Jumat, 05 Oktober 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Top 3: Aksi Kocak Orang Indonesia Ingin Punya Kendaraan Mewah

Posted: 05 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki kendaraan pribadi adalah mimpi bagi banyak orang. Namun, adakalanya harapan tak sesuai dengan kenyataan. Berbagai kendala membuat seseorang belum bisa memiliki kendaraan pribadi, apalagi yang tergolong kendaraan mewah.

Tak kurang akal, beberapa orang kreatif melakukan modifikasi terhadap kendaraan mereka. Hasilnya? Tentu saja jadi bahan tertawaan orang-orang. 

Artikel tentang aksi kocak orang Indonesia ingin punya kendaraan mewah menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua terpopuler yakni kisah orang yang mendapat keajaiban di tengah bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Sedangkan artikel tentang karya seni drama Ratna Sarumpaet yang mendunia menjadi ketiga terpopuler.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Kelewat Maksa, Aksi Kocak Orang Indonesia Ingin Punya Kendaraan Mahal

(Foto: Cocoklogi Science/Facebook)

Setiap orang pasti ingin punya kendaraan sendiri. Selain menjadi suatu kebanggaan, memiliki kendaraan dapat mempermudah kita berpergian tanpa harus repot menggunakan transportasi umum.

Sayangnya harga kendaraan seperti motor dan mobil bisa dibilang tidak murah. Alhasil banyak sebagian orang memutar otak untuk membuat kreasi unik agar mirip seperti kendaraan yang mereka inginkan.

Dirangkum dari berbagai sumber, ini foto kocak ide nyeleneh ala orang Indonesia ingin punya kendaraan mahal.

Selengkapnya

 

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2. 4 Kisah Orang yang Mendapat Keajaiban di Tengah Bencana Gempa Palu-Donggala

Seorang pria dan wanita mencari barang-barang di mana rumah mereka berdiri sebelum gempa dan tsunami di desa Wani, Palu, Kamis (4/10). Gempa bumi berkekuatan 7,4 skala richter melanda Palu dan Donggala pada 28 September 2018 lalu. (AP/Dita Alangkara)

Bencana gempa dan tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah menimbulkan duka mendalam bagi Tanah Air. Korban meninggal dunia akibat bencana tersebut diperkirakan sudah lebih dari 1300 orang.

Selain jalanan rusak, gempa juga menyebabkan longsornya tanah serta kerusakan parah pada infrastruktur bangunan serta rumah. Namun di samping kisah pilu dampak dari bencana Palu-Donggala, masih keajaiban yang dialami oleh para korban selamat. Berikut sejumlah kisahnya.

Selengkapnya

3. 5 Karya Seni Drama Ratna Sarumpaet yang Mendunia

Aktivis Ratna Sarumpaet (tengah) saat dibawa menuju ruang Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (4/10). Ratna Sarumpaet ditangkap polisi di Bandara Soekarno-Hatta saat akan pergi ke luar negeri (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Belakangan, Ratna Sarumpaet lebih dikenal sebagai figur yang kerap menghadirkan kontroversi. Padahal sejatinya, beliau sangat hebat di dunia seni drama. Ia kerap menulis naskah serta menyutradarai film dan teater.

Ratna Sarumpaet mendirikan grup teater dengan nama Satu Merah Panggung pada tahun 1974. Beliau juga kerap mendapatkan penghargaan bergengsi. Film-film yang pernah ia garap yaitu Film Lulu (1989), FTV Valada Orang-Orang Tercinta (1990), dan Rumah untuk Mama (1991).

Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa karyanya yang mendunia.

Selengkapnya

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Deportivo Alaves Vs Real Madrid: Bukan Laga Mudah

Posted: 05 Oct 2018 09:30 PM PDT

Jakarta Real Madrid akan menghadapi Deportivo Alaves pada laga pekan ketujuh La Liga 2018-2019 yang berlangsung di Stadion Mendizorrotza, Sabtu (6/10/2018) malam WIB. Laga ini laga momentum tepat buat Los Blancos memutus tren negatif dan kembali ke jalur kemenangan.

Real Madrid saat ini berada di peringkat kedua klasemen sementara dengan raihan 14 poin. Klub ibu kota Spanyol itu hanya kalah selisih gol dari Barcelona yang kukuh di pucuk klasemen La Liga 2018-2019.

Sergio Ramos dkk menganggap laga nanti sebagai momentum kebangkitan. Sebab, Madrid belum lagi meraih kemenangan dalam dua laga terakhir La Liga dengan rincian sekali imbang dan sekali kalah. Mental para pemain pun sedang menurun karena harus kalah 0-1 dari CSKA Moskow pada laga Liga Champions.

Pelatih Julen Lopetegui sadar lawan yang akan dihadapi timnya tak bisa dipandang sebelah mata. Apalagi Alaves saat ini bertengger di peringkat keenam dengan raihan 11 poin, tertinggal tiga angka dari Madrid.

"Tantangan dan tujuan kami berikutnya adalah Alaves, tim yang belum terkalahkan dalam enam pertandingan di kandang. Mereka mengalami musim yang luar biasa bersama pemain hebat dan pelatih top," kata Lopetegui.

"Saya mengharapkan pertandingan yang ketat melawan tim yang terbaik. Mereka punya tim yang bagus dan kami harus tampil dengan sangat baik untuk mengalahkan mereka," ujar Lopetegui.

Sementara itu, Alaves menatap percaya diri laga melawan Real Madrid. Apalagi musim ini mereka belum terkalahkan dalam laga kandang. Meski demikian, pelatih Abelardo Fernandez tak menganggap laga melawan Real Madrid sebagai sesuai yang spesial.

"Ini bukan pertandingan spesial, melainkan sama seperti pertandingan lain. Kami harus mempersiapkan laga seperti yang lain dengan pendekatan yang sama," ucap  Abelardo Fernandez.

Pertandingan nanti menjadi pertemuan ke-17 untuk kedua tim. Real Madrid sejauh ini tampil dominan dengan meraih 13 kemenangan, Deportivo Alaves baru memenangi satu laga, dan dua laga sisanya berakhir imbang.

Data - Fakta

 

Head to head

  • 24/2/2018 - Real Madrid 4-0 Deportivo Alaves (La Liga)
  • 23/9/2017 - Deportivo Alaves 1-2 Real Madrid (La Liga)
  • 2/4/2017 - Real Madrid 3-0 Deportivo Alaves (La Liga)
  • 29/10/2016 - Deportivo Alaves 1-4 Real Madrid (La Liga)
  • 19/2/2016 - Real Madrid 3-0 Deportivo Alaves (La Liga)

Lima pertandingan terakhir Deportivo Alaves

  • 30/9/2018 - Levante 2-1 Deportivo Alaves (La Liga)
  • 28/9/2018 - Deportivo Alaves 1-1 Getafe (La Liga)
  • 22/9/2018 - Rayo Vallecano 1-5 Deportivo Alaves (La Liga)
  • 16/9/2018 - Real Valladolid 0-1 Deportivo Alaves (La Liga)
  • 2/9/2018 - Deportivo Alaves 2-1 Espanyol (La Liga)

Lima pertandingan terakhir Real Madrid

  • 3/10/2018 - CSKA Moskow 1-0 Real Madrid (Liga Champions)
  • 30/9/2018 - Real Madrid 0-0 Atletico Madrid (La Liga)
  • 27/9/2018 - Sevilla 3-0 Real Madrid (La Liga)
  • 23/9/2018 - Real Madrid 1-0 Espanyol (La Liga)
  • 20/9/2018 - Real Madrid 3-0 AS Roma (Liga Champions)

Prediksi Bola.com

Deportivo Alaves 45-55 Real Madrid

Prediksi Starter

Prakiraan susunan pemain

Deportivo Alaves (4-4-2): Fernando Pacheco (kiper); Martin Aguirregabiria, Victor Laguardia, Guillermo Maripan, Ruben Duarte (belakang); Ibai Gomez, Manu Garcia, Mubarak Wakaso, Jony (tengah); Ruben Sobrino, John Guidetti (depan)

Pelatih: Abelardo Fernandez (Spanyol)

Real Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois (kiper); Alvaro Odriozola, Raphael Varane, Sergio Ramos, Nacho (belakang); Luka Modric, Toni Kroos, Dani Ceballos (tengah); Gareth Bale, Karim Benzema, Marco Asensio (depan)

Pelatih: Julen Lopetegui (Spanyol)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kesulitan Via Vallen saat Pertama Kali Nyanyi Lagu Korea

Posted: 05 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Via Vallen untuk pertama kalinya manggung membawakan lagu berbahasa Korea. Via Vallen membawakan lagu Ddu-Du Ddu-du milik girlband Blackpink.

Hal itu diakuinya melalui unggahannya di Instagram pada Jumat (5/10/2018). Dalam keterangan unggahan tersebut, Via Vallen mengaku kesulitan.

"hit you with that ddu du ddu du. untuk pertama kalinya nyobain nyanyi lagu berbahasa korea belibet belipet piyeee ngonoo 🙈," tulis Via Vallen.

Lagu milik Blackpink ini disulap menjadi versi koplo oleh Via Vallen.

 

Koplo

Hut Indosiar ke 23 (Deki Prayoga/bintang.com)

"Ddu du ddu du versi koplo ini sudah ada di youtube chanel " Via Vallen Official Youtube " yaaa," lanjutnaya.

 

Dipuji

Via Vallen (Foto: Deki Prayoga/Bintang.com)

Rupanya lagu Ddu-du Ddu-du versi koplo ini menarik perhatian warganet. Baru dua hari diunggah, video tersebut sudah disaksikan lebih dari setengah juta penonton. Tak hanya mendapat pujian dari warganet, rekan artis pun memuji Via Vallen. Salah satunya adalah Wika Salim.

"Aaaahhhhh juaraaaaa 😍😍🔥🔥🔥," kata Wika Salim.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seminggu Usai Gempa, PMI: Masih Banyak Daerah Terisolasi di Donggala dan Sigi

Posted: 05 Oct 2018 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Palang Merah Indonesia (PMI) menyebutkan, masih banyak daerah di Donggala, Sulawesi Tengah, yang terisolasi akibat gempa dan tsunami yang terjadi pada Jumat, 28 September lalu. Salah satunya Kecamatan Banawa.

Kepala Biro Humas PMI Pusat Aulia Arriani mengatakan, daerah tersebut terisolasi karena sulitnya akses menuju lokasi, lantaran banyak reruntuhan bangunan. Selain itu, tidak ada alat transportasi yang cukup untuk menjangkau Banawa.

"Di situ (Banawa) menurut pantauan teman-teman, belum mendapatkan bantuan sehingga kami coba masuk ke sana kemudian distribusi air. Kebutuhan mendesak mereka seperti peralatan bayi," kata Aulia Arriani di acara 'Palu Retak' di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (6/10/2018).

Selain di Donggala, lanjut dia, masih ada beberapa kecamatan di Sigi, Sulawesi Tengah yang juga terisolasi. Daerah tersebut adalah Kecamatan Lindu, Kolawi, Kolawi Selatan, dan Titikor.

"Sepertinya masih banyak daerah yang belum tersentuh. Saya dapat informasi juga dari relawan masih ada tujuh daerah terisolir di Palu" sambung dia.

Aulia Arriani memastikan relawan PMI terus membantu menangani korban gempa dan tsunami di Palu, Donggala, dan Sigi. Saat ini, sudah ada 426 relawan PMI yang bergerak di lokasi.

"Kita fokus sejak kemarin didistribusi bantuan, setelah sebelumnya kita fokus evakuasi. Seiring dengan itu, kita masih assessment untuk darah-darah bagi yang belum dapat bantuan," jelasnya.

 

Stok Darah Aman

Khusus stok darah untuk korban luka berat, Aulia Arriani memastikan, masih aman. Dari data yang ada, masih ada 100 kantong darah yang disediakan PMI di Sulawesi Tengah.

"Proses donor darah juga terus berjalan, karena kita imbau kepada masyarakat lokal untuk mendonorkan darah. Jadi stok darah aman," katanya.

Gempa magnitudo 7,4 disusul tsunami menimpa Palu-Donggala, Sulawesi Tengah pada Jumat, 28 September 2018. Akibat bencana ini, 1.571 orang meninggal dunia dan 113 orang lainnya hilang.

Sementara korban luka berat sebanyak 2.549 orang. Sampai saat ini, mereka masih menjalani perawatan di rumah sakit.

Data korban tersebut disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho pada Jumat, 5 Oktober kemarin. Tidak tertutup kemungkinan, jumlah korban akan terus bertambah mengingat proses evakuasi sedang berjalan.

Reporter: Titin Supriatin

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diperketat, Pengamanan Acara Pembukaan Asian Para Games 2018

Posted: 05 Oct 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Acara pembukaan Asian Para Games 2018 akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan,  Jakarta, Sabtu (6/10/2018) malam WIB. Berbagai persiapan telah dilakukan Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 (Inapgoc).

Termasuk soal keamanan. Sebanyak 7.913 personel keamanan akan dikerahkan untuk mengamankan jalannya upacara pembukaan Asian Para Games 2018.

Ketatnya pengamanan membuat penonton tidak diperbolehkan membawa kendaraan masuk ke kompleks Gelora Bung Karno. Bahkan, atlet dan tamu VIP pun akan dijemput dari Para Village dan Hotel tempat mereka menginap.

Mereka akan disediakan kendaraan oleh panitia penyelenggara Asian Para Games 2018. Akses masuk penonton ke GBK dibuka melalui gerbang 5, 6 dan 7. Sementara pintu 1 dibuka khusus bagi tamu VIP.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Rekayasa Lalu Lintas

Kawasan GBK masih bisa dilalui kendaraan masyarakat umum jelang pembukaan Asian Para Games 2018 (Bola.com/Muhammad Ivan Rida)

Di sisi lain, Polda Metro Jaya akan melakukan rekayasa lalu lintas saat upacara pembukaan Asian Para Games 2018 di Jakarta.

"Pukul 07.00 ruas jalan yang ada di sekitar GBK susah kami mulai lakukan penutupan," kata Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya Kombes Pol Slamet Hadi S, seperti dilansir Antara.

Polisi akan memberlakukan penutupan di ruas Jalan Gatot Subroto yang mengarah ke Jalan Gerbang Pemuda hingga ke Hotel Mulia.

Kemudian dari Hotel Mulia, sisi dalam Jalan Asia Afrika ditutup untuk umum hingga Jalan Pintu Satu Senayan, sekitaran Hotel Fairmount.

Kendaraan Khusus

Sementara itu, Direktur Transportasi Inapgoc, Adrianto Djokosoetono, mengimbau penonton yang memiliki kebutuhan khusus disarankan masuk melalui pintu 5 dan 6 karena panita penyelenggara akan menyediakan kendaraan untuk menjemput berupa mobil buggy dan becak motor, bagi penonton yang menggunakan kursi roda.

Sementara di pintu 7, panitia hanya menyediakan bus penjemput biasa. Pintu 10 akan digunakan untuk pintu masuk atlet, ofisial, kontingen, delegasi dan media.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pembukaan Asian Para Games 2018 Bakal Berlangsung Meriah

Posted: 05 Oct 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Acara pembukaan Asian Para Games 2018 akan digelar Sabtu malam (6/10/2018) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. Rencananya, Asian Para Games 2018 akan berlangsung hingga 13 Oktober 2018 mendatang.

Komite Paralimpiade Asia (APC) yakin upacara pembukaan Asian Para Games 2018 bakal semarak seperti opening ceremony Asian Games.

"Saya percaya semua orang akan menikmatinya seperti upacara pembukaan Asian Games meskipun ada perbedaan rasa," kata Sekretaris Jenderal APC Tarek Souei, dikutip Antara.

Namun, Tarek tidak merinci susunan acara atau hiburan pada upacara pembukaan Asian Para Games 2018. Dia menegaskan hal itu masih menjadi rahasia panitia dan belum dapat diungkapkan ke masyarakat.

Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 (Inapgoc) menjual tiket upacara pembukaan dalam empat kategori harga yaitu Rp 500 ribu, Rp 750 ribu, Rp 1,5 juta, dan Rp 2,5 juta.

 

<p><em><strong>* Update Terkini <a href="https://www.liputan6.com/tag/asian-para-games-2018">Asian Para Games 2018</a> Mulai dari <a href="https://www.liputan6.com/bola/read/3659142/jadwal-lengkap-asian-para-games-2018-dan-cabang-olahraga-yang-dipertandingkan">Jadwal Pertandingan</a>, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di <a href="https://www.liputan6.com/asian-para-games">Sini</a>.</strong></em></p>

Lebih Bagus

Petugas PLN Distribusi Jawa Barat memeriksa jaringan kabel saat pelaksanaan Apel Kesiapan Pasokan Listrik dan Petugas di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (7/8). Kegiatan itu untuk menyambut kesiapan PLN jelang Asian Games 2018. (Merdeka.com/Arie Basuki)

APC, lanjut Tarek, menilai persiapan Indonesia dalam penyelenggaraan Asian Para Games sudah lebih bagus jelang dua pekan upacara pembukaan.

"Akomodasi sudah siap lebih awal. Aksesibilitas di wisma atlet juga teratasi. Ini adalah pertama kalinya wisma para games punya 1000 lift untuk pengguna kursi roda yang dapat dipakai dalam waktu bersamaan," ujar pria asal Uni Emirat Arab itu.

Upacara Penutupan

Meski upacara pembukaan berlangsung di SUGBK, Inapgoc akan menggelar upacara penutupan di Stadion Madya Senayan.

"Karena kami tidak punya waktu cukup untuk transisi stadion dari perlombaan atletik ke upacara penutupan. Asian Games berlangsung dua minggu, sedangkan Asian Para Games hanya berlangsung sepekan untuk menggelar 18 cabang olahraga," ujar Tarek.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenhub Kebut Pembenahan Bandara Palu Pasca Gempa

Posted: 05 Oct 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kebut pembenahan dan perbaikan terhadap kerusakan-kerusakan di Bandara SIS Al-Jufri. 

Ini untuk memaksimalkan pelayanan kepada penumpang dari dan menuju Palu, serta mengakomodir para relawan yang datang ke Palu serta memberikan akses bagi pendistribusian bantuan kemanusiaan

"Pembenahan dan perbaikan sedang dilakukan. Pembersihan gedung terminal dan pengecekkan struktur telah dilakukan dan sedang mempersiapkan penguatan struktur serta perbaikan lainnya sehingga lantai 1 dapat dipergunakan sementara. Insyaallah hari minggu bisa beroperasi optimal," ujar Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Udara M. Pramintohadi Sukarno dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (6/10/2018).

Selain perbaikan gedung terminal, saat ini juga dilakukan perbaikan runway yang mengalami keretakan yaitu runway 15. Perbaikan di runway 15 terus dilakukan dan ditargetkan pada 11 Oktober dapat difungsikan menjadi sepanjang 2250 x 45 m.

"Pekerjaan cor lean concrete runway 15 mulai hari ini dilakukan, mudah-mudahan pada 11 atau 12 Oktober runway 15 telah dapat digunakan sepanjang 2.250x45m agar dapat didarati oleh pesawat yang lebih besar," ungkap dia.

Berdasarkan data dari Bandara Palu, pada 4 Oktober 2018 telah ada delapan penerbangan yang beroperasi dengan rute Makassar-Palu-Makassar dan Balikpapan-Palu-Balikpapan. Delapan penerbangan ini mengangkut penumpang sebanyak 1.096 orang penumpang yang terdiri dari penumpang naik sebanyak 543 orang dan penumpang turun sebanyak 553 orang. 

Penerbangan dari dan ke Palu dilayani oleh tiga maskapai yaitu Garuda Indonesia, Wings Air dan Nam Air yang rata-rata mengangkut penumpang 60-72 orang. Sementara, untuk cargo BNPB diangkut dengan pesawat My Indo Airlines.

"Kemarin, pergerakan penumpang dari dan ke Palu yang diangkut dengan pesawat udara mencapai 1.096 orang sedangkan cargo total bantuan BNPB yang diangkut dengan My Indo Airlines telah mencapai 75 ton," kata dia.

 

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

 

Layanan Navigasi Penerbangan

Ratusan calon penumpang berebut masuk ke pesawat Wings Air tujuan Makasar di Bandara Mutiara Palu, Selasa (2/10). Mereka sudah memesan atau memiliki tiket penerbangan sebelum gempa terjadi. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Layanan navigasi penerbangan pun telah banyak mengalami kemajuan dan telah beroperasi dengan normal. Jumlah traffic yang dilayani secara keseluruhan pada 5 Oktober 2018 sampai dengan pukul 07.45 UTC (15.45 WITA) sebanyak 79 movement yang terdiri dari 41 kedatangan dan 38 keberangkatan. 

Kondisi fasilitas pun secara keseluruhan telah berangsur normal hanya tinggal PAPI Runway 33 masih dalam keadaan unserviceble dan parking stand pesawat terbatas.

"Jumlah personil ATS/Air Traffic Service yang bertugas berjumlah 14 personil (aktif melaksanakan pemanduan di Tower Darurat sebanyak 12 personil ATC/Air Traffic Controller) sedangkan 2 personil lagi adalah personil ACO (personil komunikasi penerbangan)," ujar dia.

Sedangkan untuk personel yang menangani keamanan penerbangan saat ini terdapat 27 orang Avsec dan 17 orang personel PKP-PK. Untuk kegiatan PKP-PK saat ini tersedia 2 unit Kendaraan Utama, 2 unit Kendaraan Ambulance, 1 unit Kendaraan Serba Guna dan 1 unit Kendaraan Commando Car, dengan tingkat layanan kategori 7.

"Untuk mendukung operasional di Bandara Palu, saat ini dibantu personel dari bandara terdekat serta Angkasa Pura 1 dan Angkasa Pura 2," kata Pramintohadi.

Bagi masyarakat yang membutuhkan informasi lebih lanjut, Kementerian Perhubungan sudah membuka Posko Siaga Kementerian Perhubungan Lt. 4 Gedung Karsa di nomor telepon (021) 3456614, (021) 3451364, 0813-8525-3006 dan Posko Siaga Kantor Otoritas Bandara Wilayah V Makassar di nomor 0852-9828-6512.‎

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Festival Pesona Raja Ampat 2018 Bakal Beri Pengalaman Tak Terlupakan

Posted: 05 Oct 2018 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Festival Pesona Raja Ampat kembali hadir 18-21 Oktober 2018. Event ini sangat ditunggu-tunggu traveler. Acaranya dipusatkan di Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat di Pulau Waigeo, Papua Barat. Pengalaman tak terlupakan akan didapat dari sini.

Dijelaskan Menteri Pariwisata Arief Yahya, keindahan menakjubkan dari Kepulauan Raja Ampat adalah daya tarik utamanya.

"Tapi, Anda juga akan dibawa ke tempat snorkeling dan diving di seluruh pulau. Asal tahu saja, Raja Ampat mendapat gelar tempat Snorkeling dan Diving Terbaik Dunia oleh CNN Travel. Inilah surganya para penyelam dan snorkeling," ujar menteri yang memimpin Kementerian Pariwisata Terbaik 2018 di Asia Pasifik, Jumat (5/10).

Festival ini menawarkan banyak kesempatan untuk eksplorasi laut Raja Ampat. Di sini Anda akan menjumpai paus, lumba-lumba, dugong, kura-kura dan banyak lagi. Raja Ampat juga menjadi jantung segitiga karang dunia.

"Dijamin Anda akan mendapatkan pengalaman yang benar-benar tak terlupakan di Festival Pesona Raja Ampat. Ayo berwisata ke Raja Ampat," cetus Menpar Arief Yahya.

Atraksinya oke. Ada pertunjukkan seni dan budaya tradisional. Kemudian ada parade perahu tradisional yang dihias dan beach clean. Selain itu ada pesta rakyat dan bazar bersama ribuan warga lokal.

Aneka lomba juga banyak. Mulai kompetisi underwater photo, lomba foto jurnalistik, lomba memasak makanan laut, lomba menari, dan kontes seni.

Kepala Dinas Pariwisata Raja Ampat, Yusdi N Lamatenggo mengatakan, festival ini didukung oleh Pemerintah Provinsi Papua Barat dan Kementerian Pariwisata. Tujuannya, untuk terus mengenalkan keajaiban laut yang murni dan keindahan budaya Raja Ampat ke seluruh dunia.

"Festival ini diharapkan dapat menjadi ajang promosi pesona Raja Ampat. Selain itu juga dapat memajukan perekonomian daerah," ujar Yusdi.

Ia optimis dengan event tahunan tersebut akan mampu menarik kunjungan wisatawan. Baik mancanegara maupun domestik. Selain itu, acara ini akan menjadi tempat tampilnya kreativitas masyarakat Raja Ampat.

Untuk sampai ke Raja Ampat Anda harus terlebih dahulu mengambil penerbangan dari Jakarta atau Makassar ke Sorong. Ada pesawat kecil untuk membawa Anda ke Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat.

Atau Anda bisa naik kapal feri dari pelabuhan Sorong ke pulau-pulau. Lokasinya bisa ditempuh dalam waktu 3 jam jika naik speedboat dari Kota Sorong.

"Bila ingin dapat pemandangan menarik, sebaiknya naik kapal. Lumba-lumba bisa dilihat setiap hari. Terutama saat perjalanan dari Sorong ke Raja Ampat. Wisatawan bisa melihat lumba-lumba di perairan lepas," ungkapnya.

Jika Anda beranggapan hotel di Raja Ampat itu mahal, homestay bisa menjadi opsi lain. Sebab homestay di Raja Ampat rata-rata menawarkan rate di bawah Rp 500 ribu. Beberapa homestay yang direkomendasikan TripAdvisor di antaranya Kordiris Homestay, Yenkoranu Homestay, dan Mambetron Homestay.

"Menginap di homestay tak hanya murah, tapi ada banyak kegiatan seru yang dapat Anda lakukan di sekitar penginapannya. Selain diving dan snorkeling, Anda juga bisa bird watching atau kegiatan melihat burung cendrawasih dari dekat," pungkas Yusdi.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polda Sulsel Buru Penyebar Hoaks soal Anak Korban Gempa Palu Butuh Diadopsi

Posted: 05 Oct 2018 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Makassar - Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Sulsel menggandeng Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri memburu penyebar hoaks tentang anak korban gempa Palu butuh orangtua adopsi.

"Kita sedang berkoordinasi dengan tim cyber Bareskrim untuk mengejar pelaku yang menyebarkan semua kabar hoaks. Termasuk penyebar kabar jika anak korban gempa Palu butuh segera orangtua adopsi," kata Kepala Bidang Humas Polda Sulsel, Kombes Dicky Sondani via pesan singkat, Jumat 5 Oktober 2018.

Perwira berpangkat tiga bunga melati tersebut mengakui jika belakangan banyak kabar hoaks seiring peristiwa bencana gempa Palu.

Selain penyebar kabar terkait anak korban gempa Palu yang sedang dievakuasi di Makassar butuh diadopsi, kabar hoaks lainnya yakni terkait bendungan Bili-Bili yang merupakan bendungan terbesar di Sulsel juga diisukan retak akibat gempa rentetan yang bermula dari Kota Palu.

"Kalau penyebar kabar hoaks terkait bendungan Bili-Bili yang terdapat di Kabupaten Gowa retak, itu sudah kita amankan sejak 3 Oktober 2018 kemarin," terang Dicky.

Pelakunya, beber Dicky, seorang pelajar asal Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 10 Kabupaten Jeneponto yang masih duduk di bangku kelas 3. Ia inisialnya AIS (17).

"Yang bersangkutan merupakan warga Desa Campagaloe, Kabupaten Jeneponto dan saat ini ia magang di Pengadilan Negeri Jeneponto," beber Dicky.

Atas perbuatannya, pelaku disangkakan dengan pidana pasal 14 ayat 2 UU RI No. 1 tahun 1946 dan atau Pasal 15 UU RI No 1 tahun 1946.

"Namun karena terduga penyebar hoaks ini masih terbilang anak di bawah umur, maka kita tidak tahan. Tapi proses hukum tetap akan berjalan," jelas Dicky.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

Tim Cyber Melacak Nomor Whataspp Pelaku hingga ke Kabupaten Bantaeng

Pelajar inisial AIS (17) diamankan tim cyber Polda Sulsel karena diduga menyebar kabar hoaks terkait bendungan bili-bili di Kabupaten Gowa retak karena gempa (Liputan6.com/ Eka Hakim)

Unit cybercrime Dit Reskrimsus Polda Sulsel berangkat ke Kabupaten Bantaeng menyelidiki keberadaan pelaku setelah mendapat laporan, Senin 1 Oktober 2018 sekitar pukul 17.00 Wita.

"Keberadaan pelaku terdeteksi berada di Kabupaten Bantaeng. Namun, saat tim berada di sana, kontak Whatsapp pelaku tidak aktif. Sehingga tim kembali melacak dengan cara lain dan akhirnya keberadaan pelaku ditemukan di Kabupaten Jeneponto, Sulsel.

"Tim lalu menuju Kabupaten Jeneponto dan berhasil mengamankan pelaku saat sedang bertugas magang di Pengadilan Negeri Jeneponto tepatnya pukul 07.00 Wita. Pelaku dan barang bukti handpone yang digunakan menyebar kabar hoaks terkait bendungan bili-bili retak karena gempa langsung di bawa ke Mapolda Sulsel guna penyidikan lebih lanjut," urai Dicky.

Dari hasil penyidikan, pelaku inisial AIS diduga sebagai pemilik akun facebook yang mengupload gambar dengan isi himbaun agar warga Sulsel tidak terlalu nyenyak tidurnya dikarenakan bendungan Bili-Bili retak akibat gempa. Ia diduga menyebarkan kabar hoaks saat berada di Kantor Pengadilan Agama Kabupaten Jeneponto.

Hal tersebut juga diakui pelaku saat diinterogasi. Ia mengaku bahwa tanggal 28 September pukul 21.00 Wita, ia melihat unggahan teman sekolahnya di grup Whatsapp "Pemuda-Pemudi Hijrah" terkait gambar dengan tulisan "himbauan warga sulsel agar tidak terlalu nyenyak tidurnya dikarenakan bendungan bili-bili retak akibat gempa".

Melihat unggahan gambar tersebut, pelaku kemudian mengunduh gambar itu dan membuka akun Facebook-nya. Sekitar 28 September 2018 pukul 21.31 Wita, pelaku lalu mengunggah gambar tersebut di grup Facebook SURAT (suara rakyat turatea) dengan caption gambar "BuatWargaMakassarWasapadalahSmgaPrivenaiKtaJauhDriMusibahInYaAllahAminn".

"Setelah pelaku memposting gambar tersebut di grup facebook SURAT (suara rakyat turatea), pelaku kemudian mempertanyakan kepada Fida bahwa apakah tulisan dalam gambar tersebut benar, namun temannya itu tidak menjawab pertanyaan tersebut," Dicky menandaskan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Catat, Ini Pintu Masuk Pengunjung Saat Pembukaan Asian Para Games di GBK

Posted: 05 Oct 2018 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tidak semua pintu masuk di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta dibuka saat pembukaan Asian Para Games 2018 Sabtu malam nanti. Petugas telah mengatur pintu-pintu yang dapat dilalui pengunjung.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Refdi Andri mengatakan, ada tiga pintu yang dibuka untuk pengunjung pembukaan Asian Para Games 2018. Para pengunjung bisa masuk melalui Pintu 5, 6, dan 7 yang ada di sisi Jalan Sudirman.

"Bahwa nanti semua pengunjung akan masuk di pintu 5, 6, dan 7. Kita perkuat pergerakan di sana," ujar Refdi saat meninjau pengalihan arus lalu lintas di sekitar GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (6/10/2018).

Sedangkan Pintu 2, 3, dan 4 yang ada di sepanjang Jalan Pintu Satu Senayan ditutup. Khusus Pintu 2 dibuka sementara untuk keperluan mobilisasi logistik Asian Para Games

"Selain pergerakan logistik juga kita siapkan di Pintu 8. Untuk Pintu 9 kita tutup karena di JCC ada kegiatan pameran," katanya.

 

Pintu Khusus Atlet

Sementara Pintu 10 yang berada di Jalan Gerbang Pemuda atau persis di depan TVRI dibuka khusus untuk rombongan atlet, official, wasit, juri, dan volunteer. Kemudian Pintu 11 dibuka untuk masuk para awak media yang sudah terdaftar.

"Kalau Pintu 1 dibuka untuk VVIP," ucap Refdi.

Petugas telah menyiapkan kantong parkir di beberapa gedung atau perkantoran yang ada di sekitar kawasan GBK, Senayan. Petugas juga menyiapkan shuttle bus untuk mengangkut pengunjung dari kantong-kantong parkir.

Kantong parkir untuk minibus dan sepeda motor tersedia di Senayan City, Ratu Plaza, Panin Bank, Kemendikbud, dan Hotel Fairmont.

Sedangkan kantong parkir yang siap menampung bus, minibus, dan motor terdapat di Gedung MPR/DPR RI, Manggala Wanabakti, SCBD, Plaza Senayan, serta Hotel Mulia.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahasiswa Universitas Tadulako Palu Bisa Kuliah Sementara di UI

Posted: 05 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pasca gempa Palu, mahasiswa Universitas Tadulako Palu, Sulawesi Tengah bisa menjalani kuliah sementara di 14 fakultas di Universitas Indonesia (UI). Kegiatan perkuliahan di Universitas Tadulako harus dihentikan sementara karena kampus tengah menjalani proses rekonstruksi bangunan dan operasional. 

"Duka yang dirasakan masyarakat Palu-Donggala dan wilayah lainnya turut dirasakan pula oleh segenap bangsa Indonesia, khususnya sivitas akademika UI. Untuk itu, UI mendukung sepenuhnya penyelenggaraan Kuliah Sementara atau "Sit in" yang diinisiasi Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI)," ungkap Rektor UI Muhammad Anis dalam keterangan rilis yang beredar di grup media, ditulis Jumat (5/10/2018). 

Bagi mahasiswa Universitas Tadulako yang tengah kembali ke daerah asalnya di DKI Jakarta, Depok, dan sekitarnya dipersilakan melaporkan diri ke Direktorat Pendidikan Universitas Indonesia di Gedung Pusat Administrasi UI Kampus Depok, Jawa Barat. Sehingga mahasiswa tersebut bisa mengikuti perkuliahan sesuai dengan jurusan yang diambil di universitas asal.

Fakultas yang tersedia di UI yang bisa dijadikan tujuan kuliah sementara mahasiswa Universitas Tadulako Palu meliputi Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Keperawatan, Kesehatan Masyarakat, Farmasi, Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Ilmu Pengetahuan Budaya, Ekonomi dan Bisnis, Psikologi, Ilmu Administrasi, Teknik, Ilmu Komputer, serta Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dan Program Vokasi (Diploma 3). 

Untuk perkuliahan sementara di Fakultas Kedokteran, kelas sit in diperuntukkan bagi mahasiswa Univeristas Tadulako yang sudah masuk fase klinik.   

 

 

Simak video menarik berikut ini:

Selenggarakan pendidikan jarak jauh

Warga membawa papan bertuliskan Kami Butuh Bantuan Pak Jokowi di atas reruntuhan puing pasca gempa bumi dan tsunami di Jalan Trans Sulawesi, Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (4/10). (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Anis juga menegaskan, UI berkomitmen memberikan layanan birokrasi yang nyaman dan mudah. Ini karena mahasiswa Universitas Tadulako Palu juga memiliki hak untuk memperoleh akses pendidikan.

"Dalam waktu dekat, UI juga akan menyelenggarakan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) bagi 600 mahasiswa Universitas Tadulako dengan mata kuliah Hukum Kekayaan Intelektual," Anis melanjutkan. 

Diharapkan segenap sivitas akademika Universitas Tadulako beserta institusi pendidikan di wilayah Palu yang terkena dampak bencana dapat segera pulih dan diberikan kesabaran dan ketabahan, lanjut Anis. Kegiatan belajar mengajar di kampus Universitas Tadulako juga diharapkan berjalan kembali dengan baik atas dukungan seluruh pihak.   

  

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Danilla hingga Koil Guncang Panggung Synchronize Festival 2018

Posted: 05 Oct 2018 09:00 PM PDT

Aksi panggung vokalis band Koil dalam acara Synchronize Festival dikawasan Jiexpo, Jakarta, Jumat (5/10). Dalam penampilannya mereka membawakan lagu-lagu andalanya seperti 'Aku lupa aku luka','Kenyataan dalam dunia fantasi'. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aksi panggung vokalis band Koil dalam acara Synchronize Festival dikawasan Jiexpo, Jakarta, Jumat (5/10). Dalam penampilannya mereka membawakan lagu-lagu andalanya seperti 'Aku lupa aku luka','Kenyataan dalam dunia fantasi'. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penampilan vokalis band The Upstairs dalam acara Synchronize Festival dikawasan Jiexpo, Jakarta, Jumat (5/10). Dalam penampilanya The Upstairs membawakan lagu terbaiknya seperti Matraman, Disko Darurat, Terekam. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penampilan vokalis band The Upstairs dalam acara Synchronize Festival dikawasan Jiexpo, Jakarta, Jumat (5/10). Dalam penampilanya The Upstairs membawakan lagu terbaiknya seperti Matraman, Disko Darurat, Terekam. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penampilan musisi Danilla saat tampil dalam Synchronize Festival 2018 di kawasan Jiexpo, Jakarta, Jumat (5/10). Dalam penampilannya Danilla membawakan sejumlah lagu seperti Ada disana, berdistraksi, terpaut oleh waktu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penampilan musisi Danilla saat tampil dalam Synchronize Festival 2018 di kawasan Jiexpo, Jakarta, Jumat (5/10). Dalam penampilannya Danilla membawakan sejumlah lagu seperti Ada disana, berdistraksi, terpaut oleh waktu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aksi panggung vokalis band Koil dalam acara Synchronize Festival dikawasan Jiexpo, Jakarta, Jumat (5/10). Dalam penampilannya mereka membawaka lagu-lagu andalanya seperti 'Aku lupa aku luka','Kenyataan dalam dunia fantasi'. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aksi panggung vokalis band Koil dalam acara Synchronize Festival dikawasan Jiexpo, Jakarta, Jumat (5/10). Dalam penampilannya mereka membawaka lagu-lagu andalanya seperti 'Aku lupa aku luka','Kenyataan dalam dunia fantasi'. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penampilan musisi Danilla saat tampil dalam Synchronize Festival 2018 di kawasan Jiexpo, Jakarta, Jumat (5/10). Dalam penampilannya Danilla membawakan sejumlah lagu seperti Ada disana, berdistraksi, terpaut oleh waktu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penampilan musisi Danilla saat tampil dalam Synchronize Festival 2018 di kawasan Jiexpo, Jakarta, Jumat (5/10). Dalam penampilannya Danilla membawakan sejumlah lagu seperti Ada disana, berdistraksi, terpaut oleh waktu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aksi panggung gitaris dan drummer band Koil dalam acara Synchronize Festival dikawasan Jiexpo, Jakarta, Jumat (5/10). Koil membawakan lagu-lagu andalanya seperti 'Aku lupa aku luka','Kenyataan dalam dunia fantasi'. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aksi panggung gitaris dan drummer band Koil dalam acara Synchronize Festival dikawasan Jiexpo, Jakarta, Jumat (5/10). Koil membawakan lagu-lagu andalanya seperti 'Aku lupa aku luka','Kenyataan dalam dunia fantasi'. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penampilan band The Upstairs dalam acara Synchronize Festival dikawasan Jiexpo, Jakarta, Jumat (5/10). Dalam penampilanya The Upstairs membawakan lagu terbaiknya seperti Matraman, Disko Darurat, Terekam. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penampilan band The Upstairs dalam acara Synchronize Festival dikawasan Jiexpo, Jakarta, Jumat (5/10). Dalam penampilanya The Upstairs membawakan lagu terbaiknya seperti Matraman, Disko Darurat, Terekam. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penampilan vokalis band The Upstairs dalam acara Synchronize Festival dikawasan Jiexpo, Jakarta, Jumat (5/10). Dalam penampilanya The Upstairs membawakan lagu terbaiknya seperti Matraman, Disko Darurat, Terekam. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penampilan vokalis band The Upstairs dalam acara Synchronize Festival dikawasan Jiexpo, Jakarta, Jumat (5/10). Dalam penampilanya The Upstairs membawakan lagu terbaiknya seperti Matraman, Disko Darurat, Terekam. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sudah Lebih Tenang, Pasha Ungu Salat Jumat Bareng Warga Palu

Posted: 05 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tepat tujuh hari sudah gempa dan tsunami melanda Palu, Donggala, dan sebagian wilayah Sulawesi Tengah. Sebagai Wakil Walikota Palu, Pasha Ungu terus menyampaikan perkembangan terkini kondisi di Palu.

Jumat (5/10/2018), Pasha Ungu menyebut bahwa kondisi sudah semakin membaik. Hal itu diketahui melalui unggahan video di Instagramnya.

Dalam video tersebut, Pasha Ungu tampak berinteraksi dengan para warga saat mereka melaksanakan ibadah salat Jumat.

Dalam keterangan unggahan tersebut, Pasha Ungu juga mengatakan bahwa kondisi masyarakat di Palu sudah jauh lebih tenang.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Lebih Tenang

Pasha Ungu dan istri Adelia Wilhelmina. Sumber: Instagram/adeliapasha

"Hari ini tepat hari ke-7 pasca gempa tsunami.. Alhamdulillah masyarakat sudah sedikit lebih tenang dan bisa melaksanakan ibadah sholat Jumat.. insya Allah berkah.. #palubangkit #palubisa#bismillah," tulis Pasha Ungu.

Dukungan Morel

Jadi korban gempa di Palu, Pasha Ungu dan istri tidur di tenda pengungsian. (instagram/adeliapasha)

Unggahan tersebut direspons masyarakat dan sahabat-sahabat Pasha Ungu. Mereka memberikan dukungan moril kepada Pasha Ungu dan masyarakat Palu yang menjadi korban.

"Semoga selalu diberikan ketabahan dan kesehatan yach A'...🙏🙏🙏 do'a kita ngga pernah putus untuk saudara2 kita disana...🙏🙏🙏 @pashaungu_vm," tulis Fitri Carlina.

"Alhamdulillah barakallah bro semoga proses pemulihan datang lebih cepat," tulis @ariekuntung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Insiden Tisu Toilet di Sepatu Bikin Donald Trump Diolok-Olok Warganet

Posted: 05 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Washington DC - Donald Trump kembali diejek warganet. Presiden Amerika Serikat ini dihujani ucapan bernada mengejek di media sosial hanya karena selembar tisu toilet. Apa yang terjadi?

Rupanya, Orang Nomor Satu di Negeri Paman Sam itu tak sadar bahwa ada kertas putih yang menempel di sepatunya, saat ia menaiki tangga Air Force One.

Dalam sebuah video yang beredar di jagat maya, benda tipis tersebut tampak berkibar kecil selama Trump menapaki anak tangga pesawat kepresidenan AS. Akan tetapi, pemimpin kontroversial itu tidak menyadarinya, hingga akhirnya ia tiba di pintu kabin.

Mengutip Mirror, Sabtu (6/10/2018), Donald Trump dikabarkan hendak melakukan perjalanan dinas ke Minnesota, ketika sebuah stasiun televisi lokal, KSTP-TV, meliput keberangkatannya.

Trump terlihat keluar dari dalam limosin dan langsung menuju tangga Air Force One. Namun sial baginya, ternyata ada sepotong tisu toilet berukuran cukup panjang yang menempel di sepatu kirinya.

Tisu toilet itu baru terlepas dari kaki Donald Trump ketika ia sampai di pintu kabin, berbalik badan, melambaikan tangan ke awak media dan berjalan masuk ke ruangannya. 

Tentu saja peristiwa yang tampak konyol itu langsung menjadi buah bibir pengguna media sosial.

Sementara itu, akun lain ada yang mencibir sembari mengunggah foto kocak Donald Trump tersebut.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

Kepal Tinju Donald Trump Saat Peringati Serangan 9/11

Donald Trump saat tiba di Pennsylvania, Amerika Serikat untuk mengenang tragedi serangan teroris 9/11. (Nicholas Kamm / AFP)

Donal Trump dikenal dunia internasional sebagai pria pembuat sensasi dan lelaki kontroversial. Banyak orang yang tidak menyukai tingkah lakunya yang terkadang menyebalkan. Salah satunya saat ia menghadiri peringatan tragedi 9/11.

Saat tiba di Pennsylvania untuk mengikuti upacara peringatan serangan 11 September 2001, ia menyapa para pendukungnya dengan kepal tinju.

Dalam sebuah foto yang beredar di media massa internasional, Presiden ke-45 Amerika Serikat terlihat mengepalkan kedua tangannya, sembari berjalan menuju lokasi di mana ia hendak memberikan penghormatan untuk korban meninggal dari serangan teror paling mengerikan tersebut --termasuk para penumpang pesawat United Airlines dengan nomor penerbangan 93 yang dibajak Al Qaeda.

Trump datang dengan didampingi Ibu Negara Melania Trump. Gambar itu dibagikan oleh para wartawan yang meliput di sana dan seketika mendadak viral di media sosial karena para kritikus mengomentari tingkah laku sang presiden. Demikian seperti dikutip dari The Independent, Selasa 11 September 2018.

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Gedung Putih Sarah Huckabee Sanders mengatakan, "Fokus presiden pada hari itu adalah untuk mengenang orang-orang yang gugur dan tentu saja menghormati individu-individu yang juga membantu proses evakuasi."

Sementara itu, cuitan Donald Trump di akun Twitter pribadinya semakin membuat 'panas' warganet karena menuliskan, "sudah 17 tahun tragedi 11 September!"

Trump memperingati tragedi 9/11 untuk pertama kalinya sejak ia menjabat sebagai presiden Amerika Serikat. Sebelumnya, ia dan Melania memimpin hening cipta di Gedung Putih, bersama para staf dan pejabat pemerintah.

Sebanyak 2.997 orang tewas ketika ketika pesawat United Airlines dengan nomor penerbangan 93 dibajak oleh Al-Qaeda yang didalangi oleh Osama bin Laden. Burung besi nahas itu ditabrakkan oleh para teroris ke bagunan ikonik Negeri Paman Sam, World Trade Center, dan Pentagon yang berada di New York.

"Medan ini sekarang menjadi monumen tantangan Amerika. Peringatan ini (Patriot Day 2018) menjadi pesan bagi dunia: Amerika tidak akan pernah tunduk pada tirani," tegas Donald Trumpdalam pidatonya pada hari Selasa. "Kami menghormati pengorbanan mereka dengan berjanji untuk tidak pernah bergeming menghadapi kejahatan dan kami akan melakukan apa pun untuk menjaga keamanan Amerika."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Menanti Prestasi Indonesia di Asian Para Games 2018

Posted: 05 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ajang olahraga Asian Para Games akan diadakan di Jakarta, Indonesia pada 6-13 Oktober 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Wujud Smartphone 4 Kamera Besutan Samsung?

Posted: 05 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Samsung tengah bersiap-siap menghadirkan smartphone dengan empat kamera utama, setelah merilis Galaxy A7 (2018) yang memiliki tiga kamera utama.

Sekadar diketahui, menurut kabar yang beredar, smartphone empat kamera utama yang bakal hadir ini, masih dalam rangkaian Galaxy seri A.

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari GSM Arena, Sabtu (6/10/2018), smartphone yang sebelumnya diduga mengusung nama Galaxy A9 Star Pro ini kemungkinan akan hadir sebagai Galaxy A9s.

Menurut berita yang bersumber dari Jerman, smartphone tersebut bakal hadir dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Terutama dari sisi chipset, kapasitas baterai, hingga opsi ruang penyimpanan.

Penampakan Galaxy A9s, smartphone empat kamera dari Samsung (Foto: GSM Arena)

Misalnya, kemungkinan Galaxy A9s diperkuat dengan chipset Snapdragon 660 dari Qualcomm.

Vendor asal Korea Selatan ini bisa dibilang sangat jarang merilis perangkat yang dibekali prosesor dari merek lain selain Samsung (Exynos).

Kebanyakan, perangkat Samsung yang dibekali prosesor Snapdragon hadir khusus untuk pasar Amerika Serikat dan Tiongkok.

Sehingga, ada kemungkinan Galaxy A9s bakal dirilis lebih dahulu di Amerika Serikat atau Tiongkok.

Spesifikasi lain dari Galaxy A9s antara lain adalah RAM 6GB dan memori internal 128GB. Kemungkinan juga, perangkat didukung slot memori eksternal sampai kapasitas maksimal 512GB.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Tentang Empat Kamera

Sebelumnya sempat disebut sebagai Galaxy A9 Star Pro (Foto: GSM Arena)

Terkait empat kamera utama pada bodi Galaxy A9s, kemungkinan memiliki resolusi lensa 24MP dengan aperture f1.7, lensa dengan depth sensor 5MP dan aperture f2.2, lensa wide-angle 8MP ber-aperture f2.4, dan lensa zoom 10MP dengan aperture f2.4 yang memiliki kemampuan 2x optical zoom.

Galaxy A9s juga bakal didukung dengan baterai berkapasitas 3.720mAh serta USB type C yang dilengkapi teknologi pengisian daya cepat Quick Charge 2.0.

Siap Rilis 11 Oktober?

Penampakan Galaxy A9s, smartphone empat kamera dari Samsung (Foto: GSM Arena)

Kemungkinan, Galaxy A9s akan diperkenalkan pada 11 Oktober mendatang dengan tema "4x Fun".

Dari sejumlah prediksi, empat lensa yang berada di bagian belakang itu akan memiliki fungsi berbeda-beda, mirip dengan Galaxy A7 (2018).

Sebagai lensa utama, Samsung menyertakan lensa beresolusi 24MP yang dipadukan dengan lensa beresolusi 8MP. Lensa sekunder ini memiliki fungsi wide-angle hingga 120 derajat.

Sementara dua lensa lainnya yang beresolusi 10MP dan 5MP berfungsi untuk keperluan zoom. Adapun kamera depan smartphone ini akan beresolusi 24MP.

Dari spesifikasi, smartphone ini akan memiliki layar AMOLED full HD berukuran 6,28 inci. Ada kemungkinan akan didukung dengan Snapdragon 710 atau Snapdragon 660.

Begitu pula dengan konfigurasi memori yang diusungnya, yakni RAM 4GB yang dipadukan dengan ROM 64GB atau RAM 6GB dengan ROM 128GB.

Sebagai penunjang performanya, smartphone ini akan dibekali dengan baterai berkapasitas 3.720mAh dan sudah menjalankan Android 8.1 Oreo.

Besar kemungkinan Galaxy A9 Pro bakal mengusung desain serupa Galaxy A7 (2018) dengan pemindai sidik jari yang berada di bagian samping.

Namun, perlu diingat tidak tertutup kemungkinan ada perubahan mengingat perusahaan belum berkomentar apapun. Karenanya, menarik untuk menunggu pengumuman resmi yang akan dilakukan Samsung bulan depan.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Isi Akhir Pekan dengan Buat Masker Jahe, Yuk!

Posted: 05 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah jerawat membandel hilang, masalah wajah lainnya masih belum berakhir. Noda hitam dan bekas jerawat adalah dua hal yang harus Anda hadapi selanjutnya.

Jangan khawatir, masker jahe dapat membantu untuk usir kedua permasalahan kulit tersebut. Tanaman rimpang itu mengandung antioksidan yang membantu melawan noda gelap yang disebabkan oleh penuaan. Selain itu, penggunaan jahe secara rutin pada kulit membantu dalam meningkatkan aliran darah dan mencerahkan kulit.

Sifat antimikroba dan anti-inflamasi pada jahe juga dapat menyingkirkan segala jenis peradangan pada kulit. Jahe merupakan bahan alami yang akan meningkatkan elastisitas kulit, sehingga membuatnya lembut dan lentur.

Ingin segera menghilangkan noda hitam dan bekas jerawat? Yuk, simak cara pembuatan dan penggunaan masker jahe seperti diwartakan Boldsky.

Jahe dan Lidah Buaya

Ilustrasi lidah buaya (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Bahan-bahan

Sari jahe

Gel lidah buaya

Madu

Cara Pembuatan dan Penggunaan

1. Ambil bagian segar dari jahe, parut, dan peras sarinya

2. Tambahkan lidah buaya dan madu ke dalam sari jahe kemudian campurkan semua bahan-bahan

3. Ambil kapas dan celupkan ke dalam campuran bahan

4. Oleskan campuran bahan pada area noda hitam dan bekas jerawat lalu diamkan selama 20 menit

5. Setelah 20 menit, bilas dengan air hangat

Jahe dan Madu

Ilustrasi madu (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Bahan-bahan

Bubuk jahe kering

Madu

Cara Pembuatan dan Penggunaan

1. Campurkan bubuk jahe dan madu ke dalam mangkuk bersih

2. Gunakan campuran bahan pada area noda hitam dan bekas jerawat atau keseluruh wajah

3. Diamkan selama 15-20 menit

4. Cuci dengan air biasa atau air hangat sesuai kenyamanan

5. Oleskan masker jahe setidaknya dua kali seminggu untuk hasil terbaik

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kepala BNPB Sutopo: Bertemu Jokowi Kenikmatan yang Luar Biasa

Posted: 05 Oct 2018 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Bogor - Menjelang hari ulang tahunnya, salah satu mimpi Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) Sutopo Purwo Nugroho terwujud.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (6/10/2018), keterangan terbaru dari Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB selalu dinantikan awak media dan masyarakat saat terjadinya bencana. Terakhir saat terjadinya gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Namun kali ini berbeda, Sutopo muncul sebagai tamu Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Dia diundang pada Jumat siang kemarin.

Sutopo sangat senang dan bersyukur bisa berjabat tangan dan bertemu langsung dengan Presiden Jokowi. Bagi Sutopo, ini suatu yang luar biasa sebagai kado ulang tahun terindah baginya. Bahkan Sutopo sempat ngevlog bersama Presiden.

"Alhamdulillah ini suatu kenikmatan yang luar biasa, menjadi kado terindah ulang tahun saya," ucap Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo. 

Sutopo juga mohon doa dari Presiden agar sakit kanker paru-paru stadium 4B yang dideritanya sembuh, agar dapat kembali melayani masyarakat dengan baik. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asian Para Games 2018: Panitia Sediakan Transportasi untuk Penonton

Posted: 05 Oct 2018 08:45 PM PDT

Jakarta Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 (Inapgoc) akan menyediakan tiga jenis moda transportasi ramah disabilitas untuk para penonton.

Ketiga jenis moda transportasi tersebut antara lain shuttle bus TransJakarta, mobil golf (buggy golf car), dan becak motor yang sudah dimodifikasi. Semua transportasi tersebut akan disediakan secara gratis untuk semua penonton pertandingan Asian Para Games 2018 di sekitaran kompleks Gelora Bung Karno (GBK) dan juga ramah disabilitas.

"Semua moda transportasi tersebut ramah disabilitas. Untuk shuttle bus juga bisa memuat sampai empat pengguna kursi roda. Namun, begitu juga dengan bentor yang ramah penyandang disabilitas," kata Direktur Transportasi Inapgoc, Adrianto Djokosoetono, kepada wartawan di Jakarta, Jumat (5/10/2018).

"Semua itu kami sediakan untuk mempercepat mobilitas mereka ke venue pertandingan. Kami ingin memberikan pelayanan terbaik," tegas Ardianto.

Fasilitas tersebut tersedia di seluruh pintu masuk untuk penonton yakni Pintu GBK 5, 6, dan 7. Untuk bentor, INAPGOC menyediakan jumlah sampai 35 unit, sedangkan buggy golf car disediakan 10 unit.

"Untuk TransJakarta sifatnya fleksibel. Ketika banyak penonton maka jumlahnya akan diperbanyak dengan durasi 15 menit sekali setiap keberangkatan. Namun, bisa lebih cepat jika memang dibutuhkan," ucap Ardianto.

Asian Para Games 2018 akan dibuka pada upacara yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (6/10/2018) petang WIB. Ajang tersebut diikuti 42 negara dari seluruh penjutu Asia.

 

<p><em><strong>* Update Terkini <a href="https://www.liputan6.com/tag/asian-para-games-2018">Asian Para Games 2018</a> Mulai dari <a href="https://www.liputan6.com/bola/read/3659142/jadwal-lengkap-asian-para-games-2018-dan-cabang-olahraga-yang-dipertandingkan">Jadwal Pertandingan</a>, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di <a href="https://www.liputan6.com/asian-para-games">Sini</a>.</strong></em></p>

 

Sumber: www.bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Manchester United Vs Newcastle United: Tugas Berat Mourinho

Posted: 05 Oct 2018 08:45 PM PDT

Jakarta Manchester United akan menjamu Newcastle United di Old Trafford pada laga pekan kedelapan Premier League, Sabtu (6/10/2018). Jose Mourinho memiliki tugas yang berat untuk membangkitkan semangat para pemain The Red Devils.

Manchester United memulai musim 2018-19 dengan hasil yang kurang menggembirakan. Hal tersebut diperburuk dengan perselisihan antara Mourinho dengan sejumlah pemain.

Terakhir, Mourinho dikabarkan berselisih dengan Alexis Sanchez dan Antonio Valencia. Hal tersebut membuat kondisi ruang ganti Manchester United tidak kondusif dan memengaruhi hasil pertandingan klub.

Meskipun begitu, Mourinho masih optimistis bisa membalikkan kondisi Manchester United. Mourinho masih menjaga profesionalitas dengan memainkan pemain-pemain yang berselisih paham dengannya.

Paul Pogba diprediksi akan kembali turun mengisi lini tengah Manchester United. Untuk lini depan, Marcus Rashford sudah bisa dimainkan setelah menjalani hukuman kartu merah.

Sementara itu, Newcastle United diperkirakan akan memanfaatkan momen keterpurukan Manchester United. Rafa Benitez yang merupakan musuh bebuyutan Jose Mourinho, diprediksi sudah memiliki strategi yang matang untuk mencuri kemenangan di Old Trafford.

Pertemuan terakhir antara kedua klub terjadi pada Februari 2018. Saat itu, Manchester United kalah 0-1 dari Newcastle melalui gol yang dicetak Matt Ritchie.

Data dan Fakta

 

Lima pertemuan terakhir

  • 05/03/2015 Newcastle United 0-1 Manchester United (Premier League)
  • 22/08/2015 Manchester United 0-0 Newcastle United (Premier League)
  • 13/01/2016 Newcastle United 3-3 Manchester United (Premier League)
  • 19/11/2017 Manchester United 4-1 Newcastle United (Premier League)
  • 11/02/2018 Newcastle United 1-0 Manchester United (Premier League)

Lima laga terakhir Manchester United

  • 20/09/2018 Young Boys 0-3 Manchester United (Liga Champions)
  • 22/09/2018 Manchester United 1-1 Wolverhampton (Premier League)
  • 26/09/2018 Manchester United 2-2 Derby County (Piala Liga)
  • 29/09/2018 West Ham United 3-1 Manchester United (Premier League)
  • 03/10/2018 Manchester United 0-0 Valencia (Liga Champions)

Lima laga terakhir Newcastle United

  • 30/08/2018 Nottingham Forest 3-1 Newcastle United (Piala Liga)
  • 01/09/2018 Manchester City 2-1 Newcastle United (Premier League)
  • 15/09/2018 Newcastle United 1-2 Arsenal (Premier League)
  • 22/09/2018 Crystal Palace 0-0 Newcastle United (Premier League)
  • 29/09/2018 Newcastle United 0-2 Leicester City (Premier League)

Persentase Kemenangan:

Manchester United 50-50 Newcastle United

Prediksi Starter

Prakiraan susunan pemain

Manchester United: David de Gea; Antonio Valencia, Chris Smalling, Victor Lindelof, Luke Shaw; Paul Pogba, Marouane Fellaini, Nemanja Matic; Marcus Rashford, Romelu Lukaku, Anthony Martial

Manajer: Jose Mourinho

Newcastle United: Martin Dubravka; DeAndre Yedlin, Jamaal Lascalles, Ciaran Clark, Paul Dummett; Matt Ritchie, Mohamed Diame, Jonjo Shelvey, Kenedy; Ayoze Perez; Joselu

Manajer: Rafa Benitez

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Detik-Detik Penahahan Ratna Sarumpaet untuk 20 Hari ke Depan

Posted: 05 Oct 2018 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah melakukan pemeriksaan tadi malam, polisi akhirnya resmi menahan aktivis Ratna Sarumpaet selama 20 hari.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (6/10/2018), dengan mengenakan rompi tahanan, Ratna Sarumpaet keluar dari ruang pemeriksaan Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Sabtu dini hari.

Didampingi kuasa hukumnya, Ratna kemudian menuju gedung bidang kedokteran dan kesehatan atau Biddokes Polda Metro Jaya untuk menjalani pemeriksaan kesehatan.

Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan setelah Polda resmi menahan Ratna Sarumpaet selama 20 hari. Polisi beralasan, penahanan dilakukan agar tersangka tidak melarikan diri, mengulangi perbuatannya atau menghilangkan barang bukti.

Terkait penahanan Ratna Sarumpaet, polisi mengaku telah memiliki sejumlah alat bukti. Antara lain bukti petunjuk, keterangan saksi, dan keterangan tersangka. Selain itu, tersangka juga telah menandatangi surat penahanan.

Sebelumnya, kuasa hukum Ratna menyatakan akan mengajukan penangguhan penahanan bila kliennya ditahan.

"Kalau dilakukan penahanan kita mohonkan itu, kami menilai juga ibu RS ini sangat kooperatif," kata Kuasa Hukum Ratna Sarumpaet Insank Nasruddin.

Setelah ditetapkan sebagai tersangka penyebar berita bohong atau hoaks penganiayaan dirinya, Ratna Sarumpaet ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis malam, 4 Oktober saat akan berangkat menuju Chile. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Konser Berkelas KLa Project di 30 Tahun Perjalanan Berkarir

Posted: 05 Oct 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menyambut 30 tahun perjalanan karirnya, KLa Project  bakal menggelar  konser spektakuler  bertajuk 'Karunia Semesta' pada 5 Desember 2018 di Jakarta Convention Centre (JCC).  Inilah perhelatan musikal  berkualitas sebagai penanda eksistensi KLa Project di blantika musik Indonesia.

Berbeda dengan konser-konser sebelumnya, di konsernya nanti KLa Project akan memberi suguhan berbeda, baik dalam tata panggung dan aransemen. Nantinya akan dilibatkan puluhan pemusik etnik yang akan mengawal penampilan Katon Bagaskara, Lilo dan Adi demi menyuguhkan sajian musik berkelas.

Dalam konser sebelumnya, KLa Project pernah menyuguhkan sajian orkestra sebagai pembalut aransemen musik.  Selain itu, mereka juga pernah menghadirkan musik etnik dari beragam daerah di nusantara. Namun kali ini, konser mereka berbeda dari sebelumnya, di mana musik etnik yang digandeng lebih spesifik, kolosal  dan menonjolkan eksplorasi band.

KLa Project bakal mempersembahkan konser 'Karunia Semesta' untuk bangsa dan juga penggemar-penggemarnya. Seperti ditegaskan Katon Bagaskara, bahwa KLa telah hadir selama tiga dasawarsa dengan karya-karya yang mendapatkan tempat di hati masyarakat.

"Tiga puluh tahun kami bersama. Selama itu pula kami merangkai nada, menguntai kata menjadi karya bagi bangsa Indonesia.  Setelah bersama lebih dari tiga dasawarsa, KLa Project  ingin merayakan momen penuh syukur ini bersama seluruh pecinta musik di Tanah Air," ujarnya.

Musik Berkelas

KLa Project akan melakukan konser spektakuler  bertajuk 'Karunia Semesta' pada 5 Desember 2018 di Jakarta Convention Centre (JCC).

Ditambahkan Katon, selain menyajikan lagu-lagu legendaris penuh cinta dan romansa dari album pertama hingga terakhir, konser bertabur bintang ini juga menyuguhkan musik yang berkelas.

"Kami akan menampilkan aransemen musik elektro, akustik, klasik, serta etnik nusantara," tambahnya.

 

Bintang Tamu

KLa Project akan melakukan konser spektakuler  bertajuk 'Karunia Semesta' pada 5 Desember 2018 di Jakarta Convention Centre (JCC).

Di konser nanti, bakal tampil seorang bintang tamu yang mumpuni dalam musik. Dia adalah penyanyi muda yang mahir memainkan alat musik dan merdu dalam berolah vokal. Tentang siapa gerangan dia, KLa masih merahasiakannya.

"Siapa bintang tamunya? Nanti saja ya.. ," ujar Sarah Kasenda, dari Manajemen KLa Corp.

Tiket

KLa Project akan melakukan konser spektakuler  bertajuk 'Karunia Semesta' pada 5 Desember 2018 di Jakarta Convention Centre (JCC).

Bagi penggemar dan pecinta musik Indonesia yang penasaran dengan penampilan spektakuler Kla Project dan ingin ikut terlibat dalam kisah perjalanan Kla Project, bisa datang ke konser Karunia Semesta kali ini untuk menikmati tontonan yang mampu menciptakan kenangan indah.

Tiket konser dibagi ke dalam 6 kategori dengan harga dimulai dari Rp 300 ribu hingga Rp 3,5 juta.

Harga tertinggi ialah untuk kategori Diamond A, dengan harga Rp3.500.000. Disusul Diamond B dan Gold masing-masing seharga Rp2.300.000 dan Rp1.650.000.

Terdapat pula harga tiket untuk kelas Tribune yang dipatok dengan harga dari Rp300.000 sampai Rp850.000 serta kelas Festival dengan harga Rp800.000.

Tiket sudah bisa mulai dibeli pada 10 Oktober 2018. Untuk informasi lebih lanjut terkait pembelian tiket konser, akan diumumkan di media sosial Kla Project, Twitter @Klaproject atau Instagram @Klaproject30th.

"Inilah sajian paling lengkap sepanjang KLa hadir di belantika musik Indonesia. Catat tanggalnya, nikmati konsernya, rasakan cinta di dalamnya," pungkas Katon.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Emas Antam Melonjak Rp 5.000 per Gram

Posted: 05 Oct 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas PT Aneka Tambang Tbk atau disebut emas Antam naik Rp 5.000 menjadi Rp 671 ribu per gram pada perdagangan Sabtu (6/10/2018). Pada perdagangan Jumat kemarin, harga emas Antam berada di posisi Rp 666 ribu per gram.

Pada akhir pekan ini tidak sebutkan harga buyback emas Antam. Antam menjual emas dengan ukuran mulai 1 gram hingga 500 gram. Hingga pukul 08.56 WIB, sebagian besar ukuran emas Antam masih tersedia kecuali ukuran 2 gram, 3 gram, 5 gram dan 500 gram sudah habis terjual.

Harga emas Antam ini berlaku di kantor Antam Pulogadung, Jakarta. Sementara, di gerai penjualan emas Antam lain bisa berbeda.

Sementara untuk harga emas Antam bercorak batik dengan ukuran 10 gram ditetapkan Rp 6.972.000 atau Rp 692.200 per gram. Adapun, ukuran 20 gram di angka Rp 13.389.000 atau Rp 669.450 per gram.

Harga emas Antam kemasan idul fitri dengan ukuran 1 gram ditetapkan Rp 737.000, 2 gram sebesar Rp 1.359.000 dan 5 gram sebesar Rp 3.238.000.

Harga emas Antam sudah termasuk PPh 22 sebesar 0,9 persen. Sertakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk memperoleh potongan pajak lebih rendah (0,45 persen).

 

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

Daftar Harga Emas Antam

Petugas menunjukkan emas batangan di gerai Butik Emas Antam di Jakarta, Jumat (5/10). Pada perdagangan Kamis 4 Oktober 2018, harga emas Antam berada di posisi Rp 665 ribu per gram. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Daftar Harga Emas Antam:

* Pecahan 1 gram Rp 671.000

* Pecahan 5 gram Rp 3.183.000

* Pecahan 10 gram Rp 6.301.000

* Pecahan 25 gram Rp 15.644.000

* Pecahan 50 gram Rp 31.213.000

* Pecahan 100 gram Rp 62.356.000

* Pecahan 250 gram Rp 155.638.000

* Pecahan 500 gram Rp 311.074.000.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Pembukaan Asian Para Games, Lalu Lintas Sekitar GBK Ditutup Pukul 12.00

Posted: 05 Oct 2018 08:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polri akan menutup beberapa jalur lalu lintas di sekitar kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta Pusat, hari ini, Sabtu (6/10/2018), dalam rangka pembukaan Asian Para Games 2018

"Rencana kita akan tutup pukul 10.00 WIB, tapi kita lihat situasinya. Tapi puncak penutupan nanti itu jam 12.00 WIB. Itu pasti," ujar Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Refdi Andri saat meninjau kawasan GBK, Jakarta.

Refdi menuturkan, rekayasa lalu lintas yang diterapkan tak jauh beda saat pembukaan Asian Games pada Agustus lalu. Jalur lalu lintas di sekitar GBK baru akan dibuka lagi setelah acara selesai atau sekitar pukul 22.00 WIB.

Jenderal bintang dua itu mengungkapkan, total kekuatan yang dikerahkan untuk mengamankan pembukaan Asian Para Games sebanyak 10 ribu personel. Jumlah itu mencakup pengamanan di dalam area GBK dan beberapa titik jalan di sekitarnya.

"Atlet akan bergerak mulai jam 14.00 WIB. Beda dengan saat Asian Games, atlet bergerak dari wisma menuju GBK mendekati jam 16.00 WIB. Nanti kecepatannya juga sangat rendah, tapi pengawalannya sudah kami siapkan sedemikian rupa, sehingga nanti pada saat di sini sebelum jam 18.00 WIB, mereka sudah oke semua di sini," katanya.

 

Rekayasa Lalu Lintas

Berikut rekayasa lalu lintas yang diterapkan selama pembukaan Asian Para Games 2018 di sekitar GBK:

- Flyover Senayan dan Ladogi: kendaraan dari arah Semanggi diarahkan lurus ke arah Slipi. Kendaraan dari arah Slipi diarahkan lurus ke arah Semanggi, sehingga tidak ada kendaraan yang menuju ke arah Jalan Gerbang Pemuda.

- Penutupan Pintu FX Sudirman atau Jalan Pintu I Senayan: kendaraan dari arah Bundaran Senayan diarahkan lurus ke arah Semanggi. Pintu masuk FX Sudirman yang melalui Jalan Jenderal Sudirman dibuka untuk keluar-masuk kendaraan dan pintu keluar yang melalui Jalan Pintu Satu Senayan ditutup.

- Jalan Hang Lekir: arus lalin dari Jalan Mustopo menuju ke Jalan Asia Afrika dibelokan ke kanan menuju Jalan Hang Tuah Raya.

- Perempatan Patal Senayan: kendaraan dari arah Jalan Patal Senayan 1 menuju ke Jalan Asia Afrika diarahkan putar balik atau dibelokan ke kiri arah Jalan Senayan 2 atau Permata Hijau.

- TL Palmerah: kendaraan dari arah Manggala Wanabakti diluruskan di TL Palmerah menuju ke Jalan Tentara Pelajar - Permata Hijau.

- Pertigaan Jalan Tentara Pelajar: kendaraan yang dari arah TL Palmerah diluruskan ke Jalan Tentara Pelajar.

- Pertigaan Jalan Hang Lekir: kendaraan dari arah Jalan Pakubuwono diluruskan ke arah TL Pakubuwono, begitu pun arah sebaliknya.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Pembukaan Asian Para Games 2018

Posted: 05 Oct 2018 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Acara pembukaan Asian Para Games 2018 digelar malam ini. Bertempat di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, acara pembukaan ini dijanjikan berlangsung meriah.

Inapgoc, selaku panitia penyelenggara Asian Para Games 2018 menjamin, pembukaan Asian Para Games 2018 tak kalah dengan opening ceremony Asian Games 2018. Sejumlah atraksi tari dan musik pun telah dikonsep dengan matang.

Acara pembukaan Asian Para Games 2018 sendiri mengambil tema "We are One". Ini dimaksudkan sebagai perwujudan dari Bhinneka Tunggal Ika. Keberagaman Indonesia bakal menjadi elemen utama dalam pertunjukan selama dua jam tersebut.

Konsep Upacara Pembukaan Asian Para Games 2018 nantinya merepresentasikan wajah Indonesia, termasuk panggung yang akan digunakan nanti.

Desain panggung ini melengkung, melambangkan garis ekuator Indonesia atau zamrud khatulistiwa. Semua elemen arsitektur geografis kita mengandung lengkungan. Semua elemen yang ada di panggung adalah tentang Indonesia dan tentang atlet Indonesia.

Jay Subiakto ditunjuk sebagai co-creative director acara ini. Sedangkan Andi Rianto dipercayakan menggarap musiknya. Live Streaming Pembukaan Asian Para Games 2018 mulai pukul 19.00 WIB.

Saksikan Live Streaming Pembukaan Asian Para Games 2018 di halaman selanjutnya.

 

Live Streaming

Pembukaan Asian Para Games 2018

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Penampilan Elek Yo Band di Penggalangan Dana Palu dan Donggala

Posted: 05 Oct 2018 08:15 PM PDT

Personel baru Elek Yo Band,  Yuni Shara saat acara penggalangan dana untuk korban gempa Palu dan Donggala di Jakarta, Jumat (5/10). Elek Yo Band membuka dengan lagu

Personel baru Elek Yo Band, Yuni Shara saat acara penggalangan dana untuk korban gempa Palu dan Donggala di Jakarta, Jumat (5/10). Elek Yo Band membuka dengan lagu

Elek Yo Band saat penggalangan dana untuk korban gempa Palu dan Donggala, Jakarta, Jumat (5/10). Band yang terdiri dari para Menteri Kabinet Kerja ini mendapat tambahan personel yakni Puan Maharani, Yuni Shara dan Tantowi Yahya. (Bintang.com/Deki Prayoga)

Elek Yo Band saat penggalangan dana untuk korban gempa Palu dan Donggala, Jakarta, Jumat (5/10). Band yang terdiri dari para Menteri Kabinet Kerja ini mendapat tambahan personel yakni Puan Maharani, Yuni Shara dan Tantowi Yahya. (Bintang.com/Deki Prayoga)

Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri saat acara penggalangan dana untuk korban gempa Palu dan Donggala di Jakarta, Jumat (5/10). Elek Yo Band membuka dengan lagu

Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri saat acara penggalangan dana untuk korban gempa Palu dan Donggala di Jakarta, Jumat (5/10). Elek Yo Band membuka dengan lagu

Penampilan Elek Yo Band saat acara penggalangan dana untuk korban gempa Palu dan Donggala di Jakarta, Jumat (5/10). Elek Yo Band membuka dengan lagu

Penampilan Elek Yo Band saat acara penggalangan dana untuk korban gempa Palu dan Donggala di Jakarta, Jumat (5/10). Elek Yo Band membuka dengan lagu

Penampilan Elek Yo Band saat acara penggalangan dana untuk korban gempa Palu dan Donggala di Jakarta, Jumat (5/10). Elek Yo Band membuka dengan lagu

Penampilan Elek Yo Band saat acara penggalangan dana untuk korban gempa Palu dan Donggala di Jakarta, Jumat (5/10). Elek Yo Band membuka dengan lagu

Tantowi Yahya saat penggalangan dana untuk korban gempa Palu dan Donggala, Jakarta, Jumat (5/10). Band yang terdiri dari Menteri Kabinet Kerja ini mendapat tambahan personel yakni Puan Maharani, Yuni Shara dan Tantowi Yahya. (Bintang.com/Deki Prayoga)

Tantowi Yahya saat penggalangan dana untuk korban gempa Palu dan Donggala, Jakarta, Jumat (5/10). Band yang terdiri dari Menteri Kabinet Kerja ini mendapat tambahan personel yakni Puan Maharani, Yuni Shara dan Tantowi Yahya. (Bintang.com/Deki Prayoga)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mewakili Generasi Milenial, Desy JKT 48 Tampil Lagi di Panggung Teater Indonesia Kita

Posted: 05 Oct 2018 08:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mewakili generasi milenial, salah personil grup penyanyi JKT 48 Desy Purnamasari Gunawan tampil di pentas Indonesia Kita lakon 'Orang-orang Berduit', Jumat (5/10/2018). Bakal tampil lagi dua kali di Sabtu pekan ini.

Desy kali ini tidak bersama rekan-rekannya yang pernah tampil pada pementasan bertajuk Princess Pantura. Dia sendirian. Terus terang, penonton tentu saja agak kaget dengan sosok muda, tinggi, berkulit putih, mata agak sipit yang tiba-tiba nongol di panggung berlogatkan Banyumasan alias ngapak.

Penampilannya yang menonjol di panggung sebelumnya dan berhasil mengimbangi permainan akting para aktor dan aktris senior Indonesia Kita serta keberaniannya untuk melontarkan kalimat-kalimat gaya 'ngapak' khas Banyumasan membuat panggung makin cair. Modal inilah yang kemudian mendorongnya untuk tampil lagi di gelaran ke-30 pentas Indonesia Kita.

Desy kali ini tampil sebagai anaknya Cak Lontong dengan ibunya Alexandra Gottardo dan masih membuat penonton kadang-kadang ngakak dengan gayanya yang lucu meski masih kelihatan canggung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keluarkan Lava Pijar, Aktivitas Gunung Anak Krakatau Tidak Berbahaya

Posted: 05 Oct 2018 08:11 PM PDT

Liputan6.com, Banten - Aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau terus meningkat, yang diitandai dengan keluarnya lava pijar. Sejauh ini aktivitas gunung yang berada di Selat Sunda itu masih dinyatakan tidak berbahaya.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (6/10/2018), hampir sebulan terakhir aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau terus menunjukkan peningkatan. Dalam sehari, gunung ini bisa meletus serta menyemburkan lava pijar 400 kali.

Petugas pos pantau Gunung Anak Krakatau menyebutkan lelehan lava pijar berasal dari kubah lava yang selama ini tertahan di puncak gunung setinggi 305 meter di atas permukaan laut ini.

Kendati mengeluarkan lelehan lava pijar, Gunung Anak Krakatau masih berada dalam status waspada. Namun, untuk alasan keamanan, petugas mengimbau wisatawan maupun nelayan untuk tidak mendekati gunung dalam radius 2 kilometer

"Adanya lelehan lava pijar yang masuk ke lautan, itu tandanya dengan seringnya letusan Gunung Anak Krakatau matrial yang digunakan menumpuk dan mengalir di sekitaran gunung," kata petugas pos pantan Gunung Anak Krakatak Windi Cahya.

Meski ada imbauan, aktivitas Gunung Anak Krakatau justru menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Mereka antara lain menyaksikan letusan Gunung Anak Krakatau dari Pantai Anyer maupun Pantai Pasauran yang berjarak sekitar 35 kilometer. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jonatan Christie dan Anthony Ginting Ramaikan Fun Walk di Menara Kuningan

Posted: 05 Oct 2018 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun perkantoran (P3SRS) Menara Kuningan menggelar acara fun walk pada Sabtu (6/10/2018) pagi.

Acara ini digelar di Menara Kuningan, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta. Ratusan peserta mengikuti acara fun walk sejauh 5 kilometer.

Sejumlah bintang tamu juga dihadirkan dalam acara ini. Mereka adalah atlet bulutangkis Indonesia yang berprestasi di berbagai ajang dunia.

Mereka adalah Jonatan Christie, peraih medali emas di Asian Games 2018, dan Anthony Ginting, peraih emas di China Open 2018. Serta tak ketinggalan, Liliyana Natsir dan Tontowi Ahmad.

Keempat altet bulutangkis ini, juga turut membuka acara fun walk. Tak ketinggalan, mereka juga menjadi sasaran swafoto para peserta yang mengikuti fun walk.

Selain fun walk, acara ini juga diramaikan dengan talk show bersama keempat atlet bulutangkis tersebut.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menpar Arief Yahya Tinjau Persiapan Festival Fulan Fehan 2018

Posted: 05 Oct 2018 08:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata Arief Yahya meninjau persiapan Festival Fulan Fehan 2018. Festival ini akan berlangsung Sabtu (6/10), di Puncak Fulan Fehan, Kecamatan Lamaknen, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Fulan Fehan adalah sebuah lembah di kaki Gunung Lakaan yang menyuguhkan panorama sabana hijau nan luas. Lembah ini berada di Desa Dirun, Kecamatan Lamaknen, Kabupaten Belu, NTT. Sekitar 26 km dari Atambua, ibukota Kabupaten Belu.

Bukit Fulan Fehan memiliki hamparan padang sabana luas dengan warna hijau. Pemandangannya seperti di film-film negeri dongeng. Ditambah lagi, kuda-kuda bebas berkeliaran dan pohon-pohon kaktus tumbuh subur sejauh mata memandang.

Saat meninjau, Menpar Arief Yahya mendapati sekitar 1.500 penari yang sedang persiapan gladi resik. Di hadapan Menpar Arief Yahya, Bupati Belu Willybrodus Lay dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTT Marius Jelamu, 1500 penari ini mempertontonkan tarian Likurai yang melegenda.

"Atraksi seperti ini yang dibutuhkan untuk mendatangkan wisatawan melalui cross border. Setidaknya, NTT harus punya minimal tiga event skala nasional seperti Festival Fulan Fehan di dekat pintu-pintu masuk perbatasan," ujar Menpar Arief Yahya, Jumat (5/10).

Yang lebih penting lagi, lanjut Menpar, acara ini juga dinikmati oleh negara tetangga Timor Leste. Ini menjadi daya tarik pariwisata tersendiri di wilayah border tourism.

"Kuncinya adalah seni-budaya, musik, dan kuliner ini untuk menggaet pasar negara tetangga. Apalagi, warga Timor Leste bisa masuk ke Indonesia dengan menggunakan bebas visa kunjungan (BVK) sehingga warga Timor Leste bisa menggunakan uangnya di Indonesia," terang Menpar Arief Yahya.

Dijelaskan Menpar, yang tak kalah penting lagi, adalah komitmen kepala daerah. Seperti gubernur, wali kota, dan bupati. Komitmen untuk terus menjaga akses, amenitas, dan atraksi di daerahnya. Tujuannya untuk terus menjaga kedatangan wisatawan.

"Harus diupayakan ada transportasi sampai ke puncak. Amenitas bisa memanfaatkan nomadic tourism. Di sini bisa dibikin glamcamp atau karavan. Tapi semua butuh keseriusan CEO daerahnya," ujar Arief Yahya.

Menpar mengaku senang, event yang diprakarsai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama Kementerian Pariwisata ini sudah menggunakan koreografer level nasional. Sebab Kemenpar saat menetapkan event ini sebagai 100 Wonderful Event CoE 2018 juga menggunakan kurator kelas nasional.

"Ini sudah bagus. Karena sudah menggunakan koreografer sekelas Eko Nugroho (Eko Pece). Tahun depan kita akan dukung lebih maksimal lagi agar menjadi lebih istimewa lagi," tuturnya.

Menpar menambahkan, festival ini harus terus berlanjut setiap tahun. Tanggal waktu pelaksanaan juga harus sudah bisa ditetapkan sejak jauh-jauh hari dan konsisten.

"Karena jika kalender acara sudah bisa dipastikan tanggalnya, kami pun bisa membantu mempromosikannya dengan baik dan tepat," kata Menpar Arief Yahya.

Plt Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar, Ni Wayan Giri Adnyani menjelaskan, Tarian Likurai adalah sebuah tarian perang khas dari masyarakat pulau Timor. Khususnya di Kabupaten Belu, yang menceritakan perjuangan masyarakat setempat mengusir penjajah saat zaman penjajahan.

"Tarian Likurai merupakan tarian yang tidak akan berada di mana pun di belahan dunia. Tarian ini tentu saja menjadi tarian khas yang merupakan warisan serta budaya leluhur dari masyarakat di daerah ini," ujar Giri didampingi Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional III, Ricky Fauziyani.

Giri menambahkan, dibalik ekspresi keindahan tari Likurai, tarian yang satu ini mengandung ceritera mistis. Dalam Bahasa Tetun Belu, Likurai berasal dari dua kata Haliku dan Rai. Haliku berarti mengawasi, menjaga, melindungi, memelihara, mengambil, menguasai. Rai berarti Tanah, Bumi, Negeri atau Pulau. Haliku Rai atau kelak disingkatpadukan menjadi Likurai.

"Boleh diartikan sebagai sebuah aksi atau tindakan mengawasi, menjaga, melindungi, memelihara dan mengambil tanah atau bumi, entah tanah itu pada dasarnya milik kita, maupun milik orang lain," jelasnya.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Spesifikasi HD Belo Negoro Hadiah Undian Kustomfest 2018

Posted: 05 Oct 2018 08:02 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - Gelaran Kustomfest 2018 yang berlangsung di Gedung Jogja Expo Center, Yogyakarta, pada 6-7 Oktober 2018, memberikan lucky draw atau hadiah undian bagi para pengunjung yang datang berupa motor kustom berjuluk 'Belo Negoro'.

Motor kustom berbasis Harley-Davidson Sportster Evolution ini merupakan karya builder lokal Lulut Wahyudi dari Retro Classic Cycles.

Lulut mengatakan, ide membuat Belo Negoro muncul saat melihat pesawat tempur pada Perang Dunia II yaitu Mustang P-51 di museum TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala di kompleks Lanud Adisutjipto Yogyakarta.

"Kita tidak pernah menilai dari nilainya, karena saya dapat (Harley Davidson Sportster Evolution) dalam kondisi terurai, engine dan lainnya tidak match, jadi kita match-kan," ujar Lulut saat ditemui wartawan di Gedung Jogja Expo Center, Yogyakarta, Jumat (5/10).

Dirinya menyatakan, motor ini sengaja diperkenalkan bertepatan dengan hari lahir Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Motor ini memiliki ciri khas warna Green Army Tri Colors. Grafis bergaya shark moon seperti pada moncong Mustang P-51 merupakan hasil karya painter Danny Hacka dari Solo.  

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Motor Kustom Belo Negoro menggunakan sasis Harley-Davidson Sportster Evolution. (Herdi Muhardi)

Menurutnya, momentum ini menjadi satu landasan kuat untuk mempersembahkan karya istimewa sebagai bentuk apresiasinya terhadap jiwa patriotik para pahlawan khususnya di dunia dirgantara dalam berjuang mempertahankan keutuhan NKRI.

Lulut mengatakan, meski telah banyak dipotong dan ditambah pada bagian sasis, motor ini juga terlihat banyak berubah mulai dari craftmanship, Fork depan stock Sportster yang dibuat rebah 6 inci, desain setang curved-bar serta tangki model peanut.

Berikut ini spesifikasi HD 'Belo Negoro':

1. Frame

Motor Kustom Belo Negero menggunakan sasis Harley-Davidson Sportster Evolution.. (Herdi Muhardi)

Frame: Stock Harley-Davidson Sportster Evolution

2. Engine

Engine: Harley-Davidson Sportster 883 Evolution

Ignition: Dual Ignition System Harley-Davidson

Charging system: Stock Harley-Davidson Sportster

Intake manifold: Stock Harley-Davidson

Carburetor: Mikuni CV

Exhaust: 2 in 2 freeflow, Drag Style, design & fabrication by Retro Classic Cycles

Transmission: 5 Speed Harley-Davidson Sportster

 

 

3. Body

Motor Kustom Belo Negero menggunakan sasis Harley-Davidson Sportster Evolution.. (Herdi Muhardi)

Gas tank: Peanut Gas tank by Retro Classic Cycles

Front fender: None

Rear fender: Mini Duck Tail

Oil tank: Stock Harley-Davidson Sportster

4. Suspension

Front suspension: Stock 39mm, Sportster 6 inch over

Rear end: Rigid Strut by Retro Classic Cycles

Triple Tree: Super Narrow, Double-H Chopper

 

 

5. Control system

Belo Negoro, motor kostum berbasis Harley-Davidson Sportster Evolution  dijadikan hadiah diundi di Kostumfest 2018 yang digelar di Jogja Expo Center, Yogyakarta, 6-7 Okotber 2018. (Herdi Muhardi)

Handlebar : Curved bar, by Retro Classic Cycles

Hand control: Classic Harley-Davidson

Foot control: Mid Control, design & fabrication by Retro Classic Cycles

6. Wheels & Tires

Front wheel: Cast Stock Sportster 19 inch

Front tires: 100/90 - 19

Rear Wheel: Cast Stock Sportster 16 inch

Rear Tires: 130/90 - 16

7. Brake System

Front brake: None, Brakeless.

Rear brake: Stock Harley-Davidson Sportster

8. Electrical

Motor Kustom Belo Negero menggunakan sasis Harley-Davidson Sportster Evolution.. (Herdi Muhardi)

Head light: 4,5 inch Black Out.

Tail light: Cat Eyes light.

Battery: Yuasa Dry Battery

Wiring system: Design & Build by Retro Classic Cycles

9. Painting

Color: Green Army Tri Colors.

Painter: Danny Hacka - Solo.

10. Seat

Green Canvas Military Style seat, design & build by Retro Classic Cycles.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keren, Pemuda Ini Sukses Diet Lewat Melukis Makanan

Posted: 05 Oct 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Chai Kai Lun, pelukis muda asal negeri jiran baru-baru ini menjadi viral di jejaring sosial. Pasalnya transformasi perubahan tubuhnya dari gendut menjadi kurus cukup membuat takjub publik sampai penasaran dengan rahasianya.

Ternyata di balik perubahan pada tubuhnya karena Chai menyalurkan kecintaannya pada makanan terhadap bakatnya yakni melukis.

Turun dari berat badan sampai 30 kilogram bukanlah hal yang mudah. Chai mengaku bahwa hal yang paling sulit saat menurunkan berat badan yakni, berolahraga sambil menjaga pola makan.

"Saya berhasil menangkal godaan untuk makan dengan menyalurkannya ke dalam lukisan," ujar Chai, dilansir dari World of Buzz.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

Saksikan Video Piilihan di Bawah ini:

Sering tersiksa karena makan sedikit

(Foto: Chng Ht/Facebook) Kesukaanya pada makanan mampu teralihkan dengan malukis.

Chai menceritakan mulutnya sering kali berliur ketika melihat makanan kesukaannya. Benar saja rumahnya di Penang, bisa dibilang sebagai surga makanan di Malaysia.

Namun karena sedang diet, pemuda itu berusaha mengonsumsi makanannya dalam jumlah yang sedikit. Kebanyakan lukisan yang digambar Chai merupakan makanan favoritnya, meliputi camilan manis permen 'white rabbit' dan lobster panggang keju yang kerap dibuat ibunya.

Perjuangan Chai turun dari 110 kilogram sampai 80 kilogram menarik perhatian publik. Pada pameran keduanya dari tanggal 29 Sepetember lalu, lukisan makanan Chai langsung habis terjual dalam setengah jam setelah dibuka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Catat! Ini 6 Perbedaan Mendasar Mobil Jepang Vs Eropa

Posted: 05 Oct 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Buat masyarakat Indonesia yang termasuk konsumtif, mobil yang jadi favorit adalah mobil produksi Jepang dan mobil Eropa. Hal itu dikarenakan kualitas kedua produsen dan juga harganya.

Namun, sebaiknya kamu mengenali perbedaan di antara keduanya agar semuanya lancar. Seperti dikutip dari Swara Tunaiku, beberapa pertimbangan yang harus dipikirkan saat membeli mobil adalah:

1. Bagaimana dengan kualitas mesin mobil Jepang dan Eropa?

Kualitas mobil buatan Eropa memang lebih bagus daripada Jepang. Kamu bisa merasakannya melalui kekuatan mesinnya. Tentu kualitas tadi diikuti dengan harga mobil. Pengaruh lainnya juga soal penataan berbagai komponen di dalam mesin mobil karya orang Eropa juga cenderung lebih rapi.

Namun, bukan berarti mobil buatan Jepang terlihat buruk, ya. Mobil buatan Jepang biasanya irit BBM.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

2. Bagaimana dengan ukurannya?

Bale tidak kesulitan mengeluarkan uang US$246 ribu atau setara dengan Rp3,1 miliar untuk membeli Audi R8 GT.

Dalam hal ukuran, mobil Jepang dan Eropa dipengaruhi oleh bentuk tubuh mayoritas pengendaranya. Karena kebanyakan orang Eropa berperawakan tinggi dan besar, mobil yang diproduksi pun beratap tinggi dan lebih besar. Oleh karenanya, mobil buatan Eropa lebih tahan terhadap cuaca yang ekstrem sekalipun.

3. Perbedaan dari target pemasaran

Mobil dari Eropa memang jarang dijual di Indonesia. Hal itu mungkin saja terjadi, andaikata kemajuan ekonomi negara kita mampu bersaing dengan negara-negara di Eropa. Soalnya mobil buatan Eropa itu mahal-mahal dan untuk kalangan atas saja. Beda dengan Jepang.

4. Dari segi proses pembelian

Ilustrasi Foto Gesek Kartu Kredit (iStockphoto)

Tidak bisa dipungkiri kalau negara-negara di Benua Eropa lebih dulu maju daripada Jepang. Namun, saat ini Jepang sudah mampu menyaingi produk mobil buatan Eropa. Lalu dalam proses pembelian, mobil Eropa biasanya langsung tunai. Sedangkan mobil yang Jepang lebih banyak dijual secara kredit. Jika dilihat sepintas pun, mobil Jepang cenderung lebih murah dan terjangkau masyarakat Indonesia.

5. Kesan setelah beli mobil Eropa dan Jepang

Mobil buatan Eropa memang cenderung mengedepankan kemewahan, sedangkan mobil Jepang lebih mengandalkan kesan sederhana. Tidak heran kalau masyarakat Indonesia kita lebih menyukai mobil Jepang.

6. Beda dari segi kemudinya

Ilustrasi Menyetir (iStockPhoto)

Produk buatan Jepang memang lebih mendominasi daripada produk Eropa. Lihat saja orang Indonesia yang menyetir di sebelah kanan. Beda dengan mobil rakitan Eropa yang setirnya di kiri. Banyak mobil Jepang dijual karena terdapat banyak cabang perusahaan rakitan mobil asal Jepang di Indonesia.

Itu dia perbedaan mendasar antara mobil Jepang dengan Eropa. Tentu kamu harus mempertimbangkannya agar sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu, ya!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menduda Lagi, Bang Tigor Ungkap Sifat Mantan Istri

Posted: 05 Oct 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rumah tangga yang dijalani oleh Bang Tigor dan istri kini kandas sudah. Kedua pihak sepakat untuk bercerai. Bang Tigor pun kini menyandang kembali status duda untuk yang kedua kali.

Tentunya, keputusan ini sudah ia pikirkan matang-matang. Bukan masalah orang ketiga atau pun masalah ekonomi. Siapa sangka rumah tangga Bang Tigor yang tak banyak disorot media ini ternyata dilanda isu ketidakcocokan.

Ya, itulah yang menjadi alasan aktor bertubuh gempal ini memutuskan untuk mengakhiri hubungannya dengan sang istri, Lubna. Bahkan menurut penuturannya, ia tidak menduga hal ini akan terjadi.

"Memang awalnya sih baik-baik saja. Setelah berjalan satu tahun, dua tahun, tiga tahun, mulai kelihatan bahwa tidak ada kecocokan," ujar Bang Tigor saat dijumpai di bilangan Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (4/10/2018).

Banyak Faktor

Bang Tigor.

Ketidakcocokan sebenarnya bukanlah hal baru yang disebut-sebut sebagai penyebab perceraian, terutama di kalangan selebriti tanah air. Tapi usut punya usut, ketidakcocokan antara Tigor dan Lubna berakar dari banyak faktor. Faktor-faktor ini mulai menumpuk selama bertahun-tahun hingga akhirnya Tigor merasa tidak tahan lagi.

"Dia lebih egois, terlalu protektif, terlalu banyak aturan. Saya enggak bisa diatur sebenarnya. Rumah tangga itu harusnya ada kepercayaan, tetapi saya tidak dikasih kepercayaan itu. Tentunya saya menghargai itu, tapi lama-lama enggak kuat juga," ujar Tigor.

Keputusan Tegas

Bang Tigor. (Instagram.com/bang_tigor)

Rasa tidak tahan ini pun membuat pria bernama asli Sumaisy ini mengambil keputusan tegas. Ia ingin berpisah. Keputusannya ini dimulainya dengan pisah rumah dari sang istri.

"Intinya sebelum bulan puasa saya mutusin, 'Kita cerai saja, pisah.' Saya syuting di Cibubur dan tinggal di sana. (Sudah) lima bulan sampai sekarang," pungkas Bang Tigor.

Penulis: Dhefa Mauren Roos Mary

Sumber: Kapanlagi.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Sriwijaya FC vs Bali United: Tekad Putus Tren Negatif

Posted: 05 Oct 2018 08:00 PM PDT

Jakarta Sriwijaya FC bertekad memutus tren negatif saat bersua Bali United dalam pertandingan lanjutan Liga 1 2018 bersama Bukalapak, di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sabtu (6/10/2018).

Dalam lima pertandingan terakhir, Sriwijaya FC tak kunjung meraih kemenangan. Laskar Wong Kito menelan empat kekalahan dan satu kali imbang.

Hasil negatif membuat Sriwijaya terpuruk ke peringkat ke-14 klasemen sementara dengan torehen 27 poin. Mereja hanya unggul dua angka dari PS Tira yang menghuni urutan ke-16, atau batas awal zona degradasi.

Pelatih Sriwijaya FC, Subangkit, mengatakan siap meredam kekuatan lawannya demi mendulang tiga poin. Namun, dia menganggap Bali United adalah tim yang sulit ditaklukan.

"Bali United adalah tim bagus karena dihuni para pemain berkualitas. Kami harus waspada karena lini depan mereka berbahaya. Ilija Spasojevic adalah pemain yang patut diwaspadai," kata Subangkit.

"Selain itu, Bali United juga dihuni Stefano Lilipaly yang juga pemain bagus. Kami bakal coba tampil maksimal agar bisa mendulang hasil positif," ujar Subangkit.

Subangkit diprediksi akan menurunkan para pemain andalannya saat Sriwijaya FC bersua Bali United. Namun, Laskar Wong Kito tidak diperkuat Syahrian Abimanyu dan Samuel Cristianshon karena menjalani pemusatan latihan bersama timnas Indonesia U-19.

 

Bali United

Di sisi lain, inkonsistensi performa Sriwijaya berbanding terbalik dengan Bali United. Pasukan Widodo Putro itu tidak terkalahkan dalam enam laga terakhir.

Bali United lantas menjadi penantang kuat peraih juara musim ini, mengingat ada di urutan ketiga dengan koleksi 37 poin. Mereka hanya terpaut tujuh angka dari sang pemuncak klasemen sementara Persib Bandung.

Pelatih Bali United, Widodo Cahyono Putro, menegaskan enggan jemawa meski dalam tren positif. Dia mengatakan timnya bakal berjuang keras demi meraih kemenangan.

"Kami mampu menjaga tren positif di enam laga terakhir karena semua bertekad setiap pertandingan adalah final. Semangat ini juga harus dijaga melawan Sriwijaya FC nanti," kata Widodo.

Berbicara susunan pemain, Bali United diprediksi akan menurunkan pilar andalan. Namun, Widodo tidak dapat memainkan Stefano Lilipaly, Fadil Sausu, dan I Nyoman Sukarja lantaran mengalami cedera.

 

 

Prediksi susunan pemain: 

Sriwijaya FC (4-2-3-1): Teja Paku Alam; Marckho Sandy Meraudje, Mohamadou Alhadji, Alan Hendrique, Zalnando; Zulfiandi, Yu Hyun-koo; M Nur Iskandar, Esteban Vizcarra, Manuchekhr Dzhaliov; Alberto Goncalves.

Pelatih: Subangkit

Bali United (4-2-3-1): Wawan Hendrawan; Dias Angga, Agus Nova, Mahamadou N'Diaye, Ricky Fajrin; Muhammad Taufiq, Nick van der Velden; Melvin Platje, Irfan Bachdim, Yabes Roni; Ilija Spasojevic.

Pelatih: Widodo Putro

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bahaya Bila Si Kecil Mulai Suka Minum Kopi

Posted: 05 Oct 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kopi pahit mungkin anak tak suka. Namun, kini banyak tersedia kopi susu yang manis dan terasa nikmat di lidah. Belum lagi, banyak orangtua juga mengajak anak ke coffee shop, makin terbiasalah ia dengan kopi. Namun, sebenarnya, aman tidak anak minum kopi? 

Faktanya, kopi mengandung kafein yang efeknya sangat stimultan, yaitu merangsang kerja saraf. "Zat stimulan tersebut bisa memicu insomnia, gelisah, sakit perut, sakit kepala, kesulitan berkonsentrasi, dan peningkatan denyut jantung. Tentunya sangat tidak sehat jika hal tersebut terjadi pada anak-anak," ujar dokter Toby Amidor, seperti dikutip dari Healthline.

Lebih lanjut ia menjelaskan, masa kanak-kanak dan remaja adalah saat yang paling penting untuk memperkuat tulang. Terlalu banyak kafein dapat mengganggu penyerapan kalsium, yang bisa berpengaruh buruk pada pertumbuhannya.

"Jika dikonsumsi secara berlebihan pada anak-anak, dikhawatirkan menganggu level kalsium dalam tubuhnya. Belum lagi jika ditambah krim dan banyak gula, atau minum kopi berkalori tinggi, dapat menyebabkan penambahan berat badan dan gigi berlubang," kata Toby.

Sebenarnya jika anak hanya mencoba satu atau dua teguk saja tidak masalah. Tapi jangan sampai anak-anak mengonsumsi kopi setiap hari. Pasalnya kopi bisa memunculkan efek adiktif atau kecanduan.

 

Penulis: Mutia

Sumber: Dream.co.id

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rendang 1,6 Ton Terbang ke Palu Pagi Ini

Posted: 05 Oct 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Padang - Bantuan dari masyarakat Sumatera Barat untuk korban gempa di Sulawesi Tengah berupa 1,6 ton randang didistribusikan melalui Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma dengan pesawat Hercules milik TNI.

"Kami sudah dapat konfirmasi. Pagi ini bantuan randang dari Sumbar diberangkatkan ke Palu, Sulteng," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Rumainur dihubungi dari Padang, Sabtu.

Randang itu diharapkan bisa membantu meringankan beban korban gempa dan tsunami di Palu, Donggala dan Sigi.

Bantuan itu sudah mulai diinisiasi untuk dikumpulkan satu hari pascagempa dan tsunami Palu, Sulawesi Tengah.

Hanya dalam waktu empat hari terkumpul 1,6 ton randang sebagai bentuk kepedulian warga Sumbar terhadap saudaranya yang mengalami musibah di Sulawesi.

Masyarakat Sumbar, terutama Padang sangat memahami sulitnya kehidupan pascabencana gempa yang meluluhlantakkan infrastruktur daerah. 

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan, logistik merupakan kebutuhan utama bagi korban pascabencana, karena itu masyarakat Sumbar fokus mengumpulkan randang untuk membantu kebutuhan logistik di Palu, Donggala dan Sigi seperti dilansir Antara.

Selain randang, masyarakat bersama Pemprov Sumbar juga mengirimkan Rp1 miliar uang bantuan yang bisa digunakan oleh pemerintah setempat untuk membantu warganya.

Sebelumnya Pemprov Sumbar kesulitan mendistribusikan randang yang telah terkumpul di kantor BPBD setempat karena belum ada penerbangan komersil menuju Palu.

Akhirnya pemerintah daerah berkoordinasi dengan satgas penanggulangan bencana gempa dan tsunami Palu dan Donggala di Lanud Halim Perdanakusuma untuk pengiriman bantuan itu.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inalum dan Politeknik Negeri Malang Kerjasama dalam SDM Pertambangan

Posted: 05 Oct 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Holding Industri Pertambangan PT INALUM (Persero) menjalin kerjasama dengan Politeknik Negeri Malang (PNM) melalui penandatanganan  Memorandum of Understanding (MoU) disela-sela IBD Expo di Surabaya (3/10). Kerja sama ini diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan kapasitas SDM pertambangan selama 5 tahun kedepan.

Ditandatangani oleh Direktur Utama INALUM Budi G. Sadikin, mengataan bahwa MoU tersebut merupakan payung kerja sama yang meliputi yaitu Pengembangan Program Studi Diploma III Teknologi Pertambangan. Mulai dari Beasiswa Pendidikan, Praktek Kerja Lapangan(PKL) Mahasiswa, Pengabdian Kepada Masyarakat di sekitar lokasi operasional tambang, Penelitian Terapan, dan Penyediaan SDM sebagai Dosen Industri.

"Sebagai Holding Industri Pertambangan, INALUMberkeinginan untuk membuka peluang sebesar-besarnya bagi mahasiswa dan lulusan tambang yang berbakat dan  memiliki semangat untuk bersama memajukan sektor tambang di Indonesia. Penandatanganan MoU dengan PNM ini merupakan upaya kami untuk itu," demikian menurut Budi Sadikin. 

Hal serupa juga dinyatakan oleh Direktur Politeknik Negeri Malang, Awan Setiawan. Ia mengatakan inti MoU ini adalah pengembanganpro gram studi teknik pertambangan. Dengan MoU ini diharapkan kekosongan yang menjembatani tenaga ahli lulusan S1 dengan tenaga kerja lulusan SMK jadi terisi karena selamaini tidak ada. 

 

PT INALUM (Persero) menjalin kerjasama dengan Politeknik Negeri Malang

Selain kerjasama tersebut, INALUM turu aktif dalam IDB Expo Indonesia. Bersama anggota Holding lainnya yakni PT Antam Tbk PT Bukit Asam Tbk., dan PT Timah Tbk., INALUM menghadirkan stand yang terintegrasi memamerkan berbagai kegiatan operasional, rangkaian produk dan juga program, Corporate Social Responsibility (CSR) yang selama ini dilakukan.

IBD Expo merupakan ajang pertemuan bergengsi para pelaku usaha BUMN, BUMD, perusahaan swasta nasional dan internasional, serta perwakilan lembaga pemerintah  non-kementerian. Tahun 2018 merupakan kali ke-3 IBD Expo diselenggarakan, dan untuk pertama kalinya bertempat di Surabaya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perkenalkan Nana, WNI yang Sukses Mempopulerkan Pijat Bali di Jerman

Posted: 05 Oct 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Berlin - Seorang warga negara Indonesia (WNI) sukses mempopulerkan pijat Bali di Jerman. Ia adalah Sunarti Langjahr.

Massage atau pijat sejatinya bukanlah hal unik di Jerman. Tetapi pijat Bali hanya ada satu di Bonn, Nana Bali Massage. Karena pemiliknya yang ulet dan suka tantangan, praktik ini terus berkembang.

Bagaimanakah berbisnis di negeri orang?

"Harus berani mencoba," demikian diutarakan Sunarti Langjahr yang memiliki panggilan akrab Nana, seperti dikutip dari DWSabtu (5/10/2018).

Nana membuka bisnis Nana Bali Massage di kota Bonn, tepatnya di kawasan Beuel. Rambutnya yang panjang dan berwarna hitam kelam diikat membentuk sebuah konde kecil jika sedang bekerja.

Di praktek pijatnya, ibu dari dua putri ini tidak hanya menawarkan pijat tradisional Bali, melainkan juga Ayurveda, hot stone, pijat spesial punggung, pijat kaki, juga pijat wajah dan kepala.

Pijat di bagian wajah dan kepala efeknya sangat bagus bagi orang yang kerap menderita stres.

Selain itu pijat di bagian wajah, juga akupresur pada beberapa titik tertentu di wajah bisa membuat orang tampak awet muda. Demikian jelas Nana sambal tersenyum.

Menurutnya, yang paling banyak disukai orang Jerman adalah pijat tradisional Bali dan pijat Ayurveda. Terutama karena pijat tradisional Bali adalah pijat di seluruh badan, termasuk muka.

Sementara pijat Ayurveda disukai karena menggunakan minyak yang hangat.

Para peelanggan yang datang ke Nana Bali Massage umumnya dari berbagai usia, baik perempuan maupun pria.

Seorang pelanggan tetapnya, perempuan Jerman bernama Elene mengatakan, ia sangat menyenangi pijat. Ia sudah mencoba berbagai jenis pijat di kota Bonn, dan paling suka jika dipijat Nana. Alasannya karena gerakan serta tekanan yang diberikan saat memijat. Oleh sebab itu ia setia datang sekali sepekan ke Nana Bali Massage sejak tahun 2013.

Sekarang, Elene tidak hanya dating sebagai pelanggan, melainkan juga sebagai teman. Mereka sering mengobrolkan banyak hal, demikian dikatakan Elene sambil tertawa.

Membuka Bisnis di Jerman

Sebelum pergi ke Jerman dan membuka praktek memijat, perempuan ulet yang berasal dari Lombok ini sudah bekerja dan meraup pengalaman di beberapa bidang lain. Ia juga pernah bekerja menjual ponsel, dan bekerja di sebuah spa.

Ia juga pernah membuka counter, dan membuka kafe. Setiap pengalaman yang berhasil diraih disimpan dan digunakan dengan baik. Ia juga tidak menyia-nyiakan jika peluang dating.

Ia bercerita, dulu ia mulai belajar seni memijat ketika masih di Lombok, yaitu ketika bekerja di sebuah hotel di Lombok.

"Saya ini kan suka massage, suka ke salon," paparnya sambal tertawa. Ketika ia datang untuk berkunjung ke keluarga suaminya tahun 2009, ia pergi ke salon juga ke praktik massage, dan merasa tidak puas. Akhirnya ia berpikir, "Kayaknya, saya harus buka massage Indonesia di sini."

Setelah pindah ke Jerman, ia awalnya membuka praktek pijat di rumah. Ide membuka praktek yang terpisah dari rumah muncul karena ia kerap mengunjungi mertuanya di kota Krefeld, yang memiliki rumah di jalan besar, di sebuah daerah pertokoan.

Awalnya Nana membuka praktik dengan seorang rekan. Tetapi rekannya kemudian kembali ke Indonesia. Sejak itu ia memutuskan untuk percaya diri dan berani berbisnis sendirian, karena praktik pijatnya adalah satu-satunya yang menawarkan pijat Bali di Bonn.

Untuk menambah pelanggan, Nana menawarkan jasanya ke sejumlah hotel di Bonn. Ia juga menempatkan iklan dan "flyer" di toko-toko yang menawarkan produk-produk organik.

Walaupun ada kesulitan, ia terus maju dan berkembang

Nana yang tampak ceria dan bersemangat bercerita, ia tentu pernah mengalami suka dan duka dalam bisnisnya.

Sukanya, ia menikmati tantangan yang kerap muncul. Ia juga senang persaingan yang sehat. Kesulitan yang paling ia rasakan adalah kesulitan untuk memperluas bisnis dengan pekerja tambahan.

"Karena basis saya dari spa, saya ingin punya pegawai yang memiliki keahlian di bidang spa dan wellness dari Indonesia." Itulah yang agak sulit ditemukan, kata Nana. Karena kebanyakan orang asing yang dikenalnya, datang ke Jerman karena pekerjaan atau karena studi, atau juga karena menikah.

Untuk ke depan, Nana bercita-cita untuk memperluas bisnisnya di Jerman. Ia ingin memiliki tempat praktik yang lebih bagus. Selain itu ia sekarang sedang menjajaki proses mendatangkan pekerja dari Indonesia.

Ia juga ingin memperluas penawaran ke wellness yang kerap ditemukan di Indonesia, tetapi tidak terlalu diketahui di Jerman, misalnya: "cream bath" dan "scrub".

Di samping itu Nana berambisi untuk tidak hanya menjual jasa. Ia juga ingin menjual produk, terutama produk Indonesia. Jadi, siapa tahu ada yang melihat promosinya dan ingin bekerjasama. Ia memberikan layanan massage dengan menggunakan produk-produk dari rekan kerjasama. Terus maju dan berkembang dalam bisnis, walaupun di negeri orang.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pria Mabuk Nekat Gelantungan di Kabel Listrik

Posted: 05 Oct 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria mabuk bergelantungan di kabel listrik tegangan tinggi di India. Beruntung saat itu terjadi pemadaman listrik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persiapan Spesial Putri Indonesia 2018 Jelang Bertarung di Miss Universe

Posted: 05 Oct 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sonia Fergina Citra telah dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2018 pada 9 Maret 2018 lalu. Berhasil mengungguli 38 kontestan lain, wanita asal Bangka Belitung tersebut mengemban banyak tugas. Salah satunya adalah berkompetisi di ajang Miss Universe 2018.

Kontes kecantikan ini bakal diselenggarakan pada 17 Desember 2018 di Bangkok, Thailand. Nantinya, Miss Universe 2017 Demi-Leigh Nel-Peters dari Afrika Selatan akan memberikan mahkota kepada penggantinya di akhir acara.

Sebanyak 91 kontestan telah dipastikan ambil bagian dalam Miss Universe 2018, tidak terkecuali Sonia Fergina Citra. Wanita berusia 25 tahun tersebut memiliki sederet persiapan menjelang Miss Universe 2018.

Persiapan mental menjadi satu hal yang terpenting bagi Sonia agar dapat memberikan upaya maksimal di sana. Selain itu, ia juga mempersiapkan kondisi fisiknya.

"Mental benar-benar dipersiapkan, dikokohkan supaya bisa memberikan yang terbaik di sana," kata sang Puteri Indonesia 2018 kepada Liputan6.com di kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat, Selasa, 2 Oktober 2018 lalu.

Simak video pilihan di bawah ini:

Persiapan Fisik hingga Advokasi

Puteri Indonesia 2018 Sonia Fergina Citra (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sulit dipungkiri, menjaga dan merawat kecantikan merupakan hal yang sangat utama dalam kontes kecantikan, apalagi sudah memasuki kompetisi tingkat dunia. Sonia secara rutin berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh, termasuk aktif ber-muay thai.

"Olahraga supaya fit, catwalk bagaimana cara jalan yang baik sebagai beauty pageant. Terakhir itu skill, mulai dari communication skill dan skill lain yang dibutuhkan beauty pageant," kata Sonia.

Wanita kelahiran Tanjung Pandan, 27 April 1993 itu juga tidak lupa akan pentingnya persiapan dalam urusan advokasi. Tahap ini lebih kepada penyampaian Sonia mengenai kearifan lokal Indonesia yang disampaikan kepada dunia.

"Apa yang ingin aku bawa di sana sebagai Puteri Indonesia. Nilai-nilai yang ada di Indonesia yang bisa aku sebarkan di sana," ucap Sonia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Cara Mudah Bersihkan Keyboard Laptop dan Komputer

Posted: 05 Oct 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Cukup menyebalkan memang bila keyboard komputer atau laptop yang kamu gunakan sehari-hari, mendadak tidak dapat digunakan.

Apalagi, saat kamu sedang mengerjakan tugas kuliah atau menyelesaikan pekerjaan yang hampir masuk tenggat waktu (deadline).

Sebagai salah satu perangkat periferal terpenting, ada kalanya keyboard yang kamu gunakan tak berfungsi maksimal karena kotoran dan debu.

Kalau keyboard kamu dirasa kurang berfungsi maksimal karena kotoran, sebaiknya kamu mengikuti langkah mudah berikut ini.

Perlu diingat, sebelum kamu memulai membersihkan keyboard, kamu perlu mencabut kabel keyboard yang terpasang ke komputer atau laptop kamu.

1. Debu

Salah satu masalah umum yang 'menyerang' keyboard adalah debu. Cara cepat dan mudah mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan sebuah sikat--atau sikat gigi--lembut.

Untuk keyboard di laptop, sebaiknya kamu menggunakan vacum cleaner berukuran kecil agar tidak terlalu merusak komponen laptop yang ada.

Kemudian untuk mengatasi debu membandel, kamu bisa menggunakan sikat yang lebih keras.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

2. Kuman

keyboard komputer. kredit foto: stockvault

Karena digunakan sehari-hari, wajar bila keyboard kamu menjadi "ladang" berkembang biaknya berbagai macam kuman.

Untuk itu, kamu sebaiknya menghindari produk desinfektan yang mengandung elemen etil dan lebih baik menggunakan alkohol mengandung isopropil.

Kenapa lebih baik isopropil? Sebab kandungan kimia elemen etil akan mengikis huruf-huruf di keyboard kamu.

Batas aman alkohol yang dapat kamu gunakan adalah 60 persen atau lebih.

Gunakan cotton bud atau kain yang sudah kamu basahi dengan larutan pembersih. Gosok permukaan tombol keyboard secara merata untuk bagian atas keyboard, dan cotton bud untuk sisi-sisinya.

3. Tumpahan Air

Air tumpah di keyboard laptop. (Via: instructables.com)

Adakah yang lebih buruk daripada tombol keyboard lengket?

Menumpahkan kopi atau soda ke atas keyboard adalah hal terburuk yang mungkin terjadi. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencabut keyboard dari komputer.

Walau banyak orang membersihkan keyboard pada saat masih dalam keadaan basah, sebaiknya kamu mengeringkannya terlebih dahulu.

Setelah kering, untuk menghilangkan cairan yang melekat di tombol, sebaiknya kamu mencopot tombol satu per satu.

Hal ini dilakukan agar tombol keyboard dapat dibersihkan dengan baik dan lebih mudah saat akan kembali dipasang.

Bagaimana cara melepas tombol keyboard dengan mudah? Untuk keyboard komputer, kamu bisa menggunakan pisau atau obeng pipih untuk melepas tombol keyboard dari sisinya. Jangan terlalu banyak menggunakan tenaga, karena tombol keyboard akan terlepas dengan mudah.

Untuk keyboard laptop, kamu cukup menggunakan kuku jari untuk melepas tombol keyboard. Berhati-hatilah saat kamu melepas tombol keyboard, karena mekanisme tombol rentan patah.

Setelah dilepas, kamu bisa menggunakan kain basah terlebih dahulu untuk mengeringkan bagian-bagian yang basah.

Setelah kering kamu bisa menggunakan alkohol untuk membersihkan dasar keyboard. Untuk membersihkan tombol keyboard, kamu bisa merendamnya di air hangat. 

Jangan lupa mengeringkan tombol tersebut sebelum kamu memasangnya kembali.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

32 Ribu Orang Hadiri Pertemuan IMF-World Bank 2018 di Bali

Posted: 05 Oct 2018 07:52 PM PDT

Liputan6.com, Bali - Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, peserta pertemuan tahunan IMF-World Bank di Bali pada 8 hingga 14 Oktober mendatang mencapai 32 ribu orang. Jumlah itu di atas perkiraan pemerintah sebelumnya, yakni 19 ribu orang.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (6/10/2018), Luhut memimpin rapat persiapan terakhir pertemuan tahunan IMF-World Bank di Nusa Dua, Bali.

Hadir dalam rapat koordinasi terakhir pelaksanaan rangkaian pertemuan tahunan IMF-World Bank 2018 tersebut adalah lembaga atau kementerian terkait di tingkat pusat dan daerah.

Dari 32 ribu peserta tersebut, sekitar 12 ribu orang mendaftar melalui jalur meeting team secretariat dari pihak IMF-World Bank secara online dan 19 ribu orang mendaftar melalui Indonesia Planning Team.

Jumlah tersebut diperkirakan masih akan bertambah, karena masih akan ada pendaftar yang berasal dari tamu sektor swasta.

Luhut menyebut, pertemuan tahunan IMF-World Bank itu akan berdampak terhadap perekonomian Bali.

"Ini dampaknya luar biasa, Bali akan mendapatkan manfaat ekonomi luar biasa," kata Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bek Belia Ajax Tak Tertekan Jadi Incaran MU dan Barcelona

Posted: 05 Oct 2018 07:50 PM PDT

Liputan6.com, Amsterdam - Bek muda Ajax Amsterdam, Matthijs de Ligt memilih kalem menyikapi rumor transfer yang mengaitkan dirinya dengan beberapa klub papan atas Eropa belakangan ini.

De Ligt merupakan salah satu bakat terbesar di Belanda saat ini. Di usianya yang baru menginjak 19 tahun, ia sudah tampil reguler bersama tim utama Ajax.

Dalam dua musim terakhir, De Ligt sudah mencatatkan lebih dari 60 penampilan bagi Ajax. Bahkan De Ligt juga sudah mendapat panggilan ke tim nasional Belanda.

Sinar terang De Ligt tentu saja tak lepas dari pantauan klub-klub top Eropa. Beberapa klub seperti Manchester United, Barcelona, Tottenham Hotspur hingga Juventus dikabarkan tertarik merekrutnya.

Meski demikian, dia mengaku tak terlalu memperhatikan rumor tersebut dan memilih fokus di Ajax. De Ligt merasa masih perlu membuktikan diri.

Tidak Spesial

Bek Ajax Amsterdam asal Belanda Matthijs de Ligt. (AP Photo/Peter Dejong)

"Sejujurnya, tak ada yang spesial. Ada banyak tabloid yang menulis rumor. Saya belum mendengar apa pun, jadi saya fokus di Ajax," ungkap De Ligt dalam wawancara dengan FourFourTwo.

"Senang rasanya melihat nama kita dikaitkan dengan klub-klub tersebut, tapi jika saya tak mendengar apa pun juga tak menjadi masalah," tambahnya.

Lebih lanjut, De Ligt juga berbicara mengenai mantan rekan setimnya di lini belakang Ajax, Davinson Sanchez yang sejak musim lalu memilih hengkang ke Tottenham.

Rendah Hati

"Ia sungguh menyenangkan, tapi ketika ia masuk lapangan ia seperti binatang. Di luar lapangan, ia rendah hati dan pendiam, sedikit pemalu. Kemudian ia masuk lapangan dan seperti, 'Wow, apa yang terjadi di sini?'" tutur De Ligt.

Menarik ditunggu apakah De Ligt akan memilih menerima pinangan Spurs dan kembali menjadi rekan Sanchez di lini belakang.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Aksi Menaker Hanif Dhakiri Hibur Karyawan KLY

Posted: 05 Oct 2018 07:45 PM PDT

Aksi Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri saat menyanyikan sebuah lagu saat hadir menjadi bintang tamu dalam acara KLY Lounge di Gedung KLY, Gondangdia, Jakarta, Jumat (5/10). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aksi Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri saat menyanyikan sebuah lagu saat hadir menjadi bintang tamu dalam acara KLY Lounge di Gedung KLY, Gondangdia, Jakarta, Jumat (5/10). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri bersiap bernyanyi saat hadir menjadi bintang tamu dalam acara KLY Lounge di Gedung KLY, Gondangdia, Jakarta, Jumat (5/10). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri bersiap bernyanyi saat hadir menjadi bintang tamu dalam acara KLY Lounge di Gedung KLY, Gondangdia, Jakarta, Jumat (5/10). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penampilan Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri saat hadir menjadi bintang tamu dalam acara KLY Lounge di Gedung KLY, Gondangdia, Jakarta, Jumat (5/10). Hanif Dhakiri menyanyikan salah satu lagu Anji

Penampilan Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri saat hadir menjadi bintang tamu dalam acara KLY Lounge di Gedung KLY, Gondangdia, Jakarta, Jumat (5/10). Hanif Dhakiri menyanyikan salah satu lagu Anji

Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri berpose dengan gitar sebelum tampil menjadi bintang tamu dalam acara KLY Lounge di Gedung KLY, Gondangdia, Jakarta, Jumat (5/10). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri berpose dengan gitar sebelum tampil menjadi bintang tamu dalam acara KLY Lounge di Gedung KLY, Gondangdia, Jakarta, Jumat (5/10). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri berpose dengan gitar sebelum tampil menjadi bintang tamu dalam acara KLY Lounge di Gedung KLY, Gondangdia, Jakarta, Jumat (5/10). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri berpose dengan gitar sebelum tampil menjadi bintang tamu dalam acara KLY Lounge di Gedung KLY, Gondangdia, Jakarta, Jumat (5/10). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri berpose dengan gitar sebelum tampil menjadi bintang tamu dalam acara KLY Lounge di Gedung KLY, Gondangdia, Jakarta, Jumat (5/10). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri berpose dengan gitar sebelum tampil menjadi bintang tamu dalam acara KLY Lounge di Gedung KLY, Gondangdia, Jakarta, Jumat (5/10). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengamanan Acara Pembukaan Asian Para Games 2018 Bakal Diperketat

Posted: 05 Oct 2018 07:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Acara pembukaan Asian Para Games 2018 akan digelar Sabtu malam (6/10/2018) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. Berbagai persiapan sudah dilakukan Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 (Inapgoc).

Termasuk soal keamanan. Sebanyak 7.913 personel keamanan akan dikerahkan untuk mengamankan jalannya upacara pembukaan Asian Para Games 2018.

Ketatnya pengamanan membuat penonton tidak diperbolehkan membawa kendaraan masuk ke kompleks GBK. Bahkan, atlet dan tamu VIP pun akan dijemput dari Para Village dan Hotel tempat mereka menginap.

Mereka akan disediakan kendaraan oleh panitia penyelenggara Asian Para Games 2018. Akses masuk penonton ke GBK dibuka melalui gerbang 5, 6 dan 7. Sementara pintu 1 dibuka khusus bagi tamu VIP.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Rekayasa Lalu Lintas

Kawasan GBK masih bisa dilalui kendaraan masyarakat umum jelang pembukaan Asian Para Games 2018 (Bola.com/Muhammad Ivan Rida)

Di sisi lain, Polda Metro Jaya akan melakukan rekayasa lalu lintas saat upacara pembukaan Asian Para Games 2018 di Jakarta.

"Pukul 07.00 ruas jalan yang ada di sekitar GBK susah kami mulai lakukan penutupan," kata Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya Kombes Pol Slamet Hadi S, seperti dilansir Antara.

Polisi akan memberlakukan penutupan di ruas Jalan Gatot Subroto yang mengarah ke Jalan Gerbang Pemuda hingga ke Hotel Mulia.

Kemudian dari Hotel Mulia, sisi dalam Jalan Asia Afrika ditutup untuk umum hingga Jalan Pintu Satu Senayan, sekitaran Hotel Fairmount.

Kendaraan Khusus

Sementara itu, Direktur Transportasi Inapgoc, Adrianto Djokosoetono, mengimbau penonton yang memiliki kebutuhan khusus disarankan masuk melalui pintu 5 dan 6 karena panita penyelenggara akan menyediakan kendaraan untuk menjemput berupa mobil buggy dan becak motor, bagi penonton yang menggunakan kursi roda.

Sementara di pintu 7, panitia hanya menyediakan bus penjemput biasa. Pintu 10 akan digunakan untuk pintu masuk atlet, ofisial, kontingen, delegasi dan media.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Kans Scudetto, Bek Napoli Beri Peringatan Juventus

Posted: 05 Oct 2018 07:40 PM PDT

Liputan6.com, Naples - Palang pintu andalan Napoli, Raul Albiol menegaskan persaingan menuju tangga scudetto di Serie A musim ini belum usai terlepas dari start sempurna sang rival, Juventus.

Juventus berhasil menyapu bersih kemenangan dalam tujuh giornata awal Serie A musim ini. Catatan itu bisa berlanjut pada akhir pekan ini, ketika mereka melawat ke markas Serie A.

Sementara itu, kekalahan 1-3 dari Juventus membuat Napoli kini tertahan di peringkat dua klasemen dan berselisih enam angka dari Bianconeri yang bertengger di puncak.

Albiol mengakui bahwa kekalahan Napoli di markas Juventus terjadi karena kesalahan timnya sendiri. Ambisi untuk mengejar ketinggalan pun makin sulit tercapai setelah kartu kuning kedua yang didapat Mario Rui di pertengahan babak kedua.

"Beberapa kesalahan merugikan kami. Dalam laga seperti itu Anda akan dihukum untuk setiap kesalahan. Mereka lebih agresif usai menyamakan skor, tapi gol mereka terjadi lebih karena kesalahan kami," ujar Albiol kepada Radio Kiss Kiss.

 

Buang Peluang

Laga Juventus melawan Napoli. (AFP Photo/Marco Bertorello)

"Setelah skor 2-1 kami mencoba kembali bermain, kami mendapat banyak peluang tapi sulit dengan bermain 10 orang di kandang Juventus," tambahnya.

Meski tertinggal enam poin, akan tetapi Albiol menegaskan Napoli belum bersedia mengibarkan bendera putih alias menyerah. Akhir pekan ini Napoli bakal menjamu tim kuda hitam musim ini, Sassuolo.

"Apakah perebutan gelar sudah usai? Tidak, itu belum usai. Kami tahu sejak awal bahwa Juventus adalah favorit, mereka menghabiskan banyak uang dan membeli pemain-pemain hebat. Namun masih terlalu dini untuk mengatakan mereka sudah juara," terang Albiol.

Pikirkan Menang

"Kami tahu kami harus melakukan banyak hal untuk berada di atas bersama mereka, tapi tak ada gunanya hanya bicara, kamu harus memikirkan soal menang, dimulai pada Minggu ini. Jika kami terus menang maka semua masih terbuka," terangnya.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendikbud Siapkan Tenda Darurat untuk Sekolah Korban Gempa Sulteng

Posted: 05 Oct 2018 07:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy akan mendirikan kelas darurat berupa tenda-tenda standar UNICEF untuk masa awal pemulihan usai gempa Palu dan Donggala.

"Tenda-tenda seperti ini juga sudah didirikan di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan satu tenda bisa digunakan untuk enam kelas," ujar Muhadjir di Makassar, Jumat 5 Oktober 2018.

Tenda seharga Rp 30 juta ini bisa bertahan digunakan selama satu tahun. Setelahnya akan dibangun sekolah darurat yang dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Tapi kan Kementerian PUPR pekerjaannya juga banyak. Untuk jaga-jaga, sekolah darurat kita juga bisa dipakai," ujar Muhadjir dikutip dari Antara.

Dalam dua tahun, baru akan dibangun sekolah-sekolah permanen baru. Pembangunannya nanti akan mengikuti sistem zonasi.

Namun, Muhadjir mengaku belum mengetahuinya darimana anggaran tersebut. Ini karena sudah tidak ada anggaran khusus yang bisa dialokasikan.

"Kita tidak mengira akan ada gempa lagi, jadi saya belum bisa pastikan berapa anggarannya. Tidak ada anggaran khusus, nanti kita coba sisir anggaran di Kementerian," lanjutnya.

Ia juga mengatakan dirinya ingin melihat langsung secara utuh persoalan yang dihadapi pascabencana di Sulawesi Tengah, untuk memberikan solusi tepat.

"Turun ke lapangan perlu, untuk melihat secara utuh persoalan yang dihadapi, terutama di sektor pendidikan seperti apa. Supaya tahu perlakuan yang harus dilakukan itu apa," kata Muhadjir.

Tinjau Lokasi Gempa

Selain hendak meninjau kondisi murid-murid, sekolah-sekolah dan fasilitas pendidikan terdampak gempa, tsunami dan likuifaksi di Sulteng, Mendikbud mengatakan pihaknya juga membawa beberapa bantuan yang biasanya memang dibutuhkan pascabencana.

Mendikbud dijadwalkan akan bertolak ke Palu, Sabtu hari ini dengan pesawat TNI AU melalui Makassar. Rencananya menteri akan melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota bersama Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP).

Selanjutnya, Mendikbud akan meninjau sekolah yang terdampak gempa di Kota Palu dan sekitarnya. Dan ditutup dengan koordinasi penanganan yang akan dilakukan sebelum meninggalkan Sulteng. 

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasar Mulai Menggeliat di Palu Seminggu Usai Gempa, TNI Berjaga Ketat

Posted: 05 Oct 2018 07:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seminggu setelah gempa dan tsunami menerjang, kegiatan jual-beli di Palu, Sulawesi Tengah, berangsur-angsur mulai menggeliat.

Aktivitas perekonomian salah satunya terlihat di Pasar Masomba di Jalan Tanjung Manimbaya, Tatura Utara, Palu Selatan, Kota Palu.

Para pedagang yang juga menjadi korban mulai membuka kios mereka untuk berdagang beras, sayur mayur, dan kebutuhan pokok lainnya. Pembeli pun mulai lalu-lalang berbelanja kebutuhan hidup sehari-hari.

Harga-harga kebutuhan pokok umumnya tidak menanjak. Salah seorang pedagang bernama Tika menyebut, yang mengalami kenaikan hanya sayur-mayur dari semula Rp 5 ribu menjadi Rp 10 ribu. Selebihnya barang lain dijual dengan harga normal.

"Cuma sayur aja yang naik," ucap Tika, Sabtu (6/10/2019).

Tika saat ini mengkhawatirkan stok barang dagangan yang sudah mulai menipis.

"Insya Allah yang dijual masih ada untuk satu mingguan. Tapi nggak lengkap," ujar dia.

Kekhawatiran juga dirasakan Abdi, seorang pedagang beras. Dia membuka kiosnya pada hari kedua setelah gempa dan tsunami, dan sekarang stok beras sudah habis.

"Saya jual jenis Bramo, Kepala, Canur, Superwin, Cimandi. Sekarang sudah habis, borong sama pengungsian," ujar dia.

Abdi menjelaskan, stok berasnya habis terjual karena tidak menaikkan harga beras sedikit pun. 

"Saya jual normal saja. Sebelum gempa dan tsunami terjadi di Palu, harga per kilo Rp 11 ribu. Setelah gempa segitu juga, makanya cepet habis," ucap dia.

 

Peran TNI

Dimulainya aktivitas perekonomian tidak lepas dari peran TNI. Selama pasar dibuka, sepuluh personil TNI disiagakan. Para aparat bersenjata lengkap ini menjaga ketat aktivitas di pasar untuk menghindari penjarahan.

"Kita tahu bersama dalam beberapa waktu kemarin masih terjadi beberapa upaya masyarakat menjarah. Makanya kita siapkan. Selain itu juga untuk kegiatan evakuasi, mengambil jenazah di tempat pencarian dan penyelamatan," kata Kapendam XII/Kolonel Inf Muhammad Thohir.

Selain di pasar, Thohir mengatakan, saat ini di Balaroa juga sudah ditempatkan 200 personil. Kemudian di Korem 350 orang. Lalu di Sigi dan Jalan KM Soeharto 250 orang. Terakhir, Donggala 200 orang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bertemu Jokowi, Mimpi Ketua BNPB Sutopo yang Jadi Kenyataan

Posted: 05 Oct 2018 07:35 PM PDT

Fokus, Bogor - Selama beberapa pekan, wajah Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB kerap muncul di media massa menginformasikan perkembangan terakhir situasi bencana di Palu dan sekitarnya.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (6/10/2018), padahal banyak yang tidak tahu Sutopo tengah berjuang melawan kanker paru-paru yang sudah mencapai stadium 4B.

Jumat kemarin, Presiden Joko Widodo atau Jokowi sengaja mengundang Sutopo ke Istana Bogor. Sosok dan perbuatan Sutopo bagi Jokowi sangat menginpirasi banyak orang.

"Beliau sangat menginspirasi. Bahwa dalam kondisi beliau yang sakit, masih mendedikasikan pekerjaannya dalam sekian tahun ini," kata Jokowi.

Bagi Sutopo, pertemuannya dengan Jokowi merupakan mimpinya selama ini dan merupakan kado istimewa di hari ulang tahunnya pada 7 Oktober nanti.

"Foto dan tanda tangan bapak presiden adalah kado terindah menjelang ulang tahun saya. Banyak nasihat yang diberikan bapak presiden kepada saya," ujar Kapusdatin BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

Menurut Sutopo, Presiden juga terkejut begitu mengetahui dia tengah mengidap kanker paru-paru stadium empat. (Rio Audhitama Sihombing) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: