Rabu, 25 Maret 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar untuk Mahasiswa, Ikuti Tahapnya

Posted: 25 Mar 2020 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat makalah yang baik dan benar untuk mahasiswa yang seringkali mendapat tugas atau yang biasa disebut dengan papper. Pada masa perkuliahan, mempelajari cara membuat makalah yang baik dan benar untuk mahasiswa menjadi sangat penting. Terutama mempelajari bagaimana sebenarnya aturan baku yang menjadikan makalah menjadi sebuah hasil karya ilmiah yang baik dan benar.

Artikel ini dibuat untuk memudahkan bagaimana memahami cara membuat makalah yang baik dan benar untuk mahasiswa. Tetapi sebelum kita bahas bagaimana cara membuat makalah yang baik dan benar untuk mahasiswa, penting untuk mengenal lebih dalam tentang apa sebenarnya yang disebut makalah itu sendiri.

Banyak orang mengira bahwa makalah, paper dan jurnal ilmiah merupakan suatu produk yang sama, tetapi sebenarnya beberapa jenis karya tulis tersebut memiliki karakter dan tujuan yang berbeda-beda.

Definisi dan Ciri-Ciri Makalah

Jika kita melihat apa sebenarnya definisi makalah berdasar Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), maka makalah dapat diartikan menjadi dua hal. Yang pertama, makalah merupakan tulisan resmi tentang suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di muka umum dalam suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan. Lalu yang kedua, makalah merupakan karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi.

Makalah memiliki umumnya memiliki beberapa ciri-ciri.

Yang pertama, makalah merupakan hasil kajian dari literatur dan/atau merupakan laporan pelaksanaan dari suatu kegiatan lapangan yang sesuai dengan cakupan permasalahan di suatu perkuliahan.

Selanjutnya, makalah seharusnya dapat mendemonstrasikan pemahaman dari mahasiswa tentang berbagai masalah kajian teoritik atau penerapan mahasiswa dalam menjalankan suatu prosedur, prinsip, atau teori yang ada hubungannya dengan perkuliahan.

Makalah juga hendaknya dapat menjelaskan inti dari informasi yang diperoleh dari berbagai sumber, serta dapat menunjukkan kemampuan meramu berbagai informasi yang didapat menjadi satu kesatuan.

Jenis-Jenis Makalah

Makalah sendiri terbagi menjadi beberapa jenis antara lain:

1. Makalah Induktif, merupakan makalah yang disusun berdasarkan data empiris yang bersifat objektif, dan diperoleh dari lapangan yang relevan dengan masalah yang dibahas.

2. Makalah dedukatif, merupakan makalah yang penulisannya berdasar kajian teoretis

3. Makalah Campuran, merupakan makalah yang cara penulisannya berdasar kajian teoretis dan digabungkan dengan data-data empiris  tetapi harus relevan dengan masalah yang dibahas.

Agar semakin memudahkan dalam memahami cara membuat makalah yang baik dan benar untuk mahasiswa, Liputan6.com, Kamis (26/3/2020) telah merangkum tahapan dalam menulis sebuah makalah, mari kita simak di bawah ini.

Pemilihan Topik

Cara membuat makalah yang baik dan benar untuk mahasiswa dapat dimulai dari menentukan topik. Topik dapat diperoleh dari uraian latar belakang masalah. Latar belakang merupakan sebab mengapa sebuah penelitian penting untuk dilakukan atau alasan mengapa makalah ditulis. Sedangkan tema diperoleh dari sebab yang dijelaskan pada latar belakang.

Topik juga seharusnya membahas atau mengkaji ilmu yang berhubungan dengan masyarakat. Hal tersebut bertujuan agar pembaca dapat mengambil manfaat dari makalah yang dibuat tersebut sesuai dengan ilmu dan informasi yang dibutuhkan.

Pemilihan Bahasa dan Kata

Cara membuat makalah yang baik dan benar untuk mahasiswa tahap selanjutnya adalah pemilihan bahasa. Saat menulis sebuah makalah, hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan bahasa yang digunakan. Bahasa yang digunakan pada makalah biasanya merupakan Bahasa baku atau sesuai ejaan yang disempurnakan.

Pemilihan bahasa akan ikut menentukan bobot kualitas dari makalah yang ditulis. Hal ini cukup penting untuk dapat diperhatikan. Selain pemilihan Bahasa, dalam penulisan makalah juga penting bagi penulisa untuk memperhatikan pemilihan kata agar pembaca mampu memahami dengan baik apa maksud yang ingin disampaikan dalam sebuah makalah.

Dalam memilih kata, seharusnya digunakan Bahasa yang baku atau ilmiah serta tepat sasaran, tidak bertele-tele namun dan  informatif. Lebih baik lagi apabila setiap penjelasannya disertai dengan contoh yang relevan agar memudahkan pembaca untuk memahaminya.

Struktur Makalah

Salah satu bagian yang tidak kalah penting dan sangat perlu untuk diperhatikan dalam cara membuat makalah yang baik dan benar untuk mahasiswa adalah susunan strukturnya, yaitu:

Cover

Cover/Sampul sebuah makalah harus memuat judul makalah, nama penulis, logo lembaga/institusi, tempat dan tahun terbit. Nama penulis ditulis dengan mencantumkan nama asli dan nama lengkap, tidak diperbolehkan untuk disingkat serta tanpa disematkan gelar.

Dicantumkan pula nama instansi atau lembaga tempat penulis bekerja atau menempuh jenjang studi (universitas). Lalu juga perlu untuk mencantumkan tahun selesainya penelitian dan penulisan dari makalah tersebut. Dan yang terakhir, judul harus jelas, singkat, informatif, serta dapat menjelaskan isi dari penelitian dalam makalah tersebut.

Abstrak

Abstrak ditulis dengan dua bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Abstrak dapat berisi ringkasan atau bahasan inti dari makalah, tujuan penelitian, metode penelitian, hipotesa, dan sedikit rangkuman dari hasil penelitian yang telah dilakukan.

Daftar Isi

Dalam daftar isi, harus memuat informasi menganai halaman dari isi makalah. Bab dan sub-bab dalam makalah diberikan keterangan halaman. Hal tersebut agar memudahkan pembaca menemukan bahan yang ingin dibaca. Selain itu, jika pada makalah terdapat gambar atau tabel, pada daftar isi perlu dimuat daftar gambar dan daftar tabel.

Kata Pengantar

Kata pengantar mencakup isi keseluruhan makalah yang membahas isi makalah secara menyeluruh tetapi tidak spesifik dan detail. Hal ini bertujuan agar pembaca mempunyai pandangan umum mengenai arah dari penelitian yang ada dalam makalah tersebut.

Pada kata pengantar, biasanya dicantumkan ucapan syukur kepada Tuhan YME, serta ucapan terimakasih yang ditujukan kepada pihak-pihak yang telah mendukung dan membantu proses penyelesaian makalah.

Selain itu pada bagian ini, dapat dijabarkan juga penjelasan waktu penulisan makalah, tempat penelitian, serta pihak-pihak yang ikut mengarahkan dalam menyelesaikan makalah baik individu, instansi maupun lembaga-lembaga tertentu yang terlibat atau memberikan sumbangsih.

Pada bagian akhir kata pengantar, penulis boleh menuliskan harapan agar makalah dapat bermanfaat bagi pembaca. Lalu dapat dicantumkan nama lengkap dari penulis, tempat dan tanggal atau tahun (waktu) penulisan makalah tersebut.

Pendahuluan

Pendahuluan adalah pembahasan dari awal topik penelitian dalam makalah, disusun oleh dan dari sudut pandang penulis. Pendahuluan dapat dijelaskan secara umum dan singkat namun tujuan dan makna yang disampaikan jelas. Pendahuluan dapat menjelaskan tentang pokok permasalahan awal yang ditemui. Permasalahan yang dimaksud adalah masalah yang ditemukan dan ingin diteliti dalam makalah tersebut.

Latar Belakang

Pada bagian ini dijelaskan permasalahan yang ditemukan dan alasan mengapa masalah tersebut penting untuk diteliti serta di analisa dalam makalah. Latar belakang dijelaskan dengan penjelasan yang umum dan mudah dimengerti.

Rumusan Masalah

Berisi pokok masalah yang ditemukan. Rumusan masalah biasanya singkat dan padat, berisi poin-poin pertanyaan atau masalah yang  diteliti. Rumusan masalah adalah hasil dari bahasan pada latar belakang yang telah diulas sebelumnya.

Rumusan masalah yang baik dengan mengerucutkan permasalahan melalui cara penyempitan kajian permasalahan yang luas dan umum, menjadi masalah yang sangat spesifik dan menjurus.

Rumusan masalah memiliki fungsi sebagai pedoman atau penentu arah sebuah penelitian, penentu metode dan teori yang digunakan, dan agar dapat memudahkan peneliti untuk menentukan sampel dan populasi penelitian.

Tujuan Pembahasan

Tujuan pembahasan berisi manfaat penelitian yang akan dilakukan. Manfaat diperoleh setelah ditemukan hasil atau kesimpulan dari permasalahan dan konfirmasi dari hipotesa awal. Tujuan pembahasan biasanya ditulis secara singkat tetapi menggambarkan dan mendeskripsikan manfaat penelitian kepada pembaca.

Isi

Isi menjelaskan tentang permasalahan, penelitian yang dilakukan, metode penelitian, tempat penelitian, sasaran penelitian, serta penjabaran hasil data-data yang diperoleh di lapangan. Data yang diperoleh dapat merupakan data kualitatif, data kuantitatif, maupun metode campuran. Apabila data didapat dengan proses wawancara, maka penulis dapat mencantumkan kutipan hasil wawancara dengan narasumber tersebut.

Kesimpulan

Kesimpulan adalah penjabaran dari hasil penelitian yang didapatkan. Kesimpulan juga menjabarkan apakah penelitian yang dilakukan telah menjawab rumusan masalah atau masih diperlukan penelitian lanjutan.

Saran

Saran ditujukan kepada pembaca. Saran diambil dari kesimpulan penelitian agar dapat dikembangkan, ditindaklanjuti, maupun diterapkan. Saran berisi manfaat penelitian kepada pembaca berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dengan harapan agar dilaksanakan atau diterapkan oleh pembaca

Penutup

Penutup berisi harapan penulis kepada pembaca. Penulis dapat memberikan kesan dan pesan serta ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang mendukung penulis atas kontribusi nya untuk menyelesaikan makalah penelitian. Pada bagian penutup perlu dijelaskan kekurangan serta kelebihan dalam penulisan makalah penelitian.

Daftar Pustaka

Daftar pustaka berisi referensi yang dicantumkan atau yang digunakan dalam penyusunan makalah. Referensi tersebut bisa berasal dari jurnal, maupun buku. Penulisan daftar pustaka harus disusun secara sistematis serta diurutkan secara sistematis berdasarkan abjad nama pengarang.

Jika daftar pustaka ditulis oleh nama pengarang yang sama namun memiliki waktu atau tahun penerbitan yang berbeda, maka yang terlebih dahulu ditulis adalah terbitan yang pertama. Tetapi apabila nama pengarang sama, dan diterbitkan dalam tahun yang sama, maka nama pengarang disusun dengan membedakan tahun terbitnya.

Itulah beberapa tahapan cara membuat makalah yang baik dan benar untuk mahasiswa. Setelah menyimak cara membuat makalah yang baik dan benar untuk mahasiswa diatas semoga dapat mempermudahmu dalam membuat makalah ya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Pertama, Satu Warga Rembang Positif Virus Corona Covid-19

Posted: 25 Mar 2020 09:52 PM PDT

Liputan6.com, Rembang - Satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) warga Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, dinyatakan pasien positif virus corona Covid-19. Artinya, kasus ini adalah yang pertama kali menjangkit warga setempat.

Kepala Dinas Kabupaten (DKK) Rembang, Ali Syofii mengungkapkan, yang bersangkutan awal mulanya pasien dari RSUD dr R Soetrasno Rembang. Kemudian diisolasi ke RSUD Wongsonegoro Semarang.

Pihaknya mendapatkan kabar pasien tersebut masuk dalam daftar PDP pada 17 Maret 2020, dan saat ini pasien dinyatakan positif corona Covid-19.

"Hasil labnya RSUD Wongsonegoro Semarang, pasien rujukan dari RSUD dr R Soetrano Rembang positif Corona Covid-19," kata Ali saat dikonfirmasi Liputan6.com, Kamis (26/3/2020).

Ali, mengatakan, pasien berprofesi sebagai buruh proyek (bangunan) di kota Bali dan otomatis pernah kontak secara langsung dengan warga yang berada di tempatnya bekerja.

Dia menyebut, pasien yang bersangkutan itu berjenis kelamin laki-laki. Usianya 28 tahun, merupakan warga dari Desa Megal, Kecamatan Pamotan, Kabupaten Rembang.

"Riwayatnya pasien kerja bangunan di Bali. Pernah bersinggungan dengan warga positif terjangkit corona Covid-19 di sana," ungkap Ali.

Data mengungkap, di Kabupaten Rembang terdapat 5 PDP corona Covis-19. Satu pasien dinyatakan negatif corona Covid-19, saat ini kondisinya sudah pulih secara total, dan satu pasien positif corona Covid-19.

"Yang PDP 3 orang dirawat di Rembang, yang 2 orang dirawat di Semarang. Semua pasien telah dicek Swab statusnya dan kami masih menunggu informasi selanjutnya," ungkap Ali.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Juanda: Surabaya Bakal Cerah Berawan

Posted: 25 Mar 2020 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memperkirakan Surabaya, Jawa Timur cenderung cerah berawan pada Kamis (26/3/2020).

Mengutip instagram @infobmkgjuanda, Surabaya akan alami hujan lokal pada pukul 13.00 dan 16.00 WIB. Sedangkan pada malam hari, Surabaya akan cerah berawan. Suhu di Surabaya di kisaran 25-33 derajat celsius dengan kecepatan angin 30 KM per jam. Kelembaban udara 70-95 persen.

BMKG Juanda juga merilis peringatan dini tiga harian di Jawa Timur untuk mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada siang hingga sore hari di Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Ngawi, Kota Kediri dan Kabupaten Malang.

BMKG: Puncak Musim Hujan hingga Maret

Ilustrasi Hujan (iStockphoto)
Ilustrasi Hujan (iStockphoto)

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan cuaca ekstrem di Indonesia akan berlangsung hingga Maret 2020.

"Kalau menurut prediksi BMKG untuk wilayah Indonesia terjadinya cuaca ekstrem tidak serempak, silih berganti. Rata-rata puncak musim hujan Februari-Maret, khusus DIY dan Jateng berlangsung pada Januari-Februari," kata Kepala BMKG Dwikora Karnawati di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa 11 Februari 2020.

Selanjutnya, ujar dia, di kisaran April-Mei sudah memasuki musim kemarau, transisinya adalah pancaroba.

"Untuk ancaman bencananya beda lagi, bukan longsor atau banjir tetapi angin puting beliung. Imbauan kami agar ini bisa diwaspadai oleh seluruh pihak," kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Stasiun Klimatologi Kelas 1 Semarang Tuban Wiyoso mengatakan lebih awalnya cuaca ekstrem yang menjangkau Jawa Tengah dibandingkan wilayah lain karena cuaca di Jawa lebih didominasi oleh pengaruh angin monsun.

"Ini terjadi pada kurun waktu Desember-Februari, puncaknya Januari-Februari. Angin monsun sendiri merupakan angin yang bertiup dari Asia ke wilayah Indonesia. Seperti angin darat, yaitu angin laut tetapi skala musiman, ini dipengaruhi oleh posisi matahari," kata dia seperti dikutip dari Antara.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Menguat Tajam Didorong Paket Stimulus AS

Posted: 25 Mar 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat pada perdagangan Kamis pekan ini. Rupiah menguat dan menjauh dari level 17.000 per dolar AS.

Mengutip Bloomberg, Kamis (26/3/2020), rupiah dibuka di angka 16.205 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang berada di angka 16.500 per dolar AS. Pada pukul 11.11 WIB, rupiah terus menguat sentuh 16.347 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 16.205 per dolar AS hingga 16.347 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 17,9 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI) rupiah dipatok di angka 16.328 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sebelumnya yang ada di angka 16.486 per dolar AS.

Kepala Riset Monex Investindo Futures mengatakan pasar keuangan masih menunggu berita baik persetujuan stimulus pemerintah AS yang belum disepakati di Kongres AS.

"Bila disetujui, ini akan memicu penguatan harga aset berisiko hari ini, termasuk rupiah," ujar Ariston dikutip dari Antara, Kamis (26/3/2020).

Sementara itu, pasar keuangan masih mengkhawatirkan penyebaran wabah COVID-19 yang bisa memperlambat pertumbuhan ekonomi global, yang bisa menekan kembali pergerakan harga aset berisiko hari ini.

"Rupiah berpotensi bergerak menguat ke arah Rp16.300, dengan potensi resisten di Rp16.575 per dolar hari ini," kata Ariston.

Stimulus AS

Aktivitas penukaran uang dolar AS di gerai penukaran mata uang asing PT Ayu Masagung, Jakarta, Kamis (19/3/2020). Nilai tukar Rupiah pada Kamis (19/3) sore ini bergerak melemah menjadi 15.912 per dolar Amerika Serikat, menyentuh level terlemah sejak krisis 1998. (merdeka.com/Imam Buhori)
Aktivitas penukaran uang dolar AS di gerai penukaran mata uang asing PT Ayu Masagung, Jakarta, Kamis (19/3/2020). Nilai tukar Rupiah pada Kamis (19/3) sore ini bergerak melemah menjadi 15.912 per dolar Amerika Serikat, menyentuh level terlemah sejak krisis 1998. (merdeka.com/Imam Buhori)

Senat AS diperkirakan akan menyetujui paket stimulus dua triliun dolar AS pada Rabu malam waktu setempat, untuk mengurangi dampak ekonomi dari COVID-19, setelah berhari-hari negosiasi yang keras antara Partai Republik dan Demokrat.

Para pemimpin Gedung Putih dan Senat mencapai kesepakatan pada Rabu pagi mengenai paket stimulus besar-besaran, yang bertujuan melindungi ekonomi dari dampak yang berkembang dari wabah COVID-19.

Jumlah kasus COVID-19 di Amerika Serikat mencapai 60.000 kasus pada pukul 14.30 Waktu Bagian Timur AS pada Rabu (19.30 GMT), menurut Center for Systems Science and Engineering di Universitas Johns Hopkins.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pandemi Corona Covid-19, RFEF Siap Bantu Finansial Klub-Klub Spanyol

Posted: 25 Mar 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) akan meluncurkan dana senilai 500 juta euro atau sekitar Rp 8,9 triliun. Dana tersebut untuk membantu klub-klub yang berjuang secara finansial di tengah pandemi Corona Covid-19.

Uang itu akan membantu klub yang tidak bisa mengklaim kembali hak siar televisi yang hilang saat pertandingan tidak dimainkan karena pandemi Corona Covid-19. Uang tersebut akan dikembalikan selama lima tahun.

Selain itu, RFEF juga berjanji untuk meminjamkan empat juta euro kepada tim pria dan wanita non-profesional. "Kami ingin duduk bersama La Liga untuk membicarakan masalah yang mungkin dialami beberapa klub," kata presiden RFEF Luis Rubiales seperti dikutip dari BBC.

"Pesan saya adalah persatuan, harapan, disiplin. Semua sepak bola, dari yang sederhana hingga elit, kita harus mengirim pesan solidaritas, bersama-sama kita akan menghentikan virus ini," imbuh Rubiales soal menghadapi pandemi Corona Covid-19.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Kompetisi Dihentikan

Lionel Messi mencetak empat gol saat Barcelona mengalahkan Eibar 5-0 pada pekan ke-25 Liga Spanyol di Camp Nou, Sabtu (22/2/2020).(AP Photo/Joan Monfort)
Lionel Messi mencetak empat gol saat Barcelona mengalahkan Eibar 5-0 pada pekan ke-25 Liga Spanyol di Camp Nou, Sabtu (22/2/2020).(AP Photo/Joan Monfort)

Seperti diberitakan sebelumnya, La Liga menghentikan Liga Spanyol hingga batas waktu yang belum ditentukan. Keputusan diambil setelah menggelar rapat bersama Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF).

Pandemi Corona Covid-19 menjadi alasan kedua pihak menempuh langkah tersebut. "Kompetisi tidak bakal dilanjutkan hingga pemerintah menyatakan keadaan sudah aman," tulis keterangan resmi La Liga.

 

 

Urutan Kedua

Korban tewas di Spanyol akibat Corona COvid-19 telah menyusul Tiongkok, naik 738 menjadi 3.434 pada Rabu (25/3/2020). Jumlah tersebut menempatkan Spanyol di urutan kedua setelah Italia secara global.

Rubiales menawarkan penggunaan hotel dan staf tim nasional, termasuk psikolog dan fisioterapis ke layanan kesehatan negara untuk membantu memerangi virus yang pertama kali ditemukan di Kota Wuhan, Tiongkok, itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ahok Doakan Ibunda Jokowi, Warganet: Sahabat Sejati Tak Kan Pernah Melupakan

Posted: 25 Mar 2020 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ujian kembali mendatangi Presiden Jokowi. Rabu (25/3/2020), ibunda Jokowi, Sudjiatmi Notomiharjo, meninggal dunia di Solo, Jawa Tengah. Kabar duka ini dengan cepat menyebar dan akhirnya sampai ke telinga Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Seperti diketahui, Ahok sahabat Presiden Jokowi. Ahok pernah mendampingi Jokowi memimpin DKI Jakarta sejak 2012. Kala itu, Ahok menjabat Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Dua tahun kemudian, Jokowi terpilih menjadi Presiden Republik Indonesia. Ahok lantas memimpin Jakarta hingga Mei 2017. Mendengar kabar Ibunda Jokowi meninggal, Ahok menyampaikan belasungkawa di medsos pada hari yang sama.

Tempat Terbaik di SisiNya

Unggahan Ahok. (Foto: Dok. Twitter @basuki_btp)
Unggahan Ahok. (Foto: Dok. Twitter @basuki_btp)

Lewat akun Twitter terverifikasi miliknya, yang diikuti 8,7 juta orang, Ahok mencuit. "Turut berduka cita atas meninggalnya Ibu Sujiatmi Notomiharjo, Ibunda dari Bapak Presiden Jokowi," tulis pria kelahiran Belitung Timur, 29 Juni 1966.

Ahok tak lupa mengirim doa untuk almarhumah. "Semoga mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya," Ahok menyambung. Ungkapan dukacita dari Ahok dicuit ulang lebih dari 1.800 kali dan disukai 7 ribuan orang.

Ada Sahabat Selalu Mendukung

Unggahan Ahok. (Foto: Instagram @basukibtp)
Unggahan Ahok. (Foto: Instagram @basukibtp)

Selain turut mendoakan Presiden Jokowi dan keluarga, sejumlah warganet terkenang manisnya persahabatan kedua figur publik ini. 

"Sahabat sejati tak akan pernah melupakan dan selalu menopang sahabatnya yang mengalami kesusahan dan dukacita, dan turut berbelasungkawa, Pak Jokowi," respons seorang warganet. Ia pun mengingatkan Sang Presiden, "Ada sahabat yang selalu mendukung Bapak yaitu Pak BTP dan seluruh rakyat mencintai Bapak. Yang tabah, ya Pak."

Kuatkan Jokowi Lewati Masa Berat

Unggahan Ahok. (Foto: Instagram @basukibtp)
Unggahan Ahok. (Foto: Instagram @basukibtp)

Terbawa suasana, warganet lain meminta Ahok menemui Presiden Jokowi. Bahkan, ia mendoakan Ahok agar dilindungi malaikat dalam perjalanan menemui sahabatnya itu.

"Pak Ahok jangan lupa datang ke rumah Presiden Jokowi, ya. Tapi tetap sesuai prosedur standar kesehatan," pintanya. Yang lain menimpali, "Amin, tetap jadi sahabat terbaik Pak Jokowi, ya pak BTP. Kuatkan dia untuk melalui saat-saat terberatnya sekarang. Semoga Tuhan selalu melindungi Bapak BTP dan Pak Jokowi." 

Doa Seorang Ibu

Ibunda Presiden Joko Widodo, Sudjiatmi Notomiharjo. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Ibunda Presiden Joko Widodo, Sudjiatmi Notomiharjo. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sementara itu, ada pula yang menyorot Sudjiatmi Notomiharjo sebagai sosok penting di balik kesuksesan Presiden Jokowi.

"(Meninggal di) usia 77. Nyuwun pitulungan saking Gusti Allah (Mohon pertolongan dari Tuhan). Doa seorang ibu memang luar biasa. Sugeng tindhak Eyang Putri, berkah dalem Gusti," cuitnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Karantina Selesai, Bonucci Yakin Juventus Lewati Masa Sulit Karena Virus Corona Covid-19

Posted: 25 Mar 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Turin- Bek Juventus, Leonardo Bonucci meyakini timnya bakal segera melewati masa sulit karena isolasi virus corona covid-19. Seperti diketahui, pemain Juventus harus isolasi setelah tiga pemain dinyatakan positif corona covid-19.

Pemain Juventus menjalani karantina selama dua pekan setelah Daniele Rugani pertama kali terkena Virus Corona Covid-19. Lalu dua pemain lain Blaise Matuidi dan Paulo Dybala juga dinyatakan positif terjangkit virus corona.

Kini masa karantina pemain Juventus sudah berakhir. Dia meyakini masa sulit sudah dilewati Juventus.

"Saya baik-baik saja, tapi beberapa waktu belakangan ini begitu sulit. Isolasi mandiri sudah selesai dan saya tak terjangkit, saya beruntung," ujarnya seperti dikutip Football Italia.

"Bersama anak dan istri di rumah, hari-hari menjadi penuh makna. Kami tak pernah bosan. Saya main di taman dengan anak saya Lorenzo seperti biasanya."

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Penuh Arti

Pemain Juventus, Leoanrdo Bonucci dan Cristiano Ronaldo merayakan gol yang dicetak ke gawang Fiorentina pada laga Serie A di Stadion Allianz, Minggu (2/2/2020). Juventus menang 3-0 atas Fiorentina. (AP/Fabio Ferrari)
Pemain Juventus, Leoanrdo Bonucci dan Cristiano Ronaldo merayakan gol yang dicetak ke gawang Fiorentina pada laga Serie A di Stadion Allianz, Minggu (2/2/2020). Juventus menang 3-0 atas Fiorentina. (AP/Fabio Ferrari)

Bonucci menilai musibah virus corona di Italia sudah mengajarkannya banyak hal. Diantaranya lebih peduli dengan keluarga.

"Saat ini saya putuskan harus lebih sering berkumpul paling tidak sekali dalam sepekan," ujarnya.

"Setiap pagi, kami mendapatkan pesan latihan apa yang harus dilakukan. Saya biasanya latihan pukul 3 sore, pertama dengan sepeda statis, push up dan traksi.

"Saya beruntung punya papan seluncur di taman. Itu juga berguna untuk melakukan lari berulang-ulang," ujarnya menambahkan.

 

Nonton Film

 

Bonucci juga mengatakan bisa melakukan banyak hobi di tengah wabah virus corona. Dia menceritakan hobinya.

"Saya suka dengan aktor Checco Zalone, saya juga hobi mancing. Saya biasa mancing dengan kakek waktu kecil," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Corona Covid-19, Pria Ini Ajak Tukang Jahit di Jogja Bersatu Bikin APD

Posted: 25 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pasien positif corona covid-19 di Indonesia kian bertambah. Hingga Kamis (26/3/2020) pagi dari website resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia diketahui jumlah pasien positif COVID-19 mencapai 790 orang. 

Banyaknya pasien positif corona covid-19 yang membutuhkan perawatan, membuat para tenaga medis cukup kewalahan. Tak hanya itu saja, akan tetapi fasilitas yang dibutuhkan oleh para tenaga medis pun kian menipis. Tak ayal, banyak pula rumah sakit yang meminta uluran bantuan donasi untuk memenuhi kebutuhan tenaga medis dalam perawatan pasien dari virus corona di rumah sakit, salah satunya ialah Alat Perlindungan Diri (APD).

Minimnya jumlah APD ini pun membuat banyak orang berinisitif untuk membuat APD sendiri. Bahkan, tak sedikit para tukang jahit di Yogyakarta gotong royong untuk membuat APD bagi tenaga medis.

Hal ini pertama diketahui dari cuitan akun Twitter @budhihermanto. Bahkan, melalui cuitannya pada Rabu (25/3/2020) dirinya juga mengajak para penjahit di Yogyakarta untuk saling berkontribusi dan membantu para tenaga medis dengan keterampilan yang dimiliki.

Saling membantu untuk paramedis

Inisiasi dari Budhi Hermanto dalam membuat APD pun langsung menarik perhatian publik. Tak hanya bagi wilayah Yogyakarta saja, akan tetapi dirinya juga turut mengajak para netizen untuk saling membantu membuat APD bagi daerah masing-masing.

Tak hanya baju APD saja yang tengah digiatkan untuk dibuat, akan tetapi masker serta pelinding wajah (face shield) juga tengah dibikin oleh para netizen.

Dirinya pun kerap membagikan ulang unggahan para netizen yang berinisiatif membuat masker kain dan pelindung wajah sendiri di akun Twitter pribadinya. Dengan barang sederhana namun tetap sesuai prosedur, Budhi Hermanto juga mengajak para netizen pengguna Twitter lainnya untuk turut memberikan bantuan kepada tenaga medis sebagai garda terdepan dalam melawan virus corona atau COVID-19.

Gunakan bahan tahan air

Membuat baju APD sendiri memang bukan hal yang mudah. Bahan yang digunakan pun merupakan bahan tahan air seperti plastik. Bahkan, dalam salah satu unggahannya di akun Twitter, ia juga membagikan sedikit percakapan dengan seorang tukang jahit yang tak ingin dibayar ongkos menjahitnya untuk membuat baju APD bagi para tenaga medis.

Cuitan tersebut pun hingga kini telah disukai lebih dari 19 ribu kali. Berniat membantu tenaga medis untuk mendapatkan APD demi melawan corona, Budhi Hermanto pun turut memberi kesempatan kepada netizen lainnya yang ingin berkontribusi dalam membuat pola baju APD hingga bantu membuat. Tak sedikit pula netizen yang merasa salut dengan tindakannya dan para tukang jahit.

Bantu buat pelindung wajah

Tak hanya baju APD saja, akan tetapi Budhi hermanto juga meminta bantuan kepada para netizen untuk membuat pelindung wajah atau face shield. Tak sedikit pula para netizen yang merespons dengan membuat pelindung wajah dengan bahan mika dan peralatan seadanya.

Ia juga sempat membagikan bagaimana rasanya menggunakan baju APD yang cukup membuat berkeringat saat dipakai. Dirinya pun turut memberi apresiasi kepada para tenaga medis yang masih berjuang melawan corona dengan memakai APD selama berjam-jam.

Sambutan hangat dari netizen

Banyaknya tukang jahit dan netizen yang turut membantu para tenaga medis dengan memenuhi kebutuhan APD ini pun menarik perhatian netizen lainnya. Bahkan, banyak masyarakat juga turut menanggapi ajakan tersebut. Mereka pun turut menawarkan untuk memberi bantuan kontribusi bergabung dalam membuat APD bagi tenaga medis. Banyak dari masyarakat yang juga menghubungi akun Twitter @budhihermanto untuk meminta contoh pola baju APD agar bisa dijahit sendiri dan memberikannya kepada tenaga medis di daerah masing-masing.

Tak sedikit pula netizen yang turut memberikan dukungan dan merespons cuitan-cuitan dan Budhi Hermanto tersebut.

"Sdh terbukti, pd saat mslh negara yg sangat rumit, rakyat tingkat menengah kebawah menjadi penopang yg kuat. Mrk tdk punya uang cukup utk diri & kelg, tp dia punya tenaga dan cinta sesama dan bangsa." tulis akun @hyans_tbn.

"Kalau boleh usul tukang jahitnya mungkin bisa ajak temen2nya yang bersedia bantu juga.. kalau dia sendirian bareng karyawannya kuatir kewalahan... Btw titip salam buat tukang jahitnya Pak, bilangin: dia keren banget!!! Aku nangis bacanya....." ujar akun @boreg8401.

"Semoga tukang jahit selalu di lindungi Allah" tulis akun @Sarip_oyong.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Social Distancing, Apa Sih Maksudnya?

Posted: 25 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pandemi virus corona dan COVID-19 membuat pemerintah anjurkan kita untuk lakukan social distancing. Bagaimana caranya?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

IHSG Dibuka Menguat, Ini Kata BEI

Posted: 25 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terpantau menguat pada pembukaan perdagangan Kamis pekan ini. Seluruh sektor pembentuk IHSG berada di zona hijau.

Pada sesi pembukaan hari ini pukul 09.00 WIB, IHSG naik 139,54 poin atau 3,54 persen ke posisi 4.077,17. Bahkan IHSG sempat menghijau ke level 268,310 poin atau 6,81 persen ke posisi 4.205,942.

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Laksono W Widodo menjelaskan, pergerakan positif ini merupakan imbas dari kenaikan tajam pasar bursa di seluruh dunia, terutama Amerika Serikat (AS).

"Selama kita tutup kemarin, bursa-bursa utama dunia mencatatkan kenaikan tajam terutama di AS karena solusi pemberian insentif ekonominya sudah disetujui. Jadi kali ini IHSG juga mengikuti pola pergerakan Index dunia yang ada sekarang," terangnya, Kamis (26/3/2020).

Adapun di masa awal perdagangan, IHSG berada di posisi tertinggi pada level 4.159,19 dan terendah 3.935,91.Sebanyak 149 saham menguat sehingga mendukung IHSG ke zona hijau. Kemudian 42 saham melemah dan 59 saham diam di tempat.

Total frekuensi perdagangan saham 41.522 kali dengan volume perdagangan 436,5 juta saham. Nilai transaksi harian saham Rp 862,1 miliar.

Investor asing beli bersih saham Rp 73,99 miliar di pasar regular. Posisi dolar Amerika Serikat (AS) berada di kisaran Rp 16.290.

Dari 10 sektor pembentuk IHSG, seluruhnya berada di zona hijau. Penguatan dipimpin sektor keuangan yang naik 7,59 persen. Disusul sektor barang konsumsi yang naik 6,63 persen dan sektor manufaktur naik 4,81 persen.

Seluruh Sektor di Zona Hijau, IHSG Dibuka Menguat ke 4.077,17

Layar indeks harga saham gabungan menunjukkan data di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (2/1). Angka tersebut naik signifikan dibandingkan tahun 2016 yang hanya mencatat penutupan perdagangan pada level 5.296,711 poin. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Layar indeks harga saham gabungan menunjukkan data di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (2/1). Angka tersebut naik signifikan dibandingkan tahun 2016 yang hanya mencatat penutupan perdagangan pada level 5.296,711 poin. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat pada perdagangan Kamis pekan ini. Seluruh sektor pembentuk IHSG berada di zona hijau.

Pada pembukaan perdagangan Kamis (26/3/2020) pukul 09.00 WIB, IHSG naik 139,54 poin atau 3,54 persen ke posisi 4.077,17. Adapun indeks saham LQ45 naik 7,77 persen ke posisi 610,80. Seluruh indeks saham acuan berada di zona hijau.

Di awal perdagangan ini, IHSG berada di posisi tertinggi pada level 4.159,19 dan terendah 3.935,91.

Sebanyak 149 saham menguat sehingga mendukung IHSG ke zona hijau. Kemudian 42 saham melemah dan 59 saham diam di tempat.

Total frekuensi perdagangan saham 41.522 kali dengan volume perdagangan 436,5 juta saham. Nilai transaksi harian saham Rp 862,1 miliar.

Investor asing beli bersih saham Rp 73,99 miliar di pasar regular. Posisi dolar Amerika Serikat (AS) berada di kisaran Rp 16.290.

Dari 10 sektor pembentuk IHSG, seluruhnya berada di zona hijau. Penguatan dipimpin sektor keuangan yang naik 7,59 persen. Disusul sektor barang konsumsi yang naik 6,63 persen dan sektor manufaktur naik 4,81 persen.

Saham-saham yang menguat dan mendorong IHSG ke zona hijau diantaranya BAYU yang turun 25 persen ke Rp 1.375 per lembar saham, BIPP melemah 20 persen ke Rp 60 per lembar saham dan HKMU naik 18,92 persen ke Rp 88 per lembar saham.

Saham yang melemah antara lain PICO turun 6,99 persen ke Rp 426 per saham, PMJS turun 6,93 persen ke Rp 94 per saham dan ACST turun 6,92 persen ke Rp 121 per saham.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Disney Plus Perluas Kehadiran di Eropa

Posted: 25 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah tersedia di tiga negara sejak peluncurannya pada November, kini Disney+ memperluas kehadirannya di tujuh negara lain.

Dilansir GSM Arena, Kamis (26/3/2020), Disney+ kini tersedia di Inggris, Irlandia, Jerman, Spanyol, Italia, Swiss, dan Austria. Harga berlangganan sebesar 5,99 euro atau berkisar Rp 104 ribuan per bulan, atau 59,99 euro atau sekitar Rp 1 jutaan per tahun.

Konten-konten yang tersedia antara lain dari Disney, Pixar, Marvel, semua Star Wars, dan National Geographic. Selain itu juga ada The Mandalorian yang eksklusif di Disney+.

Akan ada sedikit perbedaan konten antara Amerika Serikat (AS), Inggris, dan negara-negara lain di Eropa.

Disney+ seharusnya juga meluncur di Prancis. Namun, Disney memutuskan menunda peluncurannya karena pandemi virus Corona.

Netflix dan YouTube Batasi Kualitas Streaming di Eropa

Netflix diberbagai perangkat. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)
Netflix diberbagai perangkat. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)

Lebih lanjut, Netflix dan YouTube akan membatasi kualitas streaming selama 30 hari di wilayah Uni Eropa untuk menghindari clogging di server dan peningkatan tagihan listrik. Hal ini dilakukan mengikuti permintaan dari pihak Eropa.

Permintaan untuk layanan online mengalami peningkatan tinggi pada level yang belum pernah terjadi sebelumnya. Penyebabnya, isolasi dan karantina mandiri yang tengah diberlakukan terkait penyebaran virus Corona di wilayah Eropa.

Netflix diungkapkan akan mengurangi konsumsi data sebesar 25 persen, tapi pengguna tetap akan mendapatkan kualitas gambar cukup bagus. Biasanya, satu jam video streaming di versi standar (480p) mengonsumsi sekira 1GB data, sedangkan HD bisa mencapai 3GB per jam.

YouTube mengatakan telah terjadi beberapa puncak peningkatan, tapi memutuskan untuk mengambil langkah lebih dahulu dan meminimalkan tekanan pada sistem. YouTube disebut untuk sementara mengalihkan semua trafik di Uni Eropa ke versi standar secara default.

Kedua perusahaan mengungkapkan rencana mereka setelah melakukan panggilan telepon dengan European Commissioner untuk Internal Market, Thierry Breton. Ia memuji kedua perusahaan, dan mengatakan mereka mengambil tindakan sangat cepat. Breton menilai langkah ini akan menjaga kelancaran fungsi internet selama krisis Covid-19.

(Din/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bamsoet Kenang Wejangan Ibunda Jokowi

Posted: 25 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Solo - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo melayat ke rumah duka ibunda Presiden Jokowi di Solo, Jawa Tengah. Kedatangannya di Solo didampingi oleh politisi Partai Golkar Misbakhun.

Menurut Ketua MPR yang akrab disapa Bamsoet itu kedatangannya melayat ke rumah duka untuk mewakili pinmpinan MPR RI. Ia juga mengatakan terakhir bertemu dengan ibunda Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo pada November tahun lalu.

"Saya terakhir bertemu beliau di Solo pada November laku ketika istrinya Gibran melahirkan," kata dia.

Bamsoet mengatakan, Sujiatmi merupakan sosok yang sangat sederhana dan selalu memberikan nasihat kepadanya saat bertemu.

"Beliau selalu menasihati kita-kita yang muda ini dengan wejangan-wejangan nasheat yang sangat baik," ujar Bambang.

Dia mengaku masih teringat dengan nasihat yang pernah diberikan oleh ibunda Jokowi ketika masih sehat. Ia selalu memberikan nasihat yang penuh pesan budi pekerti.

"Nasihat beliau itu bahwa ketika kau ditolong oleh seseorang maka kau tidak boleh mengecewakan orang yang telah menolongmu itu," ucap Bambang.

Dimakamkan Siang Ini

(Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
(Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Ibunda Presiden Jokowi yakni Sujiatmi Notomiharjo wafat pada Rabu 25 Maret 2020 pukul 16.45 WIB di RST Slamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah.

Jokowi mengatakan, sang ibunda meninggal lantaran sakit kanker yang sudah dideritanya lama. "Sakit kanker yang sudah diderita sejak 4 tahun ini," ujar Jokowi di rumah duka, Sumber, Surakarta, Rabu.

Menurut dia, berbagai pengobatan sudah dilakukan. Terakhir, Sujiatmi menjalani pengobatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta.

Jokowi mengatakan, sang ibunda dikebumikan di pemakaman keluarga pada Kamis 26 Maret 2020.

"Rencana pemakaman akan berlangsung pada besok (hari ini) pukul 13.00 di pemakaman keluarga di Mundu, di Kabupaten Karanganyar," kata Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ibunda Presiden Jokowi Meninggal, Sejumlah Seleb Ucapkan Duka dengan Bahasa Jawa Halus

Posted: 25 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Duka tengah menyelimuti keluarga besar Presidan Joko Widodo (Jokowi). Ibundanya, Hj. Sujiatmi Notomiharjo, meninggal dunia setelah mendapat perawatan intensife di RST Tingkat III Slamet Riyadi, Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (25/3/2020).

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa ibunnya meninggal dunia karena penyakit kanker. Dan kanker tersebut sudah 4 tahun bersarang di tubuh ibunnya.

bacajuga:Baca Juga](4211078 4210940 4210786)

Ucapan belasungkawa disampaikan oleh beberapa pihak termaksuk para selebritis Tanah Air melalui akun media sosial miliknya. Mereka mengucapkan duka sedalam-dalamnya atas meninggalnya ibunda Presiden Jokowi.

Berikut sederet selebritis yang mengucapkan belasungkawa, dan mendoakan mendiang ibunda Presiden Jokowi. Sebagian dengan bahasa Jawa halus.

1. Raffi Ahmad

Foto Instagram @raffinagita171
Foto Instagram @raffinagita171

Presenter kenamaan Raffi Ahmad melalui akun Instagramnya @raffinagita1717 mengunggah foto  ibunda Presiden Jokowi, Hj. Sujiatmi Notomiharjo, dan mengucapkan belasungkawa sedalam-dalamnya.

"🙏🙏🙏🙏 Turut berduka Pak @jokowi," tulis Raffi Ahmad Kamis (26/3/2020).

2. Melly Goeslaw

Ungkapan duka meninggalnya ibunda Presiden Jokowi dari para artis. (Sumber: Instagram/@
Ungkapan duka meninggalnya ibunda Presiden Jokowi dari para artis. (Sumber: Instagram/@

Musisi Melly Goeslaw juga tak ketinggalan mengucapkan bellasungkawa atas meninggalnya ibunda Presiden Jokowi, dan mendoakan yang terbaik buat almarhumah.

"Innalillahi wainailaihi rojiun , semoga almarhumah ibu Hj Sujiatmi Notomiharjo ditempatkan di Surga terindah Allah SWT. Dan seluruh keluarga besar Bapak @jokowi diberikan ketabahan 🙏🏻," tulis Melly Goeslaw.

3. Sule

Foto Instagram
Foto Instagram

Komedian Sule melalui akun Instagramnya menucapkan belasungkawa atas meninggalnya Hj Sudjiatmi Notomiharjo ibunda Presiden Jokowi.

"TURUT BERDUKA CITA YG SEDALAM DALAM NYA.SEMOGA ALMARHUMAH DI TEMPATKAN DI SURGA,DAN KELUARGA BESAR ALMARHUMAH DI BERIKAN KETABAHAN DAN KESABARAN AMIN," tulis Sule.

4. Soimah

Foto Instagram
Foto Instagram

Menggunakan bahasa Jawa halus, artis serba bisa Soimah turut berbelasungkawa atas meninggalnya ibunda Jokowi, sambil mengunggah  foto Hj Sudjiatmi Notomiharjo semasa hidup.

"Innalillahi wainnalillahi rojiuun, sugeng tindak nggih bu, mugi2 husnul khotimah, kagem mbah Owi sekeluarga sehat selalu, kuat lan sabar nggih🙏🏻," tulis Soimah

5. Inul Daratista

Foto Instagram @inul.d
Foto Instagram @inul.d

Pedangdut Inul Daratista ikut berduka atas meninggalnya  ibunda Presiden Jokowi, dengan mengunggah foto mendiang Hj Sudjiatmi Notomiharjo. Tak lupa Inul Daratista mendoakan agar almarhumah diterima di sisi Nya.

"Innalillahi wa'inna ilaihi roji'uun😭😇Sugeng Tindak eyang😭😭Ya Allah muliakan beliau di sisiMU, berikan syurga untuknya.Turut berduka cita yg sedalam dalamnya buat ibunda Bpk Presiden RI @jokowi semoga amal ibadahnya diterima di sisiNYA😇," tulis Inul

6. Glenn Fredly

Foto Instagram
Foto Instagram

Glenn Fredly mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya Hj Sudjiatmi Notomiharjo, ibunda Presiden Jokowi. Melalui Instagramnya , Glenn Fredly mengunggah foto Jokowi dan Ibunya semasa hidup, sambil menuliskan doa buat almarhumah.

"Berduka sedalam-dalamnya atas berpulangnya ibu Sujiatmi Notomiharjo, ibunda dari Pak Presiden @jokowi .. Teriring Doa dari hati terdalam menyertai bapak serta keluarga tercinta selalu...Terutama bagi ibunda tercinta.. Dari seorang ibu saya mengenal seorang pemimpin hebat bangsa hari ini," tulis Glenn.

7. Indro Warkop

Foto Instagram
Foto Instagram

Legenda komedi Indonesia, Indro Warkop berbelasungkawa atas meningganya ibunda Presiden Jokowi. Sambil mengunggah foto kebersamaan Presiden Jokowi dan ibunya, Indro Warkop mendoakan yang terbaik buat almarhumah. Komedian ini juga mengucapkan dengan bahasa Jawa halus.

"Nderek Belo Sungkowo atas wafatnya ibu Sudjiatmi Notomihardjo, Ibunda tercinta dari Bapak Presiden Joko Widodo...Semoga almarhumah Husnul Khatimah dan seluruh keluarga yang ditinggalkan DiberiNYA ketabahan, kesabaran dan keikhlasan... Aamin YRA...-indro warkop dan keluarga-," tulis Indro

8. Dewi Perssik

Foto Instagram
Foto Instagram

Pemilik goyang gergaji, Dewwi Perssik melalui akun Instagramnya mengucapkan bela sungkawa atas meninggalnya ibunda Presiden Jokowi. Ia mendoakan agar keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran.

"Innalillahi wa innailaihirojiun... ikut berbela sungkawa ibunda tercinta dari bapak kita @jokowi semoga Allah menerima amal ibadahnya dan yg ditinggalkan diberi ketabahan amin yarobbal alamin... 🙏🏻🙏🏻🙏🏻," tulis Dewi Perssik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Cara Berobat ke Wisma Atlet, RS Darurat Corona COVID-19 di Indonesia

Posted: 25 Mar 2020 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rumah sakit darurat penanganan COVID-19, Wisma Atlet, sudah beroperasi sejak Senin sore, 23 Maret 2020. Total pasien yang sudah dilayani Wisma Atlet sampai hari ini, Kamis, 26 Maret 2020, sebanyak 208 pasien.

"RS Darurat COVID-19 Wisma Atlet sudah beroperasi pada Senin, 23 Maret 2020 pukul 17.30 WIB. Pada 24 Maret pagi sudah ada 74 pasien yang dilayani," kata Mayjen Eko Margiyono dari Pangdam Jaya saat konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Kamis, 26 Maret 2020.

"Kemudian pada 25 Maret pagi, ada 178 pasien. Nah, pagi ini, sudah ada 208 pasien," Eko menambahkan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk berobat dan dilayani di RS Darurat COVID-19 tersebut. Menurut Eko, jika pasien tergolong ringan dan sedang, bisa datang tanpa harus dijemput. 

 

"Kalau memang ada gejala-gejala, silakan datang ke rumah sakit, melalui prosedur biasa. Nanti datang akan turun di lobby akan diperiksa, baru nanti pemeriksaan akan dipilah-pilahkan," ujarnya.

Atau, lanjut Eko, kalau memang tidak yakin bisa datang sendiri, bisa menghubungi call center Corona COVID-19 di nomor 119. Eko, mengatakan, petugas dari 119 akan menjemput dan akan diantar.

Lebih lanjut dia mengatakan, beberapa rumah sakit swasta yang merasa sudah tidak bisa lagi menampung pasien, dapat menyalurkan ke Wisma Atlet dengan catatan sudah ada pemeriksaan awal di rumah sakit tersebut.

"Sehingga ketika kami terima, kami sudah mempunyai data awal dari pasien," kata Eko.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Vivi Artika, Pedangdut Asal Kediri yang Curi Perhatian

Posted: 25 Mar 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Vivi Artika tentunya sudah tak asing lagi di jagat dangdut. Wanita asal Kediri, Jawa Timur ini dikenal sebagai penyanyi dangdut koplo bersuara emas. Bersama sejumlah label rekaman kenamaan, Vivi dapat mencicipi kesuksesan seperti pedangdut senior Nella Kharisma ataupun Via Vallen. 

Vivi Artika kerap membawa sejumlah lagu yang akrab di telinga pecinta musik dangdut, hingga mampu membius para penonton dan penggemarnya. Bahkan ia juga sudah meluncurkan beberapa album, salah satunya bertajuk New Kendedes Sayang 3.

Meski sempat tak percaya diri ketika ditawarin untuk rekaman, kini lagu-lagu dangdutnya pun sudah dinikmati oleh berbagai kalangan. Maka tak heran jika suara merdu Vivi Artika ada di mana-mana. Pedangdut ini pun juga kerap mengcover berbagai lagu dangdut.

Selain berusara emas, Vivi Artika juga punya paras yang cantik. Pedangdut ini memiliki perawakan imut dan tampil fashionable. Penampilannya pun kerap curi perhatian. Tak sedikit kaum Adam yang terpana dengan pesonanya.

Penasaran seperti apa sosok pedangdut asal Jawa Timur ini? Berikut potret pedangdut Vivi Artika dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (26/3/2020).

1. Nah ini dia Vivi Artika, penyanyi dangdut koplo Tanah Air yang memiliki suara emas.

Vivi Artika (Sumber: Instagram/@viviartika)
Vivi Artika (Sumber: Instagram/@viviartika)

2. Selain bersuara emas, paras imutnya juga kerap curi perhatian.

Vivi Artika (Sumber: Instagram/@viviartika)
Vivi Artika (Sumber: Instagram/@viviartika)

3. Vivi Artika ternyata sudah punya kekasih, di akun Instagramnya ia kerap membagikan kebersamaan keduanya.

Vivi Artika (Sumber: Instagram/@viviartika)
Vivi Artika (Sumber: Instagram/@viviartika)

4. Di berbagai kesempatan, pedangdut asal Jawa Timur ini kerap tampil naturan dengan makeup tipis.

Vivi Artika (Sumber: Instagram/@viviartika)
Vivi Artika (Sumber: Instagram/@viviartika)

5. Saat menghadiri acara tertentu, Vivi Artika tampil cantik dengan balutan hijab.

Vivi Artika (Sumber: Instagram/@viviartika)
Vivi Artika (Sumber: Instagram/@viviartika)

6. Potret pelantun Gusti Kulo Los ini saat mengenakan kebaya, ia tampak makin memesona.

Vivi Artika (Sumber: Instagram/@viviartika)
Vivi Artika (Sumber: Instagram/@viviartika)

7. Sebagai penyanyi dangdut yang kerap berbusana glamor, Vivi tak segan tampil sederhana.

Vivi Artika (Sumber: Instagram/@viviartika)
Vivi Artika (Sumber: Instagram/@viviartika)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

208 Pasien Dirawat di Wisma Atlet, 14 Orang Positif Covid-19

Posted: 25 Mar 2020 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 208 pasien terkait virus Corona atau Covid-19 kini dirawat di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat per Kamis (26/3/2020), pukul 06.00 WIB. 

"Pasien rawat inap 208 orang. Di antaranya 121 pria dan 87 wanita," ujar Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya Yudo Margono dalam keterangan pers hari ini, Kamis, (26/3/2020). 

Dari 208 pasien, 14 orang di antaranya positif terinfeksi virus Corona, 146 orang pasien dalam pengawasan (PDP), sementara 48 lainnya masuk dalam kategori orang dalam pemantauan (ODP).

Sementara itu, Pangdam Jaya Mayjen Eko Margiono menyatakan, bahwa RS Darurat Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat tak menerima pasien anak dengan usia di bawah 15 tahun.

"Di dalam penerimaan pasien, RS Darurat ini hanya usia 15 tahun ke atas. Untuk anak-anak tidak kita terima," ujar Eko di Graha BNPB, Jakarta Pusat, Kamis (26/3/2020).

Selain itu,  rumah sakit ini juga tak menerima pasien yang sudah memiliki penyakit penyerta, atau komorbid. Sebab, RS Darurat ini didirikan dengan sistem limitasi kontak dengan petugas medis.

"Termasuk ada pasien yang gejalanya ringan namun ada komorbid, maka dirujuk ke RS Sulianti Saroso atau RSUP Persahabatan," kata Eko. 

 

Hanya Terima Pasien Gejala Ringan hingga Sedang

Selain itu, RS darurat Covid-19 di Wisma Atlet ini juga menerapkan sistem self handling, self karantina, serta limitasi kontak dengan petugas. 

Menurutnya, RS Darurat ini hanya menerima pasien yang memiliki gejala ringan hingga sedang. Jika selama masa karantina di RS Darurat pasien dengan gejala ringan dan sedang tersebut memperlihatkan gejala yang tinggi, maka akan dirujuk ke RS rujukan.

"Kalau gejalanya makin berat maka akan kami limpahkan ke RS rujukan," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Gemas Alaia Moana, Anak Marissa Nasution yang Bermata Biru

Posted: 25 Mar 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan selebriti Tanah Air memang sangat menarik untuk diikuti. Salah satunya kehidupan presenter ternama VJ Marissa, Marissa Nasution.  Dikenal sebagai salah satu keluarga yang harmonis, keluarga pasangan Marissa Nasution dan Benedikt Brueggemann selalu sukses mencuri perhatian publik.

Menikah dengan Benedikt Brueggemann, wanita 34 tahun ini dikaruniai putri cantik bernama Alaia Moana yang lahir pada 28 Mei 2018 lalu. Punya wajah bule dengan rambut pirang dan bermata biru, kegiatan si kecil Alaia selalu ditunggu oleh para penggemarnya. 

Meskipun belum genap dua tahun, namun Alaia sudah jago pose di depan kamera lho. Gayanya yang ekspresif sukses bikin warganet gemas. Alaia menjadi salah satu anak selebriti yang ditunggu-tunggu kecantikannya ketika besar nanti. 

Penasaran seperti apa potretnya? Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas potret Alaia Moana, anak Marissa Nasution yang bermata biru, Kamis (26/3/2020)

 

1. Alaia Moana lahir pada 28 Mei 2018 lalu melengkapi kebahagiaan Marissa Nasution dan Benedikt Brueggemann.

Alaia Moana, Anak Marissa Nasution (Sumber: Instagram//marissaln)
Alaia Moana, Anak Marissa Nasution (Sumber: Instagram//marissaln)

2. Lahir dari ayah yang bule, putri pertama Marissa Nasution ini punya mata biru yang menawan. Cantik banget ya!

Alaia Moana, Anak Marissa Nasution (Sumber: Instagram//marissaln)
Alaia Moana, Anak Marissa Nasution (Sumber: Instagram//marissaln)

3. Tepat pada 28 Mei besok, Alaia genap berusia 2 tahun loh!

Alaia Moana, Anak Marissa Nasution (Sumber: Instagram//marissaln)
Alaia Moana, Anak Marissa Nasution (Sumber: Instagram//marissaln)

4. Meski belum genap berusia 2 tahun, namun kecantikan Alaia Moana sudah terlihat sejak kecil ya.

Alaia Moana, Anak Marissa Nasution (Sumber: Instagram//marissaln)
Alaia Moana, Anak Marissa Nasution (Sumber: Instagram//marissaln)

5. Putri Marissa Nasution ini juga sudah pintar bergaya, sukses bikin gemas ya!

Alaia Moana, Anak Marissa Nasution (Sumber: Instagram//marissaln)
Alaia Moana, Anak Marissa Nasution (Sumber: Instagram//marissaln)

6. Saat ini Marissa sedang hamil anak kedua, gadis cilik ini sebentar lagi menjadi kakak.

Alaia Moana, Anak Marissa Nasution (Sumber: Instagram//marissaln)
Alaia Moana, Anak Marissa Nasution (Sumber: Instagram//marissaln)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Butuh Informasi Terpercaya Soal Corona Covid-19, Twitter Luncurkan Fitur Event Page

Posted: 25 Mar 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat kini bisa dengan mudah mendapatkan informasi resmi dan terpercaya mengenai Corona Covid-19 secara real-time dari lembaga pemerintah. Itu setelah Twitter meluncurkan fitur Event Page untuk para penggunanya.

Event Page ini hadir untuk memberikan data resmi soal Covid-19. Fitur Event Page Covid-19 ini sendiri sudah tersedia untuk pengguna di Indonesia dan negara Asia Pasifik lain, seperti Australia, Filipina, India, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Fitur ini akan terletak di beranda linimasa (home timeline) untuk pengguna perangkat mobile dan di bagian Explore pada desktop.

Untuk mengakses Event Page di desktop, pengguna cukup mengklik ikon tagar yang berada di bagian kiri. Lalu, akan muncul banner biru dengan tulisan Corona Covid-19 dan tinggal diklik untuk mengetahui informasi terkini dari sumber resmi.

Tidak hanya itu, Twitter juga memastikan pihaknya tidak akan memberikan toleransi bagi informasi yang dimanipulasi termasuk percobaan untuk menyalahgunakan layanannya.

"Kami sudah memperluas peraturan keselamatan bagi konten-konten yang dapat membahayakan publik, terkait Corona Covid-19," tutur perusahaan. Untuk itu, Twitter akan menghapus konten yang berisi informasi sebagai berikut:

- Penolakan untuk mengikuti arahan dari para ahli

- Ajakan untuk menggunakan perawatan, pencegahan, termasuk teknik diagnosa yang fiktif atau palsu.

- Konten menyesatkan dari pengguna yang mengaku sebagai ahli atau otoritas negara.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Verifikasi Prioritas untuk Ahli Medis

Ilustrasi Twitter  (iStockPhoto)
Ilustrasi Twitter (iStockPhoto)

Sebagai bagian dari program ini, Twitter juga bekerja sama dengan otoritas kesehatan di seluruh dunia untuk mengidentifikasi ratusan ahli medis, serta melakukan verifikasi terhadap akun mereka.

"Untuk para ahli Covid-19, kami memprioritaskan verifikasi akun Twitter bagi mereka yang terdaftar/memiliki e-mail yang berasosiasi langsung dengan organisasi atau institusi berwenang," tulis perusahaan.

Namun tidak hanya itu, Twitter juga akan mempertimbangkan sejumlah masukan dari publik. Kendati demikian, perusahaan tetap akan memilih masukan tersebut sesuai dengan anjuran dari otoritas kesehatan masyarakat dunia dan mitra.

Perluasan Pencarian Cepat tentang Covid-19

Twitter juga sudah mendedikasikan pencarian cepat bagi pengguna yang ingin mencari informasi tentang Covid-19. Jadi, mereka akan mendapatkan informasi yang terpercaya dan berasal dari sumber resmi pemerintah pad kolom pencarian teratas.

"Kami juga mengamati percakapan secara konsisten untuk memastikan, seluruh kata kunci — termasuk kata yang sering salah dieja— juga muncul saat pengguna melakukan pencarian cepat," tulis perusahaan.

Untuk Indonesia sendiri, Twitter telah bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan untuk mengaktifkan notifikasi tentang Covid-19 sejak Februari 2020. Notifikasi itu terhubung dengan situs resmi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan.

(Agustinus Mario Damar/Dam/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masjid Baiturrachman Solo Siap Gelar Salat Jenazah Ibunda Jokowi

Posted: 25 Mar 2020 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Masjid Baiturrachman yang terletak di Gayamsari, Banyuanyar, Solo akan menjadi tempat untuk mensalatkan jenazah ibunda Presiden Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo.

Pantauan Liputan6.com, sejumlah petugas takmir tampak melakukan persiapan di masjid yang berwarna hijau muda itu.

Persiapan yang dilakukan diantaranya melakukan uji coba pengeras suara dan lainnya

Sebagai masjid yang dipilih ubtuk mensalatkan jenazah, kini sejumlah petugas paspampres dan polisi tampak berjaga di masjid yang letaknya sekitar 200 meter dari rumah duka.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi berterima kasih kepada masyarakat atas ucapan belasungkawa dan doa untuk Sang Ibunda, Sujiatmi Notomihardjo. Jokowi meminta agar masyarakat mendoakan ibunda dari rumah masing-masing.

"Tanpa mengurangi rasa hormat, mohon berkenan berdoa dari rumah masing-masing, dan tidak perlu beramai-ramai melayat ke rumah duka atau ke pemakaman, karena kita tetap harus menjalankan physical distancing (jaga jarak)," ucap Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyampaikan pesan Jokowi kepada wartawan, Kamis (26/3/2020).

Wafat di Usia 77 Tahun

Ibunda Jokowi, Sudjiatmi Notomiharjo, meninggal dunia di Solo. (Foto: Instagram @jokowi)
Ibunda Jokowi, Sudjiatmi Notomiharjo, meninggal dunia di Solo. (Foto: Instagram @jokowi)

Pesan itu sebelumnya juga disampaikan Pratikno kepada para menteri Kabinet Indonesia Maju. Para menteri kabinet diminta untuk tak melayat ke Solo dan berfokus terhadap tugasnya masing-masing, khususnya dalam menangani virus corona (Covid-19).

Kendati begitu, bagi masyarakat yang tetap ingin hadir ke pemakaman atau ke rumah duka diminta untuk mengikuti protokol pemerintah yakni menjaga jarak aman dengan orang lain. Hal ini demi mecegah penularan virus corona.

"Bagi yang hadir, tetap mohon jaga jarak aman sebagaimana telah disampaikan oleh pemerintah," kata Pratikno

"Semoga almarhumah husnul khotimah dan memperoleh tempat paling mulia di sisi Allah SWT," sambung dia.

Seperti diketahui,  Ibunda Presiden Jokowi, Sujiatmi Notomihardjo tutup usia pada Rabu 25 Maret 2020 pukul 16.45 WIB di RST Slamet Riyadi, Solo. Sujiatmi menghemnuskan napas terakhir di usia 77 tahun karena sakit kanker yang telah diderita selama empat tahun terakhir.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Wabah COVID-19 Mereda, Pelajar di Yinchuan China Kembali Bersekolah

Posted: 25 Mar 2020 09:17 PM PDT

Para siswa mengikuti pelajaran melalui video di sebuah sekolah menengah pertama di Yinchuan, Daerah Otonom Etnis Hui Ningxia, China barat laut, Rabu (25/3/2020). Para siswa tahun terakhir sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas di Yinchuan kembali masuk sekolah. (Xinhua/Yang Zhisen)
Para siswa mengikuti pelajaran melalui video di sebuah sekolah menengah pertama di Yinchuan, Daerah Otonom Etnis Hui Ningxia, China barat laut, Rabu (25/3/2020). Para siswa tahun terakhir sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas di Yinchuan kembali masuk sekolah. (Xinhua/Yang Zhisen)

Para siswa mengikuti pelajaran melalui video di sebuah sekolah menengah pertama di Yinchuan, Daerah Otonom Etnis Hui Ningxia, China barat laut, Rabu (25/3/2020). Para siswa tahun terakhir sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas di Yinchuan kembali masuk sekolah. (Xinhua/Yang Zhisen)

Seorang siswa mengambil makanannya di kantin Sekolah Menengah Atas No.9 Yinchuan di Yinchuan, Daerah Otonom Etnis Hui Ningxia, China barat laut, Rabu (25/3/2020). Para siswa tahun terakhir sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas di Yinchuan kembali masuk sekolah. (Xinhua/Yang Zhisen)
Seorang siswa mengambil makanannya di kantin Sekolah Menengah Atas No.9 Yinchuan di Yinchuan, Daerah Otonom Etnis Hui Ningxia, China barat laut, Rabu (25/3/2020). Para siswa tahun terakhir sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas di Yinchuan kembali masuk sekolah. (Xinhua/Yang Zhisen)

Seorang siswa mengambil makanannya di kantin Sekolah Menengah Atas No.9 Yinchuan di Yinchuan, Daerah Otonom Etnis Hui Ningxia, China barat laut, Rabu (25/3/2020). Para siswa tahun terakhir sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas di Yinchuan kembali masuk sekolah. (Xinhua/Yang Zhisen)

Para siswa makan siang di Sekolah Menengah Atas No.9 Yinchuan di Yinchuan, Daerah Otonom Etnis Hui Ningxia, China barat laut, Rabu (25/3/2020). Para siswa tahun terakhir sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas di Yinchuan kembali masuk sekolah. (Xinhua/Yang Zhisen)
Para siswa makan siang di Sekolah Menengah Atas No.9 Yinchuan di Yinchuan, Daerah Otonom Etnis Hui Ningxia, China barat laut, Rabu (25/3/2020). Para siswa tahun terakhir sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas di Yinchuan kembali masuk sekolah. (Xinhua/Yang Zhisen)

Para siswa makan siang di Sekolah Menengah Atas No.9 Yinchuan di Yinchuan, Daerah Otonom Etnis Hui Ningxia, China barat laut, Rabu (25/3/2020). Para siswa tahun terakhir sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas di Yinchuan kembali masuk sekolah. (Xinhua/Yang Zhisen)

Sistem pemantauan suhu tubuh terlihat di sebuah sekolah menengah pertama di Yinchuan, Daerah Otonom Etnis Hui Ningxia, China barat laut, Rabu (25/3/2020). Para siswa tahun terakhir sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas di Yinchuan kembali masuk sekolah. (Xinhua/Jia Haocheng)
Sistem pemantauan suhu tubuh terlihat di sebuah sekolah menengah pertama di Yinchuan, Daerah Otonom Etnis Hui Ningxia, China barat laut, Rabu (25/3/2020). Para siswa tahun terakhir sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas di Yinchuan kembali masuk sekolah. (Xinhua/Jia Haocheng)

Sistem pemantauan suhu tubuh terlihat di sebuah sekolah menengah pertama di Yinchuan, Daerah Otonom Etnis Hui Ningxia, China barat laut, Rabu (25/3/2020). Para siswa tahun terakhir sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas di Yinchuan kembali masuk sekolah. (Xinhua/Jia Haocheng)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemain Arema FC Dapat Teguran Bila Tidak Kirim Video Latihan

Posted: 25 Mar 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Malang - Pemain Arema FC wajib menyerahkan video individual training mereka masing-masing. Meski tidak mendapat sanksi bila tidak melakukan hal itu, tim pelatih tetap akan memberi teguran keras.

Asisten pelatih Arema FC, Charis Yulianto menjelaskan, tim pelatih telah memberikan pekerjaan rumah untuk para punggawa Singo Edan. Pemain Arema FC harus menjaga kebugaran dengan individual training yang dilaporkan melalui video.

Setelah mempertimbangkan beberapa hal akibat pandemi corona di Malang, tim pelatih memutuskan untuk menunda program latihan. Jonathan Bauman dan kawan-kawan akan berlatih sendiri hingga akhir Maret.

"Tidak ada sanksi, tim pelatih Arema FC tidak memberikan sanksi kepada pemain. Hanya saja, tetap ada teguran keras dan tetap pasti ada konsekuensinya nanti untuk yang tidak melakukan program yang sudah kami buat," jelas Charis melalui Wearemania.net.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Tidak Ada Alasan

Charis menegaskan, tidak ada alasan kesulitan bagi para pemain Arema FC. Video individual training yang dibuat bisa dikirim melalui aplikasi WhatsApp.

Jika memang kesulitan akibat durasi dan kapasitas yang besar, pemain bisa mengedit video tersebut terlebih dahulu. Video tersebut bisa dikirim per materi latihan dalam setiap harinya.

"Setiap materi latihan tetap ada hitungannya, karena setiap materi ada pengulangan beberapa kali. Video bisa dikirim ke grup pemain Arema, atau japri (jalur pribadi) ke tim pelatih," pungkas Charis.

(Balwa Ramadhan/Mg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usaha Mikro dan Pekerja Harian Boleh Tunda Bayar Cicilan Kredit Selama 1 Tahun

Posted: 25 Mar 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meminta agar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memberikan kelonggaran atau relaksasi kredit oleh bank maupun industri keuangan nonbank, kepada debitur perbankan akan diberikan penundaan sampai dengan 1 tahun dan penurunan bunga.

Kelonggaran sampai dengan 1 tahun tersebut mengacu pada jangka waktu restrukturisasi sebagaimana diatur dalam POJK Stimulus. Kelonggaran cicilan yang dimaksud lebih ditujukan pada debitur kecil, yakni sektor informal, usaha mikro, dan pekerja berpenghasilan harian yang memiliki kewajiban pembayaran kredit untuk menjalankan usaha produktif mereka.

Misalkan pekerja informal yang memiliki tagihan kepemilikan rumah dengan tipe tertentu, atau program rumah sederhana, pengusaha warung makan yang terpaksa tutup karena ada kebijakan Work From Home (WFH).

Relaksasi dengan penundaan pembayaran pokok sampai dengan 1 tahun tersebut dapat diberikan kepada debitur yang diprioritaskan.

Kemudian, dalam periode 1 tahun tersebut debitur dapat diberikan penundaan atau penjadwalan pokok atau  bunga dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan ataupun asesmen bank ataupun leasing misal 3, 6, 9, atau 12 bulan.

Kebijakan jangka waktu penundaan yang diberikan sangat erat kaitannya dengan dampak Covid 19 terhadap debitur, termasuk masa pemulihan usaha dan kemajuan penanganan atau penurunan wabah Covid 19.   

Jokowi: Tukang Ojek, Sopir Taksi Terdampak Corona Jangan Khawatir Cicilan Kendaraan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (30/10/2019). Rapat terbatas perdana dengan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju itu mengangkat topik Penyampaian Program dan Kegiatan di Bidang Perekonomian. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (30/10/2019). Rapat terbatas perdana dengan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju itu mengangkat topik Penyampaian Program dan Kegiatan di Bidang Perekonomian. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyadari bahwa pandemi virus Corona atau Covid-19 berdampak terhadap pendapatan rakyat. Jokowi sendiri mengaku kerap mendapat keluhan dari para tukang ojek hingga supir taksi yang memiliki kredit motor dan mobil.

Untuk itu, dia menjanjikan akan memberikan kelonggaran untuk tukang ojek, supir taksi, serta nelayan dalam pembayaran cicilan kredit kendaraan. 

"Tukang ojek dan supir taksi yang sedang memiliki kredit motor atau mobil, atau nelayan yang sedang memiliki kredit, saya sampaikan ke mereka tidak perlu khawatir karena pembayaran bunga atau angsuran diberikan kelonggaran selama 1 tahun," ujar Jokowi saat memberikan pengarahan kepada para gubernur melalui video conference dari Istana Merdeka Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Seperti diketahui, pemerintah memang tengah mengeluarkan kebijakan agar masyarakat mengurangi aktivitasnya di luar rumah dengan belajar, bekerja, dan beribadah dari rumah. Hal itu untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Jokowi mengatakan bahwa pemerintah kini telah menyiapkan skenario dalam menghadapi wabah corona, mulai dari situasi ringan hingga yang paling terburuk.

"Beberapa skenario juga telah kita hitung, telah kita kalkulasi mengenai prediksi Covid-19 di Indonesia pada bulan April seperti apa, Mei seperti apa. Skenario buruk, sedang, ringan seperti apa," jelasnya.

"Saya kira kita ingin kita berada di skenario yang ringan dan kalau betul-betul sulit dibendung ya paling tidak kita masuk ke skenario sedang jangan sampai masuk ke skenario yang paling buruk," sambung Jokowi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Real Madrid Rogoh Kocek Bantu Tangani Pandemi Virus Corona Covid-19

Posted: 25 Mar 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Real Madrid tidak ingin ketinggalan ambil bagian dalam menghadapi pandemi virus corona covid-19. Klub berjuluk Los Galacticos itu disebut menyumbang dana besar untuk para petugas medis di kota Madrid.

"Terima kasih kepada Real Madrid untuk kontribusi penting mereka menghadapi virus corona dan membantu kami menyelamatkan nyawa," tulis Presiden Komunitas kota Madrid, Isabel Diaz Ayuso.

Virus corona yang pertama kali ditemukan di Tiongkok Desember lalu telah menjadi pandemi. Italia menjadi negara Eropa terparah yang terkena pandemi virus corona covid-19.

Menurut data New York Times Kamis (26/3/2020), ada 69.176 kasus dengan 6.820 orang meninggal dunia. Spanyol sendiri menempati urutan kedua dengan 47.610 kasus (3434 meninggal),

Meluasnya penyebaran virus corona membuat operator Liga Spanyol menghentikan sementara kompetisi. Pihak Real Madrid pun mengimbau para pemainnya untuk berdiam diri di rumah.

Liga Spanyol sendiri saat ini telah memasuki pekan ke-27. Sergio Ramos dkk. mengoleksi 56 poin, tertinggal satu poin dari Barcelona di puncak.

 

Jumlah Besar

Presiden Real Madrid, Florentino Perez (JAVIER SORIANO / AFP)
Presiden Real Madrid, Florentino Perez (JAVIER SORIANO / AFP)

Terkait donasi, Isabel tidak memperinci jumlah yang diberikan Real Madrid. Namun ia memastikan jumlahnya tidak sedikit.

"Saya telah menutup bersama Presiden Real Madrid, Florentino Perez, donasi dalam jumlah besar," kata Isabel mengakhiri.

 

Kampanye di Rumah

Sementara itu, sejumlah pemain Real Madrid seperti Sergio Ramos dan Marcelo ikut dalam kampanye mencegah pandemi virus corona. Lewat akun instagram pribadi, Ramos dan Marcelo meminta masyarakat untuk sementara mengisolasi diri.

"Sekarang waktunya untuk kompak, tanggungjawab, dan saling membantu. Mari kesampingkan perbedaan dan berpikir apa yang menyatukan kita. Saya berdiam di rumah," tulis Ramos.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bila Situasi Memburuk, 2 Tower di RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Akan Dibuka

Posted: 25 Mar 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono menyatakan, saat ini RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet telah menangani lebih dari 200 kasus Covid-19. Saat pertama beroperasi sudah menerima 74 kasus dengan gejala ringan hingga sedang.

"Kemudian tanggal 25 Maret pagi ada 178. Dan pagi ini sudah berjumlah 208 pasien," kata Eko dalam konferensi pers di Gedung BNPB Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Sementara itu kata dia, RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet dapat menampung sebanyak 3.000 pasien. Yakni dengan rincian dari masing-masing tower berkapasitas 1.300 dan 1.700.

"Kalau skenario bertambah buruk, makan kita bisa gunakan tower empat dan lima," jelasnya. Dari 7 tower Wisma Atlet, 4 tower digunakan untuk menangani pasien corona, yakni tower 1, 3, 6, dan tower 7.

Sebelumnya, Juru Bicara Pemerintah Untuk Penanganan Virus Corona atau Covid-19 Achmad Yurianto menyatakan pasien yang dirawat di RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet yakni yang memiliki gejala ringan dan sedang.

Namun, ada pula pasien yang memiliki penyakit kumorbid atau penyakit penyerta sehingga dirujuk ke rumah sakit rujukan.

"Secara umum kondisi mereka dalam kondisi sakit ringan sedang. Ada dua ada faktor kumorbid, makanya kami rujuk ke RSPAD Gatot Subroto," jelas dia di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Selasa (24/3/2020).

RS Darurat Wisma Atlet Tak Terima Pasien Anak

Foto dari atas memperlihatkan Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Jumat (20/3/2020). Pemerintah akan mengubah fungsi Wisma Atlet Asian Games sebagai rumah sakit darurat khusus penanganan virus corona (Covid-19) sehingga bisa dipakai pada Senin (23/3/2020). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)
Foto dari atas memperlihatkan Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Jumat (20/3/2020). Pemerintah akan mengubah fungsi Wisma Atlet Asian Games sebagai rumah sakit darurat khusus penanganan virus corona (Covid-19) sehingga bisa dipakai pada Senin (23/3/2020). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Pangdam Jaya Mayjen Eko Margiono menyatakan, RS Darurat Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat tak menerima pasien anak dengan usia di bawah 15 tahun.

"Di dalam penerimaan pasien, RS Darurat ini hanya usia 15 tahun ke atas. Untuk anak-anak tidak kita terima," ujar Eko di Graha BNPB, Jakarta Pusat, Kamis (26/3/2020).

Selain anak berusia di bawah 15 tahun, RS Darurat Covid-19 juga tak menerima pasien yang sudah memiliki penyakit penyerta, atau kumorbid. Sebab, RS Darurat ini didirikan dengan sistem limitasi kontak dengan petugas medis.

"Termasuk ada pasien yang gejalanya ringan namun ada komorbid, maka dirujuk ke RS Sulianti Saroso, atau RSUP Persahabatan," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Haru Titi Kamal Pisah Rumah dengan Suami & Anak Demi Cegah Corona

Posted: 25 Mar 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sosok artis Tanah Air, Titi Kamal, baru-baru ini membagikan ceritanya yang terpaksa pisah rumah dengan suami, Christian Sugiono dan buah hatinya. Bukan tanpa alasan, Titi Kamal terpaksa pisah rumah lantaran pandemi virus Corona covid-19 yang tengah merebak di Tanah Air. 

Titi Kamal dan Christian Sugiono memang dikenal sebagai pasangan seleb yang masih aktif hingga kini. Keduanya masih beraktivitas sebagai publik figur. Terutama Titi Kamal yang masih menjalani syuting.

Baru-baru ini Titi Kamal membagikan ceritanya setelah syuting di luar kota. Dirinya harus pisah tinggal dengan suami dan anaknya. Meski Titi Kamal dalam keadaan sehat, dirinya tak ingin mengambil risiko dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Akibat harus pisah rumah, Titi Kamal tak berjumpa dengan keluarga tercintanya untuk sementara waktu. Ia membagikan kabar tersebut lewat unggahan di Instagram miliknya pada Selasa (24/3/2020).

"Kangen setengah mati. Itu yg aku rasain sekarang ke keluarga tercinta. Sejak syuting 2 Maret di luar kota, harusnya anak2 susul aku tanggal 15 Maret. Tp krn wabah corona, aku batalkan smua flight mereka. Sempat pulang 2 hari ktm mereka. Tp bener2 maskeran dll karena takut bawa sesuatu yg ga diinginkan." tulisnya.

Rindu Keluarga

Titi Kamal dan Christian Sugiono. (Dok.YouTube/Titi dan Tian)
Titi Kamal dan Christian Sugiono. (Dok.YouTube/Titi dan Tian)

Titi Kamal memang dikenal sangat dekat dengan keluarganya. Usai syuting di luar kota sejak awal Maret 2020 lalu, dirinya harus mengisolasi diri dari suami, anak dan ibundanya.

"Sepi, sendiri, dan harus bener2 kuat menahan kangen, cuma bisa video call, liat2 foto dan video mereka. Sedih banget sih. Kadang suka nangis sendiri. Apalagi kalo Kai Juna bilang "mama pulang!!!" Tapi ya harus begini. Better jangan deket mama dulu. Rasanya pengen bgt peluk Kai Juna" lanjutnya yang ia tulis di laman Instagramnya.

Tinggal di Tempat Lain

Titi Kamal dan Christian Sugiono (Instagram/titi_kamall)
Titi Kamal dan Christian Sugiono (Instagram/titi_kamall)

Wanita kelahiran Jakarta, 7 Desember 1981 itu mengaku sempat menangis ketika melakukan komunikasi tatap muka dengan anak-anaknya, Arjuna Zayan Sugiono dan Kai Attar Sugiono.

"Dan baru sekarang alhamdulillah syuting break dan ke Jakarta. Alhamdulillah sejauh ini sehat. Tapi aku ga bisa langsung pulang kerumah, krn takut membahayakan mama yg sudah umur, dan anak2, jadi aku tinggal ditempat lain dulu. ." tulis Titi Kamal.

Berharap Kondisi Segera Pulih

Titi Kamal dan keluarga. (dok. Instagram @titikamall/https://www.instagram.com/p/B8-7wrTh54L//Adhita Diansyavira)
Titi Kamal dan keluarga. (dok. Instagram @titikamall/https://www.instagram.com/p/B8-7wrTh54L//Adhita Diansyavira)

Selain harus merasakan rindu yang luar biasa kepada keluarganya, Titi Kamal tetap menahan untuk tak bertemu sementara waktu demi kesehatan anggota keluarga lainnya. Ia tak ingin jika orang-orang yang ia kasihi mengalami hal yang tak diinginkan.

Melihat situasi virus Corona yang masih menjadi fokus pemerintah Indonesia ini, Titi Kamal berharap agar wabah tersebut segera usai dan semua kembali pulih seperti sedia kala.

"Kalian yg bs kumpul sama keluarga beruntung banget. Stay safe everyone. Kasian sama tenaga medis yg kewalahan handle pasien covid. Semoga Allah selalu melindungi kita. Memberikan kekuatan ke tenaga medis, dan pemerintah yg sedang berusaha memutuskan mata rantai virus ini. Semoga vaksin dan obatnya segera ditemukan. Amin," tutupnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Produsen Hardware Gaming Turut Produksi Masker

Posted: 25 Mar 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mewabahnya virus Corona di Dunia membuat perusahaan-perusahaan ingin membantu tim medis dan yang terdampak virus ini. Salah satunya produsen hardware gaming yang membuat pabriknya menjadi produksi masker.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update Corona COVID-19 26 Maret: 471.407 Orang di Dunia Terinfeksi, 114.051 Pasien Sembuh

Posted: 25 Mar 2020 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Kasus infeksi Virus Corona baru atau COVID-19 di seluruh dunia kini telah mencapai 471.407 kasus, dan ada 114.051 yang telah dinyatakan sembuh berdasarkan peta Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE, Kamis, (26/3/2020).

Jumlah kesembuhan paling besar tercatat di Provinsi Hubei, China, yang mencapai 60.811 dan Iran yang dengan 9.625 orang pulih.

Mengutip dari gisanddata.maps.arcgis.com, jumlah kematian karena Virus Corona COVID-19 secara global tercatat sebanyak 21.287 jiwa. Terus Bertambah setiap hari.

Dalam data peta penyebaran Virus Corona baru tersebut kini ada 174 negara dan wilayah yang terjangkit termasuk China dan pasien dari Kapal Pesiar Diamond Princess.

Saat ini, Italia, Amerika Serikat, dan Spanyol tercatat sebagai negara dengan kasus terbesar di luar China dalam data peta Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE.

Selain Italia, Amerika Serikat, dan Spanyol, kasus lain yang mencapai lebih dari 30.000 tercatat di Jerman, yang memiliki 37.323 kasus. 

Jumlah kesembuhan Virus Corona baru atau COVID-19 di Jerman tercatat sebanyak 3.547, dengan 206 kematian.

  

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Data Kasus Terbesar

Pekerja memproduksi masker di sebuah pabrik di Yangzhou, Provinsi Jiangsu, China, Senin (27/1/2020). Masker tersebut diproduksi untuk mendukung pasokan bahan medis saat wabah virus corona melanda China. (STR/AFP)
Pekerja memproduksi masker di sebuah pabrik di Yangzhou, Provinsi Jiangsu, China, Senin (27/1/2020). Masker tersebut diproduksi untuk mendukung pasokan bahan medis saat wabah virus corona melanda China. (STR/AFP)

Jumlah kasus infeksi Virus Corona baru paling besar tercatat di China, yang memiliki 81.667 kasus, dengan 3.285 kematian.

Jumlah kasus terbesar kedua tercatat di Italia, yang mencapai 74.386 kasus.

Angka kematian paling besar tercatat di Italia, yang mencapai 7.503 jiwa dan total kematian terbesar kedua berada di Spanyol yang berjumlah 3.647 jiwa. 

Kasus infeksi COVID-19 terbesar ketiga tercatat di Amerika Serikat, yang mencapai 68.960 kasus dengan kematian yang mencapai 1.041 jiwa.

Sedangkan kasus terbesar keempat tercatat di Spanyol, yang mencapai 49.515 kasus.  

  

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bagaimana Kondisi Pangeran Charles Usai Terdiagnosis Positif Corona Covid-19?

Posted: 25 Mar 2020 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran Charles jadi anggota Kerajaan Inggris pertama yang dikonfirmasi positif corona COVID-19. Istana memastikan sang pewaris takhta sudah mengabari kondisi kesehatan pada kedua putranya, Pangeran William dan Pangeran Harry.

Pangeran Charles juga sudah memberitahu ibundanya, Ratu Elizabeth II (93), yang telah mengisolasi diri di Kastil Windsor sejak pekan lalu.

Ia terlihat bersama kedua anaknya di muka publik pada 9 Maret 2020, yakni dalam peringatan Hari Persemakmuran di Westminster Abbey. Acara tersebut menandai tugas terakhir Meghan Markle dan Harry sebagai anggota senior kerajaan yang resmi berakhir pada 31 Maret 2020.

Sebelum hasil diagnosis keluar, Charles dan istrinya Camilla, Duchess of Cornwall, telah mengisolasi diri di Birkhall, rumah mereka yang berada di Balmoral, Skotlandia. Namun, setelah dinyatakan positif corona pada Selasa, 24 Maret 2020, Camilla pindah ke kediaman lain di area tersebut untuk melanjutkan karantina mandiri.

"Keduanya tetap bersemangat," sumber istana mengatakan pada People, dikutip Kamis (26/3/2020).

"Ada nuansa tetap tenang dan terus melanjutkan hidup. Duchess khawatir atas kondisinya (Charles), tetapi dia sadar untuk kebaikannya sehingga ia tetap memperhatikannya dan berpikir jernih atas situasi yang dihadapi. Dia tetap optimistis," sambungnya lagi.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Di Mana Anggota Kerajaan Lain Isolasi Diri?

Pangeran William dan Kate Middleton saat royal engagement Bradford, Inggris, Rabu, 15 Januari 2020. (OLI SCARFF / AFP)
Pangeran William dan Kate Middleton saat royal engagement Bradford, Inggris, Rabu, 15 Januari 2020. (OLI SCARFF / AFP)

Sejak minggu lalu, Ratu Elizabeth telah meninggalkan Istana Buckingham di London untuk mengasingkan diri ke Kastil Windsor selama wabah virus corona baru berlangsung. Ia bergabung bersama sang suami, Pangeran Philip (98), yang sebelumnya tinggal di Sandringham sejak tahun lalu untuk memulihkan kondisinya.

Sementara itu, Kate Middleton, Pangeran William, dan tiga anak mereka, diyakini mengisolasi diri di kediaman mereka di Sandringham, Anmer Hall, yang terletak 177 kilometer di utara London.

Setelah meninggalkan Inggris Raya awal bulan Maret, Meghan Markle dan Pangeran Harry kembali ke Pulau Vancouver di Kanada untuk berkumpul bersama bayi Archie. Putra mereka sengaja ditinggalkan di sana saat kedua orangtuanya menyelesaikan seluruh tugas kerajaan sebelum resmi mundur.

Pasangan Duke dan Duchess of Sussex mengingatkan pentingnya untuk saling mendukung demi melalui situasi yang tidak menguntungkan saat ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melalui Teleconference, Bupati Anas: Ayo Gotong Royong Cegah Covid-19

Posted: 25 Mar 2020 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengajak seluruh kepala desa dan lurah di wilayahnya untuk untuk turut andil dalam langkah pencegahan virus corona alias Covid-19. Anas ingin memastikan pembatasan sosial (social distancing) dan gaya hidup sehat dilakukan sampai ke level paling bawah, dan meminta agar kades memberi perhatian yang serius. 

Anas menggelar rapat online dalam dua gelombang bersama seluruh kades dan lurah se-Banyuwangi yang mengepalai 217 desa/kelurahan. Koordinasi virtual itu juga melibatkan Dinas Kesehatan dan jajaran asisten pemerintah daerah.

"Upaya mencegah Covid-19 adalah kerja bersama. Terutama kita harus memastikan warga mematuhi protokol pencegahan," ujar Anas, Minggu (22/3/2020).

Protokol pencegahan itu, antara lain, selalu menerapkan perilaku hidup sehat dan bersih, seperti cuci tangan pakai sabun, konsumsi gizi seimbang dengan mengoptimalkan potensi pangan lokal, olahraga teratur, istirahat cukup, dan selalu berpikir positif. 

Anas menambahkan, kepala desa/lurah diharapkan aktif menjalin koordinasi dengan Puskesmas dan Dinas Kesehatan, terutama untuk melaporkan status orang dalam pemantauan, yaitu warga Banyuwangi yang baru pulang dari luar negeri.

Anas meminta seluruh kades/lurah memberi perhatian serius dalam upaya pencegahan Covid-19. Jangan sampai menganggap remeh dan menilai jika fenomena virus hanya sebatas keriuhan di media massa dan media sosial.

"Presiden sudah berpesan jangan menganggap remeh. Negara Italia saja kelimpungan, Arab Saudi sampai menutup kegiatan umroh dan menutup begitu banyak masjid. Maka kita juga harus waspada dan melakukan upaya menekan penyebaran virus ini bersama," kata Anas. 

Anas memberikan gambaran kenapa social distancing perlu dilakukan hingga level grass root. Ini mengingat perkembangan virus di Indonesia yang telah menyebar ke sejumlah daerah. 

"Dan itu harus disosialisasikan dan dilakukan hingga level terbawah di masyarakat. Silakan bapak/ibu Kades dan lurah menyosialisasikan dengan cara masing-masing sesuai karakteristik wilayahnya," kata Anas.

Anas juga meminta kades membatasi kegiatan di wilayahnya yang bisa mendatangkan kerumunan orang. 

"Misalnya aktivitas keagamaan yang sifatnya akbar, tolong ditunda dulu. Pahamkan masyarakat betapa pentingnya melakukan pembatasan sosial ini agar virus tidak menyebar. Perkumpulan di kampung, kegiatan yang mengumpulkan orang banyak, semuanya tolong ditunda," kata Anas. 

Anas pun meminta kades dan lurah mengoordinasikan ketua RT dan RW di wilayahnya sehingga ada satu pemahaman penanganan corona. 

"Aktifkan peran RT dan RW tentang pentingnya pembatasan jarak sosial dan upaya pencegahan lainnya. Dengan upaya ini, kita bisa berharap risiko penyebaran Covid-19 bisa ditekan," kata Anas.

Terkait penggunaan dana desa untuk menangani masalah ini, Anas mendukung langkah Kementerian Desa. "Bisa digunakan untuk menggenjot pencegahan. Silakan alokasinya diatur di musyawarah desa, yang penting gerak cepat. Selain itu, program padat karya tunai tetap perlu dilakukan untuk menggerakkan ekonomi desa, dengan tetap mematuhi protokol pencegahan corona," ujarnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Tengah Pandemi, PGN Tetap Layani Pelanggan Jargas dengan SOP Ketat

Posted: 25 Mar 2020 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah menginstruksikan work from home karena wabah virus corona atau Covid-19 yang kini menjadi pandemi nasional. Meski demikian instruksi dari presiden, namun PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) tetap berkomitmen untuk menjaga kepuasan pelanggan, diantaranya adalah pelayanan terhadap pelanggan Jargas .

"Di tengah situasi terkini penyebaran COVID-19, kami tetap berkomitmen untuk tercapainya kepuasan pelanggan dan safety penyaluran untuk jaringan gas rumah tangga (jargas). Dalam melakukan pemeliharaan jargas, kami tetap melaksanakan dengan protokol keamanan pencegahan Covid-19," ujar Direktur Jargas PT Gagas Energi Indonesia (GAGAS), Timbul Duffy, (24/3).

Pada Minggu siang (22/3), terdapat laporan Command Center 112 milik Pemerintah Kota Surabaya yang berasal dari laporan warga mengenai bau gas yang tercium dari dalam tanah. Tim Penanganan Gangguan (TPG) PGN segera menindaklanjuti laporan tersebut, yang diterima melalui call center korporat.

Awalnya warga sempat melakukan penanganan mandiri untuk menutup bau gas yg berasal dari Pipa PE yang terkena benda tajam warga. Namun TPG PGN memberikan pengertian kepada warga, bahwa penanganan secara mandiri dengan menggunakan bahan yang berusia pendek dan rentan, akan menimbulkan kebocoran baru. Selanjutnya, gangguan aliran gas tersebut ditangani ulang oleh TPG PGN sesuai dengan standar safety yang tepat, juga permukaan tanah dikembalikan dengan rapi seperti keadaan semula.

"Tapi tidak sedikit pula pelanggan yang aktif untuk menghubungi call center PGN, jika berkaitan dengan sambungan pipa gas di rumah maupun di lingkungan sekitar, seperti permohonan pemeliharaan hingga pengecekkan kebocoran pipa. Per hari ada 2-3 laporan dari pelanggan rumah tangga. Kami sangat mengapresiasi warga yang kooperatif sehingga penanganan dapat dilakukan sesuai dengan standar safety," ujar Timbul Duffy.

"Di tengah perkembangan wabah Covid-19, pemakaian gas pelanggan rumah tangga masih bisa stabil dan normal seperti biasanya. Kami akan berupaya untuk menjaga kestabilan aliran gas dan meningkatkan pelayanan jargas dengan SOP Keselamatan yang ketat supaya masyarakat bisa senantiasa nyaman menggunakan gas bumi," pungkas Timbul Duffy.

Saat ini, jumlah total jargas rumah tangga di Surabaya adalah sebanyak 22.873 RT dan 42 Pelanggan Kecil (PK). "Kami telah berkomitmen untuk mengoptimalkan pengembangan jargas di area Jawa Timur. Tanpa mengesampingkan pelayanan terbaik untuk pelanggan, nantinya Kota Surabaya termasuk ke dalam wilayah untuk pengembangan jargas di Jawa Timur tahun 2020. Rencananya, di Kota Surabaya akan dibangun sebanyak 6.000 SR," ujarnya.

Secara keseluruhan, saat ini PGN telah mengelola 66.432 pelanggan Rumah Tangga dan 203 Pelanggan Kecil di Jawa Timur. Selain itu, terdapat 563 pelanggan komersial dan industri.

Adapun secara total pengoperasian jaringan pipa gas di Jawa Timur telah mencapai 1.946 km dengan total volume sebesar 130 BBTUD.

"Kebutuhan pasokan gas di Jawa Timur juga semakin tinggi, bahkan masih mengalami kekurangan pasokan gas. Maka dari itu, PGN menginisiasi untuk menambah pasokan gas dengan memperpanjang kerja sama dengan PT Ophir Indonesia (Madura Offshore) Pty Ltd dan membangun Terminal LNG Teluk Lamong yang ditargetkan siap uji coba pada Mei mendatang untuk menjaga ketahanan pasokan gas di Jawa Bagian Timur," ungkap Sekretaris Perusahaan PGN, Rachmat Hutama.

Rachmat juga menegaskan, bahwa ditengah situasi seperti saat ini, PGN berkomitmen untuk tetap memberikan pelayanan kepada seluruh pelanggan dengan SOP Keselamatan ketat. Dengan demikian, masyarakat mendapatkan manfaat dan fasilitas gas bumi seperti biasanya untuk produktivitas sehari-hari.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Momen Lucu Orang Jaga Jarak Biar Enggak Kena Virus Corona

Posted: 25 Mar 2020 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini pemerintah Indonesia telah mengimbau masyarakat untuk melakukan social distancing atau pembatasan sosial. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan pandemi Corona atau Covid-19 semakin meluas.

Kegiatan belajar mengajar di sekolah dan kampus telah diliburkan untuk sementara. Para pekerja pun sebagian besar telah menjalani kebijakan Work From Home atau bekerja dari rumah.

Artikel tentang momen kocak orang jaga jarak menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang video kocak pria salah sebut virus Corona jadi virus Veronica.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang potret keluarga yang habiskan waktunya berdiam di rumah.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 5 Momen Lucu Orang Jaga Jarak Saat Social Distancing

foto: Twitter/@mellysoc
foto: Twitter/@mellysoc

Masyarakat memang diimbau untuk berdiam diri di rumah. Namun, apabila masih beraktivitas di luar rumah mereka dianjurkan untuk jaga jarak antar sesama.

Tentu bukan hal yang mudah ya untuk dilakukan, apalagi jika sedang pergi keluar bersama kerabat. Nah, kira-kira begini jadinya jika orang harus jaga jarak saat menjalani social distancing.

Selengkapnya...

2. Viral Video Pria Salah Sebut Corona Jadi Veronica, Bikin Warganet Terhibur

foto: Twitter/@antonkerenz1
foto: Twitter/@antonkerenz1

Baru-baru ini sebuah video yang menunjukkan seorang pria sedang memberi pengumuman soal Virus Corona Covid-19 mencuri perhatian warganet. Pasalnya pria tersebut salah menyebut nama Virus Corona menjadi virus Veronica.

Selengkapnya...

3. Jadi Momen Berharga, 8 Potret Keluarga Habiskan Waktu di Rumah Saat Darurat Corona

Ilustrasi keluarga/shutterstock.
Ilustrasi keluarga/shutterstock.

Seorang fotografer di Lituania lantas memiliki ide untuk mengabadikan potret masyarakat ketika menghabiskan waktu di rumah selama masa karantina.

Fotografer bernama Adas Vasiliauskas itu memutuskan mengambil foto-foto tersebut dengan menggunakan drone. Dia lantas mengunggah foto-foto tersebut di akun Facebook-nya.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jalan Sepi karena Corona COVID-19 Malah Dijadikan Arena Balap Liar

Posted: 25 Mar 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Toronto - Corona COVID-19 yang tersebar di berbagai negara menimbulkan berbagai reaksi. Mulai dari social distancing hingga lockdown. Keduanya berdampak terhadap keadaan lalu lintas, dimana jalanan terlihat sepi.

Tapi sayangnya, beberapa orang tak bertanggung jawab justru memanfaatkan hal itu dengan cara kurang bijak. Seperti diberitakan The Drive, beberapa pengemudi mobil yang oportunis di Toronto, menggunakan jalanan lengang itu untuk arena balap liar.

Polisi disebut mengklaim ada 18 pengemudi yang melakukan aksi balap itu selama akhir pekan lalu. Mereka melaju dengan kecepatan 120 kpj hingga 250 kpj di jalan tol utama Don Valley Parkway.

Di jalan tol tersebut pengemudi hanya boleh melaju dengan kecepatan maksimal 88 kpj. Pengemudi terancam akan denda USD 1.500 dan pengurangan 6 poin, serta penahanan kendaraan selama seminggu.

Sementara itu, di Toronto sendiri sudah ditetapkan kondisi darurat. Status tersebut ditetapkan setelah ada kasus kematian akibat Corona COVID-19 pada Sabtu lalu.

Sumber: Otosia.com

 

Mencegah Penyebaran Covid-19, Ketahui Makna Social Distancing

Sebagai pencegahan penyebaran Corona Covid-19, masyarakat diimbau untuk selalu memperhatikan social distancing atau pembatasan interaksi dengan disiplin.

Lalu apa itu social distancing measures (menjaga jarak sosial)?

Dilansir The Atlantic, social distancing adalah tindakan yang bertujuan mencegah orang sakit melakukan kontak dalam jarak dekat dengan orang lain untuk mengurangi peluang penularan virus.

 

Sedangkan menurut Center for Disease Control (CDC) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit yang merupakan badan Departemen Kesehatan dan Layanan Masyarakat Amerika Serikat, social distancing adalah menjauhi perkumpulan, menghindari pertemuan massal, dan menjaga jarak antar-manusia.

Sementara menurut Katie Pearce dari John Hopkins University, social distance atau social distancing adalah sebuah praktek dalam kesehatan masyarakat untuk mencegah orang sakit melakukan kontak dengan orang sehat guna mengurangi peluang penularan penyakit. Tindakan ini bisa dilakukan dengan cara seperti membatalkan acara kelompok atau menutup ruang publik, serta menghindari keramaian.

Dilansir dari voanews, dampak suksesnya praktek social distancing di Korea Selatan, negara ini tak perlu melakukan lock down. Hal ini berimbas pada perekonomian negara tersebut yang cenderung lebih stabil jika dibandingkan Italia dan Iran.

Social distancing dinilai bisa mengurangi risiko penyebaran virus corona karena virus ini menular antar manusia melalui droplet (partikel air liur) saat penderita bersin atau batuk.

Dalam menjalani social distancing, Anda dapat menjaga jarak minimal dua meter dengan orang lain dan dianjurkan tidak berjabat tangan atau berpelukan saat bertemu orang lain.  

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenangan Ibunda Presiden Jokowi Saat Menjadi Sobat Ambyar Didi Kempot

Posted: 25 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Solo - Ibunda Presiden Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo, yang meninggal pada Rabu sore, 25 Maret 2020, merupakan salah satu penggemar berat penyanyi The Godfather on Broken Heart, Didi Kempot. Bahkan, ia sempat menyaksikan konser tunggal si pelantun Stasiun Balapan itu di The Sunan Hotel pada September 2019 silam.

Saat itu Sujiatmi hadir menonton bersama dengan anak perempuan, menantu, serta cucunya. Keluarga Presiden Jokowi bahkan duduk di barisan paling depan.

Usut punya usut ternyata kehadiran Sujiatmi dan keluarganya karena mendapat undangan khusus dari Didi Kempot. Pada saat itu sang penyanyi campur sari itu pun kaget karena keluarga presiden benar-benar memenuhi undangan untuk hadir menonton.

Tak pelak selama konser berlangsung, Didi Kempot berkali-kali mengucapkan terima kasih atas kehadiran ibunda Presiden Jokowi dan keluarganya yang kerso menyaksikan konsernya secara langsung.

Bahkan, Didi Kempot mencoba menawari Sujiatmi untuk meminta lagu apa yang ingin dinyanyikannya. Lantas, Lord Didi pun kaget ketika ibu Presiden Jokowi itu meminta salah satu lagu miliknya yang sedang digandrungi para penggemarnya yang berjudul Sobat Ambyar.

"Ibu Noto badhe ngersake lagu nopo nggih (Ibu Noto mau minta lagu apa)?" tanya Didi Kempot. Sejurus kemudian Sujiatmi dengan spontan menjawab 'Suket Teki'," ucapnya.

"Bu Noto minta 'Suket Teki'. Ini request dari beliau ibunda tercinta Bapak Presiden Jokowi," kata Didi Kempot.

Ikut Berjoget

Penyanyi campur sari Didi Kempot ketika menggelar konser di Solo yang disaksikan oleh ibu Presiden Jokowi dan keluarga.(Liputan6.com/Fajar Abrori)
Penyanyi campur sari Didi Kempot ketika menggelar konser di Solo yang disaksikan oleh ibu Presiden Jokowi dan keluarga.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Ketika Lord Didi menyanyikan lagu permintaan khusus itu, Sujiatmi dan keluarganya tampak asyik menikmati alunan lagu tersebut. Sesekali mereka tampak menggerakkan tangan sambil bergoyang mengikuti irama lagu tersebut.

Usai konser selesai, Sujiatmi mengaku senang bisa hadir menonton konser Didi Kempot di Solo. Ia pun memuji aksi panggung Lord Didi yang dinilai cukup memuaskan para penonton yang hadir.

"Kesannya sangat bagus (konser Didi Kempot)," kata dia.

Sedangkan ketika disinggung mengenai permintaan lagu 'Suket Teki' saat konser berlangsung, Sujiatmi pun mengaku menyukai lagu tersebut. "Remen-remen sekali (sangat suka sekali)," jawabnya sambil tersenyum.

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Viral, Pemakaman Gunakan Pakaian Khusus di Banten

Posted: 25 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Warga kota Serang provinsi Banten dikagetkan dengan prosesi pemakaman yang tak lazim. Petugas yang mengeluarkan jenazah dari ambulans memakai pakaian pelindung khusus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadir 31 Maret, Vivo S6 5G Punya Kamera 48MP

Posted: 25 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Vivo dilaporan akan mengumumkan S6 5G pada 31 Maret 2020. Informasi tentang smartphone tersebut juga sudah beredar di internet.

Dilansir GSM Arena, Kamis (26/3/2020), Vivo mengungkapkan informasi tentang smartphone tersebut melalui gambar promo. Pada gambar itu, tampak brand ambassador yaitu aktor asal Tiongkok, Turbo Liu, memegang Vivo S6 5G.

Berdasarkan gambar tersebut, Vivo mengungkapkan S6 5G akan memiliki kamera dengan resolusi 48MP. Selain itu, tampak terdapat dua LED flash di dalam lingkaran tempat kamera belakang.

Hanya itu informasi yang diungkapkan oleh Vivo mengenai smartphone tersebut. Namun, informasi tentang Vivo S6 5G diprediksi akan semakin banyak beredar menjelang hari pengumumannya.

Pre-order diperkirakan akan digelar bersamaan dengan hari pengumumannya. Jadwal pengapalan perdana belum diketahui.

Vivo: Smartphone 5G Rp 3 Jutaan Bakal Hadir Akhir 2020

Senior Brand Director Vivo Indonesia, Edy Kusuma, saat peluncuran Vivo V19 di Jakarta, Selasa (10/3/2020). (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)
Senior Brand Director Vivo Indonesia, Edy Kusuma, saat peluncuran Vivo V19 di Jakarta, Selasa (10/3/2020). (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)

Lebih lanjut, Vice President Vivo, Liu Hong, sebelumnya mengungkapkan sejumlah hal tentang perusahaan dan masa depan ponsel 5G. Menurut dia, para vendor akan beralih ke 5G dan membuat harga smartphone 5G semakin terjangkau.

Liu Hong mengatakan, Vivo beralih dari 4G ke 5G karena hampir semua perusahaan besar di Tiongkok kini telah berhenti memperkenalkan smartphone 4G dengan harga lebih dari USD 250. Pasar kelas menengah sudah mulai dibanjiri dengan smartphone 5G dan produk flagship.

Setelah itu, tahapan selanjutnya adalah ponsel entry-level. Vivo memperkirakan smartphone 5G paling murah akan dijual seharga USD 215 pada kuaratal IV (Q4) 2020.

Liu Hong juga mengungkapkan Vivo berencana memproduksi hingga 100 ribu smartphone 5G per hari karena permintaan sangat tinggi.

Menurut data perusahaan, Vivo memiliki lima pabrik dengan kapasitas produksi 200 juta perangkat per tahun. Semuanya bekerja dengan kapasitas hampir 90 persen karena konsumen secara aktif mencari perangkat 5G.

(Din/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenali 6 Gejala Virus Corona Covid-19, Penyebaran, dan Pencegahannya

Posted: 25 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Virus Corona covid-19 masih menjadi masalah serius bagi dunia, termasuk Indonesia. Di Negeri ini, hingga Rabu (25/3), bahkan tercatat tak kurang dari 790 orang positif terinfeksi. 

Maka itu, wajib bagi kita semua untuk terus waspada akan virus ini. Mengenal gejala-gejala secara dini, dan mengetahui pencegahannya akan membantu kita terhindar dari sengatan virus ini.

Virus Corona covid-19 memiliki gejala yang serupa dengan flu biasa yang sering dialami, namun bisa berakibat fatal. Virus ini mampu menyebabkan gangguan saluran pernapasan manusia. Virus ini menyebar dari manusia ke manusia dan mudah menyerang manusia yang memiliki daya tahan tubuh rendah.

Dilansir dari laman Organisasi Kesehetan Dunia (WHO), gejala Corona covid-19 paling umum adalah demam, kelelahan, dan batuk kering. Untuk mengetahui Anda terinfeksi virus Corona membutuhkan waktu hingga 14 hari pemeriksaan oleh tenaga medis.

Jika Anda telah terinfeksi virus Corona, langkah untuk mencegah penyebarannya adalah mengisolasi diri di rumah atau rumah sakit yang direkomendasikan.

Berikut ini Liputan.com melansir Bola.com merangkum dari berbagai sumber, gejala yang dialami ketika seseorang terpapar virus Corona covid-19.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Gejala Utama

ilustrasi batuk (sumber: iStock)
ilustrasi batuk (sumber: iStock)

Virus corona memiliki gejala yang dapat muncul dua sampai 14 hari setelah terkena paparan. Diperlukan waktu 14 hari untuk memastikan seseorang positif terinfeksi virus Corona.

Gejala utama yang harus diwaspadai adalah:

  • Batuk
  • Sesak Nnpas
  • Demam dengan suhu tinggi mencapai 38 derajat celsius atau lebih
  • Hidung beringus
  • Sakit kepala
  • Merasa tidak enak badan

Perlu diperhatikan, beberapa virus Corona dapat menyebabkan gejala yang parah. Infeksi dapat berubah menjadi bronkitis dan pneumonia akibat virus Corona.

Jika telah mengalami gejala tersebut, Anda harus melakukan pengecekan ke tenaga medis dan perlu untuk mengisolasi diri. Untuk orang yang terinfeksi virus Corona memiliki risiko sebagai berikut:

  • 80 persen akan memiliki penyakit ringan dan sembuh total dalam beberapa minggu
  • 14 persen akan memiliki penyakit yang lebih parah
  • 6 persen akan memiliki penyakit kritis

Gejala Lanjutan

Petugas medis dari Provinsi Jiangsu bekerja di sebuah bangsal ICU Rumah Sakit Pertama Kota Wuhan di Wuhan, Provinsi Hubei, 22 Februari 2020. Para tenaga medis dari seluruh China telah mengerahkan upaya terbaik mereka untuk mengobati para pasien COVID-19 di rumah sakit tersebut. (Xinhua/Xiao Yijiu)
Petugas medis dari Provinsi Jiangsu bekerja di sebuah bangsal ICU Rumah Sakit Pertama Kota Wuhan di Wuhan, Provinsi Hubei, 22 Februari 2020. Para tenaga medis dari seluruh China telah mengerahkan upaya terbaik mereka untuk mengobati para pasien COVID-19 di rumah sakit tersebut. (Xinhua/Xiao Yijiu)

Tingkat keparahan gejala virus Corona dapat berkisar dari sangat ringan hingga berat, dan beberapa orang tidak memiliki gejala. Gejala virus Corona lebih mirip dengan penyakit pernapasan, seperti influenza.

Virus Corona akan memperlihatkan tanda-tanda yang lebih serius dan harus segera mendapatkan bantuan medis. Tanda-tanda peringatan darurat tersebut adalah:

  • Kesulitan bernapas
  • Nyeri atau ada tekanan yang menetap di dada
  • Kebingungan atau ketidakmampuan untuk bangkit
  • Bibir atau wajah membiru

Jika Anda memiliki gejala virus Corona, sebaiknya harus tinggal atau mengkarantina diri di rumah selama 7 hari sampai 14 hari lamanya. Anda harus tinggal di rumah untuk mecegah kemungkinan penyebaran virus Corona ke orang lain.

Cara Penyebaran Virus Corona

masker untuk menghindari virus corona | pexels.com/@cottonbro
masker untuk menghindari virus corona | pexels.com/@cottonbro

Virus Corona SARS-CoV-2 dapat berisiko kepada mereka yang memiliki kekebaan tubuh yang lemah, seperti orang tua, orang yang sedang mengalami kondisi sakit, anak kecil, dan bayi.

Virus Corona dapat menyebar dari manusia ke manusia melalui:

  • Kontak langsung.
  • Kontak tidak langsung, seperti terpapar virus ketika ada seseorang yang batuk atau bersin.
  • Menyentuh benda atau permukaan yang terlah terkontaminasi, lalu menyentuh area wajah atau mulut tanpa ada tindakan mencuci tangan.

Langkah-langkah Pencegahan Penyebaran COVID-19

Virus Corona membutuhkan waktu 14 hari untuk mengidentifikasi seseorang terinfeksi positif COVID-19. Anda harus tahu bagaimana cara mencegah penyebaran virus Corona.

Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona sebagai berikut:

  • Sering-sering mencuci tangan dengan sabun dan air - lakukan ini setidaknya selama 20 detik.
  • Gunakan hand sanitizer sebagai alternatif ketika susah menemukan air dan sabun.
  • Gunakan masker ketika berpergian.
  • Perhatikan etika Anda batuk atau bersin.
  • Hindari kontak dengan orang sekitar.
  • Hindari acara dengan massa yang besar.
  • Bekerja dari rumah, jika bisa dilakukan.

Cara Pengobatan Virus Corona

Ilustrasi Corona Virus | unsplash.com/@anikolleshi
Ilustrasi Corona Virus | unsplash.com/@anikolleshi

Vaksin virus Corona SARS-CoV-2 sampai saat ini belum ditemukan. Ada beberapa langkah yang dilakukan para tenaga medis untuk meredakan gejala dan mencegah penyebaran virus ini, yaitu:

  • Merujuk penderita untuk menjalani perawatan dan karantina di rumah sakit yang direkomendasikan.
  • Memberikan obat pereda demam dan nyeri sesuai kondisi penderita.
  • Menganjurkan penderita untuk memiliki waktu istirahat yang cukup.
  • Menganjurkan penderita untuk banyak meminum air putih untuk menjaga kadar cairan di dalam tubuh.

Komplikasi Virus Corona

Pada beberapa kasus yang dikategorikan parah, virus Corona mampu menyebabkan beberapa komplikasi serius, seperti pneumonia, infeksi sekunder pada organ lain, gagal ginjal, Acute cardiac injury, Acute respiratory distress syndrome, hingga kematian.

Bila Anda mengalami gejal-gejala yang ditimbulkan lebih dari satu minggu, segera temui tenaga medis untuk memastikannya.

Sumber: WHO, CDC, Mayo Clinic

Disadur dari Bola.com (Alfi Yuda/Aning Jati)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

OJK Larang Debt Collector Tarik Kendaraan Bermotor Selama Wabah Corona

Posted: 25 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sementara waktu melarang penarikan kendaraan oleh debt collector, serta  diiringi kewajiban debitur yang sudah bermasalah sebelum wabah Covid 19, dan mengalami tambahan permasalahan karena wabah Covid 19.

Maka dari itu OJK berharap agar debitur untuk menghubungi kantor leasing terdekat untuk dicarikan kesepakatan, antara lain penjadwalan kembali angsuran, berdasarkan keterangan yang diterima Liputan6.com, Kamis (26/3/2020).

Apabila masih ada debt collector yang berusaha melakukan penarikan kendaraan bermotor, debitur dapat memanfaatkan kesempatan untuk mendapatkan restrukturisasi, dengan mengajukan restrukturisasi kepada perusahaan pembiayaan atau leasing untuk mengklarifikasi pemenuhan kewajibannya jika memang sudah dilakukan.

Pengajuan dapat disampaikan secara online melalui email atau website yang ditetapkan oleh bank/leasing, tanpa harus datang bertatap muka. Sekarang ini debt collector diminta untuk dihentikan sementara untuk menarik kendaraan, karena ini bagian dari tuntutan segera bisa membantu masyarakat yang terdampak langsung Covid-19.

Namun demikian, OJK mengingatkan apabila debitur memiliki tunggakan, untuk tidak diam. Debitur harus proaktif untuk mengajukan restrukturisasi. Karena kalau diam ataupun menghindar, berarti memang ada kewajiban yang masih harus ditunaikan.

Karena mungkin masyarakat ada yang lupa kalau memiliki tunggakan, sehingga perusahaan harus menurunkan debt collector. Memang benar ada relaksasi untuk pembayaran ini, namun demikian, OJK juga mengharapkan kerja sama dari seluruh masyarakat untuk secara bertanggungjawab bisa memanfaatkan ini.

Lakukan Investigasi

Ilustrasi OJK (Liputan6.com/Andri Wiranuari)
Ilustrasi OJK (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

OJK juga saat ini sedang menginvestigasi, karena adanya beberapa debt collector yang melakukan penagihan di luar sepengetahuan dari perusahaan leasing. Ini juga perlu hati-hati.

Kalau itu debt collector dilakukan oleh perusahaan pembiayaan, bisa disampaikan kepada debt collector bahwa akan mengurus restrukturisasinya dan bisa disampaikan ke perusahaan leasing.

Sementara OJK sedang melakukan finalisasi bentuk produk hukum setelah melakukan koordinasi dengan Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia agar penerapannya tidak menimbulkan moral hazard.    

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gibran Rakabuming Raka Kenang Ibunda Jokowi: Meski Sakit, Tetap Datang Pengajian

Posted: 25 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ibunda Jokowi, Sudjiatmi Notomiharjo, meninggal dunia di Solo, Jawa Tengah, Rabu (25/3/2020) jam 16.45 WIB. Beberapa jam setelah Sudjiatmi Notomiharjo mangkat, putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, menulis ungkapan duka cita di akun Instagram terverifikasi miliknya.

Gibran Rakabuming Raka menceritakan kenangan mengharukan 4 tahun silam, saat Sudjiatmi Notomiharjo sakit. Dalam sakitnya, Sudjiatmi Notomiharjo tetap berkomitmen datang ke pengajian, melantunkan asma Allah.

"Empat tahun Eyang Noto gerah, tapi tak pernah menunjukkan rasa sakitnya kepada anak-cucunya," tulis Gibran Rakabuming Raka, pada Rabu (25/3/2020) malam.

Sugeng Tindak, Eyang

Unggahan Gibran Rakabuming. (Foto: Instagram @gibran_rakabuming)
Unggahan Gibran Rakabuming. (Foto: Instagram @gibran_rakabuming)

Gibran Rakabuming Raka mengunggah sketsa animasi dirinya mengenakan baju putih tengah tertunduk seraya berdoa. Berlatar warna biru, ayah dua anak ini menengadahkan tangan ke langit dengan balon kata, "Kami akan rindu nasihat-nasihatmu. Sugeng tindak, Eyang."

Menyertai sketsa itu, Gibran Rakabuming Raka menulis, "Beliau masih berusaha mendatangi pengajian, dan kegiatan-kegiatan lain. Bahkan kadang naik becak sendirian atau meminta diantar sopir."

Puasa dan Salat Tahajud Tak Putus

Ibunda Jokowi, Sudjiatmi Notomiharjo, meninggal dunia di Solo. (Foto: Instagram @jokowi)
Ibunda Jokowi, Sudjiatmi Notomiharjo, meninggal dunia di Solo. (Foto: Instagram @jokowi)

Eyang Noto, demikian Sudjiatmi Notomiharjo disapa, tidak mau membebani anak-cucu saat menjalankan beragam aktivitas. "Puasa dan shalat tahajudnya tak pernah putus, untuk mendoakan kami semua anak-cucunya, agar menjadi orang yang berguna untuk orang banyak," cetus Gibran Rakabuming Raka.

Terlihat jelas betapa suami Selvi Ananda sangat terpukul atas kepergian Eyang Noto. "Kami sangat kehilangan atas kepergian beliau. Semoga Allah SWT mengampuni semua kesalahan semasa hidup, menerima semua amal baik dan dikaruniakan surga terbaik," ujar Gibran Rakabuming Raka.

Memintakan Maaf

Unggahan Gibran Rakabuming. (Foto: Instagram @gibran_rakabuming)
Unggahan Gibran Rakabuming. (Foto: Instagram @gibran_rakabuming)

"Kami memintakan maaf atas kekurangan dan kekhilafan almarhumah semasa hidup," ia melanjutkan. Dalam kesempatan itu, Gibran Rakabuming Raka mengingatkan masyarakat agar tidak berduyun-duyun menghadiri pemakaman Eyang Noto.

Ayah dua anak ini mengingatkan bahaya wabah virus Corona Covid-19, pentingnya menerapkan social discanting (menjauhi keramaian), serta gerakan #DiRumahAja.

Doakan Dari Rumah Saja

Gibran Rakabuming menjelaskan, anak jangan terlalu dikekang, namun harus tetap diawasi (Dok.Instagram/@gibran_rakabuming/https://www.instagram.com/p/B83q7ZjBHFM/Komarudin)
Gibran Rakabuming menjelaskan, anak jangan terlalu dikekang, namun harus tetap diawasi (Dok.Instagram/@gibran_rakabuming/https://www.instagram.com/p/B83q7ZjBHFM/Komarudin)

"Bukan berarti keluarga melarang, tapi dengan tanpa mengurangi rasa hormat, dan mengikuti kebijakan pemerintah terhadap situasi tanah air, saya menyarankan untuk mendoakan dari rumah saja," imbau Gibran Rakabuming sembari mengakhiri status teksnya.

Unggahan ini disukai lebih dari 35 ribu orang. Seribuan komentar menggenangi kolom. Mayoritas warganet melayangkan belasungkawa atas kepergian ibunda Jokowi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inovasi RS Darurat COVID-19 Wisma Atlet Bakal Diduplikasi ke Daerah Lain

Posted: 25 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Badan Usaha Milik Negara akan menduplikasi inovasi RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran ke daerah-daerah lain. Ide ini untuk mempersiapkan lonjakan penambahan pasien positif COVID-19.

Staf Khusus Menteri BUMN Bidang Komunikasi Arya Sinulingga menyampaikan soal duplikasi rumah sakit serupa, sebagaimana arahan Menteri BUMN Erick Thohir.

 

"Kami juga kemarin mulai diperintahkan oleh Pak Erick Thohir supaya mencari (lokasi) di beberapa provinsi. Intinya, diduplikasi seperti apa yang dikerjakan di Jakarta (Wisma Atlet)," kata Arya dalam keterangan pada Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Jakarta, ditulis Rabu (25/3/2020).

Adapun beberapa daerah, di antaranya Semarang, Bandung, dan Surabaya yang diupayakan dengan pihak Kementerian BUMN untuk mencari tempat-tempat yang dapat menampung banyak orang.

"Kalau ini dimungkinkan, maka kita akan mengejar supaya nanti lokasi-lokasi tersebut bisa menjadi rumah sakit darurat untuk Corona, seperti Wisma Atlet Kemayoran," kata Arya.

Persiapan 3.000 Kamar

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Mahendra Sinulingga bicara soal siapa saja pasien yang dirawat di RS Darurat COVID-19 Wisma Atlet dan RS Pertamina Jaya di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (24/3/2020). (Dok Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB)
Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Mahendra Sinulingga bicara soal siapa saja pasien yang dirawat di RS Darurat COVID-19 Wisma Atlet dan RS Pertamina Jaya di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (24/3/2020). (Dok Badan Nasional Penanggulangan Bencana/BNPB)

Upaya mencari lokasi untuk rumah sakit darurat COVID-19 oleh Kementerian BUMN untuk memastikan semua fasilitas siap untuk menghadapi wabah Corona. Seperti halnya, RS Darurat COVID-19 Wisma Atlet, yang sudah beroperasi sejak Senin, 23 Maret 2020 sore.

Wisma Atlet disulap menjadi rumah sakit COVID-19 berkat kolaborasi sejumlah perusahaan BUMN dalam waktu empat hari.

Selain itu, Kementerian BUMN juga tengah mempersiapkan fase kedua penambahan kapasitas Wisma Atlet.

"Kami juga mempersiapkan sekitar 3.000 kamar untuk menampung para pasien COVID-19," lanjut Arya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pangdam Jaya: Wisma Atlet Jadi RS Darurat untuk Antisipasi Kemungkinan Terburuk Covid 19

Posted: 25 Mar 2020 08:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pangdam Jaya Mayjen Eko Margiyono menyampaikan latar belakang disulapnya Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat menjadi Rumah Sakit (RS) Darurat Virus Corona atau Covid-19. Salah satunya dengan mempertimbangkan kemungkinan terburuk yang terjadi di Jakarta.

"Dari simulasi Forkopimda skenario terburuk bisa mencapai 6 ribu sampai 8 ribu positif. Oleh karena itu dibentuk RS Darurat," tutur Eko di Kantor Graha BNPB, Jakarta Timur, Kamis (26/3/2020).

Menurut Eko, rumah sakit rujukan tidak akan dapat menampung seluruh pasien Covid-19 yang setiap harinya terus bertambah dengan signifikan. Untuk itu, RS Darurat Wisma Atlet akan menampung pasien dengan kategori ringan hingga sedang.

"Sampai dengan saat ini pasien yang sudah diterima sudah 208 pasien," jelas dia.

Eko mengatakan, masyarakat dapat langsung datang ke RS Darurat Wisma Atlet untuk memeriksakan diri saat merasa ada gejala atau pun melakukan kontak langsung dengan penderita Covid-19. Bisa juga menghubungi call center 119 jika tidak cukup mampu bergerak agar dijemput petugas medis.

"Kemudian bisa hasil rujukan. Kalau dari RS swasta misalkan tidak mampu menangani, bisa rujukan dengan catatan sudah dilakukan pemeriksaan awal," Eko menandaskan.

Jenderal bintang dua tersebut pun mendapatkan tugas untuk memimpin rumah sakit darurat corona tersebut. "Saya Pangdam Jaya dapat tugas memimpin rumah sakit darurat Wisma Atlet," tukas Eko.

Hentikan Hoaks

Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono mengungkapkan, banyak hoaks yang beredar terkait RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta. Eko meminta para pembuat berita bohong mengentikan aksinya tersebut.

"Beberapa hari ini banyak berita-berita hoax. Khususnya keterkaitan dengan rumah sakit ini," kata Eko.

Contoh hoaks yang dimaksud, kata Eko, seseorang harus menghubungi seorang dokter bila ingin masuk ke RS Darurat itu. Ia menegaskan informasi tersebut tidak benar.

"Di media sosial beredar apabila ingin masuk ke rumah sakit hubungi dokter dengan memberi nomor handphone. Itu semua adalah berita-berita hoaks," tegas Eko.

Jenderal bintang dua ini mengingatkan para pembuat hoaks berhenti menyebar berita bohong. Eko meminta tidak memperkeruh suasana di tengah pandemi Corona.

"Saya mengimbau kepada siapapun yang membuat berita-berita hoaks, dan berita-berita tidak bertanggungjawab agar hentikan. Jangan kita memperkeruh suasana," tukasnya.

Reporter: M Genantan

Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pele Nilai Cristiano Ronaldo Lebih Bagus Ketimbang Messi

Posted: 25 Mar 2020 08:55 PM PDT

Madrid - Megabintang Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi dalam 10 tahun terakhir masih menjadi icon sepak bola dunia.

Cristiano Ronaldo dan Messi memiliki fanboys masing-masing dan selalu membandingkan siapa yang paling hebat.

Selama ini perdebatan terkait Cristiano Ronaldo versus Lionel Messi belum berakhir. Namun, ada sisi menarik jika penilai terkait kualitas kedua pemain tersebut, yang sama-sama mendapat julukana GOAT itu, datang dari legenda sepak bola.

Seperti dilansir dari Give Me Sport, Rabu (25/3/2020), icon lintas generasi sepak bola Brasil, Pele, baru-baru ini memberikan pandangan terkait perdebatan Messi vs Ronaldo.

Pemenang tiga kali Piala Dunia ini memutuskan untuk berada di pihak Ronaldo.

Pele yakin Cristiano Ronaldo lebih konsisten daripada Messi. Bahkan legenda Brasil tersebut menyebut La Pulga bukan sosok striker.

 

 

 

 

 

 

Lebih Konsisten

Pemain Juventus, Leoanrdo Bonucci dan Cristiano Ronaldo merayakan gol yang dicetak ke gawang Fiorentina pada laga Serie A di Stadion Allianz, Minggu (2/2/2020). Juventus menang 3-0 atas Fiorentina. (AP/Fabio Ferrari)
Pemain Juventus, Leoanrdo Bonucci dan Cristiano Ronaldo merayakan gol yang dicetak ke gawang Fiorentina pada laga Serie A di Stadion Allianz, Minggu (2/2/2020). Juventus menang 3-0 atas Fiorentina. (AP/Fabio Ferrari)

"Hari ini pemain terbaik di dunia adalah Cristiano Ronaldo," kata Pele di saluran Youtube Pilhado.

"Saya pikir dia yang terbaik, dia lebih konsisten daripada Lionel Messi," imbuh Pele saat memuji Cristiano Ronaldo.

Dipertanyakan

Keputusan Pele memilih Ronaldo karena lebih konsisten cukup dipertanyakan. Dalam 856 pertandingan untuk klub dan negera, Messi memiliki 697 gol dan 289 assist. Itu membuatnya memiliki rataan 1,15 gol atau assit per laga.

Sementara Cristiano Ronaldo memiliki 725 gol dan 220 assist dalam 1000 pertandingan. Itu berarti, rata-rata Ronaldo 0,45 gol atau assist per laga.

Sumber: Give Me Sport

Disadur dari: Bola.com (penulis,Hanif Sri Yulianto/editor Aning Jati, published 26/3/2020)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penumpang Pelabuhan Ketapang Banyuwangi Disinfeksi Melalui Terowongan

Posted: 25 Mar 2020 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Para penumpang kapal yang memasuki Pelabuhan Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi diwajibkan melalui "terowongan" disinfeksi. "Terowongan" adalah hasil modifikasi dari tenda berukuran raksasa yang didirikan untuk mencegah penyebaran virus corona alias covid-19. 

Turun dari kapal usai menyeberang dari Pulau Bali, seluruh penumpang yang memasuki Pulau Jawa melalui Banyuwangi tanpa terkecuali harus berjalan kaki menyusuri "terowongan" dengan panjang 12 meter dan lebar 6 meter itu. Di dalamnya, mereka menjalani proses disinfeksi dengan cairan khusus yang telah disiapkan. Selain itu, para penumpang wajib menjalani pemeriksaan suhu tubuh dengan thermal gun. 

Para petugas gabungan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Dinas Kesehatan Banyuwangi, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi terus bersiaga memandu penumpang.  

"Ayo masuk semua. Jaga jarak satu meter," ujar petugas kepada para penumpang kapal yang turun, Minggu sore (22/3/2020). 

Penyemprotan dan pemeriksaan suhu tubuh tersebut dipantau langsung Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, GM ASDP Ketapang Fahmi Alweni, dan beberapa stakeholder kepelabuhanan. Mereka juga turut serta menyemprot dan memeriksa suhu tubuh penumpang. 

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, penyemprotan penumpang kapal dari Bali ke Pulau Jawa ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19. "Ini tenda raksasa BNBP disulap disulap menjadi semacam "terowongan" untuk proses disinfeksi para penumpang. Terima kasih semua yang terlibat mempersiapkannya demi kebaikan kita bersama," ujar Anas.

Anas mengatakan, proses disinfeksi tersebut juga dilakukan dalam rangka menyambut liburan Hari Raya Nyepi, di mana ada lebih dari 50.000 orang menyeberang dari Pulau Bali ke Pulau Jawa melalui Banyuwangi. Mereka akan pulang ke berbagai kabupaten/kota di Pulau Jawa.

"Pergerakan massal ini harus diantisipasi. Ini ikhtiar bersama. Tentu tidak cukup ini. Para penumpang juga harus jaga kondisi tubuh. Konsumsi gizi seimbang karena melakukan perjalanan tentu kondisi tubuh bisa lelah. Di pelabuhan dan kapal, fasilitas cuci tangan pakai sabun juga sudah disiapkan. Terus jaga diri," pesan Anas.

GM ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang Banyuwangi, Fahmi Alweni, menambahkan, proses disinfeksi ini dilakukan hingga penutupan penyeberangan ASDP Ketapang menjelang perayaan Nyepi. 

"Kita bakal lakukan 24 jam nonstop hingga penutupan pelabuhan menjelang Nyepi," pungkasnya. 

Pelabuhan penyeberangan Ketapang (Banyuwangi)-Gilimanuk (Bali) saat perayaan Nyepi 2020 akan ditutup mulai Selasa (24/3/2020) pukul 23.00 WIB. Jalur penyeberangan itu ditutup total hingga Kamis (26/3/2020) pukul 06.00 WIB.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PODCAST Bisnis: Imbas Virus Corona ke Ekonomi Indonesia

Posted: 25 Mar 2020 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dampak Virus Corona telah terlihat perekonomian di Indonesia. Pemerintah telah mengambil langkah antisipasi dengan menutup jalur penerbangan dari dan ke China, memperketat akses turis China, hingga membatasi proses ekspor dan impor.

Tentu saja, langkah antisipasi ini berdampak besar kepada target pertumbuhan ekoomi secara nasional. Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengakui bahwa virus Corona menjadi tantangan utama Indonesia di awal 2020.

"Konsensus mengatakan Virus Corona bisa memengaruhi perekonomian kita sebesar 0,1 persen hingga 0,29 persen," ujar dia.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pelemahan ekonomi China yang berdampak bagi seluruh dunia termasuk Indonesia, tergambar pada kondisi ekonomi kuartal-I 2020.

"Tapi kuartal I rasanya akan sangat sulit dan itu pengaruhnya ke seluruh dunia termasuk ke Indonesia baik jalur tourism, harga komoditas dan ekspor kita secara umum," jelasnya.

Nah, untuk bagaimana langkah antisipasi pemerintah terhadap dampak Virus Corona ke sektor ekonomi, simak obrolan jurnalis kanal bisnis Liputan6.com Septian Deny dan Nurmayanti dalam podcast berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

208 Pasien Sudah Dilayani di RS Darurat COVID-19 Wisma Atlet

Posted: 25 Mar 2020 08:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mayjen Eko Margiyono dari Pangdam Jaya menyampaikan, data hingga 26 Maret 2020 pagi ini, sebanyak 208 pasien sudah dilayani di RS Darurat COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran Jakarta.

Sejak dioperasikan pada 23 Maret 2020, ada pertambahan pasien setiap harinya di Wisma Atlet.

"RS Darurat COVID-19 Wisma Atlet sudah beroperasi pada Senin, 23 Maret 2020 pukul 17.30 WIB. Pada 24 Maret pagi sudah ada 74 pasien yang dilayani," terang Eko saat konferensi pers secara Live di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (26/3/2020).

"Kemudian pada 25 Maret pagi, ada 178 pasien. Nah, pagi ini, sudah ada 208 pasien."

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Untuk Pasien Gejala Ringan - Sedang

Presiden Joko Widodo meninjau ruang perawatan Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Presiden memastikan bahwa rumah sakit darurat ini siap digunakan untuk karantina dan perawatan pasien Covid-19. (Kompas/Heru Sri Kumoro/Pool)
Presiden Joko Widodo meninjau ruang perawatan Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Presiden memastikan bahwa rumah sakit darurat ini siap digunakan untuk karantina dan perawatan pasien Covid-19. (Kompas/Heru Sri Kumoro/Pool)

Untuk berobat dan dilayani di RS Darurat COVID-19 Wisma Atlet ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Apabila masyarakat secara isolasi mandiri mengalami gejala atau mungkin merasa pernah kontak dengan yang orang yang kena COVID-19 dan terpapar virus. Maka, bisa datang ke Wisma Atlet.

"Atau bisa dapat menekan call center 119. Apabila ada gejala berat dan membutuhkan perawatan, akan dirujuk ke rumah sakit rujukan COVID-19," lanjut Eko.

Yang perlu dipahami, RS Darurat COVID-19 memang dibangun atau didirikan untuk menangani pasien khusus yang terkena virus COVID-19 yang kategorinya pada tingkat ringan hingga sedang.

Ketika kondisi berat, maka pasien dari rumah sakit darurat ini akan dirujuk ke rumah sakit yang telah menjadi rujukan COVID-19.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Sosok Dokter Tirta yang Bergaya Nyentrik Kampanye Cegah Corona Covid-19

Posted: 25 Mar 2020 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sosok Dokter Tirta sedang banyak diperbincangkan netizen. Dokter Tirta merupakan salah seorang influencer yang kini tengah aktif dalam mengkampanyekan pencegahan virus corona covid-19. Sosoknya pun semakin mencuri perhatian ketika diundang untuk melakukan talk show di televisi dan akun YouTube Deddy Corbuzier. 

Bagi para pecinta sneakers tanah air, mungkin sosoknya sudah tak asing lagi. Pria bernama lengkap Tirta Mandira Hudhi ini merupakan salah satu influencer sneakers di Indonesia. Dokter Tirta memiliki usaha di bidang cuci dan perawatan sepatu. Ia pun juga memiliki akun YouTube InCipeng WeTrust yang khusus membahas tentang sneakers dan perawatannya.

Menyandang gelar dokter, pria nyentrik ini merupakan lulusan dari kedokteran Universitas Gajah Mada (UGM). Dilansir dari akun YouTube Deddy Corbuzier, Dokter Tirta memang sempat vakum dari dunia kesehatan.

Sosoknya yang dikenal nyablak dan cukup unik ini menarik perhatian khalayak terutama anak muda di media sosial saat kampanye cegah virus corona covid-19. Seperti apakah fakta-fakta terkait Dokter Tirta yang nyentrik saat kampanye cegah corona covid-19? Berikut ulasan selengkapnya, dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Kamis (26/3/2020).

1. Merupakan CEO dari Shoes and Care

Potret Tirta Mandira Hudhi, Dokter nyentrik yang lantang kampanyekan pencegahan virus corona. (Sumber: Instagram @dr.tirta)
Potret Tirta Mandira Hudhi, Dokter nyentrik yang lantang kampanyekan pencegahan virus corona. (Sumber: Instagram @dr.tirta)

Awal kepopuleran Dokter Tirta di kalangan anak muda adalah ia merupakan pecinta sepatu sneakers. Selain itu, ia pun membuka usaha cuci sepatu bernama Shoes and Care. Ia memulai usaha tersebut kecil-kecilan di kos-kosannya di Yogyakarta.

Kini Shoes and Care telah memiliki 19 workshop yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Bahkan, terkadang ia menerima orderan untuk melakukan perawatan sepatu dari luar negeri.

2. Influencers Sneaker dan inisiator 'Solevacation'

Potret Tirta Mandira Hudhi, Dokter nyentrik yang lantang kampanyekan pencegahan virus corona. (Sumber: Instagram @dr.tirta)
Potret Tirta Mandira Hudhi, Dokter nyentrik yang lantang kampanyekan pencegahan virus corona. (Sumber: Instagram @dr.tirta)

Selain memiliki usaha cuci sepatu, ia pun juga memiliki akun YouTube yang khusus membahas tentang sepatu dan perawatannya. Di channel YouTube InCipeng WeTrust tersebut telah memiliki sebanyak 147 Ribu subscriber.

Kiprahnya di dunia sneakers tanah air memang sudah banyak diakui. Salah satunya antara lain yakni sebagai inisiator 'Solevacation', yakni sebuah festival yang berbasis komunitas terdiri dari para pecinta sneakers dan streetwear. Festival ini sudah menjadi ajang bergengsi tahunan yang digelar di kota-kota besar.

3. Sempat ditampung oleh preman blok M

Potret Tirta Mandira Hudhi, Dokter nyentrik yang lantang kampanyekan pencegahan virus corona. (Sumber: Instagram @dr.tirta)
Potret Tirta Mandira Hudhi, Dokter nyentrik yang lantang kampanyekan pencegahan virus corona. (Sumber: Instagram @dr.tirta)

Dokter Tirta memiliki sejarah tersendiri dengan dunia anak punk. Ternyata di masa mudanya, ia pernah mengalami ditampung oleh preman dari blok M. Hal ini pula yang mendorong dirinya untuk melakukan hal yang sama. Ia pun mempekerjakan orang-orang yang memiliki latar belakang beragam.

"Anak buah ku kan enam puluh persen rata-rata, pegawai 'Shoes and Care' saat itu dari 100, napi, anak putus sekolah, anak jalanan, anak punk, dan kaum marjinal," ungkap dokter Tirta.

4. Lulusan kedokteran ugm

Potret Tirta Mandira Hudhi, Dokter nyentrik yang lantang kampanyekan pencegahan virus corona. (Sumber: Instagram @dr.tirta)
Potret Tirta Mandira Hudhi, Dokter nyentrik yang lantang kampanyekan pencegahan virus corona. (Sumber: Instagram @dr.tirta)

Dokter Tirta merupakan lulusan dari Fakultas Kedokteran Universitas Gajay Mada. Setelah lulus, ia sempat dinas di Puskesmas Turi, Sleman, Yogyakarta dan Rumah Sakit UGM.

Dilansir dari wawancaranya bersama dengan Deddy Corbuzier, Dokter Tirta mengungkapkan bahwa ia tak menjadikan profesi dokter sebagai sumber penghasilan, melainkan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

5. Sempat mendapatkan tawaran beasiswa S2

Potret Tirta Mandira Hudhi, Dokter nyentrik yang lantang kampanyekan pencegahan virus corona. (Sumber: Instagram @dr.tirta)
Potret Tirta Mandira Hudhi, Dokter nyentrik yang lantang kampanyekan pencegahan virus corona. (Sumber: Instagram @dr.tirta)

Meski memiliki penampilan yang cukup unik dan nyentrik, ternyata setelah menyelesaikan studi S1, Dokter Tirta pernah mendapatkan tawaran untuk melanjutkan pendidikan kedokteran S2 di Belanda dan Jerman oleh Professor Iwan.

"Prof Iwan itu waktu aku selesai S1 dia mau memberikan beasiswa ke Belanda dan Jerman Lewat Dokter Jarir, aku tolak karena pada waktu itu aku lebih ingin ke IGD, belum siap untuk keluar negeri untuk S2" ungkap Tirta dalam video wawancaranya bersama Deddy Corbuzier.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RS Darurat Wisma Atlet Tak Terima Pasien Anak

Posted: 25 Mar 2020 08:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pangdam Jaya Mayjen Eko Margiono menyatakan, RS Darurat Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat tak menerima pasien anak dengan usia di bawah 15 tahun.

"Di dalam penerimaan pasien, RS Darurat ini hanya usia 15 tahun ke atas. Untuk anak-anak tidak kita terima," ujar Eko di Graha BNPB, Jakarta Pusat, Kamis (26/3/2020).

Selain anak berusia di bawah 15 tahun, RS Darurat Covid-19 juga tak menerima pasien yang sudah memiliki penyakit penyerta, atau kumorbid. Sebab, RS Darurat Wisma Atlet ini didirikan dengan sistem limitasi kontak dengan petugas medis.

"Termasuk ada pasien yang gejalanya ringan namun ada kumorbid, maka dirujuk ke RS Sulianti Saroso, atau RSUP Persahabatan," kata dia.

"RS (Wisma Atlet Kemayoran) ini menerapkan sistem self handling, self karantina, limitasi kontak dengan petugas," Eko menambahkan.

Hanya Terima Pasien Gejala Ringan hingga Sedang

Presiden Joko Widodo meninjau ruang perawatan Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Presiden memastikan bahwa rumah sakit darurat ini siap digunakan untuk karantina dan perawatan pasien Covid-19. (Kompas/Heru Sri Kumoro/Pool)
Presiden Joko Widodo meninjau ruang perawatan Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Presiden memastikan bahwa rumah sakit darurat ini siap digunakan untuk karantina dan perawatan pasien Covid-19. (Kompas/Heru Sri Kumoro/Pool)

Menurutnya, RS Darurat ini hanya menerima pasien yang memiliki gejala ringan hingga sedang. Jika selama masa karantina di RS Darurat pasien dengan gejala ringan dan sedang tersebut memperlihatkan gejala yang tinggi, maka akan dirujuk ke RS rujukan.

"Kalau gejalanya makin berat maka akan kami limpahkan ke RS rujukan," kata dia.

Dia menyebut, RS Darurat ini sejatinya dibuat untuk menampung pasien yang berada di wilayah Jabodetabek. Namun menurutnya, saat hari pertama RS Darurat ini dibuka, ada pasien yang datang dari wilayah lain, seperti Surabaya, dan Semarang.

"Namun tetap kami akan menerima," kata dia.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dispendik Jatim: UN Ditiadakan, Penerimaan Mahasiswa Baru Bakal Menyesuaikan

Posted: 25 Mar 2020 08:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Pendidikan Jawa Timur menilai, ujian nasional yang ditiadakan untuk mengantisipasi merebaknya Corona COVID-19, penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi akan ikut menyesuaikan.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Wahid Wahyudi menuturkan, hasil ujian nasional bermanfaat untuk melihat disparitas kualitas mutu pendidikan di masing-masing sekolah atau wilayah.

Selain itu, ada perguruan tinggi yang menerapkan jalur dari nilai ujian nasional, termasuk perguruan tinggi tertentu, semisal akademi militer, akademi kepolisian dan akademi sejenis lainnya.

"Tentu, dengan ditiadakannya ujian nasional, maka dalam penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi akan ikut menyesuaikan," kata mantan Kepala Dinas Perhubungan Jatim tersebut, seperti dikutip dari Antara, Kamis (26/3/2020).

Sebelumnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memastikan untuk meniadakan ujian nasional karena meluasnya wabah virus corona di Tanah Air.

Ia menyatakan, kelulusan siswa sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat tidak ditentukan oleh nilai ujian nasional (UN), sehingga tak masalah jika UN ditiadakan. "Ada parameter sendiri sekarang ini terkait ukuran kelulusan siswa SMA/SMK," tutur dia.

Ditentukan Nilai Rapor Selama 3 Tahun

Ilustrasi
Ilustrasi

Ia menuturkan, kelulusan ditentukan nilai rapor selama tiga tahun atau enam semester yang rata-ratanya 60 persen, kemudian nilai ujian satuan pendidikan (USP) ditambah ujian praktik laboratorium 40 persen.

"Khusus di Jatim, ukuran kelulusan sudah dilakukan karena seluruh SMA dan SMK sudah melakukan USP berstandar komputer dan smartphone serta ujian praktik," ujar dia.

Wahid mengatakan, rencana semula peniadaan ujian nasional adalah pada 2021, tapi karena merebaknya COVID-19 dan mengganggu proses belajar mengajar, diputuskan untuk meniadakannya pada 2020.

Sesuai jadwal, pelaksanaan ujian nasional tingkat SMA digelar mulai 30 Maret hingga 2 April 2020, bahkan di Jatim sempat diputuskan untuk penundaan sepekan berikutnya, yakni 6-9 April 2020. Sedangkan, untuk tingkat SMK sudah dilakukan pelaksanaan ujian nasional pada 16-19 Maret 2020.

"Alhamdulillah untuk siswa kelas XII SMK sudah dilaksanakan. Untuk yang tingkat SMA sesuai kebijakan Mendikbud dan kami tentu menyesuaikan," tuturnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banyuwangi Realokasi APBD untuk Tangani Virus Covid-19

Posted: 25 Mar 2020 08:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabupaten Banyuwangi merealokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020 guna pencegahan dan penanganan virus corona (Covid-19). Realokasi anggaran sekitar Rp 21 miliar, mulai untuk menambah bed isolasi, alat rapid test (tes cepat) untuk warga, penambahan alat pelindung diri (APD) untuk para tenaga medis, hingga penambahan ventilator dan respirator sebagai alat bantu pernapasan bagi pasien. Selain itu, sebagian dana tersebut bakal digunakan untuk membeli masker, hand sanitizer, alkohol, disinfektan, dan berbagai penunjang medis lainnya.

"Kita tidak berharap, kita terus bareng-bareng mencegah, tapi ini untuk antisipasi," ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas usai menggelar rapat koordinasi bersama seluruh Forum Komunikasi Pimpindan Daerah (Forkopimda), Senin (23/3/2019). Rapat itu diikuti wakil bupati, ketua DPRD, Kapolresta, Kejaksaan Negeri, Danlanal, Pengadilan Negeri, dan jajaran Forkopimda lainnya.

Realokasi APBD tersebut sesuai Peraturan Mendagri 20/2020 tentang Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Lingkungan Pemerintah Daerah yang diterbitkan pemerintah pusat untuk membantu daerah menangani masalah Covid-19.

Anas menjelaskan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan seluruh direktur rumah sakit se-Banyuwangi, baik swasta maupun milik pemerintah, untuk melakukan identifikasi perkiraan berapa peralatan kesehatan yang bakal dibutuhkan.

"Seminggu lalu kami telah bertemu. Kami hitung dengan prediksi dari para dokter dan ahli yang kompeten di bidangnya terkait kemungkinan adanya kasus ini di Banyuwangi. Dari situ, kami tahu apa-apa saja yang harus ditambah," kata Anas.

Karena kekurangan itu, Anas melakukan realokasi anggaran. Total anggaran yang disiapkan Rp 21 miliar. "Realokasi APBD ini sudah kami proses," kata Anas.

"Seperti misalnya untuk beli alat rapid test. Ini proses. Dalam 3 hari ke depan sudah datang. Kita fokuskan dan prioritaskan untuk orang dalam pemantauan (ODP) dan orang di sekitarnya. Tentu tidak semua warga dilakukan tes corona. Juga alat-alat lain yang sangat diperlukan tenaga medis sebagai pejuang di garis depan, terima kasih kita untuk para tenaga medis," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi dr Widji Lestariono merinci anggaran tersebut berasal dari empat pos, yakni APBD dari Dinas Kesehatan, RSUD Blambangan, RSUD Genteng, dan Belanja Tidak Terduga (BTT). 

"Pemkab Banyuwangi juga telah mencadangkan dana  BTT sebesar Rp 5 miliar untuk berjaga-jaga bila dibutuhkan. Semua fokus untuk penanganan covid 19," kata Rio, sapaan akrabnya.

Rio menambahkan, saat ini di Banyuwangi telah ada 32 bed isolasi. Dengan realokasi anggaran, diperkirakan ada penambahan 19 bed lagi, jadi total 51 bed. "Ventilator juga akan tambah, sekitar 25 ventilator akan disiapkan," jelas Rio.

Hingga Senin (23/3/2020), terdapat 54 ODP di Banyuwangi, pasien dalam pengawasan (PDP) 0 orang, dan positif corona 0 orang. 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Izin Masuk Khusus Area Bandara Soetta Dihentikan Sementara

Posted: 25 Mar 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Cegah penyebaran virus Corona atau Covid-19 di area Bandara Internasional Soekarno Hatta, Kantor Otoritas Bandar Udara (Otban) Wilayah I Kelas Utama, menghentikan sementara pelayanan Pas atau akses masuk di bandara tersebut.

Pelayanan Pas Tahunan, Bulanan dan Pas Visitor dihentikan sementara selama kurang lebih 2 minggu kedepan. Terhitung mulai hari ini, sampai dengan 9 April 2020.

"Pelayanan kita tutup sementara saja, sampai kondisi membaik," kata Kepala Otban Wilayah I Kelas Utama, Herson, Kamis (26/3/2020).

Dengan penutupan pelayanan tersebut, Work From Home (WFH) diterapkan bagi pegawai Kantor Otban Wilayah 1 Kelas Utama, yang memiliki risiko interaksi pada saat memberikan pelayanan terhadap pemohon pas.

Sementara, bagi pemohon Pas Bandar Udara yang akan melakukan perpanjangan Tahunan atau BuIanan yang sudah melakukan pendaftaran di sistem APMS per tanggal 26 Maret 2020, maka akan diberikan dispensasi sampai dengan tanggal 1 Mei 2020. Dengan ketentuan bukti pendaftaran perpanjangan diberikan validasi oleh Kantor Otban Wilayah I Kelas Utama.

"Bagi permohonan pas bandar udara Mingguan agar menyampaikan surat permohonan kepada Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I Kelas Utama dan waktu proses akan dihubungi lebih lanjut," jelas Herson.

Pemohon Pas Visitor

Suasana Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta). (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)
Suasana Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta). (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Sementara, bagi pemohon pas visitor dapat mengajukan permohonan pas secara online tanpa melakukan proses foto, pemohon dapat memberikan atau mengirim pas foto melalui Whatsapp Pelayanan dan Pas visitor yang telah diterbitkan dapat diambil pada Posko 24 jam Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I Kelas Utama.

"Kami mengimbau bahwa perlu kewasapadaan tinggi terhadap risiko penularan Covid-19 yang sangat mudah dan cepat, serta mengimbau perlunya kerjasama seluruh Iapisan masyarakat, untuk memutus rantai penularan dengan Working From Home dan physical distancing," tuturnya. (Pramita Tristiawati)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Spanyol: Persaingan Barca vs Real Madrid Terhenti karena Corona Covid-19

Posted: 25 Mar 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Persaingan merebut puncak klasemen Liga Spanyol sejatinya sedang seru memasuki pekan ke-28. Baik Barcelona dan Real Madrid sama-sama berpacu agar finis sebagai juara di akhir musim.

Sayang, Liga Spanyol harus berhenti sementara lantaran pandemi virus corona covid-19. Pemerintah Spanyol memutuskan menghentikan semua kegiatan yang mengundang keramaian agar virus tidak semakin meluas.

Untuk sementara, Barcelona boleh menepuk dada. Pasalnya, Lionel Messi dkk. memimpin di posisi pertama.

Tim asuhan Quique Setien itu mengantongi 58 poin, unggul dua poin dari Real Madrid. Keunggulan itu tercipta usai sang rival terpeleset di markas Real Betis.

Ya, Real Madrid di luar dugaan takluk 1-2 dari Betis pada pertandingan pekan ke-26. Alhasil, tim racikan Zinedine Zidane itu turun ke posisi kedua dengan 56 poin.

Pada pekan berikutnya, Real Madrid dan Barcelona sama-sama akan menghadapi lawan enteng. Real Madrid dijadwalkan menjamu Eibar, sementara Barcelona bertandang ke markas Mallorca.

 

5 Pemain Kena

Pemain Valencia dan timnas Argentina, Ezequiel Garay (Juan Mabromata/AFP)
Pemain Valencia dan timnas Argentina, Ezequiel Garay (Juan Mabromata/AFP)

Ezequiel Garay (Valencia)

Eliaquim Mangala (Valencia)

Jose Gaya (Valencia)

Jonathas de Jesus (Elche)

Wu Lei (Espanyol)

Lorenzo Sanz (Eks Presiden Real Madrid/Meninggal Dunia)

Fernando Martin (Eks Presiden Real Madrid)

Klasemen Liga Spanyol

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: