Senin, 22 Oktober 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


VIDEO: Irwandi Yusuf Bantah Kirim Uang untuk Istri Keduanya

Posted: 22 Oct 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Aceh non-aktif Irwandi Yusuf membantah dirinya mengirim uang kepada istri keduanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Libas Snapchat, Instagram Kini Jadi Medsos Idaman Milenial

Posted: 22 Oct 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Instagram dan Snapchat bisa dikatakan menjadi rival berat untuk urusan konten Stories.

Pada kenyataannya, justru Snapchat lebih dulu yang menjadi penggagas konten berbagi foto dan video singkat berdurasi 15 detik.

Namun di Amerika Serikat (AS), popularitas Snapchat kian tergerus.

Menurut laporan survei lembaga Pipper Jaffray yang dikeluarkan belum lama ini, Instagram ternyata lebih mendominasi pengguna milenial di Negeri Paman Sam ketimbang Snapchat.

Survei tersebut, sebagaimana dikutip laman Business Insider, Selasa (23/10/2018), ditujukan ke lebih dari 8.600 responden remaja dari 48 negara bagian terkait penggunaan media sosial (medsos).

Hasilnya, 85 persen responden mengaku menggunakan Instagram sebagai medsos untuk mengakses tren fashion, hiburan, serta teknologi.

Meski begitu, baik Instagram dan Snapchat tetap menjadi dua medsos yang paling banyak digunakan kalangan anak muda AS.

Sementara Facebook dan Twitter perlahan mulai ditinggalkan pengguna dan menjadi medsos yang lebih digandrungi pengguna dewasa.

Kalah Bersaing dengan Instagram, Snapchat Siap Perkenalkan Fitur Baru

Ilustrasi  Instagram (iStockPhoto)

Tak sepopuler ketika meluncur di pasaran pada September 2011, Snapchat dikabarkan bakal memperkenalkan sebuah fitur baru untuk meningkatkan jumlah pengguna, khususnya gamer.

Rencananya, perusahaan besutan Evan Spiegel itu akan memperkenalkan gaming hub-nya pada akhir 2018 ini.

Untuk merealisasikan rencananya, perusahaan sudah melakukan pendekatan untuk bekerja sama dengan sejumlah penerbit gim.

Dikutip dari laman Ubergizmo, Senin (2/7/2018), Snap akan menambahkan fitur gaming hub itu langsung ke dalam aplikasi, dan bisa memberikan pengalaman bermain gim yang unik kepada pengguna.

Nantinya, Snapchat akan berfungsi sebagai 'tuan rumah' bagi pengguna yang sudah mengunduh gim dari toko aplikasi di dalam aplikasi pesan singkat tersebut.

Laporan itu juga menyebutkan, Snapchat sudah mengembangkan fitur ini lebih dari setahun, dan akusisi PlayCanvas terkait erat dengan fitur baru ini.

Sekadar informasi, PlayCanvas memang dikenal sebagai perusahaan yang membuat software untuk mengembangkan gim mobile.

Terkait kabar ini, Snap, masih belum memberikan pernyataan resmi tentang fitur baru yang akan hadir di Snapchat.

Facebook Kerap Sontek Snapchat, Sang Pendiri Tersanjung

Evan Spiegel (AP Photo/Jae C. Hong, File)

Sudah bukan rahasia lagi kalau Facebook kerap ketahuan menyontek fitur yang dimiliki Snapchat. Meski tak mengaku menyontek, fitur Snapchat kini sudah hadir di Instagram--yang notabene sudah menjadi milik Facebook. 

Kendati demikian, hal mengejutkan keluar dari pernyataan CEO Snapchat, Evan Spiegel, terkait hal tersebut. Dalam acara tahunan Code Conference Recode baru-baru ini, Spiegel mengaku dirinya ternyata tak masalah fitur layanannya disontek Facebook.

Ia mengaku tersanjung karena Facebook meniru fitur yang ada di layanannya. Lebih lanjut ia menuturkan, meski Facebook meniru fitur populer yang ada di platform-nya, bukan berarti perusahaan yang dipimpin Mark Zuckerberg itu lebih unggul.

Snapchat bukan hanya sekadar fitur, platform ini memiliki dasar filosofis yang melawan media sosial tradisional," tuturnya seperti dikutip dari Recode, Rabu (30/5/2018).

Ia pun menyebut layanan semacam Snapchat yang membuat media sosial tradisional merasa terancam.

Spiegel menuturkan, pada dasarnya seseorang tak senang berkompetisi dengan temannya untuk mendapatkan 'Likes' dan perhatian. Hal itu, menurutnya, merupakan hal yang tak begitu menyenangkan dan bagus.

Karena itu, Snapchat memilih untuk tidak memiliki fitur 'Likes' semacam itu. Suami Miranda Kerr ini mengaku sejak awal mendorong Snapchat sebagai platform komunikasi ketimbang sekadar berbagi dengan orang banyak.

Nilai ini, menurut Spiegel, berbeda dari format yang dimiliki Facebook sebagai sebuah media sosial. Hal ini pula yang membuat Snap masih bisa bertahan, meski Facebook dapat meniru fitur yang dimiliki layanannya.

"Pada dasarnya, sangat sulit bagi mereka (Facebook) untuk mengubah DNA-nya, yakni membuat orang berkompetisi dengan orang lain secara online untuk mencari perhatian. Nilai kami sangat sulit ditiru," tutur ayah satu anak tersebut.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

GP Ansor: Silakan Proses Hukum Anggota Banser Pembakar Bendera Mirip HTI

Posted: 22 Oct 2018 10:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas menyatakan, pihaknya akan menyerahkan pada hukum yang berlaku bilamana ada pihak yang merasa dirugikan terkait aksi anggota Banser yang membakar bendera mirip HTI. Hal ini merespons langkah Polri yang akan memproses hukum aksi vandalistis tersebut.

"Ini negara hukum, siapa pun yang merasa dirugikan oleh tindakan orang lain, silakan diproses hukum," tegas Yaqut saat berbincang dengan Liputan6.com, Selasa (23/10/2018).

Yaqut mengatakan, pihaknya tidak akan menghalang-halangi kelompok atau individu yang akan melaporkan aksi anggota Banser di Garut yang membakar bendera mirip HTI.

"Silakan dilaporkan, kami tidak akan menghalang-halangi. Kami taat pada proses hukum," ujar Yaqut.

Meski demikian, bila aksi tersebut berujung pada pemolisian maka pihaknya akan menyiapkan bantuan hukum."Akan kami dampingi untuk bantuan hukumnya," kata Yaqut.

Mabes Polri memastikan pihaknya memproses hukum kasus pembakaran bendera mirip organisasi terlarang Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) di Garut, Jawa Barat yang viral. Langkah tersebut dilakukan untuk mencegah gesekan antarkelompok.

"Kita tindak secara hukum agar dapat menenangkan atau menetralkan situasi kondusif secara umum," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo melalui keterangan tertulis, Jakarta, Selasa (23/10/2018).

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Amankan Sejumlah Saksi

Anggota Banser NU meneriakkan yel yel jelang mengikuti Apel Kebangsaan di Perkemahan Ragunan, Jakarta, Selasa (18/4). Apel ini bertema Memperteguh Semangat Kebangsaan, Membawa Khazanah Islam untuk Perdamaian Dunia. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Kepolisian, kata Dedi, telah memeriksa dan mengamankan sejumlah saksi terkait kasus tersebut. Selain itu, kepolisian juga menurunkan atau men-take down video pembakaran berita yang viral di media sosial.

Berdasarkan catatan kepolisian, insiden pembakaran bendera mirip HTI itu dilakukan oleh oknum anggota Banser saat peringatan Hari Santri Nasional di Lapangan Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut, Jawa Barat pada Senin 22 Oktober 2018 sekira pukul 09.30 WIB.

Acara tersebut diikuti oleh sekitar 4.000 santri dari wilayah Garut Utara. Insiden pembakaran itu sempat direkam dan videonya viral beberapa jam pasca-kejadian hingga menimbulkan kontroversi di masyarakat.

Kepolisian dipimpin Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna langsung mendatangi lokasi kejadian. Selain melakukan penyelidikan, polisi juga mengumpulkan tokoh-tokoh untuk mengajak seluruh masyarakat agar menjaga situasi tetap tenang.

"Sampai dengan saat ini situasi di Kabupaten Garut pascakejadian tersebut dalam keadaan aman dan kondusif," ucap Dedi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Menhan Ryamizard Terima Kunjungan Menhan India

Posted: 22 Oct 2018 10:22 PM PDT

Menhan India, Nirmala Sitharaman bersalaman dengan pejabat tinggi Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa (23/10). Kunjungan Menhan India Tersebut untuk mempererat kerja sama bidang keamanan kedua negara. (Lipuann6.com/Angga Yuniar)

Menhan India, Nirmala Sitharaman bersalaman dengan pejabat tinggi Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa (23/10). Kunjungan Menhan India Tersebut untuk mempererat kerja sama bidang keamanan kedua negara. (Lipuann6.com/Angga Yuniar)

Menteri Pertahanan India, Nirmala Sitharaman berjalan  saat tiba di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Selasa (23/10). Kunjungan Menhan India Tersebut untuk mempererat kerja sama bidang keamanan kedua negara. (Lipuann6.com/Angga Yuniar)

Menteri Pertahanan India, Nirmala Sitharaman berjalan saat tiba di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Selasa (23/10). Kunjungan Menhan India Tersebut untuk mempererat kerja sama bidang keamanan kedua negara. (Lipuann6.com/Angga Yuniar)

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu bersama Menteri Pertahanan India, Nirmala Sitharaman melakukan jajar kehormatan di halaman Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Selasa (23/10). (Lipuann6.com/Angga Yuniar)

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu bersama Menteri Pertahanan India, Nirmala Sitharaman melakukan jajar kehormatan di halaman Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Selasa (23/10). (Lipuann6.com/Angga Yuniar)

Menhan India, Nirmala Sitharaman melakukan jajar kehormatan di halaman Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa (23/10). Kunjungan Menhan India Tersebut untuk mempererat kerja sama bidang keamanan kedua negara. (Lipuann6.com/Angga Yuniar)

Menhan India, Nirmala Sitharaman melakukan jajar kehormatan di halaman Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa (23/10). Kunjungan Menhan India Tersebut untuk mempererat kerja sama bidang keamanan kedua negara. (Lipuann6.com/Angga Yuniar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Keinginan Terakhir Titi Qadarsih

Posted: 22 Oct 2018 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Titi Qadarsih mengembuskan napas terakhirnya, Senin (22/10/2018) setelah berjuang melawan sakitnya. Titi meninggal saat dirinya sedang menuju pulang ke rumahnya di Cinangka, Pondok Cabe.

Model senior ini semasa hidupnya banyak memberikan pesan khusus untuk putranya, Indra Chandra Setiadi alias Indra Q. Satu hal yang diingatnya, Titi Qadarsih ingin rumahnya menjadi menjadi museum.

Diakui Indra Q, banyak karya Titi Qadarsih yang masih tersimpan rapi di rumahnya.

"Kalau yang saya tahu sih, yang Mama pernah ngobrol, Mama kepenginnya rumah ini jadi semacam, ya dirawat-lah untuk mama. Semua artefak seninya Mama ada di sini," ujar Indra Q, di rumah duka. 

 

Tak Menyangka

Rumah duka Titi Qadarsih

Indra Qadarsih pun tak menyangka jika semasa hidupnya, sang bunda masih menyimpan rapi semua hasil karya yang pernah ia buat di kediamannya.

"Lukisan atau apa. Kaset-kaset mama. Ternyata Mama juga ngumpulin kaset yang saya aransemen, saya bikin musiknya. Pas saya bongkar lemari, semuanya ada gitu loh," tuturnya.

 

Dirawat

Titi Qadarsih

Sadar akan begitu berartinya keberadaan rumah sang bunda, personel grup BIP itu pun berusaha untuk mengabulkan permintaan sang bunda. Sebagai anak, ia sebisa mungkin akan merawat segala peninggalan sang bunda semasa hidup, sesuai dengan permintaannya.

"Jadi banyak sejarahnya-lah rumah ini," pungkas Indra Qadarsih. (Rivan Yuristiawan/fimela.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Oppo F3 Plus Second Terbaru 2018 dan Spesifikasi Unggulannya

Posted: 22 Oct 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Oppo membuktikan diri sebagai salah satu penguasa pasar smartphone terbesar di Indonesia saat ini. Terutama dalam ranah ponsel dengan kamera untuk selfie. Meski terhitung sebagai merk baru di kancah smartphone Tanah Air, Oppo langsung membuktikan diri sebagai penguasa pasar ponsel pintar terbesar di Tanah Air. Terbukti sejak tahun 2017 lalu, market share Oppo terus mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. Bahkan dari lembaga riset pasar Canalys untuk kuartal I-2018 di Indonesia, Oppo berhasil menduduki peringkat tiga dengan penjualan mencapai angka 1,5 juta unit.

Oppo sendiri berawal dari vendor elektronik yang merambah industri smartphone di China. Menariknya sejak tahun 2016 lalu Oppo jadi merek smartphone paling populer nomor 4 secara global setelah Apple, Samsung, dan Huawei. Selain mengandalkan kemampuan kamera ponselnya untuk bersaing dengan kompetitor lain Oppo juga cukup kompetitif mengenai harga. Terbukti dengan harga Oppo F3 Plus yang cukup ramah di kantong meski mengusung sejumlah fitur canggih.

Sebagai smartphone yang mengusung tagline "Selfie Expert", Oppo F3 Plus yang rilis di Indonesia pada bulan Maret 2017 lalu ini mengedepankan fitur selfie sebagai unggulan. Penasaran berapa harga Oppo F3 Plus di pasaran ponsel Tanah Air saat ini? Sebelum mengulas harga Oppo F3 Plus, yuk simak dulu keunggulan yang diusung ponsel satu ini seperti yang sudah dirangkum Liputan6.com, Selasa (23/10/2018). 

Desain

Oppo F3 Plus juga terlihat menawan dengan bezel kanan kiri yang sangat tipis (sumber: GSMArena)

Handphone selfie kelas atas ini didesain menggunakan konsep unibody dengan struktur cukup solid yang memakai metal premium sebahan bahan dasarnya. Bukan hanya terlihat premium, desain handphone Oppo F3 Plus juga terlihat menawan dengan bezel kanan kiri yang sangat tipis yang dipercantik 2,5D Curved Glass. Desain Oppo F3 Plus menggunakan bahan metal dan nyaman digunakan karena memiliki desain yang cukup tipis hanya sekitar 7.4 mm saja. Oppo F3 Plus ini mempunyai ukuran panjang dan lebar sekitar 163.6 x 80.8 mm dengan berat sekitar 185 gram.

Layar

Layar cukup lebar mencapai 6,0 inchi menggunakan teknologi IPS Capasitive serta didukung dengan resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels yang akan memberikan kenyamanan serta mampu memanjakan mata dengan tampilan warna yang dihasilkannya. Layar Oppo F3 Plus juga sudah dilapisi dengan lapisan kaca pelindung seri 5 dari Corning Gorilla Glass. Lapisan pelindung tersebut membuat layar ponsel selfie Oppo ini memiliki ketahanan cukup kuat dalam menahan benturan maupun goresan.

Prosesor

Oppo F3 Plus hadir dengan sokongan sektor dapur pacu yang mumpuni. Smartphone ini mengandalkan chipset berkualitas tinggi buatan Qualcomm yang mempunyai kode seri MSM8976 Pro Snapdragon 653 sebagai otak utamanya. Spesifikasi Oppo F3 Plus pada bagian ini juga mendapatkan dukungan dari prosesor Octa-core (4x1.44 GHz Cortex-A53 dan 4x1.95 GHz Cortex-A72) sehingga performanya terbilang sangat tangguh.

Bukan hanya memiliki kinerja mesin yang tangguh, kinerja mesin Oppo F3 Plus juga cukup responsif berkat hadirnya RAM 4 GB. Dengan ukuran RAM yang sangat besar, handphone selfie Oppo ini bisa menjalankan berbagai aplikasi secara halus dan lancar, begitu juga saat bermain game HD. Makin lengkap, smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan pengolah grafis (GPU) tipe Adreno 510. Selain itu, Oppo F3 Plus juga mampu menampung banyak foto ataupun Video berkat penyimpanan Internal 64 GB yang didukung Micro SD mencapai 256 GB. Dengan Harga Oppo F3 Plus yang tergolong terjangkau, spesifikasinya sangat memanjakan penggunanya bukan!

Kamera

Terdapat dual kamera depan yang terdiri dari kamera selfie 16MP dan group selfie 8MP (sumber: Unbox.ph)

Sama dengan Oppo F series lainnya, smartphone ini juga menyuguhkan kamera dengan kualitas terbaik, terutama pada bagian kamera selfienya. Terdapat dual kamera depan yang terdiri dari kamera selfie 16MP dan group selfie 8MP dengan lensa sudut lebar 120 derajat. Tak lupa dipermanis dengan hadirnya fitur Beautify 4.0 untuk hasil foto selfie yang lebih indah.

Sementara kamera utamanya pun tak kalah tangguh dengan memakai sensor 1/2.8 inci tipe Sony IMX398 dengan Aperture f 1.7 yang dipadu dengan teknologi Dual PDAF. Kolaborasi ini membuat Oppo F3 Plus bisa menghasilkan foto objek dengan cepat, serta mengurangi noise sehingga dapat menghasilkan foto yang sangat detail, jernih, serta tajam walau di lokasi yang minim cahaya (low-light). Resolusi yang dihasilkan kamera ini 2160p@30fps, 1080p@30fps.

Konektivitas dan baterai

Sebagai sarana koneksi data, Oppo membenamkan teknologi jaringan 4G LTE-A (2CA) dengan kecepatan HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A (2CA) Cat6 300/50 Mbps. Untuk komunikasi Oppo menyediakan slot SIM Card berjumlah dua buah yang bisa digunakan secara bersamaan. Oppo F3 Plus juga tersedia koneksi jarak dekat, semisal WiFi dual-band, WiFi Direct, dan juga hotspot. Oppo juga menyediakan fitur Bluetooth versi 4.1 serta port microUSB 2.0, USB On-The-Go untuk memudahkan transfer file antar perangkat.

Melengkapi spesifikasinya yang serba canggih, Oppo F3 Plus menggunakan suplai daya berkapasitas besar yakni sebesar 4000 mAh dan disediakan fitur fast battery charging, sehingga bisa mengisi daya baterai dengan lebih cepat.

Harga Oppo F3 Plus

Dengan semakin banyaknya produk Oppo seri terbaru, harga Oppo F3 Plus kini semakin merangkak turun, pada Oktober 2018 ini harga Oppo F3 Plus berkisar Rp 3,2 Jutaan sedangkan untuk harga Oppo F3 Plus Second sekitar Rp 2,5 Jutaan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ganda Putra Paling Berpeluang Rebut Gelar di Prancis Terbuka 2018

Posted: 22 Oct 2018 10:15 PM PDT

Jakarta - Wakil-wakil Indonesia bersiap memburu gelar di turnamen bulu tangkis Prancis Terbuka 2018 di Stade Pierre de Coubertin, pada 23-18 Oktober. Nomor ganda putra ditengarai yang paling berpeluang membawa pulang gelar dari ajang yang baru naik level menjadi super 750 ini.

Tahun lalu Indonesia meraih dua gelar dari Prancis Terbuka 2018 melalui ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

Kali ini sektor ganda putra memiliki peluang terbesar. Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon punya kans meraih gelar beruntun setelah pekan lalu menjadi juara di Denmark Terbuka 2018.

"Walaupun berhasil juara (di Denmark Terbuka), tapi dari penampilan Kevin/Marcus juga perlu ada yang dievaluasi dan ditingkatkan lagi supaya bisa dapat hasil maksimal di Prancis Terbuka," kata Asisten Pelatih Kepala Ganda Putra, Aryono Miranat, seperti dilansir situs PBSI, Senin (22/10/2018). 

"Di Demark Terbuka, pasangan Wahyu (Nayaka AP)/Ade (Yusuf Santoso) dan Berry (Angriawan)/Hardianto masih tampil kurang maksimal. Sebenarnya mereka masih bisa mengembangkan permainan lagi, itu yang harus dicari sebabnya dan diperbaiki," imbuh dia. 

Aryono mengatakan persiapan menghadapi Prancis Terbuka 2018 kurang lebih sama dengan turnamen lain. Menurut Aryono, yang terpenting atlet bisa jaga kondisi, makan, istirahat dan tetap fokus. "Shuttlecock yang dipakai di turnamen ini beda lagi, jadi mungkin bisa lain juga pola mainnya," sebut Aryono.

 

Fajar / Rian Absen

Indonesia mengirim tiga wakil ganda putra ke turnamen ini. Selain Kevin/Marcus, ada pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Namun sayang Fajar/Rian terpaksa mundur.

"Fajar/Rian karena absen di Denmark dan Prancis Terbuka. Mereka harus kejar poin ke world tour final, jadi mereka akan ikut empat turnamen sekaligus di China, Hong Kong, India dan Korea," tambah Aryono.

Untuk mengganti poin yang hilang di turnamen Denmark Terbuka dan Prancis Terbuka, Fajar/Rian rencananya mengikuti empat turnamen beruntun demi mengejar poin ke World Tour Finals di Guangzhou, China, pada Desember 2018.

Keempat turnamen tersebut adalah China Terbuka 2018, Hong Kong Terbuka 2018, Syed Modi International Badminton Championships 2018 serta Korea Masters 2018.

Sumber: www.bola.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sikat Leicester, Manajer Arsenal Sanjung Ozil

Posted: 22 Oct 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, London - Unai Emery sangat puas melihat performa Ozil saat Arsenal menang atas Leicester City, Senin (22/10/2018). Manajer asal Spanyol itu menyebut Ozil layak menjadi bintang lapangan.

Ozil berperan besar dalam tiga gol yang dicetak Arsenal ke gawang tamunya. Ia bahkan mencetak gol pembuka bagi The Gunners pada menit ke-45.

Dua gol lainnya diciptakan oleh Pierre Emerick Aubameyang. Sementara Leicester mendapat gol dari bunuh diri Hector Bellerin.

"Ozil tampil sangat bagus dalam pertandingan ini. Jiwa kepemimpinannya membuat saya terpukau," kata Emery seperti dilansir Evening Standard.

"Namun semua pemain membuat saya bangga hari ini. Mereka semua memberikan kualitasnya," katanya menambahkan.

 

 

Komitmen

Proses terjadinya gol yang dicetak striker Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang, ke gawang Leicester pada laga Premier League Inggris di Stadion Emirates, London, Senin (22/10). Arsenal menang 3-1 atas Leicester. (AFP/Glyn Kirk)

Kemenangan membuat Arsenal naik ke posisi empat besar klasemen. Mereka mengoleksi 21 poin dari sembilan laga.

"Saya percaya Ozil bisa terus bermain seperti ini meski dia menjabat kapten atau tidak. Saya akan terus mendorongnya agar konsisten," kata Emery.

"Tetapi dorongan saya tak hanya untuk Ozil. Setiap pemain harus punya komitmen tinggi di lapangan," katanya menambahkan.

Butuh Semua Pemain

Striker Arsenal, Alex Iwobi, berusaha mengejar bola saat melawan Leicester pada laga Premier League Inggris di Stadion Emirates, London, Senin (22/10). Arsenal menang 3-1 atas Leicester. (AFP/Glyn Kirk)

Meski demikian Arsenal tak bisa berpuas diri dengan kemenangan ini. Pasalnya tengah pekan ini mereka akan bertarung di Liga Europa melawan Sporting Lisbon.

"Saat ini kami butuh semua pemain. Mereka semua akan membantu kami hingga akhir musim," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kadin: Kenaikan UMP 8,03 Persen Beri Kepastian bagi Pengusaha

Posted: 22 Oct 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengapresiasi ketetapan pemerintah terkait kenaikan upah minimum provinsi (UMP) 2019 atau UMP 2019. ‎

Kenaikan sebesar 8,03 persen ini dinilai tidak akan memberatkan pengusaha. Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P Roeslani, mengatakan formula kenaikan UMP setiap tahun telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

"Kenaikan UMP ini  kita tahu sudah ada formulanya inflasi ditambah GDP growth, kita sebetulnya itu sudah bagus," ujar dia di Jakarta, Selasa (23/10/2018).

Dia menuturkan, ada PP ini memberikan kepastian bagi pengusaha dalam membayarkan upah pekerjanya di tahun depan. Sehingga pengusaha bisa menyusun rencana kerjanya di tahun depan dengan lebih baik.

"Kita tidak lagi melihat kenaikan tiba-tiba 20 persen-30 persen. Apalagi masa-masa pilkada kenaikannya jadi uncontrollable. Dengan kenaikan ini sudah tergambar oleh kita antara 8 persen-9 persen," kata dia.

Namun demikian, Rosan mengingatkan agar kenaikan UMP 2019 ini juga disertai dengan peningkatan produktivitas para pekerja. Dengan demikian, pekerja di dalam negeri bisa bersaing dengan negara lain.

"Tetapi yang mesti kita ingat juga adalah produktivitas, ini yang menjadi masukan dari dunia usaha dan investor luar. Di satu sisi kita tahu ini akan naik tiap tahunnya, tetapi pengukuran dari produktivitas itu yang perlu dipikirkan," ujar dia.

 

 

UMP 2018 Naik 8,03 Persen, Menaker Minta Buruh Tak Berdemo

Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri meyakini melalui kerja sama semua pihak, Indonesia akan mampu bertahan menghadapi era Revolusi Industri (RI) 4.0, dengan segala peluang dan tantangan akibat RI 4.0 yang masif.

Sebelumnya, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri meminta buruh untuk tidak menggelar aksi unjuk rasa terkait kenaikan upah minimum provinsi (UMP) 2019.

Besaran kenaikan yang ditetapkan telah berdasarkan aturan yang berlaku yaitu Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

Dia menyatakan, buruh seharusnya bersyukur lantaran tiap tahun pemerintah menjamin kenaikan UMP melalui formula dalam PP tersebut. Seperti pada 2019, kenaikan UMP ditetapkan sebesar 8,03 persen.

"Enggak perlu demo, enggak perlu ramai-ramai, upah naik. Da‎n Alhamdulillah tahun depan akan naik sekitar 8,03 persen," ujar dia di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa 16 Oktober 2018.

Hanif mengungkapkan, formula kenaikan UMP seharusnya sudah dipahami semua pihak, termasuk buruh dan pengusaha. Adanya formula ini justru akan menguntungkan buruh.

"Kalau pelaku usaha maupun teman-teman serikat pekerja semestinya sudah memahami konten dari PP 78 itu. Upah itu berdasarkan pertumbuhan ekonomi dan inflasi, sehingga itu lebih predictable. Karena salah satu fungsi dari PP 78 itu adalah memastikan agar pekerja selalu mendapatkan kenaikan upah setiap tahun," jelas dia.

Namun demikian, jika buruh tetap akan menggelar aksi unjuk rasa terkait kenaikan UMP, Hanif berharap aksi tersebut dilakukan sesuai dengan aturan dan berjalan dengan damai.

"Demo boleh saja selama sesuai dengan ketentuan Tapi ngapain demo? Wong enggak usah demo saja sudah naik," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BRI Gelar Promo Belanja Gratis di Surabaya

Posted: 22 Oct 2018 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) kembali menggelar acara belanja gratis dengan menggunakan My QR di Ranch Market Surabaya pada 20 Oktober 2018. Gelaran ini dilaksanakan setelah sukses mengadakan acara serupa di Ranch Market Pesanggrahan, Jakarta, pada akhir September lalu. 

Direktur Konsumer BRI Handayani mengatakan, masyarakat yang hadir dalam gelaran tersebut mendapatkan promo belanja gratis hingga Rp 500 ribu selama 10 menit dengan bertransaksi menggunakan My QR.

My QR sendiri merupakan metode transaksi pembayaran yang dilakukan oleh nasabah dengan cara memindai atau scan kode QR (Quick Response) di merchant-merchant kerjasama BRI.

Program ini merupakan apresiasi terhadap pelanggan setia Ranch Market serta nasabah BRI.

"Diharapkan dengan adanya promo ini dapat memberikan experience baru bagi masyarakat di wilayah Surabaya mengenai solusi bertransaksi dengan cepat, mudah, aman, dan pastinya menguntungkan dengan menggunakan produk My QR," kata dia, dalam keterangan tertulis, Selasa (23/10/2018). 

My QR sendiri sangat mudah untuk dilakukan isi ulang saldo (Top-Up). Diantaranya melalui Unit Kerja BRI, Mesin ATM BRI atau Bank Lain, Mesin CRM, EDC, Agen BRILink, Internet Banking, hingga Mobile Banking.

Dengan kata lain My QR dapat digunakan oleh seluruh kalangan, baik dari nasabah BRI, nasabah bank Lain, maupun masyarakat yang unbanked.

 

Kerjasama

Direktur Konsumen BRI Handayani saat dipotret tim Liputan6.com di Jakarta, Rabu (11/4). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Handayani menambahkan bahwa selain bekerja sama dengan Ranch Market, My QR juga sudah dapat dijumpai di lebih dari 100 ribu Merchant yang tersebar diseluruh Indonesia.

Diantaranya Amazone, Liberica, Es Teller 77, Dompet Dhuafa Toro Sushi, Melt, Kafe Betawi, Rumah Zakat, Bebek Ireng Suruboyo, Baznas dan lainnya.

Menurut dia, jumlah transaksi My QR sampai bulan Agustus sudah mencapai lebih dari 2 Juta transaksi.

"Meskipun acara Launching My QR sendiri baru dilakukan awal bulan lalu, namun antusisme masyarakat Indonesia terhadap My QR sangar tinggi, hal ini dapat dilihat dari jumlah penggunanya yang telah mencapai lebih dari 500 ribu users," pungkas Handayani.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rekaman CCTV Memperlihatkan Kembaran Palsu Jamal Khashoggi, Menutupi Pembunuhan?

Posted: 22 Oct 2018 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Istanbul - Rekaman CCTV terbaru yang dipublikasikan, memperlihatkan seseorang menyerupai sosok Jamal Khashoggi berjalan keluar dari konsulat Arab Saudi di Istanbul, pada 2 Oktober.

Stasiun televisi CNN menyiarkan rekaman itu pada Senin 21 Oktober, mengutip seorang pejabat Turki yang mengidentifikasi pria misterius itu sebagai Mustafa al-Madani, "kembaran palsu" dan anggota tim Saudi --berisi 15 orang-- yang dikirim ke Istanbul untuk menargetkan Khashoggi.

Agen itu, terlihat mengenakan kacamata dan janggut palsu sebagai upaya agar semakin mirip dengan Jamal Khashoggi. Dia terlihat berjalan-jalan ke sejumlah destinasi wsiata utama di kota terbesar di Turki itu, setelah meninggalkan konsulat, demikian sebagaimana dikutip dari The Guardian pada Selasa (23/10/2018).

Beberapa pengamat menyebut pria menyerupai Khashoggi itu merupakan alibi untuk memperkuat klaim yang dibuat Saudi, pada hari-hari setelah hilangnya Khashoggi pada 2 Oktober, yang menyebut ia meninggalkan konsulat tanpa cedera.

Jumat malam, setelah berminggu-minggu penyangkalan, Arab Saudi mengakui untuk pertama kalinya bahwa Khashoggi, seorang kritikus terkemuka putra mahkota, Mohammed bin Salman, telah tewas saat memasuki konsulat untuk mengurus dokumen pernikahannya.

Tunangannya telah menunggu di depan gedung, namun tidak pernah mendapati Khashoggi keluar menemuinya.

Presiden Turki, Recep Tayyip ErdoÄŸan, mengatakan rincian pembunuhan wartawan Washington Post itu "akan terungkap dalam seluruh fakta" di parlemen pada hari Selasa, hari yang sama di mana sebuah forum investasi di Riyadh, yang dipelopori oleh putra mahkota MBS, akan berlangsung.

Laporan pada hari Senin memperkirakan Saud al-Qahtani, penasihat yang berpengaruh untuk putra mahkota, terlibat dalam komunikasi Skype ke ruangan di konsulat, di mana Jamal Khashoggi diadakan.

Sumber intelijen Turki mengatakan pada kantor berita Reuters, bahwa pada satu titik, Qahtani mengatakan kepada anak buahnya untuk membuang Khashoggi, mengatakan: "Bawakan saya kepala anjing."

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Dinilai Tidak Kredibel Mendukung Klaim Saudi

Ilustrasi Bendera Arab Saudi (iStockphoto via Google Images)

Juru bicara untuk partai AK yang berkuasa Turki pada hari Senin mengatakan adalah tanggung jawab Turki untuk mengungkap kebenaran, mengatakan kepada wartawan bahwa itu adalah pembunuhan "rumit" yang telah "direncanakan secara mengerikan".

Arab Saudi sendiri tidak pernah menunjukkan rekaman CCTV tentang "kembaran palsu" untuk mendukung klaim awal menghilangnya Jamal Khashoggi. Beberapa pengamat memperkirakan para pejabat Saudi menyadari cerita itu tidak akan kredibel untuk mengelabui fakta yang ada.

Rekaman itu menunjukkan terduga agen Saudi memasuki konsulat tanpa janggut, mengenakan kemeja biru dan putih, serta celana biru gelap. Bukti rekaman selanjutnya menunjukkan "kembaran palsu" itu meninggalkan konsulat dengan pakaian yang diganti seperti milik Khashoggi, berjalan bersama dengan orang yang pertama kali mengantar sang jurnalis.

Pria itu berjalan keluar dari konsulat melalui pintu belakang, kemudian naik taksi ke Mesjid Biru yang terkenal di Istanbul, di mana dia pergi ke kamar mandi umum, mengganti kembali pakaian semula, ujar beberapa saksi.

Dia kemudian makan malam dengan komplotannya dan kembali ke hotel, di mana cuplikan rekaman CCTV menunjukkan dia tersenyum dan tertawa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Julie Estelle Menemukan Sensasi Berbeda Saat Menikmati Kopi di Bromo

Posted: 22 Oct 2018 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Julie Estelle membagikan sebuah foto yang menunjukan dirinya sedang berada di hamparan padang rumput dengan latar pemandangan bukit yang indah dalam istagram miliknya.

Beralaskan kain lengkap dengan keranjang piknik, tampak pemain film The Night Comes For Us itu sedang memegang cangkir. Dalam keterangan gambar, adik dari Cathy Sharon itu mengatakan jika di tempat itu dirinya merasakan sensasi yang berbeda dari meminum kopi.

"The most beautiful place to be enjoying your morning coffee," tulisnya Senin, 22 Oktober 2018.

Julie juga memberi keterangan jika dirinya saat itu sedang berada di Savana Bromo, Jawa Timur. Padang Savana Bromo dikenal juga dengan sebutan lembah Jemplang. Letaknya berada di selatan Gunung Bromo.

Dalam sebuah kesempatan wawancara, Julie Estelle mengakui jika dirinya adalah penggemar kopi. Cappucinno adalah minuman favoritnya. Ia tak suka meminum kopi dicampur dengan gula. Alasannya rasa asli kopi akan terganti dengan manisnya gula. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Pemilu 2019, ICMI Ingatkan Masyarakat Jangan Terpecah-belah

Posted: 22 Oct 2018 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqe berpesan kepada semua pihak agar tetap menjaga persatuan dan jangan terpecah-belah hanya karena perbedaan pilihan politik pada Pemilu, Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

"Indonesia ini negara paling plural dan kita harus saling mengingatkan untuk bersatu. Dalam demokrasi, intinya kita harus saling menghormati. Jangan terpecah-belah hanya karena beda pilihan politik," ujar Jimly, seperti dilansir Antara, Selasa (23/10/2018).

Mantan ketua Mahkamah Konstitusi itu juga menyoroti situasi politik yang kian memanas akibat aksi saling hujat antarpendukung dua pasangan capres-cawapres yang berkompetisi di pemilu Pilpres 2019.

"Semua kata-kata jorok digunakan untuk bagaimana menjatuhkan lawan, itu kampungan! Jangan memaksakan orang lain untuk mengikuti pilihan kita," ucapnya.

Jimly menegaskan, pada tahun politik, kegaduhan juga begitu nyata di media sosial (medsos). Karena itu ia meminta masyarakat, khususnya mahasiswa dan kaum milenial untuk lebih bijak dalam menggunakan medsos.

"Akhir-akhir ini medsos digunakan untuk menghina dan menjatuhkan lawan politik, itu kebiasaan tidak baik. Kalau ada orang yang kaya gitu, berarti kampungan. Kita mahasiswa milenial jangan kampungan. Kita harus saling menghormati perbedaan," kata Jimly.

Mantan ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) itu juga kembali mengimbau tentang pentingnya mengutamakan persatuan, meskipun ada perbedaan pilihan dalam soal politik dan pemimpin.

"Sebab, semua calon pemimpin bangsa yang berkompetisi dalam politik adalah saudara dalam satu Tanah Air," jelas Jimly.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

[vidio:(VIDEO) Sosialisasi Pemilu Difabel - Liputan6 Pagi]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ma'ruf Amin soal Viral Mirip Bendera HTI Dibakar: Nanti Saya Tanya Ansor

Posted: 22 Oct 2018 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Palangka Raya - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin angkat bicara terkait aksi pembakaran mirip bendera HTI yang bertuliskan kalimat tauhid oleh Banser di Garut.

Ma'ruf mengaku dirinya belum mendapatkan konfirmasi secara utuh terkait kejadian ini.

"Ya saya belum dapat konfirmasi sebenarnya, sesungguhnya yang terjadi itu apa," ucap Kiai Ma'ruf di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Selasa (23/10/2018).

Lantaran belum mendapatkan konfirmasi sebenarnya, mantan Rais Aam Pengurus Besar Nadhatul Ulama (PBNU) itu masih belum bisa memberikan jawaban yang pasti.

"Karena itu saya belum bisa memberikan jawaban. Sesungguhnya apa," tutur Ma'ruf Amin.

Cawapres pendamping Jokowi itu mengatakan akan menanyakan kepada beberapa pihak mengenai insiden tersebut.

"Saya akan tanya dulu kepada Ansor. Nanti saya tunggu informasi yang lengkap dulu," pungkas Ma'ruf Amin.

 

Salah Protap

Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas menyayangkan aksi pembakaran bendera mirip HTI yang terjadi di tengah peringatan Hari Santri di Garut oleh anggotanya. Dia menyebut aksi tersebut merupakan vandalis.

"Tentu kami menyayangkan. Apa yang dilakukan anak-anak itu tidak sesuai dengan protap yang diinstruksikan," kata Yaqut saat berbincang dengan Liputan6.com, Selasa (23/10/2018).

Yaqut menjelaskan, dirinya sebagai pucuk pimpinan di Banser sudah memerintahkan para kader dan anggota untuk melaporkan ke aparat bila menemui adanya atribut atau simbol HTI di lapangan.

"Protapnya difoto dan laporkan ke aparat. Sudah saya perintahkan seperti itu sejak HTI resmi dibubarkan dan teman-teman ini bertindak di luar protap," kata Yaqut.

"Tetapi bahwa apa yang dilakukan teman-teman ini menyalahi aturan, ya mereka melanggar," Yaqut menambahkan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ponselnya Disita Guru, Gadis Ini Nekat Ancam Bunuh Diri

Posted: 22 Oct 2018 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Tiongkok - Seorang siswi di Provinsi Hunan Selatan, Tiongkok, menjadi sorotan publik setelah dengan berani mengancam akan mengakhiri hidupnya dengan melompat dari gedung sekolah jika ponsel yang disita gurunya tidak dikembalikan.

Kisahnya bermula ketika siswi yang tak disebutkan namanya itu asyik bermain gim saat istirahat makan siang. Guru yang mengetahui tingkah siswanya itu segera menyita ponselnya.

Setelah disita, siswi itu pergi ke kantor guru untuk meminta kembali teleponnya. Akan tetapi sang guru menolak, dengan alasan kebijakan sekolah memang melarang muridnya membawa telepon seluler dan mengoperasikannya di lingkungan sekolah.

"Aku tahu itu adalah kesalahanku, tetapi mohon dipikirkan ponsel itu pemberian ayahku," kata siswi itu seperti melansir dari Scmp.

Permintaan siswi tersebut tentu tak dituruti oleh gurunya. Bahkan ia sempat menulis ke surat ancaman ke gurunya, yang berisi akan bunuh diri jika ponselnya itu tak segera kembali ke tangannya.

"Sekarang saya bertanya apakah Anda (guru) akan mengembalikannya? Jika Anda tidak mengembalikan ponsel saya, saya akan bunuh diri," ancam siswi itu melalui surat.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Aksinya Viral

Ilustrasi gadget

Ternyata ancamannya tak main-main. Malam harinya ketika revisi ujian berlangsung, siswi tersebut berusaha melompat dari jendela gedung lantai tujuh. Beruntung aksi konyolnya itu berhasil dihentikan teman-temannya yang melihatnya.

Aksi nekatnya itu tentu membuat sang guru memutuskan untuk mengembalikan ponsel siswinya yang disita. Meski begitu, pihak sekolah pun memberi teguran keras kepada orangtua siswi tersebut.

Tak disangka, video percobaan bunuh diri gadis itu pun beredar hingga viral di jejaring sosial. Hal tersebut juga yang membuatnya memutuskan untuk mengundurkan diri dari sekolah.

Reporter:

Nur Luthfiana Hardian

Sumber: Brilio.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

172 Instansi Belum Umumkan Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2018

Posted: 22 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Kepegawaian Negara (BKN) melaporkan masih ada sebanyak 172 instansi yang belum mengumumkan hasil seleksi administrasi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 (CPNS 2018).

Data tersebut berdasarkan data real-time BKN yang dirilis di Facebook resmi BKN, Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia, pada Selasa (23/10/2018) pagi ini.

Di lain sisi, sudah ada sebanyak 386 instansi yang telah mengumumkan hasil seleksi administrasiCPNS 2018. Tercatat, 2.673.733 pelamar CPNSmemenuhi syarat verifikasi dan berhak melanjutkan ke tahap selanjutnya, yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Angka 2.673.733 orang yang lolos verifikasi CPNS tersebut naik sebanyak 81.385 dari perhitungan Minggu kemarin, yaitu 2.592.348. Dan, sejauh ini, terdapat setidaknya 574.233 pelamar yang gagal proses verifikasi. Data ini juga naik sebanyak 36.569 dari sebelumnya 537.664.

Sementara itu, masih ada sebanyak 215.393 pelamar CPNS yang belum verifikasi. Di lain sisi, ada sebanyak 164.971 pelamar CPNS yang sedang diverifikasi.

Pelaksanaan SKD

Peserta tes seleksi CPNS Kemenkumham saat menjawab soal dengan sistem CAT di gedung BKN, Jakarta, Senin (11/9). Pada 2017, tercatat 1.116.138 pelamar CPNS mendaftar di lingkungan Kemenkumham. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Untuk pelaksanaan SKD, BKN melalui Tim Publikasi SSCN dan Biro Humas BKN, menyampaikan bahwa range waktu SKD yaitu 26 Oktober-17 November 2018. Jadwal tersebut dapat dilihat di web instansi dan/atau SSCN mulai 25 Oktober 2018.

CAT BKN sendiri tersebar di 237 titik, yaitu meliputi:

- 26 titik di Kanreg BKN, UPT BKN dan Kantor Pusat BKN

- 193 titik di provinsi/kab/kota

- 18 titik di Instansi Pusat

Sedangkan untuk CAT UNBK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tersebar di 32 titik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Boleh Ada HP di Lokasi Pernikahan Ranveer Singh - Deepika Padukone?

Posted: 22 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Mumbai - Ranveer Singh telah mengumumkan tanggal pernikahannya dengan Deepika Padukone. Tak heran, para penggemar langsung bersorak mendengar kabar ini.

Tak hanya itu, banyak yang penasaran dengan detail pernikahan yang akan berlangsung pada 14 dan 15 November mendatang ini.

Dilansir dari Filmfare dan India TV, Selasa (23/10/2018), sejumlah rumor mengenai detail pernikahan Deepika Padukone dan Ranveer Singh telah banyak bermunculan.

India TV melaporkan bahwa upacara puja akan digelar di kediaman Deepika Padukone di Bengaluru, sepuluh hari sebelum tanggal pernikahan.

Kabarnya, pernikahan Deepika Padukone dan Ranveer Singh akan diselenggarakan di Danau Como, Italia. Lokasinya yang indah, memang membuat tempat ini populer sebagai tempat pernikahan, termasuk yang digelar oleh Virat Kohli dan Anushka Sharma.

Tak Boleh Ada HP?

Deepika Padukone . (AFP/Bintang.com)

Kabar lain yang beredar, para tamu dilarang membawa telepon selular ke lokasi pernikahan Ranveer Singh. Hal ini dilakukan agar tak ada foto pernikahan yang bocor lewat media sosial.

Tamu undangan dibatasi hanya sekitar 200 undangan, sehingga membuat event ini terasa lebih intim. Arjun Kapoor dan Shah Rukh Khan, disebut-sebut masuk dalam daftar tamu undangan.

Tak Bisa Lama-Lama Berbulan Madu

Ranveer Singh dan Deepika Padukone (AFP/Bintang.com)

Setelah pernikahan di Italia, keduanya dikabarkan akan menggelar resepsi mewah Mumbai. Laporan lain menyebutkan bahwa mereka menyiapkan tak hanya satu, tapi dua resepsi di India, yakni di Mumbai dan Bengaluru.

Hanya saja setelah perhelatan ini komplit, Ranveer Singh tak bisa lama-lama menikmati bulan madu. Pasalnya, ia langsung menghadapi jadwal promosi film Simmba, yang akan rilis pada 28 Desember mendatang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Manfaat Bebaskan Diri dari Media Sosial Seperti yang Dilakukan Awkarin

Posted: 22 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Media sosial saat ini seakan sudah menjadi sebuah "faktor" yang menaikkan risiko seseorang terkena masalah mental atau kejiwaan. Hal semacam itulah yang membuat beberapa orang "mundur" dari kehidupan di dunia maya.

Beberapa selebritis dunia seperti Ed Sheeran, Taylor Swift, Justin Bieber, Demi Lovato, sempat melakukan jeda dari media sosial. Beberapa figur publik Indonesia, seperti Sarah Sechan, Reza Rahadian, hingga yang terbaru Karin Novilda atau Awkarin juga memutuskan untuk "menghindari" media sosial Instagram.

Mengutip dari self.com pada Selasa (23/10/2018), ada beberapa manfaat yang bisa didapat ketika Anda memutuskan untuk berhenti dari media sosial.

1. Membantu tidur lebih baik

Banyak orang yang tidur dengan ponsel di samping mereka. Kebiasaan ini menurut National Sleep Foundation bisa berpengaruh pada kebiasaan tidur Anda.

Cahaya biru yang dipancarkan ponsel bisa mengganggu produksi melatonin tubuh. Hormon ini bertanggung jawab membantu seseorang untuk tidur.

Melihat media sosial dengan cahaya biru seb elum tidur jelas menghambat mata untuk terpejam dan menyebabkan Anda sulit tidur. 

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

2. Memprioritaskan interaksi langsung

Ilustrasi Media Sosial (iStockphoto)

Profesor di Europe Business School, Andreas Kaplan mengatakan, penggunaan media sosial seperti Facebook secara berlebihan memiliki keterkaitan dengan hal-hal seperti isolasi sosial, kesepian, dan depresi.

Menurut psikolog klinis di University of North Carolina, AS, Jacqueline Nesi mengatakan, media sosial merupakan alat yang hebat untuk berhubungan dengan teman dan keluarga.

"Tetapi menggunakannya dengan berlebihan, dengan mengorbankan interaksi langsung dengan teman atau keluarga, bisa berdampak negatif pada hubungan dan kesejahteraan," tambahnya.

 

 

3. Mengurangi kecemasan

Media sosial sering membuat kita merasa cemas (iStockphoto)

Walaupun ada korelasi antara media sosial dengan berbagai hal buruk seperti kecemasan dan depresi, bukan berarti mereka menjadi penyebabnya.

Profesor Psikologi dari Kent State University, AS Jacob Barkley, mengatakan, mengambil jeda dari teknologi membantu beberapa orang mengurangi kecemasan mereka.

Hal ini karena beristirahat dari teknologi berarti mengurangi kewajiban seseorang untuk menanggapi komunikasi yang bersifat konstan.

 

4. Membantu mengurangi FOMO

Kadang orang menjadi cemas karena takut kehilangan info dari media sosial (Foto: iStockphoto)

FOMO atau Fear of Missing Out berarti kecemasan berlebihan ketika seseorang ketinggalan informasi dari media sosial.

"Ketika Anda terhubung dengan jaringan yang besar melalui perangkat yang satu ini, Anda bisa merasa tidak berada di tempat Anda berada sekarang," ujar profesor yang meneliti penggunaan media dan perilaku di Kent State Univeristy, Andrew Lepp.

Menarik diri dari media sosial jelas membantu Anda untuk melepaskan diri dari FOMO. Sekalipun, akan terasa menyiksa di awal.

 

5. Mengilhami Anda untuk berolahraga

Bebas dari media sosial bisa menjadi alasan untuk berolahraga (iStockphoto)

Keluar dari kehidupan dunia maya mungkin menginspirasi Anda untuk sedikit lebih berolahraga. Selain menyehatkan, gaya hidup aktif juga mampu menurunkan kecemasan.

 

6. Membantu mengingat hal yang Anda sukai

Mendaki gunung bisa dilakukan saat terbebas dari media sosial (iStockphoto)

Jika Anda berhenti mendedikasikan waktu untuk satu hal, Anda akan bebas untuk melakukan sesuatu yang lain.

Lepp mencontohkan, keluarganya bebas dari teknologi pada hari Minggu. Mereka bisa menghabiskan waktu bersama untuk naik gunung atau makan bersama.

Anda mungkin suka melukis, pergi taman, menjadi sukarelawan, olahraga, memasak, atau melakukan kesenangan lain.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Agenda Olahraga Pekan Ini: Reuni Ronaldo hingga Timnas Indonesia U-19

Posted: 22 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sederet agenda olahraga bakal menyajikan tontonan yang menghibur pada pekan ini. Beberapa di antaranya terjangkau karena berlangsung di sejumlah tempat di Indonesia.   

Olahraga memang tidak lagi sekadar kegiatan yang menyehatkan. Kegiatan yang menguras keringat ini juga kini menjelma sebagai tontonan yang menarik dan menghibur. 

Piala Asia U-19 contohnya. Turnamen ini berlangsung di Indonesia sejak 18 Oktober lalu. Diikuti 16 peserta, pertandingan berlangsung di tiga tempat, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Stadion Patriot, Bekasi, dan Stadion Pakansari, Bogor. 

Timnas Indonesia U-19 yang berada di Grup A telah dua kali bertanding. Di laga pertama, pasukan Indra Sjafri menang 3-1 atas Taiwan dan kalah 5-6 dari Qatar di laga kedua. Sementara di laga terakhir, Timnas Indonesia U-19 akan bertemu Uni Emirat Arab. 

Selain cabang sepak bola, wakil Indonesia juga akan bertarung kejuaraan bulu tangkis Prancis Terbuka. Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon yang menjadi juara Denmark Open kembali akan tampil pada turnamen ini. Begitu juga dengan pebulutangkis tunggal putra andalan Merah Putih, Jonatan Christie atau yang akrab disapa Jojo. 

Apa saja agenda menarik lainnya pada pekan ini? Simak informasinya di halaman berikut. 

Agenda Sepak Bola Dalam Negeri

Pemain Timnas Indonesia U-19, Todd Rivaldo Ferre (ketiga kiri)merayakan gol ke gawang Qatar U-19 pada penyisihan Grup A Piala AFC U-19 2018 di Stadion GBK, Jakarta, Minggu (21/10). Indonesia kalah tipis 5-6. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

1. Lanjutan Liga 1 (25-28 Oktober 2018)

Kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia ini telah memasuki pekan ke-27. Persaingan memperebutkan posisi teratas semakin sengit. 

Pertarungan tak kalah sengit juga terjadi di papan bawah. Tim-tim yang berada di zona merah degradasi saling sikut agar tidak terdegradasi dari Liga 1. 

Agenda bigmatch:

PSM Makassar Vs Persib Bandung (24 Oktober 2018/live Indosiar)

Venue:  Andi Mattalatta, Makassar 

Kick Off: 15.30 WIB

2. Piala Asia U-19 (24–26 Oktober 2018)

Turnamen sepak bola yang diikuti 16 negara ini telah memasuki matchday ketiga. Ini merupakan pertandingan hidup mati untuk menentukan tiket menuju babak 8 besar. 

Tidak terkecuali bagi Timnas Indonesia U-19 yang berada di grup A. Pasukan Indra Sjafri sejauh ini baru mengumpulkan 3 poin dari dua laga. Peluang Indonesia ke babak 8 besar ditentukan di laga terakhir setelah dipaksa menyerah 5-6 oleh Qatar, Minggu (22/10). 

Agenda bigmatch:

Timnas Indonesia U-19 Vs Uni Emirat Arab (Rabu, 24 Oktober 2018/RCTI)

Venue: Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)

Kick off: 19.00 WIB

 

Agenda Sepak Bola Luar Negeri

Cristiano Ronaldo melakukan pemanasan saat latihan di pusat pelatihan Juventus Continassa di Turin (22/10). Juventus akan bertanding melawan Manchester United pada lanjutan grup H Liga Champions di Old Trafford. (AFP Photo/Marco Bertorello)

Liga-liga internasional juga masih menyisakan pertandingan-pertandingan menarik pada pekan ini. Selain kompetisi domestik, pekan ini sepak bola internasional juga akan menyajikan lanjutan Liga Champions Eropa musim 2018/19. 

Berikut ini agenda-agenda yang sayang untuk dilewatkan:

3. Liga Domestik

23 dan 28 Oktober 2018: Liga Italia, Inggris, dan Spanyol

Agenda Bigmatch: Manchester United Vs Everton (28 Oktober 2018/23.00 WIB)

4. Liga Champions 

Matchdary 3 : 23-24 Oktober 2018

Agenda bigmatch: Manchester United Vs Juventus (24/10/2018/02.00WIB)

Catatan:

Renuni Cristiano Ronaldo pertama dengan Manchester United setelah berkostum Juventus

5. Liga Europa

Matchday 3 : 25-26 Oktober 2018

Agenda bigmatch: Chelsea Vs Bate (26 Oktober 2018/02.00 WIB)

 

Agenda Basket

Aksi LeBron James saat Lakers melawan Kings di pramusim NBA (AP)

7. NBA 

(22-28 Oktober 2018)

Kompetisi bola basket paling populer sejagat raya ini telah bergulir. Sejumlah drama sudah terjadi di pekan-pekan awal kompetisi antarklub profesional Amerika Serikat tersebut. 

Sosok yang paling disorot tentu saja LeBron James. Mantan pemain Claveland Cavaliers itu kini bermain untuk LA Lakers. Setelah debutnya bersama Lakers ternoda kekalahan melawan Portland Trail Blazers, James bakal kembali tampil di sejumlah laga pekan ini. 

Agenda Bigmatch : LA Lakers Vs Spurs (09.30 WIB)

 

Agenda Bulu Tangkis

Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting. (PBSI)

8. Prancis Terbuka 2018 

Indonesia mengirimkan 12 wakilnya pada turnamen kelas Super 750 tersebut. Pada edisi sebelumnya, Tim Merah Putih sukses membawa dua gelar lewat ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Mereka kembali berkesempatan untuk mempertahankan galar tersebut pada tahun ini. 

Lokasi: Stade Pierre de Coubertin, Paris, Prancis

Jadwal Pertandingan:  23-28 Oktober 2018  

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mau Berkunjung ke Pabrik Esemka, Ini Rutenya

Posted: 22 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Boyolali -

Nama Esemka kembali mencuat di permukaan. Bahkan dikabarkan pabrik Esemka di Sambi, Boyolali, sudah memproduksi mobil jenis pikap. Lantas, di mana sebenarnya pabrik Esemka berada?

Dilansir Solopos.com, pabrik dengan nama PT Solo Manufaktur Kreasi dikelilingi area persawahan desa setempat. Untuk menjangkau pabrik ini bisa ditempuh dari dua arah berbeda, yakni dari timur dan barat.

Dari arah timur ditempuh dari kawasan Bandara Adisumarmo di Kecamatan Ngemplak, Boyolali dengan jarak sekitar 4,5 km. Bagi pengguna aplikasi Google Maps, pengguna biasanya diarahkan via jalan Pasar Mangu-Pasar Sambi.

Uniknya, jalan yang dulu bernama sama sesuai jalur (Pasar Mangu-Pasar Sambi) itu kini bernama Jl Esemka. Kondisi jalan tersebut lumayan mulus dengan landasan aspal dan cor.

Menurut Solopos.com, dari arah barat bisa ditempuh dari Boyolali Kota dengan jarak sekitar 19 km, atau dari kawasan pertigaan Bangak di Banyudono dengan jarak sekitar 8,9 km.

 

 

Selanjutnya

Solopos.com melanjutkan, dari Bangak ke pabrik Esemka menyusur arah utara hingga perempatan Pasar Sambi lalu berbelok ke kanan/timur. Kondisi jalan Bangak-Pasar Sambi terdapat banyak lubang sedangkan Pasar Sambi-pabrik Esemka reatif mulus.

Di sisi lain, pabrik yang dikabarkan sudah memproduksi mobil jenis pikap ini menempati lahan kas desa seluas sekitar 11 hektare (ha). Pemerintah desa setempat mengatakan pihak pengelola pabrik menyewa lahan itu selama 30 tahun sejak didirikan beberapa tahun silam.

Sekretaris Desa Demangan, Heri Listianto mengatakan, pembayaran sewa lahan dilakukan per tahun. Namun dia tidak merinci nilai sewa tersebut. "Sewanya 30 tahun, mulainya saya lupa. Pembayarannya per tahun," ujarnya kepada Solopos.com saat ditemui di balai desa, Senin (22/10/2018).

Baca juga berita Solopos.com lainnya di sini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kucingnya yang Besar atau Tangan Ini Memang Kecil?

Posted: 22 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tampak seperti pemilik kucing ini sedang mengelus-elus wajah kucing besarnya, kemudian terungkap bahwa pria itu mengenakan tangan plastik kecil di jari-jarinya dan kucingnya berukuran normal.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tingkatkan Kualitas, Facebook Bakal Akuisisi Perusahaan Keamanan Siber

Posted: 22 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Facebook dilaporkan sedang menjajaki peluang untuk mengakuisisi perusahaan keamanan siber.

Hal tersebut merupakan salah satu upaya memperkuat keamanan layanannya, terutama setelah insiden pelanggaran keamanan yang mengekspos data puluhaan juta penggunanya.

Dilansir Phone Arena, Selasa (23/10/2018), Facebook saat ini tengah berdiskusi dengan sejumlah perusahaan keamanan siber, dan akan memilih salah satu di antaranya untuk menjadi bagian dari portofolionya. Sejumlah kandidat potensial sejauh ini belum diketahui.

Jika kesepakatan berjalan, maka ini akan menjadi akuisisi ketiga Facebook terkait dengan perusahaan keamanan.

Sebelumnya, Facebook membeli developer aplikasi database keamanan, Acrylic Software, pada 2012. Kemudian perusahaan penyedia teknologi server yang aman, PrivateCore, pada 2014.

Terlepas dari akuisisi, Facebook juga telah memiliki departemen keamanan siber sendiri. Namun, akuisisi perusahaan-perusahaan tersebut akan membuat layanannya lebih aman.

Adapun kesepakatan akuisisi terbaru ini kemungkinan akan tercapai pada akhir 2018.

Akuisisi dinilai tidak akan mengubah pengalaman pengguna, tapi Facebook diprediksi akan melakukan serangkaian peningkatan kualitas keamanan untuk mendapatkan kembali kepercayaan para penggunanya.

Facebook Hapus 559 Page dan 251 Akun Spam

CEO Facebook Mark Zuckerberg memenuhi panggilan untuk bersaksi di hadapan Komite Senat Amerika Serikat di Capitol Hill, Washington, Senin (10/4). (AP Photo/Alex Brandon)

Di luar persoalan akuisisi, Facebook sebelumnya dilaporkan telah menghapus sebanyak 559 Page dan 251 akun untuk membuat layanannya bersih dari spam.

Hal ini disampaikan Facebook dalam keterangan resminya bertajuk, "Removing Additional Inauthentic Activity from Facebook".

Ratusan Page dan akun yang dihapus dinilai kerap melanggar aturan terkait penyebaran spam dan menunjukkan perilaku tidak otentik yang terkoordinasi.

"Banyak yang menggunakan akun palsu dan sejumlah akun dengan nama sama, serta mengunggah konten dalam jumlah besar di seluruh jaringan Groups dan Pages untuk mengarahkan trafik ke situs web mereka. Banyak yang menggunakan teknik sama untuk membuat konten mereka lebih populer di Facebook daripada yang sebenarnya," tulis Facebook dalam keterangannya.

Meski menurut Facebook yang berkoordinasi satu sama lain dapat disebabkan beberapa alasan sah, tapi sangat mudah untuk membedakan tujuan-tujuan "nakal" dari akun dan Page yang telah dihapus.

Selain mendorong trafik ke situs mereka menggunakan sejumlah akun palsu dan memalsukan popularitas di platform, Page dan akun yang dihapus juga berperilaku sebagai penghasil iklan yang menyamar sebagai forum debat politik.

"Seiring kami yang menjadi lebih baik dalam mengungkapkan penyalahgunaan semacam ini, orang-orang di baliknya--apakah termotivasi secara ekonomi atau politik--akan mengubah taktik mereka untuk menghindari deteksi. Ini sebabnya kami terus berinvestasi, termasuk dalam teknologi yang lebih baik, untuk mencegah penyalahgunaan semacam ini," tulis Head of Cybersecurity Policy Facebook, Nathaniel Gleicher.

Menurut Gleicher, entitas pelanggar regulasi yang diihapus mengorganisir Page dan akun mereka sebagai sebuah jaringan yang didesain untuk menyebar spam di Facebook Group dengan unggahan clickbait. Unggahan tersebut bertujuan untuk mendorong trafik ke situs web yang mereka punya.

Selain itu, spammer juga membuat dan menggunakan akun-akun palsu yang didesain untuk memalsukan "like" dan membagikan unggahan Facebook mereka untuk meningkatkan engagement, yang secara efektif meningkatkan peringkat News Feed.

Langkah Facebook menghapus konten dan akun spam tersebut sebagai tindakan untuk membuat layanannya tetap "sehat". "Karena orang-orang hanya akan berbagi di Facebook jika mereka merasa aman dan mempercayai koneksi yang mereka buat di sini," ungkap Gleicher.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

'Sum', Film Dokumenter eks-BTI Borong Penghargaan di Sodoc 2018

Posted: 22 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Purwokerto - Alkisah, pada masa 1960-an Suminah adalah seorang perempuan muda anggota Barisan Tani Indonesia (BTI), sebuah organisasi underbouw PKI. Revolusi 1965 membawanya pada pengalaman yang tak bakal dilupakan seumur hidup. Sum muda, sekeluarga diburu oleh aparat.

Sum memilih nasib yang benar-benar pahit. Ia biarkan dirinya menjadi tumbal keluarga pasca-peristiwa G30S PKI. Ia membiarkan dirinya terseret pusaran peristiwa politik itu. Sedangkan ayah dan adiknya lolos.

Lantas, ia pun dipenjara selama 13 tahun, tanpa pengadilan. Usai bebas, lewat pertimbangan masak-masak, ia memilih hidup menyendiri dan tak mencampuri urusan keluarganya.

Hingga saat ini, ia terus menunggu berbaliknya realita zaman. Dari dunia yang terkadang penuh diskriminasi, menjadi dunia yang menerima dia apa adanya.

Ia petani, tetapi bukan pemilik lahan. Sehari-hari, Sum adalah buruh tani. Ketabahannya menjalani hidup yang penuh onak ini menjadi inspirasi untuk Firman Fajar Wiguna, pelajar anggota Brankas Film SMA Negeri 2 Purbalingga.

Kisah perjuangan penyintas 65 eks-BTI yang underbouw PKI ini lantas diangkat dalam film dokumenter berjudul "Sum". Tanpa dinyana, film besutan pelajar yang kini duduk di kelas 3 ini menyabet dua penghargaan sekaligus di ajang Solo Documentary Film Festival (Sodoc) 2018.

Selain film terbaik kategori pelajar, film berdurasi 15 menit ini juga diganjar film favorit penonton. Penghargaan diterima saat malam penganugerahan pada Sabtu malam, 20 Oktober 2018 di Gedung Kethoprak Balekambang Surakarta.

Pembimbing Brankas Film, Bowo Leksono menjelaskan, kekuatan film ini terletak pada keberhasilannya mengorek keterangan penyintas 65 atau anggota atau simpatisan PKI yang biasanya cenderung menutupi masa lalunya. Kehidupan Suminah yang memprihatikan juga menjadi realita yang berhasil direkam dengan baik oleh film ini.

 

Dandim Purbalingga Sempat Diminta Jadi Narasumber Film Sum

Sutradara Film Sum, Firman Fajar Wiguna, Brankas Film SMA Negeri 2 Purbalingga. (Foto: Liputan6.com/CLC Purbalingga/Muhamad Ridlo)

Menurut dia, style atau gaya fil dokumenter yang hanya menampilkan satu narasumber juga menjadi kekuatan lain film ini, dan menjadi warna baru film dokumenter di kalangan pelajar. Meski belakangan diketahui, narasumber tunggal ini tercipta secara tak sengaja.

Sebelumnya, sempat ada rencana untuk menampilkan narasumber pembanding, yakni Komandan Distrik Militer. Namun, saat itu, Dandim Purbalingga tak bersedia memberikan komentarnya di film ini.

"Hanya satu memang kan. Tidak ada pembandingnya untuk bisa membandingkan dengan narasumber ini. Kecuali satu sebenarnya, kalau Dandim bersedia mau ngomong, itu pembandingnya mungkin ya," Bowo menjelaskan, Senin, 22 Oktober 2018.

Anggota dewan juri Sodoc 2018, Jason Iskandar, "Sum" menarik dan langka karena menawarkan warna atau gaya baru film dokumenter pelajar tentang memori seseorang yang memaparkan ingatannya kemudian di-capture oleh pembuat film.

"Film ini bergaya dokumenter esai yang mengangkat isu penting di Indonesia, terlebih ketika dibahas oleh pelajar," dia menerangkan, dikutip dari keterangan tertulis CLC Purbalingga yang diterima Liputan6.com, Minggu (21/10/2018).

Sebelumnya, "Sum" sempat menyabet film dokumenter terbaik di ajang Festival Film Purbalingga (FFP) 2018 dan masuk nominasi dokumenter pelajar di Festival Film Kawal Harta Negara (FFKHN) 2018.

Secara keseluruhan ada 17 film dokumenter pelajar dari seluruh Indonesia yang bersaing dalam Sodoc 2018. Kemudian empat film terseleksi nominasi yang dinilai juri. Tiga juri kategori pelajar antara lain Jason Iskandar, Steve Pillar Setiabudi, dan Tomy Taslim.

Brankas Film memproduksi film "Sum" tanpa banyak campur tangan sekolah. Bahkan, pada masa awal penggarapan tim sempat diperingatkan oleh sekolah yang meminta agar siswa tak memproduksi film dengan tema yang lekat dengan PKI.

"Tidak menyangka akan dapat penghargaan film terbaik, ditambah film favorit pula. Penghargaan ini tentu didedikasikan bagi para penyintas tragedi '65 yang tak pernah mendapat keadilan hingga saat ini," kata sang Sutradara film Sum, Firman, yang berangkat ke Solo tanpa mengantongi izin pihak sekolah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Membuat Klepon Ubi Ungu yang Enak, Lezat dan Kenyal

Posted: 22 Oct 2018 09:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kue klepon merupakan jajanan pasar berupa kue basah yang sangat khas dari Indonesia. Kue klepon termasuk dalam golongan kue tradisional yang pada umumnya terbuat dari bahan dasar tepung ketan yang dipadukan dengan warna hijau dari air perasan daun suji dan daun pandan juga diberi isi gula merah pada bagian tengahnya.

Di Sumatera dan Malaysia, klepon disebut 'onde-onde', sedangkan di Jawa dan bagian lain di Indonesia panganan yang disebut Onde-onde adalah bola-bola tepung beras berisi adonan kacang hijau yang dibaluri biji wijen. Perbedaan penyebutan antara di Jawa dan Sumatera-Malaysia ini seringkali menjadi penyebab kekeliruan dan kerancuan dalam mengartikan onde-onde. Klepon biasa dijajakan dengan getuk dan cenil (juga disebut cetil) sebagai camilan di pagi atau sore hari. Warna klepon biasanya putih atau hijau tergantung selera.

Meskipun kue klepon ini termasuk makanan tradisional yang mungkin terlihat biasa-biasa saja, namun kue klepon ini sudah banyak tersebar sangat luas. Bukan hanya orang kampung yang dapat menggemari kue klepon ini, tetapi orang kota pun ternyata banyak yang suka dengan kue basah yang satu ini.

Membahas tentang kue klepon, ternyata sudah ada klepon yang terbuat dari bahan ubi ungu. Kue klepon ubi ungu ini sama seperti kue klepon hijau yang terbuat dari tepung ketan dan proses penyajiannya ditaburi dengan kelapa parut. Mungkin selain rasa, kue klepon yang terbuat dari ubi ungu ini tentu saja terlihat berbeda dari segi warnanya namun memiliki rasa yang sama-sama enak juga memiliki tekstur yang kenyal. Proses pembuatannya pun sama dibuat dengan cara direbus terlebih dahulu yang kemudian digulingkan dengan kelapa parut sehingga menambah rasa gurih pada kue yang satu ini.

Ubi ungu yang kaya akan betakarotin ini memang sangat pas dijadikan sebagai kue klepon. Nah penasaran kan? Berikut cara membuat kue klepon ubi ungu yang enak dna kenyal seperti Liputan6.com rangkum Selasa (23/10/2018).

Bahan utama:

300 gram ubi ungu

120 gram tepung ketan

1/2 sdt garam

90 ml air hangat

Air untuk merebus secukupnya

Bahan Isi:

65 gram gula merah yang sudah disisir halus

Bahan Lapisan:

Kelapa parut secukupnya

Garam secukupnya

Cara Membuat Adonan Kue Klepon Ubi Ungu:

1. Langkah pertama kali yang harus dilakukan yaitu, kupas ubi ungu yang sudah disiapkan. Lalu cuci ubi ungu tersebut sampai benar-benar bersih.

2. Siapkan alat pengukusan. Lalu kukus ubi ungu sampai empuk dan matang. Jika sudah empuk, angkat dan haluskan ubi ungu tersebut sampai benar-benar halus.

3. Siapkan wadah, lalu masukan tepung ketan, garam dan ubi ungu yang sudah dihaluskan tadi.

4. Tuangkan air hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis dan mudah dibentuk.

5. Ambil sedikit adonan, lalu bentuk bulat-bulat kecil.

Cara Membuat Klepon Ubi Ungu:

1. Pipihkan adonan kulit klepon yang sudah dibulatkan, lalu berikan isi gula merah secukupnya. Bungkus gula merah tersebut menggunakan kulit klepon. Lalu bentuk bulat.

2. Siapkan panci yang akan digunakan untuk mengukus kue klepon. Tuangkan air secukupnya saja ke dalam panci. Lalu rebus air sampai mendidih.

3. Jika air sudah mendidih, masukan adonan klepon yang sudah dibentuk tadi. Rebus adonan sampai mengapung di atas air.

4. Masak sampai klepon benar-benar matang. Jika sudah matang, angkat dan sisihkan terlebih dahulu.

5. Campurkan parutan kelapa yang sudah disiapkan bersama dengan garam secukupnya. Aduk sampai merata.

6. Kemudian, kukus kelapa yang sudah dicampurkan dengan garam tersebut kira-kira 5-10 menit. Jika sudah, simpan kelapa parut di atas piring.

7. Gulingkan klepon yang sudah direbus di atas kelapa parut sampai permukaan klepon tertutupi kelapa. Setelah itu, bisa langsung dihidangkan atau disajikan kue klepon ini.

8. Kue klepon ubi ungu sudah selesai dibuat, kue klepon ini akan lebih enak dan lezat jika disantap dengan secangkir kopi atau teh hangat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU Vs Juventus, Mourinho: Alexis Sanchez Tidak Main

Posted: 22 Oct 2018 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Old Trafford akan kedatangan tamu tangguh saat Manchester United (MU) menghadapi Juventus, Rabu (24/10/2018) dini hari WIB. Hanya saja, di saat lawan tangguh datang, MU justru dipastikan tampil tanpa seorang Alexis Sanchez.

MU berjumpa Juventus pada matchday ketiga babak penyisihan grup Liga Champions. Selain Alexis Sanchez, beberapa pemain inti Setan Merah juga bakal absen. Tapi, ada juga pemain yang kembali dari cederanya dan siap bermain.

Alexis Sanchez sebelumnya masuk skuat MU dalam laga melawan Chelsea, akhir pekan lalu. Pada pertandingan yang berakhir dengan skor 2-2 tersebut, pemain asal Chile masuk di menit ke-85 untuk menggantikan Marcus Rashford.

Tapi, Alexis Sanchez kemudian diketahui tidak mengikuti sesi latihan MU jelang laga melawan Juventus. Eks bintang Arsenal pun dipastikan tidak akan masuk skuat MU melawan Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan.

Dipastikan Absen

Alexis Sanchez pun telah dijatuhi hukuman 16 bulan penjara oleh pengadilan Spanyol. Tapi dengan syarat jika melunasi semua hutang dan kewajibannya tersebut maka Sanchez tidak akan menjalani hukuman tersebut. (AP/Alastair Grant)

Manajer MU Jose Mourinho menerangkan kondisi skuatnya jelang lawan Juventus. Ia memastikan jika hanya pemain yang ikut latihan yang siap bermain. Artinya, Alexis Sanchez tidak akan bermain.

"Para pemain yang Anda lihat adalah pemain siap bermain. Mereka yang akan bermain. Tidak ada pemain yang disembunyikan dan Alexis Sanchez tidak akan bermain," ucap Jose Mourinho dikutip dari Four Four Two.

Alexis Sanchez bukan satu-satunya pemain utama yang absen pada sesi latihan MU. Selain itu, ada juga Jesse Lingard, Phil Jones, Diogo Dalot, Marouane Fellaini, dan Scott McTominay. Jadi, mereka juga dipastikan tidak bermain.

Antonio Valencia Kembali

Di luar nama-nama pemain yang dipastikan absen, Jose Mourinho memberi kabar baik dengan kembalinya Antonio Valencia. Sang kapten tim telah kembali berlatih dan punya kesempatan tampil pada laga melawan Juventus.

"Alasan mengapa dia selama ini absen adalah dia tidak berlatih selama 10 hari dengan masalah, bukan cedera, tetapi dia harus menjalani operasi yang sangat rumit di mulutnya. Dia butuh waktu untuk pulih setelah itu terjadi," terang eks manajer Chelsea.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Puslabfor Uji Balistik Kasus Peluru Nyasar Gedung DPR di Mako Brimob

Posted: 22 Oct 2018 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pusat Laboratorium dan Forensik (Puslabfor) Mabes Polri melakukan uji balistik di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Selasa (23/10/2018).

"Hari ini, kita lakukan uji balistik terkait penggunaan senjata Glock 17, dengan Puri yang ditembakkan kaliber 9 milimeter dan berat 115 gram produksi TMC," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Argo Yuwono, Selasa (23/10/2018).

Argo menjelaskan, uji balistik untuk memastikan, jarak jangkauan pistol Glock 17 Gen 4. Itu dilakukan karena masih ada pihak-pihak yang masih menyangsikan.

"Kita uji jarak 300 meter. Di depan sana ada kaca. kita lakukan penembakan, apakah peluru akan melesat di sana. Nanti teman-teman akan bisa buktikan sendiri," ungkap dia.

Ketua DPP PKS, Aboe Bakar Alhabsyi, menjelaskan, uji balestik ini dapat menepis isu yang tidak benar.

"Kita buktikan kalau memang kesalahan di lapangan bukan ada isu lain," ujar dia.

Dilakukan Oleh Atlet

Pantauan di lapangan, uji balistik disaksikan Ketua DPP PKS, Aboe Bakar Alhabsyi. Dalam uji balestik, seorang atlet profesional, bernama Aiptu Anang Yulianto dilibatkan. Dia melesatkan delapan tembakan dari titik tembak menuju ke sasaran sekira 299 meter. Dari 8 peluru hanya satu yang mengenai target.

Dalam pelaksanaanya pun penyidik memasang kaca dengan ketebalan 6 milimeter dilapis tiga triplek tiga lapis. Itu untuk mengambarkan seperti TKP di Gedung DPR.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kadin: Ekspor RI Berpotensi Naik 10 Persen ke Negara-Negara Islam

Posted: 22 Oct 2018 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jakarta menjadi tuan rumah Sidang Tahunan The Islamic Chamber of Commerce, Industry and Agriculture (ICCIA) yang berlangsung pada 22-23 Oktober 2018. Acara ini mengatur pertemuan Business to Business antara pengusaha Indonesia dan pengusaha dari OKI (Organisasi Kerjasama Islam). 

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan Perkasa Roeslani, mengatakan ‎kegiatan ini berpotensi meningkatkan ekspor Indonesia sebesar 10 persen dalam beberapa tahun ke depan ke negara-negara anggota OKI.

"Atau naik dua kali lipat dari tahun ini yang baru mencapai 5 persen, dengan total nilai ekspor mencapai USD 23 miliar ke negara-negara OKI," ujar dia di Jakarta, Selasa (23/10/2018).

Dalam sidang tahunan ICCIA ini, lanjut dia, akan diadakan diskusi panel yang terdiri dari pertemuan sektor swasta di sesi pleno dalam bentuk diskusi panel interaktif, untuk membahas beberapa masalah bisnis penting di antara ICCIA negara-negara anggota, dengan mengangkat tema-tema seperti Pembangunan Infrastruktur di Indonesia, Perdagangan Halal, Pemberdayaan Perempuan dan Ekonomi Digital.

"Diskusi panel ini akan menjadi platform yang produktif untuk mengatur diskusi dan pertemuan untuk era baru dalam hubungan ekonomi dan bisnis ICCIA dan dalam membangun hubungan ekonomi dan bisnis yang lebih kuat dan lebih erat di antara negara-negara anggota ICCIA," kata dia.

Rosan menjelaskan, meski saat ini hubungan ekonomi di antara negara-negara anggota ICCIA menunjukkan tren positif.

Namun, perkembangan hubungan ekonomi belum mencerminkan potensi riil mengingat masih besarnya peluang yang belum dimanfaatkan optimal oleh negara-negara anggota ICCIA. 

"KADIN Indonesia sepakat dan berkomitmen untuk meningkatkan peranan G2G serta interaksi B2B untuk lebih memajukan kemitraan ekonomi di antara negara-negara anggota ICCIA. Ke depan, semua negara perlu mempertahankan kerja sama erat mereka sebagai mitra yang baik," ujar dia.

 

Selanjutnya

Aktifitas kapal ekspor inpor di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (26/5). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia mengalami surplus 1,24 miliar . (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Rosan mengatakan, saat ini, pemerintah Indonesia telah memberikan perhatian khusus pada sektor infrastruktur, sebagai salah satu prioritas pembangunan. Potensi investasi di bidang infrastruktur merupakan salah satu isu menarik yang akan dibahas oleh negara-negara anggota ICCIA atau negara-negara memiliki kesempatan untuk berinvestasi dan berbisnis di Indonesia. 

"Ekonomi dunia, khususnya sektor keuangan, didorong oleh inklusivitas. Inklusi keuangan Islam akan menjadi instrumen yang efektif untuk mengurangi kemiskinan dan mengatasi ketidaksetaraan," ujar dia.

Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia dan memiliki ekonomi terkuat di negara-negara OKI, Indonesia melihat manfaat dari penerapan sistem "inklusif" dan "ekonomi syariah" sebagai paradigma baru dalam resolusi ketidakpastian ekonomi global sangat terbuka lebar.

Penggunaan teknologi digital dapat mempercepat percepatan inklusi keuangan di negara-negara anggota ICCIA. Pada pelaksanaan Sidang Tahunan ICCIA ini, juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara KADIN Indonesia dan The Islamic Chamber of Commerce, Industry and Agriculture (ICCIA).

Kerja sama ini bertujuan untuk menggalang sumber daya dalam mendukung percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia. 

Rosan menyatakn, perjanjian kerjasama akan menjadi instrumen efektif dalam meningkatkan kerja sama di antara negara-negara anggota ICCIA dalam membantu pembangunan infrastruktur di Indonesia.

"Kerja sama ini menunjukkan bahwa Kadin Indonesia siap melakukan langkah-langkah nyata yang diperlukan, agar apa yang sudah menjadi tujuan bersama, lebih mudah dicapai," tutur dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengamat: Usulan Harga Tiket MRT Jakarta Masih Wajar

Posted: 22 Oct 2018 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat tata kota Yayat Supriatna menilai usulan tarif Mass Rapid Transit (MRT) yang diajukan PT MRT kepada Pemrov DKI Jakarta masih wajar. PT MRT memberikan dua pilihan tarif, yakni Rp 8.500 per 10 kilometer dan Rp 10 ribu untuk jarak yang sama.

Berdasarkan dua usulan tersebut, rute Lebak Bulus-Bundaran HI dapat dikenakan tarif Rp 12 ribu hingga Rp 14 ribu untuk 14,6 kilometer.

"Kalau angka Rp 14 ribu itu masih bisa masuk karena diperbandingkan dengan naik taksi atau naik kendaraan pribadi, rasanya masih terjangkaulah," ujar Yayat kepada Liputan6.com, Selasa (23/10/2018).

Yayat mengingatkan, harga tiket tidak boleh terlalu mahal. Karena semakin mahal harga tiket maka jumlah penumpang akan semakin sedikit.

"Karena tujuannya MRT dibangun bagaimana mengajak masyarakat pindah ke MRT naik angkutan umum. Tapi kalau tiketnya mahal gimana caranya, maka otomatis ini membutuhkan subsidi dan dukungan pemerintah daerah," katanya.

"Kalau terlalu mahal, dia sudah menyimpang dari tujuan utama. Bagaimana mendorong orang naik angkutan massal?" lanjut Yayat lagi.

Yayat menegaskan, diperlukannya dukungan penuh dari Pemprov DKI Jakarta untuk membantu PT MRT dalam mendapatkan subsidi yang lebih besar agar tarifnya bisa lebih terjangkau oleh masyarakat umum.

Pertimbangkan Daya Beli

Menurutnya, tarif yang dikeluarkan harus mempertimbangkan kemampuan biaya subsidi, kemampuan tingkat daya beli masyarakat, dan biaya operasional yang dikeluarkan PT MRT.

"Jadi banyak komponen yang menjadi catatan sehingga ketika diputuskan dia merupakan solusi jalan keluar untuk membantu masyarakat pindah ke angkutan umum," Yayat memungkasi.

 

Reporter: Melissa Octavianti

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadir di Polda Metro, Presiden PKS Diperiksa Terkait Laporan Fahri Hamzah

Posted: 22 Oct 2018 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden PKS Sohibul Iman memenuhi panggilan penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya atas kasus pencemaran nama baik yang dilaporkan Fahri Hamzah. Sohibul datang Selasa (23/10/2018) sekitar pukul 10.49 WIB.

Pantauan merdeka.com, Sohibul Iman datang didampingi kuasa hukum, Indra. Selain itu turut serta mendampingi petinggi PKS seperti Sekjen Mustafa Kamal dan Ketua Tim Pemenangan Pemilu, Chairul Anwar.

Sohibul irit bicara ketika memasuki halaman Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. Dia mengucapkan salam kepada awak media dan langsung bergegas memasuki gedung Ditreskrimsus.

Sohibul mengatakan, dirinya telat dari jadwal pemeriksaan. Berdasarkan jadwal dia seharunya diperiksa pukul 10.00 WIB.

"Kita penuhi panggilan ya, ini sudah telat karena tadi harus tawaf (keliling) dulu. Pintunya ditutup semua," kata Sohibul Iman.

Kuasa hukum Sohibul, Indra mengatakan kliennya akan memberikan keterangan kepada media setelah pemeriksaan rampung dilaksanakan. "Nanti ya," ujarnya.

Laporan Fahri Hamzah

Fahri Hamzah melaporkan Sohibul Iman ke Polda Metro Jaya atas dugaan pencemaran nama baik.

Fahri melaporkan Sohibul atas pernyataan yang menyebut dirinya pembohong dan pembangkang di PKS. Laporan Fahri teregistrasi dengan nomor LP/1265/III/2018/PMJ/Dit. Reskrimsus tertanggal 8 Maret 2018.

Terlapor Sohibul Iman diduga telah melakukan pelanggaran Pasal 27 ayat 3 dan Pasal 45 ayat 3 Undang-Undang RI Nomor 19/2016 tentang perubahan Undang-Undang RI Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, dan atau Pasal 311 KUHP dan 310 KUHP.

Reporter: Hari Ariyanti

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kehebohan Lari Dikejar Kawanan Badut

Posted: 22 Oct 2018 09:46 PM PDT

Para peserta berkostum badut berlarian selama acara 'Running of the Clowns' di Pasadena, California pada 21 Oktober 2018. Lari dikejar kawanan badut ini merupakan parodi yang mengolok-olok lomba dikejar banteng di Pamplona, Spanyol. (Mark RALSTON/AFP)

Para peserta berkostum badut berlarian selama acara 'Running of the Clowns' di Pasadena, California pada 21 Oktober 2018. Lari dikejar kawanan badut ini merupakan parodi yang mengolok-olok lomba dikejar banteng di Pamplona, Spanyol. (Mark RALSTON/AFP)

Seorang wanita berlari ketika dikejar badut dalam acara 'Running of the Clowns' di Pasadena, California pada 21 Oktober 2018. Lari dikejar kawanan badut ini merupakan parodi yang mengolok-olok lomba dikejar banteng di Pamplona, Spanyol. (Mark RALSTON/AFP)

Seorang wanita berlari ketika dikejar badut dalam acara 'Running of the Clowns' di Pasadena, California pada 21 Oktober 2018. Lari dikejar kawanan badut ini merupakan parodi yang mengolok-olok lomba dikejar banteng di Pamplona, Spanyol. (Mark RALSTON/AFP)

Pejalan kaki berlarian dikejar kawaan badut dalam 'Running of the Clowns' di Pasadena, California pada 21 Oktober 2018. Lari dikejar kawanan badut ini merupakan parodi yang mengolok-olok lomba dikejar banteng di Pamplona, Spanyol. (Mark RALSTON/AFP)

Pejalan kaki berlarian dikejar kawaan badut dalam 'Running of the Clowns' di Pasadena, California pada 21 Oktober 2018. Lari dikejar kawanan badut ini merupakan parodi yang mengolok-olok lomba dikejar banteng di Pamplona, Spanyol. (Mark RALSTON/AFP)

Para peserta berkostum badut berlarian selama acara 'Running of the Clowns' di Pasadena, California pada 21 Oktober 2018. Lari dikejar kawanan badut ini merupakan parodi yang mengolok-olok lomba dikejar banteng di Pamplona, Spanyol. (Mark RALSTON/AFP)

Para peserta berkostum badut berlarian selama acara 'Running of the Clowns' di Pasadena, California pada 21 Oktober 2018. Lari dikejar kawanan badut ini merupakan parodi yang mengolok-olok lomba dikejar banteng di Pamplona, Spanyol. (Mark RALSTON/AFP)

Peserta berdandan seperti badut mengejar pejalan kaki selama 'Running of the Clowns' di Pasadena, California pada 21 Oktober 2018. Lari dikejar kawanan badut ini merupakan parodi yang mengolok-olok lomba dikejar banteng di Spanyol. (Mark RALSTON/AFP)

Peserta berdandan seperti badut mengejar pejalan kaki selama 'Running of the Clowns' di Pasadena, California pada 21 Oktober 2018. Lari dikejar kawanan badut ini merupakan parodi yang mengolok-olok lomba dikejar banteng di Spanyol. (Mark RALSTON/AFP)

Peserta berdandan seperti badut mengejar pejalan kaki selama 'Running of the Clowns' di Pasadena, California pada 21 Oktober 2018. Lari dikejar kawanan badut ini merupakan parodi yang mengolok-olok lomba dikejar banteng di Spanyol. (Mark RALSTON/AFP)

Peserta berdandan seperti badut mengejar pejalan kaki selama 'Running of the Clowns' di Pasadena, California pada 21 Oktober 2018. Lari dikejar kawanan badut ini merupakan parodi yang mengolok-olok lomba dikejar banteng di Spanyol. (Mark RALSTON/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Real Madrid Vs Viktoria Plzen: Saatnya Bangkit

Posted: 22 Oct 2018 09:45 PM PDT

Bola.com, Madrid - Real Madrid bertekad menyudahi hasil buruk saat menghadapi Viktoria Plzen pada laga ketiga Grup G Liga Champions, di Santiago Bernabeu, Selasa (23/10/2018). Bermain di depan publik sendiri, Los Blancos bertekad meraih tiga poin.

Real Madrid tampil melempem dalam lima laga terakhir di seluruh ajang kompetisi. El Real menelan empat kekalahan dan satu hasil imbang dari lima pertandingan tersebut.

Gawang Madrid pun kebobolan tujuh gol serta hanya sekali menjaringkan bola ke gawang lawan. Teranyar, Gareth Bale dkk. menyerah 1-2 dari Levante dalam pertandingan pekan kesembilan La Liga Spanyol, Sabtu (20/10/2018).

Tren minor tersebut membuat posisi Julen Lopetegui di kursi pelatih Real Madrid terancam. Jika kembali menelan kekalahan, bukan tak mungkin Lopetegui harus angkat kaki dari Santiago Bernabeu.

Tak ingin tren minor tersebut berlanjut, Los Blancos berambisi mendulang tiga poin penuh kontra Viktoria Plzen. Hasil positif akan menjadi langkah awal bagi Madrid untuk bangkit dan kembali ke jalur kemenangan.

"Anggota tim sangatlah kuat, karena mereka merupakan para pemain juara dan jika mereka juara itu bukanlah karena kebetulan. Momentum yang kurang bagus akan mereka lampaui dengan kekuatan tersebut dan dengan kualitas yang mereka miliki," ujar Lopetegui.

"Tim tetap 'hidup', penuh dengan harapan untuk memainkan satu laga yang bagus besok dan yakin akan mampu membalikkan situasi. Terdapat contoh-contoh yang positif dalam situasi-situasi yang kurang menguntungkan," lanjutnya.

Kans Real Madrid meraih kemenangan terbilang besar. Sebab, sang lawan memiliki tren buruk di Liga Champions musim ini. Viktoria Plzen menelan satu hasil imbang dan sekali kalah dari dua laga terakhir Grup G.

Hasil tersebut membuat Plzen kini berada di dasar grup dengan nilai satu. Mereka tertinggal dua poin dari Real Madrid yang menempati urutan kedua.

Kendati begitu, Viktoria Plzen harus tetap diwaspadai. Pasalnya, klub asal Republik Ceska tersebut tak terkalahkan dalam tiga laga terakhir, dengan rincian dua kemenangan dan satu hasil imbang. Duel ini juga akan menjadi pertemuan pertama Real Madrid kontra Viktoria Plzen di seluruh ajang.

"Real Madrid memiliki pemain terbaik di dunia. Kami harus menghormati mereka, meski kami tahu kami bisa mengejutkan mereka di Santiago Bernabeu," ujar pelatih Plzen, Pavel Vrba.

 

Statistik dan Catatan Pertemuan Kedua Tim

Prakiraan susunan pemain:

Real Madrid (4-3-3): Keylor Navas; Nacho, Raphael Varane, Sergio Ramos, Marcelo; Luka Modric, Casemiro, Toni Kroos; Gareth Bale, Karim Benzema, Marco Asensio.

Pelatih: Julen Lopetegui (Spanyol)

Viktoria Plzen (4-2-3-1): Matus Kozacik; Radim Reznik, Lukas Hejda, Roman Hubnik, David Limbersky; Patrik Hrosovsky, Roman Prochazka; Martin Zeman, Tomas Horava, Jan Kovarik; Michal Krmencik.

Pelatih: Pavel Vrba (Republik Ceska)

Lima pertandingan terakhir Real Madrid:

  • 27/09/18 Sevilla 3 - 0 Real Madrid (La Liga Spanyol)
  • 30/09/18 Real Madrid 0 - 0 Atletico Madrid (La Liga Spanyol)
  • 03/10/18 CSKA Moskwa 1 - 0 Real Madrid (Liga Champions)
  • 06/10/18 Deportivo Alaves 1 - 0 Real Madrid (La Liga Spanyol)
  • 20/10/18 Real Madrid 1 - 2 Levante (La Liga Spanyol)

Lima pertandingan terakhir Viktoria Plzen:

  • 29/09/18 Viktoria Plzen 1 - 0 Sparta Praha (Liga Ceska)
  • 03/10/18 AS Roma 5 - 0 Viktoria Plzen (Liga Champions)
  • 07/10/18 Viktoria Plzen 1 - 0 Teplice (Liga Ceska)
  • 11/10/18 Vyskov 1 - 5 Viktoria Plzen (Piala Ceska)
  • 19/10/18 FC Bohemians Prague 2 - 2 Viktoria Plzen (Liga Ceska)

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

GP Ansor: Ada Upaya Provokasi dan Mainkan Skenario Bendera Tauhid Dibakar

Posted: 22 Oct 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas menyayangkan aksi pembakaran bendera dengan tulisan Arab yang dilakukan anggota Banser di Garut, Jawa Barat. Yaqut mensinyalir ada upaya provokasi di tengah perayaan Hari Santri oleh Banser, Senin 22 Oktober kemarin.

"Enggak mungkin bendera itu datang sendiri. Pasti ada yang bawa dan ini yang sedang kita cari," kata Yaqut saat berbincang dengan Liputan6.com, Selasa (23/10/2018).

Laporan dari kader Banser di Jabar, rupanya ada tiga kejadian di tiga lokasi berbeda di mana bendera mirip HTI yang berisikan kalimat Tauhid berada di tengah massa Banser. Selain di Garut, temuan atribut HTI di tengah massa Banser juga ditemukan di Kabupaten Bandung Barat dan Tasikmalaya.

"Hanya yang meledak dan tidak dapat dicegah ya di Garut. Kalau di Bandung Barat sudah berhasil diamankan, ada anak kecil membawa bendera tersebut di tengah massa Banser," kata Yaqut. Sementara di Tasikmalaya belum ditemukan.

"Ada yang memainkan skenario," dia melanjutkan.

Disinggung bahwa bendera tersebut berisikan kalimat tauhid yang selama ini dijunjung tinggi umat Islam. Kalimat tersebut bertuliskan Laa ilaaha illallah.

Yaqut mengatakan, apa yang dilakukan anggota Banser di Garut adalah semata-mata membakar atribut dan simbol yang selama ini diasosiasikan sebagai Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

"Faktanya di setiap kegiatan HTI, bendera itu yang dipakai HTI. Bila pembahasan dibawa ke bendera Al Liwa Ar rayah, maka akan jadi perdebatan panjang, debatable. Tapi faktanya memang bendera itu yang ada di setiap kegiatan HTI," kata Yaqut.

"Bendera yang dipakai ISIS juga mereka klaim sebagai bendera atau panji Rasullulah," Yaqut melanjutkan.

Langkah Hukum

Anggota Banser NU meneriakkan yel yel jelang mengikuti Apel Kebangsaan di Perkemahan Ragunan, Jakarta, Selasa (18/4). Apel ini bertema Memperteguh Semangat Kebangsaan, Membawa Khazanah Islam untuk Perdamaian Dunia. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Mabes Polri memastikan pihaknya memproses hukum kasus pembakaran bendera mirip organisasi terlarang Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) di Garut, Jawa Barat yang viral. Langkah tersebut dilakukan untuk mencegah gesekan antarkelompok.

"Kita tindak secara hukum agar dapat menenangkan atau menetralkan situasi kondusif secara umum," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo melalui keterangan tertulis, Jakarta, Selasa (23/10/2018).

Kepolisian, kata Dedi, telah memeriksa dan mengamankan sejumlah saksi terkait kasus tersebut. Selain itu, kepolisian juga menurunkan atau men-take down video pembakaran berita yang viral di media sosial.

Berdasarkan catatan kepolisian, insiden pembakaran bendera mirip HTI itu dilakukan oleh oknum anggota Banser saat peringatan Hari Santri Nasional di Lapangan Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada Senin 22 Oktober 2018 sekira pukul 09.30 WIB.

Acara tersebut diikuti oleh sekitar 4.000 santri dari wilayah Garut Utara. Insiden pembakaran itu sempat direkam dan videonya viral beberapa jam pasca-kejadian hingga menimbulkan kontroversi di masyarakat.

Kepolisian dipimpin Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna langsung mendatangi lokasi kejadian. Selain melakukan penyelidikan, polisi juga mengumpulkan tokoh-tokoh untuk mengajak seluruh masyarakat agar menjaga situasi tetap tenang.

"Sampai dengan saat ini situasi di Kabupaten Garut pascakejadian tersebut dalam keadaan aman dan kondusif," ucap Dedi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kelezatan Kuliner dari Lima Kota di Indonesia Ini Dijamin Bikin Ketagihan! Apa Saja?

Posted: 22 Oct 2018 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Indonesia memiliki kekayaan kuliner yang begitu beragam. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas dengan cita rasa yang berbeda-beda tetapi bisa dinikmati oleh semua pihak. Bahkan, banyak wisatawan mancanegara yang mengagumi kenikmatan kuliner Indonesia.

Sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita pun sebaiknya melestarikan kekayaan kuliner ini dengan mengonsumsinya dan bantu mempromosikannya ke masyarakat luas. Jadi, kalau Anda sedang berlibur ke suatu daerah, jangan lupa untuk mencicipi makanan khasnya ya.

Berikut lima makanan khas dari lima kota di Indonesia yang patut Anda cicipi kalau sedang berkunjung ke sana. Intip, yuk!

1. Tahu gimbal Semarang

Rasanya tak lengkap kalau mampir ke Semarang tapi tidak mencoba tahu gimbal. Makanan ini serupa seperti gado-gado dan ketoprak, berisi tahu, kol, lontong atau ketupat, kecambah, dan bumbu kacang. Bedanya, di makanan ini juga terdapat gimbal udang atau bakwan udang dan telur mata sapi.

Di Semarang, Anda bisa mencoba tahu gimbal Pak Man. Tahu gimbal di tempat ini terkenal karena memiliki rasa bawang putih dan bumbu kacang yang kuat.

2. Pecel Kawi Malang

Malang juga terkenal dengan jajanan-jajanan enak. Salah satu makanan khas Kota Apel ini adalah Pecel Kawi. Sesuai namanya, tempat makan Pecel Kawi ini terletak di Jalan Kawi Atas No. 43. Tempat ini sudah jadi kegemaran banyak orang sejak 1975, lho.

Pecel Kawi menjadi spesial dibandingkan pecel-pecel lainnya karena rasa bumbu kacang yang disiram di atas nasi. Hal ini memberikan sensasi rasa unik nan lezat. Kenikmatannya semakin lengkap dengan tambahan peyek yang gurih.

3. Serabi Notosuman Solo

Salah satu makanan paling populer di Solo adalah serabi Notosuman. Rasanya begitu menggiurkan kalau dinikmati selagi hangat. Teksturnya yang lembut di tengah dengan pinggiran renyah membuat Anda sulit berhenti mengunyahnya. Terlebih lagi, harganya tidak terlalu mahal. Satu porsi terdiri 10 buah serabi dijual dengan harga Rp 20.000 untuk topping polos dan Rp 25.000 untuk topping cokelat.

Makanan tersebut juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh karena ukuran dusnya tidak terlalu besar dan berat. Anda bisa membelinya di bandara atau di tokonya yang beralamat di Jl. Mohamad Yamin No. 28.

4. Rujak cingur Surabaya

Apabila Anda sedang jalan-jalan ke Surabaya, luangkan waktu sejenak untuk menikmati rujak cingur. Uniknya, komponen utama dari rujak ini adalah potongan cingur alias hidung sapi yang sudah direbus. Ditambah potongan tahu, tempe goreng, kangkung, taoge, bengkoang, mentimun, dan siraman bumbu rujak.

Salah satu tempat rujak cingur di Surabaya yang cukup terkenal adalah Rujak Cingur Ahmad Jais. Tempat makan ini menyajikan cingur yang kenyal dan tidak berbau, sehingga Anda tak perlu merasa 'geli' untuk memakannya.

5. Ayam betutu Bali

Anda penyuka kuliner pedas? Kalau iya, berarti Anda tak boleh melewatkan ayam betutu saat berlibur di Bali. Ayamnya sudah direndam dengan bumbu rempah yang memiliki cita rasa pedas. Ditambah lagi, Anda juga akan disajikan pelecing kangkung dan sambal matah yang tak kalah pedas sebagai pendamping.

Anda akan menemukan banyak restoran ayam betutu di Bali. Namun, salah satu tempat yang paling direkomendasikan adalah Ayam Betutu Men. Restoran ini ada di wilayah Gilimanuk, Melaya, dan Jembrana. Anda bisa memilih restoran yang paling dekat dengan tempat menginap.

Nah, menggiurkan sekali kan pilihan kuliner khas lima kota di Indonesia tersebut? Supaya tak penasaran, rencanakan saja liburan ke salah satu kota tersebut mumpung sebentar lagi gajian.

Soal biaya perjalanan, tidak perlu pusing. Sebab, sebentar lagi akan ada promo Online Tiket Week (OTW) dari tiket.com yang akan berlangsung dari 25 - 31 Oktober 2018. Siap-siap deh tersambar harga gledek dari tiket.com. Iya, murahnya bikin kaget banget!

Selain ada harga terbaik yang bisa bikin tiket pesawat murah, Anda juga bisa booking hotel murah dengan diskon hotel hingga 50%. Asyik banget, kan?

Bayangkan saja, dengan promo OTW dari tiket.com, kamu cukup mengeluarkan uang untuk tiket pesawat ke Bali mulai dari Rp 279.000 saja! Selain itu, kamu juga bisa dapat cashback hingga Rp 5.000.000. Simak detail harga-harga lengkapnya di gambar di bawah ini nih.

Promo Online Tiket Week (OTW) dari tiket.com yang akan berlangsung dari 25 - 31 Oktober 2018,

Cara mendapatkan promo ini pun sangat mudah. Install saja aplikasi tiket.com dan Anda bisa langsung mendapatkannya.

Siap-siap kesamber geledek OTW tiket.com dan selamat menikmati lezatnya kuliner Indonesia!

 

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Kembali Melemah ke 15.212 per Dolar AS

Posted: 22 Oct 2018 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan Selasa pekan ini. Ketidakpastian di Eropa bikin dolar AS menguat. 

Mengutip Bloomberg, Selasa (23/10/2018), rupiah dibuka di angka 15.196 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 15.187 per dolar AS. Menuju siang, rupiah terus tertekan hingga mencapai 15.212 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 15.196 per dolar AS hingga 15.212 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 12,23 persen.

Pada perdagangan Selasa ini, dolar AS memang menguat akibat ketidakpastian pasar uang di Eropa. "Dolar AS menguat terhadap hampir semua mata uang kuat dunia didorong kembalinya ketidakpastian di pasar keuangan Eropa," kata Ekonom Samuel Sekuritas Ahmad Mikail dikutip dari Antara.

Ia mengemukakan ketidakpastian di Eropa itu didorong oleh isu kenaikan defisit anggaran negara Italia serta kembali buntunya proses keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

Selain itu, lanjut dia, apresiasi dolar AS juga dipicu oleh prospek kenaikan tingkat suku bunga di Amerika Serikat (Fed Fund Rate/FFR). "Sentimen eksternal itu menekan rupiah terhadap dolar AS," katanya.

Ia menambahkan menjelang Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia hari ini (23/10) yang diperkirakan mempertahankan tingkat suku bunga BI 7-Day Repo Rate di 5,75 persen.

Analis senior CSA Research Institute Reza Priyambada mengharapkan pelaku pasar merespons positif kebijakan Bank Indonesia yang diperkirakan akan mempertahankan tingkat suku bunga.

"Suku bunga dipertahankan, diharapkan dapat menjadi sentimen positif pada rupiah," katanya.

Rupiah Melemah, Pemerintah Mesti Disiplin Kelola Anggaran

Teller menukarkan mata uang dolar ke rupiah di Jakarta, Jumat (2/2). Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara mengatakan, posisi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat yang berada di level Rp13.700 hingga Rp13.800.(Liputan6.com/Angga Yuniar)

 Nilai tukar rupiah masih melemah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Bahkan rupiah tembus 15.200 per dolar.Meski demikian, ekonomi Indonesia saat ini dinilai masih kuat.

Kondisi ekonomi Indonesia pada 2018 berbeda dengan 1998 meski nilai tukar rupiah cenderung melemah terhadap dolar Amerika Serikat. Hal ini ditopang sistem keuangan Indonesia jauh lebih baik.

Hal itu disampaikan Ekonom Senior Raden Pardede saat dihubungi Liputan6.com, seperti ditulis Senin (22/10/2018).

"Kondisi seperti 1998 tidak akan terjadi. Punya keyakinan ekonomi kita jauh lebih baik. Mesin ekonomi dan sistem perbankan sudah jauh lebih baik," ujar Raden. 

Raden menuturkan, kondisi sistem perbankan jauh lebih baik dilihat dari tata kelola perbankan dibandingkan pada 1998. "Pemilik dengan pengelola sudah terjadi pemisahan  yang ketat,""kata dia.

Selain itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menurut Raden dalam mengawasi perbankan juga lebih baik. Ini ditunjukkan dari penyaluran kredit. "Bank tidak bisa salurkan kredit ke perusahaan sendiri. Dulu jantung tidak berfungsi dengan baik yaitu perbankannya," ujar dia.

Meski demikian, Raden mengingatkan agar pemerintah dan Bank Indonesia tetap waspada. Pemerintah dinilai harus disiplin dalam mengelola anggaran. 

Seperti diketahui, berdasarkan referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) atau kurs tengah BI, pada 20 Oktober 2014 berada di posisi 12.041 per dolar AS atau menguat dari posisi 17 Oktober 2014 di kisaran 12.222. 

Rupiah pun melemah 12,39 persen sepanjang tahun berjalan 2018. Nilai tukar rupiah sempat di posisi 13.542 per dolar AS pada 2 Januari 2018 ke posisi 15.221 per dolar AS pada 19 Oktober 2018. Rupiah sempat berada di level terendah di posisi 15.253 per dolar AS pada 11 Oktober 2018.

Sebelumnya, Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga Uno, Handi Risza Idris, menuturkan hal penting yang harus dilakukan pemerintah dalam menekan laju depresiasi rupiah dengan benahi kondisi ekonomi domestik.

Ia menuturkan, dengan perbaiki kualitas ekonomi dalam negeri, tentu Indonesia dapat lebih tahan ketika terjadi ketidakpastian ekonomi global.

"Stabilitas dipengaruhi beberapa faktor eksternal dan internal. Itu faktor eksternal itu tidak bisa kita kontrol, tapi harus dilihat PR internal yang harus dikerjakan dalam beberapa tahun," kata dia dalam diskusi pada Sabtu 20 Oktober 2018.

Beberapa kebijakan yang menurut dia dapat dijalankan oleh pemerintah di tengah depresiasi rupiah dengan perkuat ekspor serta ketahanan industri nasional. "Internal ada bauran kebijakan, ada hal diperbaiki tapi belum maksimal," kata dia.

Jika ekspor Indonesia bagus, meski pun rupiah melemah tapi Indonesia tetap bisa mendapatkan keuntungan dari naiknya nilai ekspor.

"Contoh, ketika rupiah melemah harusnya dampaknya bisa kita ambil keuntungan, harusnya ekspor kita melonjak, karena produksi pakai rupiah tapi ekspor pakai dolar AS. Itu tidak terjadi tapi peningkatan impor jauh lebih tinggi," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Pelajar Teler di Tangerang Positif Isap Tembakau Gorila

Posted: 22 Oct 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Tangerang - Dua pelajar SMK Negeri yang kedapatan teler di samping Gedung KNPI Kota Tangerang, dipastikan positif mengisap ganja sintetis atau tembakau gorila. Hal tersebut setelah cek laboratorium dan urine yang dikeluarkan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tangerang. 

Berdasarkan hasil tes urine, BNN menyatakan dua pelajar berinisial D dan R ini positif menggunakan narkoba. "Positif Benzo, mereka mengaku menggunakan sejenis tembakau gorila," ujar Kepala BNN Kota Tangerang AKBP Akhmad F Hidayanto, Selasa (23/10/2018).

Akhmad menuturkan, tembakau gorila merupakan jenis narkoba yang termasuk dalam golongan G. Menurutnya, seseorang yang terbukti mengkonsumsi narkoba, akan ditindak tegas.

"Yang jelas kalau memang sudah masuk kategori G dan masuk narkoba jenis baru, kita ambil langkah tegas," ucapnya. 

 

Rehabilitasi

Kendati demikian, kedua pelajar itu merupakan orang sakit yang harus direhabilitasi. Kata Akhmad, yang memberikan sanksi pada pelajar ini adalah pihak sekolah.

"Mereka ini masih pelajar, mereka orang sakit dan perlu diobati. Kita akan panggil sekolah dan orangtua mereka. Untuk kewenangan sanksinya ada pada sekolah," katanya.

BNN pun, kata Akhmad, akan memberikan kesempatan kedua bagi para pelajar ini. "Tetap kita harus memberikan kesempatan kepada mereka dari hasil assessment nanti. Kalau dari kami akan arahkan ke rehabilitasi," ujarnya.

Sebelumnya, dua pelajar itu digelandang petugas Satpol PP ke kantor BNN karena ditemukan dengan kondisi tubuh lemas dan teler di area Gedung Olahraga (GOR) Tangerang, Jalan Dimyati, Kota Tangerang. Petugas juga menemukan barang bukti berupa satu paket tembakau gorila bekas pakai yang dibungkus di dalam bungkus rokok.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Putri Juby Akui Manfaatkan Berita Perceraian Delon

Posted: 22 Oct 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Image negatif mulai melekat pada diri Putri Juby. Penyebabnya karena Putri Juby disebut-sebut sebagai kekasih Delon yang baru. Padahal saat ini Delon tengah mengurus perceraiannya dengan Yeslin Wang.

Kendati demikian, Putri Juby mengaku memanfaatkan pemberitaan perceraian Delon Thamrin dan Yeslin Wang. Dia memang disebut-sebut memiliki hubungan dekat dengan Delon.

"Kalau dibilang memanfaatkan momen, aku enggak munafik juga," kata Putri Juby di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Senin 22 Oktober 2018.

Dia berterima kasih kepada Delon. Nama Putri Juby semakin terkenal setelah disangkut-pautkan dengan kawan lamanya tersebut. Ditambah lagi, Delon selalu memberikan dukungan pada kariernya di dunia model dan musik.

"Aku mau mengucapkan terima kasih sama Delon karena dia juga support karier aku dan aku juga memang aktif di modelling dan lagi merintis jadi penyanyi. Jadi kalau dibilang memanfaatkan momen, ya ambil positifnya saja," ucapnya.

Hubungan Khusus

Putri Juby, wanita yang dianggap sebagai kekasih baru Delon Thamrin. (Instagram: @17.putrijuby)

Namun, Putri menampik tudingan yang menyebutnya memiliki hubungan khusus dengan Delon. Menurut dia, Delon seperti kakaknya sendiri, bukan pacar.

"Pacaran enggak ya? Enggak-lah, sekarang aku memosisikan diri aku sebagai adiknya dia, kakak adik lah," ujar dia.

Kenal Lama

Delon

Tapi, imbuh Putri, dia tak memungkiri bahwa delapan tahun lalu dia pernah suka dengan suami Yeslin Wang tersebut. Hanya saja rasa suka Putri kepada Delon sudah hilang. "Jadi sudah dikubur, sudah ditutup rapat. Jadi biasa saja," ujar Putri. (Nur Ulfa/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Masuki Musim Hujan, Petugas Bersihkan Sampah dari Sungai Ciliwung

Posted: 22 Oct 2018 09:37 PM PDT

Petugas berjalan ditumpukan sampah yang terbawa arus sungai Ciliwung, Jakarta, Selasa (23/10). Dinas Lingkungan Hidup mengantisipasi terjadinya peningkatan volume sampah saat musim penghujan tiba di setiap pintu air Jakarta. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas berjalan ditumpukan sampah yang terbawa arus sungai Ciliwung, Jakarta, Selasa (23/10). Dinas Lingkungan Hidup mengantisipasi terjadinya peningkatan volume sampah saat musim penghujan tiba di setiap pintu air Jakarta. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas membersihkan sampah yang terbawa arus sungai Ciliwung, di Jakarta, Selasa (23/10). Dinas Lingkungan Hidup mengantisipasi terjadinya peningkatan volume sampah saat musim penghujan tiba di setiap pintu air Jakarta. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas membersihkan sampah yang terbawa arus sungai Ciliwung, di Jakarta, Selasa (23/10). Dinas Lingkungan Hidup mengantisipasi terjadinya peningkatan volume sampah saat musim penghujan tiba di setiap pintu air Jakarta. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Tumpukan sampah yang terbawa arus sungai Ciliwung terlihat, Jakarta, Selasa (23/10). Dinas Lingkungan Hidup mengantisipasi terjadinya peningkatan volume sampah saat musim penghujan tiba di setiap pintu air Jakarta. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Tumpukan sampah yang terbawa arus sungai Ciliwung terlihat, Jakarta, Selasa (23/10). Dinas Lingkungan Hidup mengantisipasi terjadinya peningkatan volume sampah saat musim penghujan tiba di setiap pintu air Jakarta. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas membersihkan sampah yang terbawa arus sungai Ciliwung, di Jakarta, Selasa (23/10). Dinas Lingkungan Hidup mengantisipasi terjadinya peningkatan volume sampah saat musim penghujan tiba di setiap pintu air Jakarta. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Petugas membersihkan sampah yang terbawa arus sungai Ciliwung, di Jakarta, Selasa (23/10). Dinas Lingkungan Hidup mengantisipasi terjadinya peningkatan volume sampah saat musim penghujan tiba di setiap pintu air Jakarta. (Merdeka.com/Imam Buhori)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Unilever Cetak Laba Rp 7,3 Triliun di Kuartal III 2018

Posted: 22 Oct 2018 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) membukukan laba Rp 7,3 triliun per September 2018. Angka tersebut naik 39,7 persen dari Rp 5,229 triliun pada September 2017.

Sekretaris Perusahaan Unilever Indonesia Sancoyo Antarikso menjelaskan, peningkatan laba Unilever seiring peningkatan penjualan bersih. Penjualan perseroan naik 0,96 persen dari Rp 31,2 triliun per September 2017 menjadi Rp 31,5 triliun per September 2018.

Penjualan bersih Unilever khusus kuartal III 2018 tercatat Rp 10,3 triliun, naik 5,5 persen dari periode yang sama 2017.

"Pada kuartal III 2018, UNVR melakukan aksi korporasi penjualan aset kategori Spreads sebesar Rp2,8 triliun," jelasnya seperti dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (23/10/2018).

Unilever mengukuhkan untuk terus tumbuh dengan menghadirkan inovasi dan inisiatif untuk menjangkau kebutuhan konsumen dan segmentasi pasar yang berbeda-beda.

Salah satu strategi yang dilakukan adalah dengan memasuki bisnis di kategori baru, yaitu peluncuran saus sambal Jawara dan peluncuran produk perawatan tubuh baru, yaitu sabun Korea Glow.

"Kami memiliki komitmen untuk terus tumbuh di Indonesia, untuk itu kami akan memahami, menganalisis pergeseran perilaku dan preferensi konsumen untuk dapat mengembangkan inovasi yang secara jitu menjawab kebutuhan mereka," ungkapnya.

 

Jual Aset

PT Unilever Indonesia Tbk akan dipimpin oleh Hemant Bakshi, warga negara India yang mengawali karier bersama Unilever di India sejak 1989.

Selain meluncurkan inisiatif-inisiatif baru, pada kuartal III 2018, Unilever juga melakukan aksi korporasi penjualan aset kategori Spreads dengan nilai transaksi bersih sebesar Rp 2,8 triliun.

"Di tengah kompetisi yang intensif seperti saat ini, kami berusaha untuk selalu meningkatkan daya saing kami di pasar dengan mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan dan menguntungkan" tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Real Madrid Tidak Rindu Ronaldo

Posted: 22 Oct 2018 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Cristiano Ronaldo memutuskan hengkang setelah sembilan tahun berkostum Real Madrid. Superstar asal Portugal itu memilih Juventus sebagai klub barunya mulai musim panas 2018.

Setelah Ronaldo pergi, performa Real Madrid merosot. Dari 12 laga yang telah dilalui sejauh musim ini di semua kompetisi, Los Blancos sudah kalah lima kali.

Dari sini, banyak pihak yang menyebut bahwa Real Madrid merindukan Ronaldo. Sebab, CR7 kerap jadi penyelamat Madrid di saat-saat krusial dan memberi mereka tiga poin.

Di era Ronaldo, gol hampir selalu mengalir dengan lancar dari lini serang Real Madrid. Namun, kini Los Blancos sempat tak bisa mencetak gol sama sekali selama sekitar 480 menit.

Kering Gol

Karim Benzema dan Gareth Bale frustrasi saat Real Madrid bertanding melawan Levante. (AFP/Gabriel Bouys)

Mereka mulai tak bisa mencetak gol saat melawan Sevilla dan Atletico Madrid di pentas Liga Spanyol. Kemudian berlanjut saat melawan CSKA Moskow di Liga Champions.

Situasi itu terulang di laga lawan Alaves di pentas Liga Spanyol. Pada akhirnya Madrid baru bisa mencetak gol ketika melawan Levante akhir pekan kemarin di Santiago Bernabeu.

Jika saja gagal mencetak gol lagi di laga itu, maka Madrid akan mencatatkan rekor kegagalan mencetak gol terlama sepanjang sejarah klub.

Enggan Keluar Air Mata

Kepergian Ronaldo tidak disesali oleh gelandang Madrid, Isco. Ia menegaskan lebih rindu pada rekan-rekannya yang sekarang tengah tumbang karena cedera.

"Saya rindu [Dani] Carvajal, [Gareth] Bale," jawabnya ketika ditanya tentang hengkangnya CR7. "Kami tak bisa mencari solusi di luar klub," imbuh Isco pada Marca.

"Dalam skuat ini kami memiliki banyak pemain berbakat sehingga kami tidak bisa menangisi seseorang yang tidak ingin berada di sini," ketusnya.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pantai Barat Meksiko Bersiap Diterjang Badai Willa Berkekuatan 250 Km per Jam

Posted: 22 Oct 2018 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Mexico City - Pemerintah Meksiko telah mengeluarkan peringatan siaga di wilayah pesisir Pasifik negaranya, terkait munculnya jalur lintasan badai Willa yang mengancam keselamatan jiwa.

Badai Willa diperkirakan siap menerjang pantai barat daya Meksiko pada hari Selasa dan "berpotensi menimbulkan bencana", tulis National Hurricane Center (NHC) dalam sebuah pengumuman peringatan.

Dikutip dari BBC pada Senin (22/10/2018), Badai Willa saat ini berada pada kategori empat, yang berarti diikuti risiko hujan lebat dan banjir besar.

Menurut NHC, badai Willa diperkirakan akan mengirimkan curah hujan hingga 46 sentimeter di sepanjang wilayah barat daya Meksiko. Adapun kecepatan anginnya disebut bisa mencapai 250 kilometer per jam.

"Curah hujan ini akan menyebabkan banjir bandang dan tanah longsor yang mengancam jiwa," tulis NHC pada Senin, 22 Oktober.

NHC mengatakan "gelombang badai yang sangat berbahaya" juga kemungkinan akan mempengaruhi wilayah pantai pada Selasa malam, menambahkan bahwa hujan dan angin kencang akan disertai oleh "gelombang besar penghancur".

Peringatan topan berlaku untuk daerah-daerah di pesisir barat Meksiko, termasuk San Blas, di pantai Pasifik, dan resor pantai Mazatlan.

Peringatan itu berarti bahwa kondisi badai diperkirakan akan terjadi dalam 36 jam ke depan sejak Senin pagi waktu setempat.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Pesisir Florida Lumpuh oleh Badai Michael

Kerusakan yang diakibatkan oleh Badai Michael di Florida (AP PHOTO)

Sementara itu, sebagian kawasan Teluk Meksiko di sebelah timur laut--termasuk Florida--luluh lantak dihantam Badai Michael. Setidaknya 18 orang tewas saat badai terjadi pada 13 Oktober 2018.

Badai Michael, yang tergolong kategori 4 (skala Saffir-Simpson), meluluh-lantakkan Florida sejak 12 Oktober, untuk kemudian melintas ke Georgia, Carolina, dan Virginia dalam bentuk badai tropis pada akhir pekan ini.

Tiga hari setelah badai, pekerja tanggap bencana mulai menggali tumpukan puing-puing berskala raksasa untuk mencari korban yang selamat, atau yang terburuk, jenazah yang tertimbun reruntuhan, demikian seperti dikutip dari CNN.

Badai Michael, yang telah diturunkan menjadi kategori pascasiklon tropis, adalah yang tercatat paling kuat yang menerjang kawasan Panhandle dan ke-3 terkuat yang menerjang daratan Amerika.

Sementara itu, sebuah perusahaan asuransi terkemuka di Amerika Utara memperkirakan bahwa badai Michael picu total kerugian hingga US$ 8 miliar, atau setara Rp 121 triliun (kurs Rp 15.181 per dolar AS).

Karen Clark & ​​Company (KCC) yang berbasis di Boston merilis perkiraan tersebut pada 11 Oktober 2018. Seluruh total kerugian yang dihitung merupakan kumpulan nilai objek asuransi, seperti perumahan, bangunan komersial, dan oomotif.

Dikutip dari Time.com, nilai itu juga dihitung dari skema kerugian yang dicakup oleh Program Asuransi Banjir Nasional.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dandim TNI Ponorogo Ingatkan Anggotanya Jaga Netralitas Jelang Pemilu 2019

Posted: 22 Oct 2018 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Ponorogo - Komandan Kodim (Dandim) 0802/Ponorogo Jawa Timur Letnan TNI Kolonel Inf Made Sandy Agusto mengingatkan netralitas prajurit TNI dalam Pemilu 2019 kepada anggotanya saat pertemuan di aula Kodim setempat pada Senin, 22 Oktober 2018.

"Saya tekankan bagi seluruh anggota, jangan ada anggota Kodim 0802/Ponorogo yang melanggar netralitas TNI dalam pemilu," ujar Sandy, seperti dilansir Antara, Selasa (23/10/2018).

Ia meminta kepada prajurit TNI di jajaran Kodim Ponorogo melaksanakan petunjuk netralitas TNI sesuai buku netralitas TNI.

"Laksanakan petunjuk netralitas TNI sesuai dengan petunjuk di dalam buku Netralitas TNI yang kalian pegang. Bacalah berkali-kali agar kalian memahami betul menjaga netralitas TNI dalam pemilu," kata Sandy.

Dia juga mengingatkan anggotanya agar terus meningkatkan keimanan dan ketakwaannya kepada Tuhan.

"Setiap prajurit Kodim 0802/Ponorogo hendaknya meningkatkan kembali keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME dalam kehidupan sehari-hari," jelas Sandy.

Sandy juga mengingatkan para prajurit TNI untuk melaksanakan ajaran agama dengan baik dan tidak menunda-nunda kegiatan ibadah.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ratusan Anggota TNI - Polri Kawal Aksi Penolakan Pembakaran Bendera HTI di Garut

Posted: 22 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Garut Sebanyak 300 anggota personil gabungan TNI-Polres Garut, Jawa Barat diterjunkan untuk mengawal aksi bela tauhid pasca-pembakaran bendera HTI di kecamatan Limbangan kemarin.

"Pengamanan kami bagi di dua titik, kantor NU dan Alun-alun," ujar Kabag Operasional Liman Heryawan, di Mapolres, Garut, Selasa (23/10/2018).

Diperkirakan dua kubu massa yang akan melaksanakan aksi pada hari ini yakni sekitar 400 orang di kantor NU jalan Suherman, Pasirmuncang, serta 500 orang berada di Alun-alun Garut yang akan dilakukan oleh massa Aliansi Umat Islam Bela Tauhid.

"Ada juga sekitar 100 personil yang diperbantukan dari polda Jabar," ujar Liman menambahkan.

Meskipun dilakukan penjagaan aparat, lembaganya berharap kegiatan orasi di kedua titik kumpul massa dari dua kubu yang berseberangan itu berlangsung aman dan kondusif. "Silahkan sampaikan aspirasinya sesuai aturan dan undang-undang yang berlaku," pinta dia.

Seperti diketahui aksi bakar bendera HTI yang dilakukan ormas tertentu pada Perayaan Hari Santri Nasional (HSN) ke-3 di Kecamatan Limbangan, Garut kemarin, langsung memantik kemarahan massa.

Video berdurasi 2,04 menit yang mulai beredar pada Senin, (22/10/2018) sekitar pukul 11.00 itu, langsung jadi kontroversi buah bibir masyatakat tanah air. Tak ayal aksi penolakan dan kutukan pun terus datang silih berganti.

Bahkan kubu aliansi Umat Islam Bela Tauhid, yang mengutuk aksi pembakaran itu, telah melaporkan pelaku pembakaran yang berasal dari ormas tertentu itu, ke pihak bereajib dengan pasal penistaan agama.

Bahkan rencannya, siang hari ini kedua kubu massa yang bersebrangan itu, akan kembali menurunkan massa dalam jumlah yang banyak yang dipusatkan di dua titik kumpul massa yakni, kantor PCNU Garut dan Lapangan Otista Alun-alun kabupaten Garut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming O Channel PSMS Vs Mitra Kukar di Liga 1

Posted: 22 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PSMS Medan tengah dalam motivasi tinggi saat menjamu Mitra Kukar di lanjutan Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak, di Stadion Teladan, sore ini. Maklum, Tim Ayam Kinantan baru menoreh prestasi bagus, pekan lalu.

Di kandang lawan, Stadion Jakabaring, mereka sukses menggasak tuan rumah Sriwijaya FC 3-0. Ini tentu jadi modal bagus untuk laga lawan Mitrak Kukar.

Apalagi, PSMS juga punya ambisi besar untuk segera keluar dari zona degradasi, di mana mereka masih terdampar di posisi paling buncit klasemen Liga 1.

Namun, PSMS juga harus mewaspadai kebangkitan Mitra Kukar. Sebab, tim asuhan Rahmad Darmawan ini pasti bakal habis-habisan demi kemenangan, lantaran di empat laga terakhir selalu kalah.

Live Streaming O Channel PSMS Vs Mitra Kukar di Liga 1 dimulai pukul 15.30 WIB.Dapatkan link Live Streaming O Channel PSMS Vs Mitra Kukar di Liga 1 di halaman selanjutnya.

 

Link Live Streaming

Untuk link Live Streaming O Channel PSMS Vs Mitra Kukar di Liga 1 silakan klik di sini...

Perkiraan Pemain

PSMS Medan (3-4-3): Abdul Rohim (kiper); M. Roby, Reinaldo Lobo, Alexandros Tanidis (belakang); Frediyan Wahyu, Legimin Raharjo, Shohei Matsunaga, Gusti Sandria (tengah); Rachmat Hidayat, Felipe Martins, Frets Listanto Butuan (depan)

Pelatih: Peter Butler

Mitra Kukar (3-4-3): Yoo Jae-hoon (kiper); Saepulloh Maulana, Mauricio Leal, Bobby Satria (belakang); Wiganda Pradika, Danny Guthrie, Bayu Pradana, Septian David Maulana (tengah); Dedi Hartono, Fernando Rodriguez, Hendra Adi Bayauw (depan)

Pelatih: Rahmad Darmawan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Tahun Jokowi-JK, Ini Capaian Prestasi di Bidang Sains dan Teknologi

Posted: 22 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, genap memasuki usia empat tahun. Salah satu perhatian dari pemerintahan saat ini adalah bidang sains dan teknologi.

Di tangan generasi muda, keduanya merupakan instrumen untuk memberikan solusi bagi permasalah bangsa, meningkatkan produktivitas, serta berkontribusi terhadap kemajuan ilmu pengetahuan.

Karenanya, pemerataan akses dan peningkatan kualitas pendidikan menjadi fokus utama pembangunan di bidang pendidikan.

Pemerintah mencanangkan perkembangan sains dan teknologi Indonesia di tangan generasi muda bersamaan dengan 100 tahun Indonesia merdeka di 2045.

Dirangkum dari Laporan 4 Tahun Jokowi-JK, Selasa (23/10/2018), Indonesia terus mengukir prestasi di bidang sains dan teknologi. Hal itu ditunjukkan dengan raihan berbagai penghargaan di tingkat internasional.

Sepanjang 2015 hingga 2017, hasil penelitian yang didukung Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) mampu mengembangkan 126 desain, 2.333 hak kekayaan intelektual, 2.004 teknologi tepat guna, dan 970 purwarupa.

Hasil perolehan medali, baik emas, perak, dan perunggu, di Lomba Internasional Tingkat SD Tahun 2014-2018 juga membanggakan.

Ada 46 medali yang diraih saat 2015, disusul 32 medali pada 2016, dan 27 medali tahun lalu. Untuk 2018 sendiri, ada 50 medali yang diraih.

Sementara untuk total perolehan medali, baik emas, perak, dan perunggu, untuk Lomba Internasional Tingkat SMP Tahun 2014-2017 tidak kalah mengagumkan. Ada 46 medali yang diperoleh pada 2015, lalu di 2016 ada 28 medali, serta tahun lalu berhasil mendapat 36 medali.

Tidak hanya itu, berdasarkan data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), siswa Indonesia juga berhasil mencatat prestasi di sejumlah ajang internasional, seperti Kategori Earth System Project (Olimpiade Sains Internasional) IESO di Perancis.

Raihan lain adalah prestasi di kategori Life Science Olimpiade Science Internasional (25th ICYS 2018) di Serbia. Siswa Indonesia juga mencatat prestasi di Kategori Fisika Biologi Kimia International Junior Science Olympiad (IJSO) di Belanda.

Pembangunan Telekomunikasi - Fiber Optik di Nusantara

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengarak sembilan gubernur dan wakil gubernur hasil Pilkada 2018 untuk dilantik di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/9). (Liputan6.com/HO/Wan)

Pembangunan infrastuktur jalanan didampingi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang gencar membangun jaringan fiber optik di Indonesia. Proyek yang disebut Palapa Ring ini akan menghasilkan serat optik sepanjang 36 ribu km.

Proyek ini terbagi atas tiga bagian, Palapa Ring Barat di Kepulauan Meranti, Kepulauan Anambas, Tanjung Bemban, dan Kuala Tungkal.

Kemudian, Palapa Ring Tengah yang akan menghubungkan 17 kota/kabupaten yang berada di provinsi Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Maluku Utara. Lalu ada Palapa Ring Timur untuk daerah Papua dan Papua Barat.

Penyelesaian pembangunan PLP Barat sudah 74 persen, diikut PLP Tengah yang mencapai 35 persen, dan PLP Timur saat ini baru mencapai 18 persen.

Namun, PLP Barat sudah dapat beroperasi sejak Maret lalu. Lebih lanjut, sebanyak 175 ribu menara BTS telah diperkuat, dan mobile coverage sudah mencangkup sampai 75 ribu kelurahan.

Hasil Revitalisasi Pendidikan Vokasi pada 4 Tahun Jokowi-JK

Jokowi-JK dan Ketua MPR Zulkifli Hasan sebelum sidang tahunan MPR dimulai. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pemerintah juga menyiapkan manusia Indonesia menjadi manusia unggul sejak dalam kandungan sampai tumbuh mandiri juga meningkatkan kesejahteraan diri dan keluarganya. Hal itu disampaikan Jokowi dalam sidang tahunan MPR RI 16 Agustus 2018.

Oleh karena itu, pemerintah memperkuat pendidikan dan pelatihan vokasi. Dalam laporan 4 tahun pemerintahan Jokowi-JK, seperti dikutip Sabtu (20/10/2018), pendidikan dan pelatihan vokasi sangat penting dalam menyelesaikan masalah pengangguran.

Selain itu meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia (SDM). Dengan pelatihan, sistem magang, sertifikasi, dan kerja sama dengan dunia usaha diharapkan lulusan yang memiliki kompetensi dan siap bekerja.

Pemerintah sudah melakukan link and match SMK dan industri. Jadi hasilnya hingga Agustus 2018, ada 2.700 SMK yang bekerja sama dengan industri. Selain itu, pemerintah revitalisasi 12 politeknik.

Pemerintah juga menggelar sertifikasi kompetensi mencapai 1.688 pada 2018 dari periode 2017 sebesar 1.153. Retooling dosen meningkat menjadi 211 pada 2018 dari periode 2017 sebesar 131.  Sertifikasi dosen mencapai 268 pada 2018 dari periode 2017 sebesar 169.

Dengan ada revitalisasi pendidikan vokasi, pelatihan yang sudah diberikan kepada 331,91 ribu orang pada Agustus 2018 dari periode 2017 sebesar 259,74 ribu orang.

Masyarakat yang ikuti magang mencapai 144,027 ribu orang hingga Agustus 2018 dari periode 2017 sebesar 133.474 ribu orang. Sertifikasi yang sudah diberikan kepada 395,394 ribu orang pada 2017 dari periode 2016 sebesar 390,277 ribu orang.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dicekal ke Luar Negeri, Ahmad Dhani Mengaku Rugi Rp 1 Miliar

Posted: 22 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejak menjadi tersangka kasus dugaan ujaran kebencian, Ahmad Dhani juga dicekal untuk pergi ke luar negeri. Pencekalan itu telah disampaikan langsung oleh polisi ke bagian imigrasi.

Akibat pencekalan itu, Ahmad Dhani mengklaim mengalami kerugian besar. Dhani dicegah ke luar negeri lagi atas kasus yang dihadapinya.

"Rencananya saya mau jadi ikon travel Yerusalem. Untuk orang-orang yang belum pernah ke Yerusalem. Saya mau mengajak umat muslim salat di Masjidil Aqsa," kata Ahmad Dhani saat di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin, 22 Oktober 2018.

Ahmad Dhani berencana ke Yerusalem akhir tahun ini dan awal tahun 2019. Namun karena adanya pencegahan ini, dia gagal menjadi brand ambassador travel tersebut.

Pencekalan

Ahmad Dhani Prasetyo (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

"Soal dicekal, sudah dari April. Rencananya Oktober atau Desember itu saya mau ada tur Yerusalem. Gara-gara pencekalan itu, tahun ini gagal. Saya pikir, enggak dicekal sampai kapan Januari. Ternyata Januari saya mau ke Yerusalem juga. Ternyata ya karena dicekal, batal juga," ucapnya.

Kerugian

Ahmad Dhani (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Karena pencekalan ini, Ahmad Dhani mengaku merugi hingga miliaran rupiah. "Ya Rp 1 miliar ada kerugiannya," tuturnya. (Nur Ulfa/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Gudang Produsen Alat Kesehatan Ilegal Digrebek Polisi

Posted: 22 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Satreskrim Polres Gresik, Jawa Timur, melakukan penggerebekan sebuah gudang di kawasan pergudangan Prambanan Bizland kecamatan Cerme Gresik, Jawa Timur, yang digunakan sebagai tempat produsen alat kesehatan, alkes, ilegal.

Dalam penggerebekan ini Satreskrim Polres Gresik, Jawa Timur  menemukan  barang bukti  alat kesehatan berupa pen dan scrup ortopedic penyambung tulang patah, yang akan diedarkan di Semarang, jawa tengah, yang belum memiliki  ijin edar  dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perlindungan Bahasa Daerah dalam Kerangka Kebijakan Nasional Kebahasaan

Posted: 22 Oct 2018 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Indonesia sangat kaya dengan bahasa daerah dan sastra daerah. Tercatat terdapat 726 bahasa di Indonesia. Sebagian masih akan berkembang, tetapi tidak dapat diingkari bahwa sebagian besar bahasa itu akan punah.

Menurut UNESCO, seperti yang tertuang dalam Atlas of the World's Language in Danger of Disappearing, di Indonesia terdapat lebih dari 640 bahasa daerah (2001:40) yang di dalamnya terdapat lebih kurang 154 bahasa yang harus diperhatikan. Sekitar 139 bahasa terancam punah dan 15 bahasa benar-benar telah mati.

Bahasa yang terancam punah antara lain terdapat di Kalimantan (satu bahasa), Maluku (22 bahasa), Papua Barat dan Kepulauan Halmahera (67 bahasa), Sulawesi (36 bahasa), Sumatra (dua bahasa), serta Timor-Flores dan Bima-Sumbawa (11 bahasa). Sementara itu, bahasa yang telah punah berada di Maluku (11 bahasa), Papua Barat dan Kepulauan Halmahera, Sulawesi, serta Sumatera (masing-masing satu bahasa).

Hilangnya daya hidup bahasa daerah pada umumnya disebabkan oleh pindahnya orang desa ke kota untuk mencari penghidupan yang dianggap lebih layak dan perkawinan antar etnis yang banyak terjadi di Indonesia. Masyarakat perkotaan, yang pada umumnya merupakan masyarakat multi-etnis atau multilingual, memaksa seseorang harus meninggalkan bahasa etnisnya dan menuju bahasa nasional. 

Cara itu dianggap lebih baik daripada harus bersikap divergensi atau konvergensi dengan bahasa etnis yang lain. Bahasa Indonesia merupakan bahasa kompromistis dalam sebuah perkawinan antaretnis.

Pada umumnya, bahasa etnis setiap orang tua akan ditinggalkan dan bahasa Indonesia kemudian digunakan dalam keluarga itu karena dianggap sebagai bahasa yang dapat menghubungkan mereka secara adil.

Penggunaan bahasa daerah sebagai bahasa pengantar di kelas juga mejadi bukti bahwa sesungguhnya Indonesia sudah sejak 1950 menerapkan prinsip Education For All (EFA) yang dicetuskan baru dicetuskan oleh UNESCO pada 1990-an

Tak hanya itu, perlindungan terhadap bahasa daerah juga didasarkan pada amanat Pasal 32 Ayat 2 UUD 1945, yang menyatakan bahwa negara menghormati dan memelihara bahasa daerah sebagai kekayaan budaya nasional. Dengan ayat itu, negara memberi kesempatan dan keleluasaan kepada masyarakat untuk melestarikan dan mengembangkan bahasanya sebagai bagian dari kebudayaannya masing-masing.

Khazanah bahasa dan sastra di Indonesia sangat beragam, tetapi sebagian besar dari keberagaman itu berada dalam kondisi yang memprihatinkan. Beberapa bahasa memang masih tergolong dalam posisi aman, tetapi tidak sedikit bahasa yang dalam posisi terancam, hampir punah, atau bahkan telah punah.

Dasar hukum yang melandasi kebijakan penanganan bahasa dan sastra daerah telah telah ditetapkan, baik dalam UUD 1945 maupun Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009. Keduanya mencerminkan kemauan politik pemerintah yang nyata, tetapi realisasi upaya pengembangan, pembinaan, dan pelindungan bahasa dan sastra daerah belum optimal.

Dalam rangka optimalisasi, beberapa provinsi telah melahirkan perda, demikian juga beberapa kementerian. Akan tetapi, optimalisasi upaya pengembangan, pembinaan, dan pelindungan bahasa daerah belum dilakukan dalam batas-batas yang seharusnya.

 

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

574 Pelamar Lolos Seleksi Administrasi CPNS Komisi Yudisial, Cek di Sini!

Posted: 22 Oct 2018 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Yudisial (KY) telah merilis daftar nama peserta CPNS tahun anggaran 2018 yang lolos seleksi administrasi. Sebanyak 574 pelamar berhak melanjutkan ke tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Daftar nama tersebut dilampirkan pada Pengumuman Nomor 03/PANSEL/KP.02.01/10/2018 tentang Hasil Seleksi Administrasi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tingkat Sarjana (Golongan III) Sekretariat Jenderal Komisi Yudisial Tahun Anggaran 2018 yang Berhak Mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Untuk melihat nama peserta yang lolos ke tahap SKD, silakan cek di sini.

Pada pengumuman tersebut Komisi Yudisial juga menuliskan kewajiban peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, yakni mencetak Kartu Peserta Ujian dan menempelkan pas foto berwarna terbaru ukuran 4x6 pada Kartu Peserta Ujian.

Kartu Peserta Ujian wajib dicetak pada tanggal 19 - 25 Oktober 2018 melalui laman https://sscn.bkn.go.id.

Pelaksanakan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dan akan dilaksanakan di Jakarta. Waktu dan tempat pelaksanaan SKD akan disampaikan kembali melalui pengumuman.

Peserta dihimbau untuk terus memantau laman https://sscn.bkn.go.id dan www.cpns.komisiyudisial.go.id. (Felicia Margaretha)

1.015 Peserta Lolos Seleksi Administrasi CPNS 2018 Kementerian PANRB

Format surat lamaran CPNS Kemenkumham 2017 dapat diunduh dalam situs SSC BKN. (Ilustrasi CPNS: Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengumumkan ada 1.015 peserta rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang telah lolos seleksi administrasi.

Dari jumlah tersebut, 741 peserta lolos administrasi untuk formasi di Kementerian PANRB, dan 274 peserta untuk alokasi formasi di Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Mereka akan memperebutkan 151 formasi yang tahun ini dibuka oleh Kementerian PANRB.

Peserta yang lolos diwajibkan mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian CPNS 2018 secara onlinepada 21-25 Oktober 2018 di laman sscn.bkn.go.id.

"Peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan Computer Assisted Test (CAT) yang akan diumumkan selanjutnya," kata Kepala Biro SDM dan Umum Kementerian PANRB, Sri Rejeki Nawangsasih, seperti dikutip dari laman Kementerian PANRB.

Berdasarkan Surat Pengumuman Nomor: B/137/S.KP.01.00/2018 tentang Peserta Lulus Seleksi Administrasi Seleksi Penerimaan CPNS Kementerian PANRB tahun 2018, saat ujian SKD peserta diwajibkan membawa Kartu Tanda Peserta Ujian dan ditempelkan foto 4x6 berlatar belakang merah.

Peserta juga harus membawa KTP elektronik, atau surat keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Dukcapil bagi yang belum memiliki KTP elektronik.

Saat pelaksanaan ujian, peserta wajib memakai kemeja putih dengan celana panjang (bukan jeans) atau rok berwarna hitam tanpa corak, dan sepatu pantofel tertutup berwarna hitam. Bagi yang menggunakan jilbab, wajib berwana hitam polos.

Lokasi ujian akan dilaksanakan pada fasilitas CAT yang disediakan Badan Kepegawaian Negara (BKN) baik kantor regional, Unit Pelaksana Teknis (UPT), maupun lokasi lain yang tersebar di ibukota masing-masing provinsi. Untuk detail waktu dan lokasi ujian, akan diumumkan pada laman menpan.go.id atau sscn.bkn.go.id.

"Peserta diharapkan terus mengecek pengumuman terkait jadwal SKD," imbau Sri.

Seperti diketahui sebelumnya, dari 151 formasi yang dibuka Kementerian PANRB, sebanyak 50 formasi dialokasikan untuk KASN. Sebagian besar formasi CPNS Kementerian PANRB adalah Analis Kebijakan Ahli Pertama, yakni 67 formasi. Selain Kementerian PANRB, ada sekitar 40 instansi pusat dan daerah yang telah mengumumkan seleksi adminstrasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pria Tewas Gantung Diri di Kepri Diduga Korban Pembunuhan

Posted: 22 Oct 2018 09:20 PM PDT

Patroli Indosiar, Riau - Seorang remaja ditemukan tewas tergantung. Meski semula diduga dia tewas karena gantung diri, polisi menemukan kejanggalan. Korban diduga meninggal karena dibunuh.  

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Selasa (23/10/2018), pria bernama Kardius, warga Kampung Kolam enam, Kelurahan Kijang, Kota Bintan Timur, Kepulauan Riau ditemukan tewas dikamarnya. Jasad Kardius lalu dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Bintan untuk diautopsi.

Dari identifikasi awal Polsek Bintan, korban diduga tewas bukan karena gantung diri melainkan dibunuh.

"Sekarang kita mengarahkan teman yang sekamar adalah pelakunya. Kita masih kembangkan lagi motifnya karena ini pasangan gay," ujar Kapolsek Bintan Timur AKP Muchlis Nadjar.  

Kini pihak kepolisian telah mengamankan pria yang diduga kekasih korban di sel tahanan Mapolsek Bintan. (Karlina Sintia Dewi) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bikin Baper, Gigi Hadid Pamer Foto Mesra Bareng Zayn Malik

Posted: 22 Oct 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Hollywood - Gigi Hadid dan Zayn Malik sudah mengumumkan kembali menjalani hubungan asmara. Keduanya pun selalu tampil mesra berdua.

Sayangnya, Gigi Hadid dan Zayn Malik jarang menampilkan foto sedang menghabiskan waktu berdua. Terakhir, hanya ada foto keduanya merayakan Idul Fitri bersama keluarga masing-masing.

Sekian lama tak mengunggah foto mesranya bersama Zayn Malik, kini Gigi Hadid kembali sukses membuat para fansnya baper.

Lewat akun Instagram-nya, model cantik berambut blonde ini baru saja memamerkan foto selfie mereka.

 

Memejamkan Mata

Gigi Hadid dan Zayn Malik (Instagram/ @gigihadid)

Dalam foto tersebut, Gigi Hadid tampak berpose selfie sambil memejamkan matanya. Hal sama juga terlihat di wajah Zayn Malik.

Lewat unggahan ini, Gigi Hadid bahkan menuliskan sebuah caption singkat namun romantis. "Terbang ke rumah, tempat di mana aku merasa bahagia," tulisnya sambil menambahkan emoticon berbentuk hati.

 

 

Di-like Ibunda

Setahun menjalin kasih, pasangan Zayn Malik dan Gigi Hadid kabarnya akan menjalin hubungan serius. Sempat membawa Zayn ke rumah ibunya, Yolanda Hadid, namun Gigi tidak mendapat restu keluarganya. (AFP / MIKE COPPOLA / GETTY IMAGES NORTH AMERICA)

Berbagai reaksi histeris dari para fans dan follower-nya pun langsung membanjiri kolom komentar. Mereka benar-benar dibuat baper melihat pemandangan langka dari salah satu pasangan terpanas di dunia Hollywood ini. 

Yang lebih mengejutkan lagi, postingan Gigi Hadid kali ini juga berhasil mencuri perhatian sang ibunda. Tidak hanya memberikan like-nya, Yolanda Hadid juga menuliskan komentar berupa 2 emoticon hati. (Kapanlagi.com/ Soraya)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: