Minggu, 21 Oktober 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Kim Kardashian Pamer Foto Bugil di Instagram

Posted: 21 Oct 2018 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Kim Kardashian dikenal sebagai salah satu model yang memiliki bentuk tubuh seksi. Istri Kanye West itu juga tak ragu memamerkan kemolekan tubuhnya itu lewat jepretan kamera.

Contohnya saja yang terlihat jelas dalam photoshoot terbarunya kali ini. Yup, Kim Kardashian akhirnya telah merilis hasil foto-foto untuk produk make up terbarunya dalam brand Kim Kardashian Beauty.

Lewat akun Instagram-nya, bintang Keeping up With The Kardashians ini mengunggah foto-foto tersebut hingga sukses mencuri perhatian. Bukan tanpa alasan, pasalnya pemotretan kali ini terbilang sangat menantang lho.

Dalam foto tersebut, Kim Kardashian berani tampil topless hingga bugil. Yang lebih mencuri perhatian lagi, Kim tak berpose sendirian, melainkan ada seorang model pria yang berdiri di belakangnya. Menatap ke arah kamera, Kim memperlihatkan riasan mata bold bergaya cut crease yang merupakan perpaduan warna biru dan silver.

Koleksi Baru

Kim Kardashian (MARK SAGLIOCCO  GETTY IMAGES NORTH AMERICA  AFP)

Dengan pilihan warna vibrant seperti ini, Kim Kardashian menunjukkan koleksi terbarunya yang berupa loose pigment. Kim menyebutkan ada 7 pilihan warna shimmery pigment yang akan diluncurkan olehnya hari ini, Sabtu (20/10/2018).

Tanpa Busana

Kim Kardashian. (FREDERICK M. BROWN  GETTY IMAGES NORTH AMERICA  AFP)

Berpose topless rupanya belum cukup membuat Kim merasa puas. Ia bahkan nekat melakukan hal yang tak kalah kontroversial, yakni dengan berpose tanpa busana alias bugil.

Dalam foto tersebut Kim tampak berbaring di atas ranjang yang dibalut kain satin berwarna biru. Kepalanya terbalik dan menghadap kamera, ia juga berusaha menutupi bagian pribadinya dengan jari-jari tangan dan juga sehelai kain. Sayangnya karena terlalu vulgar, foto tersebut tak dapat ditampilkan.

(Soraya/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

21.235 Pelamar CPNS Lolos Seleksi Administrasi Kemenhub, Cek Di Sini!

Posted: 21 Oct 2018 10:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) adalah salah satu instansi kementerian terpopuler di seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun anggran 2018. Terbukti lebih dari 35 ribu orang berminat di instansi ini, padahal jabatan yang tersedia hanya 934.  

Terdapat sebanyak 21.235 peserta yang berhasil lolos tahap administrasi. Mereka nantinya akan melanjutkan ke tahap tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Untuk melihat nama-nama peserta yang lolos tahap administarasi CPNS Kemenhub, klik di sini.

Pihak Kemenhub juga telah menuliskan peraturan terkait tes SKD. Dikutip dari surat pengumuman yang diterbitkan Kemenhub nomor PG 39 Tahun 2018 Tentang Pengumuman Kelulusan Seleksi Administrasi Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Perhubungan Formasi Tahun 2018, terdapat tata tertib tes SKD bagi CPNS Kemenhub.

Pelamar wajib datang ke lokasi tes yang telah ditentukan paling lambat 2 (dua) jam sebelum kegiatan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dimulai, dengan membawa dokumen-dokumen sebagai berikut:

a. 2 (dua) lembar Kartu Tanda Peserta Ujian.

b. Kartu Tanda Pengenal (KTP) Asli / Surat Keterangan Perekaman Kependudukan Asli.

c. Surat Keterangan Penyandang Disabilitas dari Rumah Sakit Pemerintah (khusus untuk pelamar formasi Disabilitas) dan akan dilakukan verifikasi kriteria/jenis disabilitas pada saat pelaksanaan SKD.

d. Surat Keterangan dari Kepala Suku/Kepala Desa serta Akte Kelahiran (khusus untuk pelamar formasi Putra/Putri Papua dan Papua Barat).

Bagi peserta tes SKD yang tidak membawa dokumen-dokumen sebagaimana dimaksud maka Panitia Seleksi Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Perhubungan Formasi Tahun 2018 berhak membatalkan keikutsertaan sebagai Peserta Ujian CPNS Kemenhub Tahun 2018.

Tidak Boleh Terlambat

Kenapa harus daftar CPNS 2018? Ya, kenapa nggak? (Ilustrasi: Liputan6.com)

3. Bagi peserta yang tidak hadir dan/atau tidak mampu mengikuti tahapan seleksi dengan alasan apapun pada waktu dan tempat yang ditetapkan, maka dinyatakan gugur.

4. Bagi peserta dan para pengantar dilarang memarkirkan kendaraan roda empat dan roda dua di dalam lingkungan tempat pelaksanaan seleksi.

5. Pada saat pelaksanaan tes SKD, peserta diwajibkan memakai:

a. Jilbab berwarna hitam polos tanpa corak (bagi Wanita yang berjilbab).

b. Baju kemeja berwarna putih polos tanpa corak (semua peserta).

c. Celana Panjang / Rok berwarna hitam polos tanpa corak (bukan jeans).

d. Sepatu pantofel tertutup warna hitam (semua peserta).

Bagi peserta tes SKD yang tidak mematuhi ketentuan ini, maka Panitia Seleksi Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Perhubungan Formasi Tahun 2018 berhak membatalkan keikutsertaan sebagai Peserta Ujian CPNS Kementerian Perhubungan Tahun 2018.

6. Bagi peserta seleksi CPNS Kementerian Perhubungan yang nomor registrasi dan namanya tidak tercantum dalam lampiran pengumuman ini dinyatakan TIDAK LULUS dan tidak berhak mengikuti tahapan selanjutnya, terkait alasan ketidaklulusan dapat dilihat pada laman https://sscn.bkn.go.id dengan menggunakan username dan passwordyang sama pada saat pendaftaran.

Peserta turut diingatkan untuk senantiasa memantau halaman https://sscn.bkn.go.id dan https://cpns.dephub.go.id. Jika peserta lalai mengikuti informasi terbaru, maka hal itu menjadi tanggung jawab masing-masing.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rapor Pemain Timnas U-19 Indonesia saat Duel Sengit lawan Qatar

Posted: 21 Oct 2018 10:15 PM PDT

Jakarta - Timnas U-19 Indonesia memang kalah 5-6 dari Qatar di laga kedua Piala AFC U-19 2018 Grup A, Minggu (21/10/2018). Namun begitu, penampilan yang dipertontonkan para pemain asuhan Indra Sjafri ini begitu luar biasar.

Tertinggal 1-6 lebih dulu dari Qatar, Syahrian Abimanyu dkk. tak mau patah arang. Meski terlambat panas, tim besutan Indra Sjafri sempat membuat Qatar jantungan. Pasalnya, Timnas U-19 Indonesia berhasil mendekat dan hampir memaksa laga ini berakhir seri.

Namun, hingga 90+5 menit laga usai, upaya Tim Garuda Nusantara untuk menyamakan skor gagal terwujud. Tim Garuda Nusantara pun harus mengakui keunggulan Qatar.

Lantas seperti apa rapor pemain Timnas Indonesia U-19 dari sudut pandang pengamat sepak bola nasional asal Jawa Timur, Ferryl Raymond Hattu?

Berikut rapor setiap individu pemain Timnas U-19 Indonesia dari kiper, tengah, depan, hingga cadangan sesuai analisis mantan kapten Timnas SEA Games 1991 itu:

Kiper

M. Riyandi

M. Riyandi memang kebobolan enam gol di pertandingan ini. Namun, seluruh gol yang disarangkan pemain Qatar bisa dibilang bukan kesalahan Riyandi, tapi pemain tengah dan bertahan timnas.

Riyandi sebetulnya sudah bermain cukup bagus. Minimal, dia mampu menyelamatkan gawang timnas dari kebobolan lebih banyak. Tercatat, ada tiga penyelamatan apik yang dia lakukan sepanjang pertandingan.

Nilai: 6

Gelandang Timnas indonesia, Asnawi Mangkualam, berebut bola dengan pemain Qatar pada laga AFC U-19 Championship di SUGBK, Jakarta, Minggu (21/10). Indonesia kalah 5-6 dari Qatar. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Belakang

Firza Andika

Firza Andika tampil di bawah performa terbaik. Dia gagal membendung serangan yang dilancarkan pemain Qatar. Firza sering kalah duel dan tidak mampu menutup ruang dan pergerakan para penyerang Qatar.

Nilai: 5

Rachmat Irianto

Rachmat Irianto tampak keteter menghadang laju cepat pemain Qatar. Beberapa kesalahan dia lakukan hingga lahirnya beberapa gol yang dicetak pemain Qatar.

Rian, sapaan Rachmat Irianto, kerap gagal menghentikan laju beberapa pemain lawan, terutama Abdulrasheed yang mencetak tiga gol untuk Qatar di pertandingan ini. Namun, ini bukan semata-mata tanggung jawab Rian, melainkan juga Firza dan dua gelandang bertahan yang gagal memutus aliran bola Qatar.

Nilai: 5

Nurhidayat Haji Haris

Nurhidayat Haji Haris lebih parah. Dia tidak mampu mengantisipasi serangan cepat Qatar. Kalah dalam hal kecepatan, Nurhidayat juga lemah dalam menggalang pertahanan.

Penampilan Nurhidayat sangat buruk di pertandingan ini. Terlalu besar celah di pertahanan timnas menunjukkan Nurhidayat gagal menjalankan tugasnya sebagai kapten sekaligus pemimpin di lapangan.

Nilai: 4,5

Asnawi Mangkualam

Asnawi Mangkualam tidak bermain bagus di laga ini. Dia kerap kerepotan menghadang pergerakan pemain Qatar dari sisi kiri pertahanan Timnas Indonesia U-19. Tidak banyak kontribusi Asnawi di pertandingan tersebut.

Nilai: 5

Gelandang Timnas Indonesia, Luthfi Kamal, mengangkat tangan saat melawan Qatar pada laga AFC U-19 Championship di SUGBK, Jakarta, Minggu (21/10). Indonesia kalah 5-6 dari Qatar. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Tengah

Luthfi Kamal

Luthfi Kamal tidak mampu berbuat banyak di pertandingan ini. Dia kerap terlambat turun dan menutup ruang bagi pemain Qatar. Hal ini mengakibatkan lini belakang Timnas Indonesia U-19 tampak sangat keropos.

Nilai: 5

Syahrian Abimanyu

Syahrian Abimanyu bermain di bawah performa terbaik sampai menit 60. Namun, permainannya mulai membaik di sisa pertandingan. Hanya, Abimanyu tidak mampu menyelamatkan timnas dari kekalahan.

Nilai: 5

Witan Sulaeman

Witan Sulaeman tidak banyak berperan di pertandingan ini. Dia tidak mampu melepaskan diri dari kawalan pemain bertahan Qatar. Sepanjang pertandingan, dia hanya mendapatkan satu kesempatan, namun peluang itu gagal dimanfaatkan menjadi gol.

Nilai: 5

Saddil Ramdani

Saddil Ramdani yang biasanya sangat rajin melakukan penetrasi dari sisi sayap kanan Timnas tampak kesulitan. Aksi serta pergerakannya di sisi kanan lapangan kurang maksimal, sehingga umpan silang dari sisinya relatif minim.

Namun, Saddil mencetak gol spektakuler dari tendangan bebas yang sangat indah. Gol ini pula yang berperan membangkitkan semangat pemain Timnas Indonesia U-19 lainnya.

Nilai: 6

Egy Maulana Vikri

Tak sesuai ekspektasi, Egy Maulana Vikri yang biasanya memiliki kreativitas tinggi dalam membongkar pertahanan rapat lawan kali ini menurun. Namun bukan karena kesalahan Egy semata, melainkan penurunan penampilan seluruh pemain.

Nilai: 5

Gelandang Timnas Indonesia, Todd Rivaldo, menggiring bola saat melawan Qatar pada laga AFC U-19 Championship di SUGBK, Jakarta, Minggu (21/10). Indonesia kalah 5-6 dari Qatar. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Depan dan Cadangan

Rafli Mursalim

Dua pertandingan, dua kali pula M. Rafli Mursalim tidak mampu menunjukkan kualitasnya sebagai striker berkualitas. Jarang mendapat bola, Rafli juga tak sekali pun mengancam gawang lawan.

Nilai: 4,5

Cadangan

Indra Mustafa

Masuk di awal babak pertama, Indra Mustafa bermain lebih baik ketimbang Nurhidayat, terutama koordinasi dengan pemain belakang Timnas Indonesia U-19 lainnya.

Sejak masuk ke lapangan, dia hanya sekali melakukan kesalahan yang membuat penyerang Qatar, Abdulrasheed, lepas sendirian.

Tetapi, secara keseluruhan, pertahanan Tim Garuda Nusantara jadi lebih rapi dan rapat sehingga Qatar hanya mampu menambah dua gol di babak kedua.

Nilai: 5

Todd Rivaldo Ferre

Masuk menggantikan Rafli Mursalim, Todd Rivaldo Ferre membuat perubahan besar pada permainan Timnas Indonesia U-19. Lewat aksi individu serta kecepatannya, Todd berhasil membuat Qatar tak berani melakukan serangan frontal seperti sebelum dirinya masuk.

Todd menjadi bintang timnas di pertandingan ini. Namun, hattrick-nya ke gawang Qatar tak mampu menyelamatkan Indonesia dari kekalahan.

Nilai: 8

Feby Eka Putra

Feby Eka Putra masuk menggantikan Saddil Ramdani di menit ke-84. Tidak banyak yang bisa ia lakukan selama 11 menit waktu yang ia miliki di pertandingan ini.

Nilai: 5

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BTN Ajak Generasi Milenial Jadi Pengusaha Properti

Posted: 21 Oct 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) mendorong generasi milenial untuk menjadi pengusaha properti yang mumpuni. Salah satunya dengan aktif melakukan edukasi kepada mahasiswa dan pelajar di berbagai kampus dan sekolah di Indonesia.

Seperti yang dilakukan Direktur Utama Bank BTN Maryono di Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) akhir pekan lalu.

"Kehadiran generasi milenial di industri properti sangat dibutuhkan karena mereka dapat memberikan inovasi yang tepat untuk pengembangan dan pemasaran produk hingga akses pembiayaan untuk generasi yang kelak mendominasi 34 persen populasi masyarakat Indonesia pada tahun 2020 nanti," ujar Maryono dalam keterangannya, Senin (22/10/2018).

Maryono menjelaskan, edukasi sangat penting dilakukan bagi generasi melinial agar mau terjun menggarap bisnis properti. Itu karena prospek investasi properti saat ini sangat menjanjikan.

Hal ini seiring dengan maraknya pembangunan infrastruktur dan perkembangan transportasi massal yang menjangkau daerah pelosok hingga kota-kota besar di seluruh Indonesia.

"Kehadiran Bank BTN di kampus, berdirinya Housing Finance Center untuk memberikan workshop, pelatihan dan pengembangan merupakan salah satu strategi kami meningkatkan jumlah pengusaha properti serta kualitas para developer," jelas Maryono.

Menurut Maryono, ada delapan alasan mengapa menjadi pengusaha properti menarik yaitu ketersediaan lahan yang terbatas membuat investor memegang kontrol, daya juang ketika berinvestasi sangat tinggi, nilai aset dapat ditingkatkan dengan modal minimum, mendapatkan capital gain dan cashflow, tidak menyita waktu, bank lebih suka memberikan pinjaman dengan jaminan properti dan investasi properti menjadi favorit investor besar atau kaya.

Maryono optimistis, para generasi milenial berpotensi sukses bergelut di sektor properti di Indonesia karena prospeknya yang cemerlang.

Ketertarikannya mengajak generasi milenial menjadi pengusaha properti, karena mereka diproyeksi menjadi tulang punggung ekonomi bangsa yang menentukan masa depan Indonesia.

"Untuk itu, kami berharap generasi milenial melirik bisnis properti yang ceruknya masih besar dan belum tergarap maksimal," pungkas dia.

Dalam catatan Bank BTN, selisih kebutuhan rumah dengan kapasitas pengembang masih lebar di Indonesia.

Adapun kebutuhan rumah masih besar, yakni sebesar 800.000 unit per tahun, sementara kapasitas pembangunan rumah para pengembang hanya sebesar 250.000 hingga 400.000 unit per tahun.

Perbaiki Kualitas Kredit, BTN Lelang Rumah Sitaan

SPG membagikan brosur parade KPR Bank BTN kepada penumpang di Stasiun Kota, Jakarta, Senin (4/12). Menyambut HUT ke-41 KPR, PT BTN (Persero) Tbk menggelar parade KPR dengan suku bunga KPR berbunga rendah 4,1 persen. (liputan6.com/Angga Yuniar)

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) serius untuk menjual rumah-rumah sebagai aset kredit yang bermasalah kepada masyarakat sebagai salah satu upaya korporasi dalam memperbaiki kualitas kredit.

Apa yang dilakukan BTN mendapat respons positif dari masyarakat terbukti dengan banyaknya rumah terjual dan masyarakat yang berminat untuk membeli melalui portal online yang disiapkan BTN untuk jual beli rumah second tersebut.

Semenjak diluncurkan pada tanggal 9 Februari 2018 lalu, jumlah peminat rumah lelang dari Portal www.rumahmurahbtn.co.id milik PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk semakin meningkat.

Per September 2018, tercatat sebanyak 6.430 peminat yang mengikuti lelang rumah agunan BTN, sementara total hunian yang terjual sebanyak 563 unit, dengan nilai keseluruhan sebesar Rp 139,4 miliar.

Hunian yang berlokasi di Bekasi, Depok, Serpong , Semarang, Purwakarta, Jambi, Balikpapan dan Makassar menjadi favorit para peserta lelang.

"Pelelangan agunan dari KPR atau KPA yang macet merupakan salah satu upaya kami untuk memperbaiki kualitas kredit perseroan dan lewat portal rumahmurahbtn, lebih efektif menarik peminat," kata Direktur BTN, Nixon Napitupulu dikutip dari keterangan tertulis, Kamis, (11/10/2018).

Untuk menarik peminat, rumah sitaan BTN yang didaftarkan dalam portal www.rumahmurahbtn.co.id sudah mencapai 12.326 unit dengan nilai total Rp 1,8 triliun.

Rumah sitaan tersebut merupakan rumah yang bisa dibeli masyarakat lewat proses lelang dengan variasi harga di bawah Rp 100 juta hingga di atas Ro 1 miliar.

"Tidak hanya rumah, tapi juga tanah dan juga apartemen yang bisa dibeli lewat proses lelang yang berjalan secara transparan," kata Nixon.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menlu Arab Saudi: Jamal Khashoggi Dibunuh, Putra Mahkota Tak Terkait

Posted: 21 Oct 2018 10:13 PM PDT

Liputan6.com, Riyadh - Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir mengatakan bahwa pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi adalah sebuah "kesalahan besar" dan bagian dari operasi yang sangat tidak bertanggung jawab.

"Orang-orang yang melakukan ini melakukan ini di luar lingkup otoritas mereka," katanya kepada jurnalis Fox News, Bret Baier pada hari Minggu 21 Oktober 2018, seperti dikutip dari CNN, Senin (22/10/2018).

"Jelas ada kesalahan besar yang dibuat, dan apa yang menambah kesalahan itu adalah upaya untuk mencoba menutupi. Itu tidak bisa diterima di pemerintahan mana pun."

Al-Jubeir mengatakan bahwa Arab Saudi mengambil tindakan untuk menyelidiki bagaimana Khashoggi meninggal dan meminta pertanggungjawaban terhadap mereka yang terlibat.

"Kami bertekad untuk mengungkap setiap pelaku. Kami bertekad untuk mengetahui semua fakta dan kami bertekad untuk menghukum mereka yang bertanggungjawab atas pembunuhan ini," kata al-Jubeir.

Dalam kesempatan yang sama, al-Jubeir juga mengatakan bahwa petinggi Saudi tidak mengetahui 'operasi kriminal' tersebut.

"Bahkan kepemimpinan senior yang memimpin dinas intelijen tidak menyadari hal ini," kata al-Jubeir.

Ia juga mengatakan bahwa Putra Mahkota Mohammed bin Salman tidak terkait erat dengan orang-orang yang terlibat dalam operasi itu.

Al-Jubeir juga menambahkan bahwa Arab Saudi tidak tahu apa yang terjadi pada tubuh Khashoggi dan belum mendengar rekaman audio apa pun --sebagaimana diklaim ada oleh Turki-- dari dalam konsulat.

Ketika Bret Baier menanyakan soal kapan kasus Jamal Khashoggi akan rampung, al-Jubeir mengatakan, "Hal-hal seperti itu membutuhkan waktu.

Akhirnya, ia menyampaikan belasungkawa kepada keluarga Jamal Khashoggi.

"Kami merasakan rasa sakit mereka. Dan saya berharap ini tidak terjadi dan saya berharap ini bisa dihindari. Sayangnya, kesalahan besar telah terjadi. Dan saya meyakinkan mereka, bahwa mereka yang terlibat akan bertanggungjawab untuk ini," ujar al-Jubeir.

 

Simak video pilihan berikut:

2 Narasi Bertentangan: Pembunuhan Berencana Vs Tak Berencana?

Menlu Kerajaan Arab Saudi Adel bin Ahmed Al Jubeir memberikan keterangan pers usai mengadakan pertemuan dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (20/10/2015). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Arab Saudi, dalam sebuah pernyataan Sabtu 20 Oktober pagi, akhirnya mengakui bahwa Khashoggi yang berusia 59 tahun telah meninggal di konsulat mereka di Istanbul. Mereka menyajikan penjelasan bahwa ia terbunuh dalam "perkelahian", namun, hal itu disambut dengan skeptisisme internasional dan tuduhan bahwa Saudi berusaha menutup-nutupi kasus itu guna membebaskan Pangeran Salman dari tanggung jawab langsung.

Negeri Petrodollar juga menambahkan bahwa 18 warga Saudi telah ditangkap dan beberapa pejabat tinggi intelijen dipecat terkait kasus itu.

Sebuah sumber dengan koneksi dekat ke Istana Kerajaan Saudi mengatakan kepada CNN bahwa Saudi menyimpulkan bahwa penyebab kematian Khashoggi adalah tewas akibat dicekik. Tetapi, para pejabat tidak memberikan bukti untuk mendukung kesimpulan.

"Perkelahian itu melibatkan beberapa pejabat Saudi di konsulat negara di Istanbul," menurut pernyataan sumber itu. Dikatakan juga olehnya bahwa para tersangka kemudian mencoba untuk menutupi insiden itu.

Namun, media pro-pemerintah dan pejabat Turki telah melaporkan narasi yang berbeda, dengan mengatakan bahwa satu regu Saudi terdiri dari 15 orang melakukan perjalanan dari negara mereka ke Turki untuk membunuh kolumnis The Washington Post itu. Setelahnya, mereka meninggalkan Turki beberapa jam kemudian dengan jet pribadi.

Pejabat Turki yang berbicara dalam kondisi anonim juga mengatakan bahwa jasad Khashoggi dimutilasi di Konsulat Saudi di Istanbul.

Mengelaborasi, sumber CNN mengatakan bahwa jasad tersebut kemudian diserahkan kepada 'kaki-tangan lokal di Istanbul' untuk ditutup-tutupi keberadaannya. Muncul kabar bahwa jasadnya mungkin dilarutkan dalam cairan asam, untuk menghilangkan bukti. Namun, keterangan itu belum dapat terverifikasi.

Penjelasan yang disajikan oleh Saudi dan Turki itu menunjukkan bahwa ada dua narasi yang bertentangan. Pertama adalah narasi yang dibentuk oleh Saudi, yang berusaha untuk menggambarkan bahwa pembunuhan Khashoggi dilakukan secara 'mendadak' akibat perkelahian 'yang tak terencana'.

Kedua adalah narasi yang disajikan oleh Turki, yang mendeskripsikan kejadian itu sebagai sebuah pembunuhan berencana, di mana sebuah tim bernggotakan 15 orang dikirim dari Saudi khusus untuk membunuh Khashoggi di konsulatnya di Istanbul, dan jasad almarhum sengaja dilenyapkan untuk menghilangkan bukti serta keterhubungan dengan para pelaku. Narasi itu juga mengindikasikan adanya keterlibatan figur top di monarki Saudi yang berperan dalam memberikan 'lampu hijau' bagi tim pembunuh tersebut.

Turki sendiri mengumumkan pada 21 Oktober bahwa mereka akan merilis hasil penyelidikan Khashoggi "hingga ke perinciannya" dan berharap bahwa hal itu akan memberikan kejelasan terhadap kasus yang telah diselimuti misteri, pernyataan yang saling bertentangan dan tuduhan yang mengejutkan.

"Semua ini perlu dijelaskan dalam semua perinciannya," tambah Presiden Turki Recep Erdogan Minggu kemarin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Optimisme Pertumbuhan Kredit Beri Tenaga ke Rupiah

Posted: 21 Oct 2018 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) Bergerak menguat pada perdagangan di awal pekan ini.

Mengutip Bloomberg, Senin (22/10/2018), rupiah dibuka di angka 15.200 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 15.187 per dolar AS. Menjelang siang, rupiah menguat ke angka 15.190 per dolar AS.

Dari pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 15.184 per dolar AS hingga 15.200 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 12,04 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 15.192 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan pada Jumat lalu yang ada di angka 15.221 per dolar AS.

"Nilai tukar rupiah menguat seiring respons positif pelaku pasar uang terhadap survei Bank Indonesia (BI) mengenai pertumbuhan kredit perbankan pada tahun ini," kata Analis senior CSA Research Institute Reza Priyambada seperti dikutip dari Antara.

Dalam survei BI, rata-rata responden memperkirakan pertumbuhan kredit pada 2018 akan mencapai 11,5 persen, lebih tinggi dibandingkan realisasi pertumbuhan kredit 2017 sebesar 8,2 persen.

Ia mengharapkan pergerakan rupiah ke depan dapat tetap bertahan di area positif, sehingga dipandang positif investor sebagai negara dengan ekonomi yang solid.

Ekonom Samuel Sekuritas Ahmad Mikail menambahkan pergerakan dolar AS juga cenderung melemah di pasar global, terutama terhadap euro dan pound sterling setelah hampir pastinya disepakati perjanjian keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

"Rupiah menguat terimbas sentimen global itu. Rupiah kemungkinan akan bergerak di kisaran level 15.150 per dolar AS hingga 15.200 per dolar AS," paparnya.

Rupiah Melemah, Pemerintah Mesti Disiplin Kelola Anggaran

Petugas melakukan pengepakan lembaran uang rupiah di Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (21/12). Bank Indonesia (BI) mempersiapkan Rp 193,9 triliun untuk memenuhi permintaan uang masyarakat jelang periode Natal dan Tahun Baru. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Nilai tukar rupiah masih melemah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Bahkan rupiah tembus 15.200 per dolar.Meski demikian, ekonomi Indonesia saat ini dinilai masih kuat.

Kondisi ekonomi Indonesia pada 2018 berbeda dengan 1998 meski nilai tukar rupiah cenderung melemah terhadap dolar Amerika Serikat. Hal ini ditopang sistem keuangan Indonesia jauh lebih baik.

Hal itu disampaikan Ekonom Senior Raden Pardede saat dihubungi Liputan6.com, seperti ditulis Senin (22/10/2018).

"Kondisi seperti 1998 tidak akan terjadi. Punya keyakinan ekonomi kita jauh lebih baik. Mesin ekonomi dan sistem perbankan sudah jauh lebih baik," ujar Raden. 

Raden menuturkan, kondisi sistem perbankan jauh lebih baik dilihat dari tata kelola perbankan dibandingkan pada 1998. "Pemilik dengan pengelola sudah terjadi pemisahan  yang ketat,""kata dia.

Selain itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menurut Raden dalam mengawasi perbankan juga lebih baik. Ini ditunjukkan dari penyaluran kredit. "Bank tidak bisa salurkan kredit ke perusahaan sendiri. Dulu jantung tidak berfungsi dengan baik yaitu perbankannya," ujar dia.

Meski demikian, Raden mengingatkan agar pemerintah dan Bank Indonesia tetap waspada. Pemerintah dinilai harus disiplin dalam mengelola anggaran. 

Seperti diketahui, berdasarkan referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) atau kurs tengah BI, pada 20 Oktober 2014 berada di posisi 12.041 per dolar AS atau menguat dari posisi 17 Oktober 2014 di kisaran 12.222. 

Rupiah pun melemah 12,39 persen sepanjang tahun berjalan 2018. Nilai tukar rupiah sempat di posisi 13.542 per dolar AS pada 2 Januari 2018 ke posisi 15.221 per dolar AS pada 19 Oktober 2018. Rupiah sempat berada di level terendah di posisi 15.253 per dolar AS pada 11 Oktober 2018.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Jokowi Gelar Ratas Persiapan Our Ocean Conference 2018 di Istana Bogor

Posted: 21 Oct 2018 10:05 PM PDT

Presiden Joko Widodo bersiap memimpin rapat terbatas di Istana Bogor, Senin (22/10).Ratas tersebut membahas persiapan OOC (Our Ocean Conference 2018) yang akan di selenggarakan di Bali. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo bersiap memimpin rapat terbatas di Istana Bogor, Senin (22/10).Ratas tersebut membahas persiapan OOC (Our Ocean Conference 2018) yang akan di selenggarakan di Bali. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas di Istana Bogor, Senin (22/10).Ratas tersebut membahas persiapan OOC (Our Ocean Conference 2018) yang akan di selenggarakan di Bali. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas di Istana Bogor, Senin (22/10).Ratas tersebut membahas persiapan OOC (Our Ocean Conference 2018) yang akan di selenggarakan di Bali. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo bersama sejumlah menteri saat mengikuti rapat terbatas di Istana Bogor, Senin (22/10).Ratas tersebut membahas persiapan OOC (Our Ocean Conference 2018) yang akan di selenggarakan di Bali. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo bersama sejumlah menteri saat mengikuti rapat terbatas di Istana Bogor, Senin (22/10).Ratas tersebut membahas persiapan OOC (Our Ocean Conference 2018) yang akan di selenggarakan di Bali. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas di Istana Bogor, Senin (22/10).Ratas tersebut membahas persiapan OOC (Our Ocean Conference 2018) yang akan di selenggarakan di Bali. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas di Istana Bogor, Senin (22/10).Ratas tersebut membahas persiapan OOC (Our Ocean Conference 2018) yang akan di selenggarakan di Bali. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Mencegah agar Anak Tidak Terperangkap di Dalam Mobil

Posted: 21 Oct 2018 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang anak kembali menjadi korban akibat terkunci di dalam mobil. Anak berusia 3,5 tahun tersebut mengembuskan napas terakhir setelah terperangkap dan diduga kehabisan oksigen.

Kanit Reskrim Polsek Penjaringan Kompol Mustakim menuturkan, peristiwa bermula saat mobil tersebut diparkirkan kakak ipar Afandi bernama Ruslan di apartemen kawasan Muara Baru, Penjaringan, Jumat 19 Oktober 2018.

"Saksi (Ruslan) sempat kembali mengambil jaket yang tertinggal. Mungkin karena buru-buru mau salat Jumat, mobilnya lupa dikunci lagi," ujar Mustakim kepada Liputan6.com, Jakarta, Minggu (21/10/2018).

Kunci mobil kemudian diserahkan kepada adik iparnya. Namun sejak saat itu, Afandi tidak pernah mengecek kondisi mobil.

Mustakim memperkirakan, bocah tak berdosa tersebut masuk mobil sekitar pukul 16.00 WIB, Jumat 19 Oktober. Sejak saat itu, balita tersebut tak bisa keluar diduga karena tak sengaja menekan kunci otomatis.

 

Hingga akhirnya misteri hilangnya bocah R terungkap saat Afandi hendak menggunakan mobil keesokan harinya, Sabtu, pukul 17.14 WIB.

Balita malang yang mengenakan kaus singlet putih dan celana pendek merah itu ditemukan tewas dalam kondisi tertelungkup di bangku tengah.

 

Tips Mencegah agar Anak Tidak Terperangkap di Dalam Mobil

Menanggapi hal tersebut, Robby dari IDI (Indonesia Driving Institute) berbagi saran agar hal serupa tidak terjadi di masa mendatang. "Pre dan post trip inspection selalu dilakukan, untuk memastikan kendaraan tertutup sempurna sebelum dan sesudah berkendara," ungkapnya kepada Liputan6.com.

Orang tua atau pendamping harus selalu waspada dan mengetahui keberadaan anak-anak yang sedang bermain. Selain itu, pemilik mobil juga disarankan untuk memasang sistem alarm yang dapat memberikan sinyal jika pintu tidak ditutup rapat dan belum dikunci. Tindakan lainnya adalah menyimpan peralatan darurat seperti palu kaca yang dapat dijangkau dengan mudah di dalam mobil.

Langkah lainnya adalah sedikit membuka jendela untuk berjaga-jaga jika ada anak yang masuk ke dalam mobil. Dengan dibukanya sedikit jendela, diharapkan ada sirkulasi udara dan mempermudah orang lain mendengar jika si anak meminta pertolongan. "Membuka sedikit jendala sah-sah saja, jika diparkir outdoor usahakan sudah terpasang side visor (talang air) agar air tak masuk saat hujan, " pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Mengejutkan Bakso Pak Ndut Kediri, Rp 2 Ribu Seporsi

Posted: 21 Oct 2018 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Kediri - Hanya dengan merogoh kocek uang sebesar Rp 2 ribu, sudah dapat menikmati satu porsi bakso dengan menu lima biji pentol bakso. Hah, mana mungkin?

Mungkin saja, kalau mampir ke warung bakso di Jalan Raya Desa Besuk, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Nama warung bakso ini dipilih sesuai dengan nama panggilan pemiliknya, Muhamad Mansyur, yang sehari-hari lebih dikenal sebagai Pak Ndut. 

Jika merasa kurang kenyang, pengunjung bisa memilih paket alternatif kedua, yakni paket dobel yang harganya dua kali lipat dengan menu normal. Harganya sesuai dengan kelipatan menu normal, yakni Rp 4 ribu, berisi 10 pentol bakso satu mangkok.

Muhammad Mansyur (44) merintis usaha makanan baksonya tersebut semenjak 2011 silam. Dari awal pertama kali buka, hingga sampai sekarang, harga bakso ini masih tetap stabil dan tidak pernah mengalami perubahan, yakni Rp 2 ribu per porsi.

"Meski harga bahan baku mengalami kenaikan, kita jual tetap segitu," tuturnya, Minggu, 21 Oktober 2018.

Dengan jargon "Harga Deso, Selera Kuto", tentunya hal inilah yang membuat masyarakat penasaran ingin datang mencicipi masakan olahan Muhammad Mansyur alias Pak Ndut. Lambat laun, pelan tapi pasti usaha rintisan pria yang pernah bekerja sebagai TKI (Tenaga Kerja Indonesia) selama empat tahun di negeri jiran Malaysia ini mulai membuahkan hasil.

"Saya dulunya pernah kerja di Malaysia sebagai pekerja bangunan selama 4 tahun. Waktu itu saya dibayar 800 ringgit per bulannya," katanya.

Selama bekerja empat tahun di Malaysia, Muhammad Mansyur kemudian memutuskan untuk kembali pulang ke kampung halaman. Semenjak itulah ia mulai merintis usahanya. Ia kemudian dipertemukan dengan gadis pilihannya bernama Kholifah (37). Mereka kemudian menikah dan dikaruniai dua orang anak.

"Sebelum buka warung bakso Pak Ndut, suami saya ini dulunya pernah berjualan pentol keliling menggunakan sepeda pancal waktu tahun 2011. Ia saya beri motivasi untuk berjualan menetap di warung," kata Kholifah, ibu rumah tangga yang memiliki usaha sampingan berjualan online dan melayani kebutuhan pemenuhan kredit.

Berbekal uang Rp 10 juta saat itu, ia dan suaminya nekat mengontrak sebuah rumah (warung yang ditempati saat ini) di Jalan Raya Desa Besuk untuk ditempati sekaligus dibuat tempat berjualan bakso. Lambat laun usaha rintisannya ini terus berkembang dan akhirnya rumah kontrakan tersebut ia beli.

"Awalnya saya yang punya ide, suatu kali saya punya keinginan untuk jualan bakso dengan harga murah, lalu saya ceritakan ke suami. Pertama kali buka, semula merugi kan belum punya pelanggan waktu itu," ucap Kholifah.

"Lama-lama jumlah pelanggan bertambah dan banyak orang yang tahu, bahwa di sini jual bakso murah harga deso selera kuto, terus akhirnya mereka banyak yang datang ke sini," dia menambahkan.

Saat pertama kali buka usaha, Kholifah mengaku saat itu dia hanya memiliki satu karyawan. Kini seiring ramainya pengunjung yang datang untuk membeli, karyawan yang dimilikinya bertambah menjadi sembilan orang. Bahkan ia sudah memiliki tiga unit mesin pencetak pentol yang dibelinya dari Surabaya.

Kholifah mengungkapkan alasannya menjual bakso dengan harga super murah, karena ia menginginkan masyarakat khususnya lapisan ekonomi menengah ke bawah bisa menikmati bakso enak dengan harga terjangkau.

"Dengan harga 2 ribu, orang-orang dari kalangan menengah sampai ke bawah bisa merasakan bakso kami," ujarnya.

Meski harga bakso dijual dengan harga murah, Kholifah tidak menampik jika ada juga pengunjung dari kalangan ekonomi atas yang datang ke warungnya. "Dari harga 2 ribu, dapat 5 biji. Kalau yang dobel 4 ribu dapat 10 biji pentol," tuturnya.

Simak video pilihan berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wali Kota Bekasi Datangi Balai Kota DKI, Bahas Dana Sampah Bantargebang?

Posted: 21 Oct 2018 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menyambangi Balai Kota DKI Jakarta guna memenuhi undangan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah.

Pantauan Liputan6.com, Rahmat bersama jajaran aparatur sipil negara (ASN) Pemkot Bekasi pukul 11.40 WIB, termasuk Lurah Ciketingudik, Sumur Batu dan Camat Bantargebang. Mereka turun di depan pendopo dan langsung masuk Balai Kota.

"Saya dipanggil Pak Sekda, Pak Saefullah," kata Rahmat di Balai Kota Jakarta Pusat, Senin (22/10/2018).

Kendati begitu, dia tidak menjelaskan pembahasan apa yang akan dilakukan dengan pihak Pemprov DKI.

"Bahas nya belum tahu," jelasnya.

Sebelumnya, puluhan truk sampah DKI diadang Dishub Kota Bekasi saat menuju Bantargebang. Padahal, menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, kewajiban DKI memberi dana kompensasi terkait pemanfaatan Bantargebang pada Bekasi sudah diberikan.

"Kami ingin terus menjaga hubungan baik itu, sehingga kewajiban kita Alhamdulillah tertunaikan. Untuk 2018 sudah ditunaikan per bulan Mei nilainya Rp 194 miliar, dan untuk 2019 kewajiban Rp 141 miliar," ujar Anies di Balai Kota Kamis 18 Oktober 2018.

 

Sulit Hubungi Anies

Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi ingin permasalahan dengan Pemprov DKI Jakarta mengenai dana hibah tahun 2018 atas perjanjian kerja sama pengelolaan sampah, segera terselesaikan.

Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto menyatakan, komunikasi dengan gubernur sebelumnya yakni Joko Widodo atau Jokowi dan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, tidak sesulit ketika kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Padahal menurut dia, teknologi saat ini semakin mudah dan modern. Sehingga dapat melalui telepon ataupun melalui media lainnya untuk berkomunikasi.

"Jadi kita merasakan kalau komunikasi dengan mantan dua gubernur itu enggak ada batas, komunikasinya enak. Sekarang kelihatannya tatarannya selalu formal," kata Tri saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Sabtu (20/10/2018).

Dia menjelaskan, pihaknya sudah berulang kali mengirimkan surat peringatan kepada Pemprov DKI Jakarta. Tetapi, hasilnya nihil tak ada respons. Tri menyebut, dari 41 jenis kewajiban dalam kesepakatan kedua belah pihak, belum terpenuhi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sejarah Bahasa Indonesia dan Pentingnya Melestarikan Bahasa Nasional Sebagai Identitas Bangsa

Posted: 21 Oct 2018 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejak dahulu identitas bangsa merupakan persoalan yang selalu hangat dibicarakan, terutama dalam bidang kesusasteraan dan kajian budaya. Jika kita hanya merujuk kepada bidang pascakolonial, persoalan identitas ini memang merupakan suatu kasus yang mendasar kepada negara-negara bekas tanah jajahan--seperti Indonesia pada masa Hindia Belanda--apalagi jika penjajahan oleh kuasa asing itu berlangsung terlalu lama.

Retorika penjajah tentang kehebatan budayanya telah lama berjaya menggugah identitas atau jati diri sebagian besar kaum pribumi yang rapuh pegangannya terhadap budayanya sendiri. Alhasil, retorika penjajah tersebut menjadikan pribumi memilki sifat rendah diri (inferior) dan cenderung malu akan budaya dan bahasanya sendiri.

Syukurlah semangat kebangsaan yang berhasil dibangun dan dicetuskan oleh kalangan pribumi di Hindia Belanda berhasil diraih dan akhirnya dinyatakan sebagai sebuah kebulatan tekad oleh pemuda-pemuda Indonesia.  

Upaya meraih kembali identitas bangsa melalui bahasa tersebut akhirnya dinyatakan melalui suatu kesepakatan yang disebut oleh pemuda Indonesia pada masa itu sebagai Kongres Pemuda yang dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 1928. Atau sekarang lebih kita kenal sebagai Sumpah Pemuda 1928.  Bahasa Indonesia yang berakar dari bahasa Melayu disepakati bersama untuk dijunjung sebagai  bahasa persatuan.

Barulah pada awal abad ke dua puluh ketika semangat  kebangsaan mulai bangkit di kalangan pemuda dan rakyat Indonesia, istilah Indonesia mulai ramai dilaung-laungkan penggunaannya. Para pemuda pergerakan yang duduk di wakil rakyat seperti Haji Agus Salim dan kemudian diikuti oleh Muhammad Yamin,  sudah mulai menyebutkan bahasa Indonesia dan bukan lagi bahasa Melayu dalam pidato-pidato mereka yang dimuat dalam surat kabar maupun ketika dalam rapat-rapat di wakil rakyat (volksraad) di Hindia Belanda pada 1919.

Namun, jauh sebelumnya beberapa sarjana Eropa seperti Adolf Sebastian telah menggunakan istilah Indonesia ini dalam satu tulisan yang dimuat di majalah de Malaisch tahun 1850. 

Setelah kemerdekaan Indonesia tahun 1945, bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi negara dikukuhkan dalam Undang-Undang Dasar 1945, khususnya Bab XV pasal 32 dan 36. Kemudian, dikukuhkan dalam undang-undang kebahasaan tahun 2010.

Bahasa dan sastra Indonesia semakin mantap dikukuhkan sebagai alat pemersatu dan pengikat bagi seluruh rakyat Indonesia. Bahasa Indonesia sebagai identitas bangsa juga semakin kuat tercermin melalui kemunculan karya sastra Indonesia modern yang berkembang dengan pesat setelah kemerdekaan. 

Dalam hubungan antarbangsa, identitas menjadi penting karena menyangkut keberlanjutan eksistensi sebuah bangsa lebih-lebih dalam konteks global. Kepentingan identitas menjadi utama kalau kita ingin menunjukkan diri sebagai bangsa dalam gempuran budaya global.

Keadaan Kebahasaan saat ini

Kekayaan sastra yang telah digambarkan di atas hendaknya juga sejalan dengan fungsi kekayaan bahasa daerah di Indonesia, yakni seyogyanya menjadi penyumbang bagi pengembangan bahasa Indonesia ke depan. 

Di sinilah politik bahasa yang tepat perlu diterapkan, sehingga bahasa daerah tidak menjadi terancam perannya dan bahasa ibu tetap dapat hidup dan berkembang dengan baik ketika kebijakan bahasa Indonesia menjadi pilihan politis yang juga harus dijalankan.

Kita tentu tidak menginginkan situasi kebahasaan yang rumit seperti di India terjadi juga di negara kita. India yang juga memiliki ratusan bahasa daerah terpaksa menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa nasional kedua ketika bahasa nasional resmi, yakni Hindi, tidak mampu menjadi jembatan bagi alat komunikasi yang menyatukan bangsa India yang multietnik tersebut. 

Belum lagi persoalan penyerapan kata asing ke dalam bahasa Indonesia seperti yang disampaikan oleh Remy Sylado (2005), bahwa 9 dari 10 kosakata Bahasa Indonesia adalah bahasa asing. Hal ini tentu agak menyedihkan jika mengingat betapa kayanya bahasa daerah yang dapat kita manfaatkan untuk menambah kosakata bahasa Indonesia tersebut. Namun sayang, hal ini belum terlaksana dengan baik.

Di sinilah peran dan tantangan yang harus kita ambil sebagai peneliti kebahasaan dan kesastraan Indonesia dan daerah, baik yang berada di lembaga bahasa seperti Badan Bahasa dan kantor Balai Bahasa maupun perguran tinggi seperti Universitas Negeri Gorontalo, untuk berperan mengembangkan bahasa dan sastra Indonesia ke depannya.

 

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berwajah Tampan, Pedagang Siomai Asal Garut Ini Viral

Posted: 21 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Belum lama ini seorang penjual tahu bernama Hikam Abdul Manan menjadi sorotan publik. Hal ini lantaran pria muda tersebut memiliki cara yang cukup unik untuk menarik perhatian pembeli. Saat berkeliling menjual tahu, Hikam berpenampilan necis layaknya orang kantoran dengan menggunakan kemeja, jas, dan dasi.

Kini kembali muncul seorang pedagang siomai yang menjadi viral di sosial media. Bagaimana tidak, pedagang siomai asal Garut tersebut memiliki paras yang tampan. Penampilan pedagang siomai muda ini terlihat berbeda lantaran parasnya yang mencuri perhatian.

Sosoknya viral setelah foto dan videonya diunggah oleh akun Facebook Eris Riswandi. Pada unggahan tersebut terlihat video pemuda itu ketika sedang melayani pembeli. Dia diketahui kerap berkeliling untuk menjajakan dagangannya di kawasan Jakarta Barat.

Tak hanya video ketika berjualan, pada unggahan tersebut juga terdapat beberapa foto pemuda itu di luar aktivitasnya berjualan siomai. Tak hanya tampan, gayanya juga terlihat kekinian.

"Tukang siomay ganteng lagi viral, orang Garut. Masih muda jualan siomay udah dewasa entar mana ada yang tau nasib nya gimana, banyak yg memulai bisnis dari kecil trus nanti jadi orang yang sukses," tulis akun Eris Riswandi pada unggahan tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Jadi Viral

pedagang siomay tampan (foto: Eris Riswandi)

Tak perlu waktu lama untuk unggahan tersebut menjadi viral dan menarik perhatian netizen. Hingga kini unggahan tersebut telah mendapat seribu reaksi dari netizen dan telah dibagikan 485 kali.

"Kemaren tukang tahu, skrg tukang siomay... Hahaha," tulis akun Mayang Sari.

"Jualan dimana sih? Sini aku borong," kata akun Ulvy Laube.

"Abangnya bikin meleleh," tulis Fathiyah Fathurrochman.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dianggap Tabu, Ternyata Kentut Bisa Perkuat Cinta

Posted: 21 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kentut atau buang gas kerap dianggap tabu jika dilakukan tidak pada waktu dan tempat yang tepat. Salah satu waktu yang dianggap kurang tepat adalah ketika tengah bersama pasangan.

Aroma kentut yang cenderung menyengat dipastikan bisa membuat orang lain tak nyaman. Hal itu dikhawatirkan akan membuat pasangan ilfil dan hubungan pun terganggu.

Tapi rupanya sebuah studi menunjukkan sebaliknya, berani kentut ketika bersama pasangan justru memperkuat rasa cinta. Lho?

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh mic.com, kentut ternyata bisa jadi pembuktian apakah ia benar-benar jatuh cinta dan menerima kamu apa adanya atau hanya dari tampilanmu saja. Kamu dan pasangan bisa menjadi orang yang lebih jujur satu sama lain. Dalam suatu hubungan sangat penting untuk bisa menjadi diri sendiri.

Well, terdengar sepele ya, tapi beginilah adanya Ladies. Dalam sebuah hubungan memang sebaiknya kita tak pernah menutupi diri kita. Sebuah hubungan percintaan pun akan lebih sehat jika kita berani menjadi diri kita sendiri. Saat pasangan menerima diri kita apa adanya, maka tak akan ada lagi kepura-puraan dan rasa takut ia tak mencintai diri kita. 

 

Reporter: Ivana Okta Riyani

Sumber: Vemale.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Sri Mulyani Gambarkan Kondisi Keuangan Negara ke Murid SD

Posted: 21 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengunjungi Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kenari 07, Jakarta Pusat pada Senin (22/10/2018) pagi ini.

Adapun kunjungan kali ini bertujuan memberikan pemahaman dasar kepada anak-anak mengenai tata kelola keuangan sebuah negara.

Sri Mulyani mengatakan, pemahaman sejak dini memang diperlukan bagi anak-anak. Dengan begitu, ke depan mereka dapat memahami betul kondisi keuangan negara Republik Indonesia.

"Kemenkeu (Kementerian Keuangan) memang untuk menjalankan tugas bagi anak-anak juga memahami bagaimana mengelola keuangan negara. Memang tidak memakai bahasa teknis, dari anak-anak, bahkan tingkat kelas 6 kelas 5 mereka sangat memahami dan kemudian ditaruh sebuah gambaran yang utuh itu akan memberikan gambaran kepada mereka gimana mereka melihat suatu negara atau negara sendiri," kata Sri Mulyani.

Dia mengatakan, sosialisasi seperti ini bukanlah kali pertama dilakukan Kemenkeu. Ini menjadi tahun ketiga bagi Kemenkeu untuk melakukan hal serupa, tepatnya sejak 2016.

"Ini tahun ketiga yang dilakukan jajaran Kementerian Keuangan di semua daerah sebagai salah satu saran melakukan kegiatan sosial, tapi juga memberikan berbagai macam pengetahuan secara mudah pada anak-anak terutama di tingkat SD," imbuh dia.

Bendahara Negara ini mengaku senang dan berkesan dapat berbagi pengetahuan dengan anak-anak. Apalagi pemahaman dan reaksi yang didapat dari anak-anak tersebut sangat luar biasa.

"Saya rasa yang berkesan saya berinteraksi dengan anak-anak itu aja udah berkesan karena energi saya menguat," kata Sri Mulyani.

"Mereka paham kondisi negaranya pada usia yang sangat dini. Mereka punya kesadaran bagaimana menjalankan, mereka juga mulai merasakan kalau membuat prioritas ternyata mereka bisa ini kan menunukkan tanda-tanda mereka memiliki pola pikir luar biasa dengan bimbingan baik mereka jadi karakter yang baik, mereka jadi karakter yang bagus," pungkas Sri Mulyani.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

Ekonom: Rupiah Melemah, Pemerintah Mesti Disiplin Kelola Anggaran

Ilustrasi Anggaran Belanja Negara (APBN)

Nilai tukar rupiah masih melemah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Bahkan rupiah tembus 15.200 per dolar.Meski demikian, ekonomi Indonesia saat ini dinilai masih kuat.

Kondisi ekonomi Indonesia pada 2018 berbeda dengan 1998 meski nilai tukar rupiah cenderung melemah terhadap dolar Amerika Serikat. Hal ini ditopang sistem keuangan Indonesia jauh lebih baik.

Hal itu disampaikan Ekonom Senior Raden Pardede saat dihubungi Liputan6.com, seperti ditulis Senin (22/10/2018).

"Kondisi seperti 1998 tidak akan terjadi. Punya keyakinan ekonomi kita jauh lebih baik. Mesin ekonomi dan sistem perbankan sudah jauh lebih baik," ujar Raden.

Raden menuturkan, kondisi sistem perbankan jauh lebih baik dilihat dari tata kelola perbankan dibandingkan pada 1998. "Pemilik dengan pengelola sudah terjadi pemisahan  yang ketat,""kata dia.

Selain itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menurut Raden dalam mengawasi perbankan juga lebih baik. Ini ditunjukkan dari penyaluran kredit. "Bank tidak bisa salurkan kredit ke perusahaan sendiri. Dulu jantung tidak berfungsi dengan baik yaitu perbankannya," ujar dia.

Meski demikian, Raden mengingatkan agar pemerintah dan Bank Indonesia tetap waspada. Pemerintah dinilai harus disiplin dalam mengelola anggaran. 

Seperti diketahui, berdasarkan referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) atau kurs tengah BI, pada 20 Oktober 2014 berada di posisi 12.041 per dolar AS atau menguat dari posisi 17 Oktober 2014 di kisaran 12.222. 

Rupiah pun melemah 12,39 persen sepanjang tahun berjalan 2018. Nilai tukar rupiah sempat di posisi 13.542 per dolar AS pada 2 Januari 2018 ke posisi 15.221 per dolar AS pada 19 Oktober 2018. Rupiah sempat berada di level terendah di posisi 15.253 per dolar AS pada 11 Oktober 2018.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sentuhan Perhiasan Produksi Lokal Bikin Penampilan Makin Manis

Posted: 21 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Ada banyak, begitu banyak, aksesoris yang bisa dipilih untuk menyempurnakan penampilan. Perhiasan, misalnya. Tak melulu dari luar negeri, lantaran ada juga jewelry produksi lokal yang tak kalah menawan hati.

Membuat penampilan jadi lebih manis, Anda mungkin ingin melirik perhiasan dari brand Massicot. Dengan kesan yang sangat perempuan, usaha milik Amanda Mitsuri ini mengadopsi desain simpel dengan lekuk-lekuk sangat girly.

Diceritakan Amanda di acara Instagrammable Business di Bandung, Jawa Barat, Kamis, 11 Oktober 2018, ia memang sengaja membentuk karakter tertentu dari produk yang dipasarkan Massicot.

Memilih feminin, sangat wajar kemudian desain dari produk Massicot memang mengesankan manis dan sangat perempuan, mulai dari desain sampai penambahan materi seperti mutiara yang oldskool tapi tetap elegan.

Awalnya, Massicot memang hanya menggunakan bahan resin dalam pembuatan perhiasan. Namun, seiring waktu, Amanda kini sudah mengeksplorasi banyak bahan baru untuk membuat produk mereka.

Dengan proses pengerjaan 100 persen handmade pengrajin lokal, perhiasan keluaran Massicot, dari anting sampai bros, dibanderol mulai dari Rp 350 ribu sampai yang paling mahal Rp 1,2 juta.

"Pengerjaannya itu memang membutuhkan waktu lebih lama. Karena kami kan nggak mass produce. Ada semacam kategori per keluarannya. Semua dikerjakan pakai tangan. Semua dikerjakan dengan sangat teliti," jelas Amanda.

Berangkat dengan kesan manis dan elegan seorang perempuan, Massicot masih terus mengembangkan ide desain perhiasan yang bisa dipakai dalam banyak acara. Jadi, Anda tertarik membeli produk lokal satu ini?

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Imbang Lawan Genoa, Pelatih Juventus Salahkan MU

Posted: 21 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Turin - Massimilliano Allegri menyalahkan MU atas hasil imbang yang diraih Juventus akhir pekan lalu. Pelatih asal Italia itu menyebut anak asuhnya tidak fokus dalam laga melawan Genoa.

Juventus hanya bermain 1-1 melawan Genoa dalam laga yang digelar Sabtu (20/10/2018). Gol Juventus diciptakan oleh Cristiano Ronaldo, sementara Genoa membalas melalui Daniel Bessa.

Meski belum mengubah posisi di puncak klasemen. Namun selisih poin Juventus dengan Napoli di posisi kedua semakin mendekat.

"Kami kebobolan karena kehilangan fokus. Lawan kami Genoa, tapi pikiran kami di Manchester," kata Allegri seperti dilansir Manchester Evening News.

"Situasi seperti ini seharusnya tak perlu terjadi. Semua pertandingan di Serie A bisa menentukan kami meraih scudetto atau tidak," dia menambahkan.

Pelajaran

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, pada laga kontra Udinese, 6 Oktober 2018.  (AFP / Miguel Medina)

Juventus meraih dua kemenangan di Grup H Liga Champions musim ini. Sementara itu, MU meraih sekali kemenangan dan sekali imbang.

Namun, kabar gembira bagi Juventus karena Ronaldo akan bisa bertarung melawan MU. CR7 hanya mendapat sekali larangan bertanding usai kartu merah di laga perdana.

"Saya pikir hasil kemarin bagus untuk kami. Para pemain akan ingat kalau semua hal tidak bisa dianggap remeh," dia menambahkan.

Buru Kemenangan

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, menyebut peluang timnya untuk melaju ke semifinal menipis karena kebobolan tiga gol pada leg pertama melawan Real Madrid di Allianz Stadium. (AFP/Marco Bertorello)

Juventus pun memburu kemenangan meski laga akan digelar di Old Trafford.

"Kami harus bangun dan menang di laga selanjutnya," kata Allegri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asisten Rumah Tangga Blak-blakan Bicara soal Syahrini

Posted: 21 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi seorang artis, Syahrini tentu harus memiliki seorang asisten. Dalam sebuah acara yang dipandu Ayu Ting Ting, Ruben Onsu, dan Ivan Gunawan, Syahrini memuji asisten rumah tangganya yang bernama Elin.

"Indang (ini) adalah wanita terpenting dalam hidup Incess (Syahrini). Kalau di rumah enggak diana (dia), kelar rumah udah," ujar Syahrini dalam bahasa gaul.

Tak sampai di situ saja pujian yang dilontarkan Syahrini untuk Elin. Wanita yang memiliki jargon "sesuatu" ini juga salut kepada Elin yang hafal kode-kode sepatu.

 

Tak Anggap Asisten

Syahrini (Foto: Adrian Putra/Bintang.com)

Dibandingkan asisten rumah tangga yang lain, Elin begitu spesial bagi Syahrini. 

"Dia tuh paling hafal kode-kode sepatu, merek sepatu atau tas. Aku tidak menganggap dia asistenku, dia adalah keluargaku. Dia adalah wanita terpenting dalam hidupku," kata Syahrini.

Suka Teriak-Teriak

Penyanyi Syahrini (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Ruben Onsu penasaran dengan karakter Syahrini di rumah. Ia pun menanyakan langsung kepada Elin.

"Syahrini kalau di rumah gimana? Jujur Lin," tanya Ruben

"Baik banget. Suka teriak-teriak," jawab Elin dengan malu-malu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indomie Jadi Sponsor Turnamen Esports di Australia

Posted: 21 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mi instan kenamaan asal Indonesia, Indomie, baru saja mengumumkan telah digandeng Australia Esports League (AEL) menjadi sponsor turnamen AEL Univeristy Cup.

Adapun gim yang akan dipertandingkan pada turnamen esports, termasuk Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO), Dota 2, dan Rocket League.

Dikutip dari laman Esports Insider, Senin (22/10/2018), turnamen esports ini bakal dibuka untuk semua pelajar yang berdomisili di Australia dengan total hadiah Rp 227.661.750.

Babak grand final turnamen esports ini akan digelar secara live. Nanti, dua tim terbaik di masing-masing kategori gim pada akhir semester turnamen akan berkompetisi memperebutkan gelar juara dan hadiah uang tunai.

Sebagai informasi, Indomie adalah salah satu brand Indofood Group dan dimiliki oleh Salim Group.

Indomie jadi salah satu sponsor turnamen esports di Australia. (Doc: Esports Insider)

Ini bukan langkah pertama Salim Group untuk 'terjun' ke dalam dunia esports. Baru-baru ini, perusahaan itu baru saja digandeng oleh ESL untuk menggelar kejuaraan esports tingkat nasional di Indonesia.

Berkaca dari hal tersebut, bukan hal yang tidak mungkin Indomie atau brand besar di Tanah Air bakalan ramai-ramai mensponsori turnamen esports di masa mendatang.

Gelar Turnamen Esports di Indonesia, ESL Gandeng Salim Group

Suasana pertandingan eSports. (Doc: ESL)

Kabar gembira datang dari dunia esports di Indonesia. Salim Grup dan ESL (Electronic Sports League) baru saja mengumumkan kemitraannya dalam pengembangan olahraga elektronik ini di Tanah Air.

Bersama dengan Salim Group, ESL akan membawa seri National Championships, liga esports yang sudah teruji keberhasilannya di lebih dari 20 negara di dunia ini ke Indonesia.

Rencananya, babak pertama ESL National Championships akan diadakan secara online dan diakhiri babak final offline yang akan berlangsung pada 2019.

"Kami sangat senang telah menemukan mitra strategis yang tertarik dengan pertumbuhan esports di Indonesia," kata Nick Vanzetti, Wakil Presiden Senior ESL Asia Pasifik dan Jepang dalam keterangan resmi yang Tekno Liputan6.com terima, Jumat (21/9/2018),

Ia melanjutkan, "Salim Group, dengan reputasi yang mendunia dan sejarahnya yang kuat di Indonesia, sangat cocok untuk apa yang kami targetkan untuk membangun pasar di tahun-tahun mendatang."

Kembangkan Komunitas Esports di Tanah Air

Suasana turnamen eSports. (Sumber: CraveOnline)

Selain menggelar turnamen National Championships, ESL dan Salim Group akan bekerja sama dalam mengembangkan komunitas esports yang sehat dan berkesinambungan untuk Indonesia.

Dengan populasi gamer yang masih muda dan sebagai salah satu negara dengan pertumbuhan tercepat di dunia, Indonesia siap untuk menjadi salah satu pasar terbesar dalam industri gim dan esports.

Sayang, masih belum ada informasi judul gim apa yang dipertandingkan dalam gelaran kompetisi National Championships ESL Indonesia mendatang.

Informasi, ESL merupakan perusahaan esports independen terbesar di dunia. Organisasi ini mengoperasikan liga dan turnamen berlevel tinggi, bertaraf internasional dan nasional seperti Intel Extreme Masters, ESL One, National Championships ESL dan acara setingkat besar lainnya, serta grassroots amateur cups, leagues dan matchmaking systems.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-Detik 8 PNS Jaktim Terjebak di Dalam Lift

Posted: 21 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah lift di lingkungan kantor Wali Kota Jakarta Timur mendadak rusak. 8 orang PNS terjebak di dalam life selama beberapa menit.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemda Masih Butuh Dukungan Swasta Pulihkan UKM di Lombok

Posted: 21 Oct 2018 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT HM Sampoerna Tbk bersama dengan komunitas retail binaannya Sampoerna Retail Community (SRC) menggelar kegiatan SRC Fest Lombok

Kegiatan yang mengangkat Ayo Bangun Kembali Ekonomi Lombok ini bertujuan untuk menggerakkan kembali ekonomi warga Nusa Tenggara Barat (NTB) pasca gempa bumi pada Agustus lalu. 

Manager Stakeholder and Regional Relations HM Sampoerna, Arief Triastika,‎ mengatakan SRC Fest Lombok digelar dengan konsep pameran yang mempertemukan lebih dari 1.000 peserta yang terdiri dari pelaku UKM khususnya ritel tradisional, mitra perbankan, dan pihak swasta lainnya. 

Konsep pameran sengaja diangkat sebagai wujud penciptaan peluang yang mempertemukan seluruh ekosistem bisnis mulai dari peritel tradisional dengan berbagai jejaring bisnis seperti distributor, produsen, konsumen, hingga pemasok. 

"Sampoerna berharap perhelatan SRC Fest Lombok dapat memberikan inspirasi, motivasi juga penyemangat bagi semua pelaku usaha di Lombok untuk kembali bangkit dan pulih sehingga ke depannya dapat menjadi pelaku usaha yang lebih tangguh," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (22/10/2018).

Sementara itu, Gubernur NTB, Zulfikieflimansyah menyatakan inisiatif yang dilakukan oleh pihak swasta akan mengakselerasi proses pemulihan perekonomian lokal. Hal ini diharapkan tidak hanya datang dari Sampoerna tetapi juga perusahaan swasta lain.

‎"Pemerintah daerah masih sangat membutuhkan sinergi dengan sektor swasta terutama dalam hal pemberdayaan dan pendampingan agar para pelaku UKM yang terkena dampak bangkit dan pulih usahanya," ujar dia.

 

Strategi Sampoerna Cetak 100 Ribu UKM

PT HM Sampoerna Tbk berkomitmen dukung ekonomi kerakyatan (Foto:Merdeka.com/Wilfridus S)

Sebelumnya, PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna) berkomitmen mendukung upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi kerakyatan melalui pemberdayaan sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia.

Data dari Kamar Dagang dan ilndustri (Kadin) Indonesia pada 2016 menunjukkan dalam lima tahun terakhir, kontribusi sektor UKM terhadap produk domestik bruto (PDB) meningkat dari 57,84 persen menjadi 60,34 persen.

Sementara itu, penyerapan tenaga kerja dari sektor UKM juga tumbuh dari 96,99 persen menjadi 97,22 persen. Hal ini menunjukkan peran UKM semakin strategis dalam mendukung perekonomian Indonesia. 

Sebagai bukti konkret dukungan terhadap pengembangan UKM, Sampoerna melalui program bertajuk Sampoerna Retail Community (SRC) telah mengembangkan 57 peritel di tahun 2008 hingga menjadi lebih dari 60.000 peritel di tahun 2018 dan tersebar di 408 kabupaten/kota di 34 provinsi di Indonesia. 

Untuk diketahui, SRC merupakan program pembinaan Sampoerna terhadap peritel tradisional melalui edukasi penataan toko, strategi pemasaran, dan manajemen keuangan. 

"Kami berharap, upaya ini akan mampu meningkatkan jumlah pelaku UKM yang berdaya saing tinggi serta turut memutar roda perekonomian di daerahnya masing-masing," kata Direktur Urusan Eksternal dan Fiskal PT HM Sampoerna Tbk. Elvira Lianita, dalam diskusi, di Jakarta, Kamis 18 Oktober 2018.

Tak hanya itu, sejak 2007, Sampoerna juga memberikan pelatihan kewirausahaan kepada sekitar 40.000 orang melalui program Pusat Pelatihan Kewirausahaan Sampoerna (PPK) Sampoerna. 

Saat ini, PPK Sampoerna yang terletak di Pasuruan, Jawa Timur, telah menjangkau 79 kota/kabupaten di Indonesia, serta menerapkan 90 riset terapan yang teruji di bidang pertanian terpadu. 

Diharapkan SRC dan PPK Sampoerna dapat tumbuh menjadi ekosistem UKM yang secara nyata mampu memperkuat ekonomi kerakyatan Indonesia, menggerakkan perekonomian lokal, serta memberdayakan masyarakat sekitar. 

"Ke depannya, Sampoerna ingin merangkul lebih banyak lagi pemangku kepentingan agar cakupan manfaat dari program pemberdayaan yang kami inisiasi bisa merata di seluruh Indonesia," tutur Elvira.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jaksa KPK Ajukan Kasasi terkait Vonis Fredrich Yunadi

Posted: 21 Oct 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA) atas vonis banding terdakwa Fredrich Yunadi.

Fredrich divonis 7 tahun karena sebagai pengacara telah merintangi proses penyidikan KPK terhadap mantan Ketua DPR RI, Setya Novanto.

"Hari ini Tim JPU menyatakan upaya hukum kasasi untuk perkara Fredrich Yunadi," ujar jaksa KPK M Takdir Suhan saat dikonfirmasi, Senin (22/10/2018).

Upaya kasasi ini diajukan lantaran kejahatan yang dilakukan Fredrich Yunadi masuk ke extraordinary crime.‎ Selain itu, JPU KPK menilai Fredrich telah mencederai proses penegakan hukum, khususnya perkara e-KTP.

Pengadilan Tinggi DKI Jakarta menguatkan vonis majelis hakim Pengadilan Tipikor, Jakarta atas vonis terdakwa perintangan penyidikan KPK, Fredrich Yunadi. Dengan putusan tersebut, Fredrich tetap divonis 7 tahun pidana penjara sesuai putusan tingkat pertama.

Sebelumnya, mantan kuasa hukum Setya Novanto itu divonis 7 tahun penjara denda Rp 500 juta atau subsider 5 bulan kurungan.

 

Lebih Ringan

Vonis majelis hakim lebih ringan ketimbang tuntutan jaksa penuntut umum yang menuntut 12 tahun penjara denda Rp 600 juta atau subsider 6 bulan kurungan.

Fredrich dianggap bersalah melakukan perintangan saat KPK melakukan penyidikan terhadap Setya Novanto terkait kasus korupsi proyek e-KTP.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hukuman Berakhir, Wanggai Siap Kembali Bawa Persib Raih Kemenangan

Posted: 21 Oct 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Penyerang Persib Bandung, Paatrich Wanggai telah terbebas dari sanksi hukuman larangan bermain. Hukuman itu berakhir saat Persib dikalahkan Persebaya Surabaya 1-4, Sabtu (20/10/2018).

Sebelumya, Wanggai dikenakan hukuman sanksi larangan tampil di tiga pertandingan. Hukuman ini dijatuhkan karena dia dianggap bersalah menginjak salah satu pemain Mitra Kukar di laga Persib di Liga 1 2018, Agustus lalu.

Kini, mantan pemain Sriwijaya FC itu mengaku sudah tak sabar untuk kembali merumput. Tiga poin, menjadi target yang dicanangkan saat kembali berseragam Persib.

Terdekat, Persib harus berhadapan dengan rival terkuat mereka di puncak klasemen, PSM Makassar. Nah, di laga ini, Wanggai ingin berkontribusi dengan mempesembahkan tiga poin untuk Maung Bandung.

"Tiga poin itu harus. Saya tidak punya target pribadi, saya bermain untuk target tim," tutur Wanggai di situs resmi Persib.

Kondisi Buruk

Wanggai menyadari, kondisi Persib saat ini sedang tidak bagus. Apalagi, mereka baru kalah 1-4 dari Persebaya.

Posisi Persib yang sebelumnya berada di puncak klasemen kini disalip PSM. Kini, Persib berada di posisi kedua dengan selisih dua poin dari PSM.Wanggai pun mengaku senang, bisa kembali bermain dan berharap bisa memberikan kontribusi.

"Yang pasti senang karena sekarang kita butuh poin dan harus menang. Saya sudah tidak sabar untuk bermain," katanya.

Siap Bangkit

Sementara itu kapten Persib, Supardi mengungkapkan ambisi mereka untuk kembali ke jalur kemenangan. Supardi menyebut, mereka ingin membayar dukungan dan doa yang selama ini diberikan bobotoh.

"Pekan selanjutnya kita akan menghadapi (PSM) Makassar. Jika bisa kalahkan mereka, kita bisa ke puncak lagi. Mudah-mudahan kita bisa petik hikmah dari pertandingan kemarin dan tidak mengulang kesalahan yang sama," jelasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kritik Dana Kelurahan, Timses Jokowi Nilai Sandiaga Tak Konsisten

Posted: 21 Oct 2018 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP NasDem Irma Suryani Chaniago heran pernyataan Sandiaga Uno yang terus menyindir program dana kelurahan. Menurutnya, cawapres nomor urut 02 itu tak konsisten.

"Sandiaga bilang, program ini tidak akan berpengaruh pada elektoral karena masyarakat sudah pintar, nah kalo sudah tau tidak berpengaruh kenapa harus negatif thinking dengan bilang ada udang dibalik batu?" ujar Irma lewat pesan singkat, Senin (22/10/2018).

Sandiaga menuding ada niat tertentu di balik pencairan dana kelurahan yang baru direalisasikan 2019. Pasalnya di tahun yang sama akan diselenggarkan pemilihan presiden.

Irna menjelaskan, dana kelurahan merupakan aspirasi wali kota seluruh Indonesia. Hal itu seperti kesaksian Wali Kota Bogor Bima Arya yang menyatakan Jokowi mengiyakan permintaan dana kelurahan saat pertemuan Juli lalu.

"Yang meminta keadilan atas bantuan dana untuk mempercepat pembangunan di daerah sebagai mana yang diterima desa di seluruh Indonesia," tuturnya.

Dia menyebut tak perlu mempermasalahkan kapan anggaran itu cair. Yang terpenting, lanjutnya, adalah aturan atau payung hukum untuk pengawasan dana kelurahan yang jelas.

"Yang penting, advokasi, regulasi atau payung hukumnya serta kontrolnya jelas," ujarnya.

 

Udang di Balik Batu

Sebelumnya, Sandiaga meminta masyarakat menerka sendiri apakah ada maksud lain di balik pembagian dana kelurahan.

"Kalau misalnya di tahun politik di 2019 ini pasti masyarakat bisa menilai sendiri, apakah ini ada udang di balik batu atau apakah ini sebuah program yang memang dicanangkan sebelumnya," kata Sandiaga.

Menurut dia, saat ini masyarakat sudah cerdas dalam berpolitik khususnya yang menengah ke bawah. Dia pun mencontohkan kala Pilgub DKI lalu ada 'serangan' bagi-bagi sembako.

Reporter: Ahda Bayhaqi 

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Warganet Serukan Telkom Buka Blokir Netflix

Posted: 21 Oct 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Keputusan Netflix menghadirkan opsi konten berbahasa Indonesia hingga film pertama yang diproduksi sineas Indonesia membuat animo masyarakat untuk menikmati layanan streaming video tersebut meningkat.

Sayangnya, akses untuk menikmati konten Netflix tidak dirasakan oleh semua orang, terutama pengguna yang memakai layanan internet dari Telkom Group. Seperti diketahui, sejak rilis di Indonesia, operator pelat merah itu memblokir layanan Netflix.

Oleh sebab itu, seruan agar Telkom membuka blokir dari konten Netflix kembali digaungkan sejumlah warganet, khususnya di Twitter. Banyak pengguna layanan internet Telkom dan Telkomsel meminta blokir dibuka agar dapat menikmati layanan tersebut.

Bahkan di Change.org ada petisi yang dibuat untuk Telkom agar mau membuka blokir Netflix. Petisi ini sudah didaftarkan sejak lima bulan lalu.

Untuk mengetahui seperti apa seruan warganet yang meminta layanan Netflix dibuka oleh Telkomsel dan Telkom, berikut ini beberapa kicauan yang sudah dihimpunTekno Liputan6.com, Senin (22/10/2018).

Siap Kerja Sama, Telkom Bakal Buka Blokir Netflix

Layanan streaming video populer, Netflix kini hadir di Tanah Air.

Tahun lalu, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mengaku akan membuka blokir layanan Netflix dan siap bekerja sama dengan salah satu penyedia video-on-demand(VoD) itu dalam waktu dekat.

Direktur Consumer Service Telkom, Dian Rachmawan menyatakan pihaknya dan Netflix telah mencapai titik temu yang diharapkan dapat membuka kesempatan untuk bekerja sama.

Menurut Dian, Netflix siap memenuhi ketentuan dan aturan yang berlaku di Indonesia. Salah satunya adalah terkait censorship dan ketentuan lain guna menghadirkan tayangan Netflix melalui jaringan yang dimiliki Telkom.

Namun, hingga saat ini rencana tersebut tidak kunjung terjadi. Buktinya, pengguna layanan Telkom masih tidak dapat mengakses konten yang ada di Netflix. 

Telkom: Pemblokiran Netflix Bukan Kepentingan Bisnis

Netflix (digitaltrends.com)

Sebelumnya, Telkom juga membantah bahwa pemblokiran Netflix terkait dengan kepentingan bisnis. Saat dikonfirmasi pada 2016, VP Consumer Marketing & Sales PT Telekomunikasi Indonesia Jemy V. Confido menuturkan Telkom tidak merasa terancam dengan kehadiran Netflix. 

"Telkom tidak merasa khawatir atau tersaingi dengan keberadaan Netflix, khususnya USeetv. Kami tidak merasa terancam dengan keberadaan Netflix karena teknologinya berbeda, pasarnya berbeda," tuturnya.

Selain itu, menyoal keberadaan Netflix yang masih belum sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia, ia berujar bahwa keberadaan Netflix yang tanpa izin operasi di Indonesia, akan menyulitkan Telkom dalam hal koordinasi.

"Telkom hanya ingin comply (memenuhi) aturan karena kalau Netflix beroperasi tanpa ada izin operasi, tanpa lisensi, tanpa membuka representasi perwakilan, sulit bagi Telkom untuk berkoordinasi dengan Netflix," lanjutnya.

Umpamanya, ketika ada pelanggan yang mengeluh--karena layanan dari Netflix ini terkendala misalnya--pada saat Telkom akan meminta bantuan Netflix, untuk memperbaiki layanannya, secara teknis menjadi sulit. Belum lagi secara regulasi.

Ketika Netflix sudah memenuhi peraturan dan mengantongi izin operasi, ia mengatakan bahwa Telkom akan menyambut baik dan siap untuk berkolaborasi.

"Kalau sudah comply, kita bicara berkolaborasi, lalu baru kita bicara apa value added yang bisa diberikan Netflix kepada pelanggan Telkom, apa value added yang bisa Telkom berikan kepada Netflix untuk melayani pelanggan Telkom," tegas Jemy.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertunangan Bubar, Mantan Ariana Grande Menjadikannya Bahan Lawakan

Posted: 21 Oct 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Pertunangan Pete Davidson dan Ariana Grande memang kandas di tengah jalan. Namun dasar pelawak, Pete Davidson justru menjadikan kemalangannya ini sebagai bahan lawakan.

Dilansir dari E! News, Senin (22/10/2018), hal ini dilakukan oleh mantan Ariana Grande itu saat tampil di acara komedi Judd & Pete for America, Sabtu pekan lalu.

Dalam satu bagian, misalnya, ia mengungkap bahwa dirinya tak lagi tinggal bersama Ariana Grande."Apa ada yang punya kamar kosong? Ada yang mencari teman sekamar?" tuturnya.

Saat mereka masih bertunangan, Ariana Grande memang membeli sebuah apartemen senilai US$ 16 juta dolar di New York sebagai tempat tinggal mereka.

Soal Tato Cinta

Salah satu tato Pete Davidson yang berbentuk topeng kelinci Ariana Grande. (instagram/petedavidson)

Tak hanya itu, ia juga menertawakan soal tato-tato di tubuhnya yang ia buat sebagai tanda cinta untuk Ariana Grande. "Hmm, aku menutupi sejumlah tatoku, itu menyenangkan," kata Pete Davidson.

Ia mengaku situasi yang ia alami belakangan ini membuatnya agak takut untuk kembali merajah kulitnya. "Yah, aku bahkan takut membuat tato tentang ibuku [di badanku], sampai separah itu," tuturnya.

 

Disebut Bodoh

Tato Pete Davidson yang merupakan inisial nama Ariana Grande. (instagram/petedavidson)

Pete Davidson juga mengingat kembali bahwa masa-masa di awal hubungannya dengan Ariana Grande.

Saat itu sejumlah media mengatakan bahwa ia bodoh karena langsung membuat tato tentang kekasih yang belum berapa lama ia pacari. Pete mengaku langsung dibela teman-temannya, yang mengatakan publikasi media itu hanyalah ucapan haters semata.

Namun omongan sang sahabat berubah 180 derajat setelah pertunangan Pete dengan Ariana Grande bubar. "Beberapa waktu lalu saat kami di dapur dia bilang, 'Yo, Bro. Ternyata kamu memang bodoh'," tuturnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ma'ruf Amin: Santri Harus Punya Kemampuan dan Kompetensi

Posted: 21 Oct 2018 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Tasikmalaya - Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengingatkan agar santri mempunyai kompetensi dan kemampuan mumpuni. Ini diperlukan agar bisa mengabdi untuk bangsa dan negara dan mengisi kemerdekaan dengan menghilangkan kemiskinan.

"Santri itu harus punya semangat mengabdi pada bangsa dan negara. Bukan hanya mengusir pejajahan, tapi mengisi pembangunan menghilangkan kemiskinan dan membangun kesejahteraan," ucap Ma'ruf Amin saat mengikuti apel Hari Santri di Lapangan Dadaha, Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (22/10/2018).

Dia menuturkan, Hari Santri diperingati demi memberikan semangat bagi para santri untuk membela NKRI. Baginya, santri harus mengingat bahwa kemerdekaan RI merupakan bagian dari perjuangan santri. Artinya, santri harus merasa punya peran, dihargai dan diperhitungkan negara.

"Santri harus siap untuk mengabdi. Jadi tidak hanya punya semangat, tapi juga harus punya kemampuan dan kompetensi," ungkap Ma'ruf.

Menurut dia, santri harus mengambil peran di dalam segala aspek pembangunan bangsa dan negara. Dan di dalam konteks itu, santri juga harus menyiapkan dirinya untuk bisa berkiprah lebih besar.

"Tentu peran pesantren sebagai wadah pendidikan santri juga wajib berperan lebih besar," tukas Ma'ruf Amin.

Berperan dalam Perjuangan

Di tempat yang sama, Ketua Umum PBNU Said Agil Siradj menjelaskan, santri selalu berperan dalam berbagai peristiwa perjuangan bangsa.

Sejak kemerdekaan 1945, ketika menghadapi pemberontakan DI/TII, peristiwa 1965, 1983-84 ketika mempelopori penerimaan Pancasila sebagai asas tunggal, hingga Reformasi 1998.

Menurutnya, momen Hari Santri harus jadi momentum penguatan paham kebangsaan.

"Bagian dari spirit nasionalisme. Hubbul Watan Minal Iman, harus digalakkan," tukas Kiai Said Agil.

Dia juga menyampaikan rasa syukur karena RUU Pesanten dan Pendidikan Keagamaan sedang diproses di DPR RI. Hal itu merupakan bagian dari perjuangan menjadikan negara Indonesia aman, makmur, berkepribadian, dan berakhlak.

"Kita harap RUU ini segera dijadikan undang-undang," pungkasnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jurus Garuda Indonesia Hadapi Tekanan Rupiah dan Tingginya Harga Minyak

Posted: 21 Oct 2018 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk kembali menyusun strategi baru dalam menghadapi kondisi tingginya harga minyak serta nilai tukar rupiah yang melemah terhadap dolar AS.

Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra, mengungkapkan pihaknya sudah menyusun strategi pada tahun lalu. Namun, melihat kondisi saat ini, strategi tersebut harus segera diperbarui.

"Kalau antisipasinya kita juga sudah membuat tahun lalu kita sudah mulai karena tahu prediksi harga minyak naik kita sudah hedging 30 persen. Kita lihat kalau misalnya memang masih naik kita naikkan hedging jadi 40 persen," kata Ari saat ditemui di Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali, ditulis Senin (22/10/2018).

Sementara itu, untuk menghadapi situasi nilai tukar rupiah yang terus melemah, maskapai pelat merah tersebut juga akan melakukan beberapa langkah efisiensi. Di antaranya adalah penghapusan tiket subkelas atau tiket murah di bawah kelas ekonomi di beberapa rute.

"Kita juga akan review strategi pricing. Kita ada subkelas yang akan kita tutup, kita ada 12 sub kelas mungkin tiga terendah kita akan tutup," ujar dia.

 

 

Dirut Garuda Indonesia Tbk I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra (Foto:Merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu)

Subkelas yang akan ditutup adalah rute yang dinilai tidak menguntungkan. "Kalau misalnya rutenya memang kurang menguntungkan, kita akan tutup dan kalau yang statistiknya bagus pasarnya subkelas tergantung kita lihat market masing-masing rute dan daya beli masyarakat," ujar dia.

Selain itu, beberapa harga promo juga akan ditutup, sebab perusahaan tidak mungkin menaikkan tarif ongkos pesawat untuk menambal kerugian.

"Kita tidak bisa naikkin tarif. Kita menutup harga promo, harga-harga promo kita tutup," kata dia.

Strategi juga dilakukan dalam bidang negosiasai, di antaranya adalah perpanjangan leasing pesawat semua tipe. 

"Yang white body yang besar dari 15 tahun menjadi 20 tahun, sehingga menurunkan cost leasingnya," ujar dia.

Berdasarkan referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) atau kurs tengah BI, pada 20 Oktober 2014 berada di posisi 12.041 per dolar AS atau menguat dari posisi 17 Oktober 2014 di kisaran 12.222. 

Rupiah pun melemah 12,39 persen sepanjang tahun berjalan 2018. Rupiah sempat di posisi 13.542 per dolar AS pada 2 Januari 2018 ke posisi 15.221 per dolar AS pada 19 Oktober 2018. Rupiah sempat berada di level terendah di posisi 15.253 per dolar AS pada 11 Oktober 2018.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

Garuda Indonesia Bangun Pabrik Ban Pesawat

Pemandangan pesawat Garuda Indonesia yang bisa dilihat dari bourding lounge Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (24/04). Terminal ini mampu 25 juta calon penumpang per tahun. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Sebelumnya, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menggandeng BUMN asal China untuk mendirikan pabrik ban pesawat pertama di Indonesia. PT Garuda Indonesia Tbk akan membentuk anak usaha baru dan akan segera direalisasikan maksimum dalam enam bulan ke depan.

Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra, menyebutkan perusahaan asal Negeri Tirai Bambu tersebut menanamkan investasi sebesar USD 500 juta. Adapun perjanjian kerja sama antara kedua belah pihak telah diresmikan pada momen pertemuan tahunan Bank Dunia di Bali pada beberapa waktu ke belakang.

Pria yang akrab disapa Ari ini menyebutkan, hal ini merupakan salah satu strategi Garuda dalam pengembangan atau ekspansi bisnis.

"Ban vulkanisir untuk pesawat, jadi kita di Indonesia belum ada. Nah kita sudah dapat investor dari China senilai 500 juta USD, kita sudah teken (tanda tangan) kemarin di forum IMF," kata Ari saat ditemui di Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali, ditulis Senin, 21 Oktober 2018.

Selama ini Garuda Indonesia memang sudah memiliki anak usaha bergerak di bidang perawatan pesawat, yaitu PT Garuda Maintenance Facility (GMF) Aero Asia Tbk. Namun, perusahaan tersebut tidak mencakup manufakturing.

"Kalau GMF beli impor dari luar belum manufaktur, tidak ada yang manufaktur ban pesawat di Indonesia. Bisnisnya sendiri di Indonesia belum ada pabrik maunfaktir ban pesawat padahal karetnya (bahan mentahnya) ada disini, penggunanya banyak di sini, kenapa kita enggak punya? Kenapa kita harus impor," ujar dia.

Saat ini, lanjutnya, pihaknya melakukan penjajakan dengan beberapa perusahaan vulkanisia ban ternama, di antaranya Bridgestone dan Dunlop. "Lagi di tahap akhir (pembicaraannya)," ungkapnya.

Selain Garuda Indonesia dan Citilink, nantinya maskapai lain pun bisa menjadi konsumen ban tersebut. Sebab, kata Ari, harga ban pesawat tersebut disinyalir akan jauh lebih murah dengan ban pesawat impor, tapi dengan kualitas yang sama.

Harga murah tersebut didapat dari hasil pemangkasan bea masuk impor dan bea pengapalan atau pengiriman barang via kapal.

"Akan lebih murah kalau ada di dalam negeri itu tidak akan kena biaya impor terus kemudian tidak kena biaya pengapalan, pasti lebih murah minimum 30 persen," ujar dia.

 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timses Jokowi soal Kritik Dana Kelurahan: Sandiaga Tak Tahu Persoalan

Posted: 21 Oct 2018 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding, heran Sandiaga Uno mengkritik program dana kelurahan. Menurut dia, kelurahan memang butuh dana khusus untuk pembangunan seperti layaknya desa yang sudah diakomodasi.

Sandiaga menuding ada niat tertentu di balik pencairan dana kelurahan yang baru direalisasikan pada 2019. Pasalnya di tahun yang sama akan diselenggarkan pemilihan presiden.

Pernyataan cawapres nomor urut 2 itu, kata Karding, justru memperlihatkan bahwa ia tak paham persoalan masyarakat.

"Kemudian dianggap seperti ada udang di balik batu, kalau menurut saya terserah Pak Sandi aja. Berarti Pak Sandi tak memahami apa yang menjadi persoalan yang dihadapi masyarakat di tingkat kelurahan," ujar Karding lewat pesan singkat, Senin (22/10/2018).

Sindiran Sandiaga itu, menurut dia, malah berpotensi membuat masyarakat tak bersimpati. Karding mengatakan kalau Sandiaga betul-betul turun ke masyarakat, seharusnya mantan Wakil Gubernur DKi itu bisa memahami apa yang dirasakan kelurahan.

"Jangan justru masyarakat kelurahan tak simpati kepada Pak Sandi karena mempersoalkan dana ini. Kalau Pak Sandi turun ke daerah mestinya memahami apa yang dirasakan masyarakat kelurahan," tuturnya.

Soal dana kelurahan, menurut Karding, merupakan aspirasi dari daerah. Hal itu disampaikan para wali kota ketika bertemu Jokowi pada Juli lalu.

Ia menjelaskan, apa yang dilakukan Jokowi merupakan cara untuk melakukan pemerataan. Kelurahan juga harus dibangun tanpa terkecuali.

"Dalam membangun ini kan tidak boleh ada perbedaan seluruhnya sama jadi harus dibangun. Kelurahan pun tanpa terkecuali harus dibangun agar terjadi apa yang disebut pemerataan, agar seluruh pembangunan dinikmati tak hanya desa tapi juga di kelurahan," pungkas Karding.

Udang di Balik Batu

Sebelumnya, Sandiaga meminta masyarakat menerka sendiri apakah ada maksud lain di balik pembagian dana kelurahan.

"Kalau misalnya di tahun politik di 2019 ini pasti masyarakat bisa menilai sendiri, apakah ini ada udang di balik batu atau apakah ini sebuah program yang memang dicanangkan sebelumnya," kata Sandiaga.

Menurut dia, saat ini masyarakat sudah cerdas dalam berpolitik khususnya yang menengah ke bawah. Dia pun mencontohkan kala Pilgub DKI lalu ada "serangan" bagi-bagi sembako.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jumlah Korban Tewas Akibat Kereta Anjlok di Taiwan Bertambah Jadi 18 Orang

Posted: 21 Oct 2018 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Taipei - Jumlah korban tewas dan terluka akibat insiden kereta penumpang yang tergelincir keluar dari rel di timur laut Taiwan telah bertambah. Menurut laporan terbaru otoritas, jumlah korban tewas menjadi 18 orang dan 187 lainnya luka-luka.

Otoritas kereta nasional Taiwan juga mengatakan bahwa mereka tengah menyelidiki penyebab kecelakaan itu, yang terjadi di Kota Yilan sekitar pukul 16.50 waktu setempat, Minggu 21 Oktober.

Dikutip dari BBC pada Senin (22/10/2018), rangkaian kereta yang tergelincir itu mengangkut 366 orang penumpang, yang menurut otoritas terkait, semuanya telah mendapat hak pertanggungjawaban.

Oleh pejabat setempat, insiden itu disebut sebagai kecelakaan kereta terburuk di Taiwan dalam 27 tahun terakhir. Setidaknya, tiga anak termasuk di dalam daftar korban tewas.

"Kereta itu berjalan sangat cepat. Saya menabrak dinding ketika gerbong mulai berputar. Sekitar lima hingga enam orang terlempar keluar dari pintu kereta," kata Henry Tseng, salah seorang penumpang, kepada kantor berita Reuters.

"Tidak ada waktu untuk memikirkan apa yang terjadi. Semua orang terburu-buru untuk keluar," dia melanjutkan.

Kereta Puyuma Express dengan nomor rangkaian 6432 itu anjlok tidak jauh dari Stasiun Xinma, sekitar 70 kilometer timur laut Taipei. Rangkaian kereta tersebut menempuh rute antara ibu kota dan Kota Taitung.

"Ada empat gerbong yang terbalik 90 derajat, dan para korban tewas berada di dalamnya," kata Jason Lu, kepala Administrasi Kereta Api Taiwan (TRA).

Wakil kepala TRA, Lu Chieh-shen, sebelumnya mengatakan pada konferensi pers bahwa kereta itu baru berusia enam tahun dan dalam kondisi "cukup baik" sebelum kecelakaan terjadi.

 

Simak video pilihan berikut:

Penyebab Masih Belum Jelas

Ilustarsi bendera Taiwan (AFP/Mandy Cheng)

Masih belum jelas apa yang menyebabkan kereta itu tergelincir, tetapi para saksi mengatakan kepada media setempat, bahwa mereka mendengar suara keras kemudian percikan api dan asap.

Rekaman video di televisi lokal menunjukkan penumpang memecahkan jendela untuk menyelamarkan diri dari gerbong.

Seorang reporter kantor berita AFP di tempat kejadian mengatakan, lebih banyak jenzah dipindahkan dari gerbong yang rusak sekitar pukul 20.00 waktu setempat, pada Minggu malam.

Pemimpin Taiwan, Tsai Ing-wen, tiba di Xinma pada Senin pagi. Dia mengatakan telah "meminta jaksa untuk mengklarifikasi situasi," dan dengan cepat menentukan apa yang menyebabkan kecelakaan tersebut.

"Pada saat yang sulit ini, mari kita semua berdoa untuk yang terluka dan berharap para korban meninggal dapat beristirahat dengan tenang," katanya.

Taiwan memiliki jaringan kereta api yang luas, dan lebih dari setengah juta penumpang bepergian dengan sistem transportasi itu setiap hari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Apel Peringatan Hari Santri Nasional di Tangerang Selatan

Posted: 21 Oct 2018 09:31 PM PDT

Santri Kota Tangerang Selatan mengikuti apel untuk memperingati Hari Santri Nasional di lapangan Pesantren AL-Amanah AL-Gontroy, Pondok Aren, Senin (22/10). Acara ini dihadiri ribuan santri dari berbagai pesantren di Tangsel. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Santri Kota Tangerang Selatan mengikuti apel untuk memperingati Hari Santri Nasional di lapangan Pesantren AL-Amanah AL-Gontroy, Pondok Aren, Senin (22/10). Acara ini dihadiri ribuan santri dari berbagai pesantren di Tangsel. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Santri Kota Tangerang Selatan mengikuti apel untuk memperingati Hari Santri Nasional di lapangan Pesantren AL-Amanah AL-Gontroy, Pondok Aren, Senin (22/10). Hari Santri Nasional diperingati setiap tanggal 22 Oktober. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Santri Kota Tangerang Selatan mengikuti apel untuk memperingati Hari Santri Nasional di lapangan Pesantren AL-Amanah AL-Gontroy, Pondok Aren, Senin (22/10). Hari Santri Nasional diperingati setiap tanggal 22 Oktober. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Santri Kota Tangerang Selatan mengikuti apel untuk memperingati Hari Santri Nasional di lapangan Pesantren AL-Amanah AL-Gontroy, Pondok Aren, Senin (22/10). Acara tersebut dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional ke-3. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Santri Kota Tangerang Selatan mengikuti apel untuk memperingati Hari Santri Nasional di lapangan Pesantren AL-Amanah AL-Gontroy, Pondok Aren, Senin (22/10). Acara tersebut dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional ke-3. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Santri Kota Tangerang Selatan mengikuti apel untuk memperingati Hari Santri Nasional di lapangan Pesantren AL-Amanah AL-Gontroy, Pondok Aren, Senin (22/10). Acara ini dihadiri ribuan santri dari berbagai pesantren di Tangsel. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Santri Kota Tangerang Selatan mengikuti apel untuk memperingati Hari Santri Nasional di lapangan Pesantren AL-Amanah AL-Gontroy, Pondok Aren, Senin (22/10). Acara ini dihadiri ribuan santri dari berbagai pesantren di Tangsel. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Santri Kota Tangerang Selatan mengikuti apel untuk memperingati Hari Santri Nasional di lapangan Pesantren AL-Amanah AL-Gontroy, Pondok Aren, Senin (22/10). Hari Santri Nasional diperingati setiap tanggal 22 Oktober. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Santri Kota Tangerang Selatan mengikuti apel untuk memperingati Hari Santri Nasional di lapangan Pesantren AL-Amanah AL-Gontroy, Pondok Aren, Senin (22/10). Hari Santri Nasional diperingati setiap tanggal 22 Oktober. (Merdeka.com/Arie Basuki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia U-19, Laga Penentu Lawan UEA

Posted: 21 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 kini dalam posisi yang sulit. Kekalahan dari Qatar, Minggu (21/10/2018), membuat anak asuh Indra Sjafri harus menjalani partai hidup mati melawan Uni Emirat Arab (UEA).

Timnas Indonesia U-19 membuang kesempatan untuk segera menyegel tiket 8 besar Piala AFC U-19 2018. Itu karena mereka takluk 5-6 dari Qatar pada matchday kedua Grup A di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Meski begitu, perjuangan Timnas Indonesia U-19 tetap layak diacungi jempol. Awalnya, mereka tertinggal 1-6 lebih dulu akibat gol Hashim Ali di menit ke-11, ke-51, Abdulrasheed Umaru ke-14, ke-41, ke-56, dan Mohammed Waad Albayati ke-24 yang hanya bisa dibalas gol Muhammad Luthfi Kamal di menit ke-28.

Namun, Timnas Indonesia U-19 mampu mengejar ketertinggalan di babak kedua. Empat gol balasan dilesakkan lewat hattrick Todd Rivaldo Ferre di menit ke-65, ke-63, ke-81 dan satu gol Saddil Ramdani ke-69. Sayang, mereka kehabisan waktu sebelum bisa menyamakan skor.

Meski kalah, Timnas Indonesia U-19 harus memenuhi persyaratan yang cukup sulit untuk lolos ke babak 8 besar. Mereka harus menang 2-1 atas UEA di SUGBK, Rabu (24/10/2018), untuk setidaknya bisa lolos sebagai runner-up Grup A.

 

Jadwal Siaran Langsung

Indonesia vs Uni Emirat Arab

24 Oktober 2018

19.00 WIB

Stadion Utama Gelora Bung Karno

Live RCTI

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Geger di Bus Jurusan Jakarta-Ponorogo, Ada Jasad Bayi di Bagasi

Posted: 21 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Magetan - Pekerja PO Bus Agam Tunggal Jaya Maospati, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Rudi Purwanto menemukan jasad bayi di dalam bagasi bus.

Jasad bayi perempuan sepanjang 40 cm tersebut ditemukan di dalam bagasi bus yang terparkir di garasi, Kelurahan Maospati, Kabupaten Magetan pada Minggu, 21 Oktober 2018.

Menurut Kapolsek Maospati Kompol Basuki Dwi Koranto, pihaknya menerima laporan dari petugas PO Bus Agam Tunggal Jaya bahwa di dalam bagasi bus ditemukan kardus kemasan air mineral.

Di dalam kardus tersebut, kata Basuki, terdapat plastik warna hitam yang di dalamnya terdapat bungkusan kain putih dengan bau menyengat.

"Tadi ada laporan ke Polsek (Maospati), tentang ditemukannya bungkusan kain putih di dalam tas kresek warna hitam dengan bau menyengat," ujar Basuki, seperti dilansir Antara, Senin (22/10/2018).

Setelah bungkusan dibuka, kata dia, ternyata ada bayi yang diduga lahir prematur dalam kondisi sudah meninggal dunia.

"Bus yang di dalamnya ditemukan mayat bayi tersebut adalah jurusan Jakarta-Ponorogo (Jawa Timur)," ucap Basuki.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Lakukan Penyelidikan

Ilustrasi sindikat penjual bayi di Media Sosial (Liputan6.com/ Zulfikar Abubakar)

Dengan adanya penemuan tersebut, Basuki mengatakan akan melakukan penyelidikan untuk mengungkap siapa yang meletakkan mayat bayi di dalam bagasi bus tersebut.

"Polisi akan melakukan penyelidikan untuk mengungkap pelakunya. Siapa saja penumpang bus dari Jakarta ke Ponorogo tersebut," jelas Basuki.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dikabarkan Menikah dengan Rossa, Afgan Buka Suara

Posted: 21 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kedekatan Afgan Syah Reza dan Rossa selama ini membuat banyak pihak yang menjodohkan keduanya. Tak sampai situ, keduanya kini bahkan dikabarkan telah menikah.

Rossa pun membuat klarifikasi mengenai kabar miring tersebut. Ia menyebut dirinya belum melepas status jandanya.

Hal senada juga dikatakan Afgan, dia dan Rossa hingga kini belum mengikat janji suci seperti kabar yang diedarkan sang make up artis.

"Klarifikasi sebenarnya. Karena banyak yang nanya juga, ya enggaklah, saya belum nikah," kata Afgan, usai mengisi acara Ninjacoustic, Ninja Xpress '3 Xtraordinary Event' di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Minggu (21/10/2018) malam.

Bercanda

Rossa dan Afgan (Liputan6.com/Panji Diksana)

Afgan menjelaskan kabar pernikahan dirinya dan Rossa beredar lantaran kejahilan sahabatnya, Bubah Alfian.

"Cuma itu kemarin memang Bubah, Bubah itu gimana ya. Bubah itu aduh, Bubah itu kayak ketua Afross ya, Afross tuh namanya fans kita namanya Afgan Rossa disebutnya Afross, jadi mungkin dia bercanda. Niatnya memang bercanda," kata Afgan.

 

Doa

Penyanyi Afgan dan Rossa (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Gosip ini pun ditanggapi pelantun "Terima Kasih Cinta" dengan positif. Baginya, ini merupakan doa untuk dirinya.

"Ya saya mah senanglah didoain semoga cepat married, iya kan. Ya pokoknya doain yang terbaik aja, sama siapa pun itu yang penting bahagia," tutur Afgan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Susah ke Bantar Gebang, Sampah Menggunung di Muara Baru

Posted: 21 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tumpukan sampah menggunung di TPS Muara Baru setelah truk sampah dibatasi masuk ke Bekasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suami Nycta Gina Ingin Jadi Penjual Burung

Posted: 21 Oct 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Suami Nycta Gina, Rizky Kinos, tengah menggandrungi burung hias Lovebird. Pria yang bekerja sebagai presenter itu sudah mengoleksi beberapa burung sejak awal 2018.

Diakui suami Nycta Gina, awalnya dia hanya memiliki satu burung jinak yang sering diajak bermain bersama putranya. Lambat laun ia membeli lagi dan lagi.

"Awalnya punya satu, kebetulan dapatnya yang jinak, dilepas enggak kabur. Jadinya sering diajak main sama anak," kata suami Nycta Gina ditemui di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, akhir pekan lalu.

"Anak senang, papanya juga senang, lalu nambah satu, nambah dua sampai akhirnya banyak. Terus belajar kumpul komunitas sana sini," imbuhnya.

Ternak Burung

(Andy Masela/Bintang.com)

Rizky Kinos niatnya hanya mengoleksi burung-burung lucu ini. Namun setelah memiliki sekitar 20 burung lovebird, dia pun melihat adanya peluang bisnis.

"Burungnya diternak. Awalnya hanya koleksi, tapi melihat peluangnya oke dan lovebird semua jadinya diternakin," sambungnya.

Dijual

Nycta Gyna dan Rizky Kinos (Deki Prayoga/bintang.com)

Mengingat masih induk, Rizky Kinos belum berniat menjual koleksinya. Nanti jika sudah beranak pinak ia akan mulai membisniskannya ke beberapa kolektor dengan harga yang tentu tidak murah.

"Sejauh ini banyak yang sudah mau beli, tapi enggak gue jual dulu. Karena sekarang posisinya burung gue masih indukan semua, belum anakan. Kalau sudah anakan baru rencananya gue jual," tutur ayah dua anak ini.

(Wulan Noviarina/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Kembali Periksa Ratna Sarumpaet Terkait Hoaks Siang Ini

Posted: 21 Oct 2018 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya kembali memeriksa Ratna Sarumpaet, pukul 13.00 WIB hari ini. Hal ini dibenarkan oleh kuasa hukum Ratna, Insank Nasrudin.

"Iya betul (diperiksa), periksa tambahan," kata Insank saat dihubungi, di Jakarta, Senin (22/10/2018).

Katanya, pemeriksaan itu untuk mencocokkan dari keterangan saksi-saksi yang sudah diperiksa kepolisian. Namun, secara detail Insank mengaku tak tahu materi apa yang akan disampaikan penyidik.

"Kalau yang mau digali kita belum tau apa aja yang mau digali. Tapi ini kan pemeriksaan tambahan aja untuk melengkapi pemeriksaan yang dulu. (Soal foto) Itu materi penyidikan, artinya kita tidak bisa menyampaikan secara personal karena materi hukum, tapi tidak jauh-jauh dari kalian ketahui yang selama ini muncul di media," bebernya.

Saat pemeriksaan nanti, Insank mengaku kalau Ratna Sarumpaetdalam keadaan sehat.

"Kalau kita lihat dari fisik beliau baik-baik saja ya, tapi kalo dari mental kita tidak tahu. Bagaimana yang dia rasakan kita ngga pernah tahu. Kalau di dalam baik-baik saja, secara fisik ya baik-baik saja," pungkasnya.

Kasus Hoaks

Sementara itu Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono membenarkan hal itu.

"Iya nanti diperiksa, ya seputar kasus itu ya," katanya kepada merdeka.com.

 

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPU Banjarmasin Ingatkan Tata Cara Kampanye Caleg

Posted: 21 Oct 2018 09:18 PM PDT

Liputan6.com, Banjarmasin - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan mengingatkan para calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019 bagaimana tata cara berkampanye.

Menurut Ketua KPU Kota Banjarmasin Khairunnizan, pihaknya mendapat undangan sejumlah partai politik, diantaranya yang baru ini dari Hanura dan Demokrat dalam pembekalan caleg.

"Momen-momen seperti ini kita manfaatkan untuk mengingatkan langsung dengan para caleg secara terperinci tata cara berkampanye," ujar Khairunnizan, seperti dikutip dari Antara, Senin (22/10/2018)

Sebab, lanjut dia, tata cara berkampanye pada Pemilu 2019 dengan Pemilu 2014 ada perbedaan, meskipun substansinya sama.

"Misalnya kalau pada Pemilu lalu di jalan protokol itu tidak boleh memasang Alat Peraga Kampanye (APK) seperti baliho atau spanduk, pada Pemilu sekarang ini boleh, tapi tetap terbatas," ucap Khairunnizan.

Namun, menurut dia, yang malah dilarang itu bentuk APK caleg jenis stiker yakni dipasangnya di tiang telepon, PLN, atau tembok.

Hal lainnya, kata Khairunnizan, adalah pertemuan terbatas para caleg dengan masyarakat dalam kampanye dialogis, ini juga ada perbedaan dengan Pemilu lalu.

"Kalau aturan lalu boleh itu maksimalnya 250 orang saja, sekarang boleh sampai 1.000 orang," tutur Khairunnizan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Ingatkan Kampanye di Media Sosial

Warga menunjukan pin anti golput usai melakukan pendaftaran daftar pemilih tetap (DPT) di kawasan Car Free Day, Jakarta, Minggu (21/10). Pos pendaftaran ini bertujuan mendata warga yang belum terdaftar dalam DPT Pemilu 2019. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Khairunnizan juga mengatakan pihaknya paling mengingatkan kepada para caleg soal aturan kampanye di media sosial. Sebab, kata dia, pada Pemilu ini ada aturannya secara terperinci.

"Jadi semua caleg kita minta membaca dengan betul tatacara berkampanye ini, agar Pemilu 2019 ini betul-betul bisa berjalan demokratis," tegas Khairunnizan.

Sementara itum Ketua DPD Demokrat Kota Banjarmasin Bambang Yanto menegaskan tidak mempermasalahkan dengan aturan pemilu saat ini. Karena baginya yang terpenting itu para caleg dapat berkampanye menemui masyarakat secara langsung.

"Kita sudah gelar pembekalan caleg, target kita 7-9 kursi pada Pemilu 2019, jadi para caleg kita tidak hanya siap tempur tapi siap juga menaati aturan," ucap Bambang.

Lalu, Ketua Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kota Banjarmasin Noval malah menyatakan, peraturan Pemilu 2019 ini cukup memberatkan.

Pasalnya, kata dia, pesta demokrasi ini tidak bisa dirayakan betul-betul lantaran ada batasan, khususnya dikampanyekan alat peraga atau APK.

"Jadi memang berat ini, namun begitu para Caleg kita sudah sangat siap, kalau Pemilu 2014 lalu dapat tiga kursi, dengan strategi baru kampanye ini, kita yakin bisa dapat kursi di semua daerah pemilihan," pungkas Noval.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Qatar Terpukau Aksi Todd Rivaldo Ferre, Supersub Timnas Indonesia U-19

Posted: 21 Oct 2018 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Todd Rivaldo Ferre adalah aktor di balik kejutan Timnas Indonesia U-19 yang nyaris menyamakan skor saat melawan Qatar. Pemain asal Papua itu memborong tiga dari empat gol Indonesia di babak kedua.

Awalnya, suporter Timnas Indonesia U-19 merasa pesimistis dengan hasil babak pertama matchday kedua Grup A Piala AFC U-19 melawan Qatar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (21/10/2018). Itu karena Indonesia tertinggal 1-4 saat jeda turun minum.

Empat gol Qatar ke gawang Timnas Indonesia U-19 dilesakkan Hashim Ali di menit ke-11, Abdulrasheed Umaru ke-14, ke-41, dan Mohammed Waad Albayati ke-24 yang hanya bisa dibalas gol Muhammad Luthfi Kamal ke-28. Bahkan, Qatar masih bisa menambah dua gol di babak kedua lewat Ali di menit ke-51 dan Umaru ke-56.

Dalam kondisi itu, pelatih Timnas Indonesia U-19 melakukan pergantian dengan memasukkan Todd Rivaldo Ferre sebagai pengganti Muhammad Rafli Mursalim di menit ke-56. Di luar dugaan, Todd Rivaldo yang justru jadi aktor kebangkitan semangat Garuda Nusantara.

Tak tanggung-tanggung, ia membukukan hattrick di menit ke-65, ke-73, dan ke-81. Gol pertamanya dicetak dari tendangan bebas. Sedangkan dua gol lainnya dihasilkan lewat aksi individu yang memukau. Bahkan, Qatar pun mengaku terkejut dengan aksi Todd Rivaldo Ferre.

 

Terkejut

Gelandang Timnas Indonesia, Todd Rivaldo, melewati hadangan pemain Qatar pada laga AFC U-19 Championship di SUGBK, Jakarta, Minggu (21/10). Indonesia kalah 5-6 dari Qatar. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

"Kami sudah menduga akan ada sesuatu dari Indonesia karena mereka telah bekerja keras, ditambah dengan dukungan suporter. Indonesia punya pemain-pemain bagus dan kami tak terkejut mereka bisa cetak empat gol. Mereka punya pemain bagus seperti Todd yang bisa datang kapan saja dan mencetak gol. Tapi itu tidak cukup untuk mengejar ketertinggalan mereka," ujar asisten pelatih Qatar, Lino Godinho.

Berkat kemenangan atas Indonesia, Qatar pun dalam posisi bagus untuk bisa lolos ke babak 8 besar. Mereka akan menjalani laga terakhir Grup A dengan menghadapi Chinese Taipei di Stadion Pakansari, Rabu (24/10/2018).

"Di kompetisi adalah yang penting tetap berjuang. Di laga pertama dan kedua, kami telah mengerahkan kekuatan yang kami punya. Di laga tadi, nilai-nilai positifnya akan kami ulangi dan nilai-nilai negatifnya semoga tidak terjadi di laga selanjutnya," ia menambahkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ekonom: Rupiah Melemah, Pemerintah Mesti Disiplin Kelola Anggaran

Posted: 21 Oct 2018 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah masih melemah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Bahkan rupiah tembus 15.200 per dolar.Meski demikian, ekonomi Indonesia saat ini dinilai masih kuat.

Kondisi ekonomi Indonesia pada 2018 berbeda dengan 1998 meski nilai tukar rupiah cenderung melemah terhadap dolar Amerika Serikat. Hal ini ditopang sistem keuangan Indonesia jauh lebih baik.

Hal itu disampaikan Ekonom Senior Raden Pardede saat dihubungi Liputan6.com, seperti ditulis Senin (22/10/2018).

"Kondisi seperti 1998 tidak akan terjadi. Punya keyakinan ekonomi kita jauh lebih baik. Mesin ekonomi dan sistem perbankan sudah jauh lebih baik," ujar Raden.

Raden menuturkan, kondisi sistem perbankan jauh lebih baik dilihat dari tata kelola perbankan dibandingkan pada 1998. "Pemilik dengan pengelola sudah terjadi pemisahan  yang ketat,""kata dia.

Selain itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menurut Raden dalam mengawasi perbankan juga lebih baik. Ini ditunjukkan dari penyaluran kredit. "Bank tidak bisa salurkan kredit ke perusahaan sendiri. Dulu jantung tidak berfungsi dengan baik yaitu perbankannya," ujar dia.

Meski demikian, Raden mengingatkan agar pemerintah dan Bank Indonesia tetap waspada. Pemerintah dinilai harus disiplin dalam mengelola anggaran. 

Seperti diketahui, berdasarkan referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) atau kurs tengah BI, pada 20 Oktober 2014 berada di posisi 12.041 per dolar AS atau menguat dari posisi 17 Oktober 2014 di kisaran 12.222. 

Rupiah pun melemah 12,39 persen sepanjang tahun berjalan 2018. Nilai tukar rupiah sempat di posisi 13.542 per dolar AS pada 2 Januari 2018 ke posisi 15.221 per dolar AS pada 19 Oktober 2018. Rupiah sempat berada di level terendah di posisi 15.253 per dolar AS pada 11 Oktober 2018.

 

 

Rupiah dan Lifting Minyak Meleset dari Target APBN 2018

Petugas bank menghitung uang dollar AS di Jakarta, Jumat (20/10). Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) masih belum beranjak dari level Rp 13.500-an per USD. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan mengenai realisasi Anggaran dan Belanja Negara 2018 (APBN 2018) hingga posisi September. Dalam catatan Kementerian Keuangan, ada tiga realisasi asumsi makro ekonomi dalam APBN 2018 yang melenceng jauh dari target pada asumsi APBN 2018.

Sri Mulyani mengatakan, hal pertama yang melenceng dari asumsi adalah nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. Per 31 September 2018, rata-rata nilai tukar rupiah di angka 14.119 per dolar AS, meleset dari asumsi dasar yang dipatok 13.400 per dolar AS.

"Nilai tukar rata-rata 14.119 per dolar AS sampai September meskipun terjadi penguatan dolar AS," kata Menkeu Sri Mulyani di Kantor Pusat Dirjen Pajak, Jakarta, Rabu 17 Oktober 2018.

Kedua, asumsi yang meleset adalah harga minyak mentah Indonesia (ICP) mencapai USD 68 per barel. Sementara asumsi ICP adalah USD 48 per barel.

Ketiga adalah lifting minyak dan gas (migas). Untuk lifting minyak yang mencapai 774 ribu barel per hari atau meleset dari asumsi 800 ribu barel per hari (bph).

Untuk lifting gas mencapai 1,14 juta barel setara minyak per hari, sedangkan asumsi 1,2 juta barel setara minyak per hari.

"Tetapi kami tetap berhati-hati karena volume produksi kami tertahan tetapi permintaan domestik kami meningkat. Kami akan melihat dalam neraca pembayaran kami mengimpor minyak dan gas," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Super Sinis, 5 Zodiak Ini Selalu Berpikiran Negatif

Posted: 21 Oct 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang memiliki pembawaan dan karakteristik yang berbeda-beda. Ada yang selalu optimistis dan dapat menumbuhkan kepercayaan kepada orang lain. Di sisi lain, ada pula yang super sinis hingga selalu memandang segala hal negatif.

Pribadi-pribadi sinis tersebut cenderung tidak menaruh kepercayaan pada orang lain. Tidak jarang, anggapan-anggapan negatif itu kemudian mengubah diri mereka menjadi semakin egois, apatis, hingga skeptis.

Berhadapan dengan orang-orang demikian memang menyebalkan. Namun, Anda dapat mengetahuinya lewat zodiak. Lalu, zodiak mana saja yang super sinis? Simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari yourtango, Senin (22/10/2018) berikut:

1. Capricorn

Membutuhkan waktu yang cukup lama bagi Capricorn untuk dapat percaya pada seseorang. Ini pula yang mungkin menjadi alasan mereka menjadi begitu sinis. Pribadi Capricorn cenderung mempercayai hal paling buruk dalam diri seseorang.

Kecenderungan mereka lainnya adalah agak pesimistis dan berpikir banyak orang termotivasi oleh kepentingan diri mereka sendiri. Selain itu, zodiak tersebut juga berpikir jika orang lain melakukan sesuatu untuk kebaikan diri sendiri.

2. Taurus

Super Sinis, 5 Zodiak Ini Selalu Melihat Negatif dalam Semua Hal (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Jika ada kabar gembira dari orang lain yang Taurus lihat di media sosial, mereka cenderung akan sinis. Para pemuja intimasi ini tidak ingin fokus pada hal negatif, tapi emosi dengan orang yang memamerkan sesuatu untuk membuat orang lain iri.

Taurus sebenarnya hanya ingin orang mengekspresikan yang sebenarnya. Namun, tetap tak bisa dimungkiri, rasa sinis akan ada selalu melingkupi mereka.

3. Virgo

Super Sinis, 5 Zodiak Ini Selalu Melihat Negatif dalam Semua Hal (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Sinisnya seorang Virgo dapat memengaruhi cara mereka melihat diri sendiri. Zodiak ini tidak dapat menerima pujian walaupun itu diucapkan dengan tulus. Penolakan itu mereka hadirkan dengan tidak menghiraukannya.

Pribadi Virgo dapat membuat suasana menjadi canggung ketika seseorang memberi pujian untuk mereka. Hal tersebut didasari rasa tidak percaya kepada kata-kata orang lain.

4. Pisces

Super Sinis, 5 Zodiak Ini Selalu Melihat Negatif dalam Semua Hal (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Pisces tidak memiliki masalah dalam menuangkan perasaan mereka. Jika mereka bahagia, mereka akan tersenyum. Namun, para Pisces tidak akan tersenyum ketika seseorang menyuruh mereka berbuat demikian.

Ya, para pemilik zodiak ini tidak mempan dengan kata-kata yang disampaikan orang lain. Justru hal tersebut akan membuat pribadi Pisces akan mengolok dan memberikan senyum kecut.

5. Scorpio

Super Sinis, 5 Zodiak Ini Selalu Melihat Negatif dalam Semua Hal (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Scorpio percaya jika orang dapat berbohong sepanjang waktu dan apa yang dikatakan kebanyakan omong kosong. Mereka begitu sinis dengan sebuah percakapan dan menganggap apapun yang keluar dari mulut orang lain adalah kebohongan.

Berada di posisi ini, akan sangat sulit bagi Scorpio untuk memercayai orang lain, pun ketika orang tersebut telah berbicara jujur. Keinginan untuk percaya ini 'diadang' watak Scorpio yang dipenuhi prasangka-prasangka buruk.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyelidikan Baru Kasus BLBI, KPK Panggil Kembali Sjamsuk Nursalim

Posted: 21 Oct 2018 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memanggil pemilik Bank Dagang Nasional Indonesia (BDNI) Sjamsul Nursalim dan istrinya, Itjih Nursalim. Keduanya dipanggil untuk diperiksa terkait penyelidikan baru kasus korupsi penerbitan surat keterangan lunas (SKL) Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI).

"KPK kembali memanggil Sjamsul Nursalim dan Itjih Nursalim untuk jdwal permintaan keterangan hari ini dan besok (Senin dan Selasa, 22-23 Oktober 2018)," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Senin (22/10/2018).

Menurut dia, surat panggilan telah dikirimkan ke kediaman dan kantor Sjamsul di Singapura. KPK pun telah berkoordinasi dengan otoritas Singapura terkait pemanggilan keduanya. Sjamsul dan Itjih diketahui tinggal di Singapura.

"Surat sudah disampaikan ke kediaman dan kantor di Singapura dan Indonesia. Untuk surat ke kantor di Indonesia, disampaikan ke kantor Gadjah Tunggal di Hayam Wuruk," kata Febri.

Dia meminta agar Sjamsul dan Itjih dapat kooperatif memenuhi panggilan penyidik KPK. ini. Febri menuturkan pemeriksaan ini bisa menjadi ruang bagi keduanya memberikan keterangan jika memang ada hal yang tak sesuai dengan fakta yang terjadi.

"Kami sampaikan sekali lagi, permintaan keterangan ini sekaligus memberi ruang bagi yang bersangkutan untuk menyempaikan klarifikasi atau sejenisnya," ucap dia.

Saat ini, KPK masih mengembangkan kasus BLBI. Sekitar 26 orang telah dimintai keterangan. Baik dari unsur Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN), Komite Kebijakan Sektor Keuangan (KKSK), maupun swasta.

 

Mantan Ketua BPPN Divonis

Sebelumnya, mantan Ketua BPPN Syafruddin Arsyad Temenggung telah divonis 13 tahun penjara ditambah denda Rp 700 juta subsider 3 bulan kurungan karena terbukti melakukan penghapusan piutang Bank Dagang Nasional Indonesia (BDNI) yang dimiliki Sjamsul Nursalim sehingga merugikan keuangan negara hingga Rp 4,58 triliun.

Dalam putusan, Syafruddin disebut terbukti melakukan korupsi bersama dengan pihak lain, yaitu Dorodjatun Kuntjoro-Jakti, Sjamsul Nursalim, dan Itjih Nursalim.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Dana Kelurahan, Tim Jokowi: Sandiaga Jangan Nyinyir, tapi Beri Solusi

Posted: 21 Oct 2018 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Raja Juli Antoni, mengatakan jika tak setuju dengan dana kelurahan, Sandiaga Uno lebih baik jangan cuma menyindir, tapi beri solusi.

"Sandiaga Uno mencurigai kepentingan politik di balik rencana dana kelurahan, ada udang di balik batu katanya. Menurut saya, Mas Sandi jangan nyinyir, tapi solutif," ucap Raja di Jakarta, Senin (22/10/2018).

Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia ini bertanya pada Sandiaga apakah setuju atau tidak dengan dana kelurahan.

"Pertanyaannya, apakah Mas Sandiaga setuju dengan dana kelurahan? Kalau setuju full stop (titik). Bismillah kita jalankan," ungkap Raja.

Jika tak setuju dengan hal tersebut, kata dia, segera memberikan solusi. Raja juga meminta agar jangan destruktif jika menjadi pemimpin.

"Kalau tidak setuju apa alternatif solusi atas kebutuhan dana di kelurahan. Tidak susah menjadi pemimpin yang konstruktif," pungkasnya.

Kata Sandiaga

Sandiaga, meminta masyarakat menerka sendiri apakah pembagian dana tersebut ada maksud lain seperti ungkapan pribahasa "ada udang di balik batu".

"Kalau misalnya di tahun politik di 2019 ini pasti masyarakat bisa menilai sendiri, apakah ini ada udang di balik batu atau apakah ini sebuah program yang memang dicanangkan sebelumnya," kata Sandiaga.

Di sisi lain, Sandiaga mengaku mengapresiasi apa pun program yang ditujukan untuk masyarakat. Selagi, niatnya untuk membantu masyarakat.

Menurut dia, saat ini masyarakat sudah cerdas dalam berpolitik khususnya yang menengah ke bawah. Dia mencontohkan kala Pilgub DKI lalu ada "serangan" bagi-bagi sembako.

"Bagaimana serangan di penghujung, serangan sembako tidak mengubah electoral behavior, tidak mengubah keyakinan berpolitik mereka dan mereka menjatuhkan pilihan berdasarkan pilihan dan hati mereka," jelas Sandiaga.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Honda Brio Terbaru Akan Berlayar ke Filipina dan Thailand

Posted: 21 Oct 2018 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Uluwatu - All new Honda Brio yang diluncurkan secara global di pameran GIIAS 2018 lalu akan mulai diekspor dalam waktu dekat. Negara Filipina dan Thailand kemungkinan menjadi negara pertama tujuan ekspor. 

Informasi tersebut disampaikan Takayuki Uotani, Business dan Product Planning Director PT Honda Prospect Motor (HPM), kepada Merdeka.com, di sela acara Media Test Drive all new Honda Brio di kawasan Uluwatu, Badung, Bali, kemarin (18/10).

Uotani-san mengatakan, all new Honda Brio memang akan dipasarkan ke luar negeri (ekspor). Namun soal negara tujuan dan jumlahnya masih dalam pembahasan di Honda.

Namun, Uotani memberikan gambaran awal bahwa all new Honda Brio akan menyasar tiga hingga empat negara di kawasan Asia, seperti Filipina dan Thailand. Intiya, pasar ekspor all new Honda Brio adalah negara-negara di regional Asia.

"Tunggu satu bulan lagi, kami akan umumkan soal ekspor all new Honda Brio. Tunggu satu bulan lagi, please," ujar Uotani yang baru bergabung sebagai direktur di HPM pada April lalu.

 

Selanjutnya

HPM kembali melakukan ekspor, setelah pertama kali mengekspor mobil secara utuh (CBU) lewat model Freed pada 2009. Namun, pada 2016, HPM menghentikan produksi Honda Freed di Indonesia, sehingga sejak itu pula Honda tidak ekspor mobil lagi secara utuh. Namun, Honda tetap melakukan ekspor komponen alias secara compeletely knock down (CKD), dengan negara tujuan sebagian besar negara Asia, kemudian Meksiko dan Brasil.

Uotani-san baru menjabat di HPM selama tujuh bulan per April lalu. Sebelum menjadi direktur di Honda Indonesia, Uotani bekerja di Honda Vietnam dan China. Total 20 tahun Uotani sudah bekerja di pabrikan otomotif Honda. 

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PM Australia Minta Maaf secara Nasional tentang Kekerasan Seksual pada Anak

Posted: 21 Oct 2018 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Canberra - Perdana Menteri Australia Scott Morrison menyampaikan permintaan maaf secara nasional kepada korban pelecehan seksual anak.

Ratusan orang berkumpul di Canberra pada Senin (22/10/2108) untuk mendengarkan PM Morrison menyampaikan pidato emosional di parlemen.

Ini merupakab buntut dari penyelidikan lima tahun, yang menemukan fakta bahwa puluhan ribu anak telah mengalami pelecehan di lembaga-lembaga negara selama beberapa dekade.

"Hari ini, kami akhirnya mengakui dan menghadapi jeritan yang hilang dari anak-anak kami," katanya, dikutip dari BBC pada Senin (22/10/2018).

"Kita harus begitu rendah hati untuk jatuh di hadapan orang-orang yang ditinggalkan, dan memohon kepada mereka permintaan maaf," dia melanjutkan.

Penyelidikan, yang disimpulkan pada Desember lalu, mendengar lebih dari 8.000 kesaksian para korban tentang pelecehan seksual dalam organisasi di Australia, seperti gereja, sekolah dan klub olahraga.

Dengan suaranya yang sesekali terdengah bergetar, PM Morrison mengakui penderitaan para korban dan kegagalan institusional yang dikutuk.

"Mengapa tangisan anak-anak dan orangtua diabaikan? Mengapa sistem keadilan kami buta? Mengapa begitu lama untuk bertindak?" dia berkata.

Berikut adalah penggalan utama pidato permintaan maaf PM Morrison, di depan rakyat Australia:

Saat seorang korban baru-baru ini berkata kepada saya: "Itu bukan musuh asing yang melakukan ini kepada kami. Ini dilakukan oleh orang Australia kepada orang Australia, musuh di tengah-tengah kami, musuh di tengah-tengah kami."

Musuh-musuh tak berdosa.

Itu terjadi hari demi hari, minggu demi minggu, bulan demi bulan, dekade demi dekade, siksaan yang tak henti-hentinya.

Ketika seorang anak berbicara, mereka tidak dipercaya dan kejahatan berlanjut tanpa mendapat hukuman.

Satu orang yang selamat mengatakan kepada saya bahwa ketika dia memberi tahu seorang guru tentang pelecehannya, guru itu kemudian menjadi pelaku berikutnya: kepercayaan dipatahkan, tidak berdosa dikhianati, kekuasaan dan posisi dieksploitasi untuk kejahatan yang sangat buruk.

 

Simak video pilihan berikut:

Hal yang Luar Biasa

Bendera Australia - AFP

Sementara itu, pemimpin Oposisi Bill Shorten mengatakan kepada parlemen, "Ada kesalahan yang tidak bisa dilakukan dengan benar. Tetapi ketahuilah bahwa hari ini Australia menyampaikan permintaan maaf."

Seluruh anggota parlemen Negeri Kanguru berdiri selama satu menit, diam mengikuti pidato pemimpin mereka.

Di lain pihak, kelompok-kelompok pemerhati anak mengatakan para korban dan pendukung mereka telah melakukan perjalanan dari seluruh negeri, untuk mendengar permintaan maaf di gedung parlemen.

"Mereka datang dengan hati yang sangat berat," kata Leonie Sheedy, kepala eksekutif Care Leavers Australasia Network.

"Ini adalah hal yang luar biasa, negara kita meminta maaf, tetapi ada begitu banyak pekerjaan yang harus diselesaikan."

Pada Agustus, Gereja Katolik secara resmi menolak satu rekomendasi yang dibuat oleh penyelidikan, bahwa imam harus dipaksa untuk melaporkan pelecehan seksual yang terungkap selama desakan pengakuan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Jumlah Wajah yang Dilihat di Gambar Ini Ungkap Kondisi Otakmu

Posted: 21 Oct 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Melihat kondisi otak seseorang bisa melalui berbagai cara. Salah satunya melalui teka-teki gambar. Seperti gambar pohon ini misalnya ternyata menyimpan pesan lain.

Jika kamu menaruh konsentrasi pada gambar pohon ini ternyata terdapat sejumlah ilusi wajah seseorang. Jumlah wajah yang berhasil kamu temukan pada gambar pohon ini bisa ungkap kondisi otakmu.

Artikel tentang gambar wajah pada pohon tersebut menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua terpopuler yakni isi pada enam kotak snack yang bikin kita tak terduga. Sedangkan artikel tentang tipe orang menolak cinta menjadi ketiga terpopuler.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Jumlah Wajah yang Dilihat di Pohon Ini Tunjukkan Kondisi Otak Anda

Dok: Istimewa

Mengerjakan teka-teki dapat meningkatkan aktivitas otak, meningkatkan daya ingat, serta meningkatkan konsentrasi. Seperti teka-teki di bawah ini, tugasnya sangat mudah.

Anda cukup menemukan semua wajah tersembunyi di ilusi optik ini. Jumlah wajah yang Anda temukan mencerminkan kondisi otakmu.

Selengkapnya..

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

2. Sulit Diprediksi, Isi 6 Kotak Snack Ini Sungguh Tak Terduga

(Foto rangkuman dari Brilio.net)

Di Indonesia, kotak snack pasti tak pernah absen saat sedang menyelenggarakan acara. Biasanya snack yang disediakan dalam kotak berisi makanan ringan, kue-kue, serta air mineral gelas untuk mengisi perut para tamu.

Meski begitu, isi kotak snack ternyata juga bisa berisi barang yang tak terduga. Malahan ada yang bikin kita kegirangan sendiri lihatnya karena ingin mendapat kotak snack semacam ini.

Selengkapnya..

3. 9 Tipe Saat Menolak Cinta Seseorang, Lucu tapi Bikin Nyesek

(Foto rangkuman berbagai sumber)

Saat menyukai seseorang menjadi hal yang wajar untuk mengungkapkan perasaanmu kepada orang yang disuka. Namun, dengan adanya jejaring sosial saat ini, setidaknya menjadi lebih mudah untuk mengungkapkan rasa suka tanpa harus langsung bertatap muka.

Meski begitu, obrolan nembak gebetan di jejaring sosial juga gak gampang lo. Walaupun malu sedikit berkurang, tapi tak sedikit orang dapat penolakan dengan berbagai macam cara dari yang kocak hingga bikin nyesek.

Selengkapnya..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perjalanan El Bayan dari Surau Tempat Santri Mengaji Jadi Perguruan Tinggi

Posted: 21 Oct 2018 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Cilacap - Waktu berjalan, zaman pun berubah. Akan tetapi, keberadaan lembaga pendidikan tinggi semacam universitas atau perguruan tinggi masih terpusat di kota besar.

Imbasnya, anak-anak pedesaan, termasuk santri-santri di pedesaan, kesulitan untuk mengaksesnya. Sebab, selain biaya pendidikan, terdapat biaya variabel yang mesti ditanggung, seperti kos atau akomodasi.

Di sini lain, pendidikan Indonesia masih mendikotomi atau membedakan pendidikan informal seperti pondok pesantren atau madrasah, dengan pendidikan formal setara sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Sebab itu, Yayasan El Bayan Majenang berupaya menggabungkan keduanya. Yayasan yang berada di Majenang kabupaten Cilacap, Jawa Tengah ini berupaya menyediakan pendidikan informal dan formal sekaligus.

Riwayat El Bayan terlacak sejak 1930-an di Dusun Bendasari Desa Padangsari, Kecamatan Majenang sebagai surau kecil yang berfungsi juga sebagai tempat mengaji anak-anak atau santri di sekitarnya. Lantas, bertahun-tahun kemudian berdiri lah pondok pesantren yang lantas bernama El Bayan.

Tuntutan zaman memacu El Bayan untuk terus berbenah. Salah satunya yakni dengan menyediakan pendidikan formal yang dimulai dari mendirikan Madrasah Ibtidaiyah atau MI yang setara dengan SD, MTs, MA dan SMK, serta terakhir ini, perguruan tinggi, dengan berdirinya Sekolah Tinggi Manajamen Ilmu Komputer atau STMIK Komputama Majenang.

Ketua Yayasan El Bayan Majenang, KH DR Fathul Amin Aziz bercerita, butuh perjuangan panjang mendirikan sekolah tinggi ini. Butuh waktu 15 tahun, mulai dari mengurus perizinan hingga mendirikan gedung STMIK.

"Justru SMK Komputama itu sebetulnya niatnya mendirikan perguruan tinggi. Tapi karena yang keluar SMK, kita jalankan dulu,"  dia berkisah, Sabtu, 20 Oktober 2018.

SMK Komputama berdiri pada 2005 untuk mempermudah anak desa dan santri mengakses sekolah berbasis keahlian. Dan kini, sudah ada tiga sekolah berdiri dengan nama Komputama, mulai dari SMK Komputama Majenang, SMK Komputama Jeruklegi dan SMK Komputama, Pesahangan, dengan sekitar 1.500-an siswa.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Upaya Mempermudah Santri Desa Mengakses Pendidikan Tinggi

Lewat perjuangan panjang nan melelahkan, akhirnya El Bayan memperoleh izin pendirian STMIK Komputama. Mulai tahun ajaran 2018-2019 ini, STMIK mulai menerima mahasiswa baru.

"Tahun ini kita mulai menerima mahasiswa baru. Ada 156 mahasiswa," ucapnya, kepada Liputan6.com.

Menurut dia, keinginan Yayasan El Bayan mendirikan perguruan tinggi ini adalah upaya mendekatkan pendidikan tinggi ke masyarakat pedesaan dan pegunungan. El Bayan, juga ingin memberi kesempatan kepada santri desa untuk mengakses pendidikan tinggi.

Aziz mengemukakan, sesuai dengan niat awal untuk memberi kesempatan kepada anak pedesaan dan santri, sebagian dari 156 mahasiswa tersebut merupakan penerima beasiswa. Mereka dibebaskan dari seluruh biaya, kecuali jaket almamater.

"Semuanya ada sekitar 70-an mahasiswa yang kita beri beasiswa. Sebagian besar Banser dan Ansor, yang merupakan santri," ucapnya.

Di luar itu, tentu ada seleksi ketat untuk para penerima beasiswa penuh ini. Dua di antara yang lolos adalah penghafal Alquran atau hafiz.

STMIK Komputama juga memberi beasiswa kepada anak yatim piatu dan siswa berprestasi dari keluarga keluarga tak mampu. Meski demikian, calon mahasiswa yang hendak mendaftar melalui beasiswa ini pun tetap diseleksi.

Di antaranya adalah jumlah hafalan Surah Alquran. Bagaimana pun, kata Aziz, mereka mesti berasal dari kalangan melek agama atau santri.

Mengenalkan Santri ke Dunia Jurnalistik

Calon presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Ketua Yayasan El Bayan Majenang, KH DR Fathul Amin Aziz, di Ponpes El Bayan, 2014. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

"Itu juga diterapkan di sekolah formal lainnya. Ada keistimewaan untuk para Hafidz Quran, meski belum hafal penuh," dia mengungkapkan.

Keinginan untuk memberi akses pengetahuan santri desa ke dunia luar juga terus dilakukan. Seperti yang dilakukan STMIK Komputama pada Sabtu, 20 Oktober 2018 misalnya, mahasiswa, santri Ponpes El Bayan dan siswa sekolah di bawah naungan Yayasan El Bayan dipertemukan dengan sejumlah jurnalis media nasional, baik cetak, online maupun elektronik.

Selama kurang lebih tiga jam, mereka berdiskusi beragam topik. Kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka memperingati hari santri nasional 2018.

"Tujuannya agar mereka lebih mengenal jurnalistik itu seperti apa. Di samping itu, barangkali pengalaman teman-teman jurnalis juga bisa diambil hikmahnya oleh para santri," ucap Aziz.

Mahasiswa STMIK Komputama, Anisa (19) mengaku senang bisa berdiskusi dengan para jurnalis. Dia dan beberapa mahasiswa lainnya berencana mendirikan unit kegiatan mahasiswa yang bergerak dalam pers kampus.

Anisa yang hobi berpuisi merasa pers kampus akan membuat kesempatannya memublikasikan karya bertambah luas. Selama ini, ia baru mencoretkan karyanya di lembaran kertas, komputer, atau ponsel.

Sesekali, ia menguggahnya di akun pribadi media sosialnya. Ke depan, ia juga berkeinginan memubikasikan karyanya di media nasional dan membukukannya.

"Nanti katanya kakak-kakak wartawan juga bisa mengisi pelatihan jurnalistiknya," kata Anisa, seusai diskusi dengan tajuk 'Kongkow Bareng Jurnalis' ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gamer Profesional CS:GO Ketahuan Curang di Turnamen Dunia

Posted: 21 Oct 2018 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, seorang gamer profesional Counter Strike: Global Offensive (CS:GO) kedapatan berbuat curang ketika bertanding pada kompetisi esports tingkat dunia.

Adapun gamer pro yang kedapatan berbuat curang tersebut, yakni Nikhil "forsaken" Kumawat dari tim esports OpTic India.

Dilansir Dotesports, Senin (22/10/2018), insiden ini terjadi ketika tim OpTic India bertanding pada turnamen Extremesland Zowie Asia CS:GO 2018.

Lewat akun Twitter resmi turnamen yang di-posting pada hari Jumat, tampak admin pertandingan berusaha memeriksa PC yang digunakan Kumawat.

Ketika diperiksa, tampak dia berusaha untuk menghapus cheat tersebut. Kamu bisa lihat lengkapnya di bawah ini.

Karena tindakan tak jujur tersebut, tim OpTic India langsung didepak dari turnamen. Akibatnya, manajemen tim esports itu pun memutuskan untuk memecat Kumawat.

 

Satu Tim Bubar

Selama Steam Summer Sale, Gamer tidak bisa hadiahkan CS:GO ke gamer lainnya. (CriticalReviews)

Tak ingin ikut terlibat lebih jauh di dalam skandal yang memalukan tersebut, anggota lain tim OpTic India pun memutuskan untuk membubarkan diri.

Rekan satu tim Kumawat mengatakan, mereka sama sekali tidak mengetahui dia berbuat curang. Sebagai informasi, Kumawat menggunakan cheat yang diyakini sebuah program aimbot untuk membantu dirinya selalu tepat sasaran ketika menembak lawan.

 

Atlet eSports Profesional Harus Punya Otak Encer

Suasana pertandingan eSports. (Doc: ESL)

Tak dapat dimungkiri, perkembangan eSports di Indonesia sejak tiga tahun belakangan ini berkembang pesat.

Alhasil, berbagai kompetisi yang diikuti oleh tim eSports dengan total hadiah luar biasa pun semakin marak digelar.

Terlepas dari iming-iming hadiah yang berjumlah miliaran rupiah, banyak orang yang tidak menyadari hal apa saja yang dibutuhkan seorang pemain agar menjadi atlet eSports profesional.

Salah satu hal terpenting yang harus dimiliki adalah 'otak encer' atau pintar.

"Otak atlet eSports itu meng-handel banyak gerakan dan keputusan ketika bermain di dalam gim, bila otaknya tidak 'encer' maka mereka akan kesulitan ketika bertanding," kata Kepala sekolah PSKD 1, Yohannes P Siagian yang Tekno Liputan6.com temui di Solo baru-baru ini.

Ia juga mengatakan, "Player eSports kita saat ini cukup 'encer' otaknya, namun mereka akan tergerus oleh pemain baru yang terlatih secara profesional lewat program-program di sekolah." 

Pria berkacamata yang akrab dipanggil Pak Jo ini menjelaskan, pemain eSports lama di Tanah Air akan kalah oleh pemain baru bukan dalam hal kepintaran, tetapi karena attitude (tingkah laku).

"Saat ini yang sedang naik daun merupakan pemain profesional generasi ketiga atau keempat, sementara itu pemain pro generasi pertama dan kedua banyak yang memiliki masalah dengan attitude, padahal kemampuannya bagus," ucapnya menjabarkan.

"Kayak pemain bola saja, pemain yang muncul dari proses pembibitan di klub akan lebih unggul ketimbang pemain tarkam (antar kampung), kecuali ia mempunyai talent yang luar biasa," lanjutnya.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Remaja AS Bikin Biskuit Pakai Abu Jenazah, Apa Bahayanya?

Posted: 21 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang siswi sekolah menengah di Davis, California, Amerika Serikat menjadikan abu jenazah kakeknya sebagai bahan untuk membuat biskuit. Tak cuma itu, ia juga membagikan biskuit itu ke teman-teman di sekolahnya dan menyantapnya.

Dilaporkan Los Angeles Times, pada 4 Oktober lalu, beberapa 'korban' yang memakan biskuit tersebut sudah tahu tentang kandungan abu jenazah tersebut, sebelum mereka mengonsumsinya lagi. Namun, apa tidak bikin sakit?

Menurut ahli mikrobiologi Rolf Halden, mengonsumsi abu jenazah dalam bentuk biskuit mungkin tidak akan membuat para remaja itu sakit. Pada saat manusia dikremasi, akan menghasilkan abu yang kaya karbon yang tidak menimbulkan banyak masalah kesehatan seperti dilansir Live Science pada Senin (22/10/2018). 

Sehingga, abu ini jika masuk tubuh manusia tidak beracun dan kecil kemungkinan menimbulkan penyakit.

"Kremasi yang tepat akan menghapus semua sifat menular dari sisa-sisa, sehingga memungkinkan seseorang untuk membawa abu ke rumah dan menyimpannya di ruangan," ujar pria yang juga Direktur Pusat Teknik Kesehatan Lingkungan di Arizona State University's Biodesign Institute itu.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Ilustrasi menaburkan abu jenazah di atmosfer Bumi dengan bantuan balon berbahan latex. (Ascension Flights)

Bahaya masih mengancam

Walaupun tidak menimbulkan penyakit, bahaya masih mengintai dari biskuit abu jenazah (Foto: iStockphoto)

Walau begitu, bukan berarti tidak ada potensi bahaya yang mengintai. Halden mengatakan, logam berat bisa yang ditemukan bisa saja menjadi masalah.

"Satu masalah potensial yang layak dipertimbangkan adalah logam berat, seperti yang bisa ditemukan terutama di tambalan gigi," katanya. Namun, hal tersebut menurutnya bisa saja tidak menimbulkan apapun. Ini karena material semacam itu bisa terbuang dari abu setelah kremasi.

Yang pasti, daripada mencari masalah, tentu saja yang terbaik adalah tidak mencoba-coba melakukan eksperimen semacam itu.

Seorang remaja yang memakan kue abu jenazah tersebut mengatakan pada Los Angeles Times, bahwa abu tersebut seperti "noda kelabu kecil" dan memiliki tekstur pasir yang berderak di antara gigi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Striker Persib Tidak Sabar Kembali Bermain dan Bikin Gol

Posted: 21 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Ezechiel N'douassel mengaku sudah sangat rindu merumput dengan Persib Bandung di Go-Jek Liga 1 2018 bersama Bukalapak. Eze, sapaan akrab Ezechiel, sudah absen dalam tiga pertandingan sejak mendapat hukuman larangan bermain lima kali Komdis PSSI.

Striker Persib bernomor punggung 10 ini mengatakan hal tersebut sangat tidak baik buat dirinya. Apalagi, Eze tengah berambisi membawa timnya meraih gelar juara musim 2018 ini.

"Ini tidak bagus. Terlalu lama tidak bermain sangat memberikan pengaruh yang tidak bagus buat saya," kata pemain asal Chad itu di Bandung, Minggu (21/10/2018), seperti dikutip dari laman resmi Persib.

"Jujur saja, saya ingin sekali bisa bermain dan berikan gol kemenangan lagi," tambahnya.

Tidak Suka Absen

Pelatih Persib Bandung, Mario Gomez, memberi arahan keoada Ezechiel N'douassel saat melawan Persija Jakarta pada laga Liga 1 di Stadion GBLA, Jawa Barat, Minggu (23/9/2018). Persib menang 3-2 atas Persija. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Eze menyatakan dirinya selalu ingin bermain dalam setiap pertandingan. "Di dalam tim, saya sangat tidak suka absen walaupun hanya satu pertandingan," ujarnya.

"Saya selalu ingin turun melawan semua tim di kompetisi ini. Tentunya, terlalu banyak absen akan memberikan dampak kurang baik bagi siapa pun," papar pemain yang sudah mengemas 14 gol bagi Maung Bandung tersebut.

Berpengaruh

Absennya Eze sangat berpengaruh pada permainan Persib, khususnya di lini serang. Dalam tiga laga terakhir tanpa Eze, Maung Bandung hanya meraih sekali imbang dan dua kalah.

Senin (22/10/2018), Eze bersama Bojan Malisic serta asisten pelatih Persib, Fernando Soler, akan menghadiri panggilan sidang Komisi Banding PSSI di Jakarta. Diharapkan, hasil sidang akan mengurangi hukuman mereka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Tewaskan 18 Orang, Begini Kondisi Kereta Tergelincir di Taiwan

Posted: 21 Oct 2018 09:00 PM PDT

Pemandangan kereta api Puyuma Express yang tergelincir di daerah Yilan, Taiwan, Minggu (21/10). Sebanyak 18 orang tewas dan 137 lainnya terluka dalam insiden tersebut. (Daniel Shih/AFP)

Pemandangan kereta api Puyuma Express yang tergelincir di daerah Yilan, Taiwan, Minggu (21/10). Sebanyak 18 orang tewas dan 137 lainnya terluka dalam insiden tersebut. (Daniel Shih/AFP)

Pemandangan setelah kereta Puyuma Express tergelincir di dekat Stasiun Xinma, Yilan, Taiwan, Minggu (21/10). Kereta mengangkut 366 orang dalam perjalanan dari Taipei ke Taitung. (Handout/Taiwan Railway Administration/AFP)

Pemandangan setelah kereta Puyuma Express tergelincir di dekat Stasiun Xinma, Yilan, Taiwan, Minggu (21/10). Kereta mengangkut 366 orang dalam perjalanan dari Taipei ke Taitung. (Handout/Taiwan Railway Administration/AFP)

Petugas penyelamat berkumpul di lokasi tergelincirnya kereta Puyuma Express di Yilan, Taiwan, Minggu (21/10). Kantor Berita Pusat Taiwan melaporkan bahwa lusinan orang mungkin masih terperangkap di dalam gerbong kereta. (AP Photo/Johnson Lai)

Petugas penyelamat berkumpul di lokasi tergelincirnya kereta Puyuma Express di Yilan, Taiwan, Minggu (21/10). Kantor Berita Pusat Taiwan melaporkan bahwa lusinan orang mungkin masih terperangkap di dalam gerbong kereta. (AP Photo/Johnson Lai)

Tim penyelamat mencari korban tergelincirnya kereta Puyuma Express di Yilan, Taiwan, Minggu (21/10). Kecelakaan kereta ini merupakan yang terburuk di pulau itu selama lebih dari 25 tahun. (Daniel M Shih/AFP)

Tim penyelamat mencari korban tergelincirnya kereta Puyuma Express di Yilan, Taiwan, Minggu (21/10). Kecelakaan kereta ini merupakan yang terburuk di pulau itu selama lebih dari 25 tahun. (Daniel M Shih/AFP)

Tim penyelamat berkumpul di lokasi tergelincirnya kereta Puyuma Express di Yilan, Taiwan, Minggu (21/10). Kereta dilaporkan keluar dari rel yang berada dekat dengan Stasiun Xinma, dekat Kota Su'ao, sekitar 70 km (43 mil) dari Taipei. (Daniel M Shih/AFP)

Tim penyelamat berkumpul di lokasi tergelincirnya kereta Puyuma Express di Yilan, Taiwan, Minggu (21/10). Kereta dilaporkan keluar dari rel yang berada dekat dengan Stasiun Xinma, dekat Kota Su'ao, sekitar 70 km (43 mil) dari Taipei. (Daniel M Shih/AFP)

Petugas penyelamat menyelamatkan korban tergelincirnya kereta Puyuma Express di Yilan, Taiwan, Minggu (21/10). Sejauh ini belum diketahui pasti apa yang menyebabkan kereta itu tergelincir. (AP Photo)

Petugas penyelamat menyelamatkan korban tergelincirnya kereta Puyuma Express di Yilan, Taiwan, Minggu (21/10). Sejauh ini belum diketahui pasti apa yang menyebabkan kereta itu tergelincir. (AP Photo)

Kelompok Buddhis berdoa di lokasi tergelincirnya kereta Puyuma Express di Yilan, Taiwan, Minggu (21/10). Saksi mengatakan bahwa mereka mendengar suara dentuman keras kemudian melihat percikan api serta asap sebelum kecelakaan. (Daniel M Shih/AFP)

Kelompok Buddhis berdoa di lokasi tergelincirnya kereta Puyuma Express di Yilan, Taiwan, Minggu (21/10). Saksi mengatakan bahwa mereka mendengar suara dentuman keras kemudian melihat percikan api serta asap sebelum kecelakaan. (Daniel M Shih/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: