Sabtu, 27 Oktober 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Keren, Seniman Ini Pahat Kaleng Minuman Hanya dengan Ibu Jari

Posted: 27 Oct 2018 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sepintas mungkin Anda melihat aluminium ini merupakan hasil cetakan dari mesin otomatis. Namun, siapa sangka aluminium berbentuk minuman kaleng disulap menjadi sebuah mahakarya bernilai tinggi di tangan seniman satu ini.

Noah Deledda, seorang seniman yang hanya menggunakan ibu jarinya membuat lekukan dan kerutan pada logam lunak menjadi sebuah karya yang fantastis.

Pola geometris yang sempurna terpahat pada kaleng aluminium berkilau ini hanya dibuat dengan kedua tangan saja tanpa alat bantu lainnya.

Lihat saja, mungkin Anda berpikir bahwa tidak mungkin ada orang yang membuat benda ini hanya dengan tangan mereka.

Itulah mengapa seniman berbakat satu ini membuat video dari proses kreatifnya untuk membuktikan bahwa dirinya tidak menggunakan mesin untuk membentuk kaleng aluminium daur ulang.

Masuk dalam banyak pameran internasional

Hanya dengan menggunakan kedua ibu jari, seniman satu ini berhasil membentuk pola geometris sempurna tanpa bantuan mesin apapun. (Sumber foto: @noahdeledda/Instagram)

Noah memulai membentuk aluminium dengan mengamplas lapisan yang bisa dicetak, lalu memolesnya hingga menjadi bagus dan berkilau.

Kemudian berlanjut ke bagian yang sangat sulit, dengan menggunakan ibu jarinya untuk membuat lipatan dan lekukan ke dalam logam lunak sambil memastikan bahwa setiap sudut kaleng terbentuk tanpa cacat dan benar-benar nampak layaknya dibentuk oleh cetakan mesin.

Seperti yang dapat Anda bayangkan, proses ini dilakukan dengan penuh ketelitian dan membutuhkan kesabaran ekstra.

Noah menegaskan bahwa ia mengembangkan tekniknya tersebut melalui uji coba dan kesalahan selama bertahun-tahun sebelumnya hingga akhirnya bisa menjadi sempurna.

Karya-karya hasil buatannya pun kini dipajang di berbagai pameran bergengsi internasional.

Hanya gunakan kedua ibu jari

Hanya dengan menggunakan kedua ibu jari, seniman satu ini berhasil membentuk pola geometris sempurna tanpa bantuan mesin apapun. (Sumber foto: @noahdeledda/Instagram)

Menghancurkan, mengelupas dan mengerut menjadi metode untuk menciptakan desain, presisi, simetri dan keseimbangan. Proses ini Noah alami selama bertahun-tahun melalui banyak uji coba dan latihan.

Sangat penting baginya untuk melakukan semua pahatan tanpa menggunakan alat khusus atau manipulasi lainnya. Pembentukan kaleng adalah proses yang secara keseluruhan dibentuk hanya kedua ibu jari yang secara bersamaan membentuk sebuah silinder.

Selama bertahun-tahun pula Noah belajar sendiri untuk menghasilkan desain geometris yang berbeda dan lebih mengesankan daripada yang lain.

Ide awal tercipta karena sebuah kebosanan semata

Hanya dengan menggunakan kedua ibu jari, seniman satu ini berhasil membentuk pola geometris sempurna tanpa bantuan mesin apapun. (Sumber foto: @noahdeledda/Instagram)

Noah mengatakan banyak orang yang beranggapan bahwa mereka belum pernah melihat karya seni seperti ini sebelumnya.

Seniman ini tidak menyia-nyiakan kaleng-kaleng aluminium yang hancur hanya dibuang dan terbengkalai begitu saja, justru melihat bahwa tindakan-tindakan merusak dan menghancurkan seperti inilah yang dapat benar-benar menjadi sebuah proses kreatif dan disajikan sebagai sebuah seni yang menarik.

Percaya atau tidak, bentuk seni luar biasa ini lahir dari kebosanan semata.

Hanya dengan menggunakan kedua ibu jari, seniman satu ini berhasil membentuk pola geometris sempurna tanpa bantuan mesin apapun. (Sumber foto: @noahdeledda/Instagram)

Cerita awal dimulai saat Noah sedang berada dalam perjalanan pulang dari Orlando. Ia duduk di kursi belakang mobil tanpa melakukan apapun.

Saat itu ia baru saja menghabiskan sekaleng minuman soda dan mulai membentuk-bentuk kaleng tersebut dengan kedua tangannya.

Ia mengotak-atik kaleng yang sebagian telah hancur dan penyok lalu mulai membentuknya. Momen 'iseng' tersebut menjadi awal Noah mendapatkan ide-ide baru untuk membuat suatu karya.

Harga satu kaleng mencapai 3 juta rupiah

Hanya dengan menggunakan kedua ibu jari, seniman satu ini berhasil membentuk pola geometris sempurna tanpa bantuan mesin apapun. (Sumber foto: @noahdeledda/Instagram)

Noah pun kemudian menerapkan beberapa geometri dan beberapa prinsip pengulangan dan bereksperimen dengan kaleng-kaleng tersebut menjadi sesuatu yang lebih dari yang ia pikirkan.

Saat ini, Noah dinobatkan sebagai seniman internasional dan kaleng hasil karyanya laris terjual seharga lebih dari $ 2.000 atau setara dengan 3.040.490 ribu rupiah per kalengnya.

 

Penulis: 

Immanuela Harlita Josephine

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Balita Ayub Bertahan Hidup Saat Terjebak di Pulau Wairundi

Posted: 27 Oct 2018 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Manokwari - Rombongan tim monitoring Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih (BBTNTC) yang terjebak di Pulau Wairundi Teluk Wondama, Papua Barat, berhasil dievakuasi dan tiba dengan selamat di Manokwari, Sabtu (27/10/2018).

Kepala Kantor Pencairan dan Pertolongan (Basarnas) Manokwari, George Leo Mercy Randang mengatakan, operasi penyelamatan yang melibatkan 22 personil dilaksanakan pada Sabtu dini hari menggunakan KN Kumbakarna.

"Ini operasi kedua, setelah operasi pertama gagal karena terkendala cuaca buruk. Kami tiba di Pulau Wairundi sekitar pukul 02.00 waktu setempat," kata George.

Ia menyebutkan, dari 11 anggota rombongan tim pengawasan BBTNTC satu diantaranya adalah anak bawah lima tahun. Ia pun selamat dan pulang dalam keadaan sehat.

Mereka adalah Syahirudin selalu ketua tim, Topo Budidanarko, Donatus Aujani, Titus Charles, Mesak Andarek, Anto, Geradus, Yakonias, Bastian Sikun, Oto Eseren dan satu balita atas nama Ayub.

"Puji Tuhan semua selamat termasuk anak kita yang masih balita, Ayub namanya. Anak ini bisa bertahan dengan hanya makan kelapa," kata dia lagi dilansir Antara.

Dalam operasi tersebut, lanjut Mercy, kapal berlabuh di tengah laut. Sekoci dan personil diterjunkan untuk menjemput satu persatu para korban.

Rombongan tiba di Manokwari sekitar pukul 08.05 WIT melalui Dermaga pelabuhan Angrem, Manokwari. Saat ini mereka sudah di rumah masing-masing.

Ketua Tim Monitoring BBTNTC Syahirudin mengatakan, rombongan berada di pulau yang tak berpenghuni tersebut sejak 22 Oktober 2018. Di pulau tersebut tim melakukan monitoring penyu hijau.

"Salah salah satu tugas kami dalam pengawasan di Taman Nasional Teluk Cenderawasih. Kami siapkan stok makanan bertahan sampai hari kelima, tapi pada hari keempat sudah habis, sementara kondisi cuaca tidak memungkinkan untuk kita tinggalkan pulau," ujarnya.

Ia mengatakan tinggi gelombang air laut sejak beberapa hari terakhir di sekitar pulau tersebut berada pada kisaran 3 hingga 4 meter. Rombongan bertahan tanpa makanan selama satu hari dua malam.

"Kelapa yang kita makan untuk bertahan hidup pun adalah kelapa yang hanyut dari pulau lain. Di pulau ini tidak ada pohon kelapa," ujarnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keponakan Dewi Perssik Tak Takut dengan Somasi dan Ancaman Lapor Polisi

Posted: 27 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rosa Meldianti baru saja mendapatkan somasi dari tantenya Dewi Perssik, karena perkataannya yang tidak sopan dan menghina pemilk goyang gergaji.

Dalam somasi tersebut, Dewi Perssik memberikan waktu tiga hari kepada keponakanya agar meminta maaf atas segala ucapannya di media sosial yang sangat merugikanya. Bila somasi yang dilayangkan tidak diindahkan oleh Rosa Meldianti, Dewi Perssik akan melaporkan keponakannya itu ke polisi.

Ternyata somasi yang dilayangkan Dewi Perssik tak membuat gentar Meldi sapaan akrab Rosa Meldianti. Ditemani pengacaranya Rudi Kabunang, Meldi mengaku tidak takut dengan somasi tersebut.

"Saya tidak takut karena memang saya benar. Semua sudah saya serahkan ke kuasa hukum saya," kata Rosa Meldianti saat menggelar jumpa pers di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Sabtu (27/10/2018).

 

Keliru

(Instagram/dewiperssikreal)

Menurut Rudi, somasi yang dilakukan Dewi Perssik kepada Rosa Meldianti dan ibunya, adalah hal yang berbahaya. Mengingat, ucapan Meldianti dan ibunya di media sosial tidak menuju kepada Dewi Perssik.

"Ini adalah suatu hal yang berbahaya. Klien kami adalah korban. Kami sedang melakukan musyawarah tidak menutup kemungkinan melakukan tindakan hukum sejenis yaitu pengaduan," ujar Rudi Kabunang.

 

Laporkan Balik

(Instagram/dewiperssikreal)

Bahkan menurut Rudi, kliennya bisa melaporkan balik Dewi Perssik dalam permasalahan ini. Terlebih pihaknya juga punya bukti Dewi Perssik juga melakukan pencemaran nama baik di media sosial.

"Kami memiliki bukti baik itu video maupun capture dari IG tentang ujaran-ujaran yang dapat dikategorikan tindak pencemaran nama baik atau UU ITE. Ada perkataan nama nama binatang semua disebut di situ. Ini adalah suatu hal yg berbahaya. Ini adalah korban akibat ujaran atau tindakan dari saudara D bisa lebih dari 4 orang. Kami sedang melakukan musyawarah tidak menutup kemungkinan melakukan tindakan hukum sejenis yaitu pengaduan," kata Rudi.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming O Channel Mitra Kukar Vs PSIS Semarang di Liga 1

Posted: 27 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mitra Kukar bertekad meraih poin penuh demi menjauhi papan bawah klasemen GO Jek Liga 1 2018 bersama Bukalapak. Namun, Mitra Kukar harus bertemu PSIS Semarang di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Minggu (28/10/2018).

Mitra Kukar sekarang tertahan di papan bawah Liga 1 2018 atau peringkat ke-14 dengan 32 poin. PSIS menempati posisi ke-9 dengan 36 poin.

Meski bertindak sebagai tuan rumah, ini bukan laga mudah bagi Naga Mekes. PSIS tengah dalam performa bagus dalam beberapa pertandingan terakhir.

PSIS datang ke Tenggarong dengan modal yang cukup mentereng dengan meraih empat kemenangan dan sekali seri dari lima laga terakhir. Hari Nur Yulianto dan kolega bahkan baru saja meraih tiga kemenangan beruntun atas Barito Putera, PS Tira, dan Sriwijaya FC.

Laga ini akan disiarkan secara langsung di O Channel pada pukul 15.30 WIB. Pertandingan diprediksi berjalan sengit, karena Mitra Kukar dan PSIS sesungguhnya punya kekuatan cukup seimbang. Link live streaming untuk laga Liga 1 ini bisa dilihat di halaman selanjutnya.

Link Live Streaming

Untuk menyaksikan secara langsung pertandingan Mitra Kukar versus PSIS, klik di sini....

Prediksi Starter

Prakiraan susunan pemain:

Mitra Kukar (4-3-3): Yoo Jae Hoon (kiper); Abdul Gamal, Saepuloh Maulana, Bobby Satria, Wiganda Pradika (belakang); Bayu Pradana, Septian David Maulana, Danny Guthrie (tengah); Dedi Hartono, Aldino Herdianto, Hendra Bayauw (depan).

Pelatih: Rahmad Darmawan

PSIS Semarang (4-3-3): Jandia Eka Putra (kiper); Gilang Ginarsa, Safrudin Tahar, Fauzan Fajri, Frendi Saputra (belakang); Ibrahim Conteh, Bayu Nugroho, Nerius Alom (tengah); Komarudin, Bruno Silva, Hari Nur Yulianto (depan).

Pelatih: Jafri Sastra

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Sosialisasi E-Tilang di Car Free Day

Posted: 27 Oct 2018 10:00 PM PDT

Warga menunjukkan brosur sosialisasi tilang elektronik saat car free day di bunderan HI, Jakarta, Minggu (28/10). Kegiatan sosialisasi E-Tilang tersebut agar masyarakat lebih mengetahui sanksi yang akan diberikan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga menunjukkan brosur sosialisasi tilang elektronik saat car free day di bunderan HI, Jakarta, Minggu (28/10). Kegiatan sosialisasi E-Tilang tersebut agar masyarakat lebih mengetahui sanksi yang akan diberikan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas bersama ondel-ondel membagikan brosur sosialisasi E-Tilang saat car free day di bunderan HI, Jakarta, Minggu (28/10). Kegiatan sosialisasi E-Tilang tersebut agar masyarakat lebih mengetahui sanksi yang akan diberikan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas bersama ondel-ondel membagikan brosur sosialisasi E-Tilang saat car free day di bunderan HI, Jakarta, Minggu (28/10). Kegiatan sosialisasi E-Tilang tersebut agar masyarakat lebih mengetahui sanksi yang akan diberikan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga mengambil brosur sosialisasi E-Tilang saat car free day di bunderan HI, Jakarta, Minggu (28/10). Kegiatan sosialisasi E-Tilang tersebut agar masyarakat lebih mengetahui sanksi yang akan diberikan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga mengambil brosur sosialisasi E-Tilang saat car free day di bunderan HI, Jakarta, Minggu (28/10). Kegiatan sosialisasi E-Tilang tersebut agar masyarakat lebih mengetahui sanksi yang akan diberikan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ondel-ondel menunjukkan brosur sosialisasi E-Tilang saat car free day di bunderan HI, Jakarta, Minggu (28/10). Kegiatan sosialisasi E-Tilang tersebut agar masyarakat lebih mengetahui sanksi yang akan diberikan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ondel-ondel menunjukkan brosur sosialisasi E-Tilang saat car free day di bunderan HI, Jakarta, Minggu (28/10). Kegiatan sosialisasi E-Tilang tersebut agar masyarakat lebih mengetahui sanksi yang akan diberikan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lukisan Hasil Karya Kecerdasan Buatan Terjual Rp 6,5 Miliar

Posted: 27 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Siapa sangka, lukisan hasil karya kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dengan judul Portrait of Edmond Belamy, laku seharga US$ 432.500 atau setara Rp 6,5 miliar dalam lelang.

Ya, lukisan yang dilukis oleh kecerdasan buatan itu ikut dilelang oleh rumah lelang Christie.

Bahkan menurut laporan yang dikutip Tekno Liputan6.com dari The Verge, Minggu (28/10/2018), sebenarnya lukisan tersebut ditargetkan hanya terjual antara US$ 7.000 hingga US$ 10.000 (sekitar Rp 106,5-152 jutaan).

Karya seni tersebut diciptakan oleh sekelompok orang yang menamakan diri mereka Obvious. Ketiga anggota Obvious adalah mahasiswa Prancis berusia 25 tahun. Mereka menggunakan algoritma kecerdasan buatan bernama GAN (generative adversarial network) untuk membuat lukisan tersebut.

Kecerdasan buatan itu dilatih menggunakan sejumlah potret bersejarah kemudian mulai mencoba membuat gambar sendiri. Kemudian, gambar yang telah dibuat dicetak dan dibingkai, selanjutnya ditandatangani dengan nama algoritma GAN.

Pihak rumah lelang Christie mengonfirmasi, harga jual lukisan tersebut melalui telepon. Namun, pemenang lelang ingin namanya tetap jadi anonim.

Terlibat Kontroversi

Ilustrasi Kecerdasan Buatan. Kredit: Geralts via Pixabay

Meski begitu, lukisan Belamy ini sebelumnya pernah jadi kontroversi terkait dengan cipta karya AI-nya. Pasalnya, Obvious mengakui, selain memakai algoritma GAN, mereka juga menggunakan kode dari artis lain berusia 19 tahun yakni Robbie Barrat.

Tak jelas seberapa banyak kode AI milik Barrat yang digunakan, Namun tidak jelas apakah Barrat memiliki hak kepemilikan atas lukisan tersebut, mengingat kode AI miliknya dibagikan secara open source.

Ucapkan Terima Kasih

Ternyata, selain pekerja seks komersial, robot dengan kecerdasan buatan juga mulai mengambil peran sebagai ahli hukum. (Sumber techinsider.io)

Obvious sendiri dalam pernyataannya menyebutkan ucapan terima kasihnya kepada komunitas AI, terutama yang membantunya menggunakan teknologi Ai seperti Ian Goodfellow si pencipta algoritma GAN.

"Kami juga berterima kasih kepada Robbie Barrat yang turut memberikan pengaruh pada karya seni ini," tutur Obvious.

Tak lupa Obvious juga berterima kasih pada Christie karena telah memberi kesempatan pada lukisan karya AI untuk pengembangan teknologi dalam penciptaan karya seni.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Cara Mengecilkan Perut dengan Jeruk Nipis, Ampuh dan Tanpa Efek Samping

Posted: 27 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Badan langsing dengan perut ramping merupakan impian semua orang. Namun tak semua orang bisa memiliki perut yang indah seperti itu. Gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan yang amburadul merupakan faktor utama yang dapat mengakibatkan perut menjadi buncit. Selain membuat tidak percaya diri, perut buncit juga bisa berpengaruh pada kesehatan. Nggak heran, beragam cara mengecilkan perut dilakukan oleh orang-orang.

Salah satu cara mengecilkan perut yang diklaim efektif adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis disebut bisa mengikis penumpukan lemak karena tinggi akan vitamin C serta serat makanan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan juga membantu seseorang untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Cara mengecilkan perut dengan jeruk nipis ini dijamin lebih aman daripada mengecilkan perut dengan obat-obatan yang memiliki kandungan yang berbahaya buat tubuh. Sebelum mengetahui cara mengecilkan perut buncit dengan jeruk nipis, yuk cari tahu dulu apa penyebab perut buncit.

Penyebab perut buncit sangat banyak. Sayangnya, penyebab-penyebab tersebut seringkali dilakukan secara sadar. Menjaga bentuk tubuh yang ideal tentu bukan perkara yang mudah. Menjaga pola hidup yang sehat dan teratur membutuhkan dedikasi yang tinggi. 

Penyebab perut buncit

makan sebelum tidur (sumber: unsplash)

1. Jarang berolahraga

Banyak sekali penyebab mengapa kamu bisa memiliki perut buncit. Salah satunya adalah jika kamu jarang sekali berolahraga sehingga lemak tertimbun karena otot-otot pada bagian tersebut paling jarang digunakan dan dilatih sehingga pembakaran lemak dan kalori yang terjadi di sana sangat minimal. Hal tersebut tentu akan membuat perut semakin buncit. Apalagi jika kamu hanya duduk, makan, beraktifitas di depan komputer, laptop, maupun gadget lainnya seharian.

2. Mengonsumsi makanan ringan

Meski kelihatannya remeh, tapi keseringan nyemil juga ikut andil dalam membuat perut menjadi buncit lho. Hindarilah makanan-makanan ringan yang banyak mengandung pemanis buatan dan perasa makanan berlebihan.

Makanan ringan atau snack banyak mengandung pemanis buatan dan perasa makanan kimia yang tidak akan dicerna secara baik oleh sistem pencernaan kita. Hal ini tentu akan menyebabkan usus terganggu.

3. Makan sebelum tidur

Apakah kamu selalu merasa lapar sebelum tidur atau tidak bisa tidur dalam keadaan lapar? Sebenarnya tubuh memang secara alami membakar sebagian timbunan lemak saat tidur, namun jika kamu tidur dalam keadaan perut penuh maka tubuh tidak akan membakar secara efisien. Hal tersebut, tentu akan semakin menambah timbunan lemak di perut.

Tidak hanya makan sebelum tidur saja, bahkan berbaring ketika perut dalam keadaan kenyang dapat menyebabkan risiko terkena refluks asam lambung dan gangguan pencernaan. Hal itu terjadi karena perubahan gravitasi, sehingga tubuh tidak mampu menarik makanan di perut menuju ke bawah.

Oleh karena itu, jangan jadikan makan sebelum tidur sebuah kebiasaan. Setidaknya dua sampai tiga jam sebelum tidur. Hindarilah langsung berbaring usai makan. Jika memang dalam keadaan lapar sebelum tidur, konsumsilah buah-buahan yang tentu saja lebih menyehatkan. Perubahan kebiasaan ini merupakan cara mengecilkan perut secara alami.

4. Kurang tidur

Idealnya memang orang dewasa harus mendapatkan waktu tidur 7 hingga 8 jam setiap malam. Ketika kamu tidur kurang dari jam tersebut, maka tingkat kortisol (hormon stres) akan meningkat dan menyebabkan kamu mengonsumsi makanan dengan tingkat gula yang berlebih untuk menggantikan tenaga yang tidak didapat karena kurang tidur.

Dengan tidur cukup dan berkualitas setiap malamnya, kamu dapat menyeimbangkan kadar kortisol sekaligus meningkatkan produksi leptin (hormon yang dapat membuat kamu mengontrol nafsu makan).

Setelah mengetahui penyebabnya, penting untuk mengubah gaya hidup tersebut agar bisa mendaptkan perut ramping. Selain itu berikut ini beberapa cara mengecilkan perut dengan jeruk nipis yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (28/10/2018).

1. Jeruk nipis

Mengonsumsi 1 buah jeruk nipis setiap hari disebut-sebut sangat efektif untuk membakar timbunan lemak yang sulit dihilangkan pada area perut, pinggul, pantat, dan juga paha. Caranya, peras 1 buah jeruk nipis dan campurkan pada segelas air hangat. Jangan pakai tambahan gula ya.

2. Jeruk nipis dan teh hijau

(sumber: unsplash)

Jeruk nipis dan teh hijau adalah dua bahan yang mengandung vitamin C serta antioksidan yang tinggi. Dengan dua bahan ini, kamu bisa membuat ramuan yang sehat sebagai cara mengecilkan perut secara alami.

Cara membuatnya, peras 1 buah jeruk nipis sampai dan masukkan ke dalam gelas. Seduh teh hijau dengan air panas, kemudian campurkan perasan jeruk nipis, aduk secara merata tanpa diberi gula. Minumah ramuan jeruk nipis dan teh hijau sebanyak 2 kali setiap harinya secara teratur. Ramuan ini akan membantu membakar lemak pada tubuh.

3. Jeruk nipis dan madu

(sumber: unsplash)

Cara mengecilkan perut bisa dilakukan dengan mengonsumsi jeruk nipis dan madu. Madu sejak dulu juga bisa dimanfaatkan untuk mengecilkan perut buncit. Jeruk nipis dan madu menjadi cara mengecilkan perut secara alami karena bisa membantu mendorong pembakaran lemak agar semakin maksimal. Caranya, tambahkan 1 sendok teh madu dengan perasan 1/2 buah jeruk nipis dalam 1 gelas air hangat. Minum campuran ini setiap pagi saat perut kosong untuk menghilangkan lemak dan mendetoksifikasi tubuh.

4. Jeruk nipis, jahe, teh hijau

(sumber: unsplash)

Campur 2 sendok makan perasan jeruk nipis dengan 1/2 sendok teh jahe bubuk ke dalam 1 cangkir teh hijau panas. Tambahkan juga dengan 1/2 sendok teh maple sirup atau madu. Minum teh ini sebanyak 2 kali sehari sebagai cara mengecilkan perut.

5. Jeruk nipis, serai dan teh

Bahan dapur lainnya yang bisa digunakan sebagai cara mengecilkan perut buncit adalah serai. Caranya, potong 3 batang serai menjadi 4 bagian lalu digeprek. Iris 2 butir jeruk nipis tipis-tipis berbentuk bulat. Lalu masukkan satu kantong teh celup yang sesuai dengan selera. Tambahkan 5 gelas air lalu rebus hingga takarannya menjadi kira-kira 2 gelas air. Setelah itu diamkan sampai dingin, Untuk hasil yang optimal konsumsi setiap hari pada pagi dan malam hari.

6. Cara mengecilkan perut dengan jeruk nipis melalui perawatan luar

Selain perawatan dari dalam, cara mengecilkan perut dengan jeruk nipis juga bisa dilakukan dengan perawatan dari luar.

Bahan-bahan yang harus disediakan adalah satu buah jeruk nipis segar, kapur sirih secukupnya, dan minyak kayu putih. Pertama, peras jeruk nipis hingga mendapatkan sari jeruk nipis kemudian campur dengan minyak kayu putih. Terakhir tambahkan kapur sirih dan aduk semua bahan menjadi satu hingga merata. Setelah ramuan siap balurkan pada perut dan tunggu beberapa saat hingga mengering. Lakukan perawatan ini secara teratur untuk mendapatkan perut ramping idaman.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Dramatis, Ibu Gagalkan Penculikan Anak di Bawah Umur

Posted: 27 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang ibu menggagalkan penculikan anaknya yang masih di bawah umur. Kejadian ini terjadi di Denpasar, Bali.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Arahan Jokowi kepada Tim Kampanye Saat Rakernas di Surabaya

Posted: 27 Oct 2018 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Capres Joko Widodo atau Jokowi memberikan arahan kepada Tim Kampanye se-Indonesia di Hotel Empire Palace Surabaya, Jawa Timur. Dia meminta untuk mengkampanyekan keberhasilan program pemerintah dan bagaimana mengelola isu yang dipakai lawan.

"Intinya, seluruh tim kampanye, baik nasional maupun di daerah harus bisa menjelaskan program-program yang telah kita kerjakan," kata Jokowi kepada usai pengarahan, Minggu (28/10/2018).

Seperti, lanjut Jokowi, menjelaskan apa manfaat pembangunan infrastruktur bandara, pelabuhan bendungan. Dia juga ingin para tim kampanye mensosialisasikan program yang telah dirasakan langsung masyarakat.

"Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, Program Keluarga Harapan, Bantuan Pangan Non Tunai, pembagian sertifikat, reforma agraria dan perhutanan sosial. Harus bisa menjelaskan," sambung Jokowi.

Dia juga meminta tim kampanye Jokowi-Ma'ruf Amin menjelaskan dana kelurahan yang baru digagas kepada masyarakat.

"Saya kira itu yang ingin saya sampaikan agar seluruh tim dari nasional sampai daerah ngerti secara cepat program kita," ucap Jokowi.

Para anggota tim kampanye Jokowi-Ma'ruf Amin juga diminta bisa mengelola isu. Mulai tudingan antek asing, tuduhan bohong Blok Mahakam, Blok Rokan, akuisisi Freeport, hoaks tenaga asing, sampai tuduhan Jokowi anggota PKI yang selalu diulang.

 

Jangan Kampanye Kebohongan

Jokowi pun sampai berulang kali menyampaikan agar tidak melakukan kampanye kebohongan.

"Saya kira itu sudah sangat jelas bahwa yang kita selalu ingin tawarkan adalah adu program, adu ide, adu gagasan, adu prestasi, adu rekam jejak," jelas dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengaku, selalu menyampaikan hal tersebut agar para tim kampanye tak terpancing dan bisa menjelaskan kepada masyarakat.

"Enggak usah terpancing oleh hal-hal seperti itu. Tapi harus bisa juga menjawab, kalau ada masyarakat bertanya harus bisa menerangkan," pungkas Jokowi.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Liga 1 Arema FC Vs PSMS Medan di Indosiar

Posted: 27 Oct 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Malang - Arema FC akan berhadapan dengan PSMS Medan dalam lanjutan Liga 1 pekan ke-28, Minggu (28/10/2018) di Stadion Kanjuruhan. Singo Edan pastinya mematok kemenangan demi memperbaiki peringkat di tabel klasemen Liga 1.

Arema juga berniat memperpanjang catatan belum terkalahkan di dua pertandingan terakhir di Liga 1. Dalam dua pertandingan itu, Arema menang 3-1 atas Bali United dan imbang 0-0 melawan Bhayangkara FC.

Di sisi lain, PSMS Medan juga membutuhkan poin penuh. demi memperbesar peluang lolos dari zona degradasi. Saat ini, Ayam Kinantan masih terbenam di dasar klasemen Liga 1 dengan 27 poin.

Pada laga sebelumnya, PSMS kalah 1-3 dari Mitra Kukar. Untuk itu, kekalahan di laga ini tidak bisa ditolerir.

Jika kalah, PSMS akan semakin tertinggal dari tim-tim lain, Di akhir musim, bukan tidak mungkin, PSMS bakal kembali berkompetisi di Liga 2.

Live streaming Arema FC Vs PSMS akan disiarkan di Indosiar pukul 15:30 WIB. Dapatkan link live streaming di halaman berikutnya.

Link Live Streaming

Untuk Live streaming Arema FC Vs PSMS Medan di Indosiar, silakan klik di sini.

Prediksi Susunan Pemain

Arema FC (4-2-1-3): Utam Rusdiana (kiper); Alfin Tuasalamony, Arthur Cunha, Hamka Hamzah, Ahmad Alfarizi (belakang); Jayus Hariono, Bagas Adi; Makan Konate (tengah); Dendi Santoso, Dedik Setiawan, Nasir (depan)

Pelatih: Milan Petrovic 

PSMS Medan (4-3-3): Dhika Bhayangkara (kiper); Fredyan Sugiantoro, M. Roby, Alexandro Tanidis, Wanda Syahputra (belakang); Erwin Ramdhani, Legimin Raharjo, Shohei Matsunaga (tengah); Frets Butuan, Felipe Martins, Antoni Putro (depan).

Pelatih: Peter Butler

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengendara Sepeda Tewas Tertabrak Bus Transjakarta di Samping Monas

Posted: 27 Oct 2018 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kecelakaan yang melibatkan bus Transjakarta kembali terjadi di Ibu Kota. Pengendara sepeda ontel yang belum diketahui identitasnya meninggal setelah tertabrak bus Transjakarta di sekitar Monas, Jakarta Pusat, Minggu pagi (28/10/2018).

Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Pusat AKBP Juang Andi Priyanto mengatakan, peristiwa terjadi sekitar pukul 07.10 WIB. Saat itu, korban tengah melintas di Jalan Medan Merdeka Selatan melalui jalur busway. Di saat yang sama, bus Transjakarta bernopol B 7740 TGB melintas dari arah barat.

Kecelakaan tak terhindarkan saat kendaraan dan sepeda bertemu di depan IRTI dari arah yang sama. Akibatnya, korban mengalami luka parah di bagian kepala.

"Kecelakaan tersebut mengakibatkan pengendara sepeda ontel meninggal dunia," ujar Juang melalui keterangan tertulis, Jakarta.

Jenazah kemudian dibawa ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat. Sementara pengemudi bus Transjakarta berinisial S (45) diamankan polisi untuk penyelidikan lebih lanjut.

 

Kecelakaan Libatkan Bus Transjakarta

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat terjadi 44 kali kecelakaan lalu lintas yang melibatkan Bus Tranjakarta sepanjang tahun ini. Kasubdit Penegakkan Hukum dan Pembinaan Ditlantas PMJ, AKBP Budianto menyebutkan insiden-insiden tersebut tersebar di 11 koridor rute perjalanan.

Kelalaian dan kurangnya konsentrasi sopir, menurut dia, menjadi penyebab dominan kecelakaan Bus Transjakarta.

"Kecelakaan banyak disebabkan oleh human error pengemudi Bus Transjakarta. Selain itu kami akan tindak tegas pelanggar yang menyerobot perlintasan busway," saat dikonfirmasi, Jumat 12 Oktober 2018.

Seperti dilansir Jawapos.com, Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono menjelaskan, kecelakaan yang marak terjadi disebabkan banyak faktor. Di antaranya, minimnya rambu dan marka jalan dan kelalaian dari sopir bus way.

Selain itu, tidak sedikit kecelakaan disebabkan karena orang atau pengendara lain yang menyerobot perlintasan bus Transjakarta. Hal itu membuat sopir oleng dan banting setir mendadak.

"Harus lihat case by case kecelakaannya. Supaya bisa lebih jelas," ujar Budi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Barcelona Vs Real Madrid, Siaran Langsung di SCTV

Posted: 27 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Laga El Clasico pertama musim ini akan digelar nanti malam. Barcelona akan menjamu Real Madrid di Camp Nou.

Barcelona sedang dalam kepercayaan diri belakangan ini. Pasalnya mereka tak terkalahkan dalam lima laga terakhir.

Barcelona saat ini berada di posisi kedua klasemen. Mereka mengoleksi 18 poin dari sembilan laga La Liga.

Sementara Real Madrid justru dalam tren buruk. Mereka tertahan di posisi kedelapan dengan 14 poin.

Los Galacticos hanya meraih sekali kemenangan dari lima laga terakhir. Itu pun melawan Viktoria Plzen di ajang Liga Champions.

Jaga Peluang

Lionel Messi (kanan) belum bisa berbuat banyak di El Clasico antara Real Madrid vs Barcelona ( JAVIER SORIANO / AFP)

Itu sebabnya laga El Clasico ini sangat penting bagi Real Madrid. Kemenangan bakal membangkitkan lagi motivasi.

Sementara bagi Barcelona kemenangan bakal menjaga peluang juara. Apalagi selisih poin dengan pemuncak klasemen, Atletico Madrid hanya satu poin.

Berikut jadwal El Clasico Barcelona Vs Real Madrid:

Jadwal

Lionel Messi merepotkan pertahanan Real Madrid yang dijaga Sergio Ramos (JAVIER SORIANO / AFP)

22.15 WIB Barcelona Vs Real Madrid (SCTV)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DIY: Sulap Gelas Lama Anda Jadi Lebih Berwarna

Posted: 27 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gelas lama Anda terlihat sudah begitu membosankan dan sepertinya sudah harus masuk gudang? Tunggu dulu. Ternyata ada proyek sederhana yang bisa menyulap mereka kembali tampil cantik seperti sedia kala.

Jadi, budget membeli gelas baru seharusnya bisa Anda lokasikan ke kebutuhan lain. Menambahkan warna bisa jadi satu trik agar gelas lama terlihat berbeda, bahkan membuat Anda lupa kalau itu ternyata perabot yang sudah lama dimiliki.

Dengan bahan-bahan sederhana dan cara pembuatan yang terbilang mudah, Anda sudah bisa mendapatkan gelas lama dengan look baru. Berikut bahan dan langkah pembuatannya seperti dikutip dari feelitcool.com, Sabtu, 27 Oktober 2018.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat proyek DIY gelas:

Beberapa buah botol kuteks dengan warna yang diinginkan

Air bersih

Lidi atau sumpit kecil

Wadah datar atau mangkuk besar

Gelas lama Anda

 

Simak video pilihan di bawah ini:

Langkah Pembuatan

DIY gelas. (dok. feelitcool.com/Asnida Riani)

Langkah 1

Tuangkan air ke dalam wadah secukupnya. Pastikan wadah tersebut dapat merendam seluruh permukaan gelas yang akan diwarnai.

Langkah 2

Teteskan cat kuku dengan warna yang diinginkan secukupnya dan biarkan mereka berpencar membentuk pola yang unik. Atur posisi cat menggunakan lidi atau sumpit kecil. Lakukan proses pengaturan cat ini dengan cepat agar bisa mendapatkan tekstur yang lengket. 

Langkah 3

Setelah mendapatkan pola yang diinginkan, celupkan gelas ke dalam wadah berisi air dan cat kuku. Lakukan gerakan menarik gelas sedikit ke dalam air, lalu angkat dengan cepat. Letakkan gelas pada bidang datar yang telah dialasi tisu atau koran bekas lalu biarkan mengering. Ulangi sampai semua gelas sudah diwarnai.

Diamkan minimal satu hari agar pola gambar mengering dengan sempurna. Setelah kering, Anda bisa menyemprotkannya dengan sealer bening (opsional) untuk menjaga ketahanan cat kuku agar tak mudah terkelupas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ekspresi Pelari Jakarta Marathon saat Mencapai Garis Finish

Posted: 27 Oct 2018 09:30 PM PDT

Ekspresi pelari saat mencapai garis finis Jakarta Marathon 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta, (28/10). Ada lima nomor lari, yakni marathon (42,195 km), half marathon (21 km), 10 K, 5K, dan maratoonz (lari untuk anak-anak). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ekspresi pelari saat mencapai garis finis Jakarta Marathon 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta, (28/10). Ada lima nomor lari, yakni marathon (42,195 km), half marathon (21 km), 10 K, 5K, dan maratoonz (lari untuk anak-anak). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ekspresi sejumlah pelari saat mencapai garis finis Jakarta Marathon 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (28/10). 12.500 pelari meramaikan Jakarta Marathon 2018 yang di sponsori PLN. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ekspresi sejumlah pelari saat mencapai garis finis Jakarta Marathon 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (28/10). 12.500 pelari meramaikan Jakarta Marathon 2018 yang di sponsori PLN. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ekspresi sejumlah pelari saat mencapai garis finis Jakarta Marathon 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (28/10). 12.500 pelari meramaikan Jakarta Marathon 2018 yang di sponsori PLN. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ekspresi sejumlah pelari saat mencapai garis finis Jakarta Marathon 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (28/10). 12.500 pelari meramaikan Jakarta Marathon 2018 yang di sponsori PLN. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ekspresi pelari saat mencapai garis finis dalam Jakarta Marathon 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (28/10). 12.500 pelari meramaikan Jakarta Marathon 2018, Memasuki tahun keenam, Jakarta Marathon yang di sponsori PLN. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ekspresi pelari saat mencapai garis finis dalam Jakarta Marathon 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (28/10). 12.500 pelari meramaikan Jakarta Marathon 2018, Memasuki tahun keenam, Jakarta Marathon yang di sponsori PLN. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ekspresi pelari saat mencapai garis finis Jakarta Marathon 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta, (28/10). Ada lima nomor lari, yakni marathon (42,195 km), half marathon (21 km), 10 K, 5K, dan maratoonz (lari untuk anak-anak). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ekspresi pelari saat mencapai garis finis Jakarta Marathon 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta, (28/10). Ada lima nomor lari, yakni marathon (42,195 km), half marathon (21 km), 10 K, 5K, dan maratoonz (lari untuk anak-anak). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ekspresi sejumlah pelari saat mencapai garis finis Jakarta Marathon 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (28/10). 12.500 pelari meramaikan Jakarta Marathon 2018 yang di sponsori PLN. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ekspresi sejumlah pelari saat mencapai garis finis Jakarta Marathon 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (28/10). 12.500 pelari meramaikan Jakarta Marathon 2018 yang di sponsori PLN. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ekspresi sejumlah pelari saat mencapai garis finis Jakarta Marathon 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (28/10). 12.500 pelari meramaikan Jakarta Marathon 2018 yang di sponsori PLN. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ekspresi sejumlah pelari saat mencapai garis finis Jakarta Marathon 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (28/10). 12.500 pelari meramaikan Jakarta Marathon 2018 yang di sponsori PLN. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berkat The Night Comes for Us, Timo Tjahjanto Rasakan Ini untuk Pertama Kali

Posted: 27 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta The Night Comes for Us, adalah sebuah film yang spesial untuk sang sutradara, Timo Tjahjanto. Pasalnya lewat film ini, untuk pertama kalinya ia mendapatkan penghargaan berupa standing ovation dari penonton.

Dalam emailnya kepada Liputan6.com, Jumat (26/10/2018), Timo Tjahjanto menceritakan bahwa standing ovation ini ia terima saat gala premiere The Night Comes for Us di Fantastic Fest, Texas, pada September lalu.

"Gila! 10 tahun saya bikin film, baru pertama kali saya dapet standing ovation di festival sekaliber ini," tutur Timo Tjahjanto.

Ia mengaku tak menyangka sambutan penonton atas The Night Comes for Us, akan semeriah ini.

"Di Fantastic Fest kemarin kebetulan saya duduk berdekatan dengan tim Netflix, jadi saya cuma bisa fokus nunggu reaksi mereka. Setelah film selesai, lampu nyala, dan ada standing ovation, rasanya senang banget sih," tuturnya.

Sempat Tertunda

Timo Tjahjanto saat menjawab pertanyaan penonton di Toronto International Film Festival

Yang menarik, The Night Comes for Us adalah proyek Timo yang cukup lama tertunda. Alasannya, adalah kendala biaya.

Beruntung, dalam penayangan film Headshot yang ia garap bersama Kimo Stamboel di Toronto International Film Festival (TIFF) pada 2016, ia bertemu dengan pihak Netflix. Dari sini, pembicaraan soal The Night Comes for Us pun dimulai.

"Setelah beberapa kali pertemuan, Netflix pun setuju untuk kolaborasi mengerjakan TNCFU," tuturnya.

The Night Comes for Us

The Night Comes for Us (Netflix)

The Night Comes for Us berkisah tentang Ito (Joe Taslim), seorang anggota elit triad yang membelot kelompoknya.

Setelah menolong sesosok anak kecil yang bernama Reina, Ito mencoba mengubah nasibnya. Ia memutuskan keluar dari organisasi yang ia ikuti. Konsekuensinya jelas, ia berhadapan dengan pasukan mesin pembunuh yang selama ini menjadi rekan kerjanya.

Salah satunya adalah orang yang dulu adalah sahabatnya, Arian (Iko Uwais).

The Night Comes for Us telah ditayangkan di seluruh dunia lewat platform streaming Netflix secara eksklusif. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengusaha DKI Jakarta Siap Jalankan Ketetapan UMP 2019

Posted: 27 Oct 2018 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta menyatakan siap melaksanakan keputusan upah minimum provinsi (UMP) 2019 yang ditetapkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Meski dalam rapat Dewan Pengupahan pada Rabu lalu, pengusaha telah mengusulkan UMP 2019 sebesar Rp 3.830.436, atau naik 5 persen dibandingkan UMP 2018.

Wakil Ketua Kadin DKI Jakarta, Sarman Simanjorang mengatakan, dalam rapat Dewan Pengupahan tersebut memang ada tiga usulan besaran kenaikan UMP yang ‎diserahkan kepada Gubernur DKI Jakarta.

Tiga usulan tersebut yaitu kenaikan berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan, di mana untuk UMP 2019 kenaikannya ditetapkan sebesar 8,03 persen atau menjadi Rp 3.908.020.

Kemudian usulan dari pengusaha dengan kenaikan 5 persen atau menjadi Rp 3.830.436, dan usulan dari perwakilan buruh sebesar Rp 4.373.820 atau naik sekitar 20 persen.

Menurut Sarman, jika melihat perkembangan di lapangan, pihaknya meyakini Gubernur DKI Jakarta akan menetapkan UMP 2019 berdasarkan PP 78/2015.

"Kalau melihat adanya peraturan perundang-undangan, beliau pasti akan mengacu pada PP 78/2015," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Minggu (28/10/2018).

Dia menyatakan, pengusaha di Ibu Kota siap melaksanakan kenaikan UMP yang ditetapkan Gubernur. ‎

"Kami pada prinsipnya tetap akan melaksanakan itu, karena ini pada prinsipnya kan hanya sebuah permintaan saja. Pemerintah melakukan kenaikan 8,03 persen, kami pengusaha siap melaksanakan," kata dia.

Pria yang juga duduk sebagai Anggota Dewan Pengupahan ini mengungkapkan, Gubernur DKI Jakarta akan menetapkan UMP 2019 pada 1 November 2018, sesuai dengan ketentuan dari PP Pengupahan.

"Sesuai ketentuan dalam PP 78/2015 Gubernur akan menetapkan dan mengumumkan secara serentak kenaikan UMP 2019 tanggal 1 November 2018. Kami dari pengusaha akan menerima dan siap melaksanakan besaran kenaikan UMP 2019 yang akan ditetapkan Gubernur DKI Jakarta sejauh hal itu sesuai dengan peraturan dan kebijakan yang ada," tandas dia.

 

Anies Baswedan Umumkan UMP Jakarta 1 November 2018

Kaleidoskop UMP 2017

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan mengumumkan besaran Upah Minimum Provinsi (UMP) 2019 pada 1 November 2018 mendatang.

"Pengumumannya harus 1 November. Saya enggak boleh ngumumin sebelumnya," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis 25 Oktober 2018.

Anies menyebut pihaknya telah rampung merumuskan besaran UMP. Pergubnya diteken hari ini, Jumat (26/10/2018).

"Saya tanda tangani, tetapi tidak boleh diumumkan sebelum tanggal 1," ujarnya.

Anies menyebut kenaikan UMP akan diiringi kebijakan subsidi buruh berupa kartu pekerja. Kartu itu memberi subsidi pangan, transportasi hingga fasilitas DP 0 persen.

Kartu pekerja dapat dinikmati buruh yang bergaji UMP atau UMP plus 10 persen.

"Kita ingin ada program DP 0 semua agar sebagian dari teman-teman bekerja yang bisa, yang berhak memenuhi kriteria bisa memanfaatkannya. Kita juga ingin agar semua item itu, baik terkait dengan pangan bersubsidi, Transjakarta member di jakgrosir, maupun fasilitas KJP bagi anak-anak para pekerja, itu menjangkau lebih banyak (lewat kartu pekerja)," tandas Anies.

Sebelumnya, kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2019 sebesar 8,03 persen dinilai membebani pelaku usaha di Ibu Kota. Oleh sebab itu, pengusaha meminta agar kenaikan upah minimum pada tahun depan hanya lima persen.

Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta, Sarman Simanjorang, mengatakan dalam kondisi ekonomi saat ini kenaikan sebesar itu akan semakin membebani biaya operasional perusahaan. Sebab, perusahaan masih memiliki kewajiban lain yang juga tidak bisa ditunda.

"Jika kondisi ekonomi kita stabil, nilai rupiah kita juga stabil tentu kenaikan UMP sesuai dengan pertumbuhan ekonomi dan inflasi nasional tidak akan memberatkan dunia usaha," ujar dia di Jakarta, Selasa (23/10/2018).

Tak hanya itu, Serikat buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menuntut pemerintah untuk menetapkan kenaikan upah minimum provinsi atau UMP 2019 sebesar 20-25 persen. Angka ini jauh lebih tinggi dari ketetapan pemerintah yang sebesar 8,03 persen. Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan, pihaknya tidak sembarang dalam menuntut kenaikan UMP 2019 hingga 25 persen.

Kenaikan sebesar ini didasarkan atas hasil survei yang memperhitungkan kebutuhan hidup layak (KHL) sebanyak 62 item, khususnya di wilayah DKI Jakarta.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Zulkifli Hasan Ajak Mahasiswa Kuasai Ilmu dan Keterampilan

Posted: 27 Oct 2018 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dihadapan ratusan mahasiswa Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengajak Generasi muda untuk selalu mengupgrade diri sendiri. Tidak melulu hanya melakukan rutinitas yang tidak ada henti-hentinya. Tetapi harus berani keluar dari kebiasaan, dan mencoba hal-hal baru yang positif yang ada disekitar lingkungan.

"Kalau kita hanya melakukan rutinitas yang biasa, maka jadi orangnya pun biasa-biasa saja. Makanya kita harus berani keluar dari kebiasaan, agar menjadi orang yang luar biasa", kata mantan Menteri Kehutanan, itu menambahkan.

Pernyataan itu dikemukakan Zulkifli Hasan saat menyampaikan Kuliah Umum Kebangsaan dan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI dihadapan ratusan Mahasiswa Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Acara tersebut berlangsung di Convention hall UIN Kalijaga Yogyakarta, Sabtu (27/10).

Untuk menjadi orang yang luar biasa mahasiswa tidak cukup hanya menerima materi pendidikan saja. Tetapi generasi muda harus memiliki keterampilan, di luar ilmu yang diperoleh dibangku pendidikan. Dengan cara begitu mahasiswa lebih siap dan bisa bersaing dengan mahasiswa lain, termasuk yang datang dari luar negeri.

"Apalagi bagi mahasiswa UIN. Mahasiswa UIN tidak boleh kalah dibanding mahasiswa UI dan UGM. Kalau mahasiswa UI dan UGM bisa maju, Harusnya mahasiswa UIN bisa lebih maju, Karena mahasiswa UIN mendapat dua pelajaran sekaligus, yaitu pelajaran umum dan agama", kata Zulkifli menambahkan.

Karena itu, Ketua MPR mengajak mahasiswa UIN Sunan Kalijaga tidak cepat puas dengan apa yang diperoleh saat ini. Tetapi harus berusaha lebih keras untuk mendapat bekal lain yang belum diperoleh saat sekarang. Ini penting agar mahasiswa bisa memenangkan kompetisi yang makin ketat diwaktu yang akan datang.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

#HariSumpahPemuda Membara di Twitter

Posted: 27 Oct 2018 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Semangat masyarakat dalam memperingati Sumpah Pemuda masih membara. Terbuki, bertepatan dengan kelahiran momen bersejarah tersebut, 28 Oktober, kicauan soal Sumpah Pemuda mengalir deras di Twitter.

#HariSumpahPemuda bahkan bertengger dalam daftar Trending Topics Indonesia di media sosial tersebut. Tak hanya posting-an berupa teks, sejumlah warganet secara kreatif menyalurkan semangat Sumpah Pemuda dengan foto atau gambar yang menyiratkan semangat perjuangan.

Ucapan Hari Sumpah Pemuda pun datang dari beberapa tokoh berpengaruh di Indonesia, seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Sejumlah lembaga seperti Badan Meteorilogi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan Kementerian Pertanian RI tak ketinggalan mengucapkan Hari Sumpah Pemuda yang ke-90.

Ucapan Hari Sumpah Pemuda dari Lembaga

Petugas membersihkan ruangan diorama di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta, Selasa (23/10). Terdiri atas 8 ruangan, sejarah pergerakan pemuda Indonesia dipaparkan secara lengkap lewat dinding-dinding yang dipenuhi naskah informatif. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Sumpah Pemuda dengan Bahasa Isyarat di Pantai Pasir Papua

Petugas berjalan melewati ruangan diorama di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta, Selasa (23/10). Museum ini merupakan lokasi Kongres Pemuda II atau yang dikenal sebagai Sumpah Pemuda. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Di sisi lain, Forum Komunitas Jayapura (FKJ) yang terdiri dari berbagai komunitas di Kota Jayapura dan sekitarnya menggelar upacara Sumpah Pemuda dengan menggunakan bahasa isyarat Indonesia (Bisindo).

Koordinator kegiatan Abdel Gamel Naser mewakili Ketua FKJ Fredy Wanda di Kota Jayapura, Sabtu mengatakan kegiatan tersebut akan digelar di bibir pantai Pasir 6, Kabupaten Jayapura, Papua pada Minggu (28/10/2018) siang.

Kegiatan itu bernama Sumpah Pemuda Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo) guna memperingati hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.

"Kegiatan ini kami yang inisiasi yang di dalamnya tergabung berbagai komunitas dari berbagai bidang tetapi memiliki satu visi yang sama, yakni memberikan kontribusi yang positif dan demi majuan daerah," katanya.

Hal tersebut, kata dia, dengan menyalurkan berbagai kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi yang baik dengan sesama maupun kepada instansi-instansi lain terkait.

"Ini kegiatan tak biasa karena dilakukan di alam yakni sebuah lokasi di area Pantai Pasir 6, Kabupaten Jayapura. Pemilihan tempat ini karena konsepnya area terbuka dan dapat menyatu dengan alam," katanya.

Gamel mengklaim, acara tersebut sangat unik dan pertama kali dilakukan di Kota Jayapura bahkan Provinsi Papua, yakni pengucapan Sumpah Pemuda dengan menggunakan bahasa isyarat Indonesia atau dikenal Bisindo.

"Kami juga didukung dan dilaksanakan bersama Komunitas Tuli Jayapura (KTJ) yang kita ketahui bahwa komunitas ini baru terbentuk dan juga telah bergabung bersama FKJ," katanya.

Selain pengucapan Sumpah Pemuda tersebut, ada beberapa rangkaian acara yang tidak kalah menarik. Seperti pembacaan puisi dan aksi kreatifitas dari komunitas-komunitas di Kota Jayapura dan sekitarnya.

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banyak Pejabat Terjerat Korupsi, KPK Akan Lipatgandakan Penindakan

Posted: 27 Oct 2018 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang menegaskan, pihaknya terus melakukan upaya pemberantasan korupsi yang menjerat para pejabat publik, di antaranya dengan melipatgandakan penindakan. Penindakan yang dilakukan secara masif sedikitnya mampu menekan tindakan koruptif di pemerintahan baik tingkat pusat ataupun daerah.

"KPK harus melipatgandakan penindakan dan hadir secara masif di banyak kementerian dan lembaga. KPK juga perlu banyak orang-orang lagi," ujar Saut kepada merdeka.com, Minggu (28/10/2018).

Kendati ia mengatakan perlu adanya intensitas penindakan, Saut menjelaskan, penindakan juga selaras dengan pencegahan. Bentuk pencegahan, kata dia, bermacam-macam.

Saut mengatakan, selama ini KPK sudah melakukan dialog ke beberapa pemerintah daerah dan DPRD.

"Dialog dengan pimpinan eksekutif dan legislatif dan lain lain guna perbaikan sistem dalam bentuk koordinasi dan supervisi," kata Saut.

Sebelumnya, Sekretaris Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik menilai, menilai ada banyak faktor kepala daerah tersandung kasus hukum, khususnya tindak pidana korupsi. Salah satu faktor adalah utang piutang politik.

Akmal mengatakan persoalan utang politik menjadi alasan umum bagi para kepala daerah melakukan praktik koruptif. Akmal bahkan menyebutkan, piutang politik ditanggung kepala daerah sejak mencalonkan diri hingga selesai masa jabatan

"Ada utang piutang politik yang membebani kepala daerah mulai dari dia dilantik sampai di akhirnya (masa jabatan)," kata Akmal, Jakarta Pusat, Sabtu (27/10).

Meski si kandidat ataupun kepala daerah memiliki integritas baik dalam menjalankan roda pemerintahan, tanggung jawab piutang politik kerap kali melunturkan integritas pemerintahan bebas koruptif.

Guna melunasi biaya politik, Akmal mencatat ada dua modus yang dijadikan kepala daerah melunasi utang politik yakni memainkan sektor perizinan dan APBD.

"Karena cost politik yang sangat tinggi ketika daerah tidak memiliki sumber daya perizinan,mereka biasanya main di APBD atau jual jabatan nah ini modus yang kita catat dalam beberapa tahun terakhir," tukasnya.

 

Tangan Tangan Kepala Daerah

Dalam kurun satu bulan KPK menangkap dua kepala daerah yakni Bupati Bekasi dan Bupati Cirebon. Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin diduga menerima suap atas perizinan IMB proyek Meikarta di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, sebesar Rp 7 miliar dari Billy Sindoro, Direktur Operasional Lippo Grup selaku pemilik mega proyek Meikarta.

Uang Rp 7 miliar merupakan bagian dari Rp 13 miliar yang dijanjikan akan diterima politisi Partai Golkar tersebut.

Sementara Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadisastra ditangkap atas dugaan menerima suap sebesar Rp 100 juta terkait jual beli jabatan di Pemkab Cirebon. Politisi PDIP itu juga diduga menerima gratifikasi dengan total Rp 6,4 miliar.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwatta mengatakan dalam konferensi pers kemarin mengatakan penerimaan suap ataupun gratifikasi oleh Sunjaya diduga untuk pembiayaan logistik Pilkada 2018.

"Bupati ini menjual jabatannya dalam rangka mengembalikan modal apalagi dia petahana," kata Alex.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Jepang Vs Timnas Indonesia U-19: Berebut Tiket Piala Dunia

Posted: 27 Oct 2018 09:15 PM PDT

Jakarta Timnas Indonesia U-19 akan bentrok dengan Jepang pada laga perempat final Piala AFC U-19, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (28/10/2018) malam. Skuat Indra Sjafri wajib meraih kemenangan demi memastikan langkah ke Piala Dunia U-20 2019.

Timnas Indonesia U-19 dihadapkan dengan misi sulit saat menghadapi Jepang. Pasukan Masanaga Kageyama tersebut adalah lawan yang sulit ditaklukan.

Jepang merupakan juara bertahan Piala AFC U-19. Selain itu, mereka juga memperlihatkan performa impresif sepanjang turnamen kali ini. Dari tiga pertandingan, Jepang selalu meraih kemenangan.

Teranyar, Jepang menang meyakinkan ketika menggasak Irak lima gol tanpa balas pada matchday terakhir Grup B, di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Kamis (25/10/2018).

Timnas Indonesia U-19 lantas wajib tampil maksimal agar dapat mewujudkan ambisi ke Piala Dunia U-20. Indra pun optimistis bisa meraih hasil positif dalam pertandingan nanti. 

"Kami harus yakin. Kami akan berjuang selama 90 menit. Kedua tim memiliki peluang untuk menang. Saya berharap para suporter bersikap santun, dan memperlihatkan kultur bangsa," kata Indra. 

"Pertandingan ini adalah motivasi lebih buat kami. Tanggal 28 oktober menjadi hari Sumpah Pemuda. Nanti kami juga akan menjadikan hari itu sebagai hari kemerdekaan sepak bola nasional," lanjutnya. 

Indra diprediksi tidak akan banyak mengubah starting line-up nya saat menghadapi Jepang. Namun, Garuda Nusantara dipastikan tidak diperkuat kapten Nurhidayat karena hukuman akumulasi kartu. Egy Maulana Vikri pun masih diragukan tampil karena belum fit 100 persen.

"Kami sengaja tidak memaksa Egy hari ini. Saya berharap itu bisa membuat permainannya maksimal. Segela kemungkinan bisa terjadi, soal apakah Egy bermain atau tidak," kata Indra setelah sesi latihan. Jepang

Sementara itu, Jepang diprediksi akan tampil dengan kekuatan terbaiknya saat menghadapi Indonesia. Masanaga menegaskan bakal menginstruksikan anak-anak asuhnya bermain maksimal. 

"Para pemain kami menunjukan permainan yang bagus saat ini. Melawan Timnas Indonesia U-19 merupakan pertandingan yang penting. Saya berharap kami bisa melaju ke Piala Dunia di Polandia dengan cara terbaik," ujar Masanaga.  

Prediksi Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-19 (4-4-1): Muhammad Riyandi; Asnawi Mangkualam, Indra Mustafa, Rahmat Irianto, Firza Andika; Lutfi Kamal, Syahrian Abimanyu, Saddil Ramdani, Todd Rivaldo Ferre;Witan Sulaeman, Hanis Saghara

Pelatih: Indra Sjafri

Timnas Jepang U-19 (4-4-2): Kosei Tani; Hirokazu Ishihara, Daiki Hashioka, Kanedeiebusu Mikuni, Shunki Higashi; Hiroki Abe, Mitsuki Saito, Hiroki Ito, Takefusa Kubo; Koki Saito, Taisei Miyashiro

Pelatih: Masanaga Kageyama

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Amran Dampingi Jokowi Lepas Kirab Santri di Alun-alun Sidoarjo

Posted: 27 Oct 2018 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo menghadiri acara Pelepasan Kirab Santri dan Jalan Sehat Sahabat Santri di Alun-alun Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (28/10).

Jokowi sapaan Joko Widodo hadir di lokasi pada 06.13 WIB. Jokowi tampak mengenakan baju kokoh putih, berkopiah hitam, dan mengenakan sarung warna cokelat.

Sesaat setelah, itu Jokowi langsung membuka acara tersebut, "Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim Kirab Santri dan Jalan Sehat pagi ini saya nyatakan diberangkatkan," kata Jokowi.

Setelah bendera kotak hitam bercampur putih diangkat Jokowi, ribuan santri pun berjalan dari alun-alun menuju Gelanggang Olahraga Sidoarjo. Para santri yang diiringi lagu ya ahlal wathon itu terlihat melampaikan tangan dan mengibarkan bendera NU.

"Hidup NU, NKRI harga mati!," seru para santri.

Dalam acara tersebut calon Wakil Presiden Ma`ruf Amin juga hadir. Ia tiba lebih awal didampingi Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. Sebelum Jokowi tiba di lokasi, Ma`ruf Amin memimpin doa.

Selain itu, hadir juga Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, M Nasir, Menteri Ketenagakerjaan, Muhammad Hanif Dakhiri dan Menter Sekretariat Negara, Moeldoko.

Perlu diketahui, setelah acara tersebut, rencananya Jokowi bersama Menteri Amran rencananya akan menghadiri Panen Pedet dan Kontes Ternak di Gedung Tani Puspa Argo, Sidoarjo, Jawa Timur.

Pada event tersebut, Jokowi bersama Menteri Amran akan memberikan penghargaan kinerjaterhadap peternak teladan, petugas Inseminator, Petugas Pemeriksa Kebuntingan (PKb), dan Dokter Hewan berprestasi, serta Pelayanan Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan Upsus Siwab.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ronaldo Lega Juventus Tundukkan Empoli

Posted: 27 Oct 2018 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Striker Juventus, Cristiano Ronaldo mengaku senang timnya bisa meraih kemenangan atas Empoli dinihari tadi. Ia menyebut Empoli lawan yang sangat tangguh sehingga kemenangan ini sangat berarti bagi Bianconeri.

Juventus yang bertandang ke Stadio Carlo Castellani harus tertinggal lebih dahulu di babak pertama. Melalui skema serangan balik, Francesco Caputo sukses membuka keunggulan tuan rumah pada laga giornata ke 10 ini.

Namun Juventus tidak menyerah. Di babak kedua, mereka berhasil membalikkan kedudukan menjadi 2-1 berkat brace yang dicetak Cristiano Ronaldo.

Ronaldo sendiri merasa lega bahwa mereka bisa memenangkan laga ini. "Pertandingan ini adalah pertandingan yang rumit," buka Ronaldo kepada Sky Italia.

Ronaldo sendiri merasa timnya layak membawa tiga poin ke Turin karena menurutnya timnya tidak pernah menyerah meski tengah tertinggal.

"Kami tahu pertandingan ini akan berjalan dengan sulit, terutama karena di tengah pekan kemarin kami bermain di Liga Champions dan kami merasa sedikit kelelahan."

"Namun kami tetap menjaga fokus di pertandingan tadi. Kami meningkatkan penguasaan bola kami, membuat lebih banyak peluang setelah jeda dan pada akhirnya ini kemenangan yang layak bagi kami."

 

Gol Spektakuler

Salah satu yang menjadi sorotan pada laga tersebut adalah gol Ronaldo yang mengunci kemenangan Juventus di menit 70. Namun sang pemain mengaku tidak begitu ingat dengan gol spektakuler tersebut.

"Sejujurnya saya tidak begitu mengingat gol itu sehingga saya harus menontonnya lagi. Segala sesuatu berjalan dengan cepat, namun pada saat itu saya merasa percaya diri dan saya mencoba untuk mencetak gol dan untungnya tendangan saya itu masuk."

"Minggu ini adalah minggu yang penting bagi kami. Kami menunjukan performa yang apik saat melawan Manchester United di Old Trafford dan kami bermain dengan baik di sini meski situasinya cukup sulit bagi kami." tandasnya.

Berkat kemenangan atas Empoli ini, Juventus mengukuhkan status capolista mereka dengan raihan 28 poin.

Sumber: bola.net

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jakabaring Sport City Tutup Usai Dihantam Hujan Deras

Posted: 27 Oct 2018 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Palembang - Kawasan Jakabaring Sport City (JSC) Palembang yang di bulan Agustus 2018 menjadi lokasi Asian Games 2018 saat ini ditutup, Minggu (28/10/2018).

Sebagian besar kawasan venue yang digunakan saat even olahraga internasional tersebut porakporanda akibat diterjang angin kencang. Hujan deras disertai angin kencang terjadi pada hari Sabtu (27/10/2018) siang sekitar pukul 14.00 WIB.

Fenomena alam ini diawali suara petir yang kencang, lalu disusul hujan deras beserta tiupan angin yang kencang sekitar 15 menit.

Atap dan kaca di venue dayung, tennis, atletik, panjat tebing, dan bowling rusak parah dan lepas. Kondisi juga terjadi di Rusunawa dan gereja di komplek rumah ibadah JSC Palembang.

Venue rumah golf juga hancur, dermaga ski air ambruk, dan sejumlah figura Asian Games 2018 turut hancur.

Menurut Direktur Utama PT JSC Meina Fatriani Paloh, kerusakan parah yang terjadi pada Sabtu siang, membuat mereka harus menutup sementara waktu JSC Palembang.

"Kita sedang membersihkan dan memperbaiki fasilitas yang rusak. Untuk kenyamanan dan keamanan pengunjung, JSC Palembang sementara waktu ditutup sampai selesai diperbaiki," katanya kepada Liputan6.com.

Apalagi saat insiden rusaknya venue lokasi Asian Games 2018 ini, banyak pohon, tiang listrik yang tumbang dan listrik dipadamkan. Pembangunan venue dan fasilitas JSC yang rusak akan dilaporkan ke Kementrian Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR).

Direktur Operasional PT JSC Bambang Supriyanto mengatakan, kemungkinan ada beberapa kabel listrik yang rusak.

Mereka sengaja matikan aliran listrik di beberapa tempat di lokasi Asian Games 2018 ini, untuk antisipasi ada kabel terkelupas. Pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) sudah turun untuk mengeceknya. 

 

 

Lokasi Tes CPNS

Atap di salah satu venue JSC Palembang lepas saat diterjang angin kencang (Dok. Sus Palembang / Nefri Inge)

"Aktifitas yang sudah terjadwal seperti tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) masih tetap berlangsung, para peserta bisa masuk. Tapi untuk pengunjung umum tidak diperbolehkan dulu," ujarnya.

Diungkapkan Kepala Dinas PUPR Sumsel Basyaruddin Akhmad, kerusakan bukan tanggung jawab kontraktor, karena ini diakibatkan dari bencana alam.

"Yang rusak akan kita perbaiki, seperti atap seng yang beterbangan akan dikumpulkan. Yang penting tidak ada korban jiwa," katanya.

Yuli, warga Talang Keramat Kabupaten Banyuasin Sumsel yang sedang berada di JSC Palembang melihat langsung banyaknya venue dan fasilitas lain yang rusak akibat hujan deras.

"Saya melihat langsung banyak bangunan di venue yang roboh. Sempat ketakutan saat melihatnya, jadi saya dan keluarga memutuskan langsung keluar dari kawasan JSC Palembang," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Billy Syahputra Buka Pintu Maaf Buat Kriss Hatta

Posted: 27 Oct 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perseteruan Billy Syahputra dengan Kriss Hatta belum menemukan titik terang. Keduanya masih saja berseteru, dan bahkan telah mengambil jalur hukum untuk memenjarakan satu sama lain.

Billy Syahputra, mengaku sebenarnya tak mau memperpanjang masalah ini. Sudah sejak lama Billy Syahputra membuka pintu maaf buat Kriss Hatta yang awalnya berseteru dengan kekasihnya, Hilda Vitria dan akhirnya ikut menjeratnya.

"Gue udah sempat warning. Sebelumnya gue audah sempat warning. Kalau gue boleh cerita sedikit. Awal muasalnya gembar gembor katanya sudah menikah dan akhirnya Hilda cuma kasih warning ke dia biar dia tuh sadar diri utk seenggaknya minta maaf," ujar Billy ditemui di kawasan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

"Kalau memang kedepan mau damai, minta maaf lah ke Hilda. Karena dia yang merasa dirugikan dalam hal ini," tambahnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Diperuncing

Billy Syahputra (Foto: Instagram)

Seiring berjalannya waktu, permasalah tersebut semakin rumit. Kriss Hatta mulai menyinggung Hilda Fitria dengan mengeluarkan video-video yang dianggapnya memperuncing keadaan. Ditambah, Kriss Hatta dianggap Billy mulai membuat catatan palsu yang akhirnya mensomasi dirinya.

"Berjalannya waktu dia semakin aneh. Dia ngeluarin video dan foto dan akhirnya kita bilang kalau ini ada unsur pemalsuan. Seiring berjalannya waktu semakin lama dari pihak sana seolah mensomasi saya," ujar Billy.

 

Laporan

Billy Syahputra dan Hilda Vitria

Awalnya Hilda Vitria tidak akan mempermasalahkan secara hukum Kriss Hatta. Namun semakin hari apa yang dilakukan Kriss Hatta semakin menjadi-jadi dan malah menyudutkan Billy Syahputra dengan Hilda Vitria. Akhirnya jalur hukum ditempuh untuk membungkam Kriss Hatta. 

"Awalnya Hilda sama sekali gak melaporkan. Terus Hilda tuh kadang masih kepikiran dan kasihan kalau misalkan dia (Kriss Hatta) kenapa-kenapa. Memang ini semua dia yang mulai dan buat konsekuensinya kalau memang ini terbukti ya harus terima," kata Billy Syahputra.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: DeRozan Pimpin Spurs Sikat Lakers

Posted: 27 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Los Angeles Lakers gagal memetik kemenangan ketiga beruntun di NBA 2018-2019. Lakers takluk 106-110 ketika dijamu San Antonio Spurs pada lanjutan NBA, Minggu (28/10/2018) pagi WIB.

Shooting guard DeMar DeRozan menjadi biang keladi kekalahan Lakers. DeRozan nyaris menorehkan triple double pertama di NBA 2018-2019. Dia membuat 30 poin, 12 rebound dan delapan assists.  

Tampil di AT&T Center, Lakers sebenarnya tampil bagus. Pasukan Luke Walton ini nyaris selalu unggul sejak laga di mulai. Lakers sempat unggul sampai 14 poin di pertengahan kuarter kedua.

Sayangnya Lakers terpeleset di kuarter empat. Spurs untuk pertama kalinya unggul 93-91 dengan tersisa 10 menit lagi melalui aksi DeRozan yang mengalahkan tiga pemain Lakers untuk berebut rebound.

Spurs kemudian melesat dan sempat unggul delapan poin. LeBron langsung menjawabnya dengan empat poin beruntun dan sebuah assists kepada Josh Hart sehingga Lakers cuma tertinggal setengah bola.

 

35 Poin dan 11 Rebound

LeBron James (AP)

Akan tetapi DeRozan benar-benar tak dapat dihentikan. Eks pemain Toronto Raptors itu kembali menjauhkan Spurs lewat sebuah jumper dengan tersisa 15,9 detik lagi. Sejak itu Spurs tak lagi terkejar oleh Lakers.

Pada laga ini LeBron membuat 35 poin dan 11 rebound. Kyle Kuzma menyusul dengan 15 angka. Sedangkan di kubu Spurs, selain DeRozan, Rudy Gay dan Bryn Forbes juga tampil apik dengan sama-sama membuat 16 angka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bebalong Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda di FBIM-9

Posted: 27 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Event Festival Budaya Irau Malinau (FBIM) 2018 benar-benar menjadi pesta budaya. Khususnya bagi suku Dayak di Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara. Bahkan, budaya Bebalong ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia.

Status Warisan Budaya Tak Benda Indonesia untuk Bebelen atau Bebalong, diberikan Kemendikbud melalui surat keputusan nomor 65725/MPK.E/KB/2018, tanggal 10 Oktober 2018. Status ini diterima Lembaga Adat Tidung, Senin (15/10). Bebalong adalah produk budaya berupa syair dan tarian. Ada banyak pesan yang ingin disampaikan di sini.

"Dayak Tidung memiliki banyak potensi budaya. Kekuatannya menjadi aset luar biasa yang tak ternilai. Kami berharap ini bisa menjadi legacy, apalagi penghargaan ini diberikan melalui FBIM-9 ini. Kekayaan ini juga menjadi aset besar bagi pariwisata Malinau," ungkap Ketua Umum Lembaga Adat Tidung Edi Marwan, Kamis (25/10).

Beberapa bait syair Bebalong yang cukup terkenal diantaranya 'Sapu Tangan Jingga-Jingga'. Lalu, 'Mapit Kobulu Injakin' yang berarti 'Mampir Dahulu Sebentar'. Lirik berlanjut 'Buoey Nyo Kati Intamu' dengan makna 'Sudah Lama Tidak Berjumpa'. Penutupnya yaitu, 'Batapap Mayah Bedindang' yang mengacu 'Bertepuk Sambil Bernyanyi'.

Untuk gerakan tarian Bebalong, inspirasinya diambil dari Burung Serindit. Gerakannya gemulai. Pesan yang ingin disampaikan, optimisme untuk mengembalikan sesuatu yang hilang. Secara prinsip, tarian ini terus mengalami perkembangan gerakannya.

Syair dan tari Bebalong ini diiringi serangkaian alat musik. Ada kelantung, kuluding, terabangan, ketipung, gambus, dan kulintangan.

"Ada banyak pesan moral yang ingin disampaikan. Tujuannya, agar etnis Dayak Tidung ini selalu mengenali jati dirinya. Selalu ingat akan adat dan budayanya. Untuk gerak tarinya, melenggok sambil menepukan tangan dengan ritme tertentu," terangnya.

Selain Bebalong, Lembaga Adat Tidung juga sedang memperjuangkan kearifan lokal lain agar dapat pengakuan Warisan Budaya Tak Benda Indonesia. Ada Alai Intulud, yaitu prosesi sosial yang membantu sesama. Alai Intulud diterapkan dalam prosesi pernikahan adat dan meringankan beban musibah.

Dayak Tidung juga mengajukan budaya Timug Pensalui. Secara harfiah artinya air pendingin atau penawar. Memakai daun pandan, Timug Pensulai dilakukan dengan memercikan air ke telapak tangan dan lengan. Air ini sebelumnya diberi doa. Budaya lainnya adalah Topong Amas atau berukur dengan emas. Aktivitas Topong Amas ini biasanya dikaitnya dengan cita-cita dan harapan yang terkabul.

Warisan Budaya Tak Benda Indonesia lain yang diajukan berupa Ntukola. Atau, 'penolakan' secara halus atas sajian kuliner yang diberikan. Caranya, menyentuh bibir dengan telunjuk baru leher. Budaya ini harus dilakukan, masyarakat Dayak sangat percaya kepada kepunan atau musibah.

"Kami terus memperjuangkan beberapa budaya agar dapat Warisan Budaya Tak Benda Indonesia. Hal ini penting karena menjadi bentuk identitas kami. Apalagi, kami memiliki kekayaan budaya yang sangat besar," jelasnya lagi.

Dalam FBIM 2018, 2 rekor MURI kembali dipecahkan. Yaitu rekor Kelantung. Dayak Tidung menampilkan 2018 Kelantung dengan ukuran antara 0,4 meter hingga 1 meter. Bahan bakunya diantaranya kayu betangar, bayur, kalimpepa, hingga bita.

Rekor MURI lainnya adalah Bepupur. Atau, lebih familiar dengan sebutan Bekasai. Aktivitas ini dilakukan oleh 200 orang. Mereka membubuhi wajah dan badan dengan bedak cair dingin.

Bepupur terbuat dari ramuan beras, kencur, kunyit, dan daun pandang. Fungsi Bepupur ini adalah menahan temperatur cuara panas Borneo. Makna lain terselip, bentuk pensucian diri melalui tradisi budaya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga memberikan acungan jempol dengan beragam sajian budaya keren Suku Dayak di Malinau.

"FBIM-9 ini luar biasa. Ada banyak inpirasi yang mereka berikan. Mereka sangat kaya dengan budaya. Sudah sepantasnya kekayaan mereka ini diakui dan dilindungi. Sebab, inilah komoditi pariwisata yang menjanjikan. Ada banyak manfaat. Bukan hanya pelestarian budaya, tapi ada value berupa ekonomi," tutur Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya yang sukses membawa Kemenpar No. 1 dan terpilih sebagai #TheBestMinistryOfTourism2018 se-Asia Pasifik di Bangkok.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Semangat Ribuan Peserta Ikuti Jakarta Marathon 2018

Posted: 27 Oct 2018 09:00 PM PDT

Ribuan pelari mengikuti Jakarta Marathon 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (28/10). Ada lima nomor lari, yakni marathon (42,195 km), half marathon (21 km), 10 K, 5K, dan maratoonz (lari untuk anak-anak). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ribuan pelari mengikuti Jakarta Marathon 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (28/10). Ada lima nomor lari, yakni marathon (42,195 km), half marathon (21 km), 10 K, 5K, dan maratoonz (lari untuk anak-anak). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Peserta pemanasan sebelum mengikuti Jakarta Marathon 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (28/10). Sebanyak 12.500 pelari meramaikan Jakarta Marathon 2018, Memasuki tahun keenam, Jakarta Marathon yang di sponsori PLN. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Peserta pemanasan sebelum mengikuti Jakarta Marathon 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (28/10). Sebanyak 12.500 pelari meramaikan Jakarta Marathon 2018, Memasuki tahun keenam, Jakarta Marathon yang di sponsori PLN. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ribuan pelari mengikuti Jakarta Marathon 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (28/10). Ada lima nomor lari, yakni marathon (42,195 km), half marathon (21 km), 10 K, 5K, dan maratoonz (lari untuk anak-anak). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ribuan pelari mengikuti Jakarta Marathon 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (28/10). Ada lima nomor lari, yakni marathon (42,195 km), half marathon (21 km), 10 K, 5K, dan maratoonz (lari untuk anak-anak). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Peserta pemanasan sebelum mengikuti Jakarta Marathon 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (28/10). Sebanyak 12.500 pelari meramaikan Jakarta Marathon 2018, Memasuki tahun keenam, Jakarta Marathon yang di sponsori PLN. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Peserta pemanasan sebelum mengikuti Jakarta Marathon 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (28/10). Sebanyak 12.500 pelari meramaikan Jakarta Marathon 2018, Memasuki tahun keenam, Jakarta Marathon yang di sponsori PLN. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Peserta wanita mengikuti Jakarta Marathon 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (28/10). Sebanyak 12.500 pelari meramaikan Jakarta Marathon 2018, Memasuki tahun keenam, Jakarta Marathon yang di sponsori PLN. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Peserta wanita mengikuti Jakarta Marathon 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (28/10). Sebanyak 12.500 pelari meramaikan Jakarta Marathon 2018, Memasuki tahun keenam, Jakarta Marathon yang di sponsori PLN. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ribuan pelari mengikuti Jakarta Marathon 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (28/10). Ada lima nomor lari, yakni marathon (42,195 km), half marathon (21 km), 10 K, 5K, dan maratoonz (lari untuk anak-anak). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ribuan pelari mengikuti Jakarta Marathon 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (28/10). Ada lima nomor lari, yakni marathon (42,195 km), half marathon (21 km), 10 K, 5K, dan maratoonz (lari untuk anak-anak). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ribuan pelari mengikuti Jakarta Marathon 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (28/10). Ada lima nomor lari, yakni marathon (42,195 km), half marathon (21 km), 10 K, 5K, dan maratoonz (lari untuk anak-anak). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ribuan pelari mengikuti Jakarta Marathon 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (28/10). Ada lima nomor lari, yakni marathon (42,195 km), half marathon (21 km), 10 K, 5K, dan maratoonz (lari untuk anak-anak). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ribuan pelari mengikuti Jakarta Marathon 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (28/10). Sebanyak 12.500 pelari meramaikan Jakarta Marathon 2018, Memasuki tahun keenam, Jakarta Marathon yang di sponsori oleh PLN. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ribuan pelari mengikuti Jakarta Marathon 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (28/10). Sebanyak 12.500 pelari meramaikan Jakarta Marathon 2018, Memasuki tahun keenam, Jakarta Marathon yang di sponsori oleh PLN. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ribuan pelari mengikuti Jakarta Marathon 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (28/10). Ada lima nomor lari, yakni marathon (42,195 km), half marathon (21 km), 10 K, 5K, dan maratoonz (lari untuk anak-anak). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ribuan pelari mengikuti Jakarta Marathon 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (28/10). Ada lima nomor lari, yakni marathon (42,195 km), half marathon (21 km), 10 K, 5K, dan maratoonz (lari untuk anak-anak). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: 10 Ulasan Kocak Pembeli Saat Belanja Online

Posted: 27 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Berbelanja online menjadi hal yang banyak dilakukan orang dari berbagai kalangan saat ini. Tak hanya menghemat waktu dan tenaga, berbelanja secara online juga dianggap lebih praktis dan mudah.

Usai berbelanja, biasanya pembeli bisa memberikan ulasan sebagai testimoni. Namun nyatanya alih-alih memberikan testimoni yang bagus, justru banyak pembeli yang memberikan testimoni kocak dan absurd.

Artikel tentang ulasan kocak pembeli saat penilaian ke penjual menjadi artikel yang paling populer di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel tentang chat orang yang gagal PDKT, sementara artikel tentang 5 makanan yang aman dikonsumsi malam hari menempati ketiga populer.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 10 Komentar Kocak Pembeli Saat Beri Penilaian ke Penjual, Siap-Siap

(Foto: newdrama.olshop/Instagram)

Sudah menjadi hal lumrah jika memberikan ulasan pada penjual setelah membeli barang secara online. Biasanya penilaian tersebut meliputi rating bintang serta komentar. Hal itu sengaja dilakukan untuk memberi tahu penjual supaya meningkatkan pelayanan mereka atau hanya sebagai testimoni.

Semakin tinggi bintang yang didapat, menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan dari penjual semakin bagus, terpercaya dan memuaskan. Namun, karena setiap orang itu unik, terkadang ada saja pembeli yang iseng memberikan ulasan kocak dan absurd.

Selengkapnya...

2. Ngakak, 6 Chat Lagi PDKT tapi Gagal Total

Doc: Brilio.net

PDKT menjadi salah satu tahapan yang penting sebelum pacaran. Obrolan lewat chat bisa jadi salah satu cara jitu nih untuk melancarkan proses pendekatan sama si doi.Sayangnya, tidak selamanya momen PDKT bisa berjalan lancar. Terlebih bila yang didekati menolak dengan segala cara. Seperti chat-chat lucu berikut ini yang dikutip dari berbagai sumber.

Selengkapnya...

3. Jangan Takut Gendut, 5 Makanan Ini Aman Dikonsumsi di Malam Hari

Penyebab Makan Berlebihan pada Malam Hari (Evgeny Atamanenko/123rf)

Sebagian besar dari kita percaya bahwa makan di malam hari tak baik bagi kesehatan dan bisa membuat tubuh menjadi gemuk. Namun ada kalanya kita mengalami rasa lapar di malam hari. Terlebih lagi, ketika perut lapar kita akan sulit tidur dengan nyenyak.

Oleh karena itu banyak yang terpaksa makan di malam hari. Padahal sebenarnya makan di malam hari sangat tak dianjurkan karena bisa menimbulkan masalah kesehatan. Tapi semua tergantung dari jenis makanan yang kalian pilih.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

48 Pegawai Google Dipecat Gara-Gara Kasus Pelecehan Seksual

Posted: 27 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, New York - Direktur Utama Google, Sundar Pichai, mengatakan bahwa perusahaan raksasa teknologi itu sudah memecat 48 karyawan dalam dua tahun terakhir. Pegawai-pegawai itu dicopot dari jabatannya lantaran terkait dengan kasus pelanggaran seksual.

Mereka yang dipecat juga termasuk 13 eksekutif senior.

"Dalam beberapa tahun terakhir, kami telah membuat sejumlah perubahan, termasuk mengambil tindakan tegas yang semakin keras pada perilaku yang tidak pantas oleh orang-orang dalam posisi otoritas," kata Pichai dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir dari DW, Minggu 28 Oktober 2018.

Sebelumnya, harian New York Times melaporkan bahhwa pencipta Android, Andy Rubin, telah menerima paket pesangon senilai US$ 90 juta ketika meninggalkan perusahaan tersebut, setelah seorang karyawan Google menuduhnya melakukan pelanggaran seksual.

Namun Pichai menegaskan, tidak satu pun dari 48 karyawan yang dipecat, menerima "bonus".

"Kami sangat serius untuk menyediakan tempat kerja yang aman dan inklusif. Kami ingin meyakinkan Anda bahwa kami meninjau setiap keluhan tentang pelecehan seksual atau perilaku tidak pantas, kami menyelidiki dan mengambil tindakan," tandasnya.

Pelanggaran seksual di Silicon Valley dan dunia teknologi --termasuk Google-- telah menjadi masalah besar selama bertahun-tahun.

Sekitar 90% perempuan di industri ini mengaku, mereka menyaksikan perilaku seksis di lingkungan kerja maupun pada konferensi perusahaan, demikian menurut temuan sebuah proyek survei yang disebut "Elephant in the Valley".

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Kode Etik dan Transparansi

lustrasi Pelecehan Seksual (iStockphoto)

Selain itu, survei tersebut juga menemukan bahwa 65% persen perempuan melaporkan telah menerima "keuntungan yang tidak diminta" dari atasannya karena alasan seksual. Hasil survei menyebutkan, setengah dari mereka menerima keuntungan lebih dari satu kali.

Sekalipun beberapa perusahaan teknologi, termasuk Google, menyatakan mereka telah melakukan yang terbaik untuk menghukum pelecehan seksual di tempat kerja, namun perempuan di industri teknologi merasa kebijakan itu belum cukup.

Sebuah kelompok advokasi "Project Include" yang dipimpin oleh mantan direktur utama Reddit, Ellen Pao, telah menyoroti beberapa cara untuk mempercepat kesetaraan gender dan mengungkap pelanggaran seksual dalam industri teknologi.

Antara lain dengan membuat kode etik dan membangun transparansi dalam budaya perusahaan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ngeri, Ada Mainan Nyangkut dalam Hidung

Posted: 27 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Momen saat sebuah mainan diambil dari hidung seorang bocah di Malaysia viral. Mainan ini masuk tak sengaja dan mengancam keselamatan sang bocah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Mengatasi Keputihan Berlebihan Secara Alami, Mudah Diterapkan di Rumah

Posted: 27 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Keputihan memang hal lumrah yang dirasakan oleh semua kaum hawa. Namun jika keputihan terus-menerus dan menyebabkan miss V gatal-gatal dan bau memang sangat mengganggu kenyamanan. Hal ini dapat menyebabkan rasa percaya diri semakin berkurang karena terus merasa nggak nyaman dan takut orang bisa mencium baunya.

Nah jika ternyata keputihan kamu berbau, bisa jadi itu tanda bahwa keputihan tidak normal. Tentu saja kamu harus segera berkonsultasi dengan dokter terkait hal ini. Berikut tanda-tanda keputihan tidak normal:

Tanda keputihan tidak normal

1. BerbauUmumnya, keputihan yang normal tidaklah bau. Ketika keputihanmu berbau bahkan menyengat dan hampir dikatakan seperti bau busuk, maka bisa jadi ada kuman yang bersarang dan berkembang biak di miss V.

2. BerwarnaKetika normal, warna keputihan adalah bening dan transparan. Jika berwarna putih susu masih tidak apa-apa. Namun jika sudah hijau pekat, kuning, atau bahkan disertai dengan darah, ini masuk dalam kategori keputihan yang tidak normal.

3. Menimbulkan gatalArea miss V kamu gatal dan ketika mengalami keputihan? Ini juga merupakan salah satu ciri miss V dalam masalah.

4. Nyeri ketika kencingNyeri ketika kencing merupakan tanda bahaya ketika kamu sedang mengalami keputihan. Ini tanda bahwa kuman sudah sampai di kandung kemihmu.

Jika hal-hal tersebut terjadi, jangan anggap remeh keputihan yang kamu alami. Segera tindak lanjuti dengan berkonsultasi pada dokter. Namun acap kali, wanita Indonesia masih malu jika harus pergi ke dokter kelamin. Lagi, kamu harus segera menemukan solusinya agar keputihan tak normal ini segera teratasi.

Nah, kamu bingung bagaimana harus mengatasinya? Ada cara mudah dan murah sebagai pertolongan pertama mengatasi keputihan yang tidak normal yakni dengan cara menghilangkan keputihan secara alami. Nyatanya, alam telah menyediakan tanaman yang berguna sebagai cara menghilangkan keputihan secara alami. Berikut cara mengatasi keputihan secara alami yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (28/10/2018).

Cara mengatasi keputihan: 1. Bawang putih

Bawang putih sudah merupakan resep herbal turun temurun dikarenakan zat-zat yang mengandung sifat antibakteri dan antijamur. Mengonsumsi bawang putih secara rutin bahkan dapat menghambat bakteri masuk pada area kewanitaanmu. Kamu bisa mengonsumsi bawang putih dengan cara apapun asalkan rutin dan teratur. Begitulah cara menghilangkan keputihan dengan bawang putih.

2. Kunyit

Kandungan zat anti-bakteri pada kunyit dapat membantu menghilangkan keputihan membandel pada miss V. Kamu hanya perlu meminum air perasan kunyit yang telah diparut setiap hari.Cara mengatasi keputihan dengan kunyit:

Kuliti dan bersihkan 2 buah kunyit

Parut kunyit

Peras sarinya dengan menambahkan air

Tambahkan 1 sdm madu

Minum 2 kali dalam sehari. Rutin minum perasan kunyit setiap hari agar keputihan segera teratasi.

3. Daun Sirih

Cara mengatasi keputihan dengan daun sirih juga sudah terkenal. Buktinya adalah dengan banyaknya produk pembersih miss V yang menggunakan ekstrak sirih. Zat dalam daun sirih juga bersifat sebagai antibakteri dan antijamur. Cara mengatasi keputihan dengan hanya perlu merebus beberapa lembar daun sirih dengan 2 gelas air. Tunggu hingga air hanya tinggal setelah. Minum air rebusan daun sirih setiap hari.

4. Daun Sambiloto

Daun sambiloto juga dapat menjadi cara menghilangkan keputihan secara alami. Caranya sama dengan mengonsumsi daun sirih. Yaitu dengan merebus daun sambiloto dengan air lalu meminumnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Theo Walcott Enggan Remehkan MU

Posted: 27 Oct 2018 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Penyerang Everton, Theo Walcott meminta rekan-rekannya untuk tidak menganggap enteng Manchester United (MU). Walcott menilai Setan Merah tetaplah lawan yang berbahaya kendati tengah terpuruk.

Pada pertandingan pekan ke 10 Liga Inggris ini, Everton akan melakoni laga tandang. Mereka akan mengunjungi Old Trafford untuk menghadapi sang tuan rumah, MU.

MU sendiri bisa dikatakan tidak berada dalam situasi yang prima jelang laga ini. Mereka hanya memenangkan satu dari lima laga terakhir mereka, di mana pada tengah pekan kemarin mereka tumbang di tangan Juventus dengan skor 1-0.

Meski sang lawan tengah terpuruk, Walcott menilai setan merah tetaplah menjadi lawan yang berbahaya. "Saya tidak berpikir pertandingan ini adalah waktu yang tepat untuk menghadapi Manchester United," buka Walcott kepada ESPN.

 

Bukan Lawan Sembarangan

Walcott menilai setan merah memiliki segudang pemain berkualitas di skuat mereka dan itu bisa menjadi pembeda pada laga nanti malam.

"Saya rasa sudah cukup jelas bahwa United tengah kesulitan saat ini. Namun jika anda melihat pemain-pemain yang mereka miliki, maka saya bisa bilang ini bukanlah pertandingan yang mudah."

"Namun saat ini kami berada dalam situasi yang bagus. Performa kami tengah baik dan kami menikmati permainan kami."

Walcott juga menyebut timnya tidak perlu terlalu mengambil pusing performa setan merah, karena menurutnya lebih baik mereka fokus pada diri mereka sendiri.

"Kami harus fokus kepada diri kami sendiri, bukan fokus ke mereka. Kami harus mengeksekusi taktik yang dilatih manajer di sesi latihan kami, dan jika kami berhasil melakukannya dan jika kami menampilkan performa terbaik kami, kami tahu kami punya peluang untuk menang."

"Kami tahu betul kekuatan kami dan kami tahu betul cara untuk membuat pendukung lawan kami terdiam dan itulah yang terpenting nanti." tandasnya.

United sendiri saat ini berada di peringkat 10 dengan raihan 14 poin. Jika mereka bisa menang melawan Everton, maka mereka bisa menggusur posisi The Toffees di peringkat 8 klasemen sementara EPL.

Sumber: bola.net

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Burnley Vs Chelsea: Misi The Blues Raih 3 Poin

Posted: 27 Oct 2018 08:45 PM PDT

Jakarta Chelseaakan bertandang ke Turf Moor, markas Burnley, pada laga lanjutan pekan ke-10 Premier League 2018-2019, Minggu (28/10/2018) malam WIB. The Blues bidik tiga poin di laga ini. 

Chelsea saat ini bertengger di peringkat ketiga dengan raihan 21 poin. Klub asal London Barat tertinggal lima angka dari Liverpool yang berada di puncak klasemen.

Menyambangi Turn Moor, Chelsea bermodalkan kepercayaan diri karena belum terkalahkan musim ini. Situasi inilah yang membuat mereka berniat membawa pulang poin penuh. Namun, manajer Maurizio Sarri menyebut laga nanti tak akan berlangsung mudah mengingat Burnley dikenal selalu tampil digdaya ketika bermain di kandang.

"Saya rasa pertandingan melawan Burnley akan sangat sulit karena musim lalu melihatnya pada laga kandang mereka. Jadi, saya tahu betul ini akan menjadi laga yang sulit, terutama bermain di sana," kata Sarri dalam konferensi pers jelang laga.

Sementara itu, Burnley belum mampu menemukan performa konsistennya musim ini. Klub berjuluk The Clarets itu tercecer di peringkat ke-14 klasemen dengan raihan delapan poin hasil dua kemenangan, dua kali imbang, dan lima kali kalah.

Manajer Sean Dyche berharap timnya bisa bangkit dan meraih konsistensi musim ini. Hal itu pun akan dilakukan ketika menjamu Chelsea.

"Tantangan yang sedang berlangsung adalah seberapa dekat kami bisa menjangkau tim-tim papan atas. Ini bukan penyataan yang negatif, akan tetapi kami telah banyak menelan kekalahan dan kami harus menyikapinya dengan bijak," ujar Sean Dyche.

Pertandingan nanti akan menjadi pertemuan ke-74 untuk kedua tim sepanjang sejarah. Burnley ternyata masih tampil dominan dengan 34 kemenangan, sedangkan Chelsea meraih 24 kemenangan, dan 15 laga berakhir imbang.

Data - Fakta

Prakiraan susunan pemain

Burnley (4-4-2): Joe Hart, Matthew Lowton, James Tarkowski, Ben Mee, Charlie Taylor, Johann Berg Gudmundsson, Steven Defour, Jack Cork, Ashley Barnes, Jeff Hendrick, Sam Vokes

Manajer: Sean Dyche (Inggris)

Chelsea (4-3-3): Kepa Arrizabalaga, Marcos Alonso, David Luiz, Antonio Rudiger, Cesar Azpilicueta, Mateo Kovacic, Jorginho, N'Golo Kante, Eden Hazard, Willian, Alvaro Morata.

Manajer: Maurizio Sarri (Italia)

Head to head

  • 20/4/2018 - Burnley 1-2 Chelsea (Premier League)
  • 12/8/2017 - Chelsea 2-3 Burnley (Premier League)
  • 12/2/2017 - Burnley 1-1 Chelsea (Premier League)
  • 27/8/2016 - Chelsea 3-0 Burnley (Premier League)
  • 21/2/2015 - Chelsea 1-1 Burnley (Premier League)

Lima pertandingan terakhir Burnley

  • 20/10/2018 - Manchester City 5-0 Burnley (Premier League)
  • 6/10/2018 - Burnley 1-1 Huddersflield Town (Premier League)
  • 30/9/2018 - Cardiff City 1-2 Burnley (Premier League)
  • 26/9/2018 - Burton Albion 2-1 Burnley (Piala Liga Inggris)
  • 22/9/2018 - Burnley 4-0 AFC Bournemouth (Premier League)

Lima pertandingan terakhir Chelsea

  • 26/10/2018 - Chelsea 3-1 Batte Borisov (Liga Europa)
  • 20/10/2018 - Chelsea 2-2 Manchester United (Premier League)
  • 7/10/2018 - Southampton 0-3 Chelsea (Premier League)
  • 5/10/2018 - Chelsea 1-0 Vidi (Liga Europa)
  • 29/9/2018 - Chelsea 1-1 Liverpool (Premier League)

Prediksi Bola.com

Burnley 45-55 Chelsea

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Menpora Imam Nahrawi Peringati 90 Tahun Sumpah Pemuda

Posted: 27 Oct 2018 08:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda Olahraga Imam Nahrawi menyerukan kepada tiap putra dan putri bangsa Indonesia untuk terus menjaga bara Sumpah Pemuda yang terikrar pada 90 tahun silam.

"Sejak tahun 1928 pemuda Indonesia telah mendobrak sekat-sekat primordial suku, ras, kultur, dengan semangat Sumpah Pemuda mari kita bangun kesadaran kebangsaan Indonesia, sekaligus komitmen menjaga persatuan kesatuan negeri," tulis Imam dalam akun twitternya, Minggu (28/10/2018).

Dia mengatakan, semangat kebersamaan dan persatuan menjadi modal terbesar. Setiap tantangan zaman dilalui dan harus siap menghadapi yang akan datang.

 

Dia mengatakan, era perjuangan pemuda-pemudi bangsa saat ini telah berganti. Namun satu yang masih senada, yakni bagaimana mempertahankan dan menjaga persatuan agar tak tercerai berai dan terkotak-kotak.

"Memang ini eranya sudah berubah, pemuda-pemuda Indonesia 90 tahun dapat menerobos, mereka berkumpul di Jakarta untuk mengumandangkan Sumpah Pemuda, dari Papua datang Sumatera datang, Aceh datang, mereka berkumpul tanpa sosial media, penuh keikhlasan dan sekarang kita merasakan itu," ucap Imam dalam kesempatan terpisah saat ditemui di Surabaya, Sabtu malam 27 Oktober 2018.

Imam menilai, saat ini badai pemecah belah sangat kencang berembus. Perbedaan politik menghubungkan cara pandang berseberangan yang bila tak disikapi dengan kedewasaan, menjadi ancaman bagi persatuan dan kesatuan.

"Banyak badai, badainya dengan isu bermacam, tujuannya hanya politk, bukan kesejahteaan, bukan ekonomi, bukan sosial, hanya politik. Padahal pondasi negeri ini dibangun karena sosial, agama, keberbedaan dan keagungan Tuhan yang menganugerahi bumi Indonesia ini," kata dia.

Pemuda Harus Optimistis

Imam berharap, ke depan bangsa Indonesia bisa lebih optimistis, pemuda dan pemudi bisa semakin semangat dan tidak hanya mencibir. Tetapi, juga membuahkan ide membangun positif.

"Artinya kalau kita mau, kita bisa, asal mau tidak cengeng tidak mudah ngeluh tidak pesimis, pemuda Indonesia harus optimis, dan itu ada di hati kalian," tandas Menpora Imam.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Negara di Asia Pasifik dengan Layanan Kereta Api Terbaik, RI Masuk

Posted: 27 Oct 2018 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - World Economic Forum mengeluarkan data mengenai negara-negara di Asia Pasifik yang memberikan layanan kereta api paling baik. Layanan kereta api di Indonesia masuk dalam daftar lima besar.

Mengutip seasia.co, Minggu (28/10/2018), peringkat layanan kereta api terbaik dilihat dari sisi efisiensi. Dalam pemeringkatan tersebut memasukkan beberapa indikator seperti frekuensi keberangkatan, ketepatan waktu, kecepatan dan juga harga.

Dari indikator tersebut kemudian dibuat skor antara 1 sampai dengan 7. Untuk skor 1 merupakan nilai terburuk dengan layanan yang sangat tidak efisien. Sedangkan untuk skor 7 merupakan nilai tertinggi dengan layanan sangat efisien.

Dalam daftar tersebut, Layanan kereta api yang paling efisien diraih oleh Jepang dengan skor 6,6. Posisi kedua diduduki oleh Korea Selatan dengan skor 5,9.

Untuk posisi ketiga adalah Malaysia dengan skor 5,2. Posisi selanjutnya atau keempat adalah Indonesia dengan Skor 4,7 persen. Di bawah Indonesia adalah China dengan Skor 4,5.

Setelah itu secara berurutan Australia, New Zealand, Vietnam, Mongolia dan Thailand.

1,2 Juta Orang Bakal Naik KRL di 2019

Kereta berhenti di Stasiun Cakung, Jakarta, Selasa (9/10). Modernisasi Stasiun Cakung guna mendukung modernisasi Double-Double Track (DDT) Manggarai-Cikarang demi meningkatkan kapasitas dan pelayanan penumpang. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Akhir tahun 2018 ini, pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan berencana untuk mengoperasikan enam stasiun yang telah dimodernisasi serta satu dipo baru, yaitu Dipo Cipinang.

Adapun enam stasiun modernisasi tersebut terdiri atas lima stasiun modernisasi, yaitu Stasiun Klender, Stasiun Buaran, Stasiun Klender Baru, Stasiun Cakung dan Stasiun Kranji pada lintas Manggarai – Bekasi dan satu stasiun di lintas Tanahabang – Rangkasbitung, yaitu Stasiun Citeras.

Selain pengoperasian stasiun dan dipo, pada lintas Tanah Abang – Rangkasbitung juga akan dioperasikan double track dan elektrifikasi di segmen Maja–Rangkasbitung. Sedangkan pada lintas Manggarai-Bekasi direncanakan juga beroperasi double-double track segmen Jatinegara – Kranji.

"Pengoperasian berbagai prasarana kereta api di area Jabotabek dan Banten ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas lintas perjalanan KA pada lintas tersebut di atas," kata Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri dalam keterangannya, Selasa (23/10/2018).

Khusus pada pembangunan double-double track lintas Manggarai-Bekasi yang rencananya akan diperpanjang hingga Cikarang, bertujuan untuk antara lain: memisahkan jalur ganda kereta jarak jauh dan kereta api commuter; menghindari susulan perjalanan kereta api jarak jauh dan KRL, dan peningkatan pelayanan melalui penambahan kapasitas jalur.

Dengan begitu, frekuensi kereta api jarak jauh dan KA Komuter bertambah, terutama dalam rangka peningkatan jumlah penumpang untuk target 1,2 juta penumpang per hari pada tahun 2019; meningkatkan kapasitas lintas kereta api Jabodetabek; memperlancar angkutan kereta api melalui pemisahan jalur operasi jalur utama jawa (main line) dan jalur commuter (KRL) dan peningkatan keselamatan.

"Selain itu, Pemerintah juga berencana untuk mengembangkan Stasiun Manggarai. Pembangunan Stasiun Manggarai akan dibangun menjadi dua tingkat untuk memisahkan jalur kereta api, yaitu antara kereta api jarak jauh, kereta api commuter jabodetabek dan kereta api commuter bandara," tambah Zulfikri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Ganjar Pranowo Nonton Megadeth di Jogjarockarta 2018

Posted: 27 Oct 2018 08:40 PM PDT

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tiba untuk menonton Jogjarockarta 2018 di Stadion Kridosono Yogyakarta (27/10). Diketahui, Ganjar diundang band asal Los Angeles Megadeth melalui akun media sosialnya. (Fimela.com/Bambang E.Ros)

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tiba untuk menonton Jogjarockarta 2018 di Stadion Kridosono Yogyakarta (27/10). Diketahui, Ganjar diundang band asal Los Angeles Megadeth melalui akun media sosialnya. (Fimela.com/Bambang E.Ros)

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tiba untuk menonton Jogjarockarta 2018 di Stadion Kridosono Yogyakarta (27/10). Ganjar tampil seperti anak metal lainnya dengan pakaian hitam dan celana jeans. (Fimela.com/Bambang E.Ros)

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tiba untuk menonton Jogjarockarta 2018 di Stadion Kridosono Yogyakarta (27/10). Ganjar tampil seperti anak metal lainnya dengan pakaian hitam dan celana jeans. (Fimela.com/Bambang E.Ros)

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tiba untuk menonton Jogjarockarta 2018 di Stadion Kridosono Yogyakarta (27/10). Kehadiran Ganjar menarik perhatian penonton yang langsung mengerubutinya untuk bersalaman maupun berfoto. (Fimela.com/Bambang E.Ros)

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tiba untuk menonton Jogjarockarta 2018 di Stadion Kridosono Yogyakarta (27/10). Kehadiran Ganjar menarik perhatian penonton yang langsung mengerubutinya untuk bersalaman maupun berfoto. (Fimela.com/Bambang E.Ros)

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tiba untuk menonton Jogjarockarta 2018 di Stadion Kridosono Yogyakarta (27/10). Ganjar datang untuk menyaksikan Band thrash metal asal AS Megadeth dan sejumlah musisi tanah air. (Fimela.com/Bambang E.Ros)

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo tiba untuk menonton Jogjarockarta 2018 di Stadion Kridosono Yogyakarta (27/10). Ganjar datang untuk menyaksikan Band thrash metal asal AS Megadeth dan sejumlah musisi tanah air. (Fimela.com/Bambang E.Ros)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Valverde: Real Madrid yang Terpuruk Justru Lebih Berbahaya

Posted: 27 Oct 2018 08:39 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde sangat mewaspadai kekuatan Real Madrid jelang pertemuan kedua tim tersebut, Minggu (28/10) malam WIB nanti. Dia percaya Los Blancos saat ini justru lebih berbahaya dari sebelumnya.

Pertemuan kedua tim ini selalu berjalan menarik. Di laga yang bertajuk El Clasico tersebut, Barca dan Real Madrid terus saling mengalahkan. Bahkan beberapa kali El Clasico juga menentukan juara La Liga di musim terkait.

Kini, Real Madrid memasuki El Clasico dalam kondisi tertinggal empat poin dari Barcelona yang berada di puncak klasemen sementara. Madrid bahkan hanya mampu meraup satu poin dari empat laga terakhir La Liga musim ini.

Meski demikian, kondisi Madrid yang tengah kesulitan itu tak membuat Valverde lengah. Dia yakin Madrid justru berbahaya.

"Semakin terluka, Real Madrid semakin berbahaya," tegas Valverde dikutip dari Sky Sports.

Sudah begitu banyak bukti yang mengatakan bahwa El Clasico bukan hanya soal perfroma tim menjelang laga masif tersebut. Lebih dari itu, El Clasico adalah soal mentalitas. Oleh sebab itu laga ini memang sulit diprediksi.

"Mereka memiliki kualitas untuk kembali [ke performa terbaik] dan mereka adalah tim hebat. Saya menantikan Real Madrid dalam bentuk terbaiknya."

 

Tanpa Messi

Pertemuan kali ini juga lebih untuk lantaran inilah El Clasico pertama dalam 11 tahun terakhir yang tak melibatkan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Messi cedera, Ronaldo hengkang ke Juventus.

"Ada saat di awal musim ini ketika Madrid tampil brilian dalam hal penguasaan bola dan dalam hal tekanan yang mereka berikan pada tim lawan."

"Sekarang mereka sedang dalam laju buruk, tetapi mereka juga memiliki kemampuan cukup untuk mengatasi masalah ini, seperti yang kami lakukan dengan absenna Messi," sambung Valverde.

"Cristiano dahulu merupakan pemain penting, tetapi kita semua harus melihat ke depan, itulah yang kami lakuan dan saya menduga itu yang diperbuat Madrid."

Sumber: bola.net

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua MPR Ajak Anggota IMBI Jadi Pelopor Persatuan

Posted: 27 Oct 2018 08:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dianugerahi gelar Anggota Kehormatan Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI). Pemberian gelar Anggota Kehormatan ini disampaikan Ketua IMBI Yogyakarta Onny Febriananto, mewakili Ketua Umum IMBI Irjen Pol Muhammad Iriawan.

Gelar anggota kehormatan kepada politisi asal Lampung itu, disampaikan di tengah pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IMBI, Yogya Sumpah Pemuda Bikers X tahun 2018, dan Prosesi ruwatan bikers di Hotel The Rich Yogyakarta, Sabtu (27/10). Pemberian gelar kepada Ketua MPR disaksikan seluruh Anggota Ikatan Motor Besar Indonesia dari seluruh Indonesia yang hadir dalam acara Rakernas IMBI tersebut.

Dalam sambutannya, Zulkifli Hasan antara lain menyampaikan terimakasih atas pemberian gelar anggota kehormatan IMBI yang diterimanya. Ia mengajak para bikers untuk menjadi pelopor persatuan. Terlebih ditengah suasana panas jelang pemilu 2019.

Selain itu Zulkifli juga menyampaikan dukungan kepada keluarga besar IMBI, yang senantiasa melaksanakan kegiatan sosial. Dan membantu yang lemah, meluruskan yang mungkin salah serta memperkuat persatuan.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sumpah Pemuda Momen Tepat Mengenal Lagu Indonesia Raya Tiga Stanza

Posted: 27 Oct 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Peringatan Hari Sumpah Pemuda tidak bisa dilepaskan dari sejarah lagu "Indonesia Raya". Lagu kebangsaan tersebut diperdengarkan saat Kongres Pemuda II untuk pertama kalinya.

Saat ini, kebanyakan orang hanya mengenal lagu Indonesia Raya hanya satu stanza saja. Namun, penting bagi kita untuk juga mengenal dua stanza lainnya.

Mengutip rilis dalam laman kemdikbud.go.id pada Minggu (28/10/2018), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy mengatakan, syair pada stanza kedua dan ketiga selain penting untuk diketahui, juga harus dipahami dan dihayati.

"Dengan memahami, menghayati apa yang ada dalam lagu 'Indonesia Raya' ini, saya yakin rakyat Indonesia akan semakin cinta tanah air," kata Muhadjir di kantor Kemendikbud di Jakarta, pada Rabu (23/10/2018).

Selama ini, lagu kebangsaan seringkali dinyanyikan dan dibawakan tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku. Banyak orang menyanyikan syairnya, dengan sikap badan dan memimpin lagu "Indonesia Raya" dengan cara yang tidak tepat.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

Konser Akbar Merayakan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya Tiga Stanza

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy saat media visit di SCTV Tower, Jakarta, Senin (14/5). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kemendikbud sendiri melaksanakan kegiatan Konser Akbar Merayakan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya Tiga Stanza di Lapangan Banteng, Jakarta pada Minggu malam nanti pukul 20.15. Kegiatan tersebut merupakan salah satu acara memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-90.

Acara ini dimaksudkan Kemendikbud untuk memperkenalkan lagu kebangsaan Indonesia Raya tiga stanza kepada masyarakat, terutama generasi muda.

"Agar seluruh bangsa tahu, mari kita biasakan menyanyikan lagu Indonesia Raya Tiga Stanza ini," tutur Mendikbud.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan, pasal 59 ayat (2) menyebutkan bahwa lagu kebangsaan dapat diperdengarkan dan/atau dinyanyikan dalam rangkaian program pendidikan dan pengajaran.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Cavaliers Telan Kekalahan Keenam Beruntun

Posted: 27 Oct 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cleveland Cavaliers belum bisa move on usai ditinggal LeBron James. Cavaliers masih belum bisa menang di NBA 2018-2019. Pada Minggu (28/10/2018) pagi WIB, Cavaliers kalah 107- 119 atas tamunya Indiana Pacers.

Kekalahan ini membuat Cavaliers selalu kalah dalam enam laga di awal musim NBA 2018-2019. Ini menjadi start terburuk Cavaliers di NBA sejak kalah tujuh kali beruntun pada tahun 1995-96. 

Bertanding di Quicken Loans Arena, Cavaliers tak diperkuat Kevin Love karena cedera. Cavaliers sebenarnya bisa mengimbangi Pacers di kuarter pertama. Skor sama kuat 30-30 menutup kuarter pertama.

Di kuarter dua, Pacers mulai meninggalkan Cavaliers. Aksi-aksi Victor Oladipo membuat Pacers berhasil unggul lima poin saat jeda babak pertama.

Pacers sejak saat itu tidak pernah tertinggal. Bahkan Pacers sempat memimpin hingga 15 poin. Cavaliers mampu memangkas jarak menjadi enam poin saja.

Bogdanovic

Monentum kebangkitan Cavaliers ini berhasil diredam oleh Pacers. Mereka melesakkan bola empat kali beruntun melalui Darren Collison, Oladipo serta Domantas Sabonis.

Bojan Bogdanovic menjadi pengumpul angka terbanyak untuk Pacers dengan 25 poin, disusul Oladipo dengan 24 angka. Di kubu Cavaliers, Rodney Hood yang menorehkan angka terbanyak dengan 17 poin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wow, Godbless Ciptakan Euphoria di Jogjarockarta 2018

Posted: 27 Oct 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - Godbless selalu menjadi primadona musik rock Indonesia. Dengan para personel yang sudah tak muda lagi, band yang telah berusia 45 tahun ini terus dinantikan penampilannya.

Termasuk di panggung Jogjarockarta 2018 , Godbless juga masih jadi yang paling ditunggu. Tampil sebelum headliner utama, Megadeth, Godbless mampu menciptakan euforia tersendiri di pagelaran rock yang dipromotori Rajawali Indonesia Communication dengan sponsor utama Bank Jateng ini.

Ahmad Albar (vokal), Ian Antono (gitar), Abadi Soesman (kibor), Donny Fattah (bass), dan Fajar Satritama (drum) masih begitu energik di atas panggung. Dengan kualitas penampilan yang prima, tak salah jika sekitar 15 ribu penonton pun sangat terhibur, bahkan bernostalgia.

Bagaimana tidak, total delapan lagu yang mereka mainkan adalah lagu-lagu "signatured" yang sudah pasti melekat di kepala penonton. Godbless pun sempat memberikan suguhan spesial di awal penampilan mereka di panggung Jogjarockarta 2018 .

Lewat aksi gitar Ian Antono, Godbless mengajak penonton menyanyikan lagu nasional "Padamu Negeri", mengingatkan kita agar selalu mencintai negeri ini.

Setelah itu, lagu "Musisi" pun mereka geber. Lagu yang kerap dijadikan "lagu wajib" di kompetisi-kompetisi band di era 1990-an ini, langsung membakar adrenalin massa yang hadir.

Apalagi, tanpa jeda, band yang telah melahirkan tujuh album ini langsung menyambungnya dengan "Kehidupan". Terciptalah karaoke massal. "Apa itu...susu anakku...," penonton Jogjarockarta 2018 bernyanyi bersama.

Setelah itu, "Menjilat Matahari" digeber. Tak pelak lagu yang dimbil dari album Raksasa (1989) ini kembali memaksa massa untuk bernyanyi bersama. Emosi penonton yang sudah berumur seperti dibangkitkan mengingat kembali masa remaja mereka lewat lagu karangan mendiang Jockie Suryoprayogo ini.

Ahmad Albar, vokalis Godbless saat beraksi di Jogjarockarta di Stadion Kridosono, Yogyakarta, Sabtu (27/10). (Fimela/Bambang Eros)

Sedikit Santai

Setelah itu, baru, Iyek, panggilan Ahmad Albar mengajak penonton untuk sedikit santai. "Rumah Kita" pun dimainkan, berturut-turut dilanjutkan dengan "Syair Kehidupan" dan "Panggung Sandiwara" lewat gitaran akustik Ian Antono dan dentingan kibor Abadi Soesman.

Namun, seketika setelah Ian mengganti gitar akustik dengan gitar elektriknya yang berwarna hitam, Iyek kembali mengajak penonton berjingkrak-jingkrak lewat lagu "Bis Kota".

Donny Fattah, jadi personel yang paling atraktif malam itu. Dengan bassnya, dia bergoyang, berjingkrak-jingkrak sana-sini, sambil sesekali menjadi back up vokal untuk Ahmad Albar. Bukan main....

Hingga akhirnya Godbless, yang berencana merilis album baru tahun depan, memungkas show mereka dengan lagu "Semut Hitam". Ini lagu diambil dari album dengan judul sama, yang dirilis tahun 1988.

 

Album Tersukses

Album ini pula yang membuat nama Godbless semakin berkibar, setelah sebelum merilis album self titled atau Huma di Atas Bukit (1975) dan Cermin (1981). Semut Hitam disebut-sebut sebagai album tersukses Godbless, terutama dari sisi pemasaran.

Bagi Godbless sendiri ini adalah kedua kalinya berturut-turut mereka tampil di Jogjarockarta, setelah tahun lalu. "Semoga Jogjarockarta terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Sebab, acara ini punya pengaruh dalam perkembangan musik rock Indonesia," ujar Ahmad Albar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahyudin: MPR Melakukan Sosialisasi Kepada Masyarakat Dengan Beragam Metode

Posted: 27 Oct 2018 08:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sosialisasi yang diikuti ratusan peserta di Kantor Kelurahan Teluk Bayur, Kecamatan Telur Bayur, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Sabtu (27 /10/2018), berlangsung sangat meriah. Selepas pemaparan yang disampaikan oleh Wakil Ketua MPR Mahyudin, puluhan peserta mengajukan diri untuk menyampaikan pertanyaan dan saran. Dari peserta yang terpilih untuk mengajukan pertanyaan dan saran, mereka mewakili pelajar, LSM, guru, dan tokoh masyarakat.

Pertanyaan dan saran yang mereka ajukan mayoritas menginginkan sosialisasi dilakukan kepada seluruh element masyarakat terutama pejabat. Dikatakan pejabat perlu mendapat sosialisasi sebab menurut mereka saat ini banyak pejabat yang melakukan korupsi dan ditangkap KPK.

Mahyudin senang peserta antusias dalam kegiatan itu. Menjawab pertanyaan dan saran dari mereka, pria asal Kalimantan Timur itu mengatakan, Sosialisasi Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, diberikan kepada seluruh element masyarakat dari tingkat PAUD hingga perguruan tinggi bahkan kepada berbagai kalangan dari guru, tokoh agama, tokoh masyarakat, mahasiswa, aktivisi perempuan, TNI, Polri, dan profesi lainnya.

Sosialisasi itu disampaikan dengan beragam metode, mulai dari diskusi, seminar, lomba cerdas cermat, outbond, TOT, FGD, pagelaran seni-budaya, bahkan melibatkan ustad Abdul Somad. "Saya sudah melakukan sosialisasi ke berbagai wilayah di Indonesia", ungkapnya.

Diakui pemasyarakatan Empat Pilar tak cukup bila hanya dilakukan oleh MPR. Untuk itu dirinya mendorong pemerintah ikut melakukan hal yang sama.

Diakui, sebenarnya masyarakat sudah pancasilais namun hal demikian perlu ditingkatkan dan diimplementasikan dalam keseharian apalagi menghadapi berbagai tantangan kebangsaan, seperti hoax dan dampak buruk globalisasi.

Terkait banyaknya pejabat, kepala daerah dan wakil rakyat yang melakukan korupsi, Mahyudin mengaku prihatin. "Paling penting saya tidak melakukan itu," tuturnya.

Banyaknya pejabat yang korupsi, diungkapkan itu akibat dari keterbukaan demokrasi. Sekarang pemilihan kepala daerah bahkan Presiden dilakukan langsung oleh rakyat. Pemilihan langsung merupakan perubahan dari sistem Pemilu masa lalu di mana kepala daerah sebelumnya dipilih oleh DPRD dan Presiden oleh MPR. "Dalam era reformasi masyarakat tak percaya pada wakil rakyat", paparnya.

Rupanya tak disadari bahwa Pemilu langsung ini berbiaya tinggi. Dicontohkan, bila seseorang hendak maju menjadi gubernur maka ia harus membiaya saksi. Bila ada 10.000 TPS dan setiap saksi diberi honor Rp 200.000 maka calon gubernur tadi harus mengeluarkan biaya Rp 2 miliar. "Itu belum termasuk baliho, spanduk, dan alat kampanye lainnya", ujarnya.

Nah, bila gubernur hanya mendapat gaji Rp 3 juta tentu modal yang dikeluarkan tidak akan kembali. "Sehingga gubernur itu hanya berpikir bagaimana modalnya kembali", ungkapnya. "Dari sinilah mereka melakukan korupsi," tambahnya.

Hal demikian juga terjadi saat Pemilu Legislatif. Sistem proporsional terbuka juga membuat kompetisi yang terjadi tak sehat. Partai politik tak bisa menyeleksi calonnya karena semua diserahkan kepada masyarakat. "Sayangnya rakyat memilih calon yang popular atau yang punya modal banyak", ucapnya. "Dari sini melahirkan politisi karbitan," tambahnya.

Dituturkan bila memilih orang yang membayar maka kita mencoblos orang yang tak berintegritas. "Mereka melakukan suap maka nanti mereka juga akan menerima suap," tuturnya.

Untuk itu Mahyudin menyerap aspirasi masyarakat bagaimana menciptakan sistem Pemilu yang ideal.

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelatih Real Madrid Tak Peduli Messi Absen di El Clasico

Posted: 27 Oct 2018 08:24 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Real Madrid akan melawat ke kandang Barcelona untuk mempertadingkan laga pekan ke-10 La Liga di Camp Nou, Minggu (28/10) malam WIB. Laga bertajuk El Clasico ini selalu menarik karena menyajikan duel dua tim terbaik di dunia.

Saat ini kondisi Real Madrid memang tak terlalu bagus. Madrid baru saja melewati lima laga tanpa kemenangan di seluruh kompetisi. Laju buruk itu berakhir saat mereka akhirnya mengalahkan Viktoria Plzen di Santiago Bernabeu tengah pekan ini.

Salah satu penyebab terpuruknya Real Madrid diduga karena kepergian Cristiano Ronaldo, sang megabintang yang selalu jadi mesin gol Madrid.

El Clasico nanti pun akan berjalan lebih sulit bagi Madrid, sebab Ronaldo termasuk salah satu pemain yang paling rajin menjebol gawang Barcelona.

Meski demikian, kondisi yang sama juga dialami Barcelona yang tak diperkuat Lionel Messi.

 

Tanpa Messi

Messi dipastikan tak bisa memperkuat Barca karena harus fokus memulihkan diri pasca cedera retak tulang lengan kanan yang dia dapatkan di laga kontra Sevilla beberapa waktu lalu. Namun, pelatih Real Madrid, Julen Lopetegui menolak anggapan Barca akan melemah karena Messi tak bermain.

"Kami memasuki pertandingan ini hanya dengan memikirkan diri kami sendiri, juga mewaspadai kekuatan tim lawan kami. Kami akan berusaha memaksimalkan kekuatan kami dan mengeksplotasinya sebaik mungkin," ujar Lopetegui di laman resmi realmadrid.

"Dalam pertandingan seperti ini, kami harus memberikan performa terbaik kami di semua area, baik dalam serangan maupun pertahanan."

"Mereka [Barca] adalah tim bagus, entah salah satu pemain bisa tampil atau tidak," sambung dia.

Lebih lanjut, Lopetegui juga boleh optimistis melihat beberapa kekuatan terbaik skuatnya mulai kembali. Marcelo yang sempat cedera dan Isco yang baru sembuh berpeluang dimainkan di laga tersebut. Madrid mungkin akan menurunkan skuat terbaik mereka.

"Marcelo terkena benturan yang memaksa dia keluar [di laga terakhir], tetapi dia baik-baik saja dan dia berlatih seperti biasanya. Kami masih harus menjalani satu sesi latihan lagi, tetapi kami pikir dia bisa bermain."

"Isco kembali setelah beberapa saat di bangku penonton, dia sudah memainkan dua laga dan besok kita lihat saja line-up yang akan saya pilih," tutup Lopetegui.

Sumber: bola.net

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Hadiri Rakernas Tim Kampanye se-Indonesia Didampingi Ketum Partai

Posted: 27 Oct 2018 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri Rapat Kerja Nasional Tim Kampanye Nasional di Hotel Empire Palace, Surabaya, Jawa Timur. Dia memberikan arahan kepada para anggota tim kampanye se-Indonesia.

Pantauan Merdeka.com, Minggu (28/11/2018), Jokowi ditemani Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin, Erick Thohir, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PSI Grace Natalie, dan Seskab Pramono Anung.

Dia mengenakan kaos polo warna coklat dengan gambar #01, atau nomor urut pasangan calon Jokowi dan Ma'ruf Amin. Kaos serupa dikenakan Pramono.

Hadir pula Ketua Umum PPP M Romahurmuziy, Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang, Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono, dan Ketua Umum Perindo Harry Tanoesoedibjo.

Ketua umum partai pengusung yang belum terlihat adalah Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh.

Beberapa tokoh yang hadir adalah Ketua Dewan Pakar Golkar Agung Laksono, Wantimpres Sidarto Danusubroto, Wakil Ketua Dewan Kehormatan Golkar Akbar Tanjung, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, serta Jubir Kepresidenan Johan Budi. Mereka hadir dalam kapasitas sebagai anggota Tim Kampanye Nasional.

Jokowi langsung diserbu anggota tim kampanye daerah untuk sekedar dipotret atau swafoto dengan capres petahana tersebut.

Acara dibuka dengan pembacaan teks sumpah pemuda oleh Erick Thohir. Serta video singkat sumpah pemuda.

Awak media kemudian diminta meninggalkan ruangan. Jokowi pun memberikan arahan secara tertutup.

 

Lepas Kirab Santri

Calon Presiden petahana, Joko Widodo (kedua kanan depan) bersama Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye, Jusuf Kalla (kedua kiri depan) dan Ketua Tim Kampanye Nasional, Erick Thohir usai penetapan di Jakarta, Jumat (7/9). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelumnya, Presiden Jokowi menghadiri acara Pelepasan Kirab Santri dan Jalan Sehat Sahabat Santri di Alun-Alun Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (28/10). Acara yang dihadiri ribuan santri ini mengambil tema "1 Juta Kirab Santri".

Jokowi tiba pukul 06.13 WIB. Kepala Negara mengenakan baju kokoh putih, berkopiah hitam serta bawahan sarung cokelat.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim Kirab Santri dan Jalan Sehat pagi hari ini saya nyatakan diberangkatkan," kata Jokowi.

Sesaat kemudian, ribuan santri berjalan dari Alun-Alun menuju Gelanggang Olahraga Sidoarjo. Sembari berjalan para santri mengibarkan bendera NU.

"Hidup NU, NKRI harga mati!" seru para santri.

Dalam acara itu, calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga hadir. Ia tiba pukul 05.50 WIB didampingi Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhammad Hanif Dhakiri. Sebelum Jokowi tiba di lokasi, Ma'ruf Amin memimpin doa.

 

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Crystal Palace Vs Arsenal: The Gunners Bidik Kemenangan ke-12

Posted: 27 Oct 2018 08:15 PM PDT

Jakarta Arsenal akan menghadapi Crystal Palace pada laga pekan ke-10 Premier League, Minggu (28/10/2018) malam WIB. The Gunners berusaha menambah tren positif dengan meraih kemenangan ke-12 secara beruntun.

Unai Emery telah menemukan formasi andalannya di Arsenal. Hal itu ia buktikan dengan meraih sebelas kemenangan secara beruntun. Terakhir, The Gunners menang atas Sporting CP di Liga Europa.

Akhir pekan ini, Arsenal kembali melanjutkan kiprahnya di Premier League. The Gunners diprediksi akan meraih kemenangan setelah lawan mereka, Crystal Palace, mencatat hasil buruk pada tiga laga terakhirnya.

Namun, Arsenal tidak bisa menganggap remeh Crystal Palace. Emery telah mengingatkan anak asuhnya kalau mereka harus tampil menekan sejak awal laga.

Arsenal diprediksi mengandalkan Alexandre Lacazette sebagai ujung tombak. Striker asal Prancis itu menunjukkan ketajamannya dengan mencetak empat gol dari delapan penampilan.

Selain itu, Emery juga masih memilik Pierre-Emerick Aubameyang yang sudah mencetak enam gol dari sembilan penampilan di Premier League. Jika menang, Arsenal berpeluang naik peringkat dengan catatan Manchester City, Liverpool dan Chelsea meraih hasil yang tidak maksimal.

Pertemuan terakhir antara Arsenal dan Crystal Palace terjadi pada Januari 2018. Saat itu, The Gunners menang dengan skor 4-1.

 

Data dan Fakta

Prakiraan susunan pemain

Crystal Palace: Wayne Hennessey; Aaron Wan-Bissaka, James Tomkins, Mamadou Sakho, Patrick van Aanholt; Andres Townsend, James McArthur, Luka Milivojevic, Jeffrey Schlupp; Jordan Ayew, Wilfried Zaha

Manajer: Roy Hodgson

Arsenal: Petr Cech; Hector Bellerin, Shkodran Mustafi, Rob Holding, Stephan Lichtsteiner; Lucas Torreira, Granit Xhaka; Henrikh Mkhitaryan, Mesut Ozil, Alex Iwobi; Alexandre Lacazette

Manajer: Unai Emery

Lima pertemuan terakhir

  • 17/04/2016 Arsenal 1-1 Crystal Palace (Premier League)
  • 01/01/2017 Arsenal 2-0 Crystal Palace (Premier League)
  • 11/04/2017 Crystal Palace 3-0 Arsenal (Premier League)
  • 29/12/2017 Crystal Palace 2-3 Arsenal (Premier League)
  • 20/01/2018 Arsenal 4-1 Crystal Palace (Premier League)

Lima laga terakhir Crystal Palace

  • 22/09/2018 Crystal Palace 0-0 Newcastle United (Premier League)
  • 26/09/2018 West Brom 0-3 Crystal Palace (Piala Liga)
  • 02/10/2018 AFC Bournemouth 2-1 Crystal Palace (Premier League)
  • 06/10/2018 Crystal Palace 0-1 Wolverhampton Wanderers (Premier League)
  • 21/10/2018 Everton 2-0 Crystal Palace (Premier League)

Lima laga terakhir Arsenal

  • 29/09/2018 Arsenal 2-0 Watford (Premier League)
  • 04/10/2018 Qarabag 0-3 Arsenal (Liga Europa)
  • 07/10/2018 Fulham 1-5 Arsenal (Premier League)
  • 23/10/2018 Arsenal 3-1 Leicester City (Premier League)
  • 25/10/2018 Sporting CP 0-1 Arsenal (Liga Europa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Penampilan God Bless Gebrak Panggung Jogjarockarta 2018

Posted: 27 Oct 2018 08:15 PM PDT

Aksi panggung gitaris God Bless, Ian Antono selama Jogjarockarta 2018 di Stadion Kridosono, Yogyakarta (27/10). Lebih dari lima lagu dibawakan seperti Semut Hitam, Bis Kota, Menjilat Matahari dan tentu saja Panggung Sandiwara. (Fimela.com/Bambang E.Ros)

Aksi panggung gitaris God Bless, Ian Antono selama Jogjarockarta 2018 di Stadion Kridosono, Yogyakarta (27/10). Lebih dari lima lagu dibawakan seperti Semut Hitam, Bis Kota, Menjilat Matahari dan tentu saja Panggung Sandiwara. (Fimela.com/Bambang E.Ros)

Basis God Bless, Donny Fattah dan Gitaris Ian Antono beraksi di atas panggung Jogjarockarta 2018 di Stadion Kridosono, Yogyakarta (27/10). Sejumlah hits lagu rock terkenal di tahun 1970 hingga 1990an sukses menghibur penonton.  (Fimela.com/Bambang E.Ros)

Basis God Bless, Donny Fattah dan Gitaris Ian Antono beraksi di atas panggung Jogjarockarta 2018 di Stadion Kridosono, Yogyakarta (27/10). Sejumlah hits lagu rock terkenal di tahun 1970 hingga 1990an sukses menghibur penonton. (Fimela.com/Bambang E.Ros)

Personel God Bless, Abadi Soesman beraksi di atas panggung Jogjarockarta 2018 di Stadion Kridosono, Yogyakarta (27/10). Penonton yang menantikan aksi God Bless langsung menyanyikan Padamu Negeri. (Fimela.com/Bambang E.Ros)

Personel God Bless, Abadi Soesman beraksi di atas panggung Jogjarockarta 2018 di Stadion Kridosono, Yogyakarta (27/10). Penonton yang menantikan aksi God Bless langsung menyanyikan Padamu Negeri. (Fimela.com/Bambang E.Ros)

Aksi panggung vokalis God Bless, Ahmad Albar selama Jogjarockarta 2018 di Stadion Kridosono, Yogyakarta (27/10). Lebih dari lima lagu dibawakan seperti Semut Hitam, Bis Kota, Menjilat Matahari dan tentu saja Panggung Sandiwara. (Fimela.com/Bambang E.Ros)

Aksi panggung vokalis God Bless, Ahmad Albar selama Jogjarockarta 2018 di Stadion Kridosono, Yogyakarta (27/10). Lebih dari lima lagu dibawakan seperti Semut Hitam, Bis Kota, Menjilat Matahari dan tentu saja Panggung Sandiwara. (Fimela.com/Bambang E.Ros)

Basis God Bless, Donny Fattah dan vokalis Ahmad Albar beraksi di atas panggung Jogjarockarta 2018 di Stadion Kridosono, Yogyakarta (27/10). Sejumlah hits lagu rock terkenal di tahun 1970 hingga 1990an sukses menghibur penonton.  (Fimela.com/Bambang E.Ros)

Basis God Bless, Donny Fattah dan vokalis Ahmad Albar beraksi di atas panggung Jogjarockarta 2018 di Stadion Kridosono, Yogyakarta (27/10). Sejumlah hits lagu rock terkenal di tahun 1970 hingga 1990an sukses menghibur penonton. (Fimela.com/Bambang E.Ros)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Fitur Baru Pokemon Go Bikin Penasaran

Posted: 27 Oct 2018 08:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gim Pokemon Go masih mendapatkan update secara berkala dari pengembangnya, Niantic Labs. Gim mobile fenomenal ini pun akan segera kedatangan fitur terbaru.

Informasi ini bikin penasaran para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com. Informasi lain yang juga bikin penasaran datang dari daftar harga smarphone Nokia 6 di Indonesia.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Pokemon Go Kedatangan Fitur Baru, Apa Itu?

Meski sudah tidak sepopuler ketika diluncurkan pada 6 Juli 2016, gim Pokemon Go masih mendapatkan update secara berkala dari pengembangnya, yakni Niantic Labs.

Niantic Labs bakal meluncurkan update untuk Gym dan fitur baru. (Doc: The Verge)

Setelah menghadirkan fitur trading dan friends list--diperkenalkan pada awal tahun ini--perusahaan dikabarkan sedang mengembangkan fitur baru.

Adapun fitur baru yang bakal diperkenalkan dalam waktu dekat ini diberi nama Adventure Sync. Apa itu?

Selengkapnya baca di sini 

2. Harga Nokia 6 2018 di Indonesia terbaru, HP Andorid dengan Performa Tangguh

Nokia 6 2018 merupakan smartphone Android Nokia yang dirilis oleh HMD Global di tahun 2018. HMD Global Oy sendiri adalah perusahaan Finlandia yang berafiliasi dengan Nokia.

Nokia 6 2018 (Sumber: nokia)

Sejak beroperasi mulai Desember 2016, perusahaan ini mengembangkan sekaligus memasarkan perangkat telepon seluler dan telepon pintar dengan merek "Nokia" melalui kesepakatan lisensi.

Hadir dengan Nokia 6 2018, HMD menawarkan fitur lebih canggih dan desain lebih premium dibandingkan Nokia 6 generasi pertama. Performanya juga lebih cepat, karena ditenagai chipset generasi terbaru dan menggunakan sistem operasi android. Nggak heran, harga Nokia 6 2018 ini sedikit lebih mahal dibanding smartphone seri sebelumnya.

Selengkapnya baca di sini

 

3. Advan dan IM3 Ooredoo Rilis Paket Smartphone 4G Harga Terjangkau

Peluncuran paket bundel smartphone Advan dengan Indosat Ooredoo (istimewa)

Advan kembali bekerja sama dengan Indosaat Ooredoo untuk merilis paket bundel smartphone 4G terbaru. Dalam paket kali ini, ada tiga smartphone yang ditawarkan, yakni Advan i6a, S50 4G, dan iLite.

Paket bundel ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 777.000. Dengan paket bundel ini, pelanggan akan mendapat paket internet dari IM3 Ooredoo, gratis akses YouTube setahun, akses aplikasi sehari-hari, hingga streaming film dan musik.

Jadi, pelanggan yang membeli paket bundel ini dapat menikmati langsung paket internet unlimited dan kuota utama hingga 12GB selama setahun dari Indosat Ooredoo.

Selengkapnya baca di sini 

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berminat Ganti Pelek Mobil, Perhatikan 3 Hal Ini

Posted: 27 Oct 2018 08:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mengganti pelek pada mobil adalah salah satu langkah yang tepat untuk mendongkrak penampilan. Bahkan, bagi sebagian orang, pelek juga merupakan ajang pembuktian kemapanan dan jati dirinya. Bagaikan sebuah sepatu, semakin terlihat menarik, semakin akan membuat mata melirik.

Dan seperti sepatu juga, ukuran yang salah akan membuat kaki sakit dan perjalanan terasa tidak menyenangkan. Patut diingat juga, ban dan pelek adalah yang bagian terakhir dari proses distribusi tenaga, yang menggerakkan mobil. Namun ban dan pelek adalah bagian pertama yang akan berhadapan dengan medan jalan.

Karena itu, bagian ini adalah yang menarik karena memiliki berbagai fungsi: menggerakkan mobil, meredam permukaan jalan, sekaligus menjadi pelengkap kebanggaan pemilik mobil. Karena itu, perhatikan beberapa hal di bawah ini, sebelum mengganti pelek.

Tambah Ukuran

Menambah ukuran pelek dan ban, mampu membuat tampilan mobil menjadi lebih enak dipandang. Bahkan Daihatsu Midget (Bemo) pun terlihat lebih mahal saat disematkan pelek besar. Namun tentunya ada aturan yang harus diperhatikan saat akan mengganti ban dan pelek yang lebih besar dari ukuran standar. Misalkan pelek standar Anda adalah 15 inci, dan berniat untuk naik menggunakan 17 inci. Yang harus Anda perhatikan adalah ruang di dalam fender.

Dengan bertambahnya dimensi pelek dan ban, tentunya memerlukan ruang ekstra, agar ban tidak menggerus bagian dalam ataupun bibir fender saat bermanuver, atau suspensi berartikulasi. Konsultasikan dengan bengkel Anda, berapa ukuran maksimal pelek dan ban yang bisa muat di mobil Anda. Kalaupun 'memaksakan' dengan melakukan modifikasi pada bagian tertentu agar pelek besar bisa muat, pastikan modifikasi tersebut tetap aman untuk mobil Anda.

 

 

Jangan Sembarang Ganti PCD Pelek

PCD (Pitch Circle Diameter) adalah diameter pola baut pada roda. Kalau Anda perhatikan, jarak antar baut di roda, bisa berbeda pada setiap merek. Misalnya mobil A memiliki empat baut dengan ukuran PCD 100 mm (atau biasa disebut dengan PCD 100 saja), sedangkan mobil B memiliki PCD 114. Jangan harap kedua mobil tersebut bisa berbagi pelek. Karena itu, produsen pelek biasanya menyediakan beragam pilihan PCD dan jumlah baut. Banyak yang memodifikasi jumlah baut roda ataupun PCD-nya agar bisa memasangkan pelek idaman, atau bahkan ada yang bisa menyesuaikan jumlah dan PCD baut di pelek itu sendiri.

Hal itu terserah saja, meski kami tidak pernah menyukai perubahan seperti ini. Bukan apa-apa, seperti yang disebutkan tadi, ban dan pelek adalah dua hal yang menjadi satu kesatuan, dan benda pertama yang akan 'merasakan' benturan dari permukaan jalan. Perubahan PCD, perubahan jumlah baut, hingga memodifikasi pelek memiliki berbagai resiko karena merubah kekuatan dan geometri sistem penggerak. Anda tentunya tidak mau kalau tiba-tiba pelek pecah, atau jadi bahan tertawaan karena ban menggelinding menjauhi mobil, bukan? Selain jadi bahan tertawaan, nyawa juga jadi taruhannya.

Perhatikan Bobot Pelek

Bobot pelek tidak bisa dianggap enteng karena berbagai hal. Kita mulai dari yang paling sederhana. Dari sisi pengemudi, kalau terjadi pecah ban, pelek berat akan semakin membuat repot. Sesederhana itu? Ya. Tapi lebih dari itu, bobot pelek juga berpengaruh pada keselamatan dan efisiensi bahan bakar. Setiap pabrikan menghitung bobot dan ukuran ban serta pelek yang pas. Baik dari sisi teknis, maupun ekonomis.

Sisi teknis disini berhubungan dengan berbagai hal, tapi kita ambil yang paling sederhana saja yaitu pengereman. Bayangkan seberapa besar daya rem (standar, bawaan pabrik) yang diperlukan untuk menghentikan mobil dengan pelek dan ban standar, kemudian jika pelek berdiameter besar, memiliki bobot yang berat, serta ban yang juga lebih besar dan tentunya lebih berat, bagaimana efeknya terhadap rem mobil Anda?

Tentu, pengereman akan tetap membuat mobil Anda berhenti. Namun berapa jarak dan waktu yang diperlukan dengan menggunakan pelek aftermarket yang berat, itu yang harus diperhatikan. Kalau memang berniat mengganti dengan pelek yang lebih berat, pastikan Anda sambangi bengkel langganan untuk melakukan kalibrasi ulang terhadap daya pengereman. Hal lainnya adalah faktor ekonomis, dari sisi kita sebagai pengendara. Ban dan pelek yang berat akan membuat mesin bekerja ekstra, hanya untuk menggerakan roda. Mesin yang dipaksakan tentu saja akan membuat bensin lebih boros. Jadi, pikirkan dulu sebelum mengganti pelek dan ban. 

Sumber: Oto.com

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Merson: Lukaku Mandul Karena Pemain MU Payah

Posted: 27 Oct 2018 08:07 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Sebuah teori diungkapkan Paul Merson mengenai macetnya keran gol Romelu Lukaku musim ini. Merson menilai Lukaku sulit mencetak gol karena tidak mendapatkan peluang yang matang dari rekan-rekan setimnya di Manchester United (MU).

Lukaku sendiri mengawali musim ini dengan cukup baik. Ia berhasil mengemas 4 gol bagi MU di beberapa pertandingan pertama setan merah di Liga Inggris.

Namun setelah golnya ke gawang Burnley, Lukaku belum lagi mencetak gol bagi setan merah. Ia sudah melewatkan total 8 pertandingan tanpa mencetak satu gol pun bagi MU di semua ajang, sehingga ia mendapatkan banyak kritikan.

Namun Merson menilai mandulnya Lukaku ini bukan salahnya seorang, karena ia menilai sang striker tidak mendapatkan dukungan yang tepat dari rekan-rekannya. "Lukaku datang ke Manchester United untuk mencetak banyak gol dan ia seharusnya mendapatkan peluang yang banyak pula," buka Merson kepada Sky Sports.

Merson sendiri mengakui bahwa Lukaku sejatinya memiliki bakat yang besar dalam mencetak gol. Namun ia menilai sang striker tidak bisa mencetak gol karena supply bola yang buruk dari rekan-rekannya.

"Saya bisa bilang saat ini dia [Lukaku] seperti bermain sendirian di lini serang United."

"Tidak hanya itu, dia seperti bermain dengan tim papan bawah, bahkan ia terlihat seperti bermain untuk tim yang terancam terdegradasi."

 

Perbaiki Suplai

Merson percaya para gelandang MU harus segera meningkatkan kualitas mereka, terutama dalam menyuplai bola ke lini serang mereka.

Merson percaya jika Lukaku mendapatkan supply bola yang bagus, maka niscaya ia kaan menjadi mesin gol yang menakutkan bagi MU.

"Dia [Lukaku] seharusnya bisa mendapatkan tujuh peluang dalam satu pertandingan di Old Trafford. Namun, apakah dia mempercayai rekan-rekan setimnya?" tutup eks Arsenal tersebut.

Lukaku sendiri akan berharap mengakhiri paceklik golnya saat Manchester United menghadapi mantan klubnya, Everton nanti malam.

Sumber: bola.net

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Temuan Mengejutkan Mahasiswa UPN Saat Teliti Gua Kuno di Kebumen

Posted: 27 Oct 2018 08:02 PM PDT

Liputan6.com, Kebumen - Sungai bawah tanah dan gua kuno banyak terdapat di Pegunungan Karst Gombong Selatan, Kebumen, Jawa Tengah. Sejak ratusan tahun silam masyarakat mengambil manfaat dari mata air yang menyembulkan berkah kala musim kemarau.

Pun dengan Gua Ponor di Desa Sikayu Kecamatan Buayan. Dahulu kala, gua ini kerap didatangi warga untuk sekadar mengambil air bersih.

Warga tinggal tak jauh dari gua ini, sampai kemudian di suatu hari, mereka harus hengkang lantaran kawasan ini dibeli oleh pengusaha. Pegunungan kapur itu hendak ditambang sebagai bahan baku semen.

Sejak saat itu, gua kuno ini pun tak lagi dijamah manusia. Kawasan sekitarnya sepi dan berubah menjadi belukar tak tertembus.

Syahdan, puluhan tahun kemudian, tepatnya Kamis, 25 Oktober 2018, kembali menyambangi gua ini. Mereka mengantar mahasiswa UPN Yogyakarta yang hendak meneliti sistem hidrologi atau sungai bawah air yang mengalir di perut Pegunungan Karst Gombong Selatan.

Mereka lantas menyibak belukar dan sampai di mulut gua. Baru masuk beberapa meter dari mulut gua, mereka dikejutkan penampakan kerangka manusia nan misterius.

Penuturan warga setempat, puluhan tahun silam, mereka meninggalkan Gua Ponor dalam keadaan kosong. Tak ada seorang pun yang mengetahui siapa dan bagaimana kerangka ini berada di gua kuno ini.

"Baru masuk gua sekitar 10 meter," ujar seorang warga Desa Sikayu, Samtilar, bercerita kronologi penemuan kerangka manusia di gua kuno itu.

Petunjuk Kain Sarung Menguak Identitas Kerangka Misterius

Mahasiswa UPN Yogyakarta dan warga Kebumen temukan kerangka manusia di gua kuno Pegunungan Karst Gombong Selatan. (Foto: Liputan6.com/Polres Kebumen/Muhamad Ridlo)

Di antara kerangka yang berserak, warga juga menemukan kain sarung yang sebagiannya masih bisa dikenali. Mereka pun berharap kain ini menjadi petunjuk untuk menemukan identitas jasad yang telah berubah menjadi kerangka ini.

Lantaran sudah sore, temuan kerangka ini baru dilaporkan ke Polsek Buayan keesokan harinya, Jumat, 26 Oktober 2018. Kain sarung itu jadi petunjuk penting bagi warga untuk mengungkap identitas korban.

Jumat itu pula, kepolisian menerjunkan tim Inafis Polres Kebumen. Mereka didampingi oleh warga setempat yang diduga mengetahui biodata kerangka ini.

Hasil olah TKP dan identifikasi, kuat dugaan kerangka tersebut adalah Mohamad Ikhwanudin warga desa setempat. Hal itu diperkuat kesaksian warga Sikayu, Budi Widiantoro (25) yang tak lain adalah anak Ikhwanudin.

Kepada polisi, Budi mengungkapkan, ayahnya hilang dua tahun lalu, tepatnya pada bulan Oktober tahun 2016. Saat itu, laporan kehilangan pun sudah dilayangkan. Saat hilang, Ikhwanudin berusia 70 tahun.

"Saat kami berada di TKP, salah satu warga menyakini itu adalah orang tuanya yang telah lama menghilang. Anak ini yakin setelah melihat baju yang menempel pada kerangka tersebut," ucap Kasubbag Humas Polres Kebumen, AKP Suparno.

Diketahui, Ikhwanudin meninggalkan rumah tanpa pamit. Sejak saat itu, keberadaannya tak diketahui bak ditelan bumi, raib tanpa jejak.

Kamis, 25 Oktober 2018 itu, pencarian keluarga berakhir sudah. Polisi kemudian menyerahkan jasad Ikhwanudin kepada keluarganya untuk dimakamkan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: