Minggu, 14 Oktober 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Cewek Wajib Tahu, 6 Cara Menilai Kepribadian Cowok Lewat Tangannya

Posted: 14 Oct 2018 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lewat tangan seseorang, kita bisa menilai kepribadian seseorang. Ilmu yang mempelajari hal ini dinamakan palmistry.

Membaca kepribadian lewat telapak tangan juga bemanfaat untuk menentukan pasangan. Melansir dari Yourtango, berikut caranya.

1. Berjabat tangan

Biasanya, ini yang dilakukan seseorang pertama kali saat berkenalan. Dari sini, cewek bisa menilai kepribadian seorang cowok.

Bila tanganmu dijabat erat, itu bisa menandakan bahwa ia adalah orang yang memiliki kepribadian yang bersemangat, percaya diri, dan penuh sikap positif. Tapi jika ia hanya menjabatmu biasa saja atau dengan lesu, bisa saja ia tidak tertarik denganmu.

Sementara kalau tanganmu dijabat terlalu kuat, ini bisa menjadi indikasi kalau ia adalah sosok yang dominan dan punya kecenderungan mengendalikan hubungan.

2. Tekstur kulit tangan

Dari tekstur tangan juga kamu bisa mengetahui kepribadian seorang cowok. Jika tekstur kulit tangannya lembut, ia cenderung punya sifat yang sensitif. Sebaliknya jika teksturnya kasar, bisa saja ia punya sifat yang temperamental.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

[vidio:POPS: Proses Cetakan Tangan Terbuat dari Gelas]()

3. Garis telapak tangan

Telapak Tangan dan Keringat Berkeringat

Bila kamu dengan cowok tersebut hubungannya sudah cukup dekat, cobalah ia lihat garis telapak tangannya. Bila garisnya banyak, kemungkinan besar ia tengah stres. Sementara bila garisnya sedikit, mungkin ia sedang tidak banyak masalah dan punya sikap yang santai.

4. Kuku

Kondisi kuku juga bisa menjadi indikasi kepribadian seorang cowok. Pria dengan kuku yang bersih dapat berarti ia orang yang berhati-hati dalam mempertahankan ruang dan tubuh mereka. Sementara bila kukunya kotor, mungkin ia merupakan orang yang kurang rapi.

Kamu juga bisa memerhatikan warna ujung kukunya. Jika warnanya kemerahan, ada kemungkinan ia tengah memiliki masalah dengan tekanan darah tinggi. Tapi jika warnanya biru, mungkin ia punya masalah dengan pernapasan.

 

5. Kelurusan jemari

Telapak Tangan Berkeringat Tanda Sakit Jantung?

Kamu juga bisa melihat bentuk jari seorang cowok untuk mengetahui kepribadiannnya. Bila ia memiliki jari yang agak bengkok, berarti ia sedang memiliki masalah dalam jangka panjang.

Selain itu, kamu juga bisa memerhatikan lengkungan di jari tengah dan kelingking. Jika memiliki lengkungan, berarti ia sering menunjukkan kekhawatiran mengenai pengembalian keputusan.

6. Suhu tangan

Rasakan suhu tangan seseorang. Bila suhu tangannya dingin, bisa jadi ia merasa gugup saat berada di dekatmu. Sebaliknya, jika terasa hanagt, artinya ia cukup nyaman dan percaya diri.

Penulis: Muhammad Bimo Aprilianto

Sumber: Brilio.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eropa Desak Penyelidikan Kredibel soal Jurnalis Hilang Arab Saudi

Posted: 14 Oct 2018 10:03 PM PDT

Liputan6.com, London - Pemerintah Inggris, Jerman, dan Prancis menuntut penyelidikan yang kredibel terhadap hilangnya jurnalis Arab Saudi terkemuka, Jamal Khashoggi.

Seluruh menteri luar negeri dari ketiga negara mengatakan bahwa jika ada yang ditemukan bertanggung jawab, maka harus diupayakan untuk mendesak tanggapan rinci dari Riyadh.

Menteri Luar Negeri Inggris Jeremy Hunt mengatakan bahwa apa pun yang terjadi sekarang adalah "benar-benar tanggung jawab Arab Saudi", demikian sebagaimana dikutip dari BBC pada Senin (15/10/2018).

Pernyataan bersama oleh tiga menteri luar negeri menyerukan penyelidikan yang kredibel, untuk menetapkan kebenaran tentang apa yang terjadi dan memastikan mereka bertanggung jawab atas hilangnya Khashoggi.

"Kami mendorong upaya bersama Saudi-Turki dalam hal itu, dan mengharapkan pemerintah Saudi memberikan respons yang lengkap dan rinci," kata Jeremy Hunt, Jean-Yves Le Drian dan Heiko Maas.

"Tidak seorang pun dari kami tahu apa yang terjadi, tetapi kami semua sangat prihatin dengan kisah-kisah yang telah muncul, dan negara yang dapat membantu kami mencapai dasar ini adalah Arab Saudi," lanjut Menlu Hunt.

Arab Saudi membantah tuduhan Khashoggi telah dibunuh di konsulat mereka di Istanbul, Turki.

Sebuah sumber yang dikutip oleh media negara Saudi mengatakan negara itu menolak ancaman politik dan ekonomi. Mereka akan memenuhi setiap tindakan yang diambil terhadap kerajaan dengan tanggapan yang lebih besar.

Jamal Khashoggi, seorang kritikus pemerintah Arab Saudi, menghilang pada 2 Oktober setelah mengunjungi konsulat negaranya di Istanbul.

Pemerintah Turki di Istanbul percaya bahwa Khashoggi dibunuh di konsulat oleh agen Saudi, di mana oleh Riyadh klaim tersebut dicap sebagai "kebohongan".

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Arab Saudi Tetap Membantah Keras

Ilustrasi Bendera Arab Saudi (iStockphoto via Google Images)

Pernyataan tiga negara besar Eropa itu muncul setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berjanji, akan menjatuhkan "hukuman berat" untuk Arab Saudi jika ternyata Khashoggi tewas di konsulat.

Sumber-sumber diplomatik mengatakan bahwa Menteri Keuangan AS Steve Mnuchin dan Menteri Perdagangan Internasional Inggris Liam Fox mungkin tidak menghadiri konferensi investasi mendatang, yang berlangsung di Riyadh.

Namun, pernyataan lain disampaikan oleh pembantu Gedung Putih Larry Kudlow, bahwa Menteri Mnuchin belum tentu ditarik keluar dari rencana konferensi terkait.

Acara ini diselenggarakan oleh Putra Mahkota kerajaan Mohamed bin Salman untuk mempromosikan agenda reformasinya. Beberapa sponsor dan kelompok media telah memutuskan untuk mundur, setelah pemberitaan tentang menghilangnya Jamal Kashogi menyebar luas.

Arab Saudi telah bereaksi keras, dengan sumber yang dikutip oleh kantor berita SPA mengatakan: "Kerajaan menegaskan penolakan totalnya terhadap setiap ancaman atau upaya untuk melemahkan, baik melalui ancaman untuk menjatuhkan sanksi ekonomi atau penggunaan tekanan politik."

"Kerajaan juga menegaskan bahwa pihaknya akan menanggapi setiap tindakan dengan tindakan yang lebih besar. Ekonomi Saudi memiliki peran penting dan berpengaruh bagi ekonomi global," lanjut pernyataan terkait menegaskan.

Namun, pada hari Minggu malam, Raja Salman terlihat lebih tenang, di mana ia mengucapkan terima kasih kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, karena membentuk tim gabungan untuk menyelidiki kasus hilangnya Khashogi.

"Tidak ada yang bisa merusak hubungan yang kuat dengan Turki," kata Raja Salman.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga 1 2018: Persib Dipepet PSM Makassar

Posted: 14 Oct 2018 10:02 PM PDT

Jakarta - PSM Makassar dan Persija Jakarta mendulang hasil bagus di pekan ke-25 Go-Jek bersama Bukalapak, Minggu (14/10/2018). Dua tim itu mampu mengalahkan lawan masing-masing dan membuat perubahan positif di klasemen Liga 1 2018.

PSM mengalahkan Arema 2-1 dengan perjuangan keras meski tampil di kandang sendiri, di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar. Kemenangan ini membuat tim Juku Eja membayangi Persib Bandung di puncak klasemen sementara.

Raihan poin 44 Persib, kini disamai PSM. Hanya, Persib masih akan memainkan pertandingan pekan ke-25 pada Senin hari ini (15/10/2018) melawan Persipura Jayapura di Stadion Mandala, Jayapura. Seandainya Persib menang, tim Maung Bandung bisa menjauhi kejaran PSM di klasemen Liga 1 2018.

Sementara Persija, berhasil memutus catatan minor setiap kali bersua Madura United. Kali ini terasa lebih spesial karena tim Macan Kemayoran mengakhiri rekor minor itu di kandang lawan. Bermain di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan, Persija menang 1-0 lewat gol tunggal Marko Simic. 

Meski posisi Persija di klasemen sementara tak beranjak, tetap berada di peringkat ketiga, Persija terus menekan Persib dan PSM di papan atas sekaligus menjauhi tim-tim di bawah mereka seperti Bhayangkara FC serta Bali United.

 

Berikut klasemen Liga 1 2018 hingga Senin pagi (15/10/2018) selengkapnya.

Klasemen Sementara Liga 1 2018

 

 
 
View this post on Instagram

Klasemen sementara Go-Jek Liga 1 pekan 25 hingga Minggu (14/10). __ #GoJekLiga1 #Liga1KitaSatu

A post shared by Go-Jek Liga 1 (@liga1match) on

Hasil Pertandingan Minggu (14/10/2018)

PSM Makassar vs Arema FC 2-1

Madura United vs Persija Jakarta 0-1

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bocoran Makeup Nude ala Alexa Key Saat Menikah di Bali

Posted: 14 Oct 2018 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pada Minggu, 15 Oktober 2018, penyanyi besutan Ahmad Dhani, Alexa Key menikah pada usianya ke-23. Sebuah vila di kawasan Badung, Bali, dipilih menjadi lokasi akad nikahnya.

Dalam foto yang diunggah akun Instagram @hepidavid, Alexa melangsungkan pernikahan dengan nuansa outdoor. Ia mengenakan gaun strapless dengan punggung terbuka berwarna krem. Detail lace putih mempermanis gaun tersebut.

Hepi Herviani Wattimena, makeup artist Alexa Key mengungkapkan riasan untuk akad nikah sang mempelai wanita dipilih bertema natural elegan. Ia beralasan tema itu sesuai dengan konsep pernikahan yang berada di luar ruang.

Warna nude dominan pada riasan akad nikah Alexa, terutama pada bibir, yang dihasilkan lewat banyak layer. Hepi menggunakan warna silver bronze untuk membuat mata pengantin yang bercahaya. Sementara, blush on warna peach dipilih agar tampilan semakin segar.

 

Persiapan makeup Alexa Key oleh Hepi Wattimena jelang pernikahannya di Bali, Minggu (15/10/2018). (dok.koleksi @hepidavid/Dinny Mutiah)

"Untuk Alexa, pakai nude lebih effortless beauty, karena dia sendiri udah cantik," kata Hepi kepada Liputan6.com, Senin (15/10/2018).

Sementara itu, rambut Alexa disanggul dengan kepangan di bagian depan. Wajahnya yang tak henti tersenyum membuat penampilannya makin sempurna.

Berbeda dari tampilan pagi hari, Hepi mengangkat tema glam untuk resepsi Alexa Key di malam hari. Walau nuansa nude masih mendominasi, matanya terlihat lebih blink dengan sentuhan eyesmokey gold. Rambut lurusnya juga sengaja digerai bebas hingga kesan seksi glamor terpancar.

Demi mendapatkan penampilan tersebut, Hepi mendandani Alexa selama tiga jam pada pagi hari. Pada malam harinya, ia membutuhkan waktu 1,5 jam sebelum pengantin siap menyambut tamu yang hadir ke resepsinya.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sepi Pembeli, Harga Telur Bakal Turun Rp 500 Pekan Depan

Posted: 14 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Harga telur masih tercatat stabil di Pasar Rumput, Jakarta Selatan, Senin (15/10/2018). Harga telur diprediksi turun pada pekan depan.

Agen telur, Yono (54) kini membanderol telur ayam di harga Rp 23 ribu per kilogram (kg). Ia berujar pasokan telur masih terbilang lancar. 

"Untuk penjualan telur sendiri stabil setiap hari. Sehari bisa jual 150 kg ke pengecer, tapi kalau lagi ramai bisa 200 kg sehari," tutur dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (15/10/2018).

Melihat minat kondisi pasar yang belum ada lonjakan drastis, Yono pun prediksi harga telur menurun pada pekan depan.

"Memang harga telur kadang naik turun. Tapi naik dan turunnya sedikit. Paling Rp 300-400. Tapi paling juga seminggu sudah turun lagi," ungkapnya.

Agen telur lain, Ali (28) bahkan menjual telur lebih murah dari Yono. Ia membanderol telur di harga Rp 22 ribu per kg atau lebih murah Rp 1.000. 

"Kemungkinan harga telur akan turun lagi. Kalau permintaan lagi sepi jadi kemungkinan turun.Turunnya sekitar Rp 500-1000," kata dia.

Tak hanya dalam kilogram, Yuli menuturkan harga beli telur per peti juga tercatat turun. "Tadinya satu peti telur harganya Rp 310 ribu, sekarang Rp 300 ribu. Per peti isinya 15 kg," kata dia.

Yuli menambahkan, keuntungan kotor penjualan telur ayam per kg sebesar Rp 2.000. Sedangkan keuntungan bersih Rp 1.000-1.500. "Pecah dan busuk kita tanggung sendiri, enggak bisa kembali," tegasnya.

Adapun telur ayam kampung ia banderol Rp 2.000 per butir. Sedangkan harga telur puyuh mencapai Rp 30 ribu per kg.

 

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

 

Pada Pekan Lalu, Harga Telur Stabil

Penjual menunjukkan telur dagangannya di Pasar Minggu, Jakarta, Rabu (24/7). Harga telur ayam mengalami penurunan di angka Rp 26 ribu per kilo. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Sebelumnya, harga telur di pasar tradisional terpantau normal pada akhir pekan ini. Telur ayam kini dibanderol Rp 23 ribu per kilogram (kg) di Pasar Mencos Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat 12 Oktober 2018.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, dua agen telur di Pasar Mencos kompak menjual telur ayam di posisi Rp 23 ribu per kg. Nur (30) dan Puryadi (28) menjelaskan, belum ada tanda-tanda kenaikan untuk harga telur.

Nur bahkan memprediksi, telur ayam akan mengalami penurunan harga kembali hingga minggu depan. "Ini stok yang kemarin saja belum laku, minggu depan palingan bisa Rp 22 ribu per kg," tutur dia.

Sementara itu, Puryadi mengaku masih belum tahu terkait fluktuasi [harga telur]( 3653231 "") ke depan. Ia menekankan, harga telur ayam pada minggu ini tidak ada kenaikan.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita telah menetapkan harga acuan telur di tingkat konsumen naik Rp 1.000, dari semula Rp 22 ribu menjadi Rp 23 ribu per kg.

Keputusan itu mengacu pada Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 58 tentang Penetapan Harga Acuan Pembelian di Petani dan Harga Acuan Penjualan di Konsumen.

Dengan ini, maka harga telur ayam di Pasar Mencos belum ada kenaikan atau terbilang normal. Itu diikuti dengan harga telur kampung yang dibanderol Rp 2.500 per butir dan telur puyuh seharga Rp 30 ribu per kg oleh Nur pada pekan lalu.

 

 Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timnas Italia Dapatkan Kemenangan yang Dibutuhkan

Posted: 14 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Warsawa - Timnas Italia akhirnya mendapatkan kemenangan yang dibutuhkan saat melawan Polandia di UEFA Nations League, Senin (15/10/2018) dini hari WIB. Penjaga gawang Gianluigi Donnarumma sangat senang Italia bisa meraih kemenangan ini.

Sebelum berjumpa Polandia, Italia tidak dalam kondisi yang bagus. Empat kali peraih gelar Piala Dunia tersebut menjauh dari kemenangan. Dari sepuluh laga yang dimainkan, Italia hanya meraih satu kali kemenangan yakni lawan Arab Saudi.

Timnas Italia kemudian baru menang saat berjumpa Polandia. Gli Azzuri menang dengan skor 1-0 lewat gol Cristiano Biraghi yang dicetak pada menit-menit akhir laga di Stadion Slaski, Polandia.

Donnarumma menyambut baik kemenangan atas Polandia tersebut. Sebab, ini bisa membuat para pemain kembali mendapatkan rasa percaya diri.

Menurut Donnarumma, Italia mampu tampil perkasa pada laga melawan Polandia. Marco Verratti dan kawan mendominasi laga dengan apik. Donnarumma pun berharap agar performa Italia kian membaik setelah laga melawan Polandia.

"Kami membutuhkan kemenangan ini agar bisa meyakinkan pada diri kami sendiri bahwa kami adalah tim yang hebat. Atmosfer yang sangat tenang, kami layak untuk meraih kemenangan ini," kata Donnarumma dikutip dari Rai Sport.

"Pelatih telah membuat kami melakukan yang terbaik sepanjang menjalani sesi latihan. Kami harus mendengarkan apa yang dia katakan dan kami harus terus seperti ini," sambung penjaga gawang berusia 19 tahun tersebut.

 

Lebih Baik Lagi

Bek Timnas Italia Leonardo Bonucci (kiri) merayakan gol ke gawang Prancis bersama Rolando Mandragora pada laga uji coba di Allianz Riviera, Jumat (1/6/2018). (AP Photo/Claude Paris)

Donnarumma pun meminta para pemain Italia untuk menjadikan kemenangan atas Polandia sebagai momentum kebangkitan. Sebab, dalam dua laga uji coba yang digelar bulan November mendatang, Italia akan berjumpa lawan berat yakni Portugal dan Amerika Serikat.

"Kami harus terus seperti ini dan berpikir dari satu pertandingan ke pertandingan yang lain. Kami harus menjadi lebih kuat dan lebih baik lagi ke depannya dengan tetap rendah hati," ujar Donnarumma.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ariana Grande Putus dari Pete Davidson?

Posted: 14 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ariana Grande dikabarkan mengakhiri hubungan dari tunangannya Pete Davidson. Hingga kini belum ada kabar yang menjelaskan akhir hubungan tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Tahun Berlalu, Begini Penampakan Rumah Milik Suzzanna

Posted: 14 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Magelang - Sudah satu dekade berlalu sepeninggalan legenda film horor Tanah Air, Suzzanna. Bintang film Beranak Dalam Kubur itu meninggalkan banyak kenangan di hati keluarga tercinta. Salah satunya mantan suami Suzzanna, Clift Sangra.

Clift Sangra yang kini telah menikah lagi dengan seorang wanita bernama Anna, masih menghuni rumah peninggalan mantan istri tercintanya. Aura mistik Suzzanna masih sering dirasakan di rumahnya di kawasan Kebon Dalem 2, Magelang Utara, Jawa Tengah.

Liputan6.com berkesempatan menengok langsung kediaman Clift saat masih tinggal bersama Suzzanna. Lantas, bagaimana penampakan rumah yang konon memiliki banyak misteri tersebut?

Saksikan berikut ini.

Tampak Luar

Tampak depan rumah mendiang Suzzanna di Magelang, Jawa Tengah. (Rizky Aditya Saputra/Liputan6.com)

Sekilas tak ada yang berbeda antara penampakan luar rumah Suzzanna dengan hunian warga pada umumnya. Dengan hiasan batu kali, rumah Suzzanna cuma dijaga dengan pagar besi yang sudah karatan di beberapa bagiannya.

Penjaga Rumah

Teras rumah mendiang Suzzanna di Magelang, Jawa Tengah. (Rizky Aditya Saputra/Liputan6.com)

Nuansa angker mulai terasa ketika kita menapaki kaki di bagian teras rumah Suzzanna. Keberadaan dua patung wanita yang menggantung di sisi tembok, seakan menjadi sosok penjaga rumah milik Suzzanna.

Tak Ada Foto Suzzanna

Ruang tengah rumah mendiang Suzzanna di Magelang, Jawa Tengah. (Rizky Aditya Saputra/Liputan6.com)

Berbeda dengan bagian teras yang masih serupa 10 tahun lalu, ruang tamu rumah Suzzanna kini terlihat kontras. Clift Sangra mengaku sengaja mengganti cat tembok yang semula hijau tua menjadi biru muda.

Di setiap sisi dinding, tak ada satu pun foto Suzzanna yang terpajang. Sebaliknya, ada banyak foto-foto Clift Sangra dan Nana yang menikah pada 2009.

Kamar Mistis

Ini merupakan kamar pribadi milik Suzzanna. Di kamar ini Suzzanna biasa melakukan berbagai ritual mistiknya. Di ruangan seluas 4x4 meter itu pula, Suzzanna mengembuskan napas terakhirnya.

Sedekade berlalu, kamar ini tetap dikosongkan. Hanya ada kursi dan meja rias yang melengkapi sudut ruangan kamar ratu horor Indonesia tersebut. Semasa hidup Suzzanna sering menghabiskan waktu berjam-jam menjalani ritual di kursi tersebut.

Kamar rumah mendiang Suzzanna di Magelang, Jawa Tengah. (Rizky Aditya Saputra/Liputan6.com)

Ritual Khusus

Makam Suzzanna di Magelang, Jawa Tengah. (Rizky Aditya Saputra/Liputan6.com)

Makam Suzzanna yang terletak di TPU Giriloyo, tak jauh dari kediaman Clift Sangra. Di makam tersebut, Suzzanna dikuburkan bersama dua anaknya yang telah meninggal dunia.

Menurut pengakuan penjaga makam, beberapa orang masih sering menziarahi makam Suzzanna. Bahkan di malam-malam tertentu, penjaga makam sering mendapati peziarah melakukan ritual khusus di makam Suzzanna.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menangkap Gemerlap Kuala Lumpur dari 3 Lensa Galaxy A7

Posted: 14 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Kuala Lumpur, Malaysia, menjadi tempat peluncuran smartphone kelas menengah (mid range) terbaru Samsung, Galaxy A7 dan Galaxy A9.

Kedua smartphone ini diluncurkan dengan konfigurasi triple dan quad camera. Galaxy A7, misalnya, melenggang dengan tiga kamera utama, sedangkan Galaxy A9 hadir dengan empat kamera utama.

Tekno Liputan6.com yang kebetulan juga diundang Samsung untuk menyaksikan peluncuran Galaxy A7 dan Galaxy A9 di Kuala Lumpur, juga beruntung bisa menjajal salah satu unit Galaxy A7.

Kami pun berkesempatan berjalan-jalan menyusuri sudut kota Kuala Lumpur dan memanfaatkan tiga lensa utama yang ada di Galaxy A7 untuk menangkap gemerlap serta hiruk pikuk kegiatan masyarakat yang ada di kota ini. 

Seperti diketahui, tiga kamera utama vertikal yang disematkan oleh Samsung pada bodi belakang Galaxy A7 ini memiliki fungsi berbeda.

Satu lensa 8MP memiliki kemampuan wide angle dengan luas 120 derajat. Lensa lainnya adalah primary lens dengan resolusi 25MP, dan satu lagi ada lensa 5MP untuk menangkap depth field dan menghasilkan foto bokeh. 

Smartphone ini juga memiliki fitur screen optimizer dengan teknologi AI yang dapat mendeteksi sebuah foto dan memolesnya dengan warna yang lebih pekat dan tajam.

Seperti apa hasil tangkapan tiga kamera utama dan kamera depan Galaxy A7? Untuk lebih lengkapnya, yuk simak foto-fotonya berikut ini.

Hasil bidikan kamera wide angle Galaxy A7 saat petang:

Hasil jepretan kamera Galaxy A7.

Hasil bidikan kamera utama Galaxy A7 di indoor:

Hasil jepretan kamera Galaxy A7.

Hasil bidikan kamera wide angle Galaxy A7 di indoor:

Hasil jepretan kamera Galaxy A7.

Hasil bidikan kamera utama Galaxy A7 untuk objek makro:

Hasil jepretan kamera Galaxy A7.

Hasil bidikan kamera screen optimizer Galaxy A7 untuk objek makro:

Hasil jepretan kamera Galaxy A7.

Hasil bidikan kamera wide angle Galaxy A7 untuk objek makro:

Hasil jepretan kamera Galaxy A7.

Dan, beberapa foto lain dalam bidikan wide angle Galaxy A7:

Hasil jepretan kamera Galaxy A7.

Hasil jepretan kamera Galaxy A7.

Hasil jepretan kamera Galaxy A7.

Hasil jepretan kamera Galaxy A7.

Hasil jepretan kamera Galaxy A7.

Hasil jepretan kamera Galaxy A7.

Hasil jepretan kamera Galaxy A7.

Hasil jepretan kamera Galaxy A7.

Bidikan Kamera Utama dan Screen Optimizer

Berikut beberapa foto bidikan kamera utama Galaxy A7:

Hasil jepretan kamera Galaxy A7.

Hasil jepretan kamera Galaxy A7.

Hasil jepretan kamera Galaxy A7.

Hasil jepretan kamera Galaxy A7.

Sementara, inilah hasil foto dengan fitur screen optimizer:

Hasil jepretan kamera Galaxy A7.

Hasil jepretan kamera Galaxy A7.

Hasil jepretan kamera Galaxy A7.

Bagaimana dengan Low Light?

Sementara untuk kondisi low light, kami juga tetap menggunakan tiga lensa pada Galaxy A7. Berikut beberapa di antaranya.

Dengan kamera utama Galaxy A7:

Hasil jepretan kamera Galaxy A7.

Hasil jepretan kamera Galaxy A7.

Hasil jepretan kamera Galaxy A7.

Hasil jepretan kamera Galaxy A7.

Hasil jepretan kamera Galaxy A7.

Dengan kamera wide angle Galaxy A7:

Hasil jepretan kamera Galaxy A7.

Hasil jepretan kamera Galaxy A7.

Hasil jepretan kamera Galaxy A7.

Hasil jepretan kamera Galaxy A7.

Low Light dengan Screen Optimizer dan Selfie

Berikut foto-foto low light dengan fitur screen optimizer pada Galaxy A7:

Hasil jepretan kamera Galaxy A7.

Hasil jepretan kamera Galaxy A7.

Hasil jepretan kamera Galaxy A7.

Hasil jepretan kamera Galaxy A7.

Hasil jepretan kamera Galaxy A7.

Hasil jepretan kamera Galaxy A7.

Hasil jepretan kamera Galaxy A7.

Dan yang terakhir, inilah bidikan kamera selfie Galaxy A7:

Hasil jepretan kamera Galaxy A7.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan Pendataan, PIS-PK Bertujuan Integrasikan Berbagai Program Puskesmas

Posted: 14 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) harus menjadi sebuah cara yang mampu mengintegrasikan berbagai program Puskesmas. Bukan sebagai bentuk pendataan yang berdiri sendiri-sendiri.

Selain itu, lewat PIS-PK, Puskesmas diharapkan mengetahui keterkaitan antara satu masalah dengan masalah lain, serta mencoba untuk mencari tahu solusi serta mengintervensi masalah tersebut.

"Bukan pendataan yang penting. Jadi bagaimana memecahkan masalah secara terintegrasi di puskesmas, " ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Untung Suseno Sutarjo dalam kunjungannya ke Puskesmas Jagoi Babang, Bengkayang, Kalimantan Barat, Sabtu (13/10/2018).

Untung mengatakan, program-program Puskesmas yang sudah ada, seharusnya bisa diintegrasikan dengan PIS-PK. Namun program ini bukanlah program pendataan, tetapi bertujuan agar semua program puskesmas bisa jatuh ke keluarga, serta mencari solusi dari permasalahan tertentu.

"Di puskesmas ada banyak program. Bagaimana program ini bekerjasama. Jangan kerja sendiri-sendiri," kata Untung dalam kesempatan tersebut.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

Menghemat Biaya

Para warga Palembang mengantri untuk mendapatkan layanan di salah satu puskesmas Palembang (Dok.Istimewa / Nefri Inge)

Untung mengatakan, ketika datang ke suatu rumah, pihak puskesmas juga harus mampu menanyakan tentang program yang lain. Sehingga, Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Puskesmas berperan dalam menyatukan program-program tersebut.

"Jadi jangan merasa kalau (seandainya) saya bidan, saya tidak mau tentang kesehatan lingkungan atau JKN (Jaminan Kesehatan Nasional), itu tidak ada ceritanya lagi. Kita tidak memenuhi semua program (jika) dikasih (ke) satu orang, " tambahnya.

Untung mengatakan, tenaga Puskesmas memang diharapkan untuk mengetahui segala permasalahan program yang ada. Menurutnya, hal tersebut dirasa tidak mungkin.

"Tapi paling tidak dia tahu kalau ada suatu hal seperti ini, berarti ada masalah," ujar menambahkan.

Menurut Untung, dengan mengintegrasikan berbagai program Puskesmas dengan PIS-PK, hal tersebut juga menghemat biaya yang dikeluarkan untuk sekadar pendataan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Jokowi: Cari Pemimpin Terbaik, Lihat Rekam Jejaknya

Posted: 14 Oct 2018 09:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali menyinggung kontestasi Pilpres 2019 saat memberikan orasi ilmiah dalam Sidang Senat Terbuka Universitas Kristen Indonesia (UKI). Jokowi mempersilakan mahasiswa untuk memilih pemimpin terbaik. Pemimpin terbaik yang dimaksud adalah yang memiliki rekam jejak juga baik.

"Silakan pilih yang terbaik. Ada pilihan presiden, A atau B silakan pilih," kata Jokowi di Kampus UKI, Jakarta, Senin (15/10/2018).

"Dilihat rekam jejak, track record," imbuh Presiden.

Dia juga mengingatkan, pesta demokrasi harus diwarnai adu gagasan dan program. Bukan justru saling mencela dan memfitnah.

"Jangan saling mencela, memaki, itu bukan tata krama Indonesia, bukan etika Indonesia," pesan Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo ini pun berpesan, mahasiswa UKI harus mencontoh sikap pahlawan Johannes Leimena dalam menghadapi berbagai dinamika yang terjadi. J Leimena merupakan pendiri Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) yang menjunjung tinggi misi kemanusiaan dan menghargai perbedaan.

"Kita lihat J Leimena dan Mohammad Nasir, Partai Kristen Indonesia dan Masyumi. Mereka bersahabat dalam misi kemanusiaan, tidak ada saling mencela, mencemooh. Inilah keteladanan, keteladanan yang harus kita ambil, pakai," tutur Jokowi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Disambut Meriah

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan orasi ilmiah dalam rangka Sidang Senat Terbuka Universitas Kristen Indonesia (UKI). Acara digelar di Kampus UKI, Cawang, Jakarta Timur, Senin pagi.

Jokowi tiba di lokasi pukul 08.45 WIB. Kepala Negara yang mengenakan setelan jas warna biru didampingi Menristekdikti M Nasir.

Dalam kesempatan ini, Rektor Dhaniswara K Harjono juga memuji kehadiran Jokowi. Dia menyebut, Jokowi merupakan satu-satunya Presiden RI yang bersedia hadir dalam acara yang digelar UKI.

"Selama 65 tahun berdiri baru kali ini ada Presiden yang datang ke UKI. Baru kini ada universitas swasta yang didatangani presiden," kata dia.

 

Reporter:Titin Supriatin

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Raih Emas Asian Para Games 2018, 3 Atlet Deliserdang Diberi Bonus

Posted: 14 Oct 2018 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Deliserdang - Prestasi membanggakan diukir tiga atlet disabilitas asal Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, di Asian Para Games 2018. Mereka menyumbang empat medali bagi kontingen Indonesia.

Ketiga atlet difabel asal Deliserdang di Asian Para Games 2018 itu adalah Putri Aulia, Nasip Farta Simanja, dan Wilma Sinaga. Aulia menyumbang satu emsa dari 100 meter putri dan satu perak 400 meter estapet.

Sementara Nasip Farta Simanja menyumbang dua emas dari nomor perorangan dan beregu klasik cabang olahraga catur. Tak hanya itu, ia juga meraih satu perunggu dari nomor catur cepat.

Wilma Sinaga juga menyumbang satu medali emas dari cabang olahraga catur nomor beregu klasik. Selain itu, dia juga meraih satu medali perunggu catur nomor beregu cepat.

"Kami selaku pemerintah daerah tentunya sangat mengapresiasi keberhasil tersebut karena mampu membawa harum nama daerah di kancah internasional," kata Bupati Deliserdang Ashari Tambunan di Lubukpakam, Senin (15/10/2018), seperti dikutip dari Antara.

* Grab selaku official mobile platform partner juga mendukung Asian Para Games 2018

Bonus

Pelari Indonesia, Putri Aulia, Ni Made Arianti, Endang Sari Sitorus, melakukan selebrasi usai menjuarai lari 100M T13 pada Asian Para Games di SUGBK, Jakarta, Rabu (10/10/2018). Indonesia meraih memborong tiga mendali. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Atas keberhasilan itu, Pemkab Deliserdang akan memberikan bonus kepada para atlet tersebut. Tapi, dalam bentuk apa dan berapa besarnya bonus tersebut tidak dijelaskan.

"Kami memberikan apresiasi kepada para atlet karena telah berjuang dengan maksimal dalam membela Indonesia pada ajang olahraga bergengsi di tingkat Asia itu," ucap Ashari.

Memotivasi

Ia berharap keberhasilan ketiga atlet difabel tersebut bisa menjadi pemicu dan memotivasi atlet lainnya agar mampu mengukir prestasi yang sama dikemudian hari.

"Prestasi yang mereka torehkan tentunya tidak didapat dengan serta merta, melainkan melalui perjuangan panjang tanpa kenal lelah dengan latihan yang keras," ujar Ashari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Lawan Hong Kong, Andik Vermansah Gabung Timnas Indonesia

Posted: 14 Oct 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Bekasi - Pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti menambah amunisi skuatnya untuk laga uji coba melawan Hong Kong. Satu pemain baru dipanggil yang merupakan wajah lama yakni Andik Vermansah.

Timnas Indonesia terus mematangkan persiapan untuk menghadapi Piala AFF 2018 yang berlangsung pada 8 November-15 Desember 2018. Sebelumnya, mereka telah menghadapi Myanmar dan berakhir dengan kemenangan 3-0 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi.

Selanjutnya, Timnas Indonesia akan menghadapi Hong Kong pada uji coba di tempat yang sama, Selasa (16/10/2018). Secara mengejutkan, Bima Sakti memanggil Andik untuk dipersiapkan tampil melawan Hong Kong.

Keputusan itu diambil tim pelatih Timnas Indonesia setelah memulangkan Esteban Vizcarra dan Rezaldi Hehanusa. Sebelum Andik, tim pelatih juga memanggil Abduh Lestaluhu dan sudah ikut berlatih sejak Sabtu (13/10/2018).

"Setelah memanggil Abduh Lestaluhu, kami juga memanggil Andik Vermansah untuk menambah kekuatan kami jelang menghadapi Hongkong. Semua tahu, Andik pemain yang bagus serta kami pantau terus, dan kami ingin melihatnya secara langsung pada latihan serta uji coba lawan Hong Kong nanti," ujar Bima Sakti dilansir situs PSSI.

 

Siap Bayar Kepercayaan

Timnas Indonesia, Andik Vermansah (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Kehadiran keduanya pun diharapkan bisa membawa Timnas Indonesia melanjutkan tren positif. Nantinya, laga itu juga dijadikan tim pelatih untuk melihat secara langsung siapa saja yang berhak mendapat kesempatan tampil di Piala AFF 2018.

Andik pun mengaku bangga masih mendapat kepercayaan untuk menjalankan tugas bersama tim Merah Putih. Pemain Kedah FA itu pun berjanji akan memanfaatkan kesempatan sebaik mungkin untuk menyegel satu tempat di Piala AFF 2018.

"Bangga kembali dipanggil, saya siap memberikan seluruh kemampuan terbaik. Persaingan di tim saya kira sangat bagus dan kami bersaing secara fair play. Berharap dapat tampil di Piala AFF 2018 karena ingin membawa Indonesia juara di turnamen tersebut. Kondisi saya saat ini bagus dan tidak ada masalah," tutur Andik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Anwar Ibrahim Dilantik Jadi Anggota Parlemen

Posted: 14 Oct 2018 09:45 PM PDT

Pemimpin Partai Keadilan Rakyat Malaysia, Anwar Ibrahim melambaikan tangan sebelum mengambil sumpah jabatan dalam upacara pelantikan di Gedung Parlemen, Kuala Lumpur, Senin (15/10). Anwar Ibrahim dilantik sebagai anggota parlemen. (MOHD RASFAN/AFP)

Pemimpin Partai Keadilan Rakyat Malaysia, Anwar Ibrahim melambaikan tangan sebelum mengambil sumpah jabatan dalam upacara pelantikan di Gedung Parlemen, Kuala Lumpur, Senin (15/10). Anwar Ibrahim dilantik sebagai anggota parlemen. (MOHD RASFAN/AFP)

Ketua Partai Keadilan Rakyat Malaysia, Anwar Ibrahim mengucapkan sumpah jabatan dalam upacara pelantikan di Gedung Parlemen, Kuala Lumpur, Senin (15/10). Anwar Ibrahim dilantik sebagai anggota parlemen setelah memenangkan pemilu sela. (MOHD RASFAN/AFP)

Ketua Partai Keadilan Rakyat Malaysia, Anwar Ibrahim mengucapkan sumpah jabatan dalam upacara pelantikan di Gedung Parlemen, Kuala Lumpur, Senin (15/10). Anwar Ibrahim dilantik sebagai anggota parlemen setelah memenangkan pemilu sela. (MOHD RASFAN/AFP)

Pemimpin Partai Keadilan Rakyat Malaysia, Anwar Ibrahim mengikuti upacara pelantikan sebagai anggota parlemen di Gedung Parlemen, Senin (15/10). Anwar Ibrahim kembali ke panggung politik utama Malaysia usai memenangi pemilihan parlemen. (MOHD RASFAN/AFP)

Pemimpin Partai Keadilan Rakyat Malaysia, Anwar Ibrahim mengikuti upacara pelantikan sebagai anggota parlemen di Gedung Parlemen, Senin (15/10). Anwar Ibrahim kembali ke panggung politik utama Malaysia usai memenangi pemilihan parlemen. (MOHD RASFAN/AFP)

Pemimpin Partai Keadilan Rakyat Malaysia, Anwar Ibrahim menerima ucapan selamat seusai pelantikan sebagai anggota parlemen di Gedung Parlemen, Senin (15/10). Anwar Ibrahim dilantik sebagai anggota parlemen setelah memenangi pemilu sela. (MOHD RASFAN/AFP)

Pemimpin Partai Keadilan Rakyat Malaysia, Anwar Ibrahim menerima ucapan selamat seusai pelantikan sebagai anggota parlemen di Gedung Parlemen, Senin (15/10). Anwar Ibrahim dilantik sebagai anggota parlemen setelah memenangi pemilu sela. (MOHD RASFAN/AFP)

Pemimpin Partai Keadilan Rakyat Malaysia, Anwar Ibrahim menerima ucapan selamat seusai pelantikan sebagai anggota parlemen di Gedung Parlemen, Senin (15/10). Anwar Ibrahim dilantik sebagai anggota parlemen setelah memenangi pemilu sela. (MOHD RASFAN/AFP)

Pemimpin Partai Keadilan Rakyat Malaysia, Anwar Ibrahim menerima ucapan selamat seusai pelantikan sebagai anggota parlemen di Gedung Parlemen, Senin (15/10). Anwar Ibrahim dilantik sebagai anggota parlemen setelah memenangi pemilu sela. (MOHD RASFAN/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai IMF-World Bank, Turis Asing Perpanjang Masa Kunjungan di Bali

Posted: 14 Oct 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pertemuan tahunan IMF-World Bank 2018 resmi berakhir pada Minggu 14 Oktober 2018. Pertemuan tahunan tersebut memberi kesan mendalam bagi turis mancanegara di sektor pariwisata RI.

Chairman Bali Hotel Association, Ricky Putra, menuturkan turis asing bahkan banyak yang memperpanjang waktu menginap (extend) hanya untuk menikmati pariwisata di Bali. Para turis itu tercatat memboyong keluarga dari negaranya untuk jalan-jalan bersama.

"Tidak hanya di daerah 3 segitiga emas Bali saja seperti Benoa, Sawangan dan Nusa Dua. Tapi ke daerah-daerah lain juga, multiplier effect," tutur dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (15/10/2018).

Paket tujuan wisata pun ikut menjadi tawaran menarik bagi para wisata mancanegara (wisman). Ricky mengaku apresiasi wisman luar biasa positif untuk Bali pasca pagelaran IMF-World Bank 2018.

"Bahkan banyak tamu yang extend. Jadi keluarga mereka terbang dari negaranya itu kemarin dan hari ini. Mereka sudah pesen kamar untuk lanjutkan liburan mereka. Paket liburan laku seperti Bali, Labuan Bajo, dan Raja Ampat," kata dia.

Ricky pun berharap, Indonesia dapat mempertahankan pelayanan pariwisata kepada para wisatawan mancanegara. Kesan mendalam menjadi penting untuk turis mancanegara yang berkunjung ke dalam negeri.

"Tamu ini sudah sangat puas servicenya untuk IMF, bagaimana ke depannya ini kita bisa pertahankan atau bahkan tingkatkan untuk pariwisata. Ini untuk promosikan wisata ke keluarga mereka," ujar dia.

"Ini terbukti, banyak yang belum sempat berenang mereka extend untuk explore Bali lagi. Bawa keluarga dari negara masing-masing," tambah dia.

 

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Di IMF-Bank Dunia, 600 Paket Wisata Bali Ludes Terjual dalam Sehari

Turis menikmati permainan Parasailing di pantai Nusa Dua Bali, Rabu (10/10). Penyelenggaraan IMF - Bank Dunia Bali 2018 diharapkan dapat memberi imbas lebih baik di Indonesia khususnya sektor pariwisata. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Kementerian Pariwisata RI mencoba menawarkan paket wisata kepada para peserta pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia di Nusa Dua, Bali. Setidaknya ada 600 paket wisata yang ditawarkan.

Pesona Bali dengan keindahan alam yang dimiliki nampaknya memang menjadi daya tarik tersendiri para peserta pertemuan tahunam itu. Terbukti 600 paket wisata itu habis hanya dalam wakti satu hari.

"Panitia menawarkan 600 pack tour di Bali dan sehari habis. Memang turis MICE (meeting, incentive, convention, exhibition) ini memiliki potensi yang bagus," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya di Nusa Dua, Bali, Jumat 12 Oktoer 2018.

Ia menuturkan, potensi turis MICE ini cukup menjanjikan karena dari data yang dimilikinya, kategori turis ini sekitar 20 persen akan kembali ke Indonesia untuk mengulangi pengalamannya atau mencoba hal yang baru.

Tidak hanya itu, turis kategori MICE ini memiliki kantong tebal. Dengan begitu dipastikan belanja turis selama di lokasi wisata juga cukup besar.

"Bayangkan, kalau turis perorangan itu rata-rata spendingnya USD 1.200, tapi kalau turis MICE ini bisa mencapai USD 2.500 dalam sekali kunjungan," papar dia.

Untuk itu, dia mengaku kegiatan internasional ini jelas sangat menguntungkan buat Indonesia. Meski pemerintah mengeluarkan anggaran untuk menyelenggarakan pertemuan IMF-Bank Dunia, tapi dampak jangka panjangnya dinilai lebih menguntungkan. (Yas)

 

 Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Semangat Persatuan Menggeliat di Air Kumbang

Posted: 14 Oct 2018 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pagelaran Wayang Kulit di Desa Cintamanis Baru, Kecamatan Air Kumbang, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan, Sabtu (13/10/2018), disambut antusiasme luar biasa dari masyarakat setempat.

Warga masyarakat asal Jawa berbaur dengan masyarakat asli di sana,  berada dalam satu tenda besar yang terbentang di sebuah tanah lapang di Desa Cintamanis Baru. Bahkan tenda berkapasitas 1.000 tempat duduk tak mampu menampung arus penonton hingga meluber ke luar tenda.

Kepala Biro Humas Setjen MPR Siti Fauziah, SE., MM., mengungkapkan rasa bangganya melihat antusiasme masyarakat ingin menyaksikan pagelaran wayang kulit tersebut. Apalagi pagelaran seni budaya trasional ini adalah dalam rangka sosialisasi Empat Pilar MPR.

"Saya bangga karena malam ini penontonnya cukup padat. Ini adalah pertanda bahwa masyarakat di sini sangat menyukai wayang kulit, dan tampaknya juga mereka kangen akan kehadiran wayang," kata Siti Fauziah selaku ketua penyelenggara pentas seni budaya Wayang Kulit.

Maklumlah warga masyarakat Desa Cintamanis Baru itu hampir 65%  warga transmigran dari berbagai daerah di Jawa. Generasi transmigran pertama datang ke sana pada tahun 1971, dan kini jumlah penduduk desa itu telah mencapai 900 KK atau sekitar 3000 jiwa.  Mereka umumnya adalah petani karet dan kelapa sawit. Warga masyarakat di sana mengaku jarang menyaksikan pagelaran kesenian tradisional nenek moyang mereka ini. Itulah sebabnya sambutan masyarakat terhadap kesenian wayang kulit dalam rangka sosialisasi Empat Pilar ini begitu besar.

Lebih lanjut, Siti Fauzia menjelaskan, dalam memasyarakatkan Empat Pilar, MPR menggunakan berbagai metode. Dan, sasarannya juga berbagai elemen masyarakat. Untuk anak-anak Sekolah Dasar misalnya, sosialisasi dilakukan melalui komik; buat siswa SLTA menggunakan metode Lomba Cerdas Cermat; lalu untuk guru dan pejabat-pajabat daerah melalui FGD atau seminar; sementara untuk mahasiswa menggunakan metode Kemah Empat Pilar dan Training of Trainers (ToT), serta masih banyak metode lainnya.

MPR memilih seni budaya sebagai salah merode sosialisasi, menurut Siti Fauziah, karena di dalam seni budaya tradisional, seperti wayang kulit ini, mengandung filosofi yang berisi tuntunan dan dapat dijadikan panutan, selain sebagai tontonan.

"Mudah-mudahan cerita wayang  yang disampaikan dalang, Ki Seno Aji, melalui lakon Wahyu Makutoromo, memberi manfaat untuk masyarakat, dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari," harap Siti Fauziah.

Pagelaran wayang kulit di tahun politik  yang dibuka oleh Ketua Fraksi Gerindra di MPR Edhy Prabowo, MM., MBA., atas nama Pimpinan MPR RI ini, diwarnai semangat persatuan. Buktinya, di bawah tenda besar yang dijadi tempat pementasan wayang kulit ini, selain berkumpul para pejabat daerah bersama warga  dan tokoh masyarakat dari berbagai elemen, juga hadir para calon legislatif asal Kabupaten Banyuasin dari lintas partai.

"Inilah tujuan diadakannya pagelaran wayang kulit, untuk menyatukan semua kekuatan. Karena kita sama-sama menyadari bahwa yang kita urus adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia, bukan negara milik satu kelompok. Dan, inilah makna kita berbeda," ungkap pria kelahiran Tanjung Enim, Sumatera Selatan, itu.

Kebetulan hampir 65% penduduk Kabupaten Banyuasin adalah warga Jawa, sehingga Edhy Prabowo menilai, di tengah ekonomi yang sulit seperti sekarang ini, wayang kulit menjadi  salah satu alat yang paling efektif untuk bisa menyatukan rakyat dari semua suku. Apalagi di Banyuasin ini antara penduduk asli dan pendatang sangat kompak. "Tinggal sekarang, bagaimana melalui pagelaran wayang ini rakyat Banyuasin, khususnya kecamatan Air Kumbang, bisa guyub dan rukun," ujar Ketua Komisi IV DPR yang membidangi pertanian ini.

Berkaitan dengan sosialisasi Empat Pilar MPR (Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika), Edhy Prabowo perlu menjelaskan bahwa itu bukanlah tata urutan kenegaraan, melainkan hanya pengemasan. Intinya, ada empat hal pokok di negara ini yang tidak boleh kita langkahi, yakni Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara, UUD NRI Tahun 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Jadi, lanjut Edhy Prabowo, di negeri ini apapun bentuk kehidupan tidak boleh bertentangan dengan Pancasila. "Kalau bertentangan dengan Pancasila, itu berarti melawan hukum di Indonesia," ujar Edhy Prabowo. Begitu pula UUD NRI Tahun 1945 adalah hukum tertinggi di negeri ini. Kalau ada hukum lain bertentangan dengan konstitusi maka hukum itu menyalahi aturan yang ada di Indonesia. Misalnya, kalau ada Perda bertentangan dengan UUD maka wajib dibatalkan. Atau bila ada UU yang dibuat DPR bertentangan dengan UUD maka wajib diganti.

Selanjutnya, NKRI. Kita harus menyadari bahwa warga bangsa ini hidup di wilayah yang terbentang dari Sabang sampai Merauke, dan dari Miangas hingga Pulau Rote. Kita hidup sebagai bangsa yang satu, yaitu Republik Indonesia.  "Tidak ada Negara lain yang bisa hidup di Indonesia ini, selain Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujar Adhy Prabowo. Dan, terakhir, adalah Bhinneka Tunggal Ika adalah wujud dari keberagaman kita.

Usai menyampaikan materi sosialisasi, diteruskan penyerahan tokoh wayang (Arjuna) oleh Edhy Prabowo kepada Wakil Bupati Banyuasin, Slamet Somosentono, SH., dan selanjutnya diserahkan kepada dalang, Ki Seno Aji dari Wonogiri. Segera setelah itu pagelaran wayang pun dimulai. Lakonnya adalah Wahyu Makutoro, yang mengisahkan tentang ajaran Asta Brata atau delapan pedoman atau perilaku yang harus dimiliki seorang pemimpin. Ke delapan perilaku itu berasal dari unsur yang ada di alam semesta, yaitu: Surya (matahari), Candra (bulan), Kartika (bintang), Angkasa (langit), Maruto (angin), Samudera (laut), Dahana (api), dan Bumi (tanah).

Jadi, kalau seorang pemimpin tidak mengamalkan ajaran Asta Brata, sama halnya dengan pemimpin yang tak bermahkota. Begitu pula rakyat biasa yang mengamalkan ajaran Asta Brata maka boleh disebut rakyat yang bermahkota. Maka, kisah Wahyu Makutoromo ini sejalan dengan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Empat Pilar. Kalau menggunakan istilah Wakil Bupati Banyuasin Slamet Somosentoso, di akhir cerita wayang itu adalah wajib sembahyang.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ariana Grande - Pete Davidson Putus?

Posted: 14 Oct 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Mei tahun ini, Ariana Grande dan Pete Davidson membawa satu kabar bahagia. Keduanya mantap untuk bertunangan, meski hubungan mereka baru seumur jagung. 

Namun, kini ada kabar kurang menyenangkan datang dari pelantun lagu "God is A Woman" itu.

Menurut leporan TMZ, Senin (15/10/2018), Ariana Grande dan Pete kabarnya sudah mengakhiri pertunangan mereka. Sumber terdekat mereka mengatakan bahwa keduanya berpisah akhir pekan kemarin.

Katanya, keduanya merasa kalau hubungan mereka tak bisa berlanjut dan harus diakhiri.

Ariana Grande dan Pete juga kabarnya masih saling mencintai. Namun, sepertinya cinta saja belum cukup karena mereka memutuskan untuk tidak lagi memiliki hubungan romantis satu sama lain.

Saksikan video menarik berikut ini.

Tanda-Tanda Putus

Ariana Grande - Pete Davidson. (Nicholas Hunt / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Menurut E! News ada beberapa tanda yang menunjukkan hubungan Ariana dan Pete memang telah putus dalam beberapa hari terakhir. Minggu lalu, Pete terlihat menutupi tato tentang Ariana yang ada di lehernya.

Rumor lain yang menyiratkan hubungan Ariana dan Pete Davidson tidak baik-baik saja, adalah ketidakhadiran keduanya di Emmy Awards 2018.

Belum Ada Konfirmasi

(instagram/arianagrande)

Ariana Grande dan Pete Davidson bertemu pada 2016 lalu saat dia menjadi bintang tamu di acara Saturday Night Live! dan mengaku naksir Pete saat itu. Bahkan, kala pertama bertemu, Ariana mengaku ingin menikahi Pete.

Hal yang sama juga disampaikan Pete saat menjalani wawancara untuk majalah GQ edisi Agustus lalu. "Di hari aku bertemu dengannya (Ariana), rasanya seperti 'Hey, aku akan menikahimu besok'," kata Pete kala itu.

Sayangnya kini hubungan mereka dikabarkan telah berakhir. Walaupun sampai sekarang belum ada konfirmasi baik dari pihak Ariana maupun Pete.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timses Jokowi: Ketidakkompakan Jadi Tantangan Koalisi Prabowo-Sandiaga

Posted: 14 Oct 2018 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrat Andi Arief menilai Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tak serius maju sebagai calon presiden di Pilpres 2019. Sebab, kata dia, Prabowo tidak serajin cawapresnya, Sandiaga Uno dalam hal menyapa masyarakat Indonesia.

Namun, Dewan Pertimbangan Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Joko Widodo (Jokowi) dan KH Ma'ruf Amin, Airlangga Hartarto enggan terlalu menanggapi. Alasannya, Prabowo sudah resmi menjadi salah satu capres 2019.

"Kita tidak perlu menanggapi itu karena Pak Prabowo sudah menjadi salah satu kandidat, dan pada pemilu kemarin sudah ada pendaftaran dan ada kampanye bersama," kata Arilangga di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (15/10/2018).

Menurutnya, permasalahan semacam ini bisa menjadi tantangan bagi internal timses pasangan Prabowo-Sandiaga. Termasuk di antaranya tantangan ketidakkompakan Koalisi Indonesia Adil dan Makmur.

"Saya pikir itu menjadi bagian daripada tantangan yang harus dihadapi Pak Prabowo dan timnya, kami konsentrasi pada tim Pak Jokowi," pungkas Airlangga.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Pendapat Pribadi Arief

Untuk diketahui, Ketua Divisi Komunikasi Publik Partai Demokrat, Imelda Sari mengatakan apa yang disampaikan Andi Arief merupakan pernyataan pribadi, bukan mewakili partai.

"Saya pikir itu pendapat pribadi dia di Twitter yang dikutip media oleh teman-teman. Saya kira itu tidak menjadi policy atau kebijakan partai. Itu saja," kata Ketua Divisi Komunikasi Publik DPP Partai Demokrat Imelda Sari di Kawasan Cikini Jakarta Pusat, Sabtu (13/10/2018).

Menurut dia, persoalan ini akan segera diselesaikan oleh pimpinan Partai Demokrat secara internal. Imelda mengatakan, Demokrat akan mengambil langkah atas tindakan Andi Arief terkait kritiknya ke Prabowo.

"Tentu akan ada secara interen dari Sekjen atau pimpinan yang akan memberikan klarifikasi dan penjelasan," ujarnya.

Imelda mengaku tak tahu sanksi apa yang akan diberikan partainya kepada Andi Arief terkait kritik Prabowo Subianto. Dia menuturkan, selama ini Andi Arief sudah diberikan peringatan secara internal mengenai perilakunya di media sosial.

"Itu bukan urusan saya, karena saya juga belum ngecek. Sekarang juga ketua umum (SBY) sedang berada di Malaysia untuk mendapatkan gelar doktor honorus causa, sehingga saya belum tahu juga apa yang terjadi saat ini," tutur Imelda.

 

Reporter: Sania Mashabi

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mencicipi Kuliner Favorit Delegasi IMF dan Bank Dunia di Bali

Posted: 14 Oct 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Denpasar - Di sela kesibukan pertemuan IMF-World Bank, para delegasi tak lupa untuk berjalan-jalan di Pulau Bali. Selain berwisata ke sejumlah destinasi di Pulau Seribu Pura, salah satu yang dikunjungi adalah restoran yang menyajikan kudapan khas asli Pulau Dewata.

Mereka juga berwisata kuliner untuk merasakan cita rasa masakan khas Bali. Salah satu tempat favorit mereka untuk menyantap masakan Bali dengan cita rasa khas adalah Warung Made. Pemilik Warung Made, Made Raymons menjelaskan, hampir setiap hari restorannya diserbu delegasi IMF-World Bank.

"Setiap hari selama event itu berlangsung ada saja delegasi yang ke sini. Mereka ingin merasakan kuliner dengan cita rasa khas Bali yang kaya rempah," kata Raymons, Minggu (14/10/2018).

Raymons melanjutkan, omzet restorannya melonjak tajam selama Annual Meeting IMF-World Bank yang selama seminggu digelar di Bali. Hanya saja, ia enggan membeberkan berapa pemasukan restorannya selama kegiatan itu berlangsung.

Saban hari, Raymons melanjutkan, terdapat sekitar 800-1.000 delegasi yang mampir ke warungnya. Sejumlah menu makanan yang disajikan di Warung Made dipesan oleh mereka.

"Salah satu yang menjadi favorit para delegasi dan itu juga ciri khas kita adalah nasi campur Bali. Itu yang paling banyak dipesan oleh mereka," katanya.

Sayang, Raymons tak tahu persis dari negara mana saja mereka berasal, serta adakah tokoh dunia yang ketagihan menu kudapan kuliner khas Bali. Alasannya, Raymons ingin memanjakan mereka saat santap siang maupun malam.

"Kita tidak perhatikan dengan baik siapa saja mereka, karena jumlahnya banyak. Hanya saja, kita tahu kalau mereka delegasi IMF-World Bank dari pelat nomor mobilnya yang menggunakan kode AM (Annual Meeting) dan juga pengawalan pihak kepolisian," ujarnya.

Warung Made memang menjadi ikonis dalam hal kudapan dengan cita rasa lokal. Tak lengkap rasanya berlibur ke Pulau Seribu Pura tanpa mencicipi makanan di sini. Selain karena kualitas makanan yang terjaga, warung ini terbilang legendaris lantaran telah buka sejak 1950-an.

"Saya juga tidak tahu mereka tahu dari mana Warung Made. Mungkin saja cerita dari mulut ke mulut, karena memang kita sering didatangi para petinggi negara, termasuk artis internasional," papar dia.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

iPhone Bakal Bisa Deteksi Panggilan Spam

Posted: 14 Oct 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Panggilan spam tentu sangat mengganggu. Hal ini terjadi tidak hanya di Amerika Serikat, tetapi juga di belahan dunia lainnya.

Kebanyakan panggilan spam berasal dari telemarketing yang menawarkan jasa dan produknya.

Namun, Google menghadirkan solusi untuk masalah ini, yakni memberikan kemampuan bagi Google Assistant untuk mengecek siapa orang yang menelepon. Kini, tampaknya Apple segera menghadirkan kemampuan serupa untuk pengguna iPhone.

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com, Senin (15/10/2018), baru-baru ini aplikasi paten baru Apple menunjukkan bahwa perusahaan tengah mengembangkan cara yang mudah untuk mengidentifikasi panggilan masuk.

Menariknya, kalau panggilan yang masuk memang tidak diinginkan, iPhone bisa secara otomatis meng-cancel panggilan tersebut.

Paten yang dimaksud bernama "Detection of Spoofeed call information". Dengan paten tersebut iPhone bisa turut mendeteksi ketika ada pemanggil yang menggunakan nomor telepon palsu.

Telemarketer Pakai Nomor Palsu

Pengunjung mencoba iPhone XS Max saat peluncuran produk baru Apple di Apple Headquarters, Cupertino, California (12/9). (AP Photo/Marcio Jose Sanchez)

Hal ini karena telemarketer dan penelepon lainnya kadang menggunakan perangkat atau layanan yang memungkinkan mereka mengubah nomor yang ditampilkan pada caller ID smartphone.

Ini dilakukan karena cukup banyak yang menggunakan nomor palsu agar orang mau mengangkat panggilan tersebut.

Perlu diketahui, sebelum terjadinya koneksi antara dua telepon terbangun, permintaan yang datang dari caller harus melalui berbagai stasiun dan terminal dari jaringan yang terlibat.

Informasi mengenai "jalur" yang diambil panggilan masuk itu dicatat dan menjadi bagian dari pengenalnya.

Nah, ketika seorang penelepon mencoba untuk bohong tentang nomornya, ada langkah tambahan yang mesti dilewati dalam proses membuat panggilan.

Database di Perangkat

Seorang pengunjung melihat produk baru iPhone saat peluncuran produk baru Apple di Apple Headquarters, Cupertino, California (12/9). Apple merilis tiga iPhone terbaru, yaitu iPhone XS, iPhone XS Max dan iPhone XR. (AP Photo/Marcio Jose Sanchez)

Singkatnya, rencana Apple terkait program ini adalah Apple membuat database, baik di perangkat maupun di jaringan.

Database ini terdiri dari data yang mewakili panggilan sah dan membandingkannya dengan informasi yang datang bersama tiap panggilan untuk memeriksa apakah kedua nomor tersebut cocok.

Jika ada panggilan masuk yang tidak konsisiten dengan panggilan sah, iPhone akan menampilkan peringatan bersama dengan panggilan tersebut.

Untuk bisa menghadirkan solusi ini, Apple perlu bermitra dengan operator telepon guna mendapatkan akses ke data internal yang dibutuhkan database dan mengecek nomor palsu di tiap panggilan.

Dengan nama besar Apple di AS, tentunya bukan hal sulit bagi Apple untuk menghadirkan fitur pengenal panggilan spam ini.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Microsoft Kembali Rilis Update Windows 10, Terbatas untuk Windows Insider

Posted: 14 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menyusul masalah yang terjadi dalam pembaruan Windows 10 untuk Oktober 2018, Microsoft segera mengambil langkah cepat. Setelah menarik pembaruan tersebut, kini Microsoft kembali merilisnya.

Sekadar informasi, dari sejumlah laporan pengguna, update Windows 10 untuk Oktober 2018 ternyata menyimpan masalah. Jadi, usai melakukan pembaruan, data yang ada di perangkat ternyata hilang.

Dikutip dari The Verge, Senin (15/10/2018), Microsoft mengaku pihaknya sudah melakukan investigasi. Hasilnya, laporan kehilangan data itu hanya dialami sekitar 1 persen dari total 100 persen pengguna yang sudah memasangnya.

"Kami sudah melakukan investigasi menyeluruh terkait laporan kehilangan data, mengindentifikasinya dan menyelesaikan masalah tersebut," ujar Director Program Management Windows Servicing and Delivery Microsoft, John Cable.

Namun Cable menuturkan, sebelum merilisnya untuk publik, Microsoft menggulirkannya lebih dulu pada para pengguna Windows 10 beta alias Windows Insiders. Dari situ, dilakukan kajian dan diagnosa terlebih dulu sebelum merilisnya kembali.

Dari penelusuran, penyebab terjadinya masalah ini ternyata ada bug di pengguna yang mengaktifkan Known Folder Redirection. Akan tetapi, kini Microsoft sudah merilis kode untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Perusahaan yang berbasis di Redmond itu juga menyebut akan terus memantau pembaruan yang dirilis kembali ini dan memastikan tidak ada masalah begitu pembaruan Windows 10 ini rilis kembali untuk publik.

"Kami berkomitmen belajar dari pengalaman ini dan meningkatkan sistem kami untuk memastikan pelanggan memiliki pengalaman positif dalam proses pembaruan kami," tuturnya.

Microsoft Tarik Pembaruan Windows 10 Oktober 2018, Ada Apa?

Cara Munculkan Opsi Hibernate di Windows 10. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Sebelumnya, sejumlah pengguna Windows 10 memang mengeluhkan masalah yang adai pembaruan versi 1809. Alasannnya, usai melakukan pembaruan para pengguna tersebut kehilangan datanya. 

Melihat hal tersebut, Microsoft pun memilih untuk menyetop sementara pembaruan ini. "Kami telah menunda perilisan Windows 10 Oktober 2018 Update (versi 1809) karena masih dilakukan investigasi," tutur Microsoft saat itu. 

Sayangnya, masalah tersebut sebenarnya dapat dicegah oleh Microsoft. Alasannya, sejumlah pengguna versi beta alias Windows Insiders sudah memperingatkan masalah ini sejak beberapa bulan lalu.

Kendati demikian, perusahaan ternyata tidak menggubris laporan tersebut, sehingga masalah ini langsung terjadi.

Untuk informasi, masalah ini merupakan salah satu kendala yang pernah terjadi dalam pembaruan Windows 10.

Sebelumnya, pada pembaruan Januari, PC yang menggunakan AMD tidak dapat masuk ke dalam Windows 10.

Sementara itu, pembaruan pada April menyebabkan perangkat berada dalam kondisi Blue Screen of Death (BSOD).

Sederet Fitur Terbaru Pembaruan Windows 10 Edisi Oktober 2018

Logo Windows 10 di Booth Microsoft di Computex 2017. Liputan6.com/ Mochamad Wahyu Hidayat

Sekadar informasi, beberapa fitur baru yang akan meluncur pada pembaruan versi Redtone 5 ini adalah keyboard SwiftKey untuk PC touchscreen dan tool screenshot yang lebih berkualitas.

Tak cuma itu, fitur lain merangkap pembaruan browser Edge dan Windows Mixed Reality, serta hadirnya aplikasi agar perangkat Android dan Windows 10 bisa melakukan cross communications.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buat Tes CPNS 2018, Kemendikbud Telah Siapkan Puluhan Ribu Soal

Posted: 14 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil 2018 (CPNS 2018) bakal berakhir pada Senin ini. Setelahnya, peserta yang lolos persyaratan administrasi akan menghadapi seleksi lewat bantuan komputer (Computer Assisted Test/CAT).

Dalam beberapa hari terakhir telah beredar kisi-kisi dan contoh soal CPNS yang tersedia di laman internet. Dokumen yang membahas bermacam topik ini dapat diakses lewat Google Drive.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengatakan, keluarnya kisi-kisi tes CPNS itu merupakan hal yang biasa. Namun, ia memastikan bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah memperbarui soal-soal tersebut. 

"Nanti soal baru dari Kemendikbud sudah ada beberapa puluh ribu soal, kemudian diacak menjadi 100 soal (untuk dikerjakan peserta)," ucap dia kepada Liputan6.com, seperti dikutip Senin (15/10/2018).

Puluhan ribu soal yang disediakan tersebut untuk tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Keduanya memiliki persediaan puluhan ribu soal.

Ridwan pun memastikan, para peserta tidak akan dapat menyontek saat melakukan tes. Sebab, peserta lain yang duduk di sebelahnya juga harus menghadapi soal yang berbeda dari puluhan ribu pertanyaan yang dipersiapkan.

Pihak kepolisian juga dilibatkan untuk menjaga proses seleksi CPNS 2018 dari aksi para calo, serta melindungi sistem dari serangan hacker jahat. Adapun hingga sehari sebelum proses pendaftaran ditutup, jumlah akun pelamar di portal SSCN sudah tembus sekitar 4,3 juta orang.

Jokowi Ibaratkan Kondisi Ekonomi Negara Maju seperti Film Game of Thrones

Buat kamu yang masih berharap bisa masuk CPNS, pemerintah akan buka pendaftaran CPNS 2018 lho. (Foto: Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Jelang satu hari sebelum penutupan masa pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil 2018 atau CPNS 2018, kursi khusus untuk Atlet Berprestasi Internasional masih kosong alias belum ada peminat.

Seperti diketahui, pemerintah pada proses seleksi CPNS tahun ini membuka enam formasi khusus di luar slot Formasi Umum. Selain Formasi Atlet Berprestasi Internasional, lima formasi khusus lain, yakni untuk penyandang disabilitas, Putra/Putri Papua, lulusan terbaik, diaspora, dan Honorer K2. 

Berdasarkan informasi Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui akun Twitter resmi @BKNgoid, seperti dikutip Senin (15/10/2018), formasi umum masih jauh mendominasi jumlah akun pelamar yakni sebanyak 4.279.758 orang. Sedangkan total pelamar yang telah selesai daftar baru mencapai 3.213.015 orang.

Adapun formasi khusus dengan angka pelamar terbanyak, yaitu formasi lulusan terbaik, dengan 20.554 orang. Namun demikian, laporan BKN terkait total pelamar selesai daftar pada formasi tersebut masih ambigu, sebab secara angka terpantau lebih besar atau 20.796 orang.

Sementara Formasi Honorer K2 juga turut mendulang banyak jumlah akun pelamar sebesar 8.453 orang, dengan pelamar selesai daftar 7.989 orang.

Disusul Formasi Putra/Putri Papua 5.402 orang dan pelamar selesai daftar 2.882 orang, serta Formasi Penyandang Disabilitas dengan 2.543 orang dan pelamar selesai daftar 1.442 orang.

Di sisi lain, terdapat dua formasi yang sepi peminat hingga H-1 penutupan masa pendaftaran CPNS 2018. Antara lain Formasi Diaspora, dengan total akun pelamar 92 orang dan yang selesai mendaftar 14 orang. Sedangkan belum ada sama sekali pelamar dan pendaftar untuk Formasi Atlet Berprestasi Internasional.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menghitung Kans Marc Marquez Segel Gelar Juara Dunia di MotoGP Jepang

Posted: 14 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Motegi - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, berpotensi menyegel gelar juara dunia MotoGP 2018 di Jepang akhir pekan ini. Ada dua syarat yang harus dipenuhi Marquez untuk memastikan gelar.

Balapan MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi digelar Minggu 21 Oktober 2018. Marquez masih memuncaki klasemen sementara pembalap MotoGP 2018.

Posisi rider berjulukan The Baby Alien semakin kokoh usai memenangi balapan MotoGP Thailand pada 7 Oktober 2018. Sukses itu juga membuat pembalap Ducati Corse, Andrea Dovizioso, kian tertinggal.

Kans Marquez semakin terbuka lebar untuk menyabet gelar juara dunia musim ini. Sekarang, Marquez memimpin 77 poin atas Dovizioso, sedangkan MotoGP 2018 menyisakan empat balapan lagi.

Empat balapan tersisa yakni di MotoGP Jepang, MotoGP Australia, MotoGP Malaysia, dan MotoGP Valencia. Kesempatan pertama Marquez menyegel gelar juara dunia 2018 ada di Sirkuit Motegi, Jepang.

Syaratnya, Marquez harus menempati podium teratas di MotoGP Jepang, bila ingin memastikan gelar juara dunia musim ini. Marquez sendiri diunggulan untuk menang, mengingat Motegi seperti kandang bagi Repsol Honda.

 

Syarat Lain

Rider Repsol Honcda, Marc Marquez mendominasi balapan MotoGP 2018. (AFP/Jose Jordan)

Selain itu, syarat berikutnya, Marquez mesti finis di depan Dovizioso saat MotoGP Jepang. Hasil itu membuat Dovizioso tidak bisa lagi mengejar perolehan poin Marquez.

Pembalap kelahiran Cervera, Spanyol ini juga dapat menyegel gelar juara dunia di Jepang jika finis di belakang Dovizioso. Tapi, syaratnya Marquez harus finis di posisi keenam atau lebih buruk, sedangkan Dovizioso posisi finisnya tepat di depan Marquez.

Bila hasil itu yang terjadi di MotoGP Jepang, Marquez cuma bakal kehilangan satu poin dan memimpin 76 poin atas Dovizioso. Dengan tiga seri tersisa selanjutnya, walaupun Marquez tak pernah finis dan Dovizioso selalu menang, poin The Baby Alien tidak akan tersusul.

Dominasi

Marquez benar-benar memperlihatkan dominasinya di kelas MotoGP sejak promosi pada 2013. Jika mampu juara dunia musim ini, itu akan jadi trofi kelima Marquez di kelas utama.

Sejak naik kelas pada 2013, Marquez hanya gagal pada MotoGP 2015, di mana Jorge Lorenzo yang menasbihkan diri jadi juara dunia. Lorenzo kala itu menaklukkan Valentino Rossi dari Movistar Yamaha.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Geger Ubur-Ubur Bermunculan di Pantai Ancol

Posted: 14 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Warga DKI dihebohkan dengan kemunculan ubur-ubur di pantai Ancol. Bukannya menjauhi ubur-ubur, warga justru menangkap ubur-ubur dan dimainkan oleh anak-anak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Italia Menang Tipis atas Polandia di UEFA Nations League

Posted: 14 Oct 2018 09:30 PM PDT

Striker Polandia, Robert Lewandowski berusaha melewati dua pemain Italia, Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci  pada laga UEFA Nations League Grup 3 di Silesian Stadium, Polandia (14/10). Italia menang 1-0 atas Polandia. (AFP Photo/Janek Skarzynski)

Striker Polandia, Robert Lewandowski berusaha melewati dua pemain Italia, Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci pada laga UEFA Nations League Grup 3 di Silesian Stadium, Polandia (14/10). Italia menang 1-0 atas Polandia. (AFP Photo/Janek Skarzynski)

Gelandang Italia, Nicolo Barella mengontrol bola dari kawalan gelandang Polandia, Jacek Goralski selama pertandingan UEFA Nations League Grup 3 di Silesian Stadium, Polandia (14/10). Italia menang 1-0 atas Polandia. (AFP Photo/Janek Skarzynski)

Gelandang Italia, Nicolo Barella mengontrol bola dari kawalan gelandang Polandia, Jacek Goralski selama pertandingan UEFA Nations League Grup 3 di Silesian Stadium, Polandia (14/10). Italia menang 1-0 atas Polandia. (AFP Photo/Janek Skarzynski)

Pelatih Italia, Roberto Mancini menginstruksikan pemainnya saat melawan Polandia selama pertandingan UEFA Nations League Grup 3 di Silesian Stadium, Polandia (14/10). Italia menang 1-0 atas Polandia. (AP Photo/Czarek Sokolowski)

Pelatih Italia, Roberto Mancini menginstruksikan pemainnya saat melawan Polandia selama pertandingan UEFA Nations League Grup 3 di Silesian Stadium, Polandia (14/10). Italia menang 1-0 atas Polandia. (AP Photo/Czarek Sokolowski)

Gelandang Italia, Lorenzo Insigne mengiring bola dari kawalan pemain Polandia, Damian Szymanski selama pertandingan UEFA Nations League Grup 3 di Silesian Stadium, Polandia (14/10). Italia menang 1-0 atas Polandia. (AP Photo/Czarek Sokolowski)

Gelandang Italia, Lorenzo Insigne mengiring bola dari kawalan pemain Polandia, Damian Szymanski selama pertandingan UEFA Nations League Grup 3 di Silesian Stadium, Polandia (14/10). Italia menang 1-0 atas Polandia. (AP Photo/Czarek Sokolowski)

Pemain Polandia, Piotr Zielinski berusaha melewawti pemain Italia, Nicolo Barella selama pertandingan UEFA Nations League Grup 3 di Silesian Stadium, Polandia (14/10). Italia menang 1-0 atas Polandia. (AP Photo/Czarek Sokolowski)

Pemain Polandia, Piotr Zielinski berusaha melewawti pemain Italia, Nicolo Barella selama pertandingan UEFA Nations League Grup 3 di Silesian Stadium, Polandia (14/10). Italia menang 1-0 atas Polandia. (AP Photo/Czarek Sokolowski)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ibunda Roro Fitria Dimakamkan di Yogyakarta

Posted: 14 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Roro Fitria kehilangan orang paling dicintai dalam hidupnya. Sang ibunda, Retno Winiangsih Yulianti, meninggal dunia di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan, Senin (15/10/2018) pukul 06.30 WIB.

Asisten Roro Fitria menuturkan, jenazah ibunda Roro rencananya akan diterbangkan ke Yogyakarta untuk disemayamkan dan dimakamkan. Seperti diketahui, keluarga besar Roro Fitria memang tinggal di sana.

"Langsung dibawa ke Yogya. Hari ini langsung ke Yogya," ujar asisten Roro Fitria, Hesti Valentina, saat dihubungi wartawan melalui sambungan telepon, Senin (15/10/2018) pagi.

Saat ini pihak keluarga dan tim kuasa hukum Roro Fitria pun sedang bergegas ke rumah sakit untuk mengurus persemayaman jenazah. Selain itu, kuasa hukum Roro Fitria, Asgar, juga tengah mengupayakan surat izin ke pihak rutan untuk Roro Fitria.

Saksikan video berikut ini.

Alami Sesak Napas

Aktris Roro Fitria (Liputan6.com/Faizal Fanani)

"Ini kami mau ke sana (rumah sakit), Roro sudah tahu. Kami lagi urus surat-suratnya, biar dia bisa keluar," terang Asgar saat dihubungi wartawan.

Kesehatan ibunda Roro Fitria rupanya sudah menurun sejak Minggu (14/10/2018) sore. Menurut pengacara Roro Fitria, Retno Winiangsih Yulianti, mengalami sesak napas.

Semakin Memburuk

Roro Fitria

Karena kondisinya kian memburuk, ibunda Roro Fitria akhirnya ditangani di ruang ICU namun tak ada perubahan. Ada Senin dini hari, Retno Winiangsih Yulianti, malah kritis.

Pada akhirnya tak ada yang bisa membantah kehendak Tuhan. Senin (15/10/2018) ibunda Roro Fitria pergi untuk selamanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ekspor RI Turun 6,5 Persen di September 2018

Posted: 14 Oct 2018 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekspor Indonesia pada September 2018 turun 6,58 persen dibanding Agustus 2018. Pada Agustus ekspor tercatat sebesar USD 15,87 miliar, sementara pada September sebesar USD 14,83 miliar.

Deputi Statistik Distribusi dan Jasa BPS Yunita Rusanti mengatakan, jika dibandingkan ekspor pada September 2017 maka ekspor bulan lalu naik sebesar 1,7 persen. Di mana pada periode yang sama tahun lalu ekspor tercatat sebesar USD 14,58 miliar.

"Dibandingkan ekspor September 2017 turun sebesar 1,7 persen. September 2017 ekspor sebesar USD 14,58 Miliar," ujar Yunita di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Senin (15/10/2018).

Yunita mengatakan, beberapa sektor yang mengalami penurunan adalah industri pengolahan turun sebesar 7,66 persen. Ekspor barang yang turun adalah pakaian jadi, lagam dasar, kimia dasar organik dan peralatan listrik.

"Untuk sektor ini jika dibandingakan dengan tahun lalu di September naik sebesar 2,48 persen. Disumbang oleh besi baja, kimia dasar organik," jelasnya.

Sementara itu, sektor pertanian naik 5,46 persen secara month to month (mtm). Secara year on year naik sebesar 0,99 persen. Selanjutnya, sektor pertambangan lainnya naik 2,89 persen secara mtm disumbang oleh biji tembaga dan biji logam lainnya.

"Ekspor nonmigas menyumbang 91,86 persen dari total ekspor di September 2018," jelas Yunita.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Neraca Dagang September 2018 Bakal Defisit USD 442 Juta

Ekspor perdana Mitsubishi Xpander (Mitsubishi).

 Neraca dagang September 2018 diprediksi defisit sebesar USD 442 juta. Hal ini seiring impor pada September masih lebih tinggi ketimbang ekspor.

"Masih berpotensi defisit USD 442 juta. Ekspor masih lebih rendah dari laju impor. Ekspor tumbuh 7,4 persen year on year (YoY). Impor tumbuh 25,85 persen YoY," ujar Ekonom PT Bank Permata Tbk, Josua Pardede, saat dihubungi Liputan6.com, Senin (15/10/2018).

Ia menuturkan, impor masih tinggi tersebut didorong laju investasi yang masih tinggi dan purchasing manager index (PMI )Indonesia atau indikator yang ukur sektor industri dan manajer pembelian yang cukup ekspansif. 

"Impor semen masih tinggi. Kebutuhan impor masih tinggi sedangkan ekspor belum naik. Apalagi harga komoditas crude palm oil (CPO) dan karet alam turun pada September 2018," kata dia.

Dengan neraca dagang masih defisit pada September, Josua perkirakan defisit neraca dagang mencapai USD 3,5 miliar pada kuartal III 2018 terhadap produk domestik bruto (PDB). Hal tersebut membuat defisit transaksi berjalan juga cukup tinggi. Apalagi impor minyak dan gas (migas) dan nonmigas masih tinggi.

"Potensi defisit neraca dagang pada kuartal III 2018 sekitar USD 3,3 miliar-USD 3,5 miliar. Dari sebelumnya kuartal II 2018 sekitar 3,04 persen terhadap PDB. Ini potensi risiko dalam negeri," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Sebut Pidato Game of Thrones Juga untuk Ademkan Suhu Pemilu 2019

Posted: 14 Oct 2018 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pidato Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang menyebut perang dagang di dunia seperti film seri Game of Thrones dalam acara Annual Meeting IMF World Bank pekan lalu menuai pujian. Namun, tak sedikit pula yang melontarkan kritik pedas, terutama dari partai oposisi pemerintah seperti Gerindra dan Demokrat.

Saat memberikan orasi ilmiah dalam rangka Sidang Senat Terbuka Universitas Kristen Indonesia (UKI), Senin (15/10/2018), Jokowi menanggapi kritikan tersebut. Dia menegaskan, pidato yang disampaikan dalam agenda tahunan IMF itu untuk mengingatkan negara-negara besar di dunia yang sedang terlibat perang dagang.

"Karena ini jadi ramai. Sekali lagi, perhelatan ekonomi dan politik dunia saat ini diwarnai pertarungan antara kekuatan-kekuatan besar, antar negara-negara besar dan negara-negara elite," kata Jokowi di Kampus UKI.

"Sebenarnya pesan moral utama yang ingin saya sampaikan pada saat itu adalah bahwa konfrontasi dan perselisihan akan mengakibatkan penderitaan," sambungnya.

Pria kelahiran Solo, Jawa Tengah ini menjelaskan, tatkala perebutan kekuasaan ekonomi maupun politik antara negara-negara besar terjadi maka dunia terancam hancur. Sebab, dalam setiap pertarungan selalu menimbulkan kemenangan dan kekalahan.

"Bahwa kekalahan maupun kemenangan dalam perang selalu hasilnya sama yaitu dunia porak poranda. Tidak boleh melakukan kerusakan hanya untuk menghasilkan sebuah kemenangan, tidak ada artinya kemenangan yang dirayakan di tengah kehancuran. Itulah pesan moral yang ingin saya sampaikan di saat itu," paparnya.

Tak hanya berkaitan dengan perang dagang negara besar di dunia, pidato Jokowi dalam Annual Meeting IMF World Bank sangat relevan dengan kondisi Indonesia saat ini. Di mana, Indonesia akan menghadapi Pemilu serentak pada April 2019.

 

Jangan Timbulkan Kegaduhan

Dalam Pemilu, pertarungan sengit terjadi dalam memperebutkan kekuasaan. Jokowi menginginkan, kontestasi politik dalam Pemilu tidak menimbulkan kegaduhan dalam lingkungan masyarakat maupun keamanan nasional.

"Memang kontestasi diikuti kompetisi dan rivalitas. Tapi kompetisi dan rivalitas itu dibangun di atas pondasi yang tidak saling menjatuhkan, kontestasi tidak boleh menimbulkan kegaduhan dan permusuhan, kebencian, kedengkian, tidak saling mencela. Tidak harus saling memfitnah. Kontestasi tidak boleh menimbulkan kerusakan dan kontestasi tidak boleh mengorbankan fondasi kebangsaan kita," tegasnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menekankan, dalam pesta demokrasi rakyat harus diajarkan pendidikan politik yang benar. Narasi-narasi politik yang disampaikan harus memberikan dampak positif bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Rakyat kita harus merayakan kontestasi ini dengan kegembiraan. Ini sering saya sampaikan yang diwarnai oleh narasi-narasi sejuk, ide-ide kemajuan, gagasan untuk kemajuan, program-program untuk Indonesia maju. Dengan merayakan perbedaan pilihan dengan penuh kedewasaan, dengan penuh kematangan yang justru ini akan memperkokoh Bhineka Tunggal Ika kita dan persatuan kita," jelasnya.

Dalam sidang tahunan IMF, Jokowi menyampaikan pidato bertema Game of Thrones. Menurut Wakil Ketua Partai Gerindra itu pidato Jokowi tersebut justru menunjukkan bahwa ekonomi Indonesia sangat lemah.

Sementara Wakil Sekretaris Jendral (Wasekjen) Partai Demokrat, Rachland Nashidik menilai pidato Jokowi hanya bermuatan lelucon.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Disangka, Tanaman Invasif Ini Mampu Cegah Perubahan Iklim

Posted: 14 Oct 2018 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tahukan Anda, ada sejenis tanaman yang mampu mencegah terjadinya perubahan iklim? Berikut ini penjelasannya.

Meningkatnya jalur-jalur perdagangan di seluruh dunia telah memungkinkan penyebaran jenis-jenis tanaman dan hewan, baik secara disengaja atau tidak. Ada hewan dan tanaman yang berhasil tumbuh dan berkembang baik di tempatnya yang baru, tapi ada juga yang justru merusak habitat yang sudah ada.

Banyak tempat sedang berusaha menumpas spesies-spesies yang merusak ini, tapi kadang-kadang, walaupun dianggap merugikan, mereka juga bisa dimanfaatkan dengan baik.

Sebuah tanaman gelagah yang disebut phragmites berasal dari Eropa dan kini telah merasuk ke banyak kawasan atau lahan-lahan basah di Amerika.

Apabila tumbuh di satu tempat, tanaman ini dengan cepat menyebar dan mengalahkan jenis-jenis tanaman air lainnya, kata Christina Simkanin, pakar biologi di pusat riset lingkungan Smithsonian.

"Tanaman ini tumbuh dan berkembang lebih cepat dan lebih besar dari jenis alang-alang yang biasa. Tanaman yang disebut phragmites ini dengan cepat akan mengalahkan tumbuhan alang-alang yang biasa," katanya yang dikutip dari VOA Indonesia, Senin (15/10/2018). 

Karena batang tanaman ini keras seperti bambu kecil dan tumbuh sangat rapat, burung tidak bisa membuat sarang, dan, batang alang-alang ini terlalu keras dan sulit untuk dimakan oleh hewan.

Jenis-jenis tanaman invasif ini mengancam ekosistem pantai di seluruh dunia dan mengurangi akses pada air bersih, makanan dan keuntungan lainnya yang diberikan oleh lahan-lahan basah pada manusia.

Kendati begitu, tanaman liar ini punya satu kebaikan; karena mereka bisa menyerap gas karbon dioksida yang merupakan salah satu gas rumah kaca yang mengakibatkan peningkatan suhu bumi, kata Christina Simkanin.

 

Simak video pilihan berikut ini:

 

Hasil Penelitian

Sejenis tanaman gelagah yang disebut phragmites, ternyata membantu mencegah terjadinya perubahan iklim. (Wikipedia Commons)

Ketika Simkanin dan rekan-rekannya mempelajari ekosistem pesisir di seluruh dunia, mereka mendapati kawasan yang ditumbuhi oleh alang-alang liar seperti phragmytees ini ternyata menyerap 40 persen lebih banyak gas karbon dioksida dibanding tanaman gelagah lainnya.

"Tanaman liar yang invasif ini seringkali dianggap sebagai perusak, tapi kalau dilihat aspek lainnya, tampak bahwa mereka bisa menyerap dan menyimpan gas karbon dioksida lebih banyak dan lebih cepat pula."

Christina Simkanin tidak menganjurkan supaya kita memusnahkan semua tanaman phragmytees, karena masalahnya tidaklah semudah itu.

Riset yang dilakukan oleh lembaga Smithsonian itu menunjukkan bahwa tanaman phragmytees justru akan lebih bermanfaat karena adanya peningkatan suhu bumi yang disebabkan emisi gas karbon dioksida.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klarifikasi Cut Mini Soal Rumahnya yang Kebakaran

Posted: 14 Oct 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rumah mewah milik artis Cut Mini Theo dikabarkan terbakar. Insiden kebakaran rumah bintang film Laskar Pelangi terjadi pada Minggu (14/10/2018) petang.

Menurut warga yang ada di sekitar rumah Cut Mini, api diketahui berasal dari lantai 2 rumah yang terletak di bilangan Kemang, Jakarta Selatan, itu.

Dugaan sementara, menurut warga, api dipicu dari konsleting listrik rumah tersebut.

"Awalnya kayak petasan. Abis itu anak-anak kecil bilang kebakaran. Tahu-tahu asap udah banyak, baru orang kerumun," kata Reno, salah satu warga di area kebakaran rumah Cut Mini.

 

Tak Ada Korban Jiwa

Cut Mini (Nurwahyunan/bintang.com)

Meskipun kerugiannya diperkirakan mencapai ratusan juta tapi untungnya tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Orang-orang yang berada di dalam rumah, langsung lari sebelum api melahap bangunan tersebut.

Dalam sebuah video yang direkam oleh warga, api sempat terlihat berkobar. Pihak pemadam kebakaran sendiri baru bisa menguasai api setelah satu jam setelah datang ke lokasi kejadian.

 

 

 

Jawaban Cut Mini

Cut Mini (Adrian Putra/bintang.com)

Saat dikonfirmasi, pihak Cut Mini membantah rumah yang terbakar merupakan milik artis berkulit matang itu.  

"Ya enggak lah (terbakar). Orang bukan tumah dia. Itu rumah tante dari suaminya," kata Natasha, manajer Cut Mini.

Ia juga mengatakan, rumah Cut Mini sama sekali tak terbakar seperti diberitakan sejumlah media massa. "Itu tidak benar dan enggak penting. Rumah cut mini aman," Natasha memungkasi. (Kapanlagi.com/ Rahmi Safitri)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Guardiola Belum Yakin Manchester City Bisa Juara Liga Champions

Posted: 14 Oct 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Josep Guardiola belum juga yakin Manchester City bisa menjadi juara di Liga Champions. Padahal, City dihuni pemain-pemain berkelas dunia yang mampu bersaing di Liga Champions.

Bagi Guardiola, Liga Champions adalah kompetisi yang istimewa.Tak sembarang tim bisa menjuarai kompetisi antar tim papan atas di Liga-Liga Eropa tersebut.

Sejak ditangani Guardiola, Manchester City menjelma jadi salah satu tim terkuat di Eropa. Musim lalu, Man City bahkan menjuarai Premier League dengan memecahkan banyak rekor. Mulai dari poin terbanyak jumlah gol terbanyak dan selisih poin terbesar dari peringkat kedua.

Meski demikian, Man City terbukti masih kesulitan di Liga Champions. Catatan terbaik Man City adalah sukses mencapai semifinal pada musim 2015/16 lalu. Setelah itu, Man City belum pernah melangkah lebih jauh.

Guardiola pun menyadari Manchester City masih harus menjaga konsistensi jika ingin tampil sempurna di Eropa.

 

 

Bukan Favorit

Kerja sama antara Sergio Aguero dan Gabriel Jesus mendapat pujian dari Pep Guardiola. (doc. Manchester City)

Meski berstatus sebagai pelatih Man City, Guardiola mengakui favorit juara Liga Champions selalu didominasi oleh Real Madrid dan Barcelona. Dia menyadari kedua tim itu memiliki sejarah yang jauh lebih besar dari Man City, juga AC Milan.

"Akan datang waktu di mana AC Milan kembali bermain di Eropa, dan mereka sudah pernah juara, saya tidak tahu, lima, enam atau tujuh kali," ungkap Guardiola di fourfourtwo.

"Favorit saya adalah tim yang memiliki sejarah lebih besar dari kami - Real Madrid, Barcelona, tim-tim seperti ini."

Tim Lain

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola (tengah) berbincang dengan asisten Mikel Arteta selama sesi pelatihan di City Football Academy, Inggris (18/9). City akan bertanding melawan wakil Prancis, Lyon pada grup F Liga Champions. (AFP Photo/Oli Scarff)

Selain itu, Guardiola juga mewaspadai ancaman Juventus yang kini memiliki Cristiano Ronaldo. Pula, dia menyebut kekuatan stabil Atletico Madrid di Eropa dalam beberapa tahun terakhir.

"Saya percaya Juventus membeli Cristiano karena ingin menunjukkan bahwa tahun ini mereka ingin juara. Mereka sudah mencapai final dua kali, setiap kali mereka semakin dekat."

"Atletico Madrid akan bermain di kandangnya. Mereka adalah tim yang tampil sangat baik dalam beberapa tahun terakhir," sambungnya.

"Lalu ada beberapa tim lain, dan saya berharap kami bisa berada di sana juga."

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Produksi Gas Pertamina di Lapangan Prabumulih Lampaui Target

Posted: 14 Oct 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) lewat anak usaha PT Pertamina EP  membukukan capaian positif hingga kuartal III 2018. Ini ditunjukkan dengan produksi gas perseroan mencapai 154 juta kaki kubik per hari (MMSCFD) melalui lapangan Asset 2 Prabumulih Field, Sumatera Selatan.

Capaian itu terbilang melebihi target awal, yakni 143.96 juta kaki kubik per hari atau melonjak 109 persen. Prabumulih Field Manager PT Pertamina EP, Heragung Ujiantoro, menyampaikan kesuksesan tersebut tak lepas dari giat inovasi yang aktif dilaksanakan di lapangan Prabumulih.

"Salah satu penemuan baru yang saat ini tengah diimplementasikan oleh tim kami secara mandiri adalah pembuatan well head lubricating system untuk sumur-sumur gas di Prabumulih Field," ungkap dia, Senin (15/10/2018).

Heragung menjelaskan, produksi gas dari PEP Prabumulih Field memasok gas untuk kelistrikan di Sumatera dan Jawa. Oleh karena itu, kehandalan fasilitas produksi gas menjadi salah satu perhatian utama yang terus ditingkatkan melalui inovasi. 

Secara khusus, pihaknya juga membentuk tim Project Collaboration Improvement yang diberi nama Gas Poll New (PC-Prove Gas Poll) yang berasal dari Fungsi Gas Production Operation di bawah nakhoda Wangsit Sinung K selaku Gas Production Assistant Manager.

PC-Prove Gas Poll yang diketuai oleh Yudi Hergantara berinovasi dengan menciptakan alat yang disebut wellhead lubricating system.

Wellhead lubcricating system merupakan rangkaian pipa yang dipasang di atas kepala sumur tapi tanpa menutup kerangan utama dan kerangan sayap sehingga produksi tetap berjalan. 

Proses ide dan pembuatan wellhead lubcricating system memakan waktu sekitar empat bulan, yang meliputi proses desain, engineering, pengadaan material, fabrikasi, inspeksi, dan tes operasi.

Dengan inovasi ini, tidak diperlukan lagi shutdown atau mematikan produksi sumur gas saat melakukan perawatan terhadap korosi intenal, sehingga dapat mengeliminasi production loss sumur gas sebesar Rp 2 miliar setiap bulan.  PEP Prabumulih Field akan terus mengembangkan penemuan yang telah lulus inspeksi HSSE sejak Februari 2018. 

"Saat ini telah ada tujuh sumur yang menggunakan wellhead lubcricating system. Penemuan ini juga akan kami ikutsertakan dalam ajang inovasi Continous Improvement Program Pertamina EP yang akan diselenggarakan pada 16 Oktober 2018 di Palembang nanti," " terang Heragung.

Ia juga optimistis, penemuan ini akan memberikan kontribusi pada ajang inovasi di tingkat nasional.

 

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Produksi Migas Pertamina EP Capai 101 Persen dari Target

Ilustrasi tambang migas  (iStockPhoto)

Sebelumnya, produksi minyak PT Pertamina EP, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) mencapai 82.735 barel per hari (BOPD) dan gas 1.030 juta standar kaki kubik per hari (MMMSCFD) hingga kuartal III 2018. 

"Produksi migas Pertamina EP sepanjang Januari-September 2018 rata-rata 260,5 BOEPD, 101 persen dari target produksi 256,7 BOEPD," ujar Presiden Direktur Pertamina EP, Nanang Abdul Manaf di Jakarta, Rabu 3 Oktober 2018.

Menurut Nanang, pencapaian angka produksi minyak terutama ditunjang Lapangan Sukowati di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur yang berada di bawah koordinasi dan pengelolaan Pertamina EP Asset 4.

Sedangkan untuk pencapaian gas didukung oleh lapangan Pendopo di Kabupaten Pali, Sumatera Selatan yang berada di Pertamina EP Asset 2.

"Strategi yang kami laksanakan untuk meningkatkan produksi adalah dengan melakukan pemboran serta optimalisasi eksisting fasilitas," jelas dia.

Nanang mengatakan masih banyak potensi yang dapat dikembangkan mengingat luasnya wilayah kerja yang diamanahkan negara kepada Pertamina EP, yaitu mencakup 5 Asset dan 22 field.

"Kami meyakini pencapaian produksi ini dapat terus ditingkatkan. Kami akan terus memberikan yang terbaik untuk mendukung ketahanan energi nasional," katanya.

Nanang mengatakan, tren kenaikan produksi Pertamina EP telah dimulai sejak awal 2018. Apalagi perusahaan dalam setiap kegiatan operasiional mengedepankan aspek kesehatan, keselamatan, keamanan, dan lingkungan (HSSE).

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tren Baru Belanja yang Mulai Bikin Publik Keranjingan

Posted: 14 Oct 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tak sekadar memenuhi kebutuhan, bagi beberapa orang, belanja merupakan terapi manjur untuk mengatasi stres. Pantas saja walau rupiah terus melemah, aktivitas satu ini tak juga menunjukkan penurunan.

Berdasarkan data yang diterima Liputan6.com lewat siaran tertulis, terdapat peningkatan transaksi penjualan di berbagai platform e-commerce dalam beberapa bulan terakhir. Peningkatan volume ini tak lepas dari salah satu tren belanja baru yang mulai digandrungi publik.

Walau masih berada di bawah potongan harga, perlahan tapi pasti, cashback rewards mulai jadi promo menarik yang membuat tak sedikit orang memenuhi hasrat belanja mereka.

Berdasarkan survei yang baru-baru ini dilakukan Shopback terhadap lebih dari 5.600 responden di lima kota besar di Indonesia, yakni Jabodetabek, Bandung, Medan, Surabaya dan Makassar, diskon jadi promo yang paling disukai dan dipercaya masyarakat Indonesia dengan persentase 41 persen, diikuti cashback (37 persen), buy 1 get 1 (13 persen), dan hadiah langsung (8 persen).

"Cashback perlahan mulai menarik perhatian masyarakat, terutama mereka yang suka berbelanja online. Data dari Shopback juga menunjukkan, cashback rewards jadi alasan utama yang memengaruhi masyarakat Indonesia untuk berbelanja di platform online," jelas Indra Yonathan, Country Head of Shopback Indonesia.

Di balik ketertarikan terhadap cashback rewards, ada beberapa hal yang jadi kekurangan promo ini di mata responden, yakni tak dapat ditarik tunai (52,7 persen), hanya bisa digunakan untuk pembelanjaan berikutnya di platform yang sama (32 persen), serta proses verifikasi terlalu lama (19,8 persen).

"Saat ini, baik pelaku e-commerce maupun bisnis digital lain berlomba-lomba untuk memikat hati pengguna menggunakan jasa atau layanan mereka. Promo cashback rewards dinilai sebagai bentuk loyalty program yang dapat menarik pengguna baru, serta mempertahankan pengguna lama," sambungnya.

Tertarik mengikuti tren belanja satu ini? Kalau iya, Anda mungkin ingin mempertimbangkan memakai Shopback. Sebagai platform gaya hidup, Shopback mendorong masyarakat untuk berbelanja online dengan cara hemat dan cermat dengan memberikan cashback hingga 30 persenpada pengguna yang melakukan transaksi pembelanjaan.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

All New Honda Brio Siap Berlayar ke Sejumlah Negara

Posted: 14 Oct 2018 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - All new Honda Brio yang baru diluncurkan ternyata sudah akan diekspor ke sejumlah negara. Meski Honda tidak menyebutkan negara tujuan, untuk tahap pertama dikabarkan ekspor tersebut mencakup sejumlah negara di kawasan Asia.

Jika ekspor tersebut terealisasi, maka ini merupakan sejarah bagi Honda karena untuk pertama kalinya mengekspor kendaraan utuh ke beberapa negara. Selama ini HPM hanya melakukan ekspor komponen ke negara-negara Asia dan Amerika latin.

"Nah Brio ini rencana ekspor kita ada, nanti dikasih tahu. Cuma negaranya belum, karena negaranya di sana belum clear. Dulu kita pernah ekspor komponen ke banyak negara, ke Jepang, Mexico, Brazil juga ada, Thailand pasti, juga Malaysia," kata Jonfis & Fandy, Marketing After Sales Service Director HPM.

Menurut Jonfis kualitas All New Brio sudah diterima secara global sehingga penjajakan ekspor ke beberapa negara potensial kini tengah dilakukan. Bahkan HPM bukan cuma melakukan survey di dalam negeri, namun juga di negara-negara yang bakal menjadi pasar baru all new Honda Brio.

"Honda Brio sudah kualitas internasional. Kita ingin memastikan bahwa kita adalah leader di segmen mobil ini. Kita sudah melakukan survey di Indonesia, mayoritas di sana (negara-negara yang menjadi tujuan ekspor), untuk memastikan bahwa kualitas internasional ini bisa dipakai," terangnya.

 

Selanjutnya

Generasi kedua Honda Brio merupakan model yang dikembangkan melalui survei terhadap kebutuhan konsumen, terutama di Indonesia. Model yang terdiri dari varian RS dan Satya ini juga diproduksi di Indonesia dengan standar kualitas internasional.

All new Honda Brio menawarkan desain baru yang semakin sporty dan memberikan kesan lebih besar dibandingkan model sebelumnya. Sementara platform baru dengan jarak sumbu roda yang lebih panjang menghasilkan ruang kabin dan bagasi yang lebih lapang.

Berbagai pembaruan tersebut juga tetap didukung oleh mesin i-VTEC yang memberikan tenaga mumpuni dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Sumber: Otosia.com

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tokoh Adat Dayak Deklarasi Pemilu 2019 Damai

Posted: 14 Oct 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tokoh adat Dayak di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah membacakan deklarasi bersama untuk mendukung pelaksanaan Pemilu 2019 agar berjalan aman, damai, dan lancar.

"Ini sebagai komitmen pengurus Dewan Adat Dayak dan seluruh tokoh adat Dayak untuk mendukung Pemilu 2019 nanti berjalan tanpa ada kendala," ujar Ketua Harian Dewan Adat Dayak (DAD) Kotawaringin Timur, Untung, seperti dilansir Antara, Senin (15/10/2018).

Pembacaan deklarasi diikuti seluruh pengurus DAD dan damang seluruh Kotawaringin Timur. Kegiatan ini juga disaksikan ratusan undangan yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Untung memaparkan, beberapa poin penting deklarasi tersebut, yaitu DAD dan damang di Kabupaten Kotawaringin Timur siap mendukung Pemilu 2019 yang jujur, aman, dan damai.

Sementara itu, Ketua Umum DAD Kotawaringin Timur HM Taufiq Mukri juga mengatakan, DAD dan damang seluruh Kotawaringin Timur berkomitmen siap membantu Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat Kotawaringin Timur agar daerah ini selalu aman dan kondusif.

"DAD serta damang dan mantir sepakat untuk mendukung pemerintah, khususnya dalam pelaksanaan Pemilu 2019 nanti. Tokoh adat harus berperan mewujudkan itu," kata Taufiq.

Senada, Bupati Kotawaringin Timur H Supian Hadi berharap DAD, damang, dan mantir ikut berperan mewujudkan Pemilu yang lancar, aman, dan damai. Peran tokoh adat, kata dia, sangat besar untuk mewujudkan harapan tersebut.

"Kita harus bersama-sama menjaga kondisi daerah agar tetap kondusif. Tokoh adat diharapkan membantu pemerintah untuk mengajak dan membina masyarakat dalam mendukung pemilu yang aman, lancar, dan damai," papar Supian.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: 

Imbauan Masyarakat

Suasana rapat pleno Rekapitulasi DPTHP di Kantor KPU, Jakarta, Minggu (16/9). Rapat membahas penyisiran DPT setelah Bawaslu dan koalisi pendukung pasangan Prabowo-Sandiaga menemukan pemilih ganda pada DPT. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Supian mengimbau masyarakat tidak mudah percaya dengan provokasi, hoaks, fitnah, dan ujaran kebencian. Masyarakat, kata dia, jangan mau diadu domba karena dampaknya akan dirasakan semua pihak dan masyarakat luas.

Ketua Umum DAD Provinsi Kalteng H Agustiar Sabran menegaskan, DAD netral dan tidak berpolitik praktis. Namun, kata Sabran, DAD berkepentingan dalam membantu menyukseskan serta mendukung terlaksana pemilu yang lancar, aman, dan damai.

"DAD tidak berpolitik. Di dalam DAD ini ada beragam latar belakang, termasuk partai politik. Kita saling menghargai dan menghormati. Organisasi ini mendukung penyelenggaraan pemilu, sedangkan pilihan politik, diserahkan kepada pribadi masing-masing," terang Agustiar.

Pembacaan deklarasi ini dilaksanakan usai pelantikan dan pengukuhan pengurus DAD Kotawaringin Timur periode 2017-2022 yang diketuai HM Taufiq Mukri sebagai Ketua Umum. Pelantikan dipimpin Ketua Umum DAD Provinsi Kalteng H Agustiar Sabran.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Aksi Absurd Orang Indonesia yang Malah Bikin Kita Malu Sendiri

Posted: 14 Oct 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang pasti punya kepercayaan diri yang berbeda-beda. Namun kalau sudah kelewat batas bukan lagi jadi percaya diri, tapi malah bikin malu-maluin.

Seperti orang-orang ini misalnya melakukan hal nyeleneh yang bikin gagal paham banyak orang, sampai akhirnya jadi perhatian banyak orang.

Artikel tentang delapan aksi nyeleneh orang-orang yang malah bikin kita malu, menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua terpopuler yakni hobi ngupil yang ternyata bisa berbahaya. Sedangkan artikel ketiga terpopuler tentang kesan menarik kontingen Asian Para Games 2018 di Indonesia.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 8 Aksi Absurd Orang yang Malah Bikin Kita Malu Sendiri

 

(Foto rangkuman berbagai sumber)

Tampil percaya diri di depan umum boleh-boleh saja asal masih tahu batas. Tapi kalau sudah kelewatan, terkadang rasa percaya diri dan gak tahu malu bisa beda-beda tipis.

Ya, seperti orang-orang ini misalnya tanpa malu menjadi perhatian publik, mereka cuek melakukan tingkah absurd yang bikin kita tak habis pikir. Dilansir dari berbagai sumber, berikut aksi absurd orang-orang cuek yang malah bikin kita malu sendiri saat melihatnya.

Selengkapnya..

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

2. Tak Banyak yang Tahu, Hobi Ngupil Ternyata Bisa Berbahaya

Ilustrasi mengorek hidung atau mengupil (iStockphoto)

Mengupil mungkin menjadi hal yang biasa dilakukan oleh banyak orang. Meski tujuannya mampu membersihkan kotoran dan debu yang menempel di lubang hidung, namun kalau hal ini keseringan terjadi malah menyebabkan timbulnya penyakit yang berbahaya.

Bedasarkan sebuah penelitian yang dilakukan ilmuwan Inggris, ternyata mengupil dengan tangan kotor punya potensi untuk menyebabkan pneumonia.

Selengkapnya..

3. Ini Kesan Menarik Kontingen Asian Para Games 2018 di Indonesia

Atlet para-atletik Indonesia, Sapto Yogo Purnomo usai laga lari nomor 100 meter T37 pria yang  digelar di Stadion GBK, Jakarta, Selasa (9/10). Ini menjadi medali emas kedua Sapto di Asian Para Games 2018. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Perhelatan Asian Para Games di Jakarta telah sampai pada pengujung acara. Dimulai sejak 6 Oktober 2018, Asian Para Games ditutup Sabtu (13/8/2018). Momen Asian para Games tahun ini diwarnai dengan berbagai kesan menarik.

Asian Para Games ke-3 yang dilaksanakan di Indonesia membuat kesan tersendiri pada kontingen negara lain. Dikutip dari laman resmi Asianparagames2018.id, mulai dari penonton hingga voluteer Asian Para Games 2018 ternyata memberikan keunikan tersendiri bagi banyak kontingen.

Selengkapnya..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ratusan Ribu Orang Kembali Demo di Jerman, Protes Diskriminasi Rasialisme

Posted: 14 Oct 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ratusan ribu orang menggelar aksi protes di ibu kota Jerman, Berlin, dalam upaya menyuarakan keprihatinan mereka terhadap isu diskriminasi terkait rasialisme. 

Protes yang berlangsung pada Sabtu, 13 Oktober itu juga mendesak pemerintah turun tangan dalam menanggapi peningkatan kekerasan oleh kelompok ultrakanan, yang kontra pada kebijakan imigrasi negara itu.

Dikutip dari VOA Indonesia, Minggu (14/10/2018), berbagai kelompok, termasuk pro pengungsi, hak-hak kaum LGBT, dan organisasi muslim, mendukung aksi protes tersebut. Mereka satu suara menyampaikan slogan "Solidaritas di Jerman harus menghapus pengucilan".

Di lain pihak, aksi protes itu merupakan buntut dari terpilihnya Partai Alternatif, yang beraliran ultrakanan, ke dalam Parlemen Jerman pada pemilu tahun lalu. Sejak itu, suara kontra imigran terus merongrong kebijakan "politik terbuka" yang diusung Kanselir Angela Merkel. 

Koordinator aksi massa terkait mengatakan lebih dari 240 ribu orang turun ke jalan pada Sabtu lalu. Sementara, polisi mengatakan bahwa jumlah demonstran berada "lebih rendah dari enam digit".

Di antara pendukung protes ini adalah Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas, yang mengatakan kepada surat kabar Funke, bahwa itu "pertanda besar mayoritas di negara kita mendukung toleransi dan keterbukaan". 

 

Simak video pilihan berikut:

Bocoran Kongkalikong Polisi dan Pihak Sayap Kanan

Demo pendukung sayap kanan Jerman. Temuan suatu survei menyebutkan bahwa sekitar 10 persen warga Jerman sekarang ingin dipimpin oleh seorang diktator. (Sumber AFP)

Sementara itu, bocornya surat perintah penangkapan kepada kelompok sayap kanan disebut meningkatkan kecurigaan meluas tentang hubungan antara polisi Jerman dan demonstran xenofobia (anti-imigran).

Pihak berwenang telah mengonfirmasi laporan kebocoran setelah surat perintah penangkapan --yang berisi nama lengkap tersangka utama dalam pembunuhan seorang pria berusia 35 tahun, yang memicu protes anti-imigran di kota Chemnitz-- diunggah ke media sosial oleh Lutz Bachmann, anggota pendiri kelompok sayap kanan, Pegida.

Dikutip dari The Guardian, bocoran surat penangkapan itu merujuk pada seorang pria asal Iral berusia 22 tahun, yang namanya disamarkan.

Polisi di Chemnitz dikabarkan kewalahan mengatasi kerusuhan karena tidak cukup siap terhadap aksi protes balasan oleh sayap kanan pada Minggu 26 Agustus, menyusul penusukan terhadap Daniel H --warga negara Jerman-- yang nama keluarganya belum dirilis ke publik.

Keputusan penundaan tersebut adalah untuk menghindari ledakan protes lebih besar, di mana penelusuran terhadap nama keluarga bisa menguak asal-usul korban penusukan, yang diyakini kuat mengandung sentimen terhadap isu xenofobia.

Demonstrasi besar-besaran selama selama dua hari di bulan Agustus itu diikuti oleh sekitar 6.000 orang, termasuk di dalamnya 1.500 orang pro sayap kanan yang anti-imigran, dengan dengan cepat berubah menjadi aksi kekerasan yang tidak terkendali.

Banyak pihak sayap kanan Jerman memburu orang-orang asing di jalanan, seraya beberapa di antaranya berteriak, "Untuk setiap orang Jerman yang gugur, orang asing harus enyah!"

Teriakan yang terkesan patriotik itu disebut mengingatkan pada adegan semitisme di era NAZI.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasar Salamoeli Siapkan Atraksi-atraksi Menarik untuk Gaet Wisman

Posted: 14 Oct 2018 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tancap gas terus dilakukan Pasar Salamoeli Ambon. Destinasi Digital gawean Generasi Pesona Indonesia (GenPi) Maluku itu akan terus berinovasi di setiap pekannya dalam menciptakan atraksi-atraksi menarik untuk mendatangkan wisatawan.

"Kita akan terus belajar dan tumbuh menjadi destinasi yang baik dan berkelanjutan. Kita akan contoh destinasi-destinasi digital yang sudah sangat ramai dan awet. Salah satunya adalah dengan menjaga dan menciptakan atraksi yang ada di destinasi,"kata Ketua GenPI Maluku Glenn Wattimury.

Pasar tersebut sudah dilaunching, 14 Oktober 2018, di Suli, Ambon.Glenn mengatakan, dirinya optimis bahwa destinasi digital dan semua komponen pendukung di GenPi Maluku akan bisa menciptakan pasar yang wow. Ramai. Serta keren.

"Dengan panggung di atas laut, dekat dengan homestay wisatawan mancanegara, serta banyak keluarga bule yang tinggal di sini, maka destinasi digital ini akan menjadi atraksi tersendiri dan tentunya akan terus viral di sosial media,"katanya.

Tampilan pasar yang dibuat netizen yang dilahirkan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) itu juga keren. Persis di bibir pantai yang juga menghadap pulau. Airnya tenang. Anginnya sepoy-sepoy. Spot selfienya juga bagus dan kreatif. "Anda bisa menikmati Rujak Natsepa yang sangat juara di sini, lihat buktinya, Rujak itu jadi idola dan sampai dinikmati wisatawan mancanegara,"kata Glenn.

Ketua Umum GenPi Mansyur Ebo yang mendatangi langsung tempat acara tersebut mengucapkan selamat atas berdirinya Pasar Salamoeli. Kata Mansyur, diharapkan berdirinya pasar ini adalah bisa berdampak langsung terhadap masyarakat sekitar dan pariwisata Indonesia.

"Karena dengan semakin ramainya tempat ini, maka nanti akan ada transaksi membelanjakan uangnya dan memberikan penghasilan tambahan bagi masyarakat sekitar, perekonomian masyarakat semakin membaik,"kata pria yang biasa disapa Ebo itu.

Ebo juga meminta kepada semua pihak bahwa pasar ini harus berkelanjutan, harus kreatif, harus didesign dengan cantik, dan tentunya menjaga kebersihan dengan baik. "Kami yakin pasar ini akan ramai, asalkan dipromosikan dengan baik di semua platform sosial media dan media konvensional. Ini adalah bentuk kerja dan karya teman-teman GenPi untuk mendukung pariwisata Indonesia. Semakin hari semakin cantik dari tampilan maupun dari atraksi,"katanya.

Ebo menjelaskan, destinasi digital ini nantinya memiliki peran dan fungsi yang berdampak pada pariwisata Indonesia. "Nantinya dari semua destinasi digital yang menyebar para netizen bisa saling berinteraksi, saling berkomunikasi, saling mempromosikan Indonesia. GenPi dari dalam negri, sedangkan GenWi mempromosikan Indonesia di luar negri. Ini bersatu untuk Pariwisata Indonesia dan tempat berkumpulnya di destinasi digital,"ujar Ebo.

Pria yang murah senyum itu menambahkan, GenPi nantinya akan lahir di seluruh Indonesia. Tugasnya jelas yakni mengexplore seluruh destinasi yang ada di tanah air. Promosi melalui sosial media itu nantinya langsung disambut oleh GenWi yang juga tugasnya memviralkan semua karya GenPi ke seluruh dunia maupun di daerah tempat para pelajar tersebut menuntut ilmu.

"Dari interaksi GenPi dan GenWi itulah nantinya akan mengangkat pariwisata Indonesia. Bahkan kami juga sudah mempersiapkan "rumah" untuk keduanya yakni ITX dan GenPi.co. Dua platform itu akan memperkuat interaksi. ITX bisa menjalankan dan menjual paket wisata untuk wisatawan dengan online travel agent, sedangkan di genpi.co juga bisa berinteraksi dan mempublish karya-karyanya yang kaitannya dengan pariwisata Indonesia,"kata Ebo.

Nah, destinasi digital merupakan salah satu kegiatan offline GenPi yang rencanananya akan berdiri sebanyak 100 destinasi digital. "Sekarang eranya sudah sosial media. Bahkan efektifitasnya 4 kali lipat lebih efektif. Seperti yang selalu bapak Menteri Pariwisata Arief Yahya utarakan bahwa GenPi dan GenWi harus punya creative values maupun comercial values. Maka dari itu kita siapkan rumah di ITX dan GenPi.co. ITX itu nantinya seperti Traveloka-Traveloka baru yang selalu update. Sedangkan Destinasi Digital merupakan commercial values untuk teman-teman GenPi,"katanya.

Seperti diketahui, GenPi anggotanya adalah para pelaku sosial media yang ada di seluruh Indonesia, sedangkan GenWi adalah para pelajar maupun seluruh masyarakat Indonesia yang ada di luar negri.GenPI dan juga GenWi diisi oleh nitizen, Blogger, Vloger, Fotografer, Videografer, Traveler, Jurnalis, Reporter dan Influencer.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menambahkan, dunia kini sudah mulai berubah, dan dunia sudah dalam genggaman.

"More digital more global, more digital more personal, more digital, more profesional. GenPI dan GenWi harus terus memberikan contoh yang baik dalam bersosial media, mari kita bergandeng tangan untuk membangun pariwisata Indonesia melalui sosial media, dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat melalui destinasi digital,"kata Menpar Arief Yahya.

Kata Menteri asli Banyuwangi sangat memberikan apresiasi yang tinggi terhadap GenPi dan GenWi. Kata Menpar, GenPi dan GenWi merupakan generator penggerak untuk mencintai Indonesia di sosial media. "Teruslah nge-gass mempromosikan destinasi wisata Indonesia, events dalam kalender nasional dan daerah, serta kebijakan kepariwisataan. Kira harus bersatu untuk pariwisata Indonesia," kata Menpar.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Putihkan Kulit Secara Alami dengan Masker Labu dan Bahan Ini

Posted: 14 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit bisa dilakukan dengan merawatnya menggunakan bahan-bahan alami. Salah satunya dengan masker labu dan kopi.

Kombinasi labu dan latte dilansir dari Stylecraze.com, akan menjadi masker yang sangat baik mengangkat sel-sel kulit mati dan mencerahkan wajah serta meremajakan kulit.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 sdm labu yang sudah dihaluskan
  • 1 sdt kopi bubuk1 sdt madu       

Cara membuat masker:

1. Campurkan semua bahan dan oles merata pada kulit. Biarkan hingga agak mengering.

2. Kemudian gosokkan perlahan masker dengan gerakan memutar sehingga bisa memaksimalkan fungsi mengangkat sel-sel kulit mati dan mencerahkan wajah.

Masker ini bukan hanya bisa digunakan pada area kulit wajah, tapi juga bisa dijadikan lulur atau masker tubuh untuk mencerahkan kulit badan dan membersihkannya dari sel-sel kulit mati.

Tekstur bubuk kopi yang kasar akan dinetralisir dengan labu sehingga tidak menyakiti kulit akan sangat baik mengelupas sel-sel kulit mati di wajah dan kulit tubuh pada umumnya, sehingga bisa meremajakan kulit dan menampilkan kulit yang segar dan kencang.

Nah, boleh dicoba di rumah nih ladies. Yuk lebih perhatian dengan kulit tubuh mulai sekarang!

Reporter: Febi Anindyakirana

Sumber: Vemale.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian PUPR Terus Distribusikan Air Bersih ke Sulteng

Posted: 14 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus menyalurkan distribusi kebutuhan dasar para pengungsi usai bencana gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah. Bentuk bantuan yang diberikan antara lain, seperti penyediaan prasarana sarana air bersih dan sanitasi.

Itu merupakan respons dari sikap Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola yang telah mengeluarkan surat keputusan perpanjangan masa tanggap darurat bencana gempa bumi dan tsunami di Provinsi Sulteng selama 14 hari, terhitung mulai 13-26 Oktober 2018.  

Menurut laporan dari Kementerian PUPR, Senin (15/10/2018), hingga kini sebanyak 45 hidran umum berkapasitas 2 ribu liter telah didistribusikan dan digunakan sebagai penampungan air bersih di lokasi-lokasi pengungsian di Palu.

Sementara untuk di Kabupaten Donggala telah didistribusikan sebanyak 10 unit HU berkapasitas 2 ribu liter. Distribusi air dilakukan oleh 16 unit Mobil Tangki Air (MTA) tidak hanya ke lokasi hidran umum, namun juga penampungan air lainnya untuk mempermudah korban gempa mendapatkan air bersih.

Selain itu, Kementerian PUPR pun sudah memfungsikan satu unit mobil Instalasi Pengolah Air yang dapat mengubah air kotor menjadi air layak minum. Selain itu, juga dioperasikan 4 mobil tinja dan 1 mobil toilet. Peralatan lain yang telah diditribusikan yakni 41 unit WC knockdown serta 15 unit tenda darurat.

Di sisi lain, Kementerian PUPR juga telah menurunkan Tim Balitbang untuk melakukan verifikasi terhadap bangunan pemerintah dan fasilitas umum yang rusak. Verifikasi sudah dilakukan terhadap 20 bangunan gedung, di antaranya RSUD Anutapura Palu yang mengalami rusak berat, Gedung Walikota Palu rusak sedang, dan Gedung Terminal Bandara Mutiara Palu rusak sedang.

Dalam membantu melakukan evakuasi korban, Kementerian PUPR saat ini telah mengoperasikan sejumlah alat berat yakni 25 unit excavator.

Proses pembersihan Kota Palu dilakukan menggunakan alat berat berupa 10 unit excavator, 1 loader, dan 40 unit dump truck. Sedangkan untuk perbaikan konektivitas di Kota Palu, telah diturunkan 27 unit excavator, 5 unit wheel loader, 1 unit backhoe loader, dan 32 unit dump truck. Saat ini akses jalan nasional menuju dan dari Kota Palu sudah dapat dilalui.

Simak video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga 1 2018 Hari Ini, Persipura Vs Persib

Posted: 14 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gojek Liga 1 Bersama Bukalapak telah memasuki pekan ke-25. Persaingan panas terjadi di papan klasemen.

Hari ini ada dua laga yang bakal digelar. Yakni Persipura Vs Persib dan Bali United Vs Mitra Kukar.

Laga Persipura Vs Persib akan digelar di Stadion Mandala. Duel ini akan dimulai pukul 13.30 WIB.

Bagi Persib kemenangan sangat penting untuk menjaga peluang juara. Apalagi persaingan semakin ketat karena selisih poin dengan para pesaing sangat tipis.

Sementara bagi Persipura kemenangan sangat penting untuk mendongkrak posisi di klasemen Liga 1. Mereka masih tertahan di posisi kesembilan dengan 33 poin.

Laga Lain

Liga 1

Sedangkan di laga lain Bali United akan menantang Mitra Kukar. Serdadu Tridatu membidik kemenangan agar kembali ke papan atas.

Sementara Naga Mekes ingin menang untuk menjauhi zona degradasi. Maklum mereka kini masih tertahan di posisi ke-15 klasemen Liga 1.

Berikut jadwal Gojek Liga 1 Bersama Bukalapak hari ini:

Jadwal

liga 1

Persipura Vs Persib (13.30 WIB)

Bali United Vs Mitra Kukar (19.00 WIB)

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Benarkah Apple Watch Jurnalis Jamal Khashoggi Rekam Bukti Penyiksaan?

Posted: 14 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi hilang secara misterius setelah masuk ke Konsulat Saudi di Istanbul, Turki, pada 2 Oktober lalu.

Keberadaannya hingga kini tak diketahui, tapi beredar kabar pria 59 tahun itu dibantai oleh "tim pembunuh" beranggotakan 15 orang yang dikirim oleh pihak Kerajaan Arab Saudi.

Kabar yang masih simpang siur ini juga menurut informasi, didukung oleh fitur perekaman di Apple Watch yang diaktifkan Khasoggi.

Mengutip BBC, Senin (15/11/2018), sebelumnya media lokal bernama Sabah memberitakan Khashoggi mengaktifkan fitur perekaman di Apple Watch-nya sebelum masuk ke konsulat Saudi.

Media tersebut juga melaporkan, hasil rekaman suara dari Apple Watch yang kemudian dikirimkan ke iPhone dan iCloud menunjukkan tanda kalau Khashoggi diinterogasi dan disiksa hingga meninggal dunia. Keberadaan iPhone itu pun ada di tangan sang tunangan.

[bacajuga:Baca Juga](3664347 3198569 3092434)

Media yang sama juga menyebut, penyerang Khashoggi melihat jam itu dan mencoba mengaksesnya dengan menebak kode sandi sebelum menggunakan sidik jari korban untuk membuka kuncinya. Para penyerang kemudian menghapus beberapa file, tapi tak semuanya.

BBC kemudian mencari tahu tentang kebenaran informasi ini. Satu hal yang pasti, Apple tidak pernah menghadirkan sistem Touch ID pada Apple Watch, sehingga mengakses dengan fingerprint tentu merupakan hal yang tidak mungkin.

Kecuali, si penyerang membukanya melalui iPhone yang terhubung, tetapi kenyataannya iPhone berada di luar bangunan konsulat Saudi.

Merujuk pada kemampuan recording di Apple Watch, rupanya fitur ini tidaklah bersifat melekat (build in) di perangkat, tetapi bisa dilakukan oleh aplikasi pihak ketiga yang terpasang. Memang ada kemungkinan wartawan tersebut telah menginstal aplikasi sebelum memasuki kantor konsulat.

Meskipun hal tersebut mungkin dilakukan, menjadi tak masuk akal saat hasil rekaman diunggah ke iPhone. Pasalnya Khashoggi harus memencet tombol setop tanpa diketahui oleh para penyerangnya. Terlebih lagi, Apple Watch miliknya perlu koneksi Bluetooth untuk bisa terhubung ke iPhone.

Lagi-lagi, kabar ini terpentok pada fakta iPhone yang dimaksud berada di tangan sang tunangan, sementara jarak koneksi Bluetooth memiliki keterbatasan.

Jarak Bluetooth Terbatas Hanya Beberapa Meter

Tampilan Apple Watch Series 4 (sumber: Apple)

Jurnalis BBC, Rory Cellan-Jones, menguji jarak Bluetooth ini dengan menyeting koneksi iPhone ke earbud Bluetooth yang ada di ruang tengahnya. Masih di dalam rumah Jones, audio yang tadinya muncul di earbud-nya mendadak menghilang.

Tampaknya, sangat tidak mungkin sinyal Bluetooth dari Apple Watch akan membentang melalui beberapa dinding bangunan Istanbul, kecuali tunangan Khashoggi ada di luar ruangan tempat interogasi berlangsung.

Jones juga mempertimbangkan faktor lain, yakni Apple Watch yang dipakai oleh Khashoggi adalah Apple Watch 3 yang bisa membuatnya berkomunikasi dengan kontak-kontak yang disimpan.

Hal ini memang bisa dilakukan, tetapi dia harus berlangganan ke salah satu dari tiga operator Amerika Serikat, tempat dia tinggal.

Masalahnya, Khashoggi sedang berada di Turki dan operator tidak menyediakan paket roaming untuk Apple Watch. Oleh karena itu, saat dia mendarat di Turki, secara otomatis Apple Watch-nya hanya bisa bergantung pada koneksi iPhone.

Tentu kalau mau, dia bisa menggunakan operator Turki. Namun, tahun lalu Apple Support memberi jawaban saat ditanya tentang kemungkinan penggunaan Apple Watch dengan koneksi seluler di Turki.

Apple Watch Tak Mungkin Pakai Jaringan Seluler di Turki

Ilustrasi Apple Watch (iStock)

"Ada tiga versi regional Apple Watch 3 (GPS+Seluler), masing-masing mendukung band LTE dan UMTS yang beda-beda. Detailnya, di Turki belum tersedia dukungan operator seluler untuk Apple Watch 3," kata Apple.

Situasi ini belum berubah sampai saat ini. Artinya, pengguna Apple Watch 3 di Turki belum bisa terkoneksi dengan internet kecuali terhubung dengan iPhone di dekatnya.

Tentu akan lain ceritanya kalau Departemen Keamanan Turki berhasil meretas Apple Watch dan mengubahnya menjadi alat perekam jarak jauh yang kemudian diberikan ke Khashoggi sebelum ia masuk ke konsulat Saudi di Istanbul.

Namun, bakal lebih masuk akal kalau Departemen Keamanan Turki menggunakan cara lain, seperti memata-matai kegiatan diplomat asing dan cerita soal Apple Watch hanyalah rekaan belaka.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kronologi #UNINSTALLGOJEK Viral di Medsos

Posted: 14 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beredar di media sosial tanda pagar #Uninstallgojek selama beberapa hari terakhir. Hal ini diawali dari unggahan salah satu karyawan Gojek pada National Coming Out Day.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditinggal Suami Nikah Lagi, Nadya Almira Curhat soal Wonder Woman

Posted: 14 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Lama tak terdengar, pesinetron Nadya Alimira muncul lagi. Kali ini lewat curhatannya di media sosial yang menarik perhatian warganet.

Nadya Almira disorot lantaran curhatannya tentang ketegaran seorang perempuan. Pesinetron yang kini berhijab ini mengutip kalimat panjang karya Dedy Susanto PJ.

"Buat kamu seorang istri yang sebenernya nggak bahagia akan pernikahanmu namun tetap berjuang untuk sabar pada anakmu. Kamu mencuri perhatianku. Kamu wanita hebat. Menurut teori psikologi seorang istri yang tidak bahagia sulit untuk menghantarkan kebahagiaan untuk anaknya. Sampai kamu tetap bisa sabar untuk anakmu, tidak menumpahkan kekecewaan terhadap suami pada anakmu. Ini adalah bukti bawah kamu adalah wonder woman. Doa restuku untukmu semoga tetap tegar. Kamu telah mampu membuktikan pada dunia bahwa cintamu pada anakmu jauh lebih besar dari luka batinmu".

Dan, Nadya Almira juga menyatakan salut pada kaumnya. "Hai kalian ibu2 hebat di luar sana bacaaaa yaaaa !!! Semangaaattt," tulis Nadya Almira di caption unggahannya.

Tentu saja postingan ini langsung mengundang para netizen berkomentar. Kebanyakan netizen memberikan komentar positif dan dukungan buat ibu dua anak ini.

Saksikan video menarik berikut ini.

Tiga Kali

Tidak banyak yang tahu kapan Nadya menikah dengan Ray. Pernikahan keduanya tak terendus media. Mulai tercium setelah Nadia mengunggah foto sambil memegang buku nikah pada bulan Oktober silam. (Instagram/nadya_almira)

Nadya Alimra sepertinya masih mengingat betapa sakitnya saat ditinggalkan suami demi perempuan lain. Kejadian itu berlangsung pada 2017 lalu.

Mengutip artikel dari Kapanlagi.com yang dipublikasikan 18 Desember 2017, saat itu ditulis ada kabar mengejutkan datang dari pesinetron cantik ini. Ternyata Nadya sudah memiliki seorang suami dan dua orang anak yang lucu-lucu.

Yang lebih mengejutkan lagi, Nadya mengabarkan suaminya sudah menikah lagi dengan seorang perempuan lain. Pernikahan itu terjadi ketika Nadya dan suaminya yang bernama Ray Rendy masih terikat dalam status pernikahan.

Pada kolom komentar, Nadya menjelaskan tentang tulisannya soal istri ketiga. Menurut Nadya, maksud dari tulisannya ini adalah Ray sudah menikah sebanyak tiga kali. Sebelum menikah dengannya, Ray sudah pernah menikah, namun sudah bercerai ketika menikah dengan dirinya. 

 

Karier

Nadya Almira. (Instagram/nadya_almira)

Nadya Almira mengawali karier di dunia hiburan pada 2010. Namanya tenar lewat sinetron Arti Sahabat. Sejak itu, Nadya kerap membintangi banyak FTV. Lebih dari 25 judul FTV pernah dibintanginya. Aktingnya juga dibuktikan lewat sederet judul film layar lebar.

Belakangan, ada yang berubah dari penampilan wanita asal Jakarta ini. Jika biasanya tampil seksi, kini Nadya memutuskan untuk mengenakan hijab. Nadya ternyata menikah dengan pembalap Ray Rendy dan sudah dikaruniai dua anak.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baru Selesai 78 Persen, Pemprov DKI Soft Launching JPM Tanah Abang

Posted: 14 Oct 2018 08:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov DKI Jakarta akhirnya menggelar soft launching (peluncuran awal) dari skybridge atau jembatan penyeberangan multiguna (JPM) Tanah Abang. Meski pembangunannya baru selesai 78 persen, Pemprov DKI tetap meresmikan jembatan ini.

"Baru 78 persen, (diresmikan) karena hasil dari koordinasi dengan Pak Wali biar pedagang juga merasa yakin bahwa ini betul disiapkan buat (PKL)," kata Dirut Sarana Jaya Yoory C Pinontoan di lokasi JPM Tanah Abang, Senin (15/10/2018) pagi.

Yoory mengatakan, target penyelesaian JPM akhir Oktober mendatang. "Sisanya akhir Oktober, target penyelesaian pekerjaan. Kita baru mulai 3 Agustus, target kami tiga bulan selesai," ucapnya.

Pantauan Liputan6.com, lapak atau kios untuk PKL baru 100 yang selesai, selain itu pagar pembatas juga belum sepenuhnya terpasang.

"Oktober selesai semua," kata Yoory.

Selain itu akses masuk dan jembatan tembus ke Pasar Tanah Abang juga belum selesai. Rencananya akan ada kios sebanyak 446 untuk menampung 446 PKL.

"Akses masuk belum dibuka full, akhir Oktober kita buka semua," ucapnya.

Nantinya para PKL harus membayar Rp 500 ribu untuk biaya keamanan dan kebersihan. "Ada penerangan, keamanan kita pasang CCTV juga, kebersihan, biaya untuk itu," tandasnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Ciptakan Pro-Kontra

Meski segera diresmikan, JPM Tanah Abang belum sepenuhnya selesai. Bahkan, sejak awal pembangunannya, Pemprov DKI terus dibombardir pro kontra.

Pertama, saat Pemprov DKI menutup satu jalur di Jalan Jati Baru Raya untuk ditempati PKL pada Desember 2017. Gubernur Anies Baswesdan mengatakan, penataan Tanah Abang memfasilitasi semua pemilik kepentingan, dari pedagang, pejalan kaki, hingga angkutan umum.

"Semua pihak yang mememiliki kepentingan bisa terakomodasi," kata Anies saat memberikan keterangan terkait penataan Tanah Abang di Balai Kota Jakarta, Kamis (21/12/2017).

Penutupan itu berujung pada pelaporan Anies ke pihak berwajib hingga rekomendasi Ombudsman. Ombudsman DKI Jakarta mengeluarkan Laporan Hasil Akhir Pemeriksaan (LHAP) terkait penataan PKL Tanah Abang yang menutup sebagian Jalan Jatibaru. Laporan menyebut, adanya maladministrasi atas kebijakan Anies.

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Ombudsman DKI Jakarta Dominikus Dalu menjelaskan, jika dalam 30 hari Pemprov DKI tidak menanggapi, laporan itu bisa ditingkatkan menjadi rekomendasi. Itu dilakukan setelah melalui mekanisme pleno pemimpin Ombudsman RI.

"Sanksi administratif itu bisa di-nonjob-kan, bisa dibebastugaskan," kata Dominikus saat konferensi pers di kantor Ombudsman RI, Jakarta, 26 Maret 2018.

Meski terus mendapat penolakan, Anies bergeming. Ia mengatakan jalan itu tidak akan dibuka sampai skybridge Tanah Abang selesai dibangun. Skybridge menurutnya adalah solusi bagi PKL agar tak berjualan di trotoar ataupun di Jalan Jatibaru lagi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Sambangi KPK, Bupati Malang Jalani Pemeriksaan Perdana sebagai Tersangka

Posted: 14 Oct 2018 08:55 PM PDT

Bupati Malang, Rendra Kresna menjawab pertanyaan setibanya untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (15/10). Rendra Kresna menjalani pemeriksaan perdana sebagai tersangka dugaan kasus gratifikasi dan suap. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Malang, Rendra Kresna menjawab pertanyaan setibanya untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (15/10). Rendra Kresna menjalani pemeriksaan perdana sebagai tersangka dugaan kasus gratifikasi dan suap. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Malang, Rendra Kresna menjawab pertanyaan setibanya untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (15/10). Rendra Kresna diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi proyek di Dinas Pendidikan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Malang, Rendra Kresna menjawab pertanyaan setibanya untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (15/10). Rendra Kresna diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi proyek di Dinas Pendidikan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Malang, Rendra Kresna berada di ruang tunggu untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (15/10). Rendra Kresna menjalani pemeriksaan perdana sebagai tersangka dugaan kasus gratifikasi dan suap. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Malang, Rendra Kresna berada di ruang tunggu untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (15/10). Rendra Kresna menjalani pemeriksaan perdana sebagai tersangka dugaan kasus gratifikasi dan suap. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Malang, Rendra Kresna berada di ruang tunggu untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (15/10). Rendra Kresna diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi proyek di Dinas Pendidikan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Malang, Rendra Kresna berada di ruang tunggu untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (15/10). Rendra Kresna diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi proyek di Dinas Pendidikan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Mafia Tiongkok di Balik Paket Wisata Murah Bali?

Posted: 14 Oct 2018 08:50 PM PDT

Bali - Ternyata ada permainan "mafia" di balik murahnya wisata Bali bagi wisatawan Tiongkok. Hal ini setidaknya diungkapkan sejumlah tokoh dan pelaku pariwisata di Bali.

Elsye Deliana Deliana, Ketua Bali Liang (Komite Tiongkok Asita Daerah Bali) menjelaskan, wisatawan Tiongkok memang menjadi penyumbang turis paling tinggi di Bali, tapi di balik itu ada praktik-praktik "mafia".

"Kasarnya gini ya, Bali itu dijual sangat murah di Tiongkok oleh agen-agen tertentu. Sangat murah, bahkan semakin berlomba untuk lebih murah," ungkap Elsye.

Dia mengatakan, fenomena ini sudah berlangsung dua sampai tiga tahun di Bali. Tahun terakhir sudah semakin parah. Elsye mengatakan, sebelumnya (paket wisata) Bali dijual 999 RMB (Renin Bi) atau sekitar Rp 2 juta. Itu sudah termasuk tiket pesawat pulang pergi, makan dan hotel 5 hari 4 malam.

"Coba dibayangkan, dengan uang Rp 2 juta orang Tiongkok sudah bisa ke Bali, menginap di Bali 5 hari 4 malam dan sudah dapat makan," kata Elsye.

Yang lebih parah lagi, belakangan dijual lebih murah lagi. Setelah angka 999 RMB atau sekitar Rp 2 juta, kemudian turun menjadi 777 RMB sekitar Rp 1,5 juta, kemudian turun lagi menjadi 499 RMB atau sekitar Rp 1 juta dan terakhir sudah sampai 299 RMB sekitar Rp 600 ribu.

"Coba dipikir, dengan Rp 600 ribu bisa dapat tiket ke Bali dan balik lagi ke Tiongkok. Dapat makan dan hotel selama 5 hari 4 malam. Jadi kualitasnya seperti apa?" kata perempuan yang kerap disapa Meylan ini.

"Yang jadi pertanyaan saat ini, mengapa sampai bisa dengan harga semurah itu? Istilah kami zero tour fee (perjalanan biaya murah)," kata Elsye.

Baca juga berita Jawapos.com lainnya di sini.

Permainan Penjual Paket Wisata

Menurut pandangan Elsye, hal tersebut bisa terjadi lantaran ada permainan besar dari penjual. Ada pengusaha dari Tiongkok juga yang membangun usaha art shop di Bali dengan jumlah yang sudah cukup banyak di Bali. Toko-toko ini yang menyubsidi wisatawan dengan biaya murah itu ke Bali. Namun, mereka nantinya wajib untuk masuk ke toko-toko itu.

"Ada subsidi dari art shop besar yang punya beberapa di Bali. Subsidi ini yang bisa membuat harga murah," ungkap Elsye.

Namun, mereka sudah seperti beli kepala, wisatawan itu wajib masuk toko itu. Seperti dipaksa belanja di sana. Mereka masuk, kemudian membeli barang-barang berbahan lateks, seperti kasur, sofa, bantal dan lainnya.

"Dengan alasan bahwa Indonesia penghasil karet, sehingga barangnya jauh lebih murah. Padahal barang itu sebenarnya barang buatan Tiongkok juga," sahut Bambang Putra.

"Kemudian juga ada toko sutra dan lainnya," kata dia.

Mereka dalam 5 hari 4 malam, selama 4 hari hanya masuk toko–toko milik orang Tiongkok juga. Bahkan diduga pembayarannya juga dengan wechat (pola Tiongkok) dengan sistem barcode.

"Jadi transaksinya berputar saja, datang ke Bali dari Tiongkok, belanja ke toko Tiongkok, kemudian sistem pembayaran masih ala Tiongkok," ungkap Elsye.

Parahnya lagi, ada yang mengambil barang di Bali, ada juga yang mengambil barang di Tiongkok.

"Selama lima hari ini, hanya satu hari mereka menjalani tur ke destinasi wisata di Bali. Dulunya Tanah Lot, tapi ketika harga naik hanya diajak ke Uluwatu karena lebih murah," ungkapnya.

Kerugian Wisata Bali

Dengan kondisi ini, ada banyak kerugian yang dialami Bali. Yang pertama keuntungan bagi Bali, tidak ada. Kasarnya, kata dia, Bali hanya dapat sampahnya. Kemudian karena pola tur seperti ini, seperti ada permainan–permainan mafia.

Wisatawan juga merasa seperti ditipu. Mereka ke Bali, tapi tidak tahu Bali. Bagi mereka Bali itu tidak menarik, mereka tidak akan kembali lagi.

"Bali itu bagi mereka isinya hanya toko–toko yang jual lateks karena Indonesia penghasil karet," imbuh Elsye.

Sekretaris Bali Liang, Herman, juga sependapat, menurutnya pola permainan lainya terkait Tiongkok adalah masalah ilegal dan legal. Yang terjadi saat ini, sangat banyak adalah guide ilegal, kemudian travel agen ilegal, fotografer prewed di Bali menggunakan visa wisata namun bekerja, termasuk juga toko–toko jaringan yang mensubsidi wisatawan murah itu, juga banyak warga Negara Tiongkok yang tidak memegang visa kerja.

"Ini yang harus dituntaskan oleh pemerintah. Mesti dipastikan mana legal mana ilegal," ungkap herman.

Ini akan sangat merugikan Bali ke depan. Bahkan Bali yang begitu hebat di mata dunia, menjadi sangat tidak menarik bagi wisatawan Tiongkok yang merasakan permainan ini. Fenomena ini juga terjadi di Thailand dan Vietnam, tapi saat ini pemerintah negara tersebut sudah mulai tegas dan melakukan perbaikan–perbaikan.

"Jika tidak membawa uang sekitar Rp 5 juta, dalam rekening tidak diberikan masuk Thailand untuk wisatawan Tiongkok" urainya.

Adapun menurut Herry Sudiarto, Ketua Komite Tiongkok DPP Asita, perlu ada ketegasan pemerintah, sebelum semakin parah praktik-praktik yang terjadi di dunia pariwisata Bali khususnya terkait pangsa Tiongkok.

"Pemerintah mesti berani tegas, untuk bisa Bali lebih bagus. Jika dibiarkan seperti ini jelas, akan semakin parah ke depannya. Mesti dibuatkan regulasi yang kuat, untuk bisa melindungi yang legal dan menertibkan yang ilegal," harap Herry.

"Menjadi sangat aneh ketika kita di Indonesia mau ke Tiongkok, paling murah tiket, hotel dan makan habis sekitar Rp 20 juta. Berbanding Rp 600 ribu," pungkas Herry.  

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Pertemuan IMF-Bank Dunia, Pegadaian Sebar 35 Ribu Cangkir Kopi Gratis

Posted: 14 Oct 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Pegadaian (Persero) melalui The Gade Coffee and Gold turut meramaikan perhelatan tahunan IMF-WBG 2018 pada 8-14 Oktober lalu. Salah satu yang dijalankan adalah dengan menggelar diplomasi kopi Nusantara di Area Art Bali. Sekitar 5 ribu cangkir Kopi Nusantara disuguhkan setiap hari selama penyelenggaraan Art Bali 2018.

"Diplomasi kopi Nusantara ala The Gade memberikan cita rasa kopi khas Indonesia, seperti Blue Raung (Ijen), Gayo, Toraja dan speciality coffee yang diracik oleh barista-barista muda. Kopi-kopi berkualitas terbaik di Indonesia, ini disajikan oleh barista The Gade untuk Presiden dan tamu-tamu penting lainnya dari mancanegara," kata Direktur Utama Pegadaian Sunarso dalam keterangan tertulis, Senin (15/10/2018).

The Gade Coffee and Gold membuka stannya di area Art Bali yang menyuguhkan berbagai budaya kesenian agar dapat dinikmati masyarakat dari berbagai latar belakang dan mancanegara.

Sebuah ruang terbuka Art Bali diharapkan mampu mengakomodasi perjumpaan seniman dengan para penikmat seni, serta sebagai wadah baru bagi para seniman dan karya seninya berjumpa langsung dengan publik.

"Oleh sebab itu, diplomasi kopi Nusantara ini menjadi sarana yang pas untuk mengomunikasikan cita rasa kopi dan keragaman seni, serta sebagai ajakan untuk turut membangun jejaring kesenian dan merawatnya," ucap Sunarso.

 

Dinikmati Presiden Jokowi

PT Pegadaian (Persero) melalui The Gade Coffee and Gold turut meramaikan perhelatan tahunan IMF-WBG 2018.

Selain delegasi IMF dan Bank Dunia, Presiden Joko Widodo dan beberapa Menteri Kabinet Kerja berkesempatan mampir dan menikmati kopi di The Gade pada hari ke-6 penyelenggaraan IMF-WBG 2018.

Beberapa menteri Kabinet Kerja seperti Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani, serta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, juga menyempatkan diri seraya menggelar jumpa pers dan minum kopi bareng dengan sejumlah media massa nasional di The Gade Coffee and Gold.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Striker MU Buka Peluang Pindah Juventus

Posted: 14 Oct 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Kiprah MU yang belum konsisten musim ini membuat Romelu Lukaku tak betah. Striker asal Belgia itu pun membuka peluang untuk pindah dari Old Trafford.

Lukaku bergabung dengan MU sejak tahun lalu. Sejauh ini ia telah menyumbangkan 31 gol darI 62 laga.

Posisinya di lini depan pun tak tergantikan. Sayangnya ketajaman Lukaku tak membuat MU tampil bagus musim ini.

Setan Merah masih berada di posisi kedelapan klasemen. Mereka baru mengoleksi 13 poin dari delapan laga.

Selain itu, MU juga sudah tersingkir dari Piala Liga Inggris. Lukaku pun membuka peluang untuk ke klub raksasa Italia, Juventus.

 

 

Komentar Lukaku

Striker Manchester United, Romelu Lukaku, melepaskan tendangan ke gawang Valencia pada laga Liga Champions di Stadion Old Trafford, Selasa (2/10/2018). Manchester United ditahan 0-0 oleh Valencia. (AP/Jon Super)

"Pindah ke klub lain? Kenapa tidak. Saya justru mengharapkan hal itu," kata Lukaku seperti dilansir dari Manchester Evening News.

"Juventus punya proyek besar sekarang. Setiap tahun mereka bertambah kuat," dia menambahkan.

"Tidak ada keraguan lagi kalau Juventus satu dari tiga tim terbesar Eropa. Mereka juga punya pelatih dan pemain hebat."

Bertemu Juve

Striker Manchester United, Romelu Lukaku, melepaskan tendangan ke gawang Valencia pada laga Liga Champions di Stadion Old Trafford, Selasa (2/10/2018). Manchester United ditahan 0-0 oleh Valencia. (AP/Jon Super)

Menariknya, Lukaku tak lama lagi akan bertemu Juventus. Pasalnya MU dan Juventus satu grup di Liga Champions.

"Saya tahu grup ini sangat berat. Namun untuk sekarang saya ingin MU lolos sebagai pemuncak klasemen," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kronologi Meninggalnya Ibunda Roro Fitria

Posted: 14 Oct 2018 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepedihan sedang menyelimuti hati Roro Fitria. Di tengah kasus hukum yang sedang dihadapinya, ibunda Roro Fitria, Retno Winiangsih Yulianti, meninggal dunia, di rumah sakit di Jakarta, Senin (15/10/2018) pukul 06.30 WIB.

Kesehatan ibunda Roro Fitria rupanya sudah menurun sejak Minggu (14/10/2018) sore. Menurut pengacara Roro Fitria, Asgar Sjafie , Retno Winiangsih Yulianti, mengalami sesak napas.

"Dari rumahnya Roro yang di Patio, Bunda itu sesak sejak sore. Jadi asisten pribadi ke sana jam 06.00 sore," kata Asgar saat dihubungi wartawan, Senin pagi.

Karena kondisinya kian memburuk, ibunda Roro Fitria akhirnya ditangani di ruang ICU, namun tak ada perubahan. Pada Senin dini hari, Retno Winiangsih Yulianti justru malah kritis.

"Pas dibawa ke rumah sakit masih sadar, masih bicara. Hanya saja sekitar jam tiga pagi kita sudah calling-callingan, sudah kritis keadaannya," jelas sang kuasa hukum.

Saksikan video berikut ini.

Histeris

Roro Fitria  (Nurwahyunan/Bintang.com)

Pada akhirnya tak ada yang bisa membantah kehendak Tuhan. Senin (15/10/2018) ibunda Roro Fitria pergi untuk selamanya.

Tentu kepergian sang ibunda bagai sambaran petir untuk Roro Fitria. Ia diliputi kesedihan mendalam saat mendengar kabar bahwa ibu yang dicintainya tiada.

"Sudah dapat kabarnya, dia histeris, pingsan," kata Asgard.

Beri Dukungan

Aktris Roro Fitria (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Retno Winiangsih Yulianti, selalu setia mendampingi anakanya menjalani sidang kasus narkoba. Ia selalu ada untuk memberi kekuatan dan dukungan bagi sang anak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: