Minggu, 07 Oktober 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Wajib Tahu, Ini 5 Hal Penting soal Asuransi Kesehatan Syariah

Posted: 07 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Asuransi syariah kian popular di Indonesia, seiring dengan semakin sadarnya masyarakat untuk memiliki asuransi. Salah satu asuransi yang menjadi kebutuhan penting masyarakat ialah asuransi kesehatan syariah.

Asuransi kesehatan syariah, pada dasarnya sama seperti asuransi kesehatan pada umumnya, namun asuransi kesehatan syariah mengikuti prinsip-prinsip syariah.

Berdasarkan definisi dari Dewan Syariah Nasional, asuransi syariah adalah sebuah usaha untuk saling melindungi dan saling tolong menolong di antara sejumlah orang, di mana hal ini dilakukan melalui investasi dalam bentuk aset (tabarru) yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad (perikatan) yang sesuai dengan syariah.

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk menjadi nasabah asuransi kesehatan syariah, sebaiknya mengetahui lima hal penting ini untuk lebih mengenal asuransi kesehatan syariah, seperti dikutip dari situs perbandingan dan pengajuan produk keuangan HaloMoney.co.id.

1. Sejarah asal usulnya

Sedikit menengok ke belakang, asuransi syariah pertama kalinya muncul pada tahun 1979, melalui sebuah perusahaan asuransi di Sudan yang bernama Sudanese Islamic Insurance. Pada tahun yang sama, di Uni Emirat Arab juga diperkenalkan produk asuransi syariah.

Disusul kemudian di Eropa, tepatnya di Swiss, pada tahun 1982 asuransi syariah diperkenalkan oleh perusahaan asuransi Dar Al Maal Al Islami; dan pada 1983 di Luksemburg berdiri Islamic Takafol Company. Selanjutnya, pada 1985 di Kepulauan Bahamas, Bahrain, dan Malaysia juga mulai diperkenalkan asuransi syariah.

Sementara di Indonesia, asuransi yang bernafaskan pada syariat Islam (baca: hukum-hukum muamalah di dalam Al Qur'an dan Al Hadits) pada mulanya dikeluarkan oleh PT Syarikat Takaful Indonesia.

Perusahaan asuransi syariah ini diprakarsai oleh lkatan Cendikiawan Muslim lndonesia (lCMl) melalui Yayasan Abdi Bangsa, Bank Muamalat lndonesia Tbk, PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri, Departemen Keuangan Republik Indonesia, para pengusaha Muslim lndonesia, dengan bantuan teknis dari Syarikat Takaful Malaysia Bhd. (STMB).

Mereka tergabung di dalam Tim Pembentukan Asuransi Takaful lndonesia (TEPATI) yang kemudian melahirkan PT Syarikat Takaful Indonesia (Takaful Indonesia) pada 24 Februari 1994.

Sejak itu, kemudian asuransi syariah mulai diperkenalkan dan populer di Indonesia. Salah satu produk yang dipasarkan adalah asuransi kesehatan syariah. Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Dewan Syariah Nasional (DSN) mengawasi peredaran keuangan syariah ini.

 

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

2. Perbedaan asuransi kesehatan syariah dengan konvensional

Ilustrasi Asuransi (iStockphoto)

Secara umum, asuransi kesehatan konvensional akan memberikan manfaat kepada Anda ketika Anda jatuh sakit. Manfaat yang diberikan berlaku saat Anda menjalani pengobatan rawat jalan ataupun rawat inap. Pada saat tersebut, tentunya dana yang diperlukan tidaklah sedikit.

Bila Anda telah memiliki polis asuransi kesehatan, Anda tidak perlu pusing-pusing. Tinggal tunjukkan kartu asuransimu kepada staf administrasi rumah sakit, maka segala biaya yang Anda keluarkan akan ditagihkan kepada perusahaan asuransi, sepanjang risiko kesehatan tersebut ditanggung asuransi. Maka resiko finansialmu berpindah menjadi tanggung jawab perusahaan asuransi.

Hal itu bisa terjadi karena Anda telah mengadakan perjanjian dengan perusahaan asuransi untuk membayarkan berbagai biaya pengobatanmu, dengan fasilitas dan limit tertentu. Kewajibanmu, adalah membayar premi bulanan kepada perusahaan asuransi tersebut.

Sedangkan asuransi kesehatan syariah, memiliki tiga perbedaan penting yang membuatnya berbeda dengan asuransi kesehatan konvensional. Yakni:

1. Asuransi kesehatan syariah bersifat pasti, tidak memiliki unsur gharar atau ketidakpastian

2. Asuransi kesehatan syariah tidak mengandung unsur qimar atau perjudian

3. Asuransi kesehatan syariah tidak mengandung riba

Maksud ketidakpastian di sini adalah bahwa Anda tidak tahu pasti berapa lama premi bulanan itu harus dibayarkan sampai Anda mendapatkan manfaat asuransi. Sebab, Anda tidak pernah tahu kapan Anda jatuh sakit. Namun demikian, Anda harus terus membayar premi asuransimu. Sedangkan di asuransi kesehatan syariah memberikan kepastian.

Misalnya, seandainya jika Anda tidak jatuh sakit dalam satu sakit, perusahaan asuransi syariah akan memberikan kebijakan khusus, misalnya mengembalikan sebagian premi kepada Anda. Atau jika perusahaan asuransi syariah menerima keuntungan dari hasil pengembangan, maka sebagian dananya akan dikembalikan kepada Anda sebagai pemegang polis.

Baca juga: Pinjaman KTA Tanpa Syarat Kartu Kredit

3. Menggunakan prinsip takaful dan tabarru

Ilustrasi Investasi Asing (Times Higher Education)

Di dalam asuransi syariah, prinsipnya adalah takaful atau koperasi untuk sharing risk. Peserta asuransi berkooperasi, bekerja sama dengan para peserta asuransi yang lain bersama-sama berbagi resiko. Perusahaan asuransi dalam hal ini hanya berperan sebagai admin atau pengelola dana.

Misalkan Anda membayar premi hanya Rp 5 juta, tapi bisa mendapatkan klaim sebanyak Rp 100 juta. Artinya, dana yang Rp 95 juta itu adalah milik para peserta asuransi yang lain. Sesuai dengan akad perjanjiannya, dana dari para peserta asuransi kesehatan syariah itu disebut dana tabarru atau hibah.

Sedangkan di dalam asuransi konvensional, dana yang Rp 95 juta dari contoh di atas merupakan dana milik perusahaan asuransi. Prinsip yang berlaku di sana adalah transfer of risk ke perusahaan asuransi.

4. Dana dikembalikan

Jika tidak pernah klaim, apakah premi yang dibayarkan peserta asuransi kesehatan syariah bisa dikembalikan? Atau ketika masa pertanggungan berakhir, namun pemegang polis asuransi kesehatan tidak mengalami sakit, apakah dana yang dibayarkan hangus?

Baca Juga : Inilah Alasan Anak Muda Juga Butuh Asuransi Kesehatan

Dalam asuransi syariah yang berprinsip kooperatif dan berbagi resiko bersama peserta asuransi lainnya, setiap perusahaan asuransi memiliki kebijakan masing-masing. Namun, biasanya pengembalian atas premi yang tidak pernah diklaim diberikan dalam bentuk potongan harga pada saat perpanjangan polis.

5. Amal ibadah

Ilustrasi Zakat

Dengan konsep tolong menolong dalam kebaikan yang ditawarkan oleh asuransi kesehatan syariah, maka setiap premi yang dibayarkan dimaksudkan sebagai ladang amal bagi nasabah agar senantiasa diberikan kesehatan, dan terhindar dari klaim pengobatan, sekaligus bisa tolong menolong. Bukan hanya melindungi diri dari resiko finansial dan kesehatan untuk diri sendiri, namun juga untuk orang lain.

Begitulan prinsip asuransi kesehatan syariah yang perlu Anda ketahui. Lengkapi perencanaan keuangan pribadimu dengan produk asuransi guna melindungi keluargamu dari risiko finansial.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Infeksi karena Cabut Gigi, Empat Katup Jantung Rusak

Posted: 07 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab Seorang pasien asal Mesir berusia 22 tahun yang tak disebut namanya mengalami infeksi usai cabut gigi yang terinfeksi. Infeksi itu menyebar dengan cepat ke seluruh tubuhnya, termasuk ke empat katup jantungnya.

Empat katup jantung menjadi sangat rusak. Kejadian bermula saat pasien itu cabut gigi di Uni Emirat Arab. Selang beberapa lama, ia terkena infeksi. Dokter di Dubai mendiagnosis pasien dengan pneumonia. Sayangnya, infeksi terus menyebar dan merusak jantungnya.

Pada Januari 2018, ia dirujuk ke Cleveland Clinic Abu Dhabi. Tim ahli bedah Jantung & Vaskular Institute, ahli jantung, spesialis pencitraan, dan ahli lainnya memutuskan untuk melanjutkan operasi penggantian katup empat jantung.

Keputusan operasi tetap dilakukan meski pasien pria itu tingkat kelangsungan hidupnya rendah.

"Kami mempelajari kondisi pasien. Operasi berisiko tinggi," jelas ahli bedah Bajwa, dikutip dari Cleveland Clinic, Senin (8/10/2018). "Tetapi tanpa operasi katup jantung, dia tidak akan selamat."

 

 

Simak video menarik berikut ini:

Operasi jantung langka

Operasi katup jantung tetap dilakukan. (iStockphoto)

Operasi penggantian akut dilakukan tim ahli bedah kardiotoraks yaitu Rakesh Suri, dan Gurjyot Bajwa. Operasi berlangsung selama empat jam. Empat katup jantung pasien diganti dengan katup jaringan.

"Operasi penggantian katup quadruple sangat jarang," kata CEO Cleveland Clinic Abu Dhabi, Suri. "Hanya beberapa pusat jantung di dunia yang dilengkapi dengan teknologi, terapi canggih, dan dokter spesialis yang mampu mengoperasi pasien.

Prosedur terbuka dilakukan pada cardiopulmonary bypass dengan jantung berhenti hanya selama 70 menit. Kini, pasien sedang menjalani masa pemulihan.

"Pasien sedang mengalami pemulihan. Ini sangat mengesankan. Semangat dia luar biasa baik, mengingat apa yang telah dia alami (operasi jantung langka)" ujar ahli jantung Mahmoud Traina. "Dia telah keluar dari Cleveland Clinic Abu Dhabi dan rawat jalan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kompaknya Roy Kiyoshi dan Ibunda Pakai Tas Mewah Seharga Rp 257 Juta

Posted: 07 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Roy Kiyoshi kerap menuai kontroversi sejak adanya perubahan fisik pada dirinya. Rupanya, Roy tak berhenti sampai di situ saja.

Setelah wajahnya yang terlihat berbeda, Roy Kiyoshi kembali menunjukkan penampilannya yang berbeda dari laki-laki lain. Seperti yang terlihat di akun Instagram-nya, pada Sabtu (6/10/2018), tampak dirinya tengah duduk di pesawat.

Namun, bukan itu yang menjadi fokus, melainkan tas tangan yang berada di sampingnya. Ya, tas tersebut biasa digunakan para selebritas wanita.

Tak sedikit warganet yang berkomentar negatif atas penampilan Roy Kiyoshi tersebut. Namun, banyak juga yang membelanya. 

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Kompak dengan Ibunda

Roy Kiyoshi (Foto: Instagram)

Pepatah "cinta anak sepanjang galah" sepertinya tak berlaku pada Roy Kiyoshi. Ia sangat menyayangi kedua orangtuanya, terutama sang ibu.

Dalam foto yang diunggah Roy Kiyoshi, tampak Roy Kiyoshi kompak mengenakan tas mewah dengan ibundanya.

"Sayangilah ayah ibu mu sebelum terlambat, buatlah mereka bahagia lahir dan bathin "love you mama" @lanychandrawaty . #roykiyoshi #loveyoumama #loveyoupapa," tulisnya.

Rp 257 Juta

Roy Kiyoshi (Foto: Instagram)

Roy Kiyoshi tak sayang mengeluarkan uang dari koceknya untuk membeli dua tas mahal, satu untuk dirinya, dan satu untuk ibunda.

Dalam akun Instagram @hermesselebriti disebutkan tas yang dipakai Roy Kiyoshi seharga US$ 17 ribu, atau sekitar Rp 257 juta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buntut Kericuhan Khabib Nurmagomedov Vs MacGregor, 3 Orang Ditangkap Polisi

Posted: 07 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pihak kepolisian Las Vegas tidak tinggal dia menyikapi kericuhan yang terjadi usai pertarungan Khabib Nurmagomedov Vs Conor McGregor, Minggu (8/10/2018). Mereka menangkap tiga orang yang menyerang Conor McGregor di dalam oktagon saat kericuhan.

Kericuhan bermula saat Khabib Nurmagomedov melompati pagar pembatas untuk menyerang ofisial Conor McGregor. Sejumlah petugas segera melerai keributan. Namun di tengah situasi kaos tersebut, tiga anggota tim Khabib masuk ke arena pertarungan.

Mereka menyerang McGregor yang baru saja kalah. Beruntung petugas keamanan dibantu panitia segera mengamankan petarung asal Republik Irlandia itu. Salah seorang pelaku diketahui merupakan petarung UFC kelas bulu (rekor ring 3-1), Zubaira Tukhugov. 

Presiden UFC, Dana White, usai pertarungan menyampaikan kalau tiga orang dari kubu Nurmagomedov telah ditahan usai kejadian tersebut. Mereka dijebloskan ke penjara. 

"Tiga orang telah ditangkap, saya yakin mereka tengah dibawa ke penjara saat ini," ujar White seperti dilansir Independent. 

Meski demikian, penahanan ketiga pelaku tidak berlangsung lama. Sebab, Conor McGregor sama sekali tidak mengajukan gugatan. "Conor menolak untuk mengajukan tuntutan. Para pelaku yang telah melakukan itu, mereka telah dibebaskan," kata White.

 

Berlangsung Panas

Khabib Nurmagomedov (kiri) meninju Conor McGregor dalam pertarungan UFC 229 di Las Vegas, AS (6/10). Nurmagomedov mengalahkan McGregor dan berhasil keluar sebagai pemenangnya. (AP Photo/John Locher)

Duel Khabib Nurmagomedov Vs McGregor telah berlangsung panas jauh sebelum mereka bertemu di Arena. Perang kata-kata dan saling ejek bahkan sudah marak sebelum hari H.

Namun, kedua petarung tidak sekadar bermulut besar. Di dalam oktagon, baik McGregor maupun Nurmagomedov menunjukkan kelasnya lewat pertarungan brutal dan penuh teknik.

Nurmagomedov, yang memiliki dasar ilmu bela diri gulat yang kuat, akhirnya menghentikan McGregor di ronde keempat. Cekikan ke arah leher membuat McGregor tidak berkutik dan harus menepuk tangan lawan sebagai isyarat bagi wasit untuk menghentikan pertarungan.

Namun kemenangan Khabib Nurmagomedov atas Conor McGregor ternoda keributan usai pertandingan. Tawuran bermula Nurmagomedov melompat keluar arena tidak lama setelah wasit menghentikan duel. Khabib tiba-tiba melompat dan menyerang ofisial McGregor.

Insiden ini memicu keributan yang lebih besar. Beruntung, petugas keamanan dan pihak penyelenggara berhasil meredakan suasana dan menghentikan tawuran yang lebih luas.

Nurmagomedov mengaku tidak tahan dengan provokasi yang dilakukan kubu McGregor. Dia kesal karena McGregor menghina keluarga, agama, dan negaranya. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siap-Siap, 4 Smartphone Nokia Bakal Cicipi Android 9 Pie

Posted: 07 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - HMD Global kembali mengumumkan daftar smartphone yang akan mendapat pembaruan Android 9 Pie.

Informasi ini disampaikan tidak lama setelah perusahaan memastikan kehadiran Nokia 7.1 Plus.

Dikutip dari Phone Arena, Senin (8/10/2018), empat smartphone yang dipastikan akan mendapat pembaruan adalah Nokia 6.1, Nokia 6.1 Plus, Nokia 8, dan Nokia 8 Sirocco.

Meski sudah pasti, keempat smartphone itu akan mendapat pembaruan di waktu yang berbeda.

Untuk Nokia 6.1 dan Nokia 6.1 Plus misalnya, HMD menjanjikan pembaruan Android Pie akan diperoleh pada Oktober 2018.

Sementara, pengguna Nokia 8 dan Nokia 8 Sirocco akan mendapatkannya pada November 2018.

Sayangnya, belum ada informasi apapun mengenai fitur yang akan tersedia di pembaruan kali ini.

Kendati demikian, fitur utama Android Pie seperti Adaptive Battery, Adaptive Brightness, dan modus Do Not Disturb juga akan tersedia.

Implementasi Digital Wellbeing yang tersedia di Android Pie disebut juga akan ada bersamaan dengan pembaruan ini.

Terakhir, mengingat smartphone Nokia menggunakan versi Android Stock, besar kemungkinan navigasi berbasis gestur akan dapat dilakukan.

Sebelumnya, HMD Global juga sempat berjanji merilis pembaruan Android 9.0 Pie untuk Nokia 7 Plus. Namun, saat ini, pengguna smartphone itu diminta bersabar karena ada kendala terkait persiapan peluncuran.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Semua Smartphone Nokia Bakal Cicipi Android Pie

Deretan smartphone Nokia. Liputan6.com/ Andina Librianty

HMD Global akan merilis sistem operasi (OS) Android Pie (9.0) untuk semua seri smartphone Nokia yang telah dirilisnya, tak cuma perangkat Android Go.

Hal ini telah dipastikan langsung oleh perusahaan asal Finlandia tersebut.

Dilansir Phone Arena, Kamis (16/8/2018), semua pengguna smartphone Nokia yang dirilis HMD Global akan mendapatkan pembaruan OS untuk perangkatnya.

Kendati demikian, perusahaan belum mengumumkan jadwal peluncuran OS Android versi baru itu untuk jajaran produknya.

Berikut semua smartphone Nokia yang diprediksi akan mencicipi Android Pie beberapa bulan lagi, yaitu Nokia 1 (Android Go), Nokia 2, Nokia 2.1 (Android Go), Nokia 3, Nokia 3.1, Nokia 5, Nokia 5.1, Nokia 6, Nokia 6.1, Nokia 6.1 Plus.

Selain itu juga termasuk Nokia 7 (eksklusif Tiongkok), Nokia 7 Plus, Nokia 8, Nokia 8 Sirocco, Nokia X6 (eksklusif Tiongkok), and Nokia X5 (eksklusif Tiongkok).

Nokia 7 Plus kemungkinan akan menjadi yang pertama mendapatkan pembaruan ke Android 9 Pie, karena merupakan satu-satunya smartphone HMD yang mengikuti program Developer Preview. Setelahnya, Nokia 8 dan Nokia 8 Sirocco akan menyusul.

Adapun smartphone Android Go akan mendapatkan Android Pie sebelum handset segmen menengah dan bawah milik Nokia lainnya.

Google Ungkap Alasan Pakai Nama Android Pie

Android Pie. (Foto: Google)

Android Pie adalah nama resmi dari OS baru Google, Android 9. OS baru ini telah tersedia untuk ponsel Pixel dan Essential Phone, sedangkan peluncuran untuk perangkat lain akan menyusul pada tahun ini dan 2019.

Lantas, apa alasan Google memiliki nama kue pie sebagai nama sistem operasi terbarunya ini?

Disampaikan Engineering Director Google, Andrei Popescu, pemilihan Android Pie sebagai nama OS Android 9.0 tak lain karena dinilai memiliki kesederhanaan dari kue pie itu sendiri.

"Pemilihan nama ini adalah tujuan yang sama kami usung bersama Android. Android Pie adalah tentang kecerdasan buatan dan User Interface (UI) yang lebih sederhana dan intuitif, kami pikir itu sesuai dengan karakteristik kue pie yang sederhana dan tidak repot membuatnya," jelasnya.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Para Bintang Bayern Munchen Kunjungi Oktoberfest

Posted: 07 Oct 2018 09:56 PM PDT

Pelatih Bayern Munchen, Niko Kova mengenakan pakaian tradisional Bavaria Lederhosen saat menikmati akhir dengan mengunjungi festival bir tahunan Oktoberfest di Munich, Jerman, Minggu (7/10). (Christof STACHE / AFP)

Pelatih Bayern Munchen, Niko Kova mengenakan pakaian tradisional Bavaria Lederhosen saat menikmati akhir dengan mengunjungi festival bir tahunan Oktoberfest di Munich, Jerman, Minggu (7/10). (Christof STACHE / AFP)

Gelandang Bayern Munchen, Thiago Alcantara bersama sang istri, Julia Vigas, mengenakan gaun tradisional Bavaria saat menikmati akhir dengan mengunjungi festival bir tahunan Oktoberfest di Munich, Jerman, Minggu (7/10). (Christof STACHE / AFP)

Gelandang Bayern Munchen, Thiago Alcantara bersama sang istri, Julia Vigas, mengenakan gaun tradisional Bavaria saat menikmati akhir dengan mengunjungi festival bir tahunan Oktoberfest di Munich, Jerman, Minggu (7/10). (Christof STACHE / AFP)

Pemain Bayern Munchen Franck Ribery (tengah) mengenakan gaun tradisional Bavaria, Lederhosen, saat berpose dengan dua orang teman setibanya pada festival bir tahunan Oktoberfest di Munich, Jerman, Minggu (7/10). (Christof STACHE / AFP)

Pemain Bayern Munchen Franck Ribery (tengah) mengenakan gaun tradisional Bavaria, Lederhosen, saat berpose dengan dua orang teman setibanya pada festival bir tahunan Oktoberfest di Munich, Jerman, Minggu (7/10). (Christof STACHE / AFP)

Bek kiri Bayern Munchen, David Alaba bersama pacarnya, Shalimar Heppner saat menikmati akhir dengan mengunjungi festival bir tahunan Oktoberfest di Munich, Jerman, Minggu (7/10). (Matthias Balk/dpa via AP)

Bek kiri Bayern Munchen, David Alaba bersama pacarnya, Shalimar Heppner saat menikmati akhir dengan mengunjungi festival bir tahunan Oktoberfest di Munich, Jerman, Minggu (7/10). (Matthias Balk/dpa via AP)

Pemain Bayern Munchen bersama kekasih dan istri mereka mengunjungi festival bir tahunan Oktoberfest di Munich, Jerman, Minggu (7/10). Bayern Munchen mencari pelipur lara setelah digebuk Borussia Monchengladbach 3-0. (Christof STACHE / AFP)

Pemain Bayern Munchen bersama kekasih dan istri mereka mengunjungi festival bir tahunan Oktoberfest di Munich, Jerman, Minggu (7/10). Bayern Munchen mencari pelipur lara setelah digebuk Borussia Monchengladbach 3-0. (Christof STACHE / AFP)

Pemain Bayern Munchen, James Rodriguez menikmati akhir dengan mengunjungi festival bir tahunan Oktoberfest di Munich, Jerman, Minggu (7/10). Bayern Munchen mencari pelipur lara setelah digebuk Borussia Monchengladbach 3-0.  (Matthias Balk/dpa via AP)

Pemain Bayern Munchen, James Rodriguez menikmati akhir dengan mengunjungi festival bir tahunan Oktoberfest di Munich, Jerman, Minggu (7/10). Bayern Munchen mencari pelipur lara setelah digebuk Borussia Monchengladbach 3-0. (Matthias Balk/dpa via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Isu Adopdsi Anak Korban Gempa Palu dan Donggala Hoaks

Posted: 07 Oct 2018 09:55 PM PDT

Patroli Indosiar, Palu - Adanya isu hoaks mengenai adopsi korban gempa dan tsunami di panti asuhan membuat ratusan warga Makassar kecewa. Yayasan Akar Panrita Mamminasata selaku objek isu juga membantah pengadopsian anak.  

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Senin (8/10/2018), Yayasan Akar Panrita Mamminasata sampai membuat pengumuman di pintu masuk bahwa kabar pengadopsian korban gempa tidak benar.

Pihak Yayasan Akar Panrita Mamminasata menegaskan, memang benar ada 84 anak korban selamat gempa dan tsunami ditampung di yayasan, tetapi tidak untuk diadopsi. Pihaknya bahkan bekerjasama dengan pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk memulihkan kondisi anak dan memberikan pendidikan secara gratis mulai tingkat TK hingga SD.  

"Berita yang beredar adalah hoaks. Yang benar adalah 84 anak akan dinaungi di sini," ujar Kepala Sekolah TK-SD Akar Panrita Mamminasata Fitriana Basira.  

Sementara, puluhan warga Makassar yang mendapat informasi adopsi anak dari beberapa teman dan juga media sosial merasa kecewa. Lantaran mereka tidak bisa mengadopsi anak-anak yang ditampung oleh yayasan. (Karlina Sintia Dewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BNN Gagalkan Transaksi 50 Kilogram Sabu-Sabu

Posted: 07 Oct 2018 09:54 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Narkotika Nasional (BNN) Pusat dan BNN Sumatera Utara pada Jumat, 5 Oktober 2018 lalu berhasil menggagalkan transaksi narkotika jenis sabu-sabu sebanyak 50 kilogram.

Puluhan kilogram barang haram tersebut disimpan dalam lima jeriken plastik.

"Kami juga menangkap tujuh tersangka yaitu Zainudin, Elpi Darius, Sahrizal, Nurdin, Junaidi Siagian, Dahlia Husein, dan Zainal," ujar Deputi Pemberantasan BNN Irjen Pol Arman Depari, seperti dikutip dari Antara, Senin (8/10/2018).

Arman menjelaskan kronologis di tempat kejadian perkara yakni petugas BNN sebelumnya telah menerima info adanya transaksi narkoba, kemudian melakukan penyelidikan.

"Tim BNN mencurigai dan mengikuti mobil yang dicurigai membawa narkotika sedang melintas di Jalan Brigjen Katamso, Kota Medan," ucapnya.

Pada saat para tersangka tiba di lokasi dan akan serah terima narkotika, lanjut Arman, mobil pelaku tidak berhenti, sehingga tim melakukan pengejaran dan berhasil menghentikan mobil Honda CRV perak metalik, yang dicurigai membawa narkotika dari Tanjung Balai.

Mobil tersebut ditumpangi lima orang tersangka dan setelah digeledah, kata Arman, ditemukan sabu sekitar 50 kilogram yang disimpan di dalam lima jeriken plastik.

"Atas keterangan tersangka, narkoba akan diserahkan kepada dua orang kurir yang datang dari Aceh sebagai penerima atas nama Dahlia dan Zainal, kemudian keduanya tertangkap di Jalan Ngumban Surbakti, Kota Medan," papar Arman.

Saat ini, seluruh tersangka dan barang bukti diamankan di Kantor BNN Sumut untuk dikembangkan. Selain mengamankan 50 kilogram sabu-sabu, ikut diamankan tiga unit mobil dan telepon genggam.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Zainut Tauhid: Sambil Nonton Wayang, Mari Kita Amalkan Pancasila

Posted: 07 Oct 2018 09:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta 'Bawor Dadi Ratu' lakon wayang kulit yang digelar di Lapangan Desa Wanatirta, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, (7/10/2018). Lakon ini biasa dibawakan dalam pertunjukan wayang kulit bagi masyarakat Banyumas yang berkisah Bagong dalam sebuah masa menjadi raja. Bisa jadi ceritanya mirip 'Petruk Dadi Ratu' yang sangat popular. Pertunjukan wayang kulit malam itu terselenggara berkat kerja sama MPR dengan pemerintah kabupaten setempat.

Disampaikan oleh Wakil Ketua Badan Sosialisasi MPR, Zainut Tauhid Sa'adi, MPR menggelar wayang kulit untuk mensosialisasikan Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. "Ini merupakan salah satu metode sosialisasi", ujar anggota Fraksi PPP di MPR itu. Metode lain disebutkan seperti lewat lomba cerdas cermat, seminar, diskusi, outbond, debat konstitusi, dan focus of group discussion.

Sebagai seni budaya yang popular bagi masyarakat Jawa, Zainut Tauhid menyebut penyampaian Empat Pilar lewat pertunjukan wayang kulit juga digelar di banyak daerah. Meski demikian sosialisasi lewat seni budaya yang lain juga dilakukan. "Disesuaikan dengan budaya masyarakat setempat", ujarnya. "Sehingga pementasan seni budaya yang dilakukan oleh MPR beragam seperti Bhinneka Tunggal Ika", tambahnya. Paling penting, pentas seni budaya apapun bentuk dan asalnya, tak sekadar menjadi tontotan namun juga harus bisa menjadi tuntunan. "Selanjutnya diaktualisasikan dalam kehidupan keseharian", ujar pria yang juga menjabat Wakil Ketua Umum MUI itu.

Di hadapan warga desa, Zainut Tauhid mengatakan Indonesia adalah bangsa yang besar. Untuk itu kebesaran bangsa ini harus dirawat dan dijaga. "Kalau bukan kita siapa lagi", tuturnya. Salah satu kiat untuk menjaga Indonesia, menurut pria kelahiran Jepara Jawa Tengah itu adalah dengan mengingat dan mengamalkan Pancasila. Dari sinilah maka MPR melakukan sosialisasi hingga wilayah desa. "Sambil nonton wayang kulit, mari kita laksanakan nilai-nilai Pancasila", tegasnya.

Sebagai tanda resmi sosialisasi dan pagelaran wayang kulit dimulai, Zainut Tauhid dalam kesempatan itu menyerahkan sosok lakon kepada dalang Ki Gandhik Wayah Soegino.

Kepala Biro Keuangan Sekretariat Jenderal MPR, Maifrizal, dalam sambutan mengatakan MPR sudah menyelenggarakan pagelaran wayang kulit sejak tahun 2005. "Selain untuk Sosialisasi Empat Pilar juga untuk memberi apresiasi dan ikut melestarikan seni budaya daerah", tuturnya.

Dengan pagelaran seni budaya menurut pria yang biasa dipanggil Datuk dan punya banyak keluaraga tinggal di jawa ini MPR telah melakukan dua hal, Sosialisasi Empat Pilar dan mendukung pelestarian seni budaya nusantara. "MPR ikut melestarikan dan menjaga budaya leluhur," paparnya.

Sosialisasi dan pertunjukan wayang kulit itu tak hanya menarik ribuan orang namun juga mengundang ratusan pedagang datang ke lapangan desa. Sehingga malam itu suasana di Wanatirta menjadi pusat keramaian yang meriah. Menurut Kepada Desa Wanatirta, Maskur Ahmad Sunu, daya tarik pertuntukan wayang itu juga dikarenakan sang dalang. Ki Gandhik Wayah Seogino disebut dalang yang popular. "Pedagang mengikuti ke mana pun dalam pentas", ujarnya. Dijelaskan, di mana pun dalang kesayangan mereka pentas, para pedagang menggelar usahanya sebab pasti penontonnya membludag.

Dalam kesempatan itu, jajaran eksekutif dan legislatif di Brebes seperti anggota DPRD, kepala dinas, Muspika Kecamatan Pagayungan, juga turut hadir dan menyaksikan.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lewat Adyos, Tenis Meja Indonesia Tambah Perunggu Asian Para Games 2018

Posted: 07 Oct 2018 09:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Adyos Astan memastikan merebut medali perunggu di nomor tunggal putra kelas 4 cabang para tenis meja Asian Para Games 2018, Senin (8/10/2018) di Ecovention Ancol, Jakarta Utara.

Di laga semifinal, Adyos takluk dari wakil Korea, Kim Younggun. Kekalahan tersebut tetap membuat Adyos meraih medali perunggu Asian Para Games 2018.

"Kim Younggun ini lawan yang berat, dia peringkat satu dunia," ujar Adyos. 

Pertandingan semifinal berjalan cukup sengit. Pada gim pertama, Adyos harus mengakui keunggulan wakil Korea itu 11-8. Pada set kedua, Adyos sempat memimpin perolehan poin dengan skor 8-4.

Namun, karena kurang konsentrasi wakil Korea berhasil mengejar poin dan unggul pada akhir gim kedua 12-10. Adyos pun gagal melaju ke final cabor para tenis meja putra Asian Para Games 2018.

"Saat gim kedua saya sudah unggul 8-4, tapi saya lengah sehingga korea bisa mengejar dan saya kalah di gim kedua," kata Adyos setelah pertandingan, dalam rilis yang diterima wartawan, Senin (8/10/2018).

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Menurun

Asian Para Games 2018 (Bola.com/Adreanus Titus)

Pada gim ketiga permainan Adyos sedikit menurun. Pada gim ketiga ini Adyos harus kembali mengakui keunggulan dari tunggal putra nomor satu dunia, Kim Younggun.

Gim ketiga berakhir dengan skor 11-7. Dengan hasil ini, Indonesia tetap mendapatkan medali perunggu untuk nomor tunggal putra tenis meja kelas 4.

Indonesia masih meloloskan satu wakilnya ke partai final hari ini oleh Ana Widyasari dengan nomor tunggal putri kelas 11 para tenis meja Asian Para Games 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perjalanan Karier Suhadi, hingga Gantikan Artijdo Alkostar di MA

Posted: 07 Oct 2018 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kursi Ketua Kamar Pidana Mahkamah Agung (MA) kini sudah tak kosong lagi. MA menunjuk Hakim Agung Suhadi untuk mengisi kursi tersebut, menggantikan Artijdo Alkostar yang telah pensiun.

Rencananya, Suhadi akan dilantik pada Selasa, 9 Oktober besok.

Informasi di website MA, Senin (8/10/2018), menyebutkan, Suhadi mengawali karier di dunia peradilan sejak 1 November 1979 sebagai CPNS di Pengadilan Negeri (PN) Mataram. Pada 1983, dia diangkat menjadi hakim di PN Dompu, NTB.

Setelah bertugas selama 7 tahun di Dompu, pada 1990, suami Dahminar ini dimutasi ke PN Klungkung. Alumnus Fakultas Hukum UII 1978 ini bekerja selama 5 tahun di wilayah itu.

Selama 12 tahun mengabdi sebagai hakim, pria kelahiran 19 September 1953 dipromosikan sebagai Wakil Ketua PN Manna, Bengkulu Selatan. Satu tahun dia menduduki posisi ini, hingga pada 1996 Suhadi kemudian diangkat menjadi Ketua PN Takengon, Aceh, dan mengabdi selama 4 tahun.

 

Dari Jabar ke DKI

Pada tahun 2000, pria penggemar tenis ini kembali mendapat promosi sebagai Ketua PN Sumedang. Setelah 3 tahun 8 bulan mengabdi, mantan Sekretaris Umum IKAHI ini kembali dipromosikan sebagai Ketua PN Karawang.

Pria yang meraih gelar doktor di Universitas Padjadjaran ini, kemudian menjabat sebagai Ketua PN Tangerang pada 2005. Dari sini lah pada 2007, ia kemudian dipromosikan sebagai Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi DKI. Suhadi ditugaskan sebagai Panitera Muda Tindak Pidana Khusus.

Tiga tahun kemudian, tepatnya 5 April 2010, ia pun dipercaya sebagai Panitera Mahkamah Agung, hingga akhirnya dipercaya sebagai juru bicara Mahkamah Agung, hingga akhirnya ditunjuk menggantikan Artijdo Alkostar menjadi Ketua Kamar Pidana Mahkamah Agung (MA). 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Minta Sjamsul Nursalim dan Istrinya Kooperatif

Posted: 07 Oct 2018 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta pemegang saham Bank Dagang Nasional Indonesia (BDNI) Sjamsul Nursalim dan istrinya, Itjih Nursalim, kooperatif memenuhi pemeriksaan hari ini. Keduanya akan dimintai keterangan terkait penyelidikan kasus korupsi penerbitan Surat Keterangan Lunas (SKL) Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI).

"Sampai pagi ini, belum ada konfirmasi kedatangan atau tidak datang dari pihak Sjamsul Nursalim. Sekali lagi, kami ingatkan, agar yang bersangkutan datang dan kooperatif," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Senin (8/10/2018).

Febri mengatakan, surat pemanggilan telah dilayangkan penyidik ke kediaman Sjamsul dan istrinya di Singapura. Menurut dia, pemeriksaan ini bisa menjadi ruang bagi keduanya memberikan keterangan jika memang ada hal yang tak sesuai dengan fakta yang terjadi.

"Di waktu pemeriksaan, yang bersangkutan bisa memberikan klarifikasi jika memang ada materi yang jadi keberatan," ucapnya. 

Tak Berhenti di Syafruddin Arsjad Tumenggung

Febri mengatakan, penanganan kasus korupsi BLBI ini tak akan berhenti dengan mengantarkan mantan Kepala Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) Syafruddin Arsjad Tumenggung dihukum penjara 13 tahun.

Apalagi, kini pihak lembaga antirasuah tengah melakukan penyelidikan baru kasus korupsi yang ditaksir merugikan negara Rp 4,58 miliar.

"Saat ini dalam proses pengembangan penanganan perkara sekitar 26 orang telah diminta keterangan sebagai saksi, dari unsur BPPN, KKSK, dan swasta," kata Febri.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yuk, Ciptakan Momen Berkualitas dengan Sang Buah Hati Lewat Cara Ini!

Posted: 07 Oct 2018 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sudahkah Anda meluangkan cukup waktu dengan sang buah hati? Kesibukan aktivitas sehari-hari kerap membuat orangtua kurang menghabiskan waktu berkualitas bersama si buah hati. Akibatnya, sering kali orangtua tak mengetahui hal yang benar-benar disukai dan diinginkan anaknya.

Guna mencari tahu secara lebih mendalam tentang kualitas hubungan orangtua dan anak, McDonald's  mewawancarai empat pasang orangtua dan anak. Para orangtua diminta untuk menceritakan seberapa sering menghabiskan waktu dengan anaknya.

Dari wawancara tersebut, terlihat bahwa para ibu sebisa mungkin meluangkan waktu sebanyak-banyaknya bersama anak setiap hari. Bahkan, saat mereka bekerja sekalipun. Merry, misalnya, mengaku bahwa ia sesering mungkin meluangkan waktu untuk video call dengan si kecil Maryam setiap hari.

Namun, kebiasaan berbeda ditemukan di responden ayah. Kesibukan mencari nafkah membuat seorang ayah tak memiliki banyak waktu untuk berinteraksi dengan anak setiap hari.

"Kalau dari satu minggu, persentasenya sih kurang lebih mungkin 50 persen. Sisanya memang bekerja," ujar salah satu responden, Erick.

Selanjutnya, keempat orangtua ditanya tentang sebuah momen yang kira-kira ingin diulang oleh anak mereka. Mereka pun antusias menceritakan hal yang ingin dilakukan anaknya kembali.

Ada yang bilang anaknya ingin liburan ke Bali lagi, ada yang suka menginap di hotel, ada yang ingin mengulang nonton bioskop, dan ada yang suka bermain dengan kucing di sebuah restoran.

Namun, apakah benar momen tersebut yang ingin diulang oleh anak-anak mereka?

Ternyata, anak-anak mereka yang diwawancara di tempat terpisah, memberikan jawaban berbeda. Kegiatan yang mereka sukai sebenarnya sangat sederhana, tetapi membutuhkan kedekatan dengan orangtua.

Contohnya, si kecil Maryam yang ingin sering mewarnai bersama-sama ibu dan neneknya. Atau, Euna yang hanya ingin bermain jungkir balik dengan ayahnya. Berbeda lagi dengan Kenzo, yang senang mengerjakan pekerjaan rumah bersama sang ibunda.

"Menonton TV. Main game di TV, sama papa mainnya," ucap Lionel.

Para anak tersebut mengakui kalau mereka menyukai kegiatan tersebut karena merasa rindu dengan orangtuanya yang sibuk bekerja. Mereka begitu menghargai kebersamaan yang tercipta saat beraktivitas bersama-sama orangtua.

Nah, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sudah cukup meluangkan waktu dengan sang buah hati hingga benar-benar mengetahui momen apa yang ia senangi?

Bila terasa masih kurang, yuk segera ciptakan momen waktu berkualitas bersama anak. Salah satunya, bisa dimulai dengan mengajak mereka makan bersama di restoran favoritnya. Misalnya, McDonald's yang menyediakan paket khusus untuk keluarga.

Belum lama ini, McDonal's meluncurkan Paket Family Weekend. Paket yang sudah tersedia di McDonald's seluruh Indonesia ini berlaku pada Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional.

Hanya dengan membayar Rp 88.182, Anda sekeluarga sudah bisa mendapatkan Paket Family Weekend yang berisi 2 Paket Hemat/PaNas, Happy Meal, Choco Sundae, dan Board Game gratis. Anda sudah menghemat 40 persen dari harga normal.

Selain itu, paket tersebut juga menawarkan Breakfast Meals yang berlaku dari pukul 05.00 sampai 11.00. Paket ini terdiri dari Paket Hemat Chicken Muffin, Happy Meal Ayam McD, PaNas 1, Choco Sundae, dan Board Game.

Ada juga paket Regular Meals yang berlaku dari pukul 11.01 sampai 04.59. Anda bisa memilih paket yang terdiri dari 2 PaNas 1, Happy Meal Cheeseburger, Choco Sundae, dan Board game, atau paket yang terdiri dari 2 Paket Hemat Cheeseburger, Happy Meal Ayam McD, Choco Sundae, dan Board Game.

Yuk, berikan 100 persen waktu Anda untuk keluarga tercinta!

 

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asian Para Games 2018: Hari Ini, Cabang Menembak Memperebutkan 3 Medali Emas

Posted: 07 Oct 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Cabang olahraga menembak atau shooting para sport di Asian Para Games 2018 akan dimulai Senin (8/10/2018). Tiga kategori sekaligus akan dipertandingkan di lapangan menembak Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Seperti dikutip dari laman resmi Asian Para Games, dua kategori dari nomor 10 meter senapan putra dan putri. Sementara satu kategori lainnya dari nomor 50 meter mixed pistol.

Untuk nomor 10 meter senapan putra diikuti 22 atlet, sedangkan untuk 10 meter senapan putri diikuti 14 atlet. Sementara itu, 19 atlet akan bersaing di kategori 50 meter mixed pistol.

Pertarungan akan dimulai dari babak kualifikasi ketiga kategori tersebut. Kemudian dilanjutkan ke partai final di masing-masing kategori di hari yang sama.

Setelah selesai perlombaan tiga kategori di atas, arena langsung digunakan untuk sesi pre-event nomor 10 meter pistol dan 50 meter senapan Asian Para Games 2018.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Berikut jadwal lengkap cabor menembak pada Senin (8/10/2018):

Kualifikasi:

1. 10 meter senapan putri (09.15 WIB)

2. 50 meter mixed pistol (09.30 WIB)

3. 10 meter senapan putra (11.30 WIB)

Final:

1. 10 meter senapan putri (13.45 WIB)

2. 50 meter mixed pistol (11.30 WIB)

3. 10 meter senapan putra (15.00 WIB)

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Muhammad Fadli Sumbang Perak Asian Para Games 2018

Posted: 07 Oct 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Muhammad Fadli menyabet medali perak dari cabang olahraga para balap sepeda Asian Para Games 2018 di nomor bergengsi yaitu individual time trial (ITT) C4 di Sirkuit Sentul Bogor Jawa Barat, Senin (8/10/2018).

Ini baru pertama kali atlet Indonesia tampil di para-balap sepeda di ajang sebesar Asian Para Games. Ada delapan medali emas yang diperebutkan pada hari pertama pelaksanaan balapan para-balap sepeda.

Dalam balapan ini, M. Fadli kalah dari pembalap Tiongkok, Wei Guoping, yang mencatatkan waktu tercepat di nomor individual time trial (ITT) C4. Catatan waktu Wei Guoping tidak terkejar oleh M. Fadli.

Sementara itu, pembalap Malaysia, Mohd Najib, mampu meraih medali perunggu Asian Para Games 2018 di nomor individual time trial (ITT) C4. Seperti prediksi Fadli, Najib dan Guoping yang akan menjadi saingan terberatnya.

ITT C4 menempuh jarak 20 km atau akan mengelilingi sirkuit sebanyak lima kali. Selain turun di ITT, Fadli juga akan turun di tiga nomor lainnya yaitu road race, tim sprint dan pursuit 4 km.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Trek Velodrome

Untuk dua nomor terakhir kejuaraan berlangsung di Velodrome Rawamangun. Tapi, untuk ITT C4, balapan berlangsung di Sirkuit Sentul.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSI: Hanya Hoaks Masif yang Bisa Kalahkan Jokowi di Pilpres

Posted: 07 Oct 2018 09:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni menegaskan, hanya hoaks besar-besaran yang dapat mengalahkan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

"Saya melihat, hanya produksi dan reproduksi hoaks yang masif yang dapat mengalahkan Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf," kata Antoni lewat keterangan tertulis, Senin (8/10/2018).

Namun, strategi memakai hoaks itu gagal dengan terbongkarnya hoaks Ratna Sarumpaet.

"Kader partai dan relawan harus benar-benar siap menghadapi serangan Ratna Sarumpaet lainnya yang lebih keji bentuk fitnah dan modusnya," jelas Antoni.

Hasil survei terbaru SMRC menunjukkan, pasangan nomor urut 1 Jokowi-Ma'ruf unggul jauh dengan elektabilitas 60,4 persen, melawan paslon nomor urut 2 Prabowo-Sandiaga 29,8 persen.

Mengomentari hasil survei itu, Antoni percaya diri Jokowi mampu dua periode.

"Insyaallah Pak Jokowi akan memimpin Indonesia kembali untuk lima tahun yang akan datang," imbuhnya.

Jadi Motivasi Kerja

Antoni menambahkan, survei untuk dipelajari dan sebagai motivasi kerja politik.

"Hasil baik dalam survei tersebut tidak boleh membuat para pendukung Pak Jokowi lengah dan terninabobokan. Enam bulan lagi para kader partai dan relawan untuk sama-sama kerja dalam ikatan solidaritas dan gotong royong," pungkas Antoni.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ulang Tahun, Lay EXO Beri Hadiah untuk Para Penggemar

Posted: 07 Oct 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Bila para penggemar biasanya memberikan hadiah untuk idolanya yang tengah merayakan hari lahir, hal sebaliknya terjadi pada ulang tahun Lay EXO. Pada ulang tahun Lay EXO ke-27 yang jatuh 7 Oktober lalu, justru pelantun "Sheep" ini yang memberikan kado kepada para penggemarnya.

Hadiah ini, adalah sebuah videoklip dari lagu terbarunya, "Give Me A Chance". Ini, adalah single pemanasan sebelum pria bernama asli Zhang Yixing ini merilis debut album US miliknya, Namanana.

Dilansir dari Soompi, Senin (8/10/2018), "Give Me A Chance" adalah sebuah lagu pop yang menceritakan tentang rasa rindu seseorang kepada mantan kekasih.

Lay EXO dikabarkan ikut membuat komposisi lagu ini, bersama dengan Andrew Bazzi, Mike Woods, Kevin White, dan MZMC.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Rajai iTunes

Lay EXO. (Foto: soompi.com)

Lagu "Give Me A Chance" sendiri langsung meraih kesuksesan begitu dirilis pada 5 Oktober lalu. 

Single ini menjadi jawara di peringkat streaming iTunes di 16 negara, seperti Uni Emirat Arab, Saudi Arabia, Singapura, Hong Kong, Malaysia, dan lainnya. 

Posisi 1 di Amazon

Lay EXO. (Foto: soompi.com)

Album Namanana sendiri baru akan dirilis pada 19 Oktober mendatang. Album fisiknya kini sudah bisa dipesan secara pre-order dan terbilang laris manis.

Di layanan jual beli online Amazon, misalnya. Album berisi 22 lagu ini sempat menduduki posisi pertama penjualan terlaris dalam kategori CD dan Vinyl.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Siaran Langsung Asian Para Games 2018

Posted: 07 Oct 2018 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memasuki hari ketiga, perhelatan Asian Para Games 2018 semakin seru. Atlet-atlet pun semakin bersemangat berlomba memburu medali.

Hingga Minggu (8/10), malam, Tiongkok masih memimpin perolehan medali sementara Asian Para Games 2018 dengan total 18 medali, 10 di antaranya emas. Disusul Jepang di posisi kedua dengan 15 medali, 4 di antaranya emas.

Namun, perhelatan masih panjang. Masih ada kesempatan bagi negara-negara lain untuk menabung medali, termasuk Indonesia.

Anda dapat menyaksikan pertandingan-pertandingan menarik di Asian Para Games 2018 melalui saluran televisi TVRI dan Metro TV. Berikut selengkapnya jadwal siaran televisi Asian Para Games 2018, Senin 8 Oktober 2018;

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Metro TV

Indonesia Emas Asian Para Games 2018

14.00-17.00 WIB, Voli Duduk

14.00-15.00 WIB, Judo

15.30-17.00 WIB, Basket Kursi Roda

14.00-17.00 WIB, Para Tenis Meja

14.00-16.00 WIB, Goal Ball

14.00 WIB, Para Balap Sepeda

15.00-16.00 WIB, Bulu Tangkis

17.00 WIB, Para Atletik

14.00-14.30 WIB, Panahan

TVRI

Nasional

Dari Gelanggang ke Gelanggang (Pagi)

09.00-09.30 WIB, Para Balap Sepeda

09.30-11.00 WIB, Basket Kursi Roda

11.00-12.00 WIB, Para Renang

Dari Gelanggang ke Gelanggang (Siang)

14.00-15.30 WIB, Voli Duduk

15.30-16.00 WIB, Para Angkat Beban

16.00-17.00 WIB, Para Atletik

 

Sports HD

Dari Gelanggang ke Gelanggang (Pagi)

09.00-10.00 WIB, Goal Ball

10.00-11.00 WIB, Judo

11.00-11.30 WIB, Para Atletik

11.30-13.00 WIB, Basket Kursi Roda

 

Dari Gelanggang ke Gelanggang (Siang)

13.00-14.00 WIB, Para Renang

14.00-15.00 WIB, Bulu tangkis

15.00-16.00 WIB, Para Tenis Meja

16.00-27.00 WIB, Para Balap Sepeda

Dari Gelanggang ke Gelanggang (Malam)

 

17.00-19.00 WIB, Voli Duduk

19.30-21.00 WIB, Basket Kursi Roda

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sejak 2012, 34 Kepala Daerah Terciduk OTT KPK

Posted: 07 Oct 2018 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejak 2012, sebanyak 34 kepala daerah terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Terbaru, lembaga pimpinan Agus Rahardjo itu menangkap Wali Kota Pasuruan Setiyono terkait kasus dugaan suap proyek-proyek di Pemkot Pasuruan Tahun Anggaran 2018.

"Sejak 2012, hingga tangkap tangan terhadap Wali Kota Pasuruan kemarin, KPK telah melakukan OTT terhadap 34 kepala daerah dengan beragam modus. Namun, semua kepala daerah ini ditangkap dalam kasus suap," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jakarta, Senin (8/10/2018).

Dia mengatakan, modus yang paling menonjol adalah penerimaan uang sebagai fee proyek. Menurut dia, modus ini ada hampir di semua kasus yang menjerat kepala daerah.

"Namun ada beberapa yang menerima uang terkait perizinan, pengisian jabatan di daerah, dan pengurusan anggaran otonomi khusus," ujar Febri.

Dia menilai, praktik korupsi dalam bentuk suap telah merusak proses demokrasi lokal termasuk pilkada serentak, yang diharapkan dapat menghasilkan pemimpin bersih dan merakyat. Febri menjelaskan, biaya politik yang tinggi saat pemilihan diduga menjadi salah satu faktor terjadinya korupsi.

"Dalam OTT para kepala daerah ini, terdapat beberapa pelaku yang mengumpulkan uang untuk tujuan pencalonan kembali, dan pengumpulan mantan tim sukses untuk mengelola proyek di daerah tersebut," jelas Jubir KPK.

 

Regulasi Baru

Ilustrasi Korupsi. (Liputan6.com/Rita Ayuningtyas)

Untuk itu, KPK mendesak penguatan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) secara struktural. Pemerintah pun diminta segera membuat regulasi baru mengenai struktur pengawas internal agar tidak dikendalikan oleh kepala daerah.

"APIP yang lebih independen dapat memetakan siapa saja pemegang proyek yang berulang kali menjadi pemenang tender di daerah, melakukan review sejak awal proses penganggaran, pengadaan, hingga memfasilitasi keluhan dari masyarakat tentang adanya penyimpangan di sektor tertentu. Butuh perhatian lebih dari Presiden dan DPR untuk menyusun aturan setingkat UU ini," tutur Febri.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tenis Meja Indonesia Berpeluang Sumbang Emas Asian Para Games

Posted: 07 Oct 2018 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cabang olahraga para tenis meja berpeluang menyumbang medali emas untuk Indonesia di Asian Para Games 2018. Kepastian itu didapat setelah Ana Widyasari lolos ke semifinal pada kelas 11 (tunagrahita)

Pada babak setengah kompetisi Asian Para Games, Ana mengalahkan wakil Korea, Seo Yang Hee, dengan skor 3-1. Selanjutnya, dia melibas atlet Jepang, Kimura Harumi, dengan skor telak 3-0.

Sebelumnya pada hari pertama, Ana mengalahkan wakil Hong Kong, Li Hui Tung, dengan skor 3-1. Dengan pencapaian itu, dia masuk peringkat pertama di kelasnya.

Dengan demikian, Ana berhak melaju ke semifinal tanpa melewati babak delapan besar. Di semifinal, Senin (8/10/2018), Ana akan berjumpa Wong Ka Man dari Hong Kong.

Pelatih kontingen Indonesia, Galih Mowo Perbowo, optimistis Ana mampu mengatasi perlawanan Wong Ka Man dan melangkah ke final. Pasalnya, Ana pernah menghadapi sang lawan ketika test event Asian Para Games 2018.

"Sewaktu test event mereka pernah bertemu. Ana mengalahkan dia (Wong Ka Man, red)," kata Galih di Jakarta, Minggu (7/10/2018), seperti dikutip Antara.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Relaksasi

Petenis meja China, Shuo Yan, berusaha mengembalikan bola saat melawan petenis meja Korsel, Lee Seho, pada laga Asian Para Games di Ecovention Ancol, Jakarta, Sabtu (6/10/2018). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Untuk menghadapi pertandingan hari ini, Ana telah menjalani sesi relaksasi. Psikolog kontingen Indonesia Calista Phillana mengatakan bahwa sesi relaksasi biasa dilakukan atlet sebelum bertanding.

"Sesi relaksasi biasanya dilakukan sebelum pertandingan, agar atlet merasa tidak tegang dan bisa fokus dalam pertandingan," kata Calista.

Jadwal Tenis Meja

Sekadar informasi, dari jadwal yang dirilis Inapgoc, cabang olahraga para tenis meja di nomor tunggal putri klasifikasi T11 berlangsung di Econvention Ancol hari ini pukul 10.00 WIB dan 11.05 WIB.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Area Judi Sabung Ayam Digerebek Polisi

Posted: 07 Oct 2018 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aparat Kepolisian Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, menggerebek tempat arena judi sabung ayam di kawasan pasar Bulak Banteng Timur, Surabaya.

Dalam penggerebekan itu, Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, mengamankan 45 pemain judi sabung ayam,  57  unit sepeda motor, 6 unit mobil dan salah satu mobil pelat merah, 20 ekor ayam, serta uang puluhan juta rupiah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Basarnas Hentikan Evakuasi Korban Gempa Palu di Hotel Roa-Roa

Posted: 07 Oct 2018 09:35 PM PDT

Patroli Indosiar, Palu - Evakuasi korban gempa di Hotel Roa-Roa, Palu, Sulawesi Tengah, resmi dihentikan Basarnas. Hal ini dilakukan karena sudah tidak ada lagi tanda-tanda korban di bawah runtuhan bangunan.  

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Senin (8/10/2018), sepanjang Minggu petugas mengerahkan empat alat berat untuk mencari korban di sekitar Hotel Roa-Roa.

Delapan hari melakukan pencarian korba gempa dan tsunami, petugas berhasil mengevakuasi 34 korban tewas. Sementara tujuh korban lainnya ditemukan selamat. (Karlina Sintia Dewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Istri PM Israel Jadi Terdakwa Kasus Dugaan Korupsi

Posted: 07 Oct 2018 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Yerusalem - Istri Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Sara Netanyahu, pada 7 Oktober 2018, mulai menjalani persidangan di pengadilan Yerusalem sebagai terdakwa kasus dugaan korupsi, yang mana ia dituduh menyelewengkan uang negara senilai US$ 100.000 (sekitar Rp 1,5 miliar).

Uang itu digunakan untuk membayar chef ternama agar yang bersangkutan bersedia bekerja di rumah dinas perdana menteri. Padahal, pemerintah Israel telah menyediakan juru masak purna waktu untuk menyajikan makanan bagi pasangan suami istri tersebut.

Atas tindakan itu, Sara Netanyahu (59) didakwa melakukan penipuan dan pelanggaran kepercayaan pada Juni 2018. Sidang ditunda atas imbauan pengadilan, hingga akhirnya dimulai pertama kali pada 7 Oktober 2018.

Sementara itu seperti dikutip dari The National (8/10/2018), hakim memutuskan untuk menunda persidangan hingga 13 November 2018. Dalam kurun waktu itu, hakim meminta agar jaksa dan pengacara mampu mengatur sebuah plea bargain (kesepakatan antara jaksa dan pengacara di luar persidangan). Namun, jika tidak tercapai kesepakatan, persidangan akan dilanjutkan pada 13 November.

Jika terbukti bersalah, Sara Netanyahu bisa menghadapi hukuman maksimum lima tahun penjara, meskipun itu tampaknya tidak mungkin, mengingat pengaruh politik yang dimiliki oleh suaminya, PM Israel Benjamin Netanyahu.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

Simak video pilihan berikut:

Kasus Apa yang Menimpa Sara Netanyahu?

PM Israel Benjamin Netanyahu memberi sambutan saat peresmian Kedubes Guatemala di Yerusalem, Rabu (16/5). Netanyahu menyebut peresmian tersebut adalah tepat karena Guatemala menjadi negara kedua yang mengakui Israel pada 1948. (Ronen Zvulun/Pool via AP)

Menurut transkrip berita acara penyidikan polisi yang diajukan ke persidangan, Sara Netanyahu diketahui mengeluh tentang kualitas makanan yang disajikan di kediaman perdana menteri dan menggunakan umpatan kepada staf guna menunjukkan keluhannya. Hal itu kemudian dijadikan alasan bagi Sara Netanyahu untuk menyewa jasa chef ternama tersebut dan membayarnya senilai US$ 100.000 menggunakan kas negara.

Sementara itu, menurut berkas dakwaan, Sara Netanyahu "bertindak untuk menghindari peraturan dan ketentuan kediaman resmi perdana menteri, serta memperoleh dana negara untuk membiayai kebutuhan terdakwa dan keluarganya yang tidak seharusnya dibiayai dengan cara itu."

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu telah mengecam dakwaan terhadap istrinya, menyebut bahwa tuduhan terssebt "tak berdasar dan delusional". Keluarga Netanyahu juga bersikeras bahwa Sara melakukan kesalahan dan mengklaim mereka adalah korban dari perburuan politik yang didorong oleh media yang bermusuhan.

Pengacara Sara Netanyahu juga telah membantah bahwa kliennya tidak perduli dengan peraturan dan bahwa makanan tersebut dipesan oleh asisten dan disajikan kepada tamu kehormatan.

Dakwaan itu adalah salah satu dari serangkaian skandal yang menherat perdana menteri dan keluarganya, di mana mereka memiliki reputasi sebagai keluarga berpengaruh dan tidak dapat tersentuh oleh orang-orang Israel biasa.

Sara Netanyahu sendiri telah lama menghadapi tuduhan soal pengeluaran boros dan perilaku kasar. Pada 2016, pengadilan memutuskan dia menganiaya seorang asisten rumah tangga. Mantan karyawan lainnya juga mengklaim menjadi korban tindak penganiayaan yang dilakukan oleh Sara Netanyahu dan menuduh dia menggunakan uang negara demi memenuhi selera pribadinya yang mewah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Ajang IMF-World Bank, Proyek BUMN Dapat Kucuran Dana Rp 200 Triliun

Posted: 07 Oct 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Nusa Dua - PT Bank Mandiri Tbk berkomitmen menyukseskan pertemuan IMF-World Bank 2018 di Nusa Dua, Bali. Salah satunya dengan ikut menjadi koordinator dalam pelaksanaan Indonesia Investment Forum pada sela-sela gelaran pertemuan tahunan tersebut.

Sekretaris Perusahaan PT Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan, forum ini akan menjadi ajang bagi pemerintah menyampaikan kebijakan makro dan keuangan terbaru serta program atau proyek potensial BUMN-BUMN kepada calon investor.

"Agar annual meeting ini juga bisa menghasilkan output yang optimal. Kami juga membantu Kementerian BUMN, Kementerian Keuangan, BI dan OJK untuk menjadi koordinator pelaksanaan Indonesia Investment Forum pada 9 Oktober 2018 di Conrad Hotel," ujar dia di Jakarta, Senin (8/10/2018).

Dia menambahkan, pada hari yang sama di Inaya Nusa Dua, juga akan digelar penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) atas investasi modal langsung 21 proyek BUMN, di mana 95 persen dari investornya merupakan investor luar negeri.

"Nilai proyek yang dikerjasamakan mencapai nilai fantastis yaitu Rp 200 triliun. Investasi langsung investor internasional akan menggairahkan perekonomian Indonesia dan membawa masuk devisa ke dalam negeri," jelas dia.

Selain itu, Bank Mandiri juga menempatkan layanan keuangan yang akan dibutuhkan para delegasi yang hadir.

Layanan tersebut seperti penempatan 6 ATM dan 1 lokasi penukaran uang di sekitar Bali Nusa Dua Conference Center yang menjadi lokasi utama IMF-World Bank Annual Meeting 2018, serta 2 unit penukaran uang di kawasan Bali Collection Nusa Dua untuk memudahkan delegasi bertransaksi.

"Tak hanya itu, Bank Mandiri juga telah menempatkan mesin EDC Mandiri di hotel-hotel yang menjadi official partner dari event tersebut di kawasan Nusa Dua. Secara keseluruhan, para delegasi dapat memanfaatkan 446 ATM dan 11.957 EDC serta layanan money changer di 54 kantor cabang jika ingin bertransaksi di Bali," ungkap dia.‎

Di samping layanan keuangan, lanjut Rohan, Bank Mandiri mendukung perhelatan internasional ini melalui pelaksanaan Pentas Seni Ila Galigo pada 9-13 Oktober 2018 di Peninsula Bay Resort, Bali.

Selain itu, Bank Mandiri juga menjadi sponsor utama perhelatan Bali Collection Festival yang dihelat selama September-Desember 2018. Khusus pada event ini, perseroan juga akan menempatkan EDC pada seluruh tenant yang ikut mengisi kegiatan tersebut.

Sedangkan di Pavilion Indonesia yang menampilkan produk Indonesia seperti di bidang Infrastruktur, pariwisata dan produk-produk UKM, Bank Mandiri akan menempatkan 10 mesin EDC merah putih yang bisa digunakan oleh pemegang kartu debit atauu kartu kredit himbara.

"Tak cuma mesin EDC, Bank Mandiri juga menampilkan kreasi adibusana dari tenun nusantara karya desainer Oscar Lawalatta. Diharapkan ini dapat mempromosikan tenun nusantara ke investor internasional," tandas Rohan.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

Pertemuan IMF-World Bank Jadi Ajang Dunia Lihat Pembangunan di Indonesia

Simbol Pertemuan IMF-World Bank Group 2018 di Bali. Dok: Istimewa

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) Maryono, mengaku antusias menyambut pertemuan IMF-World Bank di Bali yang akan berlangsung dari 8 -12 Oktober 2018. 

Dia berharap, Pertemuan Tahunan IMF-World Bank tersebut dapat berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia.

"Kami berharap Annual Meeting IMF di Indonesia dapat memberi dampak positif atas kinerja pembangunan Indonesia dan juga pemerintah," tuturnya saat dihubungi Liputan6.com, seperti dikutip Senin (10/8/2018).

Maryono menegaskan, program pemerintah menggalakkan infrastruktur juga harus dapat dinikmati sekaligus menjadi saksi di kancah internasional.

"Dan para peserta dari segala penjuru dunia bisa menyaksikan perkembangan pembangunan Indonesia khususnya selama pemerintahan Pak Jokowi sehingga mereka dapat berinvestasi di sini," jelas dia.

Senada, Direktur Utama PT Tigaraksa Satria Tbk (TGKA) Lianne Widjaja berharap pertemuan IMF-World Bank dapat memberi kemudahan tarif dari sisi logistik bagi perusahaan. 

"Indonesia kan sedang menggalakan infrastruktur ya dan ini dibutuhkan dana baik dana pemerintah maupun pinjaman. Harapannya IMF bisa support dana ini, jadi emiten seperti Tigaraksa yang bergerak di distribusi bisa menikmati biaya logistik murah. Karena infrastrukturnya terbangun," ungkap dia.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI) Hasan Fauzi berharap, ajang pertemuan IMF-World Bank dapat meningkatkan minat investasi global di pasar modal dalam negeri. 

"Harapannya investor asing bisa melihat objektif prospek perekonomian RI yang secara langsung berkaitan dengan prospek emiten di pasar modal. Jadi semoga IMF ini bisa mendorong investor global untuk berinvestasi melalui berbagai macam instrumen yang ada," tandas dia.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko PMK Berharap MTQ Nasional XXVII Tahun 2018 Perkuat Kebhinekaan

Posted: 07 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, malam ini turut serta mendampingi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Nasional ke-XXVII tahun 2018 yang di gelar di Gedung Astaka, Medan, Sumatera Utara. Pembukaan ditandai dengan pemukulan bedug oleh Presiden Jokowi.

Di sela-sela pembukaan, Menko PMK menyampaikan harapan agar MTQ Nasional 2018 akan menghasilkan qori dan qoriah yg kelak mampu mengharumkan bangsa Indonesia. "Merekalah yang nantinya mewakili Indonesia dalam MTQ Internasional," ujar Menko PMK.

Menko PMK juga berharap MTQ Nasional ini dapat memperkuat kebhinekaan karena selama mengikuti berbagai perlombaan, kafilah dari berbagai provinsi berkumpul.

"Di sinilah kesempatan untuk saling memahami dan membangun jejaring guna memperkuat persatuan," tambah Menko PMK.

Momentum pembukaan MTQ Nasional ini dimanfaaatkan Presiden untuk menekankan pentingnya Al-Qur'an menjadi pedoman umat Islam untuk keluar dari fase kegelapan menuju fase yang terang. Al Quran menurut Presiden telah menjadi petunjuk bagi manusia serta sumber inspirasi bagi para ulama dan akademisi untuk menghadirkan kemajuan bagi umat manusia.

"Saya mengajak semua untuk melihat MTQ bukan hanya sebagai acara rutin, bukan hanya lomba dalam seni membaca Al-Qur'an, tetapi menjadikan MTQ, suntikan energi umat Islam untuk membumikan Al-Qur'an secara nyata dalam kehidupan sehari-hari", tambah Presiden.

Presiden berharap, MTQ ini menjadi sumber kesejukan, sumber mata air melimpahnya ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah basyariyah.

"Hati kita seharusnya merasa damai setiap kali membaca Al-Qur'an, merasa tentram setiap kali mendengarkan alunan ayat suci Al Qur'an. Perasaan damai itu harus kita rawat dan tanamkan dalam kehidupan sehari-hari, agar tidak ada lagi hoax, fitnah, caci maki sesama umat sebangsa, setanah air Indonesia," ujar Presiden.

MTQ Nasional bertempat di Medan dan Deli Serdang, Sumatera Utara ini berlangsung dari tanggal 4 Oktober dan akan berakhir pada tanggal 13 Oktober 2018. Tema  yang diangkat adalah "MTQ Mewujudkan Revolusi Mental Menuju Insan Yang Qur'ani".

Acara ini dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang diikuti oleh seluruh undangan yang hadir kemudian dilanjutkan dengan pengibaran bendera MTQ serta pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh Qori juara 1 golongan dewasa MTQ Tingkat Nasional XXVI tahun 2016, Ihsan Nuzula.

MTQ Nasional ini diikuti 1.550 kafilah dari 34 provinsi. Kegiatan lain yang dilakukan dalam MTQ ini antara lain, launching buku "11 Muqri Sumut di pentas dunia", parade 1.000 Hafizh, pameran al-Qur'an yang ditulis 370 tahun yang lalu serta kegiatan lainnya.

Hadir pada kesempatan ini Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin; Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo; Menteri PDTT, Eko Putro Sandjojo; Ketua OJK, Wimboh Santoso, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi; Anggota DPR RI/DPD; Duta Besar Negara Sahabat; Gubernur dan Bupati/Walikota se-Indonesia.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Marquez Gembira Bisa Tekuk Dovi di Tikungan Terakhir MotoGP Thailand

Posted: 07 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Buriram - Marc Marquez memberikan sajian menarik di Grand Prix Thailand, Minggu (7/10/2018) kemarin. Pada balapan seri 15 MotoGP yang berlangsung di Sirkuit International Chang, pembalap tim Repsol Honda itu harus bersusah payah meraih podium pertama.

Marquez yang memulai balapan dari posisi pole position mendapat perlawanan sengit dari para pesaingnya yakni Valentino Rossi, Andrea Dovizioso, dan Maverick Vinales. Perubahan posisi terus terjadi selama balapan berlangsung.

Marquez dan Dovizioso akhirnya berhasil memainkan emosi penggemar yang hadir di Sirkuit International Chang. Jutaan pasang mata dibuat tegang dengan duel dua pembalap di lap terakhir, namun Baby Alien akhirnya menyudahi perlawanan Little Dragon setelah melewatinya di tikungan terakhir.

Marquez pun berhasil menyentuh garis finis pertama. Pemilik nomor 93 itu saat ini sudah mengumpulkan tujuh kemenangan musim ini atau sudah melewati jumlah kemenangan musim lalu.

"Tentu saja saya sangat bahagia, karena ini adalah pertama kalinya saya mengalahkan Dovi dengan cara ini," kata Marquez dikutip dari Carolenash, Senin (8/10/2018).

 

Rahasia Kemenangan

Momen saat pembalap Repsol Honda, Marc Marquez beradu kecepatan dengan pembalap Ducati, Andrea Dovizioso pada MotoGP Aragon 2018. (JOSE JORDAN / AFP)

Marquez membeberkan strategi saat memenangkan duel dengan Dovizioso. Dia menjelaskan bahwa di lap terakhir dirinya mencoba untuk sedikit tampil lebih agresif, tapi disaat yang tepat Dovizioso malah memberikan perlawanan sengit.

Marquez pun mencoba tetap tenang sambil mengatur agar ban depan tidak mengalami degradasi. Benar saja, tepat di lap terakhir Baby Alien mulai menunjukkan kelihaiannya dalam mengendarai motor RC213V.

"Sejujurnya, saya tidak terlalu percaya diri untuk pergi ke putaran terakhir karena saya punya banyak pengalaman dengan Dovi di masa lalu. Tapi kali ini, kami bertukar peran, saya menggunakan gaya Dovi dan Dovi menggunakan gaya Marquez. Itu berhasil menyalipnya di sudut tikungan keluar," ujar Marquez.

Semakin Kokoh

Hasil positif ini kian mendekatkan Marquez dengan gelar juara dunia MotoGP 2018. Saat ini, ia masih memimpin klasemen pembalap dengan 271 poin. Dia unggul jauh dari Dovizioso yang berada di peringkat kedua dengan 194.

"Itu adalah perasaan yang luar biasa untuk balapan di depan semua penggemar Thailand, yang menyemangati dan mendukung semua pembalap. Saya benar-benar menikmati olahraga dan membuat saya merasa nyaman selama akhir pekan. Saya benar-benar berterima kasih kepada mereka," katanya.

(David Permana)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ovi Sovianti Bahagia Bisa Menikah untuk Ketiga Kalinya

Posted: 07 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mantan personel Duo Serigala, Ovi Sovianti, menikah untuk ketiga kalinya. Ovi Sovianti melepas status janda dan menikah dengan pria bernama Franky Ilham Roring.

Acara pernikahan Ovi Sovianti sendiri digelar di kawasan Cileungsi, Jawa Barat, Minggu (7/10/2018).

Sebelum proses ijab kabul dimulai, terdengar lantunan ayat-ayat suci Alquran. Pengantin pria pun terlihat santai dan tidak terlalu gugup saat berada di depan penghulu yang akan mengubah statusnya.

Betul saja, saat mengucap ijab kabul, Franky melakukannya dengan sangat baik. Dengan sekali napas, dia sukses menjadikan Ovi Sovianti sebagai teman hidupnya.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Mas Kawin Perhiasan

Ovi Sovianti alias Ovi Duo Serigala (Kapanlagi.com/ Muhammad Akrom Sukarya)

"Saya terima nikah dan kawinnya Ovi Sovianti binti Endy Sarwaedi dengan mas kawin tersebut, tunai," ucap Franky mantap diikuti teriakan sah dari para saksi yang hadir.

Franky meminang Ovi dengan mas kawin berupa perhiasan seberat 15 gram serta seperangkat alat salat.

Senyum Merekah

Ovi Sovianti alias Ovi Duo Serigala (Kapanlagi.com/ Muhammad Akrom Sukarya)

Setelah proses tanda tangan dokumen selesai, Franky langsung menyerahkan mas kawin yang sudah dipersiapkannya pada Ovi Sovianti.

Senyum merekah pun terpancar dari wajah keduanya. Setelah semua proses selesai, keduanya langsung mendapat selamat dari para tamu yang hadir. (Kapanlagi.com/ Galuh Esti Nugraini)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belum Rilis, Google Pixel 3 XL Sudah Dijual Seharga Rp 30 Juta

Posted: 07 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Hong Kong - Setelah sempat bocor di berbagai media sosial, kini beredar kabar kalau smartphone teranyar Google, Pixel 3 XL sudah dijual di Hong Kong.

Padahal faktanya, baik Pixel 3 XL (dan juga Pixel 3) belum diumumkan secara resmi oleh Google.

Menurut yang dilansir Ubergizmo pada Senin (8/10/2018), informasi ini terkuak dari salah satu ritel Hong Kong yang dikabarkan sudah menjual Pixel 3 XL.

Bahkan, media Engadget sudah berhasil membelinya dan mengulik isi dari boks penjualan smartphone tersebut.

Adapun toko ritel Hong Kong ini bernama WahPhone Digital, dan menjual Pixel 3 XL dengan harga yang sangat tinggi.

Untuk satu unit Pixel 3 XL, toko tersebut membanderolnya dengan harga HK$ 15.880 atau setara dengan Rp 30 juta!

Harga tersebut jelas sangat tinggi ketimbang harga smartphone Pixel baru yang akan dijual Google. Paling tidak, Pixel 3 XL seharusnya dilego sekitar Rp 12 jutaan sesaat setelah resmi dirilis nanti.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Heboh, Google Pixel 3 XL Tertinggal di Taksi Online

Desas-desus mengenai kehadiran smartphone terbaru dari Google, Pixel 3 XL, telah terdengar sejak beberapa bulan lalu. Bocoran spesifikasi maupun tampilan smartphone itu pun sudah banyak ditemukan di internet.

Salah satu bocoran terbaru adalah tampilan utuh dari smartphone tersebut. Dikutip dari Android Police, Rabu (5/9/2018), tampilan utuh Google Pixel 3 XL didapat dari seorang pengemudi Lyft, saingan Uber di Amerika Serikat.

Pengemudi yang disamarkan namanya sebagai Anonymous Alligator ini mengaku mendapat perangkat usai mengantarkan sejumlah penumpang. Awalnya, dia menyangka ada penumpang yang ketinggalan Pixel 2 miliknya.

Namun, setelah dilihat lebih lanjut, ia mengenali perangkat tersebut merupakan Google Pixel 3 XL. Alasannya, dia melihat notch di bagian atas smartphone dengan logo Google di bagian belakang.

Tampilan Google Pixel 3 XL yang tertinggal di Lyft (sumber: Android Police)

Melihat masih ada stiker yang menempel di bagian belakang, ada kemungkinan perangkat itu merupakan unit pra-produksi. Usai mengabadikan tampilan perangkat itu, sang pengemudi lantas mengembalikan smartphone itu ke pemiliknya.

Sekadar informasi, Pixel 3 disebut-sebut akan memiliki desain dengan notch atau poni di bagian atas. Model ini mirip dengan kebanyakan smartphone yang ada saat ini.

Selain itu, bodi bagian bawah Pixel 3 XL juga akan memiliki bezel lebih tipis. Sementara untuk urusan bodi, Pixel 3 memiliki desain yang mirip dengan Pixel 2. 

Pixel 3 XL Bakal Ditopang Snapdragon 845

Bocoran desain Google Pixel 3 XL. (Foto: XDA Forum)

Bocoran terbaru dari sebuah situs benchmark juga mengungkap kalau Google Pixel 3 XL akan ditopang dengan prosesor terbaru besutan Qualcomm, yakni Snapdragon 845.

Prosesor tersebut memang digadang-gadang menjadi prosesor yang akan melengkapi flagship smartphone di 2018. Selain diperkuat Snapdragon 845, Pixel 3 XL juga akan menghadirkan RAM 4GB.

Sayang, besaran RAM tersebut malah dinilai mengecewakan, mengingat kebanyakan smartphone yang di pasaran kini hadir dengan RAM 6GB. Demikian dikutip Ubergizmo, Minggu (5/8/2018).

Tak cuma itu, smartphone dikabarkan juga akan mendukung fitur pengisian nirkabel (wireless charging)dan akan hadir dalam warna putih dan hitam, sama seperti pendahulunya.

Smartphone juga dipastikan akan berjalan dengan sistem operasi teranyar, yakni Android P (9.0).

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saat Pembukaan Asian Para Games 2018, Menko Puan Bawakan Bendera Merah Putih

Posted: 07 Oct 2018 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Asian Para Games (APG) 2018 resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo Sabtu malam di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. Pada kesempatan itu, Menko PMK Puan Maharani selaku Ketua Dewan Pengarah APG 2018 didaulat membawa bendera merah putih untuk dikibarkan di tiang utama Stadion GBK Jakarta.

Menko Puan memasuki arena stadion GBK dengan membawa bendera merah putih secara seksama. Diiringi dengan visualisasi video yang menjelaskan makna bendera merah putih. Narasi Menko Puan berisikan bahwa warna merah yang terdapat pada bendera Indonesia melambangkan keberanian, dan warna putih melambangkan kesucian. "Jadilah simbol persatuan, berikan warna pada dunia", tutur Menko Puan.

Narasi tersebut sesuai dengan tema besar APG 2018, yakni 'We AreOne.' Tema tersebut tegas mengatakan bahwa, 'Kita Adalah Satu' walau dengan latar belakang baik suku, agama, bangsa hingga fisik berbeda. Tema ini selaras dengan Bhinneka Tunggal Ika. Ketua INAPGOC, Raja Sapta Oktohari menerangkan bahwa tema "We are One" terinspirasi dari semangat persatuan Pancasila.

APG 2018 secara resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Dalam kesempatan ini, Presiden mengharapkan, melalui APG 2018 bangsa Indonesia ingin menunjukan kegigihan dan prestasi.  "Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, Asian Para Game Tahun 2018, saya nyatakan dibuka. Selamat berjuang, sukses ", kata Presiden.

APG 2018 yang diselenggarakan pada 6 - 13 Oktober 2018 diikuti lebih dari 3000 atlet dan lebih dari 2000 official. APG 2018 juga akan mempertandingkan 18 cabang olahraga serta 588 nomor pertandingan.Hadir dalam pembukaan APG 2018 Wapres Jusuf Kalla, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPD RI Oesman Sapta, Presiden Asian Paralympic Comitte Majid Rashed, Menpora Imam Nahrawi, Gubernur DKI Anies Baswedan, TNI, POLRI, serta hadirin lainnya.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ban Baru Yamaha NMax dari Corsa Cuma Rp 270 Ribuan

Posted: 07 Oct 2018 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Multistrada Arah Sarana Tbk sebagai pemegang merek ban Corsa, resmi meluncurkan produk barunya, Platinum M5. Karet bundar dengan ukuran rim 13 ini, diklaim sangat cocok untuk skutik premium milik PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), NMax.

Ban Corsa Platinum M5 ini lahir dari riset yang panjang, serta melihat pesatnya permintaan motor matik di Indonesia.

"Kami melihat adanya pertumbuhan populasi motor Yamaha Nmax dan Skuter yang cukup besar. Sehingga kami menghitung kebutuhan ban untuk motor tersebut pertahunnya, dan ternyata akan menjadi pasar yg menarik untuk di penuhi oleh Corsa," jelas Salomon Manalu, Brand Manager Corsa dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Senin (8/10/2018).

Lanjutnya, menurut riset yang dilakukan Corsa, populasi skuter akan menyentuh angka 1 juta unit, dan akan terus tumbuh di tahun-tahun mendatang dengan pertumbuhan sekitar 30 persen.

"Ternyata kami menemukan fakta baru di lapangan, tingginya penjualan skuter matik premium menjadi sebuah tren baru bagi para pecintanya untuk melakukan modifikasi, mulai dari harga terjangkau hingga harga fantastis. Corsa Platinum M5 yang akan kami launching memiliki 5 ukuran di rim 13. Jadi kami jamin bagi yang kemudian akan melakukan modifikasi, M5 gak akan bikin ban jadi mentok karena banyak pilihannya," tegasnya.

Bekerjasama dengan Yamaha Nmax Club Indonesia pada acaranya di Bali, sekaligus peluncuran dan Corsa juga telah melakukan pendistribusian produk dengan merata di berbagai wilayah Indonesia.

Selanjutnya

Corsa Platinum M5 (Foto: Corsa)

Untuk diketahui, Corsa Platinum M5 dilengkapi dengan telapak ban sporty dengan alur pattern yang agresif, sehingga memaksimalkan performa dan kenyamanan dalam berkendara. Pattern depan dan belakang yang dirancang dengan arah saling berlawanan, akan memaksimalkan grip pada masing-masing ban.

Selain itu, ban ini juga diproduksi dengan compound premium (bahan baku ban pilihan, baik karet maupun sintetik), Corsa Platinum M5 memiliki jarak tempuh optimal dan dijamin mampu memberikan performa handling serta daya cengkram yang sangat baik di lintasan kering maupun basah.

Berbicara soal ukuran, Corsa Platinum M5 saat ini baru tersedia di rim 13 dengan ukuran 110/70-13 48P, 120/70-13 53P, 130/70-1363P, 140/70-13 61P, 150/60-1366P.

Untuk harganya, Corsa Platinum M5 akan dibandrol dengan dengan kisaran harga eceran tertinggi (HET) Rp270 ribu hingga Rp 420 ribu di seluruh wilayah Indonesia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Ajak Peserta MTQN Berdoa untuk Korban Gempa Palu dan Donggala

Posted: 07 Oct 2018 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi membuka Musabaqah Tilawatil Quran tingkat Nasional (MTQN) XXVII 2018. Pembukaan berlangsung di arena lokasi utama (Astaka) Jalan Pancing/Jalan Willem Iskandar, Kota Medan, Sumatera Utara.

Di acara MTQN, Jokowi mengajak seluruh hadirin berdoa bagi korban gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Jokowi juga mengajak peserta dan tamu undangan mengirimkan doa kepada para korban yang selamat dari bencana.

Dalam sambutannya, Jokowi mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar memandang MTQN tidak sekedar acara seremonial atau tentang kompetisi menang-kalah. Melainkan sebagai suntikan energi bagi umat Islam untuk membumikan Alquran di dunia nyata serta kehidupan sehari-hari.

"Mari sama-sama kita renungi dan pahami maknanya, jadikan Alquran sebagai pedoman hidup yang menuntun kita pada kemajuan," katanya.

Pada pembukaan MTQN di Sumut, puluhan ribu massa memadati area pelaksanaan event se-Nusantara tersebut.

Dalam acara ini, Jokowi didampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

MTQN XXVII tahun ini diikuti oleh 1.550 kafilah dari 34 provinsi. Dalam rangkaian kegiatan tersebut, ada beberapa kegiatan pendukung yakni launching Buku Muqri Sumut di Pentas Dunia, Parade 1.000 Hafizh, Pameran Mushaf Alquran Kuno Sumut yang ditulis 300 tahun silam, dan lainnya.

Menteri Agara Lukman Hakim Saifuddin mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana atas kedatangannya membuka MTQN secara resmi. Begitu pula kepada Gubernur-Wakil Gubernur Sumut Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah beserta panitia yang telah bekerja keras menjadi tuan rumah.

Dikatakan Menag, MTQN telah mencapai usia 60 tahun pelaksanaannya sejak tahun 1958 di Ujungpandang, Makassar, Sulawesi Selatan. Dalam sejarahnya, Sumut memerlukan waktu 47 tahun untuk jadi tuan rumah MTQN lagi, setelah menjadi tuan rumah pada tahun 1971.

"Tentunya ini momentum yang sangat penting, mengingat MTQN adalah peristiwa keagamaan, budaya, sosial, dan ekonomi," ucap Menag.

Acara Meriah

Acara pembukaan MTQN XXVII 2018 kali ini berlangsung meriah. Tak kurang puluhan ribu orang memadati kawasan Astaka. Lokasi sekitar juga dimanfaatkan untuk menikmati jajanan kuliner serta berbagai suvenir.

Event tersebut diisi hiburan dengan menampilkan grup musik Bimbo, atraksi konfigurasi lafaz Allah, tarian kolosal menampikan 7 etnik Sumut serta ribuan remaja mengiringi lagu Bimbo.

Turut hadir sejumlah pimpinan lembaga negara, para duta besar perwakilan negara sahabat, DPR dan DPD RI asal Sumut, Ketua DPRD Wagirin Arman, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, Gubernur dan Wakil Gubernur serta pemda 33 provinsi beserta kafilah, para dewan hakim, alim ulama, tokoh masyarakat, dan masyarakat umum.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bersama Elek Yo Band, Menko Puan Tampil di Konser untuk Palu dan Donggala

Posted: 07 Oct 2018 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penggalangan dana untuk korban gempa bumi dan tsunami Palu serta Donggala, Sulawesi Tengah dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan menggelar konser musik. Bersama Elek Yo Band, Menko PMK Puan Maharani ikut berpartisipasi dalam konser 100 Biduan dan 100 hits untuk Palu dan Donggala di Lippo Mal Kemang, Jakarta.

Menko Puan tampil bersama Elek Yo Band pada pukul 21.00 WIB setelah penampilan 3 Diva. Lagu pertama yang dinyanyikan adalah Stand By You. Menlu Retno L Marsudi mengatakan lagu ini dipilih agar warga Palu dan Donggala tak perlu bersedih akan gempa dan tsunami yang terjadi. Rakyat Indonesia menurutnya berada bersama warga Palu dan Donggala. Elek Yo Band kemudian melanjutkan dengan lagu Bento. Lagu yang didendangkan selanjutnya adalah Andaikan Kau Datang Kembali karya Koes Ploes.

Setelah menyanyikan tiga lagu, Elek Yo Band kemudian melelang gitar akustik milik Menaker Hanif Dhakiri yang telah ditandatangani personilnya. Gitar itu pun laku seharga 1,1 milyar rupiah. Elek Yo Band juga kemudian melelang kaos bertuliskan Elek Yo Band yang juga telah ditandatangani personilnya. Kaos itu laku seharga 150 juta rupiah. Penampilan Elek Yo Band kali ini terdiri dari Menteri PUPERA Basuki Hadi Moeljono, Menaker Hanif Dhakiri, Menkeu Sri Mulyani, Menlu Retno L Marsudi, Kepala Bekraf Triawan Munaf, mantan Kepala KSP Teten Masduki didukung oleh Menko PMK Puan Maharani serta Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru Tantowi Yahya juga artis Yuni Sara. Sebagai penutup Elek Yo Band menyanyikan lagu Rayuan Pulau Kelapa yang diikuti oleh seluruh penonton.

Menko Puan yang ditemui setelah konser mengatakan agar warga Palu dan Donggala tabah menjalani hidup pasca gempa dan tsunami. Pemerintah bersama rakyat tidak akan membiarkan warga Palu dan Donggala sendirian. Konser untuk Palu dan Donggala kali ini adalah contoh masyarakat dan pemerintah serta seniman bergotongroyong untuk membantu warga Palu dan Donggala.

Konser 100 biduan dan 100 hits untuk Palu dan Donggala ini mampu mengumpulkan donasi lebih dari 17 milyar rupiah. Dalam Konser amal ini, para pendonasi bisa menyumbangkan uang melalui transfer atau datang langsung ke lokasi acara. Mereka juga bisa menyumbangkan beberapa barang yang dibutuhkan oleh pengungsi di sana.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seksi, Prilly Latuconsina Pakai Kebaya Dipuji Maxime Bouttier

Posted: 07 Oct 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penampilan Prilly Latuconsina kali ini tampak berbeda. Artis yang terkenal berkat Ganteng Ganteng Serigala itu mengenakan kebaya modern.

Kebaya Prilly Latuconsina dibuat dengan leher model sabrina. Kebaya berwarna putih yang terbuat dari brukat itu dihiasi dengan selendang.

Wanita yang sempat dikabarkan pacaran dengan Aliando ini melengkapi penampilannya dengan kain batik. Lagi-lagi, Prilly Latuconsina memberikan kesan berbeda saat memakai kebaya.

 

Kain batik yang dikenakan Prilly dibuat sedemikian rupa dengan belahan yang tinggi. Akhirnya, kaki Prilly Latuconsina terlihat jelas.

Prilly Latuconsina tampak seksi saat memakai kebaya. Ia pun mengunggah foto dirinya dalam balutan kebaya di akun Instagram miliknya, baru-baru ini.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Tata Rias Keren

Prilly Latuconsina  (Instagram/@prillylatuconsina96)

Prilly Latuconsina membiarkan rambutnya hanya dikuncir, dibuat dengan efek bergelombang. Ia menghiasi rambutnya dengan bunga kamboja.

Ia pun mengaplikasikan tata rias yang elegan, dengan pewarna bibir merah. Sangat kontras dengan kulitnya yang putih.

Pujian

Komentar antara Prilly Latuconsina dan Maxime Bouttier (Instagram/@prillylatuconsina96)

Penampilan Prilly Latuconsina ternyata menarik perhatian Maxime Bouttier. Kekasih Prilly itu memuji Prilly yang tampak cantik dan seksi dalam balutan kebaya.

Maxime Bouttier berkomentar di foto yang diunggah Prilly.

Suka

Prilly Latuconsina  (Instagram/@prillylatuconsina96)

"Wah, aku suka saat kau mengenakan kebaya," tulis Maxime Bouttier.

Prilly membalas komentar kekasihnya, "terima kasih, sayang. Asal jangan suruh aku pakai kebaya setiap hari ya!"

Maxime Bouttier menyebutkan, "enggak masalah sekali-sekali."

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lawn Bowls Indonesia Raih Emas Asian Para Games 2018

Posted: 07 Oct 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Indonesia meraih dua medali dalam cabang olahraga lawn bowls Asian Para Games 2018. Medali emas didapat Mella Windasari yang turun di kelas B6 tunggal putri.

Seperti dilansir laman situs Asian Para Games, Mella menjaga rekor sempurna dalam empat pertandingan yang berlangsung di Lapangan Hoki 2 Gelora Bung Karno, Senayan, Senin (8/10/2018).

 

Bahkan, ia tiga kali mencetak poin sempurna. Pertama, Mella mengalahkan atlet Indonesia lainnya, Retnowati Yugia Sibarani dengan skor 21-4.

Setelah itu, ia menang atas Faridah Binte Saleh dari Singapura dengan skor 21-2 dan wakil Hong Kong, Tsz Wong Sum, 21-6.Terbaru, Mella mengalahkan Rattna'Aizah Mohd (Malaysia) dengan skor 15-8.

Empat kemenangan yang Mella raih membuatnya tidak lagi terkejar oleh lawan-lawan yang lain. Ia masih memiliki satu pertandingan lagi melawan Jang Sun-bun dari Korea Selatan yang akan dilaksanakan di Lapangan Hoki 2 Gelora Bung Karno pukul 13.00 WIB.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Medali Perak

Sementara medali perak diraih Retnowati Yugia Sibarani. Kepastian tersebut Retnowati dapatkan usai mengalahkan Jang Sun-bun dari Korea Selatan dengan skor 18-10.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asian Para Games 2018: Kalah Trik, Penyebab Zaki Gagal Raih Medali

Posted: 07 Oct 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Zaki Zulkarnaen gagal menyumbang medali untuk Indonesia di Asian Para Games 2018. Dia merupakan atlet renang Indonesia yang turun di nomor 50 meter gaya bebas S8.

Dia hanya finis di posisi kelima dengan catatan waktu 28,48 detik di Stadion Akuatik, Jakarta, Minggu (7/10/2018). Medali emas Asian Para Games 2018 di kategori ini diraih perenang Tiongkok, Haijiao Xu, sedangkan medali perak disabet Guanglong Yang, dan perunggu menjadi milik perenang Jepang, Kota Kubota.

Usai pertandingan, Zaki mengungkapkan dirinya kalah karena minim pengalaman. Dia juga mengakui kalah trik dari empat perenang lain yang finis di depannya.

"Cuma karena daya tahan sudah berkurang dan juga ini saya pertama kali masuk Asian Para Games, jadi tidak berpengalaman. Saya tidak punya trik, sedangkan mereka itu (yang menang) punya trik," ucap Zaki.

Kendati kalah, Zaki mengaku dapat pelajaran dari sang peraih medali emas, Haijiao Xu. Zaki menyimpulkan kalau Xu tak memperlihatkan kemampuan terbaiknya saat sesi kualifikasi yang berlangsung Minggu pagi.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Dapat Pelajaran

Pesta kembang api saat pembukaan Asian Para Games di SUGBK, Jakarta, Sabtu (06/10/2018). Pembukaan dimeriahkan aksi para penyandang disabilitas. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

"Saat penyisihan dia (Xu) berenang pelan. Karena dia nyisain tenaga untuk final. Di final itu mereka baru habis-habisanan. Lawan saya tadi itu pas penyisihan 28 detik, bareng saya dari Tiongkok (Xu). Tapi setelah final, dia jdi 26 detik, kan jauh, dua detik. Otomatis tadi pas penyisihan dia renang santai, yang penting masuk final mereka," katanya menegaskan.

"Dari sini saya dapat pelajaran, jadi kalau ada final sama penyisihan, berarti yang penyisihan kita berenang asal masuk final saja. Yang dapet emas, dia berenang pelan waktu penyisihan. Berenang yang penting dia masuk final aja," ujar Zaki mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Makanan Terenak di Dunia Ternyata dari Indonesia

Posted: 07 Oct 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seperti keberagaman budaya dan alam, setiap wilayah di seluruh penjuru dunia juga memiliki makanan khas yang menggugah selera. Kekayaan kuliner tersebut berhasil memikat banyak orang. Tidak hanya dalam tetapi juga luar negeri.

CNN sempat mewartakan terkait makanan terenak di seluruh dunia versi mereka tahun 2017 lalu. Bukan masakan kari massaman dari Thailand, tetapi jawaranya adalah makanan khas Indonesia.

Sajian Tanah Air berhasil menduduki posisi pertama dan mengungguli semua makanan dari seluruh dunia. Sebelumnya, telah dibuka terlebih dahulu pemungutan suara dan ada lebih dari 35 ribu suara yang ikut ambil bagian.

Lantas, makanan khas Indonesia apa saja yang sempat masuk dalam daftar makanan paling enak di dunia versi CNN 2017? Yuk, simak rangkuman selengkapnya berikut ini.

Rendang

Siapa yang tidak mengetahui makanan khas Sumatera Barat, rendang. Selain jadi primadona di negeri sendiri, rendang nyatanya juga didaulat sebagai makanan terenak di seluruh dunia versi CNN tahun 2017. Gelar ini dinobatkan setelah rendang mendapat suara terbanyak di pemungutan suara di media sosial Facebook.

Rendang merupakan masakan berbahan dasar daging dengan cita rasa pedas yang memakai berbagai campuran bumbu dan rempah-rempah saat dimasak. Proses memasak berjam-jam membuat rendang berwarna hitam pekat.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Nasi Goreng dan Satai

Nasi goreng (Bola.com/Reza Khomaini)

Nasi Goreng

Nasi Goreng bisa dikatakan sebagai makanan yang paling ikonik dari Indonesia. Tidak sedikit orang luar negeri yang kerap menyebut nasi goreng sebagai makanan favorit saat singgah di Tanah Air. Ternyata, benar adanya, nasi goreng dinobatkan sebagai makanan terenak versi CNN di posisi kedua setelah rendang.

Satai

Tidak hanya rendang dan nasi goreng, makanan khas Indonesia lainnya yakni satai juga sukses keluar sebagai makanan terenak di dunia versi CNN dan berada di urutan ke-14. Makanan dari daging yang dipotong kecil-kecil ini kemudian ditusuk dengan lidi, batang serai, atau bambu ini lalu dibakar dengan arang kayu. Biasanya, satai disajikan bersama bumbu kacang, kecap, bawang goreng, irisan bawang merah, dan cabai rawit.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Bawang Merah Turun dan Daging Stabil di Pasar Citra 5 Jakarta

Posted: 07 Oct 2018 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Harga bawang merah di pasar tradisional terpantau turun. Hal ini berdasarkan pantauan Liputan6.com di Pasar Citra 5, Jakarta Barat, Senin (8/10/2018).

Salah seorang pedagang, Sulaeman (36), mengaku menjual bawang merah di kisaran harga Rp 15 ribu - 20 ribu per kilogram (Kg). Harga bawang merah sudah turun drastis sejak lima hari lalu. 

Hal serupa diungkapkan pedagang sayuran lainnnya, Udin (48). Di tempatnya, bawang merah dibanderol Rp 18 ribu. "Soalnya pasokannya lagi banyak, dari sana juga lagi panen," tuturnya.

Selain bawang merah, harga bawang putih juga turun di beberapa tempat, yakni sekitar Rp 28 ribu - 35 ribu untuk bawang putih kating dan Rp 22 ribu - 28 ribu untuk bawang putih biasa.

Walaupun sedang turun, pedagang lain Buyung (46) mengakui harga bawang putih sering tidak stabil. "Sering naik turun, soalnya barang impor," ungkapnya.

Penurunan harga ini turut dirasakan sejumlah komoditas cabai, di antaranya cabai rawit merah seharga Rp 32 ribu per kg dan cabai rawit besar Rp 35 ribu per kg. Namun, penurunan ini tidak diikuti oleh cabai merah keriting dan rawit hijau. Keduanya dibanderol menjadi Rp 40 ribu per kg.

Sementara itu, harga jenis sayuran lain seperti kentang, tomat, wortel, dan timun terpantau stabil di harga masing-masing Rp 12 ribu per kg.

Harga Daging Stabil

Pantauan pasar harga daging sapi di pasar tradisional (Foto: Liputan6.com/Maulandy R)

Beralih ke pangan hewani, daging ayam dan sapi juga terpantau stabil. Daging ayam kampung ukuran kecil dipasarkan seharga Rp 45 ribu per kg dan ukuran sedang Rp 55 ribu per kg. Adapun daging sapi dijual dengan kisaran Rp 130 ribu - 140 ribu per kg.

Senada, harga telur terpantau stabil pada minggu kedua bulan Oktober, yakni telur ayam Rp 23 ribu per kg, telur puyuh Rp 30 ribu per kg, dan telur bebek Rp 2.500 per butir. (Felicia Margaretha)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko PMK Pimpin Rapat Bahas Pasca Bencana Gempa Bumi NTB

Posted: 07 Oct 2018 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah terus berupaya membantu korban bencana gempa dan tsunami yang terjadi di wilayah Palu, Donggala dan Sigi. Seperti yang dilakukan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani yang terus memberikan bantuan terhadap tanggap darurat tersebut. 

"Saat ini Pemerintah tengah melakukan upaya penanganan tanggap darurat untuk dampak bencana gempa, tsunami, dan likuifaksidi wilayah Palu, Donggala dan Sigi. Pada saat bersamaan penanganan rehab rekon pasca gempa di NTB juga perlu menjadi perhatian kita bersama. Oleh karena itu, rakor pada hari ini akan di fokuskan pada monev percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca gempa di NTB," demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani saat memimpin Rapat Koordinasi Tingkat Menteri (RTM) Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana Gempa Bumi di NTB.

Untuk percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi NTB pasca gempa, Presiden telah mengeluarkan INPRES No 5 Tahun 2018. Dalam INPRES No 5 Tahun 2018, menugaskan kepada 4 Menko, 15 Menteri, Polri, TNI, Kejaksaan, 3 Lembaga, serta 6 Pemda untuk melaksanakan percepatan rehab rekon di NTB. Amanat inpres, pembangunan prasarana dan sarana dasar untuk mendukung berfungsinya kembali aktivitas pendidikan, kesehatan, agama, dan fasilitas penunjang perekonomian paling lambat akhir Desember 2018 dan prasarana lain paling lambat 2019.

"Rehab rekontruksi rumah penduduk, diharapkan dapat diselesaikan segera. Sesuai arahan Bapak Wapres, penyelesaian rehab rekon rumah penduduk dapat diselesaikan pada maret 2019," terang Menko PMK.

Target waktu capaian percepatan rehab-rekon NTB pertama, akhir september 2018 rencana aksi rehab rekon telah selesai disusun oleh BNPB; kedua, pada bulan Oktober 2018 rencana aksi mulai dilaksanakan; ketiga, akhir Desember 2018, ditargetkan selesai melakukan normalisasi fasilitas pendidikan, kesehatan, fasilitas gama dan penunjang perekonomian; Keempat, pada Maret 2019 perbaikan rumah masyarakat telah selesai dilaksanakan.

Turut hadir pada RTM kali ini Menristekdikti Mohamad Nasir, Menteri PPPA Yohana Yembise, Menkominfo Rudiantara, Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro, Kepala LKPP Agus Prabowo, Panglima Komando Tugas Gabungan  (Pankopgasgab), Mayjen TNI Madsuni, Wakapolri Ari Dono, Kementerian/Lembaga terkait, serta Sekretaris Daerah Pemprov NTB Rosiady Husaeni.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Dendam karena Ibunya Dilecehkan, Pria Ini Habisi Nyawa Sahabatnya

Posted: 07 Oct 2018 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saat orangtua diejek dan dilecehkan orang lain, tentunya kita pasti akan kesal bukan main. Itulah yang dirasakan pria asal India bernama Pashupati.

Kekesalan itu semakin memuncak, setelah sahabat yang dikenalnya sejak lama justru berani melecehkan ibu Pashupati. Dari situ pria tersebut naik pitam dan tega menghabisi sahabatnya sendiri dengan keji. Sampai akhirnya kasus pembunuhan yang dilakukan Pashupati membuat heboh publik.

Artikel tentang pembunuhan keji pria India yang tega habisi nyawa temannya menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua terpopuler yakni tentang potret menggemaskan Jan Ethes di pembukaan Asian Para Games 2018. Sedangkan artikel ketiga terpopuler yakni 8 fenomena alam yang kerap disangka editan.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Geram Ibunya Dilecehkan, Pria Ini Lakukan Hal Mengerikan pada Sahabat

Ilustrasi persahabatan. Dok: theconversation.com

Seorang pria asal India bernama Pashupati membuat heboh publik. Dia melakukan hal mengerikan pada sahabatnya sendiri.

Kejadian ini bermula ketika Pashupati mengetahui bahwa sang ibu mendapat pelecehan. Lebih mengejutkan lagi, hal itu dilakukan oleh sahabatnya sendiri bernama Girish. Tentu saja hal ini membuat Pashupati marah bukan main.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

2. 7 Potret Menggemaskan Jan Ethes di Pembukaan Asian Para Games 2018

Presiden Jokowi mengajak cucunya Jan Ethes menyaksikan upacara pembukaan Asian Para Games 2018 (foto: twitter Jokowi)

Acara pembukaan Asian Para Games 2018 baru saja dilaksanakan pada Sabtu (6/10) kemarin. Ada begitu banyak hal menarik yang hingga kini masih menjadi perbincangan publik.

Tak hanya aksi Presiden Jokowi yang memanah bersama Bulan Karunia dalam acara tersebut, hal lain yang juga menyita perhatian publik adalah kehadiran cucu sang Presiden, Jan Ethes Srinarendra.

Selengkapnya..

3. Meski Disangka Editan, 8 Fenomena Alam Ini Benar Terjadi di Dunia Nyata

(Foto: Reddit, Pixabay.com)

Memang ada berbagai macam hal menarik baik di permukaan dan langit planet bumi kita. Karena saking menakjubkannya, penampakan alam pada bumi kerap kali tak bisa dipercaya mata manusia.

Meskipun sempat terpotret, fenomena alam ini sering disangka editan dalam foto karena saking memukau banyak orang. Dikutip dari Brightside, ini potret menakjubkan fenomena alam di bumi kita yang membuat banyak orang merinding.

Selengkapnya..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kegiatan Belajar di Palu Sudah Mulai, tapi Belum Efektif

Posted: 07 Oct 2018 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Palu - Proses belajar mengajar di Kota Palu, Sulawesi Tengah, mulai aktif setelah gempa dan tsunami pada 28 September lalu. Seperti terlihat di SMPN 6 Palu, sejumlah siswa mulai masuk ke dalam kelas masing-masing.

Pantauan di lapangan, 10 siswa kelas IX telah berada di dalam kelas sejak pukul 08.00 Wita. Mereka masih merapikan ruangan kelas. Para murid menyapu debu-debu yang berserakan di ubin kelas. Mereka juga memasang foto wakil presiden yang sempat terjatuh.

Seorang guru agama, Didin Daudin, mengatakan siswa SMPN 6 Palu sudah mulai belajar sejak Sabtu, 6 Oktober 2018. Namun, hingga saat ini memang masih belum efektif.

"Kami sedang mendata anak-anak," ucap Didin ditemui di lokasi, Senin (8/10/2018).

"Pendataan diperlukan karena sudah masuk mid-semester jadi harus diusahakan. Itu kewajiban saya sebagai pendidik," dia menambahkan.

Sejauh ini, dari 784 siswa yang menempuh pendidikan di SMPN 6 Palu, sekitar 60 persen siswanya siap mengikuti proses belajar-mengajar.

Namun, mereka belum akan menerima materi pelajaran. Guru didampingi psikolog akan bercerita dan menghibur para siswa. Waktu belajar pun hanya dua jam.

"Yang penting ada saja dulu," ujar Didin.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Boleh Tak Pakai Seragam

Proses belajar-mengajar di Kota Palu, Sulawesi Tengah mulai aktif. (Liputan6.com/ Ady Anugrahadi)

Sementara itu, salah satu siswa yang mengikuti proses belajar mengajar adalah Andini Febrianti, siswa kelas 7A. Dia mengaku mendapat pemberitahuan dari sekolah bahwa hari ini sudah mulai belajar.

"Dibilang tadi sekolah besok (hari ini)," ucap dia.

Hari ini, Andini datang tidak mengenakan seragam sekolah. Alasannya, pihak sekolah memperbolehkan siswa memakai pakaian apa pun, asalkan sopan.

"Seragam pada habis belum sempat mencuci," ucap dia.

SMPN 6 Palu termasuk sekolah yang yang terkena dampak gempa dan tsunami yang menerjang Palu dan Donggala beberapa waktu lalu. Namun, bangunannya tidak mengalami kerusakan yang cukup parah.

"Yang parah cuma dua saja. Ruangan perpustakaan dan lorong menuju kantin," tutur Andini.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesona Danau Toba yang Wajib Anda Saksikan

Posted: 07 Oct 2018 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pariwisata (Kemenpar) memasukkan Danau Toba ke dalam daftar 10 Destinasi Prioritas atau yang biasa disebut 10 Bali Baru. Pemilihan Danau Toba sebagai destinasi prioritas bukan tanpa alasan.

Destinasi yang terletak di Provinsi Sumatera Utara ini memiliki kekayaan alam dan budaya yang begitu melimpah. Mampu 'menyihir' siapapun yang berkunjung ke sana dan menyaksikan keindahan pemandangan dan adat istiadatnya.

Sebelum berkunjung ke sana, yuk saksikan dulu pesona Danau Toba lewat video di bawah ini!

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Golkar Bogor Sambut Baik Putusan Bawaslu untuk Kaji Ulang DPT Pemilu 2019

Posted: 07 Oct 2018 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Bogor Ade Ruhendi menyambut positif keputusan Bawaslu yang memerintahkan KPU Kabupaten Bogor mencermati kembali daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPTHP) Pemilu 2019 bersama parpol.

Perintah Bawaslu Kabupaten Bogor tersebut memerintahkan hasil sidang Bawaslu Kabupaten Bogor pada Jumat 5 Oktober dengan pemohon DPD Partai Golkar Kabupaten Bogor dan termohon dari KPU Kabupaten Bogor. Sidang di Kantor Bawaslu tersebut dipimpin Ketua Bawaslu Kabupaten Bogor Irvan Firmansyah. 

"Apa yang selama ini disengketakan terkait DPT Pemilu 2019 di Kabupaten Bogor terbukti lewat putusan Bawaslu ini," ujar Ade di Bogor, Minggu 6 Oktober 2018.

Dilanjutkannya, pihaknya selaku peserta pemilu 2019 mengingatkan KPU agar serius dengan permasalahan DPT ini.

"Ini menyangkut hak masarakat pemilih jangan sampai kehilangan hak memilih, termasuk jangan sampai merugikan partai politik peserta pemilu dan para calon presiden /wakil presiden dan para calon DPD.RI /DPR.RI /DPR provinsi maupun DPRD Kabupaten Bogor," tandas Jaro Ade.

 

Beria Waktu 3 Hari Kerja

Dalam sidang Bawaslu terkait DPT ini, Selain memerintahkan KPU Kabupaten Bogor agar mencermati kembali DPTHP Pemilu 2019 bersama partai politik, juga memutuskan KPU melaksanakan putusan ini paling lambat tiga hari kerja sejak putusan ini dibacakan.

"Memerintahkan KPU Kabupaten Bogor untuk melakukan sinkronisasi berita acara KPU Kab Bogor Nomor : 254/PL.01-BA/3201/KPU-Kab/IX/2018 tentang rapat pleno terbuka DPT hasil penyempurnaan Pemilu 2019 di tingkat Kab. Bogor tertanggal 13/09/2018 dengan berita acara KPU Kab. Bogor Nomor: 246/PL.01-BA/3201/KPU-Kab.Bogor 2018 tentang rapat pleno terbuka rekapitulasi DPTPUT 2019 tertanggal 21/08/2018 dengan melibatkan pemohon," demikian putusan Bawaslu.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saat Jagung Manis Jadi Pegangan Korban Gempa Palu untuk Bangkit

Posted: 07 Oct 2018 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Palu - Beragam cara untuk bangkit dari musibah bencana gempa dan tsunami Palu yang melanda Donggala dan sekitarnya tengah diupayakan para korban. Mereka pun berupaya mandiri dan berusaha memenuhi kebutuhan hidup mereka sendiri.

Masita, warga Kabupaten Sigi yang rumahnya hancur porak-poranda mengaku tak punya apa-apa lagi selain suami dan ketiga buah hatinya. Untuk memenuhi kebutuhannya, Masita enggan bergantung bantuan pemerintah.

"Saya, suami, dan anak-anak masih selamat. Rumah kami yang hancur. Untuk bertahan hidup kami jual jagung rebus," kata Masita kepada Liputan6.com di Sigi, Sulawesi Tengah, Minggu 7 Oktober 2018.

Masita mengatakan, jagung rebusnya dijual dengan harga Rp 10.000 per tiga buah. Menurut dia, hasilnya lumayan untuk modal dan kebutuhan sehari-hari setelah kembali aktifnya SPBU yang dijaga ketat oleh pihak TNI.

Dia berjualan di SPBU Dewi Sartika, Kalukubula, Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, yang sudah aktif beberapa hari lalu.

"Jagung kita beli satu karung, lalu kita rebus dengan bahan bakar kayu. Dan alhamdulillah, jualan kita laris di tengah antrean warga yang mau beli BBM di SPBU ini," jelasnya.

Meski begitu, Masita berharap ada bantuan pemerintah agar rumahnya yang rusak di Kabupaten Sigi dapat diperbaiki kembali.

"Sementara saya dan keluarga tidur di tenda-tenda dekat rumah," kata Masita.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengimbau warga Sulawesi Tengah untuk memulai kembali aktivitas perekonomian yang sempat lumpuh.

Bahkan sebelum meninggalkan Kota Palu. Jokowi menginstruksikan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota setempat untuk mengaktifkan kembali pelayanan bagi masyarakat.

"Saya minta kantor-kantor pemerintah dibuka agar pelayanan masyarakat normal kembali," kata Jokowi.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

China Konfirmasi Penahanan Kepala Interpol Terkait Dugaan Korupsi

Posted: 07 Oct 2018 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Beijing - Pemerintah China telah mengonfirmasi bahwa pihaknya menahan kepala Interpol yang menghilang, Meng Hongwei.

Beijing mengatakan bahwa Meng sedang diselidiki oleh badan antikorupsi negara itu karena pelanggaran hukum yang tidak ditentukan.

Meng, yang juga Wakil Menteri Keamanan Publik di China, dilaporkan hilang setelah melakukan perjalanan dari Lota Lyon di Prancis--di mana Interpol berbasis--ke Negeri Tirai Bambu pada 25 September.

Dikutip dari BBC pada Senin (8/9/2018), Interpol mengatakan telah menerima pengunduran diri Meng dari kursi kepemimpinan, pada hari Minggu dengan segera.

Komisi Pengawasan Nasional China, yang menangani kasus-kasus korupsi yang melibatkan pegawai negeri, mengatakan Meng sedang diselidiki dalam sebuah dugaan kasus korupsi yang belum dijelaskan secara resmi.

Terkait pengunduran diri Meng, Interpol kini menunjuk wakil presiden senior Kim Jong-yang dari Korea Selatan sebagai pemimpin sementara.

Seorang pemimpin baru akan dipilih untuk sisa dua tahun mandat Meng di sidang umum Interpol di Dubai, November mendatang.

Pada hari Sabtu, agen polisi internasional telah mendesak China untuk memperjelas status Meng, mengatakan bahwa pihaknya prihatin dengan kesejahteraan pemimpinnya.

Perancis telah membuka penyelidikan terkait, tetapi mengatakan pada hari Minggu bahwa mereka tidak memiliki informasi lebih lanjut.

Meng adalah profil tinggi terbaru yang menghilang dari pandangan publik China, di mana sejumlah pejabat tinggi pemerintah, miliarder, dan bahkan selebritas papan atas telah lenyap dalam beberapa bulan terakhir.

Awal pekan ini, aktris Fan Bingbing, yang menghilang di China pada bulan Juli, muncul dengan permintaan maaf publik dan denda sebesar 883 juta yuan (setara Rp 1,9 triliun, dengan kurs Rp 2.206 per 1 yuan), karena penggelapan pajak dan pelanggaran keuangan lainnya.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Orang China Pertama yang Memimpin Interpol

Presiden Interpol Meng Hongwei saat membuka Interpol World Congress di Singapura pada Juli 2017 (AFP / ROSLAN RAHMAN)

Sang istri, Gace Meng, berbicara tidak lama sebelum konfirmasi China tentang penahanan Meng, mengatakan kepada wartawan bahwa dia mengira belahan jiwanya dalam bahaya.

Grace mengeluarkan permohonan emosional kepada dunia internasional untuk bantu menemukan suaminya.

Pada hari Meng menghilang, Grace mengatakan bahwa sang suami sempat mengirim pesan media sosial kepadanya untuk "menunggu panggilan saya", sebelum mengirim emoticon pisau, menandakan bahaya.

"Saya tidak yakin apa yang telah terjadi padanya," katanya.

Dengan punggung menghadap kamera untuk menghindari identifikasi yang berimbas pada karena risiko keselamatannya, Grace menahan isak tangis untuk membacakan sebuah pernyataan dalam bahasa Mandarin dan Inggris.

"Kami selalu terhubung dengan hati. Dia akan mendukungku dalam melakukan ini. Masalahnya milik keadilan yang sebenarnya. Masalahnya milik komunitas internasional. Masalahnya milik orang-orang tanah airku."

Meng terpilih sebagai presiden Interpol pada November 2016, di mana menjadi orang China pertama yang menduduki jabatan itu, dan dijadwalkan bertugas hingga 2020.

Dia memimpin Komite Eksekutif organisasi, yang memberikan bimbingan dan arahan secara keseluruhan. Meng memiliki 40 tahun pengalaman dalam peradilan pidana dan kepolisian di China, terutama di bidang obat-obatan, kontra-terorisme dan kontrol perbatasan.

Setelah pemilihannya, kelompok-kelompok hak asasi manusia menyatakan keprihatinan bahwa langkah itu dapat membantu China mengejar para pembangkang politik yang melarikan diri dari Negeri Tirai Bambu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Pergi ke Daerah Terdampak Gempa, Relawan Perhatikan Dulu 3 Hal Ini

Posted: 07 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Relawan maupun orang-orang yang menuju ke wilayah terdampak gempa dan tsunami di Palu, Donggala, dan sekitarnya di Sulawesi Tengah juga harus mempersiapkan diri. Salah satunya adalah dengan persiapan fisik agar prima.

Mengutip rilis dalam laman sehatnegeriku.kemkes.go.id, Senin (8/10/2018), paling tidak ada tiga hal penting yang perlu diperhatikan tim yang bertugas ke lokasi terdampak gempa di Sulawesi Tengah.

1. Daerah Endemis Malaria

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dr Anung Sugihantono mengatakan, wilayah terdampak gempa tersebut adalah daerah endemis malaria.

"Sempatkan minum prophylaxis obat malaria, meski tidak di semua daerah di sana adalah daerah endemis," kata Anung.

Meskipun beberapa daerah di sekitar Palu seperti Donggala dan Parigi Moutong merupakan daerah endemis malaria dengan endemisitas rendah, ketika terjadi perubahan ekosistem pascabencana, vektor juga bisa terpengaruh.

"Harus menjadi perhatian terhadap malaria yang ada di sana, terutama juga karena ada vektor dan ada relawan yang barangkali berasal dari daerah-daerah lain yang carrier, itu juga harus menjadi perhatian kita semuanya," ujar Anung.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Melindungi Diri dan Mandiri

Anggota dari Pemadam Kebakaran Darurat Internasional Prancis bersiap memasuki hotel Mercure untuk mencari korban gempa dan tsunami di Palu, Sulteng (4/10). Sebanyak 1.411 orang telah dikonfirmasi tewas akibat bencana tersebut. (AFP Photo/Mohd Rasfan)

2. Melindungi Diri

Selain itu, lindungilah diri dengan menggunakan peralatan- peralatan pelindung diri. Beberapa di antaranya sepatu bot, sarung tangan karet, masker, dan kacamata pelindung.

3. Persiapan higiene dan sanitasi

Anung mengatakan, higiene dan sanitasi yang ada belumlah ideal. Karena itu, relawan atau tenaga kesehatan yang bertugas ke daerah pascabencana, harus mandiri mengenai hal-hal ini.

"Artinya apakah kita harus menyiapkan air bersih sendiri sampai batas tertentu untuk kepentingan kita, itu harus kita pastikan," kata Anung.

Meskipun ada beberapa cara seperti penjernih air cepat, hal itu bukan untuk minum dan sebatas untuk mandi. Sehingga, masih ada banyak hal yang harus dikelola sendiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Diduga Korsleting Listrik, Tempat Penggergajian Kayu Ludes Terbakar

Posted: 07 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Musibah kebakaran menimpa pabrik pengolahan kayu milik ali anwar, yang berada di desa Mojosari, kecamatan Kauman, Tulungagung, Jawa Timur, Minggu malam. Kebakaran diduga dipicu korsleting arus listrik, tempat penggergajian kayu pinus ini, pada minggu malam ludes dilalap api. Banyaknya tumpukan papan kayu kering, membuat api dengan cepat membesar dan sulit dipadamkan.

Saat kebakaran terjadi, tempat ini sedang tidak beroperasi dan dalam kondisi kosong. Kebakaran baru diketahui oleh warga, ketika api telah membesar. Api baru benar-benar dapat dipadamkan, pada senin dini hari, setelah tiga unit mobil pemadam kebakaran satpol PP Tulungagung, beserta belasan petugas diterjunkan kelokasi.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Picu Kericuhan Lawan McGregor, Khabib Nurmagomedov Mengaku Bikin Bangga Presiden Rusia

Posted: 07 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Khabib Nurmagomedov sama sekali tidak menyesali serangan yang dilakukannya terhadap ofisial Conor McGregor di T-Mobile Arena, Las Vegas, Minggu (7/10/2018). Khabib juga mengaku mendapat dukungan atas sikapnya tersebut dari Presiden Rusia, Vladimir Putin. 

Kemenangan Nurmagomedov atas Conor McGregor ternoda keributan usai pertandingan. Tawuran bermula Nurmagomedov melompat keluar arena tidak lama setelah wasit menghentikan duel. Khabib tiba-tiba melompat dan menyerang ofisial McGregor. 

Insiden ini memicu keributan yang lebih besar. Beruntung, petugas keamanan dan pihak penyelenggara berhasil meredakan suasana dan menghentikan tawuran yang lebih luas. 

Nurmagomedov mengaku tidak tahan dengan provokasi yang dilakukan kubu McGregor. "Pertama-tama saya ingin meminta maaf kepada Komisi Olahraga Nevada," kata Nurmagomedov, seperti dilansir Usatoday. "Ini bukan sisi baikku," ujar juara dunia UFC kelas ringan itu. 

Duel Khabib Nurmagomedov Vs McGregor telah berlangsung panas jauh sebelum mereka bertemu di Arena. Perang kata-kata dan saling ejek bahkan sudah marak sebelum hari H.

Namun, kedua petarung tidak sekadar bermulut besar. Di dalam oktagon, baik McGregor maupun Nurmagomedov menunjukkan kelasnya lewat pertarungan brutal dan penuh teknik. 

Nurmagomedov, yang memiliki dasar ilmu bela diri gulat yang kuat, akhirnya menghentikan McGregor di ronde keempat. Cekikan ke arah leher membuat McGregor tidak berkutik dan harus menepuk tangan lawan sebagai isyarat bagi wasit untuk menghentikan pertarungan. 

 

 

Pelajaran dari Khabib

Khabib Nurmagomedov usai mengalahkan Conor McGregor dalam pertarungan UFC 229 di Las Vegas, AS (6/10). Nurmagomedov mengalahkan McGregor dan berhasil keluar sebagai pemenangnya. (AP Photo/John Locher)

Menurut Nurmagomedov, provokasi yang dilalukan McGregor sudah kelewatan. Selain menyinggung agama, McGregor juga menghina ayahnya. 

"Tapi (McGregor) bicara mengenai agamaku, dia bicara tentang ayahku. Kenapa orang-orang bicara tentang saya melompat pagar? Dia datang ke Brooklyn dan hampir saja membunuh beberapa orang di sana," kata Nurmagomedov.

April lalu, McGregor berbuat ulah di Brooklyn. Dia dan rekan-rekan satu timnya menyerang bus yang ditumpangi Khabib. Usai kejadian, McGregor pun menyerahkan diri ke polisi.

Suasana bertambah panas setelah McGregor mulai menghina Nurmagomedov dan agama Islam yang diyakininya. McGregor juga memberikan komentar mengenai keluarga Nurmagomedov dan daerah asalnya, Degestan.

"Mereka menyebutnya juara dunia dua kali, tapi hari ini dia menyerah."

Nurmagomedov tidak menyesali perbuatannya kepada kubu McGregor. Sebaliknya dia ingin mengirimkan pesan lewat aksi tersebut. "Ini olahraga terhormat," katanya. 

"Saya ingin mengubah olahraga ini. Saya tidak ingin orang-orang bisa bicara sembarangan tentang lawannya. Tentang ayah, agama. Anda tidak bisa mengomentari agama dan negara. Bagi saya ini sangat penting," ujar petarung berusia 30 tahun tersebut. 

Dukungan Putin

Khabib Nurmagomedov (kanan) ditahan oleh wasit Herb Dean setelah bertarung melawan Conor McGregor selama pertarungan UFC 229 di Las Vegas, AS (6/10). Nurmagomedov menang atas McGregor di ronde keempat. (AP Photo/John Locher)

Akibat kericuhan yang terjadi, bayaran Khabib sebesar 2 juta USD sampai saat ini masih ditahan menyusul penyelidikan yang tengah dilakukan. Tawuran itu juga memicu pro dan kontra di kalangan pencinta olahraga MMA. Sebagian menyayangkan aksi Nurmagomedov yang tidak terkendali, tapi tak sedikit yang menganggap itu sebagai kesalahan McGregor. 

Nurmagomedov juga mengklaim mendapat dukungan dari Presiden Rusia, Vladimir Putin. Padahal, pada Piala Dunia 2018 lalu, Putin seperti menganakemaskan McGregor dengan mengundangnya ke ruang eksklusif dan membiarkan Nurmagomedov menyaksikan dari tribune. "Saya sangat bangga," kata Khabib. "(McGregor) berfoto dengan Putin. (Putin) baru saja menelepon saya dan berkata kalau dia sangat bangga kepada saya," ujarnya. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertemuan IMF-World Bank Jadi Ajang Dunia Lihat Pembangunan di Indonesia

Posted: 07 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) Maryono, mengaku antusias menyambut pertemuan IMF-World Bank di Bali yang akan berlangsung dari 8 -12 Oktober 2018. 

Dia berharap, Pertemuan Tahunan IMF-World Bank tersebut dapat berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia.

"Kami berharap Annual Meeting IMF di Indonesia dapat memberi dampak positif atas kinerja pembangunan Indonesia dan juga pemerintah," tuturnya saat dihubungi Liputan6.com, seperti dikutip Senin (10/8/2018).

Maryono menegaskan, program pemerintah menggalakkan infrastruktur juga harus dapat dinikmati sekaligus menjadi saksi di kancah internasional.

"Dan para peserta dari segala penjuru dunia bisa menyaksikan perkembangan pembangunan Indonesia khususnya selama pemerintahan Pak Jokowi sehingga mereka dapat berinvestasi di sini," jelas dia.

Senada, Direktur Utama PT Tigaraksa Satria Tbk (TGKA) Lianne Widjaja berharap pertemuan IMF-World Bank dapat memberi kemudahan tarif dari sisi logistik bagi perusahaan. 

"Indonesia kan sedang menggalakan infrastruktur ya dan ini dibutuhkan dana baik dana pemerintah maupun pinjaman. Harapannya IMF bisa support dana ini, jadi emiten seperti Tigaraksa yang bergerak di distribusi bisa menikmati biaya logistik murah. Karena infrastrukturnya terbangun," ungkap dia.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI) Hasan Fauzi berharap, ajang pertemuan IMF-World Bank dapat meningkatkan minat investasi global di pasar modal dalam negeri. 

"Harapannya investor asing bisa melihat objektif prospek perekonomian RI yang secara langsung berkaitan dengan prospek emiten di pasar modal. Jadi semoga IMF ini bisa mendorong investor global untuk berinvestasi melalui berbagai macam instrumen yang ada," tandas dia.

 

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Miliarder hingga Pemenang Nobel Bakal Hadiri Pertemuan IMF-Bank Dunia di Bali

Simbol Pertemuan IMF-World Bank Group 2018 di Bali. Dok: Istimewa

Beberapa orang besar dunia dipastikan menghadiri Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia di Bali. Mereka antara lain pendiri perusahaan teknologi Alibaba Jack Ma dan miliarder Bill Gates. 

"Sekarang eranya digital ekonomi. Jadi orang semua perlu tokoh, narasumber yang bisa bicara tentang perkembangan digital ekonomi sekarang wajar kalau mereka datangkan Jack Ma," kata Kepala Unit Kerja Pertemuan Tahunan IMF-World Bank Annual Meeting 2018 Peter Jacobs di Bali, seperti dikutip Minggu (7/10/2018).

Menurut dia, Jack Ma dijadwalkan akan berbicara dalam sejumlah seminar terkait ekonomi digital. Selain itu, miliarder ini juga akan melakukan pertemuan dengan beberapa pihak pada rangkaian pertemuan tahunan ini.

"Dia sebenarnya orang-orang prominent ini ada sesinya, menyangkut masalah digital ekonomi tapi tentunya juga akan melibatkan bilateral meeting yang cukup banyak, baik Jack Ma mau ketemu orang atau orang mau ketemu dia," kata dia.

Selain Jack Ma, kata dia, tokoh-tokoh yang juga bakal hadir adalah Ketua pendamping, Bill & Melida Gates Foundation, Melinda Gates. Gubernur The Fed, Jerome Powell pun dipastikan akan hadir.

"Banyak seperti profesor ekonomi, pemenang nobel, on top dari seluruh Gubernur Bank Sentral dan menteri-menteri keuangan. Melinda Gates datang dari Gates Foundation," tandasnya.

 

Reporter: Wilfridus Setu Umbu

Sumber: Merdeka.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Niat Dukung Asian Para Games 2018, Chacha Frederica Malah Masuk IGD

Posted: 07 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Chacha Frederica memang tak tampil di acara pembukaan Asian Para Games 2018. Namun ia punya inisiatif untuk menunjukkan dukungannya terhadap ajang 4 tahunan ini.

Awalnya Chacha ingin menjalani sesi foto dengan tema Pop Art seperti maskot dari Asian Para Games 2018. Namun niatannya terhalang sebuah kejadian tak terduga.

"Niat hati ingin mendukung @asianpg2018 dengan mengikuti euphorianya, foto sebagai maskot Asian Para Games 2018 dengan 'pop art make up' hasil karya @victoria_makeupatelier seperti kemarin aku foto maskot @asiangames2018," tulis Chacha Frederica di Instagram.

"Qodarulloh, memang apa-apa nggak ada yang pasti, nggak boleh bilang, 'Pasti saya akan melakukan itu' menurut AlQuran sebagai tuntunan cara hidup. Contohnya ya cerita di balik foto ini," sambung Chacha pada curhatan panjangnya.

 

Pingsan

Chacha Frederica (Instagram/ @chafrederica)

Ketika persiapan sudah hampir final, Chacha ternyata malah jatuh pingsan di lokasi pemotretan. Saking paniknya, wanita berusia 28 tahun itu langsung dilarikan ke UGD oleh sahabat-sahabatnya. 

"Rencana mau foto yang proper, tapi hidup ini ada yang punya, Allah semua atas seizin-Nya. Sudah siapin kamera, lampu, studio dan lain-lain, baju sudah disiapkan stylist aku @doleytobing, make up sudah, camera ready by @victoria_makeupatelier, tinggal ganti baju, on set.. eeh ambruk, nggak kuat sampai tiduran di lantai. Alhasil langsung dibawa ke UGD sama sahabat-sahabatku @victoria_makeupatelier @doleytobing. Semua panik lah intinya," sambung member GirlSquad ini.

 

Foto di Ranjang Rumah Sakit

Chacha Frederica (Instagram/ @chafrederica)

Chacha merasa sangat sedih karena niatannya gagal terwujudkan. Namun Ia tak mau menyerah begitu saja. Dengan bantuan fotografer artis Diera Bachir, dirinya tetap menjalani sesi foto di atas ranjang rumah sakit tempatnya dirawat. 

"Sedih udah nggak ada waktu lagi buat photoshoot di Jakarta. Pas @dierabachir jenguk ke UGD, aku bilang 'Bu please jangan sampe usaha gue sia-sia, pengen dukung para atlit juga', alhasil inilah hasil fotonya hanya menggunakan kamera handphone. Mohon maaf nggak maksimal, intinya dukungan kami, rasa bangga, salut dan harapan kami kepada para atlit sama besarnya. Proud of you para atlit, kalian hebat mampu berjuang untuk Indonesia, salut," pungkas Chacha. (Kapanlagi.com/ Guntur Merdekawan)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Upah Karyawan Amazon Naik Jadi Rp 228 Ribu per Jam

Posted: 07 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Amazon bakal menaikkan upah minimum bagi karyawan di Amerika Serikat menjadi US$ 15 atau Rp 228 ribu per jam.

Artikel ini, menjadi artikel terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com edisi akhir pekan, Minggu (7/10/2018).

Tak cuma itu, ada juga dua artikel lain yang juga tak kalah menyedot perhatian pembaca, seperti lima (5) perusahaan teknologi dengan karyawan paling bahagia sedunia, dan juga jaringan Telkom yang kembali pulih 100 persen di wilayah Palu, Sulawesi Tengah.

Lebih lengkapnya, langsung saja simak ketiga berita tersebut berikut ini.

1. Orang Terkaya di Dunia Naikkan Upah Minimal Karyawan Jadi Rp 228 ribu Per Jam

Keputusan Amazon menaikkah upah karyawannya, dibuat setelah perusahaan milik orang terkaya di dunia mendapatkan kritik dan tekanan terkait perlakuan bagi para pekerja di gudang.

"Kami mendengarkan kritik-kritik yang ada, berpikir keras terkait apa yang ingin dilakukan, kemudian kami memutuskan," kata Founder sekaligus CEO Amazon, Jeff Bezos, sebagaimana dikutip dari CNET, Minggu (7/10/2018).

Rencananya, kebijakan ini mulai efektif diterapkan pada 1 November mendatang. Seluruh karyawan tetap, pekerja paruh waktu, musiman, dan pekerja sementara akan ikut merasakan dampak peningkatan upah minimum per jam.

Selengkapnya baca di sini

2. Anti Stres, Ini 5 Perusahaan Teknologi dengan Karyawan Paling Bahagia Sedunia

Siapa yang tidak ingin bekerja di perusahaan yang lingkungannya menyenangkan. Jika saat berada di kantor kamu sudah merasa tak senang, pekerjaan pun terasa makin berat.

Makanya sangat penting menemukan tempat kerja yang nyaman agar suasana kerja menyenangkan.

Lantas, perusahaan teknologi mana sih yang memiliki lingkungan kerja nyaman dan karyawannya jadi bahagia? Laman karier dan kompensasi Comparably baru-baru ini merilis pemeringkatan perusahaan-perusahaan besar yang karyawannya paling bahagia.

Selengkapnya baca di sini

3. Jaringan Backbone Telkom di Wilayah Palu Kembali Pulih 100 Persen 

Jaringan telekomunikasi yang sempat rusak usai gempa dan tsunami wilayah Sulawesi Tengah telah berangsur pulih. Salah satu operator yang memastikan pulihnya jaringan adalah PT Telkom Indonesia (Telkom).   

"Hingga saat ini, jaringan backbone dan metro fiber optic jalur Palu-Donggala dan Palu-Parigi-Manado telah 100 persen pulih," seperti dikutip dari akun Twitter Telkom Indonesia, Minggu (7/10/2018).

Tidak hanya itu, sebanyak 885 base tranceiver receiver (BTS) atau sekitar 70 persen BTSTelkomsel juga kembali pulih. Karenanya, 83 persen layanan suara dan 63 persen layanan data sudah dapat digunakan.

Selengkapnya baca di sini

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: