Sabtu, 20 Oktober 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Ini Detail 3 Motor Baru Benelli, Mana yang Paling Keren?

Posted: 20 Oct 2018 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Nusa Dua - Benelli memilih Bali sebagai tempat debut tiga model global terbaru mereka, yakni TRK 251, 502C dan 752S.

Meski telah dirilis, ketiganya baru diniagakan di pasar Tiongkok dan Eropa. Sementara pasar Indonesia baru dapat jatah tahun depan.

Ketiga model anyar tersebut mengusung genre dan kapasitas mesin yang berbeda. Disebutkan, TRK 251 menjadi model yang bakal hadir lebih dulu di Tanah Air dibanding dua lainnya.

TRK 251 yang mengusung konsep adventure nantinya akan berhadapan dengan Honda CRF 250 Rally, Kawasaki Versys, maupun Viar Vortex.

Yuk, simak detailnya melalui foto-foto di bawah ini: 

Benelli TRK 251. (Septian/Liputan6.com)Jarak antara roda depan dengan lampu utama cukup tinggi khas motor adventure. (Septian/Liputan6.com)Suspensi depan upside down dipadu sistem pengereman yang mumpuni. (Septian/Liputan6.com)Speedometer full digital. (Septian/Liputan6.com)Model knalpot ramping. (Septian/Liputan6.com)Menggunakan mesin 4-Tak DOHC silinter tunggal dengan empat katup berkubikasi 249cc. (Septian/Liputan6.com)

Selanjutnya

Model berikutnya adalah Benelli 502c. Motor berkonsep style of swagger ini sekilas gayanya mirip dengan Ducati Diavel. Sama-sama mengadopsi gaya cruiser.

Bergaya cruiser dengan footstep agak ke depan dan stang tinggi. (Septian/Liputan6.com)Menggunakan rangka turbular. (Septian/Liputan6.com)Mengandalkan mesin 4-Tak DOHC 2 silinder berkapasitas 500cc yang dikawinkan transmisi manual 6 percepatan. (Septian/Liputan6.com)Di Tiongkok, motor ini dipatok 39.800 rmb (Rp 87 jutaan) dan 44.800 rmb (Rp 98 jutaan). (Septian/Liputan6.com)Menggunakan knalpot model dua silencer. (Septian/Liputan6.com)

Selanjutnya

Model ketiga adalah Benelli 752S. Mengusung konsep nakedbike, motor ini  dibekali mesin 4-Tak DOHC 2 silinder berkapasitas 750cc dengan output mencapai 56 kW pada putaran 8.500 rpm.

Tampak kekar dengan bodi dan kaki-kaki yang berisi. (Septian/Liputan6.com)Desain lampu utama membulat. (Septian/Liputan6.com)Sistem pengereman depan menggunakan dual cakram. (Septian/Liputan6.com)Benelli 502 mengandalkan mesin 4-Tak DOHC 2 silinder berkapasitas 500cc yang dikawinkan transmisi manual 6 percepatan. (Septian/Liputan6.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ingin Membuat Terkesan Hari Pernikahan, Malah Berujung Miris

Posted: 20 Oct 2018 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Berniat ingin membuat para tamu undangan kagum dengan momen pernikahan pasangan ini, justru berujung miris.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ibu Asyik Main Ponsel, Anak Nyaris Tewas Jatuh ke Kolong Kereta

Posted: 20 Oct 2018 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kisah tragis baru-baru ini dialami seorang bocah berumur 4 tahun di Tiongkok. Nyawa gadis kecil yang tak diketahui namanya itu hampir melayang setelah terjatuh ke bawah kereta stasioner di Beijing, karena ibunya sibuk bermain ponsel.

Melansir Worldofbuzz, kisahnya bermula ketika ibu bocah itu berjalan dengan putrinya di sepanjang peron ketika kereta mendekati stasiun. Namun, alih-alih memegang tangan putrinya seperti yang dilakukan kebanyakan orangtua, ia justru malah asyik bermain ponsel dan sedikit memberi perhatian kepada anaknya.

Saat menaiki kereta, anak kecil itu kemungkinan besar salah melangkah. Ia jatuh tepat ke ruang kosong di antara kereta dan peron atau tepatnya di bawah kereta. Lebih parahnya lagi ibunya justru tidak sadar hal itu, sampai akhirnya mendengar teriakan putrinya minta tolong. 

Saat itu, sang ibu menyadari bahwa putrinya sedang dalam bahaya besar. Ia dengan cepat mengulurkan tangannya ke bawah kereta untuk meraih anaknya. Dibantu oleh para staf dan warga di stasiun, akhirnya gadis kecil itu bisa tertolong dan langsung dibawa ke rumah sakit. Anak tersebut mengalami sedikit luka di bagian kepala. 

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Respons Warganet

(Foto: Orientaldaily.com)

Tingkah ibu bocah itu tentu menuai kritik publik, khususnya warganet. Banyak dari warganet mengecam kelalai ibu itu karena bisa menyebabkan hilangnya nyawa si anak.

Setelah berita ini beredar di media sosial, warganet marah dan mengkritik sang ibu karena telah mengabaikan keselamatan anaknya. "Bahkan ketika anak itu jatuh, sang ibu masih tidak melepaskan ponsel di tangannya," kata seorang warganet.

"Setiap wanita dapat melahirkan, tetapi tidak semua bisa menjadi ibu yang baik," saut warganet lainnya.

 

Semoga kejadian tersebut bisa menjadi pelajaran bagi masyarakat, khususnya para orangtua agar selalu menjaga buah hatinya dengan baik dan tak lalai hanya karena sibuk dengan ponselnya.

Reporter:

Nur Luthfiana Hardian

Sumber: Brilio.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kematian Model Rini Puspitawati Sempat Simpang Siur

Posted: 20 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebelum meninggal dunia, model cantik Rini Puspitawati sempat mengalami kondisi kesehatan yang naik turun. Hal ini dikatakan oleh kakak Rini, Wiwik. Menurut Wiwik, Rini Puspitawati meninggal dunia pada Sabtu (20/10) pukul 09.55 WIB. 

"Sempat ada yang bilang meninggal hari Jumat. Dan saya katakan itu tidak benar. Rini Puspitawati baik-baik saja. Kondisinya sudah stabil cuma belum sadar saat itu," ujar Wiwik kepada wartawan, belum lama ini.

Dikatakan oleh Wiwik jika banyak tetangga yang datang ke rumah untuk melayat. "Para tetangga tahunya dari media sosial. Malam hari waktu kejadian, rumah saya penuh dengan tetangga mau melayat, padahal Rini Puspitawati masih hidup. Akhirnya pas saya jelaskan, semuanya pulang," ujar Wiwik.

"Tidak ada pihak keluarga yang mengatakan Rini sudah meninggal, tapi di rumah sudah banyak orang, sudah geger," ujar Wiwik.

 

Respons

Mendiang Rini Puspitawati (Facebook: Rindu Puspita)

Rini Puspitawati sendiri sempat dilarikan ke RSUD dr.Soedono, Madiun usai mengalami kecelakaan. Pihak keluarga sempat mengatakan jika kondisi Rini stabil dan bahkan membaik pasca dilakukan operasi.

Menurut Wiwik, Rini bahkan merespon ketika tangannya dipegang, dan ketika namanya dipanggil.

 

Parah

Namun keterangan berbeda disampaikan oleh Kepala Bidang Pelayanan Medik, dr.Sjaiful. Menurutnya, saat tiba dari kecelakaan kondisi Rini sudah sangat parah. 

"Nggak dioperasi, sejak datang, kondisinya sangat buruk sekali, kondisi sangat buruk karena membutuhkan alat bantu ventilator, jadi bukan operasi," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Musik, Emosi Manusia dan Alunan yang Menyembuhkan

Posted: 20 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian di Amerika menunjukkan bahwa, 70% dari semua rekaman lagu pop dibeli oleh orang berusia 12-20 tahun.

Remaja di Amerika mendengarkan musik rata-rata selama 4,5 jam per hari sedangkan remaja di Inggris mendengarkan musik rata-rata selama 2,5 jam per hari.

Sedikit statistik di atas menunjukkan betapa dekatnya musik dengan kehidupan manusia. Musik tak lagi hanya bagian eksklusif milik mereka yang mencari penghidupan darinya. Musik berubah menjadi bahasa universal yang menyapa semua orang dengan caranya sendiri. Ada yang menggunakan musik untuk membuat dirinya merasa lebih baik di hari yang buruk. Ada yang menggunakan musik sebagai media ungkapan perasaan dan emosi yang sedang dirasakan.

Kedekatan Musik dengan Emosi Manusia

"Kekuatan emosional terbesar musik mungkin karena ia tidak hanya mengaktifkan satu sistem emosi di otak. Namun, ia seperti mengaktifkan hampir semua sistem emosi dalam waktu yang sama, di mana proses seperti ini tidak mudah dilakukan oleh hal lain."

Tanpa disadari, kita membiarkan musik menelusuri seluruh ruang emosi kita. Membiarkan ia masuk untuk menyentuh ruang-ruang yang sangat sulit disentuh oleh hal lain. Menganggap menikmati musik sebagai hal yang menyenangkan saja sudah bentuk paling sederhana dari kita yang membiarkan musik membentuk diri kita. Salah seorang peneliti musik, Christopher Small, berujar bahwa musik bisa mendefinisikan bagaimana diri seseorang, bagaimana hubungannya dengan dunia luar dan orang di sekitarnya.

Musik memberikan ruang nyaman bagi orang di sekitarnya untuk menjalin hubungan antara dirinya dan emosi yang dirasakan. Itu mengapa ketika orang merasa sedih, mereka bisa saja mendengarkan musik sedih yang sesuai dengan kesedihannya. Namun, orang itu bisa juga memilih untuk mendengarkan musik gembira dengan harapan bisa membuatnya melupakan kesedihan. Semua tergantung dari bagaimana orang itu ingin bersikap atas perasaan sedih yang dirasakan. Hal yang pasti adalah orang itu sudah terhubung dengan emosi sedihnya. Bagaimana kemudian ia bersikap atas yang dirasakan menjadi pekerjaan rumah otak selanjutnya. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

 

Musik sebagai Media Terapi

Ilustrasi musik dan hipertensi (iStockphoto)

Musik Sebagai Media Terapi

Konektivitas musik dengan banyak aspek kehidupan manusia kemudian membuat para terapis menggunakan musik sebagai salah satu media terapi. Terapi musik adalah sebuah proses interpersonal di mana terapis menggunakan musik dan semua aspeknya untuk membantu meningkatkan, mengembalikan atau mempertahankan kesehatan seseorang. Penggunaan terapi musik biasa digunakan untuk mencari tahu kebutuhan fisik, emosional, kognitif dan sosial seseorang.

Bentuk terapi musik sendiri bisa beragam. Ada empat jenis intervensi terapi musik, yaitu analisis lirik, improvisasi permainan musik, mendengarkan musik aktif dan menulis lagu. Analisis lirik memudahkan terapis untuk mengakses emosi, pikiran dan pengalaman klien dengan cara yang tidak mengancam. Cara klien menganalisis lirik sebuah lagu bisa membuka gerbang ke pengalaman yang pernah dialami klien sebelumnya. Sementara improvisasi permainan musik membuat klien memiliki kebebasan memainkan instrumen musik sebagai bentuk ekspresi emosi dan sosialisasi. Selain itu, improvisasi juga memudahkan proses eksplorasi terapeutik terkait konflik dan kesedihan yang mungkin sedang dirasakan klien dan juga sebagai bentuk komunikasi klien.

Proses mendengarkan musik aktif dilakukan untuk membantu regulasi suasana hati. Aspek ritmis dan repetitif dari musik membuat musik terhubung dengan bagian neocortex otak yang membuat seseorang merasa tenang dan menurunkan tingkat impulsivitas. Di sisi lain, terapi musik menggunakan metode menulis lagu memberikan kesempatan klien untuk mengekspresikan pikiran dan pengalamannya. Selain itu, klien juga dibebaskan untuk memilih instrumen pengiringnya sendiri. Hal ini adalah cara terbaik bagi klien untuk merefleksikan emosi yang ada di balik lirik yang dibuat.

Musik dan Perbaikan Kesehatan Mental

Ilustrasi tidur sambil mendengarkan musik (iStockphoto/g-stockstudio)

Penelitian mengenai pengaruh musik untuk keperluan bantuan bagi mereka yang mengalami masalah kesehatan mental telah banyak dilakukan. Penggunaan terapi musik mulai banyak digunakan untuk mereka yang mengalami depresi, kecemasan hingga PTSD (Post Traumatic Stress Disorder). Terapi musik individual selama 10-20 sesi terbukti menurunkan gejala depresi dan kecemasan. Gejala psikotik pada klien dengan motivasi rendah juga menunjukkan perubahan menjadi lebih baik pasca diberikan terapi musik.

Bagi mereka yang kesehatan mentalnya sedang berisiko, musik bisa menjadi media untuk menyalurkan pola perilaku menyimpang mereka. Ini mengapa musik sering menjadi opsi utama untuk membantu asesmen kesehatan mental seseorang. Untuk mereka yang mengalami PTSD, kekuatan musik yang memiliki kedekatan dengan emosi dan ingatan manusia digunakan terapis untuk mengakses alam bawah sadar klien. Karena di alam bawah sadar itu bisa jadi akar dari semua ingatan menakutkan dan mengancam bagi klien. Selain itu, penggunaan terapi musik kepada mereka yang mengalami kejadian traumatis juga bisa membantu mengubah perasaan malu dan amarah klien menjadi kekuatan. Kekuatan ini yang kemudian membantu mereka untuk sembuh.

 "Musik adalah sebuah aktivitas. Sesuatu yang dilakukan seseorang. Hanya dengan memahami apa yang dilakukan seseorang ketika mereka terlibat dengan musik, kita bisa memahami peran penting yang diisi musik dalam kehidupan manusia. Ambil bagian dalam bermusik adalah kepentingan utama untuk kemanusiaan."

–Christopher Small

Musik adalah hal unik yang mampu mendefinisikan bagaimana orang-orang terhubung dengan kehidupannya. Musik membawa kita ke sebuah tempat di mana kita sendiri mungkin tidak menyadari tempat itu ada. Musik membiarkan memori, perasaan, emosi dan bahkan semua aspek syaraf yang ada di tubuh kita untuk bereaksi ketika ia ada. Tentu tidak jarang, mendengarkan musik bisa menghadirkan memori tertentu kepada kita. Tidak jarang, musik seperti mengaduk-aduk emosi kita hingga kita mampu menitikkan air mata ketika mendengarkan sebuah lagu atau menyaksikan sebuah performa musik.

Musik tak pernah berwujud. Ia hanya mampu ditangkap oleh indera-indera, dinikmati hati dan diproses rangkaian neuron di otak. Namun, kekuatannya mampu menguasai hidup kita. Dari menyembuhkan yang luka, hingga membuat kita merasa lebih hidup.

Tulisan Koes Ayunda Zikrina Putri dari Pijar Psikologi untuk Liputan6.com 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menjelajah Jejak Komunitas Tionghoa di Bandung

Posted: 20 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Historical Trips, komunitas kegiatan wisata sejarah di Bandung, melaksanakan kegiatan tur jalan kaki menelusuri jejak-jejak komunitas Tionghoa yang tersisa di Kota Bandung, Sabtu (20/10/2018).

Dipandu khusus dengan narasumber yaitu Sugiri Kustedja, penulis buku Klenteng Xie Tian Gong & 3 Liutenant Tionghoa di Bandung, acara ini diikuti sekurangnya oleh 36 peserta yang berasal dari Bandung dan Jakarta.

Wisata sejarah ini bertujuan untuk mengunjungi dan mensosialisasikan peninggalan budaya Tionghoa yang masih tersisa di Kota Bandung sebagai warisan budaya yang tidak terpisahkan dari sejarah Kota Bandung.

Perjalanan dimulai dengan mengunjungi Rumah Sakit Kebon Jati. Berdiri sejak 1946, rumah sakit ini didirikan oleh dr. Tan Ping Ie. Ia selaku Direktur pertama RS I Yen (kini RS Kebon Jati).

Awalnya, rumah sakit bernama RS Chung Hua Ie Yuen bernaung dibawah Yayasan Chung Hua Chung Hui. Para pendirinya ialah dokter-dokter Tionghoa bersama para tokoh lainnya.

Menurut penuturan Pak Sugiri, direktur pertama rumah sakit ini, dr. Tan Ping Ie dulunya membuka praktek dan tinggal di Jalan Wastukencana. Tempat itulah yang menjadi cikal bakal RS Kebon Jati.

"Saya lahir di rumah sakit ini, tapi waktu itu lokasinya di Jalan Wastukencana. Selain dokter obgyn, kata teman-teman saya yang seusia, dia itu (Tan Ping Ie) adalah dokter bedah," tutur Sugiri.

Selama di areal RS Kebon Jati, rombongan sempat melihat-lihat dan mendokumentasikan bangunan. Dari rumah sakit, rombongan diajak mengunjungi rumah duka Permaba. Tempatnya sejajar dengan Rumah Sakit Kebon Jati.

Jika ada orang Tionghoa yang meninggal, mereka datang melayat ke tempat ini. Selain itu, Permaba yang juga kepanjangan dari Perhimpunan Sosial Masyarakat Bandung merupakan yayasan yang didirikan untuk membantu mereka yang tidak mampu.

Setelah menceritakan rumah duka, Sugiri lantas bercerita tentang Gedung Permaba yang berada di belakang kompleks klenteng tertua di Bandung, Vihara Satya Budhi. Saat ini bangunan tersebut disebut sebagai wisata kontemporer bernama Chinatown.

Rombongan kemudian menelusuri jejak budaya Tionghoa yang masih tersisa berupa sekolah. Mulai dari SMA Pasundan 7 yang berada di Jalan Kebon Jati hingga SD Negeri 092 Cibadak.

Menyusuri Cerita Roman

Hotel Surabaya yang termut dalam roman Rasia Bandoeng. (Huyogo Simbolon)

Para peserta tur semakin bersemangat berjalan kaki. Ini tak lain karena tur sejarah kali ini terkait dengan kisah dalam sebuah roman berjudul Rasia Bandoeng yang terbit pada tahun 1917.

Mereka tiba di depan bangunan kuno tepatnya di Jalan Kebon Jati. Tidak ada penanda soal bangunan ini kecuali desain bangunannya yang klasik.

Pak Sugiri kemudian mengatakan bahwa bangunan yang ada di hadapan peserta dulunya bernama Hotel Surabaya. Tempat penginapan yang sudah berusia ratusan tahun ini merupakan salah satu lokasi yang diceritakan novel Chabanneau.

Chabanneau, nama pena sang penulis buku mengisahkan tentang sepasang muda mudi Tionghoa yang jatuh hati dan kawin lari. Ia menyamarkan nama-nama tokoh di novel, namun inisial yang digunakan tetap sama.

Chabanneau menulis kisah tentang Tan Gong Nio (Hilda Tan) dan Tan Tjin Hiauw. Kisah cinta keduanya terbilang tidak biasa karena berasal dari marga yang sama. Pada masa itu budaya tradisonal Tionghoa masih sangat kental, sehingga bila ada pernikahan sesama marga dikhawatirkan akan menghasilkan kecacatan dalam keturunannya.

Masih menurut kisah novel itu, keduanya melarikan diri menikah di Singapura. Lalu kembali menetap di Cirebon dan Semarang.

"Jadi Hotel Surabaya ini adalah salah satu bangunan yang digambarkan dalam roman Rasia Bandoeng," kata Sugiri.

Bangunan ini jika diperhatikan memang sangat unik karena memiliki gaya arsitektur gabungan antara romanticism dan gaya arsitektur Tiongkok. Terdapat ciri utama dari hotel yang dibangun oleh Boen Soei Tjoe yaitu ornamen dua puncak pada muka bangunan.

Selain itu terdapat sebuah menara di salah satu sudut bangunan, kaca patri berwarna-warni dan tembok berwarna putih. Sekarang bangunan ini milik perusahaan Kagum, menjadi Hotel Gino Ferucci.

"Menurut cerita keluarga pembangunnya, bangunan ini dibangun oleh Boen Soei Tjoe, ahli bangunan yang membangun Kelenteng Xie Tian Gong dan juga Gedung Pakuan (Gubernur)," tutur Sugiri.

Seusai berkeliling hotel, rombongan kemudian mengunjungi beberapa vihara di Jalan Cibadak. Dari rumah peribadatan, perjalanan dilanjutkan dengan menelusuri jejak budaya Tionghoa yang masih tersisa di Jalan Jenderal Sudirman.

Rumah Kuno hingga Pabrik Tahu

Pak Sugiri menceritakan rumah di Jalan Jenderal Sudirman. (Huyogo Simbolon)

Siang itu jalanan cukup ramai. Jalur satu arah dari arah Asia Afrika ini memang dikenal sebagai lokasi pemukimn kaum Tionghoa di Bandung.

Hal yang menarik dari perjalanan ini lagi-lagi adalah sebuah tempat yang dulunya merupakan sebuah rumah yang dihuni oleh Tan Sim Tjong, kakek dari tokoh Tan Tjin Hiauw, tokoh dalam roman Rasia Bandoeng.

Pak Sugiri mencoba mengarahkan para peserta soal letak rumah Tan Sim Tjong yang berada di depan rumah kapiten Tionghoa yang menjabat sebagai opsir tahun 1888-1917. Rumah tersebut, kata Sugiri, memiliki taman di tengah rumah yang luas dan asri.

Saat ini kepemilikan rumah sudah berbeda dan dipotong-potong menjadi paviliun. Keluarga Tan Sim Tjong sering menanam pohon jeruk sehingga kawasan ini dikenal sebagai Kebun Jeruk. Bahkan kini menjadi nama kelurahan di kawasan tersebut.

"Dulu di daerah Citepus, dari sebelah sekolah kristen itu, nama gangnya Tan Sim Tjong. Rumah (Tan) besar dan mirip seperti Gedung Pakuan atau rumah gubernur. Tapi sejak tahun lalu rumah dibongkar," kata Sugiri.

Tidak lupa, perjalanan menelusuri jejak komunitas Tionghoa di Kota Bandung ini mencatat peninggalan budaya kuliner khas Tionghoa yang menarik salah satunya Pabrik Tahu Telaga (Yun Sen).

Setelah menyempat berbelanja tahu, rombongan kemudian diajak ke industri kerajinan Tionghoa di Gang Ibu Aisah. Sentra industri di sini menyediakan kerajinan tangan berupa replika benda-benda yang biasa dipakai untuk ritual orang Tionghoa.

Vihara Dharma Ramsi yang terletak di sampingnya tak lupa untuk dikunjungi. Sebetulnya masih banyak sekali jejak komunitas Tionghoa di Bandung yang belum terkunjungi dalam perjalanan kali ini.

Namun perjalanan ini membuat mata para peserta terbuka bahwa eksistensi etnis Tionghoa punya kontribusi yang tidak bisa diabaikan dalam perkembangan dan sejarah Kota Bandung.

Menghargai Perbedaan

Peserta jelajah tur komunitas Tionghoa sedang mendengarkan pemaparan Pak Sugiri di Vihara Dharma Ramsi. (Huygoo Simbolon)

Pak Sugiri mengakui, tur kali ini belum sepenuhnya mengenalkan kebudayaan Tionghoa di Bandung. Pria berusia 71 tahun ini mencontohkan, kawasan ekonomi belum terlalui karena terbatasnya waktu.

"Perjalanan ini lebih banyak sejarah pembangunan, industri, kepercayaan, dan pendidikan. Kalau ekonomi dan perdagangan harus muter ke Pasar Baru," kata dia.

Beliau berharap, dengan adanya tur ini masyarakat jadi lebih mengenal budaya Tionghoa di Bandung.

"Orang cuma tahunya heritage (cagar budaya) itu warisan budaya. Kenapa suatu tempat itu dihargai harus tahu ceritanya. Misalnya, bicara kepercayaan, kenapa ada ibadah seperti menghormati patung. Umat di sini itu bukan menghormati patungnya tapi prestasi dan kehidupan yang menurut catatan sejarah itu memang benar-benar ada," paparnya.

Kota Bandung sejak dulu dianugrahi penduduk dari beragam suku dan etnis. Di dalamnya terdapat berbagai warga mulai dari orang lokal, Eropa, Arab, India dan juga etnis Tionghoa.

Kehadiran mereka memberikan warna pada perkembangan kota yang menjadi jantung ibu kota provinsi Jawa Barat ini.

Mia Maksum (52), salah satu peserta mengatakan, tur ini memberikan pengalaman baru.

"Kita kan biasanya lewat jalan sini biasa saja, tahunya cuma daerah orang-orang Tionghoa. Dengan ikut tur ini saya jadi tahu kenyataan kehidupan mereka seperti apa. Setelah diterangkan tadi, kita jadi lebih menghargai budaya yang ada," ungkapnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Inter Milan Vs AC Milan: Menguji Konsistensi

Posted: 20 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Milan - Inter Milan akan menjamu AC Milan pada laga pekan kesembilan Serie A, Minggu (21/10/2018) atau Senin dini hari WIB. Derbi Milan diprediksi berlangsung sengit karena dua klub tengah dalam performa bagus.

Inter Milan mencatatkan enam kemenangan beruntun dari seluruh kompetisi yang mereka ikuti. Hasil tersebut membuat moral para pemain Nerazzurri meningkat tajam.

Pelatih Inter Milan, Luciano Spalletti, meminta anak asuhnya untuk tetap fokus untuk mencari hasil terbaik. Konsistensi yang ditunjukkan Inter Milan harus diteruskan untuk melanjutkan catatan positif klub.

Mauro Icardi diharapkan dapat menjadi tumpuan Inter Milan pada laga nanti. Penyerang asal Argentina itu sudah mencetak lima gol dari enam penampilan terakhir bersama Inter Milan.

Pada laga nanti, Icardi akan adu tajam dengan seniornya di timnas Argentina, Gonzalo Higuain. Sama seperti Icardi, Higuain juga telah menyumbang lima gol dari enam laga terakhir yang dijalani AC Milan.

Kondisi tersebut akan menambah daya tarik derbi Milan pada musim 2018-19. Tidak hanya Icardi dan Higuain, lini tengah juga akan menjadi ajang adu kuat pada bagi dua klub tersebut.

 

Bangkit

AC Milan sedang berusaha untuk bangkit agar bisa berjuang di papan atas klasemen. Saat ini, AC Milan berada diperingkat ke-10, sedangkan Inter Milan di peringkat ketiga.

Namun, dua klub tersebut hanya berjarak empat poin dan AC Milan masih menyimpan satu laga tunda. Hal tersebut membuat Inter Milan tidak bisa bersantai jelang laga nanti.

Pertemuan terakhir Inter Milan dan AC Milan terjadi pada April 2018. Saat itu kedua klub mengakhiri laga tanpa gol.

Data dan Fakta

Prakiraan susunan pemain

Inter Milan: Samir Handanovic; Sime Vrsaljko, Milan Skriniar, Stefan de Vrij, Kwadwo Asamoah; Matias Vecino, Marcelo Brozovic; Matteo Politano, Radja Nainggolan, Ivan Perisic; Mauro Icardi

Pelatih: Luciano Spalletti

AC Milan: Gianluigi Donnarumma; Davide Calabria, Mateo Musacchio, Alessio Romagnoli, Ricardo Rodriguez; Franck Kessie, Lucas Biglia, Giacomo Bonaventura; Suso, Gonzalo Higuain, Hakan Calhanoglu

Pelatih: Gennaro Gattuso

Lima pertemuan terakhir

  • 21/11/2016 AC Milan 2-2 Inter Milan (Serie A)
  • 15/04/2017 Inter Milan 2-2 AC Milan (Serie A)
  • 16/10/2017 Inter Milan 3-2 AC Milan (Serie A)
  • 28/12/2017 AC Milan 1-0 Inter Milan (Coppa Italia)
  • 04/04/2018 AC Milan 0-0 Inter Milan (Serie A)

Lima laga terakhir Inter Milan

  • 23/09/2018 Sampdoria 0-1 Inter Milan (Serie A)
  • 26/09/2018 Inter Milan 2-1 Fiorentina (Serie A)
  • 30/09/2018 Inter Milan 2-0 Cagliari (Serie A)
  • 04/10/2018 PSV 1-2 Inter Milan (Liga Champions)
  • 08/10/2018 SPAL 1-2 Inter Milan (Serie A)

Lima laga terakhir AC Milan

  • 23/09/2018 AC Milan 2-2 Atalanta (Serie A)
  • 28/09/2018 Empoli 1-1 AC Milan (Serie A)
  • 01/10/2018 Sassuolo 1-4 AC Milan (Serie A)
  • 04/10/2018 AC Milan 3-1 Olympiakos (Liga Europa)
  • 07/10/2018 AC Milan 3-1 Chievo Verona (Serie A)

Persentase Kemenangan

Inter Milan 55-45 AC Milan

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bocoran Nokia 8.1 Terungkap, Usung Spesifikasi Kelas Menengah?

Posted: 20 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki akhir tahun, HMD Global ternyata masih menyiapkan smartphone Nokia teranyar.

Buktinya, dari laporan terbaru, diketahui perusahaan asal Finlandia tersebut masih memiliki satu smartphone yang siap rilis.

Dikutip dari Phone Arena, Minggu (20/10/2018), kehadiran smartphone penerus Nokia 8 ini diketahui dari situs Geekbench beberapa waktu lalu.

Hanya, dari informasi itu, spesifikasi smartphone bernama Nokia 8.1 ini berbeda dari pendahulunya.

Alasannya, smartphone ini ternyata tidak didukung spesifikasi kelas wahid. Nokia 8.1 malah ditopang Snapdragon 710 yang dikenal sebagai chipset kelas menengah dengan RAM 4GB.

Sekadar informasi, Nokia 8 dipersenjatai dengan chipset Snapdragon 835 yang masuk sebagai jeroan tingkat atas.

Karenanya, belum dapat dipastikan alasan HMD memilih chipset kelas menengah untuk Nokia 8.1

Sementara untuk sistem operasi, smartphone ini sudah menjalankan Android 9 Pie. Sayang, tidak banyak informasi lain yang dapat diungkap mengenai smartphone tersebut.

Hingga saat ini, belum ada informasi mengenai jadwal rilis smartphone ini. Pun dengan rencana HMD dengan merilis Nokia 8.1, mengingat spesifikasi yang diusungnya sangat mirip Nokia 7.1.

Oleh sebab itu, sejumlah prediksi menyebut smartphone itu tidak akan diperkenalkan pada tahun ini. Namun, sebelum memastikan hal tersebut, menarik untuk menunggu pengumuman resmi dari HMD Global.

Nokia 7.1 Plus Resmi Rilis, Hadir dengan Lensa Ganda Zeiss

Tampilan Nokia 7.1 Plus yang baru saja meluncur (sumber: HMD Global)

Smartphone terbaru dari HMD Global, Nokia X7 akhirnya meluncur di Tiongkok. Nantinya, smartphone ini akan dikenal dengan nama Nokia 7.1 Plus untuk pasar global.

Dikutip dari GSM Arena, Rabu (17/10/2018), smartphone ini hadir dengan spesifikasi yang tidak berbeda jauh dari rumor yang ada selama ini. Salah satunya adalah layar berukuran 6,18 inci dengan notch di bagian atas.

Memiliki resolusi 1.080 piksel dengan tingkat kecerahan 500 nits dan jangkauan gamut warna 96 persen. Layar ini merupakan teknologi PureDisplay yang ada di Nokia 7.1 memiliki kemampuan konversi video SDR ke HDR.

Smartphone ini didukung chipset Snapdragon 710 yang dikombinasikan dengan RAM 4GB atau 6GB. Opsi memori internal yang tersedia adalah 64GB dan 128GB khusus untuk varian RAM 6GB.

Saat pertama kali rilis, smartphone ini menjalankan Android 8.1 Oreo. Namun, HMD Global menjanjikan Nokia 7.1 Plus akan mendapat pembaruan ke Android 9.0 Pie.

Smartphone ini sudah dapat dipesan secara pre-order di Tiongkok. Namun, belum dapat dipastikan jadwal peluncurannya untuk pasar global.

Nokia 7.1 Plus akan dijual dengan harga 1.700 yuan (Rp 3,7 juta) untuk varian RAM 4GB dan ROM 64GB. Sementara varian RAM 6GB dan ROM 64GB dijual 2.000 yuan (Rp 4,3 juta) dan varian RAM 6GB dan ROM 128GB dibanderol 2.500 yuan (Rp 5,4 juta). 

Kamera Nokia 7.1 Plus

Nokia 7.1 Plus (sumber : HMD Global)

Dari sektor kamera, Nokia 7.1 Plus memiliki dua lensa Zeiss di kamera belakang. Lensa pertama beresolusi 12M dengan Optical Image Stabilization (OIS) dan lensa kedua beresolusi 13MP untuk kebutuhan depth sensor.

Kebutuhan selfie diserahkan pada kamera depan beresolusi 20MP yang terletak di notch bagian depan. Mengingat Snapdragon 710 sudah mendukung kecerdasan buatan, kamera smartphone ini sudah mendukung fitur AI bokeh effect dan AI recognition.

Memiliki baterai berkapasitas 3.500mAh dengan dukungan fast charging 18W. Nokia 7.1 Plus memiliki empat pilihan warna, yakni dark blue, night redmagic night silver, dan night black.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sutopo: Korban Meninggal Gempa Palu dan Donggala Masih Ditemukan

Posted: 20 Oct 2018 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, petugas dan relawan masih menemukan korban meninggal dunia gempa Palu serta Donggala. Meskipun, evakuasi korban bencana di Sulawesi Tengah sudah dihentikan pada Kamis 12 Oktober 2018.

"Hampir setiap hari, petugas dan relawan menemukan korban saat melakukan pembersihan reruntuhan dan puing-puing bangunan atau lingkungan di daerah terdampak bencana," kata Sutopo, dalam siaran tertulisnya, di Jakarta, Sabtu 20 Oktober 2018.

Menurut dia hingga Sabtu kemarin, korban gempa Palu dan sekitar yang meninggal dunia, tercatat oleh BNPB sebanyak 2.113 orang. Seluruh korban meninggal dunia telah dimakamkan, baik secara massal maupun oleh keluarganya.

"Pembersihan puing-puing bangunan terus dilakukan petugas gabungan bersama relawan. Sebanyak 14.604 petugas gabungan dari TNI/Polri, sipil dan relawan dikerahkan untuk penanganan darurat," tutur Sutopo.

Selain itu, 251 unit alat berat, terdiri dari 64 unit dari TNI dan 187 unit dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dikerahkan untuk pembersihan lingkungan dan lainnya.

"Percepatan pemulihan dampak bencana terus diintensifkan, khususnya pemenuhan kebutuhan dasar pengungsi, pelayanan medis, perbaikan infrastruktur dasar dan normalisasi kehidupan masyarakat," ujar Sutopo soal gempa Palu dan Donggala seperti dilansir dari Antara.

Berangsur Normal

Pandangan udara memperlihatkan sejumlah bangunan rusak usai dilanda gempa dan tsunami Palu, Sulawesi Tengah, Senin (1/10). Gempa berkekuatan 7,4 Magnitudo disusul tsunami melanda Palu dan Donggala pada 28 September 2018. (JEWEL SAMAD/AFP)

Penanganan darurat dampak gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah masih terus dilakukan.

Percepatan pemulihan dampak bencana terus dintensifkan, khususnya pemenuhan kebutuhan dasar pengungsi, pelayanan medis, perbaikan infrastruktur dasar, dan normalisasi kehidupan masyarakat.

Sutopo mengatakan, masa tanggap darurat bencana masih diberlakukan hingga 26 Oktober 2018. Beberapa fasilitas publik seperti listrik dan komunikasi sebagian besar sudah pulih kembali di daerah terdampak bencana.

"Pemulihan BTS untuk komunikasi di Sulawesi Tengah dari total 3.519 BTS, mencapai 96,1 persen. Jaringan Telkomsel telah pulih 100 persen. Begitu juga dengan pasokan listrik. Tujuh gardu induk, 2.086 gardu distribusi dan 45 unit penyulang serta 70 dari 77 unit genset telah dioperasikan. Pelayanan listrik total mencapai 95 persen," kata Sutopo dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Sabtu 20 Oktober 2018.

"Beberapa daerah memang aliran listrik belum berfungsi di Kabupaten Donggala seperti di sebagian Kecamatan Sindue, Balaesang Tanjungdan Sirenja sehingga perlu dioperasikan genset dan pemasangan instalasi listrik di lokasi pengungsi," sambungnya.

Selain itu, 25 SPBU telah beroperasi di Kota Palu, Kabupaten Donggala, Sigi dan Parigi Moutong, yang dibantu dengan 13 unit mobil tangki dengan dispenser, distribusi melalui 40 truk tangki BBM dengan mengerahkan 132 relawan operator SPBU.

Bukan hanya itu saja, kondisi perekonomian juga berangsur-angsur normal kembali. Sebanyak 25 pasar daerah, 3 pasar tradisional, 3 pasar swalayan, dan 17 perbangkan telah kembali beroperasi.

"Sekolah darurat telah dijalankan meski masih ada kekurangan tenda darurat dan sarana prasarana pendidikan dan belum semua siswa masuk sekolah," ujarnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2,5 Juta Pelamar CPNS 2018 Sudah Lolos Verifikasi

Posted: 20 Oct 2018 09:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah peserta yang lolos tahap verifikasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun anggaran 2018 sudah mencapai angka 2,592.348. Jumlah tersebut naik sekitar 200 ribu orang dari hasil verifikasi Jumat lalu.

Berdasarkan data Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada Minggu pagi (21/10/2019), 2,5 juta orang lolos CPNS, kemudian 537.664 orang dinyatakan tidak berhasil ke tahap selanjutnya. Sisanya, masih ada 280.723 pelamar yang masih akan disaring.

Penyaringan dalam tahap verifikasi peserta CPNS ini terbagi menjadi dua, yakni oleh tim verifikator, dan kemudian diperiksa kembali oleh tim administrasi instansi terkait. Sebanyak 280 ribu peserta itulah yang akan disaring pada hari ini.

Sejauh ini, target BKN bisa dikatakan tepat sasaran. Sebab, mereka menjanjikan tanggal final pengumuman verifikasi adalah tanggal 21 Oktober 2018.

Para peserta dapat mengecek hasil verifikasi mereka di email masing-masing. Klik di sini untuk mengakses ke SSCN.

Selain itu, seperti yang dijanjikan pihak BKN, para instansi juga diajak untuk memberikan pengumuman dengan caranya masing-masing. Salah satunya adalah Kementerian ESDM yang mengumumkannya di cpns.esdm.go.id.

Pada tahap berikutnya, peserta CPNS harus lolos Seleksi Kemampuan Dasar (SKD). Untuk lokasi tes, BKN menyebut akan mengumumkannya sekitar tanggal 25 Oktober mendatang.

Panselnas Siapkan 873 Lokasi Tes

Kenapa harus daftar CPNS 2018? Ya, kenapa nggak? (Ilustrasi: Liputan6.com)

Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS 2018) menyiapkan 873 titik lokasi tes yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia.

Selain fasilitas Computer Assissted Test (CAT) dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), Panselnas juga akan menggunakan fasilitas CAT Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, dari jumlah itu, 237 titik diantaranya milik atau yang diusahakan oleh BKN dan 636 titik merupakan fasilitas UNBK Kemendikbud.

"Dengan jumlah itu, diharapkan pelamar semakin dekat dengan lokasi tes CPNS Tahun 2018," ujarnya, seperti dikutip dari laman KemenPAN-RB.

Lokasi tes CPNS yang dikoordinir BKN antara lain Kantor BKN Pusat, sejumlah Kantor Regional BKN, UPT BKN, lokasi milik Kementerian/Lembaga yang tersebar di berbagai daerah.

Seperti diketahui sebelumnya, pemerintah telah mengumumkan pembukaan bagi CPNS 2018 untuk 238.015 formasi, yang terdiri atas 51.271 formasi di instansi Pemerintah Pusat (76 K/L) dan 186.744 formasi untuk instansi Pemerintah Daerah (525 Pemda). Prioritas pengadaan CPNS 2018 meliputi tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, serta tenaga yang memiliki kualifikasi teknis di bidang infrastruktur sesuai dengan program Nawacita.

Jabatan Inti yang diisi dari pelamar umum sebanyak 24.817 formasi, Guru Madrasah Kementerian Agama yang bertugas di Kabupaten/Kota sebanyak 12.000 formasi, serta dosen Kemenristekdikti dan Kementerian Agama sebanyak 14.454 formasi.

Adapun peruntukan instansi Pemerintah Daerah terdiri dari Guru Kelas dan Mata Pelajaran sebanyak 88.000 formasi, Guru Agama sebanyak 8.000 formasi, Tenaga Kesehatan sebanyak 60.315 formasi (Dokter Umum, Dokter Spesialis, Dokter Gigi, dan Tenaga Medis/Paramedis), serta Tenaga Teknis yang diisi dari pelamar umum sebanyak 30.429 formasi.

Penetapan formasi khusus pengadaan CPNS Tahun 2018 terdiri dari Putra/Putri Lulusan Terbaik (cumlaude), Penyandang Disabilitas, Putra/Putri Papua dan Papua Barat, Diaspora, Olahragawan Berprestasi Internasional, serta Tenaga Pendidik dan Tenaga Kesehatan dari Eks Tenaga Honorer Kategori II jabatan guru dan tenaga kesehatan yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi CPNS.

Pendaftaran CPNS sudah berlangsung sejak 26 September dan berakhir pada 15 Oktober mendatang. Pada 21 Oktober, akan diumumkan hasil seleksi administrasi. Kemudian dilanjutkan pencetakkan nomor ujian secara online pada 21-25 Oktober 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manajer MU Berulah, Apa Respons Bek Chelsea?

Posted: 20 Oct 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, London - Antonio Rudiger buka suara soal konflik antara Jose Mourinho dengan staf pelatih Chelsea, Sabtu (20/10/2018) di Stamford Bridge. Bek Chelsea itu merasa perseteruan di pinggir lapangan merupakan hal biasa.

Mourinho kembali dalam sorotan dalam laga yang berakhir 2-2 tersebut. Ia hampir berkelahi dengan staf pelatih Chelsea usai Ross Barkley mencetak gol bagi The Blues.

Bahkan beberapa pihak keamanan sempat mengamankan manajer asal Portugal tersebut. Beruntung perkelahian tak meluas setelah manajer Chelsea, Maurizio Sarri meminta maaf dan menenangkan timnya.

"Saya tidak tahu apa yang terjadi, benar-benar tidak tahu. Semua orang di bangku cadangan tiba-tiba berdiri namun saya pikir bukan perkelahian," kata Rudiger seperti dilansir Manchester Evening News.

"Memang ada emosi, namun yang terjadi hanya saling teriak, tidak lebih. Semuanya wajar dalam sepak bola."

 

 

Berdamai

Bek Chelsea, Antonio Rudiger, melakukan selebrasi usai membobol gawang Manchester United pada laga Premier League di Stadion Stamford Bridge, Sabtu (20/10/2018). Kedua tim bermain imbang 2-2. (AFP/Glyn Kirk)

Rudiger yang juga ikut menenangkan Mourinho berharap tidak ada lagi yang membahas konflik tersebut. Ia menilai semua pihak sudah saling memaafkan.

"Pada akhirnya kami semua bersalaman, itu artinya semua baik-baik saja. Semua sudah tenang dan bisa pulang dengan damai," katanya menambahkan.

Posisi

Gelandang Chelsea, Willian, berebut bola dengan gelandang Manchester United, Paul Pogba, pada laga Premier League di Stadion Stamford Bridge, Sabtu (20/10/2018). Kedua tim bermain imbang 2-2. (AP/Matt Dunham)

Hasil imbang membuat MU turun ke posisi kesembilan klasemen. Setan Merah baru mengumpulkan 14 poin dari sembilan laga.

Sementara Chelsea juga terdepak dari posisi kedua klasemen. The Blues mengoleksi 21 poin dari sembilan laga.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Batik Khas Tangsel Sukses Tembus Pasar Mancanegara

Posted: 20 Oct 2018 09:41 PM PDT

Perajin membuat pola batik bunga anggrek khas Tangerang Selatan pada kain di tempat pembuatan batik kawasan Pamulang, Minggu (21/10). Batik Tangsel ini sudah menembus pasar dunia seperti Makao, Kamboja, China, Hanoi dan Bangkok. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Perajin membuat pola batik bunga anggrek khas Tangerang Selatan pada kain di tempat pembuatan batik kawasan Pamulang, Minggu (21/10). Batik Tangsel ini sudah menembus pasar dunia seperti Makao, Kamboja, China, Hanoi dan Bangkok. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Perajin membuat pola batik bunga anggrek khas Tangerang Selatan pada kain di tempat pembuatan batik kawasan Pamulang, Minggu (21/10). Batik Tangsel ini sudah menembus pasar dunia seperti Makao, Kamboja, China, Hanoi dan Bangkok. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Perajin membuat pola batik bunga anggrek khas Tangerang Selatan pada kain di tempat pembuatan batik kawasan Pamulang, Minggu (21/10). Batik Tangsel ini sudah menembus pasar dunia seperti Makao, Kamboja, China, Hanoi dan Bangkok. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Perajin membuat pola batik bunga anggrek khas Tangerang Selatan pada kain di tempat pembuatan batik kawasan Pamulang, Minggu (21/10). Batik Tangsel ini sudah menembus pasar dunia seperti Makao, Kamboja, China, Hanoi dan Bangkok. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Perajin membuat pola batik bunga anggrek khas Tangerang Selatan pada kain di tempat pembuatan batik kawasan Pamulang, Minggu (21/10). Batik Tangsel ini sudah menembus pasar dunia seperti Makao, Kamboja, China, Hanoi dan Bangkok. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Perajin membuat pola batik bunga anggrek khas Tangerang Selatan pada kain di tempat pembuatan batik kawasan Pamulang, Minggu (21/10). Batik Tangsel ini sudah menembus pasar dunia seperti Makao, Kamboja, China, Hanoi dan Bangkok. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Perajin membuat pola batik bunga anggrek khas Tangerang Selatan pada kain di tempat pembuatan batik kawasan Pamulang, Minggu (21/10). Batik Tangsel ini sudah menembus pasar dunia seperti Makao, Kamboja, China, Hanoi dan Bangkok. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Perajin membuat pola batik bunga anggrek khas Tangerang Selatan pada kain di tempat pembuatan batik kawasan Pamulang, Minggu (21/10). Batik Tangsel ini sudah menembus pasar dunia seperti Makao, Kamboja, China, Hanoi dan Bangkok. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Perajin membuat pola batik bunga anggrek khas Tangerang Selatan pada kain di tempat pembuatan batik kawasan Pamulang, Minggu (21/10). Batik Tangsel ini sudah menembus pasar dunia seperti Makao, Kamboja, China, Hanoi dan Bangkok. (Merdeka.com/Arie Basuki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinopsis SCTV Episode Terakhir Meteor Garden Episode Minggu 21 Oktober 2018: Akankah Daoming Si dan Shancai Nikah?

Posted: 20 Oct 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ikuti episode terakhir Meteor Garden. Setelah ditinggalkan oleh Daoming Si, Shancai terjatuh saat berusaha untuk mengejarnya. Tiba-tiba lampu menyala dan A Zhuang memberikan kejutan untuk Shancai. Lampu kembali padam, dan saat lampu kembali menyala, F3 muncul dan berusaha untuk merayu Shancai untuk memilih salah satu dari mereka.

Tapi tentu saja, akhirnya Daoming Si yang menjadi pilihan Shancai. Daoming Si muncul dengan membawa bunga dan Shancai datang ke Daoming Si diantar oleh Huaze Lei. A Zhuang menantang Daoming Si untuk menikahi Shancai sekarang juga. Mereka merayakan pernikahannya bersama kerabat terdekat.

Lalau di Meteor Garden episode terakhir ini, Daoming Si dan Shancai menikmati hari demi hari setelah pernikahannya. Mereka tinggal di rumah Daoming Si, tiba-tiba pagi itu mereka mencium bau gosong dari dapur. Mereka berdua terkejut saat melihat Daoming Feng sedang menggoreng ikan dan roti namun gosong.

Daoming Feng ingin membuatkan sarapan untuk Daoming Si dan Shancai sebelum ia pergi meninggalkan rumah untuk mengelilingi dunia, dan meminta Daoming Si dan Shancai untuk mengurus rumah itu. Daoming Si dan Shancai ke London dan bertemu dengan Huaze Lei. Dari tempat berbeda, semuanya menikmati momen bintang jatuh. 

Dan, Meteor Garden versi Tiongkok ini pun tamat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sosialisasikan Tilang Elektronik, Polisi Bernyanyi di Car Free Day Jakarta

Posted: 20 Oct 2018 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menyosialisasikan Electronic Traffic Law System (E-TLE) atau tilang elektronik sembari menghibur masyarakat. Caranya, para personel Ditlantas Polda Metro yang tergabung dalam Cakra Metro Band bernyanyi di Car Free Day di Bundaran HI, Jakarta Pusat.

Mereka bernyanyi setelah empat menit memberikan penjelasan tentang tilang elektronik. Masing-masing kesempatan, mereka membawakan dua lagu sekaligus.

"Salah satunya Ayo Klik untuk mengajak masyarakat tertib lalu lintas," ujar Kaurmin Subdit Dikyasa Ditlantas Polda Metro Jaya, AKP Sri Pamungkas, di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (21/10/2018).

Tak hanya lagu-lagu bernuansa kepolisian, mereka juga membawakan sejumlah lagu dangdut yang familiar di telinga warga. Misalnya, Bang Toyib.

Menurut dia, melalui musik, sosialisasi akan lebih cepat diterima. "Jadi kita memang kita setiap minggu Ditlantas Polda Metro Jaya memberikan sosialisasi tentang apapun lalu lintas dalam kegiatan CFD. Di mana sosialisasi menggunakan musik ini akan lebih cepat diterima masyarakat daripada kalau kita sosialisasi di ruang kelas ataupun di tempat-tempat lainnya," ucap dia.

Sri menjelaskan, tilang elektronik adalah sistem yang mendeteksi pelanggaran di jalan raya melalui kamera CCTV  yang ada di setiap sudut jalan.

"Kemudian dari kamera itu diolah datanya oleh pihak kepolisian, bapak dan ibu akan diantarkan surat undangan berwarna biru ke rumah masing-masing," kata dia.

Setelah itu, denda tilang dapat dibayarkan ke Bank BRI. Barang bukti selanjutnya dapat diambil di kantor polisi. Bila tidak mau membayar, lanjut dia, akan ketahuan saat membayar pajak.

"Bapak dan ibu nanti akan bayar pajak yang biasanya satu juta misalnya, tiba-tiba loh kok saya bayar pajaknya sampai tiga juta ya? Ternyata di situ ada pelanggaran demi pelanggaran yang dilakukan. Jadi nunggak," lanjut Sri.

Dia menjelaskan, bila tidak membayar tujuh hari setelah terjadinya pelanggaran, polisi akan memblokir STNK. Sosialisasi ini diadakan selama 1-31 Oktober 2018. Tilang elektronik sendiri akan diberlakukan mulai 1 November 2018.

Operasi Zebra Jaya 2018

Kaurmin Subdit Dikyasa Ditlantas Polda Metro Jaya, AKP Sri Pamungkas, di Bundaran HI, Jakarta. (Liputan6.com/Ratu Annisaa Suryasumirat)

Operasi Zebra Jaya 2018 juga akan dilakukan mulai dari 30 Oktober sampai 20 November 2018. Target dari operasi ini adalah untuk membangun kesadaran disiplin lalu lintas pada masyarakat.

"Dari tanggal 30 Oktober sampai 12 November akan dilakukan penilangan terhadap pelanggaran sekecil apapun yang dilakukan," ungkap Sri.

"Mari kita mulai menjadi pelopor keselamatan perlalu lintas, malu melakukan pelanggaran," lanjut dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Cara Membuat Empek Empek Tanpa Ikan, Praktis, Murah dan Tak Kalah Lezat

Posted: 20 Oct 2018 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak tahu pempek atau empek empek? Makanan khas Palembang ini sudah sangat terkenal dengan cita rasanya yang menggugah selera. Makin lezat kala disantap dengan cuko yang bercita rasa manis, asam dan pedas. Menurut sejarahnya, empek empek telah ada di Palembang sejak abad ke-16. Nama pempek sendiri diambil dari kata empek-empek, atau pek-pek yang menjadi sebutan laki-laki tua pada pria Tionghoa.

Berkat ketenarannya, empek empek bisa dinikmati tanpa harus ke Palembang lho. Pasalnya, saat ini hampir disetiap sudut kota ada penjaja kudapan gurih satu ini. Bahkan empek empek juga di ekspor ke mancanegara. Di antarannya Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Thailand.

Jenis Empek Empek

Empek empek sendiri memiliki beragam jenis. Seperti kapal selam, lenjer, bulat dan lainnya. Lazimnya, empek-empek dibuat dengan bahan dasar daging ikan yang digiling lembut dicampur dengan tepung. Eits, tapi buat kamu yang nggak memiliki persediaan ikan tetap bisa membuat empek-empek lho. Berikut ini ragam cara membuat empek empek tanpa ikan yang bisa kamu contek. Cocok buat kamu yang ingin masak dengan budget terbatas.

1. Cara membuat empek empek tanpa ikan

Nah, dirangkum liputan6.com dari berbagai sumber Minggu (21/10/2018) begini cara membuat empek empek tanpa ikan versi pertama.

Bahan-bahan yang diperlukan: 

- 500 gram tepung tapioka

- 250 gram tepung terigu

- 1 butir telur

- 1 sdm minyak goreng

- 1 bks penyedap rasa ayam

- 2 sdt garam

- 500 ml air hangat

Cara membuat empek empek  

1. Campur tepung tapioka, tepung terigu, garam, penyedap rasa, telur dan minyak goreng. Tambahkan air hangat sedikit demi sedikit. Kemudian campur adonan hingga tercampur rata. Uleni adonan hingga kalis. Bentuk adonan sesuai selera. Sisihkan.

2. Rebus air hingga mendidih, tambahkan sedikit garam dan minyak agar empek empek tidak lengket. Masukkan empek empek yang sudah dibentuk. Biarkan hingga matang dan mengapung. Tiriskan. Empek empek buatanmu siap disajikan dengan cuko.

2. Cara Membuat Empek-Empek Tanpa Ikan Versi Lain

Ingin mencoba cara membuat empek empek tanpa ikan versi lainnya? Yuk langsung simak resep berikut ini.

Bahan-bahan:

- 120 gr tepung terigu

- 250 ml air

- 2 sdt garam

- 2 siung bawang putih, haluskan

- 1/2 sdt gula putih

- 200 gr tepung tapioka

- 2 butir telur

Cara membuat empek empek tanpa ikan: 

1. Didihkan air dan masukkan bumbu gula, garam dan bawang putih. Masak hingga mendidih. Matikan api. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk rata hingga jadi bubur. Lanjutkan dengan memasukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis. Masukkan telur dan aduk rata. Bentuk adonan sesuai selera. Sisihkan.

2. Rebus air hingga mendidih, tambahkan sedikit garam dan minyak agar empek empek tidak lengket saat direbus. Masukkan empek empek dan biarkan hingga matang dan mengapung. Tiriskan. Lalu goreng. Nikmati selagi hangat dengan kuah cuko.

3. Cara membuat empek empek rebon goreng tanpa ikan

Bahan-bahan:

- 6 sdm tepung terigu

- 6 sdm tepung tapioka

- 2 siung bawang putih

- 2 sdm udang rebon

- air secukupnya

Cara membuat empek empek rebon goreng tanpa ikan

Haluskan bawang putih, udang rebon dan garam. Masukkan bumbu ke tepung dan tuang air secukupnya. Tuang air panas secukupnya, sedikit demi sedikit hingga kalis dan bisa dibentuk. Panaskan minyak. Buat bulatan-bulatan adonan dan masukkan ke minyak panas. Angkat ketika sudah mengapung dan matang kecokelatan. Santap saat masih hangat.

Cara Membuat Kuah Cuko Sendiri

Meski tanpa ikan, cara membuat empek empek ini dijamin enak dan rasanya nggak mengecewakan. Menyantap empek empek kurang lengkap tanpa kuah cuko. Nah, berikut ini cara membuat kuah cuko sendiri. 

Bahan-bahan:

- 500 ml air

- 1 sdm ebi

- 2 sdm gula merah, sisir

- 3 butir asam jawa

- 6 siung bawang putih

- 5 buah cabai rawit (sesuai selera)

- 3 buah cabai keriting

- garam dan gula pasir secukupnya

Cara membuat: 

- Haluskan bawang putih, ebi, cabai, dan asam. Rebus air, masukkan bumbu halus, gula dan garam hingga larut. Matikan api. Sajikan.

- Nah, itu tadi cara membuat empek empek tanpa ikan yang praktis. Empek empek tanpa ikan buatanmu siap dinikmati dengan cuko.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bertengkar Lawan Staf Chelsea, Mourinho Dibela Legenda MU

Posted: 20 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, London - Phil Neville membela sikap manajer MU, Jose Mourinho dalam duel melawan Chelsea, Sabtu (20/10/2018). Ia menyebut Mourinho sengaja diprovokasi oleh asisten Maurizio Sarri.

Ya, Mourinho kembali dalam sorotan dalam laga yang berakhir 2-2 tersebut. Ia hampir berkelahi dengan staf pelatih Chelsea usai Ross Barkley mencetak gol bagi The Blues.

Bahkan beberapa pihak keamanan sempat mengamankan manajer asal Portugal tersebut. Beruntung perkelahian tak meluas setelah Sarri meminta maaf dan menenangkan timnya.

"Siapapun staf Chelsea yang memprovokasi sungguh memalukan. Orang itu tidak punya kelas," kata Neville seperti dilansir Manchester Evening News.

"Orang itu sengaja datang ke hadapan Mourinho dan merayakan gol secara berlebihan. Mourinho sama sekali tidak bersalah," ujarnya menambahkan.

 

 

Minta Dipecat

Manajer Manchester United asal Portugal, Jose Mourinho. (AFP/Oli Scarff)

Neville juga meminta Sarri bersikap tegas pada anak buahnya usai kejadian ini. Apalagi musim masih berjalan cukup panjang.

"Sarri memang berselebrasi. Namun orang ini dua kali berselebrasi secara berlebihan, setelah di depan Mourinho, dia juga merayakannya lagi di bangku cadangan," ujar Neville.

"Jika saya jadi Sarri maka saya akan memecatnya," kata Neville.

Posisi

Manajer Manchester United Jose Mourinho bereaksi dengan frustrasi saat timnya menghadapi Leicester City dalam Premier League Inggris di Old Trafford, Manchester, Inggris, Jumat (10/8). (AP Photo/Jon Super)

Hasil imbang membuat MU turun ke posisi kesembilan klasemen. Setan Merah baru mengumpulkan 14 poin dari sembilan laga.

Sementara Chelsea juga terdepak dari posisi kedua klasemen. The Blues mengoleksi 21 poin dari sembilan laga.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Makanan yang Makin Sedap Disantap Saat Musim Hujan

Posted: 20 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta – Musim hujan segera tiba. Saat pergantian dari kemarau ke musim hujan, tubuh biasanya tak bisa langsung menyesuaikan dengan kondisi tersebut.

Proses tersebut akan memengaruhi sistem kekebalan tubuh bisa lemah. Saat itu, penyakit akan mudah menyerang tubuh.

Selain perlu mengonsumsi vitamin untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan dalam tubuh, perlu juga mengonsumi makanan yang hangat. Ada beberapa jenis makanan yang asyik untuk dikonsumsi saat musim hujan.

Apa saja makanan tersebut?

Bakso

Bakso asyik disantap saat dalam kondisi panas. Saat hujan mengguyur bumi, bakso bisa jadi salah satu makanan yang bisa menghangatkan tubuh. Bakso jadi salah satu makanan yang banyak digemari tak hanya di musim hujan, tapi juga di musim kemarau.

Mi Rebus

Selain bakso, mi rebus juga bisa menjadi pilihan makanan di musim hujan. Selain kuahnya yang sedap, mi akan lebih nikmat jika dicampur dengan irisan cabe.

Soto

Pilihan lain selain mi rebus adalah soto. Makanan khas Indonesia ini bisa jadi penghangat tubuh. Racikan bumbu dan kuahnya yang kental akan menambah kenikmatan.

Sop

Jika enggan makan mi, sop ayam atau sop kambing bisa jadi alternatif yang menarik. Kuah hangat dicampur daging dan sayuran, bisa menggugah selera makan di musim hujan.

Tahu Goreng

Makanan yang dibuat dari endapan perasan biji kedelai ini juga asyik disajikan saat musim hujan. Tak sedikit orang yang mencari tahu goreng saat musim hujan. Akan lebih nikmat jika dilengkapi dengan cabai bulat.

Bubur Ayam

Bubur ayam pun bisa menjadi makanan yang asyik disantap saat musim hujan. Terutama saat disajikan dalam suhu panas atau hangat.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tragis, Balita Ditemukan Tewas Terperangkap dalam Mobil di Jakut

Posted: 20 Oct 2018 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nasib tragis dialami balita berinisial R. Bocah berusia 3,5 tahun itu diduga tewas akibat kehabisan oksigen setelah terperangkap dalam mobil yang terparkir di kawasan apartemen yang ada di Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara.

Kapolres Metro Jakarta Utara Komisaris Besar Reza Arief Dewanto mengatakan, jenazah balita malang tersebut ditemukan pada pukul 17.20 WIB, Sabtu 20 Oktober 2018. Saat itu, saksi bernama Afandi (26) yang hendak menggunakan mobilnya menemukan korban sudah terbujur kaku di bangku bagian tengah.

"Saksi saat itu ingin menaruh tas di bagian tengah dan melihat korban tak bernyawa. Selanjutnya melaporkan ke Polsek Penjaringan," ujar Reza melalui keterangan tertulis, Jakarta, Minggu (21/10/2018).

Polisi langsung melakukan olah TKP dan memeriksa saksi. Berdasarkan keterangan Afandi, mobil tersebut terakhir digunakan oleh kakak iparnya bernama Ruslan pada Jumat 19 Oktober 2018.

Diduga, Ruslan lupa mengunci pintu mobil saat parkir. Kemudian balita malang tersebut bermain dalam mobil dan akhirnya terkunci.

"Saat di dalam kepencet pintu otomatis. Saat korban mau buka mobil tidak bisa, terlihat dari kaca spion di dalam dicopot dan digetok-getokan ke kaca berusaha untuk membuka namun tidak bisa hingga ditemukan korban sudah meninggal dunia," kata Reza.

Balita yang tewas itu lantas dievakuasi dan dibawa ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat untuk diautopsi. Kasus tersebut masih ditangani jajaran Polsek Penjaringan, Jakarta Utara.

Balita Tewas di Bogor

Ilustrasi Foto Garis Polisi (iStockphoto)

Sebelumnya, bocah lelaki usia tiga tahun, BIB, tewas diduga dianiaya Gian Navarra Gunawan (28) pacar ibunya. Dari hasil visum, ada tanda-tanda kekerasan di tubuh balita tersebut.

Pelaku ditangkap anggota Polresta Bogor Kota dan Polda Jabar di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (16/10/2018) pagi.

Gian sempat diburu polisi karena menghilangkan nyawa anak di bawah umur di kosannya Jalan Anggada VI, Kelurahan Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Minggu (14/10/2018) sekitar pukul 01.00 WIB dini hari.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Ulung Sampurna Jaya mengatakan, kasus penganiayaan balita ini terbongkar setelah adanya laporan dari pihak rumah sakit yang menangani korban.

"Korban dibawa ke rumah sakit oleh ibu DS dan tetangganya. Saat diperiksa korban sudah meninggal," kata Ulung.

Saat melakukan pemeriksaan, dokter forensik curiga korban meninggal tidak wajar, karena ada tanda-tanda kekerasan di wajah dan tubuh bocah mungil itu.

"Dokter langsung melaporkan hal ini ke polisi," kata dia.

Setelah menerima laporan, polisi mendatangi rumah sakit dan melakukan penyelidikan di tempat kejadian perkara.

Di kosan tempat pasangan kumpul kebo itu tinggal, penyidik menemukan sejumlah barang bukti berupa pakaian korban dan bercak darah di sprei dan sarung bantal. Dari hasil keterangan sejumlah saksi, pelaku penganiayaan mengarah pada pacar ibunya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Inggris, Siaran Langsung Minggu 21 Oktober 2018

Posted: 20 Oct 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pekan sembilan Liga Inggris sudah memainkan delapan pertandingan. Salah satunya super big match Manchester United melawan tuan rumah Chelsea, Sabtu (20/10/2018).

Laga seru ini berakhir tanpa pemenang. Skor imbang 2-2 menghiasi papan skor di akhir laga. Chelsea lolos dari kekalahan berkat gol menit akhir gelandang Ross Barkley. 

Akibat cuma imbang, Chelsea harus puas turun ke posisi tiga. Puncak klasemen ditempati Manchester City yang mencukur Burnley lima gol tanpa balas.

Masih ada dua laga tersisa di pekan sembilan Liga Inggris. Pada Minggu (21/10/2018) malam ada satu laga di Liga Inggris yang akan digelar.

Everton bakal menjamu Crystal Palace. Everton ingin melanjutkan tren positif setelah menang dua kali beruntun. Pertandingan ini bakal disiarkan Bein Sport 1.

 

Jadwal

Logo Liga Inggris

Jadwal Liga Inggris nanti malam

22.00 WIB

Everton vs Crystal Palace (Bein Sports 1)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Giliran Medan Gelar Xpander Tons of Real Happiness

Posted: 20 Oct 2018 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Medan - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), selaku distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia kembali menggelar Xpander Tons of Real Happiness.

Kali ini, gelaran layaknya festival di wahana hiburan tersebut berlangsung di pusat perbelanjaan Plaza Medan Fair, Medan, Sumatera Utara, pada 19 – 21 Oktober 2018.

 

Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI Irwan Kuncoro menyatakan, Xpander Tons of Real Happiness di Medan merupakan rangkaian roadshow sembilan kota yang bertujuan untuk menunjukkan keunggulan yang dimiliki oleh Xpander.

"Sebelumnya, kami telah sukses menggelar campaign ini di Bekasi, Semarang, Surabaya serta Makassar sejak Juli 2018 yang dihadiri lebih dari 44.000 pengunjung, di luar ekspektasi kami. Dan kami terus melakukan improvement di setiap kota, untuk dapat terus memberikan pengalaman menyenangkan bagi para pengunjung di event ini,"ungkap ucap Irwan dalam keterangan tertulis, Sabtu (20/10/2018).

Irwan juga menjelaskan, di acara Xpander Tons of Real Happiness yang menyerupai taman hiburan keluarga memiliki berbagai pilihan wahana yang dapat dinikmati seperti Ferris Wheel, Carousel, Swing Carousel, Mini Xpander Traffic Park, Balloon Pool, Balloon Castle, 360 photo booth dan berbagai aktivitas menyenangkan lainnya.

Tak hanya itu, di arena wahana juga memiliki banyak spot menarik untuk berfoto bersama. Bahkan pengunjung juga dapat mengikuti kompetisi media sosial berhadiah "Post the Spot".

 

Selanjutnya

Xpander Tons of Real Happiness yang digelar di Medan ini juga dihadiri keluarga Dwi Sasono, termasuk Widi Mulia, Dru, dan Widuri.

Selain dapat menikmati wahana permainan yang menyenangkan, pengunjung juga dapat menyaksikan aksi panggung dari Zara Leola dan DJ Yasmin serta talkshow bersama Rifat Sungkar, Fitra Eri, Motomobi, Ridwan Hanif dan Diandra Gautama.

Selain itu, pengunjung juga dapat mencoba Mitsubishi Xpander melalui area test drive challenge, melayani proses pembelian kendaraan Xpander dengan program 'Lucky Dip' menarik berupa paket aksesoris mulai dari paket Basic, Aero dan Aero plus yang khusus tersedia hanya di event ini. 

Ada pula games mulai dari lomba menggambar dan lomba mewarnai untuk anak, talkshow menarik, food truck, dan food stall yang dapat dinikmati dan menemani hari libur bersama keluarga.

Tidak ketinggalan, merchandise menarik dari Idekuhandmade bertemakan Tons of Real Happiness juga dapat dibeli pengunjung di event ini. 

Seluruh hiburan tersebut dapat dinikmati oleh para pengunjung pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu pukul 10.00 – 22.00 WIB secara gratis dengan menunjukkan bukti registrasi.

Untuk pemilik Mitsubishi Xpander hanya perlu menunjukkan STNK atau copy SPK Xpander untuk ditukarkan dengan tiket masuk "Xpander Tons of Real Happiness".

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yuk, Cek Sumber Listing untuk Pasarkan Properti

Posted: 20 Oct 2018 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ingin bisnis properti makin lancar dan dapat banyak untung? Salah satu kuncinya, rajin mencari sumber listing. Listing atau listingan sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk menyebutkan jumlah properti yang dijual oleh broker.

Nah, dengan memiliki banyak sumber listing, jumlah listingan yang bisa dijual pun semakin banyak. Hal ini terkait dengan keleluasaan calon pembeli dalam memilih. Toh, Anda pasti lebih suka berbelanja di toko yang komplet, bukan?

Hal yang sama berlaku dalam bisnis properti. Semakin banyak pilihan, tentu kesempatan properti akan terjual semakin besar. Kalau penasaran, berikut sumber listing yang bisa Anda pertimbangkan sebagaimana dikutip dari Swara Tunaiku.

1. Mailing List dan Forum

Hal ini berlaku bagi Anda yang suka mengikuti forum atau mailing list. Nah, karena ini bisnis properti, tentu Anda harus mencari forum jual-beli yang menawarkan produk bagus dan harga kompetitif. Adapun cara ini berguna banget kalau ingin efisiensi dana, waktu, dan tenaga.

2. Iklan

Kriteria Listing Properti

Apa pun medianya, iklan bisa menjadi salah satu sumber listing yang berpengaruh. Satu tips, sebisa mungkin, carilah listing dengan kriteria sale by owner sehingga Anda tidak perlu melewati perantara. Biasanya, si pengiklan juga sudah mencantumkan alamat lengkapnya.

Kunjungi pula situs-situs penjualan properti lainnya dan pastikan properti yang ditawarkan sudah dilengkapi foto dan lokasi.

3. Broker

Tidak ada salahnya mengajak broker untuk ikut bergabung. Bisa saja, dengan cara ini Anda bisa mendapatkan sumber listing.

Namun, lantaran bersifat kerja sama, pasti akan ada perjanjian soal komisi yang diterima. Ada baiknya diskusikan hal tersebut lebih dulu agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

4. Masyarakat

Ada beberapa tantangan yang kerap dihadapi saat menjajakan listing properti second. Simak ulasannya!

Jangan salah, masyarakat sekitar bisa menjadi sumber listing yang berpengaruh, lo. Apalagi, komisinya juga lumayan.

Namun, untuk sumber listing ini, harus peka dan up-to-date dengan kabar sekitar, ya. Caranya beragam. Bisa dengan sesering mungkin silaturahmi, ngopi di angkringan, dan masih banyak lagi.

5. Teman

Relasi pertemanan bisa jadi sumber listing yang baik. Ini bisa berupa teman sekolah, kuliah, kantor, atau komunitas. Cukup jadi orang yang supel dan pandai-pandai bersosialisasi, ya.

6. Bank

Ilustrasi Bank

Menjadikan bank sebagai sumber listing memang bukan pilihan yang umum. Namun, layak dicoba. Jika Anda memiliki teman yang bekerja di bank, bisa langsung bertanya informasi soal lelang properti dengan kredit macet.

Umumnya, bank hanya menginginkan utang dari si pemilik kredit macet lunas. Sehingga, Anda bisa mendapatkan properti bagus dengan harga yang kompetitif. Cukup lihat isi perjanjian yang sudah dibuat.

7. Notaris PPAT

Berkaitan dengan tugasnya membuat akta jual-beli, notaris PPAT bisa menjadi sumber listing yang baik. Apalagi, jika Anda memiliki teman yang berprofesi sebagai notaris PPAT. Nah, jangan lupa tanya soal harga jual properti masing-masing wilayah, ya. Itu dia 7 sumber listing yang bisa Anda jadikan rekomendasi. Bisa coba salah satu atau seluruhnya. Selamat mencoba!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Bayar Pajak Tanpa BPKB Sambil Olahraga di Kawasan Car Free Day

Posted: 20 Oct 2018 09:05 PM PDT

Warga mengisi formulir untuk membayar pajak kendaraan bermotor di gerai Samsat Keliling Car Free Day, Jakarta, Minggu (21/10). Agar bisa membayar pajak ini cukup menggunakan STNK dengan nama yang tertera harus sesuai KTP. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Warga mengisi formulir untuk membayar pajak kendaraan bermotor di gerai Samsat Keliling Car Free Day, Jakarta, Minggu (21/10). Agar bisa membayar pajak ini cukup menggunakan STNK dengan nama yang tertera harus sesuai KTP. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Badan Pajak dan Retribusi Daerah Pemprov DKI membuka gerai Samsat Keliling Car Free Day, Jakarta, Minggu (21/10). Layanan pembayaran pajak Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) bisa dilakukan tanpa membawa salinan atau BPKB. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Badan Pajak dan Retribusi Daerah Pemprov DKI membuka gerai Samsat Keliling Car Free Day, Jakarta, Minggu (21/10). Layanan pembayaran pajak Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) bisa dilakukan tanpa membawa salinan atau BPKB. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Warga mengisi formulir untuk membayar pajak kendaraan bermotor di gerai Samsat Keliling Car Free Day, Jakarta, Minggu (21/10). Agar bisa membayar pajak ini cukup menggunakan STNK dengan nama yang tertera harus sesuai KTP. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Warga mengisi formulir untuk membayar pajak kendaraan bermotor di gerai Samsat Keliling Car Free Day, Jakarta, Minggu (21/10). Agar bisa membayar pajak ini cukup menggunakan STNK dengan nama yang tertera harus sesuai KTP. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Warga mengisi formulir pajak kendaraan bermotor di gerai Samsat Keliling Car Free Day, Jakarta, Minggu (21/10). Layanan pembayaran pajak Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) bisa dilakukan tanpa membawa salinan atau BPKB. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Warga mengisi formulir pajak kendaraan bermotor di gerai Samsat Keliling Car Free Day, Jakarta, Minggu (21/10). Layanan pembayaran pajak Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) bisa dilakukan tanpa membawa salinan atau BPKB. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Warga menunjukkan STNK yang baru diperpanjang di gerai Samsat Keliling Car Free Day, Jakarta, Minggu (21/10). Layanan pembayaran pajak Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) bisa dilakukan tanpa membawa salinan atau BPKB. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Warga menunjukkan STNK yang baru diperpanjang di gerai Samsat Keliling Car Free Day, Jakarta, Minggu (21/10). Layanan pembayaran pajak Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) bisa dilakukan tanpa membawa salinan atau BPKB. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyegaran, Kapolda Metro Jaya Rotasi 38 Anggotanya

Posted: 20 Oct 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan pejabat perwira menengah (pamen) dan perwira pertama (pama) di wilayah hukum Polda Metro Jaya dirotasi. Hal ini berdasarkan Surat Telegram Nomor ST/946/X/KEP/2018 pada 19 Oktober 2018 yang ditandatangani oleh Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Wahyu Hadiningrat.

Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis mengatakan rotasi itu adalah biasa dilakukan Polri. Di mana, rotasi dilakukan melalui mekanisme yang berlaku.

"Oh biasa saja, karena ada beberapa anggota yang mutasi promosi menjadi kapolres sudah tentu ada kekosongan yang harus diisi oleh perwira lain. Semua mutasi dilakukan sesuai mekanisme wanjak dan usulan kasatker tentunya," kata Idham kepada Merdeka.com, Minggu (21/10/2018).

Menurut dia, rotasi ini juga untuk meningkatkan kinerja di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

"Hal itu biasa untuk penyegaran organisasi dan untuk meningkatkan kinerja di wilayah hukum Polda Metro," ujar Idham.

Berikut nama-nama pejabat Polda Metro Jaya yang dirotasi:

1. Kompol Handi Zusen, Pamen Polda Metro Jaya (Pindahan dari Polda Maluku) diangkat jabatan baru Kasubdit Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

2. AKBP Tumpak Simangunsong penyidik Madya 2 Diresnarkoba Polda Metro Jaya diangkat jabatan baru sebagai Kapolsek Setiabudi Jakarta Selatan.

3. AKBP Bambang Supratmono Kasiaga 3 Bagdalops Roppos Polda Metro Jaya diangkat jabatan baru sebagai Penyidik Madya 2 Diresnarkoba Polda Metro Jaya.

4. Kompol Andi Sinjaya Kanit 2 Subdit 3 Ditreskrimsus Polda Metro Jaya diangkat menjadi Kasat Reskrim Polres Metro Jaya

5. Kompol Buntoro Kasat Reskrim Polres Depok diangkat menjadi Kanit 2 Subdit 3 Ditreskrimsus Polda Metro Jaya

6. Kompol Deddy Kurniawan Kapolsek Serpong diangkat jabatan baru sebagai Kasat Reskrim Polres Depok

7. Kompol Stephanus Luckyto Andry Wicaksono Kapolsek Kelapa Dua menjadi Kapolsek Serpong

8. Kompol Effendi Kapolsek Koja diangkat jabatan baru sebagai Kapolsek Kelapa Dua.

9. Kompol Budi Cahyono Kanit2 Subdit 2 Diresnarkoba Polda Metro Jaya diangkat menjadi Kapolsek Koja.

10. Kompol Ahrie Sinta Panen Polda Metro Jaya (Pindahan dari Lemdiklat Polri) diangkat jabatan baru Kanit 2 Subdit 2 Diresnarkoba Polda Metro Jaya

11. Kompol Ach Imam Rifai penyidik Madya Ditreskrimsus Polda Metro Jaya menjadi jabatan baru Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara.

12. Kompol Dery Agung Wijaya Pamen Polda Metro Jaya (Pindahan dari Polda Papua Barat) diangkat jabatan baru sebagai Kasat Reskrim Narkoba Polres Metro Jakarta Barat.

13. AKBP I Nengah Adi Putra Kasubdit Gasum Sabhara Polda Metro Jaya diangkat menjadi Kabagops Polres Metro Jakarta Pusat.

14. AKBP Jasalmon Sihombing Analis KebuakanMuda Bidang Subdit 1 Ditreskrimsus Polda Metro Jaya diangkat menjadi Kasubdit Gasum Sabhara Polda Metro Jaya.

15. AKBP Slamet Haryono Kasatintelkam Polres Metro Bekasi Kota diangkat menjadi Kasubditfasharkan Ditpolnr Polda Metro Jaya.

16. AKBP Priyono Kasatbinmas Polres Metro Jakarta Selatan diangkat menjadi Kasatintelkam Polres Metro Bekasi Kota.

17. AKBP Wahyu Budiman Kasiaga 2 Bagdalops Roppos Polda Metro Jaya diangkat menjadi Kasatbinmas Polres Metro Jakarta Selatan.

18. Kompol Ngadiman Kanit 2 Subdit 1 Ditreskrimsus Polda Metro Jaya diangkat menjadi Kasiaga 2 Bagdalops Roppos Polda Metro Jaya.

 

19-38

Petugas Kepolisian RI mengikuti apel kesiapan pengamanan gelaran Annual Meetings IMF-World Bank di Bali, Kamis (4/10). Indonesia menjadi tuan rumah Pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia yang dilaksanakan pada 8 - 14 Oktober 2018. (AP/Firdia Lisnawati)

19. Kompol Dhany Aryanoa Pamen Polda Metro Jaya (Pindahan Divhubinter Polri) diangkat menjadi Kanit 2 Subdit 4 Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

20. AKBP Randi Ariana Pamen Polda Metro Jaya (Pindahan dari Baintelkam) diangkat menjadi Kasubbid 3 Ditintelkam Polda Metro Jaya

21. AKBP Nurfaidah Djafar Kabagsumda Polres Metro Jakarta Selatan diangkat menjadi Bidhumas Polda Metro Jaya.

22. AKBP Nurman Surachman Kabagsumda Polres Metro Jakarta Timur diangkat menjadi Kabagsumda Polres Metro Jakarta Selatan.

23. AKBP Yulia Hutasuhut, Kasubb D Pid Bid Humas Polda Metro Jaya, diangkat menjadi Kabagsumda Polres Metro Jakarta Timur.

24. Kompol Alip, sebelumnya menjabat Kasubbagsarpras Bagsumda Polres Metro Jakarta Selatan, diangkat menjadi Kasubbagstrabang Bagstrajemen Rorena Polda Metro Jaya.

25. Kompol Prayitno, sebelumnya Kapolsek Cilandak, diangkat sebagai KasubbagSarpras Bagsumda Polres Metro Jakarta Selatan.

26. Kompol Tatang, sebelumnya Wakasatpamwal Ditlantas Polda Metro jaya, diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolsek Cilandak.

27. Kompol Kasto, sebelumnya Kasubbagrohjas Bagwatpers Ro SDM Polda Metro Jaya, diangkat dalam jabatan baru sebagai Wakasat Pamwal Ditlantas Polda Metro Jaya.

28. Kompol Joko Karjito, Pamen Polda Metro Jaya (Pindahan dari SSDM Polri), diangkat menjadi Kasubbagrohjas Bagwatpers RO SDM Polda Metro Jaya.

29. Kompol Yusri Nawawi, sebelumnya Kanit 1 Subdit 2 Ditreskrimum Polda Metro Jaya dimutasi menjadi Pamen Ditreskrimum Polda Metro Jaya dalam rangka pensiun.

30. AKP Alrasyidin Fajri, sebelumnya Kasatresnarkoba Polres Pelabuhan Tanjung Priok, diangkat menjadi PS Kanit 1 Subdit 2 Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

31. Iptu Edy Suprayitno, sebelumnya Kanitdik 2 Satreskrim Polres Metro Jakarta Selatan, diangkat dalam jabatan baru sebagai PS Kasatresnarkoba Polres Pelabuhan Tanjung Priok.

32. Kompol Heri Sucitro, sebelumnya menjabat Kasubbagpers Bagsumda Polres Metro Jakarta barat, diangkat jabatannya menjadi Anaus Kebijakan Pertama Polres Metro Bekasi.

33. Kompol Sugijati, sebelumnya Kanit 3 Satpamwal Ditlantas Polda Metro Jaya, diangkat jabatan baru sebagai Kasubbag Pers Bagsumda Polres Metro Jakarta Barat.

34. Kompol Agung Wuryanto, sebelumnya Kasatlantas Polresta Bandara Soetta, diangkat dalam jabatan baru sebagai Kanit 3 Satpamwal Ditlantas Polda Metro Jaya.

35. AKP Argadija, sebelumnya Kanit 15 Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, diangkat menjadi PS Kasatlantas Polresta Bandara Soetta.

36. AKP Dicky Dwi Priambudi Arief Sutarman, sebelumnya Panit 1 Unit 3 Subdit 4 Ditreskrimum Polda Metro Jaya, diangkat menjadi Kanit 15 Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya.

37. Iptu Suprapto, Pamin 15 Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, diangkat dalam jabatan baru sebagai Kanit Lantas Polsek Tanjung Duren Satlantas Polres Metro Jakarta Barat.

38. Ipda Erik Alfianto, Panit 23 Satgatur Ditlantas Polda Metro Jaya, diangkat dalam jabatan baru sebagai Pamin 15 Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Meski Konyol, Cara Kreatif Bikin Alarm Gempa Ini Bisa Ditiru

Posted: 20 Oct 2018 09:02 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta - Gempa yang beberapa waktu lalu menerjang berbagai kawasan di Indonesia, tentu membuat publik perlu waspada karena lokasi geografis Tanah Air yang berada di lingkaran cicin api pasifik membuat Indonesia kerap mengalami potensi gempa.

Hal tersebut yang membuat publik, khususnya warganet berinisiatif untuk menciptakan alarm gempa dengan barang seadanya, bahkan tampak konyol. Artikel tentang cara kreatif bikin alarm gempa ala warganet menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua terpopuler, yakni tentang soal matematika anak SD di Tiongkok yang viral. Sedangkan artikel ketiga terpopuler tentang gadis cilik rawat ayahnya yang lumpuh setelah ibunya pergi tanpa kabar.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Kocak tapi Bisa Ditiru, 6 Cara Kreatif Bikin Alarm Gempa ala Warganet

(Foto: Instagram/@arthana74)

Tahun 2018 ini, wilayah Lombok, Palu-Donggala, hingga Situbondo telah mengalami rentetan guncangan gempa. Mengingat risiko gempa di Indonesia akan sering terjadi, warganet berinisiatif membuat alarm gempa untuk menyelamatkan diri.

Warganet menyalurkan beberapa ide kreatif mereka dengan menggunakan berbagai macam alat dan pekakas. Meski berujung kocak dan nyeleneh, ide unik ini dapat ditiru oleh banyak orang.

Selengkapnya...

2. Soal Matematika Anak SD di China Ini Jadi Viral, Kalian Bisa Jawab?

soal mtk anak SD China (Foto: Mindyourdecisions.com)

Sebagian besar orang banyak yang tak menyukai mata pelajaran matematika. Hal ini tentu lantaran matematika dianggap sangat sulit. Namun bukan berarti tak ada yang menyukainya sama sekali ya.

Tak jarang pula orang yang menyukai mata pelajaran satu ini. Nah, apakah kalian salah satunya? Jika kalian menyukai matematika karena merasa pejaran ini menantang kerja otak coba kalian pecahkan soal matematika untuk anak sekolah dasar di China ini.

Selengkapnya...

3. Gadis Cilik Rawat Ayahnya yang Lumpuh Setelah Ibu Pergi Tanpa Kabar

Doc: Asia Wire

Seorang gadis kecil di Tiongkok terpaksa mengurus ayahnya yang lumpuh setelah ibunya meninggalkan mereka begitu saja. Sang ayah terlibat dalam kecelakaan lalu lintas yang membuatnya hanya bisa berbaring di tempat tidur.

Pria itu kehilangan kemampuan untuk berjalan. Hal ini sangat mempengaruhi hidupnya karena sekarang ia harus menemukan cara baru untuk bergerak di kursi roda, harus belajar bagaimana melakukan hal-hal mendasar.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kalah, Pebulutangkis Denmark Ngamuk

Posted: 20 Oct 2018 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beredar rekaman video yang memperlihatkan kedua pebulutangkis asal Denmark mengamuk usai kalah dari ganda putra Indonesia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gawat, 80 Persen Terumbu Karang Indonesia Rusak

Posted: 20 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Denpasar - Lembaga konservasi Coral Triangel Centre (CTC) memaparkan, saat ini Indonesia memiliki 165 kawasan konservasi perairan yang sangat potensial untuk mendukung konsep perikanan berkelanjutan.

Direktur Eksekutif Coral Triangel Centre, Rili Djohani menjelaskan, kawasan konservasi memegang peranan penting dalam manajemen perikanan berkelanjutan. Hal itu mengingat kawasan ini mempunyai potensi untuk memastikan terciptanya ekosistem kondusif bagi ikan-ikan untuk berkembang biak.

"Konsep perikanan berkelanjutan harus mengacu kepada triple bottom line yaitu, menciptakan potensi ekonomi, meningkatkan kesejahteraan sosial kehidupan masyarakat, dan juga memastikan terciptanya keseimbangan lingkungan hidup," ujar Rili pada acara workshop media massa di CTC Centre for Marine Conservation Center di Jalan Betngandang II Nomor 88-89 Sanur, Denpasar, Sabtu 20 Oktober 2018.

Pada acara yang digagas bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan itu ia melanjutkan, dari luas total kawasan konservasi perairan di Indonesia, sebanyak 60 persen masih dalam tahap pencadangan. Dengan kata lain belum dilakukan pemanfaatan terhadapnya.

Menurutnya, kawasan konservasi perairan amat penting bagi perikanan berkelanjutan di Tanah Air. Dari sana, Rili melanjutkan, kita bisa mengukur stok ikan yang kita miliki termasuk di dalamnya keanekaragaman bawah laut Indonesia.

Dari semua itu, Rili menilai yang paling penting adalah menjaga terumbu karang yang kita miliki. Indonesia sendiri masuk ke dalam kawasan segitiga dengan keanekaragaman hayati tertinggi di dunia.

"Indonesia bersama Filipina, Malaysia, Timor Leste, Papua Nugini dan Kepulauan Solomon adalah kawasan dengan terumbu karang yang paling penting untuk ikan dan perikanan, perlindungan pantai dan pariwisata. Kalau ini hilamg, musnah juga masa depan kita," ujar Rili.

Kawasan segitiga itu, Rili melanjutkan, memiliki 76 persen karang yang terdapat di seluruh dunia. "Kawasan paling kaya di dunia. Kalau tidak dilestarikan, maka akan menjadi persoalan rumit dan berdampak pada wilayah lain di dunia. Penting membangkitkan kesadaran masyarakat soal ini," ujarnya.

Sayang, kata dia, 80 persen karang di Indonesia mengalami kerusakan dengan skalanya masing-masing. Kerusakan itu disebabkan beberapa faktor. Mulai dari perubahan iklim, polusi laut, penangkapan ikan dengan peralatan yang merusak kelestarian terumbu karang, sampah dari darat, erosi, sedimentasi, dan sejumlah hal lainnya.

"Terumbu karang yang masih bagus ada di wilayah Indonesia Timur. Kita harus membicarakan persoalan ini dengan serius dan segera mencarikan jalan ke luarnya," tutur Rili.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinetron Cinta Suci Sukses Bikin Emak-Emak Nangis

Posted: 20 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penayangan sinetron Cinta Suci di SCTV tak hanya menyisakan cerita yang menggugah, tetapi juga reaksi tak terduga. Ternyata, beberapa ibu yang menontonnya sukses dibuat menangis.

Hal ini bisa diketahui ketika kita menjelajahi media sosial. Terdapat berbagai rekaman video yang memperlihatkan ibu-ibu sedang menangis saat menonton sinetron Cinta Suci.

Dalam sebuah video yang diterima Liputan6.com, Jumat (19/10/2018), terlihat seorang ibu paruh baya tak kuasa menahan air mata saat sedang menonton salah satu adegan sinetron Cinta Suci. Ibu tersebut bahkan sampai mengelap mata dengan bajunya.

Selain itu, dalam Instagram Stories juga terlihat pemilik akun @dianurmafuri yang merekam seorang ibu sedang menangis. Disebutnya bahwa saat itu mereka sedang menonton Cinta Suci.

Seorang ibu-ibu menangis saat menonton sinetron Cinta Suci. (Instagram - @manaberita)

Mention

Seorang ibu-ibu menangis saat menonton sinetron Cinta Suci. (Instagram - @cintasuci_sinemartsctv)

Video tersebut diunggah ulang melalui akun @cintasuci_sinemartsctv. Terdapat juga mention kepada beberapa artisnya seperti Cut Keke, Ammar Zoni, sampai Asmirandah.

Terbawa Perasaan

Seorang ibu-ibu menangis saat menonton sinetron Cinta Suci. (Instagram - @nana_saha)

Begitu juga dengan pemilik akun @nona_saha me-mention akun Ammar Zoni di Instagram Stories. Ia mengaku terbawa perasaan oleh cerita yang ada di Cinta Suci, sampai tak bisa menahan tangisnya.

Cinta Suci mulai ditayangkan 17 September 2018. Setiap hari sinetron garapan Sinemart ini hadir mulai pukul 19.45 WIB.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Qatar Vs Timnas Indonesia U-19: Harus Menang

Posted: 20 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 akan berjumpa Qatar pada laga kedua penyisihan Grup A Piala AFC 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (21/10/2018) malam WIB. Garuda Nusantara wajib menang untuk menjaga peluang lolos ke fase berikutnya.

Pada laga perdana, Timnas Indonesia U-19 menang 3-1 atas Chinese Taipei, Kamis (18/10/2018) lalu. Hal itulah yang membuat Egy Maulana Vikri dkk. memuncaki klasemen sementara Grup A dengan raihan tiga poin.

Meski menang, pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, tak sepenuhnya puas dengan permainan Timnas Indonesia U-19. Satu di antara dengan kualitas lini belakang yang dianggap masih kerap melakukan kesalahan yang menguntungkan lawan.

Indra Sjafri meyakini kelemahan lini belakang Timnas Indonesia U-19 bisa diperbaiki. Namun, ia tetap memperingatkan anak asuhnya akan kualitas permainan Qatar yang bisa memberikan mimpi buruk. Indra Sjafri menyebut seluruh pemain Qatar berbahaya dan timnya tak boleh terpaku pada seseorang saja.

"Semua pemain Qatar harus diwaspadai. Kalau hanya mewaspadai satu pemain saja, 10 pemain sisanya nanti bisa bikin gol," kata Indra Sjafri.

"Kami mewaspadai tim secara keseluruhan. Makanya harus mempelajari pola permainan mereka, yakni gaya dan bagaimana mereka bermain, bukan terpaku dengan satu individu," imbuh Indra Sjafri.

 

Tidak Mudah

Sementara Qatar, tentu saja membidik kemenangan perdana di Piala AFC 2018. Sama seperti Indonesia, kemenangan juga demi menjaga asa lolos ke babak selanjutnya karena pada laga perdana mereka menyerah 1-2 dari Uni Emirat Arab.

Pelatih Timnas Qatar U-19, Bruno Miguel, sadar laga melawan tim tuan rumah tak akan berlangsung mudah. Meski demikian, hal itu bukan alasan timnya mau mengalah melawan Indonesia.

"Melawan Indonesia, kami ingin bermain dengan kualitas yang sama seperti pada pertandingan pertama. Akan tetapi, kami tentu saja menginginkan hasil yang berbeda," kata Bruno Miguel.

"Pertandingan tidak akan mudah, namun kami akan melakukan segalanya untuk bisa memenangi pertandingan selanjutnya. Timnas Indonesia U-19 memiliki suporter yang banyak dan beberapa pemain berkualitas, jadi ini akan menjadi pertandingan yang bagus," ucap pelatih berpaspor Portugal itu.

Data - Fakta

Prakiraan susunan pemain

Qatar (4-2-3-1): Salah Zakaria (kiper); Nasir Baksh, Ahmed Al Minhali, Youssef Ayman, Ahmed Suhail (belakang); Abdollah Ali Saei, Nasser Abdulsalam, Eisa Palangi, Hashim Ali, Mohammed Waad Abdulwahhab (tengah); Abdulrasshed Umaru (depan)

Pelatih: Bruno Miguel Nogueira Pinheiro (Portugal)

Timnas Indonesia U-19 (4-3-3): Muhammad Riyandi (kiper); Asnawi Mangkualam, Nurhidayat Haji Haris, Rachmat Irianto, Firza Andika (belakang); Syahrian Abimanyu, Muhammad Luthfi Kamal Baharsyah, Witan Sulaiman (tengah); Saddil Ramdani, Rafli Mursalim, Egy Maulana Vikri (depan)

Pelatih: Indra Sjafri

Tiga pertandingan terakhir Qatar U-19:

  • 18/10/2018 - Uni Emirat Arab U-19 2-1 Qatar U-19 (Piala AFC 2018)
  • 6/11/2017 - Irak U-19 1-1 Qatar U-19 (Kualifikasi Piala AFC)
  • 8/11/2017 - Qatar U-19 2-0 Lebanon (Kualifikasi Piala AFC 2018)

Lima pertandingan terakhir Timnas Indonesia U-19

  • 18/10/2018 - Timnas Indonesia U-19 3-1 Chinese Taipei U-19 (Piala AFC 2018)
  • 13/10/2018 - Timnas Indonesia U-19 3-2 Yordania U-19 (Pertandingan Persahabatan)
  • 10/10/2018 - Timnas Indonesia U-19 1-2 Arab Saudi U-19 (Pertandingan Persahabatan)
  • 25/9/2018 - Timnas Indonesia U-19 0-3 China U-19 (PSSI Anniversary)
  • 23/9/2018 - Timnas Indonesia U-19 2-2 Thailand U-19 (PSSI Anniversary)

Sumber: Bola.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Status KEK Pariwisata Berikan Dampak Positif Bagi Perekonomian Belitung

Posted: 20 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Singapura Kegiatan pariwisata terbukti memberikan dampak positif terhadap perekonomian Belitung. Setelah mendapat status Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata, perekonomian dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) kian meningkat.

Setelah memiliki KEK, PAD Belitung menunjunkan grafik naik. Pada 2017, PAD Belitung sudah ada di level Rp193,18 miliar. Angka ini naik sebesar 41,21 persen atau riilnya Rp 56,38 miliar dari tahun sebelumnya. Pada 2016, PAD-nya berada di angka Rp136,80 miliar.

"Pertumbuhan pariwisata Belitung dari tahun ke tahun sangat luar biasa. KEK ini memberi pengaruh yang besar. Pembangunan secara umum otomatis mengalami percepatan. Hasilnya semakin terlihat di lima tahun terakhir ini," ungkap Ketua Tim Percepatan 10 Destinasi Prioritas Kementerian Pariwisata, Hiramsyah S Thaib, Jumat (19/10/2018).

PAD sebesar Rp193,18 miliar pada 2017 tersebut memang menjadi prestasi besar. Sebab, PAD Belitung masih berada di angka Rp 92,97 Miliar pada 2013. Dalam rentang 2013 sampai 2016, rata-rata kenaikan PAD Belitung sebesar Rp 14,63 miliar per tahun.

Hiramsyah mengatakan, pariwisata sudah menjadi leading sector perekonomian di Negeri Laskar Pelangi.

"Hasilnya mulai kelihatan. Perekonomian Belitung saat ini sangat bagus. Pariwisata jadi leading sector di sana. Sektor ini semakin gemuk. KEK yang diterapkan pun akan terus berkembang. Artinya, potensi PAD juga akan terus bertambah," ucapnya.

Belitung saat ini sudah memiliki satu KEK, yaitu Tanjung Kelayang, dan dalam proses menambah dua KEK lagi. Tepatnya Tanjung Gunung dengan luas 385 hektare dan Sungai Liat yang memiliki total luas 273 hektare. Sektor pariwisata pun menjadi harapan baru seiring meredupnya pertambangan.

Mengacu data 2016, sektor transportasi dan akomodasi mampu menjadi penyumbang PAD 6,52 persen. Pada 2012, angkanya masih di kisaran 5,66 persen. 

Beberapa sektor unggulan Belitung lainnya justru mengalami penurunan. Sektor pertambangan turun di posisi 11,89 persen pada 2016, dari kisaran 15,36 persen pada 2012. Pun serupa rapor industri pengolahan. Memiliki persentase 24,33 persen pada 2012, lalu turun menjadi 20,05 persen di 2016.

"Pariwisata kini benar-benar menjalankan perannya secara signifikan. Pengaruhnya sangat positif. Arus investasi juga berkembang pesat. Postur investasi di Belitung diprediksi terus bertambah," kata Hiramsyah.

Pertumbuhan industri pariwisata mampu menjadi magnet investasi yang efektif. Sebagai ilustrasi, arus investasi tahap satu sebesar Rp 1,58 triliun telah disuntikkan PT Pan Semujur Makmur. Alirannya diberikan pada KEK Tanjung Gunung.

Lebih lanjut, KEK Sungai Liat mampu menarik investasi sebesar Rp 5 triliun dari PT Pantai Timur Sungai Liat.

"Semua lini industri pariwisata tumbuh sangat bagus. Sebab, aliran investasinya kencang. Pertumbuhan ini juga ditopang dengan penguatan aksesibilitasnya. Upaya untuk menghubungkan Belitung dengan mancanegara secara langsung terus dilakukan. Beberapa sudah menunjukan progress positif," ucap Hiramsyah.

Optimalisasi pertumbuhan KEK Pariwisata Belitung memang terus dilakukan, termasuk membuka akses transportasi udara. Contohnya, Belitung akan terhubung secara langsung dengan Singapura mulai Senin (29/10/2018).

Penerbangan langsung dengan poros Tanjung Pandan-Singapura tersebut dikembangkan oleh Garuda Indonesia. Menggunakan armada Bombardier CRJ-1000 dengan kapasitas 96 seats, rute ini akan tersedia sebanyak empat kali dalam sepekan.

Jadwal penerbangannya akan berlangsung pada Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu. Penerbangan dari Bandara Changi Singapura dilakukan pada pukul 17.20 waktu setempat. Khusus hari Minggu, jadwal flight-nya pada pukul 17.30 waktu setempat. Sementara itu, penerbangan Tanjung Pandan-Singapura dijadwalkan pukul 14.50 WIB untuk hari sama.

"Direct flight Garuda pada akhir Oktober ini harus diapresiasi. Sebab, kehadiran Garuda akan semakin menaikkan jumlah kunjungan wisman. Sebab, Singapura ini daerah transit dari berbagai negara. Arus kunjungan wisatawan Singapura sendiri ke wilayah ini juga tinggi. Pariwisata Belitung akan semakin cerah dan semuanya berawal dari status KEK Pariwisata yang dimiliki," kata Hiramsyah.

Ia menambahkan, lokasi Bangka Belitung yang hanya 45 menit terbang dari Jakarta maupun Singapura sangatlah strategis.

"Strategis untuk wisata akhir pekan. Sebab, saat ini rata-rata tingkat hunian hotel di Belitung sudah 70 persen serta potensi wisata MICE untuk weekday. MICE akan meningkatkan tingkat hunian saat weekday," ujar Hiramsyah.

Guna semakin meningkatkan kunjungan wisatawan, Belitung akan menambah fasilitas wisata berupa lapangan golf 18 hole pada Desember 2018. Lapangan ini berkelas internasional. 

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, menjelaskan bahwa KEK jadi solusi terbaik untuk mengembangkan perekonomian daerah.

"Belitung sudah merasakan hasilnya. PAD mereka bagus, tingkat pertumbuhan ekonominya positif. Bila Garuda sudah mulai beroperasi, pertumbuhannya akan lebih cepat. Arus investasi juga akan terus naik. Sebab, Belitung memiliki potensi alam dan budaya luar biasa. Infrastrukturnya juga sangat bagus dan terus dikembangkan," ucap Menteri yang sukses membawa Kemenpar No. 1 dan terpilih sebagai #TheBestMinistryTourism2018 se-Asia Pasifik di Bangkok tersebut.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Makan Anak Berantakan? Awas Obesitas

Posted: 20 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemberian makan pada anak tidak bisa sesuka hati sang ibu atau orang dewasa di sekitarnya. Jika jadwal makan anak berantakan bisa memicu masalah nantinya.

"Anak tidak boleh miliki jadwal makan acakadul waktunya. Enggak boleh. Itu memancing ia jadi picky eater dan memancing obesitas," kata ahli gizi Rita Ramayulis di acara perayaan International Chefs Days yang digelar Nestle Indonesia ditulis Minggu (21/10/2018).

Rita mencontohkan, bila anak biasa sarapan setiap pukul 07.00, keesokan hari harus makan kurang lebih di jam yang sama. Begitu pula dengan hari-hari berikutnya.

"Enggak bisa seenak ibu. Kalau ibu bangun jam 6, terus anak dikasih makan jam 6. Tidak bisa begitu," tegas wanita yang juga mengajar di berbagai perguruan tinggi ini.

Bila jadwal makan anak berantakan hal tersebut bisa merusak reaksi kimia yang ada di tubuh.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

Tepat Jenis dan Tepat Jumlah

Selain tepat jadwa, orangtua juga wajib memastikan tepat jenis dan tepat jumlah kala memberikan makanan ke anak.

"Tepat jenis itu bicara keanekaragaman, anak harus mendapatkan karbohidrat. Apa misalnya? Tidak hanya nasi, ada kentang juga. Jadi kalau sudah makan nasi ya tidak usah makan kentang lagi," tutur Rita.

Lalu, setiap kali makan anak juga memerlukan protein nabati dan hewani, sayuran, buah dan lemak.

Mengenai tepat jumlah, hal ini terkait dengan piring makan. Pada anak-anak jumlah antara karbohidrat dengan protein sama banyaknya. Sementara, sayur jumlahnya setengah dari nasi dan buah setengah dari nasi.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

InMobi Akuisisi Pinsight Media, Perusahaan Data dan Seluler Asal AS

Posted: 20 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Platform enterprise global bagi para pemasar, InMobi, belum lama ini mengumumkan aksi korporasi dengan mengakuisisi Pinsight Media, perusahaan iklan dan data seluler yang sebelumnya dimiliki oleh Sprint. 

Akuisisi Pinsight diklaim sebagai bagian dari kerjasama strategis yang lebih luas. antara InMobi dan Sprint yang mencakup perangkat, data, media, dan pemasaran (marketing).

Pinsight Media adalah perusahaan data seluler dan brand intelligence yang telah bekerjasama dengan perusahaan telekomunikasi dan pengiklan terkemuka di Amerika Serikat (AS) di berbagai sektor, termasuk barang konsumsi (consumer goods), ritel, hiburan dan keuangan.

Pinsight menawarkan rangkaian lengkap produk dan layanan periklanan yang membantu perusahaan meraih pasar baru, mendapatkan peluang pasar baru dan menentukan strategi kegiatan dengan pelanggan yang lebih efektif.

Dalam keterangan perusahaan, akuisisi Pinsight dilakukan berdasarkan platform enterprise InMobi. Hal tersebut memungkinkan CMO untuk memenuhi harapan konsumen dengan menghadirkan pemahaman yang lebih baik mengenai pelanggan.

Hal ini juga mendorong keunggulan dalam menarget pasar, melibatkan pelanggan dan melakukan pembelian ulang produk (retensi).

Dengan menggabungkan data seluler di tingkat jaringan dan data dari aplikasi seluler serta browser web seluler, InMobi, melalui akuisisi ini mampu menghadirkan CMO dengan pandangan pelanggan terintegrasi yang menyeluruh, di atas platform lain di industri ini.

Rekan Strategis

Ilustrasi - perjanjian bisnis (cloudpro)

"Kerjasama Sprint dengan InMobi tidak hanya dalam hal akuisisi ini. Kami mencari rekan strategis yang bisa memberikan teknologi pemasaran digital dan iklan selular terbaru dengan tetap memperhatikan masalah-masalah peraturan, privasi, dan data. Kerjasama juga membuat Sprint memiliki rekan kerja inovatif yang bisa mendorong keberhasilan pemasaran kami," ujar Rob Roy, Chief Digital Officer Sprint.

Akuisisi Pinsight Media juga memberikan insight mendalam dan platform manajemen data paling mutakhir bagi InMobi Marketing Cloud.

Hal itu sangat berguna bagi pemasar enterprise untuk memahami perilaku konsumen dengan strategi pemasaran berbasis kecerdasaan buatan (Artificial Intelligence, AI).

"Melalui akusisi ini kami menciptakan platform periklanan dan pemasaran yang paling kuat untuk pasar Amerika yang menggabungkan perilaku online dan dunia nyata (offline) dan ini memberi jalan bagi CMO untuk menggapai dan berinteraksi dengan konsumen dengan tetap memperhatikan persyaratan tentang privasi dan perlindungan data," kata Naveen Tewari, CEO InMobi.

"Ini merupakan akuisisi pertama dalam industri ini dan memungkinkan InMobi dan Sprint bekerjasama meningkatkan kekuatan masing-masing dan memberikan kerangka global untuk kerjasama antara platform periklanan dengan telekomunikasi," lanjutnya. 

"InMobi memiliki komitmen tinggi terhadap partner telekomunikasi kami dan kami membangun ekosistem data yang unik untuk mendukung platform enterprise untuk para pemasar. Akuisisi Pinsight Media meningkatkan kemampuan kami untuk memberikan insight pelanggan, target market dan pelibatan konsumen yang lebih cerdas bagi CMO," sahut Anurakt Jain, VP dan GM, Strategic Data Partnership, InMobi.

Akuisisi tersebut memungkinkan InMobi memperluas kegiatan perusahaan di Amerika Utara hingga ke Kansas City, serta San Francisco, New York, Los Angeles, dan Chicago.

Sebelumnya pada Januari 2018, InMobi mengakuisisi AerServ senilai US$ 90 juta dan sempat menjalin kerjasama dengan Microsoft pada Juni 2018. 

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Miliarder Tanzania yang Diculik Akhirnya Pulang, Dibebaskan Atau Bayar Tebusan?

Posted: 20 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Dar Es Salaam - Miliarder asal Tanzania, Mohammed Dewji, dibebaskan setelah diculik selama 10 hari oleh gerombolan pria bersejata di Kota Dar Es Salaam.

"Saya telah pulang dengan selamat," kata dia lewat akun Twitter perusahaannya, METL Group seperti dikutip dari BBC News, Sabtu (20/10/2018).

Pebisnis, yang dikenal sebagai Mo di kalangan warga lokal, berterimakasih pada aparat dan polisi Tanzania. "Dan semua orang di seluruh dunia atas doa mereka," kata dia.

Hingga berita ini diturunkan, belum jelas apakah miliarder berusia 43 tahun itu berhasil dibebaskan atau merdeka setelah membayar uang tebusan.

Menurut Forbes, kekayaan bersih Mohammed Dewji mencapai USD 1,5 miliar, yang membuatnya menjadi miliarder termuda di Afrika.

Dewji diculik kelompok bersenjata di Colosseum Hotel pada Kamis 11 Oktober 2018 pagi, saat ia tiba untuk latihan pagi. 

Keluarganya menawarkan imbalan sebesar 1 miliar shilling Tanzania atau USD 440 ribu untuk informasi yang mengarah pada penyelamatannya.

Menteri Lingkungan Hidup Tanzania, January Makamba sekaligus kawan dekat sang miliarder mengungkapkan bahwa ia telah bicara dengan Dewji dan ayahnya.

Menurutnya, para penculik melepaskan Dewji di sebuah lapangan dekat klub Gymkhana di Dar es Salam.

Sang miliarder dikabarkan dalam kondisi sehat, meski mengalami memar di tangan dan kakinya akibat diborgol.

 

Saksikan video terkait miliarder berikut ini:

Dari Grosir Jadi Konglomerat

Ilustrasi (iStock)

Mohammed Dewji menjabat sebagai anggota parlemen di partai berkuasa Tanzania selama satu dekade hingga 2015.

Dia dipuji karena berhasil mengubah bisnis keluarganya dari perusahaan grosir dan eceran menjadi konglomerat pan-Afrika.

Perusahaannya, Mohammed Enterprises Tanzania Limited (MeTL) bergerak di bidang manufaktur tekstil, penggilingan tepung, produksi minuman, dan minyak nabati di setidaknya enam negara Afrika

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Eks Bintang Real Madrid Bantu Mavs Kalahkan Timberwolves

Posted: 20 Oct 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mantan bintang Real Madrid Luka Doncic menjawab kritik pedas usai melakoni debut buruk di NBA. Pada laga keduanya di NBA, Doncic mampu tampil menawan dan membawa Dallas Mavericks menang.

Bertanding di kandang sendiri, American Airlines Center, Mavericks menang 140-136 atas Minnesota Timberwolves pada laga NBA, Minggu (21/10/2018) pagi WIB. 

Doncic berhasil membuat 26 poin dan enam rebound ditambah tiga assists serta dua steal. Timberwolves sendiri tak memainkan pemain bintangnya Jimmy Butler di laga ini.

Pertemuan Mavericks dan Timberwolves berlangsung seru sejak menit pertama. Di kuarter pertama kedua tim sangat produktif. Timberwolves berhasil melesakkan 46 poin, sedangkan Mavericks membuat 37 poin.

Mavericks bangkit di kuarter dua. Dimotori Luka Doncic dan Dennis Smith Jr, Mavericks bisa memaksakan skor imbang 69-69 saat jeda babak pertama.

Timberwolves kesulitan membendung Mavericks di kuarter dua karena center andalannya Karl Anthony Towns dimatikan oleh DeAndre Jordan.

 

Free Throw Smith Jr

Memasuki kuarter tiga, Mavericks sempat beberapa kali memimpi. Namun membaiknya kinerja Towns membuat Timberwolves yang berhasil unggul dua angka saat kuarter tiga berakhir.

Di kuarter empat Towns makin menggila. Dua kali dia melesakkan tembakan tiga angka. Akan tetapi absennya Butler mulai kerasa di kuarter penentuan ini. Timberwolves kesulitan mengimbangi kolektivitas Mavericks.

Tiga kali lemparan bebas Smith Jr memastikan Mavericks meraih kemenangan perdana di NBA 2018-2019 dengan selisih empat poin.

Jordan

Selain Doncic, center DeAndre Jordan dan Smith Jr juga main bagus. Jordan menghasilkan 22 poin dan 10 rebound. Sedangkan Smith Jr 19 poin dan enam assist.

Sedangkan di kubu Timberwolves, Towns finis dengan 31 poin, disusul Derrick Rose yang menghasilkan 28 poin meski masuk sebagai pemain pengganti.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kerja Keras Naikkan Elektabilitas, Sandiaga Uno Tetap Fokus di Isu Ekonomi

Posted: 20 Oct 2018 08:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Cawapres Sandiaga Uno mengatakan pihaknya bersama capres Prabowo Subianto terus berupaya menaikkan elektabilitas jelang Pilpres 2019. Sebab, keduanya masih kalah dengan pasangan capres dan cawapres nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf Amin.

Sandiaga Uno menyatakan selama dua bulan melaksanakan kampanye telah menunjukkan adanya kenaikan elektabilitas yang cukup siginifikan.

"Harus kerja keras karena sudah dua bulan kerja kita sudah berhasil memangkas keunggulan petahana," kata Sandiaga Uno di Mal Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu 20 Oktober 2018 malam.

Tak hanya itu, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut menyatakan optimistis dapat memperbaiki elektabilitas dengan waktu kurang lebih enam bulan. Untuk itu, bersama tim pemenangan, Sandi mengaku akan fokus mengenai isu ekonomi.

Sebab, lanjut dia, selama empat tahun kepemimpinan Jokowi masih memiliki beberapa catatan. Salah satunya masyarakat masih terbebani oleh biaya hidup yang mahal.

"Juga dengan lapangan pekerjaan yang sudah masuk ke teriotori pesimis lebih dari setengah anak muda yang lulus kesulitan dapatkan lapangan kerja," jelas Sandiaga Uno.

Swing Voters

Zulkifli Hasan Ajak Sandiaga Uno Temui Tokoh Utama Aksi 212 di Ciamis (Foto: Tim Prabowo-Sandi)

Cawapres Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan siap merebut suara dari pemilih yang belum menentukan pilihan atau swing voter. Mereka dinilai sebagai segmen yang akan menentukan hasil Pilpres 2019 mendatang.

Menurut calon Wakil Presiden pasangan Prabowo Subianto itu, terdapat 30 persen swing voter dari warga di Indonesia.

"Masih ada yang ragu memilih Prabowo-Sandi, it's oke. Tapi ada sekitar 30 persen dari warga di Indonesia yang ragu memilih A atau B," ujar Sandiaga di kawasan Tangerang Selatan, Sabtu (20/10/2018).

Menurut Sandiaga, cara untuk mendapatkan suara dari mereka yang masih ragu ini dengan melakukan kampanye yang damai serta menyejukkan. Caranya dengan menjaga hati tak menjelekkan dan menjatuhkan orang lain.

"Biar diserang, jangan dibalas. Negatif ditambah negatif bukan membangun. Jaga hati kita," kata Sandiaga.

Sandiaga mengatakan, cara kedua yang akan dia tempuh dengan membenahi ekonomi bangsa. Menurut pria yang kerap disapa Sandi ini, masyrakat kerap mengeluhkan harga bahan pokok yang serba mahal.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Tahun Jokowi-JK, RI Kuasai Blok Rokan dan Mahakam

Posted: 20 Oct 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pada Sabtu, 20 Oktober 2018, Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla memasuki tahun keempat. Pada tahun terakhir sebelum pemilu 2019, pemerintah berhasil mencetak rekor dengan mengambil alih blok minyak dan gas (migas) dari asing.

Menurut Laporan 4 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK, yang dikutip Minggu (21/10/2018), penguasaan Blok Rokan di Riau serta Blok Mahakam di Kalimantan Timur dapat memberikan untung sampai ratusan triliun ke kas negara. Total yang bisa diraup adalah Rp 825 triliun pada 2021-2041.

Selama setengah abad, Blok Mahakam dikuasai oleh Total yang berasal dari Prancis dan Inpex Corporation dari Jepang. Sejak 1 Januari 2018, Pertamina yang didukung oleh Pemerintah berhasil menjadi operator blok migas tersebut.

"Setelah 50 tahun dikelola oleh Total E&P, Blok Migas Mahakam dikelola oleh Pertamina sejak Januari 2018," tulis laporan tersebut.

Setengah tahun kemudian, pemerintah kembali berhasil menguasai blok Rokan. Sama dengan Blok Mahakam, tercatat Blok Rokan dikuasai asing selama 50 tahun sebelum akhirnya kembali ke tangan Indonesia. Blok Rokan sebelumnya dikuasai perusahaan energi asal AS, yakni Chevron.

Pada masa Orde Baru, Chevron berhasil mendapatkan kontrak selama 30 tahun, kemudian diperpanjang lagi selama 20 tahun sampai tahun 2021. Meski ada pihak yang skeptis akan kemampuan pemerintah untuk kuasai Blok Rokan, salah satunya Amien Rais, tetapi pada Juli 2018 Indonesia berhasil menguasai blok migas tersebut.

Blok Mahakam memiliki cadangan 57 juta barel minyak. Sementara, cadangan minyak Blok Rokan mencapai 500 juta sampai 1,5 miliar barel. 

Dengan menguasai blok migas Mahakam dan Rokan, otomatis produksi minyak pertamina meningkat. Hal ini akan otomatis memperkuat ketahanan energi nasional dengan terpangkasnya impor minyak.

SDA untuk Kepentingan Nasional

Lapangan Handil Blok Mahakam di Kutai Kartanegara Kaltim. (Abelda Gunawan/Liputan6.com)

Pemerintah Jokowi-JK fokus untuk mengurangi impor minyak. Kebijakan ini krusial mengingat harga minyak dan dolar sama-sama sedang naik.

Inovasi yang diambil pemerintah untuk mengakali situasi tersebut adalah memakai minyak biodiesel. "Demi mengurangi impor minyak, pemerintah juga menetapkan kebijakan mandatori bahan bakar nabati khususnya minyak kelapa sawit," tulis Laporan 4 Tahun Jokowi-JK.

Kebijakan pemakaian biodiesel tertuang dalam Peraturan Presiden No. 66/2018. Langkah ini diharapkan dapat memperbaiki neraca perdagangan dengan mengurangi impor minyak sebesar 20 persen.

Para petani sawit juga diharapkan mendapat keuntungan karena harga komoditas kelapa sawit akan merangkak naik. Pihak pemerintah pun percaya pengadopsian B20 oleh masyarakat dapat terlaksana dengan baik, meskipun secara perlahan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dibantai Persebaya, Gomez: Persib Bikin Kesalahan Fatal

Posted: 20 Oct 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Gianyar - Pelatih Persib Bandung Roberto Mario Carlos Gomez mengungkap penyebab kekalahan 1-4 dari Persebaya Surabaya pada laga pekan ke-26 Go-Jek Liga 1 2018 bersama Bukalapak. Menurutnya, timnya banyak membuat kesalahan.

Bahkan pelatih asal Argentina itu mengklaim Persib membuat kesalahan fatal pada laga yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Sabtu (20/10/2018) malam WIB. "Permasalahan bukan di strategi lawan. Kita membuat banyak kesalahan," ujar Gomez seperti dikutip dari laman Persib.

"Di babak pertama, kita membuat kesalahan. Bukan kesalahan kecil. Kita melakukan kesalahan yang fatal," tambahnya.

Mesmi demikian, Gomez meminta seluruh pemainnya untuk tak larut dalam kekecewaan. Persib, ujarnya, harus bekerja lebih keras lagi untuk menatap laga selanjutnya melawan PSM Makassar.

"Pertandingan sudah selesai. Jadi, kita harus fokus untuk pertandingan selanjutnya," pungkasnnya.

Jalannya Pertandingan

Persib Bandung. (Foto: Abelda Gunawan/Liputan6.com)

Usai mencuri poin Persipura Jayapura, Persib sangat percaya diri saat menjamu Persebaya dalam laga kandang usiran. Namun, gawang Maung Bandung justru kebobolan terlebih dahulu di menit ke-17 melalui eksekusi penalti Irfan Jaya.

Skor 1-0 tak bertahan lama. Dua menit kemudian, tandukan Febri Haryadi menyamakan skor 1-1. Akan tetapi tiga menit jelang babak pertama usai, Persebaya kembali memimpin lewat Fandi Eko Utomo.

Memasuki babak kedua, Persib tampil lebih menyerang. Hal ini dimanfaatkan Persebaya lewat serangan balik cepat. Hasilnya di menit ke-77, Fandi mencetak gol keduanya. Tiga menit kemudian, gol Osvaldo Haay memastikan tim tamu menang 4-1.

Tergusur

Hasil ini membuat Persib gagal kembali ke puncak klasemen Liga 1. Maung Bandung tetap di peringkat kedua dengan 45 poin.

Puncak klasemen kini diduduki PSM Makassar yang mengantongi 47 poin. Tiga poin tambahan Juku Eja didapat usai menang 2-1 atas Borneo FC.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Italia Nanti Malam: Derby Della Madonnina

Posted: 20 Oct 2018 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Super big match akan terjadi di Liga Italia nanti malam. Inter Milan akan menjamu rival sekotanya AC Milan di Stadion Giuseppe Meazza.

Kedua tim sama-sama sedang dalam tren positif memasuki Derby Della Madoninna. Namun Inter sedikit lebih diunggulkan berdasarkan posisi di klasemen Liga Italia saat ini. 

Inter saat ini menempati posisi tiga klasemen Liga Italia dengan mengemas 16 poin. Sedangkan AC Milan terpuruk di urutan 11 karena baru mendapat 12 angka.

Jika sampai kalah dari Inter, semakin berat bagi AC Milan memenuhi target finis di empat besar atau zona Liga Champions.

Derby Della Madonnina akan digelar pada Senin (22/10/2018) dinihari pukul 01.30 WIB.

Jadwal Hari Ini

Ilustrasi sepak bola (Abdillah/Liputan6.com)

Minggu 21 Oktober 2018

 

17.30 WIB

Frosinone vs Empoli (Bein Sports 3)

20.00 WIB

Bologna vs Torino (Bein Sports 1)

Chievo vs Atalanta

Parma vs Lazio (Bein Sports 3)

23.00 WIB

Fiorentina vs Cagliari (Bein Sports 3)

Senin 22 Oktober 2018

01.30 WIB

Inter Milan vs AC Milan (Bein Sports 3)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wonderful Indonesia GATF 2018 Promosikan Pariwisata Indonesia ke Wisatawan Singapura

Posted: 20 Oct 2018 08:12 PM PDT

Liputan6.com, Singapura Acara Wonderful Indonesia GATF 2018 resmi dibuka di Suntec City Mall, Singapura, Jumat (19/10/2018). Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura, dan Garuda Indonesia ini berlangsung selama tiga hari, dari 19 hingga 21 Oktober 2018.

Dalam acara tersebut, pihak penyelenggara melakukan promosi besar-besaran untuk Indonesia.

"Silahkan datang ke Indonesia. Negara kami punya semuanya. Acara ini membuktikan bahwa Indonesia memang sangat terbuka untuk didatangi oleh wisatawan dari Singapura," ujar Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura, I Gede Ngurah Swajaya.

Beragam destinasi wisata di Indonesia turut dipromosikan, terutama Belitung yang baru saja memiliki rute penerbangan langsung.

"Banyak destinasi yang bisa didatangi di negara kami, ada Labuan Bajo, Bali, Bandung. Cocok untuk datang bersama keluarga, honey moon. Apalagi kini kami membuka penerbangan ke Belitung. Destinasi ini juga sangat keren," ucap Swajaya.

Lanjutnya, pihaknya siap terus berkolaborasi dengan Kemenpar ataupun Garuda Indonesia untuk melakukan promosi bersama guna meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) asal Singapura.

"Karena kami juga punya semangat yang sama," kata Swajaya.

Sementara itu, Vice President Asia Region Garuda, I Wayan Subagia, mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kehadiran Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya di GATF 2018. Ia mengatakan, pihaknya akan terus berkolaborasi dengan Kemenpar untuk membuka pintu wisatawan ke tanah air.

"Penerbangan-penerbangan yang ada dan yang akan buka oleh Garuda dari Singapura harus optimis. Saat ini kami akan berjuang terus menawarkan paket, berkoordinasi dengan travel. Pesawat harus baik keterisiannya, walaupun penumpangnya dari negara manapun," ujar Wayan.

Ia menjelaskan bahwa saat ini Garuda melayani penerbangan dari Singapura ke Denpasar sebanyak dua kali seminggu, ke Jakarta sembilan kali seminggu, dan ke Surabaya tujuh kali seminggu. Ruter terbaru, mulai 2 Desember 2018 akan ada penerbangan langsung dari Singapura ke Bandung sebanyak empat kali seminggu.

"Dan kami bersyukur akan membuka penerbangan perdana ke Belitung mulai tanggal 29 Oktober 2018. Belitung saya yakin akan penuh, karena Belitung punya destinasi yang berbeda dan menarik. Kami akan bantu jual penerbangan ini hingga ke Eropa dan semua transit di Singapura," ucap Wayan.

Ia menambahkan, even ini merupakan misi penjualan dan promosi destinasi wisata di Indonesia sekaligus launching direct flight penerbangan Garuda Indonesia Singapura - Tanjungpandan (Bangka Belitung).

"Menjadi tugas bersama, memperkenalkan destinasi kita dan melayani dengan baik wisatawan yang berlibur ke negara kita," kata Wayan.

Guna merayu calon wisatawan asal Singapura, Kemenpar dan Garuda memboyong 10 industri pariwisata Indonesia. Kemenpar juga menggandeng CitiBank untuk memudahkan calon wisatawan dalam bertransaksi.

Selain itu, berbagai treatment khusus juga ikut dipersiapkan untuk memaksimalkan program, seperti Coffee and Refreshment, Demo Batik, hingga Kids Zone. Kemenpar dan Garuda juga mengundang para blogger Negeri Singa untuk hadir dalam Blogger Talkshow

"Kita juga siapkan berbagai souvenir menarik untuk para calon wisatawan, sehingga bisa dipastikan Wonderful Indonesia GATF ini dapat diikuti semua kalangan. Bahkan sangat family friendly," ujar Plt Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar, Ni Wayan Giri Adnyani, didampingi Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar, Masruroh.

Masruroh menambahkan, pihak penyelenggara memilih Suntec City Mall sebagai lokasi Wonderful Indonesia GATF karena lokasinya sangat strategis. Selain itu, mall ini juga menjadi semacam terminal khusus untuk bis-bis wisata double decker duck and hypo bus city tour.

"Suntec City Mall merupakan mall yang sangat ramai. Selalu menjadi pilihan bagi para warga Singapura dan wisatawan dari manapun. Makanya kami menggelar Wonderful Indonesia GATF di mall ini," ucapnya.

Sementara itu, Arief Yahya mengatakan bahwa memperkenalkan direct flight ke Belitung dan melakukan promosi destinasi wisata Indonesia melalui pameran di Singapura merupakan pilihan yang pas. Pasalnya, Singapura merupakan hub internasional yang memungkinkan wisatawan dari negara lain terbang ke Indonesia. Terlebih lagi, jarak Singapura - Tanjungpandan hanya memakan waktu satu jam penerbangan.

"Destinasi Bangka Belitung itu luar biasa. Siapa sih yang tidak tahu keindahan Negeri Laskar Pelangi ini? Baharinya oke. Pantai-pantainya berpasir putih dengan berbagai batuan granit besar hingga batuan beku yang tersebar merata. Apalagi bawah lautnya. Sudah pasti keren. Ini yang dapat kita jual ke wisatawan Singapura. Mereka pun jadi punya pilihan destinasi yang lebih beragam," kata dia.

Arief menambahkan, saat ini Negeri Laskar Pelangi tersebut telah menjadi satu dari 10 destinasi prioritas. Benchmark-nya, pembangunannya akan menyaingi Phuket Thailand atau Langkawi Malaysia.

"Belitung sekarang keren. Kawasan wisata dengan jumlah kunjungan yang besar, destinasi yang tertata rapi berkelas internasional, terawat indah sustainable, dan masyarakat yang semakin sejahtera oleh pariwisata. Ini yang harus terwujud," pungkas Menteri asal Banyuwangi itu.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sambut Pemilu 2019, Umat Berbagai Agama Gerak Jalan Bersama

Posted: 20 Oct 2018 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Agama dan seluruh instansi berbagai agama melakukan gerak jalan untuk menyambut Pemilihan Umum 2019 mendatang. Gerak jalan dilakukan pada Car Free Day (CFD) di Jakarta Pusat. Acara ini mengangkat tema 'Kerukunan Umat Beragama'.

"Tak hanya karena kehadiran Ketua KPU dan Bawaslu, tapi menghadapi agenda nasional Pemilu, Pilpres dan Pileg dengan penuh kedamaian," kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (21/10/2018).

Dalam acara ini, Lukman berharap seluruh masyarakat dapat menciptakan suasana yang sama dalam berpolitik.

"Keragaman yang muncul itu hakekatnya punya tujuan yang sama, supaya negara bangsa semakin berkualitas. Saya berharap itu dimaknai secara positif, sehingga kita terhindar dari upaya yang saling meniadakan antara kita," ujarnya.

 

Libatkan Umat Berbagai Agama

Sambut Pemilu 2019, Umat Berbagai Agama Gerak Jalan Bersama. (Merdeka.com/Ronald)

Berdasarkan informasi, acara ini juga melibatkan 6.000 umat Buddha Niciren Syosyu Indonesia (NSI), dan 2.000 umat beragama lainnya. Selain itu ada juga 20 komunitas beragama seperti umat Buddha di Indonesia (Walubi dan Permabudhi).

Sementara untuk umat perwakilan dari agama Islam, diwakilkan oleh rekan-rekan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), ada juga Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Persatuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI), dan Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin).

Dalam rute gerak jalan, terdapat 8 titik simbolis di setiap 400 meter. Titik-titik itu melambangkan setiap bulan menjelang Pemilihan Umum 2019. Di titik finish, yakni 17 April 2019, para tokoh agama bersama-sama menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa dan Bagimu Negeri.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Wujud Helm Marc Marquez Terbaru, untuk Laga Pamungkas?

Posted: 20 Oct 2018 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Tokyo Gelaran MotoGP 2018 yang berlangsung di Twin Ring Motegi, Jepang, Minggu (21/10/2018), bisa jadi laga pamungkas bagi pembalap asal Spanyol, Marc Marquez.

Bagaimana tidak, pembalap berusia 25 tahun itu bisa saja menjadikan seri ke-16 itu sebagai laga pamungkas yang membuatnya juara MotoGP 2018.

Bagi tim Respol Honda, tampil di rumah sendiri membuat mereka wajib tampil gemilang. Selain itu, si Baby Alien juga telah mengumpulkan 271 poin, atau telah mengungguli jauh lawan-lawannya mulai dari Andrea Dovizioso hingga Valentino Rossi.

Jika memang balapan akhir pekan ini Marquez finis di urutan pertama, tentu saja jalan menuju kemangan terbuka lebar. Meskipun tidak berada di posisi wahid, dia tetap juara, asalkan berada di depan pembalap Ducati.

Untuk tampil all out di balapan nanti, Marquez rupanya didukung dengan desain helm terbaru. Setidaknya hal itu dia pamerkan di akun Instagram pribadinya @marcmarquez93.

"Motegi 2018 Special Helmet#JapaneseGP,"@marcmarquez93

Untuk helm ini, Shoei masih setia menemani Marquez, mereka mendesain helm bernuansa Jepang dengan kombinas warna-warna cerah seperti biru, putih, merah, dan emas.

Pada bagian depan atas terlihat grafis semut dengan kombinasi biru putih. Helm ini juga telah menggunakan aksara Jepang dengan balutan warna emas pada bagian belakang.

Belum sampai di situ, logo Maneki Neko atau boneka kucing Jepang sebagai symbol keberuntungan juga melekat di belakang.

Semoga beruntung Marc Marquez..

 

 
 
 
View this post on Instagram

Motegi 2018 Special Helmet #JapaneseGP

A post shared by Marc Márquez (@marcmarquez93) on

Gelar Juara di Depan Mata

Melangsungkan laga di Motegi, sepertinya akan jadi balapan yang sangat dinantikan bagi Marquez. Sebab, dia memiliki kenangan manis balapan di negeri Sakura.

Sebab, Marquez sempat dua kali mendapatkan titel juara dunia di Motegi pada 2014. Dua tahun kemudian dia juga menjadi yang tercepat dan mendapatkan gelar juara dunia.

Berikut rekor yang siap dipecahkan Marc Marquez di GP Jepang:

1. Jika Marc Marquez meraih pole position, dia mengamankan start terdepan di setiap sirkuit pada kalender kelas premier.

2. Jika Marc Marquez mampu mengakhiri perburuan gelar juara dunia di Jepang, maka dia akan menjadi pembalap termuda yang merengkuh gelar juara ketujuh di semua kelas dan titel kelima di MotoGP

3. Jika Marc Marquez menang di Jepang, maka itu merupakan kemenangan ketiganya di depan pendukung Honda (2014, 2016, dan 2018).

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Aksi Stop Sampah Plastik Saat Car Free Day

Posted: 20 Oct 2018 08:08 PM PDT

Sampah plastik yang dikumpul oleh relawan dalam gerakan bersih sampah plastik di kawasan Car Free Day, Jakarta, Minggu (21/10). Gerakan tersebut untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai ancaman sampah plastik bagi Bumi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sampah plastik yang dikumpul oleh relawan dalam gerakan bersih sampah plastik di kawasan Car Free Day, Jakarta, Minggu (21/10). Gerakan tersebut untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai ancaman sampah plastik bagi Bumi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Relawan membawa karung berisi sampah plastik saat gerakan bersih sampah plastik di kawasan Car Free Day, Jakarta, Minggu (21/10). Gerakan itu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai ancaman sampah plastik bagi Bumi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Relawan membawa karung berisi sampah plastik saat gerakan bersih sampah plastik di kawasan Car Free Day, Jakarta, Minggu (21/10). Gerakan itu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai ancaman sampah plastik bagi Bumi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sejumlah relawan melakukan gerakan bersih sampah plastik di kawasan Car Free Day, Bundaran HI, Jakarta, Minggu (21/10). Gerakan tersebut untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai ancaman sampah plastik bagi Bumi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sejumlah relawan melakukan gerakan bersih sampah plastik di kawasan Car Free Day, Bundaran HI, Jakarta, Minggu (21/10). Gerakan tersebut untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai ancaman sampah plastik bagi Bumi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sejumlah relawan melakukan gerakan bersih sampah plastik di kawasan Car Free Day, Bundaran HI, Jakarta, Minggu (21/10). Gerakan tersebut untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai ancaman sampah plastik bagi Bumi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sejumlah relawan melakukan gerakan bersih sampah plastik di kawasan Car Free Day, Bundaran HI, Jakarta, Minggu (21/10). Gerakan tersebut untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai ancaman sampah plastik bagi Bumi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sejumlah relawan melakukan gerakan bersih sampah plastik di kawasan Car Free Day, Bundaran HI, Jakarta, Minggu (21/10). Gerakan tersebut untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai ancaman sampah plastik bagi Bumi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sejumlah relawan melakukan gerakan bersih sampah plastik di kawasan Car Free Day, Bundaran HI, Jakarta, Minggu (21/10). Gerakan tersebut untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai ancaman sampah plastik bagi Bumi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jumlah Wajah yang Dilihat di Pohon Ini Tunjukkan Kondisi Otak Anda

Posted: 20 Oct 2018 08:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mengerjakan teka-teki adalah salah satu aktivitas yang sangat dianjurkan oleh ilmuwan. Ini dikarenakan, teka-teki dapat meningkatkan aktivitas otak, meningkatkan daya ingat, serta meningkatkan konsentrasi. Jika Anda pernah merasa kesulitan menjawab teka-teki, itu artinya Anda harus lebih sering melatih otak Anda.

Seperti teka-teki di bawah ini, tugasnya sangat mudah. Anda cukup menemukan semua wajah tersembunyi di ilusi optik ini. Jumlah wajah yang Anda temukan mencerminkan siapa Anda sebenarnya. 

Doc: Istimewa

Jika sudah, berikut penjabarannya seperti dilansir dari Shared.com.

1. Bila melihat 2-4 wajah

Dua ilustrasi pertama cukup jelas menggambarkan wajah. Tapi jika Anda hanya dapat melihat satu atau dua wajah yang tersembunyi, itu berarti Anda menderita gangguan ingatan.

2. Bila melihat 5-6 wajah

Jika Anda hanya melihat beberapa wajah, Anda mungkin berisiko Alzheimer atau demensia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

3. Bila melihat 7-8 wajah

Ilustrasi Otak (iStockPhoto)

Ingatanmu bagus, tapi tidak terlalu cemerlang. Tingkatkan kemampuan kognitif Anda.

4. Bila melihat lebih dari 9 wajah

Jika Anda dapat menemukan lebih dari 9 wajah, berarti Anda memiliki kemampuan memori dan pengenalan wajah yang sangat baik.

Jika Anda ingin menambah tantangan agar sedikit lebih sulit, Anda bisa menantang diri Anda sendiri atau orang lain untuk menyebutkan wajah orang terkenal yang berada di ilusi optik tersebut. Misalnya saja, terdapat siluet Margaret Thatcher serta Gandhi di sana. Bisa Anda sebutkan yang lain?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahasiwi Difabel dan Ibunya Tiap Hari Tempuh 15 Kilometer untuk Berkuliah

Posted: 20 Oct 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Cilacap - Anisa tampak paling mungil di tengah kerumunan mahasiswa yang tengah asyik berdiskusi dengan sejumlah jurnalis. Mahasiswa difabel ini duduk lesehan di barisan paling depan.

Saat sesi tanya jawab, dengan percaya diri, ia mengungkap bahwa keinginan terbesarnya adalah menjadi seorang penulis. Tepatnya, menulis puisi atau sastrawan.

Hanya saja, ia belum mendapati ada komunitas atau ruang untuk mengeksplorasi hobinya itu. Karenanya, bertahun-tahun, sejak SMP dulu, ia mencoretkan puisinya di lembaran kertas, komputer atau ponsel.

Maklum, rumah dan lingkungannya benar-benar jauh dari perkotaan. Gadis bernama lengkap Anisa Rizkiani Wulandari ini tinggal di Dusun Rambutpala RT 1 RW 7 Desa Sadabumi Kecamatan Majenang.

Dari tempat kuliahnya sekarang di STMIK Komputama Majenang, desanya berjarak sekitar 15 kilometer dengan medan menanjak tajam. Dan itu dilakukannya selama tujuh tahun terakhir, sejak kelas 1 SMP. Satu-satunya angkutan yang beroperasi adalah pikap.

Kemampuannya yang berbeda atau difabel tak membuat semangatnya luntur. Semangat belajarnya hingga perguruan tinggi pantas diacungi dua jempol.

Ia merasa beruntung. Hari itu, ia bertemu dengan jurnalis media online, cetak, televisi dan radio sekaligus. Seluruhnya adalah para wartawan media nasional dan lokal yang bertugas di area Banyumas Raya.

"Saya ingin agar karya saya bisa dipublikasikan. Saya ingin menerbitkan buku kumpulan puisi," ucapnya, Sabtu 20 Oktober 2018.

Karyanya, sebagian besar adalah curahan hati. Namun, ada pula puisi untuk memotivasi diri dan orang lain yang ditakdirkan difabel seperti dirinya.

Diskusi usai. Satu per satu, teman-temannya beranjak. Sejurus dengan itu, seorang wanita setengah baya mendekat ke arah Anisa. Ia adalah Teti Rohayati (42) ibunda Anisa.

Bagi Teti, Anisa yang difabel tak membuatnya berkecil hati. Ia justru terus mendorong anak kesayangannya ini untuk menggapai cita-citanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Komitmen Kampus Agar Ramah Difabel

Salah satu puisi Anisa. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Teti bukan lah seorang wanita berpendidikan tinggi. Hanya saja, ia tahu bahwa pendidikan teramat penting. Karenanya, ia ikhlas mengantar jemput dan mendampingi anaknya saat bersekolah, mulai dari SD hingga kuliah.

Bahkan sejak Anisa masuk SMP, ia turut naik angkutan dan menunggu hingga Anisa pulang. Dan itu, dilakukannya sejak tujuh tahun lampau.

"Menuruti keinginan Anisa. Kalau saya yang penting anak bahagia. Itu saja," ucap Teti, tak kalah bersemangat dibanding Anisa.

Anak pertama pasangan Daswa (44) dan Teti ini memang tumbuh dengan kondisi difabel. Tetapi semanhgat belajarnya sangat tinggi.

Sejak usia 5 tahun, Anisa memperlihatkan bahwa ia tak kalah dari teman sebayanya. Ia pun merengek bersekolah, meski orang tua tak mewajibkan menilik kondisi fisiknya.

Belakangan, melihat semangat Anisa yang luar biasa, seluruh keluarga, termasuk Almarhum Mbah Kakungnya, Dahri Hadi Sutrisno memotivasi agar Anisa terus bersekolah sampai perguruan tinggi. Beruntung, di kota terdekat ada perguruan tinggi berdiri.

"Ya tadinya juga berfikir mau kuliah di mana. Kalau jauh kan saya juga harus ikut tinggal di kos," Teti menuturkan.

Ketua Yayasan El Bayan Majenang, Dr Fathul Aminudin Aziz mengatakan, kampus sejak awal sudah menyiapkan sarana ramah difabel. Jalan masuk, tangga dan beberapa infrastruktur lainnya dibangun agar mudah diakses.

Diakuinya masih ada sejumlah kelengkapan lain yang mesti dibenahi agar ramah difabel. Tetapi, berkomitmen agar kampus STMIK Komputama benar-benar ramah difabel.

Selain itu, kampus ini juga memberi beasiswa penuh kepada mahasiswa dari keluarga tak mampu.

"Kita juga membangun bertahap. Karena tahun ini adalah kali pertama penerimaan mahasiswa. Alhamdulillah ada 156 mahasiswa," Aziz menerangkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Hendak Belajar Menulis? Ajari Dahulu Menggunting Kertas

Posted: 20 Oct 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang buah hatinya menuju tahap belajar menulis, ada baiknya menjajal cara ini dulu. Ajari dia untuk menggunakan gunting sebagai salah satu bentuk 'pemanasan' belajar menulis.

Ketika sesorang menggunting kertas, diperlukan kemampuan menggunakan jari, telunjuk dan jari tengah. Nah, cara ini melatih anak mengembangkan kemampuan motorik halusnya. Kemampuan ini dibutuhkan ketika anak belajar menulis seperti melansir laman Parents.

Selain itu, ketika menulis juga dibutuhakn koordinasi bagian lain yakni otak, mata, dan otot. Lewat menggunting kertas, anak mempelajari hal itu.

 

Pakai gunting aman untuk balita

Sediakan saja gunting kecil untuk anak. Kini banyak sekali gunting yang aman untuk balita dijual di pasaran. Taruh juga kertas baik yang polos, agak tebal maupun yang sudah dilipat. Kondisi kertas ini akan melatih jari-jarinya.

Saat menggunakan gunting, pastikan anak selalu dalam pengawasan. Sebagai langkah awal, contohkan dulu pada anak cara menggunakan gunting.

"Duduk samping anak, tunjukkan bagaimana menggunakan gunting. Bimbing juga jari-jarinya, anak akan sangat penasaran," ujar Sunita Murty-Gami, seorang terapis.

Terapkan juga dua aturan penting saat anak menggunakan gunting. Pertama, gunting hanya untuk menggunting kertas. Kedua, tak boleh berjalan atau belari sambil membawa gunting. Selamat mencoba!

 

Penulis: Mutia/Dream.co.id

 

Saksikan juga video menarik berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Diddy Kong, Monyet Marmoset dengan Jutaan Pengikut

Posted: 20 Oct 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kucing dan anjing sudah biasa menjadi hewan peliharaan. Namun, bagaimana dengan marmoset? Sejenis monyet kecil itu menjadi peliharaan pemilik akun Instagram @gabriellakatia dan dinamai Diddy Kong.

Sang pemilik menemukan Diddy di tempat perlindungan hewan Fort Lauderdale, Florida Selatan, Amerika Serikat, tiga tahun lalu. Mengutip Miami New Times, Kamis, 18 Oktober 2018, tubuh Diddy hanya berukuran lima inci yang notabenenya sangat kecil.

Dengan tingkahnya yang lucu, Gabriela sering merekam Diddy dalam bentuk video. Ia lalu membuatkan si 'anak asuh' sebuah akun Instagram bernama @realdiddykong.

Tak disangka, dunia menyukai Diddy Kong. Dalam waktu cepat, Diddy memiliki jutaan pengikut dalam waktu cepat. Beberapa pengikutnya bahkan nama pesohor dunia, seperti musisi Snoop Dogg, aktor Neil Patrick Harris, Madison Beer, dan masih banyak lagi.

Dalam akun Instagram itu, aktivitas keseharian Diddy terekam, seperti menonton tayangan televisi, treatment kepala, dan mandi dengan sikat gigi. Sang pemilik juga memanjakannya dengan memberi sederet makanan enak, seperti mentega almond organik, kue ulang tahun khusus hewan, permen apel, keju hingga sushi.

 

Dengan beragam perawatan, monyet marmoset itu terbilang dimanjakan sang pemilik. Ia bahkan menjadi hewan pemalas dengan wktu tidur yang jauh lebih lama dari manusia.

 

Misi Penting

  

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

"If I'm going to share my treat (organic almond butter), it's with my little bro @loveofkirby 🐶😂🐒" - Diddy Kong

Sebuah kiriman dibagikan oleh Diddy Kong & Yeti Kong (@realdiddykong) pada

 

Seiring ketenarannya, Diddy Kong juga menjadi tokoh dalam salah satu game Nintendo. Melalui akun Instagramnya, @realdiddykong sepakat membuat aplikasi game Donkey Kong Country: Tropical Freeze untuk menyelamatkan sesama hewan.

Usaha penyelamatan hewan itu juga dilakoni sang pemilik Gabriela dengan mengikutkan Diddy Kong ke beberapa kontes dan pertemuan. Bersama Klique, Diddy Kong telah mengumpulkan sejumlah donasi bantuan untuk para hewan. Selain itu, Diddy Kong juga pernah ikut serta dalam penampilan video musik Wiz Khalifa.

Keseharian Diddy, tak lengkap rasanya jika tidak ada seorang teman yang menemani, Yeti Kong dan Kirby. Terlihat dari unggahan Instagram, mereka akrab sekali mulai dari berbagi makanan hingga mandi bersama, meskipun Kirby adalah seekor anjing. 

(Mariany)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Inggris: Manchester City Ditempel Liverpool

Posted: 20 Oct 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Manchester City dan Liverpool bersaing ketat di puncak klasemen Liga Inggris 2018-19. Hingga pekan kesembilan, kedua klub sama-sama mengoleksi 23 hasil dari sembilan pertandingan.

Tiga poin tambahan Manchester City dan Liverpool diraih setelah mengalahkan lawan-lawannya. The Citizens menang 5-0 atas tamunya Burnley FC, sedangkan Liverpool menang 1-0 atas tuan rumah Huddersfield Town.

Bermain di Etihad Stadium, Sabtu (20/10/2018), kelima gol City ke gawang Burnley masing-masing dicetak oleh Sergio Aguero, Bernardo Silva, Fernandinho, Riyad Mahrez, dan Leroy Sane. Sementara Liverpool menang lewat gol Mohamed Salah.

Sementara itu, Chelsea harus merosot ke posisi ketiga. Ini tidak lepas dari hasil imbang 2-2 melawan Manchester United (MU). Bahkan, The Blues nyaris dipermalukan di hadapan pendukungnya.

Chelsea unggul terlebih dahulu di menit ke-21 lewat tandukan Antonio Rudiger. Namun, MU membalas lewat dua gol Anthony Martial. Gol Ross Barkley di menit ke-90+6 menyelamatkan Cheslea dari kekalahan.

Posisi Berikutnya

Peringkat empat klasemen kini ditempati Tottenham Hotspur. Harry Kane dan kawan-kawan kini mengoleksi 21 poin menyusul kemenangan 1-0 atas West Ham United.

Namun, posisi Spurs terancam kembali disalip Arsenal yang akan baru bermain Selasa (23/10/2018). Dengan catatan, Arsenal menang atas Leicester City.

Klasemen Liga Inggris Pekan ke-9

Klasemen Liga Inggris pekan kesembilan. (soccerway.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mitra Penyuplai Apple Khawatirkan Peluang Kesuksesan iPhone XR

Posted: 20 Oct 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Apple mulai menggelar pre-order iPhone XR pada Jumat (19/10/2018). Kendati diperkirakan akan laris manis, masih ada kekhawatiran dari para mitra penyuplai material Apple tentang kesuksesan smartphone tersebut.

Dilansir Softpedia, Minggu (21/10/2018), sejumlah mitra penyuplai Apple dilaporkan khawatir pesanan iPhone XR akan melemah dalam waktu singkat. Jika hal itu sampai terjadi, maka Apple akan mengurangi pesanan material iPhone XR kepada para penyuplai tersebut.

Jika iPhone XR gagal mendorong penjualan iPhone, tidak hanya Apple, tapi hal tersebut akan berdampak pada penghasilan para mitranya. TSMC, misalnya, kemungkinan akan mengumuman pendapatan lebih rendah dari ekspektasi pada kuartal IV 2018.

Seperti diketahui TSMC memproduksi chip A12 untuk iPhone 2018, dan juga telah dipilih sebagai manufaktur eksklusif A13 untuk iPhone 2019.

Selain itu, Largan Precision yang membuat lensa kamera, diprediksi akan membukukan penurunan pengapalan pada Oktober dan lebih rendah pada November 2018. Estimasi untuk Desember masih belum jelas.

iPhone XR merupakan iPhone baru dengan harga paling murah pada tahun ini. Harga jualnya mulai dari US$ 749 di Amerika Serikat (AS), dan pengapalannya di berbagai negara akan digelar pada 26 Oktober 2018.

Pre-order iPhone XR

Seorang pengunjung melihat produk baru iPhone saat peluncuran produk baru Apple di Apple Headquarters, Cupertino, California (12/9). Apple merilis tiga iPhone terbaru, yaitu iPhone XS, iPhone XS Max dan iPhone XR. (AP Photo/Marcio Jose Sanchez)

Apple memulai pre-order iPhone XR pada Jumat (19/10/2018). Konsumen yang tertarik bisa melakukan pre-order melalui berbagai jalur, termasuk Apple.com dan aplikasi Apple Store.

Apple menjelaskan rincian pre-order iPhone XR, termasuk harga dan tanggal peluncuran di berbagai negara.

Berikut rincian harga jualnya:

iPhone XR 64GB: US$ 749 atau berkisar Rp 11, 3 juta (asumsi kurs Rp 15,192 per US$ 1)

iPhone XR 128GB: US$ 799 / Rp 12 jutaan

iPhone XR 256GB: U$ 899 / Rp 13,6 juta

Penjualan iPhone XR

IPhone XS (kiri) dan XS Max diperlihatkan saat peluncuran produk baru Apple di California (12/9). iPhone XS dan XS Max tersedia tiga warna (gold, silver, abu-abu) dan tiga konfigurasi memori (64GB, 256GB, dan 512GB). (AP Photo/Marcio Jose Sanchez)

Sementara pre-order dimulai pada 19 Oktober, penjualan perdananya akan digelar pada 26 Oktober 2018 di lebih dari 50 negara dan teritorial, termasuk Albania, Bulgaria, Kanada, Tiongkok, Jepang, Selandia Baru, Singapura, Afrika Selatan, Inggris, dan Amerika Serikat.

Tahap selanjutnya adalah Israel, dengan penjualan perdana pada 1 November. Kemudian, negara-negara lain akan bisa mendapatkan langsung iPhone XR pada 2 November 2018, termasuk Kamboja, Myanmar, Korea Selatan dan Vietnam.

Berdasarkan informasi baru ini, iPhone XR setidaknya belum akan hadir di Indonesia secara resmi hingga 2 November 2018.

iPhone XR merupakan salah satu smartphone dengan layar besar, yang pernah dimiliki Apple. Daya tarik utama lain smartphone ini adalah harga jual lebih murah dibandingkan iPhone XS dan XS Max, serta memiliki fitur dual-SIM.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

UNHCR Kirim Bantuan untuk Penyintas Gempa-Tsunami Sulawesi Tengah

Posted: 20 Oct 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Palu - Badan Pengungsi PBB (UNHCR) mengirimkan 435 tenda darurat ke Balikpapan untuk diteruskan ke keluarga-keluarga yang kehilangan tempat tinggal mereka akibat gempa bumi dan tsunami baru-baru ini di Sulawesi Tengah.

Dalam brifing pers di Jenewa, juru bicara UNHCR Charlie Yaxley mengatakan akan ada 1.305 tenda darurat yang dikirim dalam beberapa hari mendatang, demikian dikutip dari laman VOA Indonesia, Minggu (21/10/2018).

Sementara itu, bantuan lebih lanjut, termasuk di antaranya tenda darurat, alas tidur, kelambu dan lampu-lampu bertenaga surya siap dikirim dalam beberapa pekan ini.

Bantuan pekan ini diserahkan kepada pihak berwenang di Balikpapan yang membantu pengiriman tenda tersebut ke Sulawesi.

Tenda-tenda itu akan didistribusikan oleh mitra UNHCR di lapangan, yakni PMI dan Yayasan Kemanusiaan Muslim Indonesia.

Menurut perkiraan resmi yang dikeluarkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sekitar 68 ribu rumah rusak akibat gempa dan tsunami, mengakibatkan sekitar 80 ribu warga terpaksa mengungsi.

Bantuan awal ini akan membantu menyediakan tempat tinggal sementara bagi sekitar 6.500 orang yang sangat membutuhkannya.

UNHCR juga memuji pemerintah Indonesia dan para petugas kemanusiaan yang telah bekerja tanpa kenal lelah sebagai petugas tanggap darurat pertama di daerah-daerah terdampak gempa selama tiga pekan ini.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

AS Tambah Bantuan Rp 45,5 Miliar

Warga memeriksa puing-puing di mana rumah mereka berdiri sebelum gempa dan tsunami di Petobo, Palu, Kamis (4/10). Wilayah Kelurahan Petobo di Palu menjadi salah satu daerah yang terkena dampak parah karena 'ditelan bumi'. (AFP/ ADEK BERRY)

Pada tanggal 18 Oktober, Pemerintah Amerika Serikat mengumumkan akan memberikan dana bantuan tambahan senilai US$ 3 juta (berkisar Rp 45,5 miliar) untuk mendukung upaya bantuan tanggap bencana gempa bumi dan tsunami di Palu dan sekitarnya di Sulawesi Tengah.

Tambahan itu akan disalurkan melalui United States Agency for International Development's, Office of U.S. Foreign Disaster Assistance (USAID/OFDA).

Dana tambahan itu meningkatkan total kontribusi Amerika Serikat menjadi US$ 6,7 juta, di luar biaya operasional Kementerian Pertahanan AS, demikian dikutip dari rilis resmi Kedutaan Besar AS di Jakarta yang dimuat Liputan6.com.

Tiga pesawat Hercules C-130 AS dan personnel Angkatan Udara AS pendukung dari Satuan Contingency Response Group ke-36 di Guam juga telah memperpanjang masa operasi penerbangan udara untuk menghubungkan Balikpapan dan Palu hingga 25 Oktober 2018.

Perpanjangan waktu itu akan memungkinkan transportasi lanjutan kargo dan personel tanggap darurat yang penting, yang dibutuhkan oleh para korban terdampak bencana gempa-tsunami Palu.

"Inilah yang kami maksudkan ketika kami mengatakan bahwa kami adalah mitra Indonesia," kata Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr. "Kami akan terus mendukung Pemerintah Indonesia dalam upaya bantuan," tambahnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Shinta Bachir Blak-blakan soal Jadi Istri Kedua Pejabat Kepolisian

Posted: 20 Oct 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Teka-teki pernikahan siri Shinta Bachir dengan seorang pejabat kepolisian akhirnya terjawab. Pernikahan selama tiga tahun itu diakui Shinta Bachir kepada Hotman Paris dalam acara Hotman Paris Show yang ditayangkan di Youtube.

"Dari proses kenal sampai pisah itu 3 tahun," ujar Shinta Bachir mengawali kisah cinta masa lalunya tersebut.

Shinta Bachir menceritakan perwira polisi itu meminangnya sebagai istri lewat pernikahan siri. Dia sendiri mengaku dinikahkan langsung ayahnya yang sengaja datang ke Jakarta.

"Bapak saya dari kampung dipanggil ke Jakarta dan beliau pun pernah datang ke kampung saya," kata Shinta Bachir.

Sebelum menerima lamaran menikah siri, Shinta Bachir mengaku sempat menjalani proses pacaran selama enam bulan. Di saat itu, Shinta mengaku tak mengetahui jika sosok pria yang mendekatinya adalah seorang perwira tinggi polisi dan sudah memiliki istri serta anak.

"Kan dulu saya lugu. Saya bisa seperti sekarang ini jadi kayak sekarang juga support karena beliau. Beliau adalah orang paling baik," ujarnya.

Kenyamanan

Shinta Bachir (Nurwahyunan/bintang.com)

Menurut Shinta, keputusan untuk menjadi istri siri diambilnya bukan karena alasan materi. Dia rela menjadi istri kedua karena merasa suaminya kala itu bisa memberikan kenyamanan.

Seiring waktu berjalan, Shinta mengaku keinginan untuk mendapat pengakuan sebagai istri sah mulai muncul. Hal itu muncul di tahun kedua pernikahan siri mereka.

Kapok

Shinta Bachir (Muhammad Akrom Sukarya/Kapanlagi.com)

Dari pengalamannya sebagai istri siri, Shinta berjanji takkan lagi mau menerima pinangan menjadi istri kedua atau ketiga dari seorang pria.

"Saya pernah merasakan bagaimana jam 12 malam itu dia harus pulang sedangkan saya lagi pengin sama dia." katanya. (Syahid Latif/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Minggu Depan Ahmad Dhani Kembali Diperiksa Polisi

Posted: 20 Oct 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Polda Jawa Timur kembali mengagendakan pemanggilan terkait ujaran kebencian pada Ahmad Dhani.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: