Kamis, 05 Maret 2020

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Tak Perlu Panic Buying, Petani Pastikan Stok Pangan Cukup

Posted: 05 Mar 2020 10:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ketua Harian Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Entang Sastraatmaja meminta masyarakat tak panik dan menghawatirkan stok pangan nasional (panic buying). Menurut Entang, kekhawatiran itu tidak berdasar karena pemerintah sudah memastikan kebutuhan pangan 2020 aman.

"Kalau kita percaya data yang ada, pasti cukup. Hanya saja jangan takut soal stok, karena sebenarnya kita sudah sangat piawai dalam mengatur kebutuhan," kata Entang, dalam keterangan tertulis, Jumat (6/3/2020).

Seperti diketahui, baru-baru ini terjadi panic buying pada sebagian masyarakat, menyusul kabar virus Corona yang masuk ke Indonesia. Hal tersebut dilakukan untuk memiliki persediaan lebih di masing-masing keluarga.

Entang mengatakan, sebaiknya masyarakat mulai membangun hasrat deteksi dini dalam menghadapi sebuah masalah seperti menyebarnya virus Corona. Kata dia, jika hal ini diterapkan, maka, tidak akan ada sikap semacam panic buying.

"Kalau masyarakat masih mengedepankan situasi tersebut, maka panic buying akan terus terjadi," terang Entang.

Entang berharap, Kementerian Pertanian melalui Kepala Daerah perlu membangun komunikasi yang lebih efektif dan berkualitas dengan masyarakat.

"Jadikan Kepala Daerah sebagai penyuluh Kementan dalam menjelaskan ketersediaan bahan pangan pokok kita," katanya.

 

Sangat Disayangkan

Pengunjung memborong telur di sebuah pusat perbelanjaan kawasan Kelapa Gading, Jakarta, Senin (2/3/2020). Warga berbondong-bondong membeli bahan-bahan pokok hingga masker dan hand sanitizer setelah kabar dua warga Depok positif terinfeksi virus corona. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)
Pengunjung memborong telur di sebuah pusat perbelanjaan kawasan Kelapa Gading, Jakarta, Senin (2/3/2020). Warga berbondong-bondong membeli bahan-bahan pokok hingga masker dan hand sanitizer setelah kabar dua warga Depok positif terinfeksi virus corona. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Sementara itu, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Islam Riau, Ujang Paman Ismail menyayangkan sikap masyarakat yang bersikap panic buying. Terlebih jika ada pedagang yang menaikan harga secara sepihak.

"Panic buying hanya membuat kebutuhan sehari-hari langka, dan pedagang akan selalu menggunakan kesempatan ini untuk mengambil untung. Ini tentu sangat merugikan masyarakat, dan tidak perlu dilakukan," ujarnya

Mengenai hal ini, Ujang mendukung sikap pemerintah yang menindak tegas oknum pencari untung di atas penderitaan orang lain.

"Saya sangat setuju tindakan kepolisian yang dengan tegas akan menindak spekulan yang merugikan nasyarakat banyak dengan menjual barang yang dibutuhkan dengan harga yang tidak rasional. Seharusnya, ketika kita menghadapi wabah seperti ini, kita harus tunjukkan persaudaraan kita sebagai satu bangsa dengan saling membantu dan tolong menolong sehingga kepanikan seperti sekarang tidak harus terjadi," tutupnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Persik vs Bhayangkara FC di Vidio

Posted: 05 Mar 2020 10:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Bhayangkara FC akan menjalani partai away di pekan kedua Shopee Liga 1 2020. Pasukan Paul Munster berkunjung ke Persik Kediri di Stadion Brawijaya, Jumat (6/3/2020).

Bhayangkara masih dibayangi trauma karena pernah digilas Persik 0-3 pada Piala Gubernur Jatim 2020 belum lama ini.

Maka itu, duel nanti bakal menjadi ujian penting bagi Bhayangkara FC. Dihuni banyak pemain bintang seperti Saddil Ramdani dan Andik Vermansah, Bhayangkara FC tak boleh ulangi kesalahan yang sama.

Paul Munster, juru taktik Bhayangkara FC, kini lebih percaya diri menghadapi Persik. Kekuatan mereka bertambah setelah Andik Vermansah bisa bergabung di pertandingan nanti.

Persik Kediri memang lebih pede menghadapi laga nanti. Pelatih Persik, Joko Susilo kini bisa menampilkan skuat yang lebih lengkap. Belum lagi rekor pertemuan yang bagus bisa mereka jadikan modal untuk lebih percaya diri.

Persik punya empat pemain asing, termasuk striker anyar asal Kroasia, Nikola Asceric. Di turnamen pramusim lalu, Macan Putih hanya memiliki Ante Bakmaz dan Gaspar Vega.

Duel Persik melawan Bhayangkara FC akan dimulai pukul 15.30. Pertandingan ini dapat disaksikan gratis di Vidio.

Link Live Streaming

Untuk menyaksikan Live Streaming Shopee Liga 1 2020 antara Persik Kediri melawan Bhayangkara FC, silakan klik link berikut ini...

Prakiraan Susunan Pemain

Persik (4-4-2): Junaidi Bachtiar (Kiper); Andri Ibo, Ante Bakmaz, Jefferson de Alvez Formigao, Dany Saputra (Belakang); Ibraham Sanjaya, Vava Mario Yagalo, Sackie Teah Doe, Gaspar Vega (Tengah), Nikola Asceric, Septian Satria Bagaskara (Depan)

Pelatih: Joko Susilo

Bhayangkara FC (4-4-2): Awan Seto Rahardjo (Kiper); Putu Gede Juni Antara, Ahmad Jufriyanto, Lee Won-Jae, Ruben Sanadi (Belakang); Andik Vermansyah, Renan Silva, Adam Alis, Saddil Ramdani (Tengah); Ezechiel N'Douassel, Herman Dzumafo (Depan)

Pelatih: Paul Munster

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Virus Corona Bikin Jabat Tangan di Laga Premier League Ditiadakan

Posted: 05 Mar 2020 10:35 PM PST

Jakarta Premier League turut terpengaruh mewabahnya Virus corona. Untuk antisipasi penularan virus, premier league meniadakan jabat tangan sebelum pertandingan hingga waktu yang belum ditentukan.

Keputusan tersebut diambil setelah ada 116 orang yang positif virus corona di Inggris.

"Jabat tangan di Premier League antara pemain dan wasit tidak akan terjadi mulai akhir pekan ini sampai pemberitahuan lebih lanjut berdasarkan saran medis," bunyi pernyataan Premier League, Jumat (6/3/2020).

"Pemain dan wasit masih akan melakukan sisa kegiatan protokoler sebelum pertandingan. Saat memasuki lapangan, kedua tim akan terus berbaris, disertai dengan musik Premier League, kemudian para pemain dari tuan rumah akan berjalan melewati lawan tanpa menjabat tangan mereka," imbuhnya.

Selain itu, semua karyawan klub Premier League juga tidak akan berpergian ke negara-negara berisiko tinggi. Bahkan menurut Mirror, muncul wacara memainkan laga Premier League tanpa penonton dalam beberapa pekan.

Meniru Serie A

Logo Liga Italia Serie A (Ist)
Logo Liga Italia Serie A (Ist)

Wacana menggelar pertandingan Premier League tanpa penonton seperti berkaca dari Serie A. Kompetisi tertinggi sepak bola Italia itu digelar tanpa penonton hingga 3 April karena wabah virus.

Otoritas Serie mengambil tindakan itu karena wabah virus corona di Italia kasusnya cukup besar. Apalagi di Italia jumlah orang yang terkena virus corona telah mencapai lebih dari 3.000 kasus.

Selain itu, penyebaran wabah virus corona juga memunculkan kewaspadaan terkait penyelenggaraan Piala Eropa 2020. Apalagi, pertandingan pembuka akan digelar di Italia.

Sumber: Give Me Sport

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Makanan Ini Bantu Meningkatkan Sistem Imun, Cegah Penyakit

Posted: 05 Mar 2020 10:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sistem imun atau daya tahan tubuh memiliki peran dalam menjaga kesehatan. Sistem imun merupakan pertahaan pertama untuk melawan berbagai kuman berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.

Oleh karena itu, sistem imun harus dijaga dengan baik agar tidak mudah terserang penyakit. Sistem imun tubuh merupakan hal penting yang harus dijaga agar penyakit akibat serangan kuman berbahaya tidak terjadi kemudian. Tak sulit untuk menjaga atau meningkatkan sistem imun tubuh.

Beberapa di antaranya dengan menerapkan pola hidup sehat, menghindari stres, hingga mengonsumsi suplemen agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga. Selain itu, kamu juga bisa menyeimbangkannya dengan mengonsumsi makanan sehat yang dapat meningkatkan sistem imun.

Berikut makanan yang dapat bantu meningkatkan sistem imun yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (6/3/2020).

Jahe

Ilustrasi/copyrightshutterstock/vanillaechoes
Ilustrasi/copyrightshutterstock/vanillaechoes

Jahe dikenal ampuh untuk mengatasi mual. Lebih dari itu, ternyata jahe juga memiliki sifat anti-peradangan dan tinggi antioksidan ini terbukti . Tumbuhan herbal yang satu ini juga terbukti memiliki senyawa penunjang sistem imun seperti beta-karoten dan capsaicin.

Sebuah kajian terbaru dari 60 penelitian menemukan bahwa jahe memiliki efek untuk mengobati penyakit, seperti obesitas, penyakit jantung, dan diabetes. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, jahe bisa kamu olah bersama tumisan atau dicampurkan langsung pada secangkir teh hangat.

Temulawak

Temulawak (sumber: pixabay)
Temulawak (sumber: pixabay)

Makanan untuk meningkatkan sistem imun selanjutnya adalah temulawak. Jenis rempah-rempahan ini dipercaya mengandung kurkumin.

Selain itu, temulawak juga memiliki antioksidan yang baik dalam menjaga sistem imun tubuh. Oleh karena itu, temulawak dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk mengatasi mual, membantu proses metabolisme tubuh, dan menambah nafsu makan.

Bawang Putih

ilustrasi bawang putih/copyright Rawpixel
ilustrasi bawang putih/copyright Rawpixel

Bawang putih memiliki kandungan yang dipercaya ampuh menepis enzim yang terlibat dalam proses infeksi. Bahkan, mengunyah bawang putih diyakini mampu menangkal keluhan masuk angin.

Bukan hanya itu, bawang putih juga diketahui dapat menurunkan risiko kanker perut, kolon dan esofagus. Untuk mendapatkan manfaat bawang putih secara maksimal, kamu bisa menambahkan bawang putih ke bumbu, sayuran panggang, atau semangkuk gandum.

Apel

ilustrasi buah apel/Photo by Shelley Pauls on Unsplash
ilustrasi buah apel/Photo by Shelley Pauls on Unsplash

Makanan yang dapat bantu meningkatkan sistem imun selanjutnya adalah apel. Apel terkenal dengan seratnya yang sangat tinggi sehingga dapat membantu mengurangi peradangan selama infeksi.

Selain itu, buah ini juga mampu memberikan efek kenyang maksimal saat dikonsumsi. Untuk mengubah apel menjadi camilan yang lebih berenergi, konsumsilah satu iris buah apel bersama sesendok kacang atau mentega almon. Pastikan untuk mencucinya hingga bersih sebelum dikonsumsi.

Lemon

buah lemon./Copyright shutterstock.com
buah lemon./Copyright shutterstock.com

Makanan berikutnya yang dapat meningkatkan sistem imun adalah lemon. Hal ini dikarenakan lemon kaya akan senyawa bio-flavonoid yang dapat membunuh radikal bebas penyebab kanker.

Selain itu, buah ini juga tinggi kandungan vitamin C yang sanggup memenuhi setengah dari kebutuhan harian kamu. Kedua kombinasi zat gizi tersebut terbukti ampuh mengusir kuman penyebab penyakit.

Kamu bisa mengonsumsi lemon dengan berbagai cara, misalnya diperas lalu dicampur dengan air dan disajikan dingin maupun hangat. Kamu juga bisa menjadikan perasan lemon sebagai penyedap makanan, seperti untuk sup.

Brokoli

Ilustrasi Brokoli (iStockphoto)
Ilustrasi Brokoli (iStockphoto)

Makanan berikutnya yang dapat meningkatkan sistem imun adalah brokoli. Sayuran hijau satu ini memiliki banyak vitamin E. Vitamin E dalam makanan memiliki sifat antioksidan, sehingga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh.

Sebuah riset yang dipublikasikan dalam jurnal Plant Food for Human Nutrition 2010 menunjukkan bahwa makan brokoli terbukti dapat mengurangi stres oksidatif. Stres oksidatif merupakan kondisi jumlah radikal bebas di tubuh melebihi kapasitas. Kondisi ini mengakibatkan sel-sel tubuh mengalami oksidasi lebih tinggi dan menimbulkan kerusakan.

Mengonsumsi brokoli merupakan bentuk usaha meningkatkan sistem imun dan menangkal virus. Brokoli juga dipercaya bisa mengobati penyakit saluran pernapasan, seperti ISPA dan asma.

Sup Ayam

Ilustrasi sup ayam./Copyright shutterstock.com/g/Yulia+Davidovich
Ilustrasi sup ayam./Copyright shutterstock.com/g/Yulia+Davidovich

Makanan untuk meningkatkan sistem imun berikutnya adalah sup ayam. Makanan ini dapat membantu meredakan gejala pilek. Hal ini dikarenakan kaldu hangat diduga memiliki kemampuan untuk melumerkan lendir yang menggumpal pada hidung, sehingga dapat dikeluarkan dengan mudah.

Agar lebih bergizi dan sehat, pastikan sup ayam yang kamu konsumsi sudah ditambahkan wortel, bawang, dan rempah-rempah segar saat proses pengolahannya. Sup semacam ini sangat cocok untuk dikonsumsi saat masih hangat.

Madu

Ilustrasi Madu (iStockphoto)
Ilustrasi Madu (iStockphoto)

Makanan untuk meningkatkan sistem imun berikutnya adalah madu. Madu mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk meredakan batuk, menjaga tenggorokan tidak kering, dan menghilangkan dahak.

Selain itu, madu juga berperan dalam menenangkan sistem saraf, mengatur kadar kolesterol dalam darah, dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Sembarang Beli, Ini Kriteria Hand Sanitizer yang Disarankan Dokter

Posted: 05 Mar 2020 10:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir sejauh ini menjadi saran terbaik yang dianjurkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) dalam mencegah terjadinya penyebaran Virus Corona.

Ini berarti, bentuk desinfeksi lainnya, termasuk penggunaan hand sanitizer tangan, harus menjadi garis pertahanan kedua Anda dan bukan yang pertama.

"Sanitiser tangan hanya boleh digunakan jika sabun dan air tidak tersedia," kata Dr Edwin Chng, wakil direktur medis di Parkway Shenton, demikian dikutip dari laman Channel News Asia, Jumat (6/3/2020).

Namun faktanya, nyaris di seluruh negara yang terdampak Virus Corona sulit ditemukan pembersih tangan tersebut.

Jika Anda pergi ke apotek akhir-akhir ini pasti akan sulit menemukan benda itu. Tak jarang, harganya melonjak tinggi. Bahkan bisa nyaris 10 kali lipat dari harga normal.

Pertanyaannya, haruskah Anda menggunakan cairan pembersih tangan tersebut?

Menurut Dr Chng, membeli hand sanitizer boleh-boleh saja. Namun, ada sejumlah hal yang perlu Anda perhatikan.

Pembersih tangan yang hendak Anda beli setidaknya memenuhi kriteria dari dokter. Yaitu sedikitnya mengandung 60 persen alkohol.

"Pembersih tangan tanpa alkohol atau konsentrasi alkohol yang lebih rendah mungkin tidak bekerja dengan baik untuk banyak jenis kuman, dan hanya mengurangi pertumbuhan kuman daripada membunuh mereka secara langsung."

Namun, sekarang ada banyak barang di pasar yang diberi label 'pembersih tangan'.

Jika konsentrasi alkohol kurang dari 60 persen, maka tidak akan efektif melawan Virus SARS-Co-V-2, yang menyebabkan COVID-19 atau Virus Corona.

Dan harga juga bukan indikasi keampuhan hand sanitizer. Hanya karena suatu produk lebih mahal tidak berarti itu lebih baik daripada cairan pembersih standar.

Virus Corona Ancam Dunia

Gambar pada 28 November 2018 menunjukkan Menara Pisa di kota Pisa, Tuscany, Italia. Menara Pisa ditutup untuk umum pada 1990 selama 11 tahun dengan alasan keamanan setelah bangunan itu miring sejauh 4,5 meter dari titik vertikalnya. (Tiziana FABI / AFP)
Gambar pada 28 November 2018 menunjukkan Menara Pisa di kota Pisa, Tuscany, Italia. Menara Pisa ditutup untuk umum pada 1990 selama 11 tahun dengan alasan keamanan setelah bangunan itu miring sejauh 4,5 meter dari titik vertikalnya. (Tiziana FABI / AFP)

Otoritas di Italia melaporkan kematian baru sebanyak 41 orang dalam satu hari akibat Virus Corona. Dengan angka ini, total kematian akibat Covid-19 di Italia mencapai 148 orang.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Jumat (6/3/2020) Italia menjadi negara di Eropa yang dengan angka penyebaran tertinggi.

Jumlah kasus Virus Corona terus melonjak. Mulanya 769 kasus. Dan kini sudah mencapai 3.858 kasus dalam dua minggu terakhir.

Dengan angka terbaru ini, Italia memiliki kematian terbanyak kedua di belakang China, tempat virus baru terdeteksi pertama kali pada akhir tahun lalu.

22 wilayah Italia sekarang telah terpengaruh, dengan data yang menunjukkan virus telah mencapai Lembah Aosta di perbatasan Prancis.

Jumlah pasien COVID-19 yang menerima perawatan intensif juga meningkat menjadi 351 dari 295 pada hari Rabu kemarin.

Pemerintah telah melakukan tindakan yang bertujuan membendung penyebaran Virus Corona yang semakin cepat.

Semua sekolah dan universitas telah ditutup hingga 15 Maret, membuat 8,5 juta siswa berada di rumah.

Pertandingan sepak bola dan acara olahraga lainnya juga dihentikan. Pemerintah Italia juga meluncurkan rencana penyelamatan ekonomi € 7,5 miliar (US $ 8,4 miliar) untuk menangani dampak virus baru.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bantu Cegah Wabah Virus Corona, Jack Ma Sumbang 1 Juta Masker untuk Jepang

Posted: 05 Mar 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu orang terkaya di dunia yang juga pendiri raksasa e-commerce Tiongkok Alibaba, Jack Ma, menyumbang satu juta masker untuk Jepang. Upaya ini dilakukan untuk membantu mencegah meluasnya wabah virus corona di Jepang.

Mengutip laman Strait Times, Jumat (6/3/2020), Jack Ma berkata, sumbangan satu juta masker ini merupakan balas budi atas kebaikan Jepang kepada Tiongkok, ketika negara itu dihantam keras oleh virus corona 20 hari lalu.

Saat itu, berbagai pihak di Jepang mengumpulkan 125 ribu unit pakaian pelindung ke kota-kota di seluruh Tiongkok, demi membatasi peredaran virus corona.

Pada 2 Maret lalu, Yayasan Jack Ma dan Alibaba menyebut, bantuan masker itu bakal diberikan ke Jepang untuk membantu meringankan penderitaan di tengah epidemi virus corona.

Beratnya 49,4 Ton

Pendiri Alibaba Group Jack Ma dalam diskusi panel
Pendiri Alibaba Group Jack Ma dalam diskusi panel "Disrupting Development" Pertemuan IMF-Bank Dunia di Nusa Dua, Bali pada Jumat (12/10). Jack Ma hadir membahas digital ekonomi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

"Seperti pegunungan yang membentang di hadapan anda dan saya, mari kita berbagi cobaan dan kesulitan yang sama, bersama-sama. Kami berharap semua akan segera membaik," kata Jack Ma lewat akun Weibo-nya, mengutip sebuah puisi Tiongkok kuno.

Sekadar informasi, masker seberat 49,4 ton ini dikirim menggunakan pesawat China Eastern Airlines dan telah tiba di Tokyo, Selasa lalu.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siap-Siap, Hasil SKD CPNS 2019 Diumumkan 22-23 Maret 2020

Posted: 05 Mar 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Badan Kepegawaian Negara (BKN) menggelar rekonsiliasi dan validasi data hasil Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (SKD CPNS) 2019 pada Rabu hingga Jumat ini. Hasil dari validasi tersebut akan diumumkan dua pekan lagi.

"Hasil SKD akan diumumkan serentak pada tanggal 22-23 Maret 2020," ujar Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Karo Humas) BKN, Paryono, dikutip dari laman Setkab, Jumat (6/3/2020).

Adapun data yang divalidasi oleh BKN selaku pelaksana teknis seleksi CPNS meliputi jumlah peserta berdasarkan Berita Acara (BA) kehadiran, kesesuaian formasi SSCN dengan penetapan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB),

Selain itu, validasi juga dilakukan dengan kesesuaian ambang batas, kesesuaian nilai P1/TL formasi tahun 2018, BA penyelenggaraan serta panduan SKB.

"Rekonsiliasi data tahap I dilaksanakan untuk 261 dari 521 instansi pusat dan daerah. Sedangkan 260 instansi lainnya akan dilakukan rekonsiliasi datanya pada tahap II tanggal 11-13 Maret mendatang," kata dia. 

Proses rekonsiliasi data dilakukan melalui 4 level proses verifikasi dan validasi (verval). untuk level 4 yaitu tim pengolahan mengumpulkan data hasil SKD dari seluruh titik lokasi (tilok) dan akan disinkronisasikan saat rekonsiliasi data berlangsung.

Kemudian setelah itu diverifikasi dan divalidasi kesesuaian data dari instansi dengan data yang ada di Sistem Informasi Manajemen Fasilitasi Penyelenggaraan Seleksi (Simflek).

Selanjutnya pada level 3 akan diverifikasi ulang oleh Kordinator Tim Finalisasi Hasil Seleksi, Pemberkasan, dan Penetapan NIP sebelum ke level 2 yaitu persetujuan Deputi Bidang Mutasi BKN.

"Terakhir, pada level I yakni Kepala BKN mengesahkan dengan digital signature dan hasil rekonsiliasi diserahkan kepada instansi secara online," imbuhnya.

 

Level Kelolosan

Ekspresi peserta saat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk CPNS Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Kantor BKN Regional V, Jakarta, Senin (27/1/2020). Seleksi berlangsung 27-31 Januari 2020. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)
Ekspresi peserta saat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk CPNS Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Kantor BKN Regional V, Jakarta, Senin (27/1/2020). Seleksi berlangsung 27-31 Januari 2020. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Peserta yang lolos ke tahap SKB, lanjut Paryono, yaitu mereka yang nilainya termasuk 3x formasi setelah pemeringkatan. "Hal ini disesuaikan dengan Permenpan Nomor 23 Tahun 2019 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi CPNS Tahun 2019 dan Permenpan Nomor 24 Tahun 2019 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan CPNS," katanya.

Pelaksanaan SKD akan berlangsung hingga 10 Maret mendatang dan secara nasional hasil akan dirapatkan oleh Panselnas. Dia menambahkan bahwa target Panselnas dengan diadakannya rekonsiliasi ini adalah zero mistake.

Paryono mengatakan bahwa panitia juga menyediakan fasilitas crisis center untuk membantu penyelesaian masalah, pertanyaan maupun komplain dari instansi yang terdiri dari BKN, Kementerian PAN RB dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

"BPKP selaku Tim Quality Assurance Panselnas mendampingi BKN selama masa rekonsiliasi dan validasi data hasil SKD ini serta memastikan pelaksanaan SKD berjalan sesuai ketentuan," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fairuz A Rafiq Dapat Surat Ucapan Ultah dari Pablo Benua dan Rey Utami

Posted: 05 Mar 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Fairuz A. Rafiq hari ini tengah berulang tahun. Fairuz A. Rafiq menginjak usia 34 tahun pada Jumat (6/2/2020).

Di hari ulang tahunnya itu, Fairuz A. Rafiq mendapat ucapan dari orang-orang terdekatnya. Bahkan, Pablo Benua, yang saat ini tengah bermasalah dengannya pun memberikan ucapan selamat ulang tahun.

Ucapan selamat ulang tahun untuk Fairuz A Rafiq itu disampaikan Pablo Benua lewat sepucuk surat. Mengingat saat ini Pablo Benua masih mendekam di tahanan Polda Metro Jaya.

"Selamat Ulang Tahun Untuk Mba Fairuz. Semoga. Mba fairuz Sehat Selalu, tambah Sukses, selalu Harmonis Dengan keluarga. Dan Selalu di beri perlindungan oleh Allah SWT. Amin. 6 MARET 2020. PABLO BENUA. DIT TAHTI PMJ," tulis Pablo Benua.

 

Diunggah Pablo Benua

ucapan ultah Fairuz A Rafiq dari Pablo Benua (Instagram)
ucapan ultah Fairuz A Rafiq dari Pablo Benua (Instagram)

Surat tersebut kemudian diunggah ke Instagram Pablo Benua. Dalam keterangannya, diketahui bahwa foto tersebut diunggah oleh seorang admin yang mengurus Instagram Pablo Benua.

 

Isi Surat Pablo Benua

Potret Kebersamaan Rey Utami dan Pablo Benua. (Sumber: Instagram @bangbenua)
Potret Kebersamaan Rey Utami dan Pablo Benua. (Sumber: Instagram @bangbenua)

"Post by Admin. Selamat Ulang Tahun Mba Fairuz ... semoga sehat selalu dan Semakin Sukses. Amin," tulisnya.

 

Rey Utama Ikut Memberi Ucapan Ultah

Rey Utami (Foto: Instagram/@reyutami)
Rey Utami (Foto: Instagram/@reyutami)

Rupanya istri Pablo Benua, Rey Utami, juga melakukan hal yang sama. Ia juga menyurati sebuah ucapan selamat ulang tahun untuk Fairuz A Rafiq.

 

Tulisan Rey Utami

Rey Utami - Pablo Benua (Nurwahyunan/Fimela.com)
Rey Utami - Pablo Benua (Nurwahyunan/Fimela.com)

"Kepada mba Fairuz Saya Ucapkan Barakallah fii umrik, Semoga mba Fairuz senantiasa ada di dalam rahmat Allah, semua cita-citanya tercapai, Semoga selalu diberikan kebahagiaan Oleh Allah dan semoga dapat menjadi Wanita yang dirindukan oleh Surga Amin Ya rabbal alamin," tulis Rey Utami.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Harga Jahe Merah Tembus Rp 50 Ribu Per Kilogram

Posted: 05 Mar 2020 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Setelah diumumkan ada kassus corona di Indonesia, masyarakat mendadak memburu rempah-rempah seperti jahe merah dan temulawak. Di Karawang, Jawa Barat harga jahe merah mencapai Rp 50.ooo per kilogram.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hand Sanitizer Bisa Cegah Virus Corona? Ini Faktanya

Posted: 05 Mar 2020 10:29 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sesaat setelah Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengumumkan terdapat dua pasien positif virus Corona di Indonesia, permintaan hand sanitizer serta masker melonjak. Masyakarat membeli kedua barang tersebut guna melindungi diri dari virus Corona.

Lalu apakah benar hand sanitizer yang sebenarnya membunuh bakteri bisa membunuh virus Corona?

Staf Ahli Divisi Respirologi dan Penyakit Kritisi Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) sekaligus Anggota Dewan Pakar Ikatan Alumni Program Habibie (IABIE), dr Telly Kamelia menjelaskan, hand sanitizer hanya bisa membunuh bakteri atau kuman.

Cairan hand sanitizer tak ampuh untuk membunuh virus Corona.

"Tujuan cuci tangan itu menurunkan kuman di tangan. (Memang) tidak seratus persen menurunkan kuman. Kita ingin hand sanitizer untuk membunuh Corona, sedangkan ini virus. Harusnya antivirus," kata Telly di Kantor Euro Management, Jakarta, Jumat (6/3/2020).

Tapi...

Hand sanitizer. (iStock)
Hand sanitizer. (iStock)

Telly mengatakan, tujuan hand sanitizer ataupun cuci tangan adalah supaya tangan kita tetap bersih. Kendati cuci tangan maupun pengguna hand sanitizer tidak membunuh kuman secara seratus persen.

"Artinya kita mengurangi prevalensi masuknya bakteri ke mulut kita," kata dia.

Menurut dia, dengan meminimalisasi masuknya bakteri ini, mampu mengurangi risiko kita terkena penyakit yang akan menurunkan kemampuan sistem imunitas.

Dia mengatakan, saat ini belum ada obat atau antivirus untuk melawan Corona selain imun dalam tubuh manusia itu sendiri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ICW Duga KPK Tak Berniat Bongkar Kasus Nurhadi dan Harun Masiku

Posted: 05 Mar 2020 10:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia Corruption Watch (ICW) kembali melayangkan kritik ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kritik dilontarkan ICW lantaran KPK tengah membuka peluang mengadili para buronan dengan metode in absentia.

Peneliti ICW Kurnia Ramadhana menduga, keputusan KPK untuk menyidangkan buronan dengan metode tanpa dihadiri terdakwa itu bagian dari tujuan lembaga antirasuah yang tak ingin membongkar kasus lebih dalam.

"Seluruh kontroversial ini menjadikan satu dugaan bahwa pimpinan KPK memang tidak ingin perkara ini terbongkar tuntas," ujar Kurnia saat dikonfirmasi, Jumat (6/3/2020).

KPK sebelumnya sempat menyatakan membuka peluang mengadili politikus PDIP Harun Masiku, mantan Sekretaris MA Nurhadi, keponakan Nurhadi bernama Rezky Herbiono, dan Direktur PT MIT Hiendra Soenjoto dengan metode in absentia.

Metode tersebut akan dilakukan KPK jika keempat buronan dalam dua kasus berbeda itu tak bisa ditangkap saat berkasnya sudah masuk ke Pengadilan Tipikor.

Menurut Kurnia, keputusan mengadili para buronan dengan metode in absentia tidak tepat.

"Rasanya tidak tepat jika KPK langsung begitu saja menyidangkan Harun Masiku dan Nurhadi dengan metode in absentia," kata Kurnia.

 

Pertanyakan Keseriusan KPK

Pekerja membersihkan debu yang menempel pada tembok dan logo KPK di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (21/11). KPK merilis Indeks Penilaian Integritas 2017. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)
Pekerja membersihkan debu yang menempel pada tembok dan logo KPK di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (21/11). KPK merilis Indeks Penilaian Integritas 2017. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kurnia menjelaskan, sidang in absentia memang diatur dalam Pasal 38 ayat 1 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Namun, pasal ini dapat digunakan dengan syarat khusus, yakni penegak hukum harus benar-benar bekerja untuk menemukan para buronan.

Kurnia pun mempertanyakan keseriusan KPK dalam memburu para buronan. KPK sendiri sempat menyatakan telah menggeledah beberapa lokasi untuk menemukan para buronan. Namun hasilnya nihil.

"Pertanyaannya, apakah sudah dilakukan penggeledahan di wilayah tersebut? Kita tidak terlalu yakin KPK sudah melakukannya," kata Kurnia.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah mempertimbangkan untuk mengadili para buronan dengan metode in absentia. Hal tersebut akan dilakukan jika nantinya para buronan tak tertangkap saat akan menjalani persidangan.

Dalam istilah hukum, in absentia merupakan proses mengadili seseorang tanpa dihadiri oleh terdakwa yang berperkara.

"Kalau pun kemudian seandainya tak tertangkap sampai hari kami melimpahkan ke pengadilan, tak menutup kemungkinan sekali lagi itu tetap kami lanjutkan dengan proses persidangan in absentia," ujar Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron, di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (5/3/2020).

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Dongeng Anak Sebelum Tidur, Mimi dan Payung Bu Guru

Posted: 05 Mar 2020 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dongeng anak mengajak pembaca memperluas imajinasi dan menyelami dunia lain yang segalanya serba mungkin. Pesan moral yang terdapat dalam sebuah dongeng juga mampu menggerakkan hati kita untuk melakukan suatu perubahan.

Sebagai sarana untuk mewariskan nilai-nilai yang diyakini kebenarannya oleh masyarakat pada waktu lampau. Educa Studio & Riri Story coba memperkenalkan kembali dongeng-dongeng anak yang melegenda.

Kali ini, Educa Studio & Riri Story akan membagikan dongeng anak sebelum tidur yaitu, Kisah Mimi dan Payung Bu Guru.

Penasaran seperti apa ceirta dan dongeng Kisah Mimi dan Payung Bu Guru? Saksikan selengkapnya di channel Educa Studio hanya di Vidio.

Saksikan Videonya Di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming O Channel Persita Vs PSM Makassar di O Channel

Posted: 05 Mar 2020 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Persita Tangerang akan menjamu PSM Makassar dalam lanjutan Shopee Liga 1 2020 hari ini. Duel akan diadakan sore nanti di Stadion Sport Center.

Persita meraih hasil bagus dalam laga perdana Shopee Liga 1 2020 ini. Tim promosi ini sukses menahan imbang 0-0 sang juara bertahan, Bali United.

Sementara PSM Makassar juga meraih hasil bagus. Mereka menang atas PSS Sleman dengan skor 2-1.

Kemenangan bakal menjadi modal bagus bagi kedua tim pada awal musim ini.

Selain di O Channel duel Persita Tangerang Vs PSM Makassar di Shopee Liga 1 2020 bisa Anda saksikan di Vidio mulai pukul 15.30 WIB.

 

 

Link Live Streaming

Pemain Persita Tangerang saat launching di Gading Serpong, Tangerang, Rabu, (26/2/2020). Jelang bergulirnya Shopee Liga 1 2020 Tim berjuluk Pendekar Cisadane ini memperkenalkan tim, jersey hingga logo baru. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Pemain Persita Tangerang saat launching di Gading Serpong, Tangerang, Rabu, (26/2/2020). Jelang bergulirnya Shopee Liga 1 2020 Tim berjuluk Pendekar Cisadane ini memperkenalkan tim, jersey hingga logo baru. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Anda dapat menyaksikan pertandingan Persita Vs PSM di Shopee Liga 1 2020 melalui tautan ini...

Prediksi Susunan Pemain

Persita (4-3-3): Annas Fitranto (Kiper); Hamka Hamzah, Tamirlan Kozubaev, Muhammad Toha, Edo Febriansyah (Belakang); Egi Melgiansyah, Eldar Hasanovic, Mateo Bustos (Tengah); Chandra Waskito, Riky Kayame, Budnik (Depan)

Pelatih: Widodo Cahyono Putro

PSM (4-4-2): Hilmansyah (kiper); Asnawi Mangkualam, Hussein El Dor, Serif Hasic, Leo Guntara (belakang); Wiljan Pluim, Rizky Pellu, M. Arfan, Ezra Walian (tengah); Ferdinand Sinaga, Giancarlo Rodriques (depan)

Pelatih: Bojan Hodak

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rayakan Ultah di Kolam Berisi 25 Kg Dry Ice, Suami Selebgram Tewas Keracunan

Posted: 05 Mar 2020 10:19 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pesta ulang tahun harusnya menjadi momen menyenangkan yang bisa kita habiskan bersama orang-orang tercinta. Namun, berbeda dengan pesta ulang tahun seorang selebgram cantik asal Rusia ini.

Katerina Didenko harus menerima kenyataan pahit setelah kehilangan suami dan dua temannya usai menggelar pesta ulang tahun. Pekan lalu Yekaterina mengadakan pesta ulang tahunnya yang ke-29.

 

foto: IG @didenko.katerina
foto: IG @didenko.katerina

Melansir dari New York Post, Jumat (6/3/2020), Katerina membuat pool party di sebuah kolam di kawasan Devyaty Val, Kota Moscow, untuk memeriahkan pesta ulang tahunnya.

Namun, Katerina memiliki ide yang tak biasa lantaran merasa air di kolam terlalu hangat, dia akhirnya meminta beberapa orang untuk menuangkan 25 kg dry ice ke dalamnya. Tak sekedar mendinginkan, dry ice ini juga dimasukkan untuk membuat efek visual yang lebih dramatis dan menakjubkan. 

3 orang meninggal

Ilustrasi Meninggal Misterius (iStockphoto)
Ilustrasi Meninggal Misterius (iStockphoto)

Tapi nyatanya ide tersebut menjadi musibah. Beberapa tamu yang menyelam ke dalam kolam mulai tersedak dan hilang kesadaran. Tiga orang pun meregang nyawa lantaran keracunan asap dari es kering tersebut. Satu di antaranya adalah suami Katerina sendiri, yang turut menuangkan dry ice ke dalam kolam.

Meski umumnya tak beracun, namun uap yang keluar dari es kering dapat menyebabkan peningkatan kadar karbon dioksida dalam darah jika di letakkan dalam ruang tertutup tanpa ventilasi yang baik.

Apoteker

foto: IG @didenko.katerina
foto: IG @didenko.katerina

Katerina sendiri merupakan seorang selebgram dengan jumlah pengikut sebanyak 1,6 juta orang di Instagram.

Namun yang lebih mengejutkan, Katerina nyatanya berprofesi sebagai apoteker. Ibu dua anak ini memiliki situs pribadi yang berisi artikel mengenai obat-obatan ramah untuk keluarga dan tips tentang kesehatan. Dia juga menjual beberapa obat racikannya sendiri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Iwan Bule Pantau Kesiapan SUGBK Gelar Piala Dunia U-20 2021

Posted: 05 Mar 2020 10:19 PM PST

Jakarta Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengecek kesiapan stadion yang akan menjadi venue Piala Dunia U-20 2021. Iwan Bule, sapaan akrabnya kini mengunjungi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/3/2020).

Selelah melakukan inspeksi ke hampir semua calon venue, seperti di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatra, kini Ketum PSSI menyempatkan diri menyambangi SUGBK. Stadion utama yang akan menjadi venue Piala Dunia U-20 2021 itu diyakini tidak akan memerlukan perbaikan yang besar.

Iwan Bule memulai inspeksi dengan memeriksa ruang ganti pemain, di mana SUGBK memiliki 4 ruang ganti tim, lengkap dengan fasilitas yang bagus, termasuk 2 jacuzzi untuk berendam air es di setiap ruangnya. Setelah itu, Ketua PSSI juga melihat lapangan pemanasan, lapangan pertandingan, dan ruang media.

"Kami cek kesiapan SUGBK hari ini. Kami sudah prediksi di sini yang paling siap. Namun, tetap ada catatan yang kami dapatkan, seperti ruang broadcast yang masih dibutuhkan," ujar Iwan Bule, Jumat siang.

"Selain itu hanya perbaikan kecil saja. Satu hal yang pasti, ini yang paling lengkap dibanding stadion lain," ujar Iwan Bule, Jumat siang.

Iwan Bule juga menyempatkan diri untuk berinteraksi dengan pekerja yang tengah memperbaiki rumput lapangan. Kesempatan itu menjadi momen Ketua PSSI melihat langsung proses persiapan SUGBK sebagai venue Piala Dunia U-20 2021.

 

Pastikan Lapangan Latihan Memadai

Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan, melakukan inspeksi ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/3/2020). Inspeksi tersebut untuk mengecek kesiapan SUGBK menjadi venue Piala Dunia U-20 2021. (Bola.com/Benediktus Gerendo Pradigdo)
Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan, melakukan inspeksi ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/3/2020). Inspeksi tersebut untuk mengecek kesiapan SUGBK menjadi venue Piala Dunia U-20 2021. (Bola.com/Benediktus Gerendo Pradigdo)

Tidak hanya memastikan SUGBK siap untuk Piala Dunia U-20 2021, Iwan Bule juga memastikan kompleks GBK sudah memiliki sarana penunjang lain, seperti fasilitas latihan.

"Stadion latihan ada di sekitar sini, dan tidak jauh dari hotel menginap. Kami akan berkoordinasi dengan FIFA dan pemerintah terkait perbaikan-perbaikan yang masih diperlukan untuk stadion ini," ujar Iwan Bule.

Sebelum melakukan inspeksi ke SUGBK, Iwan Bule memang sudah sempat mendatangi tempat latihan, yaitu lapangan D Senayan. Ia menyempatkan diri untuk bermain sepak bola bersama pengurus dan pegawai PSSI menghadapi PSSI Pers, koordintoriat peliput sepak bola nasional, di lapangan tersebut, Jakarta, Jumat pagi. Dalam laga yang berakhir imbang 5-5 itu, Ketua PSSI itu berhasil mencetak satu gol.

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPU Berharap Virus Corona Tak Pengaruhi Pilkada Depok

Posted: 05 Mar 2020 10:19 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua KPU Kota Depok Jawa Barat Nana Shobarna berharap agar kasus virus corona atau Covid-19 yang terjadi tak mempengaruhi tahapan Pilkada Depok 2020 yang sedang berjalan.

"Kami sangat berharap, adanya kasus virus corona ini tidak mempengaruhi tahapan Pilkada Depok 2020 yang sedang kita helat dan pencoblosan pada 23 September 2020," kata Nana Shobarna di Depok, Kamis (5/3/2020).

Nana mengatakan saat ini KPU Kota Depok tengah melaksanakan tahapan rekrutmen calon anggota Panitia Pemilihan Suara (PPS) se-Kota Depok. Namun tak pudarkan semangat calon PPS yang mengikuti seleksi.

"Kami sangat bersyukur, walaupun Kota Depok sedang dihebohkan dengan adanya virus corona, tapi ini sama sekali tidak mempengaruhi antusiasme para calon anggota PPS untuk mengikuti tes ini," jelasnya seperti dikutip dari Antara.

Rekrut Anggota PPS

Pada Rabu (4/3/2020), kata dia, KPU melaksanakan salah satu tahapan dalam rekrutmen calon anggota PPS yang akan bertugas dalam penyelenggaraan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok Tahun 2020 di seluruh Kelurahan di Kota Depok.

"Seleksi tertulis dengan metode Computer Assisted Test (CAT) kami pilih untuk mengedepankan keterbukaan dan transparansi bagi seluruh peserta yang mengikuti seleksi ini," katanya.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PGN Pasok Gas Alam Cair untuk 3.000 Truk Aptrindo

Posted: 05 Mar 2020 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menandatangani nota kesepahaman bersama Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo). Dalam kesepahaman ini PGN akan memasok gas alam cair atau Liquefied Natural Gas (LNG) untuk 3.000 truk logistik.

Nota kesepahaman ditandatangani oleh Direktur Strategi dan Pengembangan PGN Syahrial Mukhtar dan Ketua Umum DPP APTRINDO Gemilang Tarigan yang berlangsung di Hotel Sultan Jakarta, Jumat (6/3/2020).

Untuk melaksanakan kerja sama ini, PGN menunjuk anak usahanya yakni PT Gagas Energi Indonesia (GAGAS).

Syahrial mengatakan, kerja sama antara PGN dan Aptrindo ini bertujuan untuk meremajakan pemakaian bahan bakar pada truk-truk industri yang masih menggunakan BBM.

"Kita berharap nanti truk-truk barunya bisa beralih ke penggunaan energi yang lebih bersih yaitu LNG. Seperti kita tahu, LNG itu dibandingkan dengan bahan bakar katakanlah BBM diesel itu lebih murah," ujar dia.

 

 

Kontrak 1 Tahun

Truk melintas di tol dalam Kota kawasan Senayan, Jakarta, Minggu (25/6). Angkutan barang di atas 2 sumbu seperti truk tronton dan trailer per 1 juli dilarang melintasi jalur tol selama 10 hari. (Liputan6.com/Helmi Affandi)
Truk melintas di tol dalam Kota kawasan Senayan, Jakarta, Minggu (25/6). Angkutan barang di atas 2 sumbu seperti truk tronton dan trailer per 1 juli dilarang melintasi jalur tol selama 10 hari. (Liputan6.com/Helmi Affandi)

Adapun kerja sama kedua perusahaan ini memiliki jangka waktu kontrak selama 1 tahun. Syahrial berharap pemakaian LNG untuk truk ini dapat berjalan pada pertengahan 2020.

"Harapannya di tengah tahun ini sudah bisa jalan. Kalau infrastruktur kita sudah siap sebetulnya. Di Aceh sudah ada, di Bontang sudah ada, di Teluk Lamong bulan depan kita sudah operasi. Tinggal sekarang kesiapan dari truk sendiri," tuturnya.

Sementara untuk pengadaan truk, ia melanjutkan, akan dilakukan oleh pihak pengusaha dengan perkiraan nilai sekitar Rp 1,2 miliar.

"Total nilai investasi kalau di kita kan infrastruktur sudah ada. Kalau harga truknya Rp 1,1-1,2 miliar. Pengusaha kan pasti akan sudah siap untuk mengganti dengan truk-truk yang baru. Dalam program ini truknya tuh sudah langsung truk LNG, sehingga nanti kita kerja sama menyediakan LNG-nya," tutup Syahrial.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Berhijab Cut Syifa, Cantik dan Anggun

Posted: 05 Mar 2020 10:15 PM PST

Dalam perjalanan kariernya di dunia hiburan, hampir setiap tahun Cut Syifa pasti berkarya dalam dunia akting yaitu dalam sinetron. Ia pun sempat ikut berperan dalam sinetron Ramadan yang tentu buat penampilannya berhijab. (Liputan6.com/IG/@cutsyifaa)
Dalam perjalanan kariernya di dunia hiburan, hampir setiap tahun Cut Syifa pasti berkarya dalam dunia akting yaitu dalam sinetron. Ia pun sempat ikut berperan dalam sinetron Ramadan yang tentu buat penampilannya berhijab. (Liputan6.com/IG/@cutsyifaa)

Dalam perjalanan kariernya di dunia hiburan, hampir setiap tahun Cut Syifa pasti berkarya dalam dunia akting yaitu dalam sinetron. Ia pun sempat ikut berperan dalam sinetron Ramadan yang tentu buat penampilannya berhijab. (Liputan6.com/IG/@cutsyifaa)

Saat ini Cut Syifa pun juga berperan dalam sinetron berjudul Samudera Cinta yang dibintangi oleh Rangga Azof dan Haico Van Der Veken di SCTV. Dalam sinetron tersebut, Cut Syifa berperan sebagai Intan. (Liputan6.com/IG/@cutsyifaa)
Saat ini Cut Syifa pun juga berperan dalam sinetron berjudul Samudera Cinta yang dibintangi oleh Rangga Azof dan Haico Van Der Veken di SCTV. Dalam sinetron tersebut, Cut Syifa berperan sebagai Intan. (Liputan6.com/IG/@cutsyifaa)

Saat ini Cut Syifa pun juga berperan dalam sinetron berjudul Samudera Cinta yang dibintangi oleh Rangga Azof dan Haico Van Der Veken di SCTV. Dalam sinetron tersebut, Cut Syifa berperan sebagai Intan. (Liputan6.com/IG/@cutsyifaa)

Dalam kesehariannya, ia sering membagikan potretnya dalam media sosial Instagram. Baik dalam busana berhijab maupun busana kasual yang sering ia gunakan. (Liputan6.com/IG/@cutsyifaa)
Dalam kesehariannya, ia sering membagikan potretnya dalam media sosial Instagram. Baik dalam busana berhijab maupun busana kasual yang sering ia gunakan. (Liputan6.com/IG/@cutsyifaa)

Dalam kesehariannya, ia sering membagikan potretnya dalam media sosial Instagram. Baik dalam busana berhijab maupun busana kasual yang sering ia gunakan. (Liputan6.com/IG/@cutsyifaa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Cegah Corona Merebak, KAI Hadirkan Kereta Kesehatan

Posted: 05 Mar 2020 10:15 PM PST

Penumpang KRL mengecek kesehatan melalui Rail Clinic di stasiun kereta Depok, Jumat (6/3/2020).  PT KAI Daop 1 melakukan kegiatan  sosialisasi mengenai penyebaran virus corona dengan menghadirkan kereta kesehatan Rail Clinic bagi warga sekitar stasiun Depok dan Bogor. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Penumpang KRL mengecek kesehatan melalui Rail Clinic di stasiun kereta Depok, Jumat (6/3/2020). PT KAI Daop 1 melakukan kegiatan sosialisasi mengenai penyebaran virus corona dengan menghadirkan kereta kesehatan Rail Clinic bagi warga sekitar stasiun Depok dan Bogor. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Penumpang KRL mengecek kesehatan melalui Rail Clinic di stasiun kereta Depok, Jumat (6/3/2020). PT KAI Daop 1 melakukan kegiatan sosialisasi mengenai penyebaran virus corona dengan menghadirkan kereta kesehatan Rail Clinic bagi warga sekitar stasiun Depok dan Bogor. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Penumpang KRL mendapatkan sosialisasi pencegahan virus  corona melalui Rail Clinic di stasiun kereta Depok, Jumat (6/3/2020).  PT KAI Daop 1 melakukan kegiatan  sosialisasi mengenai penyebaran virus corona dengan menghadirkan kereta kesehatan Rail Clinic. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Penumpang KRL mendapatkan sosialisasi pencegahan virus corona melalui Rail Clinic di stasiun kereta Depok, Jumat (6/3/2020). PT KAI Daop 1 melakukan kegiatan sosialisasi mengenai penyebaran virus corona dengan menghadirkan kereta kesehatan Rail Clinic. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Penumpang KRL mendapatkan sosialisasi pencegahan virus corona melalui Rail Clinic di stasiun kereta Depok, Jumat (6/3/2020). PT KAI Daop 1 melakukan kegiatan sosialisasi mengenai penyebaran virus corona dengan menghadirkan kereta kesehatan Rail Clinic. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas medis mengecek suhu tubuh seorang anak melalui Rail Clinic di stasiun kereta Depok, Jumat (6/3/2020).  PT KAI Daop 1 melakukan kegiatan  sosialisasi mengenai penyebaran virus corona dengan menghadirkan kereta kesehatan Rail Clinic. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Petugas medis mengecek suhu tubuh seorang anak melalui Rail Clinic di stasiun kereta Depok, Jumat (6/3/2020). PT KAI Daop 1 melakukan kegiatan sosialisasi mengenai penyebaran virus corona dengan menghadirkan kereta kesehatan Rail Clinic. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas medis mengecek suhu tubuh seorang anak melalui Rail Clinic di stasiun kereta Depok, Jumat (6/3/2020). PT KAI Daop 1 melakukan kegiatan sosialisasi mengenai penyebaran virus corona dengan menghadirkan kereta kesehatan Rail Clinic. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas memasangkan masker ke seorang anak saat sosialisasi pencegahan virus  corona yang digelar PT KAI Daop 1 melalui Rail Clinic  di stasiun kereta Depok, Jumat (6/3/2020).  (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Petugas memasangkan masker ke seorang anak saat sosialisasi pencegahan virus corona yang digelar PT KAI Daop 1 melalui Rail Clinic di stasiun kereta Depok, Jumat (6/3/2020). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas memasangkan masker ke seorang anak saat sosialisasi pencegahan virus corona yang digelar PT KAI Daop 1 melalui Rail Clinic di stasiun kereta Depok, Jumat (6/3/2020). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas memberikan cairan pembersih tangan ke seorang penumpang saat sosialisasi pencegahan virus  corona yang digelar PT KAI Daop 1 melalui Rail Clinic  di stasiun kereta Depok, Jumat (6/3/2020).  (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Petugas memberikan cairan pembersih tangan ke seorang penumpang saat sosialisasi pencegahan virus corona yang digelar PT KAI Daop 1 melalui Rail Clinic di stasiun kereta Depok, Jumat (6/3/2020). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas memberikan cairan pembersih tangan ke seorang penumpang saat sosialisasi pencegahan virus corona yang digelar PT KAI Daop 1 melalui Rail Clinic di stasiun kereta Depok, Jumat (6/3/2020). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas  mesosialisasikan pencegahan virus  corona yang digelar PT KAI Daop 1 melalui Rail Clinic  di stasiun kereta Depok, Jumat (6/3/2020). PT KAI Daop 1 melakukan kegiatan  sosialisasi mengenai penyebaran virus corona dengan menghadirkan kereta kesehatan Rail Clinic.(Liputan6.com/Herman Zakharia)
Petugas mesosialisasikan pencegahan virus corona yang digelar PT KAI Daop 1 melalui Rail Clinic di stasiun kereta Depok, Jumat (6/3/2020). PT KAI Daop 1 melakukan kegiatan sosialisasi mengenai penyebaran virus corona dengan menghadirkan kereta kesehatan Rail Clinic.(Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas mesosialisasikan pencegahan virus corona yang digelar PT KAI Daop 1 melalui Rail Clinic di stasiun kereta Depok, Jumat (6/3/2020). PT KAI Daop 1 melakukan kegiatan sosialisasi mengenai penyebaran virus corona dengan menghadirkan kereta kesehatan Rail Clinic.(Liputan6.com/Herman Zakharia)

Penumpang menaiki kereta di stasiun kereta Depok, Jumat (6/3/2020).  PT KAI Daop 1 gencar melakukan kegiatan  sosialisasi mengenai penyebaran virus corona dengan menghadirkan kereta kesehatan Rail Clinic bagi warga sekitar stasiun Depok dan Bogor. (Liputan6.com/Herman Zakharia)
Penumpang menaiki kereta di stasiun kereta Depok, Jumat (6/3/2020). PT KAI Daop 1 gencar melakukan kegiatan sosialisasi mengenai penyebaran virus corona dengan menghadirkan kereta kesehatan Rail Clinic bagi warga sekitar stasiun Depok dan Bogor. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Penumpang menaiki kereta di stasiun kereta Depok, Jumat (6/3/2020). PT KAI Daop 1 gencar melakukan kegiatan sosialisasi mengenai penyebaran virus corona dengan menghadirkan kereta kesehatan Rail Clinic bagi warga sekitar stasiun Depok dan Bogor. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gisel dan Tyas Mirasih Penuhi Panggilan Polda Jatim Jadi Saksi soal Kasus Carding

Posted: 05 Mar 2020 10:14 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) memanggil sejumlah artis termasuk Gisella Anastasia dan Tyas Mirasih terkait kasus pembobolan kartu kredit atau carding.

Pada Jumat, (6/3/2020), artis Gisella Anastasia dan Tyas Mirasih memenuhi panggilan penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Jawa Timur di Surabaya, Jawa Timur.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menuturkan, Tyas Mirasih dan Gisel diperiksa seputar endorse produk paket wisata yang diduga memanfaatkan jasa pelaku carding.

"Sama dengan dua selegram yang diperiksa kemarin, yakni Awkarin dan Ruth Stefani," ujar Trunoyudo, seperti dikutip dari Antara.

Gisel dan Tyas Mirasih datang bersamaan di Mapolda Jatim pukul 09.50 WIB dengan sebuah mobil. Dua artis tersebut sama sekali tidak menjawab pertanyaan wartawan dan langsung masuk ruang penyidik didampingi beberapa pria dengan berjalan bergandengan.

"Nanti saja ya, kalau sudah jelas," ujar Gisel sambil tersenyum.

Pada kasus ini, ada enam artis yang dibayar untuk mempromosikan produk wisata oleh dua pengusaha travel Tiket Kekinian antara lain Awkarin, Ruth Stefani, Gisella Anastasia, Tyas Mirasih, Sarah Alana Gibson, Jessica Iskandar dan Boy William.

Polda Jatim menangkap sindikat pembobol kartu kredit atau carding terdiri dari empat orang antara lain berinisial SC, MDR, FD, dan MK. Keempatnya dijerat Pasal 32 ayat (1) jo Pasal 48 ayat (1) UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik Jo Pasal 55 ayat (1) KUHP dan/atau Pasal 56 KUHP.

Awkarin dan Ruth Stefani Dicecar 30 Pertanyaan Terkait Kasus Carding

Sejumlah selebritas memenuhi panggilan Polda Jatim sebagai saksi terkait kasus pembobolan kartu kredit (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)
Sejumlah selebritas memenuhi panggilan Polda Jatim sebagai saksi terkait kasus pembobolan kartu kredit (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sebelumnya, dua publik figur, Awkarin atau Karin Novilda dan Ruth Stefani diperiksa selama kurang lebih tujuh jam oleh penyidik Ditresmrkmsus Polda Jatim terkait saksi kasus dugaan ilegal access pembobol kartu kredit atau carding Tiket Kekinian di Instagram, Kamis 5 Maret 2020.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol, Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, Awkarin dan Ruth Stefani diperiksa dengan 30 pertanyaan. Mereka dicecar soal endorsement tiket kekinian di akun instagramnya. 

"Terkait bagaimana sistem endorese yang didilakukan oleh masing-masing publik figur, terkait dengan empat tersangka dan tawaran apa yang diterima dan kemudian fasilitas apa yang diterima sudah dijelaskan kepada penyidik," ujar dia.

Awkarin diperiksa penyidik dari pukul 09.20 WIB hingga 16.30 WIB. Awkarin enggan berkomentar kepada awak media usai diperiksa penyidik. Ia bergegas masuk ke dalam mobil Innova hitam.

Berselang 10 menit, selebgram Ruth Stefani keluar dari gedung Ditreskrimsus Mapolda Jatim. Ruth mengaku tidak mengenal tersangka. Bahkan, tidak menyimpan nomor teleponnya. 

"Tidak sama sekali. Kita tidak ada sangkut pautnya, tidak juga mengenal. Bahkan kita tidak punya kontak," ujar Ruth. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Siaran Langsung Shopee Liga 1 2020 Pekan Kedua Hari Ini

Posted: 05 Mar 2020 10:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Ajang Shopee Liga 1 2020 telah memasuki pekan kedua. Selain pertandingan Persija Jakarta vs Persebaya Surabaya yang ditunda, delapan laga lainnya berjalan normal.

Hari ini, ada pertandingan yang akan disiarkan Indosiar, O Channel, dan Vidio. Sedangkan sisanya akan digelar antara Sabtu hingga Senin mendatang.

Duel sengit Arema FC vs Persib Bandung akan jadi menu big match utama pekan kedua Shopee Liga 1 2020 ini. Pertandingan ini akan digelar di kandang Arema FC, Stadion Kanjuruhan, Malang.

Di luar itu, beberapa pertandingan seru pun terhampar. Sebut saja laga PSS Sleman vs PS Tira Persikabo dan Persita Tangerang vs PSM Makassar.

Berikut jadwal Shopee Liga 1 2020 hari ini dan sisa pertandingan lainnya.

Jadwal Shopee Liga 1 Hari Ini

Shopee Liga 1 - Persita Tangerang Vs PSM Makassar (Bola.com/Adreanus Titus)
Shopee Liga 1 - Persita Tangerang Vs PSM Makassar (Bola.com/Adreanus Titus)

Jumat 6 Maret 2020

15.30 WIB, Persita Tangerang vs PSM Makassar (O Channel)

15.30 WIB, Persik Kediri vs Bhayangkara FC (Vidio)

18.30 WIB, Barito Putera vs Bali United (Indosiar)

 

Jadwal Shopee Liga 1 Pekan 2

Sabtu 7 Maret 2020

15.30 WIB, Persela Lamongan vs PSIS Semarang (O Channel)

15.30 WIB, Borneo FC vs Persipura Jayapura (Vidio)

 

Jadwal Shopee Liga 1 Pekan 2

Minggu 8 Maret 2020

15.30 WIB, Arema FC vs Persib Bandung (Indosiar)

18.30 WIB, PSS Sleman vs Tira Persikabo (Indosiar)

Senin, 9 Maret 2020

18.30 WIB, Madura Utd vs Persiraja (O Channel)

Klasemen Shopee Liga 1

 

Saksikan Video Shopee Liga 1 2020

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Inovasi Mobil China Demi Membunuh Virus Corona

Posted: 05 Mar 2020 10:06 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Di tengah mewabahnya virus Corona, banyak pihak berupaya memberi kontribusi. Salah satunya produsen mobil, Geely, berinovasi dengan meluncurkan SUV bernama Icon.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Cara Membuat Minuman Jahe untuk Jaga Kekebalan Tubuh

Posted: 05 Mar 2020 10:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat minuman jahe sangat berguna untuk menghangatkan tubuh. Minuman jahe seperti wedang jahe, ronde, atau sekoteng merupakan pilihan tepat sebagai penghangat di musim hujan. Cara membuat minuman jahe sudah dimanfaatkan sebagai minuman tradisional di Indonesia.

Tak cuma menghangatkan, jahe juga bermanfaat bagi kesehatan khususnya untuk kekebalan tubuh. Jahe adalah antioksidan kuat yang telah terbukti secara alami meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Maka dari itu cara membuat minuman jahe sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan.

Cara membuat minuman jahe dapat membantu mengurangi peradangan seperti sakit tenggorokan, mual, dan sakit perut. Cara membuat minuman jahe cukup sederhana dan mudah. Ada berbagai macam minuman jahe yang bisa dibuat. Cara membuat minuman jahe juga hanya memerlukan bahan yang mudah ditemukan.

Berikut cara membuat minuman jahe yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (6/3/2020).

Cara membuat minuman jahe: Wedang jahe

Ilustrasi/copyrightshutterstock/vanillaechoes
Ilustrasi/copyrightshutterstock/vanillaechoes

Bahan:

2 rimpang jahe (cuci bersih, memarkan atau geprek)

2 gelas air

7 cm kayu manis

Madu (secukupnya)/ bisa diganti dengan gula jawa

1 batang serai (memarkan)

Cara Membuat:

1. Siapkan semua bahan, rebus air hingga mendidih bersama jahe, batang serai dan kayu manis di atas api sedang kira-kira selama 15 menit.

2. Jika sudah mendidih, angkat, tuang ke dalam gelas saji.

3. Tambahkan madu secukupnya agar rasanya semakin nikmat.

Cara membuat minuman jahe: Wedang jahe susu

Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Sunny Forest
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Sunny Forest

Bahan:

1 rimpang jahe (cuci bersih, memarkan)

1 liter air

2 butir cengkeh

5 sdm susu kental manis putih

3 cm kayu manis

Gula pasir (secukupnya)

Cara Membuat:

1. Rebus jahe, kayu manis dan cengkeh bersama 1 liter air hingga mendidih.Tambahkan gula pasir secukupnya ke dalamnya dan tunggu hingga kembali mendidih.

2. Aduk-aduk semua bahan kemudian masukkan susu kental manis.

3. Rebus lagi hingga mendidih.

4. Angkat lalu tuang wedang susu jahe ke dalam gelas.

5. Nikmati selagi masih hangat.

Cara membuat minuman jahe: Wedang ronde

Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Ariyani Tedjo
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Ariyani Tedjo

Bahan ronde:

150 gram tepung ketan putih

1/4 sdt garam

135 ml air hangat

80 gr kacang tanah, kupas kulitnya dan sangrai

80 gr gula pasir

air untuk merebus ronde

Bahan kuah:

1,5 liter air

2 batang serai, memarkan

3 lembar daun jeruk, buang tulangnya

2 lembar daun pandan

3 ruas jari jahe, potong tipis-tipis atau memarkan

150 gr gula merah, iris halus

Bahan tambahan:

200 gram kolang-kaling (rebus dan iris sesuai selera)

2 buah roti tawar (buang kulit luar, potong dadu sesuai selera)

25 gram sagu mutiara merah (sudah direbus)

Isian ronde

Buat isian ronde dengan menghaluskan kacang tanah yang telah disangrai bersama gula pasir dan garam menggunakan blender hingga membentuk butiran kecil.

Cara membuat Ronde

1. Campur tepung ketan dan garam.

2. Tambahkan air hangat sedikit demi sedikit.

3. Uleni adonan hingga kalis. Anda bisa memberi warna menggunakan pewarna makanan. Namun, ini bersifat opsional.

4. Ambil sedikit adonan ronde lalu pipihkan dan beri isi kacang tanah yang telah dihaluskan di dalamnya.

5. Bulatkan adonan sampai habis dan rebus di dalam air mendidih hingga ronde mengapung.

Cara membuat wedang (kuah)

1. Masukkan gula merah, daun pandan, daun jeruk jahe dan beri sedikit garam dalam 1,5 liter air.

2. Rebus air hingga mendidih.

3. Susun ronde di dalam mangkok dan bahan pelengkapnya lalu siram dengan kuah jahe ronde selagi masih hangat.

Cara membuat minuman jahe: Sekoteng

Sekoteng (Sumber: Wikipedia)
Sekoteng (Sumber: Wikipedia)

Bahan-Bahan:

1 genggam kacang tanah, sangrai dan buang kulitnya

100 gr kacang hijau, rebus hingga matang

2 lembar roti tawar, potong dadu

1 bungkus mutiara, rebus hingga matang

kolang-kaling secukupnya, rebus dengan sedikit gula (bisa juga diberi warna)

Bahan kuah:

700 ml air

4 sdm gula pasir

2 sdm gula jawa, sisir

1/4 sdt garam

3 cm jahe, memarkan

2 batang serai, memarkan

2 lembar daun pandan, simpul

Cara membuat:

1. Rebus air hingga mendidih. Masukkan jahe, serai dan daun pandan. Masak hingga harum.

2. Masukkan gula dan garam. Aduk rata hingga tercampur rata. Setelah mendidih, matikan api.

Cara membuat minuman jahe: Bandrek

Resep minuman tradisional Bandrek Susu. (dok. Instagram @masaknesia/https://www.instagram.com/p/Box89irAg3m/Henry
Resep minuman tradisional Bandrek Susu. (dok. Instagram @masaknesia/https://www.instagram.com/p/Box89irAg3m/Henry

Bahan :

1 liter air matang

250 gram gula merah (sisir halus).

1 batang serai (memarkan)

½ sdt garam halus

1 ruas jahe (bakar kemudian memarkan)

2 lembar daun pandan (kira-kira 20 cm, ikat simpul)

5 butir cengkeh

5 cm kayu manis

Pelengkap:

Daging kelapa muda

Susu kental manis

Cara membuat :

1. Rebus air yang telah disiapkan kemudian masukkan gula merah, serai, jahe, daun pandan, kayu manis, cengkeh dan garam.

2.Masak dan didihkan bahan-bahan tersebut hingga harum.setelah mendidih dan air bandrek harum, kemudian saring.

3. Terakhir, tuangkan air bandrek kedalam gelas.

Cara membuat minuman jahe: Wedang Uwuh

Wedang Uwuh merupakan minuman berkhasiat yang terbuat dari rempah-rempah asli Indonesia.
Wedang Uwuh merupakan minuman berkhasiat yang terbuat dari rempah-rempah asli Indonesia.

Bahan:

10 serutan kayu secang

1 buah sereh

2 buah kapulaga jawa

3 cm kayu manis

1 buah jahe atau dapat menyesuaikan selera

2 lembar daun jeruk

1 buah gula batu

1200 ml air

Cara membuat:

1. Cuci semua bahan menggunakan air bersih dan mengalir.

2. Siapkan panci, lalu rebus bahan yang telah dicuci bersih tadi dengan menggunakan air kecuali gula batu

3. Rebus selama 5 menit hingga air berubah warna menjadi merah pekat.

4. Setelah itu masukan gula batu secukupnya dan tunggu hingga gula larut.

5. Matikan kompor, dan tuangkan wedang uwuh ke dalam gelas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditolak Berlabuh di California, Penumpang Kapal Grand Princess Jalani Tes Virus Corona

Posted: 05 Mar 2020 10:01 PM PST

Liputan6.com, California - Belajar dari kasus kapal pesiar sebelumnya, pejabat lokal California memerintahkan bahtera serupa dengan 3.500 penumpang beserta krunya untuk melakukan pengujian Virus Corona.

Melansir AP, Jumat (6/3/2020), sebuah helikopter militer menurunkan alat uji coba ke atas kapal Grand Princess  sepanjang 951 kaki (290 meter) ketika unit itu berlabuh di lepas pantai San Francisco. Pihak berwenang mengatakan hasilnya akan tersedia Jumat.

Princess Cruise Lines mengatakan, kurang dari 100 orang di atas kapal telah diidentifikasi untuk pengujian.

"Kapal tidak akan sampai di pantai, sampai kita memeriksa penumpang dengan tepat," kata Gubernur Gavin Newsom.

Tindakan pencegahan itu dipicu oleh kematian seorang pria di daerah Sacramento, yang meninggal akibat Virus Corona setelah ia berada di kapal yang sama sebelumnya pada bulan Februari. Dua penumpang lain dari pelayaran itu juga telah dirawat di rumah sakit di California Utara, dan dua warga Kanada yang baru-baru ini berlayar dinyatakan positif setelah pulang, kata para pejabat.

Pejabat California Utara juga sedang menunggu hasil tes dari seorang pria yang meninggal pada Kamis lalu setelah berada di kapal pesiar.

Hingga Kini Belum Ada Kasus Positif

Kapal pesiar Grand Princess melewati Golden Gate Bridge ketika dalam perjalanan menuju San Fransisco dari Hawaii. (Scott Strazzante/San Francisco Chronicle via AP)
Kapal pesiar Grand Princess melewati Golden Gate Bridge ketika dalam perjalanan menuju San Fransisco dari Hawaii. (Scott Strazzante/San Francisco Chronicle via AP)

Princess Cruise Lines mengatakan bahwa tidak ada kasus virus telah dikonfirmasi di antara mereka yang masih di kapal. Tetapi sejumlah penumpang memiliki gejala seperti flu selama sekitar dua minggu terakhir, kata Mary Ellen Carroll, direktur eksekutif Departemen Manajemen Darurat San Francisco.

"Setelah kami mendapatkan hasil dari pengujian," katanya, pihak berwenang "akan menentukan lokasi terbaik bagi kapal untuk berlabuh."

Video dari Penjaga Nasional California menunjukkan helikopter mendekati haluan kapal dan menurunkan tiga penerjun payung dengan helm ke area kosong dengan kolam renang dengan membawa benda yang tampak seperti lemari pembeku dan barang-barang lainnya.

Alat uji coba itu akan dikirim ke laboratorium di Richmond, California, kata pihak berwenang. Hasil tes dapat diproses dalam beberapa jam.

Kapal itu hendak kembali ke San Francisco setelah mengunjungi Hawaii. Beberapa penumpang tetap ikut serta dalam perjalanan tersebut, setelah berlayar pada pelayaran sebelumnya ke pelabuhan Meksiko Puerto Vallarta, Manzanillo, Mazatlan dan Cabo San Lucas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampilan Serba Hijau Kate Middleton dalam Kunjungan Terakhirnya di Irlandia

Posted: 05 Mar 2020 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran William dan Kate Middleton mengakhiri perjalanannya di Irlandia dengan berkunjung ke Galway, sebuah kota yang terletak di pesisir Barat Irlandia. Dalam kedatangannya ke Galway, Kate Middleton tampil penuh gaya. 

Dilansir dari Harpers Bazaar, Jumat (6/3/2020), ibu tiga anak tersebut mengenakan busana bernuansa warna zamrud yang sesuai dengan ciri khas dari Irlandia yang memiliki julukan "The Emerald Isle". 

Kate tampak mengenakan busana berwarna hijau berlengan panjang. Gaun yang panjangnya di atas mata kaki tersebut dipenuhi dengan motif polkadot berwarna putih. Dipadukan dengan ikat pinggang hitam di perutnya, gaun sederhana nan memesona tersebut diketahui ialah karya dari desainer Inggris, Suzannah. 

Pelengkap penampilannya, Kate mengenakan sepatu bot suede hitam panjang yang berujung runcing. Sepatu tersebut merupakan salah satu produk dari Ralph Lauren.  

Saat pertama kali kedatangannya di Galway, istri Pangeran William tersebut mengenakan olive coat dengan dua saku di bagian dadanya. Ia pun mengenakan anting-anting berbentuk shamrock yang mungil di kedua telinganya. 

 

Berbagai Kegiatan Menarik di Irlandia

Kate Middleton dengan busana polkadot berwarna hijau. (dok. instagram @kensingtonroyal/https://www.instagram.com/p/B9XAlTtFf8F//Tri Ayu Lutfiani)
Kate Middleton dengan busana polkadot berwarna hijau. (dok. instagram @kensingtonroyal/https://www.instagram.com/p/B9XAlTtFf8F//Tri Ayu Lutfiani)

Dalam kunjungan terakhirnya, dilansir dari Elle, Pangeran William dan Kate Middleton singgah di sebuah restoran yang ada di Galway bernama Tribeton. Di sana, keduanya menonton sebuah pertunjukan budaya yang hadir dalam rangkaian acara Galway 2020 European Capital of Culture. 

Selain pertunjukan budaya, terdapat aksi lainnya, termasuk Livefeed, Hoops dan Galway Community Circus, dan bertemu dengan para pemain, orang muda, dan sukarelawan dalam acara tersebut. 

Sebelumnya, Pangeran William dan Kate Middleton pun berkunjung ke komunitas dan badan amal yang ada di sana. Kemudian, pasangan kerajaan itu melanjutkan perjalanan ke Jigsaw, Extern's Savannah House, dan Teagasc Research Farm. Mereka pun tak lupa mampir di Howth Cliff untuk mempelajari upaya konservasi di sekitar garis pantai negara. 

Kunjungan yang telah berlangsung sejak 3 Maret 2020 tersebut merupakan yang pertama kalinya bagi keduanya. Mereka pun berencana untuk kembali dengan membawa serta ketiga buah hatinya. (Tri Ayu Lutfiani)

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Video Ustaz di Pondok Pesantren Pekanbaru Kena Amukan Wali Murid

Posted: 05 Mar 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Pekanbaru - Seorang wali murid mengamuk di Pesantren Al Mujtahadah Pekanbaru karena tidak terima anaknya inisial BR dikeluarkan dari pondok. Ustaz Riko Riusdi sebagai salah satu pengasuh pondok menjadi sasaran amarah.

Video wali murid mengamuk ini beredar di media sosial. Seorang pria terlihat berbicara dengan nada keras sambil menunjuk-nunjuk Riko. Dia juga terlihat berdiri dan mengejar ustaz tadi untuk memukul.

Beruntung, pengasuh pondok lainnya menahan pria tadi. Ustaz Riko yang menjadi sasaran amarah hanya terlihat diam santai sambil duduk. Tidak sepatah kata pun keluar dari mulutnya sebagai perlawanan.

Ustaz Riko dikonfirmasi wartawan membenarkan kejadian di pesantren Jalan Handayani, Marpoyan Damai, Pekanbaru itu. Dia juga membenarkan dirinya menjadi sasaran amarah wali murid seperti di video.

"Di video itu memang saya, wali murid tadi melakukan pengancaman. Wali murid tadi juga mengancam pembunuhan kepada saya kejadiannya pada 27 Februari lalu," kata Riko.

Meski diancam, Riko tetap diam dan tak melawan. Dia mengaku mengerti dengan kondisi wali murid tadi dan berusaha menghindari hal tak diinginkan kalau dirinya melawan.

Dia menjelaskan, santri BR dikeluarkan dari pondok pesantren pada tahun lalu. Ada sejumlah aturan, mulai dari larangan main hingga larangan keluar dari lingkungan pondok, diduga dilanggar oleh santri tadi.

 

Tak Mau Perpanjang Masalah

Seorang wali murid mengamuk di Pesantren Al Mujtahadah Pekanbaru karena tidak terima anaknya inisial BR dikeluarkan dari pondok. Ustadz Riko Riusdi sebagai salah satu pengasuh pondok menjadi sasaran amarah. (Liputan6.com/M Syukur)
Seorang wali murid mengamuk di Pesantren Al Mujtahadah Pekanbaru karena tidak terima anaknya inisial BR dikeluarkan dari pondok. Ustadz Riko Riusdi sebagai salah satu pengasuh pondok menjadi sasaran amarah. (Liputan6.com/M Syukur)

Sebelum dikeluarkan pada akhir 2019, pengasuh pondok sudah membuat surat perjanjian pada 15 Juni 2019 sebagai peringatan kepada santri tadi agar tidak mengulangi perbuatannya.

"Dalam perjanjian tadi akan dikeluarkan secara tidak hormat dan tanpa surat pindah," kata Riko.

Diduga, santri BR kembali melanggar aturan pondok. Dia pun dipulangkan tanpa surat pindah dan terancam tidak bisa ikut ujian nasional serta ujian madrasah standar nasional.

Menurut Riko, keputusan mengeluarkan santri tadi merupakan keputusan bersama. Santri tadi lalu dipulangkan ke rumahnya sesuai surat perjanjian tersebut.

Selain persoalan ini, Riko menyebut wali murid tadi marah karena santri tadi pernah dihukum beberapa kali. Salah satunya menulis ulang ayat-ayat Alquran.

"Ada unsur marahnya kepada saya," ucap Riko.

Meski diancam dan tangan wali murid tadi sempat mengenai dahinya, Riko mengaku tidak dendam. Dia juga tidak akan memperpanjang masalah ini ke penegak hukum.

Riko juga tahu kejadian ini membuat warga nahdiyin marah. Dia pun meminta semua pihak tidak mempersoalkan lagi video viral itu. "Agar semua pihak tidak melakukan sesuatu di luar sana," ucap Riko.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Atasi Kulit Gatal karena Terbakar Sinar Matahari

Posted: 05 Mar 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang sering terpapar sinar matahari, memang sangat dianjurkan untuk memakai krim yang mengandung sunblock/sunscreen. Namun tak menutup kemungkinan Anda lupa memakainya yang berujung kulit terasa gatal, yang disebut juga dengan Hell's itch.

"Kulit yang terbakar memproduksi sensasi rasa gatal atau nyeri. Sensasi ini menggunakan saraf untuk mengirim sinyal ke otak dan biasanya dirasakan bersamaan," ujar Gary Goldenberg, MD, asisten profesor dermatologi di Icahn School of Medicine, Mount Sinai, New York, mengutip dari WomensHealthMag.

"Terkadang, terutama ketika luka bakar sangat dalam, sensasi nyeri dan gatal bisa menjadi sangat kuat dan dibutuhkan pengobatan segera," ujar Goldenberg.

Menurut Joshua Zeichnef, MD, dermatolog di New York, menjelaskan jika Anda menggaruk area yang gatal akan membuatnya kemerahan atau iritasi akibat bakteri yang menempel di bawah kuku Anda.

Dalam beberapa kasus, kulit gatal bisa terjadi karena ruam terkait matahari yang disebut polymorphous light eruption (PMLE). "Yaitu sensitivitas atau alergi sinar matahari yang menyebabkan kemerahan, gatal-gatal di area yang terpapar," ujar Dr. Zeichner.

Karena gejalanya mirip, Anda mungkin kebingungan membedakan keduanya. Maka dari itu, segera hubungi dokter jika rasanya sangat mengganggu.

 

Cara Mengatasinya

Ilustrasi kulit gatal/copyright shutterstock
Ilustrasi kulit gatal/copyright shutterstock

Untungnya, anda bisa memberi penanganan awal sebelum mendapat penanganan dari dokter, terutama untuk mengurangi rasa gatal yang sangat mengganggu.

- Aloe vera

"Bahan gelatin dari tumbuhan aloe melembabkan dan menghidrasi kulit," ujar Dr. Zeichner.

- Moisturizer

"Mirip aloe, moisturizer menghidrasi kulit dan membentuk perlindungan pada lapisan kulit terluar," ujar Dr. Zeichner.

- Krim Hydrocortisone

"Ini untuk mengurangi inflamasi kulit. Sebagaimana pemadam kebakaran mengatasi kebakaran," ujar Dr. Zeichner. - Non-steroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs): NSAIDs seperti ibuprofen dan aspirin "membantu mengurangi nyeri dan inflamasi," ujar Dr. Goldenberg.

- Antihistamine oral

"Mereka bekerja menenangkan reaksi alergi di kulit dan memberikan efek penenang," ujar Dr. Zeichner.

- Kompres dingin

Dr.Zeichner menyarankan basahi kain dengan air dingin dan letakkan di atas kulit yang terbakar, akan membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi inflamasi.

- Perbanyak minum air putih

"Kulit yang terbakar merusak fungsi pelindung kulit, artinya dibutuhkan banyak air untuk rehidrasi tubuh," ujar Dr. Goldenberg.

- Mandi dengan koloid oatmeal

Koloid oatmeal membantu melindungi kulit, menenangkan kulit, dan mengurangi inflamasi.

- Tutupi kulit Anda

Anda mungkin ingin melakukan yang terbaik untuk melindungi kulit dari faktor lingkungan yang dapat memperparahnya, seperti angin dan sinar matahari, catat Dr. Goldenberg.

- Sering melembabkan kulit

Agar kondisi kulit kembali seperti sedia kala, tidak cukup hanya dengan mengoleskan krim sekali di atas kulit yang terbakar. Lakukan dengan rutin sampai kulit benar-benar sembuh.

 

Hal-hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan

Untuk mencegah memperparah keadaan, sebaiknya Anda tidak melakukan:

- Menggaruk

Mungkin Anda akan kesulitan menahannya, tapi menggaruknya hanya akan membuka jalan bagi nyeri nantinya. Juga, "pelindung kulit sudah rusak. Menggaruknya hanya memperburuk keadaan.

- Mengelupasi kulit

Sama halnya dengan menggaruk, mengelupasi kulit hanya merusak pelindung kulit lebih jauh-dan kemungkinan membuka jalan masuknya infeksi.

- Lupa menutupi kulit

Mendapat luka bakar sendiri sudah menyakitkan dan memalukan. Maka dari itu, pastikan lindungi kulit dengan sunscreen dan pakaian sebelum Anda keluar rumah.

Intinya, jika Anda sedang mengalami luka bakar akibat matahari dan membuat Anda tidak nyaman, tetapi Anda tidak tahu harus bagaimana, segera hubungi dokter. Mereka akan memberi saran atau memberi penanganan selanjutnya untuk mengatasi rasa gatal dengan baik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Beda Gaya Via Vallen dan Mella Rossa Tanpa Makeup, Makin Memesona

Posted: 05 Mar 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bagi penikmat musik dangdut Tanah Air tentunya sudah tak asing dengan nama Via Vallen. Wanita asal Surabaya ini sudah mengawali karier di dunia tarik suara sejak berusia 15 tahun. Berkat usaha dan tekadnya dalam bernyanyi, Via Vallen mampu berdiri di panggung dangdut Indonesia.

Pemilik nama asli Maulidia Octavia ini sukses membawakan genre koplo di industri musik nasional. Maka tak heran jika Via Vallen dijuluki sebagai Ratu Pop Koplo. Kini wanita 28 tahun ini sudah menjadi pedangdut papan atas yang kian dikenal publik bahkan luar negeri.

Meski menjadi artis terkenal, kehidupan pribadinya jarang tersorot oleh media. Tak banyak yang tahu, rupanya Via Vallen punya adik perempuan yang tak kalah cantik. Adik Via Vallen ini bernama Mella Rossa. Kakak beradik ini pun juga memiliki paras yang mirip bak anak kembar.

Meski jarang terekspos, keduanya gemar memamerkan potret kedekatannya di akun Instagram. Sebagai adik, Mella sering menemani Via di berbagai kesempatan. Sama-sama berparas cantik, keduanya ternyata kerap tampil tanpa makeup.

Penampilan keduanya pun tampak natural dan cantik. Berikut potret Via Vallen dan Mella Rossa saat tidak menggunakan makeup di kesehariannya dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (6/3/2020).

1. Kerap tampil full makeup, ini potret Via dan Mella saat tanpa makeup.

Via Vallen dan Mella Rossa (Sumber: Instagram/@mellross_08/@viavallen)
Via Vallen dan Mella Rossa (Sumber: Instagram/@mellross_08/@viavallen)

2. Saat tidak ada kegiatan, Via dan Mella memilih tampil natural. Keduanya semakin terlihat memukau.

Via Vallen dan Mella Rossa (Sumber: Instagram/@mellross_08/@viavallen)
Via Vallen dan Mella Rossa (Sumber: Instagram/@mellross_08/@viavallen)

3. Kakak beradik ini kerap membagikan potret dirinya saat tanpa makeup. Mella memiliki alis yang sedikit tipis, sedangkan Via Vallen mengenakan sedikit lipstik agar tidak terlihat pucat.

Via Vallen dan Mella Rossa (Sumber: Instagram/@mellross_08/@viavallen)
Via Vallen dan Mella Rossa (Sumber: Instagram/@mellross_08/@viavallen)

4. Saat di dalam rumah, kakak-beradik ini kompak tak menggunakan makeup. Via dan Mella tampak lebih glowing.

Via Vallen dan Mella Rossa (Sumber: Instagram/@mellross_08/@viavallen)
Via Vallen dan Mella Rossa (Sumber: Instagram/@mellross_08/@viavallen)

5. Tampil tanpa riasan wajah, sekaan sudah menjadi andalan Via dan Mella saat berpergian jauh. Keduanya sama-sama terlahir cantik.

Via Vallen dan Mella Rossa (Sumber: Instagram/@mellross_08/@viavallen)
Via Vallen dan Mella Rossa (Sumber: Instagram/@mellross_08/@viavallen)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indosat Angkat Bicara Soal Rencana KSPI Gelar Demo Terkait PHK Massal

Posted: 05 Mar 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pihak manajeman Indosat Ooredoo angkat bicara soal rencana Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) untuk melakukan demo di depan gedung Bursa Efek Indonesia (BEI).

Aksi demo tersebut merupakan buntut Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) massal karyawan PT Indosat Tbk (ISAT) sebagai bagian dari upaya reorganisasi perusahaan.

"Kami menghargai perbedaan pandangan dari sebagian kecil karyawan terdampak yang tidak dapat menerima tawaran kami, yang menurut data kami hingga hari hanya sebanyak 53 orang saja. Kami menghargai hak mereka untuk menempuh jalur hukum yang berlaku," ungkap Director & Chief Human Resources Officer Indosat Ooredoo Irsyad Sahroni kepada Liputan6.com di Jakarta, Jumat (6/3/2020).

Menurut dia, reorganisasi ini adalah suatu tindakan yang berat namun sangat dibutuhkan agar Indosat Ooredoo dapat bertahan dan bertumbuh.

Irsyad menyebut reorganisasi telah berjalan dengan baik dan lebih dari 90 persen karyawan yang terdampak sudah menerima.

"Mereka juga sudah mengikuti berbagai program yang telah kami siapkan untuk karir selanjutnya, termasuk antara lain pelatihan entrepreneurship, investasi, career couching dan juga kesempatan untuk bergabung bersama mitra Managed Service kami," tandas dia.

Ingin Jatuhkan Saham Indosat, KSPI Berencana Demo di Kantor BEI

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) melakukan konferensi pers kasus Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) massal 677 karyawan PT Indosat Tbk (ISAT).
Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) melakukan konferensi pers kasus Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) massal 677 karyawan PT Indosat Tbk (ISAT).

Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal, mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan demo di depan gedung Bursa Efek Indonesia, terkait kasus Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) massal karyawan PT Indosat Tbk (ISAT). Selain itu, KSPI juga akan membawa Indosat ke ILO.

Said menjelaskan, Indosat tidak memperhatikan hak-hak buruh. Hal tersebut tercermin dengan tidak melibatkan serikat buruh dalam perundingan PHK. Oleh karena itu para buruh pun akan melakukan aksi di bursa efek Indonesia.

Tapi yang memimpin bukan Serikat Pekerja Indosat. Kami, KSPI akan memimpin langsung melakukan aksi demonstrasi di depan itu, sehingga akan menjatuhkan saham Indosat dan internasional," kata Said dalam konferensi pers, di Hotel Mega Proklamasi, Jakarta, Kamis (5/3/2020).

Karena menurutnya dengan melakukan demonstrasi, akan berpengaruh terhadap perkembangan saham Perusahaan Indosat itu sendiri, yang berarti Serikat Pekerja Indosat yang juga merupakan anggota dari KSPI dengan tegas melawan perusahan itu, karena terkait pernyataan yang dilontarkan oleh pihak perusahaan Indosat tidak sesuai dengan fakta sesungguhnya.

Ia pun menilai bahwa manajemen perusahaan Indosat tidak melakukan prosedur PHK secara benar, melainkan mengintimidasi pegawainya sehingga mau tidak mau pegawai menerima pesangon tersebut.

Lanjutnya, menurut keterangan Serikat Pekerja Indosat Roro Dwi Handayani, bahwa bukan hal baru adanya PHK di Indosat, semenjak Qatar Telecom masuk ke Indosat, prosedur PHK itu sesuai, namun menurut Roro PHK yang dilakukan kali ini menurutnya menyalahi aturan.

Kendati begitu, Said sebagai ketua KSPI pun tak tinggal diam, melainkan langsung bertindak langsung, dengan melakukan pertemuan dengan Serikat pekerja Indosat, agar bisa diketahui sumber masalahnya.

"Mungkin hal itu dijelaskan berulang-ulang di PT Indosat ini bukan yang pertama kali PHK yang melibatkan ratusan, bahkan ribuan oang, selama ini hal itu terjadi berdasarkan hasil perundingan dengan sikap pekerja, namun kali ini PHK tersebut tidak dilakukan perundingan dengan bekerja," ujar Said. 

Karyawan Indosat yang Kena PHK Dapat Pesangon hingga 70 Bulan Gaji

Indosat Ooredoo bertansformasi dengan nama dan logo baru. (Jeko Iqbal Reza/Liputan6.com)
Indosat Ooredoo bertansformasi dengan nama dan logo baru. (Jeko Iqbal Reza/Liputan6.com)

Sebelumnya, Director & Chief Human Resources Officer Indosat Ooredoo Irsyad Sahroni menyatakan bahwa terdapat 677 karyawan yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Dari jumlah tersebut, lebih dari 80 persen telah setuju menerima paket kompensasi dan perusahaan juga menjalin kerja sama dengan mitra Managed Service untuk memberi kesempatan bagi yang terdampak agar tetap dapat bekerja di mitra kerja.

Irsyad melanjutkan, sampai saat ini sudah ada sekitar 92 persen karyawan terdampak telah menyetujui menerima paket kompensasi.

Kompensasi yang diterima oleh pegawai Indosat yang terdampak, katanya, jumlahnya pun bervariasi ada yang menerima 14 bulan gaji, 43 bulan gaji, hingga 70 bulan gaji.

"Jadi perusahaan tidak semena-mena menghentikan karyawan. Semua hak-hak sudah kita selesaikan sesuai dengan undang-undang tenaga kerja yang berlaku," kata Irsyad dikutip dari Antara, Kamis (27/2/2020).

Director and Chief Operating Officer Vikram Sinha mengatakan perusahaan percaya langkah ini dapat meningkatkan kinerja Indosat Ooredoo, membantu perusahaan untuk tetap kompetitif di tengah tantangan disrupsi, mengoptimalkan layanan, dan menghadirkan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan.

Untuk diketahui Indosat melakukan pengurangan 677 karyawan sebagai akibat dari kebijakan perseroan melakukan perubahan organisasi. 

Dikatakan Irsyad, keputusan PHK tersebut sebetulnya tidak dilakukan secara mendadak tapi sudah melakukan kajian secara menyeluruh seluruh opsi, sehingga pada kesimpulan bahwa Indosat harus mengambil keputusan yang berat tersebut.

"Perusahaan sudah melakukan kajian ini sejak semester kedua tahun lalu, sehingga tidak dilakukan secara mendadak," katanya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Pasuruan Bongkar Pengolahan Ikan Berformalin

Posted: 05 Mar 2020 10:00 PM PST

ilustrasi ikan mentah/photo copyright by Sunny Forest (Shutterstock)
ilustrasi ikan mentah/photo copyright by Sunny Forest (Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta - Petugas Satuan Reserse Kriminal Polresta Pasuruan, Jawa Timur, membongkar industri pengolahan ikan asin yang diduga berformalin di Lekok, Pasuruan.

Kapolres Pasuruan Kota AKBP, Dony Alexander mengatakan, pengungkapan kasus tersebut menyusul adanya laporan masyarakat yang resah karena peredaran ikan asin yang diduga mengandung formalin, di Pasuruan, Jawa Timur, Kamis 5 Maret 2020.

"Total barang bukti yang disita sebanyak 101 kardus ukuran 25 kilogram dengan total sekitar 2,5 ton," ucapnya.

Polisi juga menangkap AY selaku produsen pengolahan ikan asin dan SW yang diduga memasok formalin kepada pelaku, dilansir dari Antara.

"Pelaku mengaku pemasaran ikan asin di Kota Solo, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kabupaten Tuban, dan Kabupaten Pasuruan. Lokasi penjualan di pasar-pasar tradisional," katanya.

Dari keterangan pelaku, penggunaan formalin pada saat cuaca sedang hujan dan tidak ada panas untuk menjemur ikan asin. "Biar keringnya stabil dan tidak berulat. Teksturnya juga bagus dan setiap kilogramnya ikan asin dijual dengan harga seperti pada umumnya, yakni sekitar Rp8.500 sampai dengan Rp9.000 per kilogram," ujar dia.

Atas perbuatannya itu, dua tersangka dijerat dengan Pasal 136 Huruf b atau Pasal 140 UU Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan. Ancaman pidana maksimal 5 tahun dan denda Rp10 miliar.

"Kami jerat pasal tambahan untuk tersangka AY dengan Pasal 62 juncto Pasal 8 Ayat (1) Huruf a UU No. 8/1999 tentang Perlindungan Konsumen. Ancaman maksimal 5 tahun penjara dan denda Rp2 miliar," katanya di Pasuruan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peluang Eden Hazard Hapus Mimpi Buruk Musim Pertama di Real Madrid

Posted: 05 Mar 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Dallas - Winger Real Madrid, Eden Hazard telah menjalani operasi kaki kanan dengan sukses di Dallas, Amerika Serikat, Kamis (5/3/2020). Tapi, pemain Timnas Belgia ini masih harus melakukan pemulihan sebelum bisa bermain lagi.

"Eden Hazard sukses menjalani operasi pada fibula kaki kanannya yang retak, di Dallas, AS," bunyi pernyataan yang dikeluarkan Real Madrid di situs resmi mereka.

"Operasi tersebut diawasi Tim Medis Real Madrid. Sekarang, Hazard masih dalam observasi sampai dia dinyatakan mampu menjalani proses rehabilitasinya," lanjut pernyataan itu.

Pemain berusia 29 tahun itu harus ditarik keluar lapangan ketika Real Madrid takluk dari Levante pada 23 Februari lalu. Eden Hazard baru dia kali bermain sebagai starter setelah absen selama tiga bulan karena cedera kaki kanan.

Sayang, ternyata cedera itu belum benar-benar pulih sehingga eks pemain Chelsea itu harus naik meja perawatan. Situasi ini jelas bukan hal yang diinginkan Eden Hazard dalam menjalani musim pertamanya bersama Los Blancos.

Mimpi Buruk

Winger Real Madrid, Eden Hazard telah menjalani operasi kaki kanan di Dallas, AS. (AFP Photo/Gabriel Bouys)
Winger Real Madrid, Eden Hazard telah menjalani operasi kaki kanan di Dallas, AS. (AFP Photo/Gabriel Bouys)

Sebelumnya, Hazard mengalami cedera paha saat berlatih sehari sebelum dimulainya musim 2019-2020. Setelah pulih pada September, dia memerlukan waktu untuk mendapatkan kembali kebugaran dan irama permainannya.

Ketika tampak mulai menemukan irama permainannya, cedera kembali mengganggunya pada November 2019, di mana kakinya retak. Musim pertama Hazard bersama di Real Madrid bagai mimpi buruk.

100 juta Euro

Sejauh ini, Eden Hazard baru bermain sebanyak 15 laga untuk Real Madrid, dengan sumbangan satu gol. El Real memboyongnya dari Chelsea musim panas lalu seharga 100 juta euro.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Dijual Bebas, Ini Tahapan yang Dilalui Kendaraan Bermotor

Posted: 05 Mar 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum dijual di Indonesia, setiap kendaraan bermotor roda 2 atau lebih harus memenuhi sejumlah persyaratan yang ditentukan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Pertama, kendaraan yang sudah diproduksi diuji di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB). Setelah dinyatakan lulus, maka terbitlah Sertifikat Uji Tipe (SUT).

Pada kendaraan lengkap, seperti motor dan mobil penumpang bisa langsung mengajukan permohonan Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT) sesuai jumlah kendaraan yang akan diproduksi. Sedangkan pada kendaraan niaga yang masih berupa landasan, prosesnya lebih panjang.

Pasca diterbitkannya SUT, karoseri masih perlu membuat desain rancang bangun. Konsep awal ini kemudian diajukan ke Direktorat Jenderal Perhubungan Darat untuk disahkan menjadi Surat Keputusan Rancang Bangun (SKRB).

Pihak karoseri kemudian bisa membuat kendaraan sesuai dengan SKRB yang disahkan. Kendaraan yang telah diproduksi kemudian mengajukan permohonan untuk cek fisik di Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD), kecuali DKI Jakarta di BPLJSKB.

Jika cek fisik sesuai, dikeluarkanlah Berita Acara Pemeriksaan (BAP). Setelah semua tahap tersebut diselesaikan, barulah keluar SRUT yang menandakan bahwa kendaraan tersebut bisa dipasarkan oleh pabrikan.

Sumber: Otosia.com

Mau Pasang Pelat Nomor Cantik di Mobil, Ini Biayanya

Jika Anda tertarik dengan pelat nomor angka cantik, Anda bisa memilikinya dengan membayar dan mengikuti aturan yang berlaku.

Dilansir laman Hyundai Indonesia, jumlah uang yang harus dibayarkan demi kombinasi angka cantik untuk pelat nomor pun sudah diatur. Berikut daftar biaya pelat nomor cantik dalam PP nomor 60 tahun 2016 tentang Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB):

 

Tarif Pelat Nomor Cantik:

- NRKB satu angka, tanpa huruf di belakang Rp 20 juta, Ada huruf di belakang Rp 15 juta.

- NRKB dua angka, tanpa huruf di belakang Rp 15 juta. Ada huruf di belakang Rp 10 juta.

- NRKB tiga angka, tanpa huruf di belakang Rp 10 juta. Ada huruf di belakang Rp 7,5 juta.

- NRKB empat angka, tanpa huruf di belakang Rp 7,5 juta. Ada huruf di belakang Rp 5 juta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Heboh Penampakan Terbaru Lucinta Luna, Diduga di Sel Tahanan

Posted: 05 Mar 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Lucinta Luna telah ditetapkan sebagai tersangka kasus penyalahgunaan narkoba. Terhitung sejak 12 Februari 2020, Lucinta Luna mendekam di sel tahanan wanita di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan.

Baru-baru ini, Lucinta Luna kembali bikin heboh jagat maya. Kehebohan bermula ketika sebuah akun gosip Instagram bernama @nyinyir_update_reeall membocorkan foto Lucinta Luna.

Lucinta Luna berpose bersama tujuh orang teman wanita di sebuah ruangan. Bintang film Bridezilla itu tampak cantik dengan mini dress tak berlengan warna merah tua motif abstrak. 

Tetap Seksi

Foto Lucinta Luna. (Dok. Instagram @nyinyir_update_reeall)
Foto Lucinta Luna. (Dok. Instagram @nyinyir_update_reeall)

Rambut hitam pendek Lucinta Luna tampak rapi dengan bando. Lucinta Luna dikelilingi teman-teman wanita lain yang memakai busana lebih tertutup.

"Wah Mbak LL walaupun berfoto bersama tahanan lain tetep sexy aja nih. Kirain bakal tumbuh kumis dan jenggot," tulis akun gosip tersebut sebagai keterangan fotonya, yang diunggah belum lama ini.

Lapas Kayak Kosan?

Lucinta Luna saat dirilis di Polres Metro Jakarta Barat (Liputan6.com/ Herman Zakharia)
Lucinta Luna saat dirilis di Polres Metro Jakarta Barat (Liputan6.com/ Herman Zakharia)

Warganet menduga foto tersebut diambil di dalam sel tahanan. Hingga berita ini ditulis, showbiz Liputan6.com sudah mencoba menghubungi pihak kepolisian, namun belum ada tanggapan.

"Di lapas bagus bener ya kamarnya kayak kostan," tulis pemilik akun yahtriah. "Penghuni tahanannya glowing-glowing, kira-kira kasus apa ya mereka," tambah pengguna akun Instagram wulandarisuyatno.

 

Ditangkap Sehabis Liburan

Seperti diketahui, Lucinta Luna ditangkap Satnarkoba Polres Metro Jakarta Barat, Selasa (11/2/2020) pagi. Ia ditangkap di sebuah apartemen dri kawasan Thamrin, Jakarta Pusat bersama sejumlah rekannya.

Penangkapan ini terasa dramatis mengingat sehari sebelumnya, Lucinta Luna berlibur ke Bali. Di Pulau Dewata, Lucinta Luna melakukan kencan ganda dengan Siti Badriah dan suami tercinta.

 

Sudah Menjalani Tes Rambut

Setelah menjalani tes rambut di Pusat Laboratorium Forensik BNN Lido, Jawa Barat, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, menyatakan bahwa Lucinta Luna positif mengonsumsi zat amfetamin.

Lucinta Luna dikabarkan mengonsumsi narkoba selama setengah tahun karena depresi. Penangkapan Lucinta Luna menambah panjang drama kehidupan sang artis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Heboh Rekaman Penerjun Payung Jatuh di Sidoarjo

Posted: 05 Mar 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Warga desa Cemandi, Sidoarjo, dihebohkan dengan dua orang penerjun payung yang mendadak mendarat di sebuah rumah warga. Ibu-ibu yang melihat berlari sambil berteriak menghampiri penerjun payung tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspada, Penipuan Berkedok Jualan Masker Virus Corona di Email Kian Marak

Posted: 05 Mar 2020 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, begitu banyak informasi seputar virus corona (Covid-19) beredar luas di internet.

Memanfaatkan momen tersebut, pelaku kejahatan siber pun melakukan berbagai cara untuk mendapatkan keuntungan dari para pengguna yang kurang waspada.

Dalam laporan terkini, Kaspersky menemukan ada lebih dari 30 file berbahaya tersebar yang berkedok dokumen terkait informasi virus corona.

Para ahli keamanan siber pun telah mendeteksi sampel email spam menawarkan masker oksigen, yang mengklaim dapat melindungi pengguna dari virus corona berlabel "99,99% of the time", dan link tautan untuk membeli.

Setelah pengguna mengklik tautan pada email, mereka akan diarahkan ke sebuah laman dengan penawaran masker itu.

Nanti, korban diminta mengisi detail kartu kredit untuk melakukan pembelian masker untuk menangkal penyebaran virus corona tersebut.

Uang Raib atau Terima Barang Kualitas Rendah

Karena situs web yang meng-hosting URL tidak terhubung dengan produk apapun yang diiklankan, korban tidak akan menerima barang.

Tak hanya itu, korban pun berpotensi kehilangan uangnya, atau dalam beberapa kasus mereka masih menerima produk namun dengan kualitas yang tidak sesuai.

"Kami sering mendeteksi pesan spam yang tertaut ke topik populer. Ini adalah kasus khas di mana produk yang ditawarkan seharusnya memiliki kualitas luar biasa dan membantu pengguna untuk melindungi diri dari ancaman," komentar Maria Vergelis, analis keamanan Kaspersky dalam keterangan resminya, Jumat (6/3/2020).

"Sementara pada kenyataannya produk tersebut tidak memiliki kualitas seperti itu atau tidak pernah ada. Perlu dicatat, jenis masker anti-polusi seperti ini sangat diminati di Asia, sehingga membuatnya menarik bagi pengguna."

 

Menyamar Jadi Dokumen Informasi Virus Corona

Sebelumnya, teknologi pendeteksi Kaspersky juga menemukan file berbahaya menyamar sebagai dokumen yang berkaitan dengan virus corona.

File berbahaya yang ditemukan menyamar dengan kedok seolah file tersebut adalah pdf, mp4, docx tentang coronavirus.

Nama-nama file menyiratkan, mereka berisi instruksi video tentang cara melindungi diri dari virus, informasi terkini mengenai ancaman dan prosedur deteksi virus, yang sebenarnya tidak demikian.

Seperti, file bernama 2019 Novel Coronavirus.lnk, 5 INFOGRAFIS CORONAVIRUS.lnk, Affiche proce_dure de De_tection Coronavirus (3) .pdf.lnk, dan How to prevent Coronavirus(1).mp4.lnk telah ditemukan.

File-file tersebut berisi berbagai ancaman, dari trojan ke worm, yang mampu menghancurkan, memblokir, memodifikasi atau menyalin data, serta mengganggu pengoperasian komputer atau jaringan komputer.

Jika pengguna telah mengklik dan mengunduh file tanpa memiliki solusi keamanan siber, malware akan mengunduh dan meluncurkannya di perangkat mereka.

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Vitamin yang Dibutuhkan Kulit Kering, Kembali Lembap dan Sehat

Posted: 05 Mar 2020 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kulit kering merupakan kondisi yang tidak diinginkan oleh hampir kebanyakan orang. Hal ini dikarenakan kulit kering dapat membuat orang yang mengalaminya mendapati kulit menjadi bersisik, gatal, dan pecah-pecah.

Kulit kering muncul akibat permukaan kulit tidak mampu mempertahankan kelembapannya. Kondisi kulit kering dapat muncul pada bagian tubuh mana pun, namun yang paling umum terjadi pada bagian kaki, tangan, punggung, dan perut.

Ada beberapa faktor penyebab kulit kering, salah satunya kekurangan vitamin. Oleh karena itu, penting untuk mencukupi tubuh dengan memenuhi kebutuhan vitamin. Ada beberapa jenis vitamin yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit terutama untuk terhindar dari kulit kering.

Selain mencukupi kebutuhan tubuh dengan vitamin, kamu juga bisa melindungi kulit dari luar dengan menggunakan losion atau krim yang dapat melembapkan dan menyehatkan kulit. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan kondisi kulit yang sehat secara maksimal.

Berikut tujuh jenis vitamin yang dibutuhkan kulit kering yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (6/3/2020).

Vitamin E

Kacang Almon (Krasula/Shutterstock)
Kacang Almon (Krasula/Shutterstock)

Vitamin E dapat kamu jadikan untuk mengatasi kulit kering. Vitamin E memiliki banyak manfaat yang baik untuk peremajaan kulit, salah satunya sebagai pelindung alami dari sinar UV.

Vitamin E dapat membantu tubuh mendapatkan kembali kelembapannya, sehingga mencegah kulit menjadi kering. Konsumsi suplemen vitamin E sebanyak 30 IU per hari, terbukti ampuh mengurangi keriput dan memperbaiki tekstur kulit.

Kamu dapat meningkatkan kebutuhan vitamin E dengan mengonsumsi makanan seperti kacang almond, kacang hazelnut, biji bunga matahari, buah zaitun, dan asparagus.

Vitamin C

ilustrasi jeruk/Photo by Monika Grabkowska on Unsplash
ilustrasi jeruk/Photo by Monika Grabkowska on Unsplash

Vitamin C terkenal memiliki segudang manfaat untuk tubu, salah satunya dapat mengatasi beragam masalah kulit seperti kulit kering, kusam, keriput dan gelap. Vitamin C juga membantu tubuh menangkal tanda-tanda penuaan dini, melindungi tubuh dari sinar matahari, mengurangi kerusakan sel, memiliki sifat antioksidan, serta membantu penyembuhan luka.

Mencukupi tubuh dengan vitamin C secara tidak langsung dapat memperbaiki dan mencegah kulit kering. Makanan-makanan yang mengandung vitamin C tinggi seperti jeruk, jambu, stoberi, brokoli, dan bayam.

Vitamin D

Ilustrasi Foto Ikan Salmon (iStockphoto)
Ilustrasi Foto Ikan Salmon (iStockphoto)

Vitamin lain yang bisa bantu mengatasi kulit kering adalah vitamin D. Selain bermanfaat untuk memperkuat dan menyehatkan tulang, vitamin D juga memilliki nutrisi yang dibutuhkan oleh penderita psoariasis. Psoriasis adalah sebuah kondisi yang dapat menyebabkan kulit menjadi bersisik dan berkerak.

Tubuh kamu akan membentuk sendiri vitamin D dengan bantuan sinar matahari. Karena itu, kamu dianjurkan untuk berjemur di bawah paparan sinar matahari sekitar 10 menit pada pagi hari. Dengan begitu kamu dapat mencukupi kebutuhan vitamin D.

Selain itu, kamu juga bisa mencukupi kebutuhan vitamin D dengan mengonsumsi beragam makanan dan minuman seperti sereal, ikan salmon dan tuna, jeruk, serta yogurt.

Kolagen

Manfaat dan Efektivitas Suplemen Kolagen/copyright shutterstock
Manfaat dan Efektivitas Suplemen Kolagen/copyright shutterstock

Kolagen merupakan salah satu jenis protein paling melimpah yang ada di dalam tubuh kamu. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mencukupi tubuh dengan suplemen dapat menjaga kesehatan kulit seperti menghidrasi kulit sehingga tidak kering.

Sebuah studi yang dilakukan pada 69 wanita menemukan bahwa partisipan yang mengonsumsi 2,5-5 gram kolagen per hari selama 8 minggu memiliki peningkatan cukup signifikan dalam elastisitas kulit dan mengalami peningkatan hidrasi kulit, dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi kolagen.

Minyak Ikan

Ilustrasi Minyak Ikan (sumber: iStockphoto)
Ilustrasi Minyak Ikan (sumber: iStockphoto)

Minyak ikan sudah sangat terkenal efektif untuk menjaga kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan minyak ikan mengandung DHA dan EPA. Kedua jenis asam lemak esensial ini memiliki sifat anti-inflamasi dan penyembuhan yang kuat dan telah terbukti bermanfaat menjaga kesehatan kulit.

Makanan yang mengandung minyak ikan dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit dan meningkatkan penghalang asam lemak pada kulit, yang membantu menjaga hidrasi. Minyak ikan juga terbukti dapat mengurangi peradangan kulit dan melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari.

Probiotik

Ilustrasi probiotik/copyright shutterstock
Ilustrasi probiotik/copyright shutterstock

Banyak kondisi kulit kering awal mulanya berasal dari peradangan. Karena peradangan berasal dari sistem kekebalan dan sebagian besar sistem kekebalan kamu hidup di saluran pencernaan. Oleh karena itu, penting untuk memastikan sistem pencernaan kamu terjaga kesehatannya.

Beberapa penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa probiotik merupakan kunci untuk menjaga mendapatkan usus yang sehat. Untuk itu, sudah sewajarnya kamu mencukupi asupan probiotik guna mendapatkan sistem pencernaan dan kulit yang sehat.

Zinc

Zinc. (Via: power-beauty.com)
Zinc. (Via: power-beauty.com)

Banyak losion dank rim yang membantu mengobati ruam dan kulit kering mengandung zinc. Hal ini dikarenakan memang zinc berguna sebagai anti-inflamasi sehingga dapat mencegah kulit kering dan kemerahan pada kulit.

Selain itu, zinc juga dapat membantu sistem kekebalan tubuh untuk mencegah masalah kulit seperti eksim yang menjadikan kulit kering.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi dan Zulkifli Hasan Bertemu, Bahas Apa?

Posted: 05 Mar 2020 09:39 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan tiba-tiba mendatangi Istana Kepresidenan, Jumat (6/3/2020). Dia bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Politikus PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan, silahturahmi Zulkifli Hasan dengan Presiden Jokowi di Istana Negara, sekadar kangen-kangenan. Kata Viva, Zulkifli sudah sejak lama tidak bertemu dengan Jokowi.

"Maksud kedatangan Bang Zul adalah, pertama, kangen-kangenan sebagai sahabat yang baik karena sudah lama tak bersua. Sejak Pak Jokowi masih menjadi Walikota Solo, mereka berdua sudah lama saling mengenal," ujar Viva kepada wartawan, Jumat (6/3/2020).

Viva menyebut, Wakil Ketua MPR itu juga diskusi persoalan bangsa. Terutama membahas revisi UU Pemilu.

"Yang kedua, berdiskusi tentang persoalan kondisi bangsa saat ini yang memerlukan solusi cepat dan tepat. Juga berdiskusi rencana revisi atas Undang-undang tentang pemilu," kata Viva.

Dia menampik pertemuan pertama ini sebagai penjajakan PAN berkoalisi dengan pemerintah. Viva mengatakan diskusinya tidak sampai membahas koalisi.

"Diskusinya tidak sejauh itu," kata Viva.

Datang Dadakan

Diberitakan, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mendadak mendatangi Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (6/3). Semula, dalam agenda Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak ada pertemuan dengan Zulkifli.

Zul, sapaan akrabnya, tiba-tiba muncul di pintu utama Istana sekitar Pukul 10.03 WIB. Mengenakan batik cokelat, tanpa bicara apapun ke wartawan, dia langsung menuju Istana Merdeka tempat Jokowi berkantor.

Berselang 30 menit, Zul kembali ke luar. Lagi-lagi, dia tak mau bicara apapun. Zul hanya tersenyum sambil menempelkan jari telunjuknya ke bibir seolah mengunci mulut, dilarang bicara kepada wartawan.

Dia memilih jalan cepat untuk kembali ke mobil sedannya bernomor polisi B 1583 FRO yang telah menunggu.

Biro Pers Istana memang sempat mengumumkan agar wartawan hadir lebih awal sekitar Pukul 08.45. Dalam informasinya, permintaan ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya agenda dadakan presiden.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko Polhukam dan Bakamla Matangkan Omnibus Law Keamanan Laut

Posted: 05 Mar 2020 09:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menko Polhukam Mahfud Md hari ini mematangkan Omnibus Law Keamanan Laut bersama Badan Keamanan Laut atau Bakamla.

"Hari ini saya ke Bakamla, karena sekarang sedang menggarap satu instrumen hukum, instrumen peraturan perundang-undangan yang akan membuka koordinasi keamanan laut itu bisa ditangani secara lebih sederhana dan koordinasinya terpusat," kata Mahfud di Markas Besar Bakamla, Jakarta, Jumat (6/3/2020).

Total, masih kata dia, sudah ada sekitar 21 undang-undang yang akan diselenggarakan, dari 7 lembaga atau instansi terkait keamanan laut ini.

"Kalau dalam inventarisasi kami ada sekitar 21 undang-undang yang terkait dengan soal laut yang seluruhnya nanti akan diomnibuskan. Tetapi institusi yang ada agak dianggap tumpang tindih itu ada 7," ungkap Mahfud.

Menurut dia, tidak ada target waktu untuk membahas omnibus law ini. Namun, di tingkat pemerintahan untuk administratif kemungkinan akan selesai 2-3 minggu ke depan.

"Kalau target waktu yang secara administratif pemerintahan ya di tingkat eksekutif itu mungkin dalam waktu 2-3 minggu ke depan sudah selesai. Tapi yang menyangkut hubungannya dengan legislasi, kita mungkin setahun paling lama itu sudah bisa," jelas Mahfud.

Sederhanakan Aturan

Sementara itu, Kepala Bakamla Laksmada Madya TNI Aan Kurnia, menjelaskan, pasca dilantik dia langsung bekerja untuk menyelesaikan undang-undang ini.

"Saya juga bergerak disini untuk segera menyelesaikan perundang-undangannya, kemudian untuk ke instansi-instansi, saya juga sudah door to door, sudah menyampaikan apa keinginan bapak presiden dan Alhamdulillah semua mendukung ini," jelas Aan.

Dia menegaskan, omnibus law ini untuk menyederhanakan aturan yang sudah ada.

"Sehingga nanti ke depannya lebih mudah untuk kita semua khususnya untuk teman-teman yang bergiat. Dan nanti efek yang paling bagus tentu ekonomi, ini costnya murah untuk bergiat di laut, tidak seperti sekarang," pungkasnya.

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Agar Tak Pengaruhi Pilkada, KPU Imbau Jajarannya di Daerah Tak Panik Corona

Posted: 05 Mar 2020 09:32 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengimbau jajarannya di tingkat provinsi, kabupaten dan kota agar tidak panik terhadap isu virus corona (Covid-19) selama menggelar tahapan Pilkada 2020.

Komisioner KPU Viryan Azis, mengatakan, saat ini mungkin ada kepanikan di tengah masyarakat terhadap corona, namun petugas penyelenggara pemilu jangan pula ikut panik dan menghambat jalannya pilkada.

"Yang terpenting menjaga pola hidup sehat sehingga bisa meminimalkan. Olahraga, makan-makanan sehat minum-minuman menyehatkan seperti kunyit (dan jamu-jamuan tradisional) yang berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh," kata dia seperti dikutip dari Antara.

Kecemasan berlebihan, kata dia hanya membuat persoalan tambahan karena tingkat stres meningkatkan, kemudian tingginya tingkat stres membuat tubuh rentan terkena penyakit.

"Misalnya cemas corona, karena kecemasan berlebih akhirnya jantung, bukan corona-nya yang membuat sakit, tapi malah penyakit lain juga bisa oleh karena cemas berlebihan," katanya.

KPU, kata dia, terus memantau perkembangan virus corona apakah berpotensi mewabah atau tidak di Indonesia.

"Bahasanya KPU memonitor perkembangan penyebaran corona di daerah pilkada," ucap Viryan.

Belum Pengaruhi Pilkada

Menurut dia, sampai saat ini isu soal virus corona tersebut belum mempengaruhi jalannya tahapan Pilkada Serentak 2020, bahkan di salah satu daerah yang terdapat warganya positif terjangkit corona, tahapan pilkada tetap berjalan dengan baik.

"Poinnya KPU RI memantau penyebaran corona di daerah pilkada sejak dini. Contoh kasus Depok kita mengikuti perkembangannya. KPU Depok sudah kita koordinasi untuk mengikuti (langkah-langkah yang perlu diambil)," ujarnya.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditutup Sementara Akibat Virus Corona, Ini 6 Potret Kakbah Tampak Sepi

Posted: 05 Mar 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Mewabahnya virus Corona membuat sejumlah pemerintah di berbagai negara membuat kebijakan pembatasan hingga mentup akses pendatang asing yang masuk ke negaranya. Upaya tersebut merupakan antisipasi pemerintah untuk menghindari merebaknya virus Corona semakin luas.

Tak terkecuali dengan negara Arab Saudi. Negara yang berada di Timur Tengah ini merupakan negara yang paling sering dikunjungi orang dari penjuru dunia untuk datang ke Tanah Suci. Pemerintah Arab Saudi baru saja memberlakukan untuk menutup sementara Masjidil Haram.

Ditutupnya Masjidil Haram untuk sementar memperlihatkan pemandangan langka yaitu area Kakbah yang tampak begitu sepi. Potret sepinya Kakbah dari ribuan bahkan jutaan umat Muslim yang biasanya melakukan tawaf, tersebar di media sosial. Bahkan Kakbah menjadi trending topic di Twitter.

Kebijakan tersebut dilakukan karena area Kakbah akan dilakukan sterilisasi atas kekhawatiran penyebaran virus Corona. Selain itu pemerintah juga menutup Masjid Nabawi di Madinah satu jam setelah salat isya dan akan dibuka kembali sejam sebelum salat subuh. Penutupan ini berlangsung setiap hari untuk menghindari penyebaran virus Corona di Tanah Suci.

Berikut ini 6 potret pemandangan area Kakbah yang sepi karena dilakukan sterilisasi dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Jumat (6/3/2020).

1. Pemerintah Arab Saudi menutup sementara Masjidil Haram dan Masjid Nabawi untuk pencegahan virus Corona.

Arab Saudi mengosongkan sementara area Ka'bah untuk sterilisasi atas kekhawatiran penyebaran virus corona.(ABDEL GHANI BASHIR/AFP)
Arab Saudi mengosongkan sementara area Ka'bah untuk sterilisasi atas kekhawatiran penyebaran virus corona.(ABDEL GHANI BASHIR/AFP)

2. Penutupan Masjidil Haram termasuk Kakbah dan Masjid Nabawi diumumkan Arab Saudi pada Kamis (5/3/2020).

Arab Saudi mengosongkan sementara area Ka'bah untuk sterilisasi atas kekhawatiran penyebaran virus corona.  (COVID-19). (ABDEL GHANI BASHIR/AFP)
Arab Saudi mengosongkan sementara area Ka'bah untuk sterilisasi atas kekhawatiran penyebaran virus corona. (COVID-19). (ABDEL GHANI BASHIR/AFP)

3. Untuk menghindari penyebaran virus ke kain penutup Kakbah, pemerintah membangun dinding di sekitarnya.

Arab Saudi mengosongkan sementara area Ka'bah untuk sterilisasi atas kekhawatiran penyebaran virus corona. (ABDEL GHANI BASHIR/AFP)
Arab Saudi mengosongkan sementara area Ka'bah untuk sterilisasi atas kekhawatiran penyebaran virus corona. (ABDEL GHANI BASHIR/AFP)

4. Pemandangan sepi Kakbah yang hampir tak pernah terjadi ini langsung ramai di media sosial.

Arab Saudi mengosongkan sementara area Ka'bah untuk sterilisasi atas kekhawatiran penyebaran virus corona. (Sumber: Twitter/@@Awais_raja1)
Arab Saudi mengosongkan sementara area Ka'bah untuk sterilisasi atas kekhawatiran penyebaran virus corona. (Sumber: Twitter/@@Awais_raja1)

5. Tampak sejumlah pekerja yang berjaga di area Masjidil Haram termasuk Kakbah yang sedang dilakukan sterilisasi.

Arab Saudi mengosongkan sementara area Ka'bah untuk sterilisasi atas kekhawatiran penyebaran virus corona. (Sumber: Twitter/@MutawwifHjNasa)
Arab Saudi mengosongkan sementara area Ka'bah untuk sterilisasi atas kekhawatiran penyebaran virus corona. (Sumber: Twitter/@MutawwifHjNasa)

6. Inilah pemandangan sepi Kakbah yang diberlakukan penutupan sementara oleh pemerintah Arab Saudi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Barcelona Disarankan Beli Lautaro Martinez ketimbang Neymar

Posted: 05 Mar 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Barcelona - Pelatih terkenal asal Argentina, Cesar Menotti, memahami mengapa Barcelona begitu ingin mendatangkan striker Inter Milan, Lautaro Martinez pada bursa transfer musim panas mendatang.

Barcelona telah mengajukan tawaran untuk Martinez pada pekan ini, karena Blaugrana ingin mendorong tercapainya kesepakatan lebih awal. Klub asal Katalan itu bertekad segera mengamankan tanda tangan pemain internasional Argentina itu.

Kabarnya, tawaran sebesar 70 juta euro ditambah Nelson Semdo dan Arturo Vidal telah dilayangkan Barcelona ke Inter Milan. Semedo sendiri diperkirakan bernilai 30 juta euro sedangkan Vidal sekitar 20 juta euro.

Menotti percaya Martinez akan sukses bersama klub yang bermarkas di Camp Nou tersebut. Dia juga menyarankan Barcelona membeli Martinez ketimbang mendatangkan kembali Neymar dari Paris Saint-Germain (PSG).

"Lautaro sangat muda dan penuh potensi. Dia memiliki masa depan yang cerah," ungkap Menotti kepada Mundo Deportivo, seperti dilansir Tribal Football.

Pewaris Messi

Penyerang Paris Saint-Germain Neymar Jr, ingin kembali membela Barcelona. (Photo by LOIC VENANCE/AFP)
Penyerang Paris Saint-Germain Neymar Jr, ingin kembali membela Barcelona. (Photo by LOIC VENANCE/AFP)

"Neymar sepertinya akan menjadi pewaris (Lionel) Messi, tetapi sejak dia meninggalkan Barcelona dia telah menjadi pemain tanpa kehormatan yang sama," jelasnya.

Di Liga Italia, Martinez telah mencetak 11 gol dar 21 pertandingan yang sudah dilakoni. Pemain berusia 22 tahun ini juga menjaringkan lima gol untuk I Nerazzurri di penyisihan grup Liga Champions musim ini.

Latih Barcelona

Cesar Menotti diketahui pernah selama setahun menangani Barcelona yakni pada musim 1983-1984. Sayang, hanya trofi Supercopa de Espana yang berhasil dia persembahkan untuk Blaugrana.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Terpengaruh Virus Corona, Serikat Buruh Tetap Gelar Unjuk Rasa

Posted: 05 Mar 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengaku tak akan mengindahkan kebijakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang melarangan berkegiatan di pusat keramaian untuk mengantisipasi penularan wabah corona.

Said Iqbal mengatakan akan tetap menggelar unjuk rasa dalam jumlah besar meski tengah munculnya virus corona di Indonesia.

"Kita tetap aksi karena kan ada UU Unjuk Rasa nomor 9 tahun 98 dan itu lebih tinggi dari sekadar instruksi Gubernur," kata Said Iqbal saat dihubungi melalui telepon, Kamis (5/3/2020).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI sebelumnya melalui Surat Instruksi Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Nomor 27 Tahun 2020 melarangan kegiatan yang menimbulkan pengumpulan banyak orang.

Kegiatan-kegiatan seperti konser musik, pertandingan sepak bola, hingga syuting film dihentikan sementara untuk mengantisipasi maraknya wabah virus corona.

Meskipun demikian, Said Iqbal menegaskan isu virus coronatidak akan menghalangi serikat buruh untuk tetap turun ke jalan.

"Dari sisi pemberitaan mungkin saja isu korona lebih kuat pemberitaannya, tapi dari sisi buruh untuk menyuarakan omnibuslaw tidak akan pernah berhenti. Sekuat apapun isu lainnya termasuk korona," kata Said Iqbal.

Dirinya mengaku tidak takut terhadap ancaman penularan virus corona yang sampai saat ini belum ada vaksinnya itu.

"Kita enggak boleh panik ya. Kan Pemerintah sudah menyampaikan jangan panik. Bukan berarti penyakit corona sudah ada di Indonesia segala aktivitas kita terhenti enggak boleh juga kan. Hidup tetap harus berlanjut show must go on," kata Said Iqbal.

Said Iqbal bahkan meminta Pemerintah untuk membagikan masker gratis kepada buruh agar aktivitas unjuk rasa tidak terganggu.

"Supaya tidak mengganggu aktivitas aksi aktivitas lainnya dari masyarakat termasuk buruh ya bagikan secara gratis karena masker ini susah dicari dan mahal," kata Said Iqbal.

KSPI Sebut Nasib Buruh Terancam Gara-Gara Virus Corona

Ratusan buruh menggelar aksi demo di kawasan industri Pulogadung, Jakarta, Selasa (24/11/2015). Buruh menuntut dicabutnya Peraturan Pemerintah No 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan. (Liputan6.com/Yoppy Renato)
Ratusan buruh menggelar aksi demo di kawasan industri Pulogadung, Jakarta, Selasa (24/11/2015). Buruh menuntut dicabutnya Peraturan Pemerintah No 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal, mengatakan para buruh merasa terancam dengan adanya virus corona di Indonesia.

Oleh karena itu ia meminta kepada pemerintah juga memperhatikan kaum buruh, karena banyak perusahaan-perusahaan multinasional yang di dalamnya bercampur antara buruh Indonesia dengan Tenaga Kerja Asing (TKA).

Kekhawatiran itu timbul, lantaran semenjak Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan sudah ada dua orang yang terpapar virus corona di Indonesia.

"Kami meminta kepada pemerintah sungguh-sungguh memperhatikan kami para buruh Indonesia, karena merasa terancam akan penyakit corona. Tanpa upaya yang sungguh-sungguh dari pemerintah terhadap para buruh, di mana setidaknya buruh yang bergabung di KSPI  itu bekerja di perusahaan-perusahaan multinasional yang banyak tenaga kerja asingnya, seperti berasal dari Tiongkok," kata Said dalam konferensi pers, di Hotel Mega Proklamasi, Jakarta, Kamis (5/3/2020).

Ia pun menyebutkan sebagai contoh seperti perusahaan INCO, yang merupakan perusahan tambang dan pengolahan nikel yang beroperasi di Blok Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan.

Di sana, dikatakannya, banyak TKA, khususnya TKA asal Tiongkok, meskipun belum ada dugaan pasti bahwa TKA itu terdampak virus corona. Namun ia tetap mengkhawatirkan para buruh Indonesia  yang bekerja di perusahaan tersebut.

Pemerintah Harus Tindak Paksa

Presiden KSPI Said Iqbal (kiri) dan Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea saat konferensi pers, Jakarta, Rabu (25/9/2019). Kendati menilai revisi UU No 13/2003 tentang Ketenagakerjaan merugikan buruh, serikat pekerja meminta buruh menahan diri dan mengedepankan keutuhan NKRI. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Presiden KSPI Said Iqbal (kiri) dan Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea saat konferensi pers, Jakarta, Rabu (25/9/2019). Kendati menilai revisi UU No 13/2003 tentang Ketenagakerjaan merugikan buruh, serikat pekerja meminta buruh menahan diri dan mengedepankan keutuhan NKRI. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Selain itu, masih banyak sektor-sektor perusahaan-perusahaan multinasional lainnya yang mempekerjakan tenaga asing yang berasal dari Jepang, Korea Selatan, Tiongkok, Taiwan, India, dan Bangladesh.

Menurutnya, pemerintah harus menindak paksa memulangkan TKA yang sudah ada indikasi terkena virus corona ke negaranya, supaya tidak menyebar di Indonesia.

Selain itu, ia juga menilai upaya pemerintah di bandara-bandara tidak tegas. Tidak ada pemeriksaan bagi TKA yang keluar masuk ke Indonesia.

"Aneh kok di bandara Indonesia sekali nggak ada pemeriksaan-pemeriksaan suhu, seperti berbanjar berbaris diperiksa, pemerintah jangan terlalu pede, virus itu berbahaya untuk bangsa Indonesia, khususnya kaum buruh," ujarnya. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sony Ungkap Tanggal Rilis dan Bonus Pre-Order Gim Ghost of Tsushima

Posted: 05 Mar 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Setelah ditunggu-tunggu, Sony akhirnya menyibak tabir misteri tanggal peluncuran gim action-adventure terbaru buatan Sucker Punch, yakni Ghost of Tsushima.

Dalam trailer yang baru saja dirilis, gim Ghost of Tsushima akan resmi meluncur secara eksklusif di konsol PlayStation 4 (PS4) pada 26 Juni 2020.

Selain mengumumkan tanggal peluncuran gim, Sony juga memberikan informasi tentang beragam bonus yang bisa gamer dapatkan saat melakukan pre-order gim ini.

Pre-order versi standar, gamer akan mendapatkan gim Ghost of Tsushima beserta bonus avatar PS4 bernama Jin (karakter di dalam gim), digital mini soundtrack lagu dari gim, dan tema dashbord dinamis untuk PS4 kamu.

Sony menyertakan edisi pre-order lain, yakni Digital Deluxe Edition, Special Edition (versi fisik), dan Collector's Edition, sebagaimana dikutip dari Gamerant, Jumat (6/3/20202).

 

Pre-Order Bonus Ghost of Tsushima

Adapun Deluxe Edition akan disertakan sejumlah item estetika di dalam gim, dan item yang dapat digunakan untuk meningkatkan level karakter.

Sementara itu, Special Edition (versi fisik) menyangkup segala hal yang ada di dalam gim versi Deluxe Edition, hanya saja mendapatkan casing khusus (steel case).

Terakhir adalah Ghost of Tsushima Collector Edition, yang edisi ini merupakan keseluruhan item dan hal yang ada di versi Special Edition.

Bedanya, untuk edisi kolektor ini gamer juga akan mendapatkan sebuah replika topeng yang dikenakan oleh karakter protagonis di dalam gim Ghost of Tsushima ini.

Latar Cerita Ghost of Tsushima

Lebih lanjut, Ghost of Tsushima merupakan gim open world action-adventure RPG yang berlatarbelakang cerita pada 1200 di Feudal Jepang.

Gim ini akan berfokus pada serangan invasi tentara Mongolia ke Jepang, dan karakter utama bernama Jin, seorang samurai.

Dari trailer yang baru saja dirilis, Ghost of Tsushima tampak menarik dalam segi grafis dan ceritanya.

Tak hanya itu, pengembang juga menjanjikan sebuah gameplay open world unik yang belum pernah ada di dalam gim hingga saat ini.

(Ysl/Isk)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Katy Perry Pamer Kehamilan di Video Musik Terbaru

Posted: 05 Mar 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pasangan Katy Perry dan Orlando Bloom kini tengah berbahagia. Katy Perry mengumumkan kehamilan anak pertamanya lewat video musik terbaru berjudul Never Worn White.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Artis Mila Karmila Meninggal Dunia, Ini 6 Rekam Jejaknya di Layar Lebar

Posted: 05 Mar 2020 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Artis senior Mila Karmila meninggal dunia, Kamis (5/3/2020) di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan. Mila Karmila mangkat di usia 77 tahun. Kabar ini dibenarkan rekan Mila Karmila di Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI), Evry Joe.

"Iya betul (meninggal) aku tadi baca di grup WhatsApp PARFI," beri tahu Evry Joe ketika dihubungi awak media lewat WhatsApp, Jumat (6/3/2020) dini hari. Mila Karmila dikenal khalayak lewat sejumlah film populer.

Berkarier sejak 1961, Mila Karmila telah membintangi 42 film. Beberapa di antaranya, melekat di hati pencinta film dan berjaya di Festival Film Indonesia. Showbiz Liputan6.com memilih 6 rekam jejak Mila Karmila di layar lebar. Teriring doa, semoga almarhumah tenang di sisiNya. Selamat menyimak.

1. Ibuku Malang, Ibu Tersayang (1990)

Poster film Ibuku Malang, Ibu Tersayang. (Foto: Dok. koleksikertasdjadoel)
Poster film Ibuku Malang, Ibu Tersayang. (Foto: Dok. koleksikertasdjadoel)

Generasi 1990-an tentu tidak akan lupa pada sandiwara radio momumental, Ibuku Malang Ibu Tersayang. Sandiwara radio ini meledak di indra dengar masyarakat menyusul Sahur Sepuh dan Tutur Tinular. Mila Karmila dipercaya menjadi pemeran utama kisah sedih ini. Ia berperan sebagai Corry, mahasiswa yang dihamili Sasongko (August Melasz).

Sasongko lepas tanggung jawab. Penderitaan memuncak saat Corry diusir dari rumah. Corry melahirkan Sonny (Fajar Nurachman). Sonny dibesarkan dalam dendam kepada sang ayah. Sayang, film ini gagal mencetak box office mengingat di era 1990-an, industri layar lebar Tanah Air mulai lesu.

2. Kesempatan dalam Kesempitan (1985)

Poster film Kesempatan Dalam Kesempitan. (Foto: Dok. IMDb)
Poster film Kesempatan Dalam Kesempitan. (Foto: Dok. IMDb)

Jangan lupa, Mila Karmila pernah tampil bareng trio komedian legendaris Dono, Kasino, Indro di film Kesempatan Dalam Kesempitan. Karya Arizal ini mengisahkan Dono yang bekerja di agen rokok sementara Kasino di bengkel.

Mereka menganjurkan Indro diterima di rumah indekos Tina dan Santi. Mila Karmila turut mengantar Kesempatan dalam Kesempitan ke tangga box office Indonesia. Ia menjadi film terlaris kedua di Jakarta bersama 536.335 penonton.

3. Pemberang (1972)

Poster film Pemberang. (Foto: Dok. Wikipedia Indonesia)
Poster film Pemberang. (Foto: Dok. Wikipedia Indonesia)

Ini salah satu warisan terbaik Mila Karmila. Mengisahkan keluarga seorang Jaksa Johan Arifin (Sophan Sophiaan) yang diteror rayuan pramuria, surat kaleng, hingga telepon dari orang tak dikenal.

Rupanya, teror ini berasal dari Barman (Dicky Zulkarnaen) dengan motif dendam. Pemberang atau The Angry Man yang diproduksi Rapi Film meraih 3 Piala Citra untuk Pemeran Pendukung Pria, Pemeran Anak-anak Wanita, dan Film Terbaik.

4. Bandung Lautan Api (1974)

Mila Karmila dilibatkan dalam film berlatar peperangan Indonesia-Belanda di Kota Kembang yang mencapai klimaks pada 24 Maret 1946. Pada momen itu, Bandung disebut Lautan Api.

Sebagian besar film karya Alam Surawidjaja ini berisi tembak-tembakan dan sarat ledakan. Akting Mila Karmila diadu dengan Christine Hakim, Arman Effendy, dan Dicky Zulkarnaen. Berdurasi lebih dari dua jam, Bandung Lautan Api menyeret penonton ke salah satu medan perang paling mematikan dalam sejarah sinema Indonesia.

5. Djakarta, Hong Kong, Macau (1968)

Kita kerap mendengar artis Indonesia dengan bangga mengumumkan kerja sama bareng bintang film atau sineas luar negeri. Jauh sebelum itu, Mila Karmila telah melakukannya lewat film Djakarta, Hong Kong, Macau. Karya Turino Djunaidy ini mempertemukan Mila Karmila dengan dua bintang mandarin, Fung Ming dan Peter Keong.

Kisah Djakarta, Hong Kong, Macau berpusat pada Karsono agen subversi asing yang memancing di air keruh dalam bisnis kejahatan. Akibatnya, sejumlah orang tewas hingga akhirnya, kematian mengintai Karsono sendiri.

6. Toha, Pahlawan Bandung Selatan (1961)

Tahukah Anda, bakat akting Mila Karmila ditemukan Bapak Perfilman Nasional, Usmar Ismail? Oleh Usmar Ismail, Mila Karmila dipercaya membintangi film perang Toha, Pahlawan Bandung Selatan yang mengangkat aksi heroik Mochamad Toha meledakkan gudang mesiu Belanda di Bandung. Pertahanan para penjajah kala itu lumpuh.

Dalam film itu, akting Mila Karmila diadu dengan Ismed M. Noor, Mieke Wijaya, dan ayah Ria Irawan, Bambang Irawan. Salah satu film perang terkeren di eranya. Nama Mila Karmila lantas diperhitungkan sejumlah produser dan sutradara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Perangi Corona, 20.000 Baju Pelindung Dikirim ke Wuhan

Posted: 05 Mar 2020 09:30 PM PST

Seorang staf memuat sejumlah baju pelindung di Stasiun Kereta Barat Beijing di Beijing, ibu kota China (4/3/2020). Total 20.000 baju pelindung disalurkan ke Wuhan guna membantu upaya kota itu memerangi wabah coronavirus baru. (Xinhua/Zhang Chenlin)
Seorang staf memuat sejumlah baju pelindung di Stasiun Kereta Barat Beijing di Beijing, ibu kota China (4/3/2020). Total 20.000 baju pelindung disalurkan ke Wuhan guna membantu upaya kota itu memerangi wabah coronavirus baru. (Xinhua/Zhang Chenlin)

Seorang staf memuat sejumlah baju pelindung di Stasiun Kereta Barat Beijing di Beijing, ibu kota China (4/3/2020). Total 20.000 baju pelindung disalurkan ke Wuhan guna membantu upaya kota itu memerangi wabah coronavirus baru. (Xinhua/Zhang Chenlin)

Para staf memuat sejumlah baju pelindung di Stasiun Kereta Barat Beijing di Beijing, ibu kota China (4/3/2020). Total 20.000 baju pelindung disalurkan ke Wuhan guna membantu upaya kota itu memerangi wabah coronavirus baru. (Xinhua/Zhang Chenlin)
Para staf memuat sejumlah baju pelindung di Stasiun Kereta Barat Beijing di Beijing, ibu kota China (4/3/2020). Total 20.000 baju pelindung disalurkan ke Wuhan guna membantu upaya kota itu memerangi wabah coronavirus baru. (Xinhua/Zhang Chenlin)

Para staf memuat sejumlah baju pelindung di Stasiun Kereta Barat Beijing di Beijing, ibu kota China (4/3/2020). Total 20.000 baju pelindung disalurkan ke Wuhan guna membantu upaya kota itu memerangi wabah coronavirus baru. (Xinhua/Zhang Chenlin)

Para staf memuat sejumlah baju pelindung di Stasiun Kereta Barat Beijing di Beijing, ibu kota China (4/3/2020). Total 20.000 baju pelindung disalurkan ke Wuhan guna membantu upaya kota itu memerangi wabah coronavirus baru. (Xinhua/Zhang Chenlin)
Para staf memuat sejumlah baju pelindung di Stasiun Kereta Barat Beijing di Beijing, ibu kota China (4/3/2020). Total 20.000 baju pelindung disalurkan ke Wuhan guna membantu upaya kota itu memerangi wabah coronavirus baru. (Xinhua/Zhang Chenlin)

Para staf memuat sejumlah baju pelindung di Stasiun Kereta Barat Beijing di Beijing, ibu kota China (4/3/2020). Total 20.000 baju pelindung disalurkan ke Wuhan guna membantu upaya kota itu memerangi wabah coronavirus baru. (Xinhua/Zhang Chenlin)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Hari Perempuan Internasional, Ratusan Buruh Tolak Omnibus Law Cipta Kerja

Posted: 05 Mar 2020 09:27 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ratusan perempuan yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mulai padati Kantor Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). 

Bersamaan dengan Hari Perempuan Internasional atau International Women's Day, mereka menuntut agar pemerintah segera menghapus RUU Omnibus Law Cipta Kerja karena dianggap telah mendiskriminasi hak pekerja permpuan.

"Tuntutan kami hari ini sangat jelas, kami menolak Omnisbus Law. Karena di dalam RUU itu, ada eksploitasi jam kerja perempuan. Ada juga potensi bagi kami akan kehilangan cuti haid, cuti melahirkan, cuti keguguran yang jelas-jelas itu spesifik sekali hak kita sebagai permpuan," kata Ketua Departemen Perempuan FSPMI Enda Suci di depan gedung Kemen PPPA, Jakarta Pusat, Jumat (6/3/2020).

Jika RUU Omnibus Law tetap diberlakukan, dia mempertanyakan bagaimana keberlangsungan hidup generasi di mada mendatang terkait seorang ibu yang tengah hamil dipaksa untuk terus bekerja.

"Kita yang melahirkan penerus anak bangsa mau dikemanakan? Mau dikemanakan juga penerus generasi bangsa ini? Harusnya kita sebagai perempuan dihargai," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga menolak peraturan Pajak Penghasilan Pasal 21. Pasalnya, para pekerja wanita yang sudah berkeluarga tetap dianggap sebagai lajang dan tidak akan mendapat penghasilan tanggungan keluarga.

"Kami juga menolak diskriminasi PPh 21. dDi situ aturannya kami yang sudah menikah tetap dinilai sebagai lajang. Jadi hitungan kami tetap sebagai lajang, dan tidak bisa menanggung anak-anak kami," jelasnya.

Indikasi Penghapusan Jaminan Pekerja Wanita

Ratusan Buruh Peringati Hari Perempuan Sedunia (Foto:Liputan6/Yosavat Diva Bayu)
Ratusan Buruh Peringati Hari Perempuan Sedunia (Foto:Liputan6/Yosavat Diva Bayu)

Pihaknya juga menyayangkan, ada indikasi penghapusan jaminan pekerja wanita, terutama yang terapat pada Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003.

"Selama ini kan ada regulasi pengamanan kami sebagai wanita di UU 13 2013 tentang ketenagakerjaan berupa cuti haid, melahirkan, keguguran. Tetapi di Omnisbus Law akan ada potensi hak itu untuk dihapus," imbuhnya.

Mereka juga menegaskan, akan terus melayangkan aksinya apabila aspirasi mereka tidak diterima oleh pemerintah.

"Akan ada kelanjutan aksi hari ini, sepanjang nanti hak perempuan didiskriminasi kami akan terus menyuarakan itu," ucap Enda Suci.

 

(Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

98.382 Orang di Dunia Terinfeksi Virus Corona, 55.418 Pasien Sembuh

Posted: 05 Mar 2020 09:23 PM PST

Liputan6.com, Jakarta- Kasus infeksi Virus Corona COVID-19 di seluruh dunia telah mencapai 98.382. Dari angka itu, 55.418 di antaranya telah dinyatakan sembuh berdasarkan peta Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE, Jumat, (6/3/2020).

Mengutip gisanddata.maps.arcgis.com, angka kematian Virus Corona COVID-19 secara global dilaporkan sebanyak 3.383 jiwa.

Korea Selatan, Italia, dan Iran masih tercatat dengan jumlah kasus dan kematian terbesar di luar China Daratan dalam data peta Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE.

Angka kasus infeksi Virus Corona COVID-19 paling besar tercatat di China Daratan, yang memiliki 80.552 kasus, dengan 3.042 kematian, sedangkan yang kedua berada di Korea Selatan mencapai 6.284 kasus dengan 40 kematian.

Italia dan Iran Masuk Daftar Kasus dan Kematian Terbanyak

Ilustrasi Virus Corona 2019-nCoV (Public Domain/Centers for Disease Control and Prevention's Public Health Image)
Image)

Angka kasus infeksi Virus Corona COVID-19 terbesar ketiga tercatat di Italia, yang mencapai 3.858 kasus dengan angka kematian terbesar di luar China Daratan, yaitu 148 jiwa.

Iran berada di urutan empat dengan 3.513 kasus dan 107 kematian.

Saksikan Video Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Drama Series Mandarin, Love Is Not For Sale Hanya di Vidio

Posted: 05 Mar 2020 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Love Is Not For Sale merupakan serial drama Mandarin yang dibintangi oleh aktor dan aktris ternama Mandarin seperti, Huang Xuan, Wang Ziwen, Yin Ye, Huang Jue dan Huang Wei.

Serial drama ini berceritakan tentang Xia Duoduo sedang melakukan kerja magang sebagai shop assistant di supermarket "Star". Dia memiliki IQ tinggi dan berkinerja baik dalam pekerjaannya, tetapi dia menyinggung atasannya, sehingga putuslah harapannya untuk bisa dipromosikan.

Di sisi lain, supermarket menghadapi kebangkrutan karena manajemen yang buruk. Xia Duoduo dan manajaer toko Wang Shou Xian,bersama dengan seorang anak magang lainnya, Zheng Mo memberikan saran untuk masa depan supermarket.

Untuk kalian para pecinta drama Mandarin, khususnya serial drama Love Is Not For Sale mulai hari ini dapat disaksikan di layanan streaming karya anak bangsa Vidio. Yuk, langsung saja tonton dengan klik tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemprov DKI Akan Manfaatkan Car Free Day untuk Sosialisasi soal Corona

Posted: 05 Mar 2020 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tetap memberlakukan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) di ruas jalan yang sudah ditentukan. Namun, satu yang dilarang, yakni mendirikan tenda untuk kegiatan yang melibatkan kerumunan warga.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Syafrin Liputo, esensi HBKB dengan aktifitas keramaian itu berbeda. Tujuan utama HBKB adalah menjaga dan meningkatkan kualitas udara di Ibu Kota.

"Jadi yang ada itu dalam rangka meningkatkan kualitas udara Jakarta," ujar Syafrin, Jumat (6/3/2020). 

Syafrin meyakini, di tengah kondisi saat ini masyarakat akan lebih meluangkan waktu untuk berolahraga saat HBKB dibanding terlibat aktifitas keramaian.

"Terkait izin keramaian yang sifatnya mengumpulkan massa, maka itu yang dilarang. Kalau di CFD (car free day) masyarakat beraktivitas untuk olahraga," jelas Syafrin.

 

Sosialisasi Pencegahan Virus Corona di KBKB

Dia menambahkan bahwa momen HBKB juga akan dimanfaatkan Pemprov untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya langkah pencegahan virus Corona.

Selain itu, pemeriksaan suhu tubuh juga akan dilakukan. Langkah sosialisasi tersebut nantinya akan dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI.

"Ya berkoordinasi dengan Dinkes untuk selain ada kegiatan itu (pemeriksaan suhu) juga yang ada namanya sosialisasikan apa saja yang harus dilakukan oleh masyarakat dalam mencegah virus Corona ini," 

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: