Jumat, 15 Juni 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Rekor Dunia Unik yang Melibatkan Sepeda Motor (Bagian 1)

Posted: 15 Jun 2018 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berkendara dengan sepeda motor memang dianggap paling mudah bagi mereka yang kerap memiliki mobilitas tinggi.

Namun tahukah Anda, dengan sepeda motor maka hal itu dapat pula dilakukan berbagai aksi unik. Bahkan beberapa di antaranya mampu memecahkan rekor dunia.

Rekor unik dengan sepeda motorpun dirangkum situs howstuffworks.com. Nah, mau tahu rekor apa saja yang sudah tercatat, berikut ulasannya:

1. Mengangkat sepeda motor di kepala terlama

Ada hal unik yang dilakukan seorang pria asal Filipina bernama Gerard Jessie, pasalnya dia menjadi orang terlama yang mampu menyeimbangkan sepeda motor dengan kepala.

Disebutkan, Jessie sanggup menahan sepeda motor yang bobotnya mencapai 136 kg dengan catatan waktu 14,93 detik.

2. Menahan laju sepeda motor Harley-Davidson terlama

Juli Moody memecahkan rekor lantaran menahan laju sebuah motor Harley-Davidson.

Sepeda motor Harley Davidson memang menjadi ikon motor gede (moge). Hal ditunjang dengan mesin besar dari V-Twin.

Nah, ternyata keganasan mesin V-Twin ini sempat ditantang oleh seseorang bernama Juli Moody. Faktanya, dia menjadi wanita pertama yang mencatatkan rekor dunia lantaran mampu menahan laju sebuah motor asal Milwaukee selama empat menit 53 detik.

3. Titik tertinggi yang dicapai sepeda motor

 

 

Enam orang rider anggota North Calcutta Disha Motorcycle Club mampu menembus titik tertinggi menggunakan sepeda motor hingga ketinggian 20.488 kaki dari permukaan laut di pegunungan Changchemni, dekat Marsemikla, India.

Mencapai tempat paling tinggi dengan pesawat atau helikopter adalah hal biasa. Namun ada yang berbeda dilakukan oleh enam orang rider anggota North Calcutta Disha Motorcycle Club.

Kelompok ini sempat mencapai titik tertinggi menggunakan sepeda motor hingga ketinggian 20.488 kaki dari permukaan laut di pegunungan Changchemni, dekat Marsemikla , India. Hebatnya, masing-masing rider menggunakan Honda Hero.

 

4. Wheelie terjauh dengan sepeda motor

Yasuyuki Kudo mencatatkan rekor wheelie terjauh dengan sepeda motor yaitu mencapai 331 kilometer yang digelar di Japan Auto Research Institute.

Tak semua orang bisa melakukan wheelie atau mengangkat ban depan sepeda motor. Namun hal itu tidak bagi Yasuyuki Kudo.

Tak sekadar wheelie, Kudo nyatanya mampu mencatatkan rekor wheelie terjauh dengan sepeda motor yaitu mencapai 331 kilometer yang digelar di Japan Auto Research Institute.

5. Sepeda motor paling mahal

 

Ecosse Titanium Series Fe Ti XX jadi sepeda motor termahal.

Mungkin sebagian orang menganggap sepeda motor Harley-Davidson adalah motor mahal. Namun ternyata motor yang paling mahal di dunia yang pernah diproduksi yaitu Ecosse Titanium Series Fe Ti XX.

Motor ini hanya diproduksi sebanyak 13 unit dengan banderol US$ 300 ribu atau sekitar Rp 4 miliar. Salah satu yang membuat motor ini spesial adalah bodi dibuat dari serat karbon, jok kulit dari Italia dan power motor mencapai 225 tenaga kuda.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pria Toraja Tewas Tertimpa Peti Jenazah Ibunya Saat Upacara Adat Kematian

Posted: 15 Jun 2018 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Toraja Utara - Samen Kondorura, pria berusia 40 tahun itu kehilangan nyawa setelah tertimpa peti jenazah ibu kandungnya sendiri di Lembang Parinding, Kecamatan Sesean, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan pada Jumat siang, 15 Juni 2018, sekitar pukul 13.00 Wita. 

Tragedi itu terjadi saat acara Rambu Solo atau upacara adat kematian masyarakat di Kabupaten Toraja dan Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

Tepatnya saat prosesi Ma'palao, salah satu rangkaian kegiatan dalam acara Rambu Solo. Dalam kegiatan Ma'palao itu, peti jenazah digotong turun dari Rumah Tongkonan untuk naik ke Lakkean. 

"Saat Ma'palao, peti jenazah diangkat naik ke Lakkean, tangga bambunya roboh padahal peti jenazah nyaris sampai ke atas," kata Natalie, salah seorang yang menjadi saksi mata dalam tragedi itu, Sabtu (16/6/2018).

Natalie menjelaskan, kemungkinan penyebab tangga bambu itu roboh adalah karena tidak mampu menopang beban dari banyaknya orang yang menggotong peti jenazah. 

"Memang ada belasan orang yang naik bersamaan di tangga itu untuk angkat peti jenazah," ucapnya. 

Saat itu, Samen Kondorura yang ikut mengangkat peti jenazah mendiang ibundanya, Berta Kondorura. Tragedi itu kemudian terjadi, Samen yang jatuh terlebih dahulu tertimpa peti jenazah milik ibunya sendiri. 

"Pak Samen mengangkat peti di bagian belakang, makanya pas jatuh dia tertimpa peti jenazah," kata Natalie. 

Seketika seluruh warga dan keluarga yang hadir langsung teriak histeris melihat kejadian itu, sejumlah pria kemudian berlari untuk menyelamatkan Semen Kandorura yang tertimpa peti jenazah

"Saya lihat ada beberapa orang yang menangis. Tubuh Pak Samen berusaha diselamatkan, saya juga lihat seorang lelaki panik mencari mobil agar bisa segera membawanya ke Rumah Sakit," ungkap Natalie.

Tertimpa Peti Jenazah di Kepala

Kepanikan warga saat peti jenazah menimpa kepala pria Toraja (dok. Istimewa/Fauzan)

Kapolres Toraja, AKBP Julianto P Sirait membenarkan kejadian ini. Dia mengungkapakan bahwa Samen Kandorura tertimpa peti jenazah di bagian kepalanya. 

"Iya, Kepala Desa setempat yang menginformasikan ke pihak kepolisian, korban tertimpa peti jenazah dibagian kepala," kata Julianto saat dikonfirmasi Liputan6.com

Julianto juga menyebut bahwa Samen Kandorura sempat dilarikan ke Rumah Sakit Elim Rantepao. Namun, nyawanya tidak tertolong. 

"Tidak lagi bisa di selamatkan, pihak keluarga juga mengaku telah ikhlas karena kejadian ini murni musibah," terangnya. 

Berdasarkan penelusuran Liputan6.com, video kejadian itu telah viral di media sosial Facebook sejak Jumat sore, 15 Juni 2018. Belum diketahui pasti siapa pertama kali yang mengunggah video kejadian tersebut. 

Namun, ada dua buah video yang diunggah. Video pertama berdurasi 2 menit 51 detik dan video kedua berdurasi 14 detik. Kedua video tersebut telah diunggah oleh puluhan pengguna Facebook. 

Tak hanya di Facebook, video tersebut juga di bagikan berulang kali di Instagram dan di sejumlah grup Whatsapp. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aburizal Bakrie: Sudah Biasa, Titiek Soeharto Keluar Golkar Tak Masalah

Posted: 15 Jun 2018 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie atau Ical mengatakan Golkar sudah terbiasa ketika ada kadernya memilih keluar dan bergabung ke partai politik lain sehingga dirinya tidak mempermasalahkan kepindahan Siti Hediati Hariyadi atau Titiek Soeharto ke Partai Berkarya.

"Internal Golkar tidak ada masalah, karena sebelumnya juga ada yang keluar dari partai misalnya Surya Paloh dan Wiranto," kata Ical yang dikutip dari Antara, Sabtu (16/6/2018).

Dia meyakini internal Golkar tidak akan mengalami masalah pascakeluarnya Titiek Soeharto karena struktur partai sudah kuat sehingga tidak masalah ketika salah satu kadernya pindah partai.

Menurut dia, Golkar juga pernah kehilangan kader-kader terbaiknya yang pindah ke partai lain namun internal tetap solid dan agenda politik berjalan dengan baik.

"Kan Surya Paloh kader terbaik lalu keluar dari Golkar," ujarnya.

Aburizal mengatakan keputusan Titiek Soeharto tersebut merupakan pilihan yang bersangkutan sehingga dirinya mempersilakan keputusan tersebut diambil.

 

Titiek Keluar dari Golkar

Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie berada di gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan, Jakarta, Kamis (16/11). Aburizal Bakrie diperiksa KPK sebagai saksi dugaan korupsi e-KTP dengan tersangka Setya Novanto. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Siti Hediyati Hariyadi atau yang disapa Titiek Soeharto dalam pidato politiknya di kompleks Museum HM Soeharto Dusun Kemusuk, Desa Argomulyo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin, secara resmi memutuskan keluar dari Partai Golongan Karya.

"Saya memutuskan keluar dari Partai Golkar dan memilih untuk memperjuangkan kepentingan rakyat melalui Partai Berkarya," katanya di Kemusuk Sedayu Bantul, Senin (11/6).

Pernyataan itu disampaikan dalam acara Konsolidasi Pemenangan dan Pernyataan Politik Partai Berkarya yang dihadiri oleh Hutomo Mandala Putra selaku Ketua Umum Partai Berkarya, Priyo Budi Santoso selaku Sekjen Partai Berkarya dan berbagai pengurus pusat dan daerah Partai Berkarya.

"Sebagai konsekuensinya tentu saya juga harus melepaskan keanggotaan saya di DPR. Saya mohon pamit kepada teman-teman di DPR, terima kasih untuk persahabatan dan kebersamaan kita selama ini, baik di Komisi IV DPR, maupun saat di rapat Paripurna," kata Titiek Soeharto.

Titiek juga mengaku akan merindukan saat kebersamaan dengan teman-teman dan sahabat di Partai Golkar dan berdoa supaya bisa bertemu lagi tahun depan.

 

Saksikan tayangan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Cara Ampuh Lupakan Sang Mantan

Posted: 15 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta  

Melupakan mantan pacar bukan perkara mudah. Apalagi bila putusnya sebuah hubungan bukan karena keinginan sendiri melainkan permintaan keluarga.

Jika Anda baru saja putus dua bulan lalu, dan masih dihantui mantan pacar, tenang itu wajar. Seseorang paling tidak butuh waktu 11 minggu (sekitar tiga bulan) untuk bisa menjalani kehidupan seperti biasa. Hal ini disampaikan dalam The Journal of Positive Psychology.

Sementara itu, pada pasangan bercerai disebutkan dalam studi lain membutuhkan waktu sekitar 18 bulan benar-benar bisa melupakan pasangan.

Faktanya, lama waktu lepas dari rasa sakit putusnya sebuah hubungan tidak sama. Setiap orang memiliki berbagai faktor yang berbeda-beda seperti lama menjalin hubungan, pengalaman yang berlangsung, hingga keinginan untuk mengakhiri hubungan.

Berikut ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu Anda bangkit dari kenangan mantan kekasih mengutip Independent, Minggu (14/06/2018) seperti disampaikan terapis hubungan, Ammanda Major.

1. Menerima kondisi

Penting untuk bisa menerima bahwa sudah tidak lagi bersama dengannya. Tak perlu malu melewatkan masa-masa sedih atau menangis. Itu berarti memberi kesempatan diri untuk memproses dan merenungkan apa yang terjadi.

Dalam proses perenungan mungkin menemukan hal-hal yang kurang baik dari diri sendiri. Misalnya egois ke mantan pacar. Jika sudah mengetahui kesalahan diri dan tidak mengulangi, saat menjalin hubungan lagi di masa depan bakal berjalan lebih baik.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

Batasi hubungan dengan mantan

Move on dari sebuah hubungan yang telah terjalin sekian lama dapat menjadi sebuah proses yang rumit. Ketahui 5 fasenya. (iStockphoto)

2. Melakukan hal-hal disukai 

Daripada buru-buru punya pacar baru, lebih baik manfaatkan waktu yang ada sekarang untuk melakukan hal-hal yang disukai. Misalnya mendalami hobi, fokus pada pekerjaan atau mengerjakan proyek lain, solo traveling.

3. Curhat

Rasa kesepian dan sedih yang menyiksa umum terjadi usai putus. Taka ada salahnya untuk curhat ke orang-orang yang dipercaya. Sehingga Anda bisa meluapkan perasaan serta merasa tak sendiri.

4. Batasi berhubungan dengan mantan

Bagi sebagian orang, membatasi berhubungan dengan mantan atau hal-hal yang terkait dengannya bisa mengurangi rasa sakit.

5. Ingat: waktu akan menyembuhkan

Di tahun pertama putus itu memang sulit apalagi bila sedang di tanggal-tanggal penting. Ketika ingat mantan, coba ingat juga faktor yang membuat Anda tak bisa lagi bersamanya.Seiring berjalannya waktu sudah, perasaan sakit pun berangsur-angsur memudar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Video Dominasi Spanyol Gagal Runtuhkan Portugal

Posted: 15 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Spanyol gagal mengalahkan Portugal pada laga perdana di Piala Dunia 2018, Sabtu (16/6/2018) dinihari WIB. La Furia Roja harus puas bermain imbang 3-3 meski menguasai jalannya pertandingan. 

Pada laga Grup B tersebut, Spanyol sebenarnya mendominasi jalannya pertandingan. Penguasaan bola pasukan Fernando Hierro mencapai 62 persen.

Namun penampilan gemilang Cristiano Ronaldo yang mencetak hattrick membuat Spanyol gigit jari. Ronaldo menyelamatkan Portugal dari kekalahan dengan golnya di menit 88.

Kegagalan Spanyol ini juga tak lepas dari blunder kiper David de Gea. Pemain Manchester United itu gagal menangkap tendangan lemah Ronaldo di akhir babak pertama.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

The Fed Dongkrak Suku Bunga, Ini Kata Menko Darmin

Posted: 15 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bank Sentral Amerika Serikat atau The Federal Reserve (The Fed) kembali menaikkan suku bunga acuanya menjadi sebesar 25 basis poin dari 1,75 persen hingga 2 persen.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menilai hal ini sebaiknya tidak ditanggapi secara reaktif terlebih dahulu. Darmin menuturkan, masih ada banyak aspek yang mesti dilihat terkait hal tersebut.

"Jadi kalau kita lihat Gubernur Bank Indonesia (BI) saat ini saya kira lebih responsif. Jadi kita biarkan mereka bekerja dulu," tutur dia di rumah dinas, Jalan Widya Chandra Nomor 17, Jakarta Selatan, Sabtu (16/6/2018).

Darmin percaya pada kinerja BI untuk hadapi kenaikan suku bunga the Fed tersebut. Oleh karena itu, ia menyarankan agar melihat situasi yang terjadi satu hingga dua minggu ini.

"Kita ada komunikasi, ini bukan sesuatu yang terjadi begitu saja, jadi ada diskusi. Jadi kita biarkan BI untuk kalkulasi, kita lihat satu hingga dua minggu ini," kata  dia.

Sebelumnya, The Federal Reserve (the Fed) atau Bank Sentral Amerika Serikat (AS) kembali menaikkan suku bunga pada Rabu. Kenaikan suku bunga ini sudah diperkirakan oleh analis dan ekonom.

Dengan adanya kenaikan suku bunga ini menandakan tonggak pergeseran kebijakan Bank Sentral AS dari yang awalnya pelonggaran kebijakan moneter untuk memerangi krisis keuangan dan resesi pada 2007-2009 menjadi pengetatan kebijakan moneter.

Dalam kenaikan suku bunga pada Juni ini, The Federal Reserve mematok di kisaran 1,75 persen hingga 2 persen. Bank Sentral AS mengesampingkan janji sebelumnya bahwa mereka akan terus menahan suku bunga di kisaran rendah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Perekonomian sudah berjalan dengan baik," jelas Gubernur Bank Sentral AS Jerome Powell dalam konferensi pers usai Rapat Komite Pasar Terbuka (Federal Open Market Committee).

"Seluruh indikasi ekonomi menunjukkan perbaikan. data tenaga kerja, inflasi dan lainnya sesuai dengan perkiraan," jelas dia.

Ekspektasi ekonomi yang sudah baik menjadi pendorong Bank Sentral AS untuk menaikkan suku bunga sebanyak 7 kali sejak 2015 lalu.

Dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi yang cerah ini menjadi landasan bank the Fed untuk menaikkan suku bunga lebih cepat dari perkiraan awal pada beberapa bulan mendatang. Diperkirakan akan ada dua kali kenaikan lagi pada tahun ini.

Menko Darmin Gelar Open House

Menko Bidang Perekonomian Darmin Nasution bersama istri Salsia Ulfa Sahabi saat open house pada Sabtu (16/6/2018) (Foto:Merdeka.com/Anggun Situmorang)

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengadakan open house pada hari kedua Lebaran 2018, Sabtu (16/6/2018). Open house diadakan di rumah dinas, Jalan Widya Chandra IV nomor 17, Jakarta Selatan. 

Darmin tiba di rumah dinas pukul 09.30 WIB dengan menggunakan kemeja batik Cokelat dan didampingi sang istri Salsia Ulfa Sahabi Manoppo menggunakan kebaya merah muda. 

Menko Darmin dan istri menyalami satu persatu tamu yang hadir. Tidak lupa keduanya mempersilahkan tamu yang hadir untuk menyantap sajian yang ada.

"Mohon maaf lahir dan batin. Selamat lebaran apalagi dengan wartawan seminggu bisa berapa kali bertemu. Pasti ada yang tidak menyenangkan. Saya mohon maaf lah," ujar dia ketika berbincang dengan wartawan di Widya Chandra, Jakarta.

Pantauan merdeka.com tamu yang sudah terlihat hadir seperti Duta besar Prancis untuk Indonesia Jean-Charles Berthonnet dan beberapa Direksi Jamkrindo.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Detoks Setelah Makan Besar Saat Lebaran agar Tak Enek dan Keblinger

Posted: 15 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Lebaran identik dengan makan banyak dan enak. Berbagai menu santan dari sayur ketupat, opor ayam, atau daging-dagingan menjadi hidangan yang jamak ditemui di Hari Raya.

Tapi, sebagai konsekuensinya, tubuh kita menjerit kekenyangan dan mulai protes. Rasa eneg, sembelit, atau pun rasa sesak di dada merupakan tanda umum jika kita makan berlebihan.

Nah, jangan terlena, segera lakukan detoks untuk mengembalikan fungsi pencernaan seperti semula. Ini caranya:

Setelah makan

- Minumlah teh herbal, misalnya teh jahe atau teh peppermint hangat. Minuman hangat akan memperbaiki pencernaan secara umum. Jahe dan peppermint akan mengurangi rasa eneg.

 

 

Makan Keesokan Pagi

Ilustrasi memasak (iStockphoto)

- Makan pepaya untuk menambah asupan serat dan melancarkan pencernaan.- Jangan tidur-tiduran dua hingga tiga jam setelah makan untuk mencegah sembelit dan naiknya asam lambung.

Keesokan paginya

- Makan oatmeal untuk sarapan. Oatmeal tinggi serat yang mudah larut, sehingga merangsang kerja usus agar mudah buang air besar.- Banyak minum air putih untuk membuang racun dalam tubuh. Selain itu serat mudah larut dalam oat yang dimakan saat sarapan, membutuhkan air agar bisa bekerja maksimal.

Makanan Sepanjang Hari

Ilustrasi minum air putih (iStockphoto)

Sepanjang hari

- Usahakan menyantap sayuran atau buah, di samping ikan-ikanan dan daging-dagingan. Misalnya wortel dan selada pada bistik, atau makan buah setelah makan rendang.- Perbanyak bergerak ringan.

Begitu banyak makanan yang enak-enak disajikan saat Lebaran. Kembali pada diri kita sendiri untuk mampu mengendalikan nafsu makan dan memperbaikinya setelah berhari-hari digempur makanan yang berisiko kolesterol. Semoga sehat selalu!

Penulis: Winda Carmelita

Sumber: Vemale.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ibunda Tak Ingin Lihat Julia Perez di Televisi

Posted: 15 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Meski sudah tiada, wajah Julia Perez masih muncul di layar televisi. Semasa hidup, perempuan yang karib disapa Jupe laris manis membintangi sejumlah film, variety show hingga sinetron.

Tak jarang, televisi menayangkan program dengan episode Jupe sebagai bagian dari pengisi slot acara. Bagi masyarakat, hal itu menjadi momen untuk kembali mengenang mendiang Jupe.

Tapi bagi Sri Wulansih, ibunda Jupe, hal itu justru bermakna lain.

Menyaksikan Jupe di televisi justru memutar kenangan pahit untuk Sri Wulansih. Bayang-bayang Jupe saat dirawat di rumah sakit hingga meninggal dunia, belum sepenuhnya lenyap dari ingatan. 

Tak Mau Lihat Jupe di Teve

Bertrand Antolin - Sri Wulansih (Nurwahyunan/bintang.com)

"Kalau ingat dia (Jupe), ada foto saja, di teve mama nggak mau lihat. Nggak kuat, pasti nangis," kata Sri Wulansih saat ditemui baru-baru ini.

Berat

Julia Perez (Dok:Liputan6.com)

Begitu banyak momen yang dihabiskan Sri Wulansih bersama Jupe. Dengan menyaksikan mendiang putrinya di televisi, justru membuat kenangannya itu terputar kembali.

"Sebagai orangtua sama anak, ingat perjuangan dia, inget kebersamaan sama dia itu berat," Sri Wulansih memungkasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Fakta Unik Hattrick Ronaldo ke Gawang Spanyol

Posted: 15 Jun 2018 10:00 PM PDT

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

12 Gombalan Edisi Lebaran, Bikin Ngakak Sekaligus Mesem-Mesem

Posted: 15 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rayuan gombal memang menjadi salah satu jalan untuk mendapatlan perhatian dan meluluhkan hati gebetan. Meski terdengar muluk-muluk, ucapan gombal adalah suatu bentuk marketing dalam meraih kepercayaan dan gombalan yang selalu menjadi senjata utama ketika sedang pendakatan atau pedekate.

Kata-kata manis gombalan itu bisa kamu sampaikan lewat lisan maupun teks. Tapi, pastikan jangan pakai gombalan yang sudah umum dan sering dipakai orang lain ya. Gunakan imajinasi dan kreativitasmu saat ngegombal demi kelancaran dapetin hati si dia.

Soal ngegombal, warganet di media sosial tentu sudah pasti juaranya. Mereka bisa mengubah topik yang sedang hangat dibicarakan menjadi bahan gombalan gebetan. Berikut deretan gombalan bertema lebaran yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber.

1. Mau THR enggak?

(Sumber Twitter/@AnakPetir)

2. Tuh, abangnya sudah siap

(Sumber Twitter/@pribadiakbar)

3. Selalu dinanti. Tapi datangnya setahun sekali

(Sumber Twitter/@domdomiii)

4. Kapan dong?

(Sumber Twitter/@bananayue)

5. Eaaaa

(Sumber Twitter/@justdwimarlina)

6. Langsung gas

(Sumber Twitter/@Rendy_Septianto)

7. Kode keras

(Sumber Twitter/@diahkusumoo)

8. Bole enggak nih?

(Sumber Twitter/@RickyRusdiansyh)

9. Kode buat mantan

(Sumber Twitter/@dewahoya)

10. Kupersembahkan cintaku

(Sumber Twitter/@AnakPetir)

11. Neng, kapan putus?

(Sumber Twitter/@tasteofindiabdg)

12. Aih sedap

(Sumber Twitter/@sabrinawrdn)

Reporter:

Septika Shidqiyyah

Sumber: Brilio.net

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rela Antre Pagi untuk Bingkisan Sembako dari Jokowi

Posted: 15 Jun 2018 09:48 PM PDT

JawaPos - Ribuan warga Solo memadati kawasan Gedung Graha Saba Buana, Sumber, Solo, Jawa Tengah, pada Sabtu(16/6/2018) pagi. Kedatangan mereka untuk mengambil bingkisan sembako bantuan dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Warga bahkan sudah mengantre sejak pagi agar bisa mendapatkan antrean lebih awal. Salah satu warga, Sulasmi mengaku sangat bersyukur mendapatkan bingkisan sembako tersebut.

Nenek 65 tahun itu rela datang pagi-pagi, agar tidak lama mengantre untuk mendapatkan bingkisan sembako.

"Saya sangat berterima kasih kepada Pak Jokowi telah memberikan bantuan sembako ini," ungkapnya kepada JawaPos.com.

Rencananya, bingkisan tersebut akan digunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Hal yang sama disampaikan Widiastuti. Menurut warga Banjarsari itu, bantuan yang diberikan oleh Presiden Jokowi sangat membantu, terutama dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Terlebih selama ini, dirinya hanya bekerja sendiri untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. "Ini sangat membantu sekali, terima kasih Pak Jokowi," ungkap Widiastuti.

 

 

3.000 Bingkisan

Sementara itu, berdasarkan pantauan JawaPos.com di kawasan Gedung Graha Saba Buana, terlihat ribuan warga mengantre. Bahkan, antrean sampai mengular hingga ke luar halaman gedung.

Para warga sudah datang sejak pagi sebelum pembagian bingkisan sembako dimulai. Sementara, sejumlah aparat kepolisian, TNI, Linmas dan juga Paspampres turut mengamankan dan mengatur pembagian.

Dalam pembagian ini, ada lebih kurang 3 ribu bingkisan sembako yang dibagikan. Bingkisan tersebut, berisi diantaranya beras, minyak dan juga bahan lainnya. Pembagian dilakukan dengan cara menukarkan kupon yang sebelumnya sudah dibagikan oleh pihak kecamatan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jemaah Islam Aboge Purbalingga Rayakan Idul Fitri Hari Ini

Posted: 15 Jun 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Purbalingga - Ratusan jamaah pengikut aliran islam aboge pagi ini menggelar Salat Idul Fitri di Masjid Raden Sayid Kuning,Purbalingga, Jawa Tengah. Usai salat id, jamaah saling bersalaman sambil berselawat dan mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri.

Secara khusus, penganut aboge berdoa agar Bangsa Indonesia terhindar dari perpecahan. Kesatuan umat dianggap sebagai hal terpenting dalam kehidupan.

Simak berita selengkapnya di Liputan6 Siang SCTV, pukul 12.00 WIB. Anda juga dapat menyaksikan melalui live streaming, klik di sini.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cetak Hattrick Lawan Spanyol, Meme Cristiano Ronaldo Ramai di Internet

Posted: 15 Jun 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pertandingan sepakbola Piala Dunia antara Portugal dan Spanyol, Sabtu (16/6/2018) dini hari masih mendapat perhatian warganet.

Pasalnya, Portugal dan Spanyol berbagi skor imbang 3-3, ketiga gol Portugal pun dicetak oleh seorang pemain (hattrick), yang tidak lain adalah Cristiano Ronaldo.

Pesepak bola 33 tahun itu pun langsung jadi buah bibir warganet, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia.

Atas aksinya menahan imbang tim Matador, sejumlah meme Cristiano Ronaldo pun beredar di dunia maya. Berikut adalah sejumlah meme mengenai sang bintang lapangan Cristiano Ronaldo yang dihimpun Tim Tekno Liputan6.com.

1. Kena Denda, Tetap Cetak Hattrick Lawan Spanyol

Fans Cristiano Ronaldo pasti tahu kalau beberapa waktu lalu pemain asal Portugal ini pernah dikenai sanksi denda sebesar 18,8 juta Euro atas penggelapan pajak yang dilakukannya.

Jumlah ini merupakan akumulasi dari jumlah pajak yang digelapkan Cristiano Ronaldo berserta dendanya oleh otoritas pajak Spanyol.

Namun siapa sangka, setelah dikenai denda dan terancam sanksi pidana, Cristiano Ronaldo justru berhasil melahirkan tiga gol hattrick melawan Spanyol. 

Meme Cristiano Ronaldo setelah cetak tiga gol dalam pertandingan Piala Dunia Portugal lawan Spanyol (Instagram @barkanation)

2. Saat Messi Dianggap Lebih Baik dari Cristiano Ronaldo

Lionel Messi sering dianggap sebagai pesepak bola yang lebih baik dari Cristiano Ronaldo. Keduanya sering dibanding-bandingkan. Meski begitu, dalam pertandingan tadi malam, Cristiano Ronaldo lah yang menjadi bintangnya. 

Meme kocak pun beredar. Dalam meme tersebut, saat dibandingkan dengan Messi, Cristiano Ronaldo hanya pasang tampang seram sambil berkata "Pegangkan bir saya, nak!," dan tiga gol pun tercipta berkatnya. 

Meme Cristiano Ronaldo setelah cetak tiga gol dalam pertandingan Piala Dunia Portugal lawan Spanyol (Instagram @awaken007)

Meme Cristiano Ronaldo

Bintang Portugal, Cristiano Ronaldo, menyapa suporter usai melawan Spanyol pada laga Grup B Piala Dunia di Stadion Fisht, Sochi, Jumat (15/6/2018). CR 7 pencetak hattrick perdana Piala Dunia 2018. (AP/Sergei Grits)

3. Ronaldo Pencipta Hattrick

Tidak bisa dimungkiri, Cristiano Ronaldo memang pemain andal. Buktinya, dia bisa mencetak hattick hingga 51 kali selama pertandingan. Meme inipun beredar di internet. Bagaimana menurut kamu?

Meme Cristiano Ronaldo setelah cetak tiga gol dalam pertandingan Piala Dunia Portugal lawan Spanyol (Instagram @cr7fanpage87)

4. Superman

Christiano Ronaldo begitu dipuja usai mencetak tiga gol dalam pertandingan melawan Timnas Spanyol, sampai-sampai, sebuah gambar Ronaldo menggunakan kostum Superman pun muncul di internet. 

Meme Cristiano Ronaldo setelah cetak tiga gol dalam pertandingan Piala Dunia Portugal lawan Spanyol (Instagram @ana7san)

5. Jebol Pertahanan Terkuat

Gara-gara mencetak tiga gol melawan Spanyol, Cristiano Ronaldo pun disebut-sebut telah menjebol pertahanan terbaik di dunia.

Meme Cristiano Ronaldo setelah cetak tiga gol dalam pertandingan Piala Dunia Portugal lawan Spanyol (Instagram @rohanjaishy)

Meme Cristiano Ronaldo

Bintang Portugal, Cristiano Ronaldo, menyapa suporter usai melawan Spanyol pada laga Grup B Piala Dunia di Stadion Fisht, Sochi, Jumat (15/6/2018). CR 7 pencetak hattrick perdana Piala Dunia 2018. (AP/Francisco Seco)

6. Dianggap Cuma Beruntung

Meskipun ketiga gol yang menjebol gawang De Gea dalam pertandingan Portugal melawan Spanyol dini hari tak lepas dari kepiawaian Cristiano, tetap saja ada yang mengganggapnya hanya keberuntungan semata. 

Meme Cristiano Ronaldo setelah cetak tiga gol dalam pertandingan Piala Dunia Portugal lawan Spanyol (Instagram @rmaslaves)

7. Buat Sejarah Baru

Meme Cristiano Ronaldo setelah cetak tiga gol dalam pertandingan Piala Dunia Portugal lawan Spanyol (Instagram @rarefoxmet)

8. Tak Ada Kata Terlambat

Meskipun sempat tertinggal, dalam permainan sepak bola tidak ada kata terlambat. Buktinya, di menit-menit terakhir kedudukan skor justru jadi imbang, lagi-lagi berkat gol yang diciptakan Cristiano Ronaldo. 

Meme Cristiano Ronaldo setelah cetak tiga gol dalam pertandingan Piala Dunia Portugal lawan Spanyol (Instagram @5footbol)

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengalaman Spiritual Tantri Kotak Saat di Madinah Jelang Berhijab

Posted: 15 Jun 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tantri KOTAK memutuskan untuk berhijrah dengan mengenakan hijab setelah menjalani ibada umrah belum lama ini. Tak hanya sekedar berhijab, Tantri pun juga aktif untuk dalami ilmu agama. Diakui oleh Tantri, dirinya mendapat petunjuk untuk mengenakan hijab saat melakukan ibadah umrah di Madinah.

"Sebenarnya mungkin Allah ngasih tanda banyak banget cuma ada satu yang kelihatan. Jadi waktu itu kalau umrah kan udah ketahuan jadwalnya kayak gimana. Pas aku berangkat kemarin, travelnya minta rukunnya dulu diselesaikan baru ke Madinah. Pas di Makkah aku ngomong, 'kok di Madinah cuma dua malam doang ya? kayak sebentar banget' Aku tuh kangen sama Madinah," ujar Tantri Kotak, seperti dilansir dari Dream, belum lama ini.

Mimpi Aneh

Tantri Kotak © Instagram/tantrisyalindri

Secara kebetulan saat itu Tantri mendapat mimpi yang cukup aneh tentang perjalanannya. Dalam mimpinya, sang tour guide memberi pengumuman agar perjalanan umrah Tantri Kotak dan jamaah lainnya diperpanjang satu hari.

"Pas sudah gitu, H-1 mau pulang, kita udah packing dong. Terus tiba-tiba aku tidur kan, kayak mimpi tour guide-nya ngasih pengumuman kalau para jemaah harus extend satu malam di Madinah. Pas pagi-paginya udah melek, ngecek HP. Ternyata yang punya travelnya telepon, dia ngasih kabar kalau ada miss di jadwal," jelasnya.

"Ternyata jadwal penerbangannya harus extend sehari di Madinah. Aku kayak yang, 'Hah? Kayaknya aku udah dengar deh berita ini'. Tapi pemiliki travel ini belum kasih tahu ke siapa-siapa, cuma kasih tahu ke tour guide dan dia sama sekali belum menghubungi aku," imbuhnya lagi.

Tantri mengaku sangat speechless dengan kejadian yang dialaminya saat itu. Tak mau banyak berpikir, ia pun segera berdoa untuk meminta petunjuk dari Allah saat itu juga. Setelah mengalami kejadian aneh tersebut, Tantri akhirnya memantapkan hati untuk hijrah.

"Aku tutup telepon langsung salat taubat segala macam, ini kenapa ya? Apa aku memang harus disuruh doa lagi di sini? Kayaknya Allah masih kangen, masih ada momen-momen yang aku harus luapin lagi di sana. Jadi ya itu sih salah satunya, mungkin yang lain banyak cuma aku dulu mungkin masih ragu-ragu," pungkasnya.

Sumber: Kapanlagi.com

Penulis: Tyssa Madelina

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

De Gea Bikin Real Madrid Gigit Jari

Posted: 15 Jun 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Manchester- Pupus sudah harapan Real Madrid untuk merekrut kiper Manchester United David de Gea. Pemain nasional Spanyol itu dikabarkan sudah setuju memperbarui kontraknya bersama MU.

Manchester Evening News mengklaim De Gea telah menyetujui tawaran kontrak baru dari MU. Pria 27 tahun itu akan terikat kontrak hingga lima tahun mendatang. 

Bila De Gea memperpanjang kontrak maka Real Madrid hampir mustahil akan merekrutnya pada bursa transfer musim panas 2018 ini.

Los Blancos diketahui masih sangat menginginkan De Gea. Mereka nyaris mendapatkan eks pemain Atletico Madrid itu tahun 2015 lalu.

Ketika itu Real Madrid sudah mencapai kesepakatan dengan MU. Namun transfer De Gea batal karena kesalahan administrasi di detik-detik akhir jelang penutupan bursa transfer.

 

 

Alisson

David de Gea  (AFP/Glyn Kirk)

Meski gagal mendapatkan De Gea tahun 2015, Madrid terus memendam hasrat memilikinya. Presiden Florentino Perez sangat ingin De Gea menggantikan Keylor Navas sebagai kiper utama.

Dengan De Gea akan memperpanjang kontrak, Real Madrid kini mengincar kiper lainnya. Buruan Los Blancos saat ini adalah Alisson Becker dari AS Roma.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meghan Markle Pakai Perhiasan Peninggalan Putri Diana Lagi?

Posted: 15 Jun 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, London - Meghan Markle secara perdana bertugas menjadi salah satu anggota keluarga Kerajaan Inggris. Ia menemani Ratu Elizabeth II saat melakukan kunjungan ke Chesire, Inggris.

Meghan Markle tampak cantik mengenakan baju berwarna putih gading. Meghan Markle melengkapi penampilannya dengan anting mutiara.

Beberapa orang menyebutkan, tak asing lagi melihat anting mutiara yang dikenakan Meghan Markle. Rupanya, istri Pangeran Harry itu memakai anting milik Putri Diana, diwartakan HELLO, Sabtu (16/6/2018).

Berbagai kabar menyebutkan, anting itu merupakan hadiah Pangeran Harry untuk Meghan Markle. Namun kabar lain menguak fakta berbeda.

Hadiah

Meghan Markle dan Pangeran Harry (REX/Shuttershock)

Emili Nash, sumber dari Kerajaan Inggris, menyebutkan, anting yang dikenakan Meghan Markle merupakan hadiah dari kerajaan, bukan dari Pangeran Harry. Modelnya pun berbeda dari yang dipakai Putri Diana pada 1987 silam.

Replika

Meghan Markle (Niall Carson/PA Wire/AP Images)

Sebuah sumber lainnya menyebutkan, anting itu adalah replika perhiasan milik Putri Diana. Namun bukan benda yang sama yang dipakai ibu dari Pangeran Harry dan Pangeran William.

Milik Putri Diana

Pangeran Harry dan istrinya Meghan Markle (AFP Photo/Pool/Steve Parsons)

Sebelumnya, Meghan Markle di acara resepsi pernikahannya, 19 Mei 2018, mengenakan cincin baru dengan batu berwarna biru laut yang sangat indah. Rupanya cincin itu merupakan peninggalan mendiang Putri Diana, ibu Pangeran Harry. Pada 1997 silam, Putri Diana yang bergelar Princess of Wales itu memakainya di sebuah acara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pencabutan Larangan Terbang ke Eropa Jadi Kado Lebaran Sektor Penerbangan RI

Posted: 15 Jun 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Uni Eropa melalui EU Flight Safety List resmi mencabut larangan terbang Indonesia (EU Flight Ban).  Maskapai Indonesia yang berjumlah sebanyak 55 maskapai telah memenuhi syarat diizinkan terbang ke Uni Eropa

"Secara resmi larangan terbang Uni Eropa dibuka bagi penerbangan Indonesia. Ini merupakan kado terindah yang sudah kita nanti-nanti selama 11 tahun sejak kita di ban pada Juli 2007 lalu," ujar Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso dalam keterangan tertulis, Sabtu (16/6/2018).

Ia menambahkan, hal ini juga merupakan hasil kerja keras perjuangan segenap stakeholder atau pemangku kepentingan penerbangan Indonesia terutama regulator dan juga operator penerbangan dan masyarakat serta seluruh stakeholder penerbangan di bawah nahkoda Ditjen Perhubungan Udara selaku regulator penerbangan nasional. 

Selain kepada Bangsa Indonesia, Agus juga mempersembahkan hadiah ini kepada Presiden Joko Widodo sebagai pucuk pimpinan tertinggi Indonesia yang telah memberikan instruksi dan dorongan serta kepercayaan Menteri Perhubungan Budi Karya dalam perjuangan membuka larangan terbang Uni Eropa ini.

"Selama dua tahun kita memperjuangkannya. Setelah kita mampu meningkatkan kategori kita dari otoritas penerbangan AS (FAA) menjadi kategori 1. Kemudian kita juga berhasil meningkatkan nilai effective implementation USOAP dari Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) yang beranggotakan 192 negara dengan nilai Indonesia yang tinggi yaitu 80, 34 pada 2017 lalu," ujar dia.

"Dan sekarang, larangan terbang Uni Eropa juga dicabut. Sungguh ini merupakan perjuangan terus menerus dengan hasil yang luar biasa," lanjutnya.

Agus juga menyatakan, hasil-hasil yang telah dicapai ini mempunyai manfaat yang sangat besar yaitu kepercayaan dunia yang memiliki nilai strategis yang akan menimbulkan multiplier efek positif terhadap Indonesia.

"Kita sekarang benar-benar berada di jajaran elite penerbangan dunia. Sudah sewajarnya kita juga punya tanggung jawab moral yang besar," ujar dia.

 

Uni Eropa Cabut Larangan Terbang Seluruh Maskapai RI

Ilustrasi pesawat (iStock)

Sebelumnya, Uni Eropa telah menerapkan flight ban terhadap seluruh maskapai penerbangan dan otoritas penerbangan Indonesia sejak tahun 2007 lalu. 

Dalam siaran pers hari ini, yang dilansir dari KBRI Brussel, Violeta Bulc, EU Commissioner for Transport menyatakan," The EU Air Safety List is one of our main instruments to continuously offer the highest level of air safety to Europeans. I am particularly glad that after years of work, we are today able to clear all air carriers from Indonesia. It shows that hard work and close cooperation pay off. I am also satisfied that we now have a new warning system to prevent unsafe aircraft from entering European airspace."

Keputusan Uni Eropa ini merupakan hasil dari rangkaian upaya panjang Pemerintah Indonesia. Sebelumnya, Uni Eropa telah secara bertahap mengeluarkan beberapa maskapai Indonesia dari EU Flight Safety List yakni pada 2009, 2011 dan 2016 secara individu dalam kurun waktu 10 tahun hanya melepas 7 airline. 

Uni Eropa juga telah melaksanakan EU Assessment Visit ke Indonesia pada 12-21 Maret 2018. Hasil evaluasi menyeluruh tersebut kemudian dibahas dalam pertemuan Air Safety Committee di Brussel pada 30 Mei 2018 yang dihadiri oleh Pemerintah Indonesia dan tiga maskapai perwakilan dari tanah air yaitu Wings Air, Sriwijaya Air, dan Susi Air. 

Sebagai negara dengan potensi industri penerbangan yang sangat besar, keputusan Uni Eropa ini merupakan bentuk kepercayaan terhadap otoritas penerbangan dan maskapai penerbangan Indonesia. 

Pencabutan larangan terbang bagi seluruh total 62 maskapai Indonesia  merupakan bentuk pengakuan Uni Eropa kepada Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan keselamatan penerbangan di tanah air. 

Keputusan Uni Eropa ini diharapkan menjadi pendorong untuk terus meningkatkan keselamatan penerbangan termasuk dalam mendukung industri perdagangan, pariwisata di seluruh wilayah Indonesia, yang akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi nasional. (Yas)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vanesha Prescilla Menangis Saat Lebaran, Kenapa?

Posted: 15 Jun 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lebaran tahun ini dirasa berbeda oleh Vanesha Prescilla. Lantaran sedang menempuh pendidikan di Australia, ia harus melewati Idul Fitri jauh dari keluarga besarnya.

Tentu saja keadaan ini membuat Vanesha Prescilla diliputi perasaan sedih. Pemeran Milea dalam film Dilan 1990 ini bahkan tak kuasa menahan air matanya saat melakukan video call bersama keluarga besarnya, di Jakarta.

Melalui video singkat yang diunggah Vanesha Prescilla di Instagram Stories-nya, aktris berusia 18 tahun ini menangis saat melihat keluarga menyapa dirinya melalui video call.

"Kangen. Mau di sana juga," tulis Vanesha Prescilla sebagai keterangan dalam videonya, Jumat (15/6/2018).

Sissy Ikut Menangis 

[Foto: Instagram vanesha]

Bagai tak bisa menahan rindu, kakak Vanessha Prescilla, Sissy Prescillia juga menangis saat melihat sang adik yang harus merayakan Lebaran seorang diri, di tempat yang begitu jauh.

Sissy dan Vanesha memang diketahui memiliki hubungan yang sangat akrab sebagai kakak adik.

Perpisahan

(Instagram/sysiio)

Kesedihan juga dirasakan Sissy Priscillia saat ia harus melepas adik tercintanya sekolah ke Australia. Momen mengharukan ini diabadikan Sissy Prescillia di akun Instagram miliknya pada Selasa (5/6/2018).

Dalam video tersebut, Sissy Prescillia tampak memeluk adik bungsunya ini berkali-kali dan menasihati sang adik sambil terisak. Baik Sissy Prescillia maupun Vanesha Prescilla tak kuasa membendung air mata.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ruas Jalur Mudik Terpantau Macet pada H+1 Lebaran

Posted: 15 Jun 2018 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kemacetan masih mewarnai arus lintas pada H+1 Lebaran 2018. Sejumlah ruas jalan di berbagai daerah terus dipenuhi kendaraan.

Kondisi ini tak hanya terjadi di ruas jalan non-tol. Kendaraan yang melintasi jalan bebas hambatan juga mengalami nasib yang sama. Macet tak bergerak.

Para pengendara pun diminta tetap bersabar. Aturan lalu lintas dan rambu-rambu jalan diharapkan dapat ditaati untuk keselamatan bersama.

Berikut ini ruas jalan yang masih dilanda kemacetan, berdasar pantauan Liputan6.com dari para netizen.

10.03 WIB: Tol arah Cikampek macet parah

10.06 WIB: Tol Bawen Salatiga Solo Jateng macet parah

10.07 WIB: Arus lalulintas di Jln Lingkar Ambarawa arah ke Yogyakarta Macet.

10.04 WIB: Buka tutup jalur alternatif Cijapati - Garut Jabar

10.00 WIB: Lalin arah Bojonegoro Jatim macet, dari Babat Pukul 08.00 WIB, baru sampai Balen. Imbas jalan sempit banyak persimpangan

Jalur Lain

Kemacetan di Tol Cikampek (Dok. Habibie)

Jalur lain yang mengalami kemacetan adalah:

09.59 WIB: Exit tol Wilangan dari Jawa Tengah terpantau padat

09.48 WIB: Memasuki gerbang tol fungsional Palembang macet, banyak yang uji coba nih di hari Lebaran.

09.46 WIB: Macet di tol fungsional Indralaya - Palembang

09.44 WIB: Macet total KM 109 Tol Cipali

09.31 WIB: Keluar Gerbang Tol Palimanan macet

 

Saksikan tayangan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Mobil Klasik yang Dipamerkan di Museum Mercedes-Benz

Posted: 15 Jun 2018 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Stuttgart - Mencari mobil klasik merek apapun yang kondisinya masih mulus tanpa cacat satu milimeter pun sangatlah susah.

Tapi bagaimana jika merek mobil klasik yang Anda buru sekarang menjual koleksi mobil klasiknya secara resmi dengan kondisi terjamin? Anda tinggal pilih dan bayar. Layanan tersebut sudah ditawarkan oleh Mercedes-Benz.

Ya, merek yang mengusung tagline "The Best or Nothing" ini memang satu dari sedikit merek mobil yang punya museum khusus untuk memajang mobil-mobil klasiknya yang punya sejarah, tradisi dan nilai nostalgia. Para fans penggila three pointed star, khususnya model-model lawas akan bersorak karena museum Mercedes Benz kini menjual sejumlah model klasiknya. 

Mercedes Benz melabeli koleksi klasik yang dijualnya sebagai all time stars, dan tujuan utama program ini adalah untuk memperkuat kualitas komitmen mereka untuk pembelian mobil klasik yang merupakan bagian dari alasan mengapa tim konsultan penjualan yang kompeten siap untuk melayani pelanggan dengan informasi rinci dan deskripsi yang luas dari kendaraan yang ada dalam daftar jualan.

Berikut ada tiga kategori mobil klasik Mercedes-Benz yang bisa Anda lihat di situs resmi Mercedes-Benz Museum, Stuttgart:

Concours Edition

Mercedes-Benz 300 SL Roadster (Mercedes-Benz)

Model Concours Edition dapat direstorasi dengan mewah dan juga bisa memiliki jarak tempuh yang sangat rendah. Ini merupakan kendaraan berkondisi prima dengan penampilan mobil bekas karyawan baru atau mobil baru. Mobil klasik semacam ini akan melengkapi setiap koleksi dan menjadi sorotan dalam acara atau pameran khusus.

Mercedes-Benz 300 SL Roadster (W 198)

Restorasi penuh dilakukan oleh Mercedes-Benz Classic Center pada awal 2014 dan Maret 2017. Ini mengubah kendaraan sepenuhnya dari versi Amerika ke versi Eropa/Jerman. Sebisa mungkin, restorasi penuh ini menggunakan komponen asli Mercedes-Benz.

Mercedes-Benz 280 SE 3.5 Cabriolet (W 111)

Mercedes-Benz 280 SE 3.5 Cabriolet (W 111)

All Time Stars dengan senang hati menawarkan Mercedes-Benz 280 SE 3.5 W 111 ini. Mobil klasik ini dalam kondisi baik secara teknis maupun dalam hal penampilan. 

Mobil standarnya bermesin 3,0 liter, transmisi otomatis 4-percepatan, unit powerbrake, suspensi udara dan rem sirkuit ganda dengan rem cakram di roda depan dan belakang.

Ada modifikasi dengan krom tambahan dalam bentuk trim krom memanjang dari lampu depan ke lampu belakang memanjang serta trim dekoratif mencolok di depan dan lengkungan roda belakang. Pada Januari 1964 tenaga mesin dinaikkan menjadi 170 Tk sehingga performa pengendaraan pun membaik.

Mercedes-Benz G 500 (BR 463)

Mercedes-Benz G 500 (BR 463)

Sebuah bab baru dalam model off-road dimulai pada September 1989 ketika rentang model yang benar-benar dikerjakan ulang dengan kode 463 seri in-house diluncurkan.

Desain interior generasi baru dirancang jauh lebih seperti mobil penumpang. Kesan ini diperkuat oleh gaya sederhana dari bagian depan yang diperbarui yang dicat dengan warna tubuh. Tak hanya facelift, modifikasi teknis juga dilakukan.

Modifikasi pada drive train untuk meningkatkan kenyamanan berkendara. Alih-alih penggerak empat roda yang dapat dipilih secara manual, sekarang memiliki penggerak empat roda permanen dan kunci diferensial sebagai standar.

Pelanggan yang membeli kendaraan off-road sekarang juga bisa mendapatkan keuntungan dari sistem pengereman ABS anti-lock yang terbukti sangat efektif dalam model mobil penumpang. Bermesin diesel 2,5 liter, mesin injeksi 2.3 liter dan varian 2.0-liter untuk Italia sudah menjadi komponen yang dikenal dari seri 460, dan versi yang diperbarui dari mereka sekarang digunakan, mesin enam silinder dikerahkan di kendaraan off-road untuk pertama kalinya. Mereka adalah mesin diesel OM 603 3.0 liter dan M 103, yang memiliki injeksi bensin dan kapasitas 3.0 liter yang sama. 

Collectors Edition

Mercedes-Benz 280 SEL (W 108)

Kendaraan dalam Collectors Edition berada dalam kondisi orisinal yang sangat baik atau telah direstorasi beberapa waktu lalu. Kendaraan di Edisi Kolektor ini bukan hanya barang kolektor, tetapi juga teman yang fantastis untuk setiap perjalanan.

Mercedes-Benz 280 SEL (W 108)

Sebuah model seri 108/109 khusus, yang tidak pernah dijual di pasaran, versi 280 SEL 3.5 dibangun pada tahun 1971. Karena tidak ada mobil perlindungan khusus lebih lanjut yang diproduksi oleh Daimler-Benz setelah Limousine Pullman 600 yang anti peluru, beberapa otoritas federal mengajukan permintaan untuk keunggulan yang satu itu. Karena serangan yang dilakukan pada diplomat di Amerika Latin pada tahun 1970, kantor asing melihat perlunya memberikan perlindungan khusus kepada duta-duta tertentu. Hasil dari upaya ini adalah versi lapis baja dari 280 SEL 3,5, 28 di antaranya dibangun antara Mei 1971 dan September 1972.

Produksi seri W 108/109 yang sangat sukses berakhir pada September 1972. Digantikan oleh model seri S-Class 116.

Mercedes-Benz 280 SE 3.5 Cabriolet (W 111)

Mercedes-Benz 280 SE 3.5 Cabriolet (W 111)

300 SE Coupé dan 300 SE Convertible, yang telah dibangun dari blok bangunan yang sudah ada sebelumnya, memulai debut mereka di Geneva Motor Show.

Tubuh dari versi 220 SEB yang sesuai telah disentuh dengan elemen dekoratif tambahan dan dikombinasikan dengan teknologi Tipe 300 SE. Dengan demikian, model eksklusif baru ini, yang, seperti model saloon didasari dari model seri 112, menampilkan serangkaian rincian teknis secara keseluruhan.

Bermesin 3,0 liter, transmisi otomatis 4-percepatan, unit powerbrake, suspensi udara dan rem sirkuit ganda dengan rem cakram di roda depan dan belakang. Ada dekorasi krom tambahan dalam bentuk trim krom memanjang dari lampu depan ke lampu belakang sepanjang manik memanjang serta trim dekoratif mencolok di depan dan lengkungan roda belakang. 

Drivers Edition

Mercedes-Benz 420 SEC (C 126)

Mobil klasik dalam kategori Drivers Edition berada dalam kondisi keseluruhan di atas rata-rata. Kendaraan ini memiliki jarak tempuh yang relatif rendah, sehingga bodywork dan pengecatan sama rapuhnya dengan fitur teknis kendaraan. Jumlah karakteristiknya membuat mobil ini menjadi pendamping yang dapat diandalkan di semua kesempatan.

Namun, dalam situs resminya, kategori ini hanya meninggalkan satu mobil klasiknya yang belum terjual yakni Mercedes-Benz 420 SEC (C 126).

Empat tahun setelah debut coupe SEC, berbagai model mengalami paket perbaikan yang luas, dan demikian pada bulan September 1985, sekali lagi di pameran Frankfurt, berbagai saloons dan coupe S-Class yang sepenuhnya direvisi diperkenalkan. Selain facelift halus, terutama mengubah tampilan bumper, side skirt dan roda, penekanannya adalah pada susunan mesin yang direstrukturisasi.

Tambahan baru lainnya adalah mesin V8 4.2 liter, versi rebored dari unit 3.8 liter lama yang sekarang diganti dalam coupe SEC, S-Class saloon, dan SL. Mesin 5,0 liter juga dimodifikasi. Mobil ini dapat menghasilkan tenaga hingga 245 Tk.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Meme Lucu Kaleng Biskuit Lebaran

Posted: 15 Jun 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Memang asik merayakan hari lebaran. Selain dikasih THR, perisapan makanan juga melimpah. Opor, lontong sayur sampai rendang, pasti menjadi menu makanan wajib untuk dikonsumsi saat lebaran.

Di sisi lain, kaleng biskuit dan kue juga turut disediakan. Ada berbagai macam kue dan biskuit yang sengaja disiapkan untuk para tamu lebaran. Tapi, kadang ada saja kejadian tak terduga ketika akan membuka kaleng biskuit saat lebaran.

Kejadian lucu buka kaleng biskuit sampai dijadikan meme lucu oleh warganet. Kami rangkum sejumlah kumpulan meme kocak saat buka kaleng biskuit lebaran.

Artikel tentang meme kaleng biskuit menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Sementara itu, artikel kedua terpopuler yakni tentang indahnya lebaran zaman dulu. Disusul dengan artikel curhat warganet beda lama perjalanan mudik dulu dan sekarang, pada posisi ketiga terpopuler.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Tertipu Isinya, Ini Meme Lucu Kaleng Biskuit Lebaran

(Rangkuman Brilio.net dari berbagai sumber)

Mulai dari baju baru, ketupat, opor, serta kue kering wajib tersaji di meja, saat lebaran. Namun, banyak kejadian tak terduga saat orang-orang ingin menyantap makanan dari kaleng kue Lebaran tersebut.

Salah satunya adalah merasa tertipu kaleng makanan menggoda yang isinya tak sesuai ekspektasi. Kejadian tersebut menginspirasi munculnya meme-meme lucu. Dirangkum dari berbagai sumber, deretan meme lucu cemilan khas lebaran yang bakal bikin kamu ngakak.

Selengkapnya..

2. Sederhana tapi Meriah, Begini Indahnya Lebaran Zaman Dulu

(Sumber wahyuhendratmoyo.blogspot.com)

Masyarakat Indonesia mempunyai tradisi unik dalam merayakan hari lebaran. Namun, Indonesia tempo dulu justru sangat terlihat momen kebersamaannya.

Belum ada ponsel, anak muda pada zaman tersebut larut dalam kegembiraan Lebaran bersama keluarga. Seperti apakah potret Indonesia pada tempo dulu? Dilansir dari berbagai sumber, ini 15 potretnya. 

Selengkapnya..

3. Curhat Warganet Beda Lama Perjalanan Mudik Dulu dan Sekarang

Tak Ingin Badan Lemas Saat Mudik Lebaran? Ini Kiatnya! (Olena-Yakobchuk/Shutterstock)

Tradisi mudik ke tempat asal pun tetap dilakukan. Banyak cerita yang dibagikan para pemudik ke media sosial tentang perjalanaan mudik mereka. Seperti diketahui, infrastruktur kini tengah menjadi fokus pembangunan pemerintahan sekarang, baik di Jawa maupun pulau-pulau lain di Indonesia.

Menjelang Lebaran tahun ini, banyak pemudik yang mencurahkan pengalamannya tentang perbandingan waktu tempuh mudik dari tahun ke tahun lewat jalur darat.

Selengkapnya..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fakta Menarik Hattrick Ronaldo ke Gawang Spanyol

Posted: 15 Jun 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Cristiano Ronaldo jadi bintang lapangan saat Portugal menahan imbang Spanyol pada laga Grup B Piala Dunia 2018. Ronaldo mencetak hattrick pada laga yang berakhir sama kuat 3-3.

Ronaldo mengukir rekor. Dia menjadi pemain pertama yang membuat hattrick di Piala Dunia 2018. Hattrick Ronaldo menjadi yang ke-51 dalam sejarah ajang empat tahunan itu. 

Eks pemain Manchester United itu memimpin daftar top scorer sementara Piala Dunia 2018 dengan tiga gol, unggul satu gol dari pemain Rusia Denis Cheryshev.

Selain itu, Ronaldo juga menjadi pemain yang mencetak gol tercepat di Piala Dunia 2018 sejauh ini. Bintang Real Madrid itu membuat gol ke gawang Spanyol lewat penalti pada menit keempat.

Sepanjang sejarah Piala Dunia, baru kali ini gawang Spanyol kemasukkan tiga gol oleh seorang pemain. Tim Matador melewatkan 59 laga Piala Dunia tanpa membiarkan gawangnya kebobolan dengan hattrick.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pahitnya Putus Cinta Tak Sepahit Bunga Pepaya yang Menyehatkan

Posted: 15 Jun 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tak cuma buah, bunga pepaya juga nikmat bila disantap. Seperti namanya, bunga pepaya merupakan bunga pohon pepaya yang juga kerap dimasak.

Bunga pepaya secara alami memang memiliki rasa yang cukup pahit, sehingga beberapa orang enggan mengonsumsinya. Namun, jika dimasak dengan tepat, bunga pepaya dapat diolah menjadi sayuran nikmat tanpa rasa pahit.

Ternyata, bunga pohon ini kaya akan nutrisi, lho! Dilansir dari berbagai sumber, bunga pepaya mengandung protein, kalsium, zat besi, dan lainnya. Selain itu, juga mengandung vitamin A, B1, dan C. Karena itulah, bunga pepaya memiliki banyak manfaat buat kesehatan tubuh.

Berikut beberapa manfaat bunga pepaya yang bisa Anda petik seperti dikutip dari berbagai sumber, Jumat (14/6/2018)

1. Seperti buahnya, bunga pepaya juga bisa memperlancar buang air besar. Ini merupakan kabar baik buat kamu yang kerap mengalami sembelit dan juga susah BAB. 

2. Buat kamu yang tak begitu suka makan hingga berat tubuh tak ideal, maka bunga ini sangat cocok buatmu. Seperti diberi bumbu khusus atau mantra, dijamin akan menjadi lahap saat memakan bunga ini. Artinya, bunga pepaya juga berguna untuk memperbaiki nafsu makan. 

 

Tumis bunga pepaya, kuliner Labuan Bajo, Flores, NTT. (Sumber Foto: bunda.anshar/Instagram)

Kaya antioksidan

3. Selain kandungan yang sudah disebutkan di atas, bunga pepaya juga mengandung antioksidan. Sehingga, bisa mencegah sekaligus mengobati kanker.

4. Buat kamu yang memiliki darah tinggi, bunga pepaya ini juga dianjurkan buat kamu! Karena berkhasiat untuk menormalkan kembali tekanan darah.

Sementara tumis bunga pepaya juga tak kalah nikmat dari ikan woku belanga. Sajian ini juga menggunakan rempah, seperti jahe, serai, cabai, daun kunyit, daun jeruk, serta daun bawang. Biasanya, tumis bunga pepaya juga ditambah suwiran ikan cakalang.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hati-Hati, Gelombang di Perairan Wakatobi Sedang Tinggi

Posted: 15 Jun 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Kendari - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara, menyatakan tinggi gelombang di wilayah Perairan Wakatobi pada Sabtu (16/6/2018) mencapai 4 meter.

"Peringatan dini tinggi gelombang, 16 Juni 2018 di wilayah Perairan Wakatobi dan sekitarnya pukul 08.00 Wita sampai dengan pukul 20.00 Wita diprakirakan 2,5 meter sampai 4,0 meter," kata Pelaksana Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Adi Istiyono di Kendari, Jumat, 15 Juni 2018, dilansir Antara.

Ia mengatakan, gelombang tinggi itu juga terjadi di Perairan Laut Banda Timur Sultra. "Kami mengingatkan nelayan agar senantiasa waspada saat melaut, terutama pada perairan yang ketinggian gelombangnya di atas dua meter," katanya.

Sedangkan, tinggi gelombang yang diprakirakan 1,25 - 2,5 meter terjadi di Perairan Baubau, Perairan Manui-Kendari, Teluk Tolo, Perairan Kep Banggai, dan Perairan Kepulaun Sula.

Kondisi itu, katanya, tentunya bisa membahayakan bagi pelayaran dan nelayan yang melewali jalur atau perairan tersebut. "Karena itu, kapal yang melewati jalur itu agar senantiasa waspada terhadap ketinggian gelombang tersebut," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hebat, Wanita Ini jadi WNI Pertama Anggota Komite Hak Penyandang Disabilitas PBB

Posted: 15 Jun 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, New York - PBB memilih WNI bernama Risnawati Utami sebagai salah satu anggota Committee on the Rights of Persons with Disabilities (CRPD) di PBB.

"Bangga untuk keberhasilan diplomasi Indonesia karena untuk pertama kalinya, seorang warga negara Indonesia terpilih sebagai anggota Komite Hak-hak Penyandang Disabilitas PBB," ujar Wakil Tetap RI pada PBB di New York, Dubes Dian Triansyah Djani yang dikutip dari Kemlu.go.id, Sabtu (15/6/2018).

WNI Risnawati merupakan seorang aktivis dan pendiri Lembaga Swadaya Masyarakat OHANA (Organisasi Harapan Nusantara) yang bergerak di bidang hak-hak penyandang disabilitas, bersaing dengan 30 kandidat. Namun pada pemilihan, delapan kandidat mengundurkan diri sehingga 22 kandidat lainnya tersisa untuk memperebutkan sembilan kursi yang tersedia.

Kandidat lainnya berasal dari Lithuania, Nigeria, Australia, Swiss, Republik Korea, Ghana, Brasil, dan Meksiko untuk menjadi anggota CRPD.

Pemilihan anggota CRPD periode 2019-2022 berlangsung pada pertemuan ke-11 negara-negara Pihak Hak – Hak Penyandang Disabilitas (Convention on the Rights of Persons with Disabilities/CRPD) PBB di New York, Amerika Serikat.

Wakil tetap RI di New York, Duta Besar Triansyah Djani menyatakan terpilihnya Ibu Risnawati sebagai anggota CRPD merupakan hasil dari upaya Pemerintah RI di bidang penegakan hak asasi manusia (HAM), utamanya hak-hak penyandang disabilitas, serta bentuk kepercayaan masyarakat internasional terhadap kemampuan dan pengalaman Risnawati.

Selain itu, terpilihnya WNI Risnawati adalah wujud nyata dari komitmen Presiden Joko Widodo di bidang HAM, terutama untuk menghormati, melindungi, dan memenuhi hak Penyandang Disabilitas yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan Penyandang Disabilitas. 

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

Faktor Utama Terpilih

Ilustrasi disabilitas. (Ilustrasi/iStockphoto)

Faktor utama terpilihnya Risnawati adalah keaktifan dan porfolio pada tingkat nasional dan internasional, terkait pemajuan hak-hak penyandang disabilitas, baik dalam tingkat advokasi kebijakan, maupun penyediaan akses kursi roda dan sarana publik yang ramah bagi penyandang disabilitas. 

"Keberhasilan diplomasi Indonesia dalam mengawal pencalonan Ibu Risnawati merupakan kemenangan diplomasi multilateral Indonesia yang kedua dalam seminggu terakhir ini setelah berhasil menjadi anggota tidak tetap DK PBB periode 2019-2020 pada pemilihan tanggal 8 Juni 2018," tegas Dubes Triansyah Djani.   

Kampanye pencalonan Risnawati telah dimulai sejak pertengahan 2017, melalui kerja sama yang erat antara Perwakilan RI di berbagai negara sahabat dan Kemlu Pusat, serta pendekatan lobby one-on-one di New York dalam menggalang dukungan dengan negara-negara pihak konvensi CRPD.

​Dibentuk pada 2008, Komite CRPD merupakan badan traktat HAM PBB yang terdiri dari 18 pakar independen di bidang hak-hak penyandang disabilitas dari seluruh dunia. Komite memiliki tugas untuk memantau implementasi Konvensi CRPD oleh negara–negara pihak CRPD dengan masa kerja empat tahun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Twinning Seleb Ibu dan Anak Saat Lebaran, Siapa Favorit Anda?

Posted: 15 Jun 2018 09:00 PM PDT

Jakarta  

Twinning atau gaya kembaran menjadi pilihan busana untuk merayakan Lebaran. Selain itu, belakangan twinning juga menjadi tren yang digemari pencinta mode.

Dengan pemilihan warna atau motif yang sama membuat penampilan jadi menarik perhatian. Di antaranya keluarga Raffi Ahmad dan Nagita Slavina yang memakai baju seragam.

Begitu juga Nia Ramadhani, Ayu Ting Ting bersama si kecil Bilqis. Masih banyak deretan para artis yang kompak mengenakan baju Lebaran, simak, yuk di bawah ini ulasannya.

1. Baju Lebaran Nia Ramadhani

Mari bermaaf-maaf an, bersihkan hati menyambut hari Kemenangan! #idulfitri

A post shared by Nia Ramadhani Bakrie (@ramadhaniabakrie) on

Artis cantik satu ini memang paling menarik untuk diperbincangkan, karena memiliki pola gaya hidup yang berbeda bersama keluarga kecilnya. Di momen hari Lebaran, Nia Ramadhani memakai busana warna putih.

Nia bersama Mikhayla mengenakan pakaian yang sama warnanya sehingga penampilan mereka terlihat elegan dan pastinya ibu anak ini terlihat kompak.

2. Baju Lebaran Nagita Slavina dan Raffi Ahmad

Lebaran ❤️

A post shared by Raffiahmad Nagitaslavina1717 (@raffinagita1717) on

Ibu satu anak ini juga tidak kalah menariknya, ya Nagita Slavina dan Raffi Ahmad memakai baju Lebaran yang senada bersama keluarga dari pihak Raffi Ahmad.

Memilih pattern warna dan full printed membuat tampilan mereka sangat menarik dan terlihat fresh. Terlihat kompak ya gaya busana Gigi, Raffi dan keluarganya.

3. Baju Lebaran Ayu Ting Ting

Met lebaran 🙏🏻💜

A post shared by Ayu Tingting (@ayutingting92) on

Sama hal-nya dengan Nia Ramadhani, Ayu Ting Ting memilih pakai baju kembar dengan buah hatinya Bilqis. Ibu satu anak ini memakai gaun off-shoulder motif batik.

Begitu juga dengan Bilqis yang sama memakai motif dengan ibunya. Gimana menurut kalian baju Lebaran Ayu Ting Ting?

4. Baju Lebaran Krisdayanti

Royal Kaftan's @amy_atmanto

A post shared by KD (@krisdayantilemos) on

Penyanyi cantik satu ini, Krisdayanti, memilih warna biru untuk baju Lebaran. Mengenakan kaftan yang dihiasi bunga-bunga pada kerudungnya.

KD bersama Amora terlihat menarik dan berbeda memakai baju Lebaran tersebut. Gimana menurut kalian?

5. Baju Lebaran Ashanty

Yang terakhir baju Lebaran dari artis cantik Tanah Air di artikel ini ialah Ashanty. Tampil beda dari yang lainnya baju Lebaran keluarga ini memang terlihat unik.

Mengenakan motif polkadot dan bernuasan monokrom baju Lebaran Ashanty dengan sang suami dan anak-anak jadi menarik. Setuju enggak?

Penulis: Yuni Arta Haumahu

Sumber: Bintang.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seungri BIGBANG Pacari Cewek Kantoran?

Posted: 15 Jun 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Di saat para anggota BIGBANG lainnya menjalani wajib militer, Seungri saat ini sedang mempersiapkan comeback solonya. Tidak hanya itu, ia juga akan menggelar tur konser solonya.

Di tengah persiapan comeback Seungri, kabar mengejutkan datang dari personel termuda BIGBANG tersebut. Dilansir dari Soompi, Jumat (15/6/2018), media Korea melaporkan kalau idol asal Gwangju ini sedang menjalin sebuah hubungan asmara dengan seorang wanita yang bukan dari kalangan selebritas.

Menurut sumber terdekat, kekasih Seungri kabarnya berprofesi sebagai pekerja kantoran. Media ini juga mengklaim bahwa berita ini diungkap oleh sumber terdekat dan hubungan anggota BIGBANG kelahiran 1990 ini dengan sang kekasih sudah menjadi rahasia umum di antara staf dunia hiburan.

"Seungri BIGBANG saat ini sedang pacaran dengan non-selebriti. Ini sudah banyak diketahui para staf siaran," ungkap sumber tersebut.

Tanggapan Agensi

Seungri BIGBANG  (Foto: soompi.com)

Setelah kabar tersebut tersebar luas, YG Entertainment selaku agensi Seungri langsung menanggapi kabar ini.

"Kami akan memeriksanya dulu untuk mencari tahu kebenarannya," ungkap perwakilan dari YG Entertaiment.

Restoran Ramen

Seungri BIGBANG  (Foto: instagram.com/seungriseyo)

Sementara itu selain disibukkan dengan persiapan come back dan konser solo, Seungri juga baru saja membuka cabang ke-36 dari restoran ramen miliknya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hati-Hati, Ini 4 Penyebab Rasa Kantuk Saat Mengemudi

Posted: 15 Jun 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Human error menrupakan salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas yang tergolong tinggi. Menurut data Korlantas Mabes Polri, kecelakaan karena kesalahan manusia mencapai 65,67 persen.

Salah satu masalah saat berkendara yaitu mengabaikan kondisi fisik pengemudi, mulai dari kelelahan hingga mengantuk. Kelelahan maupun mengantuk, kedua faktor tersebut menjadi penyebab sebagian besar kecelakaan lalu lintas.

Namun tahukah Anda, ada beberapa faktor yang membuat seorang pengemudi mengantuk di jalan?  Berikut ini adalah beberapa faktornya:

Kondisi Tubuh Tidak Sehat

Larangan mengemudi saat tubuh tidak saat tidaklah main-main. Bagaimana tidak, saat tubuh tidak sehat berbagai kemungkinan bisa terjadi pada Anda, mulai dari pusing bahkan pingsan secara tiba-tiba.

Tak hanya itu, kondisi pun akan semakin buruk jika Anda pun sudah ada di bawah pengaruh obat. Rasa kantuk setidaknya menjadi bahaya utama yang akan Anda temui. Karena itu, sebaiknya Anda waspada terhadap kondisi tubuh saat ingin mengemudi.

 

Gangguan Tidur

Faktor lain yang bisa menyebabkan rasa kantuk saat mengemudi tak lain adanya gangguan tidur. Saat seseorang memiliki ritme tidur yang tidak teratur maka bisa menyebabkan gangguan tidur.

Hal inilah yang nantinya bisa menyebabkan Anda mudah lelah dan mengantuk saat mengemudi.

Pengaruh Minuman Keras

Hal lain yang bisa menyebabkan rasa kantuk adalah adanya pengaruh minuman keras. Pengaruh alkohol atau minuman keras pada setiap orang berbeda-beda, namun pada umumnya minuman keras bisa menyebabkan seseorang hilang kesadaran secara tiba-tiba karena mengantuk.

Karena itulah, sebaiknya Anda tidak mengemudi jika sedang di bawah pengaruh minuman keras.

Jalanan Panjang dan Lurus

Selain faktor dari tubuh, faktor luar pun berpengaruh, salah satunya saat Anda mengemudi di jalanan yang panjang dan lurus. Jalan di daerah perkotaan tentu akan berbeda dengan jalan di daerah terpencil maupun jalan tol yang sepi.

Seperti contohnya Tol Cipali, tak bisa dipungkiri tol ini kerap memakan korban jiwa. Salah satunya adalah akibat pengemudi yang mengantuk. Ya, jalanan yang panjang dan lurus membuat pengemudi bosan dan akhirnya mengantuk.

Di saat seperti ini, sebaiknya Anda memiliki teman selama perjalanan untuk menemani mengemudi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

[vidio:Tertidur Saat Menyetir, Pengemudi Ini Dibangunkan Oleh Biker]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Freeport Harap Perhitungan Valuasi Saham Cepat Selesai

Posted: 15 Jun 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Executive Vice President PT Freeport Indonesia, Tony Wenas mengharapkan proses penghitungan valuasi saham PT Freeport oleh Pemerintah dapat segera selesai.

"Kalau kita lebih cepat lebih bagus," ujar dia ketika ditemui, di Kediaman Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, Jakarta, pada Jumat 15 Juni 2018.

Terkait nilai valuasi saham PT Freeport Indonesia, Tony mengaku tidak dapat berkomentar banyak. "Kita belum bisa disclouse," ujar dia.

Tony pun enggan memberikan komentar ketika ditanyai seputar perkembangan terkini proses valuasi saham yang dilakukan oleh Kementerian BUMN.

"Saya enggak tahu, apakah sudah diserahkan Presiden saya enggak tahu. Mungkin bisa ditanyakan ke Pemerintah," kata dia.

 

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

 

 

Freeport Kucurkan Rp 1,46 Triliun Bangun Smelter di Gresik

Perubahan Status Kontrak Freeport Indonesia

Sebelumnya, PT Freeport Indonesia (PTFI) menegaskan bahwa pembangunan smelter atau fasilitas pengolahan dan pemurnian konsentrat di Gresik, Jawa Timur sedang berjalan. Perusahaan telah menggelontorkan USD 103 juta untuk membangun smelter tersebut. 

Executive Vice President Freeport Indonesia Tony Wenas mengatakan perusahaan telah mengucurkan USD 103 juta untuk pembangunan smelter tersebut hingga April 2018. Dengan asumsi kurs Rp 14.205 per dolar AS (JISDOR), maka nilai investasi tersebut sekitar Rp 1,46 triliun. 

"Realisasi biaya aktual hingga April 2018 kira-kira USD 103 juta," ungkap Tony di Ruang Rapat Komisi VII DPR RI, Jakarta, Kamis 24 Mei 2018.

Dia menjelaskan, saat ini proses pembangun smelter di Gresik antara lain, telah dilakukan proses studi kelayakan (feasibility study/FS), penyelesaian perijinan lingkungan dan penguasaan lahan.

"Telah menyelesaikan dengan teknologi proses Mitsubishi dan telah menyelesaikan penimbunan lahan dan ground improvement engineering," jelas Tony.

Untuk diketahui, smelter yang dibangun Freeport Indonesia di Gresik memiliki kapasitas input smelter sekitar 2 juta ton konsentrat tembaga per tahun. Total investasi untuk pembangunan smelter tersebut sekitar USD 2,59 miliar

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ronaldo Hattrick, Portugal dan Spanyol Bermain Imbang 3-3

Posted: 15 Jun 2018 09:00 PM PDT

Penyerang Portugal Andre Silva berusaha mengontrol bola dari kawalan pemain spanyol Nacho saat bertanding pada grup B Piala Dunia 2018 di Stadion Fisht di Sochi, Rusia (15/6). Portugal dan Spanyol bermain imbang 3-3. (AP Photo/Sergei Grits)

Penyerang Portugal Andre Silva berusaha mengontrol bola dari kawalan pemain spanyol Nacho saat bertanding pada grup B Piala Dunia 2018 di Stadion Fisht di Sochi, Rusia (15/6). Portugal dan Spanyol bermain imbang 3-3. (AP Photo/Sergei Grits)

Bek Spanyol, Nacho (kanan) berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Portugal pada pertandingan grup B Piala Dunia 2018 di Stadion Fisht di Sochi, Rusia (15/6). Portugal dan Spanyol bermain imbang 3-3. (AP Photo/Manu Fernandez)

Bek Spanyol, Nacho (kanan) berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Portugal pada pertandingan grup B Piala Dunia 2018 di Stadion Fisht di Sochi, Rusia (15/6). Portugal dan Spanyol bermain imbang 3-3. (AP Photo/Manu Fernandez)

Penyerang Spanyol Diego Costa berebut bola udara dengan pemain Portugal saat bertanding pada grup B Piala Dunia 2018 di Stadion Fisht di Sochi, Rusia (15/6). Portugal dan Spanyol bermain imbang 3-3. (AP Photo/Manu Fernandez)

Penyerang Spanyol Diego Costa berebut bola udara dengan pemain Portugal saat bertanding pada grup B Piala Dunia 2018 di Stadion Fisht di Sochi, Rusia (15/6). Portugal dan Spanyol bermain imbang 3-3. (AP Photo/Manu Fernandez)

Penyerang Spanyol Diego Costa berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Portugal pada pertandingan grup B Piala Dunia 2018 di Stadion Fisht di Sochi, Rusia (15/6). Costa mencetak dua gol di pertandingan tersebut. (AP Photo/Manu Fernandez)

Penyerang Spanyol Diego Costa berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Portugal pada pertandingan grup B Piala Dunia 2018 di Stadion Fisht di Sochi, Rusia (15/6). Costa mencetak dua gol di pertandingan tersebut. (AP Photo/Manu Fernandez)

Penyerang Portugal Cristiano Ronaldo berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Spanyol pada pertandingan grup B Piala Dunia 2018 di Stadion Fisht di Sochi, Rusia (15/6). Ronaldo mencetak hattrick di pertandingan tersebut. (AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Penyerang Portugal Cristiano Ronaldo berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Spanyol pada pertandingan grup B Piala Dunia 2018 di Stadion Fisht di Sochi, Rusia (15/6). Ronaldo mencetak hattrick di pertandingan tersebut. (AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Gelandang Spanyol, Andres Iniesta berusaha mengontrol bola dari kawalan peman Portugal William saat bertanding pada grup B Piala Dunia 2018 di Stadion Fisht di Sochi, Rusia (15/6). Portugal dan Spanyol bermain imbang 3-3. (AP Photo/Manu Fernandez)

Gelandang Spanyol, Andres Iniesta berusaha mengontrol bola dari kawalan peman Portugal William saat bertanding pada grup B Piala Dunia 2018 di Stadion Fisht di Sochi, Rusia (15/6). Portugal dan Spanyol bermain imbang 3-3. (AP Photo/Manu Fernandez)

Gelandang Spanyol, Isco berusah membawa bola melewati pemain Portugal Bernardo Silva saat bertanding pada grup B Piala Dunia 2018 di Stadion Fisht di Sochi, Rusia (15/6). Portugal dan Spanyol bermain imbang 3-3. (AP Photo/Sergei Grits)

Gelandang Spanyol, Isco berusah membawa bola melewati pemain Portugal Bernardo Silva saat bertanding pada grup B Piala Dunia 2018 di Stadion Fisht di Sochi, Rusia (15/6). Portugal dan Spanyol bermain imbang 3-3. (AP Photo/Sergei Grits)

Penyerang Portugal Cristiano Ronaldo berusaha mengontrol bola dari kawalan bek Spanyol Gerard Pique saat bertanding pada grup B Piala Dunia 2018 di Stadion Fisht di Sochi, Rusia (15/6). Portugal dan Spanyol bermain imbang 3-3. (AP Photo/Manu Fernandez)

Penyerang Portugal Cristiano Ronaldo berusaha mengontrol bola dari kawalan bek Spanyol Gerard Pique saat bertanding pada grup B Piala Dunia 2018 di Stadion Fisht di Sochi, Rusia (15/6). Portugal dan Spanyol bermain imbang 3-3. (AP Photo/Manu Fernandez)

Penyerang Portugal Cristiano Ronaldo bersama rekan-rekannya bertepuk tangan usai pertandingan melawan Spanyol pada grup B Piala Dunia 2018 di Stadion Fisht di Sochi, Rusia (15/6). Portugal dan Spanyol bermain imbang 3-3. (AP Photo/Sergei Grits)

Penyerang Portugal Cristiano Ronaldo bersama rekan-rekannya bertepuk tangan usai pertandingan melawan Spanyol pada grup B Piala Dunia 2018 di Stadion Fisht di Sochi, Rusia (15/6). Portugal dan Spanyol bermain imbang 3-3. (AP Photo/Sergei Grits)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Achilles, Kucing Peramal Piala Dunia 2018

Posted: 15 Jun 2018 09:00 PM PDT

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Putri Elvy Sukaesih Berpuasa dan Lebaran di dalam Penjara

Posted: 15 Jun 2018 08:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Artis yang tengah terjerat kasus penyalahgunaan narkoba, Dhawiya Zaida harus menuai buah perbuatannya. Menjalani puasa dan lebaran di rutan (rumah tahanan) membuatnya sedih dan menyesal. Terlebih, kakak ipar sekaligus kuasa hukumnya, kini ikut meninggalkannya.

Kesedihan Dhawiya berawal dari ramadan pertama. Sempat mengalami sakit sinusitis, sesak nafas, dan demam hingga absen berpuasa, putri bungsu ratu dangdut Elvy Sukaesih ini juga rindu menjalani ramadan bersama keluarganya.

"Masuk bulan ramadan, di rutan pondok bambu kan baru dua minggu, sebagian Dhawiya di rutan polda. Waktu awal masuk kondisinya kurang sehat ya, karena kan adaptasi lingkungan. Jadi, pas masuk di rutan pondok bambu besoknya saya dan kakaknya (Dahwiya) Wirda besuk ternyata dia sakit," kata Zacky Alatas, mantan kuasa hukum Dhawiya pada JawaPos.com saat ditelepon beberapa waktu lalu.

Menurut Zacky, adik iparnya tersebut memang memiliki riwayat sakit sinus dan asma sebelumnya. Kekambuhannya dipicu dari kondisi rutan yang belum bisa diterima oleh fisik Dhawiya.

"Macam-macam sakitnya, dia ada sinusitis kan, sesak nafas, demam, ya namanya adaptasi kan awal-awal di rutan kan karantina ramai-ramai. Seruangan bisa 30 orang, maklum lah ya. Nah, setelah itu baru dapat kamar, di situ udah mulai enakan, sekamar bisa 8-10 orang," lanjutnya menjelaskan.

Selama Dhawiya sakit, aktivitas puasanya pun terganggu. Dhawiya baru melanjutkan ibadah puasanya beberapa hari kemudian.

"Pas sakit nggak puasa, sekitar 3-4 hari, setelahnya puasa lagi," jelas Zacky.

Ditanyai perihal perhatian Umi Elvy Sukaesih pada sang anak, Zacky mengaku tidak tahu. Menurutnya, dia tak pernah melihat Ibunda Zhawiya yang sekaligus ibu mertuanya memberikan perhatian.

"Saya nggak tahu soal itu (Umy Elvy jenguk). Keluarga yang paling dekat sama Dhawiya setahu saya ya, istri saya, Wirda. Kakak sekaligus soulmate-nya Dhawiya bisa dibilang. Kepentingan dia, istri saya semua yang siapkan, yang lainnya mana pernah, nggak ada," ungkapnya dengan nada kecewa.

Ditanyai lebih lanjut, Zacky enggan menjelaskan. Namun, diakuinya telah lama dia dan sang istri kehilangan kontak dengan Umi Elvy, sapaan akrab Elvy Sukaesih.

Rasa sayang pada Dhawiya dan menghargai istrinya lah yang membuat Zaky bertahan. Dhawiya yang merindukan suasana Lebaran di rumah pun menurut Zacky membuatnya meminta dibawakan masakan khas hari Lebaran pada sang kakak.

"Dhawiya malah request ke Wirda minta ketupat, gulai kambing, opor, kesukaan dia pokoknya dia minta bawakan," ungkapnya.

Beberapa kali menjenguk Dhawiya bersama istri, adik iparnya itu kerap mengeluh. Dia kerap menangis merindukan rumah dan ingin berlebaran di rumah bersama keluarga seperti dulu.

"Dia ramadan ini sih pengen pulang, nangis, sedih. Ya, Insya Allah semua ada hikmahnya, ada baiknya," paparnya.

Aktivitas positif selama di rutan pondok bambu pun diakui Zacky membawa perubahan yang baik ke Dhawiya. Adik iparnya dan teman-teman di tahanan setiap harinya selama ramadan rajin mengikuti tausiyah dan tarawih yang rutin diadakan di rutan. Dhawiya pun hanya bisa bersabar dan ikhlas menjalani hukumannya.

"Ya dia lebih sabar, jalanin aja, semua ada hikmahnya," tukasnya.

Sebagaimana diketahui, Dhawiya Zaida diamankan di kediamannya, Cawang, Jakarta Timur, pada 16 Februari 2018. Dalam penangkapan itu, polisi menyita barang bukti narkoba jenis sabu seberat bruto 0,45 gram dan 0,49 gram atau total sekitar 1,32 gram plus alat isap sabu bekas pakai. Setelah berkas kasusnya dinyatakan P21 oleh kejaksaan, Dhawiya kini dilimpahkan di rutan pondok bambu, Jakarta Timur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penjualan BBM Kemasan Laris Manis pada Arus Mudik 2018

Posted: 15 Jun 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) melaporkan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) hingga H-1 Lebaran, masih meningkat. Misalnya untuk BBM jenis Gasoline meningkat 15 persen atau sebesar 104 juta liter dibandingkan kondisi normal. 

Dari penyaluran BBM Gasoline selama periode Satgas hingga H-1 Lebaran, jenis Pertamax dan Pertamax Turbo menunjukkan tren peningkatan yang cukup signifikan. Bahkan pada 12 Juni 2018, peningkatan Pertamax dan Pertamax Turbo sempat tembus masing-masing 49 persen dan 65 persen.

"Sementara BBM jenis Gasoil terus mengalami penurunan, seiring dengan mulai tidak beroperasinya kendaraan industri. Penurunan terbesar pada Solar sebanyak 45 persen," kata External Communication Manager PT Pertamina (Persero) Arya Dwi Paramita dalan keterangan tertulis, Sabtu (16/6/2018).

Sementara itu, penjualan BBM Kemasan pada masa Satgas tahun ini juga meningkat sangat besar, dibandingkan masa satgas tahun 2017.  Hingga H-1 penjualan BBM kemasan telah mencapai 1 juta liter lebih, padahal pada satgas tahun lalu total sekitar 420 ribu liter. 

"Konsumsi terbesar yakni Pertamax mencapai 93 persen, atau hampir mencapai 950 ribu liter," terang Arya.

 

Sediakan Pasokan BBM Saat Arus Balik

Petugas melakukan pengisian BBM untuk kendaraan pemudik di Rest Area KM 344 Tol Fungsional Pemalang-Batang, Jawa Tengah, Senin (11/6). Kios BBM menyedikan jenis Pertamax dan Dexlite kemasan satu dan 10 liter. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Melihat tren konsumsi BBM selama arus mudik  yang meningkat secara bertahap dalam beberapa hari, tambah Arya, Pertamina juga berkomitmen menyediakaan BBM bagi masyarakat selama arus balik yang akan terjadi pada dua hingga tiga hari ke depan.

"Kami proyeksikan puncak arus balik akan terjadi pada H+4 atau pada tanggal 19 Juni dan pada sepekan setelah Lebaran atau H+8, tanggal 23 Juni," kata dia

Oleh karena itu, tim Satgas RAFI (Ramadhan Idul Fitri) Pertamina tetap siaga memastikan kelancaran pasokan BBM dan LPG hingga H+15 lebaran.

Arya Dwi Paramita menyebutkan, selama Lebaran Pertamina juga memfokuskan penyaluran BBM dan LPG di kota-kota tujuan mudik, dan di sekitar tempat wisata, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Hari ini masyarakat sudah menikmati berlebaran dengan keluarga mengisi liburan di kampung halaman. Satgas tetap siaga dengan menyediakan BBM dan LPG," ujar dia. (Yas)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

30 Wisata di Lombok Terlengkap Untuk Libur Lebaran 2018

Posted: 15 Jun 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di liburan Lebaran 2018 yang cukup panjang ini, ada kalanya kamu bosan dengan agenda tahunan mengunjungi keluarga dan sanak saudara. Oleh karena itu kamu pun tertarik untuk mengunjungi sejumlah tempat wisata yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah Lombok.

Lombok yang terletak dekat sekali dengan Pulau Bali bisa kamu jadikan alternatif liburan jika kamu bosan dengan hiburan yang ada di Pulau Dewata tersebut.

Ada banyak cara untuk mencapai Lombok yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur ini dari Bali. Kamu bisa naik pesawat yang tidak sampai sejam waktu tempuhnya atau naik kapal Ferry dari Pelabuhan Padang Bai (Bali) ke Pelabuhan Lembar (Lombok).

Begitu menginjakkan kaki di Lombok, terdapat beragam obyek wisata yang akan memanjakanmu. Mulai dari wisata pantai hingga pegunungan alias mendaki Gunung Rinjani.

Obyek pariwisata di Lombok sendiri tersebar di beragam wilayah seperti wisata di Lombok Timur, wisata di Lombok Barat, wisata di Lombok Tengah, hingga wisata di Lombok Utara.

Penasaran akan obyek wisata apa saja yang tersebar di Lombok? Ini dia penjelasannya seperti yang dirangkum Liputan6.com (16/6)

Wisata di Lombok Timur

Pantai Gunung Tunak, Lombok Selatan, Nusa Tenggara Barat. (masarupy/Instagram)

1. Tanjung Bloam

Bagi kamu yang bosan dengan wisata pantai yang itu-itu saja, kamu bisa menjejakkan kakimu ke Pantai Tanjung Bloam yang tersembunyi di balik hutan jati dan bukit di Dusun Tangsi, Desa Temeak, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur.

Letaknya yang tersembunyi di balik bebukitan, menjadikan Pantai Tanjung Bloam sebagai area konservasi penyu yang memiliki habitat di sepanjang garis pantai dan area tebing. Selain itu, karena Pantai Tanjung Bloam belum terlalu ramai maka pemandangan yang disuguhkan pun masih natural dengan pasir putih lembut yang khas, air lautnya yang biru jernih, dan suasananya yang relatif tenang. Meski memiliki suasana yang tenang, namun ombak di Pantai Tanjung Bloam cenderung besar sehingga tidak disarankan bagi wisatawan untuk berenang di pantai ini.

2. Tanjung Ringgit

Mengunjungi Pantai Tanjung Ringgit yang terletak di Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur atau sekitar 85 kilometer dari Kota Mataram ini bisa menjadi alternatif bagi kamu yang berjiwa petualang dan rindu akan pemandangan alam yang mengagumkan. Sebabnya Pantai Tanjung Ringgit memiliki pemadangan serupa Pura Uluwatu namun lebih alami dengan air laut yang berwarna hijau kebiruan dan jernih. Puas mengeksplorasi area tebing, langkahkan kakimu ke dasar tebing dimana kamu bisa menemukan kolam air tawar. Sungguh sebuah hal yang unik mengingat Tanjung Ringgit adalah area pantai.

Di pantai ini pun tersedia area untuk camping bagi kamu yang ingin menyaksikan keindahan pemandangan sunset atau sun rise di Pantai Tanjung Ringgit.

3. Gili Bagek atau Gili Kondo

Nama Gili Trawangan, Gili Air, atau Gili Meno mungkin sudah masuk ke dalam jajaran objek wisata yang mainstream. Jika kamu sudah bosan mengunjunginya, kamu bisa mencoba mengeksplorasi Gili Kondo atau yang juga sering disebut Gili Bagek.

Gili Kondo yang terletak di area Lombok Timur ini menyuguhkan pemandangan pulau dengan pantai perawannya yang khas. Bonusnya, kamu bisa melihat pemandangan Gunung Rinjani dari kejauhan. Selain itu di Gili Kondo kamu juga bisa memuaskan hobimu untuk melakukan kegiatan snorkeling karena keadaan lautnya yang masih bersih. Meski terbilang baru, kamu tak perlu khawatir sebab di pulau ini sudah tersedia penginapan yang memadai.

4. Lembah Hijau

Lembah Hijau yang terletak di kota Selong, Lombok Timur ini amatlah cocok dijadikan sebagai objek wisata keluarga. Sebabnya Lembah Hijau ini merupakan tempat wisata outdoor yang berisikan aneka pepohonan dan tumbuhan hijau sehingga dinamakan sebagai Lembah Hijau. Apalagi di Lembah Hijau juga terdapat kolam yang berisikan air jernih dan dikelilingi warna-warni tanaman sehingga siapapun yang mengunjunginya akan merasa tenang.

5. Sembalun

Sembalun merupakan nama desa di Lombok Timur yang jadi desa tertinggi sebelum kamu menjejakkan kaki ke Gunung Rinjani. Oleh karena itu Desa Sembalun amatlaf familiar di telinga para pendaki gunung.

Selain menawarkan udara yang sejuk, Desa Sembalun juga memiliki pemandangan yang indah karena dikelilingi beberapa bukit yakni Bukit Anak Dara, Bukit Dandaunan, Bukit Nggi, Bukit Pergasing, dan Bukit Selong. Dan jika berbicara tentang perbukitan, pasti ada air terjun. Desa Sembalun pun memilikinya yakni air terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep.

Tidak ada tarif khusus untuk memasuki desa ini. Namun karena tidak ada kendaraan umum yang menuju Sembalun, maka kamu harus menyewa kendaraan pribadi karena jarak tempuhnya dari Mataram lebih dari 100 kilometer.

Setelah menjelajah beberapa objek wisata di area Lombok Timur, tentu tak ada salahnya jika kamu mengunjungi objek wisata di area Lombok Barat

Wisata di Lombok Barat

Ikon gapura kota tua Ampenan, Mataram (ari purnomo/jawapos.com)

6. Kota Ampenan

Kota Ampenan merupakan objek wisata yang terkenal di area Lombok Barat. Kota ini dikenal menyimpan banyak sejarah seperti Kota Tua di Jakarta. Kamu dapat menemui banyak bangunan dengan arsitektur jadul di Kota Ampenan. Bahkan pemerintah setempat menjadikannya sebagai kawasan cagar budaya.

Kota Ampenan atau yang juga disebut sebagai Kota Tua Ampenan ini ramai dikunjungi di pagi atau sore hari dimana para wisatawan pun bisa nongkrong di kafe yang banyak tersebar di Kota Tua Ampenan

7. Bukit Malimbu

Kamu merupakan pecinta sunset atau doyan melihat pemandangan matahari terbenam? Jika ya, kunjungilah Bukit Malimbu yang terletak di Lombok Barat atau tepatnya sejauh 24 kilometer dari Kota Mataram.

Ketika kamu berkunjung di sore hari yang cerah, kamu juga bisa melihat pemandangan Gili Meno dan Gili Trawangan dari kejauhan. Terkadang, pemandangan Gunung Agung yang terletak di Pulau Bali pun bisa terlihat.

8. Pantai Kerandangan

Selain Pantai Mangsit yang sudah tersohor, kamu pun bisa mengunjungi Pantai Kerandangan yang letaknya tak jauh dari Pantai Mangsit.

Pantai Kerandangan sendiri memiliki karakteristik pasir pantai berwarna hitam eksotis dengan ombak yang besar. Sehingga sebagian wisatawan memilih untuk berkunjung ke Pantai Kerandangan di sore hari sambil melihat pemandangan matahari terbenam yang mengintip dari balik bebukitan yang mengelilingi Pantai Kerandangan.

9. Batu Layar

Batu Layar merupakan nama desa yang terletak di Kecamatan Batu Layar, Lombok Barat. Nama daerah ini terkenal akan wisata religinya karena terdapat makam tokoh yang penting dalam menyebarkan dan mengembangkan agama Islam di Lombok yakni Sayid Duhri Al Haddad Al Hadrami. Setiap harinya banyak wisatawan yang datang ke Batu Layar dengan puncaknya yakni pada Lebaran ketupat yang terjadi 7 hari setelah Idul Fitri.

Selain wisata religi, terdapat pula Pantai Batu Layar yang bisa jadi alternatif untuk dikunjungi.

10. Taman Suranadi

Jika area Lombok Timur memiliki Lembah Hijau, maka di Lombok Barat terdapat Taman Suranadi yang terkenal di kalangan pemeluk agama Hindu. Sebabnya di taman ini terdapat pancuran yang diberi nama Pura Panca Tirta.

Alkisah, ada seseorang yang bernama Dang Hyang Nirlata yang merupakan penyebar agama Hindu dari India. Kemudian dalam perjalanannya, Dang Hyang Nirlata menancapkan tongkat yang selalu ia bawa dan muncullah air yang sangat jernih di tempat ia menancapkan tongkat. Meski kamu bukan beragama Hindu, kamu tetap diperbolehkan untuk merasakan kesejukan air di Taman Suranadi ini.

Wisata di Lombok Tengah

Pantai Selong Belanak

Area Lombok Tengah pun tak kehabisan objek wisata. Ini dia beberapa di antaranya:

11. Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak dijuluki sebagai Hawaii-nya Lombok karena kontur pantai yang landai, pasir putih, dan ombak yang tidak terlalu besar. Kemudian ada perbukitan pula di sekelilingnya dimana kamu bisa naik ke atasnya untuk melihat matahari terbenam atau melihat keindahan area Pantai Selong Belanak dari atas.

12. Pantai Mawun

Pantai Mawun Lombok Tengah juga tak kalah indahnya dari Pantai Tanjung Aan yang terkenal lebih dahulu. Pantai Mawun bisa dibilang sebagai surga tersembunyi dimana kamu bisa melihat garis pantai yang panjang dengan pasir yang masih bersih.

13. Pantai Gerupuk

Kamu doyan surfing? Well, cobalah untuk mengunjungi Pantai Gerupuk yang tak kalah indahnya dari Pantai Selong Belanak dan Pantai Pink. Memang perjuangan untuk mencapai area ini tak mudah karena kurangnya akses menuju pantai. Namun ketika kamu bisa menemukannya, maka kamu akan terpesona dengan pemandangan yang disajikan. Kemudian terdapat pula 5 spot surfing yaitu Terasaq (Outside Left), Batu Lawang (Kids Point), Giligoleng (Outside), Batu Teong (Dondong) dan Prigi (Inside). Itulah sebabnya Pantai Gerupuk menjadi incaran para wisatawan manca negara yang doyan surfing.

14. Desa Sukarara

Desa Sukarara atau Sukarare terkenal karena kerajinan kain tenun Lombok dan songket. Bahkan hasil tenunan khas Sukarara adalah Sarung Songket.

Untuk mencapai Desa Sukarara, arahkan saja mobil ke Kecamatan Jonggat, Lombok Tengah. Begitu memasuki Desa Sukarara terdapat banyak toko-toko yang menjual tenunan dan memperlihatkan proses pembuatannya. Kamu pun jadi punya banyak pilihan.

15. Air Terjun Benang Kelambu

Selain pantai, Lombok juga memiliki wisata air terjun. Salah satunya yang terkenal adalah Air Terjun Benang Kelambu yang terletak sekitar 32 kilometer dari Kota Mataram.

Setelah sampai di lokasi, pertama-tama kamu akan disambut dengan Air Terjun Benang Setongkel. Puas menikmati air terjun ini, berjalanlah kembali sekitar 1 km menembus rerimbunan tumbuhan. Kemudian kamu akan disambut dengan air terjun yang berasal dari banyak mata air sehingga berbentuk seperti kelambu. Itulah sebabnya air terjun ini dinamakan Air Terjung Benang Kelambu.

Wisata di Lombok Utara

 

Gunung Rinjani, Lombok/Business Insider

16. Gunung Rinjani

Nama Gunung Rinjani tentu saja terkenal di kalangan para pendaki gunung. Ya, gunung yang terletak di Pulau Lombok ini menawarkan pemandangan magis yang mampu menyihir siapa saja.

Tidak sulit untuk mendaki Gunung Rinjani. Kamu bisa menempuh dua jalur pendakian yakni rute Senaru dan Rute Sembalun.

17. Segara Anak

Jika kamu mendaki Gunung Rinjani, jangan lupakan pesona Segara Anak. Danau vulkanik dengan kedalaman sekitar 230 meter ini ramai dikunjungi wisatawan untuk kegiatan memancing. Sebabnya Segara Anak dipenuhi dengan ikan mujair dan ikan mas.

18. Air Terjun Sendang Gila

Taman Nasional Gunung Rinjani begitu dipenuhi dengan kekayaan alam. Contohnya adalah air terjun. Salah satu destinasi air terjun yang paling populer adalah Air Terjun Sendang Gila setinggi 31 meter. Pemandangan hijau nan segar di sekitarnya tentu membuatmu betah di air terjun ini.

19. Air Terjun Gangga

Selain Air Terjun Sendang Gila, ada pula Air Terjun Gangga yang bisa kamu kunjungi. Perpaduan alam hijau dipadu dengan birunya air dijamin bisa memanjakan mata pengunjung. Di air terjun ini terdapat 2 tingkatan dengan 3 lokasi air terjun dimana kamu bisa bermain air di dalamnya.

20. Pantai Lokok Piko

Berbeda dengan pantai lainnya yang berpasir putih, pasir Pantai Lokok Piko berwarna hitam eksotis. Meski begitu, air pantainya berwarna biru, berombak kecil, dan topografi pantai yang sangat landai sehingga membuatmu bisa bersantai di pantai ini. Bonusnya, Pantai Lokok Piko belum terlalu ramai dikunjungi wisatawan sehingga suasananya masih alami.

Wisata hits terbaru di Lombok 2018

Kamu bosan mengunjungi wisata Lombok yang itu-itu saja, maka tak ada salahnya kamu berkunjung ke beberapa wisata hits terbaru di Lombok yaitu:

Pulau Gili Air. (Liputan6.com/Musthofa Aldo)

21. Gili Air

Nama Gili Trawangan memang sudah tersohor. Dan jika kamu bosan dengan Gili Trawangan, kamu bisa mengunjungi Gili Air yang letaknya tak jauh dari Gili Trawangan. Bedanya, Gili Air memiliki suasana yang lebih sepi daripada Gili Trawangan.

22. Bukit Merese

Wisata di Lombok tak henti-hentinya menyimpan keindahan. Termasuk Bukit Merese yang dijamin akan langsung membuatmu jatuh cinta ketika mengunjunginya untuk pertama kali. Sebabnya ketika kamu berhasil menaiki Bukit Merese, kamu akan disuguhi hamparan pantai berpasir putih, air laut yang jernih serta hijaunya perbukitan.

23. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan merupakan salah satu wisata pantai yang wajib kamu kunjungi kala melakukan wisata di Lombok, selain Pantai Kuta. Sebabnya pantai ini amatlah indah dengan pasir putih lembut dan birunya air laut.

24. Pantai Batu Payung

Pantai Batu Payung masuk ke dalam wisata di Lombok terhits 2018. Dinamakan Pantai Batu Payung sebab di pantai ini terdapat karang besar yang mirip payung. Jika kamu mengunjungi Pantai Tanjung Aan, maka jangan lewatkan Pantai Batu Payung dengan naik perahu selama 15 menit.

25. Pantai Bangko Bangko

Bagi kamu pecinta olahraga surfing dan sedang melakukan wisata di Lombok, datanglah ke Pantai Bangko Bangko. Sebabnya pantai ini memiliki karakteristik ombak yang sangat cocok untuk melakukan surfing dan bahkan masuk ke dalam pantai untuk tempat surfing terbaik oleh International Surfing Association.

Wisata di Lombok dekat bandara

Kamu tak punya banyak waktu di Lombok? Jangan khawatir! Sebab kamu masih bisa melakukan wisata di Lombok dengan mengunjungi beberapa objek wisata yang letaknya dekat bandara. Apa saja? Ini dia daftarnya.

Pantai Kuta Lombok. (Liputan6.com/Hans Bahanan)

26. Pantai Kuta

Bukan hanya Bali saja yang punya Pantai Kuta, di Lombok pun ada. Dan letaknya dekat dengan bandara. Kecantikan pantai ini terletak di ombak yang tenang, pasir putih, dan garis pantai yang panjang.

27. Pantai Seger

Tidak jauh dari Pantai Kuta, ada pula Pantai Seger yang bisa kamu kunjungi. Di pantai ini juga rutin diadakan festival Bau Nyale setiap tahunnya. Pantai Seger sendiri hanya berjarak 15 km dari bandara.

28. Pantai Semeti dan Tawun

Pantai Semeti dan Tawun menyuguhkan pemandangan bebatuan unik sehingga bisa memanjakan mereka yang doyan fotografi. Selain karena bebatuan uniknya, pantai ini juga memiliki ombak yang cukup tinggi sehingga tidak cocok untuk berenang. Namun bisa menjadi alternatif jika kamu tidak memiliki banyak waktu di Lombok karena letaknya yang relatif dekat dengan bandara.

29. Desa Sade

Desa Sade merupakan tempat wisata yang juga terknal di Lombok karena di tempat ini kamu bisa melihat refleksi kehidupan Suku Sasak yang jadi suku asli Lombok. Selain melihat kehidupan Suku Sasak dari jarak dekat, kamu juga bisa membeli oleh-oleh berupa kain tenun yang diproduksi penduduk setempat.

30. Pantai Senggigi

Kamu baru pertama kali wisata di Lombok? Jangan lewatkan untuk mengunjungi Pantai Senggigi yang jadi tempat pariwisata terkenal di Lombok. Garis pantainya yang panjang membuat Pantai Senggigi menyuguhkan gradasi warna pasir pantai dari hitam ke putih. Air lautnya memiliki ombak yang tidak besar, jernih, dan bersih. Letaknya pun tidak seberapa jauh dari bandara.

Jika kamu berniat mengunjungi Lombok untuk liburan, maka tak ada salahnya jika kamu mulai memesan tiket dari sekarang!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jefri Nichol Sering Beri Saran Untuk Kekasih, Tapi Tidak Menggurui

Posted: 15 Jun 2018 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menjalin hubungan dengan seseorang yang bekerja dalam bidang yang sama, tentu menjadi keuntungan tersendiri. Hal tersebut yang dirasakan oleh Jefri Nichol dan kekasihnya, Shenina Cinnamon. 

Keduanya mengaku kerap berdiskusi dan berbagi pandangan soal dunia akting. Namun, Jefri Nichol menegaskan dirinya hanya memberi saran, bukan mengajarkan. 

Pasalnya, Jefri Nichol menyadari pengalaman di dunia akting belum cukup banyak untuk menggurui seseorang. 

"Kalau aku sih lebih ngasih tahu. Dia harus belajar yang sama senior. Aku enggak mau menggurui lho. Karena belum punya ilmu banyak sih," kata Jefri Nichol saat ditemui di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Jumat (15/6/2018). 

 

Artis-artis Senior

Salah satu saran yang diberikan oleh Jefri Nichol adalah dirinya mengimbau kepada sang kekasih agar lebih proaktif menjalin hubungan dengan artis-artis senior.  

Banyak Ilmu

Hal itu dimaksudkan agar Shenina Cinnamon mendapatkan lebih banyak ilmu dari artis-artis yang berpengalaman. "Komunikasi sama aktor senior yang lebih sering, ilmu mereka banyak sih," sambung Jefri Nichol. 

Tidak Campuri

Jefri Nichol juga mengatakan bahwa ternyata pemulung tersebut tengah menderita sakit ginjal. Jadi, Jefri terketuk pintu hatinya untuk memberikan bantuan kepada pemulung yang berada di daerah Kemang. (Adrian Putra/Bintang.com)

Selain itu, Jefri Nichol juga sadar porsi saran dan masukan yang harus ia berikan kepada Shenina Cinnamon. Artinya, ia tidak bisa terlalu dalam mencampuri karier sang kekasih.

Ke Orang Tua

Shenina Cinnamon

Contohnya adalah pemilihan karakter yang harus diambil oleh Shenina Cinnamon. "(Menentukan karakternya) bukan keputusan aku. Dia (Shenina) lebih ke orang tuanya sih, papanya juga salah satu orang film juga jadi lebih ngerti dia," ujar Jefri Nichol.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

H+1 Lebaran, Contraflow Diberlakukan di Tol Arah Cikampek

Posted: 15 Jun 2018 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sehari setelah lebaran, volume kendaraan di tol Jakarta-Cikampek masih meningkat. Untuk mengurai kemacetan itu, kebijakan contraflow diterapkan.

"Kendaraan yang menuju Cikampek mengalami peningkatan volume yang membuat kami mengambil keputusan memberlakukan lawan arus atau contraflow," kata Media Relations PT Jasa Marga Herald Galingga, Sabtu (16/6/2018).

Kebijakan lawan arus mulai diberlakukan pukul 09.45 WIB sepanjang 12 kilometer.

Kendaraan arah Cikampek dapat memanfaatkan lajur arah Jakarta mulai dari kilometer 35+600 hingga kilometer 47.

"Selepas kilometer 47, kepadatan sudah mencair kembali," ucap dia seperti dilansir Antara.

Herald menyebutkan, kebijakan lawan arus ini diambil sesuai diskresi kepolisian.

Demi kelancaran dan keamanan kendaraan yang melaju di lajur lawan arus, rambu-rambu telah dipasang di Tol Cikampek.

"Petugas juga sudah disiagakan, tapi kami tetap mengimbau pengendara untuk berhati-hati. Rambu-rambu dan arahan petugas agar diperhatikan dan diikuti," kata Herald.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Masuk dari Karawang Timur Lancar

Kepadatan kendaraan di Jembatan Curug, Jakarta Timur menuju Jalan Tol Cikampek, arah Jakarta-Karawang, Kamis (5/5/2016) pagi. (Liputan6.com/Andi Muhyiddin)

Sementara itu operator PT Jasa Marga Novi mengatakan, pengendara yang belum memasuki tol Jakarta-Cikampek dan bermaksud menghindari kemacetan, dapat mengakses gerbang Karawang Timur.

"Masuk dari Karawang Timur relatif lancar karena kepadatan sudah terurai," kata Novi.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mbappe Nyaris Gabung Arsenal

Posted: 15 Jun 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyerang muda Prancis Kylian Mbappe membeberkan bila dirinya nyaris bergabung dengan Arsenal tahun lalu. Mbappe kemudian berubah pikiran dan memilih hijrah ke Paris Saint Germain.

Saat masih bermain di AS Monaco, Mbappe memang diperebutkan banyak klub besar. Arsenal menjadi salah satu klub yang paling berminat sebelum diserobot oleh PSG. 

Kabar ketertarikan Arsenal terhadap Mbappe rupanya benar adanya. Dalam wawancara dengan Canal+, Mbappe mengakui sudah didekati Arsenal. Bahkan dia telah bertemu manajer Arsenal Arsene Wenger.

Mbappe awalnya tergiur bergabung dengan Arsenal. Tapi setelah memikirkan masak-masak, Mbappe menjatuhkan pilihan kepada PSG.

"Saya bertemu Arsene Wenger, yang merupakan pelatih hebat. Dia memiliki reputasi luar biasa di Prancis. Dia sangat dihormati dan tahu bagaimana mengembangkan pemain-pemain muda. Ini adalah pilihan nyata bagi saya," kata Mbappe.

 

Wenger

Penyerang Prancis, Kylian Mbappe (AP Photo/David Vincent)

"Kami menimbang keuntungan dan kerugian dari semua klub-klub yang berminat tapi keluarga saya mengatakan itu harus menjadi keputusan saya dan yang perlu saya buat. Ini juga harus keputusan jangka panjang. Jadi terserah pada saya dan saya memutuskan untuk datang ke PSG dengan tujuan agar semakin berkembang."

Meski memilih PSG dan melewatkan kesempatan dilatih Wenger, Mbappe tak menyesal. Terlebih setelah melihat Wenger kini mengundurkan diri sebagai manajer Arsenal.

"Saya bermimpi dilatih Wenger. Dia orang Prancis, dia punya karier hebat dan sekarang dia bebas karena dia telah meninggalkan Arsenal."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lebaran Jauh dari Keluarga, El Rumi Justru Merasa seperti di Indonesia

Posted: 15 Jun 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Anak kedua Maia Estianty, El Rumi, tampaknya harus berlapang dada lantaran merayakan Idul Fitri 2018 di tanah rantau. Seperti yang diketahui, El Rumi tengah melanjutkan studinya di London, Inggris.

Diintip dari lama Instagram pribadinya, El Rumi tak tampak bersedih hati meski jauh dari keluarga. Sebuah foto yang diunggah Jumat (15/6/2018) bahkan menunjukkan wajah semringahnya.

Dalam foto itu, El Rumi tampak mengenakan busana muslim berwarna krem dan kacamata hitam. Berpose di depan pintu yang berhiaskan simbol burung garuda, ia pun seakan menunjukkan senyum terbaiknya ke arah kamera.

"Minal aidin wal fa izin, Mohon maaf lahir batin. Salam dari London," begitu kata El Rumi dalam keterangan foto.

Merasa Seperti di Indonesia

Momen lebaran El Rumi di London, Inggris. [foto: instagram/elelrumi]

Menurut El Rumi, suasana rumah Duta Besar Indonesia di London, tempatnya menunaikan salat Id, membuatnya teringat akan rumah. Alhasil, El Rumi seakan lupa dirinya sedang merantau ke London, Inggris.

"Anyway, lebaran gw kali ini di Rumah Dubes bersama warga Indonesia yang lain... yuhuu berasa di Indonesia," tulis El Rumi.

Beribadah

El Rumi (Instagram/@elelrumi)

Momen Idul Fitri yang dilakukan El Rumi pun terlihat dalam video di Instagram Story-nya. Sebuah video menunjukkan jemaah tengah mendengarkan khotbah dari seorang khatib.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Twitter Bekukan Akun, Menkominfo: Pemerintah Tak Ikut Campur

Posted: 15 Jun 2018 08:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menggelar open house Idul Fitri 1439H di rumah dinasnya di Komplek Menteri Widya Chandra Jakarta, Jumat (15/6/2018).

Selain ramah tamah dan bersilaturahmi, Rudiantara juga menjawab pertanyaan sejumlah jurnalis mengenai berbagai isu. Salah satunya tentang membekuan atau suspend sejumlah akun Twitter.

Selama ini di Twitter ramai disebut-sebut bahwa suspend akun diminta oleh pihak pemerintah. Rudiantara pun kembali menegaskan bahwa pemerintah tidak meminta Twitter untuk men-suspend akun yang dimaksud.

"Akun yang di-suspend seperti apa? Akun Twitter? Saya sudah bilang itu bukan pemerintah. Enggak ada yang minta," kata Rudiantara dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (16/6/2018) di Jakarta.

Rudiantara menjelaskan, suspensi akun media sosial bisa disebabkan beberapa hal. Misalnya saja, sengaja ditutup oleh pemilik akun, flagging, atau algoritma media sosial.

"Nomor satu secara teoritis yang bersangkutan (sendiri yang menutup) atau kedua, masyarakat melakukan flagging atau (ketiga) berdasarkan alogaritma. Barangkali kalimat konten yang sebelumnya ada bot kemudian disebarkan kembali," ujarnya.

Rudiantara menyarankan sejumlah langkah agar pengguna akun media sosial terhindar dari suspensi. Antara lain dengan menghindari unggahan yang bersifat negatif.

"Hindari posting yang negatif, itu satu. Selanjutnya hindari kemungkinan konten yang (dideteksi) berdasarkan bot, jangan di-forward konten yang sama dengan bot," ungkapnya.

Rudiantara menegaskan, pemerintah tidak campur tangan dalam penanganan akun di media sosial. "Yang jelas pemerintah tidak. Bukan lepas tengan, karena Kominfo tidak melakukan apapun sama sekali. Ngapain ngurusin hal itu? Lebih baik urus yang kita sisir soal konten radikalisme," katanya.

Tentang Konten Radikalisme

Menkominfo Rudiantara saat bertemu dengan rekan media di Jakarta, Selasa (15/5/2018). Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani

Sekadar diketahui, sejak akhir Mei 2018 sampai 1 Juni 2018 menurut Menteri Rudiantara, Kemkominfo susah melakukan blokir atas lebih dari 4.000 akun dengan konten radikalisme.

"Kami kerja sama dengan Kepolisian, ada permintaan juga dari Polisi untuk melakukan blokir. Sekitar 48 persen itu dari platform Facebook dan Instagram," katanya.

Hingga bulan Juni, menurut Rudiantara, masih ada sekitar 20 ribuan akun yang disisir untuk dievaluasi dan verifikasi.

"Sejak kejadian di Mako Brimob kemudian Surabaya, rata-rata sehari ada 400-500 konten radikalisme. Tapi terakhir ini turun dalam sehari ada 50-an saja," ujarnya.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penganut Islam Aboge Rayakan Idul Fitri 2018 Hari Ini

Posted: 15 Jun 2018 08:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penganut Islam Aboge (Alif, Rebo, Wage) yang tersebar di sejumlah wilayah eks Karisidenan Banyumas, yakni Banyumas, Purbalingga, dan Cilacap merayakan Idul Fitri 1439 pada hari ini, Sabtu (16/6/2018). Ini berbeda dengan pemerintah melalui Kementerian Agama yang memutuskan Idul Fitri pada Jumat, 15 Juni 2018.

Perayaan Lebaran Islam Aboge baik di masyarakat adat Banakeling Banyumas, warga Cikakak Banyumas jemaah Masjid Saka Tunggal, dan warga Onje di sekitaran Masjid Sayyid Kuning Purbalingga memang kerap berbeda dibanding ketetapan pemerintah. Komunitas Aboge memiliki perhitungan waktu sendiri berdasar kalender Jawa Alif, Rebo, Wage.

Ketua Komunitas Adat Banakeling, Sumitro mengatakan, 2018 merupakan tahun dal. Menurutnya, perbedaan selisih waktu sehari, hanya ada di perhitungan waktu. Jika pemerintah melakukan penentuan berdasar perhitungan jatuhnya hilal, maka kalender Aboge melakukan perhitungan hari pasaran Jawa.

"Lebaran hari Sabtu pahing. Tahun ini Dal Sabtu manis, tanggal 1 bulan Sura. Puasanya kemarin bersamaan hari kamis, bila pemerintah 29 hari, kami puasa 30 hari," kata Sumitro.

Di masyarakat Adat Banakeling, Lebaran dirayakan sebagaimana umumnya umat muslim, yakni saling bersilaturahmi. Hanya saja, mereka punya tradisi ziarah bersama ke Makam Banakeling di Desa Pekuncen, Kecamatan Jatilawang, Kabupaten Banyumas yang dianggap sebagai penyebar Islam di wilayah tersebut.

Selain itu mereka juga menggelar selametan yakni babaran dengan berkumpul bersama di Balai Desa Pekuncen dan makan bersama.

 

Di Purbalingga 2 Kali Salat

Warga penganut Islam Aboge di Dusun Krajan, Desa Leces, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, melaksanakan Salat Id dan penyembelihan hewan kurban pada Minggu (3/9/2017) pagi. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sedang di Purbalingga, Masjid Sayyid Kuning di Desa Onje, Kecamatan Mrebet, menggelar salat Idul Fitri dua kali, yakni pada Jumat 15 Juni 2018 dan Sabtu (16/6/2018).

Menurut sesepuh Islam Aboge di Onje, Kyai Maksudi, penanggalan Aboge sudah sejak lama jadi pedoman untuk menentukan hari besar agama sebagaimana diajarkan oleh Raden Sayyid Kuning. Adanya hasil perhitungan yang berbeda, menurutnya tak perlu dipertentangkan. Tapi dimaknai untuk memperkukuh sikap toleransi.

"Perbedaan ini jangan dipertentangkan dan diperuncing jadi konflik. Perbedaan waktu bukan hal baru," ujar dia.

Begitu pula Juru kunci Masjid Saka Tunggal bagian Lebak (bawah), Sulam (48) mengatakan sebagian masyarakat Cikakak, Kecamatan Wangon juga merayakan Idul Fitri pada Sabtu hari ini.

Usai salat berjamaah, mereka punya tradisi kenduri bersama. Selain itu, setiap warga saling bersalaman dan bermaafan sembari melantunkan salawat berlanggam Jawa.

 

Reporter: Abdul Aziz

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gol Bunuh Antar Iran Menang Tipis atas Maroko

Posted: 15 Jun 2018 08:21 PM PDT

Pemain Maroko Amine Harit berusaha melewati pemain Iran Ramin Rezaeian saat bertanding pada grup B Piala Dunia 2018 di St Petersburg Stadium, Rusia, (15/6). Iran menang tipis 1-0 berkat gol bunuh diri Aziz Bouhaddouz. (AP Photo/Andrew Medichini)

Pemain Maroko Amine Harit berusaha melewati pemain Iran Ramin Rezaeian saat bertanding pada grup B Piala Dunia 2018 di St Petersburg Stadium, Rusia, (15/6). Iran menang tipis 1-0 berkat gol bunuh diri Aziz Bouhaddouz. (AP Photo/Andrew Medichini)

Pemain Iran merayakan gol setelah pemain Maroko Aziz Bouhaddouz memasukan bola ke gawangnya sendiri saat bertanding pada gurp B Piala Dunia 2018 di St Petersburg Stadium, Rusia, (15/6). Iran menang tipis 1-0. (AP Photo/Andrew Medichini)

Pemain Iran merayakan gol setelah pemain Maroko Aziz Bouhaddouz memasukan bola ke gawangnya sendiri saat bertanding pada gurp B Piala Dunia 2018 di St Petersburg Stadium, Rusia, (15/6). Iran menang tipis 1-0. (AP Photo/Andrew Medichini)

Pemain Iran Sardar Azmoun berusaha melewati pemain Maroko Noureddine Amrabat saat bertanding pada grup B Piala Dunia 2018 di St Petersburg Stadium, Rusia, (15/6). Iran menang tipis 1-0 berkat gol bunuh diri Aziz Bouhaddouz. (AP Photo/Andrew Medichini)

Pemain Iran Sardar Azmoun berusaha melewati pemain Maroko Noureddine Amrabat saat bertanding pada grup B Piala Dunia 2018 di St Petersburg Stadium, Rusia, (15/6). Iran menang tipis 1-0 berkat gol bunuh diri Aziz Bouhaddouz. (AP Photo/Andrew Medichini)

Kiper Maroko Monir El Kajoui berusaha menangkap bola saat bertanding melawan Iran pada grup B Piala Dunia 2018 di St Petersburg Stadium, Rusia, (15/6). Iran menang tipis 1-0 berkat gol bunuh diri Aziz Bouhaddouz. (AP Photo/Darko Vojinovic)

Kiper Maroko Monir El Kajoui berusaha menangkap bola saat bertanding melawan Iran pada grup B Piala Dunia 2018 di St Petersburg Stadium, Rusia, (15/6). Iran menang tipis 1-0 berkat gol bunuh diri Aziz Bouhaddouz. (AP Photo/Darko Vojinovic)

Pemain Maroko Younes Belhanda berusaha mengontrol bola saat bertanding melawan Iran pada grup B Piala Dunia 2018 di St Petersburg Stadium, Rusia, (15/6). Iran menang tipis 1-0 berkat gol bunuh diri Aziz Bouhaddouz. (AP Photo/Darko Vojinovic)

Pemain Maroko Younes Belhanda berusaha mengontrol bola saat bertanding melawan Iran pada grup B Piala Dunia 2018 di St Petersburg Stadium, Rusia, (15/6). Iran menang tipis 1-0 berkat gol bunuh diri Aziz Bouhaddouz. (AP Photo/Darko Vojinovic)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lebaran Hari ke-2, Saatnya Jajal Kuliner di Bali

Posted: 15 Jun 2018 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Denpasar - Sejumlah pengelola wisata kuliner di Bali menawarkan potongan harga untuk menarik lebih banyak pengunjung saat momentum libur panjang Lebaran. "Kami tawarkan diskon 15 persen," kata pengelola wisata kuliner di Desa Keramas Gianyar I Made Abdi Negara di Denpasar, Sabtu (16/6/2018), dilansir Antara.

Menurut dia, potongan harga tersebut turut mendongkrak kunjungan konsumen di restoran yang berdesain pesawat bekas yang disulap menjadi tempat makan itu.

Sejak libur panjang Lebaran, pengelola restoran Keramas Aero Park itu menjelaskan tingkat kunjungan melonjak mencapai sekitar 80 persen dibandingkan hari biasa dan meningkat sekitar 30 persen dibandingkan tahun lalu.

Jika sebelumnya sebagian besar wisatawan mancanegara merupakan konsumen terbesar, saat libur panjang Lebaran sebagian besar pengunjung merupakan wisatawan domestik. Mereka sebagian besar berasal dari Jakarta dan Surabaya yang lagi berwisata di Bali menghabiskan libur Lebaran.

Selain santap makan, para pengunjung juga dapat bersantai di taman yang cukup luas dengan pemandangan alam berupa kawasan persawahan dan laut yang menjadi daya tarik lain di restoran unik di Jalan By Pass Desa Keramas, Gianyar itu.

Tempat makan lain yang menawarkan potongan harga yakni Restoran Krisna sebesar 10 persen untuk menu makanan tertentu. Manajer Hubungan Masyarakat Krisna Group Ayu Saraswati di Denpasar mengatakan promo tersebut berlaku hingga akhir Juni 2018.

"Kami ingin menyemarakkan libur panjang Lebaran dengan promo untuk memberi nilai tambah kepada konsumen," ucap Ayu.

Ayu menambahkan libur panjang Lebaran mendongkrak tingkat kunjungan mencapai sekitar 20 persen hingga hari pertama Idul Fitri dan diperkirakan akan terus meningkat karena liburan belum usai.

Sebagian besar pengunjung, kata dia, merupakan wisatawan domestik di antaranya berasal dari Jakarta yang menikmati santapan di restoran berjaringan tersebut.

Peningkatan kunjungan juga terjadi di Restoran Nomad di Ubud, Gianyar, yang melonjak sekitar 20 persen dibandingkan hari biasa. "Mengingat libur Lebaran berbarengan dengan libur wisatawan mancanegara, jadi ada peningkatan kunjungan," ucap pengelola Nomad Ubud Nonik Riska.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jefri Nichol Anti Satu Film dengan Kekasih, Mengapa?

Posted: 15 Jun 2018 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun sama-sama bergelut di bidang seni peran, Jefri Nichol dan kekasihnya, Shenina Cinnamon, mengatakan kalau dirinya menghindari terlibat dalam satu produksi film yang sama.

Tak hanya sekadar menghindari, Jefri Nichol bahkan dengan tegas akan menolak kalau ada tawaran yang masuk untuk terlibat dalam satu judul film yang sama dengan kekasih.

"Enggak mau (satu judul film dengan Shenina Cinnamon)," jawab Jefri Nichol.

Di balik sikapnya tersebut, Jefri Nichol memiliki satu alasan yang sangat masuk akal. Ia tidak ingin keterlibatannya di dalam sebuah karya itu dicampuri dan disangkutpautkan dengan urusan pribadi.

 

Anti

(Deki Prayoga/bintang.com)

"Karena gimmick nanti malah fokus ke realitanya, bukan ke filmnya," jelas Jefri Nichol.

Tak hanya itu saja, malahan Jefri Nichol mengatakan anti mendapat kesempatan bermain dalam satu karya yang sama dengan kekasihnya.

"Enggak mau, anti!" tegasnya sekali lagi.

 

Beri Dukungan

Jefri Nichol. (Deki Prayoga/bintang.com)

Kendati demikian, baik Jefri Nichol dan Shenina Cinnamon keduanya kompak saling memberi dukungan terhadap apapun yang dipilih satu sama lainnya.

Malahan, keduanya tak jarang saling bertukar pandangan dan memberikan saran-saran serta masukan dalam dunia seni peran.

 

Belajar

(Deki Prayoga/Bintang.com)

''Kalau aku sih lebih ngasih tahu, belajar sama yang senior, aku enggak mau menggurui. Belum punya ilmu banyak sih. Jadi belum bisa ngasih tahu yang bagus. Cuma nyaranin komunikasi sama aktor senior yang banyak, ilmu mereka banyak sih," ujar Jefri Nichol.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berlibur di Pantai Selatan Jabar, Wajib Perhatikan Hal Berikut

Posted: 15 Jun 2018 08:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Libur Lebaran bersama keluarga dimanfaatkan untuk mengunjungi beberapa kawasan wisata. Salah satunya adalah kawasan pantai selatan Jawa Barat. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan kala mengunjungin kawasan ini. Apa saja?

Kepala Kantor SAR Bandung, S. Riyadi, mengimbau para wisatawan pantai selatan Jawa Barat wajib untuk mengikuti peraturan yang berlaku, hal ini demi menjaga keselamatan bersama. "Kita ketahui daerah pantai selatan memiliki gelombang yg besar dan terdapat beberapa palungan di pantainya," kata Riyadi dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Sabtu (16/6/2018).

Hal pertama yang harus dipatuhi adalah mengetahui zona larangan untuk berenang di kawasan yang telah ditentukan pihak pengawas dan SAR.

"Agar tidak berenang di zona merah, bagi yang berenang jangan melewati batas yang sudah ditentukan" kata Riyadi.

Selanjutnya, Riyadi menambahkan, orangtua diimbau tidak lepas memantau anaknya yang beraktifitas di pantai.

"Sebisa mungkin gunakan alat pelindung diri (life jacket)," ujar Riyadi.

Adapun untuk pengamanan perairan tim SAR Jabar menempatkan personel di beberapa titik, yaitu, Cirebon menggunakan Kapal Rescue Boat (back up transportasi perairan pantura), Cipatujah, Santolo, Pangandaran, Jatigede, dan Jatiluhur.

SAR Jabar juga memuka hotline bagi masyarakat yang membutuhkan pertolongan atau bantuan di nomor telepon 022-7780437 atau call center 115.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hari Kedua Lebaran, Menko Darmin Gelar Open House di Rumah Dinas

Posted: 15 Jun 2018 08:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengadakan open house pada hari kedua Lebaran 2018, Sabtu (16/6/2018). Open house diadakan di rumah dinas, Jalan Widya Chandra IV nomor 17, Jakarta Selatan. 

Darmin tiba di rumah dinas pukul 09.30 WIB dengan menggunakan kemeja batik cokelat dan didampingi sang istri Salsia Ulfa Sahabi Manoppo menggunakan kebaya merah muda. 

Menko Darmin dan istri menyalami satu per satu tamu yang hadir. Tidak lupa keduanya mempersilahkan tamu yang hadir untuk menyantap sajian yang ada.

"Mohon maaf lahir dan batin. Selamat lebaran apalagi dengan wartawan seminggu bisa berapa kali bertemu. Pasti ada yang tidak menyenangkan. Saya mohon maaf," ujar dia ketika berbincang dengan wartawan di Widya Chandra, Jakarta.

Pantauan merdeka.com tamu yang sudah terlihat hadir saat open house antara lain Duta Besar Prancis untuk Indonesia Jean-Charles Berthonnet dan beberapa Direksi Jamkrindo.

 

Reporter: Anggun P.Situmorang

Sumber: Merdeka.com 

 

Menko Darmin: Pertemuan Trump dan Kim Jon-un Berdampak Tak Langsung bagi Ekonomi Global

Donald Trump dan Kim Jong-un menandatangani perjanjian di Singapura. (AP/Evan Vucci)

Sebelumnya, pertemuan antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dengan Presiden Korea Utara Kim Jong-un dinilai akan berdampak terhadap ekonomi global. Meski pertemuan dua kepala negara tersebut membahas isu-isu politik dan keamanan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, pertemuan yang di gelar di Singapura tersebut akan memberikan sentimen terhadap perekonomian global.

Sentimen ekonomi itu akibat tidak langsungnya. Bukan akibat langsung," ujar dia di kawasan Senayan, Jakarta, Senin 11 Juni 2018.

Namun demikian, lanjut Darmin, dampak terhadap ekonomi ini akan tergantung pada hasil dari pertemuan tersebut. Dia berharap hasil pertemuannya bisa memberikan efek yang positif bagi dunia.

‎"Tegantung mereka sepakatnya apa besok, bukan ekonominya, politiknya. Itu yang penting," tandas dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Video Statistik Kemenangan Dramatis Uruguay atas Mesir

Posted: 15 Jun 2018 08:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jose Maria Gimenez menjadi pahlawan kemenangan Timnas Uruguay atas Mesir pada partai pertama Grup A Piala Dunia 2018 Rusia. Bertanding di Ekaterinburg Arena, Jumat (15/6/2018), skuat berjuluk La Celeste itu unggul 1-0.

Gimenez mencatatkan namanya di papan skor pada menit 89. Berawal dari sebuah tendangan bebas, bek Atletico Madrid itu menyambut umpan silang dengan tandukan keras yang tidak mampu dihalau oleh kiper Mesir.

Tiga poin ini membuat Uruguay berada di peringkat kedua Grup A. Luis Suarez dan kawan-kawan kalah selisih gol dari Rusia di puncak klasemen. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Tanpa Salah, Mesir Kalah Dramatis dari Uruguay

Posted: 15 Jun 2018 08:08 PM PDT

Pemain Uruguay, Jose Gimenez berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Mesir pada pertandingan grup A Piala Dunia 2018 di Yekaterinburg Arena, Rusia, (15/6). Gimenez mencetak gol pada menit 89 dan mengantar Uruguay 1-0. (AP Photo / Vadim Ghirda)

Pemain Uruguay, Jose Gimenez berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Mesir pada pertandingan grup A Piala Dunia 2018 di Yekaterinburg Arena, Rusia, (15/6). Gimenez mencetak gol pada menit 89 dan mengantar Uruguay 1-0. (AP Photo / Vadim Ghirda)

Penyerang Mesir, Mohamed Salah berada di bangku cadangan selama pertandingan grup A Piala Dunia 2018 melawan Uruguay di Yekaterinburg Arena di Yekaterinburg, Rusia, (15/6). Uruguay menang dramatis atas Mesir 1-0. (AP Photo / Mark Baker)

Penyerang Mesir, Mohamed Salah berada di bangku cadangan selama pertandingan grup A Piala Dunia 2018 melawan Uruguay di Yekaterinburg Arena di Yekaterinburg, Rusia, (15/6). Uruguay menang dramatis atas Mesir 1-0. (AP Photo / Mark Baker)

Pemain Mesir Mohamed Elneny (kiri) berebut bola dengan pemain Uruguay Giorgian De Arrascaeta saat bertanding pada grup A Piala Dunia 2018 di Yekaterinburg Arena, Rusia, (15/6). Uruguay menang dramatis atas Mesir 1-0. (AP Photo / Natacha Pisarenko)

Pemain Mesir Mohamed Elneny (kiri) berebut bola dengan pemain Uruguay Giorgian De Arrascaeta saat bertanding pada grup A Piala Dunia 2018 di Yekaterinburg Arena, Rusia, (15/6). Uruguay menang dramatis atas Mesir 1-0. (AP Photo / Natacha Pisarenko)

Pemain Uruguay Jose Gimenez berebut bola dengan pemain Mesir Marwan Mohsen saat bertanding pada grup A Piala Dunia 2018 di Yekaterinburg Arena, Rusia, (15/6). Uruguay menang dramatis atas Mesir 1-0. (AP Photo / Mark Baker)

Pemain Uruguay Jose Gimenez berebut bola dengan pemain Mesir Marwan Mohsen saat bertanding pada grup A Piala Dunia 2018 di Yekaterinburg Arena, Rusia, (15/6). Uruguay menang dramatis atas Mesir 1-0. (AP Photo / Mark Baker)

Bek Uruguay Diego Godin berebut bola udara dengan pemain Mesir Mahmoud Hamdy saat bertanding pada grup A Piala Dunia 2018 di Yekaterinburg Arena, Rusia, (15/6). Uruguay menang dramatis atas Mesir 1-0. (AP Photo / Natacha Pisarenko)

Bek Uruguay Diego Godin berebut bola udara dengan pemain Mesir Mahmoud Hamdy saat bertanding pada grup A Piala Dunia 2018 di Yekaterinburg Arena, Rusia, (15/6). Uruguay menang dramatis atas Mesir 1-0. (AP Photo / Natacha Pisarenko)

Kiper Mesir Mohamed Elshenawy berusaha menghalau bola yang dibawa Penyerang Uruguay Luis Suarez saat bertanding pada grup A Piala Dunia 2018 di Yekaterinburg Arena, Rusia, (15/6). Uruguay menang dramatis atas Mesir 1-0. (AP Photo / Vadim Ghirda)

Kiper Mesir Mohamed Elshenawy berusaha menghalau bola yang dibawa Penyerang Uruguay Luis Suarez saat bertanding pada grup A Piala Dunia 2018 di Yekaterinburg Arena, Rusia, (15/6). Uruguay menang dramatis atas Mesir 1-0. (AP Photo / Vadim Ghirda)

Penyerang Uruguay Edinson Cavani berebut bola dengan pemain Mesir Tarek Hamed saat bertanding pada grup A Piala Dunia 2018 di Yekaterinburg Arena, Rusia, (15/6). Uruguay menang dramatis atas Mesir 1-0. (AP Photo / Natacha Pisarenko)

Penyerang Uruguay Edinson Cavani berebut bola dengan pemain Mesir Tarek Hamed saat bertanding pada grup A Piala Dunia 2018 di Yekaterinburg Arena, Rusia, (15/6). Uruguay menang dramatis atas Mesir 1-0. (AP Photo / Natacha Pisarenko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Hal yang Wajib Diperiksa pada Mobil Setelah Mudik

Posted: 15 Jun 2018 08:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Untuk menjaga performa mobil, Anda harus melakukan berbagai persiapan sebelum mudik dan tentu saja setelah mudik. Lalu apa saja yang harus diperiksa? Seperti disebutkan pada situs Mitsubishi Indonesia, berikut komponen mobil yang diperiksa.

1. Pelumas atau Oli

Jika sebelum pergi mudik sudah dilakukan pergantian oli, sebaiknya tetap dilakukan pengecekan apakah terdaat kebocoran atau tidak. Coba lihat melalu dip stick,dan setelah itu lihat apakah bagian di sekitar mesin ada yang basah akibat rembesan oli atau tidak.

2. Filter Bahan Bakar

Khusus bagi kendaraan bermesin diesel, sebaiknya diperiksa juga filter bahan bakarnya. penggunaan bahan bakar selama mudik dengan berbagai kondisi membuat filter bahan bakar ini rentan kotor. Penggantian filter secara rutin juga meminimalisir kotoran masuk ke dalam proses pembakaran.

3. Kaki-Kaki

Beragam kondisi jalan membuat bagian ini rentan terpengaruh dan membutuhkan pemeriksaan menyeluruh. Pemeriksaan kaki-kaki cukup mudah. Bagian shockbreaker misalnya, pemilik cukup melihat dan meraba bagian tabung. Jika ada rembesan oli bisa jadi piranti mengalami kerusakan.

Bagian kaki-kaki juga termasuk kondisi ban. Setelah pemakaian mudik cek kondisi tekanan ban, juga tidak lupa melihat Tread Wear Indicator (TWI) berupa segitiga untuk melihat tingkat keausan ban.

 

 

4. Rem

 Untuk bagian ini, coba cek ketebalan kampas rem. Sebab, kondisi perjalanan mudik yang beragam juga memaksa rem bekerja keras.

5. Bagian dalam Mobil

Selama perjalanan kabin mobil menjadi seperti rumah kedua. Untuk itu pasti banyak sisa-sisa makanan di dalam kabin, jika dibiarkan kotoran ini akan menjadi kuman penyakit. Untuk itu sebaiknya bersihkan kabin mobil secara menyeluruh menggunakan vacuum cleaner.

Sumber : Otosia.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kecewa Hasil Pemilu Papua Nugini, Demonstran Bakar Pesawat

Posted: 15 Jun 2018 08:05 PM PDT

Liputan6.com, Port Moresby - Para pendukung yang marah dari seorang kandidat yang kalah membakar sebuah pesawat penumpang di Dataran Tinggi Papua Nugini.

Para saksi mengatakan, pesawat Dash 8 yang akan meninggalkan Kota Mendi Kamis petang dihentikan dan dibakar.

Direktur Keperawatan Rumah Sakit Mendi, Anna Anda, mengatakan para pendukung calon yang kalah untuk kursi provinsi Dataran Tinggi Selatan Papua Nugini melakukan kerusuhan ketika berita tentang keputusan pengadilan tentang pemilu sampai ke mereka.

"Mereka mengamuk dan membakar semuanya, bahkan Air Niugini," katanya.

"Aku bisa melihat asap hitam naik, itu sangat mengerikan."

Pihak Air Niugini kemudian mengeluarkan pernyataan mengonfirmasi pesawatnya telah dirusak.

"A Link PNG (anak perusahaan maskapai) DHC-8 pesawat terlibat dalam kerusuhan sipil di bandara Mendi, Provinsi Dataran Tinggi Selatan hari ini menyusul keputusan petisi pemilu," kata perusahaan itu.

"Pesawat mengalami kerusakan ketika perusuh menyerbu tarmak, dan National Airports Corporation juga telah menutup bandara di Papua Nugini."

Air Niugini mengatakan, penumpang dan awak pesawat turun dari pesawat dan tidak ada yang dirugikan.

Perselisihan mengenai kursi provinsi telah menyebabkan korban jiwa di Dataran Tinggi Selatan dan serangan terhadap bisnis yang sebelumnya dimiliki oleh Perdana Menteri Peter O'Neill.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Massa Bakar Banyak Bangunan

Ilustrasi pesawat (iStock)

Para saksi di Mendi mengatakan massa berusaha membakar lebih banyak bangunan dalam kekerasan baru.

O'Neill mengatakan bahwa Pemerintah akan mengadakan pertemuan darurat Dewan Keamanan Nasional dan menanggapi kekerasan tersebut.

"Tindakan yang kita lihat hari ini di Mendi sangat memalukan," katanya.

"Keadaan darurat akan diumumkan, dan pasukan keamanan tambahan dikerahkan untuk mencegah perilaku melanggar hukum lebih lanjut.

"Mereka yang terlibat akan ditahan oleh polisi dan diadili."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pagar Pengaman Tol Porong-Sidoarjo Tembus Mobil, Ayah Tewas di Tempat

Posted: 15 Jun 2018 08:02 PM PDT

Sidoarjo - Kecelakaan maut terjadi di ruas tol Porong-Sidoarjo KM 29, Jumat petang, 15 Juni 2018. Sebuah mobil Datsun Go diketahui menabrak guardrail (pagar pengaman) tol. Satu orang tewas pada peristiwa tersebut.

Berdasar informasi yang dihimpun JawaPos.com, kecelakaan terjadi sekitar pukul 16.30 WIB. Mobil berwarna hitam tersebut ditumpangi oleh sekeluarga asal Semolowaru, Surabaya.

Korban tewas bernama Setyo Budi Santoso. Dia adalah pengemudi mobil nahas tersebut.

"Mobil berjalan dari arah Selatan ke Utara," kata Kanit Lakalantas Polres Sidoarjo AKP Toni Irawan.

Sementara itu, petugas patroli Jalan Raya (PJR) Tol Jatim 2 Aiptu Sholeh yang berada di lokasi menjelaskan, mobil bernopol L 1520 AJ itu melaju dalam kecepatan tinggi. Sebelum menabrak pagar pengaman, posisi mobil terlalu ke kanan.

"Mobil terlalu geser ke kanan, terus jadi oleng. Karena jalan di sebelah kanan tidak rata ketinggiannya," jelas dia.

Sholeh mengatakan, pengemudi mobil, Setyo, tewas di lokasi kejadian. Sementara, istri korban bernama Olyvia dan anaknya, Imanuel Michael Santoso mengalami luka-luka. Keduanya langsung dibawa ke RSUD Sidoarjo.

Dari informasi yang diterima polisi, sekeluarga tersebut dari Japanan hendak pulang ke Surabaya. "Kondisi istrinya mengalami luka pada tangan karena tergores guardrail yang tembus. Sampai saat ini, istrinya masih syok dan belum bisa dimintai keterangan," ucap Sholeh.

Sedangkan, anak korban saat tabrakan itu diduga sedang terlelap di kursi belakang. "Anaknya hanya luka ringan," katanyanya.

Usai tabrakan itu, mobil mengeluarkan asap tebal di bagian depan. Kap depan ringsek parah. Petugas sempat mengalami kesulitan saat mengevakuasi karena tujuh pagar pengaman yang menembus ke dalam mobil.

Baca berita menarik JawaPos.com lainnya di sini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: