Jumat, 19 Oktober 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Aplikasi Pinjaman Online Bakal Makin Menjamur

Posted: 19 Oct 2018 10:35 PM PDT

Liputan6.com, Bogor - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat terdapat 73 perusahaan financial technology (Fintech) berbasis peer to peer (P2P) lending. Jumlah pelaku bisnis ini diyakini akan terus bertambah, karena masih ada ratusan perusahaan yang antre untuk terdaftar dan mengantongi izin.

"Ada 73 penyelenggara fintech P2P lending. Dari 73 tersebut, berizin satu, 72 terdaftar, dan dari 72 terdaftar ini ada 17 di antara mereka sedang mengajukan proses perizinan," kata Direktur Pengaturan, Perizinan, dan Pengawasan OJK, Hendrikus Passagi dalam acara media gathering, di Bogor, seperti ditulis Sabtu (20/10/2018).

Hendrikus mengatakan, dengan pertumbuhan fintech P2P lending ini sekiranya dapat membantu kebutuhan dalam inklusi pembayaran serta pendanaan untuk masyarakat. Sebab menurut dia untuk mendapatkan pendanaan dari perbankan konvensional masyarakat harus melewati serangkaian proses terlebih dahulu.

"Ada kebutuhan masyarakat yang tidak bisa dipenuhi. Makanya salah satunya dengan menghadirkan fintech P2P lending. Mau pinjam uang, 15 menit langsung cair. Uangnya adalah dari orang yang memang berniat meminjamkan uang tersebut," ujar dia.

"Ada gap financing yang besar. Ada yang enggak bisa diisi oleh perbankan konvensional. Makanya akan lebih baik jika kolaborasi dengan fintech P2P lending," sambung Hendrikus.

Hendrikus menyatakan, kondisi tersebut memang bukan kesalahan atau kekurangan perbankan dalam memberikan pendanaan bagi masyarakat. Karena uang yang ada di perbankan bukanlah milik bank, tapi milik nasabah. Sehingga tidak heran jika perbankan harus sangat berhati-hati dalam menyalurkan kredit. 

Oleh karena itu, dirinya menilai kehadiran P2P lending akan menjadi solusi keuangan di masa depan. Peer to peer lending atau disebut P2P merupakan salah satu jenis fintech yang melayani layanan pinjam meminjam uang.

P2P ini mempertemukan antara pemberi pinjaman dengan para pencari pinjaman dalam satu platform. Investor atau pemberi pinjaman akan mendapatkan bunga dari dana yang dipinjamkan.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

OJK Minta Perbankan Terapkan Layanan Digital

Petugas saat bertugas  di Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Jakarta,(4/11/2015). Pengawas Pasar Modal OJK mengatakan pembahasan enam beleid sudah final karena tidak ada lagi perdebatan dari segi substansi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menerbitkan aturan baru mengenai penyelenggaraan layanan perbankan digital oleh bank umum atau POJK layanan perbankan digital pada 8 Agustus 2018.

Aturan ini mendukung industri perbankan untuk berinovasi penyediaan layanan perbankan secara digital. Kepala Departemen Penelitian dan Pengaturan Perbankan OJK, Antonius Hari, mengatakan pergeseran perilaku masyarakat menjadi faktor pendorong bagi bank untuk selalu berinovasi agar dapat mempertahankan eksistensinya sekaligus untuk meningkatkan loyalitas nasabahnya. 

"Untuk dapat mewujudkan hal tersebut, bank diharapkan dapat menyediakan layanan yang mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi, sehingga pelayanan kepada nasabah menjadi lebih cepat, mudah, dan sesuai dengan kebutuhan," ujar dia di Gedung OJK, Jakarta, Kamis 27 September 2018.

Antonius mengatakan, digitalisasi ini dapat dilakukan secara mandiri dan sepenuhnya oleh nasabah di manapun berada tetapi tetap dibantu oleh ketersediaan internet. Meski demikian, sistem digitalisasi ini dipastikan tetap akan memperhatikan aspek pengamanan. 

"Misalnya kalau dulu untuk pembukaan rekening harus face to face harus bertemu di kantor cabang. Sekarang bisa pakai teknologi, cukup dengan HP saja bisa dan enggak perlu datang ke kantor cabang, cukup dari rumah. Disertai dengan internet dan data-data yang lengkap," kata dia.

Layanan yang demikian mengarahkan bank ke dalam suatu era baru, yaitu era layanan perbankan digital. Penyediaan layanan perbankan digital diharapkan dapat memperluas sekaligus mempermudah akses masyarakat terhadap layanan keuangan sehingga dapat dilakukan tanpa mengenal batasan waktu dan tempat. 

"Dalam POJK layanan perbankan digital, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan oleh bank yang akan menyelenggarakan layanan antara lain persyaratan bank penyelenggara, permohonan persetujuan, implementasi penyelenggaraan layanan perbankan, manajemen risiko, penyampaian laporan, dan perlindungan nasabah," kata dia. 

 

 Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sorban Ma'ruf Amin Laku Dilelang Rp 125 Juta di Konser Nasyid

Posted: 19 Oct 2018 10:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin menghadiri konser Nasyid Nusantara yang digagas arus baru Indonesia di Istora Senayan, Jakarta. Dalam kesempatan itu, Ma'ruf juga melelang sorban berwarna abu-abu miliknya untuk korban gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah.

Menurutnya, sorban itu punya banyak kisah. Ia sering mengenakannya dalam berbagai kesempatan.

"Sorban ini sudah lama sekali, sering saya pakai. Termasuk saat bersaksi di pengadilan," kata Ma'ruf Amin di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (20/10/2018).

Ketua Majelis Ulama Indonesia nonaktif itu mengatakan, siapa yang mendapatkan sorban tersebut akan mendapat berkah. Sebab, dia secara khusus sudah mendoakannya.

"Sudah saya doakan khusus insyallah bawa berkah," ungkap Ma'ruf.

Dalam acara tersebut, sorban Ma'ruf langsung dilelang. Harga sorban tersebut dibandrol mulai Rp 40 juta hingga Rp 125 juta.

Tidak sampai 20 menit, pemenang lelang sorban sudah ditentukan. Sorban tersebut jatuh kepada Nasyid dengan nilai lelang Rp 125 juta.

 

Motif Beli Sorban

Dia menagku tertarik dengan sorban Ma'ruf karena ingin menyumbangkan dana untuk korban bencana Palu, Sulawesi Tengah.

"Ini kan buat korban palu, untuk kemanusiaan. Untuk penanggulangan. Bukan buat kita semua," singkat Ma'ruf.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Jerebko Bawa Warriors Menang Dramatis atas Jazz

Posted: 19 Oct 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Juara bertahan Golden State Warriors nyaris tersandung saat berkunjung ke markas Utah Jazz, Vivint Smart Home Arena pada lanjutan NBA, Sabtu (20/10/2018) pagi WIB. Warriors menang dramatis 124-123.

Warriors benar-benar kerepotan saat menghadapi Jazz. Setelah kuarter pertama silih berganti unggul, kuarter dua menjadi milik Jazz. Saat jeda babak pertama, Jazz bisa unggul hingga 12 poin. 

Keunggulan Jazz terus membesar di pertengahan kuarter tiga hingga mencapai 16 poin. Namun di penghujung kuarter tiga, Warriors bisa memangkas jarak menjadi hanya tertinggal enam poin.

Drama terjadi di kuarter empat. Tembakan tiga angka Stephen Curry saat laga tersisa satu menit 45 detik membawa Warriors unggul setengah bola.

Jazz balas dan kembali unggul satu poin lewat layup Jae Craoder. Warriors nyaris saja kalah. Tembakan Kevin Durant meleset dari sasaran.

Beruntung bola rebound berhasil didapat Jonas Jerebko. Eks pemain Jazz ini mampu memasukkan bola setelah memenangi duel dengan Rudy Gobert di bawah ring dengan laga tersisa 0,3 detik lagi.

 

 

 

Durant

Ilustrasi Bola Basket (kentuckysportsradio.com)

Dengan waktu yang sangat sedikit, Jazz tak bisa membalas. Tembakan Donovan Mitchell meleset jauh dari sasaran. Warriors pun menang dramatis setengah bola.

Kevin Durant menjadi penampil terbaik di kubu Warriors dengan 38 poin, sembilan rebound ditambah tujuh assists. Di kubu Jazz, Joe Ingles menghasilkan 27 angka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dengar Suara Jantung Anak, Raditya Dika Kegirangan

Posted: 19 Oct 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Raditya Dika tengah berbahagia. Sang istri, Anissa Aziza, tengah berbadan dua. Keduanya pun memeriksakan kondisi kesehatan si jabang bayi ke dokter.

Untuk pertama kalinya, Raditya Dika mendengar detak jantung anaknya yang masih berusia beberapa bulan. Kebahagiaan itu juga dibagikan Raditya Dika dengan mengunggah video USG janin dalam perut sang istri.

"Wah, bunyi jantungnya ya dok," kata Raditya Dika terdengar dalam video,diakses Dream.co.id, Jumat 19 Oktober 2018.

"Pertama kali mendengar suara jantung anakku," tulis Raditya Dika pada keterangan video.

Penasaran

Raditya Dika dan Anissa Aziza

Ucapan selamat serta doa pun mengalir ke unggahan Raditya Dika yang beberapa bulan lagi akan menyandang status sebagai seorang ayah. Tak sedikit warganet yang penasaran melihat sosok anak dari komika kocak tersebut.

Ucapan Selamat

Anissa Aziza dan Raditya Dika. (Instagram/anissaaziza)

"Selamat bang, belum lahir aja sudah bikin bapaknya ketawa. Kalau lahir bisa langsung jadi komika itu," tulis akun @fariz.alfan.

"Selamat bang radit,,,masyaallah bahagiay,,, semoga ibunday sll d berikan kshatan trus ya??? Selamat,, selamat bang," tulis akun @ayina_sukoyo.84.

"ikut merinding dengarnya ..ingat dulu ke alamin sendiri ..bhagia luar biasa ..congrats mas dika," tulis akun @itatamalia_tware. (Amrikh Palupi/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Jadi Tuan Rumah ASEAN Autism Games 2018

Posted: 19 Oct 2018 10:27 PM PDT

Fokus, Jakarta - Bertempat di Lapangan GOR Soemantri Brojonegoro, ratusan penyandang autis dari negara-negara ASEAN bertanding dalam ASEAN Autism Games 2018. Indonesia menjadi tuan rumah pertandingan persahabatan ASEAN Autism Games yang sudah digelar untuk ke empat kalinya ini.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (20/10/2018), acara dimulai dengan upacara pembukaan yang diisi dengan tarian tradisional oleh penyandang autis. Dihadiri juga oleh Ketua Yayasan Autis Indonesia dan perwakilan dari Kementerian Sosial dan Asean sekretariat.

Tanpa biaya dari pemerintah, acara ini dibiayai oleh swasta yang berlangsung selama dua hari, yaitu pada tanggal 20 dan 21 Oktober. Ada dua cabang olahraga yang dipertandingkan, yakni lari dan renang untuk memperebutkan medali emas, perak, dan perunggu. (Rio Audhitama Sihombing) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Deretan Smartphone dengan Kamera Terbanyak Paling Dicari

Posted: 19 Oct 2018 10:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah vendor smartphone terus menggeber inovasi yang menonjolkan fitur kamera. Belakangan ini smartphone bahkan muncul dengan lebih dari dari dua kemera. Salah satu yang menyedot perhatian adalah Galxy A9 yang melenggang dengan empat kamera utama. 

Informasi soal deretan smartphone dengan kamera utama terbanyak pun dicari para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com

Berita lain yang juga dicari-cari pembaca datang dari pengunjung situs dewasa yang tiba-tiba meroket ketika YouTube down. 

Lebih jelasnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.  

1. Daftar Smartphone dengan Kamera Utama Terbanyak, Apa Saja?

Tren smartphone dengan kamera ganda harus diakui sudah dimulai sekitar beberapa tahun lalu. Kini, tren tersebut masih belum berubah, bahkan sejumlah vendor malah menambah jumlah lensa kamera utamanya.

Bodi belakang Samsung Galaxy A9. Liputan6.com/Jeko I.R

Meski masih terbatas dilakukan oleh sejumlah vendor saja, tren smartphone yang memiliki kamera lebih dari dua kelihatannya masih akan berlanjut.

Alasannya, dapat dipastikan tren ini akan diadopsi lebih banyak vendor, sehingga penggunanya akan kian masif.

Selengkapnya baca di sini 

2. YouTube Down, Pengunjung Situs Dewasa Malah Naik

Beberapa hari lalu, jagat dunia maya sempat dihebohkan dengan layanan YouTube yang tidak dapat diakses alias down. Meski akhirnya kini sudah kembali normal, ternyata ada fakta menarik saat layanan milik Google tersebut sejenak berhenti beroperasi.

YouTube down di berbagai negara. Liputan6.com/ Yuslianson

Alasannya, seperti dikutip dari Mashable, Jumat (19/10/2018), saat layanan YouTube tak dapat diakses, ternyata pengunjung situs dewasa Pornhub mengalami peningkatan. Data dari Pornhub menujukkan kenaikan trafik ke layanannya mencapai 21 persen dari biasanya.

Namun, layanan itu menurun drastis setelah layanan YouTube kembali pulih. Bahkan, data menunjukkan rata-rata penonton sempat di bawah rata-rata.

Selengkapnya baca di sini 

 

 

3. Menguji Kamera Honor 8X yang Bakal Rilis Bulan Depan

Hasil jepretan kamera AI Honor 8x (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Honor, vendor smartphone yang menyasar konsumen anak-anak muda, segera merilis produk terbarunya. Perangkat yang dimaksud adalah Honor 8X.

Ponsel pintar ini digadang-gadang sebagai smartphone kelas menengah, namun punya fitur layaknya flagship smartphone.

Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk menjajal kebolehan kamera Honor 8X untuk menjepret berbagai hal.

Selengkapnya baca di sini

(Isk/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perankan Istri Seksi, Aktris Izty Nathalia Emosi

Posted: 19 Oct 2018 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aktris Izty Nathalia kembali tampil dalam sebuah film televisi. Kali ini perannya sebagai seorang istri yang sering tampil seksi. Namun tak sampai situ, ia tertantang dengan perannya memiliki suami yang emosional.

"Ceritanya tentang suamiku, ustaz, yang tidak kuat menahan emosi. Ia cemburu saat istrinya selingkuh dengan seorang pria," ujar Izty Nathalia dalam sebuah kesempatan.

Selain itu, karakter yang dimainkan Izty pun membuat banyak pria menatap ke arahnya. Maka tak heran karakter sang suami dibuat murka saat istrinya selingkuh.

Sampai-sampai, sang suami pada akhirnya malah membunuh selingkuhan istrinya sampai akhirnya dipenjara. Skenario inilah yang harus membuat Izty Nathalia tak ragu meluapkan emosinya selama syuting.

Adegan Menangis

Izty Nathalia dinilai keluarganya sudah terlalu lama menjomblo.

"Saat Izty emosi dan menangis, yang memang agak terbilang sedikit sulit dan dari sekian banyaknya adegan yang saya mainkan, ya syukurlah tidak ada adegan yang paling sulit. Bahkan sutradaranya pahami saya saat adegan menangis. Ada sedikit komentar dari teman-teman dekat yang menonton saya saat tayang," ujarnya.

"Mereka bilang, 'Kasihan ya, kok sampai dibunuh begitu hanya karena gara-gara cemburu. Lebih baik diomongkan baik-baik ataupun bercerai daripada terjadi pembunuhan. Tapi untungnya tidak ada yang komentar kesal bahkan komentar sebal dengan peran yang saya mainkan," ia melanjutkan.

Keinginan

Izty Nathalia. (Istimewa)

Orangtua Izty yang sudah menonton perannya di film televisi ini, sangat memuji penampilan anaknya itu. Izty pun meluapkan keinginannya yang belum terpenuhi.

"Harapanku sebagai pesinetron itu ingin dapat peran yang sangat menantang, tapi kata sutradara wajahku antagonis. Sebenarnya ya ingin mendapatkan peran protagonis tapi tergantung peran yang saya dapat serta peran yang cocok dengan karakter saya. Berarti saya sebagai seorang pesinetron harus terima segala peran yang harus dimainkan dengan semaksimal mungkin dan tidak pilih-pilih peran," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

12 Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dari Bahan yang Mudah Didapat

Posted: 19 Oct 2018 10:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kulit wajah yang kusam memang menjadi musuh utama bagi semua orang. Apalagi nih, kulit kusam bikin penampilan kamu menjadi kurang menarik dan mengurangi rasa kepercayaan diri. Wajah yang cerah, bersih, segar, dan merona adalah impian setiap orang baik pria maupun wanita.

Kebanyakan orang ingin mempunyai kulit wajah yang cerah, bersih dan segar dengan cepat dan instan. Caranya adalah dengan menggunakan produk kecantikan, yaitu sabun wajah, pelembap wajah, alas bedak, dan bedak. Namun tidak semua produk-produk kecantikan itu aman bagi kulit wajah kamu. Produk-produk kecantikan hanya akan menutup dan menyamarkan wajah kamu untuk sementara saja, tidak membuat wajah kamu menjadi cerah secara permanen.

Selain itu, produk kecantikan juga mahal harganya. Memang ada yang murah, tapi apakah terjamin kualitas dan keamanannya? Jangan kuatir, ada cara lain yang bisa menjadi alternatif mudah dan murah bagi kamu. Ada banyak sekali bahan-bahan alami di sekitar kamu yang mudah didapatkan dan bisa membuat kulit wajahmu bebas dari kusam. Tak perlu takut akan efek sampingnya karena menggunakan bahan alami. Dihimpun liputan6.com dari berbagai sumber Sabtu (20/10/2018), berikut 12 cara memutihkan wajah pria maupun wanita dengan cepat dan alami.

1. Alpukat.

Ilustrasi alpukat (Sumber: pixabay)

Buah alpukat mempunyai manfaat  menjaga dan melindungi kulit dari keriput dan mencegah penuaan dini. Alpukat mengandung banyak karotenoid anti-oksidan, vitamin E, dan vitamin C. Vitamin E bermanfaat untuk membantu mencegah penuaan dini akibat dari paparan sinar matahari. Sedangkan Vitamin c merupakan zat yang dibutuhkan untuk membuat elastin dan kolagen supaya kulit tetap kenyal.

Caranya sangat mudah:

- Haluskan daging alpukat sampai lembut

- Oleskan pada wajah secara merata

- Diamkan selama 25 menit

- Bilas dengan air bersih

2. Pisang.

Ilustrasi Buah Pisang (iStockphoto)

Buah pisang kaya akan vitamin C dan bisa digunakan untuk memutihkan wajah secara alami.

Cara memutihkan kulit wajah dengan buah ini begitu mudah:

- Haluskan 1 buah pisang hingga menjadi lembut

- Tambahkan 1 sdm madu

- Campur hingga rata lalu

- Oleskan pada wajah

- Biarkan mengering selama 20 menit

- Bilas dengan air bersih

3. Tomat.

Ilustrasi Tomat (iStockphoto)​

Buah tomat mengandung senyawa anti-oksidan yaitu lycopine. Lycopine terbukti dapat menangkal radikal bebas supaya wajah menjadi cerah dan berseri. Tomat juga dapat digunakan sebagai tabir surya alami untuk meminimalisir kerusakan yang diakibatkan sinar UV dari matahari.

Cara penggunaannya adalah:

- Haluskan tomat hingga menjadi bubur

- Oleskan pada wajah

- Diamkan selama 30 menit

- Bilas dengan air bersih.

Dengan melakukan cara memutihkan wajah secara alami ini secara rutin 2-3 kali seminggu maka hasil yang didapat akan memuaskan

4. Kentang.

Ilustrasi kentang (AFP)

Kentang mengandung mineral yang dapat digunakan menjadi antibiotik alami, agar dapat memperlambat penuaan wajah dan membantu regenerasi kulit. Anti-oksidan yang alami pada kentang, juga berperan penting agar noda atau flek wajah dapat tersamarkan dan hilang sempurna.

Bagaimana cara menggunakannya yaitu:

- Haluskan kentang yang telah direbus

- Campurkan dengan 2 sdm susu hingga berbentuk pasta

- Oleskan pada wajah

- Diamkan selama 30 menit

- Bilas dengan air bersih

Cara alami memutihkan wajah ini akan efektif jika kamu mengaplikasikannya secara rutin, yaitu pada waktu malam sebelum kamu tidur. Bagi kamu yang memiliki jenis kulit yang normal, penggunaan bahan ini cocok buat kamu.

5. Timun.

Mentimun. (Foto: Daniel Kampua/Bintang.com).

Pada timun terdapat mineral dan vitamin yang penting untuk menjaga kesegaran wajah sehingga wajah tidak terlihat kusam. Timun juga mampu untuk menghambat pigmentasi kulit dan menghilangkan lingkar mata hitam pada wajah kamu. 

Cara memutihkan wajah secara alami dengan menggunakan timun adalah:

- Iris timun tipis-tipis

- Tempelkan pada seluruh wajah

- Diamkan selama 30 menit

- Basuh dengan menggunakan air bersih

6. Putih telur.

Ilustrasi putih telur (Sumber: Unsplash)

Putih telur juga dapat digunakan untuk mengenyalkan wajah serta mencerahkan kulit wajah karena kaya akan protein dan sumber mikronutrien. Gunakan putih telur sebagai masker wajah selama 10 menit, supaya wajah terlihat cerah dan berseri. Kamu bisa menambahkan 1 sdm air perasan jeruk nipis ataupun lemon, untuk menghilangkan bau amis pada telur.

7. Susu.

Ilustrasi susu. (Sumber: iStockphoto)

Kolagen yang ada pada wajah berguna agar kulit tetap terasa kenyal dan tidak berkerut. Pada susu terdapat kandungan vitamin D yang bisa meningkatkan produksi kolagen. Dan juga vitamin B6 bertugas untuk merawat dan menjaga kulit agar tetap sehat dan lembap. Perawatan ini cocok untuk jenis kulit yang kering.

Cara memutihkan kulit wajah menggunakan susu yaitu:

- Campur 2 sdm susu segar dengan 1 sdm madu

- Jadikan masker wajah

- Biarkan selama 30 menit

- Bilas dengan air bersih

8. Minyak zaitun.

Ilustrasi (iStock)

Minyak zaitun mengandung zat linoleic acid yang tugasnya membantu menjaga kadar air pada kulit wajah, sehingga mencegah munculnya keriput pada usia dini. Kandungan anti-oksidan-nya yang disebut polifenol juga mampu membantu melindungi sel-sel dari kerusakan.

Cara menggunakannya:

- Campurkan 1 sdm minyak zaitun dengan 1 sdt madu

- Gunakan sebagai masker wajah

- Diamkan selama 10 menit

- Bilas dengan air bersih

9. Cuka apel.

Sifat asam dari cuka apel dapat membantu regenerasi kulit serta mengikis dan mengangkat sel-sel kulit mati. Cuka apel berguna sebagai toner alami bagi kulit wajah dan juga berfungsi untuk mengurangi minyak yang berlebihan serta mengurangi peradangan pada kulit.

Cara memutihkan kulit wajah sebagai toner alami dengan bahan ini:

- Campurkan 1 sdm cuka apel dengan 3 atau 4 sdm

- Celupkan kapas pada cairan tersebut

- Oleskan pada wajah kamu

- Jika tak tahan dengan baunya yang pekat, setelah 10 menit  bisa dibilas dengan air bersih

10. Madu.

Ilustrasi Foto Madu (iStockphoto)

Pelembab alami wajah berikutnya adalah madu yang juga mampu mencerahkan kulit karena mengandung anti-oksidan yang juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati.

Kamu cukup melakukan hal ini:

- Ambil 1 sdm madu

- Oleskan pada wajah

- Diamkan selama 30 menit

- Bilas dengan air bersih

Bila kamu rutin melakukan cara alami memutihkan wajah ini setiap hari, maka kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal

11. Lidah buaya.

Ilustrasi Foto Lidah Buaya (iStockphoto)

Lidah buaya mengandung zat yang menghambat pembentukan melanin yang membuat wajah menjadi gelap, yaitu aloesin. Karena itu ada banyak jenis produk pencerah wajah yang menggunakan lidah buaya dalam komposisinya. 

Lidah buaya juga mampu menjaga kesehatan dan keindahan rambut, dan juga berfungsi untuk melembabkan dan membersihkan kulit wajah kamu.

Caranya pun mudah saja:

- Ambil gel lidah buaya yang ada di tengah

- Oleskan secara merata pada kulit wajah kamu

- Diamkan selama 15 menit

- Bilas dengan air bersih

Sebaiknya lakukan cara ini secara rutin pada pagi dan sore hari agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

12. Lemon atau jeruk nipis

Ilustrasi Buah Lemon (iStockphoto)

Lemon adalah jenis buah jeruk yang juga kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Buah lemon juga mengandung asam alpha hidroksi yang mampu menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Fungsi lemon maupun jeruk nipis adalah untuk membantu kulit agar terhindar dari jerawat, mengangkat sel kulit mati, mencerahkan wajah dan mengatasi minyak yang berlebihan. 

Caranya :

- Oleskan perasan air lemon atau jeruk nipis pada wajah kamu

- Diamkan selama 15 menit

- Bilas dengan air hangat

Maka wajah kamu akan segera menjadi segar dan merona karena lemon merupakan alat bleaching yang alami. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, lakukan cara ini secara teratur 2-3 kali seminggu. Hal yang perlu diperhatikan bagi kamu yang mempunyai kulit sensitif, harap berhati-hati dalam menggunakan bahan alami ini karena dapat menimbulkan iritasi kulit.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polres Tanah Datar Ringkus Bandar Sabu di Pusat Perbelanjaan

Posted: 19 Oct 2018 10:15 PM PDT

Patroli, Tanah Datar - Seorang bandar narkotika jenis sabu yang telah lama diincar petugas diringkus satuan antinarkoba Polres Tanah Datar. Dari tangan tersangka, petugas menyita dua paket sabu.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Sabtu (20/10/2018), tersangka pengedar sabu tak berkutik ketika sejumlah petugas kepolisian meringkusnya di depan sebuah pusat perbelanjaan Kubu Rajo, Tanah Datar, Sumatera Barat.

Petugas unit antinarkoba Polres Tanah Datar yang menggeledah saku celana pelaku menemukan dua paket narkoba yang masih utuh dalam kemasan kantong plastik kecil. Sedangkan tiga paket lainnya dibuang berserakan sebagai upaya menghilangkan barang bukti.

Tersangka bernama Kevin (27) sudah sejak lama diincar petugas dan baru kali ini berhasil dibekuk. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Derby, Penyerang AC Milan Akui Jalin Kontak dengan Inter

Posted: 19 Oct 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta AC Milan akan menghadapi Derby della Madonnina melawan Inter Milan, di lanjutan Serie A, Senin (22/10/2018) dini hari WIB. Laga Milan kontra Inter diperkirakan bakal berjalan sengit mengingat rivalitas kedua tim yang sudah berjalan lama.

Jelang duel panas tersebut, pemain sayap AC Milan, Suso, mengungkapkan hal yang cukup mengagetkan. Ia mengaku telah mengadakan pembicaraan dengan Inter.

Suso saat ini telah menjadi salah satu pemain paling penting AC Milan selama tiga musim terakhir. Penampilannya musim ini juga sangat baik.

Pemain 24 tahun itu telah tampil bersama AC Milan di tujuh pertandingan Serie A sejauh ini. Ia sudah membuat dua gol dan mencatat asisst sebanyak enam kali juga.

Sangat Singkat

Bek AC Milan, Ricardo Rodriguez mengiring bola saat bertanding melawan Sassuolo pada lanjutan Liga Italia di Stadion Mapei, Reggio Emilia (30/9). AC Milan menang telak 4-1 atas Sassuolo berkat gol Kessie, Suso dan Castillejo.  (AFP Photo/Miguel Medina)

Pemain asal Spanyol, yang baru-baru ini dipanggil ke tim nasional, kepada Sport MediaSet, menjelaskan jika Nerazzuri pernah mengadakan pembicaraan dengannya.

Suso mengungkapkan bahwa pembicaraannya memang sangat singkat dan mendadak. "Ada beberapa hal, tapi semuanya sudah terjadi," katanya.

Bagian Penting Tim

"Saya selalu mengatakan bahwa saya sangat baik di sini di Milan. Saya merasa menjadi bagian dari tim ini dan klub ini, tujuan kami adalah pergi ke Liga Champions."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gadis Cilik Rawat Ayahnya yang Lumpuh Setelah Ibu Pergi Tanpa Kabar

Posted: 19 Oct 2018 10:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang gadis kecil di Tiongkok terpaksa mengurus ayahnya yang lumpuh setelah ibunya meninggalkan mereka begitu saja. Sang ayah terlibat dalam kecelakaan lalu lintas yang membuatnya hanya bisa berbaring di tempat tidur.

Pria itu kehilangan kemampuan untuk berjalan. Hal ini sangat mempengaruhi hidupnya karena sekarang ia harus menemukan cara baru untuk bergerak di kursi roda, harus belajar bagaimana melakukan hal-hal mendasar.

Meski itu merupakan situasi yang sulit, untungnya pria tersebut memiliki anak perempuan yang sangat membantunya. Jia Jia baru berusia enam tahun saat itu, tapi hal tersebut tidak menghentikannya untuk merawat ayahnya.

Meski usianya masih begitu muda, ia dengan berani mengambil tanggung jawab mengurus sang ayah di rumah mereka di Provinsi Ningxia. Yang lebih menyedihkan, ibu Jia Jia sebenarnya masih hidup tapi memilih meninggalkan gadis kecil itu dan suaminya. Ya, 2 bulan setelah kecelakaan sang istri meninggalkan mereka dengan membawa putra sulung mereka.

Jia Jia membantu sang ayah hampir dalam semua hal. Ia bahkan membantu ayahnya untuk bergerak, bercukur, duduk di kursi roda dengan bantuan kerekan mobilitas buatan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Selanjutnya

Doc: Asia Star

Media setempat melaporkan bahwa bocah kecil itu harus bangun lebih awal untuk menyiapkan segalanya dalam mengurus rumah tangga. Jia Jia bangun pukul 6 setiap paginya. Lalu ia akan memijat otot ayahnya agar darah dapat mengalir ke jantung dan mengkompensasi kurangnya gerakan.

Setelah itu, gadis kecil itu akan membantu sang ayah mencuci muka, bahkan menyikat gigi. Selesai dengan semua itu, barulah Jia Jia pergi ke sekolah.

Sepulangnya dari sekolah, bocah itu akan memberi makan ayahnya dan membantunya bergerak di sekitar rumah. Jia Jia masih memiliki kakek dan nenek yang tinggal serumah, tapi keduanya harus bertani agar mereka memiliki uang untuk membeli makanan. Karena itu, tanggung jawab merawat sang ayah jatuh ke bocah itu.

Seorang wartawan dari media setempat, Yangtzi, pernah bertanya pada gadis kecil itu apakah ia merasa kewalahan karena melakukan banyak hal di rumah. Tapi jawaban Jia Jia membuat kagum banyak orang.

"Menjaga ayah, saya tidak merasa lelah sama sekali. Awalnya sulit, tapi saya sekarang terbiasa," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Cepat Secara Alami Tanpa Olahraga Buat Cewek dan Cowok

Posted: 19 Oct 2018 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang suka sama perut buncit? Memiliki perut buncit seringkali menjadi masalah yang dapat menurunkan kepercayaan diri. Selain mengurangi penampilan, perut buncit juga bisa jadi sumber penyakit. Namun, karena kesibukan yang menyita waktu, kamu menjadi sulit meluangkan waktu untuk berolahraga sehingga perut buncit nggak mengecil sama sekali.

Perut memang mudah sekali untuk melar. Hal ini dikarenakan perut merupakan salah satu bagian tubuh yang memiliki elastisitas tinggi dan paling mudah berlemak. Apalagi perut buncit tidak selalu dialami oleh orang yang obesitas atau berat badan berlebih. Orang-orang yang berat badannya proporsional atau kurus pun dapat mengalami yang namanya perut buncit.

Perut buncit terjadi ketika lemak terlalu banyak menumpuk di area perut dan sekitar pinggang. Penumpukan lemak perut ini bisa disebabkan oleh pola makan tinggi karbohidrat, kolesterol, dan lemak, peningkatan hormon stres kortisol, hingga kurang olahraga.

Nah, sebenarnya ada banyak cara mengecilkan perut buncit, seperti dengan berolahraga dan diet. Namun, diet dan olahraga yang dilakukan harus tepat agar lemak pada perut bisa menghilang. Yuk, simak bagaimana cara mengecilkan perut buncit tanpa olahraga yang bisa kamu lakukan. Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (20/10/18), ini dia 7 caranya. 

1. Cara mengecilkan perut buncit dengan mengonsumsi banyak air putih

Kamu cukup minum air putih sebanyak satu gelas sebelum dan sesudah makan (sumber: pexels)

Memperbanyak minum air putih dapat membuang hal yang tidak dibutuhkan oleh tubuh dengan mudah. Kamu cukup minum air putih sebanyak satu gelas sebelum dan sesudah makan serta jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan 2 liter air untuk proses metabolisme tubuh. Meminum air putih sebanyak 2 liter atau 8 gelas per hari mampu membakar 96 kalori/hari. Minum air akan lebih efektif membantu mengecilkan perut secara alami jika kamu minum 0,5 liter air atau 2 gelas, 30 menit sebelum makan. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Cara mengecilkan perut buncit dengan membatasi makanan dengan kadar gula yang tinggi

(sumber: pexels)

Ada dua macam gula yang terdapat pada makanan, yaitu glukosa dan fruktosa. Fruktosa hanya dapat dimetabolisme di hati dalam takaran tertentu. Jika kamu mengonsumsi makan dan minuman dengan kadar gula yang tinggi, hati tidak akan sanggup untuk memetabolisme seluruh fruktosa dan hanya akan mengubahnya menjadi lemak yang menumpuk di perut.

3. Cara mengecilkan perut buncit dengan mengonsumsi teh hijau

Minum teh hijau dengan teratur sebelum makan (sumber: pexels)

Teh hijau terkenal akan banyak khasiatnya. Sejak dulu teh hijau dipercaya menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan dan mengecilkan perut yang efektif. Untuk mendapatkan manfaat secara maksimal, minum teh hijau dengan teratur sebelum makan. Pastikan pula untuk meminumnya tanpa gula. Dengan meminumnya sebelum makan, otomatis akan membuat perut terasa lebih kenyang saat makan, dan tentu saja mengurangi porsi makan. Teh Hijau juga dapat memperlancar metabolisme tubuh, termasuk metabolisme lemak, sehingga akan membantu menghilangkan lemak pada tubuh.

4. Cara mengecilkan perut buncit dengan mengonsumsi air lemon dan jahe

Jahe mampu mengendalikan kadar gula darah dan kolesterol, serta membakar lemak (sumber: pexels)

Lemon banyak dipakai sebagai salah satu bahan alami penurun berat badan karena dipercaya membantu meningkatkan kerja metabolisme tubuh. Semakin cepat metabolisme, semakin cepat dan banyak simpanan lemak yang dibakar. Begitu pula dengan jahe. Sebuah artikel di British Journal of Nutrition melaporkan bahwa jahe mampu mengendalikan kadar gula darah dan kolesterol, serta membakar lemak, sehingga membantu mengurangi nafsu makan.

Cara membuat air lemon dan jahe, siapkan panci kecil dan panaskan 4 gelas air atau secukupnya. Ambil lemon segar, bersihkan, dan potong lemon menjadi beberapa bagian. Ambil satu ruas jahe, bersihkan, dan potong ke dalam beberapa bagian. Kamu juga bisa menggunakan jahe bubuk. Masukkan beberapa potongan jahe atau 1 sendok makan bubuk jahe ke dalam panci berisi air. Kemudian masukkan 1 hingga 2 potongan lemon. Biarkan hingga mendidih dan setelahnya tuangkan ke dalam gelas.

5. Memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan

Sayuran dan buah-buahan adalah makanan rendah lemak (sumber: pexels)

Salah satu penyebab penumpukan lemak di perut adalah asupan makan yang melebihi kebutuhan tubuh. Saat lemak dan kalori yang kamu makan tidak dibakar tubuh, maka akan diubah menjadi lemak. Salah satu tempat menyimpan lemak adalah di sekitar perut. Maka mulailah pilih-pilih makanan. Daripada ngemil gorengan mulailah memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan.

Sayuran dan buah-buahan adalah makanan rendah lemak dengan sedikit kandungan kalori dan tinggi serat. Kandungan serat yang tinggi ini akan membantu mengikat air sehingga pencernaan dapat berlangsung lebih baik agar dapat melarutkan lemak.

6. Cara mengecilkan perut buncit dengan mengonsumsi teh jeruk nipis

Bisa menggunakan teh biasa yang dicampurkan dengan perasan jeruk nipis (sumber: pexels)

Nggak melulu harus mengonsumsi teh hijau, kamu juga bisa menggunakan teh biasa yang dicampurkan dengan perasan jeruk nipis untuk membantu mengecilkan perut. Cukup siapkan sekantung teh atau bisa juga menggunakan 3 sendok teh dan 1 jeruk nipis, dan segelas air panas. Seduh teh dan campurkan perasan jeruk nipis ke dalamnya. Minum secara rutin untuk hasil maksimal.

7. Cara mengecilkan perut buncit dengan tidak makan menjelang tidur

Makanlah setidaknya 3 jam sebelum tidur (sumber: pexels)

Setidaknya diperlukan waktu 2 jam bagi makanan untuk diproses. Oleh karena itu sebaiknya jangan makan berat menjelang tidur. Ini penting untuk kamu ingat, sebab saat tidur, tubuh tidak membutuhkan energi sebanyak siang hari. Maka perhatikan makan malammu. Makanlah setidaknya 3 jam sebelum tidur, sehingga tubuh lebih nyaman ketika akan terlelap. Makan besar beberapa saat sebelum tidur hanya akan membuat perut tak nyaman dan menumpuk kalori lebih banyak. Tidak adanya aktivitas sebelum tidur hanya akan membuat kalori yang masuk diubah menjadi lemak bukannya energi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mekanik Yamaha Asal Jember Berjaya di Kompetisi Tingkat Dunia

Posted: 19 Oct 2018 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia patut berbangga karena mekanik Yamaha asal Jember menjadi runner up dalam World Technician Grand Prix (WTGP) 2018 di Yamaha Motor Company, Iwata, Jepang. Dia adalah Ardhi Sulistyo

Teknisi Yamaha Indonesia ini sukses meraih juara 2 untuk kategori Commuter Class. Sebelumnya Ardhi berkompetisi ketat dengan 21 peserta dari berbagai negara.

Berkat latihan komprehensif yang telah dilakukan selama di Jakarta, pemuda asli Jember ini mampu menyelesaikan materi customer satisfaction dan troubleshooting dengan baik.

"Alhamdulillah saya bisa meraih juara 2 di WTGP 2018 ini. Saya sangat bersyukur, perjuangan yang saya dan seluruh keluarga besar Yamaha Indonesia lakukan membuahkan hasil positif. Penghargaan ini saya persembahkan untuk Indonesia," ujar Ardhi.

WTGP sendiri merupakan kontes bertaraf internasional di mana para teknisi Yamaha dari seluruh dunia saling bersaing untuk beradu keterampilan.

Kesuksesan Ardhi tidak terlepas dari program pelatihan teknisi berdasarkan standar global Yamaha yang diadakan oleh Yamaha Technical Academy (YTA) yang telah menjangkau luas ke seluruh dunia.

 

Selanjutnya

Tahap kualifikasi WTGP yang diadakan dalam skala global. Para teknisi terbaik yang telah berhasil melewati tahap kualifikasi kemudian bersaing satu sama lain di WTGP 2018.

Selain memiliki keterampilan perawatan dan troubleshooting yang baik, teknisi Yamaha juga belajar tentang bagaimana memberikan penjelasan yang mudah dimengerti dan pelayanan yang mengesankan bagi pelanggan.

Sekitar 34.000 teknisi dari seluruh dunia telah mendapatkan predikat sebagai teknisi YTA yang tersertifikasi.

Yamaha Indonesia melakukan proses seleksi ketat untuk menetukan wakil di WTGP 2018. Mulai dari pelaksanaan kompetisi regional sampai Indonesia Technician Grand Prix (ITGP) 2018, Yamaha Indonesia menggunakan standar dunia dalam proses seleksi.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mimpi Polwan Garut Tembus Jajaran Elit Paralayang Dunia

Posted: 19 Oct 2018 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Garut Cabang olahraga paralayang dan gantole Garut, Jawa Barat, segera naik kelas. Dalam waktu dekat, kedua cabang olahraga ekstrem itu, akan menggelar kejuaraan paralayang putri se-Asia di Bukit Parama Satwika.

"Perkiraan sekitar awal Maret tahun depan," ujar Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna yang menjadi pembina olahraga itu di Garut, Jumat 19 Oktober 2018.

Naiknya pamor olahraga paralayang di Garut dalam kurun waktu hampir setahun terakhir, ikut membuka pecinta mata dunia, terutama asosiasi dan penggemar olahraga itu, untuk menggelar olahraga tersebut. "Akhirnya saya sambut tantangan itu," ujar dia.

Dalam kejuaraan paralayang pertama se Asia di Jawa Barat itu, nomor yang dilombakan hanya kategori putri, sementara untuk putra belum terlaksana. "Mungkin untuk putra di awal, kita Kejurnas dulu sekitar Desember, baru awal Maret kejuaraan Asia itu," kata dia.

Untuk itu, selama 4 bulan masa persiapan, dirinya terus berkoordinasi dengan semua pihak terutama Pemda Garut berikut KONI, yang membidangi semua cabang olahraga. "Ini kesempatan emas tidak hanya mengorbitkan paralayang, namun juga Garut di mata dunia terutama Asia," kata dia.

Untuk para atlet Garut, lembaganya akan segera mendaftarkan 4 Polwan untuk mengikuti seleksi nasional, termasuk membentuk kepengurusan paralayang dan gantole kabupaten Garut.

"Nanti ujiannya di bukit Toga Sumedang, semoga agenda ini bisa mengangkat harkat martabat Garut," kata dia bangga.

Terhitung sejak Kapolres Budi menahkodai Polres Garut hampir setahun terakhir, minat dan animo masyarakat terhadap olahraga ekstrem ini terus meningkat. Tercatat pada April lalu, paralayang Garut, berhasil meraih rekor MURI, dengan jumlah penerjungan tim terbanyak di Indonesia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mobil Tabrak Motor Rombongan Mahasiswa di Banyumas, 1 Orang Tewas

Posted: 19 Oct 2018 10:03 PM PDT

Patroli, Banyumas - Sebuah mobil yang meluncur cepat dari arah Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat malam, menabrak rombongan motor yang ditumpangi mahasiswa.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Sabtu (20/10/2018), mobil ini berhenti di kebun warga setelah sebelumnya menabrak rombongan mahasiswa Unsoed Purwokerto.

Sebelumnya, kendaraan ini meluncur cepat dari arah Baturaden. Memasuki tikungan dan jalan menurun mobil berusaha mendahului kendaraan di depannya. Namun pada saat bersamaan dari arah berlawanan muncul tiga motor yang ditumpangi para mahasiswa hingga tabrakan tak terhindarkan.

Akibatnya, seorang pengendara motor tewas di lokasi kejadian. Selain itu, lima mahasiswa dan seorang penumpang mobil mengalami luka-luka dan dibawa ke Rumah Sakit Wijayakusuma Purwokerto. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tuntut UMP 2019 Naik 25 Persen, Begini Hitung-hitungan Buruh

Posted: 19 Oct 2018 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Serikat buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menuntut pemerintah untuk menetapkan kenaikan upah minimum provinsi atau UMP 2019 sebesar 20-25 persen. Angka ini jauh lebih tinggi dari ketetapan pemerintah yang sebesar 8,03 persen.

Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan, pihaknya tidak sembarang dalam menuntut kenaikan UMP 2019 hingga 25 persen. Kenaikan sebesar ini didasarkan atas hasil survei yang memperhitungkan kebutuhan hidup layak (KHL) sebanyak 62 item, khususnya di wilayah DKI Jakarta.

"Kita mengakumulasi secara independen melakukan survei harga di pasar. Kita gunakan pembanding dengan KHL 62 item yang selama ini berlaku dan KHL 84 item yang sudah kami usulkan. Dari situ kita dapat angkanya. Tetapi yang kita pakai yang 62 item dulu, karena yang 84 belum resmi, masih usulan," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Jumat (19/10/2018).

Dari survei KHL ini, lanjut Said, seharusnya upah minimum di Ibu Kota sudah sebesar Rp 4,3 juta. Angka ini naik Rp 700 ribu atau 20 persen dari UMP 2018 yang sebesar Rp 3,6 juta.

"Dari 62 item itu tetapi kualitasnya kita perbaiki. Contohnya selama ini masih menggunakan (perhitungan) radio, bukan televisi. Harusnya televisi dong. Kemudian sewa rumah kita biasa gunakan standar sewa rumah pekerja di Jakarta. Hasilnya, standar KHL-nya di Jakarta seharusnya Rp 4,3 juta. Maka kita perkirakan naik sekitar 20 persen. Kalau 20 persen dari Rp 3,6 juta, maka bisa Rp 700 ribuan," jelas dia.

Oleh sebab itu, kata Said, pihaknya meminta pemerintah untuk menaikkan UMP hingga 25 persen. Sebab, hal ini didasarkan pada realita kebutuhan hidup buruh.

"Jadi tidak tiba-tiba. Ini hasil survei pasar dengan menggunakan KHL 62 item. Supaya mendekati 84 item, kita perbaiki kualitasnya sesuai dengan realita kehidupan di Jakarta saat ini," tandas dia.

Pengusaha menolak

Ilustrasi Upah Buruh (Liputan6.com/Johan Fatzry)

Pengusaha meminta serikat buruh untuk tidak menuntut kenaikan UMP 2019 terlalu besar. Hal ini menanggapi tuntutan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) yang meminta pemerintah menaikkan UMP 2019 hingga 25 persen.

Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta Sarman Simanjorang mengatakan, kenaikan UMP sebesar 25 persen dinilai melebihi kemampuan pengusaha. Terlebih di dalam kondisi ekonomi seperti saat ini.

"Dalam penetapan UMP 2019 kami sangat berharap kepada Serikat Pekerja agar jangan menuntut terlalu berlebihan di luar kemampuan dunia usaha," ujar dia di Jakarta, Kamis (18/10/2018).

Menurut dia, serikat buruh juga tidak bisa menuntut kenaikan upah seenaknya. Sebab, pemerintah telah mengeluarkan aturan terkait penetapan upah minimum setiap tahunnya melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

"PP Nomor 78 Tahun 2015 ini sebenarnya sudah sangat adil dan memberikan kepastian bagi pengusaha dan pekerja. Komitmen pengusaha jelas untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja setiap tahun melalui kenaikan UMP sesuai kemampuan yang dimiliki. Sedangkan bagi pekerja ada jaminan bahwa UMP akan naik setiap tahun," jelas dia.

Selain itu, lanjut Sarman, sebenarnya UMP 2019 diperuntukkan bagi para calon pekerja. Sedangkan pekerja yang sudah lama bekerja harusnya mendapatkan gaji di atas batas minimum tersebut.

"UMP ini sebenarnya titik beratnya kepada calon pekerja yang akan memasuki dunia kerja tahun depan. Karena UMP adalah jaring pengaman sosial yang diperuntukkan kepada orang yang baru pertama kerja, nol pengalaman dan masih bujangan sehingga pekerja yang yang baru memasuki dunia kerja tidak digaji di bawah kebutuhannya," tandas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Maia Estianty Bikin Dul Jaelani Menangis, Ini Penyebabnya

Posted: 19 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komentar pedas Maia Estianty saat menilai kemampuan seseorang bermusik sudah terbukti saat menjuri di ajang pencarian bakat televisi. Sebagai produser musik, Maia Estianty sangat jeli menangkap kekurangan peserta di ajang pencarian bakat.

Rupanya, komentar pedas Maia Estianty bukan dibuat-buat. Di belakang kamera, Maia Estianty juga tak segan memberikan komentar pedas kepada anak-anaknya yang meminta tanggapan soal teknik bernyanyi.

Salah satunya Dul Jaelani. Putra bungsu Maia Estianty dari pernikahan bersama Ahmad Dhani, rupanya pernah memberi komentar yang membuat hati Dul tak enak.

Hal itu terungkap melalui program televisi Tonight Show yang dibawakan Vincent dan Desta. Di program itu, ada segmen bernama 'Jawab Jujur Kali'.

 

 

Dul Menangis

Dul Jaelani (Fotograger: Bambang E Ros, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Fimela.com)

Dalam segmen itu, Vincent dan Desta secara bergantian menanyai Maia Estianty dan Dul dengan sederet pertanyaan. Dan dari situlah terkuak bahwa wanita kelahiran Surabaya itu pernah membuat Dul menangis karena komentar pedasnya.

"Pernah (nangis). Dibilang vokalnya jelek. Emang jelek sih. Misal Bunda nggak bilang vokalku jelek aku nggak bakal les vokal," ujar Dul.

 

 

Tak Mau Basa Basi

Dul Jaelani dan Maia Estianty (Instagram/duljaelani)

Maia Estianty juga membeberkan bagaimana perlakuannya kepada anak-anak. "Aku kan orangnya to the point dan di keluarga aku terbiasa ngomong apa adanya. Misal jelek ya jelek, bagus ya bagus," sambung Maia Estianty.

Pada satu sesi pertanyaan lain, Maia Estianty membeberkan sebuah fakta unik mengenai Dul. Menurutnya, sang putra bungsu ini adalah yang terbaik untuk urusan ibadah. 

"Ibadahnya luar biasa dia. Buat aku kalau prestasi sekolah atau segala macem biasa. Tapi kalau anak Jakarta berprestasi, kemudian ibadahnya luar biasa, bahkan puasa 30 hari dia sakit panas 2 hari nggak mau batalin puasa," pungkas Maia Estianty. (Kapanlagi.com/ Guntur Merdekawan)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persib Vs Persebaya, Bobotoh Dihimbau Tidak ke Stadion

Posted: 19 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Gianyar - Persib Bandung akan meladeni Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Kapten Dipta, Bali, Sabtu (20/10/2018). Jelang laga, Ketua Viking Bali, Jujun Junaedi meminta suporter Persib Bandung tidak datang ke stadion.

"Saya mewakili Viking Bali mengingatkan lagi kepada bobotoh dan Bonek agar tidak datang ke stadion," kata Jujun seperti dilansir situs resmi klub.

Jujun mengatakan, ia tidak ingin Persib Bandung mendapat sanksi tambahan karena melanggar peraturan. Persib dan suporternya (Viking dan Bobotoh) terkena sanksi setelah tewasnya suporter Persija, Haringga Sirla pada laga di Gelora Bandung Lautan Api.

Kepada Persib Bandung, PSSI memberi sanksi antara lain tidak boleh menggelar laga kandang di Bandung hingga musim ini selesai. Sementara, PSSI menjatuhkan hukuman larangan menonton langsung di stadion hingga paruh pertama musim depan.

"Kami juga sudah melakukan koordinasi dengan bobotoh-bobotoh di sini, dan Alhamdulilah mereka sangat mengerti dengan kondisi ini," kata Jujun.

"Kami hanya bisa memberikan yang terbaik. Selamat berjuang Persib, doa kami menyertaimu," ujarnya menambahkan.

 

Peringkat Kedua

Persib Bandung  (Foto: Abelda Gunawan/Liputan6.com)

Laga melawan Persebaya krusial bagi Persib yang baru saja digusur PSM dari puncak klasemen. Jika ingin kembali, Persib harus mengalahkan seteru lamanya tersebut.

Pada pertemuan pertama musim ini, Persib sukses menjinakkan Persebaya dengan skor 4-3. Empat gol Persib saat itu lahir dari dua gol Supardi Nasir dan dua gol Gozali Siregar.

 

Klasemen Liga 1

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Anies Akan Cek Kewajiban Dana Kompensasi Sampah

Posted: 19 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kisruh sampah Bantar Gebang masih berlanjut. Gubernur Jakarta, Anies Baswedan, mengaku telah membayar kompensasi, namun hal tersebut disangkal pihak Pemkot Bekasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kepergok Mencuri Barang Milik Teman, Pria di Cengkareng Nyaris Dikeroyok

Posted: 19 Oct 2018 09:56 PM PDT

Patroli, Jakarta - Seorang remaja nyaris babak belur dihajar warga setelah kepergok mencuri dompet dan komputer tablet temannya di kawasan Cengkareng Timur, Jakarta Barat. Pelaku langsung diamankan petugas keamanan setempat.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Sabtu (20/10/2018), pemuda ini menyedot perhatian warga di kawasan Cengkareng Timur, Jumat sore. Ia menjadi sasaran kemarahan warga karena telah melakukan aksi pencurian.

Pelaku ditangkap dari dalam rumah korban yang baru dikenalnya melalui media sosial. Awalnya pelaku datang ke rumah korban. Namun saat korban ke kamar mandi, pelaku sudah kabur. Sementara, dompet dan komputer tablet yang berada di dalam rumah telah hilang. Warga kemudian berhasil menangkap warga setelah korban berteriak.

Pelaku diamankan petugas keamanan perumahan dan diserahkan ke Polsek Cengkareng. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dukung Pembangunan Berkelanjutan, Sumut Gandeng Perusahaan Thailand

Posted: 19 Oct 2018 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sumatera Utara (Sumut) menggandeng perusahaan minyak asal Thailand, PTT Exploration and Production (PTTEP) dalam rangka melaksanakan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah, mengatakan saat ini‎ Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut berupaya untuk menyusun dan merencanakan program-program yang berkelanjutan dan jangka panjang. 

"SDGs atau yang juga dikenal dengan pembangunan berkelanjutan sudah terkandung dan diatur oleh pemerintah dalam rencana pembangunan, dikoordinir oleh Bappenas dan didelegasikan pada tiap-tiap Bappeda," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, seperti ditulis Sabtu (20/10/2018).

Oleh sebab itu, ‎Musa mengajak perusahaan-perusahaan swasta agar terus membangun corporate social responsibility (CSR).

Dia menuturkan, CSR tidak harus dalam bentuk dana, namun bisa dalam bentuk fasilitas-fasilitas yang bisa dinikmati oleh masyarakat, seperti rumah sakit, sekolah dan lain-lain agar dapat terciptanya dampak yang berkelanjutan. 

"CSR di Sumut sudah benar-benar tepat sasaran, tidak ada masyarakat Sumut di sekitar daerah industri dan perusahaan yang hidup tidak layak," ungkap dia.

Meski demikian, lanjut Musa, membangun kemitraan untuk mencapai tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan tidak dapat tercapai jika hanya datang dari pemerintah dan swasta, tetapi juga masyarakat. Khususnya yang akan merasakan dampak langsung dari hasil pembangunan berkelanjutan. 

"Maka dari ini sangatlah penting agar masyarakat di sadarkan akan isu ini," kata dia.

 

Bekerja Sama dengan Universitas hingga Swasta

Sementara itu, General Affairs Manager PTTEP Indonesia, Afiat Djajanegara mengatakan,‎ dukungan terhadap agenda SDGS terutama poin SDGs Nomor 17 yaitu, Kemitraan untuk Tujuan,‎ sesuai arahan Kementerian PPN/Bappenas.

Untuk itu, pihaknya juga bekerja sama dengan Universitas Trisakti, MM-Sustainability, melakukan pembinaan relasi antar pemangku kepentingan, termasuk pemerintahan, sektor swasta, LSM dan individu.

"Kami mendengar ajakan Pemerintah Indonesia untuk bersama-sama membantu Indonesia menjaga komitmen guna mencapai pembangunan yang berkelanjutan. Namun kami dari sektor swasta menyadari bahwa untuk mencapai SDGs adalah upaya kolektif dan tidak dapat dilakukan tanpa kolaborasi," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jorginho Hadir, Kante Diyakini Lebih Subur di Chelsea

Posted: 19 Oct 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, London - Legenda Chelsea, Michael Essien senang dengan kehadiran Jorginho musim ini. Ia menyebut Jorginho akan membantu N'Golo Kante semakin berkembang.

Kante menjadi andalan Chelsea sejak bergabung 2016. Posisinya tak tergantikan meski Chelsea berganti manajer.

Meski demikian permainan Kante tidak bisa dibilang sempurna. Sebagai gelandang ia terbilang minim gol.

"Musim lalu Kante bermain di kanan dan jarang sekali menusuk ke kotak penalti. Dia harus tetap di posisinya dan melindungi empat bek," kata Essien seperti dilansir Evening Standard.

"Namun sekarang adanya Jorginho membuat Kante bisa bebas bergerak. Semoga saja jumlah gol Kante bertambah," katanya menambahkan.

 

 

Minim Gol

Gelandang Chelsea, N'Golo Kante, berusaha melewati striker Swansea, Wilfried Bony, pada laga Premier League di Stadion Stamford Bridge, London, Rabu (29/11/2017). Chelsea menang 1-0 atas Swansea. (AFP/Adrian Dennis)

Sejak bergabung dua tahun lalu, torehan gol Kante memang minim. Dia hanya menyumbang empat gol dari 99 laga di semua kompetisi.

"Dimanapun Anda menempatkan Kante dia pasti bisa bermain bagus," kata Essien.

Puji Jorginho

Gelandang Chelsea, Jorginho, bermain impresif saat gagal mengalahkan West Ham United dalam laga lanjutan Premier League 2018-2019, di London Stadium, Minggu (23/9/2018). (AP Photo/Matt Dunham)

Di sisi lain, Essien juga senang melihat performa Jorginho. Apalagi Jorginho selalu menjadi pilihan utama di lini tengah.

"Saya tak terkejut karena Jorginho pernah bekerja dengan Maurizio Sarri di Napoli. Semua hal terasa mudah jika Anda mengenal pelatih," kata Essien.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

JK Minta Mitra KTT Asia-Eropa Perkuat Kerjasama Atasi Terorisme

Posted: 19 Oct 2018 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan bahwa pemerintah Indonesia mengutuk keras segala bentuk tindakan terorisme. Menurut pria yang akrab disapa JK ini, terorisme merupakan ancaman bagi keamanan nasional dan internasional.

Hal ini disampaikan JK saat menghadiri KTT Asia-Eropa (ASEM) ke-12 pada sesi Retreat di S9, Gedung Europa, Brussels Jumat 19 Oktober 2018.

"Indonesia sangat mengutuk terorisme dalam segala bentuk dan manifestasinya. Karenanya, kita harus memperkuat kerjasama untuk mengatasi ancaman ini," kata JK dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (20/10/2018).

Selain itu, JK juga menekankan pentingnya mengatasi akar masalah penyebab aksi terorisme. Menurutnya, tindakan semacam itu berawal dari ketidakadilan politik, ekonomi dan sosial serta ketidakpastian.

Kondisi ini, sambung JK, secara sistematis mengikis kedaulatan suatu negara dan menghancurkan harapan suatu bangsa.

"Itu semua menghasilkan tempat berkembang biak yang sempurna bagi radikalisme dan kekerasan," terang dia.

Oleh karena itu, JK meminta kepada seluruh mitra KTT ASEM untuk meningkatkan kerjasama dalam penanganan terorisme.

"Saya percaya bahwa Konferensi tersebut adalah platform yang tepat untuk tujuan ini," kata JK.

Isu Keamanan Maritim

Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla berbincang dengan PM Jepang Shinzo Abe selama pertemuan KTT ASEM ke-12 di Brussels, Belgia, (18/10). KTT ASEM ke-12 mengangkat tema Europe and Asia: Global Partners for Global Challenges. (AFP Photo/John Thys)

Selain masalah terorisme, JK juga membahas isu keamanan maritim di depan peserta KTT ASEM. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, sangat penting bagi Indonesia mempertahankan keamanan lautnya. 

"Terdapat urgensi dalam memperkuat kerja sama internasional untuk menjaga lautan kita," kata JK.

Namun, JK mengatakan masih banyak tantangan yang dihadapi Indonesia dalam menjaga keamanan teritorial laut. Misalnya, kata JK, yaitu penangkapan ikan secara ilegal.

Untuk mengatasi tantangan ini, JK melanjutkan, bangsa-bangsa di dunia harus menyelaraskan dan mensinergikan komitmen politik.

"Kita harus mengembangkan platform bersama untuk interaksi dan menciptakan sarana untuk melaksanakan komitmen tersebut," usulnya.

Dalam kaitan ini, JK menyampaikan bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah Our Ocean Conference pada akhir Oktober 2018 dan Archipelagic Island States Forum pada November 2018 mendatang.

Ia berharap, mitra ASEM akan turut berpartisipasi secara aktif dalam pertemuan-pertemuan ini guna lebih memantapkan kerjasama di bidang maritim.

"Indonesia siap dan berkomitmen untuk bekerjasama dengan semua mitra ASEM dalam menangani isu-isu terorisme dan keamanan maritim," tutup JK.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Spammer Peretas 50 Juta Pengguna Facebook Nyamar Jadi Digital Marketer

Posted: 19 Oct 2018 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menyebut ada setidaknya 50 juta akun pengguna yang diretas melalui bug di fitur "View As", Facebook mengonfirmasi, 'hanya' 30 juta pengguna terdampak.

Akses token 30 juta dicuri oleh pihak ketiga. Dengan demikian, si penjahat siber bisa mengakses sejumlah informasi pribadi pengguna yang diunggah ke akun Facebook.

Belakangan menurut sebuah laporan, Facebook disebut-sebut sudah tahu siapa penyerang di balik peretasan data puluhan juta pengguna Facebook itu.

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Softpedia, Sabtu (20/10/2018), dalam laporan terbarunya, berdasarkan investigasi internal oleh tim peneliti keamanan, Facebook percaya bahwa sekelompok spammers tampaknya menyamar jadi digital marketer.

Para spammers inipun dipercaya sebagai dalang di balik serangan siber terhadap Facebook.

Diberitakan The Wall Street Journal, "para peneliti internal Facebook percaya bahwa pelaku di balik penyerangan adalah sekelompok spammers Facebook dan Instagram yang menyamar menjadi perusahaan digital marketing, di mana, aktivitas mereka diketahui oleh tim keamanan Facebook."

Informasi ini diperoleh dari sumber anonim, sejalan dengan yang disebutkan oleh VP of Product Management Facebook Guy Rosen.

 

Facebook Tak Boleh Bicara Soal Peretasan Data

Ilustrasi Facebook (iStockPhoto)

Sebelumnya, Rosen menyebut, "kami bekerja sama dengan FBI yang aktif melakukan investigasi dan meminta pada kami untuk tidak menyebutkan, siapa di balik serangan ini," katanya.

Memang, setelah peretasan tersebut, Facebook memutuskan untuk me-reset akses token miik 50 juta pengguna Facebook. Mereka ini diduga merupakan pengguna yang token aksesnya dicuri.

Berdasarkan laporan pelanggaran data Facebook, akses token yang dicuri oleh pihak ketiga itu bisa dimanfaatkan penyerang untuk mengambil alih akun dan memungkinkan mereka untuk menggunakan aplikasi Facebook tanpa harus memasukkan kata sandi atau informasi kredensial lainnya.

Rosen juga mengatakan, dalam pembaruan keamanan sebelumnya, pengguna Facebook bisa memeriksa apakah akun Facebooknya terdampak peretasan. Facebook juga meminta agar pengguna yang akunnya terdampak bisa menuju Pusat Bantuan Facebook.

Terancam Denda Rp 24,3 Triliun

(ilustrasi/guim.co.uk)

Gara-gara masalah peretasan data 50 juta pengguna, regulator masalah privasi data Eropa tengah mempertimbangkan untuk memberi sanksi denda kepada Facebook.

Menurut pertimbangan mereka, Facebook terancam denda senilai USD 1,63 miliar atau setara Rp 24,3 triliun. Demikian sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Fortune.

Pelanggaran data tersebut diungkapkan pada beberapa waktu lalu. Pelanggan data ini berdampak pada pengguna yang menampilkan "View As".

"View As" atau "Lihat Sebagai" merupakan alat privasi yang memungkinkan pengguna melihat bagaimana halaman profil Facebook mereka dari sisi pengunjung, termasuk dari orang-orang yang bukan teman.

Menurut Wall Street Journal, Komisi Perlindungan Data (DPC) Irlandia ingin agar Facebook memberikan informasi lebih mendetail tentang pelanggaran data tersebut. Termasuk juga penginformasikan kepada seluruh penggunanya yang terdampak di Uni Eropa.

Dalam email kepada Wall Street Journal, DPC mengatakan pihaknya sangat fokus pada pelanggaran data ini. Apalagi hal ini mempengaruhi jutaan pengguna, namun Facebook malah belum mengklarifikasi risikonya pada pengguna.

Tidak hanya itu, melalui akun Twitternya, DPC mengunggah permintaan kepada Facebook.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Melihat Para Santa Belajar di Sekolah Khusus Sinterklas

Posted: 19 Oct 2018 09:36 PM PDT

Sejumlah pria menikmati kopi sebelum mengikuti pelatihan sekolah Santa Claus Charles W. Howard di Midland, Michigan, Jumat (19/10). Sekolah ini, setiap tahunnya menerima puluhan calon siswa untuk belajar menjadi seorang Santa Claus. (JEFF KOWALSKY / AFP)

Sejumlah pria menikmati kopi sebelum mengikuti pelatihan sekolah Santa Claus Charles W. Howard di Midland, Michigan, Jumat (19/10). Sekolah ini, setiap tahunnya menerima puluhan calon siswa untuk belajar menjadi seorang Santa Claus. (JEFF KOWALSKY / AFP)

Calon Santa Claus menaiki kereta uap selama pelatihan di sekolah Santa Claus Charles W. Howard di Midland, Michigan, Jumat (19/10). Para siswa datang ke sekolah itu untuk mengikuti pelatihan menjadi Sinterklas selama tiga hari. (JEFF KOWALSKY / AFP)

Calon Santa Claus menaiki kereta uap selama pelatihan di sekolah Santa Claus Charles W. Howard di Midland, Michigan, Jumat (19/10). Para siswa datang ke sekolah itu untuk mengikuti pelatihan menjadi Sinterklas selama tiga hari. (JEFF KOWALSKY / AFP)

Para siswa sekolah Santa Claus Charles W. Howard berpose untuk foto bersama di Midland, Michigan, Jumat (19/10). Sekolah ini khusus mengajarkan para lansia yang ingin menjadi sinterklas. (JEFF KOWALSKY / AFP)

Para siswa sekolah Santa Claus Charles W. Howard berpose untuk foto bersama di Midland, Michigan, Jumat (19/10). Sekolah ini khusus mengajarkan para lansia yang ingin menjadi sinterklas. (JEFF KOWALSKY / AFP)

Everett Johnson (kanan) dari Knoxville, Tennessee mengikuti pelatihan di sekolah Santa Claus Charles W. Howard di Midland, Michigan, Jumat (19/10). Sekolah khusus Santa Claus ini didirikan pada tahun 1937. (JEFF KOWALSKY / AFP)

Everett Johnson (kanan) dari Knoxville, Tennessee mengikuti pelatihan di sekolah Santa Claus Charles W. Howard di Midland, Michigan, Jumat (19/10). Sekolah khusus Santa Claus ini didirikan pada tahun 1937. (JEFF KOWALSKY / AFP)

Michael Nelson bersiap menaiki bus menuju sekolah Santa Claus Charles W. Howard di Midland, Michigan, Jumat (19/10). Sekolah ini, setiap tahunnya menerima puluhan calon siswa untuk belajar menjadi seorang Santa Claus. (JEFF KOWALSKY / AFP)

Michael Nelson bersiap menaiki bus menuju sekolah Santa Claus Charles W. Howard di Midland, Michigan, Jumat (19/10). Sekolah ini, setiap tahunnya menerima puluhan calon siswa untuk belajar menjadi seorang Santa Claus. (JEFF KOWALSKY / AFP)

Para siswa sekolah Santa Claus Charles W. Howard berpose untuk foto bersamadi Midland, Michigan, Jumat (19/10). Para siswa datang ke sekolah itu untuk mengikuti pelatihan menjadi Sinterklas selama tiga hari. (JEFF KOWALSKY / AFP)

Para siswa sekolah Santa Claus Charles W. Howard berpose untuk foto bersamadi Midland, Michigan, Jumat (19/10). Para siswa datang ke sekolah itu untuk mengikuti pelatihan menjadi Sinterklas selama tiga hari. (JEFF KOWALSKY / AFP)

Seorang siswa sekolah Santa Claus Charles W. Howard mendapat pelajaran bagaimana menjadi Santa yang sukses di Midland, Michigan, Jumat (19/10). Sekolah ini khusus mengajarkan para lansia yang ingin menjadi sinterklas. (JEFF KOWALSKY / AFP)

Seorang siswa sekolah Santa Claus Charles W. Howard mendapat pelajaran bagaimana menjadi Santa yang sukses di Midland, Michigan, Jumat (19/10). Sekolah ini khusus mengajarkan para lansia yang ingin menjadi sinterklas. (JEFF KOWALSKY / AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dari Prabowo sampai Kate Middleton, Deretan Pesohor dan Hewan Peliharaan bak Keluarga

Posted: 19 Oct 2018 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran hewan peliharaan di rumah memberi warna tersendiri bagi pemiliknya. Ada saja tingkah si kesayangan yang seringkali bikin kangen. Begitu pula yang terjadi dengan para pesohor.

Banyak alasan mereka merawat hewan peliharaan. Saking sayangnya, mereka bahkan sudah menganggap hewan peliharaan layaknya keluarga di rumah. Mereka juga mengeluarkan bersedia mengeluarkan biaya tak sedikit untuk memenuhi kebutuhan si hewan.

Pasalnya, memelihara binatang bukan semata menyukai bentuknya yang lucu. Ada tanggung jawab kepada binatang tersebut, seperti makanan, vaksin, dan perawatan ketika sakit, maupun perawatan untuk menjaga tubuhnya tetap wangi dan bersih.

Dirangkum oleh Liputan6.com, berikut adalah enam pesohor dengan hewan peliharaannya.

1. Prabowo

Calon Presiden Republik Indonesia periode 2019-2023 nomor urut dua ini ternyata memiliki hewan peliharaan, seekor kucing yang dinamainya Bobi. Ia merupakan seekor kucing berwarna putih berbelang hitam yang didapat dari jalanan.

Pertemuannya dengan Prabowo bermula saat Bobi sering bertamu ke rumah Prabowo di Jalan Kertanegara IV, Kebayoran Baru. Kucing itu akhirnya diadopsi dan dijadikan peliharaan. 

Segala aktivitas Prabowo di rumahnya kerap ditemani oleh Bobi. Seperti yang terlihat pada unggahan di akun Twitter @prabowo, saat diskusi BUMN hingga impor pangan. Prabowo ditemani Bobi yang duduk santai di atas meja panjang.

2. Tyas Mirasih

Penyuka kucing lainnya adalah aktris Tyas Mirasih. Saking sayangnya ia bahkan merayakan ulang tahun ke-3 Chong Fen, si kucing belang hitam putih, dengan pesta khusus. Fen terlihat memakai mahkota emas di atas kepalanya.

Tyas juga membuatkan kue tart bergambar kepala kucing yang merupakan kue khusus hewan khusus untuk dinikmati Chong Fen.  Tyas juga menaruh harapannya agar hewan peliharaannya itu, semakin pintar, lucu, dan manja. Penasaran kelucuannya, Anda bisa mengikuti aktivitas Chong Fen lewat akun Instagram pribadinya.

3. Raditya Dika

Sama seperti Prabowo, komika kondang Indonesia ini juga diketahui sebagai pecinta kucing. Salah satu kucingnya bernama Morganisa, bahkan pernah diajak main film Malam Minggu Miko. Menurutnya, kucing adalah hewan yang menyenangkan dan bisa diajak curhat.

Sampai saat ini, Radit sudah memelihara empat ekor kucing dengan nama, Pink, Morganisa, Temi, dan Kuki. Kecintaannya pada kucing selalu terlihat pada unggahan akun Instagram pribadinya.

 

Pesohor dari Luar Negeri

Kate Middleton tersenyum semringah usai menerima hadiah bunga dari anak-anak saat mengunjungi Roe Green Junior School di London, Inggris, Selasa (23/1). Kunjungan sekaligus peluncuran program kesehatan mental untuk anak-anak. (Jonathan Brady/POOL /AFP)

4. Kylie Jenner

Pesohor yang satu ini, berbeda dengan perempuan muda kebanyakan di Amerika Serikat. Walau sudah memiliki beberapa anjing, Kylie kemudian memutuskan memelihara seekor ayam di rumahnya yang megah di California. Dengan bulu yang putih bersih, membuat Kylie jatuh cinta pada si ayam ketika melihat penampilannya yang berbeda.

5. Kate Middleton

Istri Pangeran William ini memilih anjing sebagai binatang peliharaannya. Tak segan, Kate membiarkan anjingnya berkendara mewah, yakni dengan menaiki helikopter. Binatang kesayangannya ini bernama, Lupo.

Selain itu, Kate juga memelihara hamster bernama Marvin. Terkadang, Kate menggunakan binatang peliharaannya ini untuk menghindari pengaruh gadget berlebihan pada kedua anaknya, George dan Charlotte.

6. Mike Tyson

Petinju kelas berat yang kerap disapa si leher besi ini, memilih untuk memelihara seekor macan di rumahnya. Hewan tak biasa, dipilihnya karena sesuai dengan kepribadian diri Tyson yang memiliki wajah sangar, fisik besar, dan gagah berani. Ia terlihat mengajak macan putihnya berkeliling di luar rumah.

(Mariany)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dino Patti Djalal: Kondisi Dunia Semakin Tidak Menentu

Posted: 19 Oct 2018 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penggagas Conference of Indonesian Foreign Policy (CIFP 2018), Dino Patti Djalal mempertanyakan apakah dunia saat ini berbahaya dan mengancam?

Lewat pertanyaan ini, hadirin yang datang banyak mengangkat tangan dan sepakat jika hal itu menjadi tantangan dunia dewasa ini.

"Saya merasa, dunia saat ini bukan hanya 'berbahaya' tetapi juga mengancam," ujar Founder Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) saat membuka acara CIFP 2018 di The Kasablanka Hall, Jakarta (20/10/2018).

Ada hal yang melatarbelakangi pernyataan itu. Mulai dari Presiden Amerika Serikat, Donald Trump yang mengampanyekan American First dan isu China.

"Selain itu, ada pula negara-negara yang hilang rasa ketertarikan dan kepercayaannya pada hubungan multilateral dan menganggap bilateral adalah satu-satunya cara yang lebih efektif dan tidak menguras energi," ujar Dino.

Poin lain yang dinilai Dino dunia saat ini berada dalam "ancaman" karena Amerika Serikat yang mundur dari kesepakatan dengan Eropa soal lingkungan dan alam.

"Masalah hubungan regional antar negara juga jadi sorotan. Mundurnya Inggris dari Uni Eropa (Brexit) merupakan gambaran bahwa dunia terkadang bisa saja tidak stabil," jelas Dino.

"Meski demikian, titik cerah masih dapat kita rasakan. Misalnya ASEAN yang usianya sudah lebih dari 50 tahun dan tetap eksis di panggung dunia," tambahnya.

"Tetapi, dewasa ini ASEAN juga menghadapi sejumlah masalah dan tantangan tersendiri."

Lalu solusinya apa? Bagi Dino, United Nations atau PBB bisa jadi solusi. Hubungan multilateral seperti PBB hingga ASEAN dapat menjadi wadah yang mampu menciptakan perdamaian.

Dalam kesempatan itu, Dino juga menyebut ada harapan-harapan lain soal dunia yang mampu menuju ke arah yang lebih baik. Seperti pertemuan antara Kim Jong-un dan Donald Trump yang telah menciptakan atmosfer baik bagi dunia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

CIFP 2018

Ketum Asosiasi Dosen Indonesia Dino Patti Djalal memberikan sambutan pada pameran World Post Graduate 2018 di Jakarta, Sabtu (12/5). Pameran ini juga memberikan tes simulasi IELTS untuk mengukur kemampuan bahasa asing. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Acara tahunan yang sudah memasuki kali ke-4 ini telah mendapatkan penghargaan MURI sebagai konferensi hubungan internasional terbesar di Indonesia, dan bahkan disebut yang terbesar di dunia.

"CIFP disebut sebagai konferensi politik luar negeri terbesar di dunia secara umum. Konferensi ini menunjukkan semangat internasionalisme di Indonesia yang sangat tinggi," jelas pendiri FPCI melalui sebuah pernyataan tertulisnya.

Tahun ini, CIFP 2018 mengangkat tema "A Dangerous Drift: Ideas to Fix a Broken World". Menurut Founder dari Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Dino Patti Djalal ada makna di balik tema tersebut.

"Dunia kita sekarang sedang amburadul dan arahnya semakin tidak menentu. Perang dagang semakin mengancam, konflik semakin memanas, suhu bumi meningkat, pengungsi semakin bertambah hingga multilateralisme semakin tertekan," ujar Dino.

Tema ini dianggap sangat mencerminkan situasi dunia yang semakin tidak menentu. Meski demikian juga menekankan perlunya pemikiran-pemikiran baru yang solutif untuk menjawab tantangan dari banyak hal.

FPCI merupakan organisasi nirlaba dan non-pemerintah yang berkecimpung dalam bidang hubungan internasional Indonesia.

Didirikan oleh Dino Patti Djalal pada 2014, organisasi itu mengklaim sebagai foreign policy group independen terbesar di Indonesia, dengan 40.000 orang yang menjadi bagian network-nya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK: Butuh Proses Panjang Jerat Lippo Group di Suap Izin Meikarta

Posted: 19 Oct 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sempat menyatakan membuka kemungkinan untuk menjerat Lippo Group sebagai tersangka kasus dugaan suap izin pembangunan proyek Meikarta.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, butuh proses yang panjang sebelum menjerat korporasi menjadi tersangka. Banyak hal yang harus didalami oleh tim penyidik lembaga antirasuah.

"Tentu ini membutuhkan proses yang panjang," ujar Febri saat dikonfirmasi, Sabtu (20/10/2018).

Febri mengatakan, berdasarkan peraturan Mahkamah Agung, untuk menetapkan korporasi sebagai tersangka, pihaknya harus melihat terlebih dahulu apakah dalam kasus suap tersebut murni perbuatan pribadi atau pihak pengendali perusahaan.

"Kalau itu perbuatan personil, berarti orang-orang yang berada di dalam korporasi tersebut yang melakukan. Sedangkan perbuatan korporasi ada beberapa teori yang menjelaskan sebenarnya, pertama tentu harus dibuktikan bahwa ada yang disebut dengan directing mind atau pengendali dari korporasi itu," kata Febri.

Menurut Febri, pengendali perusahaan tidak hanya mereka yang mendapatkan jabatan formil dalam perusahaan tersebut. Meski namanya tak tertera dalam struktur organisasi di sebuah perusahaan, namun dalam penyelidikan dan penyidikan terbukti bahwa dia yang mengendalikan, maka jeratan korporasi bisa diberikan oleh pihak KPK.

"Nah setelah kita temukan directing mind tersebut tentu harus dilihat instruksinya apa, perbuatan setelah instruksi itu apa untuk kepentingan korporasi, ini tentu butuh pembuktian bagaimana rincian dari kerjasama dari orang-orang yang mendapatkan perintah," kata Febri.

Yang termudah dalam menjerat korporasi sebagai tersangka adalah dengan membuktikan apakah korporasi tersebut mendapat keuntungan atau tidak dalam sebuah proyek.

Terkait dengan indikasi-indikasi tersebut, Febri menyatakan pihak lembaga antirasuah belum memiliki kesimpulan untuk menjerat Lippo Group dalam kasus suap izin Meikarta.

"Sampai saat ini tentu belum ada kesimpulan, itu karena penyidikan masih kami lakukan pada sembilan tersangka yang sudah kami tetapkan sebelumnya," kata Febri.

 

Bupati Bekasi Tersangka

Pekerja menyelesaikan pembangunan Apartemen Meikarta di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (18/10). KPK menetapkan Bupati Bekasi Neneng Hasanah dan Direktur Operasional Lippo Group Billy Sindoro tersangka suap perizinan proyek Meikarta. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

KPK menetapkan Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait izin proyek pembangunan Meikarta di Kabupaten Bekasi. Selain Bupati Neneng, KPK juga menjerat delapan orang lainnya dalam kasus ini.

Mereka adalah Kepala Dinas PUPR Pemkab Bekasi, Jamaludi; Kepala Dinas Damkar Pemkab Bekasi, Sahat MBJ Nahar; Kepala Dinas DPMPTSP Kabupaten Bekasi, Dewi Tisnawati; dan Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Kabupaten Bekasi, Neneng Rahmi.

Kemudian, pihak swasta bernama Billy Sindoro yang merupakan Direktur Operasional Lippo Group, Taryudi dan Fitra Djajaja Purnama selaku konsultan Lippo Group, serta Henry Jasmen pegawai Lippo Group.

Bupati Neneng dan kawan-kawan didug menerima hadiah atau janji Rp 13 miliar terkait proyek tersebut. Diduga, realiasasi pemberian sampai saat ini adalah sekitar Rp 7 miliar melalui beberapa Kepala Dinas.

Keterkaitan sejumlah dinas lantaran proyek tersebut cukup kompleks, yakni memiliki rencana membangun apartemen, pusat perbelanjaan, rumah sakit, hingga tempat pendidikan. Sehingga dibutuhkan banyak perizinan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Liga 1 Arema FC Vs Bali United di Indosiar

Posted: 19 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gojek Liga 1 Bersama Bukalapak telah memasuki pekan ke-26. Arema FC akan menantang Bali United di Stadion Kanjuruhan sore ini.

Arema saat ini masih tertahan di posisi ke-12 klasemen. Singo Edan mengoleksi 31 poin dari 25 laga.

Sementara Bali United berada di posisi kelima klasemen. Mereka mengoleksi 40 poin dari jumlah laga yang sama.

Tak heran kemenangan dibutuhkan Arema untuk merangsek ke papan atas. Hal sama juga dibutuhkan Bali United untuk mengamankan posisi tiga besar.

Live streaming Liga 1 Arema Vs Bali United di Indosiar dimulai pukul 15.30 WIB. Dapatkan link live streaming Liga 1 Arema Vs Bali United di Indosiar di halaman selanjutnya:

Link Live Streaming

Untuk link Live Streaming Liga 1 Arema FC Vs Bali United di Indosiar silakan klik di sini

Prakiraan Susunan Pemain

Prakiraan Susunan Pemain

Arema FC (4-2-1-3): Utam Rusdiana (Kiper); Alfin Tuasalamony, Arthur Cunha, Hamka Hamzah, Ahmad Alfarizi (Belakang); Hanif Sjahbandi, Jayus Hariono; Makan Konate (Tengah); Dendi Santoso, Dedik Setiawan, Rivaldi Bawuo (Depan).

Pelatih: Milan Petrovic.

Bali United (4-2-3-1): Wawan Hendrawan (Kiper); Andhika Wijaya, Agus Nova, Taifuk Hidayat, Ricky Fajrin (Belakang); Taufiq, Hekmat Nouri; Van der Velden, Melvin Platje, Irfan Bachdim (Tengah); Ilija Spasojevic (Depan)

Pelatih: Widodo Cahyono Putro. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inflasi Terkendali Selama 4 Tahun Jokowi-JK

Posted: 19 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintahan yang dipimpin Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (Jokowi-JK) memasuki tahun keempat pada 20 Oktober 2018.

Banyak hal yang sudah dilakukan pemerintah selama ini demi mewujudkan Nawa Cita yang sudah dicanangkan awal kepemimpinannya.

Lalu apa yang sudah berhasil? Direktur Eksekutif Economic Action (ECONACT) Indonesia menganalisis salah satu keberhasilan pemerintah selama empat tahun ini adalah terjaganya inflasi.

"Kalau mengacu kepada Nawa Cita, dari sepuluh targetnya, inflasi yang bisa dikatakan berhasil terjaga," kata Ronny kepada Liputan6.com, Sabtu (20/10/2018).

Bank Indonesia (BI) menargetkan inflasi 3,5 persen plus minus satu persen pada 2018. Hingga September 2018, inflasi tercatat 2,88 persen. Tercatat deflasi September sebesar 0,18 persen.

Inflasi cenderung terjaga selama empat tahun pemerintahan Jokowi-JK. Pada Oktober 2014, inflasi mencapai 4,83 persen. Kemudian meningkat menjadi 6,23 persen pada November 2014. Inflasi terjaga di kisaran tiga persen sejak Juli 2017. Tercatat inflasi Juli 2017 sebesar 3,82 persen.

Hanya saja, inflasi ini nampaknya tidak cukup untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dalam negeri. Sebagian besar Nawa Cita, menurut dia masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan.

Memang hal ini, Ronny menuturkan, harus dilihat dari beberapa sisi. Cenderung stagnannya pertumbuham ekonomi tidak hanya faktor dalam negeri, melainkan adanya sentimen dari luar negeri.

"Kondisi global sedang kurang bersahabat memang. Di level Internasional, ada situasi new normal: high rate, high oil price, dan strong dollar. Ditambah pula dengan kecenderungan proteksionisme yang membuat Amerika dan Cina perang dagang," tambah dia.

Hal senada dikatakan Ekonom PT Bank Permata Tbk, Josua Pardede. Ia menilai, inflasi terkendali dalam beberapa tahun ini. "Inflasi 3-3,5 persen sudah cukup baik. Paket kebijakan ekonomi dilakukan baik," kata dia.

Ia menuturkan, likuiditas global mengetat seiring kebijakan bank sentral Amerika Serikat (AS) mengetatkan kebijakan moneternya menjadi tantangan pemerintahan Jokowi-JK. Dengan tantangan investasi meningkat juga mendorong pemerintah mempercepat izin dan menerapkan online single submission (OSS) sehingga beri kemudahan usaha.

 

Sentimen Domestik

Pedagang merapihkan dagangannya di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Selasa (3/4).Badan Pusat Statistik mencatat inflasi Bulan Maret 2018 sebesar 0,20 persen sehingga inflasi tahun kalender mencapai 0,99 persen (year to date). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ronny mengatakan, dari sisi domestik, nampaknya inflasi yang terjaga belum mampu meningkatkan daya beli masyarakatnya. Bahkan dia berpendapat inflasi ini baru sebatas menjaga daya beli.

"Itu pun tercederai dengan yang kurang menguntungkan, yakni stabilisasi harga dengan cara menjaga sisi supply, termasuk dengan membanjiri supply kebutuhan barang dan jasa dengan impor," Ronny melanjutkan.

Untuk itu, dirinya berharap di tahun terakhir kepemimpinan pemerintahan Jokowi-JK berbagai terobosan tetap dilakukan demi mendorong pertumbuhan ekonomi. Tahun politik bukan berarti melupakan misi pembangunan ekonomi nasional yang berkelanjutan. (Yas)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Awal Mula Kolaborasi Dua Lipa dan Blackpink

Posted: 19 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Amerika Serikat - Dua Lipa baru saja merilis semacam album repackage pada hari Jumat (19/10/2018). Ada lagu lama dan baru di album ini. Di antara 25 lagu ada satu yang menarik perhatian banyak orang.

Lagu itu berjudul "Kiss and Make Up" yang dinyanyikan penyanyi asal Inggris ini dengan girlgroup Korea Blackpink

Menurut Forbes apa yang dilakukan Dua Lipa ini adalah strategi yang hebat, karena baik penyanyi "New Rules" dan Blackpink, keduanya adalah artis yang disukai banyak wanita.

"Kiss and Make Up" adalah lagu dengan rasa electro dipadu dengan suara penyanyinya yang diperhalus lewat autotune. Ada unsur EDM dari lagu yang punya beberapa pengulangan dengan struktur sederhana ini.

Bagaimana awal dari kolaborasi ini bisa terjadi? Dua Lipa sempat menjelaskan alasannya!

 

Bertemu dengan Lisa dan Jennie

Jennie dan Lisa Blackpink bersama Dua Lipa (Instagram/ blackpink_jennie)

Dua Lipa ternyata sudah menulis lagu "Kiss and Make Up" sejak setahun lalu dan susah menemukan artis yang pas untuk diajak kolaborasi. Ia lalu mendapat ide untuk kolaborasi dengan Blackpink saat ia bertemu dengan Jennie dan Lisa di Seoul. 

"Aku berpikir, 'Oh my God, apakah gila kalau aku mengirimi mereka lagu? Apa mereka akan suka dan mau menyanyikannya?'. Mereka yang 'Ayo kita lakukan' dan langsung rekaman sambil mengubah liriknya ke bahasa Korea. Ya begitulah," kata Dua Lipa pada Access Hollywood.

 

 

 

 

 

Pertama Kali

BLACKPINK (Foto: soompi.com)

Ada beberapa keunikan dari lagu duet Dua Lipa dan Blackpink ini. Pertama tentu saja bahasanya yang bilingual. Di bagian awal, Dua Lipa menyanyikan "Kiss and Make Up" dengan bahasa Inggris. Di part kedua giliran Jisoodkk yang bernyanyi dalam Korea. 

Sebenarnya artis-artis K-Pop sering menyelipkan lirik bahasa Inggris di lagu-lagu mereka. Tapi apa yang dilakukan Dua Lipa ini adalah pertama kalinya bagi penyanyi Barat menambahkan lirik Korea di dalam lagunya. 

Yang unik lagi adalah pembagian line dalam lagu ini benar-benar bagus. Semua member Blackpink bernyanyi. Bahkan Dua Lipa pun seolah menjadi member kelima dari girlgroup yang mempopulerkan lagu "Du Ddu Du Ddu" ini. (Kapanlagi.com/ Rahmi Safitri)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Chelsea Vs MU: Mourinho Mengaku Tak Paham Sepak Bola Menyerang

Posted: 19 Oct 2018 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Kiprah Manchester United (MU) musim ini masih tersendat di Liga Inggris. Hingga pekan kedelapan mereka masih tertahan di posisi kedelapan klasemen Liga Inggris dengan 13 poin dari delapan pertandingan.

Malam ini, MU akan kembali turun gelanggang di Liga Inggris. Setan Merah akan dijamu Chelsea di Stamford Bridge. Dan, Mourinho kembali dalam sorotan.

Gaya bermain The Red Devils selama di bawah asuhan Mourinho menjadi sasaran empuk kritikan publik. Banyak yang berkata bahwa strategi bertahan yang dikembangkan pria asal Portugal itu tidak menarik dan membosankan.

Padahal, jika melihat susunan pemainnya, Manchester United sebenarnya punya kualitas untuk memainkan sepak bola menyerang. Hal itu pun dianggap mematikan potensi beberapa pemain, seperti Alexis Sanchez dan Paul Pogba.

Pendekatan Mourinho terhadap permainan juga menghasilkan rentetan hasil buruk pada musim ini. Laporan mengenai pemecatannya pun tetap ada walau The Red Devils sempat meraih kemenangan atas Newcastle dulu.

Tetapi, eks nahkoda Chelsea tersebut tidak tertarik untuk mengubah gaya bermain MU menjadi menyerang. Sebab menurutnya, berfokus pada pertahanan merupakan hal yang paling penting.

"Cerita soal sepak bola menyerang - saya tidak paham cerita itu. Karena bagi saya, Anda hanya bisa memainkan sepak bola menyerang saat memiliki bola. Saat lawan memiliki bola, Anda harus bertahan," ujar Mourinho dikutip dari Goal.

 

 

 

Rebut Bola Lawan

MU kini tak lagi menakutkan di Liga Inggris.(AP Photo/Jon Super)

Di lapangan, kata Mourinho, dia ingin timnya bermain merebut bola dari lawan. Memenangkan penguasaan bola, itulah kunci memenangkan sebuah pertandingan.

"Saya ingin tim mengambil bola lawan. Dan anda hanya bisa melakukannya bila lawan kehilangan bola, mengambilnya kembali, atau membuat lawan melakukan kesalahan. Untuk itu, anda harus bertahan," lanjutnya.

 

Kunci Permainan

Dalam pandangannya, tim bisa memainkan banyak cara jika memiliki bola dalam penguasaannya. Selain itu, strategi tersebut akan beradaptasi dengan kualitas yang dimiliki oleh pemainnya.

"Saat anda memiliki bola, anda bisa bermain dengan cara berbeda dan secara wajar beradaptasi dengan kualitas pemain. Itu yang saya inginkan," tambahnya.

"Kami mencoba [bermain seperti itu]. Kuncinya adalah pemain bisa melakukannya," tutupnya.

Dengan demikian, strategi yang sama tampaknya akan terlihat kala MU berhadapan dengan Chelsea pada hari Sabtu (20/10) malan nanti. Partai lanjutan Premier League itu sendiri akan berlangsung di Stamford Bridge, London.

Sumber: www.bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klaim Arab Saudi Vs Turki, Jamal Khashoggi Tewas Akibat Berkelahi Atau Dimutilasi?

Posted: 19 Oct 2018 09:18 PM PDT

Liputan6.com, Riyadh - Pada Selasa 2 Oktober 2018 pukul 13.14, jurnalis Jamal Khashoggi memasuki konsulat Arab Saudi di Istanbul. Pria itu sedang mengurus dokumen pernikahannya. Setelah itu, ia hilang.

Sehari kemudian, aparat Turki mengumumkan, Khashoggi hilang di konsulat Arab Saudi di Istanbul. Namun, Riyadh mengklaim korban telah meninggalkan fasilitas diplomatik itu.

"Sepemahaman saya, ia masuk dan kemudian keluar setelah beberapa menit atau sejam. Saya tak yakin soal itu. Kami sedang menyelidiki kasus ini lewat kementerian luar negeri untuk mengetahui apa yang terjadi pada saat itu," kata Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman kepada Bloomberg pada Rabu 3 Oktober 2018.

Saat dikonfirmasi apakah Khashoggi tak ada di dalam gedung konsulat, sang putra mahkota menjawab, "Ya, dia tidak ada di sana."

Namun, pada Sabtu pagi 20 Oktober 2018, Arab Saudi akhirnya mengakui, Jamal Khashoggi tewas dalam perkelahian yang pecah dengan sejumlah orang di konsulat.

Berdasarkan penyelidikan awal, 18 warga Arab Saudi ditahan untuk diperiksa terkait kasus kematian Khashoggi.

Kerajaan juga memecat deputi kepala intelijen Ahmad al-Assiri dan Saud al-Qahtani, pembantu senior Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Raja Salman juga dilaporkan memerintahkan pembentukan komite kementerian, yang dipimpin oleh putra mahkota, untuk merestrukturisasi dinas intelijen.

"Untuk memodernisasi regulasinya dan mendefiniskan kewenangan persisnya," demikian dikutip dari situs CNBC.com, Sabtu (20/8/2018).

Langkah Arab Saudi tersebut telah diprediksi oleh sejumlah orang. Situs The New York Times pada 18 Oktober 2018 memuat artikel berjudul, Saudis May Blame Intelligence Official for Killing Jamal Khashoggi.

"Para penguasa Arab Saudi sedang mempertimbangkan untuk mengambinghitamkan pejabat intelijen yang dekat dengan Putra Mahkota Mohammed bin Salman atas pembunuhan Jamal Khashoggi," demikian ungkap tiga sumber kepada The New York Times.

Rencana itu menargetkan Mayor Jenderal Ahmed al-Assiri. Diduga, upaya tersebut dimaksudkan untuk menyediakan penjelasan masuk akal terkait dugaan pembunuhan Khashoggi, sekaligus membelokkan kecurigaan yang mengarah pada sang putra mahkota.

Jamal Khashoggi, mantan orang dekat kerajaan yang diasingkan sekaligus kontributor The Washington Post, dikenal kritis pada kebijakan istana, termasuk Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

 

Saksikan video terkait pembunuhan Jamal Khashoggi berikut ini:

 

Klaim Aparat Turki: Khashoggi Dimutilasi

Tim forensik Turki mencari barang bukti hilangnya jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi di atap kediaman Konsulat Jenderal Saudi Mohammed al-Otaibi di Istanbul, Rabu (17/10). Al-Otaibi pergi ke Riyadh sebelum kediamannya digeledah. (AP Photo/Emrah Gurel)

Sebelumnya, aparat Turki mengaku memiliki bukti bahwa 15 agen yang dikirim pihak Arab saudi membunuh dan memutilasi Jamal Khashoggi di dalam gedung konsulat.

Para algojo tersebut diduga menanti kedatangan Khashoggi di gedung konsulat.

Dalam beberapa menit kemudian, adegan brutal berlangsung. Hanya hitungan menit, Khashoggi tewas, kepalanya dilaporkan terpisah dari raga, bagian tubuhnya yang lain dimutilasi, termasuk jari-jemarinya.

Sekitar dua jam kemudian, para algojo kemudian pergi meninggalkan gedung konsulat dan naik pesawat, demikian diungkap aparat senior Turki.

Sementara itu, Donald Trump yang awalnya mengatakan bahwa Arab Saudi terancam 'konsekuensi berat' jika terbukti membunuh Khashoggi, mengatakan penangkapan yang dilakukan pihak Riyadh adalah langkah yang baik. 

Wakil Presiden AS, Mike Pence menegaskan, pihaknya tak akan bergantung sepenuhnya pada informasi yang diberikan Arab Saudi.

Sejumlah anggota Kongres bahkan terang-terangan mengaku skeptis dengan penjelasan pihak Arab Saudi.

"Pertama, kita diberi tahu bahwa Khashoggi konon meninggalkan konsulat dan ada penolakan menyeluruh atas keterlibatan Saudi. Sekarang, perkelahian pecah dan dia terbunuh di konsulat, semua tanpa sepengetahuan Putra Mahkota," kata Senator Lindsey Graham.

Dalam kolom terakhirnya di Washington Post, Khashoggi menyoroti perlunya pers yang bebas dan independen di negara-negara Arab.

Dia menyebutm masyarakat internasional telah menutup mata terhadap meningkatnya upaya pembungkaman pers yang dilakukan pemerintah Arab.

"Tindakan-tindakan tersebut tidak lagi membawa konsekuensi munculnya serangan balik dari masyarakat internasional. Sebaliknya, hanya memicu kecaman, yang dengan cepat diikuti oleh keheningan," tulis Khashoggi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Spanyol Nanti Malam: Barcelona Kontra Sevilla

Posted: 19 Oct 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Liga Spanyol juga kembali digelar akhir pekan ini setelah libur pekan lalu akibat jeda laga internasional. Laga super seru langsung tersaji di pekan sembilan kompetisi tersebut.

Pemuncak klasemen Liga Spanyol Sevilla akan berkunjung ke Nou Camp menantang juara bertahan Barcelona pada Minggu (21/10/2018) dini hari WIB. Laga ini bakal sangat menarik. Sevilla yang memuncaki klasemen cuma unggul satu poin saja dari Barcelona.

Namun, berbicara performa, Sevilla dan Barcelona bak bumi dan langit. Barcelona tak pernah menang dalam empat laga terakhir di Liga Spanyol. Sementara itu, Sevilla selalu menang di empat pertandingan terakhir.

Sementara rival abadi Barcelona, Real Madrid mendapat lawan relatif mudah. Los Blancos pun berpeluang mengakhiri keterpurukan karena cuma bersua Levante di kandang sendiri.

 

 

Sabtu

ilustrasi

Jadwal Liga Spanyol

Sabtu 20 Oktober 2018

02.00 WIB

Celta Vigo vs Alaves (Bein Sports 1)

18.00 WIB

Real Madrid vs Levante (Bein Sports 2)

21.15 WIB

Valencia vs Legandes (Bein Sports 2)

23.30 WIb

Villarreal vs Atletico Madrid (Bein Sports 2)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waketum MPR RI: Kita Harus Punya Demokrasi Ala Indonesia

Posted: 19 Oct 2018 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua MPR Mahyudin membuka secara resmi kegiatan Press Gathering Pimpinan MPR dengan Wartawan Parlemen di Yogyakarta, Jumat malam (19/10/2018). Pembukaan dihadiri Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Hadir juga Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani, pimpinan fraksi di MPR di antaranya Fary Djemi Francis (Ketua Fraksi Gerindra), Arwani Thomafi (Ketua Fraksi PPP), Capt Jhoni Rolindrawan (Ketua Fraksi Hanura), Ayub Khan (Sekretaris Fraksi Demokrat), Agathi Sulie (Fraksi Partai Golkar), El Nino (Fraksi Partai Gerindra), dan Sesjen MPR Ma'ruf Cahyono serta Kepala Biro Humas Siti Fauziah.

Di depan peserta press gathering, Mahyudin mengakui demokrasi kita adalah demokrasi yang berbiaya mahal.

"Jika dikaitkan banyak kepala daerah berurusan dengan hukum karena kasus korupsi, kita akui bahwa demokrasi kita mahal," katanya.

Mahyudin mencontohkan ketika ditawari maju menjadi gubernur Kaltim, dia menghitung sedikitnya perlu Rp 50 miliar untuk menjadi calon gubernur. Dia berujar uang sebesar itu lebih baik untuk membuat kebun sawit.

Menurut Mahyudin, idealnya tiap negara memiliki ciri demokrasinya sendiri yang berbeda dengan negara lainnya. Amerika, Inggris dengan demokrasinya sendiri.

"Kita pun seharusnya punya demokrasi sendiri sesuai dengan kultur Indonesia," ujar politisi Partai Golkar ini.

"Menurut saya demokrasi langsung seperti sekarang ini tidak bisa berjalan efektif karena rakyat kita masih banyak yang miskin," imbuhnya.

"Kita pakai demokrasi ala Indonesia saja yang tidak copy paste dari Barat. Kalau kita mengedepankan musyawarah mufakat itu lebih baik daripada harus melakukan voting yang menimbulkan luka bagi yang kalah dan jumawa bagi yang menang," sambungnya.

Mahyudin setuju dengan apa yang dikatakan Sri Sultan bahwa perlu dikaji ulang pemikiran mau dibawa kemana bangsa ini ketika kepala daerah bahkan anggota dewan ditangkap KPK.

"Saya berharap pemilihan gubernur, bupati, walikota dilaksanakan secara musyawarah mufakat di DPRD saja. Itu lebih murah dan bisa menjamin pemimpin berkualitas. Kita harus punya demokrasi sendiri ala Indonesia," tegasnya.

Secara khusus kepada wartawan parlemen, Mahyudin berpesan untuk membuat berita yang adem, jangan yang memanaskan suasana.

Sebelumnya Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubowono X berbicara soal demokrasi di hadapan peserta press gathering MPR.

"MPR agar merenung dan mengevaluasi 73 tahun Indonesia merdeka, perjalanan bangsa ini apakah sesuai dengan tujuan para founding father ketika mendirikan negara ini?" katanya.

Sultan memberi contoh dalam penerapan demokrasi. Korea Utara punya demokrasi ala Korea Utara. Negara Tiongkok mengatakan demokrasi ala Tiongkok. Amerika mengatakan demokrasinya ala Amerika.

"Mengapa kita tidak bisa mengatakan demokrasi ala Indonesia?" tanya Sultan.

Misalnya, melibatkan oposisi dalam kabinet.

"Jika ada orang di oposisi yang punya potensi, kenapa tidak masuk kabinet? Tidak ada yang dilanggar," ujarnya memberi contoh.

"Kalau dasarnya kebersamaan, bukan pemerintah dan oposisi, maka potensi orang-orang dalam oposisi bisa dimanfaatkan untuk membangun republik dengan kebersamaan," imbuhnya.

"Dengan kebersamaan dan tepo seliro, pemimpin harus memberi pelayanan tanpa diskriminasi. Memberi ruang bagi minoritas. Bukan demokrasi barat yang memberi batas mayoritas dan minoritas," ucapnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Tahun Jokowi-JK, Infrasturktur dan Percaya Diri Indonesia

Posted: 19 Oct 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, mengatakan 4 tahun Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla bukan hanya menciptakan beragam prestasi, tetapi beberapa pembangunan infrastruktur yang dinilai cukup membuahkan manfaat besar bagi masyarakat.

"Infrastruktur secara teknokratis dimaknai dalam peningkatan koneksitas, aksesibilitas dan kemudahan mobilisasi serta ketersediaan daya pengungkit kemajuan. Dalam perspektif kebudayaan, infrastruktur itu memperkuat rasa percaya diri, optimisme dan membangun budaya kerja Indonesia berprestasi," ucap Hasto, Sabtu (20/10/2018).

Dia menuturkan, perjalanan 4 tahun sangatlah dinamis. Dimana, awal pemerintahan Jokowi diwarnai dengan penghadangan parlemen sehingga Jokowi-JK saat itu praktis tidak memiliki kaki di pimpinan DPR dan alat kelengkapan Dewan. Ini berlangsung 1 tahun lamanya, dinamika politik yang tajam, penuh intrik kekuasaan.

"Dalam situasi political heavy penuh hadangan di DPR tersebut, terbukti Pak Jokowi mampu merangkul, membangun keyakinan kolaborasi-gotong royong dengan seluruh komponen bangsa. Dalam 4 tahun pemerintahannya, justru Jokowi-JK semakin menuai beragam prestasi," ungkap Hasto.

Dia menegaskan, peningkatan keadaban politik terpenting Jokowi adalah menghadirkan kekuasaan di rumah-rumah rakyat.

"Melalui tradisi blusukan, program Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, program e-warung, sertifikasi tanah untuk rakyat dan program kerakyatan lainnya," jelas Hasto.

Watak dan Karakter

(Liputan6.com/ Andi Muttya Keteng)

PDI Perjuangan, masih kata dia, menyoroti watak dan kepribadian pemimpin sebagai faktor dominan bagi bangkitnya optimisme bangsa. Menurutnya, banyak yang lupa bahwa penilaian utama seorang pemimpin itu dari watak dan karakternya.

"Pak Jokowi sosok yang tulus, merakyat, dan dengannya instrumen rasa penuh nilai-nilai kemanusiaan mengalir dalam keputusan politiknya. Maka kepemimpinan Pak Jokowi itu genuine, dan menyapa rakyat dengan salaman dan ketulusan. Maka rakyat pun datang penuh antusiasme dan tanpa jarak menyampaikan usulan program pada pemimpinnya," ungkap Hasto.

Watak kepemimpinan seperti itulah, lanjut dia, yang mampu membangunkan energi optimisme bangsa.

"Pak Jokowi sangat menghargai proses. Menguatnya rasa percaya diri bangsa di dunia internasional. Semua terjadi karena api perjuangan yang kembali menyala. Sebab tanpa api perjuangan yang menyala-nyala, suatu bangsa akan mati," dia memungkasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ratusan Pustakawan Disebar di 60 Kota Bawa 'Virus' Baca

Posted: 19 Oct 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Palembang - Perpustakaan Nasional tidak hanya mengangkat Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab untuk meningkatkan minat baca di Indonesia.

Lembaga pemerintah nonkementrian ini juga akan menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang bertugas sebagai motivator literasi ke berbagai provinsi di Indonesia.

Dedi Junaidi, Pustakawan Ahli Utama Perpustakaan Nasional mengatakan, di tahun ini akan ada ratusan motivator literasi yang akan bertugas di 60 kabupaten/kota di 21 provinsi untuk menyukseskan gerakan ini.

"Kita sudah gelar pelatihan dan bulan Oktober ini selesai. Masing-masing daerah akan dikirim empat orang pustakawan, untuk mendampingi perpustakaan di daerah," katanya kepada Liputan6.com, usai Talk Show bertema 'Peran Duta Baca dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dalam Meningkatkan Literasi' di Gedung Bina Praja kantor Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel, Jumat 19 Oktober 2018.

Sebanyak 241 orang pustakawan dipercaya menjadi motivator dan inspirator literasi di daerah yang ditunjuk. Keberadaan inspirator ini diharapkan Perpusnas bisa menularkan minat baca dan menggandeng generasi muda lainnya untuk ikut berkontribusi di daerah.

Meskipun sudah ada 250.000 perpustakaan yang tersebar di Indonesia, Perpustakaan Nasional masih terkendala distribusi buku dan fasilitas literasi lainnya.

"Kendalanya yaitu sarana terbatas sehingga bahan bacaan sedikit. Sejak Presiden Joko Widodo meresmikan Perpusnas pada tahun 2017, kita langsung menyampaikan kondisi buku yang terbatas, terutama di daerah perbatasan," katanya.

Perpustakaan Nasional juga menggandeng Badan Pusat Statistik (BPS) di tahun 2019 mendatang, untuk mensurvey kebutuhan perpustakaan dan buku bacaan di desa-desa terpencil. Kerjasama ini merupakan salah satu kegiatan program revitalisasi perpustakaan umum.

Kontribusi Pemerintah Daerah

Pustakawan Ahli Utama Perpustakaan Nasional Dedi Junaidi (Liputan6.com / Nefri Inge)

Dalam meningkatkan minat baca, Perpusnas mengharapkan ada kontribusi lebih dari Pemerintah Daerah (Pemda) di Indonesia.

Tidak hanya mengatasi keterbatasan buku dan infrastruktur saja, tapi bagaimana mensinergikan ketersediaan buku elektronik yang mudah diakses melalui internet.

"Peraturan menteri pedesaan juga sangat penting, apalagi dana desa langsung disalurkan ke kabupaten/kota. Ini harus ditindaklanjuti untuk menggerakkan fasilitas literasi di daerah oleh pemda setempat," katanya.

Slamet Nugroho, pendongeng di Sumsel mengungkapkan, minat baca di daerah sudah cukup tinggi, apalagi sadar baca juga sudah menyebar ke para orangtua.

"Di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur Sumsel, setiap sore ibu-ibu menyempatkan waktu membaca. Karena mereka ingin pintar, agar bisa menularkan ke anak-anaknya. Tapi listrik yang langsung padam di malam hari, membuat aktifitas ini bisa dilakukan sebentar," ujarnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rianti Cartwright Beberkan Masalah Rumah Tangganya

Posted: 19 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sudah delapan tahun lamanya mantan VJ MTV, Rianti Cartwright, membina rumah tangga dengan Cassanova Alfonso. Selama itu pula, hubungan keduanya tampak harmonis dan jauh dari gosip-gosip miring.

Meski begitu, bukan berarti perjalanan rumah tangga Rianti Cartwright tak pernah diliputi permasalahan. Pemeran Aisyah dalam Ayat Ayat Cinta ini pun mengungkap masalah yang sering terjadi dalam rumah tangganya.

"Ada aku dandan kelamaanlah, suami aku lagi lapar, macet. Tapi so far kalau masalah prinsip belum pernah ada sampai yang serius banget. Paling masalah kecil saja, mood lagi enggak enak," ujar Rianti Cartwright ditemui di Kota Kasablanka, Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (18/10/2018).

Bagi Rianti Cartwright dan Cassanova Alfonso, hal yang paling baik untuk meredakan masalah adalah berkomunikasi di saat yang tepat. Ini yang selalu diterapkan keduanya agar masalah tak berlarut-larut.

 

Jangan Bikin Marah

"Yang penting itu jangan kita ngobrol yang bikin kita marah. Misal kalau lagi lapar, jadi yang pertama makan dulu, tenangin hati dulu, jangan bereaksi tapi respon. Diam dulu, pikir dulu baru kita respon," ia menjelaskan.

Komunikasi

Hingga kini, pasangan yang selalu tampil romantis itu belum dikaruniai anak. Perempuan 34 tahun kelahiran Bandung itu mengaku sangat merindukan hadirnya momongan demi melengkapi kebahagiaan rumah tangganya. (Instagram/riantic)

Jadi, komunikasi adalah hal yang sangat penting dalam menjaga keharmonisan hubungan.

"Komunikasi itu penting banget. Kalau cari suami itu harus bisa jadi sahabat, karena yang lain akan hilang. Kalau menemukan sahabat jadi lebih enak komunikasinya," kata Rianti.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Marahi Anak Bila Coret-Coret Tembok

Posted: 19 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta "Kalau punya anak nanti siap-siap deh, pasti tembok kamu enggak akan bersih, bakal dicoret-coret sama dia."

Begitu pesan sahabat ke teman yang baru menikah. Ya, memang pada saat usia dua tahun anak mulai mengeksplorasi, ketika diberi pulpen, pensil, pensil warna semua area jadi media coret-coretnya. Namun, jangan dimarahi ya ketika anak coret-coret karena bisa menganggu tumbuh kembangnya begitu seperti disampaikan psikolog anak dan keluarga, Ajeng Raviando.

Orangtua harus menghindari marah pada si kecil. Bila sering memarahi anak, kata Ajeng, akan mengganggu tumbuh kembangnya. Sementara itu, aktivitas mencoret tembok sebenarnya merupakan bagian dari kreativitasnya.

"Jadi sebaiknya memang dihindari untuk melarang anak, sepanjang tidak membahayakan mereka dan selama mereka butuh wadah untuk mengekspresikannya," jelas Ajeng.

 

Wadah coret-coret

Meski begitu, bukan berarti kita mengizinkannya membuat karya 'masterpiece' di tembok kan? Orangtua bisa memberikan 'wadah' untuk si Kecil mencoret, misalnya kertas gambar.

Cara lain yang lebih membuat moms tenang, gunakan cat tembok waterbase pada dinding rumah. Menggunakan cat waterbase, noda dan kotoran di tembok bisa dengan mudah dihilangkan. Salah satu cat yang bisa digunakan adalah Dulux Easy Clean.

"KidProof+ Technology ini juga dilengkapi dengan formula anti-bakteri yang memberikan perlindungan pada dinding, sehingga aman untuk si kecil. Teknologi ini sekaligus diformulasikan agar noda mudah dibersihkan," jelas Head of Brand and Consumer Marketing PT ICI Paints Indonesia (Dulux) Anastasia Tirtabudi. 

 

Penulis: Stella Maris

Sumber: Vemale.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Ditinggal LeBron James, Cavaliers Kalah Terus

Posted: 19 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cleveland Cavaliers tidak berdaya di awal NBA 2018-2019. Tak lagi diperkuat LeBron James, Cavaliers kalah dua kali beruntun di awal musim. Pada laga kedua, Cavaliers dihajar Minnesota Timberwolves 123-131, Sabtu (20/10/2018) pagi WIB.

Cavaliers sebenarnya bisa mengimbangi Timberwolves di awal laga. Bahkan mereka sempat memimpin sembilan poin di pertengahan kuarter pertama.

Petaka terjadi di kuarter dua. Timberwolves melesakkan 39 angka berbanding 24. Para pemain bench Timberwolves seperti Derrick Rose dan Gorgui Dieng banyak mendulang poin.

Cavaliers mencoba bangkit di kuarter tiga. Cavaliers memangkas jarak menjadi hanya tertinggal sembilan poin. Di kuarter terakhir, Cavaliers sempat merapat hingga hanya tertinggal empat poin berkat aksi-aksi Cedi Osman dan Kevin Love.

Namun usaha Cavaliers bangkit sirna berkat aksi menawan Jimmy Butler. Eks pemain Chicago Bulls itu selalu merespons dengan baik usaha Cavaliers mengejar ketertinggalan.

 

Butler Gemilang

Ilustrasi Bola Basket (kentuckysportsradio.com)

Butler sempat dicemooh fans Timberwolves di awal laga. Pasalnya Butler pernah meminta dilepas. Namun berkat aksi menawan di lapangan, fans Timberwolves di akhir laga sudah tak lagi mencemoohnya.

Pada laga ini Butler membuat 33 poin. Akurasi tembakannya sangat bagus. Hanya dua tembakan Butler yang meleset dari sasaran (10 dari 12 usaha). Andrew Wiggins menyusul dengan 22 angka.

Di kubu Cavaliers, Love menjadi top skorer dengan 25 angka, disusul Osman yang finis dengan 22 poin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

IHSG Mampu Lanjutkan Penguatan Selama Sepekan

Posted: 19 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat signifikan selama sepekan. Hal itu ditopang mulainya laporan keuangan emiten dan nilai tukar rupiah stabil terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Mengutip laporan PT Ashmore Assets Management Indonesia, seperti ditulis Sabtu (20/10/2018), IHSG naik 1,45 persen ke posisi 5.837 pada Jumat 19 Oktober 2018 dari periode Jumat 12 Oktober 2018 di posisi 5.756.

Penguatan IHSG itu didorong saham-saham masuk indeks LQ45 naik 1,51 persen dan saham kapitalisasi kecil mendaki 0,46 persen. Selain itu, rilis data neraca perdagangan September surplus sekitar USD 230 juta. Investor asing beli saham USD 79,7 juta atau sekitar Rp 1,21 triliun (asumsi kurs Rp 15.186 per dolar Amerika Serikat) selama sepekan.

Sementara itu, indeks obligasi hanya naik 0,4 persen selama sepekan. Imbal hasil obligasi pemerintah bertenor 10 tahun berada di posisi 8,55 persen. Nilai tukar rupiah menguat ke posisi 15.187 per dolar AS. Investor asing jual obligasi USD 118,8 juta hingga perdagangann Kamis.

Sejumlah sentimen pengaruhi pasar keuangan termasuk IHSG. Dari eksternal, bursa saham global menguat seiring dimulai laporan keuangan perusahaan di Amerika Serikat (AS). Investor global pun berani ambil risiko ke investasi saham usai terjadi aksi jual pada pekan lalu.

Sejumlah lembaga keuangan AS antara lain JP Morgan Chase and Co, Morgan Stanley dan Bank of America Corp mencatatkan kenaikan laba bersih.

Sentimen lainnya dari hasil notulensi rapat bank sentral AS atau rapat the Federal Reserve (the Fed) yang cenderung agresif.

Pejabat the Fed masih melihat seberapa besar kenaikan suku bunga. Hal ini mengingat mayoritas pejabat the Fed menyukai kenaikan bertahap sehingga kenaikannya berada di posisi yang netral bagi ekonomi dalam jangka panjang.

Di sisi lain Presiden AS Donald Trump menyatakan tak suka langkah bank sentral AS menaikkan suku bunga.Dari Eropa, Komisi Eropa mengatakan, rencana anggaran Italia berlebihan. Komisi Eropa pun meminta penjelasan terkait anggaran Italia.

 

Selanjutnya

Layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di BEI, Jakarta, Rabu (16/5). Sejak pagi IHSG terjebak di zona merah. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Di Asia, bursa saham China mencatatkan penurunan tajam. Mata uang China yuan alami pelemahan terdalam dalam dua tahun. Hal ini menguji kemampuan pemerintah untuk meredam kekhawatiran investor.

Pemerintah China baru rilis pertumbuhan ekonomi pada kuartal III 2018. Ekonomi China tumbuh 6,5 persen pada kuartal III 2018, dan melambat dari yang diperkirakan sekitar 6,6 persen.

Dari sentimen internal, rilis data ekonomi pengaruhi laju IHSG. Indonesia mencatatkan surplus neraca perdagangan pada September. Tercatat surplus neraca dagang USD 230 juta pada September dibandingkan perkiraan defisit USD 500 juta. Ekspor dan impor cenderung melambat.

Sentimen lainnya yaitu pemerintah menetapkan kenaikan upah minimu provinsi (UMP) 2019 sebesar 8,03 persen. Angka tersebut berdasarkan tingkat inflasi dan pertumbuhan ekonomi nasional yang dilaporkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Kemudian hingga akhir September 2018, penerimaan pajak tumbuh 16,5 persen dan belanja pemerintah naik 16,1 persen. Defisit anggaran tercatat Rp 200,2 triliun atau 1,35 persen dari produk domestik bruto (PDB) per 30 September 2018 dibandingkan periode sama tahun lalu defisit Rp 272 triliun.

Pemerintah perkirakan defisit anggaran sekitar 1,83 persen-2,04 persen terhadap PDB pada akhir 2018 atau lebih rendah dari target sekitar 2,19 persen.

Lalu hal apa yang dicermati ke depan?

Salah satu yang dicermati Ashmore terkait dampak suku bunga. Tingkat bunga acuan makin tinggi, Ashmore melihat dampaknya relatif tidak terlalu signifikan terhadap pasar obligasi.

Namun, ada sejumlah faktor yang masih mempengaruhi investasi. Hal itu antara lain suku bunga dan siklus inflasi belum mencapai puncak, pergerakan rupiah masih berfluktuasi, ketidakpastian dari perang dagang dan suku bunga bank sentral AS. "Di tengah ketidakpastian, diversifikasi jauh lebih tepat dibandingkan menaruh investasi dalam satu keranjang," tulis Ashmore.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mau Liburan Seru? Wajib Jalan-jalan ke Onan Runggu 1 di Sipahutar

Posted: 19 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Anda pernah liburan ke perkebunan nanas terluas di dunia? Yang memiliki konsep back to nature? Jika belum, baiknya Anda agendakan liburan ke Desa Onan Runggu 1, Kecamatan Sipahutar, Tapanuli Utara. Dapat ditempuh sekitar 40 menit dari Bandara Internasional Silangit. Anda bisa mendapatkan banyak experience setelah berlibur di sana.

"Trend wisatawan dunia sekarang back to nature. Cari experience baru yang tidak bisa didapatkan di negaranya," tutur Krisanti Kurniawan, inspire travel and tourism learning center yang membantu Tim Percepatan Wisata Sejarah Religi, Tradisi dan Budaya Kemenpar, Kamis (18/10).

Untuk Toba and beyond, solusinya ada di Desa Onan Runggu 1, Kecamatan Sipahutar, Tapanuli Utara. Paketnya komplit. Dari nanas sampai air panas alami ada di sana. Panorama perbukitannya juga tak kalah dengan Ubud, Bali. Ada hutan Pinus. Kebun nanas yang sangat luas. Juga masyarakat yang ramah dan penuh senyum. Orang yang super cuek sekalipun, dijamin bakal happy.

"Ini sangat layak dijual. Di sini wisatawan bisa dilepas di kebun nanas terluas di dunia. Bebas memilih areanya. Petani nanas juga bakal setia mendampingi untuk memotong nanas. Juga mengajari cara makan nanas dengan sendok tradisional yang dibuat dari pohon di sekitar kebon nanas," timpal tourism consultant dari Kemenpar, Mian Simanjuntak.

Dengan menggabungkan konsep agrowisata, Desa Onan Runggu 1, Kecamatan Sipahutar, Tapanuli Utara, diyakini bisa bernapas panjang. Bisa sustain. Apalagi, di sekitar perkebunan nanas sudah ada 15 homestay yang siap menerima tamu.

"Produksi nanas di Onan Runggu 1 Kecamatan Sipahutar 18 ton per hari. Modalnya sudah sangat kuat. Di kejauhan mata memandang wisatawan bisa melihat Gunung Martimbang. Ini gunung tertinggi yang dimiliki Tapanuli Utara. Konon menjadi sumber air panas dan belerang di Sipoholon. Tinggal kasih pendampingan. Pelatihan cara menerima tamu yang baik. Hasilnya pasti bakal bagus," timpal Tourism Consultan Kemenpar, Mian Simanjuntak.

Settingannya diarahkan ke konsep yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Tamu diajak menyatu dengan alam. Melihat dan merasakan langsung sensasi memetik nanas. Juga merasakan nikmatnya mengonsumsi nanas super manis yang hanya bisa ditemukan di Onan Runggu 1 Kecamatan Sipahutar.

"Panen nanas jadi bisa dibantu wisatawan. Buah yang busuk bisa dikurangi. Dan yang terpenting, ada impact ekonomi untuk masyarakat karena petani tak perlu menjual murah nanasnya kepada tengkulak," tambah Mian.

Destinasi yang baru dicreate ini bisa menjadi incubator untuk belajar 2C sekaligus, yakni memperkuat Creative Values sekaligus Commercial Values. Petani diajak mengangkat dan mempromosikan kekuatan pariwisata Indonesia. Sekaligus belajar bisnis, menciptakan peluang, dan menggerakkan ekonomi masyarakat.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenpar, Dadang Rizki Ratman jadi makin bersemangat. Apalagi, Onanrunggu 1 Kecamatan Sipahutar masuk ke dalam radar paket Wonderful Huba Toba 4 hari 3 malam.

"Ini juga bisa mengasah petani nanas untuk terus berkreasi, berinovasi, mengikuti selera zaman yang makin cepat bergerak," terang Dadang.

"Yang bisa diangkat banyak. Selain agro wisata, ada destinasi digital nature serta homestay yang bisa ikut terangkat," timpal Lokot Ahmad Enda, Asdep Pengembangan Destinasi Regional I Kemenpar yang diamini Wijanarko, Kepala Bidang Destinasi Area I - Asdep Pengembangan Destinasi Regional I.

Menpar Arief Yahya langsung melayangkan emoji tiga jempol. Dia menilai, Onan Runggu 1 Kecamatan Sipahutar dengan paket Wonderful Huta Toba-nya sudah punya modal dasar yang sangat oke. Ada perkebunan nanas terluas di dunia yang bisa disinggahi wisatawan dari negeri tetangga. Belum lagi panorama alam perbukitan yang mempesona.

"Planet/Alam, People/Masyarakat dan Prosperity/Kesejahteraan yang saya sebut 3P harus diperhatikan. Ini rumus pengembangan pariwisata yang terbaik. Ingat, semakin dilestarikan, akan semakin menyejahterakan. Wisatawan zaman now tidak hanya sekedar berkunjung ke destinasi, tapi juga terlibat menjaga lingkungan, budaya, juga berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Travel, enjoy, respect!," jelas Arief Yahya, menteri yang berhasil membawa Kemenpar nomor 1 dan terpilih sebagai #TheBestMinistryOfTourism2018 se-Asia Pasifik itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: 10 Komentar Kocak Orang Indonesia di Playstore

Posted: 19 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi kalian pengguna Android tentu tak asing dengan Playstore bukan? Ya Playstore merupakan tempat mengunduh berbagai aplikasi pada smartphone Android.

Tahukah kalian bahwa nyatanya banyak orang Indonesia yang menuliskan komentar kocak pada Playstore mengenai aplikasi yang mereka gunakan.

Artikel 10 komentar kocak orang Indonesia di Playstore menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua terpopuler yakni tentang 8 barang pribadi yang dilarang untuk dipinjamkan kepada orang lain. Sedangkan artikel ketiga terpopuler tentang 9 gaya nyentrik driver ojek online yang bikin kita gagal fokus.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Ngakak, 10 Komentar Kocak Orang Indonesia di Playstore

(Foto: Belajar Goblok Di Playstore/Facebook)

Setiap harinya kita pasti menggunakan aplikasi yang disediakan pada ponsel atau gawai. Mulai dari jejaring sosial hingga games. Nah bagi para pengguna ponsel keluaran Android, Playstore merupakan tempat untuk mengunduh berbagai aplikasi. Setelah selesai mengunduh, kita bisa memberikan berbagai respon dan komentar mengenai aplikasi yang telah digunakan.

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2. Fatal, Jangan Pinjamkan 8 Barang Ini ke Orang Lain

Pastinya di dalam tas makeup atau kotak makeup di rumah seorang wanita mempunyai lebih dari satu jenis lipstik yang dipakai setiap hari. (Istock)

Kita tentu memiliki barang pribadi yang kerap digunakan dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Tak jarang kita meminjamkan barang-barang pribadi tersebut kepada orang lain, entah kepada kerabat maupun teman dekat.

Hal tersebut bahkan menjadi hal yang lumrah dan sering dilakukan bagi sebagian besar dari kalian bukan? Sebaiknya mulai sekarang kalian menghentikan kebiasaan buruk tersebut ya. Nyatanya ada banyak barang pribadi yang sebaiknya tak kalian pinjamkan kepada orang lain. Bukan masalah pelit, tapi hal ini bisa berisiko pada masalah kesehatan masing-masing.

Selengkapnya...

3. 9 Gaya Nyentrik Driver Ojek Online, Bikin Penumpang Gagal Fokus

(Foto rangkuman dari Brilio.net)

Setiap penyedia layanan transportasi online kerap memberikan atribut kepada para driver yang bergabung menjadi mitra. Biasanya atribut yang disediakan perusahaan ojol berupa jaket dan helm.

Setiap penyedia layanan transportasi online kerap memberikan atribut kepada para driver yang bergabung menjadi mitra. Biasanya atribut yang disediakan perusahaan ojol berupa jaket dan helm.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

UNICEF: Jutaan Anak-Anak dan Keluarga di Yaman Hidup Tanpa Makanan

Posted: 19 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Sanaa - Badan Anak-Anak PBB UNICEF menyatakan krisis ekonomi Yaman telah memicu kekacauan.

Kekerasan yang tak henti-hentinya terjadi di sebuah kota pelabuhan penting di Laut Merah, berisiko menyebabkan jutaan anak-anak di Yaman dan keluarga hidup tanpa makanan, air bersih dan sanitasi.

Dikutip dari laman VOA Indonesia, Sabtu (20/10/2018), UNICEF menyatakan layanan air dan pembuangan limbah terancam hancur karena membubungnya harga BBM akibat merosotnya nilai mata uang negara itu.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan pada Kamis (18/10), UNICEF memperingatkan bahwa banyak keluarga yang tidak mampu membeli bahan pangan pokok.

Jumlah warga yang tidak mendapatkan sumber makanan, kini mencapai 18,5 juta orang dan kemungkinan akan melonjak drastis.

Badan PBB tersebut juga menyatakan, kekerasan di kota pelabuhan Hodeida mengancam terhentinya bantuan kemanusiaan.

Perang di Yaman telah berkecamuk lebih dari tiga tahun, mengakibatkan krisis kemanusiaan terburuk di dunia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2017 Jadi Tahun yang Buruk Bagi Anak-Anak di Yaman

Seorang anak mengisi bahhan bakar di distrik Abs utara, Yaman, (8/5). UNICEF mengatakan hampir setengah juta anak Yaman putus sekolah sejak 2015, ketika Arab Saudi ikut campur dalam perang sipil negara itu. (AFP Photo/Essa Ahmed)

Memasuki pengujung 2017, Badan PBB Urusan Kesejahteraan Anak (UNICEF) menilai bahwa tahun ini menjadi tahun terburuk bagi anak-anak Yaman.

Penilaian itu muncul di tengah Perang Saudara yang masih berkecamuk, wabah kolera yang mengganas dan krisis kemanusiaan yang kian merebak di negara beribu kota Sana'a tersebut.

"Tahun 2017 menjadi masa yang terburuk bagi anak-anak Yaman. Per bulan Desember saja, lebih dari 80 anak tewas atau terluka," kata Perwakilan UNICEF di Yaman, Meritxell Relano seperti dikutip dari UN.org.

Kondisi itu kian diperparah oleh jutaan kasus pasien epidemi kolera, bencana kelaparan, gangguan sistem pelayanan kesehatan, serta perang di Yaman.

Atas fakta kondisi tersebut, Relano mendesak agar masalah di Yaman harus diselesaikan melalui solusi politik --yang melibatkan entitas negara, pemerintah, politisi dan organisasi internasional.

"Tanpa adanya solusi politik, akan banyak anak-anak yang meninggal ke depannya," lanjut Relano.

Saat ini, tambah Relano, UNICEF dan didukung oleh Bank Dunia tengah mengalirkan dana bantuan darurat kepada mereka yang membutuhkan.

Tercatat, ada sekitar 1,3 juta kepala rumah tangga di Yaman atau sekitar 8 juta orang yang memerlukan dana bantuan darurat tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jelang Pemilu, Caleg Diduga Lakukan Penggelapan Mobil

Posted: 19 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jelang pemilu, seorang caleg di Brebes, Jawa Tengah diduga lakukan penggelapan mobil. Tindakan ini bisa berbuah pencalonan sang caleg gagal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

TNI AD Tangani Trauma Korban Bencana Gempa dan Tsunami Palu Lewat Mengaji

Posted: 19 Oct 2018 08:54 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - TNI AD dari Batalyon Artileri Pertahanan Udara (Arhanud) 16/SBC Divif 3 Kostrad yang tergabung dalam Satgas Penanggulangan Bencana Alam Divif 3/Kostrad, membantu mengatasi trauma para korban gempa dan tsunami di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Mereka membuka Taman Pendidikan al Quran atau TPA di posko pengungsian Kayu Malue, Palu Utara.

Danyon Arhanud 16/SBC Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi menyampaikan, tim membuka TPA pada Jumat 19 Oktober 2018. Selama tiga minggu awal, satgas fokus pada penanganan evakuasi dan penyelamatan. Termasuk pemenuhan kebutuhan dasar yakni pangan, sandang, dan tempat tinggal.

"Seiring dengan kondisi sosial masyarakat yang mulai pulih, saat ini kita bantu pemulihan mental warga. Terutama anak-anak melalui pendekatan spiritual," tutur Agung dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, Sabtu (20/10/2018).

Menurut Agung pemulihan aspek mental lewat pendekatan spiritual seperti mengaji akan menyeimbangkan proses rehabilitasi fisik juga. Hal itu akan efektif dalam menumbuhkan kepercayaan diri korban terdampak bencana gempa dan tsunami Palu.

"Demikian juga dengan anak-anak. Secara psikologis belum stabil dan jika dibiarkan, trauma mereka akan berkepanjangan. Oleh karenanya, kita bangun itu dari pembelajaran agama di TPA, meski darurat" jelas dia.

 

Hari Pertama Pembukaan

Seorang prajurit TNI AD sedang mengajari ngaji anak-anak korban gempa dan Tsunami Palu-Donggala (istimewa)

Di hari pertama pembukaan TPA, ada 50 anak di pengungsian yang berpartisipasi. Sementara ada dua pengajar dari Yon Arhanud 16/SBC dibantu para ibu majelis taklim Kelurahan Kayu Malue.

Salah satu pengajar, Prada Khairul Anwar mengungkapkan rasa senangnya dapat mengajar agama kepada anak-anak.

"Bersama mereka seperti bersama keluarga sendiri. Anak-anak sangat antusias untuk belajar agama, demikian juga ibu-ibu dari majelis taklim juga begitu perhatian terhadap pembelajaran agama bagi mereka," kata Khairul.

Warga atas nama Fitman Safrudin (45) mengapresiasi kepedulian TNI AD menggelar trauma healing lewat mengaji. Pendekatan spiritual itu dinilai menyeluruh. Tidak hanya sekedar bermain, tapi juga membuat dekat kepada Tuhan.

"Pasca gempa dan tsunami, sampai sekarang anak-anak sama sekali tidak ada belajar mengaji. Kegiatan ini bisa juga untuk menghilangkan trauma anak-anak," beber Fitman.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usut Suap Bakamla, KPK Kesulitan Lacak Keberadaan Politikus PDIP Ali Fahmi

Posted: 19 Oct 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kesulitan melacak keberadaan saksi kasus dugaan suap proyek satelit monitoring di Badan Keamanan Laut (Bakamla) Ali Fahmi.

Kader PDI Perjuangan itu merupakan Staf Khusus Kepala Bakamla Arie Sudewo saat proyek berjalan.

"Ali Fahmi memang belum ditemukan sampai dengan saat ini," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Sabtu (20/10/2018).

Febri mengatakan, proses pencarian terhadap Ali Fahmi terus dilakukan dengan cara mencari alamat tempat tinggalnya sekarang. KPK kesulitan mengirim surat pemeriksaan sebagai saksi untuk Ali Fahmi.

Meski begitu, pihak lembaga antirasuah belum bisa melayangkan surat Daftar Pencarian Orang (DPO) terhadap Ali Fahmi.

"Tentu belum bisa diletakkan pada status DPO, karena statusnya masih sebagai saksi," kata dia.

 

Lolos Anggaran Proyek

Ali Fahmi sendiri diduga berperan sebagai salah satu pihak yang berusaha meloloskan anggaran proyek Satelit Monitoring Bakamla di DPR. Ali Fahmi berkali-kali dipanggil KPK namun tak berhasil dimintai keterangan lantaran keberadaannya tak diketahui.

Ali Fahmi juga disebut menerima Rp 24 miliar dari Direktur Utama PT Melati Technofo Indonesia (PT MTI) Fahmi Darmawansyah karena turut membantu Fahmi untuk menggarap proyek tersebut.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FP3 MotoGP Motegi: Dovizioso Masih yang Tercepat

Posted: 19 Oct 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Motegi - Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso tampil sebagai yang tercepat dalam sesi latihan bebas ketiga (FP3) MotoGP Motegi, Jepang, Sabtu (20/10/2018). Dovi mencatatkan waktu 1 menit 45,107 detik usai melahap 16 lap.

Keberhasilan Dovi ini mengulangi capaian latihan bebas pertama dan ketiga MotoGP Jepang, Jumat (19/10/2018) lalu. Atas keberhasilan ini, ia pun langsung bisa melenggang ke kualifikasi kedua MotoGP Jepang.

Jejak Dovi ke kualifikasi kedua diikuti sembilan pembalap lainnya. Di antara 10 pembalap, Alex Rins mungkin yang paling mengejutkan.

Pembalap Suzuki Ecstar ini tampil baik di sesi latihan bebas ketiga. Pembalap asal Spanyol ini menempati peringkat ke-8 setelah mencatatkan waktu 1 meniit 45,508 detik.

 

Jorge Lorenzo Absen

Jorge Lorenzo. (AFP/Jure Makovec)

Di sisi lain, Lorenzo absen mengikuti sesi latihan bebas karena masih cedera. Pembalap asal Spanyol ini masih cedera setelah berlaga di Thailand.

Pihak Ducati sendiri juga telah memastikan Lorenzo akan absen di balapan besok. Namun pihak MotoGP masih memberikan kelonggaran andai kondisi Lorenzo membaik.

 

Hasil FP3 MotoGP Motegi

  1. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP18) 1m 45.107s [Lap 16/16] 310km/h (Top Speed)
  2. = Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) 1m 45.134s +0.027s [16/18] 308k
  3. = Johann Zarco FRA Monster Yamaha Tech3 (YZR-M1) 1m 45.137s +0.030s [19/19] 305k
  4. = Marc Marquez ESP Repsol Honda (RC213V) 1m 45.289s +0.182s [18/19] 309k
  5. ^4 Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha (YZR-M1) 1m 45.422s +0.315s [19/19] 304k
  6. ^5 Dani Pedrosa ESP Repsol Honda (RC213V) 1m 45.428s +0.321s [18/19] 307k
  7. ˅2 Maverick Viñales ESP Movistar Yamaha (YZR-M1) 1m 45.470s +0.363s [17/18] 309k
  8. ^11 Alex Rins ESP Suzuki Ecstar (GSX-RR) 1m 45.508s +0.401s [18/20] 304k
  9. ˅3 Andrea Iannone ITA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 1m 45.599s +0.492s [17/19] 305k
  10. ˅2 Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP17) 1m 45.688s +0.581s [19/19] 305k
  11. ˅4 Alvaro Bautista ESP Angel Nieto Team (GP17) 1m 45.742s +0.635s [18/20] 308k
  12. ^8 Franco Morbidelli ITA EG 0,0 Marc VDS (RC213V)* 1m 46.125s +1.018s [19/19] 302k
  13. ^4 Danilo Petrucci ITA Pramac Ducati (GP18) 1m 46.216s +1.109s [15/16] 306k
  14. ^1 Katsuyuki Nakasuga JPN Yamaha Factory (YZR-M1) 1m 46.341s +1.234s [18/19] 306k
  15. ˅1 Pol Espargaro ESP Red Bull KTM Factory (RC16) 1m 46.488s +1.381s [16/18] 307k
  16. ˅3 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)* 1m 46.491s +1.384s [19/19] 302k
  17. ˅7 Aleix Espargaro ESP Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 1m 46.518s +1.411s [15/16] 305k
  18. ˅6 Scott Redding GBR Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 1m 46.561s +1.454s [15/16] 301k
  19. ^5 Hafizh Syahrin MAL Monster Yamaha Tech3 (YZR-M1)* 1m 46.579s +1.472s [16/17] 304k
  20. ˅4 Xavier Simeon ESP Reale Avintia (GP17)* 1m 46.608s +1.501s [14/14] 300k
  21. ^4 Thomas Luthi SWI EG 0,0 Marc VDS (RC213V)* 1m 47.048s +1.941s [17/18] 300k
  22. ˅4 Bradley Smith GBR Red Bull KTM Factory (RC16) 1m 47.179s +2.072s [17/17] 301k
  23. = Karel Abraham CZE Angel Nieto Team (GP16) 1m 47.387s +2.280s [18/18] 304k
  24. ˅2 Jordi Torres SPA Reale Avintia (GP16) 1m 47.542s +2.435s [14/16] 305k
  25. ˅4 Sylvain Guintoli FRA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 1m 47.893s +2.786s [17/17] 305k

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Survei: Generasi Milenial Penentu Arah Demokrasi, Tapi Cuek dengan Politik

Posted: 19 Oct 2018 08:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Founder and CEO Alvara Research Center, Hasanuddin Ali, mengatakan, generasi milenial berada sekitar 40-45 persen dari total pemilih di Pilpres 2019. Dia menegaskan, Pilpres ini akan ditentukan oleh mereka.

"Kalau kita bicara milenial, ini sangat menarik. Karena kalau bicara tren ke depan, itu sangat ditentukan oleh mereka," ucap Ali dalam sebuah diskusi di bilangan Cikini, Jakarta, Sabtu (20/10/2018).

Dia menegaskan, meski begitu, berdasarkan kajian pihaknya, generasi milenial ini ternyata cuek dengan politik.

"Celakanya dalam konteks politik, generasi ini rada cuek dengan politik. Survei kita terbaru, sudah selesai tapi belum dirilis. Hanya 22 persen anak-anak milenial ini mengikuti pemberitan politik. Sisanya mengikuti seputar olahraga, musik, film, kemudian lifestyle, sosial media, dan IT. Ini tantangan terbesar kita menyangkut partisipasi mereka dalam Pemilu ke depan," ungkap Ali.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, Asrorun Niam Sholeh, mengingatkan, masih banyak aktor politik yang tak memberikan ruang untuk mereka.

"Aktor politik banyak melakukan faktor ke-dia-an bukan ke mereka-an," jelas Asrorun.

Dia juga mengingatkan bahaya jika tema-tema politik dewasa ini dihiasi hoax. Pasalnya, selain menjadi kesalahan informasi, maka bisa terjadi apolitis atau apatis dengan kegiatan politik.

"Tema-tema politik jika banyak hoax, itu jadi apolitis atau misinformasi. Ini membahayakan, karena nasib bangsa berada di tangan mereka," dia memungkasi.

Saksikan Video Pilihan Berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nindy Ayunda Takjub jadi Model Pameran Foto Soul Reflection

Posted: 19 Oct 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi Nindy Ayunda ikut terlibat dalam ajang pameran foto bertajuk Soul Reflection. Pameran ini merupakan bentuk penghargaan kepada ajang Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018. Puluhan artis papan atas juga terlibat dalam pameran foto ini. Mereka berfoto dalam bentuk gaya terkait dengan olahraga. 

Foto-foto mereka pun dipajang dan dipamerkan di lantai 2 Plaza Indonesia sejak tanggal 24 September sampai dengan 21 Oktober 2018. Salah satunya adalah Nindy Ayunda.

50 artis yang menjadi bagian dalam pameran tersebut seperti Rossa, Raisa, Chicco Jerikho, Reza Rahadian, Morgan Oey, Luna Maya, Yoshi Sudarso, Dewi Sandra, Lukman Sardi, Wulan Guritno, dan masih banyak yang lainnya.

Sebagai perwakilan, Nindy Ayunda mengaku antusias ketika pertama kali ditawarkan untuk berpose. Dirinya merasa bangga dengan pameran foto yang mencoba menghadirkan refleksi dari jiwa dan semangat orang-orang inspiratif Indonesia dalam memaknai pengorbanan, kerjakeras, dan dedikasi mereka, khususnya di bidang olah raga.

"Pertama kali ditawarkan langsung mau. Pokoknya aku berterimakasih di Soul Reflection ini. Ini dari kita untuk kita. Ini benar-benar orang-orang yang sudah mengharumkan bangsa. Ini satu penghargaan mungkin dengan jaman kekinian," kata Nindy Ayunda saat ditemui di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (17/10/2018).

 

Karya

Nindy Ayunda bersama dr. Gaby Syerly

Kerjasama Gemalindo dan Plaza Indonesia dalam pameran Soul Reflection menghadirkan karya-karya Roni Bachroni, Fotografer dan Vannie Astecat, Celebrity Fashion Stylist. Nindy menambahkan jika dirinya bergaya pemain bola.

"Dan fotonya menarik. Kalau olahraga gitu-gitu aja. Tapi ternyata saya mau foto ala ala main bola ternyata enggak gampang. Susah banget," tutur Nindy.

Untuk diketahui, pameran ini mengadopsi semangat di mana Indonesia terpilih sebagai tuan rumah untuk dua pesta olahraga tingkat Asia tersebut.

 

Keterlibatan

dr. Gaby Syerly

Dalam event ini juga dilibatkan publik figur, selain Najwa Shihab juga ada dr. Gaby Syerly. Beliau adalah seorang aesthetic doctor, founder dari sebuah klinik kecantikan yang bernama Youth & Beauty Clinic.

Kliniknya memiliki konsep yang selaras yaitu aesthetic, anti-aging, dan wellness yang sesuai dengan konsep Soul Reflection yaitu menonjolkan semangat, kerja keras, dedikasi, dan pengorbanan.

"Konsep Soul Reflection ini sangat lekat dengansaya dalam mengelola usaha," pungkasnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: