Kamis, 11 Oktober 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Indonesia Berpeluang Tambah Emas dari Catur Asian Para Games 2018

Posted: 11 Oct 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cabang olahraga catur menuai sukses di Asian Para Games 2018. Sebelumnya, di kategori catur standar timnas Indonesia berhasil mengumpulkan enam medali emas, tiga perak dan tiga perunggu.

Meski sudah banyak menyumbang medali untuk kontingen Indonesia, timnas catur Indonesia masih optimistis mampu meraih medali emas di kategori catur cepat Asian Para Games 2018.

"Kita masih optimis, masih ada peluang emas," kata Manajer timnas catur Indonesia, Heri Isranto di GOR Cempaka Putih Jakarta, Kamis (11/10/2018).

Menurut Heri, secara grafik, prestasi atlet catur Indonesia di kategori catur cepat hingga babak keempat mengalami peningkatan.

Ia mengatakan, kepastian peluang medali tersebut, baru bisa diketahui pada babak kelima catur cepat yang akan berlangsung, Jumat 12 Oktober 2018)

 

*Grab selaku official mobile platform partner juga mendukung Asian Para Games 2018

Poin Tertinggi

Lebih lanjut Heri mengatakan, untuk kelas VI-B1 (netra) Indonesia masih memimpin dan peluang emas masih tinggi.

Poin tertinggi untuk kelas B1 perorangan pria dipegang oleh Edy Suryanto dengan 3,5 poin dan Hendi Wirawan serta Carsidi yang mendapatkan masing-masing 2,5 poin.

Sementara di kelas B1 perorangan putri Tati Karhati mendapatkan 3,5 poin disusul Wilma Margaretha Sinaga 2,5 poin dan Debi Ariesta 2 poin.

Kelas Perorangan

Di kelas PI (daksa) perorangan pria Maksum Firdaus mendapat 2,5 poin, Sutikno 3 poin sedangkan Suhardi Sinaga masih kosong.

Untuk kelas PI perorangan putri 2 poin masing-masing diraih Simanja Nasip Farta, Roslinda Manurung dan Yuni.

Di kelas B2/B3 perorangan pria, Gayuh Satrio mendapat 3 poin, disusul Adji Hartono dengan 2,5 poin dan M Haryanto 1,5 poin. Sedangkan di kelas yang sama untuk putri, Aisah Wijayanti Brahmana mendapat 2,5 poin, Khairunnisa 1 poin dan Tita Puspita 0,5 poin.(Ant)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bekraf Pastikan Indonesia Aktif Rangkul Ekonomi Digital

Posted: 11 Oct 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Indonesia dipastikan akan secara aktif mendukung keberadaan teknologi ekonomi digital. Apalagi. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, perlu regulasi yang tepat untuk mengatur perkembangan digital ekonomi dan keuangan.

Itu karena bila terlalu ditekan hukum maka pelaku ekonomi digital akan menjauh dan negara kehilangan potensinya.

Salah satu perkembangan digital ekonomi adalah blockchain. Meskipun belum besar, namun pasar blokchain di Indonesia masih sangat besar.

"Indonesia aktif merangkul ekonomi digital dan teknologi yang canggih yang diwakili oleh blockchain yang merupakan sumber penting dari transformasi ekonomi digital," ujar Direktur Infrastruktur ICT di Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf) Muhammad Neil El Himam dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Kamis (11/10/2018).

Pembangunan Blockchain Indonesia masih dalam tahap awal dibandingkan dengan Amerika Serikat, China, Jepang dan Korea Selatan. Tetapi, masyarakat umum di Indonesia sudah memiliki pemahaman yang mendalam mengenai proyek blockchain dan permintaan yang kuat untuk berpartisipasi dalam pasar ini.

Teknologi blockchain dan pasar membutuhkan pembelajaran dan komunikasi jangka panjang. Bidang blockchain selain kebutuhan sesuai kebijakan industri startup juga perlu pengusaha media dan industri untuk tumbuh bersama-sama.

"Dari 2008 hingga saat ini, telah berkembang pesat dan nilai perkembangan blockchain industri disorot," kata Pendiri Blockchain Nomor 1 Jack Sun.

Berdasarkan statistik tidak lengkap, ada lebih dari 2.000 blockchain yang berhubungan dengan perusahaan-perusahaan di dunia, 43,0 persen didirikan pada 2017.

Saat ini, industri blockchain memasuki tahap permainan saham, lebih dan lebih banyak modal memperhatikan blockchain, tetapi industri juga memiliki situasi yang keseragaman bisnis, modal tidak merata yang memiliki sisi baik dan buruk dan satu lagi pengawasan tidak mendukung atau memadai.

Pada saat yang sama, blockchain memiliki batas profesional tertentu, untuk investor biasa dalam analisis logika white paper dan sering bingung akan kepastian apakah aplikasi dapat mendarat.

Kelemahan umum pengetahuan dalam bidang ini dan keinginannya cenderung digunakan oleh sumber-sumber informasi yang buruk.

"Kami akan berfokus pada laporan industri blockchain, berita terkini, data pasar, interpretasi teknis dan kedalaman yang eksklusif, serta untuk membantu mereka memahami pengetahuan blockchain, mengumpulkan informasi penting dari daerah yang tepat serta nilai riil pra-kontrak dari informasi yang kompleks," kata Jack Sun.

Pengembangan industri tidak bisa dipisahkan dari bimbingan departemen pemerintah tapi juga tidak terlepas dari penyebaran media.

"Kami sangat berharap dalam layanan informasi memberikan investor pendidikan, penelitian mendalam dan opini publik pengawasan empat area efektif untuk membantu pengembangan blockchain Indonesia dan bahkan menjadi media blockchain paling profesional di Asia Tenggara," pungkasnya.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Kadin: Teknologi Blockchain Beri Kemudahan dan Aman

Ilustrasi Blockchain. Dok: catalysts.cc

Kadin bidang logistik dan pengelolaan rantai pasokan bekerjasama dengan Olifen Global Indonesia menyelenggarakan Blockchain Applications and Economic Forum 2018.

Acara ini mengangkat tema Business Use Cases For Blockchain Technology To Drive Adoptability yang diselenggarakan pada 8 hingga 10 Oktober 2018 di Hotel Shangrila, Jakarta.  

Acara ini upaya Kadin mengedukasi para pelaku usaha terkait potensi penggunaan teknologi blockchain di Indonesia sebagai teknologi masa depan dengan sistem kerja yang transparan, dan efisien. Blockchain sebagai teknologi dapat diadaptasi dan diterapkan dalam proses bisnis di berbagai sektor. 

Anggota Kadin, Rudyan Kopot, mengatakan penggunaan teknologi blockchain dalam industri dapat memberi banyak kemudahan. Meski demikian, selama ini sistem blockchain masih jarang digunakan untuk sektor industri. 

"Lebih efisien, lebih secure, segala macam. Kita baru belajar, belum tahu. Baru ikut acaranya. Ini sebagai sistem suatu learning yang menurut saya adalah sesuatu yang baru, di berbagai negara juga sudah terjadi," ujar Rudyan di Shangrila, Jakarta, Senin (8/10/2018).

Rudyan mengatakan, perkembangan penggunaan blockchain sudah semakin cepat di berbagai negara. Salah satu negara yang dianggap berhasil melakukan blockchain ini adalah Singapura. Sementara di Indonesia masih sedikit akibat belum ada aturan yang mendukung. 

"Di bagian negara ada yang menerapkan juga, ada Inggris, ada Korea, ada di Amerika juga sudah. Ada pemerintah nya yang sudah nerima. Ada Singapura dan juga Thailand, kita harus belajar juga, tapi ini BI dan OJK lah yang nanti menentukan itu," ujar dia. 

Lebih lanjut, Rudyan mengatakan, seluruh industri dapat menerapkan penggunaan teknologi blockchain ini. Pihaknya pun menanti Bank Indonesia dan OJK menerbitkan aturan yang dapat mendukung penerapan blockchain. 

Sebagai informasi, dalam forum ini Kadin mengundang para pembicara dari dalam dan luar negeri di antaranya ilmuwan Blockchain.

Blockchain Enthusiast yaitu para pengusaha yang telah menggunakan Blockchain dari berbagai sektor, para pemangku kebijakan, pelaksana lapangan, dan instansi pemerintah. 

Melalui acara ini, pembicara dan para peserta akan berbagi pengetahuan dan pengalaman secara mendalam terkait potensi teknologi blockchain guna mentransformasi dan meningkatkan kinerja perusahaan di berbagai sektor usaha.

Adapun rangkaian acara dalam pelaksanaan Blockchain Applications and Economic Forum 2018 antara lain, workshop untuk umum yang dilaksanakan pada 8 dan 10 Oktober, workshop untuk media diadakan pada 8 Oktober serta Seminar yang dibuka untuk umum pada 9 Oktober. 

Terdapat banyak narasumber yang akan terlibat dalam seminar di antaranya Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Logistik dan Supply Chain Rico Rustombi, Advisor Asosiasi Blockchain Amerika Serikat Alex Linenko, Senior Executive Analyst Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Robert Akyuwen, National Technology Officer Microsoft Tony Seno Hartono, dari IBM Indonesia Andre Jenie dan pembicara lainnya mulai dari perbankan dan finansial.

 

Reporter: Anggun P.Situmorang

Sumber: Merdeka.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Kita Harus Cegah Kehancuran Dunia Akibat Perubahan Iklim

Posted: 11 Oct 2018 09:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada seluruh negara anggota IMF dan Bank Dunia untuk bersatu untuk mencegah kehancuran dunia. Satu musuh bersama yang harus dihadapi oleh seluruh dunia adalah perubahan iklim.

Saat membuka rapat pleno Pertemuan Tahunan IMF dan Bank Dunia di Nusa Dua Bali, Jokowi mengatakan bahwa seluruh dunia harus bersatu menghadapi ancaman global yang tengah meningkat pesat. Ancaman tersebut adalah perubahan iklim.

"Sudah sangat mendesak bagi kita untuk bertindak dalam skala besar-besaran guna mencegah kehancuran dunia akibat perubahan iklim global yang tidak terkendali," kata Jokowi, Jumat (12/10/2018).

"Kita perlu segera meningkatkan investasi tahunan secara global sebesar 400 persen untuk energi terbarukan. Untuk itu, kita harus bekerja bersama menyelamatkan kehidupan bersama kita, lanjut dia.

Menurut Jokowi, sudah bukan waktunya lagi setiap negara hanya memikirkan ego sendiri dan harus segera meninggalkan rivalitas. Untuk menyelamatkan dunia, sudah saatnya seluruh negara bergandeng tangan, bekerja sama dan berkolaburasi.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Jokowi Ingatkan Pemimpin Dunia: Winter Is Coming

Presiden Joko Widodo saat berpidato dalam Bali Fintech Agenda IMF-WB 2018 di Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10). Jokowi mengingatkan dunia tentang bagaimana langkah tepat dalam mengatur perkembangan financial technology (Fintech). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan para pemangku kebijakan dunia akan berbagai ancaman yang masih membayangi perekonomian global. Menurut mantan Wali Kota Solo ini, pascakrisis keuangan global 2008, dunia masih harus waspada dengan berbagai tantangan, di antaranya perang dagang.

"Setelah 10 tahun berlalu, kita tetap harus waspada terhadap meningkatnya risiko dan kesiapsiagaan kita dalam menghadapi ketidakpastian global," kata dia dalam "Plenary Session IMF-World Bank", di Bali, Jumat (12/10/2018). 

Selain itu, kenaikan suku bunga The Fed juga memberikan tantangan tersendiri bagi negara-negara dalam menyusun kebijakan ekonominya.

"Seperti yang disampaikan Ibu Christine Lagarde (Managing Director IMF) terhadap banyak masalah yang membayangi perekonomian dunia. AS menikmati pertumbuhan yang pesat, tapi di banyak negara pertumbuhannya lemah atau tidak stabil," kata dia.

"Perang dagang semakin marak, dengan inovasi teknologi mengakibatkan banyak industri terguncang. Negara-negara juga sedang mengalami tekanan pasar yang besar," imbuhnya.

Karena itu, dia sekali lagi mengajak para pemimpin dunia untuk waspada untuk menghadapi tekanan global. "Dengan berbagai masalah perekonomian dunia, sudah cukup bagi kita untuk mengatakan bahwa winter is coming," tegas Jokowi.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Permohonan Tahanan Kota Ratna Sarumpaet Ditolak

Posted: 11 Oct 2018 09:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya telah mengevaluasi surat permohonan penahanan kota bagi tersangka Ratna Sarumpaet. Hasilnya, penyidik tak mengkabulkan permohonan tahanan kota aktivis sosial.

"Terkait permohonan penahanan kota terhadap tersangka RS belum bisa dikabulkan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Jumat (12/10/2018).

Menurut dia, penyidik memiliki alasan tak mengabulkan permohonan itu. Salah satunya, untuk memperlancar penyidikan kasus penyebaran hoaks penganiayaan Ratna Sarumpaet.

"Ya karena kita masih membutuhkan keterangan seperti kemarin periksa saksi laku kita kroscek. Jadi belum bisa dikabulkan," ujar Argo.

Sebelumnya, keluarga Ratna Sarumpaet pada Rabu 8 Oktober 2018 mengajukan surat permohonan tahanan kota bagi Ratna Sarumpaet. Sang pengacara Insank Nasrudin bersama pihak keluarga menjadi jaminan terkait permohonan tahanan kota tersebut

"Pengajuan tahanan kota itu tentunya dasar hukumnya kita merujuk dulu pada pasal KUHAP ya," kata Insank di Polda Metro Jaya.

 

Untuk Kemanusiaan

Tersangka Ratna Sarumpaet digiring petugas keluar ruang tahanan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (10/10). Tersangka penyebar berita bohong atau hoax itu keluar tahanan untuk periksa kesehatan di Biddokkes. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menurut dia, ada berbagai alasan mengajukan surat tersebut. Di antaranya adalah umur aktivis itu sudah memasuki 70 tahun. Ratna juga harus meminum obat-obatan secara rutin.

"Yang untuk menjadi alasannya adalah kami melihat dari sisi kemanusiaanya. Apa sih sisi kemanusiaan ini yang pertama kan kita enggak bisa dipungkiri dia adalah tokoh, kemudian dia juga sudah berusia lanjut gitu loh, itu lah hal-hal itu lah, kemudian obat ya kan jadi agak sedikit ini lah kalau sampe harus berada di rutan tentunya secara fisik maupun mentalnya bisa terpengaruh dengan usia lanjutnya kan sangat ini lah ya," kata Nasrudin.

"Kami juga sebagai kuasa hukum juga menjamin juga bahwa ibu RS ini tidak melarikan diri, tidak menghilangkan barang bukti, tidak mengulangi perbuatannya selanjutnya juga kami menjamin juga bahwa akan mempermudah jalannya proses hukum ini," sambung dia.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wajah Tampak Berubah, Salmafina Khairunnisa Operasi Plastik?

Posted: 11 Oct 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ada yang berubah dengan penampilan Salmafina Khairunnisa. Usai menjanda dari Taqy Malik, Salmafina kini tampak lebih cantik dengan bentuk wajah yang proporsional.

Putri pengacara Sunan Kalijaga ini terlihat lebih tirus. Perubahan itu pun membuat Salmafina Khairunnisa mendapat pujian dari penggemarnya.

Namun tak sedikit juga yang menduga perubahan Salmafina Khairunnisa itu terjadi karena operasi plastik. Lantas, apa kata Salmafina?

"Operasi, enggak. Cuma kalau filler iya untuk aku tambah dagu sedikit banget," kata Salmafina Khairunnisa di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Kamis (11/10/2018).

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Filler

Salmafina Khairunnisa (Foto: Instagram/@salmafinasunan)

Salmafina tak malu mengakui telah melakukan tindakan filler. Dia tidak mau menutup-nutupi perawatan wajah tersebut. "Jadi ya sudah, aku jawab saja memang aku filler," tutur dia.

Percaya Diri

Salmafina Khairunnisa [foto: instagram/@salmafisunan]

Menurut Salma, filler pada bagian dagu membuat penampilannya lebih cantik. Wajah tirus itu membuatnya lebih percaya diri.

"Karena diri aku sendiri yang mau, karena menurut aku selama itu enggak berdampak negatif ke orang-orang atau masyarakat ya it's fine saja buat aku," ucapnya. (Nur Ulfa/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Sujud Syukur Jaenal Aripin Raih Perak Asian Para Games 2018

Posted: 11 Oct 2018 09:36 PM PDT

Pebalap kursi roda Indonesia, Jaenal Aripin, berselebrasi usai meraih medali perak Asian Para Games pada cabang atletik nomor balap kursi roda 200 meter T 54 di SUGBK, Jumat (12/10). Jaenal mencatatkan waktu 26,21 detik. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Pebalap kursi roda Indonesia, Jaenal Aripin, berselebrasi usai meraih medali perak Asian Para Games pada cabang atletik nomor balap kursi roda 200 meter T 54 di SUGBK, Jumat (12/10). Jaenal mencatatkan waktu 26,21 detik. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Pebalap kursi roda Indonesia, Jaenal Aripin, melakukan selebrasi usai meraih medali perak pada Asian Para Games cabang atletik nomor balap kursi roda 200 meter T 54 di SUGBK, Jakarta, Jumat (12/10). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Pebalap kursi roda Indonesia, Jaenal Aripin, melakukan selebrasi usai meraih medali perak pada Asian Para Games cabang atletik nomor balap kursi roda 200 meter T 54 di SUGBK, Jakarta, Jumat (12/10). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Pebalap kursi roda Indonesia, Jaenal Aripin, melakukan sujud syukur saat berselebrasi usai meraih medali perak pada Asian Para Games cabang atletik nomor balap kursi roda 200 meter T 54 di SUGBK, Jakarta, Jumat (12/10). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Pebalap kursi roda Indonesia, Jaenal Aripin, melakukan sujud syukur saat berselebrasi usai meraih medali perak pada Asian Para Games cabang atletik nomor balap kursi roda 200 meter T 54 di SUGBK, Jakarta, Jumat (12/10). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Pebalap kursi roda Indonesia, Jaenal Aripin, berselebrasi usai meraih medali perak Asian Para Games pada cabang atletik nomor balap kursi roda 200 meter T 54 di SUGBK, Jumat (12/10). Jaenal mencatatkan waktu 26,21 detik. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Pebalap kursi roda Indonesia, Jaenal Aripin, berselebrasi usai meraih medali perak Asian Para Games pada cabang atletik nomor balap kursi roda 200 meter T 54 di SUGBK, Jumat (12/10). Jaenal mencatatkan waktu 26,21 detik. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Pebalap kursi roda Indonesia, Jaenal Aripin, melakukan selebrasi usai meraih medali perak pada Asian Para Games cabang atletik nomor balap kursi roda 200 meter T 54 di SUGBK, Jakarta, Jumat (12/10). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)Pebalap kursi roda Indonesia, Jaenal Aripin, berselebrasi usai meraih m

Pebalap kursi roda Indonesia, Jaenal Aripin, melakukan selebrasi usai meraih medali perak pada Asian Para Games cabang atletik nomor balap kursi roda 200 meter T 54 di SUGBK, Jakarta, Jumat (12/10). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)Pebalap kursi roda Indonesia, Jaenal Aripin, berselebrasi usai meraih m

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pimpinan KPK Minta 1.000 Penyidik Usut Kasus Century

Posted: 11 Oct 2018 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang memastikan jajarannya akan mengusut kasus dugaan korupsi Bank Century. Namun, KPK tetap membutuhkan waktu untuk mencari bukti kuat dalam kasus tersebut.

"Century itu hanya masalah waktu saya pikir ya, makanya sabar saja," ujar Saut saat dikonfirmasi, Jumat (12/10/2018).

Saut sempat menyinggung, KPK masih kekurangan sumber daya manusia. Inilah salah satu faktor yang membuat banyak kasus lama belum terselesaikan, termasuk kasus Century.

"Makanya kasih gue penyidik 1.000 orang biar cepat. Itu kan sudah jelas ya, putusan Budi Mulya kan sudah jelas. Tinggal tunggu waktu saja," kata Saut.

Pada putusan mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia Bidang IV Pengelolaan Moneter dan Devisa Budi Mulya, hakim menyebut Budi Mulya melakukan korupsi Bank Century secara bersama-sama.

 

Putusan Budi Mulya

Tidak terima dengan keputusan hakim tersebut, Budi Mulya menyatakan banding, PN Tipikor, Jaksel, Rabu (16/7/2014) (Liputan6.com/Miftahul Hayat)

Budi yang sudah divonis 15 tahun penjara di tingkat kasasi Mahkamah Agung (MA) disebut melakukan korupsi bersama-sama dengan Boediono selaku Gubernur BI, Miranda S Goeltom selaku Deputi Gubernur Senior BI, Siti Chalimah Fadjrijah selaku Deputi Gubernur Bidang 6 Pengawasan Bank Umum dan Bank Syariah.

Kemudian Budi Rochadi selaku Deputi Gubernur Bidang 7 Sistem Pembayaran, Pengedaran Uang, BPR dan Perkreditan, Muliaman D Hadad selaku Deputi Gubenur Bidang 5 Kebijakan Perbankan/Stabilitas Sistem Keuangan.

Selanjutnya, Hartadi Agus Sarwono selaku Deputi Gubernur Bidang 3 Kebijakan Moneter, dan Ardhayadi Mitroatmodjo selaku Deputi Gubernur Bidang 8 Logistik, Keuangan, Penyelesaian Aset, Sekretariat dan KBI.

Selain itu, ada nama lain yakni Robert Tantular dan Hermanus Hasan, dan Raden Pardede selaku Sekretaris Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK).

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terancam Pemecatan, Mourinho Ulangi Kesalahan Serupa di Real Madrid

Posted: 11 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manajer Manchester United, Jose Mourinho, dinilai sudah mengulangi kesalahan sama yang dia buat saat di Chelsea dan Real Madrid. Mourinho menunjukkan lagi arogansinya.

Pendapat ini disampaikan mantan gelandang MU Giuliano "Jules" Maiorana. dan Ia berpikir kesombongan pelatih berusia 55 tahun itu, telah menyebabkan kejatuhannya sendiri.

"Di Porto, Mourinho memenangkan Liga Champions dengan tim yang rata-rata memiliki pemain brilian," kata Maiorana kepada Love Sport Radio.

"Kemudian dia datang ke sini ke Chelsea dan dia melakukannya dengan sangat baik di Chelsea," katanya.

"Kemudian dia [Mourinho] pergi ke Inter Milan dan dia bermain sangat baik dengan Inter Milan dan memenangkan Liga Champions dengan tim yang biasa-biasa saja," ujarnya.

Sombong

Hubungan manajer Manchester United, Jose Mourinho, dan Paul Pogba dikabarkan mulai renggang. (AFP/Ian Kington)

Maiorana menjelaskan arogansinya membuatnya Mourinho terdepak dari Italia. Seterusnya dia pergi ke Real Madrid dan hal yang sama terjadi di klub itu.

"Kesombongannya semakin membaik, namun mereka memecatnya juga. Jadi sekarang dia datang ke United dan arogansi itu muncul lagi."

Dipecat

Masa depan Mourinho bersama MU memunculkan spekulasi pergantian pelatih. Kabarnya, dia sudah bertemu dengan wakil ketua eksekutif Ed Woodward untuk membahas berbagai hal dan posisinya.

Meski dilaporkan bahwa Mourinho akan dipecat terlepas dari hasil melawan Newcastle, dia sudah menunjukkan kemampuannya saat timnya mengalahkan The Magpies 3-2 Sabtu lalu di Old Trafford.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FUI Cilacap Akhirnya Copot Spanduk Provokatif Soal Sedekah Laut

Posted: 11 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Cilacap - Forum Umat Islam (FUI) Cilacap mencopot atau menurunkan banner atau spanduk bernada provokatif soal gelar budaya sedekah laut yang terpasang di beberapa titik usai protes keras sejumlah ormas dan kelompok masyarakat di Cilacap.

Konten dalam spanduk tersebut dinilai berpotensi memecah belah anak bangsa. Konten dalam spanduk juga dianggap bisa memicu permusuhan bernuansa SARA.

Ketua FUI Cilacap, Syamsudin mengatakan, dari informasi yang diperolehnya dari kepanitiaan pemasangan spanduk FUI, sejumlah spanduk telah dicopot. Alasannya, konten yang ada dalam spanduk bukan konten yang telah melalui perizinan DPMPTSP dan Kesbangpol Cilacap.

Adapun spanduk yang telah melalui proses perizinan tetap terpasang. Namun, ia mengaku tak mengetahui secara detail spanduk yang telah dicopot maupun tetap dipasang.

"Yang pertama bahwa hal-hal yang diluar konten, yang dimintakan izin DPMPT dan Kesbangpol, itu sudah diklarifikasi dan dicopot. Kami jam empat saja sudah dicopot," katanya saat diuhubungi Liputan6.com, Kamis petang, 11 Oktober 2018.

Dia pun mengakui tak bisa mengontrol semua konten yang akan dipasang. Karenanya, mungkin saja ada spanduk bernada provokatif yang turut terpasang. Sebab, pemasangan spanduk ini dilakukan oleh kepanitiaan tersendiri.

Namun begitu, ia menegaskan FUI Cilacap tak berkapasitas untuk menolak atau melarang gelar sedekah laut. FUI Cilacap hanya ingin membentengi generasi muslim dari tindakan yang mengarah kepada syirik.

Artinya, menurut dia, spanduk itu lebih pada mengingatkan umat muslim secara internal, bukan kepada penganut agama atau kepercayaan lain. Ia pun menepis anggapan bahwa FUI menolak sedekah laut.

"Yang pertama, hanya itu. Kita kembali lagi, pengamanan ke dalam, soal akidah. Dan sekali lagi kita tegaskan, FUI bukan pada kapasitasnya untuk menolak ritual sedekah laut,"  ujarnya. 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Sedekah Laut dalam Perspektif Budaya

Banner atau spanduk bernada provokatif muncul di Cilacap jelang sedekah laut Cilacap. (Foto: Liputan6.com/Taufik H untuk Muhamad Ridlo)

Syamsudin juga mengaku tak mempermasalahkan gelaran sedekah laut. Sebab, ada pula kelompok masyarakat yang mengartikan ritual itu sebagai bagian dari ritual ibadah.

Hanya saja, ia memperingatkan agar umat Islam tak mengikutinya. Itu termasuk pada siswa sekolah dan guru beragama Islam yang diimbau untuk hadir dalam sedekah laut oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cilacap.

"Yang disayangkan, Dinas Pendididikan Kebudayaan kok menganjurkan siswa dan guru untuk mengikuti sedekah laut. Padahal itu bukan hari libur," ucapnya.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cilacap, Badrudin MC mengatakan gelar budaya sedekah laut adalah prosesi adat yang tumbuh di masyarakat nelayan sejak ratusan tahun lalu. Menurut Badrudin, sekarang sedekah laut lebih diartikan sebagai prosesi budaya.

Badrudin menjelaskan, ritual budaya sedekah laut adalah acara yang digelar oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga. Namun, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan juga memiliki kepentingan untuk memperkenalkan kekayaan budaya nusantara kepada siswa dan guru.

Karenanya, Dinas menganjurkan agar guru dan siswa mengikuti gelar budaya rutin ini.

"Agar bisa mengenal, mengapresiasi budaya yang ada di sekitar lingkungannya," Badrudin menjelaskan.

Soal munculnya spanduk bernada provokatif dari FUI Cilacap ini, ia tak banyak berkomentar. Akan tetapi, menurut dia sah-sah saja ada yang tidak setuju atau tidak setuju dengan sebuah kegiatan.

Sikap MUI Cilacap Soal Sedekah Laut

Banner atau spanduk bernada provokatif muncul di Cilacap jelang sedekah laut Cilacap. (Foto: Liputan6.com/Taufik H untuk Muhamad Ridlo)

Hanya saja, ia mengimbau agar ketidaksepakatan itu disampaikan bukan kepada publik melainkan pada forum-forum diskusi.

"Kalau kita menanggapinya ya capek menghabis-habiskan energi. Ada yang tidak setuju juga tidak apa-apa," ujarnya.

Diketahui, sejumlah spanduk bernada provokatif muncul menjelang gelar budaya sedekah laut di Cilacap, Jawa Tengah. Spanduk tersebut antara lain berbunyi, "Jangan Larung Sesaji Karena Bisa Tsunami", "Rika Sing Gawe Dosa, Aku Melu Cilaka" (Kamu yang berbuat dosa, saya ikut celaka), "Sedekah Karena Selain Allah Mengundang Azab Looh" dan lain sebagainya.

Sebelum pemasangan spanduk ini, ternyata ada kelompok tertentu yang mendesak agar Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cilacap meminta Bupati membatalkan sedekah laut. Namun desakan itu ditolak.

Sebab, di luar kelompok yang menolak, kelompok lainnya, seperti NU Cilacap, tak mempermasalahkan gelar budaya sedekah laut. Sekretaris PCNU Cilacap, Hazam Bisri mengemukakan, sedekah laut adalah prosesi budaya yang tak berpotensi merusak akidah atau ketauhidan.

Bahkan, menurut dia, adat istiadat kebudayaan ini perlu dilestarikan. Sedekah laut juga telah digelar ratusan tahun oleh masyarakat nelayan.

"Kita tidak sepakat dengan usulan pembatalan sedekah laut. NU tetap mendukung sedekah laut," kata Hazam, yang juga Sekretaris MUI Cilacap.

Munculnya spanduk ini pun memicu reaksi keras dari Ormas dan kelompok masyarakat yang tak sepakat lantaran konten spanduk dinilai bisa memicu perpecahan. Akhirnya, pada Kamis petang, spanduk bernada provokatif itu dicopot oleh panitia dari FUI.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bos IMF Puji Pidato Game of Thrones Presiden Jokowi

Posted: 11 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Nusa Dua - Presiden Joko Widodo kembali menarik perhatian dunia lewat pidatonya. Kali ini, presiden membawa serial televisi Game of Thrones.

Jokowi menyampaikan pidato tersebut dalam Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Bali, Jumat pagi. Sontak, para hadirin menjadi terkesima, termasuk Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde.

"Saya ingin berterima kasih pada Jokowi karena menaikkan standar dalam memberi pidato yang hebat dan meyakinkan. Wow," ucap Lagarde di Nusa Dua Bali, Jumat (12/10/2018)

Pada pidatonya, Presiden Joko Widodo menyebutkan bahwa perang dagang malah membuat dunia teralihkan dari masalah yang lebih serius. Salah satunya perubahan iklim.

Kondisi tersebut sesuai dengan alur Game of Thrones di mana para keluarga bangsawan saling bertikai, padahal musim dingin panjang ada di depan mata. Alhasil, sumber daya di Westero terkuras akibat peperangan.

Sebelumnya, Jokowi sempat membawa film Avengers ke dalam pidatonya. Pada pidatonya di Vietnam, ia menyebut mentalitas Thanos yang ada akan merugikan semua pihak.

Dalam kesempatan yang sama, Lagarde juga berterima kasih pada keramahan yang diberikan rakyat Indonesia meskipun baru ditimpa bencana.

"Jadi, dari lubuk hati terdalam, saya ucapkan terima kasih," ujarnya. 

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Jokowi Ibaratkan Kondisi Ekonomi Negara Maju seperti Film Game of Thrones

Presiden Joko Widodo saat berpidato dalam Bali Fintech Agenda IMF-WB 2018 di Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10). Jokowi mengaku mengacu pada kebijakan Amerika Serikat (AS) yang merupakan negara kelahiran internet. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai jika saat ini hubungan perekonomian dari negara-negara maju tengah mengalami keretakan. Bahkan, dia mengibaratkan kondisi tersebut seperti serial televisi Game of Thrones.

"Hubungan ekonomi negara maju semakin lama semakin terlihat seperti Game of Thrones, balance of power dan aliansi antara negara ekonomi maju seperti mengalami keretakan. Lemahnya koordinasi membuat terjadi banyak masalah, seperti peningkatan harga minyak, kekacauan mata uang dialami negara berkembang," kata Jokowi pada Pertemuan IMF-Bank Dunia 2018 di Bali.

Padahal sebelumnya dalam beberapa dekade terakhir, negara maju yang telah mendorong negara berkembang untuk ikut dalam perdagangan bebas. Keterbukaan informasi memberikan banyak sekali keuntungan baik negara maju atau negara berkembang.

Bahkan bantuan negara maju membuat negara berkembang mampu berkontribusi besar ke perekonomian dunia.

"Namun dalam serial Game of Thrones sejumlah Great Houses, Great Families bertarung hebat satu sama lain mengambil alih kembali Iron Throne. Mother of Dragon menggambarkan siklus kehidupan. Setelah satu house yang lain menjatuhkan house yang lainnya. Namun yang mereka lupa tatkala Great Houses bertarung satu sama lain mereka tidak tahu ancaman besar dari utara," Jokowi kembali menggambarkan.

Dengan adanya ancaman ini, kata Jokowi, tidak penting siapa yang pada akhirnya menduduki kekuasaan, mereka harus bersiap menghadapi masalah lain agar dunia tidak porak-poranda.

"Saat ini kita sedang menghadapi ancaman global terkait perubahan iklim. Sampah plastik mencemari pasokan makanan di banyak tempat. Ancaman global yang hanya bisa kita tanggulangi hanya jika kita bisa kerja sama," tegas Jokowi.

Lebih lanjut Jokowi meyakini jika film Game of Thrones akan berakhir baik. Film ini akan memberikan pesan moral di akhir ceritanya. 

"Tahun depan kita akan saksikan season terakhir Game of Thrones. Saya bisa perkirakan bagaimana akhir ceritanya. Saya yakin ceritanya akan memberikan pesan moral konfrontasi dan perselisihan akan menyebabkan penderitaan bukan hanya kalah tapi juga uang menang," tutur dia.

Inilah yang juga menjadi harapan Jokowi tentang kondisi perekonomian global. "Saya mendorong bapak dan ibu mendorong pemimpin dunia berpikir ulang akan kebijakannya. Saya harap pertemuan tahunan ini berlangsung produktif," tegas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selena Gomez Jalani Perawatan Mental

Posted: 11 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nama Selena Gomez selalu dikaitkan dengan jalinan cinta Justin Bieber dan Hailey Baldwin. Banyak orang percaya, Selena Gomez belum sepenuhnya melupakan Justin Bieber.

Di saat ada banyak orang yang percaya kalau Selena Gomez belum move on, beberapa waktu lalu Us Magazine melaporkan jika sebenarnya ia sama sekali tak peduli dengan hubungan Justin Bieber dan Hailey Baldwin. Saat ini ia hanya memperhatikan dirinya sendiri.

"Gaya hidup Justin tidak cocok dengan Selena. Setiap hari Selena hanya berfokus untuk memperbaiki dirinya. (Sementara itu) Hailey suka jalan-jalan, pergi ke klub, dan nongkrong di studio. Itu sangat berbeda dengan Selena," tutur seorang sumber pada Us Weekly.

Namun kini publik justru dikejutkan dengan kabar kesehatan Selena Gomez. Mantan bintang Disney itu dilaporkan sedang menjalani perawatan mental karena gangguan emosional yang dialaminya.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Dua Kali Masuk Rumah Sakit

Selena Gomez (Foto: AFP / Frederick M. Brown / GETTY IMAGES NORTH AMERICA)

Kabar ini pertama kali dilaporkan oleh TMZ. Di sanalah terungkap jika sebenarnya pelantun tembang "Back To You" ini sudah 2 kali masuk rumah sakit dalam 2 minggu terakhir.

Beberapa orang sumber mengungkapkan jika Selena pertama kali dilarikan ke rumah sakit pada akhir September lalu. Saat itu ia berada dalam rumahnya yang terletak di Studio City, California dan kondisinya benar-benar emosional. 

Disebutkan jika Selena sangat putus asa karena transplantasi ginjal yang pernah dilakukannya mempengaruhi jumlah sel darah putihnya. Lewat TMZ, sumber tersebut juga mengaku jika Selena dilarikan ke Cedars-Sinai Medical Center, Los Angeles oleh salah seorang sanak keluarganya.

 

 

Jalani Terapi

Selena Gomez  (Dave Kotinsky  GETTY IMAGES NORTH AMERICA  AFP)

Selama menjalani perawatan Selena benar-benar ketakutan dan bersikeras untuk keluar rumah sakit, namun dokter tak mengizinkannya. Ia marah besar sampai sempat melepas infusnya secara paksa.

Untuk meredakan gangguan emosionalnya, saat ini Selena pun dilaporkan tengah menjalani terapi perilaku dialektis atau yang biasa dikenal dengan Dialectic Behavior Therapy (DBT). Terapi ini dilakukan antara terapis dan klien secara individual dan berkelompok setiap minggu. 

Lewat terapi ini diharapkan gangguan mental Selena bisa menghilang hingga ia kembali sehat seperti sedia kala. Disebutkan pula jika ini bukan kali pertama Selena menjalani sesi DBT. (Kapanlagi.com/ Soraya)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-Detik Enam Remaja Ditangkap Bawa Senjata Tajam

Posted: 11 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Enam orang remaja, subuh tadi ditangkap tim pemburu preman Polres Metro Jakarta Barat. Mereka ditangkap karena terlibat tawuran, berikut barang bukti sejumlah senjata tajam, Jumat dini hari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deliveree Rilis Layanan Full Truck Load ke Seluruh Jawa

Posted: 11 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Deliveree baru saja meluncurkan layanan full truck load (FTL) atau satu truk penuh antar kota. Layanan ini siap melayani 23 kota di seluruh Jawa.

Berbeda dari jenis layanan sebelumnya, FTL menerapkan harga tetap untuk rute pengiriman setiap kota, termasuk semua biaya dasar. Keuntungan layanan ini didukung dengan pemesanan langsung lewat aplikasi mobile dan web app Deliveree.

"Kami sangat senang dapat menghadirkan layanan FTL, karena ini merupakan komitmen kami memberikan layanan populer bintang 5 dengan biaya bintang 2 untuk seluruh pelanggan di Indonesia," tutur CEO dan co-founder Deliveree Tom Kim dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (12/10/2018).

Nantinya, biaya dasar yang dipatok dalam layanan ini mencakup biaya sewa kendaraan, pengemudi, bahan bakar, tol, dan parkir. Jadi, pengguna tidak akan mengeluarkan biaya tambahan lain.

Commercial Head Deliveree, Rico Soseslisa, menuturkan, Deliveree merupakan perusahaan pertama yang memberikan layanan penuh semacam ini, termasuk di dalamnya biaya tetap yang transparan untuk pengiriman antar kota.

"Kami mencakup semua rute besar di Pulau Jawa dengan banyak pilihan armada truk yang dapat dipesan dengan pemberitahuan setidaknya 24 jam hingga dua minggu ke depan," tuturnya menjelaskan.

Armada yang tersedia di Deliveree pun terbilang beragam. Pengguna dapat memilih Fuso, Double Engkel Long (CDD Long), double engkel, engkel box, dan armada yang lebih kecil, seperti box kecil dan van.

Selain itu, harga yang ditawarkan Deliveree pun terbilang kompetitif. Marketplace ini menawarkan harga kirim antar kota sekitar 20 hingga 30 persen di bawah harga pasar. Contohnya, biaya untuk truk double engkel long rute Jakarta-Bandung dipatok Rp 5.700.000.

Jasa Logistik Online Deliveree Gaet 5.000 Pengemudi

Aplikasi Deliveree. Dok: play.google.com

Sebelumnya, Deliveree telah bermitra dengan lebih dari 5.000 pengemudi di Jabodetabek, dari perusahaan truk, pemilik rental hingga pemilik armada pribadi. Deliveree hanya menerima sekitar 30 persen dari total pengemudi yang mendaftar.

Setiap pengemudi wajib mengikuti pelatihan yang mencakup standar pelayanan bagi pelanggan, keahlian problem solving, dan wajib mengikuti tes tertulis dengan syarat kelulusan minimal 80 persen. Hal ini menjadikan Deliveree mampu menyaring pengemudi terbaik untuk melayani pelanggan.

Marketplace penyedia layanan logistik yang didukung oleh teknologi mobile dan webapp, Deliveree, kemudian memperluas layanannya dengan menjajaki pasar truk komersil.

Dalam hal ini startup besutan perusahaan venture capital dan venture builder asal Thailand tersebut meluncurkan engkel box (colt diesel engkel/CDE) berkapasitas dua ton untuk pengiriman ke seluruh Jabodetabek.

Biaya Pengiriman dengan Deliveree

Deliveree (sumber: istimewa)

Deliveree memulai harga pengiriman dengan engkel box dengan tarif Rp 320.000 untuk 5 km (kilometer) pertama, dan Rp 7.000 untuk km berikutnya. Pelanggan juga bisa memesan truk untuk pengiriman 12 jam penuh dengan jarak tidak terbatas seharga Rp 900.000.

"Kami berusaha membantu bisnis di Indonesia dengan mendengarkan kebutuhan dan kendala yang dihadapi. Salah satu solusi yang dibutuhkan adalah peluncuran CDE ini," ujar Tom Kim, CEO Deliveree Group's International melalui keterangannya, Selasa (26/9/2017) di Jakarta.

Ditambahkan Tom Kim, pelanggan juga dapat segera memesan truk komersil lainnya. Ia berujar, saat ini Deliveree bersiap-siap menghadirkan truk CDD (colt diesel double) dan wingboxbeberapa bulan ke depan.

Industri logistik di Asia Tenggara bernilai sekitar US$ 300 miliar. Menurut catatan World Bank, dua pertiga nilai tersebut berasal dari Indonesia.

Dari angka ini, biaya logistik di Indonesia juga menyerap hampir 20 persen dari biaya penjualan, sekaligus menjadi yang tertinggi dibandingkan negara lainnya di Asia Tenggara.

Sebagai perusahaan penyedia layanan logistik bagi pebisnis, Deliveree ingin menurunkan angka ini hingga 15 persen sampai 20 persen lebih rendah.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Siswa Bolos, Pemerintah Negara Bagian Ini Kerahkan Polisi Jaga di Sekolah

Posted: 11 Oct 2018 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Darwin - Pemerintah Wilayah Northern Territory Australia (NT) mengambil langkah tegas guna menekan tingkat siswa yang membolos. Bahkan upaya tersebut disertai dengan kebijakan pemberian hukuman khusus.

Seperti dikutip dari ABC Indonesia, Jumat (12/10/2018), pemerintah NT akan menempatkan polisi untuk bertugas di sejumlah sekolah.

Program ini akan memperkenalkan sejumlah aparat kepolisian untuk bertugas di 10 sekolah mulai Senin 15 Oktober 2018,  saat musim sekolah dimulai kembali dengan tujuan untuk menyasar anak-anak yang berisiko membolos dari sistem pendidikan.

Model pengerahan aparat polisi ke sekolah-sekolah ini awalnya diperkenalkan pada 1980-an, tetapi diubah oleh pemerintahan Partai Liberal di NT sebelumnya, yang mengurangi kehadiran fisik petugas di sekolah-sekolah.

"Kami akan bekerja keras menindak ketidakhadiran, meminimalkan tingkat skorsing, tetapi yang paling penting adalah tercapainya tujuan jangka menengah dan panjang, yakni meningkatnya hubungan antara pelajar dengan petugas polisi kami," kata Wakil Komisaris Polisi NT, Michael Murphy.

"Kami panutan, kami bisa membimbing siswa."

Namun, program tersebut telah memicu kekhawatiran di mana kehadiran polisi dapat "mengkriminalisasi" siswa.

"Ini benar-benar mendorong rasa takut di hati saya," kata Shahleena Musk, seorang pengacara senior di Pusat Hukum Hak Asasi Manusia, setelah mengetahui bahwa program itu akan diperkenalkan.

Shahleena Musk menunjuk sebuah laporan baru-baru ini oleh Dignity in Schools - sebuah koalisi nasional dari 98 organisasi dari 24 negara di seluruh AS - yang menemukan peningkatan kehadiran petugas polisi di sekolah-sekolah telah dikaitkan dengan peningkatan penangkapan berbasis sekolah atas perilaku tidak senonoh dan dampak negatif pada iklim sekolah ".

"Pekerjaan saya sebelumnya adalah manajer dan pengacara pemuda senior di NAAJA, dinas hukum Aborigin di sana, dan saya memiliki sejumlah anak yang ditangkap di dalam ruang kelas mereka, diborgol oleh polisi dan digiring keluar dari sekolah," kata shahleena Musk.

"Jadi anak-anak ini, mereka tiga orang memilih tidak kembali ke sekolah setelah insiden itu, karena hal yang tidak ada kaitannya dengan mereka."

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

Simak video pilihan berikut: 

Pelaksanaan Rekomendasi

Sebenarnya, seberapa efektif kebijakan Sekolah Ramah Anak untuk Mengurangi Angka Kekerasan yang Terjadi pada si Kecil (iStockphoto)

Pemerintah Wilayah NT Australia mengatakan model baru itu merujuk pada informasi dari temuan Komisi Kerajaan tentang Perlindungan dan Penahanan Anak-anak di NT dan konsultasi komprehensif dengan para pemangku kepentingan.

Laporan itu mengatakan pelaksanaan program pengerahan polisi bertugas ke sekolah akan membantu melaksanakan rekomendasi dari temuan komisi kerajaan – dimana lebih dari 200 rekomendasi di antaranya didanai hingga 229 juta dolar Asutralia (setara Rp 3,2 triliun) oleh Pemerintah NT pada bulan April.

Namun, Shahleena Musk mempertanyakan keputusan itu.

Menurutnya tidak ada rekomendasi yang mengharuskan polisi untuk ditempatkan di sekolah.

"Sebagian besar rekomendasi sebelumnya adalah tentang upaya mencegah anak-anak bersentuhan dengan sistem peradilan remaja, terutama polisi, untuk perilaku yang dianggap bermasalah," katanya.

Shahleena Musk mengatakan perlu ada transparansi yang lebih besar seputar peran polisi di sekolah, dan memastikan hanya petugas polisi dengan kemampuan yang sangat khusus yang memasuki ruang kelas.

Penjabat Wakil Komisioner Polisi Michael Murphy mengatakan, para petugas akan menerima pelatihan tambahan selama seminggu mengenai praktik pemulihan, psikologi, kompetensi budaya, prinsip-prinsip keadilan pemuda, trauma antargenerasi dan kerusakan kognitif, tetapi mengakui bahwa pelatihan dapat berjalan lebih jauh.

"Kami memang bukan ahli soal Pendidikan, tetapi apa yang kami andalkan adalah bekerja dalam kemitraan dengan para pemangku kepentingan yang berada di dalam pemerintahan dan di luar pemerintah untuk menumbuhkan model," katanya.

"Saya pikir tugas ini sudah berlangsung dengan baik. Saya manyambut gembira kebijakan ini, saya optimistis ini akan berhasil."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Uji Coba Internasional, Spanyol Menang Telak Atas Wales

Posted: 11 Oct 2018 09:23 PM PDT

Pelatih Spanyol, Luis Enrique menginstruksikan pemainnya saat bertanding melawan Wales uji coba internasional di Stadion Principality, Cardiff, Inggris (11/10). Spanyol menang telak 4-1 atas Wales. (AFP Photo/Geoff Caddick)

Pelatih Spanyol, Luis Enrique menginstruksikan pemainnya saat bertanding melawan Wales uji coba internasional di Stadion Principality, Cardiff, Inggris (11/10). Spanyol menang telak 4-1 atas Wales. (AFP Photo/Geoff Caddick)

Pelatih Wales, Ryan Giggs menginstruksikan pemainnya saat bertanding melawan Spanyol uji coba internasional di Stadion Principality, Cardiff, Inggris (11/10). Spanyol menang telak 4-1 atas Wales. (AFP Photo/Geoff Caddick)

Pelatih Wales, Ryan Giggs menginstruksikan pemainnya saat bertanding melawan Spanyol uji coba internasional di Stadion Principality, Cardiff, Inggris (11/10). Spanyol menang telak 4-1 atas Wales. (AFP Photo/Geoff Caddick)

Striker Spanyol, Paco Alcacer berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Wales pada uji coba internasional di Stadion Principality, Cardiff, Inggris (11/10). Alcacer mencetak dua gol di pertandingan tersebut. (AFP Photo/Geoff Caddick)

Striker Spanyol, Paco Alcacer berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Wales pada uji coba internasional di Stadion Principality, Cardiff, Inggris (11/10). Alcacer mencetak dua gol di pertandingan tersebut. (AFP Photo/Geoff Caddick)

Bek Spanyol, Marc Bartra (ketiga kiri) berselebrasi dengan rekannya usai mencetak gol ke gawang Wales pada uji coba internasional di Stadion Principality, Cardiff, Inggris (11/10). Spanyol menang telak 4-1 atas Wales. (AFP Photo/Geoff Caddick)

Bek Spanyol, Marc Bartra (ketiga kiri) berselebrasi dengan rekannya usai mencetak gol ke gawang Wales pada uji coba internasional di Stadion Principality, Cardiff, Inggris (11/10). Spanyol menang telak 4-1 atas Wales. (AFP Photo/Geoff Caddick)

Striker Wales, Sam Vokes berusaha mengontrol bola dari kawalan bek Spanyol, Raul Albiol saat bertanding pada uji coba internasional di Stadion Principality, Cardiff, Inggris (11/10). Spanyol menang telak 4-1 atas Wales. (AFP Photo/Geoff Caddick)

Striker Wales, Sam Vokes berusaha mengontrol bola dari kawalan bek Spanyol, Raul Albiol saat bertanding pada uji coba internasional di Stadion Principality, Cardiff, Inggris (11/10). Spanyol menang telak 4-1 atas Wales. (AFP Photo/Geoff Caddick)

Gelandang Wales, Harry Wilson berusaha melewati bek Spanyol, Sergio Ramos saat bertanding pada uji coba internasional di Stadion Principality, Cardiff, Inggris (11/10). Spanyol menang telak 4-1 atas Wales. (AP Photo/Nick Potts)

Gelandang Wales, Harry Wilson berusaha melewati bek Spanyol, Sergio Ramos saat bertanding pada uji coba internasional di Stadion Principality, Cardiff, Inggris (11/10). Spanyol menang telak 4-1 atas Wales. (AP Photo/Nick Potts)

Pemain Wales, Ashley Williams berebut bola dengan striker Spanyol, Alvaro Morata saat bertanding pada uji coba internasional di Stadion Principality, Cardiff, Inggris (11/10). Spanyol menang telak 4-1 atas Wales. (AP Photo/Nick Potts)

Pemain Wales, Ashley Williams berebut bola dengan striker Spanyol, Alvaro Morata saat bertanding pada uji coba internasional di Stadion Principality, Cardiff, Inggris (11/10). Spanyol menang telak 4-1 atas Wales. (AP Photo/Nick Potts)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Periksa 9 Saksi Usai Geledah 26 Lokasi di Kabupaten Malang

Posted: 11 Oct 2018 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan sembilan saksi dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi Bupati Malang Rendra Kresno. Pemeriksaan dilakukan usai penyidik menggeledah 26 lokasi di Kabupaten Malang.

"Hari ini, setelah KPK lakukan penggeledahan di 26 lokasi sejak Senin (8/10), penyidik mulai mengagendakan pemeriksaan saksi-saksi di Polres Malang," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jumat (12/10/2018).

Sembilan orang tersebut yakni Sekretaris BLH Sampurno, Mantan Kepala BLH Tridiyah M, Kasubag Keuangan BLH Dwi July, Bendahara BLH Sophia L, pihak swasta bernama Riki H, pihak BPKAD Thory S, M Imron, Priyatmoko, serta Cipto Wiyono.

"Kami ingatkan agar saksi-saksi yang dipanggil hadir dan memberikan keterangan secara benar dan seluas-luasnya yang diketahui," kata Febri.

Sebelumnya, KPK menetapkan Bupati Malang Rendra Kresna sebagai tersangka dugaan suap dan penerimaan gratifikasi.

Untuk suap, KPK menjerat Rendra beserta pihak swasta bernama Ali Murtopo. Rendra diduga menerima suap dari Ali Murtopo sebesar Rp 3,45 miliar terkait penyediaan sarana penunjang peningkatan mutu pendidikan pada Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Malang.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Utang Dana Kampanye

Uang yang diterima Rendra dari Ali itu diduga akan digunakan untuk pembayaran utang dana kampanye yang dikeluarkan untuk pemenangan Rendra saat maju menjadi Bupati Malang periode 2010-2015.

Sementara dalam kasus dugaan penerimaan gratifikasi, Rendra dijerat bersama dengan pihak swasta bernama Eryk Armando Talla. Keduanya diduga menerima gratifikasi sebesar Rp 3,55 miliar terkait beberapa proyek di Pemkab Malang.

 

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bacakan Pleidoi, Ini Pengakuan Roro Fitria

Posted: 11 Oct 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Roro Fitria mendapat tuntutan penjara lima tahun, dan denda Rp 1 miliar terkait kasus narkoba yang menjeratnya. Demi meringankan hukuman, Roro menuliskan pembelaan alias pleidoi.

Ditemani Asgar, kuasa hukumnya, Roro Fitria membacakan naskah tersebut. Ia memohon pada pengadilan untuk mempertimbangkan kembali keputusan hukumannya.

"Dalam hal ini saya sangat menyesal dan mohon dibukakan maaf sebesar-besarnya. Saya sangat malu dan saya berjanji tidak akan mengulanginya. Saya mohon dengan sangat saya tidak mau dipenjara, Yang Mulia. Sembilan bulan ini saya sangat enggak kuat, Yang Mulia. Tolongin saya, psikologis saya terganggu, saya sakit yang mulia," ujar Roro Fitria, dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Selama menjadi tahanan Roro Fitria tak terlihat segar. Wanita yang biasanya ceria ini lebih banyak tertunduk dan menangis.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Pikirkan Ibu

Roro Fitria

Dalam keterangan pleidoi itu juga, Roro Fitria menjelaskan kegiatannya selama ini. Selain bekerja, ia juga merawat sang ibunda.

Kondisi dirinya dalam penjara, Roro Fitria tak bisa lepas memikirkan ibundanya.

"Melihat saya begini, mama sangat syok dan saya malu sama semua orang. Mohon dibukakan dan diberikan kesempatan rehab. Maaf sekali lagi, maafin saya. Stroke, jantung, hipertensi, diabetes, barusan saya kebobolan maling, ini bertubi-tubi buat saya," ucap wanita yang sempat mengaku memiliki kekayaan miliaran rupiah itu.

Belum Menikah

Roro Fitria

Dibanding artis lain yang tersandung masalah narkoba, Roro Fitria yang paling lama mendapatkan hukuman. Beberapa seleb lain telah mendapat ketok palu dari hakim, ini juga yang menjadi permohonan Roro agar bisa melakukan rehabilitasi.

"Saya mohon agar bisa direhab dan disembuhkan. Saya enggak pernah terpikir akan seperti ini, tolong berikan kesempatan buat saya mau direhab. Saya enggak kuat jauh dari mama saya. Saya juga belum menikah Yang Mulia," ujar Roro dengan tulus. (Sahal Fadhli/kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Asian Para Games 2018: Hari Terakhir Para Angkat Berat

Posted: 11 Oct 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Indonesia berpeluang menambah medali dari cabang olahraga para angkat berat Asian Para Games 2018 pada Jumat (12/10/2018). Ada satu wakil Indonesia yang akan bertanding di babak final.

Priambodo Atmaji bakal tampil di final kelas up to 97 kg. Priambodo Atmaji akan bersaing dengan delapan atlet lainnya untuk mendapatkan medali emas Asian Para Games 2018.

Indonesia sejauh ini belum berhasil emrebut medali emas dari cabor para angkat berat di Asian Para Games 2018. Indonesia cuma kebagian empat perak dan dua perunggu.

Babak final para angkat berat kelas up to 97 kg ini akan digelar mulai pukul 12.00 WIB. Saksikan Live Streaming Asian Para Games 2018  cabor para angkat berat di halaman selanjutnya:

  *Grab selaku official mobile platform partner juga mendukung Asian Para Games 2018

Link Live Streaming

Asian Para games 2018

Tonton Live Streaming Asian Para Games di Vidio.com:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapal Pesiar Terbesar Hong Kong Buka Rute ke Benoa Bali

Posted: 11 Oct 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pelindo III mengajak operator kapal pesiar internasional, Genting Hong Kong, untuk mengembangkan rute kunjungannya ke Indonesia.
 
Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung, mengatakan, selama ini operator kapal pesiar yang banyak menggarap rute wisata Asia tersebut telah membawa kapal Genting Dream sandar rutin di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Pelabuhan Celukan Bawang Bali. 
 
"Ke depannya, Genting Hong Kong akan melayani rute baru Singapura-Surabaya-Celukan Bawang hingga Benoa di Bali. Saat sandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Genting Dream salah satu kapal pesiar andalan mereka, menjadi cruise terbesar yang pernah sandar di pelabuhan Indonesia," ujar dia di Bali, Jumat (12/10/2018).
 

 
Menurut Doso, hal ini menjadi salah satu bentuk komitmen mendukung target pemerintah mencapai 17 juta kunjungan wisatawan mancanegara pada 2018. 
 
"Salah satunya dengan proaktif berpromosi ke sejumlah operator cruise, agar meningkatkan cruise call (intensitas kunjungan kapal) dan juga membuka rute baru ke pelabuhan-pelabuhan lainnya yang menjadi gerbang laut bagi berbagai destinasi wisata di sekitarnya," kata dia.
 
 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

 
Ilustrasi Kapal Pesiar. (AFP PHOTO / XL / XAVIER LEOTY)
Dia mengungkapkan, untuk mendorong hal tersebut, Pelindo III telah melakukan berbagai terobosan layanan agar operator mau memastikan kunjungan hingga enam bulan sebelum kedatangan kapal, yaitu dengan memberikan prioritas sandar. 
 
Selain itu, perusahaan pelat merah ini juga siap memberikan bantuan untuk menjamin kelancaran embarkasi dan debarkasi penumpang hingga pendampingan pengurusan perizinan ke pemerintah setempat dan instansi terkait.
 
Selanjutnya, Pelindo III akan memperbarui fasilitas sandar di terminal Pelabuhan Celukan Bawang untuk melayani cruise dengan panjang kapal (LOA/length overall) mencapai 342 meter, lebar 46,6 meter, dan kedalaman hingga 9,2 meter.
 
"Agar dapat bersaing dengan pelabuhan cruise lain pada industri pariwisata global, Pelindo III terus meningkatkan fasilitas pelabuhan agar dapat disandari cruise yang berkapasitas hingga lebih dari 4.000 penumpang dan kru kapal. Sehingga semakin besar cruise yang bisa sandar, maka semakin banyak turis asing yang datang. Sehingga diharapkan dapat mendorong peningkatan industri wisata di Bali utara," tandas Doso.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belajar Filosofi sampai Tata Rambut Sendiri, Putri Indonesia Lingkungan Bakal Rebut Mahkota Miss International 2018

Posted: 11 Oct 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Putri Indonesia Lingkungan 2018 Vania Fitryanti Herlambang menjadi perwakilan Indonesia untuk berlaga dalam ajang Miss International 2018 yang akan diadakan di Tokyo, Jepang. Berbekal persiapan matang, Vania berharap meraih mahkota dalam kontes kecantikan kedua terbesar setelah Miss Universe tersebut.

"Saya merasa bangga menjadi salah satu perempuan yang bisa membawa nama indonesia hingga ke internasional dan peluang ini tidak akan saya sia-siakan. Doakan saya membawa prestasi untuk Indonesia," kata Vania di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 11 Oktober 2018.

Perempuan asal Madiun, Jawa Timur, 11 Februari 1997 itu mengatakan sudah sejak tujuh bulan lalu menyiapkan diri dalam menghadapi Miss International 2018. Salah satunya belajar merias wajah dan tata rambut sendiri.

Selain itu Vania juga mendapatkan banyak pembekalan di berbagai bidang seperti kelas table manner, current issues, filosofi, filsafat, kelas Bahasa Ingris, pembentukan tubuh, hingga perawatan gigi.

"Sejak terpilih menjadi Puteri Indonesia Lingkungan 2018, saya sudah belajar saya sudah biasa melakukan persiapan yakni melakukan perawatan kecantikan luar dan dalam di Taman Royal Heritage Spa serta teknik merias wajah dan rambut sendiri," kata Vania.

Vania akan mengikuti proses karantina Miss International dari 18 Oktober hingga 10 November 2018. Malam Grand Final Miss International akan dilaksanakan pada 9 November 2018. Vania akan bersaing dengan finalis dari 82 negara.

Tahun lalu, Kevin Liliana membuat harum nama Indonesia dengan meraih gelar Miss International 2017.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Resep Bahagia Jokowi untuk Pemimpin Dunia: Dengarkan Musik Dangdut

Posted: 11 Oct 2018 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selalu ada cara dan waktu untuk mempromosikan wisata dan budaya Indonesia, itulah Jokowi.

Saat berpidato di forum Tri Hita Karana, di sela-sela pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia di Nusa Dua, Bali, Kamis 11 Oktober 2018, Presiden Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi, mengajak para tokoh dunia yang hadir di forum tersebut untuk mendengarkan musik dangdut.

"Saya hanya beri satu saran: "Dengarkan musik dangdut. Itu salah satu musik paling menyenangkan di dunia," kata Jokowi seperti ditulis di akun Instagramnya, @jokowi, Jumat (12/10/2018).

Saran ini disampaikan Jokowi saat pembahasan tentang tujuan pembangunan berkelanjutan, sebuah tujuan terukur yang dicanangkan PBB tiga tahun lalu untuk membawa kebahagiaan bagi masyarakat di seluruh dunia.

Jokowi pun kemudian bertanya kepada para tokoh dunia yang hadir, "Apakah Anda merasa bahagia? Apakah yang menyebabkan Anda bahagia?"

 

Masyarakat Indonesia Peringkat 8 Paling Bahagia

Indonesia, menurut survei Gallup International tahun 2017, berada di peringkat kedelapan masyarakat paling bahagia di dunia, dan paling optimistis di tahun 2018.

"Jadi, jika ingin mencari kebahagiaan, saya bilang ke mereka, "Anda datang ke tempat yang tepat: Indonesia". Lalu, apa yang membuat masyarakat Indonesia bahagia? "Silakan cari tahu sendiri. Mungkin Anda dapat berjalan-jalan ke beberapa tempat di Indonesia dan menghabiskan uang dollar Anda sebagai turis untuk mencari tahu," ujar Jokowi lagi.

Musik dangdut, kata Jokowi, merupakan musik paling bahagia di dunia. "Bahkan saya mendapati saat ini banyak yang sudah teracuni musik dangdut Indonesia," katanya.

Netizen pun tidak sedikit yang menyatakan setuju bahwa musik dangdut bisa mendatangkan kebahagiaan.

"Tul sekali musik dangdut untuk semua kalangan, mau sedih, nangis, seneng tetep goyang," tulisa akun @eniwidayanti3323.

"Mantab..dangdut never die," tulis akun lainnya, @setyawanroma.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelapor Pelesetan Lagu Potong Bebek Angsa Fadli Zon Diperiksa Polisi

Posted: 11 Oct 2018 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rian Ernest, pelapor pelesetan lagu "Potong Bebek Angsa" yang diplesetkan Wakil Ketua DPR Fadli Zon diperiksa penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri. Kader Partai Solidaritas Indonesia itu diperiksa sebagai saksi atas laporan yang dibuatnya beberapa waktu lalu.

"Jadi, sebagai tindak lanjut dari pelaporan saya kepada FZ (Fadli Zon), saya diundang oleh penyelidik siber untuk diperiksa," kata Rian di kantor Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Tanah Abang, Jakarta, Jumat (12/10/2018).

Rian mengaku membawa barang bukti dalam pemeriksaannya kali ini, yaitu rekaman video lagu Potong Bebek Angsa yang sudah disimpan di dalam flashdisk.

"Saya juga diminta bawa lagi bukti-buktinya, sebagai dasar pelaporan kemarin," ucap dia.

Pengacara muda ini pun menyesalkan sikap Fadli Zon yang mempelesetkan lagu tersebut serta menyebarluaskannya di media sosial. Menurut dia, lirik lagu Potong Bebek Angsa yang dipelesetkan tersebut berbahaya.

"Ini bahaya betul. Yang melakukan ini elite politik, tentu ada maksud dan tujuan, tidak mungkin hanya atas dasar kreativitas dan iseng Beliau posting ini, enggak mungkinlah," Rian menjelaskan.

Kata Fadli Zon

Wakil Ketua DPR Fadli Zon. (Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra)

Kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) melaporkan Wakil Ketua DPR Fadli Zon Bareskrim Polri, Selasa 26 September 2018. Fadli dilaporkan karena diduga menyebarkan SARA dan berita bohong. 

Mendengar adanya laporan tersebut, Fadli menanggapi santai. Dia mengaku tidak takut dengan laporan tersebut. "Saya enggak takut sedikit pun," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 27 September 2018.

"Kalau misalnya memang ada mau kriminalisasi, saya hadapi mau sampai di ujung mana gitu," sambungnya. 

Fadli Zon juga menilai apa yang ia lakukan sama sekali tidak melanggar UU ITE. Kata dia, apa pun yang dikicaukan di akun Twitternya adalah bagian dari kebebasan berpendapat.

"Saya mencuitkan itu sebagai bagian dari ekpresi saya sependapat dengan ini bagian dari kreatif," ungkap dia. 

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Duel Maut Petani Berebut Air di Garut

Posted: 11 Oct 2018 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Garut - Omas (54), petani di Desa Karyamekar, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, tewas bersimbah darah setelah berduel dengan Rukman (80) petani lainnya. Keduanya berduel memperebutkan sumber air yang digunakan untuk mengairi lahan pertanian mereka.

Kepala Desa Karyamekar, Encep mengatakan perkelahian antara korban dan pelaku terjadi begitu cepat sekitar pukul 11.30 siang kemarin, akibat sabetan golok yang dibawa tersangka, korban tumbang dilokasi kejadian.

"Korban mengalami luka cukup parah di bagian pundak, lengan dan perut," kata Encep di Garut, Kamis (11/10/2018).

Komandan Koramil Samarang, Kapten Infanteri Dedi menambahkan, duel maut sesama petani itu terjadi di areal kebun milik Oja (70) di Kampung Citonggeret, Desa Karyamekar, Kecamatan Pasirwangi.

"Keributan ini dipicu akibat permasalahan air yang memang saat ini sulit didapatkan karena musim kemarau," kata Dedi.

Awalnya, warga sekitar membawa korban yang keseharian sebagai aparatur desa itu, ke RSUD dr Slamet Garut untuk mendapatkan pertolongan pertama. Namun nahas nyawanya tidak tertolong akibat parahnya luka yang diderita korban.

Berdasarkan keterangan warga sekitar, duel maut petani itu diawali dengan perlakukan korban yang menutup saluran air yang biasa digunakan pelaku untuk mengairi lahan pertanian miliknya. Hingga akhirnya timbul adu mulut.

Namun bukannya mereda, kemarahan keduanya yang masih ada hubungan saudara itu, malah semakin membuncah, akhirnya pelaku yang membawa golok mendapat angin segar dan langsung menghujami korban dengan beberapa sabetan benda tajam tersebut.

"Kasusnya sudah dilimpahkan ke Polres Garut," kata Dedi menambahkan.

Sementara itu, Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna mengakui adanya kasus dual maut sesama petani itu. Bahkan untuk mengamankan dari amukan massa, pelaku akhirnya dijemput petugas dan diiamankan di tahanan Mapolres Garut.

"Nanti setelah keterangan lengkap seluruhnya akan dilakukan rilis," ujarnya menambahkan.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kerugian Akibat Badai Michael Diperkirakan Mencapai Rp 121 Triliun

Posted: 11 Oct 2018 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Miami - Sebuah perusahaan asuransi terkemuka di Amerika Utara memperkirakan bahwa badai Michael picu total kerugian hingga US$ 8 miliar, atau setara Rp 121 triliun (kurs Rp 15.181 per dolar AS).

Karen Clark & ​​Company (KCC) yang berbasis di Boston merilis perkiraan tersebut pada Kamis, 11 Oktober 2018. Seluruh total kerugian yang dihitung merupakan kumpulan nilai objek asuransi, seperti perumahan, bangunan komersial, dan otmotif.

Dikutip dari Time.com, Jumat (12/10/2018), nilai itu juga dihitung dari skema kerugian yang dicakup oleh Program Asuransi Banjir Nasional.

KCC memperkirakan bahwa hampir separuh kerugian yang diasuransikan pada terjangan badai Michael, terjadi di Teluk Florida, termasuk di sebagian pesisir negara bagian Alabama.

Khusus untuk kerusakan total pada benda berasuransi akibat gelombang badai di pesisir, KCC memperkirakan nilainya setinggi US$ 3,7 miliar, atau setara Rp 56 triliun.

Badai Michael mendarat dengan kecepatan angin 249 kilometer per jam, masuk dalam kategori 4, mendekati batas topan paling dahsyat.

Pendaratan badai Michael dilaporkan terjadi pada Rabu sore di wilayah barat laut Florida dan sebagian pesisir tenggara negara bagian Alabama.

Badai itu meninggalkan jejak kehancuran di sepanjang wilayah utara Pantai Barat Florida, melewati sebagian negara bagian Alabama, dan terus melaju ke Georgia ketika kekuatannya melemah menjadi kategori 3.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Badai Terburuk di Florida

Citra satelit inframerah dari NOAA menunjukkan Hurricane Michael mendekati daratan Amerika Serikat, Rabu (10/10). Hantaman Badai Michael disebut sebagai salah satu yang paling dahsyat melanda wilayah barat laut negara bagian Florida, AS. (NOAA via AP)

Sementara itu, Gubernur Florida Rick Scott memperingatkan tentang risiko "kehancuran yang tak terbayangkan" akibat hantaman badai Michael, dan mengatakan bencana itu sebagai yang terburuk dalam 100 tahun terakhir.

Badai Michael dilaporkan menewaskan sedikitnya 13 orang di Amerika Tengah, yakni enam orang di Honduras, empat di Nikaragua, dan tiga lainnya di El Salvador.

Lebih dari 370 ribu orang di Florida telah diperintahkan untuk mengungsi, tetapi para pejabat menganggap banyak orang mengabaikan peringatan itu.

Sementara itu, kota pesisir Apalachicola melaporkan gelombang badai hampir datang setinggi 8 kaki, atau setara 2,5 meter.

Disebutkan pula, badai Michael telah melumpuhkan hingga seperempat juta rumah dan bisnis di negara bagian Florida, karena jaringan listrik terputus akibat tertimpa banyak pohon tumbang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Alasan Motor Matik Menjadi Boros Bahan Bakar

Posted: 11 Oct 2018 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya pengendara mobil, kenaikan harga bahan bakar minyak juga pasti memengaruhi pengendara sepeda motor.

Pemotor yang awalnya sudah terbiasa menggunakan Pertamax, mungkin akan kembali ke jenis BBM dengan RON lebih rendah, entah itu Pertalite atau Premium. Sebab, harga kedua jenis BBM ini belum naik.

Terlebih para pengendara skuter matik (skutik). Meski jenis sepeda motor ini tengah menjadi tren saat ini, mengendarai motor tanpa transmisi atau gigi ini kerap dianggap lebih boros soal bahan bakar dibanding jenis motor bebek atau lainnya.

Lantas mengapa skutik matik kerap disebut sebagai motor yang boros bahan bakar? Berikut ulasannya.

1. Terlalu lama memanaskan mesin

Pengendara motor yang dulunya terbiasa menggunakan motor manual rasanya sudah tak heran dengan prosedur wajib ini.

Mesin motor memang sebaiknya dipanaskan terlebih dahulu sebelum digunakan, agar oli mesin merata pada keseluruhan mesin. Namun, memanaskan mesin yang terlalu lama justru menjadikan motor lebih boros bensin.

2. Jarang ganti oli

Mengganti oli dalam waktu tertentu atau setelah kilometer tertentu memang wajib dilakukan. Bila telat akan membuat kerja mesin jadi berat. Yang akhirnya, lebih banyak bahan bakar yang terpakai untuk membuat mesin tetap bekerja.

3. Filter udara kotor

Terdengarnya remeh, tapi filter udara yang kotor membuat aliran udara ke ruang bakar tidak lancar. Efeknya proses pembakaran jadi tidak sempurna, yang hasilnya bisa ditebak: boros BBM.

4. Sering gas pol

Kesalahan banyak orang adalah main gas pol untuk mendapatkan akselerasi instan. Padahal hal ini sangat memengaruhi konsumsi BBM. Sebisa mungkin putar gas dengan perlahan, jangan dadakan langsung gas kencang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Ide Konyol Bikin Pas Foto Low Budget, Potret Situbondo Usai Dilanda Gempa

Posted: 11 Oct 2018 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pas foto memang menjadi salah satu persyaratan yang kerap dibutuhkan pada banyak dokumen penting. Namun saat sedang dalam kondisi genting dan tak cukup waktu untuk potret pas foto di studio alhasil ide-ide konyol bisa muncul.

Seperti 7 orang ini misalnya yang punya ide konyol untuk pas foto saat keadaan sedang terdesak. Meski bikin ngakak, ide kocak ini layak ditiru.

Artikel tentang 7 ide konyol pas foto menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua terpopuler yakni tentang potret Situbondo usai diguncang gempa. Sedangkan artikel tebak-tebakan yang bikin kesal sekaligus ngakak menempati ketiga terpopuler.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 7 Ide Konyol Bikin Pas Foto Low Budget, Kocak tapi Bisa Ditiru

(Foto rangkuman berbagai sumber)

Pas foto tersedia dalam berbagai ukuran sesuai dengan syarat dan ketentuan yang dibutuhkan. Nah, untuk mendapatkan potret yang bagus saat pas foto, biasanya banyak orang pergi ke studio foto.

Namun demi menghemat anggaran, tak sedikit orang memutuskan untuk membuat ide unik yang hasilnya hampir mirip seperti pas foto. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ide kreatif tapi ngakak yang mungkin bisa kita tiru untuk melakukan pas foto.

Selengkapnya..

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

2. Usai Dilanda Gempa, Begini Potret Terkini Situbondo Bidikan Warga

Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Kabar duka kembali menyelimuti warga Indonesia. Gempa berkekuatan magnitudo 6,0 mengguncang Situbondo dan sekitarnya di Jawa Timur, Kamis (11/10/2018) dini hari tadi.

Getaran gempa tersebut mengakibatkan sejumlah bangunan seperti rumah, ruko dan tempat ibadah di wilayah itu roboh. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat hingga kini ada 13 kali gempa bumi susulan. Berikut beberapa potret kawasan Situbondo hasil bidikan warga usai dilanda gempa. 

Selengkapnya..

3. Receh Banget, Tebak-tebakan Ini Dijamin Bikin Kesal Sekaligus Ngakak

tebak-tebakan receh (foto: brilio)

Main tebak-tebakan bisa menjadi hiburan di saat senggang. Ya, banyak orang dari berbagai usia yang sering main tebak-tebakan lucu untuk mengisi waktu luang. 

Namun, tak jarang tebak-tebakan justru berujung ngaaco dan juga nyeleneh. Tebak-tebakan semacam ini biasanya membuat kita jengkel lantaran sulit untuk ditebak. Dikutip dari berbagai sumber, berikut deretan tebak-tebakan ngaco yang bisa bikin kita kesel sekaligus ngakak.

Selengkapnya..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Sibuk Saling Serang, Dunia Lupa Ada Ancaman Besar di Depan Mata

Posted: 11 Oct 2018 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan kepada para pemimpin dunia untuk tidak saling serang baik dari sisi politik maupun ekonomi. Para pemimpin dunia harus bersatu menghadapi ancaman yang lebih besar.

Di hadapan Direktur IMF Christine Lagarde, Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim dan delegasi dari 189 negara di dunia, Jokowi mengatakan bahwa dunia tengah menghadapi ancaman yang besar.

"Perubahan Iklim, telah meningkatkan intensitas badai dan topan di Amerika Serikat hingga Filipina, sampah plastik di Laut di seluruh penjuru dunia telah mencemari pasokan makanan di banyak tempat, kata Jokowi di Nusa Dua Bali, Jumat (12/10/2018).

Menurut mantan Walikota Solo tersebut, ancaman tersebut bisa ditanggulagi jika seluruh negara di dunia bersatu. Hal tersebut harus dilakukan untuk mencegah kehancuran dunia akibat perubahan iklim global yang tidak terkendali.

"Kita perlu segera meningkatkan investasi tahunan secara global sebesar 400 persen untuk energi terbarukan. Untuk itu, kita harus bekerja bersama menyelamatkan kehidupan bersama," lanjut dia.

Jokowi pun kemudian bertanya kepada seluruh delegasi apakah sekarang merupakaan saat yang tepat untuk rivalitas dan kompetisi atau justru sebaliknya, waktu yang tepat untuk kerjasama dan kolaborasi menghadapi ancaman tersebut.

"Apakah kita telah terlalu sibuk untuk bersaing dan menyerang satu sama lain sehingga kita gagal menyadar adanya ancaman besar yang membayangi kita semua? " kata Jokowi.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Jokowi Ibaratkan Kondisi Ekonomi Negara Maju seperti Film Game of Thrones

Presiden Joko Widodo saat berpidato dalam Bali Fintech Agenda IMF-WB 2018 di Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10). Jokowi mengaku mengacu pada kebijakan Amerika Serikat (AS) yang merupakan negara kelahiran internet. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai jika saat ini hubungan perekonomian dari negara-negara maju tengah mengalami keretakan. Bahkan, dia mengibaratkan kondisi tersebut seperti serial televisi Game of Thrones.

"Hubungan ekonomi negara maju semakin lama semakin terlihat seperti Game of Thronesbalance of power dan aliansi antara negara ekonomi maju seperti mengalami keretakan. Lemahnya koordinasi membuat terjadi banyak masalah, seperti peningkatan harga minyak, kekacauan mata uang dialami negara berkembang," kata Jokowi pada Pertemuan IMF-Bank Dunia di Nusa Bali, Jumat (12/10/2018). 

Padahal sebelumnya dalam beberapa dekade terakhir, negara maju yang telah mendorong negara berkembang untuk ikut dalam perdagangan bebas. Keterbukaan informasi memberikan banyak sekali keuntungan baik negara maju atau negara berkembang.

Bahkan bantuan negara maju membuat negara berkembang mampu berkontribusi besar ke perekonomian dunia.

"Namun dalam serial Game of Thrones sejumlah Great Houses, Great Families bertarung hebat satu sama lain mengambil alih kembali Iron Throne. Mother of Dragon menggambarkan siklus kehidupan. Setelah satu house yang lain menjatuhkan house yang lainnya. Namun yang mereka lupa tatkala Great Houses bertarung satu sama lain mereka tidak tahu ancamanbesar dari utara," Jokowi kembali menggambarkan.

Dengan adanya ancaman ini, kata Jokowi, tidak penting siapa yang pada akhirnya menduduki kekuasaan, mereka harus bersiap menghadapi masalah lain agar dunia tidak porak-poranda.

"Saat ini kita sedang menghadapi ancaman global terkait perubahan iklim. Sampah plastik mencemari pasokan makanan di banyak tempat. Ancaman global yang hanya bisa kita tanggulangi hanya jika kita bisa kerja sama," tegas Jokowi.

Lebih lanjut Jokowi meyakini jika film Game of Thrones akan berakhir baik. Film ini akan memberikan pesan moral di akhir ceritanya. 

"Tahun depan kita akan saksikan season terakhir Game of Thrones. Saya bisa perkirakan bagaimana akhir ceritanya. Saya yakin ceritanya akan memberikan pesan moral konfrontasi dan perselisihan akan menyebabkan penderitaan bukan hanya kalah tapi juga uang menang," tutur dia.

Inilah yang juga menjadi harapan Jokowi tentang kondisi perekonomian global. "Saya mendorong bapak dan ibu mendorong pemimpin dunia berpikir ulang akan kebijakannya. Saya harap pertemuan tahunan ini berlangsung produktif," tegas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masyarakat Palu Tak Perlu Khawatir Makan Ikan, Asal...

Posted: 11 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pasca gempa dan tsunami, masyarakat Palu, Sulawesi Tengah khawatir makan ikan. Mereka takut bila ikan yang dikonsumsi sempat makan jenazah yang terbawa arus tsunami. 

Terkait ikan makan jenazah, Ketua Umum Asosiasi Rantai Pendingin Indonesia (ARPI) Hasanuddin Yasni menjelaskan bahwa pada dasarnya ikan tidak masalah dikonsumsi asalkan saat ditangkap masih hidup.

"Ikan punya daya larut. Misal, kalau kita kasih pestisida, ikan kan bisa mati. Andaikan ikan masih hidup, selama 1-2 hari, kandungan toksik (zat beracun) masih ada pada ikan. Setelah dua minggu dan ikan ternyata tetap hidup. Kandungan toksiknya sudah ternetralisasir di dalam ikan," papar Hasanuddin usai acara diskusi publik di Kementerian Kesehatan, Jakarta, Kamis (11/10/2018).

Jangka waktu toksik yang ternetralisir pada ikan minimal dua minggu. Artinya, ikan bisa aman dikonsumsi selama ikan itu hidup.

"Kalau yang ditangkap mati ya jangan dimakan ikan itu. Enggak perlu diresahkan juga. Sifatnya ikan kan bukan pemakan darah tapi makan daging," lanjut Hasanuddin.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Ikan aman dikonsumsi

Makan ikan. (CREDITHO/AFP/THE BLUE HOUSE)

Adanya kecemasan tentang ikan yang makan jenazah juga tak perlu resah. Intinya, kalau ikan yang ditangkap mati, jangan dimakan.

"Kalau ikan mati berarti mungkin ikan makan jenazah dan terkontaminasi. Kandungan toksik di dalam ikan berarti masih ada (tidak ternetralisir). Ada racunnya," Hasanuddin menambahkan.

Ikan yang bertahan hidup dan masih hidup saat kita tangkap aman dikonsumsi."It's okay. Enggak masalah dimakan. Kalau ikannya mati ya jangan dimakan," tambah Hasanuddin.

Ikan yang bertahan hidup dari toksik tak hanya dari segi kemampuan daya larut tubuh ikan terhadap toksik.

Ini juga dipengaruhi proses sekresi--proses pengeluaran zat sisa pada tubuh--selama ikan masih hidup.

"Ikan juga ada proses sekresi, yang mengeluarkan kotoran. Ikan pun terus bergerak dan mencerna makanan," imbuh Hasanuddin.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Asian Para Games 2018: Para Angkat Berat 12 Oktober 2018

Posted: 11 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Indonesia berpeluang menambah medali dari cabang olahraga para angkat berat Asian Para Games 2018 pada Jumat (12/10/2018). Ada satu wakil Indonesia yang akan bertanding di babak final.

Priambodo Atmaji bakal tampil di final kelas up to 97 kg. Priambodo Atmaji akan bersaing dengan delapan atlet lainnya untuk mendapatkan medali emas Asian Para Games 2018.

Indonesia sejauh ini belum berhasil emrebut medali emas dari cabor para angkat berat di Asian Para Games 2018. Indonesia cuma kebagian empat perak dan dua perunggu.

Babak final para angkat berat kelas up to 97 kg ini akan digelar mulai pukul 12.00 WIB. Saksikan Live Streaming Asian Para Games 2018  cabor para angkat berat di halaman selanjutnya:

 

Link Live Streaming

Asian Para games 2018

Tonton Live Streaming Asian Para Games di Vidio.com:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pantauan Pasar: Harga Cabai dan Bawang Naik

Posted: 11 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Harga cabai dan bawang kompak naik di Pasar Mencos Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat (12/10/2018). Berdasarkan pantauan Liputan6.com, kenaikan terbilang besar untuk masing-masing komoditas sayuran tersebut.

Pedagang sayur di Pasar Mencos, Mutia (42) mengungkapkan, untuk komoditas utama seperti bawang dan cabai, kenaikan bisa berkisar dari Rp 10 ribu-15 ribu per kilogram (kg).

Di akhir pekan ini, Mutia membanderol cabai merah besar seharga Rp 45 per kg, sedangkan cabai rawit dipatok Rp 40 ribu per kg.

"Naik semua, cabai merah biasanya kan kita bisa jual Rp 35 ribu per kg. Sekarang sudah Rp 45 ribu," jelasnya.

Selain cabai, komoditas bawang juga ikut kena imbas kenaikan harga yang disebabkan kurangnya pasokan dari distributor itu.

"Bawang merah naik Rp 5 ribu jadi Rp 30 ribu per kg. Adapun bawang putih naik Rp 1.000 jadi Rp 25 ribu per kg," ujarnya.

Senada, Rusdi (41), seorang pedagang di Pasar Mencos, tidak menampik harga sayuran kini mengalami kenaikan di akhir pekan Jumat. Untuk wortel saja, Rusdi pada hari ini menjualnya di harga Rp 12 ribu per kg.

"Sudah tiga sampai empat hari inilah naik," ungkap dia.

Rusdi yang berasal dari Bogor bahkan mengaku, harga sayuran dari pasar induk sudah mahal. "Sudah mahal dari pasar induk. Saya malah ambilnya dari Bogor sekarang. Misalnya kalau bawang merah Rp 24 ribu per kg di Bogor, di pasar induk sudah Rp 25 ribu per kg. Makanya kita ambil dari Bogor," ungkapnya.

Adapun sayuran lain yang dipatok naik oleh Rusdi antara lain, timun di harga Rp 13 ribu per kg, tomat Rp 14 ribu per kg serta kol yang ikut melonjak di harga Rp 12 ribu per kg. Hanya terong saja yang tercatat normal, yakni Rp 10 ribu per kg.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Richard Kyle Akui Sering Main ke Rumah Jessica Iskandar

Posted: 11 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejak mengumumkan status pacaran, Jessica Iskandar dan Richard Kyle semakin mesra. Keduanya bahkan dikabarkan tengah berencana serius untuk menikah.

Banyak yang menilai Jessica Iskandar dan Richard Kyle adalah pasangan yang sangat cocok. Tak heran kalau hubungan mereka selalu dibanjiri dukungan dan komentar manis dari para fans dan followers-nya di Instagram.

Selalu terlihat mesra ketika bersama, rupanya model ganteng bertubuh atletis ini sering berkunjung ke rumah Jessica Iskandar. Kalau sudah begitu, kira-kira hal apa saja yang dilakukannya di sana?

Dijumpai di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Kamis (10/10/2018), Richard Kyle menyampaikan, "Kalau aku lagi main di sana, kita main sama El. Main Lego, toys, dia suka main. Biasa ada games-games dari sekolah, dia sering ajak, atau kita hangout ke luar."

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Waktu Luang

Jessica Iskandar dan Richard Kyle (Foto: instagram.com/inijedar)

Lewat wawancara ini pula Richard mengaku jika ia selalu meluangkan waktunya untuk bermain ke rumah Jessica Iskandar. Jika tidak sibuk bekerja, mereka bisa saling bertemu beberapa kali dalam seminggu.

Demi El Barack

Richard Kyle dan Jessica Iskandar serta El Barack (Instagram/@richo_kyle)

Bahkan ketika Jedar sibuk syuting dan tidak ada di rumah, Richard tetap rajin main ke rumahnya. Pasalnya ini semua demi El Barack Alexander.

"Iya kadang-kadang (jagain El). Harus sih, karena kalau dia sibuk dan El sendiri, aku bantu kayak ke rumah, boboin, baca buku, atau nonton TV," ungkapnya. (Soraya/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Takut Gempa Susulan, Warga Sumenep Tidur di Teras Rumah

Posted: 11 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ratusan korban gempa di kepulauan Sepudi, kabupaten Semenep, Jawa Timur, saat ini sudah menempati posko bencana yang disediakan oleh pemerintah daerah setempat.

Bahkan warga setempat khawatir akan terjadi gempa susulan, sehingga warga tidak berani berada di dalam rumah dan lebih memilih untuk tidur di halaman depan rumahnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ikut Pertemuan IMF-WBG, Menpar Jumpa Sekjen OECD

Posted: 11 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata Arief Yahya tiba di Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10). Menteri asal Banyuwangi ini mengikuti rangkaian kegiatan Pertemuan Tahunan IMF-World Bank Group. Salah satunya menghadiri OECD Secretary General Meeting di Octopus Ristorante, Ayodya Hotel.

Saat bertemu OECD (organization for economic cooperation development), Menteri Pariwisata didampingi Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Nia Niscaya, dan Ketua Tim Percepatan Pembangunan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas Kementerian Pariwisata Hiramsyah Thaib.

"Pertemuan dengan OECD dilakukan untuk membicarakan perihal kerjasama dalam bidang pariwisata. Tujuannya adalah mendukung pencapaian target kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia," terang Menteri Arief Yahya.

Dalam kesempatan itu, Menpar menerima Sekjen OECD, Jose Angel Guírra bersama jajaran di sela-sela Meeting IMF-WB di Bali. Pembahasan seputar pengembangan kepariwisataan Indonesia untuk kedepannya. Caranya dengan bantuan expertise dari OECD.

"Tiga poin utama adalah tentang kebijakan deregulasi. Kebijakan ini semakin digalakkan untuk memudahkan ease of entering Indonesia dan ease of doing business di Indonesia," paparnya.

Poin kedua terkait dengan investasi dan pembiayaan. Tujuannya adalah pengembangan destinasi pariwisata untuk sustainable tourism development. Dan yang terakhir pengembangan SDM.

"Sumber daya manusia pariwisata di Indonesia, harus terus meningkatkan skills and competence. Tujuannya, agar para pelaku pariwisata di Indonesia bisa memiliki daya saing," jelas Menpar.

Sedangkan Sekjen OECD Jose Angel Guírra, menyatakan Indonesia sudah tepat memilih pariwisata sebagai salah satu sektor prioritas. Sebab pengembangan kepariwisataan di Indonesia goes beyond the scope of just tourism.

Menurut Jose, pariwisata adalah kontributor untuk peningkatan devisa, PDB dan tenaga kerja yang paling mudah dan murah. Ia juga menilai pariwisata sebagai faktor utama inclusive growth.

"Melalui kerjasama, OECD berharap dapat membantu Indonesia. Khususnya dalam hal analisis dan riset di bidang kepariwistaaan. Tujuannya tentu untuk masa depan Indonesia yang lebih baik," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemensos Siapkan Langkah Terkait Perpanjangan Tanggap Darurat

Posted: 11 Oct 2018 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Sosial (Kemensos) melakukan tiga langkah penanganan korban bencana seiring diperpanjangnya masa tanggap darurat gempa bumi dan tsunami oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) pada  13-26 Oktober 2018.

"Pertama, pemenuhan kebutuhan dasar hingga menjangkau seluruh korban yang mencakup kebutuhan makanan dan tenda untuk perlindungan sementara," kata Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Harry Hikmat, di lapangan Wali Kota Palu, Sulteng, Jumat (12/10/2018).

Langkah kedua, lanjut dia, perlindungan kelompok rentan yakni anak-anak, ibu hamil, lansia, serta penyandang disabilitas. Ketiga, layanan dukungan psikososial.

Saat ini kebutuhan makan para pengungsi gempa bumi dipenuhi oleh 14 titik dapur umum lapangan. Terdiri dari sembilan dapur umum di Kota Palu, tiga dapur umum ada di Kabupaten Sigi dan dua dapur umum di Kabupaten Donggala.

"Sejak 29 September atau hari kedua setelah bencana terjadi, Kemensos telah mendirikan 18 titik dapur umum lapangan. Kini seiring dengan kondisi Kota Palu yang semakin pulih, secara bertahap dapur umum di Kota Palu dialihkan menjadi dapur umum mandiri yang dikelola oleh masyarakat," kata Harry.

Sebanyak sembilan dapur umum di Palu tersebar di Kantor Dinas Sosial Provinsi Sulteng Jalan Muh Yamin, Rumah Jabatan Gubernur Sulteng, Lapangan Wali Kota Palu, Kawatuna dan Petobo di Jalan Bulu Masomba, Kompleks Perumnas Bala Roa, Dinas Kesehatan Kota Palu Jalan Kartini, Kel. Siranindi Palu Barat, Universitas Muhammadiyah Kota Palu, Dinas PUPR dan Bina Marga.

Sedangkan tiga titik dapur umum di Kabupaten Sigi ada di Desa Loru, Desa Ngata Baru, dan Desa Panau. Di Kabupaten Donggala dua titik yakni kantor Dinas Sosial dan Desa Sindue.

"Dengan diperpanjangnya masa tanggap darurat maka dalam sepekan ke depan kami akan memberikan pendampingan kepada warga korban gempa bumi untuk mendirikan dapur umum mandiri," lanjut Harry.

Seluruh dapur umum lapangan dikelola oleh dinas sosial dan Tagana (Taruna Siaga Bencana). Total yang sudah bertugas adalah 593 orang, berasal dari Sulteng 300 orang, Gorontalo 60 orang, Sulsel 30 orang, Sultra 29 orang, Sulbar 20 orang, Sulut 24 orang, Kalsel 29 orang, Jatim dua orang, DKI Jakarta 40 orang, Maluku lima orang, Babel tujuh orang, Banten 10 orang, Kaltim 19 orang dan Maluku Utara 17 orang.

"Tagana dikerahkan untuk distribusi logistik, mengelola dapur umum, dan pendataan korban bencana. Warga di pengungsian secara sukarela turut membantu Tagana memasak dan menyiapkan makanan," kata Harry.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Bantuan Logistik WFP

Sementara itu, untuk memastikan seluruh pengungsi mendapatkan bantuan logistik, Kementerian Sosial bekerja sama dengan World Food Programme (WFP) mendistribusikan bantuan ke kantor Dinas Sosial Kabupaten Sigi, Dinas Sosial Kabupaten Donggala, dan Dinas Sosial Kota Palu

"Dukungan dari WFP berupa alat transportasi truk sebanyak tiga unit dan akan bertambah seiring kebutuhan Kemensos," terang Harry.

Selain ketiga titik tersebut WFP juga akan mengerahkan tujuh truk untuk membawa bantuan logistik warga Sulawesi Selatan yang dikoordinir oleh Dinas Sosial Provinsi Sulsel. Bantuan tersebut akan didistribusikan ke Palu dan sekitarnya.

"Saya sudah bertemu dengan Kepala Perwakilan dan Direktur WFP Anthea Webb saat beliau mengunjungi gudang logistik bansos di Dinas Sosial Provinsi Sulteng. Beliau menegaskan siap membantu alat transportasi sesuai kebutuhan Kemensos," kata Harry.

 

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Sebut Perang Aliansi Negara Maju Picu Banyak Masalah di Dunia

Posted: 11 Oct 2018 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di acara puncak pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia di Nusa Dua, Bali, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memaparkan berbagai tantangan yang dihadapi saat ini, terutama bagi negara berkembang layaknya Indonesia.

Tantangan ini tidak terlepas dari adanya perselisihan negara-negara maju dalam hal perdagangan. Kondisi yang terjadi ini mendorong negara berkembang untuk terus memutar strategi demi mempertahankan pertumbuhan ekonominya.

Tak dipungkiri, negara-negara berkembang, saat ini menjadi penyumbang pertumbuhan ekonomi dunia utama.

"Aliansi antar negara-negara ekonomi maju, sepertinya tengah mengalami keretakan. Lemahnya kerja sama dan koordinasi telah menyebabkan terjadinya banyak masalah," kata Jokowi di Nusa Dua, Bali, Jumat (12/10/2018).

Disebutkan, beberapa masalah yang timbul seperti kenaikan harga minyak dunia yang terus meningkat hingga kekacauan pasar mata uang yang dialami negara-negara berkembang.

Bahkan, Jokowi mengibaratkan, apa yang terjadi saat ini layaknya film Game of Thrones dimana negara-negara maju tengah saling serang demi menunjukkan kedigdayaan di dunia. Padahal di sisi lain ada ancaman lain yang perlu diselesaikan bersama demi kelangsungan ekonomi dunia.

Ancaman ini seperti perubahan iklim. Di mana telah meningkatkan intensitas badai dan topan di Amerika Serikat hingga Filipina, sampah plastik di laut di seluruh penjuru dunia yang telah mencemari pasokan makanan di banyak tempat, dan masih banyak lainnya.

"Bapak Guterres Sekretaris, Jenderal PBB dengan tegas mengingatkan kita kembali. Bahwa waktu sudah sangat mendesak bagi kita untuk bertindak dalam skala besar-besaran guna mencegah kehancuran dunia akibat perubahan iklim global yang tidak terkendali," papar Jokowi.

"Itu semua hanya bisa kita tanggulangi jika kita bekerja bersama," pungkas dia.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

Jokowi Ibaratkan Kondisi Ekonomi Negara Maju seperti Film Game of Thrones

Presiden Joko Widodo saat berpidato dalam Bali Fintech Agenda IMF-WB 2018 di Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10). Acara ini membahas berbagai peluang dan tantangan yang bisa diperoleh dari teknologi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai jika saat ini hubungan perekonomian dari negara-negara maju tengah mengalami keretakan. Bahkan, dia mengibaratkan kondisi tersebut seperti serial televisi Game of Thrones.

"Hubungan ekonomi negara maju semakin lama semakin terlihat seperti Game of Thronesbalance of power dan aliansi antara negara ekonomi maju seperti mengalami keretakan. Lemahnya koordinasi membuat terjadi banyak masalah, seperti peningkatan harga minyak, kekacauan mata uang dialami negara berkembang," kata Jokowi pada Pertemuan IMF-Bank Dunia di Nusa Bali, Jumat (12/10/2018).

Padahal sebelumnya dalam beberapa dekade terakhir, negara maju yang telah mendorong negara berkembang untuk ikut dalam perdagangan bebas. Keterbukaan informasi memberikan banyak sekali keuntungan baik negara maju atau negara berkembang.

Bahkan bantuan negara maju membuat negara berkembang mampu berkontribusi besar ke perekonomian dunia.

"Namun dalam serial Game of Thrones sejumlah Great Houses, Great Families bertarung hebat satu sama lain mengambil alih kembali Iron Throne. Mother of Dragon menggambarkan siklus kehidupan. Setelah satu house yang lain menjatuhkan house yang lainnya. Namun yang mereka lupa tatkala Great Houses bertarung satu sama lain mereka tidak tahu ancamanbesar dari utara," Jokowi kembali menggambarkan.

Dengan adanya ancaman ini, kata Jokowi, tidak penting siapa yang pada akhirnya menduduki kekuasaan, mereka harus bersiap menghadapi masalah lain agar dunia tidak porak-poranda.

"Saat ini kita sedang menghadapi ancaman global terkait perubahan iklim. Sampah plastik mencemari pasokan makanan di banyak tempat. Ancaman global yang hanya bisa kita tanggulangi hanya jika kita bisa kerja sama," tegas Jokowi.

Lebih lanjut Jokowi meyakini jika film Game of Thrones akan berakhir baik. Film ini akan memberikan pesan moral di akhir ceritanya. 

"Tahun depan kita akan saksikan season terakhir Game of Thrones. Saya bisa perkirakan bagaimana akhir ceritanya. Saya yakin ceritanya akan memberikan pesan moral konfrontasi dan perselisihan akan menyebabkan penderitaan bukan hanya kalah tapi juga uang menang," tutur dia.

Inilah yang juga menjadi harapan Jokowi tentang kondisi perekonomian global. "Saya mendorong bapak dan ibu mendorong pemimpin dunia berpikir ulang akan kebijakannya. Saya harap pertemuan tahunan ini berlangsung produktif," tegas dia.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Asian Para Games 2018: Para Renang 12 Oktober

Posted: 11 Oct 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kontingen Indonesia berpeluang menambah perolehan medali dari cabang olahraga renang Asian Para Games 2018. Sejumlah nomor akan dipertandingakan pada Jumat (12/10/2018).

Sejauh ini, kontingen Indonesia telah mengumpulkan sembilan medali cabang olahraga renang Asian Para Games 2018. Rinciannya, dua medali emas, tiga perak, dan empat perunggu.

Setidaknya ada tujuh nomor yang sudah memasuki babak final dalam pertandingan yang akan di Gelora Bung Karno Aquati Center pada hari ini. Ketujuh nomor itu antara lain Men's 100M Butterfly S9, Men's 50M Freestyle S11, Men's 50M Freestyle S12, Men's 50M Breaststroke SB3 (1-3), Men's 200M Individual Medley SM14, Men's 100M Backstroke S10, dan Men's 50M Freestyle S13.

Saksikan Live Streaming Asian Para Games 2018 cabang olahraga para renang di halaman selanjutnya:

* Grab selaku official mobile platform partner juga mendukung Asian Para Games 2018

Link Live Streaming

Tonton Live Streaming Asian Para Games di Vidio.com.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penjualan Tiket Turnamen Pramusim IBL Didonasikan untuk Korban Gempa Sulteng

Posted: 11 Oct 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Turnamen Pramusim IBL akan digelar di Solo musim 14 sampai 21 Oktober 2018. Bertajuk IBL GO-JEK Pre Season Tournament 2018 ajang ini akan dijadikan ajang untuk membantu korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

"Kami akan mendonasikan seluruh uang hasil penjualan tiket turnamen pramusim untuk korban gempa di Palu dan Donggala. Semoga bisa meringankan beban saudara-saudara kita yang terkena dampak bencana tersebut," ujar Direktur IBL Hasan Gozali. 

IBL GO-JEK Pre Season Tournament 2018 akan digelar di Sritex Arena, Solo yang berkapasitas 2.500 tempat duduk. Hasan berharap event ini akan dibanjiri penonton sehingga donasi untuk korban gempa Sulawesi Tengah semakin banyak.

"Kalau stadion terisi penuh terus setiap harinya, kira-kira bisa terkumpul Rp 500 juta lebih ya," lanjut Hasan.

Untuk babak penyisihan grup, IBL menjual tiket turnamen pramusim ini seharga Rp 75 ribu, Rp 25 ribu dan yang termurah Rp 15 ribu. Harga tiket akan naik memasuki babak semifinal dan final. Tiket termahal Rp 100 ribu dengan yang termurah Rp 25 ribu.

Tanpa Asing

Ilustrasi Bola Basket (kentuckysportsradio.com)

IBL GO-JEK Pre Season Tournament 2018 diikuti 10 klub peserta IBL. Namun di pramusim ini, para pemain asing masih belum akan turun berlaga.

Turnamen pramusim IBL ini akan dijadikan klub untuk menguji kekuatan sebelum dimulainya IBL 2018-2019 November mendatang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AOA Meriahkan Penutupan Asian Para Games 2018

Posted: 11 Oct 2018 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perhelatan Asian Para Games 2018 mencuri perhatian masyarakat Indonesia. Torehan medali yang disumbangkan atlet-atlet Asian Para Games 2018 sukses menaikkan prestasi olahraga Indonesia.

Buat yang belum tahu saja, setelah sukses dengan penyelenggaraan Asian Games 2018, Indonesia kembali dipercaya untuk menggelar Asian Para Games, event olahraga untuk para atlet disabilitas yang penuh bakat dan inspirasi.

Acara ini berlangsung dari 6 Oktober dan berakhir 13 Oktober. Sama seperti Asian Games, pastinya Asian Para Games juga akan ditutup dengan upacara yang meriah. Tentu saja sederet penyanyi papan atas Tanah Air pun juga akan ikut ambil bagian dalam penutupan.

Penutupan Asian Games lalu, selain dihadiri penyanyi top Tanah Air, ada juga dua grup K-Pop yang sukses membuat penonton bergoyang, bernyanyi, sampai nostalgia. Yap mereka adalah Super Junior yang memang populer banget di Indonesia dan iKON yang langsung sukses membuat banyak orang jatuh cinta dengan lagu "Love Scenario" mereka.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Penampilan AOA

Menanti Kejutan Asian Para Games 2018 (Liputan6.com/Abdillah)

Tenang saja, fans K-Pop masih akan dimanjakan oleh artis Korea kok di penutupan Asian Para Games 2018 yang digelar di Gelora Bung Karno pada Sabtu malam (13/10/2018) mulai pukul 18.00 - 22.00 WIB. Kali ini yang tampil adalah AOA.

AOA adalah girlgroup yang beranggotakan Jimin, Seolhyun, Mina, Yuna, Hyejeong, dan Chanmi.

 

Populer di Indonesia

AOA (Soompi)

Mereka bergitu populer di Korea berkat lagu ""Short Hair, "Like A Cat", "Good Luck", dan lain-lain. Ayo yang ngefans dengan AOA harus datang nonton nih!

Namanya juga digelar di Indonesia, pastinya selain AOA juga akan ada sederet artis Tanah Air yang memeriahkan penutupan Asian Para Games 2018.

Para pengisi acara antara lain Sheryl Sheinafia, Judika, Cokelat, NTRL, Rio Febrian, Naura, Claudia Fristca, dan pianis berbakat Zizi Raziq. Selain itu masih ada Daniel Mananta, DJ Riri Mestica, dan Ary Kirana. (Kapanlagi.com/ Rahmi Safitri)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Ingatkan Pemimpin Dunia: Winter Is Coming

Posted: 11 Oct 2018 08:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan para pemangku kebijakan dunia akan berbagai ancaman yang masih membayangi perekonomian global. Menurut mantan Wali Kota Solo ini, pascakrisis keuangan global 2008, dunia masih harus waspada dengan berbagai tantangan, di antaranya perang dagang.

"Setelah 10 tahun berlalu, kita tetap harus waspada terhadap meningkatnya risiko dan kesiapsiagaan kita dalam menghadapi ketidakpastian global," kata dia dalam "Plenary Session IMF-World Bank", di Bali, Jumat (12/10/2018).

Selain itu, kenaikan suku bunga The Fed juga memberikan tantangan tersendiri bagi negara-negara dalam menyusun kebijakan ekonominya.

"Seperti yang disampaikan Ibu Christine Lagarde (Managing Director IMF) terhadap banyak masalah yang membayangi perekonomian dunia. AS menikmati pertumbuhan yang pesat, tapi di banyak negara pertumbuhannya lemah atau tidak stabil," kata dia.

"Perang dagang semakin marak, dengan inovasi teknologi mengakibatkan banyak industri terguncang. Negara-negara juga sedang mengalami tekanan pasar yang besar," imbuhnya.

Karena itu, dia sekali lagi mengajak para pemimpin dunia untuk waspada untuk menghadapi tekanan global. "Dengan berbagai masalah perekonomian dunia, sudah cukup bagi kita untuk mengatakan bahwa winter is coming," tegas Jokowi.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Pidato 'Game of Thrones' Jokowi di Pertemuan IMF-Bank Dunia

Presiden Jokowi (tengah) bersama Menkeu Sri Mulyani, Gubernur BI Perry Warjiyo, Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde, dan Presiden Grup Bank Dunia Jim Yong Kim dalam Bali Fintech Agenda IMF-WB 2018 di Bali, Kamis (11/10). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menghadiri Pertemuan IMF-Bank Dunia di Nusa Dua, Bali pada Jumat (12/10/2018) ini. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini, menjadi keynote speaker di hadapan para delegasi.

Dalam pidatonya, Jokowi menggambarkan kondisi ekonomi dunia. Mulai dari perselisihan yang terjadi di antara negara-negara maju hingga dampaknya bagi perekonomian negara lain seperti negara berkembang.

Tanpa disadari jika perselisihan membuat negara-negara di dunia melupakan hal penting, yakni kondisi yang lebih berdampak bagi masyarakat dunia. Seperti perubahan iklim, penyakit, sampah plastik, dan persoalan lingkungan lainnya. 

Jokowi bahkan mengibaratkan apa yang terjadi saat ini seperti dalam Film Game of Thrones. Di mana para negara-negara besar tengah sibuk berperang tanpa memikirkan risiko yang terjadi dari perang itu.

Berikut petikan lengkap pidato Jokowi di Pertemuan IMF-Bank Dunia, seperti dikutip Liputan6.com. 

Bismillahirrahmanirrahim,Assalamu'alaikumWarahmatullahiWabarakatuh,Om Swastyastu,Namo Buddhaya Bapak dan Ibu sekalian…

Sepuluh tahun yang lalu, kita mengalami Krisis Finansial Global. Berkat langkah-langkah kebijakan moneter dan fiskal yang luar biasa, yang membutuhkan keberanian politik yang besar… Saudara-saudara para pembuat kebijakan …. telah menyelamatkan dunia dari depresi global …. yang pada waktu itu sudah di depan mata… Untuk itu … kami menyampaikan selamat atas kesuksesan Saudara-saudara …. dalam mengatasi Krisis Finansial Global tahun 2008

Setelah 10 tahun berlalu …. Kita tetap harus waspada terhadap meningkatnya resiko … dan kesiap-siagaan kita dalam mengalami ketidak-pastian global. Seperti yang disampaikan Nyonya Lagarde… terdapat banyak masalah yang membayangi perekonomian dunia… Amerika Serikat menikmati pertumbuhan yang pesat… namun di banyak negara terdapat pertumbuhan yang lemah atau tidak stabil …Perang Dagang semakin marak… dan inovasi teknologi mengakibatkan banyak industri terguncang. Negara-negara yang tengah tumbuh …. juga sedang mengalami tekanan pasar yang besar..Dengan banyaknya masalah perekonomian dunia, sudah cukup bagi kita untuk mengatakan bahwa: Winter is Coming

Hadirin yang berbahagia,

Dalam beberapa decade terakhir ini …, negara ekonomi maju telah mendorong kami negara ekonomi berkembang…. untuk"membuka diri", …. dan ikut dalam Perdagangan Bebas dan Keuangan Terbuka. Globalisasi dan keterbukaan ekonomi internasional ini … telah memberikan banyak sekali keuntungan…. baik bagi negara maju maupun negara berkembang. Berkat kepeduliaan dan bantuan negara ekonomi maju, …. kami negara-negara berkembang … mampu memberikan kontribusi besar bagi pertumbuhan ekonomi dunia…

Namun akhir-akhir ini, hubungan antar negara-negara ekonomi maju… semakin lama semakin terlihat seperti "Game of Thrones"…Balance of power…dan aliansi antar negara-negara ekonomi maju… sepertinya tengah mengalami keretakan…Lemahnya kerjasama dan koordinasi telah menyebabkan terjadinya banyak masalah …. seperti peningkatan drastis harga minyak mentah… dan juga kekacauan di pasar mata uang yang dialami negara-negara berkembang…

Hadirin Yang Terhormat…

Dalam serial"Game of Thrones",sejumlah Great Houses, Great Families... bertarung hebat antara satu sama lain, untuk mengambil alih kendali… "the Iron Throne" . "Mother of Dragons" menggambarkan siklus kehidupan. Perebutan kekuasaan antar para "Great Houses" itu bagaikan sebuah roda besar yang berputar. Seiring perputaran roda…, satu Great House tengah Berjaya, sementara House yang lain menghadapi kesulitan… dan setelahnya,… House yang lain Berjaya, dengan menjatuhkan House yang lain

Namun … yang mereka lupa … tatkala para Great Houses sibuk bertarung satu sama lain, mereka tidak sadar adanya ancaman besar dari Utara. Seorang evil winter, yang ingin merusak dan menyelimuti seluruh dunia… dengan es dan kehancuran.

Dengan adanya kekhawatiran ancaman Evil Winter tersebut, … akhirnya mereka sadar: tidak penting siapa yang duduki di "Iron Throne". yang penting adalah kekuatan Bersama untuk mengalahkan Evil Winter agar bencana global tidak terjadi. Agar dunia tidak berubah menjadi tanah tandus yang porak poranda yang menyengsarakan kita semua.

Para hadirin yang berbahagia,

Saat ini kita sedang menghadapi ancaman global yang tengah meningkat pesat… Perubahan Iklim, telah meningkatkan intensitas badai dan topan di Amerika Serikat hingga Filipina… Sampah Plastik di Laut diseluruh penjuru dunia… telah mencemari pasokan makanan di banyak tempat… Ancaman global yang tumbuh pesat tersebut … yang hanya bisa kita tanggulangi jika kita bekerja Bersama …

Baru lima hari yang lalu, dalam "Panel Antar-Negara Terkait Perubahan Iklim" atau IPCC … Bapak Guterres SekretarisJenderal PBB dengan tegas mengingatkan kita kembali. Bahwa waktu sudah sangat mendesak bagi kita untuk bertindak dalam skala besar-besaran … guna mencegah kehancuran dunia akibat perubahan iklim global yang tidak terkendali… Kita perlu segera meningkatkan investasi tahunan secara global sebesar 400% untuk energi terbarukan… Untuk itu … kita harus bekerja Bersama … menyelamatkan kehidupan Bersama kita …

Untuk itu, …. kita harus bertanya: apakah sekarang ini merupakaan saat yang tepat untuk rivalitas dan kompetisi? Ataukah …saat ini merupakan waktu yang tepat untu kerjasama dan kolaborasi?? Apakah kita telah terlalu sibuk untuk bersaing dan menyerang satu sama lain… sehingga kita gagal menyadari… adanya ancaman besar yang membayangi kita semua? …Apakah kita gagal menyadari … adanya ancaman besar yang dihadapi oleh negara kaya maupun miskin? …. Oleh negara besar ataupun negara kecil?

Para hadirin yang berbahagia,

Tahun depan kita akan menyaksikan… Season Terakhir dari serial "Game of Thrones"… Saya bisa perkirakan bagaimana akhir ceritanya… Saya yakin … ceritanya akan berakhir dengan pesan moral… Bahwa …. konfrontasi dan perselisihan akan mengakibatkan penderitaan … bukan hanya bagi yang kalah… namun juga, yang menang…

Ketika kemenangan sudah dirayakan …. dan kekalahan sudah diratapi …. Barulah kemudian kedua-duanya sadar …. Bahwa kemenangan maupun kekalahan dalam perang selalu hasilnya sama … yaitu dunia yang porak poranda…Tidak ada artinya kemenangan … yang dirayakan di tengah kehancuran …Tidak ada artinya menjadi kekuatan ekonomi yang terbesar …, di tengah dunia yang tenggelam…

Saya ingin menegaskan bahwa … saat ini kita masuk pada "Season Terakhir" dari pertarungan ekspansi ekonomi global yang penuh rivalitas dan persaingan.Bisa jadi situasinya lebih genting dibanding krisis finansial global sepuluh tahun yang lalu …

Kami bergantung pada Saudara-saudara semua… para pembuat kebijakan moneter dan fiskal dunia… untuk menjaga komitmen kerjasama global…Saya sangat berharap… Saudara-saudara akan berkontribusi… dalam mendorong para pemimpin dunia untuk menyikapi keadaan ini secara tepat… Diperlukan kebijakan moneter dan kebijakan fiskal… yang mampu menyangga dampak dari Perang Dagang, …. Disrupsi Teknologi, dan ketidak pastian pasar…

Saya harap Pertemuan Tahunan kali ini berlangsung produktif… Saya harap Anda semua mampu menyerap tenaga dan memetik inspirasi …. indahnya alam Bali dan Indonesia. Untuk menghasilkan kejernihan hati dan pikiran …dalam memperbaiki kondisi finansial global… untuk kebaikan Bersama.

Terima kasih.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Panggil Dirut PT PJB Terkai Kasus Suap PLTU Riau-1

Posted: 11 Oct 2018 08:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan Direktur Utama (Dirut) PT Pembangkit Jawa-Bali (PJB) Iwan Agung Firstantara terkait kasus dugaan suap PLTU Riau-1. Iwan Agung akan dimintai keterangan untuk melengkapi berkas penyidikan mantan Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham.

"Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka IM (Idrus Marham)," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jakarta, Jumat (12/10/2018).

Pada kasus ini, KPK sudah menjerat tiga orang tersangka, yakni Eni Maulani Saragih, Johanes Budisutrino Kotjo, dan mantan Sekjen Golkar Idrus Marham. Idrus diduga secara bersama-sama dengan Eni menerima hadiah atau janji dari Johanes terkait kasus ini.

Idrus disebut berperan sebagai pihak yang membantu meloloskan Blackgold untuk menggarap proyek PLTU Riau-1. Mantan Sekjen Golkar itu dijanjikan uang USD 1,5 juga oleh Johanes jika Johanes berhasil menggarap proyek senilai USD 900 juta itu.

Proyek PLTU Riau-1 sendiri masuk dalam proyek 35 ribu Megawatt yang rencananya bakal digarap Blackgold, PT Samantaka Batubara, PT Pembangkit Jawa-Bali, PT PLN Batubara dan China Huadian Engineering Co. Ltd.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Aliran Suap

Sebelumnya, KPK menegaskan sudah mengidentifikasi pihak-pihak yang turut menikmati aliran suap PLTU Riau-1. Namun, terkait nama dan jumlah aliran suap masih disimpan lembaga antirasuah itu.

"Yang pasti sudah kami identifikasi, berapa nilai dari dugaan aliran dana, siapa pihak pemberi, siapa penerima, itu kan sudah diidentifikasi," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Kamis (4/10/2018).

Febri pun mengimbau agar pihak yang menerima atau memberi suap segera mengembalikan uang ke KPK. Hal tersebut untuk lebih mempermudah proses hukum.

"Sembari proses ini berjalan, KPK tetap membuka kalau ada pihak-pihak lain yang bersikap kooperatif untuk mengembalikan dana itu untuk proses asset recovery," kata Febri.

 

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korsel Tarik Kembali Rencana Cabut Sanksi Sepihak ke Pyongyang, Kenapa?

Posted: 11 Oct 2018 08:32 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Pemerintah Korea Selatan menarik diri dari rencana mendukung pencabutan sebagian sanksi sepihaknya terhadap Korea Utara. Hal ini menyusul pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, yang menyebut Seoul tidak bisa berbuat apa-apa tanpa konsultasi dengan Washington. 

Menteri Luar Negeri Korsel Kang Kyung-wha mengatakan pada Rabu, 10 Oktober, bahwa Seoul sedang mempertimbangkan pencabutan sanksi-sanksi yang diberlakukan pasca-serangan maut tahun 2010, yang menewaskan 46 pelaut Korea Selatan.

Ia menyebutkan tentang niat menciptakan lebih banyak momentum diplomatik bagi pembicaraan mengenai denuklirisasi Semenanjung Korea, demikian dikutip dari VOA Indonesia, Jumat (12/10/2018). 

Beberapa sumber mengatakan bahwa kalangan konservatif Korea Selatan marah atas pernyataan Menlu Kang yang dinilai tanpa konsultasi terlebih dahulu.

Menanggapi hal tersebut, Kemlu Korsel beralasan bahwa pemerintah belum memulai evaluasi penuh terhadap isu terkait. Artinya, tidak ada keputusan yang segera diambil tentang rencana pencabutan sanksi.

Menteri Unifikasi Cho Myoung-gyon menyampaikan dalam audit parlemen pada Kamis, bahwa belum ada pertimbangan serius untuk mencabut sanksi-sanksi. Ia juga mengatakan hal itu akan sulit dilakukan kecuali apabila Korea Utara mengaku bertanggung jawab atas serangan pada 2010.

Di sisi lain, Korea Utara dengan sengit telah membantah menenggelamkan kapal Cheonan.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, yang berhaluan liberal, berharap bahwa kemajuan diplomasi nuklir akan memuluskan rencana ambisius untuk berdialog dengan Korea Utara, termasuk di antaranya mengenai berbagai proyek ekonomi bersama serta menghubungkan kembali jalan raya dan jalur kereta api antar-Korea.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

Simak video pilihan berikut; 

Sanksi 24 Mei 2010

Bendera Korea Utara dan Korea Selatan berkibar berdampingan - AFP

Sanksi tahun 2010 diterapkan menyusul serangan maut terhadap kapal perang Korea Selatan yang menewaskan 42 tentara angkatan lautnya.

Korea Selatan pada waktu itu menghentikan semua kerja sama ekonomi lintas perbatasan, kecuali kawasan industri bersama kedua Korea di Kaesong, kota perbatasan di Korea Utara.

Kawasan industri Kaesong itu kemudian ditutup pada Februari 2016 setelah Korea Utara melangsungkan uji nuklir dan peluncuran roket jarak jauh.

Langkah Korea Selatan yang dikenal sebagai Sanksi 24 Mei 2010 itu juga melarang Korea Utara menggunakan jalur-jalur perkapalan di wilayah Korea Selatan.

Rencana Korea Selatan untuk mencabut sanksi sepihaknya kemungkinan tidak akan memberi banyak pengaruh karena sanksi-sanksi internasional pimpinan AS masih berlaku.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Periksa Psikologi Pelaku Tukar Pasangan di Surabaya

Posted: 11 Oct 2018 08:31 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) memeriksa kondisi psikologi Eko, tersangka kasus pertukaran pasangan atau swinger yang melibatkan beberapa pasangan di Surabaya.

"Kami hari ini mendatang psikiater guna memeriksa psikologis tersangka. Sebab, kasus seperti ini termasuk yang tidak biasa di Jatim," ujar Kasubdit Renakta IV Ditreskrimum AKBP Festo Ari Permana di Mapolda Jatim Surabaya, Jumat (12/8/2018).

Festo menuturkan dari pemeriksaan, tersangka Eko mengaku tertarik melakukan swinger setelah mengikuti sebuah akun media sosial Twitter yang melakukan perdagangan manusia secara daring.

"Awalnya melihat-lihat di akun Twitter ada BO (booking order). Dia melihat ada pasangan suami istri (pasutri) lalu mengubah akun pribadinya jadi @pasutri94," ucap Festo.

Setelah itu, ucap dia, Eko mengambil gambar-gambar porno dari internet dan Twitter kemudian mengunggahnya seolah-olah foto itu adalah asli miliknya. Festo mengatakan, tersangka juga memasang tarif berkisar Rp 750 ribu sampai Rp 1 juta.

"Eko kemudian menawarkan kepada istrinya, DW, apakah mau melakukan atau tidak setelah tarif sudah disepakati," tuturnya seperti dilansir Antara.

Selain itu, ujar Festo, sebelum bertemu untuk menggelar pesta seks swinger, Eko mewajibkan pelanggannya untuk mengirimkan foto mulai dari wajah sampai alat vital mereka.

"Setelah cocok, kemudian menentukan tempat pesta seks. Awalnya dia yang menentukan, tapi customer juga kadang minta di rumah mereka," kata Festo.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Alasan Jadi Swinger

Ilustrasi Foto Pasangan Romantis (iStockphoto)

Festo menduga, salah satu faktor Eko melakukan swinger karena dia anak tunggal dan pengangguran yang kebutuhan sehari-harinya dicukupi orang tuanya yang hanya bekerja serabutan.

"Untuk pelanggan syarat usianya 22-35 tahun. Latar belakangnya ada yang swasta, ada yang orang BUMN, wiraswasta. Juga harus suami-istri yang sah. Mereka selalu pakai kondom," jelas Festo.

Sebelumnya, Subdit IV Renakta Direktorat Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah (Ditreskrimum Polda) Jawa Timur mengungkap kasus tukar pasangan atau swinger yang melibatkan beberapa pasangan di Surabaya, Jawa Timur.

"Ada tiga pasangan suami istri yang kami amankan, tapi hanya pelaku berinisial EH yang jadi tersangka. Pertukaran pasangan ini sudah berlangsung sekitar tiga kali," ujar Wadireskrimum Polda Jatim AKBP Juda Nusa Putra.

Juda menjelaskan, modus yang dipakai tersangka adalah mengajak atau menawarkan pasangan suami istri (pasutri) untuk bertukar pasangan.

Aksi itu, lanjut dia, dilakukan melalui media sosial Twitter dengan syarat istri berumur sekitar 22 tahun dan suami berumur sekitar 29 tahun.

"Setelah di Twitter, tersangka mengajak bertukar pasangan bersama di sebuah hotel bintang tiga. Yang mengenaskan, istrinya lagi hamil ikut dilibatkan," terang Juda.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemkominfo Resmi Blokir Grup Facebook LGBT

Posted: 11 Oct 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) akhirnya memblokir konten-konten grup Facebook LGBT (lesbian, gay, biseksual, dan transgender) di Garut, Jawab Barat, yang belakangan ramai dibicarakan warganet.

Hal ini disampaikan Ferdinandus Setu, Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo dalam keterangan resminya, Jumat (12/10/2018).

"Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika telah memblokir grup Facebook LGBT yang dalam beberapa hari ini telah menghebohkan netizen Indonesia," ujar pria yang akrab disapa Nando tersebut.

Langkah pemblokiran terhadap grup facebook LGBT itu dilakukan setelah mendapat surat elektronik dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) yang meminta grup Facebook tersebut diblokir karena dinilai dapat membahayakan anak-anak dan remaja di wilayah Garut dan sekitarnya.

"Group LGBT di Garut tersebut, menurut KPAI berpotensi mengampanyekan praktik gay di kalangan anak-anak atau remaja laki-laki," Nando menambahkan.

Sebelumnya, Subdit Pengendalian Konten Internet Negatif Ditjen Aplikasi Informatika Kemkominfo RI telah melakukan penelusuran dan analisis terhadap muatan grup facebook tersebut. Mereka menemukan bahwa terdapat beberapa konten yang mengandung muatan pornografi.

Mengacu pada Undang-Undang

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara seusai menyambangi gedung KPK di Jakarta, Rabu (3/10). Menkominfo Rudiantara menyatakan kehadirannya untuk berdiskusi dengan KPK terkait barang bukti elektronik. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Kategori pornografi mengacu pada UU No 44 Tahun 2008 adalah konten yang secara eksplisit memuat persenggamaan, termasuk persenggamaan yang menyimpang; kekerasan seksual; masturbasi atau onani; ketelanjangan atau tampilan yang mengesankan ketelanjangan; alat kelamin; atau pornografi anak.

Langkah pemblokiran terhadap grup Facebook juga diambil setelah Subdit Pengendalian Konten Internet Kemkominfo RI berkoordinasi dgn Polres Garut mengenai kasus ini. Polres Garut menyetujui usulan KPAI agar Kemkominfo RI melakukan pemblokiran terhadap group facebook tersebut.

Untuk diketahui, hingga awal Oktober 2018, Kemkominfo telah melakukan pemblokiran terhadap lebih dari 890 ribu website yang melanggar undang-undang, 80 persen di antaranya adalah situs pornografi.

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kopi dari Dua Desa Ini Jadi 10 Besar Terbaik di Ajang Nasional

Posted: 11 Oct 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dua varietas kopi Arabica mitra binaan UP Mrica PT Indonesia Power (anak perusahaan PT PLN (PERSERO) masuk ke dalam 10 Besar The Best Indonesian Coffee versi ajang Kontes Kopi Spesialti Indonesia (KKSI) yang diselenggarakan oleh Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI).

Kopi Senggani dari Kelompok Tani Bangkit Desa Pengundungan, Kec. Pejawaran, Kab. Banjarnegara, dan Kopi Krinjing dari Kelompok Tani Bumi Asih Desa Krinjing, Kec. Watu Malang, Kab. Wonosobo melaju hingga babak final untuk memperebutkan juara 1 hingga 3 yang akan diselenggarakan 19 Oktober mendatang di Yogyakarta.

Pada gelaran yang ke-10 ini terkumpul 367 sampel kopi dari tiga kategori yang diadu, yakni Arabica Natural, Arabica, dan Robusta. Setelah proses seleksi, terpilih 30 sampel kopi yang nantinya dinilai oleh 13 Cuppers dari empat negara untuk memilih tiga kopi dengan cita rasa terbaik.

Para peserta yang mengikuti kontes ini terdiri dari kalangan kelompok tani, eksportir kopi, pedagang kopi, perusahaan perkebunan, dinas perkebunan, lembaga penelitian, hingga pelaku usaha kopi.

Kontak :

Sigid Endro Winarno

Manajer Humas PT Indonesia Power

HP : 0812-8464-595

Selanjutnya

Doc: Pribadi

Selanjutnya

Doc: Pribadi

Selanjutnya

Doc: Pribadi

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Galaxy A7 dan A9 Diboyong Khusus untuk Milenial

Posted: 11 Oct 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kedua smartphone mid range teranyar Samsung, Galaxy A7 dan Galaxy A9 dihadirkan khusus untuk generasi milenial.

Lalu, apa alasan perusahaan kembali menyasar generasi milenial dengan kedua smartphone terbarunya ini? Apa memang Samsung benar-benar ingin fokus menjaring lebih banyak pengguna muda dengan lini Galaxy A?

Head of IT & Mobile Communications (IM) Division Samsung, DJ Koh, mengakui jika generasi milenial adalah target utama dari Galaxy A7 dan A9.

Menurutnya, penguna milenial adalah tipe pengguna yang suka mengekspresikan diri, berbagi momen, dan tentunya mencintai seni dan fotografi. Karena itulah Galaxy A7 dan Galaxy A9 sengaja dirancang untuk kalangan tersebut.

"Kami ingin mengerti apa yang pengguna milenial kami inginkan. Ada kategori pengguna yang cenderung ingin mengekspresikan dirinya sendiri, mereka ingin berbagi momen apa yang mereka lakukan, mereka ingin mendengarkan apa yang teman mereka lakukan," kata DJ Koh kepada Tekno Liputan6.com saat sesi wawancara khusus di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (11/12/2018).

"Galaxy A7 dan Galaxy A9 itu diproyeksikan menjadi perangkat yang tepat bagi milenial. Harganya affordable, meski bukan flagship. Secara umum, ketika kami menawarkan inovasi yang berarti pada sebuah perangkat, saya rasa mereka bakal menyukainya," lanjutnya.

Menariknya, DJ Koh juga menekankan inovasi dari perusahaan merupakan aset terpenting bagi Samsung.

Selain itu, berangkat dari inovasi yang diciptakan Samsung, perusahaan juga ingin menawarkan keuntungan dari inovasi tersebut ke para pengguna, sehinga dapat menciptakan pengalaman terbaik. Barulah, setelahnya perusahaan bisa mengejar profit.

 

Generasi Milenial di Indonesia

Head of Product Marketing IM Business Samsung Electronics Indonesia Denny Galant  (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Pada kesempatan yang sama di waktu yang berbeda, Denny Galant, Head of Product Marketing IT & Mobile Samsung Electronics Indonesia, juga membenarkan jika generasi milenial merupakan salah satu fokus Samsung dalam mendompleng lini Galaxy A.

"Di indonesia, segmen milenial lagi tumbuh dan salah satu concern mereka adalah kamera. Karena mereka ingin atraktif di medsos dan mengeksplor hal baru. Nah, makanya inovasi Samsung pada lini Galaxy A kali ini ada di kamera," tutur Denny kepada Tekno Liputan6.com. 

"Milenial ini kan suka nyoba hal-hal baru, karenanya mereka suka untuk capture moment dengan kualitas terbaik anytime tanpa harus setting dulu. Dari hasil yg terbaik mereka bisa share untuk berbagai tujuan," tambah pria berkacamata tersebut.

 

Galaxy A9 Jadi Smartphone 4 Kamera Utama Pertama di Dunia

Bodi belakang Samsung Galaxy A9. Liputan6.com/Jeko I.R

Seperti diwartakan sebelumnya, Samsung Electronics baru saja membuat gebrakan yang membuat para kompetitornya gentar.

Bagaimana tidak, raksasa teknologi asal Korea Selatan tersebut baru saja merilis smartphone dengan empat kamera utama pertama di dunia, Galaxy A9.

"Galaxy A9 adalah smartphone pertama di dunia yang hadir dengan empat kamera utama," ujar Eugene Goh VP, Samsung South East Asia and Oceania di atas panggung dalam acara 4x Fun di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (11/10/2018).

Eugene menuturkan, perusahaan merancang inovasi terbaru pada smartphone anyar ini khusus untuk pengguna yang gemar travel dan selfie.

Empat kamera utama Samsung Galaxy A9 sendiri masing-masing memiliki resolusi 24MP f/1.7 dan 10MP f/2.4 dengan lensa telephoto optical zoom 2x.

Kemudian  ada kamera ultra wide 8MP f/2.4 dan depth camera 5MP f/2.2 dengan Live Focus. Sementara kamera selfie-nya beresolusi 24MP.

Soal dapur pacu, Galaxy A9 ditopang prosesor Snapdragon 660 dengan RAM 6GB dan memori internal 128GB yang bisa diekspansi via slot microSD hingga 512GB.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Asian Para Games 2018: Para Renang

Posted: 11 Oct 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Cabang olahraga renang Asian Para Games 2018 masih akan mempertandingan sejumlah nomor pada Jumat (12/10/2018). Kontingen Indonesia pun berpeluang untuk menambah perolehan medali dari cabang ini.

Sejauh ini, kontingen Indonesia telah mengumpulkan sembilan medali cabang olahraga renang Asian Para Games 2018. Rinciannya, dua medali emas, tiga perak, dan empat perunggu.

Setidaknya ada tujuh nomor yang sudah memasuki babak final dalam pertandingan yang akan di Gelora Bung Karno Aquati Center pada hari ini. Ketujuh nomor itu antara lain Men's 100M Butterfly S9, Men's 50M Freestyle S11, Men's 50M Freestyle S12, Men's 50M Breaststroke SB3 (1-3), Men's 200M Individual Medley SM14, Men's 100M Backstroke S10, dan Men's 50M Freestyle S13.

Saksikan Live Streaming Asian Para Games 2018 cabang olahraga para renang di halaman selanjutnya:

 

Link Live Streaming

Tonton Live Streaming Asian Para Games di Vidio.com.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Layani Tamu IMF-WB, Ketepatan Waktu Terbang di Bandara Bali Capai 85 Persen

Posted: 11 Oct 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Di sela-sela menghadiri pertemuan tahunan IMF-World Bank 2018 di Bali, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau aktivitas pelayanan penumpang yang ada di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada Kamis, 11 Oktober 2018.

Pada kesempatan tersebut, Menhub Budi mengatakan pelayanan di bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura I sangat baik. Dia menyebutkan presentase on time performance (OTP) atau ketepatan waktu penerbangan maskapai selama penyelenggaraan pertemuan tahunan IMF-World Bank 2018, masih di atas rata-rata OTP di Bandara Ngurah Rai pada hari-hari biasa.

"Saya jelaskan bahwa biasanya di Bandara Ngurah Rai, pergerakan pesawat antara 25-28 perjam. Dengan adanya kegiatan IMF-World Bank 2018, kita rencanakan sampai 35 penerbangan. Sejauh ini sudah ada 9 kepala negara yang datang dan OTP masih di atas rata-rata yaitu mencapai 85 persen," kata Menhub dalam keterangannya, Jumat (12/10/2018).

Lebih lanjut Menhub Budi Karya menjelaskan, ada hal-hal yang dilakukan Angkasa Pura I dan Airnav untuk meningkatkan kapasitas penerbangan baik landasan, apron, termasuk fasilitas navigasi penerbangan dan membutuhkan investasi yang tidak sedikit.

"Sekaligus klarifikasi bahwa tidak ada uangnya pemerintah disini. Ini semua investasi PT Angkasa Pura I dan Airnav yang menginvestasikan sekian triliun sehingga movement (pesawat) itu naik," ujar Menhub.

Budi Karya meminta capaian pelayanan yang sudah baik ini untuk terus dipertahankan di operasional sehari-hari bandara maupun pada acara nasional dan internasional berikutnya.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

2 Proyek Transportasi Paling Diburu

ilustrasi bandara

Dalam rangkaian kegiatan Pertemuan Tahunan IMF-World Bank 2018 di Nusa Dua Bali, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa setidaknya ada dua proyek kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) sektor transportasi yang banyak diminati para investor.

Kedua proyek tersebut, yaitu proyek jalur KA Makassar-Parepare dan Bandara Komodo di Labuan Bajo. Sejumlah negara telah menyatakan minat untuk berinvestasi di dua proyek infrastruktur transportasi tersebut, seperti Jepang, Korea, China, Australia, India, dan Eropa.

"Saya hadir di sini atas nama Indonesia, baik sebagai regulator maupun mewakili operator. Kemenhub memayungi apa yang dilakukan Angkasa Pura, Pelindo dan Kereta Api. Sebagai regulator, saya harus memberikan suatu statement kepada dunia bahwa Indonesia mempersiapkan satu regulasi yang welcome terhadap investasi-investasi dari mana pun," kata Budi Karya di Nusa Dua, Bali.

Menhub Budi karya menegaskan, apa yang pemerintah lakukan ini tidak menjual aset negara, melainkan hanya memberikan kerja sama berupa konsesi.

"Kita hanya memberikan kerja sama konsesi dan (aset) itu tetap punya kita. Ini penting, jangan dipelintir,'' tegas Budi Karya.

Sejumlah proyek lain sektor transportasi ditawarkan pemerintah di pertemuan tahunan IMF-World Bank 2018 yang berlangsung di Nusa Dua, Bali, yaitu:

- Sektor kereta api: Tram Surabaya, LRT dan BRT Medan, Bandung Raya Metropolitan monorail.

- Sektor udara: Bandara Internasional Kuala Namu Medan, Bandara Internasional Lombok, Soekarno Hatta Internasional Airport 2, Cargo Village Soekarno Hatta International Airport.

- Sektor laut: Pelabuhan Benoa, Pelabuhan Kuala Tanjung, Pelabuhan Makassar New Port, Pelabuhan Kijing, dan Pelabuhan Anggrek.

- Sektor darat : Transit Oriented Development (TOD) Poris Plawad, TOD Jati Jajar, Proving ground BPLJSKB Bekasi, Jakarta elevated loopline, dan Mass Rapid Transit (MRT) service extension Jakarta- Lebak Bulus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ruben Onsu Gugat Pebisnis yang Pakai Nama Bekennya

Posted: 11 Oct 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ruben Onsu menggugat salah satu tempat kuliner. Penyebabnya tak lain karena nama Bensu yang digunakan sebagai singkatan tempat kuliner bernama Bengkel Susu.

Seperti diketahui, Bensu sudah identik dengan singkatan nama Ruben Onsu. Ia pun telah membuat gerai usaha kuliner berlabel Geprek Bensu.

Kemiripan ini dianggap melanggar hak intelektual Ruben sebagai seorang artis. Di mana tercantum dalam UU Nomor 20 Tahun 2016 Pasal 21 ayat 2A mengenai penggunaan nama orang terkenal sebagai merek dagang.

"Bensu ini sudah menjadi nama singkatan dari orang terkenal. Kalau kita lihat bagaimana perjalanan Ruben Onsu pasti tahu kiprahnya sejak 1996. Ada saksi sejarahnya ketika nama panggung itu diberikan, yaitu Aditya Gumay," kata Minola Sebayang selaku kuasa hukum Ruben saat gelar jumpa pers di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (11/10/2018).

Ia menambahkan, "Kalau kita bicara nama Bensu pasti orang ingatnya Ruben Onsu. Atau SBY pasti orang ingatnya Susilo Bambang Yudhoyono. Jadi UU memang perlu memberikan perlindungan agar mereka (pelaku bisnis) yang ingin menggunakan nama orang terkenal bisa ditolak," ucapnya.

Saat melayangkan gugatan pembatalan pendaftaran merek oleh Jessy Handalim pada 28 September 2018, Ruben Onsu tak mau disebut bersikap arogan. Ia hanya ingin mempertahankan apa yang sudah menjadi haknya.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Bukan Arogansi

Ruben Onsu (Nurwahyunan/Bintang.com)

"Ini bukan suatu bentuk arogansi, bukan suatu bentuk persaingan bisnis, tapi bentuk kita menghargai UU. Ruben hanya ingin menggunakan hak untuk menpertahankan namanya," tegas Minola.

Pihak tergugat diketahui sudah mematenkan nama bisnisnya sejak 3 September 2015 meski sertifikat baru dikeluarkan pada 7 Juni 2018. Namun, menurut Minola, hal tersebut tak bisa dijadikan acuan.

Keberatan

Ruben Onsu. (Fikri Alfi Rosyadi/Kapanlagi.com)

"Permohonan (tergugat) dilakukan pada 2015, tapi kan saat itu (Ruben) enggak tahu ke depannya akan berbisnis atau enggak. Tapi ketika ada orang yang populer pakai nama kita, kita pasti keberatan. Bukan masalah dia sudah ajukan lebih dulu, tapi ini nama Ruben dan UU berbicara demikian. Kami hanya ingin mendapatkan hak yang seharusnya didapatkan sesuai dengan UU dan ketentuan yang berlaku," tandasnya. (Rezka Aulia/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nuansa Cokelat dalam Dapur Mungil ala Skandinavia

Posted: 11 Oct 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berkunjung ke Electrolux Taste and Care Center yang berlokasi di Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, cukup berkesan. Sebuah ruangan seluas 200 meter persegi tersebut disulap menjadi tiga bagian, yaitu area memasak, area washbar, dan coffe shop.

Dari tiga area tersebut, area memasak yang terbilang sangat menarik. Dapur itu menerapkan gaya Skandinavia dengan bentuk memanjang. 

"Electrolux itu berasal dari Swedia, maka desain ruangan dapurnya bergaya Skandinavia. Interior Skandinavia itu fokus pada penampilannya yang simple dan bersih," ujar Ajiputra, Brand Activation Supervisor kepada Liputan6.com, Kamis, 11 Oktober 2018.

Selain simple, ruangan dapur gaya Skandinavia, dominan warna putih hingga membuat ruangan terlihat bersih dan terang. Jika diperhatikan, desain interior Skandinavia menyerupai gaya minimalis. Namun, desain interior tersebut memadukan warna putih dan cokelat. Sementara, minimalis bermain dengan warna monokrom.

Ciri khas gaya Skandinavia yang paling mudah diketahui adalah dominasi warna putih. Meski dipadukan dengan warna lain, seperti cokelat dan putih tetap menjadi warna yang mendominasi ruangan tersebut.

Biasanya, dapur modern dengan gaya Skandinavia tampil dalam bentuk pantry dan susunan rak yang sederhana.  Selain tak banyak perabotan, tampilannya pun tak berlebihan sehingga tampak rapi sehingga memberikan nuansa luas dan cantik.

Dengan tampilan dapur ala Skandinavia yang cukup luas, rapi, dan cantik, memasak menjadi hal yang menyenangkan bagi keluarga. Anda tertarik membuat dapur gaya Skandinavia?

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Astronot AS dan Rusia Mendarat Darurat di Kazakhstan

Posted: 11 Oct 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah roket Soyuz yang mengangkut astronot Amerika Serikat dan kosmonot Rusia dilaporkan harus mendarat darurat setelah mengalami kegagalan mesin di Kazakhstan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: