Kamis, 04 Oktober 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Kemendagri Tugaskan 110 Personil Tim Pendamping Pemda dalam Tanggap Darurat Bencana

Posted: 04 Oct 2018 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), mengirimkan 110 orang personil Tim Pendamping Pemda ke daerah terkena bencana di Sulawesi Tengah yang meliputi daerah Palu, Donggala, Sigi dan Parigi Moutong. Hal ini ditegaskan oleh Bahtiar (Kapuspen, Kemendagri).

Ia mengatakan bahwa "Tim Pendamping Pemda yang dikirim fokus pada tugas pokoknya sesuai tugas, pokok, dan fungsi Kemendagri, yaitu mengawal penyelenggaraan pemerintahan daerah berjalan dengan baik". Ujarnya.

Sesuai dengan arahan Mendagri saat melepas Tim Pendamping Pemda pada hari selasa (2/10/2018), yang lalu di halaman Kantor Pusat Kemendagri.

Bahtiar menegaskan fokus dari tugas Tim Pendamping Pemda, yaitu: Pertama membantu jajaran Pemda setempat mendata infrastruktur pemerintahan, serta sarana dan prasarana yang rusak.

Kedua, pendataaan dari aparatur Pemda yang menjadi korban dalam bencana tersebut.

Ketiga, melakukan pendampingan untuk membantu dan menggerakkan kembali penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan masyarakat, minimal pelayanan dasar masyarakat untuk meyakinkan dan memotivasi bahwa pemerintahan berjalan normal.

Keempat, memberi semangat kepada rekan -  aparat pemda yang berduka agar kembali bekerja dan bersemangat sebagai aparatur Pemda untuk melayani masyarakat.

Kelima, hasil dari pengumpulan data yang dilakukan Tim Pendamping Kemendagri menjadi bahan pemerintah pusat untuk melakukan penanganan pasca bencana di bidang pemerintahan.

Bahtiar kembali menegaskan "karena sampai saat ini masih dalam status darurat penanganan bencana, maka minggu ini fokus apa yg dilakukan Tim Pendamping Kemendagri berpedoman pada kelima poin di atas. Tegasnya.

Sebelumnya Mendagri Tjahjo Kumolo memberikan arahan penting terkait keberadaan Tim Pendamping Pemda dari Kemendagri harus mandiri, tidak membebani Pemda dan Masyararat, membantu dan memastikan berjalannya pemerintahan setempat.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selundupan Narkoba Modus Paket Kiriman Luar Negeri Makin Marak

Posted: 04 Oct 2018 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Sidoarjo - Dalam kurun waktu empat bulan terakhir, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kanwil Jawa Timur I TMP Juanda berhasil mengendus lima paket kiriman narkoba yang berasal dari luar negeri. Selain Shabu yang dikemas sedemikian rupa, petugas juga mendapati jenis yang jarang beredar di Indonesia yakni ganja dalam bentuk cair (THC).

Kepala KPPBC Juanda, Budi Harjanto mengungkapkan dari waktu ke waktu peredaran narkoba kian marak dan semakin terang-terangan. Berbagai macam cara yang dilakukan pengedar narkoba untuk menyelundupkan sabu melalui jalur udara. Salah satunya dengan cara menggunakan jasa pengiriman langsung dari Negara Ethiopia, Amerika, Kanada dan Belanda.

"Selain Shabu, ada juga pil ekstasi, ganja bubuk dan ganja cair. Ganja cair (THC) ini jarang sekali beredar di Indonesia," jelas Budi, Kamis (4/10/2018).

DJP Kanwil I Jatim TMP Juanda mencatat, dari 43.629 paket kiriman sejak Juli hingga September 2018, petugas melakukan penindakan terhadap lima barang paket kiriman yang masuk dari luar negeri. Di antaranya, paket kiriman berisi 4,5 kilogram narkoba jenis Cathinone berbentuk daun kering (hijau) asal Ethiopia.

Kedua, tujuh botol vapoor berisi narkoba jenis THC (ganja Cair) yang disamarkan dalam cairan kental berwarna kuning asal Amerika. Ketiga, 67 butir ekstasi seberat 19,7 gram yang disembunyikan dalam bentuk surat tipis asal Belanda.

"Paket berisi ekstasi itu, kasusnya sudah kita limpahkan ke Polda Jatim. Dan penerima paket berinisial SN sudah ditetapkan sebagai DPO," tambah Budi.

Sementara, kasus keempat, petugas menemukan 130 gram berisi ganja bubuk asal Kanada. Sedangkan terakhir, 10 gram narkoba jenis MDMA asal Belanda.

"Kelima paket kiriman tersebut berhasil digagalkan petugas setelah melalui serangkaian proses pemeriksaan. Memang, mereka sengaja menggunakan nama dan alamat si penerima untuk disamarkan agar bisa mengelabui petugas," tegasnya.

Atas kejadian ini, pihaknya juga akan bekerjasama dengan jasa pengiriman untuk lebih selektif dalam menerima paket kiriman yang akan dikirimkan ke berbagai daerah. Sehingga penyelundupan narkoba dengan modus seperti ini bisa diantisipasi kedepannya.

Saat ini, Kelima kasus tersebut sudah dilimpahkan ke Direktorat Reserse Narkoba Polda Jatim dan Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Timur untuk dikembangkan lebih lanjut.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aspek Perizinan Penting Sebagai Wujud untuk Menciptakan Tertib Tata Ruang.

Posted: 04 Oct 2018 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Ditjen Bina Pembangunan Daerah, menginisiasi menyelenggarakan kegiatan Rakornas Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah Tahun 2018. Dalam acara tersebut Sekretaris Jenderal Kemendagri Hadi Prabowo menyampaikan penekanan kepada para investor dan dunia usaha untuk mematuhi prosedur perizinan sebelum melaksanakan pembangunan.

Ia menyampaikan bahwa "diharapkan para investor dan dunia usaha dapat proaktif untuk melakukan proses perizinan sesuai ketentuan yang berlaku sebelum pembangunan dilaksanakan, sehingga pemanfaatan ruang sesuai dengan peruntukan ruang yang telah ditetapkan dalam rencana tata ruang". Tegasnya.

Lebih dari itu, Hadi menambahkan "rencana tata ruang yang menjadi salah satu dasar dalam perizinan juga diharapkan menjadi panglima pembangunan dan pengembangan wilayah 20 (dua puluh) tahun ke depan".

Namun demikian, perlu menjadi perhatian kita bersama bahwa kemudahan investasi bukan berarti harus melanggar peraturan perundangan. Dalam hal terdapat aturan perizinan yang mempunyai kecenderungan menghambat investasi, tetap tidak boleh melanggar aturan tersebut.

Untuk itu, Hadi meyakinkan kepada peserta Rakornas bahwa "sebagai bagian dari upaya memberikan kemudahan investasi, Saya terus mendorong kepala daerah agar segera menetapkan rencana tata ruang daerahnya, karena kita ketahui bersama bahwa rencana tata ruang daerah merupakan dasar bagi daerah dalam memberikan izin untuk pembangunan di daerahnya masing-masing". Ujarnya.

Pada kesempatan yang sama,  Bahtiar (Kapuspen, Kemendagri) menambahkan bahwa "Momentum Pilkada Serentak di 171 Daerah,  yaitu di 17 Provinsi, 115 Kabupaten dan 39 Kota di seluruh Indonesia dan saat ini telah dilakukan pelantikan beberapa kepala daerah, yang tentunya akan mengemban tugas baru dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah. Berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 bahwa Kepala Daerah yang telah dilantik Wajib menyusun Perda tentang RPJMD ditetapkan paling lama 6 (enam) bulan setelah Kepala Daerah terpilih dilantik yang berlandaskan pada Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW)". Katanya.

Hal ini sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 dan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 bahwa penyusunan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) harus berpedoman pada Peraturan Daerah tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Pungkasnya.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Turki Bersikeras Tetap Taruh Pasukan di Suriah hingga Pemilu Siap Digelar

Posted: 04 Oct 2018 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Ankara - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan negaranya tidak akan meninggalkan Suriah, sampai pemilihan umum diadakan di negara Timur Tengah yang dilanda perang itu.

"Setiap kali rakyat Suriah mengadakan pemilihan, kami akan menyerahkan sepenuhnya kepada mereka," kata Erdogan di forum TRT World di Istanbul, Kamis, 4 Oktober.

Dikutip dari Al Jazeera pada Jumat (5/10/2018), Turki mengirim pasukan ke Suriah pada Agustus 2016 untuk membersihkan wilayah perbatasan selatan, yang dikuasai oleh pasukan pemberontak sempalan ISIS.

Selain itu, Turki juga meluncurkan operasi militer lainnya awal tahun ini, yang menyasar Kota Afrin di wilayah utara Suriah. Tujuannya adalah untuk menyingkirkan para pejuang Kurdi, yang berafiliasi dengan Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang dilarang.

Presiden Erdogan diketahui sependapat dengan mitranya dari Rusia, Vladimir Putin, untuk membentuk "zona demiliterisasi" antara pejuang pemberontak dan pemerintah di Suriah utara.

Zona itu, yang dirancang memiliki diameter luas antara 15 hingga 20 kilometer, akan menjadi area pantau terhadap kelompok-kelompok yang dianggap radikal oleh Moskow, yang didesal menarik diri dari daerah itu selambat-lambatnya pada 15 Oktober.

Erdogan menambahkan pada hari Kamis bahwa Ankara tidak menemui kesulitan dalam melakukan pembicaraan dengan berbagai faksi pemberontak di Provinsi Idlib, benteng pertahanan terakhir pemberontak di bagian utara Suriah, yang berada di luar kendali Presiden Bashar al-Assad.

Hay'et Tahrir al-Sham, yang termasuk kelompok terkait al-Qaeda sebelumnya dikenal sebagai Front al-Nusra, diyakini sebagai kelompok bersenjata paling kuat di Idlib.

Turki menunjuk kelompok itu sebagai organisasi teroris pada bulan Agustus, sesuai dengan keputusan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa pada bulan Juni.

Pada hari Kamis, Erdogan mengatakan bahwa di samping 12 titik pengamatan yang dibuat oleh Turki di wilayah Idlib, Rusia memiliki 10 dan Iran memiliki enam titik.

"Mengamankan koridor ini berarti mengamankan Idlib," katanya. "Dan kami telah mulai membentengi pos pengamatan bersama."

 

Simak video pilihan berikut:

 

Perang Tujuh Tahun

Kendaraaan relawan White Helmets mencari korban di lokasi serangan militer di Provinsi Idlib, Suriah, Minggu, (7/1). Militer Suriah kehilangan Provinsi Idlib pada 2015 dan dikontrol oleh militan. (Syrian Civil Defense White Helmets via AP)

Sejak perang saudara Suriah yang brutal dimulai pada 2011, sekitar 5,6 juta orang telah melarikan diri dari negara itu, dengan sebanyak 6,6 juta orang lainnya mengungsi, menurut badan pengungsi PBB.

Pekan lalu, ketika berbicara di Sidang Umum PBB, Wakil Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri Walid al-Muallem mengatakan bahwa "pertempuran melawan terorisme di negaranya hampir berakhir", dan bahwa sekarang siap untuk menyambut jutaan orang yang melarikan diri, kembali pulang.

Turki, yang mendukung para pejuang oposisi Suriah, khawatir serangan besar-besaran terhadap para pemberontak dapat memicu eksodus massal ke perbatasannya.

Sebagai bagian dari upaya diplomatik untuk mencegah apa yang ditakutkan PBB sebagai "pertumpahan darah" di Idlib, Turki telah menjangkau negara-negara pemangku kepentingan lainnya.

Akhir bulan ini, pembicaraan empat arah antara Turki, Jerman, Rusia dan Prancis mengenai situasi Idlib diperkirakan akan diadakan setelah Erdogan melakukan perjalanan langka ke Berlin pada bulan September.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kesiapan Bandara Angkasa Pura I Sambut Pertemuan IMF-World Bank

Posted: 04 Oct 2018 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Angkasa Pura I (Persero) menyiapkan beberapa bandara alternatif sebagai tempat parkir pesawat para delegasi pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Bali, pada 8 hingga 14 Oktober 2018.

Ada lima bandara yang disiapkan sebagai alternatif selama berlangsungnya event akbar yang akan dihadiri sekitar 17.000 orang dari 189 negara. Kelimanya yaitu Bandara Internasional Lombok, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hassanudin Makassar, Bandara Adi Soemarmo Solo, serta Bandara El Tari Kupang.

"Hal ini merupakan upaya Angkasa Pura I untuk mengantisipasi keterbatasan kapasitas Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, meskipun kami telah melakukan pengembangan fasilitas bandara khusus untuk menyambut pertemuan pertemuan tahunan IMF-World Bank 2018 ini. Semua ini kami lakukan agar perpindahan moda transportasi pada saat kedatangan dan kepulangan tamu negara berjalan lancar dan nyaman," kata Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi, Jumat (5/10/2018).

Beberapa pengembangan yang dilakukan di Bandara I Gusti Ngurah Rai antara lain perluasan apron dari 53 parking stand menjadi berkapasitas 63 parking stand. Kemudian penambahan rapid exit taxiway untuk meningkatkan jumlah pergerakan pesawat hingga 33 pergerakan per jam, serta penambahan check-in counter menjadi 126 unit.

Namun demikian, sebagai langkah antisipasi jika pergerakan pesawat melebihi kapasitas apron Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Angkasa Pura I menyiapkan program perluasan bandara-bandara alternatif untuk menambah kapasitas parkir pesawat.

Bandara-bandara tersebut yaitu Bandara Internasional Lombok, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hassanudin Makassar, Bandara Adi Soemarmo Solo, serta Bandara El Tari Kupang.

Di Bandara Internasional Lombok dilakukan perluasan apron dengan tambahan 8 parking stand untuk pesawat narrow body, sehingga saat ini Bandara Internasional Lombok memiliki 18 parking stand.

Sedangkan apron Bandara Juanda Surabaya bertambah 7 parking stand untuk pesawat narrow body dan satu helikopter. Dengan demikian kapasitas apron bandara ini menjadi 51 parking stand.

Penambahan kapasitas apron juga dilakukan di Bandara Sultan Hasanudin Makassar yang bertambah 8 parking stand, sehingga saat ini totalnya ada 48 parking stand.

Sementara Bandara Adi Soemarmo Solo menambah 9 parking stand, dari 17 parking stand menjadi 26 parking stand.

Sedangkan Bandara El Tari Kupang menambah 5 parking stand di apronnya, sehingga saat ini bisa memiliki kapasitas 17 parking stand.

"Seluruh fasilitas di bandara-bandara alternatif tersebut telah melalui proses verifikasi siap operasi dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan dan diharapkan dapat mendukung kesuksesan penyelenggaraan event akbar pertemuan tahunan IMF-World Bank 2018," pungkas Faik Fahmi.

Panggil Dirut ITDC, Menko Luhut Minta Tambahan Lahan Parkir buat IMF-World Bank

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan. (Yayu Agustini Rahayu/Merdeka.com)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan memanggil Direktur Utama Indonesia Tourism Development Coporation (ITDC) Abdulbar S Mansoer ke Jakarta. Adapun pemanggilan ini guna membahas mengenai persiapan dari Annual Meeting IMF-World Bank 2018 di Bali pada 8-14 Oktober 2018.

Abdulbar menyampaikan, dalam pertemuan tersebut dirinya diminta oleh Menko Luhut untuk memaksimalkan beberapa persiapan seperti fasiltas penyediaan kantung parkir. Pihaknya bersama dengan panitia nasional IMf-World Bank telah menyepakati untuk menambah penyediaan lahan parkir.

"Tadi yang di highlight fasilitas parkir. Jadi yang sudah terdaftar di atas perkiraan jadi sekitar 20 ribu yang tadinya dipetakan 15 ribu. jadi sekarang ITDC koordinasi dengan panitia nasional IMF-World Bank sedang memetakan parkir tambahan," kata dia saat ditemui di Kantor Kemenko Kemaritiman, Jakarta, Selasa (2/10/2018).

Abdulbar menyebut, ada beberapa tempat yang memang sekiranya luas untuk dijadikan lahan parkirbyang berada di luar area maupun di dalam area pelaksanaan IMF-World Bank. Oleh karena itu, beberapa lahan parkir tersebut akan dimaksimalkan untuk gelaran tahunan bank dunia ini.

"Parkiran sedang kita tambahkan karena sesuai dengan kebutuhan yang bertambah terutama di luar kawasan kalau di dalam kawasan akan kita tambah tapi ada beberapa sisi yang bisa kita tambahkan di dalam kawasan juga," ujar dia.

"Di luar kawasan di deket laguna. Dekat desa sebelah itu ada satu kawasan. kita baru mau integrasikan baru saja tadi diarahkan untuk menambah parkir jadi saya akan kebali dalam waktu dua hari lagi jadi akan kita siapkan untuk lahan parkir," tambah Abdulbar.

Abdulbar menyampaikan, untuk teknisnya sendiri seperti pada umumnya. Beberapa kendaraan dari delegasi yang hadir akan disediakan kartu identitas. "Sistem parkir seperti biasa. jadi di sana ada id jadi semua yang masuk harus bawa id," kata dia.

Sementara itu, Menko Luhut menambahkan, persoalan parkir memang sedang diselesaikan oleh pihaknya bersama ITDC. Ini menjadi penting agar tidak terjadi adanya pungutan-pungutan liar yang dilakukan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

"Parkir sudah diberesin. Jadi jangan ada aneh-aneh semua untuk kepentingan nasioanal jadi jangan, kantong kiri, kantong kanan, bicara aneh-aneh gitu aja," ujar dia.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemilu 2019, KPU Resmikan Gerakan Lindungi Hak Pilih

Posted: 04 Oct 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) meresmikan Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP). Gerakan tersebut bertujuan untuk memetakan dan melindungi hak pemilih pada Pemilu 2019 nanti.

"Makanya, kami membuat, memetakan, melindungi hak pilih ini sampai ke tingkat bawah. Diminta di tiap kelurahan atau desa itu dibentuk posko," kata Ketua KPU Arief Budiman saat meresmikan gerakan perlindungan hak pilih #GMHI di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Jumat (5/10/2018).

Berdasarkan hasil laporan pihaknya, Arief menjelaskan, KPU membuat 69.834 titik posko untuk melayani dan melindungi hak pemilih. KPU menargetkan 83 ribu lebih posko agar bisa melayani para pemilih.

"KPU sudah berhasil membuat posko layanan gerakan melindungi hak pilih di 69.834 titik. Karena targetnya ada 83 ribu sekian titik sesuai dengan jumlah desa dan kelurahan," papar Arief.

Minta Kerja Sama

Arief berharap, pihak provinsi, kabupaten hingga kota dan partai politik bisa bekerja sama dengan KPU untuk bisa membantu para pemilih bisa mendapatkan haknya.

"Mudah-mudahan teman-teman provinsi punya kolega, patner. Mudah-mudahan target kita bisa dicapai tidak terlalu lama. Sehingga dalam waktu yang ditentukan angka validitas data pemilih bisa kita capai sesuai kita harapkan," papar Arief.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Sudah Siap Gelar Asian Para Games 2018

Posted: 04 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Indonesia akan menggelar Asian Para Games  di Jakarta, 6-13 Oktober 2018. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, mengatakan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah sudah mencapai 100 persen.

Menurutnya, kesiapan ini meliputi arena pertandingan, transportasi, akomodasi, wisma atlet, keamanan penyelenggaraan dan pertandingan serta lainnya sudah disiapkan panitia.

"Seluruh Persiapan sudah selesai 100 persen sudah bisa untuk melaksanakan Asian Para Games 2018. Meski bersamaan Indonesia sedang alami bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah," kata Puan dikutip dari Antara, Jumat (5/10/2018).

Puan menambahkan, meski saat ini Indonesia selaku tuan rumah penyelenggaraan Asian Para Games 2018 sedang berduka akibat gempa dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah, panitia pelaksaan tetap harus siap dan memastikan bahwa event ini harus digelar di Tanah Air. Mengenai upacara pembukaan, Puan mengharapkan ada suasana kegembiraan agar event itu bisa berjalan meriah dengan tidak bermaksud melupakan bencana.

"Ini sudah direncanakan 1,5 tahun. Dalam satu pembukaan kita harapkan ada suasana kegembiraan agar event itu bisa berjalan meriah dengan tidak bermaksud melupakan bencana. Pada upacara pembukaan kita akan lakukan satu menit doa bersama," katanya.

 

 

Diikuti 43 Negara

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, memberikan keterangan pers bersama stakeholder Asian Para Games 2018, Kamis (4/10/2018). (Bola.com/Benediktus Gerendo Pradigdo)

Puan selaku ketua pengarah pelaksanaan Asian Para Games 2018 menambahkan, ajang olahraga bagi atlet penyandang disabilitas ini diikuti 43 negara, 2.888 atlet dan 1.820 official serta diliput 500 media.

Sebanyak 18 cabang olahraga dengan 588 nomor pertandingan akan diselenggarakan pada Asian Para Games yang akan berlangsung sejak 6-13 Oktober mendatang di Jakarta.

(David Permana)

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Teleskop Pemburu Planet Bakal Pensiun Jadi Sorotan

Posted: 04 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Artikel yang menyebutkan teleskop pemburu planet asing (exoplanet) milik NASA, Kepler, bakal pensiun menjadi artikel terpopuler kanal Tekno Liputan6.com, Kamis (5/10/2018).

Tak cuma itu, ada dua artikel lain yang juga tak kalah menarik, seperti penampakan Nokia 7.1 dan masa tenggang penghapusan akun Facebook diperpanjang.

Tanpa berpanjang lebar, langsung saja simak ketiganya berikut ini.

1. Bakal Pensiun, Teleskop Pemburu Planet Milik NASA Dinonaktifkan

Ilustrasi Teleskop Kepler milik NASA (NASA/JPL-Caltech)

Teleskop pemburu planet asing (exoplanet) milik NASA, Kepler, bakal pensiun pada akhir Oktober.

Badan Antariksa Amerika Serikat tersebut pun memutuskan untuk menonaktifkan Kepler mulai hari ini, Kamis (4/10/2018).

Alasan mengapa NASA ingin menyetop operasi Kepler di luar angkasa tak lain karena teleskop tersebut sudah kehabisan bahan bakar.

Selengkapnya baca di sini

 

2. Nokia 7.1 Bakal Punya Layar 5,8 Inci dan Prosesor Kelas Menengah

Deretan smartphone Nokia. Liputan6.com/ Andina Librianty

HMD Global bakal merilis sebuah smartphone anyar pada 11 Oktober mendatang di India. Banyak yang menduga kalau perangkat yang dimaksud adalah smartphone kelas menengah Nokia 7.1 dan Nokia 7.1 Plus.

Keduanya disebut-sebut akan memiliki notch. Untungnya, seorang jurnalis sekaligus leakster perangkat asal Jerman, Roland Quandt, lewat akun Twitter-nya @rquandt mengungkap sejumlah informasi mengenai perangkat baru Nokia ini, sampai nama model yang bakal dirilis.

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Phone Arena, Rabu (3/10/2018), Nokia 7.1 bakal punya sejumlah perbedaan dengan Nokia 7.1 Plus.

Selengkapnya baca di sini

3. Masa Tenggang Penghapusan Akun Facebook Diperpanjang hingga 30 Hari

Ilustrasi Facebook (iStockPhoto)

Baru-baru ini, Facebook memperpanjang masa tenggang untuk penghapusan akun Facebook. Semula, pengguna yang ingin akunnya dihapus harus menunggu 14 hari lamanya hingga akun Facebook benar-benar dihapus.

Namun yang terbaru, masa tenggang pengguna yang ingin menghapus akun Facebooknya diperpanjang hingga 30 hari.

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari The Verge, Kamis (4/10/2018) dengan waktu tenggang selama 30 hari yang diberikan, pengguna jadi bisa memiliki lebih banyak waktu untuk memikirkan, benar ingin menghapus akunnya atau tidak.

Selengkapnya baca di sini

(Ysl/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bus Sekolah Kecelakaan, Satu Siswa Tewas

Posted: 04 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kecelakaan bus sekolah terjadi di Texas. Akibatnya 1 siswa tewas dan 3 lainnya terluka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan JPU Tuntut Roro Fitria 5 Tahun Penjara

Posted: 04 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sidang kasus narkoba Roro Fitria kembali digelar Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (4/10/2018). Setelah beberapa kali ditunda, akhirnya sidang memasuki materi pembacaan tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) terhadap Roro Fitria.

Tak tanggung-tanggung, JPU Maidarlis menuntut pesinetron Islam KTP itu lima tahun penjara. Hal itu sempat membuat Roro Fitria jatuh pingsan usai menangis beberapa saat.

"Meminta majelis hakim menjatuhkan pidana selama lima tahun serta denda Rp 1 miliar dan subsider penjara enam bulan," kata jaksa Maidarlis.

JPU punya alasan kuat mengapa menuntut Roro Fitria dengan hukuman yang terbilang cukup berat. Salah satunya karena Roro membeli dan menggunakan sabu bersama-sama orang lain.

Fakta Persidangan

Roro Fitria

"Dalam fakta persidangan, Roro mengaku sabu-sabunya dipakai sendiri berdasarkan fakta persidangan. Kemudian dipakai bersama Wawan dalam perayaan hari valentine," jelasnya usai sidang.

Bukti

Roro Fitria

Selain itu, JPU Maidarlis juga membeberkan beberapa bukti kuat yang menunjukkan Roro Fitria sebagai pembeli narkoba.

"Hasil tes urine negatif, jadi terdakwa tak bisa dikenakan Pasal 127 karena bukan pengguna (tes urine negatif). Roro membeli dengan ada bukti transfer. Didukung bukti chat WA jadi (dikenakan) Pasal 114 Ayat 1 jo Pasal 132 Ayat 1 UU Nomor 35 Tahun 2009," kata JPU Maidarlis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perampokan Bersenjata Api di Minimarket Tangerang, 3 Pegawai Disekap

Posted: 04 Oct 2018 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Minimarket 212 yang terletak di Jalan Padjajaran, Kecamatan Kelapa Dua Kabupaten Tangerang, Banten, dirampok dua pria yang menggunakan senjata tajam.

Peristiwa ini terjadi Kamis, 4 Oktober 2018, sekitar pukul 21.30 WIB. Kedua perampok menodongkan dua senjata tajam dan satu cerurit kepada petugas kasir serta menyekapnya di gudang minimarket.

Ketika peristiwa itu terjadi, yang bertugas di meja kasir adalah Faisal dan Nabilla, serta Nazarudin, seorang pengurus yang tengah memasang barcode barang-barang etalase di gudang minimarket.

Tiba-tiba datang dua orang pria menggunakan motor. "Dua pria itu masuk, yang satu pakai helm yang satu enggak," ujar Nazarudin saat ditemui di 212 Minimarket, Jumat (5/10/2018).

Awalnya, mereka pura-pura seperti belanja dengan menuju etalase makanan yang berada di pojok toko, lalu tiba-tiba keduanya mendatangi meja kasir sembari menodongkan senjata api dan senjata tajam.

"Yang satu nodongin pistol warna silver dan celurit. Satu lagi nodongin pistol, di meja kasir itu ada karyawan Nabilla dan Faisal," ujar Nazarudin.

Kedua kasir langsung digiring pelaku ke gudang belakang, tempat Nazarudin tengah mem barcode barang-barang jualan.

"Si pelaku cuma bilang 'diam-diam, ayo masuk jangan berisik' sambil terus nodongin senjata ke pinggang," kata Nazarudin.

Pelaku perampokan kemudian menutup pintu gudang tapi tidak dikunci. Saking takutnya, ketiga pegawai mini market ini hanya terdiam di dalam gudang.

 

Gasak Uang Tunai dan Barang

Sementara dari rekaman CCTV toko, kedua pelaku menggasak semua uang tunai yang ada di meja kasir. Begitu juga dengan telepon genggam ketiga petugas toko, serta mengambil barang dagangan.

"Saya belum tahu betul apa saja yang diambil, tapi total kerugian uang tunai hasil penjualan hari itu sekitar Rp 2 juta ludes dibawa kabur," kata Nazarudin.

Pelaku langsung kabur dengan sepeda motornya ke gang belakang toko. Menurut Nazarudin, pelaku sempat menabrak sepeda motor lain yang mengakibatkan semua uang tunai dan barang curian jatuh.

"Pas saya keluar, katanya ada warga yang lihat mereka nabrak motor lain, semua barang curiannya jatuh, tapi diambil lagi dan kabur," tuturnya.

Kini, meskipun sempat buka, minimarket tutup kembali untuk menginventarisir barang-barang yang hilang, dan mengobati trauma petugas toko.

"Polisi juga masih penyidikan, jadi kami inventarisir barang yang hilang," kata Nazarudin.

Sementara, Kapolsek Kepala Dua Kompol Stephanus Luckyto Andri saat dikonfirmasi, mengaku akan mengecek kejadian tersebut ke petugas yang piket.

"Kita akan terus coba cek kepastian kejadian tersebut," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ahli Waris Anthonius Gunawan Agung Mendapat Santunan dari BPJS Ketenagakerjaan

Posted: 04 Oct 2018 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bencana gempa bumi dan tsunami telah terjadi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, pada Jumat (29/9/2018). Hingga saat ini korban jiwa telah mencapai 1.374 orang dan jumlah ini diperkirakan masih akan terus bertambah mengingat masih banyak korban yang hilang dan belum ditemukan.

Salah satu di antara korban tersebut adalah Anthonius Gunawan Agung, seorang karyawan Air Nav yang bertugas sebagai petugas Air Traffic Controller (ATC) di Bandara Sis Al-Jufrie, Palu. Saat bencana terjadi, Anthonius sedang mengawas pesawat Batik Air yang hendak tinggal landas. Ia tidak mau meninggalkan menara hingga memastikan pesawat sudah terbang dengan sempurna.

Setelah itu, Anthonius melompat dari lantai 4 menara ATC dan mengalami patah tulang pada kaki dan lengannya. Namun, nyawanya tidak dapat tertolong setelah dirinya dinyatakan harus dirujuk ke rumah sakit lain dengan alat yang lebih memadai.

Kisah heroik Anthonius pun menjadi viral dan masyarakat memberikan respons positif serta memberikan ucapan duka mendalam. Air Nav juga menghadiahkan penghargaan kepada mendiang Anthonius dengan memberikan tanda jasa yang diserahkan langsung oleh Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi.

Pemberian penghargaan dilakukan di sela-sela kegiatan diskusi Keselamatan Penerbangan Nasional yang dilaksanakan di Gedung Pancagatra Dwiwarna Purwa Lemhanas RI, Jakarta, Kamis (4/10/2018). Dalam kegiatan ini, BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan santunan kecelakaan kerja kepada ahli waris Anthonius.

Seperti diketahui, Air Nav merupakan salah satu perusahaan peserta BPJS Ketenagakerjaan. Karena itu, kejadian yang menimpa Anthonius mendapatkan manfaat perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan. Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan, Krishna Syarif, mengatakan bahwa Anthonius merupakan peserta yang terdaftar aktif di BPJS Ketenagakerjaan, sehingga berhak mendapatkan santunan kematian akibat kecelakaan kerja.

Santunan yang diberikan sebesar 48 kali upah yang dilaporkan dan akan diserahkan langsung kepada ahli warisnya.

"BPJS Ketenagakerjaan saat ini juga sedang melakukan konfirmasi terkait siapa saja peserta kita yang menjadi korban. Kami akan pastikan hak-hak pekerja sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dapat disampaikan kepada ahli waris yang berhak. Semoga dengan adanya santunan dari BPJS Ketenagakerjaan, dapat meringankan beban dan menghapus sedikit duka dari wajah keluarga yang ditinggalkan," ujar Krishna.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Cabai Terpantau Naik di Pasar Kebayoran Jakarta

Posted: 04 Oct 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Harga jual cabai di pasar tradisional pada Jumat (5/10/2018) terpantau tinggi. Para penjual pun tidak dapat mengungkapkan penyebab harga jual cabai saat ini masih mahal.

Seperti yang diutarakan Uus (50), pedagang sayuran di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Dia menjelaskan, harga beberapa jenis cabai, seperti cabai rawit merah, cabai rawit hijau dan cabai keriting merah naik sejak beberapa waktu lalu.

"Rawit merah naik jadi Rp 30 ribu per kg, tadinya Rp 25 ribu per kg. Naik dalam tiga hari. Apalagi rawit ijo, parah naiknya, dari Rp 24 ribu jadi Rp 40 ribu per kg. Enggak tahu kenapa naiknya, udah seminggu," jelasnya.

"Keriting merah juga naik Rp 35 ribu per kg, tadinya Rp 25 ribu per kg. Udah lima hari (naiknya)," kata dia.

Hal senada diungkapkan Surati (50), seorang pedagang sayur di pasar yang sama. Ia menyatakan, harga jual cabai rawit merah sudah melonjak sejak dua hari lalu, dari Rp 20 ribu per kg jadi Rp 30 ribu per kg.

"Kalau cabai rawit hijau sekarang Rp 40 ribu (per kg). Lagi enggak panen, udah lama gak turun. Ada kali dari Lebaran. Cabai keriting merah juga Rp 40 ribu (per kg). Kemarin-kemarin padahal cuman Rp 25 ribu (per kg)," paparnya.

Kenaikan pun dirasakan produk sayuran lain, semisal tomat buah dan kentang. Di tempat Uus, tomat buah dijual Rp 10 ribu per kg, atau naik dari harga semula Rp 9 ribu per kg sejak 3 hari lalu. Sementara kentang naik sejak satu pekan lalu dari Rp 12 ribu per kg menjadi Rp 14 ribu per kg.

Beda halnya dengan cabai dan komoditas sayuran lain, harga jual bawang kini malah turun. Seperti bawang merah yang ditawarkan Uus, harganya turun dari Rp 28 ribu per kg jadi Rp 20 ribu per kg.

"Udah sebulan (harga bawang merah turun). Bawang putih (bulat) sekarang Rp 25 ribu per kg, tadinya Rp 30 ribu per kg. Dah sebulan juga. Kalau yang cutting Rp 30 ribu per kg, tadinya Rp 40 ribu per kg," tutur Uus.

Ungkapan tersebut turun diamini Surati. "Lagi pada turun. Bawang merah Rp 20 ribu (per kg). Kalau bawang putih yang cutting Rp 30 ribu (per kg), yang bulat Rp 28 ribu (per kg)," urainya.

BPK: Program Peningkatan Produksi Cabai dan Bawang Belum Efektif

Pedagang tengah menata bawang di pasar di Jakarta, Jumat (20/4). Harga cabai dan bawang memasuki akhir pekan ini terpantau belum banyak berubah, cenderung mengalami penurunan. Pasokan yang cukup mendorong harga masih stabil. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengeluarkan hasil pemeriksaan terhadap laporan keuangan Kementerian Pertanian (Kementan) 2017. Dalam laporan tersebut, BPK menyebut program peningkatan produksi dan nilai tambah hortikultura untuk mendukung stabilitas harga dan penurunan impor 2014 hingga semester-I 2017 belum efektif.

"Program peningkatan produksi dan nilai tambah hortikultura khusus komoditas cabai, bawang, dan buah-buahan untuk mendukung stabilitas harga dan penurunan impor produk hortikultura tahun 2014-semester I 2017 belum sepenuhnya efektif," ujar Ketua BPK, Moermahadi Soerja Djanegara dalam laporannya, Jakarta, Selasa (2/10/2018).

Kesimpulan tersebut didasarkan atas hasil pemeriksaan antara lain pada perencanaan produksi cabai dan bawang pada Direktorat Jenderal Hortikultura yang belum memadai. Penetapan angka target produksi dinilai belum didukung dengan data dan informasi yang valid serta dapat dipertanggungjawabkan.

"Akibatnya, target perencanaan secara nasional berpotensi tidak dapat tercapai, pelaksanaan kegiatan berpotensi tidak terarah untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai serta permasalahan nasional terkait dengan komoditas cabai, bawang, dan buah berpotensi tidak dapat diselesaikan dengan kegiatan kegiatan yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Hortikultura," papar dia.

BPK juga menemukan, manajemen pola tanam untuk mewujudkan kestabilan produksi cabai dan bawang belum optimal.

Produksi aneka cabai dan bawang merah dari tahun 2014 sampai 2016 sebagian besar telah mencapai target produksi yang ditetapkan dalam Renstra Direktorat Jenderal Hortikultura dan revisinya serta prognosa kebutuhan nasional, tetapi belum stabil sepanjang tahun.

"Kebijakan manajemen pola tanam yang disusun oleh Direktorat Jenderal Hortikultura untuk menjaga kestabilan produksi belum berhasil dan belum dapat diterapkan di daerah. Akibatnya, terdapat potensi ketidakstabilan harga karena ketidakstabilan produksi," jelasnya.

Terakhir, BPK juga menemukan kegiatan pengembangan buah lokal yang dilaksanakan Direktorat Jenderal Hortikultura belum dapat menggantikan kebutuhan buah impor.

Impor buah ke Indonesia cukup besar, di antaranya terdapat impor buah jeruk pada waktu yang tidak diperbolehkan, yaitu pada masa panen buah lokal.

"Akibatnya, pencapaian program pemerintah tidak dapat terukur dan berkelanjutan dalam rangka penganekaragaman buah-buahan," dia menandaskan.

 

Reporter: Anggun P Situmorang

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendagri Jadi Saksi Perdamaian Adat Masyarakat Maybrat

Posted: 04 Oct 2018 09:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dengan menggunakan helikopter dari Kota Sorong, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mendarat di Kumurkek. Tjahjo akan menyaksikan prosesi perdamaian adat masyarakat Maybrat sekaligus mencanangkan Kumurkek sebagai ibukota kabupaten Maybrat.

Sekitar pukul 9.23 waktu setempat helikopter TNI yang ditumpangi Mendagri mendarat. Ikut bersama satu rombongan, Gubernur Papua, Dominggus Mandacan, Panglima Kodam XVIII Kasuari, Kapolda Papua Barat, Dirjen Otonomi Daerah, Sumarsono, Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum, Soedarmo, dan pejabat lainnya. Begitu mendarat, Mendagri disambut Bupati dan Wakil Maybrat dan Sekda Maybrat.

Sejak pukul 8.27 waktu setempat ribuan warga sudah berkumpul. Setelah turun dari helikopter, Menteri Tjahjo langsung dipakaikan mahkota adat khas Maybrat sebagai tanda tamu kehormatan. Usai penyambutan, Mendagri dipersilahkan untuk menanam pohon perdamaian tak jauh dari lokasi pendaratan helikopter. Setelah menanam pohon perdamaian diiringi Bupati dan Wakil Bupati Maybrat, Mendagri menuju ke pendopo kabupaten.

Di dekat pendopo kembali Mendagri menjalani prosesi penyematan kain adat yang dilakukan para tetua adat di Maybrat. Selesai itu, Sekda Maybrat memberi penjelasan singkat mengenai denah lokasi pembangunan pusat pemerintahan di Kumurkek. Menurut Sekda, pembangunan pusat pemerintahan di Kumurkek akan menelan biaya 221 miliar.

Seperti diketahui, masalah ibukota kabupaten jadi polemik berkepanjangan. Sepuluh tahun lamanya, terjadi tarik menarik antara yang menginginkan Kumurkek dan Ayamaru sebagai ibukota.

Sempat diputuskan Ayamaru sebagai ibukota, tapi tak juga disepakati antara dua kubu yang bersilang pendapat. Akhirnya, Mendagri Tjahjo Kumolo berinsiatif memanggil beberapa tokoh masyarakat Maybrat untuk kemudian dibentuk tim rekonsiliasi. Tim ini yang menjadi jembatan penghubung para pihak yang bersengketa. Setelah digelar pertemuan demi pertemuan, yang bersilang pendapat menyepakati Kumurkek menjadi ibukota kabupaten.

Selesai mendengarkan penjelasan mengenai denah dan proyeksi pembangunan ibukota kabupaten, Mendagri menyempatkan diri melihat pelayanan KTP elektronik.Pukul  9.45 waktu setempat acara perdamaian adat masyarakat Maybrat dimulai, di awali sambutan Bupati Maybrat, Bernard Sagrim. Dalam kata sambutannya, Bupati Maybrat mengucapkan terima kasih disela kesibukannya Mendagri masih bersedia datang ke Kumurkek. Menurutnya, sejak dimekarkan masalah ibukota tak pernah terselesaikan. Ia bersyukur, di era Tjahjo jadi Mendagri ada inisiatif untuk menyelesaikan perbedaan terkait penentuan ibukota

"Kita bersyukur Bapak Mendagri telah melakukan langkah kebijakan memfasilitas tim rekonsiliasi. Sehingga kisruh ibukota bisa diakhiri dengan proses perdamaian adat dan akta damai.  Ini Momen monumental. Saya ajak kita semua akhiri perbedaan. Masa lalu kita tinggalkan. Mari tatap masa depan. Membangun Maybrat secara bermartabat," tuturnya.

Gubernur Papua Barat juga menyatakan hal serupa, berterima kasih atas usaha Mendagri menjembatani perbedaan hingga lahirnya perdamaian. Ia pun mengajak semua elemen bersatu membangun Maybrat. Ketua Rekonsiliasi dalam kata sambutannya juga berterima kasih atas inisiatif Mendagri dibentuk tim rekonsiliasi. Tim setelah dibentuk, langsung bekerja menyerap aspirasi dari masyarakat.

"Kami rekam suara hati masyarakat. Kami dengar, kami presentasikan pada Pak Menter suara hati masyarakat. Dan Mendagri dengar langsung. Akhirnya  pada 15 September para pihak duduk bersama. Kami ingin damai. Duduk bersama. Di sebuah tempat netral di Kota Sorong. Hari ini kita selesaikan. Kami undang Pak Menteri menyaksikan ini," katanya.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan prosesi denda adat. Mendagri didaulat jadi saksi. Prosesi denda adat sendiri secara simbolis ditandai dengan penyerahan kain pusaka tiga jenis kepada pihak korban dari suku Aitinyo. Kain pertama adalah kain wasape yang secara simbolis jadi pengganti bagi korban. Dan kain kedua, serta kain ketiga. Juga ikut diberikan sejumlah uang kepada keluarga korban.

Seperti diketahui, saat Pilkada di Maybrat sempat terjadi rusuh yang melibatkan tiga suku besar di Maybrat yakni Suku Ayamaru, Aitinyo dan Aifat. Dalam rusuh itu, korban jiwa jatuh dari suku Aitinyo. Prosesi denda adat, adalah prosesi perdamaian antar dua pihak yang berkonflik. Acara perdamaian adat di akhiri dengan prosesi potong babi yang jadi simbol puncak perdamaian adat.

Selanjutnya, Mendagri menyaksikan pembacaan akta perdamaian. Acara dilanjutkan dengan penobatan Menteri Tjahjo sebagai bobot atau tetua adat masyarakat Maybrat. Selesai penobatan, Mendagri menyerahkan piagam penghargaan perdamaian kepada sejumlah pihak.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Enggan Pikirkan Sanksi, Persib Fokus Lawan Madura United

Posted: 04 Oct 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Persib Bandung mendapatkan sanksi berat yang merupakan buntut dari insiden tewasnya Haringga Sirla, suporter Persija Jakarta. Namun, hal itu tak akan membuat fokus anak asuh Roberto Carlos Mario Gomez tersebut terpecah.

Seperti diketahui, PSSI menjatuhkan hukuman yang terbilang berat untuk Persib. Mereka diminta untuk memainkan sisa laga tandang Liga 1 2018 di Kalimantan. Lalu, mereka juga harus memainkan laga kandang tanpa penonton hingga pertengahan musim 2019.

Tentu saja, sanksi tersebut jadi tamparan keras bagi Persib. Sebagian pihak Persib menyebut bahwa saksi itu berlebihan. Tapi, Mario Gomez tak ingin pasukannya terlalu memikirkan masalah tersebut.

Apalagi, ada hal yang lebih penting yang harus dipikirkan Persib. Itu adalah laga melawan Madura United pada pekan ke-24 Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak yang seharusnya digulir di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) jika tak ada sanksi, Selasa (9/10/2018).

"Kami tidak mau buang energi untuk hal yang tidak perlu. Kami hanya akan melawan di dalam lapangan. Itulah tempat yang sebenarnya. Jadi, tim akan terus kami konsentrasikan agar bisa mengalahkan Madura nanti," kata Gomez, dilansir situs Persib.

 

Siap Tempur

Persib Bandung. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

"Saya selalu berikan instruksi dan pendekatan dengan pemain agar tidak terpengaruh oleh semua ini. Kondisi tim kini sangat baik dan siap untuk pertandingan selanjutnya," ia menambahkan.

Saat ini, Persib memang harus fokus pada 11 pertandingan sisa Liga 1. Itu jika mereka ingin tampil sebagai juara di akhir musim. Kebetulan, performa mereka saat ini cukup mendukung untuk terus meraih hasil positif hingga akhir musim.

Hingga pekan ke-23, mereka masih memuncaki klasemen Liga 1. Koleksi 44 poin mereka unggul enam poin atas PSM Makassar yang jadi pesaing terdekat. Itu berkat rapor mereka yang hanya sekali kalah dalam 12 pertandingan terakhir.

 

5 Laga Terakhir

Persib Bandung

23/08/2018: Persib 3-2 Persija

17/09/2018: Borneo 0-1 Persib

13/09/2018: Persib 2-0 Arema

15/08/2018: PSKC 1-2 Persib

Madura United

22/09/2018: Madura United 1-2 Borneo

17/09/2018: Arema 2-0 Madura United

13/09/2018: Madura United 2-0 Mitra Kukar

11/08/2018: Sriwijaya 1-2 Madura United

03/08/2018: Madura United 3-1 PS Tira

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

OJK Minta Calon Investor Muamalat Tunjukkan Rp 4 Triliun

Posted: 04 Oct 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta kepada calon investor yang berminat menyuntikkan modal kepada Bank Muamalat untuk bisa menunjukkan uang sebanyak Rp 4 triliun di dalam escrow account.

Escrow Account adalah rekening yang dibuka untuk menampung dana tertentu yang penarikannya hanya dapat dilakukan dengan syarat khusus sesuai instruksi atau perjanjian antara penyetor dengan pihak yang berkepentingan dengan escrow account tersebut.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menjelaskan, kepada siapa saja yang ingin menyuntikkan modalnya ke Bank Muamalat harus menyampaikan rencana tersebut ke OJK. Setelah itu investor tersebut harus menunjukkan jika memiliki dana di rekening escrow account.

"Silakan siapa saja boleh mem-propose, siapa yang akan jadi lead konsorsium, siapa yang jadi anggota konsorsium, silakan saja boleh sampaikan kepada otoritas. Dari konsorsium itu kan ada ketua dan anggotanya, harus menunjukkan punya uang yang ditunjukkan dalam escrow account. Berapa escort account yang diperlukan? Sekitar Rp 4 triliun harus ditunjukkan di escrow account," ujar Wimboh dikutip dari Antara, Jumat (5/10/2018).

Ilham Habibie disebut-sebut mengajak pemilik Grup Medco Arifin Panigoro untuk menanamkan modal di Bank Muamalat. Mereka akan masuk ke bank pionir syariah di Indoenesia itu melalui skema HMETD (HAK Memesan Efek Terlebih Dahulu) atau right issue dimana Bank Muamalat akan menerbitkan sejumlah saham baru untuk dibeli oleh konsorsium yang digawangi Ilham Habibie tadi.

"Kalau sudah ditunjukkan di escraw account barulah kita berbicara, baik yang akan jadi ketua atau anggota konsorsium, secara formal kirim surat dan yang kirim surat ini adalah pemegang saham pengendali atau yang ditunjuk diberi hak pemegan saham pengendali untuk mewakilinya. Nanti RUPS dan sebagainya kalau persyaratan sudah ada baru RUPS lah, kalau escrow account belum ada bagaimana mau RUPS," ujar Wimboh.

 

Ilham Habibie dan Arifin Panigoro Cs Siap Suntik Dana ke Bank Muamalat

Bank Muamalat

Sebelumnya diberitakan permodalan PT Bank Muamalat Tbk akan bertambah. Sebuah konsorsium berencana menyuntikkan sejumlah dana untuk memperkuat modal perbankan syariah tersebut. 

Komisaris Utama Bank Muamalat Ilham Habibie diketahui memimpin konsorsium investor yang terdiri dari dirinya sendiri, Arifin Panigoro, Lynx Asia dan SSG Capital.

"Bank Muamalat sebagai bank pertama murni syariah yang memiliki nilai historis dan emosional bagi umat Islam di seluruh Indonesia, oleh karena itu, kami berkomitmen untuk mempertahankan keberadaannya," jelas Ilham Habibie pada Rabu 3 Oktober 2018. 

 Ilham Habibie mengungkapkan jika konsorsium akan melakukan serangkaian penguatan dimana salah satunya penyuntikan dana segar melalui langkah right issue.

Direktur Utama Bank Muamalat Achmad K Permana turut memberikan responnya. "Dengan adanya kepastian konsorsium investor yang telah masuk tentunya akan sangat membantu penguatan Bank Muamalat saat ini dan rencana bisnis kedepannya," jelas dia.

Dia pun mengaku yakin jika dengan kehadiran Ilham Habibie yang memimpin konsorsium investor akan memberikan keyakinan kepada para nasabah dan pemangku kepentingan Bank Muamalat.

Sebagai bagian dari rencana penguatan Bank Muamalat, pada 11 Oktober 2018 akan dilakukan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) dengan salah satu agendanya adalah right issue.

"Ke depannya, perseroan optimis bahwa permodalan Bank Muamalat akan semakin kuat dan stabil, sehingga upaya perseroan untuk melakukan ekspansi pembiayaan dapat berjalan dengan baik," tutup Permana.

Sementara itu, Juru Bicara Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Sekar Putih Djarot sebelumnya menyatakan siapapun boleh menjadi investor Bank Muamalat sepanjang kredibel dan memiki fresh money. Ini menanggapi kabar terkait dengan rencana masuknya investor dalam rangka penambahan modal Bank Muamalat. 

Hal lain, dia menambahkan, investor tersebut harus menempatkan sejumlah uang dalam escrow account di Bank Muamalat sesuai kesepakatan dengan otoritas. Terakhir bank harus segera melakukan RUPS untuk menetapkan investor tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kesiapan Indonesia Gelar Asian Para Games 2018 Sudah 100 Persen

Posted: 04 Oct 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Indonesia menjadi tuan rumah Asian Para Games yang akan berlangsung di Jakarta, 6-13 Oktober 2018. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, mengatakan Indonesia sudah siap 100 persen menggelar perhelatan ini. 

Menurutnya, kesiapan ini meliputi arena pertandingan, transportasi, akomodasi, wisma atlet, keamanan penyelenggaraan dan pertandingan serta lainnya sudah disiapkan panitia.

"Seluruh Persiapan sudah selesai 100 persen sudah bisa untuk melaksanakan Asian Para Games 2018. Meski bersamaan Indonesia sedang alami bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah," kata Puan dikutip dari Antara, Jumat (5/10/2018).

Puan menambahkan, meski saat ini Indonesia selaku tuan rumah penyelenggaraan Asian Para Games 2018 sedang berduka akibat gempa dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah, panitia pelaksaan tetap harus siap dan memastikan bahwa event ini harus digelar di Tanah Air. Mengenai upacara pembukaan, Puan mengharapkan ada suasana kegembiraan agar event itu bisa berjalan meriah dengan tidak bermaksud melupakan bencana.

"Ini sudah direncanakan 1,5 tahun. Dalam satu pembukaan kita harapkan ada suasana kegembiraan agar event itu bisa berjalan meriah dengan tidak bermaksud melupakan bencana. Pada upacara pembukaan kita akan lakukan satu menit doa bersama," katanya.

 

 

Diikuti 43 Negara

Menko PMK Puan Maharani memberi keterangan pasca penyelenggaraan Asian Games 2018 di kantor Kemenko PMK, Jakarta, Senin (3/9). Dalam Asian Games Indonesia meraih 31 medali emas 24 medali perak 43 medali perunggu. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Puan selaku ketua pengarah pelaksanaan Asian Para Games 2018 menambahkan, ajang olahraga bagi atlet penyandang disabilitas ini diikuti 43 negara, 2.888 atlet dan 1.820 official serta diliput 500 media.

Sebanyak 18 cabang olahraga dengan 588 nomor pertandingan akan diselenggarakan pada Asian Para Games yang akan berlangsung sejak 6-13 Oktober mendatang di Jakarta.

(David Permana)

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

'Falling Star Challenge' ala Olla Ramlan

Posted: 04 Oct 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah kiki challenge, ada tantangan baru yang cukup ramai di dunia maya. Adalah 'Falling Star Challenge', yang mengajak warga net untuk mengunggah foto dengan pose seolah-olah sedang terjatuh.

Meski berpose terjatuh, mereka tetap tampil mewah dengan busana mahal ataupun barang-barang kelas dunia yang dibiarkan berserakan di sekitarnya. Fenomena tersebut juga menular di kalangan artis Indonesia, seperti Olla Ramlan.

Lewat akun Instagram pribadinya, Olla mengunggah foto dirinya dengan pose sedang terjatuh pada Kamis, 4 Oktober 2018. Kakinya yang menggunakan sepatu hak tinggi terlihat tersangkut di depan pintu mobil.

Mengenakan dress merah, Olla terbaring di atas jalan. Tiga buah tas mewah terlihat berserakan. Dua di sebelah kanan, satunya di sebelah kiri.

"Kalo soal tantangan sih jangan pernah coba coba ya. Nah, aku tipikal yang hajar dan ayo ayo aja. Tapi, mungkin orang lihat aku terlalu feminim banget ya. Dikira nggak ada nyali buat aneh-aneh. Foto ini sih harusnyaa tengkurep ya? Tapi, it's ok. Entar buat lagi deh hahahaha. Thank you buat @robbypurba dan @kristantorino buat challenge-nya #fallingstars2018 #fallingstarschallenge," papar Olla Ramlan sebagai keterangan foto.

Simak video pilihan di bawah ini

Ragu Beri Tantangan

Robby Purba memberi tantangan Olla Ramlan untuk melakukan Falling Star Challenge (Instagram/@robbypurba/Komarudin/Liputan6.com)

Secara terpisah, Robby Purba juga mengunggah foto Olla Ramlan dengan pose terjatuh. Ia mengatakan sempat ragu memberi tantangan pada Olla.

Robby beralasan, mau menyentuh kulit Olla saja kadang takut. Takut panu menular ke Olla, apalagi, memberi tantangan falling star challenge.

"Ahahahahah pokoknya gimana agar mommy gk kotor aja..Eh gokil loh siang ini!! Totalitas seorang pemain film banget ini!!!," kata Robby Purba.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemprov DKI Biayai Ratna Sarumpaet ke Chile, Ini Penjelasan Anies Baswedan

Posted: 04 Oct 2018 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Anies Baswedan angkat suara soal pembiayaan Pemprov DKI kepada Ratna Sarumpaet ke Chile. Menurut Anies, pendanaan oleh Pemprov DKI lumrah untuk mendukung kegiatan para seniman di kancah dunia.

"Pemprov DKI selama ini selalu memberikan dukungan kepada seniman, anak muda, generasi tua yang berkarya di bidang seni bila mendapatkan panggung internasional, kita selalu mendukung," kata Anies usai mengikuti upacara HUT TNI di Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (5/10/2018).

Saat itu, lanjut Anies, Pemprov DKI juga tengah membiayai seniman lain, yakni Frengky Raden yang tengah unjuk gigi di Korea Selatan dalam bidang seni etnomusikologi.

"Itu kami biayai 100 persen," jelas Anies.

Karenanya, Anies meminta untuk tidak membuat polemik atas pembiayaannya ke Ratna Sarumpaet.

Mantan Mendikbud ini berpandangan, hal biasa tersebut menjadi heboh lantaran pencekalan terhadap aktivis perempuan tersebut.

"Jadi, ini, sesuatu yang normal dan biasa saja. Problemnya bukan seninya, tapi cekalnya," Anies memungkasi.

Disponsori Rp 70 Juta

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Asiantoro membenarkan Pemprov DKI Jakarta menanggung uang tiket dan akomodasi Ratna Sarumpaet untuk menghadiri konferensi internasional di Chile.

Total dana yang dikeluarkan Pemprov DKI sekitar Rp 70 juta.

"Kurang lebih Rp 60-70 jutaan-lah," kata Asiantoro saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Jumat (5/10/2018).

Dia menjelaskan, sebenarnya tidak hanya Ratna Sarumpaet saja yang dapat menerima sponsor untuk menghadiri konferensi tingkat internasional. Asiantoro menyebut, yang terpenting pihak yang mengajukan memenuhi kriteria yang ada.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Sutopo Beberapa Kali Gagal Salaman dengan Jokowi

Posted: 04 Oct 2018 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - "Saya bakal kirim foto salaman dengan Pak Jokowi ke orangtua di kampung, mereka pasti bangga." kata Sutopo.

Jumat, 5 Oktober 2018 akan menjadi momen spesial bagi Sutopo Purwo Nugroho. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini dijadwalkan bertemu dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Menjadi spesial, karena bertemu langsung dengan Jokowi sudah sejak lama dia impikan.

"Pasti menggembirakan, bagi saya bersyukur bertemu dengan Pak Jokowi, saya hanya ingin salaman saja," kata Sutopo sambil tertawa, saat berbincang dengan Liputan6.com via telepon.

Informasi yang dihimpun Liputan6.com, Presiden akan bertemu dengan Sutopo hari ini pada pukul 13.30 WIB di Istana Kepresidenan. Memang belum jelas agenda apa yang akan dibahas antara presiden dengan Sutopo.

"Ya, kalau Presiden tanya soal bencana, saya akan jawab soal bencana," ujar Sutopo.

Mimpi bertemu dan bersalaman langsung dengan Jokowi sudah sejak lama dinantikan Sutopo. Bahkan, beberapa kali dia berupaya bersalaman di lokasi bencana, tapi gagal karena pengamanan Paspampres.

"Di Pidie Jaya, padahal sudah satu meter dan tangan sudah dijulurkan, tapi ketutup Paspampres. Ya sudah, mau gimana lagi," kisah Sutopo.

Bukan hanya sekali, kesempatan bersalaman dengan Jokowi beberapa kali mampir di beberapa bencana yang melanda Indonesia, misalnya erupsi Gunung Sinabung dan longsor Banjarnegara. Namun, berkali-kali itu pula keberuntungan belum berpihak pada pria berusia 48 tahun ini.

"Belum rezeki saya," kata Sutopo.

 

Inspirasi Sutopo

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho memberikan keterangan pers di kantor BNPB Jakarta, Sabtu (29/9). BNPB menyatakan jumlah korban tewas akibat gempa bumi dan tsunami di kota Palu sebanyak 48 orang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Bukan hanya Jokowi, rupanya Sutopo banyak mendapatkan inspirasi dari beberapa kepala negara yang pernah memimpin Indonesia. Sebut saja Presiden ke-3 RI BJ Habibie dan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Pak Habibie itu atasan saya dulu, orangnya pinter. Pak SBY karena orangnya mampu membangun dirinya dan integritas. Pak SBY itu mau jadi presiden sejak jadi Taruna Akmil, kemudian dia membangun dengan belajar tekun, dan setiap sekolah selalu juara," kata Sutopo.

Lantas, bagaimana dengan Jokowi?

Jokowi, kata Sutopo, dikenalnya sebagai sosok yang sederhana dan mendengarkan. Dia mengaku mengetahui sosok sederhana itu sejak Jokowi menjadi Wali Kota Solo.

"Pak Jokowi zaman jadi wali kota, setiap Sabtu-Minggu, beliau buka pintu pendopo untuk umum da mendengarkan keluhan masyarakat Solo, sederhana, merakyat," kata Sutopo.

Sutopo menuturkan, dari setiap pemimpin dia banyak mendapatkan nilai-nilai positif untuk memotivasi hidupnya.

"Saya selalu melihat tokoh-tokoh yang saya kagumi, teladani, dari sisi positif. Tidak ada manusia yang sempurna. Jangan lihat negatifnya," kata Sutopo.

Lalu bagaimana dengan Raisa?

Untuk pertanyaan satu ini, Sutopo menjawab dengan mantap.

"Saya suka lagunya, dulu sering nyanyi lagu-lagu dia. Saya hapal kalau karaoke. Sejak Januari saya sakit, saya sudah enggak lagi pernah nyanyi. Raisa juga membangun kariernya bukan datang tiba-tiba, beberapa kali dia ditolak studio rekaman," tutur Sutopo.

"Dia juga enggak aneh-aneh, jauh dari isu negatif," dia melanjutkan.

Terkait sakit yang dideritanya, Sutopo yang saat ini masih menjalani masa pemulihan pasca kanker stadium 4b yang diidapnya. Dia berharap, momentum yang akan dia hadapi siang nanti menjadi penyemangat hidup yang dia jalani.

"Selama Tuhan belum angkat sakit saya, saya hanya bisa berikhtiar dan menjalaninya saja. Sudah ditakdirkan," kata Sutopo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jaga Fisik Korban Gempa Palu-Donggala, Jamu Anti Masuk Angin Dikirim

Posted: 04 Oct 2018 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Semarang - PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk (Sido Muncul) langsung merepons dengan cepat peristiwa gempa dan tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala. Tahap awal mereka mengucurkan sumbangan kemanusiaan total Rp 500 juta.

Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat menyampaikan, Sido Muncul sebagai bagian dari masyarakat mengaku merasa berkewajiban ikut menangani kesusahan warga.

"Ini seperti runtutan. Setelah di Lombok sekarang di Palu dan Donggala. Pasti para korban bersedih, karena kehilangan saudara, tempat tinggal dan apa pun," kata Irwan melalui siaran pers yang dikirim ke Liputan6.com, Jumat (5/10/2018).

Menurut Irwan, penanganan utama para korban adalah dijaga staminanya. Mereka harus dihindarkan dari penyakit-penyakit awal sebuah bencana, seperti diare, gatal, masuk angin dan sejenisnya.

"Jika fisik mereka dijaga, saat dilakukan trauma healing juga akan lebih cepat," kata Irwan.

Sumbangan kemanusiaan Sido Muncul tahap awal ini berupa uang tunai Rp 340 juta dan produk Sido Muncul Rp 160 juta. Produk berupa jamu anti masuk angin, seperti Tolak Angin Cair, juga minuman energi Kuku Bima Energi, dan jamu Tolak Linu.

"Produk Sido Muncul dikirim langsung dari gudang distributor kami yang berada di Palu dan Makassar," kata Irwan.

Data sementara dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hingga Selasa, 2 Oktober 2018 jumlah korban tewas akibat gempa dan tsunami di Palu dan Donggala telah mencapai 1.374 jiwa.

Simak video menarik berikut di bawah:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menpar Arief Yahya Dorong Atambua Terus Kembangkan Crossborder Tourism

Posted: 04 Oct 2018 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata, Arief Yahya, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 4 - 5 Oktober 2018. Di sana, ia akan menghadiri di sejumlah event untuk meningkatkan wisata perbatasan (crossborder tourism).

Peningkatan crossborder tourism tersebut dilakukan untuk mencapai target kunjungan 17 juta wisatawan mancanegara (wisman) pada 2018 dan 20 juta wisman pada 2019. Pada hari pertama kunjungan kerjanya, Arief meninjau Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain. PLBN ini menjadi salah satu pintu masuk perbatasan wisatawan dari Timor Leste.

PLBN tersebut juga merupakan bagian dari Nawacita Presiden Joko Widodo, yaitu membangun dari daerah terluar. Di sana, Arief melihat bagaimana layanan imigrasi dan bea cukai terhadap wisatawan dari Timor Leste yang masuk ke Indonesia. Menurutnya, keberadaan PLBN Motaain dan layanannya yang baik sangat penting dalam mengembangkan wisata perbatasan.

"Kesan pertama saya ketika sampai di Pos Lintas Batas Negara ini adalah keren sekali. Jadi benar bahwa kita memiliki kebanggaan atas kedaulatan bangsa Indonesia," ujar Arief.

Ia mengatakan, pariwisata perbatasan atau border tourism jumlahnya sangat banyak di dunia. Arief mencontohkan, negara-negara di Eropa yang jumlah kunjungan wisatawannya besar karena ditunjang dengan border tourism.

Seperti Prancis yang setiap tahunnya mencapai 80 juta wisatawan atau Spanyol yang mencapai 85 juta wisatawan. Begitu juga dengan negara-negara kecil di Eropa yang memiliki jumlah wisatawan mencapai 10 juta karena ditopang oleh wisata perbatasan yang baik.

Karena itu, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) terus mengembangkan pariwisata perbatasan yang saat ini baru memberikan kontribusi sebesar 18 persen di Indonesia.

"Pariwisata perbatasan saat ini yang berjalan baru ada di Kepri (Kepulauan Riau) dan berhasil. Tapi kenapa hanya di Kepri? Padahal kita punya banyak titik sentuh dengan negara lain seperti di Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan di NTT, khususnya di Belu atau Atambua ini," ucap Arief.

Menurutnya, dengan keberadaan PLBN Motaain yang cukup baik, maka faktor aksesibilitas di Atambua sudah tidak ada kendala. Hal yang masih perlu didorong adalah menghadirkan atraksi agar dapat menarik minat besar wisatawan, khususnya wisatawan dari Timor Leste.

Salah satu atraksi yang bisa dibuat adalah menawarkan wisata belanja kepada wisatawan dari Timor Leste dengan menghadirkan barang-barang yang lebih lengkap atau lebih murah daripada di Timor Leste. Lokasi yang bisa dijadikan kawasan wisata belanja adalah di area PLBN Motaain itu sendiri.

"Sekali kita di sini lebih lengkap, maka orang Timor Leste akan selalu belanja di sini. Saya yakin di sini juga bisa jadi atraksi wisata untuk akhir pekan. Tidak hanya dari Timor Leste tapi juga dari Belu. Semakin banyak crowd yang datang dari dua negara maka akan semakin bagus. Jadikanlah pasar itu hidup di sini dan itu akan menjadi daya tarik tersendiri untuk tetangga sebelah," kata Arief.

Dirinya juga mendorong agar event besar digelar di Atambua untuk bisa menarik kunjungan wisatawan. Mulai dari event musik, budaya, hingga even yang memaksimalkan potensi sumber daya alam atau keindahan alam yang ada di Atambua dan NTT.

"Kita sudah dapat aksesnya (PLBN), yang belum atraksinya, maka saya dengan mudah kalau rekan-rekan Kemenpar minimal membuat empat atraksi besar di Atambua, saya akan langsung setuju. Karena cara paling mudah untuk menjaring ribuan wisman adalah melalui overland (Border Tourism)," ujar Arief.

Ia juga tidak terlalu khawatir untuk masalah amenitas. Dengan konsep Nomadic Tourism yang terus digalakkan Kemenpar, maka hal-hal penting dalam menjaring wisatawan sudah dapat teratasi.

"Yang paling bagus adalah nomadic tourism. Nomor satu adalah karavan, kedua kemah. Pilihlah spot-spot terindah di Belu untuk menjadi lokasi. Atau juga homepod. Intinya adalah buat amenitas yang mudah untuk berpindah-pindah dan tidak harus mahal. Silakan buat dan nanti akan kita undang investor untuk mengembangkan nomadic tourism di sini," ucap Arief.

Selain meninjau PLBN Motaain, ia juga akan mengunjungi sejumlah destinasi yang ada di Atambua. Mulai dari Kawasan Wisata Mangrove Desa Dilawan, Pantai Berluli, hingga mengikuti Ritual Penyucian kembali Rumah Adat Suku Atok Bau Uma Meo.

Pada hari kedua, Arief akan menghadiri festival Fulan Fehan serta mengunjungi Pantai Pasir Putih Desa Kenebibi. Di Pantai Pasir Putih ini, ia akan meresmikan Destinasi Digital dan pembukaan Festival Wonderful Indonesia.

Malam harinya, Arief akan hadir di konser Crossborder di lapangan umum Simpang Lima. Konser ini akan menghadirkan bintang tamu Maria Simorangkir yang merupakan jebolan Indonesian Idol 2017, band-band lokal dan Timor Leste, serta pertunjukan seni budaya.

Plt Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar, Ni Wayan Giri Adnyani, mengatakan bahwa pada pekan ini memang ada banyak kegiatan yang didukung Kemenpar. Mulai dari festival Konser Musik Cross Border Atambua, Festival Wonderful Indonesia, dan Festival Fulan Fehan yang masuk dalam top 100 Calender of Event Kemenpar.

"Festival Crossborder Atambua 2018 adalah agenda tahunan Kemenpar yang bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Provinsi NTT dan Dinas Pariwisata Kabupaten Belu," kata Giri.

NTT tahun ini memang ditargetkan sebagai penyumbang wsiman crossborder terbanyak kedua setelah Kepulauan Riau (Kepri). NTT ditargetkan menyumbang wisman sebesar 1.635.354 pada 2018.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, wisman Timor Leste pada periode Januari hingga Juli 2018 sudah mencapai 1.005.600. Naik 89,16 persen atau 531.600 wisman dibanding periode yang sama tahun lalu.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lihat Morata Cetak Gol Lagi, Manajer Chelsea Berbunga-bunga

Posted: 04 Oct 2018 09:07 PM PDT

Liputan6.com, London - Manajer Chelsea, Maurizio Sarri mengaku bahagia melihat Alvaro Morata kembali mencetak gol. Menurutnya, itu penting untuk kepercayaan diri pemain asal Spanyol tersebut.

Alvaro Morata di awal musim ini memang mendapatkan banyak kritikan terkait performanya. Digadang-gadang menjadi bomber andalan Chelsea, penyerang asal Spanyol tersebut justru melempem.

Namun, saat melawan Vidi di pertandingan Liga Europa, Morata sukses mengakhiri paceklik golnya. Mantan pemain Real Madrid tersebut mencetak satu-satunya gol kemenangan The Blues atas Vidi pada menit ke-70.

Satu gol yang dia cetak itu menjadi torehan kedua Morata musim ini. Sebelumnya, Morata mencetak gol pada Agustus lalu saat Chelsea menang 3-2 atas Arsenal.

"Saya benar-benar sangat bahagia untuknya," ujar Sarri di situs resmi klub.

"Ini sangat penting baginya untuk mencetak gol, tapi saya pikir ini sangat penting juga baginya untuk memainkan sebuah pertandingan yang bagus. Ini sangat penting baginya bermain untuk tim seperti yang dia lakukan hari ini," dia menerangkan.

Bermain Lebih Baik

Kemudian dikatakan Sarri, penyerang yang akan berulang tahun pada 23 Oktober nanti itu menunjukkan permainan yang lebih baik. Dia berharap hal itu membuat kepercayaan dirinya tumbuh.

"Morata bisa me-restart dirinya dari performa hari ini. Dia bermain sangat baik, lebih baik dari terakhir dia bermain," tambahnya.

"Dia sekarang harus lebih percaya diri. Terkadang anda bisa mencetak gol, terkadang tidak, tapi performa adalah yang penting," tuturnya.

Dengan kemenangan ini, Chelsea kini memuncaki klasemen Liga Europa Grup L dengan torehan enam poin dari dua pertandingan.

Sumber: bola.net

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Ada Parade, HUT ke-73 TNI Diperingati Lewat Potong Tumpeng

Posted: 04 Oct 2018 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 TNI dihelat secara sederhana. Tanpa parade seperti tahun-tahun sebelumnya, peringatan HUT kali ini hanya diperingati dengan upacara dan proses potong tumpeng oleh Presiden Jokowi.

Pantauan di lokasi, upacara peringatan berjalan biasa seperti pada umumnya. Jokowi yang bertindak sebagai inspektur upacara, langsung memeriksa pasukan upacara yang terdiri dari tiap matra TNI.

Usai upacara dihelat, Jokowi yang kembali ke mimbar kehormatan, langsung melakukan proses potong tumpeng sebagai simbol syukuran HUT ke-73 TNI.

"Presiden Joko Widodo dipersilakan memotong tumpeng HUT TNI ke-73, didampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto," ujar pembawa acara di Lapangan Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (5/10/2018).

Presiden Jokowi langsung memberikan potongan-potongan tumpeng tersebut kepada perwira TNI yang dianugerahi bintang kehormatan.

Penerima Bintang Kehormatan

Berikut perwira penerima bintang kehormatan, Bintang Eka Paksi Narmya diberikan kepada Kolonel CPL Heny Keswanto, jabatan Komandan Pusdik Pal Kodiklat TNI AD.

Kemudian Bintang Jalasena Naraxya diberikan kepada Kapten Mar Sunardi jabatan Kasi UDK Kima Brigif I Pasmar Jakarta, dan Bintang Swa Buana Paksa Nararya diberikan kepada Peltu Argo Budi Prasetyo jabatan Bintara adminku Progar spersau.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ferrari Monza SP1 dan SP2 Terinspirasi Mobil Balap Pencetak Sejarah

Posted: 04 Oct 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ferrari resmi memperkenalkan Monza SP1 dan SP2. Sportcar ini, merupakan pelopor dalam konsep baru, yang dikenal sebagai Icona (Ikon), yang pengulangan mobil yang paling membangkitkan kenangan dalam sejarah menciptakan segmen mobil terbatas untuk kolektor.

Ferrari Monza SP1 dan SP2 terinspirasi oleh barchetta tahun 1950-an. Mobil tersebut, dikendarai untuk meraih kemenangan di kompetisi balap internasional. Tidak hanya oleh pembalap Scuderia, tapi juga asosiasi pembalap amatir yang pada masa itu sering adu kebut dengan pembalap profesional legendaris.

Untuk diketahui, Ferrari pertama yang disebut sebagai Barchetta, adalah versi open-top 166 MM tahun 1948. Nama itu diciptakan oleh Giovanni Agnelli setelah melihat mobil tersebut untuk pertama kalinya di Turin Motor Show pada tahun yang sama.

Jiwa dari model ini, seperti halnya semua Ferrari, adalah mesinnya. Ferrari Monza SP1 dan SP2 dilengkapi dengan V12 natural-aspirated paling kuat yang pernah diproduksi oleh pabrikan asal Italia tersebut.

Hal ini berkat pengembangan khusus pada bagian tertentu, kekuatan 812 Superfast's berkapasitas 6,5 liter ditingkatkan 10 Tk. Dengan begitu, mesin ini mampu menghembuskan daya hingga 810 Tk pada 8500 rpm, dengan sedikit peningkatan torsi menjadi 719 Nm pada 7.000 rpm.

Selanjutnya

Sama seperti mobil balap, penggunaan serat karbon yang luas telah dilakukan di seluruh konstruksi Monza SP1 dan SP2 untuk membuatnya ringan dan responsif, serta meningkatkan daya tarik visual yang sporty dan agresif.

"Karena ini benar-benar mobil sport outdoor yang tidak memiliki kaca depan, salah satu tantangan terbesar adalah menciptakan solusi aerodinamis yang akan memastikan pengemudi menikmati kinerja mobil tanpa terpengaruh oleh masalah yang disebabkan oleh konfigurasi barchetta.," tulis Ferrari dalam keterangan resminya kepada Liputan6.com, Kamis (4/10/2018).

Hasilnya, adalah kaca depan virtual yang dipatenkan dan diintegrasikan ke dalam fairing di depan panel instrumen dan roda kemudi, memberikan kenyamanan berkendara yang luar biasa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenangan Terakhir Roy Marten Bersama Rudy Wowor

Posted: 04 Oct 2018 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar meninggalnya Rudy Wowor menyisakan duka di kalangan para sahabat. Salah satunya Roy Marten yang sudah 14 tahun tak berjumpa dengan Rudy Wowor.

Sebagai sesama aktor senior, Roy Marten dan Rudy Wowor pernah bekerja sama dalam sebuah film. Ia pun masih ingat betul keceriaan Rudy Wowor saat masih menjadi pesaingnya dalam cerita film tersebut.

"Saya sudah 14 tahun enggak ketemu beliau, waktu itu terakhir saya masih syuting sama Teuku Ryan. Dia jadi saingan saya ceritanya. Yang saya tahu dia disiplin, agak cerewet, pemain yang bagus. Walau dialognya sering agak kebelanda-belandaan. Menarinya juga bagus, ahli dansa," kata Roy Marten kepada Liputan6.com, Jumat (5/10/2018).

Sejak beberapa tahun terakhir, Rudy Wowor sempat dirawat intensif di Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur. Ketika itu, pemain film Tjoet Nja' Dhien tersebut dikabarkan mengidap sakit komplikasi.

"Saya dengar memang sudah sakit lama. Tapi sayangnya saya enggak bisa datang melayat hari ini, karena saya ada syuting," ucapnya.

Mendoakan

Aktor senior Rudy Wowor saat sedang terbaring sakit (Facebook/Michael Wowor)

Tak lupa Roy Marten memanjatkan doa kepada mendiang Rudy Wowor. "Saya ikut berduka, semoga arwahnya diterima di sisi Tuhan. Yang terbaiklah, (semoga) amal ibadahnya diterima," ujar Roy Marten.

Informasi yang diterima Liputan6.com, jenazah Rudy Wowor saat ini sedang disemayamkan di rumah duka di kawasan Depok, Jawa Barat. Rencananya pemakaman Rudy Wowor akan digelar sore ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lifter Indonesia Waspadai Negara Ini di Asian Para Games 2018

Posted: 04 Oct 2018 09:00 PM PDT

Jakarta - Ni Nengah Widiasih mengatakan Tiongkok merupakan lawan terberat di Asian Para Games 2018 untuk cabang angkat besi. Padahal Indonesia ingin mendulang emas dari cabang ini.

Nengah bakal menjadi andalan Indonesia dalam cabor angkat besi di kelas 41 kilogram. Dalam Asian Para Games 2014 di Incheon, Korea Selatan, sosok 28 tahun itu meraih perak.

Nengah juga mendulang perunggu dalam Kejuaraan Dunia Angkat Berat di Dubai 2014, dan Paralimpiade Rio de Janeiro, Brasil, dua tahun berselang

"China adalah lawan terberat karena mereka mengisi semua kelas. Saya sudah mengetahui siapa lawan-lawan dari China karena sering bertemu mereka," kata Nengah kepada Bola.com.

"Saya dan para atlet China sama-sama memiliki tujuan yang sama dan ingin membuat negara kami bangga di Asian Para Games 2018. Saya ataupun China akan sama-sama berjuang sportif agar bisa memberikan yang terbaik untuk negara masing-masing," ujar Nengah.

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FP1 MotoGP Thailand: Vinales Tercepat, Valentino Rossi Kedua

Posted: 04 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Buriram - Hasil mengejutkan tercipta pada latihan bebas (FP) 1 MotoGP Thailand 2018. Di Sirkuit Buriram, Jumat (5/10/2018), dua pembalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi ada di urutan terdepan.

Dalam beberapa balapan terakhir MotoGP 2018, dua pembalap Yamaha tampak sangat menderita. Namun, pertanda bagus diperlihatkan pada FP1 MotoGP Thailand di mana Vinales tampil sebagai yang tercepat.

Vinales mengukir waktu 1 menit 31,220 detik. Hebatnya, Rossi mampu menempel kecepatan Vinales dengan selisih 0,270 detik. Pemuncak klasemen saat ini, Marc Marquez justru belum memperlihatkan tajinya.

Pembalap Repsol Honda itu duduk di urutan kelima FP1 MotoGP Thailand dengan selisih 0,448 detik dari Vinales. Ia berada di belakang pembalap Ducati, Andrea Dovizioso dan pembalap Pramac Racing, Jack Miller.

 

10 Besar FP1 MotoGP Thailand

1. Maverick Vinales: 1 menit 31,220 detik

2. Valentino Rossi: +0,270

3. Andrea Dovizioso: +0,416

4. Jack Miller: +0,417

5. Marc Marquez: +0,448

6. Johann Zarco: +0,556

7. Andrea Iannone: +0,640

8. Takaaki Nakagami: +0,820

9. Danilo Petrucci: +0,888

10. Scott Redding: +0,971

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Bikin Pangling, Ini 10 Potret Masa Muda Ratna Sarumpaet

Posted: 04 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Ratna Sarumpaet bikin heboh publik lantaran kasus hoaksnya. Sejumlah politisi sampai ikut-ikutan tersandung menyebarkan kebohongan Ratna, yang mengaku dirinya dikeroyok sejumlah oknum.

Alih-alih dikeroyok, Ratna justru mengakui dirinya melakukan prosedur operasi plastik hingga wajahnya membengkak. Wanita 70 tahun itu kini menjadi bulan-bulanan publik karena kebohongannya.

Di sisi lain, operasi plastik yang dilakukan Ratna Sarumpaet membuat publik penasaran bagaimana sosok mudanya. Dikutip dari instagram pribadi Ratna Sarumpaet @rsarumpaet, begini sosok mudanya.

Artikel tentang potret masa muda Ratna Sarumpaet menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua terpopuler yakni delapan ide kocak amankan barang dari maling. Sedangkan artikel tentang tulisan tangan seperti komputer menjadi ketiga terpopuler.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 10 Potret Masa Muda Ratna Sarumpaet, Bikin Pangling

Sebelumnya, Ratna Sarumpaet telah dikaruniai lima orang cucu yang semuanya laki-laki. Kehadiran anak Rio dan Atiqah itu melengkapi kebahagiaannya lantaran berjenis kelamin perempuan. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Aktivis Ratna Sarumpaet sempat menghebohkan publik dengan kabar penganiayaan yang diterima dirinya. Nyatanya wanita berusia 70 tahun ini mengaku foto wajah lebamnya diakuinya akibat prosedur operasi plastik, bukan karena dikeroyok oknum. 

Terlepas dari kasus hoaks yang telah dilakukannya, banyak warganet yang kemudian penasaran dengan penampilan serta wajah Ratna Sarumpaet di masa muda. Siapa sangka, di saat muda ibu dari artis cantik Atiqah Hasiholan ini ternyata memiliki wajah yang sangat cantik dan selalu bergaya modis.

Selengkapnya..

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

2. Keren tapi Bikin Ngakak, 8 Ide Kocak Amankan Barang dari Maling

(Foto: Acidcow via Brilio.net)

Memang kesal jika barang yang kita miliki diambil oleh orang lain. Sehingga bukan jadi hal yang mengherankan, kalau banyak pihak memutar otak agar tidak lagi kecurian sampai dua kali.

Seperti aksi orang-orang ini misalnya. Meskipun tujuannya mencegah pencurian, tapi ide mengamankan barang ini bisa dibilang kreatif. Selain sukses menghentikan aksi maling, ide-ide kocak ini juga sukses bikin ketawa.

Selengkapnya..

3. Rapi Seperti Ketikan Komputer, Tulisan Tangan Siswa Ini Viral

tulisan tangan siswa malaysia jadi viral (foto: Twitter @rhmtdnlrsmn)

Tulisan tangan setiap orang tentu berbeda-beda. Biasanya semasa sekolah kita sering mencatat materi pelajaran di buku catatan ya. Meskipun saat ini hal tersebut sudah jarang dilakukan oleh anak sekolah zaman sekarang. Hal itu lantaran kini telah banyak sekolah yang berbasis digital.

Namun kalian tentu akan dibuat berdecak kagum ketika melihat tulisan tangan seorang siswa asal Malaysia ini. Sebuah akun Twitter @rhmtdnlrsmn, mengunggah foto-foto yang menunjukkan tulisan tangan seorang temannya yang sangat rapi dan indah bak ketikan komputer.

Selengkapnya..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPAI Minta Pemerintah Penuhi Hak Dasar Anak Korban Gempa Palu

Posted: 04 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengimbau pemerintah pusat dan daerah harus memenuhi hak dasar anak korban gempa Palu, Donggala, dan daerah sekitarnya.

Dalam rilis yang diterima Health Liputan6.com pada Jumat (5/10/2018), KPAI menerima pengaduan masyarakat tentang anak- anak yang mengalami trauma dan kehilangan sosok orangtua karena gempa Palu. Selain itu, mereka juga tidak memiliki sarana untuk bermain dan rekreasi.

"Gempa juga menyebabkan anak-anak kehilangan tempat bermain, belajar dan rekreasi untuk mendukung tumbuh kembangnya menjadi generasi sehat dan cerdas," ujar Komisioner KPAI Bidang Sosial dan Anak dalam Situasi Darurat, Susianah Affandy. 

Untuk itu, KPAI meminta pemerintah harus memenuhi hak-hak dasar anak korban gempa Palu dan sekitarnya, serta kebutuhan primer seperti sandang, pangan, dan papan yang aman.

"Pemerintah dan pemerintah daerah harus bergerak cepat dalam melakukan distribusi logistik dan membuka dapur umum di pengungsian sehingga kebutuhan pangan anak-anak dan keluarga korban terpenuhi," kata Susianah.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Mendapat Pengawasan dan Pendidikan

Hafis dan ibunya jadi korban gempa Palu.

Selain itu, pemerintah juga harus melakukan pendataan anak-anak yang kehilangan orangtua dan keluarganya. Mereka harus diberikan perlindungan seperti yang diatur dalam ketentuan Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah.

KPAI juga menghimbau anak-anak korban gempa yang memiliki rencana untuk meninggalkan Kota Palu diawasi. "Alih-alih mendapat perlindungan, anak-anak korban kerapkali mendapat eksploitasi (ekonomi), dipekerjakan di rumah tangga tanpa gaji," tulis Susianah.

Pendidikan mereka juga harus dijamin oleh pemerintah dan masyarakat. KPAI meminta Sekolah Darurat harus segera didirikan atau pihak-pihak yang terkait segera mencarikan sekolah pindahan bagi anak-anak korban gempa untuk tetap bisa belajar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Pasar NDF, Rupiah Sempat Sentuh 15.400 per Dolar AS

Posted: 04 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (AS) di pasar Non-Deliverable Forwards (NDF) sempat tertekan hingga sentuh 15.400. Namun, akhirnya kembali menguat.

Pada penutupan Kamis 4 Oktober 2018 (Jumat pagi WIB), Dolar AS berada di posisi Rp 15.413.

Akan tetapi, pada Jumat pagi WIB pukul 10.00, Dolar AS berada di kisaran Rp 15.179. NDF merupakan pasar forwards yang prediksi ke depan. Pasar ini merupakan pasar offshore.

Sementara itu, di pasar onshore, berdasarkan data Bloomberg pada Jumat pagi (5/10/2018), rupiah dibuka melemah tipis 10 poin ke posisi 15.189 per Dolar AS dari penutupan perdagangan kemarin 15.179.

Pada pukul 08.48 WIB, rupiah berada di kisaran 15.182 per dolar AS. Jumat pagi ini, rupiah bergerak di kisaran 15.182-15.193 per dolar AS.Rupiah sudah melemah 12,01 persen sepanjang tahun berjalan 2018.

Melihat data Reuters, rupiah menguat tipis terhadap dolar AS. Rupiah berada di kisaran 15.175 per dolar AS dari penutupan kemarin di posisi 15.178 per dolar AS.

Selain itu, berdasar data kurs tengah Bank Indonesia atau Jisdor, Jumat 5 Oktober 2018, rupiah sentuh posisi 14.182 per dolar AS. Rupiah melemah dari posisi kemarin di 15.133 per dolar AS.

Rupiah Tembus 15.179 per Dolar AS pada Perdagangan Kemarin

Teller menghitung mata uang dolar di penukaran uang di Jakarta, Jumat (20/4). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) mengalami pelemahan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, nilai tukar rupiah belum mampu menguat pada perdagangan Kamis pekan ini. Nilai tukar rupiah masih berada di posisi 15.100 per dolar Amerika Serikat (AS).

Berdasarkan data Bloomberg, Kamis sore 4 Oktober 2018, nilai tukar rupiah berada di posisi 15.179 per dolar AS. Pada pembukaan perdagangan, rupiah melemah ke posisi 15.120 per dolar AS dari penutupan perdagangan kemarin 15.075 per dolar AS.

Sepanjang Kamis pekan ini, rupiah bergerak di posisi 15.120-15.191 per dolar AS. Nilai tukar rupiah melemah 11,98 persen terhadap dolar AS sepanjang 2018.

Sementara itu, kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) menunjukkan rupiah berada di posisi 15.133 per dolar AS atau melemah 45 poin pada 4 Oktober 2018 dari periode perdagangan 3 Oktober 2018 di posisi 15.088 per dolar AS.

Ekonom PT Bank Permata Tbk, Josua Pardede menuturkan dolar AS kembali menguat terhadap seluruh mata uang dunia. Ini didorong penguatan indeks dolar AS usai rilis data ekonomi AS yang positif antara lain penyerapan tenaga kerja di sektor swasta yang meningkat menjadi 230 ribu pada September dibandingkan bulan sebelumnya.

Data positif itu memperkuat assesmen bank sentral AS kalau kondisi pasar tenaga kerja terus membaik ditandai dengan rendahnya pengangguran AS dan pengeluaran rumah tangga AS meningkat serta investasi.

Ditambah kekhawatiran kenaikan harga minyak dunia akan dorong penguatan dolar AS serta keluarnya dana asing dari pasar negara berkembang. Josua menuturkan, bank sentral di negara berkembang akan perketat kebijakan moneternya.

"Jika nilai tukar rupiah masih cenderung melemah, BI diperkirakan berpotensi menaikkan kembali suku bunga acuan sebesar 25 basis poin pada kuartal IV 2018 dan 75 basis poin pada 2019 sehingga dapat tekan defisit transaksi berjalan," kata Josua saat dihubungi Liputan6.com.

Dalam jangka pendek, Josua perkirakan nilai tukar rupiah di posisi 15.000-15.250 per dolar AS.

Mengutip laman Antara, kurs dolar AS makin perkasa. Bahkan mencapai tingkat tertinggi dalam 11 bulan terhadap yen dan mata uang utama lainnya pada perdagangan Kamis pagi.

Dolar AS menguat dipicu data positif terbaru AS dan komentar Ketua the Federal Reserve Jerome Powell yang dianggap sebagai hawkish.

Dolar AS reli dalam perdagangan overnight menyentuh 114,55 yen, tingkat tertinggi sejak awal November 2017. Kenaikan di atas 114,735 yen akan membawa mata uang dolar AS ke level tertinggi sejak pertengahan Maret 2018.

Sentimen positif untuk dolar AS, Ketua The Federal Reserve Jerome Powell menuturkan, bank sentral dapat menaikkan suku bunga di atas perkiraan pengaturan netral karena ekonomi AS yang sangat positif terus tumbuh.

Selain itu juga didorong dari berita indeks aktivitas non-manufaktur Institute for Supply Management (ISM) untuk AS melonjak 3,1 poin menjadi 61,6 bulan lalu, angka tertinggi sejak Agustus 1997.

Laporan ketenagakerjaan Nasional ADP juga menunjukkan pembayaran upah pegawai swasta melonjak sebanyak 230 ribu pekerjaan pada September, kenaikan terbesar sejak Februari.

"Dolar AS menguat bersamaan dengan kenaikan imbal hasil surat utang jangka panjang menjelang lapangan pekerjaan non-pertanian pada Jumat 5 Oktober 2018 mungkin capai 115,00 yen," ujar Masafumi Yamamot, Kepala Strategi Valas di Mizuho Securities, seperti dikutip Reuters.

 

 Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kiprah Rudy Wowor di Panggung Seni

Posted: 04 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dunia seni berkabung atas kepergian Rudy Wowor untuk selama-lamanya, Jumat (5/10/2018). Rudi mengembuskan napas terakhirnya di usia 74 tahun.

Rudy Wowor merupakan aktor kawakan yang lahir di Amsterdam, Belanda, pada 13 Desember 1943. Dia memulai kariernya di dunia seni peran sejak 1970-an.

Pria berdarah Belanda - Manado ini memiliki banyak kebisaan. Selain akting, ia juga seorang penari dan koreografer.

Menguasai tujuh bahasa asing, membuat Rudy Wowor juga pernah menjadi penulis. Selain di majalah mode Elle, dia juga pernah mengisi rubrik di harian di Madrid, Spanyol, dan beberapa surat kabar di Australia.

Peran Antagonis

Rudy Wowor

Sudah banyak film yang dibintangi Rudy Wowor. Sebagian besar, tokoh yang dimainkannya berkarakter antagonis.

Sebut saja film Tjoet Nja' Dien (1988), Merah Putih (2009), dan Darah Garuda (2010).

Juri Dance

Rudy Wowor

Kepiawaian Rudy Wowor dalam seni tari juga membuatnya terpilih menjadi juri tetap dalam sebuah acara menari di salah satu stasiun televisi bertajuk Seleb Dance ANTV.

Selain itu, Rudy Wowor juga pernah menjadi koreografer pada satu pagelaran teater musikal berjudul Miss Kedaluwarsa. Pertunjukan itu digelar di Gedung Kesenian Jakarta pada 24-27 Mei 2007 silam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-Detik Bantuan Logistik Diserbu Korban Gempa Palu

Posted: 04 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aksi pengambilan bantuan logistik untuk korban gempa dan tsunami di Palu – Donggala kembali terjadi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Terjaring OTT, Wali Kota Pasuruan Tiba di KPK

Posted: 04 Oct 2018 08:58 PM PDT

Wali Kota Pasuruan Setiyono (tengah) yang terjerat operasi tangkap tangan (OTT) tiba di gedung KPK, Jakarta, Jumat (5/10). Setiyono yang dikawal polisi bersenjata laras panjang bungkam saat dicecar pertanyaan oleh wartawan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Wali Kota Pasuruan Setiyono (tengah) yang terjerat operasi tangkap tangan (OTT) tiba di gedung KPK, Jakarta, Jumat (5/10). Setiyono yang dikawal polisi bersenjata laras panjang bungkam saat dicecar pertanyaan oleh wartawan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Wali Kota Pasuruan Setiyono (kedua kiri) dikawal polisi bersenjata setibanya di gedung KPK, Jakarta, Jumat (5/10). KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Setiyono dan lima orang lainnya terkait proyek di Pasuruan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Wali Kota Pasuruan Setiyono (kedua kiri) dikawal polisi bersenjata setibanya di gedung KPK, Jakarta, Jumat (5/10). KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Setiyono dan lima orang lainnya terkait proyek di Pasuruan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Wali Kota Pasuruan Setiyono (tengah) yang terjerat operasi tangkap tangan (OTT) tiba di gedung KPK, Jakarta, Jumat (5/10). Setiyono yang dikawal polisi bersenjata laras panjang bungkam saat dicecar pertanyaan oleh wartawan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Wali Kota Pasuruan Setiyono (tengah) yang terjerat operasi tangkap tangan (OTT) tiba di gedung KPK, Jakarta, Jumat (5/10). Setiyono yang dikawal polisi bersenjata laras panjang bungkam saat dicecar pertanyaan oleh wartawan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Wali Kota Pasuruan Setiyono (kedua kiri) dikawal polisi bersenjata setibanya di gedung KPK, Jakarta, Jumat (5/10). KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Setiyono dan lima orang lainnya terkait proyek di Pasuruan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Wali Kota Pasuruan Setiyono (kedua kiri) dikawal polisi bersenjata setibanya di gedung KPK, Jakarta, Jumat (5/10). KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Setiyono dan lima orang lainnya terkait proyek di Pasuruan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Markus: Jalan Menuju Maybrat Sudah Bagus

Posted: 04 Oct 2018 08:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo upacara adat peresmian ibukota kabupaten tersebut di Kumurkek. Seperti diketahui penentuan ibukota di kabupaten tersebut sempat jadi polemik selama hampir 10 tahun lamanya. Tarik menarik terjadi. Maybrat sendiri merupakan daerah pemekaran. Sebelumnya Maybrat masuk dalam wilayah Kabupaten Sorong Selatan. Pada 2009, Maybrat dimekarkan.

Tapi sejak dimekarkan, masalah penentuan ibukota tidak kunjung selesai. Sempat ditetapkan ibukota kabupaten di Ayamaru. Bahkan di Ayamaru, sudah dibangun beberapa fasilitas gedung pemerintahan. Kantor bupati pun terlanjur di bangun di Ayamaru. Tapi, persoalan ibukota tetap tidak selesai.

Setelah dimediasi Kementerian Dalam Negeri, dengan melibatkan wakil tiga suku besar di Maybrat yakni Ayamaru, Aitinyo dan Aifat, dan tokoh masyarakat serta adat, akhirnya disepakati ibukota kabupaten ada di Kumurkek. Hari Rabu, 3 Oktober, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo akan menghadiri langsung upacara penetapan Kumurkek sebagai ibukota.

Selesai sarapan, dengan diantar mobil , saya dan satu wartawan lainnya ditemani staf dari Kementerian Dalam Negeri meluncur ke Maybrat. Menurut Markus, supir mobil carteran asal Toraja, Sulawesi Utara, waktu tempuh ke Maybrat sekitar 4 jam-an.

"Sekarang jalan sudah bagus zaman Pak Jokowi (Presiden RI, Joko Widodo)," kata Markus.

Kota Sorong sendiri sudah cukup ramai. Suasananya sudah mirip kota-kota di Pulau Jawa. Bahkan telah punya mall dan hotel-hotel besar. Benar saja, keluar dari kota Sorong, jalan menuju Maybrat memang sudah bagus. Jalan sebagian beraspal mulus. Sebagian jalan berbeton. Tidak jarang mobil hilir mudik selama perjalanan. Sepi. Jalanan membelah hutan. Tak nampak pula pemukiman. Hanya di beberapa bagian, ada rumah-rumah gubuk. Itu pun bisa dihitung dengan jari. Jalan berkelok-kelok. Turun naik punggung bukit. Cukup mengocok perut. Hawa lumayan panas menyengat.

"Dulu jalanan jelek. Bisa tujuh hingga delapan jam dari Sorong ke Maybrat," katanya.

Sepanjang perjalanan, Markus banyak bercerita tentang keadaan di Maybrat, dan sisi lain kehidupan masyarakat di sana. Katanya, ia sering antar jemput warga Maybrat yang hendak pergi ke Sorong atau yang mau ke Jakarta. Langganannya banyak pejabat setempat, seperti para kepala dinas. Penasaran saya pun menanyakan tarif dari Sorong ke Maybrat.

"Ongkosnya dihitung per kepala. 250 per orang. Tapi kalau mau nyarter, sekali jalan 2,5 juta," katanya.

Markus juga sempat bercerita tentang pemukiman warga yang hanya segelintir gubuk yang nampak di tengah perjalanan. Kata dia, warga itu biasanya hanya sementara saja tinggal di sana. Mereka bangun itu, lalu mengklaim bahwa itu adalah kampung. Tujuannya demi dapat bantuan. Setelah dapat bantuan dana, warga kembali pulang ke kampung asal. " Ya begitulah," kata Markus.

Walau cukup bagus tapi jalan bergelombang. Hanya ketika pada bagian yang sudah dibeton, jalan yang dilalui lumayan mulus. Tapi, begitu memasuki jalan yang memakai aspal, walau sedikit ada lubang, namun terasa jalan yang dilalui bergelombang. Mungkin karena aspalnya bukan yang terbaik. Dan bukan hotmix.

"Tapi ini sudah lumayan bagus, dibandingkan dulu. Dulu jalan jelek banget. Jalan mulai bagus, tiga tahunan ini," kata Markus.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah Tahun 2018 Untuk Mendorong Program Strategis Nasional

Posted: 04 Oct 2018 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah sebagai agenda rutin yang diselenggarakan setiap tahun, dan merupakan forum untuk menjaring isu-isu aktual, sekaligus sebagai forum untuk menyamakan persepsi seluruh pemangku kepentingan dalam mencari upaya penyelesaian permasalahan penyelenggaraan penataan ruang dalam rangka Pencapaian Target Pembangunan Nasional dan Daerah. Kegiatan tersebut, dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah di Hotel Bidakara Jakarta, Kamis (4/10/2018).

Dalam sambutannya, Menteri Dalam Negeri yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kemendagri Hadi Prabowo, menyampaikan "Secara khusus Bapak Presiden memberikan perhatian terhadap hal-hal terkait dengan rencana tata ruang, dimana dalam Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang telah ditegaskan bahwa Pembangunan yang dilaksanakan baik oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun masyarakat, di tingkat pusat dan daerah harus dilakukan sesuai dengan rencana tata ruang yang telah ditetapkan".  Ujar Hadi.

Lebih lanjut, Hadi menuturkan langkah – langkah yang memperhatikan amanat Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 , maka dalam rencana tata ruang yang akan diperdakan haruslah berkualitas dan dipastikan menjadi acuan untuk pelaksanaan pembangunan di daerah mengingat penetapan Perda tentang Rencana Tata Ruang bersifat Preventive.

"Rencana tata ruang yang telah diperdakan juga diharapkan telah mempertimbangkan proses politis, teknokratis, top down – bottom up, dan partisipatif dengan melibatkan para pemangku kepentingan pembangunan baik dari pemerintah, masyarakat maupun dunia usaha (swasta), sehingga rencana tata ruang dan program pembangunan di daerah tidak bertentangan dengan Rencana Tata Ruang Daerah yang telah ditetapkan". Tegas Hadi.

Hadi menghimbau kepada para kepala daerah untuk dapat segera mengambil langkah-langkah strategis untuk dapat mendorong segera terlaksananya percepatan program/proyek strategis nasional yang ada di wilayahnya sesuai dengan kewenangannya masing-masing.

Dalam upaya mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi dan target-target pembangunan, saat ini pemerintah terus mendorong berbagai program investasi di berbagai sektor di seluruh Wilayah NKRI. Hal ini didorong dengan telah diterbitkannya Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik/Online Single Submission (OSS) sebagai upaya percepatan dan peningkatan penanaman modal dan berusaha.

Dengan telah dikeluarkannya Peraturan Pemerintah dimaksud, Hadi menyampaikan hal – hal yang perlu diperhatikan oleh Pemerintah Daerah dalam upaya  melakukan percepatan penetapan Perda Rencana Detail Tata Ruang dalam rangka mendukung pelaksanaan OSS sebagai dasar pemberian izin investasi.

Ia memaparkan berdasarkan hasil keputusan rapat di pemerintah pusat terdapat 143 kabupaten/kota di 32 Provinsi yang diprioritaskan penetapan Rencana Detail Tata Ruangnya, mengingat wilayah tersebut memiliki nilai investasi tinggi pada periode tahun 2015-2018. Selain itu, telah ditetapkan sebanyak 12 (dua belas) Kawasan Ekonomi Khusus dan 14 (empat belas) Kawasan Industri (KI) yang diprioritaskan pengembangannya dan telah ditetapkan melalui peraturan pemerintah.

Di akhir sambutanya, secara khusus hadi berpesan bahwa kepada daerah provinsi dan kabupaten/kota yang telah menetapkan Peraturan Daerah tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RT/RW) agar segera mengagendakan penyusunan dan penetapan rencana rinci tata ruang.

"Ini penting Saya ingatkan, karena berdasarkan Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang maka rencana rinci tata ruang harus sudah disusun paling lambat 36 (tiga puluh enam) bulan setelah Perda RT/RW ditetapkan," ujarnya.

Penyelengaraan Rakornas tersebut dihadiri oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN sebagai Keynote Speaker, Sekretaris Jenderal Kemendagri menyampaikan Sambutan Mendagri, Pejabat Eselon I dan II Kementerian /Lembaga, Ketua DPRD Provinsi, Sekretaris Daerah Provinsi selaku Ketua TKPRD, Kepala  Bappeda Provinsi selaku Wakil Ketua TKPRD ; Kepala Dinas Provinsi yang membidangi Urusan Penataan Ruang selaku Sekretaris TKPRD,Kepala Biro Hukum Provinsi seluruh Indonesia.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arsenal Juga Kepincut dengan Beppe Marotta

Posted: 04 Oct 2018 08:55 PM PDT

Liputan6.com, London - Arsenal ikut masuk dalam perburuan CEO Juventus yang akan segera meninggalkan jabatannya, Beppe Marotta. Nama terakhir akan mundur dari Bianconeri, akhir bulan ini.

Beppe Marotta kerap disebut sebagai sosok kunci sukses Juventus merajai Serie dalam tujuh musim terakhir. Tak hanya perkasa di Serie A, Juventus juga mulai merambah ke kompetisi Eropa di Liga Champions.

Mei 2010 silam, Beppe Marotta diangkat jadi General Manajer Juventus oleh Andrea Agnelli, sang pemilik Juventus. Beppe Marotta kemudian juga menjabat sebagai CEO Juventus. Sejak era tersebut, Juve mengembalikan kehebatannya di Serie A.

Namun, kontrak Beppe Marotta dengan Si Nyonya Tua akan berakhir pada 25 Oktober 2018 mendatang dan ia pun bakal meninggalkan klub yang bermarkas di Turin tersebut.

Salah satu kelihaian Beppe Marotta adalah dalam hal transfer pemain. Pria 61 tahun ini adalah negosiator ulung. Tak hanya itu saja, dia juga mampu mengendus bakat seorang pemain dan membeli dengan harga yang terjangkau.

Dilansir Tuttosport, Marotta menjadi incaran klub lain yang juga ingin sukses seperti Juventus dalam bursa transfer. Salah satu klub yang berniat merekrut Marotta adalah Arsenal.

Kubu The Gunners kabarnya siap untuk menawarkan bayaran senilai 3 juta poundsterling per musim kepada Marotta agar mau hijrah ke London.

 

Pesaing Lain

Selain Arsenal, sebelumnya Marotta juga dikabarkan masuk incaran tim papan atas Premier League lainnya, Manchester United yang memang diisukan ingin mengangkat seorang direktur sepakbola.

Selain United, klub lain yang juga tertarik merekrut Marotta adalah rival Juventus di Serie A, Inter Milan. Bahkan Marotta dan kubu Nerazzurri kabarnya sudah menggelar negosiasi dalam beberapa hari terakhir.

Dalam pertemuan itu, Inter yang diwakili perwakilan Suning Group, Steven Zhang ingin mendengarkan rencana yang disiapkan oleh Beppe Marotta untuk bisa membawa Inter Milan menuju kejayaan di Italia dan Eropa.

Sumber: bola.net

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Kondisi Rumah Ratna Sarumpaet Usai Ditangkap Polisi

Posted: 04 Oct 2018 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya menangkap aktivis perempuan Ratna Sarumpaet saat hendak terbang ke luar negeri melalui Bandara Soekarno Hatta. Pascapenangkapan dan penggeledahan, kondisi rumah Ratna Sarumpaet sepi.

"Tidak ada siapa-siapa (di dalam rumah Ratna)," ujar putra sulung Ratna Sarumpaet, Mohammad Iqbal di lokasi, Jumat (5/10/2018).

Berdasarkan pantauan, suasana di sekitar rumah Ratna Sarumpaet juga terlihat sepi. Iqbal mengatakan, usai penangkapan, tidak ada lagi aparat kepolisiaan yang datang ke kediaman mantan Juru Kampanye Nasional Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga itu.

Ratna Sarumpaet, aktivis yang jadi sorotan gara-gara kasus hoaks, dijemput anggota kepolisian saat berada di Bandara Soekarno-Hatta. Pada Kamis malam, 4 Oktober 2014, ia hendak bertolak menuju Istanbul, Turki, untuk transit dan kemudian melanjutkan penerbangan menuju ke Santiago, Chile.

Ratna Sarumpaet bertolak dengan pesawat milik maskapai Turkish Airlines. Ratna mengaku menuju Chile untuk menghadiri konferensi penulis wanita internasional.

Tak Ingin Seperti Rizieq Shihab

Ratna Sarumpaet saat konferensi pers terkait kasus penganiayaan yang dialaminya, Jakarta, Rabu (3/10). Ratna mengakui tidak ada penganiayaan yang diterimanya seperti kabar yang berkembang beberapa waktu terakhir. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Kasubdit Jatanras Polda Metro Jaya AKBP Jerry Siagian menyampaikan, pihaknya menangkap Ratna Sarumpaet di Bandara Soekarno Hatta lantaran tidak ingin ada hambatan penanganan kasus lagi seperti perkara Rizieq Shihab.

"Kita tidak mau permasalahan seperti Habib Rizieq berulang, kabur ya kan," tutur Jerry saat dikonfirmasi, Kamis (4/10/2018) malam.

Menurut dia, Ratna Sarumpaet sudah dipanggil menjadi saksi dalam penanganan kasus berita bohong alias hoaks. Hanya saja dia tidak hadir dan polisi menetapkannya sebagai tersangka usai pemeriksaan saksi lainnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Naik Mobil Jeep, Jokowi Cek Kesiapan Pasukan di HUT TNI

Posted: 04 Oct 2018 08:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi inspektur upacara HUT ke-73 TNI tahun 2018, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, hari ini, Jumat (5/10/2018). Sebelum upacara dimulai, Jokowi memeriksa pasukan dengan menggunakan mobil jeep terbuka.

Pantauan di lokasi, Jokowi tampak gagah berdiri di atas mobil jeep dengan didampingi protokoler mengitari lapangan upacara.

Jokowi memeriksa kesiapan tiap personel TNI mulai angkatan darat, laut, dan udara.

"Pasukan siap," ujar komandan upacara.

"Lanjutkan," balas Jokowi.

Tema peringatan HUT ke-73 TNI Tahun 2018 adalah "Profesionalisme TNI untuk Rakyat". Makna yang terkandung dalam tema tersebut adalah prajurit TNI yang mahir berbasis kompetensi, prajurit TNI yang harus kuat, andal, dan semua tugas serta kewajibannya didarmabaktikan untuk rakyat, yang senantiasa dipagari oleh doktrin Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, yang merupakan napas bagi semua prajurit berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Pantauan merdeka.com di lokasi, Jokowi tiba pukul 08.30 WIB yang didampingi oleh sang istri, Iriana Joko Widodo. Saat tiba, Jokowi pun langsung disambut oleh Panglima TNI dan beberapa Pati TNI lainnya yang saat itu pun langsung melakukan penghormatan.

Kemudian yang bertindak sebagai komandan upacara adalah Kolonel Pnb Yoyon Kuscahyono, yang sehari-harinya menjabat sebagai Asops Kosekhanud II, Pengucap Sapta Marga Perwira pertama Lettu Inf M Z Firmansyah, jabatan Dan Unit W3 Yon 12 Grup I Kopasus, dan sebagai cadangan Lettu Laut (S) Agung Yustian, Askadep Minlog KRI Sutanto 337 Satkor Koarmada 1, dan Lettu Pnb Dimas Aryan Nalendra jabatan Pa Pnb golongan VIII Skuadron Udara 17 Lanud Halim Perdana Kusuma.

Dalam upacara tersebut, dilakukan juga pemberian Tanda Kehormatan Republik Indonesia, yaitu Bintang Eka Paksi Nararya yang diwakili atau diberikan kepada Kolonel CPL Herry Keswanto, jabatan Komandan Pusdik Pal Kodiklat TNI AD, Bintang Jalasena Nararya diberikan kepada Kapten Mar Sunardi, jabatan Kasi UDK Kima Brigif l Pasmar Jakarta, dan Bintang Swa Buana Paksa Nararya diberikan kepada Peltu Argo Budi Prasetyo, jabatan Bintara adminku Progar spersau.

Melibatkan 1.673 Orang

Pasukan yang terlibat dalam acara ini berjumlah 1.673 orang. Acara HUT ke-73 TNI ini juga dilaksanakan secara serentak di seluruh kotama Ops yang berlangsung di bumi Nusantara.

Dalam upacara, yang bertugas sebagai Inspektur Upacara di titik terdepan sisi Timur Indonesia KSAD Jenderal TNI Mulyono, Pangdam Iskandar Muda bertindak sebagai Inspektur Upacara di titik terdepan sisi Barat Indonesia, Danrem 131/Stg bertindak sebagai Inspektur Upacara di Pulau Miangas sebagai titik terdepan sisi Utara Indonesia, dan Danrem 161/WS bertindak sebagai Inspektur Upacara di Pulau Rote sebagai titik terdepan sisi selatan Indonesia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sandiaga Setop Komentar soal Ratna Sarumpaet: Kasus Ini Sudah Ditutup

Posted: 04 Oct 2018 08:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno enggan berkomentar terkait penetapan Ratna Sarumpet sebagai tersangka kasus hoaks.

"Saya tentunya tidak bisa berkomentar, untuk hal yang sudah masuk ke ranah hukum dan kita selayaknya juga memberikan ruang seluas-luasnya pada pihak penegak hukum melakukan pemeriksaan," kata Sandiaga di Bulungan, Jaksel, Jumat (5/10/2018).

Sandiaga mengatakan, kasus Ratna sudah ditutup oleh Tim Prabowo-Sandiaga seiring keluarnya Ratna dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga.

"Buat saya kasus chapter ini sudah ditutup, beliau sudah bukan lagi anggota Badan Pemenangan Nasional," katanya.

Terkait isu yang menyebut Ratna ditunggangi pihak lain, Sandiaga juga enggan berkomentar dan mengatakan ia tidak mau berburuk sangka.

"Saya orangnya selalu khusnudzon, saya enggak mau berspekulasi dan belajar dari kemarin, semakin hati-hati kami dalam melakukan analisa," tandas Sandiaga.

Siap Diperiksa

Sandiaga Uno juga mengaku siap apabila diperiksa polisi terkait kasus Ratna Sarumpaet. Sebab, Sandiaga ikut mengadakan konferensi pers bersama Prabowo Subianto terkait penganiayaan Ratna Sarumpaet yang belakangan terungkap kebohongannya.

"Saya dan Pak Prabowo sebagai warga negara yang baik tentunya akan mengikuti apapun ketentuan. Bila perlu klarifikasi saya siap," kata Sandiaga di kawasan Bulungan, Jakarta Selatan, Jumat (5/10/2018).

Namun, Sandiaga enggan berkomentar terkait penangkapan Ratna Sarumpaet dan pemeriksaan Amien Rais yang dilakukan Polda Metro Jaya.

"Saya juga tak ingin berkomentar terkait masalah hukum yang terjadi, saya serahkan kepolisian," katanya.

Ratna Sarumpaet ditangkap di Bandara Soekarno Hatta pada Kamis 4 September 2018 malam saat akan pergi ke Chile. Ratna ditetapkan sebagai tersangka dengan dijerat Pasal 14 UU 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan juga UU ITE Pasal 28 jo Pasal 45. Dia terancam hukuman 10 tahun penjara.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pawai Obor Asian Para Games 2018 Sambangi Pemenang Kampung Branding

Posted: 04 Oct 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sehari jelang pembukaan Asian Para Games 2018, pawai obor masih terus berlanjut. Kelurahan Utan Panjang sebagai salah satu pemenang kampung branding berkesempatan menyambut api abadi dari Mrapen tersebut.

Kedatangan obor yang dibawa para pelari disambut dengan meriah oleh warga sekitar. Mereka membanjiri sisi jalan sembari mengibarkan ornamen bendera menyambut datangnya obor. 

Tak hanya warga, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Wakil Ketua Umum INAPGOC Sylviana Murni dan Walikota Jakarta Pusat Bayu Megantara juga sudah menanti kedatangan obor tersebut.

Setelah sebelumnya Kelurahan Pinang Ranti, Kamis (4/10) Kelurahan Utan Panjang menjadi tempat berikutnya dalam rangkaian pawai obor di pemenang kampung branding. Para pemenang memang mewakili berbagai wilayah di DKI Jakarta. Kelurahan Utan Panjang menjadi pemenang dari wilayah Jakarta Pusat.

Selain pawai obor, pada kesempatan kali ini Sylviana sekaligus memberikan hadiah sebesar Rp 10 juta kepada kelurahan Utan Panjang. Banyaknya warga yang datang menjadi kesempatan bagi Imam dan Sylviana untuk menyosialisasikan gelaran Asian Para Games 2018.

"Usaha warga mulai dari membuat ornamen seperti umbul-umbul, bendera, mural hingga menghias kampungnya adalah bentuk bantuan mereka dalam menyukseskan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Para Games 2018," jelas Sylviana.

Komentar Imam

Asian Para games 2018

Sementara itu, Imam Nahrawi menyoroti pentingnya keikutsertaan warga pada Asian Para Games kali ini. Menurutnya usaha mereka akan turut meningkatkan motivasi untuk menyukseskan Asian Para Games dan membuktikan Indonesia merupakan negara yang ramah disabilitas.

"Ini berkat partisipasi nyata dari Jakarta dengan adanya kampung branding ini berarti mereka terlibat. Oretan sekecil apapun itu sangat bermakna bagi sebuah motivasi, doa dan energi agar gawe negara ini betul-betul berhasil," jawabnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Semangat Persatuan Masyarakat Adat Jadi Solusi di Maybrat

Posted: 04 Oct 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menghadiri acara perdamaian adat masyarakat Maybrat sekaligus pencanangan Kumurkek sebagai ibukota kabupaten Maybrat. Selesai mengikuti prosesi  perdamaian adat, Menteri Tjahjo memberi kata sambutannya. Dengan suara keras dan lantang, mantan Sekjen PDIP itu memulai kata sambutan di acara

Kata Tjahjo, hari ini di Kumurkek, adalah hari istimewa, bukan hanya bagi dirinya, tapi juga bagi masyarakat Maybrat. Karena hari ini, segala perbedaan yang pernah ada telah hilang. Masyarakat kembali menyatu. Dan yang ia syukuri, perdamaian ini bukan karena keinginan pemerintah pusat, atau pemangku kebijakan di Maybrat. Tapi datang dari keinginan para tetua adat dan masyarakat Maybrat sendiri.

"Adanya rekonsiliasi ini bukan keinginan pemerintah pusat, tapi ini keinginan ketua adat, pimpinan adat yang ada di Maybrat," kata Tjahjo di Kumurkek, Maybrat, Papua Barat, Rabu (3/10).

Tjahjo pun mengingatkan, bahwa terbentuknya kabupaten Maybrat karena keinginan masyarakat. Jadi kunci dalam menyelesaikan setiap perbedaan adalah persatuan dan gotong royong antar masyarakat. Ia berharap, Maybrat bisa lebih maju dari Sorong. Harus lebih maju. Tentu, suara serta aspirasi masyarakat mesti di dengarkan. Jangan diabaikan.

"Pak gubernur, Pak bupati harus dengarkan ketua adat dan tokoh adat untuk membangun Maybrat ini. Setiap keputusan pembangunan, harus berdialog.  Dengarkan aspirasi masyarakat adat. Pak Bupati dan Wakil Bupati dan Pak Sekda serta seluruh masyarakat yang menyaksikan saksikan, mari kita harus buat yang terbaik," katanya.

Tjahjo juga mengingatkan, bahwa pemerintah daerah itu tidak hanya kepala daerah dan DPRD. Tapi juga ada Kapolda dengan jajarannya sampai yang terbawah. Ada Panglima Kodam sampai Babinsa. Ada Kejati dan Kajari. Ini bagian tak terpisahkan dari Pemda.

"Dan ingat harus konsultasi dengan tokoh agama, tokoh masyarakat. Ada ketua adat. Ini harus dijadikan kekuatan untuk persatukan masyarakat,  untuk membangun Maybrat," ujarnya.

Tjahjo juga berterima kasih atas penobatan dirinya sebagai bobot atau tetua adat masyarakat Maybrat. Baginya ini sebuah kehormatan. Artinya, kini ia sudah jadi keluarga besar masyarakat Maybrat. Ia berjanji akan kembali berkunjung ke Maybrat. Dan andai saat sedang berkunjung ke Maybrat, Tuhan mentakdirkan ia meninggal, ia ingin dikuburkan di Maybrat.

"Bagi saya hari, hari yang bahagia bagi kita. Kuncinya, masyarakat adat punya semangat bersatu, untuk percepat pembangunan," ujarnya.

Tidak lupa, Tjahjo menyampaikan salam hormat dari Presiden Jokowi. Katanya, Presiden sangat menaruh perhatian kepada perkembangan dan pembangunan di Papua. Buktinya, sudah delapan kali Presiden Jokowi berkunjung ke tanah Papua. Itu adalah bukti komitmen nyata, bahwa kepala negara ingin membangun Papua.

"Ingat pemerintah itu satu dari presiden sampai bawah. Kalau ingat lagu dari Sabang sampai  Merauke berjajar pulau, itulah Indonesia, kini telah jadi kenyataan. Sudah terjalin dengan baik," katanya.

Kepada Bupati Maybrat, ia minta memperhatikan dan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Misalnya, di setiap kecamatan harus ada puskesmas lengkap dengan dokter dan perawatnya. Ia juga mengingatkan,  rumah adat harus diperhatikan.

"Di Maybrat ada kekuatan adat. Boleh maju modern, tapi jangan tinggalkan jatidiri. Ini kehadiran saya yang pertama. Saya janji. Setidaknya resmikan yang kita bangun ini. Mari bergandengan tangan bersatu padu," katanya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelemahan Rupiah Tak Ganggu Iklim Investasi

Posted: 04 Oct 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perhimpunan Bank Umum Nasional (Perbanas) memastikan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) tidak akan berpengaruh kepada iklim investasi dalam negeri.

Ketua Perbanas Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, pelemahan nilai tukar rupiah yang terjadi saat ini dinilainya akibat dampak eksternal. Namun demikian persoalan tersebut tidak akan berdampak sistemik terhadap perekonomian nasional.

Pria yang sering dipanggil Tiko ini melanjutkan, pelemahan nilai tukar rupiah tersebut sebenarnya memiliki sisi positif bagi Indonesia. Ia mencontohkan dari penjualan komoditas CPO (Crude Palm Oil) dan batu bara bisa meningkat harganya.

"Sisi yang harus kita mitigasi adalah open position. Nah, kami di Perbanas berusaha untuk menjaga usaha kredit perbankan tidak terpengaruh dengan peningkatan kurs dolarini, dengan cara memastikan nasabah yang memiliki kredit dengan valuta asing, harus memiliki nasional hedge atau internal hedging," ujar dia di Jakarta, Jumat (5/10/2018).‎

Selain itu, Perbanas sendiri selalu meyakinkan kepada nasabah maupun anggotanya yang bergerak di usaha ekspor mempunyai nasional hedge. "Sehingga pelemahan dari sisi garansi ini tidak mempunyai dampak kepada kredit di perbankan," kata dia.‎

Lebih lanjut, untuk meyakinkan para investor agar tidak menarik investasinya di Indonesia, Perbanas berharap defisit di akhir tahun ini akan menyempit, tidak malah melebar atau naik.

"Indonesia termasuk yang defisitnya masuk di angka 2 persen sampai 2,5 persen jadi memang ada peningkatan di bulan Juni. Tetapi di akhir tahun ini diharapkan menurun. Selain itu, fiskal defisit kondisinya baik. Tahun ini pendapatan pemerintah meningkat yang diharapkan dari neraca pemerintah defisit fiskal menurun di bawah 2 persen," kata dia. 

"Dari sisi perbankan NPL-nya menuju 2,7 persen dan pertumbuhan kreditnya meningkat ke level 13 persen momentum pertumbuhannya ada," lanjut Tiko.

 

Jaga Impor

Petugas bank menghitung uang dollar AS di Jakarta, Jumat (20/10). Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) masih belum beranjak dari level Rp 13.500-an per USD. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dia juga memastikan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS tidak akan berdampak terhadap ekonomi secara signifikan. Hal itu terlihat dengan geliat perusahaan yang mempunyai pendapatan dalam dolar AS.

"Seperti eksportir sawit, ekspor batu bara, minyak sekarang malah provitnya naik karena mereka jualnya di dolar sehingga mereka padahal biayanya di rupiah, jadi banyak juga perusahaan yang mendapatkan benefit," lanjut dia.‎

Namun menurut Kartika, yang perlu tetap jaga adalah impor yang menggunakan dolar tetapi jual dalam bentuk rupiah seperti perusahaan di fast moving consumer goods (FMCG). Perusahaan jenis ini harus melakukan hedging untuk mengurangi risiko akibat pelemahan rupiah.

"Nah, ini yang kita bersama-sama dengan BI memfasilitasi supaya nanti perusahaaan ini jika mempunyai eksposur yang harus dibayar dimasa depan harus masuk hedging. Untuk itu Perbanas bersama BI mendukung sekali adanya nondelivery forward. Sehingga instrumen-instrumen hedging oleh investor dapat digunakan bila membutuhkan dollar kedepannya," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

HUT 73 TNI, Warganet Ramai-Ramai Ucapkan #DirgahayuTNI

Posted: 04 Oct 2018 08:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tentara Nasional Indonesia (TNI) merayakan hari ulang tahunnya yang ke-73 pada hari ini, Jumat (5/10/2018).

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, warganet turut mendukung dan mengucapkan ulang tahun TNI di media sosial, seperti Twitter.

Lini masa Twitter pun dibanjiri ucapan HUT TNI 73. Sementara itu, pantauan Tekno Liputan6.com di lini masa,  tagar #HUT73TNI memuncaki posisi teratas trending topic  di Twitter. Selain #HUT73TNI, tagar #DirgahayuTNI juga bertengger di deretan trending topic terpopuler.

Kebanyakan twit ucapan HUT TNI dari warganet diringi harapan agar TNI bisa menjadi lebih kuat demi menciptakan negara yang berdaulat.

Pengguna Twitter dengan akun bernama @NahlaChery misalnya, mengucapkan "Dirgahayu TNI ke-73 Bersama rakyat TNI kuat, hebat, profesional serta selalu siap mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri & berkepribadian terbaik dan tagar #Hut73Tni.

Pengguna dengan akun @item_angus08 juga turut mengucapkan selamat ulang tahun Tentara Nasional Indonesia, dengan harapan TNI bisa menjadi kebanggaan rakyat dan keamanan Republik Indonesia

Tak hanya dibanjiri ucapan Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia, warganet lain menambahkan foto untuk memeriahkan momen spesial ini. Tidak kalah menarik, pemilik akun @RizkySH25 menyebut bersama rakyat TNI kuat.

Sementara itu, pemilik akun @JakBarBersama juga tak kalah ingin mengucapkan selamat kepada TNI.

Lebih lengkap, kamu bisa intip twit #HUT73TNI lainnya berikut ini.

Jokowi Pimpin Upacara HUT ke-73 TNI di Mabes Cilangkap

Tim aerobatik Jupiter bermanuver ekstrem saat memeriahkan puncak perayaan HUT ke-72 TNI AU di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (9/4). (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Presiden Jokowi menjadi inspektur upacara HUT ke-73 TNI tahun 2018, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, hari ini Jumat (5/10/2018).

Jokowi didampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, KSAL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, dan KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

Tema peringatan HUT ke-73 TNI Tahun 2018 adalah "Profesionalisme TNI untuk Rakyat". Makna yang terkandung dalam tema tersebut adalah prajurit TNI yang mahir berbasis kompetensi, prajurit TNI yang harus kuat, andal, dan semua tugas serta kewajibannya didarmabaktikan untuk rakyat, yang senantiasa dipagari oleh doktrin Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, yang merupakan napas bagi semua prajurit berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Jokowi tiba pukul 08.30 WIB yang didampingi oleh sang istri, Iriana Joko Widodo. Saat tiba, Jokowi pun langsung disambut oleh Panglima TNI dan beberapa Pati TNI lainnya yang saat itu pun langsung melakukan penghormatan.

Melibatkan Lebih dari 1.000 Orang

Presiden Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara dalam peringatan hari ulang tahun ke-73 tentara nasional Indonesia (TNI). Upacara digelar di Plaza Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (5/10/2018). (Merdeka.com/Titin Supriatin)

Kemudian yang bertindak sebagai komandan upacara adalah Kolonel Pnb Yoyon Kuscahyono, yang sehari-harinya menjabat sebagai Asops Kosekhanud II, Pengucap Sapta Marga Perwira pertama Lettu Inf M Z Firmansyah jabatan Dan Unit W3 Yon 12 Grup I Kopasus dan sebagai cadangan Lettu Laut (S) Agung Yustian Askadep Minlog KRI Sutanto 337 Satkor Koarmada 1 dan Lettu Pnb Dimas Aryan Nalendra jabatan Pa Pnb golongan VIII Skuadron Udara 17 Lanud Halim Perdana Kusuma.

Dalam upacara tersebut, dilakukan juga pemberian Tanda Kehormatan Republik Indonesia, yaitu Bintang Eka Paksi Nararya yang diwakili atau diberikan kepada Kolonel CPL Herry Keswanto jabatan Komandan Pusdik Pal Kodiklat TNI AD, Bintang Jalasena Nararya diberikan kepada Kapten Mar Sunardi jabatan Kasi UDK Kima Brigif l Pasmar Jakarta, dan Bintang Swa Buana Paksa Nararya diberikan kepada Peltu Argo Budi Prasetyo jabatan bintara adminku progar spersau.

Pasukan yang terlibat dalam acara ini berjumlah 1.673 orang. Acara HUT ke-73 TNI ini juga dilaksanakan secara serentak di seluruh kotama ops yang tergelar di bumi Nusantara.

Dalam upacara, yang bertugas sebagai inspektur upacara di titik terdepan sisi timur Indonesia KSAD Jenderal TNI Mulyono, Pangdam Iskandar Muda bertindak sebagai inspektur upacara di titik terdepan sisi barat Indonesia, Danrem 131/Stg bertindak sebagai inspektur upacara di Pulau Miangas sebagai titik terdepan sisi utara Indonesia, dan Danrem 161/WS bertindak sebagai inspektur upacara di Pulau Rote sebagai titik terdepan sisi selatan Indonesia.

(Vivi Hartini/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina Operasi Pasar Elpiji 3 Kg di Donggala dan Sigi

Posted: 04 Oct 2018 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Palu Pasokan LPG 3 Kg sudah tiba di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, sejak Rabu (3/10/2018). Keesokan harinya, bantuan LPG sebanyak 1.700 tabung sudah disalurkan ke wilayah terdampak bencana gempa dan tsunami di Palu, Donggala, dan Sigi. 

Unit Manager Communcation & CSR Pertamina Marketing Operation Region VII, Roby Hervindo, menjelaskan bahwa sudah tersalurkan 200 tabung Elpiji 12 Kg, 150 tabung Bright Gas 5,5 Kg, 791 tabung Bright Gas 12 Kg, dan 560 tabung Elpiji 3 Kg. Penyaluran ini dilakukan guna menghidupkan kembali geliat aktivitas warga, sekaligus memenuhi kebutuhan posko dan dapur umum.

Sebelumnya, Pertamina telah melakukan operasi pasar untuk tabung Elpiji 3 Kg di depan TBBM Donggala. Operasi pasar kembali dilanjutkan di empat lokasi, yakni area TBBM Donggala, Kompleks Pesantren Dolo Palu, Pangkalan LPG Sis Aljufri, dan Lapangan Madani Kabupaten Sigi Biromaru pada Kamis (4/10/2018). Total alokasi operasi pasar 1.680 Elpiji 3 Kg tabung dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp 16.000/tabung.

 

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rudy Wowor Meninggal Dunia, Sineas Kawakan Indonesia Berduka

Posted: 04 Oct 2018 08:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepergian aktor senior Rudy Wowor untuk selamanya pada Jumat (5/10/2018), membawa duka bagi dunia perfilman Tanah Air. Setelah berita ini beredar luas, sejumlah sineas kawakan Tanah Air langsung mengunggah kalimat tanda dukacita atas kepergian Rudy Wowor.

Joko Anwar mengunggah satu kalimat singkat di akun Twitter miliknya.

"Selamat jalan, Om Rudy Wowor. A screen legend," tulis sutradara Pengabdi Setan ini.

Aktor dan sutradara Dennis Adhiswara juga mengucapkan selamat jalan untuk bintang film Tjoet Nja' Dhien  tersebut. "Terima kasih atas karyamu selama ini. Rest in peace, om Rudy Wowor," tulisnya.

Sementara Nia Dinata mengenang memori saat ia terlibat dalam pengerjaan film Quickie Express bersama Rudy Wowor.

"RIP Oom Rudy Wowor salah satu aktor di film kami Quickie Express. Dedikasi mu dalam dunia seni peran dan seni tari tak akan terlupakan," kata Nia Dinata.

 

Pernah Dirawat Intensif

Seperti diberitakan sebelumnya, Rudy Wowor meninggal dunia di usia 74 tahun. Beberapa tahun lalu, ia pernah dilarikan ke Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur. Aktor kelahiran Belanda, 13 Desember 1943 itu dirawat intensif karena sakit komplikasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gantikan Mourinho, MU Kejar Pochettino

Posted: 04 Oct 2018 08:37 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) memilih sosok manajer Tottenham Hotspur asal Argentina, Mauricio Pochettino sebagai kandidat utama pengganti Jose Mourinho.

Musim ini MU menjalani start yang buruk. Mereka hanya mampu memetik tiga kemenangan dari tujuh laga EPL musim ini dan mereka harus tersingkir dari Carabao Cup usai dikalahkan tim Championship, Derby County.

Tidak hanya itu, situasi internal MU juga dikabarkan tengah bergejolak. Mourinho dikabarkan terlibat friksi dengan sejumlah pemain Manchester United yang dipimpin oleh Paul Pogba.

Meski meraih hasil kurang menggembirakan, tapi petinggi United masih memberikan pembelaan terhadap Mourinho. Namun bisa jadi kesabaran mereka kini sudah hampir habis.

Petinggi United kabarnya akan memilih untuk memecat Mourinho jika akhir pekan ini timnya dipermalukan Newcastle yang musim ini tengah mengalami kesulitan.

Newcastle hingga kini belum meraih satu pun kemenangan. Jika ternyata kemenangan pertama mereka datang dalam laga melawan tim asuhan Mourinho, maka petinggi United menganggap itu sudah keterlaluan.

 

Pochettino Paling Cocok

Dilansir The Independent, United memutuskan untuk memilih Pochettino ketimbang sosok yang lebih gencar dirumorkan, Zinedine Zidane untuk menggantikan Mourinho.

Para petinggi United kabarnya kurang yakin Zidane bakal cocok untuk menjadi manajer United dalam waktu dekat. Pasalnya, eks entrenador Real Madrid itu masih belum berpengalaman di Premier League.

Karena itulah, United akan mencari seseorang yang memiliki pengalaman di Premier League, dan nama yang terpilih adalah Pochettino. Meski demikian, Spurs kemungkinan kecil bersedia melepas pria Argentina itu dalam waktu dekat.

Sumber: bola.net

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Aktor Senior Rudy Wowor Meninggal

Posted: 04 Oct 2018 08:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari panggung hiburan Tanah Air. Aktor senior Rudy Wowor meninggal dunia di usia 74 tahun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Serangan Siber Berhasil Digagalkan, Rusia Jadi Bulan-bulanan Pihak Barat

Posted: 04 Oct 2018 08:32 PM PDT

Liputan6.com, Den Haag - Sebuah serangan siber Rusia yang menyasar markas besar pengawas senjata kimia internasional berhasil digagalkan oleh intelijen Belanda, beberapa pekan setelah serangan racun Novichok pada eks mata-mata Negeri Beruang Merah, Sergei Skripal, di Salisbury.

Hal ini, menurut banyak pengamat, kian meningkatkan tensi perang diplomatik antara Barat dan pemerintahan Presiden Vladimir Putin di Moskow.

Insiden itu, yang digagalkan dengan bantuan para pejabat intelijen Inggris, terungkap ketika unit kejahatan siber Sandworm --dari badan intelijen militer Rusia GRU-- tidak berhasil meretas Kantor Luar Negeri Inggris pada Maret, dan fasilitas senjata kimia Porton Down pada bulan April.

Dikutip dari The Guardian, Jumat (5/10/2018), Menteri Luar Negeri Inggris Jeremy Hunt mengatakan bahwa Moskow dapat menghadapi sanksi lebih lanjut terkait jejak bukti yang sangat rinci di Belanda, Inggris, dan Amerika Serikat.

Menteri Pertahanan Inggris Gavin Williamson mengatakan, Rusia sekarang menjadi "negara pariah". Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Rusia menepis tuduhan pada Kamis malam, dan mengklaim Barat terobsesi oleh "kisah mata-mata".

Empat perwira intelijen Rusia, diyakini telah menjadi bagian dari unit "pembersihan" GRU, yang diketahui melakukan perjalanan ke Den Haag, menggunakan paspor diplomatik pada April, setelah gagal meluncurkan serangan jarak jauh.

Pada saat itu, Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) sedang menyelidiki percobaan pembunuhan Sergei Skripal dan putrinya Yulia di Inggris, serta serangan senjata kimia di Douma, Suriah.

Duta Besar Inggris untuk Belanda, Peter Wilson, mengatakan, "Dengan kampanye siber yang agresif, kami melihat GRU mencoba untuk membersihkan kekacauan Rusia - baik itu doping yang ditemukan oleh WADA (Badan Anti-Doping Dunia), atau agen saraf diidentifikasi oleh OPCW."

Pihak berwenang Belanda menyebut empat mata-mata Rusia diketahui bernama Evgenii Serebriakov (37) sebagai ahli internet, serta Aleksei Morenets (41), Oleg Sotnikov (46), dan Alexey Minin (46) sebagai ahli teknologi kecerdasan buatan atau artificial inteligence (AI).

Masih menurut otoritas Belanda, keempat mata-mata tersebut terlihat tidak berusaha menyembunyikan kehadiran mereka di Negeri Kincir Angin, yang datang menggunakan paspor diplomatik Rusia di Bandara Schiphol.

Ditangkap di Denhaag, Belanda

Setelah melalui bea cukai dan kontrol imigrasi, seperti yang tampak dalam bukti rekaman CCTV, keempat mata-mata Rusia itu menyewa mobil dan menuju Den Haag.

Para pejabat senior keamanan Inggris mengatakan, mereka ditangkap oleh intelijen Belanda tiga hari kemudian, pada 13 April, duduk di mobil sewaan mereka yang diparkir dekat dengan gedung OPCW. Mereka mencoba --dan gagal-- menghancurkan peralatan peretas, dan berusaha segera kembali ke Moskow.

Di bagian belakang kendaraan, para penyelidik menemukan sebuah laptop yang terhubung ke ponsel 4G dan antena panel wi-fi, sebagian tersembunyi di bawah mantel, serta peralatan peretasan khusus lainnya.

Mereka juga diketahui membawa uang tunai senilai 20 ribu euro (setara Rp 349 juta) dan US$ 25 ribu (Rp 379 juta), serta struk taksi dari fasilitas GRU di Moskow dan peta pengintaian.

Selain itu, ditemukan pula tiket kereta tujuan Basel, bersama dengan bukti pencarian online untuk laboratorium Spiez, lembaga perlindungan nuklir, biologi, dan kimia Swiss, yang telah mengonfirmasi klaim Inggris bahwa Skripal telah terpapar agen saraf kelas militer Novichok.

Manajer Hotel Marriott di sebelah markas OPCW, di mana empat mata-mata Rusia yang diduga tinggal, mengatakan bahwa mereka ditangkap tanpa paksaan dan dengan "tidak ada keterlibatan James Bond".

Vincent Pahlplatz mengatakan kepada kantor berita Associated Press bahwa kuartet itu ditangkap oleh petugas Belanda di siang hari ketika mereka berjalan keluar dari lift.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Dugaan Peretasan hingga ke Malaysia

Puing-puing MH17 yang direkonstruksi sempat dipamerkan di Gilze-Rijen, Belanda (AP Photo/Peter Dejong, File)

Di lain pihak, para pejabat senior keamanan Inggris mengatakan unit GRU sebelumnya telah melakukan perjalanan ke Malaysia, untuk mencoba meretas penyelidikan ke penerbangan Malaysia Airlines MH17, yang menurut para penyelidik telah ditembak jatuh oleh rudal militer Rusia, menewaskan semua 283 penumpang dan 15 awak.

Dugaan itu muncul bulan lalu setelah pemerintah Belanda mengusir mata-mata Rusia pada April, karena dituduh berencana meretas ke laboratorium Spiez.

Dalam sebuah pernyataan bersama pada Kamis, Perdana Menteri Inggris, Theresa May, dan mitranya dari Belanda, Mark Rutte, mengatakan, "Upaya untuk mengakses sistem keamanan organisasi internasional yang bekerja untuk membersihkan senjata kimia, menunjukkan bahwa GRU mengabaikan nilai-nilai dan aturan global, daripada membuat kita semua aman."

"Tindakan tegas kami memperkuat pesan yang jelas dari komunitas internasional: kami akan menjunjung tinggi sistem internasional berbasis aturan, dan membela institusi internasional dari mereka yang berusaha mencelakai," ucap PM May.

Bulan lalu, PM May berjanji untuk meningkatkan aksi melawan intelijen Rusia setelah serangan Salisbury.

Dalam sebuah pukulan lebih lanjut ke GRU, situs investigasi Bellingcat, mengungkapkan bahwa Rusia tampaknya secara tidak sengaja mengidentifikasi nama dan nomor telepon hampir 305 agennya di departemen perang siber setempat.

Nama-nama itu muncul dalam daftar individu yang memiliki akses ke mobil yang terdaftar ke markas divisi maya GRU. Bellingcat mengatakan itu mungkin merupakan "salah satu pelanggaran massal terbesar" dari data pribadi dalam sejarah dinas intelijen baru-baru ini.

Maria Zakharova, juru bicara kementerian luar negeri Rusia, menepis tuduhan peretasan sebagai "fantasi besar". Sebaliknya, seorang pejabat keamanan senior Inggris mengatakan: "Agar GRU tertangkap dengan cara ini akan dianggap sebagai hari yang sangat buruk."

 

Upaya Memperingatkan Kremlin

Militer Rusia berparade mengibarkan bendera kebangsaan di ibu kota Moskow (AP)

Menteri Pertahanan Belanda, Ank Bijleveld, mengatakan para diplomat Rusia telah dipanggil ke Kementerian Luar Negeri.

Dia mengatakan kepada wartawan bahwa keputusan untuk mempublikasikan serangan gagal adalah upaya untuk "mengirim sinyal yang sangat kuat" kepada Kremlin, bahwa perilaku peretasan seperti itu tidak akan ditoleransi.

Kepala intelijen kontra Belanda mengatakan analisis laptop pada keempat pria Rusia yang ditangkap, menunjukkan mereka memiliki hubungan dengan operasi di Swiss dan Malaysia.

Seorang pejabat senior keamanan Inggris, mengomentari kemungkinan kaitan dengan investigasi Skripal, mengatakan: "Sangat sulit untuk mengetahui niat penuh mereka karena operasi yang gagal. Tapi menilai dari pengalaman masa lalu di tempat lain, mendiskreditkan penyelidikan bisa jadi motivasi mereka."

Pejabat Inggris menolak untuk mengatakan apakah agen-agen Rusia akan ditahan, jika mereka tertangkap melakukan kegiatan yang sama di Negeri Ratu Elizabeth II.

Ketika ditanya apakah Inggris melakukan metode pengawasan yang sama dengan Moskow, mereka menambahkan: "Intelijen Inggris tidak dapat dimasukkan ke dalam kondisi moral dan etis yang sama seperti dinas keamanan Rusia. Mereka tidak memiliki pengawasan."

Pada Kamis, pemimpin Partai Buruh, Jeremy Corbyn mengatakan, "Buktinya jelas Rusia terlibat serangan Salisbury, dan tentu saja pada serangan siber terbaru sehingga harus ada desakan diplomatik ke Moskow."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rusun PNS di Donggala Mampu Bertahan dari Goyangan Gempa

Posted: 04 Oct 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi yang melanda Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng), beberapa waktu lalu mengakibatkan banyak bangunan hancur. Namun, beberapa perumahan dapat bertahan dari guncangan gempa sehingga tetap bisa digunakan.

Beberapa hunian dan permukiman yang masih bertahan dari amukan gempa di antaranya Rusun Susun (Rusun) Sewa Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Donggala dan Perumahan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) Kelapa Gading di Kabupaten Sigi.

Usai terjadinya gempa dengan magnitudo 7,4, Rusun PNS Donggala mengalami keretakan di dindingnya, tapi struktur bangunan tidak mengalami kerusakan. Adapun Rusun Sewa PNS ini dibangun pada 2016-2017 oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggunakan metode struktur precast.

Setiap unit bangunan empat lantai tersebut memiliki 90 kamar, dengan tipe 24 yang dapat menampung sekitar 180 orang.

Tiap kamar telah dilengkapi tempat tidur, kursi meja, lemari, listrik, air, dan jalan lingkungan.

Biaya pembangunannya sebesar Rp 12,67 miliar yang dikerjakan oleh Kontraktor Pelaksana PT Robinson Maju Bersama dan Konsultan MK PT Yodya Karya.

 

Perumahan MBR di Sigi

Sebuah papan dengan pesan Kami Rindu Rumah Kami dipasang pasca gempa bumi dan tsunami di pinggir Jalan Trans Sulawesi, Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (4/10). (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Sementara itu, perumahan Kelapa Gading yang berada di Desa Klukubula, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, yang turut terkena gempa kondisinya tidak mengalami kerusakan yang signifikan.

Direktur Utama PT Abdi Jasa Developer Suparman mengatakan, kondisi bangunan rumah tidak mengalami retak dan rusak walau diguncang gempa.

"Konstruksinya mengikuti spesifikasi yang ditetapkan Kementerian PUPR. Pada bagian fondasi menggunakan batu kosong yang berfungsi sebagai penyeimbang gerakan jika terjadi getaran kuat yang disebabkan oleh gempa," ujarnya.

Sebagai rumah subsidi untuk MBR, Perumahan Kelapa Gading mendapat bantuan prasarana sarana umum (PSU) berupa jalan lingkungan beton.

"Perumahan ini jadi pilihan utama MBR, karena kami membangun sesuai acuan spesifikasi yang ditetapkan pemerintah, serta mendapat subsidi dari pemerintah," kata Suparman.

Perumahan Kelapa Gading dibangun di atas lahan seluas 82 hektare dengan kapasitas unit terbangun sebanyak 6.500 rumah. Pembangunan rumah sudah dilakukan sejak 2012 dengan total rumah MBR sebanyak 826 unit dan non-MBR sebanyak 241 unit.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: