Sabtu, 13 Oktober 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Harga Pertamax Naik, Perlukah Pakai Octane Booster untuk Tingkatkan Performa?

Posted: 13 Oct 2018 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) menaikan harga bahan bakar minyak (BBM), khususnya Pertamax Series dan Dex Series. Dengan harga baru tersebut, banderol Pertamax menjadi Rp 10.400 per liter, Pertamax Turbo Rp 12.250 per liter, Pertamina Dex juga naik menjadi Rp 11.850 per liter, Dexlite Rp 10.500 per liter, dan Biosolar Non PSO Rp.9.800 per liter.

Semakin mahalnya harga bahan bakar beroktan tinggi, tidak jarang pemilik kendaraan baik sepeda motor maupun mobil beralih menggunakan bahan bakar beroktan rendah. Bensin itu diakali, ditambah dengan zat aditif yang berfungsi meningkatkan oktan agar makin bertenaga.

Lantas, apa untung ruginya menggunakan octane booster di kendaraan kesayangan?

Dilansir berbagai sumber, setidaknya ada tiga kategori aditif yang tersedia di pasaran, organometalic (TEL, MMT, dan lain-lain), komponen blending (HOMC), dan oksigenat (MTBE, TAME, dan lain-lainl).

Secara umum, fungsi aditif adalah meningkatkan kualitas bahan bakar. Artinya, banyak pemilik kendaraan memanfaatkan cairan untuk meningkatkan bilangan oktan pada bahan bakar yang digunakan.

Sementara, aditif yang berfungsi sebagai peningkat bilangan oktana merupakan senyawa oksigenat, senyawa eter seperti methyl tertier buthyl ether (MTBE), tertiary-amyl methyl ether (TAME), senyawa alkohol seperti etanol, dan tertiary butyl alcohol (TBA).

Nah, cairan inilah yang umumnya digunakan para pemilik kendaraan untuk melakukan penghematan bahan bakar.

selanjutnya

Penggunaan aditif sendiri belum mendapat restu resmi baik dari pemerintah maupun produsen kendaraan. Untuk aditif yang menggunakan senyawa berbasis logam, atau metilsoklopendtadienil manganese tricarboni (MMT) bisa mengganggu sistem pengapian, sensor oksigen, konverter dan deposit pada dinding silinder.

Pemakaian aditif MMT di Amerika Serikat (AS) dan Kanada dibatasai sebanyak 8,2 mg/liter bensin. Sementara disiklopentadienel iron (Ferrocene), penggunaannya sangat dibatasi di AS karena merupakan logam berat yang bisa mengikis ring piston, silinder, dan gangguan pada pengapian.

Demikian pula TEL dan MTBE. Meskipun baik dalam meningkatkan bilangan oktan. Penggunaan aditif berjenis itu nyatanya memiliki dampak negatif bagi lingkungah hidup. Oleh karena itu, aditif bensin yang tepat adalah yang tidak merubah sifat karakteristik dan spesifikasi bahan bakar.

Jika aditif merupakan peningkat bilangan oktan atau octane booster tidak boleh merubah berat jenis atau titik didih bahan bakar. Apabila merubah sifat bahan bakar, maka aditif tersebut tidak baik untuk kesehatan kendaraan, khususnya mesin.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asian Para Games: Atlet Malaysia Sebut Sikap Masyarakat Indonesia Patut Ditiru

Posted: 13 Oct 2018 10:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pesepeda Malaysia, Mohamad Yusof Hafizi Shaharuddin, memuji masyarakat Indonesia, yang begitu antusias selama ajang Asian Para Games 2018 Jakarta berlangsung.

Seperti dilansir situs resmi Asian Para Games 2018, Yusof Hafizi merasakan dukungan dari publik tuan rumah selama berpartisipasi dalam cabang olahraga balap sepeda di Asian Para Games 2018. Dia merasa Indonesia sukses sebagai tuan rumah.

Jakarta International Velorome, yang menjadi venue pertandingan cabor balap sepeda, juga mendapat pujian. Pertandingan terakhir balap sepeda Asian Para Games 2018 digelar Sabtu (13/10/2018).

Menurut Yusof Hafizi, penonton yang hadir di Velodrome bersorak memberi semangat saat pertandingan berlangsung. Yusof Hafizi menyatakan, hal itu memacu motivasi atlet-atlet Asian Para Games 2018.

Yusof Hafizi menyoroti keramahan dan dukungan penonton Indonesia terhadap atlet yang bersaing. Dia merasa sikap publik Indonesia patut ditiru.

*Grab selaku official mobile platform partner juga mendukung Asian Para Games 2018

 

Merasa Tersanjung

"Saya senang karena orang Indonesia memberikan dukungan untuk atlet dari semua negara. Saya merasa tersanjung," kata Yusof Hafizi kepada Jakarta Post.

Yusof Hafizi Shaharuddin memenangkan perak dalam kategori 1 km waktu uji C1-3 (gangguan fisik) dengan waktu 1 menit, 13,665 detik, sekitar delapan detik lebih lambat dari peraih medali emas dari China, Li Zhangyu.

Nikmati Balapan

"Saya menikmati balapan hari ini. Saya hanya punya satu rintangan dalam lomba: lawan dari Tiongkok terlalu kuat," papar pengendara sepeda berusia 21 tahun itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bersatunya 2 Korea Jadi Sorotan di Closing Ceremony Asian Para Games 2018

Posted: 13 Oct 2018 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Usai sudah perhelatan Asian Para Games 2018. Upacara penutupan pun digelar pada Sabtu 13 Oktober 2018 mulai pukul 19.00 WIB.

Sederet penyanyi memeriahkan closing ceremony Asian Para Games 2018 --pesta olahraga penyandang disabilitas terbesar di Asia-- yang digelar di Stadion Madya, Senayan, Jakarta.

Closing ceremony pesta olahraga 43 negara ini berlangsung meriah dengan kehadiran para artis kawakan.

Sebuah perayaan meriah disiapkan INAPGOC untuk atlet disabilitas negara-negara Asia serta para relawan yang telah bekerja keras membantu kesuksesan APG 2018.

Closing ceremony Asian Para Games 2018 dikemas dengan tema Moment of Wonder, Beberapa nama besar siap menghibur diantaranya Rio Febrian, NTRL, Judika, Cokelat, Sheryl Sheindafia, Claudya Fritsca, Naura, dan Zizi Raziq.

INAPGOC juga mengundang girlband asal Korea Selatan, AOA, yang meramaikan Closing Ceremony Asian Para Games 2018.

Selain itu, tahukah Anda ternyata di baliknya ada momen pertama yang membanggakan dari sejumlah negara yang berpartisipasi. Berikut Liputan6.com rangkum dari rangkaian acara Closing Ceremony Asian Para Games 2018:

 

Saksikan juga video berikut ini:

Saat Korea jadi Sorotan

Girlband K-Pop, AOA tampil pada upacara penutupan Asian Para Games 2018 di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Sabtu (13/10). Penampilan AOA membuat penonton penutupan Asian Para Games 2018 bergoyang. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Presiden Asian Paralympic Committee (APC), Majid Rashed menyampaikan bahwa selama delapan hari terakhir telah menyaksikan yang terbaik dari Para-olahraga Asia.

"Kami memiliki beberapa 'pengalaman pertama' yang luar biasa di Asian Para Games ini," katanya.

"Pertama kalinya Bhutan berkompetisi," imbuhnya.

Selain itu, pada ajang ini pula, Laos dan Timor Leste memenangkan medali pertamanya. Juga Filipina dan Kuwait.

"Pertama kalinya seorang Kepala Negara mengambil peran aktif dalam upacara pembukaan, terima kasih Presiden Widodo!".

Penampilan kedua Korea juga menjadi sorotan.

"... Dan tentu saja pertama kalinya Tim Korea Bersatu berkompetisi bersama di acara paralimpik ini - dan mereka memenangkan 2 medali!," tegasnya bangga,

Tak hanya itu, penampilan girlband K-Pop AOA juga membuat panggung penutupan Asian Para Games 2018 heboh.

Setelah Rio Febrian, sub unit girl band asal Korea Selatan, AOA Cream, akhirnya tampil di panggung Stadion Madya, Gelora Bung Karno. AOA Cream tampil membawakan lagu andalan, "I'm Jelly Baby".

Usai "I'm Jelly Baby", grup utama AOA akhirnya naik ke pentas Penutupan Asian Para Games 2018. Diiringi tarian yang energik, AOA menyanyikan lagu berjudul "Bingle Bangle".

Tak puas dengan dua lagu, usai jeda iklan, grup berangggotakan enam orang ini membawakan lagu "Excuse Me". Mereka terlihat sangat feminin dengan blus pendek dipadu hotpants.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Safari di Subang, Sandiaga Minta Bupati Terpilih Jangan Ikut Kampanye Pilpres

Posted: 13 Oct 2018 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Subang - Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno melanjutkan safari politiknya ke Subang, Jawa Barat. Kepada Bupati terpilih Haji Ruhimat, ia berpesan untuk tidak ikut dalam kampanye Pilpres 2019.

"Saya meminta Pak Bupati Subang terpilih untuk membangun daerahnya walau didukung koalisi kami, bapak Bupati jangan kecewakan rakyatnya, makmurkan Subang dengan terobosan-terobosan " terang Sandiaga dalam keterangannya, Minggu (14/10/2018).

Pesan Sandi ditegaskan semata untuk tidak membuat rakyat Subang terpecah. Bersama pasangannya, Prabowo Subianto, dia menginginkan suasana kampanye damai nan sejuk tak terbelah karena beda dukungan.

"Saya bersama Prabowo Subianto bertekad untuk menciptakan suasana politik yang sejuk, politik yang mempersatukan," jelas Sandiaga.

Bahkan, Sandiagan menyebut bahwa gaya politik yang dilakukan bak serial anak teletubbies. Film itu identik dengan sesuatu yang damai karena saling berpelukan.

"Kami bertekad untuk ciptakan politik teletubbies, politik yang berpelekukan, poltiktainment, asyik lucu," Sandiaga menandasi.

Badan Pemenangan Tanpa Kepala Daerah

Cawapres Sandiaga Uno usai pengundian nomor urut di Pilpres 2019. (Liputan6.com/ Ady Anugrahadi)

Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto menyebut Badan Pemenangan Nasional (BPN) daerah Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno sudah terbentuk. Surat keputusan BPN daerah sudah diteken Ketua BPN Djoko Santoso dan Sekretaris Hanafi Rais.

"Sudah semua kalau badan pemenangan daerah itu semua kan di SK kan oleh BPN yang ditandatangani Djoko Santoso dan Mas Hanafi Rais dari provinsi sampai kabupaten kota," kata dia di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (3/10/2018).

Yandri menjelaskan, tim BPN daerah diisi koalisi partai pengusung Prabowo-Sandi yakni Gerindra, PKS, PAN dan Demokrat. Ketua dan struktur BPN daerah dipegang partai yang paling besar memperoleh suara di daerah tersebut.

"Misalkan di sini Gerindra yang besar, Gerindra tim suksesnya. Atau ketua koordinatornya, atau Demokrat atau PAN atau PKS. Jadi musyawarah mufakat aja. Atau enggak melulu seperti itu, yang penting di antara mereka ini mufakat siapa ketuanya, berikut struktur ke bawahnya," terang Yandri.

Legislator komisi I DPR RI ini menekankan, kepala daerah tidak dilibatkan pada BPN daerah tersebut. Ini merupakan komitmen koalisi Indonesia Adil dan Makmur dari awal terbentuk.

"Itu sudah komitmen kita dari awal, semua kepala daerah tidak boleh terlibat atau dicantumkan dalam struktur, karena kita minta kepala daerah itu fokus melayani rakyatnya baik pendukung Jokowi, baik pendukung Prabowo," ucapnya.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Kesan Menarik Kontingen Asian Para Games 2018 di Indonesia

Posted: 13 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perhelatan Asian Para Games di Jakarta telah sampai pada pengujung acara. Dimulai sejak 6 Oktober 2018, Asian Para Games ditutup Sabtu (13/8/2018). Momen Asian para Games tahun ini diwarnai dengan berbagai kesan menarik.

Indonesia yang semula ditargetkan hanya meraih 16-17 emas di Asian Para Games justru melebihi batas dan masuk dalam 5 besar perolehan medali.

Disamping perjuangan para atlet yang berhasil menyabet emas, Asian Para Games ke-3 yang dilaksanakan di Indonesia membuat kesan tersendiri pada kontingen negara lain.

Dikutip dari laman resmi Asianparagames2018.id, mulai dari penonton hingga voluteer Asian Para Games 2018 ternyata memberikan keunikan tersendiri bagi banyak kontingen.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

1. Pebulutangkis Korsel akan rindukan Istora Senayan

(Foto: Doc. asianparagames2018.id) Kim Jung-jun, atlet tunggal putra Korea Selatan usai meraih medali emas badminton kategori WH2 di Istora Senayan.

Kim Jung-jun, atlet pebulutangkis tunggal putra Korea Selatan berhasil meraih medali emas kategori WH2 mengaku sedih karena Asian Para Games sudah sampai di pengujung acara.

"Saya sangat sedih Asian Para Games 2018 usai. Saya suka suasana stadion ramai seperti ini. Saya akan mengingat momen ini sepanjang hidup saya," ungkap Kim.

Ia berharap di ajang Para Games selanjutnya, suasana di stadion lain bisa mirip seperti di Istora Senayan.

2. Pelatih Tenis Meja Korea Utara terkesan dengan keramahan Indonesia

(Foto: Doc. asianparagames2018.id) Pelatih tenis meja Korea Utara, Ri Chol-ung (kanan), berpose dengan salah satu atlet dan stafnya seusai penyerahan medali Asian Para Games 2018.

Keramahtamahan orang Indonesia rupanya menjadi hal yang diingat oleh pelatih tenis meja asal Korea Utara, Ri Chol-ung. Ri mengungkapkan bahwa dirinya terkesan dengan kebaikan dan keramagan orang Indonesia.

"Di Indonesia orang-orang indonesia itu ramah sekali. Saya merasa hal itu sangat bagus sekali," ucap Ri Chol-ung.

Selain menyatakan hal itu, ia juga berharap agar tim Korea utara dan Korea Selatan yang masuk ke dalam tim Korea Bersatu dapat tampil di Paralimpiade di Tokyo 2020 mendatang.

3. Penonton mendapat sanjungan dari atlet balap sepeda Malaysia

(Foto: Doc. asianparagames2018.id) Pebalap sepeda Malaysia, Mohamad Yusof Hafizi Shaharuddin mendapat medali perak saat ebrtanding Jakarta International Velodrome, Sabtu (13/10/2018).

Antusias penonton Indonesia di laga final balap sepeda, rupanya membuat Mohamad Yusof Hafizi Shaharuddin merasa senang. Pasalnya, atlet balap sepeda Malaysia itu gembira mendapat dukungan dari para penonton tanpa melihat negara asalnya.

"Saya senang karena rakyat Indonesia memberikan dukungan untuk semua atlet dari semua negara. Saya merasa tersanjung," kata Shaharuddin yang merebut medali perak putra kategori disabilitas fisik C1-31 KM.

4. Volunteer mendapat terima kasih dari wartawan Jepang

Volunteer Asian Para Games 2018 mengangkat peralatan latihan atlet usai digunakan di Stadion Madya Kompleks GBK, Jakarta, Kamis (11/10). Mereka bertugas membantu kelancaran pelaksanaan Asian Para Games 2018. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Volunteer Asian Para Games 2018 kali ini setidaknya mencapai lebih dari 8.000 orang. Tentu terpilih menjadi volunteer dan berpartisipasi dalam pesta olahraga terbesar se-Asia bagi penyandang disabilitas merupakan kebanggan.

Bukan hanya pengalaman, tapi momen dan pelajaran berharga juga didapatkan oleh para volunteer, termasuk Trihartanti Handayani dan Safira Nur Sayyidah.

Keduanya juga menuturkan bahwa mereka pernah ditemui oleh wartawan asal Jepang yang berterima kasih setelah merasa terbantu oleh mereka.

"Kami pernah mendapat ucapan terima kasih dari wartawan Jepang. Saat itu dia menyempatkan diri ketemu kami hanya untuk mengucapkan terima kasih. Padahal saat itu dia tidak ada liputan," kata Trihartanti dan Syafira.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Tumbuhan Ini Ternyata Bisa Jadi Gel Pembersih Tangan Organik

Posted: 13 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Lidah buaya dan kemangi ternyata memiliki khasiat luar biasa. Kelompok mahasiswa Program Studi Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Yogyakarta meneliti kedua bahan tersebut. Hasilnya, kemangi dan lidah buaya bisa menjadi bahan alami pembersih tangan.

Para peneliti memanfaatkan formulasi gel lidah buaya dan ekstrak kemangi sebagai pembersih tangan organik. Tanaman lidah buaya (Aloe vera) mengandung senyawa antibakteri, lignin, dan saponin. Kemangi (Ocimum sanctum L) memiliki kandungan senyawa antibakteri seperti saponin, flavonoida, dan tannin yang dapat meminimalisasi dan membunuh bakteri dan kuman. Dua bahan ini bisa digunakan sebagai hand sanitizer alami Ladies.

Membersihkan tangan memang sangat penting karena tangan bisa menjadi media masuknya kuman dan bakteri dari luar ke dalam tubuh. Biasakan untuk membersihkan tangan setiap habis melakukan kontak dengan teman, memegang uang, berolahraga, bermain di lapangan, ataupun melakukan aktivitas di toilet.

Meski tak tampak kotor, nyatanya tangan mengandung bakteri lho Ladies. Karena itu kamu harus senantiasa menyediakan sanitizer sebelum makan atau melakukan sesuatu yang kontak langsung dengan tubuh.

Reporter: Ivana Okta Riyani

Sumber: Vemale.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi PSM Vs Arema: Misi Tekan Persib

Posted: 13 Oct 2018 10:00 PM PDT

Jakarta - PSM Makassar menjadi salah satu tim yang paling dekat untuk menekan posisi Persib di puncak klasemen Gojek Liga 1 bersama BukaLapak. Saat ini, PSM hanya berjarak tiga poin saja dari Persib pada klasemen.

Maka itu, PSM harus menang saat menjamu Arema FC di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Minggu (14/10/2018). Juku Eja wajib meneruskan tren positif selalu menang di tiga partai terakhir Liga 1 termasuk saat mengalahkan Mitra Kukar.

"PSM sangat siap mengalahkan Arema. Kami ingin menjaga posisi di jalur juara," kata pelatih PSM, Robert Rene Alberts.

Saat ini, Juku Eja hanya tertinggal tiga poin dari pimpinan klasemen sementara, Persib Bandung yang sudah mengemas 44 poin.Menghadapi Arema, Robert kembali bisa memainkan Rizky Pellu, Hasim Kipuw dan Zulham Zamrun yang diparkir saat dijamu Mitra Kukar.

"Kebugaran mereka sudah kembali. Soal mereka tampil atau tidak kita lihat saja perkembangannya," ujar Robert yang memberlakukan latihan tertutup dalam dua hari terakhir.

Di lini belakang, Ardan Aras berpeluang mendampingi Steven Paulle di posisi bek sentral. Mantan bek Timnas Indonesia U-23 ini dinilai tampil bagus saat melawan Mitra Kukar. Apalagi Abdul Rahman belum pulang dari tugasnya bersama tim nasional senior proyeksi Piala AFF 2018.

Khusus di posisi ini, Robert masih memiliki opsi lain pada diri Hendra Wiijaya dan Hasim Kipuw.

"Sejauh ini saya menilai Ardan tampil baik dalam latihan maupun pertandingan. Dia melakukan adaptasi dengan cepat setelah lama tidak bermain," kata Robert.

Sementara di tengah, Rizky Pellu harus berjuang keras untuk kembali masuk dalam daftar starter. Mengilapnya permainan M. Arfan di Tenggarong membuat Robert berniat memberinya kesempatan jadi starter.

Begitu pun di depan, Guy Junior, pencetak dua dari empat gol PSM ke gawang Mitra Kukar lebih berpeluang jadi striker starter dibandingkan Ferdinand Sinaga. Keduanya bersaing mengisi slot kosong yang ditinggalkan Alessandro Ferreira Leonardo yang memenuhi panggilan Timnas Hong Kong.

 

Lesu Tanpa Aremania

Striker PSM, Guy Junior, tertunduk saat Juku Eja kalah dari Persela di Stadion AMM, Makassar, Jumat (6/4/2018). (Bola.com/Abdi Satria)

Arema FC punya hasrat ingin memperbaiki catatan laga tandang musim ini. Misi itu dibawa ketika mereka menghadapi tuan rumah PSM Makassar nanti (14/10/2018). Sang pelatih Milan Petrovic melihat ada potensi dalam skuatnya untuk mendapatkan poin.

Tanpa memandang enteng tuan rumah, Milan melihat anak buahnya punya energi baru setelah memenangi duel penuh gengsi lawan Persebaya Surabaya pekan lalu.

"Sekarang situasi tim kami ingin terus mendapatkan poin. Meskipun tim ini berangkat ke Makassar juga tidak dengan skuat lengkap. Karena ada dua pemain ke timnas (Dedik Setiawan dan Alfin Tuasalamony) dan beberapa yang cedera. Tapi sekarang kami akan perbaiki catatan statistik tandang," kata pelatih asal Slovenia tersebut.

Sebelumnya, Arema sudah menjalani 12 laga tandang. Hanya tiga pertandingan yang bisa membuahkan poin. Yakni saat menang lawan Perseru Serui dan Sriwijaya FC serta hasil imbang lawan Barito Putera. Selebihnya, Arema selalu menelan kekalahan.

"Kami seringkali kalah di kandang lawan karena kebobolan lebih dulu. Selain itu, beberapa pertandingan juga sulit mencetak gol di kandang lawan. Itu yang ingin kami akhiri saat melawan PSM," lanjut dia.

Namun ada satu hal di luar faktor teknis yang bisa mengurangi mental pemain. Yakni hukuman yang baru saja dijatuhkan kepada Aremania atas insiden di pertandingan sebelumnya lawan Persebaya. Arema kini tidak bisa didampingi Aremania baik saat main di kandang sendiri maupun tandang.

Padahal jelang melawan PSM, Aremania sudah berkumpul di Makassar untuk memberikan dukungan. Tapi setelah sanksi dijatuhkan, mereka urung memberikan dukungan langsung didalam stadion.

"Memang berat bagi kami. Karena Aremania adalah pemain ke-12. sedih rasanya mereka tidak bisa mendukung langsung didalam stadion. Tapi pemain akan berusaha memberikan poin untuk Aremania yang sedang terkena sanksi," sambung Milan.

Selama persiapan di Malang, Arema melakukan lebih banyak latihan penyelesaian akhir. Meskipun bermain di kandang lawan, mereka akan membuat lini depan tetap tajam. Baik itu lewat skema serangan balik maupun bola mati.

"Terkadang kami bermain luar biasa di kandang lawan, tapi tidak beruntung untuk urusan gol. Sekarang kami sudah siapkan skema baru untuk membuat pemain bisa lebih mudah mencetak gol," tegas Milan Petrovic.

Komposisi Pemain

Hamka Hamzah saat jadi target man melawan Persija (5/8/2018). (Bola.com/Iwan Setiawan)

Prakiraan Pemain PSM

PSM (4-3-3): Rivki Mokodompit (Kiper); Zulkifli Syukur, Ardan Aras, Steven Paulle Reva Adi Utama (Belakang); Rizky Pellu, Marc Klok, Wiljan Pluim (Tengah); M. Rahmat, Guy Junior, Heri Susanto (Depan)

Pelatih: Robert Alberts

Arema FC (4-4-2): Utam Rusdiana (Kiper); Ricky Ohorella, Arthur Cunha, Hamka Hamzah, Ahmad Alfarizi (belakang); Dendi Santoso, Jayus Hariono, Hendro Siswanto, Makan Konate (Tengah); Rivaldi Bawuo, Ahmad Nur Hardianto (Depan).

Pelatih: Milan Petrovic

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Raih Penghargaan IDA 2018, Via Vallen Dapat Pujian dari Rhoma Irama

Posted: 13 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penghargaan bagi musikus dangdut, Indonesia Dangdut Awards (IDA) 2018 kembali digelar. Selain para pedangdut muda seperti Via Vallen, juga hadir Rhoma Irama yang didapuk menjadi Raja Dangdut sejak lama.

Rhoma Irama memuji suara milik Via Vallen. Seperti diketahui Via meraih penghargaan sebagai Penyanyi Dangdut Wanita Terpopuler untuk kedua kalinya.

"Saya seneng sama suaranya (Via Vallen). Karakter suaranya punya sesuatu yang different. Sangat khas, tidak sama seperti yang lain," ujar Rhoma Irama, saat ditemui di belakang panggung Indonesia Dangdut Awards 2018, Jumat (12/10/2018).

 

 

Nyanyikan Lagu Korea

Ekspresi Via Vallen saat memperoleh penghargaan kategori penyanyi dangdut solo wanita terpopuler dalam Indonesian Dangdut Awards 2018 di Studio 5 Indosiar, Jakarta, Jumat (12/10). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ditanya mengenai kreativitas Via Vallen menyanyikan lagu milik girlband Korea Selatan, Blackpink dengan versi dangdut, Rhoma Irama mengatakan itu adalah hak dari Via.

Namun, dia mengatakan dangdut seharusnya memiliki identitas sendiri sehingga dikenal hingga ke Amerika.

 

Ogah Pakai Bahasa Inggris

Gaya pedangdut Rhoma Irama saat tampil dalam acara Indonesian Dangdut Awards 2018 di Studio 5 Indosiar, Jakarta, Jumat (12/10). Rhoma Irama membawakan lagu Euphoria dan Musik. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Rhoma Irama bercerita kala dirinya tampil di Amerika Serikat. Ia diminta bernyanyi dalam bahasa Inggris.

"Saya tahunya sedikit (lagu Via), tapi kalau inovasi enggak papa. Cuma sorry nih, dulu waktu tampil di Amerika banyak musisi di sana minta untuk translet bahasa ke Inggris. Saya bilang no. Saya pengin dangdut punya identitas. Kayak misal lagu Amerika Latin, tanpa menyenangi lagu itu. Saya kepengin dangut juga begitu," imbuh Rhoma. (JawaPos.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banjir Bandang di Mandailing Natal, Gedung SD Hanyut dan 11 Siswa Tewas

Posted: 13 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Mandailing Natal - Polda Sumatera Utara (Sumut) menyatakan, bencana alam banjir bandang yang terjadi di Desa Muara Saladi, Kecamatan Ulu Pungkut, Kabupaten Mandailing Natal, Sumut, mengakibatkan 11 orang meninggal dunia, 17 luka-luka, satu orang warga hilang.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, di Medan, Sabtu, mengatakan korban yang tewas itu antara lain Aisyah (12), Sohifah (12), Rian Syahputra (10), Ahidan (10), Isnan (10), Tiara (10), Dahleni (10), Masitoh (9), Alfisyhari (9), Habsoh (9) dan Isroil (9).

Menurut dia, 17 korban yang mengalami luka-luka akibat runtuhnya Gedung SD Negeri 235, yakni Tasya Amaelia (12), Abel (12), Lusiana (22), Sobbiah (12), Sulton (11), Jibril Saukani (11), Solehuddin (11), Ahaddin (11), Raihansyah (11), dan Risdah (11).

Kemudian, Jufriadi (10), Mujiburrohman (10), Annasofa (10), Khoirunissa (10), Putri (9), Nabila (9), dan Adawiyah (9).

"Korban yang belum ditemukan atas nama Mutiah (12) dan masih terus dilakukan pencarian," ujar Tatan.

Ia mengatakan, peristiwa banjir di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) terjadi pada Jumat (12/10).

Akibat banjir bandang tersebut, sembilan unit rumah warga mengalami kerusakan yang cukup berat, 12 unit rumah penduduk mengalami rusak total dan hanyut.

"Selain itu, tiga fasilitas umum berupa Poliklinik Desa, Gedung SD Negeri 235 mengalami rusak berat, dan gedung PKK rusak total, serta hanyut terbawa banjir," kata Tatan.

Dia menjelaskan, seluruh korban jiwa meninggal dunia, telah dimakamkan di Desa Muara Saladi.

"Hingga saat ini, polisi beserta unsur terkait dan dibantu oleh masyarakat sedang melakukan pencarian korban yang belum ditemukan, serta evakuasi bangunan yang mengalami kerusakan," tandas Tatan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asian Para Games 2018: Pesan Menginspirasi Kontingen Thailand

Posted: 13 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai inspirasi bisa diperoleh dari penyelenggaraan Asian Para Games 2018 Jakarta. Perjuangan atlet-atlet di multievent olahraga untuk penyandang disabilitas ini memacu motivasi.

Kontingen Thailand di Asian Para Games 2018 punya pesan menginspirasi usai mereka berjuang di Jakarta. Keikutsertaan mereka diharapkan juga bisa memacu semangat penyandang disabilitas lainnya.

Seperti dilansir situs resmi Asian Para Games, Thailand menciptakan suasana persatuan dan kebersamaan melalui suporter mereka yang menghias wajahnya dengan bendera Indonesia selama mengikuti Asian Para Games 2018.

Tak hanya itu, mereka juga memiliki pesan bagi masyarakat melalui para atlet disabilitas yang berlomba di cabang olahraga menembak Asian Para Games 2018.

"Semoga apa yang dilakukan para atlet disabilitas ini bisa memotivasi para penyandang disabilitas dan non- disabilitas di luar sana," ucap salah satu Pelatih kontingen Thailand, Thanacai Prasan.

*Grab selaku official mobile platform partner juga mendukung Asian Para Games 2018

 

 

Tunjukkan Motivasi

Asian Para games 2018

Kontingen Thailand seakan ingin menunjukkan bahwa Asian Para Games 2018 bukan hanya tentang prestasi, tetapi juga inspirasi dan motivasi.

Thailand sendiri menjadi wakil Asia Tenggara paling kuat di cabor menembak Asian Para Games 2018. Mereka mengoleksi dua emas, dua perak, dan satu perunggu selama Asian Para Games 2018.

Cabor Menembak

Negeri Gajah Putih mampu mengungguli dua negara ASEAN lainnya, yakni Indonesia dan Malaysia, yang tak mampu meraih satu medali pun melalui cabor menembak di Asian Para Games 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donasi Konsumsi Kopi Delegasi IMF-Bank Dunia Tembus Rp 1 Miliar

Posted: 13 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyelenggaraan Pertemuan IMF-Bank Dunia di Nusa Dua, Bali memasuki hari terakhir. Sepanjang acara, Bank BRI mensponsori pengumpulan donasi bagi para korban bencana di Lombok Nusa Tenggara Barat serta Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Donasi ini diselenggarakan dengan menjadikan kopi sebagai medianya. Setiap kopi yang bernilai Rp 100 ribu disajikan gratis kepada seluruh peserta pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia.

"Iya, betul, dari penyelenggaraan selama satu minggu hasilnya segitu (Rp 1.092.700.000)," kata Kepala Task Force IMF-WB Annual Meeting 2018 Peter Jacobs kepada Liputan6.com, Minggu (14/10/2018).

Perolehan total dana yang sudah terkumpul, berasal dari 10.927 gelas kopi yang dikonsumsi para peserta Pertemuan IMF-Bank Dunia.

Rangkaian Pertemuan IMF-Bank Dunia telah berlangsung selama seminggu ini. Selain membahas berbagai isu, pertemuan tahunan juga menyisipkan agenda donasi untuk korban bencana gempa bumi di Lombok, Palu dan Donggala.

Peter Jacobs mengatakan donasi ini bukan inisiatif dari Indonesia, melainkan dari para peserta itu sendiri.

"Soal Palu negara-negara ini punya concern besar. Jadi mereka juga lihat Indonesia ini negara besar, negara yang mampu meng-handle acara sebesar ini di tengah situasi yang memang sedang banyak masalah. Gempa di Lombok dan juga gempa dan tsunami di Palu dan Donggala. Jadi para peserta sendiri merasa juga ada keterpanggilan untuk memberikan," kata Peter.

Donasi ini disponsori salah satu bank. Adapun bentuk donasi dengan penjualan secangkir kopi. Pada setiap acara pertemuan dilakukan penjualan kopi, seharga Rp 100 ribu hingga 150 ribu per cup. Hasil penjualan ini yang kemudian didonasikan bagi korban bencana di Lombok, Palu dan Donggala.

"Namun kita juga push supaya ada orang yang memberikan ini bukan disponsori saja kita memberikan kesempatan siapa yang mau berbuat sesuatu, silahkan," pungkas Peter.

Diplomasi Kopi, Strategi RI Capai Kesepakatan di Pertemuan IMF

SPG merapikan produk Teh Sila dan Kopi Rollaas milik Holding Perkebunan Nusantara (PTPN Group) yang dipamerkan Indonesia Pavilion saat  IMF-World Bank 2018, Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Indonesia tengah menjadi tuan rumah pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Nusa Dua, Bali. Tercatat per hari ini, sebanyak 38 ribu lebih peserta yang terdaftar.

Banyak misi yang digaungkan RI sebagai tuan rumah dalam acara ini. Mulai dari penguatan koordinasi internasional dalam menangani gejolak ekonomi dunia, hingga upaya Indonesia dalam meningkatkan ekonomi yang berbasis syariah.

Untuk mencapai tujuan itu, diadakan sejumlah pertemuan bilateral dan forum grup diskusi membahas mengenai berbagai topik utama tersebut.

Namun, di sisi lain, ada strategi unik yang dijadikan para delegasi Indonesia untuk mencapai beberapa kesepakatan dengan beberapa negara. Diplomasi Kopi, itulah nama strategi yang diangkat para delegasi RI.

"Kita selalu kalau hadir di luar negeri selalu ada pojok kopi Indonesia. Karena kopi Indonesia itu sangat terkenal di dunia. Dan sekarang kita pakai model Diplomasi Kopi di sini," ujar Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo di Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10/2018).

Memang, di main campus pertemuan IMF-Bank Dunia, tak sulit menemukan kopi ini. Mulai dari kopi yang disediakan pihak hotel hingga UMKM binaan beberapa perusahaan yang menjadi sponsor pertemuan ini. Mereka menyajikan berbagai macam kopi, mulai dari kopi Flores hingga Kopi Bali yang terkenal dengan heavy-nya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kepala Wanita Dipukul Gara-gara Tidurnya Rusuh di Bus

Posted: 13 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria memukul kepala wanita yang tertidur pulas saat di bus. Sang pria merasa wanita tersebut rusuh sampai bersandar di bahunya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Kamera, Apa Lagi yang Membedakan Galaxy A7 dan A9?

Posted: 13 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Kamera menjadi fitur utama yang diunggulkan Samsung pada smartphone mid range (kelas menengah) terbarunya, Galaxy A7 dan Galaxy A9.

Seperti diketahui, kedua smartphone ini memboyong beberapa lensa dengan kemampuan fotografi setara profesional. Galaxy A7, misalnya, hadir dengan tiga lensa utama. Adapun Galaxy A9 ditopang empat lensa. 

Tiga kamera yang disematkan Samsung pada Galaxy A7 memiliki fungsi berbeda. Satu lensa beresolusi 8MP dengan cakupan luas hingga 120 derajat.

Sementara, ada lensa utama dengan resolusi 24MP, ditambah lensa beresolusi 5MP untuk kemampuan Live Focus. Lensanya tersusun secara vertikal.

Adapun keperluan selfie Samsung Galaxy A7 ini diserahkan pada kamera depan beresolusi 24MP yang didukung dengan LED flash.  

Kemudian untuk Galaxy A9, empat kamera utamanya masing-masing memiliki resolusi 24MP f/1.7 dan 10MP f/2.4 dengan lensa telephoto optical zoom 2x.

Kemudian, ada kamera ultra wide 8MP f/2.4 dan depth camera 5MP f/2.2 dengan Live Focus. Adapun kamera selfie-nya beresolusi 24MP. Semua lensa juga tersusun vertikal.

Lalu, adakah pembeda spesifik lainnya yang membuat kedua smartphone ini kontras?

Seperti diungkapkan Denny Galant, Head of Product Marketing IT & Mobile Samsung Electronics Indonesia, baik Galaxy A7 dan Galaxy A9 memang mengutamakan kamera sebagai key feature. Namun bukan berarti kedua smartphone ini tidak memiliki pembeda lain.

"Meski kamera jadi fitur utama, yang harus diperhatikan itu juga prosesor karena ia menopang performa dari lensa," ujar Denny kepada Tekno Liputan6.com di Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (12/10/2018). 

Denny menambahkan, performa kamera sangat tergantung dari prosesor. Samsung pun harus memilih prosesor dengan kapasitas Image Signal Processing (ISP) yang baik.

Karenanya, Exynos 7885 (Galaxy A7) dan Qualcomm Snapdragon 660 (Galaxy A9) dirasa sesuai untuk mendukung ISP pada kamera smartphone tersebut. 

 

Detail dan Spesifikasi Galaxy A7

Tampilan belakang Samsung Galaxy A7. Liputan6.com/Jeko I.R

Smartphone ini memiliki layar Super AMOLED berukuran 6 inci (1.820x2.220 piksel) dengan konsep bezeless.

Desainnya sendiri mengadopsi konsep layar flagship Infinity Display, sedangkan bodinya berbalut material kaca. Ia hadir dalam tiga balutan warna: Blue, Gold, dan Black.

Samsung pun turut menyertakan sistem Dolby Atmos, Samsung Bixby, hingga Samsung Health. Sebagai tambahan, pemindai sidik jari smartphone ini diletakkan di bagian samping, bukan belakang seperti model Galaxy A seri sebelumnya.

Smartphone sudah berjalan sistem operasi Android 8.0, ia juga hadir dengan dua opsi memori, yakni RAM 4GB+memori internal 64GB dan RAM 6GB+memori internal 128GB.

Untuk mendukung performanya, seperti disebutkan di halaman atas, Galaxy A7 anyar ini dibekali prosesor Exynos 7885 octa core. Adapun urusan daya diserahkan kepada baterai berkapasitas 3.300mAh.

Galaxy A7 juga dilengkapi teknologi seamless unlocking, di mana slot pemindai sidik jarinya bertengger di pinggir bodi smartphone.

Detail dan Spesifikasi Galaxy A9

Samsung Galaxy A9. Liputan6.com/ Jeko Iqbal Reza

Seperti disebutkan sebelumnya, smartphone ini  ditopang prosesor Snapdragon 660 dengan RAM 6GB dan memori internal 128GB yang bisa diekspansi via slot microSD hingga 512GB.

Untuk urusan layar, Galaxy A9 mengusung bentang layar 6,3 inci Super AMOLED (2160×1080 piksel) dengan teknologi Super AMOLED.

Adapun untuk sensor fingerprint alias pemindai sidik jari, jika Galaxy A7 memiliki sensor fingerprint di pinggir bodi smartphone, Galaxy A9 justru tetap menghadirkan sensor tersebut di belakang kover smartphone.

Untuk ketersediaan produk, DJ Koh selaku Head of IT & Mobile Communications (IM) Division Samsung mengatakan Galaxy A9 akan tersedia pada November 2018.

Ia akan hadir dalam tiga pilihan warna menawan dan kekinian, mulai dari Caviar Black, Lemonade Blue, dan Bubblegum Pink.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Madura United Vs Persija: Lanjutkan Tren Positif?

Posted: 13 Oct 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Madura United dalam tren positif usai mengalahkan Persib Bandung di Gojek Liga 1 bersama BukaLapak. Kini, tren kemenangan itu bakal coba dilanjutkan oleh Laskar Sape Kerap saat melawan Persija.

Madura United kini bakal mendapat ujian dengan kedatangan Persija di pekan ke-25 Liga 1 2018. Pertemua keduanya bakal tersaji di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan, Minggu (14/10/2018).

Selain menang kontra Persib, Madura United juga memiliki modal mentereng lain untuk menjamu Persija. Tim tuan rumah belum sekali pun kalah dari Macan Kemayoran dalam enam pertemuan.

Pelatih Madura United, Gomes de Oliveira, secara tegas menyatakan tim asuhannya kini sudah siap meladeni Persija. Kondisi semua pemain juga semakin membaik setelah menang atas Persib.

"Kami sudah siap menghadapi Persija yang kami tahu merupakan klub besar. Mereka memiliki pemain berkualitas dan kami harus semangat, sama seperti melawan Persib," kata pelatih asal Brasil itu.

Di sisi lain, pertemuan kedua tim ini merupakan arena duel pelatih asal Brasil. Stefano Cugurra Teco yang menjadi pelatih Persija adalah kompatriot Gomes.

Persaingan untuk mempertahankan posisi di papan atas juga dipertaruhkan di laga ini. Kedua tim kini sama-sama mengoleksi 39 poin.

"Kami harus bermain baik dan memenangi pertandingan. Kami punya pemain yang dalam kondisi siap, fit, dan mau bertarung di bola atas dan bawah. Kami juga menyiapkan antisipasi crossing yang sangat mungkin diarahkan kepada striker mereka (Marko Simic)," imbuh Gomes.

Persija Tak Jeri

Madura United ingin memperpanjang rekor bagus setiap bertemu Persija, namun Macan Kemayoran ingin menghentikan catatan itu. (Bola.com/Adreanus Titus)

Di kubu Persija, catatan minor ketika berhadapan dengan Madura United dipastikan tak membuat tim ibu kota jeri. Sebaliknya, mereka memperbaiki diri setiap kali menghadapi Laskar Sape Kerap.

Pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco, mengungkap tim asuhannya sudah belajar dari kesalahan dari kekalahan di putaran pertama. Untuk laga nanti, ia meminta pemainnya untuk mengantisipasi bola-bola atas yang kerap jadi andalan lawan.

Ia mengakui Madura United sebagai tim bagus, apalagi permainan yang ditunjukkan saat menekuk Persib. Dari laga itu, Teco menyebut tim asuhannya harus bekerja keras terutama saat kehilangan bola karena Madura United cukup berbahaya saat melakukan serangan.

Teco juga menyebut anak asuhnya memiliki mental tandang cukup baik sehingga fakta Persija tak bisa menang dari Madura United bukan jadi persoalan pada laga nanti.

"Kami sudah terbiasa bermain kandang tapi di kandang lawan, di luar Jakarta. Jadi, pemain sudah siap," kata Teco.

Satu lagi, Teco menjelaskan Madura United punya gaya main mirip dengan tim asuhannya, sehingga tak ada alasan untuk tak membawa pulang poin dari laga nanti.

Prakiraan Susunan Pemain

Madura United (4-3-3): Satria Tama (kiper), Beny Wahyudi, Munhar, Guntur Ariyadi, Andik Rendika (belakang); Asep Berlian, Slamet Nurcahyo, Zah Rahan (tengah); Milad Zeneyedpour, Mamadou Samassa, Greg Nwokolo (depan)

Pelatih: Gomes de Oliveira

Persija Jakarta (4-3-2-1): Shahar Ginanjar (kiper); Novri Setiawan, Jaimerson da Silva Xavier, Maman Abdurrahman, Anan Lestaluhu (belakang); Riko Simanjuntak, Rohit Chand, Yan Pieter Nasadit, Ramdani Lestaluhu, Osah Saha (tengah); Marko Simic (depan)

Pelatih: Stefano Cugurra Teco

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Finis Ketiga, Iran Bikin Sejarah Baru di Asian Para Games

Posted: 13 Oct 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Iran membuat prestasi besar di Asian Para Games 2018. Untuk kali pertama mereka mampu finis di posisi ketiga dalam pesta olahraga untuk penyandang disabilitas se-Asia ini.

Untuk Asian Para Games 2018, Iran mengirimkan 209 atletnya. Terbukti mereka mampu mengoleksi 136 medali selama di Jakarta.

Rinciannya Iran mengemas 51 emas, 42 perak, dan 43 perunggu di Asian Para Games 2018. Koleksi ini cukup untuk mengungguli Jepang, Uzbekistan, dan Indonesia yang berada di posisi ketiga hingga kelima.

Para atletik menjadi penyumbang medali terbanyak bagi kontingen Iran selama Asian Para Games 2018. Mereka mampu memberikan 27 emas, 25 perak, dan 29 perunggu.

Sementara untuk atlet Iran dengan koleksi medali terbanyak adalah Shahin Izadyar. Perenang ini mampu memberikan enam emas dan satu perak bagi negaranya.

*Grab selaku official mobile platform partner juga mendukung Asian Para Games 2018

 

Ucapan Selamat

Para pebasket kursi roda Iran merayakan kemenangan atas Jepang pada final Asian Para Games di Hall A Senayan, Jakarta, Sabtu (13/10). Iran menang 68-66 atas Jepang. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Tentu keberhasilan Iran di Asian Para Games membuat rakyatnya bangga. Wakil Presiden, Eshaq Jahangiri menyampaikan ucapan terima kasihnya pada seluruh atlet yang berjuang di Jakarta.

"Selamat buat seluruh atlet Iran, terutama untuk atlet wanita yang telah mendapatkan medali. Prestasi di Jakarta sangat membahagiakan dan membanggakan," kata Eshaq seperti dilansir kantor berita Iran, Irna.

"Saya berterima kasih pada seluruh atlet, pelatih, dan semua anggota tim yang berjuang di Asian Para Games 2018," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ayo, Lawan Pelecehan Seksual via Telepon

Posted: 13 Oct 2018 09:45 PM PDT

Aktivis FISIP UI longmarch saat aksi menolak pelecehan seksual di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/10). Mereka mengajak masyarakat untuk melawan pelecehan seksual via telepon yang sedang marak terjadi. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Aktivis FISIP UI longmarch saat aksi menolak pelecehan seksual di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/10). Mereka mengajak masyarakat untuk melawan pelecehan seksual via telepon yang sedang marak terjadi. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Aktivis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) membawa poster saat longmarch menolak pelecehan seksual via telepon yang sedang marak terjadi di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/10). (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Aktivis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) membawa poster saat longmarch menolak pelecehan seksual via telepon yang sedang marak terjadi di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/10). (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Aktivis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) membawa poster saat longmarch menolak pelecehan seksual via telepon yang sedang marak terjadi di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/10). (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Aktivis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) membawa poster saat longmarch menolak pelecehan seksual via telepon yang sedang marak terjadi di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/10). (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kunjungi Ponpes Krapyak, Ma'ruf Amin Doakan Kesembuhan KH Attabik Ali

Posted: 13 Oct 2018 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin mengawali kunjungannya di Yogyakarta dengan menyambagi Pondok Pesantren Krapyak. Dia langsung disambut dengan salawat oleh ratusan santri.

Ma'ruf yang hadir sekitar Pukul 10.05 WIB, Minggu (14/10/2018), langsung menuju ke kediaman KH Attabik Ali Maksum. Selain menjenguk, Ma'ruf Amin juga mendoakan agar Pengasuh Pondok Pesantren Yayasan Ali Ma'shum tersebut yang tengah berbaring sakit diberi kesembuhan.

"Iya tadi menengok, mendoakan. Supaya cepat sembuh," ucap Ma'ruf.

Ma'ruf Amin dijadwalkan bersilahturahmi di Yogyakarta hingga Minggu 15 Oktober 2018. Dia akan bertemu dengan sejumlah tokoh.

 

Temui Sejumlah Tokoh

Di antaranya adalah Sri Sultan Hamengkubuwono X, sejumlah tokoh Nahdatul Ulama (NU), warga pesantren, hingga relawan pendukungnya di Yogyakarta. Selain itu juga dengan YouTubers dan tokoh senior Muhammadiyah, Buya Syafii Maarif.

"Insya Allah, saya hendak bersilaturahmi sekaligus memenuhi undangan masyarakat di Yogyakarta," tutur Ma'ruf Amin.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar PSM vs Arema di Liga 1

Posted: 13 Oct 2018 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Makassar - PSM Makassar akan menjamu Arema FC pada pekan ke-25 Go-Jek Liga 1 2018 bersama Bukalapak. Laga ini akan berlangsung di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Minggu (14/10/2018).

Menjamu Arema, PSM tengah dalam performa menanjak. Skuat racikan Robert Alberts selalu menang dalam tiga laga terakhir.

"PSM sangat siap mengalahkan Arema. Kami ingin menjaga posisi di jalur juara," kata Robert. Sementara itu, berkunjung ke markas PSM, Arema memiliki hasrat ingin memperbaiki catatan laga tandang musim ini. Pelatih Milan Petrovic melihat ada potensi dalam skuatnya untuk mendapatkan poin.

Tanpa memandang enteng tuan rumah, Milan melihat anak buahnya punya energi baru setelah memenangi duel penuh gengsi lawan Persebaya Surabaya pekan lalu.

"Sekarang situasi tim kami ingin terus mendapatkan poin. Sekarang kami akan perbaiki catatan statistik tandang," tutur juru racik asal Slovenia tersebut.

Live Streaming PSM Vs Arema di Indosia dimulai pukul 15.30 WIB. Dapatkan link Live Streaming PSM Vs Arema di Indosiar di halaman selanjutnya.

Link Live Streaming

Untuk link Live Streaming PSM Vs Arema di Indosiar silakan klik di sini....

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menikah 24 Oktober 2018, Evi Masamba Banjir Ucapan Selamat

Posted: 13 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Evi Masamba terus menjadi perbincangan. Tak diketahui berhubungan dengan pria manapun, mendadak penyanyi dangdut jebolan Dangdut Academy itu menyebar undangan. 

Rencana pernikahannya dengan pria bernama Arif Hajrianto beredar luas. Pernikahan itu digelar pada 24 Oktober 2018.

Arif disebut-sebut menjadi fotografer Evi Masamba. Dilihat dari akun Instagram Evi Masamba, beberapa fotonya memang dijepret oleh calon suaminya itu.

Hingga kini, Evi Masamba dan Arif Hajrianto belum memberikan komentar terkait kabar pernikahan mereka. Padahal, undangan telah tersebar.

Dapat Ucapan

Evi Masamba (Instagram/@ evi_masamba_real)

Pernikahan Evi Masamba dan Arif Hajrianto telah sampai ke telinga rekan-rekannya. Beberapa dari mereka menuliskan ucapan selamat untuk pasangan yang berbahagia ini.

Penyanyi dangdut Jenita Janet secara langsung berkomentar di akun Instagram Evi Masamba, baru-baru ini. Mendoakan acara berlangsung lancar.

Lancar

Ucapan selamat untuk Evi Masamba dari rekan-rekan artis (Instagram/@evimasamba_real)

Akun @jenitajanet menuliskan, "Wah, selamat Ratu Masambaku. Semoga lancar acaranya. Langgeng terus."

Ivan Gunawan yang memang dekat dengan Evi Masamba juga tak mau kalah. Ia menuliskan selamat untuk penyanyi dangdut yang terkenal berkat d`Academy itu.

"Selamat berbahagia sayang atas pernikahannya. Langgeng dan bahagia," tulis Ivan Gunawan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sambal 9 Rasa yang Menggoda Selera dari Pondok Bahar

Posted: 13 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berawal dari senang dengan sambal sebagai tambahan cita rasa saat makan, Siti Nurjanah (19), memutuskan untuk menciptakan varian sambal dengan rasa lain. Awalnya hanya beberapa varian sambal ia buat yaitu, rasa rebon, bawang, teri, dan bajak.

"Saya kemudian memberanikan diri untuk memosting sambal yang saya buat di Instagram. Ternyata, banyak orang yang berminat untuk membeli," kata perempuan yang akrab disapa Janah itu kepada Liputan6.com saat berkunjung ke kediaman orangtuanya di di Pondok Bahar, Karang Tengah, Tangerang, Banten, Selasa, 9 Oktober 2018.

Tak hanya empat varian sambal yang dipesan, tapi juga sambal dengan cita rasa yang berbeda, seperti sambal rujak, mangga muda, dan lainnya. Hingga saat ini ada sembilan varian sambal yang ia buat.

"Teri, rebon, cumi asin, jengkol, petai, bajak, bawang, rujak, mangga muda. Dari 9 rasa itu ada levelnya. Dari level 1 hinggga 3, dari rasa agak pedas, pedas, dan pedas banget," ujarnya.

Dari sembilan varian rasa tersebut, awalnya Nurjanah menganggap hanya beberapa varian rasa saja yang disukai orang. Faktanya, semua varian rasa tersebut disukai yang banyak orang. Mereka yang memesan sambal buatannya dari sejumlah daerah di Indonesia.

"Sampai saat ini pemesanannya mulai dari Jakarta, Tangerang, Bandung, Batam, Jambi, Aceh, Sulawesi, Bogor, Kalimantan," ucap Nurjanah yang hampir setahun mengembangkan produk usahanya.

Dengan percaya diri, Nurjanah berharap kelak bisa jadi pengusaha muda seperti yang lainnya. Untuk bisa mewujudkan niatnya itu, ia mengikuti beragam pelatihan untuk lebih mengembangkan usahanya itu.

"Kalau kita dengar, usaha sambal itu biasa. Tapi bagi saya, berharap dengan usaha sambal bisa jadi seorang miliuner. Ini memang usaha kecil menengah atau UKM, tapi bagi saya UKM itu usaha kecil miliarder," kata Nurjanah.

Siti Nurjanah mengatakan lewat telepon genggam bisa membuka peluang usaha dan membantu orang lain dengan hasil penjualan produknya. Salah satu seperti yang ia lakukan dengan memproduksi sambal dengan sembilan rasa.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asian Para Games: Negara Ini Penyumbang Terbanyak Atlet Pemecah Rekor Dunia

Posted: 13 Oct 2018 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Asian Para Games 2018 Jakarta menjadi ajang pemecahan rekor bagi sejumlah atlet. Beberapa rekor dunia sukses terpecahkan selama Asian Para Games 2018.

Ajang multievent olahraga untuk penyandang disabilitas ini berlangsung 6-13 Oktober 2018. Seluruh atlet berjuang untuk mengharumkan nama negara mereka di kancah Asia.

Terdapat atlet dari delapan negara yang sukses mengukir prestasi dengan memecahkan rekor di Asian Para Games 2018. Delapan negara tersebut ialah Uzbekistan, Jepang, China, Iran, Mongolia, India, Malaysia, dan Yordania.

Dari Uzbekistan, Fotimakhon Amilova memecahkan dua rekor dunia di cabang renang nomor 200 meter gaya ganti perseorangan SM13 dan 100 meter gaya dada SB13.

Jepang diwakili oleh tim estafet renang yang memperbarui rekor dunia di nomor estafet gaya bebas 4×100 meter campuran S14.

Tiongkok merupakan kontingen yang menjadi juara umum di Asian Para Games 2018. Mereka jadi negara yang menyumbang atlet pemecah rekor dunia terbanyak di ajang ini.

Dari cabang para powerlifting ada Guo Lingling (kelas 45 kg putri), Tan Yujiao (61 kg putri), Xu Lili (79 kg putri), dan Ye Jixiong (88 kg putra). 

*Grab selaku official mobile platform partner juga mendukung Asian Para Games 2018

 

Perbarui Rekor

Tiongkok juga memiliki beberapa atlet pemecah rekor dunia di cabang olahraga para atletik. Mereka adalah Mi Na (lempar cakram putri F37/38), Zhao Yuping (lempar lembing putri F12/13), dan Zou Lijuan (lempar lembing putri F33/34).

Atlet pemecah rekor dunia asal Iran adalah Rostami Roohallah di cabang para powerlifting 72 kg putra. Dari Mongolia adalah Sodnompiljee Enkhbayar di cabang para powerlifting 107 kg putra.

India diwakili Sandeep Sandeep, yang memperbarui rekor dunia lempar lembing putra F42-44/61-64. Sementara itu, ada dua atlet Malaysia yang mampu memperbarui rekor dunia.

 

Rekor Dunia

Keduanya atlet cabang olahraga para atletik, yaitu Abdul Latif (lompat jauh putra T20) dan Mohamad Ridzuan (lari 100 meter putra T36).

Dari Yordania, atlet pemecah rekor dunianya adalah Ahmad Hindi, yang mencapai prestasi di cabang olahraga para atletik, tepatnya di nomor tolak peluru putra F34.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Ingin Uban Cepat Muncul, Hindari Stres dan Depresi

Posted: 13 Oct 2018 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Munculnya uban di usia yang belum lagi terbilang tua menimbulkan masalah tersendiri. Selain membuat seseorang terlihat lebih tua dari usia sesungguhnya, uban juga menurunkan rasa percaya diri beberapa individu.

Meski tumbuhnya uban adalah faktor alami, sebagian orang berusaha keras mencegah atau menyamarkannya. Berbagai cara dilakukan, mulai dari rutin merawat rambut hingga mewarnainya.

Melansir dari laman klikdokter.com, ada beberapa penyebab dari risiko rambut beruban. Penyebab tersebut mulai dari pola hidup tidak sehat, adanya riwayat genetik, kamu termasuk etnis Kaukasia, akibat melakukan kemoterapi, rambut berwarna merah alami, akibat kebiasaan merokok, kurangnya asupan nutrisi bagi rambut, risiko diabetes dan masalah tiroid, risiko penyakit jantung dan stres.

Ya, para ahli menyebutkan jika stres dan depresi bisa meningkatkan risiko rambut beruban. Tak hanya rambut beruban, stres juga bisa meningkatkan risiko rambut rontok dan patah. Saat seseorang mengalami gangguan kecemasan, ini bisa membuat kepala lebih panas dan rambut beruban lebih cepat.

Agar terhindar dari risiko rambut beruban, pastikan untuk memiliki pola hidup sehat. Penuhi nutrisi rambut baik dari luar maupun dari dalam. Jaga kebersihan dan kesehatan rambut dengan lebih baik lagi.

Reporter: Rohmitriasih

Sumber: Vemale.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden PKS: Silakan Lakukan Kampanye Negatif

Posted: 13 Oct 2018 09:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman mempersilakan kadernya untuk melakukan kampanye negatif dalam meraih suara pada Pemilu 2019. Hal itu ia sampaikan dalam acara Konsolidasi Nasional PKS di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Jawa Barat.

"Saya mengatakan 80 persen kampanye kita harus positive campaign. Silakan masuk ke negative campaign, cukup 20 persen," kata Sohibul, Depok, Jawa Barat, Minggu (14/10/2018).

Ia pun menjelaskan, kampanye negatif merupakan kampanye yang menguak kelemahan dari lawan. Namun, hal itu harus didasari dengan fakta.

"Negative campaign yang kita angkat adalah kelemahan lawan kita tetapi ada faktanya. Enggak bohong, itu kalau negative campaign, itu boleh. Sebab publik harus tahu, calon lain ini apa kelemahannya," jelasnya.

 

Jangan Fitnah

Selain itu, ia menegaskan terhadap para kader PKS untuk tidak melakukan kampanye hitam terlebih sampai melakukan fitnah dan juga hoaks. Karena itu tidak akan bisa ditoleransi pihaknya.

"Yang tidak boleh atau zero tolerance itu black campaign, tidak ada toleransi pada fitnah," tegasnya.

Sohibul meminta terhadap para kadernya untuk aktif turun ke bawah atau ke masyarakat. Menurutnya berdasar survei, hanya 10 persen warga yang terpengaruh pada politik uang.

"Kelas menengah ke atas tidak perlu uang. Mereka lihat komitmen nilai, memberi kepastian hukum, memperjuangkan kepastian hukum. Kalau itu ada, mereka bisa jatuh cinta ke kita," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Orang Indonesia Berani Menantang Maut, Inovasi Alat Dapur

Posted: 13 Oct 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Orang Indonesia dikenal dengan kelakuannya seringkali bikin tidak habis pikir. Bahkan tak jarang, mereka berani menantang maut tanpa memikirkan keselamatan sendiri. Hal ini terbukti dari banyaknya foto-foto yang beredar di dunia  maya tentang aksi nekat orang Indonesia.

Artikel tentang aksi nekat orang Indonesia menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua terpopuler yakni inovasi alat dapur yang buat tertawa. Sedangkan artikel narapida lolos dari hukuman karena tak bisa mati menjadi ketiga terpopuler.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 7 Aksi Nekat Ini Buktikan Orang Indonesia Berani Menantang Maut

(Foto: Twitter/@partweetcipant)

Sebagian besar orang pastinya tak mau dihadapkan pada situasi berbahaya yang dapat mengancam nyawa sendiri. Namun, tampaknya berbeda dengan sejumlah orang ini yang sepertinya malah menantang maut.

Alih-alih menjauh dan mengamankan diri sendiri, sejumlah orang ini nekat melakukan hal tak terguga yang bikin kita geleng-geleng kepala.

Dilansir dari berbagai sumber, tujuh potret ini tunjukkan seberapa geregetnya orang Indonesia menantang maut.

Selengkapnya

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2. Kocak tapi Kreatif, 7 Inovasi Alat Dapur Bikin Enggak Habis Pikir

(Foto: 1cak.com)

Inovasi atau ide-ide menarik terkadang bisa muncul saat kita sedang dihadapkan pada kondisi tertentu. Seperti orang-orang ini misalnya, dengan kreatif mereka pakai barang tak terduga untuk dijadikan alat dapur.

Dilansir dari berbagai sumber, begini potret nyelenehnya Indonesia pakai barang tak terduga sebagai alat dapur. Meski kocak, 7 ide ini bisa jadi inspirasi saat kamu dalam kondisi kepepet.

Selengkapnya

3. Tidak Bisa Mati, 4 Narapidana Lolos dari Hukuman Saat Eksekusi

(Foto: list25.com) Wenseslao Moguel menjalani hukuman mati dengan ditembak sebanyak sembilan kali.

Keputusan mendapat eksekusi mati merupakan hukuman terburuk yang didapatkan oleh para narapidana. Meski hukuman ini dijalankan pada sejumlah negara, namun tak sedikit orang di belahan dunia mengecam tentang hukuman mati.

Di samping hukuman itu masih menjadi kontroversi, ternyata ada sejumlah insiden tak terduga saat eksekusi berlangsung. Nyatanya ada sejumlah narapidana yang lolos dari maut saat eksekusi berlangsung.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut kasus orang masih hidup setelah melalui eksekusi hukuman mati.

Selengkapnya

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aturan E-Commerce Harus Akomodir Kepentingan Industri

Posted: 13 Oct 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah tengah mengevaluasi roadmap e-commerce. Salah satu pokok bahasan adalah Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) e-commerce. Pembahasan RPP e-commerce sebenarnya telah bergulir sejak 2015 silam, namun hingga saat ini, naskah terbarunya masih belum tersorot publik luas.

RPP ini dikabarkan sudah memasuki tahap finalisasi dan sedang menunggu pengesahan dari presiden. Namun sejauh ini pelaku industri belum mendapat secara lengkap RPP tersebut.

Ketua Umum Indonesian E-Commerce Association (iDea) Ignatius Untung mengatakan, di tahun 2015, Kemendag pernah melakukan uji publik RPP e-commerce melalui focus group discussion (FGD) yang diikuti oleh beberapa perwakilan pelaku industri.

Pada saat itu, asosiasi memberikan sejumlah masukan kepada Kemendag terkait naskah RPP e-commerce yang dianggap dapat menghambat pertumbuhan industri.

"Sudah cukup lama sejak terakhir kami melihat draft RPP. Selepas itu, belum ada informasi terbaru terkait penjelasan dan solusi dari pemerintah terhadap poin-poin masukan kami di FGD dahulu", ujar dia dikutip dari keterangan tertulis, Minggu (14/10/2018).

Direktur Bina Usaha dan Pelaku Distribusi Kemendag I Gusti Ketut Astawa mengaku, Kemendag telah melakukan pembahasan antar kementerian setelah menerima masukan dari para pelaku industri di 2015, namun ia mengakui bahwa usai menerima masukan tersebut, Kemendag melakukan beberapa perubahan, walau hanya sebatas perubahan redaksional.

"Pada Mei (2018), mulailah kita bahas ulang tapi tidak mengubah. Tambahannya cuma dua poin penting. Satu terkait pemberdayaan (UMKM) dan registrasi penjual di marketplace," tepis Ketut.

Sementara itu, asosiasi menilai bahwa naskah RPP e-commerce seharusnya mampu mengakomodir masukan-masukan dari pelaku industri. Untung mengatakan, e-commerce merupakan wadah bernaungnya jutaan UKM di seluruh Indonesia. Seharusnya memang regulasi itu mampu menaungi para pelaku industri dan menciptakan equal playing field bagi ekosistem perdagangan online.

"Termasuk pelaku industri, merchant dan konsumen. Bukan sebaliknya, regulasi yang membatasi pertumbuhan industri." kata dia. 

Menko Darmin Kumpulkan Menteri Bahas Aturan E-Commerce, Ini Hasilnya

Ilustrasi e-Commerce (iStockPhoto)

Sebelumnya, pemerintah kembali duduk bersama membahas pengaturan perdagangan melalui sistem elektronik (e-commerce). Kali ini, ada tiga isu yang menjadi fokus bahasan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan, isu pertama yang dibahas adalah mengenai pengumpulan data e-commerce.

Kedua, tentang pemberdayaan pelaku usaha lokal. Lalu yang ketiga adalah definisi barang dan jasa digital.

"RPP Transaksi Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (TPMSE) ini sudah makin matang setelah dibahas beberapa kali di rapat teknis eselon 1 dan rapat tingkat menteri. Sekarang kami akan bahas yang masih menjadi pending issues," kata Menko Darmin saat memimpin Rapat Koordinasi tentang Finalisasi RPP TPMSE, di kantornya pada Kamis 2 Agustus 2018. 

Aturan e-commerce mengacu pada UU Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan dan mempertimbangkan UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

RPP ini juga merupakan amanat dari Peraturan Presiden Nomor 74 Tahun 2017 tentang Peta Jalan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik (Roadmap e-commerce) tahun 2017-2019.

Menko Darmin juga mengingatkan pentingnya peraturan turunan dan pendukung implementasi RPP TPMSE ini.

"E-commerce itu lintas sektoral. Artinya, kalau RPP ini sudah selesai, maka instansi terkait harus menyelesaikan peraturan pelaksanaannya supaya implementasinya bisa segera jalan," ujarnya.

Rapat kali ini masih mengkaji berbagai alternatif untuk solusi beberapa persoalan yang perlu dibahas di rapat lanjutan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asian Para Games 2018 Sukses di Dalam dan Luar Lapangan

Posted: 13 Oct 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Asian Para Games 2018 telah resmi ditutup tadi malam di Stadion Madya, Senayan. Sejumlah sejarah terukir dalam pesta olahraga penyandang disabilitas se-Asia ini.

"Di arena, pertandingan telah mendatangkan kesuksesan. Sejumlah negara seperti Laos dan Timor Leste telah mendapatkan medali pertama dalam sejarah keikutsertaan mereka, di sini, di Indonesia," kata Presiden Komite Paralimpiade Asia (APC) Majid Rashed seperti dilansir Antara.

Selain dua kontingen itu, kontingen Filipina dan kontingen Kuwait juga meraih medali emas pertama mereka di Indonesia sepanjang mengikuti Asian Para Games.

"Asian Para Games ini menjadi keikutsertaan pertama bagi kontingen Bhutan, selain jumlah peserta terbesar yaitu 43 negara peserta," kata Majid.

Majid juga menyebut sejarah bagi atlet-atlet Korea untuk bertanding dan bersatu sebagai satu tim dalam pertandingan para game.

"Mereka bukan hanya meraih satu medali pada cabang renang. Mereka juga meraih medali perak pada cabang tenis meja," katanya.

 

Profesional

Asian Para games 2018

Majid juga menyampaikan terimakasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah berperan aktif dalam upacara pembukaan Asian Para Games 2018.

"Pertandingan ini juga telah menciptakan 15 rekor dunia selain 75 persen para peserta telah naik podium selama delapan hari penyelenggaraan," ujarnya.

APC, menurut Majid, juga mengucapkan terimakasih kepada Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 (INAPGOC) yang telah mewujudkan pergelaran dengan profesional dalam waktu yang singkat.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko Puan Apresiasi Perjuangan Atlet Indonesia di Asian Para Games

Posted: 13 Oct 2018 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani sangat senang Asian Para Games 2018 berjalan sukses. Apalagi banyak pujian dari negara peserta terkait penyelenggaraan.

"Penyelenggaraan Asian Para Games 2018 Indonesia, sekali lagi membuktikan bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah yang baik, masyarakat yang ramah, dan negara yang maju," kata Puan seperti dilansir Antara.

"Asian Para Games 2018 Indonesia merupakan komitmen pemerintah dalam melaksanakan pembangunan sosial dan memberikan kesempatan yang sama bagi semua untuk meraih kemajuan," tutur Puan.

Puan juga mengapresiasi para atlet Indonesia yang telah berjuang bahkan melampaui target medali yang ditetapkan oleh pemerintah.

*Grab selaku official mobile platform partner juga mendukung Asian Para Games 2018

 

Finis Kelima

Indonesia berada di posisi kelima dengan perolehan medali 37 emas, 47 perak, dan 51 perunggu.

"Sukses penyelenggaraan Asian Para Games 2018 Indonesia juga disertai dengan sukses prestasi para atlet Indonesia, yang meraih capaian prestasi rangking lima," kata Puan.

"Atas nama pemerintah dan pribadi, saya mengucapkan terima kasih bagi atlet-atlet yang telah bertanding untuk prestasi terbaiknya dalam Asian Para Games 2018 Indonesia. Mereka adalah para manusia hebat yang semangat dan daya juangnya menjadi inspirasi bagi kita semua," kata Puan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

200 Orang di Kediri Masih Jadi Pemilih Ganda

Posted: 13 Oct 2018 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Kediri - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Kediri, Jawa Timur menemukan ada sekitar 200 daftar pemilih ganda. Ditemukannya daftar pemilih ganda ini pascapenetapan daftar pemilih tetap (DPT) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) jelang Pemilu 2019.

"Kami menemukan ada DPT ganda sekitar 200 pemilih. Kami sudah lakukan pemantauan lagi langsung ke bawah, PPK," ujar Ketua Bawaslu Kota Kediri Mansyur di Kediri, seperti dikutip dari Antara, Minggu (14/10/2018).

Ia mengatakan, temuan itu menyebar di seluruh daerah wilayah Kota Kediri, salah satunya Kelurahan Ngronggo. Menurut Mansyur, DPT warga diketahui ganda setelah dilakukan pengecekan satu per satu daftar pemilih tersebut.

"Selain ada DPT ganda, Bawaslu Kota Kediri juga menemukan adanya pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS) lainnya yakni meninggal dunia tapi masih masuk di data," ucapnya.

Saat ini, lanjut Mansyur, Bawaslu juga masih terus melakukan pemantauan lagi agar daftar pemilih di Pemilu 2019 bisa lebih valid. "Yang TMS harus dicoret termasuk yang meninggal dunia. Makanya, kami membuat posko penerimaan pengaduan," kata dia.

Mansyur mengaku belum mengetahui dengan pasti mengapa hingga kini masih ada temuan DPT ganda, padahal KPU Kota Kediri sudah menetapkan daftar pemilih. Namun, kata dia, hal ini dimungkinkan karena sistem, di mana saat menghapus data ternyata tetap muncul lagi.

Mansyur berharap, dengan data yang semakin valid, tingkat partisipasi masyarakat di Pemilu 2019 bisa lebih baik lagi.

"Ini sebenarnya kembali ke sistem, jadi pengalaman kami ketika sudah 'entri' data, dihapus, tapi muncul lagi. Jadi, sekarang ini disisir terus, nanti dicoret satu per satu. Intinya, kami meminimalisasi jumlah DPT yang TMS agar datanya semakin akurat," jelas Mansyur.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: 

Terus Buka Pencermatan

Anggota Bawaslu Muhammad Afifudin memberikan pendapat saat rapat pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) di Kantor KPU RI, Jakarta, Minggu (16/9). (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Sementara itu, Komisioner KPU Kota Kediri Anis Iva Permatasari mengakui sudah menerima kiriman daftar pemilih dari pusat, sehingga bisa terus dilakukan pencermatan daftar pemilih tersebut. KPU juga mendata terdapat daftar pemilih ganda di Kota Kediri, yang jumlahnya lebih dari 200 pemilih.

"Ada kiriman dari KPU RI yang hasil pencermatan bersama dengan Bawaslu RI dan dirjen dukcapil. Untuk DPT ganda, sebelumnya ada sejumlah 262 pemilih dan sudah kami tindaklanjuti dan ditetapkan 13 September lalu," ucap Anis.

Dia mengatakan, saat ini KPU masih terus membuka untuk pencermatan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPT HP), baik yang TMS, pemilih baru, maupun perbaikan elemen data dengan diluncurkannya Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) pada 1-28 Oktober 2018.

"Sudah banyak temuan dan kini kami terus lakukan pencermatan DPT HP tersebut. Kami lakukan perbaikan dengan diluncurkannya GMHP pada 1-28 Oktober 2018. Sekarang ini masih proses verifikasi faktual di PPS dan PPK," tutur Anis.

Di Kota Kediri, jumlah pemilih mencapai 201.391 pemilih yang tersebar di tiga kecamatan, yakni Kota, Mojoroto, serta Pesantren. Pemilih laki-laki berjumlah 98.841 pemilih, sedangkan perempuan mencapai 102.550 orang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menyaksikan Kemeriahan Lebarannya Anak-Anak Kustom

Posted: 13 Oct 2018 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kustomfest 2018 sudah berlalu seminggu lamanya. Tapi ternyata banyak orang yang masih membicarakannya. Maklum 148 motor kustom yang tampil membuat decak kagum terdengar lantang. Tak salah bisa ada yang menjuluki Kustomfest sebagai 'Lebarannya' anak-anak pecinta kustom.

Banyak builder yang tak segan membuat secara handmade komponen yang dibutuhkan untuk motor kustom kreasinya. Tak heran banyak pengunjunng terkesima, sehingga moge kustom karya anak-anak bangsa ini dijadikan latar belakang untuk berswafoto.

Lihat Best Kustom Bike Kustomfest 2018 milik Andika Pratama itu menggunakan basis Harley-Davidson Softail Evolution S & S lansiran 2015. Motor kustom berjuluk 'The 29' itu mampu mencuri perhatian para juri lokal maupun international berkat gaya neo-cafe racer yang dianut. Pencapaian ini mengokohkan Andika sebagai juara bertahan karena pada Kustomfest tahun lalu karyanya juga menyabet gelar yang sama melalui motor kustom berjuluk 'The Stone'.

"Saya ingin sesuatu yang berbeda pada motor ini. Cafe racer identik dengan ban lebar, pakai suspensi sport, pakai fairing, tapi saya ingin yang beda, jadi saya terapkan parts handmade semua, mulai dari bagian depan pakai model klasik, konsepnya girder suspension. Saya create sendiri murni dari ide sendiri dan frame saya buat customize juga dari material stainless steel juga," terang Andika usai dinobatkan sebagai pemenang di Kustomfest 2018, Jogja Expo Center, Yogyakarta, Minggu (7/10) malam.

Masih ingin melihat dan mengenang kemeriahan Kustomfest 2018 lalu, simak video berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Detik-Detik Banjir Bandang Terjang Siswa Saat Sekolah di Mandailing Natal

Posted: 13 Oct 2018 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Mandailing Natal - Tim SAR gabungan bersama relawan dan masyarakat mengevakuasi 17 korban meninggal akibat banjir bandang pada Jumat (12/10/2018) sore, di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara.

Jumlah korban meninggal dunia tercatat 17 orang, yaitu 12 orang anak sekolah di Kecamatan Ulu Pungkut, 3 orang pekerja gorong-gorong jalan di Kecamatan Muara Batang Gadis, dan 2 orang yang kecelakaan mobil masuk ke Sungai Aek Batang Gadis saat banjir.

Dari 29 anak sekolah SD Negeri 235 yang diterjang banjir bandang di Desa Muara Saladi, Kecamatan Ulu Pungkut, kondisinya 12 anak meninggal dunia dan 17 anak berhasil diselamatkan.

Dari 17 anak yang selamat 7 anak di antaranya luka-luka dan dirawat di Puskesmas setempat. Selain itu 2 orang guru juga ditemukan selamat. Korban selamat ditemukan di bawah reruntuhan bangunan dan sebagian terseret oleh banjir bandang.

Camat Kecamatan Ulu Pungkut, Muhammad Johan Lubis di Mandailing Natal, menyampaikan rasa prihatin karena banjir tersebut telah menghanyutkan 12 orang pelajar Madrasah Diniyah desa itu.

Ia menyebutkan, dari pengakuan saksi mata banjir bandang itu berlangsung cepat sehingga para siswa yang belajar di Madrasah yang kebetulan berada di pinggiran Sungai Siladi itu banyak yang tidak bisa menyelamatkan diri.

"Pada saat itu para siswa sebanyak 29 orang sedang mengikuti proses belajar mengajar, kemudian banjir datang dengan cepat dan menghanyutkan 12 siswa," ujarnya Sabtu 13 Oktober 2018 malam dilansir Antara.

Setelah melakukan pencarian berjam-jam petugas dan warga berhasil menemukan para korban tertimbun lumpur dan material kayu serta bebatuan yang terbawa arus banjir tersebut.

Selain belasan rumah penduduk yang rusak serta terbawa arus banjir, sejumlah fasilitas umum seperti Polindes, Madrasah, Masjid, gedung SD dan gedung PKK juga mengalami rusak berat.

Ia mengatakan, dalam peristiwa tersebut sebanyak 75 kepala keluarga juga diungsikan ke kantor Lurah Ulu Pungkut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Sementara para korban yang ditemukan petugas sudah dimakamkan di tempat pemakaman umum yang ada di desa itu.

Adapun nama-nama korban jiwa meninggal siswa SD itu adalah Isroil (9 tahun), Hapsoh (9 tahun), Alfi Sanri (9 tahun), Masitoh (9 tahun), Dahleni (10 tahun), Tiara (10 tahun) Isnan (10 tahun) Ahidan (10 tahun), Riyansyah Putra (10 tahun), Sohifan (11 tahun), Aisah (12 tahun), dan Mutiah.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, sebanyak 11 titik longsor yang awalnya menutup beberapa ruas jalan di Mandailing Natal sudah dapat diatasi setelah alat berat dikerahkan untuk membantu evakuasi korban dan membersihkan material longsor.

Banjir bandang juga menyebabkan 12 rumah hanyut dan rusak total, 9 rumah rusak berat dan 3 bangunan fasilitas umum rusak berat di Desa Muara Saladi, sedangkan masyarakat mengungsi.

Sedangkan 2 korban meninggal yang ditemukan di dalam mobil yang terjebur ke Sungai Aek Batang Gadis adalah seorang pegawai PT Bank Sumut dan seorang anggota Polri yang sedang mengawal pegawai PT Bank Sumut.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Aksi Badut Peduli Bencana Sulawesi Tengah Saat CFD

Posted: 13 Oct 2018 09:01 PM PDT

Paguyuban Seniman Badut Indonesia (PASBI) menggelar aksi Peduli Bencana Alam untuk Sulawesi Tengah di area car free day (CFD), Jakarta, Minggu (14/10). Mereka menggalang dana untuk disalurkan kepada korban bencana Sulteng. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Paguyuban Seniman Badut Indonesia (PASBI) menggelar aksi Peduli Bencana Alam untuk Sulawesi Tengah di area car free day (CFD), Jakarta, Minggu (14/10). Mereka menggalang dana untuk disalurkan kepada korban bencana Sulteng. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Paguyuban Seniman Badut Indonesia (PASBI) menggelar aksi Peduli Bencana Alam untuk Sulawesi Tengah di area car free day (CFD), Jakarta, Minggu (14/10). Mereka menggalang dana untuk disalurkan kepada korban bencana Sulteng. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Paguyuban Seniman Badut Indonesia (PASBI) menggelar aksi Peduli Bencana Alam untuk Sulawesi Tengah di area car free day (CFD), Jakarta, Minggu (14/10). Mereka menggalang dana untuk disalurkan kepada korban bencana Sulteng. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Paguyuban Seniman Badut Indonesia (PASBI) menggelar aksi Peduli Bencana Alam untuk Sulawesi Tengah di area car free day (CFD), Jakarta, Minggu (14/10). Mereka menggalang dana untuk disalurkan kepada korban bencana Sulteng. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Paguyuban Seniman Badut Indonesia (PASBI) menggelar aksi Peduli Bencana Alam untuk Sulawesi Tengah di area car free day (CFD), Jakarta, Minggu (14/10). Mereka menggalang dana untuk disalurkan kepada korban bencana Sulteng. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Hoaks Foto Khabib Pegang Kaus ‘Ganti Presiden’

Posted: 13 Oct 2018 09:00 PM PDT

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Imbauan Soal Internet Dunia Alami Gangguan Tuai Perhatian

Posted: 13 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) memberikan pernyataan soal kabar internet dunia yang akan mengalami gangguan dalam satu atau dua hari ke depan.

Kemkominfo mengimbau agar pengguna internet di Indonesia tidak perlu khawatir berlebihan perihal isu tersebut. Berita ini menarik perhatian para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com.

Berita lain yang tak kalah menarik perhatian datang dari Go-Jek yang dianggap mendukung LGBT. Hal ini memicu kemunculan tagar #uninstallgojek di media sosial.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Internet Dunia Alami Gangguan, Kemkominfo: Warganet Jangan Khawatir

Terkait kabar internet di seluruh dunia bakal mengalami gangguan dalam satu atau dua hari ke depan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) pun memberikan pernyataan.

Ilustrasi internet (iStockphoto via Google Images)

Kemkominfo meminta agar pengguna internet di Indonesia tidak perlu khawatir berlebihan perihal isu tersebut.

Dijelaskan, kabar gangguan internet secara global tersebut muncul pada 11 Oktober 2018 sehubungan dengan perusahaan Internet Corporation of Assigned Names and Numbers (ICANN) bakal melakukan pergantian key signing key (KSK) pada root server-nya.

Baca selengkapnya di sini 

2. Disebut Dukung LGBT, Begini Kata Go-Jek

Pernyataan Vice President, Operations and Business Development Go-Jek, Brata Santoso, yang menggambarkan dukungan perusahaan terhadap lesbian, gay, bisexual, transgender (LGBT) menaui pro-kontra.

Pengemudi Gojek melintas di Bundaran HI (Liputan6.com/ Ahmad Romadoni)

Hal tersebut disampaikan melalui akun media sosialnya, yang kemudian dilaporkan telah dihapus, dalam rangka peluncuran kampanye internal perusahaan bertajuk #GOingALLin.

Pernyataan Brata pun memicu kemunculan tagar #uninstallgojek. Kehebohan di dunia maya ini membuat pihak Go-Jek mengeluarkan pernyataan terkait kampanye internal dan pernyataan Brata tersebut.

Baca selengkapnya di sini 

3. Penerjemah di Penutupan Asian Para Games 2018 Jadi Primadona Warganet

Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan menyerahkan bendera Asian Paralympic Committe kepada Presiden Para Committe Majid Rashed saat Penutupan Asian Para Games 2018  Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (13/10). (merdeka.com/Imam Buhori)

Acara penutupan atau closing ceremony Asian Para Games 2018 ternyata menghadirkan cerita tersendiri, dan cukup menjadi sorotan.

Selain dimeriahkan oleh para penampil, atlet, dan 8.000 relawan yang hadir di Stadion Madya, nyatanya ada satu sosok yang menjadi primadona warganet.

Adapun ia adalah ibu Pinky Warouw, sosok penerjemah bahasa isyarat yang muncul di layar kaca sepanjang acara penutupan Asian Para Games 2018.

Baca selengkapnya di sini 

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baru Lahir, GenWI Singapura Siap Dukung Hot Deals

Posted: 13 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Generasi Wonderful Indonesia (GenWi) Singapura mendukung program Hot Deals yang diluncurkan Kementerian Pariwisata. Dukungan disampaikan dalam dialog di KBRI Singapura, Sabtu (13/10).

Hot Deals adalah program super extra ordinary Kemenpar. Konsep yang ditawarkan adalah More for Less. Atau You get more you pay less.

"Sabtu pagi, mahasiswa dan diaspora berkumpul di KBRI Singapore. Mereka tertarik untuk segera bikin program dengan teman teman Genpi. Pilihannya adalah mendukung program Hot Deals yang telah diluncurkan diberbagai daerah," papar Staf Khusus Menteri Bidang Komunikasi dan Media Kementerian Pariwisata Don Kardono, Sabtu (13/10).

Menurut Don, program Hot Deals yang sudah dijalankan diberbagai daerah akan terangkat oleh GenWI Singapura. Terlebih, Hot Deals dijalankan di sejumlah daerah crossborder.

"Secara wilayah, Singapura dekat dengan Indonesia. Dan dengan daerah seperti Kepulauan Riau, yang memiliki Great Batam. Hal ini akan memudahkan GenWI Singapura untuk menjual Hot Deals. Apalagi jika ditopang dengan destinasi unggulan lain seperti Jakarta dan Bali yang juga sudah punya program Hot Deals," katanya.

Don menilai posisi Kepri sangat strategis untuk menjaring wisatawan Singapura. Sebab, di pariwisata salah satu faktor yang penting adalah proximity, kedekatan. Baik jarak maupin budaya, dan Singapore menjadi target market yang ideal.

Terlebih, bukan hanya Singaporean yang bisa dijaring. Ekspatriat yang bekerja di Singapore juga masuk target. Baik dari China, India, maupun negara lain di dunia.

Pentingnya Kepri untuk menjaring wisatawan asal Singapura juga bisa terlihat dari data di Kemenpar. 20% Wisman ke Indonesia masuk melalui Kepri.

"Sedangkan 30% masuk lewat Jakarta dan 40% Bali. Oleh karena itu, Singapore menjadi market yang strategis buat Indonesia," kata Don.

Di sinilah komunitas GenWI akan memainkan peranan penting. GenWI akan mempromosikan Wonderful Indonesia dari Singapore, tempat mereka tinggal.

Namun, dalam eksekusinya, GenPI juga akan terlibat. Pembagian kerjanya pun jelas. Tidak akan saling tumpang tindih.

Genwi akan dekat dengan Customers karena berada di Singapura. Sedangkan Genpi dekat dengan Product. Jadi secara promosi di online akan dilakukan GenPI," paparnya.

Produk pariwisata yang bisa ditawarkan adalah destinasi, customers pariwisata adalah travellers atau marketnya.

"Untuk level pertama, lebih banyak promosikan Destinasi, Calendar of Events dan Kebijakan atau deregulasi di sektor pariwisata. Sebab, Calendar of Events (CoE) Kemenpar menempatkan Kepri (Batam Bintan) sebagai salah satu andalan, setelah Bali dan Jakarta, termasuk di 2019," paparnya.

Pasar Singapura memang sangat menggoda buat Indonesia. Estimasi jumlah orang asing yang masuk via bandara Singapura selama 12 bulan terakhir, hampir mencapai 12 juta pax. Rinciannya, 32% dari ASEAN minus Indonesia, 22% dari China-Hong Kong, 17% dari Asia-Pasifik, 14% dari Asia Tengah, MEA, Afrika; dan sisanya dari Eropa dan Australia.

"Sementara wisman ke Indonesia yang transit di bandara Singapura jumlahnya tidak sampai 700 ribu. Artinya peluang kita untuk menggaet wisman yang jumlahnya sekitar 11 juta lebih itu masih terbuka luas," paparnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, sangat mendukung langkah GenWI Singapura yang akan mengenalkan Hot Deals.

"Paket Hot Deals menggabungkan 3A dalam satu paket yang murah, menggunakan excess capacity, atau kapasitas yang tidak terpakai. Saya melihat Singapura memiliki potensi yang sangat besar karena sesungguhnya Singapura bukanlah tourism hub, tapi transportation hub," paparnya.

Menurutnya, transportation hub adalah bagian dari tourism hub. Dengan demikian orang yang datang di Singapura bisa dialirkan ke Indonesia. Saya tak melihat Singapura sebagai pesaing.

"Agar Singapura menjadi Tourism Hub yang kuat, maka kita harus memperkuat VITO Singapura, sebagai marketing intelligence dan marketing channel kita, yang secara rutin bekerja sama dengan travel agent di Singapura. Selanjutnya kita akan memperkuat VITO Kuala Lumpur dan Bangkok," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Badai Michael Beralih Menuju Samudra Atlantik, Pemerintah AS Mulai Berbenah

Posted: 13 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, California - Warga dan petugas penyelamat di Florida, Amerika Serikat serta sejumlah negara bagian di Amerika Tenggara, terus melakukan pemulihan akibat kehancuran yang ditimbulkan Badai Michael. Sisa-sisa angin topan dikabarkan telah beralih menuju Samudra Atlantik.

Sebelum menuju laut, Badai Michael menewaskan sedikitnya 11 orang setelah mencapai daratan pada hari Rabu, 10 Oktober.

Badai ini masuk dalam Kategori 4 di kawasan Panhandle, Florida, dan bertiup ke utara melalui Georgia, South dan North Carolina, serta Virginia sebagai badai tropis.

Petugas darurat telah menjelajahi berbagai wilayah, di mana seluruh rumah dan bangunan rata dengan tanah, untuk mencari para penyitas. Demikian seperti dikutip dari VOA Indonesia, Minggu (14/10/2018).

"Saya perkirakan jumlah korban tewas akan diketahui hari ini," kata Administrator Badan Manajemen Darurat Federal, Brock Long, kepada CNN. "Semoga tidak meningkat dramatis, tetapi kemungkinan demikian."

Para pejabat di Florida, Georgia dan North Carolina, yang masih belum pulih dari terjangan Badai Florence, menyatakan sebelumnya bahwa Badai Michael menewaskan sedikitnya enam orang.

Tetapi jumlah korban tewas disebut telah mencapai 11 orang, sewaktu Departemen Manajemen Darurat Virginia menyatakan lima orang tewas di negara bagian itu, termasuk 4 orang yang tenggelam dan seorang petugas pemadam kebakaran yang merespons permintaan bantuan.

Badai Michael, yang telah diturunkan menjadi kategori pascasiklon tropis, adalah yang tercatat paling kuat yang menerjang kawasan Panhandle dan ke-3 terkuat yang menerjang daratan Amerika.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Kerugian Akibat Badai Michael Diperkirakan Mencapai Rp 121 Triliun

Citra satelit dari NOAA menunjukkan Hurricane Michael (tengah) mendekati daratan Amerika Serikat pada Selasa (9/10). Hantaman Badai Michael disebut sebagai salah satu yang paling dahsyat melanda wilayah barat laut negara bagian Florida, AS. (NOAA via AP)

Sementara itu, sebuah perusahaan asuransi terkemuka di Amerika Utara memperkirakan bahwa badai Michael picu total kerugian hingga US$ 8 miliar, atau setara Rp 121 triliun (kurs Rp 15.181 per dolar AS).

Karen Clark & ​​Company (KCC) yang berbasis di Boston merilis perkiraan tersebut pada Kamis, 11 Oktober 2018. Seluruh total kerugian yang dihitung merupakan kumpulan nilai objek asuransi, seperti perumahan, bangunan komersial, dan otmotif.

Dikutip dari TIME, Jumat 12/ Oktober 2018, nilai itu juga dihitung dari skema kerugian yang dicakup oleh Program Asuransi Banjir Nasional.

KCC memperkirakan bahwa hampir separuh kerugian yang diasuransikan pada terjangan badaiMichael, terjadi di Teluk Florida, termasuk di sebagian pesisir negara bagian Alabama.

Khusus untuk kerusakan total pada benda berasuransi akibat gelombang badai di pesisir, KCC memperkirakan nilainya setinggi US$ 3,7 miliar, atau setara Rp 56 triliun.

Badai Michael mendarat dengan kecepatan angin 249 kilometer per jam, masuk dalam kategori 4, mendekati batas topan paling dahsyat.

Pendaratan badai Michael dilaporkan terjadi pada Rabu sore di wilayah barat laut Florida dan sebagian pesisir tenggara negara bagian Alabama.

Badai itu meninggalkan jejak kehancuran di sepanjang wilayah utara Pantai Barat Florida, melewati sebagian negara bagian Alabama, dan terus melaju ke Georgia ketika kekuatannya melemah menjadi kategori 3.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asian Para Games: Pelatih Sudah Duga Bulu Tangkis Indonesia Bakal Lewati Target

Posted: 13 Oct 2018 08:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Target empat medali emas bulu tangkis Indonesia di Asian Para Games 2018 mampu dilampaui. Atlet pebulu tangkis Indonesia bisa mengumpulkan enam medali emas.

Status juara umum pada cabor bulu tangkis Asian Para Games 2018 memang tak disandang Indonesia. Namun, pencapaian mereka dalam multiajang empat tahunan khusus penyandang disabilitas itu tetap layak diacungi jempol.

Sebelum Asian Para Games 2018 bergulir, National Paralympic Committee (NPC) Indonesia menargetkan empat medali emas. Faktanya, di lapangan para atlet Indonesia mampu merebut enam medali emas, lima perak, dan empat perunggu.

Bahkan, di beberapa nomor sempat terjadi duel sesama Indonesia. Terkait hal itu, Pelatih Kepala Bulu Tangkis NPC Indonesia, Muhammad Nurachman mengaku tak begitu terkejut. Ia sudah menduga bisa terjadi kejutan, tergantung pada apa yang terjadi di lapangan.

"Sebenarnya dari awal memang sudah ada gambaran. Tapi seiring berjalannya dengan latihan yang kami jalankan ada perubahan. Mana yang lebih siap di lapangan, itu yang bisa mendapat medali," ujar Nurachman saat dijumpai di Istora Senayan, Jakarta.

Arah Positif

Rincian enam medali emas yang didapat Indonesia di bulu tangkis Asian Para Games 2018 adalah dari sektor tunggal putra SU5, ganda putra SL3-SL4 Dwiyoko/Fredy Setiawan, ganda putra SU5 Dheva Anrimusthi/Hafizh Briliansyah, ganda putri SL3-SU5 Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah, ganda campuran SL3-SU5 Hary Susanti/Leani, dan beregu putra.

"Targetnya juga tidak terlalu meleset karena yang perak jadi emas atau perunggu jadi emas. Itu lebih ke arah yang positif. Yang namanya permainan, kita tidak bisa menebak. Sekarang main bagus, besok belum tentu menang," kata pria yang juga menjabat sebagai Manajer Kompetisi Asian Para Games 2018 itu.

Dalam daftar lumbung medali Indonesia, bulu tangkis menempati urutan ketiga. Raihan mereka masih kalah dari catur yang secara mengejutkan menyumbang 11 emas. Begitu juga dengan atlet yang meraih enam emas, 12 perak, dan 10 perunggu.

 

*Grab selaku official mobile platform partner juga mendukung Asian Para Games 2018

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lorenzo Utang Budi dengan Marquez di MotoGP, Ada Apa?

Posted: 13 Oct 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Bologna - Jorge Lorenzo secara terang-terangan merasa berhutang budi kepada Marc Marquez. Itu karena juara MotoGP 2017 itu sudah memberi lampu hijau baginya untuk bergabung dengan Repsol Honda musim depan.

Juni lalu, Lorenzo sempat membuat kabar mengejutkan terkait keputusannya untuk menjadi mitra Marquez selama dua musim (2019-2020).Pilihan itu diambilnya setelah ia kehilangan posisi di tim Ducati Corse.

Mengingat keterbatasan tim, Lorenzo akhirnya memilih pinangan Honda setelah pabrikan Jepang itu mengajukan tawaran menarik. Dia pun tak menampik kepindahannya itu berjalan mulus setelah Marquez memberikan lampu hijau dan ia merasa berhutang budi kepada Baby Alien.

"Bagi saya, dia (Marquez) sangat percaya kepada saya, dan tidak ingin menunjukkan kelemahan apa pun. Saya berhutang kepadanya karena dapat bergabung dengan Honda dan saya sangat bersyukur karena saat ini saya menghadapi situasi sulit," kata Lorenzo seperti dikutip Autosport.

Tapi, Lorenzo membantah dia akan pensiun jika Marquez menghalangi langkahnya ke Honda. Pasalnya, ia masih memiliki tawaran lain untuk tetap berada di kejuaraan grand prix MotoGP pada tahun depan, salah satunya dari Petronas Yamaha Sepang Racing.

"Saya ingin tetap membalap, jadi saya akan memilih opsi lain yang masih terbuka. Saya merasa lebih baik dari sebelumnya dan akan disayangkan jika memutuskan berpisah dari MotoGP dalam kondisi tersebut," ujar Lorenzo.

 

 

Ujian Berat

Momen terjatuhnya pembalap Ducati, Jorge Lorenzo pada tikungan pertama MotoGP Aragon 2018. (JOSE JORDAN / AFP)

Jorge Lorenzo tengah mendapat ujian berat sebagai pembalap MotoGP. Betapa tidak, dalam kurun waktu 15 hari, pembalap Ducati Corse itu mengalami dua kecelakaan.

Peristiwa kecelakaan pertama terjadi saat Lorenzo balapan di MotoGP Aragon. Ketika itu, pemilik nomor 99 ini tampil sebagai pembalap terdepan, tapi penampilannya berjalan tak sampai satu putaran. Ini karena kegagalan X-Fuera mengantisipasi gaya balap Marc Marquez saat menaklukkan tikungan pertama.

Akibatnya, Lorenzo terpental dari motornya ketika Marquez menutup laju kecepatan Desmosedici GP18. Setelah mendapatkan penanganan dan pemeriksaan lebih lanjut, pembalap asal Spanyol itu diketahui menderita patah tulang kaki.

Setelah kecelakaan di Aragon, 15 hari kemudian Lorenzo memutuskan kembali mengaspal dalam sesi latihan bebas menjelang MotoGP Thailand. Namum, takdir masih belum memihak kepada mantan joki Movistar Yamaha.

Faktor Usia

Lorenzo kembali mengalami kecelakaan hebat selama menjalani sesi latihan bebas kedua (FP2) di Sirkuit International Chang, Buriram, Thailand. Parahnya, kecelakaan itu kembali menghantam kakinya yang sebelumnya mengalami patah tulang.

Ia akhirnya memutuskan untuk absen balapan di Thailand. Absennya Lorenzo lantas menimbulkan tanda tanya. Mengapa dia tidak melakukan hal yang sama seperti di GP Belanda pada 2013 lalu dengan hanya membutuhkan waktu satu setengah hari untuk pulih dari cedera?

"Ada banyak perbedaan. Pertama adalah usia. Saat itu (2013) saya 25 tahun, tapi sekarang saya 31. Kedua, kali ini saya belum menjalani operasi, dan ketika mereka melakukannya, tulang jauh lebih stabil, dan sekarang saya memiliki patah tulang yang belum diperbaiki," kata Lorenzo dikutip dari Motorsport, Selasa (9/10/2018).

(David Permana)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Atlet Malaysia Puji Antusiasme Masyarakat Indonesia untuk Asian Para Games

Posted: 13 Oct 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pesepeda Malaysia, Mohamad Yusof Hafizi Shaharuddin, memuji masyarakat Indonesia, yang begitu antusias selama ajang Asian Para Games 2018 Jakarta berlangsung.

Seperti dilansir situs resmi Asian Para Games 2018, Yusof Hafizi merasakan dukungan dari publik tuan rumah selama berpartisipasi dalam cabang olahraga balap sepeda di Asian Para Games 2018. Dia merasa Indonesia sukses sebagai tuan rumah.

Jakarta International Velorome, yang menjadi venue pertandingan cabor balap sepeda, juga mendapat pujian. Pertandingan terakhir balap sepeda Asian Para Games 2018 digelar Sabtu (13/10/2018).

Menurut Yusof Hafizi, penonton yang hadir di Velodrome bersorak memberi semangat saat pertandingan berlangsung. Yusof Hafizi menyatakan, hal itu memacu motivasi atlet-atlet Asian Para Games 2018.

Yusof Hafizi menyoroti keramahan dan dukungan penonton Indonesia terhadap atlet yang bersaing. Dia merasa sikap publik Indonesia patut ditiru.

*Grab selaku official mobile platform partner juga mendukung Asian Para Games 2018

 

Merasa Tersanjung

Pebalap sepeda Indonesia, Muhammad Fadli, M Habib dan Losu Marthin, saat beraksi pada Asian Para Games di Velodrome, Jakarta, Kamis (11/10/2018). Tim Indonesia berhasil meraih medali perunggu. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

"Saya senang karena orang Indonesia memberikan dukungan untuk atlet dari semua negara. Saya merasa tersanjung," kata Yusof Hafizi kepada Jakarta Post.

Yusof Hafizi Shaharuddin memenangkan perak dalam kategori 1 km waktu uji C1-3 (gangguan fisik) dengan waktu 1 menit, 13,665 detik, sekitar delapan detik lebih lambat dari peraih medali emas dari China, Li Zhangyu.

 

Nikmati Balapan

"Saya menikmati balapan hari ini. Saya hanya punya satu rintangan dalam lomba: lawan dari Tiongkok terlalu kuat," papar pengendara sepeda berusia 21 tahun itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyanyi Suci Dalam Debu Saleem Iklim Meninggal Dunia

Posted: 13 Oct 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Berita duka datang dari personel band rock Malaysia, Saleem Iklim. Pelantun "Suci Dalam Debu" ini meninggal dunia pada hari ini, Minggu (14/10/2018), sekitar jam enam pagi.

Saleem Iklim meninggal dunia di usia 57 tahun. Dilansir dari My Metro, kabar duka ini dibenarkan langsung oleh istri mendiang.

Sebelum meninggal, Saleem Iklim mendapat perawatan medis di ICU akibat kecelakaan sepeda motor yang ia alami pada 20 September lalu.

Akibat kecelakaan ini, 12 tulang rusuk Saleem Iklim patah. Salah satunya bahkan menusuk paru-parunya.

Pria yang memiliki nama lengkap Am Saleem Abd Majeed ini dikenal di Indonesia sebagai vokalis Iklim, yang cukup populer pada tahun 90-an. Diketahui dari Instagram mendiang, pada 2015 Iklim sempat reuni kembali setelah vakum selama 11 tahun lamanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Catur dan Bulu Tangkis Penyumbang Emas Terbanyak di Asian Para Games

Posted: 13 Oct 2018 08:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Indonesia menjadi juara umum catur pada Asian Para Games 2018. Tuan rumah merebut 11 medali emas dari cabang olahraga yang baru pertama kali dipertandingkan pada ajang penyandang disabilitas terbesar di Asia ini.

Torehan tersebut menempatkan catur sebagai salah satu cabor penyumbang emas terbanyak bagi Indonesia di Asian Para Games.

Catur kini bersanding bersama bulu tangkis. Dengan tambahan enam emas pada event tahun ini, atlet Indonesia juga sudah 11 kali menempati podium tertinggi pada cabor tepok bulu itu.

Bulu tangkis sebelumnya menjadi penyumbang emas pertama Indonesia pada Asian Para Games 2010 di Guangzhou. Adalah ganda putra Hary Susanto dan Trihono yang berjaya di nomor ganda putra STL1-3.

Setelah itu atlet bulu tangkis Indonesia merebut empat emas pada Asian Para Games 2014 di Incheon.

*Grab selaku official mobile platform partner juga mendukung Asian Para Games 2018

Cabor Lain

Menyusul kemudian para renang, para atletik, dan tenis meja dengan masing-masing enam emas. Para renang menghasilkan tiga emas di Incheon 2014. Atlet Indonesia kemudian mempertahankan kinerja empat tahun berselang.

Para atletik merebut enam emas seluruhnya pada ajang tahun ini. Sedangkan tenis meja menghasilkan dua emas di di Incheon 2014 dan empat emas di Jakarta 2018.

Cabor Penyumbang Emas

Catur (11 emas)

Bulu Tangkis (11 emas)

Para Renang (6 emas)

Para Atletik (6 emas)

Tenis Meja (6 emas)

Lawn Bowls (5 emas)

Balap Sepeda (1 emas)

Tenpin Bowling (1 emas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ramai-Ramai Galang Dana untuk Korban Gempa Palu di CFD Bundaran HI

Posted: 13 Oct 2018 08:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat dari berbagai elemen berlomba-lomba menggalang donasi untuk korban gempa-tsunami di Kota Palu dan sekitarnya. Aksi kemanusiaan itu digelar dengan memanfaatkan ajang car free day (CFD) di Jakarta, Minggu (14/10/2018).

Berbagai kreasi dan inovasi ditampilkan untuk menarik perhatian masyarakat agar bersedia menyisihkan sebagian hartanya untuk sesama. Mulai dari aksi jenaka kelompok badut hingga aksi menegangkan komunitas pecinta olahraga ekstrem.

Para penghibur yang tergabung dalam Paguyuban Seniman Badut Indonesia (Pasbi) memiliki cara tersendiri saat menggalang dana bantuan kemanusiaan tersebut. Selain menampilkan atraksi-atraksi jenaka, mereka juga membagi-bagikan balon yang bisa dibentuk kepada anak-anak.

"Aksi ini kami lakukan setiap hari Minggu di sela-sela kesibukan kami bekerja. Ini juga dilakukan teman-teman Pasbi di daerah," ujar Wakil Ketua Pasbi Jakarta Barat, Ilung di lokasi.

Dana yang terkumpul langsung disalurkan ke Kota Palu, Kabupaten Donggala, Sigi, dan Parigi Moutong yang terdampak bencana gempa-tsunami. "Kebetulan ada anggota Pasbi juga yang di Palu, jadi begitu dana terkumpul langsung kami kirimkan," katanya.

 

Siswa dan Mahasiswa

Galang Dana untuk Korban Gempa Palu di CFD. (Liputan6.com/Nafiysul Qodar)

Penggalangan dana ini juga dilakukan oleh sejumlah siswa dan mahasiswa dari berbagai kampus di Jakarta. Ormas dan kelompok relawan kemanusiaan juga tak mau ketinggalan melakukan aksi serupa di kawasan CFD.

Aksi kemanusiaan yang tak kalah menyita perhatian masyarakat dilakukan oleh komunitas pecinta olahraga ekstrem, tricking. Sekelompok anak muda itu terlihat asyik melakukan gerakan-gerakan ekstrem, mulai dari salto, jungkir balik, hingga tendangan memutar.

Tricking terbilang baru di Indonesia. Olahraga ini merupakan kombinasi antara seni bela diri, gymnastic, dan breakdance. Tricking sudah cukup terkenal di luar negeri dan menjadi alternatif olahraga yang digandrungi anak-anak muda.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rekor Dunia Tercipta di Pentas Asian Para Games 2018, Apa Saja?

Posted: 13 Oct 2018 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Prestasi membanjiri sepanjang perhelatan Asian Para Games  2018. Terbukti, sebanyak 69 rekor Asia, 274 rekor Asian Para Games, dan 18 rekor dunia bisa dipecahkan pada event yang berlangsung 6-13 Oktober 2018 tersebut. Menurut situs resmi Asian Para Games, beberapa atlet Indonesia hadir menggoreskan sejarah tersebut.

Beberapa di antaranya Abdul Halim Dalimunte (para atletik), Rica Oktavia (para atletik), Marinus Melianus Yowei (para renang), dan Sapto Yogo Purnomo (para atletik).

Namun, capaian terbesar tetap tertuju kepada para pemecah rekor dunia. Atlet Tiongkok mendominasi dengan delapan di antaranya menjadi pemegang angka tertinggi.

Beberapa di antaranya adalah Tan Yujiao (para angkat berat) dan Mi Na (para atletik). "Rekor sudah dipecahkan sebelum kompetisi dimulai. Tapi banyak prestasi juga dicapai sepanjang Asian Para Games. Komunitas paralimpik Asia sangat bangga atas capaian ini," kata Presiden Asian Paralympic Committee Majid Rashed.

Atlet para renang Uzbekistan, Fotimakhon Amilova memecahkan rekor dunia di Asian Para Games 2018 (Inapgoc)

Namun sorotan juga perlu ditujukan kepada atlet putri asal Uzbekistan, Fotimakhon Amilova. Dia memecahkan dua rekor dunia dari cabor para renang.

Amilova menggoreskan waktu terbaik baru dari nomor 200 meter gaya ganti SM13 dan 100 meter gaya dada SB13.

Berikut daftar lengkap pemecah rekor dunia di Asian Para Games 2018:

Para Renang

Fotimakhon Amilova (Uzbekistan)

200 meter gaya ganti SM13 putri

100 meter gaya dada SB13 putri

 

Tim putra Jepang

100 meter estafet S14

 

Para Angkat Berat

Guo Lingling (Tiongkok)

Kelas mencapai 45 kg putri

 

Tan Yujiao (Tiongkok)

Kelas mencapai 67 kg putri

 

Roohallah Rostami (Iran)

Kelas mencapai 72 kg putra

 

Xu Lili (Tiongkok)

Kelas mencapai 79 kg putri

 

Ye Jixiong (Tiongkok)

Kelas mencapai 88 kg putra

 

Sodnompiljee Enkhbayar (Mongolia)

Kelas mencapai 107 kg putra

 

Para Atletik

Sandeep (India)

Lempar lembing F42-44 putra

 

Mi Na (Tiongkok)

Llempar cakram F37/38 putri

 

Zhao Yuping (Tiongkok)

Lempar lembing F12/13 putri

 

Abdul Latif (Malaysia)

Lompat jauh T20 putra

 

Mohamad Ridzuan (Malaysia)

100 meter T36 putra

 

Ahmad Hindi (Yordania)

Tolak peluru F34 putra

 

Zou Lijuan (Tiongkok)

Lempar lembing F33/34 putri

 

Menembak

Narwal Manish (India)

50 meter free pistol mixed

 

Zhang Cuiping (Tiongkok)

10 meter air rifle standing putri

Grab selaku Official Mobile Platform Partner Asian Para Games 2018 juga berkomitmen menyukseskan pagelaran Asian Para Games dengan kembali mengusung tema "Kemenangan Itu Dekat."

 

Layanan Grab selama Asian Para Games 2018.

Grab berpartisipasi diantaranya dengan penyediaan layanan fasilitas Grab Gerak dan Golf Car yang bertujuan memudahkan mobilisasi para pengunjung disabilitas dan atlet Asian Para Games ke Gelora Bung Karno dan tentunya driver transportasi khusus  tersebut pun telah diberikan pelatihan dan sertifikat.

(Adv)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Goyang AOA Bikin Panas Penutupan Asian Para Games 2018

Posted: 13 Oct 2018 08:33 PM PDT

Girlband K-Pop, AOA tampil pada upacara penutupan Asian Para Games 2018 di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Sabtu (13/10). AOA tampil membawakan lagu I'm Jelly Baby, Bingle Bangle, Excuse Me, dan Heart Attack. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Girlband K-Pop, AOA tampil pada upacara penutupan Asian Para Games 2018 di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Sabtu (13/10). AOA tampil membawakan lagu I'm Jelly Baby, Bingle Bangle, Excuse Me, dan Heart Attack. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Girlband K-Pop, AOA tampil pada upacara penutupan Asian Para Games 2018 di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Sabtu (13/10). Penampilan AOA membuat penonton penutupan Asian Para Games 2018 bergoyang. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Girlband K-Pop, AOA tampil pada upacara penutupan Asian Para Games 2018 di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Sabtu (13/10). Penampilan AOA membuat penonton penutupan Asian Para Games 2018 bergoyang. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Girlband K-Pop, AOA tampil pada upacara penutupan Asian Para Games 2018 di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Sabtu (13/10). AOA tampil membawakan lagu I'm Jelly Baby, Bingle Bangle, Excuse Me, dan Heart Attack. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Girlband K-Pop, AOA tampil pada upacara penutupan Asian Para Games 2018 di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Sabtu (13/10). AOA tampil membawakan lagu I'm Jelly Baby, Bingle Bangle, Excuse Me, dan Heart Attack. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Girlband K-Pop, AOA tampil pada upacara penutupan Asian Para Games 2018 di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Sabtu (13/10). Penampilan AOA membuat penonton penutupan Asian Para Games 2018 bergoyang. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Girlband K-Pop, AOA tampil pada upacara penutupan Asian Para Games 2018 di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Sabtu (13/10). Penampilan AOA membuat penonton penutupan Asian Para Games 2018 bergoyang. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Produk Indonesia Ikut dalam Festival Belanja Online Terbesar di Tiongkok

Posted: 13 Oct 2018 08:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Lima produk Indonesia bakal terpajang pada festival belanja online terbesar di Tiongkok bertajuk "Festival 11.11 Singles Day". Kelima produk tersebut, yakni Mooi Luwat, Biskuit Richeese, kerupuk udang, Indomie Goreng dan Sarang Burung Walet. 

Keikutsertaan produk buatan Indonesia merupakan hasil kesepakatan Pertemuan Steering Committee E-Commerce Indonesia dengan Jack Ma, selaku Penasehat E-Commerce Indonesia di sela-sela Pertemuan IMF-Bank Dunia di Bali.

Hadir dalam pertemuan yang dipimpin Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, adalah Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Ketua Dewan Komisaris OJK Wimboh Santoso dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf serta Ketua Kadin Rosan P Roeslani.

"Hal ini merupakan awal dari kerja sama yang saling menguntungkan di masa yang akan datang. Ke depan produk-produk andalan lainnya sudah mulai dipromosikan di Indonesia Pavilion," Mengutip keterangan Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) untuk Tiongkok di Jakarta, Minggu (14/10/2018).

Pertemuan juga membahas tindak lanjut hasil pertemuan Presiden RI dengan Jack Ma dan pertemuan dengan SC E-Commerce Indonesia di Bogor dan Jakarta awal September 2018.

KBRI menyebutkan jika terpilihnya kelima produk tersebut terkait kesiapan stok 1 juta paket saat pelaksanaan festival. Produk ini juga telah teregistrasi pada platform Alibaba (khususnya Tmall) serta telah memiliki dukungan supply chain yang baik untuk antisipasi terjadinya peningkatan permintaan ekspor yang signifikan.

Selain itu, produk-produk tersebut sudah ada dan siap dijual di Tiongkok yang diharapkan dapat memberikan dampak berganda ke merek asli produk Indonesia lainnya di segmen tersebut.

 

Ajang Promosi

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara bersama Jack Ma. Dok KBRI

Rencananya, kelima produk itu akan dipromosikan dalam T-Mall Global Indonesia Country Pavilion yang segera diluncurkan dalam waktu dekat, bersamaan dengan dimulainya rangkaian Festival 11.11 Singles.

Serangkaian kegiatan promosi untuk produk Indonesia di Pavillion tersebut  akan dilakukan  Alibaba Group bekerja sama dengan KBRI Beijing, Indonesia Chamber of Commerce in China (INACHAM) dan para pemangku kepentingan terkait lainnya khususnya Kadin.

Kedepan produk-produk andalan lainnya sudah mulai dipromosikan di Indonesia Pavilion.

Selain menjadi platform untuk promosi berbagai produk ekspor Indonesia di Tiongkok, Country Pavilion ini juga akan berisi konten promosi budaya dan pariwisata Indonesia kepada konsumer Tiongkok.

Festival 11.11 Singles Day Alibaba Group berhasil mencatat rekor penjualan sebesar RMB 162 miliar (sekitar USD 25,3 miliar) pada 2017.

Pada tahun ini, selain partisipasi produk Indonesia pada Festival 11.11 Singles Day, Indonesia juga akan menjadi Country of Honor dalam pameran China International Import Expo (CIIE) Shanghai pada November mendatang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sheila On 7 Tolak Manggung Kampanye

Posted: 13 Oct 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Grup band Sheila On 7 (SO7) kembali digandrungi, setelah cukup lama vakum. Beberapa konsernya pun dipadati para penggemar baik itu generasi 1990 an maupun milenial.

Lantaran itu, Sheila On 7 dilirik untuk pesta demokrasi 2019 yang segera berlangsung. Mereka ingin melakukan pendekatan melalui musik.

Sayangnya, Eross Candra, salah satu personel Sheila On 7 telah berkomitmen untuk tidak terlibat panggung kampanye.

"Enggak pernah terima (panggung kampanye). Sebab, kita enggak mau ada fans Sheila On 7 yang memilih calon presiden atau partai atau apapun karena pilihan Sheila On 7. Kita belum siap untuk tanggung jawab itu," kata Eross Candra, di sela acara Gitaris Indonesia Peduli Negeri di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

 

Netral

Eross Candra SO7 (Andy Masela/Bintang.com)

Sheila On 7 mengaku pada 2019 nanti, pihaknya akan netral tanpa intervensi politik. Mereka tak ingin para penggemarnya memilih wakil rakyat berdasarkan pilihan idola.

"Kita juga belum tahu ini (politik) seperti apa. Jadi, kita pengin sama-sama mencari tahu si calon itu. Jadi, ketika dia memilih dengan hati nuraninya, bukan karena idolanya," lanjut Eross.

 

Berjalan Aman

(Adrian Putra/Bintang.com)

Gitaris Sheila On 7 itu juga berharap bahwa pesta demokrasi nanti akan berjalan dengan aman dan damai.

Harapannya, siapapun pemimpinnya tidak malah merugikan rakyat dan mengedepankan kepentingan pribadi atau kelompoknya. (JawaPos.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

UGM: Ancaman Drop Out Bagi Mahasiswa Gelar Seminar Sudirman Said Tak Benar

Posted: 13 Oct 2018 08:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Guru Besar Hukum Pidana Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada (UGM) Eddy OS Hiariej menganggap kabar mengenai adanya ancaman drop out (DO) terhadap mahasiswa di Fakultas Peternakan yang menggelar seminar kebangsaan dengan pembicara 2 eks menteri, Sudirman Said dan Ferry Mursyidan Baldan sebagai bentuk kebohongan.

"Tidaklah mungkin UGM sebagai institusi berintegritas yang reputasinya telah mendunia melakukan intimidasi akademik," kata Eddy Hiariej dalam keterangan yang diterima, di Jakarta, Minggu (14/10/2018).

Dia juga menjelaskan bahwa dirinya telah mengkonfirmasi kejadian pembatalan seminar kepada Dekan Fakultas Peternakan Prof Dr Ir Ali Agus DEA.

"Peternakan sangat tepat dalam menjaga kenetralan UGM sebagai institusi akademik," kata Guru Besar UGM ini pula.

Menurut dia, UGM merupakan lembaga pendidikan yang menjunjung tinggi kebebasan dan etika akademik.

"Kampus adalah institusi independen yang nonpartisan, namun tidak tabu berbicara politik," kata Eddy seperti dilansir dari Antara. 

 

Sikap UGM Netral

Universitas Gajah Mada (UGM). (Liputan6.com/Switzy)

Dalam konteks kontestasi Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Umum Legislatif 2019, Eddy Hieriej menyatakan, UGM sebagai institusi pendidikan sejak Pemilu 1999 telah menunjukkan kenetralannya.

Ketika Prof Ichlasul Amal Rektor 1998-2002, justru mengadakan Dialog Nasional untuk mengundang semua parpol menyampaikan visi-misi. Demikian pula dalam Pilpres 2004, Prof Sofian Effendi sebagai Rektor mengizinkan debat calon presiden secara berimbang," ungkap dia.

Dia mengatakan kalau memang ingin menggalang dukungan dari kalangan kampus hendaklah menggunakan cara-cara yang beradab dan beretika secara jujur dan terbuka untuk mengadakan suatu debat publik secara berimbang dengan menhadirkan juga pasangan calon lainnya, sehingga visi-misi sari para kandidat dapat dinilai secara ilmiah.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Atlet 8 Negara Ini Pecahkan Rekor Dunia di Asian Para Games 2018

Posted: 13 Oct 2018 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Asian Para Games 2018 Jakarta menjadi ajang pemecahan rekor bagi sejumlah atlet. Beberapa rekor dunia sukses terpecahkan selama Asian Para Games 2018.

Ajang multievent olahraga untuk penyandang disabilitas ini berlangsung 6-13 Oktober 2018. Seluruh atlet berjuang untuk mengharumkan nama negara mereka di kancah Asia.

Terdapat atlet dari delapan negara yang sukses mengukir prestasi dengan memecahkan rekor di Asian Para Games 2018. Delapan negara tersebut ialah Uzbekistan, Jepang, China, Iran, Mongolia, India, Malaysia, dan Yordania.

Dari Uzbekistan, Fotimakhon Amilova memecahkan dua rekor dunia di cabang renang nomor 200 meter gaya ganti perseorangan SM13 dan 100 meter gaya dada SB13.

Jepang diwakili oleh tim estafet renang yang memperbarui rekor dunia di nomor estafet gaya bebas 4×100 meter campuran S14.

Tiongkok merupakan kontingen yang menjadi juara umum di Asian Para Games 2018. Mereka jadi negara yang menyumbang atlet pemecah rekor dunia terbanyak di ajang ini.

Dari cabang para powerlifting ada Guo Lingling (kelas 45 kg putri), Tan Yujiao (61 kg putri), Xu Lili (79 kg putri), dan Ye Jixiong (88 kg putra). 

*Grab selaku official mobile platform partner juga mendukung Asian Para Games 2018

 

Perbarui Rekor

Asian Para games 2018

Tiongkok juga memiliki beberapa atlet pemecah rekor dunia di cabang olahraga para atletik. Mereka adalah Mi Na (lempar cakram putri F37/38), Zhao Yuping (lempar lembing putri F12/13), dan Zou Lijuan (lempar lembing putri F33/34).

Atlet pemecah rekor dunia asal Iran adalah Rostami Roohallah di cabang para powerlifting 72 kg putra. Dari Mongolia adalah Sodnompiljee Enkhbayar di cabang para powerlifting 107 kg putra.

India diwakili Sandeep Sandeep, yang memperbarui rekor dunia lempar lembing putra F42-44/61-64. Sementara itu, ada dua atlet Malaysia yang mampu memperbarui rekor dunia.

Rekor Dunia

Keduanya atlet cabang olahraga para atletik, yaitu Abdul Latif (lompat jauh putra T20) dan Mohamad Ridzuan (lari 100 meter putra T36).

Dari Yordania, atlet pemecah rekor dunianya adalah Ahmad Hindi, yang mencapai prestasi di cabang olahraga para atletik, tepatnya di nomor tolak peluru putra F34.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Parkir Aneh untuk Mencegah Baret, Pemilik Mobil BMW Jadi Bulan-bulanan Netizen

Posted: 13 Oct 2018 08:07 PM PDT

Liputan6.com, London - Di kota besar di beberapa negara maju di dunia, lahan parkir memang sangat sulit ditemukan. Jika pun ada, kemungkinan tarifnya akan sangat mahal.

Di tengah sulitnya mencari lahan parkir, seseorang pemilik mobil sedan mewah asal Jerman, BMW, menjadi bulan-bulanan para netizen di negeri Ratu Elizabeth.

Bagaimana tidak satu mobil BMW M Series tertangkap kamera parkir di antara garis dua slot lahan parkir.

Parahnya, sang pemilik mobil rupanya membeli dua tiket parkir sekaligus, dan tiket itu pun disimpannya di antara dashboard kanan dan dashboard kiri.

Dilansir Autoevolution, Jumat (12/10/2018), aksi pengemudi membeli dua tiket dan parkir di dua slot parkir diperkirakan agar mobilnya tetap aman alias tak tergores mobil lainnya ketika hendak membuat pintu.

Hal ini membuat sejumlah orang geram dan mengecam sang pemiliknya karena sangat egois dan tak mau berbagi.

Namun begitu, ternyata ada juga yang membelanya. Hal ini karena pemilik mobil BMW itu membeli dua tiket parkir sekaligus.

Mobil Tak Punya Garasi Siap-Siap Kena Derek

Ratna Sarumpaet tak terima mobilnya diderek Dishub. (Sumber Foto: Twitter)

Dalam komplek perumahaan atau wilayah pemukiman, selalu ada saja pemilik mobil menyebalkan yang parkir sembarangan. Alasannya beragam, mulai dari tidak memiliki garasi, mobil terlalu banyak, dan masih banyak lagi alasan yang bikin kesal tetangga lain.

Namun, saat ingin dilaporkan, pasti ada perasaan tidak enak dan khawatir menimbulkan perselisihan antar tetangga. Melihat hal tersebut, Suku Dinas Pehubungan (Sudinhub) Jakarta Timur memiliki layanan inovasi pengaduan parkir liar, yang disebut  Sistem Informasi Pelaporan Parkir Liar Berbasis Aplikasi (Siparlibasi).

Dengan aplikasi ini, warga Jakarta Timur dan untuk saat ini khususnya di wilayah kecamatan Jatinegara, bisa melaporkan tetangga yang parkir sembarangan dengan identitas yang dirahasiakan.

"Setelah menerima pengaduan, tim akan bergerak dan melakukan tindakan di wilayah yang diadukan oleh warga," jelas Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Sudinhub Jakarta Timur Slamet Dahlan, saat dikonfirmasi Liputan6.com melalui sambungan telepon, belum lama ini.

Lanjut Dahlan, untuk di wilayah perumahan atau pemukiman, tim dari Sudinhub Jakarta Timur memang akan melakukan tindakan persuasif. Namun, jika tidak digubris dan sudah dikomunikasikan dengan pejabat setempat seperti RT, RW, dan Lurah, akan dilakukan penindakan yang lebih tegas.

"Jika masih nekat, ya kita lakukan tindakan preventif (penderekan). Tidak butuh waktu lama, dan secepatnya jika memang masih nekat parkir sembarangan," tegas Dahlan.

Sementara itu, aturan pemilik mobil harus memiliki garasi sendiri memang sudah diatur dalam Peraturan Daerah Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Transportasi, Pasal 140. Pemprov DKI Jakarta mewajibkan tiap pemilik mobil di Jakarta juga memiliki garasi. Hal tersebut sesuai dengan Perda Nomor 5 Tahun 2014 Pasal 140 tentang pembatasan kendaraan bermotor.

Sanksi yang diberikan adalah penderekan bagi mobil yang parkir di jalan raya gang masuk kawasan larang parkir. Adapun untuk syarat membeli mobil, pemda DKI akan berkoordinasi dengan kepolisian agar tidak menerbitkan STNK bila pemilik tidak memiliki garasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Banyak yang Tahu, Hobi Ngupil Ternyata Bisa Berbahaya

Posted: 13 Oct 2018 08:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mengupil mungkin menjadi hal yang biasa dilakukan oleh banyak orang. Meski tujuannya mampu membersihkan kotoran dan debu yang menmpel di lubang hidung, namun kalau hal ini keseringan terjadi malah menyebabkan timbulnya penyakit yang berbahaya.

Bedasarkan sebuah penelitian yang dilakukan ilmuwan Inggris, ternyata mengupil dengan tangan kotor saat mengupil punya potensi untuk menyebabkan pneumonia.

Laporan yang dimuat oleh AFP menyebutkan, tangan kita yang kotor dapat berisiko memiliki bakteri pneumokokus, penyebab dari pneumonia. Jika diabaikan penyakit ini dapat menjadi serius dan mematikan, serta dapat tersebar melalui udara ketika batuk dan bersih.

"Studi ini telah menunjukkan bahwa tangan dapat menyebarkan bakteri melalui benda-benda seperti ponsel atau mainan anak-anak juga bisa meningkatkan penye aran bakteri ini," ujar Victoria Connor, peneliti klinis di Liverpool School of Tropical.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

Bisa dihindari jika menjaga kebersihan

Jangan heran kalau kamu bertemu orang-orang yang suka ngupil di depan umum. Mungkin mereka dari zodiak-zodiak ini. (Via: wowreads.com)

Penelitian ini dibuktikan ketika para tim peneliti mengujinya pada relawan yang merupakan orang dewasa. Tim sengaja menaruh bakteri di tangan para relawan dan disuruh melakukan sejumlah tugas mulai mengendus sampai dengan mengupil.

Ternyata bakteri itu bisa masuk ke dalam tubuh dengan cara demikian. Memang terdengar aneh untuk membuat anak dan orang dewasa berhenti mengupil atau menggosok hidung mereka. Namun cara yang efektif untuk mengurangi penyebaran bakteri ini yakni dengan memastikan tangan kita tetap bersih.

"Memastikan kebersihan tangan dan membersihkan barang mungkin akan mengurangi transmisi dan mengurangi risiko terkena infeksi," tambah Victoria.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Duel Maut Petani Garut Berujung Penyesalan

Posted: 13 Oct 2018 08:02 PM PDT

Liputan6.com, Garut - Jajaran kepolisian resort Garut, Jawa Barat berhasil meringkus R (80), pelaku pembunuhan sesama petani asal Pasirwangi, Garut kurang dari 24 jam pasca kejadian berlangsung.

Tersangka terlibat duel maut dengan Omas (54) kerabatnya sendiri, hingga akhirnya meregang nyawa, setelah sebelumnya rebutan sumber air yang mengaliri lahan pertanian mereka.

"Tersangka dijerat pasal 338 KUHP, dengan ancaman 15 tahun," ujar Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna, Sabtu 13 Oktober 2018.

Menurut Budi, peristiwa berdarah yang masih bertalian darah antara korban dan pelaku itu, terjadi Kamis (11/10/2018) di Kampung Barukai, Karyamekar, Kecamatan Pasirwangi. Pelaku dan korban sebelumnya sempat beradu mulut. Sampai akhirnya pelaku nekat menghabisi nyawa korban.

"Pelaku marah karena korban menyumbat saluran air yang masuk ke lahan pertanian tersangka," ujar Budi.

Awalnya pelaku sempat mendatangi korban yang tengah berada di kebun sebelahnya, hingga akhirnya terjadi perang mulut yang berujung duel maut antar keduanya.

"Pelaku yang kebetulan membawa senjata tajam menghujami korban hingga terkapar," papar Budi.

Korban yang telah berlumuran darah akibatnya banyaknya luka sabetan di lengan, pundak, kepala, dan perut ditinggalkan dekat saluran air yang mereka perebutkan. Sementara pelaku melarikan diri ke rumahnya yang tidak jauh dari lokasi kejadian.  

Polisi yang telah mendapatkan informasi langsung melakukan pengejaran hingga akhirnya pelaku tertangkap di tempat tinggalnya. Sementara korban meninggal dunia dalam perjalanan saat dibawa ke rumah sakit.

Dalam penjelasannya R (80) mengaku menyesal atas kelakuan keji yang telah menghabisi adik iparnya itu. "Ini kesalahan saya, khilaf," ujarnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: