Jumat, 26 Oktober 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Kementerian PUPR Siapkan Rp 110 Triliun Buat Bangun Infrastruktur di 2019

Posted: 26 Oct 2018 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam Rencana Anggaran Belanja Negara (RAPBN) tahun 2019 menyiapkan anggaran infrastruktur sebesar Rp 110,7 triliun.

Anggaran tersebut telah mendapatkan persetujuan dari Komisi V DPR RI dalam Rapat Kerja yang juga dihadiri oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

"Dari Rp 110,7 triliun, sebesar 84,6 persen merupakan belanja modal dan belanja barang berkarakter modal," tutur Menteri Basuki dalam keterangan resmi, Sabtu (27/10/2018).

Basuki melanjutkan, porsi anggaran sebesar Rp 110,7 triliun tersebut antara lain akan digunakan untuk program pengelolaan sumber daya air (SDA) Rp 39,3 triliun termasuk pengendalian lumpur Sidoarjo Rp 425 miliar.

Selain itu anggaran juga digunakan untuk penyelenggaraan jalan Rp 40,3 miliar, pengembangan infrastruktur permukiman Rp 20,2 miliar, dan pengembangan perumahan Rp 7,8 triliun.

"Serta digunakan untuk pengembangan pembiayaan perumahan Rp 261,9 miliar, penelitian dan pengembangan Kementerian PUPR Rp 540,9 miliar, serta pembinaan konstruksi Rp 558,1 miliar," jelasnya.

"Kemudian pengembangan SDM Kementerian PUPR Rp 398,9 miliar, pengembangan infrastruktur wilayah Rp 228 miliar, pengawasan dan akuntabilitas aparatur Kementerian PUPR Rp 99,6 miliar dan kesekretariatan jenderal Rp 533,8 miliar," ia menambahkan.

 

Peningkatan Ruas Jalan

Suasana sepi terlihat di proyek Light Rail Transit (LRT) Jabodebek lintas pelayanan dua rute Cawang-Dukuh Atas di kawasan Kuningan, Jakarta, Senin (18/6). Seluruh proyek infrastruktur masih ditinggal mudik para pekerja. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sementara itu, Kementerian PUPR juga mendapatkan alokasi Rp 5,1 triliun yang akan digunakan untuk peningkatan 4 ruas jalan dengan skema Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU-AP).

Ruas tersebut seperti preservasi jalan lintas timur Sumatera (Riau-Sumsel) sebesar Rp 1,1 triliun dan preservasi jalan trans Papua ( Wamena-Mumugu) sebesar Rp 1,9 triliun.

Selain itu juga penggantian jembatan di Lintas Utara Pulau Jawa Rp 0,8 triliun dan preservasi jalan dan jembatan di Lintas Tengah dan Barat Pulau Sumatera sebesar Rp 1,2 triliun.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiap Tanggal 26 Sirine Tsunami di Aceh Berbunyi, Pertanda Apa?

Posted: 26 Oct 2018 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Banda Aceh - Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyatakan, terdapat tiga dari enam sirene tsunami yang terpasang di dua daerah di Aceh mengalami kerusakan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBA, Muhammad Syahril di Banda Aceh, Jumat, mengatakan, ketiga sirene tsunami ini di tiga tower sistem peringatan dini tsunami yang berbeda.

"Dua tower sistem perngatan dini tsunami belum diperbaiki oleh (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika(BMKG). Pagi tadi (Jumat), ada satu pengeras suara lagi yang rusak di TEWS Lam Awe, Aceh Besar," katanya dilansir Antara.

Kedua tower itu mengalami kerusakan tersebut, lanjut dia, terpasang di TEWS Lhoknga, dan TEWS Kajhu yang berada di Kabupaten Aceh Besar.

Masing-masing tower sistem peringatan dini tsunam ini tidak bisa mengeluarkan suara asli sirene tsunami, karena mengalami kerusakan pada bagian "chip" atau komponen sejak uji coba terakhir sebulan lalu.

Sedangkan ketiga tower TEWS lain yakni TEWS Kantor Gubernur, TEWS Lampulo, TEWS Blang Oi di Kota Banda Aceh, berfungsi normal dengan mengeluarkan suara asli sebagai pertanda sirine tsunami.

"Kita secara rutin melakukan uji coba sirine tsunami pada tanggal 26 setiap bulan, tepat pukul 10.00 WIB di enam tower," ujar Syahril.

Tahap pelaksanaan dimulai dengan membunyikan 'sound testing' selama tiga menit di TEWS Kajhu dan TEWS Lhoknga, selanjutnya diteruskan 'real sound' enam menit di empat lokasi TEWS lainnya.

Wahed (51), warga yang sedang melintas dengan kendaraan di Jl Panglima Nyak Makam atau depan kantor Gubernur mengaku, tidak terkejut akibat mendengar suara sirene pertanda tsunami.

"Kalau trauma tsunami, masih ada. Tetapi hari ini(Jumat) kan, tanggal 26 Oktober. Adalah waktu pengetesan sirene tsunami di enam lokasi," ujarnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pilu, Anjing Peliharaan Wanita Ini Mati Diracun Tetangganya Sendiri

Posted: 26 Oct 2018 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang wanita menuturkan kisahnya setelah anjing pembimbingnya diracuni. Menurut Leewen Zhang, anjingnya dibunuh dengan cara yang kejam saat ia tengah dalam perjalanan ke Eropa.

Julie, nama anjing tersebut, mati setelah memakan racun tikus yang disembunyikan dalam daging. Zhang menduga itu merupakan serangan yang direncanakan.

Anjing berusia 8 tahun itu mengalami kematian yang menyiksa setelah makan hanya satu gigitan daging. Zhang bahkan memiliki foto yang memilukan saat anjingnya mati.

Zhang membawa Julie dari California ke Chongqing, Tiongkok, dan berencana untuk perrgi ke Eropa setelah Tahun Baru China. Zhang harus tinggal sementara dan mendapatkan perawatan karena jantungnya bermasalah. Saat itulah anjing kesayangannya diracuni.

Kelompok Fight Dog Meat yang membantu menyelematkan hewan di negara tempat anjing dan kucing dimakan, menyorot kisah Zhang di media sosial. Wanita itu mengatakan di laman Facebook-nya bahwa orang jahat telah membungkus racun tikus ke dalam daging ayam dan menyebarnya di halaman rumput tempat Julie biasa bermain.

"Dia memakan satu gigitan kecil dan meninggal dalam beberapa jam dengan rasa sakit dan penderitaan yang luar biasa. Saya tak pernah bisa melupakan jeritannya, tangisannya, dan perjuangannya untuk hidup. Sudah satu minggu setelah kematiannya, tapi aku masih berada dalam kesedihan yang mendalam."

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: 

 

Selanjutnya

doc: Facebook.com

Demikian tulis Zhang di media sosial. Ia mengklaim telah mendengar tetangga-tetangganya mengancam serta ingin membunuh anjingnya. Warga setempat bahkan pernah melakukan pelecehan padanya dengan empat kali peringatan bahwa mereka akan membunuh anjing Zhang.

Zhang sempat melaporkan pada polisi tentang ancaman tersebut, tapi tak ada hukum hak-hak binatang di Tiongkok. Ratusan ribu anjing dibunuh dan diracun di Tiongkok, tapi tak ada aturan menghukum pelakunya.

"Tak ada undang-undang hewan di Tiongkok sekarang, bukan berarti tak akan ada di masa depan. Saya akan berjuang untuk itu agar tak ada lagi yang mengalami nasib sama dengan Julie," pungkas Zhang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Umrah Bersama Ibunda, Penampilan Selvi Kitty Bikin Kagum

Posted: 26 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi Selvi Kitty baru-baru ini mengunggah foto di Instagram. Tak seperti biasanya, kali ini Selvi sukses membuat warganet kaget dan terkagum. Penampilan wanita yang baru menikah sejak tahun lalu ini, jauh dari kesan seksi yang selama ini melekat pada dirinya.

Selvi Kitty yang baru selesai menjalani umrah bersama sang ibunda, mengunggah foto-foto saat tengah berada di Mekah. Salah satu unggahannya adalah saat berpose dengan sang bunda di depan Kakbah.

Dalam foto itu, Selvi mengenakan pakaian syari serta hijab putih. Begitu juga dengan sang bunda.

"Mama," tulis Selvi Kitty singkat, seperti dilansir Dream.co.id dari akun Instagramnya, @selvikitty, Jumat (26/10/2018).

 

Simak juga video berikut ini:

Memuji Kecantikan

Selvi Kitty

Dengan penampilan yang sangat berbeda dari biasanya, banyak warganet memuji kecantikan Selvi. 

"Subhanaallah cantik banget kakak @selvikitty," kata akun @nur_liza_afni1505.

Komentar Lain

Selvi Kitty

"Demi apapun Neng @selvikitty cakep banget pake Hijab masya allah..," tulis akun@khairulabdi10.

"Subhanallah cantiknyaaa @selvikitty sehat selalu bersama keluarga," kata akun @ramadhani_sukma. (Sah)

Reporter: Amrikh Palupi

Sumber: Dream.co.id

View this post on Instagram

mama ❤️ #:')

A post shared by Selvi Kitty (@selvikitty) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jamal Khashoggi Dibunuh, Juventus Vs AC Milan Batal di Arab Saudi?

Posted: 26 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Piala Super Italia 2018 rencananya akan digelar di Arab Saudi awal tahun 2019. Juventus akan bersua AC Milan di Riyadh. Namun laga tersebut kini terancam batal menyusul tewasnya seorang jurnalis Saudi, Jamal Khashoggi.

Wartawan Washington Post tersebut hilang saat datang ke Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki awal Oktober lalu untuk mengurus pernikahannya. Setelah membantah, pemerintah Arab Saudi akhirnya membenarkan Khashoggi tewas di konsulat mereka. 

Hingga saat ini jenazah Khashoggi masih belum ditemukan. Ada dugaan Khashoggi tewas dimutilasi. Putra Makhota Arab Saudi Muhammed bin Salman dicurigai terkait dengan pembunuhan Khashoggi yang kerap mengkritik pemerintahannya.

15 warga Saudi yang diduga merupakan eksekutor pembunuhan Khashoggi memiliki kaitan dengan MBS.

Kejadian ini membuat beberapa event yang seharusnya digelar di Arab Saudi dibatalkan. Dan ada kemungkinan juga duel Juventus kontra AC Milan batal dilaksanakan di Arab Saudi.

 

Mantan Menpora Italia

Jamal Khashoggi, sosok wartawan Arab Saudi yang tewas di konsulat negaranya di Istanbul, Turki, 2 Oktober 2018 (AP)

Banyak kalangan meminta Juventus dan AC Milan membatalkan duel di Riyadh sebagai bentuk protes terhadap Arab Saudi atas insiden Khashoggi.

"Keputusan untuk memainkan Piala Super Italia di Arab Saudi harus segera diblokir. Sebagai anggota parlemen, sebagai mantan Menteri Olahraga dan sebagai warga negara Italia, saya mengajukan banding ke Lega Calcio untuk mempertimbangkan kembali keputusan untuk memainkan pertandingan Juventus-Milan di Arab Saudi," kata mantan menteri olahraga Italia, Luca Lotti.

Pengelola Serie A, AC Milan dan Juventus sendiri masih bungkam dan menolak ikut berkomentar atas kasus pembunuhan Khashoggi.

Amnesti Internasional

Banner Misteri Kematian Jamal Khashoggi (Liputan6.com/Triyasni)

Senada dengan Lotti, Amnesti Internasional juga mendesak agar duel Juventus melawan AC Milan tak digelar di Arab Saudi.

"Sangat jelas bahwa negara-negara seperti Arab Saudi sangat menyadari potensi olahraga untuk menyelewengkan 'rebranding' suatu negara," ujar Kepala kebijakan dan urusan pemerintah Amnesti International Inggris Raya, Allan Hogarth seperti dikutip dari Football Italia.

"Bahkan sebelum pembunuhan mengerikan Jamal Khashoggi, Arab Saudi memiliki catatan hak asasi manusia yang benar-benar mengerikan. Klub besar seperti Juventus dan Milan perlu memahami bahwa partisipasi mereka dalam acara olahraga di negara itu dapat digunakan sebagai bentuk 'pencucian olahraga'.

"Kami mendesak klub-klub Italia ini untuk berpikir dua kali tentang sinyal yang dikirimkan kepada penggemar olahraga di seluruh dunia dan aktivis pemberani yang membela hak asasi manusia di Arab Saudi."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Samsung Siapkan Layar Laptop Lipat

Posted: 26 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Electronics sedang mengembangkan bentuk baru laptop, termasuk dengan layar yang bisa dilipat. Hal ini merupakan salah satu upaya agar inovasi produk PC bisa sejalan dengan perubahan pasar perangkat mobile.

Informasi tentang laptop lipat itu disampaikan oleh Vice President Marketing for PC Samsung, Lee Min-cheol.

"Sama seperti smartphone lipat, Samsung bekerja sama dengan sejumlah produsen layar untuk mengembangkan laptop dengan layar yang bisa dilipat," kata Lee seperti dikutip dari Korea Herald, Sabtu (27/10/2018).

"Tidak hanya karena layar yang bisa dilipat, tapi juga menciptakan nilai dan pengalaman pengguna baru di tengah tren pasar laptop yang berubah."

Keputusan Samsung masih mempertahankan bisnis PC di dalam divisi komunikasi IT dan mobile pun dipertanyakan. Terlebih lagi, pasar PC juga mulai melemah.

Menurut Lee, Samsung sejauh ini masih memiliki porsi besar di pasar PC. Diungkapkannya, Samsung saat ini menjual sekira 3,2 juta PC per tahun, terutama di Korea Selatan, Amerika Serikat, Tiongkok dan Brasil dengan total 45 persen dari seluruh pasar PC.

"PC memainkan peran sentris di produk IT dalam meningkatkan konektivitas dengan perangkat mobile, jadi kami akan terus mengembangkan PC inovatif dengan berbagai mitra seperti Intel, Microsoft dan KT," jelas Lee.

Samsung Tertarik Rilis Tablet Lipat

Pengunjung booth Samsung di MWC 2018 melihat-lihat ekosistem Smart Home. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Selain laptop, Samsung sebelumnya dilaporkan sedang menyiapkan smartphone dan tablet dengan konsep serupa. Menurut informasi baru, Samsung dilaporkan tertarik menghadirkan tablet lipat, jika nanti Galaxy F - nama smartphone lipatnya- sukses di pasar.

Informasi tentang tablet yang bisa dilipat ini berasal dari beredarnya paten tentang perangkat tersebut. Paten ini diajukan pada April 2018 di Amerika Serikat (AS), tapi sampai saat ini belum dipublikasikan.

Paten ini menggambarkan sebuah perangkat yang ketika tidak dilipat, bisa digunakan seperti tablet tradisional. Jika pengguna hanya ingin menggunakan satu sisi layar tablet, maka perangkat bisa dilipat dan secara otomatis UI akan berubah seperti menggunakan smartphone.

Pada keterangan paten, konsep tablet ini memanfaatkan dua grip mirip bezel di kedua ujung sisi layar. Dari tampilannya, grip tersebut dibuat dari aluminium, sama seperi bodinya. Bagian tengah panel belakang memiliki mekanisme seperti engsel.

Mengingat perangkat lipat masih baru dan belum teruji di pasar, perusahaan berharap mendapatkan reaksi bagus pada awal kehadiran Samsung Galaxy F. Jika smartphone itu berhasil, perusahaan kemungkinan besar akan memberikan lampu hijau untuk peluncuran tablet lipat.

Samsung Bakal Pamer Smartphone Layar Lipat Bulan Depan

Samsung Galaxy Note 9 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Kabar Samsung akan memperkenalkan smartphone layar lipat pertamanya bulan depan kembali muncul. Perusahaan asal Korea Selatan itu berencana memperlihatkan prototype smartphone itu di acara konferensi developer Samsung pada November 2018.

Samsung juga telah menyinggung rencana kemunculan produk tersebut di Twitter. Isu kehadiran smartphone layar lipat perdana besutan Samsung ini sudah ramai dibicarakan. Beberapa waktu lalu, DJ Koh selaku Head of IT & Mobile Communications (IM) Division Samsung, membenarkan perusahaan tengah menggarap smartphone layar lipat.

"Kami hampir selesai (mengembangkan smartphone layar lipat Samsung)," ujar DJ Koh dalam wawancara khusus kepada Tekno Liputan6.com di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (12/10/2018).

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Menambah Jarak Tempuh Mobil Listrik, Sasis Disulap Menjadi Baterai

Posted: 26 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jarak tempuh adalah salah satu kendala terbesar untuk mobil listrik. Jarak tempuh mobil listrik sekarang berkisar dari 320 - 480 km. Namun, bagaimana jika mobil itu sendiri terbuat dari baterai?

Dilansir popularmechanics, penelitian terbaru menemukan bahwa material serat karbon yang digunakan untuk memangkas bobot dapat digunakan sebagai komponen baterai. Secara spesifik, serat karbon dapat digunakan sebagai electrodes, sebuah material dalam baterai yang mengumpulkan dan menyimpan tenaga.

Para ilmuwan mulai meneliti struktur microscopic dari berbagai jenis serat karbon. Mereka menemukan serat karbon berukuran besar dengan satu orientasi arah adalah yang terkuat, namun lemah jika digunakan menyimpan energi listrik. Sebaliknya, serat karbon kecil dengan orientasi buruk dapat menyimpan energi listrik, namun strukturnya lemah.

Para ilmuwan tersebut mengungkapkan ada cara untuk memperkuat serat karbon sekaligus meningkatkan daya penyimpanan. Artinya di masa mendatang serat karbon bisa digunakan sebagai sasis mobil sekaligus menyimpan energi listrik.

Secara teori, di masa depan bisa saja energi listrik tersimpan di dalam sasis maupun body mobil. Sehingga bobotnya berkurang dan dapat menempuh jarak lebih jauh.

Cas 4 Menit, Daya Jelajah Porsche Taycan Tembus 100 Km

Mobil listrik Porsche Taycan rencananya dirilis pada 2020. (Porsche)

Porsche diketahui tengah mengembangkan mobil listrik berjuluk Taycan. Mobil ini rencananya dirilis pada 2020.

Disebutkan, Porsche Taycan bisa menempuh jarak 100 kilometer (km) dengan pengecasan cuma 4 menit. Untuk mempersiapkannya, Porsche menggelontorkan investasi hingga Rp 104 triliun.

 

Budget itu dialokasikan untuk beragam sektor guna mewujudkan Porsche Production 4.0, seperti fasilitas pabrik, pengembangan produk dan tenaga kerja.

Produksi Porsche Taycan dilakukan di sebuah fasilitas yang mengusung konsep 'pabrik di dalam pabrik.' Berlokasi di pabrik utama di Zuffenhausen, Jerman, fasilitas ini menerapkan sistem produksi flexi-line.

Hal itu akan menjadikan Porsche sebagai produsen pertama, yang menggunakan sistem transportasi tanpa penggerak dalam proses produksi seri berkelanjutan. Porsche juga mengedepankan konsep ramah lingkungan dalam produksi Taycan dengan misi karbon netral.

"Kami memperkirakan bahwa lebih dari 50 persen model Porsche yang dikirim mulai 2025 akan dialiri listrik. Ini akan melibatkan investasi besar di bidang-bidang seperti pengembangan dan produksi, serta pelatihan staf," kata Lutz Meschke, Wakil Ketua Dewan Eksekutif dan Anggota Dewan yang bertanggung jawab untuk Keuangan dan IT di Porsche, melalui keterangan yang diterima OTO (25/10).

Taycan diyakini bakal menjadi mobil listrik paling inovatif. Melalui dukungan teknologi 800V, Porsche menjamin bahwa baterai lithium-ion yang disematkan dapat diisi dalam jangka waktu singkat atau fast-charging.

Setidaknya hanya butuh mengisi daya selama 4 menit, untuk menyediakan tenaga yang mampu menggerakkan mobil sejauh 100 km (menurut hasil uji NEDC).

 

Inovasi ini tentunya dapat meningkatkan tingkat penerimaan masyarakat. Sekaligus menciptakan tantangan tersendiri bagi Porsche. Lantaran mereka harus ikut mendukung penyediaan infrastruktur yang kompatibel.

Karenanya, Porsche menawarkan Mobile Charger Connect berkapasitas 22kW. Perangkat ini memungkinkan pengisian daya yang cukup cepat dan mudah. Selain itu, Porsche bersama pelaku industri otomotif lainnya, seperti BMW, Daimler dan Ford yang tergabung dalam usaha bersama, Ionity, bakal membangun 400 stasiun pengisian daya tinggi dengan kapasitas 350kW, di seluruh Eropa pada akhir 2019.

Kemudian VW Group inisiatif Electrify America akan meninjau pemasangan infrastruktur pengisian daya (kapasitas hingga 350kW) di 300 stasiun tol mulai 2019.

Porsche juga berencana memasang lebih dari 2.000 titik pengisian daya listrik di berbagai tempat, salah satunya hotel. Rencana itu dinilai menjadi sebuah solusi luas bagi Eropa, dengan akses sejumlah besar stasiun pengisian daya yang dikelola penyedia layanan berbeda. Nantinya, Porsche akan mengelola semua penagihan secara terpusat.

Sumber: Oto.com

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: God Bless hingga Musisi Tanah Air Siap Tampil di Jogjarockarta 2018

Posted: 26 Oct 2018 10:00 PM PDT

Gitaris God Bless, Ian Antono saat jumpa pers di Yogyakarta, Jumat (26/10). Gelaran acara Jogjarockarta 2018 akan berlangsung pada Sabtu 27 Oktober di Stadion Kridosono, Yogyakarta. (Fimale.com/Bambang E.Ros)

Gitaris God Bless, Ian Antono saat jumpa pers di Yogyakarta, Jumat (26/10). Gelaran acara Jogjarockarta 2018 akan berlangsung pada Sabtu 27 Oktober di Stadion Kridosono, Yogyakarta. (Fimale.com/Bambang E.Ros)

Vokalis God Bless, Ahmad Albar saat jumpa pers di Yogyakarta, Jumat (26/10). God Bless hingga musisi tanah air seperti Blackout, Koil, Sangkakala, Edane, Seringai, ILP akan tampil menggebrak panggung Jogjarockarta 2018. (Fimale.com/Bambang E.Ros)

Vokalis God Bless, Ahmad Albar saat jumpa pers di Yogyakarta, Jumat (26/10). God Bless hingga musisi tanah air seperti Blackout, Koil, Sangkakala, Edane, Seringai, ILP akan tampil menggebrak panggung Jogjarockarta 2018. (Fimale.com/Bambang E.Ros)

Bassis God Bless, Donny Fatah saat jumpa pers di Yogyakarta, Jumat (26/10). Gelaran acara Jogjarockarta 2018 akan berlangsung pada Sabtu 27 Oktober di Stadion Kridosono, Yogyakarta. (Fimale.com/Bambang E.Ros)

Bassis God Bless, Donny Fatah saat jumpa pers di Yogyakarta, Jumat (26/10). Gelaran acara Jogjarockarta 2018 akan berlangsung pada Sabtu 27 Oktober di Stadion Kridosono, Yogyakarta. (Fimale.com/Bambang E.Ros)

Personel God Bless dan senjumlah musisi tanah air berpose usai jumpa pers di Yogyakarta, Jumat (26/10). Gelaran acara Jogjarockarta 2018 akan berlangsung pada Sabtu 27 Oktober di Stadion Kridosono, Yogyakarta. (Fimale.com/Bambang E.Ros)

Personel God Bless dan senjumlah musisi tanah air berpose usai jumpa pers di Yogyakarta, Jumat (26/10). Gelaran acara Jogjarockarta 2018 akan berlangsung pada Sabtu 27 Oktober di Stadion Kridosono, Yogyakarta. (Fimale.com/Bambang E.Ros)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tim Sukses Prabowo Mengaku Jadi Korban Hoaks Ratna Sarumpaet

Posted: 26 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Polisi konfrontir tiga orang tim sukses Prabowo dengan keterangan Ratna Sarumpaet. Setelah diperiksa, mereka mengaku turut menjadi korban hoaks Ratna.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baju Pernikahan Meghan Markle dan Pangeran Harry Dipajang di Kastil Windsor

Posted: 26 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, London - Gaun pernikahan yang dikenakan oleh Meghan Markle dipamerkan di Kastil Windsor pada Jumat, 26 Oktober. Tak hanya miliknya, namun juga kostum pernikahan Pangeran Harry.

Pakaian lengkap, termasuk sepatu yang dikenakan Meghan Markle, dipajang di sebuah kotak kaca besar di samping pakaian pernikahan milik Pangeran Harry, yaitu seragam militer frockcoat dari Kavaleri, di dalam Ruang Resepsi Utama Kastil Windsor.

Ruang ini adalah salah satu ruangan yang digunakan untuk merayakan pernikahan. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari pameran yang akan menampilkan sejarah pernikahan kedua pasangan Amerika dan Inggris itu.

"Ini adalah kesempatan yang unik untuk merlihat pakaian ini.. dikenakan pada hari yang spesial dan ditempatkan di ruangan saat mereka (Meghan dan Harry) mengenakannya di sini, di Kastil Windsor," kata Caroline de Guitaut, kurator seni senior dari Royal Collection Trust, sebagaiman dikutip dari VOA Indonesia, Sabtu (27/10/2018).

Pengunjung dapat melihat sulaman yang rumit pada kerudung yang dikenakan Meghan Markle secara dekat, serta mendengarkan pasangan tersebut merencanakan pernikahannya melalui rekaman audio.

Dalam rekaman tersebut juga ada suara Waight Keller yang menggambarkan karyanya pada gaun pengantin.

"Pasangan kerajaan itu sangat ingin terlibat dalam persiapan pameran ini," kata de Guitaut.

"Mereka...ingin diwawancarai...sehingga mereka dapat menceritakan persiapan pernikahannya kepada para pengunjung."

Pakaian pengiring pengantin yang dikenakan oleh keponakan-keponakan Pangeran Harry, seperti Putri Charllote dan Pangeran George, juga turut ditampilkan. Gaun yang dipakai Charlotte dirancang oleh Waight Keller, sementara pakaian George adalah replika miniatur seragam Harry.

Pameran A Royal Wedding: The Duke and Duchess of Sussex buka mulai Jumat sampai Januari 2019 di Kastil Windsor.

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Akan Melahirkan pada Musim Semi 2019

Pangeran Harry dan Meghan Markle (Foto: AFP / PETER PARKS)

Kabar gembira datang dari Kerajaan Inggris. Meghan Markle, istri dari Pangeran Harry dilaporkan tengah hamil dan diprediksi akan melahirkan bayi pada Musim Semi 2019.

Hal tersebut dikonfirmasi dari akun Twitter resmi kerajaan @KensingtonRoyal yang menyampaikan berita bahagia tersebut.

"Yang Mulia Duke dan Duchess of Sussex mengumumkan kabar bahagia bahwa Meghan Markle mengharapkan kehadiran seorang bayi pada Musim Semi 2019," tulis @KensingtonRoyal.

"Pangeran Harry dan Meghan Markle juga menghargai semua dukungan yang telah mereka terima dari seluruh masyarakat dunia sejak pernikahan keduanya dilangsungkan Mei lalu," tambahnya.

Selain kabar kehamilan Meghan Markle, sebelumnya Putri Eugenie telah melangsungkan pernikahan dengan suaminya.

Sementara itu ibu dari Meghan Markle, Doria Raglan mengaku senang bahwa ia akan mendapatkan cucu pertama, demikian dikutip dari laman Express.co.uk, Senin 15 Oktober 2018.

Sejumlah isu mulai bermunculan, terutama media Inggris yang berspekulasi bahwa Doria Ragland akan pindah sementara ke London dari Amerika Serikat untuk membantu pasangan itu mendapatkan bayi.

Dan juga, spekulasi yang berkembang menyebut jika Meghan Markle tidak akan menggunakan jasa pengasuh atau staf untuk menjaga kehamilannya.

Tugas itu disebutkan akan dikerjakan oleh Doria Ragland. Meghan Markle dan Pangeran Harry juga melakukan kunjungan kerjanya ke Sydney sebagai tur internasional pertama mereka.

Pasangan yang menikah di bulan Mei ini akan berada di Australia, Selandia Baru, Fiji dan Tonga selama 16 hari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Mengecilkan Perut Buncit Pada Pria Secara Alami, Ampuh dan Tanpa Efek Samping

Posted: 26 Oct 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memiliki tubuh ideal dan sixpack merupakan harapan banyak orang. Tidak hanya kaum Hawa saja, pria pun ingin memiliki tampilan fisik yang menarik. Memiliki bentuk tubuh yang pas dan tepat akan membuatnya senantiasa percaya diri.

Namun, musuh utama para pria dalam menjaga penampilan bukan hanya perihal tinggi badan saja, tapi juga masalah fisik lainnya terutama pada area perut. Bagian tubuh satu ini bisa terlihat sedikit lebih maju dari anggota tubuh lainnya, atau sering disebut juga dengan "perut buncit". Hal ini disebabkan karena pria cenderung memiliki perut buncit karena menumpuknya lemak di perut. Pria lebih rentan mengalami perut buncit yang diakibatkan oleh pola makan, jenis makanan, kesehatan serta faktor usia. Oleh sebab itu sangat penting untuk mengetahui cara mengecilkan perut buncit pada pria. 

Biasanya, orang selalu menggolongkan kalau perut buncit itu ya bertubuh gemuk. Tapi jangan salah, tidak semua bertubuh gemuk itu memiliki perut buncit, dan banyak juga orang yang bertubuh kurus justru memiliki perut buncit. Perut buncit merupakan penumpukan lemak berlebih pada daerah sekitar perut yang banyak disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat, seperti kurangnya olahraga, minum alkohol, makan makanan yang berlemak dan berminyak, terlalu banyak makan junk food, dan jajanan lain yang dapat merusak kinerja usus dalam mencerna makanan.

Gaya hidup tidak sehat sangat berdampak buruk untuk tubuh. Jika dibiarkan hidup dengan gaya hidup seperti itu, bukan tidak mungkin pencernaan menjadi tidak sehat dan banyak menyimpan kelebihan racun atau toksin yangmerusak tubuh, yang biasanya memiliki gejala pusing kepala, berjerawat, kembung, cepat lelah, dan juga naiknya berat badan. Menghindari munculnya beragam penyakit, sudah saatnya Anda mengetahui cara mengecilkan perut buncit pada pria. Nah, berikut ini liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Sabtu (27/10/2018), beberapa cara mengecilkan perut buncit pada pria.

Seledri dan semangka

1. Seledri

Seledri merupakan salah satu sayuran rendah kalori kaya akan serat. Seledri juga mengandung kalsium dan vitamin C yang dapat menurunkan berat badan dan sebagai cara mengecilkan perut buncit pada pria secara alami. Anda yang tak suka seledri dalam salad atau sup, bisa mengolahnya menjadi sebuah jus. Jus seledri sangat bermanfaat, terutama sebelum makan siang atau malam. 

2. Semangka 

Cara mengecilkan perut buncit selanjutnya adalah dengan rajin mengonsumsi semangka. Semangka terdiri dari 91 persen air. Hal tersebut bisa menjadi hidangan pembuka yang baik. Anda akan cepat merasa kenyang tanpa mengonsumsi kalori dalam jumlah besar. Lembaga American Dietetic Association mengungkapkan bahwa semangka merupakan makanan yang sempurna untuk mengurangi lemak perut. Selain itu, semangka juga membuat kenyang lebih lama dan membantu mencegah dehidrasi.

Semangka banyak mengandung vitamin B1, B6, dan C, potasium, dan magnesium. Sehingga menjadikannya buah yang baik untuk diet rendah kalori dan lemak.

Timun dan Tomat

3. Timun

Timun merupakan makanan rendah kalori yang disukai banyak orang. Setiap 100 gram mentimun mengandung sekitar 96 persen air dan hanya memiliki 45 kalori. Makan timun setiap hari merupakan salah satu cara efektif yang sehat untuk membersihkan tubuh dari racun berbahaya sekaligus sebagai cara mengecilkan perut buncit pada pria. Timun banyak mengandung mineral, serat, dan vitamin yang baik untuk sistem pencernaan. Secara tidak langsung timun baik untuk mengurangi bobot badan. 

4. Tomat 

Tomat matang dan mentah baik dikonsumsi setiap hari dan bisa digunakan sebagai cara mengecilkan perut buncit pada pria secara alami. Tomat mengadung sedikit kalori, tetapi menyimpan senyawa 9-oxo-ODA. Hal ini bisa membantu Anda mengurangi lipid dalam darah dan mengendalikan lemak perut. 

Selain itu, antioksidan kuat bernama likopen yang dimiliki tomat juga memberikan beragam manfaat tambahan. Misalnya, mengurangi keriput, melawan kanker, dan menurunkan kadar kolesterol.

Almond dan alpukat

5. Almond

Almond mengandung sejumlah lemak sehat yang dapat membantu Anda tidak makan terlalu banyak. Suatu penelitian di American Journal of Clinical Nutrition telah membuktikan bahwa mengonsumsi almond dapat menekan rasa lapar. 

Almond mengandung banyak magnesium yang merupakan komponen penting untuk membentuk otot. Bahkan, almond dipercaya mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Sebagai tambahan, almond memiliki sedikit kalori, jadi tidak akan menambah lemak di perut. Makanan ini sangat cocok untuk dinikmati sebagai camilan untuk membantu cara mengecilkan perut buncit pada pria secara alami.

6. Alpukat 

Buah ini juga bisa dimanfaatkan sebagai cara mengecilkan perut buncit pada pria secara alami. Pasalnya, alpukat kaya kandungan serat yang membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Buah ini merupakan sumber dari asam amino yang bernama lecithin yang bermanfaat untuk mengendalikan berat badan. Alpukat juga mengandung lemak sehat, sehingga mampu meningkatkan proses pembakaran lemak perut.

Apel dan Nanas

7. Apel

Apel memiliki limpah serat, flavonoid, fitosterol, dan beta-Karoten, yang akan membuat perut terasa kenyang. Berdasarkan suatu penelitian di Brasil, seseorang yang makan tiga apel atau lebih setiap hari lebih banyak berkurang berat badannya dibandingkan mereka yang tidak. Senyawa alami di dalam apel dikenal sebagai pektin bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Bahkan, senyawa tersebut dapat mengurangi risiko terkena kanker usus besar. Konsumsi apel setiap hari untuk membantu cara mengecilkan perut buncit pada pria secara alami.

8. Nanas 

Nanas mengandung enzim bromelain yang memiliki kemampuan anti-inflamasi. Suatu enzim yang memetabolisme protein sehingga berhubungan langsung dengan ukuran perut. Nah, mengonsumsi Nanas bisa digunakan sebagai cara mengecilkan perut buncit pada pria secara alami.

Penelitian di Universitas Maryland mengungkapkan kemampuan anti-bakteri bromelain membantu melawan bakteri yang menyebabakan diare. Selain itu, sangat efektif untuk menyembuhkan gangguan usus.

Cara mengecilkan perut buncit pada pria dengan olahraga ringan

Berjalan kaki dan bersepeda

Terdengar seperti olahraga yang sepele, siapa sangka berjalan kaki dan bersepeda memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah sebagai cara mengecilkan perut buncit pada pria. Berjalan kaki dan bersepeda olahraga tersebut bisa membakar kalori Anda karena metabolisme yang lebih cepat pada tubuh Anda. Lakukan hal tersebut rutin setidaknya 30 menit dalam sehari. 

Push Up dan Sit Up

Dengan olahraga semua organ pada tubuh bergerak dan akan membakar lemak secara total. Namun tidak semua olahraga bisa mengcilkan perut buncit. Salah satu olahraga yang dinilai cukup efektif sebagai salah satu cara menegcilkan perut buncit pada pria adalah sit up dan push up. Kelebihan dari olahraga ringan ini adalah Anda bisa melakukannya di mana pun dan kapan pun. Olahraga ini bisa jadi solusi buat Anda yang memiliki waktu senggang terbatas. Agar cara mengecilkan perut buncit pada pria ini bisa efektif, lakukan secara rutin dan tingkatkan intensitasnya.

Cara mengecilkan perut buncit dengan menjaga gaya hidup sehat

Jaga pola makan

Cara mengecilkan perut buncit pada pria yang cukup efektif adalah dengan menjaga pola makan. Sebisa mungkin hindari konsumsi makanan dan minuman yang mengnadung bahan kimia seperti pemanis buatan apalagi yang mengandung bahan kolesterol tinggi. Selain itu jangan begadang,a tur pola makan yang seimbang. Konsumsi banyak makanan berserat, perut buncit Anda menyimpan banyak makanan jadi bisa Anda beri asupan makanan berserat tinggi supaya pencernaan tubuh Anda makin lancar dan tak ada sampah menumpuk dalam perut. Makanan berserat tinggi bisa Anda dapatkan dari beragam buah dan sayuran. 

Perbanyak konsumsi air putih 

Dengan asupan air putih yang banyak maka dapat meningkatkan metabolisme pencernaan pada makanan. Selain itu air putih juga membantu menetralisir zat yang ada dalam tubuh, sehingga Anda bisa terhindar dari zat-zat yang dapat mengganggu kesehatan. Jika Anda merasa sedikit lapar sebelum jam makan Anda bisa mengganjalnya dengan minum air putih. Hal ini agar Anda tidak terbuai dengan rasa lapar yang semu yang berakibat pada terbujuk untuk makan lebih banyak.

Jangan tidur sesudah makan 

Jangan tidur sesudah makan, setidaknya beri jangka waktu sekitar 2-3 jam untuk memberi waktu makananmu tercerna oleh tubuh secara maksimal. Lagipula ketika kamu tidur, kamu tidak memerlukan energi banyak sehingga bisa memicu tubuhmu untuk menimbun lemak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen MotoGP: Kian Panas Jelang Balapan di Australia

Posted: 26 Oct 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Phillip Island - Persaingan MotoGP jelang balapan di Phillip Island, Australia, Minggu (28/10/2018) kian memanas. Drama kian panas setelah Marc Marquez mengukuhkan diri sebagai juara MotoGP 2018.

Di sesi latihan bebas MotoGP Australia, Marquez mengalami tiga kecelakaan. Namun, dia masih sempat mencatatkan diri sebagai yang tercepat di sesi latihan bebas ketiga.

Kecepatan Marquez memang stabil. Namun, persaingan sesungguhnya terjadi diperebutan tempat kedua, posisi di bawah Marquez.

Persaingan memperebutkan status sebagai runner up MotoGP 2018 tentu masih panas. Posisi runner up MotoGP 2018 akan diperebutkan oleh Andrea Dovizioso (194 poin), Valentino Rossi (185 poin), Maverick Vinales (155 poin), dan Cal Crutchlow (148 poin).\

Dovizioso tentunya tak mau disalip Rossi. Posisi rider Ducati itu memang belum aman. Pasalnya, kiprah buruk Dovi pada MotoGP Jepang memberikan jalan bagi The Doctor untuk mendekat. Saat ini, kedua pembalap hanya dipisahkan sembilan poin.

"Setelah di Motegi, tujuan saya adalah tetap di urutan kedua kejuaraan, karena Rossi kini semakin mendekat, hanya sembilan poin. Dan di sini, Phillip Island, saya menduga Yamaha akan melaju kuat," ujar Dovi, dilansir Tuttomotoriweb.

Lihat klasemen MotoGP di halaman selanjutnya.

Klasemen MotoGP

1 Marc Marquez Repsol Honda Team 296
2 Andrea Dovizioso Ducati Team 194
3 Valentino Rossi Movistar Yamaha MotoGP 185
4 Maverick Vinales Movistar Yamaha MotoGP 155
5 Cal Crutchlow LCR Honda 148
6 Danilo Petrucci Alma Pramac Racing 133
7 Johann Zarco Monster Yamaha Tech3 133
8 Jorge Lorenzo Ducati Team 130
9 Alex Rins Team Suzuki Ecstar 118
10 Andrea Iannone Team Suzuki Ecstar 113
11 Dani Pedrosa Repsol Honda Team 95
12 Alvaro Bautista Angel Nieto Team 83
13 Jack MillerAlma Pramac Racing 74
14 Franco Morbidelli EG 0,0 Marc VDS 38
15 Pol Espargaro Red Bull KTM Factory Racing 35
16 Tito Rabat Reale Avintia Racing 35
17 Hafizh Syahrin Monster Yamaha Tech3 34
18 Aleix Espargaro Aprilia Racing Team Gresini 32
19 Bradley Smith Red Bull KTM Factory Racing 23
20 Takaaki Nakagami LCR Honda 19
21 Scott Redding Aprilia Racing Team Gresini 12
22 Mika Kallio Red Bull KTM Factory Racing 6
23 Karel Abraham Angel Nieto Team 5
24 Katsuyuki Nakasuga Yamaha Factory 2
25 Michele Pirro Ducati Team 1
26 Sylvain Guintoli Suzuki Ecstar 0
27 Thomas Luthi EG 0,0 Marc VDS 0
28 Stefan Bradl Honda 0
29 Xavier Simeon Reale Avintia Racing 0

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemendagri: Kepala Daerah Terjerat Korupsi, Masyarakat Juga Bertanggungjawab

Posted: 26 Oct 2018 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali mencokok kepala daerah, Bupati Cirebon, atas dugaan tindak pidana korupsi. Penangkapan Bupati Cirebon tak berselang lama setelah penangkapan Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin.

Rentetan kepala daerah terciduk komisi anti rasuah menimbulkan reaksi beragam dari masyarakat. Kendati demikian, Sekretaris Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Akmal Malik Piliang mengatakan tidak hanya pemerintah ataupun partai politik yang memiliki tanggung jawab atas penangkapan kepala daerah, melainkan juga masyarakat.

Sebagai masyarakat yang memiliki hak memilih, sejatinya harus mengkritisi latar belakang calon yang akan dipilih guna menekan adanya praktik koruptif saat menjabat jabatan publik.

"Yang bertanggung jawab pemerintah, masyarakat pemilih, partai, dan lain sebagainya. Masyarakat juga harus aware siapa calon yang akan dipilih," ujar Akmal pada diskusi di Warung Daun, Jakarta Pusat, Sabtu (27/10/2018).

Dua Kepala Daerah Tertangkap Dalam Sebulan

Diketahui, dalam kurun satu bulan KPK menangkap dua kepala daerah yakni Bupati Bekasi dan Bupati Cirebon. Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin diduga menerima suap atas perizinan IMB proyek Meikarta di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, sebesar Rp 7 miliar dari Billy Sindoro, Direktur Operasional Lippo Grup selaku pemilik mega proyek Meikarta.

Uang Rp 7 miliar merupakan bagian dari Rp 13 miliar yang dijanjikan akan diterima politisi Partai Golkar tersebut.

Sementara Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadisastra ditangkap atas dugaan menerima suap sebesar Rp 100 juta terkait jual beli jabatan di Pemkab Cirebon. Politisi PDIP itu juga diduga menerima gratifikasi dengan total Rp 6,4 miliar.

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwatta mengatakan dalam konferensi pers kemarin mengatakan penerimaan suap ataupun gratifikasi oleh Sunjaya diduga untuk pembiayaan logistik Pilkada 2018.

"Bupati ini menjual jabatannya dalam rangka mengembalikan modal apalagi dia petahana," kata Alex.

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampil Maksimal, Ayu Dewi Malah Disuruh Ganti Baju oleh Suami

Posted: 26 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ayu Dewi baru saja mengunggah sebuah foto di Instagramnya. Foto tersebut menunjukkan penampilannya yang sangat maksimal.

Dengan percaya diri, Ayu Dewi mengatakan bahwa dirinya sangat menyukai penampilannya saat itu. Begitu yang ditulis Ayu Dewi pada Jumat (26/10/2018).

"Kece ga?aku si brasa kece ya meski di mata org mungkin jadinya kece-bong,kece-le ataw kece-mutan, tapi ai lav," tulis Ayu Dewi.

Bahkan Ayu Dewi merasa dirinya mirip salah satu karakter dalam serial Sex And The City, yaitu Carrie Bradshaw.

 

Simak video menarik berikut ini:

Sayang..

Saat ini Ayu Dewi dan sang suami, Regi Datau menjadi pusat perhatian publik. Lantaran pasangan ini kerap tampl lucu di video Q & A yang mereka buat. (Foto: instagram.com/mrsayudewi)

Sayang, sang suami sepertinya tidak berpikir demikian. Pasalnya ketika melihat penampilan Ayu Dewi, sang suami malah menyuruhnya untuk segera mengganti pakaiannya.

"Brasa carry bradshaw,fesyenn gt🤪. Tapi yanasib ,begitu brasa kece dan ketemu swami,dia bilang apa coba ?👨🏻 : kamu bisa ganti baju aja ga sekarang?," lanjut Ayu Dewi.

 

Remuk

Ayu Dewi. (Instagram.com/mrsayudewi)

Hal tersebut membuat Ayu Dewi merasa sangat kecewa, tetapi tidak bagi para warganet. Kenyataannya, pengalamannya itu justru malah dianggap lucu dan menghibur warganet.

"We Ow We bingits💔 remuQ hati nya tu kaya krupuk warung diambil paksa dari kalengnya," sambung Ayu Dewi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Make Over Gandeng 3 Desainer di JFW 2019

Posted: 26 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jakarta Fashion Week (JFW) bukan sekadar ajang untuk memprediksi tren fesyen satu tahun ke depan. JFW juga diselenggarakan untuk memperkirakan soal tren tata rias wajah di tahun yang akan datang. Maka tak heran kolaborasi brand kosmetik lokal Make Over yang menggandeng tiga desainer terpilih, penampilannya sangat dinanti.  

Selain Tities Sapoetra sebagai spokeperson, brand yang sudah empat tahun menjadi official makeup JFW, Make Over memilih Surya Paulina dan Ratna Katarina yang dikenal menjadi Paulina Katarina dan Rinda Salmun. Ketiganya berkolaborasi dengan makeup artist Dhirman Putra, Marlene Hariman, dan Phillipe Kurnia yang mempersembahkan fashion show bertajuk Beauty Beyond Rules di Fashion Tent, Senayan City, Jakarta, Kamis (25/10/2018).

Tagline Beauty Beyond Rules menjadi pembuktian bahwa tidak ada batasan dalam berdandan dan bergaya. Begitu juga dengan brand di bawah PT. Paragon Technology and Innovation yang tak memberi aturan pada desainer untuk merancang busana dalam proses kreatifnya.

"Kami memberi ruang gerak pada desainer untuk berkreasi semaksimal mungkin dengan fokus makeup pada bibir, mata, dan kompleksi wajah. Kami yang menyesuaikan makeup dengan rancangan mereka," ujar Brand Manager Make Over Stephanie Lie sebelum show di JFW 2019.

Ekspresi fashion dan beauty yang tidak berbatas dalam Beauty Beyond Rules juga membebaskan para perempuan untuk memilih makeup yang sesuai, bukan memaksa ikutan tren terbaru. Sebab itu, Make Over menyediakan banyak warna yang sesuai dengan berbagai karaktermu.

Mengikuti perjalanan Rinda Salmun, sisi edgy dan feminin menjadi DNA rancangan busananya. Tentunya ditambah goresan lukisan pribadi yang menjadi sebuah pernyataan motif sekaligus jati dirinya sebagai lulusan Seni Rupa ITB.

Maka hadirlah 22 looks dalam koleksi interpid yang mempresentasikan karakter boyish dan feminin dalam berbagai permainan warna sandy brown, peachy pink, coral, sky lavender, navy blue, sampai hitam dan putih.

Beragam pola tak biasa terlihat menyegarkan. Begitu juga dengan color blocking serta motif bunga dengan kombinasi semua warna yang dipakai dalam koleksi yang terinspirasi dari pengalaman berliburnya ke Cornwall, Inggris.

Busana yang sudah standout disempurnakan dengan kreasi graphic liner warna hitam pada kelopak mata. Lihat begitu cantiknya guratan eyeliner yang mempercantik mata Shareefa Daanish dengan nuansa rossy brown yang membuat tampilan mata terlihat natural namun dramatis.

Sementara itu kompleksi wajah dibuat matte dengan sapuan lipstik dan blush on berwarna nude pink. Membuat keseluruhan tampilan tampak bold dan outgoing.

Paulina Katarina koleksi Sleeping Venus dengan tampilan makeup lembut dan romantis.

Makeover Beauty Beyond Rules JFW 2019 Paulina Katarina (Fimela.com/Windi Wicaksono)

Duet desainer Paulina Katarina dikenal dengan garis rancangan yang feminin dan sophisticated. Mengambil tema Sleeping Venus yang menginterpretasikan sosok Venus, Goddess of love and beauty.

Ia menggambarkan kecantikan ideal yang meliputi kekuatan serta kelembutan nan elegan dan romantis. Kali ini mereka memasukkan kain warna metalik dan rose gold dengan potongan feminin dan siluet kontemporer. Juga dilengkapi dengan aksen fringe, ruffle, dan embellishment.

Desain kalem 19 looks dari Paulina Katarina disempurnakan dengan riasan wajah berfokus pada sapuan blush on bernuansa rosy-peach yang nyata dan merona. Sementara itu kompleksi wajah dibuat matte dengan eyeshadow cokelat nude keemasan dan polesan lipstik matte nude peach dan nude pink. Menghasilkan keseluruhan tampilan makeup yang romantis dan segar.

Tities Sapoetra yang jika diperhatikan secara detail hadir dengan pulasan lipstik 2 warna berbeda untuk kedua bagian bibir. Makeup Artist Dhirman Putra memberikan signature look pada bibir agar terlihat lebih ekspresif. Riasan wajah dibuat natural dengan kompleksi matte dilengkapi sentuhan highlighter pada tulang pipi dan eyeshadow natural.

Make over pun mengeluarkan semua warna lipstik yang dikombinasikan untuk menyempurnakan koleksi spesial lanjutan dari Paris Fashion Show Spring Summer 2019. Sebanyak 24 looks dari koleksi Beauty Voyage didominasi oleh motif bunga dan ilustrasi wajah wanita.

Selain itu permainan warna hitam dan emas seperti gaun yang menyerupai kelopak bunga dengan detail aplikasi bunga 3D yang dipakai Paula Verhoeven memberi kesan bold namun tetap terlihat elegan dan playful yang menjadi ciri Tities Sapoetra.

"Warna emas merepresentasikan Make Over dan gold melambangkan kesempatan emas di tahun ini bisa berangkat ke Paris. Jadi koleksi ini juga spesial karena lanjutan dari Paris yang aku persembahkan untuk teman-teman yang belum melihat langsung," begitu cerita Tities.

Seperti look segar yang bersemu dari wajah cantik Renata Kusmanto. Maxi dress dengan potongan halter neck material pleats berhasil menggambarkan Goddess of love and beauty. 

Tities Sapoetra koleksi Beauty Voyage dengan tampilan makeup playful

Makeover Beauty Beyond Rules JFW 2019 Tities Sapoetra (Fimela.com/Windi Wicaksono)

Enam beauty influencer membuka show Tities Sapoetra yang jika diperhatikan secara detail hadir dengan pulasan lipstik 2 warna berbeda untuk kedua bagian bibir.

Makeup Artist Dhirman Putra memberikan signature look pada bibir agar terlihat lebih ekspresif. Riasan wajah dibuat natural dengan kompleksi matte dilengkapi sentuhan highlighter pada tulang pipi dan eyeshadow natural.

Makeover pun mengeluarkan semua warna lipstik yang dikombinasikan untuk menyempurnakan koleksi spesial lanjutan dari Paris Fashion Show Spring Summer 2019. Sebanyak 24 looks dari koleksi Beauty Voyage didominasi oleh motif bunga dan ilustrasi wajah wanita.

Selain itu permainan warna hitam dan emas seperti gaun yang menyerupai kelopak bunga dengan detail aplikasi bunga 3D yang dipakai Paula Verhoeven memberi kesan bold namun tetap terlihat elegan dan playful yang menjadi ciri Tities Sapoetra.

"Warna emas merepresentasikan Make Over dan gold melambangkan kesempatan emas di tahun ini bisa berangkat ke Paris. Jadi koleksi ini juga spesial karena lanjutan dari Paris yang aku persembahkan untuk teman-teman yang belum melihat langsung," begitu cerita Tities.

(Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga 1 Pekan ke-28

Posted: 26 Oct 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Liga 1 2018 telah memasuki pekan ke-28. Persaingan panas untuk menjadi juara semakin sengit.

PSM Makassar saat ini masih berada di puncak klasemen Liga 1. Tim Juku Eja mengoleksi 50 poin dari 27 laga.

Sementara posisi kedua ditempati oleh Persija Jakarta. Tim Macan Kemayoran meraih 45 poin dari jumlah laga yang sama.

Sedangkan posisi ketiga ditempati oleh Persib Bandung. Menariknya, koleksi poin mereka sama dengan Persija meski punya satu laga lebih banyak.

Namun perebutan untuk memperbaiki posisi di klasemen baru digelar Minggu (28/10/2018). Dibuka oleh laga Arema FC Vs PSMS Medan yang digelar di Stadion Kanjuruhan, berikut jadwal Liga 1 2018 pekan ke-28:

 

 

Jadwal

Liga 1

Minggu 28 Oktober

15.30 WIB

Arema vs PSMS

Mitra Kukar vs PSIS

18.30 WIB

PS Tira vs Persela

Senin 29 Oktober 2018

15.30 WIB

Sriwijaya FC vs Perseru

Borneo FC vs Bhayangkara FC

18.30 WIB

Madura United vs PSM

Jadwal

liga 1

Selasa 30 Oktober 2018

13.30 WIB

Persipura vs Persebaya

15.30 WIB

Persib vs Bali United

18.30 WIB

Persija vs Barito

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Cara LPEI Bawa UMKM Indonesia Mendunia

Posted: 26 Oct 2018 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank berupaya untuk melakukan pendampingan kepada UMKM di Indonesia demi bisa meningkatkan daya saing mereka hingga bisa melakukan ekspor.

Coaching Program for New Exporters (CPNE) adalah salah satu program yang dimiliki perusahaam dalam membantu para pelaku UMKM Indonesia agar menjadi UMKM berorientasi ekspor dan juga menyiapkan sebanyak mungkin calon-calon eksportir yang handal dan tangguh, baik ekspor secara langsung maupun tidak langsung dan siap bersaing di pasar global.

Direktur Eksekutif LPEI Sinthya Roesly mengatakan target CPNE tahun ini adalah 100 UKM yang GoLive di marketplace global dan CPNE juga menyiapkan banyak pelaku usaha untuk menjadi eksportir.

"Untuk tahun 2019, LPEI akan menggandakan jumlah UKM yang GoLive sebanyak 200 UKM," ujar Sinthya Roesly.

Dalam rangka mendorong ekspor nasional, LPEI memfasilitasi UKM binaan dan nasabah UKM untuk bertemu dengan calon pembeli di acara Trade Expo Indonesia (TEI) 2018 yang diselenggarakan selama 5 hari (24–28 Oktober 2018) di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Banten. UKM binaan merupakan peserta CPNE yang telah mendapatkan pelatihan serta pendampingan dari LPEI selama satu tahun ini.

 

Runa Jewely

Pengunjung melihat booth UMKM Kerajinan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) di Trade Expo Indonesia 2018, ICE BSD, Kamis (25/10). Sebanyak 8 UMKM kerajinan mitra YDBA mengikuti pameran yang berlangsung pada 24 - 28 Oktober 2018. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Salah satu pelaku UKM Ekspor yang mengikuti TEI 2018 yaitu produsen perhiasan bernama Runa Jewelry. Perusahaan ini menjadi peserta CPNE sejak dua tahun lalu sehingga kini mampu meningkatkan pemasaran produknya di pasar global.

Desainer dan Owner Runi Palar Jewelry, Xenia Palar, mengatakan program CPNE memberikan dampak positif bagi perusahaan. Selama mengikuti CPNE, Runi Palar Jewelry mampu meningkatkan kemampuan dalam mengelola perusahaan.

Demikian juga dengan meningkatnya kemampuan dalam mengelola website, serta manajemen keuangan. Berbagai pengetahuan tersebut diperoleh dari seminar-seminar yang dilakukan oleh LPEI selama program CPNE.

"Kemampuan tersebut penting bagi perusahaan sehingga lebih leluasa merambah ke pasar global," ujar Xenia.

Setelah mengikuti CPNE, Runi Palar Jewelry mampu memasarkan produknya ke luar negeri melalui berbagai pameran. Berbagai keuntungan yang diperoleh oleh Runi Palar Jewelry, antara lain mendapatkan booth gratis serta dapat terhubung dengan calon pembeli dari luar negeri.

LPEI juga mendukung Runi Palar Jewelry untuk mengikuti berbagai kegiatan di luar negeri, seperti fashion show yang diselenggarakan di Vienna, Austria pada September 2018 dan Kazakhstan.

Perusahaan ini juga memperoleh pembiayaan dari LPEI ungtuk memperkuat permodalan sehingga mampu meningkatkan kapasitas produksinya serta mampu merambah pasar luar negeri di kawasan Asia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Leonard Bawa Raptors Pecahkan Rekor

Posted: 26 Oct 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Toronto- Toronto Raptors berhasil menorehkan rekor start terbaik di NBA. Raptors menang 116-107 atas tamunya Dallas Mavericks pada lanjutan NBA Sabtu (27/10/2018) pagi WIB, di Scotiabank Arena.

Kemenangan atas Mavericks ini membuat Raptors memulai NBA 2018-2019 dengan 6-0. Klub asal Kanada itu belum terkalahkan. Ini menjadi rekor terbaik Raptors dalam memulai musim baru NBA

Bertanding di depan publik sendiri, Raptors tak pernah tertinggal sejak pertandingan dimulai. Raptors bahkan sempat unggul sampai 17 poin di penghujung kuarter pertama.

Walau tertinggal jauh, Mavericks tak mau menyerah begitu saja. Dimotori rookie Luka Doncic dan center senior DeAndre Jordan, Mavericks bisa memangkas jarak menjadi hanya tertinggal tiga poin saat memasuki kuarter empat.

Namun Raptors langsung meresponsnya dengan baik. Mereka melesakkan sembilan poin berbanding dua saat memulai kuarter empat. Akurasi tembakan Maveircks juga buruk di kuarter empat hanya tujuh dari 24 percobaan sehingga Raptos bisa menang dengan selisih sembilan angka.

Kawhi dan Lowry

Selebrasi Kawhi Leonard saat Raptors mengalahkan Mavericks (AP)

Pemain anyar Raptors Kawhi Leonard kembali jadi bintang kemenangan. Leonard membuat 21 poin, sembilan rebound dan lima assists.

Point guard Kyle Lowry juga tampil luar biasa dengan sumbangsih double-double (20 poin dan 12 assists). Dalam empat laga beruntun, Lowry selalu membuat lebih dari 10 assists.

Di kubu Mavericks, Jordan finis dengan 18 poin dan 15 rebound. Doncic sendiri jadi top skorer dengan 22 poin.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nostalgia SMA ala Sandiaga Uno

Posted: 26 Oct 2018 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden RI nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno bernostalgia bersama teman-temannya di SMA Pangudi Luhur di Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan.

Pasangan dari calon presiden Prabowo Subianto itu melihat-lihat ruang kelas sekolah saat dulu dia menimba ilmu selama tiga tahun.

Sandiaga bersama teman-teman satu angkatan 87 masih sering bertemu bermain basket. Dia pun bermain basket di lapangan indoor Pangudi Luhur. Cawapres ini pernah memperkuat tim basket sekolahnya.

"Hari ini saya bermain basket di SMA saya dulu, lihat fasilitas olahraga dulu, basketnya bukan di sini ini gedung baru," kata Sandiaga seperti dikutip dari Antara.

Mantan Wagub DKI Jakarta tersebut melihat-lihat kelas lamanya yang sudah berubah fungsinya dan sedang direnovasi.

Dia menceritakan kondisi sekolahnya saat itu yang terdiri atas empat kelas tiap angkatan dan laki-laki semua.

"Karena laki-laki semua dan seru banget. Banyak sekali alumni yang menjadi tokoh besar terlahir dari Pangudi Luhur," kata cawapres yang diusung oleh Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Demokrat.

Harapan Sandiaga, SMA Pangudi Luhur terus jadi sekolah yang melakukan inovasi-inovasi sehingga pendidikannya jadi tuntas dan berkualitas dan terus melahirkan tokoh-tokoh yang menginspirasi bangsa.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ras Muhamad Siap Sinergi dengan Kemenpar untuk Crossborder Tourism

Posted: 26 Oct 2018 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Raja Reggae Indonesia, Ras Muhamad benar-benar jadi idola di perbatasan. Endorser yang punya label Ambassador Reggae Indonesia itu siap berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dalam mengangkat promosi pariwisata di perbatasan atau biasa disebut dengan Crossborder Tourism.

"Saya cinta Indonesia. Di Eropa pun saya tetap mempromosikan Indonesia dengan Reggae. Saya senang melihat sendiri Kemenpar yang juga terus berpromosi di perbatasan untuk pariwisata Indonesia. Saya siap bersinergi melalui sosial media untuk terus mengkumandangkan Wonderful Indonesia,"ujar Ras Muhamad.

Ras memang selalu menjadi bintang tamu di perbatasan. Terutama perbatasan yang berdekatan dengan Papua yakni Papua Nugini. Perbatasan Skouw, Keeroom dan Sota mayoritas kebanyakan suka dengan genre musik Reggae. Imbasnya, dahsyat banget. Ribuan wisatawan mancanegara menyebrang ke tanah air Indonesia.

Ras juga menjadi bintang utama di Festival Crossborder Skouw Indonesia Incorporated di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw yang digelar dari tanggal 25 hingga 27 Oktober 2018, mendatang. Ini merupakan event edisi ke-2. Edisi perdana digelar pada tanggal 7 hingga 9 Agustus 2018 dengan tema Untuk Negeriku.

"Saya besar dari sosial media, saya bisa terus berkembang dengan sosial media dan media online. Sudah sangat benar Kemenpar menggunakan digital. Bahkan saya juga salut acara Border sempat Trending Topic. Ini membuktikan Kemenpar sangat cerdas,"kata pria yang lama tinggal di Amerika itu.

Plt Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Ni Wayan Giri Adnyani mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kerjasama Ras Muhamad di setiap event perbatasan. Giri meminta kepada Ras Muhamad untuk mengedepankan promosi pariwisata Indonesia dan kehebatan tanah air ke para penggemarnya di negara tetangga.Kata Giri, Ras tentu punya basis fans atau penggemar yang luar biasa banyaknya, sehingga sangat strategis untuk mempromosikan pariwisata Indonesia.

"Kita ketahui saat ini pariwisata telah menjadi sektor yang sangat strategis dalam perekonomian negeri ini, sebagai penyumbang devisa terbesar kedua, bukan tidak mungkin akan menjadi yang tertinggi beberapa tahun lagi. Maka, tidak salah lagi pilihan para artis ini untuk ikut mendukung dan juga bisa memiliki bisnis di sektor pariwisata,"kata Giri yang juga dibenarkan Asisten Deputi Bidang Pemasaran I Regional III Kementerian Pariwisata Muh. Ricky Fauziyani.

Ricky juga memaparkan, Ras juga bisa sekaligus akan menjadi endorser yang luar biasa bagi kampanye pariwisata kita. Seperti yang sering diungkapkan Menteri Pariwisata Arief Yahya, untuk strategi media Kemenpar punya jurus yang saya sebut POSE: paid, owned, social media, dan endorser. Tiga yang pertama yaitu: paid media, owned media, social media dijadikan satu, Kemenpar menamakan convergence media. Sementara unsur keempat yaitu endorser punya peran yang tak kalah penting. "Jadi perbatasan kita bisa semakin terkenal dengan bantuan para endorser di sosial media ini,"kata Ricky.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, "semakin mahal endorser, maka ujung-ujungnya semakin murah." Kalau kita menyewa endorser yang mahal alias lagi top-topnya, maka si endorser akan menghasilkan impresi yang sangat tinggi dan powerful. Ini biasanya diikuti dengan convertionrate yang tinggi pula. Dengan impresi yang sangat tinggi, maka sesungguhnya biaya per impresinya jauh lebih rendah. Atau dengan kata lain price per performance-nya rendah.

"Saya yakin keinginan tulus Ras Muhamad untuk mempromosikan pariwisata adalah bentuk kecintaan kepada Tanah Air Indonesia. Penampilan Ras Muhamad di perbatasan merupakan bagian dari upaya untuk membangun brand Ras Muhamad juga agar terus berkembang dan sustainable. Jadi sekali merengkuh dayung, dua pulau terlampaui. Terus promosikan Wonderful Indonesia!,"kata Menpar Arief Yahya.

Sekadar informasi, nama Ras Muhamad sendiri didapatnya di Brooklyn, sewaktu mengenyam pendidikan di negeri Paman Sam. Ada cerita di balik berubahnya nama menjadi Ras Muhamad. Muhamad diambil dari awalan namanya sendiri, sedangkan nama Ras diambil dari kosakata bahasa Jamaika yang berarti Bung.

Akar kata Ras berasal dari kata Rastamanatau orang yang telah memahami Falsafahdan ajaran Rastafari. Kata Ras sendiri dalam bahasa Amharik (Ethiopia) berarti Prince, putra bangsawan. Ayahnya seorang dokter akupuntur dan ibunya seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Departemen Luar Negeri (Deplu).

Pada tahun 1993, ibunya ditugaskan ke Amerika sebagai diplomat Indonesia di bidang ekonomi. Saat itu Ras baru saja tamat sekolah dasar di SD Harapan Ibu Pondok Indah, Jakarta Selatan. Selama di USA, Ia tinggal di New York bersama ibunya. Dia lalu melanjutkan sekolah di Russell Sage Junior High School dan lulus tahun 1996 kemudian masuk Forest Hills High School (setara SMA) lulus 1999. Sebelum dia lulus, pada tahun 1997 masa tugas ibunya di USA berakhir dan harus pulang ke tanah air. Namun ia masih tinggal untuk menyelesaikan studi.

Tahun 2001, Ras menlanjutkan studinya di jurusan Liberal Arts, Borough of Manhattan Community College (setara D3), untuk memperdalam dan mengasah bakat seninya. Karena keseringan berkesenian di Broklyn, kuliah yang harusnya tamat dalam waktu 3 tahun, diselesaikan dalam waktu empat tahun. Tahun 2005 dia lulus dan langsung pulang ke Indonesia. ia mengenal Reggae di Amerika, tepatnya di Brooklyn. Tahun 1999 ia mulai menggimbal rambutnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Musim Hujan, Warga Yogyakarta Diimbau Jangan Tidur Terlalu Nyenyak

Posted: 26 Oct 2018 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Istimewa Yogyakarta meminta masyarakat peka dan waspada terhadap tanda-tanda bencana longsor yang berpotensi muncul saat memasuki musim hujan pada November 2018.

"Bencana longsor kan selalu diawali dengan hujan deras. Sehingga kalau hujan deras jangan malah langsung tidur enak-enak," kata Kepala Pelaksana BPDB DIY Biwara Yuswantana di Yogyakarta, Jumat 26 Oktober 2018.

Menurut Biwara, bencana longsor tidak terjadi tiba-tiba. Saat hujan deras, khususnya masyarakat yang tinggal di kawasan rawan longsor bisa langsung melakukan upaya mitigasi dengan melakukan pengecekan ada atau tidaknya retakan atau perubahan struktur tanah di sekelilingnya.

"Dicek apakah ada pergerakan tanah, apakah mulai ada tanah yang ikut terbawa aliran air. Kalau ada, mungkin sementara bisa mengamankan diri di kawasan yang bebas tanah longsor," kata dia dilansir Antara.

Untuk memperkuat upaya mitigasi bencana longsor BPBD DIY tahun ini memasang eraly warning system (EWS) di tiga titik yakni di Desa Srimartani, Piyungan, Bantul, Desa Selomartani, Sleman, dan Desa Wonolelo, Pleret, Bantul.

"Sensor EWS ini canggih bisa menangkap curah hujan, bisa menangkap data pergerakan tanah," kata dia.

Selain itu, kata dia, BPBD DIY juga terus menggencarkan pembentukan kelurahan dan desa tangguh bencana untuk meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat menghadapi potensi longsor serta berbagai potensi bencana lainnya di daerah ini.

"Tahun ini kami menargetkan menambah 25 desa tangguh bencana (destana). Sekarang sudah ada 213 desatana," kata dia.

Daerah Rawan Bencana

Ilustrasi Foto Banjir (iStockphoto)​

Menurut Biwara, berdasarkan kajian BPBD DIY dari total 438 desa di DIY, sebanyak 301 desa yang tersebar di empat kabupaten dan satu kota di DIY teridentifikasi paling rawan terhadap potensi bencana, baik longsor, gunung merapi, kekeringan, banjir, gempa, maupun tsunami.

Penentuan 301 desa rawan bencana itu, jelas Biwara, telah melalui berbagai kajian baik dari sisi geologis, sejarah kebencanaan, kapasitas desa dalam menghadapi bencana, hingga aspek kerusakan dan kerugian dari sisi ekonomi apabila terjadi bencana.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Mlati, Agus Sudaryatno mengingatkan masyarakat mewaspadai potensi cuaca ekstrem menjelang pancaroba di daerah itu.

"Cuaca ekstrem yang memicu angin kencang serta hujan lebat tetap perlu diantisipasi saat pancaroba," kata dia.

Agus mengatakan awal musim hujan tidak mengalami kemunduran atau tetap diperkirakan terjadi pada November. Pada dasarian (10 hari) pertama November, musim hujan terjadi paling awal di Sleman bagian utara, dilanjutkan Sleman bagian barat, Kulon Progo bagian utara dan Kulon Progo bagian barat.

Sedangkan paling akhir terjadi pada dasarian ketiga November yang meliputi Gunung Kidul bagian Selatan, dan Bantul bagian Timur.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSSI Revisi Penjualan Tiket Timnas Indonesia U-19, Hanya Via Online

Posted: 26 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PSSI telah mulai menjual tiket babak 8 besar Piala AFC U-19 2018 antara Timnas Indonesia U-19 dan Jepang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Sayang, ada perubahan cara pembelian tiket yang baru diumumkan PSSI.

Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Jepang di SUGBK, Minggu (28/10/2018). Sebelumnya, PSSI mengumumkan bahwa tiket dijual dengan harga yang bervariasi, dari Rp 75 ribu hingga Rp 800 ribu. Ini harga khusus untuk yang dihelat di SUGBK.

Berdasarkan pengumuman sebelumnya, PSSI melepas 70.505 lembar tiket yang terdiri dari 29.724 tiket offline dan 40.781 tiket online. Untuk tiket offline atau manual dijual H-1 pertandingan mulai pukul 09.00 WIB hingga selesai di Bellezza Shopping Arcade, unit 65-66 (depan ITC Permata Hijau) dan hari H di Lapangan Blok S, Jakarta Selatan.

Namun, secara tiba-tiba PSSI mengumumkan perubahan sistem pembelian tiket Timnas Indonesia U-19 melawan Jepang. Berdasarkan rilis yang diterima, Sabtu (27/10/2018), PSSI memutuskan untuk menjual tiket hanya via online.

Artinya, tempat penjualan tiket offline yang sebelumnya diumumkan di Bellezza Shopping Arcade dan Lapangan Blok S ditiadakan. Hal itu ditegaskan Deputi Bisnis Sekjen PSSI, Marsal Masita.

 

Hindari Antrian

Ilustrasi antrean suporter Indonesia saat hendak menyaksikan pertandingan Timnas Indonesia U-19. (Bola.com/Benediktus Gerendo Pradigdo)

"Penjualan tiket akan kami alihkan secara online. Ini untuk lebih memudahkan dan menghindarkan antrian panjang suporter. Selain itu, juga untuk alasan keamanan dan kenyamanan," kata Marsal, dilansir situs PSSI.

Menurutnya, saat ini pembelian tiket sudah mencapai 45.000. PSSI akan menghentikan penjualan tiket jika sudah terjual Rp 65.000. Jumlah ini 10.000 lebih sedikit jika dibandingkan dengan jumlah saat pengumuman pertama.

"Untuk matchday besok penjualan online akan menjadi channel distribusi tiket utama dimana ketika tiket habis di penjualan online maka tidak akan ada penjualan offline di Belleza dan Blok S," tutur Marsal.

 

Harga Tiket

Harga Tiket Babak Perempat Final Piala AFC U-19 2018

Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta

VIP Barat: Rp 800.000

VIP Timur: Rp 600.000

Kategori 1: Rp 300.000

Kategori 2 (Utara/Selatan): Rp 150.000

Kategori 3 (Tribun Atas): Rp 75.000

Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi

VIP: Rp 200.000

Kategori 1: Rp 100.000

Kategori 2: Rp 75.000

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Skandal Seks Petinggi Google Jadi Sorotan

Posted: 26 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Artikel tentang pemberitaan sejumlah pimpinan Google terjerat skandal seks menjadi sorotan pembaca kanal Tekno Liputan6.com pada Jumat (26/10/2018).

Berita lain yang tak kalah populernya datang dari daftar harga Samsung Galaxy S6 Edge dan peran penting pimpinan korporasi tangkal serangan siber,

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler berikut ini:

1. Skandal Seks Para Bos Google yang Bikin Geger

CEO Sundar Pichai ketika membawakan keynotes di Google I/O 2017. (Doc: Google HQ)

CEO Google Sundar Pichai baru saja membuat pengakuan yang mengejutkan. Melalui email kepada para karyawannya, Pichai mengaku perusahaan telah memecat 48 orang, termasuk jajaran manajemen.

Pemecatan itu, menurut Pichai, dilakukan karena mereka terbukti melakukan pelecehan seksual dalam kurun waktu dua tahun terakhir. Lebih lanjut dia menuturkan keputusan tersebut diambil karena perusahaan ingin berbenah.

Dikutip dari Fox News, Jumat (26/10/2018), Google ingin memastikan pihaknya menyediakan lingkungan kerja yang aman dan inklusif.

Baca selengkapnya di sini

 

2. Harga Samsung S6 Edge Terbaru 2018, Ponsel dengan Performa Gahar

Ilustrasi Samsung S6 Edge (Sumber: samsung)

Samsung merupakan vendor dari Korea Selatan yang memproduksi berbagai gadget maupun produk elektronik. Seluruh dunia telah mengakui keunggulan produk dari vendor ini, Samsung.

Tak hanya soal peralatan elektronik saja, Samsung juga unggul di sektor gadget terutama handphone Samsung.

Semenjak dulu, smartphone buatan Samsung selalu dikenal memiliki kualitas yang mumpuni. Tak jarang smartphone buatan Samsung jadi rebutan walau harga yang dibanderol menyasar kelas atas.

Baca selengkapnya di sini

3. Peran Penting Pimpinan Senior Korporasi untuk Tangkal Serangan Siber

Ilustrasi hacker (iStockPhoto)

Masih ingat dengan ransomware WannaCry yang menyedot perhatian dunia pada pertengahan 2017? Serangan siber itu menginfeksi dan mengenkripsi lebih dari 200 ribu komputer di 99 negara, termasuk Indonesia, yang diiringi tuntutan tebusan.

Korporasi besar, rumah sakit, universitas, hingga kementerian menjadi sasaran utamanya.

Setelah serangan global tersebut, bagaimana persepsi pimpinan senior korporasi global dalam menghadapi serangan siber?Apalagi berbagai sektor industri telah menerapkan IoT (Internet of Things) dalam basis operasional sehari-hari.

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Anggunya Meghan Markle dalam Balutan Gaun Seharga Rp 194,7 Juta

Posted: 26 Oct 2018 09:00 PM PDT

Meghan Markle, Duchess of Sussex saat tiba menghadiri The Australian Geographic Awards di Sydney, Australia (26/10). Gaun mewah Meghan Markle ini harganya 10.000 poundsterling atau sekitar Rp 194,7 juta. (Paul Edwards/Pool via AP)

Meghan Markle, Duchess of Sussex saat tiba menghadiri The Australian Geographic Awards di Sydney, Australia (26/10). Gaun mewah Meghan Markle ini harganya 10.000 poundsterling atau sekitar Rp 194,7 juta. (Paul Edwards/Pool via AP)

Pangeran Harry dan Meghan Markle saat tiba menghadiri The Australian Geographic Awards di Sydney, Australia (26/10). Meghan tampil cantik mengenakan gaun mewah Oscar de la Renta. (Ian Vogler/Pool via AP)

Pangeran Harry dan Meghan Markle saat tiba menghadiri The Australian Geographic Awards di Sydney, Australia (26/10). Meghan tampil cantik mengenakan gaun mewah Oscar de la Renta. (Ian Vogler/Pool via AP)

Meghan Markle, Duchess of Sussex memberi sambutan saat menghadiri The Australian Geographic Awards di Sydney, Australia (26/10). Meghan tampil cantik mengenakan gaun mewah Oscar de la Renta. (Paul Edwards/Pool via AP)

Meghan Markle, Duchess of Sussex memberi sambutan saat menghadiri The Australian Geographic Awards di Sydney, Australia (26/10). Meghan tampil cantik mengenakan gaun mewah Oscar de la Renta. (Paul Edwards/Pool via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Nusron Wahid Ditantang Pendemo di Makam Luar Batang

Posted: 26 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Politisi Golkar, Nusron Wahid, diadang dan ditantang pendemo saat ziarah ke Makam Luar Batang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebut Young Lex Pemuda Bandel, Anji Beri Tantangan

Posted: 26 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Young Lex mendapat sebuah tantangan dari penyanyi Anji. Dirinya ditugaskan untuk menulis lirik, hingga menyusun konsep video klip untuk lagu yang akan dirilis Anji, "Flashback".

Tantangan tersebut diberikan melalui unggahan Instagramnya pada Jumat (26/10/2018). Dalam unggahan tersebut, terlihat Anji dan Young Lex sedang mendiskusikan sesuatu.

"MENANTANG @young_lex18 menjadi Song Writer, Conceptor, Talent & Director (Musik Video) untuk lagu yang akan dirilis sebentar lagi," tulis Anji.

Selanjutnya, Anji menyebut Young Lex adalah seorang pemuda bandel.

 

Simak juga video berikut ini:

Pemuda Bandel

Young Lex dan Anji. (instagram.com/duniamanji)

Namun kebandelannya seimbang dengan kemampuan Young Lex mengemban tugas yang diberikan Anji. Sepertinya Young Lex telah mampu menjawab tantangan dari Anji.

"Menurut saya, pemuda bandel ini mengerjakannya dengan sangat baik. Sebelas duabelas dengan kebandelannya. Sebaik mobilnya juga yang ada di belakang," lanjut Anji.

 

Tak Sabar

Rapper Young Lex saat mengunjungi kantor Liputan6.com di Jakarta, Rabu (6/6). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warganet pun melihat hasil kerja Young Lex. Mereka menantikan dirilisnya karya terbaru Anji dan Young Lex.

"Waiting ga sabar...," tulis @gandhesen.

"Dan Tak sabar menanti karya yg terbaik,.. sukses terus kalian," timpal @ir.one.w.

"Lagu bagus ni 👍👍 ... Ditunggu kak @duniamanji dan bang @young_lex18," tambah @gunawanquavo.c

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terpanjang di Dunia, Jembatan Baru China Ancam Populasi Lumba-Lumba?

Posted: 26 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Hong Kong - Aktivis konservasi mengatakan, jumlah lumba-lumba putih China di perairan Hong Kong telah turun secara signifikan karena pembangunan jembatan penyeberangan laut terpanjang di dunia yang menghubungkan wilayah itu dengan daratan China.

Hal itu muncul di tengah munculnya sejumlah laporan bahwa jembatan sepanjang 55 kilometer -yang dijuluki "jembatan kematian" oleh beberapa media lokal -tersebut telah mencabut nyawa 20 pekerja dan melukai lebih dari 500 orang selama pembangunannya, demikian dikutip dari laman ABC Indonesia, Sabtu (27/10/2018).

Jembatan senilai $ 20 miliar (atau setara Rp 200 triliun), yang memerlukan waktu satu dekade untuk dibangun tersebut, secara resmi dinyatakan terbuka oleh Presiden China Xi Jinping pada hari Selasa 23 Oktober lalu.

Taison Chang Ka-tai, Ketua Lembaga Konservasi Lumba-Lumba Hong Kong, mengatakan kepada ABC bahwa populasi lumba-lumba di perairan Hong Kong telah turun lebih dari 40 persen, dari rata-rata 80 penampakan pada 2012 menjadi 47 pada tahun 2017.

Chang mengatakan bahwa dampak konstruksi pada populasi lumba-lumba putih terbukti dalam distribusi lumba-lumba di daerah tersebut.

"Selama pembangunan jembatan, kami bisa melihat lumba-lumba di utara (Pulau) Lantau hampir hilang dari daerah itu, yang merupakan area terdekat dari konstruksi itu," katanya.

"Jadi kami bisa melihat hubungan yang sangat jelas antara konstruksi dan lumba-lumba."

Lumba-Lumba Terlihat Saat Pembukaan

Meskipun ada penurunan jumlah lumba-lumba, laporan dari media pemerintah China, CCTV, mengatakan prioritas utama telah diberikan untuk melindungi lumba-lumba putih, yang juga dijuluki "panda laut China".

Sebuah pernyataan di situs Otoritas Jembatan Hong Kong-Zhuhai-Macao menyatakan bahwa $ 68 juta (atau setara Rp 680 miliar) dialokasikan untuk melindungi lumba-lumba.

Chang mengatakan bahwa meski langkah-langkah mitigasi diberlakukan oleh Departemen Perlindungan Lingkungan Pemerintah Hong Kong -- seperti berhenti bekerja selama 30 menit ketika lumba-lumba terlihat -- langkah-langkah itu terbukti tidak efektif.

"Setelah mereka melihat langkah-langkah itu tidak efektif, mereka tidak melakukan apapun untuk mencoba membuat jumlah lumba-lumba meningkat lagi atau menghentikan pembangunan untuk sementara waktu guna melihat apakah mereka bisa memperbaiki situasi lingkungan laut," katanya.

"Saya bisa membayangkan situasi di perairan China bahkan lebih buruk daripada Hong Kong."

Media milik Pemerintah China, Xinhua, di akun medsos Weibo mereka berkomentar bahwa lumba-lumba putih terlihat "menari di sekitar jembatan" pada hari pembukaan, seolah-olah mereka "mengucapkan selamat pada hari ulang tahunnya".

Chang menyebut komentar itu "konyol" karena hal yang wajar bagi lumba-lumba untuk menjulurkan kepala mereka ke udara.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Dianggap Kebanggaan

Jembatan atas laut terpanjang yang menghubungkan Hong Kong-Zhuhai-Macau di Cina. (ANTHONY WALLACE / AFP/Asnida Riani)

Chan Kam-hong, Kepala eksekutif Asosiasi Hak-Hak Korban Kecelakaan Industri, mengatakan kepada Radio Televisi Hong Kong (RTHK) pada Selasa (23/10/2018) pagi bahwa proyek itu juga mengakibatkan sejumlah "korban" yang sangat kritis.

"Yang kami ketahui sejauh ini adalah ada 11 pekerja yang tewas di lokasi konstruksi di bagian Hong Kong [jembatan], dan sembilan pekerja yang tewas di daratan," katanya.

"Sangat sulit bagi kami untuk mengumpulkan jumlah pasti korban karena Pemerintah tidak memberi kami cara untuk mendapatkannya."

"Ini adalah proyek besar, tetapi pandangan kami adalah bahwa meskipun proyek ini sangat besar dan menantang, bukan alasan yang bisa diterima untuk menyebabkan lebih banyak korban."

Terlepas dari banyaknya korban jiwa, media milik Pemerintah China dan postingan media sosial tentang Jembatan Hong Kong-Zhuhai-Makau sebagian besar positif.

Seorang pengguna dengan nama panggilan yuanshuizhiyuan berkomentar di Weibo bahwa "tidak ada negara lain di seluruh dunia yang mampu (membangun jembatan ini)".

Jembatan itu secara resmi dibuka untuk lalu lintas publik pada Rabu 24 Oktober 2018 pukul 09.00 (waktu setempat) setelah penundaan besar dan pembengkakan biaya.

Konstruksi dihentikan setelah Chu Yee-wah, 66, mengajukan peninjauan yudisial terhadap laporan penilaian lingkungan proyek di Pengadilan Tinggi Hong Kong pada April 2011.

Aksi itu menghasilkan penundaan proyek selama 18 bulan, yang semula dijadwalkan akan selesai pada tahun 2016.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Menghilangkan Ketombe Membandel Secara Alami, Cepat dan Permanen

Posted: 26 Oct 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memiliki ketombe yang membandel memang sangat mengganggu penampilan. Apalagi jika sedang mengenakan pakaian berwarna hitam, tentu saja ketombe yang jatuh akan terlihat sangat jelas dan mengurangi rasa percaya diri.

Ketombe merupakan kulit kepala yang mati dan mengering hingga terkelupas yang biasanya identik berwarna putih. Hal ini memang biasa terjadi pada banyak orang. Namun berketombe bagi sebagian orang membuatnya tidak percaya diri karena seperti ada salju yang terus menerus turun dan mengotori baju. Sebagian sudah mencoba mengatasi ketombe dengan memakai produk shampo khusus anti-ketombe. Bukannya hilang, nyatanya ada yang tambah parah, ada pula yang hilang namun kembali lagi. 

Penyebab ketombe sendiri bermacam-macam, mulai dari kulit kepala yang kering hingga produk shampo yang tidak cocok dengan keadaan kulit kepala. Berikut penyebab ketombe:

- Jarang keramas. Jarang keramas atau mencuci rambut tentu akan membuat kulit kepala yang mati dan kering menumpuk dan menyebabkan ketombe.

- Terlalu sering keramas. Sebaliknya, terlalu sering keramas atau mencuci rambut akan membuat rambut tidak memiliki waktu untuk membuat memproduksi minyak rambut alami agar kulit kepala tidak kering dan berketombe.

- Kulit kering. Hal ini menjadi penyebab paling umum dari adanya ketombe. Kulit kering tidak hanya bisa terjadi pada kulit kepala saja, namun bisa pada kulit tangan dan kaki.

- Produk shampo dan conditioner yang tidak cocok dengan kulit kepala. Memilih produk shampo dan conditioner yang tepat bagi kulit kepala juga termasuk dalam faktor penting agar kulit kepala tidak berketombe.

- Infeksi jamur malassezia. Jamur malassezia ini biasa hidup di kulit kepala dan tidak berakibat penting pada kulit kepala. Namun jika berlebihan, jamur ini akan menyebabkan iritasi kulit kepala hingga berketombe. 

Nah, kalau kamu sudah mencoba bermacam-macam shampoo anti-ketombe namun tidak juga merasakan hasilnya, tidak ada salahnya untuk mencoba cara menghilangkan ketombe secara alami. Penasaran seperti apa? Berikut cara menghilangkan ketombe membandel secara alami yang liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Sabtu (27/10/2018).

1. Jeruk Nipis.

Jeruk nipis merupakan jenis jeruk yang paling kaya mengandung vitamin C. Tidak hanya vitamin C saja, jeruk nipis juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fofsor, magnesium, kalium, seng, dan gula. Tidak lupa juga asam sitrat yang membuat rasa asam. Vitamin C pada jeruk nipis akan mendorong pertumbuhan akar rambut. Kamu bisa menggunakan jeruk nipis untuk menebalkan rambut atau untuk mengatasi kebotakan. Selain menebalkan rambut, penggunaan teratur jeruk nipis pada kulit kepala juga dapat digunakan untuk membasmi ketombe.

Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis, yaitu :

- Peras buah jeruk nipis

- Campurkan air jeruk nipis dengan air secukupnya

- Oleskan pada rambut

- Biarkan sebentar agar meresap pada kulit kepala

- Bilas dengan air bersih

2. Lemon

Lakukan menghilangkan komedo yang membandel dengan menggunakan lemon. (Foto: iStockphoto)

Tidak hanya jeruk nipis, kamu juga bisa menggunakan lemon sebagai cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok secara alami. Caranya sama saja dengan mengaplikasikan jeruk nipis pada kulit kepala.

3. Baking soda.

Sedikit aneh namun memang benar, cara berikutnya adalah menggunakan baking soda sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami, cepat, dan permanen. Penting untuk diketahui, jangan gunakan baking soda terlalu banyak dan terlalu sering.

Cara menghilangkan ketombe dengan cepat menggunakan bahan ini :

- Siapkan 1/2 sdt baking soda

- Larutkan dengan air hingga mengental

- Oleskan secara merata pada kulit kepala

- Biarkan beberapa saat

- Bilas dengan air hingga bersih

4. Garam

Selain digunakan sebagai bumbu dapur, ternyata garam dapur bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Sifat scrub dari bahan ini mampu mengangkat kulit mati pada kepala.

Cara menghilangkan ketombe dengan garam sangat mudah:

- Sediakan garam secukupnya

- Gosokkan garam pada kulit kepala

- Diamkan sebentar

- Bilas kepala dengan air hingga bersih

5. Bawang merah.

Apakah kamu pernah menjumpai orang tua yang memberikan tumbukan bawang merah pada kepala bayi? Hal ini benar adanya agar rambut menjadi lebat, namun tidak hanya itu saja, kamu bisa menggunakan bawang merah sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami. 

Cara menghilangkan ketombe membandel menggunakan bahan ini:

- Sediakan bawang merah

- Kupas kulitnya, kemudian haluskan

- Oleskan merata pada kulit kepala

- Diamkan beberapa saat

- Bilas dengan air bersih

6. Cuka.

Aneh rasanya memang jika ternyata cuka bisa digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe karena cuka biasa digunakan untuk makanan. Namun tenang saja, ini bukan hoax. Kamu bisa menggunakan cuka sebagai cara menghilangkan ketombe. Tapi tentu dengan berhati-hati, jangan memakai cuka terlalu banyak sama seperti penggunaan baking soda ya.

Cara ampuh menghilangkan ketombe menggunakan cuka :

- Siapkan 1 sdt cuka

- Oleskan secara merata pada kulit kepala

- Biarkan beberapa saat

- Bilas dengan air sampai bersih

- Untuk hasil yang maksimal, lakukan 2 kali dalam seminggu

7. Minyak zaitun

Tidak hanya minyak kemiri, minyak zaitun juga merupakan cara menghilangkan ketombe secara alami, cepat, dan permanen.

Caranya :

- Oleskan minyak zaitun pada kulit kepala secara merata

- Lakukan pijatan ringan pada kulit kepala agar minyak zaitun meresap

- Diamkan selama 30 menit- Bilas dengan air hangat

Minyak kemiri.

Tidak hanya digunakan sebagai minyak penyubur rambut, minyak kemiri juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami tanpa merusak rambut. 

Cara menghilangkan ketombe yang parah menggunakan minyak kemiri :

- Gunakan minyak kemiri sebelum keramas

- Biarkan selama 30 menit

- Bilas dengan air bersih

9. Daun Sirsak.

Salah satu kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan dalam daun sirsak adalah acetogenin. Acetogenin merupakan kumpulan senyawa aktif yang memiliki aktivitas sitotoksik (membunuh racun) di dalam tubuh dengan cara menghambat transport ATP (adenosina trifosfat) atau energi yang dibutuhkan sel kanker untuk berkembang. Acetogenin masuk dan menempel di reseptor dinding sel dan merusak ATP di dinding mitokondria. Namun tidak hanya untuk kesehatan saja, daun sirsak memang bermanfaat bagi manusia, namun secara ajaib sangat beracun bagi serangga atau parasit. Karena itulah daun sirsak dapat digunakan untuk menghambat dan membasmi kutu dan ketombe.

Cara menghilangkan ketombe membandel menggunakan bahan ini adalah :

- Siapkan beberapa helai daun sirsak

- Tumbuk sampai halus

- Tambahkan sedikit air

- Gunakan sebagai masker pada rambut

- Oleskan hingga merata

- Biarkan selama 30 menit

- Bilas dengan air sampai bersih

10. Lidah Buaya.

Lidah buaya memang dikenal memiliki banyak manfaat karena apa yang ada di dalam lidah buaya memang sangat bermanfaat. Kandungan dalam lidah buaya antara lain; protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C. Tidak hanya untuk menghitamkan rambut, membuat rambut berkilau, mencegah rambut rontok, menguatkan akar rambut, lidah buaya juga sangat ampuh digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami.

Cara menghilangkan ketombe membandel menggunakan bahan ini :

- Haluskan daging lidah buaya secukupnya

- Oleskan secara merata pada permukaan kulit kepala

- Pijit-pijit dengan lembut agar meresap pada kulit kepala

- Biarkan selama 30 menit

- Bilas dengan air hingga bersih

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Disinggung soal Politikus Sontoloyo, Sandiaga: Ojo Loyo...

Posted: 26 Oct 2018 08:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno menolak menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo terkait politikus sontoloyo.

"Tidak ada komentar," kata Sandiaga, Sabtu (27/10/2018).

Sandiaga justru mengubah kata sontoloyo menjadi ojo loyo. Kata itu bukan ditujukan ke politikus, melainkan untuk anak muda atau kaum milenial.

"Saya bilang ke anak muda ayo, milenial ojo loyo, ojo loyo. Ini kesempatan kita 2019 ojo loyo, kita harus semangat," ucap dia.

Sandiga pun mengaitkan kata ojo loyo pada bidang ekonomi.

"Jadi, ekonomi harus ojo loyo," ujar dia.

Politikus Sontoloyo

Saat membagikan 5 ribu sertifikat tanah untuk warga di Lapangan Bola Ahmad Yani, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa 23 Oktober, Jokowi menyinggung politikus sontoloyo.

Ucapan tersebut dilontarkan Jokowi lantaran rencana pemerintah menganggarkan Dana Kelurahan dipolitisasi.

"Hati-hati banyak politikus baik-baik, tapi banyak juga politikus sontoloyo. Kita lihat mana yang benar mana yang enggak betul. Kita lihat jangan sampai dibawa oleh politikus-politikus hanya untuk kepentingan sesaat, memudarkan kesatuan persatuan dan persaudaraan kita," kata Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eric Cantona Sedih Lihat Penampilan MU

Posted: 26 Oct 2018 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Legenda Manchester United (MU), Eric Cantona, mengaku sakit hati ketika menyaksikan pertandingan eks klub yang akhir-akhir ini karena mereka bermain sangat jelek.

Setan Merah sedang mengalami kesulitan pada musim ini. Mereka sepertinya tak bisa tampil konsisten dan akhirnya kerap meraih hasil-hasil tak maksimal.

Contohnya dari lima pertandingan terakhirnya, mereka kalah dua kali, imbang dua kali dan kalah sekali. Di pertandingan terakhirnya saat melawan Juventus di Liga Champions di Old Trafford, MU kalah 0-1.

Laga melawan Juventus membuat Cantona benar-benar merasa geram karena sang lawan bisa tampil begitu mendominasi di teater impian, sesuatu yang menurutnya tak pernah terjadi di era MU asuhan Sir Alex Ferguson.

"Itu cara mereka bermain. Kalian bisa kalah tapi kalian mengambil risiko. Kalian kalah melawan Juventus dan mereka memiliki penguasaan bola 70 persen di Old Trafford," keluh Cantona seperti dikutip The Republik of Mancunia.

Mengenang Ferguson

Legenda Manchester United, Eric Cantona saat datang ke Indonesia. (Liputan6.com/Johan Tallo)

"Bisakah kalian membayangkan hal itu ketika Ferguson berada di bangku cadangan?" tambah pria asal Prancis tersebut.

Lebih lanjut, Cantona pun mengungkapkan kecemburuannya dengan sang tetangga, Manchester City yang bermain cantik di setiap pertandingan.

 

Cemburu dengan City

"Saya menderita dan lebih menderita lagi ketika saya melihat Manchester City bermain sangat indah. Saya rasa para pemain harus memiliki contoh. Mereka butuh pemain hebat, pergerakan bagus, sepak bola kreatif untuk menjadi identitas mereka sebagai pemain atau tim,"

"Dan saya rasa kini mereka kehilangan generasi pemain muda. Para pemain belia ini mencontoh permainan City. Apakah kita bisa menerima itu? Tidak," tegasnya.

Sumber: Bola.net

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Sebut Ekstasi Paling Banyak Diminati Saat Perayaan Tahun Baru di Kota Besar

Posted: 26 Oct 2018 08:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktur IV Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Pol Eko Daniyanto mengatakan, terjadi peningkatan terhadap barang bukti narkoba berupa pil ekstasi sebesar 979,81 persen. Hal itu menunjukkan meningkatnya permintaan ekstasi untuk diedarkan ke tempat hiburan.

"Khususnya menjelang perayaan akhir tahun di kota-kota besar," kata Eko dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Sabtu (27/10/2018).

Dia mengatakan, jumlah barang bukti ekstasi mengalami peningkatan dari minggu ketiga ke minggu keempat selama bulan Oktober 2018. Pada minggu ketiga bulan Oktober, sebanyak 8.779,25 butir disita dan pada minggu keempat sebanyak 94.799,37 butir.

Eko menjelaskan, hasil penyitaan barang bukti sabu dan ekstasi yang menonjol oleh Polda Riau. Hasil mapping selama minggu ketiga yang lalu, lanjut Eko, menunjukkan rute penyelundupan sabu via laut dari Malaysia ke Indonesia melalui jalur Johor-Dumai-Bengkalis masih merupakan jalur yang harus diwaspadai.

"Karena merupakan rute yang singkat dan dianggap jalur yang aman bagi para penyelundup narkoba dari Malaysia atau Johor ke Indonesia," jelas Eko.

Jalur Ekstasi

Selain lewat jalur laut, rute lain juga ternyata digunakan dalam mengedarkan narkoba seperti melalui jalur darat dari wilayah Pekanbaru ke wilayah Sumatra khususnya Palembang, Lampung dan Jawa.

"Untuk jumlah tersangkanya pada minggu keempat bulan Oktober 2018 sebanyak 27 bandar, 542 orang pengedar, 511 orang penyalahgunaan dan dua warga negara asing ditangkap," katanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Liverpool Vs Cardiff City: Laga Menantang The Reds

Posted: 26 Oct 2018 08:45 PM PDT

Liverpool - Liverpool berpeluang merebut puncak klasemen sementara Premier League dari Manchester City, saat menghadapi Cardiff City pada laga pekan ke-10 di Stadion Anfield, Sabtu (27/10/2018).

Saat ini Liverpool menempati urutan kedua dengan torehan 23 poin di klasemen sementara. Mereka kalah selisih gol dari Manchester City yang menduduki peringkat teratas.

Akan tetapi, kans Liverpool menggeser Manchester City dari puncak klasemen terbilang besar. Skuat Pep Guardiola bakal bersua lawan tangguh pada pekan ke-10, yakni Tottenham Hotspur, di Stadion Wembley, Senin (29/10/2018).

Liverpool pun wajib mendulang tiga poin demi merealisasikan ambisi tersebut. Jika menilik rekor pertemuan, The Reds tampak superior daripada sang lawan.

Liverpool selalu menang dari dua laga terakhir kontra Cardiff City. Hasil positif terakhir diraih ketika Jordan Henderson dan kawan-kawan menang 6-3 atas tim berjuluk The Bluebirds tersebut.

Namun, Jurgen Klopp enggan jemawa meski timnya menjadi unggulan. Sang manajer menganggap Cardiff City adalah tim yang sulit ditaklukkan.

"Ini merupakan pertandingan yang menantang. Di dunia sepak bola, semua hal bisa terjadi. Cardiff tentunya 100 persen konsenterasi ke pertandingan tersebut. Mereka bagus dalam tendangan bebas," kata Klopp.

"Cardiff juga bagus saat mendistribusikan bola ke area sayap. Itu merupakan pertandingan yang sangat menarik. Namun, ada banyak acara yang bisa Anda lakukan untuk membuat pertandingan menjadi lebih menarik," tutur Klopp.

Klopp diprediksi bakal menurunkan sejumlah pilar andalannya saat bersua Cardiff City. Namun, Liverpool belum bisa diperkuat Naby Keita dan Alex Oxlade-Chamberlain karena masih menderita cedera.

 

Statistik Kedua Tim

Head to Head

  • (22/03/2014) Cardiff City 3-6 Liverpool (Premier League)
  • (21/12/2013) Liverpool 3-1 Cardiff City (Premier League)
  • (26/02/2012) Cardiff City 2-2 Liverpool (Piala Liga Inggris)
  • (01/11/2007) Liverpool 2-1 Cardiff City (Piala Liga Inggris)
  • (19/12/1959) Liverpool 0-4 Cardiff City (Divisi Dua)

Lima pertandingan Terakhir Liverpool

  • (29/09/2018) Chelsea 1-1 Liverpool (Premier League)
  • (04/10/2018) Napoli 1-0 Liverpool (Liga Champions)
  • (07/10/2018) Liverpool 0-0 Manchester City City (Premier League)
  • (20/10/2018) Huddersfield 0-1 Liverpool (Premier League)
  • (25/10/2018) Liverpool 4-0 Red Star (Liga Champions)

Lima Pertandingan Terakhir Cardiff City

  • (15/09/2018) Chelsea 4-1 Cardiff City (Premier League)
  • (22/09/2018) Cardiff City 0-5 Manchester City (Premier League)
  • (30/09/2018) Cardiff City 1-5 Burnley (Premier League)
  • (06/10/2018) Tottenham 1-0 Cardiff City (Premier League)
  • (20/10/2018) Cardiff City 4-2 Fulham (Premier League)

Prediksi Bola.com

Liverpool 55-45 Cardiff City

Sumber: Berbagai sumber

Prediksi Starter

Prediksi Susunan Pemain

Liverpool (4-3-3): Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold, Virgil van Dijk, Joe Gomez, Andrew Robertson; Fabinho, Gini Wijnaldum, Xherdan Shaqiri, Roberto Firmino, Sadio Mane, Mohamed Salah

Manajer: Jurgen Klopp

Cardiff City (4-2-3-1): Neil Etheridge; Bruno Ecuele Manga, Sean Morrison, Sol Samba, Joe Bennet; Harry Arter, Victor Camarasa; Joe Ralls, Junior Hoilett, Danny Ward; Bobby Reid

Manajer: Neil Warnock

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Laporan Keuangan dan Sentimen Global Tekan IHSG Selama Sepekan

Posted: 26 Oct 2018 08:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terkoreksi tajam selama sepekan yang dipengaruhi hasil kinerja keuangan emiten dan sentimen global.

Mengutip laporan PT Ashmore Assets Management Indonesia, Sabtu (27/10/2018), IHSG merosot 0,9 persen dari posisi 5.837 pada Jumat 19 Oktober 2018 menjadi 5.784 pada 26 Oktober 2018. Saham berkapitalisasi besar yang masuk indeks LQ45 melemah 0,72 persen selama sepekan. Investor asing jual saham mencapai USD 47 juta atau sekitar Rp 714,96 miliar (asumsi kurs Rp 15.212 per dolar AS).

Sementara itu, indeks obligasi naik 0,2 persen di tengah nilai tukar rupiah terhadap dolar AS cenderung tertekan ke posisi 15.217. Imbal hasil obligasi pemerintah bertenor 10 tahun berada di posisi 8,7 persen. Aliran dana investor asing masuk ke pasar obligasi hingga Kamis mencapai USD 599 juta atau sekitar Rp 9,11 triliun.

Sejumlah sentimen dari eksternal dan internal yang bayangi pasar keuangan termasuk IHSG. Dari eksternal, pemerintahan Amerika Serikat (AS) di bawah pimpinan Presiden AS Donald Trump tidak akan partisipasi bernegosiasi dengan China hingga buat keputusan besar.

Ancaman perang dagang berbulan-bulan dapat mengancam pertumbuhan ekonomi global. Ini ikuti permintaan Trump kepada Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) untuk selidiki China yang mencuri kekayaan intelektual bisnis AS.

Sementara itu, penjualan rumah AS melemah. Penjualan rumah yang sebelumnya dimiliki di AS merosot 3,4 persen pada September 2018 dari sebelumnya turun 0,2 persen pada Agustus. Penjualan rumah bagi keluarga baru di AS melemah 5,5 persen atau 553 ribu pada September 2018. Penurunan itu lebih rendah dari Agustus sekitar 3 persen.

Dari Asia, China membukukan pertumbuhan ekonomi yang melambat. Ekonomi China tumbuh 6,5 persen hingga September 2018 dari periode sebelumnya 6,7 persen.

Pertumbuhan ekonomi itu di bawah konsensus 6,6 persen. Angka itu terendah sejak kuartal I 2009 selama krisis keuangan global. Hal ini terjadi di tengah perang dagang AS dan China. Ditambah kekhawatiran pinjaman oleh pemerintah daerah.

 

Selanjutnya

Pekerja melintasi layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di BEI, Jakarta, Rabu (16/5). IHSG ditutup naik 3,34 poin atau 0,05 persen ke 5.841,46. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dari dalam negeri, Bank Indonesia (BI) memutuskan mempertahankan suku bunga acuan 5,75 persen. Ini sesuai konsensus. Ini pertama kalinya sejak Juli, BI cenderung mengerem kenaikan suku bunga. Hal ini mengingat BI berupaya mempertahankan daya tarik pasar domestik, mengurangi defisit transaksi berjalan, menyediakan likuiditas dan menjaga stabilitas sistem keuangan.

BI juga menegaskan domestic non deliverable forwarding (DNDF) akan dimulai pada 1 November 2018. Ini sebagai langkah untuk menjaga stabilitas rupiah. Nilai tukar rupiah cenderung stabil dengan menguat 0,07 persen terhadap dolar AS.

Lalu apa yang dicermati ke depan?

Ashmore menyoroti soal pemulihan terjadi pada kuartal III 2018 pengaruhi sejumlah komoditas tertentu? Di tengah musim laporan keuangan, pasar tampaknya tidak terlalu bersemangat dengan sentimen laporan keuangan. 

Adanya pemulihan berkelanjutan terlihat di sektor peternakan unggas, perkebunan dan konsumsi. Sedangkan sektor telekomunikasi, properti dan semen mampu berbalik arah menguat.

Lalu bagaimana dengan IHSG jelang akhir tahun? Ashmore melihat sejumlah katalis yang dorong IHSG menguat dari aliran dana investor asing dan pengurangan sentimen negatif global.

"Namun kami melihat pemulihan IHSG akan didorong saham berkapitalisasi kecil yang berarti kenaikan IHSG terbatas," seperti dikutip dari laporan Ashmore.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG: Curah Hujan Meningkat, Waspada Banjir

Posted: 26 Oct 2018 08:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pusat meminta masyarakat untuk waspada terhadap peningkatan hujan di sebagian wilayah Indonesia, khususnya di wilayah DKI Jakarta.

"Sebetulnya kalau dibilang sudah memasuki musim hujan belum ya, ini baru transisi, baru proses. Kondisinya mengarah dari musim kemarau ke musim hujan. Tapi justru kalau baru awal-awal begini kecenderungannya hujannya lebat dalam jangka waktu tidak panjang. Sebelum hujan diawali hembusan angin yang kuat," kata Deputi Bidang Meteorologi Mulyono R. Prabowo di Jakarta sepeti dikutip dari Antara, Sabtu (10/27/2018).

Mulyono mengingatkan masyarakat agar lebih waspada akan adanya angin besar pada awal-awal peralihan musim kemarau ke musim hujan, yang akan berlangsung selama beberapa hari ke depan.

"Untuk daerah yang banyak pohon sebaiknya dilakukan 'prunning', atau pengurangan dahan, karena kalau ada hembusan angin kuat bisa berbahaya, bisa mematahkan ranting atau bahkan merobohkan pohon. Selain itu baliho-baliho dan papan reklame yang besar supaya diberi ventilasi udara supaya angin bisa lewat dan," katanya.

Peningkatan curah hujan diperkirakan terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia bagian barat. Itu disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain adanya sirkulasi siklonik di sekitar wilayah Sumatera yang menyebabkan terjadinya konsentrasi massa udara di wilayah tersebut. Konsentrasi massa udara ini menyebabkan kondisi udara yang relatif lebih lemab sehingga mendukung pertumbuhan awan hujan. Diprakirakan keadaan itu akan berlangsung hingga tiga hari ke depan.

Mulyono menjelaskan bahwa aktivitas sirkulasi akan menurun dan digantikan dengan konvergensi angin yang memanjang dari wilayah Sumatera hingga Kalimantan bagian utara. Area pertemuan angin tersebut juga akan mendukung pertumbuhan awan.

Sebaliknya, potensi hujan di wilayah pulau Jawa bagian Timur hingga NTT, Sulawesi, Maluku dan Papua diprakirakan masih cukup minim. Minimnya curah hujan disebabkan oleh dominasi massa udara kering yang terpantau masih terdapat di wilayah tersebut dan pola angin yang cenderung terberai sehingga menghambat pertumbuhan awan-awan hujan.

Sejumlah wilayah yang diprediksi akan mengalami hujan lebat pada 26-28 Oktober 2018 di antaranya adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Riau, Sumatera Selatan, Bangka, Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Sulawesi Tengah.

Sedangkan Wilayah yang berpotensi hujan lebat untuk periode 29-31 Oktober 2018, antara lain adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Jambi, Riau, Kepulauan Riau, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Gorontalo, Papua.

Waspada Banjir

Lebih lanjut, Mulyono mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

"Khusus untuk Jakarta yang banyak tertutup beton, saat sudah masuk musim hujan, wilayah yang tak tertutup beton akan banyak mendapat limpahan air hujan, masyarakat yang tinggal di di daerah yang biasa jadi lintasan air itu harus hati-hati seperti yang tinggal di bantaran sungai. Jangan lupa juga bersihkan gorong-gorong karena suka menghambat jalannya air," pungkasnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wanna One Siapkan Showcase Terakhir untuk Album Terbaru

Posted: 26 Oct 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wanna One bersiap comeback. Sebelum melakukannya, Wanna One bakal mengadakan showcase pada 22 November mendatang.

Seperti dilansir dari Soompi, setelah merilis album baru sekaligus album terakhir pada 19 November, Wanna One langsung mengadakan showcase yang akan disiarkan oleh saluran Mnet.

"Walaupun akan disiarkan Mnet, kami juga mulai berbicara untuk menyiarkan pertunjukkannya melalui saluran YouTube CJ ENM dan terafiliasi dengan baik," ujar CJ ENM.

Setiap Wanna One comeback, showcase mereka akan ditayangkan melalui Mnet. Para penggemarnya (Wannable) bisa melihat penampilan Hwang Minhyun CS dengan membawakan lagu-lagu dari album terbaru mereka untuk pertama kalinya.

 

Dinikmati

Wanna One (Foto: Twitter/WannaOne_twt)

Tidak hanya penggemar di Korea, siaran showcase kali ini juga bisa dinikmati para penggemar di seluruh dunia melalui saluran YouTube dan situs-situs yang terafiliasi lainnya.

Sejak debut, Kang Daniel dan kawan-kawan telah merilis sejumlah album seperti 1X1=1 (To Be One) sebagai album debut, kemudian repackage album 1-1=0 (Nothing Without You), mini album kedua bertajuk 0+1=1 (Promise You), dan spesial album 1÷χ=1 (Undivided).

 

Comeback

Wanna One dibentuk oleh CJ E&M lewat Produce 101 pada 2017. Meski grup ini belum berusia 1 tahun, kontrak mereka akan berakhir 31 Desember 2018 mendatang. (billboard.com)

Wanna One sendiri merupakan grup jebolan program survival Produce 101 Season 2. Mereka mulai menyiapkan comeback setelah menyelesaikan tur dunia di akhir Agustus dan awal September lalu.

Album ini diperkirakan akan menjadi album terakhir Wanna One sebagai grup, karena mereka hanya memiliki waktu kurang dari tiga bulan saja sebelum kontraknya berakhir.(Baca berita selengkapnya di www.jawapos.com)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hebat, Bahasa Indonesia Jadi Mata Kuliah Bahasa Pilihan Universitas di Uzbekistan

Posted: 26 Oct 2018 08:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Berbanggalah kita yang menjadi menjadi warga negara Indonesia dan berbahasa Indonesia. Sebagai bahasa nasional kita telah menjadi mata kuliah bahasa pilihan kedua setelah bahasa utama di Uzbekistan. Terdapat dua universitas besar yang memasukkan mata kuliah Bahasa Indonesia ke dalam kurikulum pendidikan.

Pertama, kampus yang menjadikan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pilihan kedua adalah Uzbekistan State World Languages University (UzSWLU). Kedua adalah kampus Tashkent State University of Oriental Studies (TSUOS). Kedua kampus ini sudah sejak lama memasukkan bahasa Indonesia sebagai mata kuliah pilihan selain bahasa-bahasa dunia yang lain, yaitu bahasa Jepang, Korea, Iran, Turki, China, Malaysia, Prancis, Italia, Spanyol, Arab, Vietnam, Yunani, dan Jerman.

2015 hingga 2016, pemerintah RI melalui Kemristekdikti mengirimkan tenaga pengajar dosen bahasa Indonesia ke kampus di Uzbekistan untuk mengajar selama 1 semester. Pengiriman dosen ini bertujuan agar mahasiswa Uzbekistan dapat belajar langsung dari penutur asli bahasa Indonesia. Program pengiriman dosen bahasa Indonesia ini di bawah tanggung jawab program SAME. Selain mengajarkan bahasa Indonesia, dosen juga diharapkan dapat mengajarkan budaya dan promosi tentang wisata Indonesia kepada mahasiswa dan masyarakat umum di Uzbekistan.

Pada tahun 2018, pemerintah RI melalui PPSDK, Badan Bahasa, Kemdikbud melanjutkan proses pengiriman pengajar bahasa Indonesia ke Uzbekistan.

"Pengiriman tersebut juga bertujuan sama yaitu agar bahasa Indonesia semakin dikenal dan tetap bertahan menjadi salah satu mata kuliah pilihan yang masuk dalam kurikulum pendidikan di UzSWLU dan TSUOS. Perbedaan dengan program dari SAME adalah pengajar ditugaskan selama 1 tahun untuk mengajar di Uzbekistan. Selain itu, pengajar yang dikirim ke sini adalah pengajar lulusan dari jurusan bahasa Indonesia. Jadi, lebih sesuai dengan bidangnya," jelas Prayitno Tri Laksono, Pengajar BIPA di Uzbekistan.

Tantangan Pembelajaran Bahasa Indonesia

 

 

Motivasi dari mahasiswa saat mereka memilih untuk belajar bahasa Indonesia sangatlah beragam.

Motivasi dari mahasiswa saat mereka memilih untuk belajar bahasa Indonesia sangatlah beragam. Ada mahasiswa yang memilih jurusan bahasa Indonesia karena mereka ingin mendapatkan beasiswa ke Indonesia, ingin bekerja di KBRI Tashkent, ingin menjadi diplomat yang bekerja di Indonesia, dan ingin menjadi dosen bahasa Indonesia di Uzbekistan.

Selain alasan-alasan tersebut, mahasiswa juga beranggapan bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa yang mudah dipelajari dan sangat menarik untuk ditekuni. Tidak hanya bahasanya yang mudah, tetapi Indonesia juga memiliki keanekaragaman budaya, tradisi, dan kesenian yang menarik untuk dipelajari lebih dalam. Oleh karena itu, mahasiswa ingin bisa berbahasa Indonesai lebih baik sehingga mereka bisa melanjutkan untuk mempelajari ilmu-ilmu lain dengan bahasa Indonesia kelak.

Seperti halnya di negara lain, di Uzbekistan juga mempunyai kendala dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia.

Pertama, jumlah pertemuan tatap muka pelajaran bahasa Indonesia di sini sangat sedikit, yaitu hanya dua kali dalam satu minggu. Dalam satu kali pertemuan hanya ada 80 menit untuk pelajaran.

Kedua, tidak semua mahasiswa yang sudah berada dalam grup jurusan bahasa Indonesia memiliki motivasi belajar yang tinggi. Hal ini disebabkan oleh beberapa mahasiswa di dalam grup jurusan bahasa Indonesia adalah mahasiswa yang tidak memilih bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua mereka.

Mereka hanya saja tidak bisa memilih jurusan bahasa yang mereka kehendaki karena jurusan tersebut tidak mencukupi kuota mahasiswanya sehingga mereka harus masuk ke jurusan bahasa Indonesia.

Ketiga, kurangnya pelatihan untuk dosen tetap bahasa Indonesia di sini menyebabkan aktivitas pembelajaran, materi, media, dan kurikulum yang digunakan kurang efektif untuk bisa meningkatkan pembelajaran bahasa Indonesia.

"Seharusnya, ada pelatihan khusus dan rutin untuk dosen-dosen bahasa Indonesia di sini agar mereka terus mengikuti perkembangan dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa Indonesia sebagai bahasa asing," kata Prayitno Tri Laksono.

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapal Pemuda Nusantara 2018 Dimulai, Tanamkan Cinta pada Negeri

Posted: 26 Oct 2018 08:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Program Kapal Pemuda Nusantara (KPN) 2018 resmi dimulai hari ini, Sabtu (27/10), di Surabaya, Jawa Timur. Sebanyak 99 peserta yang terdiri atas putra-putri terbaik bangsa berkumpul dalam satu wadah kegiatan yang diinisiasi setiap tahunnya oleh Kementerian Pemuda Olahraga (Kemenpora).

"Pertama KPN 2018 ini untuk meningkatkan kapasitas pemuda di bidang kemaritiman dan memberi wawasan tentang kebaharian, sehingga pemuda-pemudi lebih cinta terhadap laut, pelestarian lingkungan hidup, dan menjadi ujung tombak," ujar Ketua Pelaksana KPN 2018, Chairil Adha.

KPN 2018, ujar Chairil, mengambil tema khusus, yaitu Bakti Cinta kepada Negeri. Karena itu, dalam kegiatan selama 20 hari ke depan nanti para peserta akan diterjunkan langsung dalam kegiatan membangun kembali Palu, Sigi, dan Donggala yang terkena bencana alam gempa dan tsunami.

Sesuai jadwal, hari ini rombongan KPN 2018 akan mengunjungi dua titik lokasi. Pertama adalah Kampung Nelayan di Kenjeran dan kedua ialah Monumen Kapal Selam di wilayah Genteng.

"Di sana mereka akan ada workshop, aktivitas kebaharian, diberi wawasan kemaritiman, sehingga lebih mengenal lagi akan Indonesia yang kaya," Chairil menandaskan.

Rencananya, sore nanti Menteri Pemuda Olahraga Imam Nachrowi akan hadir di tengah peserta KPN 2018. Menpora Imam rencananya juga mengukuhkan dan membuka secara resmi kegiatan KPN 2018 .

 

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemensos Rilis Indeks Kesetiakawanan Sosial di Indonesia, Lihat Angkanya!

Posted: 26 Oct 2018 08:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perubahan sosial budaya dengan penggunaan media sosial yang masif memunculkan stigma bahwa rasa kebersamaan, nilai-nilai gotong-royong hingga tenggang rasa akan berkurang. Nyatanya, fakta di lapangan tidak seperti itu.

Kementerian Sosial melalui Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesejahteraan Sosial (B2P2KS) Yogyakarta baru-baru ini merilis data mengenai rasa kesetiakawanan sosial hingga tenggang rasa masyarakarat. Faktanya masyarakat Indonesia sekarang ini dalam kondisi baik, dimana indeks rasa toleransi, gotong royong, tolong-menolong  dan partisipasi sosial serta tenggang rasa masih tinggi.

Ketua Tim Peneliti Indeks Kesetiakawanan Sosial B2P3KS Yogyakarta Andayani Listyawati menyebut pihaknya melakukan penelitian di empat wilayah sejak Maret 2018. Lokasi penelitian pada wilayah perdesaan diwakili Kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat, dan Kabupaten Klungkung, Bali.

Wilayah perkotaan diwakili Kota Bogor, Jawa Barat, dan Kota Manado, Sulawesi Utara. Dari setiap lokasi terebut diambil 70 responden hingga total berjumlah 280 orang.

"Responden berasal dari tokoh masyarakat, agama, budayawan, dan sebagainya," terang Andayani dalam keterangan tertulisnya kepada Liputan6.com, Jumat (26/10).

Penentuan kelompok masyarakat perdesaan berdasarkan penilaian bahwa wilayah tersebut masih homogen karena memiliki nilai keeratan hubungan dan budaya yang cenderung baik. Kedua kota tersebut dipilih karena dianggap cukup dinamis dan mewakili kelompok masyarakat yang memiliki tingkat heterogenitas tinggi.

Dari hasil penelitian itu secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa indeks kesetiakawanan sosial Indonesia masih tinggi. Itu ditunjukkan dengan nilai kategori tinggi pada setiap parameter.

Hasil rangkuman empat lokasi baik di Padang Pariaman, Bogor, Klungkung, dan Manado menunjukkan nilai tenggang rasa mencapai 75,98. Itu merupakan nilai terendah jika dibandingkan dengan nilai parameter lain seperti toleransi bernilai 88,17, gotong royong bernilai 87,59, tolong-menolong bernilai 88,45, dan partisipasi sosial 84,67.

"Walaupun tenggang rasa bernilai terendah, masih dalam kategori nilai tinggi," terangnya. Hal tersebut tidak memengaruhi secara signifikan terhadap besaran nilai indeks karena didukung dari keempat parameter lain yang bernilai tinggi.

Kearifan Lokal

 

Kesetiakawanan sosial masih menjadi pedoman dan pandangan hidup masyarakat dalam mengatur tata kehidupan.

Kondisi itu mengandung arti bahwa masyarakat Indonesia pada umumnya masih memahami, memiliki sikap, dan melaksanakan nilai luhur yang terkandung dalam kesetiakawanan sosial. Kesetiakawanan sosial masih menjadi pedoman dan pandangan hidup masyarakat dalam mengatur tata kehidupan serta mampu meminimalkan intoleransi di masyarakat.

"Kondisi tersebut masih terus berlangsung hingga saat ini karena dipengaruhi oleh budaya dan kearifan lokal serta peran ketokohan masyarakat setempat," tambahnya.

Agar nilai kesetiakawanan sosial di masyarakat tetap kuat dan lestari, pemerintah diharapkan dapat memberikan ruang gerak terhadap kelompok masyarakat melalui penumbuhan dan pembinaan.

"Tujuannya agar nilai kesetiakawanan sosial menjadi dasar atau landasan dalam bersikap dan bertingkah laku dalam kehidupan keseharian," ujarnya.

Selain itu, diperlukan juga penanaman nilai kebangsaan berbasis keluarga. Ini dilakukan dengan memberi contoh atau keteladanan kepada generasi muda, terutama anak-anak, agar cinta dan menghargai bangsa sendiri. Melalui pendidikan di keluarga diharapkan mampu membentuk karakter anak karena keluarga sebagai institusi pendidikan pertama dan utama bagi anak.

"Poin lain, yaitu perlu bimbingan dan sosialisasi bagi tenaga pengajar tentang nilai kesetiakawanan sosial di sekolah. Penanaman kesetiakawanan sosial di sekolah juga, perlu revitalisasi dalam model pembelajaran yang dilakukan oleh guru-guru agar mudah dicerna dan menyatu dalam sikap dan perilaku anak didiknya. Juga dilakukan pemberdayaan pranata sosial yang ada di masyarakat terhadap nilai kesetiakawanan sosial melalui organisasi sosial emasyarakatan,  seperti kelompok kepemudaan, kelompok keagamaan, kelompok seni budaya ataupun kelompok sosial lain," pungkas Andayani.

 

(*) 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sempat Tergelincir, Marquez Tercepat di FP3 MotoGP Australia

Posted: 26 Oct 2018 08:23 PM PDT

Liputan6.com, Phillip Island - Marc Marquez, rider Repsol Honda Team, menjadi yang tercepat disesi latihan bebas ketiga MotoGP Australia di Phillip Island, Sabtu (27/10/2018).

Pada sesi latihan bebas ketiga MotoGP Australia, Marquez sempat tergelincir di tikungan keempat. Namun, sang juara dunia berhasil menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 29,714 detik.

Marquez unggul tipis 0,042 detik dari rider Movistar Yamaha, Maverick Vinales. Posisi ketiga menjadi milik pembalap Pramac Ducati, Jack Miller.

Valentino Rossi membaik. Kali ini, dia berhasil masuk lima besar dengan catatan waktu 1 menit 29,974 detik.

Lihat hasil latihan bebas ketiga MotoGP Australia di halaman selanjutnya.

 

Hasil FP3 MotoGP Australia

Berikut hasil FP3 MotoGP Australia

Marc Marquez ESP Repsol Honda (RC213V) 1m 29.714s

Maverick Viñales ESP Movistar Yamaha (YZR-M1) 1m 29.756s +0.042s

Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP17) 1m 29.792s +0.078s

Andrea Iannone ITA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 1m 29.867s +0.153s

Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha (YZR-M1) 1m 29.974s +0.260s

Pol Espargaro ESP Red Bull KTM Factory (RC16) 1m 30.221s +0.507s

Dani Pedrosa ESP Repsol Honda (RC213V) 1m 30.259s +0.545s

Johann Zarco FRA Monster Yamaha Tech3 (YZR-M1) 1m 30.296s +0.582s

Alvaro Bautista ESP Ducati Team (GP18) 1m 30.485s +0.771s

Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP18) 1m 30.580s +0.866s

Karel Abraham CZE Angel Nieto Team (GP17) 1m 30.720s +1.006s

Bradley Smith GBR Red Bull KTM Factory (RC16) 1m 30.724s +1.010s

Alex Rins ESP Suzuki Ecstar (GSX-RR) 1m 30.830s +1.116s

Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)* 1m 30.846s +1.132s

Xavier Simeon ESP Reale Avintia (GP17)* 1m 30.973s +1.259s

Franco Morbidelli ITA EG 0,0 Marc VDS (RC213V)* 1m 31.047s +1.333s

Danilo Petrucci ITA Pramac Ducati (GP18) 1m 31.205s +1.491s

Thomas Luthi SWI EG 0,0 Marc VDS (RC213V)* 1m 31.320s +1.505s

Hafizh Syahrin MAL Monster Yamaha Tech3 (YZR-M1)* 1m 31.655s +1.941s

Aleix Espargaro ESP Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 1m 31.860s +2.146s

Jordi Torres SPA Reale Avintia (GP16) 1m 32.045s +2.331s

Mike Jones AUS Angel Nieto Team (GP16) 1m 32.988s +3.274s

Scott Redding GBR Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 1m 33.139s +3.425s Ruled out by injury

Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Baru Inter Milan Bicara Peluang Bajak Messi

Posted: 26 Oct 2018 08:22 PM PDT

Liputan6.com, Milan - Presiden anyar Inter Milan, Steven Zhang, tak ingin mengumbar janji memboyong Lionel Messi suatu hari nanti. Namun jika kesempatan itu ada, ia siap bergerak mendapatkan jasa bintang Barcelona tersebut.

Zhang resmi menjabat sebagai presiden Inter Milan pada hari Jumat (26/10) kemarin, menggeser posisi Erick Thohir yang mengisi posisi itu sebelumnya. Pria berumur 26 tahun itu memiliki segudang ambisi untuk membawa Nerazzurri kembali berjaya.

Dalam konferensi persnya, ia mendapatkan beberapa pertanyaan mengenai bursa transfer pemain. Jurnalis dari Sport Mediaset sempat menanyakan apakah Zhang berencana untuk memboyong sosok besar seperti Messi.

Menjawab pertanyaan tersebut, Zhang mengungkapkan bahwa dirinya tidak ingin mengumbar janji berlebihan untuk Inter Milan. Tetapi bila ada kesempatan untuk memboyongnya ke Giuseppe Meazza, ia tidak sungkan untuk melakukannya.

"Sesuai janji dan seperti yang saya katakan, bila pasar memberikan kesempatan untuk mengembangkan tim, kami tidak akan mundur," ujar Zhang, seperti dikutip dari Calciomercato.

Tak Akan Mundur

Penyerang Barcelona, Lionel Messi  (AFP / Jose Jordan)

"Saya tidak bisa berjanji dengan nama yang spesifik, tetapi bila ada kesempatan, kami akan mencoba dan mengambil keuntungan," lanjutnya.

Zhang mengakui bahwa dirinya tidak begitu senang bercerita soal mimpi dan cita-cita. Sebab menurut pria asal China tersebut, hal seperti itu tidak realistis.

"Saya tidak suka berbicara soal mimpi, karena mereka tidaklah nyata. Tetapi anda harus selalu memikirkan yang paling maksimal karena semuanya bisa terjadi dengan saya dan seluruh grup ini, bahkan yang terbaik," tambahnya.

 

Tak Suka Bicara Mimpi

"Forza Inter! Saya akan selalu bersama anda hingga akhir nafas," tuturnya.

Musim ini, Inter sedang berjaya dengan rentetan tujuh kemenangan beruntun di semua kompetisi. Torehan tersebut diraihnya sebelum tumbang atas Barcelona dalam ajang Liga Champions, Kamis (25/10) kemarin.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengintip Bocoran Desain McLaren 720S Spider

Posted: 26 Oct 2018 08:17 PM PDT

Liputan6.com, Woking - Awalnya McLaren baru akan memperlihatkan 720S Spider di Geneva Motor Show pada Maret 2019. Namun, desain paten dari supercar terbaru mereka sudah bocor di dunia maya.

Jika Anda perhatikan, bagian windshield dan pilar A tidak ada perubahan dibanding varian coupe-nya. Tidak diketahui apakah McLaren masih mempertahankan gaya membuka pintu seperti varian coupe atau dibuat berbeda. Mengingat kini bagian atapnya dihilangkan.

Dilansir Autoevolution, bagian buritan McLaren 720S Spider dirancang ulang untuk ruang penyimpanan atap jika dilipat. Diperkirakan McLaren akan menawarkan dua model atap, yang pertama adalah atap berbahan kaca, dan opsi lainnya atap berdesain seperti versi coupe.

Seperti biasa, mesin M840T menjadi pilihan utama bagi Super Series. Dengan tenaga 710 Tk dan torsi puncak 770 Nm, mesin 4.0 liter turbo dengan transmisi 7-percepatan kopling ganda dapat berakselerasi 0-100 kpj dalam waktu 2,9 detik.

Kompetitor terdekatnya adalah Ferrari 488 Pista Spider. McLaren sayangnya belum memberikan bocoran harga, namun harga 720S termurah dibanderol $300.000 (setara Rp 4,5 miliar).

McLaren Milik Mantan Juara Dunia F1 Dijual, Berminat?

Jika Anda menginginkan supercar dengan nilai sejarah yang tiada tanding, Anda wajib melirik mobil yang satu ini. Jenson Button, mantan juara dunia Formula 1 menjual McLaren P1 miliknya. Sebagai salah satu pembalap terbaik di generasinya, ia juga seorang petrolhead dengan koleksi mobil yang mengesankan. Selain unit yang hendak dijual, Button juga mengoleksi supercar seperti Bugatti Veyron, Honda NSX, Nissan GT-R dan Enzo Ferrari.

Satu unit McLaren P1 siap diniagakan dengan besaran US$ 2,1 juta atau sekitar Rp 30 miliar jika dirupiahkan. Lumayan mahal, sebab si ganas ini memang jarang dipakai. Sebagai pembalap, jadwalnya sangat sibuk. Tengok saja angka yang tertera pada clustermeter, cuma 887 km saja. Terakhir, mobil bikinan Inggris ini dipacu kencang di sirkuit Silverstone.

 

 

 

McLaren P1 milik Button ini berlabur cat Grauschwartz Grey dengan Stealth Pack, yang sudah bagian dari paket MSO. Saat Anda menengok ke kabin, bahan Alcantara membalut dasbor, sisipan pintu, sunvisor, jahitan kontras cadmium kuning dan sistem audio pakai buatan Meridian.

Terpasang pula sistem pelacak kendaraan, untuk antisipasi pencurian. Namun sayangnya mobil belum upgrade software. Jika Anda ingin mode supergalak, McLaren P1 ini mesti di-upgrade software-nya dengan tambahan biaya US$ 26,100. Setelah upgrade, ECU bisa lebih leluasa untuk mengeluarkan semua potensi P1, tanpa limitasi.

Berbincang seputar P1, sebetulnya kendaraan ini jadi bagian dari hidup Button. Ia mengaku separuh hati menjual P1 itu. Terungkap dari postingan di Instagram, "Saya telah memutuskan untuk menyiapkan penjualan McLaren P1 DJE saya. Jadi orang lain bisa menikmatinya. Ini keputusan yang sulit. Saat tinggal di Amerika, saya merasa tidak bisa mengendari P1 dengan maksimal. Terakhir, saya mengajaknya di Silverstone, buat acara WEC," tulisnya.

 

Kini Button pindah ke Los Angeles, setelah pensiun dari balapan Grand Prix. Ketika pindah ke LA, Button rupanya memesan unit McLaren 675LT yang mirip dengan P1. Mungkin 675LT bisa mengobati rasa rindunya pada P1. Namun untuk diketahui, Button bukanlah satu-satunya pembalap F1 yang memiliki P1. Mantan pembalap McLaren, Lewis Hamilton punya satu berwarna biru. Mika Hakkinen pun memilikinya.

Sekadar info, McLaren P1 memiliki tenaga kombinasi 903 Tk dari hibrida mesin V8 twin-turbo dan motor listrik. Untuk berakselerasi dari 0-100 kpj cuma butuh tempo 2,8 detik. Saat diajak melesat di trek, kecepatan maksimal bisa mencapai 350 km/jam. Setelah peluncurannya di Paris Motor Show 2012, P1 diproduksi terbatas, hanya 375 unit saja. Jadi supercar ini tergolong collector item, yang nilainya terus bertambah seiring berpindah kepemilikan.

Sumber: Oto.com

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia U-19 Vs Jepang di Babak 8 Besar Piala AFC

Posted: 26 Oct 2018 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 lolos ke perempat final Piala AFC U-19. Egy Maulana dan kawan-kawan akan menantang Jepang dalam babak delapan besar.

Timnas Indonesia U-19 lolos ke perempat final setelah menjadi runner-up Grup A. Garuda Nusantara meraih dua kemenangan dan sekali kalah.

Pada laga pertama timnas Indonesia U-19 menang 3-1 atas Taiwan. Pada laga kedua timnas Indonesia U-19 kalah 5-6 melawan Qatar.

Sedangkan pada laga terakhir melawan UEA, timnas Indonesia U-19 menang dengan skor 1-0. Merekapun lolos karena unggul selisih selisih gol.

Lolos menjadi runner-up membuat timnas Indonesia harus bertemu juara Grup B Jepang. Mereka lolos meyakinkan dengan meraih sembilan poin dari tiga laga.

 

Jadwal Siaran Langsung

Pemain Timnas Indonesia -19 saat menyanyikan lagu Indonesia Raya jelang melawan Uni Emirat Arab U-19 pada penyisihan Grup A Piala AFC U-19 2018 di Stadion GBK, Jakarta, Rabu (24/10). Indonesia unggul 1-0. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Minggu, 21 Oktober 2018

19.00 WIB, Qatar vs Indonesia

Stadion Utama Gelora Bung Karno

Live RCTI

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Orang-Orang di Sekitar Jokowi yang Pasang Badan Halau Kritikan Prabowo

Posted: 26 Oct 2018 08:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Capres Prabowo Subianto makin gecar menyerang kompetitornya di Pilpres 2019, Jokowi. Beragam isu digunakan Prabowo, mulai dari ekonomi, proyek infrastruktur, hingga soal kepemimpinan.

Kritik-kritik Prabowo sontak membuat orang sekeliling Presiden Jokowi gerah. Orang-orang dekat Jokowi itu kemudian pasang badan. Mereka menyerang balik kritik Prabowo tersebut.

Orang-orang itu berasal dari internal kabinet pemerintah, maupun tim sukses Jokowi-Ma'ruf Amin. 

Berikut kritik dari kubu Jokowi pada Prabowo:

 

Luhut: Kita enggak bego

Menkomaritim Luhut Binsar Panjaitan memberi sambutan saat menghadiri penandatanganan kerja sama antar bank sindikasi di Jakarta, Jumat (29/12). Kerja sama antar bank tersebut sebesar 19,25 triliun. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menjadi orang terdepan menjawab kritikan negatif yang dilontarkan Prabowo kepada Jokowi. Contohnya saat Prabowo mengatakan utang pemerintah Indonesia saat ini terus meningkat menjadi sekitar Rp 9.000 triliun. Luhut menilai Prabowo tidak mengerti mengenai utang pemerintah.

"Kalau enggak ngerti, enggak usah diomonginlah. Kita (pemerintah) enggak bego-bego amat," kata Menko Luhut.

Prabowo juga pernah mengkritik soal mahalnya biaya proyek LRT. Mendengar itu, Luhut berang. "Sudah ada datanya kalau kita rata-rata Rp 400 miliar per km, di tempat lain ada Rp 600 miliar bahkan ada yang Rp 1 triliun, tergantung, kalau elevated pasti lebih mahal, tergantung tinggi elevasinya berapa, murah mahalnya," kata Luhut.

Moeldoko: Bicara by Data, Bukan by Nyeplos

Kepala Staf Kepresidenan, Jendral TNI (Purn) Moeldoko memberi sambutan pada acara penggalangan dana untuk Lombok-Sumbawa dan peluncuran buku TGBNomics di Jakarta, Jumat (14/9). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Capres Prabowo Subianto menyebut ketimpangan ekonomi masih terjadi di pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla. Akibatnya, 99 persen rakyat Indonesia masih hidup pas-pasan.

Menanggapi itu, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan, pernyataan Prabowo tidak berbasis data dan fakta. Mantan Panglima TNI ini berharap Prabowo mencari data yang jelas sebelum mengomentari kondisi ekonomi bangsa.

Sebagai tokoh politik, sangat tidak etis Prabowo berbicara tanpa data yang valid.

"Kita bicara by data, bukan by nyeplos. Kita ini kan dikontrol semua orang. Kalau pemerintah bicara sembarangan, enggak bisa. Karena dikontrol oleh semua. Bank dunia atau semuanya ya ngetawain. Kalau ngomongnya enggak by data, tapi by perasaan ya," kata Moeldoko.

Jawab Kritikan soal Ugal-ugalan

Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin, Erick Thohir memimpin pertemuan sembilan perwakilan partai pendukung koalisi ke kediaman pribadi Ketua Dewan Pembina Partai Golkar, Aburizal Bakrie di Jakarta, Senin (8/10). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Capres Prabowo juga pernah mengkritik pemerintah dalam pengelolaan negara. Prabowo menilai, pemerintah sekarang ugal-ugalan dalam mengelola negara.

Sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir angkat bicara terkait kritik Prabowo. Menurut dia, Jokowi bukanlah bagian dari elite sebagaimana yang kerap disampaikan Prabowo.

Jokowi, kata Erick, merupakan rakyat biasa yang kemudian dipercaya menjadi pemimpin. "Beliau benar-benar dari bawah. Bisa dipercaya oleh rakyat yang memang memikirkan rakyat menjadi pimpinan negara ini," ujar Erick.

Utang Indonesia Aman

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani saat memberi keterangan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/5). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Tak hanya Luhut, Menkeu Sri Mulyani juga pernah menanggapi kritik dari Prabowo. Terutama kritikan tentang utang pemerintah.

Sri Mulyani memastikan pemerintah akan menjaga keuangan negara dengan baik. "Yang saya ingin komentari, pemerintah itu tetap akan menjaga pengelolaan keuangan negara dan APBN secara hati-hati yaitu ikuti perundang-undangan, mengikuti indikator kesehatan keuangan. Jadi kami bisa menjaganya secara baik," ujar Sri Mulyani.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Grab dan Kemenpar Gaungkan Kampanye #JelajahIndonesiaLebihDekat

Posted: 26 Oct 2018 08:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Target kunjungan 17 juta wisatawan tahun 2018 dan 20 juta tahun 2019, dapat dukungan dari Grab. Sebagai buktinya, #JelajahIndonesiaLebihDekat diluncurkan di Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (26/10) pagi.

Kampanye #JelajahIndonesiaLebihDekat adalah tindak lanjut dari MoU antara Grab dengan Kemenpar. Tujuannya, menghadirkan smart tourism.

Hadir dalam acara peluncuran itu, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata, Ketua II Tim Co-branding Kemenpar Priyantoro Rudito, serta Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin.

Menurut Menpar Arief Yahya, kemitraan ini akan menghadirkan pengalaman digital untuk para wisatawan.

"Kemajuan dunia digital memiliki peran yang sangat penting bagi kegiatan promosi industri pariwisata. Kami berharap kolaborasi ini dapat mewujudkan target pemerintah yaitu mendatangkan 17 juta wisman pada tahun ini dan meningkat menjadi 20 juta wisman pada tahun 2019," kata Arief Yahya.

Dijelaskannya, luas jangkauan Grab bisa menarik kunjungan wisatawan. Grab tersebar di 8 negara Asia Tenggara (Singapura, Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand, Vietnam, Myanmar, dan Kamboja).

"Grab juga telah melakukan Co-branding Wonderful Indonesia di berbagai layanan, konten informasi, dan promosi interaktif yang berkaitan dengan destinasi wisata Tanah Air melalui tersedianya platform Grab termasuk Sewa GrabCar, GrabDaily, GrabFood, dan GrabRewards," kata Arief Yahya.

Sedangkan Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan, kerjasama ini tertuang dalam master plan 2020 'Grab 4 Indonesia'.

"Peluncuran kampanye #JelajahIndonesiaLebihDekat, menunjukkan kepercayaan dan dukungan Kemenpar kepada Grab. Tepatnya untuk turut berkontribusi dalam pencapaian target sektor pariwisata. Karena pariwisata adalah penyumbang utama devisa negara. Dengan jangkauan kami yang luas dan basis pengguna yang mencapai ratusan juta di 8 negara Asia Tenggara, kami percaya Grab dapat turut menyukseskan program WI. Dan, mengembangkan potensi Indonesia sebagai kekuatan ekonomi baru dunia." kata Ridzki Kramadibrata.

Sebagai wujud dari dukungan itu, Grab akan menghadirkan serangkaian program dan fasilitas menarik. Semua terangkum dalam program Grab Smart Tourism #JelajahIndonesiaLebihDekat. Tujuannya untuk memberikan pengalaman kepada ratusan juta wisatawan domestik dan mancanegara.

Caranya, melalui pemanfaatan teknologi digital yang dimiliki Grab. Antara lain melalui kemudahan akses transportasi secara legal di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Internasional Halim Perdana Kusuma (Jakarta), Bandara Internasional Husein Sastranegara (Bandung), dan Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang).

Juga dengan hadirnya layanan sewa GrabCar di kota-kota destinasi wisata popular. Seperti di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Bali. Semuanya untuk menjawab kebutuhan transportasi, khususnya bagi para wisatawan.

"Para wisatawan domestik maupun mancanegara dapat menyewa kendaraan selama 4-12 jam dengan mitra pengemudi yang terlatih untuk menjelajahi keindahan Nusantara dengan aman,nyaman dan biaya terjangkau," kata Ridzki Kramadibrata.

Selain itu, para mitra pengemudi Grab juga bersertifikat "Wonderful Indonesia". Mereka akan dibekali beragam keterampilan dan wawasan untuk menjadi pemandu wisata. Program sertifikasi ini juga akan meningkatkan keamanan perjalanan bersama Grab. Dan, hal ini sejalan dengan komitmen Grab terhadap keselamatan penggunanya.

Juga sejalan dengan program HotDeals hasil kerjasama dengan Kemenpar.

"Grab akan memberikan beragam manfaat lebih bagi para pengguna. Mereka dapat menukarkan poin GrabRewards pada kategori 'travel' untuk mendapatkan penawaran menarik," ulasnya.

Seperti diketahui, Grab adalah mobile platform O2O di Asia Tenggara. Layanan ini menyediakan berbagai layanan untuk memenuhi kebutuhan harian masyarakat. Mulai dari layanan transportasi roda dua dan empat, pengantaran bingkisan, pembayaran digital, hingga layanan pesan-antar makanan dan barang belanjaan.

Grab memiliki jangkauan terluas di Asia Tenggara yakni 235 kota yang tersebar di 8 negara ASEAN dengan lebih dari 100 juta pengguna, termasuk di Indonesia menjangkau 137 kota dari Sabang hingga Merauke.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Anggap Enteng, Ini Pesan untuk Plh Bupati Cirebon Rahmat Sutrisno

Posted: 26 Oct 2018 08:02 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon Rahmat Sutrisno ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Cirebon di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (26/10/2018).

Rahmat sementara menggantikan Sunjaya Purwadi Sastra yang terkena operasi tangkap tangan KPK terkait dugaan suap.

Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menyerahkan langsung Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) kepada Rahmat Sutrisno sebagai pelaksana harian (Plh) Bupati Cirebon.

Penunjukan Plh perlu dilakukan untuk meluruskan informasi terkait kekosongan kepemimpinan di Kabupaten Cirebon pasca Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi Sastra ditetapkan sebagai tersangka pada tanggal 25 Oktober 2018 dan ditahan oleh KPK.

Uu berharap, Rahmat beserta jajaran Pemerintahan Kabupaten Cirebon agar tetap memelihara kebersamaan dalam pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan, dan sosial kemasyarakatan. Sekaligus harus mampu menjaga hubungan yang harmonis dan kondusif, serta tetap menjalankan roda pemerintahan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Dengan kejadian yang ada di Kabupaten Cirebon kita semua mungkin merasa terpanggil, semua merasa prihatin. Mudah-mudahan di Jawa Barat tidak ada lagi hal seperti itu," kata Uu dalam keterangan yang diterima Liputan6.com.

"Harapan kami sebagaimana tugas kepala daerah, tentu harus bisa membangun komunikasi dengan internal yang ada di dalam maupun dengan masyarakat diluar, baik dengan LSM, wartawan, para Kyai maupun Ulama," sambungnya.

Selain itu, Uu juga mengamanatkan agar Pemkab Cirebon dapat melakukan pelayanan terhadap masyarakat dengan sebaik-baiknya.

Plh Bupati Cirebon Rahmat Sutrisno mengatakan, pihaknya akan melaksanakan tugas sesuai dengan aturan dan arahan yang ada. "Insya Allah kami siap untuk melaksanakan tugas," katanya.

"Untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat Kabupaten Cirebon, kami pertimbangkan salah satu contoh, kami sudah berjalan menuju pelaksanaan seleksi Jabatan Tinggi Pratama. Mungkin itu nanti atas petunjuk dan konsultasi dengan Pemprov Jabar," sambung Rahmat.

Sebelumnya, posisi Wakil Bupati Cirebon sudah kosong dikarenakan Selly Andriyany Gantina yang menjabat sebagai Wakil Bupati Cirebon telah diberhentikan dengan hormat dikarenakan yang bersangkutan telah mengundurkan diri untuk mencalonkan diri sebagai anggota DPR pada Pemilu 2019 nanti.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bayi Belut Berlendir Jadi Makanan Termahal di Spanyol

Posted: 26 Oct 2018 08:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Angulas, kata Spanyol untuk bayi belut adalah salah satu makanan Spanyol yang paling mahal. Angulas merupakan sekumpulan besar belut berlendir.

Bentuk dan tekstur makanan ini digambarkan seperti cacing di atas piring yang berlendir. Entah apa yang membuat makanan ini menjadi mahal padahal tak memiliki rasa sama sekali.

Lantas, mengapa ada orang yang rela membayar ratusan euro untuk makan angulas di restoran mahal?

Legenda mengatakan bahwa di masa lalu, angulas digunakan sebagai makanan untuk hewan ayam dan babi. Ada bukti sejarah yang mengatakan bahwa mereka pernah menjadi makanan pokok kelas pekerja di Spanyol Utara.

Tetapi hari ini, angulas dijual dengan harga hingga mencapai 1.000 euro atau setara dengan 17 juta 523 ribu rupiah per kilo, hanya orang terkaya yang mampu membeli makanan jenis ini bukan?

Kelangkaan makanan ini jelas memainkan peran besar dalam transformasi mengejutkan mereka.

Bendungan sungai, degradasi lingkungan dan penangkapan ikan yang berlebihan secara serius mempengaruhi populasi belut bayi, sehingga semakin jarang mereka mendapatkan maka semakin mahal juga harganya.

Tak ada cita rasa yang diberikan saat mengonsumsi makanan ini, tetapi rupanya banyak orang yang membayar premi untuk menikmati maknaan yang kebanyakan orang lainnya tidak mampu untuk membeli.

Cita rasa angulas

Sumber foto: Zarateman/Wikimedia Commons

Angulas sama sekali tidak memiliki rasa atau pun warna, mereka bahkan tidak berbau sama sekali bahkan saat disandingkan dengan daun selada, aroma selada masih lebih beraroma.

Untuk mendapatkan gambaran tentang bagaimana rasa angulas yang hambar ini, resep yang paling populer untuk mengolah makanan ini adalah dengan menggunakan bawang putih yang digoreng dengan cabai merah dalam banyak minyak zaitun, kemudian menambahkan bayi belut untuk memberikan cita rasa pada makanan ini.

Makanan dengan harga mahal ini sangatlah populer di Spanyol, bahkan ada pasar gelap yang berkembang pesat untuk angulas di sana.

Angulas di zaman dahulu

Legend has it that angulas were once so unappreciated that they were fed to chickens and pigs (Credit: Mike Randolph)

Pada tahun 1950-an dan 60-an, keberadaan angulas masih dianggap terlalu rendah dan bukan kategori makanan mahal karena belum terjadi kelangkaan disana.

Namun, mulai dari tahun 70-an, sebuah restoran Basque yang besar seperti Arzak yang ada di Spanyol mulai memasak menu angulas dan tak disangka makanan ini pun mulai menjadi menu makanan kelas atas.

Seorang pemenang penghargaan penulis makanan dan sejarawan, Manolo González, mengatakan bahwa ekslusivitas selalu mampu memainkan peran dalam keahlian memasak.

 

Penulis:

Immanuela Harlita Josephine

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wajib Tahu! Ini Manfaat P2P Lending bagi Bisnis UMKM

Posted: 26 Oct 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Modal menjadi salah satu poin penting yang sangat memengaruhi perkembangan usaha. Tidak hanya dalam usaha dalam skala besar, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) juga membutuhkan sejumlah modal di dalam perkembangannya.

Namun praktiknya, kebanyakan pelaku UMKM ini justru terhambat masalah modal, di mana mereka membangun bisnis dengan modal yang sangat terbatas sekali. Jika sudah begini, perkembangan bisnis tentu menjadi hal yang sulit untuk diwujudkan, bukan?

Untuk mengatasi minimnya modal, pengajuan pinjaman kerap diambil sebagai solusi. Namun jika merujuk pada kebijakan bank serta lembaga keuangan yang berwenang, maka pinjaman ini juga sangat sulit untuk diakses oleh pelaku UMKM.

Proses ini membutuhkan sejumlah syarat yang rumit dan pada umumnya sulit untuk dipenuhi oleh pelaku UMKM, sehingga pengajuan pinjaman ke bank menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Bukan hanya itu saja, lamanya proses pengajuan pinjaman juga menjadi kendala tersendiri, sebab bank menerapkan sejumlah kebijakan ketat di dalam pengajuan pinjaman mereka.

Dengan kondisi seperti ini, mau tidak mau pelaku UMKM harus mencari sumber modal lainnya yang lebih mudah dijangkau. Salah satunya melalui skema P2P Lending yang menjadi angin segar bagi pelaku usaha.

Meski baru berumur beberapa tahun saja, program yang satu ini cepat populer dan diminati banyak orang. P2P Lending memiliki sistem yang lebih fleksibel, dan tentunya masih mudah diakses oleh para pelaku UMKM di Indonesia.

Lalu, apa saja manfaat dari P2P Lending ini bagi pengusaha UMKM? Jika Anda sedang membutuhkan modal untuk mengembangkan bisnis, atau berniat terjun ke bisnis UMKM, ini beberapa alasan pentingnya memanfaatkan P2P Lending seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Sistem dan Proses Meminjam yang Simpel

Berbeda dengan pinjaman yang dikeluarkan oleh pihak perbankan, P2P Lending memang terbilang simpel dan begitu mudah untuk dilakukan semua orang.

Sistem pengajuannya yang modern dan cepat menjadi kelebihan tersendiri, di mana para peminjam tidak perlu menanti hingga berminggu-minggu keputusan terkait dengan pinjaman yang mereka ajukan. (Baca Juga: KTA atau P2P Lending, Manakah yang Lebih Menguntungkan?)

2. Tidak Membutuhkan Jaminan

Ilustrasi - perjanjian bisnis (cloudpro)

Pengajuan pinjaman biasanya identik dengan jaminan, namun hal seperti ini tidak akan ditemui dalam P2P Lending. Di dalam prosesnya, pinjaman yang satu ini memang tidak membutuhkan jaminan sama sekali.

Pemilik dana dan juga peminjam hanya akan "bertemu" pada platform yang disediakan oleh perusahaan fintech (financial technology), di mana proses pengajuan pinjaman tersebut akan berlangsung dengan sejumlah syarat dan kebijakan yang ditetapkan oleh pihak perusahaan tersebut.

3. Bisa Diajukan Di Mana pun dan Kapan Saja

Tidak perlu bersusah payah bolak-balik ke bank dan mengajukan pinjaman, tapi pelaku UMKM bisa saja mengajukan pinjaman mereka dengan leluasa secara online. Proses ini bisa dilakukan dengan cara mengakses platform yang tersedia dan tentu saja bisa diajukan kapan pun dan di mana pun, selama terhubung dengan layanan internet yang memadai.

Pengajuan P2P Lending ini bukan hanya menghemat banyak waktu dan tenaga, namun juga bisa dilakukan dengan lebih nyaman oleh siapa saja.

4. Bunga yang Ringan

Ilustrasi Foto Suku Bunga (iStockphoto)

Besaran bunga tentu manjadi salah satu pertimbangan ketika mengajukan pinjaman. Bunga pinjaman yang tinggi kerap menjadi masalah tersendiri di dalam perkembangan UMKM, terutama yang baru saja dirintis.

Namun di dalam praktiknya, P2P Lending pada umumnya menerapkan bunga yang ringan dan lebih terjangkau. Dengan bunga pinjaman yang ringan ini, para pelaku UMKM akan lebih leluasa untuk mengembangkan usaha tanpa terbebani dengan bunga pinjaman yang tinggi.

5. Hanya Membutuhkan Waktu Pencairan yang Singkat

Bukan hanya proses pengajuan pinjaman saja yang panjang, proses pencairan dana pinjaman yang telah disetujui juga kerap membutuhkan waktu yang lama. Hal seperti ini tentu akan sangat merugikan, terutama jika dana tersebut dibutuhkan dalam waktu yang cepat.

Namun di dalam pengajuan P2P Lending, proses pencairan dana ini bisa berjalan dengan simpel dan cepat, sehingga dana bisa segera digunakan untuk pengembangan usaha.

Tak Perlu Bingung Lagi Soal Modal untuk Kembangkan Bisnis

Pengajuan P2P Lending bisa menjadi solusi bagi para pelaku UMKM di Indonesia. Syaratnya yang mudah dan juga prosesnya cepat, akan sangat membantu pengembangan bisnis UMKM.

Jika dibandingkan dengan jenis pinjaman lainnya, P2P Lending menjadi yang lebih praktis dan mudah diakses untuk pengembangan UMKM.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Durant Mengamuk, Warriors Lumat Knicks

Posted: 26 Oct 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Golden State Warriors berhasil meraih kemenangan 128-100 ketika dijamu New York Knicks pada lanjutan NBA, Sabtu (27/10/2018). Kevin Durant jadi bintang kemenangan Warriors di Madison Square Garden itu.

Warriors memperbaiki rekor menang-kalah di NBA 2018-2019 menjadi 5-1. Satu-satunya kekalahan dialami dari Denver Nuggets. Sedangkan Knicks baru menang sekali dari enam laga di NBA 2018-2019. 

Knicks mampu memberikan perlawanan sengit kepada Warriors di kuarter pertama. Skor sama kuat 25-25 mengakhiri kuarter pertama. Di kuarter dua, Knicks juga masih bisa mengimbangi Warriors. Saat jeda babak pertama, skor imbang 53-53.

Memasuki kuarter tiga, Knicks makin percaya diri. Dimotori Tim Hardaway Jr dan Enes Kanter, Knicks bisa unggul tiga angka di akhir kuarter tiga.

Warriors baru bisa bangkit dan mengamuk di kuarter empat. Warriors melesakkan 47 poin dan membuat Knicks hanya mencetak 16 poin saja. Warriors pun mengakhiri laga dengan margin 28 angka.

41 Angka

Selebrasi Pemain Warriors usai hajar Knicks (AP)

Kevin Durant menjadi aktor utama kemenangan Knicks ini. Durant membuat 41 poin dan sembilan rebound. Di kuarter empat, Durant melesakkan 25 angka.

Adapun di kubu Knicks, Hardaway finis dengan 24 angka. Frank Ntilikina menorehkan 17 poin.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Firasat Arumi Bachsin Sebelum Ditinggal Ayahanda

Posted: 26 Oct 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ayahanda Arumi Bachsin, Aries Aliruddin Bachsin, telah berpulang ke pangkuan Yang Maha Kuasa. Ia meninggal dunia di usia 54 tahun pada Jumat (26/10/2018) sekitar pukul 03.00 WIB karena penyakit jantung.  

Kepergian ayahnya yang begitu mendadak membuat Arumi Bachsin terkejut. Menurutnya, tak ada firasat khusus akan kepergian sang ayah.

"Enggak sama sekali karena papa bisa dibilang usianya cukup muda. Kemudian enggak ada keluhan sakit, enggak pernah masuk rumah sakit juga, jadi enggak nyangka dan enggak nebak seperti itu," kata Arumi Bachsin di TPU Kebon Nanas, Jumat (26/10/2018).

Namun beberapa hari sebelum meninggal dunia, Arumi Bachsin sempat berkomunikasi dengan ayahnya. Aries Aliruddin Bachsin, sempat bertanya tentang anak-anak Arumi.

Tanya Cucu

Tangis Arumi Bachsin di Pemakaman Ayah (Liputan6/Zulfa Ayu)

"Terakhir WhatsAppan itu papa nanya 'Mi apa kabar, baik ya'. Dia memang suka kebiasannya kayak gitu. Dia memang suka kebiasannya kayak gitu," Arumi Bachsin menceritakan. 

"Terus bilang, 'Anak-anak sehat ya, Mi sehat ya', 'Alhamdulilah baik Pa, sehat Alhamdulillah', terus dia nanya lagi 'Anak-anak gimana sehat?' cuma saya belum sempat balas sehat soalnya ya dengan kesibukan," sambungnya. 

 

Dimakamkan

Apalagi, dalam tradisi Jawa ketika ada pejabat yang menghadiri suatu tempat, disitu selalu disediakan makan. Dan mau tidak mau harus makan, lantaran takut menyingung tuan rumah. (Adrian Putra/Bintang.com)

Jenazah Aries Alirudin Bachsin tiba di TPU Kebon Nanas, Jakarta Timur, sekitar pukul 13.00 WIB, Jumat (26/10/2018). Prosesi pemakaman disaksikan langsung oleh keluarga besar, termasuk Arumi Bachsin.  

Sebagai bakti pada ayah mertua, suami Arumi Bachsin, Emil Dardak, turun langsung ke liang lahad untuk memakamkan jenazah Aries Aliruddin Bachsin. Adik Arumi, Bayu Bacsin, juga mengazani jasad sang ayah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenali Modus-Modus Penipuan Berkedok Cinta di Dunia Maya

Posted: 26 Oct 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seseorang bisa jadi sangat tajam di faktor lain, namun begitu lemah jika dihadapkan dengan perasaan cinta. Kelemahan inilah yang kemudian dimanfaatkan orang-orang tak bertanggung jawab untuk menipu Anda berkedok cinta.

Seiring waktu bergulir, kejahatan macam ini sering kali ditemukan di dunia maya. Dengan kesempatan bisa menjadi siapapun di internet, modus ini sangat mungkin berlangsung dengan awalan lebih mudah.

Entah disadari atau tidak, seseorang bisa jadi sangat tak memagari diri di dunia maya. Mereka bisa jadi sangat curiga pada orang yang dekat atau bertanya di dunia nyata. Namun, lebih terbuka pada orang asing yang ditemui di media sosial.

Agar Anda tak tertimpa malang satu ini, ada baiknya mengenali sejumlah modus dari deretan kasus yang sudah terungkap. Dengan mengobral cinta dan sejumlah janji tak kunjung terwujud, begini cara para scammers mengelabui dengan kedok cinta.

Nigerian Scam

Penipuan jenis ini sebenarnya meliputi banyak bidang, termasuk mengiming-imingi cinta. Pada pertengahan tahun lalu, korban penipuan ini tercatat kebanyakan merupakan perempuan 35 tahun ke atas, di mana mereka menggunakan modus 'romantika' atau percintaan yang terkesan tidak jahat, tapi sebenarnya sangat merugikan.

Setelah mendapat kepercayaan korban, orang-orang yang biasanya menggunakan profil foto palsu berfigur lelaki tampan ini kemudian meminta dikirimi uang dalam jumlah tertentu dengan banyak alasan. 

"Korbannya adalah emak-emak dengan kondisi seperti janda atau sedang mengalami keretakan rumah tangga. Mereka bisa tahu itu. Pelaku menggunakan teknik social engineering dengan modus romansa untuk bisa mendapatkan kepercayaan terlebih dahulu," jelas analis forensik digital Ruby Alamsyah pada Liputan6.comJuni 2017 lalu.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Menebar Janji Palsu untuk Berhubungan Seks

Tak ingin sang suami kesepian setelah ia meninggal, Amy Krouse Rosenthal membuatkannya akun kencan online. (Ilustrasi: pexels.com)

Bella Oktaviani harus membayar mahal perkenalan dengan Fajar Firdaus Persada. Kasus berujung pembunuhan yang terjadi dua tahun lalu ini bermula dari perkenalan keduanya lewat media sosial, Facebook.

Kala itu, Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Eko Hadi Santoso menjelaskan, Fajar sempat menebar janji palsu untuk memberi uang karena tahu Bella tengah membutuhkan uang setelah perbincangan intens melalui Facebook.

Dengan bujuk rayunya, Fajar lalu berhasil membawa Bella ke hotel. Mereka pun melakukan hubungan badan hingga dua kali. Petaka pun datang, lantaran Bella diduga terbakar api cemburu. "Saat istirahat, korban lihat ada pesan BBM masuk di handphone pelaku, diduga dari cewek," ujar Eko.

Bella yang sedang dalam keadaan setengah sadar lantaran pengaruh alkohol mengamuk karena merasa ditipu. Bella menggigit jari Fajar dan seketika pelaku berontak dengan menyekap dan mencekik hingga Bella tewas.

Pemerasan Seksual

Ilsutrasi obrolan daring. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)

Tak hanya di Indonesia, seorang pemuda Palestina, Samir (bukan nama sebenarnya) yang tinggal di luar negeri menjadi korban pemerasan seksual di dunia maya. Seperti dikutip dari BBC, Jumat, 26 Oktober 2018, korban mengaku awalnya seorang gadis meminta untuk jadi teman di Facebook.

Teman barunya itu rajin mengirim pesan bahkan terang-terangan mengaku tertarik padanya. Melihat wajah pelaku yang menarik, Samir pun tertarik. Perbincangan mereka pun pindah dari Facebook ke Skype.

Gadis itu mengaku berusia 23 tahun, yatim piatu, dan tinggal bersama kakak perepuannya di Sidon, Lebanon. Setelah berbincang-bincang, sang gadis mengaku punya hobi tak biasa, yakni seks. Mereka pun sexting, lantaran si gadis tak bersedia bertatap muka di layar komputer karena katanya takut ketahuan sang kakak perempuan. 

Seiring perbincangan mereka yang intens, si gadis menyadari Samir telah terangsang dan meminta Samir menunjukkan kemaluannya, sementara ia membalas dengan menyiarkan dirinya sedang melakukan masturbasi. Samir tergoda dan ikut masturbasi, bahkan dengan memperlihatkan wajah seperti diminta.

Sekitar satu jam kemudian, Samir mendapatkan pesan ancaman melalui Facebook. Pelaku mengancam akan menyebarkan videonya sedang bermasturbasi pada teman dan kerabat yang tercantum di Facebook.

Samir diminta membayar uang senilai 5000 euro. Korban pun segera menghapus 'perempuan' itu dari dalam daftar kontak Skype. Ia mencoba melawan dan menantang pelaku untuk mengunggah video dirinya sedang bermasturbasi melalui Skype.

Ia berpikir, kiriman ke rekan-rekannya mungkin akan diseleksi Facebook. Tapi, pelaku kemudian menggunakan WhatsApp untuk mengirimkan suatu tautan ke laman YouTube. Samir melawan dengan mengadukan konten pornografi ke situs berbagai media, berulang kali.

Diduga, si 'gadis Lebanon berusia 23 tahun' itu adalah seorang pemuda dari Oued Zem, kota kecil di tengah Maroko yang sekarang dikenal sebagai ibu kota pemerasan seksual atau sextortion. Omar mengaku meraup sekitar 500 dolar Amerika setiap hari dari tipuan itu dan ada ratusan pemuda lain di Oued Zem yang melakukan hal serupa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1 komentar:

AMISHA mengatakan...

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut