Sabtu, 02 Juni 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Komitmen Gus Ipul-Puti Angkat Budaya Lokal Jatim

Posted: 02 Jun 2018 10:28 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno (Gus Ipul-Puti) memiliki komitmen untuk melestarikan serta mengangkat budaya Jatim.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PDIP Ahmad Basarah. Menurut dia, komitmen Gus Ipul-Puti untuk mengangkat potensi kearifan budaya lokal Jawa Timur tertuang dalam visi dan misi serta sejumlah program yang diusungnya.

"Pasangan Gus Ipul dan Mbak Puti adalah figur pemimpin yang peduli dan melestarikan kearifan budaya Indonesia,"ujar Basarah.

Dia menjelaskan, bukti komitmen duet pasangan nasionalis dan religius untuk memajukan budaya kearifan lokal itu diantaranya tertuang dalam program yang diberi nama Bersinar atau Berkebudayaan Rukun dan Seniman Makmur.

"Melalui program itu, Gus Ipul dan Mbak Puti berkomitmen membuat sebuah pusat kebudayaan di Jawa Timur dengan berskala internasional. Pusat kebudayaan ini akan menjadi tempat seniman untuk menampilkan karyanya," paparnya.

Bukan hanya itu, lanjut Basarah, Gus Ipul-Puti juga memperhatikan nasib para seniman yang tak lagi produktif melalui tunjangan kesehatan.

"Selain itu, program seribu desa wisata (Seribu Dewi) dan program masyarakat melek digital (Mas Metal). Kolaborasi itu akan mampu mengangkat kearifan budaya Jawa Timur semakin dikenal di nusantara dan manca negara," kata Basarah.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Pilih yang Perhatikan Budaya Lokal

Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Basarah kemudian menyerukan agar masyarakat Jawa Timur memilih figur pemimpin yang peduli dengan kearifan budaya lokal. Menurutnya, figur tersebut ada pada Gus Ipul dan Mbak Puti.

"Jangan sampai salah memilih pemimpin. Marilah kita mendukung cucu pertama Bung Karno, Mbak Puti Guntur Soekarno sebagai wakil gubernur Jawa Timur yang peduli dan melestarikan budaya," tegas Basarah.

 

Reporter : Nanang Ichwan

Sumber  : Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DFB Jelaskan Pertemuan Ozil dengan Presiden Turki

Posted: 02 Jun 2018 10:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manajer Timnas Jerman, Oliver Bierhoff, menjelaskan soal pertemuan Mesut Ozil dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. Bierhoff menegaskan acara tersebut tidak memiliki agenda politik.

Menurutnya, kegiatan tersebut tak memiliki maksud apa-apa kecuali hanya pertemuan antara manusia yang memiliki hubungan dengan Turki.

Pada bulan Mei lalu, Ozil bersama dengan Ilkay Gundogan tampak foto bersama dengan Erdogan di kedutaan besar Turki di London. Seperti yang diketahui, Ozil dan Gundogan adalah pemain asal Jerman yang memiliki darah keturunan asal Turki.

Erdogan sendiri saat ini tengah menggalang dukungan untuk maju lagi sebagai presiden. Adapun kunjungan Erdogan ke Inggris pada bulan Mei lalu adalah untuk menggelar pertemuan dengan perdana menteri Inggris, Theresa.

Pertemuan Ozil dan Gundogan dengan Erdogan lantas menjadi perhatian Federasi Sepakbola Jerman (DFB). Mereka mengkhawatirkan dua pemain tersebut menjadi alat kampanye.

Pertemuan Biasa

Pemain CSKA Moscow Aleksei Berezutski berebut bola dengan pemain Arsenal Mesut Ozil saat pertandingan Liga Eropa di stadion Emirates, London (5/4). Arsenal menang telak 4-1 atas klub Rusia, CSKA Moskow. (AP Photo / Tim Ireland)

Namun Bierhoff yang menjabat sebagai manajer di Timnas Jerman menyatakan bahwa pertemuan Ozil dengan Erdogan tidak memiliki agenda politik apapun. Oleh sebab itu, kutukan pada Ozil harus dihentikan.

"Mesut dan Ilkay anak muda, Anda tak perlu mengutuk mereka selamanya," tutur Bierhoff jelang pertandingan antara Jerman menghadapi Austria.

"Saya cepat menyadari bahwa mereka tak ingin dengan sengaja mengirimkan sinyal terkait politik."

Tak Ada Niatan Politik

"Kami ingin mengerti bagaimana itu bisa terjadi, dan kami ingin memastikan bahwa tak ada niatan politik," sambungnya.

Jerman sendiri sendiri akan tampil di Piala Dunia 2018, di Rusia. Jerman akan bertarung di Grup F dan akan mengawali laganya di turnamen tersebut menghadapi Meksiko.

Sumber: bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Guardiola: Barcelona Masih Tim Terbaik Dunia

Posted: 02 Jun 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manajer Manchester City, Pep Guardiola, menyebut Barcelona masih tim terbaik di dunia. Menurut Guardiola, Barcelona klub yang konsisten bermain di level tertinggi.

Guardiola juga percaya, mantan klubnya itu mampu mengatasi kepergian Andres Iniesta. Seperti diketahui, Iniesta meninggalkan Blaugrana untuk pindah ke klub Jepang, Vissel Kobe.

Menurut pelatih asal Spanyol ini, Barcelona punya sederet pemain dengan kualitas merata. Mantan arsitek Barcelona ini juga yakin Ernesto Valverde orang yang cocok duduk di kursi pelatih klub asal Katalan tersebut.

"Tidak (Pengaruh Kepergian Iniesta). Anda harus melakukan itu (sukses) lagi dan menemukan pemain untuk melakukannya lagi," ujar Guardiola, soal kans Barcelona tanpa Iniesta.

"Sebuah tim tidak akan selesai ketika satu, dua, atau tiga pemain memilih hengkang," tutur mantan pelatih Bayern Munchen ini, seperti dilansir Tribal Football.

Tak Juara Liga Champions

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola  (AFP/Lindsey Parnaby)

Barcelona musim ini memborong trofi kompetisi domestik, La Liga dan Copa del Rey. Namun, Lionel Messi dan kawan-kawan harus rela melihat Real Madrid menjuarai Liga Champions musim ini.

"Barcelona masih tim terbaik di dunia, meski mereka juara atau tidak juara Liga Champions," ucap pelatih berusia 47 tahun ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Balapan di Kandang, Valentino Rossi Pamer Helm Keren

Posted: 02 Jun 2018 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sudah menjadi kebiasaan pembalap legendaris, Valentino Rossi, saat berlaga di kandang, selalu menggunakan helm baru. Untuk MotoGP di Sirkuit Mugello, Italia musim ini, pembalap berpaspor Italia tersebut, kembali pamer pelindung kepala anyarnya.

Melansir Motorsport.com, Sabtu (2/6/2018), helm spesial pembalap berjuluk The Doctor di Mugello, Italia ini, masih tetap memiliki desain bulan dan matahari.

[bacajuga:Baca Juga](3354525 3357779 3354804

Namun, livery helm spesial ini lebih cerah, dengan perpaduan warna dasar putih, merah, dan hijau. Warna tersebut, mewakili bendera negaranya atau yang dalam bahasa Italia disebut il Tricolore (tiga warna).

Jika dilihat dari belakang, terdapat nomor 46, dengan perpaduan warna putih, hijau, dan merah. Sementara bagian belakang bawah, terdapat tulisan ITA, yang artinya Italia.

Helm spesial Valentino Rossi ini sendri, memiliki tema yang cukup spesial, yang disebut festa della Republica atau untuk memperingati Hari Republik Italia, yang jatuh pada 2 Juni 2018.

Untuk diketahui, Rossi memperkenalkan helm ini menjelang FP3. Dengan wajah sumringah, sang pembalap memegang helm spesialnya tersebut, dan menunjukan berbagai sisi helm yang masih diproduksi oleh AGV ini.

Jelang GP Qatar, Rossi Pamer Helm Baru Berdesain Simpel

Helm Rossi baru (Foto:Motorsport.com)

Menjelang seri pembuka balapan MotoGP di Qatar, pembalap legendaris Valentino Rossi memamerkan helm baru. Pelindung kepala pembalap berjuluk The Doctor ini, mengambil inspirasi pembalap Formula 1 (F1).

Berbeda dengan desain sebelumnya, helm pembalap yang baru saja tanda tangan kontrak baru dengan Yamaha ini terlihat lebih sederhana. Namun, seperti biasa kesan dan makna di helm ini begitu kuat.

Melansir Motorsport.com, ditulis Jumat (16/3/2018), desainer helm baru ini adalah Davide Degli Innocenti.

Helm ini memiliki warna khas kuning dengan perpaduan biru gelap. Bagian kanan dan kiri helm terdapat gambar matahari dan bulan sabit.

Bagian belakang helm, terdapat tulisan Valentino Rossi dan nomor 46 di bawahnya. Lalu, ada juga stiker helm AGV di beberapa sisi bagian. Permukaannya menggunakan cat berjenis matte.

"Kami terinspirasi helm ikonik Formula 1 era 70-80an, dengan beberapa grafis dan fitur langsung. Helm-helm seperti milik Graham (dan Damon) Hill, James Hunt, Francois Cevert, Emerson Fittipaldi, Nelson Piquet, Nigel Mansell, tapi Ayrton Senna dan Mika Hakkinen," tulis Davide di akun media sosialnya.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selama Lebaran, Car Free Day Sudirman-Thamrin Diliburkan

Posted: 02 Jun 2018 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Car Free Day (CFD) di kawasan Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan Thamrin, Jakarta, ditiadakan selama libur Lebaran 2018. Peniadaan CFD ini diumumkan melalui spanduk yang terpampang di area Bundaran Hotel Indonesia.

"Pelaksanaan HBKB akan ditiadakan pada 10, 17, dan 24 Juni 2018," tulis spanduk yang dibuat Dinas Perhubungan DKI Jakarta itu, Minggu (3/6/2018).

Menurut Ali, pengunjung CFD Jakarta, hal tersebut lumrah terjadi selama libur Lebaran. Oleh karena itu, dia tak heran bila car free day pada pekan tersebut ditiadakan.

Hal senada juga dituturkan salah seorang pedagang. Pria yang biasa menjajakan dagangan di wilayah diselenggarakannya car free daymengaku pasrah harus meliburkan diri selama tanggal tersebut.

"Ya kita ikutin aja," singkat Royan penjual sepatu di depan Bundaran HI.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

CFD Terakhir

Gelaran CFD Jakarta hari ini adalah yang terakhir sebelum diliburkan. Pantauan di lokasi sejak pukul 08.00 sampai 10.00 WIB, kegiatan CFD kali ini lengang.

Tak ada riuh kegiatan komunitas ataupun atraksi seni, seperti pertunjukan musik dan teatrikal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kampanye Vaksinasi Bantu Atasi Horor Wabah Ebola di Kongo

Posted: 02 Jun 2018 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Kinshasa - World Health Organization (WHO) telah memperluas kampanye vaksinasi Ebola di Republik Demokratik Kongo yang akan juga mencakup orang-orang berisiko terkena di tiga daerah.

Angka-angka terakhir yang dipublikasikan oleh WHO menegaskan adanya 37 kasus yang sudah dipastikan dan 13 kasus yang diduga Ebola, demikian dikutip dari laman VOA Indonesia, Minggu (3/6/2018).

Sejak awal kampanye vaksinasi Ebola Mei 2018, World Health Organization (WHO) menyatakan 682 orang telah divaksinasi, di antara mereka yang telah divaksinasi 500 tinggal di Mbandaka, sebuah kota dengan populasi lebih dari satu juta orang.

Kampanye vaksinasi ini baru-baru ini telah diperluas sehingga mencakup Bikoro, daerah dimana Ebola pertama kali ditemukan pada tanggal 8 Mei dan zona kesehatan Iboko, yang merupakan daerah paling terpencil di antara ketiga daerah itu.

Mereka yang divaksinasi termasuk di antaranya para pekerja kesehatan, dan mereka yang berisiko tinggi untuk terjangkit penyakit fatal ini.

Para pejabat WHO mengatakan vaksin ini belum secara resmi disetujui, tampaknya mampu memberikan perlindungan dan meningkatkan harapan bahwa vaksin itu dapat menghentikan penyebaran virus Ebola.

Ellen Johnson Sirleaf, yang menjabat sebagai Presiden Liberia saat terjadi epidemi Ebola yang belum pernah terjadi sebelumnya di Afrika Barat, juga memiliki harapan yang sama.

Ebola tersebar di Afrika Barat akhir tahun 2013. Saat akhirnya penyebaran virus itu mampu dikendalikan pada tahun 2016, virus tersebut telah merenggut nyawa lebih dari 11.000 orang di Guinea, Sierra Leone, dan Liberia. Liberia kehilangan 4.800 warganya saat terjadi wabah tersebut.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Diklaim Sudah Ada Perbaikan

Vaksin Ebola mulai disebarluaskan di Afrika Barat (Foto: The Guardian)

Saat berkunjung ke Jenewa awal pekan ini, ia mengatakan sudah ada perbaikan dalam sistem pelaksanaan pelayanan kesehatan, termasuk pengendalian infeksi sejak terjadinya penyebaran wabah Ebola.

"Jadi kapasitas untuk mampu menanggapi wabah apapun sekarang sudah lebih baik di negara-negara yang terdampak wabah ini, begitu juga di tempat-tempat lainnya," imbuhnya.

"Saya rasa ada dimensi baru yang penting dalam menanggulangi Ebola dan itu adalah vaksin."

Sirleaf menyatakan uji coba vaksin di Guinea dan sekarang di Republik Demokratik Kongo telah menunjukkan hasil yang memuaskan.

"Kami berharap sama dengan negara-negara lainnya Republik Demokratik Kongo akan memiliki kapasitas untuk menanggulangi wabah penyakit ini, untuk menghentikan penyebarannya," ujarnya.

"Kami berharap Republik Demokratik Kongo akan mampu melalui situasi ini tanpa efek serius, hasil penting yang kami lihat di tiga negara yang menunjukkan kami tidak siap untuk menghadapi situasi ini."

Perusahaan pembuat vaksin ini, Merck, telah menyumbangkan 7.500 dosis vaksin Ebola ke Republik Demokratik Kongo. Perusahaan itu mengatakan masih ada 300.000 dosis tersedia seandainya ada wabah serius.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kondisi Guru Ngaji Kebumen Usai Gagal Naik Haji Bersepeda Ontel

Posted: 02 Jun 2018 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Kebumen - Dua pria asal Kebumen bikin heboh usai memulai perjalanan naik haji bersepeda ontel pada akhir April 2018 lalu. Sayangnya, kayuhan pedal sepeda mereka kandas di Batam, Kepulauan Riau.

Dua orang itu, Kiai Khudori asal Desa Roworejo, Kecamatan Kebumen, dan Nurudin, warga Desa Sidomoro, Kecamatan Buluspesantren, Kabupaten Kebumen, tak memperoleh visa. Mereka pun terpaksa kembali ke kampung halaman dan gagal berangkat haji.

Hanya saja, mereka tak lagi mengayuh sepeda. Dua pria yang berniat naik haji bersepeda ontel itu pulang dengan pesawat terbang. Rabu malam, 30 Mei 2018 lalu, mereka tiba di kampung halamannya, Kebumen.

Lantaran keinginannya yang kuat untuk berhaji, Kiai Khudori pun mendaftarkan diri ke Kementerian Agama (Kemenag) Kebumen, dengan jalur pemberangkatan haji reguler. Seperti tak terjadi apa-apa, ia segera larut dalam rutinitas kesehariannya.

"Pak Khudori kan punya tanah. Bertani, rajin sekali," ucap Kepala Desa Roworejo, Amir Syarifudin, kepada Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Selain bertani, pria setengah baya asal Roworejo, Kebumen, ini pun kembali mengajar mengaji usai gagal berangkat haji bersepeda ontel. Khudori membuka rumahnya lebar-lebar untuk seluruh warga yang ingin belajar agama.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Khudori Bangun Gubuk di Daerah Pelosok

Dua pria Kebumen nekat naik haji bersepeda ontel. Sayang mereka tak memperoleh visa sesampai di Batam, Kepulauan Riau. (dok. Facebook Andre Nauval/Muhamad Ridlo)

Anak-anak belajar mengaji, mulai membaca Iqra hingga Alquran. Adapun orang tua, belajar memahami ilmu agama.

Pelajarannya pun tak berat-berat. Ada yang ingin belajar berwudu atau memahami syarat sah dan rukun salat.

Tiap hari, di kampungnya, Dukuh Krajan, Desa Roworejo, Khudori membuka kelas informal untuk warga yang berniat mendalami ilmu agama.

"Anak-anak ada, yang orang tua juga banyak yang belajar agama di rumahnya," Amir menjelaskan.

Di Roworejo, ada sebuah kampung di ujung desa yang pembelajaran agamanya masih minim. Namanya Dukuh Ngglagak.

Letaknya yang berada di ujung desa, membuat anak-anak di dukuh ini tak memperoleh pelajaran agama yang cukup. Tak ada madrasah atau ustaz yang mengajar mengaji di sana.

Melihat fenomena itu, sejak beberapa tahun yang lalu, Khudori membangun sebuah gubuk di daerah bernama Siminguk, Ngglagak. Pada sore hari, ia mengajari anak-anak mengaji.

Saat malam tiba, Khudori pun tidur di gubuk ini. Di pesantren, gubuk semacam ini disebut sebagai uzlah, yakni sebuah bangunan kecil tempat untuk menyepi dan mendalami ilmu agama.

"Punya tanah di ujung desa, di daerah Ngglabak. Siminguk. Tidur kalau malam. Dan siangnya untuk mengaji anak-anak daerah Siminguk," Amir menerangkan.

Tanpa Honor

Kabar dua pria Kebumen yang naik haji bersepeda ontel sempat viral di media sosial. (dok. Facebook Andre Nauval/Muhamad Ridlo)

Amir pun mengakui, semangat Kiai Khudori untuk menyebarkan risalah agama amat kuat. Ia rela mengajar mengaji, tanpa honor.

Kepribadiannya pun terbilang unik. Hal itu bisa dilihat dari kebiasaannya muhibah ke pesantren-pesantren atau ziarah ke makam ulama di berbagai daerah. Seluruhnya ditempuh dengan bersepeda ontel.

Keluarganya terhitung berkecukupan. Pun dengan anak-anaknya yang telah mentas. Dari empat anaknya, tiga di antaranya jadi bos konveksi. Satu lainnya, anak menantu, jadi staf Tata Usaha (TU) SMK Maarif 1 Kebumen.

Menilik latar belakang keluarganya, lebih dari cukup rasanya membiayai perjalanan haji Khudori secara reguler. Namun, ia memilih berangkat haji bersepeda ontel, meski akhirnya gagal.

"Yang paling tua anaknya Tohar Fuadi. Bos konveksi dia. Anak buahnya puluhan, banyak," Amir mengungkapkan.

Kini, sembari mengajar mengaji dan bertani, Khudori pun menunggu jadwal keberangkatannya ke tanah suci untuk berhaji.

Adapun kondisi rekan seperjalannnya, Nurudin, belum diketahui. "Saya enggak tahu ya. Beda desa, dekat tapi beda kecamatan," Amir menambahkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Antisipasi Luapan Pemudik Lebaran, Armada Bus Malam Ditambah

Posted: 02 Jun 2018 10:01 PM PDT

Yogyakarta - Arus mudik dari berbagai kota besar tujuan Kabupaten Gunungkidul memasuki dua minggu menjelang Lebaran tahun ini masih terlihat sepi. Volume penumpang dari Jakarta melalui terminal bus Wonosari belum terlihat, begitu juga pemudik menggunakan kendaraan pribadi.

Informasi yang dihimpun KRJogja.comkedatangan pemudik dari berbagai kota besar diprediksi baru akan terjadi mulai Selasa (05/06/2018) mendatang. Untuk mengantisipasi terjadinya penumpang mudik telantar, pemerintah menyiapkan bus tambahan.

"Peningkatan jumlah penumpang belum terlihat, meskipun ada persentasenya relatif kecil dan baru akan terjadi peningkatan mulai H-10 Lebaran," ucap Suhardi dari Serikat Pekerja Unit Kerja Terminal Wonosari.

Iqbal menambahkan salah seorang subagen bus yang membuka usaha di Terminal Dhaksinarga, Wonosari, sampai saat ini belum ada peningkatan penumpang yang signifikan dan belum ada kenaikan harga tiket.

Ia memprediksi, tahun ini diperkirakan akan terjadi penurunan penumpang mudik melalui terminal dan yang menggunakan jasa bus malam.

Hal ini disebabkan banyak warga perantau yang mudik menggunakan kendaraan pribadi, juga program pemerintah mudik gratis.

 

Baca berita menarik lainnya dari KRJogja.com di sini.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dapat Karunia Dua Spesies Baru, Jenis Burung Indonesia Bertambah Lagi

Posted: 02 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Indonesia patut bangga, pasalnya jumlah spesies burung di negara hutan hujan tropis terluas ketiga di dunia ini kembali bertambah. Data yang dirilis Burung Indonesia menyatakan, pada 2017 terdapat 1.769 jenis burung yang teridentifikasi setelah sebelumnya tercatat 1.672 jenis. Di tahun ini jumlah burung yang teridentifikasi bertambah dua jenis lagi, salah satunya merupakan endemis Indonesia.  Dengan tambahan tersebut, Indonesia pada 2018 memiliki 1.771 jenis burung.

Head of Communication and Institutional Development, Ria Saryanthi menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Minggu (3/5/2018) mengatakan, penambahan jenis tersebut yaitu myzomela rote (Myzomela irianawidodoae), burung endemis Pulau Rote di kawasan Nusa Tenggara Timur yang dideskripsikan oleh LIPI pada tahun 2017. Burung ini termasuk dalam famili Meliphagidae yang dilindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 7 tahun 1999.

"Ini berarti menambah satu jenis burung yang dilindungi menjadi 436 dari sebelumnya 435 jenis. Dengan penambahan ini, jenis burung yang khas atau endemis dari Indonesia yang telah teridentifikasi bertambah menjadi 513 jenis. Selain myzomela rote, satu jenis burung baru yang telah teridentifikasi yaitu paok papua (Erythropitta macklotii)," ungkap Ria.

 

Terancam Punah

Sementara itu, berdasarkan Daftar Merah Badan Konservasi Dunia (IUCN Red List), status burung terancam punah secara global yang tercatat di Indonesia mangalami sedikit perubahan. Terdapat tiga jenis burung yang status keterancamannya kini meningkat.

Ketiga jenis burung tersebut antara lain dara-laut alaska (Onychoprion aleuticus) yang sebelumnya berisiko rendah terhadap kepunahan (Least Concern/LC) menjadi rentan (Vulnerable/VU), myzomela bacan (Myzomela batjanensis) yang sebelumnya berstatus mendekati terancam punah (Near Threatened/NT) menjadi rentan, dan punggok sumba (Ninox sumbaensis) yang sebelumnya berstatus mendekati terancam punah, kini meningkat tajam menjadi genting (Endangered/EN).

Temuan-temuan baru ini sudah semestinya membuat kita semakin peduli terhadap kekayaan alam unik yang kita miliki. Sebagaimana satwa-satwa lainnya, jumlah jenis burung di Indonesia kemungkinan dapat terus bertambah dengan penelitian-penelitan yang semakin intensif di lakukan di masa depan.

"Jika alam Indonesia yang merupakan habitat burung terus-menerus dirusak, maka bukan tidak mungkin banyak jenis burung akan punah bahkan sebelum ditemukan. Terlebih yang sekarang ada dan sudah ditemukan pun nantinya anak cucu kita mungkin tidak akan pernah sempat mengenalnya dan hanya bisa mengetahuinya dari literatur-literatur akademis," lanjut Ferry Hasudungan, Biodiversity Conservation Specialist Burung Indonesia. Kajian yang diterbitkan jurnal Nature Climate Change pada 2014 telah memperkirakan pada 2012 hutan primer di Indonesia telah hilang sebanyak 840.000 hektare.

 

Pelestarian

10 Negara dengan Kawasan Hutan atau Tanah Terbesar, Indonesia?

Jumlah ini merupakan yang tertinggi dibandingkan negara-negara lain yang bahkan melampaui Brazil yang kehilangan 460.000 hektare hutannya. Perlu dicatat luas hutan amazon Brazil sekitar empat kali luas hutan-hutan Indonesia. Keberadaan hutan sangat terkait dengan kehidupan dan keberlangsungan berbagai jenis burung. Karena hutan merupakan tempat burung bersarang, hidup, berlindung dan bereproduksi.

Karenanya kerusakan hutan akan sangat berpengaruh terhadap kemampuan bertahan hidup burung-burung yang ada. Jasa lingkungan yang diberikan burung kepada manusia tidaklah sedikit. Burung-burunglah yang menjadi agen pengendalian berbagai jenis hama, melakukan penyerbukan berbagai tanaman, dan juga menyebarkan biji-bijian yang kemudian tumbuh menjadi tumbuh-tumbuhan di hutan dan alam liar. Oleh karena itu, terancamnya populasi burung dapat juga memperburuk kualitas hidup satwa-satwa lain dan keanekaragaman hayati pada umumnya.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Jelang Penutupan, Kawasan CFD Tampak Lengang

Posted: 02 Jun 2018 10:00 PM PDT

Warga bersepeda di Jalan Jenderal Sudirman saat pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB), Jakarta, Minggu (3/6). Pemprov DKI Jakarta berencana meniadakan pelaksanaan HBKB pada 10, 17, dan 24 Juni 2018. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Warga bersepeda di Jalan Jenderal Sudirman saat pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB), Jakarta, Minggu (3/6). Pemprov DKI Jakarta berencana meniadakan pelaksanaan HBKB pada 10, 17, dan 24 Juni 2018. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Warga berjalan santai di Jalan Jenderal Sudirman saat pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB), Jakarta, Minggu (3/6). Pemprov DKI Jakarta berencana meniadakan pelaksanaan HBKB pada 10, 17, dan 24 Juni 2018. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Warga berjalan santai di Jalan Jenderal Sudirman saat pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB), Jakarta, Minggu (3/6). Pemprov DKI Jakarta berencana meniadakan pelaksanaan HBKB pada 10, 17, dan 24 Juni 2018. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Warga bersepeda di Jalan MH Thamrin saat pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB), Jakarta, Minggu (3/6). Pemprov DKI Jakarta berencana meniadakan pelaksanaan HBKB pada 10, 17, dan 24 Juni 2018. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Warga bersepeda di Jalan MH Thamrin saat pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB), Jakarta, Minggu (3/6). Pemprov DKI Jakarta berencana meniadakan pelaksanaan HBKB pada 10, 17, dan 24 Juni 2018. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Warga bersepeda di Jalan Jenderal Sudirman saat pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB), Jakarta, Minggu (3/6). Pemprov DKI Jakarta berencana meniadakan pelaksanaan HBKB pada 10, 17, dan 24 Juni 2018. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Warga bersepeda di Jalan Jenderal Sudirman saat pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB), Jakarta, Minggu (3/6). Pemprov DKI Jakarta berencana meniadakan pelaksanaan HBKB pada 10, 17, dan 24 Juni 2018. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Warga berjalan santai di Jalan Jenderal Sudirman saat pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB), Jakarta, Minggu (3/6). Pemprov DKI Jakarta berencana meniadakan pelaksanaan HBKB pada 10, 17, dan 24 Juni 2018. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Warga berjalan santai di Jalan Jenderal Sudirman saat pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB), Jakarta, Minggu (3/6). Pemprov DKI Jakarta berencana meniadakan pelaksanaan HBKB pada 10, 17, dan 24 Juni 2018. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Warga bersepeda di Jalan Jenderal Sudirman saat pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB), Jakarta, Minggu (3/6). Pemprov DKI Jakarta berencana meniadakan pelaksanaan HBKB pada 10, 17, dan 24 Juni 2018. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Warga bersepeda di Jalan Jenderal Sudirman saat pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB), Jakarta, Minggu (3/6). Pemprov DKI Jakarta berencana meniadakan pelaksanaan HBKB pada 10, 17, dan 24 Juni 2018. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Madura United dan Mantan Pemain Stoke City Berdamai

Posted: 02 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Pamekasan - Konflik antara manajemen Madura United FC dan Peter Osaze Odemwingie berakhir damai. Bahkan, eks pemain Stoke City itu akan kembali merumput bersama Laskar Sape Kerrap pada putaran kedua Go-Jek Liga 1 2018 bersama BukaLapak

Menurut Manajer Madura United FC Haruna Soemitro, pihaknya sudah bertemu dengan Odemwingie di salah satu negara Asia. Kedua belah pihak telah sepakat menyatakan usai atas permasalahan sebelumnya.

"Kita ada kesepakatan bersama-sama secara sadar, bahwa tidak akan melanjutkan proses hukum, baik hukum formal maupun proses hukum ke FIFA. Kabar baiknya, Peter juga sangat mungkin kembali bermain di Indonesia," turur Haruna di Pamekasan, Sabtu (2/6/2018) malam WIB, seperti dinukil dari Antara.

Odemwingie merupakan marquee player Madura United di Liga 1 2017. Dia tercatat sebagai pencetak gol tersubur dibandingkan marquee player lainnya, yakni dengan 15 gol

Manajemen Madura United bahkan mengontrak Odemwingie hingga musim 2018 dengan membayar uang muka kepada pemain itu. Namun, dalam perkembangannya, terjadi persoalan antara pemain berusia 36 tahun itu dan Manajemen Madura United. Ia kembali ke negaranya tanpa alasan yang jelas.

Tidak Profesional

Striker Madura United, Peter Osaze Odemwingie (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Kala itu, Manajer Madura United FC Haruna Sumitro menilaiOdemwingie tidak profesional dan lalai terhadap tugasnya sebagai pemain. Bahkan, pihak manajemen merasa dibohongi.

Apalagi, manajemen telah memberikan uang muka kepada sebesar Rp 3 miliar kepada Odemwingie agar bertahan sampai musim 2018. Madura United kemudian melayangkan surat teguran kepada Odemwingie agar segera bergabung bersama tim. Tapi, yang bersangkutan malah meminta bantuan lembaga hukum di London, Inggris, agar mensomasi Madura United.

Tak hanya itu, pemain asal Nigeria tersebut juga mengirimkan surat kepada pihak manajemen terkait pembayaran kontrak yang masih dimilikinya selama semusim. Jika Madura United masih menginginkan jasanya, maka harus membayar uang sebesar US$ 125 ribu atau sekitar Rp 1,6 miliar. Jumlah tersebut belum termasuk denda 5 persen per hari yang diklaim Odemwingie.

Tiga Poin

Menurut Haruna, ada tiga poin yang diminta Odemwingie kepada Madura United. Ia menilai Madura United lalai membayar sisa uang muka sebesar US$ 65 ribu atau sekitar Rp 870 juta.

Kedua, Peter meminta Madura United bisa tidak membayar penalti jika harus mengeluarkan surat terminasi. Tapi, mereka tetap dibebankan uang sebesar US$ 85 ribu atau sekitar Rp 1,1 miliar.

Opsi ketiga, Madura United tidak bebas penalti kalau Odemwingie sudah mendapat klub (baru) sampai 25 Januari 2018. Tapi, setelah dua sampai tiga hari berikutnya, Odemwingie mengirim surat lagi untuk membatalkan kontrak.

Atas sikap Odemwingie yang dinilai tidak profesional, Madura United menunjuk dua konsultan hukum mengurus urusan pidana dan menggugatnya melalui jalur FIFA pada 31 Januari 2018.

"Kami bereaksi terhadap sikap Odemwingie yang tidak profesional dan lalai dan kami akan ofensif memperjuangkan hak klub, dan kami tidak pernah lalai untuk membayar (hak pemain), bahkan untuk 2018 kami sudah advance yang kalau dirupiahkan sekitar Rp 3 miliar," papar Haruna.

Dalam perkembangan berikut, terjadi kesepakatan antara kedua belah pihak, yakni sama-sama mengabaikan tuntutan yang disampaikan. Dengan catatan Odemwingie bersedia kembali Indonesia dan menyelesaikan perjanjian sesuai kontrak awal.

Dengan cara itu, Madura United juga mencabut gugatannya di FIFA terkait sikap indisipliner yang telah dilakukan Odemwingi selama ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Ruas Tol Ini Dibuka Gratis Saat Mudik Lebaran, Mana Saja?

Posted: 02 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak enam ruas tol yang belum selesai pengerjaannya bakal dibuka secara fungsional pada mudik Lebaran 2018. Ini artinya pemudik bisa melewati keenam ruas tol tersebut secara gratis.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengatakan, jalan tol fungsional yang dapat dilalui pemudik tanpa dikenakan tarif, antara lain Tol Brebes Timur-Pemalang (37,3 Km), Pemalang-Batang (39,2 Km), Batang-Semarang (75 Km), Salatiga-Kartasura (32 Km), Solo-Sragen (36 Km), dan Wilangan-Kertosono (37 Km).

"Pada ruas Tol Brebes Timur-Sewaka (Pejagan) dan Solo-Sragen meski fungsional, namun kondisi jalannya seperti ruas tol operasional karena sudah siap diresmikan," ujar di dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (3/5/2018)‎.

Herry mengungkapkan, tempat istirahat dan penerangan juga disiapkan pada ruas tol fungsional, walaupun tidak selengkap yang ada pada ruas tol operasional.

"Untuk ruas tol lainnya sebagian rigid pavement dan lean concrete. Dalam pelaksanaan di lapangan, rekayasa lalu lintas menjadi kewenangannya Korps Lalu Lintas Polri," jelas Herry.

‎Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, kesiapan infrastruktur jalan tol dan non-tol tahun ini relatif lebih baik dari tahun sebelumnya.

"Kondisi jalan nasional saat ini kondisinya 90 persen mantap. Selain itu, jalan tol yang dapat digunakan pada mudik tahun ini, lebih panjang dibandingkan dari tahun lalu. Tol dari Merak ke Pasuruan sepanjang 995 Km, 760 km telah operasional, dan sisanya 235 Km telah fungsional," tandas dia.

BUJT Beri Diskon hingga 28 Persen kepada Pengguna Jalan Tol

Pengendara mobil memasuki pintu masuk tol fungsional (tol darurat) Pemalang - Batang di Pemalang, Jumat (30/6). Jalan tol darurat ini dibuka kembali untuk arus balik dengan memberlakukan sistem one way atau satu arah. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) sepakat memberikan potongan harga bagi para pengguna jalan tol. Hal tersebut disampaikan dalam pertemuan dengan Menteri PUPR, Basuki Hadimulyono, di Kementerian PUPR, Jakarta. 

"Kami berikan diskon tujuannya agar distribusi traffic jadi lebih baik. Biasanya ada puncak-puncaknya kemacetan," ujar Direktur PT Marga Mandala Sakti (MMS), Sunarto Sastrowiyoto, pada 31 Mei 2018. 

Dia mengatakan pada 13-14 Juni 2018 dan 18-19 Juni 2018, diskon 10 persen akan diberikan di semua ruas tol milik Jasa Marga. Diskon juga diberikan Tol Akses Tanjung Priok, Bakauheni-Terbanggi Besar, dan Medan-Binjai (Hutama Karya).

Selain itu, diskon pada tanggal tersebut diberikan di ruas tol Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang (Waskita Toll Road), Makasar Seksi IV, Ujung Pandang tahap I dan II (Nusantara Infrastruktur), Tol Cawang-Tanjung Priok-Jembatan Tiga/Pluit, Soreang-Pasir Koja (Cipta Marga Nusaphala Persada), JOOR W1 Kebon Jeruk-Ulunami (Jakarta Lingkar Barat Satu), dan Surabaya-Gresik (Margabumi Matraraya)

Pada 15-17 Juni 2018, giliran diskon 10 persen akan diberikan di ruas tol milik Astra, seperti Tangerang-Merak, Cikampek-Palimanan, dan Jombang-Kertosono.

"Tanggal 8-23 Juni 2018, diskon sebesar 28 persen diberikan di ruas tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) milik Waskita Toll Road," ujar dia.

 

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nindy Di-bully, Suami Pasang Badan

Posted: 02 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nama Nindy Ayunda belakangan kembali ramai diperbincangkan berkat perlakuan romantis suaminya, Askara Parasady Harsono.

Di Instagram tersebar luas video yang memperlihatkan Askara Parasady Harsono tengah mengikat tali sepatu istrinya. Sementara Nindy sendiri tampak serius memainkan ponselnya.

Sikap Nindy rupanya menuai respons negatif dari warganet. Sebagai istri, sikap Nindy terhadap Askara Parasady Harsono dinilai kurang sopan.

 

Membela Istri

Nindy Ayunda dan suami, Askara Parasady Harsono [foto: instagram/lambe_turah]

Tak lama kemudian, suami Nindy pun memberi pernyataan melalui Instagram Stories-nya, untuk meredam pandangan buruk terhadap istri tercintanya.

Ayah dua anak itu menyebut bahwa perlakuan dirinya terhadap sang istri murni didasari karena cinta. Askara Parasady Harsono justru melarang Nindy untuk ikut berlutut.

Penjelasan 

[Foto: Instagram lambe lamis]

"Terima kasih buat semua komentarnya baik positif maupun negatif.. Ketika tali sepatunya lepas saya langsung spontan berlutut membantunya," tulis pria yang berprofesi sebagai pengusaha itu, Sabtu (5/6/2018).

"Awalnya dia ingin berlutut tapi saya larang dan karena memang saya sayang sama dia jadi saya sama sekali tidak merasa diinjak harga dirinya oleh istri saya," Ia menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek, 5 Kebiasaan yang Bikin Payudara Kendur

Posted: 02 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pada satu titik, payudara setiap wanita akan kendur. Memiliki anak, menyusui, dan bertambahnya usia berkontribusi pada berkurangnya elastisitas kolagen, yang menjadikan payudara Anda lebih kempes.

Payudara kendur juga bisa dipengaruhi oleh faktor genetik. Jika ibu Anda memiliki payudara yang kendur, Anda biasanya akan mengalami hal yang sama.

Namun, yang harus Anda ketahui adalah beberapa kebiasaan yang sepertinya tidak ada hubungannya dengan mengendurnya payudara Anda ternyata bisa berpengaruh. Jadi, jika Anda bisa menghindari kebiasaan ini, payudara Anda akan bertahan lebih lama kekencangannya.

Menanggapi hal tersebut, sebuah penelitian terbaru dari UCLA, Kalifornia, AS, menemukan, jaringan payudara menua dua atau tiga kali lebih cepat dibanding bagian tubuh lainnya. Karenanya, Anda mungkin ingin menghentikan kebiasaan berikut yang bisa mengendurkan payudara Anda.

Seperti dilansir dari Women's Health, Minggu (3/6/2018), inilah lima kebiasaan yang bikin payudara kendur:

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

1. Diet yang keras

Ilustrasi warna puting payudara (iStockphoto)

Berat badan naik turun antara tiga sampai lima kilo mungkin tidak akan berpengaruh pada payudara ANda. Tapi, diet yo-yo yang membuat berat badan Anda turun lebih dari 15 kg bisa sangat berpengaruh.

Setiap kali berat badan Anda turun atau naik, jaringan payudara menjadi lebih kendur, layaknya sepasang celana karet, jelas Michael Edwards, M.D., seorang dokter spesialis bedah payudara dan presiden dari American Society of Aesthetic Plastic Surgery.

2. Merokok

Payudara Anda tidak bisa lolos dari bahaya rokok. "Rokok dalam jumlah berapapun dapat melemahkan dan membuat kulit lebih tua karena menurunnya pasokan darah ke permukaan kulit," jelas Edwards.

3. Tidak mengenakan tabir surya

Memaparkan kulit wajah Anda secara langsung di bawah UV tanpa tabir surya bisa menyebabkan kerutan prematur. Sinar UV juga bisa membuat payudara Anda kendur karena berkurangnya kolagen dan rusaknya kulit, tambah Edwards lagi.

4. Mengenakan bra yang tidak menopang

Ilustrasi Ukuran Bra (iStockphoto)

Baik itu bra yang Anda gunakan sehari-hari maupun sport bra yang Anda kenakan saat berolahraga, tidak memberikan topangan yang tepat dapat membuat payudara Anda kendur.

"Semakin payudara Anda berguncang, semakin stres kulit payudara dan kolagen Anda," ujar Edwards. Jadi pastikan Anda mengepas bra secara tepat saat akan membelinya.

5. Olahraga high-impact

Beberapa ahli percaya bahwa gerakan naik turun yang berulang, seperti saat Anda lari, bisa merusak kolagen di payudara.

Namun, sebelum Anda memutuskan berhenti berolahraga, pastikan Anda bisa menemukan olahraga lain yang lebih sesuai untuk Anda. Dan jangan lupa juga, olahraga bisa membuat Anda awet muda dengan cara lain.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pria Selamatkan Kekasih Saat Jatuh dari Motor

Posted: 02 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pengendara sepeda motor terjatuh saat melaju di sebuah jalanan yang sedang dilanda hujan deras. Salah satu pengendara berusaha melindungi sang kekasih yang juga ikut terjatuh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pakai Kecerdasan Buatan, MIUI 10 Kini Bisa Pelajari Kebiasaan Pengguna

Posted: 02 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bersamaan dengan peluncuran Mi 8, Xiaomi turut memperkenalkan generasi terbaru dari MIUI, yakni MIUI 10. Sistem operasi ini hadir dengan sejumlah pembaruan.

Meski belum lengkap, Xiaomi sebenarnya sudah membeberkan sedikit fitur kunci dari sistem operasi ini. Salah satunya adalah MIUI 10 hadir dengan kemampuan kecerdasan buatan yang dapat mempelajari kebiasaan pengguna.

Dikutip dari Phone Arena, Minggu (3/6/2018), contoh dari penerapan kecerdasan buatan ini adalah waktu muat aplikasi yang lebih cepat. Jadi, sistem ini akan mempelajari kebiasaan spesifik pengguna membuka aplikasi dalam satu waktu.

Selain itu, MIUI 10 juga didukung dengan asisten virtual yang sudah dibenamkan. Namun, fitur ini kemungkinan besar hanya akan tersedia untuk pasar Tiongkok.

Perubahan lain yang ditampilkan di MIUI 10 adalah bar notifikasi dan quick settings. Tampilan keduanya kini lebih modern dengan sentuhan elemen warna yang dibuat lebih buram.

Selain itu, navigasi berbasis gestur (gerakan) juga makin masif di versi terbaru. Jika sebelumnya navigasi 'menyapu' layar hanya ada di Mi Mix 2 dan Mi Mix 2S, kali ini fitur tersebut akan hadir di seluruh perangkat Xiaomi.

Tampilan recents apps di MIUI 10 juga lebih fungsional sekaligus minimalis. Sebagai tambahan, ada pula fitur khusus portrait yang disebut dapat bekerja untuk perangkat dengan kamera ganda maupun satu.

Xiaomi juga mengumumkan keberadaan aplikasi baru yang memungkinkan pengguna mengontrol perangkat pintar dari Mi Ecosystem. Sayangnya, perusahaan asal Tiongkok itu belum mengungkap jadwal peluncuran versi terbaru MIUI ini.

Kendati demikian, untuk sekarang, Xiaomi sudah membuka pengujian beta untuk MIUI 10 ROM versi tiongkok secara bertahap. Sementara untuk versi global, perusahaan akan mengungkapnya dalam pengumuman lebih lanjut.

Xiaomi Resmi Melepas Mi 8 Explorer Edition

Bodi Mi 8 Explorer Edition yang transparan (Foto: Gizmochina)

Sekadar informasi, Xiaomi sendiri sebenarnya baru merilis flagship smartphone terbarunya yakni seri Mi 8.

Ada tiga smartphone yang diperkenalkan dalam perayaan ulang tahun Xiaomi yang ke-8 itu, yakni Mi 8, Mi 8 Explorer Edition, dan Mi 8 SE. Dari ketiganya, Mi 8 Explorer Edition memiliki spesifikasi paling tinggi dengan sederetan fitur premium di dalamnya.

Misalnya saja, sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Gizmochina, Sabtu  (2/6/2018), Mi 8 Explorer Edition merupakan perangkat Android pertama yang didukung 3D Facial Recognition seperti pada iPhone X.

Selain itu, smartphone ini bersama Mi 8 merupakan perangkat pertama yang dibekali fitur teknologi dual-band GPS.

Tidak berhenti di situ, Mi 8 Explore Edition juga hadir dengan pemindai sidik jari di layar yang sensitif terhadap tekanan.

Beralih ke desain, Mi 8 Explorer Edition hadir dengan bodi agak melengkung di sisi-sisinya yang terbuat dari material kaca transparan.

Dengan bodi belakang transparan ini, terlihat jelas bagaimana jeroan smartphone yang dibekali NFC, tekstur Kevlar pada baterainya, serta beragam komponen lainnya.

Layar dan Notch

Bodi belakang Mi 8 Explorer Edition yang transparan (Foto: Gizmochina)

Perangkat dengan bobot 177 gram ini memiliki ukuran bodi perangkat 6,21 inci yang terasa seperti 5,2 inci. Layar Mi 8 Explorer Edition hadir dengan aspek rasio 18,7:9 dan resolusi FHD+ 2.248 x 1.080 piksel serta rasio layar ke tubuh 86,12 persen.

Masih pada layar, Mi 8 Explorer Edition mampu menghadirkan kecerahan hingga 600 nits, dukungan HDR, mode pelindung mata, dan layar Always On Display.

Mi 8 Explorer Edition juga memiliki notch di layarnya. Pada notch tersebutlah, Xiaomi menempatkan kamera depan, proximity sensor, ambient sensor, lensa infrared, flood illuminator, dan dot projector.

Pada smartphone ini pula, Xiaomi menghadirkan fitur emoji animasi yang diberi nama Mi Meng, mirip dengan milik iPhone X.

Soal spesifikasi, Mi 8 Explorer Edition ditenagai prosesor Snapdragon 845 dengan RAM 8GB dan ruang penyimpanan 128GB. 

Mi 8 Explorer Edition dibekali baterai 3.000mAh lengkap dengan pengisian daya cepat Quick Charge 4+. Smartphone telah menjalankan OS Android 8.1 Oreo dengan antarmuka MIUI 10.

Menyoal kamera, Mi 8 Explorer Edition dibekali kamera ganda, satu wide-angle 12MP (aperture f1.8 dan 1,4 micron pixel) dan satu lagi kamera telephoto 12MP (aperture f2.4 dan 1 micron pixel).

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Walau Hidup Serba Terbatas, Anak Ini Memilih Tidak Bersedih

Posted: 02 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perjalanan dengan kereta rel listrik mengandung banyak sekali cerita kehidupan. Misalnya seperti kisah yang diunggah oleh seorang wanita bernama Tika Lestari. Ia menuliskan pengalamannya saat bertemu dengan seorang nenek bersama cucunya yang bernama Alif Hidayat di kereta.

Tulisan yang diunggah melalui akun Line tersebut lalu dibagikan oleh San melalui akun Twitternya, @twcntythree pada Sabtu (26/5).

 

(Sumber Twitter/@twcntythree)

Tika menuliskan bahwa Alif hanya sahur dengan nasi dan garam saja. Kepada Tika, Alif juga bercerita kalau dirinya ingin sekali makan ayam kecap dan minum susu kotak. Sayangnya, hal tersebut sulit untuk diwujudkan karena ketiadaan uang.

Kisah haru Alif tidak hanya sampai di situ. Di lain waktu, dirinya bahkan pernah dibelikan sandal oleh seorang satpam karena bertelanjang kaki saat naik KRL. Sebelumnya, ia bahkan pernah berjalan dengan tanpa memakai sandal dari Stasiun Tangerang ke rumahnya di Tanah Gocap.

 

(Sumber Instagram/@tikalestariparmana)

Melihat kehidupannya yang memprihatinkan tersebut, sebelumnya Alif juga diberikan sebuah rumah kontrakan dengan harga murah oleh seseorang yang pernah melihatnya tidur di musala alun-alun Tangerang.

 

Selanjutnya

(Sumber Instagram/@drama.krl.id)

Meski begitu, tidak ada ekspresi kesedihan yang terpancar dari raut mukanya. Alif terlihat selalu ceria.

Membaca unggahan yang kemudian menjadi viral tersebut, seorang warganet bernama Adven Kristianata pun tergerak untuk menggalang donasi lewat kitabisa.com.

Hingga berita ini diturunkan, kini telah terkumpul sumbangan lebih dari Rp 30 juta. Melebihi target yang mana hanya Rp 20 juta.

Wah, salut untuk kemurahan hati warganet, semoga nantinya donasi yang terkumpul bisa dimanfaatkan dengan baik dan bisa membantu biaya hidup Alif sehari-hari.

Reporter:

Aliftya Amarilisya

Sumber: Brilio.net

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Incar Pemain Baru, Gattuso Pantau Piala Dunia

Posted: 02 Jun 2018 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pelatih AC Milan, Gennaro Gattuso, mengaku akan terjun langsung ke Piala Dunia 2018 untuk memantau calon amunisi baru. Gattuso menegaskan tidak hanya akan berdiam diri menunggu pemain baru yang akan datang.

Seperti diketahui, AC Milan mengalami permasalahan FFP karena neraca keuangan mereka yang tidak seimbang. Rossoneri pun saat ini berupaya untuk memperbaikinya agar tidak dicoret dari Liga Europa musim depan.

Meskipun demikian, kasus tersebut terlihat tidak menjadi masalah yang berarti untuk mereka. Gattuso juga menjelaskan kriteria pemain yang ia idamkan untuk memperkuat tim asuhannya pada musim depan nanti.

"Anak muda yang berumur 25 atau 26 tahun juga bisa memiliki pengalaman. Kami mencari pemain muda yang seperti itu, dan juga telah bermain di laga-laga penting," ucap Gattuso seperti yang dilansir dari Football Italia.

"Belakangan ini kami dihadang, tapi Fassone dan Mirabelli sedang sibuk dengan itu. Saya mengatur apa yang kami harus lakukan dengan mereka. Bahkan anak saya tahu apa yang kami harus lakukan, kami berharap membawa pemain penting," lanjutnya.

Terjun Langsung

Pelatih AC Milan, Gennaro Gattuso memberi instruksi pada pemainnya saat bertanding melawan Genoa pada lanjutan Liga Serie A Italia di Stadion Luigi Ferraris di Genoa, (11/3).  Milan menang 1-0 atas Genoa. (Simone Arveda/ANSA via AP)

Gattuso pun tidak hanya akan berdiam diri menunggu pemain baru yang akan datang. Pria berumur 40 tahun tersebut mengatakan bahwa dirinya akan terjun langsung ke Piala Dunia untuk memantau beberapa pemain.

"Saya akan berada di Rusia selama beberapa hari untuk melihat pertandingan. Lebih dari itu, kami akan mencari pemain," tambahnya.

"Selama beberapa bulan ini, nilai tambahan kami adalah tim, gairah, dan mentalitas. Harapannya mereka akan datang dengan mentalitas ini, kami membutuhkannya," pungkasnya.

Dampak Positif

Gattuso bergabung dengan Rossoneri pada akhir tahun 2017 yang lalu untuk menggantikan pelatih sebelumnya, Vicenzo Montella. Ia langsung memberikan dampak positif dan membawa AC Milan mengakhiri musim di posisi enam klasemen Serie A.

Sumber: bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sharapova Tantang Serena Williams di Babak 16 Besar Prancis Terbuka

Posted: 02 Jun 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Paris - Petenis putri Amerika Serikat, Serena Williams akan bertemu Maria Sharapova dari Rusia di babak 16 besar Prancis Terbuka 2018. Williams tampil gemilang menyingkirkan petenis Jerman, Julia Goerges, Sabtu (2/6/2018) waktu setempat.

Lewat pertarungan dua set yang berlangsung selama 75 menit, Williams menunjukkan dominasi atas Goerges. Williams menang 6-3 dan 6-4 atas unggulan ke-11 itu di babak ketiga Prancis Terbuka 2018.

Kemenangan itu membuat Williams dipertemukan dengan Sharapova, yang tak lain merupakan musuh bebuyutannya. Dalam turnamen Grand Slam kali ini, Sharapova juga bermain tak kalah bagus.

Di babak ketiga, Sharapova menyisihkan Karolina Pliskova dari Republik Ceko lewat dua set, 6-2 dan 6-1. Petenis cantik berusia 31 tahun itu ingin kembali membuktikan diri masih bisa bersaing di level atas setelah kasus doping yang menimpanya.

Sementara itu, hanya tujuh pertandingan yang telah ia mainkan menyusul kembalinya Williams dari istirahat setelah melahirkan. Williams pun bersikeras membawa pulang gelar Prancis Terbuka tahun ini.

Pukau Semua Orang

Petenis Rusia, Maria Sharapova (AP Photo/Alessandra Tarantino)

Williams memukau semua orang yang menyaksikan di Lapangan Suzanne Lenglen, yang memiliki kapasitas 10.000 kursi, termasuk mantan juara dunia tinju Mike Tyson, dengan menghabisi lawannya.

Setelah ia mematahkan serve lawan untuk memimpin 3-1 melalui pukulan menyilang, getaran terasa di seantero arena ketika Williams memukul bola dengan semua kekuatannya untuk memenangi set pembukaan.

Goerges mematahkan juara 23 Grand Slam ini pada gim keempat set kedua untuk menyamakan kedudukan menjadi 2- 2. Namun momennya hanya berlangsung sesaat, ketika ia menjatuhkan serve pada gim selanjutnya dan Williams mengamuk untuk mengamankan kemenangan mudah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bak Pahlawan, Benedict Cumberbatch Lawan Empat Perampok

Posted: 02 Jun 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, London - Benedict Cumberbatch ternyata tak hanya menjadi pahlawan di film-film superhero Marvel. Ia juga bisa menjadi pahlawan di dunia nyata.

Dilansir dari E! News, Minggu (3/6/2018), pada November tahun lalu, Benedict Cumberbatch ternyata sempat melawan empat orang yang hendak merampok seorang kurir bersepeda dari perusahaan pengantar makanan Deliveroo.

Peristiwa yang sudah cukup lama terjadi ini, baru terungkap saat sopir taksi online yang ditumpangi Benedict Cumberbatch, Manual Dias, menceritakan hal ini pada surat kabar The Sun.

Kala itu, Benedict Cumberbatch dan istrinya tengah berada di dalam taksi online yang disopiri Dias. Mereka melihat empat perampok tersebut sedang menyudutkan dan mendorong-dorong kurir tersebut.

Langsung Turun Mobil

Benedicth Cumberbatch.  (AFP/Bintang.com)

Saat melihat kejadian ini, Benedict tanpa banyak berpikir langsung keluar dari mobil dan membela korban perampokan tersebut. Melihat keadaan makin pelik, Manual Dias yang sebelumnya tak menyadari siapa Benedict, langsung turun dari mobil dan membantu aktor Sherlock tersebut.

"Dia berdiri di jalan memerintahkan mereka, ia berteriak 'Jangan ganggu dia'. Saat itu aku baru sadar dia adalah Benedict," tutur Manual Dias.

Hampir Dipukul

Benedict Cumberbatch dalam Doctor Strange. (TooFab's)

"Aku memegang satu orang dan Benedict memegang yang lain. Dia kelihatan tahu betul apa yang dia lakukan. Dia sangat berani," tuturnya.

Kata Manual Dias, para perampok tersebut sempat hendak memukul Benedict, namun sang aktor bisa melakukan pertahanan diri. Untungnya, para perampok ini kemudian melarikan diri. Menurut Dias, mereka tampaknya sadar bahwa lawannya ternyata adalah Benedict Cumberbatch.

 

Terima Kasih

Benedict Cumberbatch. (AFP/Bintang.com)

Setelahnya, Benedict kemudian menanyakan keadaan sang kurir tersebut dan memeluknya. "Pesepeda itu sangat beruntung, Benedict adalah seorang superhero. Benedict pemberani dan tak egois. Kalau dia tak menengahi mungkin pesepeda itu sudah luka parah."

Pihak Deliveroo yang mengetahui kejadian ini, juga langsung mengirim pernyataan terima kasih kepada Benedict melalui akun Twitter resmi mereka.

"Terima kasih atas tindakanmu yang sangat berani Benedict Cumberbatch," tulis perwakilan perusahaan tersebut.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Laga Persahabatan, Timnas Jerman Tumbang di Kandang Austria

Posted: 02 Jun 2018 09:39 PM PDT

Pemain Jerman, Mesut Ozil Jerman (kiri) berebut bola dengan David Alaba dalam laga persahabatan melawan Austria di Klagenfurt, Austria, Sabtu (2/6). Timnas Jerman takluk 1-2 dari Austria. (AP Photo/Ronald Zak)

Pemain Jerman, Mesut Ozil Jerman (kiri) berebut bola dengan David Alaba dalam laga persahabatan melawan Austria di Klagenfurt, Austria, Sabtu (2/6). Timnas Jerman takluk 1-2 dari Austria. (AP Photo/Ronald Zak)

Pemain Jerman, Mesut Ozil (kiri) berebut bola dalam laga persahabatan melawan Austria di Klagenfurt, Austria, Sabtu (2/6). Timnas Jerman takluk 1-2 dari Austria. (AP Photo/Ronald Zak)

Pemain Jerman, Mesut Ozil (kiri) berebut bola dalam laga persahabatan melawan Austria di Klagenfurt, Austria, Sabtu (2/6). Timnas Jerman takluk 1-2 dari Austria. (AP Photo/Ronald Zak)

Pemain Jerman, Mario Gomez (kiri) berebut bola dengna Stefan dalam laga persahabatan melawan Austria di Klagenfurt, Austria, Sabtu (2/6). Timnas Jerman takluk 1-2 dari Austria. (AP Photo/Ronald Zak)

Pemain Jerman, Mario Gomez (kiri) berebut bola dengna Stefan dalam laga persahabatan melawan Austria di Klagenfurt, Austria, Sabtu (2/6). Timnas Jerman takluk 1-2 dari Austria. (AP Photo/Ronald Zak)

Pemain Austria melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Jerman dalam laga persahabatan di Klagenfurt, Austria, Sabtu (2/6). Timnas Jerman takluk 1-2 dari Austria. (AP Photo/Ronald Zak)

Pemain Austria melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Jerman dalam laga persahabatan di Klagenfurt, Austria, Sabtu (2/6). Timnas Jerman takluk 1-2 dari Austria. (AP Photo/Ronald Zak)

Pemain Jerman Mario Gomez (tengah kanan) berjabat tangan dengan pemain Austria Aleksandar Dragovic usai laga persahabatan di Klagenfurt, Austria, Sabtu (2/6). Timnas Jerman takluk 1-2 dari Austria. (AP Photo/Ronald Zak)

Pemain Jerman Mario Gomez (tengah kanan) berjabat tangan dengan pemain Austria Aleksandar Dragovic usai laga persahabatan di Klagenfurt, Austria, Sabtu (2/6). Timnas Jerman takluk 1-2 dari Austria. (AP Photo/Ronald Zak)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Rini dan PNM Ingin Tingkatkan Jenjang Karir Ribuan Agen Mekaar

Posted: 02 Jun 2018 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Bogor - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno memberikan pembekalan bagi 1.000 para Account Officer (AO) pada program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar). Dalam kesempatan ini, para AO dibekali wawasan sekaligus motivasi agar tetap bersemangat dalam meningkatkan perekonomian keluarga pra sejahtera.

Rini mengatakan, kegiatan pembekalan ini bertujuan untuk membangun semangat dan karakter insan muda BUMN untuk bekerja serta berkarya menjadi bagian dari visi misi BUMN Hadir Untuk Negeri.

"Pekerjaan yang mereka lakukan merupakan sebuah darma bakti untuk membangun negeri. Untuk itu, Kementerian BUMN terus mendorong para AO Mekaar yang berisikan generasi muda ini agar dapat terus meningkatkan kemampuan dan potensi diri dalam berkarir di BUMN," kata Rini di Graha Widya Wisuda Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB), Minggu (3/6/2018).

Menurutnya, program Mekaar merupakan bentuk nyata keberpihakan pemerintah melalui BUMN dalam meningkatkan ekonomi masyarakat kecil. Program unggulan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) ini juga bisa menjadi upaya efektif meningkatkan inklusi keuangan.

"Mekaar secara langsung memberi akses keuangan pada berbagai masyarakat termasuk kelompok para ibu yang berpotensi menjadi pendukung ekonomi keluarga," ujarnya.

Rini menambahkan, Kementerian BUMN bersama PT PNM saat ini tengah merencanakan jenjang karir bagi para AO atau agen Mekaar. Mulai dari AO, Financial Officer, Senior AO, Kepala Cabang Mekaar, Area Manager, Regional Manager, Kepala Divisi hingga Direktur.

"Diharapkan, ke depannya para profesional AO Muda ini dapat menjadi talent pool di berbagai BUMN," imbuhnya.

Sebelumnya, pekan lalu Kementerian BUMN juga menggelar kegiatan serupa di Ciwidey, Bandung Barat. Di sana Menteri BUMN memberikan pembekalan, apresiasi serta berbagi cerita atau keluh kesah 4.000 AO Mekaar.

Mekaar merupakan layanan pemberdayaan melalui pembiayaan berbasis kelompok bagi perempuan pra-sejahtera dengan pendampingan dan pembinaan oleh para AO PNM berupa budaya usaha yang penuh dengan kejujuran, disiplin, kerja keras, kerukunan, kekeluargaan dan gotong royong.

Termasuk juga membiasakan budaya menabung demi masa depan yang lebih baik. Sejak dimulai pada akhir November 2015, PNM Mekaar ini telah berhasil menyerap puluhan ribu karyawan atau AO dan jutaan nasabah. Plafon kredit yang diberikan tersedia mulai dari Rp 500 ribu sampai dengan Rp 3 juta untuk setiap nasabah.

AO atau agen Mekaar yang mayoritas diisi para generasi muda berusia 18-25 tahun ini berperan sebagai lini terdepan dari program Mekaar dalam mencari nasabah dan membina nasabah yang merupakan perempuan pra sejahtera Indonesia. Ruang lingkup pekerjaan AO meliputi sosialisasi, uji kelayanan nasabah, persiapan pembiayaan berupa pelatihan selama 5 hari kepada nasabah, pencairan pembiayaan, hingga menggelar pertemuan kelompok mingguan yang dilakukan sampai dengan pelunasan.

 

 

Reporter : Dwi Aditya Putra

Sumber : Merdeka.com

2,8 Juta Nasabah Mekaar

PNM

Tercatat hingga April 2018, nasabah aktif Mekaar secara nasional telah melampaui angka 2,8 juta jiwa dengan lebih dari 22 ribu AO yang mendampingi. Khusus di Jawa Barat sendiri, sedikitnya terdapat 662 ribu perempuan pra-sejahtera yang sudah menjadi nasabah Mekaar. Hingga akhir tahun ini ditargetkan jumlah nasabah Mekaar bisa mencapai 4 juta nasabah.

Total dana yang tersalurkan sudah mencapai Rp 6,76 triliun, dengan rata-rata pembiayaan yang diberikan sebesar Rp 2,1 juta per nasabah. Non Performance Loan (NPL) Mekaar berada di angka 0,25 persen, ini menunjukkan bahwa sistem pembinaan yang dilakukan kepada para nasabah telah berhasil menciptakan komitmen pengembalian pinjaman yang tinggi pada tiap nasabah.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timnas Australia Rilis Daftar Skuat Untuk Piala Dunia 2018

Posted: 02 Jun 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Sydney - Timnas Australia akhirnya mengumumkan skuat yang akan berlaga di Piala Dunia 2018 mendatang. Menariknya, ada satu nama kejutan yang tidak dibawa ke Rusia.

Dia adalah gelandang James Troisi. Padahal pemain Melbourne Victory itu menjadi pahlawan saat Australia juara Piala Asia tiga tahun lalu.

Sinyal Troisi sudah nampak dalam laga uji coba terakhir melawan Republik Ceko, 1 Juni lalu. Pemain berusia 29 tahun itu tidak diturunkan pelatih Bert van Marwijk.

Selain Troisi, tiga nama lain yang juga dicoret adalah bek Fran Karacic, pemain serbabisa Josh Brillante, dan striker Nikita Rukavytsya.

Sementara nama kejutan yang masuk timnas adalah Jamie Maclaren. Dia menggantikan Tomi Juric yang kondisinya tak prima.

 

 

Komentar Marwijk

Ekspresi pemain Australia, Tim Cahill (atas) dan rekan setimnya usai membobol gawang Suriah pada laga kualifikasi Piala Dunia 2018 di  Sydney (10/10/2017). Australia menang 2-1 pada leg kedua tersebut. (AP/Rick Rycroft)

"Saya sangat senang dengan seluruh usaha yang diberikan pemain selama uji coba di Turki dan Austria. Mereka memberikan segalanya sehingga seleksi ini sangat berat saya lakukan," kata Marwijk seperti dilansir Soccerway.

"Namun mempertimbangkan banyak faktor, inilah skuat yang saya bawa ke Rusia. Saya sangat percaya pada pemain ini," ujarnya menambahkan.

"Saya yakin kami bisa membuat Australia bangga jika terus bekerja kolektif dan intensif hingga Piala Dunia dimulai."

Daftar Skuat

5. Australia (Playoff) - Tak seperti tahun 2014 dimana mereka mampu lolos langsung ke Piala Dunia, kali ini Socceroos harus melalui babak playoff. Tim Cahill dan pasukan harus menghadapi Suriah pada playoff pertama. (AFP/Brenton Edwards)

Daftar skuat Australia:

Kiper: Mat Ryan (Brighton), Brad Jones (Feyenoord), Danny Vukovic (Genk)

Bek: Trent Sainsbury (Grasshoppers), Matthew Jurman (Suwon), Milos Degenek (Yokohama Marinos), Joshua Risdon (Western Sydney Wanderers), Aziz Behich (Bursaspor), James Meredith (Millwall)

Gelandang: Mile Jedinak (Aston Villa), Aaron Mooy (Huddersfield), Tom Rogic (Celtic), Massimo Luongo (QPR), Jackson Irvine (Hull City), Dimi Petratos (Newcastle Jets), Mark Milligan (Al Ahli).

Striker: Tim Cahill (Millwall), Tomi Juric (FC Luzern), Mathew Leckie (Hertha Berlin), Daniel Arzani (Melbourne City), Andrew Nabbout (Urawa Red Diamonds), Robbie Kruse (Bochum), Jamie Maclaren (Hibernian).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menhub Semringah saat Sidak Bandara Soekarno-Hatta, Ada Apa?

Posted: 02 Jun 2018 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Tangerang - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Soemadi melakukan inspeksi mendadak (sidak) Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (3/6/2018) pagi. Dia pun langsung berkoordinasi dan mengecek persiapan bandara tersibuk itu jelang musim mudik Lebaran 2018.

Dengan mengenakan kemeja dan celana jeans serba biru dongker, Budi Karya langsung mengunjungi Terminal 1B Bandara Soetta. Terminal domestik tersebut diperkirakan ramai dengan hilir mudik calon penumpang yang akan pulang kampung ke berbagai daerah di Indonesia.

Dia mengunjungi posko mudik yang di dalamnya tersedia berbagai layar monitor jadwal penerbangan, yang bisa dipantau secara real time. Lalu menuju masuk ke terminal, mulai dari pengamanan, konter check in, bagasi, hingga costumer service.

Menhub Budi Karya mengecek semua kesiapan sarana dan prasarana di bandara tersebut. "Hari ini saya bahagia, seluruh stake holder yang ada di Soetta ini ada dan kompak, jadi semua bisa memberi kontribusi dan aktif," kata Menhub semringah, saat ditemui awak media setelah selesai sidak.

Dengan melihat keadaan ini, Budi Karya mengaku yakin pelayanan di Bandara Soetta akan berjalan dengan baik. Sebab, Kementerian Perhubungan telah diamanahkan oleh Presiden Jokowi untuk musim mudik Lebaran tahun ini harus lebih baik dari tahun sebelumnya.

"Makanya kalau mau hasil lebih baik harus diikuti dengan perencanaan yang baik, kemudian cek seperti ini, dan konsisten dilakukan," ujar Menhub.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Cek Jauh Hari

Menteri Perhubungan, Budi Karya Soemadi. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Khusus untuk pengecekan bandara udara, Budi Karya mengaku Kementerian Perhubungan sudah melakukan kontrol jauh-jauh hari terhadap 35 bandara di Indonesia. Tak hanya itu, Airnav pun turun tangan mengontrol secara detail 12 bandara lainnya.

"Dan secara teknis dan service, ada tim juga yang turun mengontrol bandara di seluruh wilayah di Indonesia. Mereka harus siap dalam menghadapi musim mudik tahun ini," tutur mantan Direktur PT AP II itu.

Sehingga, tema 'Mudik Guyub Rukun yang Bahagia' yang diusung tahun ini, dirasa yakin akan terlaksana dengan baik. "Khusus udara ini harus dipersiapkan dengan baik, sehingga pemudik bisa pulang pergi selamat sampai tujuan," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tekuk Italia, Mbappe Puji Penampilan Timnas Prancis

Posted: 02 Jun 2018 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Timnas Prancis menang 3-1 atas Itaia pada laga uji coba di Allianz Riviera, Nice, Jumat (1/6/2018) waktu setempat. Ousmane Dembele dan Antoine Griezmann mengemas masing-masing satu gol ke gawang yang dikawal Salvatore Sirigu. Satu gol lainnya diciptakan oleh bek Barcelona, Samuel Umtiti.

Perpaduan lini depan Timnas Prancis mulai terlihat dalam laga uji coba menghadapi Italia pada hari Sabtu (2/6) dini hari kemarin. Sang pemain, Kylian Mbappe, mengaku terkesan dengan perpaduan dirinya dan dua penyerang lainnya.

Ousmane Dembele dan Antoine Griezmann turut mengemas masing-masing satu gol ke gawang yang dikawal oleh Salvatore Sirigu, dan membuat Prancis menang dengan skor 3-1. Satu gol lainnya diciptakan oleh bek Barcelona, Samuel Umtiti.

Meskipun turut tampil di laga tersebut, namun Mbappe tidak turut serta membubuhkan namanya di papan skor. Meskipun demikian, ia mengaku terkesan karena dirinya bisa segera padu dengan dua penyerang lainnya.

Kerjasama Menjanjikan

Pemain Prancis, Kylian Mbappe (kanan) berebut bola dengan pemain Italia, Mattia Caldara pada laga uji coba di Allianz Riviera stadium, Nice, (1/6/2018). Prancis menang 3-1. (AP/Claude Paris)

"Ini adalah kerja sama yang menjanjikan. Kami bermain baik, saling mengapresiasi satu sama lain," ujar pemiain berumur 19 tahun itu seperti yang dilansir dari Goal.

"Saya selalu ingin bermain dengan pemain hebat. Saya punya dua pemain hebat: Antoine, 10 besar; Ousmane, pemain muda terbaik di dunia, untuk saya," lanjutnya.

"Kami semua mencoba untuk saling tolong menolong satu sama lainnya," pungkasnya.

Usai laga melawan Italia, [Timnas Prancis](https://www.liputan6.com/tag/timnas-prancis "") akan kembali melakoni laga persahabatan sebelum memulai pertandingan perdananya di Piala Dunia nanti. Pada akhir pekan depan, skuat asuhan Didier Deschamps tersebut akan menghadapi Amerika Serikat.

 

Sumber: bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Permintaan Pengusaha Rokok Atas RUU Pertembakauan

Posted: 02 Jun 2018 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Industri rokok meminta DPR dan pemerintah tidak terburu-buru dalam membahas dan memutuskan Rancangan Undang-Undang (RUU) Pertembakauan. Pasalnya, RUU tersebut dinilai belum memenuhi harapan dari pihak-pihak yang terkait di dalamnya, termasuk sektor industri.

Ketua Umum Gabungan Perserikatan Pabrik Rokok Indonesia (Gappri) Ismanu Sumiran mengatakan, RUU ini sebenarnya sudah sejak lama diusulkan DPR. RUU tersebut mulanya merupakan RUU Pengendalian Dampak Produk Tembakau terhadap Kesehatan yang telah diinisiasi sejak 2006.

Jika RUU ini tetap ingin dilanjutkan, lanjut dia, maka harus kembali dibahas dari awal dengan melibatkan industri dan petani tembakau.

"Oke, kita butuh RUU Pertembakauan, tetapi harus dibahas dari awal, kembali dari titik nol agar benar-benar memayungi secara adil, juga objektif. Sesuatu yang dibahas terlalu lama, (tidak sesuai dengan) perubahan dinamika berjalan," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Minggu (3/6/2018).

Ismanu menyatakan, ada tiga hal yang menjadi masukan industri terhadap RUU ini. Salah satunya soal ruang bagi industri untuk menata stok bahan bakunya seperti tembakau, baik yang berasal dari dalam negeri maupun impor.

"Pertama, kami minta berikan pengusaha ruang untuk menata stoknya. Itu butuh waktu 3-4 tahun. Kedua, budidaya perkebunan tembakau harus dikembalikan. Ketiga, regulasi pemerintah yang tidak produktif harus diluruskan," jelas dia.

 

Tahun Politik

Petani tembakau asal Desa Tobungan Kecamatan Galis, Pamekasan Jawa Timur. Foto: (Dian Kurniawan/Liputan6.com)

Selain itu, pembahasan RUU ini juga dinilai kurang tepat jika dilakukan pada saat ini. Sebab, ‎dengan berlangsungnya pesta demokrasi seperti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) pada tahun depan, adanya RUU ini dikhawatirkan hanya dijadikan komoditas politik.

‎"Tidak (tidak perlu terburu-buru), karena waktunya tidak cukup, karena dinamikanya terlalu cepat, dinamika politik juga. Ketika kondisi seperti ini dikeluarkan kebijakan, pasti tidak bagus. Akan ada yang berkepentingan," tandas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bae Jin Young Wanna One Cedera Saat Konser, Agensi Buka Suara

Posted: 02 Jun 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Wanna One kini tengah disibukkan dengan rangkaian tur konser dunia "ONE: THE WORLD 2018" yang baru saja dimulai di Seoul, Jumat (1/6/2018) lalu. Konser di kampung halaman Ji Hoon dkk ini, digelar selama tiga hari berturut-turut di Gocheok Sky Dome, Seoul.

Namun dalam hari kedua pelaksanaannya, Sabtu (2/6/2018), ada satu kejadian nahas yang dialami Bae Jin Young Wanna One.

Dilansir dari Soompi, Jin Young Wanna One mengalami cedera di telinga saat ia tak sengaja bertabrakan dengan rekannya, Ong Seong Wu.

Jin Young Wanna One pun langsung dilarikan ke belakang panggung untuk mendapat pertolongan pertama. Untungnya, tak berapa lama kemudian ia kembali ke panggung dan meneruskan konser.

Sempat Menangis

Bae Jin Young Wanna One (Naver/ Wanna One)

Saat kembali ke panggung, Jin Young sempat menangis karena tidak ingin membuat para penggemar dan orangtuanya khawatir. Beberapa kali ia menyeka matanya yang basah, sementara rekan-rekannya yang lain berusaha menenangkannya.

Sejumlah video yang menampilkan kejadian ini, beredar luas di media sosial.

Disuntik Tetanus

Bae Jin Young Wanna One (Naver/ Wanna One)

Agensi yang kini menaungi Wanna One, Swing Entertainment, langsung buka suara untuk menenangkan penggemar. Juru bicara agensi ini menyebutkan bahwa setelah konser berakhir, Jin Young langsung dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan lanjutan.

"Hasil pemeriksaan menyatakan bahwa untungnya, tidak ada masalah dengan gendang telinganya. Lukanya tidak memerlukan jahitan dan hanya perlu mendapat pengobatan. Ia juga disuntik tetanus dan mendapat resep obat antibiotik."

Tak Pakai In-Ear Monitor

Sumber: Instagram/ wannaone.official

Juru bicara agensi ini menambahkan bahwa selama seminggu, Jin Young Wanna One akan absen mengenakan in-ear monitor di telinga kanannya yang terluka. "Dia akan mengenakan earphone biasa selama sekitar satu minggu setelahnya."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bek Timnas Indonesia U-23 Akan Redam Sayap Kiri Thailand

Posted: 02 Jun 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bek kanan Timnas Indonesia U-23 Gavin Kwan Adsit siap meredam serangan dari sayap kiri Thailand. Itu bakal dilakukannya jika dimainkan dalam pertandingan uji coba kedua tim di Stadion Pakansari, Cibinong, Jawa Barat, Minggu (3/6/2018).

"Pemain mereka sangat cepat dan banyak memberikan umpan-umpan terobosan berbahaya. Mudah-mudahan saya bisa tampil maksimal besok," kata Gavin di Jakarta, Sabtu (2/6/2018) malam, soal laga Timnas Indonesia U-23 kontra Thailand, seperti dinukil dari Antara.

Gavin menambahkan sudah mengenal karakteristik pemain berbahaya Thailand di sayap kiri, yakni Chaiyawat Buran. Pemain bernomor punggung 10 itu merupakan satu dari setidak-tidaknya enam jebolan SEA Games 2017 di Malaysia.

Chaiyawat adalah pencetak gol Thailand kala bertemu Timnas Indonesia U-23 di Grup B SEA Games 2017, di mana ketika itu laga berakhir dengan skor 1-1. Gavin saat itu mengisi posisi bek kanan Indonesia sejak menit pertama pertandingan tersebut.

"Saya sudah pernah bertemu dia dan sudah tahu bagaimana dia bermain," papar Gavin.

Kalah

Pemain depan Timnas Indonesia U-23, Alberto Goncalves (tengah) berebut bola dengan pemain Thailand U-23 saat uji coba di Stadion PTIK, Jakarta, Kamis (31/5). Babak pertama, Indonesia U-23 ditahan imbang Thailaind U-23. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pada laga uji coba pertama di Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta, Kamis (31/5/2018) lalu, Timnas Indonesia U-23 takluk 1-2 dari tim nasional U-23 Thailand.

Indonesia unggul terlebih dahulu melalui gol Septian David Maulana di menit ke-49. Sementara gol balasan Thailand dicetak Sansern Limwatthana di menit ke-53 dan Tanasith Siripala pada menit ke-89.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Alasan Pemudik Pulang Kampung di H-14 Jelang Lebaran

Posted: 02 Jun 2018 09:15 PM PDT

Fokus, Jakarta - Dua minggu jelang Lebaran, Stasiun Senen mulai dipadati calon penumpang. Mereka memilih mudik minggu ini karena tidak mendapat tiket kereta mendekati Idul Fitri.  

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (02/06/2018), para pemudik bahkan rela menunggu hingga berjam-jam meski keberangkatan kereta dijadwalkan siang hari.  

Hal ini dilakukan demi menghindari kemacetan dan ketinggalan kereta.

"Saya berangkat karena dapat tiketnya hari ini. Awalnya mau H-10, tapi saya tidak dapat," aku Fauzan, salah satu pemudik.  

Berbeda dengan Fauzan, Nesti mengaku mudik sekarang karena takut macet. "Berdasarkan pengalaman tahun lalu, tiket hangus. Lalu macet juga kan," kata Nesti.  

Sebanyak 14 ribu calon penumpang tercatat akan berangkat ke berbagai daerah di Pulau Jawa, melalui Stasiun Senen hari ini. Pihak stasiun setidaknya mengoperasikan 26 armada.

Sementara tujuh kereta tambahan baru akan diberlakukan mulai 5 Juni hingga 26 Juni mendatang. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gelar Pasar Murah, Yayasan Hati Suci Jual 2.000 Paket Sembako

Posted: 02 Jun 2018 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Yayasan Hati Suci kembali menggelar pasar murah pada tahun ini. Dalam pasar murah yang digelar di Rumah Hati Suci ini, pihak yayasan menyiapkan 2.000 paket sembako seharga Rp 40 ribu per paket yang diperuntukkan bagi keluarga pra sejahtera di sekitar yayasan.

Pimpinan Panti Asuhan Hati Suci, Francisca Setiati mengatakan, pihaknya telah menggelar pasar murah sejak 18 tahun terakhir. Awalnya, program ini hanya menjual pakaian bekas hasil sumbangan dan beberapa karung beras dengan harga yang murah.

"Kita banyak kelebihan sumbangan pakaian bekas dan lain-lain. Semula hanya buka lapak di depan, beras pun hanya berapa karung. Lama-lama sumbangan makin banyak. Kemudian kita semakin teratur, kita simpan, kita seleksi. Kita selenggarakan pasar murah seperti ini. Ini sudah 18 tahun dan selalu kita laksanakan pada bulan puasa, karena diutamakan untuk keluarga yang pra sejahtera untuk Idul Fitri," ujar dia di Jakarta, Minggu (3/5/2018).

Namun seiring dengan meningkatnya antusias masyarakat, lanjut Francisca, pihaknya mulai menjual paket sembako dengan harga yang terjangkau. Pada tahun ini, yayasan menyiapkan 2.000 paket sembako berisi beras, gula dan minyak goreng dengan harga Rp 40 ribu per paket.

"Beras 4 liter Rp 20 ribu, minyak 1 liter Rp 10 ribu, gula Rp 10 ribu, jadi total satu paket Rp 40 ribu. Paket sembako ini untuk masyarakat sekitar, pakai kupon. Kalau yang lain (pakaian bekas) bebas," kata dia.

Menurut Francisca, masyarakat yang membeli pakaian bekas di acara ini bukan hanya masyarakat sekitar, tetapi juga dari daerah lain seperti Bogor, Depok dan Bekasi.

"Ada yang dari Tanjung Priok, Parung Kuda Bogor, Bekasi, Depok. Dua minggu sebelumnya kita pasang banner dan informasinya dari tukang bajaj. Mungkin ada tukang bajaj yang rumahnya di Bogor ngasih tahu. Bahkan ada orang yang sudah bawa karung (menampung pakaian bekas yang dibeli)," ungkap dia.

 

Dana Terkumpul untuk Beasiswa Pendidikan

Yayasan Hati Suci menggelar pasar murah untuk warga Jakarta. (Liputan6.com/Faisal Fanani)

Francisca mengatakan, dana yang terkumpul dari program ini bisa mencapai ratusan juta rupiah. Dana tersebut akan digunakan sebagai beasiswa jenjang perguruan tinggi bagi anak-anak asuh di yayasan tersebut.

"Tahun lalu terkumpul Rp 250 juta. Dana ini kita gunakan untuk beasiswa anak-anak Rumah Hati Suci yang ingin kuliah. Karena di sini batasnya setelah lulus SMA, mereka harus keluar (dari panti asuhan)," tutur dia.

Francisca berharap, melalui beasiswa yang diberikan mampu meningkatkan kesejahteraan anak-anak asuhnya. Dengan demikian, mereka juga bisa berguna bagi masyarakat sekitar.

"Kalau hanya lulusan SMA paling kerjanya hanya sebagai pramuniaga, pramusaji, tidak ada peningkatan kehidupan. Jadi dari dana ini kita peruntukan untuk beasiswa kuliah, memang biayanya mahal, tetapi paling tidak mereka bisa meningkat taraf hidupnya," tandas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Sepele yang Picu Hoaks Teror Bom di Kereta Merak-Rangkasbitung

Posted: 02 Jun 2018 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Cilegon - Saat akan santap sahur, AW (31), tersangka penyebar hoaks teror bom di atas kereta api jurusan Merak-Rangkasbitung, berhasil ditangkap anggota polisi dari Polres Cilegon yang bekerja sama dengan Polres Serang dan Polda Banten.

"Saat diamankan, pelaku ada di rumah bersama keluarganya. Lagi persiapan sahur ditangkapnya," kata Kapolres Cilegon AKBP Rizki Agung Prakoso, saat ditemui di kantornya, Sabtu, 2 Juni 2018.

Terduga penyebar hoaks teror bom di atas kereta itu ditangkap sekitar pukul 04.00 WIB dan terancam dijerat Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Teknologi Elektronik (ITE).

"Pasal yang dikenakan Pasal 27 ayat 4 UU 11 Tahun 2008 tentang ITE, dengan ancaman enam tahun penjara," katanya.

Menurut pengakuan AW, ia mengirim pesan singkat berisi kabar teror bom kepada Rasidi (46), kondektur kereta api jurusan Merak-Rangkasbitung, sekitar pukul 14.00 WIB, Jumat sore, 1 Juni 2018.

Warga asli Malingping, Kabupaten Lebak, yang berdomisili di Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten itu, mengaku kesal kepada petugas kereta karena dimarahi akibat tak memiliki tiket.

"Cuma iseng-iseng doang, karena kemarin saya sempet dimarahin sama masinis yang nutup kereta itu," kata AW.

Pria yang sehari-hari bekerja sebagai buruh bangunan itu mendapatkan nomor telepon Rasidi, dari tempelan di gerbong kereta api. "Setelah SMS, saya pulang ke rumah. Saya langsung buka puasa, terus tidur. HP posisinya low batt," ujarnya.

Kepada Rasidi, AW mengirimkan pesan singkat teror bom pada Jumat sore, 1 Juni 2018. "Selamat siang sy beritakan di kereta lokal Merak sya taru beberapa bom anda tunggu saja," begitu bunyi pesan singkat yang diterima kondektur kereta itu sekitar pukul 16.59 WIB.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Ganjar Pernah Ada yang Mau Dukung Tapi Pakai Syarat

Posted: 02 Jun 2018 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Semarang - Calon Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku sedih ketika mendapati kenyataan masih banyak guru yang menyogok untuk naik pangkat menjadi kepala sekolah. Ia juga prihatin ada orang yang mau mendirikan sekolah tapi mencoba kolusi.

Soal ini bermula pada cerita Ganjar ketika dihubungi seseorang yang ingin mendirikan sekolah SMA. Orang itu, kata dia, menyatakan akan mendukung Ganjar pada Pilkada jika izin pendirian sekolah diterbitkan.

"Saya bilang silakan mendaftar nanti diverifikasi, eh dijawab wong mau didukung kok enggak mau bantu. Saya balas lagi kalau mendukung silakan, kalau pakai syarat tidak usah," ujar Ganjar saat berdialog di Kantor PGRI Jalan Lontar Semarang, Sabtu 2 Juni 2018.

Karena contoh tersebut, maka Ganjar mengingatkan soal etika itu harus selesai di tingkat pemimpin, penegak hukum, dan pengajarnya sendiri.

Ia kemudian menyatakan, solusi pendidikan Indonesia bukan dengan meniru sistem dari Finlandia. Namun, kata Ganjar, pendidikan harus dikembalikan pada substansi mendidik, yakni menempa moral dan etika manusia.

"Saya pernah ke Finlandia ke LAN-nya, pejabat tingginya orang partai, saya tanya bagaimana anda memisahkan kepentingan politik dan profesionalisme birokrasi. Jawabnya etika," ucap Ganjar.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Pernah Gulirkan Pergub

Cagub Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat menghadiri Apel Siaga PDI Perjuangan Setia Megawati, Setia NKRI di Solo, Jumat (11/5). Apel digelar dalam rangka kesiapan menghadapi Pilkada 2018, Pemilhan Legislatif dan Pilpres 2019. (Liputan6.com/HO/Ivan)

Gubernur Jateng nonaktif ini kemudian bercerita pernah menggulirkan Peraturan Gubernur atau Pergub tentang pembatasan emisi kendaraan di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov).

Dimana, kata dia, setiap Jumat, seluruh pegawai termasuk gubernur dilarang membawa kendaraan pribadi. Boleh naik sepeda, jalan kaki, atau kendaraan umum.

"Tapi saya cabut lagi Pergub itu karena semua cheating, bawa mobil di parkir di Taman KB. Ironisnya yang pertama kali melanggar itu satpol PP yang seharusnya menegakkan pergub. Jadi ini soal moral dan etika, sistem dan regulasi nanti dulu deh," tegas Ganjar.

Dialog ini dihadiri Ketua PP PGRI Jateng Widadi, Ketua Dewan Kehormatan Guru Indonesia PGRI Sudharto, Rektor Universitas PGRI Muhdi, serta puluhan pengurus dan anggota PGRI Jateng lainnya.

Dalam dialog, PGRI mengakui kinerja impresif Gubernur Ganjar pada periode pertama dalam dunia pendidikan. PGRI menyatakan siap bekerja sama lebih intensif dengan Ganjar Pranowo ketika nanti menjabat lagi pada periode kedua.

Sudharto menyoroti tanggung jawab pendidikan lebih baik dikembalikan ke sekolah. Ia yakin kepala sekolah mampu mengemban amanat itu.

"Pendidikan karakter, budi pekerti akan jalan, dikembalikan ke sekolah saja," kata Sudharto.

 

Reporter : Dian Ade Permana

Sumber  : Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kampanyekan Pengurangan Penggunaan Plastik, Aktivis Walhi Jalan Kaki di CFD

Posted: 02 Jun 2018 09:00 PM PDT

Aktivis Walhi berjalan sambil membawa tulisan mengampanyekan pengurangan penggunaan plastik di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (6/3). Mereka mengajak masyarakat mengurangi penggunaan plastik. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Aktivis Walhi berjalan sambil membawa tulisan mengampanyekan pengurangan penggunaan plastik di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (6/3). Mereka mengajak masyarakat mengurangi penggunaan plastik. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sejumlah aktivis Walhi berjalan mengampanyekan pengurangan penggunaan plastik di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (6/3). Mereka mengajak masyarakat mengurangi penggunaan plastik. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sejumlah aktivis Walhi berjalan mengampanyekan pengurangan penggunaan plastik di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (6/3). Mereka mengajak masyarakat mengurangi penggunaan plastik. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Aktivis Walhi berjalan sambil membawa tulisan mengampanyekan pengurangan penggunaan plastik di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (6/3). Mereka mengajak masyarakat mengurangi penggunaan plastik. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Aktivis Walhi berjalan sambil membawa tulisan mengampanyekan pengurangan penggunaan plastik di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (6/3). Mereka mengajak masyarakat mengurangi penggunaan plastik. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sejumlah aktivis Walhi berjalan mengampanyekan pengurangan penggunaan plastik di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (6/3). Mereka mengajak masyarakat mengurangi penggunaan plastik. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sejumlah aktivis Walhi berjalan mengampanyekan pengurangan penggunaan plastik di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (6/3). Mereka mengajak masyarakat mengurangi penggunaan plastik. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1.273 Polantas Amankan Arus Mudik dan Balik di Jakarta Raya

Posted: 02 Jun 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengerahkan 1.273 polisi lalu lintas (polantas) untuk mengamankan arus mudik dan balik tahun ini. Polantas tersebut tidak hanya ditempatkan di 142 pos pengamanan. Mereka juga akan dikerahkan di titik-titik kemacetan.

"Soal kesiapan kita sudah siap, baik lokasi maupun personelnya. Personelnya kalau tidak salah ada 1.273," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Yusuf di Jakarta, Minggu (3/6/2018).

Dia menuturkan personel-personel ini juga akan ditempatkan di tempat pemberangkatan mudik dan berkumpulnya masyarakat. Selain itu, anggota disiagakan di batas wilayah hukum Polda Metro Jaya.

"Km 39, aslinya sampai km 41, tapi di 39 itu ada rest area. Rest area itu salah satu sumber macet. (Antisipasi) Kita tempatkan anggota di sana, disiapkan juga jalur-jalur khusus, kalau pun nanti di situ terjadi kemacetan," tutur Yusuf.

Menurut dia, pengerahan jumlah personel dan pos ini merupakan hasil rapat koordinasi dengan pihak terkait.

"Jadi status 142 pos PAM itu berdasarkan hasil rapat koordinasi kemarin dengan lintas sektoral, maupun dengan internal kita. Kemudian itu sudah disepakati oleh masing-masing Kasatwil, Kapolres, kalau tempat itu layak dibuat pos PAM," ujar Yusuf soal mudik.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

Operasi Ketupat

Sebelumnya, dalam rangka mengamankan Hari Raya Idul Fitri, Polda Metro Jaya akan segera menggelar Operasi Ketupat 2018 pada 7-24 Juni 2018. Pada operasi tersebut, polisi juga menyiapkan seratusan pos pengamanan (pospam) di titik-titik tertentu.

"Posko itu sekitar 143, itu ada di jalur mudik, ada juga di tempat-tempat hiburan masyarakat, termasuk tempat rekreasi. Baik di Ancol, TMII, Kebun Binatang Ragunan, kemudian Monas, atau tempat lain yang dimungkinkan ada kegiatan masyarakat," kata Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Purwadi Arianto di Jakarta, Jumat (1/6).

 

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cari Pengganti Conte, Chelsea Dekati Zidane

Posted: 02 Jun 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, London - Membawa Chelsea menjuarai Piala FA tak membuat masa depan Antonio Conte di Stamford Bridge Stadium aman. Kiprah Conte di Chelsea untuk musim depan masih abu-abu.

Hal ini setelah adanya keputusan mengejutkan yang dibuat Zinedine Zidane. Pria asal Prancis itu memilih untuk menanggalkan jabatannya sebagai pelatih Real Madrid.

Situasi ini coba dimanfaatkan The Blues, sebutan Chelsea. Manajemen Chelsea dilaporkan media Inggris, Daily Mail sedang melakukan penjajakan dengan Zidane.

Chelsea mendekati Zidane tak terlepas performa buruk Cesc Fabregas dan kawan-kawan di bawah asuhan Conte pada musim ini. The Blues gagal mempertahankan gelar Liga Inggris dan gagal ke Liga Champions musim depan.

Bos Chelsea, Roman Abramovich dilaporkan tertarik mendatangkan Zidane. Mengingat, Zidane sangat sukses bersama Real Madrid, memenangkan sembilan trofi, di antaranya tiga gelar Liga Champions secara beruntun dalam 30 bulan.

Respons Zidane

Zidane dan trofi Liga Champions. (AFP/Filippo Monteforte)

Sementara itu, Zidane sendiri sudah membuat pertanyaan. Dia belum memikirkan tawaran dari klub lain. Zidane mengakui dirinya masih mencintai Real Madrid.

"Saya tidak akan melatih tim lain untuk sekarang ini. Saya tidak mencari klub lain," ujar pelatih berusia 45 tahun tersebut.

Zidane memutuskan meninggalkan Real Madrid karena menganggap eranya sudah habis. "Mereka membutuhkan perubahan dan ini waktu yang tepat untuk saya (meninggalkan Real Madrid)," ucapnya.

 

Prestasi Zidane

Berikut prestasi Zidane sebagai pelatih Real Madrid:

La Liga: 2016–17

Supercopa de España: 2017

UEFA Champions League: 2015–16, 2016–17, 2017–18

UEFA Super Cup: 2016, 2017

FIFA Club World Cup: 2016, 2017

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beredar Foto Mesra Agnez Mo dan Chris Brown, Warganet Khawatir

Posted: 02 Jun 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejak menjadi rekan duet lewat lagu berjudul "On Purpose" hubungan Agnez Mo dan Chris Brown kian dekat. Agnez Mo juga sempat memperlihatkan foto mesranya bersama mantan kekasih Rihanna tersebut.

Foto yang diunggah melalui akun Instagram @agnezmo, Rabu (30/5/2018) itu, memperlihatkan bahu Agnez Mo tengah dirangkul oleh Chris Brown yang ada di belakangnya. Kepala Agnez Mo juga menempel di area dagu Chris Brown.

Tak berhenti sampai situ saja, berselang tiga hari kemudian. Agnez Mo kembali memperlihatkan foto yang jauh lebih mesra bersama Chris Brown melalui Instagram Stories.

Dalam konsep foto hitam putih, kedua penyanyi ini berbaring berhadapan di atas pasir. Agnez Mo tampak mencium kening Chris Brown, sementara rapper berusia 29 tahun itu memejamkan matanya.

Pemukulan

[Foto: Instagram agnez mo]

Potret kemesraan mereka kemudian diunggah ulang oleh akun gosip di Instagram. Dari sinilah respons dari warganet mengalir deras.

Sebagian besar di antara mereka khawatir bila Agnez Mo benar menjalin hubungan asmara dengan Chris Brown. Sekadar mengingatkan, Chris Brown pernah terlibat kasus penganiayaan terhadap Rihanna saat mereka masih menjadi kekasih.

Khawatir

Agnez Mo. (Foto: instagram.com/agnezmo)

"Tapi smg aja hubungan chris sm agnez cuma sekedar rekan kerja ya,kl hub. Romance kayanya ngeri," kata pemilik akun Instagram @sasya.indonesia.

"S-serius sama chris brown? Doi kan terkenal doyan pake kekerasan ke org sampe sekarang, org luar mah udah pada anti kalo udah denger nama "chris brown"," imbuh @kylorenispunk.

"Aku yakin itu cuman skdr buar mv ato ada krjasama mungkin.. mba agnez juga tau kok chris brown itu gimana," tambah @flower1636.

Putus?

Agnez Mo dan Wijaya Saputra. (instagram/jaysforeal)

Beberapa waktu lalu, hubungan Agnez Mo dan kekasihnya, Wijaya Saputra atau Wijin, juga dikabarkan kandas di tengah jalan. Namun, keduanya tak pernah memberi tanggapan resmi soal gosip yang beredar itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Balas Tembakan Roket Hamas, Tentara Israel Serang Jalur Gaza Palestina

Posted: 02 Jun 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Gaza - Militan di Jalur Gaza, Palestina dilaporkan menembakan sejumlah roket ke Israel pada Sabtu, 2 Juni 2018 waktu setempat.

Tindakan itu memicu aksi balasan dari militer Israel (IDF) yang melakukan serangan udara ke lokasi Hamas di Jalur Gaza, kata juru bicara IDF, seperti dikutip dari Voice of America, Minggu (3/5/2018).

Setidaknya empat proyektil roket ditembakkan dari Gaza ke Israel, klaim IDF dalam sebuah pernyataan. Tiga proyektil berhasil dicegat sistem pertahanan udara Iron Dome Israel, satu lainnya jatuh di tengah penerbangan.

Sementara itu, seperti dikutip dari The Times of Israel, sirene bahaya serangan udara terdengar di Sderot, Sha'ar Hanegev, dan Hof Ashkelon di Israel selatan yang dekat dengan perbatasan wilayah Palestina di Jalur Gaza pada Sabtu malam.

Suara sirene memicu penduduk Israel bergegas berlindung ke tempat penampungan.

Israel menuduh kelompok Hamas Palestina di Jalur Gaza sebagai dalang penembakan roket. Di sisi lain, tak satu pun dari kelompok militan Gaza yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

Warga di Gaza mengatakan, pesawat Israel menyerang setidaknya tiga situs Hamas pada malam yang sama hingga dini hari 3 Juni 2018.

Militer Israel mengonfirmasi dalam pernyataan bahwa mereka telah melakukan serangan udara. IDF juga menambahkan bahwa "Organisasi teror Hamas bertanggung jawab untuk semua peristiwa yang terjadi di Jalur Gaza."

Sejauh ini belum ada laporan tentang korban atas insiden terbaru di Jalur Gaza tersebut.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

Angka Peristiwa Kekerasan di Jalur Gaza Melonjak

(ilustrasi) Sejumlah pemadam Israel berusaha memadamkan api di ladang dekat Kibbutz of Mefallesim di perbatasan Jalur Gaza (15/5). Layang-layang yang diikatkan bom molotov dilepaskan ke arah ladang gandum milik Israel. (AFP/Jack Guez)

Kekerasan di sepanjang perbatasan Israel-Gaza telah melonjak dalam beberapa pekan terakhir. Setidaknya 120 orang Palestina telah dibunuh oleh pasukan Israel dalam demonstrasi massa di sepanjang perbatasan Gaza yang dimulai pada 30 Maret.

Israel --yang telah menarik kecaman internasional karena penggunaan kekuatan mematikan-- mengatakan banyak dari mereka yang tewas adalah anggota Hamas dan militan yang berusaha melancarkan serangan dengan berkedok demonstrasi.

Orang-orang Palestina mengatakan sebagian besar korban tewas dan ribuan orang yang terluka adalah penduduk sipil yang tidak bersenjata, di mana tentara Israel dengan sengaja menggunakan kekuatan yang berlebihan kepada mereka.

Lebih dari 2 juta orang Palestina memenuhi Jalur Gaza, daerah kantung (enclave) pantai yang sempit. Israel menarik pasukan dan pemukimnya dari Gaza pada 2005, tetapi mempertahankan kontrol ketat atas perbatasan darat dan lautnya, dengan alasan masalah keamanan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mumi Mesir Dikira Elang Ternyata Janin yang Lahir Mati

Posted: 02 Jun 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Ontario, Kanada Mumi Mesir berukuran kecil yang telah lama diyakini sebagai seekor elang ternyata janin yang nyaris mengalami kelainan parah. Temuan baru ini hasil pemeriksaan ahli mumi, Andrew Nelson dari Western University, Ontario, Kanada.

Pemindaian mikro-CT secara rinci sebelumnya tidak mampu membongkar penyebab kematian mumi. Mumi yang berusia 2.100 tahun lalu adalah janin laki-laki, yang lahir mati pada usia kehamilan 23 hingga 28 minggu.

Ia mengidap kondisi langka, yang disebut anensefali berupa otak dan tengkorak gagal terbentuk dan berkembang dengan baik. Janin pun tidak punya tempurung kepala. Pemeriksaan mikro-CT diputuskan di Museum Maidstone di Inggris pada tahun 2016.

Pihak museum memutuskan melakukan CT-scan mumi. Akhirnya, mumi berhasul diidentifikasi sebagai janin manusia. Nelson pun bekerja sama dengan Museum and Nikon Metrology (UK) untuk melakukan pemindaian mikro-CT.

Pemindaian tersebut, dilansir dari laman Western University, Minggu (3/6/2018) tergolong pemindaian dengan resolusi sangat tinggi untuk menemukan apa yang terjadi pada mumi.

Mikro-CT juga tidak menyebabkan kerusakan pada mumi. Kemudian para ahli menginterpretasikan foto-foto pemindaian mikro-CT.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

Tengkorak tidak terbentuk

Hasil pemindaian mikro-CT mumi. (Western University)

Foto-foto pemindaian mikro-CT menunjukkan, jari-jari kaki dan tangan terbentuk dengan baik, tapi tengkorak mengalami malformasi (kelainan pembentukan) yang parah.

"Seluruh bagian atas tengkoraknya tidak terbentuk. Lengkungan tulang belakang belum tertutup. Earbones-nya--tiga tulang kecil di telinga tengah--berada di belakang kepala," jelas Nelson yang juga ahli bioarchologi dan profesor antropologi.

Nelson mempresentasikan temuan tim tersebut dalam "Extraordinary World Congress on Mummy Studies" di Kepulauan Canary, Spanyol.

Kekuatan sebagai jimat

Nelson melakukan pemeriksaan penyebab kematian mumi Mesir yang berusia 2.100 tahun. (Western University)

Berdasarkan hasil penelitian tengkorak mumi Mesir memberikan petunjuk penting tentang kondisi kehamilan sang ibu. Anensefali yang dialami janin akibat ibu hamil mengalami kekurangan asam folat.

Asam folat membantu pertumbuhan dan pembentukan janin. Asam folat ini dapat ditemukan dalam sayuran hijau.

Yang menjadi pertanyaan para ahli, mengapa janin yang lahir mati dijadikan mumi (mumisifikasi)? Hal itu terjadi karena janin diyakini memiliki kekuatan sebagai jimat.

"Kematian janin memang dianggap tragis bagi keluarga karena kehilangan bayi mereka. Namun, melahirkan janin yang sangat aneh dianggap sangat istimewa, " ujar Nelson.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: 3 Laut Terbelah di Indonesia, 6 Zodiak yang Menghargai Hal-Hal Kecil

Posted: 02 Jun 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pantai kerap menjadi destinasi wisata favorit di Tanah Air. Ada begitu banyak pantai-pantai yang indah dan menakjubkan yang patut kalian kunjungi.

Bagi sebagian besar kalian tentu belum banyak tahu tentang fenomena laut terbelah yang ternyata bisa kalian jumpai di Indonesia. Ya, beberapa pantai di Indonesia tersebut akan 'terbelah' jika air sedang surut. Keindahannya tentu sangat menakjubkan.

Artikel tentang fenomena laut terbelah di Indonesia menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Sementara itu, artikel kedua yakni tentang zodiak yang selalu menghargai hal-hal kecil yang terjadi dalam hidup. Sedangkan artikel tentang penyebab mata tak berhenti berkedut menjadi ketiga terpopuler.

Berikut Top 3 Citizen6:

1.  Memukau, Fenomena Laut Terbelah Ada di 3 Pantai Indonesia

 

(Rangkuman Brilio.net dari berbagai sumber)

Sebagian besar di antara kita pernah mendengar kisah Nabi Musa bersama para pengikutnya yang berlari menghindari kejaran Fir'aun dan bala tentaranya. Singkat cerita, pelarian tersebut lalu membawa Nabi Musa dan para pengikutnya sampai di tepi Laut Merah.

Di sana, Musa pun diberi sebuah mukjizat. Ia dapat membelah laut hanya dengan mengetukkan tongkat. Alhasil, berkat mukjizat laut terbelah Nabi Musa dan para pengikutnya pun dapat selamat dari kejaran tersebut. Sementara Fir'aun dan bala tentaranya mati tenggelam di Laut Merah.

Nah, fenomena laut terbelah tersebut ternyata juga bisa dijumpai saat ini. Bahkan beberapa pantai di Indonesia yang 'terbelah' jika air sedang surut. Dengan begitu, para wisatawan yang datang ke pantai tersebut dapat berjalan di antara dua bibir pantai.

Selengkapnya…

2. 6 Zodiak Ini Selalu Menghargai Hal-Hal Kecil yang Terjadi dalam Hidup

Semangat luntur saat puasa bukan tiga zodiak ini banget.. (Sumber foto: unsplash.com)

Untuk memiliki hidup yang baik dan bahagia, Anda harus menghargai hal-hal kecil yang Anda alami dalam hidup. Sebut saja, menikmati secangkir kopi di pinggir jendela, senyuman seorang anak, atau hal lainnya. Sayangnya, tidak semua orang mampu melakukan hal tersebut.Beberapa zodiak berikut diketahui amat menghargai hal-hal kecil yang terjadi dalam hidup mereka, ketimbang zodiak lainnya. Melansir dari Yourtango.com, ini dia.

Taurus

Bukan berarti Taurus tidak mengapresiasi barang-barang mewah, hanya saja mereka memiliki kesadaran dalam diri bahwa memperhatikan hal-hal kecil dapat membantu agar tidak mudah terperosok dengan hal-hal negatif dalam hidup.

Selengkapnya…

3. Mata Tak Henti Berkedut? Ternyata Ini Penyebabnya

Ilustrasi mata (iStock)

Mata pernah berkedut? Banyak orang mengasosiasikan mata berkedut dengan sejumlah hal seperti akan mendapatkan uang. Padahal ungkapan tersebut hanya berupa rumor belaka dan tak dapat dibuktikan.Tapi pernahkah kamu berpikir apa ya penyebab mata dapat berkedut? 

Jadi, mata berkedut bisa diasumsikan sebagai hal yang tak berbahaya. Berarti mata berkedut bukan menjadi tanda dari masalah medis yang serius pada tubuh. Namun, ada sejumlah kemungkinan yang menyebabkan mata berkedut.

Selengkapnya…

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampil Beda, Begini Bentuk ‘Poni’ Oppo Find X

Posted: 02 Jun 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone teranyar Oppo dipastikan akan mengantongi seri bernama 'Find X'. Setelah mengungkap teaser smartphone tersebut, sekarang muncul bocoran soal desain Find X.

Kabarnya, penerus Find 7 itu akan mengusung tren notch alias poni di depan layar. Hanya, bentuknya akan sedikit berbeda dengan notch smartphone yang ada di pasaran.

Notch dari Find X sendiri terkuak dari media sosial Weibo di Tiongkok. Dari desain tersebut, terpampang desain Find X yang berbeda dari desain yang sebelumnya sudah beredar.

Sudah pasti yang paling berbeda adalah notch di depan layar. Kalau bocoran sebelumnya memperlihatkan notch yang mirip dengan Oppo F7, notch pada Find X justru memiliki desain poni pipih melingkar.

Adapun desain notch yang berbeda ini sebetulnya sudah bukan rahasia. Pasalnya, vendor asal Negeri Tirai Bambu tersebut sudah lebih dulu mengajukan salah satu paten desain notch ke Kantor Kekayaan Intelektual Negara Bagian Tiongkok pada 2017 lalu.

Paten desain Oppo Find X. (Foto: Weibo)

Dari foto paten desain yang diajukan, terdapat lima desain yang ditawarkan, ada notch yang bentuknya setengah lingkaran, setengah persegi, setengah elips, segitiga terbalik, hingga desain notch persegi dengan tepian sedikit membulat.

Kalau memang betul Oppo bakal menerapkan notch anti-mainstream ini, bisa jadi layar Find X akan makin luas. Screen to body ratio-nya bahkan bisa mencapai 98 persen. Terlebih, layar smartphone ini kabarnya akan disematkan teknologi AMOLED yang kian memanjakan mata pengguna.

Hingga berita ini naik, belum ada informasi yang menyebut kapan Find X bakal dirilis. Kendati begitu, Oppo sudah meresmikan situs Find X. Kemungkinan besar, smartphone akan diluncurkan dalam waktu dekat.

 

Oppo Ingin Jadi Trendsetter

Oppo F7 Diamond Black. Foto: Oppo

PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto, beberapa waktu lalu menegaskan Oppo selalu menghadirkan produk baru yang berupaya memuaskan konsumennya.

Selain itu, kata Aryo, Oppo juga tidak ingin menghadirkan fitur yang sudah dibuat oleh produsen lain.

"Fokusnya kami coba teknologi kamera yang lebih baru lagi untuk ditawarkan ke konsumen. Kami tidak ingin membuat apa yang sudah dibuat produsen lain untuk diterapkan lagi di produk kami," kata Aryo saat ditemui media di Mall Emporium Pluit, Jakarta, Kamis (7/12/2017).

Alih-alih mengikuti vendor lain dalam menghadirkan fitur produk, Aryo menegaskan, "Lebih baik kami membuat perangkat yang menjadi trendsetter. Ketika kami mengeluarkan (perangkat dengan teknologi) AI, mendapat respons dari konsumen. Kami ingin membuktikan kalau Oppo itu juga memiliki teknologi," tutur Aryo.

 

Oppo F7 Versi Terjangkau Resmi Meluncur, Berapa Harganya?

Oppo F7 Diamond Black. Foto: Oppo

Terlepas dari Find X, Oppo baru saja meluncurkan 'adik' dari Oppo F7 dengan harga lebih terjangkau, yaitu Oppo F7 Youth.

Sama seperti F7, smartphone ini hadir bersama kamera berteknologi Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan, AI).

Hadir dalam warna Solar Red dan Diamond Black, Oppo F7 Youth membawa teknologi AI Beauty 2.0 agar Beautification pada wajah menjadi lebih spesifik serta natural.

"Untuk kemudahan pengguna, perangkat ini dilengkapi teknologi AI yang secara otomatis mengatur perangkat ketika mengambil gambar, melakukan efisiensi baterai, dan mengoptimalkan perangkat sesuai dengan karakter anak muda yang aktif," ucap Alinna Wenxin, Marketing Director Oppo Indonesia, Rabu (23/5/2018) di Jakarta.

Dengan kamera depan 8MP dan kameran belakang 13MP, Oppo F7 Youth menyediakan AR sticker yang bisa dipakai ada kedua kameranya.

Desain lain yang dikedepankan Oppo F7 Youth adalah bagian belakang yang memberi efek pola potongan berlian. Oppo menyebut desain ini dengan nama Art of Light.

Oppo F7 Youth akan rilis pada 1 Juni 2017, dan smartphone ini dapat dibeli di kisaran harga Rp 3,7 juta.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kocak, Wanita Kendarai Mobil Mainan di Jalanan

Posted: 02 Jun 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang wanita mengendaai mobil mainan berwarna pink di jalanan China. Polisi akhirnya memberhentikan wanita tersebut dan menyita mobilnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip Serunya Midnight Sale Ramadan di Kuningan City

Posted: 02 Jun 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ramadan merupakan bulan penuh berkah dengan semangat menuju hari kemenangan. Untuk menyemarakkan kemeriahan di bulan Ramadan ini, Kuningan City mempersembahkan rangkaian acara yang terangkum dalam Ramadan Kareem.

Ramadan Kareen hadir dengan rangkaian program menarik mulai dari program belanja, musik dan fashion bazaar. Rangkaian kegiatan menghibur bernuansa urban, siap Anda nikmati bersama keluarga. Tidak hanya itu rangkaian Ramadan Kareem juga dimeriahkan oleh rangkaian musik religi, performa musisi terbaik dan program diskon dan penawaran menarik lainnya.

"Dibulan suci Ramadan ini, Kuningan City memberikan spesial program untuk customer dengan program undian, buy 1 get 1, diskon up to 50 persen dan loyalty program bagi pengunjung setia," kata Christopher Hardja Center Director Kuningan City seperti pada rilis yang diterima Liputan6.com, Senin (4/6/2018).

 

 

Midnight sale Ramadan di Kuningan City

Berikut keseruan midnight sale di mal Kuningan City saat Ramadan. (Foto: Dok. Kuningan City)

Rangkaian program Ramadan kareem ini menghadirkan banyak promo dan diskon. Yang paling ditunggu Midday Madness Sale yang berlangsung dari 1-3 Juni 2018. Anda dapat menikmati potongan harga sebesar 50 persen off yang digelar selama tiga hari. Sederet brand ikut serta dalam program ini memanjakan Anda dan keluarga mempersiapkan hari lebaran.

Berbagai penawaran menggiurkan dan diskon menarik dihadirkan dalam Midday Madness Sale. Pada gelaran Midday Madness Sale kali ini, Kuningan City menghadirkan Sole Swap yaitu bazaar, exhibition dan swap meet sneaker community, tempat dimana penggemar sneaker bertemu, bertukar pikiran, jual beli serta barter antar sesama pecinta sepatu sneaker dan streetwear culture.

Midnight sale Ramadan di Kuningan City

Berikut keseruan midnight sale di mal Kuningan City saat Ramadan. (Foto: Dok. Kuningan City)

Ramadan Kareem Midday Madness Sale ini juga dimeriahkan oleh penampilan spesial dari musisi tanah air seperti Reality Club, Bams Mastro, Mario Ginanjar, Secret Meadow, Angel Percussion dan lain sebagainya. Anda dapat menikmati keseruan mempersiapkan kebutuhan menjelang lebaran bersama keluarga di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip Karakter dalam Percintaan Berdasarkan Zodiak, yang Mana Anda?

Posted: 02 Jun 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dalam sebuah hubungan percintaan Anda memiliki karakter dan sifat masing-masing. Agar hubungan Anda dan pasangan berjalan dengan baik, Anda dan pasangan bisa memahami karakter diri sendiri terlebih dahulu, salah satunya berdasarkan zodiak.

Seperti yang dilansir dari situs Goodhousekeeping, Kamis (31/5/2018), Anda dapat melihat karakter diri sendiri dalam menjalani hubungan percintaan berdasarkan zodiak. Berikut ulasan selengkapnya, seperti apakah karakter Anda?

1. Aquarius

Anda adalah karakter pribadi yang mandiri dalam sebuah hubungan. Anda bersikap tegas dan membutuhkan ruang sendiri. Namun dibalik kebebasan Anda merupakan pribadi yang sangat peduli, setia, dan selalu mendukung pasangan.

2. Pisces

Zodiak pisces adalah karakter yang manis dan sensitif dalam sebuah hubungan. Anda juga merupakan pasangan yang penuh kasih sayang. Anda memiliki jiwa seni dan artistik sehingga membutuhkan penghargaan dari pasangan. Sisi lembut dan manis pada diri Anda membuat pasangan merasa nyaman berada didekat Anda.

3. Aries

Anda memiliki karakter yang jujur dalam menjalani hubungan percintaan. Kejujuran Anda baik itu terhadap orang lain dan diri sendiri secara magnetis membuat pasangan nyaman berhubungan dengan Anda. Anda juga tidak mudah memafkan kesalahan pasangan karena kejujuran menurut Anda adalah hal yang harus ada dalam sebuah hubungan.

4. Taurus

Anda dengan zodiak taurus memiliki karakter yang logis dalam menjalani sebuah hubungan Anda menyukai hal-hal yang praktis dan sempurna. Anda selalu mencari aman agar tidak terjebak dalam hubungan yang tidak sehat. Meski terlihat membosankan namun Anda tahu apa yang menjadi tujuan dalam hubungan yang dibangun bersama pasangan.

 

 

Karakter berhubungan berdasarkan zodiak

Berikut cara melihat karakter dalam hubungan percintaan berdasarkan zodiak. (Foto: iStockPhoto)

5. Gemini

Adalah karakter yang dapat dipercaya oleh pasangan. Anda bersifat santai, ramah, dan menawan bagi pasangan. Anda juga merupakan orang yang percaya diri. Pasangan merasa senang dengan jiwa petualang yang karakter percaya diri yang terpancar dari diri Anda.

6. Cancer

Anda dengan zodiak cancer memiliki sifat yang intim dan tidak mudah dekat dengan banyak orang. Hal ini juga berlaku alam hubungan pecintaan. Anda memiliki karakter menyayangi pasangan dengan setulus hati sehingga melalukan banyak hal untuknya.

7. Leo

Anda yang memiliki zodiak Leo memiliki karakter sebagai bintang dalam sebuah hubungan percintaan. Anda juga menyadari kelebihan Anda tersebut. Anda mampu membuat pasangan jatuh hati. Meski mudah mendapatkan perhatian banyak orang namun Anda adalah tipe pribadi yang sangat setia dan penuh kasih sayang.

8. Virgo

Anda memiliki kepribadian melakukan segala hal dengan baik. Begitu juga dalam hubungan percintaan. Sebagai kekasih Anda selalu bekerja keras melakukan yang terbaik. Anda berkepala dingin dan analitis . Namun terkadang Anda merasa takut jika pasangan bosan dengan sifat Anda ini sehingga berusaha menjadi pribadi yang lebih spontan.

Karakter berhubungan berdasarkan zodiak

Berikut cara melihat karakter dalam hubungan percintaan berdasarkan zodiak. (Foto: iStockPhoto)

9. Libra

Anda tidak menyadari memiliki kepribadian yang menakjubkan. Dalam sebuah hubungan berhentilah untuk selalu merasa bersalah. Anda mudah mengalah sehingga sering mengalah. Hal ini membuat Anda mudah untuk dimanfaatkan orang disekitar. Anda harus menyadari diri sendiri memiliki hal yang mampu memikat pasangan.

10. Scorpio

Anda adalah pribadi yang intim dan mudah bergaul dengan semua orang. Anda yang memiliki zodiak scorpio ini pintar memilih teman, begitu juga dengan mengenali lawan jenis. Anda akan bekerja keras dalam segala hal untuk mendapatkan hubungan yang baik.

11. Sagitarius

Anda memiliki kepribadian yang humoris dan dapat mencairkan suasana dalam menjalani hubungan percintaan. Sifat humoris ini membuat Anda terlihat menawan dan seksi. Anda baik dengan semua orang bahkan dengan mantan kekasih. Namun Anda tetap harus hati-hati dengan hal ini karena dapat mempengaruhi hubungan Anda sekarang.

12. Capricorn

Anda dengan zodiak capricorn adalah pribadi yang dewasa dalam sebuah hubungan. Sifat bertanggung jawab yang Anda miliki membuat pasangan Anda nyaman dan tenang menjalin hubungan percintaan. Anda selalu melaporkan kepada pasangan kemana saja akan pergi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Italia di Sirkuit Mugello Hari Ini

Posted: 02 Jun 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Mugello - Setelah sesi kualifikasi, yang dinanti-nanti pecinta MotoGP akhirnya segera tiba. Mereka akan menyaksikan persaingan sengit para pembalap pada MotoGP Italia 2018 di Sirkuit Mugello, Minggu (3/6/2018).

Yang menarik, perebut pole position pada MotoGP Italia adalah pembalap tuan rumah, yakni Valentino Rossi. Rider Movistar Yamaha tersebut merebut posisi pertama dengan catatan waktu 1 menit 46,208 detik.

Rossi unggul 0,035 detik atas pembalap Ducati, Jorge Lorenzo dan 0,096 detik atas rekan setimnya, Maverick Vinales. Bagi Rossi, ini adalah pole position pertamanya di musim 2018. Sukses ini pun memperbesar peluang The Doctor untuk mengakhiri paceklik kemenangan.

Tercatat, sudah hampir satu tahun Rossi tak merebut podium MotoGP. Kemenangan pada MotoGP Belanda 2017 di Sirkuit Assen, 25 Juni 2017, jadi kesuksesan terakhirnya. Kemenangan juga akan membawa Rossi untuk menekan Marc Marquez di puncak klasemen.

 

Jadwal Balapan

Ekspresi pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi (kanan), dan rekan setimnya, Maverick Vinales, setelah kualifikasi MotoGP Italia, di Sirkuit Mugello, Minggu (3/6/2018). (Twitter/Yamaha MotiGP)

14:40-15:00 WIB: Pemanasan MotoGP

19:00 WIB: Balapan MotoGP

 

Klasemen MotoGP 2018

1. Marc Marquez (Repsol Honda) 95 poin

2. Maverick Vinales (Movistar Yamaha) 59 poin

3. Johann Zarco (Movistar Yamaha) 58 poin

4. Valentino Rossi (Movistar Yamaha) 56

5. Danilo Petrucci (Pramac Ducati) 54

6. Jack Miller (Pramac Ducati) 49

7. Andrea Iannone (Suzuki) 47

8. Cal Crutchlow (LCR Honda) 46

9. Andrea Dovizioso (Ducati) 46

10. Dani Pedrosa (Repsol Honda) 29

11. Tito Rabat (Avintia Racing) 24

12. Alex Rins (Suzuki) 22

13. Pol Espargaro (KTM) 18

14. Jorge Lorenzo (Ducati) 16

15. Franco Morbidelli (Marc VDS) 16

16. Aleix Espargaro (Aprilia) 13

17. Hafizh Syahrin (Yamaha Tech 3) 13

18. Alvaro Bautista (Angel Nieto Team) 12

19. Takaaki Nakagami (LCR Honda) 10

20. Mika Kalilo (KTM) 6

21. Scott Redding (Aprilia) 5

22. Bradley Smith (KTM) 5

23. Karel Abraham (Angel Nieto Team) 1

24. Thomas Luthi (Marc VDS) -

25. Xavier Simeon (Avintia) -

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Untuk Anda Yang Masih Sendiri Jalani Ramadan

Posted: 02 Jun 2018 08:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menjalankan ibadah Ramadan dengan orang tersayang memang sangat menyenangkan. Namun, bagaimana dengan anda yang masih sendiri? saat sosok pendamping belum anda temukan. Janganlah berputus asa karena takdir tak akan tertukar, tetaplah percaya bahwa hal yang indah akan datang saat waktunya telah tiba. 

Ada pesan untuk anda yang Ramadan ini masih sendiri. Pesannya, tetaplah bersabar. Iya sesingkat dan sesederhana itu. Namun, pada kenyataannya memang bukan hal yang mudah untuk bisa terus bersabar dan bertahan lebih lama dalam penantian. Bahkan mungkin rasanya anda sudah ingin menyerah dan putus asa saja.

Anda Disuruh Bersabar karena Ada Kebaikannya Untuk anda

Kita diuji karena ada kebaikan bisa kita peroleh saat berhasil melewati ujian itu. Saat ini anda pun masih harus bersabar dengan Ramadan yang masih dilewati sendiri. Belum ada pendamping hidup atau pasangan yang bisa anda ajak mendapatkan berkah bulan suci bersama. Tapi jangan jadikan alasan untuk berhenti berdoa dan berharap. Mungkin saat ini anda diminta untuk lebih banyak berdoa agar bisa lebih dekat lagi dengan-Nya.

(Instagram/giring)

Sebenarnya Anda Tak Pernah Sendiri

Masih ada keluarga, teman-teman, sahabat, dan orang-orang yang menghabiskan bulan Ramadan ini bersama. Masih ada banyak cinta yang bisa anda bagi dan rasa bersama mereka semua. Jadi sebenarnya anda tak pernah sendiri. Iya anda mungkin sendiri karena belum menemukan pasangan, tapi saat anda bisa lebih peka anda akan menyadari bahwa masih banyak orang yang peduli dengan anda.

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina (Youtube)

Rencana-Nya Memang Tak Pernah Bisa di Tebak

Kita tak bisa menebak dengan pasti setiap kejutan dan rencana dari-Nya. Anda pun pastinya sering merasa tak berdaya dengan setiap takdir dan ketetapan yang ternyata berbeda dari rencana anda. Ada doa-doa yang rasanya belum sampai dan dikabulkan. Namun, kita tak pernah tahu kapan hal-hal yang luar biasa dan lebih istimewa akan terjadi kemudian.

Seorang perempuan berusia 24 tahun asal Australia ini mengatakan, jika dirinya bisa mengetahui bau orang yang akan meninggal dunia. (Sumber Foto: Mirror.co.uk)

Pesan untuk anda yang Ramadan ini masih sendiri, habiskan setiap detik waktu yang berharga untuk hal-hal yang bermanfaat. Masih ada banyak kebaikan yang bisa kita peroleh di bulan penuh rahmat ini. Dan kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi kemudian. Hanya tugas kita lah untuk membuat setiap waktu yang berlalu bernilai ibadah.

(Instagram/giring)

Untuk anda yang Ramadan ini masih sendiri, semoga dalam waktu dekat anda sudah bisa menemukan seseorang yang bisa menggenapkan hati anda. Akhir yang indah akan diberikan pada mereka yang tak pernah putus asa dan selalu bertahan dalam kebaikan.

Sumber: Vemale

Reporter: Endah Wijayanti

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Barter Komoditas RI dengan Sukhoi Rusia Ditentukan Sebelum Agustus

Posted: 02 Jun 2018 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah terus merampungkan pembahasan terkait imbal beli pesawat Sukhoi asal Rusia dengan komoditas asal Indonesia. Keputusan terkait komoditas yang akan dibarter dengan pesawat tempur tersebut ditargetkan selesai sebelum Agustus 2018.

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Oke Nurwan mengatakan, pemerintah Indonesia dan Rusia akan membuat sebuah kelompok kerja (working group) untuk menentukan komoditas apa saja yang akan ditukar dengan Sukhoi.

‎"Untuk imbal beli ini akan dibuat working group dari kedua belah pihak, jadi kita masih bahas rincian job description dari working group ini. Nanti komoditasnya di working group dibahas," ujar dia di Jakarta, Minggu (3/6/2018).

Selain itu, lanjut Oke, di working group tersebut juga akan ditentukan siapa yang akan mengekspor dan yang akan membeli komoditas yang disepakati. Hal tersebut akan dilakukan secara transparan.

"Karena kewenangannya (pemerintah) tidak boleh berlebihan. Nanti komoditi yang ini ngusulin yang mana, ini yang mana. Nanti tidak boleh saya jualan. Tetapi pemerintah yang menyatakan jika yang siap itu komoditi ini, pelakunya yang terdaftar itu ini," kata dia.

Namun Oke berharap, pembahasan dalam working group tersebut bisa rampung paling lambat sebelum Agustus 2018. Dengan demikian, proses imbal beli ini bisa segera berjalan maksimal sebelum pergantian tahun.

"(Proses barter Sukhoi dan komoditas Indonesia) Efektifnya antara Agustus-Desember. Working group-nya harus sebelum itu selesai," tandas dia.

Barter Komoditas dengan Sukhoi Tunggu Kontrak Kemenhan

Menhan Ryamizard Ryacudu (kiri) berjabat tangan dengan Mendag Enggartiasto Lukita saat konferensi pers, Jakarta, Selasa (22/8). Indonesia akan mengekspor beberapa komoditas pilihan seperti karet olahan,kakao, mesin dll. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Indonesia dan Rusia sepakat melakukan imbal dagang 11 pesawat tempur Sukhoi SU-35 senilai US$ 1,14 miliar atau sekitar Rp 15,39 triliun (kurs Rp 13.500 per dolar AS). Finalisasi pengadaan tersebut masih menunggu penandatanganan kontrak pembelian sukhoi oleh Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dengan Rusia.

Menurut Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag), Oke Nurwan, perjanjian imbal dagang antara Kemendag dengan Rusia tidak akan berjalan tanpa kontrak pembelian pesawat tempur Sukhoi diteken antara Kemenhan dan Rusia.

"Sementara ini masih menunggu kontrak utama ditandatangan. Imbal dagang tidak jalan kalau kontrak pembelian sukhoinya tidak ditandatangan. Jadi bolanya ada di Kemenhan," ujar Oke dalam pesan singkatnya kepada Liputan6.com, Jakarta, 7 Januari 2018.

Karena masih menunggu ditekennya kontrak pembelian Sukhoi SU-35 oleh Kemenhan, Oke tidak dapat memastikan kapan bisa terlaksananya perjanjian imbal dagang oleh Kemendag dan Rusia.

Mengingat skema yang digunakan imbal dagang, maka Indonesia mendapat potensi ekspor sebesar 50 persen atau senilai US$ 570 juta atau sekitar Rp 7,69 triliun.

Rusia akan membeli lebih dari satu komoditas ekspor Indonesia dengan pilihan karet olahan dan turunannya, CPO dan turunannya, mesin, kopi dan turunannya, kakao dan turunannya, tekstil, teh, alas kaki, ikan olahan, furnitur, kopra, plastik dan turunannya, resin, kertas, rempah-rempah, produk industri pertahanan, serta produk lainnya.

"Imbal dagangnya 50 persen. Nanti komoditasnya dirundingkan lagi setelah kontrak (pembelian oleh Kemenhan) ditandatangan," Oke menuturkan.

Sebelumnya, kesepakatan pengadaan pesawat tempur Sukhoi SU-35 telah diteken antara kedua negara ini ditandatangani pada 10 Agustus 2017, saat pelaksanaan Misi Dagang ke Rusia. Pemerintah Rusia dan Indonesia sepakat menunjuk Rostec dan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) sebagai pelaksana teknis imbal dagang tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Klaim Sudah Sosialisasikan Penutupan Tiga Simpang Mampang

Posted: 02 Jun 2018 08:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengklaim sudah melakukan sosialisasi penutupan tiga simpang di sepanjang Jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Polisi menggandeng Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta dalam menyosialisasikan penutupan tersebut.

"Ya sudah dimulai (sosialisasinya). Itu masih tahap sosialisasi. Jadi sekarang sosialisasi kemudian melibatkan camat, lurah, dan perwakilan masyarakat agar mereka tahu tujuan pentupan," ujar Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Yusuf di Jakarta, Minggu (3/6/2018).

Menurut dia, keputusan untuk kembali melakukan penutupan tiga simpang Mampang, sudah melalui kajian dan evaluasi. Jika sosialisasi sudah dilakukan secara menyeluruh ke masyarakat, kepolisian tidak akan langsung menutupnya dengan beton.

"Ini targetnya sampai mereka betul-betul mengerti dan paham. Karena ini melibatkan semua loh ini," kata Yusuf.

Dia berharap, dengan adanya sosialisasi itu, masyarakat mengetahui tentang rencana penutupan tersebut. Sehingga, mereka sudah tidak kaget ketika benar-benar dilakukan penutupan tiga simpang Mampang secara permanen.

"Kalau nanti sosialisasinya sudah dirasa cukup, nanti akan dilakukan kegiatan itu. Tapi itu pun secara bertahap, jadi tidak langsung dipasang beton. Nanti kita pasang traffic dulu, kita sosialisai sambil nutup, setelah masyarakat tahu semua baru ditutup," ucap Yusuf.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Koordinasi

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali merencanakan uji coba penutupan tiga titik simpang di sepanjang Jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Saat ini, Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya sudah saling berkoordinasi.

"Koordinasi untuk memastikan apakah ini tepat waktunya kita lakukan (penutupan) secara serempak atau bergantian buka tutup. Ini sekarang yang lagi dikaji," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, di Setu Babakan, Jakarta Selatan, Jumat 1 Juni 2018.

 

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Anak, Ayudia Bing Slamet Bakal Pindah Rumah ke Bali

Posted: 02 Jun 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ayudia Bing Slamet dan sang suami, Ditto, tampaknya sudah punya keputusan matang untuk masa depan mereka. Ya, suami istri yang terkenal dengan kisah cintanya itu akan pindah rumah dari Jakarta ke Bali. 

Bukan tanpa alasan, Ayudia Bing Slamet dan Ditto ingin lingkungan yang lebih baik bagi perkembangan anaknya kelak. Seperti yang dieketahui, sang anak Sekala, tengah berada di masa-masa pertumbuhannya. 

"Pengin sih biar Sekala bisa main-main di pantai. Sekolahnya juga sekolah alam. Ada rencana. Insya Allah," ujar Ayudia Bing Slamet saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (2/6/2018).

Menurut Ayudia Bing Slamet, lingkungan di Bali lebih cocok untuk mendidik anak semata wayangnya. Namun, bukan berarti ia membenci kota Jakarta yang selama ini menemani hidupnya. 

Dekat dengan Alam

(Instagram/ayudiac)

"Bukan enggak kondusif sih sebenarnya. Di sana lebih kayak banyak option membesarkan anak. Kita bisa ke pantai, bisa ke gunung, terus bisa ke danau juga, banyak tempat-tempat yang memang dekat dengan alam sih sebenarnya," lanjut Ayudia Bing Slamet. 

Akan Bangun Rumah

Keluarga Ayudia Bing Slamet dan Ditto (Foto: Instagram)

Ayudia Bing Slamet dan Ditto berharap rencana itu akan terlaksana dalam satu atau dua tahun ke depan. Nantinya, mereka akan membeli tanah dan membangun rumah nan asri di sana.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mau Bertahan di MU, Pogba Diminta Bersinar di Piala Dunia 2018

Posted: 02 Jun 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Rio Ferdinand percaya Paul Pogba masih punya masa depan di MU. Namun legenda Setan Merah itu ingin Pogba membuktikan kualitasnya di Piala Dunia 2018.

Sejak pulang kembali ke MU, penampilan Pogba tak konsisten. Ia seperti terbebani dengan predikat pemain termahal di sana.

Tak heran musim lalu Pogba kerap dicadangkan oleh manajer MU Jose Mourinho. Ia pun hanya tampil dalam 37 laga di semua kompetisi.

Beruntung Pogba tetap dipanggil timnas Prancis untuk Piala Dunia mendatang. Bahkan ia dinilai sebagai sosok yang bakal memimpin Tim Ayam Jantan di lapangan.

Tetapi pada laga uji coba terakhir melawan Italia, penampilan Pogba kembali melempem. Ia pun mendapat sorakan dari fans Prancis.

 

 

Komentar Ferdinand

Gelandang Paul Pogba dan rekannya Ousmane Dembele tiba untuk mengikuti latihan di pusat pelatihan, Clairefontaine-en-Yvelines, Paris , Prancis (23/5). Latihan dilakukan untuk menjaga kebugaran menjelang Piala Dunia 2018. (AFP Photo/Franck Fife)

"Pogba harus bermain bagus dan menjadi juara di Piala Dunia. Saya pikir ini tugas yang tak mudah," kata Ferdinand seperti dilansir Mirror.

"Tekanan sangat besar dari warga Prancis. Dan saya senang jika Pogba mampu mengemban tugas itu," kata Ferdinand.

"Pogba pemain yang selalu ingin tampil dan sekarang saat yang tepat untuk menunjukkannya."

Penuh Talenta

Gelandang Manchester United, Paul Pogba, berebut bola dengan gelandang Chelsea, Cesc Fabregas, pada laga final Piala FA 2017-2018 di Stadion Wembley, Sabtu (19/5/2018). Chelsea menang 1-0 atas Manchester United. (AFP/Glyn Kirk)

Ferdinand juga membantah permainan Pogba terus menurun belakangan ini.

"Tidak ada keraguan soal talentanya. Hanya dia butuh kemarahan agar seluruh talentanya keluar," katanya menambahkan."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mau Cek Ban Sebelum Mudik, Pakai Uang Logam Saja

Posted: 02 Jun 2018 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selalu periksa tekanan ban mobil sebelum melakukan perjalanan, terutama saat mudik. Karena tekanan ban memengaruhi jarak tempuh dari kendaraan.

Dikutip dari Dunlop, Rabu (23/5/2018), Anda dapat menempuh jarak hingga mencapai 3,3 persen lebih jauh dan menghemat ongkos BBM, jika Anda rajin memeriksa keadaan tekanan ban mobil Anda dan menjaga agar selalu dalam tekanan yang seharusnya.

Ban dengan tekanan yang kurang memadai akan menyebabkan ban mudah panas karena gesekan yang besar dengan aspal, sehingga ban cepat aus dan bisa membahayakan keselamatan mengemudi.

Soal tekanan angin, mungkin Anda juga bisa terbantu dengan melihat dari buku petunjuk pemilik kendaraan. Namun bagaimana cara untuk melihat ban tersebut sudah gundul atau belum?

Uang koin bisa digunakan sebagai alat penunjuk bahwa ban mobil Anda telah gundul. Bagaimana caranya?

 

Selanjutnya

Letakkan uang koin di tapak ban mobil Anda. Jika Anda bisa melihat seluruh gambar uang koin tersebut, maka saatnya bagi mobil Anda untuk ganti ban.

Tak mau mengganti ban, maka rawatlah ban Anda dengan menghindari lobang di jalan. Sebab lobang yang terlalu besar tak hanya bisa merusak ban mobil Anda, melainkan juga akan mengganggu keseimbangan atau balance dari ban mobil.

Periksalah keseimbangan atau balance dari ban mobil Anda secara periodik, untuk menghindari putaran ban yang tak stabil.

Perhitungkan bobot yang harus dimuat oleh mobil Anda. Jika muatan melebihi kapasitas maksimal dapat menimbulkan tekanan yang berlebih pada ban mobil Anda dan itu bisa sangat membahayakan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: