, 22, 25 dan restitusi Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dipercepat.
 
Relaksasi pertama adalah pemerintah menanggung Pajak Penghasilan (PPh) pasal 21 untuk seluruh karyawan industri manufaktur pengolahan yang penghasilannya mencapai sampai dengan Rp200 juta pertahun baik industri yang berlokasi di Kawasan Industri Tujuan Ekspor (KITE) maupun non KITE.
 
Pemerintah menanggung PPh pasal 21 ini selama 6 bulan, mulai bulan April hingga September 2020.Kedua, relaksasi PPh pasal 22 Impor untuk 19 industri manufaktur yang diberikan selama 6 bulan dari bulan April-September 2020 baik untuk industri manufaktur di wilayah KITE maupun non KITE.
 
Ketiga, pemerintah memberi penundaan PPh Pasal 25 untuk korporasi baik yang berlokasi di KITE maupun non KITE selama 6 bulan mulai April hingga September.
 
Keempat, pemerintah membuat restitusi pajak pertambahan nilai (PPN) dipercepat bahkan tanpa audit awal. Namun, jika terdapat suatu hal yang perlu diperiksa, maka akan diperiksa lebih lanjut. Pemerintah akan memberikan fasilitas ini selama 6 bulan dari April hingga September 2020. 
 
Reporter: Dwi Aditya Putra
 
Sumber: Merdeka.com
 

Tangkal Dampak Corona, Stimulus Fiskal Jilid II Habiskan Dana Rp 10 Triliun

Ilustrasi stimulus. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Ilustrasi stimulus. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pemerintah siap meluncurkan Stimulus Fiskal Jilid II guna menangkal wabah virus corona yang telah menyebar di Indonesia. Insentif baru itu berupa keringanan bagi Pajak Penghasilan (PPh) 21, PPh 22, PPh 25, serta percepatan restitusi pajak pertambahan nilai (PPN).

Staf Ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Edi Pambudi mengatakan, pemerintah siap menggelontorkan anggaran lebih dari yang dikeluarkan pada stimulus jilid I, yakni sekitar Rp 10,3 triliun untuk merilis Stimulus Fiskal Jilid II.

"Saya rasa lebih (dari Rp 10,3 triliun). Kalau dari hitung-hitungan sebenarnya lebih dari itu. Karena ini kan sifatnya multisektor, jadi tidak terbatas di sektor tertentu," kata Edi di Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Selain pajak penghasilan, ia melanjutkan, stimulus kedua ini juga akan memberikan kemudahan proses pengembalian restitusi. Sebagai bentuk keseriusan, pemerintah disebutnya akan coba memutuskan final kebijakan tersebut Rabu sore ini.

"Jadi tujuan untuk dari sisi produksi pajak ini adalah supaya mereka mempunyai aliran uang yang cukup. Jadi tidak tertahan karena harus kewajiban di pembayaran pajak. Desainnya, detilnya kan harus kita sepakati sore ini," tuturnya.

Edi pun berharap, segala kemudahan yang diberikan dalam Stimulus Jilid II ini termasuk relaksasi pajak penghasilan akan bisa menaikkan atau menjaga daya beli, sehingga pekerja akan mendapatkan bagian secara penuh.

"Ada mekanisme ditanggung pemerintah itu artinya sebagian dari pajak itu akan tidak dibayarkan oleh pembayar pajak. Dengan demikian si pembayar pajak akan mendapatkan take home pay, pendapatan dibawa pulang lebih tinggi, sehingga dia bisa menjaga kemampuan daya beli untuk konsumsi dan lain-lain," ungkapnya.  

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengelola Bantah Hotel Milik Ronaldo Dijadikan Rumah Sakit Korban Covid-19

Posted: 15 Mar 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Lisbon - Pihak pengelola membantah bila hotel milik pesepak bola Juventus, Cristiano Ronaldo yang berada di Lisbon dan Madeira, Portugal, bakal dijadikan sebagai rumah sakit menampung pasien Covid-19.

Media asal Spanyol, Marca, sebelumnya melaporkan bahwa Ronaldo ikut ambil bagian dalam penanganan wabah virus Corona Covid-19 di negaranya, Portugal. Dan salah satu upaya CR7 memerangi wabah ini adalah dengan mengubah hotel miliknya menjadi rumah sakit khusus Covid-19.

Selain itu, Ronaldo juga akan mengratiskan segalam macam biaya pasien yang ditangani di sana. Pemain berusia 35 tahun itu juga bersedia menggaji para staf dan dokter yang bekerja kepadanya. 

Namun belakangan kabar ini dibantah oleh perwakilan Ronaldo. Jurubicara dari pihak pengelola salah satu hotel milik Ronaldo di Lisbon menyatakan, pelayanan mereka belum berubah hingga saat ini.

"Kami adalah hotel. Kami tidak akan jadi rumah sakit. Hari-hari kami sama seperti yang lain dan masih tetap hotel. Kami sudah berulang kali ditelepon oleh wartawan. Semoga hari Anda menyenangkan," ujarnya kepada media asal Belanda, RTL Nieuws, seperti dilansir RT.com.   

 

Ronaldo sendiri masih berada di Madeira, Portugal. Mantan pemain Real Madrid itu mengisolasi diri di kampung halamannya setelah salah seorang rekannya, Daniele Rugani, positif terjangkit Covid-19. 

Virus yang belum ditemukan vaksin penangkalnya itu telah membunuh hampir 1500 orang di Italia, di mana kini Negeri Pizza itu menjadi negara Eropa terparah yang terpapar virus corona model terbaru. 

Untuk mencegah penularan yang lebih luas, pemerintah Italia telah menempuh kebijakan lockdown bagi warganya. Namun saat kebijakan diterapkan, Ronaldo sudah lebih dulu terbang ke Portugal menghadiri pesta ulang tahun saudara perempuannya. Meski telah mendapat izin khusus untuk kembali ke Italia, CR7 memilih bertahan dan mengisolasi diri menyusul kasus yang menimpa Rugani.

 

 

 

 

Pernyataan Ronaldo

Aksi pemain Juventus Cristiano Ronaldo saat bertemu Inter Milan (AP)
Aksi pemain Juventus Cristiano Ronaldo saat bertemu Inter Milan (AP)

Sementara itu, dari Madeira, Portugal, Ronaldo ikut angkat bicara seputar wabah virus Corona yang tengah berstatus pandemi global. Lewat akun media sosial, CR7 menyampaikan pesan menyentuh. 

Berikut adalah pernyataan lengkap Ronaldo terkait Covid-19

Dunia sedang melalui masa yang sangat menyulitkan dan butuh kepedulian serta kewaspadaan tinggi dari kita semua.

Saya bicara hari ini bukan sebagai pemain sepak bola, tapi sebagai anak, ayah, manusia biasa yang begitu khawatir dengan perkembangan penyebaran virus di seluruh dunia saat ini.

Sangat penting untuk kita mengikuti semua saran dari WHO dan instansi pemerintah terkait cara penanganan situasi saat ini. Perlindungan nyawa manusia adalah prioritas utama saat ini.

Saya ingin menyampaikan rasa belasungkawa kepada mereka yang kehilangan kerabatnya, solidaritas untuk mereka yang berjuang melawan virus seperti rekan saya Daniele Rugani, dan saya akan terus mendukung para ahli kesehatan yang mempertaruhkan nyawa demi menyelamatkan orang lain.

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pandemi Virus Corona: Asosiasi Pemain Italia Tolak Serie A Main Lagi di Bulan April

Posted: 15 Mar 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Turin - Presiden Asosiasi Pesepakbola Profesional Italia (AIC), Damiano Tommasi menolak Serie A kembali digelar pada 3 April 2020. Menurutnya, dengan adanya pandemi virus Corona, Serie A bisa dilanjutkan lagi bulan Mei atau Juni.

Di luar China, tempat wabah ini pertama kali ditemukan, Italia merupakan negara yang paling banyak terindikasi virus Corona. Tercatat, di Italia, ada 24.700 kasus, 1.809 di antaranya berakhir dengan kematian.

Karena hal tersebut, Serie A pun dihentikan hingga 3 April 2020. Namun, melihat situasi di Italia, Tommasi menyebut hal tersebut tak mungkin dilakukan.

"Jelas tidak mungkin untuk mulai bermain lagi pada awal April," kata Tommasi seperti dikutip dari Sportskeeda.

"Jika semuanya (antisipasi virus Corona) berjalan dengan baik, kami bisa melanjutkan Serie A pada Mei atau Juni. Ketika kami bicara tentang sepak bola, orang harus memastikan keamanan pemain, termasuk yang ada di belakang tim," ujarnya menambahkan.

 

Pemain Bola Jadi Korban

Daniele Rugani positif virus Corona. (AFP/Filippo Monteforte)
Daniele Rugani positif virus Corona. (AFP/Filippo Monteforte)

Tommasi menyebut virus Corona sudah menjalar ke pemain bola di Italia. Sebut saja bek Juventus, Daniele Rugani yang sudah dinyatakan positif tertular COVID-19.

"Yang terkontaminasi pertama adalah pemain di Serie C, di klub Pianese dan kit man mereka, yang masih dalam perawatan intensif. Kemudian ada Juventus sebanyak 100 orang dikarantina," ucap Tommasi.

"Mereka adalah orang-orang yang melakukan perjalanan keliling Italia dan Eropa, bertemu banyak orang selama perjalanan. Masalahnya, bukan hanya Italia, tapi Eropa," katanya menambahkan.

 

Juventus Masih di Puncak Klasemen

Sebelum Serie A ditunda, Juventus berada di puncak klasemen. Si Nyonya Tua unggul satu poin dari Lazio.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendikbud Imbau Pelaksaan Wisuda Ditunda

Posted: 15 Mar 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Demi menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengarahkan seluruh pimpinan perguruan tinggi di daerah terdampak wabah Covid-19 untuk menetapkan penghentian sementara kegiatan akademik. Misalnya, hindari perkuliahan secara tatap muka. Mendikbud juga memerintahkan perguruan tinggi segera mengambil kebijakan tentang proses belajar dari rumah bagi pelajar dan mahasiswa segera.

"Kami mendukung penuh keputusan para pimpinan perguruan tinggi di wilayah yang positif terdampak Covid-19 untuk mendorong kegiatan perkuliahan dengan pembelajaran daring (dalam jaringan) dari rumah guna menghindari penyebaran virus," disampaikan Mendikbud melalui keterangan tertulisnya, Minggu (15/3/2020).

Menurut Mendikbud, keselamatan dan kesehatan mahasiswa dan warga kampus harus diutamakan. Dengan memanfaatkan teknologi pembelajaran tetap dapat berjalan.

Menyikapi perkembangan terakhir, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) juga mengimbau perguruan tinggi segera mengambil tindakan cepat dan terukur untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di lingkungan kampus. Saat ini, Ditjen Dikti terus melakukan rekapitulasi jumlah perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang mengambil kebijakan perkuliahan dari rumah.

"Sampai saat ini terdapat sekitar 65 perguruan tinggi yang menetapkan kebijakan perkuliahan dari rumah menyikapi persebaran Covid-19 yang telah menjadi wabah di negara kita. Daftar ini akan terus diperbarui dengan laporan dari PTN (perguruan tinggi negeri) atau LLDikti," ujar Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Plt. Dirjen Dikti) Nizam.

Menurut Nizam, pembelajaran dari rumah dapat dilakukan secara synchronous melalui penggunaan video conference maupun asynchronous dengan email atau berbagai aplikasi pengirim pesan lainnya. Materi pembelajaran dapat memanfaatkan berbagai sumber daring yang sudah tersedia.

"Yang terpenting dan harus ditekankan adalah bukan libur tetapi belajar dari rumah, dengan cara daring dengan e-learning dan sebagainya," dikatakan Nizam.

"Mahasiswa, maupun Dosen dan tenaga kependidikan lainnya harus menjaga diri untuk tidak banyak berpergian atau berkumpul di tempat-tempat yang berisiko lebih tinggi," tambah Nizam.

Penundaan Wisuda

Terkait kebijakan beberapa perguruan tinggi untuk menunda upacara wisuda, Nizam menjelaskan bahwa semua pihak harus memahami bahwa kegiatan yang mengumpulkan orang dalam jumlah banyak berisiko tinggi dalam penyebaran Covid-19.

"Wisuda juga sebaiknya dihindari sampai keadaan terkendali dengan baik. Yang harus dihindari adalah berkumpulnya orang dalam jumlah banyak dalam waktu lama," jelas Nizam merujuk Surat Edaran Mendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Covid-19 Pada Satuan Pendidikan yang tercantum pada poin ke-16.

Nizam mendorong perguruan tinggi membentuk satuan tugas khusus antisipasi penyebaran dan penanganan Covid-19 di kampus masing-masing.

"Kampus-kampus dan sivitas akademik dimohon bisa menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat atau PHBS sesuai edaran dari Mendikbud. Dan menjadi duta PHBS di lingkungannya masing-masing," tutupnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Terbaru 132 Rumah Sakit Rujukan COVID-19 di Indonesia

Posted: 15 Mar 2020 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo sudah menyampaikan, ada penambahan 132 rumah sakit untuk menjadi tempat rujukan menangani virus Corona (COVID-19). Penambahan rumah sakit rujukan agar pasien mendapatkan penanganan lebih baik.

Jokowi merinci, jumlah 132 rumah sakit terdiri dari, 109 RS TNI, 53 RS Polri, dan 65 RS BUMN, termasuk pembuatan fasilitas observasi virus Corona dalam skala besar di Pulau Galang.

"RS rujukan sekarang untuk COVID-19 ada 132 jumlahnya, sebelumnya 100 rumah sakit. Kita tambah lagi," jelas Jokowi di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, Jumat (13/3/2020).

Berikut ini daftar terbaru 132 rumah sakit rujukan terbaru COVID-19 di Indonesia, dari data Kementerian Kesehatan tertanda 10 Maret 2020. Pemerintah kembali menetapkan 132 RS rujukan melalui Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 169 Tahun 2020 tentang Penetapan RS Rujukan Penanggulangan Penyakit Infeksi Emerging Tertentu.

Aceh

1. RSU Dr. Zainoel Abidin Banda Aceh

2. RSU Cut Meutia Lhokseumawe

Sumatera Utara

3. RSU H. Adam Malik Medan

4. RS Djasamen Saragih

5. RSU Padang Sidempuan

6. RS Kabanjahe

7. RSUD Tarutung

Sumatera Barat

8. RSU Dr. M. Jamil Padang

9. RSU Dr. Achmad Mochtar

Riau - Bangka Belitung

Riau

10. RSU Arifin Ahmad Pekan Baru

11. RSUD Kota Dumai

12. RSUD Puri Husada Tembilahan

Kepulauan Riau

13. RSUD Provinsi Kepulauan Riau Tanjung Pinang

14. RSUD Embung Fatimah

15. RSUD Muhammad Sani Kabupaten Karimun

16. RS Badan Pengusahaan Batam

Jambi

17. RSUD Raden Mattaher Jambi

Sumatera Selatan

18. RSU Dr. M. Hoesin Palembang

19. RS Dr Rivai Abdullah

20. RSU Kayuagung

21. RSD Kabupaten Lahat

Bangka Belitung

22. RSUD Depati Hamzah

23. RSUD dr H Marsidi Judono

Bengkulu - DKI Jakarta

Bengkulu

24. RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu

25. RSUD Arga Makmur

26. RSUD Hasanuddin Damrah Manna

Lampung

27. RSUD Abdul Moeloek

29. RSUD Dr H Bob Bazar SKM

30. RSUD Ahmad Yani Metro

31. RSUD Mayjen HM Ryacudu

DKI Jakarta

32. RSPI Dr. Sulianti Saroso

33. RSUP Persahabatan

34. RSPAD Gatot Subroto

35. RSUP Fatmawati

36. RSUD Cengkareng

37. RSUD Pasar Minggu

38. RS Bhayangkara Tk I R Said Sukanto

39. RSAL dr Mintoharjo

Jawa Barat - DI Yogyakarta

Jawa Barat

40. RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung

41. RS Paru dr M Goenawan Partowidigdo

42. RS Paru Dr. H. A. Rotinsulu Bandung

43. RSUD Gunung Jati Cirebon

44. RSUD Dr. Slamet Garut

45. RSUD R. Syamsudin, SH Sukabumi

46. RSUD Kabupaten Indramayu

47. RSU Tk II Rustira

Banten

48. RSUD Dr Drajat Prawiranegara Serang

49. RSUD Kabupaten Tangerang

Jawa Tengah

50. RSUP Dr. Kariadi Semarang

51. RS Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten

52. RS Paru dr Ario Wirawan

53. RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo

54. RSUD Dr. Moewardi Surakarta

55. RSUD Tidar Magelang

56. RSUD KRMT Wongsonegoro

57. RSUD Kardinah Tegal

58. RSUD Banyumas

59. RSUD dr Loekmono Hadi

60. RSUD Kraton Kabupaten Pekalongan

61. RSUD Dr. H. RM. Soeselo Slawi

62. RSUD Dr. H. Soewondo Kendal

DI Yogyakarta

63. RSU Dr. Sardjito

64. RSUD Panembahan Senopati Bantul

65. RSUD Kota Yogyakarta

66. RSUD Wates

Jawa Timur - Nusa Tenggara Timur

Jawa Timur

67. RSUD Dr. Soetomo

68. RSUD Dr. Soedono Madiun

69. RSUD Dr. Saiful Anwar

70. RSUD Dr. Soebandi Jember

71. RSUD Kabupaten Kediri Pare

72. RSUD Dr. R. Koesma Tuban

73. RSUD Blambangan

74. RSUD Dr. S. Djatikoesoemo

75. RSUD Dr Iskak Tulungagung

76. RSUD Sidoarjo

77. RS Universitas Airlangga

Bali

78. RSUP Sanglah

79. RSUD Tabanan

80. RSUD Sanjiwani Gianyar

81. RSUD Kabupaten Buleleng

Nusa Tenggara Barat

82. RSUD NTB

83. RSUD Kota Bima

84. RSUD Dr. R. Sudjono

85. RSUD H L Manambai Abdul Kadir

Nusa Tenggara Timur

86. RSUD Prof. Dr. WZ Johannes

87. RSUD Dr. TC Hillers Maumere

88. RSUD Komodo Labuan Bajo

Kalimantan Barat - Kalimantan Utara

Kalimantan Barat

89. RSUD Dr. Soedarso Pontianak

90. RSUD Dr. Abdul Aziz Singkawang

91. RSUD Ade Mohammad Djoen Sintang

92. RSUD dr Agoesdjam Ketapang

Kalimantan Tengah

93. RSUD Dr. Doris Sylvanus Palangka Raya

94. RSU Dr. Murjani Sampit

95. RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun

Kalimantan Selatan

96. RSUD Ulin

97. RSUD H. Boejasin Pelaihari

Kalimantan Timur

98. RSUD H. A. Wahab Sjahrani

99. RSU Dr. Kanujoso Djatiwibowo

100. RSUD Taman Husada Bontang

101. RSUD Panglima Sebaya

102. RSUD Aji Muhammad Parikesit

Kalimantan Utara

103. RSU Kota Tarakan

104. RSUD Tanjung Selor

Gorontalo - Sulawesi Tenggara

Gorontalo

105. RSU Prof. Dr. H. Aloei Saboe

Sulawesi Utara

106. RSU Prof. DR. RD. Kandou

107. RSU Ratatotok Buyat

108. RSUD Kota Kotamobagu

109. RSUD Dr. Sam Ratulangi

Sulawesi Barat

110. RSUD Provinsi Sulawesi Barat

Sulawesi Tengah

111. RSUD Undata Palu

112. RSU Anutapura Palu

113. RSUD Kabupaten Banggai Luwuk

114. RSU Mokopido Toli-Toli

115. RSUD Kolonedale

Sulawesi Selatan

116. RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo

117. RSUD Tadjuddin Chalid, MPH

118. RSUD Labuang Baji

119. RSU Andi Makkasau Parepare

120. RSU Lakipadada Tana Toraja

121. RSUD Kabupaten Sinjai

122. RS Tk II Pelamonia

Sulawesi Tenggara

123. RS Bahtera Mas Kendari

 

Maluku - Papua Barat

Maluku

124. RSU Dr. M. Haulussy Ambon

125. RS dr J Leimena

126. RSUD dr P.P Magretti Saumlaki

Maluku Utara

127. RSUD Dr H Chasan Basoeri Ternate

Papua

128. RSU Jayapura

129. RSU Nabire

130. RSU Merauke

Papua Barat

131. RSUD Kabupaten Sorong

132. RSUD Manokwari

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ekspor Indonesia Naik Jadi USD 13,94 Miliar pada Februari 2020

Posted: 15 Mar 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekspor Indonesia pada Februari 2020 naik 2,24 persen jika dibanding bulan sebelumnya. Ekspor Indonesia pada Februari 2020 tercatat USD 13,94 miliar sedangkan pada Januari 2020 ekspor Indonesia tercatat USD 13,41 miliar.

Sementara jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, nilai ekspor Indonesia pada Januari 2020 juga tercatat alami kenaikan 11 persen. Di mana, periode Januari 2019, ekspor Indonesia tercatat USD 12,56 miliar.

"Nilai ekspor bulan Februari 2020 mencapai USD 13,94 miliar. untuk migas mengalami penurunan sebesar 0,02 persen, non-migas mengalami kenaikan sebesar 2,38 persen," kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa, Yunita Rusanti, dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (16/3/2020).

Menurut sektor, ekspor seluruh komponen hampir mengalami kenaikan dibandingkan bulan sebelumnya. Di mana sektor pertanian tercatat sebesar USD 0,30 miliar atau naik 0,91 persen secara month to month (mtm).

Kenaikan lainnya juga terlihat dari industri pengolahan yang tercatat sebesar USD 11,03 miliar atau naik 2,73 persen. Kemudian untuk sektor pertambangan dan lainnya juga terjadi kenaikan sebesar 0,53 persen atau setara dengan nilai USD 1,80 miliar.

"Sementara untuk ekspor migas kita turun 0,02 persen secara month to month (mtm) atau tercatat USD 0,82 miliar," tandas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Sri Mulyani Sebut Daya Saing Ekspor Indonesia Tak Banyak Kemajuan

Aktivitas bongkar muat di Terminal Peti Kemas Koja, Jakarta, Rabu (18/9/2019). Ekspor utama Indonesia masih didominasi oleh China, Amerika Serikat, dan Jepang. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Aktivitas bongkar muat di Terminal Peti Kemas Koja, Jakarta, Rabu (18/9/2019). Ekspor utama Indonesia masih didominasi oleh China, Amerika Serikat, dan Jepang. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Sebelumnya, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menyebut bahwa daya saing produk ekspor Indonesia tidak banyak berubah dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan, ketika dirinya masih menjadi konsultan di Kementerian Perdagangan (Kemendag) ekspor nasional tidak ada kemajuan.

"Ekspor nonmigas kita sejak saya kerja di LPEM UI dan konsultan Kemendag sampai sekarang menteri, ekspor kita belum banyak berubah, daya saing belum banyak berubah," kata di Hotel Borobudur, Jakarta, pada Kamis 5 Maret 2020.

Sri Mulyani mengakui memang masih banyak pekerjaan rumah untuk mendongkrak ekspor Indonesia. Dia menyebut, Indonesia tertinggal di saat banyak negara berlomba-lomba untuk menciptakan produk ekspor yang memiliki nilai tambah. Sehingga daya saing ekspor RI tak banyak mengalami peningkatan.

"Berarti kita belum kerjakan homework. Waktu dunia berubah, value added terjadi dengan inovasi teknologi, birokrasi efisien dan semua digital, kita masih hidup tenang di khatulistiwa," canda Sri Mulyani.

Bendahara Negara ini pun mendorong Kemendag agar melakukan inovasi yang bisa mendorong ekspor nasional. Sebab selama ini Indonesia masih sangat mengandalkan sumber daya alam untuk diekspor secara mentah tanpa memiliki nilai tambah yang memanfaatkan teknologi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Belum Lockdown, Solo Kurangi Aktivitas Keramaian

Posted: 15 Mar 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemkot Solo telah memberikan status Kejadian Luar Biasa (KLB). Hal ini terjadi karena ada satu pasien yang meninggal akibat positif virus Corona di Solo. Walaupun belum di lockdown, Solo mengurangi aktivitas di keramaian.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jarang Tersorot, Ini 6 Potret Cantik Farah Labita Anak Presenter Ferdy Hasan

Posted: 15 Mar 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejak menikah dengan Safina, rumah tangga presenter kondang Ferdy Hasan jauh dari sorotan media. Pasangan yang sudah dikaruniai tiga orang anak ini selalu nampak harmonis di berbagai kesempatan. Kini putri sulung Ferdy sedang menjadi sorotan karena sosoknya yang sangat memesona.

Ialah Farah Labita, sulung dari tiga bersaudara yang mampu mencuri hati warganet. Di akun Instagramnya, Farah kerap membagikan berbagai aktivitasnya. Putri sulung Ferdy Hasan ini ternyata memiliki hobi traveling dan memiliki selera fashion yang unik.

Tak hanya cantik, Farah pun dikenal sangat berprestasi. Di usianya yang masih sangat muda, ia telah mampu menamatkan kuliah Jurusan Matematika di Universitas Exeter, Inggris yang merupakan salah satu universitas terbaik di seluruh dunia. Dilansir dari CWTS Leiden Ranking, Universitas ini menempati ranking 24 dari seluruh perguruan tinggi di dunia.

Berikut merupakan potret Farah Labita putri presenter Ferdy Hasan yang dihimpun dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Senin (16/3/2020).

1. Potret kebersamaan Ferdy Hasan dan Farah Labita, kompak mengenakan baju bernuansa putih.

Potret Farah Labita putri dari presenter Ferdy Hasan. (Sumber: Instagram @ferdyhasan)
Potret Farah Labita putri dari presenter Ferdy Hasan. (Sumber: Instagram @ferdyhasan)

2. Tak hanya cantik, Farah Labita merupakan lulusan dari universitas top dunia.

Potret Farah Labita putri dari presenter Ferdy Hasan. (Sumber: Instagram @farahlabita)
Potret Farah Labita putri dari presenter Ferdy Hasan. (Sumber: Instagram @farahlabita)

3. Akun Instagram Farah sering mencuri perhatian karena ia memiliki selera fashion yang unik.

Potret Farah Labita putri dari presenter Ferdy Hasan. (Sumber: Instagram @farahlabita)
Potret Farah Labita putri dari presenter Ferdy Hasan. (Sumber: Instagram @farahlabita)

4. Tampil dengan baju warna-warni, Farah nampak sangat percaya diri.

Potret Farah Labita putri dari presenter Ferdy Hasan. (Sumber: Instagram @farahlabita)
Potret Farah Labita putri dari presenter Ferdy Hasan. (Sumber: Instagram @farahlabita)

5. Farah Labita dikenal sering melakukan eksperimen makeup.

Potret Farah Labita putri dari presenter Ferdy Hasan. (Sumber: Instagram @farahlabita)
Potret Farah Labita putri dari presenter Ferdy Hasan. (Sumber: Instagram @farahlabita)

6. Potret Farah saat berlibur bersama keluarganya di Lago di Como, Italia.

Potret Farah Labita putri dari presenter Ferdy Hasan. (Sumber: Instagram @farahlabita)
Potret Farah Labita putri dari presenter Ferdy Hasan. (Sumber: Instagram @farahlabita)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Virus Corona Jadi Pandemi, Melania Trump Tak Terlihat di Publik

Posted: 15 Mar 2020 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Washington, D.C. - Ibu Negara Amerika Serikat (AS) Melania Trump angkat bicara terkait Virus Corona (COVID) yang mulai menyebar di negaranya. Meski demikian, Melania belakangan ini jarang terlihat di publik.

Lewat Twitternya, Melania berkata kehidupan rakyat AS berubah dramatis akibat Virus Corona. Melania ingin masyarakat mengikuti instruksi pemerintah yang diberikan melalui Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention atau CDC).

Ibu Negara kelahiran Slovenia itu pun turut mempromosikan jaga jarak sosial (social distancing).

"Dengan kehidupan kita yang berubah drastis, terutama dalam beberapa hari terakhir, saya mendorong semua orang untuk mengikuti panduan CDC. Social distancing saat ini sangat penting!" ujar Melania Trump seperti dikutip Senin (16/3/2020).

Menurut laporan CNN, Melania terakhir tampil di publik pada 10 Maret lalu di Virgnia. Saat itu ia tidak menyebut Virus Corona. Melania juga sempat menghadiri upacara penghargaan di Gedung Putih.

Melania Trump juga tidak terlihat pada persiapan paskah Gedung Putih untuk 13 April mendatang. Biasanya Ibu Negara mengurus acara tersebut. Acara lain yang batal dihadiri Melania adalah pengumpulan dana di Beverly Hills yang telah dibatalkan.

Sebelumnya, Melania sempat memposting tweet tentang Virus Corona. Ia menyampaikan bahwa AS sedang bertarung melawan Virus Corona.

Presiden Donald Trump baru saja selesai tes Virus Corona dan hasilnya negatif. Gedung Putih hingga kini tidak memberikan penjelasan apakah Melania Trump juga ikut tes Virus Corona.

Donald Trump Minta Masyarakat Tak Timbun Bahan Pokok

PM India, Narendra Modi berbincang dengan Presiden AS Donald Trump dan Melania Trump saat menyambut kedatangan mereka di Bandara Internasional Sardar Vallabhbhai Patel di Ahmedabad, Senin (24/2/2020). Ini merupakan kunjungan balasan Trump setelah Modi berkunjung ke AS pada 2019. (MANDEL NGAN/AFP)
PM India, Narendra Modi berbincang dengan Presiden AS Donald Trump dan Melania Trump saat menyambut kedatangan mereka di Bandara Internasional Sardar Vallabhbhai Patel di Ahmedabad, Senin (24/2/2020). Ini merupakan kunjungan balasan Trump setelah Modi berkunjung ke AS pada 2019. (MANDEL NGAN/AFP)

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengimbau masyarakat tidak perlu menimbun persediaan bahan pokok saat ada Virus Corona COVID-19. Ia menjamin persediaan tidak akan habis, sehingga masyarakat bisa tenang.

Dilansir AP, Trump mengatakan, tidak ada kekosongan persediaan. Namun masalahnya, orang-orang membeli tiga sampai lima kali lipat lebih banyak dari biasanya.

"Kalian tidak perlu banyak memborong," ujar Trump. "Tak seorang pun di negara ini yang harus menimbun persediaan barang esensial," lanjut Trump.

Presiden Trump juga sudah menelepon para pengusaha ritel dan industri makanan untuk membahas isu persediaan. Beberapa perusahaan yang diajak bicara adalah Walmart, Target, General Mills, Costco, dan Whole Foods.

Sektor pengusaha telah menerapkan aturan-aturan baru seperti pembatasan pembelian produk seperti pembersih tangan, serta meningkatkan layanan kebersihan. Virus Corona juga membuat toko ritel mengubah jadwal mereka agar buka lebih pagi dan tutup lebih malam.

Presiden Trump berkata perusahaan bisa membantu masyarakat Amerika merasa tenang dan aman jika stok persediaan terjamin. Sektor industri makanan pun memastikan bahwa mereka bekerja sama dengan pemerintah.

"Kami berdiri bersama Presiden, Wakil Presiden, dan Pemerintah sebagaimana kami bekerja, melayani, dan menyediakan makanan kepada negara. Kami tahan banting; industri kami bekerja 24 jam sehari untuk menyediakan dan menyetok ulang sekaligus memastikan kebersihan toko dan fasilitas kami," ujar Leslie Sarasin, presiden dari Food Marketing Institute.

Akibat Virus Corona, masyarakat di berbagai negara terpantau memborong barang-barang persediaan. Di negara barat, barang yang langka adalah pembersih tangan dan tisu toilet yang diperebutkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dikabarkan Tutup Sementara, Pasar Tanah Abang Tetap Beroperasi Seperti Biasa

Posted: 15 Mar 2020 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kepala Humas Perumda Pasar Jaya, Amanda Gita Dinanjar membantah bila Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat tutup sementara akibat virus corona atau Covid-19.

Dia menyebut pasar terbesar di Asia Tenggara ini masih beroperasi seperti biasanya.

"Sampai saat ini isu beredar tentang tutup nya pasar Tanah abang blok ABF dan G tidak benar dan seluruh pasar tetap beroperasi normal seperti biasa," kata Amanda dalam keterangan tertulis, Senin (16/3/2020).

Sebelumnya beredar informasi mengenai tutupnya sementara Pasar Tanah Abang selama dua Minggu ke depan. Hal tersebut guna mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19 di Jakarta.

Sebelumnya, sejumlah tempat wisata di DKI Jakarta akan ditutup selama 14 hari ke depan. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19 yang semakin hari bertambah jumlah korbannya.

Salah satu lokasi yang tidak melayani pengunjung di antaranya Taman Impian Jaya Ancol. Hal ini sesuai dengan Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 16 Tahun 2020 Tentang Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Risiko Penularan Infeksi Corona Virus Disease (COVID-19).

 

Tempat-tempat yang Ditutup Sementara di Jakarta

Selain Taman Impian Jaya Ancol, sejumlah lokasi lainnya juga akan diterapkan hal yang sama. Dalam flyer yang beredar, disebutkan sejumlah tempat wisata yang ditutup akibat Corona. Yaitu:

1. Kawasan Monas

2. Kawasan Kota Tua

3. TM Ragunan

4. Anjungan DKI di TMII

5. Taman Ismail Marzuki

6. PBB Setu Babakan

7. Rumah Si Pitung

8. Pulau Onrust

9. Museum Sejarah Jakarta

10. Museum Prasasti

11. Museum MH Thamrin

12. Museum Seni Rupa dan Keramik

13. Museum Tekstil

14. Museum Wayang

15. Museum Bahari

16. Museum Joeang'45

Selain itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatur jam operasional transportasi di Jakarta. Ketiga transportasi itu hanya akan beroperasi pada pukul 06.00-18.00 WIB saja.

Bahkan jumlah bus dan rangkaian kereta juga akan dikurangi.

"Rangkaian MRT yang setiap hari ada 16 rangkaian akan berubah menjadi empat rangkaian," kata Anies.

Jadwal kedatangan kata Anies juga menjadi lebih lama yakni 20 menit sekali. Sebelumnya kedatangan kereta MRT setiap 5-10 menit sekali.

Selanjutnya untuk LRT Jakarta juga mengalami perubahan waktu kedatangan, yakni dari 10 menit sekali menjadi 30 menit sekali.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Cara Pembalap MotoGP Menunggu Seri Pertama yang Belum Jelas

Posted: 15 Mar 2020 09:35 PM PDT

Jakarta Jadwal MotoGP 2020 belum jelas hingga sekarang. Total empat seri MotoGP sudah ditunda karena persebaran secara masif di seluruh dunia pandemi virus Corona.

Padahal lomba putaran perdana musim ini dijadwalkan berlangsung di Sirkuit Losail, Qatar, 8 Maret lalu. Namun lomba tersebut harus dibatalkan akibat COVID-19.

Pada perkembangannya, lomba putaran kedua sampai keempat: MotoGP Thailand, Amerika Serikat, dan Argentina juga alami penundaan.

Kini lomba putaran perdana musim ini diplot baru berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol pada 3 Mei atau masih sekitar satu bulan lebih lagi.

Lomba di Jerez pun masih menunggu perkembangan virus Corona yang terus berubah setiap harinya atau bahkan dalam hitungan detik.

Lantas apa kegiatan pembalap MotoGP saat periode vakum ini? Bola.com coba mencari tahu melalui media sosial beberapa pembalap.

1. Fabio Quartararo Jadwalkan Tes di Valencia

2. Miguel Oliveira Jaga Fisik dengan Latihan Supermoto

3. Cal Crutchlow Habiskan Waktu Bersama Keluarga

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

Ready for the snow in Big Bear … 😍❤️

Sebuah kiriman dibagikan oleh Cal Crutchlow (@calcrutchlow) pada

4. Maverick Vinales Kecelakaan Motocross

5. Marc Marquez Rutin Berlatih Motocross

6. Alex Rins Rindukan Lomba

Saksikan Video Pilihan Kami:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Jokowi Datangkan Imigran China di Tengah Pandemi Covid-19? Ini Faktanya

Posted: 15 Mar 2020 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang Presiden Jokowi yang mendatangkan ribuan imigran asal China di tengah pandemi virus corona atau Covid-19 beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan akun Facebook Said Abu Fatih pada Minggu 15 Maret 2020.

Akun Facebook Said Abu Fatih mengunggah video yang diklaim ribuan imigran China baru tiba di Bandara Haluoleo, Sulawesi Tenggara. Akun ini kemudian menambahkan sebuah narasi dalam video yang diunggahnya.

"Kejadian Mengerikan karena ketika rakyat diberbagai wilayah Indonesia sedang panik diberlakukannya status Kejadian Luar Biasa Corona Mengherankan pemerintahan Jokowi mendatangkan ribuan Imigran China Tiongkok (Sabtu 14/3-2020) di Bandara Haluoleo Sulteng," tulis akun Facebook Said Abu Fatih.

Konten yang diunggah akun Facebook Said Abu Fatih telah 799 kali dibagian dan mendapat 98 komentar warganet.

Selain akun Facebook Said Abu Fatih, konten serupa juga diunggah warganet lainnya. Di antaranya saja akun Facebook Akbar Maulana Huzair Huzain, akun Facebook Mengapa Pendatang Dari China Masih Ramai ???, dan akun Facebook Sisca Saranani.

 

Penelusuran Fakta

Cek fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang Presiden Jokowi mendatangkan imigran China di tengah pandemi virus corona. Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari google dengan memasukkan kata kunci "video TKA Bandara Haluoleo".

Hasilnya terdapat sejumlah artikel yang membantah klaim tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Viral Video Puluhan TKA China di Bandara Haluoleo Kendari, Ini Penjelasan Kapolda" yang ditayangkan situs kompas.com pada Senin (16/3/2020).

KENDARI, KOMPAS.com- Video viral yang merekam kedatangan puluhan warga negara asing (WNA) asal China di Bandara Haluoleo Kendari, Minggu (15/3/2020) malam menyebar di media sosial.

Video berdurasi 58 detik itu memperlihatkan sebanyak 40 WNA yang merupakan tenaga kerja asing asal China, lengkap dengan koper dan menggunakan masker keluar dari ruangan kedatangan bandara Haluoleo Kendari.

Dalam video itu terdengar suara seseorang meneriakkan WA dan mengaitkan dengan virus corona yang telah mewabah di seluruh dunia.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tenggara (Sultra) Brigjen Pol Merdisyam membenarkan video tersebut. Ia mengatakan, TKA China itu datang dari Jakarta usai mengurus perpanjangan visa dan izin kerja. Selanjutnya, mereka akan kembali bekerja di perusahaan smelter yang ada di Sultra.

"Mereka baru datang dari Jakarta bukan dari China. Memang selama ini belum pernah pulang ke China. Mereka akan ke Morosi untuk bekerja kembali," ungkap Kapolda saat dikonfirmasi di Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sultra, Minggu (15/3/2020) malam.

Dijelaskannya, 40 TKA tersebut telah dilengkapi dengan surat dari karantina kesehatan pelabuhan (KKP) dan perizinan dari Imigrasi sebelum tiba di Kendari. Akibat video itu, lanjut Merdisyam, telah terjadi keresahan di tengah masyarakat dan menjadi viral setelah ada yang mengupload di media sosial.

Karena itu ia mengimbau kepada masyarakat agar tidak menyebar informasi yang membuat keresahan karena bisa dijerat pidana undangan-undangan Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

"Ini peringatan keras bagi masyarakat, jangan sengaja meng-upload berita yang meresahkan masyarakat. Saya sampaikan sekali lagi bukan dari China, dan telah mengantongi surat dari karantina kesehatan pelabuhan ," tegas Kapolda Sultra.

Dalam situs kompas.com Kapolda Sulawesi Tenggara (Sultra) Brigjen Pol Merdisyam TKA China  di Bandara Haluoleo Sulteng dalam video tersebut datang dari Jakarta, usai mengurus perpanjangan visa dan izin kerja. Selanjutnya, mereka akan kembali bekerja di perusahaan smelter yang ada di Sultra. 

Artikel lainnya yang membantah klaim tersebut juga bisa dilihat pada situs kumparan.com dengan judul "Penjelasan Polda Sultra soal Video 40 TKA China yang Tiba di Bandara Kendari".

Warga Sulawesi Tenggara (Sultra), digegerkan dengan beredarnya video berdurasi 58 detik yang menunjukkan puluhan Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China tiba di Bandara Haluoleo Kendari, Minggu malam (15/3).

Dalam video tersebut, puluhan TKA itu mengenakan masker. Seseorang yang diduga mengambil video tersebut juga menyebutkan bahwa puluhan TKA itu adalah pembawa Virus Corona yang baru datang dari China. Video itupun viral di media sosial, khususnya WhatsApp dan Facebook.

"Corono bro, satu pesawat corona baru datang, corona bro, luar biasa. Di bandara Haluoleo Kendari," sebut seseorang di dalam video.

Menanggapi video viral tersebut, Kepala Polda Sultra, Brigjen Pol Merdisyam, kepada kendarinesia menjelaskan video tersebut benar. TKA asal China yang ada di dalam video itu berkerja disalah satu perusahaan pemurnian nikel di Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe, Sultra.

Kata Merdi, jumlah TKA yang datang di dalam video tersebut adalah 40 orang. Puluhan TKA itu, kata dia, bukan datang dari China, tapi dari Jakarta.

"Jadi kami sudah konfirmasi bersama dengan Pak Danlanud atas video itu. Kami juga sudah melakukan pengecekan langsung. Bahwa benar, mereka adalah TKA yang berkerja disalah satu perusahaan smelter yang ada di Sultra, yang kembali dari memperpanjang visa di Jakarta, jadi bukan mereka baru datang dari China," jelas Merdisyam.

Merdisyam menjelaskan, sejak kedatangan mereka di Morosi, para TKA itu tidak pernah kembali ke China. "Selama ini mereka memang tidak kembali ke China. Jadi para TKA tersebut dari Jakarta, mengurus izin kerja dan memperpanjang kontrak di Jakarta, akan kembali ke tempat smelter melalui Bandara Haluoleo Kendari," katanya.

Merdi bilang, setelah dilakukan pengecekan, seluruh TKA yang datang itu sudah mengantongi surat keterangan sehat dari Balai Karantina Kesehatan.

"Mereka juga sudah dilengkapi dengan surat keterangan dari karantina kesehatan, dan perizinan dari Imigrasi sebelum mereka tiba di Kendari," terangnya.

Merdi mengatakan, memang sempat terjadi kepanikan warga sejak beredarnya video tersebut. Dia mengimbau agar warga tak mem-publish sesuatu yang dapat meresahkan masyarakat karena terancam pidana.

"Hal ini (kepanikan warga) terjadi karena ada yang meng-upload sesuai dengan video yang kita terima itu. Saya ingatkan jangan membuat hal hal yang dapat meresahkan masyarakat tanpa ada dasar, karena bisa dikenakan dengan tindak pidana, khususnya UU ITE. Jadi peringatan keras bagi masyarakat, jangan sembarangan mengupload dan membuat resah masyarakat," pungkasnya.

Kesimpulan

Kabar tentang Presiden Jokowi mendatangkan imigran asal China di tengah pandemi virus corona ternyata tidak benar. TKA yang berada dalam video tersebut datang dari Jakarta bukan dari China. Mereka berkerja disalah satu perusahaan pemurnian nikel di Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe, Sultra. 

Jumlah TKA yang datang di dalam video tersebut adalah 40 orang, bukan ribuan. Para TKA itu tidak pernah kembali ke China. Narasi yang disampaikan akun Facebook Said Abu Fatih tidak sesuai dengan fakta sebenarnya.

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemprov DKI: Stok Beras untuk Masyarakat Jakarta Aman Hingga 6 Bulan ke Depan

Posted: 15 Mar 2020 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Kelautan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta Darjamuni menyatakan beras untuk masyarakat Jakarta saat ini tersedia hingga enam bulan ke depan.

"Kebutuhan beras untuk Jakarta kami jamin aman, warga Jakarta tidak perlu risau tidak perlu panic buying dengan kondisi yang terjadi saat ini dari dampak Covid-19," kata Darjamuni dalam keterangan tertulisnya, Senin (16/3/20202).

Stock beras saat ini yakni sebanyak 351.056 ton. Karena itu, Darjamuni menyatakan pihaknya akan terus memantau harga pangan di Jakarta.

"Ketersediaan beras Jakarta akan tetap stabil hingga akhir 2020. Karena sebentar lagi sekitar April 2020 akan terjadi musim panen diberbagai daerah artinya beras masuk ke Jakarta akan bertambah," jelasnya.

Sebelumnya, Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Covid-19 Achmad Yurianto menyebut jumlah jumlah orang dengan positif Corona di Indonesia bertambah menjadi 117 orang dari hari sebelumnya 96 orang.

"21 kasus baru. 117 kasus positif yang dilaporkan siang ini (di) Jakarta dan Banten," kata Achmad Yurianto, Minggu (15/3/2020).

 

Optimistis Makin Banyak yang Sembuh dari Corona

Sementara itu, kondisi pasien yang dinyatakan negatif ada tujuh orang. Yuri optimistis bahwa akan semakin banyak mereka yang sembuh.Yuri mengimbau supaya Pemerintah Daerah meliburkan sekolah. Ia pun meminta ketika sekolah diliburkan namun bukan dalam rangka rekreasi. 

"Tolong jangan libur untuk rekreasi. Mari sama-sama untuk mengurangi penyebaran," imbau Yuri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Google Gratiskan Hangouts Meets agar Pengguna Bisa Kerja dari Rumah

Posted: 15 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dengan meningkatnya jumlah kasus pasien virus Corona (Covid-19) di berbagai negara, Google memutuskan untuk mengratiskan fitur premium mereka, Hangouts Meet.

Berita Hangouts Meet yang dapat digunakan secara gratis untuk bekerja dan belajar dari rumah untuk menghindari penyebaran virus Corona ini menjadi sorotan pembaca kanal Tekno Liputan6.com, Minggu (15/3/2020).

Informasi lain yang juga menjadi sorotan, termasuk warganet gaungkan #StayatHome di Twitter, dan start-up edutech yang siap membantu kegiatan belajar online.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Google Gratiskan Fitur Hangouts Meet karena Wabah Virus Corona

Berjalannya waktu, jumlah kasus pasien Virus Corona pun semakin bertambah dan semakin luas menyebar ke berbagai negara di dunia.

Tak ayal, sejumlah pemerintahan di berbagai negara pun meminta warganya untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan, termasuk pergi ke kantor, kampus, hingga bersekolah.

Berbagai perusahaan pun ikut mengeluarkan surat edaran yang menyebutkan, karyawan mereka dapat bekerja dari rumah--online--guna meminimalisasi penyebaran Virus Corona (Covid-19) untuk dua pekan ke depan.

Baca selengkapnya di sini

 

2. Kurangi Penyebaran Virus Corona, Warganet Gaungkan Tagar Stay at Home

Pemerintah baru saja mengeluarkan kebijakan terbaru bagi masyarakat untuk menekan sebaran virus Corona. Terkini, Presiden Joko Widodo mengumumkan telah membuat kebijakan untuk beraktivitas di rumah.

"Untuk mengatasi penyebaran Covid-19 membuat kebijakan belajar dari rumah bagi pelajar dan mahasiswa, sebagian ASN bisa kerja dari rumah dengan online dan mengutamakan pelayanan prima dari masyakarat," tutur Jokowi.

Menyusul pengumuman tersebut, tagar #StayatHome pun bergema di Twitter. Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Minggu (15/3/2020), tagar ini sudah berada di posisi puncak trending topic Twitter Indonesia.

Baca selengkapnya di sini

3. Sekolah Libur karena Virus Corona, Edtech Startup Siap Bantu Kegiatan Belajar Online

Beberapa pemerintah daerah mulai mengambil kebijakan meliburkan sekolah sebagai salah satu upaya untuk mencegah atau mengurangi penyebaran virus Corona. Sebut saja DKI Jakarta, Jateng, Banten, Bandung, dan Depok

Menanggapi hal ini, Tomy Yunus, CEO Cakap--edtech startup berbasis di Jakarta--menyatakan kesiapannya untuk menyediakan online platform sebagai alternatif kegiatan belajar mengajar bagi para siswa dan guru di Indonesia.

"Kesehatan tetap harus diutamakan di tengah merebaknya pandemi Covid-19 ini. Dengan teknologi yang kami kembangkan, kami berharap dapat membantu kegiatan belajar mengajar secara aman melalui pembelajaran jarak jauh," tutur Tomy.

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Olga Kurylenko, Bintang Film James Bond Positif Corona

Posted: 15 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aktris Olga Kurylenko mengumumkan bahwa dirinya positif terinfeksi virus corona. Ia menjadi selebritas kedua setelah Tom Hanks yang positif corona.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sehari Usai Suami Intan RJ Dimakamkan, Anak Nangis Ingin Tidur Ditemani

Posted: 15 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Duka masih menyelimuti keluarga kecil penyanyi Intan RJ. Sang suami, Wahyu Indra Utama, meninggal dunia karena penyakit infeksi paru-paru.

Jenazah suami Intan RJ pun dimakamkan di TPU Duri Kepa, Jakarta Barat pada Sabtu (14/3/2020). Selang sehari setelah pemakaman, Intan RJ masih harus menghadapi kehilangan yang dirasakan anak-anaknya.

"Mencoba kuat d dpan anak anak wlopun hancur bgt hati ini.. hancur rasanya dunia ini..," tulis Intan RJ melalui unggahannya di Instagram Stories.

Dalam unggahan tersebut, Intan RJ mengatakan bahwa putranya menangis keras karena ingin tidur ditemani oleh sang ayah.

 

Anak Kangen Ayahnya

Unggahan Intan RJ di Instagram Stories
Unggahan Intan RJ di Instagram Stories

"Sampai malam,, tiba tiba anakku yg kedua, Abdullah, udh tidur tau tau kebangun, nangis jejeritan, aku kangen papaaaaa, aku kangen papaaaa ,aku mau bobo sama papa, tapi aku tauuu papa udh meninggal dan udh gak bs lagi bobo," lanjut Intan RJ.

Ditemani Adik

Intan RJ (Surya Hadiansyah/Liputan6.com)
Intan RJ (Surya Hadiansyah/Liputan6.com)

Putranya itu baru bisa kembali memejamkan mata setelah ditemani oleh paman dan tantenya. "Sampai akhirnya d temenin sama adekku dan istrinya u/ bobo Abdullah..," tulis Intan RJ lagi.

 

Tak Kuat

Penyanyi Intan RJ (https://www.instagram.com/p/B2YgF1BJkX0/)
Penyanyi Intan RJ (https://www.instagram.com/p/B2YgF1BJkX0/)

Hal-hal seperti itu lah yang membuat Intan RJ semakin tak kuat menahan kesedihannya. Masa-masa di mana anak-anaknya merindukan sosok sang ayah.

Hancur

Intan RJ (Deki Prayoga/bintang.com)
Intan RJ (Deki Prayoga/bintang.com)

"Begini beginiii nih buat aku hancuurrr bgt.. mau nangis gak boleh d dpan anak hrus tahaann harus kuat....Terimakasih ya Allah udh ksh aku dgn sgala daya upaya buat aku kuat..!!!" tutup Intan RJ.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPU Rapat Pleno, Sikapi Perkembangan Pilkada 2020 Terhadap Penyebaran Covid-19

Posted: 15 Mar 2020 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum Pusat hari ini melaksanakan rapat pleno rutin. Salah satunya menyikapi perkembangan Pilkada 2020 berkaitan dengan pandemi virus corona atau Covid-19.

"Iya rapat pleno rutin, termasuk menyikapi perkembangan pilkada berkaitan dengan pandemi corona," kata Komisioner KPU Hasyim Asyhari saat dikonfirmasi, Senin (16/3/2020).

Dia menuturkan, di rapat pleno nanti akan membahas perubahan skema pilkada jika masih ada pandemi Covid-19.

"Nah itu juga yang akan dibahas dalam pleno hari ini (rencana perubahan skema Pilkada)," ungkap Hasyim.

Senada, Komisioner KPU Pramono Ubaid akan membahas bagaimana pelaksanaan tahapan pilkada disesuaikan dengan kondisi Covid-19.

"Misalnya, bagaimana teknisnya pengaturan kerja dari rumah. Terutama kantor-kantor KPU di daerah yang telah terjangkit korona. Lalu bagaimana teknisnya agar pelaksanaan verifikasi faktual dukungan calon perseorangan oleh PPS, juga menjamin keselamatan dan kesehatan petugas kita maupun pendukung yang diverifikasi faktual," jelas Pramono.

Verifikasi Faktual

Menurut dia, verifikasi faktual ini sifatnya massif, maka pihaknya ingin memastikan agar proses tersebut tidak menjadi medium penyebaran wabah Covid-19.

"Nah, hal-hal teknis tersebut yang akan kita bahas dalam pleno kita hari ini," pungkasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Corona, Bupati Bogor Berlakukan Semi Lockdown di Kawasan Puncak

Posted: 15 Mar 2020 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kabupaten Bogor memberlakukan pengetatan pengawasan dan pemantauan di sejumlah kawasan wisata Puncak, Bogor, Jawa Barat. Kebijakan ini untuk mencegah terjadinya penularan yang membuat meningkatnya jumlah korban yang terpapar virus Corona.

Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan, meski belum adanya temuan kasus suspect COVID-19, Pemkab Bogor tetap berupaya memperketat sejumlah lokasi, yang banyak dikunjungi wisatawan asing, khususnya kawasan Puncak dan daerah perbatasan dengan Depok dan Bekasi.

"Kita sepakat sejumlah kawasan wisata di Kabupaten Bogor, seperti wilayah Puncak kita berlakukan Semi Lockdown (semi isolasi)," kata Ade, Minggu (16/3/2020).

Menurutnya, semi lockdown hanya difokuskan terhadap turis asing. Karena tempat-tempat wisata yang berada di wilayah perbatasan Cianjur sampai saat ini masih banyak dikunjungi wisatawan mancanegara terutama dari Timur Tengah.

"Kita sudah komunikasikan secara intensif dengan para pelaku usaha hotel dan restoran di Puncak terkait kebijakan antisipasi wabah Corona ini," ucap Ade.

 

Mengapa Semi Lockdown

Ade menerangkan, pertimbangan diberlakukan semi lockdown agar industri pariwisata di kawasan Puncak tidak mengalami penurunan drastis imbas virus corona yang terus merebak di Indonesia.

"Seandainya di lockdown total selama dua minggu, kasihan mereka mau cari makan dari mana, kebanyakan pekerja harian. Mending kalau ada yang ngejamin, mereka diam di rumah selama dua Minggu, kemudian disediakan berasnya dan ini lauk-pauknya. Masa kita harus membiayainya, kan tidak mungkin," kata dia.

Meski begitu, pihaknya tetap akan melakukan pemantauan dan pengawasan secara ketat terhadap para wisatawan mancanegara maupun domestik yang datang ke wilayah tersebut. Langkah ini untuk mengurangi penyebaran virus yang belum ada obatnya itu.

"Semi lock down ini juga supaya kita khususnya warga lebih aware terhadap pola hidup bersih dan sehat (PHBS)," ucapnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Fakta Shopee Liga 1 2020: Rekor Kartu di Makassar

Posted: 15 Mar 2020 09:20 PM PDT

Jakarta Shopee Liga 1 ditunda penyelenggaraannya karena virus corona. Liga 1 baru berlangsung hingga pekan ketiga yang berakhir pada Minggu (15/3/2020) dan masih diwarnai hujan kartu.

Seperti dilansir Bola.com, Dua partai yang digelar di Bali dan Makasar mencatat rekor kartu kuning terbanyak. Saat Bali United mengalahkan Madura United 3-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali, Minggu (15/3/2020), wasit Aprisman Aranda mengeluarkan 10 kartu kuning.

Sementara, pada duel PSM kontra Barito Putera yang berakhir imbang, 1-1 di Stadion Andi Mattalatta Makasar pada hari yang sama, wasit Khoirul Anam mengeluarkan 11 kartu kuning.

Madura United dan Barito Putera mengukir catatan klub Shopee Liga 1 yang paling banyak mengoleksi kartu kuning, masing-masing sejumlah tujuh.

Duel panas juga terjadi di Magelang dan Kediri, Sabtu (14 3/2020). Pertandingan PSIS kontra Arema FC (2-0) dan Persik melawan Persiraja (0-1), masing-masing ditandai dengan dua kartu merah.

Namun, bila dibandingkan pekan kedua, ada penurunan jumlah kartu kuning dan kartu merah. Pekan ini, total ada 47 kartu kuning, sedangkan sebelumnya ada 48. Pada pekan kedua, ada lima kartu merah, sedangkan pekan ketiga hanya empat.

Dari sisi penonton, laga Persib Bandung versus PSS Sleman menjadi yang terbanyak. Duel yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kab. Bandung ini disaksikan oleh 26.677 penonton.

Setelah pekan ketiga, kompetisi Shopee Liga 1 libur. Ini merupakan kebijakan PSSI dan pemerintah untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona.

Data dan Fakta

Shopee Liga 1 2020 Logo. (Bola.com/Dody Iryawan)
Shopee Liga 1 2020 Logo. (Bola.com/Dody Iryawan)

Borneo FC Vs Persela Lamongan 2-1

  • Kartu kuning: 5
  • Kartu merah: 0
  • Penonton: 4.171

 

Persebaya Vs Persipura 3-4

  • Kartu kuning: 3
  • Kartu merah: 0
  • Penonton: 12.227

 

PSIS Vs Arema 2-0

  • Kartu kuning: 6
  • Kartu merah: 2
  • Penonton: 16.272

 

Persik Vs Persiraja 0-1

  • Kartu kuning: 4
  • Kartu merah: 2
  • Penonton: 11.042

 

Bhayangkara FC Vs Persija 2-2

  • Kartu kuning: 2
  • Kartu merah: 0
  • Penonton: 0

 

Bali United Vs Madura United 3-1

  • Kartu kuning: 10
  • Kartu merah: 0
  • Penonton: 8.223

 

Persikabo Vs Persita 3-1

  • Kartu kuning: 2
  • Kartu merah: 0
  • Penonton: 9.962

 

PSM Vs Barito Putera 1-1

  • Kartu kuning: 11
  • Kartu merah: 0
  • Penonton: 7.538

 

Persib Vs PSS 2-1

  • Kartu kuning: 4
  • Kartu merah: 0
  • Penonton: 26.677

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siaga Virus Corona, Stok BBM dan LPG Cukup untuk 20 Hari

Posted: 15 Mar 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) memastikan jika layanan kepada masyarakat serta pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Liquefied Petroleum Gas (LPG) dalam kondisi aman. Saat ini, Ketahanan stok BBM dan LPG untuk seluruh produk, secara nasional rata-rata di atas 20 hari.

VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman menegaskan, Pertamina menjamin seluruh produk BBM dan LPG tetap tersedia dan cukup untuk melayani kebutuhan masyarakat di seluruh tanah air.

"Sebagai BUMN yang berperan strategis untuk melayani energi, Pertamina tetap fokus dan memastikan proses penyediaan energi mulai dari fungsi hulu migas, kilang, distribusi hingga pemasaran tetap berjalan baik. Sehingga ketersediaan dan penyaluran BBM dan LPG di seluruh tanah air juga tetap lancar," katanya pada Senin (16/03/2020).

Dalam menghadapi wabah Covid 19, lanjut Fajriyah, Pertamina menghimbau masyarakat menggunakan BBM dengan bijak dan sesuai kebutuhan. Bagi masyarakat yang tergolong mampu diharapkan menggunakan BBM yang berkualitas baik dan LPG Non Subsidi.

"Kami berharap masyarakat tetap tenang dan membeli BBM dan LPG sesuai kebutuhan dan peruntukannya. Dipastikan seluruh SPBU dan Agen serta Pangkalan LPG tetap beroperasi untuk memberikan layanan terbaik kepada seluruh pelanggan Pertamina," imbuh dia.

Setelah dikeluarkannya Surat Edaran kepada seluruh pekerja agar mengurangi aktivitas di luar kantor, menunda keberangkatan ke luar negeri serta meningkatkan prilaku hidup sehat.

Pertamina juga mengatur mekanisme dan pengelolaan penugasan pekerja, sehingga seluruh proses bisnis perusahaan tetap berjalan baik dan pelayanan kepada masyarakat tetap aman.

Sesuai standar perusahaan, telah dilakukan pemetaan jenis pekerjaan tertentu yang tetap harus terus berjalan dan tidak boleh berhenti serta pekerjaan yang dapat dilakukan dari rumah.

"Pertamina sangat memperhatikan dan berkepentingan untuk mengelola risiko serendah mungkin di seluruh lini operasional Perusahaan terkait dengan potensi penyebaran Covid-19. Namun Pertamina tetap berkomitmen untuk memastikan dan mengamankan ketersediaan energi nasional, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dan meyakinkan kelancaran operasional proses bisnis perusahaan," jelasnya.

Untuk memastikan kelancaran operasional dan ketersediaan energi, tambah Fajriyah, Pertamina terus memantau dan berkoordinasi dengan berbagai instansi terkait.

 

 

PLN Pastikan Pasok Listrik untuk Masyarakat

Pasukan Elit PLN saat beraksi di Menara Sutet Jalan Asia Afrika, Jakarta, Rabu (12/8/2015). Pekerjaan tersebut mengandung resiko besar karena jaringan listrik masih dipelihara tanpa dipadamkan. (Liputan6.com/Helmi Afandi)
Pasukan Elit PLN saat beraksi di Menara Sutet Jalan Asia Afrika, Jakarta, Rabu (12/8/2015). Pekerjaan tersebut mengandung resiko besar karena jaringan listrik masih dipelihara tanpa dipadamkan. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Perusahaan Listrik Nasional (PLN) terus tingkatkan kesiagaan dan kesigapan untuk menjaga pasokan listrik kepada masyarakat selama munculnya Covid-19 atau virus corona.

Upaya yang dilakukan antara lain dengan menerapkan standar yang lebih tinggi terutama pada operasi penyediaan listrik, mulai dari Penyediaan Energi Primer, Pembangkitan, Pengaturan Beban, Transmisi, dan Distribusi untuk tetap menjaga pelayanan pasokan listrik ke pelanggan, termasuk melaksanakan pekerjaan pemeliharan sesuai jadwal yang telah direncanakan.

"Semua itu kami lakukan untuk memberikan layanan terbaik kepada seluruh pelanggan PLN, kami juga instruksikan kepada seluruh insan PLN agar tetap bertugas menjaga pasokan energi listrik," Ungkap Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini pada Minggu (15/03/2020).

Sejak awal Maret, PLN telah melakukan langkah-langkah preventif terhadap upaya pencegahan penyebaran virus corona. PLN juga melakukan pemeriksaan kesehatan dan meningkatkan kebersihan lingkungan kerja secara rutin kepada Petugas Control Room dan Dispatcher pengelola aliran listrik.

Pada unit-unit kerja yang bersifat kritikal, juga akan disediakan ruang pemeriksaan kesehatan rutin beserta petugas medis dan peralatan pendukungnya. Sementara itu, PLN juga menambah unit Control System sebagai cadangan (Mirroring) untuk memastikan bahwa pasokan listrik kepada masyarakat tidak terganggu.

"Hal ini dilakukan untuk memastikan seluruh petugas dalam kondisi prima sehingga bisa bekerja maksimal dalam menjaga pasokan listrik bagi masyarakat," jelas Zulkifli.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kadin Surabaya Imbau Pelaku Usaha Jangan Panik dan Tetap Waspada Hadapi Covid-19

Posted: 15 Mar 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Surabaya mendorong aktivitas bisnis tetap dilakukan dengan normal sambil tetap waspada dan menjaga perilaku hidup sehat di tengah merebaknya virus corona atau COVID-19. Selain itu, kebersihan lingkugan kerja juga harus dipastikan agar pengusaha dan karyawan terhindar dari penyakit.

Pelaku usaha juga diharapkan tidak mengambil kesempatan dalam kesempitan dengan situasi saat ini. "Kami berpesan, jangan mengambil kesempatan dalam kesempitan dalam situasi ini, seperti mengambil untung yang tidak rasional untuk sejumlah komoditas dan barang yang diperlukan masyarakat," tutur Ketua Kadin Surabaya, M.Ali Affandi, seperti dikutip dari Antara, Minggu, 15 Maret 2020.

Andi, sapaan akrab Ali Affandi juga menuturkan, justru dalam situasi seperti saat ini, pelaku usaha harus menunjukkan rasa solidaritas dengan turut menjaga perekonomian.

"Mari jaga ekonomi kita. Tetap gerakkan perekonomian. Tetap berbisnis. Tetap buka toko. Yang punya rencana tambah cabang, misalnya ya tetap tambah cabang. Semuanya diiringi dengan kewaspadaan terkait keselamatan kita semua, namun tetap tidak boleh panik," ujar dia.

Andi mengimbau pelaku usaha di wilayah setempat tidak panik berkaitan dengan penyebaran COVID-19 di Indonesia dan berbagai negara di dunia.

"Sampai saat ini Surabaya tidak diterapkan sebagai daerah terjangkit corona, dan kami mengimbau agar pelaku usaha dan masyarakat tidak panik. Kadin Surabaya percaya pemerintah telah, sedang dan akan terus melakukan upaya terbaik dalam menghadapi corona," tutur dia.

Kadin Surabaya Tunda Kegiatan Libatkan Masyarakat Umum

Ia juga telah memutuskan untuk menunda segala kegiatan Kadin yang melibatkan masyarakat umum sampai batas waktu yang tidak ditentukan, sebagai pertimbangkan keselamatan bersama dan untuk mencegah penyebaran corona.

"Kami memutuskan untuk menunda seluruh kegiatan organisasi, seperti kegiatan seminar dan konsultasi perpajakan yang akan digelar pada Rabu, 18 Maret 2020 yang diputuskan untuk ditunda. Padahal, kegiatan tersebut telah dinantikan banyak pelaku usaha, khususnya yang berskala kecil-menengah," kata dia.

Sebagai gantinya, kata dia, konsultasi perpajakan tetap bisa dilakukan secara daring dengan pengurus terkait.

"Kewaspadaan atas wabah ini harus kita tingkatkan. Prinsipnya memang sederhana. Jangan panik tapi jangan pula menganggap enteng, jangan meremehkan. Mari kita sama-sama meningkatkan kewaspadaan sebagai wujud tanggung jawab kita atas keselamatan seluruh warga Surabaya," kata dia.

Ia meminta agar seluruh elemen pelaku usaha di Surabaya untuk menjaga kesehatan dengan menkonsumsi makanan-minuman bergizi dan bervitamin. "Olahraga teratur. Istirahat yang cukup. Dan mari saling mendoakan agar situasi sulit ini bisa kita lalui bersama-sama dengan baik," kata Andi.

Sementara itu, Pengamat Ekonomi Universitas Airlangga Surabaya, Wisnu Wibowo menuturkan, ada sejumlah upaya yang perlu dilakukan pemerintah terutama di Jawa Timur untuk mengatasi dampak virus corona atau Covid-19. Pertama, membuat langkah proaktif untuk secepat mungkin mengantisipasi atau melokalisir kemungkinan ada efek penularan terutama di tempat-tempat pelayanan publik dan pintu akses keluar masuk ke luar negeri.

Selain itu, secara ekonomi mengupayakan dengan berbagai insentif dan kelonggaran bagi pelaku usaha untuk bisa mendapatkan akses bahan baku dan penolong yang dibutuhkan oleh sektor industri.

"Bekerja sama dengan OJK dan BI dalam mendapatkan akses pembiayaan dan penangguhan kewajiban pembayaran cicilan kredit," ujar dia.

Selain itu juga mempercepat realisasi belanja daerah. "Bahkan kalau perlu memberikan keringanan/insentif untuk pajak daerah, hotel dan restoran sebagai contohnya," ujar dia saat dihubungi Liputan6.com.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rayakan Ulang Tahun, Pogba Buka Donasi untuk Perangi Virus Corona

Posted: 15 Mar 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Paul Pogba ikut membantu memerangi pandemik virus corona. Pemain termahal MU itu membuka akun donasi untuk membeli peralatan bagi perawat medis.

Pogba baru saja berulang tahun ke-27 pada Minggu (16/3/2020). Alih-alih berpesta, pesepak bola asal Prancis itu justru bertekad memerangi virus corona.

Ia berharap laman donasi yang dibuka bakal bisa mengumpulkan dana hingga 27 ribu pound sterling atau Rp 497 juta. Jika sudah tercapai maka ia ingin donasi terus berlipat ganda.

"Sekarang hari ulang tahun saya. Saya bersyukur keluarga dan teman saat ini dalam kondisi sehat," ujar Pogba dalam akun Facebooknya.

"Namun beberapa orang tidak dalam kondisi sehat sekarang. Saya dan Unicef ingin membantu mencegah penyebaran virus corona dengan memberikan perlengkapan medis yang vital," katanya menambahkan.

 

 

Harus Bersatu

10. Paul Pogba - Pemain yang tak hanya dikenal bermain baik di lapangan namun juga kerap tampil nyentrik diluar lapangan. Paul memiliki banyak mode rambut yang ia aplikasikan disetiap pertandingan, termasuk mohawk. (AFP/Paul Ellis)
10. Paul Pogba - Pemain yang tak hanya dikenal bermain baik di lapangan namun juga kerap tampil nyentrik diluar lapangan. Paul memiliki banyak mode rambut yang ia aplikasikan disetiap pertandingan, termasuk mohawk. (AFP/Paul Ellis)

Pogba pun menjelaskan ia ingin menyediakan 333.3332 sarung tangan, 2777 masker dan 9615 kacamata untuk tenaga medis.

"Prioritas sekarang adalah menghentikan penyebaran virus. Selain itu kita juga harus menghindari informasi salah yang sekarang marak," ujar Pogba.

"Di situasi ini kita semua harus bersatu. Sumbangan sekecil apapun akan sangat berarti, terima kasih untuk semua dukungannya."

Kompetisi yang Ditunda

Kompetisi / Ditunda Hingga

1. Liga Inggris / 3 April

2. Divisi Championship / 3 April

3. Liga Skotlandia / Belum Ditentukan

4. Liga Italia / 3 April

5. Liga Spanyol / 4 April

6. Liga Jerman / 2 April

7. Liga Prancis / Belum Ditentukan

8. Liga Belanda / 3 April

9. Liga Portugal / Belum Ditentukan

10. Liga Denmark / Dua Pekan

11. Liga Champions / Belum Ditentukan

12. Liga Europa / Belum Ditentukan

13. Liga Amerika Serikat / 10 April

14. Liga Super Tiongkok / Belum Ditentukan

15 Liga Jepang / 3 April

16. Piala Eropa 2020 / Diputuskan 17 Maret

17. Copa America / Sedang Dikaji

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bupati Anas Ajak Pelajar Banyuwangi Akses Situs Belajar Online

Posted: 15 Mar 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Banyuwangi Untuk mencegah penyebaran virus corona atau Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), Pemerintah Kabupaten Banyuwangi secara resmi memutuskan untuk mengalihkan kegiatan belajar-mengajar para pelajar sekolah ke rumah mulai 16-28 Maret 2020.

Keputusan tersebut disampaikan pada rapat koordinasi (rakor) peningkatan kewaspadaan dini Covid 19 yang diikuti Forpimda dan lintas elemen di Pendopo Banyuwangi, Minggu malam (15/3). 

"Kita harus semaksimal mungkin melindungi warga. Namun satu hal yang harus dicatat, ini bukan liburan, tapi belajarnya dialihkan dari sekolah ke rumah masing-masing. Jadi jangan setelah kebijakan ini, malah anak-anak diajak liburan oleh keluarganya. Tetap tinggal dan belajar di rumah," ujar Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas.

Pengalihan belajar ke rumah tersebut meliputi KB, TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK. Terkait SMA/SMK sesuai keputusan Gubernur Jatim yang merupakan pihak yang berwenang mengelola SMA/SMK. Adapun RA/MI/MTs/MA sesuai koordinasi dengan Kementerian Agama.

"Ini adalah bagian dari "social distancing", membikin jarak sosial, dengan membatasi interaksi dengan orang lain, apalagi dalam skala yang masif seperti para pelajar yang jumlahnya ratusan ribu. Ini penting bukan hanya untuk melindungi diri sendiri, tapi menyelamatkan orang lain," ujarnya.

 

Situs Belajar Online

Anas menambahkan, untuk pembelajaran di rumah, pelajar silakan mengakses situs belajar.kemdikbud.go.id  dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Atau bisa mengakses seluruh fitur bimbel online @ruangguru secara gratis. 

"Sejak kemarin saya sudah komunikasi dengan CEO Ruangguru, Belva Syah Devara. Akan ada live teaching setiap hari berbagai mata pelajaran SD-SMA. Semuanya gratis. Ini juga sudah saya koordinasikan ke kabupaten-kabupaten lain yang mengalihkan pembelajaran ke rumah, dalam kapasitas kami sebagai pengurus Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi)," ujar Anas yang juga ketua umum Apkasi.

Selain mengalihkan pembelajaran ke rumah, Plt Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi Suratno menambahkan, pihaknya juga membatasi kegiatan-kegiatan pelajar yang bersifat kerumunan. 

"Lomba-lomba sekolah, antar sekolah, dan keilmuan juga ditunda. Outing atau belajar di luar kelas, studi wisata, semuanya kami tunda dan batalkan. Kami berpesan agar orang tua mengawasi putera-puterinya masing-masing," ujar Suratno.

 

Menutup Destinasi Wisata

Selain kebijakan di bidang pendidikan, berdasarkan hasil rakor lintas elemen, Pemkab Banyuwangi juga memutuskan menutup destinasi wisata, dihapusnya jam besuk di RSUD Blambangan, penyiapan rumah sakit swasta untuk menambah ruang isolasi yang telah dimiliki RSUD Blambangan, memastikan kelengkapan fasilitas cuti tangan pakai sabun di berbagai ruang pelayanan publik, penyiapan layanan 112 untuk pusat informasi Covid-19, hingga sosialisasi masif gaya hidup sehat. 

Anas kembali menambahkan, pihaknya juga terus memantau kebijakan pemerintah provinsi dan pusat terkait hal ini. 

"Dalam situasi ini, mari terus saling bantu, saling mendoakan agar situasi ini segera berlalu," pungkas Anas. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Bayu Skak Pakai Batik di Berbagai Negara, Makin Keren

Posted: 15 Mar 2020 09:15 PM PDT

Pemeran Bayu di film Yowis Ben ini bahkan tak segan memakai batik saat berlibur di Hong Kong. Pada saat itu, ia mengunjungi Universal Studio Hongkong dengan memakai batik. Gayanya dengan batik saat di USH ini banjir pujian netizen. (Liputan6.com/IG/@moektito)
Pemeran Bayu di film Yowis Ben ini bahkan tak segan memakai batik saat berlibur di Hong Kong. Pada saat itu, ia mengunjungi Universal Studio Hongkong dengan memakai batik. Gayanya dengan batik saat di USH ini banjir pujian netizen. (Liputan6.com/IG/@moektito)

Pemeran Bayu di film Yowis Ben ini bahkan tak segan memakai batik saat berlibur di Hong Kong. Pada saat itu, ia mengunjungi Universal Studio Hongkong dengan memakai batik. Gayanya dengan batik saat di USH ini banjir pujian netizen. (Liputan6.com/IG/@moektito)

Berkat kepeduliannya terhadap budaya nasional, membuat Bayu Skak diundang Presiden Joko Widodo ke Istana Negara. Saat bertemu dengan Jokowi, pria berusia 26 tahun ini dengan kerennya memakai batik dan bersalaman dengan Jokowi. (Liputan6.com/IG/@moektito)
Berkat kepeduliannya terhadap budaya nasional, membuat Bayu Skak diundang Presiden Joko Widodo ke Istana Negara. Saat bertemu dengan Jokowi, pria berusia 26 tahun ini dengan kerennya memakai batik dan bersalaman dengan Jokowi. (Liputan6.com/IG/@moektito)

Berkat kepeduliannya terhadap budaya nasional, membuat Bayu Skak diundang Presiden Joko Widodo ke Istana Negara. Saat bertemu dengan Jokowi, pria berusia 26 tahun ini dengan kerennya memakai batik dan bersalaman dengan Jokowi. (Liputan6.com/IG/@moektito)

Bahkan saat berkunjung ke California, Amerika Serikat, Bayu Skak melakukan vlog dengan memakai pakaian batik. Ia sangat bangga memakai pakaian khas Indonesia tersebut. Dengan batik tersebut, Bayu terlihat makin keren saja. (Liputan6.com/IG/@moektito)
Bahkan saat berkunjung ke California, Amerika Serikat, Bayu Skak melakukan vlog dengan memakai pakaian batik. Ia sangat bangga memakai pakaian khas Indonesia tersebut. Dengan batik tersebut, Bayu terlihat makin keren saja. (Liputan6.com/IG/@moektito)

Bahkan saat berkunjung ke California, Amerika Serikat, Bayu Skak melakukan vlog dengan memakai pakaian batik. Ia sangat bangga memakai pakaian khas Indonesia tersebut. Dengan batik tersebut, Bayu terlihat makin keren saja. (Liputan6.com/IG/@moektito)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Partai Demokrat Cari Calon Wapres Perempuan untuk Pilpres AS 2020

Posted: 15 Mar 2020 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Washington, D.C. - Dua kandidat calon presiden Partai Demokrat tertarik mencari perempuan untuk menjadi calon wakil presiden mereka di pilpres Amerika Serikat (AS) tahun ini. Kandidat Joe Biden terutama berkomitmen akan memiliki wapres perempuan.

"Faktanya, saya berkomitmen akan memilih perempuan sebagai wakil presiden. Ada sejumlah perempuan yang punya kualifikasi menjadi presiden di masa yang akan datang. Saya akan memilih wanita menjadi wakil presiden saya," ujar Biden seperti dikutip USA Today, Senin (16/3/2020).

Janji itu diungkap Biden pada debat kandidat presiden Partai Demokrat di Washington, D.C. Kandidat pesaing Biden, yakni Bernie Sanders, juga berminat memilih wapres perempuan.

"Dalam segala kemungkinan, saya akan melakukannya," ujar Sanders yang pada 2016 juga maju untuk pilpres AS tetapi tak terpilih partai.

Akan tetapi, Sanders tidak kaku dalam memilih wapres. Bagi Sanders, hal terpenting adalah memastikan ada wanita-wanita progresif di dunia politik.

"Bagi saya, ini masalahnya bukan hanya mencalonkan perempuan, yakni memastikan bahwa kita memiliki wanita progresif dan memang ada perempuan progresi di luar sana," ujar Bernie.

Joe Biden dan Bernie Sanders adalah dua kandidat aktif Partai Demokrat yang tersisa. Kandidat-kandidat lain memutuskan drop out setelah hasil kampanye yang mengecewakan.

Sebelumnya, ada beberapa perempuan yang menjadi kandidat capres Partai Demokrat, yakni Senator Elizabeth Warren yang merupakan mantan dosen Universitas Harvard, lalu Senator Amy Klobuchar, Senator Kamala Harris, hingga penasihat spiritual Marianne Williamson.

Pilpres AS akan dilaksanakan pada November tahun ini. Presiden petahana Donald Trump siap maju untuk periode kedua.

Pemilih Demokrat Jagokan Joe Biden

Mantan Wapres AS Joe Biden unggul di Super Tuesday. Dok: AP
Mantan Wapres AS Joe Biden unggul di Super Tuesday. Dok: AP

Mantan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menjadi favorit di antara pendukung Partai Demokrat untuk menjadi calon presiden 2020. Popularitas Biden cukup jauh di atas pesaingnya, Senator Bernie Sanders.

Dilaporkan USA Today, Selasa, 10 Maret 2020, sebanyak 54 persen pemilih dari Partai Demokrat ingin Joe Biden menjadi capres, sementara hanya 35 persen yang mendukung Bernie Sanders. Sisa dua persen mendukung anggota DPR Tulsi Gabbard yang juga ikut kampanye.

8 persen responden tidak menjawab dan 1 persen ingin memilih calon lain. Hasil itu berdasarkan survei nasional Quinnipiac University.

Para anggota Partai Demokrat juga lebih memandang Joe Biden secara positif. 77 persen responden menyukai Joe Biden, sementara hanya 71 persen yang menyukai Bernie Sanders.

Pada segi kepemimipinan, 52 persen responden berkata kepemimpinan Joe Biden bagus. Namun, hanya 45 persen yang menyebut Bernie Sanders punya kepemimpinan yang baik.

Jika Joe Biden terpilih menjadi capres Partai Demokrat dan bersaing melawan Donald Trump, responden yakin ia bisa mengalahkan Trump di pemilu dengan hasil 52 - 41 persen. Mereka juga yakin Sanders akan menang namun dengan peroleh lebih rendah yaitu 49 - 42 persen.

Joe Biden merupakan mantan wakil presiden era Barack Obama, meski Obama belum melempar dukungan ke Biden. Ia merupakan sosok senior di Partai Demokrat dan dipandang sebagai sosok moderat.

Bernie Sanders merupakan senator dari Vermont yang memiliki kebijakan ekonomi radikal seperti pajak khusus miliarder demi menggratiskan sektor kesehatan dan pendidikan. Ia selama ini independen namun ingin jadi capres lewat Partai Demokrat.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua DPR Dorong Pemerintah Transparan dalam Tangani Covid-19

Posted: 15 Mar 2020 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR Puan Maharani meminta pemerintah, melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona, segera menyampaikan langkah konkrit penanganan wabah Covid-19 secara transparan. Menurut Puan, Pemerintah harus mengoptimalkan fungsi Gugus Tugas ini untuk sosialisasi, deteksi dini, penanganan pasien, penanganan dampak dan rehabilitasi.

"Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 segera mengumumkan langkah-langkah penanganan wabah Corona secara transparan kepada masyarakat, termasuk langkah-langkah kongkret bagaimana mencegah meluasnya penyebaran pageblug (wabah) pandemi Corona," ujar Puan melalui keterangan tertulis, Senin (16/3/2020).

"Gugus Tugas juga harus menjadi representasi kehadiran negara dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat disertai langkah-langkah konkret sosialisiasi, edukasi, mitigasi, tanggap darurat dan pembatasan sosial untuk kepentingan penanganan wabah Corona," imbuhnya.

DPR menyatakan dukungan kepada pemerintah yang telah menetapkan Covid-19 sebagai bencana nasional. Puan turut mendukung isolasi terbatas dan karantina wilayah yang telah diterapkan, berdasarkan UU No 6 tahun 2018 tentang karantina. Yaitu meliburkan sekolah dan mengganti sistem tatap muka melalui daring, meminta masyarakat membatasi pertemuan, menyarankan warga bekerja dari rumah dan segala aktivitas yang mendukung social distancing.

"Karena itu DPR RI meminta Pemerintah dan Masyarakat disiplin melaksanakan social distancing," kata politikus PDIP itu.

 

Tingkatkan Dukungan Fasilitas Kesehatan

Pemerintah juga diminta meningkatkan dukungan fasilitas kesehatan dan tenaga medis untuk penanganan Covid-19. Puan meminta pemerintah menggratiskan biaya pengobatan dan biaya tes specimen bagi yang terpapar Corona.

"DPR juga meminta alat penapisan dan uji sampel didistribusikan ke daerah-daerah, tidak hanya terpusat di Balitbang Kementerian Kesehatan," sambungnya.

Berkat Covid-19 ini, DPR menyadari perlu memperkuat regulasi wabah penyakit. Yaitu dengan revisi UU No 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular "Sehingga memberikan landasan hukum yang cukup bagi pemerintah dalam mengambil tindakan pencegahan dan penanganan wabah penyakit secara efektif," kata Puan.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Work From Home, Warganet Terbelah: Tim di Rumah Aja vs Gue Ngantor

Posted: 15 Mar 2020 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Untuk mencegah penyebaran virus corona, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau masyarakat untuk mulai melakukan aktivitas di rumah, termasuk bekerja.

Namun, tak semua perusahaan memberlakukan kebijakan work from home atau kerja dari rumah kepada karyawannya. Maka tak heran, ada sejumlah karyawan yang memutuskan untuk bekerja dari rumah maupun tetap bekerja dari kantor.

Jokowi kemudian menyebut, langkah social distancing atau menjaga jarak antar satu dengan yang lain menjadi hal paling penting dilakukan dalam situasi mewabahnya virus corona.

Kondisi ini pun membuat warganet terbelah menjadi dua kubu. Sebagian besar warganet menggaungkan tagar #dirumahaja dan tak sedikit yang mencuitkan tagar #GueNgantor.

Berikut cuitan kocak warganet berkaitan dengan tagar #dirumahaja vs #GueNgantor, sembari membagikan kondisi aktivitas bekerja masing-masing.

Cuitan Gue Ngantor

Dok: Twitter/@fahrulllrchmn
Dok: Twitter/@fahrulllrchmn

Jokowi: Saatnya Bekerja, Belajar dan Beribadah dari Rumah

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat membuka rapat kerja Kementerian Perdagangan 2020 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/3/2020). Jokowi mengingatkan jajaran Kemendag agar segera mencari jalan keluar dari krisis yang disebabkan oleh virus corona (covid-19). (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat membuka rapat kerja Kementerian Perdagangan 2020 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/3/2020). Jokowi mengingatkan jajaran Kemendag agar segera mencari jalan keluar dari krisis yang disebabkan oleh virus corona (covid-19). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan agar seluruh rakyat Indonesia tetap bersikap tenang menghadapi penyebaran virus Corona atau Covid-19 yang meluas.

"Kepada seluruh rakyat Indonesia saya harap tenang, tidak panik, tetap produktif agar penyebaran Covid-19 ini bisa kita hambat dan kita setop," ujar Jokowi dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/3/2020).

Presiden mengatakan, dengan kondisi sekarang ini adalah saatnya semua pihak untuk memulai langkah melakukan semua akivitas dari rumah.

"Saatnya kita bekerja dari rumah, belajar dari rumah, beribadah di rumah. Inilah saatnya bekerja bersama-sama, saling tolong menolong dan bersatu padu, gotong royong," ujar Jokowi.

Dengan semua langkah yang diambil pemerintah, Presiden berharap penanganan Covid-19 bisa efektif dan efisien menjangkau semua lapisan masyarakat. Dia juga mengajak masyarakat untuk menyamakan langkah agar wabah cepat berlalu.

"Kita ingin ini menjadi gerakan masyarakat agar masalah Covid 19 ini tertangani dengan maksimal," tegas Jokowi.

 

Peningkatan Pengetesan Covid-19

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat membuka rapat kerja Kementerian Perdagangan 2020 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/3/2020). Jokowi meminta dalam raker ini dapat mempercepat prosedur-prosedur yang sebelumnya sangat lama dan berbelit-belit. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat membuka rapat kerja Kementerian Perdagangan 2020 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/3/2020). Jokowi meminta dalam raker ini dapat mempercepat prosedur-prosedur yang sebelumnya sangat lama dan berbelit-belit. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Selain itu, Presiden juga meminta untuk menunda kegiatan yang melibatkan peserta yang banyak orang dan meningkatkan pelayanan pengetesan Covid-19.

"Juga meningkatkan pengobatan dengan menggunakan RSUD dan RS swasta dan lembaga riset dan pendidikan tinggi yang direkomendasikan Kementerian Kesehatan," papar Jokowi.

(Isk/Why)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Wabah Covid-19, KPK Tetap Beraktivitas Seperti Biasa

Posted: 15 Mar 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Pelaksana Tugas Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Ali Fikri mengatakan hingga kini pemeriksaan dan persidangan di lembaga anti rasuah masih berjalan seperti biasa.

"Mengingat penyelesaian berkas perkara yang dibatasi ketentuan UU, maka kegiatan pemeriksaan saksi-saksi dan tersangka masih berjalan seperti biasa," kata Ali dalam pesan singkatnya, Senin (16/3/2020).

Ia menambahkan, terkait persidangan di Pengadilan Tipikor pun masih berjalan seperti biasa mengingat adanya batas waktu penahanan. Sejauh ini pihaknya masih menerapkan imbauan kepada pengunjung maupun tahanan untuk antisipasi penyebaran wabah Covid-19.

Petugas pengamanan gedung KPK juga melakukan pengecekan suhu badan khususnya ditujukan kepada setiap pengunjung yang datang ke gedung KPK. Termasuk para saksi yang dipanggil penyidik KPK.

"Dan bagi pengunjung yang suhunya lebih dari 38 kami imbau untuk tidak melakukan kunjungan," kata Ali

Adapun, untuk saksi yang memiliki suhu tubuh tinggi, akan dikoordinasikan dengan Kedeputian Penindakan dan Klinik kesehatan KPK. Sedangkan pengunjung biasa disarankan segera datang ke fasilitas kesehatan terdekat.

Imbauan Pada Pegawai KPK

Untuk pegawai KPK, kata Ali pimpinan melalui Sekjen KPK telah mengeluarkan Surat Edaran No 5 Tahun 2020 tanggal 4 Maret 2020 tentang Kesiapsiagaan dan Waspada Virus Corona dan saat ini pegawai KPK sudah tersosialisasi dan teredukasi dengan baik perihal antisipasi wabah virus corona tersebut.

Pihak Biro Umum KPK, tambah Ali, telah memastikan ketersediaan cairan antiseptik dengan rutin diisi ulang di beberapa area di tiap lantai gedung KPK.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gara-Gara Covid-19, Motor Kustom Indonesia Gagal Unjuk Gigi di Amerika

Posted: 15 Mar 2020 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Milwaukee - Akibat Covid-19, 4 motor kustom hasil karya builder Indonesia gagal tampil pada Mama Tried Show di Milwaukee, Amerika Serikat. Keempat motor yang gagal tebar pesona tersebut adalah motor The Greatest Bike Suryanation Motorland 2019, Iconic Bike Suryanation Motorland 2018, Iconic Bike Suryanation Motorland 2019, dan motor Committe Pick Suryanation Motorland 2019.

Rombongan builder Indonesia yang sudah memajang 4 motor di booth, dengan lapang dada mematuhi imbauan yang dikeluarkan oleh Gubernur Wisconsin terkait kasus Covid-19.

"Keputusan penundaaan acara Mama Tried Show dilakukan setelah booth dan motor yang dibawa sudah dipajang di lokasi acara. Kita harus menghormati keputusan yang diambil oleh penyelenggara," jelas Rizky Dwianto, Suryanation Motorland Commitee.

Kendati demikian rombongan pegiat kustom Indonesia tetap mendapat apresiasi dari builder-builder negeri Paman Sam. Saat proses loading berlangsung, beberapa builder asal Amerika yang hadir menyempatkan diri untuk melihat, berbincang dan diskusi mengenai beberapa motor kustom yang akan dipamerkan di Mama Tried Show.

 

Motor Sudah Siap

"Sayang sekali Mama Tried Show harus ditunda karena booth dan motor-motor dari Indonesia yang disiapkan sudah ada di lokasi acara. Tetapi kami juga sempat untuk berdiskusi mengenai motor-motor builder Amerika Serikat yang rencananya akan dipajang untuk acara ini," ujar Budi Kurniawan, pemenang Suryanation Motorland Battle Medan.

Meski batal, para builder Indonesia tetap melanjutkan agenda menjelajahi Amerika dengan mendatangi museum Harley-Davidson dan menimba ilmu dari beberapa buider asal Amerika tetap akan dilakukan.

Sumber: Otosia.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Gaya Jokowi Kerja dari Rumah Hindari Sebaran Virus Corona

Posted: 15 Mar 2020 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggelar rapat terbatas lewat video conference dengan sejumlah menteri, Senin (16/3/2020). Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19.

Rapat ini merupakan format baru yang diterapkan Jokowi, sejak masyarakat diimbau untuk bekerja dari rumah. Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan rapat tersebut dimulai pukul 10.00 WIB.

"(Sekarang) masih berlangsung," ucap Pramono saat dikonfirmasi Liputan6.com, Senin (16/3/2020).

Dalam foto yang diunggah Pramono diakun instagram pribadinya, tampak sejumlah menteri melakukan rapat dari lokasi yang berbeda-beda. Hal ini terlihat dari suasana dan gambar belakang para menteri yang berbeda satu sama lain.

"Rapat terbatas yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin dan diikuti oleh 41 menteri kabinet kerja membahas percepatan ekonomi menghadapi tekanan virus Corona," jelas Pramono.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan agar seluruh rakyat Indonesia tetap bersikap tenang menghadapi penyebaran virus Corona atau Covid-19 yang meluas.

Dia mengatakan, dengan kondisi sekarang ini adalah saatnya semua pihak untuk memulai langkah melakukan semua akivitas dari rumah.

"Saatnya kita bekerja dari rumah, belajar dari rumah, beribadah di rumah. Inilah saatnya bekerja bersama-sama, saling tolong menolong dan bersatu padu, gotong-royong," ujar Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Minggu, 15 Maret 2020.

 

Berharap Efektif dan Efisien

Rapat ini merupakan format baru yang diterapkan Jokowi, sejak para masyarakat diimbau untuk bekerja dari rumah. Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan rapat tersebut dimulai pukul 10.00 WIB. (dok. Setpres)
Rapat ini merupakan format baru yang diterapkan Jokowi, sejak para masyarakat diimbau untuk bekerja dari rumah. Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan rapat tersebut dimulai pukul 10.00 WIB. (dok. Setpres)

Dengan semua langkah yang diambil pemerintah, Jokowi berharap penanganan Covid-19 bisa efektif dan efisien menjangkau semua lapisan masyarakat. Dia juga mengajak masyarakat untuk menyamakan langkah agar wabah cepat berlalu.

"Kita ingin ini menjadi gerakan masyarakat agar masalah Covid 19 ini tertangani dengan maksimal," tegas Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Permintaan Nyeleneh Pelanggan ke Driver Ojol, Absurd Banget

Posted: 15 Mar 2020 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar dari kalian mungkin berpikir bahwa memiliki profesi sebagai pengemudi ojek online bukanlah hal yang sulit. Namun kalian salah besar jika menganggap seperti ini.

Pasalnya menjadi pengemudi ojek online harus memiliki kesabaran yang tinggi. Bagaimana tidak, nyatanya tak sedikit pelanggan yang memberikan permintaan aneh ke para pengemudi ojek online.

Artikel tentang permintaan kocak pelanggan ke pengemudi ojol menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel tentang mahasiswa yang tasnya tertinggal dan diantar pakai helikopter. Sementara artikel terpopuler ketiga tentang viral muazin di Kuawit minta warga salat di rumah saat azan.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 7 Permintaan Kocak Pelanggan ke Pengemudi Ojol, Kelewat Absurd

foto: IG/@dramaojol.id
foto: IG/@dramaojol.id

tak sekedar minta diantar atau dibelikan makanan saja loh banyak pelanggan yang justru melontarkan permintaan yang nyeleneh. Permintaan tersebut bahkan tak pernah kalian bayangkan sebelumnya.

Selengkapnya...

2. Tertinggal di Rumah, Tas Mahasiswa Ini Diantar Menggunakan Helikopter

foto: Twitter/@ItuhMokhele
foto: Twitter/@ItuhMokhele

Sebuah video yang memperlihatkan sebuah helikopter mendarat di sebuah kampus di Afrika Selatan baru-baru ini menjadi viral.

Video yang diunggah oleh akun @ItuhMokhele tersebut memperlihatkan sebuah helikopter mendarat di lapangan parkir mobil Universitas North West di Vanderbijlpark, Afrika Selatan.

Selengkapnya...

3. Viral Muazin di Kuwait Menangis Saat Azan, Serukan Warga untuk Salat di Rumah

Usai mengumandangkan azan subuh, Ahmed Hikmi terjatuh dan meninggal dunia.
Usai mengumandangkan azan subuh, Ahmed Hikmi terjatuh dan meninggal dunia.

Sebuah video muazin di sebuah masjid Kuwait baru-baru ini viral di media sosial. Pada video yang diunggah oleh akun Facebook Mohammed Aslam itu terdengar muazin melantunkan lafal azan berbeda saat menyerukan umat muslim untuk menjalankan ibadah salat subuh.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: