Selasa, 16 Oktober 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Foto Ini Jadi Perdebatan Warganet, Menurutmu Leher atau Punggung?

Posted: 16 Oct 2018 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Masih ingat dengan foto ilusi optik yang menunjukkan gambar pantai yang menyerupai pintu beberapa waktu lalu? Baru-baru ini warganet kembali dibuat kebingungan dengan sebuah foto yang beredar di media sosial.

Foto tersebut menunjukkan seseorang yang menghadap ke belakang. Hanya saja yang membingungkan, tak jelas apakah foto tersebut menunjukkan leher atau punggung orang tersebut.

Banyak warganet memiliki persepsi berbeda akan gambar tersebut. Tak jarang yang mengatakan bahwa foto itu adalah foto leher seseorang. Di sisi lain tak sedikit pula yang menganggap bahwa itu menunjukkan keseluruhan punggung orang tersebut.

Hingga kini foto tersebut telah dibagikan ulang oleh lebih dari 30 ribu orang.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Perdebatan warganet

leher atau punggung? (foto: twitter @lilmaarty)

Foto yang diunggah oleh akun @LilMaarty ini sontak menuai respons warganet. Banyak dari mereka yang mengatakan butuh waktu lama untuk benar-benar memahami apakah foto tersebut menunjukkan gambar leher atau punggung.

"Aku benar-benar sangat bingung," komentar akun @stevensucksass.

Sementara akun @Kago_sopeng mengatakan "Saya masih belum mengetahui jawabannya."

 "Saya pikir itu adalah leher," ujar akun @lakidelata

Sementara itu tak sedikit pula yang yakin bahwa foto itu merupakan gambar punggung. Seperti yang dikatakan akun @ibhupendra "Bagi saya ini sangat jelas merupakan foto punggung, bagaimana menurut kalian?"

Nyatanya benar saja, foto tersebut memang menunjukkan gambar punggung seorang wanita.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kredit Mobil Toyota Cuma Rp 73 Ribu per Hari, Begini Caranya

Posted: 16 Oct 2018 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tidak dipungkiri, cara pembelian kendaraan dengan sistem kredit masih mendominasi di Indonesia. Kebanyakan, calon konsumen menghabiskan waktu antara satu hingga delapan tahun untuk membayar angsuran.

Nah, jelang tutup tahun, sebagai dealer Toyota terbesar di Tanah Air, Auto2000 menawarkan program menarik untuk pembelian kredit.

Berlaku selama Oktober 2018, calon pembeli yang memilih Toyota Agya dan Calya cukup mencicil sebesar Rp 73 ribuan per hari, atau jika dibulatkan menjadi Rp 2,2 juta per bulan.

Sementara calon pemilik Toyota Avanza, bisa membeli LMPV ini hanya mencicil Rp 100 ribuan per hari atau Rp 3 jutaan per bulan.

Sistem ini merupakan bagian dari program pembelian mobil secara kredit dengan cicilan ringan mulai dari Rp 2,2 jutaan untuk seluruh mobil baru Toyota. Tidak hanya itu, opsi tenornya pun sangat fleksibel antara 1 hingga 8 tahun.

Selain itu, Auto2000 juga mengajukan tawaran program Special Rate 1,3 persen untuk pembelian Toyota Fortuner, Rush, dan Yaris.

Untuk lebih jelas mengenai perhitungan angsuran program dengan syarat masa tenor satu tahun dan DP 30 persen ini, pelanggan bisa meminta sales Auto2000 untuk membuat simulasi perhitungan.

Selanjutnya

Sedangkan untuk program down payment (DP) rendah, sebesar 15 persen untuk Toyota Agya dan Calya Rp 13 jutaan, Avanza Rp 21 jutaan, Sienta sekitar Rp 20 jutaan, dan Rush sekitar Rp 38 jutaan.

Dari masa tenor, Auto2000 juga menawarkan dari enam hingga delapan tahun. Syaratnya, DP 20 persen dan 27,5 persen untuk pembelian Toyota Agya, Calya, Avanza, Yaris, Rush, dan Sienta.

Opsi tenor yang bisa dimanfaatkan, adalah tiga dan empat tahun plus opsi perpanjangan tiga dan empat tahun.

"Sebagai dealer terbesar Toyota di Indonesia, Auto2000 selalu berani tampil beda dengan menyajikan beragam program promo penjualan unik dan menguntungkan yang memberikan kemudahan, kenyamanan, dan ketenangan," jelas Martogi Siahaan, Chief Executive Auto2000, dalam siaran persnya, Rabu (17/10/2018).

Untuk menu penutup, paket tambahan perlindungan asuransi kendaraan Comprehensive selama tiga bulan hasil kerjasama dengan Garda Oto untuk pembelian seluruh model secara cash dan credit, kecuali untuk Toyota Yaris, Voxy, Hilux, Hi Ace, Dyna, Limo, dan Transmover.

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Derby Inter Milan Vs AC Milan, Panggung Icardi dan Higuain

Posted: 16 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Milan - Andriy Shevchenko adalah pencetak gol terbanyak dalam sejarah derby antara Inter Milan vs AC Milan. Menurut eks penyerang Rossoneri tersebut, tahun ini Derby Milan menjadi panggung adu tangkas Mauro Icardi dan Gonzalo Higuain.

Icardi (Inter Milan) dan Higuain (AC Milan) merupakan striker yang dianggap punya kualitas selevel. Tidak cuma itu, faktanya, kedua penyerang juga sama-sama berasal dari Argentina.

Sejauh ini, kedua penyerang juga sudah berkontribusi lima gol bagi klub masing-masing. Higuain menyumbang empat gol dan satu assit bagi AC Milan. Sementara Icardi mencetak tiga gol dan dua assist untuk Nerazzurri.

"Ini akan menjadi kontes yang indah, derby striker Argentina! Saya tidak ingin membandingkan dengan saya sendiri, tetapi saya pikir Higuain sekarang punya peran penting bagi kubu Milan," kata pria yang akrab disapa Sheva, dikutip Football Italia, Rabu (17/10/2018).

Sheva mengatakan kualitas pemain AC Milan secara rata-rata di bawah Inter. Akan tetapi sejak kedatangan Higuain pada bursa musim panas tahun ini, kualitas pemain meningkat karena pengaruh sang striker.

"AC Milan memiliki banyak pemain yang kurang pengalaman. Tetapi mereka sekarang bersama seorang penyerang yang sudah pernah main di Real Madrid, Juventus, dan Napoli," kata Shevchenko.

Derby Milan

3. Andriy Shevchenko - Menjadi top skor liga Ukraina dengan total 60 gol. Torehan yang membuat Milan segera membawa penyerang lihai tersebut ke San Siro. (AFP/Sergei Supinsky)

Dalam Derby Milan edisi beberapa tahun terakhir, Inter Milan memang sedikit lebih mendominasi serangan. Hal itu dikarenakan kehadiran Icardi yang sudah memperkuat Nerazzurri sejak 2013. Sementara Milan sebelumnya hanya bergantung pada Cutrone.

Shevchenko mengatakan kehadiran Higuain akan memberi warna baru pada Derby Milan. Namun ancaman dari Icardi juga bisa menjadi momok bagi Rossoneri di laga akhir pekan nanti.

(David Permana)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

China Kembali Kurangi Kepemilikan di Surat Utang AS

Posted: 16 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, New York - China memangkas kepemilikan surat berharga atau obligasi Amerika Serikat (AS) pada Agustus 2018 sekitar USD 6 miliar ke level terendah sejak Juni 2017.

Kepemilikan China di surat berharga, notes dan surat utang turun menjadi USD 1,16 triliun dari posisi Juli sekitar USD 1,17 triliun. Ini bulan ketiga penurunan, dan di bawah posisi tertinggi pada awal tahun di kisaran USD 1,2 triliun.

Pelaku pasar obligasi melihat China intensif mengurangi kepemilikan surat berharga AS. Ini seiring ketegangan perang dagang dengan Amerika Serikat. Akan tetapi, pelaku pasar tidak percaya kalau pengurangan itu berarti. Hal itu terjadi pada saat volatilitas mata uang terjadi pada musim panas lalu.

"Kenyataan yang Anda lihat melambat cenderung turun tidak mengejutkan. Kepemilikan China sekarang terendah sejak Juni 2017 ketika di posisi USD 1,147 triliun," tutur Jon Hill, US Rates Strategis BMO, seperti dikutip dari laman CNBC, Rabu (17/10/2018).

China termasuk pemegang surat utang terbesar AS. Diikuti Jepang yang juga kurangi kepemilikannya pada Agustus. Kepemilikan Jepang turun menjadi USD 1,03 triliun pada Juli.

"Ini adalah sesuatu yang banyak orang perhatikan untuk memberikan kepentingannya bagi pasar. Saya akan ragu menarik terlalu banyak perbandingan pada 2015 dan 2016 karena penurunan jauh lebih moderat dan lambat dari yang kita lihat sebelumnya," ujar Hill.

Pada Juli, kepemilikan China di surat utang, notes dan obligasi AS turun ke posisi terendah dalam enam bulan di posisi USD 1,171 triliun dari posisi Juni di kisaran USD 1,178.

"Pasar treasury berkembang didorong pemerintah lebih banyak keluarkan treasury. Jadi pembeli atau investor asing masih signifikan tetapi secara keseluruhan relatif. Pangsa pasar treasury menurunan dalam beberapa tahun," ujar Boris Rjavinski, Rate Strategist Wells Fargo.

 

 

China Kurangi Kepemilikan, Rusia Beli Surat Utang AS

Seorang peserta mengibarkan bendera Rusia saat mendegarkan pidato Vladimir Putin dalam sebuah kampanye di stadion Luzhniki di Moskow (3/3). Putin pun telah bersiap untuk memperoleh periode keempatnya sebagai presiden Rusia. (AFP/Kirill Kudryavtsev)

Sebelumnya, China melepas surat utang atau obligasi pemerintah Amerika Serikat (AS). Akan tetapi, hal ini tidak menunjukkan sinyal jelek untuk ekonomi AS dengan kepemimpinan Donald Trump.

Berdasarkan data yang dirilis Departemen Keuangan, kepemilikan China atas obligasi atau surat utang AS turun US$ 66 miliar pada November 2016 menjadi US$ 1,05 triliun. Ini enam bulan berturut-turut China mengurangi kepemilikan surat berharga AS. 

Sejak Mei, kepemilikan China atas surat utang AS turun hampir US$ 195 miliar. Jepang pun menjadi pemegang terbesar atas utang AS pada Oktober. Meski demikian, Jepang juga mengurangi kembali kepemilikan surat berharga AS pada November sebesar US$ 23,3 miliar menjadi US$ 1,11 triliun.

Ini keempat kalinya Jepang menarik kembali utang AS serta memangkas sekitar US$ 46 miliar sejak Juli. Aksi jual ini dimulai sebelum Trump mengalahkan Hillary Clinton dalam pemilihan presiden. Oleh karena itu, tidak jadi alasan kalau China dan Jepang melepas obligasi AS hanya karena Trump.

Namun, percepatan penjualan surat berharga pada November dapat menjadi indikasi lain kalau kebijakan stimulus yang diusulkan Trump akan meningkatkan pertumbuhan. Hal ini dapat membuat obligasi menjadi tidak menarik. Demikian mengutip laman CNN Money, seperti ditulis Selasa 24 Januari 2017.

Imbal hasil surat berharga akan naik ketika investor menjual obligasi. Pemegang obligasi akan melepas obligasi AS ketika mereka yakin ekonomi membaik. Saat pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat, obligasi menjadi investasi kurang menguntungkan dibandingkan dengan saham.

Jadi tingkat suku bunga akan lebih tinggi jika stimulus Trump akan sukses. Imbal hasil surat berharga tenor 10 tahun mencapai 2,62 persen pada pertengahan Desember 2016. Ini level tertinggi sejak September 2014. Kemudian imbal hasil turun dan berada di kisaran 2,45 persen.

Ini menunjukkan ada pembelian obligasi dalam beberapa minggu terakhir. Namun tak semua pemerintahan lainnya melepas surat berharga AS. Irlandia, Brazil, Inggris dan Arab Saudi meningkatkan kepemilikan surta berharga. Demikian juga Rusia meningkatkan posisi kepemilikan surat berharga sekitar US$ 12 miliar.

Akan tetapi, nilai kepemilikan surat utang negara-negara itu masih kecil ketimbang China dan Jepang. Oleh karena itu, perlu diperhatikan China dan Jepang mungkin menjual obligasi karena membutuhkan uang tunai untuk mendukung ekonomi domestik negara tersebut.

Apalagi China berusaha untuk meningkatkan nilai mata uangnya, yuan, agar membuatnya lebih menarik di pasar global. Terkait dampak kenaikan suku bunga bank sentral AS terhadap imbal hasil obligasi, hal itu diperkirakan dapat membantu mendorong imbal hasil obligasi lebih tinggi.

Bill Gros, analis obligasi Janus, menyatakan, imbal hasil obligasi akan lebih tinggi terutama pada awal pemerintahan Donald Trump. Namun perlu dicermati juga kebijakan bank sentral Jepang dan Eropa yang tetap mempertahankan suku bunga rendah. Ini juga akan memberi tekanan untuk suku bunga AS.

Demikian stimulus Trump. Gross mengatakan, imbal hasil obligasi AS akan berada di kisaran 2,6 persen dan merupakan kunci utama untuk pasar obligasi. Jika tingkat suku bunga lebih tinggi lagi, maka akan menekan pasar obligasi, dan investor akan menjual obligasi AS seiring bunga tinggi.

"Perhatikan level 2,6 persen. Ini lebih penting dari Dow Jones di level 20.000, dan lebih penting dari harga minyak lebih dari US$ 60 per barel, dan lebih penting dari dolar AS dan euro. Ini kunci untuk tingkat suku bunga dan saham pada 2017," tulis Gross.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Senyum Tegar Jihan, Anak Cantik Korban Gempa dan Tsunami Palu

Posted: 16 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bencana gempa dan tsunami yang melanda Palu, Donggala, dan Sigi pada 28 September 2018 lalu meninggalkan beragam kisah inspiratif. Salah satunya tentang ketegaran seorang anak perempuan cantik bernama Jihan yang berada di kaki Gunung Gawalise, sisi barat Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Sosok anak yang baru menginjak usia 3 tahun tersebut pertama kali diangkat di media sosial oleh seorang relawan, Bayu Andrein. Ia menuju lokasi bencana di Palu bersama Yayasan Karampuang yang bekerja sama dengan UNICEF pada 12 Oktober 2018.

"Kami berangkat kesana tanggal 12 Oktober 2018 dan kedua lembaga itu melakukan trauma healing buat anak-anak. Saya melihat Jihan di sana berbeda dengan yang lain," jelas Bayu Andrein kepada Liputan6.com pada Rabu (17/10/2018).

Melalui akun Instagram pribadi, Bayu membagikan deretan unggahan tentang Jihan dan kondisi di lokasi bencana. Jihan tetap terlihat kuat, tegar, dan ceria meski rumahnya hancur berantakan usai bencana gempa terjadi.

Bayu juga menjelaskan dalam sebuah video singkat bahwa ibunda Jihan berada di Arab Saudi, sementara ayahnya sedang sakit. Saat ini, Jihan menjalani kesehariannya bersama sang nenek di pengungsian setelah gempa dan tsunami menghantam Palu.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Simak video pilihan di bawah ini:

Jihan Tak Menangis

Menyimak kisah Jihan, seorang bocah cantik berusia tiga tahun korban gempa dan tsunami Palu yang tengah jadi sorotan. (dok. Instagram @its.bayuandrein/https://www.instagram.com/p/Bo8utbnBhw0/?taken-by=its.bayuandrein/Putu Elmira)

Tidak hanya wajah cantik Jihan, Bayu dan warganet sangat kagum dengan ketegaran sang bidadari kecil di kaki Gunung Gawalise itu. Bagaimana tidak, ia tidak menitikkan air mata dengan bencana dan kondisi yang tengah dialami saat ini.

"Jihan te boleh menangis om, nanti Allah marah (Jihan tidak boleh menangis om, nanti Allah marah)," ucap Jihan seperti keterangan yang dituliskan Bayu di kolom ketengan potret Jihan yang diunggah 15 Oktober 2018.

Melihat kekuatan dan ketegaran Jihan usai gempa dan tsunami Palu, Bayu dan warganet tiada hentinya memberikan dukungan dan doa.

"Mungkin saya tidak akan selalu bersamamu tapi doa kami semoga yg mendatangimu dari berbagai penjuru telah ALLAH sisipkan sebuah berkah untukmu pada kedua tangan mereka. Amin," tulis Bayu.

 
 
 
View this post on Instagram

YA ALLAH ...ANAK CANTIK INI GAK MAU NANGIS, KALO NANGIS NANTI ALLAH MARAH😭😭 Mamanya di Saudi dan Papanya sakit .ia kuat dipengungsian (GAWALISE), selalu ceria meski rumahnya hancur. dia gak boleh nangis karena nanti ALLAH MARAH (ucapnya)😭😭 YA ALLAH LINDUNGI SELALU ANAK INI. SI CANTIK JIHAN💌 #SiCantikDariKakiGunungGawalise . . _____PALU HEBAT📸 @ilhabasirkhan . #editorial #tsunamipalu #editorialphotography #2019gantipresiden #ftsilverseas #bleachmyfilm #prayforpalu #folkportraits #artofvisuals #quietthechaos #portraitgames #of2humans #pemudapancasila #tsunami #agameoftones #moodygram #portraitpage #seekingthestars #postthepeople #thecreatorclass #portraitpage #like4likes #moodygrams #moodyports #theportraitpr0ject #bravogreatphoto #videooftheday #likeforfollow

A post shared by Bayu Andrein (@its.bayuandrein) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pertemuan Ma'ruf Amin dengan PM Singapura

Posted: 16 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cawapres nomor urut 1 Ma'ruf Amin menemui perdana menteri Singapura Lee Hsien Loong dalam kunjungannya ke Singapura.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sheza Idris Bocorkan Jenis Kelamin Anak

Posted: 16 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setelah dinikahi Surya Ibrahim 2017 lalu, kini Sheza Idris sedang mengandung buah hati yang pertama. Saat ini kandungannya telah memasuki trimester ketiga, tepatnya berusia tujuh bulan.

Sama seperti ibu hamil kebanyakan, Sheza Idris juga penasaran dengan jenis kelamin anak yang dikandungnya. Untuk itu, setelah kembali ke Tanah Air, artis berhijab ini langsung melakukan USG. Ia dan suami memang sempat menetap di Amerika.

"Alhamdulillah kemarin pas pulang banget dari US langsung ke dokter. Karena sebenarnya mau ngecek di sana (Amerika), tapi kita memutuskan ngeceknya di Jakarta aja," Sheza Idris di Jalan Kapten Pierre Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (16/10/2018).

Setelah melakukan USG di sebuah rumah sakit di Jakarta, jenis kelaminnya pun mulai terlihat. Adik kandung Shezy Idris ini akan memiliki anak perempuan.

Bersyukur

(Instagram/shezaidris)

"Waktu itu ditemenin sama mama, Kak Shezy, sama ponakan-ponakan, dan Insyaallah anaknya cewek, sehat semuanya enggak ada keluhan apa-apa," ia menjelaskan.

Hal ini pun snagat disyukuri oleh Sheza Idris. Sebagai orangtua, tentu ia ingin anak yang dikandungnya selalu berada dalam keadaan sehat.

Ngidam

Sheza Idris. (Foto: Zulfa Ayu Sundari)

Sementara itu, di trimester pertama kehamilan, Sheza Idris pun mulai mengidam. Dalam fase tersebut, Sheza Idris mengaku sangat ingin menyantap sejumlah makanan khas Tanah Air.

Namun, keinginan itu sulit untuk dipenuhi mengingat ia menetap dengan suaminya di Boston, Amerika Serikat. Ngidamnya baru bisa terpenuhi saat ia sudah kembali ke Indonesia di masa kehamilan tujuh bulan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deteksi Dini Kanker pada Anak Tidak Bisa dengan Skrining, tapi...

Posted: 16 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Berbeda dengan orang dewasa yang menggunakan metode skrining untuk mendeteksi dini kanker. Pada anak, deteksi dini kanker dilakukan menggunakan metode clinical finding--mendeteksi penyakit dari temuan gejala. Gejala dideteksi dan menemukan jenis kanker.

Dokter spesialis anak Mururul Aisyi mengatakan, ada perbedaan antara skrining dan clinical finding.

"Skrining itu lebih tepatnya mnecegah sesuatu yang belum terjadi (terkait adanya potensi kanker atau tidak). Kalau clinical finding itu menemukan sesuatu dari gejala yang sudah ada," kata Aisyi yang berpraktik di RS Dharmais saat diskusi "Kenali Gejala Dini Kanker Anak" di Kementerian Kesehatan, Jakarta pada Selasa, 17 Oktober 2018.

Skrining tidak bisa dilakukan untuk kanker pada anak. Ini karena skrining, seperti pap smear (untuk mendeteksi kanker leher rahim) ditujukan untuk kasus orang dewasa.

"Pada kasus anak tidak bisa dilakukan skrining. Yang bisa dilakukan pada anak adalah clinical finding. Jadi, ada gejala kanker, lalu kita temukan penyakitnya dan obati," tambah Aisyi.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Tidak sembarangan untuk kemoterapi

Anak yang alami kanker, tidak sembarangan dikemoterapi. (Ilustrasi/iStockphoto)

Pada anak, pengobatan kanker juga harus dipertimbangkan. Tidak sembarangan untuk memberikan kemoterapi, terlebih lagi pada bayi yang menderita kanker.

"Pada bayi yang kena kanker, tergantung kasusnya ya. Apakah dia butuh kemoterapi atau tidak. Misalnya, dia alami leukemia kongenital--leukemia yang terdeteksi setelah lahir. kami akan sesuaikan kondisi pasien, perlu kemoterapi atau tidak. Kalau pada bayi sih kasusnya jarang sekali terjadi," Aisyi melanjutkan.

Aisyi menceritakan, pasien termuda yang ditangani berusia 8 bulan dan menderita kanker.

"Waktu itu, dia ditangani dengan kemoterapi dan survive (bertahan hidup) sampai sekarang. Alhamdulillah, setelah diberikan kemoterapi, kemajuannya efektif," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

CEO Google Buka Suara soal Mesin Pencari Khusus Tiongkok

Posted: 16 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - CEO Google, Sundar Pichai, akhirnya buka suara soal mesin pencari khusus Tiongkok. Ia membenarkan Google sedang menyiapkan mesin pencari tersebut, tapi masih dalam tahap awal pengembangan, sehingga belum dapat dipastikan akan bisa dirilis atau tidak.

Dikutip dari BBC, Rabu (17/10/2018), Pichai menyampaikan hal tersebut dalam sebuah konferensi di San Francisco, Amerika Serikat (AS). Menurut dia, Google memang berencana menghadirkan mesin pencari itu, tapi masih dalam tahap eksplorasi.

"Kami ingin mempelajari bagaimana jika Google ada di Tiongkok, jadi itulah yang kami buat di internal. Ini masih sangat awal, kami tidak tahu apakah akan atau bisa melakukannya di Tiongkok, tapi kami merasa ini penting untuk dijajaki," ungkap Pichai.

Rencana ini, katanya, dirasa penting dilakukan mengingat pentingnya pasar Tiongkok dan jumlah konsumen yang banyak di negara tersebut.

Berdasarkan pengujian internal, Pichai mengatakan Google mampu melayani lebih dari 99 persen pertanyaan yang diajukan di mesin pencari tersebut.

Tiongkok merupakan salah satu pasar terbesar di dunia, mengingat besarnya jumlah penduduk. Namun, bisnis Google belum begitu optimal karena absennya layanan Search di negara tersebut.

Google menarik layanan mesin pencarinya delapan tahun lalu sebagai bentuk protes terhadap regulasi sensor dan dugaan peretasan yang dilakukan pemerintah setempat.

Konten yang Direstui Pemerintah

Bulding 43, kantor pusat Google pertama yang didirikan di Mountain View. Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza

Mesin pencari khusus Tiongkok dilaporkan akan sangat berbeda dengan negara-negara lain. Pasalnya, semua konten yang ada di dalamnya "diatur" oleh pemerintah, sehingga diduga tidak akan ada situs web tertentu, serta istilah pencarian yang berkaitan dengan hak asasi manusia dan agama.

Keberadaan mesin pencari ini disebut memicu kemarahan para karyawan Google. Mereka merasa seperti sedang membuat teknologi yang akan membantu Tiongkok menekan kebebasan berekspresi. Mesin pencari bernama Dragonfly tersebut juga dikritik oleh pendukung hak asasi manusia.

Pada awal bulan ini, Wakil Presiden AS, Mike Pence, meminta Google untuk segera menghentikan pengembangan Dragonfly. Ia menyebut layanan semacam itu akan memperkuat regulasi sensor Partai Komunis dan membahayakan privasi konsumen Tiongkok.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Guru Cantik di Bali Bikin Warganet Pingin Sekolah Lagi

Posted: 16 Oct 2018 09:56 PM PDT

Liputan6.com, Denpasar - Guru cantik di Bali mendadak jadi sorotan banyak orang, setelah videonya yang sedang sidak dan menyalami siswanya viral di media sosial. Setelah diselisik, guru mata pelajaran Bahasa Indonesia ini bernama Karin dan mengajar di SMP PGRI 3 Denpasar.

"Sidak di pagi hari, karena disiplin dimulai dari diri sendiri," begitu tulis ibu guru cantik di akun Instagramnya @kariinn90. Dalam balutan batik merah dan senyum merekah lengkap dengan lesung pipit, ibu guru cantik Karin menyambut para siswanya di depan gerbang sekolah. Sesekali dirinya juga menegur siswanya, tetapi tetap dengan senyuman tersungging di bibirnya.

Video tersebut langsung mengundang banyak komentar warganet. Beberapa di antaranya adalah @andreass yang komentar, "Halo bu guru, ajarin aku dong bu.. ajarin aku cara mencintaimu."

@romivonalia, "Pengen salam dan cium tangan bu guru juga."

@riyandasyahputra, "Ya Allah kenapa pas sekolah gak gini gurunya."

@fristiandk, "Jadi kepingin kembali ke sekolah."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pariwisata Halal Dukung Pengembangan Ekonomi Indonesia

Posted: 16 Oct 2018 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Lombok Bank Indonesia (BI) menilai peran wisata halal di Indonesia cukup strategis. Sebab, wisata halal mampu mendukung pengembangan ekonomi Indonesia, khususnya ekonomi syariah. BI pun menilai peningkatan sektor pariwisata menjadi kunci penguatan ekonomi Indonesia.

Penilaian tersebut disampaikan Executive Director Bank Indonesia, Wiwiek Sisto Widayat, dalam konferensi internasional di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Senin (15/10/2018). Tema konferensi ini adalah Strengthening Islamic Economy Through Halal Tourism: Challenges, Opportunities and Prospects.

Pertemuan tersebut dihadiri delegasi Annual Meeting IMF-World Bank Group yang berasal dari berbagai negara. Panel diskusinya berisi pembicara-pembicara ahli di bidang ekonomi syariah, di antaranya Direktur Jenderal Islamic Research and Training Institute (IRTI), Islamic Development Bank (IDB) Humayon Dar yang berasal dari Saudi Arabia, dan CEO GMTI Mastercard Crescent Rating Singapura, Fazal Bahardeen.

Wiwiek menyatakan, ekonomi dan keuangan syariah merupakan salah satu tema yang didorong Indonesia dalam Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018. Sebab, pariwisata halal sangat berpotensi untuk dikembangkan.

"Hal ini mengingat banyaknya jumlah umat muslim di dunia. Di sisi lain, wisata halal juga menghadapi berbagai tantangan, terutama dari sisi budaya, demografi, tujuan, maupun alokasi biaya yang dikeluarkan untuk berwisata," ucapnya.

Wiwiek menjelaskan, wisata halal tidak dapat berdiri sendiri, tetapi menjadi bagian dari keseluruhan industri halal, yang mencakup sektor finansial dan pembiayaan. Untuk itu, dari sisi Indonesia, sangat disadari pentingnya kerja sama dengan berbagai negara, pemerintah, dan pemangku kepentingan untuk mendorong pengembangan wisata halal.

"Kerja sama juga perlu dilakukan dengan pemangku kepentingan di daerah-daerah wisata halal. Untuk itu diperlukan pemahaman lebih dalam dari berbagai pihak dalam pengembangannya," kata dia.

Wiwiek mengatakan, banyak daerah di Indonesia yang berpotensi dikembangkan sebagai tujuan wisata halal. Salah satunya, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Pemerintah daerah NTB berhasil menunjukkan potensinya di bidang pariwisata. Di sana ada resort, makanan tradisional, tempat-tempat bersejarah Islam, dan tentu saja indah pantai. Wisatawan juga bisa datang ke sini dengan kapal pesiar dan menikmati keindahan selat lombok di sore hari," ujarnya.

Mayoritas wisatawan yang datang ke NTB berasal dari Australia, Malaysia, Singapura, dan dari beberapa wilayah di Indonesia. Lombok pun telah dicanangkan sebagai The Best Destination for Halal Tourism Resort di dunia dari CNBC Indonesia pada 2017 dan Mastercard-CrescentRating Global Muslim Travel Index (GMTI) 2018.

Selain itu, Lombok juga berhasil mendapatkan penghargaan The World Halal Tourism sekaligus sebagai The World Best Halal Honeymoon Destination dua tahun berturut-turut di Dubai pada 2015 dan 2016.

"Alhamdulillah, sudah kita lihat beberapa perbaikan di sini setelah gempa bumi. Membangun kembali rumah, publik infrastruktur (sekolah, masjid, dll). Fasilitasnya diproses oleh lokal pemerintah, lembaga sosial, dan organisasi publik. Bahkan, internasional di bawah organisasi multinasional dan negara-negara tetangga turut membantu," ucap Wiwiek.

Ia menjelaskan, ekonomi Islam Indonesia sangat prospektif seperti yang ditunjukkan dalam varietas di Indonesia. Contohnya, makanan halal, busana Islami, pariwisata halal, kosmetika halal, dan obat-obatan halal.

"Termasuk rendang yang Dinobatkan jadi makanan paling lezat berdasarkan 50 dunia makanan terbaik (CNN travel). Mode Islam juga semakin populer di kalangan generasi milenial dan gaya hidup halal menjadi semboyan muslim di Indonesia saat ini," kata Wiwiek.

Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata, Rizki Handayani, mengatakan bahwa wisata halal juga mendapat perhatian serius Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

"Dengan mayoritas warga adalah muslim, wisata halal jelas mendapat porsi lebih. Apalagi Indonesia memiliki banyak destinasi halal, salah satunya Lombok yang keindahannya sudah diakui dunia. Untuk itu, Kemenpar terus mendorong percepatan perbaikan sarana wisata di sana," ujarnya.

Menurut Rizki, Kemenpar juga sudah menegaskan ke dunia internasional kalau pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB) telah pulih. Kemenpar berupaya mengangkat kembali destinasi wisata NTB pascagempa Lombok.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, mengatakan bahwa pada 2019 wisata halal Indonesia ingin jadi yang terbaik.

"Pada September 2018 kemarin Indonesia akan meluncurkan Indonesia Muslim Travel Index (IMTI). Sehingga ekosistem wisata halal terkondisi Indonesia untuk bisa menyesuaikan standar yang direkognisi global," ucapnya.

Dalam IMTI, indikator yang digunakan merupakan bauran apa yang dipunyai Global Muslim Travel Index (GMTI), Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI) yang diterbitkan World Economic Forum (WEF), dan The Halal Travel Indicator (HTI) yang menjadi bagian dalam State of the Global Islamic Economy Report inisiasi Thomson Reuters bersama DinarStandard.

"Kita mempelajari empat indikator dalam GMTI, juga 14 pilar TTCI. Kalau mereka berubah, Indonesia ikut. Ini tidak sempurna, tapi kita ikuti karena ini direkognisi dunia," kata Arief.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenhub Dorong Pengembangan Industri Komponen Pesawat

Posted: 16 Oct 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan mendorong kemajuan industri produk dan komponen pesawat terbang di Indonesia. Hal ini demi mewujudkan kemandirian industri kedirgantaraan Indonesia yang dipelopori PT Dirgantara Indonesia (Persero).

Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Kementerian Perhubungan Capt. Avirianto mengatakan, jumlah operasional penerbangan baik dari segi penumpang dan barang, maupun jumlah armada pesawat dan bandara di Indonesia yang kurang diimbangi dengan pertumbuhan industri produk dan komponen pesawat udara di Indonesia.

"Saat ini, Indonesia punya PT Dirgantara Indonesia sebagai industri pesawat terbang, tapi kita belum punya industri mesin pesawat guna mendukung ketersediaan mesin maupun komponen-komponen pesawat udara," jelas dia kepada wartawan, Rabu (17/10/2018).

Avirianto mengatakan bahwa saat ini armada pesawat udara yang beroperasi di Indonesia hingga komponennya sebagaian besar didatangkan dari negara lain yang memiliki industri manufaktur pesawat udara yang lebih memadai.

Untuk itu Avi mengajak pihak terkait untuk ikut mengembangkan industri produk dan komponen pesawat udara.

"Saat ini untuk melayani rute-rute reguler, extra maupun charter flight, maskapai nasional kita banyak yang mengimpor pesawat dari luar, hal yang memang disayangkan, namun tidak bisa dielakkan dengan kurang tersedianya industri manufaktur di Indonesia," katanya.

"Saya mengajak seluruh stakeholder penerbangan untuk berkontribusi dalam menumbuhkembangkan industri manufaktur baik pembuatan pesawat hingga pembuatan pembuatan komponen pesawat udara sehingga dapat mengimbangi pertumbuhan penerbangan dan meminimalisir impor dari luar," pungkas Avi.

RI Genjot Ekspor Komponen Pesawat ke Berbagai Negara

Pesawat N219 Nurtanio produksi PT Dirgantara Indonesia (Tommy Kurnia/Liputan6.com)

Kementerian Perindustrian terus mendorong peningkatan daya saing industri nasional agar mampu menghasilkan produk yang berkualitas sehingga kompetitif di pasar domestik maupun global.

Selain itu, juga memberikan dukungan untuk memperluas akses ekspor, salah satunya memfasilitasi keikutsertaan pada pameran tingkat internasional. 

"Salah satu upaya tersebut adalah dengan berpartisipasi di perhelatan akbar industri dirgantara dunia, yakni Farnborough International Airshow (FIA) 2018 di Farnborough, Inggris yang akan dilaksanakan tanggal 16-22 Juli 2018," kata Direktur Jenderal Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri Internasional (KPAII) Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan dalam keterangan resmi, Jakarta, Rabu (18/7).

Menurut Putu, keterlibatan di dalam ajang FIA 2018 merupakan bagian dari desain besar dukungan pemerintah kepada industri nasional untuk mengakses rantai suplai global industri komponen pesawat terbang. Diharapkan pula dalam jangka panjang, industri nasional dapat terhubung dengan komunitas global industri aeronautika dan menjadi subkontraktor pengerjaan komponen pesawat terbang dunia.

"Industri komponen pesawat terbang merupakan salah satu sektor yang memiliki potensi cukup besar untuk dikembangkan melalui pemanfaatan rantai suplai global," jelasnya.

Hal ini didasari dengan semakin berkembangnya kemampuan industri komponen pesawat terbang nasional sebagai jawaban atas pesatnya pertumbuhan pasar industri pesawat terbang dunia.

Berdasarkan data Trademap, Indonesia telah mengekspor komponen pesawat terbang sebesar USD 83 juta pada tahun 2017, dimana potensi pasar dunia mencapai USD 88 miliar.

"Langkah peningkatan nilai ekspor nasional menjadi salah satu kebijakan pemerintah saat ini, terutama dalam mengatasi neraca perdagangan yang sedang defisit," ujar Putu.

Oleh karena itu, Kemenperin berkolaborasi dengan KBRI Brussels untuk ikut berpartisipasi di ajang FIA 2018 yang dapat menjadi sarana perluasan kerja sama bagi industri nasional di tingkat internasional.

"Jadi, kami mewujudkannya dalam bentuk country pavilion dengan menempati area seluas 68.25sqm dan akan diisi oleh perusahaan nasional di sektor industri komponen pesawat terbang," imbuhnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Brasil Vs Argentina: Scaloni Sebut Tim Tango Punya Prospek Bagus

Posted: 16 Oct 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Argentina gagal berbuat banyak saat duel lawan timnas Brasil di laga uji coba internnasional, Selasa (16/10) atau Rabu dininhari WIB. Tim Tango tumbang 0-1 melalui gol Miranda.

Namun begitu, pelatih Argentina, Lionel Scaloni, tetap antusias akan performa tim asuhannya. Scaloni menyebut, Argentina punya masa depan bagus.

Menurut Scaloni, hasil pertandingan lawan Brasil itu sebenarnya tak terlalu penting. Dia justru lebih senang menyoroti permainan dan kerja sama Argentina yang jauh lebih baik dari penampilan di Piala Dunia 2018 lalu. Dengan bermain seperti itu, Scaloni yakin Argentina bisa mengalahkan tim mana pun.

"Mereka bermain sebagai tim yang seimbang melawan tim yang jauh lebih baik dari kami. Saya sangat bersemangat dan gembira dengan kerja keras para pemain," ujarnya.

Pertandingan tersebut berjalan menarik. Brasil turun dengan kekuatan penuh untuk menghadapi Argentina yang tak diperkuat Lionel Messi. Kedua tim silih berganti melancarkan serangan berbahaya."Ini adalah pertandingan menarik yang berhasil diciptakan para pemain, mereka sudah berusaha dengan baik," ujar Scaloni.

 

Tetap Optimistis

Brazil Vs Argentina (Bola.com/AFP)

Scaloni pun tetap optimistis timnya akan terus tampil lebih baik di masa mendatang. Menurut dia, pasukannya tinggal melanjutkan kinerja bagus yang telah mereka pertontonkan lawan Brasil.

"Melakukan apa yang kami perbuat hari ini, kami akan mampu mengalahkan seluruh dunia. Hasil pertandingan nomor dua, tetapi bukan berarti tidak menyakitkan dengan kekalahan seperti itu," kata Scaloni di fourfourtwo.

 

Layak Menang

Sementara itu, bek Brasil, Filipe Luis menegaskan timnya memang layak menang. Dia percaya Brasil sudah bermain baik sepanjang laga untuk mencuri gol di akhir pertandingan. Luis mengakui perlawanan Argentina, tetapi Brasil layak menang.

"Tim kami merasa lelah di babak kedua tetapi saya pikir kami mendominasi lawan kami, kami bermainbaik dan mencuri gol di akhir laga," kata Luis.

"Tentu saja tim kami lebih baik dari Argentina, kami menjaga skuat yang sama untuk bertahun-tahun dan mereka sedang berada dalam proses pembaruan."

Sumber: www.bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ekspresi Irwandi Yusuf Jelang Diperiksa KPK

Posted: 16 Oct 2018 09:42 PM PDT

Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf (kanan) bersiap menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (17/10). KPK menetapkan Irwandi sebagai tersangka kasus dugaan gratifikasi proyek pembangunan Dermaga Sabang. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf (kanan) bersiap menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (17/10). KPK menetapkan Irwandi sebagai tersangka kasus dugaan gratifikasi proyek pembangunan Dermaga Sabang. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Ekspresi Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf saat akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (17/10). Kasus dugaan gratifikas Irwandi Yusuf berawal dari penyidikan KPK pada korupsi pembangunan Dermaga Sabang. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Ekspresi Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf saat akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (17/10). Kasus dugaan gratifikas Irwandi Yusuf berawal dari penyidikan KPK pada korupsi pembangunan Dermaga Sabang. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Ekspresi Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf saat akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (17/10). KPK menduga ada kerugian negara Rp 313 miliar karena adanya penyimpangan dalam pembangunan Dermaga Sabang. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Ekspresi Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf saat akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (17/10). KPK menduga ada kerugian negara Rp 313 miliar karena adanya penyimpangan dalam pembangunan Dermaga Sabang. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Ekspresi Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf saat akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (17/10). Irwandi menjadi tersangka atas kasus dugaan suap dana Otsus Aceh dan pembangunan Dermaga Sabang. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Ekspresi Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf saat akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (17/10). Irwandi menjadi tersangka atas kasus dugaan suap dana Otsus Aceh dan pembangunan Dermaga Sabang. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (17/10). Irwandi akan diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan menerima suap gratifikas sebesar Rp 32 miliar. Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (17/10). Irwandi akan diperiksa sebagai tersangka terkait dugaan menerima suap gratifikas sebesar Rp 32 miliar. Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf bersiap menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (17/10). KPK menetapkan Irwandi sebagai tersangka kasus dugaan gratifikasi proyek pembangunan Dermaga Sabang. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf bersiap menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (17/10). KPK menetapkan Irwandi sebagai tersangka kasus dugaan gratifikasi proyek pembangunan Dermaga Sabang. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampil Perdana Setelah Pertunangan Bubar, Ariana Grande Curhat

Posted: 16 Oct 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Kabar bubarnya pertunangan Ariana Grande dan Pete Davidson beberapa waktu belakangan ini terus-menerus menyeruak di media.

Namun selama ini, sumber informasinya hanya berasal dari sumber anonim yang dikutip media. Perwakilan Ariana Grande dan Pete Davidson sama-sama diam seribu bahasa.

Kini, tampaknya Ariana Grande sudah berdamai dengan status terbarunya. 

Dilansir dari E! News, Rabu (17/10/2018), pada Selasa kemarin Ariana Grande mengunggah video saat syuting A Very Wicked Halloween di stasiun televisis NBC. Syuting ini sekaligus merupakan kemunculan perdana pelantun "Dangerous Woman" ini setelah kabar pertunangannya kandas. 

Ariana yang tampil mencolok dengan lipstik dan eye shadow serba hijau mencurahkan isi hatinya dalam unggahan Instagram Stories ini.

Mulai Bangkit

Ariana Grande. (instagram/arianagrande)

Dalam teks yang ia sematkan di unggahan ini, Ariana Grande tampaknya mulai bangkit dari keterpurukannya.

"Tak percaya aku hampir membiarkan rasa panikku merusak hari ini!! Bukan hari ini setan! Bukan besok, besok lusa atau kapan pun, kamu isap saja p***s hijauku. Aku akan menyanyikan lagu cinta sepenuh hati, dan aku akan dipenuhi rasa cinta," tulis Ariana Grande.

 

Tanpa Cincin Pertunangan

Ariana Grande - Pete Davidson. (Pete Davidson - Ariana Grande - Nicholas Hunt - Gettu Images North America - AFP)

Sementara itu, Ariana Grande juga dikabarkan telah mengembalikan cincin pertunangan yang diberikan oleh Pete Davidson kepadanya.

Kabar ini diperkuat dengan keterangan sejumlah saksi mata bahwa dalam syuting ini, Ariana Grande tampil tanpa cincin seharga Rp 1,3 miliar tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Kantongi Jatah Suap Proyek Meikarta untuk Pejabat Pemkab Bekasi

Posted: 16 Oct 2018 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menduga suap yang diberikan Direktur Operasional Lippo Group Billy Sindoro kepada Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin mencapai Rp 7 miliar dari total commitment fee Rp 13 miliar. Uang suap izin proyek Meikarta tersebut diduga juga mengalir ke sejumlah kepala dinas di Pemkab Bekasi.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengaku pihaknya telah mengantongi rincian uang suap yang mengalir ke sejumlah pihak itu. Namun, dia enggan menjelaskan secara rinci besaran suap yang diterima setiap pihak.

"KPK tentu saja sudah megetahui itu. Sudah mengidentifikasi Kepala Dinas A itu mendapatkan berapa, dan Kepala Bidang mendapatkan berapa, termasuk juga ada anggota yang disebut di sana itu mendapatkan berapa, dan juga Bupati mendapatkan berapa, tentu sudah kami identifikasi," ujar Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Rabu (17/10/2018).

Febri mengatakan pihak-pihak yang memberi dan menerima suap memiliki kode tersendiri untun menyamarkan identitasnya. Adapun kode-kode yang telah diungkap KPK dalam kasus ini antara lain, 'melvin', 'tina toon', 'windu' dan 'penyanyi'.

"Apakah pihak pemberi yang salah satunya misalnya dari Lippo Group itu juga ada kodenya atau pihak Bupati sebagai pihak yang paling tinggi di kabupaten itu juga ada. Dan termasuk juga aktor-aktor lain," jelas dia.

Sebelumnya, KPK menetapkan Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait izin proyek pembangunan Meikarta di Kabupaten Bekasi. Selain Bupati Neneng, KPK juga menjerat delapan orang lainnya dalam kasus ini.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Terima Rp 7 Miliar

Mereka adalah Kepala Dinas PUPR Pemkab Bekasi Jamaludi, Kepala Dinas Damkar Pemkab Bekasi Sahat MBJ Nahar, Kepala Dinas DPMPTSP Kabupaten Bekasi Dewi Tisnawati, dan Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Kabupaten Bekasi Neneng Rahmi.

Kemudian, Billy Sindoro selaku Direktur Operasional Lippo Group, Taryudi dan Fitra Djajaja Purnama selaku konsultan Lippo Group, serta Henry Jasmen pegawai Lippo Group.

Bupati Neneng dan sejumlah pihak diduga menerima hadiah atau janji Rp 13 miliar terkait proyek tersebut. Diduga, realiasasi pemberian sampai saat ini adalah sekitar Rp 7 miliar melalui beberapa Kepala Dinas.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AS Ancam Setop Bantuan ke Honduras Jika Gagal Bendung Arus Imigran

Posted: 16 Oct 2018 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Tegucigalpa - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengancam akan memotong bantuan senilai jutaan dolar ke Honduras, jika negara itu gagal menghentikan ekosodus lebih dari 2.000 imigran, yang melarikan diri dari kekerasan dan kemiskinan, untuk berusaha mencapai perbatasan Negeri Paman Sam.

Polisi Guatemala menahan juru bicara kelompok imigran itu pada Selasa 16 Oktober, sehari setelah rombongan itu mengabaikan peringatan dari pemerintah setempat, dan tetap melintasi perbatasan dari Honduras.

Dikutip dari The Guardian pada Rabu (17/10/2018), Honduras adalah sekutu kunci Washington di Amerika Tengah, dan pasukan AS telah ditempatkan di negara itu sejak 1954.

Bartolo Fuentes, mantan anggota kongres Honduras yang merupakan salah satu penggerak eksodus terkait, ditangkap beberapa jam setelah Trump mengetwit: "AS telah memberi tahu Presiden Honduras bahwa jika Caravan (eksodus) besar orang-orang (imigran) tidak dihentikan dan dipaksa pulang, tidak ada lagi uang atau bantuan yang akan diberikan!"

Tahun lalu, AS memberi Honduras bantuan setidaknya US$ 181 juta (setara Rp 2,7 triliun, dengan kurs Rp 15.186 per 1 dolar AS), untuk membiayai program penumpasan perdagangan narkoba dan pengentasan kemiskinan, kata Washington Office for Latin America, sebuah kelompok think-tank yang berbasis di Washington DC.

Pada Selasa malam, pemerintah Honduras mendesak warganya untuk tidak bergabung dengan rombongan imigran, yang dikatakannya sebagai "mobilisasi tidak teratur" pemicu ketidakstabilan di Amerika Tengah.

Tidak jelas apa lagi yang bisa dilakukan oleh Presiden Honduras, Juan Orlando Hernandez, mengingat bahwa imigrasi bukanlah kejahatan, dan eksodus imigran itu sudah ada di Guatemala.

Eksodus imigran berangkat dari kota San Pedro Sula pada Jumat 12 Oktober, dalam upaya untuk melakukan perjalanan darat sepanjang 3.000 mil (setara 4.828 kilometer) menuju AS.

 

Simak video pilihan  berikut: 

 

Paling Sering Dikunjungi Pasukan Khusus AS

Donald Trump saat tiba di Pennsylvania, Amerika Serikat untuk mengenang tragedi serangan teroris 9/11. (Nicholas Kamm / AFP)

Honduras adalah negara termiskin kedua di Amerika Latin, setelah Haiti, dan juga diketahui sebagai salah satu yang paling berbahaya di dunia.

Arus imigrasi paksa telah melonjak sejak kudeta yang didukung militer pada tahun 2009, melepaskan gelombang kejahatan terorganisasi, kekerasan dan proyek besar yang merusak lingkungan.

Miriam Miranda, seorang pemimpin kelompok etnis Afro-Honduras Garifuna, mengetwit: "#migrantcaravan adalah hasil dari penghancuran institusi negara dan transfer sumber daya ke mafia politik dan ekonomi, dan investor asing yang mengontrol Honduras."

Sejak kudeta, Honduras berperan sebagai negara transit utama untuk pengiriman kokain dari Amerika Selatan menuju pasar AS.

Untuk menekan perdagangan obat terlarang via Amerika Tengah, AS mendorong sikap aktif Honduras melalui bantuan keamanan senilai US$ 230 juta, atau setara Rp 3,4 triliun.

Selain itu, Honduras juga menjadi negara yang paling sering dikunjungi oleh pasukan khusus AS di belahan barat, dengan 21 misi antara tahun 2008 dan 2014.

Eksodus imigran, yang mencakup sejumlah bayi dan anak-anak, bermalam di kota perbatasan Guatemala, Esquipulas, tempat orang-orang setempat menyumbangkan makanan dan air.

Pada Selasa pagi, para imigran melanjutkan perjalanan mereka ke utara, menuju perbatasan AS via Meksiko.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Heboh Kasus Suap Bekasi, Ini Pesan Sekda Jabar

Posted: 16 Oct 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Bandung Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa, meminta pelayanan publik di Kabupaten Bekasi tetap berjalan baik menyusul penetapan tersangka Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus dugaan suap proyek perizinan Meikarta.

Terkait penunjukan penjabat pengganti yang tertangkap oleh lembaga antirasuah itu, Iwa mengatakan sampai saat ini masih menunggu status hukum dari kasus tersebut.

Iwa mengatakan, Biro Pemerintahan Jawa Barat sedang berkonsultasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk menentukan langkah agar dapat mempertahankan pemerintahan dan pelayanan di Kabupaten Bekasi.

"Nanti kita akan mendapatkan informasi yang jelas. Kalau sudah sesuai dengan UU No 23 Tahun 2018, ada mekanismenya. Saya minta ke biro pemerintahan untuk menyikapi hal ini," ujar Iwa di Lapangan Gasibu Bandung, Selasa (16/10/2018).

Iwa menjelaskan, pihaknya masih menunggu proses hukum Neneng Hasanah Yani. Ia juga mengungkapkan turut prihatin atas cobaan bagi Kabupaten Bekasi.

"Kepada seluruh ASN (Aparatur Sipil Negara) di Bekasi tetap tenang, tetap layani (masyarakat). Pelaksanaan pemerintahan harus tetap terjaga dan pelayanan di kecamatan, kelurahan tidak boleh kurang," tukasnya.

Atas kasus tersebut, ia berharap Bupati Bekasi tetap tegar dalam menghadapi cobaan. "Dan sekaligus ini menjadi peringatan saya dan kita semua sebagai ASN supaya bekerja dengan baik, bekerja sesuai aturan berlaku, karena kita harus saling mengingatkan," kata Iwa.

Terkait proyek pembangunan Meikarta sendiri, Iwa masih menunggu perkembangan kasus tersebut karena belum ada kejelasan secara teknisnya. Sehingga masih harus memantau perkembangan dari proyek Meikarta ini.

"Nanti saya lihat perkembangannya seperti apa karena kita belum tahu persis teknisnya. Nanti saya memantau perkembangannya," kata Iwa.

Sebelumnya, KPK telah menetapkan Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait izin proyek pembangunan Meikarta di Kabupaten Bekasi.

Selain Bupati Neneng, KPK juga menjerat delapan orang lainnya dalam kasus ini. Mereka adalah Kepala Dinas PUPR Pemkab Bekasi, Jamaludi; Kepala Dinas Damkar Pemkab Bekasi, Sahat MBJ Nahar; Kepala Dinas DPMPTSP Kabupaten Bekasi, Dewi Tisnawati, dan Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Kabupaten Bekasi, Neneng Rahmi.

Kemudian, Billy Sindoro, Direktur Operasional Lippo Group, Taryudi dan Fitra Djajaja Purnama selaku konsultan Lippo Group, serta Henry Jasmen pegawai Lippo Group.

Bupati Neneng dan sejumlah pihak diduga menerima hadiah atau janji Rp 13 miliar terkait proyek tersebut. Diduga, realiasasi pemberian sampai saat ini adalah sekitar Rp 7 miliar melalui beberapa Kepala Dinas.

Keterkaitan sejumlah dinas lantaran proyek tersebut cukup kompleks, yakni memiliki rencana membangun apartemen, pusat perbelanjaan, rumah sakit, hingga tempat pendidikan. Sehingga dibutuhkan banyak perizinan.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ke Singapura, Ma'ruf Amin Bicara Islam Moderat dan Ekonomi Berkeadilan

Posted: 16 Oct 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin bertemu sejumlah perwakilan masyarakat Indonesia di Gedung KBRI Singapura, Chatsworth Road, Singapura, Selasa (16/10/2018) malam.

Pertemuan dihadiri Menteri Perindustrian dan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartato. Tampak juga mantan Gubernur BI 1993-1998 J. Soedrajad Djiwandono dan musikus Chandra Darusman, serta adik politikus Golkar, Marzuki Darusman.

Acara diawali sambutan Dubes RI untuk Singapura, I Wayan Ngurah Swajaya. Dalam sambutannya, ia memaparkan hubungan baik Indonesia-Singapura yang terus berkembang.

"Singapura selama 5 tahun terakhir merupakan investor terbesar ke Indonesia. Nilai investasinya hampir dua kali lipat dari Jepang yang menduduki urutan kedua," Ma'ruf mengatakan.

Menurut Swajaya, jumlah WNI di Singapura berkisar 200 ribu orang. Sebagian besar menjadi pekerja migran Indonesia atau penata laksana rumah tangga, yaitu sebanyak 120 ribuan. Lalu disusul dengan pelaut, dan kemudian kalangan profesional, pekerja di berbagai sektor seperti perbankan, artsitektur, pengusaha, mahasiswa, pelajar, kalangan akademisi, serta lainnya.

Setelah itu, Ma'ruf menyampaikan terima kasih kepada Dubes Swajaya atas jamuan makan malam. Ia juga turut menjelaskan akan rencana kuliah umumnya di Public Lecture di S. Rajaratnam School of International Studies-Nanyang Technological University pada hari Rabu ini (17/10/2018).

"Sebenarnya, Islam moderat itu adalah sejak awal menjadi paham yang dianut mainstream, sebagian besar bangsa Indonesia. Dengan pandangan Islam Wasathiyah yang moderat itu, kalangan Islam dan kalangan Nasional bisa menyatu dengan menyepakati Pancasila dan UUD 1945 dan kemudian melahirkan NKRI," papar Ma'ruf.

 

Pertemuan dengan PM Singapura

KH Ma'ruf Amin bertemu sejumlah perwakilan masyarakat Indonesia di Gedung KBRI Singapura, Chatsworth Road, Singapura (istimewa)

Menurutnya, dalam perkembangannya justru telah menguat tantangan dari paham keagamaan ekstrim, bahkan cenderung teroris. Apalagi setelah adanya ISIS tahun 2014.

"Maka kita harus mengembalikan lagi, menguatkan lagi paham Islam Wasathiyah, untuk mengembalikan pada prinsip berbangsa dan bernegara. Istilah saya, ar-ruju' ilal mabda', kembali ke basic, ke pangkal lagi, seperti waktu pendiri bangsa mendirikan NKRI," lanjutnya.

Kemudian, Kiai Ma'ruf menceritakan pertemuannya dengan PM Singapura, Lee Hsien Loong pada Selasa siang (16/10/2018) di Istana Singapura.

"Saya berbincang dengan PM, tentang persoalan yang kita hadapi. Pentingnya membangun ekonomi berkeadilan. Menangani disparitas kaya miskin, juga disparitas antar daerah," kata Kiai Ma'ruf.

"Agar bisa mencerminkan wajah Indonesia yang rukun, santun, dan bersahabat. Saya berharap, terutama dalam menghadapi Pilpres yang akan datang, tidak terjadi konflik akibat perbedaan pilihan. Sehingga dapat menjaga keutuhan dan perilaku terpuji sebagai bangsa besar dalam rangka menjaga hubungan persahabatan Indonesia dan Singapura," ia mengakhiri.

Sebelum ke KBRI, malam itu Kiai Ma'ruf juga telah merima jamuan makan malam sekeluarga oleh Menteri Luar Negeri Singapura, Vivian Balakrishnan, dan Menteri Negara Senior Malik Osman di Hotel Grand Hyatt, Singapura.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penjualan Forza 250 Bikin Honda Semringah, Seberapa Banyak?

Posted: 16 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Karawang - Honda Forza 250, skuter matik (skutik) dengan bodi bongsor ini telah resmi diluncurkan PT Astra Honda Motor (AHM) bertepatan dengan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Agustus 2018 lalu.

Meski masuk dalam jenis skuter premium, ternyata Forza 250 cukup menyedot perhatian masyarakat, dengan tingginya jumlah pemesanan.

Menurut General Manager Corporate Communication PT AHM, Ahmad Muhibbuddin, pemesanan Honda Forza sejak diluncurkan hingga saat ini tercatat lebih dari 830 unit.

"Distribusi (Honda Forza 250) awal November 2018 ini. Saya tidak pegang detilnya (warnanya). Terus terang kami juga belum ada analisa detil karakter konsumen seperti apa," jelas Muhib acara The 9th Astra Honda Skill Contest (AHSC) for Vocational School 2018,  yang digelar di SMK Mitra Industri MM2100, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, (16/10/2018).

Namun Muhib memprediksi, kemungkinan konsumen yang membeli Honda Forza 250 biasanya pengguna mobil yang ingin mengunakan skutik bertubuh besar.

"Mereka yang jelas bukan first buyer, dan motor kesekiannya untuk harian atau riding weekday," tuturnya.

Selanjutnya

Honda Forza 125 dirancang mampu berakselerasi di segala medan dengan kapasitas kompartemen yang luas.

Honda Forza 250 dijual di Tanah Air dengan kisaran Rp 70 jutaan. harga tersebut memang lebih mahal dibandingkan sang rival Yamaha XMax yang cuma Rp 57,8 juta (OTR Jakarta).

Dengan banderol yang lebih mahal, ternyata Forza punya sejumlah keunggulan. Apa saja? Simak bahasan berikut:

1. Alarm

Keduanya dilengkapi teknologi keyless dan remote pintar. Di remote itu juga terintegrasi fitur answer back system, berguna memudahkan pencarian kendaraan di lokasi parkir. Menariknya, Forza 250 punya fitur tambahan, anti theft alarm. Alarm ini sangat penting dalam mencegah maling. XMax belum dilengkapi fitur ini.

2. Windshield Elektrik

Forza 250 lebih istimewa lantaran punya windshield elektrik yang bisa diatur ketinggiannya hanya dengan menekan tombol. Posisi tinggi dipakai bila Anda menginginkan terpaan angin yang minimal ke tubuh, saat berkendara santai. Sementara posisi windshield rendah cocok untuk meningkatkan aerodinamika ketika ingin berakselerasi maksimal. Windshield Xmax juga bisa diatur ketinggiannya, namun harus manual karena belum elektrik.

3. Tampak Mewah

Gaya memang soal selera, namun kami punya keyakinan Honda Forza 250 punya tampang lebih mewah dibanding XMax. Salah satu yang membuatnya begitu karena desain jok yang menggunakan warna two tone. Kemudian, knalpot ditambahkan kombinasi elemen krom. Tidak ketinggalan lampu sein LED terintegrasi di spion, juga menjadikannya semakin mentereng. Berbeda dengan XMax yang lebih banyak dicat hitam, sehingga aura sportif sangat kental dibanding mewah.

4. Dimensi Kompak

Walau Forza masuk kelas skutik bongsor, namun dimensinya lebih kompak dari Xmax. Setidaknya itu yang tampak dari spesifikasi di atas kertas. Forza memiliki panjang 2.142 mm, lebar 754 mm dan tinggi 1.472 mm. Bandingkan XMax yang memiliki panjang 2.185 mm, lebar 775 mm dan tinggi 1.465 mm. Dengan dimensi tersebut, harusnya skutik Honda lebih asyik dipakai selap-selip di kemacetan jalan.

5. Jok Rendah

Kelebihan lain, Forza 250 punya jok yang lebih rendah sekitar 15 mm. Ini membuat pengendara semakin percaya diri ketika menunggang motor di kemacetan. Setidaknya, bagi pemilik tinggi 168 cm, kaki tidak jinjit berlebihan saat harus menjejak aspal. 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Genjot Produksi Ikan, KKP Bangun Gudang Penyimpanan di Gorontalo

Posted: 16 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan membangun gudang penyimpanan ikan (cold storage) di Gorontalo. Keberadaan cold storage ini diharapkan akan memacu produksi perikanan di provinsi tersebut.

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP, Rifky Efendi Hardijanto, mengatakan dengan luas wilayah laut yang mencapai 70 persen dari total wilayahnya, sektor perikanan Indonesia punya potensi besar untuk mendongkrak ekonomi nasional. Hanya saja, masalah logistik dan pergudangan menjadikan sektor ini belum bisa digarap secara maksimal.

"Kita tahu di daerah potensi perikanannya sangat besar, hanya saja karena masalah logistik dan minimnya gudang penyimpanan (cold storage), menjadikan sektor ini belum maksimal untuk digarap," ujar dia di Jakarta, Rabu (17/10/2018).

Oleh karena itu, lanjut Rifky, saat ini KKP tengah mengejar penyelesaian gudang-gudang perikanan, terutama di daerah-daerah lumbung perikanan, seperti di Gorontalo ini. 

"Pelan-pelan kami selesaikan kebutuhan cold storage, disamping sambil jalan kita semua coba selesaikan untuk masalah logistik Sehingga ekspor sektor kelautan dan perikanan bisa terus kita tingkatkan," ungkap dia.

Selanjutnya

Nelayan menimbang ikan hasil tangkapan laut untuk dijual di Muara Baru, Jakarta, Kamis (29/3). KKP terus mengupayakan peningkatan ekspor komoditas perikanan hasil tangkapan dari nelayan tradisional. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara itu, untuk bantuan di Gorontalo, sejak 2015 Direktorat Jendral PDSPKP telah memberikan bantuan dengan total nilai anggaran sebesar Rp 54,9 miliar .

Anggaran itu dialokasikan untuk penyediaan 1 Unit Gudang Beku Terintegrasi (ICS), 4 Unit Kendaraan Berpendingin, 25 Unit Chest Freezer, 13 Unit Ice Flake Machine, 4 Unit Cold Storage dan 1 Unit Pasar Ikan Bersih.

Pada 2018 ini, KKP juga akan memberikan kendaraan berpendingin dan chest freezer. "Mudah-mudahan dengan adanya penambahan bantuan gudang berkapasitas 200 ton ini, bisa bermanfaat dan mampu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat Gorontalo dan sekitarnya," ungkap dia.

‎Tidak hanya membangun cold storage, KKP juga memiliki program Sistem Logistik Ikan Nasional (SLIN) yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan stabilisasi sistem produksi perikanan hulu-hilir, pengendalian disparitas dan stabilisasi harga, serta untuk memenuhi kebutuhan konsumsi dalam negeri.

"Bukan hanya gudang saja, nanti juga logistik kita selesaikan. Makanya kami ajak seluruh stakeholder atau pun instansi, kementerian, atau pun lembaga lain untuk sama-sama majukan sektor kelautan dan perikanan," kata dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

[Tanya BPJS Kesehatan] Ber-KTP Daerah, Bisa Daftar Jadi Peserta JKN-KIS di Jakarta?

Posted: 16 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pertanyaan:

Apakah saat mendaftar JKN-KIS harus sesuai dengan KTP?

 

Jawaban:

Bagi calon peserta JKN-KIS untuk kategori Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), tidak perlu khawatir saat mendaftar bisa memakai Kartu Tanda Penduduk (KTP) walaupun tidak sesuai dengan alamat domisili.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah menggunakan KTP yang sudah masuk dalam sistem e-KTP dengan tujuan memudahkan pada saat pendaftaran. Mengapa demikian? BPJS Kesehatan saat ini sudah bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil untuk memudahkan dalam memvalidasi data kepesertaan JKN-KIS sesuai dengan data kependudukan.

Sinergi data kependudukan ini juga sangat berguna saat peserta JKN-KIS sedang berada di luar kota dan ternyata harus mendapatkan pelayanan kesehatan. Untuk memvalidasi kepesertaan JKN-KIS selain dengan menunjukkan kartu JKN-KIS, adanya KTP yang sudah berbasis e-KTP akan mempermudah proses tersebut

Adapun syarat dan tahapan pendaftarannya pun sama seperti pendaftar untuk kepesertaan PBPU dan Bukan Pekerja (BP) yaitu sebagai berikut :

1) Mengisi formulir pendaftaran, menyertakan fotokopi KTP (diutamakan e-KTP) dan Kartu Keluarga, Foto 3x4 dan fotokopi rekening bank (BRI, BNI, Mandiri atau BTN).

2) Serahkan kembali formulir ke petugas untuk dilakukan proses submit ke sistem, setelah itu Anda akan mendapatkan nomor virtual account serta besaran iuran yang harus segera Anda bayar di hari ke 14 kalender.

3) Lakukan pembayaran iuran melalui bank yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan setalah 14 hari kalender.

4) Serahkan bukti pembayaran ke petugas untuk mencetak kartu BPJS Kesehatan Anda.

5) Apabila pendaftaran dilakukan secara online, peserta mengisi sendiri melalui sistem dan virtual account serta kartu JKN-KIS dalam bentuk e-ID akan dikirimkan melalui email.

 

 

Salam,

 

 

Humas BPJS Kesehatan Kantor Pusat

 

 

Program Tanya BPJS Kesehatan tayang setiap Rabu pukul 11.30. Di dalamnya berisi pertanyaan yang paling sering dilontarkan masyarakat lewat aneka media BPJS Kesehatan. Jawaban dari pertanyaan yang dilontarkan diberikan oleh Humas BPJS Kesehatan Kantor Pusat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Spanyol Akhir Pekan Ini

Posted: 16 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seperti Liga Italia dan Liga Inggris, Liga Spanyol juga akan bergulir lagi akhir pekan ini. Partai big match akan tersaji di pekan sembilan Liga Spanyol.

Pemuncak klasemen Sevilla akan berkunjung ke Nou Camp menantang juara bertahan Barcelona pada Minggu (21/10/2018) dinihari WIB. Laga ini bakal sangat menarik. Sevilla yang memuncaki klasemen cuma unggul satu poin saja dari Barcelona. 

Namun berbicara performa, Sevilla dan Barcelona bagai bumi dan langit. Barcelona tak pernah menang dalam empat laga terakhir di Liga Spanyol. Sedangkan Sevilla selalu menang di empat pertandingan terakhir.

Sementara rival abadi Barcelona, Real Madrid mendapat lawan relatif mudah. Los Blancos pun berpeluang mengakhiri keterpurukan karena cuma bersua Levante di kandang sendiri.

 

 

Sabtu-Minggu

ilustrasi

Jadwal Liga Spanyol

Sabtu 20 Oktober 2018

02.00 WIB

Celta Vigo vs Alaves

18.00 WIB

Real Madrid vs Levante

21.15 WIB

Valencia vs Legandes

23.30 WIb

Villarreal vs Atletico Madrid

Minggu 21 Oktober 2018

01.45 WIB

Barcelona vs Sevilla

17.00 WIB

Vallecano vs Getafe

21.15 WIB

Eibar vs Bilbao

23.30 WIB

Huesca vs Espanyol

Senin-Selasa

Ilustrasi

Senin 22 Oktober 2018

01.45 WIB

Real Betis vs Valladolid

Selasa 23 Oktober 2010

02.00 WIB

Sociedad vs Girona

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alami Kejadian Mistis, Ruben Onsu Ogah Pindah Rumah

Posted: 16 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejak bisnis makanannya laku keras, Ruben Onsu mengalami banyak kejadian mistis selama berbulan-bulan. Bukan hanya Ruben yang mengalaminya, sang istri dan anak juga jadi sasaran.

Ruben Onsu tak tinggal diam. Suami Sarwendah itu melakukan berbagai upaya, salah satunya dengan mengusir gangguan tersebut.

Setelah mengalami kejadian yang cukup parah, Ruben Onsu menghubungi beberapa teman yang memiliki indra keenam seperti Sara Wijayanto. Padahal, bapak satu anak ini khawatir, mereka yang membantunya ikut diganggu.

"Tanya deh sama Sara Wijayanto, itu jam 1 saya nanya dia, 'Lu di mana? Lu di mana?', jadi susah lintasan Sara untuk ke rumah saya. Terus pas dia minta share location, gua enggak ngerti gimana shareloc-nya. Makanya gua ngehubungin siapa aja yang ada di dial gua, itu kenapa gua telepon Ivan Gunawan. Limbad juga mau bantu, banyak yang mau bantu. Saya cuma takut, banyak yang mau bantu gitu, ada yang kecelakaan," ujar Ruben Onsu, di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, baru-baru ini. 

Pembantu Ikut Diganggu

Ruben Onsu. (Fikri Alfi Rosyadi/Kapanlagi.com)

Sebelumnya, Ruben Onsu juga dibantu oleh para pembantunya. Namun, hasilnya mereka malah ikut diserang.

"Pembantu saya nih, kalau mau doain, ada aja diganggunya. Ditarik-tarik, itu malem-malem di tangga dia teriak, 'Pak saya ditarik Pak, saya ditarik'. Itu kalau lu nonton film, kejadian di film bener-bener kejadian kayak gitu. Bener kejadian nyata di hidup gua, gua lihat secara langsung, itu kejadian nyatanya. Kalau banyak yang nanya, 'Ben udah selesai belum?', gua cuma bisa bilang minta doanya aja. Ya udah saya enggak ke mana-mana sampe sekarang gitu, ya kalau udah enggak aman, saya keluarin istri sama anak saya di mobil," sambungnya.

 

Ogah Pindah Rumah

Ruben Onsu

Tak sedikit yang menyarankan pada Ruben Onsu untuk sementara waktu keluar dari rumah tersebut. Tetapi, pria 35 tahun ini dengan tegas menolak.

"Kalau kata Igun tidur aja di hotel, tapi menurut saya itu kan bukan penyelesaiannya. Percuma orang yang diincar itu saya, bukan salah rumahnya," sesal Ruben.

"Kalau emang rumahnya aneh itu dari awal udah (ada). Ini kan baru, akhir-akhir ini. Setelah setengah tahun ini yang sangat ekstrem. Saya juga sempat mikir, apa gara-gara orang tahu alamat rumah gue ya? Tapi ternyata kalau itu (santet) enggak perlu alamat ya, lewat foto aja udah bisa atau gimana. Jadi masalahnya bukan di rumahnya, emang di orangnya," sambung Sarwendah. (Sahal Fadhli/kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesona Keindahan Tak Terlupakan Tanjung Lesung

Posted: 16 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Apabila Anda bosan menghabiskan waktu dengan cara yang itu-itu saja pada akhir pekan, mungkin Anda bisa coba menikmati akhir pekan dengan berlibur ke wilayah Banten. Selain letaknya yang tak terlalu jauh dari Jakarta dan dapat dijangkau dengan kendaraan, di sana juga terdapat pesona alam yang begitu indah.

Tepatnya di Tanjung Lesung, Banten. Di sana, Anda bisa menikmati pantai dengan hamparan pasir putih, sajian kuliner berkelas internasional, pertunjukan budaya lokal, dan batik. Dijamin, berlibur ke sana mampu membuat akhir pekan Anda terlalui dengan rileks dan menyenangkan.

Sebelum berangkat, coba cek dulu tujuan wisata yang bisa Anda nikmati di Tanjung Lesung melalui video di bawah ini, yuk!

 

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Prabowo Ulang Tahun, MILAD67PRABOWO Viral di Medsos

Posted: 16 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Prabowo Subianto berulang tahun ke-67 hari ini. Warganet ramai-ramai mengucapkan selamat ulang tahun dengan tanda pagar Milad67Prabowo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kanye West Bagi-Bagi Sepatu ke Anak Yatim Piatu di Uganda

Posted: 16 Oct 2018 09:27 PM PDT

Rapper AS, Kanye West bertepuk tangan sambil bernyanyi bersama anak-anak dalam kunjungannya ke Kampung Anak UWESCO di Masulita, Uganda, Selasa (16/10). Ditemani Kim Kardashian, Kanye West berada di Uganda untuk misi kemanusiaan. (AP/Stephen Wandera)

Rapper AS, Kanye West bertepuk tangan sambil bernyanyi bersama anak-anak dalam kunjungannya ke Kampung Anak UWESCO di Masulita, Uganda, Selasa (16/10). Ditemani Kim Kardashian, Kanye West berada di Uganda untuk misi kemanusiaan. (AP/Stephen Wandera)

Kim Kardashian dan sang putri, North West menuju sebuah kendaraan setelah bersama suaminya, Kanye West mengunjungi Kampung Anak UWESCO di Masulita, Uganda, Selasa (16/10). UWESO merupakan desa untuk menampung anak-anak yatim piatu. (AP/Stephen Wandera)

Kim Kardashian dan sang putri, North West menuju sebuah kendaraan setelah bersama suaminya, Kanye West mengunjungi Kampung Anak UWESCO di Masulita, Uganda, Selasa (16/10). UWESO merupakan desa untuk menampung anak-anak yatim piatu. (AP/Stephen Wandera)

Rapper AS, Kanye West memberikan sepatu kets kepada seorang anak saat mengunjungi Kampung Anak UWESCO di Masulita, Uganda, Selasa (16/10). Kanye West membagikan ratusan pasang Yeezy Boost 350 V2s kepada anak-anak yatim piatu di sana. (AP/Stephen Wandera)

Rapper AS, Kanye West memberikan sepatu kets kepada seorang anak saat mengunjungi Kampung Anak UWESCO di Masulita, Uganda, Selasa (16/10). Kanye West membagikan ratusan pasang Yeezy Boost 350 V2s kepada anak-anak yatim piatu di sana. (AP/Stephen Wandera)

Rapper AS, Kanye West minum air disela kunjungannya ke Kampung Anak UWESCO di Masulita, Uganda, Selasa (16/10). Ketika di sana, Kanye West membagikan ratusan pasang sepatu Yeezy Boost 350 V2s kepada anak-anak yatim piatu. (AP/Stephen Wandera)

Rapper AS, Kanye West minum air disela kunjungannya ke Kampung Anak UWESCO di Masulita, Uganda, Selasa (16/10). Ketika di sana, Kanye West membagikan ratusan pasang sepatu Yeezy Boost 350 V2s kepada anak-anak yatim piatu. (AP/Stephen Wandera)

Rapper AS, Kanye West menjawab pertanyaan media disela kunjungannya ke Kampung Anak UWESCO di Masulita, Uganda, Selasa (16/10). Ketika di sana, Kanye West membagikan ratusan pasang sepatu Yeezy Boost 350 V2s kepada anak-anak yatim piatu. (STRINGER / AFP)

Rapper AS, Kanye West menjawab pertanyaan media disela kunjungannya ke Kampung Anak UWESCO di Masulita, Uganda, Selasa (16/10). Ketika di sana, Kanye West membagikan ratusan pasang sepatu Yeezy Boost 350 V2s kepada anak-anak yatim piatu. (STRINGER / AFP)

Rapper AS, Kanye West dan istrinya, Kim Kardashian mengunjungi anak-anak yatim di Kampung Anak UWESCO di Masulita, Uganda, Selasa (16/10). Ketika di sana, Kanye West membagikan ratusan pasang Yeezy Boost 350 V2s kepada anak-anak. (STRINGER / AFP)

Rapper AS, Kanye West dan istrinya, Kim Kardashian mengunjungi anak-anak yatim di Kampung Anak UWESCO di Masulita, Uganda, Selasa (16/10). Ketika di sana, Kanye West membagikan ratusan pasang Yeezy Boost 350 V2s kepada anak-anak. (STRINGER / AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Baswedan Janji Tindak Tegas PNS Ikut Kampanye Pemilu 2019

Posted: 16 Oct 2018 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan akan menindak tegas kepala sekolah yang terbukti terlibat kampanye salah satu parpol.

"Semua yang menyalahi ketentuan akan ditindak. Nanti kalau ada yang lapor kita akan proses," kata Anies di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (17/10/2018).

Anies Baswedan menegaskan semua aparatur sipil negara (ASN/PNS) harus netral. Ia pun mengimbau semua warga saling mengawasi dan melapor bila ada PNS yang tidak netral.

"Semua ASN harus menunjukkan netralitas dan mari saling awasi. Saling ingatkan, jangan biarkan bila ada kolega terlibat dalam kegiatan yang tidak sesuai dengan ketentuan-ketentuan sebagai ASN," jelas Anies Baswedan.

Sebelumnya, Panwaslu menemukan dugaan pelanggaran kampanye Caleg DPRD DKI Jakarta dari Partai Gerindra, Moh Arief di lingkungan SMPN 127 Jakarta Barat. Panwaslu menyebut Kepala SMPN 127 Jakarta Barat Mardiana diduga melanggar kode etik karena terlibat kampanye.

Guru Doktrin Murid Benci Jokowi

Anies Baswedan sebelumnya juga menyayangkan tindakan guru di SMA Negeri 87, yang diduga mendoktrin siswanya untuk membenci Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Dia berencana akan memberikan sanksi bila guru tersebut terbukti memberikan doktrin pada muridnya.

"Kalau ada pelanggaran, tidak sesuai ketentuan, kita akan sanksi sesuai ketentuan," kata Anies di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu 10 Oktober 2018.

Dia menjelaskan, telah memerintahkan inspektorat DKI Jakarta untuk melakukan investigasi mengenai kasus itu. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut mengimbau agar semua guru dapat bersikap netral di Pemilu.

Sebab dia beralasan, guru berkewajiban untuk mendidik dan memberikan contoh untuk untuk para siswa.

"Dan seluruh aparatur sipil negara harus mengambil posisi netral. Nanti saya minta kepada pengawas, juga inspektorat (selidiki)," jelas Anies Baswedan.2 dari 3 halaman Viral di MedsosSebelumnya, terdapat informasi viral di media massa dari pihak yang mengaku sebagai orangtua murid SMAN 87. Dia menyatakan, anaknya dan siswa SMAN 87 lainnya dikumpulkan seorang guru di masjid.

Selanjutnya mereka ditunjukkan video gempa di Palu, Sulawesi Tengah. Dalam aduan tersebut, wali murid itu menjelaskan, guru N menyebut banyak korban yang bergelimpangan akibat gempa merupakan salah Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Menguat Dipengaruhi Perubahan Asumsi Makro APBN 2019

Posted: 16 Oct 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat pada perdagangan Rabu ini. Penguatan rupiah dipengaruhi oleh kombinasi sentimen dari dalam dan luar. 

Mengutip Bloomberg, Rabu (17/10/2018), rupiah dibuka di angka 15.178 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 15.200 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 15.172 per dolar AS hingga 15.186 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 12,03 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 15.178 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 15.206 per dolar AS.

Ekonom Samuel Sekuritas Ahmad Mikail mengatakan, mata uang dolar AS cenderung melemah terhadap sejumlah mata uang dunia didorong oleh ekspektasi investor yang mulai positif terhadap kinerja pasar modal negara-negara berkembang.

"Kenaikan di sejumlah pasar modal negara berkembang berdampak positif terhadap rupiah, sentimen itu berdampak pada masuknya capital inflow ke pasar saham dan obligasi Indonesia," katanya dikutip dari Antara.

Ia menambahkan imbal hasil obligasi Amerika Serikat yang stabil di level 3,16 persen menunjukan investor semakin positif terhadap laporan keuangan emiten-emiten di pasar saham.

Analis senior CSA Research Institute Reza Priyambada mengatakan disetujuinya asumsi nilai tukar rupiah dalam RAPBN 2019 sebesar 15.000 per dolar AS direspons positif pelaku pasar uang.

Di sisi lain, lanjut dia, pagelaran Asian Games yang menyumbang 0,05 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) turut memberikan sentimen positif pada rupiah.

Sri Mulyani Usul Asumsi Rupiah di APBN 2019 Jadi 15.000 per Dolar AS

Petugas menghitung uang pecahan dolar Amerika di salah satu gerai penukaran mata uang di Jakarta, Jumat (18/5). Pagi ini, nilai tukar rupiah melemah hingga sempat menyentuh ke Rp 14.130 per dolar Amerika Serikat (AS). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kembali mengusulkan perubuhanan asumsi makro pada pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019. Salah satunya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) menjadi 15.000 per dolar AS. Hal itu disampaikannya pada saat rapat kerja Pemerintah dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR RI.

"(Nilai tukar) yang kita semuanya telah membahasnya di dalam Panja A waktu itu adalah pada angka 14.500 per dolar AS. Sedangkan untuk asumsi makro yang lain masih sama." kata Sri Mulyani pada Selasa 16 Oktober 2018. 

"Berdasarkan usulan dari Pak Gubernur (BI) mengenai range nilai tukar yang tadi disampaikan 14.800 per dolar AShingga 15.200 per dolar AS, kami mengusulkan menggunakan nilai tengahnya di angka tengahnya di Rp15.000 untuk nilai tukar tahun 2019," lanjut dia.

Sri Mulyani menilai, perubahan tersebut dikarenakan Indonesia mewaspadai dinamika ekonomi global yang makin dinamis yang dipicu antara lain oleh kebijakan Pemerintah Amerika Serikat (AS) yang menaikkan suku bunga, mengetatkan likuiditas dollar Amerika serta perang dagang antara Amerika dengan Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Permintaan Charlie Puth Saat Konser di Indonesia

Posted: 16 Oct 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Warner Music Indonesia dan Full Color Entertainment sudah mempersiapkan diri untuk mendatangkan penyanyi Charlie Puth ke Indonesia pada 16 November 2018.

Charlie Puth sendiri sudah tak sabar untuk melakoni tur Asia, termasuk datang ke Indonesia. Kepada pihak promotor, Charlie Puth juga meminta sejumlah persyaratan khusus.

David Ananda selaku CEO Full Color Entertainment mengatakan, Charlie Puth sangat cermat soal urusan makanan yang disantapnya selama berada di Indonesia.

Untuk hal ini, dikatakan dia, promotor sudah mempersiapkan kebutuhan makanan yang diminta pelantun "The Way I Am" itu.

 

 

 

Nutrisi dan Bebas Lemak

Charlie Puth (AFP/Bintang.com)

Rupanya Charlie Puth punya gaya hidup sehat, sehingga dari segi makanan dipilih yang bernutrisi dan bebas lemak.

"Dia minta disediakan healthy food, gluten free. Untuk yang gluten free kita datangin khusus dari Singapura. Ada susu yang enggak ada di Indonesia, kita harus datangin dari luar negeri," ujar David dalam jumpa pers di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, seperti dilansir dari KapanLagi.com.

 

 

Grand Piano

Charlie Puth (Foto: AFP / Nicholas Hunt / GETTY IMAGES NORTH AMERICA)

 "Kita senang akhirnya Charlie Puth mau datang ke Indonesia. Karena banyak musikus luar datang ke kawasan Asia, tapi tidak ke Indonesia," David melanjutkan.

Selain makanan, promotor juga menyiapkan grand piano di kamar hotel yang nantinya ditempati Charlie Puth. Ya, Charlie Puth secara khusus meminta ruangan dengan sebuah grand piano di dalamnya.

Sebagai musikus, inspirasi tentunya bisa datang kapan saja, dan Charlie sepertinya tak ingin idenya terbuang percuma. Jadi, sudah siap menyaksikan konser Charlie Puth? (Fimela.com/ Nizar Zulmi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Modric Malas Main Bareng Messi

Posted: 16 Oct 2018 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Setelah melalui beberapa pertandingan melawan Lionel Messi, Luka Modric pun sadar bahwa dirinya tidak akan bisa bermain bersamanya. Baginya, bintang Barcelona itu sudah ditakdirkan untuk selalu menjadi lawannya di lapangan.

Seperti yang diketahui, Modric merupakan salah satu gelandang terbaik yang dimiliki oleh Real Madrid. Sedangkan Messi membela tim yang merupakan rival abadi Los Merengues, Barcelona.

Keduanya sering berhadapan dalam laga klasik La Liga, El Clasico. Bahkan, mereka pun sempat berlawanan di pentas internasional, tepatnya pada fase grup Piala Dunia 2018 yang mempertemukan Argentina dan Kroasia dulu.

Keduanya saat ini sudah berumur lebih dari 30 tahun, dan semakin dekat dengan masa pensiunnya. Maka dari itu, Modric pun sadar bahwa sudah takdirnya untuk melawan Messi, bukan bermain dengannya.

"Saya bermain melawannya, bukan bersamanya," ujar Modric dalam wawancara bersama France Football.

"Pastinya Messi adalah salah satu pemain terbaik di dalam sejarah, tetapi saya tidak akan pernah bermain dengannya," tambahnya.

 

Berteman Baik dengan Ronaldo

Walaupun demikian, Modric masih bisa merasakan pengalaman bermain dengan pemain terbaik lainnya, Cristiano Ronaldo. Tetapi, hubungan antara keduanya dikabarkan tidak baik karena ajang FIFA's The Best dulu.

Modric pun langsung menampik kabar miring tersebut. Ia menegaskan bahwa hubungannya dengan penyerang yang kini bermain untuk Juventus tersebut masih baik-baik saja hingga sekarang.

"Kami menghabiskan enam tahun yang indah di Madrid, di mana kami menumbuhkan persahabatan serta rasa saling hormat," tambahnya.

"Sekarang dia pergi dan kami masih sering berhubungan, saling mengirimkan pesan. Saya bisa bilang bahwa kami masih memiliki relasi yang baik," tutupnya.

Sumber: bola.net

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ucapan Selamat Ulang Tahun buat Prabowo Subianto Ramai di Lini Masa

Posted: 16 Oct 2018 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto hari ini, Rabu (17/10/2018) merayakan ulang tahunnya ke-67. Sekadar diketahui, Prabowo lahir pada 17 Oktober 1951 di Jakarta.

Warganet pun mengucapkan selamat ulang tahun untuk calon orang nomor satu di Indonesia itu. Bahkan, tagar (#) Milad67Prabowo juga menjadi salah satu trending topic di lini masa Twitter Indonesia.

Untaian doa dan harapan untuk Prabowo pun mengalir di Twitter. Salah satu warganet mendoakan agar Prabowo terus berjuang untuk negeri.

Ada juga warganet yang mendoakan agar Prabowo tetap amanah dan berjuang dengan ikhlas.

Pelukan Prabowo-Jokowi yang Ramai di Twitter

Pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menaiki mobil golf sambil menunjukkan salam dua jari saat mengikuti pawai Deklarasi Kampanye Damai di Monas, Minggu (23/9). (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Sebelumnya, lini masa Twitter juga sempat ramai setelah adanya momen akrab antara calon presiden nomor urut 1 Joko Widodo (Jokowi) dan calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto berpelukan. 

Momen istimewa itu terjadi usai pertandingan final cabang olahraga pencak silat Asian Games yang digelar di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia beberapa waktu lalu.

Alasannya, atlet pencak silat Hanifan Yudani merangkul Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo bersamaan usai menyabet medali emas.

Peristiwa itu pun tak luput dari perbincangan warganet. Momen tersebut banyak diapresiasi warganet. Pujian untuk kedua tokoh nasional itu pun ramai dikicaukan di lini masa Twitter Indonesia.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Kamis (30/8/2018), topik pembicaraan mengenai keduanya masih ramai dibicarakan.

Terbaru, ada tagar #WowoSayangWiwi berhasil masuk dalam trending topic Indonesia.

Sesuai namanya, tagar ini membahas mengenai momen kebersamaan Jokowi dan Prabowo yang juga terjadi di Asian Games 2018.

Ada foto yang menggambarkan keduanya sedang berjalan dan terlihat seakan bergandengan sambil saling berbincang. 

Berawal dari foto itu, tagar #WowoSayangWiwi pun ramai muncul di lini masa Twitter. Meski kebanyakan berupa guyonan, tak ada salahnya untuk mengetahui kicauan sejumlah warganet yang sudah dihimpun berikut ini. 

Kantongi Jutaan Likes

Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto (tengah) saat akan menghadiri Rakernas LDII di Pondok Gede, Jakarta, Kamis (11/10). Kehadiran Prabowo untuk memberi pembekalan dalam pertemuan anggota LDII se-Indonesia. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Momen tersebut diabadikan banyak orang. Ketiganya berpelukan dalam selubung bendera Merah Putih.

Jokowi juga memasang foto pelukan itu di akun Instagram resminya, @jokowi. Foto tersebut sudah mengantongi lebih dari satu juta likes di Instagram.

"Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, sore tadi. Begitu dinyatakan sebagai peraih medali emas kelas C setelah menundukkan Nguyen Thai Linh asal Vietnam, pesilat putra Hanifan Yudani Kusumah merayakan kemenangannya dengan berlari keliling arena lalu naik ke tribun penonton tempat saya duduk bersama Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia, Bapak Prabowo Subianto," tulis Jokowi dalam caption-nya.

"Kami bertiga -- Hanifan, saya dan Pak Prabowo -- pun berpelukan dalam selubung merah putih. Selamat untuk Hanifan, seluruh atlet pencak silat Indonesia, pelatih dan jajaran pengurus, yang mempersembahkan 14 medali emas untuk kontingen Indonesia di Asian Games 2018," tambahnya.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Presenter SCTV dan Indosiar Berbagi Pengalaman Jadi Jurnalis di EGTC Yogyakarta

Posted: 16 Oct 2018 09:18 PM PDT

Presenter SCTV Prisca Niken berbagi pengalaman sebagai jurnalis saat gelaran Emtek Goes To Campus 2018 (EGTC) di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Rabu (17/10). Emtek Goes To Campus ini diadakan pada 16-18 Oktober 2018. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Presenter SCTV Prisca Niken berbagi pengalaman sebagai jurnalis saat gelaran Emtek Goes To Campus 2018 (EGTC) di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Rabu (17/10). Emtek Goes To Campus ini diadakan pada 16-18 Oktober 2018. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Presenter Fokus Pekan Indosiar Asran Shady berbagi pengalaman sebagai jurnalis saat gelaran Emtek Goes To Campus 2018 (EGTC) di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Rabu (17/10). EGTC ini diadakan pada 16-18 Oktober 2018. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Presenter Fokus Pekan Indosiar Asran Shady berbagi pengalaman sebagai jurnalis saat gelaran Emtek Goes To Campus 2018 (EGTC) di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Rabu (17/10). EGTC ini diadakan pada 16-18 Oktober 2018. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Presenter SCTV Prisca Niken berbagi pengalaman sebagai jurnalis saat gelaran Emtek Goes To Campus 2018 (EGTC) di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Rabu (17/10). Emtek Goes To Campus ini diadakan pada 16-18 Oktober 2018. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Presenter SCTV Prisca Niken berbagi pengalaman sebagai jurnalis saat gelaran Emtek Goes To Campus 2018 (EGTC) di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Rabu (17/10). Emtek Goes To Campus ini diadakan pada 16-18 Oktober 2018. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Presenter SCTV Prisca Niken berbagi pengalaman sebagai jurnalis saat gelaran Emtek Goes To Campus 2018 (EGTC) di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Rabu (17/10). Emtek Goes To Campus ini diadakan pada 16-18 Oktober 2018. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Presenter SCTV Prisca Niken berbagi pengalaman sebagai jurnalis saat gelaran Emtek Goes To Campus 2018 (EGTC) di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Rabu (17/10). Emtek Goes To Campus ini diadakan pada 16-18 Oktober 2018. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Produser Liputan6 SCTV Djati Darma berbagi pengalaman sebagai jurnalis saat gelaran Emtek Goes To Campus 2018 (EGTC) di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, Rabu (17/10). EGTC ini diadakan pada 16-18 Oktober 2018. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Produser Liputan6 SCTV Djati Darma berbagi pengalaman sebagai jurnalis saat gelaran Emtek Goes To Campus 2018 (EGTC) di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, Rabu (17/10). EGTC ini diadakan pada 16-18 Oktober 2018. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Produser Fokus Indosiar Utrich Farzah berbagi pengalaman  liputan saat gelaran Emtek Goes To Campus 2018 (EGTC) di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, Rabu (17/10). Emtek Goes To Campus ini diadakan pada 16-18 Oktober 2018. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Produser Fokus Indosiar Utrich Farzah berbagi pengalaman liputan saat gelaran Emtek Goes To Campus 2018 (EGTC) di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, Rabu (17/10). Emtek Goes To Campus ini diadakan pada 16-18 Oktober 2018. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Presenter dan produser Liputan6 SCTV dan Fokus Indosiar membagi pengalaman sebagai jurnalis saat Emtek Goes To Campus 2018 (EGTC) di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Rabu (17/10). EGTC ini diadakan pada 16-18 Oktober 2018 (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Presenter dan produser Liputan6 SCTV dan Fokus Indosiar membagi pengalaman sebagai jurnalis saat Emtek Goes To Campus 2018 (EGTC) di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Rabu (17/10). EGTC ini diadakan pada 16-18 Oktober 2018 (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Resep Rujak Serut, Makanan Tradisional yang Bisa Bakar Kalori

Posted: 16 Oct 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rujak merupakan makanan tradisional yang banyak disukai masyarakat, terlebih perempuan. Rujak disukai banyak orang karena rasanya segar dan nikmat.

Dilansir manfaat.co.id, rujak ternyata juga bisa membakar kalori dalam tubuh. Pasalnya, makanan ini mengandung zat capcaisin yang berfungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Rujak juga bermanfaat untuk menyembuhkan sariawan. Tingginya vitamin C pada buah-buahan sangat efektif untuk menyembuhkan sariawan dalam waktu singkat.

Mengonsumsi rujak secara rutin bisa meminimalisir risiko penyakit jantung. Selain itu, rujak juga bisa menghancurkan kolesterol jahat.

Di Indonesia, menu rujak terdiri dari berbagai jenis dan lebih bervariasi, salah satunya rujak serut. Berikut cara mudah untuk membuat rujak serut, seperti dilansir akun viekim di cookpad.com.

Bahan-bahan yang Diperlukan:

3 buah mangga

2 buah timun

3 buah nanas

1/2 kg gula merah

1 saset terasi bakar

2 saset asam jawa

100 gr gula putih

10 buah cabe rawit

1 sdt garam

1 liter air

Langkah-langkah Pembuatan:

1. Kupas semua buah, cuci bersih.

2. Blender cabai, garam dan terasi beri air sedikit.

3. Sisir gula merah rebus dengan 1 liter air, dan masukkan gula putih

4. Tuang blenderan cabai, tes rasa.

5. Rujak serut siap dihidangkan.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Motegi: Balapan Akhir Pekan Ini

Posted: 16 Oct 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seri ke-16 MotoGP akan berlangsung di Jepang. Balapan bakal dilangsungkan di Twin Ring Motegi, Jepang, Minggu (21/10/2018).

Di sirkuit yang menjadi markas Honda ini, Marc Marquez bisa saja menobatkan diri sebagai juara dunia MotoGP 2018. Saat ini, pembalap berusia 25 tahun itu sudah mengumpulkan 271 poin.

Kemenangan di Sirkuit Buriram, Thailand, dua pekan lalu, membuat Marquez unggul 77 poin dari saingan terdekatnya di klasemen MotoGP, Dovizioso. Itu artinya, Marquez bisa saja menjadi juara dunia di Jepang, akhir pekan ini.

Marquez bisa menjadi juara bila bisa menjaga selisih 75 poin dengan Dovizioso. Ini memperhitungkan tiga seri tersisa setelah MotoGP Motegi. Bila demikian, Doviziso bila memenangkan tiga seri tersisa tak bakal mampu mengejar poin Marquez.

Ini bisa saja terjadi. Pasalnya, Sirkuit Motegi, Jepang, memang sudah tak asing untuk Marquez. Dari lima balapan dia cuma sekali gagal naik podium yakni saat finis keempat pada MotoGP 2015.

Lihat jadwal MotoGP Motegi di halaman selanjutnya.

 

Jadwal MotoGP Jepang

Jumat, 19 Oktober 2018

FP1 MotoGP (07:55 WIB)

FP2 MotoGP (12:05 WIB)

Sabtu, 20 Oktober 2018

FP3 MotoGP (07:55 WIB)

FP4 MotoGP (11:30 WIB)

Minggu, 21 Oktober 2018

WUP MotoGP (07:40 WIB)

RACE MotoGP (12:00 WIB)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Studi Kelaikan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Rampung November

Posted: 16 Oct 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan studi kelaikan kereta cepat Jakarta-Surabaya akan rampung pada November 2018.

"KA Jakarta-Surabaya sedang dalam studi kelaikan oleh JICA. Memang rencananya November mereka akan memberikan kepada kita," kata Budi Karya seperti dikutip dari Antara, Rabu (17/10/2018).

Tiga hal yang menjadi fokus dalam studi kelaikan tersebut adalah harganya harus lebih ekonomis, tingkat komponen dalam negeri (TKDN) harus lebih banyak, serta porsi kontraktor harus seimbang antara dalam negeri dan asing.

"Kita pikirkan mana yang lebih ekonomis, teknologi apa yang dipakai. Kedua TKDN, bagian konstruksi yang akan digunakan kita mengharapkan itu diprioritaskan. Ketiga, bagian mana kontraktor digunakan, kita juga minta dipikirkan, kontraktor lokal samalah persentasenya," katanya.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan menyatakan masih berupaya agar biaya proyek tersebut berada di kisaran Rp 60 triliun.

Budi Karya menyampaikan kajian proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya akan rampung pada Agustus 2018. Namun, hingga saat ini belum ada perkembangan signifikan perihal proyek tersebut.

RI Bakal Genjot Komponen Lokal untuk Proyek KA Jakarta-Surabaya

Model berpose di sisi miniatur kereta cepat saat pameran INAPA 2017 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (29/3). Pameran ini berlangsung di Hall B1 JIExpo Kemayoran. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelumnya, pemerintah terus diskusi agar Japan International Cooperation Agency (JICA) dapat menurunkan biaya investasi proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya.

Menanggapi hal ini, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Zulfikri menyatakan, pemerintah Jepang terlebih dahulu akan melakukan persiapan untuk survei. Hal ini, kata Zulfikri, agar dapat ditentukan biaya yang laik untuk proyek tersebut.

"Kemarin kita lakukan feasibility study dan dapat indikasi biayanya. Sekarang JICA akan lakukan detail survei untuk dapat desain yang lebih detail lagi," tutur dia pada Senin, 6 Agustus 2018. 

Ia menambahkan, pembangunan kereta api (KA) cepat Jakarta-Surabaya akan bergantung pada hasil survei tersebut. Lantaran, kata Zulfikri hal ini berkaitan dengan kepentingan pembiayaan proyek.

"Start pembangunannya akan sangat ditentukan oleh hasil survei, karena terkait dengan pembiayaan. Kita akan coba terus yang murah dan cepat," ujar dia.

Ia menambahkan, survei akan dilakukan selama tujuh bulan usai proses lelang konsultan yang JICA di Jepang selesai pada awal November 2018.

"Ini kita lakukan paralel, kita dengan BPPT melakukan studi trase dulu, tapi secara teknis yang lebih detail nanti JICA," ujar dia.

Untuk menekan biaya investasi, Zulfikri menuturkan, Kemenhub akan berupaya untuk memaksimalkan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) dalam proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya.

"Intinya, Jepang dan RI sudah sepakat untuk membangun tambahan satu lajur di jalur eksisting dengan lebar sepur sempit atau narrow gauge," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: YouTube Mendadak Eror, Kok Bisa?

Posted: 16 Oct 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta YouTube, layanan berbagi video milik Google, sempat tumbang pada Rabu (17/10/2018) pagi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Caparros: Valverde Tak Boleh Bikin Messi Marah

Posted: 16 Oct 2018 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Perlakuan pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, terhadap Lionel Messi mendapatkan perhatian dari Direktur Olahraga Sevilla, Joaquin Caparros. Dia memperingatkan Valverde untuk tidak berbuat macam-macam terhadap pemain Argentina tersebut.

Beberapa hasil buruk yang diterima Barcelona membuat Valverde saat ini sedang menjadi sorotan utama. Kini, mereka sedang bertengger di posisi dua dengan koleksi 16 poin, kalah satu angka dari Sevilla yang sedang memuncaki klasemen sementara.

Hasil imbang 1-1 melawan Athletic Bilbao bulan lalu membuatnya menjadi sasaran empuk kritik. Terlebih karena keputusannya mencadangkan Messi, yang pada saat itu masuk di babak kedua dan langsung memberikan assist.

Tekanan yang diterima Valverde jelas membuatnya berada di posisi sulit. Caparros pun menyarankannya untuk berhati-hati. Apalagi jika dirinya sampai berada di sisi yang berlawanan dengan Messi.

"Messi tak boleh dibuat kesal. Messi seperti singa," ujar Caparros kepada Radio Marca.

"Seekor singa harus dibelai dan Anda bisa menaruh tangan di mulutnya tanpa harus takut digigit. Tetapi bila Anda menyentuh cakarnya, seekor singa pun bisa merobek kepala Anda," tandasnya.

Pengaruh Messi

Kala Barcelona masih dipimpin Luis Enrique, beberapa laporan menyebutkan bahwa Messi sempat berseteru dengannya. Hal itu diyakini menjadi alasan utama Enrique meninggalkan Nou Camp tahun 2017 lalu.

Pengaruh yang sama juga terlihat pada Piala Dunia 2018 lalu, kala Messi bermain bersama timnas Argentina. Bahkan beberapa sosok penting, seperti Hernan Crespo, pernah menyebutkan bahwa salah satu alasan Mauro Icardi tidak dibawa ke Rusia adalah karena tidak berada satu frekuensi dengan Messi.

"Saya melihat Icardi bukanlah salah satu teman baik Messi. Timnas sekarang terbentuk oleh sebuah lingkaran magis, Anda paham?" ujar Crespo kepada Gazzetta dello Sport beberapa bulan lalu.

"Icardi bukanlah bagian dari lingkaran itu. Oleh karena itu, dia tidak akan ke Piala Dunia di Rusia. Tim butuh striker sepertinya, tetapi [Jorge] Sampaoli dan Messi berpikir sebaliknya," tuturnya.

Sumber: bola.net

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Honda CRF250L Recall, Bagaimana di Indonesia?

Posted: 16 Oct 2018 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sepeda motor trail besutan Honda, CRF250L kena recall atau penarikan kembali lantaran masalah kabel listrik yang berperanguh pada bagian klakson, lampu, dan panel instrumen lainnya.

Jika terjadi sesuatu pada bagian kabel, bukan tak mungkin Honda CRF250L akan terjadi masalah serius. Sebelumnya, Honda juga sempat melakukan recall CRF250R yang diproduksi selama enam bulan dari 6 Oktober 2017 sampai 4 April 2018, pada Agustus 2018 lalu.

Perlu dicatat, masalah recall ini terjadi pada Honda CRF250 di Amerika Serikat.

Sedangkan di Indonesia sendiri, menurut General Manager Corporate Communication PT AHM, Ahmad Muhibbuddin Honda CRF 250 yang dipasarkan di Tanah Air tak ada masalah.

"Yang di Amerika Serikat itu CRF 250L sementara yang kami pasarkan di Indonesia CRF 250 Rally. Jadi tidak termasuk produk yang di-recall. Secara varian memang beda," terang Muhib kepada wartawan saat acara The 9th Astra Honda Skill Contest (AHSC) for Vocational School 2018,  yang digelar di SMK Mitra Industri MM2100, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, (16/10/2018).

Muhib menyatakan, Honda CRF250 Series yang dijual di Negeri Paman Sam dikirim langsung dari Jepang. Sebaliknya, untuk pasar Indonesia dirakit langsung dari Thailand.

"Jadi tidak termasuk. Saya sudah tanya langsung ke orang Jepang sana," tuturnya.

Sebelumnya

Honda CRF250 Series dipastikan menjalani debutnya di pasar nasional pada Jumat, 3 Februari 2017 (Honda)

Honda melakukan recall atau penarikan kembali untuk diperbaiki ratusan unit CRF250L. Kampanye ini, ditenggarai karena masalah pemasangan kabel yang salah untuk motor trail andalan pabrikan berlambang sayap mengepak tersebut.

Melansir Visordown, Selasa (16/10/2018), secara detail kabel yang salah terpasang dapat menyebabkan masalah pada lampu, klakson, dan panel instrumen.

Untuk recall tersebut, bakal melibatkan sebanyak 505 unit Honda CRF250L di Amerika Serikat (AS).

Seperti halnya recall lainnya, dealer Honda akan melakukan penggantian kabel Honda CRF250L milik konsumen tanpa dipungut biaya sepeserpun alias gratis.

Sementara itu, meskipun masalah ini tidak berbahaya, namun jika terjadi masalah pada lampu atau klakson Honda CRF250L, terutama di malam hari dapat menyebabkan tabrakan.

Sebelumnya, Honda juga telah menarik CRF250R yang diproduksi selama enam bulan dari 6 Oktober 2017 sampai 4 April 2018, pada Agustus 2018 lalu. Recall tersebut diakibatkan karena masalah kopling yang terlalu panas dan dapat menyebabkan mesin mati.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

EGTC 2018 di Yogyakarta, Ribuan Mahasiswa Dapat Resep Jadi Jurnalis Andal

Posted: 16 Oct 2018 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - EMTEK Goes To Campus atau EGTC 2018 di Yogyakarta yang digelar selama tiga hari, 16-18 Oktober, menampilkan banyak kegiatan dan diskusi. Memasuki hari kedua, acara yang diselenggarakan di Grha Sabha Pramana dibuka dengan ngobrol bersama empat presenter Indosiar dan SCTV, yakni Prisca Niken, Asran Shady, Jati Dharma, dan Utrich Farzah.

Mereka membagikan pengalaman sebagai jurnalis kepada ribuan mahasiswa yang hadir. Pada awal acara, tidak banyak mahasiswa yang mengacungkan tangan sebagai tanda ingin menjadi jurnalis. Namun, setelah keempat presenter itu memaparkan pengalamannya, lebih banyak mahasiswa yang ingin menjadi jurnalis.

Menurut Asran, menjadi jurnalis merupakan profesi yang menyenangkan. Ia bisa mengetahui banyak hal dan menjadi orang pertama yang tahu soal sebuah kejadian atau peristiwa.

Asran mengaku senang membuat berita ficer, sehingga banyak pengalaman yang dia tidak pernah tahu sebelumnya.

"Saya juga waktu itu baru tahu kalau di Merauke memiliki sawah 80.000 hektare dan ada lumbung padi," ujarnya di hadapan peserta EGTC 2018, Rabu (17/10/2018).

Utrich juga bercerita setelah menjadi reporter, jenjang berikutnya dalam kariernya adalah menjadi produser. Saat ini, ia bertugas sebagai produser tayangan Patroli Indosiar.

Tanggung jawab yang dipikulnya lebih berat, karena ia harus memastikan berita yang bagus untuk ditayangkan. "Musuh terbesar kami adalah remote televisi. Jangan sampai penonton menjadi tidak tertarik dan memindahkan channel televisi," tutur Utrich.

Keempat presenter itu juga mengajak peserta untuk bergabung ke dalam SCTV dan Indosiar menjadi jurnalis. EGTC 2018 juga mengadakan audisi news presenter sebagai ajang mencari bakat baru presenter televisi.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Manfaat Tak Terduga Karet Gelang, Momen Dihukum Guru Bikin Kangen

Posted: 16 Oct 2018 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang kerap membuang karet gelang yang biasa kita temui sebagai pembungkus makanan. Padahal karet gelang punya beragam kegunaan yang bisa kita gunakan dalam berbagai kehidupan.

Ternyata ada 6 manfaat dari karet gelang. Mulai dari mengganjal pintu sampai dengan buka tutup toples. Artikel dari manfaat karet gelang menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua terpopuler yakni tentang sembilan momen dihukum guru yang bikin kangen sekolah. Sedangkan artikel ketiga terpopuler yakni makanan beku seketika di Antariksa.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Tak Banyak yang Tahu, 6 Manfaat Karet Gelang untuk Kehidupan Sehari-hari

Ilustrasi Foto Karet Gelang (iStockphoto)

Sebagian besar dari kalian tentu tak asing dengan karet gelang bukan? Karet gelang merupakan potongan karet berbentuk melingkar seperti gelang yang dibuat dari bahan alami getah pohon karet.

Sebenarnya karet gelang memiliki banyak kegunaan untuk kehidupan sehari-hari loh. Karena itu ada baiknya kini kalian tak membuang karet gelang. Dikutip dari Brightside, ini deretan kegunaan karet gelang yang wajib kalian ketahui.

Selengkapnya..

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

2. 9 Momen Dihukum Guru Ini Bikin Kangen Sekolah

(Foto rangkuman berbagai sumber)

Kenangan sekolah tak selalu tentang belajar dan bermain dengan teman sekelas. Dihukum oleh guru ternyata bisa melengkapi masa-masa indah saat sekolah.

Meskipun saat dihukum pernah bikin kita kesal dan malu, kenangan tersebut justru jadi pengalaman menarik yang mungkin sulit untuk dilupakan. Dikutip dari Instagram @drama.sekolah, berikut momen dihukum guru yang bikin kita ngakak sekaligus nostalgia.

Selengkapnya..

3. Layaknya Sulap, Makanan Ini Beku Seketika di Antartika

Makanan yang membeku saat hendak dibuat di Antartika. (Sumber foto: Cyprien Verseux)

Sebagai bagian dari pekerjaannya, astrobiologis Cyprien Verseux telah tinggal di Antartika - daerah terdingin di bumi yang menjadikannya benua paling terisolasi dan tidak berpenghuni.

Tetapi Cyprien dan timnya masih perlu menemukan bagaimana cara bertahan hidup dan makan setiap hari di sana. Lantas, seperti apa rasanya makan dalam kondisi beku seperti pada gambar di atas? Berikut pengalaman para ilmuwan yang berhasil tinggal di Antartika.

Selengkapnya..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Studi: Bencana Kekeringan Lebih Menyengsarakan daripada Perang di Afghanistan

Posted: 16 Oct 2018 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Kabul - Beberapa laporan swasta mengatakan bahwa kekeringan akut di Afghanistan lebih menyengsarakan rakyat dibandingkan perang dengan kelompok Taliban.

Laporan itu juga menyebut bahwa kekeringan telah membuat jumlah masyarakat yang telantar meningkat hampir 50 persen sejak dua silam.

"Kami haus dan lapar. Kami mengambil apa yang kami bisa (makan), dan rela kehilangan sebagian besar harta benda. Sekarang kami tidak punya apa-apa. Delapan dari kami tinggal di tenda kecil ini," kata Shadi Mohamed (70), seorang warga pinggiran kota Herat di barat Afghanistan, dikutip dari BBC pada Rabu (17/10/2018).

"Istri dan beberapa anak saya telah meninggal. Sisa anak saya sebagian ada di sini mencari air, sebagian lainnya tinggal di tenda," kata dia pilu.

Mohammed adalah salah satu dari sekitar 260 ribu orang tersingkir dari kampung halaman mereka di utara dan barat Afghanistan, setelah bencana kekeringan terus melanda selama setahun terakhir.

Kekeringan menambah penderitaan di Afghanistan, di mana tingkat kekerasan dilaporkan meningkat sejak 2014, ketika pasukan internasional secara resmi mengakhiri misi tempur mereka.

Taliban sekarang dilaporkan mengendalikan lebih banyak wilayah di Afghanistan dibandingkan ketika invasi pimpinan AS melemahkan mereka pada 2001.

Akan tetapi, PBB mengatakan bahwa tahun 2018 ini, kekeringan telah membuat lebih banyak orang Afghanistan menderita, daripada yang disebabkan konflik antara Taliban dan pemerintah.

Qadir Assemy dari Program Pangan Dunia PBB (UNWFP) membantu mengoordinasikan upaya bantuan di Herat, salah kota yang paling terdampak bencana kekeringan.

PBB mengalokasikan dana US$ 34,6 juta (setara Rp 552 milair, dengan kurs Rp 15.179 per dolar AS) untuk membantu 2,2 juta orang yang menderita dampak kekeringan di Afghanistan.

Saat ini, UNWFP mengutamakan pendistribusian dana bantuan tersebut untuk mencukupi kebutuhan pangan dasar warga di wilayah barat Afghanistan.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Pemerintah Dikeluhkan oleh Rakyat

Asap mengepul dari rumah yang diduga merupakan tempat persembunyian tersangka pelaku serangan bom di Kabul Afghanistan, 21 Agustus 2018. (AP)

Di luar upaya penanggulangan bencana kekeringan, banyak orang --khususnya wanita dan anak-anak-- putus asa dan tidak tahu harus berbuat untuk bisa bertahan hidup.

Banyak dari mereka terpaksa berjalan jauh menuju pusat pemerintahan terdekat untuk mengantre bantuan, yang jumlahnya terbatas dan sering kali terkendala kacaunya pengaturan distribusi.

"Jika kami punya uang, kami tidak akan pernah datang ke sini. Nasib buruk yang membawa kami ke sini," kata Fatima, seorang wanita, yang mengantre bersama dua anaknya.

"Tidak ada hujan selama lebih dari setahun. Semuanya kering. Saya bahkan tidak punya air untuk diberikan kepada anak-anak. Belum lagi ada pertempuran antara Taliban dan tentara pemerintah. Ini benar-benar kacau," dia melanjutkan.

Beberapa warga lain menceritakan betapa mereka terpaksa menjual ternak mereka dengan harga murah demi bisa membeli cukup makanan. Tidak jarang berutang pun jadi pilihan terbaik, meski risiko bunga fluktuatif oleh rentenir mengancam ketahanan ekonomi warga di kemudian hari.

Saat ini, Afghanistan sedang mempersiapkan pemilihan parlemen jangka panjang yang dijadwalkan berlangsung pada 20 Oktober nanti.

Namun, banyak warga lokal mengeluh bahwa para calon pemimpin mereka seakan lupa tentang masalah yang ada di depan mata, dan sibuk saling menjatuhkan. 

UNWFP memperingatkan kepada pemerintah Afghanistan untuk memperhatikan kondisi warga saat menghadapi musim dingin.

"Cuaca akan sangat keras. Populasi ini tidak akan dapat bertahan hidup di tenda-tenda," kata salah seorang juru bicara UNWFP.

"Kami belum melihat bencana berskala besar dalam 18 tahun terakhir, ini benar-benar memilukan," lanjutnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Cetak 2 Gol, Griezmann Bawa Prancis Taklukkan Jerman

Posted: 16 Oct 2018 09:03 PM PDT

Penyerang Prancis, Antoine Griezmann menendang bola ke ke gawang Jerman pada laga UEFA Nations League di Stadion Stade de France, Paris, Selasa (16/10). Dua gol Griezmann membawa Prancis menaklukkan Jerman 2-1. (FRANCK FIFE/AFP)

Penyerang Prancis, Antoine Griezmann menendang bola ke ke gawang Jerman pada laga UEFA Nations League di Stadion Stade de France, Paris, Selasa (16/10). Dua gol Griezmann membawa Prancis menaklukkan Jerman 2-1. (FRANCK FIFE/AFP)

Penyerang Prancis, Antoine Griezmann menendang penalti saat menghadapi Jerman pada laga UEFA Nations League di Stadion Stade de France, Paris, Selasa (16/10). Dua gol Griezmann membawa Prancis menaklukkan Jerman 2-1. (FRANCK FIFE/AFP)

Penyerang Prancis, Antoine Griezmann menendang penalti saat menghadapi Jerman pada laga UEFA Nations League di Stadion Stade de France, Paris, Selasa (16/10). Dua gol Griezmann membawa Prancis menaklukkan Jerman 2-1. (FRANCK FIFE/AFP)

Penjaga gawang Jerman, Manuel Neuer gagal menepis penalti Antoine Griezmann saat menghadapi Prancis pda UEFA Nations League di Stadion Stade de France, Paris, Selasa (16/10). Dua gol Griezmann membawa Prancis menaklukkan Jerman 2-1. (FRANCK FIFE/AFP)

Penjaga gawang Jerman, Manuel Neuer gagal menepis penalti Antoine Griezmann saat menghadapi Prancis pda UEFA Nations League di Stadion Stade de France, Paris, Selasa (16/10). Dua gol Griezmann membawa Prancis menaklukkan Jerman 2-1. (FRANCK FIFE/AFP)

Selebrasi penyerang Prancis, Antoine Griezmann usai mencetak gol ke gawang Jerman pada laga UEFA Nations League di Stadion Stade de France, Paris, Selasa (16/10). Dua gol Griezmann membawa Prancis menaklukkan Jerman 2-1. (AP Photo/Christophe Ena)

Selebrasi penyerang Prancis, Antoine Griezmann usai mencetak gol ke gawang Jerman pada laga UEFA Nations League di Stadion Stade de France, Paris, Selasa (16/10). Dua gol Griezmann membawa Prancis menaklukkan Jerman 2-1. (AP Photo/Christophe Ena)

Penyerang Prancis, Antoine Griezmann (tengah) mengepalkan tinjunya saat mencetak gol ke gawang Jerman pada laga UEFA Nations League di Stadion Stade de France, Paris, Selasa (16/10). Prancis menaklukkan Jerman 2-1. (AP Photo/Francois Mori)

Penyerang Prancis, Antoine Griezmann (tengah) mengepalkan tinjunya saat mencetak gol ke gawang Jerman pada laga UEFA Nations League di Stadion Stade de France, Paris, Selasa (16/10). Prancis menaklukkan Jerman 2-1. (AP Photo/Francois Mori)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yuk Intip, Rahasia Awet Muda dari Berbagai Negara!

Posted: 16 Oct 2018 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar orang rela melakukan segala upaya demi bisa tampil awet muda. Mulai dari rajin olahraga, mengatur pola makan, hingga menggunakan produk perawatan kulit.

Biasanya, penduduk setiap negara punya kebiasaan masing-masing dalam merawat diri. Beberapa negara yang penduduknya berhasil merawat diri dengan baik antara lain Jepang, Prancis, Spanyol, Italia, dan Bulgaria. Sebagian besar penduduk negara-negara ini selalu tampil cantik dan tampan seakan tak pernah menua.

Sebenarnya, apa ya rahasia penduduk negara-negara tersebut bisa memiliki usia begitu panjang dan tampil awet muda? Cari tahu yuk rahasia dari beberapa negara di atas!

Negara Eropa Selatan

Negara di bagian Eropa Selatan, seperti Italia, Prancis, dan Spanyol penduduknya memiliki rata-rata angka harapan hidup 80 tahun ke atas. Rata-rata usia penduduk Spanyol mencapai 83,1 tahun, warga Italia 82,7 tahun, dan penduduk Prancis 82,4 tahun.

Rahasia mereka, menerapkan pola makan sehat. Penduduk negara Eropa Selatan mengikuti kebiasaan diet ala Mediterania. Makanan yang biasa mereka konsumsi sehari-hari antara lain sayuran segar dalam jumlah besar, minyak zaitun, ikan-ikanan, dan kacang-kacangan.

Hong Kong

Tak usah heran kalau melihat penduduk Hong Kong masih aktif dan lincah hingga usia lanjut. Contohnya, Jackie Chan yang masih jago berlaga meski sudah memasuki kepala enam. Menurut penelitian yang dilakukan beberapa jurnal medis dunia, warga Hong Kong bisa memiliki usia panjang dan hidup sehat berkat latihan Tai Chi yang biasa mereka lakukan. Tai Chi merupakan latihan bela diri asal China yang fokus pada energi Chi di tubuh manusia. Biasanya latihan fisik ini banyak diikuti oleh orang lanjut usia.

Jepang

Nah, negara yang satu ini memang sudah tak perlu diragukan lagi. Wanita Jepang kerap membuat kagum para wanita dari negara lain dengan kehalusan dan kemulusan kulit mereka. Ditambah penampilan mereka yang selalu tampak muda meski sudah berusia senja sekalipun.

Dilansir dari merdeka.com (7/5/2016), Direktur Aging and Life Course di World Health Organization (WHO), John Beard, mengatakan bahwa rahasia awet muda orang Jepang adalah pola makan tradisional. Mereka jarang mengonsumsi lemak jenuh dan daging merah, tetapi lebih sering makan protein hewani dan sayuran.

Bulgaria

Penduduk Bulgaria memiliki kebiasaan lain lagi. Warga di daerah Rhodope tengah atau area pegunungan di Bulgaria Selatan, rutin mengonsumsi Bulgarian yogurt sebagai rahasia tampil awet muda. Mereka terbiasa mengonsumsi yogurt asli Bulgaria saat makan pagi, siang, atau malam.

Kebiasaan tersebut berhasil membuat masyarakat Rhodope bisa hidup sehat, awet muda, dan panjang umur hingga usia 100 tahun, lho!

Seorang pemenang nobel sekaligus ahli kesehatan, Ilya Mechnicov, membuktikan korelasi Bulgarian Yogurt dengan umur panjang penduduk Rhodope. Jenis bakteri yang ditemukan oleh Stamen Grigorov di Bulgaria pada 1905 ini memiliki kemampuan mencegah kanker, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah osteoporosis, dan kandungan gizi sangat tinggi.

Nah, kalau kamu mau membuktikan sendiri keampuhan rahasia-rahasia dari empat negara di atas, kamu tak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri. Kamu bisa mencoba rahasia-rahasia itu di sini. Terlebih lagi, bahan-bahannya juga mudah ditemukan di Indonesia, termasuk Bulgarian Yogurt.

Yap, sekarang Bulgarian Yogurt sudah ada di Indonesia. Namanya, KIN Bulgarian Yogurt. Yogurt ini terbuat dari kultur bakteri Lactobacillus Bulgaricus asli Bulgaria, sehingga merasakan kenikmatan rasa dan manfaat Bulgarian Yogurt persis orang Bulgaria asli.

Empat varian rasa KIN Bulgarian Yogurt.

KIN Bulgarian Yogurt tersedia dalam rasa Original, Strawberry, Orange, dan Blueberry. Dijamin akan bikin kamu ketagihan! Terlebih lagi, produk ini bebas pengawet dan pemanis buatan. Kamu pun bisa merasakan hidup lebih muda seperti orang Bulgaria dengan enak dan aman.

Let's live younger with KIN Bulgarian Yogurt!

 

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sandiaga Uno Kembali Jual 30,10 Juta Saham Saratoga Investama

Posted: 16 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sandiaga Uno kembali menjual saham PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) pada awal Oktober 2018. Dengan penjualan saham itu, Sandiaga Uno meraup dana sekitar Rp 113,71 miliar.

Berdasarkan pengumuman dalam keterbukaan informasi PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (17/10/2018), Sandiaga Uno kembali jual saham PT Saratoga Investama Sedaya Tbk dalam dua tahap.

Pada tahap I 2018, Sandiaga Uno jual 28 juta saham dengan harga Rp 3.776 pada 8 Oktober 2018. Kemudian tahap II 2018, Sandiaga Uno jual 2,1 juta saham dengan harga Rp 3.802 per saham.

Jadi total jumlah saham yang dijual 30,10 juta saham. Dari penjualan saham tersebut, Sandiaga Uno meraup dana sekitar Rp 113,71 miliar. "Tujuan transaksi untuk divestasi," tulis Sandiaga Uno dalam keterbukaan informasi BEI.

Usai penjualan saham tersebut, Sandiaga Uno memiliki 672.615.429 saham atau sekitar 24,79 persen dari sebelum transaksi 702.715.429 saham (25,90 persen).

Sebelumnya pada 2 dan 3 Oktober 2018, Sandiaga Uno jual 51,40 juta saham sehingga total dana yang diraup dari penjualan saham Rp 194,08 miliar.

 

 

Sandiaga Uno Lepas 51,40 Juta Saham Saratoga

Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,33% atau 18,94 poin ke level 5.693,39, Jakarta, Selasa (30/5). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Sandiaga Uno menjual 51,40 juta saham PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG). Ia meraup dana Rp 194,08 miliar dari penjualan saham SRTG tersebut.

Mengutip keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis 4 Oktober 2018, Sandiaga Uno melepas saham PT Saratoga Investama Sedaya Tbk dalam dua tahap antara lain pertama pada 2 Oktober 2018 dengan jual 12 juta saham. Kemudian pada 3 Oktober 2018, Sandiaga Uno jual 39,40 juta saham.

"Harga penjualan per saham Rp 3.776," seperti dikutip dari keterbukaan informasi BEI.

Adapun tujuan transaksi untuk divestasi. Dengan penjualan saham itu, Sandiaga memiliki 702,71 juta saham atau 25,90 persen dari sebelumnya 754,11 juta saham SRTG atau sekitar 27,79 persen.

Kepemilikan saham PT Saratoga Investama Sedaya Tbk yang merupakan perusahaan investasi ini antara lain Edwin Soeryadjaya sebesar 31,04 persen, PT Unitras Pertama sebesar 32,62 persen, pemegang saham lainnya sebesar 8,5 persen, saham treasury sebesar 0,034 persen, dan Andi Esfandiari sebesar 0,013 persen.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mario Gomez Setuju Persib Jamu Persebaya di Bali

Posted: 16 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Mario Gomez menyambut baik keputusan manajemen tim untuk menggunakan Stadion Kapten I Wayan Dipta sebagai venue pertandingan melawan Persebaya Surabaya, Sabtu, 20 Oktober 2018.

Sebelumnya, Maung Bandung, julukan Persib, sempat dikabarkan bakal menggunakan Stadion Mandala, Jayapura untuk markas mereka. Ini menjadi bentuk protes mereka atas sanksi yang dijatuhkan Komisi Disiplin (Komdis) PSSI.

Namun hal itu dibatalkan. Persib akhirnya memilih Stadion Batakan kala menggelar pertandingan melawan Madura United pada pekan ke-24. Kini, saat melawan Persebaya, Persib menggunakan Stadion Kapten I Wayan Dipta.

Mario Gomez pun senang dengan Stadion Kapten I Wayan Dipta. Menurut pelatih berusia 61 tahun itu, stadion yang merupakan markas Bali United itu memiliki kualitas rumput yang baik.

"Sebelumnya kami mencoba di Mandala (Jayapura) tapi tidak bisa. Ada opsi di Bali dan saya langsung setuju karena stadion ini juga bagus. Musim ini, Persib sudah pernah bermain di sini dan cukup nyaman," kata Gomez.

Efek Positif

Persib Bandung. (Foto: Abelda Gunawan/Liputan6.com)

Tak hanya itu, Gomez memiliki alasan lain dalam pemilihan Stadion Kapten I Wayan Dipta sebagai tempat bertanding timnya nanti. Dia menilai suasana Bali akan memberikan efek positif bagi seluruh pemainnya.

Apalagi, Maung Bandung kini tengah dalam perjalanan untuk melakoni empat laga sekaligus.

"Refresh. Semua pemain harus tetap berada dalam mood dan pikiran yang segar. Ini perjalanan yang cukup berat dan sangat menguras energi. Saya rasa, pikiran mereka akan kembali fresh dengan suasana Bali yang bersahabat," ujarnya.

 

Tantangan Persib

Saat ini, masih ada sembilan pertandingan lagi yang menanti Persib untuk ke depannya. Karenanya, keunggulan satu poin atas PSM tentu sangat bermanfaat. Apalagi, kemenangan itu juga diraih usai menelan kekalahan 1-2 saat bersua Madura United.

Namun, anak asuh Roberto Carlos Mario Gomez itu juga tak bisa bersantai. Pasalnya, rintangan yang lebih berat telah menanti mereka. Selanjutnya, mereka akan menghadapi Persebaya Surabaya, PSM, Bali United, dan Bhayangkara FC.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Sederhana yang Ampuh Singkirkan Bau Mulut

Posted: 16 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang menyingkirkan bau mulut secara cepat dengan makan permen dan gosok gigi. Namun, ada cara yang sesungguhnya lebih sederhana dibandingkan hal itu.

Mengutip Reader's Digest pada Rabu (17/10/2018), bau mulut bisa menjadi tanda Anda mengalami dehidrasi. Sehingga, menyikat gigi belum tentu selalu menghilangkannya.

"Jangan berpikir dengan menggosok gigi empat kali sehari akan selalu menyembuhkan bau mulut Anda," ujar juru bicara nasional untuk American Dental Asosciation Dr. Ada S. Cooper, kepada Business Insider.

Cooper mengatakan, ketika mulut lebih kering, Anda memiliki lebih sedikit air liur. "Dan ketika Anda memiliki sedikit lebih air liur, makanan dan bakteri cenderung menetap di mulut Anda untuk jangka waktu yang lebih lama," tambahnya.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Minum air putih membantu hilangkan bau mulut

Minum air putih (Ilustrasi/iStockphoto)

Karena itu, minum air putih dalam jumlah cukup setiap hari bisa menyingkirkan bau mulut. Selain itu, Cooper mengatakan bahwa Anda harus berhati-hari jika minum kopi, alkohol, merokok, atau mengonsumsi obat-obatan tertentu karena menyebabkan mulut kering. 

Mengonsumsi air juga bisa meningkatkan kinerja pencernaan. Secangkir air putih dengan suhu hangat saat perut kosong membersihkan tubuh dari racun yang mempengaruhi kesehatan Anda. Air dan cairan lain akan menstimulasi sistem pencernaan.

Tentu saja, ada alasan lain untuk bau mulut selain kekeringan atau kebersihan yang buruk. Cooper merekomendasikan untuk selalu menggosok gigi di malam hari. Hal ini untuk mencegah sisa makanan dan bakteri yang terperangkap, menghasilkan bau saat seseorang tertidur.

Namun, jika bau mulut terus menerus tidak hilang, segera saja ke dokter gigi. Bisa saja, penyebabnya adalah sesuatu yang lain seperti penyakit tertentu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Foto Bareng Vicky Prasetyo, Jessica Iskandar Jadi Sorotan

Posted: 16 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jessica Iskandar mendadak jadi bahan sorotan warganet. Penyebabnya lantaran bintang film Dealova itu mengunggah foto bersama Vicky Prasetyo.

Sebenarnya tak ada yang salah dalam foto tersebut. Pada foto itu, perempuan yang kerap disapa Jedar ini mengenakan jaket berwarna gelap. Sementara, Vicky berjaket hijau. Keduanya berpose bak model.

Namun cahaya flash kamera membuat mata Jessica Iskandar dan Vicky Prasetyo terlihat putih. Seperti mata kucing. Alhasil foto tersebut tampak tidak fokus.

"Captionnya apa dong netijen?," tulis Jessica Iskandar, diakses Dream.co.id, Selasa 16 Oktober 2018.

Foto yang diunggah ibu satu anak ini langsung membuat pengguna Instagram heboh. Berbagai komentar pun dituliskan warganet pada unggahan foto tersebut.

Jadi Sorotan

Jessica Iskandar (Bambang E. Ros/bintang.com)

Ada yang menyoroti bagian mata Vicky dan Jedar yang tampak bersinar. Ada pula yang menyebut Jedar tidak pantas berpose dengan Vicky Prasetyo.

View this post on Instagram

Captionnya apa dong netijen? #balenciaga

A post shared by Jessica Iskandar (@inijedar) on

Komentar Warganet

Jessica Iskandar (Foto: Instagram)

"Mata alien haaaaa," komentar akun @adeadsya.

"Cewek alay ketemu Mbah nya alay," tulis akun @nunungfarr.

"Kece banget kaq jedar . Ngapin sih foto bareng ai itu," tulis akun @adellsally7. (Amrikh Palupi/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sempat Lesu, Pelanggan Netflix Bertambah Hingga 7 Juta

Posted: 16 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Netflix  kembali melangkah dengan pertumbuhan pelanggan yang sangat kuat selama musim panas setelah tersandung yang tak terduga selama musim semi memicu kekhawatiran bahwa layanan streaming videonya kehilangan daya tariknya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Xiaomi Mi Mix 3 Bakal Diumumkan 25 Oktober 2018

Posted: 16 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi tengah bersiap mengumumkan smartphone barunya, Mi Mix 3. Bocoran tentang smartphone tersebut juga telah beredar di ranah maya.

Dilansir GSM Arena, Rabu (17/10/2018), Xiaomi pun telah mempublikasikan informasi tentang pengumuman Mi Mix 3. Berdasarkan informasi tersebut, Mi Mix 3 akan diumumkan pada 25 Oktober 2018.

Pada undangan itu, Xiaomi menggambarkan sebuah smartphone dengan desain kamera geser atau mirip seperti pop-up camera pada Oppo Find X. Jika benar, maka kemungkinan besar smartphone ini akan memiliki bingkai layar yang sangat tipis.

Ini bukan kali pertama bocoran soal Mi Mix 3 beredar di internet. Namun, pihak Xiaomi sendiri enggan mengonfirmasi berbagai laporan yang beredar.

Terkait desain kamera geser atau pop-up, sebelumnya informasi ini juga pernah muncul beberapa bulan lalu. Penggunaan teknologi kamera geser ini bertujuan untuk membuat bezel kian tipis.

Xiaomi Black Shark Bakal Rilis Global, Termasuk Indonesia?

Xiaomi Black Shark. (Foto: Xiaomi)

Gaming smartphone Xiaomi, Black Shark, kemungkinan bakal dirilis di pasar global. Selama ini, Black Shark hanya beredar di negara Tiongkok, tapi jika kabar baru ini benar, pengguna di belahan dunia lain akan bisa membeli smartphone tersebut secara resmi.

Peluncuran global Black Shark ini diketahui dari informasi yang tercantum di situs resmi smartphone tersebut. Keterangan yang tercantum di situs web tersebut adalah "Shark Approaching" dan "Unleashing Soon", tapi tidak diketahui pasti kapan perangkat ini akan dirilis.

Sayangnya, sejauh ini belum ada konfirmasi resmi dari Xiaomi tentang negara-negara lain yang akan menjadi target Black Shark. Xiaomi Indonesia pun belum memberikan tanggapan soal rencana peluncuran smartphone itu di Tanah Air.

Spesifikasi Black Shark

Suasana di lantai 1 kantor Xiaomi di Maofanglu Road, Beijing, Tiongkok. Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani

Xiaomi Black Shark memiliki layar seluas 5,9 inci dengan aspek rasio 18:9 dan resolusi Full HD. Smartphone ini juga dilengkapi teknologi MEMC untuk membuat kualitas layar lebih tajam dan halus.

Spesifikasi lainnya termasuk prosesor flagship Snapdragon 845 dari Qualcomm, RAM 6GB dan memori internal 64GB. Selain itu juga tersedia varian lain dengan RAM 8GB dan 128GB.

Spesifikasi lainnya termasuk kamera ganda masing-masing 12MP dan 20MP. Kamera depannya adalah 20 MP dengan aperture f/2.2. Kamera selfie ini juga bisa merekam video 4K dengan framerate 30 frame per second (fps).

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: