Kamis, 12 Maret 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Melemah Lebih dari 2 Persen, Rupiah Sentuh 14.820 per Dolar AS

Posted: 12 Mar 2020 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) turun sangat dalam pada perdagangan Jumat ini. Rupiah melemah lebih dari 2 persen.

Mengutip Bloomberg, Jumat (13/3/2020), rupiah dibuka di angka 14.595 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.820 per dolar AS. Menjelang siang rupiah terus tertekan hingga menyentuh 14.820 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.595 per dolar AS hingga 14.820 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 6,88 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.815 per dolar AS, melemah jika dibandingkan patokan sebelumnya yang ada di angka 14.490 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antar bank di Jakarta pada Jumat terkoreksi hingga lebih dari dua persen.

"Dalam perdagangan hari ini rupiah masih akan melemah," kata Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi dikutip dari Antara.

Euro jatuh pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB), karena investor tidak terkesan oleh langkah-langkah stimulus Bank Sentral Eropa (ECB) untuk melawan dampak ekonomi dari wabah COVID-19.

Investor justru berbondong-bondong ke safe-haven dolar setelah The Federal Reserve mengatakan akan menyuntikkan likuiditas ke dalam sistem perbankan yang menunjukkan tanda-tanda tertekan.

ECB menyetujui langkah-langkah stimulus baru pada Kamis (12/3) untuk membantu ekonomi Zona Euro mengatasi meningkatnya biaya pandemi COVID-19, tetapi mempertahankan suku bunganya tidak berubah.

Beberapa jam kemudian, Federal Reserve Bank of New York mengatakan akan memperkenalkan 1,5 triliun dolar AS dalam operasi repo baru minggu ini dan mulai membeli berbagai surat utang jatuh tempo sebagai bagian dari pembelian surat utang pemerintah bulanan dalam gerakan membendung kepanikan yang disebabkan oleh krisis pasar.

 

Vonis WHO

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus berbicara dalam sebuah konferensi pers di Jenewa, 11 Maret 2020. WHO menyatakan wabah COVID-19 dapat dikategorikan sebagai
Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus berbicara dalam sebuah konferensi pers di Jenewa, 11 Maret 2020. WHO menyatakan wabah COVID-19 dapat dikategorikan sebagai

Menurut Ibrahim, kekhawatiran investor terwujud setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan COVID-19 sebagai pandemi global.

Dalam dua minggu terakhir, jumlah kasus di luar China telah meningkat tiga belas kali lipat dan jumlah negara yang terkena dampak telah meningkat tiga kali lipat.

Virus Corona telah menginfeksi 118.000 orang di 114 negara dan telah menelan 4.291 korban jiwa, dengan perkiraan jumlah tersebut akan terus meningkat.

Fed menawarkan 500 miliar dolar AS dalam operasi repo tiga bulan pada Kamis (12/3) dan akan menawarkan 500 miliar dolar AS tambahan dalam repo satu bulan serta 500 miliar dolar AS dalam pinjaman repo tiga bulan pada Jumat.

Namun, langkah tersebut hampir tidak menstabilkan mata uang dan pasar saham, karena semakin meningkatkan permintaan untuk dolar AS.

Dolar sebelumnya kesulitan, setelah Presiden AS Donald Trump melarang perjalanan dari Eropa untuk membendung virus corona.

Dengan larangan terbaru yang menimbulkan gangguan baru pada ekonomi global, para pedagang juga kecewa dengan kurangnya langkah-langkah luas dalam rencana Trump untuk melawan patogen, mendorong para pedagang bertaruh pada pelonggaran agresif lebih lanjut oleh Federal Reserve.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Imam Besar Masjid Istiqlal: Virus Corona Bukan Azab Tapi Musibah

Posted: 12 Mar 2020 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Imam Besar Masjid Istiqlal Nasarudin Umar menjelaskan virus corona (Covid-19) bukanlah azab melainkan musibah. Sebab menurut dia azab tidak ada lagi setelah doa Rasulullah dikabulkan.

"Dalam Al-quran ada musibah, ada bala, ada azab. Azab sudah tidak ada lagi, yang ada hanya musibah," kata Nasarudin di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (13/3/2020).

Dia menjelaskan azab hanya menimpa orang-orang kafir dan tidak menimpa orang beriman.

"Tapi kalau musibah, dua-duanya kena, siapa yang lengah, kena," kata Nasarudin.

Sebab itu, dia meminta jangan sampai anggap virus corona adalah azab.

"Doa Rasulullah inilah yang kita bersyukur kepada Nabi, tidak akan ditimpakan azab lagi kepada umat. Ini ada hadistnya," ungkap Nasarudin.

Masjid Gulung Karpet

Menteri Agama Fachrul Razi menjelaskan penyeprotan desinfektan disetiap rumah ibadah, salah satunya masjid agar terhindar dari virus corona. Dia juga berharap dengan adanya kegiatan tersebut bisa membuat bibit penyakit hilang.

"Kami ke depan sekarang sedang akan melakukan imbauan untuk semua masjid melakukan hal yang sama. Satu menggulung semua karpet-karpet," kata Fachrul usai menemani Presiden Jokowi di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (13/3/2020).

Dia menjelaskan menggulung karpet adalah salah satu mencegah adanya virus corona. Sebab itu masjid diharuskan menjaga kebersihan. Selain itu, di setiap tempat wudhu juga harus menyediakan sabun dan antiseptik.

"Pengambilan air wudhu, betul-betul yakinkan air itu mengalir dengan baik kemudian di tiap-tiap tempat wudhu kami siapkan sabun dan antiseptik. Mudah-mudahan dengan itu akan menjadi lebih baik penularan penyakit menjadi lebih sedikit," ungkap Fachrul.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mobilnya Dibeli Raffi Ahmad, Anak Andre Taulany Menangis

Posted: 12 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Raffi Ahmad dan Andre Taulany telah sepakat transaksi sebuah mobil klasik Morris MKI tahun 1959. Rupanya hal tersebut terjadi secara tiba-tiba tanpa adanya niatan sebelumnya.

Raffi Ahmad mengatakan bahwa putranya, Rafathar, memang suka dengan mobil-mobil yang bertipe mini. Atas dasar itu lah maka ia menawar mobil milik Andre Taulany yang juga bertipe mini.

"Itu dadakan juga mau beli. Si Rafathar waktu di luar negeri lihat Mini Cooper suka. Ya udah gue tawar-tawar, jadi. Gue DP in langsung. Terus dia minta cash. Ya hari itu juga atau kemarin gitu bagian keuangan gue udah transfer," kata Raffi Ahmad, di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (11/3/2020).

 

Sedih

Andre Taulany (Foto: Instagram/@andreastaulany)
Andre Taulany (Foto: Instagram/@andreastaulany)

Setelah melakukan negosiasi akhirnya keduanya sepakat. Namun di balik kesepakatan itu, rupanya ada yang sangat bersedih, yaitu putra Andre Taulany.

 

Menangis

Andre Taulany (Foto: Instagram/@andreastaulany)
Andre Taulany (Foto: Instagram/@andreastaulany)

Bahkan putra Andre Taulany sampai menangis ketika mengetahui mobilnya sudah berpindah tangan ke Raffi Ahmad.

 

Tak Enak Hati

"Nggak (sulit negosiasinya), gue kan sama Andre deket. Ya nggak tahu, hoki juga sih gue. Karena kan mobilnya klasik, yang nangis anaknya, Kenzi. Gue jadi nggak enak juga," kata Raffi Ahmad lagi.

 

Rogoh Kocek

Raffi Ahmad mengaku harus merogoh kocek cukup dalam untuk bisa memboyong mobil klasik itu ke rumahnya. Namun hal tersebut tidak menjadi masalah baginya.

 

Rp 700 Juta

"Mahal, Rp 700 juta, itu udah dapat cuan Andre. Tapi gue nggak tahu dah harganya (belinya) berapaan. Tetap bayarnya cash," tutup Raffi Ahmad.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

E3 2020 Batal, Microsoft Rilis Xbox Series X Secara Online

Posted: 12 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft dipastikan akan menggelar event secara online untuk memperkenalkan produk terbarunya. Langkah ini diambil setelah ajang tahunan E3 2020 dipastikan batal akibat penyebaran virus corona.

Dikutip dari The Guardian, Jumat (13/3/2020), event itu digelar untuk memperkenalkan konsol Xbox Series X. Informasi ini diungkap langsung oleh Head of Xbox Phil Spencer lewat kicauannya di Twitter.

Adapun informasi lebih lanjut mengenai peluncuran konsol Xbox anyar ini akan diumumkan dalam beberapa minggu ke depan.

Lewat event ini, Microsoft  disebut akan memperkenalkan harga, jadwal rilis, dan judul gim yang akan hadir di Xbox Series X.

Tidak hanya Microsoft, dua perusahaan lain Nintendo dan Ubisoft juga sudah mengambil sikap atas pembatalan gelaran E3 2020.

Dalam keterangannya, Nintendo mengaku akan mencari cara lain untuk memberikan informasi terbaru soal produk dan aktivitasnya.

"Kami mempertimbangkan beragam cara untuk tetap dapat berhubungan dengan fans kami dan kami masih memiliki lebih banyak informasi yang dapat dibagi di tahun ini," tulis Nintendo.

Tidak hanya Microsoft dan Nintendo, pernyataan senada juga diungkapkan oleh Ubisoft yang menyebut akan membuat pengumuman digital untuk berbagi informasi terbaru.

E3 2020 Batal Digelar karena Virus Corona

Dari Sony hingga Nintendo, Ini Pengumuman Terbaik di E3 2017. (Doc: Gamespot)
Dari Sony hingga Nintendo, Ini Pengumuman Terbaik di E3 2017. (Doc: Gamespot)

Sebelumnya, Electronic Entertainment Expo (E3), ajang terbesar industri gim dunia yang diadakan setiap tahun tersebut resmi batal digelar.

Kabar ini diumumkan secara langsung oleh pihak penyelenggara E3, Entertainment Software Association (ESA), lewat pernyataan resminya.

Penyelenggara memutuskan untuk tidak melanjutkan gelaran acara E3 2020 karena khawatir dengan penyebaran Virus Corona (Covid-19) di California, Amerika Serikat (AS).

"Setelah berkonsultasi dengan berbagai pihak tentang kesehatan dan keselamatan semua orang yang akan hadir dan berpartisipasi, dengan berat hati kami putuskan untuk membatalkan acara E3 2020," tulis ESA sebagaimana dikutip The Verge, Kamis (12/3/2020).

Pada acara tahun ini, sejumlah pelaku industri gim terbesar, seperti Sony dan Microsoft diyakini akan meluncurkan konsol teranyar mereka masing-masing, yaitu PlayStation 5 dan Xbox Series X.

Rencananya, E3 2020 akan digelar pada 9 Juni hingga 11 Juni di Los Angeles, AS.

ESA juga menambahkan, pihaknya akan menghubungi peserta pameran dan pengunjung E3 2020 untuk proses refund uang tiket acara. Mereka juga menyatakan, E3 akan kembali pada 2021.

Banyak Acara Batal Digelar

Ilustrasi Facebook. (Foto: Fox News)
Ilustrasi Facebook. (Foto: Fox News)

Lebih lanjut, kabar pembatalan acara E3 2020 hadir setelah sejumlah acara gim dan teknologi serupa urung diadakan atau ditunda karena kekhawatiran penyebaran Virus Corona.

Adapun acara-acara yang batal atau tertunda penyelenggaraanya, termasuk Game Developers Conference, Facebook's F8, Nvidia GPU Technology Conference, Google I/O 2020, SXSW, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, sejumlah perusahaan seperti Twitter, Google, dan Facebook pun meminta kepada karyawannya untuk bekerja dari rumah mereka masing-masing.

(Dam/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Murah di Indonesia, Makanan Ini Justru Mahal di Luar Negeri

Posted: 12 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Indonesia memang terkenal dengan beragam jenis makananya. karena banyak dan dapat dijumpai, beberapa jenis makanan dijual dengan harga murah. Tetapi di luar negeri beberapa makanan ini dijual dengan harga selangit.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Perilisan Film Mulan Ditunda karena Corona

Posted: 12 Mar 2020 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sutradara film Corona Niki Caro mengkonfirmasi penundaan tanggal rilis film Mulan karena pandemi corona di dunia. Hinga kini belum diketahui hingga kapan penundaan dilakukan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Wanita Positif Virus Corona COVID-19 Sembuh dengan Merawat Diri di Rumah

Posted: 12 Mar 2020 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Seattle - Virus Corona COVID-19 bisa disembuhkan. Berdasarkan data Coronavirus COVID-19 Global Cases by the Center for Systems Science and Engineering (CSSE) at Johns Hopkins University (JHU), sebanyak 68.324 telah sembuh dari sakit akibat COVID-19.

Salah satunya adalah Elizabeth Schneider. Wanita 37 tahun itu telah pulih sepenuhnya dari Virus Corona jenis baru, menjadikannya sebagai harapan yang hidup dan bernafas bagi para pasien yang masih berjuang.

Schneider memiliki pengalaman yang relatif ringan melawan Virus Corona COVID-19. Ia hanya merawat diri sendiri dalam rumahnya di Seattle, Washington.

Pemilik gelar doktor di bidang bioengineering ini membagikan kisahnya "untuk memberi orang sedikit harapan." Kisahnya lebih umum daripada yang orang mungkin pikirkan: Otoritas kesehatan AS mengatakan 80% kasusnya ringan. Sisa kasus yang memerlukan rawat inap terutama mempengaruhi warga di atas usia 60 dan orang-orang dengan kondisi yang sudah ada sebelumnya seperti diabetes, penyakit jantung atau penyakit paru-paru.

Schneider mengungkapkan bagaimana dia pertama kali mulai mengalami gejala mirip flu pada 25 Februari. Gejala tersebut muncul tiga hari setelah dia menghadiri pesta yang kemudian diidentifikasi sebagai tempat di mana setidaknya lima orang lainnya terkena Virus Corona itu.

"Saya bangun dan merasa lelah, tetapi itu tidak lebih dari apa yang biasanya Anda rasakan ketika Anda harus bangun dan pergi bekerja, dan saya sangat sibuk akhir pekan sebelumnya," katanya kepada Agence France-Press (AFP), seperti dikutip Jumat (13/3/2020).

Dinyatakan Positif COVID-19

Elizabeth Schneider, penyintas Virus Corona COVID-19. (AFP)
Elizabeth Schneider, penyintas Virus Corona COVID-19. (AFP)

Dia merasakan sakit kepala datang sekitar siang hari, bersama dengan demam dan nyeri tubuh. Sakit itu membuatnya meninggalkan kantor, tempatnya bekerja sebagai Manajer Pemasaran perusahaan bioteknologi dan pulang ke rumah.

Ia kemudian tidur siang, tetapi bangun dengan suhu yang mencapai 103 derajat Fahrenheit pada malam harinya. "Dan, pada saat itu, saya mulai menggigil tak terkendali, dan saya merasa kedinginan dan kesemutan di ekstremitas saya, jadi itu sedikit mengkhawatirkan," ungkap Schneider.

Dia lalu mengambil obat flu yang dijual bebas, dan memanggil seorang teman untuk berjaga-jaga jika dia perlu dibawa ke rumah sakit, tetapi demamnya mereda pada hari-hari berikutnya.

Schneider salah mengira dia tidak memiliki COVID-19 karena tidak mengalami gejala-gejala seperti batuk atau sesak napas.

Dia mengaku telah melakukan vaksin influenza terbaru, dan mengira penyakitnya disebabkan oleh strain yang berbeda. Ketika dia mengunjungi dokternya, dia diperintahkan untuk pulang, beristirahat dan minum banyak cairan.

Hal yang membuatnya mulai curiga memiliki sakit yang lebih serius adalah saat ia mengakses media sosial. Seorang teman di Facebook mem-posting bahwa beberapa orang dari pesta itu mengalami gejala yang sama. Orang-orang itu memeriksakan diri ke dokter, di mana mereka dinyatakan negatif terkena flu, tetapi tidak ditawari tes Virus Corona karena mereka tidak menunjukkan tanda-tanda umum batuk dan kesulitan bernapas.

Schneider langsung mendaftarkan diri dalam sebuah program penelitian yang disebut Seattle Flu Study dengan harapan dapat mengatasi penyakitnya. Dia dikirimkan swab kit untuk hidung oleh para peneliti, yang dia kirimkan kembali. Kemudian dirinya menunggu beberapa hari untuk mendapatkan hasilnya.

Pada 7 Maret, dia mendapat kabar buruk: dinyatakan positif COVID-19. Anehnya, Schneider merasa lega. "Saya sedikit terkejut, karena saya pikir itu agak keren," katanya kepada AFP, menambahkan bahwa dia merasa itu menarik dari "perspektif ilmiah."

Cukup Tinggal di Rumah

Ilustrasi sakit. (dok. congerdesign/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)
Ilustrasi sakit. (dok. congerdesign/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Gejalanya sudah mereda pada saat dia didiagnosis. Otoritas kesehatan setempat memintanya untuk tinggal di rumah selama setidaknya 7 hari setelah timbulnya gejala atau hingga 72 jam setelah mereka berhenti.

Schneider, yang telah merasa lebih baik selama seminggu terakhir, mulai beraktivitas. Namun, ia masih menghindari pertemuan dengan banyak orang dan bekerja dari rumah.

"Jika Anda pikir Anda memilikinya, Anda mungkin melakukannya," kata Schneider. "Jika gejala Anda tidak mengancam jiwa, cukup tinggal di rumah, berobat dengan obat-obatan yang dijual bebas, minum banyak air, banyak istirahat, dan melihat-lihat acara yang ingin Anda tonton."

Meski begitu, dia memperingatkan penting untuk mempertimbangkan individu berisiko tinggi dan tinggal di rumah jika Anda merasa sakit.

"Jelas itu bukan sesuatu yang sama sekali tidak peduli, karena ada banyak orang yang berusia lanjut atau memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya," katanya. "Ini berarti bahwa kita harus ekstra waspada tentang tinggal di rumah, mengasingkan diri dari orang lain."

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyebab Penyakit Rakitis, Kenali juga Gejala dan Cara Pengobatannya

Posted: 12 Mar 2020 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyebab penyakit rakitis salah satunya yaitu karena kekurangan Vitamin D. Penyakit rakitis adalah kelainan pertumbuhan tulang pada anak, yang kemudian menyebabkan tulang anak menjadi lunak dan rapuh sehingga mudah patah. Mulai sejak dini, orang tua sudah harus memperhatikan asupan makanan si kecil agar dapat menunjang pertumbuhan dan perkembangan si anak.

Kekurangan vitamin D adalah salah satu penyebab anak menderita penyakit rakitis. Vitamin D berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium dan fosfat dari makanan. Kalsium dan fosfat merupakan mineral yang penting untuk menjaga kekuatan tulang. Jika tubuh kekurangan vitamin D, kadar kalsium dan fosfat di tulang akan berkurang. Akibatnya, tulang akan melunak dan rapuh dan menjadi penyebab penyakit rakitis timbul dan menyerang tulang anak.

Penyakit rakitis biasanya terjadi pada anak-anak usia 6 bulan sampai 3 tahun. Meski umumnya terjadi pada anak-anak, kelainan tulang ini juga bisa dialami orang dewasa. Rakitis pada orang dewasa disebut juga osteomalacia atau penyakit tulang lunak.

Selain mengenali penyebab penyakit rakitis, penting juga untuk mengetahui apa saja gejala yang ditimbulkan dari penyakit rakitis tersebut dan bagaimana cara pengobatannya. Karena penyakit rakitis lebih sering menyerang anak-anak, untuk itu penting bagi orang tua memperhatikan gejala, cara pengobatannya dan penyebab penyakit rakitis itu sendiri.

Berikut liputan6.com merangkum dari berbagai sumber, Jumat (13/3/2020) tentang penyebab penyakit rakitis, kenali juga gejala dan cara pengobatannya.

Penyebab Penyakit Rakitis

Ilustrasi (Foto: pxhere.com)
Ilustrasi (Foto: pxhere.com)

Penyebab penyakit rakitis yang penting untuk diketahui yaitu :

Seperti yang sudah diulas sebelumnya, penyebab penyakit rakitis adalah karena tubuh kekurangan vitamin D. Rakitis atau yang juga dikenal dengan rickets atau rickettsia terjadi ketika tubuh tidak cukup mendapatkan vitamin D atau tubuh tidak dapat memproses vitamin D dengan normal. Vitamin D diperlukan tubuh untuk membantu penyerapan kalsium dan fosfat dari makanan. Kekurangan vitamin D akan menyebabkan terganggunya penyerapan kalsium dan fosfat sehingga bisa menyebabkan seseorang menderita penyakit rakitis.

Kekurangan vitamin D terjadi karena tubuh kurang mendapatkan paparan sinar matahari yang dimana, sinar matahari bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan tulang dan tentunya untuk memperkuat tulang. Kurangnya asupan makanan yang mengandung vitamin D seperti minyak ikan dan kuning telur juga menjadi salah satu penyebab penyakit rakitis itu timbul dan menyerang tubuh seseorang termasuk anak-anak.

Selain itu, gangguan penyerapan vitamin D juga menjadi penyebab penyakit rakitis, gangguan penyerapan tersebut disebabkan oleh beberapa kondisi yaitu Cystic fibrosis, Penyakit celiac, Penyakit ginjal, dan Radang usus.

Pada kasus tertentu atau yang jarang terjadi, penyebab penyakit rakitis yaitu karena adanya faktor genetik. Jenis rakitis yang disebut rakitis hipofosfatemia ini disebabkan oleh adanya gangguan ginjal dalam menyerap fosfat.

Penyakit rakitis dapat menyebabkan kelainan bentuk pada tulang seperti kaki atau tempurung lutut bengkok, Penebalan pergelangan tangan dan pergelangan kaki, dan tulang dada atau tulang rusuk terasa menonjol.

Gejala Penyakit Rakitis

Lubang gigi terbentuk ketika bakteri di dalam mulut kita merusak gigi
Lubang gigi terbentuk ketika bakteri di dalam mulut kita merusak gigi

Selain mengetahui penyebab penyakit rakitis, penting juga untuk mengetahui apa saja gejala yang ditimbulkan dari penyakit rakitis, antara lain :

1. Nyeri di tulang belakang, tulang tungkai, dan tulang panggung.

2. Kelainan pada tulang, misalnya kaki menjadi bengkok atau biasa disebut skoliosis.

3. Tubuh yang pendek. Hal tersebut diakibatkan karena pertumbuhan tinggi yang terhambat dan tidak sempurna.

4. Mudah mengalami patah tulang akibat tulang yang rapuh. Tulang seseorang penderita rakitis akan menjadi rapuh karena kurangnya paparan sinar matahari

5. Kelainan gigi, seperti pertumbuhan gigi lebih lambat dari pertumbuhan gigi pada umumnya dan kelainan lainnya yaitu gigi mudah berlubang walaupun sudah dirawat dan dijaga kebersihannya dengan baik. Selain itu juga kelainan gigi pada penderita pneyakit rakitis juga seperti struktur gigi menjadi berantakan.

6. Kelemahan pada otot. Penderita penyakit rakitis juga akan mengalami gejala kelemahan pada otot sehingga yang menyebabkan penderita penyakit rakitis menjadi lemah. Pada beberapa kasus, anak penderita rakitis juga kekurangan kadar kalsium dalam darah (hipokalsemia). Kondisi tersebut membuat gejala rakitis makin memburuk serta menyebabkan kram otot dan kesemutan di tungkai.

Cara Pengobatan Penyakit Rakitis

Manfaat Vitamin D bagi Tumbuh Kembang Si Kecil
Manfaat Vitamin D bagi Tumbuh Kembang Si Kecil

Setelah mengetahui penyebab penyakit rakitis, gejala penyakit rakitis, penting juga untuk meengetahui bagaimana cara pengobatan untuk penderita penyakit rakitis.

Cara pengobatan penderita penyakit rakitis biasanya dokter akan menawarkan beberapa jenis pengobatan dokter akan merekomendasikan berbagai macam pengobatan untuk mempercepat proses penyembuhan setelah anak anda diyakini menderita penyakit rakitis. Pengobatan penyakit rakitis berfokus pada pengembalian vitamin dan mineral yang hilang pada tubuh. Dengan langkah pengembalian vitamin dan mineral tersebut diharapkan gejala-gejala rakitis perlahan akan berkurang.

Mengenali penyebab penyakit rakitis, gejala dan mengetahui cara pengobatannya sangat penting untuk diketahui. Penyebab penyakit rakitis salah satunya adalah karena penderita penyakit rakitis kekurangan vitamin D. Jika anak anda kekurangan vitamin D, dokter akan menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D seperti ikan, susu, hati, dan telur. Selain itu, dokter akan menyarankan anak anda untuk menjemur di bawah sinar matahri setiap pagi agar tulang menjadi lebih kuat dan mengurangi gejala-gejala yang timbul akibat rakitis.

Tambahan vitamin D dan kalsium juga bisa didapat dari suplemen. Penambahan vitamin D sebanyak 1000-2000 unit internasional (IU) per hari biasanya akan diresepkan oleh dokter. Pastikan Anda selalu berkonsultasi dengan dokter mengenai dosis suplemen yang sesuai dengan kondisi anak Anda. Terlalu banyak vitamin D dan kalsium juga berbahaya untuk kesehatan.

Sementara untuk memperbaiki bentuk tulang yang bengkok atau tidak wajar, anak anda mungkin harus memakai alat bantu yang dapat memperbaiki bentuk tulang atau anda bisa mengkonsultasikan kepada dokter anda untuk mendapatkan rekomendasi dan tentunya metode penyembuhan yang anda harapkan. Pada kasus yang jarang terjadi, anak mungkin harus menjalani prosedur operasi perbaikan tulang agar bisa menjadi normal atau setidaknya menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Yuk kenali gejala dan cara pengobatannya, dan jangan lupa kenali juga penyebab penyakit rakitis ya!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendag Pastikan Stok Beras hingga Daging Aman, Ini Rinciannya

Posted: 12 Mar 2020 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto memastikan stok pangan dalam kondisi cukup. Sedangkan untuk pangan yang harganya melonjak tengah dilakukan tambahan pasok untuk menurunkan harga.

Agus menyatakan stok beras akan mencukupi hingga Agustus 2020. Saat ini stok beras sebesar 3,5 juta ton.

"Diperkirakan tambah produksi 22 juta. Jagung produsi diperkirakan akan ada 13 juta ton. Bawang putih 300 ton akan masuk," ungkap dia di Jakarta, Jumat (13/3/2020).

Untuk cabai merah, lanjut Agus, akan mulai panen di akhir Maret hingga Mei. Sedangkan untuk stok gula di distributor sebanyak 159 ribu ton.

"Kenaikan harga ini kita sedang diturunkan dengan menurunkan satgas di gudang-gudang," kata dia.

Untuk daging, saat ini ada stok sekitar 14 ribu ton dan akan ditambah dengan daging kerbau sebanyak 170 ribu ton. Minyak goreng sebanyak 8,2 juta ton.

"Bawang bombai 2.350 ton dikeluarkan, akan bertambah lagi 1 minggu ke depan 14 ribu ton bertahap sampai April," kata dia.

Pemerintah Pastikan Stok Pangan Aman Hingga April 2020

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat rapat kerja dengan Komisi IV DPR di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (17/2/2020). Rapat ini tindak lanjut dari Rapat Dengar Pendapat (RDP) sebelumnya terkait program kerja tahun anggaran 2020. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat rapat kerja dengan Komisi IV DPR di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (17/2/2020). Rapat ini tindak lanjut dari Rapat Dengar Pendapat (RDP) sebelumnya terkait program kerja tahun anggaran 2020. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo memastikan bahwa stok bahan pangan menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru) aman terkendali. Bahkan, seluruh stok bahan pangan mencukupi sampai dengan tiga bulan ke depan.

"Bahan pangan dilihat aman dari Nataru sampai dengan Maret-April 2020," kata dia saat ditemui di Jakarta, Rabu (19/12/2019).

Dia menyebut ada beberapa bahan pokok yang memang menjadi fokus perhatian pemerintah. Diantaranya adalah ayam, gula, daging, beras, hingga bahan pangan umum lainnya. Namun secara keseluruhan dipastikan dia semua sudah baik dan mencukupi.

"Dan secara umum semua baik dari Kemendag, Kemenperin, KKP, Kementan, Bulog juga mengatakan bahwa Insya Allah semua dalam kendali dan cukup aman. Stok ada," kata dia.

Sementaa itu, Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso menambahkan sejauh ini seluruh bahan pangan memang cukup aman sampai dengan Maret 2020. Hanya saja, ke depan pihaknya tetap akan melakukan evaluasi untuk penyerapan beberapa pangan kembali.

"Yang penting siap. Ke depan kita akan menyiapkan evaluasi dari pada produksi panen, nanti penyerapannya bagaimana," tandas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Virus Corona, Menteri Agama Minta Semua Masjid Gulung Karpet

Posted: 12 Mar 2020 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama Fachrul Razi menjelaskan penyeprotan desinfektan disetiap rumah ibadah, salah satunya masjid agar terhindar dari virus corona. Dia juga berharap dengan adanya kegiatan tersebut bisa membuat bibit penyakit hilang.

"Kami ke depan sekarang sedang akan melakukan imbauan untuk semua masjid melakukan hal yang sama. Satu menggulung semua karpet-karpet," kata Fachrul usai menemani Presiden Jokowi di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (13/3/2020).

Dia menjelaskan menggulung karpet adalah salah satu mencegah adanya virus corona. Sebab itu masjid diharuskan menjaga kebersihan. Selain itu, di setiap tempat wudhu juga harus menyediakan sabun dan antiseptik.

"Pengambilan air wudhu, betul-betul yakinkan air itu mengalir dengan baik kemudian di tiap-tiap tempat wudhu kami siapkan sabun dan antiseptik. Mudah-mudahan dengan itu akan menjadi lebih baik penularan penyakit menjadi lebih sedikit," ungkap Fachrul.

Selain mengulung karpet Menag juga mengimbau setiap masjid dilengkapi dengan alat deteksi suhu tubuh.

"Ya kalau suhu tubuhnya dinyatakan tidak normal maka disarankan jemaah tidak memasuki masjid demi kenyamanan dan kesehatan jemaah lainnya. Insyaallah bila tidak ada perubahan, penyelengaraan buka puasa ramadan, salat tarawih serta shalat Witir tahun ini dapat digelar di Masjid Istiqlal," kata Menag.

Semprot Masjid dengan Desinfektan

Sebelumnya Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau proses pembersihan atau sterilisasi Masjid Istiqlal jelang salat Jumat.

Masjid disterilisasi dengan disinfektan untuk penanggulangan virus corona (Covid-19). Personel yang diterjunkan mulai dari PMI, Gegana, Kodim, KAI Daops.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Siaran Langsun Shopee Liga 1 2020 Pekan Ketiga: Duel Sengit Persebaya vs Persipura

Posted: 12 Mar 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Persebaya Surabaya dijadwalkan meladeni Persipura Jayapura pada pekan ke-3 Shopee Liga 1 2020, Jumat (13/2/2020) di stadion Gelora Bung Tomo. Laga itu pantas disebut sebagai laga nostalgia bagi pelatih Persipura, Jacksen F. Tiago.

Ya, Jacksen merupakan mantan idola Bonek -julukan suporter Persebaya- saat masih bermain. Pelatih asal Brasil itu turut berjasa membawa Persebaya juara Liga musim 1996/97.

Jacksen pula yang mempersembahkan dua gelar secara beruntun bersama Persebaya, yaitu Divisi 1 2003 dan Divisi Utama 2004. Namun memori manis itu kini sejenak harus dipinggirkannya.

Eks pelatih timnas Indonesia itu harus memetik poin usai Mutiara Atom -julukan Persipura- kalah 2-3 dari Borneo FC pada Shopee Liga 1 2020 pekan sebelumnya. Boaz Solossa dkk. pun kini menempati peringkat ke-7 klasemen dengan 3 poin.

Di sisi Persebaya, Bajul Ijo juga menginginkan poin penuh. Skuat asuhan Aji Santoso baru mengantongi satu poin usai laga melawan Persija Jakarta ditunda.

Selain pertandingan Persebaya vs Persipura, masih ada sejumlah laga lain yang tidak kalah seru di Shopee Liga 1 2020. Berikut jadwal pekan ke-3 Shopee Liga 1 2020 selengkapnya yang akan ditayangkan di Indosiar dan O Channel.

 

Jadwal Shopee Liga 1

Shopee Liga 1 - Persebaya Surabaya Vs Persipura Jayapura (Bola.com/Adreanus Titus)
Shopee Liga 1 - Persebaya Surabaya Vs Persipura Jayapura (Bola.com/Adreanus Titus)

Jumat 13 Maret 2020

15.30 WIB, Borneo FC vs Persela Lamongan (Indosiar)

18.30 WIB, Persebaya Surabaya vs Persipura Jayapura (Indosiar)

Jadwal Lainnya

Sabtu 14 Maret 2020

15.30 WIB, PSIS Semaran vs Arema FC, (Indosiar)

15.30 WIB, Persik Kediri vs Persiraja Banda Aceh, (O Channel)

18.30 WIB, Bhayangkara FC vs Persija Jakarta, (Indosiar)

Jadwal Lanjutan

Minggu 15 Maret 2020

15.30 WIB, Bali United vs Madura United (Indosiar)

18.30 WIB, PS Tira vs Persita Tangerang (O Channel)

18.30 WIB, PSM Makassar vs Barito Putera (Vidio)

18.30 WIB, Persib Bandung vs PSS Sleman (Indosiar)

Klasemen Shopee Liga 1

 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Pasien Covid-19 Dipulangkan, Selama di Rumah Tetap Wajib Pakai Masker

Posted: 12 Mar 2020 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rumah Sakit Pusat Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso memastikan dua pasien positif Covid 19, yaitu pasien nomor 01 dan nomor 03 telah terbebas dari Virus Corona. Selanjutnya, pasien dibolehkan pulang, tapi tetap dalam pengawasan.

"Walaupun sudah dinyatakan sembuh ini dipulangkan ke rumahnya dia tetap harus, istilahnya pengawasan diri sendiri," ucap Dirut RSPI Sulianti Saroso, Muhammad Syahril, dalam konferensi pers yang digelar di kantornya, Jumat (13/3/2020).

Dia mengatakan, dua pasien tetap diwajibkan untuk mengenakan masker, dan diminta tidak melakukan aktivitas berat untuk sementara.

"Jangan beraktivitas yang berlebihan. Makan yang cukup, pokoknya dua istirahat dulu-lah. Juga jangan terlalu banyak kontak dulu dengan orang-orang lain. Tapi dia secara umum sehat," ucap dia.

Untuk pengawasan selama di rumah, Syahril mengatakan pihaknya akan menyerahkan tugas tersebut kepada dinas kesehatan di daerahnya.

"Nanti ke dinas kesehatan, sehingga dinas kesehatan punya kewajiban untuk memantau. Karena ini kan epidemologi ya, berarti kita ngawasinnya bukan hanya klinis, tapi juga kemasyarakatan ya," ucap dia.

 

Pasien 02 Membaik

Catatan medis rumah sakit, RSPI Sulianti Saroso merawat 731 Orang Dalam Pengawasan (ODP) serta 40 pasien isolasi.

Untuk kasus pasien nomor 10, kata Syahril, masih menunggu hasil laboratorium. Begitu pula dengan pasien nomor 02 dalam kondisi baik.

"Enam pasien lainnya juga dalam kondisi baik," kata Syahril.

Meski demikian, pasien yang dinyatakan sembuh tersebut tetap harus mengisolasi diri dan menggunakan masker, "Serta jangan terlalu banyak kontak dengan orang lain," kata Syahrul.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Juventus Galang Dana Usai Daniele Rugani Terpapar Virus Corona

Posted: 12 Mar 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Turin - Juventus menunjukkan kepeduliannya terhadap pandemi virus corona di Italia. Pihak klub lewat akun resminya bakal mengumumkan bakal menggalang dana untuk pusat kesehatan setempat.

"Dalam momen yang sulit seperti ini, mari berdonasi bersama Juventus," tulis pernyataan klub di akun twitter resmi.

Unggahan itu menampilkan video Presiden Juventus, Andrea Agnelli. Ia menegaskan komitmen pihak klub dalam membantu otoritas kesehatan setempat.

Agnelli juga meminta masyarakat mematuhi peraturan yang berlaku terkait pandemi virus corona."Yang pertama sekali, menghormati peraturan dan meminta semua melakukan hal yang sama: tetap di rumah," ujarnya.

Italia menjadi salah satu negara Eropa terparah yang terkena pandemi corona. Menurut data Uni Eropa, ada sekitar 10 ribu kasus yang ditemukan di sana.

Pemerintah Italia pun telah mengunci seluruh wilayah mereka. Pemerintah hanya memperbolehkan warganya untuk bepergian jika ada keperluan mendesak.

 

Lebih dari Sekadar Isolasi

Presiden Juventus, Andrea Agnelli. (AP Photo/Matthias Schrader)
Presiden Juventus, Andrea Agnelli. (AP Photo/Matthias Schrader)

Agnelli mengatakan, ia telah mengisolasi diri sendiri untuk meminimalisasi pandemi virus corona. Namun ia menilai usaha itu belum cukup.

"Itulah kenapa, bersama para pemain, kami telah meluncurkan donasi untuk mendukung para profesional di bidang kesehatan di sekitar kita, di Turin dan Piedmont," kata Agnelli.

Juventus diketahui telah menyumbang sekitar 300 ribu euro atau Rp 5 miliar untuk otoritas medis setempat. Uang itu diperoleh dari patungan para pemain, staf, dan petinggi klub.

 

Rugani Kena

Juventus sendiri telah mengonfirmasi satu pemainnya, Daniele Rugani mengidap virus corona. Sang pemain kini tengah mendapat perawatan medis dan isolasi.

Lewat akun resminya, Rugani menyatakan ia baik-baik saja. Namun ia tetap meminta masyarakat mematuhi peraturan yang berlaku.

 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani Minta PNS Kemenkeu Tak Ikut Panik dan Sebar Hoaks Soal Corona

Posted: 12 Mar 2020 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengingatkan jajarannya untuk tidak ikut-ikutan menyebarkan hoaks tentang virus Corona. Dia ingin pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan tidak membuat panik masyarakat.

"Dalam kondisi dunia yang seperti ini, bukan ikut panik atau kebanyakan waktu untuk mem-forward WA (WhatsApp) yang tidak berguna," kata Sri Mulyani dalam pidato Pelantikan Pejabat Kementerian Keuangan di Aula Mezzanine, Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Jumat (13/3/2020).

Sebaliknya, dia ingin pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan fokus berpikir dan berinovasi dalam menghadapi krisis akibat virus Corona. Pihaknya pun sedang meneliti kondisi keuangan negara. Terutama kebijakan fiskal maupun non-fiskal untuk mengurangi dampak negatif dari kondisi ekonomi global.

"Ini artinya seluruh jajaran kementerian keuangan harus berpikir keras," kata Sri Mulyani.

Dia meminta pegawainya untuk bisa melakukan yang di luar dari kebiasaan. Belajar dari masa lalu, belajar di negara lain pada sisi penerimaan negara pajak bea dan cukai penerimaan negara bukan pajak atau hibah. Instrumen tersebut harus bisa menolong ekonomi dan masyarakat yang pasti akan terkena dampak negatif dari kondisi global.

Begitu juga dari sisi belanja. Belanja negara harus benar-benar efektif dirasakan oleh masyarakat dan digunakan untuk yang paling prioritas. Apalagi pada saat penerimaan negara mengalami tekanan yang sangat besar.

"Makin penting bagi kita untuk meyakinkan bahwa belanja itu memang betul untuk yang prioritas. dan belanja tersebut betul-betul bermanfaat bagi masyarakat dan di dalam mendorong ekonomi," tutur Sri Mulyani.

 

Sisi Pembiayaan

Menkeu Sri Mulyani saat rapat kerja gabungan bersama BPJS dan DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (18/2/2020). Rapat membahas kenaikan iuran BPJS Kesehatan, data peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI), dan peran pemda dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). (Liputan6.com/Johan Tallo)
Menkeu Sri Mulyani saat rapat kerja gabungan bersama BPJS dan DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (18/2/2020). Rapat membahas kenaikan iuran BPJS Kesehatan, data peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI), dan peran pemda dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Dia meminta pada sisi pembiayaan untuk terus melakukan inovasi. Melihat market atau pasar secara cermat baik dalam negeri maupun luar negeri. Pun dengan surat berharga negara (SBN) maupun instrumen lain.

Dalam suasana market yang sangat bergejolak, Kementerian Keuangan dituntut untuk terus memberikan pembinaan (guidance). Tak hanya itu, pihaknya juga dituntut untuk terus memberikan kepemimpinan (leadership), kejelasan (clurity). Sebab dalam situasi ini semua akan melihat kepada pemerintah. Utamanya dalam hal ini kementerian keuangan menjadi salah satu institusi yang akan dilihat.

Untuk itu Sri Mulyani mengajak jajarannya merapatkan barisan dalam meneliti instrumen, policy, regulasi dan bahkan sikapdalam melayani dan meneliti kondisi yang berkembang secara cepat. Pikiran terbuka, sikap, positif dan sinergi kolaborasi jadi sebuah keharusan.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dua Pasien Covid-19 01 dan 03 di RSPI Sulianti Saroso Sembuh

Posted: 12 Mar 2020 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof. Dr. Sulianti Saroso menyatakan dua pasien Covid-19 dengan nomor kasus 01 dan 03 sembuh.

"Pasien nomor 01 dan 03 dua kali (tes laboratorium) negatif," kata Dirut RSPI Sulianti Saroso, di Jakarta, Jumat (13/3/2020).

Syahril menyatakan, fisik kedua pasien tersebut terpantau baik, sehingga dokter dan pihak rumah sakit menyatakan kedua pasien yang terjangkit virus Corona itu sembuh.

"Sore ini akan dipulangkan," kata Syahril.

Catatan medis rumah sakit, RSPI Sulianti Saroso merawat 731 Orang Dalam Pengawasan (ODP) serta 40 pasien isolasi.

 

Pasien 02 Kondisi Baik

Petugas menyiapkan mobil ambulans untuk membawa pasien terduga virus corona di RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Kamis (5/3/2020). Satu WNA terindikasi virus corona diizinkan pulang setelah hasil pemeriksaan, WNA itu negatif corona. (merdeka.com/Imam Buhori)
Petugas menyiapkan mobil ambulans untuk membawa pasien terduga virus corona di RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Kamis (5/3/2020). Satu WNA terindikasi virus corona diizinkan pulang setelah hasil pemeriksaan, WNA itu negatif corona. (merdeka.com/Imam Buhori)

Untuk kasus pasien nomor 10, kata Syahril, masih menunggu hasil laboratorium. Begitu pula dengan pasien nomor 02 dalam kondisi baik.

"Enam pasien lainnya juga dalam kondisi baik," kata Syahril.

Meski demikian, pasien yang dinyatakan sembuh tersebut tetap harus mengisolasi diri dan menggunakan masker, "Serta jangan terlalu banyak kontak dengan orang lain," kata Syahril.

Sebelumnya 3 Pasien Covid-19 Sembuh

Juru bicara pemerintah terkait Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyatakan tiga pasien positif telah sembuh dan terbebas dari virus Corona.

"Tiga pasien tersebut, yaitu pasien nomor 06, nomor 14 dan pasien nomor 19. "Ketiga pasien tersebut merupakan laki-laki," ujar Yurianto di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Dia mengatakan tiga pasien nantinya akan diedukasi setelah pulang ke rumah masing-masih. Yurianto juga memastikan ketiga orang tersebut diwajibkan menjalani monitoring oleh puskesmas terdekat di wilayahnya.

"Begitu pulang masih harus menjalankan self monitoring, memantau diri sendiri, di antaranya tidak menggunakan alat minum bersamaan, masih istirahat dulu di rumah, tidak aktivitas di luar, mencukupi asupan gizi dengan baik," ucap dia.

Menurut Yurianto, ketiga pasien bakal diberikan surat rujuk balik, yang fungsinya sebagai lembar monitoring bagi puskesmas.

"Nanti disurat itu dituliskan agar dimohon dari puskesmas untuk monitoring. Ini kita serahkan ke puskesmas masing-masing di wilayahnya," ucap dia. 

Saksikan Video Terkait di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Cegah Corona, Jokowi Ikut Tinjau Sterilisasi Masjid Istiqlal

Posted: 12 Mar 2020 09:11 PM PDT

Presiden Joko Widodo atau Jokowi (kedua kiri) mendengarkan penjelasan saat meninjau proses pembersihan atau sterilisasi dengan disinfektan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (13/3/2020). Proses sterilisasi dilakukan dalam rangka mencegah penularan virus corona Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Presiden Joko Widodo atau Jokowi (kedua kiri) mendengarkan penjelasan saat meninjau proses pembersihan atau sterilisasi dengan disinfektan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (13/3/2020). Proses sterilisasi dilakukan dalam rangka mencegah penularan virus corona Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi (kedua kiri) mendengarkan penjelasan saat meninjau proses pembersihan atau sterilisasi dengan disinfektan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (13/3/2020). Proses sterilisasi dilakukan dalam rangka mencegah penularan virus corona Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi didampingi sejumlah menteri menyaksikan petugas menyemprotkan cairan disinfektan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (13/3/2020). Proses sterilisasi dilakukan dalam rangka mencegah penularan virus corona Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Presiden Joko Widodo atau Jokowi didampingi sejumlah menteri menyaksikan petugas menyemprotkan cairan disinfektan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (13/3/2020). Proses sterilisasi dilakukan dalam rangka mencegah penularan virus corona Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi didampingi sejumlah menteri menyaksikan petugas menyemprotkan cairan disinfektan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (13/3/2020). Proses sterilisasi dilakukan dalam rangka mencegah penularan virus corona Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi didampingi sejumlah menteri menyaksikan petugas menyemprotkan cairan disinfektan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (13/3/2020). Proses sterilisasi dilakukan dalam rangka mencegah penularan virus corona Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Presiden Joko Widodo atau Jokowi didampingi sejumlah menteri menyaksikan petugas menyemprotkan cairan disinfektan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (13/3/2020). Proses sterilisasi dilakukan dalam rangka mencegah penularan virus corona Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi didampingi sejumlah menteri menyaksikan petugas menyemprotkan cairan disinfektan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (13/3/2020). Proses sterilisasi dilakukan dalam rangka mencegah penularan virus corona Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyaksikan petugas menyemprotkan cairan disinfektan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (13/3/2020). Proses sterilisasi ini dilakukan dalam rangka mencegah penularan virus corona Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyaksikan petugas menyemprotkan cairan disinfektan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (13/3/2020). Proses sterilisasi ini dilakukan dalam rangka mencegah penularan virus corona Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyaksikan petugas menyemprotkan cairan disinfektan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (13/3/2020). Proses sterilisasi ini dilakukan dalam rangka mencegah penularan virus corona Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyaksikan petugas menyemprotkan cairan disinfektan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (13/3/2020). Proses sterilisasi ini dilakukan dalam rangka mencegah penularan virus corona Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyaksikan petugas menyemprotkan cairan disinfektan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (13/3/2020). Proses sterilisasi ini dilakukan dalam rangka mencegah penularan virus corona Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyaksikan petugas menyemprotkan cairan disinfektan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (13/3/2020). Proses sterilisasi ini dilakukan dalam rangka mencegah penularan virus corona Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyaksikan petugas menyemprotkan cairan disinfektan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (13/3/2020). Proses sterilisasi ini dilakukan dalam rangka mencegah penularan virus corona Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyaksikan petugas menyemprotkan cairan disinfektan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (13/3/2020). Proses sterilisasi ini dilakukan dalam rangka mencegah penularan virus corona Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyaksikan petugas menyemprotkan cairan disinfektan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (13/3/2020). Proses sterilisasi ini dilakukan dalam rangka mencegah penularan virus corona Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi (kedua kiri) mendengarkan penjelasan saat meninjau proses pembersihan atau sterilisasi dengan disinfektan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (13/3/2020). Proses sterilisasi dilakukan dalam rangka mencegah penularan virus corona Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Presiden Joko Widodo atau Jokowi (kedua kiri) mendengarkan penjelasan saat meninjau proses pembersihan atau sterilisasi dengan disinfektan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (13/3/2020). Proses sterilisasi dilakukan dalam rangka mencegah penularan virus corona Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi (kedua kiri) mendengarkan penjelasan saat meninjau proses pembersihan atau sterilisasi dengan disinfektan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (13/3/2020). Proses sterilisasi dilakukan dalam rangka mencegah penularan virus corona Covid-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jarang Terekspos, Ini 7 Potret Tania Rainbow 'Kepompong' dan Suami

Posted: 12 Mar 2020 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi penggemar sinetron Kepompong yang tayang pada 2008 ini tentunya sudah tak asing dengan geng de Rainbow. Salah satu artis yang berperan menjadi anggota geng anak sekolah itu adalah Tania Putri. Wanita 27 tahun ini merupakan pemeran karakter Helen.

Di sana ia digambarkan sebagai wanita cantik berkacamata yang punya wawasan luas karena hobinya membaca buku. Meski identik dengan peran lugu dan cupu, di kehidupan nyata Tania merupakan sosok wanita yang anggun.

Sinetron yang ia bintangi bersama Aryani Fitriana, Derby Romero, Dinda Kirana dan Mikha Tambayong ini sukses menjadi tayangan yang selalu ditunggu-tunggu penonton. Namun kini Tania Putri sudah jarang tampil di layar kaca televisi. Ia memilih fokus menjadi istri dan ibu rumah tangga.

Seperti diketahui, Tania Putri 'Kepompong' ini menikah dengan seorang pria bernama Kresna Jayakusuma pada 2014 silam. Keduanya juga telah dikaruniai dua orang putri yang menggemaskan. Kehidupan rumah tangga Tania dan Kresna pun jauh dari gosip miring.

Meski jarang terekspos oleh media, keduanya kerap membagikan momen kebersamaan di akun Instagram. Di usia pernikahan yang sudah 6 tahun, Tania dan Kresna tampak semakin romantis. Berikut potret Tania Putri dan suami dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (13/3/2020).

1. Tania Putri dan Kresna Jayakusuma menikah pada 2014 silam, kini keduanya selalu tampak romantis.

Tania Putri (Sumber: Instagram/@taniaputri1707)
Tania Putri (Sumber: Instagram/@taniaputri1707)

2. Potret Tania dan sang suami saat masih muda, keduanya terlihat selalu kompak.

Tania Putri (Sumber: Instagram/@taniaputri1707)
Tania Putri (Sumber: Instagram/@taniaputri1707)

3. Momen Tania Putri dan sang suami saat mengumumkan kehamilan anak keduanya, penuh kebahagiaan.

Tania Putri (Sumber: Instagram/@taniaputri1707)
Tania Putri (Sumber: Instagram/@taniaputri1707)

4. Sudah menjalin rumah tangga selama 6 tahun, Tania dan Kresna jauh dari gosip miring.

Tania Putri (Sumber: Instagram/@taniaputri1707)
Tania Putri (Sumber: Instagram/@taniaputri1707)

5. Potret wanita 27 tahun ini saat kondangan bersama sang suami, mesra banget.

Tania Putri (Sumber: Instagram/@taniaputri1707)
Tania Putri (Sumber: Instagram/@taniaputri1707)

6. Keduanya kerap menghabiskan waktu dengan berlibur bersama.

Tania Putri (Sumber: Instagram/@taniaputri1707)
Tania Putri (Sumber: Instagram/@taniaputri1707)

7. Potret Tania Putri bersama keluarga kecilnya, tampak begitu harmonis.

Tania Putri (Sumber: Instagram/@taniaputri1707)
Tania Putri (Sumber: Instagram/@taniaputri1707)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Fakta: Beredar Foto Penampakan Virus Corona, Benarkah?

Posted: 12 Mar 2020 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Viral foto yang diklaim sebagai penampakan bentuk Virus Corona baru (Covid-19) setelah diperbesar, foto tersebut tersebar pada jejaring sosial WhatsApp belakangan ini.

Dalam klaim foto tersebut terdapat keterangan sebagai berikut.

"Bentuk corona setelah diperbesar 2600x.

Kita mohon perlindungan

kepada Allah subhaanahu wa ta'aala dari bahaya corona."

Benarkah foto tersebut penampakan bentuk Virus Corona yang diperbesar? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim sebagai penampakan bentuk Virus Corona baru (Covid-19) dengan menggunakan Googel Image.

Hasil penelusuran mengarah pada akun Twitter @helios_en milik situs eheliosworld.com yang mengunggah foto serupa, pada 25 Februari 2020. Dalam keterangan fotonya menjelaskan.

"Weevils are from the Curculionoidea superfamily of beetles. They are quite small, measuring less than 6 millimetres (4 inch) and are herbivorous, with a particular love for flour, oats, barley and breakfast cereals Bowl with spoon"

Keterangan foto akun Twitter @helios_en menjelaskan, objek foto tersebut merupakan seekor kumbang yang berasal dari keluarga kumbang Curculionoidea. Mereka cukup kecil, berukuran kurang dari 6 milimeter (4 inci) dan herbivora, menyukai tepung, gandum, gandum dan sereal sarapan.

Penelusuran juga mengarah pada artikel "Ini adalah foto tampilan dekat satu jenis kumbang" dimuat situs periksafakta.afp.com, pada 11 Maret 2020.

Artikel tersebut menyatakan, "Kumbang bukan termasuk jenis virus. Menurut artikel Encyclopaedia Britannica, kumbang kecil adalah sejenis serangga dari keluarga Curculionide."

Situs shutterstock.com juga memuat video kumbang yang bentuknya identik dengan foto klaim. Video tersebut berisi keterangan sebagai berikut:

"Tropical weevil from the Ecuadorian Amazon, close-up."

Keterangan video tersebut menyatakan bahwa mahluk yang diklaim sebagai penampakan virus corona ternyata merupakan kumbang tropis dari Amazon Ekuador.

Kesimpulan

Klaim foto penampakan Virus Corona (Covid-19) ternyata salah. Foto yang diklaim tersebut merupakan kumbang golongan serangga Curculionoidea, kumbang tersebut menyukai tepung, gandum, gandum dan sereal sarapan.

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Mau Diinjeksi Virus Corona untuk Uji Coba Vaksin, Bakal Dibayar Rp 65 Juta

Posted: 12 Mar 2020 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyebaran Virus Corona COVID-19 yang kian meluas membuat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkannya sebagai pandemi. Bagaimana tidak, hingga Rabu (11/3/2020) telah terkonfirmasi lebih dari 118 ribu kasus Virus Corona di lebih dari 110 negara dan wilayah. Sedikitnya 4.291 orang pun telah meninggal dunia.

Para peneliti masih terus bekerja keras untuk menemukan vaksin dari pandemi ini. Seperti yang sedang dilakukan oleh para peneliti di Inggris.

Artikel tentang relawan uji coba vaksin virus Corona bakal dibayar Rp 65 juta menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang zodiak yang berani mengambil risiko.

Sementara artikel terpopuler ketiga tentang alat rumah tangga yang bisa beracun bila tak digunakan dengan benar.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Dicari Relawan untuk Diinfeksi Virus Corona, Bakal Dapat Imbalan Rp 65 Juta

Petugas medis merawat seorang pasien yang terinfeksi virus corona atau COVID-19 di sebuah rumah sakit di Teheran, Iran, Minggu (1/3/2020). Sejauh ini, Iran mencatat ada 1.501 kasus virus corona dengan 66 korban meninggal. (Ali Shirband/Mizan News Agency via AP)
Petugas medis merawat seorang pasien yang terinfeksi virus corona atau COVID-19 di sebuah rumah sakit di Teheran, Iran, Minggu (1/3/2020). Sejauh ini, Iran mencatat ada 1.501 kasus virus corona dengan 66 korban meninggal. (Ali Shirband/Mizan News Agency via AP)

Peneliti Inggris sedang mencari 24 orang sukarelawan untuk diinfeksikan Virus Corona guna menemukan vaksinnya. Sukarelawan tersebut akan dibayar sebesar £3,500 atau setara dengan Rp 65 juta.

Selengkapnya...

2. 3 Zodiak Pengambil Risiko, Berani dalam Ambil Keputusan Hidup dan Cinta

ilustrasi perempuan bekerja/copyright by Shutterstock
ilustrasi perempuan bekerja/copyright by Shutterstock

Sebagian orang butuh seseorang yang tak takut mengambil risiko. Seseorang yang mempertahankannya dan bisa mengikutinya.

Berikut ini zodiak-zodiak yang berani dalam mengambil risiko.

Selengkapnya...

3. 8 Alat Rumah Tangga Ini Beracun Bila Tidak Digunakan dengan Benar

Ilustrasi kapur barus (iStock)
Ilustrasi kapur barus (iStock)

Ada banyak item rumah tangga yang tanpa Anda sadari dapat dikaitkan dengan masalah kesehatan. Hal-hal yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, luput dari pengetahuan akan bahayanya.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Golkar Jajaki Koalisi di Pilkada Surabaya

Posted: 12 Mar 2020 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar Kota Surabaya menjajaki kemungkinan koalisi dengan sejumlah partai politik untuk mengusung bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota di Pilkada Surabaya pada tahun ini.

Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD II Partai Golkar Surabaya Arif Fathoni mengatakan bahwa koalisi dengan partai lain suatu keniscayaan untuk mencukupi syarat jumlah minimal kursi di legislatif.

"Kalau berkoalisi dengan PKS (Partai Keadilan Sejahtera), hasil survei nanti yang akan menentukan siapa yang diusung jadi cawali (calon wali kota) karena jumlah kursinya sama," katanya.

Begitu pula, jika berkoalisi dengan Bakal Calon Wali Kota Surabaya Machfud Arifin (MA) yang telah diusung sejumlah parpol (PKB, PAN, Gerindra, NasDem, PPP, dan Demokrat), pengurus DPD I Partai Golkar Provinsi Jatim Zahrul Azhar Asad (Gus Han) yang akan diajukan sebagai bakal calon wakil wali kota.

"Kalau koalisi dengan PDIP, Gus Han juga akan diajukan sebagai bakal calon wakil wali kota," kata Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Surabaya ini seperti dikutip dari Antara.

Meski demikian, Gus Han punya peluang besar mendapat rekomendasi menyusul Ketua Umum DPP Partai Golkar memberikan sinyal kuat untuk mengusung kadernya di pilkada.

"Dalam pidatonya, Ketua Umum DPP Partai Golkar mengatakan kalau memprioritaskan ketua DPD II untuk menjadi calon kepala daerah. Akan tetapi, kalau mereka tidak mencalonkan, baru memilih pengurus yang berpotensi," katanya.

Menurut Toni, Gus Han yang paling berpeluang karena Ketua DPD II Partai Golkar Kota Surabaya Blegur Prijanggono tidak mencalonkan diri. Begitu pula, Adies Kadir (anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI).

"Gus Han sampai sekarang terus menyapa masyarakat lewat jejaring yang sudah dibuka Partai Golkar," katanya.

Ajukan Tiga Tokoh

Anggota Komisi A DPRD Kota Surabaya ini menambahkan bahwa pihaknya sudah menyerahkan tiga figur ke DPP Partai Golkar.

Mereka itu adalah Gus Han, Machfud Arifin, dan kader internal yang dirahasiakan namanya.

"Misalnya, nanti Gus Han yang mendapat rekom maka ketika berkoalisi, ya, Gus Hans yang kami majukan," katanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesawat United Airlines Mendarat Darurat Gara-Gara Penumpang Bersin

Posted: 12 Mar 2020 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penerbangan pesawat United Airlines menjadi kacau yang dipicu oleh penumpang yang bersin dan batuk. Penumpang itu sebenarnya tak bersalah lantaran ia batuk dan bersin karena memiliki alergi.

Namun, sekelompok penumpang yang duduk di dekatnya keburu berpikiran terlalu jauh. Mereka takut si penumpang bersin itu menyebarkan virus corona baru (COVID-19).

Meski tak beralasan, sekelompok penumpang membuat keributan. Awak kabin United Airlines yang berusaha menjelaskan, tak berhasil menenangkan mereka. Pilot akhirnya meminta pendaratan darurat.

Dilansir dari laman The Sun, Kamis, 12 Maret 2020, pesawat dengan nomor penerbangan 1562 itu akhirnya mendarat di Bandara Denver. Tak berapa lama, para penumpang yang ribut diturunkan paksa dari pesawat.

Sementara itu, seorang penumpang yang juga seorang dokter, Jordan Safirstein mencuit situasi di dalam pesawat yang dialaminya.

"Sejumlah penumpang menjadi gila karena mereka duduk di samping orang yang batuk/bersin dan membuat permintaan tak masuk akal dan bahkan menjadi tak terkendali dan tidak kooperatif," tulisnya yang diakhiri pernyataan tidak ada corona di dalam pesawat.

Sementara, penumpang yang mengundang kecurigaan itu kembali diperiksa sebelum pesawat tinggal landas. Petugas tidak mendeteksi demam sehingga pesawat diizinkan melanjutkan perjalanan.

KCNC_TV melaporkan FBI menginvestigasi kasus tersebut. Tetapi, tidak jelas apakah para penumpang pesawat yang membuat keributan itu akan dikenai dakwaan atau tidak.

Insiden di Thai Airways

Ilustrasi pesawat (iStock)
Ilustrasi pesawat (iStock)

Sebelum kasus tersebut, insiden lain juga terjadi di dalam pesawat Thai Airways. Dalam rekaman video yang viral, kru kabin sedang menangani seorang penumpang yang sengaja batuk ke para petugas.

Video tersebut disebar luas melalui YouTube oleh pemilik akun Fugu M. Ia menyebut kejadian terjadi saat pesawat mendarat di Bandara Internasional Pudong, Shanghai, China.

Pemicunya diperkirakan akibat para penumpang harus menunggu tujuh jam di gate untuk menjalani pemeriksaan ketat sebagai antisipasi atas penyebaran virus corona.

Fugu M menyebut seorang penumpang perempuan yang kesal tak turun-turun melampiaskannya dengan batuk di muka seorang petugas.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

40 Kata-kata Mutiara Anime Naruto, Inspiratif dan Menyentuh Hati

Posted: 12 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kata-kata mutiara anime Naruto bisa kamu jadikan motivasi dalam menjalani hidup. Terlebih bagi kamu yang menyukai anime Naruto, pasti pesan kata-kata mutiara anime Naruto akan sampai ke kamu yang membacanya.

Lewat karakter-karakter lucu, unik, dan jalan ceritanya yang sangat menarik membuat penikmatnya dapat mengambil pesan makna mendalam. Tak sedikit dari alur cerita yang ada mengandung banyak pesan moral kehidupan.

Pesan moral tersebut yang biasa dikemas menjadi kata-kata mutiara anime Naruto. Kata-kata mutiara anime Naruto tersebut bisa mengena dan menyentuh setiap orang yang membacanya. Ketertarikan pada kata-kata mutiara tersebut pun banyak dibagikan kepada orang lain untuk membagikan semangat positif.

Berikut kata-kata mutiara anime Naruto inspiratif dan menyentuh hati yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (13/3/2020).

Kata-kata Mutiara Anime Naruto tentang Keshidupan

Anime Naruto. (img2.wikia.nocookie.net)
Anime Naruto. (img2.wikia.nocookie.net)

1. "Menjadi Kuat tidak selamanya menyenangkan. Ketika kau kuat, Kau menjadi sombong dan menarik diri. Bahkan jika yang kau incar adalah mimpi." - Uchiha Itachi

2. "Memang luka di hati ini terasa lebih sakit, dibandingkan semua luka pada tubuhku." – Gaara

3. "Takdir setiap manusia memang telah ditentukan sejak mereka lahir, tetapi dengan kerja keras kita dapat mengalahkan takdir." - Naruto Uzumaki

4. "Penderitaan membuatku semakin kuat dan berkembang" - Pain, chapter 474

5. "Kalau mau saling mengerti, lakukan saja setelah membuat lawan mengalami hal yang sama" - Yahiko, chapter 372

6. "Selemah apapun musuhku, aku tidak akan meremehkan mereka." - Aburame Shino

7. "Aku tak akan menarik kembali kata-kataku, karena itulah jalan ninjaku." - Naruto Uzumaki

Kata-kata Mutiara Anime Naruto tentang Meraih Mimpi

Anime Naruto. (madman.com.au)
Anime Naruto. (madman.com.au)

1. "Sampai matipun aku akan mengejar cita-citaku." - Naruto Uzumaki

2. "Kita harus lebih kuat dari hari kemarin." – Lee

3. "Kegagalan juga menyenangkan, hidup dengan kepercayaan bahwa cobaan itu berguna untuk menempa diri sendiri." – Jiraya

4. "Tak ada pengorbanan yang tak dihargai." - Might Guy

5. "Jika kamu menungguku untuk menyerah, kau akan menungguku selamanya." - Uzumaki Naruto

6. "Aku lebih baik mati dalam pertarungan daripada mati tanpa melakukan apapun." - Haruno Sakura

7. "Aku gagal, tetapi masih bisa mampu bangkit kembali. Karena itu menurutku arti dari kuat yang sebenarnya." - Hyuga Hinata

8. "Pengalaman bukan jaminan untuk menang, karena tiap generasi akan selalu tumbuh lebih baik." - Hatake Kakashi

Kata-kata Mutiara Anime Naruto tentang Mimpi

Anime Naruto. Foto: Screenrant
Anime Naruto. Foto: Screenrant

1. "Terserah jurus apa yang kau punya, tapi kalau cuma berdiam diri, sama halnya kau tidak punya mimpi." - Naruto Uzumaki

2. "Untuk mencapai tujuan akhirmu, kamu harus bersabar."- Tobi

3. "Jika kamu percaya dengan impianmu aku akan membuktikan padamu bahwa kamu bisa meraih impianmu hanya dengan bekerja keras." - Rock Lee

4. "Aku tidak peduli akan jadi apa aku di masa depan. Apakah aku akan berhasil ataupun gagal. Tapi yang pasti, apa yang aku lakukan sekarang akan membentukku di masa depan."- Naruto Uzumaki

5. "Masa depan ada di tanganku dan aku harus menggapainya."- Naruto Uzumaki

6. "Tidak semua mimpi dan harapan akan terwujud sesuai dengan keinginan kita." – Orochimaru

7. "Sampai matipun aku akan mengejar cita-citaku. Tidak ada kata menyerah di dalam diriku.."- Naruto Uzumaki

Kata-kata Mutiara Anime Naruto tentang Cinta

Anime Naruto.
Anime Naruto.

1. "Obat untuk hati yang terluka adalah kasih sayang." – Gaara

2. "Memanjakan dan mengasihani itu berbeda." - Captain Yamato

3. "Satu-satunya yang harus dilakukan orang tua adalah mempercayai anaknya. Itu saja. Dan dari situlah nilai sesungguhnya." - Yondaime Kazekage

4. "Perang lahir dari keinginan kita untuk melindungi orang yang kita sayangi." - Namikaze Minato

5. "Kenangan indah masa lalu hanya untuk dikenang, bukan untuk diingat-ingat." - Uchiha Sasuke

6. "Saat seorang wanita jatuh cinta, perasaannya tak akan mudah berubah." - Haruno Sakura

7. "Rasa sayang tidak akan membuatmu bisa memaafkan seseorang semudah itu." – Nagato

8. "Jangan pernah takut mengungkapkan perasaanmu pada orang lain." - Asuma Sarutobi

Kata-kata Mutiara Anime Naruto tentang Persahabatan

Naruto.
Naruto.

1. "Teman-temanmu yang akan menopang ketidakmampuanmu, dan mencegah dari hal bodoh yang mungkin akan kau lakukan." – Itachi

2. "Kemampuan individu seorang ninja memang penting, tetapi yang lebih penting lagi adalah kerjasama tim." - Kakashi Hatake

3. "Teman itu adalah orang yang menyelamatkan dari neraka yang bernama kesepian." - Naruto Uzumaki

4. "Setiap teman menjaga ucapannya dan teguh pada pendiriannya. Itulah cara mereka hidup berdampingan satu sama lain." - Hinata Hyuga

5. "Kalau rasa keadilanmu menurun berarti kau melemah. Di bawah rasa keadilan tidak ada  kelemahan apapun." – Kakashi

Kata-kata Mutiara Anime Naruto tentang Keteguhan

Ilustrasi Anime Naruto.
Ilustrasi Anime Naruto.

1. "Kalau tanganku patah, akan ku tendang dengan kakiku ini. Kalau kakiku patah, akan ku gigit dengan gigiku ini. Kalau gigiku dihancurkan juga, akan ku lihat dengan dengan tatapan penuh kebencian. Dan kalau mataku dihancurkan juga, akan ku gunakan kutukan untuk melawannya, aku pasti akan mengembalikan Sasuke." - Naruto Uzumaki

2. "Kau gagal tetapi masih bisa mampu bangkit kembali, karena itu menurutku arti dari kuat yang sebenarnya." - Hinata Hyuga

3. "Manusia itu sama dengan Pedang. Kalau tak diasah maka dia akan tumpul." – Orochimaru

4. "Yang diperlukan oleh Shinobi bukan jumlah jutsu yang dapat dikuasainya, tetapi yang diperlukan Shinobi adalah tekad pantang menyerah." – Jiraiya

5. "Jika kau menungguku untuk menyerah, kau akan menungguku selamanya."- Naruto Uzumaki

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Juanda: Surabaya Bakal Alami Hujan pada Siang Hari

Posted: 12 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda memperkirakan, sebagian besar wilayah di Surabaya alami hujan lokal pada Jumat siang (13/3/2020).

Mengutip laman BMKG Juanda, cuaca di sebagian besar wilayah di Surabaya akan alami hujan lokal pada pukul 13.00 WIB. Kemudian, hujan akan alami hujan intensitas sedang pada pukul 16.00 WIB dan hujan pada pukul 19.00 WIB.

Pada pukul 22.00 WIB, cuaca akan cerah berawan. Suhu berada di kisaran 25-34 derajat celsius dan kelembapan angin dari arah barat 30 KM per jam. Suhu udara 65-90 persen.

Cuaca pada siang hari, wilayah di Surabaya akan alami hujan lokal dengan suhu 34 derajat celsius. Kelembapan udara 65 persen. Kecepatan angin 30 KM per jam dari arah barat.

Selain itu, BMKG Juanda juga merilis peringatan dini tiga harian Jawa Timur untuk mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada siang hingga sore hari antara lain di Sidoarjo, Kota Mojokerto, Bojonegoro, Jombang.

Selain itu, di Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Magetan, Kota Kediri, Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi. Sedangkan pada malam hari di Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Probolinggo.

BMKG: Puncak Musim Hujan hingga Maret

Ilustrasi Hujan (iStockphoto)
Ilustrasi Hujan (iStockphoto)

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan cuaca ekstrem di Indonesia akan berlangsung hingga Maret 2020.

"Kalau menurut prediksi BMKG untuk wilayah Indonesia terjadinya cuaca ekstrem tidak serempak, silih berganti. Rata-rata puncak musim hujan Februari-Maret, khusus DIY dan Jateng berlangsung pada Januari-Februari," kata Kepala BMKG Dwikora Karnawati di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa 11 Februari 2020.

Selanjutnya, ujar dia, di kisaran April-Mei sudah memasuki musim kemarau, transisinya adalah pancaroba.

"Untuk ancaman bencananya beda lagi, bukan longsor atau banjir tetapi angin puting beliung. Imbauan kami agar ini bisa diwaspadai oleh seluruh pihak," kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Stasiun Klimatologi Kelas 1 Semarang Tuban Wiyoso mengatakan lebih awalnya cuaca ekstrem yang menjangkau Jawa Tengah dibandingkan wilayah lain karena cuaca di Jawa lebih didominasi oleh pengaruh angin monsun.

"Ini terjadi pada kurun waktu Desember-Februari, puncaknya Januari-Februari. Angin monsun sendiri merupakan angin yang bertiup dari Asia ke wilayah Indonesia. Seperti angin darat, yaitu angin laut tetapi skala musiman, ini dipengaruhi oleh posisi matahari," kata dia seperti dikutip dari Antara.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral, Jawaban Kocak Suku Anak Dalam saat Ditilang Polisi

Posted: 12 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jambi - Suku Anak Dalam (SAD) merupakan salah satu kelompok atau suku masyarakat adat yang ada di Provinsi Jambi. Di tengah perkembangan zaman, SAD sebagian besar telah berinteraksi dengan kehidupan masyarakat di pedesaan.

Seperti pada umumnya masyarakat, kelompok SAD sebagian besar ada yang telah mengenal sepeda motor. Mereka menggunakan transportasi roda dua ini sebagai alat mobilitas.

Meski telah mengenal sepeda motor, namun mereka belum banyak yang memahami pentingnya menjaga keselamatan berkendara. Sehingga, tak jarang saat berkendara di jalan pedesaan atau jalan lintas Sumatra, mereka masih mengabaikan keselamatan, seperti tidak menggunakan helm hingga berboncengan melebihi kapasitas.

Hal ini terungkap dalam sebuah video viral yang diunggah akun Youtube @pakmuk dani. Dalam unggahan video tersebut, terekam enam orang pemuda SAD mengendari sepeda motor. Mereka diberhentikan oleh petugas kepolisian dan kejaksaan.

Dalam video tersebut, juga menuliskan sebuah keterangan tentang sosialisasi hukum yang dilakukan Kajari Sarolangun terhadap SAD yang berada di wilayah Air Hitam, Sarolangun, Jambi. Video itu diunggah 9 Maret 2020.

Saat berhasil diberhentikan, petugas dari kejaksaan itu langsung menanyakan kepada mereka, mengapa berboncengan sepeda motor bertiga. Ada enam orang pemuda Suku Anak Dalam yang diberhentikan petugas. Mereka menggunakan dua sepeda motor berjalan beriringan.

Untuk satu unit sepeda motor mereka menaiki tiga orang. Saat berkendara itu mereka tak mengenakan baju, dan seorang pemuda dibonceng belakang terlihat menenteng kecepek (alat berburu).

"Ini pakai motor boncengan bertiga?" tanya petugas yang mengenakan seragam korps Adhyaksa itu.

Mendengar pertanyaan dari petugas, kemudian pemuda SAD yang menyetir itu lantas menjawab.

"Aturan mau berempat, tapi dak muat, muatnyo cuma bertiga," jawab pemuda SAD itu.

"Bertiga saja tidak boleh, ini mau berempat malahan," kata petugas itu menimpali.

Kemudian dijawab kembali oleh pemuda Suku Anak Dalam tersebut. "Motornyo dak kuat, dak tu maunyo berempat pak, (motornya tidak kuat, kalau kuat maunya kami boncengan berempat pak)," jawab pemuda SAD itu lagi.

Selain itu, petugas juga sempat menanyakan tujuan dari mereka. Diketahui dari percakapan di dalam video tersebut rombongan SAD itu hendak pergi berburu.

Video berdurasi 2 menit tersebut terpantau hingga Jumat (13/3/2020) telah ditonton 19 ribu pengguna. Dalam video itu, dua orang petugas kejaksaan dan kepolisian juga menyosialisasikan pentingnya menjaga keselamatan saat berkendara kepada para pemuda SAD itu.

 

Reaksi Kocak Warganet

Tak hanya viral dijejaring video berbagai Youtube. Video tersebut kemudian diunggah ulang oleh banyak akun Instagram, salah satunya @sekitar_jambi. Unggahan itu telah ditonton hingga 22 ribu kali, dan 1.823 disukai.

Jawaban kocak dan polos yang dilontarkan SAD di Sarolangun, Jambi, itu tentu saja menuai komentar yang kocak pula dari warganet.

"Garuk-garuk palak," tulis akun @raenika88.

Bahkan, ada pula warganet yang memaklumi jawaban SAD tersebut. Sebab hal ini semacam anekdot yang selalu berkembang di kalangan masyarakat Jambi.

"Bagusnya diadakan sosialisasi kepada mereka ini, terutama ttg berlalu lintas, yg sudah paham UU saja msh melanggar aturan apalagi mereka," tulis akun @arozi.130978.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Redam Dampak Corona, Pemerintah Buka Opsi Bebaskan Iuran BPJS Ketenagakerjaan

Posted: 12 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah berencana untuk memberikan pembebasan atau menunda pembayaran iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Hal ini sebagai bagian dari pemberian stimulus jilid II untuk menekan dampak virus corona terhadap ekonomi.

Sekretariat Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono mengatakan saat ini pihaknya tengah mengusulkan adanya penundaan pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan tersebut.

"Yang BPJS, juga kita akan mencoba mengusulkan pembebasan atau penundaan nanti terkait dengan iuran beberapa program BPJS, kan program BPJS banyak, ada JKK, JKN, jaminan pensiun, dan sebagainya. Kita mau lihat dulu, mana-mana yang kira-kira bisa bermanfaat untuk mendorong relaksasi tadi," jelas dia di Jakarta, seperti ditulis Jumat (13/3/2020).

Susi menegaskan, intinya pemerintah sangat berhati-hati mempertimbangkan semua kebijakan stimulus jilid ke-II ini.

Terkait dengan total insentif senilai Rp 10,3 triliyun, jauh lebih kecil dari insentif negara lain untuk stimulus jilid II dampak covid-19, Susi lebih menekankan kepada efektifitas dari insentif tersebut.

"Kta bukan masalah besarnya, kita hitung betuk efektifitas impact-nya. karena kan karekteristik dunia usaha dan masyarakat kita kan berbeda dengan negara lain," kata dia.

 

Tangkal Dampak Corona, Stimulus Fiskal Jilid II Habiskan Dana Rp 10 Triliun

Penyemprotan disinfektan Masjid Al Munawwar Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (1/3/2020). Penyemprotan dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona baru atau Covid-19.
Penyemprotan disinfektan Masjid Al Munawwar Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (1/3/2020). Penyemprotan dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona baru atau Covid-19.

Pemerintah siap meluncurkan Stimulus Fiskal Jilid II guna menangkal wabah virus corona yang telah menyebar di Indonesia. Insentif baru itu berupa keringanan bagi Pajak Penghasilan (PPh) 21, PPh 22, PPh 25, serta percepatan restitusi pajak pertambahan nilai (PPN).

Staf Ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Edi Pambudi mengatakan, pemerintah siap menggelontorkan anggaran lebih dari yang dikeluarkan pada stimulus jilid I, yakni sekitar Rp 10,3 triliun untuk merilis Stimulus Fiskal Jilid II.

"Saya rasa lebih (dari Rp 10,3 triliun). Kalau dari hitung-hitungan sebenarnya lebih dari itu. Karena ini kan sifatnya multisektor, jadi tidak terbatas di sektor tertentu," kata Edi di Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Selain pajak penghasilan, ia melanjutkan, stimulus kedua ini juga akan memberikan kemudahan proses pengembalian restitusi. Sebagai bentuk keseriusan, pemerintah disebutnya akan coba memutuskan final kebijakan tersebut Rabu sore ini.

"Jadi tujuan untuk dari sisi produksi pajak ini adalah supaya mereka mempunyai aliran uang yang cukup. Jadi tidak tertahan karena harus kewajiban di pembayaran pajak. Desainnya, detilnya kan harus kita sepakati sore ini," tuturnya.

Edi pun berharap, segala kemudahan yang diberikan dalam Stimulus Jilid II ini termasuk relaksasi pajak penghasilan akan bisa menaikkan atau menjaga daya beli, sehingga pekerja akan mendapatkan bagian secara penuh.

"Ada mekanisme ditanggung pemerintah itu artinya sebagian dari pajak itu akan tidak dibayarkan oleh pembayar pajak. Dengan demikian si pembayar pajak akan mendapatkan take home pay, pendapatan dibawa pulang lebih tinggi, sehingga dia bisa menjaga kemampuan daya beli untuk konsumsi dan lain-lain," ungkapnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tertidur di Mobil Usai Pesta, Dendanya Mencapai Rp46 Juta

Posted: 12 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pengemudi harus dalam keadaan sadar dan sehat saat berkendara. Hal tersebut demi keselamatan diri sendiri dan juga pengguna jalan lainnya.

Di beberapa negara, layanan sopir panggilan kerap dipakai mana kala si pemilik mobil dalam pengaruh alkohol. Lagi-lagi hal itu demi alasan keamanan dan keselamatan.

Tapi tak sedikit yang memilih tidur di dalam mobil usai melakukan 'dugem' pada malam harinya. Perilaku itu tidak diizinkan, karena justru mendatangkan petaka lainnya.

Melansir The Sun, di Inggris, pengemudi yang tertidur di dalam mobil usai minum-minum alkohol pada malam harinya akan dikenai denda. Sekalipun mobil tersebut dalam posisi parkir.

Dendanya cukup besar yakni mencapai GBP 2.500 atau Rp 46 jutaan (Kurs GBP 1 = Rp 18.571). Pada kasus yang lebih parah, pengemudi bahkan bisa dipenjara selama 3 bulan.

 

Tes Napas

Hal itu terjadi jika polisi mengira ada kemungkinan yang bersangkutan mengemudi. Maka polisi akan menuntut atas pelanggaran tersebut. Mesin mobil yang sedang menyala dan lokasi kunci mobil bisa memengaruhi yang bersangkutan terbukti bersalah atau tidak.

Pastinya, hukuman yang harus dijalani adalah yang diputuskan oleh hakim di pengadilan. Tergantung dari hasil tes nafas dan lain sebagainya.

Sumber: Otosia.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menjamu PSS, Persib Bandung Ingin Kado Manis di HUT ke-87

Posted: 12 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Persib Bandung bakal merayakan hari ulang tahunnya ke-87 pada Sabtu (14/3/2020). Sehari kemudian, skuat Maung Bandung akan menghadapi PSS Sleman di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (15/3/2020) malam WIB.

Laga pekan ketiga Shopee Liga 1 ini tentu menjadi spesial untuk Persib. Karena itu, pelatih Persib Robert Alberts mengatakan pasukannya siap memberikan kado terindah, yakni tiga poin.

"Wow, akan menjadi hadiah yang indah jika kami melakukan itu (meraih kemenangan)," kata Robert di Bandung.

Pelatih asal Belanda tersebut menyakini jika skuatnya mengemas poin sempurna atas PSS Sleman, maka bakal jadi kado indah bagi siapa pun yang mencintai Persib. Karena, tambahan tiga poin akan membuat Persib semakin kukuh di puncak klasemen sementara Shopee Liga 1.

 

 

 

Sembilan Poin

Teja Paku Alam dan skuat Persib Bandung di Shopee Liga 1 2020. (foto: https://www.instagram.com/tejapakualaam)
Teja Paku Alam dan skuat Persib Bandung di Shopee Liga 1 2020. (foto: https://www.instagram.com/tejapakualaam)

Persib saat ini memuncaki klasemen sementara Shopee Liga 1 dengan enam poin. Hasil itu didapat atas kemenangan 2-0 atas Persela Lamongan dan mengalahkan Arema FC 3-2.

Kini, Persib membidik kemenangan ketiga saat menghadapi PSS Sleman. "Itu akan menjadi hadial bagi siapapun yang mencintai Persib Bandung dengan memberikan kemenangan, tiga poin, dan juga memberi sembilan poin di awal bergulirnya liga," ucap Robert.

"Ini akan akan menjadi hadiah ulang tahun yang indah," pungkasnya.

Sumber: Ayo Bandung

 

Klasemen sementara Shopee Liga 1 2020

 

 

Saksikan video Persib Bandung berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Obor Olimpiade Tokyo 2020 Dinyalakan di Yunani

Posted: 12 Mar 2020 09:00 PM PDT

Suasana upacara penyalaan api Olimpiade Tokyo 2020 di Kota Tua Olympia, Yanani, Kamis (12/3/2020). Upacara digelar tanpa penonton karena kekhawatiran akan penyebaran virus corona COVID-19. (AP Photo/Yorgos Karahalis)
Suasana upacara penyalaan api Olimpiade Tokyo 2020 di Kota Tua Olympia, Yanani, Kamis (12/3/2020). Upacara digelar tanpa penonton karena kekhawatiran akan penyebaran virus corona COVID-19. (AP Photo/Yorgos Karahalis)

Suasana upacara penyalaan api Olimpiade Tokyo 2020 di Kota Tua Olympia, Yanani, Kamis (12/3/2020). Upacara digelar tanpa penonton karena kekhawatiran akan penyebaran virus corona COVID-19. (AP Photo/Yorgos Karahalis)

Aktris sebagai pendeta wanita tampil dalam upacara penyalaan api Olimpiade Tokyo 2020 di Kota Tua Olympia, Yanani, Kamis (12/3/2020). Dari lokasi tersebut, api akan dinyalakan pada obor Olimpiade Tokyo 2020. (AP Photo/Thanassis Stavrakis)
Aktris sebagai pendeta wanita tampil dalam upacara penyalaan api Olimpiade Tokyo 2020 di Kota Tua Olympia, Yanani, Kamis (12/3/2020). Dari lokasi tersebut, api akan dinyalakan pada obor Olimpiade Tokyo 2020. (AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Aktris sebagai pendeta wanita tampil dalam upacara penyalaan api Olimpiade Tokyo 2020 di Kota Tua Olympia, Yanani, Kamis (12/3/2020). Dari lokasi tersebut, api akan dinyalakan pada obor Olimpiade Tokyo 2020. (AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Aktris Yunani Xanthi Georgiou sebagai Imam Besar tampil pada upacara penyalaan api Olimpiade Tokyo 2020 di Kota Tua Olympia, Yanani, Kamis (12/3/2020). Obor api akan diserahkan kepada pihak Jepang, tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade 2020 pada 19 Maret 2020. (AP Photo/Thanassis Stavrakis)
Aktris Yunani Xanthi Georgiou sebagai Imam Besar tampil pada upacara penyalaan api Olimpiade Tokyo 2020 di Kota Tua Olympia, Yanani, Kamis (12/3/2020). Obor api akan diserahkan kepada pihak Jepang, tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade 2020 pada 19 Maret 2020. (AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Aktris Yunani Xanthi Georgiou sebagai Imam Besar tampil pada upacara penyalaan api Olimpiade Tokyo 2020 di Kota Tua Olympia, Yanani, Kamis (12/3/2020). Obor api akan diserahkan kepada pihak Jepang, tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade 2020 pada 19 Maret 2020. (AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Aktris Yunani Xanthi Georgiou sebagai Imam Besar menyalakan obor saat upacara penyalaan api Olimpiade Tokyo 2020 di Kota Tua Olympia, Yanani, Kamis (12/3/2020). Belum ada keputusan apakah Olimpiade Tokyo 2020 bakal ditunda atau dibatalkan akibat virus corona COVID-19. (AP Photo/Thanassis Stavrakis)
Aktris Yunani Xanthi Georgiou sebagai Imam Besar menyalakan obor saat upacara penyalaan api Olimpiade Tokyo 2020 di Kota Tua Olympia, Yanani, Kamis (12/3/2020). Belum ada keputusan apakah Olimpiade Tokyo 2020 bakal ditunda atau dibatalkan akibat virus corona COVID-19. (AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Aktris Yunani Xanthi Georgiou sebagai Imam Besar menyalakan obor saat upacara penyalaan api Olimpiade Tokyo 2020 di Kota Tua Olympia, Yanani, Kamis (12/3/2020). Belum ada keputusan apakah Olimpiade Tokyo 2020 bakal ditunda atau dibatalkan akibat virus corona COVID-19. (AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Aktris Yunani Xanthi Georgiou sebagai Imam Besar memegang obor saat upacara penyalaan api Olimpiade Tokyo 2020 di Kota Tua Olympia, Yanani, Kamis (12/3/2020). (AP Photo/Thanassis Stavrakis)
Aktris Yunani Xanthi Georgiou sebagai Imam Besar memegang obor saat upacara penyalaan api Olimpiade Tokyo 2020 di Kota Tua Olympia, Yanani, Kamis (12/3/2020). (AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Aktris Yunani Xanthi Georgiou sebagai Imam Besar memegang obor saat upacara penyalaan api Olimpiade Tokyo 2020 di Kota Tua Olympia, Yanani, Kamis (12/3/2020). (AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Aktris Yunani Xanthi Georgiou (tengah) sebagai Imam Besar memegang obor saat upacara penyalaan api Olimpiade Tokyo 2020 di Kota Tua Olympia, Yanani, Kamis (12/3/2020). (AP Photo/Thanassis Stavrakis)
Aktris Yunani Xanthi Georgiou (tengah) sebagai Imam Besar memegang obor saat upacara penyalaan api Olimpiade Tokyo 2020 di Kota Tua Olympia, Yanani, Kamis (12/3/2020). (AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Aktris Yunani Xanthi Georgiou (tengah) sebagai Imam Besar memegang obor saat upacara penyalaan api Olimpiade Tokyo 2020 di Kota Tua Olympia, Yanani, Kamis (12/3/2020). (AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Seorang aktris sebagai pendeta wanita memegang api saat upacara penyalaan api Olimpiade Tokyo 2020 di Kota Tua Olympia, Yanani, Kamis (12/3/2020). (AP Photo/Thanassis Stavrakis)
Seorang aktris sebagai pendeta wanita memegang api saat upacara penyalaan api Olimpiade Tokyo 2020 di Kota Tua Olympia, Yanani, Kamis (12/3/2020). (AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Seorang aktris sebagai pendeta wanita memegang api saat upacara penyalaan api Olimpiade Tokyo 2020 di Kota Tua Olympia, Yanani, Kamis (12/3/2020). (AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Aktris Yunani Xanthi Georgiou (kiri) sebagai Imam Besar menyalakan obor saat upacara penyalaan api Olimpiade Tokyo 2020 di Kota Tua Olympia, Yanani, Kamis (12/3/2020). (AP Photo/Yorgos Karahalis)
Aktris Yunani Xanthi Georgiou (kiri) sebagai Imam Besar menyalakan obor saat upacara penyalaan api Olimpiade Tokyo 2020 di Kota Tua Olympia, Yanani, Kamis (12/3/2020). (AP Photo/Yorgos Karahalis)

Aktris Yunani Xanthi Georgiou (kiri) sebagai Imam Besar menyalakan obor saat upacara penyalaan api Olimpiade Tokyo 2020 di Kota Tua Olympia, Yanani, Kamis (12/3/2020). (AP Photo/Yorgos Karahalis)

Aktris Yunani Xanthi Georgiou (tengah) sebagai Imam Besar menyalakan obor Olimpiade Tokyo 2020 yang dibawa juara menembak Olimpiade asal Yunani, Anna Korakaki (kiri) saat upacara penyalaan api Olimpiade Tokyo 2020 di Kota Tua Olympia, Yanani, Kamis (12/3/2020). (AP Photo/Yorgos Karahalis)
Aktris Yunani Xanthi Georgiou (tengah) sebagai Imam Besar menyalakan obor Olimpiade Tokyo 2020 yang dibawa juara menembak Olimpiade asal Yunani, Anna Korakaki (kiri) saat upacara penyalaan api Olimpiade Tokyo 2020 di Kota Tua Olympia, Yanani, Kamis (12/3/2020). (AP Photo/Yorgos Karahalis)

Aktris Yunani Xanthi Georgiou (tengah) sebagai Imam Besar menyalakan obor Olimpiade Tokyo 2020 yang dibawa juara menembak Olimpiade asal Yunani, Anna Korakaki (kiri) saat upacara penyalaan api Olimpiade Tokyo 2020 di Kota Tua Olympia, Yanani, Kamis (12/3/2020). (AP Photo/Yorgos Karahalis)

Juara menembak Olimpiade asal Yunani, Anna Korakaki memegang obor saat upacara penyalaan api Olimpiade Tokyo 2020 di Kota Tua Olympia, Yanani, Kamis (12/3/2020). (AP Photo/Thanassis Stavrakis)
Juara menembak Olimpiade asal Yunani, Anna Korakaki memegang obor saat upacara penyalaan api Olimpiade Tokyo 2020 di Kota Tua Olympia, Yanani, Kamis (12/3/2020). (AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Juara menembak Olimpiade asal Yunani, Anna Korakaki memegang obor saat upacara penyalaan api Olimpiade Tokyo 2020 di Kota Tua Olympia, Yanani, Kamis (12/3/2020). (AP Photo/Thanassis Stavrakis)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Hacker Sebar Malware Pakai Peta Virus Corona Jadi Sorotan

Posted: 12 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hacker mulai memakai peta real-time virus corona untuk mencuri informasi pengguna. Berbagai informasi pribadi, seperti kata sandi, nomor kartu kredit, dan info lain yang tersimpan di browser berpotensi dicuri hacker.

Berita ini pun menjadi sorotan para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Kamis (12/3/2020) kemarin.

Informasi lain yang juga jadi sorotan datang dari pemerintah Italia yang membagikan data kasus virus corona di repositori sumber terbuka GitHub.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Hacker Pakai Peta Real-Time Virus Corona untuk Sebar Malware

Sehubungan dengan WHO meningkatkan status Virus Corona (Covid-19) menjadi pandemi global, pasti banyak orang ingin mengetahui informasi terkini penyebarannya di dunia.

Karena itu, sejumlah organisasi membuat situs web peta real-time yang menunjukkan informasi tentang penyebaran Virus Corona di berbagai negara.

Memanfaatkan momen banyak pengguna internet awam yang ingin mengetahui informasi tersebut, hacker telah menemukan cara untuk menyuntikkan malware ke komputer korban.

Baca selengkapnya di sini

2. Pemerintah Italia Bagikan Data Kasus Virus Corona di Repositori Sumber Terbuka GitHub

Pemerintah Italia, melalui Dipartimento Protezione Civile (Departemen Perlindungan Sipil), membagikan data kasus virus corona di repositori sumber terbuka GitHub.

Data itu antara lain meliputi data dalam format JSON, tren nasional virus corona di Italia, data di level provinsi, dan data di level region.

Repositori yang beralamat di https://github.com/pcm-dpc/COVID-19 itu dibuat pada lima hari lalu dan terpantau diperbarui secara berkala.

Baca selengkapnya di sini

 

3. Google Larang Iklan Masker Medis

Ilustrasi orang pakai masker saat wabah Virus Corona COVID-19 di Indonesia. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)
Ilustrasi orang pakai masker saat wabah Virus Corona COVID-19 di Indonesia. (Liputan6.com/Tanti Yulianingsih)

Penyebaran virus corona (COVID-19) yang sangat cepat mengakibatkan harga masker medis meningkat signifikan.

Raksasa mesin pencari Google akhirnya mengambil langkah tegas untuk menghentikan penyebaran iklan masker medis di layanannya.

Google, dalam pernyataannya, mengatakan untuk sementara waktu akan melarang iklan yang berkaitan dengan masker medis di seluruh jaringan iklannya.

Baca selengkapnya di sini

(Isk/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Operasi Tumor Sukses, Thalita Latief Tinggalkan Rumah Sakit

Posted: 12 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Thalita Latief beberapa waktu lalu memberikan pengakuan mengejutkan. Ia ternyata menderita sakit tumor tiroid stadium 4.

Thalita Latief pun menjalani operasi penyembuhan pada Jumat pekan lalu. Saat ini, Thalita Latief sudah diizinkan untuk pulang.

Hal itu diketahui melalui unggahan Thalita Latief di Instagramnya pada Rabu (11/3/2020). Dari unggahan tersebut juga diketahui bahwa operasinya berjalan lancar.

"Halo semuanya, hari ini hari aku udah bisa pulang dari rumah sakit, setelah lima hari di rumah sakit," kata Thalita Latief dalam unggahan tersebut. "Alhamdulillah operasinya berjalan dengan lancar," sambungnya.

 

Minta Dukungan

[Foto: Instagram Dennis Lyla]
[Foto: Instagram Dennis Lyla]

Kendati demikian, ia meminta kepada masyarakat untuk selalu mendukungnya agar dapat melewati ujian berat ini. Agar ia bisa melawan penyakit ini sampai sembuh.

 

Berjuang Lawan Tumor

Artis peran, presenter juga model Thalita Latief (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Artis peran, presenter juga model Thalita Latief (Liputan6.com/Herman Zakharia)

"Doain aku terus untuk berjuang melawan penyakit ini. Minta support dan dukungannya. Terima kasih, terima kasih banyak," pintanya.

 

Dukungan Sahabat

Foto Instagram
Foto Instagram

Di kolom komentar, warganet hingga sahabat-sahabat Thalita Latief pun langsung memberikan semangat untuknya.

"Semangat! Cepat sembuhh," tulis Jessica Iskandar. "amin amin.. terimakasih ya jes utk doa dan supportnya," balas Thalita Latief.

"GOD Bless You sayang..," timpal Astrid Tiar. "amin amin!!! Thank u so much ya sister," jawab Thalita Latief.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Corona Merebak, Pasar Tomohon Masih Jual Daging Ular dan Kelelawar

Posted: 12 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pedagang di Pasar Tomohon masih menjual daging ular dan kelelawar di tengah merebaknya pandemi corona

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Melindungi Diri dari COVID-19 Saat di Angkutan Umum

Posted: 12 Mar 2020 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Semakin bertambahnya jumlah kasus virus corona (COVID-19) di Indonesia tentu mengkhawatirkan. Penduduk yang menyebar di berbagai pulau, dan jumlahnya yang tidak sedikit di masing-masing pulau, terutama ibukota negara saat ini, Jakarta, yang merupakan kota sibuk dan memiliki banyak penduduk memiliki risiko penyakit yang sama.

Mungkin akan sulit jika menutup semua jalur transportasi di Indonesia untuk mencegah penyebaran COVID-19, sebagaimana yang dianjurkan WHO dan CDC. Bila di luar negeri pemerintah setempat mengimbau agar menghindari penggunaan transportasi umum, seperti angkutan umum, taksi, bis, kereta, dan sebagainya. Mungkin di Indonesia agak sulit karena satu-satunya akses untuk mencapai tujuan lebih murah menggunakan transportasi umum.

Masih belum diketahui secara pasti bagaimana COVID-19 menyebar, tapi virus yang sama diketahui menularkan melalui droplet dari batuk dan bersin, atau permukaan yang disentuh orang yang terinfeksi masuk ke dalam tubuh orang yang sehat. 

Mengutip laman BBC, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari penularan virus corona di angkutan umum, seperti:

1. Hindari berada di tempat yang berdesakan dengan orang lain.

Jika angkutan penuh, tunggu angkutan lain yang masih jarang penumpang. Tidak berdekatan (beri jarak minimal 2-3 meter) dengan orang yang batuk atau bersin selama lebih dari 15 menit.

Dr. Lara Gosce, di Institute of Global Health, mengatakan penelitiannya (diterbitkan pada tahun 2018) menunjukkan orang yang menggunakan underground (kereta bawah tanah) secara teratur lebih mungkin untuk menderita gejala seperti flu.

"Terutama, pilihan jalur yang pendek (yang disukai banyak orang) memiliki tingkat penularan penyakit seperti flu lebih tinggi daripada jalur dengan tujuan lebih jauh (yang sedikit penumpangnya), katanya.

Sama halnya dengan bepergian menggunakan bis yang sepi dan ramai penumpang, tentu risikonya akan berbeda. Juga tergantung ventilasi dan berapa lama Anda menghabiskan waktu di bis dan kereta.

Meskipun WHO menyarankan untuk menghindari transportasi umum, namun pemerintah Inggris dan Indonesia tidak mengimbau warganya untuk menghindari transportasi publik ini.

David Nabarro, seorang penasihat khusus tentang COVID-19 untuk WHO, mengatakan, meskipun transportasi umum adalah hal yang penting untuk dipertimbangkan, bukti menunjukkan bahwa jenis "kontak sekilas" yang dimiliki orang ketika bepergian bersama, tampaknya tidak menjadi "sumber penularan" terpenting.

 

Jika darurat

Sejumlah penumpang menggunakan masker saat antre memasuki kereta Mass Rapid Transit (MRT) di Stasiun Bundaran HI Jakarta, Selasa (3/3/2020). Penumpang dengan gejala demam tinggi dilarang masuk dan menggunakan MRT sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona Covid 19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)
Sejumlah penumpang menggunakan masker saat antre memasuki kereta Mass Rapid Transit (MRT) di Stasiun Bundaran HI Jakarta, Selasa (3/3/2020). Penumpang dengan gejala demam tinggi dilarang masuk dan menggunakan MRT sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona Covid 19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Untuk meminimalisir penyebaran virus, sebaiknya Anda membawa hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% untuk berjaga-jaga jika dalam angkutan umum tidak menyediakannya.

Semprotkan setiap kali Anda menyentuh permukaan yang paling sering disentuh seperti kenop pintu, pegangan, uang kembalian, setelah bersin, batuk atau buang ingus, sebelum dan sesudah makan, sebelum menyentuh wajah, sebelum memakai masker dan juga sesudah melepas masker.

Jika ada kesempatan, segera cuci tangan dengan air bersih dan sabun.

Jangan sungkan untuk menegur (tanpa menyinggung), siapapun yang Anda temui batuk atau bersin tidak ditutupi dengan masker atau tisu atau siku. Jika ia tidak memiliki masker atau tisu, berikan selembar padanya untuk menyelamatkan Anda dan orang lain.

Jika Anda tidak sakit, sebaiknya tidak memakai masker. "Rata-rata orang sehat tidak perlu pakai masker, dan mereka tidak boleh memakai masker," kata spesialis infeksi Eli Perencevich, MD, seorang profesor kedokteran dan epidemiologi di Fakultas Kedokteran Universitas Iowa.

"Tidak ada bukti bahwa memakai masker pada orang sehat akan melindungi mereka. Mereka yang memakainya secara salah, justru meningkatkan risiko infeksi karena mereka lebih sering menyentuh wajah mereka."

Jika Anda Sakit sebaiknya berdiam diri di rumah. Tapi jika dalam keadaan darurat, lakukan hal ini:

- Hindari kontak dengan orang lain

- Gunakan masker dengan baik dan benar. Ganti setiap 4 jam sekali atau sebelumnya jika dirasa sudah basah.

- Tutupi hidung dan mulut setiap batuk atau bersin, jangan buang lendir ingus atau dahak sembarangan. Pakai tisu dan setelahnya buang ke tempat sampah yang sesuai.

- Perbanyak minum air putih dan makanan bergizi seperti buah dan sayur.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Salat Jumat di Christchurch Peringati 1 Tahun Penembakan Masjid Selandia Baru

Posted: 12 Mar 2020 08:58 PM PDT

Liputan6.com, Christchurch - Sebanyak 51 orang tewas ketika seorang pria bersenjata menyerang dua masjid di Christchurch, Selandia Baru pada Maret tahun lalu.

Dan hari ini, ratusan orang akan menghadiri pertemuan doa bersama di Arena Horncastle di kota sebagai tanda satu tahunnya kejadian tersebut. 

Meskipun peringatan satu tahun tersebut jatuh pada hari Minggu, kejadian pada tahun lalu terjadi ketika salat Jumat.

Melansir BBC, Jumat (13/3/2020), arena Horncastle berlokasi di dekat masjid Al Noor, tempat 43 orang tewas. Sedangkan, delapan lainnya terbunuh di masjid Linwood.

Pada hari Minggu mendatang, acara yang lebih besar lagi akan diadakan pada hari Minggu. Acara itu juga diadakan di arena yang sama. 

Pada sebuah konferensi pers, Perdana Menteri Jacinda Ardern mengatakan: "Selandia Baru dan rakyatnya telah berubah secara mendasar sejak serangan itu."

Dia juga mengakui bahwa "lebih banyak" hal yang perlu dilakukan untuk menghentikan radikalisasi di negara tersebut.

"Tantangan bagi kita adalah untuk memastikan tindakan kita sehari-hari, di setiap kesempatan ketika kita melihat ada perundungan, pelecehan, rasisme, diskrimasi, memanggil kita sebagai suatu bangsa," katanya. 

"Saat itulah kita akan menunjukkan bahwa masing-masing dari kita memiliki peran untuk memastikan Selandia Baru berubah secara fundamental menjadi lebih baik," tambahnya lagi. 

 

Apa yang Terjadi?

Umat muslim menghadiri pelaksanaan salat Jumat di Hagley Park, Kota Christchurch, Selandia Baru, Jumat (22/3). Salat Jumat digelar di seberang Masjid Al Noor yang menjadi salah satu lokasi insiden teror pada 15 Maret lalu. (Marty MELVILLE / AFP)
Umat muslim menghadiri pelaksanaan salat Jumat di Hagley Park, Kota Christchurch, Selandia Baru, Jumat (22/3). Salat Jumat digelar di seberang Masjid Al Noor yang menjadi salah satu lokasi insiden teror pada 15 Maret lalu. (Marty MELVILLE / AFP)

Pada 15 Maret 2019, seorang pria bersenjata melaju ke Masjid Al Noor (Masjid An-Nur) di Christchurch, mengambil pistol dari mobilnya, kemudian memasuki gedung dan mulai menembak.

Setelah kurang dari 30 detik, ia kembali ke mobilnya, mengambil senjata lain, lalu masuk kembali ke masjid dan melanjutkan serangannya.

Cuplikan dari headcam yang dia kenakan menunjukkan dia lewat dari ruangan ke ruangannya, sambil melakukan penembakan. Penembakan yang ia lakukan pun disiarkan di Facebook Live.

Pelaku penyerangan pun kemudian pergi ke masjid Linwood. Dia menembak dua orang di luar ruangan, lalu menembak ke jendela.

Seorang pria dari dalam masjid keluar, mengambil salah satu senapan penyerang, dan mengejarnya.

Dua petugas polisi kemudian mengejar dan menangkap tersangka, 21 menit setelah panggilan darurat pertama dari masjid Al Noor.

Brenton Tarrant, yang saat itu berusia 28 tahun, pelaku penyeragan tersebut, muncul di pengadilan pada hari berikutnya.

Pada bulan Juni, warga negara Australia tersebut mengaku tidak bersalah atas pembunuhan 51 orang, percobaan pembunuhan 40 orang lainnya, dan satu tuduhan terorisme.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Corona, JK Anjurkan Jemaah Bawa Sajadah Sendiri Jika Ingin Salat di Masjid

Posted: 12 Mar 2020 08:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla menganjurkan jemaah yang hendak menunaikan salat di masjid membawa sajadah. Hal ini untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Bawa sajadah kecil saja, paling nggak untuk muka saja bawa dari rumah," kata dia di Masjid Jami' Al-Munawwar Jalan Raya Pasar Minggu, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (13/3/2020).

JK menerangkan, membawa sajadah sendiri sangat mudah. "Lebih baik menjaga dari pada mengobati," ujar dia.

Sebelumnya, JK memerintahkan seluruh masjid menggunakan desinfektan atau karbol untuk mencegah penyebaran virus corona.

Namun, pria yang akrab disapa JK itu menegaskan bukan berarti masjid termasuk area berbahaya.

"Masjid tidak berbahaya, yang berbahaya virusnya. Jangan salah tulis ya," kata dia.

JK menyampaikan, virus corona dapat muncul di tengah keramaian, salah satunya adalah masjid. Sehingga kebersihan harus tetap dijaga.

JK pun mencotohkan kebijakan Pemerintah Arab Saudi yang memberlakukan aturan penutupan Masjidil Haram.

"Itu ditutup untuk dibersihkan," kata dia.

2 Juta Karbol Untuk Bersihkan Masjid

Sebelumnya, DMI menyiapkan 2 juta karbol untuk dibagikan ke masjid seluruh Indonesia. Sementara itu, untuk desinfektan pihaknya menggandeng beberapa perusahaan besar.

"Desinfektan kita kerahkan beberapa perusahaan untuk melaksankan ini," ujar dia.

JK menuturkan, jumlah musala di Indonesia ada sekitar 900 ribu. Sedangkan masjid berjumlah 300 ribu. JK menargetkan setiap hari setidaknya 20 masjid dapat disemprot dengan desinfektan.

"Hari ini kita bersihkan 10 masjid," terang dia.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Tanggung Pajak Penghasilan Pekerja dan Korporasi, Ini Penjelasannya

Posted: 12 Mar 2020 08:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akan mengeluarkan Stimulus Fiskal Jilid II guna menangkal wabah virus corona yang telah menyebar di Indonesia. Insentif baru itu berupa keringanan bagi Pajak Penghasilan (PPh) 21, PPh 22, PPh 25, serta percepatan restitusi pajak pertambahan nilai (PPN).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, dalam stimulus jilid II ini pemerintah akan menanggung berbagai pajak penghasilan karyawan dalam kurun waktu 6 bulan.

Dia menambahkan, segala kemudahan yang diberikan dalam Stimulus Jilid II ini termasuk relaksasi pajak penghasilan akan bisa menaikkan atau menjaga daya beli.

"Agar menjaga daya beli masyarakat, pemerintah mengeluarkan Stimulus Jilid II. Pertama PPh 21 untuk karyawan yang ditanggung pemerintah untuk 6 bulan," jelas dia di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (13/3/2020).

 

Relaksasi selanjutnya, ia meneruskan, yakni keringanan beban untuk PPh pasal 22 impor yang berlaku pada 19 sektor pengolahan.

"Ketiga, relaksasi pajak penghasilan korporasi atau PPh 25. Iuran bulanan diberikan potongan sebesar 30 persen. Keempat, relaksasi restitusi pajak pertambahan nilai (PPN) untuk industri orientasi ekspor, ini berlaku 6 bulan," sambungnya.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjabarkan, stimulus kedua ini diberikan guna menyikapi perkembangan dampak Covid-19 terhadap perekonomian. Dia pun membuka kemungkinan jika ke depannya pemerintah akan memberikan relaksasi lainnya.

"Ini bukan pengumuman terakhir, karena risiko dan perkembangan dunia terus dinamis. Kita selalu tebuka dan menyiapkan instrumen untuk meminimalkan dampak, baik pada sektor pengusaha maupun pada masyarakat," tuturnya.

Redam Dampak Corona, Pemerintah Buka Opsi Bebaskan Iuran BPJS Ketenagakerjaan

Perusahaan yang tidak menyediakan BPJS Ketenagakerjaan untuk para karyawannya siap-siap kena denda Rp1 miliar. (Ilustrasi: Liputan6/M.Iqbal)
Perusahaan yang tidak menyediakan BPJS Ketenagakerjaan untuk para karyawannya siap-siap kena denda Rp1 miliar. (Ilustrasi: Liputan6/M.Iqbal)

Pemerintah berencana untuk memberikan pembebasan atau menunda pembayaran iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Hal ini sebagai bagian dari pemberian stimulus jilid II untuk menekan dampak virus corona terhadap ekonomi.

Sekretariat Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono mengatakan saat ini pihaknya tengah mengusulkan adanya penundaan pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan tersebut.

"Yang BPJS, juga kita akan mencoba mengusulkan pembebasan atau penundaan nanti terkait dengan iuran beberapa program BPJS, kan program BPJS banyak, ada JKK, JKN, jaminan pensiun, dan sebagainya. Kita mau lihat dulu, mana-mana yang kira-kira bisa bermanfaat untuk mendorong relaksasi tadi," jelas dia di Jakarta, seperti ditulis Jumat (13/3/2020).

Susi menegaskan, intinya pemerintah sangat berhati-hati mempertimbangkan semua kebijakan stimulus jilid ke-II ini.

Terkait dengan total insentif senilai Rp 10,3 triliyun, jauh lebih kecil dari insentif negara lain untuk stimulus jilid II dampak covid-19, Susi lebih menekankan kepada efektifitas dari insentif tersebut.

"Kta bukan masalah besarnya, kita hitung betuk efektifitas impact-nya. karena kan karekteristik dunia usaha dan masyarakat kita kan berbeda dengan negara lain," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ilija Spasojevic dan Paulo Sergio Absen, Bali United Kurang Perkasa

Posted: 12 Mar 2020 08:55 PM PDT

Jakarta Bali United tampak limbung dalam menjalani kompetisi musim ini. Dari lima laga terakhir, klub berjulukan Serdadu Tridatu itu baru meraih dua kemenangan, dua kekalahan, dan sekali imbang.

Sejauh ini, Bali United sudah kebobolan delapan gol. Adapun secara produktivitas, pasukan Stefano Cugurra Teco itu mencetak tujuh gol.

Performa inkonsistensi Bali United tak bisa dipisahkan dari absennya dua pilar, Ilija Spasojevic dan Paulo Sergio. Kedua pemain tersebut merupakan nyawa permainan dari klub asal Pulau Dewata itu.

Spasojevic mengalami cedera betis ketika tampil di Piala AFC melawan Svay Rieng. Adapun Paulo Sergio mengalami cedera ketika berlatih jelang laga pembuka melawan Persita Tangerang (1/3/2020).

Absennya dua pemain tersebut membawa pengaruh besar. Bali United kehilangan konsistensi, dengan membukukan hanya sekali kemenangan, sekali hasil imbang, dan teranyar kalah 0-4 dari Ceres-Negros di Piala AFC 2020.

Tak bisa dimungkiri, kedua pemain tersebut memiliki peran besar ketika membantu Bali United juara Liga 1 2019. Spasojevic musim lalu menyumbang 16 gol, sedangkan Paulo Sergio memberikan 10 assist.

Wajar bila kehilangan dua pemain tersebut membuat keperkasaan Bali United berkurang. Apalagi pemain yang menjadi pengganti belum sepenuhnya mampu berkontribusi.

Kabar Baik

Gelandang Bali United, Paulo Sergio, menggiring bola saat melawan Tira Persikabo pada laga Shopee Liga 1 di Stadion Patriot Pakansari, Bogor, Kamis (15/8). Bali menang 2-1 atas Tira Persikabo. (Bola.com/Yoppy Renato)
Gelandang Bali United, Paulo Sergio, menggiring bola saat melawan Tira Persikabo pada laga Shopee Liga 1 di Stadion Patriot Pakansari, Bogor, Kamis (15/8). Bali menang 2-1 atas Tira Persikabo. (Bola.com/Yoppy Renato)

Kabar baik datang untuk Bali United jelang pertandingan melawan Madura United di pekan ketiga Shopee Liga 1 2020. Ilija Spasojevic dan Paulo Sergio berangsur pulih dan siap untuk kembali merumput.

Kembalinya dua pemain tersebut menambah amunisi Bali United. Klub asal Pulau Dewata tentu saja mengincar kemenangan perdana dalam laga kandang melawan Madura United.

Apalagi kemenangan tersebut nantinya berpeluang mendongkrak posisi Bali United di tabel klasemen.

Disadur dari Bola.com (Zulfirdaus/ Yus Mei,published 13/3/2020)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Jokowi Bakal Tinjau Penanganan Covid-19 di Bandara Soetta

Posted: 12 Mar 2020 08:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi direncanakan meninjau penanganan dan pencegahan virus corona baru atau Covid-19 di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang, Banten, Jumat (13/3/2020).

Senior Manager of Branch Communication and Legal PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Soekarno Hatta, Febri Toga Simatupang mengatakan, Jokowi rencananya akan tiba di Terminal 3 Keberangkatan Internasional Bandara Soetta pada pukul 13.30 WIB.

"Kemudian menuju Digital Lounge, mendengar sedikit penanganan dan pencegahan terhadap virus Covid-19 di Bandara Soekarno Hatta," ujarnya.

Lalu, direncanakan juga Presiden Jokowi akan menuju boarding lounge Terminal 3 Internasional dan turun menuju ke area kedatangan Internasional.

Di sana Jokowi akan masuk ke area pengukur suhu tubuh atau thermo scanner dan thermo gun yang dilakukan oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Presiden Jokowi akan melihat langsung pelaksanaan penanganan dan pencegahan masuknya virus Covid-19 ke Indonesia, melalui kedatangan internasional. Termasuk ruang atau klinik milik KKP untuk penanganan penumpang yang kedapatan memiliki ciri-ciri dengan Covid-19.

Jokowi rencananya akan didampingi sejumlah menteri di jajaran kabinet, yakni Menteri Kesehatan, Menteri BUMN, dan Menteri Perhubungan. Juga Panglima TNI, Kapolri, Kepala BIN, Kepala BNPB, dan Direktur Utama PT Angkasa Pura II.

Tinjau Masjid Istiqlal

Masjid Istiqal dibersihkkan dan disemprot disinfektan sebagai upaya mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19, Jumat (13/3/2020). (Merdeka.com/Intan Umbari)
Masjid Istiqal dibersihkkan dan disemprot disinfektan sebagai upaya mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19, Jumat (13/3/2020). (Merdeka.com/Intan Umbari)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau proses pembersihan atau sterilisasi Masjid Istiqlal, Jakarta dengan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus Corona baru (Covid-19). Pembersihan itu dilakukan jelang salat Jumat.

Pantauan di lokasi sekitar pukul 08.24 WIB, para petugas penyemprot disinfektan menggunakan alat pelindung diri (APD) sudah mulai bersiap untuk mensterilkan masjid dari penyebaran Covid-19.

Mereka terdiri dari 15 petugas Palang Merah Indonesia (PMI), 6 Kesdam Jaya, 6 Gegana Polri, 6 Kodim Jakarta Pusat, 2 KAI DAOPS I.

Presiden Jokowi tiba di Masjid Istiqlal sekitar pukul 09.00 WIB. Dia memantau proses sterillisasi dengan jaraknya sekitar 20 meter. Jokowi didampingi Imam Besar Masjid Istiqlal Nasarudin Umar, Menteri Agama Fachrul Razi, Menteri BUMN Erick Tohir, dan Menteri PUPR Basuki Hadimujono.

Tidak hanya Masjid Istiqlal, rencananya Jokowi juga akan meninjau sterilisasi beberapa lokasi fasilitas umum untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Bayari Pajak Pekerja yang Bergaji hingga Rp 200 Juta per Tahun

Posted: 12 Mar 2020 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan, Sri Mulyani indrawati, mengungkapkan bahwa pemerintah memutuskan untuk menanggung pajak penghasilan pekerja atau PPh Pasal 21 selama 6 bulan. Aturan ini khusus diberikan untuk para pekerja manufaktur.

Sri Mulyani menjelaskan, skema yang diberikan adalah pemerintah akan menanggung 100 persen atas pajak penghasilan untuk pekerja manufaktur yang memiliki pendapatan hingga Rp 200 juta per tahun.

"Pekerja yang mendapat pembebasan pajak ini untuk pekerja di sektor manufaktur baik yang bekerja di kawasan industri maupun non-kawasan industri," jelas dia di Jakarta, Jumat (13/3/2020).

Menurut Sri Mulyani, relaksasi pembayaran pajak ini akan diberikan selama enam bulan. Dimulai sejak April 2020 hingga September 2020.

Dengan adanya aturan ini, nilai relaksasi yang diberikan oleh pemerintah diperkirakan mencapai Rp 8,6 triliun. "Estimasi ini berdasarkan kinerja perusahaan tahun 2019," kata dia.

Dengan adanya relaksasi ini diperkirakan akan menambah daya beli masyarakat. Selain itu, perusahaan manufaktur juga mendapat tambahan tenaga karena tidak perlu menyisihkan dana untuk membayar pajak pekerja.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asmirandah dan Jonas Rivanno Jalani Program Bayi Tabung, Ini 3 Faktanya

Posted: 12 Mar 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap pasangan tentunya ingin dikruniai buah hati. Terlebih lagi bagi pasangan yang telah lama menikah. Salah satunya usahanya adalah dengan program bayi tabung. Baru-baru ini aktris cantik Asmirandah menambah deretan selebriti yang menjalani program bayi tabung.

Asmirandah dan suaminya Jonas Rivanno merupakan pasangan yang selalu tampil romantis dan harmonis. Bahkan keduanya tak jarang dipasangkan menjadi suami-istri di sinetron. Sibuk meniti karier sebagai aktris dan aktor, Asmirandah baru saja membagikan kabar jika dirinya tengah menjalani program bayi tabung.

Hal tersebut diketahui lewat unggahannya di Instagram pribadinya. Tampak foto dirinya dan sang suami, Jonas Rivanno, serta dokter di sisi kanannya.

Mulai jalani program bayi tabung setelah lama menikah, berikut ini 3 faktanya yang dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Jumat (13/3/2020).

1. Program bayi tabung

Asmirandah dan Jonas Rivanno mulai jalani program bayi tabung. (Sumber: Instagram/@asmirandah89)
Asmirandah dan Jonas Rivanno mulai jalani program bayi tabung. (Sumber: Instagram/@asmirandah89)

Lewat unggahan foto di Instagram pribadinya @asmirandah89, aktris kelahiran 1989 ini mengambarkan jika dirinya mulai menjalani program bayi tabung bersama suami.

"Konsultasi pertamaku dengan Dr. @merryamelya_ps di @morulaivf_jakarta" tulisnya dengan diakhiri emoji yang diunggah pada Jumat (13/3/2020).

Unggahan tersebut langsung disukai oleh netizen. Sayangnya, Asmirandah mematikan kolom komentar diunggahan tersebut.

2. Konsultasi di rumah sakit ternama

Asmirandah dan Jonas Rivanno mulai jalani program bayi tabung. (Sumber: Instagram/@asmirandah89)
Asmirandah dan Jonas Rivanno mulai jalani program bayi tabung. (Sumber: Instagram/@asmirandah89)

Asmirandah dan Jonas Rivanno mendatangi rumah sakit ternama di kawasan Jakarta. Pasangan selebriti ternama itu terlihat mengunjungi rumah sakit yang sama seperti dikunjungi Irwansyah dan Zaskia Sungkar.

Rumah sakit itu diketahui berada di Morula IVF Jakarta tepatnya di Menteng, Jakarta Pusat seperti yang ditulis oleh Asmirandah di unggahan foto serta Instagram Storiesnya.

3. Sudah menikah 7 tahun

Asmirandah dan Jonas Rivanno mulai jalani program bayi tabung.  (Sumber: Instagram/fdphotography90)
Asmirandah dan Jonas Rivanno mulai jalani program bayi tabung. (Sumber: Instagram/fdphotography90)

Pasangan Asmirandah dan Jonas Rivanno merupakan selebriti yang menikah pada 17 Oktober 2013 silam. Sudah menikah selama 7 tahun, pasangan ini belum dikaruniai buah hati.

Saat menikah Asmirandah dan Jonas Rivanno sempat terkendala restu orang tua karena perbedaan keyakinan. Walaupun demikian pernikahan mereka sudah tercatat resmi di Dinas Catatan Sipil DKI Jakarta. Pasangan tersebuti bahkan selalu romantis di berbagai kesempatan dan jauh dari gosip miring.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Laga Vs LASK di Luar, Suara Fans MU Terdengar ke Dalam Stadion

Posted: 12 Mar 2020 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) sukses menggulung tuan rumah, LASK 5-0 pada leg pertama 16 besar Liga Europa, Jumat (13/3/2020) dinihari WIB. Laga yang berlangsung di Linzer Stadion itu sebetulnya berlangsung tanpa penonton.

Namun ternyata, fans MU tetap datang. Mereka pun bernyanyi di luar hingga suaranya terdengar sampai ke dalam stadion.

Seperti dilansir The Sun, seoran fans mengunggah aksi tersebut lewat akun twitternya. " Digelar tanpa penonton, tetapi suara fans MU di luar masih dapat didengar. Aksi terbaik," tulis fan tersebut.

"Fans MU berteriak dari luar, berharap didengar oleh mereka yang ada di dalam stadion," tulis fan lainnya.

Pertandingan LASK vs MU digelar tanpa penonton menyusul virus corona yang telah menjadi pandemi. UEFA selaku otoritas sepak bola Eropa pun memutuskan sejumlah laga Liga Europa dan Liga Champions digelar tanpa penonton.

MU boleh dibilang sedikit 'beruntung'. Pasalnya, ada dua laga lain yang malah dibatalkan.

Dua laga itu adalah Sevilla kontra AS Roma, dan Inter Milan melawan Getafe. Dua laga itu urung digelar karena pandemi virus corona di Italia.

Ya, Italia memang menjadi salah satu negara Eropa yang paling parah terkena pandemi virus corona. Menurut data dari New York Times, ada seribu kasus virus corona yang telah terdeteksi di sana.

 

Menang Besar

Striker Manchester United, Odion Ighalo, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang LASK pada leg pertama 16 besar Liga Europa di Linzer Stadion, Linz, Austria, Jumat (13/3). Manchester United menang telak 5-0 atas LASK. (AP/Kerstin Joensson)
Striker Manchester United, Odion Ighalo, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang LASK pada leg pertama 16 besar Liga Europa di Linzer Stadion, Linz, Austria, Jumat (13/3). Manchester United menang telak 5-0 atas LASK. (AP/Kerstin Joensson)

Sementara itu, pesta gol MU di pertandingan itu diawali aksi Odion Ighalo (28'). Gol tersebut menjadi satu-satunya yang tericpta di babak pertama.

MU baru dapat pesta gol di babak kedua. Daniel James mencatatkan namanya di papan skor pada menit 58, disusul Juan Mata (82'), Mason Greenwood (91'), dan Andreas Pereira (93').

Arteta dan Ighalo Kena

 Di sisi lain, pandemi virus corona sendiri telah menjangkiti anggota klub Liga Inggris. Saat ini, pelatih Arsenal, Mikel Arteta dan gelandang Chelsea, Callum Hudson-Odoi telah dikonfirmasi positif virus corona.

Otoritas Liga Inggris pun bereaksi. Mereka rencananya akan mengadakan rapat demi membahas nasib kompetisi musim ini.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Tengah Isu Corona, Mendag: Salat Tarawih dan Buka Bersama Tetap Dilakukan

Posted: 12 Mar 2020 08:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi didampingi sejumlah menteri meninjau kegiatan pembersihan Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Kegiatan tersebut juga dilakukan bersama dengan beberapa stakeholder terkait seperti BNPB dan PMI.

Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan, salah satu kegiatan membersihkan masjid adalah menggulung sejumlah karpet-karpet masjid sebelum digunakan untuk ibadah salat Jumat untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Alhamdulillah tadi saya menag, menkes dan imam besar dengan bapak menteri lainnya mendampingi bapak presiden untuk menyaksikan satu upaya menggulung semua karpet yang ada di Masjid Istiqlal ini, kemudian mengadakan menyemprotkan dengan antiseptik dan ini upaya kita membuat masjid ini lebih baik atau lebih steril. Mudah-mudahan bibit-bibit penyakit hilang," kata Fachrul Razi di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (13/3/2020).

Dengan adanya kegiatan bersih-bersih tersebut. Ia mengimbau kepada seluruh masjid yang ada di Indonesia juga untuk melakukan kegiatan bersih-bersih masjid sebelum digunakan untuk beribadah.

"Satu menggulung semua karpet-karpetnya karena ternyata itu salah satu sumber penyakit. Kemudian kedua melakukan penyemprotan antiseptik, kemudian antara lain sebagai contoh kita sarankan untuk tidak lagi sementara waktu ini bersalaman apalagi bercipika cipiki karena itu juga ternyata media untuk penularan penyakit," imbaunya.

Selain itu, di setiap tempat wudhu disiapkan sabun dan antiseptik. "Mudah-mudahan dengan itu akan menjadi lebih baik penularan penyakit menjadi lebih sedikit," sambungnya. 

Tetap Adakan Salat Tarawih dan Buka Puasa Bersama

Selain itu, Fachrul Razi mengaku tetap akan mengadakan salat tarawih dan buka puasa bersama saat bulan suci ramadan nanti. Namun, tak menutup kemungkinan kegiatan tersebut akan ditiadakan apabila situasinya memburuk.

"Kecuali ada perubahan-perubahan situasi yang membuat situasi menjadi sangat jelek. Mudah-mudahan tidak terjadi. Nanti kita ambil langkah-langkah lain yang lebih baik dalam menghadapi ini," ungkapnya.

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Transformasi Mama Amy Ibunda Raffi Ahmad, Seolah Tak Menua

Posted: 12 Mar 2020 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Amy Qanita atau yang lebih akrab disapa Mama Amy merupakan ibunda Raffi Ahmad. Sebagai ibu dari artis papan atas Tanah Air, ia selalu jadi sorotan publik. Meski sudah menjadi seorang nenek, Mama Amy memiliki gaya dan penampilan yang selalu stylish.

Tak hanya sekedar ibu rumah tangga saja, wanita 55 tahun ini juga disibukkan sebagai seorang pemandu acara di salah satu stasiun televisi swasta. Selain itu, mertua Nagita Slavina ini kerap diundang sebagai bintang tamu untuk mengisi sebuah program acara televisi.

Mama Amy juga menjadi selebgram dan mendapat berbagai endorse. Maka tak heran jika gaya hidup Amy Qanita tak jauh dari kesan mewah. Tak taggung-tanggung, fashion item yang dikenakan ibunda Raffi Ahmad dari ujung kepala hingga kaki bisa bernilai jutaan hingga ratusan juta rupiah.

Bukan hanya penampilannya saja, pesona Mama Amy tak pernah pudar. Di usianya yang tak lagi muda, Mama Amy tampak semakin memesona. Bahkan potret lawas Mama Amy pun tak sedikit berubah dengan saat ini. Banyak netizen yang menyebut ibunda Raffi Ahmad ini tampak awet muda.

Penasaran kan dengan pesona Mama Amy dari waktu ke waktu? Berikut potret Mama Amy saat masih muda hingga sekarang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (13/3/2020).

1. Potret Amy Qanita saat masih muda, warganet sebut senyum wanita berkacamata dan kenakan tas cokelat dalam foto ini tak pernah berubah.

Amy Qanita (Sumber: Instagram/@raffinagita1717)
Amy Qanita (Sumber: Instagram/@raffinagita1717)

2. Potret lawas Mama Amy saat menikah, ia tampak cantik dan disebut mirip Nagita.

Amy Qanita (Sumber: Instagram/@pecintaladygigi)
Amy Qanita (Sumber: Instagram/@pecintaladygigi)

3. Mama Amy bersama ketiga anaknya, penuh dengan kehangatan.

Amy Qanita (Sumber: Instagram/@amy_r_qanita)
Amy Qanita (Sumber: Instagram/@amy_r_qanita)

4. Ibunda Raffi Ahmad ini tampak mengenakan kacamata dan riasan makeup yang tipis.

Amy Qanita (Sumber: Kapanlagi.com)
Amy Qanita (Sumber: Kapanlagi.com)

5. Sebelum mantap berhijab, gaya rambutnya pun tak ketinggalan dengan anak muda.

Amy Qanita (Sumber: Twitter/@amyqanita)
Amy Qanita (Sumber: Twitter/@amyqanita)

6. Saat mengenakan kebaya dan rambut disanggul dengan rapi, Mama Amy tampak begitu cantik.

Amy Qanita (Sumber: Instagram/@syahnazs)
Amy Qanita (Sumber: Instagram/@syahnazs)

7. Kini ibu tiga anak ini sudah berhijab, Mama Amy terlihat makin menawan di usia 55 tahun.

Amy Qanita (Sumber: Instagram/@raffinagita1717)
Amy Qanita (Sumber: Instagram/@raffinagita1717)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Skuat Timnas Indonesia U-16 Rajin Cuci Tangan demi Hindari Virus Corona

Posted: 12 Mar 2020 08:35 PM PDT

Jakarta Timnas Indonesia U-16 tak luput dari proteksi dan pencegahan agar tak terpapar virus Corona. Mereka mendapatkan penyuluhan untuk mencegah penularan virus Corona.

Para pemain diharapkan menjadi lebih tahu cara menghindari penyakit tersebut.

"Saya dan teman-teman jadi tahu bagaimana cara mengatasi dan mengobatinya. Terima kasih dokter Ifran Akhmad, kami lebih berhati-hati sekarang, harus banyak makan buah dan sayur juga cuci tangan setiap sebelum melakukan aktivitas atau makan. Kami juga tadi diajarkan praktik langsung bagaimana cara mencuci tangan dengan benar," ujar bek Timnas Indonesia U-16, Kadek Arel Priyatna, dinukil dari laman PSSI.

Dokter Timnas Indonesia U-16, Ifran Akhmad, menjelaskan bagaimana virus Corona dapat menyebar kepada skuat Timnas Indonesia U-16 pada Kamis (12/3/2020) di Bekasi. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian pemusatan latihan pada 9-20 Maret 2020.

"Sore ini ada penyuluhan dan pemberian materi mengenai pengenalan terhadap virus Corona dari sisi kesehatan. Di tim ini, kami tidak hanya memberikan pelatihan sepak bola saja, tetapi ada hal-hal lain yang harus juga diberikan ke pemain, untuk menambah pengetahuan mereka," tutur pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti.

"Untuk itu, saya memberikan pengetahuan mengenai apa itu sebenarnya penyakit ini, dari mana asalnya, bagaimana gejala hingga mengatasi serta mencegah agar tidak terkena penyakit, kepada para pemain. Tentu dengan bahasa yang dapat dimengerti oleh anak-anak seusia mereka," timpal Ifran Akhmad.

Ifran Akhmad menjelaskan bagaimana virus Corona bermula. Gejala Covid-19 dapat dipelajari dari banyak keluhan.

"Virus ini juga dikenal dengan nama RNA virus. Ini virus baru penyebab penyakit saluran pernafasan. Virus ini berasal dari Cina. Awalnya, penularannya melalui hewan, seperti kelelawar, unta, dan ular. Virus ini merupakan satu keluarga dengan virus penyebab SARS dan MERS. Namun, virus ini hanya dapat bertahan pada suhu dibawah 10 derajat Celsius," jelasnya.

"Adapun gejala-gejala yang dapat diketahui adalah demam, batuk, sakit kepala, badan terasa lemas, hidung tersumbat, dan sakit tenggorokan," ucap Ifran Akhmad.

Larangan untuk Timnas Indonesia U-16

Sesi latihan Timnas Indonesia U-16 di Lapangan UII, Sleman (18/2/2020). (Bola.com/Vincentius Atmaja)
Sesi latihan Timnas Indonesia U-16 di Lapangan UII, Sleman (18/2/2020). (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Ifran Akhmad mengatakan, penularan virus ini dari manusia ke manusia, dapat melalui cairan. Oleh sebab itu, ia menyarankan pemain Timnas Indoneia U-16 rutin mencuci tangan.

"Seperti saat sedang batuk, bersin dan berjabat tangan. Virus ditularkan jika Anda menyentuh cairan orang yang terinfeksi, lalu menyentuh mata, hidung dan juga mulut," kata Ifran Akhmad.

Ifran juga membuat beberapa larangan serta imbauan agar skuat Timnas Indonesia U-16 terhindar dari virus berbahaya ini. Satu di antara ialah menjauhi orang yang sedang sakit.

"Bagaimana cara mengatasinya? Pertama, sering mencuci tangan dengan air dan sabun selama 20 detik dan pastikan tangan, jari, kuku bersih dari kuman. Kedua, Istirahat yang cukup dan konsumsi makanan bergizi. Ketiga, hindari menyentuh mata, hidung atau mulut dengan tangan yang tidak bersih. Keempat, menutup mulut, hidung dengan tissue ketika bersin atau batuk. Kelima, hindari kontak dengan orang yang sakit. Keenam, hindari bepergian ke daerah yang terjangkit virus ini. Ketujuh, gunakan masker jika berada di lingkungan rumah sakit yang merawat pasien infeksi Corona."

"Untuk pemakaian masker, ada dua jenis yang saya sarankan. Pertama, Masker N95 yang dapat memfilter 95% 0,3um pertikel dan menahan virus. Digunakan untuk penyakit yang ditularkan melalui udara. Kedua, masker bedah, ada 3 lapis, paling luar waterproof untuk mencega percikan masuk ke masker yaitu lapis tengah untuk filtrasi yang dapat menahan 90% partiker 5um serta lapisan dalam digunakan untuk menyerap yang lembab atau basah," ucap Ifran Akhmad.

Disadur dari Bola.com (Ady/wiwig,published 13/3/2020)

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Virus Corona, Pusat Perbelanjaan di Tangerang Disemprot Disinfektan

Posted: 12 Mar 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bukan hanya bandara kedatangan internasional saja, pusat perbelanjaan di Kota Tangerang juga mulai mengambil langkah dalam pencegahan Virus Corona atau COVID-19 dengan cara penyemprotan cairan disinfektan.

Menjelang tengah malam atau setelah jam operasional, petugas yang membawa alat desinfektan, langsung menyusuri tiap lantai di Tangcity Mall, Kota Tangerang. Mereka berpencar mulai dari basement parkiran, musala di tiap lantai, eskalator tiap lantai, area tenant tiap lantai, kamar mandi, tempat duduk, atau semua benda yang bersentuhan langsung dengan pengunjung.

Media Relation TangCity Mall, Intan Amallia, menjelaskan penyemprotan disinfektan tersebut dilakukan di seluruh area fasilitas yang berhubungan dengan pengunjung.

"Ini merupakan tindakan preventif dan akan kami lakukan sebanyak dua kali dalam satu minggu, sehubungan dengan merebaknya virus Corona. Bahkan jauh sebelum ada isu ini, kami juga sudah ambil langkah penyiraman desinfektan ini," ujar Intan, Jumat (13/3/2020).

Selain itu, penyemprotan juga difokuskan pada seluruh area bermain anak-anak dan fasilitas prasana pengunjung. Juga menyediakan hand sanitizer di setiap sudut ruangan dan setiap pintu keluar masuk mal.

"Hand sanitizer juga sudah kita terapkan sejak pengumuman pertama presiden terkait hal ini. Kita letakkan di setiap pintu dan setiap lobi," ujarnya.

Intan menambahkan, ke depan pihaknya berencana untuk menyiapkan thermo gun dan juga thermal scanner agar dapat memeriksa suhu tubuh pengunjung yang terindikasi terinfeksi virus Corona.

"Rencana sudah pasti ada, tetapi kita tergantung kebutuhan juga kali ya. Tetapi kalau memang keadaannya sudah cukup darurat pasti kita akan pasang," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Microsoft Lumpuhkan Jaringan Zombie Bot Terbesar di Dunia

Posted: 12 Mar 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft, bersama dengan sejumlah tim spesialis dari 35 negara di dunia berhasil mendeteksi dan menumbankan jaringan zombie bot internasional.

Adapun jaringan zombie bot tersebut bernama Necurs, organisasi yang telah menginfeksi lebih dari sembilan juta komputer secara global.

Selama 58 hari penyelidikan terhadap Necurs, Microsoft mendeteksi komputer yang terinfeksi mengirim 3,8 juta email spam ke lebih dari 40,6 juta calon korbannya.

"Microsoft dan mitra di 35 negara mengambil langkah hukum dan teknis terkoordinasi untuk 'mematikan' botnet paling produktif di dunia, yaitu Necurs," tulis Corporate VP, customer security and trust di Microsoft, Tom Burt, sebagaimana dikutip dari BBC, Jumat (13/3/2020).

Microsoft mengatakan, perang terhadap Necurs ini merupakan hasil dari delapan tahun usaha pelacakan dan perencanaan untuk memastikan penjahat siber di balik jariingan ini tidak bisa lagi berkutik.

 

Hacker Necurs Berbasis di Rusia

Lebih lanjut, pelaku kejahatan siber Necurs diyakini berbasis di Rusia dan acap kali melakukan berbagai macam tindak kejahatan siber, mulai dari email spam farmasi palsu hingga penipuan situs web kencan Rusia.

Burt melanjutkan, "para pelaku di balik Necurs menjual atau menyewakan akses ke perangkat komputer yang terinfeksi ke penjahat siber lainnya sebagai bagian dari layanan botnet-for-rent."

"Necurs juga dikenal karena mendistribusikan malware dan ransomware dengan target sasaran finansial, cryptomining, dan memiliki kemampuan DDoS (distributed denial of service) yang belum diaktifkan tetapi bisa kapan saja."

 

Deteksi Pergerakan Botnet

Microsoft menganalisis, teknik yang digunakan Necurs untuk menghasilkan domain baru melalui suatu algoritma.

Dengan cara ini, Microsoft dan tim dapat secara akurat memprediksi lebih dari enam juta domain unik yang akan dibuat dalam 25 bulan ke depan.

Perusahaan kemudian melaporkan ini ke registrasi masing-masing di negara-negara sehingga situs web dapat diblokir, dan mencegah mereka menjadi bagian dari infrastruktur Necurs.

(Fitriah Nurul/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Virus Corona, Barcelona Mendukung Penangguhan Kompetisi Olahraga

Posted: 12 Mar 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona mendukung keputusan menunda pertandingan La Liga Spanyol hingga dua pekan ke depan dan penundaan olahraga lainnya. Keputusan itu diambil guna menekan penyebaran virus Corona yang kini menjadi pandemi global.

"Kami sepenuhnya setuju dengan keputusan yang diambil," kata juru bicara Barcelona Josep Vives seperti dikutip dari AS. "Kami menganggapnya penting karena kami menghadapi keadaan darurat kesehatan dengan karakteristik seperti itu."

"Kompetisi bukanlah yang penting saat ini," tegas Vives.

Seperti diberitakan sebelumnya, Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) dan otiritas terkait memutuskan menunda pertandingan Liga Spanyol jornada ke-28 dan 29. Sesuai jadwal, jornada ke-28 akan digelar pada 14 sampai 16 Maret 2020. Sedangkan jornada ke-29 dihelat 21 hingga 23 Mare.

Dengan demikian, laga Barcelona melawan Real Mallorca dan Leganes untuk sementara ditunda.

 

 

Final Copa del Rey Ditunda

Logo Copa del Rey (Google)
Logo Copa del Rey (Google)

Sebelumnya, RFEF memutuskan menunda pertandingan final Copa del Rey antara Real Sociedad dan Athletic Bilbao di Estadio de La Cartuja, 18 April. Nantinya, pertandingan akan digelar pada 30 Mei.

"Final Copa del Rey telah ditunda oleh kesepakatan bersama dengan klub finalis, demi memastikan laga bisa dimainkan dengan penonton di tribune," kata Presiden RFEF Luis Rubiales.

"Tujuannya agar La Cartuja penuh dengan suporter," lanjutnya.

Italia Pertama

Spanyol menjadi negara besar Eropa kedua yang menghentikan kompetisi menyusul penyebaran virus Corona. Sebelumnya Italia terlebih dahulu melakukannya karena tingginya tingkat kematian akibat COVID-19.

Saksikan video pilihan berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Istri Positif Corona, Bagaimana Kondisi PM Kanada Justin Trudeau?

Posted: 12 Mar 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Istri PM Kanada Justin Trudeau terkonfirmasi positif mengidap virus corona baru. Kini, kondisi Justin Trudeau dilaporkan baik tanpa adanya gejala sakit namun ia memilih mengisolasi diri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Tayang Film Mulan Mundur Karena Wabah Virus Corona

Posted: 12 Mar 2020 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setelah menggelar gala premier yang viral di jagat maya, Mulan kembali menuai kontroversi. Film Mulan dikabarkan tunda tayang.

Rencana semula, Mulan tayang di kawasan Amerika Utara (AS dan Kanada) pada 27 Maret 2020. Indonesia mendapat kesempatan istimewa menayangkan Mulan lebih awal, yakni 25 Maret 2020.

Kamis (12/3/2020) waktu Amerika, beredar kabar Disney membuat keputusan mengejutkan dengan menunda perilisan Mulan, yang sudah dinantikan jutaan penggemar di seluruh dunia.

Mulan Bukan Satu-satunya

Poster film Mulan. (Foto: IMDb/ Disney)
Poster film Mulan. (Foto: IMDb/ Disney)

Melansir dari situs berita Variety, Mulan tunda tayang hingga pemberitahuan resmi lebih lanjut. Variety menjelaskan, Mulan tunda tayang di berbagai negara di seluruh dunia karena wabah virus Corona.

Mulan bukan satu-satunya film Disney yang ditunda penayangannya. Film The New Mutants dan Antlers juga dijadwal ulang oleh Disney. Studio raksasa itu kini tengah menjajaki sejumlah kemungkinan tanggal rilis yang baru.

The New Mutants dan Antlers

Liu Yifei. (Foto: Instagram @yifei_cc)
Liu Yifei. (Foto: Instagram @yifei_cc)

Sejumlah penggemar syok dengan keputusan Walt Disney yang terkesan mendadak. Seperti diketahui, The New Mutants semestinya menyapa bioskop mulai 3 April 2020.

Film lain yang ditunda penayangannya, Antlers karya sineas peraih 2 Piala Oscar, Guillermo del Toro. Antlers semestinya rilis 17 April 2020 di bawah payung studio Searchlight (dulu disebut Fox Searchlight -red.).

 

Diramal Cetak Box Office

Terpilih sebagai pemeran tokoh Mulan, aktris Liu Yifei punya cara tersendiri untuk menjaga kecantikannya. (Foto: Instagram/ Liu Yifei)
Terpilih sebagai pemeran tokoh Mulan, aktris Liu Yifei punya cara tersendiri untuk menjaga kecantikannya. (Foto: Instagram/ Liu Yifei)

Situs berita Deadline memberitakan, film yang dibintangi aktris lokal Tiongkok Liu Yifei tunda tayang karena pasar paling potensional bagi Mulan, Tiongkok, lumpuh total. Seluruh bioskop di Negeri Tirai Bambu tidak beroperasi akibat wabah virus Corona. Mulan diproduksi dengan biaya fantastis 200 juta dolar AS atau 2,8 triliun rupiah.

Kali pertama diputar dalam gala premier, sejumlah kritikus menyanjung kinerja sineas Niki Caro dan tim. Akun Twitter pemerhati film @bicaraboxoffice menyebut, pujian kritikus membuat Mulan diramal mencetak angka box office fantastis.

Prediksi Rp 1,26 Triliun

Disey akhirnya merilis foto pertama Yifei Liu yang berperan sebagai Hua Mulan. (Walt Disney)
isney.jpg

"Mulan diproyeksikan mendapat 80 hingga 90 juta dolar AS (1,26 triliun rupiah) pada akhir pekan pertama penayangan (di kawasan Amerika Utara)," cuit akun tersebut. Diharapkan, keperkasaan Mulan di tangga box office memulihkan kepercayaan para pelaku industri layar lebar Hollywood di tengah mewabahnya virus Corona.

Sayang, Mulan akhirnya tunda tayang. Hingga artikel ini disusun, Liu Yifei dan sejumlah pemain lain belum memberikan pernyataan resmi kepada publik terkait hal ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Istri PM Kanada Positif Virus Corona COVID-19

Posted: 12 Mar 2020 08:26 PM PDT

File foto 5 Desember 2019, PM Kanada, Justin Trudeau dan istrinya, Sophie Gregorie Trudeau tiba untuk menyampaikan pidato di Senat Kanada. Istri PM Kanada dinyatakan positif Virus Corona COVID-19 pada Kamis 12 Maret setelah mulai merasa sakit pada Rabu malam sekembalinya dari London. (Dave Chan/AFP)
File foto 5 Desember 2019, PM Kanada, Justin Trudeau dan istrinya, Sophie Gregorie Trudeau tiba untuk menyampaikan pidato di Senat Kanada. Istri PM Kanada dinyatakan positif Virus Corona COVID-19 pada Kamis 12 Maret setelah mulai merasa sakit pada Rabu malam sekembalinya dari London. (Dave Chan/AFP)

File foto 5 Desember 2019, PM Kanada, Justin Trudeau dan istrinya, Sophie Gregorie Trudeau tiba untuk menyampaikan pidato di Senat Kanada. Istri PM Kanada dinyatakan positif Virus Corona COVID-19 pada Kamis 12 Maret setelah mulai merasa sakit pada Rabu malam sekembalinya dari London. (Dave Chan/AFP)

File foto pada 21 Oktober 2019, PM Kanada Justin Trudeau dan istrinya Sophie Gregorie Trudeau tiba untuk merayakan kemenangannya dengan para pendukung di Montreal. Dinyatakan positif terinfeksi virus corona covid-19, istri PM Kanada menjalani isolasi di rumah sakit . (Sebastien ST-JEAN/AFP)
File foto pada 21 Oktober 2019, PM Kanada Justin Trudeau dan istrinya Sophie Gregorie Trudeau tiba untuk merayakan kemenangannya dengan para pendukung di Montreal. Dinyatakan positif terinfeksi virus corona covid-19, istri PM Kanada menjalani isolasi di rumah sakit . (Sebastien ST-JEAN/AFP)

File foto pada 21 Oktober 2019, PM Kanada Justin Trudeau dan istrinya Sophie Gregorie Trudeau tiba untuk merayakan kemenangannya dengan para pendukung di Montreal. Dinyatakan positif terinfeksi virus corona covid-19, istri PM Kanada menjalani isolasi di rumah sakit . (Sebastien ST-JEAN/AFP)

File foto 8 Juni 2018, PM Kanada Justin Trudeau dan istrinya Sophie Gregorie Trudeau tiba untuk upacara penyambutan bagi para pemimpin G7 pada hari pertama KTT di Quebec. Kantor pemerintahan mengonfirmasi istri PM Justin Trudeau dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona COVID-19. (GEOFF ROBINS/AFP)
File foto 8 Juni 2018, PM Kanada Justin Trudeau dan istrinya Sophie Gregorie Trudeau tiba untuk upacara penyambutan bagi para pemimpin G7 pada hari pertama KTT di Quebec. Kantor pemerintahan mengonfirmasi istri PM Justin Trudeau dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona COVID-19. (GEOFF ROBINS/AFP)

File foto 8 Juni 2018, PM Kanada Justin Trudeau dan istrinya Sophie Gregorie Trudeau tiba untuk upacara penyambutan bagi para pemimpin G7 pada hari pertama KTT di Quebec. Kantor pemerintahan mengonfirmasi istri PM Justin Trudeau dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona COVID-19. (GEOFF ROBINS/AFP)

File foto 27 Juni 2019, PM Kanada Justin Trudeau dan istrinya Sophie Gregorie Trudeau tiba jelang KTT G20 Osaka di bandara Kansai. Istri PM Kanada dinyatakan positif Virus Corona COVID-19 pada Kamis 12 Maret setelah mulai merasa sakit pada Rabu malam sekembalinya dari London. (CHARLY TRIBALLEAU/AFP)
File foto 27 Juni 2019, PM Kanada Justin Trudeau dan istrinya Sophie Gregorie Trudeau tiba jelang KTT G20 Osaka di bandara Kansai. Istri PM Kanada dinyatakan positif Virus Corona COVID-19 pada Kamis 12 Maret setelah mulai merasa sakit pada Rabu malam sekembalinya dari London. (CHARLY TRIBALLEAU/AFP)

File foto 27 Juni 2019, PM Kanada Justin Trudeau dan istrinya Sophie Gregorie Trudeau tiba jelang KTT G20 Osaka di bandara Kansai. Istri PM Kanada dinyatakan positif Virus Corona COVID-19 pada Kamis 12 Maret setelah mulai merasa sakit pada Rabu malam sekembalinya dari London. (CHARLY TRIBALLEAU/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

IHSG Diprediksi Terus Terkoreksi Hari Ini

Posted: 12 Mar 2020 08:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat pagi anjlok dan kembali terkena pembekuan sementara (trading halt) selama 30 menit pada pukul 09.15 WIB. Hal ini karena melemah hingga lebih dari 5 persen.

IHSG dibuka melemah 245,17 poin atau 5,01 persen ke posisi 4.650,58. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak turun 50,62 poin atau 6,58 persen menjadi 719,02.

"Kami memperkirakan IHSG masih berpeluang terkoreksi dalam pada hari ini," tulis Tim Riset Samuel Sekuritas dalam riset dikutip dari Antara di Jakarta, Jumat (13/3/2020).

Perdagangan IHSG kemarin ditutup terkoreksi tajam ke level 4.895,7 dan sempat diberhentikan akibat menyentuh level lebih dari 5 persen.

BEI sendiri sudah kembali membuka perdagangan saham pada pukul 09.45 tadi. IHSG terpantau masih bergerak melemah di kisaran 4,5 persen hingga 4,9 persen.

OJK

Pengendara sepeda motor melintas dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Jakarta, Kamis (10/10/2019). IHSG ditutup melemah 0,09 persen atau 5,52 poin ke level 6.023,64 dari penutupan perdagangan sebelumnya. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Pengendara sepeda motor melintas dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Jakarta, Kamis (10/10/2019). IHSG ditutup melemah 0,09 persen atau 5,52 poin ke level 6.023,64 dari penutupan perdagangan sebelumnya. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah memerintahkan perubahan pada batas auto reject bawah (ARB) menjadi 7 persen untuk seluruh fraksi harga.

OJK juga memerintahkan untuk meniadakan saham-saham yang bisa diperdagangkan pada sesi pra pembukaan (pre-opening).

Dari eksternal, perdagangan bursa AS kembali ditutup turun tajam, dan sempat diberhentikan sementara akibat penurunan S&P 500 menyentuh batas 7 persen.

Tercatat, S&P 500 turun 9,51 persen, Dow Jones turun 9,99 persen, dan Nasdaq turun 9,43 persen, yang diikuti dengan "bond rally" pada imbal hasil obligasi AS tenor 10 tahun yang turun 0,079 bps ke level 0,773 persen.

Tidak hanya terjadi pada bursa saham, penurunan tajam juga terjadi pada penutupan harga komoditas global semalam.

Bank sentral The Fed menyatakan akan melakukan intervensi pada pasar uang jangka pendek yang diikuti dengan pembelian obligasi sebagai stimulus, yang biasa disebut "quantitative easing".

Penambahan pasokan likuiditas itu dilakukan sebagai tindakan antisipasi kontraksi ekonomi dan perdagangan pasar modal yang dapat terjadi akibat adanya COVID-19.    

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: