Jumat, 08 Juni 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Sisi Gelap Chef dan Penulis Flamboyan yang Bunuh Diri Anthony Bourdain

Posted: 08 Jun 2018 10:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Anthony Bourdain (61 tahun) tewas mengenaskan karena diduga bunuh diri di sebuah hotel di Strasbourg, Prancis pada Jumat (8/6/2018) waktu setempat. Ia seorang koki Amerika dengan memoar terlaris Kitchen Confidential: Adventures in the Culinary Underbelly yang banyak mengubah gastronomi tentang apa yang sebenarnya terjadi di balik keruhnya keriuhan dapur restoran. Ia juga semakin memperkuat posisi di dunia kuliner dengan menjadi celebrity chef di televisi dengan kemasan menarik seperti A Cook's Tour dan No Reservation, seperti melansir dari The Telegraph, Sabtu (9/6/2018).

Acara televisi yang 'dimasaknya' berpetualang jauh ke banyak negara untuk mencari hidangan ekstois. Pembawaannya yang paling mengena adalah tuan rumah yang swag, kharisma yang macho, dan mulut yang tidak takut mencampur makanan dalam makanan asli yang belum pernah dicoba sebelumnya. Seperti testis domba atau rektum babi hutan.

Telegraph memberi pernyataan jika jauh lebih banyak daripada hanya versi Gordon Ramsey di New York. Apalagi Bourdain adalah seorang penulis hebat yang menggabungkan gaya prosa menggugah dan menyenangkan dengan kejujuran dalam tiap acaranya. Kejujuran tentang bisnis restoran, hidupnya sendiri, terutama perjuangannya melawan kecanduan narkoba.

Namun banyak juga orang berpikir jika kemunculan Anthony Bourdain penulis yang luar biasa adalah jalan keluar yang diambil secara sadar karena ia tidak akan pernah menjadi chef teratas. Tapi sejauh ini ia telah meraih reputasi kuliner yang baik saat mulai menerbitkan fiksi pada 1990 dan bekerja sebagai koki eksekutif di Brasserie Les Halles di Manhattan saat menerbitkan Kicthen Confidential pada tahun 2000.

Kejujuran Satir dengan Bumbu Drama Gelap Kehidupan

Anthony Bourdain, chef populer sekaligus sahabat barack Obama, meninggal bunuh diri di usia 61 (AFP)

Buku Bourdain dianggap menjadi panduan vital untuk gourmets hingga sekarang. Terutama informasi untuk mengetahui hal-hal apa saja yang harus dihindari.

Seorang wartawan senior The Daily Telegraph Hugh Massingberd juga 'mengimani' tulisan Bourdain saat makan di restoran. Di antaranya ia tidak akan memesan "Monday Specials" terutama hidangan ikan, Anti memesan kerang kecuali mengenal kokinya secara personal, brunch merupakan pilihan makan yang buruk, atau memesan ayam saat tidak punya pilihan tepat untuk dimakan.

Rahasia dapur tak hanya berhenti pada soal makanan, kejujuran Bourdain tentang sosok di balik dapur juga sempat mengkhawatirkan. "Sebagian besar orang yang bekerja sama dengan saya di dapur adalah mereka yang menganggap sesuatu dalam hidup sebuah kesalahan besar, pengungsi, pecandu obat, berbagai macam pemabuk, pelacur, dan psikopat," ujarnya.

Termasuk dirinya, ia juga membagikan kisah jujur tentang kelamnya masa-masa menjadi pecandu narkoba. Ia menggambarkan kala itu menghabiskan malam Natal duduk sendiri di atas selimut di Broadway untuk menjual buku-buku demi mendapat uang membeli heroin.

Baik dalam lembaran buku atau bintang televisi, Bourdain selalu mempunyai kejutan. Ia pun kerap mengejek vegetarian dan vegan sebagai musuh dari segala yang baik dan layak dalam jiwa manusia.

 

Pernah Mengejek Koki Televisi

Anthony Bourdain (Evan Agostini/Invision/AP)

Di awal karier menulisnya, Bourdain berulang kali mengecam koki televisi. Namun ia seperti menjilat ludah sendiri saat menyerah bekerja di restoran dan menambah panjang daftar koki televisi.

Dalam memoar kedua, Medium Raw (2010), Bourdain menggambarkan dirinya sebagai foodie yang lusuh dan banyak mendapat privilege. Ia keras, egois, dan menjengkelkan. "Beberapa irang mengatakan saya telah menjadi versi kartu dari diri sendiri. Mungkin mereka ada benarnya," katanya pada tahun 2007.

Anak Liar

Anthony Bourdain (AP Photo/Jim Cooper,File)

Anthony Michael Bourdain lahir di New York pada 25 Juni 1956. Ia dibesarkan di Leonia, New Jersey.

Ayahnya, Pierre, putra imigran Prancis yang menjadi eksekutif di Columbia Records. Sementara ibunya Gladys adalah seorang staf editor di The New York Times.

Dia menggambarkan dirinya sebagai anak liar dan akrab dengan narkoba sejak remaja.

Ia menjalani dua kali pernikahan. Pertama dengan kekasihnya di sekolah menengah Nancy Putkoski pada 1985. Mereka bercerai pada 2005 dan ia menikah lagi dengan Ottavia Busia pada tahun 2007. Namun kembali bercerai pada tahun 2016.

Di akhir hidupnya ia menjalin hubungan dengan aktris film Asia Argento.

Selamat jalan Anthony Bourdain...

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aldi Eks CJR Lebih Senang Jadi Anggota Boyband daripada Penyanyi Solo

Posted: 08 Jun 2018 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setelah CJR vakum, Aldi Maldini alias Aldi eks CJR kini sibuk meniti kariernya sebagai penyanyi solo. Sampai saat ini sudah ada beberapa single Aldi eks CJR yang dirilis di pasaran. 

Namun rupanya, Aldi eks CJR merasa terbebani ketika dirinya harus tampil seorang diri di atas pangggung.

Menurut Aldi, bernyanyi bersama rekannya di CJR, Bang Kiki dan Iqbaal Ramadhan terasa lebih menyenangkan.   

"(Kalau nyanyi) enakan bertiga. Karena kalau bertiga bisa nutupin kalau ada yang lupa lirik, lupa masuk. Kalau nyanyi sendiri kan tanggung jawabnya besar, liriknya enggak boleh salah," ujar Aldi eks CJR saat ditemui di Jalan Kapten Tendean, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Jumat (8/6/2018). 

Fokus pada Karier Masing-masing

Aldi juga memaklumi keputusan Iqbal yang akan melanjutkan pendidikan. Karena yang menjadi alasan untuk melanjutkan sekolah, Aldi juga sangat mendukung temannya yang telah lima tahun bersama tersebut. (Febio Hernanto/Bintang.com)

Meskipun begitu, bukan berarti boyband CJR yang beranggotakan Aldi, Kiki, dan Iqbaal akan kembali eksis di dunia hiburan. Pasalnya, ketiga personelnya sudah fokus pada karier dan pencapaiannya masing-masing.

Beda Tujuan

Hal senada diungkapkan Aldi, remaja yang sudah 2,5 tahun menjomblo ini mengaku pacaran paling cepet seminggu. (Nurwahyunan/Bintang.com)

"Itu lah kenapa kita enggak sama-sama lagi. Karena sudah beda tujuan. Iqbaal dengan akting, aku dengan seperti ini, dan Kiki dengan kuliahnya," lanjut Aldi.

Hubungan Masih Baik

Sebagai generasi muda, grup vokal CJR yang di gawangi oleh Rizky, Aldi dan Iqbaal menjadi suatu kebanggaan yang tak bisa dipungkiri ketika mengisi soundtrack film yang mengisahkan mantan Presiden BJ Habibie. (Adrian Putra/Bintang.com)

Jangan khawatir, hubungan Aldi eks CJR dengan Iqbaal dan Kiki masih terjalin baik hingga sekarang. Rencananya, mereka akan bertemu untuk sekadar bercengkrama dan silahturahmi, dalam waktu dekat ini.

"Untuk waktu dekat ini pengin kumpul (CJR) karena Iqbaal lagi di Jakarta kan. Tapi kemarin sempat ketemu Iqbaal sih di Medan tapi beda acara," sambungnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tabrak Satwa Liar, Begini Kondisi Mobil Pembalap Haas F1 Team

Posted: 08 Jun 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Kanada - Pembalap Haas F1 Team, Romain Grosjean menabrak satwa liar pada awal sesi latihan bebas kedua GP Kanada, kemarin. Kondisi mobilnya pun terlihat rusak parah.

Grosjean menabrak marmut di ujung lurusan belakang sebelum chicane pada sesi latihan bebas kedua. Itu membuat sayap depan mobil Haas F1 Team yang ditumpangi Grosjean rusak berat.

"Tabrakan yang besar dengan binatang yang besar," kata pembalap asal Swiss tersebut, dikutip dari Motor Sport.

"Tentunya sedikit mengecewakan karena mereka sudah memperlihatkan melalui televisi sebelum awal sesi di tikungan ke-13, titik saya menabraknya," ujarnya menambahkan.

Grosjean menyayangkan kurang tanggapnya Race Director untuk memindahkan marmut yang sempat tertangkap kamera.

"Agak aneh saja, binatang itu sempat direkam. Mereka sebenarnya tahu ada binatang itu di sana, tapi tak dipindahkan," ujar pembalap F1 berusia 32 tahun tersebut.

 

 

 

Masalah Besar

Mobil pebalap Haas, Romain Grosjean. (Bola.com/Twitter/F1)

Tentunya, hal itu menjadi masalah besar untuk Haas F1 Team. Pasalnya, Grosjean hanya menyisakan satu sayap depan.

"Kami cukup terbatas dalam hal spare part dan kehilangan sebuah sayap depan seperti ini cukup mengecewakan."

"Rasanya seperti tabrakan besar. Jika itu terjadi pada Anda saat balapan, selesailah sudah - kerusakannya cukup besar," ucap Grosjean menegaskan.

 

 

Hasil FP 2 GP Kanada

Berikut hasil lengkap FP2 F1 GP Kanada dikutip Crash:

1. Max Verstappen NED Aston Martin Red Bull Racing 1m 12.198s (39 laps)

2. Kimi Raikkonen FIN Scuderia Ferrari + 0.130s (41)

3. Daniel Ricciardo AUS Aston Martin Red Bull Racing + 0.405s (17)

4. Lewis Hamilton GBR Mercedes AMG Petronas Motorsport + 0.579s (39)

5. Sebastian Vettel GER Scuderia Ferrari + 0.787s (24)

6. Valtteri Bottas FIN Mercedes AMG Petronas Motorsport + 0.863s (40)

7. Romain Grosjean FRA Haas F1 Team + 1.422s (39)

8. Esteban Ocon FRA Sahara Force India F1 Team + 1.549s (40)

9. Sergio Perez MEX Sahara Force India F1 Team + 1.556s (30)

10. Fernando Alonso ESP McLaren F1 Team + 1.668s (39)

11. Charles Leclerc MON Alfa Romeo Sauber F1 Team + 1.686s (42)

12. Brendon Hartley NZL Red Bull Toro Rosso Honda + 1.691s (39)

13. Kevin Magnussen DEN Haas F1 Team + 1.758s (37)

14. Nico Hulkenberg GER Renault Sport Formula One Team + 1.769s (41)

15. Marcus Ericsson SWE Alfa Romeo Sauber F1 Team + 1.910s (14)

16. Stoffel Vandoorne BEL McLaren F1 Team + 1.969s (9)

17. Carlos Sainz Jr. ESP Renault Sport Formula One Team + 2.235s (39)

18. Pierre Gasly FRA Red Bull Toro Rosso Honda + 2.288s (40)

19. Lance Stroll CAN Williams Martini Racing + 2.505s (35)

20. Sergey Sirotkin RUS Williams Martini Racing + 2.584s (30)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Memilih Soundtrack untuk Perjalanan Mudik, Tak Boleh Sembarangan

Posted: 08 Jun 2018 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perjalanan mudik menggunakan mobil pribadi merupakan perjalanan jarak jauh yang dapat menghabiskan waktu hingga belasan jam.

Umumnya, musik jadi pengusir bosan atau memang didengarkan karena kebiasaan dan hobi. Namun, jangan lengah, urusan musik saat menyetir untuk perjalanan mudik itu ada batasan dan perhitungannya.

Pilihan musik tipe hard rock hingga yang jauh lebih keras, menurut pegiat keselamatan berkendara Robby Prakoso, adalah jenis-jenis yang sebaiknya dibatasi.

"Kalau untuk musik, seyogianya bukan yang hard rock ya. Dalam artinya yang lebih santai. Karena kita dalam membawa kendaraan harus cool juga ya. Dalam artian yang slow rock, masih oke, supaya beat-nya masih ada irama ya semangatnya ada," kata dia.

Selain jenis musik, urusan lainnya adalah soal volume yang keluar dari perangkat audio mobil. Hal ini terkait dengan hitungan desibel.

"Sama volumenya kan ada batasan desibel. Noise voice untuk suara supaya enggak ada distraksi juga. Pastinya pengaruh ke konsentrasi kita ya. misalnya volume tinggi, konsentrasi kita hanya ke sana. Akhirnya terjadi distraksi internal saat mudik," ujarnya.

 

Selanjutnya

Distraksi ini sebaiknya dihindari dengan pengaturan volume. Perhitungannya didasari dari seberapa kedap kendaraan kita di samping besarnya volume suara itu sendiri. Soalnya, pengaruhnya ada pada kepekaan kita memahami situasi jalan melalui suara.

"Kan saat berkendara ada suara dari mobil kita sendiri, suara dari lingkungan. Pengguna jalan yang lain bisa tidak terdengar. Disesuaikan karena tiap kendaraan kan kekedapannya berbeda." tandasnya.

 

Reporter : Dimas Wahyu
Sumber : Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ulang Tahun, Menteri Rini Dapat Kejutan dari Bos BUMN

Posted: 08 Jun 2018 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mendapatkan kejutan di hari ulang tahunnya yang ke-60. Kejutan tersebut, diberikan oleh seluruh jajaran Direksi BUMN yang hadir dalam acara pelepasan 200 ribu pemudik yang ikut serta dalam Program Mudik Bareng BUMN 2018 di Ancol, Jakarta. 

Dalam kesempatan itu, salah satu pembawa acara mengawali dengan menginformaskikan mengenai hari ulang tahun Rini yang bertepatan pada Sabtu, 9 Juni 2018 hari ini. Sontak seluruh hadirin dan jajaran seluruh Direksi BUMN turut menyambut dengan tepuk tangan yang meriah.

Kemeriahan itu pun disambut dengan pemutaran lagu dari Band Jamrud yang berjudul Selamat Ulang Tahun. Suasana pun pecah, ketika seluruh Direksi BUMN yang berada di panggung utama ikut menyanyikan lagu tersebut sambil berjoget ria. Selama lagu itu diputar, beberapa tayangan foto Menteri Rini turut ditampilkan di belakang panggung.

Menteri Rini pun sontak terkejut, seolah tidak terbayang akan diberikan kejutan. Wajahnya pun sempat berubah seketika menjadi haru, bahkan matanya berkaca-kaca.

Tidak sampai di situ, Menteri Rini pun sempat mendapatkan hadiah berupa foto mozaik berukuran besar yang menggambarkan dirinya. Foto tersebut diberikan secara simbolis oleh salah satu perwakilan Direksi BUMN.

 

Pemudik Berikan Ucapan

Menteri BUMN Rini Soemarno mendapatkan kejutan di hari ulang tahunnya yang ke-60 tahun. (Dwi Aditya Putra/Merdeka.com)

Bahkan, ucapan selamat kepada dirinya juga diberikan oleh sejumlah para pemudik yang turut ikut naik kepanggung. Pemudik yang mayoritas ibu-ibu tersebut satu-persatu menghampiri Menteri Rini dengan memeluknya sambil memberikan ucapan selamat. Bahkan sebagai hadiah, para pemudik juga turut mengalumgkan bunga ke Menteri Rini.

Dalam kesempatan ini, Menteri Rini merayakan bersama sejumlah direksi BUMN yang hadir, antara lain Direktur Utama Jasa Raharja Budi Rahardjo, Dirut Jasa Marga Desi Arryani, Dirut PLN Sofyan Basir, Plt. Dirut Pertamina Nicke Widyawati, Dirut Pupuk Indonesia Aas Sadikin Idat dan puluhan direksi lainnya.

Untuk diketahui, Menteri Rini Soemarno lahir di Maryland, Amerika Serikat, 9 Juni 1958.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengejutkan, Makam Keturunan Raja Solo Tersembunyi di Rumah Warga

Posted: 08 Jun 2018 10:02 PM PDT

Solo - Ada temuan menarik ketika sekelompok orang yang tergabung dalam Solo Societeit melakukan penjelajahan disertai diskusi di kawasan bersejarah sekitar Mangkunegaran Solo, pertengahan Mei lalu. 

Tempat itu di antaranya langgar kuno bernama Al Rowatib di RW 001 Kestalan yang dibangun pada 1935 dan toko cat ABC di seberang plakat Pasar Legi. Toko ABC dan beberapa bangunan di sekitarnya diyakini menempati tanah yang dahulu merupakan halaman rumah cucu dari Mangkunagoro I yang diangkat menjadi penghulu bagi Masjid Kauman.

Saat sampai di salah satu bangunan di Jalan Sutan Syahrir dekat dengan Rumah Deret Ketelan, peserta jelajah sejarah itu dibuat kaget dengan keberadaan empat makam kuno di dalam salah satu bangunan rumah warga.

Kondisi makam itu membuat peserta jelajah merasa miris karena makam tersebut seperti berada di sebuah bangunan yang dipakai sebagai gudang. Di sekitar makam terdapat barang-barang seperti galon kosong, kardus bekas, hingga botol yang dalam kondisi kotor.

"Salah satu makam tersebut adalah makam Raden Ayu (RA) Supartinah yang merupakan putri Mangkunagoro IV. Ya itu kata leluhur saya. Saya sendiri tidak tahu pastinya. Yang jelas memang di salah satu makam terdapat tulisan Supartinah dalam aksara Jawa," kata pemilik rumah, Ny. Sutadi, saat diwawancarai Solopos.com.

"Sedangkan yang lainnya tidak ada (tulisan). Kemudian setiap kali ruwah, makam sini masih sering didatangi banyak abdi dalem," dia menambahkan. 

Dalam sejarah Mataram Islam, fenomena makam di area masjid bukanlah hal aneh, seperti terlihat di Masjid Kota Gedhe. Ditemukan makam di belakang ruang sembahyang. Jasad Ki Gedhe Pemanahan, Panembahan Senapati, dan Sunan Seda ing Krapyak sebagai peletak dasar kerajaan Mataram-Islam disemayamkan di tempat ini.

Tak jauh dari makam yang tersembunyi di dalam gudang tersebut, sekitar 50 meter ke arah utara ada bekas rumah Mangkunegoro I yang juga dikenal sebagai Pangeran Sambernyawa. Bekas rumah Pangeran Sambernyawa kini dipakai untuk tempat tinggal oleh warga bernama Mintorogo.

 

Baca berita menarik lainnya dari Solopos.com di sini.

 

Jelajah Sejarah

Pabrik Gula yang didirikan Mangkunegara IV pada tahun 1861, kini direvitaliasi menjadi tempat wisata kekinian dengan nama De Tjolomadoe,(Liptan6.com/Fajar Abrori)

Nama Mintorogo tak asing lagi di telinga sebagian masyarakat Solo mengingat kiprahnya di dunia pariwisata. Mintorogo adalah Ketua Pokdarwis Kota Solo. Bukan hanya itu, dia dikenal juga sebagai perajin kerajinan kaca yang produknya kerap dipesan oleh pesohor, termasuk Presiden Joko Widodo.

"Rumah ini menjadi rumah kami sejak 1930-an. Kebetulan eyang saya masih trah MN I. Ketimbang jatuh ke tangan orang lain, eyang akhirnya memutuskan membeli rumah ini. Tapi tidak dipakai. Sempat kosong sampai 10 tahun bahkan. Kebetulan saya sendiri masuk 1978 sampai sekarang. Tentu harus renovasi cukup banyak," jelas Mintorogo menyambut 60 peserta jelajah yang tiba di rumahnya.

Penggagas pembentukan Komunitas Solo Societeit, Heri Priyatmoko, menjelaskan alasan Solo Societeit menggelar jelajah dan diskusi di Kampung Kauman, Kestalan, karena muncul sepenggal pertanyaan, mengapa gema Kauman Mangkunegaran meredup hingga jarang dikenal oleh masyarakat Solo khususnya.

Dia menilai hal itu bisa terjadi karena enam faktor, yakni dipindahnya masjid Nagara dari Kauman ke selatan menyeberangi Sungai Pepe, tepatnya di barat Pura Mangkunegaran. Kedua, tidak memiliki gelar Sayidin Panatagama Kalifatullah yang disampirkan pundak MN I berikut penerusnya.

Ketiga, kepentingan ekonomi lebih mendominasi Praja Mangkunegaran ketimbang kepentingan keagamaan. Keempat, kesadaran keagamaan dalam diri MN IV relatif rendah dibanding kepiawaian dalam bidang ekonomi dan spiritual Jawa.

Kelima, kejayaan pabrik gula Colomadu (1861) dan Colomadu (1871) kian meyakinkan MN IV untuk getol menggeluti sektor ekonomi, bukan menekuni agama. Dalam pemikirannya, industri gula yang dikembangkan dengan sungguh-sungguh ternyata berhasil menciptakan "surga" di dunia nyata.

Terakhir, masyarakat Kauman Mangkunegaran tidak sanggup merespons perubahan zaman serta tidak memiliki pekerjaan sambilan untuk menopang hidup, selain menjadi abdi dalem istana.

"Kita tahu selama ini masyarakat Solo melihat Kauman itu selalu di daerah-daerah Pasar Klewer. Padahal dulu di kawasan Mangkunegaran juga Kauman. Kauman yang tidak kalah dalam konteks sejarahnya, cerita maupun makna budayanya, tapi di sini hilang karena ada enam faktor itu," kata Heri.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lebih Bahaya Mana, Kuman di Pesawat Terbang atau di Rumah Anda?

Posted: 08 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Washington, DC - Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh Georgia Tech University dan Emory University, Amerika Serikat (AS), menemukan fakta bahwa populasi bakteri (micorbiome) di dalam pesawat yang terbang di ketinggian 30.000 kaki, serupa dengan yang terdapat di rumah dan ruang perkantoran.

Para peneliti menggunakan teknologi pengurutan lanjutan untuk mempelajari bakteri yang ditemukan pada tiga komponen kabin pesawat.

"Penumpang maskapai penerbangan tidak boleh takut oleh cerita-cerita sensasional tentang kuman di pesawat," kata Vicki Stover Hertzberg, seorang profesor di Nell Hodgson Woodruff School of Nursing di Emory University.

"Mereka harus menyadari bahwa mikroba ada di mana-mana, dan bahwa pesawat terbang tidak lebih baik daripada gedung kantor, kereta bawah tanah, rumah atau ruang kelas. Semua lingkungan ini memiliki mikrobiom," lanjut Hertzberg, sebagaimana dikutip dari Daily Mail pada Jumat (8/6/2018).

Para peneliti mengamati populasi bakteri pada benda-benda yang umum disentuh oleh penumpang selama penerbangan, yakni meja baki, sabuk pengaman gesper dan pegangan pintu toilet.

Mereka menyeka barang-barang itu sebelum dan sesudah sepuluh penerbangan lintas benua, dan juga mengambil sampel udara di bagian belakang kabin.

Pada penerbangan jarak jauh, penumpang menghabiskan setidaknya empat atau lima jam, duduk berdekatan satu sama lain, dan bernapas di atmosfer kering dari udara yang disaring keluar masuk.

Menurut Hertzberg, fakta di atas mendasari munculnya kepercayaan publik bahwa populasi bakteri di kabin pesawat mungkin berbeda dengan populasi di bagian lain dari lingkungan hidup di darat.

"Kami terkejut bahwa apa yang ditemukan sangat mirip dengan temuan peneliti lain di rumah dan kantor. Karakter populasi bakteri tidak jauh berbeda satu sama lain," Kata Howard Weiss, penulis lainya juga merupakan seorang profesor di Sekolah Matematika Georgia Tech.

"Apa yang kami temukan adalah populas bakteri sebagian besar berasal dari interaksi antar kulit dan mulut manusia, serta beberapa bakteri lokal yang menempel di benda-benda mati," lanjutnya menjelaskan.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Penting Bagi Standar Kebersihan Penerbangan

Shigellosis, penyakit menular ini dari bakteri Shigella. (Ilustrasi: iStockphoto)

Dijelaskan oleh peneliti, bahwa setiap pesawat memiliki microbiome sendiri. Tetapi, perbedaan antara kondisi pra-penerbangan dan pasca-penerbangan tidak bervariasi, sehingga mematahkan anggapan bahwa bakteri akan berevolusi di kondisi tekanan udara yang berbeda.

"Temuan bahwa pesawat memiliki microbiome unik mereka seharusnya tidak benar-benar mengejutkan, karena kami telah menjelajahi microbiome unik dari berbagai aktivitas ekstrem, seperti ketika manusia ke pesawat ruang angkasa, dan manusia ke kolam garam di Australia," kata Christopher Dupont, rekan penulis lain dan seorang profesor di Departemen Mikroba dan Genomik Lingkungan di J. Craig Venter Institute.

"Studi ini memiliki implikasi penting bagi standar kebersihan dan sterilisasi di industri penerbangan," pungkas Dupont.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Hubungan Makin Akrab, Putin dan Xi Jinping Kembali Menggelar Pertemuan

Posted: 08 Jun 2018 10:00 PM PDT

Presiden Rusia Vladimir Putin didampingi Presiden China Xi Jinping saat melakukan kunjungannya di Aula Besar Rakyat, China (8/6). Presiden Xi menyebut hubungan China dan Rusia mampu menghadapi tantangan ekonomi dan diplomatik dari AS.(AP/Pool/ Greg Baker)

Presiden Rusia Vladimir Putin didampingi Presiden China Xi Jinping saat melakukan kunjungannya di Aula Besar Rakyat, China (8/6). Presiden Xi menyebut hubungan China dan Rusia mampu menghadapi tantangan ekonomi dan diplomatik dari AS.(AP/Pool/ Greg Baker)

Presiden Rusia Vladimir Putin didampingi Presiden China Xi berjalan bersama saat upacara penyambutan di Aula Besar Rakyat di Beijing, China (8/6). Xi menambahkan, kedua negara juga saling mendukung kepentingan masing-masing. (AFP/Pool/ Greg Baker)

Presiden Rusia Vladimir Putin didampingi Presiden China Xi berjalan bersama saat upacara penyambutan di Aula Besar Rakyat di Beijing, China (8/6). Xi menambahkan, kedua negara juga saling mendukung kepentingan masing-masing. (AFP/Pool/ Greg Baker)

Suasana saat pertemuan Presiden Rusia Vladimir Putin bersama delegasinya dengan Presiden China Xi Jinping di Aula Besar Rakyat di Beijing, China (8/6). (AFP/Pool/ Greg Baker)

Suasana saat pertemuan Presiden Rusia Vladimir Putin bersama delegasinya dengan Presiden China Xi Jinping di Aula Besar Rakyat di Beijing, China (8/6). (AFP/Pool/ Greg Baker)

Presiden China Xi Jinping dan Presiden China Xi Jinping bertepuk tangan usai penyerahan Medali Persahabatan di Aula Besar Rakyat di Beijing, China (8/6). (AFP/Pool/ Greg Baker)

Presiden China Xi Jinping dan Presiden China Xi Jinping bertepuk tangan usai penyerahan Medali Persahabatan di Aula Besar Rakyat di Beijing, China (8/6). (AFP/Pool/ Greg Baker)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

75 Puskesmas dan 400 Petugas Siaga Selama Lebaran di Bandung

Posted: 08 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyiagakan 75 Pusat Kesehatan masyarakat (Puskesmas) dan 34 rumah sakit selama musim mudik Lebaran 2018 ini. Dari 75 Puskesmas tersebut, delapan di antaranya beroperasi 24 jam.

Selain itu, Pemkot Bandung juga menyiagakan 400 petugas kesehatan di posko titik mudik.

"Pelayanan kesehatan di Kota Bandung harus pastikan beroperasi 24 jam. Oleh karenanya, saya sangat mengapresiasi kepada para petugas yang tak kenal lelah mengabdi pada masyarakat. Pelayanan petugas kesehatan adalah pengorbanan kemanusiaan," kata Penjabat Sementara Wali Kota Bandung, Muhamad Solihin di Bandung, Kamis, 7 Juni 2018.

Selama Lebaran, Pemkot Bandung juga tetap menyiagakan pelayanan Layad Rawat atau program jemput bola dengan 11 ambulans motor. Mereka akan bersiaga di 8 puskesmas 24 jam dan UPT Pelayanan Kesehatan Mobilitas (Yankesmob).

Sesuai dengan namanya, Layad Rawat, tim medis akan mendatangi rumah pasien yang memerlukan bantuan. Warga tinggal menelepon ke 119 yang termasuk bebas pulsa. Nantinya akan ada petugas yang menghubungkan pasien ke puskesmas terdekat untuk langsung ditindaklanjuti.

Dengan kesiapan tersebut Solihin optimis, petugas kesehatan Kota Bandung bisa melayani para pemudik dan masyarakat selama musim mudik. Terlebih, sejumlah pos kesehatan telah berdiri dengan sejumlah petugas siaga.

"Pos kesehatan yang sudah disiapkan terdiri dari, Pos Kesehatan Dinkes, PMI, KKP (Kantor Pusat Pelabuhan), PT KAI, dan Jasa Marga. Kita telah berkoordinasi dan berjaga secara bergantian untuk persiapkan pengawalan kesehatan saat mudik nanti," kata Solihin.

Khusus untuk para pemudik, Solihin mengingatkan untuk memperhatikan kesehatan dan keselamatan selama dalam perjalanan.

"Siapkan fisik yang prima sebelum mudik. Periksa kondisi kelayakan kendaraan, disiplin berlalulintas, dan istirahatkan jika terasa letih," imbaunya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terjangan Kapten Real Madrid Jadi Momen Terburuk Mohamed Salah

Posted: 08 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Bintang Liverpool, Mohamed Salah menyebut momen terburuk sepanjang kariernya. Menariknya, momen itu terjadi di final Liga Champions melawan Real Madrid di Kiev, 26 Mei lalu.

Salah meninggalkan final Liga Champions lebih cepat. Pada menit ke-27, dia mendapat terjangan keras dari kapten Real Madrid, Sergio Rmos.

Momen itu terjadi ketika Ramos coba merebut bola dari penguasaan Salah. Akibatnya, winger timnas Mesir itu terjatuh dengan bahu kiri yang lebih dulu membentur tanah.

Mohamed Salah sempat terkapar di lapangan dan mengerang kesakitan. Setelah sempat mendapat perawatan dari tim medis Liverpool, Salah kembali masuk ke lapangan.

Namun beberapa menit kemudian, Salah mengeluhkan sakit pada bahu kirinya. Mantan pemain Chelsea itu tak sanggup melanjutkan laga dan harus digantikan Adam Lallana pada menit ke-31.

Cedera bahu yang dialami Salah membuat permainan Liverpool berantakan. The Reds menelan kekalahan 1-3 dari Real Madrid.

Mohamed Salah Sedih

Striker Real Madrid, Cristiano Ronaldo, mendampingi Mohamed Salah saat ditarik keluar lapangan pada laga final Liga Champions di Stadion NSC Olimpiyskiy, Kiev, Minggu (27/5/2018). Salah mengalami cedera bahu usai dilanggar Ramos. (AP/Darko Vojinovic)

Berkaca pada apa yang dialaminya saat melawan Real Madrid, Salah mengungkapkan kesedihannya kepada media Spanyol, Marca. "Meninggalkan lapangan saat itu adalah saat terburuk dalam karier saya."

Saat mengetahui dirinya mengalami cedera bahu, Salah langsung berpikir dia bakal melewatkan putaran final Piala Dunia 2018. Mesir akan membuka kampanye Grup A Piala Dunia mereka melawan Uruguay pada 15 Juni.

"Saya mulai berpikir bahwa saya akan kehilangan Piala Dunia, itu menghancurkan," kata Salah.

"Bagi kami untuk lolos ke Piala Dunia hampir seperti Spanyol memenangkan gelar," kata pemain berusia 27 tahun tersebut.

 

Kondisi Terbaru Salah

Winger Liverpool tersebut baru-baru ini memberikan kabar terbaru terkait cedera dislokasi bahu yang dialaminya.

Melalui akun Twitter miliknya pribadi, Salah mengungkapkan bahwa dirinya baik-baik saja. "Perasaan yang bagus," tulis Mo Salah dalam cuitannya.

Hal ini merupakan kabar positif bagi Timnas Mesir menjelang gelaran Piala Dunia 2018 di Rusia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nindy Habiskan Uang Puluhan Juta Rupiah untuk Baju Lebaran?

Posted: 08 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sudah menjadi tradisi bagi muslim di Tanah Air untuk mengenakan baju baru saat merayakan Hari Raya Idul Fitri. Sama halnya dengan Nindy beserta keluarganya.

Apakah Nindy menyiapkan budget bernominal tinggi untuk membeli baju lebaran? Apalagi, pelantun lagu "Untuk Sahabat" tersebut dikenal sebagai salah satu artis yang sangat fashionable.

"Kayaknya enggak begitu mahal, ya relatif. Yang pasti enggak sampai puluhan juta jugalah," kata Nindy saat kepada awak media di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat belum lama ini.

Yang pasti, Nindy sudah menyiapkan setidaknya tiga stel baju lebaran yang seragam untuk dia dan keluarganya. Ini memang sudah menjadi kebiasaan di setiap tahunnya.

 

Pakai Seragam

Nindy (Instagram/nindyparasadyharsono)

"Misalnya hari pertama pergi ke mertua nanti pasti hari kedua mertua aku yang datang. Jadi kita pakai seragaman lagi tapi yang beda. Lebaran ketiga misal ada halal bihalal ke rumah saudara pakai baju seragam juga," jelas Nindy.

Makna Idul Fitri

Tas pinggang Nindy. (Photo: Kapanlagi.com)

Tak seperti acara-acara lainnya, Nindy tak menggunakan jasa stylist untuk menunjang penampilannya di waktu lebaran. Ia ingin tampil sederhana, karena yang terpenting adalah bagaimana memaknai Idul Fitri itu sendiri.

sub judul

Tampilan eksentrik Nindy Ayunda tidak pernah terlihat monoton. (Sumber foto: nindyparasadyharsono/instagram)

"Nggak (tidak pakai stylist) Biasanya aku kalau bikin (baju) gitu juga nggak. Apalagi kalau baju muslim harusnya lebih santai, nyesuain sama suami aja sama anak," tandas Nindy yang enggan ungkapkan berapa budget untuk baju lebaran.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kompaknya 3 Ketum Parpol Swafoto Bersama

Posted: 08 Jun 2018 10:00 PM PDT

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampil Berani dengan Kulit Wajah Natural Tanpa Makeup

Posted: 08 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hampir seluruh wanita di dunia menilai bahwa Kulit wajah cantik dan percaya diri itu harus dengan menggunakan makeup. Padahal setiap wanita memiliki kekurangan masing-masing, terutama soal permasalahan jenis kulit. Sehingga makeup dinilai sebagai solusi yang tepat untuk menutupi kekurangan pada kulit.

Namun sebuah merek perawatan kulit SK-II mengajak Anda untuk tampil berani dengan kecantikan bare skin atau kecantikan kulit wajah polos tanpa makeup dalam kampanye terbarunya #BareSkinProject. Gerakan ini melibatkan enam selebriti dunia yang berani menerima tantangan untuk menunjukkan bare skin mereka untuk pertama kalinya. Mereka berani menunjukkan kulit wajah polos natural tanpa makeup berkat bantuan SK-II Facial Treatment Essence.

 

Tampil Berani dengan Kulit Wajah Polos Tanpa Makeup

Simak cara tampil berani dengan wajah polos tanpa makeup (Liputan6/pool/SK-II)

Dalam kampanye ini, enam selebriti SK-II seperti Chloe Grace Moretz, Chun Xia, Kasumi Arimura, Mayu Matsuoka, Ni Ni, dan Tang Wei melakukan sesi pemotretan tanpa menggunakan makeup ataupun filter. Mereka difoto oleh fotografer terkenal seperti Christopher Anderson, Alessandra Sanguinetti dan Jim Goldberg. Sesi pemotretan ini ingin memperlihatkan kecantikan wajah polos yang paling otentik.

"Saat ini selebritis wanita dipotret dengan kulit tanpa polesan makeup pada kulit masih tidak lazim, dan melalui kampanye #BareSkinProject, kami berharap dapat memberikan sudut pandang yang berbeda," Sandeep Seth selaku CEO Global SK-II.

 

 

Tampil Berani dengan Kulit Wajah Polos Tanpa Makeup

Simak cara tampil berani dengan wajah polos tanpa makeup (Liputan6/pool/SK-II)

Kampanye inipun disambut baik oleh enam selebriti SK-II. Mereka menilai bahwa sangat baik untuk merangkul kecantikan alami wanita sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri dan otentisitas. Aktris Cina Chun Xia mengatakana bahwa bare skin yang sehat adalah sebuah tren yang besar. Karena memiliki tampilan makeup alami dan ketulusan wanita untuk menunjukkan dirinya.

Sebagai bagian dari kampanye, SK-II juga akan meluncurkan sebuah film pendek yang secara khusus mendokumentasikan setiap perjalanan pribadi selebriti dengan Magnum Photos. Mereka akan memperlihatkan bare skin dan menceritakan perjalanan kulit mereka dengan Facial Treatment Essence.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyembuhan Sufi, Teknik Pengobatan Tradisi Islam yang Tak Lekang Zaman

Posted: 08 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Salah satu metode penyembuhan masa lalu yang masih ada hingga sekarang adalah penyembuhan sufi. Teknik ini bahkan telah berusia 1400 tahun semenjak zaman Nabi Muhammad SAW., ketika ilmu tersebut diungkap melalui wahyu Alquran dan sunah Nabi.

Penyembuhan sufi sendiri sampai sekarang masih ada dan dianggap sebagai salah satu ilmu penyembuhan spiritual kuni. Dalam kisah hikayat, teknik-teknik ini telah dipraktikan selama berabad- abad oleh para orang suci, penyembuh, dan juga syaman di berbagai daerah di seluruh dunia.

Mengutip buku Seni Penyembuhan Sufi karya Linda O' Riordan, R.N., menurut berbagai mazhab pemikiran Barat, praktik pengobatan adalah pusat dari sumber penyembuhan. Namun, dasar ilmu dan praktik mereka ternyata amat dipengaruhi oleh pengajaran Islam.

"Bagaimanapun, selama ribuan tahun sejarah, manusia telah bertahan dari segala jenis penyakit dan stres tanpa bantuan dokter, teknologi, atau obat-obaan kimia," tulis Linda dalam bukunya.

Hal ini menunjukkan bahwa sesungguhnya insting vital manusia serta kecerdasan seluluer mengetahui apa yang harus dilakukan dalam melawan penyakit tak dikenal dan juga menemukan cara tepat untuk beradaptasi dan bertahan.

"Melalui penggabungan jiwa dan raga, kemampuan penyembuhan yang menjadi fitrah dapat diwujudkan," jelas Linda.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

Medan Energi

Penari mesir membawakan pertunjukkan tari Tanoura selama bulan Ramadan di istana budaya El-Ghuri, Kairo, 22 Mei 2018. Tanoura sebenarnya selaras dengan tarian yang dilakukan oleh para sufi di Mesir. (AFP/KHALED DESOUKI)

Pengobatan alternatif semacam ini sebenarnya memberi kesempatan pada seseorang yang sakit untuk terlibat dalam proses pengobatan mereka, serta membuat sendiri keputusan penting tentang kesejahteraan dan kesehatan mereka.

Menurut ahli sufi, Profesor Angha dalam The Hidden Angles of Life, saat ini ilmu-ilmu klasik hanya memikirkan analisis area konstruksi material manusia yang paling superfisial. Mereka tidak mempertimbangkan mahakarya yang lembut, dalam, dan subtil dalam makhluk yang luar biasa.

Manusia sendiri berfungsi dalam medan energi yang memiliki banyak lapisan dan lebih dari sekadar jasmaniah.

Manusia dipelihara, dilindungi, dan diberi energi oleh makanan yang dikonsumsi, gerakan dan olahraga, energi spiritual, serta lapisan tubuh energi yang subtil dan tak terlihat seperti medan aura.

Medan energi manusia merupakan baris pertahanan pertama sebelum panca indera, sistem kekebalan, maupun biokimia tubuh. Penyembuhan sufi berbicara dan bekerja dalam semua elemen ini.

"Ia mengintegrasikan dimensi-dimensi fisik, mental, emosional serta spiritual, dengan tujuan memperbaiki keseimbangan, keutuhan, dan kesatuan dalam dunia fisik dan metafisik kita," tulis Linda.

 

Pelengkap Teknologi Barat

Tarian Sufi Jawa yang dikenal dengan nama Rodat itu menjadi salah satu aktivitas menunggu buka puasa di bulan Ramadan. (Liputan6.com/Switzy Sabandar).

Latihan penyembuhan sufi sendiri memiliki tujuan untuk menghasilkan medan energi yang stabil, seimbang, menyatu dalam semua tingkatan, dan menolong kita untuk mencapai keadaan yang seimbang.

Berbagai teknik sufi memang tidak menggantikan keahlian teknologi medis Barat, namun merupakan sebuah pelengkap.

Sehingga, ini memberikan yang terbaik untuk dua dunia, dengan mempertimbangkan elemen-elemen tubuh baik fisik maupun yang tidak.

Metode-metode dalam penyembuhan sufi sendiri mencakup konsentrasi, meditasi, visualisasi, kesadaran indera, kesiagaan, keseimbangan resonansi magnetis, pernapasan sadar, gerakan terapeutik, nutrisi atau jamu-jamuan, puasa, berdoa, dan berdzikir.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Momen Absurd Tertangkap Kamera, Bikin Bengong

Posted: 08 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Yang kita lakukan sekarang mungkin dapat membawa akibat tertentu yang dapat diduga, tapi ditak semua kejadian bisa ditebak sebelumnya. Rentetan kejadian pun bisa berlangsung absurd. 

Namun karena kejadian absurd yang suka datang secara tiba-tiba, terkadang tak dapat diabadikan lewat jepretan kamera.

Namun banyak juga yang berhasil mengabadikan potret absurd tersebut. Tentu saja potret tersebut bakalan jadi momen langka yang hampir tidak bisa diulangi lagi meski disengaja sekalipun.

Seperti yang dibagikan oleh para warganet di media sosial ini. Mereka berhasil memotret kejadian absurd di sekitarnya. Jika kamu melihat foto-fotonya, bakalan susah dijelasin dengan kata-kata deh.

Seperti dihimpun dari laman izismile pada Kamis (7/6), berikut ini deretan potret absurd yang tertangkap kamera.

Mengupas Bawang Tanpa Menangis

1. Waduh, emang troli belanjanya sudah nggak cukup, bu?

(Sumber izismile.com via Brilio.net)

2. Seorang pemadam kebakaran kelihatannya tangguh.

Tapi ketika memotong bawang tetap saja pakai masker ya. Biar nggak nangis bombay!

(Sumber izismile.com via Brilio.net)

3. Capek berjalan, singa betina ini memilih untuk naik bus umum.

(Sumber izismile.com via Brilio.net)

4. Jalan-jalan ke taman bareng burung merpati.

(Sumber izismile.com via Brilio.net)

5. Mandi bersama ayam.

(Sumber izismile.com via Brilio.net)

Menyerempet Bahaya Bersama Buaya

6. Mobil polisinya kok di-wrapping gini mau dipaketin kali, ya?

(Sumber izismile.com via Brilio.net)

7. Mengepel praktis tak perlu ribet bolak-balik ganti air nih.

(Sumber izismile.com via Brilio.net)

8. Pintunya ke mana tuh?

(Sumber izismile.com via Brilio.net)

9. Supaya PIN ATM tak terlihat oleh orang lain.

(Sumber izismile.com via Brilio.net)

10. Bapak ini nggak melihat kalau di belakangnya ada buaya kali, ya?

(Sumber izismile.com via Brilio.net)

Reporter:

Muhammad Bimo Aprilianto

Sumber: Brilio.net

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU Incar Bale, Real Madrid Patok Harga Mahal

Posted: 08 Jun 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Manchester United (MU) menjadikan winger Real Madrid, Gareth Bale bidikan utama pada bursa transfer musim panas. Los Blancos, sebutan Real Madrid, pun tak mau rugi dengan mematok harga mahal.

Setan Merah, sebutan MU, sudah lama mengincar Bale. Pemain asal Wales itu sudah menjadi target MU sejak 2013, namun usaha MU selama lima tahun tak pernah membuahkan hasil.

Namun, Setan Merah punya peluang besar untuk mendapatkan Bale di bursa transfer musim panas ini. Bale sendiri tengah mempertimbangkan angkat kaki dari Santiago Bernabeu.

Dikutip dari Four Four Two, Real Madrid tampaknya berniat melepas mantan bintang Tottenham Hotspur tersebut. Harga tinggi pun dipatok untuk klausul penjualan Bale.

Bila ingin mendapatkan tanda tangan Bale, MU harus membayarnya seharga 222 juta euro. Harga ini mirip saat Paris Saint-Germain memboyong Neymar dari Barcelona, musim panas lalu.

Untuk Datangkan Neymar

Neymar. (AFP)

Real Madrid harus menjual Bale pada bursa transfer musim panas mendatang. Pasalnya, uang penjualan Bale akan mereka gunakan untuk membeli Neymar dari PSG.

Untuk mendapatkan Neymar, Real Madrid harus mengeluarkan setumpuk uang. Pasalnya, nilai transfer Neymar mengalahkan dua pemain terhebat saat ini, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Neymar memiliki nilai transfer 213 juta euro (Rp 3,41 triliun). Jumlah tersebut lebih rendah dari harga beli pemain asal Brasil itu yang mencapai 222 juta euro (Rp 3,56 triliun).

Jumlah tersebut mengungguli nilai transfer Messi yang menempati peringkat kedua. Kapten timnas Argentina itu memiliki nilai transfer sebesar 202,2 juta euro (Rp 3,24 triliun). Sementara Ronaldo hanya 80,4 juta euro (Rp 1,29 triliun).

 

Bale Siap Hengkang

Sementara itu, Bale sempat memberi kode bakal angkat kaki dari Santiago Bernabeu Stadium. Winger berusia 28 tahun tersebut ingin mendapat tempat utama.

"Jelas saya harus bermain secara reguler. Itu tidak terjadi musim ini karena satu alasan atau lainnya. Saya cedera selama lima atau enam pertandingan dan saya sudah fit sejak saat itu," kata Bale.

"Saya harus duduk di musim panas ini, membicarakannya dengan agen saya dan mengambil keputusan saya dari sana," ujarnya menambahkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bandara Soekarno Hatta Mulai Dipadati Pemudik

Posted: 08 Jun 2018 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memasuki arus mudik Lebaran, pemudik mulai memadati Bandara Soekarno Hatta. Kepadatan tersebut sudah terjadi sejak dini hari atau jadwal penerbangan pertama.

Kepadatan sangat terlihat di Terminal 1 dan 2 Bandara Soekarno Hatta, begitu juga dengan Terminal 3. Vice President Corporate of Communication PT Angkasa Pura II Yado Yarismano mengatakan, bila berkaca dari jumlah penumpang di hari pertama dan kedua arus mudik yang mencapai 204.000 sampai 205.000 pemudik, diprediksi hari ini akan terus meningkat ke angka 206.000.

"Iya diprediksi demikian, 205.000 hingga 206.000 penumpang," ujarnya.

Sementara, SM of Branch Communication and Legal Erwin Revianto memaparkan, pada rekap penumpang kemarin, 8 Juni 2018, baik kedatangan dan keberangkatan mencapai 206.335. Dengan rincian keberangkatan 84.945 domestik dan 129 internasional.

Sementara untuk kedatangan mencapai 72.626 untuk domestik dan 140 penumpang untuk penerbangan internasional. "Memang didomunasi oleh penerbangan domestik, dan memadati Terminal 1," kata Erwin.

Data rekap tersebut adalah realtime hasil posko monitor yang dipantau 24 jam di Terminal 1 Bandara Soekarno Hatta. Aparat gabungan seperti Polisi/TNI dan Avsec diturunkan lebih banyak dari sebelum masuk arus mudik.

Mereka ditempatkan di berbagai objek vital di tiga terminal untuk menjaga keamanan dan kenyamanan para calon penumpang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selamat Tinggal Yahoo Messenger!

Posted: 08 Jun 2018 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Yahoo Messenger (YM) memiliki kesan tersendiri bagi orang-orang Indonesia. Sebelum kehadiran aplikasi chatting, YM menjadi pilihan bagi warganet generasi 80-an.

Keseruan memakai YM sebentar lagi hanya bisa dijumpai di ruang nostalgia, sebab Yahoo mengumumkan penutupan platform lawas tersebut pada 17 Juli 2018 mendatang.

"Kami paham, kami memiliki banyak fans setia yang memakai Yahoo Messenger sejak awal kemunculannya sebagai salah satu aplikasi mengobrol pertama. Sebagaimana lingkup komunikasi senantiasa berubah, kami fokus membangun dan mengenalkan perangkat komunikasi terbaru dan menyenangkan yang lebih cocok pada kebutuhan konsumen," tulis Yahoo dalam situs resminya, seperti dikutip pada Sabtu (9/6/2018).

Sampai saat ini, Yahoo belum memberikan pengganti YM, sebab mereka masih bereksperimentasi dengan beragam layanan dan aplikasi baru.

Sejauh ini, Yahoo sedang menguji layanan Yahoo Squirel, sebuah aplikasi chatting berbasis invitasi yang masih dalam tahap beta.

Setelah tanggal 17 Juli 2018, akses ke YM tidak akan bisa dilakukan, dan Yahoo meminta pengguna untuk langsung menghapus aplikasinya. Sebagai informasi, Yahoo ID masih bisa berfungsi di produk-produk Yahoo lainnya seperti Yahoo Mail, Yahoo Fantasy dan sebagainya.

Pengguna yang ingin mengunggah histori percakapan di Yahoo Messenger bisa langsung melakukannya lewat situs Yahoo. Cukup lakukan sign in, lalu masukan alamat e-mail yang dituju untuk dikirim data-data obrolan.

Layan AIM Juga Berhenti

AOL Instant Messenger (Foto: Mashable)

Pada penghujung 2017 kemarin, platform mengobrol lawas lainnya juga ditutup, yaitu AOL Instant Messenger (AIM).

Sebelumnya, pada Oktober 2017, perusahaan telah mengumumkan bahwa penghentian layanan AIM efektif diberlakukan pada 15 Desember 2017.

Layanan pesan ini sangat populer di tahun 90-an, namun seiring cepatnya pertumbuhan layanan chatting dari perusahaan teknologi besar seperti Google dan Facebook, AIM perlahan kehilangan popularitasnya.

Baik Yahoo Messenger maupun AIM kalah tenar, dan sebagian besar penggunanya beralih ke layanan chatting yang dikembangkan baik Google maupun Facebook.

Induk perusahaan AIM, Oath, tak memberikan alasan jelas mengapa mereka memutuskan untuk menghentikan layanan.

Namun, hal tersebut diduga kuat karena jumlah pengguna AIM terus menurun, sementara perusahaan butuh biaya tinggi untuk memelihara infrastruktur agar AIM tetap berjalan.

Saat mengumumkan penghentian layanan AIM, Oktober 2017, perusahaan menyarankan pengguna untuk mem-backup data-data mereka, jika tidak perusahaan akan menghapus seluruh data tersebut.

"Kami senang bekerja di AIM untuk menyenangkan Anda. AIM akan selalu memiliki tempat khusus di hati kita. Seiring upaya untuk terus maju, kami semua di AOL (sekarang bernama Oath) sangat antusias untuk membangun generasi berikutnya lewat produk yang akan mengubah hidup pengguna di seluruh dunia," demikian bunyi pengumuman perusahaan.

Sebelumnya, Oath VP of Communication Michael Albers dalam sebuah unggahan di Tumblr mengatakan, selama bertahun-tahun, AIM telah mengantarkan pengguna ke teknologi digital baru dan memicu perubahan budaya.

"Namun cara komunikasi kita sudah berubah. Untuk itu kami memutuskan untuk menghentikan layanan AIM," tulisnya.

BlackBerry Messenger Bisa Jadi Solusi

Bisa pesan Uber dari Aplikasi BBM. Liputan6.com/ M. Wahyu Hidayat

Masih di ranah aplikasi chatting, BlackBerry Messenger (BBM) bisa menjadi solusi bila ingin obrolan seru dan aman.

Aplikasi pesan BlackBerry Messenger (BBM) hadir dalam versi terbaru untuk pengalaman pengguna yang lebih baik.

Dengan pembaruan aplikasi BBM, pengguna kini bisa mendapatkan pengalaman lebih cepat dan bisa segera diunduh melalui Google Play atau App Store.

Dalam keterangan resmi BBM yang diterima mTekno Liputan6.com, disebutkan bahwa versi baru BBM ini mempersingkat waktu saat membuka aplikasi, obrolan dan notifikasi, menambahkan manajemen penyimpanan untuk Android, serta memungkinkan pengguna melakukan preview situs dan pesan dalam obrolan.

Pada versi baru ini BBM secara signifikan meningkatkan rata-rata waktu yang dibutuhkan aplikasi untuk beroperasi dibandingkan versi sebelumnya. Versi terbaru BBM juga memiliki respons yang lebih baik untuk obrolan.

Serunya lagi, BBM sudah terintegrasi dengan DANA, dompet digital Indonesia, sehingga bisa membantu pengguna melakukan pembayaran non-tunai.

Ditambah lagi, sekarang ada BBMoji yang membuat pengalaman pengguna di BBM menjadi lebih personal.

(Tom/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Digugat Cerai, Sule Merasa Bersalah dengan Istri?

Posted: 08 Jun 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tahun ini bisa dibilang sebagai Ramadan terberat yang dilalui Entis Sutisna alias Sule, dan istrinya, Lina. Bagaimana tidak, pasangan yang telah membina rumah tangga selama 20 tahun lamanya ini sedang menghadapi masalah perceraian.

Meski sidang perceraian terus bergulir di Pengadilan Agama Cimahi, Jawa Barat, namun Sule tak berhenti memperjuangkan keutuhan rumah tangganya.

Lantas apakah ini berarti Sule menyesal dan merasa bersalah terhadap sang istri?

"Saya kira kalau merasa bersalah rasanya bukan dalam posisi itu. Ada gugatan ya kita selesaikan, itu aja. Kalau soal bersalah atau enggak namanya rumah tangga kan ada aja," kata pengacara Sule, Bahyuni Zaili, melalui telepon, Jumat (8/6/2018).

Yang pasti, Sule ingin mempertahankan rumah tangganya karena alasan cinta. Ia tak ingin keluarga kecilnya menjadi terpecah belah karena perceraian.

Masih Cinta Istri

Banyak yang kaget dengan kabar tersebut. Kuasa hukum Lina sedikit berbagi informasi terkait gugatan yang diajukan kliennya. Salah satu alasannya adalah kebiasaan presenter dan komedian itu yang tidak bisa dirubah. (Instagram/ferdinan_sule)

"Iya dong masih cinta dan sayang sama anak-anaknya, sama istrinya, kan gitu," imbuh kuasa hukum Sule.

Dari Hati ke Hati

Menurut pengacara Lina, pelawak berambut pirang tersebut juga sudah menemui Lina di kediamannya untuk bicara dari hati ke hati sebagai upaya rujuk.

Sangat Harmonis

Lina menggugat cerai suami sejak 26 April 2018. Kabarnya sidang pertama gugatan cerai Sule dan Lina akan digelar pada 7 Juni 2018. (Foto: instagram.com/ferdinan_sule)

"Terakhir Pak Sutisna itu hadir datang ke ibu Lina pada tanggal 15 Mei 2018 sebelum Ramadan. Beliau hadir malam-malam di rumahnya di Panyawangan. Kami bertemu dengan Pak Sule untuk membicarakan, sangat harmonis," ujar pengacara Lina, Abdurahman, dihubungi terpisah.

Tak Mengubah

Kabar mengejutkan datang dari keluarga Sule. Pasalnya rumah tangga komedian kelahiran 15 November 1976 itu diterpa kabar perceraian. (Foto: instagram.com/ferdinan_sule)

Bahkan perjumpaan Sule dan Lina juga melibatkan anak-anak mereka.

Meski begitu, pertemuan yang berjalan dengan penuh keakraban tersebut tak sedikit pun mengubah pendirian Lina untuk bercerai.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sukses Gantikan Marko Simic, Pelatih Persija Puji Bambang Pamungkas

Posted: 08 Jun 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Keran gol Bambang Pamungkas bersama Persija Jakarta mulai terbuka. Bomber berusia 37 tahun tersebut berhasil mencetak gol perdananya di Gojek Liga 1 bersama Bukalapak melawan PS Tira di Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta, Jumat (8/6/2018).

Gol pertama Bambang untuk Persija pada musim ini tercipta pada menit keenam. Berawal dari umpan sepak pojok Ismed Sofyan, pemain yang karib dipanggil Bepe itu mampu menyambutnya dengan sundulan.

Untuk kedua kalinya di musim ini, Bepe bermain sebagai starter. Eks striker Timnas Indonesia ini diproyeksikan sebagai pengganti Marko Simic yang tengah menjalani hukuman empat pertandingan.

Pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco menyebut Bepe sukses memanfaatkan situasi dengan absennya Simic. Ketidakhadiran striker asal Kroasia tersebut membuat peluang bomber lain untuk unjuk gigi lebih terbuka.

"Soal Simic, dia pemain bagus dan membantu tim di beberapa laga. Tapi, dia tidak bisa main, dan kita masih punya pemain lain yang punya semangat untuk tim. Seperti Bambang, yang mencetak gol pertama di Liga 1, tapi di (turnamen pramusim) Piala Presiden dia sudah mencetak gol," ujar Teco pada konferensi pers setelah pertandingan.

Idola Jakmania

Pemain Persija Jakarta Bambang Pamungkas  (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Teco tetap menganggap Bepe merupakan idola suporter Persija, Jakmania. Meski dalam beberapa musim terakhir, kontribusi gol Bepe terus menurun.

"Dia idola Jakmania. Pasti Jakmania senang saat Bepe mencetak gol dan ini semangat untuk dia," kata arsitek berusia 43 tahun itu.

Percaya Bepe

Teco yakin Bepe dapat terus memberikan kontribusi positif untuk Persija. Mengingat, Simic masih akan absen dalam tiga pertandingan ke depan.

"Kita masih (punya) banyak laga di depan. Dan dengan gol ini, dia (Bepe) akan semakin semangat untuk membantu tim," tutur Teco mengakhiri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Krisdayanti Rayakan Lebaran 2018 di Bali, Aurel Hermansyah di Jawa

Posted: 08 Jun 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Lebaran 2018 tinggal menghitung hari. Sejumlah artis sudah memersiapkan jauh-jauh hari, khususnya untuk libur Lebaran. Salah satunya, Krisdayanti. Sementara itu, Aurel Hermansyah akan merayakan Lebaran di Jawa.

Untuk Lebaran kali ini, Krisdayanti sudah menentukan pilihan tempat untuk merayakan Lebaran di Pulau Dewata, Bali. Ia akan merayakan bersama ayahnya yang saat ini berada di Bali.

Krisdayanti

"Lebaran Insya Allah saya dan keluarga mau ke Bali karena papa saya ada di Bali. Jadi tahun ini akan bareng bareng bersama papa dan adik-adik di Bali sama anak anak yang dari Timor juga insya Allah datang ke Bali," ujar Krisdayanti saat ditemui di kawasan Casablanka, Jakarta Selatan, Jumat (8/6/2018).

Selama seminggu, Krisdayanti akan berada di Bali bersama suaminya, Raul Lemos, dan anak-anaknya.

Aurel Hermansyah dan Krisdayanti. (Instagram)

"Alhamdulillah suami sudah memilih tempat di Bali untuk menjadi nuansa Lebaran tahun ini," ungkap Krisdayanti.

Berbeda dengan Krisdayanti, Aurel Hermansyah akan merayakan Lebaran di Jawa bersama Ashanty dan Anang Hermansyah. "Enggak (ikut ke Bali). Mereka ke Jawa," ujar Krisdayanti.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ramadan ke Panti Jompo, Andien Ingin Selalu Berbuat Baik

Posted: 08 Jun 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta [Ramadan](2977284 "") jadi momentum penyanyi Andien untuk bisa selalu bisa berbuat kepada sesama. Salah satunya dengan berkunjung ke panti jompo. Ini kali pertama istri Irfan Wahyudi tersebut ke panti jompo.

"Kalau bulan puasa, aku penginnya terus-terusan bisa berbuat baik. Dari bulan puasa zaman dulu sampai sekarang, aku kesampean ke panti jompo. Karena biasanya selalu ke panti asuhan, yayasan-yayasan anak-anak, tapi baru sekali ini ke panti jompo," ungkap Andien di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Andien Aisyah. (Instagram/andienaisyah).

Selain mengunjungi panti jompo, ia juga menghibur para lansia dengan lagu-lagu andalannya. Usai menyanyi, Andien berbincang-bincang dengan mereka.

"Kepengin banget sih ke sana lagi sebelum Lebaran, bercerita bareng sama mereka lagi," ujar Andien.

Seperti ini misalnya, Andien tampak ceria dengan nuansa busana warna biru yang ia kenakan. Paduan warna biru dan hijau di busana Andien ini tak terlihat norak. Justru membuat ibu satu anak ini semakin segar. (Instagram/andienaisyah)

Selain itu, kunjungan tersebut juga dimanfaatkan Andien untuk mengajarkan putranya, Anaku Askara Biru, bersosialisasi. Apalagi, di panti jompo terdapat para orang tua yang wajib dihormati.

"Aku berusaha melibatkan dia di semua kegiatan, supaya tahu walaupun sekarang banyak yang ngelihat kayak apa sudah ngerti atau belum, tapi aku yakin dia pasti ngerti, pasti tahu," tandas Andien.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Jokowi Usai Indonesia Terpilih Jadi Anggota Tidak Tetap DK PBB

Posted: 08 Jun 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyambut baik terpilihnya Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB.

Dengan situasi itu, Jokowi mengatakan Indonesia akan lebih memiliki peran dalam menciptakan perdamaian dan stabilitas ketertiban dunia.

"Kita akan berperan melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial," kata Jokowi seperti dikutip dari situs setkab.go.id, Sabtu (9/6/2018).

Indonesia telah terpilih menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB untuk Periode 2019 - 2020, setelah sukses menjaring suara yang dibutuhkan dalam voting yang dilakukan dalam Majelis Umum PBB di New York pada Jumat, 8 Juni 2018 pukul 09.00 waktu setempat.

Pemungutan suara diikuti oleh 190 negara dari total 193 anggota Majelis Umum PBB. Tiga negara tak ikut serta dalam pemungutan suara tersebut.

Syarat agar kandidat dapat terpilih dalam proses voting itu adalah harus berhasil mengumpulkan 127 suara atau dua pertiga dari anggota tetap PBB. Dan, suara yang dikumpulkan oleh kandidat harus melebih negara saingan dalam satu grup yang sama.

 

Kalahkan Maladewa

Dengan total suara sebanyak 144, Indonesia berhasil mengumpulkan vote lebih banyak dibandingkan Maladewa saingannya dalam grup Asia-Pasifik yang hanya menjaring 46 suara. Demikian seperti ditayangkan dalam saluran siaran langsung PBB via daring,Webtv.un.org, Jumat, (8/6/2018).

Indonesia akan menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB bersama dengan negara dari grup lain yang berhasil mengumpulkan suara terbanyak dalam voting tersebut.

Mereka antara lain, Jerman (184) dan Belgia (181) dari Grup Eropa Barat dan Negara Lain, Afrika Selatan (183) dari Grup Afrika; serta Republik Dominika (184) dari Grup Amerika Latin dan Karibia.

Kesuksesan ini membuat Indonesia kembali terpilih sebagai Anggota Tidak Tetap DK PBB untuk keempat kalinya sepanjang sejarah Tanah Air, setelah sebelumnya pernah menduduki kursi tersebut pada periode 1973-1974, 1995-1996, dan 2007-2008.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Maskapai yang Jual Tiket Melebihi Tarif Batas Atas Bakal Ditindak Tegas

Posted: 08 Jun 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dalam Lebaran 2018 ini, berbagai moda angkutan disiapkan untuk melayani para pemudik. Salah satunya adalah pesawat sebagai alternatif angkutan transportasi udara.

Namun tarif tiket pesawat terus melonjak dalam masa Lebaran ini dan memunculkan keluhan dari masyarakat. Bahkan harga tiket yang dijual diduga melampaui tarif batas yang telah ditentukan.

Menanggapi hal ini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan akan menindak maskapai penerbangan yang menjual tiket dengan harga yang melebihi batas atas.

"Saya akan menindak maskapai penerbangan yang menjual tarif tiket melebihi batas atas yang telah ditentukan," ujar Budi Karya, di Jakarta (9/6/2018).

Selain itu, Budi Karya juga menghimbau kepada maskapai penerbangan agar tidak memanfaatkan momen Lebaran ini untuk memaksimalkan tarif batas atas.

"Walaupun permintaan sedang tinggi dalam masa Lebaran ini, akan tetapi saya minta kepada maskapai agar tidak memanfaatkan momen ini untuk memaksimalkan tarif batas atas yang ada," imbuh Budi.

Terakhir, Mantan Direktur Utama Angkasa Pura UU ini meminta kepada maskapai agar mempertimbangkan daya beli masyarakat dalam menentukan tarif tiket pesawat.

"Untuk maskapai penerbangan, tolong pertimbangkan daya beli masyarakat dalam menentukan tarif tiket," tutup dia. 

Puncak Arus Mudik

Ilustrasi pesawat (iStock)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan enam hari menjadi perkiraan puncak mudik dan balik Lebaran 2018 di sektor udara.

Perkiraan puncak mudik di sektor udara itu untuk memberikan waktu antisipasi bagi semua pemangku kepentingan (stakeholder) penerbangan terkait persiapan sarana dan prasarana prosedur standar operasi dan terutama sumber daya manusia (SDM) yang bertugas. Hal ini juga sebagai tanggapan penetapan tambahan cuti libur Lebaran menjadi tujuh hari oleh pemerintah pada Senin, 7 Mei 2018.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Agus Susanto, menuturkan, ada enam hari yang menjadi perkiraan puncak mudik dan balik Lebaran itu terdiri dari dua hari sebelum Lebaran (mudik) dan empat hari sesudah Lebaran (balik).

Sebelum Lebaran, puncak mudik diperkirakan pada Jumat dan Sabtu (8 dan 9 Juni). Adapun setelah Lebaran, puncak arus balik diperkirakan pada Selasa dan Rabu (19 dan 20 Juni) serta Sabtu dan Minggu (23 – 24 Juni).

"Transportasi udara itu ciri utamanya kecepatan, jadi orang bisa memilih penerbangan yang 'mepet' dengan hari libur atau hari kerja sehingga liburannya bisa panjang. Untuk mudik, karena liburnya dimulai pada hari Sabtu (9 Juni), penumpang diperkirakan sudah berangkat  pada Jumat sore-malam atau Sabtu pagi," ujar Agus.

"Sedangkan untuk balik, karena selesai cuti pada 20 Juni (Rabu) diperkirakan puncak baliknya sehari sebelumnya (Selasa) hingga  Rabu itu. Sedangkan untuk yang memperpanjang cuti hingga akhir pekan, diperkirakan puncak baliknya pada hari Sabtu-Minggu (23-24 Juni)," tambah Agus.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kevin Durant MVP NBA Final

Posted: 08 Jun 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Small forward Golden State Warriors Kevin Durant dinobatkan sebagai pemain terbaik atau MVP Final NBA 2018. Durant menjadi sosok penentu keberhasilan Warriors menjadi juara dua kali berturut-turut.

Terpilihnya Durant sebagai peraih trofi Bill Russell NBA Finals MVP ini tidaklah mengejutkan. Durant tampil sangat gemilang sepanjang empat laga final. 

Eks pemain Oklahoma City Thunder itu memiliki rata-rata 28,8 point, 10,8 rebound dan 7,5 assists serta dua blok sepanjang final NBA.

Ini menjadi kali kedua beruntun, Durant terpilih sebagai MVP Final NBA. Durant pun mengikuti jejak LeBron James, Kobe Bryant, Shaquielle O'Neal, Michael Jordan dan Hakeem Olajuwon yang pernah meraih MVP Final dua kali beruntun.

Gim 3

Duel Kevin Durant dengan James Harden (AP)

Aksi menawan Durant membantu Warriors menyapu bersih Cavaliers di final NBA 2018. Warriors berpesta juara di kandang Cavaliers Quicken Loans Arena.

Salah satu aksi terbaik Durant di final NBA ada di gim ketiga. Durant ketika itu membuat 43 poin, 13 rebound dan tujuh assists.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mutiara Hati: 3 Hal Ini Akan Membuat Hidup Manusia Sempurna

Posted: 08 Jun 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Al Hay adalah maha hidup. Imam Ghazali menjelaskan arti maha hidupNya Allah, bahwa Dia maha pelaku kebaikan, maha mengetahui, maha menyadari apa yang dilakukanNya. Allah yang maha hidup, hidupnya tidak berakhir. Dia memberi hidup kepada semua yang hidup dan Dia juga yang mencabut kehidupan itu dari semua yang hidup.

Manusia dinamai hidup apabila dia memiliki satu dari tiga hal dan akan sempurna kehidupannya kalau dia memiliki tiga hal pokok. Yang pertama gerak, sesuatu yang tidak bergerak tidak hidup.

Makna kedua adalah tahu. Semut yang kecil pun akan diketahui oleh tumbuhan. Ketiga soal rasa. Manusia yang tidak memiliki perasaan dinamai bukan orang hidup. Manusia yang bodoh dinamai orang mati.

Allah SWT ketika menganugerahkan kehidupan kepada manusia, pada hakikatnya yang dimaksud bukan sekedar menjadikannya mampu untuk menarik dan mengembuskan nafas, tetapi kehidupan dalam pandangan agama adalah kehidupan rohani.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tahun Depan, Suzuki Luncurkan Motor Turbo

Posted: 08 Jun 2018 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa bulan silam, beredar kabar Suzuki sedang mengembangkan sepeda motor yang dilengkapi teknologi turbocharger. Rumornya, produk baru tersebut berbasis motor konsep Recursion yang sempat diperkenalkan pada 2013 silam.

Kabar terbaru yang disampaikan oleh Visordown.com menyatakan bahwa motor tersebut akan mulai beredar tahun 2019 mendatang. Motor ini digadang-gadang akan mengusung nama Suzuki GSX-700T atau bahkan evolusi dari motor 1980-an yang melegenda, Suzuki Katana.

Sesuai dengan namanya, Suzuki GSX-700T, motor ini mengusung mesin 700cc DOHC dilengkapi turbocharger dengan tenaga mencapai 150 Tk, mirip spesifikasi XE7 yang sempat diungkap pada 2015. Sebelumnya, sportbike full fairing tersebut sempat dikabarkan dibekali dapur pacu 500cc SOHC.

Performa tersebut jauh di atas motor lainnya dengan kubikasi mesin yang sama. Sebagai perbandingan, Suzuki GSX-750 dibekali mesin 4-silinder inline 749cc. Konfigurasi tersebut hanya mampu menghasilkan daya sebesar 113 Tk dengan torsi mencapai 81 Nm.

 

Selanjutnya

Desain paten motor Suzuki dengan turbo (Otosia.com)

Sayangnya, tak banyak detail yang terlihat dari desain paten yang beredar. Yang jelas, motor ini akan menggunakan single-sided swing-arm, suspensi depan upside-down, dan pelek depan-belakang dengan jumlah palang berbeda, masing-masing enam dan sepuluh.

Perubahan lain yang nampak terdapat pada rangka. Jika sebelumnya sasis tersebut berbentuk delta box, kini berubah menjadi teralis. Hal ini dilakukan sebagai bentuk adaptasi terhadap mesin baru.

Sumber : Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Curhat Pengemudi Ojek Online, Perairan yang Berbahaya di Dunia

Posted: 08 Jun 2018 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ojek online saat ini memang menjadi transportasi yang digandrungi masyarakat Indonesia. Selain cepat dan praktis bisa jemput dimana saja, ojek online juga menawarkan harga ongkos yang masuk akal.

Sebagai salah satu transportasi yang berperan besar, tak sedikit orang juga bergantung pada jasa layanan ojek online. Tapi tak dapat dipungkiri bahwa mereka juga bisa melakukan kesalahan. Parahnya, tak sedikit juga penumpang ojol (ojek online) justru berkilah dan melakukan perbuatan terbilang tega.

Gara-gara laporan penumpang yang tak masuk akal, para ojol mendapatkan kerugian sampai disuspend karena masalah kecil. Akibatnya, para pengemudi ojol kehilangan pekerjaan hingga uang mereka.

Tangkapan layar dari chat antara penumpang dan ojol ini menjadi bukti betapa susahnya mereka dalam bekerja. Selain penumpang bikin geram, ojol juga mengalami hari yang buruk.

Artikel tentang susahnya cari duit, curhat miris para pengemudi ojol menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Sementara itu, artikel kedua terpopuler yakni tentang delapan perairan yang paling berbahaya. Disusul dengan artikel penemuan kerangka di kebun yang menjadi terpopuler ketiga.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Susahnya Cari Duit, Curhat Miris Para Pengemudi Ojek Online

(Rangkuman Brilio.net dari berbagai sumber)

Bagi masyarakat perkotaan masa kini, ketersediaan sarana pengangkutan ojek online (ojol) memang telah menjadi kenyataan sehari-hari.Namun sayangnya, driver ojek online juga manusia. Pernah juga melakukan hal yang salah baik disengaja maupun tidak disengaja.

Tetapi, memberikan keluhan kepada driver dengan alasan yang tak masuk akal atau pun ngotot juga dianggap tak manusiawi. Berikut 8 chat keluhan pelanggan ke driver ojol yang bikin ikut ngelus dada seperti dirangkum dari akun Instagram @keluhkesahojol.id.

Selengkapnya..

2. 8 Perairan Terkenal Paling Berbahaya di Dunia, Apa Saja?

Great Blue Hole, Belize. | via: lazypenguins.com

Bumi kita sebagian besar permukannya terdiri dari 70 persen air. Bukan menjadi hal yang mengherankan jika kita memiliki banyak ragam perairan, laut serta samudra.

Di samping itu, ada sejumlah perairan di dunia yang terkenal berbahaya untuk manusia. Dilansir dari Brightside, berikut merupakan perairan di dunia yang terkenal berbahaya dan mematikan selain segitiga bermuda.

Selengkapnya..

3. Temukan Kerangka di Kebun, Pria Ini Ungkap Rahasia Kelam Istrinya

(Foto: PeterDargatz/ Pixabay) Pria di Rusia temukan kerangka di kebun rumahnya saat sedang menanam kentang. Siapa orang dari kerangka tersebut?

Sebaik-baiknya bangkai ditutup, baunya akan terhirup juga, mungkin itulah pribahasa yang tepat untuk menjelaskan kasus satu ini. Memang benar seorang wanita asal Rusia menutup kerangka mantan suaminya di kebun selama bertahun-tahun.

Hal ini terbongkar ketika sang suami barunya tengah berniat untuk menanam kentang di keburn rumah mereka. Ketika ia sedang menggali, pria itu dikejutkan dengan penemuan sebuah kerangka. Namun, hal yang lebih mengagetkan lagi, justru respon sang istri terhadap penemuan kerangka tersebut

Selengkapnya..

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

JK: Mudik Itu Cara Kita Hidup Bahagia

Posted: 08 Jun 2018 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), melepas peserta mudik bersama yang difasilitasi Dewan Masjid Indonesia (DMI). Sebanyak 5 bus disiapkan untuk mudik bersama dengan tujuan Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Dalam kesempatan itu, JK yang juga Ketua DMI ini mengatakan mudik Lebaran adalah momen yang membahagiakan karena pemudik akan bertemu dengan keluarga dan teman-teman di kampung halaman.

"Salah satu kebahagian saya adalah bertemu keluarga atau teman. Walaupun sesulit apapun, mudik itu cara kita hidup bahagia. Kelihatan sulit, tapi tetap bahagia," ujar JK sesaat sebelum melepas peserta mudik bersama di Jalan Jenggala I, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (9/6/2018).

Mudik, kata JK, merupakan sebuah tradisi tak hanya di Indonesia tapi juga di negara lain. Masyarakat Indonesia khususnya yang tinggal di Jakarta, menganggap momen mudik sangat penting.

"Di seluruh dunia, di Indonesia ini, khususnya di Jawa sangat penting mudik ini untuk siapapun," ujarnya.

Sebagai Ketua DMI, JK juga mengimbau kepada pengurus DMI di berbagai daerah khususnya yang dilintasi jalur mudik agar menyiapkan masjid untuk memberikan kemudahan bagi para pemudik. Masjid bisa dijadikan tempat persinggahan bagi para pemudik untuk beristirahat sejenak di tengah perjalanan.

DMI juga bekerja sama dengan PMI untuk memberikan pelayanan maksimal kepada para pemudik sepanjang arus mudik maupun arus balik. "Terima kasih atas kerjasama semua pihak. Selamat jalan yang ingin mudik, ketemu keluarga, sambil berbelanja di daerah agar ekonomi di daerah hidup," pungkas JK.

Reporter: Hari Ariyanti

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dianggap Kalah dari Smartfren, Bos Telkomsel: Jangan Bandingkan Apel Sama Durian

Posted: 08 Jun 2018 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Operator seluler Telkomsel memberikan tanggapan terkait laporan kondisi jaringan seluler Indonesia yang diterbitkan oleh OpenSignal, baru-baru ini.

Dalam laporan itu, OpenSignal menyebut bahwa Smartfren berhasil menyaingi Telkomsel dalam ketagori kecepatan download internet 4G secara keseluruhan di kota-kota besar di Indonesia. Misalnya saja di kota Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Semarang.

Dilaporkan, Smartfren memiliki kecepatan download 9,83Mbps, sementara Telkomsel menorehkan kecepatan download 8,42Mbps.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan, seharusnya perbandingan kecepatan dilakukan dengan layanan serupa Telkomsel. Menurut Ririek, meskipun sama-sama menghadirkan layanan internet, layanan Smartfren dan Telkomsel tidaklah sepenuhnya sama (tidak apple to apple).

"Seharusnya membandingkan secara apple to apple, jangan apel sama durian. Jadi kalau (membandingkan) 4G to 4G, jangan bandingkan 4G to 3G," kata Ririek kepada awak media dalam acara Buka Puasa Bersama Telkomsel di Jakarta, Jumat (8/6/2018) malam.

Sementara itu, Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan menjelaskan lebih lanjut tentang laporan yang diterbitkan OpenSignal. Menurutnya, dalam laporan OpenSignal yang terdiri dari 7 kategori, Telkomsel berhasil unggul di 5 kategori.

Padahal, seperti dikatakan oleh Ririek, layanan Telkomsel terdiri dari 4G dan 3G, namun yang diperbandingkan dengan Smartfren (yang hanya 4G).

"4G tersedia 71 persen dari 171 ribu sudah broadband capable, artinya bisa 3G dan 4G. 80 ribunya 3G dan 41 ribu 4G. Sementara operator lain enggak ada yang (memiliki BTS capable broadband) lebih dari 30 ribu. Kenapa kami kalah? Karena Smartfren tidak memiliki teknologi selain 4G, mereka tidak punya 3G," kata Bob.

Dia menambahkan, dari segi pengalaman pelanggan, pelanggan Telkomsel jugalah yang memiliki pengalaman terbaik saat menggunakan jaringan internet.

"Di 4G download dan upload Telkomsel terbaik, di 3G kecepatan download-nya terbaik, tetapi throughput kenapa kalah Smartfren? OpenSignal dipakai secara global dan hasilnya hanya akan tinggi validity-nya untuk mengukur dengan coverage yang sama. Sementara, Telkomsel (layanannya) di mana-mana dan Smartfren layanannya di Jawa," kata Bob memberi penjelasan.

Oleh karena itu, menurutnya, akan sulit membandingkan layanan milik Telkomsel dan Smartfren secara apple to apple jika kondisi di lapangan tidak sama.

 

Komitmen Telkomsel

Buat yang belum tahu, begini lho cara registras kartu Telkomsel, Indosat, XL, Smartfren dan Tri. (Ilustrasi: i Tour Vietnam)

Untuk diketahui, laporan OpenSignal tersebut mengambil sampel pada 1 Februari sampai 1 Mei 2018 pada 1,2 juta lebih perangkat seluler.

Telkomsel sendiri turut mempertegas komitmen mereka dalam meningkatkan bisnis dan ekosistem digital Indonesia.

Perusahaan menyebut bisnis digital adalah kontributor pertumbuhan Telkomsel yang signifikan dan memotivasi perusahaan untuk membangun ekosistem digital yang produktif dan konstruktif berbasis Device, Network, and Application (DNA).

"Kami tetap fokus mengembangkan ekosistem digital, di antaranya terus menggelar infrastruktur jaringan secara agresif, terutama BTS berbasis teknologi mobile broadband," ungkap Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel, seperti dikutip rilis resmi Telkomsel.

Ia menambahkan, "Kami pun menyediakan berbagai pilihan solusi layanan digital untuk melayani kebutuhan digital lifestyle pelanggan dan masyarakat Indonesia." 

Lebih lanjut, fokus Telkomsel di bisnis digital tercermin dari keseriusan mereka dalam menggelar infrastruktur jaringan broadband. Tercatat, selama kuartal pertama 2018, ada 6.900 BTS 4G baru yang dibangun dari total pembangunan 167 ribu BTS di seluruh pelosok Indonesia.

Angka tersebut menunjukkan peningkatan sebesar 23,2 persen dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Sebagai catatan, penggunaan perangkat 3G dan 4G di jaringan Telkomsel meningkat 35,2 persen. Telkomsel sekarang melayani lebih dari 108 juta pelanggan data, dan 55 juta di antaranya merupakan pelanggan 4G. Penggunaan layanan data juga meningkat 145,8 persen dibandingkan kuartal pertama tahun lalu.

Selain pertumbuhan bisnis digital, Telkomsel mencatat peningkatan layanan sebesar 61,1 persen berkat kontribusi penggunaan layanan gaya hidup digital, seperti video, musik, gim, iklan digital, pembayaran digital T-cash, perbankan digital, dan Internet of Things (IoT).

"Terima kasih atas kepercayaan masyarakat, khususnya pelanggan setia yang selama ini menggunakan layanan dan produk Telkomsel. Merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami untuk melayani ratusan juta pengguna layanan seluler di Indonesia sekaligus memandu industri telekomunikasi Indonesia di era digital," ucap Ririek.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lebih Dekat dengan Keturunan Pendiri Kabupaten Purbalingga

Posted: 08 Jun 2018 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Purbalingga - Plt Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko turun ke Purbalingga, Jumat, 8 Februari 2018. Di ruang rapat Ardi Lawet Sekretariat Daerah, Heru menyerahkan selembar surat berisi penugasan kepada Wakil Bupati, Dyah Hayuning Pratiwi.

Tiwi mendapat amanah menjadi Pelaksana Tugas Bupati paska Tasdi ditetapkan sebagai tersangka penerima suap oleh KPK. Untuk sementara, kewajiban yang diembannya hampir sama dengan pejabat definitif.

"Secara de facto (tugas Plt) mulai saat Bupati berhalangan sementara. Nah, formalnya hari ini," kata Heru.

Tugas Plt tersebut akan bertahan sampai status hukum Tasdi berkekuatan hukum tetap. Jika bebas, dia akan direhabilitasi nama dan status jabatannya. Tetapi jika statusnya terpidana, Tiwi bakal menjadi Bupati definitif.

Operasi tangkap tangan oleh KPK di Purbalingga, mau tidak mau berefek secara psikologis pada pegawai Pemkab. Meski demikian, Heru meminta agar pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan maksimal.

Untuk itu, dia meminta Plt Bupati bisa berdiri tegap dan tanpa ragu-ragu menjalankan tugasnya. Di hadapan Tiwi, Heru menegaskan, "Wabup tidak kerja sendirian."

Tiwi yang berada disamping Heru nampak mendengarkan dengan seksama. Wajahnya tertunduk sambil sesekali mengangguk dan melipat bibir.

"Dengan mengucapkan Bismillahirahmannirrahim mulai hari ini saya siap menjalankan tugas sebagai Pelaksana Tugas Bupati Purbalingga," ujar Tiwi.

Perempuan Pertama

Dalam sejarah Purbalingga, meski sebatas Plt, Tiwi merupakan perempuan pertama yang memegang kendali pemerintah kabupaten. Dia lahir pada 11 April 1987, usianya tergolong muda dibanding para Bupati lain saat pertama kali menjabat.

Riwayat pendidikannya pun cukup prestisius. Lulus dari SMA Negeri 8 Jakarta, pada 2005 ia melanjutkan pendidikan Sarjana Ilmu Ekonomi Kelas Internasional, Universitas Indonesia.

Diwisuda pada 2010, Tiwi selanjutnya mendapat gelar Bachelor of Economics with Major In International Trade and Finance, The University of Queenland Australia.

Terkait penangkapan Tasdi, Budi mengaku prihatin dan di luar perkiraan. Dia juga menyatakan tidak ada bangga yang berlebih atau ujub pada cerita masa lalu.

"Jabatan Bu Tiwi alamiah saja, karena memang beliau adalah wakil Bupati, ketika Bupati berhalangan sementara, pasti jadi Plt," katanya.

Meski demikian, Yayasan Arsakusuma meminta Tiwi menjadi pemimpin yang amanah. Dapat menyelesaikan sisa jabatan dengan sebaik-baiknya.

Pesan yang sama disampaikan untuk keturunan Arsantaka yang menjabat Ketua Komisi IV DPRD Purbalingga, R Bambang Irawan. "Pemimpin harus dibarengi rasa tanggung jawab dan selama tidak melenceng Insya Allah selamat," ujarnya.

Trah Pendiri Purbalingga

Plt Gubernur Jateng serahkan surat penugasan Pelaksana Tugas Bupati untuk Wakil Bupati, Dyah Hayuning Pratiwi. (Dok. Dinkominfo Purbalingga/Galoeh Widura)

Bisa dikatakan Tiwi telah akrab dengan lingkungan Pemkab. Sebab, dia adalah putri sulung mantan Bupati Purbalingga dua periode 2000 - 2010, Triyono Budi Sasongko.

Di samping itu, dia keturunan Kyai Arsantaka yang bernama kecil Arsakusuma, pendiri Kabupaten Purbalingga. Arsantaka adalah putra Kyai Wanakusuma II (Kyai Rindik) dan cucu dari Wanakusuma II (Kyai Ageng Giring IV).

Wanakusuma II ialah keturunan Kyai Ageng Giring, leluhur raja-raja Mataram Islam. Meski terpaut beberapa abad, jika Tiwi resmi menempati rumah dinas Bupati nanti, seakan 'wahyu keprabon' turun seperti masa itu.

Tiwi merupakan keturunan Arsantaka dari garis Ibunya, RR Ina Ratnawati. Dia putri R Subagio Wiryo Saputro yang merupakan cucu dari Dipokusumo ke V atau Bupati Purbalingga ketujuh yang memerintah pada 1883-1899.

Selengkapnya, Bupati Purbalingga Trah Arsantaka dari Bupati pertama ialah Dipayuda III, Dipokusumo I, Brotosoediro, Dipokusumo II, Dipokusumo III, Dipokusumo IV. Selanjutnya, Dipokusumo V, Dipokusumo VI, dan Bupati kesembilan, Aryo Soegondo.

"Dulu, jabatan turun sesuai silsilah, umumnya pada garis patrilineal dan jatuh kepada keturunan yang telah siap," tutur Ketua Yayasan Arsakusuma, R Budi Setiawan.

Saat Dipayuda III menjabat Ngabehi Karanglewas (1728), ayahnya atau Arsantaka memberi nasehat agar pusat pemerintahan di pindah dari Karanglewas (wilayah Kecamatan Kutasari saat ini) ke Desa Purbalingga. Pusat pemerintahan berupa rumah, pendapa, kantor pemerintahan, serta alun-alun dibangun pada 1759.

Setelah itu, Dipayuda III menjadi Bupati pertama Purbalingga dengan gelar Raden Tumenggung. Sedangkan pusat pemerintahan yang dibangun merupakan cikal bakal kompleks kantor pemerintah saat ini.

Kala Dipayuda III memimpin, Purbalingga masih di bawah Kadipaten Wirasaba. Baru setelah perang Diponegoro usai dan wilayah 'Mancanegara Kulon' dikuasai Belanda, tepatnya 18 Desember 1830 status pemerintahan beralih menjadi Kabupaten.

"Hari lahir Purbalingga ditetapkan sesuai peralihan status pemerintahan itu, meski sebenarnya kurang tepat," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suka Musik Metal, De Gea Dibenci Pemain MU

Posted: 08 Jun 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - David De Gea mengaku bisa terusir dari ruang ganti MU sewaktu-waktu. Namun itu bukan karena penampilannya yang menurun tetapi karena selera bermusiknya.

De Gea merupakan kiper andalan MU sejak bergabung tahun 2011. Khusus musim lalu ia mampu membuat 18 clean sheet.

Tak heran kiper asal Spanyol itu pun terpilih menjadi pemain terbaik klub musim lalu. Ia juga menjadi pemain favorit pilihan rekan-rekannya sendiri pada musim yang sama.

Namun untuk urusan musik, De Gea ternyata tidak disenangi pemain lain. Maklum, ia lebih suka dengan musik metal seperti Avenged Sevenfold dan Metallica.

Sementara mayoritas pemain MU lain lebih suka mendengarkan musik rap atau hip-hop.

 

 

Komentar De Gea

Kiper Manchester United, David De Gea, mengamankan bola saat melawan Liverpool pada laga Premier League di Stadion Old Trafford, Manchester, Sabtu (10/3/2018). MU menang 2-1 atas Liverpool. (AFP/Oli Scarff)

"Ya, saya selalu memutar musik keras-keras. Dan sangat benar jika saya bisa diusir dari ruang ganti oleh pemain lain," kata De Gea seperti dilansir Mirror.

"Saya mendapat banyak kritik terkait musik yang saya putar. Mereka selalu mengeluh ketika saya putarkan musik metal," ucapnya.

"Saya tahu mereka lebih suka musik hip-hop. Namun tak ada salahnya jika saya menyelipkan musik metal."

Cekcok

1. David De Gea (Manchester United) – Kiper 27 tahun ini mencatatkan clean sheet terbanyak di Premier League musim ini dengan 15 kali. Penampilan apik pria asal Spanyol itu membuatnya disebut-sebut sebagai kiper terbaik liga Inggris. (AFP/Glyn Kirk)

Kebencian pemain lain pada selera musik De Gea dibenarkan oleh Ashley Young. Bek kiri MU itu bahkan mengaku sering cekcok dengan sang kiper.

"Setiap kali lagu metal diputar, pemain lain saling pandang dan mulai meninggalkan ruang ganti. Selera musik De Gea sangat gila," ujar Young.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Konyol Kim Jong-un KW dan Donald Trump KW Jelang KTT di Singapura

Posted: 08 Jun 2018 09:00 PM PDT

Kim Jong-un KW bernama Howard X dan Donald Trump KW, Dennis Alan berpelukan saat bertemu di Merlion Park, Singapura (8/6). Duo peniru itu melakukan aksi publisitas menjelang KTT Korea Utara - Amerika Serikat. (AP/Wong Maye-E)

Kim Jong-un KW bernama Howard X dan Donald Trump KW, Dennis Alan berpelukan saat bertemu di Merlion Park, Singapura (8/6). Duo peniru itu melakukan aksi publisitas menjelang KTT Korea Utara - Amerika Serikat. (AP/Wong Maye-E)

Kim Jong-un KW bernama Howard X dan Donald Trump KW, Dennis Alan memberi keterangan kepada awak media di Merlion Park, Singapura (8/6). (AP/Wong Maye-E)

Kim Jong-un KW bernama Howard X dan Donald Trump KW, Dennis Alan memberi keterangan kepada awak media di Merlion Park, Singapura (8/6). (AP/Wong Maye-E)

Kim Jong-un KW bernama Howard X dan Donald Trump KW, Dennis Alan berpose untuk foto bersama di Merlion Park, Singapura (8/6). Donald Trump dan Kim Jong-un akan mengadakan pertemuan bersejarah mereka di Pulau Sentosa. (AP/Wong Maye-E)

Kim Jong-un KW bernama Howard X dan Donald Trump KW, Dennis Alan berpose untuk foto bersama di Merlion Park, Singapura (8/6). Donald Trump dan Kim Jong-un akan mengadakan pertemuan bersejarah mereka di Pulau Sentosa. (AP/Wong Maye-E)

Kim Jong-un KW bernama Howard X dan Donald Trump KW, Dennis Alan berpose untuk foto bersama di Merlion Park, Singapura (8/6). (AP/Wong Maye-E)

Kim Jong-un KW bernama Howard X dan Donald Trump KW, Dennis Alan berpose untuk foto bersama di Merlion Park, Singapura (8/6). (AP/Wong Maye-E)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meme Yang Lucu dan Menarik Tentang THR

Posted: 08 Jun 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang mau mendapatkan THR sebesar 1 Milliar?

Meme THR

Brilio/frs

Biasanya kejadian di akhir-akhir mau lebaran nih. Emak siapa itu ya?

Meme THR

Brilio/frs

Ini dia ekspresi dari om Thanos sebelum dan sesudah mendapat THR. Apakah ekspresi anda juga begitu?

Meme THR

Brilio/frs

Nah, silahkan dipilih THR seperti apa yang anda inginkan di lebaran kali ini.

Meme THR

Brilio/frs

Bagaimana perasaan anda saat anda dengan semangat berangkat dari rumah ke ATM kemudian yang anda dapati hanyalah hal seperti ini? Sakit bukan? tapi gak berdarah.

Meme THR

Brilio/frs

Nah, pacar siapa ini hayoloo, ayo buruan dilamar ya kalau THR nya sudah turun, kasian mbaknya, yang sabar ya mbak.

Meme THR

Brilio/frs

Mungkin ini adalah jawaban atas pertanyaan anda semua tentang mengapa THR and tidak kunjung cair. Masih OTW boss!

Meme THR

Brilio/frs

Kasihan ya mas nya belum punya baju lebaran sampe nangis kayak gitu mukanya. Siapa yang THR nya juga belum turun?

 

 

Sumber: Kapanlagi

Reporter: Ferry Sanjaya

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tali Helm Kendor, Pemotor di Perth Didenda Rp 5,8 Juta

Posted: 08 Jun 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Perth - Julian Collis sedang mengendarai sepeda motor di pinggiran kota Malaga di utara Perth, Australia Barat ketika dia diperintahkan untuk menepi oleh dua petugas polisi dengan alat radar kecepatan kendaraan.

Collis mengatakan pada awalnya ia menduga ia hanya akan menerima pelanggaran kecil, tapi ia sangat terkejut ketika ia dikenakan denda sebesar $ 550 atau setara Rp 5,8 juta.

Ini merupakan denda yang ditetapkan oleh Komisi Keselamatan Jalan akibat pengemudi motor tidak menggunakan helm pelindung yang sesuai standar keselamatan.

Dia mengatakan, kedua petugas itu telah menghentikannya sebelum memintanya untuk memeriksa mesinnya untuk menilai seberapa cepatnya ia telah memacu sepeda motornya.

"Saya mengatakan, "apakah saya mengebut? Dan mereka berkata, tidak. Dia tidak mendenda saya karena tingkat kecepatan motor saya, tetapi dia kemudian memeriksa sepeda motor saya."

Julian Collis mengklaim bahwa dia sengaja ditargetkan oleh polisi dengan kasus sepele ini.

"Sepertinya dia mencari-cari sesuatu agar saya bisa dinyatakan bersalah," katanya, seperti dikutip dari ABC News, Jumat (8/6/2018).

"Rekannya yang berdiri di sana bersamanya menunjukkan kepadanya bahwa tali helm saya sepertinya tidak dipasang dengan benar. Helm saya terlihat sangat terbuka. Saya bilang ini konyol, dan mereka berkata, 'Yah, kita akan bertemu di pengadilan'."

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Tolak Didenda

Ilustrasi (iStock)

Julian Collis mengaku, dirinya sengaja mengendurkan tali helm di dagunya untuk berbicara dengan petugas.

"Saya berkata kepada mereka, 'saya hanya menariknya sedikit longgar untuk berbicara dengan kalian'.

"Mereka berkata, 'kami kira tidak demikian kejadiannya, kami pikir tali helm itu terlalu longgar, saya akan mendenda Anda'," katanya.

"Saya pikir mereka akan meminta saya mengencangkan tali helm saya dan melanjutkan perjalanan saya. Saya sopan, saya tidak mencari masalah," tegasnya.

Ayah dari tiga anak itu mengatakan dirinya menolak denda itu dan tidak akan membayar denda tersebut.

Juru bicara kepolisian WA mengatakan bahwa pihaknya tidak dapat mengomentari kasus tertentu, siapa pun yang membantah pemberitahuan pelanggaran lalu lintas dapat menentang keputusan di pengadilan.

"Jika orang itu yakin mereka ditargetkan secara tidak adil, mereka dapat mengajukan keluhan melalui pengaduan polisi dan pusat administrasi. Masalah ini akan ditinjau oleh seseorang yang independen dari unit bisnis petugas yang melanggar."

Julian Collis mengatakan dia telah menulis kepada polisi dan menjelaskan bahwa dirinya tidak bersedia membayar denda itu.

"Saya tidak ingin membesar-besarkan masalah ini dan kemudian didenda karena tidak membayar denda yang sebenarnya. Saya pikir saya telah menjelaskan posisi saya dalam surat itu, kita harus melihat apa yang terjadi," tandasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Yudi Latif Mendadak Mundur, Ada Apa?

Posted: 08 Jun 2018 09:00 PM PDT

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengguna Instagram Kini Bisa Share Ulang Stories Teman

Posted: 08 Jun 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Instagram terus merilis fitur baru untuk Stories. Kali ini, fitur barunya adalah @mention sharing, yang cara kerjanya mirip seperti retweet pada Twitter.

Dikutip dari keterangan resmi Instagram, Sabtu (8/6/2018), cara kerja fitur baru ini cukup sederhana.

Ketika seseorang mention (menyebutkan) kamu di Stories, maka kamu akan menerima notifikasi di Direct Message seperti biasanya. Namun, kali ini ada yang berbeda dengan tambahan opsi baru.

Ketika kamu melihat foto atau video tersebut di Direct Message, ada opsi baru dengan keterangan "Add This to Your Story", agar kamu juga bisa mengunggahnya secara langsung di Stories pribadi.

Instagram rilis fitur @mention sharing (Foto: Instagram)

Setelah di-tap, sistem Instagram akan mengunggah foto atau video tersebut di akun kamu.

Sebelum diunggah, kamu bisa mengubah ukuran dan posisinya, serta menambahkan tool kreatif seperti teks atau stiker.

Instagram rilis fitur @mention sharing (Foto: Instagram)

Sayangnya, fitur ini tidak bisa digunakan oleh pengguna dengan akun private.

"Ketika follower kamu melihat story tersebut, nama pemilik awal akan terlihat dan bisa di-tap, sehingga orang-orang juga bisa melihat profil teman kamu. Namun, hanya akun publik yang bisa di-share ulang," jelas Instagram.

Fitur baru ini sudah tersedia untuk perangkat berbasis iOS dan Android. Namun, pengguna harus memperbarui aplikasi Instagram terlebih dahulu dengan mengunduh versi 48 di Play Store dan App Store.

Instagram Bakal Rilis Fitur Video Baru pada 20 Juni 2018

Ilustrasi Instagram (AP Photo/Marcio Jose Sanchez)

Di luar dari fitur @mentio sharing,  Instagram dilaporkan sedang bersiap mengumumkan fitur video baru dengan durasi lebih panjang, yang akan menjadi kompetitor YouTube dan Snapchat Discover.

Berdasarkan laporan baru, pengumuman fitur ini dijadwalkan pada 20 Juni 2018.

Dikutip dari Tech Crunch, Jumat (8/6/2018), sejumlah sumber mengatakan bahwa Instagram akan menghadirkan ruang khusus untuk menampilkan berbagai acara dan video musik, yang sebagian besar dalam bentuk vertikal, full-screen dan resolusi 4K.

Pihak Instagram telah bertemu dengan sejumlah bintang populer media sosial dan penerbit konten, untuk menemukan cara agar channel video mereka bekerja dengan baik di aplikasi tersebut. 

Konten video Instagram ini tidak seperti acara dari Netflix Originals atau dengan kualitas HBO. Namun, fitur baru ini akan lebih fokus seperti video-video seperti yang dibuat oleh kreator YouTube.

Instagram Sempat Eror

Ilustrasi Instagram Stories (iStockPhoto)(AP Photo/Marcio Jose Sanchez)

Terlepas dari rencana kehadiran fitur baru, Instagram beberapa hari lalu sempat eror dan dikeluhkan oleh banyak penggunanya.

Laporan tentang masalah pada aplikasi Instagram banyak beredar di ranah maya, termasuk jejaring sosial Twitter. Berdasarkan laporan Down Detector pada Selasa (5/6/2018), keluhan terkait aplikasi Instagram memang cukup meningkat dalam beberapa jam terakhir.

Laporan tersebut sebagian besar berasal dari wilayah Amerika Utara dan Amerika Selatan. Sejumlah pengguna Instagram di Indonesia juga mengalami masalah serupa.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, memang tak seluruh pengguna aplikasi Instagram mengalami masalah ini. Sebagian besar melaporkan aplikasi Instagram miliknya masih dapat diakses.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPAI Berharap Suasana Mudik 2018 Lebih Ramah Anak

Posted: 08 Jun 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), berharap, mudik Lebaran tahun ini lebih ramah terhadap anak-anak. Karena itu, KPAI meminta pemerintah, baik pusat maupun daerah, bisa memberikan jaminan keselamatan agar perjalanan pulang ke kampung halaman lebih menyenangkan, termasuk buat si Kecil.

"Meminta pemerintah, pemerintah daerah, aparat dan penyedia transportasi mudik lebaran untuk memberikan jaminan keselamatan dan layanan yang handal, agar masyarakat termasuk anak dapat melangsungkan mudik lebaran dengan aman dan nyaman," ujar Ketua KPAI, Susanto dalam keterangan tertulis yang diterima Dream.co.id, Jumat 8 Mei 2018.

Pihak KPAI pun meminta pada para pengelola bandara, stasiun, terminal pelabuhan serta resta area meningkatkan keamanan. Hal ini demi mengurangi hal-hal yang membahayakan anak. Penyedia layanan transportasi juga harus memastikan kendaraanya layak digunakan untuk angkutan mudik lebaran.

"Bagi para pemudik yang akan menggunakan mobil pribadi, pastikan mobil dalam keadaan prima," ungkap Susanto.

Posko Mudik Ramah Anak

Penting juga untuk disediakan posko-posko mudik ramah anak dengan fasilitas air bersih, layanan kesehatan, makanan dan minuman yang aman. Termasuk area bermain untuk anak.

"Orangtua wajib memberikan perhatian khusus terhadap keselamatan, kenyamanan dan kesehatan anak saat perjalanan mudik berlangsung. Siapkan obat-obatan atau vitamin yang diperlukan," kata Susanto.

Ia meminta para orangtua untuk tidak membawa anaknya mudik menggunakan sepeda motor. Hal ini karena tingkat risiko kecelakaannya cukup tinggi. Anak juga bisa merasa kelelahan dan tidak nyaman berjam-jam berada di motor menempuh perjalanan jauh. Kesehatannya bisa terancam.

Apabila mudik menggunakan angkutan umum, upayakan anak agar jangan sampai berdesakan dengan penumpang lain. "Perhatikan juga sirkulasi udara dalam bis, kenyamanan tempat duduk dan minta supir untuk tidak ugal-ugalan sepanjang perjalanan," ujar dia.

Jangan lupa untuk membawa mainan, buku atau benda favorit anak. Hal ini agar anak tetap ceria selama di perjalanan.

 

Penulis : Muhammad Ilman Nafi'an / Dream.co.id

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wajah Bersih dan Cerah Alami di Hari Lebaran? Ini Tipsnya

Posted: 08 Jun 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setelah sebulan penuh berpuasa, Lebaran menjadi momen kemenangan yang patut dirayakan bersama keluarga. Ketika hari Lebaran tiba, tentu ada sesuatu yang baru dari dalam diri Anda. Anda akan merasa seperti terlahir kembali dengan penampilan yang baru.

Semua orang, terutama wanita menginginkan penampilan yang cantik namun tetap alami ketika hari Lebaran. Anda bisa mendapatkan wajah cerah dan bersih dengan mengikuti beberapa tips berikut ini. Apa saja?

1. Rutin menggunakan skincare

Ilustrasi wajah cantik (iStockphoto)

Banyak wanita yang masih mengabaikan kebaikan skincare untuk kulit. Padahal kulit perlu dirawat akan kelembapan dan kesehatannya tetap terjaga. Anda hanya perlu membersihkan wajah dan menggunakan pelembap dua kali sehari pada pagi dan malam hari. Ini akan membuat wajah Anda selalu terhidrasi .

2. Gunakan tabir surya

Sinar UV bukan hanya berasal di sinar matahari. Lampu di ruangan pun juga memancarkan sinar UV. Untuk itu gunakan selalu tabir surya yang mengandung SPF untk menangkal kulit dari keriput dan noda hitam.

3. Eksfoliasi

Ilustrasi Kecantikan (iStockphoto)​

Kulit mati yang menumpuk akan membuat tampilan lebih kusam. Untuk itu, lakukan eksfoliasi sebanyak satu hingga dua kali seminggu untuk membersihkan kulit dari sel kulit mati dan noda membandel.

4. Serum sesuai kebutuhan kulit

Carilah serum wajah yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Kini terdapat banyak jenis serum untuk kulit kering, bahkan untuk mencegah penuaan.

5. Masker wajah

Sebagai sentuhan akhir, Anda perlu melakukan masker wajah satu hingga dua kali seminggu. Sehingga kulit tampak sehat dan kenyal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ribuan Tenaga Medis Disebar di Jalur Mudik Karawang

Posted: 08 Jun 2018 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyebar ribuan tenaga medis untuk ditempatkan pada 19 pos pelayanan kesehatan di jalur mudik wilayah Karawang.

"Ada 19 pos pelayanan kesehatan yang disiapkan pada musim mudik Lebaran tahun ini," kata Kepala Dinas Kesehatan setempat Yuska Yasin, di Karawang, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (9/6/2018).

Ia mengatakan, sebanyak 19 pos pelayanan kesehatan itu terdiri atas 17 pos pelayanan kesehatan pembantu dan dua pos pelayanan kesehatan utama.

Untuk pos pelayanan kesehatan utama dibangun di wilayah Tanjungpura atau di titik perbatasan Bekasi-Karawang serta dibangun di Simpang Jomin.

"Tenaga medis yang kami siapkan sebanyak 1.964 orang, termasuk bidan juga dilibatkan," kata dia.

Yuska menuturkan, ribuan tenaga medis yang bertugas di pos pelayanan kesehatan wilayah Karawang disiapkan untuk melayani gangguan kesehatan yang dialami pemudik atau petugas pengatur arus lalu lintas.

"Untuk gangguan kesehatan ringan akan ditangani langsung di pos pelayanan kesehatan. Sedangkan jika pemudik mengalami gangguan kesehatan berat, maka akan dirujuk ke sejumlah rumah sakit sekitar Karawang," kata dia.

Sementara keterlibatan bidan, kata Yuska, untuk mengantisipasi jika ada pemudik yang melahirkan di tengah perjalanan.

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cuitan Pilu Sang Pacar Usai Chef Anthony Bourdain Tewas Bunuh Diri

Posted: 08 Jun 2018 08:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabar meninggalnya Anthony Bourdain memang mengejutkan banyak pihak. Ia ditemukan tewas di kamar hotelnya di Strasbourg, Prancis pada Jumat (8/6/2018) waktu Prancis. Anthony Bourdain diduga meninggal karena bunuh diri.

Sosok pembawa acara CNN itu begitu membekas di hati keluarga, teman, bahkan bagi sang kekasih, Asia Argento. Menanggapi kabar kematian Anthony Bourdain, Asia pun menunggah sebuah tulisan di twitter pribadinya.

Sosok Chef Anthony Bourdain di Mata Sang Pacar

Anthony Bourdain (Evan Agostini/Invision/AP)

Asia Argento pun menggambarkan sosok Anthony yang begitu luar biasa.

"Ia telah memberikan dirinya dalam setiap hal yang ia lakukan. Anthony adalah sosok brilian, semangat tidak kenal takut, dan menginspirasi banyak orang, kemurahan hatinya tidak mengenal batas.

Sosok Chef Anthony Bourdain di Mata Sang Pacar

Anthony Bourdain ((AP Photo/Evan Agostini)

Asia Argento sendiri merupakan seorang aktris kelahiran Italia. Dia pertama kali bertemu dengan Anthony Bourdain ketika ia tampil dalam sebuah episode di CNN Travel Series. Ketika itu pengambilan gambar dilakukan di Roma sepanjang season 8. Ia pun akhirnya menjalin hubungan dengan Anthony Bourdain selama dua tahun, sebelum akhirnya Anthony bunuh diri.

Sebelum kematian Anthony Bourdain, Asia Argento membagikan unggahan di media sosial bahwa ia menyutradarai episode terbaru dari Parts Unknown yang dilakukan di Hong Kong. Terlihat bahwa Asia Argento dan Anthony Bourdain melakukan shooting di atas Star Ferry menuju Kowloon pada malam hari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hajar Cavaliers, Warriors Juara NBA 2017-2018

Posted: 08 Jun 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Cleveland- Golden State Warriors berhasil mempertahankan gelar juara NBA. Pada final musim 2017-2018, Warriors menyapu bersih Cleveland Cavaliers 4-0. Di gim keempat, Warriors menang 108-85, Jumat (8/6/2018) atau Sabtu (9/6/2018) pagi WIB.

Bermain di Quicken Loans Arena, Warriors tak mau menyia-nyiakan kesempatan untuk mengakhiri perlawanan Cavaliers di gim keempat. Warriors langsung tancap gas di kuarter pertama. 

Warriors mampu unggul sembilan poin 34-25 di akhir kuarter pertama berkat penampilan menawan point guard Stephen Curry. Pemilik nomor punggung 30 ini sudah melesakkan dua tembakan tiga angka di kuarter pertama.

Cavaliers mencoba bangkit di kuarter dua. Dimotori LeBron James, Cavs sempat mengejar dan bahkan berbalik unggul setrengah bola di pertengahan kuarter dua.

Namun duet Curry dan Durant kembali membuat Warriors menjauh dan menutup kuarter dua dengan tetap unggul sembilan poin.

Curry Dominan

LeBron James berduel dengan Stephen Curry (AP)

Memasuki kuarter tiga, Warriors seperti biasa kembali mengamuk. Warriors makin meninggalkan Warriors setelah melesakkan 25 poin berbanding 13.

Warriors terus memperlebar margin keunggulan di kuarter empat. Pasukan Steve Kerr sempat memimpin hingga 28 poin. Para pemain Cavaliers makin frustrasi dan sulit bangkit. Warriors menutup gim keempat dengan 108-85.

Curry menjadi bintang kemenangan Warrior sdi gim keempat dengan mencetak 37 poin. Durant menyusul dengan 20 poin. Sedangkan di kubu Cavaliers, LeBron membuat 23 poin, delapan assists dan tujuh rebound.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Memilih Oleh-Oleh Untuk Mudik Lebaran

Posted: 08 Jun 2018 08:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tak terasa sebentar lagi bulan Ramadan akan berakhir. Bagi anda yang berencana mudik ke kampung halaman, setidaknya bawakanlah mereka buah tangan atau yang biasa disebut oleh-oleh. Kali ini vemale akan membagikan tips dalam mempertimbangkan oleh-oleh apa saja yang seharusnya anda beli. Simak tips-tips berikut.

Tentukan budget

Berapa dana yang kamu miliki untuk oleh-oleh? Dana yang Anda persiapkan akan sangat berpengaruh pada oleh-oleh apa yang akan Anda beli. Saat lebaran, pengeluaran pasti akan sangat banyak. Jika dana tidak mencukupi, jangan memaksakan diri. Toh, kehadiran Anda dan keluarga yang sehat sudah menjadi oleh-oleh terbaik bagi keluarga di kampung.

Oleh-oleh khas daerah

Jika kerja dan tinggal di luar kota yang jauh dari orangtua, bawa makanan khas dari daerah Anda. Cara ini lebih spesial, karena oleh-oleh khas daerah pasti tak ada di daerah lain kecuali daerah penghasil makanan khas tersebut. Jika bukan makanan, bisa saja kerajinan khas daerah, seperti misalnya kain batik, songket dan lain sebagainya. 

Siapa saja yang menerima oleh-oleh

Hal ini juga perlu ditentukan, karena menentukan berapa banyak barang yang harus Anda beli. Membagi oleh-oleh dengan adil dan merata tentu diperlukan. Kecuali jika keluarga memiliki satu rumah khusus tempat berkumpul bersama dan oleh-oleh dapat dibagikan pada saat itu. Karena itulah, oleh-oleh berupa makanan lebih tepat. 

Oleh-oleh khusus untuk orangtua

Jika Anda akan menemui orang tua dan ingin membelikan oleh-oleh khusus yang lebih 'wah' dibandingkan oleh-oleh yang Anda berikan untuk anggota keluarga yang lain, silahkan Anda masukkan dalam rencana. Asal budget ada dan mencukupi.  

Nah, kini tak susah lagi kan menentukan oleh-oleh apa yang kemungkinan ingin Anda belikan untuk orangtua dan saudara di kampung halaman?

Sumber: Vemale

Reporter: Febi Anindyakirana

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kabar Cedera Saat Wamil, Begini Kondisi Terakhir Jun.K 2PM

Posted: 08 Jun 2018 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Seoul: Sebuah insiden dikabarkan terjadi, membuat Jun.K terluka. Laporan dari media Kyunghyang, menyebutkan, Jun.K mengalami kelumpuhan saraf wajah di sisi kanan bawah.

Dalam kabar tersebut diungkapkan, Jun.K mulai menunjukkan gejala tersebut di keningnya selama pelatihan.

Bahkan, Jun.K juga sempat mendapatken perawatan hingga operasi di bagian wajah.

Agensi yang mengasuh Jun.K, JYP Entertainment, sempat memberikan konfirmasi, membenarkan Jun.K mengalami cedera.

Bukan Kelumpuhan Wajah

Jun.K (Foto: Soompi.com)

Jun.K tidak menderita kelumpuhan pada saraf wajah, melainkan cedera di bagian bahu, diwartakan Naver, baru-baru ini. Saat ini, kondisinya baik-baik saja.

Konfirmasi Lengkap

Jun.K (Foto: Soompi.com)

Perwakilan dari JYP Entertainment mengtakaan, "Halo, ini JYP Entertainment. Kami menulis untuk memberikan konfirmasi setelah memeriksa dengan unit Angkatan Darat dan Jun.K secara langsung."

Cedera Bahu

Jun.K 2PM (Foto: Soompi.com)

"Setelah Jun.K masuk pelatihan, ia merasa sakit di bahunya. Ia memeriksakan diri ke rumah sakit Angkatan bersenjata dan menerima pengobatan. Saat ini, ia baik-baik saja," wakil dari JYP Entertainment menambahkan.

Pemimpin

Jun.K `2PM` (Foto: allkpop.com)

Jun.K mendaftarkan diri Mei 2018, terpilih antara sesama anggota sebagai pemimpin. Ia berhasil dengan nilai yang bagus, termasuk ujian tertulis. Akhirnya, ia mendapatkan kesempatan sebagai contoh yang baik bagi rekan-rekannya yang lain di militer.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kurangi Angka Kecelakaan, 206 Ribu Orang Ikut Mudik Bareng BUMN

Posted: 08 Jun 2018 08:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno melepas keberangkatan pemudik dalam Program Mudik Bareng BUMN 2018 di Ancol, Jakarta, Sabtu (9/6/2018). Pelaksanaan Mudik Bareng BUMN untuk yang ke-empat kali oleh Kementerian BUMN ini melibatkan 62 BUMN dengan 177 kota tujuan baik di wilayah barat maupun wilayah timur Indonesia.

Rini mengungkapkan, program Mudik Bareng BUMN 2018 merupakan salah satu wujud dari sinergi BUMN dalam melayani masyarakat. Selain sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat, Mudik Bareng BUMN bertujuan mengalihkan penggunaan sepeda motor ke moda transportasi yang relatif aman seperti, bus, kereta api dan kapal laut.

"Terima kasih kepada 62 BUMN yang sudah terlibat. Saya bangga, untuk ke-empat kalinya digelar, jumlah BUMN yang terlibat bertambah banyak. Ini merupakan komitmen BUMN dalam melayani masyarakat. Semangat sinergi seperti ini akan terus kita dorong," ungkapnya di Ancol, Sabtu (9/6/2018).

Rini juga mengapresiasi jumlah pemudik yang ikut dalam Program Mudik Bareng BUMN 2018 yang tercatat meningkat menjadi 206.209 pemudik atau naik 74,43 persen dari sebelumnya 118.220 pemudik di tahun 2017.

Sementara kota tujuan mudik pun bertambah menjadi 108 kota tujuan dari sebelumnya 84 kota tujuan di 2017.

"Saya berharap, tahun depan jumlahnya terus meningkat. BUMN yang bersinergi juga akan semakin banyak. Saya akan terus mendorong BUMN untuk terlibat dalam program-program yang secara langsung memberikan manfaat bagi masyarakat," tambah Menteri Rini.

 

Ada Banyak Pilihan

Menteri BUMN Rini Soemarno melepas keberangkatan  pemudik dalam Program Mudik Bareng BUMN 2018 di Ancol, Jakarta, Sabtu (9/6/2018). (Dwi Aditya Putra/Merdeka.com)

Tahun 2018, PT Jasa Raharja (Persero) ditunjuk sebagai Ketua Satuan Tugas Mudik Gratis Tahun 2018 melalui Surat Keputusan (SK) Menteri BUMN No: SK30/MBU/01/2018 tanggal 22 Januari 2018 tentang Pembentukan Satuan Tugas Mudik Gratis Tahun 2018.

Direktur Utama Jasa Raharja Budi Rahardjo mengatakan, untuk mengakomodasi kenaikan jumlah peminat yang bergabung dalam program mudik bersama ini, BUMN yang terlibat memberikan banyak pilihan moda transportasi bagi pemudik baik transportasi darat, laut dan udara.

Secara rinci Budi menjelaskan, jumlah bus yang dioperasikan dalam Mudik Bareng BUMN 2018 tercatat sebanyak 3.490 unit dengan jumlah pemudik sebanyak 164.412, naik dari sebelumnya 1.920 unit bus dengan jumlah pemudik tercatat 99.576 orang di 2017.

Untuk transportasi darat dengan menggunakan kereta api, tercatat jumlah kereta api yang diberangkatkan tercatat sebanyak 37 unit dengan jumlah pemudik sebanyak 11. 432, naik dari sebelumnya 11 unit dan jumlah pemudik 6.264 orang di 2017.

Untuk transportasi laut, jumlah kapal yang disediakan di 2018 tercatat sebanyak 98 unit dengan jumlah pemudik 98.008 orang, mengalami peningkatan dari sebelumnya hanya 18 unit kapal dengan 11.075 pemudik di tahun 2017.

Sementara untuk transportasi udara, jumlah pesawat meningkat menjadi 52 unit dengan jumlah pemudik sebanyak 1.360 orang, naik dari sebelumnya 24 unit dengan jumlah pemudik 1.305 orang.

"Apresiasi kami berikan kepada semua BUMN yang terlibat dalam program ini. Untuk keempat kalinya kami dipercayakan sebagai ketua satgas dan setiap tahun partisipasi BUMN selalu meninkat begitu juga minat pemudik juga terus meningkat," kata Budi.

Jika selama ini tujuan program mudik BUMN cenderung hanya ke kota-kota di Pulau Jawa dan Lampung, lanjut Budi, tapi kini kota tujuan meliputi kota di Pulau Sumatera, Kalimantan hingga Sulawesi. Untuk Pulau Jawa tercatat ada 24 kota atau meningkat tajam dari sebelumnya hanya 8 kota tujuan pada 2017, sementara untuk luar pulau Jawa tercatat ada 37 kota dari sebelumnya hanya 14 kota.

 

Fasilitas

Menteri BUMN Rini Soemarno melepas keberangkatan  pemudik dalam Program Mudik Bareng BUMN 2018 di Ancol, Jakarta, Sabtu (9/6/2018). (Dwi Aditya Putra/Merdeka.com)

Ia menambahkan, untuk menjamin kenyaman dan keamanan peserta Mudik Bareng BUMN 2018, bus yang disiapkan telah memenuhi kriteria yang telah ditentukan dan kepada para peserta mudik diberikan fasilitas antara lain bus pariwisata dengan minimal pembuatan tahun 2012. 

Perlengkapan dari bus tersebut antara lain alat kelengkapan keselamatan, fasilitas Reclining seat, AC, serta video player serta test urine dan sosialisasi keselamatan kepada pengemudi dan rampcheck untuk bus yang digunakan.

Sementara untuk kapal, disediakan toilet bersih, anjungan terminal penumpang yang nyaman, musholla, hingga area parkir serta diberi kemudahan pengaturan jadwal keberangkatan saat mudik dan balik dengan pembelian tiket online.

Di sela-sela acara, Menteri Rini juga mengecek kesiapan bus-bus yang akan diberangkatkan sebagai bentuk dukungan bagi kenyamanan dan keselamtan bagi pemudik. Tak lupa, Menteri Rini menyalami para pemudik dan mengajak foto Bersama.

"Kami berharap program mudik gratis ini dapat memberi berkah dan manfaat bagi masyarakat dan di tahun-tahun berikutnya program ini dapat terus dilanjutkan," tegas Rini.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Bali United Vs Persipura: Bertekad Perbaiki Peringkat

Posted: 08 Jun 2018 08:30 PM PDT

Bola.com, Gianyar - Bali United bertekad meraih kemenangan saat menjamu Persipura Jayapura pada pekan ke-13 Go-Jek Liga 1 bersama BukaLapak. Laga ini akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Sabtu (9/6/2018).

Bali United hanya meraih dua poin dari tiga laga terakhir. Bermain di depan Semeton yang memadati stadion, Serdadu Tridatu tentu ingin mempersembahkan kemenangan setelah hanya meraih satu poin di laga kandang terakhir kontra Persib Bandung (27/5/2018).

Transisi permainan menjadi satu hal yang jadi fokus Bali United untuk mempersiapkan diri menghadapi Persipura. Selain itu, kombinasi permainan di area pertahanan lawan, menjadi sesuatu yang terus dibenahi agar Ilija Spasojevic dkk. bisa menembus lini pertahanan tim Mutiara Hitam.

"Kami sudah mempersiapkan diri jelang laga kontra Persipura. Ada beberapa hal yang kami evaluasi, termasuk transisi dari menyerang ke bertahan. Kami juga ingin meningkatkan kombinasi di depan gawang lawan karena banyak peluang yang sering terbuang," ujar Widodo.

"Kami tahu Persipura tim yang solid, tapi kami juga tak ingin pemain menahan untuk keluar menyerang karena kami bermain di kandang. Saya berharap pemain memberikan kemampuan terbaik di pertandingan ini," lanjut Widodo.

Kemenangan menjadi hal wajib untuk Bali United. Selain untuk memperbaiki peringkat sebelum jeda kompetisi, kemenangan akan menjadi hadiah untuk masyarakat Hindu di Bali yang merayakan Hari Raya Kuningan.

Persipura Harus Lebih Konsentrasi

Pemain Persipura Jayapura saat melawan Persija Jakarta pada lanjutan Liga 1 Gojek bersama Bukalapak di Stadion Pakansari, Bogor, (25/5/2018).  Persija menang 2-0. (Bola.com/Nick Hanoatubun)

Persipura Jayapura datang ke Gianyar dengan catatan hasil yang sama persis seperti Bali United dalam tiga pertandingan terakhir, yaitu satu kali kalah dan dua hasil imbang.

Bali United saat melawan Madura United di Stadion Gelora Bangkalan, Bangkalan (3/6/2018). (Bola.com/Aditya Wany)

Pelatih Persipura, Peter Butler, merasa Persipura harus meningkatkan konsentrasi pemain yang kerap menjadi masalah sehingga Mutiara Hitam gagal meraih kemenangan, seperti ketika menjamu PSM Makassar di laga terakhir (4/6/2018).

Konsentrasi pemain memang menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan Peter Butler. Menurutnya, kesalahan tersebut sudah sering kali dilakukan timnya.

Situasi tersebut membuat Butler, melakukan pembenahan. Pemai dituntut tak hilang fokus ketika 10 menit jelang pertandingan berakhir.

"Kami sadar pemain masih kurang konsentrasi saat menit akhir pertandingan. Kami beberapa kali kecolongan. Ini yang sedang kami perbaiki untuk pertandingan berikutnya," ujar Peter.

Lawatan ke markas Bali United, bakal menjadi tantangan tersendiri Persipura. Hingga saat ini Persipura belum pernah meraih kemenangan saat melakoni laga tandang di musim ini.

Prakiraan Susunan Pemain

Bali United (4-3-3): Wawan Hendrawan (kiper); I Made Andhika Wijaya, Ahn Byung-keon, Demerson Bruno, Ricky Fajrin (belakang); Fadhil Sausu, Muhammad Taufiq, Nick van der Velden (tengah); Nyoman Sukarja, Stefano Lilipaly, Ilija Spasojevic (depan)

Pelatih: Widodo Cahyono Putro

Persipura Jayapura (4-3-3): Dede Sulaiman (kiper); Yohanis Tjoe, Ricardo Salampessy, David Rumakek, Yustinus Pae (belakang); Ian Louis Kabes, Andri Ibo, Gunansar Mandowen (tengah); Hilton Moreira, Prisca Womsiwor, Marcel Sacramento (depan)

Pelatih: Peter Butler

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sempat Vakum, Nia Ramadhani Bakal Kembali Lagi ke Layar Kaca

Posted: 08 Jun 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nia Ramadhani sempat vakum dari dunia hiburan Tanah Air semenjak dipersunting oleh pengusaha Ardi Bakrie pada 1 April 2010. Dirinya kian mantap untuk rehat sejenak dari dunia hiburan. Apalagi, ia telah dikaruniai tiga orang anak Mikhayla Zalindra Bakrie, Mainaka Zanatti Bakrie, dan Magika Zalardi Bakrie.

Delapan tahun vakum, ternyata membuat Nia Ramadhani rindu. Rencananya, ia akan kembali memulai karirnya di dunia yang telah melambungkan namanya dalam waktu dekat ini. Bukan berakting dalam sebuah sinetron, Nia Ramadhani akan menjadi pembawa acara di salah satu televisi swasta bersama dengan Jessica Iskandar.

"Iya, Alhamdulillah ada acara (televisi) lagi," kata Nia Ramadhani di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Jumat (8/6/2018).

Sebelum kembali muncul di televisi, Nia Ramadhani terlebih dahulu meminta izin kepada suaminya. Beruntungnya, izin diberikan sehingga ia bisa dengan leluasa menjalani pekerjaannya.

Izin Suami

Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie foto bersama dengan putrinya (Instagram/@ramadhaniabakrie)

"Pasti aku izin dulu sama suami. Kalau enggak di izinkan juga aku enggak akan ambil lah. Untungnya pekerjaannya itu ketika suami aku kerja juga," ucapnya.

"Suami enggak apa-apa. Asal aku tahu diri saja sebagai istri. Kalau misalkan jam 6 sore kita belum pulang, pasti kan enggak bagus yah. Jadi yah aku sudah sampai rumah sekitar jam 12 dan langsung bisa urus anak," tambahnya.

Tak Memakan Banyak Waktu

Nia Ramadhani (Deki Prayoga/bintang.com)

Nia Ramadhani punya alasan mengapa mau mengambil pekerjaan tersebut. Selain tak memakan banyak waktu, pekerjaan tersebut tidak dilakukannya setiap hari.

Waktu yang Jelas

Nia Ramadhani. (Foto: instagram.com/ramadhaniabakrie)

"Cuma aku dari dulu bilang aku bakalan balik lagi ke dunia entertainment asal waktunya jelas. Nah sekarang waktunya jelas, seminggu dua kali syuting dan cuma dua jam," kata Nia Ramadhani.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Semarak Ramadan, Muslim Palestina Salat dan Berdoa di Masjid Al Aqsa

Posted: 08 Jun 2018 08:30 PM PDT

Seorang wanita Palestina berdoa di depan Kubah Shakhrah yang berada di tengah kompleks Masjid Al Aqsa, Yerusalem (8/6). Mereka memanfaatkan hari Jumat terakhir di bulan Ramadan untuk berdoa dan salat berjemaah di Masjid Al Aqsa. (AP/Mahmoud Illean)

Seorang wanita Palestina berdoa di depan Kubah Shakhrah yang berada di tengah kompleks Masjid Al Aqsa, Yerusalem (8/6). Mereka memanfaatkan hari Jumat terakhir di bulan Ramadan untuk berdoa dan salat berjemaah di Masjid Al Aqsa. (AP/Mahmoud Illean)

Jemaah muslim Palestina melaksakan salat di depan Kubah Shakhrah yang berada di tengah kompleks Masjid Al Aqsa, Yerusalem (8/6). Masjid Al Aqsa ini merupakan salah satu tempat suci dan penting bagi umat muslim. (AP/Mahmoud Illean)

Jemaah muslim Palestina melaksakan salat di depan Kubah Shakhrah yang berada di tengah kompleks Masjid Al Aqsa, Yerusalem (8/6). Masjid Al Aqsa ini merupakan salah satu tempat suci dan penting bagi umat muslim. (AP/Mahmoud Illean)

Jemaah muslim wanita Palestina melaksakan salat di depan Dome of the Rock atau Kubah Shakhrah yang berada di tengah kompleks Masjid Al Aqsa, Yerusalem (8/6). (AP/Mahmoud Illean)

Jemaah muslim wanita Palestina melaksakan salat di depan Dome of the Rock atau Kubah Shakhrah yang berada di tengah kompleks Masjid Al Aqsa, Yerusalem (8/6). (AP/Mahmoud Illean)

Sejumlah muslim wanita Palestina membaca Alquran di kompleks Masjid Al Aqsa, Yerusalem (8/6). Mereka memanfaatkan hari Jumat terakhir di bulan Ramadan untuk berdoa dan salat berjemaah di Masjid Al Aqsa. (AP/Mahmoud Illean)

Sejumlah muslim wanita Palestina membaca Alquran di kompleks Masjid Al Aqsa, Yerusalem (8/6). Mereka memanfaatkan hari Jumat terakhir di bulan Ramadan untuk berdoa dan salat berjemaah di Masjid Al Aqsa. (AP/Mahmoud Illean)

Jemaah muslim Palestina berkumpul untuk berdoa di kompleks Masjid Al Aqsa, Yerusalem (8/6). Masjid Al Aqsa ini merupakan salah satu tempat suci dan penting bagi umat muslim. (AP/Mahmoud Illean)

Jemaah muslim Palestina berkumpul untuk berdoa di kompleks Masjid Al Aqsa, Yerusalem (8/6). Masjid Al Aqsa ini merupakan salah satu tempat suci dan penting bagi umat muslim. (AP/Mahmoud Illean)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Memasuki Arus Mudik, Jumlah Penerbangan di Bandara Juanda Meningkat

Posted: 08 Jun 2018 08:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jumlah penerbangan di Bandara Internasional Juanda Surabaya pada H minus 7 Lebaran sudah mulai meningkat.

Legal and Communication Section Head PT Angkasa Pura I Juanda Surabaya Yuristo, Sabtu (9/6/2018), mengatakan peningkatan tersebut terlihat pada bertambahnya jumlah pesawat yang melintas di wilayah tersebut.

"Dari data yang ada, jumlah pesawat tercatat sebanyak 472 pesawat atau meningkat sebesar 17,7 persen dari periode sebelumnya sebanyak 401 pesawat," ujar Yuristo di Sidoarjo seperti dikutip dari Antara.

Ia mengatakan, pemudik yang menggunakan jasa angkutan udara ini juga turut meningkat yakni sebanyak 62.050 orang penumpang atau naik 13,8 persen dari sebelumnya 54.518 orang penumpang.

"Kami sudah mempersiapkan sejak jauh hari mengingat kegiatan ini merupakan acara tahunan, termasuk juga mempersiapkan pos komando untuk memudahkan pemantauan terhadap arus mudik dan juga arus balik Lebaran tahun 2018," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Beroperasi 24 Jam

Menurutnya, Bandara Internasional Juanda Surabaya akan beroperasi selama 24 jam untuk menunjang berlangsung ya arus mudik Lebaran 2018.

Pengoperasian bandara selama 24 jam tersebut berlangsung pada tanggal 7 Juni sampai dengan 24 Juni 2018.

"Seluruh petugas dan juga fasilitas yang ada di Bandara Internasional Juanda disiagakan selama 24 jam pada tanggal tersebut," ucap Yuristo.

Ia mengatakan, diperkirakan puncak arus mudik Lebaran di Bandara Juanda terjadi pada H minus 5 hingga H minus 6 yaitu pada Jumat, 8 Juni 2018 dan Sabtu, 9 Juni 2018.

"Sedangkan puncak arus balik diperkirakan terjadi pada H plus 3 sampai dengan H plus 4 yaitu pada Selasa 19 Juni 2018 dan Rabu 20 Juni 2018," kata Yuristo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mau Cuci Helm Sendiri, Ikuti Cara Mudah Ini

Posted: 08 Jun 2018 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seperti pakaian, helm semakin sering digunakan akan menjadi sarang kotoran dan keringat. Jika dibiarkan, rasa nyaman saat berkendara akan berkurang.

Karena itulah, helm perlu mendapatkan perawatan seperti dicuci. Namun, para pengendara motor kerap lalai dengan alasan terlalu sibuk dengan pekerjaan, kuliah, keluarga, dan lain-lain.

Namun, jangan khawatir, mengutip dari akun Instagram @mpmhondajatim, ada cara mencuci helm dengan mudah dan cepat.

Pertama, lepaskan busa helm. Biasanya, part ini bisa dilepas dengan mudah karena memiliki kancing. Jika tidak, coba lepaskan dengan menggunakan obeng.

 

Selanjutnya

Setelah itu, siapkan air hangat dan campur dengan detergen. Lalu, busa tadi cukup direndam selama beberapa menit sebelum akhirnya dibilas dan dikeringkan.

Untuk menjaga bentuknya, disarankan untuk tidak mengucek atau memeras busa. Apabila sudah sangat kotor, gosok perlahan dengan sikat gigi yang halus.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: