Selasa, 23 Oktober 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Bukan Polantas, Tapi Seorang Bule yang Mengatur Lalu Lintas

Posted: 23 Oct 2018 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Denpasar - Sudah kewajiban Polisi Lalu Lintas (Polantas) mengatur kondisi atau jalur lalu lintas di jalan raya. Tak terkecuali jika kondisi dalam keadaan macet di persimpangan jalan. Sebab peran petugas yang mampu mengaturnya.

Namun begitu hal tersebut berbeda dengan yang seperti diunggah akun Instagram @fakta.indo. Bagaimana tidak, bukan Polantas yang mengatur lalu lintas ketika laju tersendat dipersimpangan melainkan seorang bule.

Kabarnya, peristiwa ini terjadi di sebuah persimpangan jalan di kawasan Jalan Pulau Galang Pemogang, Denpasar, Bali.

Tidak disebutkan siapa nama bule tersebut. Namun awalnya banyak yang mengira bahwa bule tersebut sedang mengamuk. Akan tetapi justru warga negara asing itulah yang mengatur arus lalu lintas menjadi lancar.

Sang bule yang mengenakan kaos hitam dan celana pendek itu juga terlihat tidak menggunakan peluit untuk mengatur lalin. Akan tetapi, dia hanya berteriak menggunakan mulut dan juga sebuah tongkat di tangannya.

Hal ini tentu saja tamparan karena bukan Polantas yang mengatur lalu lintas melainkan WNA. Lihat aksi sang bule di video ini.

Saksikan Videonya di Bawah Ini:

 
 
 
View this post on Instagram

Kepedulian WNA terhadap kemacetan di Jl.Pulau Galang Pemogan Denpasar. . Info dari Perbekel Desa Pemogan

A post shared by Fakta & Berita Indonesia (@fakta.indo) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

58 Desa di Cilacap Rawan Longsor, Mana Saja?

Posted: 23 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Cilacap - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap mengidentifikasi sebanyak 58 desa dari 284 desa dan kelurahan kabupaten ujung barat selatan Jawa Tengah ini rawan longsor.

Ke-58 desa tersebar di 12 kecamatan wilayah Cilacap. Yaitu Kecamatan Kesugihan, Jeruklegi, Kawunganten, Gandrungmangu, Sidareja, Karangpucung, cimanggu, Majenang, Wanareja, Dayeuhluhur, Cipari, dan Bantarsari.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Cilacap, Tri Komara Sidhy mengatakan, dari 12 kecamatan tersebut, enam kecamatan di wilayah Cilacap bagian barat menjadi daerah paling rawan longsor. Yakni, Karangpucung, Cimanggu, Majenang, Wanareja, Dayeuhluhur dan Cipari.

Di Kecamatan Karangpucung dan Dayeuhluhur, masing-masing ada 10 desa yang rawan longsor. Kemudian, di Kecamatan Cipari, ada tujuh desa yang rawan longsor. Disusul kemudian oleh Kecamatan Majenang dan Cimanggu, masih-masing lima desa.

Dia menjelaskan, enam kecamatan ini berada di jalur pegunungan tengah Jawa dengan kontur tanah berbukit dengan sudut elevasi tinggi yang menyebabkan rawan longsor.

Meski begitu, wilayah Cilacap tengah dan timur pun ada daerah rawah longsor, meski tak sebanyak di wilayah Cilacap barat. Konturnya sama, pegunungan atau perbukitan.

"Kecamatan Jeruklegi yang juga rawan ada 5 desa," dia menambahkan, Selasa, 23 Oktober 2018.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Cilacap, Kodirin mengemukakan, di daerah-daerah rawan longsor ini, BPBD secara simultan telah mensosialisasikan pentingnya kewaspadaan. Di wilayah tersebut BPBD juga telah membentuk desa tangguh bencana.

Cilacap Rawan Bencana

Sebanyak 24 rumah rusak akibat gerakan tanah atau longsor di Jatiluhur Desa Padangjaya Kecamatan Majenang, Cilacap, pada 2016 dan awal 2017. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Harapannya, saat ada kemungkinan bencana longsor, masyarakat telah siap menyelamatkan diri atau mengevakuasi diri secara mandiri.

"Sehingga daerah-daerah yang rawan banjir maupun longsor sudah memiliki bekal," jelasnya.

Di beberapa wilayah zona merah, BPBD Cilacap juga telah membuat jalur evakuasi untuk memudahkan masyarakat saat menjauh atau menyelamatkan diri jika sewaktu-waktu terjadi bencana longsor. Secara berkala, BPBD dan masyarakat tangguh bencana juga menggelar mitigasi bencana.

Di daerah rawan longsor, masyarakat telah terlatih untuk mewaspadai hujan lebat dan memantau tanda-tanda terjadinya longsor. Di antaranya, mengontrol jika ada retakan retakan tanah yang merupakan pertanda awal longsor.

"Kami sudah memetakan, terkait dengan daerah-daerah rawan banjir dan longsor. Kalau longsor itu, mayoritas rata-rata itu ada di daerah Cilacap bagian barat, yang notabene daerah pegunungan," ucap Kodirin.

Dia juga memastikan BPBD telah mempersiapkan skenario terburuk jika sewaktu-waktu datang bencana. Di antaranya, dengan mempersiapkan logistik dan infrastruktur pendukung pengungsian.

Hingga 2018 ini, Cilacap masih tercatat sebagai daerah paling rawan bencana di Jawa Tengah. Tak hanya longsor, Cilacap juga rawan bencana banjir dan angin kencang atau puting beliung.

Lantaran berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, pesisir Cilacap juga rawan bencana tsunami. Tak salah jika ada yang menyatakan Cilacap adalah laboratorium bencana di Jawa Tengah.

Sebabnya, nyaris seluruh jenis bencana ada di Cilacap. Itu termasuk bencana di musim kemarau panjang, yakni kekeringan yang lantas berujung pada krisis air bersih.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hati-hati, 5 Pengeluaran yang Menguras Dompet

Posted: 23 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pernah merasa bahwa pengeluaran Anda begitu menipiskan dompet? Anda tidak sendiri. Banyak orang yang juga mengalami hal yang sama.

Memiliki satu sumber penghasilan sedangkan pos pengeluaran begitu banyak. Biaya telepon, listrik, pengeluaran rumah tangga salah satunya.

Itu baru pengeluaran yang direncanakan. Pada kenyataannya, biaya yang Anda keluarkan tidak hanya digunakan untuk pos-pos pengeluaran yang direncanakan, tapi juga yang dadakan.

Menurut perencana keuangan Safir Senduk, ada 5 pengeluaran dadakan yang umumnya terjadi pada setiap orang.

Pertama, pengeluaran dadakan karena masalah kesehatan. Saat sakit, Anda tentu akan mengeluarkan uang untuk membeli obat, pergi ke dokter, atau dirawat di rumah sakit.

Kedua, musibah yang terjadi pada harta benda. Misalnya barang berharga Anda seperti HP Anda rusak atau terjatuh. Ketiga, pengeluaran karena rasa simpati seperti memberi pinjaman uang pada kerabat atau teman.

Keempat, pengeluaran dadakan karena keinginan untuk membeli sesuatu. Ini disebut juga pembelian mendadak (impulse buying). Biasanya ini terjadi saat Anda pergi ke mall dan menjumpai barang bagus.

Terakhir, keperluan yang diluapakan. Pengeluaran seperti ini sebenarnya sudah terencanakan. Namun, karena lupa Anda tidak menyiapkan dananya.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk pertimbangkan kelima hal ini dalam menyusun rencana keuangan. (Felicia Margaretha)

Simak Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mourinho Jelaskan Alasan MU Tanpa Pergantian Pemain Hadapi Juventus

Posted: 23 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manajer Manchester United, Jose Mourinho, mengungkapkan alasannya tidak melakukan pergantian pemain saat berhadapan dengan Juventus di Old Trafford, Rabu dinihari WIB (24/10/2018). Dalam lanjutan penyisihan grup Liga Champions ini, MU menyerah 0-1.

MU tertinggal setelah Paulo Dybala berhasil memanfaatkan bola liar pada menit ke-17. Dia membawa Juventus unggul 1-0 setelah memperdayai kiper MU, David de Gea.

Meski tertinggal, Mourinho sama sekali tidak berusaha meningkatkan daya gedor pasukannya. Pelatih asal Portugal itu sama sekali tidak melakukan pergantian pemain hingga pertandingan usai. Sebelas pemain starter bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Mourinho mengaku tidak punya pilihan lain. Mantan pemain Real Madrid itu enggan melakukan pergantian pemain karena tengah mengalami krisis pemain saat bertemu Juve. 

"Baik, Anda harus ingat, "Baik Anda harus inga kalau Alexis Sanchez ada di tribune, Jesse Lingard ada di tribune, 'Fellaini, saya tidak tahu apakah ada di tribune atau malah di rumah, saya tidak ligat.' Dan satu-satunya penyerang yang kami punya baru berusia 18 tahun yang sama sekali belum pernah tampil di tim utama sebelumnya," kata Mourinho dilansir Metro. 

"Dan melihat dinamika permainan di lapangan, saya tidak berpikir memainkannya."

Menurut Mou, sulit berharap pemain belia untuk melakukan perubahan saat menjalani debut pada pertandingan seperti dinihari tadi. "Jadi itulah alasan saya kenapa tidak melakukan pergantian pemain dan tetap mempertahankan pemain yang ada di lapangan," katanya.

 

Bangga Pada Pemainnya

Pelatih Manchester United, Jose Mourinho menghampiri pelatih Juventus, Massimiliano Allegri usai pertandingan grup H Liga Champions di Old Trafford, Inggris (23/10). Juventus menang atas MU 1-0 berkat gol Paulo Dybala. (AFP Photo/Oli Scarff)

Mourinho menambahkan, bahwa pertandingan melawan Juventus sangat berat. Di babak pertama MU sempat mendominasi jalannya laga dan lebih banyak memegang bola. Namun Juventus merebutnya dan berusah mengulur-ulur wakti dan membuat pemain MU frustrasi. 

"Di babak kedua, kami lebih agresif. Banyak usaha dari para pemain," kata Mourinho.

"Tidak ada Fellaini yang bisa mengubah arah permainan seperti pada laga-laga sebelumnya. Jadi kami melakukan apa yang mungkin, dan saya senang melihat pemain," ujarnya. 

Akibat kekalahan ini, MU masih berada di urutan kedua dengan 4 poin dari tiga laga. Setan Merah terpaut 5 poin dari Juventus yang meraih hasil sempurna di tiga pertandingan. Sedangkan wakil Spanyol, Valencia berada di urutan ketiga dengan koleksi dua poin. 

"Sejak pengundian, kami sadar kalau nantinya kami akan bertarung dengan Valencia untuk memperebutkan posisi kedua dan itulah yang sedang kami kejar," ujar Mourinho. 

Susunan Pemain MU Vs Juventus

Manchester United (4-2-3-1): 1-David de Gea; 18-Ashley Young, 12-Chris Smalling, 2-Victor Lindelof, 23-Luke Shaw; 31-Nemanja Matic, 6-Paul Pogba; 10-Marcus Rashford 8-Juan Mata, 11-Anthony Martial; 9-Romelu Lukaku

Manajer: Jose Mourinho

Juventus (4-4-2): 1-Wojciech Szczesny; 20-Joao Cancelo (11-Douglas Costa 87'), 19-Leonardo Bonucci, 3-Giorgio Chiellini, 12-Alex Sandro; 16-Juan Cuadrado (15-Andrea Barzagli 78'), 30-Rodrigo Bentancur, 5-Miralem Pjanic, 14-Blaise Matuidi; 10-Paulo Dybala (33-Federico Bernardeschi 78'), 7-Cristiano Ronaldo

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selamat, Evi Masamba Resmi Menikah

Posted: 23 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kegalauan Arief Hajrianto yang sempat dilontarkan di Instagram Story, Selasa (23/10/2018), rupanya tak terbukti. Hari ini, Rabu (24/10/2018), ia resmi mempersunting sang kekasih, Evi Masamba.

Mengenakan baju pengantin putih khas Bugis, Evi Masamba dan Arief menjalani ijab kabul.

Dalam video yang diunggah akun @evigassing_majene, di Instagram, tampak Evi Masamba dan Arief Hajrianto menjalani prosesi akad nikah dalam pelaminan khas Bugis atau dikenal dengan sebutan Lamming.

"Saya nikahkan engkau dengan perempuan bernama Evi binti Lumang karena Allah," ujar sang penghulu dalam video tersebut. 

Maskawin

Evi Masamba (Foto: Instagram)

Evi Masamba mendapat maskawin berupa uang sebesar 88 real, dan juga seperangkat alat salat. "Saya terima nikahnya Evi binti Lumang dengan maskawin 88 real, dan seperangkat alat salat dibayar tunai," Arief menjawab sang penghulu.

Serentak tamu yang hadir meneriakkan "sah" untuk pasangan Evi Masamba dan Arief Hajrianto. 

Tegang

Evi Masamba (Foto: Instagram/@evigassing_majene)

Menjalani prosesi pernikahan, Evi Masamba dan Arief Hajrianto terlihat tegang. Keduanya tak bisa tersenyum.

Setelah didesak tamu undangan, Evi Masamba yang sedang memakaikan cincin di jari sang suami pun akhirnya tersenyum.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Zodiak yang Suka Bekerja Keras dengan Penuh Totalitas, Termasuk Anda?

Posted: 23 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Keseimbangan dalam hidup akan menghadirkan keteraturan, begitu halnya dalam bekerja. Mencurahkan segenap tenaga, usaha, dan pikiran tidak hanya menjadi refleksi profesionalisme, tetapi totalitas.

Sepanjang minggu disibukkan dengan sederet kegiatan yang itu-itu saja, membuat Anda harus meluapkan kepenatan dengan melakukan sederet kegiatan favorit. Kerja keras boleh saja, tapi jangan lupa untuk memberikan penghargaan pada diri sendiri dengan menikmati aktivitas menyenangkan di akhir pekan.

Berdasarkan astrologi dan horoskop, ada beberapa zodiak yang suka bekerja keras dengan penuh totalitas, termasuka Anda? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari yourtango pada Rabu (24/10/2018) berikut.

1. Aries

Aries selalu bersemangat dan penuh gairah dalam segala hal yang mereka lakukan. Kerja keras adalah upaya mereka untuk menghasilkan kesempurnaan. Besarnya passion dalam diri Aries mendorong mereka untuk terus bekerja lebih keras.

Hal tersebut dilakukan untuk mewujudkan mimpi-mimpinya menjadi kenyataan. Mereka dengan zodiak Aries merupakan tipe yang menempatkan diri secara total dalam segala hal dalam hidup, termasuk bekerja.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Zodiak Para Pekerja Keras, Termasuk Anda?

Zodiak Para Pekerja Keras, Termasuk Anda? (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

2. Taurus

Taurus selalu totalitas dalam mengerjakan segala hal. Mereka begitu memerhatikan banyak hal dan berusaha keras untuk melakukan sesuai keinginan. Para pemilik zodiak ini dikenal penuh semangat dan ambisius.

Ketika sudah menyukai sesuai, mereka akan mengerjakannya dengan sebaik mungkin. Mereka hanya perlu merasa terdorong secara pribadi dalam melakukan segala hal. Kalau sudah, maka zodiak ini sangat mungkin lupa waktu.

3. Sagittarius

Sagittarius adalah zodiak yang menjalani hidup dengan semangat dan gairah tak pernah padam. Tak heran kalau mereka adalah seorang pekerja keras. Namun, jika sesuatu tidak membuat mereka bersemangat, zodiak ini mungkin tidak akan melakukannya.

Pribadi Sagittarius termotivasi untuk melakukan hal-hal positif dan baik. Mereka tidak pernah puas dengan apapun yang tidak membangkitkan emosi kuat dalam diri.

4. Aquarius

Aquarius selalu mengejar minat dan hal yang mereka sukai. Ketika memiliki hobi baru atau hal baru yang menangkap rasa penasaran, mereka bersedia terjun ke dalam kegiatan tersebut, tak terkecuali soal pekerjaan.

Semangat dan passion jadi alasan dan motivasi Aquarius bangun setiap hari. Mereka hanya perlu terlibat dalam hal-hal yang mereka senangi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Malware KopiLuwak Semakin Berbahaya

Posted: 23 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pada 2016, Kaspersky menemukan malware baru bernama KopiLuwak.

Cara kerjanya cukup unik. Mereka mengirimkan dokumen yang berisi malware dengan macro diaktifkan dan menggunakan malware Javascript baru yang disamarkan.

Saat berhasil menyusup, mereka berubah menjadi makhluk pengintai sistem dan jaringan.

Pelan tapi pasti, malware ini semakin berevolusi. Hal ini disebabkan oleh Turla. Turla adalah salah satu pelaku kejahatan siber tertua.

Mereka terus bertahan dan secara berkelanjutan melakukan inovasi ancaman dan pendekatan baru, termasuk dengan cara menunggangi malware KopiLuwak.

"Penelitian kami khususnya terhadap kelompok ini selama 2018 menunjukkan bahwa Turla terus berkembang dan bereksperimen. Ini juga menunjukkan pengembangan dan penerapan kode Turla terus berlanjut, sehingga organisasi yang berpotensial dijadikan sebagai target perlu bersiap," jelas Kurt Baumgartner, peneliti keamanan utama di tim GReAT Kaspersky Lab dalam keterangan resminya yang dikutip Merdeka pada Rabu (24/10/2018).

Dilanjutkannya, varian malware lain yang dilancarkan oleh Turla yaitu Carbon dan Mosquito, mereka berhasil ditemukan oleh para peneliti selama 2018.

Para peneliti memberikan bukti lebih lanjut untuk mendukung hipotesis bahwa Turla memanfaatkan jaringan Wi-Fi untuk mengirimkan malware Mosquito kepada target.

Peneliti Kaspersky Lab juga menemukan modifikasi lebih lanjut dari Carbon yang merupakan aksi cyberespionage.

Malware ini ditanamkan di target yang terpilih dengan kepentingan tertentu, dengan kemungkinan akan terjadi modifikasi kode dan berlanjut pada 2019.

Target Turla di 2018 dengan malware ini termasuk Timur Tengah dan Afrika Utara, serta Eropa Barat dan Timur, Asia Tengah dan Selatan, dan Amerika.

4 Tanda Smartphone Android Terserang Malware

Ilustrasi: Aplikasi terserang malware (Sumber: Daily Dot)

Sudah bukan rahasia lagi kalau malware atau virus tak hanya menyerang komputer saja tetapi juga smartphone.

Terinfeksi malware adalah kemungkinan yang tak bisa dimungkiri, terutama bila kita sering install aplikasi atau software di perangkat, entah itu komputer di Windows, Mac, Linux, hingga smartphone Android.

Tak hanya file APK dari pihak ketiga, sejumlah aplikasi di Google Play Store pun dilaporkan bisa disusupi malware.

Lantas, bagaimana kita tahu smartphone Android telah terjangkit malware? Berikut adalah 4 tandanya sebagaimana dikutip dari Make Use Of, Kamis (21/12/2017).

1. Tak Disadari Kuota Berkurang Banyak

Ilustrasi: Smartphone kehabisan kuota data

Banyak malware yang berupaya mengumpulkan data akun perbankan, nomor kartu kredit, kontak, dan lain-lain. Begitu mendapatkan informasi ini, aplikasi malware akan mentransfernya ke penjahat siber penyebar malware.

Dalam banyak kasus, transfer informasi tersebut bakal membuat kuota pengguna banyak terpakai.

2. Smartphone Lemot

Serangan malware membuat kinerja smartphone berpotensi jadi lemot.

Jika smartphone kamu jadi sangat lemot meski perangkat tersebut belum lama dibeli, bisa jadi smartphone tersebut terkena malware. Terutama jika kamu sudah me-reboot perangkat tapi tak ada perubahan apapun.

Dampak Lainnya

Android malware (ist.)

3. Baterai Boros

Ilustrasi: Baterai smartphone boros

Kebanyakan malware dirancang untuk beroperasi di background dan terus bekerja setiap saat untuk mengambil berbagai data yang diinginkan.

Nah, cara kerja malware yang tanpa henti itu berpotensi besar membuat baterai smartphone jadi boros, padahal penggunanya hanya memakai smartphone untuk kinerja ringan.

Kamu perlu curiga saat baterai smartphone cepat drop padahal tidak dipakai untuk tugas-tugas berat.

4. Panggilan Kerap Terputus

Ilustrasi: Panggilan kerap terputus

Terkadang, saat kamu sedang menelepon, tiba-tiba telepon terputus karena sulit dapat sinyal. Namun ternyata hal itu juga bisa karena gangguan malware. Jika kamu terlalu sering mengalami panggilan terputus, bisa jadi itu adalah ulah malware.

Reporter: Fauzan Jamaludin

Sumber: Merdeka.com

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lewat Tulisan, Penulis Cilik Ini Ajak Masyarakat Kurangi Sampah Plastik

Posted: 23 Oct 2018 10:00 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Sebuah cerita tentang penyu yang mati karena menelan sampah plastik di laut, memotivasi Siti Juneeta Khairunnisa (10) untuk mengajak masyarakat Indonesia diet kantong plastik.

Ajakan tersebut disampaikan siswi kelas 5 SDII Al Abidin Surakarta, Solo, Jawa Tengah, lewat sebuah tulisan yang keluar sebagai pemenang Festival Penulis Cilik SIDU 2018.

Nisa, begitu dia akrab disapa, mengaku perih setiap kali mendengar ada hewan laut yang mati karena tidak sengaja memakan sampah plastik.

"Harapanku, suatu hari Indonesia lebih merdeka (dari) sampah plastik, dan lebih banyak orang menggunakan kantung belanja kain daripada plastik," kata Nisa di Jakarta pada Selasa, 23 Oktober 2018.

Nisa yang sudah hobi menulis sejak 3 SD ini, mengaku, perlahan-lahan sudah melakukan diet kantong plastik.

Contohnya, setiap kali belanja, dia tidak minta barang belanjaan ditaruh di plastik. Kalau bisa dipegang, akan dipegang saja.

"Kalau belanjaannya banyak, pakai kardus atau kantung belanja dari kain," kata Nisa menambahkan.

Selain itu, Nisa sering membawa tempat makan sendiri apabila membeli jajanan.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

 

Dikenalkan dengan Kebiasaan Membaca

Siti Juneeta Khairunnisa bersama sang ibu, Indriani Fitri ketika menjadi pemenang pertama Festival Penulis Cilik SIDU 2018 (Istimewa)

Dalam tulisan mengenai sampah plastiknya, Nisa dibantu sang ibu untuk melakukan riset kecil-kecilan mengenai berbagai fakta tentang masalah tersebut, serta proses penyuntingan tulisannya.

Sang ibu, Indriani Fitri (43) bercerita pada Health Liputan6.com bahwa Nisa sudah dikenalkan pada kebiasaan membaca sejak usianya 2 tahun.

"Terus saya juga memang punya harapan kalau bisa menulis, yang harus saya kenalkan dahulu adalah buku. Biar dia senang membaca," kata Indri menuturkan. Istri dari Suwilwan Rachmat ini mengatakan, dirinya selalu mengawasi dan tidak terlalu membebaskan Nisa untuk menonton televisi atau memakai gawai.

Kegemaran Nisa dalam menulis sendiri muncul ketika dirinya dibelikan sebuah buku diary saat hari ulang tahun ke tujuhnya.

Selain itu, dia juga mulai hobi menulisnya dari sebuah kolom karangan yang ada di sebuah buku favoritnya berjudul Princess Dream.

 

Menjadi Pemenang Festival Penulis Cilik

Tiga pemenang Festival Penulis Cilik SIDU 2018 (dari kiri ke kanan), Alfia Kirana Maheswari, Siti Juneeta Khairunnisa, dan Bianca Alexandria Situmorang (Istimewa)

Hobinya tersebut juga sering dia salurkan dalam bentuk menulis beberapa cerpen dan komik sederhana yang tidak mereka publikasikan. Ceritanya banyak berasal dari pengalaman Nisa sehari-hari.

Kebiasaan baik ini jelas membuahkan prestasi bagi Nisa. Karya tulisnya yang berjudul "Indonesia Bebas Sampah Plastik" berhasil menjadi juara pertama Festival Penulis Cilik SIDU 2018.

Selain itu, dirinya juga mendapat pelatihan menulis dari sebuah majalah anak di Indonesia, tabungan pendidikan, serta bertemu dengan jurnalis senior Andy F. Noya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sidang Tuntutan Penganiayaan Suporter Persija

Posted: 23 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dua bobotoh pelaku penganiayaan suporter Persija dituntut 4 tahun dan 3,5 tahun penjara.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kalahkan Facebook, Bank Mandiri Tempat Kerja Terbaik No. 11 di Dunia

Posted: 23 Oct 2018 09:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Mandiri (Persero) masuk dalam daftar sebagai tempat kerja terbaik di dunia, menurut daftar World's Best Employers 2018 yang dikeluarkan Forbes. Bank BUMN ini mampu mengalahkan 1.989 perusahaan tersohor lain di seluruh dunia.

Bank Mandiri lebih unggul dari Volkswagen Group (peringkat 16), Mastercard (21), Nestlé (29), Cisco Systems (34), Ferrari (36), Facebook (45), Nike (49), Adidas (62), Starbucks (63), Visa (71), Ford Motor (138), Yamaha (151), Prudential Financial (170), Airbus (192), dan bahkan Tesla (208).

Melansir laman Forbes, Rabu (24/10/2018), di daftar ini, Bank Mandiri dikategorikan sebagai bank regional. Bank Mandiri tercatat memiliki posisi lebih tinggi dibandingkan bank lain di Asia.

Bank tersebut antara lain Siam Commercial Bank (20) dan Bangkok Bank (70) dari Thailand, serta Metropolitan Bank & Trust (42) dari Filipina.

Satu-satunya bank regional yang melewati peringkat Bank Mandiri adalah Kasikornbank dari Thailand (8). Ini berarti Bank Mandiri menjadi kantor perbankan terbaik nomor 2  di dunia untuk Regional.

Tidak sendirian, terdapat lima nama perusahaan Indonesia lain yang masuk daftar itu. Mereka adalah Bank BCA (32), Gudang Garam (109), Telkom Indonesia (112), BNI (157), dan BRI (186).

Lebih dari 430 ribu rekomendasi dianalisis Forbes untuk membuat daftar World's Best Employers 2018.

Para pegawai diminta untuk memberi nilai pada perusahaan tempat mereka bekerja dan seberapa besar kemungkinan mau merekomendasi tempat tersebut ke sahabat atau keluarga.

Adapun posisi nomor wahid dipegang Alphabet yang merupakan induk dari Google. Amazon, perusahaan yang dipimpin orang terkaya di dunia, berada di nomor lima. Sementara, perusahaan terbaik di Asia dipegang oleh perusahaan minyak dan gas (migas) CNOOC dari Hong Kong.

Peringkat 10 Besar

Kantor pusat Google di Mountain View. Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza

Perusahaan yang mendominasi 10 besar mayoritas berasal dari AS. Nama mereka pun terkait dengan daftar orang-orang terkaya di dunia. Berikut di antaranya:

1. Alphabet

2. Microsoft

3. Apple

4. Walt Disney

5. Amazon.com

6. CNOOC

7. Daimler

8. Kasikornbank

9. Celgene

10. BMW Group

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

GP Ansor Tolak Bendera HTI Diidentikkan dengan Kalimat Tauhid

Posted: 23 Oct 2018 09:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polemik pembakaran bendera berlafal tauhid di Limbangan, Garut, Jawa Barat, berbuntut panjang. Sekretaris Jenderal Pimpinan Pusat GP Ansor, Abdul Rochman, bersikukuh bahwa bendera yang dibakar kader Banser saat Hari Santri Nasional 2018 adalah bendera Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

"Kami menolak tegas bendera HTI diidentikkan bendera tauhid milik umat Islam," kata Rochman dalam pernyataan pers di Markas GP Ansor, Jakarta Pusat, Rabu (24/10/2018).

Sementara itu, Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas menyatakan bahwa bendera yang dibakar tersebut tegas adalah bendera HTI.

Yaqut becermin pada kegiatan yang pernah digelar HTI di Gelora Bung Karno beberapa tahun lalu dan persidangan Perppu di PTUN Jakarta.

Menurut Yaqut, dalam persidangan pihak HTI menunjuk bendera berlafal tauhid tersebut adalah bendera HTI.

"Bahwa apa yang diakui bendera HTI itu ditunjuk mereka," kata Yaqut.

Pelaku Pembakaran Minta Maaf

Setelah menjadi polemik usai pembakaran bendera HTI kemarin, Kepolisian resort Garut, Jawa Barat, akhirnya menangkap tiga pelaku peristiwa itu. Mereka akhirnya meminta maaf atas tindakan yang telah dilakukan.

Demi keselamatan pelaku, pihak kepolisian resort Garut, enggan memberikan identitas nama pelaku. Berikut pengakuan salah satu pelaku di depan wartawan, Garut, Selasa (23/10/2018) malam.

"Assalamu alaikum warrohmatullohi wabarokatuh, di sini saya ingin menjelaskan:

Pertama, peristiwa pembakaran bendera bertuliskan lafaz tauhid, merupakan respons spontanitas saya, tidak ada sedikit pun terkait kebijakan banser, itu mutlak spontan respon kami.

Kedua, bendera yang kami bakar saat HSN (Hari Santri Nasional), itu adalah bendera terlarang dan dilarang pemerintah yaitu bendera HTI

Ketiga, mungkin saya di sini meminta maaf kepada seluruh elemen masyarakat wabilhusus (terutama) umat islam yang dalam kaitan ini telah membuat ketidaknyamanan atas kejadian ini."

Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna menyatakan, pengakuan dan permintaan maaf pelaku merupakan inisiatif mereka, tanpa paksaan siapa pun.

"MUI sudah menyerahkan proses hukum apabila ada pelanggaran hukum, kami akan gelar perkara terbuka," ujar Budi Satria.

Untuk sementara, Polres Garut berhasil mengamankan tiga pelaku, rencannya dalam waktu dekat ada tiga pelaku lainnya yang akan menyusul.

"Totalnya 6, yang 3 tambahan dumas (pengaduan masyarakat)," ujar dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Champions, Barcelona Vs Inter Milan

Posted: 23 Oct 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Setelah Juventus melawan Manchester United (MU), giliran duel Barcelona melawan Inter Milan yang akan menarik perhatian. Ini adalah pertemuan yang baru kembali terjadi sejak Inter menjuarai Liga Champions 2009/2010.

Ya, terakhir kali Barcelona dan Inter Milan bertemu pada semifinal Liga Champions 2009/2010. Saat itu, Inter sukses menyingkirkan Blaugrana setelah menang 3-1 di Giuseppe Meazza pada leg pertama dan kalah 0-1 di Camp Nou pada leg kedua.

Sejak itu, perbandingan kekuatan Barcelona dan Inter Milan sudah berbeda. Untuk pertarungan kali pada matchday ketiga Grup B Liga Champions 2018/2019 di Camp Nou, Rabu (24/10/2018) atau Kamis (25/10/2018) dinihari WIB, Barcelona jelas lebih diunggulan. Namun, hal itu juga bukan jaminan Azulgrana bakal menang mudah atas Nerazzurri.

Faktanya, Barcelona dan Inter Milan sama-sama mengoleksi dua kemenangan dari dua laga Grup B. Barcelona menang 4-0 atas PSV Eindhoven dan 4-2 atas Tottenham Hotspur. Sedangkan La Beneamata menang 2-1 atas Tottenham dan 2-1 atas PSV.

Sebelum duel Barcelona melawan Inter Milan, penonton akan lebih dulu dihibur dengan duel Grup B lainnya yang mempertemukan Tottenham dan PSV. Kedua tim sama-sama mencoba untuk mendapatkan poin pertamanya di laga itu.

 

Jadwal Liga Champions

Rabu, 24 Oktober 2018

23.55 WIB

Club Brugge vs Monaco

PSV Eindhoven vs Tottenham (Live RCTI)

Kamis, 25 Oktober 2018

02.00 WIB

Dortmund vs Atletico Madrid

Barcelona vs Inter Milan (Live RCTI)

PSG vs Napoli

Liverpool vs Crvena Zvezda

Lokomotiv Moscow vs Porto

Galatasaray vs Schalke 04

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indo Tambangraya Bagi Dividen Interim Rp 1.420 per Saham

Posted: 23 Oct 2018 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Indo Tambangraya Megah Tbk akan membagikan dividen interim 2018. Hal itu telah disetujui dalam rapat direksi pada 23 Oktober 2018.

Perusahaan bergerak di sektor batu bara ini akan bagikan dividen interim 2018 sebesar Rp 1.420 per saham. Jadwal pembayaran dividen tunai antara lain cum dividen di pasar regular dan negosiasi pada 30 Oktober 2018, ex dividen di pasar regular dan negosiasi pada 31 Oktober 2018.

Cum dividen di pasar tunai pada 2 November 2018, ex dividen di pasar tunai pada 5 November 2018. Pemegang saham yang berhak atas pembagian dividen interim pada 2 November 2018. Dividen akan dibayarkan pada 16 Oktober 2018.

Perseroan mencatatkan laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk susut 2,21 persen dari posisi USD 105,29 juta menjadi USD 102,95 juta pada semester I 2018. Demikian mengutip dari keterangan tertulis, Rabu (24/10/2018).

Pendapatan naik dari USD 748,78 juta pada 30 Juni 2017 menjadi USD 808,89 juta pada Juni 2018. Beban pokok pendapatan naik menjadi USD 583,15 juta pada 30 Juni 2018 dari periode 30 Juni 2017 sebesar USD 536,24 juta.

Hal itu dorong laba kotor naik menjadi USD 225,74 juta atau tumbuh 6,2 persen pada semester I 2018. Beban penjualan naik menjadi USD 46,61 juta pada semester I 2018.Perseroan mendapatkan kenaikan dari penghasilan keuangan dari USD 1,57 juta pada 30 Juni 2017 menjadi USD 1,80 juta pada semester I 2018.

Total aset perseroan turun menjadi USD 1,30 miliar pada 30 Juni 2018 dari posisi 31 Desember 2017 sebesar USD 1,35 miliar.Total liabilitas naik menjadi USD 411,05 juta pada 30 Juni 2018. Ekuitas tercatat USD 898,60 juta pada semester I 2018. PT Indo Tambangraya Megah Tbk kantongi kas USD 268,09 juta pada 30 Juni 2018.

Harga saham PT Indo Tambangraya Megah Tbk pun naik 4,4 persen ke posisi Rp 25.850 per saham pada Rabu pagi ini. Total frekuensi perdagangan 2.541 kali dengan nilai transaksi Rp 25,1 miliar.

 

Sektor Tambang Catatkan Kinerja Perkasa

Ilustrasi Foto Pertambangan (iStockphoto)

Sebelumnya, sektor saham tambang mampu mencatatkan kinerja pertumbuhan perkasa sepanjang tahun berjalan 2018.

Mengutip data Bursa Efek Indonesia (BEI), dari 10 sektor saham, hanya dua sektor saham masih catatkan kinerja positif yaitu sektor saham tambang dan industri dasar.

Hingga penutupan perdagangan saham Senin 16 Juli 2018, sektor saham tambang tumbuh 26,07 persen ke posisi 2.009. Sedangkan sektor saham industri dasar naik 12,11 persen ke posisi 772,71.

Namun, sektor tambang melemah pada penutupan perdagangan saham kemarin dengan turun 0,79 persen. Sektor saham industri dasar susut 1,11 persen.

Sementara itu, sektor saham aneka industri catatkan kinerja paling melemah sepanjang tahun berjalan 2018. Sektor saham aneka industri melemah paling dalam dengan turun 14,96 persen ke posisi 1.174. Lalu sektor saham barang konsumsi susut 14,47 persen ke posisi 2.447 hingga perdagangan saham Senin 16 Juli 2018.

Direktur PT Investa Saran Mandiri, Hans Kwee menuturkan, sektor saham tambang naik didorong faktor harga batu bara. "Harga batu bara naik untungkan sektor tambang. Di sisi lain, penjualan akan turun  karena naiknya harga," ujar Hans.

Hal senada dikatakan Kepala Riset PT RHB Sekuritas Indonesia, Henry Wibowo. Ia menuturkan, harga batu bara Newcastle di kisaran USD 104, dan di pasar sport sekitar USD 115 per metric ton. Angka tersebut jauh dari perkiraan pasar sekitar USD 90-USDD 95.

"Rata-rata harga sekitar USD 104. Dengan spot USD 115, harapannya dongkrak profit dan revenue. Harapannya average harga batu bara USD 95-USD 100 hingga akhir 2018," kata Henry saat dihubungi Liputan6.com, seperti ditulis Selasa 17 Juli 2018.

Lebih lanjut ia menuturkan, dolar Amerika Serikat (AS) menguat juga untungkan sektor tambang. "Majority 70-80 persen jual di dolar AS dan biaya sekitar 30-40 persen dengan rupiah," kata dia.

Namun, sektor tambang juga akan hadapi tantangan. Salah satunya dari China. Henry menuturkan, salah satu pasar ekspor batu bara Indonesia besar ke China. Kini ekonomi China melambat dapat pengaruhi permintaan.

Meski demikian, Henry optimistis sektor saham tambang terutama batu bara  masih menarik hinga akhir 2018.

Ia pun memilih sejumlah saham yang dapat dicermati pelaku pasar antara lain PT United Tractors Tbk (UNTR), PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG), dan PT Adaro Energy Tbk (ADRO).

"Target harga ITMG 33.100, ADRO 2.600, HRUM 3.400 dan UNTR 43.100," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Politikus Sontoloyo, Timses: Jokowi Muak Dikritik Tanpa Data

Posted: 23 Oct 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Irma Suryani Chaniago, menjelaskan latar belakang pernyataan Jokowi yang menyebut politikus sontoloyo. Menurutnya, pernyataan itu ditunjukan kepada politikus yang mengkritiknya tanpa dasar.

"Kalau orang santun seperti pak presiden sudah bicara agak keras, itu pasti karena beliau sudah mulai muak nih dengan oknum oknum yang tidak dapat membedakan mana kepentingan rakyat yang harus didukung bersama dan mana yang harus dikritisi dengan data," kata politikus NasDem itu melalui pesan singkat, Rabu (24/10/2018).

Irma menuturkan selama ini Jokowi hanya diam dikritik macam-macam yang bernuansa hoaks. Sikap itu justru diartikan lawan politiknya Jokowi tidak tegas.

"Sekarang mereka baru tahu, jika kesabaran orang itu ada batasnya," ucapnya.

Irma secara khusus menyinggung politikus yang mengkritisi rencana pencairan pemerintah memberikan dana kelurahan. Malah ada tudingan pemerintah tingkat kelurahan bakal menyelewengkan dana tersebut.

"Ngapain juga tidak percaya dengan Lurah dan Kades dalam soal pengelolaan dana, toh mereka para Kades dan Lurah juga sudah diawasi oleh wakil rakyat, KPK dan pengawas pendamping desa dan warga," kata dia.

Irma meminta kubu oposisi tidak mencurigai dana kelurahan sebagai politisasi program di masa kampanye. Dia sarankan oposisi kawal kebijakan ini, bukannya malah menghalangi.

"Curiga dipolitisasi, curiga kalo nanti dana kelurahan tidak bermanfaat, sebagai partai oposisi silahkan kawal dan kontrol, jangan malah menghalangi program pro rakyat dong," pungkasnya.

 

 

Pernyataan Jokowi

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) geram lantaran rencana penganggaran Dana Kelurahan jadi polemik. Dia heran niat baik pemerintah ingin membantu rakyat justru dipolitisasi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu lantas mengingatkan rakyat agar hati-hati dengan para politikus. Sebab, kata dia, ada banyak politikus baik di Tanah Air, namun ada juga politikus sontoloyo.

"Hati-hati banyak politikus baik-baik tapi banyak juga politikus sontoloyo. Kita lihat mana yang bener mana yang enggak betul. Kita lihat jangan sampai dibawa oleh politikus-politikus hanya untuk kepentingan sesaat, memudarkan kesatuan persatuan dan persaudaraan kita," pesannya.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kalah Lawan Juventus, Kapten MU: Kami Baru Bagus di Babak Kedua

Posted: 23 Oct 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Ashley Young kecewa berat setelah MU kalah melawan Juventus dinihari WIB tadi di ajang Liga Champions. Ia menilai Setan Merah terlambat panas dan baru bermain bagus di babak kedua.

MU justru tampil gugup di awal laga. Bahkan di babak pertama, tim asuhan Jose Mourinho tersebut terus mendapatkan tekanan sebelum mampu memperbaiki performa mereka di babak kedua.

Setan Merah sendiri pada pertandingan tersebut kalah dengan skor tipis 0-1. Satu-satunya gol kemenangan Juventus dicetak oleh Paulo Dybala pada menit ke-17.

"Saya kira kami perlu melakukan pendekatan di pertandingan selanjutnya melawan Juventus dengan cara yang sama," ujarnya seperti dilansir laman resmi UEFA.

"Kami perlu pergi ke sana, mengontrol permainan seperti yang kami lakukan di babak kedua dan mencoba untuk memenangkan pertandingan," katanya menambahkan.

 

Masih Percaya Diri

Pelatih Manchester United, Jose Mourinho dan pelatih Juventus, Massimiliano Allegri meninggalkan lapangan usai pertandingan melawan Juventus pada grup H Liga Champions di Old Trafford, Inggris (23/10). Juventus menang atas MU 1-0. (AP Photo/Dave Thompson)

Kekalahan ini membuat MU kini tertinggal lima poin dari Juventus di klasemen sementara Grup H. Sementara Bianconeri kini sukses memuncaki klasemen dengan poin sempurna, 9 poin dari tiga pertandingan.

"Masih ada banyak poin untuk diperebutkan di dalam grup ini. Kami masih ada di sebuah posisi yang bagus, jadi kami akan bermain untuk merebut semua poin itu. Masih ada banyak pertandingan dan kami ingin finis secara kuat."

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditanya soal Anak, Begini Jawaban Kim Hyun Joong

Posted: 23 Oct 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Aktor Kim Hyun Joong akhirnya kembali ke dunia akting sejak membintangi Inspiring Generation tahun 2014 lalu.

Kim Hyun Joong bermain dalam drama When The Time Stopped yang akan tayang di KBS-WORLD serta dibintangi oleh Ahn Ji Hyun, In Gyo Jin, dan lainnya.

Konferensi pers untuk drama tersebut pun digelar pada hari Selasa (23/10/2018). Selain ditanya soal dramanya, Kim Hyun Joong mau tak mau harus mendapat pertanyaan seputar masalah pribadinya.

Di sela-sela konferensi pers, Kim Hyun Joong mendadak mendapat pertanyaan seputar putranya. Tak bisa mengelak, member boyband SS501 ini pun akhirnya memberikan jawabannya.

 

Tak Bisa Bertemu Anak

Kim Hyun Joong saat membintangi drama Boys Before Flowers (Foto: dramafever.com)

Seperti diketahui, aktor yang terkenal lewat drama Boys Before Flowers ini punya seorang putra. Lewat tes DNA yang dilakukan di tahun 2015, anak itu terbukti putra biologis dari sang aktor. 

"Aku minta maaf kepada aktor lainnya dan staf atas pertanyaan ini, ketika kami sedang promosi drama. Bagaimana pun, aku akan menjawab dengan jujur. Saat ini, aku berada di situasi di mana aku tidak bisa bertemu anak itu," kata Kim Hyun Joong, seperti dilansir dari Allkpop.

"Aku tidak tahu apa hal yang benar. Walau begitu, aku percaya harus melakukan yang terbaik dari sisiku. Untuk anak itu. Cuma ini yang bisa aku berikan soal ini. Kalau aku bicara lebih bisa menyakitkan untuknya, jadi aku mencegah kata-kataku. Karena saat ini aku tidak bisa bertemu dengannya," Kim Hyun Joong menyambung.

 

Minta Maaf

Kim Hyun Joong (Foto: soompi.com)

Selain memberikan komentar atas pertanyaan soal anaknya, Kim Hyun Joong juga minta maaf atas apa yang pernah dlakukannya di masa lalu. Dia juga berterima kasih atas perhatian yang diberikan pers padanya dan drama When Time Stopped

"Jujur, banyak hal terjadi selama empat tahun ini, dan aku membuat banyak orang khawatir. Aku tak tahu dari mana memulai kata-kata untuk minta maaf. Mulai dari sini, aku akan hidup dan menunjukkan kalau aku cuma manusia. Daripada bilang akan memperbaiki semuanya, aku akan menunjukkan akting dan musik yang lebih baik," kata Kim Hyun Joong. (Kapanlagi.com/ Rahmi Safitri)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Tahun Jokowi-JK, Pertumbuhan Pariwisata Indonesia Tercepat ke-9 di Dunia

Posted: 23 Oct 2018 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta World Travel & Tourism Council (WTTC) menyebut pertumbuhan Pariwisata Indonesia menjadi yang tercepat ke-9 di dunia. Pencapaian tersebut diungkap Menteri Pariwisata Arief Yahya.

"Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan pariwisata tercepat nomor 9 di dunia, di Asia nomor 3 dan ASEAN nomor 1," kata Arief dalam keterangan tertulisnya, Rabu (24/10/2018).

Perusahaan media di Inggris The Telegraph mencatat Indonesia sebagai salah satu dari 20 negara dengan pertumbuhan pariwisata tercepat. "Bahkan mereka menilai pertumbuhan pariwisata Indonesia empat kali lebih tinggi dibanding pertumbuhan regional dan global. Data memang membuktikan klaim tersebut," ujar Arief.

Pertumbuhan pariwisata Indonesia dalam beberapa tahun terakhir mencapai 25,68%, sementara industri plesiran di kawasan ASEAN hanya tumbuh 7% dan di dunia hanya 6%.

Indeks Daya Saing Pariwisata Indonesia menurut World Economy Forum (WEF) juga menunjukkan perkembangan menggembirakan. Peringkat Indonesia naik 8 poin dari posisi 50 di 2015 menjadi 42 pada 2017.

Arief melanjutkan bahwa pertumbuhan sektor pariwisata melaju pesat 22% pada 2017, menempati peringkat kedua setelah Vietnam (29%). Di tahun yang sama rata-rata pertumbuhan sektor pariwisata di dunia 6,4% dan 7% di ASEAN.

"Pariwisata Vietnam tumbuh lebih baik mencapai 29% karena melakukan banyak deregulasi. Sedangkan Malaysia tumbuh 4%, begitu pula Thailand," lanjut Arief Yahya.

 

Penerima Devisa Meningkat

Penerima devisa dari sektor pariwisata juga terus meningkat sejak 2015. Sumbangan devisa meningkat dari US$ 12,2 miliar di 2015 menjadi US$ 13,6 miliar di 2016, dan kembali meningkat menjadi US$ 15 miliar di 2017. Tahun ini, industri pariwisata ditargetkan meraup devisa sebesar US$ 17 miliar dan US$ 20 miliar di 2020.

Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) juga mengalami kenaikan siginifikan pada periode 2015-2017. Jumlah wisman di 2016 naik dari 9,7 juta menjadi 11,5 juta, dan bertambah 2,5 juta menjadi 14 juta di tahun 2017.

Pertumbuhan total kunjungan Wisman Indonesia tahun 2017 sebesar 22% lebih tinggi daripada regional ASEAN (7%) dan dunia (6,4%). Hingga Agustus 2018, jumlah wisman mencapai 10,58 juta dari target 17 juta.

"Wisatawan nusantara juga terus naik. Sejak tahun 2015 sebanyak 255 juta, tahun 2016 berkembang lagi menjadi 264 juta, dan tahun 2017 meningkat lagi menjadi 271 juta," papar Arief.

Sektor pariwisata berkomitmen untuk menjadi penyumbang devisa nomor 1 mengalahkan sektor perekonomian lain. Ranking Index Pariwisata Indonesia yang disampaikan oleh WTTC mengalami kenaikan secara konsisten, dari ranking 70 di tahun 2013, melonjak tajam ke ranking 50 di tahun 2015, dan naik ke ranking 42 di tahun 2017.

"Pariwisata Indonesia secara konsisten terus meraih penghargaan di level internasional, di antaranya adalah 46 penghargaan di 22 negara di tahun 2016, 27 penghargaan di 13 negara di tahun 2017, dan 31 penghargaan di 9 negara sampai kwartal 3 di tahun 2018," papar Arief.

 

Dukungan Jokowi

Presiden Jokowi juga mendukung komitmen Kementerian Pariwisata. Dukungan itu ia sampaikan melalui video berdurasi satu menit yang diputar di awal konferensi pers.

"Diharapkan pada tahun 2020 bisa melampaui CPO (minyak sawit mentah), ini menjadi motor penggerak perekonomian Indonesia. Dan yang paling kita senangi, pariwisata ini bisa menetes sampai ke bawah efeknya," harap Jokowi diiringi tepuk tangan riuh rekan media yang hadir.

Konferensi pers itu dihadiri oleh jajaran Kabinet Kerja lainnya, di antaranya Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. Acara dipimpin oleh Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko dan Moderator Ahmad Erani Yustika.

 

Reporter: Melissa Octavianti

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Kasus Kematian Jamal Khashoggi, Gulat WWE Malah Dukung Arab Saudi?

Posted: 23 Oct 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, New York - Acara gulat profesional World Wrestling Entertainment atau WWE memicu kontroversi. Sebab, pada 2 November mendatang, perusahaan hiburan asal Amerika ini akan mengadakan pertunjukan di Riyadh, Arab Saudi, di tengah kecaman internasional terkait kematian jurnalis Jamal Khashoggi.

Pertunjukan berjudul "Crown Jewel" itu akan menjadi pertunjukan kedua dalam "10 tahun kemitraan multiplatform strategis" antara WWE dan General Sports Authority, sebuah badan milik pemerintah Saudi.

Acara tersebut adalah bagian dari skema yang dirancang oleh keluarga Kerajaan Arab Saudi, yang disebut Saudi Vision 2030. Program itu bertujuan untuk meningkatkan dan mempromosikan citra bangsa secara global.

Dengan kata lain, "Crown Jewel" adalah hasil dari kebijakan sang Putra Makhkota, Pangeran Mohammad bin Salman bin Abdulaziz Al Saud. Kesepakatan antara kedua belah pihak dilaporkan akan memberikan hasil yang amat menggiurkan untuk WWE, yakni US$ 45 juta (Rp 683 miliar) dalam setahun untuk dekade berikutnya.

Penonton yang menyaksikan acara tersebut akan disuguhi apa yang pada dasarnya merupakan bagian dari propaganda Arab Saudi, di mana komentator akan secara kontinu mempromosikan "Saudi Vision 2030" dan banyak bercakap tentang "Kota Jeddah yang indah".

"WWE seperti menjadi juru bicara keluarga kerajaan Saudi, dan itu membuat penggemar tidak nyaman untuk menonton," ucap salah seorang penggemar bernama Greg Evans, seperti dikutip dari The Independent, Selasa, 23 Oktober 2018.

Terlebih, kini publik sedang digegerkan dengan kasus pembunuhan Khashoggi di dalam konsulat Arab Saudi yang berada di Istanbul, Turki.

"Kesepakatan mereka (WWE) dengan pemerintah Saudi dikritik oleh para senator dan komentator politik. Penggemar juga menyuarakan kekecewaan mereka di media sosial," papar Evans.

Di Twitter, ucap Evans, setiap pencarian untuk "Crown Jewel" akan menampilkan lusinan kicauan yang mendesak WWE untuk membatalkan acara tersebut.

Pada acara Smackdown Live yang ditanyangkan secara langsung pada 16 Oktober, pegulat legendaris Undertaker dicemooh karena menyebutkan pertunjukan itu.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Reaksi Berbeda-beda dari Para Pegulat

Jamal Khashoggi, wartawan Arab Saudi yang hilang sejak 2 Oktober di Istanbul, Turki (AP/Hasan Jamali)

Meskipun nama acara masih dipromosikan, lokasinya tidak lagi disebutkan di televisi. Jika ada yang menyebutkan Arab Saudi, maka nama negara itu akan langsung dihapus dari situs resmi WWE, sedangkan tiket "Crown Jewel" tidak lagi terdaftar.

"Satu-satunya pernyataan yang dirilis sejauh ini adalah WWE sedang 'memantau situasi'," ucap Evans.

Desas-desus mengatakan, dua bintang top WWE, John Cena dan Daniel Bryan, menolak untuk bergabung dengan acara tersebut.

Di satu sisi, Glenn Jacobs yang juga dikenal sebagai Kane, dikabarkan akan bergelut di "Crown Jewel", meskipun ia telah terpilih sebagai Wali Kota Knox County, Tennessee pada Agustus 2018 dan tahu bahwa Khashoggi adalah warga negara Amerika Serikat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pos Lintas Batas RI Kini Jadi Lokasi Foto Favorit Warga Negara Tetangga

Posted: 23 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah sampai saat ini sudah membangun Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di tujuh lokasi. Semuanya kini menjadi lebih mewah dari PLBN milik negara tetangga.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, mewahnya PLBN Indonesia kini justru menjadi lokasi wisata warga negara tetangga.

"Jadi setelah dibangun, warga negara tetangga itu ke perbatasan kita, foto-foto kemudian kembali lagi, banyak yang seperti itu sekarang. Padahal dulunya kebalik," kata Tjahjo di Kementerian Sekretariat Negara, Rabu (24/10/2018).

Dana pembangunan tujuh PLBN berasal dari APBN di 2017 dengan nilai lebih dari Rp 944 miliar.

Hanya saja, Tjahjo mengatakan, masih ada beberapa PLBN yang akan dibangun di 2018 hingga akhir 2019. Setidaknya ada 11 PLBN lagi yang akan dibangun.

"Ada 11 perbatasan kecil yang hingga pertengaham tahun depan selsesai. Yang belum selesai itu di perbatasan Timor Leste ada 3, perbatasan Papua Nugini 4, dan beberapa di perbatasan Malaysia," tegasnya.

Selama empat tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) kondisi perbatasan RI kini lebih baik. Setidaknya ada 7 Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang kini berdiri megah.

Dikutip Liputan6.com dari laporan Kantor Kepala Staf Kepresidenan, upaya pembangunan PLBN ini menjadi bagian dari misi pemerintah untuk menegakkan kedaulatan di perbatasan.

"Secara khusus pemerintah memberikan perhatian kepada daerah tertinggal melalui pendekatan pembangunan wilayah. Berbagai program pembangunan di sana diharapkan dapat menggerakkan perekonomian meningkatkan lapangan pekerjaam dan pada akhirnya akan mensejahtarakan masyarakat," tulis laporan itu.

Pembangunan PLBN itu terletak di 7 lokasi yang masing-masing bersebelahan dengan Malaysia, Timor Leste dan Papua Nugini.

Untuk perbatasan dengan Malaysia, kini telah berdiri megah PLBN Entikong, PLBN Badau dan PLBN Aruk. Kondisi PLBN ini sebelumnya cukup memprihatinkan dibanding perbatasan negara tetangga.

Selain itu, di perbatasan dengan Timor Leste telah terbangun PLBN Motaain, PLBN Wini dan PLBN Motamasin. Selin itu ada PLBN Skouw yang dibangun berbatasan dengan Papua Nugini.

"Pembangunan di wilayaj perbatasan selain akan memperkokoh kedaulatan negara pada saat yang sama akan mendorong kegiatan ekonomi lokal," laporan KSP.

PLBN Skouw Makin Megah, Warga Kini Berdagang Emas di Kawasan Perbatasan

Pos Lintas Batas Motaain yang memisahkan Indonesia dengan Timor Leste. (Liputan6.com/Ola Keda)

Dalam membangun Pos Lintas Batas Negara (PLBN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga turut mengembangkan pasar guna menumbuhkan pusat perekonomian baru di kawasan terluar Indonesia.

Seperti pembangunan PLBN Skouw di Distrik Muara Tami, Jayapura, Papua, yang kini telah rampung dikerjakan. 

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan pengembangan kawasan perbatasan Skouw merupakan janji dan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ingin menjadikan PLBN sebagai pintu gerbang serta embrio pusat pertumbuhan ekonomi wilayah yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan.

Bahkan, ia menambahkan, emas juga sudah mulai diperjualbelikan di kawasan perbatasan tersebut. "Di Skouw itu perdagangan di sana sekarang emas, bukan hanya chiki," ujar dia disambut gelak tawa saat memberi paparan di acara 4 Tahun Kerja Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, Jakarta, Selasa (23/10/2018).

Beberapa fasilitas lain turut dibangun di PLBN Skouw, antara lain rumah dinas pegawai, Wisma Indonesia, Gedung Serbaguna, Pasar Perbatasan, hingga fasilitas umum seperti rest area, ATM center, masjid, dan gereja.

Selain di Skouw, selama empat tahun terakhir Kementerian PUPR telah membangun enam pos perbatasan lain. Antara lain, PLBN Wini, Motaain dan Motamasin di Nusa Tenggara Timur (NTT), serta PLBN Aruk, Nanga Badau dan Entikong di Kalimantan Barat.

Tak hanya itu, infrastruktur pasar pun turut dikembangkan di wilayah tersebut meski belum seutuhnya rampung. Seperti di PLBN Entikong, yang kemajuannya kini mencapai 55,93 persen dan ditargetkan selesai 2019.

Lalu pasar di PLBN Nanga Badau, yang pembangunannya menghabiskan biaya Rp 167,1 miliar dengan pengerjaan mencapai 75,3 persen. Selanjutnya pasar di PLBN Aruk, yang hampir rampung dengan kemajuan 94,26 persen.

Begitu juga pasar di dua PLBN lain yang progresnya mendekati tahap final. Pasar PLBN Wini sekarang mencapai 92,12 persen, sedangkan pasar PLBN Motaain telah menyentuh progres 86,76 persen.

Sejauh ini, baru pasar PLBN Motaain yang telah selesai dikerjakan. Pasar ini dibangun di atas lahan seluas 6.729 meter persegi dengan menghabiskan anggaran Rp 228,9 miliar.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pembakaran Bendera HTI, Kapolda Sulsel Ajak Warga Ingat Budaya Leluhur

Posted: 23 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Makassar Insiden pembakaran bendera yang diduga bendera Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) oleh oknum Banser di Garut, Jawa Barat yang dilakukan saat peringatan Hari Santri Nasional mengundang banyak reaksi organisasi Islam di Indonesia. Salah satunya di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Antisipasi reaksi yang berlebihan di Sulsel, Kapolda Sulsel Irjen Pol Umar Septono mengajak masyarakat agar menjaga Sulsel sebagai rumah bersama dengan berpegang teguh pada nilai-nilai leluhur budaya Bugis Makassar, yaitu sipakatau (saling memanusiakan/menghargai), sipakainga (saling mengingatkan), dan sipakalebbi (saling menghormati).

"Sulsel rumah kita bersama. Mari jaga rumah kita ini dengan kembali ke semboyan leluhur Bugis Makassar," kata Umar via telepon, Rabu (24/10/2018).

Ia berharap masyarakat Sulsel tidak mudah tersulut provokasi dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab serta tidak mengaitkan kasus pembakaran panji Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dengan kalimat sakral agama Islam.

"Ini demi menjaga Sulsel yang aman dan damai. Kejadian di Garut sudah ditangani pihak Kepolisian setempat dan kita serahkan segalanya ke proses hukum yang ada," ujar Umar.

Ia menjelaskan insiden pembakaran bendera yang identik dengan organisasi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) pada saat acara Hari Santri Nasional di Limbangan Garut, Jawa Barat beberapa hari lalu sudah melalui proses penyelidikan Polda Jawa Barat dan Polres Garut.

Berdasarkan hasil penyelidikan, bendera yang dimaksud bukan simbol atau kalimat sakral dari agama tertentu, melainkan merupakan panji HTI organisasi yang telah dilarang oleh pemerintah.

Sebelum peringatan Hari Santri Nasional di gelar di Limbangan Garut tersebut, semua organisasi Islam dari berbagai elemen awalnya telah sepakat tidak ada bendera atau panji-panji yang dikibarkan pada saat acara kecuali bendera merah putih.

"Namun ada beberapa orang membawa panji HTI sehingga terjadi insiden pembakaran," Umar menandaskan.

 

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar PSM Vs Persib di Liga 1

Posted: 23 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Makassar - Persib Bandung siap bangkit pada pekan ke-27 ajang Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak. Sore ini, di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, mereka akan mencoba menantang tuan rumah PSM Makassar.

Di laga itu, Persib bertekad mengakhiri tren buruk. Anak asuh Roberto Carlos Mario Gomez itu sudah melewati tiga laga beruntun tanpa kemenangan. Rinciannya, Persib kalah 1-2 dari Madura United, main 1-1 melawan Persipura Jayapura, dan menyerah 1-4 dari Persebaya Surabaya.

Karenanya, melawan PSM adalah kesempatan Persibuntuk segera mengakhiri tren buruk. Kebetulan, PSM adalah tim yang baru saja melampaui mereka di klasemen Liga 1. Saat ini PSM memuncaki klasemen dengan keunggulan dua poin atas Persib.

Masalahnya, menaklukkan PSM di kandangnya bukan pekerjaan yang mudah. Sepanjang Liga 1 2018 bergulir, baru sekali tim besutan Robert Rene Alberts itu menelan kekalahan di hadapan suporternya.

Live Streaming Indosiar PSM Vs Persib di Liga 1 dapat Anda saksikan mulai pukul 18.30 WIB. Dapatkan link Live Streaming Indosiar PSM Vs Persib di Liga 1 di halaman selanjutnya.

 

Link Live Streaming

Untuk link Live Streaming Indosiar PSM Vs Persib di Liga 1 silahkan klik di sini...

 

Prediksi Susunan Pemain

PSM Makassar (4-3-3): Rivki Mokodompit (kiper); Zulkifli Syukur, Steven Paulle, Abdul Rahman, Reva Adi Utama (belakang); Wiljan Pluim, Rizky Pellu, Marc Klok (tengah); Guy Junior, Alessandro Ferreira Leonardo, M. Rahmat (depan)

Pelatih: Robert Alberts

Persib Bandung (4-4-2): M. Natshir (kiper); Supardi Nasir, Victor Igbonefo, Tony Sucipto, Ardi Idrus (belakang); Ghozali Siregar, Oh In-kyun, Dedi Kusnandar, Febri Hariyadi (tengah); Jonathan Bauman, Patrich Wanggai (depan)

Pelatih: Mario Gomez

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

[Tanya BPJS Kesehatan] Apa Itu Rujukan Online?

Posted: 23 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pertanyaan:

Apakah itu rujukan online?

 

Jawaban:

Rujukan online adalah digitalisasi proses rujukan berjenjang untuk kemudahan dan kepastian peserta JKN-KIS dalam memperoleh layanan di rumah sakit disesuaikan dengan kompetensi, jarak dan kapasitas rumah sakit tujuan rujukan berdasarkan kebutuhan medis pasien.

Sistem rujukan online ini bertujuan meningkatkan kualitas pelayanan administrasi di fasilitas kesehatan. Selain itu, juga untuk memastikan terselenggaranya sistem rujukan berjenjang berbasis kompetensi yang efektif dan efisien sebagai salah satu strategi peningkatan mutu pelayanan kesehatan.

Rujukan online bersifat real time dari FKTP ke FKRTL, serta menggunakan digital documentation. Data dari P-Care di FKTP langsung terkoneksi ke FKRTL sehingga memudahkan analisis data calon pasien.

Selain itu, dengan sistem rujukan online dapat berpotensi paperless, jadi meminimalisasi kemungkinan kendala yang terjadi akibat pasien lupa membawa surat rujukan.

 

 

Salam,

Humas BPJS Kesehatan Kantor Pusat

 

 

Program Tanya BPJS Kesehatan tayang setiap Rabu pukul 11.30. Di dalamnya berisi pertanyaan yang paling sering dilontarkan masyarakat lewat aneka media BPJS Kesehatan. Jawaban dari pertanyaan yang dilontarkan diberikan oleh Humas BPJS Kesehatan Kantor Pusat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Aksi Nekat Fans MU Kejar Ronaldo di Lapangan

Posted: 23 Oct 2018 09:30 PM PDT

Seorang fans Mancheter United berlari menghampiri penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo usai pertandingan grup H Liga Champions di Trafford, Inggris (23/10). Juventus mengalahkan MU dengan skor 1-0 berkat gol Paulo Dybala. (AP Photo/Dave Thompson)

Seorang fans Mancheter United berlari menghampiri penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo usai pertandingan grup H Liga Champions di Trafford, Inggris (23/10). Juventus mengalahkan MU dengan skor 1-0 berkat gol Paulo Dybala. (AP Photo/Dave Thompson)

Petugas mengamankan seorang fans Manchester United saat mencoba menghampiri penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo usai pertandingan grup H Liga Champions di Trafford, Inggris (23/10). Juventus menang atas MU 1-0. (AP Photo/Dave Thompson)

Petugas mengamankan seorang fans Manchester United saat mencoba menghampiri penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo usai pertandingan grup H Liga Champions di Trafford, Inggris (23/10). Juventus menang atas MU 1-0. (AP Photo/Dave Thompson)

Seorang fans Manchester United diamankan petugas saat mencoba menghampiri penyerang Juventus usai pertandingan grup H Liga Champions di Trafford, Inggris (23/10). Juventus mengalahkan MU dengan skor 1-0 berkat gol Paulo Dybala. (AP Photo/Dave Thompson)

Seorang fans Manchester United diamankan petugas saat mencoba menghampiri penyerang Juventus usai pertandingan grup H Liga Champions di Trafford, Inggris (23/10). Juventus mengalahkan MU dengan skor 1-0 berkat gol Paulo Dybala. (AP Photo/Dave Thompson)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Belajar Perubahan Iklim, Meghan Markle Kunjungi Universitas di Fiji

Posted: 23 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Duke dan Duchess of Sussex melanjutkan tur mereka di Fiji pada hari Rabu dengan kunjungan ke universitas untuk mengamati kinerja budaya tentang perubahan iklim dan untuk bertemu para siswa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Kriteria Calon Suami Idaman Kirana Larasati

Posted: 23 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tak terasa sudah setahun Kirana Larasati menyandang status janda. Selama itu juga, pesinetron 31 tahun itu hidup sendiri.

Waktu satu tahun dirasa cukup oleh Kirana Larasati dalam menata hati. Buktinya, ia mengaku siap untuk membuka hati bagi pria lain.

"Sudah membuka hati, kalau ada sih yang penting status harus available saja," kata Kirana Larasati di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa 23 Oktober 2018.

Kirana Larasati ingin memiliki suami yang pengertian, setia, dan baik. Tak harus dunia hiburan, dia juga membuka hati untuk pria yang berkecimpung di dunia politik. Yang penting lelaki tersebut berstatus single.

Kalangan Politikus

Kirana Larasati

"Kalau kalangan politikus ada yang available, enggak apa-apa. Mata tetap mencari. Tapi kalau enggak available, saya enggak mau," ucap artis yang menceburkan diri ke jagat politik itu.

Fokus

Kirana Larasati (Adrian Putra/Bintang.com)

Meski demikian, Kirana mengaku saat ini masih single. Kini dia masih fokus mengurus anak dan karier di dunia politik, menjadi calon legislatif dari PDIP.

"Saya happy-happy saja masih sendiri, tidak ada kendala mengurus anak sendiri dan saat ini lagi fokus kampanye," tutur Kirana Larasati. (Nur Ulfa/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klopp Sabar Fabinho Belum Maksimal di Liverpool

Posted: 23 Oct 2018 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Fabinho belum bisa tampil maksimal sejak bergabung ke Liverpool musim panas kemarin. Namun manajer The Reds, Jurgen Kloop memaklumi hal tersebut.

Fabinho baru sekali terpilih sebagai starting line up dan tiga kali turun dari bangku cadangan. Dia masih belum terbiasa dengan kerasnya Premier League yang mengandalkan permainan fisik.

Meski demikian, kesempatan Fabinho mungkin datang ketika Liverpool menjamu Red Star Belgrade di matchday 3 Grup C Liga Champions 2018/19, Kamis (25/10) dini hari WIB nanti. Sebab, Jordan Henderson dan Naby Keita dipastikan tidak bisa bermain lantaran cedera.

Klopp memang tidak menyebutkan siapa saja yang akan dimainkan di laga tersebut. Namun dia mengindikasikan memberi kesempatan bermain pada Fabinho. Liverpool juga membutuhkan kemenangan untuk menjaga asa lolos ke fase gugur.

"Ya, tentu saja [peluang besar Fabinho], tak diragukan lagi, itu sudah jelas. Omong-omong, dia baru berulang tahun [Selasa kemarin], jadi bukankah ini akan jadi hadiah bagus?" kata Klopp di Sky Sports.

"Saya tidak membuat line-up untuk pertandingan besok, bagaimana kami akan memulai, namun tentu saja penting bagi kami bahwa dia sudah berada di sini selama beberapa bulan dan terbiasa dengan beberapa hal. Dia harus beradaptasi dengan gaya bermain [Liverpool]."

 

Percaya Diri

Sebelum ke Liverpool, Fabinho menjadi andalan di AS Monaco. (AP/Claude Paris)

Lebih lanjut, Klopp juga mengingatkan bahwa Fabinho adalah salah satu pemain yang paling percaya diri ketika membela Monaco. Oleh sebab itu, dia percaya Fabinho hanya butuh sedikit waktu untuk menemukan kepercayaan dirinya di Liverpool.

"Jika Anda melihat Fabinho bermain di Monaco, dia penuh percaya diri. Dia datang ke klub baru dan itu sedikit bergantung pada kepribadian anda."

"Dia melihat, mengamati dan hal itu [adaptasi] selalu butuh sedikit waktu. Itulah yang terjadi. Namun, di lapangan dia sudah kembali dan itu bagus."

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siap Menikah, Evi Masamba Jalani Upacara Mappacci

Posted: 23 Oct 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Evi Masamba telah mempersiapkan diri untuk dipersunting sang kekasih, Arief Hajrianto. Ia pun sudah menjalani beberapa ritual.

Di antaranya, menggelar pengajian jelang menikah, serta mappacci, yaitu salah satu syarat dalam pesta perkawinan di masyarakat Bugis-Makassar.

Upacara mappacci dilaksanakan menjelang akad nikah. Pengantin perempuan menjalani upacara penyucian diri ini, termasuk Evi Masamba.

Dalam akun Instagramnya, Selasa (23/10/2018), Evi Masamba memperlihatkan dirinya yang telah melakukan ritual tersebut. Di antara dua alisnya diletakkan bindi.

Tato

Evi Masamba (Foto: Instagram)

Di tangan Evi Masamba juga telah ditorehkan henna berwarna putih.

"Mappacci #adatbugis Mua @icaveronica_makeup Attire @goldwawan," tulis Evi Masamba sebagai keterangan foto. 

Galau

Evi Masamba (Foto: Instagram)

Evi Masamba dan Arief Hajrianto akan menikah pada 24 Oktober 2018. Meski Evi sudah menunjukkan segala persiapannya tetapi calon suami justru memperlihatkan kegalauannya.

Di Instagram Story, ia menumpahkan unek-uneknya."Kini tlah pupus kebahagian itu kebahagian yg sy anggap adalah kebahagian dunia akhirat," tulisnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perpaduan Budaya di Busana Rancangan Finalis LPM 2018 Semarakkan Jakarta Fashion Week 2019

Posted: 23 Oct 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - 10 finalis terpilih dari total 159 peserta Lomba Perancang Mode (LPM) 2018 memperlihatkan deretan karya mereka di Jakarta Fashion Week (JFW) 2019 di Senayan City, Jakarta Pusat, untuk menempati urutan 4 paling atas.

Dalam penjurian yang berlangsung kemarin, Selasa, 23 Oktober 2018, malam, mereka menampilkan karya bertajuk Reflection of Culture, di mana masing-masing finalis mempersembahkan 6 koleksi terbaik di runway.

Sesuai dengan namanya, busana yang diperlihatkan merupakan inspirasi dari keberagaman budaya dalam mapupun luar negeri. Christina GM Pangaribuan, misalnya. Finalis asal Jakarta ini mengangkat budaya Batak bertajuk Dalihan na Tolu, juga culture mancanegara.

Kemudian, ada juga Agung Sudarman yang menjadikan hiruk-pikuk pedagang di Pushkar Fair, Rajashtan sebagai inspirasi busananya. Sementara busana karya Anita Nyotosetiadi asal Surabaya yang diperlihatkan di Jakarta Fashion Week (JFW) 2019 terinspirasi dari kenangan masa kecil sebagai orang Indonesia dari etnis Tionghoa. 

Juga, ada Eleska Susanto dengan koleksinya Stripe Tribe yang memilih kain lurik sebagai fokus utama. Ia terlihat memadukannya dengan wool cashmere sehingga hasil akhir busana ini adalah sebuah perpaduan dua budaya kontras yang terlihat harmonis.

Para juri, yakni Ai Syarif (Creative Advisor Jakarta Fashion Week), Misan Kopaka (desainer busana pria dan wanita), Zoey Rasjid (Publisher The Folio), Lisa Malonda (perwakilan Istituto Marangoni), dan Rama Tri Antono (Merchandising Manager Mens Department Sogo Department Store) menilai lewat kreativitas, kesesuaian konsep, daya pakai dan jual, serta penampilan di atas panggung. 

Juara favorit yang ditentukan jumlah likes di Instagram berhasil diraih Elsa dari Jakarta yang mengangkat tema Modern Maritime. Tempat ketiga diraih Anita Nyotosetiadi, dengan karyanya yang berjudul Memoir of a Bygone Era.

Disusul Temma Prasetyo dari Jakarta dengan karyanya yang bertajuk Flame, dan Eleska Susanto, juga berasal dari Jakarta, berhasil meraih juara pertama dengan karyanya yang berjudul Stripe Tribe

Sebagai peraih juara pertama, Eleska tak hanya mendapat hadiah uang tunai Rp 10 juta dan paket dari Jakarta Fashion Week, tetapi juga akan diberangkatkan ke Florence, Italia untuk mengikuti short course selama 2 minggu.

 

Saksikan video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dibuka Jokowi, TEI 2018 Diprediksi Bukukan Kontrak USD 5,19 Miliar

Posted: 23 Oct 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perdagangan (Kemendag) kembali menggelar Trade Expo Indonesia (TEI). Pada tahun ini, ajang pameran dagang terbesar di Indonesia tersebut telah memasuki tahun ke-33 dan dibuka langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menteri Perdagangan (Mendag) ‎Enggartiasto Lukita mengatakan, pameran ini digelar dalam rangka mendorong pertumbuhan ekspor produk-produk Indonesia. Sebab, pada tahun ini pihaknya menargetkan sebanyak 26 ribu pengunjung dari 125 negara hadir dalam pameran ini.

"Penyelenggaraan pemeran salah satu dibutuhkan dalam kondisi ekonomi saat ini. Namun dengan catatan dari Pak Presiden diselenggarakan di tempat yang baik, dilaksanakan dengan baik, jangan memalukan," ujar dia di International Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang, Rabu (24/10/2018).

Dia mengungkapkan dalam ajang ini, perkiraan total nilai kontrak mencapai USD 5,19 miliar. Dengan rincian, kontrak transaksi dagang sebesar USD 513,97 juta dan investasi sebesar USD 4,68 miliar.

"Kita sudah melakukan preexpo dan prekomitmen dengan dukungan dari Kemenlu. Ini kerja bareng. Realisasi yang sudah terjadi terdapat 65 rencann kontrak dagang dari 22 negara," ‎jelas dia.

Kontrak dagang tersebut berasal dari Korea Selatan, Australia, Arab Saudi, China, Belgia, Perancis, Belanda, Spanyol, Meksiko, Thailand, Chile, Singapura, Malaysia, Amerika Serikat, Filipina, Brasil, Inggris, Jerman, Mesir, Nigeria, Italia, Hong Kong, Taipe, UAE, Irak dan Jepang.

"Produknya seperti tekstil dan produk tekstil, otomotif, furniture, produk fesyen, produk kecantikan. Sesuai arahan Pak Presiden, jadi jangan hanya bergantung dari komoditas tertentu saja tapi kita dorong dari yang lain," tandas dia.

Salah Paham, RI Cuma Dapat Tempat Kecil di China International Import Expo 2018

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kemendag, Arlinda (Dok Foto : Merdeka.com/Dwi Aditya Putra)

Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan melakukan misi dagang dengan China di China International Import Expo (CIIE) 2018. Acara ini berlangsung di  Shanghai pada tanggal 05-10 November.

Direktur Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kemendag Arlinda mengatakan, pada awalnya, Kemendag telah memesan (booking) lahan pameran seluas 1.000 meter persegi (m2) untuk melaksanakan misi dagang di CIIE.

Namun, pihak CIIE pada akhirnya hanya menyetujui Indonesia memperoleh lahan pameran seluas 546 m2.

"Sudah booking 1.000 m2 untuk Shanghai Ekspo, kami ditawarkan sebagai country of owner dimana kita membangun country of owner pavilioun yang sedang disediakan oleh mereka. Namun ternyata peminatnya ini banyak sekali, karena ini trade ekspor terbesar di China," tutur Direktur Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kemendag Arlinda di Jakarta, Rabu (19/9/2018).

Arlinda menjelaskan, batalnya Indonesia mendapatkan lahan pameran sebesar 1.000 m2 itu disebabkan kesalahpahaman oleh China. Itu juga dipersulit dengan regulasi yang cukup rumit dari Negeri Panda tersebut.

"Awalnya mereka kira 1.000 m2 ini untuk semua lahan. Padahal tidak, namun mereka ingin yang daftar ini hanya 546 m2. Akhirnya yang sudah kita bayar, dikembalikan lagi," ujarnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Grup Liga Champions

Posted: 23 Oct 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pertandingan di Grup E, F, G dan H Liga Champions telah berlangsung, Rabu (24/10/2018) dinihari WIB. Tim-tim besar sukses meraih kemenangan.

Di Grup E, Bayern Munchen berhasil meraih kemenangan. Der Bavarians menggebuk tuan rumah 2-0 AEK Athens lewat gol Javier Martinez dan Robert Lewandowski.

Sementara di Grup F di Liga Champions, Manchester City juga pesta gol ke gawang Shakhtar Donetsk. The Citizens menang 3-0 berkat gol David Silva, Aymeric Laporte dan Bernardo Silva.

Adapun di Grup G, dua unggulan Real Madrid dan AS Roma juga meraih hasil maksimal. Los Blancos mengalahkan Viktoria Plzen, sementara Giallorossi membungkam CSKA Moscow.

Di Grup H, big match antara Manchester United vs Juventus berlangsung seru. Nama terakhir berhasil menjadi pemenang berkat gol tunggal Paulo Dybala.

Hasil itu membawa Juventus ke puncak klasemen Grup H. Sementara Manchester United di posisi kedua.  

Klasemen Liga Champions

Grup E

Ajax 7

FC Bayern Munchen 7

Benfica 3

AEK Athens 0

 

Grup F

Manchester City 6

Lyon 5

Hoffenheim 2

Shakhtar Donetsk 2

 

Grup G

Real Madrid 6

Roma 6

CSKA Moscow 4

Viktoria Plzen 1

 

Grup H

Juventus 9

Manchester United 4

Valencia 2

Young Boys 1

 

Saksikan video menarik di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Xiaomi Black Shark Helo Usung RAM 10GB, Ini Harganya

Posted: 23 Oct 2018 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi akhirnya memperkenalkan smartphone gaming terbarunya yang diberi nama Black Shark Helo. Seperti pendahulunya, smartphone ini juga mengusung RAM besar dan banyak fitur dengan harga yang kompetitif.

Black Shark Helo membenamkan layar LCD AMOLED 6.01 inci beresolusi FHD+ (1080 x 2160 piksel), namun refresh rate-nya masih 60Hz.

Yang mengesankan adalah perangkat ini didukung Snapdragon 845, dipadu RAM 6GB atau 8GB dan memori internal 128GB.

Versi yanng lebih tinggi dipersenjatai RAM 10GB dan memori internal 256GB. Belum dijelaskan, apakah mendukung slot micro SD atau tidak.

Dari sisi fotografi, Black Shark Helo memiliki dual camera 12MP+20MP (masing-masing mempunyai aperture f/1.8) dan kemera selfie 20MP dengan aperture f / 2.2.

Mengutip laman GSM Arena, Rabu (24/10/2018), Xiaomi Black Shark Helo didukung baterai 4.000 mAh dengan fitur pengisian daya cepat Quick Charge 3.0.

Mengenai harga, smartphone yang menjalankan sistem operasi Android 8.1 Oreo ini dibanderol US$ 460 untuk versi RAM 6GB dan US$ 505 untuk varian RAM 8GB.

Sayangnya, harga dari Black Shark Helo versi 10GB/256GB belum dikonfirmasi.

Rumor Sebelumnya

Xiaomi Black Shark. (Foto: Xiaomi)

 

Dari rumor yang beredar sebelumnya, smartphone tersebut akan diberi nama Black Shark 2.

Namun, informasi terbaru menyebut bahwa Xiaomi tidak akan menggunakan nama itu untuk smartphone anyar ini.

Dikutip dari Phone Arena, smartphone anyar ini akan diberi nama Black Shark Halo. Informasi ini pertama kali diketahui dari akun Twitter @IshanAgarwal24.

Kendati demikian, belum dapat diketahui alasan Xiaomi memilih nama Halo untuk versi terbaru dari Black Shark tersebut. Begitu pula dengan nama arti nama Halo sendiri yang belum terungkap.

Sejumlah prediksi menyebut alasan Xiaomi tidak mengusung nama Black Shark 2 karena minimnya pembaruan yang disematkan di smartphone ini.

Di sisi lain, nama itu dipilih untuk menjangkau pasar internasional yang belum pernah mengenal nama Black Shark.

Sekadar informasi, Black Shark generasi terbaru ini akan dibekali dengan Snapdragon 845, RAM 8GB, dan memori internal 128GB. Smartphone akan memiiki layar berukuran 6 inci dengan rasio aspek 18:9.

Dari gambar yang beredar di internet, perubahan paling terlihat dari Black Shark generasi kedua ini adalah panel bagian depan dan layar LED baru. Sementara untuk sistem operasi, smartphone ini masih menjalankan Android 8.1 Oreo.

Penampakan Black Shark Terbaru

Black Shark 2 (Foto: Gizmochina)

Sebelumnya, sejumlah foto perangkat yang diyakini merupakan Black Shark 2 juga sempat muncul di internet. Dikutip dari Gizmochina, dari segi casing permukaan bodi, Black Shark 2 mirip dengan pendahulunya.

Sementara bodi depannya, tepatnya bagian layar dilengkapi dengan pelindung semacam tempered glass.

Soal ukuran bezel, Black Shark 2 ini masih hadir dengan bezel yang agak tebal. Meski ada perubahan dibandingkan pendahulunya, perubahan yang dimaksud tak begitu banyak.

Salah satunya adalah speaker perangkat tak lagi diletakkan sejejar dengan kamera depan. Kini pada Black Shark 2, letak speaker-nya terletak dekat dengan bingkai dan memiliki ukuran yang lebih lebar.

Dengan speaker yang lebih lebar, diperkirakan suara yang dihasilkan oleh perangkat bisa memiliki teknologi stereo yang lebih kencang dan lebih menggelegar.

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenang Pahlawan Nasional Lewat Napak Tilas Bung Tomo

Posted: 23 Oct 2018 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Pembinaan Mental Angkatan Darat (Kadisbintalad) Brigjen TNI Asep Syaripudin bersilaturahmi ke keluarga Pahlawan Nasional Bung Tomo di Gedung Joang 45, Jalan Menteng Raya 31, Jakarta Pusat, Selasa (23/10/2018).

Maksud kunjungannya terkait kegiatan Napak Tilas Pahlawan Bung Tomo dan Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Rencananya kegiatan itu digelar 7-8 November 2018 di wilayah Kodam V/Brawijaya.

Asep menjelaskan, napak tilas dilaksanakan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah memerdekan bangsa Indonesia dari penjajahan dan menumbuhkan militansi dan patrotisme pahlawan dalam kehidupan generasi penerus bangsa khususnya prajurit TNI AD.

"Peserta yang mengikuti kegiatan ini diharapkan dapat mengambil nilai-nilai keimanan, ketakwaan dan keikhlasan berkorban dilandasi semangat pantang menyerah," ujar Asep dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Selasa (23/10/2018).

Seperti kita ketahui bersama dari perjalanan sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerderkaan, pertempuran di Surabaya yang dikenal dengan Pertempuran 10 November 1945 diabadikan sebagai Hari Pahlawan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Monumental

Pertempuran tersebut merupakan peristiwa monumental yang dapat memberikan inspirasi, semangat juang sekaligus pembelajaran bagi generasi muda TNI AD dalam taktis, strategis dan historis militer.

Sementara itu, putera kedua Pahlawan Nasional Bung Tomo, HM. Bambang Sulistomo berharap generasi muda prajurit TNI dapat mewarisi nilai-nilai kejuangan dan patriotisme Bung Tomo.

"Kami berharap, prajurit muda TNI dapat meneladani semangat juang Bung Tomo dan pejuang Arek-arek Surabaya dalam menunaikan tugas dan pengabdian sebagai patriot bangsa dan garda terdepan dalam membela ideologi Pancasila serta kedaulatan dan Integritas NKRI," harapnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Jurus Kemenpar Tangkal Praktik Pemasaran 'Zero Dollar Tour'

Posted: 23 Oct 2018 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tudingan bahwa kunjungan wisatawan mancanegara asal China terkait dengan praktik pemasaran "zero dollar tour" merebak di Bali. Pemerintah pusat gerah. Begitu juga dengan pemerintah provinsi, legislatif, serta pelaku pariwisata di Pulau Dewata. 

Lantas apa sih yang dimaksud dengan praktik "zero dollar tour"? Rupanya, istilah ini merujuk dengan kedatangan turis China ke Bali yang membeli paket wisata melalui agen perjalanan wisata di negara mereka dengan harga sangat murah. 

Harga paketnya disinyalir hanya senilai biaya tiket perjalanan Denpasar-China. Sekilas, ini terlihat sangat menguntungkan wisatawan yang membeli paket. Tapi pada kenyataannya, selama di Bali, mereka diwajibkan mengikuti jadwal tur yang telah ditetapkan oleh agen wisata. 

Agen wisata kemudian menerapkan praktek monopoli. Wisatawan dibawa berbelanja di tempat-tempat yang telah ditentukan. 

Tempat berbelanja tersebut sudah terafiliasi dengan agen wisata yang menawarkan paket "zero dollar tour". Harga barang-barang yang ditawarkan jauh lebih tinggi dan dengan metode pembayaran non tunai. 

Hal ini menyebabkan wisatawan mengalami kerugian. Destinasi wisata dan negara yang dikunjungi juga sama menderitanya. Di paket ini, semua tak ada yang dapat untung. Semua gigit jari lantaran semua transaksi terhubung secara non tunai menggunakan aplikasi dari China. 

Kemenpar sebagai otoritas tertinggi yang mengatur pariwisata tak tinggal diam. Semua lini langsung action. 

"Tanggal 25 Oktober 2018 nanti akan ada FGD, yang menghadirkan industri Pariwisata Bali, ASITA, Pemda Bali dan Kemenpar, untuk menemukan solusi cepat dan efektif mengatasi problem ini. Kam harus memberikan service yang terbaik buat wisman yang sudah ke Bali. Ini untuk masa depan Bali, menjaga komitmen Bali sebagai destinasi wisata terbaik dunia," ujar Tenaga Ahli Menteri Bidang Pemasaran dan Kerjasama Pariwisata Kementerian Pariwisata (Kemenpar) I Gde Pitana di Jakarta, Selasa (23/10). 

Skenario yang disiapkan ada tiga. Pertama pemberlakuan batas bawah. Langkahi ni dinilai akan membuat industri di Bali survive dan tidak terperangkap pada persaingan harga murah. 

Yang kedua adalah pelarangan sistem kartel.

"Caranya dengan melakukan pembatasan kunjungan ke kartel toko yang dimiliki warga negara originasi dalam hal itu toko dengan kepemilikan warga China," ujarnya. 

Lalu yang ketiga, Kementerian Pariwisata kedua negara (Indonesia-Tiongkok) sepakat untuk melakukan seleksi terhadap travel agent/travel operator (Ta/To). Semua Ta/To harus teregistrasi dengan baik di kedua negara. 

"Tujuannya, supaya tidak ada image buruk bagi kedua belah pihak. Misalnya, negara tujuan dianggap tidak menarik, sehingga wisman originasi memiliki image negatif di suatu negara," ujar Pitana. 

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga seirama. Menjaga citra kepariwisataan Bali, menurutnya, adalah harga mati yang tak boleh ditawar lagi. 

"Paket murah itu akan diselesaikan dengan cara B to B. ASITA Bali akan dipertemukan dengan industri dari Tiongkok. Fasilitatornya Gubernur Bali. Itu action terdekat yang akan dilakukan," ucap Menteri Pariwisata Arief Yahya. 

Yang paling efektif adalah memperkuat kerjasama antara ASITA, Association of The Indonesian Tour and Travel Agencies kita dengan CNTA, China National Tourism Association, dengan membuat "White List Tour Agencies – Tour Operators." Membuat daftar atau meregistrasi Ta-To, yang direkomendasi oleh kedua belah pihak, sehingga mudah mengontrolnya ketika ada keluhan. 

"White List itu daftar Ta To yang baik, lawannya Black List daftar Ta To yang nakal. Nanti akan muncul daftar tour operator dan tour travel yang legal, terdaftar dan diakui oleh masing-masing asosiasinya. Karena, sekali lagi ini adalah kerjasama B to B," tambahnya. 

Tenaga Ahli Menteri Bidang Pemasaran dan Kerjasama Pariwisata Kementerian Pariwisata (Kemenpar) I Gde Pitana Prof Pitana bahkan sudah menghubungi Konjen China di Bali. Hasilnya? Konjen China menyambut gembira untuk melakukan pengawasan bersama, antara pemerintah China dan Indonesia.

"Itu lantaran kedua belah pihak ikut dirugikan oleh praktik yang merusak nama baik dan reputasi kedua negara. Thailand juga pernah mengalami hal yang sama, karena itu saya sudah menugaskan untuk benchmark dengan Thailand. Apa yang dilakukan oleh pemerintah Thailand dalam menangani case "Zero Dollar Tour" ini? Menertibkan tata niaga industri tour and travel, tanpa harus merusak kerjasama yang sudah berlangsung," papar Arief Yahya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bagi Konsumen Apartemen, Jarak ke Public Transport Sangat Penting

Posted: 23 Oct 2018 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta – Semakin menipisnya lahan hunian yang dekat dengan pusat kota membuat suplai hunian bergeser ke wilayah perbatasan. Bagi pencari hunian, lokasi boleh jauh dari pusat aktivitas, asalkan transportasi umum tetap mudah diakses.

Survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H2-2018 menunjukkan bahwa 87% responden menganggap kedekatan hunian dengan sarana transportasi umum, baik itu halte bus, stasiun kereta api, dan lainnya, adalah hal yang penting.

Dari 1.000 responden yang berpartisipasi dalam survei, sebanyak 61% menegaskan bahwa jarak rumah ke sarana transportasi umum 'Sangat Penting' dalam pertimbangan mencari hunian, sementara 26% menegaskan 'Penting'.

Sementara itu, batas toleransi jarak dari hunian ke sarana transportasi umum adalah di bawah 1km. Pada jarak ini, sebanyak 51% menganggapnya dekat/sedang.

Saat ditanya seputar lokasi, sebanyak 69% responden menyertakan kedekatan dengan kantor sebagai salah satu pertimbangannya. Pertimbangan lain adalah jarak dengan sekolah anak-anak, yakni sebesar 47%.

(Eits, jangan coba-coba beli rumah di pinggir kota tanpa menyimak ulasan wilayahnya di Area Insider Rumah.com!)

Senada dengan hasil survei, rupanya konsumen properti dewasa ini cukup concern saat mempertimbangkan pemilihan hunian utamanya apartemen.

Kondisi ini setidaknya bisa dibuktikan dari hasil penjualan Kebayoran Apartemen, yang terpantau cukup bagus sejak dipasarkan dua tahun lalu. Apartemen tersebut hanya berjarak satu kilometer dari Halte Busway Cipulir, sehingga penghuni bisa mengakses pusat kota dalam waktu singkat.

Kepada Rumah.com, Direktur Utama PT Kebayoran Parama Propertindo, Susanto Kiswandono mengatakan, "Saat ini unit di tower pertama sudah terjual 75% dari total 341 unit. Sisanya (94 unit) kami harapkan sold out  di kuartal satu tahun 2019."

Simak juga: Biaya-Biaya Yang Harus Disiapkan Jika Beli Apartemen

Kebayoran Apartemen dipasarkan dengan harga mulai Rp500 juta sampai Rp1 miliar. Dari penjualan yang sudah ada, pihaknya mengklaim bahwa 100% pembeli berasal dari kalangan end user. 

"Jika biasanya apartemen kebanyakan dibeli oleh investor, di proyek kami tidak demikian. Penyebanya adalah karena lokasi dan pangsa pasar di sekitar Kebayoran Apartemen, yang didominasi pusat perdagangan dan sekolah. Tak heran 60% konsumen kami masih berusia di bawah 40 tahun sehingga bisa disebut keluarga muda," katanya saat acara topping off.

Susanto mengungkapkan, penyebab cukup bagusnya penjualan proyeknya juga lantaran masih sedikitnya kompetitor di koridor Kebayoran – Cipulir. Kalaupun ada, harga pesaingnya jauh lebih tinggi.

"Harga yang lain tidak apple-to-apple. Mereka rata-rata membanderol Rp25 juta per m2. Dan lagi, potensi kenaikan harga Kebayoran Apartemen masih cukup baik, sekitar Rp3 juta per m2 dalam kurun waktu kurang dari dua tahun," tukasnya.

Simak Review Properti untuk mengetahui ulasan mendalam tentang apartemen incaran Anda

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cetak Dua Gol, Striker AS Roma Lebih Tajam Main Malam?

Posted: 23 Oct 2018 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Roma - AS Roma sukses memetik kemenangan atas CSKA Moscow dalam laga lanjutan Grup G Liga Champions, Selasa (23/10/2018) atau Rabu dinihari WIB. Bermain di markas kebanggaannya, Stadio Olimpico, Giallorossi menang dengan skor telak 3-0.

Edin Dzeko memegang peranan penting dengan dua golnya yang semuanya dicetak pada babak pertama. Sedangkan satu gol Giallorossi lainnya diciptakan oleh Cengiz Under kala babak kedua berjalan lima menit.

Kala menghadapi SPAL di Serie A akhir pekan kemarin, yang digelar pada sore hari waktu setempat, Edin Dzeko gagal mencetak satu gol pun. Hal itu menjadi salah satu alasan kekalahan AS Roma dengan skor 0-2.

Dan setelah menyaksikan performa sang striker di laga ini, pelatih AS Roma, Eusebio Di Francesco jadi memiliki kesimpulan yang liar. Ia berteori bahwa eks penggawa Manchester City tersebut sebenarnya suka bermain di malam hari.

"Bila Dzeko mencetak gol melawan SPAL, saya pastinya akan lebih senang! Saya tahu kami tidak suka memainkan bola panjang, tetapi suatu waktu itu dibutuhkan untuk melepas tekanan," ujar Di Francesco kepada Sky Sport Italia usai laga.

"Dia juga sangat berharga dalam membantu rekan setimnya maju dan menahan bola. Saya merasa dia lebih menikmati bermain di malam hari ketimbang sore," katanya menambahkan.

 

Layak Dapat Pujian

10. Edin Dzeko - Aktor dibalik kesuksesan Manchester City meraih gelar Premier League usai puasa gelar yang begitu panjang. Kepindahannya ke AS Roma berimbas kepada meningkatnya penampilan Roma di kancah eropa. (AFP/Isabella Monotto)

Soal pertandingan secara keseluruhan, Di Francesco sendiri menganggap timnya memang pantas mendapatkan pujian. Walaupun serangan balik dari CSKA Moscow sempat membuatnya merasa khawatir beberapa kali.

"Kami bermain bagus hari ini, meskipun ada beberapa momen kekhawatiran dengan serangan balik CSKA yang berbahaya. Tetapi kami berhasil memanfaatkan banyak peluang kami kali ini," ujarnya.

Sebagai catatan, AS Roma telah kebobolan 12 gol dari sembilan penampilannya di Serie A musim ini. Torehan itu membuat mereka terpaksa menghuni peringkat tujuh klasemen sementara dengan koleksi 14 poin.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Komitmen Bawaslu Manado Kawal Pemilu Damai 2019

Posted: 23 Oct 2018 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Manado - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Manado menyampaikan lima hal penting kepada masyarakat yang merupakan komitmen bersama dalam mengawal demokrasi yang praktis di daerah.

"Lima poin penting tersebut disepakati dalam kampanye damai, di Pemkot Manado dalam pelantikan Bankom garda sakti Manado," ujar Komisioner Bawaslu Manado Taufik Bilfaqih, seperti dilansir Antara, Rabu (24/10/2018).

Ia mengatakan, kelima hal penting kampanye damai Pemilu tersebut adalah menolak politik uang, melawan hoaks, dan ujaran kebencian.

Kemudian, kata Taufik, mengajak seluruh elemen untuk menciptakan Pemilu bersih dan damai, menjaga keamanan secara kolektif, serta intensitas komunikasi antarlembaga dalam pengawasan Pemilu 2019.

"Dengan semua hal itu, pihaknya berharap akan makin mendorong masyarakat untuk menyadari pentingnya menyukseskan dan mengawal pelaksanaan demokrasi di Manado," ucapnya.

Selain menyampaikan hal tersebut kepada masyarakat, lanjut Taufik, pihaknya tetap melakukan koordinasi dengan Panwascam untuk memastikan pengawasan Pemilu di tingkat terbawah lancar.

"Terutama untuk memastikan pengawasan berjalan baik dan semua masih terkendali," tegas Taufik.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa Magnitudo 3,3 Goyang Palu, Warga Panik Berhamburan

Posted: 23 Oct 2018 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gempa dengan magnitudo 3,3 mengejutkan warga Kota Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (24/10/2018). Padahal, warga baru saja mulai kembali ke rumah mereka dari sejumlah lokasi pengungsian.

Gempa bumi yang terjadi pada pukul 09.42 WITA itu sempat mengusik ketenangan warga Kota Palu yang selama beberapa hari terakhir ini mulai bangkit. Meski gempa berkekuatan kecil, namun getarannya terasa cukup keras sehingga membuat warga, termasuk para siswa di sejumlah sekolah terpaksa berhamburan keluar tenda.

Seperti yang terlihat di SD VI Inti Lolu yang terletak di bilangan jalan RA Kartini Palu Timur, siswa dan guru keluar karena masih trauma dengan gempa magnitudo 7,4 pada 28 September 2018 yang memporak-porandakan bangunan dan perekonomian masyarakat dan menelan korban jiwa ribuan orang.

Dikutip dari Antara, suasana sama juga terlihat di SD II Lolu berdekatan dengan SD VI tersebut. Guru dan siswa juga berhamburan keluar saat gempa.

Bahkan, pihak sekolah langsung menginstruksikan siswa untuk pulang lebih awal ke rumah. Hingga kini siswa-siswa di Palu dan Kabupaten Sigi masih belajar di tenda-tenda bantuan dari pemerintah Indonesia dan juga Unicef salah satu bidang di Perseritakan Bangsa Bangsa (PBB).

 

Aktifitas Sesar Palu Koro

Data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan lokasi pusat gempa berada di Teluk Palu, 11 km arah utara Palu pada koordinat 0,80 LS - 119,86 BT dengan kedalaman 5 km. Ditinjau dari lokasi episentrum dan kedalaman sumber gempa, penyebab lindu diperkirakan akibat aktifitas sesar Palu Koro.

Getaran gempabumi diperkirakan dirasakan pada skala III-IV MMI di Palu, dan daerah disekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempabumi.

Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh orang banyak tetapi tidak menimbulkan kerusakan, benda-benda ringan yang digantung bergoyang, jendela kaca bergetar, kata Cahyo Nugroho, Kepala Stasiun Geofisika Klas I Palu.

Berdasarkan informasi masyarakat yang diterima di BMKG, getaran gempabumi dirasakan lemah-sedang (II SIG BMKG / III-IV MMI) di Palu.

Terkait dengan peristiwa gempa bumi tersebut, masyarakat disekitar lokasi sumber gempabumi diimbau tetap tenang mengingat gempa bumi yang terjadi berkekuatan relatif kecil dan tidak berdampak merusak.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Potret Toilet dengan Desain Nyeleneh, Bikin Gagal Paham

Posted: 23 Oct 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Toilet memang menjadi tempat penting ketika tubuh kita secara alami terdorong untuk mengeluarkan zat sisa.

Pada umumnya toilet dibuat secara efektif dan sederhana, dengan menyediakan air serta kloset saja. Namun, sejumlah toilet di Indonesia ini bikin kita gagal paham.

Selain ditambahkan dekorasi konyol, toilet berikut ini juga ditambahkan sejumlah hal yang bikin kita bingung dengan fungsinya.

Artikel tentang potret kreatif orang Indonesia bikin toilet antimainstream menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua terpopuler, yakni tentang ruwetnya penampakan jalan raya di Tiongkok. Sedangkan artikel tentang guru cantik penyemangat belajar siswa SMP di Bali menempati ketiga terpopuler.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Orang Indonesia Itu Kelewat Kreatif, 6 Foto Toilet Ini Buktinya

Doc: Brilio.net

Tidak jarang, kita menemukan keanehan di toilet yang akan kita pakai. Nah, biasanya hal-hal unik dan aneh tersebut tak lepas dari kreativitas si pemilik toilet.

Berikut beberapa foto yang menunjukkan kalau orang Indonesia itu memang kreatif. Dilansir dari beberapa sumber, ini dia.

Selengkapnya..

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

2. Ruwet, Penampakan Jalan Raya di Tiongkok Bikin Pusing Warganet

Salah satu jalan raya yang serupa dengan lintasan rollercoaster ini terletak di Tiongkok.

Negara Tiongkok memang terkenal dengan banyaknya jalan pintas yang seringkali membingungkan.

Namun, jalan persimpangan Qianchun di provinsi pegunungan Guizhou adalah satu-satunya jalan raya yang benar-benar terlihat seperti lintasan rollercoaster raksasa untuk mobil dan truk.

Selengkapnya..

3. Kenalkan Karin, Guru Cantik Penyemangat Belajar Siswa SMP di Bali

(Foto: @kariinn90/ Instagram) seorang guru cantik asal Bali jadi viral di jejaring sosial.

Hingga kini seorang guru cantik asal Bali menjadi perbincangan hangat di media sosial. Tidak hanya parasnya yang cantik, guru ini juga sangat keibuan saat mengajar siswanya.

Ini dia, Karin, guru Bahasa Indonesia asal SMP PGRI 3 Denpasar. Melihat sosok cantik ini dijamin tidak akan ada murid yang bandel atau bolos kelas lagi. Malahan banyak warganet juga ikut-ikutan ingin minta diajar sama Karin.

Selengkapnya..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penuh Warna dan Keceriaan, Beginilah Peluncuran Happyone.id oleh Asuransi Astra

Posted: 23 Oct 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebagai upaya meningkatkan kepuasan pelanggan dan layanan yang inovatif sesuai kebutuhan generasi masa kini, Asuransi Astra meluncurkan produk digital terbarunya bernama happyone.id. Peluncuran resmi dilakukan oleh CEO Asuransi Astra, Rudy Chen bersama Direktur Astra International Suparno Djasmin bertempat Thamrin Nine Ballroom, Jakarta Pusat, Rabu (17/10).

Menyasar kalangan milenial yang merupakan populasi terbesar di Indonesia saat ini, peluncuran happyone.id dikemas dengan penuh warna-warni dan keceriaan. Para tamu undangan mulai dari industri asuransi, otomotif, awak media hingga para blogger yang hadir disuguhi beragam booth dan spot-spot instagrammable yang penuh warna dan keceriaan. Mereka pun aktif mengeluarkan kamera dan berpose berbagai gaya untuk kemudian di upload di sosial media.

Peluncuran happyone.id dikemas dengan penuh warna-warni dan keceriaan.Peluncuran happyone.id dikemas dengan penuh warna-warni dan keceriaan.Peluncuran happyone.id dikemas dengan penuh warna-warni dan keceriaan.

Begitu acara dimulai, mereka langsung disuguhi pertunjukkan musik dan dance yang sangat berwarna dan energik, membuat siapapun yang melihat dan mendengarnya menjadi bersemangat.

Peluncuran happyone.id dikemas dengan penuh warna-warni dan keceriaan.CEO Asuransi Astra, Rudy Chen (Kanan) bersama Direktur Astra International Suparno Djasmin (Kiri) saat peluncuran happyOne.id

Sesuai dengan tagline-nya yaitu "My all-in-one insurance", saat ini happyone.id memiliki beberapa produk asuransi yang mampu memenuhi kebutuhan perlindungan masyarakat yang pembeliannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Sejalan dengan digital journey Asuransi Astra, happpyone.id dapat diakses secara fleksibel, kapan pun, dimana pun melalui website yang hanya membutuhkan satu id atau one id untuk akses semua produk, mulai dari pembelian hingga cek status dan riwayat polis.

"Kita memilih nama happy dan warna-warni karena kita ingin menggaet segmen baru yakni anak-anak muda, milenial yang sangat getol dengan digital. Kita juga ingin semua orang yang membeli produk kita menjadi benar-benar Happyone. Karena dengan membeli produk kita semua kebutuhan dia tercukupi. Dengan OneID ini, customer dapat melakukan transaksi pembelian polis dengan lebih mudah hingga melihat status riwayat polis yang dimiliki," kata Rudy Chen.

CEO Asuransi Astra, Rudy Chen.

Adapun keempat produk yang ada dalam happyone.id adalah HappyMe, perlindungan bagi diri atas risiko kecelakaan diri dengan manfaat utama berupa santunan meninggal atau cacat tetap karena kecelakaan yang nilai preminya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

HappyEdu, perlindungan pendidikan bagi anak apabila tertanggung utama, dalam hal ini orang tua meninggal dunia karena kecelakaan, sama seperti HappyMe, nilai premi HappyEdu dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

HappyHome, perlindungan rumah dan risiko kebakaran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, perlindungan terhadap kebakaran juga bisa ditambah dengan perlindungan terhadap kerusuhan atau santunan atas pembelian perabot kembali akibat kebakaran.

Dan, HappyTrip, asuransi perjalanan baik untuk wilayah domestik maupun internasional, perjalanan jadi lebih tenang karena risiko gangguan transportasi hingga kerusakan maupun kehilangan bagasi, semua ditanggung HappyTrip.

Tak hanya sederhana, mudah, dan cepat dengan happyoneid, kini pelanggan dapat memiliki perlindungan mulai Rp399 ribu, tidak perlu khawatir dengan perlindungan diri, rumah jadi semakin nyaman, liburan makin tenang. Harga perlindungan yang terjangkau ini bisa didapatkan mulai hari ini.

Konferensi Pers Peluncuran happyOne.id

Menurut, Rudy Chen, happyone.id merupakan wujud dari komitmen Asuransi Astra untuk senantiasa cepat beradaptasi, menyesuaikan diri dengan kebutuhan terkini pelanggan melalui berbagai pengembangan baik produk maupun layanan.

"Setiap sebelum merumuskan inovasi terbaru, kami selalu mempelajari kebutuhan pelanggan dengan sangat detail, karena kami ingin inovasi yang kami luncurkan bukan hanya sebatas mengikuti perkembangan zaman, tapi benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan ekspetasi pelanggan," ujarnya.

Kehadiran happyone.id, sekaligus melengkapi platform digital yang lebih dahulu dikembangkan oleh Asuransi Astra. Sebelumnya Asuransi Astra telah memperkenalkan Garda Mobile Otocare, Garda Mobile Medcare hingga Virtual Assistant untuk pembelian asuransi kendaraaan lengkap pertama, Garxia.

"Inovasi tak pernah berhenti di Asuransi Astra dan terus dilakukan. Pada hari (Rabu) ini sebagai wujud komitmen Asuransi Astra untuk terus berinovasi akan melanjutkan perjalanan digitalisasinya dengan rasa aman dan tentram pada seluruh pelanggan. Selamat untuk asuransi astra, semoga dapat terus menjadi perusahaan yang terdepan dalam inovasi industri asuransi," kata Direktur Astra International Suparno Djasmin.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Honda PCX dan Vario Jadi Skutik Andalan di Ibu Kota

Posted: 23 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tak dapat dimungkiri penjualan skuter matik atau skutik di Tanah Air lebih dari 50 persen sepeda motor di Indonesia, penjualan paling terbanyak dihuni skuter matik atau skutik.

Bahkan, di kota-kota besar, tak terkecuali di Ibu Kota Jakarta, skutik jadi jenis sepeda motor paling laris.

Menurut Head of Marketing PT Wahana Makmur Sejati (WMS) - Main dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang - Ario, skutik jadi pilihan sarana transportasi yang banyak digemari masyarakat Jakarta dan Tangerang. 

"Matik memang menjadi pilihan masyarakat Jakarta Tangerang untuk mendukung gaya hidup dengan tingkat mobilitas yang tinggi. Simpel, berkualitas, dan didukung layanan after sales terbaik jadi alasan pilihan konsumen," ungkap Ario dalam pesan tertulis, Selasa (23/10/2018).

Skutik Honda yang kini ikut naik daun, yaitu PCX dan Vario series. Untuk PCX baik tipe CBS dan ABS, berhasil membukukan penjualan hingga 19.600 unit di sepanjang 2018. Sedangkan untuk  penjualan Honda Vario series terjual hingga 149.700 unit. 

Ario mengklaim, angka penjualan di atas sekaligus membuktikan produk skutik premium Honda dapat diterima sangat baik oleh konsumen di Jakarta dan Tangerang.

 

Selanjutnya

Honda PCX sendiri hadir dalam empat pilihan warna, yaitu Glamour Gold, Wonderful White, Brilliant Black, dan Majestic Matte Red.

Keempat varian warna tersebut memiliki pilihan tipe CBS maupun ABS dan dijual dengan harga Rp 27,85 juta untuk tipe CBS dan Rp 30,85 juta tipe ABS. Semua harga ini berstatus on the road Jakarta.

Sementara untuk Honda Vario sendiri pada dasarnya memiliki beberapa pilihan yaitu 125 dan 150. Selain kapasitas mesin, fitur yang ada juga turut berbeda.

Honda Vario 125 ditawarkan dengan harga yang kompetitif dengan lima pilihan warna yaitu Advance Blackdan Advance White Blue untuk tipe varian CBS dengan harga Rp 18,33 juta, lalu tipe CBS ISS hadir dengan tiga pilihan warna yakni Advance Black, Advance White Red dan Advance Red berbanderol Rp 19,13 juta.

Dan Model Vario 150 memiliki empat pilihan warna, yaitu warna Exclusive Matte Black, Exclusive Matte Red, Exclusive Matte Silver dan Exclusive White. Skutik ini dipasarkan seharga Rp 22,65 juta. Semua harga ini on the road Jakarta.

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Tahun Jokowi-JK, Dana Desa Buat Apa Saja?

Posted: 23 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Prsiden Jusuf Kalla (JK) atau Jokowi-JK selama empat tahun kepemimpinannya telah menganggarkan dana desa lebih dari Rp 180 triliun.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia, Eko Putro Sandjojo, mengatakan dana desa itu mulai membuahkan hasil dimana kesejahteraan masyarakat di desa meningkat.

"Buktinya dari data BPS angka kemiskinan di desa itu terus menurun setiap tahunnya, bahkan penurunan angka kemiskinan di 2017 1,2 juta orang dan angka ini lebih tinggi dibandingkan penurunan di kota," kata Eko di Gedung Kementerian Sekretariat Negara, Rabu (24/10/2018).

Peningkatan kesejahteraan ini tidak terlepas dari alokasi dana desa untuk pembangunan infrastruktur dan pemenuhan kebutuhan dasar di setiap desa.

Dalam empat tahun, setidaknya sudah terbangun 158.619 km jalan desa, 1.028.225 meter jembatan, 7.421 unit pasar desa, 35.145 BUM Desa, 4.711 unit tambatan perahu, 3.026 embung, 39.656 unit irigasi dan 11.399 unit sarana olahraga di desa.

Sementara untuk menjamin kebutuhan dasar, juga telah dibangun penahan tanah 179.625 unit, fasilitas air bersih 942.927 unit, MCK 178.034 unit, Polindes 8.028 unit, drainase 39.920.120 meter, Paud 48.694 unit, Posyandu 18.477 unit dan sumur sebanyak 37.662 unit.

Pencapaian ini tidak terlepas dari pendampingan yang dilakukan pemerintah pusat kepada para kepala desa dalam mengalokasikan dana desa tersebut.

"Memang saat awal ada anggaran ini penyerapan rendah hanya 82 persen, tapi setelah ada pendampingan jadi lebih baik menjadi 97 persen di 2016 dan 98 persen di 2017. Tahun ini kita harapkan menjadi 99 persen," ujar Eko. (Yas)

 

 

Jokowi: Dana Desa Rp 187 Triliun Bukan Hanya untuk Infrastruktur

Jokowi Tinjau Pemanfaatan Dana Desa di Sleman (Foto: Biro Pers)

Sebelumnya, dana desa yang sudah digelontorkan pemerintah dalam 4 tahun terakhir bukan hanya untuk membangun infrastruktur, tapi juga untuk membangun sumber daya manusia, membangun lingkungan kasih sayang di perdesaan-perdesaan.

"Kemarin tiga tahun kita konsentrasi fokus membangun infrastruktur, tapi ke depan penting bagi kita untuk membangun sumber daya manusia, menyiapkan anak-anak, kesehatan, pengembangan ekonomi rakyat, termasuk Bumdes (Badan Usaha Milik Desa)," kata Presiden Joko Widodo Jokowi seperti dikutip dari Setkab.go.id, Senin 8 Oktober 2018.

Dikutip dari data yang disampaikan Menko PMK Puan Maharani, Jokowi mengemukakan, pada 2015 anggaran Dana Desa sebesar Rp 20 triliun, tahun 2016 menjadi Rp 47 triliun, tahun 2017 naik jadi Rp 60 triliun, dan tahun 2018 ini sebesar Rp 60 triliun. Sementara tahun depan dianggarkan Rp 73 triliun.

"Uang segede itu, artinya total sampai sekarang saja sudah Rp 187 triliun, sampai akhir tahun ini. Hati-hati mengelola dana sebesar ini, Rp 187 triliun, belum lagi ditambah tahun depan Rp 73 triliun," tutur Jokowi.

Jokowi mengingatkan, dana yang besar seperti ini harus tepat sasaran. Oleh sebab itu, ada yang namanya pendamping desa. "Ini yang penting sekali peranannya," ujarnya.

Jokowi menegaskan, munculnya angka Rp 187 triliun itu harus betul-betul memberikan manfaat bagi rakyat desa, bagi masyarakat desa. Ia mengajak semua pihak terkait untuk membuat bagaimana agar Dana Desa ini betul-betul bermanfaat.

"Artinya apa? Pembangunan desa tidak boleh setengah-setengah. Tidak boleh nanggung-nanggung, tidak boleh basa-basi. Ini harus betul-betul bermanfaat bagi masyarakat," tegasnya.

Menurutnya, perlu mengingatkan, terutama kepada para pendamping dan pengguna anggaran agar pembelian barang-barang itu pembeliannya di desa dan sekitarnya. Mungkin bisa di desa, kalau enggak bisa di kota/kecamatan.

"Jangan sampai uang yang sudah masuk desa itu dibelikan ke kota. Hati-hati," tuturnya seraya menyampaikan harapannya agar Dana Desa sebesar Rp 187 triliun, yang nanti masih akan ditambah lagi Rp 73 triliun itu, mutarnya di desa terus.

Jokowi pun memberikan beberapa contoh, misalnya untuk membangun irigasi, membangun jalan, agar batunya dibeli dari desa, atau bisa dengan menggerakkan masyarakat untuk cari batu di sungai.

"Pasir beli dari desa itu, atau kalau enggak dari desa itu paling tidak di lingkup kecamatan. Semen, meski di kota kita beli bisa Rp 2.000-Rp 3.000 lebih murah. Tetap belilah di desa, mahal dikit enggak papa, tapi uangnya beredar di desa," ucapnya.

Dengan demikian, lanjutnya, manfaat pembangunan desa ini betul-betul dirasakan oleh masyarakat desa, bisa mengurangi kemiskinan di desa, bisa mengurangi kesenjangan di desa dan kota. Dan yang paling penting juga membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Untuk informasi, dalam kesempatan itu, tampak hadir Menko PMK Puan Maharani, Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal Eko Putro Sandjojo, Seskab Pramono Anung, Bupati Deli Serdang, pendamping desa profesional provinsi Sumatera Utara, pendamping inovasi desa, kader Posyandu, dan kader Paud.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demo 150 Ribu Buruh Tuntut Kenaikan Gaji Lumpuhkan Melbourne

Posted: 23 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Melbourne - Sedikitnya 150 ribu massa dari berbagai elemen Serikat Buruh turun jalan-jalan di pusat kota Melbourne, Australia hari Selasa 23 Oktober 2018, menuntut kenaikan gaji. Demo sebesar ini belum pernah terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

Aksi demo secara serentak juga berlangsung di kota-kota besar dan kota pedalaman se-Australia, mengusung satu tema, Change the Rules, yang digagas Australian Council of Trade Unions (ACTU).

Di Melbourne, aksi dimulai dari gedung Trades Hall yang bersejarah, dan bergerak melintasi pusat kota di sepanjang Jalan Swanston Street menuju stasiun utama Flinders Street Station.

Sejumlah ruas jalan ditutup, dan layanan trem di Swanston Street juga terhenti.

Menurut Asisten Ketua Serikat Buruh Konstruksi, Kehutanan, Pertambangan dan Energi (CFMEU) Sean Reardon, sistem hubungan perindustrian di Australia saat ini sudah rusak.

"Jika tidak rusak, kami tidak akan melakukan pawai hari ini," katanya, seperti dikutip dari ABC Indonesia, Rabu (23/10/2018).

Menurut dia, pendulum sistem hubungan kerja ini berayun terlalu jauh ke arah yang menguntungkan para majikan.

"Kita tidak mengalami kenaikan gaji dalam sebagian besar industri yang ada," jelasnya.

Ketua ACTU Sally McManus menegaskan pertumbuhan gaji yang stagnan tidak sejalan dengan meningkatnya biaya hidup sehari-hari.

McManus mengatakan sekitar 28 ribu buruh kini jadi tunawisma padahal mereka bekerja full time.

"Gaji minimum di negara kita ini hanya sekitar 37 ribu dolar pertahun (sekitar Rp 370 juta)," katanya.

"Ini jauh dari cukup untuk menopang diri sendiri, apalagi menopang istri dan anak-anak," ujar McManus.

"Gaji ini tak mencukupi di kota-kota kecil, tak mencukupi di kota-kota besar," tambah tokoh Serikat Buruh ini.

Menteri Utama (Premier) negara bagian Victoria, Daniel Andrews, tampak ikut turun ke jalan. Menurut dia, rakyat yang hadir dalam aksi ini berasal dari keluarga biasa yang menginginkan kondisi lebih baik.

"Mereka berhak mendapatkan hal itu, sehingga dapat memberikan yang terbaik bagi anak-anaknya," kata politisi Partai Buruh Australia ini.

Dikatakan, terjadi ketidakseimbangan antara keuntungan perusahaan dan kenaikan gaji pegawai, terutama di sektor swasta.

Seorang peserta demo bernama Zaina mengaku bekerja di sektor pendidikan dan khawatir dengan gaji yang stagnan.

"Biaya hidup kian meningkat dan gaji tidak naik. Kita perlu berjuang untuk hal itu," katanya kepada ABC.

 

Simak video pilihan berikut:

Menteri: Lanskap Industri yang Suram di Australia

Bendera Australia (iStockphoto via Google Images)

Menteri Tenaga Kerja dan Hubungan Industrial Australia, Kelly O'Dwyer, dalam artikelnya di salah satu media menilai aksi demo buruh menggambarkan lanskap hubungan industrial yang suram di masa depan.

Politisi Partai Liberal ini mengatakan lanskap suram itulah yang akan dialami Australia jika terjadi pergantian pemerintahan pada Pemilu Australia tahun depan.

Australia saat ini diperintah oleh Koalisi Partai Liberal dan Nasional pimpinan PM Scott Morrison. Namun di Victoria dikuasai oleh Pemerintahan Partai Buruh pimpinan Daniel Andrews.

Menteri O'Dwyer secara retorik menanyakan "Apa yang diinginkan" para demonstran ini.

"Mereka menginginkan tidak adanya aturan, tidak adanya pengatur dan tidak adanya pengawasan terhadap mereka," katanya.

"ACTU menginginkan kembalinya hari gelap militansi Serikat Buruh," ujar Menteri O'Dwyer.

"Mereka menginginkan perpecahan dan gangguan di tempat kerja, menginginkan kemampuan melanggar UU industri yang tidak mereka sukai," tambahnya.

Asosiasi pengusaha Australian Industry Group mengatakan aksi demo ini mengganggu bisnis dan menyerukan semua parpol menolak "kampanye ACTU yang mementingkan diri sendiri".

"Unjukrasa ini bertujuan meyakinkan Partai Buruh agar berkomitmen melakukan perubahan besar terhadap Undang-Undang Fair Work jika mereka menang Pemilu, agar memberikan kewenangan lebih besar kepada Serikat Buruh," ujar CEO Innes Willox.

"Para pemuka Serikat Buruh menganggap tak ada masalah melanggar hukum yang tak mereka sukai," katanya.

"Mengingat sikap seperti ini, sangatlah berbahaya memberikan kewenangan lebih besar bidang ekonomi kepada serikat buruh," tambahnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selawat Berkumandang, Garut Kembali Sejuk Usai Insiden Pembakaran Bendera HTI

Posted: 23 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Garut - Aparat Polres Garut, mengajak ratusan pelajar SMP dan SMA yang tergabung dalam Patroli Keamanan Sekolah (PKS) berselawat bersama. Hal ini menyusul insiden pembakaran bendera HTI kemaren. Harapannya, ketegangan yang sempat hadir di Garut kembali mencair.

"Siswa SMP dan SMA juga bisa berkontribusi dengan sama-sama mendoakan Garut yang aman dan kondusif," ujar Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna, Selasa 23 Oktober 2018.

Menggunakan lapangan utama Mapolres Garut, di bilangan Jalan Sudirman, Garut, puluhan anggota brimob dengan sikap duduk sempurna berbaur bersama dengan ratusan pelajar yang telah lebih dahulu memasuki area lapangan.

Sambil memejamkan mata, mereka nampak khusuk berselawat, dan membaca asmaul husna untuk keselamatan bangsa dan negara Indonesia.

Meskipun awan mendung memayungi mereka, namun kolaborasi pelajar dan aparat kemanan negara itu, terlihat padu dan serasi mengamini doa, saat Kapolres dan beberapa perwira di bawahnya ikut bersama memanjatkan doa bersama.

Menurut Budi, menjelang datangnya momen politik nasional Pilpres dan Pileg tahun depan, ia meminta masyarakat Garut terutama pelajar menjaga keamanan dan ketentraman di wilayahnya masing-masing.

Sehingga kondisi kondusif yang telah terjaga selama ini, bisa dibawa ke lingkungan sekolahnya masing-masing. "Nanti kita laksanakan lagi di lain waktu," kata dia di hadapan seluruh pelajar.

Tidak hanya berselawat dan doa bersama, kondisi itu dimanfaatkan perwira melati dua polda Jabar itu untuk mensosialisasikan keselamatan berlalu lintas di kalangan pelajar.

"Siapa yang sudah berusia 18 tahun," tanya dia, yang dijawab sejurus kemudian oleh satu pelajar laki-laki. "Batas membawa kendaraan itu kan 17 tahun, makanya kami ajak mereka sadar keselamatan berlalu lintas," ujarnya.

Dengan pemahaman itu, para pelajar yang merupakan perwakilan dari tiap sekolah SMP dan SMA di Garut itu, diharapkan mereka mampu memberikan tauladan yang baik, termasuk menjadi duta tertib lalu lintas polres Garut di antara pelajar. "Jangan hanya di sini, tapi tertib lalu lintas ini harus diterapkan di sekolah ya," pinta dia.

Bukan hanya itu, meningkatnya kesadaran berlalu lintas, lembaganya berharap angka kecelakaan di tingkat pelajar bisa menurun. "Pelajar kan masih labil. Jadi masih berbahaya kalau membawa kendaraan di bawah 17 tahun," ucapnya.

Budi menambahkan, kegiatan sosialisasi ini tidak hanya dilaksanakan di Mapolres, namun lembaganya rutin mendatangi sekolah untuk melakukan penyuluhan dan pembinaan para siswa, terutama pentingnya kesadaran berlalu lintas.

Acara kemudian ditutup dengan silaturahmi antara pelajar dan perwira Polres Garut serta foto bersama antara polisi dan pelajar.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Timnas Indonesia U-19 Vs UEA: Tugas Berat Garuda Nusantara

Posted: 23 Oct 2018 09:00 PM PDT

Jakarta - Posisi Timnas Indonesia U-19 di tabel klasemen sementara Grup A Piala AFC 2018 tak dalam posisi menguntungkan. Pasukan Indra Sjafri itu bertengger di peringkat ketiga dengan raihan tiga poin.

Egy Maulana Vikri dkk kalah head to head dari Qatar yang mengoleksi poin sama. Adapun UEA lebih percaya diri karena berada di pucuk klasemen dengan raihan enam poin.

Untuk bisa lolos ke babak selanjutnya, Timnas Indonesia U-19 wajib mengalahkan UEA. Syaratnya pun harus dengan selisih dua gol yang bukan hal mudah.

Indra Sjafri sadar akan peluang Timnas Indonesia U-19 yang menipis, namun belum habis. Pelatih asal Sumatra Barat itu pun berjanji timnya akan tampil habis-habisan untuk menyegel kemenangan.

"Perjuangan ini belum berakhir. Kami masih punya satu pertandingan lagi. Saya pikir kami harus berjuang sampai titik darah terakhir. Jadi, saya mengimbau para suporter untuk lebih ramai lagi. Kalau perlu penuhi stadion nanti," kata Indra Sjafri.

Apa yang dikatakan Indra Sjafri tentu bukan hal yang mengandai-andai. Dirinya sejauh ini sudah empat kali menghadapi UEA. Hasilnya pun tak mengkhawatirkan, Timnas Indonesia U-19 mampu meraih dua kemenangan, sekali imbang, dan sekali kalah.

Namun, faktanya Timnas Indonesia U-19 belum pernah menang melawan tim asal Timur Tengah dalam 40 tahun terakhir di pentas Piala AFC U-19. Hal inilah yang jadi catatan tersendiri buat Indra Sjafri.

Sementara itu, UEA tentu saja tak ingin mengalah dalam laga melawan Timnas Indonesia U-19. Pelatih Ludovic Batelli sadar laga melawan tim tuan rumah tak akan berlangsung mudah. Namun, UEA bertekad menyegel kemenangan demi status juara Grup A.

"Kini, fokus kami adalah lolos ke perempat final Piala AFC sebagai juara grup. Caranya adalah dengan mengalahkan Timnas Indonesia U-19. Namun, saya memprediksi laga nanti akan berlangsung sulit," ujar Ludovic Batelli.

Posisi UEA pun belum sepenuhnya aman. Ali Saleh dkk bisa saja tersingkir dari Piala AFC 2019 andai kalah dengan selisih dua gol dari timnas Indonesia U-19 dan Qatar pada laga lainnya meraih kemenangan atas Chinese Taipei.

Data - Fakta

Prakiraan susunan pemain

Timnas Indonesia U-19 (4-3-3): Muhammad Riyandi (kiper); Asnawi Mangkualam, Nurhidayat Haji Haris, Rachmat Irianto, Firza Andika (belakang); Syahrian Abimanyu, Muhammad Luthfi Kamal Baharsyah, Witan Sulaiman (tengah); Saddil Ramdani, Rafli Mursalim, Egy Maulana Vikri (depan)

Pelatih: Indra Sjafri (Indonesia)

Uni Emirat Arab U-19 (4-3-3): Suhail AL Mutawa, Yousif Ali Al-Mheiri, Ahmed Abdulla, Omar Ahmad Saleh, Abdelrahman Saleh, Tahnoon Al-Zaabi, Abdelrahman Saleh, Ali Saleh, Rashed Mubarak, Ahmad Fawzi

Pelatih: Ludovic Batelli (Prancis)

Head to head

  • 14/10/2014 - Uni Emirat Arab 4-1 Timnas Indonesia U-19 (Piala AFC 2014)
  • 16/4/2014 - Uni Emirat Arab 1-2 Timnas Indonesia U-19 (Pertandingan persahabatan)
  • 11/4/2014 - Uni Emirat Arab 1-4 Timnas Indonesia U-19 (Pertandingan persahabatan)
  • 22/8/2013 - Uni Emirat Arab 0-0 Timnas Indonesia 19 (Pertandingan persahabatan)

Lima pertandingan terakhir Timnas Indonesia U-19

  • 21/10/2018 - Qatar U-19 6-5 Timnas Indonesia U-19 (Piala AFC 2018)
  • 18/10/2018 - Timnas Indonesia U-19 3-1 Chinese Taipei U-19 (Piala AFC 2018)
  • 13/10/2018 - Timnas Indonesia U-19 3-2 Yordania U-19 (Pertandingan Persahabatan)
  • 10/10/2018 - Timnas Indonesia U-19 1-2 Arab Saudi U-19 (Pertandingan Persahabatan)
  • 25/9/2018 - Timnas Indonesia U-19 0-3 China U-19 (PSSI Anniversary)

Lima pertandingan terakhir Uni Emirat Arab U-19

  • 21/10/2018 - Chinese Taipei U-19 1-8 Uni Emirat Arab U-19 (Piala AFC 2018)
  • 18/10/2018 - Uni Emirat Arab U-19 2-1 Qatar U-19 (Piala AFC 2018)
  • 8/11/2017 - Bahrain U-19 1-0 Uni Emirat Arab U-19 (Kualifikasi Piala AFC 2018)
  • 6/11/2017 - Uni Emirat Arab U-19 4-1 Kirgistan U-19 (Kualifikasi Piala AFC 2018)
  • 4/11/2017 - Uni Emirat Arab U-19 1-0 Nepal U-19 (Kualifikasi Piala AFC 2018)

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gol Tunggal Dybala Antar Juventus Permalukan MU di Old Trafford

Posted: 23 Oct 2018 09:00 PM PDT

Kiper Manchester United, David de Gea menepis bola tendangan Cristiano Ronaldo saat bertanding pada lanjutan grup H Liga Champions di Old Trafford, Inggris (23/10). Juventus menang tipis 1-0 atas MU. (AFP Photo/Oli Scarff)

Kiper Manchester United, David de Gea menepis bola tendangan Cristiano Ronaldo saat bertanding pada lanjutan grup H Liga Champions di Old Trafford, Inggris (23/10). Juventus menang tipis 1-0 atas MU. (AFP Photo/Oli Scarff)

Para pemain Juventus merayakan kemenangan usai pertandingan melawan Manchester United pada grup H Liga Champions di Old Trafford, Inggris (23/10). Juventus menang tipis 1-0 atas MU. (AFP Photo/Oli Scarff)

Para pemain Juventus merayakan kemenangan usai pertandingan melawan Manchester United pada grup H Liga Champions di Old Trafford, Inggris (23/10). Juventus menang tipis 1-0 atas MU. (AFP Photo/Oli Scarff)

Gelandang Manchester United, Paul Pogba mengontrol bola saat bertanding melawan Juventus pada grup H Liga Champions di Old Trafford, Inggris (23/10). Juventus menang tipis 1-0 atas MU. (AFP Photo/Oli Scarff)

Gelandang Manchester United, Paul Pogba mengontrol bola saat bertanding melawan Juventus pada grup H Liga Champions di Old Trafford, Inggris (23/10). Juventus menang tipis 1-0 atas MU. (AFP Photo/Oli Scarff)

Gelandang Manchester United, Nemanja Matic berebut bola dengan gelandang Juventus, Rodrigo Bentancur saat bertanding pada lanjutan grup H Liga Champions di Old Trafford, Inggris (23/10). Juventus menang tipis 1-0 atas MU. (AFP Photo/Oli Scarff)

Gelandang Manchester United, Nemanja Matic berebut bola dengan gelandang Juventus, Rodrigo Bentancur saat bertanding pada lanjutan grup H Liga Champions di Old Trafford, Inggris (23/10). Juventus menang tipis 1-0 atas MU. (AFP Photo/Oli Scarff)

Striker Manchester United, Romelu Lukaku berebut bola udara dengan bek Juventus, Giorgio Chiellini saat bertanding pada lanjutan grup H Liga Champions di Old Trafford, Inggris (23/10). Juventus menang tipis 1-0 atas MU. (AFP Photo/Oli Scarff)

Striker Manchester United, Romelu Lukaku berebut bola udara dengan bek Juventus, Giorgio Chiellini saat bertanding pada lanjutan grup H Liga Champions di Old Trafford, Inggris (23/10). Juventus menang tipis 1-0 atas MU. (AFP Photo/Oli Scarff)

Striker MU, Anthony Martial berusaha melewati pemain Juventus Miralem Pjanic  dan Andrea Barzagli saat bertanding pada lanjutan grup H Liga Champions di Old Trafford, Inggris (23/10). Juventus menang tipis 1-0 atas MU. (AFP Photo/Oli Scarff)

Striker MU, Anthony Martial berusaha melewati pemain Juventus Miralem Pjanic dan Andrea Barzagli saat bertanding pada lanjutan grup H Liga Champions di Old Trafford, Inggris (23/10). Juventus menang tipis 1-0 atas MU. (AFP Photo/Oli Scarff)

Penyerang Juventus, Paulo Dybala berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Manchester United pada lanjutan grup H Liga Champions di Old Trafford, Inggris (23/10). Juventus menang tipis 1-0 atas MU. (AFP Photo/Oli Scarff)

Penyerang Juventus, Paulo Dybala berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Manchester United pada lanjutan grup H Liga Champions di Old Trafford, Inggris (23/10). Juventus menang tipis 1-0 atas MU. (AFP Photo/Oli Scarff)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rapor Kesehatan 4 Tahun Jokowi-JK, Angka Kematian Ibu Melahirkan Terus Turun

Posted: 23 Oct 2018 09:00 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Angka kematian ibu melahirkan dan bayi baru lahir mengalami penurunan selama 4 tahun Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). 

Rapor baik di dunia kesehatan ini diungkapkan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nila F Moeloek, dalam konferensi pers 4 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK di Gedung Kementerian Sekretariat Negara pada Selasa, 23 Oktober 2018. 

Menkes, mengungkapkan, sejak 2015 angka kematian ibu melahirkan memperlihatkan tren penurunan. Hal ini erat kaitannya dengan kehadiran Jaminan Kesehatan Nasiona-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). 

"(Penurunan angka kematian ibu melahirkan) ini merupakan hasil adanya program JKN yang masuk dalam cakupan persalinan oleh tenaga kesehatan yang kini semakin merata," kata Menkes.

Menkes juga membahas persoalan stunting atau kondisi gagal tumbuh secara fisik dan otak yang ditandai dengan tubuh pendek dan kemampuan kognitif di bawah rata-rata. Menurut data Pusat Statistik (BPK) pada 2013 angka stunting mencapai 37,2 persen tapi saat ini turun menjadi 30,8 persen.

Namun, angka tersebut masih tinggi dari batasan yang ditetapkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) yakni 20 persen dari total anak. Terkait itu, Kementerian Kesehatan kini tengah melakukan intervensi spesifik sampai terjadi perubahan perilaku.

"Jadi memang ini tugas tidak hanya memberikan makanan tambahan ataupun memberikan juga tablet tambah darah mulai dari remaja, tetapi kami juga harus intervensi sensitif yaitu kita memerlukan akses air bersih, kita memerlukan sanitasi," kata Nila dilansir laman setkab.go.id.

 

Saksikan juga video menarik berikut

Capaian imunisasi

Pemberian vaksin MR di Papua Barat (Foto: Benedikta Desideria)

Mengenai imunisasi measles rubella (MR) di Pulau Jawa cakupannya mencapai 92 persen. Namun, di luar Pulau Jawa masih menjadi tantangan dan hingga sekarang masih menunggu hasil karena programnya masih berjalan.

Nila juga menyinggung mengenai polio, bahwa sebenarnya Indonesia sudah bebas dari penyakit ini. Namun, pemerintah harus tetap berhati-hati untuk menghindari kasus di Papua Nugini yang mengalami wabah polio.

Dalam kesempatan itu menteri yang juga dokter spesialis mata ini menyampaikan soal program JKN mencapai lebih dari 200 juta jiwa. Jumlah ini naik signifikan dari sebelumnya 156 juta jiwa. Sementara, peserta PBI meningkat menjadi 92,4 juta jiwa, dan tahun depan akan meningkat menjadi 96,8 juta jiwa.

"Tentu harus disertai dengan peningkatan fasilitas kesehatan. Sudah terlihat di sini peningkatan untuk rumah sakit 22.624 dan tentu juga fasilitas kesehatan tingkat primer atau puskesmas, klinik mandiri sebanyak 2.443," tuturnya.

Nila juga menjelaskan pemerintah telah membangun 256 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di 49 kabupatan di tanah air dan menguatkan 110 puskesmas di daerah perbatasan di 48 kabupaten dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) afirmatif.

"Kita bisa melihat pembangunan puskesmas yang dulu di Sota di perbatasan Kabupaten Merauke, Papua, sekarang bentuk puskesmasnya menjadi lebih baik. Tentu juga tidak hanya fisik tetapi juga rumah dinas untuk tenaga kesehatannya, ambulans, dan mobil serta peralatannya lengkap diberikan," tuturnya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melody Eks JKT48 Menikah 3 November 2018?

Posted: 23 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar pernikahan Melody eks JKT48 dengan kekasihnya, Hanif, kian santer. Setelah kemunculan foto yang diduga prewedding, kali ini beredar undangan pernikahan yang diduga milik Melody eks JKT48.

Sebuah foto undangan yang disebut-sebut untuk pernikahan Melody, eks JKT48, dan Hanif Fathoni, tengah riuh dibicarakan di media sosial.

Salah satu akun Instagram yang mengunggah foto itu adalah @lambe_turah. Akun yang biasa mengunggah gosip itu bahkan memberi ucapan selamat kepada Melody eks JKT48.

"Yuhuuuu. Cie cie yg kmrin priwed skrg dah sebar undangan," tulis akun tersebut, Selasa 23 Oktober 2018.

Belum Jelas

Melody Eks JKT48 (dok. Instagram @melodylaksani92 / https://www.instagram.com/p/BowFQLggPGW/?hl=en&taken-by=melodylaksani92 / Putu Elmira)

Tak jelas apakah undangan itu memang benar untuk pernikahan Melody eks JKT48 dan Hani Fathoni. Yang pasti, nama Melody dan Hanif tertera pada undangan pernikahan yang akan dilangsungkan pada 3 November 2018 tersebut.

Patah Hati

Melody Eks JKT48 (Instagram/@ woti48)

Unggahan foto pernikahan Melody ini menuai komentar netizen. Tak sedikit pria yang patah hati melihat Melody akan segera melepas masa lajangnya.

"Aduh ga terima ini gue dia mau nikah," kata akun Andy.

"Potek.potek dah para woeta, terutama abang nih neng," kata akun Eka.

"Hari patah hati nasional untuk para wota,"kata akun Dini. (Nur Ulfa/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Perjuangan Bidan di Aceh Terjang Banjir demi Bantu Persalinan

Posted: 23 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang bidan di Aceh rela menerobos banjir demi membantu persalinan pada sebuah desa terpencil.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Logistik Pemilu 2019 Sudah Mulai Tiba di Kaltim

Posted: 23 Oct 2018 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian logistik untuk Pemilu 2019 telah terdistribusi ke sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur. Hal ini disampaikan Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim Syarifudin Rusli.

Menurutnya, ada sebagian logistik seperti halnya bilik suara sudah tiba di Samarinda dan Balikpapan sejak Minggu, 21 Oktober 2018 lalu.

Syarifudin mengatakan, bilik suara Pemilu 2019 tersebut merupakan pengadaan dari KPU RI dan langsung dikirimkan oleh pemenang lelang kepada masing-masing KPU kabupaten/kota.

"Kami hanya diberikan tembusan saja, sudah ada pengiriman bilik suara ke Samarinda dan Balikpapan, dan bukan kami yang mendistribusikannya," ujar Syarifudin, seperti dilansir Antara, Rabu (24/10/2018).

Meski sudah didistribusikan, Syarifudin menilai jika bilik suara berdasarkan data keperluan masih kurang. "Seperti di Balikpapan, baru dikirimkan sebanyak 4 ribu bilik, padahal kebutuhannya sekitar 8 ribu," ucapnya.

Dia memaparkan, berdasarkan informasi dari Sekretariat KPU RI menyebutkan, proses pengiriman masih berlangsung. Pihaknya telah memberikan instruksi kepada KPU kabupaten/kota di Kaltim untuk segera menyiapkan gudang penyimpanan logistik Pemilu 2019 tersebut.

"Kami juga memberikan imbauan kepada KPU kabupaten/kota untuk melakukan penyemprotan di gudang demi menghindari tikus dan rayap," kata Syarifudin.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Lelang Logistik Pemilu

Badut berbentuk kotak suara Komisi Pemilihan Umum (KPU), ondel-ondel, dan marching band ikut meramaikan pawai Deklarasi Kampanye Damai di Monas, Minggu (23/9). (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Tak hanya itu, menurut Syarifudin, pihaknya juga telah melaksanakan lelang logistik pemilu yang menjadi tanggung jawab KPU Provinsi Kaltim, seperti bantalan pencoblosan, paku, tenda, dan lainnya.

"Kami targetkan pada awal bulan November 2018 mendatang, sudah ada pemenang lelang, sehingga keperluan Pemilu 2019 bisa dilaksanakan," tandas Syarifudin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Steffy Burase Kembali Dipanggil KPK Terkait Suap Dana Otsus Aceh

Posted: 23 Oct 2018 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Model Fenny Steffy Burase kembali dipanggil penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia akan diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan suap Dana Otonomi Khusus (Otsus) Aceh yang menjerat Gubernur nonaktif Aceh Irwandi Yusuf.

"Saksi Fenny Steffy Burase akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka IY (Irwandi Yusuf)," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Rabu (24/10/2018).

Selain Steffy Burase, penyidik KPK juga menjadwalkan pemeriksaan Kabag Pemeliharaan Penyedia pada Biro ULP Pemprov Aceh Muhamad Nasir, dan Kepala Biro ULP Nirzarli.

KPK menetapkan Gubernur Irwandi dan dua pihak swasta bernama Hendri Yuzal dan Teuku Syaiful Bahri serta Bupati Bener Meriah Ahmadi sebagai tersangka. Irwandi, Hendri dan Syaiful ditetapkan sebagai pihak penerima suap dari Ahmadi.

Gubernur Irwandi melalui Hendri dan Syaiful diduga menerima suap Rp 500 juta dari total fee yang dijanjikan sebesar Rp 1,5 miliar. Uang tersebut diduga akan digunakan Steffy Burase untuk membeli medali dan pakaian atlet dalam ajang Aceh International Marathon 2018.

 

Pengakuan Steffy Burase

Dugaan tersebut diperkuat pengakuan Steffy Burase. Steffy yang merupakan tenaga ahli dalam ajang tersebut mengatakan bahwa aliran dana suap tersebut ada, namun dirinya mengaku tak tahu asal usul dana tersebut.

Steffy juga membenarkan pengeluaran untuk membeli medali senilai Rp 500 juta. "Dari Pak Gubernur pure (murni) Rp 500 sampai Rp 700 juta sisanya dari teman-temannya," kata Steffy.

"Siapa teman-temannya?" tanya jaksa. "Enggak tahu," jawab Steffy.

Pada kasus kedua‎, Irwandi diduga menerima gratifikasi bersama orang kepercayaannya Izil Azhar sebesar Rp 32 Miliar. Gratifikasi itu berkaitan dengan pelaksanaan pembangunan Dermaga Sabang tahun anggaran 2006-2011.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: