Rabu, 11 Maret 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Iran Berhasil Temukan Obat Virus Corona, Ini 4 Faktanya

Posted: 11 Mar 2020 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jumlah kasus virus Corona masih terus merajalela di seluruh dunia. Lebih dari 119.120 orang dilaporkan terinfeksi virus Corona. Dari angka itu, 65.765 di antaranya telah dinyatakan sembuh berdasarkan peta Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE, Rabu (11/3/2020).

Mengutip dari gisanddata.maps.arcgis.com, angka kematian virus Corona secara global juga tercatat sebanyak 4.284 jiwa. Saat ini, kasus virus Corona juga telah tercatat di 113 negara dalam data peta Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE.

Salah satu negara yang memiliki kasus virus Corona terbesar di luar China adalah Iran. Hingga saat ini, data kasus virus Corona menurut Kementerian Kesehatan Republik Islam Iran per tanggal 9 Maret 2020 dengan rincian mencapai 7.161 kasus. Dari angka tersebut 237 terjangkit dinyatakan meninggal dunia dan 2.394 orang dinyatakan sembuh.

Hingga saat ini korban meninggal masih harus melewati tahap pemeriksaan untuk memastikan apakah korban meninggal akibat terinfeksi virus Corona atau penyakit lain. Pemerintah Iran juga sudah melakukan berbagai upaya dan langkah pencegahan serta penyebaran virus Corona.

Namun baru-baru ini kabar bahagia telah diumumkan. Iran telah menemukan obat untuk menyembuhkan penyakit akibat virus Corona COVID-19. Kementerian Kesehatan Iran mengumumkan, pengujian obat buatan dalam negeri telah berhasil mengobati gejala pada sejumlah kasus virus Corona COVID-19 dengan kondisi parah. Berikut beberapa fakta Iran berhasil temukan obat virus Corona dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (12/3/2020).

1. Pengujian Obat

Ilustrasi pengujian obat. (Ali Shirband/Mizan News Agency via AP)
Ilustrasi pengujian obat. (Ali Shirband/Mizan News Agency via AP)

Berbagai cara dilakukan oleh pemerintah Iran dalam menghadapi kasus virus Corona. Salah satunya dengan menemukan obat untuk menyembuhkan penyakit akibat Virus Corona Covid-19. Kementrian Kesehatan Iran juga sudah mengumungkan pengujian obat tersebut telah berhasil mengobati gejala pada sejumlah kasus Virus Corona COVID-19 dengan kondisi parah.

"Pengujian obat imunomodulator yang disebut Actemra terhadap para pasien yang terinfeksi Virus Corona berhasil memulihkan mereka secara parsial," ungkap Kepala Hubungan Masyarakat dan Pusat Informasi Kementerian Kesehatan dan Pendidikan Kedokteran Iran, Kianush Jahanpur, seperti dilaporkan harian Tehran Times, yang dilansir Xinhua, Kamis (12/3/2020).

Gejala-gejala tersebut menurun 48 jam setelah pasien Virus Corona mengonsumsi Actemra, lanjut Jahanpur, seraya menambahkan bahwa hasil itu ditemukan dalam proses pemindaian.

2. Masih Tahap Awal

Ilustrasi pengujian obat. (STR/AFP)
Ilustrasi pengujian obat. (STR/AFP)

Meski diketahui berhasil menyembuhkan penyakit akibat Virus Corona Covid-19. Jahanpur mengatakan hasil tersebut masih dalam tahap awal, serta perlu lebih banyak percobaan dan penelitian untuk menguji keefektifannya. Kementerian Kesehatan Iran mengumumkan pada Rabu 11 Maret 2020, total 9.000 warganya telah terinfeksi penyakit tersebut dan 354 orang di antaranya meninggal dunia.

3. Situasi Relatif Kondusif

Warga Iran (AP/ Vahid Salemi)
Warga Iran (AP/ Vahid Salemi)

Meski menjadi negara kasus virus Corona terbesar, Himpunan Pelajar Indonesia (HPI) Iran mengabarkan bahwa kondisi di Negeri Bintang David ini cukup kondusif dan terkendali. Aktivitas masyarakat tetap berjalan dengan tingkat keramaian yang lebih rendah.

Organisasi pelajar tersebut juga mengungkapkan bahwa kondisi pasar dan pusat perbelanjaan relatif normal. Suplai bahan makanan dan barang-barang kesehatan masih banyak tersedia. Masyarakat di Iran menyikapi keadaan dengan mengikuti imbauan Kementerian Kesehatan dan pejabat kesehatan setempat.

4. HPI Iran Memberi Imbauan pada Masyarakat Indonesia di Iran

Ilustrasi bendera Iran. (Sumber: iStock)
Ilustrasi bendera Iran. (Sumber: iStock)

Himpunan Pelajar Indonesia (HPI) di Iran juga menyampaikan imbauan kepada masyarakat Indonesia yang ada di Iran untuk tidak meremehkan arahan-arahan pihak terkait. Organisasi pelajar Indonesia di Iran itu juga mengharapkan kepada pihak pemerintah dan masyarakat Indonesia agar bijak dan selektif memilah informasi dan hanya menerima informasi yang resmi serta representatif.

Pada kesempatan tersebut, HPI juga menegaskan bahwa pihaknya belum pernah mengeluarkan statement atau pernyataan apapun terkait dengan kondisi Iran dan virus Corona, dan tidak bertanggungjawab atas semua pernyataan yang dikeluarkan oleh siapapun, baik melalui media cetak maupun televisi yang mengatasnamakan pelajar Indonesia di Iran.

"Kami mengapresiasi langkah dan upaya pemerintah setempat dalam pelayanan dan pencegahan Virus Corona dan KBRI Tehran yang sigap melindungi WNI di Iran. Kami berharap pemerintah Indonesia bisa meningkatkan upaya pencegahan dan penanganan Virus Corona di Tanah Air," tegas pihak HPI.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Hal Viralnya Tangkapan Layar Penyebaran Virus Corona di KRL Bogor-Kota

Posted: 11 Mar 2020 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini beredar tangkapan layar bahan arahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenai waspada risiko penyebaran virus corona atau Covid-19 via transportasi publik.

Pada gambar tersebut, tertuliskan potensi kontaminasi terbesar virus Corona terjadi di wilayah KRL-2 atau rute Bogor-Depok-Jakarta Kota.

Anies pun mengklarifikasi soal tangkapan layar yang menjadi viral tersebut. Menurutnya, data itu sebenarnya hanya untuk internal Pemprov DKI Jakarta saja.

"Supaya bisa bersiap dan bisa melakukan langkah-langkah mitigasi. Jadi itu sebetulnya," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Rabu 11 Maret 2020.

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) pun angkat bicara. Menurut VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba, kejadian yang sebenarnya tidak seperti yang tertangkap pada gambar yang beredar di media sosial.

Berikut 5 hal terkait beredarnya tangkapan layar arahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenai waspada risiko penyebaran virus corona di KRL dihimpun Liputan6.com:

 

Tangkapan Layar Viral

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan UMP DKI 2020, Jumat (1/11/2019). (Liputan6.com/ Delvira Chaerani Hutabarat)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan UMP DKI 2020, Jumat (1/11/2019). (Liputan6.com/ Delvira Chaerani Hutabarat)

Beredar tangkapan layar mengenai bahan arahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenai waspada risiko penyebaran virus corona via transportasi publik.

Pada gambar tersebut tertuliskan risiko kontaminasi terbesar terjadi di wilayah KRL-2 atau rute Bogor-Depok-Jakarta Kota.

Zona KRL-4 Cikarang-Bekasi-Jakarta Timur dilaporkan relatif bebas dari Covid-19 sementara ini.

Kemudian, secara umum rerata waktu tempuh dari lokasi pengidap Covid-19 dengan transportasi publik adalah lebih kurang 55 menit.

 

Untuk Internal Pemprov DKI

Gubernur DKI Anies Baswedan saat berada di TTIC, Jakarta Selatan, Minggu (9/2/2020). (Merdeka.com)
Gubernur DKI Anies Baswedan saat berada di TTIC, Jakarta Selatan, Minggu (9/2/2020). (Merdeka.com)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklarifikasi soal tangkapan layar yang viral tersebut.

Anies menyebut, data tentang Corona tersebut sebenarnya untuk internal Pemprov DKI. Ini merupakan bahan mitigasi jajarannya.

"Supaya bisa bersiap dan bisa melakukan langkah-langkah mitigasi. Jadi itu sebetulnya," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Rabu, 11 Maret 2020.

Dia menjelaskan, data tersebut merupakan hasil dari riset dari sebaran orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) terkait virus Corona. Dari hasil tersebut, dia menyebut jajarannya membuat pemetaan.

"Tadi juga dipaparkan juga petanya. Tapi kan itu untuk kebutuhan internal supaya kita bisa melakukan langkah-langkah mitigasi," ucap Anies.

Saat pemaparan itu, lanjut Anies, membahas lebih dari 20 slide data dan dihadiri oleh seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta.

Selain untuk mitigasi, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga membahas aspek lainnya.

"Bukan bahwa saat ini ada kasus, bukan, tapi bahwa saat ini kita punya potensi risiko-risiko. Salah satunya adalah transportasi, tapi juga yang aspek-aspek lain," jelasnya.

 

PT KCI Angkat Bicara

Calon penumpang menunggu keberangkatan KRL Commuter Line Bogor-Jakarta di Stasiun Tanah Abang, Jakarta, Minggu (29/12/2019). PT KCI menambah 28 perjalanan KRL tambahan khusus perayaan pergantian tahun. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Calon penumpang menunggu keberangkatan KRL Commuter Line Bogor-Jakarta di Stasiun Tanah Abang, Jakarta, Minggu (29/12/2019). PT KCI menambah 28 perjalanan KRL tambahan khusus perayaan pergantian tahun. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) meluruskan informasi terkait tangkapan layar viral tersebut.

VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba menuturkan, kejadian yang sebenarnya tidak seperti yang tertangkap pada gambar yang beredar di media sosial.

"PT KCI pada hari ini menghadiri rapat membahas protokoler penanganan penyebaran virus corona bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Rapat yang dihadiri KCI berbeda dengan rapat yang dokumentasi fotonya beredar tersebut," kata Anne, dalam siaran tertulisnya di Jakarta.

Menurut Anne, PT KCI sebagai operator transportasi publik yang melayani 336 juta pengguna pada 2020, berupaya keras mengerahkan seluruh sumber daya untuk mengantisipasi peredaran virus Corona.

 

PT KCI Lakukan Antisipasi

Kereta commuter line melintas di Stasiun Manggarai, Jakarta, Kamis (13/2/2020). PT KCI melakukan rekayasa perjalanan KRL Bogor dan Bekasi terkait penggantian wesel atau persimpangan rel di stasiun Gambir dan Jakarta Kota. (merdeka.com/Magang/Muhammad Fayyadh)
Kereta commuter line melintas di Stasiun Manggarai, Jakarta, Kamis (13/2/2020). PT KCI melakukan rekayasa perjalanan KRL Bogor dan Bekasi terkait penggantian wesel atau persimpangan rel di stasiun Gambir dan Jakarta Kota. (merdeka.com/Magang/Muhammad Fayyadh)

Anne kemudian mengatakan upaya antisipasi yang telah dilakukan PT KCI antara lain, melakukan edukasi untuk mencegah penularan covid-19. Hal ini telah dilakukan sejak 3 Februari 2020.

Salah satunya edukasi tentang cuci tangan yang benar dan membagikan masker kepada pengguna di 36 stasiun.

"Dua, menyediakan lebih dari 700 botol hand sanitizer untuk 88 rangkaian kereta dan 80 stasiun. Tiga, rutin membersihkan seluruh rangkaian kereta seusai beroperasi dengan menggunakan cairan pembersih yang mengandung disinfektan. Empat, menugaskan On Trip Cleaning yang membersihkan rangkaian kereta saat sedang beroperasi melayani pengguna," tutur Anne.

Juga memberikan materi edukasi dan himbauan di 88 rangkaian kereta dan 80 stasiun. Selanjutnya menyiapkan pos kesehatan di 30 stasiun KRL yang dapat memberikan pertolongan pertama jika pengguna mengalami masalah kesehatan.

"Di pos ini, pengguna juga dapat mengukur suhu tubuh, mendapatkan masker, hingga obat-obatan. Bila tidak dapat ditangani, petugas kesehatan akan merujuk pengguna ke rumah sakit terdekat. Tujuh, mewajibkan pegawai frontliner yang berinteraksi langsung dengan pelanggan untuk cek kesehatan termasuk suhu tubuh sebelum berdinas," ujar Anne.

Tidak sampai di situ PT KCI, terus melakukan upaya sosialisasi dan antisipasi. Pekan lalu, bekerja sama dengan PT KAI Daop 1 Jakarta, PT KCI mengadakan kegiatan rail clinic di Stasiun Depok dan Bogor.

Pada kegiatan ini, KAI mengerahkan kereta Rail Clinic yang melayani pengobatan gratis dan cek kesehatan bagi penumpang, serta memberikan edukasi mengenai kebersihan dan gaya hidup sehat untuk menangkal virus corona.

"Dalam waktu dekat, kereta Rail Clinic juga akan hadir kembali di lintas Bogor-Depok untuk memberi edukasi dan layanan kesehatan," kata Anne.

Mulai Kamis 12 Maret 2020, tim kesehatan bersama jajaran pegawai KCI juga akan melakukan roadshow sosialisasi lanjutan ke sejumlah stasiun untuk melanjutkan upaya edukasi, membagikan masker, dan menjelaskan upaya-upaya pencegahan penyebaran virus corona yang dapat diikuti pengguna. Petugas juga akan melakukan random check suhu tubuh pengguna di stasiun-stasiun.

 

Imbauan PT KCI

Sejumlah calon penumpang menunggu kedatangan KRL Commuter Line di Stasiun Tanah Abang, Jakarta, Sabtu (7/3/2020). Masuknya virus Corona atau Covid-19 di Indonesia belum mempengaruhi minat masyarakat untuk tetap bepergian menggunakan transportasi umum. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Sejumlah calon penumpang menunggu kedatangan KRL Commuter Line di Stasiun Tanah Abang, Jakarta, Sabtu (7/3/2020). Masuknya virus Corona atau Covid-19 di Indonesia belum mempengaruhi minat masyarakat untuk tetap bepergian menggunakan transportasi umum. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Data yang digunakan untuk rujukan mitigasi Pemprov DKI Jakarta menyebutkan potensi penyebaran terbesar virus Corona berada di KRL jurusan Bogor-Jakarta Kota.

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, PT Kereta Commuter Indonesia tengah mengerahkan segala upaya.

"Kami sebagai operator Transportasi Publik yang sudah melayani 336 juta pengguna di tahun 2020 tentu harus berupaya keras mengerahkan seluruh sumber daya agar commuterline tetap dapat mengantisipasi peredaran virus corona dan di saat yang sama tetap memberikan layanan bagi penggunanya," ujar Anne.

Salah satunya dengan mengimbau agar penumpang melakukan empat hal ini:

1. Tidak meludah sembarangan di stasiun maupun kereta.

2. Menggunakan masker saat sedang sakit, batuk, pilek, maupun dalam masa penyembuhan.

3. Menjaga kebersihan, antara lain mencuci tangan dengan benar.

4. Memeriksakan diri ke pos kesehatan bila merasa kurang sehat.

Menurut dia, guna membahas upaya-upaya lanjutan menangani dan mengantisipasi penyebaran virus corona, Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta besok akan melakukan pembahasan bersama dengan KCI.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fenomena Anak Muda Beli Tiket Pesawat yang Harganya Turun Drastis karena Wabah Corona

Posted: 11 Mar 2020 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sementara kebanyakan orang membatalkan perjalanan mereka, perempuan bernama Ashley Henkel malah memesan tiket pesawat untuk tiga rute sekaligus. Dara 20 tahun tersebut tengah memanfaatkan harga tiket pesawat yang merosot jauh karena wabah corona.

Melansir laman NBC News, Kamis (12/3/2020), Henkel sendiri tinggal di Central Valley, California, Amerika Serikat, dan berniat mengambil penerbangan ke Vancouver, New York City, dan Portland, Oregon saat musim panas.

NBC News melaporkan, Henkel adalah satu dari sekian banyak anak muda yang berkomentar, "Terserah" saat ditanya mengapa tetap membeli tiket pesawat di tengah ancaman infeksi COVID-19.

Pasalnya, ia dan kebanyakan orang berpikir, harga murah tiket pesawat membuat mereka bisa pergi ke destinasi impian yang dalam kondisi normal sulit terjamah.

"Ini perjalanan dengan risiko tinggi, tapi sepadan. Saya pikir, wabah corona akan kian serius dan mungkin menelan banyak korban jiwa. Mengingat kondisi ini, lebih baik saya ada di sebuah tempat untuk bersenang-senang," ucapnya.

Lagipula, sang mahasiwa menambahkan, tak ada gunanya berdiam di rumah dan terus-terusan cemas.

Perusahaan multinasional, seperti Google dan Walmart, sebelumnya telah melarang perjalanan tak penting sebagai antisipasi infeksi corona. Alhasil, banyak orang yang membatalkan perjalanan, begitu pun dengan acara-acara besar.

Tak Semata Jalan

Ilustrasi pesawat (iStock)
Ilustrasi pesawat (iStock)

Perjalanan udara secara global memprediksi kerugian maskapai berkisar mulai dari 63 miliar dolar Amerika hingga 113 miliar dolar Amerika atau setara Rp912 triliun--Rp1,6 kuadriliun, berdasarkan estimasi International Air Transport Association.

Di media sosial, tak sedikit orang yang bercanda tentang merisikokan diri terinfeksi corona untuk perjalanan impian. Narasinya bermacam-macam dan tak pelak menimbulkan kontroversi di antara penghuni jagat maya.

Dari sekian banyak cerita, bagi Capri Nicole, penawaran diskon tiket pesawat punya makna lebih dari sekadar bepergian, yakni kesempatan melihat neneknya yang tengah sakit kanker dan ulang tahun.

Minggu depan, Nicole akan terbang ke Atlanta dari Connecticut, dengan harga tiket pesawat lebih murah 200 dolar Amerika atau setara Rp2,9 juta. "Ada banyak wabah dan saya bisa saja meninggal besok karena penyakit yang tak berhubungan dengan corona," ucapnya.

"Bila saya meninggal, saya meninggal saja. Saya hanya merindukan keluarga saya," tandas perempuan 27 tahun tersebut.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Duet Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Resmi Meluncur Pekan Depan

Posted: 11 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah fotonya banyak beredar di dunia maya, PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya bakal meluncurkan secara resmi mobil murah ramah lingkungannya, new Toyota Agya pekan depan, Kamis (19/3/2020). Seperti sudah kebiasaan, pada hari yang sama, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) juga bakal menghadirkan new Daihatsu Ayla.

Berdasarkan undangan yang masuk ke redaksi Liputan6.com, peluncuran kedua mobil perkotaan ini akan dilakukan di dua tempat berbeda. Untuk Toyota Agya akan diluncurkan di sebuah tempat perkumpulan di Jakarta Selatan, sedangkan Daihatsu Ayla bertempat di salah satu pusat perbelanjaan di Jawa Barat.

"Bersama surat ini, PT Toyota-Astra Motor mengundang perwakilan jurnalis dari media Bapak/Ibu sekalian untuk menghadiri kegiatan New Agya Press Conference," tulis Toyota dalam undangan yang dikirim Liputan6.com, Kamis (12/3/2020).

Sebelumnya, memang beredar spyshot Agya yang mendapat ubahan, baik dari tampilan maupun fitur. jika menyelisik dari dunia maya, seperti dalam unggahan akun @indra_fathan, wujudnya semakin sporty. Terutama pada opsi TRD, mengingat gambar yang dihadirkan adalah varian itu. Wajahnya bergaya lebih tegas dengan bingkai grille menonjol. Kisi-kisi tak lagi berupa garis horizontal, melainkan honeycomb dengan palang kelir senada yang tebal untuk penempatan pelat nomor.

Gaya senyuman khas karakter Joker yang menghiasi bumper, justru dihilangkan. Sekarang rumah foglamp tak lagi menyatu dengan grille. Area itu mengotak, mirip dengan gaya mobil kekinian. Front lip juga lebih kentara karena punya aksen yang kontras, membuat mobil terkesan lebih ceper. Ubahan lainnya adalah pelek, mempunyai model palang lebih kurus. Ini akibat pengaplikasian two-tone. Spionnya lebih lancip, dengan lampu sein LED yang tertanam agak ke bawah. Sementara buritan diberi aksen putih pada stoplamp. Spoiler juga tak lagi senada dengan corak bodi, sehingga menguatkan aura sporty.

Untuk fiturnya sendiri ada peningkatan. Menurut salah satu tenaga penjual Toyota, sistem pengatur suhu kabin turut diganti. Sebelumnya, Toyota Agya dilengkapi model kenop konvensional dengan indikator garis dan angka untuk level putaran kipas.

Keyless

Sementara Agya Model 2020 sudah mengaplikasikan tombol dan layar digital. Membuat suasana interiornya lebih mewah dan tidak lagi ketinggalan zaman. Kemudian ukuran head unit, dikatakannya turut membesar. Layar sentuh Agya bertambah 1 inci menjadi 7 inci dan punya konektivitas gawai. Lalu spion sudah menganut pelipat elektrik, atau retractable.

Makin menarik, sudah tersedia teknologi keyless untuk varian Toyota Agya TRD. Perangkat yang kini biasa ditemukan pada mobil berbanderol di atas Rp 200 jutaan. Disebut tak hanya untuk membuka kunci pintu, melainkan juga mengaktifkan dan mematikan mesin mobil. Lantaran terselip tombol start/stop engine di dasbor.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengecekan Data SKD CPNS 2019 Ditargetkan Rampung 18 Maret

Posted: 11 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pasca berakhirnya pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada 10 Maret 2020, proses perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 akan lanjut pada tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) di 25 Maret 2020.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku instansi pengurus seleksi CPNS telah menggelar rekonsiliasi data hasil tes SKD selama dua tahap. Pada tahap I, sebanyak 261 dari 521 instansi telah melakukan rekonsiliasi data. Sementara pada tahap kedua, pencocokan data diperuntukan bagi 260 instansi pusat dan daerah yang tersisa.

"Rekonsiliasi pada dasarnya ditujukan untuk menyamakan kembali data-data yang sudah masuk dalam database BKM dan akan dicocokan dengan data manual sebelum hasil ujian dipublikasikan kepada publik secara serentak," ungkap Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen dalam laporan tertulis, Kamis (12/3/2020).

Lebih lanjut, Suharmen menjelaskan, rekonsiliasi bukan hanya sekedar mencocokan data kehadiran peserta saat seleksi, tapi juga verifikasi apakah peserta tersebut memenuhi syarat atau tidak untuk lolos ke tahap SKB CPNS yang dijadwalkan mulai pada 25 Maret mendatang.

 

Libatkan BPKP

Ekspresi peserta saat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk CPNS Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Kantor BKN Regional V, Jakarta, Senin (27/1/2020). Seleksi diikuti 2.162 peserta. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Ekspresi peserta saat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk CPNS Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Kantor BKN Regional V, Jakarta, Senin (27/1/2020). Seleksi diikuti 2.162 peserta. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Dia menambahkan, proses rekonsiliasi peserta SKD CPNS 2019 ini juga turut melibatkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) serta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Suharmen berharap, proses rekonsiliasi ini rampung 18 Maret 2020. "Proses rekonsiliasi dilakukan bersama-sama semua pihak yang terlibat dalam seleksi, karena pelaksanaan rekonsiliasi ini dilakukan secara transparan," sambungnya.

Setelah proses rekonsiliasi selesai, instansi pusat dan daerah dapat mengunduhnya untuk kemudian diumumkan serentak pada 23-24 Maret 2020. Selanjutnya, BKN bersama Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) akan fokus pada persiapan soal-soal SKB. Soal-soal yang akan diujikan dalam SKB sendiri dibuat oleh instansi Pembina Jabatan Fungsional Tertentu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita 'Mobil Goyang' di Areal Parkir Bandara Halu Oleo Kendari

Posted: 11 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Kendari - Dua orang warga Kota Kendari, tepergok berbuat mesum di mobil areal bandara Halu Oleo Kendari, Rabu (11/3/2020). Keduanya digerebek saat sedang berhubungan intim di dalam kendaraan yang diduga milik pelaku pria.

Kedua pelaku, menjalankan aksinya di pinggir jalan poros yang berdekatan dengan areal parkir bandara. Saat itu, pelaku pria duduk di jok belakang mobil bersama pelaku wanita.

Kejadian itu, awalnya diketahui salah seorang sopir bandara yang melintas. Seorang sopir yang ditemui saat menunggu kedatangan penumpang di bandara menceritakan, awalnya rekannya melihat mobil yang ditumpangi kedua pelaku, sedikit bergoyang.

Saat dihampiri, ternyata wanita yang ada di dalam mobil milik pelaku sudah dalam keadaan setengah bugil. Warga mendapati keduanya mesum di mobil.

Warga yang curiga dan penasaran, berusaha mengetuk kaca dan pintu mobil agar dibuka oleh pelaku. Beberapa orang malah langsung merapatkan wajah ke kaca mobil, berusaha melihat ke dalam.

"Ketika mereka diintip, ternyata dua-duanya lagi baku itu," cerita sopir angkutan di Bandara Halu Oleo, malu-malu.

Dalam video yang direkam warga dan sudah beredar luas, pelaku wanita sudah dalam kondisi setengah telanjang. Beberapa bagian sensitifnya, jelas terlihat dan ditonton ramai-ramai warga yang menggerebek.

"Ini bandara bos, masak kamu kasih begitu orang di bandara," ujar salah seorang warga dalam video.

Seorang warga lainnya berusaha merebut kunci mobil pelaku. Namun, sempat dicegah pelaku yang kelihatan panik.

Aksi anarkis warga mulai berhenti saat salah seorang petugas Bandara Halu Oleo Kendari datang menghampiri. Petugas yang berseragam biru itu, berusaha melerai warga yang mengintip dan merekam paksa kedua pelaku mesum di mobil itu.

Pelaku Diduga Dokter

Pelaku pria yang diduga berbuat mesum di dalam mobil, diduga berprofesi sebagai salah seorang dokter di Kota Kendari.(Liputan6.com/Ahmad Akbar Fua)
Pelaku pria yang diduga berbuat mesum di dalam mobil, diduga berprofesi sebagai salah seorang dokter di Kota Kendari.(Liputan6.com/Ahmad Akbar Fua)

Usai mendapati kejadian itu, warga kemudian menyerahkan kedua pelaku ke pihak Polsek Ranomeeto. Saat dikonfirmasi media, Kapolsek AKP Dedy Hartoyo, menyatakan kedua pelaku sempat diperiksa di bandara Halu Oleo Kendari.

"Namun, belum ada informasi lengkap soal identitas kedua pelaku itu," ujarnya.

Namun, dari sejumlah komentar warganet di media sosial, pelaku pria diduga bekerja sebagai dokter. Sedangkan wanita, memakai seragam salah satu lembaga ikatan perawat di Sulawesi Tenggara.

Pelaku pria, diketahui sudah memiliki istri. Sedangkan wanita, belum diungkap identitasnya.

Kasi Intel TNI di Pangkalan Angkatan Udara (AU) Halu Oleo, Trisno membenarkan soal informasi ini. Namun, dia membeberkan, kedua pelaku sempat diperiksa pihak Aviation Security atau petugas keamanan penerbangan bandara.

"Sudah dilepas oleh keamanan penerbangan bandara," ujas Trisno, dikonfirmasi via pesan WhatsApp.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dua Pejabat Pengadilan Negeri Trenggalek Ditahan, Ada Apa?

Posted: 11 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kejaksaan Negeri Trenggalek menahan dua pejabat di lingkungan Pengadilan Negeri Trenggalek, Jawa Timur, atas dugaan memanipulasi laporan pekerjaan pemeliharaan gedung sehingga merugikan keuangan negara sebesar Rp100 jutaan, Rabu, 11 Maret 2020.

Dua pejabat yang ditahan masing-masing adalah Sekretaris PN Trenggalek, Jawa Timur, Chrisna Nur Setyawan dan Kasubbag Umum dan Keuangan Riawan. Sebelum dijebloskan tahanan di Rutan Kelas II B Trenggalek, keduanya sempat diperiksa selama kurang lebih 9 jam.

"Kedua tersangka diduga terlibat dan bersekongkol menyelewengkan anggaran pemeliharaan gedung dan bangunan di PN Trenggalek tahun anggaran 2019 serta anggaran kerja sama pembentukan pos bantuan hukum (posbakum) tahun anggaran 2018—2019," kata Kepala Kejaksaan Negeri Trenggalek Lulus Mustofa, dilansir dari Antara.

Hasil pemeriksaan, kedua tersangka diduga sengaja memalsukan tanda tangan tujuh orang, mulai dari Ketua Pengadilan, tim pemeriksa pekerjaan, hingga perusahaan jasa konstruksi. Namun, perusahaan yang dicatut dalam dokumen menyatakan sama sekali tidak mengetahui adanya proyek pemeliharaan tersebut.

Dalam kasus itu, tersangka membuat laporan bahwa pekerjaan tersebut sudah dilakukan. Namun, sebenarnya mereka tidak melakukan sama sekali.  "Pihak perusahaan tidak pernah diajak bicara masalah ini, tahu-tahu nama perusahaan tercantum dalam laporan," katanya di Trenggalek.

 

Alasan Pelaku

Korupsi
Korupsi

Secara implisit kedua tersangka mengakui adanya manipulasi tersebut. Akan tetapi, mereka berdalih tindakan ilegal itu sengaja dilakukan untuk menutup kekurangan anggaran tahun sebelumnya. Jaksa tak percaya begitu saja, apalagi pembiayaan pada tahun sebelumnya sudah "tutup buku".

Penyidik meyakini penyelewengan anggaran itu untuk memperkaya diri sendiri. Pengembangan penyidikan, kata dia, masih akan dilakukan, terutama untuk mengetahui ada atau tidaknya keterlibatan pihak lain.

"Kami masih akan menelusuri kemungkinan adanya aliran anggaran tersebut kepada pihak lain. Dalam kasus ini negara dirugikan sebesar Rp 100 juta," kata Lulus.

Atas tindak pidana korupsi tersebut, kedua tersangka dijerat Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU No. 20/2001 dengan ancaman hukuman minimal 4 tahun dan maksimal 20 tahun penjara.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hacker Pakai Peta Real-Time Virus Corona untuk Sebar Malware

Posted: 11 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sehubungan dengan WHO meningkatkan status Virus Corona (Covid-19) menjadi pandemi global, pasti banyak orang ingin mengetahui informasi terkini penyebarannya di dunia.

Karena itu, sejumlah organisasi membuat situs web peta real-time yang menunjukkan informasi tentang penyebaran Virus Corona di berbagai negara.

Memanfaatkan momen banyak pengguna internet awam yang ingin mengetahui informasi tersebut, hacker telah menemukan cara untuk menyuntikkan malware ke komputer korban.

Dilansir The Next Web, Kamis (12/3/2020), peneliti keamanan di Reason Labs, Shai Alfasi, mendapati peretas mulai pakai peta real-time ini untuk mencuri informasi pengguna.

"Berbagai informasi pribadi, seperti kata sandi, nomor kartu kredit, dan info lain yang tersimpan di browser berpotensi dicuri oleh hacker," jelasnya.

Untuk lebih jelasnya, situs buatan hacker ini bertindak sebagai tiruan peta real-time yang melacak penyebaran Virus Corona, tetapi dengan URL dan beberapa detail yang berbeda dari sumber aslinya.

 

Baru Infeksi Perangkat Windows

Saat ini, malware yang disuntikkan ke dalam peta palsu penyebaran Virus Corona tersebut baru menginfeksi perangkat PC/laptop berbasis Windows.

Namun Alfasi mengatakan, peretas yang membuat malware sedang bersiap untuk merilis pembaruan yang kemungkinan dapat mempengaruhi sistem operasi lainnya.

Ia juga mencatat, metode ini menggunakan software berbahaya bernama AZORult yang ditemukan pertama kali pada 2016.

Software ini dibuat untuk mencuri data dari komputer korban, dan menginfeksinya dengan malware.

Varian baru AZORult memiliki kemampuan untuk menginstal akun admin rahasia ke dalam komputer untuk melakukan serangan jarak jauh.

 

Domain Palsu Terkait Virus Corona

Awal bulan ini, peneliti dari perusahaan keamanan Check Point mencatat ada lebih dari 50 persen domain yang terkait dengan Virus Corona dirancang dan dibuat untuk menginstal malware di sistem.

Meskipun penting untuk mendapatkan informasi tentang Covid-19, ada baiknya kamu menggunakan dasbor yang sudah diverifikasi untuk mengawasi penyebaran wabah ini agar tidak diretas oleh penjahat siber.

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Siaran Langsung All England di TVRI: Menanti Kiprah Kevin / Marcus

Posted: 11 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Sembilan wakil Indonesia akan tampil di babak kedua ajang All England 2020 hari ini.

Dari sembilan wakil itu, tiga di antaranya adalah ganda campuran dan tiga ganda putra. Sementara tiga wakil lainnya dari nomor tunggal putra, tunggal putri dan ganda putri.

Dari sektor ganda putra wakil Indonesia yang lolos adalah Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Sementara ganda campuran yang lolos ke babak kedua All England 2020 adalah Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja serta Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Sedangkan tunggal putra dan tunggal putri diwakili oleh Shesar Hiren dan Gregoria Mariska Tunjung. Wakil Indonesia terakhir yang lolos ke babak kedua adalah Siti Fadia Silva Ramadhanti/Agatha Emanulla.

Berikut jadwal wakil Indonesia di All England 2020 hari ini yang akan disiarkan di TVRI mulai pukul 16.00 WIB.

 

 

Jadwal Pertandingan

Kamis, 12 Maret 2020

Fajar Alfian/ Muhammad Rian Ardianto Vs Marcus Ellis/ Chris Langridge

Shesar Hiren Vs Rasmus Gemke

Rinov Rivaldy/ Pitha Mentari Vs Tang Chun Man/ Tse Ying Suet

Hafiz Faizal/ Gloria Widjaja Vs Thom Gicquel/ Delphine Delrue

Praveen Jordan/ Melati Oktavianti Vs Tan Kian Meng/ Lai Pei Jing

Live: TVRI

Jadwal Selanjutnya

Pasangan Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, saat melawan wakil Jepang, Takuto Inoue/Yuki Kaneko, pada Indonesia Open 2019 di Istora, Jakarta, Selasa (16/7). Pasangan Indonesia menang 20-22, 21-16, 21-14. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Pasangan Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, saat melawan wakil Jepang, Takuto Inoue/Yuki Kaneko, pada Indonesia Open 2019 di Istora, Jakarta, Selasa (16/7). Pasangan Indonesia menang 20-22, 21-16, 21-14. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Kamis, 12 Maret 2020

Marcus Gideon/ Kevin Sanjaya Vs Ou Xuan Yi/ Zhang Nan

M. Ahsan/ Hendra S Vs Takuro Hoki/ Yugo Kobayashi

Siti Ramadhanti/ Ribka Sugiarto Vs Lee So Hee/ Shin Sueng Chan

Gregoria Mariska Vs Tai Tzu Ying

Live: TVRI

Saksikan All England di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Termasuk Daniele Rugani, Ini 4 Pesepak Bola yang Diumumkan Positif Virus Corona

Posted: 11 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Virus corona semakin mewabah di dunia. Terbaru, bek Juventus, Daniele Rugani diumumkan positif virus Corona. Akibatnya, pemain berusia 25 tahun itu diisolasi oleh klub berjuluk Si Nyonya Tua. Sebelum didiagnosa positif, Rugani tidak menunjukkan gejala seperti tertular virus corona. 

"Pemain Daniele Rugani telah dites dan dinyatakan positif terinfeksi virus corona-COVID-19, untuk saat ini pemain tidak menunjukkan gejala," tulis Juventus di situs resmi mereka, Rabu (11/3/2020).

Tertularnya Daniele Rugani, menambah kasus virus corona di Italia. Seperti diketahui, Italia termasuk negara dengan jumlah orang terinfeksi virus corona terbanyak di dunia selain China. Akibatnya, beberapa pertandingan di kompetisi Serie A ditunda hingga awal April 2020.

Selain Daniel Rugani, ada pesepak bola lainnya yang dinyatakan positif Corona. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, pesepak bola dinyatakan positif corona, Kamis (12/3/2020).

1. Paul Udoh

Termasuk Daniele Rugani, Ini 4 Pesepak Bola yang Diumumkan Positif Virus Corona (sumber: Twitter.com/khaledalnouss2)
Termasuk Daniele Rugani, Ini 4 Pesepak Bola yang Diumumkan Positif Virus Corona (sumber: Twitter.com/khaledalnouss2)

Paul Udoh disebut-sebut sebagai pesepak bola pertama yang tertular virus corona. Udoh terkonfirmasi tertular virus Corona pada 27 Februari 2020. Pemilik nama lengkap King Paul Akpan Udoh kini bermain di divisi 3 Italia, Pianese.

Saat ini eks pemain muda Juventus tersebut sudah di karantina di Italia dan terus dipantau perkembangannya. Terakhir kali Udoh bertanding adalah saat laga melawan mantan timnya, Juventus U23, seminggu sebelum dinyatakan positif tertular virus corona.

2. Timo Hubers

Termasuk Daniele Rugani, Ini 4 Pesepak Bola yang Diumumkan Positif Virus Corona (sumber: Instagram.com/timohuebers)
Termasuk Daniele Rugani, Ini 4 Pesepak Bola yang Diumumkan Positif Virus Corona (sumber: Instagram.com/timohuebers)

Timo Hubers, pemain belakang Hannover 96 diumumkan positif virus Corona oleh klubnya Hannover 96. Timo diduga tertular virus corona setelah mendatangi acara di Hildesheim pada Sabtu malam (7/3/2020).

Pemain berusia 23 tahun tersebut kini telah dikarantina dan tidak memiliki kontak dengan rekan setim. Hal tersebut dilakukan agar mencegah risiko penularan virus corona di tim Hannover 96. 

"Timo sangat kooperatif. Dia belum menunjukkan gejala apa pun sejauh ini. Ketika dia mengetahui bahwa seseorang yang bersamanya di acara tersebut telah dites positif, dia melaporkan langsung ke dokter dan menjalani karantina di rumah," kata Gerhard Zuber, direktur olahraga Hannover 96 di situs resminya.

3. Thomas Kahlenberg

Termasuk Daniele Rugani, Ini 4 Pesepak Bola yang Diumumkan Positif Virus Corona (sumber: ekstrabladet.dk)
Termasuk Daniele Rugani, Ini 4 Pesepak Bola yang Diumumkan Positif Virus Corona (sumber: ekstrabladet.dk)

Legenda hidup klub Liga Super Dernmark, Brondby, yakni Thomas Kahlenberg dinyatakan positif virus corona pada 6 Maret 2020. Sebelum dinyatakan positif virus corona, pemain yang gantung sepatu pada 2017 ini sempat bertemu dengan para pemain Brondby. Efeknya, kini Brondby mengisolasi setidaknya 13 orang di tim.

Diisolasinya 13 orang di tim, karena khawatir tertular virus corona setelah bertemu Thomas Kahlenberg. 13 orang yang dikarantina antara lain para pemain dan asisten pelatih tim. Efek dikarantinanya 13 orang membuat aktivitas tim Brondby diistirahatkan hingga 13 Maret 2020.

4. Daniele Rugani

Termasuk Daniele Rugani, Ini 4 Pesepak Bola yang Diumumkan Positif Virus Corona (AFP/Filippo Monteforte)
Termasuk Daniele Rugani, Ini 4 Pesepak Bola yang Diumumkan Positif Virus Corona (AFP/Filippo Monteforte)

Terbaru, bek Juventus dan tim nasional Italia, Daniele Rugani dinyatakan positif virus corona. Sebelumnya, Eks Empoli ini tidak menunjukkan gejala tertular virus corona. Rugani saat ini sedang dikarantina oleh Juventus dan baru saja menyampaikan sebuah pesan melalui akun Twitter @danielerugani pada Kamis (12/3/2020). 

"Anda akan membaca berita dan itu sebabnya saya ingin meyakinkan semua orang yang mengkhawatirkan saya, saya baik-baik saja," kata Rugani di Twitter, Kamis (12/3/2020).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Virus Corona Dinyatakan Pandemi Global, Ini Bedanya dengan Wabah dan Epidemi

Posted: 11 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Organisasi kesehatan dunia WHO resmi menyatakan Virus Corona COVID-19 sebagai pandemi. Hal ini ditetapkan usai terdapat lebih dari 118 ribu kasus terinfeksi Corona di lebih dari 110 negara.

"Ini tidak hanya krisis kesehatan masyarakat, ini krisis yang akan mempengaruhi setiap sektor," ujar Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus, direktur-jenderal WHO, seperti melansir Time, Kamis (12/3/2020). 

Sebelumnya WHO sangat berhati-hati untuk mengatakan bahwa virus tersebut sebagai sebuah pandemi.

"Pandemi bukanlah kata untuk digunakan dengan ringan atau sembrono. Ini adalah kata yang jika disalahgunakan, dapat menyebabkan ketakutan yang tidak masuk akal, atau penerimaan yang tidak dapat dibenarkan bahwa pertarungan telah berakhir, yang mengarah pada penderitaan dan kematian yang tidak perlu," kata Dr. Tedros.

Status COVID-19 sebagai pandemi sendiri telah meningkat dari wabah, epidemi hingga pandemi. Melansir dari The Conversation, Kamis (12/3/2020), perbedaan antara ketiga status tersebut ialah berdasarkan skala penyebaran dan ukuran kasus yang berbeda.

Wabah

Petugas medis dari Provinsi Jiangsu bekerja di sebuah bangsal ICU Rumah Sakit Pertama Kota Wuhan di Wuhan, Provinsi Hubei, 22 Februari 2020. Para tenaga medis dari seluruh China telah mengerahkan upaya terbaik mereka untuk mengobati para pasien COVID-19 di rumah sakit tersebut. (Xinhua/Xiao Yijiu)
Petugas medis dari Provinsi Jiangsu bekerja di sebuah bangsal ICU Rumah Sakit Pertama Kota Wuhan di Wuhan, Provinsi Hubei, 22 Februari 2020. Para tenaga medis dari seluruh China telah mengerahkan upaya terbaik mereka untuk mengobati para pasien COVID-19 di rumah sakit tersebut. (Xinhua/Xiao Yijiu)

Saat masih berada di skala wabah, penyebaran suatu penyakit masih berada dalam jumlah kecil namun cukup luar biasa.

Rebecca S.B. Fischer, asisten profesor epidemiology dari Texas A&M University, sebuah wabah terjadi ketika peningkatan jumlah kasus yang jelas terlihat jika dibandingkan dengan jumlah normal yang diantisipasi. Status wabah pada kasus Corona ialah kasus ini menyebar di Wuhan dan meluas tak terkendali.

Epidemi

Ilustrasi mengenakan masker untuk mencegah virus corona masuk ke dalam tubuh | unsplash.com/@anikolleshi
Ilustrasi mengenakan masker untuk mencegah virus corona masuk ke dalam tubuh | unsplash.com/@anikolleshi

Di skala selanjutnya ada epidemi yang menyebar dalam jumlah lebih besar. Suatu penyakit dinyatakan sebagai epidemi ketika wabah menyebar di area geografis yang lebih luas.

Pada kasus COVID-19, tahapan ini terjadi saat diketahui bahwa penyakit ini sudah menyebar luas keluar dari Wuhan. Fischer lebih lanjut menerangkan bahwa penyebaran COVID-19 di seluruh Cina berarti bahwa wabah di Wuhan telah berkembang jadi epidemi.

Pandemi

Calon penumpang kereta api mengenakan masker saat berada di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (31/01). Dalam rangka pencegahan Virus Corona, PT Kereta Api Indonesia (persero) melakukan sosialisasi kepada penumpang dengan membagi-bagikan masker di stasiun Gambir. (merdeka.com/Imam Buhori)
Calon penumpang kereta api mengenakan masker saat berada di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (31/01). Dalam rangka pencegahan Virus Corona, PT Kereta Api Indonesia (persero) melakukan sosialisasi kepada penumpang dengan membagi-bagikan masker di stasiun Gambir. (merdeka.com/Imam Buhori)

Skala selanjutnya yang terjadi pada kasus COVID-19 saat ini ialah pandemi yang berupa masalah internasional dan sudah di luar kendali.

Pandemi merupakan kondisi yang terjadi ketika epidemi menyebar ke beberapa negara atau wilayah di dunia. Saat ini sudah terdapat lebih dari 118 ribu kasus COVID-19 yang terjadi di 110 negara.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Antisipasi Corona, KPK Cek Suhu Tubuh Tamu dan Pegawai

Posted: 11 Mar 2020 10:00 PM PDT

Petugas mengecek suhu tamu dan pegawai yang akan masuk ke Loby di Gedung KPK, Jakarta, Kamis, (12/3/2020). KPK menerapkan pengecekan suhu tubuh tersebut untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau covid-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Petugas mengecek suhu tamu dan pegawai yang akan masuk ke Loby di Gedung KPK, Jakarta, Kamis, (12/3/2020). KPK menerapkan pengecekan suhu tubuh tersebut untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau covid-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Petugas mengecek suhu tamu dan pegawai yang akan masuk ke Loby di Gedung KPK, Jakarta, Kamis, (12/3/2020). KPK menerapkan pengecekan suhu tubuh tersebut untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau covid-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Petugas mengecek suhu tamu dan pegawai yang akan masuk ke Loby di Gedung KPK, Jakarta, Kamis, (12/3/2020). KPK menerapkan pengecekan suhu tubuh tersebut untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau covid-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Petugas mengecek suhu tamu dan pegawai yang akan masuk ke Loby di Gedung KPK, Jakarta, Kamis, (12/3/2020). KPK menerapkan pengecekan suhu tubuh tersebut untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau covid-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Petugas mengecek suhu tamu dan pegawai yang akan masuk ke Loby di Gedung KPK, Jakarta, Kamis, (12/3/2020). KPK menerapkan pengecekan suhu tubuh tersebut untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau covid-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Petugas mengecek suhu tamu dan pegawai yang akan masuk ke Loby di Gedung KPK, Jakarta, Kamis, (12/3/2020). KPK menerapkan pengecekan suhu tubuh tersebut untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau covid-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Petugas mengecek suhu tamu dan pegawai yang akan masuk ke Loby di Gedung KPK, Jakarta, Kamis, (12/3/2020). KPK menerapkan pengecekan suhu tubuh tersebut untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau covid-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Petugas mengecek suhu tamu dan pegawai yang akan masuk ke Loby di Gedung KPK, Jakarta, Kamis, (12/3/2020). KPK menerapkan pengecekan suhu tubuh tersebut untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau covid-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Petugas mengecek suhu tamu dan pegawai yang akan masuk ke Loby di Gedung KPK, Jakarta, Kamis, (12/3/2020). KPK menerapkan pengecekan suhu tubuh tersebut untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau covid-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Petugas mengecek suhu tamu dan pegawai yang akan masuk ke Loby di Gedung KPK, Jakarta, Kamis, (12/3/2020). KPK menerapkan pengecekan suhu tubuh tersebut untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau covid-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Petugas mengecek suhu tamu dan pegawai yang akan masuk ke Loby di Gedung KPK, Jakarta, Kamis, (12/3/2020). KPK menerapkan pengecekan suhu tubuh tersebut untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau covid-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Petugas mengecek suhu tamu dan pegawai yang akan masuk ke Loby di Gedung KPK, Jakarta, Kamis, (12/3/2020). KPK menerapkan pengecekan suhu tubuh tersebut untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau covid-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Petugas mengecek suhu tamu dan pegawai yang akan masuk ke Loby di Gedung KPK, Jakarta, Kamis, (12/3/2020). KPK menerapkan pengecekan suhu tubuh tersebut untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau covid-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Petugas mengecek suhu tamu dan pegawai yang akan masuk ke Loby di Gedung KPK, Jakarta, Kamis, (12/3/2020). KPK menerapkan pengecekan suhu tubuh tersebut untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau covid-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Petugas mengecek suhu tamu dan pegawai yang akan masuk ke Loby di Gedung KPK, Jakarta, Kamis, (12/3/2020). KPK menerapkan pengecekan suhu tubuh tersebut untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau covid-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)
Petugas mengecek suhu tamu dan pegawai yang akan masuk ke Loby di Gedung KPK, Jakarta, Kamis, (12/3/2020). KPK menerapkan pengecekan suhu tubuh tersebut untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau covid-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Petugas mengecek suhu tamu dan pegawai yang akan masuk ke Loby di Gedung KPK, Jakarta, Kamis, (12/3/2020). KPK menerapkan pengecekan suhu tubuh tersebut untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau covid-19. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pemain Basket Utah Jazz Positif Corona, NBA ditunda

Posted: 11 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pertandingan basket NBA pada musim selanjutnya ditunda karena salah satu pemain Utaz Jazz, Rudy Gobert positif terinfeksi virus corona. Rudy diketahui positif corona saat berada pada pertandingan di kota Oklahoma rabu lalu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Bedanya Tanda-Tanda Orang Kena DBD dan Virus Corona

Posted: 11 Mar 2020 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gejala awal seseorang yang terinfeksi demam berdarah dengue (DBD) dan Virus Corona (COVID-19) mirip. Hal ini ditandai dengan suhu tubuh yang naik. Orang yang bersangkutan didera demam.

Walaupun punya gejala mirip, ada perbedaan di antara DBD dengan Virus Corona. Hal ini diungkapkan Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi.

"Untuk yang COVID-19, pastinya seseorang itu dilihat, apakah ada riwayat perjalanan ke daerah-daerah yang terinfeksi wabah, kontak dengan orang yang sudah pernah punya kasus positif Corona atau pernah kontak dengan orang yang punya perjalanan ke daerah wabah corona," ujar Nadia saat konferensi pers di Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, kemarin (11/3/2020).

"DBD dan COVID-19 juga penyebabnya sama-sama virus. Nah, kalau demam berdarah perlu nyamuk (Aedes aegypti) untuk perantaranya, sedangkan Corona bisa menular dari manusia ke manusia."

 

Daya Tahan Tubuh

Aktivitas tim medis saat menangani pasien dalam pengawasan (PDP) virus corona atau COVID-19 di ruang isolasi Gedung Pinere, RSUP Persahabatan, Jakarta Timur, Rabu (4/3/2020). Sebanyak 10 dari 31 pasien yang dipantau dan diawasi RSUP Persahabatan merupakan pasien rujukan. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Aktivitas tim medis saat menangani pasien dalam pengawasan (PDP) virus corona atau COVID-19 di ruang isolasi Gedung Pinere, RSUP Persahabatan, Jakarta Timur, Rabu (4/3/2020). Sebanyak 10 dari 31 pasien yang dipantau dan diawasi RSUP Persahabatan merupakan pasien rujukan. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Nadia menerangkan, pada prinsipnya DBD dan COVID-19 terjadi infeksi virus. Gejalanya mirip, tapi ada perbedaan. 

"Kalau demam berdarah, kita semua tahu, demamnya tiga hari enggak turun-turun. Biasanya hari ke 3 sampai 5, pasien merasa lebih baik karena keringat dinginnya keluar. Padahal, kondisi itu masuk masa-masa syok (masa kritis)," Nadia menambahkan.

"Yang namanya infeksi virus sangat bergantung pada daya tahan tubuh. Itulah kenapa ada orang yang terinfeksi virus dengue ya santai-santai aja dan DBD-nya demam biasa. Tapi ada juga yang kena infeksi dengue, lantas menjadi berat. Kembali lagi pada daya tahan tubuh."

Pada COVID-19, seseorang bisa tidak terjangkit COVID-19 karena kekebalan tubuh kuat.

Tidak Ada Obat

Dokter memeriksa kondisi pasien kritis virus corona atau COVID-19 di Rumah Sakit Jinyintan, Wuhan, Provinsi Hubei, China, Kamis (13/2/2020). China melaporkan 254 kematian baru dan lonjakan kasus virus corona sebanyak 15.152. (Chinatopix Via AP)
Dokter memeriksa kondisi pasien kritis virus corona atau COVID-19 di Rumah Sakit Jinyintan, Wuhan, Provinsi Hubei, China, Kamis (13/2/2020). China melaporkan 254 kematian baru dan lonjakan kasus virus corona sebanyak 15.152. (Chinatopix Via AP)

DBD dan COVID-19 sampai saat ini tidak ada obatnya. Vaksin COVID-19 sedang dibuat dan diteliti para ahli dunia. Negara-negara di dunia, seperti Tiongkok, Amerika Serikat, dan Rusia ikut membuat vaksin corona. 

"DBD itu enggak ada obatnya. Kita hanya menangani, bagaimana memperbaiki sistem sirkulasi darah karena keadaan syok. Ini terjadi akibat perdarahan, yang mana keluarnya darah pada sel pembuluh darah agar segera kembali normal," Nadia menerangkan.

"Sama juga kalau COVID-19, bagaimana pneumonia yang dialami pada pasien COVID-19 bisa diatasi."

Selain demam, pasien yang mengarah pada gejala COVID-19 juga disertai kelelahan, nyeri punggung, otot, dan batuk kering.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Negara Bebas Laporan Virus Corona hingga Asal COVID-19 Bukan dari China

Posted: 11 Mar 2020 09:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Republik Rakyat China kini menolak tudingan bahwa Virus Corona (COVID-19) berasal dari negara mereka. China mengaku sedang melacak asal virus tersebut.

Klaim ini dibuat China pada awal Maret lalu, tapi mulai disorot karena China tidak terima dengan istilah "Virus Corona Wuhan" yang digunakan pejabat Amerika Serikat (AS). Penyebutan Wuhan dianggap mengandung stigma.

Artikel terkait isu tersebut kemudian menjadi sorotan di kanal Global Liputan6.com.

Selain itu, tulisan panjang terkait lockdown Italia akibat Virus Corona yang menyoroti nasib Indonesia apakah akan bernasib sama, juga mencuri perhatian.

Isu lain yang tak kalah populer adalah terkait negara-negara bebas laporan Virus Corona COVID-19.

Selengkapnya dalam Top 3 kanal Global Liputan6.com edisi Kamis (12/3/2020) berikut ini:

1. China Tak Terima Virus Corona Disebut Berasal dari Negaranya

Presiden Xi Jinping (AP)
Presiden Xi Jinping (AP)

China bersikeras bahwa Virus Corona belum tentu berasal dari negara mereka. Ini diungkap pejabat China pada pekan lalu pada konferensi pers.

"Tak ada kesimpulan yang sudah dicapai terkait asal virus itu, sebab pencarian jejak (virus) masih berlangsung," ujar Zhao Lijian, yang juga menjadi jubir Kemlu China.

"Epidemi tersebut memang pertama kali dilaporkan di China, tetapi itu tidak berarti asalnya di China," lanjut Zhao.

Selengkapnya di sini.

2. HEADLINE: Italia Lockdown Akibat Virus Corona, Indonesia Tak Akan Bernasib Sama?

Polisi menjaga perbatasan Modena dan Bologna di Valsamoggia, Bologna, Italia, Senin (9/3/2020). Sebelumnya, pemerintah Italia hanya menutup wilayah utara negaranya untuk menekan penyebaran virus corona (COVID-19). (Piero CRUCIATTI/AFP)
Polisi menjaga perbatasan Modena dan Bologna di Valsamoggia, Bologna, Italia, Senin (9/3/2020). Sebelumnya, pemerintah Italia hanya menutup wilayah utara negaranya untuk menekan penyebaran virus corona (COVID-19). (Piero CRUCIATTI/AFP)

Seperti negeri tak bertuan. Italia seketika sepi. Tak ada lagi aktivitas warga seperti biasanya. Semua karena Virus Corona.

Hingga Selasa 10 Maret pukul 18.00 waktu setempat, jumlah kasus Virus Corona COVID-19 yang dilaporkan Pemerintah Italia sebanyak 10.149. Dari angka itu, pasien yang positif sebanyak 8.514, sembuh 1.004, dan meninggal dunia 631.

Pemerintah Italia pun memutuskan untuk lockdown atau menutup akses seantero Negeri Menara Pisa. Tujuannya untuk mencegah sebaran Virus Corona meluas. Kebijakan ini berlangsung mulai 10 Maret hingga 3 April, usai diumumkan Perdana Menteri Giuseppe Conte pada Senin 9 Maret sore waktu setempat.

Sekitar 60 juta penduduk Italia pun terisolasi. Semua restoran dan kafe wajib tutup pada sore hari. Sekolah dan Universitas juga diliburkan. Bahkan, Liga Sepakbola Italia berhenti.

Baca sambungannya di sini.

3. Ini Daftar Negara yang Masih Bebas dari Laporan Virus Corona COVID-19

Ilustrasi Negara-negara Dunia (sumber: iStock)
Ilustrasi Negara-negara Dunia (sumber: iStock)

Mengacu pada data persebaran Virus Corona COVID-19 di dunia, Coronavirus COVID-19 Global Cases by the Center for Systems Science and Engineering (CSSE) at Johns Hopkins University yang dikutip Rabu (11/3/2020) pukul 18.00, sejauh ini sudah ada 118 negara yang melaporkan kasus virus tersebut.

Dari peta tersebut, didapati bahwa sejumlah negara tercatat belum ada laporan kasus Virus Corona. Di mana saja?

Di sini daftar selengkapnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Karena Corona, 500 Lebih WN China Urus Izin Tinggal Darurat di Indonesia

Posted: 11 Mar 2020 09:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kantor Imigrasi Non Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Kelas I Tangerang melayani penerbitan izin tinggal darurat warga negara China akibat dampak penerbangan ke negara tersebut masih ditutup karena wabah Virus Corona. Hingga saat ini, izin tinggal darurat untuk warga China sudah mencapai 500 lebih.

"Sehari bisa 25 orang. Sampai dengan saat ini kami sudah memberikan perpanjangan izin tinggal keadaan terpaksa (darurat) kepada kurang lebih 500 WNA China selama 30 hari," tutur Kepala Kantor Imigrasi Non TPI Kelas I Kota Tangerang Felusia Sengky Ratna, Kamis (12/3/2020).

Izin perpanjangan tersebut, lanjut Sengky, bisa terus dilakukan selama wabah Virus Corona masih terus berlanjut dan penerbangan ke China masih ditutup. "Akan diperpanjang lagi selama masih terjadi wabah virus Corona," katanya.

Sengky mengatakan, keputusan perpanjangan tersebut memiliki dasar hukum sesuai dengan Permenkumham Nomor 7 tahun 2020. Yakni, tentang pemberian visa dan izin tinggal, dalam upaya pencegahan masuknya Virus Corona atau Covid 19.

Dalam Permenkumham Nomor 7 Tahun 2020 juga, hanya Warga Negara Asing (WNA) asal China yang boleh mengajukan izin tinggal darurat di Indonesia.

"Kalau untuk saat ini perpanjangan izin tinggal darurat yang diatur sesuai Permenkumham No 7 tahun 2020 masih warga negara Tiongkok," kata Sengky.

Pasien Corona di Indonesia

Petugas medis dari Provinsi Jiangsu bekerja di sebuah bangsal ICU Rumah Sakit Pertama Kota Wuhan di Wuhan, Provinsi Hubei, 22 Februari 2020. Para tenaga medis dari seluruh China telah mengerahkan upaya terbaik mereka untuk mengobati para pasien COVID-19 di rumah sakit tersebut. (Xinhua/Xiao Yijiu)
Petugas medis dari Provinsi Jiangsu bekerja di sebuah bangsal ICU Rumah Sakit Pertama Kota Wuhan di Wuhan, Provinsi Hubei, 22 Februari 2020. Para tenaga medis dari seluruh China telah mengerahkan upaya terbaik mereka untuk mengobati para pasien COVID-19 di rumah sakit tersebut. (Xinhua/Xiao Yijiu)

Hingga kini, total ada 34 kasus virus corona di Indonesia. Di mana, 20 kasus di antaranya adalah imported case atau pasiennya terinfeksi virus corona di luar negeri.

Sementara itu, satu pasien corona di Indonesia dinyatakan meninggal dunia. Dia adalah seorang WNA berusia 53 tahun.

Pemerintah menyatakan bahwa pasien yang teridentifikasi sebagai kasus 25 memiliki beberapa penyakit bawaan sebelum positit corona. Mulai dari, diabetes, hipertensi, hingga paru obstruksi yang sudah menahun.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Penyebaran Covid-19, Pegawai dan Tamu KPK Dicek Suhu Tubuh

Posted: 11 Mar 2020 09:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mulai mengantisipasi mewabahnya virus Corona atau Covid-19 di kantor lembaga antirasuah itu. Pengecekan suhu tubuh pun dilakukan terhadap seluruh pegawai, tamu, hingga tahanan yang masuk ke gedung KPK.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, pengecekan suhu tubuh dilakukan di dalam lobi markas antirasuah. Setelah melewati metal detector, pegawai hingga tamu KPK dicek terlebih dahulu suhu tubuhnya dengan thermal gun.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri sempat mengatakan pihak lembaga antirasuah sudah mulai memberlakukan pengecekan suhu tubuh kepada mereka yang masuk ke gedung KPK. Hal ini untuk menghindari penyebaran Covid-19.

"Sementara pengecekan menggunakan alat pengukur tubuh," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (5/3/2020).

Dia mengatakan, pengecekan suhu tubuh sudah mulai dilakukan sejak Rabu, 4 Maret 2020. Menurut Ali, semua yang masuk ke markas antirasuah tak luput dari pengecekan suhu tubuh, termasuk pimpinan KPK dan aparat kepolisian yang berjaga mengamankan gedung KPK.

"Kemarin kita juga sudah berlakukan kepada para tahanan, para tamu, dan seluruh pegawai," kata Ali.

Cuci Tangan

Selain pengecekan suhu tubuh, KPK juga menyediakan sabun pencuci tangan di setiap lantai.

"Kita juga menyediakan hand sanitizer yang selalu akan kita isi ulang di pintu masuk, dan di setiap lantai," kata Ali.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Tindakan yang Perlu Dilakukan Ketika Terlanjur Pencet Jerawat

Posted: 11 Mar 2020 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jerawat merupakan masalah kulit yang terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Kondisi ini umumnya ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung, dan dada.

Jerawat merupakan masalah kulit yang sering dialami oleh siapa saja. Kondisinya dapat merusak penampilan seseorang. Tak heran, banyak orang yang tidak tahan untuk memencet jerawat agar segera hilang.

Padahal memencet jerawat bisa membuatnya menjadi bengkak dan nyeri, dan risiko infeksi pun meningkat. Selain itu, memencet jerawat juga memungkinkan timbul jaringan parut atau timbul bekas jerawat yang menghitam dan akhirnya justru semakin merusak penampulan.

Apabila kamu tidak sengaja atau terlanjur memencet jerawat, kamu perlu segera melakukan langkah-langkah khusus agar tidak terjadi infeksi. Berikut tindakan atau langkah-langkah yang perlu dilakukan ketika terlanjur memencet jerawat yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (12/3/2020).

Menjaga Area Jerawat Tetap Bersih

Memencet jerawat. (Via: youtube.com)
Memencet jerawat. (Via: youtube.com)

Terlanjur memencet jerawat berarti menciptakan luka baru, apalagi bila sampai berdarah. Kondisi ini akan meningkatkan risiko infeksi, terutama oleh bakteri. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga area jerawat yang pecah agar tetap bersih dengan tidak memegang-megang area tersebut apalagi bila kamu belum mencuci tangan.

Pastikan untuk mencuci area yang terdampak dengan menggunakan pembersih yang lembut. Jangan menggosoknya terlalu kasar atau mengganggu bekas luka atau koreng yang terbentuk.

Menjaga Kelembapan Area Tempat Jerawat Pecah

Ilustrasi wajah yang berjerawat. (Pixabay.com)
Ilustrasi wajah yang berjerawat. (Pixabay.com)

Apabila setelah memencet jerawat muncul perdarahan, kamu bisa menghentikan dengan memberi tekanan lembut pada area tersebut dengan kain atau tisu bersih. Setelah tidak berdarah lagi, bersihkan dan beri pelembap.

Jangan menggunakan bahan yang bisa mengiritasi kulit, seperti produk anti-penuaan atau produk eksfoliasi. Gunakan saja pelembap yang lembut.

Jangan Disentuh

Ilustrasi jerawat/copyright shutterstock
Ilustrasi jerawat/copyright shutterstock

Pastikan tidak memegang atau menyentuh bekas jerawat yang terpencet, karena bisa meningkatkan risiko infeksi dan membuat bekas jerawat menghitam (akibat terbentuknya jaringan parut).

Hal ini juga termasuk saat bekas jerawat tadi menjadi koreng. Pastikan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum dan sesudah memegang area kulit yang terdampak.

Tutup dengan Perban Khusus

Ilustrasi jerawat/copyright shutterstock
Ilustrasi jerawat/copyright shutterstock

Menutup luka bekas jerawat dengan perban khusus akan memperkecil risiko menyentuh luka sehingga risiko infeksi menurun. Pastikan untuk menggunakan perban khusus seperti perban hydrocolloid untuk menjaga kelembapan luka. Perban ini umumnya bekerja sebagai segel agar kelembapan tidak hilang lewat penguapan.

Kompres dengan Es

Kompres es batu
Kompres es batu

Kompres dengan es dapat menenangkan dan mengurangi peradangan, termasuk bengkak dan nyeri. Untuk melakukan tindakan ini, gunakan pembungkus dengan kain lembut dan bersih. Lalu letalakkan di area yang bengkak selama 10-15 menit.

Lakukan cara ini beberapa kali dalam sehari. Jika tidak bengkak dan koreng tidak terbentuk, perawatan tidak perlu dilakukan.

Oleskan Salep Antibiotik

Ilustrasi jerawat/copyright shutterstock
Ilustrasi jerawat/copyright shutterstock

Sengaja atau tidak sengaja pencet jerawat bisa menyebabkan luka terbuka, sehingga perlu pemberian antibiotik untuk mencegah risiko infeksi. Oleskan salep antibiotik langsung pada luka tersebut atau koreng yang terbentuk.

Terapi ini juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan. Pastikan hanya mengoleskannya luka jerawat, jangan ke kulit di sekitarnya karena salep antibiotik ini bisa menyebabkan penyumbatan pori-pori kulit.

Hati-hati dengan Penggunaan Makeup

Ingin memiliki produk makeup foundation yang tepat bagi kulit Anda? Simak 6 tips berikut ini. (iStockphoto)
Ingin memiliki produk makeup foundation yang tepat bagi kulit Anda? Simak 6 tips berikut ini. (iStockphoto)

Ketika terlanjur memencet jerawat, sebaiknya kamu perlu libur dulu menggunakan makeup hingga luka sembuh. Namun, apabila kondisi mengharuskan kamu untuk menggunakan rias wajah, kamu perlu melakukan perawatan jerawat terlebih dahulu.

Tidak Mengganggu Koreng

Ilustrasi jerawat/copyright shutterstock
Ilustrasi jerawat/copyright shutterstock

Hal terpenting untuk mencegah terbentuknya jaringan parut adalah dengan tidak mengganggu koreng yang terbentuk akibat jerawat yang terpencet. Koreng terjadi karena regenerasi kulit.

Apabila proses ini diganggu, misalnya dengan menyentuh atau membukanya, maka akan memperbesar risiko bekas luka menetap. Koreng yang terbentuk setelah koreng pertama tidak akan sama. Ini akan meningkatkan risiko perubahan warn dan timbulnya jaringan parut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lantaran Virus Corona, Final Copa del Rey di Spanyol pun Ditunda

Posted: 11 Mar 2020 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Madrid- Virus corona mulai menyerang sepak bola Spanyol. Federasi sepak bola Spanyol RFEF mengumumkan menunda gelaran partai final Copa del Rey musim 2019-20 ini antara Real Sociedad kontra Athletic Bilbao.

Partai final ini sejatinya dijadwalkan pada 18 April mendatang. Namun, pihak RFEF kini menunda laga ini hingga 30 Mei mendatang.

Selain itu, RFEF juga mengumumkan, terkait wabah virus corona ini, semua laga sepak bola non-profesional pria dan wanita mengalami penundaan selama dua pekan.

Sebelumnya, otoritas La Liga juga telah memutuskan untuk menggelar laga-laga dalam dua jornada ke depan dengan tanpa penonton.

Hal ini dilakukan menyusul adanya saran dari pihak pemerintah Spanyol menyusul makin masifnya penyeberan wabah virus Corona.

Lebih 1.500 Kasus

Lionel Messi mengumpan bola dari kawalan pemain Athletic Bilbao saat bertanding pada lanjutan La Liga Spanyol di stadion Camp Nou, (18/3). Pada pertandingan ini, Messi terlihat berjoget usai mencetak gol. (AP Photo/Manu Fernandez)
Lionel Messi mengumpan bola dari kawalan pemain Athletic Bilbao saat bertanding pada lanjutan La Liga Spanyol di stadion Camp Nou, (18/3). Pada pertandingan ini, Messi terlihat berjoget usai mencetak gol. (AP Photo/Manu Fernandez)

Berdasarkan data dari WHO, hingga kini ada lebih dari 1.500 kasus virus corona di Spanyol, atau tepatnya 1.639 kasus. Total 36 korban di antaranya dinyatakan meninggal dunia.

Hal ini tentu saja menjadi pertimbangan serius RFEF untuk terus menggelar ajang sepak bola mereka. Sebab, mereka tentu tidak ingin para pemain sepak bola Spanyol menjadi korban.

Virus Corona Semakin Masif

Selain partai final Copa del Rey, virus Corona juga memaksa partai final Coupe de la Ligue antara PSG dan Lyon pada 4 April mendatang mengalami penundaan.

Sementara itu, badan sepak bola Eropa UEFA juga memutuskan untuk menunda dua laga Liga Europa yang melibatkan tim-tim Spanyol dan Italia, yakni Sevilla vs AS Roma dan Inter Milan vs Getafe.

 

Sumber: RFEF

Disadur dari Bola.net (Ari Prayoga)

 

Saksikan Video terkait Virus Corona di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Barcelona Tutup Sementara Akademi La Masia Karena Virus Corona

Posted: 11 Mar 2020 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona- Barcelona terpaksa menutup untuk sementara akademi sepak bola mereka La Masia. Wabah virus corona menjadi alasan di balik penutupan ini.

Seperti dilansir Marca, penutupan akan dilakukan Barcelona selama dua pekan. Ini dianggap sebagai langkah tepat untuk menangkis penyebaran virus.

Karena penutupan ini, seluruh pemain di akademi Barcelona bakal pulang ke keluarga masing-masing. Pemain bakal belajar dari jarak jauh.

Di sisi lain, pemain Barcelona juga bakal menghadapi Napoli di Liga Champions pekan depan. Menurut Juru Bicara Barcelona, Josep Vives, belum ada pemain yang minta tidak main.

 

Virus corona mengancam seluruh pertandingan di Eropa. Liga Italia contohnya sudah menunda pertandingan hingga waktu yang belum ditentukan.

Tertutup

Pemain Barcelona rayakan gol tunggal Lionel Messi (Lluis Gene/AFP)
Pemain Barcelona rayakan gol tunggal Lionel Messi (Lluis Gene/AFP)

Barcelona sepertinya bakal menjamu Napoli dalam stadion tertutup dan tanpa penonton. Vives memastikan seluruh pemain ingin tampil.

"Belum ada pemain Barcelona yan meminta tidak main," ujar Vives seperti dikutip Marca.

"Saat ini belum ada karyawan atau staff di Barcelona yang terkena. Semua terkontrol denan baik."

 

 

Prioritas

Dia mengatakan wabah virus corona membuat segala sesuatunya menjadi tidak jelas. Dia mengatakan kesehatan tetap jadi prioritas.

"Kesehatan jadi prioritas pertama dan sekarang, kita tak bisa memikirkan hal lain selama 15 hari ke depan," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akhirnya, Maia Estianty Kembali ke Rumah Ahmad Dhani

Posted: 11 Mar 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Maia Estianty pernah memiliki kenangan buruk saat tinggal bersama Ahmad Dhani. Kenangan tersebut berkaitan dengan proses perceraian pasangan musisi ini. 

Bahkan Maia Estianty pernah terusir dari rumah yang ditempatinya bersama Ahmad Dhani di akhir biduk pernikahan mereka.

Kini, Maia Estianty sudah mampu berdamai dengan kenyataan. Sebab, ia bisa kembali menginjakkan kakinya di rumah bapak Al, El dan Dul itu.

Keberadaan Maia Estianty di rumah Ahmad Dhani terekam melalui foto yang diunggah gitaris grup band GIGI, Dewa Budjana melalui Instagram.

 

 

 

Foto Bareng Ahmad Dhani

Dalam foto tersebut, tampak Dewa Budjana, Ahmad Dhani, Maia Estianty, Al Ghazali, dan Dul Jaelani berfoto bersama (https://www.instagram.com/p/B9l0im-g73E/)
Dalam foto tersebut, tampak Dewa Budjana, Ahmad Dhani, Maia Estianty, Al Ghazali, dan Dul Jaelani berfoto bersama (https://www.instagram.com/p/B9l0im-g73E/)

Dalam foto tersebut, tampak Dewa Budjana, Ahmad Dhani, Maia Estianty, Al Ghazali, dan Dul Jaelani berfoto bersama. 

 

 

Kelakar Dewa Budjana

Dewa Budjana (Fimela.com/Bambang E. Ros)
Dewa Budjana (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Dewa Budjana, melalui Instagram, juga berkelakar soal membentuk band baru bersama dengan Ahmad Dhani, Maia Estianty, Al Ghazali dan Dul Jaelani.

"Group band baru ....namanya apa ya?" tulis Dewa Budjana pada Rabu (11/3/2020).

 

Nama Band Unik

Maia Estianty dan Ahmad Dhani (Sumber: Instagram/@alghazali7)
Maia Estianty dan Ahmad Dhani (Sumber: Instagram/@alghazali7)

Lucunya, warganet mengusulkan nama-nama yang cukup unik jikalau memang band tersebut benar-benar terbentuk.

"Rujuk Band. njir ngakak," tulis @mohdsrzl.

"Mantan band," timpal @november_lina_damanik.

"The mantans terindah min...," tambah @restylolly.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terinfeksi Virus Corona, Bek Juventus Daniele Rugani Unggah Pesan di Media Sosialnya

Posted: 11 Mar 2020 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Turin - Bek Juventus, Daniele Rugani diberitakan positif terinfeksi virus corona. Ia pun telah mengeluarkan pernyataan pribadi lewat akun media sosial pribadinya.

Rugani mengaku ia dalam kondisi yang baik-baik saja. Namun ia tetap berterima kasih kepada para dokter yang telah merawatnya.

"Saya merasa lebih baik berterima kasih kepada para dokter dan perawat yang telah berjuang di rumah sakit untuk menghadapi situasi darurat ini," tulis Rugani di akun instagramnya.

Seperti diketahui, virus corona yang pertama kali menyebar di Tiongkok telah sampai ke Italia. Otoritas setempat pun telah melakukan tindakan pencegahan.

Pemerintah Italia melarang para penonton datang ke stadion untuk menyaksikan pertandingan. Bahkan, asosiasi pemain Italia (AIC) sempat meminta kompetisi Liga Italia dihentikan.

Kabar terinfeksinya Daniele Rugani menyebar ke publik, Kamis (12/2020) dinihari WIB. Pihak Juventus lewat situs resmi mereka pun menegaskan akan melakukan tindakan isolasi sesuai prosedur.

Hal senada juga diutarakan Rugani. Ia meminta semua pihak mematuhi peraturan yang berlaku.

'Saya meminta setiap orang menghormati peraturan karena virus ini tidak tampak. Mari bertanggungjawab atas diri sendiri, orang yang dicintai dan mereka yang ada di sekitar kita," tulisnya.

Tidak Bermain

Bek  Juventus, Daniele Rugani berpose dengan trofi Juara Italia di akhir pertandingan Liga Serie A Italia setalah melwan Atalanta pada 19 Mei 2019 di Allianzstadium di Turin. Pemain 25 tahun ini dinyatakan positif terkena virus corona, yang diumumkan klub 11 Maret 2020. (AFP Photo/Isabella Bonotto)
Bek Juventus, Daniele Rugani berpose dengan trofi Juara Italia di akhir pertandingan Liga Serie A Italia setalah melwan Atalanta pada 19 Mei 2019 di Allianzstadium di Turin. Pemain 25 tahun ini dinyatakan positif terkena virus corona, yang diumumkan klub 11 Maret 2020. (AFP Photo/Isabella Bonotto)

Saat Juventus mengalahkan Inter Milan dengan skor 2-0, akhir pekan lalu, sosok Rugani memang tidak bermain. Namun ia berada di bangku cadangan.

Tentu saya potensi pemain Juventus maupun Inter Milan ikut tertular virus Corona sangat besar. Oleh karena itulah, pihak Inter juga telah mengkarantina para pemainnya.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Tingkatkan Produktivitas, Petani Kopi Garut Terima KUR

Posted: 11 Mar 2020 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa produksi kopi nasional tahun 2018 sebesar 717,9 ribu ton dari luas areal mencapai 1,23 juta hektar. Hal itu disampaikan saat peringatan Hari Kopi Nasional di Auditorium Gedung F Kementerian Pertanian, Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Masih rendahnya produksi yang masih jauh dari potensi optimal, menurut Mentan Syahrul disebabkan oleh kondisi tanaman yang sudah tua dan tidak produktif, tanaman yang diusahakan bukan klon/varietas unggul, serangan OPT dan belum diimplementasikannya Good Agricultural Practices (GAP) secara konsisten serta dampak terjadinya perubahan iklim.

"Di samping itu, pada aspek hilir, kualitas biji juga masih rendah antara lain karena penanganan panen dan pasca panen belum sesuai Good Handling Practices (GHP)," kata Syahrul.

Senada dengan Mentan Syahrul, Asep Sukarna dari Asosiasi Petani Kopi (APEKI) Bandung Barat Propinsi Jawa Barat mengatakan bahwa fasilitasi penanaman dari Pemerintah dan swadaya masyarakat dalam kurun waktu lima tahun terakhir sangat tinggi.

Namun, Asep lebih lanjut menjelaskan pembangunan atau fasilitasi Unit Pengolahan Hasil (UPH) dan pasca panen belum memadai. Menurutnya, ini bisa menjadi bom waktu dikarenakan produksi melimpah sedangkan sarana dan prasarana pengolahan kurang.

"Apalagi sekarang kita menghadapi virus corona yang berpotensi menghambat ekspor. Sekarang ini para importir kondisinya masih menahan PO-nya. Padahal 70 persen kopi asalan di Jabar di ekspor ke luar negeri. Kalau tidak ada rencana strategis memaksimalkan pasar lokal bisa terjadi penumpukan produksi dan penurunan harga," katanya.

Untuk menjawab permasalahan tersebut, Kementan melalui Direktorat Jenderal Perkebunan telah melakukan berbagai upaya antara lain dengan pengembangan kopi berkelanjutan dengan kegiatan utamanya yaitu perluasan, rehabilitasi, intensifikasi, bantuan alsin pasca panen termasuk unit pengolahan.

Selain mendorong peningkatan produksi, Mentan Syahrul juga mendorong kemandirian para petani dalam mengembangkan usaha taninya dengan mengakses pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Skema pembiayaan KUR tahun 2020, untuk sub sektor perkebunan dialokasikan Rp. 20,37 triliun. Dari jumlah itu, KUR komoditas kopi ditargetkan sebesar Rp. 3,96 triliun pada kegiatan hulu dan Rp. 60 milyar pada kegiatan hilir," kata Syahrul.Pada kesempatan itu, Mentan Syahrul juga secara simbolik menyerahkan KUR Kopi kepada petani kopi asal Jawa barat dengan nilai 194 juta rupiah dari Bank BNI, BRI dan Mandiri.

Usep Mulayana, perwakilan petani kopi asal Desa Simpang Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut penerima KUR Kopi mengucapkan terima kasih atas bantuan permodalan yang diberikan.

"Sudah hampir 12 tahun saya menggarap kebun, luasnya dua hektar dengan jenis kopi arabika, per tahun lima ton hasilnya. Bantuan KUR ini akan saya manfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan hasil terutama untuk pemeliharaan. Karena setiap akan panen, kebun kami biasanya diserang penggerek batang dan semut," ujar Usep, yang tahun ini menginjak usia 51 tahun.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Virus Corona di Italia Bertambah 2.076, Pasien Sembuh Tembus 1.045

Posted: 11 Mar 2020 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Roma - Departemen Perlindungan Sipil Italia mengonfirmasi 2.076 kasus baru Virus Corona COVID-19 pada Rabu 11 Maret. Jumlah pasien yang masih positif Virus Corona di Negeri Menara Pisa itu kini mencapai 10.590.

Pihak berwenang menjelaskan, peningkatan tersebut sebagian disebabkan sekitar 600 orang yang telah dites positif pada Selasa 10 Maret di Lombardia.

"Jumlah orang yang telah pulih meningkat 41 dibandingkan dengan Selasa, sehingga seluruh pasien yang sembuh menjadi 1.045," kata Kepala Departemen Perlindungan Sipil dan Komisioner Luar Biasa untuk Darurat Virus Corona, Angelo Borrelli seperti dilansir Xinhua, Kamis (12/3/2020).

Pada hari yang sama, otoritas Italia mencatat sebanyak 196 kematian baru, sehingga jumlah kematian menjadi 827 sejak epidemi itu merebak untuk kali pertama di Italia pada 21 Februari. Sejauh ini, total keseluruhan kasus COVID-19 yang dilaporkan di negara tersebut mencapai 12.462.

"Sekitar dua persen dari pasien yang meninggal dunia berusia antara 50 hingga 60 tahun, sementara sisanya adalah orang yang lebih tua dari itu," kata sang komisioner kepada wartawan.

"Saya juga mengonfirmasi lebih dari 78 persen dari korban meninggal memiliki patologi yang mendasarinya," tambah Borrelli.

Adapun dari 10.590 orang yang positif Virus Corona, sekitar 5.838 di antaranya saat ini dirawat di rumah sakit dengan gejala, sementara 1.028 lainnya berada di unit perawatan intensif, dan 3.724 orang tanpa gejala atau dengan gejala ringan menjalani isolasi di rumah.

 

Lockdown

Polisi menjaga perbatasan Modena dan Bologna di Valsamoggia, Bologna, Italia, Senin (9/3/2020). Sebelumnya, pemerintah Italia hanya menutup wilayah utara negaranya untuk menekan penyebaran virus corona (COVID-19). (Piero CRUCIATTI/AFP)
Polisi menjaga perbatasan Modena dan Bologna di Valsamoggia, Bologna, Italia, Senin (9/3/2020). Sebelumnya, pemerintah Italia hanya menutup wilayah utara negaranya untuk menekan penyebaran virus corona (COVID-19). (Piero CRUCIATTI/AFP)

Akibat keadaan darurat COVID-19, seluruh Italia berada dalam kontrol ketat atau lockdown sejak Selasa 10 Maret hingga 3 April.

Pemerintahan Perdana Menteri Giuseppe Conte mengambil langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk memperluas langkah-langkah pengendalian wabah yang sebelumnya hanya diberlakukan di wilayah utara, menjadi di seluruh wilayah Italia setelah terjadi lonjakan dalam kasus infeksi dan kematian pada akhir pekan lalu.

Dekret yang memberlakukan keputusan itu melarang semua acara budaya, liburan, keagamaan, olahraga dan semua pertemuan publik, serta melarang pergerakan pribadi warga di dalam kota-kota, kecuali untuk alasan kerja yang darurat, keperluan keluarga (seperti membantu para lansia dan kerabat yang memiliki keterbatasan), dan masalah kesehatan.

Pemerintah Italia juga menutup pub, museum, teater, sekolah dan universitas, fasilitas ski, pusat kebugaran dan kolam renang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liverpool Dipermalukan Atletico Madrid, Berikut Statistik Kuncinya

Posted: 11 Mar 2020 09:35 PM PDT

Liverpool - Liverpool gagal lolos ke perempat final Liga Champions musim ini. Sang juara bertahan kalah 2-3 dari Atletico Madrid pada leg kedua babak 16 besar di Stadion Anfield, Kamis (12/3/2020) dini hari WIB.

Kekalahan tersebut membuat Liverpool tersingkir setelah kalah agregat 2-4. Sebelumnya di markas Atletico, pasukan Jurgen Klopp ini menyerah 0-1.

Bermain di Stadion Anfield, Liverpool unggul 2-0 lebih dulu. Gol itu lahir melalui sundulan Georginio Wijnaldum pada menit ke-43 dan Roberto Firmino (94').

Sayang, Liverpool tidak sanggup menjaga keunggulan tersebut setelah tiga gol Atletico Madrid terjadi ke gawang mereka. Trigol tersebut lahir via sepakan Marcos Llorente (97', 106') dan Álvaro Morata (121).

 

Beberapa Statistik

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, gagal membawa timnya meraih kemenangan saat bersua Watford pada laga pekan ke-28 Premier League di Vicarage Road, Sabtu (29/2/2020). The Reds takluk 0-3 dari The Hornets. (AFP/Justin Tallis)
Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, gagal membawa timnya meraih kemenangan saat bersua Watford pada laga pekan ke-28 Premier League di Vicarage Road, Sabtu (29/2/2020). The Reds takluk 0-3 dari The Hornets. (AFP/Justin Tallis)

Berikut ini beberapa statistik kunci usai kekalahan Liverpool dari Atletico Madrid :

1. Atletico Madrid sukses menghentikan catatan 25 laga tak terkalahkan Liverpool di Anfield pada perhelatan kompetisi Eropa. Sebelumnya, Liverpool mencatat 18 kemenangan dan 7 seri, ketika beraksi di markas sendiri.

2. Hasil ini menjadi kekalahan pertama Jurgen Klopp bersama Liverpool pada knock-out bersistem dua leg. Sebelumnya, Klopp selalu sukses pada 10 pertandingan sebelumnya.

3. Atletico Madrid meraih 5 kemenangan pada lima pertandingann kontra klub asal Inggris ketika ada di turnamen bersistem dua leg.

4. Wijnaldum mencetak emapt gol dalam lima pertandingan terakhir Liga Champions di Anfield.

5. Kali pertama sepanjang karier bagi Marcos Llorente bisa dua gol dalam satu pertandingan.

Sumber: UEFA

Disadur dari Bola.com (Penulis / Editor Nurfahmi Budiarto, Published 12/3/2020)

Saksikan video Liverpool vs Atletico Madrid berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alami Gangguan, Listrik Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta Sempat Padam

Posted: 11 Mar 2020 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Listrik di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta sempat padam pada Rabu malam 11 Maret 2020. Terminal seluas 422.804 meter persegi itu pun gelap gulita.

Momen padamnya listrik di Terminal 3, sempat membuat heboh karena dibagikan warganet sekitar pukul 00.41 WIB. Listrik padam cukup lama atau sekitar 1 jam.

Manager Komunikasi PLN UID Banten, Eman menjelaskan, padamnya listrik di Terminal 3 bukan karena gangguan di PLN, melainkan masalah internal terminal tersebut.

"Dari sisi pasokan PLN aman. Padam tersebut di sisi pengelola listrik internal bandara," ujar Eman.

Dia mengatakan, kesalahan diduga dari panel instalasi Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta keberangkatan internasional. Namun, ada beberapa bagian yang masih menyala karena memiliki sumber listrik yang berbeda.

"Ada kendala panel instalasi Terminal 3 Bandara Soetta di terminal internasional, instalasi lampu padam tapi di sisi pelayanan bagasinya berjalan normal," kata dia.

PT Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta dalam siaran persnya membenarkan, bila electrical network (jaringan kelistrikan) di Terminal 3 Internasional mengalami gangguan.

Senior Manager of Branch Communication & Legal Bandara Soekarno Hatta PT Angkasa Pura II, Febri Toga Simatupang menjelaskan, gangguan kelistrikan di Terminal 3 Internasional yang menyebabkan sebagian penerangan padam dan sejumlah fasilitas tidak berfungsi normal.

"Gangguan tersebut bersifat lokal, artinya hanya sebagian area saja yang terdampak dan telah diatasi dengan baik. Dari sisi operasional di Terminal 3 semuanya berjalan lancar. Namun demikian, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," kata Febri Toga.

Fasilitas Terdampak Kini Normal

Aktivitas keberangkatan di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu (11/3/2020). Dirut PT Angkasa Pura II M Awaluddin mengatakan, penyebaran virus corona (COVID-19) pada Februari 2020 mengakibatkan 735 penerbangan tujuan internasional dibatalkan. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Aktivitas keberangkatan di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu (11/3/2020). Dirut PT Angkasa Pura II M Awaluddin mengatakan, penyebaran virus corona (COVID-19) pada Februari 2020 mengakibatkan 735 penerbangan tujuan internasional dibatalkan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

 

Dia mengatakan, yang terdampak gangguan antara lain penerangan Boarding Lounge Internasional, Kedatangan dan Keberangkatan Internasional, Travellator, Escalator, Lift dan area parkir kendaraan Internasional.

"Gangguan listrik terjadi Rabu (11/3/2020), pukul 22.10 WIB dan beban listrik berangsur normal pada pukul 23.03 WIB. Saat ini seluruh fasilitas yang terdampak telah berjalan normal seperti sedia kala," tutur Febri Toga. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Juanda: Waspadai Hujan Disertai Petir di Surabaya pada Siang Hari

Posted: 11 Mar 2020 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memprediksi di Surabaya, Jawa Timur akan alami hujan disertai petir pada pada Kamis siang (12/3/2020).

Mengutip laman BMKG Juanda, hujan disertai petir tersebut akan terjadi pada pukul 13.00 WIB di Surabaya. Sedangkan pada sore hari akan hujan lokal. Hal itu berlangsung hingga pukul 19.00 WIB.

Pada Kamis malam hari pukul 22.00, Surabaya akan cerah berawan. Suhu akan berada di kisaran 25-33 derajat celsius dengan kecepatan angin dari arah barat 30 KM per jam. Kelembapan sekitar 60-95 persen.

Cuaca di wilayah Surabaya pada siang hari, sebagian besar  akan hujan petir. Suhu sekitar 33 derajat celsius dengan kelembapan udara 60 persen. Kecepatan angin 30 KM per jam.

BMKG Juanda juga merilis peringatan dini tiga harian di wilayah Jawa Timur untuk mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

Pada Kamis siang hingga sore hari waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Bojonegoro, Jombang, Ngawi, Ponorogo, Trenggalek,Tulungagung.

Selanjutnya di Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember dan Situbondo. Sedangkan malam hari di Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo dan Jember.

BMKG: Puncak Musim Hujan hingga Maret

ilustrasi hujan. (Pixabay)
ilustrasi hujan. (Pixabay)

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan cuaca ekstrem di Indonesia akan berlangsung hingga Maret 2020.

"Kalau menurut prediksi BMKG untuk wilayah Indonesia terjadinya cuaca ekstrem tidak serempak, silih berganti. Rata-rata puncak musim hujan Februari-Maret, khusus DIY dan Jateng berlangsung pada Januari-Februari," kata Kepala BMKG Dwikora Karnawati di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa 11 Februari 2020.

Selanjutnya, ujar dia, di kisaran April-Mei sudah memasuki musim kemarau, transisinya adalah pancaroba.

"Untuk ancaman bencananya beda lagi, bukan longsor atau banjir tetapi angin puting beliung. Imbauan kami agar ini bisa diwaspadai oleh seluruh pihak," kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Stasiun Klimatologi Kelas 1 Semarang Tuban Wiyoso mengatakan lebih awalnya cuaca ekstrem yang menjangkau Jawa Tengah dibandingkan wilayah lain karena cuaca di Jawa lebih didominasi oleh pengaruh angin monsun.

"Ini terjadi pada kurun waktu Desember-Februari, puncaknya Januari-Februari. Angin monsun sendiri merupakan angin yang bertiup dari Asia ke wilayah Indonesia. Seperti angin darat, yaitu angin laut tetapi skala musiman, ini dipengaruhi oleh posisi matahari," kata dia seperti dikutip dari Antara.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Curhat Jokowi Beli Durian Mahal untuk Kado Iriana, Tapi Rasanya Tak Enak

Posted: 11 Mar 2020 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan bahwa kualitas buah durian dari Indonesia tak semuanya bagus. Jokowi pun menceritakan momen saat dirinya membeli buah durian sebagai kado ulang tahun sang istri, Iriana.

Ibu Negara Iriana diketahui sangat menyukai buah durian. Untuk membahagiakan sang istri, mantan Gubernur DKI Jakarta itu membelikan durian yang paling bagus dan mahal.

"Saya pernah beli durian mahal, harga mahal, barang bagus, saya pakai hadiah ulang tahun Bu Jokowi. Saya beli satu," kata Jokowi dalam pembukaan Munas Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) di Istana Negara Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Namun, momen romantis itu seketika rusak saat buah itu dibuka dan memakannya. Ternyata, rasa durian itu tak enak.

"Sampai di rumah dibuka enggak enak," ucapnya.

 

Permintaan Durian Tinggi

Menurut Jokowi, perlu ada manajemen pembibitan yang baik agar kualitas dan rasa buah durian enak. Dia menuturkan permintaan durian Indonesia dari Tiongkok sangat besar sekali namun kualitasnya tak sesuai keinginan mereka.

"Harus dari kebun harusnya enak-enak, enak-enak semua. Masa kita enggak bisa. Saya yakin bisa," tutur dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

WHO Umumkan Virus Corona Pandemi, Piala Eropa 2020 Ditunda Setahun?

Posted: 11 Mar 2020 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Nyon- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan kalau wabah virus corona sudah jadi pandemi global atau menyebar ke berbagai wilayah di dunia. Ini mau tak mau mengganggu banyak event olahraga termasuk Piala Eropa 2020 yang akan dihelat Juli-Agustus nanti.

Seperit dilansir as, UEFA selaku penyelenggara Piala Eropa 2020 mulai memikirkan untuk menunda perhelatan ini. Meski itu dilakukan dengan berat hati.

Menurut sumber dari RFEF (federasi sepak bola spanyol), kemungkinan Piala Eropa 2020 ditunda bisa saja. Soalnya event empat tahunan ini akan melibatkan jutaan orang fans dari berbagai wilayah di Eropa.

Presiden UEFA, Aleksander Ceferin sebelumnya begitu ngotot Piala Eropa 2020 harus berlanjut meski ada virus corona. Namun dengan semakin masifnya penyebaran virus, pertimbangan ini harus dilakukan.

As melaporkan, UEFA bisa saja menunda turnamen yang terganggu virus corona hingga 2021. Namun tentu konsekuensinya tentu bakal merembet kemana-mana.

 

Ganggu Klub

Warga mengantre untuk membeli masker di luar sebuah supermarket di Seoul, Korea Selatan, Rabu (4/3/2020). Kasus virus corona atau COVID-19 di Korea Selatan menjadi yang terbesar setelah China, negara asal wabah virus tersebut. (Jung Yeon-je/AFP)
Warga mengantre untuk membeli masker di luar sebuah supermarket di Seoul, Korea Selatan, Rabu (4/3/2020). Kasus virus corona atau COVID-19 di Korea Selatan menjadi yang terbesar setelah China, negara asal wabah virus tersebut. (Jung Yeon-je/AFP)

Kalau jadi ditunda, kompetisi klub-klub di Eropa bisa berlanjut hingga Juli. Soalnya banyak pertandingan yang ditunda gara-gara virus corona.

Piala Eropa 2020 memang lebih kompleks dibandingkan sebelumnya. Soalnya untuk pertama kali, event ini digelar di 12 kota berbeda yaitu Amsterdam, Baku, Bilbao, Bucharest, Budapest, Copenhagen, Dublin, Glasgow, London, Munich, Roma dan St Petersburg.

Di sisi lain, kompetisi klub antar Eropa seperti Liga Champions masih berjalan normal. Seperti yang terjadi Anfield Liverpool, Kamis (12/3/2020) dini hari WIB, penonton masih menghadiri pertandingan.

Sedangkan Getafe, klub asal Spanyol dilaporkan menolak berangkat ke Milan untuk menjalani leg pertama babak 16 besar. Ini menyusul kekhawatiran dengan penyebaran virus corona.

 

Tolak Tunda

Sementara itu, Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) menolak permintaan penundaan yang diajukan pihak Wolverhampton Wanderers (Woves) untuk babak 16 besar Liga Europa 2019-2020. Wolves akan menghadapi wakil Yunani, Olympiakos, pada leg pertama yang berlangsung di Stadion Georgios Karaiskakis, Jumat 13 Maret 2020.

Menanggapi hal tersebut. Wolves pun mengeluarkan sikap atas penolakan UEFA itu dengan mengatakan laga kontra Olympiakos mengandung risiko. Para pemain dan staf Wolves rentan terpapar corona yang sudah menyebar luas di negara tetangga Yunani yaitu Italia.

"Wolves mengkonfirmasi permintaan penundaan laga melawan Olympiakos ke UEFA telah ditolak. Pertandingan tetap dilangsungkan, tanpa penonton sesuai keputusan pemerintah Yunani melarang ada penonton di acara olahraga demi membatasi penyebaran corona," bunyi pernyataan resmi Wolves , melansir dari laman Mirror, Kamis (12/3/2020).

"Kami juga khawatir pada lawan yang pemain dan stafnya sudah dites hari ini. Mereka akan main dalam laga penting di bawah kondisi sulit dan penuh tekanan. Selain itu, faktor kehadiran fan tuan rumah dan tim tamu salah satu yang membuat kompetisi Eropa spesial."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Asteroid Berkecepatan Tinggi Melintasi Bumi Bikin Penasaran

Posted: 11 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Artikel tentang asteroid berkecepatan tinggi yang melintas Bumi dalam jarak dekat membuat penasaran pembaca kanal Tekno Liputan6.com, Rabu (11/3/2020).

Berita lain yang menjadi perhatian, harta bos Facebook berukurang Rp 59 miliar karena Virus Corona, dan bagaimana cara memantau penyebaran Virus Corona.

Lebih lengkapnya, kamu bisa cek di bawah ini.

1. NASA Lacak Asteroid Berkecepatan Tinggi, Bakal Tabrak Bumi?

Asteroid berkecepatan tinggi tengah melintas mendekati Bumi. Asteroid yang dinamai 2008 UB95 ini dikategorikan sebagai benda dekat Bumi atau Earth close approach.

Asteroid 2008 UB95 ini diperkirakan akan mencapai jarak terdekat dengan Bumi pada 11 Maret ini.

Asteroid berkecepatan tinggi tengah melintas mendekati Bumi. Asteroid yang dinamai 2008 UB95 ini dikategorikan sebagai benda dekat Bumi atau Earth close approach.

Asteroid 2008 UB95 ini diperkirakan akan mencapai jarak terdekat dengan Bumi pada 11 Maret ini.

Baca Selengkapnya di Sini

 

2. Ketakutan Publik atas Virus Corona Bikin Harta Bos Facebook Berkurang Rp 59 Miliar

CEO Facebook Mark Zuckerberg kehilangan kekayaannya sebesar USD 4,1 miliar atau setara Rp 59 miliar hanya dalam satu hari.

Pria 35 tahun ini kehilangan kekayaannya karena nilai saham Facebook turun gara-gara ketakutan publik atas virus corona. Demikian menurut laman Forbes.

Mengutip Business Insider, Rabu (11/3/2020), penurunan kekayaan Mark Zuckerberg ini merupakan yang terbesar dalam daftar kekayaan miliarder Forbes pada pekan lalu.

Baca Selengkapnya di Sini

3. Begini Cara Pantau Penyebaran Virus Corona di Jakarta

Pemerintah Provisi DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan ternyata memiliki situs untuk memantau penyebaran virus corona di wilayah Ibu Kota.

Situs ini berisi data orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) di wilayah Jakarta.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Rabu (11/3/2020), informasi soal penyebaran virus corona di Ibu Kota dapat dicek melalui situs corona.jakarta.go.id. Adapun data yang ada di situs ini dikumpulkan sejak 21 Januari 2020.

Baca Selengkapnya di Sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Melemah Lagi Usai WHO Tetapkan Virus Corona Jadi Pandemi

Posted: 11 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan Kamis ini. Pelemahan masih disebabkan pengaruh dampak virus corona ke ekonomi global.

Mengutip Bloomberg, Kamis (12/3/2020), rupiah dibuka di angka 14.384 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 13.374 per dolar AS. Menjelang siang, rupiah terus melemah ke 14.477 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.384 per dolar AS hingga 14.477 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 4,41 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.490 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan sebelumnya yang ada di angka 14.232 per dolar AS.

"Sentimen negatif kelihatannya kembali menyambangi pasar keuangan setelah WHO mengumumkan bahwa status wabah Corona menjadi pandemik dari sebelumnya epidemik," ujar Ariston seperti dikutip dari Antara, Kamis (12/3/2020).

Pada Rabu (11/3), WHO menyatakan virus corona (COVID-19) sebagai pandemi, yang berarti wabah itu menyebar luas ke seluruh dunia.

 

Paling Banyak di Italy dan Iran

Teller menunjukkan mata uang dolar di Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (10/1). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus menguat di perdagangan pasar spot hari ini. Rupiah berada di zona hijau. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Teller menunjukkan mata uang dolar di Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (10/1). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus menguat di perdagangan pasar spot hari ini. Rupiah berada di zona hijau. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Badan PBB itu menambahkan bahwa Italia dan Iran kini berada di garis depan penyakit tersebut, dan sejumlah negara lainnya akan menyusul.

Virus yang pertama kali muncul di China pada Desember tahun lalu itu, meluas ke seluruh dunia hingga menghentikan kegiatan industri, menunda penerbangan di berbagai negara, menutup sekolah serta memaksa penundaan pertandingan olahraga serta sejumlah konser musik.

Kini virus tersebut telah menginfeksi 118.000 orang di 114 negara dan telah menelan 4.291 korban jiwa, dengan perkiraan jumlah tersebut akan terus meningkat.

Ariston memprediksi rupiah hari ini berpotensi koreksi di kisaran Rp14.370 per dolar AS hingga Rp14.500 per dolar AS.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada Kamis menunjukkan, rupiah melemah menjadi Rp14.490 per dolar AS dibanding hari sebelumnya di posisi Rp14.323 per dolar AS.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Virus Corona, Bagaimana Nasib Olimpiade 2020 Tokyo?

Posted: 11 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ancaman COVID-19 berakibat pembatalan sejumlah pameran internasional, termasuk Mobile World Congress Februari lalu dan pameran akbar permainan video Electronic Entertainment Expo alias E3 yang sedianya berlangsung Juni. Akankah Olimpiade Tokyo yang berskala lebih besar mengalami pembatalan serupa?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banyuwangi Siap Kembangkan Pisang Cavendish

Posted: 11 Mar 2020 09:20 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) memilih Kabupaten Banyuwangi sebagai salah satu lokasi pengembangan kawasan hortikultura berorientasi ekspor. Komoditas yang dipilih untuk dikembangkan adalah pisang cavendish.

Hal itu diungkapkan Asisten Deputi Agribisnis Kemenko Perekonomian RI, Yuli Sri Wilanti, saat bertemu Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, di Banyuwangi, Rabu (11/3).

"Komoditas pisang ini memiliki potensi pasar yang luas, terlebih untuk ekspor. Kami ingin mengajak Banyuwangi untuk bersama-sama mengembangkan. Mengingat pasar pisang cavendish ini sangat luas di berbagai negara," kata Yuli yang menjelaskan bahwa pengembangan itu dapat mendorong devisa negara. 

 

Gandeng Perusahaan Eskportir

Pisang Cavendish merupakan komoditas buah tropis yang sangat popular di dunia. Di Indonesia, pisang ini lebih dikenal dengan sebutan Pisang Ambon Putih. Pisang cavendish banyak dikembangbiakkan menggunakan metode kultur jaringan.

Yuli lantas menjelaskan alasannya memilih Banyuwangi untuk pengembangan buah tersebut. Menurut dia, Banyuwangi memiliki potensi pertanian yang cukup bagus, begitu juga kualitas produk perkebunannya, seperti kakao dan kopi.

"Kami yakin kalau kondisi tanah di sini bakal cocok untuk pengembangan pisang cavendisih. Langkah awalnya, petani kami ajak mengoptimalkan lahan yang ada. Kita akan bantu penuh untuk tingkatkan produktivitasnya," ujarnya.

Nah yang menarik dari program ini, lanjut Yuli, Kemenko menggandeng perusahaan ekportir untuk pemasaran produknya, yakni PT Great Giant Pineapple, perusahaan eksportir buah skala besar di Indonesia yang telah berpengalaman puluhan tahun. Perusahaan tersebut akan menjadi offtaker yang membeli semua produk petani. 

"Sehingga petani tidak perlu khawatir karena sudah disiapkan buyer-nya, dijamin semua produknya pasti terserap pasar. Dengan demikian, negara akan untung karena ekspornya meningkat, petani juga semakin sejahtera karena pendapatannya ikut terkerek," jelasnya.

 

Bupati Banyuwangi: Ini Program Bagus

Selain memastikan pangsa pasarnya, lanjut dia, perusahaan ini juga akan menyediakan semua kebutuhan petani mulai bibit, pupuk, pendampingan penanganan pasca panen, hingga proses packaging yang standar ekspor.

Bupati Anas pun menyambut baik dan mendukung penuh program tersebut. Menurutnya, program ini dapat membantu meningkatkan kualitas dan kesejahteraan petani Banyuwangi.

"Ini program bagus karena bisa memberdayakan petani daerah. Pendampingan yang diberikan tim ahli akan memperkaya pengetahuan petani, apalagi standarnya sudah kualitas ekspor," kata Anas.

Anas langsung meminta Dinas Pertanian untuk membantu menyiapkan lahan. Sehingga pisang cavendish bisa segera dikembangkan di Banyuwangi.

"Pengembangan pisang di cavendish ini akan memperkaya ragam buah lokal di Banyuwangi. Kita sudah ada manggis, jeruk, buah naga, hingga durian. Kami pasti akan support program ini, apalagi ini adalah bagian gotong royong semua daerah untuk menghasilkan devisa di tengah situasi ekonomi yang penuh tantangan saat ini," jelas Anas. 

 

 

(*) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pacquiao Bantu Orbitkan Calon Penerusnya: Magnifico Pernah Pukul KO Petinju Indonesia

Posted: 11 Mar 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manny 'Pacman' Pacquiao tidak setengah-setengah dalam menjalankan bisnis sebagai promotor tinju. Di bawah bendera MP Promotions, Pacman ambil bagian dalam upaya mengorbitkan petinju kelas bulu asal Filipina, yang belum terkalahkan, Mark 'Magnifico' Magsayo.

Seperti dilansir fightnews, Pacquiao melalui MP Promotions bersama TGB promotions telah menjalin kontrak promosi dengan Magsayo dan berupaya mendapatkan kesempatan tampil di Amerika Serikat (AS) di bawah naungan Al Haymon's Premier Boxing Champions (PBC).

"Saya senang akhirnya mendapatkan tanda tangan Mark 'Magnifico' Magsayo. Saya sudah menyaksikan perkembangan Mark sebagai petarung di Filipina," kata Pacquiao yang saat ini menyandang gelar juara dunia kelas welter versi WBA.

"Dia mengingatkanku pada diriku, bagaimana kami berangkat dari bukan apa-apa menjadi penantang kelas dunia. Saya suka etos kerjanya dan ambisinya menjadi juara dunia dan saya akan berusaha sekuat tenaga untuk membantu promosi dan mewujudkan mimpinya."

 

Siapa Magsayo?

Petinju berusia 24 tahun ini merupakan wonderkid tinju Filipina. Sepanjang karier profesionalnya, Magsayo belum terkalahkan dengan rekor 20-0 (14KO).

Magsayo saat ini merupakan pemegang sabuk juara kelas bulu WBO International dan IBF Youth untuk kelas yang sama.

 

 
 
 
View this post on Instagram

Thank you idol for the opportunity @mannypacquiao 🥊🙏🏽 #mppromotions

A post shared by Magnifico (@markmagnificomagsayo) on

Magasayo telah bertinju sejak usia 8 tahun. Sebelum terjun ke pro, Magasayo telah melewati 200 duel di level amatir dan empat kali merebut gelar juara Asosiasi Tinju Amatir Filipina (ABAP).

Magasayo mulai terjun ke dunia tinju profesional pada tahun 2013 dan belum terkalahkan hingga saat ini. Tahun lalu, Magasayo pernah berhadapan dengan petinju asal Indonesia Ery Subiyasno alias Erick Detztroyer dalam pertarungan 12 ronde dan berhasil menang KO pada ronde kedua.

 

Sambut Baik MP Promotions

Manny 'Pacman' Pacquiao saat jumpa pers jelang duel melawan Lucas Matthysse di Kuala Lumpur Malaysia (Marco/Liputan6.com)
Manny 'Pacman' Pacquiao saat jumpa pers jelang duel melawan Lucas Matthysse di Kuala Lumpur Malaysia (Marco/Liputan6.com)

Magasayo sendiri menyambut baik kerjasama dengan MP Promotions. Dia antusias bisa berada di bawah pengawasan Pacquiao, sang legenda.

"Dari hati terdalam, saya ingin berterima kasih kepada senator Manny Pacquiao dan Presiden MPP Sean Gibbons atas kesempatan untun bertarung di bawah bendera MP Promotions," kata Magasayo.

"Sayang ingin beterima kasih kepada senator yang telah membantu saya dan petinju-petinju Filipina lainnya, yang telah mengubah hidup kami seperi saat ini. Saya semakin bergairah dalam bertinju sejak mengidolakan Senator Manny Pacquiao. Saya memulai tinju karena dia. Saya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini dan saya akan berusaha sekuat tenaga menggapai mimpiku."

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyakit Lupus Sle, Kenali Gejala, Penyebab dan Cara Pengobatannya

Posted: 11 Mar 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyakit lupus sle merupakan jenis penyakit lupus yang sering terjadi secara menyeluruh (sistematik) pada tubuh si penderita. Sebelum menelaah lebih jauh tentang penyakit lupus sle, sebaiknya kamu kenali dulu apa yang dimaksud dengan penyakit lupus itu sendiri. 

Penyakit lupus adalah penyakit peradangan (inflamasi) kronis yang disebabkan oleh sistem imun atau kekebalan tubuh yang menyerang sel, jaringan, dan organ tubuh sendiri. Lupus dapat menyerang berbagai bagian dan organ dalam tubuh seperti kulit, sendi, sumsum tulang belakang, sel darah, paru-paru, ginjal, jantung dan otak.

Pada kondisi normal, sistem imun akan melindungi tubuh dari infeksi. Namun, ketika seseorang menderita penyakit lupus, sistem imun itu akan menyerang tubuhnya sendiri. Sejauh ini, penyakit lupus adalah penyakit yang lebih menyerang wanita dibandingkan laki-laki karena dipengaruhi oleh beberapa faktor genetik dan lingkungan.

Penyakit lupus sle terdiri dari beberapa jenis, namun untuk penyakit lupus sle, gejala utamanya yang ditimbulkan yaitu inflamasi kronis pada organ-organ sendi, ginjal, dan kulit.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber Kamis, (12/3/2020) tentang penyakit lupus sle, kenali gejala, penyebab dan cara pengobatannya

Gejala Penyakit Lupus Sle

Ruam Kulit
Ruam Kulit

Penyakit lupus sle adalah salah satu jenis penyakit lupus yang lebih sering terjadi dan menyurang wanita. Gejala penyakit lupus sle bervariasi. Namun, beberapa gejala yang sering timbul yaitu :

1. Rasa Lelah yang Ekstrem

Melakukan rutinitas sehar-hari yang ringan dan sederhana bisa membuat penderita penyakit lupus sle merasakan lelah yang luar biasa. Meski sudah istirahat yang cukup, penderita penyakit lupus sle tetap merasakan rasa lelah ekstrem ini meski sudah istirahat yang cukup.

2. Nyeri pada Persendian

Gejala utama lain dari penyakit lupus sle adalah rasa nyeri. Rasa nyeri ini biasa muncul pada persendian tangan dan kaki, dan ras nyeri ini dapat berpindah dengan cepat dari sendi satu ke sendi lainnya. Namun, rasa nyeri ini tidak akan menyebabkan kerusakan atau cacat permanen pada persendian.

3. Ruam pada Kulit

Ruam pada kulit juga merupakan salah satu gejala penyakit sle yang harus dikenali dan diwaspadai. Ruam yang menyebar pada batang hidung dan pipi merupakan ciri khas dari penyakit lupus sle. Gejala ruam ini dikenal dengan istilah ruam kupu-kupu karena bentuknya yang mirip saya kupu-kupu. Selain hidung dan pipi, tangan dan pergelangan tangan merupakan bagian tubuh yang mungkin untuk terjadi ruam. Ruam pada penderita penyakit lupus sle akan membekas dan bertambah parah jika terpapar sinar matahari.

4. Sariawan

Gejala lainnya pada penderita penyakit lupus sle yaitu sariawan. Sariawan yang tak kunjung sembuh dan terjadi di tempat yang tidak biasanya, terutama di atap rongga mulut dan tenggorokan. Untuk kamu yang menderita sariawan tak kunjung sembuh segera periksa ke dokter ya!

5. Nyeri Dada

Nyeri dada merupakan salah satu gejala penyakit lupus sle yang tentunya tidak boleh dianggap biasa saja. Rasa nyeri pada penderita penyakit lupus sle biasanya nyeri pada saat berbaring dan menarik napas panjang karena peradangan di paru-paru dan jantung.

Penyebab Penyakit Lupus Sle

Estrogen, Hormon Wanita untuk Kurangi Risiko Osteoporosis
Estrogen, Hormon Wanita untuk Kurangi Risiko Osteoporosis

Selanjutnya kenali penyebab-penyebab yang ditimbulkan apabila kamu menderita penyakit lupus sle. Penyebab penyakit lupus sle, beberapa diantara yaitu :

1. Faktor Genetik

Faktor genetik adalah salah satu penyebab penyakit lupus sle. Terdapat hubungan antara pengaruh faktor genetik dan penyakit lupus karena seringkali ditemukan adanya adanya anggota penderita yang juga mengidap penyakit lupus sle.

2. Hormon

Sejauh ini penyakit lupus lebih sering menyerang wanita. Wanita menghasilkan hormon estrogen lebih banyak dibandingkan pria. Estrogen diketahui sebagai hormon yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Apabila wanita menghasilkan hormon estrogen lebih banyak, artinya wanita memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dibandingkan laki-laki. Untuk alasan ini wanita lebih mudah terserang penyakit autoimun dibandingkan laki-laki.

Perubahan hormon saat masa pubertas atau kehamilan dapat memicu timbulnya penyakit lupus sle, juga tingginya kadar estrogen saat hamil juga diduga memicu penyakit lupus sle.

3. Lingkungan

Penyebab lainnya dari timbulnya penyakit lupus sle adalah lingkungan. Berbagai faktor lingkungan diduga dapat memicu timbulnya penyakit lupus sle. Beberapa faktor diantaranya yaitu infeksi bakteri dan virus, stres, paparan sinar matahari, merokok, serta beberapa zat kimia seperti merkuri dan silika.

Cara Pengobatan Penyakit Lupus Sle

Ilustrasi obat (Foto: Unsplash.com/Freestocks)
Ilustrasi obat (Foto: Unsplash.com/Freestocks)

Setelah kamu mengetahui gejala dan penyebab dari timbulnya penyakuit lupus sle, yuk cari tahu bagaimana cara pengobatannya! berikut adalah obat-obatan yang mungkin dibutuhkan penyakit lupus sle:

1. Obat Antiinflamasi Nonstreoid (OAINS)

Nyeri sendi dan otot merupakan salah satu gejala utama dari penyakit lupus sle. Dokter biasa memberikan obat antiinflamasi nonsteroid apabila penderita mengalami gejala nyeri sendi dan otot. Meski demikian, penderita harus mewaspadai efek samping yang timbul dari konsumsi obat tersebut seperti pendarahan lambung, masalah pada ginjal, dan peningkatan risiko penyakit jantung.

2. Kortikosteroid

Kortikosteroid merupakan salah satu obat yang disarankan oleh dokter apabila penderita penyakit lupus sle mengalami gejala yang parah atau sedang aktif. Pada tahap awal, obat ini akan diberikan dalam dosis tinggi. Secara bertahap dosis dalam obat ini akan diturunkan seiring dengan membaiknya kondisi si penderita.

Efek samping yang ditimbulkan dari mengonsumsi obat tersebut dalam jangka panjang dan dosis yang tinggi yaitu seperti pengeroposan tulang, penipisan kulit, bertambahnya berat badan, peningkatan tekanan darah, peningkatan gula darah, dan risiko infeksi.

3. Obat Imunosupresan

Dokter akan memberikan obat Imunosupresan bagi penderita penyakit lupus sle. Cara kerja obat ini adalah menekan sistem kekebalan tubuh si penderita penyakit lupus sle.Imunosupresan akan meringankan gejala penyakit lupus sle dengan menghambat kerusakan pada bagian-bagian tubuh yang sehat akibat serangan sistem kekebalan tubuh. Efek samping yang ditimbulkan dari mengonsumsi obat tersebut yaitu muntah, kehilangan nafsu makan, pembengkakan gusi, diare, dan kejang.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Tetap lakukan pencegahan-pencegahan sedini mungkin seperti hindari stres, kurangi kontak langsung yang berlebihan dengan sinar matahari, berhenti merokok, dan berolahraga rutin agar kamu tidak menderita penyakit lupus sle ya!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suami Karen Pooroe Sebut Kematian Anaknya Murni Kecelakaan

Posted: 11 Mar 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polisi telah mengumumkan hasil autopsi putri Karen Pooroe dan Arya Satria Claproth yang jatuh dari balkon lantai 6 apartemen.

Hasilnya, menurut polisi, ada patah sendi pada tubuh Zefania Carina, anak semata wayang Karen Pooroe dan Arya Satria Claproth.

Terkait hasil autopsi tersebut, pihak Arya Satria Claproth mengaku belum tahu secara resmi hasilnya. Ia juga belum menerima hasilnya dari pihak kepolisian.

"Saya belum tahu (hasil autopsi dari kepolisian)," kata Andreas Silitonga selaku kuasa hukum Arya Satria Claproth saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (11/3/2020) malam.

 

 

 

Tidak Dibunuh

Arya Satria (Sumber: Instagram/@aryaclaproth)
Arya Satria (Sumber: Instagram/@aryaclaproth)

Dalam kesempatan itu, pihak Arya Satria Claproth memastikan anaknya meninggal dunia bukan karena pembunuhan.

"Kembali saya sampaikan, kami menunggu dengan keyakinan karena anak itu tidak dibunuh kok. Itu murni kecelakaan, tidak bisa kita hindari nasib orang. Kalau Tuhan berkehendak dan sudah waktunya ya waktunya," Andreas Silitonga menjelaskan.

 

Hal Wajar

Karen Pooroe (Foto: Zulfa Ayu Sundari)
Karen Pooroe (Foto: Zulfa Ayu Sundari)

Terkait hasil autopsi, menurut dia, adanya patah sendi ditubuh Zefania Carina adalah hal yang wajar. Apalagi putri Karen Pooroe dan Arya Satria Claproth jatuh dari lantai yang cukup tinggi.

"Logikanya gini, kaki patah jatuh dari lantai 6 wajar dong. Yang enggak wajar itu statement Karen yang menyatakan anak ini mulus seperti putri yang sedang tidur salah kan? Ini hasil autopsi yang kita tunggu bukan statement yang menyesatkan," kata Andreas.

 

Opini Negatif

Potret Karen Idol atau Karen Pooroe. (Sumber: Instagram/@karenpooroe)
Potret Karen Idol atau Karen Pooroe. (Sumber: Instagram/@karenpooroe)

Andreas juga menambahkan, kini masyarakat berpikir negatif kepada Arya Satria Claproth. Apalagi, pihak Karen Pooroe sempat mengatakan hal-hal yang‎ menggiring opini masyarakat untuk berpikiran buruk kepada kliennya.

"Dengan membuat orang berpikir jadi diracun. Bukan saya yang ngomong, ada faktanya dengan statement itu membuat orang pikir anak ini diracun," kata Andreas Silitonga.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kotawaringin Timur Sepakat Gelar Pilkada Damai 2020

Posted: 11 Mar 2020 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polres Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah bersama Senkom Mitra Polri, Persatuan Wartawan Indonesia, dan Dewan Adat Dayak setempat menggelar deklarasi damai untuk mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkada Serentak 2020.

"Deklarasi damai ini merupakan komitmen bersama membulatkan tekad bersama dalam mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta dasar negara, kemudian bersama-sama menjaga situasi daerah agar tetap kondusif," ujar Kapolres AKBP Mohammad Rommel di Sampit, seperti dilansir Antara, Kamis (12/3/2020).

Menurut Rommel, persaingan dalam politik, termasuk Pilkada merupakan hal biasa, namun semua harus mematuhi aturan.

"Semuanya harus siap menang dan siap kalah karena persaingan itu tidak perlu mengorbankan rasa persaudaraan," ucapnya.

Dia menegaskan, berbeda pilihan dalam politik merupakan hal wajar. Namun, Romel mengatakan, sangat disayangkan apabila perbedaan tersebut sampai merusak persatuan dan kesatuan di daerah ini.

"Pilihan kita boleh beda tapi kita tetap satu Indonesia. Kami berharap semangat ini menular kepada seluruh masyarakat sehingga benar-benar situasi Kamtibmas di kabupaten Kotawaringin Timur terjaga dengan baik," harap Rommel.

Rommel juga mengingatkan kepada siapa pun agar tidak mencoba-coba membuat onar saat Pilkada Serentak di Kotawaringin Timur.

"Pembuat onar tidak hanya akan berhadapan dengan polisi, tetapi juga dengan seluruh masyarakat karena semua sudah sepakat menjaga kondusivitas daerah ini," tegas Rommel.

 

Disepakati Jurnalis

Ilustrasi – Kotak suara Pilkada serentak. (Istimewa/Liputan6.com/Muhamad Ridlo)
Ilustrasi – Kotak suara Pilkada serentak. (Istimewa/Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Sementara itu, Ketua PWI Kotawaringin Timur H Andri Rizky Agustian mengatakan, jurnalis di daerah itu sepakat untuk mendukung pelaksanaan Pilkades dan Pilkada berjalan aman dan kondusif.

"Kami selaku wartawan juga mempunyai tanggung jawab moral untuk membawa kesejukan melalui berita-berita yang disiarkan. Kami sepakat pesta demokrasi harus berjalan dengan baik, aman, lancar dan kondusif," tegas Andri.

Deklarasi damai dilaksanakan di ikon Patung Jelawat Sampit. Puluhan peserta mengikuti pembacaan poin deklarasi bersama yang intinya berkomitmen bersama menjaga kondisi daerah agar tetap kondusif.

Kotawaringin Timur akan menggelar pemilihan kepala desa serentak di 43 desa. Setelah itu, juga akan digelar Pilkada pada 23 September 2020 untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur serta Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah.

Diperlukan dukungan semua pihak untuk menciptakan suasana yang kondusif. Semua pihak diharapkan peduli membantu pelaksanaan pesta demokrasi tersebut agar berjalan aman dan lancar.

Aparat keamanan, wartawan, tokoh adat, tokoh masyarakat, kontestan dan pendukungnya serta semua pihak diharapkan berpartisipasi menjaga keamanan dan ketertiban.

Dua agenda pesta demokrasi ini harus berjalan aman dan lancar sehingga mampu menghasilkan pemimpin terbaik demi kemajuan daerah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Europa: Siaran Langsung LASK Vs MU

Posted: 11 Mar 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) akan terbang ke Austria untuk menyambangi LASK Linz pada leg pertama babak 16 besar Liga Europa, Jumat (13/3/2020) dinihari WIB. Di atas kertas, MU diprediksi tidak akan kesulitan menang.

Menghadapi laga ini, MU berbekal kemenangan 2-0 di Derby Manchester akhir pekan lalu. Kemenangan itu mendongkrak kepercayaan diri pasukan Ole Gunnar Solskjaer.

Secara materi tim pun, MU unggul di atas LASK. Bukan tidak mungkin, akan terjadi pesta gol, meski laga dimainkan di markas lawan.

Namun demikian, Solskjaer tetap tidak ingin meremehkan LASK. Menurutnya, hasil pertandingan LASK di fase grup harus membuat MU waspada.

"Mereka telah mengatakan Rosenborg musim ini di fase grup dan mereka telah mengalahkan Sporting Lisbon," ujarnya.

Selain laga LASK vs MU, masih ada sejumlah laga lain di Liga Europa. Berikut jadwal selengkapnya.

 

Jadwal Liga Europa

Liga Europa - LASK Vs Manchester United (Bola.com/Adreanus Titus)
Liga Europa - LASK Vs Manchester United (Bola.com/Adreanus Titus)

Jumat 13 Maret 2020

00.5 WIB, Istanbul Basaksehir vs Kopenhagen

00.55 WIB, Eintracht Frankfurt vs FC Basel

00.55 WIB, LASK vs Manchester United, SCTV

 

Jadwal Lanjutan

03.00 WIB, Olympiakos Piraeus vs Wolverhampton Wanderers

03.00 WIB, Rangers vs Bayer Leverkusen

03.00 WIB, Wolfsburg vs Shakhtar Donetsk

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO GRAFIS: Pembunuhan Sadis

Posted: 11 Mar 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini Indonesia di hebohkan dengan pembunuhan sadis yang marak terjadi. Mirisnya kejadian ini dilakukan oleh anak-anak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Manfaat Daun Bidara dan Cara Menggunakannya, Baik untuk Kesehatan dan Kecantikan

Posted: 11 Mar 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya bisa dijadikan pengobatan untuk berbagai masalah kesehatan. Bidara yang merupakan pohon kecil penghasil buah yang tumbuh di daerah kering ini memiliki daun yang umumnya berbentuk bulat panjang.

Menilik pada beberapa penelitian, hampir semua bagian dari bidara memiliki manfaat untuk kehidupan. Berbagai senyawa seperti alkaloid, flavonoid, glikosida, saponin, dan minyak atsiri terdapat dalam daun bidara ini. Belum lagi terdapat sifat antioksidan dan berbagai manfaat lainnya yang baik untuk tubuh.

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya perlu diterapkan dengan benar. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Ziziphus mauritiana ini telah lama dijadikan sebagai bahan obat herbal karena berbagai kandungannya yang bermanfaat untuk tubuh.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang manfaat daun bidara dan cara menggunakannya dari berbagai sumber, Kamis (12/3/2020).

Manfaat Daun Bidara dan Cara Menggunakannya

Menyehatkan Sistem Pencernaan / Sumber: iStockphoto
Menyehatkan Sistem Pencernaan / Sumber: iStockphoto

Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya yang pertama adalah untuk mempercepat penyembuhan luka. Hal ini karena daun bidara memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri sangat baik dalam membantu mempercepat proses regenerasi kulit. Berbagai lukas seperti luka sayatan, lecet hingga luka akibat goresan dapat disembuhkan dengan daun bidara ini.

Selain itu, kandungan senyawa glikosida dalam daun bidara juga bisa menghilangkan bekas luka di kulit dan menyembuhkan luka bakar. Luka di kulit seperti lecet, tersayat, atau akibat tergores.

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya ini cukup dengan meminum rebusan air daun bidara. Selain itu kamu juga bisa mengambil bubuk ekstrak daun bidara, kemudian campur sedikit air hingga menjadi pasta. Lalu balurkan pada area yang terluka.

Menyembuhkan Berbagai Masalah Pencernaan

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya yang tepat juga baik untuk berbagai masalah pencernaan, terutama maag. Hal ini karena daun biadara dapat meringankan dampak negatif dari asam lambung.

Selain itu, risiko gangguan pencernaan lainnya juga dapat diatasi oleh daun bidara, karena mampu membantu mengeluarkan racun dalam pencernaan. Serta mencegah terjadinya infeksi pada salurannya.

Cara menggunakan daun bidara untuk masalah pencernaan dapat dengan meminum air rebusannya secara rutin atau dengan cara mengaplikasikan daun bidara secara langsung pada bagian anus yang membengkak jika kamu mengalami wasir.

Manfaat Daun Bidara dan Cara Menggunakannya

Ilustrasi jerawat/copyright shutterstock
Ilustrasi jerawat/copyright shutterstock

Mengatasi Jerawat

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya yang baik juga bagus untuk kecantikan, termasuk dalam mengatasi jerawat. Daun bidara membantu membersihkan dan menjaga kulit tetap sehat.

Kandungan antibakteri dalam daun bidara dipercaya dapat membantu mengatasi jerawat. Caranya cukup mudah, Pertama, siapkan 5 lembar daun bidara, lalu tumbuk halus. Selanjutnya, beri sedikit air atau perasan lemon hingga kental dan oleskan pada bagian yang berjerawat atau gunakan sebagai masker.

Diamkan selama sekitar 20 menit atau hingga mengering. Setelah itu bilas wajah hingga bersih. Lakukan sebanyak 3 sampai 4 kali dalam seminggu, selama 2 bulan. Kamu juga bisa menggunakan bubuk ekstrak daun bidara yang dijual di toko herbal atau apotek.

Merawat Rambut

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya yang baik juga dapat dijadikan perawatan untuk rambut. Cara menggunakan daun bidara untuk perawatan rambut adalah dengan menjadikan air rebusan daun bidara sebagai hair tonic. Selain itu, daun bidara dapat membuat rambut lebih kuat dan mencegah rambut dari kerusakan dan kerontokan.

Manfaat Daun Bidara dan Cara Menggunakannya

Sariawan (iStockphoto)
Sariawan (iStockphoto)

Mengatasi Sariawan

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya dengan tepat juga dapat mengatasi sariawan dan beberapa masalah pada mulut lainnya. Bahkan, daun bidara juga dapat menjaga bibirmu tetap terhindar dari pecah-pecah.

Hal ini berkaitan dengan kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya. Antioksidan dalam daun bidara tersebut dapat menghalau bakteri yang menetap di dalam mulut.

Mencegah Penuaan Dini

pada KulitMasih berkaitan dengan kecantikan, selain dapat mengatasi jerawat manfaat daun bidara dan cara menggunakannya yang baik juga bisa mencegah penuaan dini. Menggunakan masker daun bidara dapat mencegah keriput dan lingkaran hitam di bawah mata yang merupakan gejala penuaan dini.

Kamu bisa menggunakan daun bidara serbuk yang dicampur madu atau perasan lemon yang dijadikan pasta, lalu balurkan pada wajah dan diamkan hingga mengering. Kemudian bilas menggunakan air hangat sampai bersih. Gunakan dua kali seminggu supaya wajah berseri dan mengurangi keriput.

Manfaat Daun Bidara dan Cara Menggunakannya

Sulit Tidur / Sumber: iStock
Sulit Tidur / Sumber: iStock

Menurunkan Kolesterol

Kolesterol jahat atau LDL dalam darah bisa turun jika kamu mengonsumsi serat yang larut dalam air. Serat tersebut bisa didapatkan dari air rebusan daun bidara.

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya ini bisa mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan dan membuangnya keluarnya melalui feses.

Mengatasi Insomnia

Manfaat daun bidara bagi kesehatan berikutnya membantu kamu mengatasi gangguan sulit tidur. Kandungan saponin pada daun bidara berkhasiat memberikan efek menenangkan. Manfaat daun bdiara dan cara menggunakannya ini bisa dengan mengonsumsi teh daun bidara sebagai obat tidur alami dan meningkatkan kualitas tidur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liverpool Disingkirkan Atletico Madrid: Fakta-Fakta Positif Tim Tamu

Posted: 11 Mar 2020 09:08 PM PDT

Liverpool - Atletico Madrid memberikan sinyal ancaman terhadap tim lain di Liga Champions. Bertandang ke markas Liverpool, Kamis (12/3/2020) dini hari WIB, pasukan Diego Simeone membungkam publik Stadion Anfield setelah menang 3-2.

Hasil Leg 2 babak 16 Besar Liga Champions 2019-2020 tersebut membuat Atletico Madrid menyingkirkan sang juara bertahan dengan agregat 4-2. Keberhasilan tersebut membuat Los Rojiblancos mencatat beberapa fakta menarik.

Pada pertandingan tadi malam, dua gol Liverpool lahir via Georginio Wijnaldum (43') dan Roberto Firmino (94'). Sementara itu, tim tamu memerlihatkan spirit luar biasa ketika tiga gol bersarang di jala gawag Liverpool via sepakan Marcos Llorente (97', 106') dan Álvaro Morata (121').

Usai kemenangan dramatis atas Liverpool, sekaligus mendapat satu tempat di babak perempat final. Atletico Madrid memiliki beberapa catatan penting. Satu di antaranya adalah keberhasilan mereka lolos ke babak berikutnya setelah unggul dulu pada leg 1.

Catatan statistik menunjukkan, Atletico Madrid merasakan lima kali lolos dari enam fase knock-out terakhir setelah unggul pada pertemuan pertama. Satu-satunya kegagalan terjadi pada Babak 16 Besar Liga Champions musim lalu. Kala itu, mereka menang 2-0 di markas sendiri, lalu kalah 0-3 di kandang Juventus.

 

Catatan Lain

Penyerang Atletico Madrid, Marcos Llorente, melakukan selebrasi usai membobol gawang Liverpool pada laga Liga Champions di Stadion Anfield, Rabu (11/3/2020). Liverpool takluk 2-3 dari Atletico Madrid. (AP/Jon Super)
Penyerang Atletico Madrid, Marcos Llorente, melakukan selebrasi usai membobol gawang Liverpool pada laga Liga Champions di Stadion Anfield, Rabu (11/3/2020). Liverpool takluk 2-3 dari Atletico Madrid. (AP/Jon Super)

Raihan maksimal di Liverpool juga menjadi momen istimewa bagi Marcos Llorente. Eks pemain Real Madrid tersebut menjadi pemain kedua Atletico Madrid yang mencetak dua gol ketika berstatus cadangan, di pentas Liga Champions.

Ia menyamai performa bagus Sergio Aguero pada November 2009. Saat itu, Aguero merobek jala Chelsea. Llorente menganggap, performa bagus dirinya dan tim adalah sebuah hasil dari kerja keras.

"Kami bermain baik, terutama ketika melakukan pertahanan dan lalu merangkai serangan balik yang langsung ke jantung lawan. Semua ini bisa terjadi, dan kami melakukan itu ke gawang Liverpool," ucap Llorente.

Sumber: UEFA

Disadur dari Bola.com (Penulis / Editor Nurfahmi Budiarto, Published 12/3/2020)

Saksikan video Liverpool vs Atletico Madrid berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bondi Beach, Destinasi yang Dikunjungi Tom Hanks Sebelum Positif Corona

Posted: 11 Mar 2020 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aktor Tom Hanks mengumumkan bahwa ia positif terjangkit virus corona. Kabar mengejutkan itu disampaikan Tom melalui akun Twitter pribadinya @tomhanks pada Kamis (12/3/2020).

Pemain film Cast Away tersebut diketahui tengah berada di Australia bersama sang istri, Rita Wilson. Di sana, Tom sedang menjalani proses syuting film biografi Elvis Presley.

"Halo teman-teman. Rita dan saya berada di Australia. Kami merasa sedikit lelah, seperti kami berdua pilek dan badan kami sakit," tulis Tom Hanks.

Pria berusia 63 tahun itu juga menyampaikan sang istri merasa mengigil, walau rasanya datang dan pergi, serta demam ringan. "Kami menjalani tes corona dan dinyatakan positif," lanjutnya.

"Lalu sekarang, apa yang akan dilakukan selanjutnya? Petugas medis memiliki protokol yang harus diikuti. Kami keluarga Hanks akan dites, diobservasi, dan diisolasi selama yang dibutuhkan untuk alasan keamanan dan kesehatan publik," kata Tom.

Unggahan Tom Hanks di Bondi Beach, New South Wales, Australia. (dok. Instagram @tomhanks/https://www.instagram.com/p/B9b0007h0JW/Putu Elmira)
Unggahan Tom Hanks di Bondi Beach, New South Wales, Australia. (dok. Instagram @tomhanks/https://www.instagram.com/p/B9b0007h0JW/Putu Elmira)

Sebelum dinyatakan positif corona, Tom Hanks sempat berkunjung ke salah satu destinasi populer di Negeri Kangguru, yakni Bondi Beach, pesisir Sydney, New South Wales, Australia.

Tom sempat mengunggah sebuah potret melalui Instagram pribadinya @tomhanks, di mana ada kaus kaki di dalam potret yang diunggah pada 7 Maret 2020 itu.

"Kaus kaki anak-anak, dicuci ke darat. Tersesat ke darat. Bondi Beach. New South Wales. Hanx." jelas Tom Hanks.

Bondi Beach

Bondi Beach, New South Wales, Australia. (FAROOQ KHAN / AFP)
Bondi Beach, New South Wales, Australia. (FAROOQ KHAN / AFP)

Dilansir dari id.sydney.com, Kamis (11/3/2020), Bondi Beach adalah pantai berjarak sekitar 8 kilometer dari pusat kota Sydney. Atraksi utamanya adalah menikmati suasana di sana dengan bermandikan sinar matahari sembari berjalan sepanjang kawasan pejalan kaki utama sampai ke tanjung utara Bondi.

Di sana, pelancong dapat melihat paus selama musim migrasi paus tahunan antara Mei dan November. Pasar Bondi pada hari Minggu sangat populer dengan beragam bunga hingga makanan.

Selain itu, pengunjung juga dapat bersantai di tepi pantai dengan menikmati santapan hingga gelato, bahkan nongkrong di kafe outdoor di seberang pantai.

Terdapat pula beragam aktivitas sepanjang tahun, seperti berenang hingga ke ocean baths yang populer setelah matahari terbit. Tempat ini pun jadi surga bagi para peselancar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Karena Ada Corona, Saya Minum Jamu 3 Kali Sehari

Posted: 11 Mar 2020 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengandalkan jamu untuk menjaga imunitas tubuh agar tak terpapar virus corona (Covid-19). Sejak adanya corona, Jokowi mengaku lebih sering minum jamu hingga tiga kali dalam sehari.

"Saya biasanya tiap hari minum itu, temulawak, jahe, sereh, kunyit saya campur, saya minum hanya pagi. Sekarang karena ada corona saya minumnya pagi, siang, malam," kata Jokowi dalam acara pembukaan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) di Istana Negara Jakarta, Kamis (12/3/2020).

"Itu yang menyebabkan mungkin (harganya naik itu), karena diminum tidak hanya sekali, tapi 3 kali," sambung Jokowi.

Virus corona masuk ke Indonesia pada 2 Maret 2020, di mana pemerintah mengumumkan dua kasus pertama. Bahkan, kata Jokowi, para tamu yang datang untuk bertemunya pun kini diberikan minuman jamu andalannya.

"Sekarang tamu-tamu saya kalau pagi, siang, dan malam saya beri minuman itu. Bukan teh, tapi temulawak, jahe, sereh, kunyit, campur jadi satu," jelas Jokowi.

Sementara itu, total ada 34 kasus virus corona di Indonesia. Di mana, 20 kasus di antaranya adalah imported case atau pasiennya terinfeksi virus Corona di luar negeri.

Sementara itu, satu pasien Corona di Indonesia dinyatakan meninggal dunia. Dia adalah seorang WNA berusia 53 tahun.

Pemerintah menyatakan, pasien yang teridentifikasi sebagai kasus 25 memiliki beberapa penyakit bawaan sebelum positif corona. Mulai dari, diabetes, hipertensi, hingga paru obstruksi yang sudah menahun.

Eijkman Indonesia Sudah Komitmen Fokus Cari Vaksin Corona

Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona, Achmad Yurianto memberikan keterangan di Kantor Staf Presiden, Komplek Istana Negara, Jakarta, Kamis (5/3/2020). Keterangan terkait isu virus corona serta mengantisipasi informasi hoaks tentang virus tersebut. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona, Achmad Yurianto memberikan keterangan di Kantor Staf Presiden, Komplek Istana Negara, Jakarta, Kamis (5/3/2020). Keterangan terkait isu virus corona serta mengantisipasi informasi hoaks tentang virus tersebut. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pemerintah mengaku turut bekerja sama dengan lembaga lain untuk menangani virus Corona (Covid-19) di Indonesia. Salah satunya, dengan menggandeng Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Institute yang saat ini tengah fokus mencari vaksin virus Corona.

"Mereka (Eijkman) sudah komit fokus dalam membangun kemungkinan bisa didapatkannya vaksin," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto di Kantor Presiden, Rabu, 11 Maret 2020.

Pemerintah, kata dia, mendukung segala upaya yang dilakukan lembaga Eijkman menemukan vaksin. Dengan begitu, Eijkman bersama Lembaga Penyakit Tropis dari Universitas Airlangga (Unair) bisa lebih berkonsentrasi mencari vaksin yang dapat menekan penyebaran Corona.

"Eijkman sudah fokus ke sana (menemukan vaksin) dan kita support itu. Sehingga bisa full berkonsentrasi bersama (lembaga) penyakit tropis dari Unair jadi mengarah membangun mencari vaksin," jelas Yurianto.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Update Virus Corona Hari Ini: 126.136 Orang di Dunia Terinfeksi, 68.219 Pasien Sembuh

Posted: 11 Mar 2020 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wabah Virus Corona COVID-19 belum juga usai. Kini bahkan WHO atau organisasi kesehatan dunia telah mengumumkan Virus Corona telah menjadi pandemi.

Persebarannya kian meluas. Menurut data dari Coronavirus COVID-19 Global Cases by the Center for Systems Science and Engineering (CSSE) at Johns Hopkins University, Kamis  (12/3/2020), saat ini kasusnya sudah menembus 126.136.

Berdasarkan data yang dikutip dari gisanddata.maps.arcgis.com, saat ini sudah ada 114 negara dan wilayah yang terjangkit Virus Corona. Termasuk China dan pasien dari Kapal Pesiar Diamond Princess.

Mengutip data tersebut, China berada di puncak kasus infeksi Virus Corona yang kini menembus 80.932. Sementara Italia dengan 12.462 kasus.

Iran di posisi empat dengan 9.000 kasus, sementara Republic of Korea (Korea Selatan) 7.755 dan Prancis 2.284.

Pasien Sembuh dari 90 Wilayah dan Negara

Ilustrasi Virus Corona 2019-nCoV (Public Domain/Centers for Disease Control and Prevention's Public Health Image)
Image)

Sementara itu, pasien sembuh dari 91 wilayah dan negara mencapai 68.219.

Berikut ini rincian persebaran pasien Virus Corona yang sembuh di 91 wilayah dan negara.

  1. 50.298 pulih, Hubei China
  2. 2.959 pulih, Iran
  3. 1.289 pulih, Guangdong China
  4. 1.249 pulih, Henan China
  5. 1.197 pulih, Zhejiang China
  6. 1.045 pulih, Italia
  7. 998 pulih, Hunan China
  8. 984 pulih, Anhui China
  9. 934 pulih, Jiangxi China
  10. 733 pulih, Shandong China
  11. 628 pulih, Jiangsu China
  12. 554 pulih, Chongqing China
  13. 495 pulih, Sichuan China
  14. 440 pulih, Heilongjiang China
  15. 334 pulih, Beijing China
  16. 325 pulih, Kapal Pesiar Berlian Putri
  17. 320 pulih, Shanghai China
  18. 307 pulih, Hebei China
  19. 295 pulih, Fujian China
  20. 288 pulih, Korea Selatan
  21. 241 pulih, Guangxi China
  22. 232 pulih, Shaanxi China
  23. 183 pulih, Spanyol
  24. 170 pulih, Yunnan China
  25. 160 pulih, Hainan China
  26. 137 pulih, Guizhou China
  27. 132 pulih, Tianjin China
  28. 131 pulih, Shanxi China
  29. 118 pulih, Jepang
  30. 111 pulih, Liaoning China
  31. 96 pulih, Singapura
  32. 91 pulih, Jilin China
  33. 88 pulih, Gansu China
  34. 73 pulih, Xinjiang China
  35. 72 pulih, Ningxia China
  36. 71 pulih, Mongolia Dalam China
  37. 67 pulih, Hong Kong China
  38. 35 pulih, Bahrain
  39. 34 pulih, Thailand
  40. 27 pulih, Mesir
  41. 26 pulih, Malaysia
  42. 25 pulih, Jerman
  43. 18 pulih, Qinghai China
  44. 18 pulih, Inggris Raya
  45. 17 pulih, dari Taiwan *
  46. 17 pulih, Uni Emirat Arab
  47. 16 pulih, Vietnam
  48. 15 pulih, Irak
  49. 12 pulih, Prancis
  50. 10 pulih, China Makau
  51. 9 pulih, Oman
  52. 8 pulih, Queensland Australia
  53. 7 pulih, Victoria Australia
  54. 6 pulih, Rumania
  55. 4 pulih, New South Wales Australia
  56. 4 pulih, Austria
  57. 4 pulih, British Columbia Kanada
  58. 4 pulih, Ontario Kanada
  59. 4 pulih, India
  60. 4 pulih, Israel
  61. 4 pulih, Meksiko
  62. 4 pulih, Swiss
  63. 3 pulih, Azerbaijan
  64. 3 pulih, Belarus
  65. 3 pulih, Rusia
  66. 2 pulih, Australia Selatan, Australia
  67. 2 pulih, Indonesia
  68. 2 pulih, Kuwait
  69. 2 pulih, Pakistan
  70. 2 pulih, Filipina
  71. 2 pulih, California AS
  72. 2 pulih, Illinois AS
  73. 1 pulih, Belgia
  74. 1 pulih, Kamboja
  75. 1 pulih, Tibet China
  76. 1 pulih, Denmark
  77. 1 pulih, Finlandia
  78. 1 pulih, Islandia
  79. 1 pulih, Latvia
  80. 1 pulih, Lebanon
  81. 1 pulih, Nepal
  82. 1 pulih, Norwegia
  83. 1 pulih, Arab Saudi
  84. 1 pulih, Senegal
  85. 1 pulih, Sri Lanka
  86. 1 pulih, Swedia
  87. 1 pulih, Gibraltar Britania Raya
  88. 1 pulih, Arizona AS
  89. 1 pulih,Massachusetts AS
  90. 1 pulih, Washington AS
  91. 1 pulih, Wisconsin AS

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Weight in Motion, Sistem yang Bantu Wujudkan Indonesia Bebas ODOL

Posted: 11 Mar 2020 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kepala Subdirektorat Penimbangan Kendaraan Bermotor Mulyahadi menyampaikan, agar Indonesia bebas dari kendaraan Over Dimension dan Over Loading (ODOL), Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) atau Jembatan Timbang (JT) menggunakan sistem Weigh in Motion (WIM). Adalah pengukuran beban kendaraan yang dapat dilakukan, ketika kendaraan dalam kondisi bergerak karena sebelumnya dilakukan dalam kondisi berhenti atau statis.

Demikian dikatakan Mulyahadi pada Bimbingan Teknis Kompetensi Penyelenggaraan UPPKB tahun 2020 di hotel The Rinra, Makassar, pada Rabu (11/3).

"UPPKB tidak hanya menerapkan WIM saja, tapi juga akan menggunakan CCTV dan sensor dimensi yang diletakkan di jalan. Selain itu, saat ini sudah diberlakukan BLUE (Bukti Lulus Uji Elektronik) dan juga E-Tilang untuk menghindari pungutan liar," ujar Mulyahadi.

Ia menyatakan bahwa pengembangan sistem teknologi UPPKB di tahun 2020 yaitu terpasangnya 80 sistem Jembatan Timbang Online (JTO) dan 34 Sensor Dimensi (Vehicle Dimension Sensor) di seluruh UPPKB yang beroperasi di tahun 2020.

Bersamaan dengan hal tersebut, Mulyahadi menyatakan dengan tercapainya Zero ODOL, ke depannya UPPKB akan dijadikan tempat penindakan, data center, rest area, dan terminal barang yang dilengkapi dengan alat timbang sehingga dapat lebih berfokus pada pendataan logistik angkutan barang.

Meski demikian, mewujudkan Indonesia yang terbebas dari ODOL tentu tidaklah mudah. Oleh karena itu, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Penyelenggaraan UPPKB yang diharapkan mampu menjawab tantangan dan permasalahan dalam penyelenggaraan UPPKB.

"Mengingat masih banyak permasalahan dalam penyelenggaraan UPPKB, seperti kondisi prasarana yang terbatas, kurangnya kuantitas dan kemampuan SDM dalam pengoperasian UPPKB, kurangnya pemanfaatan teknologi dalam pengoperasian UPPKB dan kurang optimalnya pemanfaatan aset yang ada," ujar Mulyahadi.

Acara ini turut dihadiri oleh 80 peserta. Di antaranya adalah perwakilan dari Dinas Provinsi Sulawesi Selatan, Korsatpel, serta UPPKB seluruh Indonesia. Ia pun berharap, agar penyelenggaraan UPPKB menjadi jauh lebih baik dan bebas dari stigma negatif yang melekat pada tahun-tahun sebelumnya," jelas Mulyahadi.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Nama-Nama Jalan Super Nyeleneh, Bikin Mikir Pas Lihatnya

Posted: 11 Mar 2020 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setiap daerah tentu memiliki nama jalan, termasuk di rumahmu. Umumnya nama-nama jalan menggunakan nama pahlawan, bunga, hingga nama daerah itu sendiri.

Namun, pernahkah kamu menemukan nama jalan yang tak biasa? Ya, mungkin tak banyak yang tahu tapi nyatanya ada lo nama-nama jalan yang unik dan bikin orang tak habis pikir membacanya.

Artikel tentang deretan nama jalan yang nyeleneh menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang makanan ssehat yang bikin sakit jika dikonsumsi berlebihan.

Sementara artikel terpopuler ketiga tentang zodiak yang terkenal pembohong.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Deretan Nama Jalan Super Nyeleneh, Bikin Mikir 2 Kali Kalau Mau Lewat

foto: 1Cak
foto: 1Cak

Entah terinspirasi dari mana, tapi nama-nama jalan tersebut benar-benar nyeleneh. Seperti deretan nama-nama jalan berikut.

Alih-alih melewatinya begitu saja, kamu dijamin akan tergelitik ketika melihat nama-nama jalan tersebut. 

Selengkapnya...

2. 8 Makanan Sehat Ini Justru Berbahaya Jika Dikonsumsi Berlebihan

Ilustrasi alpukat (pixabay.com)
Ilustrasi alpukat (pixabay.com)

Penting untuk tetap mengedepankan diet seimbang agar nutrisi dan manfaat kesehatan yang diharapkan terpenuhi. Seperti beberapa makanan dan minuman sehat ini yang jika dikonsumsi berlebihan malah membuat Anda sakit.

Selengkapnya...

3. Sering Buat Janji Palsu, 5 Zodiak Ini Dikenal Pembohong

ilustrasi zodiak perempuan/Photo by Taufik Akmal Fadhilah from Pexels
ilustrasi zodiak perempuan/Photo by Taufik Akmal Fadhilah from Pexels

Ada beberapa zodiak yang diklaim gemar berbohong. Penasaran zodiak apa saja?

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ulang Tahun ke-2, Tencent Hadirkan Konten Menarik di PUBG Mobile

Posted: 11 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tencent, selaku pengembang PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) Mobile menyiapkan sebuah kejutan khusus dalam rangka merayakan dua tahun peluncuran gim bergenre battle royale tersebut.

Bersamaan dengan hari jadi itu dan dimulainya royale pass season ke-12, pengembang PUBG Mobile merilis pembaruan besar-besaran di versi 0.17.0 "2Gether We Play" pada 12 Maret 2020, sebagaimana dikutip dari keterangan resminya, Kamis (12/3/2020).

Lewat update ini, Tencent ingin memanjakan penggemar dan komunitas PUBG Mobile untuk mendapatkan fitur-fitur terbaru seperti senjata, mode color blind, dan death replay function.

Tak hanya itu, PUBG Mobile juga akan kembali kedatangan hardcore mode di modus klasik. Adapun mode ini banyak dinanti gamer yang menginginkan bermain gim lebih kompetitif. 

"Dalam mode yang paling banyak diminta gamer ini, fitur-fitur seperti suara langkah kaki, revive, reload senjata serta semua mode auto seperti looting dan membuka pintu, telah dihilangkan," jelas pengembang.  

 

Fitur Baru dan Mode Baru di PUBG Mobile

Selain itu, PUBG Mobile juga telah menyeimbangkan beberapa senjata di dalam gim dan menambahkan berbagai fitur-fitur terbaru lainnya dalam mode klasik.

PUBG Mobile juga menghadirkan mode playground di peta Erangel. Disini, player akan merasakan pengalaman bertempur sekaligus bermain wahana yang disediakan dalam waktu terbatas.

Demi menambah kemeriahan hari jadinya tersebut, PUBG Mobile juga memberikan berbagai hadiah eksklusif bagi para player yang mengikuti event-event yang diselenggarakan.

(Ysl/Why)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ribuan XL7 Dipesan Konsumen, Suzuki Sumringah

Posted: 11 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) secara resmi meluncurkan Suzuki XL7, 15 Februari 2020 lalu. Telah membukukan pemesanan, mobil pabrikan Jepang ini berhasil mencatatkan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) hingga 2.001 unit.

Angka tersebut berhasil melampaui target yang ditetapkan, yakni 2.000 unit per bulan.

"Suzuki XL7 mendapat respons positif dari pelanggan di seluruh Indonesia. Di bulan Februari, kami berhasil membukukan pemesanan sebanyak 1.395 unit. Untuk bulan Maret sampai tanggal 9 mencapai 606 unit," kata Dony Saputra, 4W Marketing Director PT SIS.

Selain Jakarta, permintaan Suzuki XL7 paling besar berada di kota Surabaya, Bali, Yogyakarta, Cirebon, dan Semarang. Untuk varian, Alpha menjadi paling diminati karena berhasil membukukan angka 1.052 unit atau sekitar 53 persen.

Berbagai promo menarik terkait pembelian Suzuki XL7 ditawarkan dealer resmi untuk menarik minat konsumen, seperti hadiah iPhone 11, gratis layanan perawatan berkala dan suku cadang hingga 50.000 km.

"Kami berterima kasih atas antusiasme dan kepercayaan masyarakat yang telah memilih SUVterbaru kami, Suzuki XL7. Tentunya, kami berharap angka penjualan Suzuki XL7 terus meningkat hingga mencapai target kami yaitu 20 persen market share sepanjang tahun 2020," ujar Dony.

Harga Suzuki XL7

Sekadar informasi, Suzuki XL7 hadir dalam tiga varian, yakni Zeta, Beta dan Alpha. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp230 juta hingga 267 juta on the road Jakarta.

Untuk pilihan warna, tipe Zeta dan Beta, meliputi Prime Cool Black, Pearl Snow White, Pearl Burgundy Red, dan Metallic Magma Grey.

Sedangkan tipe Alpha di antaranya Rising Orange + Black, Brave Khaki + Black, Prime Cool Black, dan Prime Snow White.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadapi COVID-19, Mantan Menkes Nila Moeloek Berikan Saran Ini untuk Pemerintah RI

Posted: 11 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan Republik Indonesia tahun 2014-2019 Nila F. Moeloek memberikan beberapa saran bagi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam menghadapi ancaman infeksi virus corona atau COVID-19.

Dalam diskusi di kampus Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta pada Rabu kemarin, Nila mengatakan yang pertama harus diperkuat adalah dari sisi kesiapan rumah sakit, misalnya terkait dengan ruang isolasi di daerah-daerah terpencil.

Selain itu, tenaga kesehatan seperti perawat hingga mereka yang rentan berhadapan dengan orang sakit juga harus mendapatkan pelatihan terkait COVID-19.

"Mengenai pengambilan swab-nya misalnya. Harusnya kita juga memberikan suatu pelatihan yang tepat," kata Nila.

"Perawat saya kira kita juga memerlukan tenaga dia. Menarik tadi menurut saya, misalnya satpam yang di depan, itu dia berisiko tinggi lho. Kan satpam yang memeriksa semua. Kalau tiba-tiba diperiksa saya batuk di depan dia, kasihan kan," ujarnya.

Pimpinan Daerah Punya Tanggung Jawab

Petugas medis melihat keluar dari ruang isolasi untuk tempat pasien yang menunjukkan gejala wabah virus corona di sebuah rumah sakit umum di Mataram, Nusa Tenggara Barat (28/1/2020). (AFP/Moh El Sasaky)
Petugas medis melihat keluar dari ruang isolasi untuk tempat pasien yang menunjukkan gejala wabah virus corona di sebuah rumah sakit umum di Mataram, Nusa Tenggara Barat (28/1/2020). (AFP/Moh El Sasaky)

Rekomendasi lain yang diberikan dari Nila adalah bagaimana pemerintah daerah juga memiliki peran dalam penanganan virus corona. Hal ini karena Indonesia adalah negara yang besar sehingga dia menilai, tidak semuanya harus tergantung dari pemerintah pusat.

"Jadi misalnya dibuat per daerah misalnya Sumatera ini, regionalnya siapa yang mengawasi di situ baik tenaganya, ruangannya, dan sebagainya. Mungkin dibagi seperti itu bisa lebih efektif," katanya. Nila menambahkan di sini, pimpinan daerah memiliki tanggung jawab.

"Jadi bukan semuanya dari pusat. Kalau ini tidak akan kuat kita kalau dari pusat semua," tambahnya. Walau begitupun, Nila menegaskan bahwa mereka juga harus mengikuti aturan serta permintaan dari pemerintah pusat.

Nila menambahkan, masalah kesehatan seperti ini sesungguhnya bukan hanya tanggung jawab Kementerian Kesehatan saja, tetapi membutuhkan kerja sama lintas sektor untuk menghadapinya. 

"Artinya memang dalam hal ini, kita harus betul-betul, yuk saling menjaga."

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Curahan Hati Seorang Penyandang Achondroplasia

Posted: 11 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Danielle Reid lahir dengan achondroplasia yang membuat postur tubuhnya pendek. Di usia 22, tingginya hanya 119cm.

Achondroplasia adalah suatu bentuk kelainan kerdil di mana tulang rawan tidak berkembang secara sempurna. Hal ini menghambat pertumbuhan, membuat tubuhnya tumbuh normal namun kaki dan tangannya cenderung lebih pendek.

Dia mengatakan, saat keluar rumah orang menganggapnya anak kecil. Ia juga berjuang dengan hal-hal seperti pintu otomatis, karena sensor terlalu tinggi. Tetapi salah satu hal yang paling menyebalkan baginya adalah perlakuan orang-orang.

Banyak orang yang menatap bahkan mencoba memvideokan dirinya. Bahkan orang mabuk di bar sempat mencoba mengangkat tubuhnya.

"Orang-orang di masyarakat memperlakukan saya secara berbeda. Mereka menunjuk saya dan tertawa kemudian mengambil foto. Saya sempat bertemu orang yang mencoba mengangkat tubuh saya," katanya pada Metro.

Sulit Keluar Sendiri

Perempuan asal Glasgow, Skotlandia ini mengatakan, cara orang lain bereaksi membuatnya sulit keluar sendirian. Ia hidup dengan kondisi ini sepanjang usia dan telah terbiasa dengan keterbatasan yang ada. Tetapi cara orang lain memperlakukannya menjadi kesulitan tersendiri.

"Saya sempat bertemu orang yang tiba-tiba memegang leher saya, ini benar-benar aneh. Saya tidak mengerti apa  yang mereka pikirkan. Saat keluar sendirian, biasanya beberapa pemuda mabuk mendekati dan mengganggu."

Pergi keluar rumah bersama teman adalah hal terbaik. Setidaknya ia memiliki perlindungan. Jika ada orang yang mengganggu maka teman-temannya akan menghadang dan mengusir orang tersebut. "Jika saya sendiri yang mengusirnya, mereka tidak akan mendengarkan."

"Orang-orang perlu menyadari bagaimana perasaan orang lain. Semua orang ingin menyesuaikan diri dan itu sulit tetapi lebih buruk ketika orang menertawakan Anda untuk sesuatu yang tidak dapat Anda ubah," pungkasnya.

Simak Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: