Rabu, 03 Oktober 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Jake Gyllenhaal Jadi Musuh Peter Parker di Spider-Man: Far From Home

Posted: 03 Oct 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Amerika Serikat - Spider-Man: Far From Home, film kedua Tom Holland sebagai Spiderman sedang diproduksi. Dalam cerita keduanya sebagai manusia laba-laba, Tom Holland bakal menghadapi musuh yang lebih berat.

Adalah Mysterio, sosok villain atau musuh Spiderman di film kedua. Yang menarik, Mysterio diperankan oleh aktor watak Jake Gyllenhaal.

Peran ini amat spesial bagi Jake Gyllenhaal, pasalnya ini adalah peran pertamanya di film bertema superhero. Pria 37 tahun ini sebelumnya lebih dikenal sebagai aktor film drama.

Kabar Jake Gyllenhaal yang berperan menjadi lawan spidey ini bocor beberapa hari lalu, Jake mengenakan kostum Mysterio di Republik Ceko.

 

Dimulai Sejak Juli

Tom Holland sebagai Spider-Man (Chuck Zlotnick / Marvel)

Syuting Spider-Man: Far From Home memang telah dimulai sejak Juli lalu. Sesuai judulnya, Peter Parker akan beraksi jauh dari rumahnya. Lokasi pertama adalah Atlanta, dilanjutkan menuju London, dan beberapa lokasi di penjuru dunia.

Para penggemar komik Marvel tentu mengenal betul sosok penjahat bernama Mysterio ini. Ia adalah salah satu karakter yang telah ada sejak awal komik Marvel beredar. Kemunculan pertamanya melawan Peter Parker pada komik rilisan tahun 1964.

 

 

Kekuatan Mysterio

Pihak studio resmi mengumumkan dua musuh baru untuk film The Amazing Spider-Man selanjutnya.

Kekuatan Mysterio diceritakan dapat mengacaukan pikiran banyak orang. Mysterio sendiri memiliki alter ego yang bernama Quentin Beck. Sosok Quentin dijelaskan sebagai seorang aktor gagal yang beralih menjadi ahli special effect.

Bila merujuk versi asli komiknya, Mysterio akan berkostum hijau, jubah ungu, dan kepala tertutup helm ala astronot. Namun nampaknya Mysterio versi layar lebar akan memiliki beberapa perbedaan dari versi komik. Dari foto yang beredar, Jake mengenakan kostum warna tembaga, jubah maron, dan tanpa penutup kepala. Well, tentu saja Marvel tak akan menutup wajah ganteng Jake Gyllenhaal kan? 

Film kedua Spider-Man ini nantinya juga akan dibintangi Samuel L Jackson. Aktor watak ini masih berperan sebagai Nick Fury, dari S.H.I.E.L.D. yang masih dalam Marvel Universe. Hingga saat ini belum ada bocoran lebih lanjut, namun yang jelas film ini akan mulai tayang pada Juli 2019. (Kapanlagi.com/ Rezka Aulia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Coutinho Sebut Lionel Messi Terbaik Sepanjang Masa

Posted: 03 Oct 2018 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Lionel Messi kembali menunjukkan magisnya bersama Barcelona. Pemain asal Argentina itu menyumbang dua gol dan membantu Barcelona menang dengan skor 4-2 saat berjumpa Tottenham di Liga Champions.

Lionel Messi mencetak dua gol pada menit ke-56 dan 90 pada laga matchday kedua yang digelar di Wembley, Kamis (4/10) dini hari WIB. Dua gol Barcelona lain dicetak oleh Coutinho dan Ivan Rakitic.

Dengan tambahan dua gol ke gawang Spurs, maka Lionel Messi kini memimpin top skor sementara Liga Champions dengan lima gol. Pada matchday perdana, Messi mencetak hattrick dan membawa Barca menang 4-0 atas PSV.

Melihat sang rekan mencetak dua gol, Coutinho pun memberikan pujian yang tinggi untuk Messi. Menurut pemain asal Brasil, tidak perlu diragukan lagi bahwa Messi adalah pemain terbaik yang pernah ada.

 

Pemain Terbaik

Melihat apa yang sudah ditampilkan oleh Lionel Messi selama ini, Coutinho tidak punya keraguan untuk memberikan pujian kepada Messi. Mantan pemain Liverpool melepas pujian bahwa Messi adalah pemain terbaik sepanjang masa.

"Messi adalah pemain terbaik sepanjang masa. Dia selalu melakukan hal-hal baru di lapangan, saya senang Messi bisa mencetak dua gol," puji Coutinho dikutip dari FourFourTwo.

Terkait laga melawan Spurs, Coutinho tidak merasa Barca menang mudah. "Semua pertandingan di Liga Champions memang seperti ini. Kami harus memberikan 100 persen. Kami pantas menang," tandas Coutinho.

Bukan hanya Coutinho yang memberikan pujian untuk Messi. Pemain belakang Tottenhan, Kieran Trippier, juga tidak luput memberi pujian pada La Pulga. Trippier merasa melihat keajaiban ketika Messi mendapatkan bola.

"Messi sulit dipercaya. Ketika dia sedang dalam performa seperti ini, maka kita seperti melihat keajaiban. Barcelona lebih baik malam ini, tapi kami bisa ambil banyak pelajaran yang positif," tandas Trippier.

Sumber: bola.net

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kembaran Mitsubishi Xpander dari Nissan Muncul Awal 2019

Posted: 03 Oct 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar kembaran Mitsubishi Xpander dari Nissan bukan isapan jempol semata. Pasalnya hal itu dipastikan akan terealisasi di awal 2019 mendatang.

Setidaknya hal inipun dibocorkan bos sekaligus Chief Executive Officer Osamu Masuko saat ditemui wartawan di Hotel Gran Melia, Kuningan, Jakarta, Rabu (3/10/2018).

"Untuk Xpander disuplai ke Nissan itu awal tahun depan (2019) namun belum bisa dikonfirmasi berapa sales volume dari Nissan untuk small MPV ini," jelas Osamu.

Sinyal ini juga dipertegas dengan komitmen Mitsubishi yang menambah jumlah investasi sebesar 4 miliar yen atau sekitar Rp 525,7 miliar untuk meningkatkan kapasitas produksi.

Tak hanya itu, Osamu juga menyatakan, di 2020 mendatang, mesin Xpander akan diproduksi secara lokal dan itu dilakukan di pabrik Nissan Motor Indonesia (NMI).

Meski berkolaborasi, Osamu mengatakan, secara bisnis Mitsubishi dan Nissan tetap berkompetisi, termasuk di masing-masing negara.

"Mitsubishi juga tidak tahu model Nissan seperti apa, jadi Nissan sendiri, Mitsubishi sendiri. Di pasar dan tentunya tetap berkompetisi walaupun berkolaborasi untuk pemasarannya," tuturnya.

Data Penjualan Mitsubishi

Mitsubishi Xpander resmi tiba di Filipina (Foto: PT MMKSI)

Berdasarkan data yang diperoleh, wholesales (penjualan pabrik ke dealer) selama Januari-Agustus 2018 telah mencapai 100.741 unit.

Dari jumlah tersebut, Mitsubishi Xpander jadi terbesar yaitu 54.441 unit, sedangkan diurutan kedua di tempat Mitsubishi Pajero Sport sebanyak 14.480 unit. Sedangkan sisanya dari kombinasi berbagai beberapa model Mitsubishi lainnya.

Adapun sejak Xpander diperkenalkan sejak Agustus 2017 hingga September 2018, mobil penantang Avanza, Xenia, Mobilio dan Ertiga itu telah membukukan 100 ribu pemesanan di Indonesia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beragam Keseruan yang Terjadi di Grand Battle Suryanation Motorland Surabaya

Posted: 03 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya Lapangan Makodam V Brawijaya, Surabaya, terlihat ramai oleh para pecinta motor. Rupanya mereka merupakan pengunjung acara Grand Battle Suryanation Motorland yang berlangsung pada 29 - 30 September 2018.

Selama dua tersebut, 60ribu penggemar motor antusias menikmati berbagai rangkaian acara khas roda dua. Mulai dari rolling thunder, custom bike contest, freestyle competition, hingga games.

"Di seri terakhir, terlihat animo penonton di Surabaya ini sangat luar biasa untuk menyaksikan acara ini. Para builder juga terlihat sudah mempersiapkan motor mereka untuk bisa menjadi motor Best of The Best Surabaya," ujar Suryanation Motorland Committee, Rizky Dwianto, dalam keterangan rilisnya.

Pada acara hari pertama, Best of the Best Suryanation Motorland Battle 2018 Surabaya berhasil dimenangkan oleh Denny Shooter dari B Brother Custom asal Yogyakarta. Motor Yamaha XS650 gaya Bobber miliknya berhasil jadi yang terbaik di antara 140 peserta lainnya.

"Sebuah kebanggaan sekali bisa menjadi pemenang Best of the Best Surabaya. Sejak pertama membangun motor ini saya ingin membuat motor yang terbaik, sehingga setiap pengerjaan pada motor ini dilakukan semaksimal mungkin. Mengenai peluang bertarung dengan motor Best of the Best dari kota lain, saya merasa motor ini siap untuk menjadi The Greatest Bike Suryanation Motorland 2018 dan berangkat ke Jerman," ucapnya.

Hari pertama pelaksanaan Grand Battle Suryanation Motorland kian berlangsung meriah dengan adanya unveiling iconic bike yang dibuat oleh Lutfi Ardika dan Andika Pratama. Motor yang diberi nama Tosan Adji ini memiliki basis mesin WL tahun 1947. Tosan Adji memiliki tampilan gaya Boardtracker, warna merah pada tangki, dan kilau warna krom di hampir seluruh bodi motor.

"Motor iconic bike ini mewakili spirit dari Suryanation Motorland yang ingin membagikan inspirasi bagi semua pihak. Motor ini juga akan kami bawa ke acara Custombike Show di Jerman bersama dengan motor The Greatest Bike Suryanation Motorland 2018 dan juga motor iconic bike Suryanation Motorland 2017 melalui program Suryanation Motorland Goes to International Custom Bike Show," kata Rizky.

Hari kedua

Prosesi unveiling inspirational bike juga dilakukan pada hari kedua Grand Battle Suryanation Motorland. Kali ini yang ditampilkan adalah motor Kawasaki W175 karya para artworker Suryanation Motorland 2018. Motor ini telah mulai dikerjakan pada seri pertama Suryanation Motorland Battle yang berlangsung di Palembang.

Acara Grand Battle Suryanation Motorland 2018 juga dihadiri oleh dua tamu internasional, yaitu Mirko Perugini dari Gallery Motorcycles Italia dan Rad Yamamoto dari Ask Motorcycle. Mereka ikut mengevaluasi motor-motor best of the best dari setiap region yang bertanding untuk meraih gelar The Greatest Bike 2018.

Mereka menjadi juri bersama tiga juri utama, yaitu Bimo Hendrawan (Bimo Custombike Jakarta), Lulut Wahyudi (Retro Classic Cycles Yogyakarta), dan Indra Pranajaya (Razzle Dazzle Chopper Works Bandung). Kelima juri ini juga melakukan penilaian untuk The Greatest Bike 2018.

Hasil penilaian para juri akhirnya menetapkan motor Denny Shooter sebagai The Greatest Bike 2018 yang berhasil mengalahkan enam motor pemenang Best of the Best dari kota lainnya. Impian Denny untuk berangkat ke Jerman pun telah terkabul.

"Saya tidak menyangka motor saya menjadi The Greatest Bike karena saya masih dalam proses belajar membuat sebuah motor dan dari awal saya tidak memiliki target menjadi juara. Bagi saya yang terpenting adalah belajar dari sebuah kompetisi dan bertemu dengan builder lain. Tetapi ternyata motor saya berhasil menjadi Best of the Best Surabaya dan terpilih sebagai The Greatest Bike Suryanation Motorland tahun ini," ujar Denny.

Denny Shooter, Pemenang The Greatest Bike 2018

Tak hanya itu, motor milik Denny juga berhasil mendapatkan gelar The Best Painting di Suryanation Motorland seri Surabaya. Menurut para juri, motor Denny memiliki detail pengerjaan yang sangat baik dari segi estetika dan craftmanship.

Denny bersama motornya pun akan diberangkatkan ke acara Custombike Show di Bad Salzuflen, Jerman, pada 30 November - 2 Desember 2018. Ia akan berangkat bersama pemenang Best of the Best Suryanation Motorland 2018 lainnya, Iconic Bike Suryanation Motorland 2017, Iconic Bike Suryanation Motorland 2018, pemenang Golden Ticket dari Suryanation Motorland Committee, dan Inspiration Bike yang akan diumumkan via Instagram Suryanation Motorland.

Di Jerman, para pemenang dan motor-motor tersebut akan berkompetisi dengan para builder internasional.

"Selamat kepada pemenang The Greatest Bike Suryanation Motorland dan juga pemenang Best of the Best dari setiap kota. Kami berharap seluruh rangkaian kegiatan yang kami lakukan pada tahun 2018 ini bisa memberikan inspirasi bagi perkembangan dunia custom Indonesia," ucap Rizky.

Sebelum acara ditutup, dilakukan penyerahan penghargaan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dari perwakilan MURI kepada Suryanation Motorland. Suryanation Motorland berhasil memecahkan rekor Pesta Motor Custom Terbesar.

Terakhir, acara ditutup dengan pengumuman pemenang dari setiap kategori Custom Bike Show serta pertunjukan musik dari PAS Band dan Jamrud. Apabila Anda mau tahu sendiri keseruan acara itu seperti apa, Anda bisa cek di Instagram @suryanation_motorland!

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Iwobi Didukung Jadi Legenda Arsenal

Posted: 03 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Robert Pires menyebut Alex Iwobi bakal menjadi pemain penting bagi Arsenal mulai musim ini. Legenda The Gunners itu yakin Iwobi punya segalanya untuk menjadi pemain besar.

Musim ini Iwobi kerap mendapat kepercayaan dari manajer Unai Emery. Iamenjadi pahlawan saat Arsenal menang 4-2 atas Vorskla di ajang Liga Europa.

Dia juga membantu Arsenal meraih kemenangan atas Watford akhir pekan lalu. Gol pertama The Gunners tercipta karena kerja kerasnya menyisir dan memberikan umpan silang dari sisi kanan pertahanan Watford.

"Iwobi pemain hebat. Kecepatannya sangat luar biasa," ujar Pires seperti dilansir Evening Standard.

"Dia selalu punya solusi dengan visi yang dimilikinya. Jadi saya pikir Iwobi bisa menjadi pembeda di laga Arsenal," ujar eks pemain asal Prancis itu menambahkan.

 

Masa Depan

Striker Arsenal, Alex Iwobi, berusaha melewati kepungan pemain Southampton pada laga Premier League di Stadion Emirates, London, Minggu (8/4/2018). Arsenal menang 3-2 atas Southampton. (AFP/Glyn Kirk)

Iwobi merupakan produk asli Akademi Arsenal. Ia telah membela The Gunners sejak sekolah dasar.

Namun pemain asal Nigeria itu baru menjalani debut di tim senior pada tahun 2015. Total 10 gol telah disumbangkannya dari 102 laga di semua kompetisi.

"Memang benar dia masih muda namun Iwobi cepat belajar. Iwobi dan Arsenal punya masa depan yang cerah."

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apartemen untuk Manusia Sudah Biasa, Apartemen Ikan Hanya di Banyuwangi

Posted: 03 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemkab Banyuwangi dikabarkan baru saja membangun apartemen ikan di Pantai Bulusan, Lingkungan Kampung Baru, Kelurahan Bulusan, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi. Usaha konservasi ini dilakukan pemkab bersama para nelayan yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nelayan, Wira Laut.

Menurut informasi resmi yang diterima Liputan6.com, Rabu (3/10/2018), sebanyak 210 apartemen ikan diletakkan di lahan seluas sekitar setengah hektare bawah laut Pantai Bulusan menggunakan perahu rakit.

"Penenggelaman apartemen ini dilakukan sebagai upaya konservasi biota laut, dan juga nantinya diproyeksikan sebagai wisata bahari," kata Kepala Dinas Perikanan Banyuwangi, Hary Cahyo Purnomo.

Hary mengatakan kegiatan ini melibatkan kelompok nelayan, agar para nelayan nantinya turut menjaga ekosistem laut.

"Dengan melibatkan nelayan, mereka nantinya akan turut menjaga kelestarian lautnya. Karena konservasi ini untuk para nelayan juga," kata Hary.

Menurut Hary, Pantai Bulusan telah dijadikan kawasan konservasi. Diharapkan kawasan ini nantinya bisa menjadi seperti Bangsring Underwater Banyuwangi yang telah meraih Kalpataru.

"Kami harapkan nantinya para nelayan bisa di sini bisa seperti Bangsring Underwater yang telah berhasil dalam konservasi laut," kata Hary.

Program ini juga bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikan Provinsi Jatim. Kepala Seksi Pengelolaan Sumber Daya Ikan, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur, Awalrush Andira Rendy mengatakan, penanaman apartemen ikan tersebut memiliki banyak efek domino.

"Penanaman apartemen ikan ini ditanam di pantai yang berpasir atau kalau di daratan disebut tandus," kata Rendy.

Dengan adanya apartemen ikan ini, selain bisa dijadikan wisata bahari juga menumbukan mata rantai ekosistem ikan.

"Ikan-ikan yang hilang bisa datang kembali. Ikan yang sebelumnya berada lima mil dari bibir pantai, dengan adanya apartemen ikan ini bisa ditemui tiga mil dari bibir pantai," ungkap Rendy.

Rendy juga menjelaskan sekitar satu bulan, apartemen-apartemen ikan tersebut akan ditumbuhii lumut. Setelah itu dilakukan underwater restocking, atau penebaran benih ikan.

"Nantinya akan ditebar 8000 benih ikan kerapu. Restocking ini dilakukan dengan cara menyelam dan ditaruh di apartemen ikan," kata Rendy.

Dalam tiga bulan, benih ikan yang awalnya seukuran 6 centimeter bisa mencapai 30 centimeter. Dengan banyaknya ikan di apartemen, akan merangsang ikan-ikan yang berada di tengah akan datang ke apartemen ikan.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani Paparkan 3 Tantangan Ditjen Bea Cukai

Posted: 03 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan, Sri Mulyani, menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun Bea Cukai ke 72. Dalam kesempatan tersebut, Sri Mulyani bercerita Bea Cukai merupakan salah satu institusi penting bagi Indonesia. Meski demikian, institusi tersebut sempat dibubarkan karena beberapa hal.

"Bea Cukai adalah salah satu institusi yang penting, bagi negara Republik Indonesia. Selama 72 tahun secara histori banyak sekali pelajaran dari masa lalu, melakukan reformasi, bahkan sempat ‎dibubarkan. Ini adalah pelajaran pahit tapi sangat berharga, Bea Cukai belajar dari episode itu," ujar dia di Kantor Bea Cukai, Jakarta, Kamis (4/10/2018).

Sri Mulyani melanjutkan, dengan ada rentetan kejadian tersebut, kini Bea Cukai mampu menunjukkan kinerja yang semakin baik. Dia pun merasa bangga karena semakin banyak masyarakat yang percaya kepada Bea Cukai. 

"Semenjak itu, reformasi Bea Cukai terus dijalankan, dan terus menerus meningkatkan kredibilitas, profesionalitas, integritas, dan kompetensi. Sekarang saya bangga banyak orang percaya Bea Cukai," kata dia.

Ke depan, ada tiga tantangan yang harus dilalui oleh Direktorat Jenderal Bea Cukai. Pertama menjaga perbatasan dari berbagai macam ancaman penyelundupan narkoba. Kedua, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan pelaku usaha. 

"Terus melayani masyarakat dan pelaku usaha agar mereka merasa menjadi legal itu mudah, mendukung perindustrian agar makin kuat, meningkatkan ekspor, dan menjaga impor, meningkatkan fasilitasi, policy," ujar dia. 

Tantangan ketiga yaitu mendorong penerimaan negara. Jadi, Direktorat Bea dan Cukai dapat menjaga penerimaan dari sektor tersebut sesuai dengan target bahkan melebih penerimaan 2017 yang melebihi 100 persen. 

"Dalam hal ini penerimaan bea masuk dan keluar, maupun pajak impor, dan sinergi ditjen pajak. Sampai saat ini mereka bekerja sama melayani perekonomian kita dan tercapai Rp 11 triliun penerimaan. Saya sangat terima kasih tahun lalu penerimaan lebih dari 100 persen. Saya harap tahun ini terjaga, dan itu tentu dengan terus melayani masyarakat dan melayani dunia usaha," kata dia.

 

Reporter: Anggun P.Situmorang

Sumber: Merdeka.com

 

Selanjutnya

Kementerian Keuangan melalui Bea Cukai memusnahkan 2.231.935 batang rokok dan 2.245 botol minuman keras yang tercatat ilegal. (Bawono/Liputan6.com)

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan memusnahkan 2.231.935 batang rokok dan 2.245 botol minuman keras (miras) yang tercatat ilegal. Bea Cukai Marunda intensif melakukan penindakan terhadap rokok dan minuman keras ilegal sejak 2016 hingga 2018.

"Kami ingin berpesan bahwa kami ingin melindungi yang benar dan menangkap yang salah. Kita lakukan penangkapan karena kami ingin melindungi yang bayar pajak. Jadi harus fairness," tutur Direktur Jenderal Bea Cukai Heru Pambudi di Gedung Bea Cukai Marunda, Jakarta Utara, Selasa 2 Oktober 2018.

Hingga 14 Sebtember 2018, Bea Cukai telah melakukan 4.062 penindakan terhadap rokok ilegal. Jumlah ini naik jika dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 3.966 penindakan.

"Total nilai barang ilegal keseluruhan ini mencapai Rp 1.120.001.401 dan berhasil menambah kas negara sebesar Rp 4.061.220.400 dari pengenaan sanksi administrasi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku," ujar dia.

Heru berharap, pemusnahan barang-barang ilegal memberikan efek jera kepada para oknum sekaligus mengajak semua pihak dapat memberantas peredaran rokok dan minuman keras ilegal di Indonesia.

"Kami berdiri di sini bersinergi dengan pemerintah melalui aparat penegak hukum. Negara akan terus meningkatkan perwujudan peran Bea Cukai sebagai community protector," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hanum Rais Ikut Sebar Hoaks karena Iba dengan Wajah Lebam Ratna Sarumpaet

Posted: 03 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aktris sekaligus aktivis Ratna Sarumpaet membuat publik Tanah Air geger dengan kabar dirinya dianiaya. Sejumlah figur publik juga sempat ikut membenarkan kabar ini. Salah satunya Hanum Rais.

Hanum Rais yang dikenal sebagai penulis buku itu bahkan mengaku telah bertemu dan memeriksa langsung luka yang diderita Ratna Sarumpaet. Dia bahkan sempat mengunggah video yang memuji keberanian Ratna Sarumpaet, yang mengingatkannya pada sosok Cut Nyak Dien. 

Namun belakangan , Ratna mengakui bahwa lebam itu akibat operasi plastik. Hanum Rais akhirnya memohon maaf karena kekeliruannya itu.

"Saya secara pribadi mohon maaf atas kecerobohan dlm mengunggah berita meski telah bertabayyun pada ibu Ratna S langsung,hinggapada akhirnya yg bersangkutan telah mengaku berbohong. #KebohonganRatna," tulis Hanum Rais.

Merasa Iba

Aktivis Ratna Sarumpaet menyampaikan keterangan kasus penganiayaan yang dialaminya, Jakarta, Rabu (3/10). Ratna mengakui tidak ada penganiayaan yang diterimanya seperti kabar yang berkembang beberapa waktu terakhir. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Diakui Hanum Rais, dia sempat percaya dengan cerita Ratna Sarumpaet soal pengeroyokan yang dialaminya. Apalagi dengan bekas luka di wajah yang semakin menguatkan bahwa penganiayaan itu memang benar adanya.

"Pertemanan dan hubungan baik selama ini membuat kami mudah tersentuh&iba, apalagi saat beliau dgn meyakinkan menceritakan adegan pengeroyokan dgn air mata serta menunjukkan bekas di wajah," tulis Hanum, Rabu (3/10/2018).

Lebih Hati-Hati

Hanum Rais.

Putri mantan Ketua MPR Amien Rais itu merasa Ratna Sarumpaet sudah merusak kepercayaannya selama ini. Hanum Rais menjadikan hal ini sebagai pembelajaran berharga untuk lebih berhati-hati saat berteman.

"Di era yg penuh dengan intrik dan tipu muslihat, ternyata tabayyun tak cukup. Namun taqarrub padaNya yang terus dipelihara, agar kita selalu mengetahui siapa sahabat yang tulus dan mereka yang menikam dari belakang. Wallahu a'lam bissawab," ucap Hanum.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Gelandang Swedia Minum Bir di Lapangan Setelah Cetak Gol

Posted: 03 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang gelandang Swedia melakukan aksi nyeleneh dengan minum bir di pinggir lapangan usai mencetak gol ke gawang lawan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Facebook Besut Tool Khusus untuk Berantas Bullying dan Pelecehan

Posted: 03 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menyandang gelar media sosial dengan pengguna terbanyak di dunia, Facebook malah semakin dijejali dengan konten bullying dan pelecehan.

Karenanya, perusahaan yang digawangi Mark Zuckerberg tersebut akan merilis fitur khusus untuk memberantas konten negatif semacam ini.

Nantinya, dengan fitur ini, pengguna bakal bisa menyembunyikan atau menghapus beberapa komentar negatif seperti bullying dan pelecehan. 

Tak hanya itu, pengguna Facebook yang merasa terganggu dengan kalimat tertentu juga bisa memblokir kalimat provokatif di kolom komentar

Pengguna kini bisa melaporkan seseorang yang ditindas atau dilecehkan atas nama mereka kepada tim Facebook

Selanjutnya, tim komunitas Facebook akan segera menindaklanjuti laporan yang diajukan pengguna.

Apabila sudah melaporkan dan belum diproses, pengguna masih bisa mengajukan peninjauan kedua.

Seperti dikutip Ubergizmo, Kamis (4/10/2018),  fitur ini akan tersedia di Android dan dekstop, sedangkan untuk perangkat iOS akan hadir beberapa bulan mendatang.

 

Kemampuan Proaktif

Ilustrasi Facebook (iStockPhoto)

Dalam keterangan Facebook yang diterima Tekno Liputan6.com, Rabu (20/12/2017), Global Head of Safety Facebook Antigone Davis fitur baru yang diperkenalkan memiliki kemampuan untuk proaktif mengenali dan membantu mencegah kontak yang tidak diinginkan dan opsi untuk menolak percakapan Messenger tanpa perlu memblokir pengirim.

"Kami telah melarang bullying dan pelecehan di Facebook dan orang bisa memberitahu kami jika mereka melihat sesuatu yang mengkhawatirkan atau pengalaman yang tidak menyenangkan," kata Davis.

Kemudian, Davis menjelaskan, Facebook selalu meninjau laporan dari pengguna dan mengambil tindakan tegas atas pelecehan yang terjadi. Misalnya dengan menghapus konten, menonaktifkan akun, dan membatasi fitur komentar bagi pengguna yang dianggap melanggar standar komunitasnya.

Pengguna, kata Davis, bisa mengontrol apa yang mereka bagikan dan kepada siapa mereka membagikan unggahannya, serta dengan siapa dia ingin berkomunikasi. Berikut adalah kemampuan tambahan dari fitur baru Facebook dalam mengontrol interaksinya di Facebook.

Fitur Baru

Mark Zuckerberg, Founder sekaligus CEO Facebook, banyak disalahkan sebagian pihak karena membiarkan penggunanya membagikan tautan berita hoax di Facebook. (Doc: Wired)

1. Mencegah Kontak yang Tak Diinginkan

Facebook ternyata mendengar banyak cerita dari orang yang memblokir seseorang tetapi kemudian mereka bertemu lagi dengan orang yang diblokir, sebab orang tersebut menggunakan akun berbeda.

"Untuk membantu ini terjadi, kami mengembangkan fitur ini untuk mencegah akun palsu dan tidak autentik di Facebook," kata Davis.

Caranya dengan mendeteksi alamat IP guna membantu mengenali akun dan mencegah pemiliknya mengirimkan pesan atau permintaan teman kepada orang yang telah memblokir akun sebelumnya.

2. Mengabaikan Pesan

Saat seseorang dilecehkan, memblokir pelaku kadang malah membuat si pelaku melakukan pelecehan lanjutan. Untuk itu, Facebook menggunakan metode klik pesan untuk mengabaikan percakapan.

Tindakan tersebut akan menonaktifkan notifikasi dan memindahkan percakapan pesan dari kotak masuk ke folder Filtered Message.

(Vivi Hartini/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Oesman Sapta: Kunjungan Pimpinan Parlemen ke Palu Tak Ada Muatan Politik

Posted: 03 Oct 2018 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketua Majelis Perwakilan Rakyat (MPR) Zulfikli Hasan, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo, dan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Oesman Sapta melakukan kunjungan ke Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (3/10/2018). Mereka ingin melihat dan memberi bantuan secara langsung kepada korban gempa bumi dan tsunami di Palu-Donggala-Sigi.

Menurut Oesman, kunjungan ini bertujuan untuk berbagi rasa, tak ada unsur muatan politis.

"Yang kita bawa adalah nilai-nilai kemanusiaan. Untuk memberi semangat pada masyarakat di sini," ujarnya.

Nilai kemanusiaan yang dimaksud adalah persaudaraan dan kekeluargaan. Mereka akan menolong korban yang masih bisa ditolong.

Lanjut Oesman, pimpinan parlemen juga memberi bantuan kepada korban bencana alam sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Bantuan yang diberikan seperti tenda, selimut, susu, popok, makanan, minuman, dan uang tunai.

"Bantuan itu langsung diserahkan pada yang berhak," ucapnya.

Walaupun begitu, Oesman mengakui masih ada lokasi-lokasi gempa yang susah dan tidak bisa dijangkau karena rusaknya akses jalan ke sana. Namun, dirinya memuji Basarnas yang telah bekerja maksimal.

Sementara itu, Bambang Soesatyo, mendorong pemerintah untuk meningkatkan skala penanggulangan gempa.  Mantan Ketua Komisi III DPR ini juga mengharapkan masyarakat tetap semangat saat dibantu TNI dan Polri.

"DPR pun mengiyakan berapapun bantuan yang dibutuhkan oleh pemerintah untuk bencana," kata dia.

Lebih lanjut, Bambang mengingatkan pemerintah untuk tidak hanya fokus pada penanggulangan bencana, tetapi juga dalam hal pencegahan. Ia ingin ada evaluasi tentang alat pendeteksi tsunami yang banyak hilang, rusak, dan tak berfungsi. 

Dalam kesempatan itu, Zulkifli Hasan juga mengajak kepada semua pihak untuk bersatu membantu korban gempa dan tsunami. Dirinya pun mendukung pemerintah, TNI, Polri, Basarnas, BNPB, dan pihak lain yang terlibat penanggulangan bencana.

"Kita harus bersatu padu untuk meringankan beban saudara kita. Yang bisa membantu tenaga silahkan, yang bisa bantu doa silahkan, yang bantu dana juga silahkan, paling penting adalah saling mendukung," ujar Zulfikli. 

Ia juga berharap masyarakat dalam memaklumi kalau masih ada kekurangan dalam hal penyaluran bantuan. Menurut Zulfikli, penanggulangan yang terjadi masih dalam masa darurat. Setelah itu, menurutnya baru proses rehabilitasi.

Ia yakin masalah korban gempa dan tsunami bisa teratasi sebab Presiden Joko Widodo sudah dua kali ke lokasi bencana.

"Kita apresiasi beliau datang ke Palu sudah dua kali," ucap Zulfikli.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Satu TKI Asal Kalimantan Barat Terbebas dari Jerat Hukuman Mati di Arab Saudi

Posted: 03 Oct 2018 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Riyadh - Semangat "menghadirkan negara" di tengah-tengah WNI di Arab Saudi dibuktikan oleh KBRI Riyadh dengan menyelamatkan Jama'ah Binti Sarikan Diman (asal Desa Teluk Batang, Kecamatan Kayong Utara, Ketapang, Kalimantan Barat) dari jerat hukuman mati.

Kepolisian Arab Saudi menangkap yang bersangkutan pada tanggal 3 Februari 2010 karena tuduhan melakukan praktek sihir yang mengakibatkan anak majikan menderita sakit permanen.

Awalnya, majikan Jamaah menuntut ganti rugi materil sebesar 1.080.000 riyal (setara Rp 3,8 miliar) karena anaknya lumpuh akibat disihir oleh Jama'ah. Namun kemudian majikannya mengubah tuntutan menjadi qisas (hukuman mati).

"Di sidang ke delapan belas pada 12 September 2018, Pengadilan akhirnya menolak tuntutan majikan dan membebaskan Jamaah," kata Dubes RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel, seperti dikutip dari rilis resmi yang diterima Liputan6.com dari KBRI Riyadh, Kamis (4/10/2018).

Atase Hukum KBRI, Muhibuddin melakukan penjemputan Jama'ah binti Sarikan dari penjara dan diantar ke KBRI Riyadh.

Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel menyambut kedatangan Jama'ah dan memberikan ucapan selamat.

Ucapan selamat juga diberikan oleh para prajurit TNI yang sedang bertugas di Arab Saudi dengan dikomandani oleh Atase Pertahanan KBRI Riyadh, Brigjend Drajad Brima Yoga.

Dalam pesannya, Dubes Maftuh Abegebriel menegaskan bahwa KBRI Riyadh berkomitmen untuk tidak membiarkan WNI sendirian menghadapi proses hukum, terutama WNI yang diancam hukuman mati.

Pendampingan kasus-kasus HPC (High Profile Case) yang terancam hukuman mati di Arab Saudi menjadi prioritas utama.

KBRI Riyadh akan selalu mengaplikasikan jargon "Kami datang untuk melayani, bukan dilayani" sebagaimana arahan Presiden RI Joko Widodo.

"Jama'ah saat ini sudah berada di rumah singgah Ruhama (Rumah Harapan Mandiri) KBRI di Riyadh, bergabung dengan para ekspatriat Indonesia lainnya yang belum beruntung, menunggu proses pemulangannya yang agar segera diselesaikan oleh KBRI," kata Agus Maftuh.

 

Simak video pilihan berikut:

TKI Asal Karawang Bebas Hukuman Mati di Arab Saudi

Ilustrasi Bendera Arab Saudi (iStockphoto via Google Images)

Sebelumnya, satu TKI asal Karawang, Jawa Barat bernama Nurkoyah binti Marsan Dasan telah lolos dari hukuman mati di Arab Saudi pada Kamis, 7 Mei 2018.

Nurkoyah dituduh melakukan tindak pidana ghilah (pembunuhan dengan pemberatan) berupa pembunuhan berencana.

Ia dituduh membunuh anak majikan bernama Masyari bin Ahmad Al Busyail yang masih berusia 3 bulan dan sengaja mencampurkan obat tertentu dan racun tikus ke dalam botol susu.

Setelah melalui proses hukum yang panjang dan alot sejak ditangkap pada 9 Mei 2010, akhirnya pada 31 Mei 2018 hakim menolak tuntutan qisas dan diyat terhadap Nurkoyah. Keputusan itu telah berkekuatan hukum tetap dan dinyatakan selesai.

Putusan tersebut ditandatangani hakim Muhammad Abdullah Al Ajjajiy.

Dalam persidangan, hakim menolak had ghilah (hukuman mati) dan memutuskan vonis hukuman kurungan 6 tahun penjara serta cambuk 500 kali, selaras dengan sistem hukum Arab Saudi.

Keputusaan hakim berdasar keterangan dari Nurkoyah bahwa petugas memaksa perempuan itu untuk mengakui perbuatannya.

Pengakuan itu, yang sebelumnya digunakan sebagai dasar tuntutan, kemudian dicabut oleh hakim di persidangan karena dilakukan di bawah tekanan.

Hakim Pengadilan Umum Dammam menolak tuntutan hukuman mati terhadap Nurkoyah, menggunakan pembuktian sumpah (yamin) sang majikan yang tak mampu menghadirkan bukti-bukti lain sebagai penguat tuntutan.

Pada 2 Juni 2018 KBRI Riyadh di Arab Saudi secara resmi menerima salinan putusan Pengadilan Umum Dammam atas kasus Nurkoyah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gunung Soputan Erupsi, Warga Beraktivitas Pakai Masker

Posted: 03 Oct 2018 09:25 PM PDT

Fokus, Minahasa Selatan - Letusan dua kali Gunung Api Soputan dengan ketinggian  abu vulkanik mencapai ribuan meter berdampak bagi  warga Desa Tumpaan di Kecamatan Tumpaan, Kabupaten Minahasa Selatan. Untuk mencegah adanya gangguan saluran pernapasan, warga harus mengenakan penutup mulut dan hidung saat beraktivitas di luar rumah.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (4/10/2018), dampak meletusnya Gunung Api Soputan, sangat dirasakan warga Kecamatan Tumpaan. Abu vulkanik Gunung Soputan sudah menutupi kendaraan jalan dan kendaraan yang diparkir di jalan trans Sulawesi.

Agar tidak langsung terpapar abu vulkanik, warga yang berada di desa tersebut sudah memakai masker.

Saat ini Gunung Soputan berada pada status level 3 atau siaga. Warga diimbau agar tidak beraktivitas di seluruh area, di dalam radius 4 kilometer dari puncak gunung dan di dalam area perluasan sektoral ke arah barat-barat daya sejauh 6 kilometer dari puncak gunung yang merupakan daerah bukaan kawah. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Jembatan Kuning, Ikon Kota Palu yang Kini Tumbang Dihantam Tsunami

Posted: 03 Oct 2018 09:23 PM PDT

Jembatan Kuning yang ambruk akibat gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (3/10). Jembatan bernama asli Jembatan Palu IV dan biasa disebut Jembatan Ponulele diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Mei 2006. (AFP PHOTO / ADEK BERRY)

Jembatan Kuning yang ambruk akibat gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (3/10). Jembatan bernama asli Jembatan Palu IV dan biasa disebut Jembatan Ponulele diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Mei 2006. (AFP PHOTO / ADEK BERRY)

Salah satu landmark Kota Palu, Jembatan Kuning yang ambruk akibat gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah, Rabu (3/10). Jembatan itu memiliki panjang 250 meter, selebar 7,5 meter dengan tinggi lengkung 20,2 meter . (AFP PHOTO / ADEK BERRY)

Salah satu landmark Kota Palu, Jembatan Kuning yang ambruk akibat gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah, Rabu (3/10). Jembatan itu memiliki panjang 250 meter, selebar 7,5 meter dengan tinggi lengkung 20,2 meter . (AFP PHOTO / ADEK BERRY)

Jembatan Kuning yang ambruk akibat gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (3/10). Jembatan kuning ini merupakan jembatan lengkung pertama di Indonesia. (AFP PHOTO / ADEK BERRY)

Jembatan Kuning yang ambruk akibat gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (3/10). Jembatan kuning ini merupakan jembatan lengkung pertama di Indonesia. (AFP PHOTO / ADEK BERRY)

Seorang pria memanjat jembatan yang ambruk akibat gempa dan tsunami di Palu, Rabu (3/10). Jembatan bernama asli Jembatan Palu IV dan biasa disebut Jembatan Ponulele ini diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Mei 2006. (AP Photo/Aaron Favila)

Seorang pria memanjat jembatan yang ambruk akibat gempa dan tsunami di Palu, Rabu (3/10). Jembatan bernama asli Jembatan Palu IV dan biasa disebut Jembatan Ponulele ini diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Mei 2006. (AP Photo/Aaron Favila)

Salah satu landmark Kota Palu, Jembatan Kuning yang ambruk akibat gempa dan tsunami digambarkan pada 1 Oktober 2018. Jembatan itu memiliki panjang 250 meter, selebar 7,5 meter dengan tinggi lengkung 20,2 meter . (AFP PHOTO / JEWEL SAMAD)

Salah satu landmark Kota Palu, Jembatan Kuning yang ambruk akibat gempa dan tsunami digambarkan pada 1 Oktober 2018. Jembatan itu memiliki panjang 250 meter, selebar 7,5 meter dengan tinggi lengkung 20,2 meter . (AFP PHOTO / JEWEL SAMAD)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Robert Pattinson Berpose di Karpet Merah dengan Celana Pendek, Cocok Tidak?

Posted: 03 Oct 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, New York - Robert Pattinson rupanya ingin tampil beda saat muncul di karpet merah gala premier film terbarunya yang bertajuk High Life di New York Film Festival pada Selasa (2/10/2018) kemarin. Bukan setelan jas dan celana panjang yang biasa dikenakan para artis dalam acara resmi seperti ini, Robert Pattinson justru mengenakan celana pendek. 

Bintang Twilight itu tampak memadukan kemeja putih, jas hitam, dengan celana pendek, kaus kaki panjang, dan sepatu berwarna senada.

Meski penampilannya terbilang unik, Robert Pattinson sama sekali tak kehilangan pesona ketampanannya. Bintang berusia 32 tahun ini tetap memukau dengan senyuman manis dan gaya rambutnya yang ditata berantakan nan seksi.

Menurut kamu bagaimana penampilan sang aktor kali ini?

Ditunggu-tunggu Penggemar

Aktor Robert Pattinson menghadiri premiere film HIGH LIFE dalam event New York Film Festival di New York City, Selasa (2/10). Robert juga memasangkan pakaiannya dengan kaos kaki panjang dan sepatu hitam yang mengkilap. (Andy Kropa/Invision/AP)

Para fans yang sudah menantinya pun sempat berebut untuk minta selfie bareng. Robert Pattinson tidak terlihat terganggu. Ia justru sempat memberikan beberapa tanda tangan untuk mereka.

Robert Pattinson dan Shia LaBeouf

Robert Pattinson dan FKA Twigs. (AFP/Mike Coppola)

Sementara itu, Robert Pattinson kini dikabarkan tengah dekat dengan aktris dan model Mia Goth. Wanita ini adalah tunangan Shia LaBeouf.

Shia LaBeouf sendiri kini tengah memacari mantan Robert Pattinson, FKA Twigs.

Wah, hubungan cinta yang rumit, ya. (Soraya/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PDIP: Kebohongan Ratna Sarumpaet Jadi Pintu Serang Jokowi Tak Boleh Lagi Terjadi

Posted: 03 Oct 2018 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, kebenaran dari penganiayaan Ratna Sarumpaet yang akhirnya terkuak dan memaksa Capres Prabowo Subianto meminta maaf ke publik, harus diikuti dengan komitmen berkampanye tanpa kebohongan.

"Selama ini Pak Jokowi menjadi objek serangan fitnah karena ketidakmampuan mereka membangun narasi kinerja dan rekam jejak positif," kata Hasto dalam keterangan tertulisnya, Kamis (4/10/2018).

Hasto menuturkan, cerita penganiayaan Ratna Sarumpaet berawal dari konstruksi yang dibangun Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon setelah bertemu Ratna pada 2 Oktober 2018. Cerita ini diperkuat oleh pertemuan Prabowo Subianto, Amien Rais, dan Fadli Zon dengan Ratna Sarumpaet. Hingga akhirnya, muncul pidato politik Prabowo yang dengan serangan tajam ke Pemerintahan Jokowi.

"Saya masih ingat betul, saat itu Pak Prabowo mengatakan bahwa Ratna Sarumpaet sangat ketakutan, sangat traumatize. Apa yang terjadi merupakan tindakan represif, tindakan yang di luar kepatutan. Tindakan pelanggaran HAM, dan bahkan suatu tindakan pengecut yang terjadi terhadap ibu-ibu usianya mungkin sudah 70. Luar biasa," ujar Hasto menirukan pernyataan Prabowo.

Dia menegaskan, terbongkarnya manipulasi kebohongan Ratna Sarumpaet harus menjadi edisi terakhir dalam tahun politik ini.

"Kita semua yang mendambakan pemilu yang demokratis dan berkeadaban harus bergandengan tangan menolak fitnah dan kampanye hitam. Apa yang disampaikan Pak Prabowo pada tanggal 3 Oktober 2018, dimana narasi penganiayaan Ratna Sarumpaet sebagai pintu masuk serangan ke Pak Jokowi tidak boleh terjadi lagi," kata Hasto.

Ratna Sarumpaet Bukan Cut Nyak Dien

Dia mengimbau semua pihak supaya membangun tradisi politik yang berkeadaban. Selain itu, menyetarakan secara emosional antara Ratna Sarumpaet dengan Cut Nyak Dien seperti disampaikan oleh Hanum Rais, putri Amien Rais tidak boleh terjadi lagi.

"Terlebih sosok Cut Nyak Dien merupakan sosok yang sangat dihormati," kata Hasto.

Hasto berpesan kepada seluruh tim kampanye Prabowo-Sandi untuk memegang teguh komitmen kampanye damai.

"Jangan hadirkan setan kekuasaaan hanya karena ambisi untuk menang," dia menandaskan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masyarakat Bisa Lapor Masalah Kemaritiman Melalui Aplikasi Ini

Posted: 03 Oct 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koordinator (Kemenko)  Bidang Kemaritiman atau disebut Kemenko Bidang Kemaritiman mengajak masyarakat untuk ikut andil dalam memajukan sektor kemaritiman nasional melalui aplikasi PESAN (Pengelolaan Sistem Informasi Aspirasi Kemaritiman).

Melalui aplikasi ini, Kemenko Maritim menampung baik pertanyaan, komentar, aduan, masukan/saran terkait kemaritiman.

Kepala Biro Informasi dan Hukum (BIH) Kemenko Bidang Kemaritiman, Latief Nurbana, mengatakan sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi besar menjadi poros maritim dunia. Oleh karena itu, untuk mewujudkan itu perlu dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia. 

"Melalui aplikasi PESAN yang telah dilaunching pada September lalu, kami ingin seluruh masyarakat bisa memberikan aspirasinya baik berupa komentar saran/masukan, ataupun pengaduan-pengaduan. Hal ini, sebagai langkah memajukan kemaritiman nasional," ujar dia di Jakarta, Kamis (4/10/2018).

Dia menjelaskan, dengan luas laut mencakup 2/3 dari seluruh luas wilayah Indonesia atau sekitar 5,8 juta km2 dan nilai perekonomian diperkirakan mencapai Rp 36 triliun-Rp 60 triliun per tahun, menjadikan sektor kemaritiman sebagai peluang untuk menciptakan ekonomi nasional yang kuat dan berkeadilan. 

"Sesuai dengan nawacita pemerintahan Jokowi-Jk ingin menjadikan sektor maritim menjadi tulang punggung ekonomi bangsa. Maka dari itu, peran serta masyarakat baik saran, usulan, atau gagasan sangat diperlukan untuk merealisasikan itu semua," ujar dia.

Oleh karena itu, lanjut Latief, seluruh masyarakat diharapkan bisa memanfaatkan Aplikasi PESAN ini sebagai bagian ikut serta membangun perekonomian bangsa melalui sektor kemaritiman.

"Melalui aplikasi ini memudahkan masyarakat memberikan laporan apa pun tentang kemaritiman secara terpadu," kata dia.

Aplikasi ini sesuai dengan amanah  Undang -Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, bahwa informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang, dan hak mendapatkan informasi adalah hak asasi manusia. Aplikasi PESAN ini dibuat agar semua pesan ataupun pelaporan dapat terpantau dengan baik, dan kita dapat meresponnya juga dengan baik.

Sementara itu, Kasubag Publikasi Kemenko Bidang Kemaritiman, Khairul Hidayati mengungkapkan, aplikasi ini akan memutus mata rantai informasi dari masyarakat ke pusat. Sehingga ‎informasi yang ada di masyarakat bisa dengan mudah dan cepat diterima oleh Kemenko Maritim

"Aplikasi ini menjawab kebutuhan informasi saat ini. Dengan aplikasi ini masyarakat bisa dengan mudah mengirim pesan ke kami, dan bisa langsung kami respon dengan cepat," kata dia.

 

Inovasi Terbaru

Ilustrasi pengggunaan aplikasi. (Doc: Tech Crunch)

Pada kesempatan sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut B Pandjaitan menyatakan, aplikasi PESAN ini merupakan inovasi yang baru di Kemenko Maritim, dan belum pernah ada sebelumnya. 

"Saya pribadi sangat apresiasi atas kinerja dari staf kami atas aplikasi ini. Karena sangat mendukung dan membantu terutama untuk kecepatan dan ketepaan akan informasi terkait kemaritiman," tandas Luhut.

Bagi masyarakat yang ingin ikut andil memberikan, saran, masukan, atau yang lainnya bisa masuk atau buka situs www.pesan.maritim.go.id  bisa dengan komputer maupun smartphone.

Adapun  alur mekanisme dari aplikasi ini sebagai berikut :

1. Masyarakat mengirimkan aspirasi melalui aplikasi PESAN

2.  Pesan diterima oleh admin/humas yang nantinya akan dijawab langsung atau diteruskan kepada pihak yang terkait.

3. Unit kerja terkait memberikan jawaban sesuai dengan laporan atau aspirasi yang mereka terima pada sistem.

4. Outputnya atau jawaban akan diterima oleh admin/humas yang akan difilter dan diverifikasi terlebih dahulu sebelum disampaikan kepada publik melalui email.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelatih Barceloa Puji Permainan Arthur

Posted: 03 Oct 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Barcelona sukses menang telak di kandang Tottenham Hotspur. Dua gol Lionel Messi membantu Blaugrana mempermalukan Tottenham 4-2 pada matchday kedua Liga Champions, Kamis (4/10/2018) dinihari WIB.

Kemenangan atas Tottenham membuat Barcelona memperoleh angka sempurna di dua laga awal Liga Champions. Barcelona ditempel ketat Inter Milan yang juga mengoleksi poin enam. 

Salah satu pemain yang menonjol pada laga melawan Tottenham adalah gelandang Arthur Melo. Pria Brasil ini memang tak mencetak gol, tapi Arthur menjadi jendral lapangan tengah Barcelona.

Arthur turun sejak menit pertama menemani Sergio Busquets dan Ivan Rakitic di lini tengah. Dia main 87 menit sebelum diganti oleh Arturo Vidal.

"Dia mampu memberikan banyak umpan akurat, sulit mengambil bola dari kakinya. Dia telah menjadi starter di sebuah pertandingan penting," kata Valverde kepada Bein Sports.

 

Timnas Brasil

Arthur Melo  (doc. Barcelona FC)

Arthur bergabung dengan Barcelona musim panas ini. Pemain 22 tahun itu disiapkan jadi pengganti Andres Iniesta. Arthur dikontrak selama enam tahun.

Bersama Barcelona, Arthur berhasil mendapat panggilan membela timnas Brasil senior pada dua laga uji coba bulan Oktober ini melawan Arab Saudi dan Argentina.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Memahami Drama Kebohongan Ratna Sarumpaet dari Kacamata Psikolog Klinis

Posted: 03 Oct 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ratna Sarumpaet buka suara terkait kabar penganiayaan yang dialami setelah foto wajah lebamnya beredar luas di media sosial. Melalui konferensi pers yang dilakukan di kediamannya di Jakarta Timur, Rabu siang, 3 Oktober 2018, Ratna mengaku penganiayaan itu adalah cerita bohong.

Selain meminta maaf kepada keluarga dan banyak pihak, ibunda aktris Atiqah Hasiholan tersebut menjelaskan ia datang ke rumah sakit untuk menemui dokter bedah plastik pada 21 September 2018. Hal itu dilakukan untuk menyedot lemak di pipi kirinya.

Di sisi lain, ada pernyataan Ratna yang tidak kalah menjadi sorotan banyak pihak. Merasa bersalah atas kebohongan yang telah ia sebarkan, Ratna pun melabeli dirinya sendiri sebagai pencipta hoaks terbaik.

"Kali ini saya pencipta hoaks terbaik. Ternyata, menghebohkan semua negeri. Mari kita ambil pelajaran dan bangsa kita ini dalam keadaan tidak baik, seperti yang saya lakukan ini. Mari kita hentikan," tuturnya.

Berbicara kebohongan yang diungkap sendiri oleh Ratna Sarumpaet, psikolog klinis Kasandra Putranto memberikan tanggapan mengenai alasan seseorang yang akhirnya mau mengakui kebohongan.

"Karena sudah terbongkar lengkap dengan bukti," kata Kasandra Putranto kepada Liputan6.com pada Rabu, 3 Oktober 2018.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Memaafkan dan Kondisi yang Tak Kondusif

Ratna Sarumpaet (Foto: Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Kasandra menyatakan semestinya masyarakat dapat memaafkan kebohongan seseorang, begitu pula dengan hoaks yang disebarkan Ratna Sarumpaet. Apalagi, kata dia, seseorang yang sudah mengakui kebohongannya sendiri bisa jadi berada dalam situasi pelik yang tidak terhindarkan sehingga menghasilkan rekayasa berdampak besar.

"Namun sayangnya, kita sedang berada dalam konteks situasi kondisi yang tidak menguntungkan, berupa kedukaan atas bencana alam," tutur Kasandra.

Situasi tersebut ditambah dengan beberapa pemicu lainnya. Di antaranya, rekam jejak perilaku Ratna selama ini. Menurut dia, perempuan 69 tahun itu dikenal selama ini mengkritik pemerintahan dengan kalimat yang menimbulkan sakit hati atau tidak suka pada orang lain.

Hal lain adalah tindakannya yang tidak memperhitungkan dampak luas kebohongan yang diciptakan. "Dan ini yang paling fatal, bahwa kebohongan dan viralnya telah mengakibatkan kebencian bagi masyarakat," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bantu Penyaluran BBM Kapal Tanker MT Karmila Pasok Premium ke Donggala

Posted: 03 Oct 2018 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kapal tanker MT Karmila berhasil disandarkan dan melakukan bongkar muat BBM jenis Premium di Donggala, Sulawesi Tengah, Rabu (3/10). Kapal tanker ini membawa 1,2 juta liter BBM jenis Premium yang merupakan salah satu dari empat kapal tanker yang membawa BBM ke Palu.

Empat tanker yang berlayar menuju Donggala membawa berbagai jenis BBM mencapai 11.2 juta liter direncanakan akan terus berdatangan pada hari ini Kamis (4/10) dan Jum'at (5/10).

Kapal MT Karmila memasuki perairan Donggala pada Rabu (3/10) siang dan selanjutnya melakukan proses bongkar muat. Tim Pertamina berhasil melaksanakan penyaluran BBM dari kapal ke Terminal BBM Donggala menggunakan fasilitas yang masih bisa dioperasikan.

Sebelumnya dilaporkan bahwa Terminal BBM Donggala merupakan salah satu fasilitas Pertamina yang terkena dampak bencana alam gempa dan tsunami yang terjadi pada Jumat (28/9). Pasca bencana, Pertamina memprioritaskan pengoperasian TBBM Donggala yang akhirnya berhasil dioperasikan secara terbatas pada Minggu (30/9).

Untuk memperkuat penyaluran BBM di kota Palu, Donggala dan sekitarnya, Pertamina telah memberangkatkan bantuan melalu jalur darat, laut dan udara. Bantuan operasional yang dibawa antara lain 100 SPBU portable, truk pengangkut BBM beserta awak mobil tangki yang diberangkatkan dari Jakarta dan wilayah operasi di Sulawesi, truk tangki berdispenser (mobile dispenser), operator SPBU dari Kalimantan dan Sulawesi serta dukungan operasional lainnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sarri: Barkley Pantas Masuk Timnas Inggris

Posted: 03 Oct 2018 09:06 PM PDT

Liputan6.com, London - Manajer Chelsea, Maurizio Sarri, meyakini Ross Barkley layak untuk dipanggil masuk timnas Inggris setelah tampil apik di awal musim 2018-19 bersama The Blues.

Barkley gabung Chelsea sejak Januari lalu. Dia dibeli dari Everton dengan harga sekitar 15 juta pounds.

Akan tetapi, dia tak banyak mendapat kesempatan main. Antonio Conte kala itu hanya empat kali memainkannya.

Sementara itu, musim ini Chelsea sudah melakoni tujuh pertandingan di Premier League. Dan Barkley sudah tampil sebanyak enam kali di kompetisi itu.

Ia pun tampak tampil makin oke. Sarri lantas ditanya apakah performa Barkley belakangan ini membuatnya layak dipanggil timnas.

"Saya pikir begitu karena performanya meningkat dari pekan ke pekan," ucapnya Sarri seperti dilansir Goal International.

"Saya pikir ia bisa meningkatkan performanya lebih banyak karena ia memiliki potensi untuk tampil jauh lebih baik. Jadi saya rasa ia dapat kembali ke tim nasional," serunya.

"Saya pikir begitu. Ia telah bermain lebih dari musim lalu dalam dua bulan," kata Sarri.

Lebih Kuat

Tahun lalu, Barkley sempat menepi lama ke ruang medis karena mengalami cedera hamstring yang serius. Namun sekarang ia mampu bangkit kembali dan tampil lebih kuat dari sebelumnya, dan ini membuat Sarri terkesan.

"Ia mengalami cedera yang sangat serius setahun yang lalu," ucap Sarri.

"Ia bisa meningkatkan kemampuannya dari sudut pandang taktis, ia bisa meningkatkan kemampuannya dari sudut pandang fisik," kata dia.

"Ia sangat bagus dari sudut pandang teknis, jadi ia bisa menjadi pemain yang sangat bagus, pemain hebat," pujinya.

Sumber: bola.net

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setelah Piala Asia U-16, Ini Agenda Terdekat Timnas Indonesia

Posted: 03 Oct 2018 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Petualangan Timnas Indonesia di Piala Asia U-16 berakhir. Ambisi pasukan Fakhri Husaini tampil di Piala Dunia U-17 yang akan berlangsung di Peru kandas setelah kalah 2-3 dari Australia pada babak perempat final di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, Senin (1/10/2018). 

Meski demikian, Timnas Indonesia U-16 pantas pulang dengan kepala tegak. Sebab ini adalah kali pertama sejak 1990, Indonesia berhasil melangkah sejauh ini di Piala Asia U-16. 

Meski gagal membawa tiket ke Piala Dunia U-17, penampilan Timnas Indonesia di Piala Asia U-16 telah menarik banyak perhatian. Permainan yang diperagakan Bagus Kahfi dan kawan-kawan mencerminkan masa depan yang cerah bagi masa depan sepak bola Indonesia. 

Apalagi sejak ditangani Fakhri Husaini, Timnas Indonesia U-16 sudah meraih setidaknya tiga trofi. Mereka pernah menjuarai tiga event yakni Tien Phong Plastic Cup 2017 yang digelar di Da Nang City Vietnam, Jenesys Japan ASEAN U-16 2018, dan Piala AFF U-16 2018.

Di Piala Asia U-16 2018, Timnas Indonesia juga tidak tampil buruk. Sebaliknya, sepanjang babak penyisihan, Garuda Asia-julukan Timnas Indonesia U-16-tidak terkalahkan. Indonesia menjadi juara Grup C dengan hasil sekali menang dan dua kali imbang. 

Namun Piala Asia U-16 bukan event terakhir yang akan diikuti oleh tim Garuda. Hingga akhir tahun ini, setidaknya masih tersisa dua agenda besar yang bakal diikuti Timnas Indonesia.

Apa saja? Simak jadwal lengkapnya pada halaman berikutnya.

Piala Asia U-19 2018

Pemain Indonesia U-19, Witan Sulaeman (kanan) berebut bola dengan rekannya di Lapangan A Kompleks GBK, Jakarta, Rabu (3/10). Latihan ini persiapan penentuan skuat utama Timnas Indonesia di Piala Asia U-19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Piala Asia U-19 tagun ini berlangsung di Indonesia. Sebagai tuan rumah, Timnas Indonesia U-19 yang kembali berada di bawah asuhan Indra Sjafri mendapat jatah tiket wild card menuju babak utama yang akan berlangsung , 18 Oktober - 4 November 2018. 

Sebanyak 16 tim yang dibagi dalam 4 grup bakal tampil pada turnamen ini. Timnas Indonesia U-16 berada di grup A bersama, Uni Emirat Arab, Qatar, dan Chinese Taipe. Bola berhasil melaju hingga semifinal, Indonesia bakal tampil di Piala Dunia U-20 di Polandia.

Berikut Jadwal Timnas Indonesia U-19

18 Oktober : Vs Chinese Taipe

21 Oktober Vs Qatar

24 Oktober Vs Uni Emirat Arab

Piala AFF 2018

Penyerang Indonesia, Stefano Lilipaly melakukan selebrasi usai membobol gawang Uni Emirat Arab (UEA) pada Asian Games 2018 di Stadion Wibawa Mukti, Jawa Barat, Jumat (24/8/2018). Indonesia kalah dari UEA lewat adu penalti. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Timnas Indonesia level senior juga tengah mempersiapkan diri menghadapi Piala AFF 2018.  Mulai tahun ini, Piala AFF berlangsung dengan format baru.

Setiap grup yang dihuni lima negara bakal bertarung dengan sistem kandang-tandang dengan sistem setengah kompetisi. Meski demikian, setiap tim hanya akan bertemu sekali.

Timnas Indonesia tergabung di Grup B Piala AFF 2018 bersama juara bertahan Thailand, Singapura, Filipina, dan pemenang fase kualifikasi; Timor Leste. 

Berikut ini jadwal Timnas Indonesia :

13/11/2018 : Indonesia Vs Timor Leste

25/11/2018 : Indonesia Vs Filipina

3/11/2018 : Singapura Vs Indonesia

17/11/2018 : Thailand Vs Indonesia

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beredar Sosok Toyota Avanza Terbaru, Hoaks atau Bukan?

Posted: 03 Oct 2018 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Indonesia dikabarkan sedang mempersiapkan kemunculan Toyota Avanza model terbaru. Tentu saja, jika ada Avanza maka hadir pula kembarannya Daihatsu.

Nah, sebelum resmi meluncur, ternyata rendering Toyota Avanza model terbaru beredar di media sosial.

Dari gambar yang beredar, Toyota Avanza terbaru ini hadir dengan warna merah yang dikombinasikan dengan beberapa bagian hitam di sejumlah sisi

Jika melihat secara kasat mata desain Avanza anyar sangat berubah total, baik dari depan, samping, dan belakang.

Untuk bagian wajah, perbedaan terlihat dari segi lampu yang kini jadi lebih sipit. Tentu saja, hal ini semakin mebuat desainnya jadi kekinian.

Perubahan Toyota Avanza juga terjadi pada bagian bemper depan. Sekilas, membuat rendering Avanza ini terlihat cembung mirip C-HR.

 

Selanjutnya

Sementara itu, desain bagian samping ini justru terlihat mirip Toyota Fortuner, seperti pada garis antara bodi dan jendela baris ketiga.

Adapun kaki-kakinya kini terlihat berbeda. Jika Avanza pada umumnya hanya menggunakan pelek 15 atau 16 inci, maka desain yang satu ini sepertinya lebih sporty dipasangkan pelek 17 inci.

Sementara bagian bokong, ada juga yang menyebut bahwa ini mirip Toyota Fortuner, dengan sedikit lampu belakang melintang di samping bodi.

Tentu saja, desain ini belum tentu kebenarannya. Bahkan saat Liputan6.com mencoba mengonfirmasinya, pihak Toyota pun enggan mengakuinya.

"Ha, ha, hoaks dipercaya," singkat Fransiscus Soerjopranoto, Executive GM PT Toyota Astra Motor dalam pesan singkatnya, Kamis (4/10/2018).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Nyeleneh, Cara Kocak Orang Indonesia Mengasuh Anak

Posted: 03 Oct 2018 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mengasuh dan merawat anak merupakan kewajiban orangtua. Namun karena anak terkadang suka rewel dan bertingkah, hal ini membuat orang tua berpikir keras supaya anak mau mengikuti permintaan kita.

Meski ide-ide mengasuh ini cukup membuat tertawa nyatanya para orangtua bisa menirunya karena cukup efektif. Mulai dari pakai topeeng Iron Man saat nyuapin anak, sampai dengan memandikan anak di jok motor.

Artikel tentang cara kocak orangtua mengasuh anak menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua terpopuler yakni tentang viralnya video Gunung Soputan yang ternyata Hoaks. Sedangkan artikel perubahan di Palu yang rata dengan tanah menjadi yang ketiga terpopuler.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 7 Cara Kocak Orangtua Mengasuh Anak, Nyeleneh tapi Patut Ditiru

cara unik ortu asuh anak (foto: brilio)

Mengasuh anak tentu bukanlah hal yang mudah. Butuh kesabaran dan juga kehati-hatian yang tinggi. Oleh karena itu, ada baiknya orangtua mengasuh anak dengan sungguh-sungguh ya.

Namun nyatanya ada banyak tingkah nyeleneh orangtua ketika sedang mengasuh anaknya. Meski begitu, tak sedikit pula dari cara tersebut yang cukup unik dan kreatif yang mungkin saja bisa kalian tiru.

Selengkapnya..

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

2. Video dan Foto Gunung Soputan Meletus Ini Hoaks, Jangan Disebar

Doc: Twitter.com/Sutopo_PN

Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, meletus pada Rabu (03/10), pukul 08.47 Wita. Dengan tinggi kolom abu vulkanik sekitar 5.809 meter di atas permukaan laut, kolom abu condong ke arah barat dan barat laut.

Meski warga telah diimbau untuk tetap tenang dan mengikuti rekomendasi PVMG, ada saja pihak-pihak tak bertanggung jawab yang mencoba memanfaatkan kabar letusan tersebut untuk menyebarkan ketakutan

Selengkapnya..

3. Hilang bak Ditelan Bumi, Perumahan di Petobo Palu Ini Rata dengan Tanah

Kawasan Petobo yang rata dengan tanah (foto: twitter/@jnessy_)

Gempa dan tsunami yang melanda Palu-Donggala tak hanya memakan ribuan korban jiwa, tapi juga meluluhlantakkan kedua daerah tersebut. Salah satu daerah yang mengalami kerusakan paling parah ialah Kelurahan Petobo, Kota Palu.

Ratusan rumah dikatakan diterjang oleh lumpur hitam yang berasal dari tanggul kali di bagian timur kawasan tersebut. Saat ini banyak beredar foto-foto kondisi terkini kawasan Petobo yang hilang bak ditelan bumi. Seluruh bangunan dan rumah warga rata dengan tanah. Akses jalan pun rusak parah, terlebih lagi aspal-aspal retak dan hancur tak bersisa.

Selengkapnya..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belajar dari Gempa Palu, Warga Padang Butuh Sirene Tsunami

Posted: 03 Oct 2018 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Padang - Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, kekurangan 10 sirene peringatan dini tsunami untuk dipasang di sejumlah titik pantai di daerah itu.

"Saat ini sirene milik pemerintah daerah hanya 16 unit, sedangkan yang dibutuhkan 26 unit," kata Wakil Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur, di Parit Malintang, Rabu, 3 Oktober 2018.

Ia mengatakan Padang Pariaman memiliki garis pantai sepanjang 42 kilometer. Maka dengan jarak pemasangan 1,6 kilometer, masih dibutuhkan 10 unit lagi.

Suara sirene ini bisa mencapai satu kilometer. Namun, pihaknya mengambil keputusan aman, yaitu 800 meter.

Sirene peringatan dini tsunami tersebut dibutuhkan warganya agar bisa terhindar dari bahaya tsunami yang berpotensi melanda daerah itu.

"Oleh karena itu, kami akan mengupayakan penambahan ini," katanya dilansir dari Antara.

Selain membutuhkan penambahan sirene, ucapnya, warga di daerah itu juga membutuhkan adanya shelter tsunami.  Saat ini daerah itu hanya memanfaatkan gedung bertingkat milik warga, gedung pemerintahan, dan masjid untuk dimanfaatkan sebagai sebagai selter.

Padahal sejumlah kecamatan di daerah itu berhadapan langsung dengan pantai, yaitu Batang Anai, Ulakan Tapakis, Nan Sabaris, Sungai Limau, dan Batang Gasan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Padang Pariaman, Budi Mulya menyebutkan ada 16 unit sirene tsunami milik pemerintah daerah setempat dan satu milik Badan Meteorolagi Klimatologi dan Geofisika BMKG. 

"Namun dari jumlah itu sirene yang berfungsi hanya 12 unit," ujarnya. Sistem operasi sirene tersebut masih bersifat manual, atau dioperasikan dengan menekan tombolnya langsung setelah mendapat peringatan dari BMKG.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Buah Tertangkap KPK, Sri Mulyani Sebut Harusnya Bisa Terdeteksi Lebih Awal

Posted: 03 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengaku akan mengevaluasi dan meningkatkan pengawasan sistem penerimaan pajak di Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Hal ini menyikapi adanya operasi tangkap tangan (OTT) di Ambon dan Papua berkaitan dengan pengurangan pembayaran pajak.

"Kita akan terus mengevaluasi sistem di pajak dan early warning karena dalam hal ini aparat pengendali internal kita dan Kisda (Direktorat Kepatuhan Internal dan Transformasi Sumber Daya Aparatur) sebetulnya sudah bisa mendeteksi dan seharusnya bisa melakukan koreksi lebih awal sehingga tidak perlu terjadi," ujarnya di Kantor Bea Cukai, Jakarta, Kamis (4/10/2018).

Sri Mulyani berterima kasih kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas upaya yang dilakukan dalam mengungkap kecurangan di tubuh Kementerian Keuangan. Hal ini menjadi salah satu bagian menjaga integritas kementerian tersebut.

"Kami berterima kasih bahwa KPK melakukan dan membantu kami membersihkan institusi Direktorat Jenderal Pajak dan Kementerian Keuangan secara umum untuk terus menjaga integritasnya," jelasnya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut menambahkan, kejadian ini merupakan peringatan bagi seluruh jajarannya. Dia berharap ke depan kejadian yang sama tidak akan terulang kembali.

"Dengan adanya institusi di luar Kemenkeu juga membantu kita untuk terus memberikan peringatan kepada seluruh jajaran Kemenkeu bahwa mereka memiliki tugas yang luar biasa penting. Mereka memiliki suatu tanggung jawab yang penting," jelasnya.

Sebelumnya, KPK menggelar operasi tangkap tangan di Ambon dan Papua. Operasi penindakan di dua daerah ini diduga berkaitan dengan pengurangan pembayaran pajak.

"Terkait dengan upaya mengurangi pembayaran pajak," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (3/10/2018).

Belum diketahui secara pasti siapa saja yang ditangkap tim penindakan lembaga antirasuah tersebut. Yang jelas, salah satunya merupakan pejabat pajak daerah.

"Iya, pejabat pajak daerah," Febri menambahkan.

 

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Sri Mulyani Ingin Pegawai Terlibat OTT Dihukum Maksimal

Menteri Keuangan Sri Mulyani . (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati ingin pegawai Direktorat Jenderal Pajak yang terjaring (OTT) Ambon dan Papua berkaitan dengan pengurangan pembayaran pajak dihukum maksimal.

Dia meminta, seluruh jajaran mencari pasal yang dapat mendukung hal tersebut. "Instruksi saya kepada seluruh jajaran cari pasal untuk memaksimalkan hukuman. Ada di dalam rambu-rambu itu," ujar Sri Mulyani saat ditemui di Kantor Pusat Bea dan Cukai, Jakarta, Kamis (4/10/2018).

Sri Mulyani mengatakan, Kementerian Keuangan masih menanti hasil pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait pegawai yang ditangkap Rabu, 3 Oktober 2018 malam. Setelah mendapat hasil, pihaknya akan menetapkan hukuman bagi pegawai termasuk pemberhentian sebagai (aparatur sipil negara) ASN. 

"Kalau proses hukum dan proses kepegawaian kita memiliki prosedurnya biasanya. Sesudah dilakukan proses hukum yang dilakukan oleh KPK dan ada keputusan kami akan melakukan tindakan sesuai aturan yang mengatur ASN," ujar dia. 

 

Reporter: Anggun P.Situmorang

Sumber: Merdeka.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

200 Kepala Dinas Pariwisata di Wilayah Indonesia Timur Contoh Wisata Banyuwangi

Posted: 03 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pariwisata menggelar Rapat Koordinasi Teknis Pariwisata yang diikuti 200 Kepala Dinas Pariwisata di wilayah Indonesia Timur yaitu Bali, NTB, NTT, Sulut, Gorontalo, Sulteng, Sulsel, Sulbar, Sultra, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat mulai Rabu-Jumat (3-5/10).

Para peserta ini sekaligus diajak melihat langsung praktik pengembangan pariwisata berkelanjutan yang dikembangkan Banyuwangi. Rakor dibuka langsung Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Dadang Rizki Ratman, serta dihadiri Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Dadang mengatakan, dalam teori pengembangan pariwisata ada pedoman yang dikenal dengan 3A yaitu Atraksi, Aksesibilitas, dan Amenitas. Namun ada satu aspek penting yang juga menjadi kunci keberhasilan pengelolaan destinasi, yaitu aspek ancilliary. Ancilliary berkaitan dengan ketersediaan sebuah organisasi atau orang-orang yang mengurus destinasi tersebut.

"Faktor itu menjadi penting karena walaupun destinasi sudah mempunyai atraksi, aksesibilitas dan amenitas yang baik, tapi jika tidak ada yang mengatur dan mengurus hingga melestarikan maka keberlanjutan suatu destinasi bisa terancam," kata Dadang.

Untuk itulah, Kemenpar memfasilitasi para kepala dinas pariwisata di wilayah timur Indonesia untuk ke Banyuwangi yang dinilai sebagai pemerintah daerah dengan konsep pengembangan pariwisata yang terukur dan terbukti berhasil.

"Banyuwangi menjadi best practice bagaimana pengembangan wisata tidak hanya menghasilkan kunjungan wisatawan, tapi juga investasi. Inspirasi dari Banyuwangi ini semoga bisa memotivasi kita semua untuk bersama-sama membangun pariwisata Indonesia," ajak Dadang.

Bupati Abdullah Azwar Anas mengatakan, Banyuwangi memulai pengembangan pariwisata nyaris dari nol. Potensi wisata alam dan seni-budaya sebelumnya belum tergarap dengan optimal.

"Kita awalnya tidak punya aksesibilitas yang baik. Tidak ada penerbangan. Modal kita di awal hanya semangat dan kesungguhan serta fokus dalam memilih pariwisata sebagai payung besar pembangunan di Banyuwangi," ujar Anas.

Anas pun memaparkan berbagai hal yang dilakukan Banyuwangi. Mulai membuka mobilitas udara, peningkatan amenitas alias fasilitas penunjang wisata, penataan SDM, hingga memacu beragam atraksi wisata.

Anas menambahkan, salah satu faktor terpenting dalam pengembangan pariwisata adalah partisipasi publik. Di Banyuwangi, partisipasi berkembang. Kelompok anak muda mengembangkan wisata di kampung-kampung, seperti hutan pinus Songgon, wisata sejarah Kampung Temenggungan, wisata kopi Gombengsari, desa wisata Banjar, jelajah budaya Desa Adat Kemiren, dan Bangsring Underwater.

"Partisipasi ini yang tidak ternilai. Artinya rakyat merasakan dampak langsung pariwisata terhadap kesejahteraannya, sekaligus mampu membentuk budaya aman, ramah, dan toleran di lingkungannya masing-masing," papar Anas.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kita Semua Sama, Lagu Resmi Asian Para Games 2018 Bawa Semangat Kesetaraan

Posted: 03 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pesta olahraga Asian Para Games 2018 akan segera digelar. Para penggemar olahraga dari semua negara peserta sudah tak sabar untuk menanti penampilan tim kesayangan mereka berlaga di Jakarta. Untuk menggelorakan semangat kebersamaan dalam Asian Para Games, Inapgoc sebagai panitia penyelenggara kembali meluncurkan lagu resmi Asian Para Games 2018.

Lagu berjudul Kita Semua Sama akan turut memeriahkan pesta olahraga disabilitas yang baru tiga kali digelar ini. Lagu bergenre EDM (Electronic Dance Music) dengan aura pop dangdut ini sangat unik dan menyenangkan didengar.

Raja Sapta Oktohari, Ketua Inapgoc, merupakan sosok di balik terciptanya lagu Kita Semua Sama. Lagu ini ingin menyuarakan tentang kesetaraan, humanisme dan rasa kasih kepada para atlet disabilitas yang akan bertarung di ajang Asian Para Games.

Lima penyanyi kenamaan Indonesia menyanyikan lagu ini dengan sukacita. Mereka adalah Glenn Fredly, Nania Yusuf, Maria Calista, Billy Wino Talahatu dan penyanyi dangdut remaja 16 tahun, Tasya Rosmala, begitu mewarnai lagu ini.

Glenn Fredly menjelaskan dirinya sangat bangga bisa ikut berpartisipasi."Menyanyi by moment untuk event semacam Asian Para Games memang keren," katanya.

Tak hanya menyanyi, dalam lagu Kita Semua Sama, Glenn juga ikut menyumbangkan lirik lagu.

"Saya senang bisa menyumbangkan baris kalimat untuk melengkapi lirik lagunya : Rayakan hidup yang merdeka. Jadi selain bermakna juga kesannya anak muda," ujar Glenn.

Sedangkan Tasya Rosmala mengatakan terkejut saat diajak untuk ikut bernyanyi di lagu Kita Semua Sama. "Kaget saat diajakin nyanyi lagu yang genrenya EDM. Eh pas saya diminta untuk menyanyi dengan style saya yang dangdut ya saya enjoy saja," katanya.

 

 

Lagu Sulit

Para atlet atletik memacu kecepatan saat latihan di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Selasa (3/10/2018). Latihan ini merupakan persiapan jelang Asian Para Games. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Sementara itu Nania Yusuf mengakui lagu Kita Semua Sama memiliki tingkat kesulitan cukup tinggi. Apalagi saat itu dirinya sedang dalam kondisi sakit.

"Lagunya memang tidak mudah untuk ditaklukkan, liriknya juga rapat. Tapi karena kami kompak nyanyinya, semua berjalan baik," ungkap Nania.

Pengalaman berbeda diceritakan oleh Maria Calista. Ia menjelaskan saat take vokal lagu Kita Semua Sama sampai harus tidak datang ke acara resepsi pernikahan sahabatnya. Maria berharap lagu ini akan digemari seluruh masyarakat Indonesia.

"Berharap lagu ini ngetop ya, karena selain dinamis, genre EDM kan memang lagi deket sama anak muda," kata Maria.

Tanpa Kendala

Asian Para games 2018

Billy Talahatu mengatakan kalau selama proses rekaman tidak menghadapi kendala apapun. Bahkan Billy sangat senang diberi kebebasan untuk berimprovisasi.

Selain melibatkan penyanyi kenamaan, lagu Kita Semua Sama juga melibatkan penata musik muda Kevaz Jones dan menampilkan Rejoz The Groove untuk mengisi perkusi pada lagu yang akan menjadi penyemangat para atlet di ajang Asian Para Games kali ini.

Lagu Kita Semua Sama bukanlah satu-satunya lagu yang dirilis menyambut Asian Para Games 2018. Terdapat beberapa lagu yang sudah dirilis sebelumnya yakni Song Of Victory, Dream High, dan Sang Juara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ridwan Kamil Mau Sixpacks, Dokter: Memang Sanggup Latihannya?

Posted: 03 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Spesialis Kedokteran Olahraga dari Rumah Sakit Premier Bintaro, dr Hario Tilarso, memberi tanggapan soal Ridwan Kamil yang ingin punya perut sixpacks di usia 47.

"Masih bisa, tapi lebih sulit," ujar Hario saat dihubungi Health Liputan6.com pada Kamis, 4 Oktober 2018.

Menurut dokter yang masih rajin lari di umur 74 tahun itu, Ridwan Kamil mesti rajin latihan, serajin anak muda yang hampir setiap hari latihan.

Hario pun menyarankan Gubernur Jawa Barat tersebut untuk mengikis lemak di bagian perut terlebih dulu, guna memudahkan jalan dia meraih perut kotak-kotak alias sixpacks.

"Lemaknya itu harus dihilangkan dengan latihan aerobik, lari, atau sepeda. Sanggup engga dia seperti itu?," kata Hario.

Baca juga: Ultah ke-47, Ridwan Kamil : Semoga Bisa Jadi Gubernur yang Sixpacks

Setelah lemak di perut habis, barulah Ridwan Kamil melatih otot-otot perutnya. "Dia mesti nge-gym, latihan beban, sit up, dan segala macam. Itu juga mesti rajin," kata Hario menambahkan.

Bila kesibukan sebagai kepala daerah menyulitkan Ridwan Kamil berolahraga setiap hari, Hario mengatakan minimal dua kali seminggu harus bisa.

 

Sixpacks di Seusia Ridwan Kamil Bukan Hal Mustahil

Ridwan Kamil dan Atalia Praratya. (dok. Instagram @ridwankamil/Asnida Riani)

Hario, menekankan, memiliki perut sixpacks di usia lebih dari 40 bukan hal mustahil. Asalkan, latihan dengan benar.

Perlu diingat, meski ingin menonjolkan otot-otot di sekitar perut, bukan berarti langsung latihan beban.

"Lemak buang dulu. Dari situ perut akan kelihatan. Timbunan lemak mesti dikikis, kalau tidak, enggak akan kelihatan," kata Hario.

Kalau Ridwan Kamil sanggup, Hario menyarankan untuk mulai rajin lari agar lemak-lemak cepat terkikis. Menurut Hario, lari adalah olahraga terbaik untuk membakar lemak. Tidak heran jika pelari-pelari banyak yang langsing atau kurus-kurus.

"Hanya saja kesulitannya adalah benturan kakinya itu keras, jadi kemungkinan cedera pada lutut atau pinggang itu banyak," kata Hario.

Namun, aktivitas itu bisa diganti dengan bersepeda atau jalan kaki, yang diimbangi juga dengan olahraga beban.

 

Simak Video Menarik Ridwan Kamil Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ikut Campur soal Ratna Sarumpaet, Tompi Sudah Curiga Sejak Awal

Posted: 03 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi Tompi ikut nimbrung di tengah kabar dugaan pengeroyokan ibunda Atiqah Hasiholan, Ratna Sarumpaet. Pelantun lagu "Bawa Daku" ini menyangsikan adanya penganiayaan tersebut, sejak melihat foto bengkak wajah Ratna Sarumpaet yang viral.

Dalam kicauannya, Tompi yang berprofesi sebagai dokter bedah yakin kondisi lebam di wajah Ratna Sarumpaet terjadi karena hasil operasi.

"Saya enggak rela orang-orang baik yang saya kenal menelan informasi keliru ini bulat-bulat sebagai sebuah kebenaran," kata Tompi saat di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (3/10/2018).

Menurut Tompi, selama ini banyak orang yang telanjur percaya dengan informasi keliru yang disebar di sosial media. Karena fanatisme, masyarakat merasa jika orang yang diidolakannya tak pernah salah.

"Mereka yakin benar dengan mengimani ini, artinya sudah dalam banget nih enggak mungkin salah," katanya.

Alasan lain adalah Tompi yang sudah terlalu capek dengan perselisihan di masyarakat yang terjadi karena berbeda pandangan politik. Seperti diketahui, Ratna Sarumpaet merupakan pendukung salah satu calon presiden yang akan tanding pada 2019.

"Itu yang enggak bisa saya terima," imbuhnya.

Curiga

Ratna Sarumpaet saat konferensi pers terkait kasus penganiayaan yang dialaminya, Jakarta, Rabu (3/10). Ratna mengakui tidak ada penganiayaan yang diterimanya seperti kabar yang berkembang beberapa waktu terakhir. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Diakui Tompi, kecurigaannya pada foto yang kemudian diakui Ratna sebagai hasil operasi, muncul setelah melihatnya secara close up. Dia mengaku menerima foto tersebut dari beberapa kiriman yang masuk kepadanya.

"Dari situ saya merasa nih ada yang enggak benar deh, perasaan saya saja gitu ya," kata dia.

Dugaan Menguat

Ratna Sarumpaet (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pelantun tembang "Menghujam Jantungku" ini semakin yakin jika Ratna melakukan operasi plastik setelah menemukan sebuah foto wallpaper dari klinik kecantikan yang dikunjungi wanita aktivis tersebut. Gambar itu telah terlebih dahulu diketahui sebelum foto wajah Ratna yang lebam beredar.

Keyakinan semakin menguat karena di foto lain terdapat gambar seorang dokter tengah memeriksa pasien dengan latar belakang yang sama.

"Nah, itu kan kita langsung related saja, tuh gambar, nih berarti lokasi sama, dan cocok sama yang saya pikirin," tuturnya. (Nur Ulfa/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Advan Kembali Gelar Flash Sale G3 Pekan Ini

Posted: 03 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Advan bakal kembali menggelar flash sale kedua smartphone teranyarna, G3 untuk kalangan mahasiswa pada pekan ini. Flash sale tersebut bakal diadakan pada Jumat, 5 Oktober 2018 mendatang.

Alasan Advan kembali menghelat flash sale G3 tak lain karena perusahaan mengklaim unit G3 pada flash sale yang diadakan di Shopee pada Jumat, 28 September 2018 kemarin, ludes terjual.

Bahkan, banyak konsumen yang tidak kebagian dan sesuai flash sale situs pendaftaran masih www.mahasiswa.advandigital.com. banyak dikunjungi.

Salah satu daya tarik dari G3 yang cukup memikat konsumen pada flash sale kemarin, ditengarai berasal dari potongan Rp 1 jutaan untuk G3.

"Jumat ini, 5 Oktober, kami kembali akan membuka flash sale untuk G3. Kembali, kami akan memberikan potongan harga Rp 1 juta untuk mahasiswa. Dari harga normal Rp 2.999.000 menjadi Rp 1.999.000," ujar Marketing Director Advan, Tjandra Lianto, dalam keterangan resminya.

"Advan G3 lahir sebagai smartphone untuk Indonesia. Berkolaborasi dengan produsen audio ternama dunia, ada aspek yang mendasari kolaborasi dan terciptanya G3. Advan dalam menghadirkan produk selalu berangkat dari kacamata konsumen, dan mencoba mengerti akan kebutuhan pasar," lanjutnya.

Gandeng Harman Kardon, Advan Rilis G3

Peluncuran Advan G3 di Jakarta, Jumat (21/9/2018). Liputan6.com/ Andina Librianty

Advan G3 memiliki layar berukuran 5,9 inci dengan rasio aspek 18:9 dan dibalut material kaca di bagian belakang.

Smartphone yang disokong prosesor octa-core MediaTek 6750 ini dilengkapi RAM 4GB, memori internal 64GB, kamera belakang 16 MP dan kamera depan 8MP.

Smartphone yang menjalankan antarmuka Indonesia Operating System (IDOS) 7.2 itu juga berbasis pada OS Android Nougat. Kapasitas baterainya sendiri3.500mAh dan dilengkapi fast charging.

Selain itu, G3 juga dilengkapi fitur sensor sidik jari dan Face ID, serta sistem keamanan lain yakni Privacy System dan Anti Theft. Advan G3 juga sudah dibundel dengan earphone JBL.

 

Harga dan Ketersediaan

Advan G3. (Foto: Advan)

Smartphone dual SIM ini akan dijual dengan harga Rp 2.999.000 secara flash sale pada Senin, 24 September 2018.

Nantinya, Advan akan memberikan penawaran spesial kepada maksimal seribu mahasiswa dengan harga Rp 1.999.000.

Mahasiswa yang tertarik harus mendaftarkan diri terlebih dahulu di www.mahasiswa.advandigital.com.

Lebih lanjut, Tjandra memperkirakan G3 akan terjual 20 ribu unit dalam satu bulan pertamanya di pasar.

Kendati demikian, target tersebut lebih kecil dibandingkan smartphone dari segmen bawah, seperti seri S.

"Kalau seri S biasanya targetnya bisa 50 ribu sampai 100 ribu unit, karena harganya lebih murah. Namun untuk G3 ini target kami sebanyak 20 ribu unit sampai batch pertama, biasanya itu satu bulan," tutur Tjandra.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Nekat, Lompat dari Tiang Demi Berenang di Sungai

Posted: 03 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aksi nekat seorang pemadam kebakaran Swedia melompat dari tiang Penerangan Jalan Umum (JPU) demi berenang di sungai.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Malaysia Kirim Pesawat Kargo untuk Bantu Korban Gempa-Tsunami di Sulawesi Tengah

Posted: 03 Oct 2018 08:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Negeri Jiran telah menerbangkan satu pesawat kargo Airbus A400M (heavy-airlift) berisi suplai kemanusiaan untuk membantu penanganan bencana gempa-tsunami di Sulawesi Tengah, menurut laporan Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta.

"Pesawat itu terbang pukul 10.00 pagi (4/10) dari Pangkalan Angkatan Udara Diraja Malaysia (TUDM) Subang dan diperkirakan mendarat di Halim Perdanakusuma, Jakarta pada 11.15 WIB," kata Sekretaris Pertama Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta, Azwiral, kepada Liputan6.com (4/10/2018).

Sementara itu, seperti dikutip dari situs berita Malaysia Utusan.com.my, Komandan Pangkalan TUDM Subang, Datuk Muhammad Mudzamir Ong Abdullah, mengatakan, pesawat itu ditugaskan sebagai pembawa barang yang membawa barang dari Jakarta ke Palu, setidaknya dua kali sehari.

Menurut dia, pesawat itu juga membantu membawa kebutuhan medis yang disumbangkan oleh Persatuan Bulan Sabit Merah (PBSM) dari Malaysia.

"Misi akan disertai oleh 23 awak dan tiga perwakilan media yang dipimpin oleh Komandan Skuadron 22, Letnan Kolonel Baharin Mohamad," kata Komandan Mudzamir kepada wartawan Malaysia pada 3 Oktober 2018.

"Kami dipersilahkan untuk membantu Indonesia karena mereka tidak memiliki pesawat besar. Jadi, A400M ini sejalan dengan kemampuan membawa hingga 22 ton."

Diketahui bahwa pesawat A400M akan ditugaskan antara empat dan 10 hari di Indonesia khusus untuk penanganan bencana gempa-tsunami Sulawesi Tengah.

 

Simak video pilihan berikut:

Australia Tambah Bantuan Senilai Rp 54 M untuk Korban Gempa-Tsunami Sulteng

Tim Sar mengevakuasi korban gempa Palu dan Donggala. (Basarnas)

Sebelumnya, pihak Australia telah berkomitmen untuk memberikan tambahan bantuan senilai lebih dari Rp 54 miliar bagi korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala.

Hal tersebut dinyatakan Perdana Menteri Australia, Scott Morrison, beserta Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan, dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari ABC Indonesia, Kamis (4/10/2018).

Sebelumnya, Perdana Menteri Australia mengumumkan pemberian dana bantuan senilai lebih dari Rp 5 miliar kepada Palang Merah Indonesia (PMI) untuk keperluan makanan dan terpal.

Disebutkan dana bantuan tambahan akan diberikan kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan organisasi penyalur bantuan kemanusiaan, untuk membangun tempat penampungan sementara, akses air minum, dan bantuan kesehatan bagi korban yang terluka akibat bencana gempa-tsunami.

"Australia berencana untuk menurunkan tim medis dan saat ini sedang bekerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk menentukan di mana sebaiknya mereka dikirim untuk mendukung upaya pemulihan," tulis pernyataan tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liverpool Tumbang, Klopp Akui Kehebatan Ancelotti

Posted: 03 Oct 2018 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Napoli - Bertandang ke markas Napoli, Stadio San Paolo, Liverpool menelan kekalahan pahit di matchday kedua Grup C Liga Champions 2018/19, Kamis (4/10) dinihari WIB. The Reds menyerah dengan skor tipis 0-1. Gol Lorenzo Insigne di menit ke-90 membuyarkan harapan The Anfield Gang mencuri satu poin.

Liverpool terbilang tampil sangat buruk di laga tersebut. Statistik mencatat skuat Liverpool hanya empat kali melepaskan tembakan, tak ada yang tepat sasaran. Berbanding jauh dengan Napoli yang melepaskan 14 percobaan tembakan, lima di antaranya tepat sasaran.

Penampilan Liverpool di laga ini mungkin layak disebut sebagai penampilan terburuk sepanjang musim 2018/19 ini. Jurgen Klopp mengakuinya. Pelatih Liverpool ini mengakui Liverpool tampil tak cukup baik dan oleh sebab itu layak menerima kekalahan.

Klopp merasa kemenangan Napoli lebih disebabkan oleh penampilan Liverpool yang jauh di bawah standar.

 

 

Puji Ancelotti

(AFP/Carlo Hermann)

Saat ini Klopp belum mengetahui alasan Liverpool tampil begitu buruk, dia berdalih perlu melihat rekaman video sebelum berpendapat. Meski demikian, dia mengakui kehebatan Napoli yang dilatih Carlo Ancelotti. Klopp menilai Ancelotti adalah pelatih hebat.

"Carlo Ancelotti adalah pelatih yang sangat luar biasa. Kami kalah di pertandingan sepak bola dan terkadang sangat sulit menjelaskan alasan anda tampil sebagaimana yang terjadi sebelum anda melihat pertandingan itu lagi," kata Klopp di laman resmi liverpoolfc.

"Saya cukup yakin alasan [kekalahan] kami akan tampak jelas dan kemudian kami harus mengatasi itu, tetapi malam ini, kami sudah mengatakannya, kami tak cukup bagus."

"Dan ketika anda tak cukup bagus, pada umumnya anda akan kalah dan itulah yang terjadi pada kami malam ini," lanjutnya.

Tembakan ke Gawang

Lebih lanjut, Klopp juga berkomentar soal skuat Liverpool yang gagal membuat tembakan tepat sasaran. Dia merasa cukup aneh dengan catatan tersebut, Klopp tak ingat kapan terakhir kali Liverpool mengalami masalah serupa.

"Mereka memenangkan pertandingan karena mereka mencetak gol, tetapi jelas kami tak membuat tembakan tepat sasaran, saya tak ingat kapan terakhir kalinya hal ini terjadi."

"Saya sangat rela memberi pujian pada Napoli, namun saya pikir kami juga berperan besar [pada kemenangan Napoli]. Kami bisa bermain lebih baik," sambung Klopp.

"Kami tidak mendapat banyak situasi bola mati, tidak ada tembakan tepat sasaran, itu tak cukup."

Sumber: bola.net

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kota Palu di Malam Hari, Gelap Gulita Tanpa Listrik

Posted: 03 Oct 2018 08:53 PM PDT

Fokus, Palu - Lima hari pasca gempa dan tsunami, aliran listrik di Kota Palu belum sepenuhnya pulih. Palu menjadi kota mati ketika malam hari tiba. Warga, sementara mengandalkan genset  sebagai sumber penerangan, mesin pompa air, hingga mengisi baterai telepon genggam.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (4/10/2018), jika ada  sejumlah rumah warga terlihat terang, sumber aliran listriknya dipastikan bukan dari PLN, melainkan berasal dari genset.

Hal itulah yang terlihat di salah satu rumah di Kelurahan Tatura Utara, Palu Selatan. Setiap malam, warga menyalakan genset hanya selama enam jam. Mulai pukul 18.00 sampai pukul 24.00.

Gempa dan tsunami yang mengguncang Kota Palu, Sigi dan Donggala, membuat enam dari sembilan gardu induk milik PLN rusak. Power plant-nya juga rusak akibat tersapu tsunami.

Sementara itu, 700  petugas dari luar Manado, Jawa dan Sumatera diterjunkan ke Sulawesi Tengah untuk memulihkan jaringan listrik di Sulteng yang terdampak bencana. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani Ingin Pegawai Terlibat OTT Dihukum Maksimal

Posted: 03 Oct 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati ingin pegawai Direktorat Jenderal Pajak yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Ambon dan Papua berkaitan dengan pengurangan pembayaran pajak dihukum maksimal.

Dia meminta, seluruh jajaran mencari pasal yang dapat mendukung hal tersebut.  "Instruksi saya kepada seluruh jajaran cari pasal untuk memaksimalkan hukuman. Ada di dalam rambu-rambu itu," ujar Sri Mulyani saat ditemui di Kantor Pusat Bea dan Cukai, Jakarta, Kamis (4/10/2018).

Sri Mulyani mengatakan, Kementerian Keuangan masih menanti hasil pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait pegawai yang ditangkap Rabu malam 3 Oktober 2018. Setelah mendapat hasil, pihaknya akan menetapkan hukuman bagi pegawai termasuk pemberhentian sebagai (Aparatur Sipil Negara) ASN. 

"Kalau proses hukum dan proses kepegawaian kita memiliki prosedurnya biasanya. Sesudah dilakukan proses hukum yang dilakukan oleh KPK dan ada keputusan kami akan melakukan tindakan sesuai aturan yang mengatur ASN," ujar dia. 

 

Reporter: Anggun P.Situmorang

Sumber: Merdeka.com

 

OTT di Ambon

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah (Liputan6.com/Helmi Fitriansyah)

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar operasi tangkap tangan (OTT) di Ambon dan Papua. Operasi penindakan di dua daerah ini diduga berkaitan dengan pengurangan pembayaran pajak.

"Terkait dengan upaya mengurangi pembayaran pajak," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu 3 Oktober 2018.

Belum diketahui secara pasti siapa saja yang ditangkap tim penindakan lembaga antirasuah tersebut. Yang jelas, salah satunya merupakan pejabat pajak daerah. "Iya, pejabat pajak daerah," Febri menambahkan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pochettino Pasrah Tottenham Dibantai Barcelona

Posted: 03 Oct 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, London - Mauricio Pochettino menilai Tottenham Hotspur telah berjuang maksimal dalam laga melawan Barcelona, Rabu (3/10/2018) atau Kamis dinihari WIB. Ia menyebut kekalahan timnya karena kesalahan kecil.

Empat gol Barcelona diciptakan Lionel Messi (dua gol) dan masing-masing satu gol melalui Philippe Coutinho dan Ivan Rakitic.

Sementara Tottenham hanya membalas melalui Harry Kane dan Erik Lamela.

"Saya ingin memberikan ucapan selamat pada tim. Mereka tak pernah menyerah sepanjang laga," ujar Pochettino seperti dilansir Evening Standard.

"Apalagi yang bisa saya katakan. Saya pikir mustahil karena kami sudah melakukan segalanya."

 

 

Belum Petik Poin

Bek Tottenham Hotspur, Kieran Trippier, berusaha melewati bek Barcelona, Jordi Alba, pada laga Liga Champions di Stadion Wembley, Rabu (3/10/2018).  Barcelona menang 4-2 atas Tottenham Hotspur. (AP/Kirsty Wigglesworth)

Dalam dua laga di Liga Champions, Tottenham belum meraih angka. Sebelumnya mereka kalah melawan Inter Milan.

"Tentu saya kecewa dengan hasilnya. Namun usaha para pemain sangat masif," ujarnya.

"Memang kami melakukan beberapa kesaalhan. Tetapi di babak kedua kami bangkit dan tak pernah menyerah."

Puji Messi

Striker Barcelona, Lionel Messi, merayakan kemenangan atas Tottenham Hotspur pada laga Liga Champions di Stadion Wembley, Rabu (3/10/2018).  Barcelona menang 4-2 atas Tottenham Hotspur. (AP/Kirsty Wigglesworth)

Di sisi lain manajer Tottenham itu memuji bintang Barcelona, Messi yang mencetak dua gol.

"Dia pemain yang fantastis. Performanya selalu di atas rata-rata," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polda Metro Jaya Terima 6 Laporan Hoaks Ratna Sarumpaet, 1 Gugur

Posted: 03 Oct 2018 08:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pihak ramai-ramai membuat laporan terkait hoaks penganiayaan terhadap Ratna Sarumpaet. Setidaknya ada enam laporan kepolisian yang diterima Polda Metro Jaya, namun satu di antaranya dinyatakan gugur.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, satu laporan yang diterima adalah meminta kepolisian mengusut kasus penganiayaan terhadap Ratna. Laporan itu diterima sebelum Ratna mengakui kebohongannya.

"Yang lima minta diungkap karena mereka lihat ada kejanggalan, maka mereka minta diungkap kasus kebohongan RS (Ratna Sarumpaet)," ujar Setyo di Jakarta Selatan, Kamis (4/10/2018).

Laporan pertama yang meminta kasus penganiayaan tersebut diusut dinyatakan gugur. Sebab polisi telah menemukan fakta-fakta yang menunjukkan bahwa Ratna tidak pernah dianiaya di Bandung sebagaimana diakui sebelumnya.

Hal itu juga diperkuat dari pengakuan Ratna tentang kebohongan yang telah ia lakukan. "Ternyata RS memberikan statement dan mengakui bohong. Jadi enam (laporan) di Polda Metro, satu gugur," kata Setyo.

Jumlah tersebut belum termasuk laporan masyarakat yang dilakukan di Bareskrim Polri. Setyo mengaku belum mendapat data terkait pelaporan hoaks Ratna Sarumpaet di Bareskrim.

"Belum termasuk, ini laporan khusus di Polda Metro Jaya. Yang di Bareskrim saya belum dapat," ucap Setyo.

 

Polisi Panggil Ratna Sarumpaet

Polri segera memanggil Ratna dan orang-orang yang terlibat dalam penyebaran kabar bohong tersebut. Permohonan maaf dinyatakan tidak dapat menghentikan proses hukum.

Kabar terkait penganiayaan yang dialami Ratna Sarumpaet sempat viral dan menghebohkan masyarakat. Calon Presiden sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bahkan sempat dibikin geram setelah mendapat laporan terkait penganiayaan tersebut.

Namun kabar bohong itu perlahan terungkap. Polisi menemukan fakta lain. Polisi tidak menemukan jejak penganiayaan Ratna di Bandung, Jawa Barat, sebagaimana diakui terjadi pada 21 September 2018 malam.

Polisi justru menemukan fakta bahwa Ratna tengah berada di salah satu rumah sakit di Jakarta. Ibunda aktris Atiqah Hasiholan itu disebut-sebut tengah menjalani operasi plastik di rumah sakit tersebut.

Kebohongan itu akhirnya diakui Ratna Sarumpaet. Dia mengaku telah berbohong terkait penganiayaan yang dialaminya. Dia juga membenarkan telah melakukan perawatan sedot lemak di Rumah Sakit Bina Estetika itu.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Didi Riyadi Mengaku Ayu Ting Ting Masuk Kriteria Wanita Idamannya

Posted: 03 Oct 2018 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mendekati usia 40 tahun, Didi Riyadi masih saja betah melajang. Belakangan, dia malah sibuk dengan proyek musiknya bersama Raffi Ahmad, mendirikan label Rans Music.

Namun, bukan berarti Didi Riyadi lantas melupakan perkara jodoh. 

Saat menjadi bintang tamu dalam acara Rumpi No Secret di sebuah stasiun TV swasta, Didi Riyadi buka-bukaan soal kriteria istri idamannya. Didi mengakui bahwa dirinya cukup selektif dalam mencari pasangan hidup.

Penggebuk drum di band Element tersebut menyebut akhlak yang baik menjadi nomor satu untuk mencari istri. Setelah itu, Didi juga menyebutkan beberapa kriteria untuk bisa menjadi istri idamannya.

"Nomor dua dia bisa jadi ibu buat anak-anak. Nomor tiga apa ya, tiga mungkin baru fisik kali ya," ungkap Didi Riyadi

Masuk Kriteria

Ayu Ting Ting (Instagram: @ayutingting92)

Setelah itu Feni Rose sebagai pembawa acara meminta Didi untuk memilih satu dari lima artis. Nirina Zubir, Bunga Zainal, Donna Agnesia, Ayu Ting Ting, dan Audy. Empat di antaranya dikabarkan pernah dekat dengan Didi Riyadi.

Feni pun bertanya apakah Ayu masuk dalam kriteria Didi. Kakak Tata Tangga ini pun mengungkapkan sosok seorang Ayu Ting Ting di matanya.

"Gua melihat perjuangan dia sebagai seorang wanita dan sebagai seorang ibu yang.. wanita yang tangguh dan ibu yang tangguh. Dia akhirnya membesarkan anaknya seorang diri. Dia perempuan pekerja keras juga, produktif dan lain-lain. Sebenernya secara itu masuk dalam kriteria gue," jawabnya, disambut tepuk tangan penonton di studio.

 

Pilih-Pilih

Didi Riyadi  (Deki Prayoga/Bintang.com)

Seperti pekerjaan, Didi mengaku cukup pilih-pilih untuk urusan tipe wanita yang akan dinikahinya nanti. 

"Haruslah (selektif), ya sebisa mungkin sekali seumur hidup. Gimana ya, saya banyak mau sih. Kalau udah untuk istri sih akhlak ya yang paling penting, fisik menyusul. Tapi kita laki-laki ya, enggak bohonglah, kalau fisik yang gitu yang ya kita juga seger lihatnya, seger, gila loh," kata Didi. (Kapanlagi.com/ Mita Anandayu)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rosmah Mansor Didakwa 17 Tuntutan Terkait Korupsi 1MDB

Posted: 03 Oct 2018 08:33 PM PDT

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Istri mantan Perdana Menteri Najib Razak, Rosmah Mansor, telah resmi didakwa dengan 17 tuntutan --termasuk pencucian uang-- oleh otoritas hukum Malaysia pada Kamis, 4 Oktober 2018.

Seluruh dakwaan itu merupakan buntut dari perluasan penyelidikan Komisi Antikorupsi Malaysia (MACC) terhadap skandal korupsi 1Malaysia Development Berhad bernilai miliaran dolar AS. Dikutip dari South China Morning Post, Kamis (4/10/2018), Rosmah Mansor tetap bersikeras menyatakan diri tidak bersalah atas semua dakwaan itu.

Dengan mengenakan baju kurung bermotif bunga warna jingga dan kerudung senada, Rosmah Mansor menghadap ke pengadilan untuk sidang pembacaan dakwaan pada 4 September 2018 pagi, setelah menghabiskan malam di sel tahanan Komisi Antikorupsi Malaysia (MACC) sejak 3 Oktober 2018 sore waktu setempat.

Ketujuh belas tuduhan itu dijatuhkan dua pekan setelah suaminya, Najib Razak, yang digulingkan dalam pemilu Mei lalu, didera 25 dakwaan lebih lanjut terkait skandal 1MDB.

Najin Razak Juga Menghadap ke Pengadilan

Pada hari ini 4 Oktober, Najib Razak juga menghadap ke pengadilan Kuala Lumpur sekitar setengah jam setelah istrinya, guna menghadiri sidang dengar perkara. Ia terlihat riang dan berhenti untuk menyapa para reporter yang ditempatkan di luar gedung pengadilan.

Najib terancam dijebloskan ke dalam penjara, dan Jaksa Agung Malaysia Tommy Thomas bisa lebih jauh memperluas jaring penyidikannya kepada anggota keluarga, dan juga mantan kolega UMNO.

Sebelumnya, pengacara Najib, Shafee Abdullah, dituduh melakukan pencucian uang dan penggelapan pajak. Bersamaan dengannya, pemimpin UMNO saat ini, Abdul Azeez Abdul Rahim, ditangkap sehubungan dengan tuduhan suap dan pencucian uang.

Dr Awang Azman, seorang profesor di Akademi Studi Malaya Universitas Malaya, mengatakan penangkapan terakhir adalah tanda bagi kepemimpinan UMNO untuk melangkah hati-hati, terutama jika mereka terlibat dalam penyedotan dana negara.

Menurut Dr Awang, penahanan Rosmah Mansor tidak dilakukan terburu-buru, melainkan butuh waktu hingga 140 hari.

"Ini adalah realisasi janji Mahathir untuk memastikan aturan hukum diimplementasikan sesuai prosedur. Secara politik, tidak hanya menempatkan tekanan pada anggota-anggota UMNO berprofil tinggi, atau individu-individu terkait seperti Najib, Shafee Abdullah, dan Azeez Rahim, hal ini juga merupakan pesan kepada para pemimpin lainnya untuk lebih berhati-hati dalam tindakan dan keputusan politik mereka," jelas Dr Awang.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Dikenal Gemar Bergaya Hidup Mewah

Istri Najib Razak, Rosmah Mansor berada di pusaran skandal 1MDB (AFP)

Rosmah, yang telah lama dibanding-bandingkan dengan Imelda Marcos --istri dari mantan diktator Filipina Ferdinand Marcos-- karena gaya hidup mewahnya, menjadi kian dicerca publik dan teman-temannya selama sembilan tahun Najib berkuasa.

Pada 2015, dia mengeluh tentang meningkatnya biaya tata rambut dan mengeluh harus membayar US$ 290 (setara Rp 4,4 juta, dengan kurs Rp 15.186 per 1 dolar AS) setiap kali konsultan modenya datang memberikan layanan ke rumah, di mana hal itu seolah menggambarkan dirinya sebagai "ibu rumah tangga tanpa pendapatan".

Dalam biografi dirinya yang terbit pada 2013, dia mengaku membeli "beberapa perhiasan dan gaun" dengan uangnya sendiri, kemudian mengatakan bahwa ia telah pandai berinvestasi sejak muda.

Awal tahun ini, ketika polisi Malaysia menggeledah rumah-rumah dan kantor-kantor yang terkait dengan Najib, mereka menyita 284 tas desainer, banyak di antaranya masih disimpan di dalam kotak khusus, atau dipenuhi dengan jutaan uang tunai. Polisi juga menyita beragam jam tangan dan perhiasan mewah.

Menanggapi hal terkait, anak-anak Rosmah buka suara di media sosial. Azrene Ahmad, putrinya dari pernikahan pertama Mansor, mengunggah foto di Instagram dengan kutipan: "Apa yang benar akan selalu benar, dan apa yang salah akan selalu salah."

Azrene, pada awal tahun, menyinggung "pelanggaran, kesepakatan dan jabat tangan" yang melibatkan ibunya, yang dia klaim telah secara emosional, fisik dan mental menyiksanya.

Putrinya yang lain, Nooryana Najib, lebih bersimpati, mengunggah foto Rosmah sebagai ibu muda dan mengkritik pemerintah karena "bertindak terlalu jauh".

"Tidak peduli seberapa keras situasinya, saya akan selalu berdiri di samping wanita yang melahirkan saya, menyeka air mata ketika saya jatuh, menemani tidur ketika saya sakit, dan mengajari saya cara berdiri dengan kedua kaki sendiri," Nooryana menulis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelajaran Cinta yang Bisa Dipetik dari Pasangan Ridwan Kamil dan Atalia Praratya

Posted: 03 Oct 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Romantis hanya ada di lima tahun pertama menikah, selebihnya kalau jatuh suruh bangun sendiri, kata siapa? Pasangan Ridwan Kamil dan sang istri, Atalia Praratya, bisa jadi contoh konkret untuk mementahkan anggapan tersebut.

Pada usia pernikahan yang bakal genap 22 tahun pada Desember nanti, pasangan itu masih terus terlihat romantis. Sesekali, Kang Emil, begitu Ridwan Kamil akrab disapa, usil menggoda netizen dengan memamerkan kemesraan bersama istrinya.

Dari sebegitu panjang kisah cinta mereka, tentu ada satu-dua pembelajaran yang bisa dipetik. Berikut beberapa poin untuk diambil sebagai bekal diri dari pernikahan Ridwan Kamil dan Atalia Praratya.

Saling mendengarkan

Dalam sebuah kesempatan, Atalia pernah menyebut, Kang Emil merupakan tipe yang mau mendengar pendapat orang di sekitar, termasuk dirinya. Hal ini tentu jadi poin penting yang bisa ditiru. Pasalnya, menyingkirkan pasangan di keputusan-keputusan penting bukan satu keputusan bijak.

Ingat, Anda mungkin saja akan mengambil keputusan yang secara tak langsung memengaruhi pasangan. Karena itu, sebagaimana Ridwan Kamil dan Atalia Pararatya, berdiskusi dan meminta pendapatnya mesti jadi satu kebiasaan yang terus diterapkan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Jangan Padamkan Romantisme

Ridwan Kamil dan Atalia Praratya. (via: Instagram/@ridwankamil)

Cinta itu bukan perasaan yang bisa diacuhkan kemudian jadi baik-baik saja. Sebagai manusia yang memiliki emosi naik-turun, perasaan ini sudah semestinya dijaga dan dipupuk. Salah satu caranya bisa dengan menambahkan bumbu romantisme seperti yang dilakukan Ridwan Kamil dan Atalia Parartya.

Berlaku romantis dengan pasangan halal ternyata bukan hanya milik anak muda. Di usia pernikahan yang makin matang, Kang Emil dan Atalia masih sering melontarkan rayuan. Ucapan-ucapan ini mungkin secara tak langsung memicu asmara terus memercik di hati keduanya.

Saling Mendukung

Ridwan Kamil dan Atalia Praratya. (Via: instagram.com/ridwankamil)

Sudah diajak diskusi, sudah juga terus berlaku romantis, maka sikap pasangan Ridwan Kamil dan Atalia Praratya selanjutnya yang bisa ditiru adalah saling mendukung. Ya, Atalia konsisten berada di sisi Kang Emil, bahkan jauh sebelum beliau belum ada di posisi sekarang.

Keputusan yang diambil sang suami, senantiasa terus didukung Atalia hingga Kang Emil menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat. Waktu boleh silih berganti dan permasalahan sering kali datang-pergi, tapi saling mendukung satu sama lain jangan sampai terlewat.

Tetap Bersama dalam Keadaan Apa pun

Kang Emil tak rela jika ada pria lain yang mampu mencuri hati Atalia [foto: Instagram/ridwankamil]

Hampir 22 tahun bersama, seperti yang lain, pernikahan Ridwan Kamil yang berulang tahun hari ini dan Si Cantik, begitu biasa ia disebut, pasti memiliki masalah tersendiri. Namun, di antara banyak sandungan di sepanjang jalan, mereka nyatanya tak pernah meninggalkan satu sama lain.

Dalam beberapa kesempatan, me time mungkin perlu. Tapi, jangan sampai meniadakan pasangan, apalagi tak melibatkannya dalam berbagai keputusan. Ada untuk satu sama lain memang tak selalu mudah. Namun dalam mengarungi biduk rumah tangga, tak harus selalu memilih yang mudah, bukan?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenkeu Tawarkan ORI 015 Berkupon 8,25 Persen

Posted: 03 Oct 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membuka masa penawaran Obligasi Negara Ritel (ORI) seri 015 (ORI015) di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (4/10/2018).

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (PPR) Kementerian Keuangan, Luky Alfirman, menjelaskan masa penawaran berlaku hingga 25 Oktober 2018 dan memiliki tingkat kupon 8,25 persen.

"Pemerintah menjamin kupon ini memiliki estimasi selama 3 tahun. Instrumen ORI ini adalah instrumen investasi. Dengan membeli ORI, kita bisa berinvestasi sekaligus membangun Indonesia," kata dia.

Luky melanjutkan, tujuan Kemenkeu menerbitkan ORI ini salah satunya adalah untuk pemenuhan pembiayaan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). 

Seri ORI015 ini memiliki nilai nominal sebesar Rp 1.000.000 per unit dengan maksimum pemesanan Rp 3 miliar. Pembeliannya dapat dilakukan di 17 mitra distribusi yang terdiri dari 15 bank umum dan 2 perusahaan efek.

Adapun ORI merupakan instrumen obligasi ritel ketiga yang diterbitkan oleh Kemenkeu. Sebelumnya, surat berharga syariah negara (Sukuk) pertama yang diterbitkan yakni Sukuk Ritel. Selanjutnya, Kemenkeu mengeluarkan suku bunga obligasi simpanan ritel (Saving Bond Retail/SBR) sebanyak dua kali.

 

Kemenkeu Bakal Rilis Sukuk Tabungan Negara

Ilustrasi Foto Suku Bunga (iStockphoto)

Setelah menerbitkan ORI, Kemenkeu menargetkan akan kembali merilis obligasi ritel keempat dalam bentuk Sukuk Tabungan Negara pada November 2018 mendatang.

Pada kesempatan terpisah, Direktur Surat Utang Negara (SUN) Direktorat Jenderal PPR Kemenkeu, Loto Srinaita Ginting, menjabarkan penerbitan ORI Ini akan digunakan untuk membiayai APBN, khususnya dalam mendukung kualitas pendidikan.

"Melalui ORI105 ini, kita harapkan bisa mendukung kualitas pendidikan yang diperkirakan kebutuhan biayanya saat ini sekitar Rp 35 triliun," ujar dia.

 

 Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baru Pindah ke Lakers, Rumah LeBron James Sudah Disasar Rampok

Posted: 03 Oct 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta LeBron James musim panas ini memutuskan pindah ke Los Angeles Lakers mulai NBA 2018-2019. Baru memutuskan pindah ke Lakers, rumah LeBron sudah menjadi target incaran perampok

Menurut laporan Kepolisian Los Angeles, rumah LeBron James berada dalam daftar target sindikan perampok yang biasa menargetkan rumah artis dan para pesohor yang tinggal di LA. 

Polisi menangkap tiga orang remaja yang dicurigai merampok lusinan rumah para pesohor di LA termasuk pemain Los Angeles Rams Robert Wood dan Los Angeles Dodgers Yasiel Puig.

Perampokan rumah Woods terjadi saat Rams tengah bertanding melawan Minnesota Vikings. Rekaman CCTV menunjukan tiga orang menggeledah kediaman Woods.

Pihak berwenang kemudian memeriksa kendaraan tersangka Tyress Williams yang berusia 19 tahun. Didalam SUV-nya berisi barang-barang yang diduga milik Woods dan Puig, selain juga milik selebritis Rihanna dan Christina Milian.

Dua tersangka lain yang juga ditangkap atas tuduhan perampokan rumah para selebriti adalah Jshawne Daniels, 19, dan Damaji Hall, 18. Ibu Hall, Ashle yang berusia 34 tahun turut diciduk karena diduga sebagai otak pencurian ini.

 

Matt Damon

LeBron James (AP)

Nah dari pengeledahan polisi LA di rumah salah satu tersangka terdapat daftar rumah selebriti yang akan mereka rampok. Salah satunya rumah LeBron serta artis Matt Damon dan Viola Davis. Demikian diberitakan The Los Angeles Times.

Para perampok ini menyasar rumah Woods dan Puig saat mereka sedang bertanding. Mereka biasa mengambil uang tunai, perhiasan dan jam mahal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peretasan 50 Juta Akun, Facebook Beri Penjelasan ke Kemkominfo Besok

Posted: 03 Oct 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Semuel Abrijani Pangerapan, mengatakan bahwa pihak Facebook akan mengirimkan balasan surat terkait penjelasan peretasan 50 juta akun pengguna.

Melalui surat itu, pemerintah meminta pihak Facebook Indonesia menjelaskan langkah-langkah dalam menghadapi masalah tersebut.

"Jawabannya dua hari lagi jawabannya (Jumat, 5 Oktober 2018), karena mereka kan harus konsultasi dengan pusatnya. Kemarin itu, masalahnya ada yang memanfaatkan bug-nya dan meretasnya. Mereka sudah tutup layanan itu dan sedang menyelidikinya," tutur Semuel saat ditemui di kantor Kemkominfo, Rabu (3/10/2018).

Semuel memperkirakan pihak Facebook akan memberikan penjelasan lebih lengkap tentang langkah-langkah dalam menghadapi masalah keamanan fitur, yang menyebabkan peretasan data 50 juta akun.

Diketahui sebelumnya, ada celah atau bug dalam kode Facebook untuk fitur yang disebut "View As".

Fitur ini digunakan untuk memeriksa pengaturan keamanan dengan cara yakni pengguna bisa melihat seperti apa tampilan profil mereka ketika dilihat oleh orang lain.

Facebook segera bertindak dengan menonaktifkan fitur "View As" guna menyelidiki bug tersebut.

Bug tersebut dimanfatakan oleh hacker untuk mendapatkan token akses akun, yang digunakan untuk membuat para pengguna login ketika memasukkan username dan password. Token yang dicuri dapat digunakan oleh hacker untuk membobol akun.

Facebook sendiri telah mereset akses token semua pengguna yang terkena dampak.

Perusahaan juga mengatakan, para pengguna itu akan mendapatkan pemberitahuan tentang insiden keamanan tersebut di News Feed.

 

Surat Kemkominfo

Ilustrasi Facebook (iStockPhoto)

Kemkominfo pada Selasa (2/10/2018), mengungkapkan telah mengirim surat resmi berisi permintaan agar pihak Facebook menjelaskan langkah-langkah yang diambil dalam mengatasi masalah tersebut.

Surat itu dikirimkan kepada Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia, Rubben Hatari.

Surat yang dikirim oleh Dirjen Aptika dengan nomor S-259/Kominfo/DJAI/AI.05.04/10/2018 dikirimkan pada 1 Oktober 2018.

"Melalui surat tersebut, Kemkominfo juga meminta Facebook Indonesia untuk menjelaskan langkah-langkah yang telah dilakukan (oleh pihak Facebook) dalam menghadapi masalah keamanan pada fitur Facebook tersebut," kata Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo, Ferdinandus Setu.

Pihak Kemkominfo, kata Fedinandus, sangat peduli dengan isu keamanan pada fitur Facebook. Hal ini karena jumlah pengguna Facebook di Indonesia mencapai 115 juta orang.

"Isu perlindungan data pribadi warga negara Indonesia di internet menjadi salah satu fokus perhatian Kemkominfo," ungkapnya.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ratna Sarumpaet Bikin Heboh, Publik Ingin Selamatkan Rio Dewanto

Posted: 03 Oct 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah duka gempa yang melanda Sulawesi Tengah, publik Tanah Air dihebohkan dengan kabar yang menyebutkan seniman sekaligus aktivis Ratna Sarumpaet mengalami penganiayaan.

Kabar ini diperkuat dengan beredarnya foto ibunda Atiqah Hasiholan tersebut berwajah lebam. Belakangan, terungkap bahwa ternyata wajah lebam itu disebabkan oleh operasi plastik yang dilakukan Ratna Sarumpaet.

Lewat konferensi pers yang digelar pada Rabu (3/10/2018) kemarin, Ratna Sarumpaet akhirnya mengakui kebohongan yang telah dibuatnya. Wanita 69 tahun itu semula hanya ingin menutupi tindakan operasi tersebut dari anak-anaknya.

"Saya tak pernah membayangkan akan terjebak dalam kebodohan ini dan saya terus menutup rapat akan kebenaran pada anak-anak saya," tutur Ratna Sarumpaet.

Selamatkan Rio Dewanto

Rio Dewanto. (Nurwahyunan/bintang.com)

Kebohongan yang dilakukan Ratna Sarumpaet ini jelas memicu amarah publik. Bahkan, kini masyarakat justru bersimpati pada Rio Dewanto yang tak lain adalah menantu Ratna. Mereka seolah tidak ingin Rio dikaitkan dengan kebohongan yang dibuat oleh sang mertua.

Ramai-ramai publik lantas menyerukan tagar #SaveRioDewanto. Sayangnya, hingga saat ini baik Rio Dewanto maupun Atiqah Hasiholan belum memberikan komentar terkait kasus yang dialami Ratna Sarumpaet.

 

Jangan Ikutan Gila

Wanda Hamidah [foto: instagram/wanda_hamidah]

Bahkan sejumlah figur publik pun ikut menyerukan tagar tersebut. Wanda Hamidah salah satunya.

"Senyum-senyum baca tranding topik di Jakarta.. ahahaha.. duh... jangan ikutan gila ya kalian please.. akal anugerah Allah Swt dipakai untuk menelaah segala berita dng cermat.. love you guys! #saveriodewanto," tulis Wanda Hamidah di Instagram pribadinya, Kamis (4/10/2018).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Mengharukan, Proses Pemakaman Massal Korban Tsunami Palu

Posted: 03 Oct 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jenazah yang merupakan korban gempa tsunami dikubur tiga lapis. Pemakaman massal tersebut memasuki hari ketiga setelah sebelumnya dilakukan di hari Senin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buntut Hoaks Dianiaya, Ratna Sarumpaet Dikeluarkan dari Timses Prabowo-Sandiaga

Posted: 03 Oct 2018 08:29 PM PDT

Fokus, Jakarta - Berita bohong atau hoaks Ratna Sarumpaet berujung pada pemberhentian yang bersangkutan sebagai juru kampanye nasional, Badan Pemenangan Nasional Pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Keputusan pemberhentian itu dilakukan setelah Ratna mengaku berbohong soal tindakan penganiayaan terhadapnya.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (4/10/2018), dalam keterangan pers yang digelar di kediaman Calon Presiden Nomor Urut 02, Prabowo Subianto, di Jalan Kertanegara 04 Jakarta Selatan, menyampaikan permintaan maaf telah menyuarakan sesuatu yang belum diyakini kebenarannya.

Didampingi Sandiaga Uno, Prabowo juga meminta Ratna untuk mengundurkan diri sebagai juru kampanye nasional. Prabowo khawatir, apa yang dilakukan Ratna Sarumpaet akibat tekanan kejiwaan yang bersangkutan.

Sebelumnya, Ratna dikabarkan mengalami kekerasan fisik akibat dikeroyok. Ia menceritakan kepada keluarganya serta sejumlah pihak termasuk kepada Prabowo Subianto, yang direspon cepat calon presiden nomor urut 02 itu.

Belakangan, Ratna Sarumpaet mengaku luka lebam di wajahnya merupakan dampak dari operasi plastik. Ratna menyatakan sangat menyesal, ia meminta maaf lantaran telah melakukan kebohongan dan kebodohan. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Berburu Barang Diskon di Pekan Raya Indonesia 2018

Posted: 03 Oct 2018 08:28 PM PDT

Pengunjung melihat stand batik saat mengunjungi Pekan Raya Indonesia (PRI) 2018 di ICE BSD City, Tangerang, Banten, Kamis (4/10). Pameran multiproduk indoor terbesar  ini mengusung tema 'Indie Music Festival 2018'. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Pengunjung melihat stand batik saat mengunjungi Pekan Raya Indonesia (PRI) 2018 di ICE BSD City, Tangerang, Banten, Kamis (4/10). Pameran multiproduk indoor terbesar ini mengusung tema 'Indie Music Festival 2018'. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Pengunjung memilih sepatu yang dijual dengan potongan harga saat Pekan Raya Indonesia 2018 di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (4/10). Ratusan stand beraneka ragam produk dengan diskon besar-besaran siap memanjakan pengunjung. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Pengunjung memilih sepatu yang dijual dengan potongan harga saat Pekan Raya Indonesia 2018 di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (4/10). Ratusan stand beraneka ragam produk dengan diskon besar-besaran siap memanjakan pengunjung. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Pengunjung melewati booth industri otomotif saat Pekan Raya Indonesia 2018 di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (4/10). Untuk berkunjung ke PRI 2018 dikenakan biaya tiket Rp 35 ribu saat akhir pekan dan Rp 25 ribu saat hari kerja. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Pengunjung melewati booth industri otomotif saat Pekan Raya Indonesia 2018 di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (4/10). Untuk berkunjung ke PRI 2018 dikenakan biaya tiket Rp 35 ribu saat akhir pekan dan Rp 25 ribu saat hari kerja. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Pengunjung mengambil gambar mobil di booth industri otomotif saat Pekan Raya Indonesia 2018 di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (4/10). Pekan Raya Indonesia (PRI) merupakan gelaran yang ketiga setelah hadir pada 2016 dan 2017 lalu. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Pengunjung mengambil gambar mobil di booth industri otomotif saat Pekan Raya Indonesia 2018 di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (4/10). Pekan Raya Indonesia (PRI) merupakan gelaran yang ketiga setelah hadir pada 2016 dan 2017 lalu. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Sejumlah stand produk lokal yang ada pada Pekan Raya Indonesia (PRI) 2018 di ICE BSD City, Tangerang, Banten, Kamis (4/10). Ajang ini lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya dan menghadirkan beragam kegiatan baru. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Sejumlah stand produk lokal yang ada pada Pekan Raya Indonesia (PRI) 2018 di ICE BSD City, Tangerang, Banten, Kamis (4/10). Ajang ini lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya dan menghadirkan beragam kegiatan baru. (Merdeka.com/Arie Basuki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dapat Hujan Sanksi Usai Kerusuhan Suporter, Persib Bandung Tetap Latihan

Posted: 03 Oct 2018 08:27 PM PDT

Fokus, Bandung - Persib Bandung menyatakan kecewa dengan sanksi yang diberikan Komisi Disiplin PSSI pasca kematian Haringga Sirla. Atas ketidakadilan yang diterima, Maung Bandung menyatakan akan melakukan upaya banding.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (4/10/2018), skuad Persib Bandung tetap menggelar latihan rutin pascasejumlah sanksi yang diberikan Komisi Disiplin PSSI. Latihan yang dipimpin pelatih Mario Gomez berjalan seperti biasa,walaupun seluruh skuat Maung Bandung dalam kondisi mental terpuruk, akibat hujan sanksi yang diberikan.

Tim kebanggaan masyarakat Bandung dan Jawa Barat tersebut menyatakan kecewa dengan ketidakadilan yang harus diterima sebagai imbas dari kematian suporter Persija Jakarta, Haringga Sirla, yang menjadi korban pengeroyokan oleh oknum Bobotoh. Persib Bandung menyatakan akan mengajukan nota banding ke Komisi Banding PSSI agar sanksi tersebut dapat diringankan.

Sanksi terberat yang diberikan Komisi Disiplin PSSI yaitu Persib Bandung harus menjalani semua laga kandang tersisa musim ini di Pulau Kalimantan tanpa kehadiran penonton, dan harus menggelar laga kandang tanpa penonton selama setengah musim di kompetisi mendatang. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gattuso: Meski Sudah 37 Tahun, Ibrahimovic Tetap Mesin Gol

Posted: 03 Oct 2018 08:25 PM PDT

Liputan6.com, Milan - Rumor kedekatan AC Milan dan penyerang LA Galaxy, Zlatan Ibrahimovic, sempat terkuat belakangan ini. Namun sang pelatih, Gennaro Gattuso, enggan bicara banyak soal itu.

Rossoneri dikabarkan sedang menjajaki kemungkinan untuk memulangkan Ibrahimovic ke San Siro pada Januari nanti. Menurut kabar, pemain asal Swedia itu akan disuguhi kontrak selama enam bulan.

Hal itu didasari oleh minimnya stok penyerang murni Milan saat ini. Finalis Coppa Italia 2018 itu hanya memiliki Gonzalo Higuain dan Patrick Cutrone, dan keduanya sempat absen berbarengan lantaran cedera.

Kabar itu jelas sampai ke telinga Gattuso selaku pelatih Milan. Namun saat ditanya dalam konferensi pers jelang lawan Olimpiakos di Liga Europa pada Kamis (4/10/2018) nanti, ia enggan berbicara banyak.

"Dia berumur 37 tahun, saya memberinya doa terbaik tetapi saya hanya ingin membicarakan pemain saya," ujar Gattuso seperti yang dikutip dari Calciomercato.com.

"Tanyakan ini kepada Leonardo, Maldini, atau Scaroni. Ibrahimovic sudah 37 tahun, tetapi masih bisa mencetak banyak gol," dia menjelaskan.

Soal Higuain

Rossoneri sedang dihampiri kabar baik menyusul pulihnya Higuain. Gattuso menyatakan bahwa penyerang pinjaman dari Juventus tersebut punya kemungkinan diturunkan pada laga besok.

"Saya tidak pernah berpikir absennya dia adalah masalah bagi kami, walaupun akan lebih baik jika kami memilikinya di dalam tim," dia menjelaskan.

"Saat ini dia sedang berlatih. Mari lihat apakah dia akan bermain pada Minggu, karena saya punya keraguan di pikiran. Namun, dia bisa juga bermain besok. Siapa yang tahu," pungkasnya.

Setelah menghadapi Olimpiakos, Milan akan kembali menjalani laga lanjutan Serie A pada Minggu (7/10) malam nanti. Mereka akan menghadapi tim papan tengah, Chievo, di markas kebanggaannya, San Siro.

Sumber: bola.net

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: