Minggu, 03 Juni 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Jokowi Terima Laporan Pemeriksaan Keuangan Pemerintah 2017, Ini Hasilnya

Posted: 03 Jun 2018 10:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta ‎Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun 2017 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di Istana Negara.

Berdasarkan hasil pemeriksaan atas 87 Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga (LKKL) dan satu Laporan Keuangan Bendahara Umum Negara (LKBUN), BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas LKPP Tahun 2017. Opini WTP ini merupakan yang kedua kalinya diraih setelah pemerintah pusat memperoleh opini WTP atas LKPP Tahun 2016.

"Ini sungguh patut kita syukuri dan saya ucapkan terima kasih atas kerja keras segenap jajaran di Kementerian Keuangan dan semua kementerian lembaga penggunaan APBN," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (4/6/2018).

Atas pemeriksaan terhadap 88 laporan keuangan tersebut, terdapat tren peningkatan kualitas opini. BPK memberikan opini WTP terhadap 80 LKKL/LKBUN atau 91 persen, meningkat dibandingkan Tahun 2016 sebanyak 74 LKKL atau 84 persen.

Opini Wajar dengan Pengecualian (WDP) diberikan kepada enam LKKL, yang sebelumnya pada 2016 sebanyak delapan LKKL. Adapun opini Tidak Menyatakan Pendapat (TMP) diberikan pada dua LKKL yang pada tahun sebelumnya sebanyak enam LKKL. ‎

 

Opini WDP

Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Opini WDP diberikan kepada Kementerian Pertahanan, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Komisi Nasional HAM, Badan Pengawas Tenaga Nuklir, LPP TVRI, dan LPP RRI. Sementara itu, opini TMP diberikan kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) serta Badan Keamanan Laut (Bakamla).

"Saya melihat ada peningkatan jumlah entitas pemeriksaan yang mendapatkan WTP pada 2016 yang WTP ada 74 sekarang yang di 2017 menjadi 80. Tidak memberikan pendapat atau disclaimer menurun 2016 ada enam, 2017 masih ada dua. KKP dan Bakamla," kata dia.

Permasalahan pada dua LKKL yang belum meraih opini WTP tersebut secara umum meliputi permasalahan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), Belanja Barang, Belanja Modal, Piutang Bukan Pajak, Persediaan, Aset Tetap, Aset Lainnya, dan Utang kepada Pihak Ketiga.

‎"Kita harapkan tahun depan bisa diperbaiki sehingga enggak ada lagi yang TMP, WTP semuanya. Eggak ada lagi yang WDP, semuanya WTP, semuanya," tandas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Paduan Suara Telkom University Juara 1 di Kompetisi Internasional Franz Schubert

Posted: 03 Jun 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Telkom University Choir berhasil meraih juara satu dalam ajang 31st International Franz Schubert Choir Competition di Vienna, Austria, yang diadakan oleh Interkultur, penyelenggara kompetisi dan festival paduan suara di Jerman, pada 30 Mei-3 Juni 2018.

Telkom University Choir mendapatkan juara satu di dua kategori lomba yaitu kategori Sacred Choral Music (S) dan kategori Mixed Youth Choir (G3).

Ketua tim keberangkatan Telkom University Choir, Ryan, mengatakan bahwa ia sangat bersyukur dengan pencapaian yang telah diraihnya bersama dengan rekan-rekannya. Menurutnya, pencapaian yang didapat dalam kompetisi kali ini bisa menjadi semangat dan acuan untuk menghadapi kompetisi berikutnya.

"Saat ini Telkom University Choir sedang persiapan menuju kompetisi berikutnya yaitu 9th International Krakow Choir Festival 'Cracovia Cantans' - Krakow, Poland yang berlangsung pada tanggal 7-10 Jui 2018," kata Ryan dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Senin, 4 Juni 2018.

Sebagai satu-satunya perwakilan Indonesia di kompetisi itu, Telkom University Choir bertanding dengan 17 paduan suara lainnya yang berasal dari 11 negara yaitu Austria, Denmark, Estonia, Norwegia, China Taipei, Filipina, Rusia, Singapura, Turki, Amerika dan Vietnam.

Telkom University Choir yang beranggotakan 34 orang penyanyi, dan 1 orang konduktor ini dipercaya sebagai paduan suara pembuka yang tampil dalam Opening Ceremony kompetisi ini yang berlangsung di Votivkirche dengan membawakan lagu-lagu tradisional Indonesia disertai dengan tarian dan kostum yang menunjukan dan memperkenalkan identitas budaya Indonesia.

Pada kategori Sacred Choral Music (S) yang diadakan pada 1Juni 2018 di Minoritenkirche, Telkom University Choir membawakan tiga komposisi karya sakral dari berbagai zaman musik, Exultate Deo karya Giovanni Pierluigi da Palestrina, Abendlied karya Josef Gabriel Rheinberger dan Gloria Patri karya komposer Indonesia yaitu Budi Susanto Yohanes.

Tim ini pula yang membawakan karya-karya lain pada kategori Mixed Youth Choir (G3) yaitu The Heavens Flock karya Eriks Esenvalds, Salve Regina karya Franz Schubert, Fajar dan Senja II karya Ken Steven dan Gaur Akelarre karya Josu Elberdin.

Dalam penampilannya kali ini Telkom University Choir mendapatkan dukungan langsung dari warga Indonesia yang tinggal di Austria serta Bapak Dubes RI Austria dan Staff Kedutaan Besar Republik Indonesia di Austria yang datang langsung menyaksikan Telkom University Choir berkompetisi di Wiener Konzerthaus pada tanggal 2 Juni 2018.

Dalam kompetisi ini Telkom University Choir berhasil mendapatkan juara kategori di dua kategori dengan predikat Gold Diplome Level VI dan mendapatkan skor tertinggi pada kompetisi tersebut serta medapatkan Qualified I sebagai kualifikasi untuk mengikuti kompetisi tertinggi di Interkultur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timnas Indonesia U-23 Masih Cari Pemain Senior, Thailand Tak Gunakan di Asian Games

Posted: 03 Jun 2018 10:15 PM PDT

Jakarta - Sebuah langkah berani dilakukan timnas Thailand U-23. Timnas dari Negeri Gajah Putih itu dipastikan tampil tanpa pemain senior di Asian Games 2018. Hal itu diungkap Naruephon Kaenson, pelatih Thailand.

Hal ini berbeda dengan timnas Indonesia U-23 Pelatih Luis Milla masih sibuk mencari pemain senior yang cocok demi memenuhi kuota tiga pemain senior sesuai persyaratan.

Saat lawan Timnas Indonesia U-23, Thailand U-23 sama sekali tak dihuni pemain senior. Hasilnya pun cukup bagus yakni meraih sekali kemenangan dan sekali imbang.

Pemain termuda yang dibawa berusia 18 tahun dan tertua berusia 23 tahun. Adapun Timnas Indonesia U-23 menggunakan jasa lima pemain senior yakni Teja Paku Alam, Muhammad Ridho, Riko Simanjuntak, Victor Igbonefo, dan Alberto 'Beto' Goncalves. Nama terakhir terpaut 19 tahun dari pemain termuda yang dipanggil Luis Milla yakni Saddil Ramdani (18 tahun).

Naruephon Kaenson berpendapat, Thailand U-23 tak ingin memanggil pemain senior karena lebih fokus pada perkembangan pemain muda. Selain itu, nama-nama pemain senior andalan mereka sedang sibuk di klub masing-masing yang berkarier di luar Thailand.

"Kami tidak akan menggunakan pemain senior di Asian Games karena mereka bermain di J-League dan Thai League. Ketika Asian Games dimulai, J-League masih berlangsung," Naruephon Kaenson kepada wartawan.

 

Tak Butuh Senior

Bek Timnas Indonesia U-23, M Rezaldi Hehanusa (tengah) mencoba melewati adangan pemain Thailand U-23 pada laga persahabatan di Stadion Pakansari, Kab Bogor, Minggu (3/6). Laga berakhir imbang 0-0. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pemain-pemain senior yang jadi andalan Timnas Thailand saat ini adalah Chanathip Songkrasin (Consadole Sapporo, Charyl Chappuis (Muangthong United), hingga Teerasil Dangda yang saat ini bermain di Sanfrecce Hiroshima.

"Mereka adalah pemain-pemain kunci di klubnya. Tanpa mereka pun tak ada yang berbeda karena kami masih bisa bermain bagus, jadi memutuskan untuk tidak memanggil mereka," ucap Neruephon.

 

Milla Butuh Tiga Pemain Senior

Sementara itu, pelatih Luis Milla mengaku masih akan memburu tiga pemain senior untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23 di Asian Games 2018. Ketiga pemain tersebut akan menghuni posisi kiper, bek tengah, dan penyerang.

Sumber: www.bola.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengakuan Lurah Cilandak soal Target Zakat Rp 138 Juta

Posted: 03 Jun 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lurah Cilandak Barat Agus Gunawan mengaku kelurahannya ditarget menyetor Rp 138 juta selama 2018 kepada Badan Amal Zakat, Infaq dan Shadaqah (Bazis) pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Target itu tercantum dalam surat edaran dari Wali Kota Jakarta Selatan ke setiap kelurahan.

"Rp 138 juta kan wilayahnya luas. Setiap kelurahan targetnya kan beda-beda," kata Agus saat dihubungi, Jakarta, Senin (4/6/2018).

Akan tetapi, menurut Agus, tak ada target zakat dari wali kota kepada setiap kelurahan terkait setoran sedekah selama ramadhan. Agus menyebut permintaan minimal zakat Rp 1 juta kepada setiap RT di kelurahan wilayahnya inisiasinya dan diketahui oleh Bazis Pemprov DKI.

Selain untuk memotivasi setiap RT, imbauan itu diberikan agar target setoran zakat Rp 138 juta per tahun tercapai di bulan ramadan. Agus pun mengaku tak terbebani dengan target tersebut.

"Kan kita langsung setor ke rekening Bazis dari RT kumpulin, kelurahan kita cuma mengolektifkan langsung setor ke rekening Bazis. Kan rekening bisa ke pantau," kata Agus.

Agus menyebut baru kali ini memberikan edaran meminta minimal setoran zakat tersebut. Surat edaran itu untuk memotivasi RT agar lebih giat mengajak warga bersedekah. Bahkan setiap kelurahan memiliki target berbeda untuk gerakan amal sosial ramadhan (GAR). Salah satunya di kelurahan Ciganjur yang meminta setiap RT-nya menyetor zakat sedekah minimal Rp 1,5 juta.

"Semua kelurahan buat, se-Jakarta raya cuma beda-beda. Jadi intinya kita mengajak masyarakat bersedekah," kata dia.

 

Bazis Tepis Target Zakat

Ilustrasi uang. (via: istimewa)

Badan Amal Zakat, Infaq dan Shadaqah (Bazis) pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebelumnya menepis bahwa pihaknya menargetkan dana Bazis senilai Rp 1 juta. Bazis hanya mengimbau setiap rukun tetangga untuk mengingatkan masyarakat agar membayar zakat tanpa menargetkan pencapaiannya jumlahnya.

"Oh bukan dari kita itu. Kita hanya imbauan aja untuk membayar zakat, tidak menentukan harus Rp 1 juta. Sebenarnya memang perintah dari agama itu. Enggak pernah kami melakukan seperti itu. Enggak ada dari kita," kata Zahrul saat dikonfirmasi, Minggu 3 Juni 2018.

Meski demikian, Zahrul membenarkan bahwa ada map dan imbauan kepada lurah dari Bazis. Surat edaran berkop Kelurahan Cilandak Barat, Jakarta Selatan, berisi permintaan kepada seluruh RT se-Cilandak Barat untuk mengumpulkan dana Bazis dengan angka minimal Rp 1 juta kemudian viral di media sosial.

"Untuk imbauan kepada masyarakat Jakarta untuk membayar zakat," ujarnya.

 

Reporter : Muhamad Agil Aliansyah

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lal Hussain, Pria Yang Jalani Tradisi Bangunkan Sahur Dengan Drum

Posted: 03 Jun 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ramadan ini di tempatmu masih sering mendengar orang membangunkan sahur dengan berkeliling di sekitar tempat tinggalmu sambil memukul kentongan atau dengan alat perkusi yang lain seperti bedug atau bahkan botol kaca bekas minuman? Di beberapa tempat di Indonesia biasanya ada orang atau sekelompok orang yang keliling untuk membangunkan sahur. Kali ini ada seorang pria yang berasal dari Pakistan yang tekun membangunkan sahur setiap bulan ramadan tiba menggunakan drum atau mungkin mirip gendang kalau di Indonesia.

Pria Pakistan Lal Hussain (66) memukul drum saat membangunkan warga untuk sahur di Rawalpindi (30/5). Hussain adalah salah satu dari beberapa drumer yang tersisa yang masih melakukan tradisi berabad-abad membangunkan sahur.  (AFP Photo/Aamir Qureshi)Pria Pakistan Lal Hussain (66) memukul drum saat membangunkan warga sahur di Rawalpindi (30/5). Selama Ramadan, Hussain tetap semangat membangunkan sahur meskipun para penduduk telah menggunkan alat digital untuk bangun sahur. (AFP Photo/Aamir Qureshi)Pria Pakistan Lal Hussain (66) memukul drum saat membangunkan warga sahur di Rawalpindi (30/5). Selama Ramadan, Hussain tetap semangat membangunkan sahur meskipun para penduduk telah mengalami revolusi digital untuk bangun sahur. (AFP Photo/Aamir Qureshi)

Ialah Lal Hussain, pria berusia 66 tahun berasal dari Pakisatan ini sampai sekarang masih terus melakukan hal yang sebenarnya sudah terbilang kuno karena melihat teknologi yang ada sekarang, sudah ada Hand Phone yang sudah bisa kita atur alarmnya supaya kita bisa bangun pada saat waktu sahur tiba. Namun Lal masih setia berkeliling kampungknya untuk membangunkan orang-orang bangun.

Pria Pakistan Lal Hussain (66) memukul drum saat membangunkan warga untuk sahur di Rawalpindi (30/5). Hussain adalah salah satu dari beberapa drumer yang tersisa yang masih melakukan tradisi berabad-abad membangunkan sahur.  (AFP Photo/Aamir Qureshi)Pria Pakistan Lal Hussain (66) memukul drum saat membangunkan warga untuk sahur di Rawalpindi (30/5). Hussain adalah salah satu dari beberapa drumer yang tersisa yang masih melakukan tradisi berabad-abad membangunkan sahur.  (AFP Photo/Aamir Qureshi)

Bagaimana pun, usaha Lal Hussain untuk membangunkan warga kampungnya ini patut diapresiasi. Karena tidak banyak lagi orang yang mau melakukan hal yang sudah ada sejak dulu ada ini.

 

Sumber: Kapanlagi

Reporter:  Cinthya Septavy

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Opera House Jadi Inspirasi Resort Mewah di Bali

Posted: 03 Jun 2018 10:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejuta pesona yang disimpan oleh Bali mampu mengundang siapapun untuk kembali. Bahkan nuansa pantai yang dihadirkan oleh berbagai hotel dan resort di Bali selalu sukses menjadi daya tarik tersendiri. Di penjuru Selatan Bali, tepatnya Uluwatu, terdapat beragam wisata lokal yang bisa Anda nikmati.

Sebuah resort mewah pun didirikan di wilayah yang kental akan kearifan lokal Bali. Ya, Renaissance Bali Resort and Spa yang merupakan bagian dari Marriott International hadir pertama kali di Indonesia, tepatnya di kawasan Uluwatu, Bali.

Resort mewah ini terinspirasi dari bangunan Opera House di Sydney, Australia. Bentuk bangunan yang mirip dengan Opera House diaplikasikan pada gedung yang terdiri dari lobby, ruang meeting, dan restoran.

Fasilitas lengkap

Renaissance Bali Resort and Spa meghadirkan nuansa Opera House pada desain resort mewahnya.

Renaissance Resort and Spa memiliki 208 kamar yang siap menjamu para tamu dari berbagai penjuru dunia. Resort ini memiliki pilihan kamar suite, deluxe luxury, dan president suite yang memiliki tiga kamar.

Semua kamar ini terbagi dalam enam sayap gedung yang memiliki konsep floor yang unik. Di mana setiap lantai tidak disusun ke atas, melainkan justru ke bawah. Selain itu, setiap sayap dibuat dengan konsep crossing floor yang membuat pengunjung akan merasa bingung setiap ingin pergi atau kembali ke kamarnya.

Konsep penyusunan kamar ini sendiri mengikuti bentuk bangunan Opera House dan sejalan dengan konsep yang diusung oleh Renaissance Bali Resort and Spa. Di mana resort ini ingin memberikan pengalaman discovery ketika menginap di resort ini. Sehingga pihak resort menyediakan peta dan navigator untuk membantu tamu pergi atau kembali ke kamar.

Pengalaman yang berbeda

Renaissance Bali Resort and Spa meghadirkan nuansa Opera House pada desain resort mewahnya.

Menurut Mike Fulkerson selaku Vice President, Brands & Marketing Asia Pacific Marriott International menuturkan bahwa pihak hotel ingin memberikan pengalaman yang berbeda bagi para tamu.

"Kami ingin memberikan pengalaman bagi para tamu di resort ini. Kami ingin para tamu membawa sebuah cerita unik dari pengalaman menginap di resort ini. Anda bisa mengeksplorasi kearifan lokal Uluwatu di hotel ini," ujar Mike Fulkerson.

Selain kamar yang cukup mewah, resort ini memiliki enam ruang meeting, gym studio yang memiliki pemandangan laut, dan area spa yang akan memanjakan para tamu.

Area pool deck menjadi yang cukup favorit bagi para tamu. Di mana pool deck ini memiliki beragam kursi santai dan pemandangan yang menghadap langsung ke area tebing khas Uluwatu dan laut Selatan Bali.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lirik Lagu Dengan Caraku dari Bianca Jodie dan Arsy Widianto

Posted: 03 Jun 2018 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Simak lirik lagu Bianca Jodie feat Arsy Widianto "Dengan Caraku" berikut ini:

 

Tak mengerti apa yang telah terjadi

Kau tak lagi sama, engkau bukan engkau

Yang selalu mencari dan menelponku

Dering darimu tak ada lagi

 

Walau kau menghapus menghempas diriku

Mengganti cintaku

Semua tak mampu hilangkan cinta

Yang tlah kau beri

 

Walau kau berubah aku kan bertahan

Di sepanjang waktuku

Biarkan aku mencintaimu dengan caraku

 

Aku tak suka bila hoo

Kau selalu dekat dengannya hooo

Jangan engkau cemburu

Dia hanya sahabat di kelasku

 

Walau kau menghapus menghempas diriku

Mengganti cintaku (Mengganti cintaku)

Semua tak mampu hilangkan cinta (Semua cinta yang kau beri)

Yang tlah kau beri (Semua cinta yang kau beri)

 

Walau kau berubah aku kan bertahan

Di sepanjang waktuku

Biarkan aku mencintaimu dengan caraku

 

Walau kau menghapus menghempas diriku

Mengganti cintaku (Tak akan mengganti)

Semua tak mampu hilangkan cinta

Yang tlah kau beri (Ku takkan pernah berubah)

 

Walau kau berubah aku kan bertahan

Di sepanjang waktuku

Biarkan aku mencintaimu dengan caraku

 

Tak usah cemburu

Aku tak ingin kita berpisah karena ini

Biarkan aku selalu untuk mencinta

Untuk selamanya

 

Pembuktian

Bianca Jodie, Yovie Widianto, dan Arsy Widianto (Foto: Instagram/brisiajodie96)

Tersisih dari ajang pencarian bakat menyanyi, tak membuat karier bermusik Bianca Jodie terasa gelap. Setidaknya single "Dengan Caraku" ini menjadi pembuktian Bianca Jodie dalam menapaki awal karier bermusiknya.

Dalam single perdananya, Bianca Jodie berkolaborasi dengan putra Yovie Widianto, Arsy Widianto. Menariknya, Bianca Jodie dan Arsy Widianto tampil dengan balutan musik yang cukup unik. Lagu tersebut juga mengambil tema kisah percintaan anak-anak muda.

Lagu "Dengan Caraku" sudah tersedia di berbagai platform digital seperti di iTunes, Amazon, Spotify, Deezer dan media pembelian lagu online lainnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donald Trump Akan Gelar Buka Puasa Bersama di Gedung Putih

Posted: 03 Jun 2018 10:08 PM PDT

Liputan6.com, Washington DC - Presiden Donald Trump mengumumkan rencana menggelar buka puasa bersama dengan komunitas muslim di Gedung Putih, setelah tahun lalu gagal melakukannya.

Seorang pejabat Gedung Putih menegaskan agenda buka puasa bersama itu akan diselenggarakan pada Rabu, 6 Juni 2018, meskipun belum ada tamu yang dikonfirmasi kehadirannya.

Dikutip dari CNN pada Senin (4/6/2018), presiden-presiden Amerika Serikat (AS) sebelumnya telah melakukan tradisi buka puasa bersama di Gedung Putih selama dua dekade terakhir.

Absennya Donald Trump dalam menggelar agenda tahunan pada 2017, memicu kritik luas dari berbagai kalangan.

Imam Talib Shareef dari Masjid Nasional di Washington DC mengatakan kepada Newsweek kala itu: "Sangat mengecewakan karena hal tersebut adalah tradisi yang baik."

Donald Trump tidak menjelaskan secara pasti apa alasan ia meniadakan agenda buka puasa di Gedung Putih pada tahun lalu.

Namun, banyak pihak menduga bahwa Presiden AS ke-45 itu terlalu fokus pada upaya pembuktian kampanye "Make America Great Again".

 

Simak video pilihan berikut: 

 

 

Twit Trump Soal Puasa

Warga Muslim mendengarkan ceramah saat menggelar Salat Jumat berjamaah di depan Gedung Putih, Jumat (8/12). Para warga muslim ini menggelar sajadah mereka di sebuah taman yang ada di depan kediaman resmi Presiden AS Donald Trump. (mari matsuri / AFP)

Sementara itu, Donald Trump dinilai telah menunjukkan sedikit perhatian terhadap ibadah puasa yang dijalankan umat muslim di Amerika Serikat, dibanding sebelumnya.

Melalui serangkaian twitnya, Trump menyatakan: "Ramadan mengingatkan kita pada kekayaan umat Islam yang ditambahkan ke permadani kehidupan beragama di Amerika Serikat. Di sini, kita semua diberkati untuk hidup di bawah Konstitusi yang menjamin kebebasan beragama dan menghormati praktik keagamaan."

"Konstitusi AS memastikan muslim dapat menjalankam Ramadan sesuai dengan perintah hati nurani. Dan tanpa hambatan oleh pemerintah. Dengan demikian, Konstitusi juga menyediakan berbagai kesempatan bagi semua warga Amerika untuk memperdalam pemahaman mereka tentang jiwa manusia," lanjutnya.

"Karena banyak orang bersatu untuk merayakan Ramadan, saya dan Melania sama-sama berharap berkat melimpah di bulan ini. Ramadan Mubarak!" lanjut Trump.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Takluk Lawan Brasil, Kroasia Tetap Optimistis Sambut Piala Dunia 2018

Posted: 03 Jun 2018 10:07 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Kroasia tetap percaya diri untuk berlaga di Piala Dunia 2018. Meski dalam ujicoba terbaru, mereka takluk melawan Brasil dengan skor 0-2.

Salah satu pemain Kroasia, Dejan Lovren pun mengaku bahwa hasil tersebut memang bukan yang mereka harapkan. Tapi dia tetap menilai timnya sudah bermain cukup baik melawan Brasil yang jelas merupakan salah satu tim favorit juara Piala Dunia.

"Saya rasa di babak pertama kami bermain cukup bagus, kami memiliki beberapa peluang dan mereka tidak mendapatkan itu," ujar Lovren di Fourfourtwo.

Memang dua gol kemenangan Brasil di laga itu lahir di babak kedua. Tapi pertandingan terbilang cukup seimbang karena Kroasia juga memiliki sejumlah pemain hebat.

"Ketika Anda melihat hasil pertandingan, itu memang terlihat buruk. Tapi hal yang terpenting adalah semua pemain fit dan sekarang bersiap untuk pertandingan persahabatan berikutnya."

 

Optimistis

Striker Brasil, Neymar, berusaha membobol gawang Kroasia pada laga persahabatan di Stadion Anfield, Liverpool, Minggu (3/6/2018). Brasil menang 2-0 atas Kroasia. (AFP/Oli Scarff)

Piala Dunia 2018 Rusia akan dimulai pada 14 Juni mendatang. Dan laga pertama Kroasia akan dimainkan pada 17 Juni, melawan Nigeria. Karenanya Lovren percaya timnya memiliki waktu yang cukup untuk mengingkatkan performa timnya.

"Kami masih memiliki 13 hari untuk meningkatkan performa kami dan saya percaya kami bisa menembus babak grup," ujarnya.

Kroasia akan melakoni satu laga uji coba lagi kontra Senegal pada Jumat (8/6) mendatang.

Salah satu kekuatan utama Kroasia ada di lapangan tengah mereka. Mereka memiliki Luka Modric dan Ivan Rakitic, yang keduanya adalah pemain utama Real Madrid dan Barcelona.

Selain kedua pemain tersebut, Kroasia juga masih memiliki Ivan Perisic yang ahli melancarkan serangan menusuk dari sayap kiri. Juga Mario Mandzukic, penyerang yang bisa dimainkan di beberapa posisi.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berdesain Mewah, Pelek Ini Ternyata Harganya Bersahabat

Posted: 03 Jun 2018 10:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu cara paling mudah diterapkan untuk mendongkrak tampilan kendaraan adalah dengan mengganti pelek. Dan di pasaran tersedia banyak pelek dengan desain beragam dan tentunya harga yang disodorkan variatif.

Namun kalau cari pelek yang ramah kantong, produsen VRossi punya gaya yang mirip-mirip. Produk peleknya ini bisa dilihat di gelaran Pekan Raya Jakarta (PRJ).

Untuk produk yang mereka buat sendiri di Serang, nama yang dipakai adalah New Cobra.

Jangan khawatir dengan bahan yang digunakan karena produsennya PT Batavia Cyclindo Industri (VRossi atau Velg Rossi) menggunakan bahan aluminium.

"Ini tipe New Cobra, mungkin bentuknya mirip Marchesini. Tapi yang ini buatan lokal. Modelnya sama, cuma buatan Indonesia," kata Adi Djunaedi, Marketing PT Batavia Cyclindo Industri.

 

Selanjutnya

Warnanya sendiri beragam, dan bisa menyesuaikan kebutuhan pehobi custom motor sport. Mulai dari candy tone sampai model glossy.

"Ukuran depan 3,5 inci, yang belakang 5,5 inci. Ini untuk yang motor besar, R25, Ninja 250, Byson, R15," tambah Adi.

Soal harga, pelek aluminium yang dipatok mulai dari Rp 375 ribu ini menyesuaikan dengan ukuran yang diinginkan.

"Yang lebar 3,5 inci itu Rp 375 ribu. Harganya bervariasi. Makin tinggi (ukurannya), harganya semakin naik. Paling mahal kalau yang 4 inci di harga Rp 500 ribuan," kata dia.

Sumber: Otosia.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Didiagnosis Tak Hidup Lama, Miliuner Muslim Donasikan Seluruh Uangnya

Posted: 03 Jun 2018 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hidup dalam bergelimang harta tentunya menjadi dambaan banyak orang. Menjadi seorang miliuner yang memiliki beragam mobil sport disertai pakaian mewah. Sejumlah hal itu memang menjadi bagian dari kehidupan beruntung yang dialami seorang miliuner muda dari Sydney, Australia.

Ali Banat, menjalani gaya hidup mewah semacam itu sebelum diberi tahu bahwa usianya tak lama lagi karena kanker mulut langka. Dokter memberikan diagnoasa bahwa pebisnis itu mengalami kanker tahap terminal, dimana kondisinya tak lagi memiliki harapan untuk sembuh.

Dihadapkan dengan kenyataan tragis itu di tahun 2015, ternyata mengetuk hati Ali untuk mendekatkan diri pada Tuhan. Dokter memperkirakan bahwa Ali hanya punya kemungkinan hidup sampai tujuh bulan saja, tapi dari situ ia mulai melakukan perubahan positif kepada orang-orang dengan kekayaannya.

Banat kemudian mendonasikan uangnya untuk amal 'Muslim Around The World', ia menyumbangkan senilai Rp 10,8 miliar. Mantan pebisnis itu juga memutuskan menghabiskan tahun terakhirnya untuk memberikan uang kapada kaum muslim yang kurang mampu.

Penyakit yang ia alami merupakan sebuah hadiah dari Allah

(Foto: © Sky Shazad Photography & OnePath Network)

Ali setelah itu sadar bahwa selama ini ia mengejar tujuan yang salah dalam hidupnya. 

"Ketika Anda menemukan bahwa Anda sakit atau tidak punya banyak waktu untuk hidup, ini adalah hal terakhir yang akan Anda kejar," kata Ali dalam dokumenter OnePath Network. Ali menggambarkan bahwa penyakitnya merupakan hadiah dari tuhan karena itu, ia bisa punya kesempatan untuk berubah.

Tak lama setelah mendapat diagnosis tersebut, Ali kemudian menjual semua bisnisnya dan berpergian ke sejumlah negara di Afrika. Di sana, ia juga membangun masjid serta sekolah, sebelum akhirnya membuat donasi 'Muslim Around The World'.

Dari situ ia membuat sejumlah pusat medis, bisnis untuk mendukung masyarakat, serta sekolah untuk anak-anak yatim dan rumah untuk menampung para janda.

Ali sendiri ternyata berhasil hidup lebih dari dua tahun, terlewat dari prediksi para dokter. Namun, pada 29 Mei 2018, ia wafat di usia 36 tahun dan di makamkan di Sydney.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pemudik Bangladesh Tidur di Stasiun demi Tiket Lebaran

Posted: 03 Jun 2018 10:04 PM PDT

Calon pembeli menunggu dibukanya loket tiket mudik lebaran di Stasiun Kereta Kamalapur, Dhaka, Minggu (3/7). Pemudik Bangladesh rela antre berjam-jam dan bahkan menunggu jauh hari sebelum pembukaan loket tiket. (AFP PHOTO/MUNIR UZ ZAMAN)

Calon pembeli menunggu dibukanya loket tiket mudik lebaran di Stasiun Kereta Kamalapur, Dhaka, Minggu (3/7). Pemudik Bangladesh rela antre berjam-jam dan bahkan menunggu jauh hari sebelum pembukaan loket tiket. (AFP PHOTO/MUNIR UZ ZAMAN)

Ratusan orang mengantre di depan loket untuk mendapatkan tiket mudik lebaran di Stasiun Kereta Kamalapur, Dhaka, Minggu (3/7). Di Bangladesh, jutaan orang akan kembali pulang ke kampung halamannya saat lebaran Idul Fitri tiba. (AFP PHOTO/MUNIR UZ ZAMAN)

Ratusan orang mengantre di depan loket untuk mendapatkan tiket mudik lebaran di Stasiun Kereta Kamalapur, Dhaka, Minggu (3/7). Di Bangladesh, jutaan orang akan kembali pulang ke kampung halamannya saat lebaran Idul Fitri tiba. (AFP PHOTO/MUNIR UZ ZAMAN)

Calon pembeli tidur saat mengantre demi mendapatkan tiket mudik lebaran di Stasiun Kereta Kamalapur, Dhaka, Minggu (3/7). Pemudik Bangladesh rela antre berjam-jam dan bahkan menunggu jauh hari sebelum pembukaan loket tiket. (AFP PHOTO/MUNIR UZ ZAMAN)

Calon pembeli tidur saat mengantre demi mendapatkan tiket mudik lebaran di Stasiun Kereta Kamalapur, Dhaka, Minggu (3/7). Pemudik Bangladesh rela antre berjam-jam dan bahkan menunggu jauh hari sebelum pembukaan loket tiket. (AFP PHOTO/MUNIR UZ ZAMAN)

Ratusan orang mengantre di depan loket untuk mendapatkan tiket mudik lebaran di Stasiun Kereta Kamalapur, Dhaka, Minggu (3/7). Di Bangladesh, jutaan orang akan kembali pulang ke kampung halamannya saat lebaran Idul Fitri tiba. (AFP PHOTO/MUNIR UZ ZAMAN)

Ratusan orang mengantre di depan loket untuk mendapatkan tiket mudik lebaran di Stasiun Kereta Kamalapur, Dhaka, Minggu (3/7). Di Bangladesh, jutaan orang akan kembali pulang ke kampung halamannya saat lebaran Idul Fitri tiba. (AFP PHOTO/MUNIR UZ ZAMAN)

Calon pembeli tidur saat mengantre demi mendapatkan tiket mudik lebaran di Stasiun Kereta Kamalapur, Dhaka, Minggu (3/7). Perayaan Idul FItri merupakan salah satu tradisi yang terbesar di Bangladesh. (AFP PHOTO/MUNIR UZ ZAMAN)

Calon pembeli tidur saat mengantre demi mendapatkan tiket mudik lebaran di Stasiun Kereta Kamalapur, Dhaka, Minggu (3/7). Perayaan Idul FItri merupakan salah satu tradisi yang terbesar di Bangladesh. (AFP PHOTO/MUNIR UZ ZAMAN)

Ratusan orang mengantre di depan loket untuk mendapatkan tiket mudik lebaran di Stasiun Kereta Kamalapur, Dhaka, Minggu (3/7). Pemudik Bangladesh rela antre berjam-jam dan bahkan menunggu jauh hari sebelum pembukaan loket tiket. (AFP PHOTO/MUNIR UZ ZAMAN)

Ratusan orang mengantre di depan loket untuk mendapatkan tiket mudik lebaran di Stasiun Kereta Kamalapur, Dhaka, Minggu (3/7). Pemudik Bangladesh rela antre berjam-jam dan bahkan menunggu jauh hari sebelum pembukaan loket tiket. (AFP PHOTO/MUNIR UZ ZAMAN)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PDIP Ingatkan Kader Menangkan TB Hasanuddin-Anton di Pilkada Jabar

Posted: 03 Jun 2018 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, mengingatkan kader partainya untuk bersiap diri dan bekerja keras, demi bisa memenangkan pasangan TB Hasanuddin-Anton Charliyan (Hasanah) di Pilkada Jawa Barat 2018.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri pelantikan DPD Taruna Merah Putih (TMP) Jawa Barat yang baru, Minggu 4 Juni 2018. Dalam kesempatan itu, dia memerintahkan semua kader bekerja secara total untuk memenangkan pasangan TB Hasanuddin-Anton Charliyan yang diusung oleh partainya.

"Mari kita bersatu padu dengan rakyat untuk berjuang bagi kesejahteraan rakyat Indonesia. Kita adalah negara yang besar, yang perlu dikerjakan dengan gagasan besar. Saya memerintahkan semua kader TMP untuk bekerja secara total untuk memenangkan Hasanah" ucap Hasto dalam keterangan tertulisnya.

Dia menuturkan, tak ada pilihan lain selain kata menang di Pilkada Jabar ini.

Sementara itu, Ketua TMP Maruarar Sirait atau akrab disapa Ara, menyanggupi apa yang disampaikan oleh Hasto. Dia siap turun total untuk memenangkan pasangan TB Hasanuddin-Anton Charliyan tersebut.

"TMP siap memenangkan secara total Hasana di Jawa Barat. Kader-kader TMP akan door to door untuk memenangkan Hasana," pungkas Ara.

TB Hasanuddin Ingatkan Regenerasi

Ketua DPD PDIP Jawa Barat yang merupakan calon Gubernur Jawa Barat TB Hasanuddin mengukuhkan Kepengurusan DPD Taruna Merah Putih (TMP) Jabar, Minggu 3 Juni 2018. Dalam kesempatan itu, dia mengingatkan, agar organisasi sayap PDIP itu terus melakukan regenerasi dan pengkaderan dalam proses berpartai.

"Saya melantik saudara-saudara sekalian sebagai sebuah kebanggaan karena regenerasi dan harapan agar TMP terus melakukan kaderisasi agar menciptakan kader partai yang tangguh," ucap TB Hasanuddin.

Tak luput juga, dia meminta dan berpesan, agar para TMP bisa meneruskan perjuangannya, demi memenangkan Pilkada Jawa Barat. Dia meminta seluruh kader hadir di TPS saat pencoblosan.

"Saya meminta kader-kader TMP untuk door to door, nongkrong di lokasi saat pemilihan," ungkap TB Hasanuddin.

Sementara itu, Ketua DPD TMP Jabar, Brando Susanto, menuturkan, akan berjuang keras membesarkan organisasi ini. Dia menerangkan, bekerja tegak lurus terhadap seluruh arahan dan instruksi partai.

"Ini adalah sebuah kehormatan yang dipercayakan kepada saya, saya akan menjaga dan membesarkan TMP di Jawa Barat," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Kenakan UU Darurat terhadap 7 Pelaku Tawuran di Jakarta Selatan

Posted: 03 Jun 2018 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polres Metro Jakarta Selatan menahan tujuh pelaku tawuran di depan STM Penerbangan, Kelurahan Petogogan, Jakarta Selatan, pada pukul 22.30 WIB, Sabtu (3/6/2018) malam. Para pelaku dijerat undang-undang darurat.

"(UU darurat) Iya. Saat ini kita tahan. Kemarin diperiksa begitu lengkap kita tahan. Kemarin ada enam di STM, dan satu di Sahid," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Indra Jafar di Mapolda Metro Jaya, Senin (4/6/2018).

UU Darurat mengatur larangan membawa senjata tajam. Mantan Wadir Lalu Lintas Polda Metro Jaya itu, mengungkapkan para pelaku diamankan sebelum aksi tawuran berlangsung. Dari tangan pelaku diamankan beberapa barang bukti seperti senjata tajam.

Rata-rata para pelaku yang ditangkap adalah mahasiswa dan pelajar. Mereka menggelar sahur on the road dengan membawa senjata tajam.

Menurut Indra, hal itu menunjukkan mereka punya niat untuk tawuran. "Tapi alhamdulilah kemarin enggak sempat bentrok karena kita amankan," bebernya.

Indra meminta agar masyarakat lebih waspada. "Malam itu banyak tawuran kayanya. Kita akan antisipasi kalau mau keluar malam sama kita," pungkasnya.

Nyaris Terlibat Tawuran

Sebelumnya, sekelompok pemuda nyaris melakukan aksi tawuran di depan STM Penerbangan, Kelurahan Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada pukul 22.30 WIB, Sabtu (3/6/2018) malam. Mereka bahkan membawa beberapa senjata tajam.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, untungnya aksi tawuran itu dapat dihindari atas kesigapan para anggota.

"Dalam pemeriksaan kedapatan beberapa senjata tajam dan beberapa anak-anak remaja ada yang lansung membuat kegaduhan untuk melarikan diri dari pemeriksaan anggota," kata Argo kepada merdeka.com.

Reporter: Ronald

Sumber : Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daging Ayam dan Telur Jadi Penyumbang Inflasi Mei 2018

Posted: 03 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) telah mengumumkan angka inflasi Mei 2018 sebesar 0,21 persen. Inflasi ini diklaim lebih rendah jika dibandingkan bulan Ramadan dalam dua tahun sebelumnya.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, penyumbang inflasi salah satu yang tertinggi adalah di bahan makanan yang menyumbang 0,21 persen. Dari bahan makanan ini, yanng paling dominan adalah dari daging ayam dan telur ayam.

"Komoditas yang dominan memberikan inflasi yaitu daging ayam ras, kenaikan daging ayam ras menyebabkan inflasi dan andilnya sebesar 0,07 persen, kemudian telur ayam ras terjadi kenaikan harga sejak minggu kedua Mei andilnya 0,06 persen," kata dia di kantornya, Senin (4/6/2018).

Selain dua bahan pangan itu, penyumbang inflasi lainnya juga dari ikan segar sebesar 0,03 persen dan bawang merah 0,02 persen.

Di sisi lain, yang mengalami penurunan harga dan memberikan andil kepada deflasi yaitu cabai merah dengan andil kepada deflasi 0,08 persen, bawang putih 0,05 persen.

"Harga beras juga demikian pada Mei sudah mengalami penurunan sehingga beras memberikan andil sebesar 0,04 perse, dan cabai rawit yang menunjukkan penurunan andilnya 0,03 persen," jelasnya.

Untuk kalompok makanan jadi, Suhariyanto menambahkan, inflasi 0,31 persen dan memiliki andil 0,05 persen. Ada beberapa komoditas yang menyebabkan kenaikan yaitu mie kemasan dan rokok kretek filter dengan andil 0,01 persen.

Sedangkan kelompok perumahan, air listrik gas dan bahan bakar inflasinya 0,19 persen andilnya 0,05 persen. "Yang dominan memberikan sumbangan kepada inflasi itu tarif kontrak rumah dan adanya kenaikan untuk upah asisten rumah tangga terjadi kenaikan di 22 kota dari 82 kota yang diobservasi BPS," ujar Suhariyanto.

Kelompok sandang, pada Mei 2018 mencatat inflasinya 0,33 persen dengan andil sebesar 0,02 persen. Kelompok ini, paling dominan itu kenaikan baju muslim wanita.

"Ibu-ibu sudah menyiapkan baju lebaran sejak dini. Untuk kesehatan dan pendidikan tidak ada masalah. Tapi untuk transportasi catatannya, dengan inflasi 0,18 persen dan andil 0,03 perse disana yang menyebabkan kenaikan adalah kenaikan tarif angkutan udara. Kita tau setiap jelang puasa dan Lebaran, jadi bulan Juni yang perlu diantisipasi adalah kenaikan tarif angkutan udara dan antarkota," tutup dia.

Inflasi Mei 2018

Pembeli membeli daging di pasar, Jakarta, Jumat (6/10). Dari data BPS inflasi pada September 2017 sebesar 0,13 persen. Angka tersebut mengalami kenaikan signifikan karena sebelumnya di Agustus 2017 deflasi 0,07 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Untuk diketahui, BPS melaporkan, tingkat inflasi pada Mei 2018 sebesar 0,21 persen. Angka ini lebih tinggi dibandingkan inflasi April 2018 yang sebesar 0,1 persen.

Untuk inflasi tahun kalender sebesar 1,3 persen. Sedangkan inflasi tahun ke tahun (year on year) sebesar 3,23 persen. "Perkembangan harga komoditas pada Mei menunjukkan adanya peningkatan," jelas Kepala BPS, Suhariyanto, Senin (6/4/2018).

Dari 82 kota yang dihitung Indeks Harga Konsumen (IHK), terdapat 65 kota yang mengalami inflasi dan terdapat 17 kota mengalami deflasi. "Inflasi tertinggi terjadi di Tual dan terendah terjadi di Purwokerto dan tangerang," tambah dia.

Ia melanjutkan, pada inflasi pada Ramadan 2018 ini jika dibandingkan dengan Ramadan 2017 yang tercatat 0,39 persen dan Ramadan 2016 yang sebesar 0,66 persen maka untuk tahun ini jauh lebih rendah. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belajar Menghafal Quran ala Pesantren Modern Al Falah Brebes

Posted: 03 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Brebes - Kesejukan menyambut siapapun yang singgah di pondok pesantren modern Al Falah di Desa Jatirokeh, Kecamatan Songgom, Brebes, Jawa Tengah. Puluhan saung berdiri di berbagai sudut dikitari tetumbuhan rindang dan diapit gedung kelas, masjid, dan asrama yang berdiri megah.

Santri putra tengah membaca kitab sambil menerawang ke langit, sebagai pertanda sedang menghafal sesuatu. Santri yang lain bercengkrama di saung yang lain sambil sesekali menabuh terbang dengan irama nadoman.

"Empat tahun terakhir ini, alhamdulillah santri terus bertambah suasana yang nyaman dan bersih," ujar pengasuh pesantren modern Al Falah KH Moh Nasrudin, Senin, 21 Mei 2018.

Kiai yang juga mantan anggota DPR RI ini menjelaskan, sejak berdiri 2012 pondoknya berangsur-angsur mendapatkan santri dari berbagai daerah. Setelah tidak berpolitik praktis empat tahun terakhir, ia fokus mengasuh santri.

"Tahun pelajaran baru ini, sudah ada 400 santri baru dan memang dibatasi mengingat ketersediaan ruang yang belum memadai," kata dia.

Hingga kini, jumlah santri yang diasuh sebanyak 1.050 santri. Tiap santri menempati kamar besar berukuran 56 meter persegi dengan jumlah penghuni 15 santri dengan pengasuh sebanyak 32 asatidz dari berbagai daerah.

Dalam pembelajarannya, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab menjadi program inti serta mendalami quroatul qutub atau pendalaman kitab kuning. Keterampilan tersebut menjadi jalan para santri mudah diterima di perguruan tinggi negeri (PTN). Buktinya, hampir 80 persen santri masuk PTN.

Menjaga lingkungan pondok yang bersih, lanjutnya, menjadi daya dorong tersendiri agar santri bisa belajar dengan baik pula. Santri juga disediakan air mineral dan makanan yang higienes dengan intensif mendatangkan tenaga kesehatan dan ruang kesehatan tersedia bila santri membutuhkan perawatan kesehatan.

Yang membanggakan, kata Kaji Nas, demikian sapaan akrabnya, di ponpes modern Al Falah tersedia Madrasah Diniyah Khusus (Madinus) yang diperuntukan bagi santri yang sama sekali belum mengenal tentang diniyah (keagamaan).

Dia menenangkan para orangtua siswa agar tidak perlu khawatir tentang masa depan anak yang mondok. Menurutnya, pemerintah telah berpihak kepada pondok pesantren dengan mengakomodasi lulusan ponpes sebagai tenaga ahli di berbagai institusi, seperti Polri, TNI, perbankan, dan kedokteran.

Bahkan, beasiswa keluar negeri tersedia bagi anak-anak pondok dan mendapat prioritas masuk perguruan tinggi negeri. "Salah seorang santri kami, mendapat beasiswa belajar kedokteran di salah satu perguruan tinggi di China," ungkapnya.

Khusus Ramadan ini, pesantren menjadikannya sebagai ajang mendalami Alquran dengan menetapkannya sebagai Bulan Quran. Maka itu, seluruh santri berkonsentrasi menghafal Alquran.

"Selama 21 hari, dia berharap ada santri yang mampu menghafal Quran entar berapa juz. Saya berharap hafiz hafizah lahir dari sini juga," tutur dia.

Para siswa SMK juga selama Ramadan membaca Kitab Fiqih Fatkhul dan Bidayatul Hidayah melalui ngaji pasaran. Yang tidak kalah penting, selama bulan Ramadan, para Asatidz dan Asatidzah dari Darul Maarif Indramayu belajar Nahwu Shorof metode 100 jam.

"Metode ini diberikan kepada para asatidz asatidzah bisa membaca kitab kuning dalam tempo 100 jam saja," kata dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jr Smith Didoakan Jadi MVP oleh Fans Warriors

Posted: 03 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Oakland- Shooting guard Cleveland Cavaliers Jr Smith jadi idola baru pendukung Golden State Warriors. Blunder konyol Smith di gim pertama NBA Final 2018 membuat dirinya dielu-elukan pendukung Warriors pada gim kedua.

Para pendukung Warriors yang memadati ORACLE Arena memberikan standing ovation kepada Smith saat MC mengumumkan daftar nama pemain Cavaliers sebelum pertandingan dimulai. 

Tak hanya sampai disitu, Smith juga didoakan jadi MVP oleh pendukung Warriors. Saat Smith mendapat kesempatan mengeksekusi hadiah free throw, fans Warriors ramai-ramai meneriakan: MVP, MVP, MVP!

Teriakan seperti ini biasanya hanya diberikan kepada pemain bintang tim sendiri seperti Stephen Curry, Kevin Durant hingga Klay Thompson. Seorang LeBron James saja tak pernah mendapat terikan MVP dari fans Warriors.

Smith memang sangat berjasa dalam kesuksesan Warriors di NBA Final 2018. Pada gim pertama Smith melakukan blunder memalukan yang membantu Warriors menang.

Blunder Konyol

Pemain Cleveland Cavaliers, JR Smith (tengah) mengecoh da pemain Toronto Raptors pada gim keempat semifinal Wilayah Timur NBA playoff di Quicken Loans Arena, Cleveland, (7/5/2018). (AP/Tony Dejak)

Ketika itu Cavaliers seharusnya bisa menang di waktu normal. Cavs mendapat dua hadiah lemparan bebas. George Hill hanya bisa memasukkan satu saja guna menyamakan skor.

Saat free throw kedua Hill gagal, bola berhasil didapat kembali oleh Smith di bawah ring. Namun entah apa yang ada dipikiran eks pemain Denver Nuggets itu.

Bukannya mencoba menceploskan bola, Smith malah membawa lari bola keluar paint area. Cavaliers pun kehabisan waktu untuk mencetak poin sehingga harus melakoni overtime.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jejak Pramoedya Ananta Toer

Posted: 03 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pramoedya Ananta Toer atau Pram menjadi salah satu sastrawan paling terkemuka di Indonesia. Semasa hidupnya,1925-2006, dia telah menulis sekitar 50 karya yang diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa.

Salah satu karya fenomenalnya adalah novel berjudul Bumi Manusia. Sebuah novel yang bercerita tentang seorang penulis pribumi bernama Minke. Minke digambarkan sebagai sosok yang cerdas dan punya kemampuan menulis yang baik.

Tahun ini, cerita tentang Minke dalam Bumi Manusia ini pun akan diangkat ke layar lebar. Namun, pro dan kontra bermunculan ketika karakter Minke itu akan diperankan oleh artis Iqbaal Ramadhan.

Terlepas dari kehebohan film tersebut, mungkin banyak yang belum tahu siapa Pramoedya Ananta Toer dan penghargaan apa saja yang pernah dia dapat. Selengkapnya dapat dilihat dalam Infografis di bawah ini:

Infografis Pramoedya Ananta Toer (Liputan6.com/Abdillah)

Aktif di Lekra

Bumi Manusia, Pramoedya Ananta Toer. (dedaydedi/Instagram)

Pram, dijuluki sebagai Bapak Realisme Sosialis, semasa hidupnya aktif di Lembaga Kebudayaan Rakyat (Lekra) telah menelurkan lebih dari 50 karya sastra, dan diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, serta menjadi bahan ajar fakultas sastra di luar negeri.

Ayahnya, Mastoer Imam Badjoeri, seorang guru yang tadinya bekerja untuk sekolah dasar pemerintah, HIS, di Rembang. Ayahnya lantas menjadi kepala sekolah milik pergerakan Boedi Oetomo di Blora. Sementara ibu Pram, Saidah, adalah anak seorang penghulu.

Gaji guru Boedi Oetomo sangat kecil, sehingga ibunya harus menambah penghasilan dengan bekerja di sawah atau pekarangan rumah. Pram anak sulung. Suasana di Blora tampaknya begitu menyedihkan, apalagi ayahnya begitu keras.

Sang ayah, seorang nasionalis yang keras hati, tampaknya begitu kecewa dengan keadaan pergerakan. Ia juga kesal karena Pram tak sepintar yang diharapkannya. Pram ternyata sempat tidak naik sekolah tiga kali. Keadaan bertambah buruk saat ibunya meninggal karena penyakit TBC pada usia 34 tahun. Pram lantas pergi ke Jakarta.

Segala kegelisahan, kekagumannya pada sang ibu, dan kemarahannya pada sang ayah kemudian banyak diwujudkan dalam karya-karyanya. Ia tampak tak puas dan marah kepada hidup yang barangkali hanya memberinya kebahagiaan sejenak.

Nasib Rakyat

Pramoedya

Beberapa karya awalnya, Kranji-Kranji Jatuh, Perburuan, dan Keluarga Gerilya dengan segera menunjukkan kegeramannya pada penguasa. Pram sepertinya mengenang kala tentara Belanda dengan sewenang-wenang pernah membakar buku koleksi ayahnya.

August Hans den Boef dan Kees Snoek dalam Saya Ingin Lihat Semua Ini Berakhir (2008) mengatakan, karya-karya Pramoedya telah menciptakan gambaran tidak terhapuskan tentang tanah air dan sejarahnya.

Inti dalam karya Pram adalah nasib rakyat. Rakyat dalam kehidupan sehari-hari, rakyat yang bertahan untuk mencari nafkah, serta rakyat yang dilukiskan dalam ambisi-ambisinya yang sering dikekang.

Dalam Perburuan, Pram jelas menyuarakan kebencian pada orang-orang Indonesia yang jadi kolaborator Jepang, sementara tokoh Amilah dalam Keluarga Gerilya tampaknya diambil Pram dari sang ibu.

Adapun tokoh Wahab didasarkan Pram pada Komandan Wahab, seorang pejuang kemerdekaan yang dijatuhi hukuman mati oleh Belanda.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ramadan, Hengky Kurniawan Alih Profesi Jadi Tukang Gorengan?

Posted: 03 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hengky Kurniawan, mulai jarang terlihat wara-wiri di layar kaca. Padahal, Ramadan menjadi ladang rezeki bagi sebagian selebritas untuk mengisi acara khusus buka puasa dan sahur.

Tetapi sepertinya Hengky Kurniawan tak tertarik. Ia memilih untuk menjadi tukang gorengan.

Hengky Kurniawan memperlihatkan dirinya sedang menggoreng bala-bala alias bakwan dalam akun Instagram, Minggu (3/6/2018). Ia tampak ramah dengan para pembeli.

"Bala-bala...," tulisnya sebagai keterangan foto.

 

Banjir Pujian

Hengky Kurniawan (Foto: Instagram)

Melihat Hengky Kurniawan melakukan kegiatan yang biasa dilakukan perempuan, bapak tiga anak ini menuai pujian. Banyak warganet yang ingin mencicip masakan Hengky.

"Kl yg grg abang ganteng rasanya pasti gurih," tulis akun @yani_gembul.

"Kalo yg jualnya si cakep hengki pasti laris," lanjut akun @desyekafiora.

"Is pasti yg goreng dari tangan kk@hengky kurniawan lezat tuh," tambah akun @indahsari7365. 

Bagian Kampanye

Hengky Kurniawan (Herman Zakharia/Liputan6.com)

Rupanya, kegiatan Hengky Kurniawan ini hanya bagian dari kampanye. Ya, bintang film Hantu Merah Casablanca itu mulai terjun ke bidang politik dan mencalonkan diri menjadi Wakil Bupati Bandung Barat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Baru Diresmikan, Bandara Kertajati Dipenuhi Sampah

Posted: 03 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bandara internasional Jawa Barat Kertajati menjadi sorotan setelah lingkungannya dipenuhi sampah. Hal ini disebabkan karena warga banyak yang membuang sampah tidak pada tempatnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dokter Asyik Menari dan Nge-rap Saat Operasi, Ratusan Pasiennya Alami Komplikasi

Posted: 03 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Amerika Serikat Aksi dokter kulit (dermatolog) Amerika Serikat yang menari dan nge-rap saat menjalankan prosedur tindakan operasi pada pasien membuat geger publik. Nyaris 100 pasien wanita yang ditangani dokter tersebut mengalami komplikasi setelah operasi.

Windell Boutte, dokter kulit mengunggah video menari dan nge-rap dirinya ke akun YouTube. Ia asyik menari dan bernyanyi bersama diiringi musik saat operasi.

Dalam video juga menunjukkan, asistennya ikut bergabung dengan menari. Video itu menunjukkan, kulit pasien yang tidak sadarkan diri, sedangkan Windell menari di sekitar pasien, dilansir dari Independent, Senin (4/6/2018).

Pengacara Susan Witt, yang mewakili tiga pasien wanita mngajukan tuntutan hukum terhadap Windell. Pasien mengklaim, mereka mengalami komplikasi karena tingkah laku sang dokter yang tidak profesional setelah menjalani operasi di klinik Atlanta.

 

 

Simak video Windell Boutte yang menari dan nge-rap saat melakukan operasi pada pasiennya di bawah ini:

Mengunggah lebih dari 20 video

Dokter kulit pun mengunggah lebih dari 20 video saat dirinya nge-rap. (iStock)

Susan mengatakan, ia dihubungi hampir 100 wanita, yang mengaku menderita komplikasi setelah operasi yang ditangani dokter kulit.

Setidaknya satu mantan pasien menegaskan, ia dapat mengenali dirinya sendiri saat berbaring di meja operasi dalam video Windell. Namun, video itu telah dihapus dari YouTube.

Secara keseluruhan, Windell mengunggah lebih dari 20 video. Satu video memperlihatkan, ia menari saat membuat sayatan pada pasien.Ada juga video saat ia bersandar pada bokong pasien yang tidak sadarkan diri.

Komplikasi pasien

Pasien mengklaim alami komplikasi setelah ditangani Windell. (iStockPhoto)

Saat ini, ada sekitar lima tuntutan hukum malpraktik yang tertunda terhadap Windell. Dia juga terkena denda.

Dalam tuntutan hukum, pasien mengklaim alami cacat, infeksi, bahkan kerusakan otak setelah operasi yang dilakukan Windell di kliniknya.

Menurut pengacara, Windell menolak diwawancara. Dokter kulit ini pun masih terus memperdalam ilmu kedokterannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Unboxing Honor 7A, Smartphone Terjangkau dengan RAM 3GB

Posted: 03 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah memperkenalkan Honor 7X pada Maret 2018, kini Honor siap memperkenalkan seri lain yakni Honor 7A, Senin (4/6/2018) di bilangan Kebayoran Lama, Jakarta. 

Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk langsung 'bertatap muka' dengan smartphone ini. Kami pun langsung melakukan unboxing dan melihat seperti apa isi dari kotak biru penjualan Honor 7A.

Untuk lebih lengkapnya, yuk kita saksikan langsung prosesi unboxing Honor 7A berikut ini.

Secara keseluruhan, kotak penjualan Honor 7A menampilkan warna biru muda, senada dengan karakter dan misi perusahaan yang ingin mendominasi industri smartphone lewat pengguna milenial.

Honor 7A. Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza

Di dalam kotak penjualan, terdapat satu unit Honor 7A warna biru serta kelengkapan aksesori lain, seperti kabel USB, port charging, buku manual dan garansi, serta SIM Ejector.

Honor 7A. Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza

Secara desain, bodi Honor 7A mengingatkan kita sekilas dengan Xiaomi Redmi Note 5, di mana mengusung bentang layar 5,7 inci (IPS LCD) dan sedikit melengkung 2,5D dengan aspek rasio 18:9. 

Honor 7A. Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza

Di pinggiran smartphone, terdapat sejumlah tombol tambahan seperti tombol power, volume, serta slot untuk kartu SIM.

Honor 7A. Liputan6.com/Jeko Iqbal RezaHonor 7A. Liputan6.com/Jeko Iqbal RezaHonor 7A. Liputan6.com/Jeko Iqbal RezaHonor 7A. Liputan6.com/Jeko Iqbal RezaHonor 7A. Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza

Detail Berikutnya

Untuk dapur pacu, smartphone ini dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 430 dan RAM 3GB/4GB. Adapun untuk memori internalnya sendiri 32GB.

Smartphone ini juga sudah berjalan pada sistem operasi Android Oreo (8.0) dengan antarmuka bawaan EMUI 8.0.

Honor 7A. Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza

Kemudian beranjak ke urusan daya, smartphone akan ditopang baterai 3.000mAh.

Lalu untuk kamera, smartphone dibekali dengan lensa ganda 13MP dan 2MP. Adapun kamera satunya berfungsi untuk kamera selfie.

Honor 7A. Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza

Dari sektor kamera, tersedia sensor ganda 13MP+2MP sebagai kamera utama dan 8MP sebagai kamera selfie.

Honor 7A. Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza

Untuk urusan harga, kabarnya smartphone ini akan dibanderol Rp 2 jutaan untuk varian RAM 3GB dan Rp 2,5 jutaan untuk varian RAM 4GB.

Informasi lebih lengkapnya, tunggu laporan peluncuran Honor 7A di Tekno Liputan6.com.    

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip Daftar Bahan Alami Bikin Wajah Cerah Berseri

Posted: 03 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap wanita menginginkan wajah yang cerah dan glowing bak selebritas. Namun gaya hidup, polusi, hingga pengaruh hormon menjadi pemicu munculnya masalah pada kulit. Permasalahan tersebut seperti jerawat, komedo, dan vlek hitam yang membuat Anda tidak percaya diri.

Anda ternyata bisa mendapatka wajah yang bersih menggunakan bahan-bahan alami. Wajah yang bersih dan cerah bisa Anda dapatkan dengan perawatan rutin menggunakan bahan-bahan natural berikut ini seperti yang dilansir dari situs Boldsky, Senin (4/6/2018).

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung antimikrobial yang menjaga kulit tetap bersih. Selain itu minyak kelapa juga merupakan bahan alami yang baik untuk melembapkan kulit. Aplikasikan minyak kelapa pada wajah secara merata.

Pijat wajah dengan lembut untuk mengalirkan sirkulasi darah sehingga wajah terlihat lebih segar. Biaran hingga 15 menit kemudian angkat sisa minyak kelapa pada wajah menggunakan kapas.

 

Teh hijau

Intip Daftar Bahan Alami Bikin Wajah Cerah Berseri. (Foto: iStockphoto)

2. Teh hijau

Teh hijau mengandung antoksidan yang befungsi melakukan detoks pada tubuh sehingga kulit terlihat bersih dan sehat. Panaskan teh hijau dengan air, kemudian aplikasikan pada wajah menggunakan kapas. Gunakan teh hijau seperti toner pada wajah.

Biarkan 15-20 menit hingga mengering. Kemudian bilas wajah Anda menggunakan air dingin. Lakukan perawatan itu satu kali dalam sehari. Untuk menambah kesegaran pada wajah Anda bisa menambahkan lemon pada rebusan teh hijau.

Aloe vera

Intip Daftar Bahan Alami Bikin Wajah Cerah Berseri. (Foto: iStockphoto)

4. Aloe vera

Aloe vera merupakan bahan alami yang baik untuk melembapkan kulit. Karena kulit yang selalu lembap, dapat menyamarkan vlek hitam pada wajah sehingga terlihat cerah dan bersih.

Aplikasikan gel aloe vera pada wajah secara merata. Jika diperlukan aplikasikan hingga leher untuk membuatnya terlihat lebih segar. Biarkan hingga 20 menit kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan perawatan ini setiap hari untuk kulit cerah dan glowing.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menyulap Ruang Tamu yang Sederhana Jadi Luar Biasa untuk Lebaran

Posted: 03 Jun 2018 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ruang tamu menjadi bagian paling penting ketika perayaan lebaran dan Idul Fitri. Ruangan ini menjadi tempat berkumpul dan berbincang bersama keluarga, kerabat dan para tamu yang datang untuk bersilaturahmi.

Supaya perayaan hari kemenangan betul-betul berkesan di rumah, yuk, warnai lebaran dan hari raya nanti dengan penuh kehangatan melalui dekorasi ruang tamu yang baru dan elegan. Ikuti 4 trik menyulap ruang tamu yang sederhana jadi luar biasa berikut ini;

1. Penataan Sofa atau Kursi

Mulai dengan penataan perabotan wajib yakni sofa atau kursi. Ada beberapa model penataan yang bisa Anda coba yakni simetris, linier dan pararel. Secara simetris, semua elemen diletakkan seperti sofa di tengah ruangan dengan pertemuan atap pelana sebagai pusatnya. Keseimbangan antara sisi kanan dan kiri rasanya akan menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan.

Model linier, sofa berkontur lurus ditata searah dengan garis jendela. Hal ini bisa membuat ruang tamu tampak lebih luas karena menempatkan benda-benda besar dalam arah yang sama. Sementara model pararel, Anda bisa menghubungkan dua atau tiga bagian rumah dalam satu ruang. Hindari skat supaya ruangan terasa lebih luas. Selain sofa, beberapa furnitur bisa ditata dalam satu garis yang sama, baik besar atau kecil seperti sofa, meja hias dan furnitur makan.

2. Gunakan Dekorasi dan Aksesoris Pelengkap

Supaya kenyamanan ruang tamu makin maksimal tambah dekorasi pelengkap. Gunakan karpet lantai dan bantal sofa yang empuk. Sebisa mungkin Anda memilih karpet dengan motif pola berulang yang kecil. Karpet dengan motif pola berulang kecil akan memberikan kesan ruangan yang lebih luas. Sementara itu menggunakan bantal berwarna-warni pada sofa bisa membuat ruangan lebih tampak ceria.

Dekorasi dan Aksesoris Pelengkap.

Pilih juga aksesoris yang menyolok yang bisa mengubah suasana ruangan yang tadinya biasa-biasa saja. Warna Merah, ungu, dan metalik mampu mengusir kebosanan di dalamnya. Anda juga bisa pilih dekorasi artistik seperti patung, guci, vas bunga hingga poster printing.

3. Penataan Ruang Lewat Pengaturan Pencahayaan

Pengaturan pencahayaan juga berguna untuk mewujudkan ruang tamu yang nyaman dan tampak modern. Cara paling mudah untuk memaksimalkan cahaya alami dalam sebuah ruang adalah dengan menempatkan cermin yang akan memantulkan cahaya melalui jendela.

Ruangan yang terang dan cerah juga memberi kesan ruangan terlihat lebih luas. Maka, biarkan tirai jendela anda terbuka untuk. Khusus menyambut lebaran, bisa saja Anda menambahkan lampu untuk pencahayaan maksimal.

4. Pilihan Warna dan Cat Dinding

Bagian paling mencolok pada suatu ruangan adalah dinding. Maka, untuk mewujudkan ruang tamu yang penuh dengan kehangatan dan kenyamanan adalah pemilihan warna dan cat dinding yang tepat. Cat berkualitas akan menentukan hasil akhir pewarnaan dinding karena dapat menambah nuansa elegan, glamour dan modern. Berikut ini beberapa pemilihan warna dan cat dinding dengan Dulux Warna Warni Kemenangan.

Lichen Green, Warna Baru yang Menyegarkan

Warna hijau itu menggambarkan awal yang baru. Pas banget Anda yang butuh penyegaran dan suasana baru untuk memulai sesuatu yang baik, apalagi dalam rangka menyambut momen lebaran dan Idul Fitri. Cat dan dekorasi rumah berwarna hijau seperti Ambiance Lichen Green bisa bikin suasana #MeriahkanKebersamaan bareng keluarga.

Lichen Green.

Drum Beat, Cozy Banget

Warna merah menciptakan suasana dramatis, kesan kuat untuk segala ruangan. Tidak hanya membangkitkan emosi banyak orang. Warna merah juga bisa memperkuat suasana mewah, atau menstimulasi energi. Padukan warna merah dengan furnitur dan hiasan warna putih untuk menciptakan kontras. Suasana ruangan tamu dengan Ambiance Drum Beat ini cozy banget, pasti bikin suasana mengobrol makin nyaman dan puas berlama-lama.

Drum Beat.

Orange Dessert, Terlihat Cerah dan Cantik

Kuning, sebagai warna alami dari sinar matahari tidak hanya menerangi tempat tinggal Anda, namun juga mengangkat semangat Anda. Variasi warna kuning seperti Ambiance Orange Dessert dari Dulux bakal membuat ruanganya terlihat lebih cerah dan cantik. Jadi, Anda gak perlu takut lagi mewarnai ruangan dengan warna terang.

Orange Dessert.

Nova White, Minimalis Nan Modern

Ciptakan konsep minimalis yang sempurna dengan warna-warna bernuansa putih berbentuk garis lurus yang tajam dan rapi. Putih tidak hanya menjadi unsur utama untuk interior modern, namun juga merupakan pasangan yang sempurna untuk warna-warna pucat. Dengan Ambiance Nova White dan China White dari Dulux, ruangan minimalis nan modern.

Nova White.

Jadi, kalau ingin punya ruang tamu yang benar-benar berbeda dan lebih berwarna di hari kemenangan? Temukan inspirasi warna untuk suasana rumah yang penuh kehangatan momen bersama keluarga dan para sahabat dari Dulux Warna Warni Kemenangan.

Itulah trik desain ruang tamu yang dapat Anda terapkan di rumah. Semoga Anda tidak bingung lagi saat harus menata ruang tamu untuk perayaan lebaran nanti.

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ICW: Darurat Korupsi, Sumatera Utara Butuh Gubernur Bersih

Posted: 03 Jun 2018 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Divisi Korupsi Politik, Donal Fariz menyatakan, Provinsi Sumatera Utara ada dalam fase darurat korupsi. Karenanya, dia menegaskan pemberantasan rantai korupsi harus diputus diawali langkah pemilihan calon gubernur bersih di 2018.

"Jangan sampai gubernur (baru) nanti kembali terjerat kasus korupsi. Sumut bisa hat-trick gubernur koruptor," kata Donal melalui siaran pers diterima, Senin (4/6/2018).

Hat-trick dimaksud Donal merajuk pada dua mantan gubernur Sumut sebelumnya yakni, Syamsul Arifin (2008-2010). Dia dijatuhi pidana penjara lantaran terbukti korupsi saat masih menjabat sebagai Bupati Langkat periode 1999-2004 dan 2004-2008.

Kemudian mantan Gubernur Sumut selanjutnya dimaksud Donal, adalah Gatot Pujo Nugroho (2010-2014). Diketahui, dia dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman penjara karena terbukti memberikan gratifikasi dengan nilai total mencapai Rp 61.835.000.000 terhadap 38 anggota DPRD Sumut periode 2009-2014 dan 2014-2019.

"Ini menunjukkan adanya kegentingan di Sumatera Utara, untuk memilih pemimpin dengan rekam jejak antikorupsi dan visi reformasi birokrasi yang jelas. Terlalu berisiko kalau memiliki kepala daerah yang komitmen pemberantasan korupsinya tidak jelas," kata Donal.

Menurut data dimiliki ICW, dari dua nama calon gubernur yang tengah berkontestasi, rekam jejak antikorupsi Djarot Saiful Hidayat lebih gamblang ketimbang Eddy Rahmayadi. Donal menjelaskan, hal tersebut berdasarkan kiprah mereka yang berbeda latar.

"Pak Edy Rahmayadi, mantan Pangkostrad sulit bisa dilihat karena lebih banyak berkiprah di institusi militer, bukan lembaga publik. Pak Djarot Saiful Hidayat, pernah menjadi Wali Kota Blitar dan Gubernur DKI Jakarta, berdasar data dimiliki ICW, beliau berhasil menata dan memajukan tata kelola pemerintahan (reformasi birokrasi) di Blitar dan Jakarta dengan baik," papar Donal.

Karenanya, Donal menyarankan pemimpin Sumut selanjutnya wajib mementingkan isu reformasi birokrasi. Hal ini berdasar penelitian Transparansi Internasional Indonesia (TII), menyebut Medan adalah 1 dari 12 kota dengan indeks persepsi korupsi terburuk dengan nilai hanya 37,4.

"Ini menjadi salah satu contoh bahwa Medan dan Sumatera Utara pada umumnya butuh perhatian dan atensi serius karena kinerja pemerintahannya ugal-ugalan, korupsi merajalela," tandas Donal.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nostalgia Jadi Suami Istri, Emilia Clarke Digendong Jason Momoa

Posted: 03 Jun 2018 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Fans serial Game of Thrones baru-baru ini teralihkan oleh pertemuan antara Emilia Clarke dan Jason Momoa. Pemeran Daenerys dan Khal Drago ini memang sempat beradegan mesra sebagai suami istri di layar kaca.

Seperti disampaikan Eonline.com, Minggu (3/6/2018), pertemuan Emilia Clarke dan Jason Momoa diwarnai oleh tingkah kocak dari kedua bintang Hollywood yang belakangan tampil di waralaba film-film besar itu.

Keduanya tampak berada di depan miniatur bangku raja dari serial Game of Thrones. Jason Momoa terlihat seperti duduk di atas miniatur tersebut dengan membengkokkan lutut. Ia berpose seperti itu sambil menggendong Emilia Clarke yang meluruskan badan. Pose mereka diabadikan di sebuah foto dan diunggah di media sosial.

"FYI... Ini adalah hal terdekat yang akan kau dapatkan dengan mencoba 'mengangkat' seperti di dirty dancing. Ya, priaku sedang duduk. Ya, tidak ada danau. Dan ya, aku tidak tahu aku TIDAK dibesarkan di atas kepalanya," tulis Emilia Clarke sebagai keterangan foto tersebut di Instagram, Senin (4/6/2018).

Kepada Alkohol

Jason Momoa dan Emilia Clarke dari Game of Thrones. (Instagram - @emilia_clarke)

"Aku ingin meluangkan waktu untuk berterima kasih kepada alkohol karena memberiku keberanian untuk mencoba ini," lanjut aktris Terminator Genisys itu.

Bernostalgia

Emilia Clarke dan Jason Momoas, (Foto: HBO)

Unggahan ini membuat beberapa penggemar meluapkan kehebohannya. Sebagian besar bernostalgia mengenang kemesraan Khal Drogo dan Daenerys.

"Akhir cerita yang diharapkan setiap orang," ujar @ddkiladki.

"Sangat cinta kalian berdua," ujar @yasmine_coconut.

Kabar Terbaru

Solo: A Star Wars Story. (Lucasfilm Ltd./Walt Disney Studios Motion Pictures)

Emilia Clarke baru-baru ini terlihat dalam film Solo: A Star Wars Story yang masih tayang di bioskop. Ia juga sempat dikenal secara luas berkat Me Before You.

Sementara itu, Jason Momoa akan tampil kembali sebagai Aquaman pada tahun ini. Sayangnya, kabar terbaru dari sang aktor kurang menyenangkan. Ia mengundurkan diri dari proyek film The Crow. Padahal film remake tersebut sudah berkali-kali ditinggalkan aktornya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Sevilla Padat, Format Piala Super Spanyol 2018 Bakal Diubah

Posted: 03 Jun 2018 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - RFEF [Federasi Sepak Bola Spanyol] berencana mengubah format Piala Super Spanyol tahun ini. Jika biasanya digelar dalam dua leg, maka tahun ini kemungkinan besar dalam satu leg saja.

Presiden RFEF, Luis Rubiales, menyebut ide menggelar laga Piala Super Spanyol satu leg didasari pada jadwal padat tim yang akan berlaga yakni Sevilla. Sebab, Sevilla juga bermain di kualifikasi Liga Champions musim depan.

"Sangat mungkin ada fitur baru untuk laga Supercopa Espana berikutnya dan kami menyarankan hanya digelar satu laga. Tentu akan ada kompensasi bagi RFEF dan klub terkait hak siar televisi," ucap Rubiales.

Pada laga Supercopa Espana, Sevilla akan berjumpa Barcelona. Jika mengacu pada jadwal yang sudah ditetapkan, Sevilla bakal menjamu Barca di leg pertama (11/8/2018) dan leg kedua digelar di Camp Nou pada (14/8/2018) mendatang.

Rubiales menegaskan bahwa masih belum ada keputusan final apakah Supercopa Espana akan digelar satu leg atau dua leg. Sebab, pihak La Liga sejauh ini masih menyetujui usul yang telah diajukan oleh Rubiales.

Rubiales pun akan segera berjumpa Javier Tebas, Presiden La Liga, dalam waktu dekat ini untuk segera memastikan seperti apa format yang bakal dipakai. Sebab, ini juga akan terkait dengan program tim dan juga sisi komersil laga tersebut.

 

Sementara

Penyerang Barcelona, Lionel Messi berusaha melewati beberapa pemain Sevilla saat bertanding pada final Copa del Rey di stadion Wanda Metropolitano di Madrid (21/4). Barcelona menang 5-0.  (AP Photo / Paul White)

"Saya sudah menawarkan ide bermain hanya dengan satu pertandingan kepada Tebas. Tapi, kami masih harus lebih dulu memastikan jika opsi ini tidak membuat siapa pun merasa dirugikan," ujar Rubiales.

Rubiales menambahkan, opsi menggelar laga Supercopa Espana satu leg hanya solusi sementara saja. Sebab, pada musim-musim selanjutnya, akan tetap digelar dengan sistem dua leg seperti yang berlaku musim 2017 ini.

"Musim ini adalah pengecualian dan tahun selanjutnya akan kembali pada format Supercopa Espana semula dengan dua leg. Sehingga, fans bisa menikmati laga tim kesayangan mereka tanpa harus menjalani laga tandang," tandas Rubiales.

Supercopa Espana musim 2017/18 dijuarai oleh Real Madrid. Laga digelar dengan format dua leg. Madrid menang dengan skor 3-1 di Camp Nou dan kemudian menang 2-0 di Santiago Bernabeu.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polda Riau Pastikan Perakit Bom di Unri Terkait Jaringan JAD

Posted: 03 Jun 2018 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rektor Universitas Riau mengaku kecolongan dengan kejadian masuknya tiga terduga teroris yang merupakan alumnus kampus tersebut. Atas kejadian ini, pengamanan kampus akan ditingkatkan.

2 Mei 2018, Densus 88 Antiteror Polri menangkap tiga terduga teroris alumni Unri di Gedung Gelanggang Mahasiswa Fisip Unri.

Polda Riau memastikan ketiganya terkait jaringan teroris JAD. Jenis bom punya kesamaan dengan bom Surabaya.

Simak berita selengkapnya di Liputan6 Siang SCTV, pukul 12.00 WIB. Anda juga dapat menyaksikan melalui live streaming di tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dibanderol Murah, Callejon Jadi Rebutan AC Milan dan Atletico

Posted: 03 Jun 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Napoli - Usai musim yang mengecewakan, AC Milan pun berniat mendatangkan pemain anyar untuk meningkatkan kualitasnya. Salah satu pemain yang masuk dalam daftar bidikan mereka adalah penyerang Napoli, Jose Callejon.

Callejon sejatinya bukan nama baru yang mendapat ketertarikan dari AC Milan. Sebelum ia merapat ke Napoli dari Real Madrid pada musim panas 2013 dengan biaya 9,5 juta euro, Milan sempat berniat untuk mendatangkannya meski akhirnya gagal.

Jika melihat sumbangsihnya untuk Napoli, Rossoneri jelas menyesal karena tak mendatangkannya sejak dulu. Karenanya, mereka pun kembali mengupayakan untuk mendatangkan pemain berusia 31 tahun tersebut.

Kebetulan, klausul pelepasan Callejon masih dalam ukuran kemampuan AC Milan. Dilansir Football Italia, peminat Callejon hanya perlu merogoh kocek 23 juta euro. Masalahnya, bukan hanya Milan yang tertarik untuk mendatangkannya.

Atletico Madrid kabarnya juga memiliki ketertarikan untuk merekrut mantan penggawa Espanyol tersebut. Mereka merasa perlu mendatangkan pemain baru usai tampil sebagai juara Liga Europa 2017/2018.

 

Peningkatan Callejon

Jose Maria Callejon (Napoli). (AFP/Filippo Monteforte)

Bagi Milan, nilai 23 juta euro memang mudah untuk ditebus. Namun, sebelum berpikir soal belanja pemain, mereka harus terlebih dulu menunggu keputusan UEFA terkait Financial Fair Play (FPP). Jika dianggap melanggar, jelas Milan tak akan bisa melakukan aktivitas transfer.

Sejak bergabung ke Napoli, performa Callejon sebagai pemain saya memang terus terasah. Secara keseluruhan, ia sudah memainkan 257 permainan bersama Partenopei. Sumbangsihnya berupa 74 gol dan 65 assist.

Sebelumnya, Callejon juga sudah menunjukkan bukti kehebatannya saat berseragam Los Blancos. Meski lebih sering tampil sebagai pengganti, ia mampu menyumbang 20 gol dan delapan assist dari 77 permainan.

 

Rapor Callejon di Setiap Klub

Espanyol: 105 laga, 12 gol, 14 assist

Real Madrid: 77 laga, 20 gol, 8 assist

Napoli: 257 laga, 74 gol, 65 assist

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KAI Bagikan Takjil, Buka Puasa, dan Sahur Gratis Mulai H-10 hingga H-1

Posted: 03 Jun 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Ramadan telah memasuki sepuluh hari keduanya, masa angkutan mudik Lebaran pun segera dimulai dalam beberapa hari ke depan. Arus mudik di beberapa stasiun keberangkatan sudah mulai terlihat.

Sebagai salah satu bentuk penghargaan kepada masyarakat yang telah memilih kereta api sebagai moda transportasi mudik Lebaran dan wujud semangat berbagi, PT KAI kepada sesama dalam Ramadan tahun ini mengadakan program pembagian takjil, buka puasa, dan sahur gratis dengan tema "Perjalanan Menuju Berkah".

Adapun program pembagian takjil, buka puasa, dan sahur gratis ini dilaksanakan mulai H-10 hingga H-1 Idul Fitri. Dalam program ini, sebanyak total 60.700 paket takjil gratis akan diberikan PT KAI kepada penumpang di stasiun keberangkatan yang telah melakukan boarding dan memasuki area zona 1.

Takjil gratis akan dibagikan pada saat menjelang berbuka puasa antara pukul 17.00-18.30 WIB. Sementara untuk pembagian buka puasa dan sahur gratis, PT KAI akan menyiapkan kurang lebih 85.206 boks makanan per hari yang akan dibagikan ke penumpang, kecuali penumpang infant yang masih berada di dalam perjalanan pada saat waktu berbuka dan sahur.

Manajer Humas PT KAI Daop 2 Joni Martinus dalam keterangan persnya menyatakan, ada 32 perjalanan dari dan menuju Bandung yang menerapkan program ini.

Adapun rinciannya adalah 16 perjalanan KA diberikan makanan berbuka, 9 perjalanan KA diberikan makanan untuk sahur, dan 7 perjalanan KA akan diberikan makanan untuk berbuka dan sahur karena waktu perjalanannya masuk di waktu berbuka dan sahur.

Menurut Joni, selain ingin menyemarakkan Ramadan tahun ini, program ini juga dirancang untuk menyebarkan semangat berbagi kepada para pengguna jasa setia kereta api.

"Dengan adanya program ini, penumpang yang waktu perjalanan KA-nya masuk dalam waktu berbuka puasa atau sahur tidak perlu repot menyiapkan bekal karena kebutuhan makan berbuka dan sahurnya telah disediakan oleh PT KAI," ucap Joni, Minggu, 3 Juni 2018.

Joni berharap penumpang dapat menikmati perjalanan pulang ke kampung halaman dan program ini benar-benar menjadi berkah bagi semuanya.

Adapun menu yang disiapkan PT KAI untuk buka puasa dan sahur penumpang KA saat mudik Lebaran dalam program ini akan sangat variatif. Mulai dari nasi goreng, ayam goreng, nugget, nasi lemak, dan sebagainya.

"Makanan yang disediakan pun dijamin oleh PT KAI mulai dari kebersihan dan kesehatannya karena makanan yang diterima penumpang pada saat itu adalah makanan yang dimasak pada hari itu juga," jelasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Daftar Perjalanan KA Daop 2

n Lebaran dari Daop 2 Bandung sudah habis terjual. (Istimewa)

Berikut adalah daftar nama perjalanan kereta-kereta tersebut.

I. Perjalanan KA Gratis Berbuka:

1.KA Argo Wilis relasi Bandung - Surabaya Gubeng jadwal 08.30 - 20.19 WIB

2.KA Argo Wilis relasi Surabaya Gubeng - Bandung jadwal 07.00 - 19.06 WIB

3.KA Argo Parahyangan relasi Bandung - Gambir jadwal 14.45 - 18.03 WIB

4.KA Argo Parahyangan Tambahan relasi Bandung - Gambir jadwal 15.20 - 18.32 WIB

5.KA Argo Parahyangan relasi Gambir - Bandung jadwal 15.30 - 18.39 WIB

6.KA Argo Parahyangan relasi Bandung - Gambir jadwal 16.10 -19.27 WIB

7.KA Argo Parahyangan relasi Gambir - Bandung jadwal 17.02 - 20.19 WIB

8.KA Argo Parahyangan relasi Gambir - Bandung jadwal 18.45 - 21.54 WIB

9.KA Ciremai relasi Semarangtawang - Bandung jadwal 17.35 - 01.11 WIB

10.KA Serayu relasi Pasar Senen - Kiaracondong - Kroya - Purwokerto jadwal 09.15 - 19.59 WIB

11.KA Pasundan relasi Kiaracondong - Surabaya Gubeng jadwal 05.35 - 21.42 WIB

12.KA Pasundan relasi Surabaya Gubeng - Kiaracondong jadwal 08.10 - 23.25 WIB

13.KA Pasundan Lebaran relasi Kiaracondong - Surabaya Gubeng jadwal 06.45 - 22.58 WIB

14.KA Pasundan Lebaran relasi Surabaya Gubeng - Kiaracondong jadwal 05.35 - 21.46 WIB

15.KA Kutojaya Selatan Lebaran relasi Kutoarjo - Kiaracondong jadwal 11.10 - 19.59 WIB

16.KA Kahuripan relasi Blitar - Kiaracondong jadwal 12.10 - 02.42 WIB

II. Perjalanan KA Gratis Sahur:

1.KA Turangga relasi Bandung - Surabaya Gubeng jadwal 19.30 - 08.14 WIB

2.KA Harina relasi Bandung - Surabaya Pasarturi jadwal 21.25 - 09.37 WIB

3.KA Lodaya relasi Bandung - Solo jadwal 18.55 - 03.58 WIB

4.KA Lodaya relasi Solo - Bandung jadwal 19.10 - 04.15 WIB

5.KA Kutojaya Selatan relasi Kutoarjo - Kiaracondong jadwal 21.00 - 04.31 WIB

6.KA Serayu relasi Pasar Senen - Kiaracondong - Purwokerto jadwal 21.00 - 08.08 WIB

7.KA Lodaya Lebaran relasi Bandung - Solo jadwal 20.20 - 05.15 WIB

8.KA Kutojaya Selatan Lebaran relasi Kiaracondong - Kutoarjo jadwal 23.30 - 07.15 WIB

9.KA Kahuripan relasi Kiaracondong - Blitar jadwal 18.10 - 08.31 WIB

III. Perjalanan KA Gratis Buka dan Sahur:

1.KA Turangga relasi Surabaya Gubeng - Bandung jadwal 16.30 - 05.04 WIB

2.KA Harina relasi Surabaya Pasarturi - Bandung jadwal 16.30 - 04.11 WIB

3.KA Malabar relasi Bandung - Malang jadwal 15.45 - 07.05 WIB

4.KA Malabar relasi Malang - Bandung jadwal 16.00 - 07.48 WIB

5.KA Mutiara Selatan relasi Bandung - Malang jadwa 16.50 - 09.38 WIB

6.KA Mutiara Selatan relasi Malang - Bandung jadwal 16.30 - 08.33 WIB

7.KA Serayu relasi Purwokerto - Kroya - Kiaracondong - Pasar Senen jadwal 16.30 - 04.02 WIB.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pacar Baru Didi Mahardika, Mantan Istri Enji?

Posted: 03 Jun 2018 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Didi Mahardika tengah menjadi pembicaraan di media sosial. Sebuah foto kedekatannya dengan Rosmanizar, mantan istri Enji beredar melalui akun gosip di instagram. Dalam foto tersebut terlihat Rosmanizar bersama Didi Mahardika sedang bertemu dengan seseorang.

Didi Mahardika terlihat serius memperhatikan lawan bicaranya, sementara Rosmanizar tersenyum. Banyak yang bertanya-tanya, apakah Didi Mahardika sudah move on dari Vanessa Angel dan menemukan tambatan hatinya?

 

Didi Soekarno atau Didi Mahardika dikabarkan menjalin asmara dengan mantan istri Enji. (Instagram @lambe_turah)

Sebelum dikabarkan dengan Rosmanizar, Didi Mahardika sempat dikabarkan menjalin asmara dengan cucu Adam Malik, Syahlimar. Namun kabar tersebut berlalu begitu saja.

Rosmanizar, mantan istri Enji belum lama ini bercerai. Sementara Didi Mahardika gagal menikah dengan Vanessa Angel. Lalu, bagaimana komentar Didi Mahardika atas hubungannya dengan Rosmanizar? Simak jawabannya << DI SINI >>

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dimas Anggara dan Nadine Chandrawinata Baru Tunangan atau Sudah Nikah?

Posted: 03 Jun 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Desas desus mengenai kabar pernikahan Dimas Anggara dan Nadine Chandrawinata ternyata belum sepenuhnya benar. Keduanya diketahui ternyata baru melangsungkan pertunangan dan belum menikah.

Kabar tersebut, terungkap dari sebuah akun wedding organizer yang mengunggah potret prewedding berkonsep bohemian milik mereka. Dari caption foto yang tertulis diketahui bila Nadine Chandrawinata dan Dimas memang belum menikah.

"Oh so in love with this boho-chic engagement session of our former Puteri Indonesia, @nadinelist and her fiancé, @dimsanggara Such a fun and playful picture we have here, don't you think? (Sangat suka dengan boho chic sesi pertunangan dari mantan Putri Indonesia Nadine dan tunangannya Dimas Anggara yang potretnya begitu lucu dan menyenangkan yang kita punya, bagaimana menurut kalian?)," tulis akun @thebridestory dalam keterangan foto Nadine Chandrawinata dan Dimas.

 

Menjawab

Dimas Anggara dan Nadine Chandrawinata [foto: instagram/dimsanggara]

Hal ini tentu saja membuka kabar soal pemberitaan yang menyebutkan  keduanya sudah menikah. Maklum saja, baik Dimas Anggara maupun nadine Chandrawinata kerap bungkam saat ditanya soal kabar pernikahan.

 

Pamer Kemesraan

Dimas Anggara dan Nadine Chandrawinata [foto: instagram/nadinelist]

Dalam akun Instagramnya, Nadine Chandrawinata mengunggah kebersamaan bersama dengan Dimas Anggara. Ibaratkan mobil dan motor unsur logam, keduanya kerap berdebat, bercanda hingga mesra-mesraan bersama unsur logam tersebut. Dikemas tak biasa, video pertunangan mereka sukses membuat warganet baper.

"LOGAM bergejolak dalam rasa keingintahuan tinggi," tulis Dimas dan Nadine kompak dalam keterangan video pertunangan di akun pribadi masing-masing.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kegiatan Padat, Ketua DPR Bambang Soesatyo Batal Hadiri Panggilan KPK

Posted: 03 Jun 2018 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR Bambang Soesatyo batal memenuhi panggilan KPK dalam pemeriksaan kasus e-KTP hari ini. Alasannya, ada berbagai kegiatan protokoler dan kedewanan sehingga meminta  penjadwalkan ulang.

"Karena Senin sudah libur nasional. Jadi kami harus menuntaskan pekerjaan baik protokoler dan kedewanan. Jadi tadi pagi saya sudah berkoordinasi dengan teman-teman di KPK dan sudah mengirim surat pagi-pagi untuk minta dijadwalkan kembali," ujar Bambang Soesatyo, di Gedung DPR, Jakarta Selatan, Senin (4/6/2018).

Pria yang kerap disapa Bamsoet mengaku, telah lama menunggu undangan kembali dari KPK untuk dimintai keterangan. Dia juga mengaku ingin memenuhi panggilan tersebut agar persoalan dapat cepat selesai.

"Hari ini pun saya ingin datang ke sana supaya cepat selesai keterangan apa yang dibutuhkan dari saya. Saya akan memberikan seluas-luasnya," kata Bambang Soesatyo.

Politikus Partai Golkar itu juga menjelaskan apa saja agenda kedewanan yang tak dapat ia tinggalkan untuk datang ke Gedung KPK. Salah satunya adalah karena ia harus membuka dan memberikan sambutan dalam aksi sosial Forhati di Cakung, Jakarta Timur.

"Kemudian sorenya kegiatan keagamaan bukber dengan berbagai organisasi," ucap dia.

Sedianya, KPK memeriksa Bambang Soesatyo sebagai saksi kasus korupsi e-KTP untuk tersangka Irvanto Hendra Pambudi (IHP) dan Made Oka Masagung (MOM).

 

 

Harap KPK Maklum

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo memberi sambutan saat peluncuran buku

Bamsoet berharap, KPK bisa memahami tugasnya sebagai pimpinan DPR. Dia berjanji bakal memberikan keterangan yang diperlukan lembaga antikorupsi itu dalam mengungkap kasus e-KTP.

Bamsoet berdalih tak bermaksud untuk mangkir dan menghalangi agenda pemeriksaan KPK. Dia mengklaim akan memberikan contoh yang baik sebagai komitmen pemberantasan korupsi.

"Mudah-mudahan kawan-kawan di KPK dapat memahami kegiatan ini. Sebagai ketua DPR tentu saya ingin memberikan contoh bagi masyarakat, karena seseorang ketika dipanggil wajib untuk hadir baik di KPK, kepolisian, termasuk di DPR," tandas Bamsoet.

 

 

Reporter: Renald Ghiffari

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perahu Imigran Tenggelam di Lepas Pantai Tunisia, 46 Orang Tewas

Posted: 03 Jun 2018 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Tunis - Sebuah perahu yang membawa rombongan imigran ke Eropa tenggelam di lepas pantai Tunisia pada Minggu, 3 Juni 2018, dan menewaskan setidaknya 46 orang.

Kementerian Pertahanan Tunisia melaporkan tentang kemungkinan puluhan korban lainnya hilang, dan pihaknya akan berupaya melakukan penyisiran.

Dikutip dari Time.com pada Senin (4/6/2018), sebanyak 68 orang telah diselamatkan hingga dini hari tadi, di mana 61 dari total korban selamat teridentifikasi sebagai warga negara Tunisia, dan sisanya berasal dari negara lain di kawasan Afrika Utara.

Pihak berwenang mengatakan kapal itu diyakini telah membawa sekitar 180 penumpang, yang kemungkinan besar merupakan imigran dari kawasan Afrika.

Rachid Bouhoula, juru bicara kementerian pertahanan, mengatakan operasi penyelamatan terus berlanjut di perairan di sepanjang timur pesisir Tunisia.

Ditambahkan oleh Bohoula, dalam beberapa tahun terakhir, Tunisia kerap dijadikan sebagai titik keberangkatan para imigran yang melarikan diri dari kemiskinan dan konflik di Afrika dan Timur Tengah.

Pada Minggu pagi, pejabat Turki melaporkan kejadian serupa ketika sembilan orang imigran, termasuk enam anak-anak, tewas tenggelam, setelah sebuah kapal terbalik di perairan Mediterania timur di dekat kota Demre di provinsi Antalya.

Empat orang berhasil diselamatkan oleh petugas pantai Turki, dan seorang korban lainnya ditolong oleh kapal nelayan yang melintas di lokasi kejadian.

Ada pun identitas dari kelima imigran yang selamat masih belum dikonfirmasi oleh pihak berwenang di Turki.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

 

660 Orang Tewas di Sepanjang 2017

Momen saat LSM Proactiva Open Arms Spanyol menyelamatkan pengungsi dan imigran di utara pantai Libya, Minggu (6/5). Para pengungsi dan imigran menaiki perahu karet yang penuh sesak. (AP Photo/Felipe Dana)

Sementara itu, pada puncak krisis imigran pada tahun 2015, lebih dari 857.000 orang menyeberang ke Yunani dari Turki.

Namun, kesepakatan 2016 antara Turki dan Uni Eropa telah secara dramatis mengurangi jumlah imigran yang masuk ke Yunani.

Di lain pihak, layanan penyelamatan maritim Spanyol mengumumkan pada hari Minggu, bahwa mereka telah menyelamatkan sebanyak total 240 orang yang mencoba menyeberangi Laut Mediterania dari Afrika Utara selama akhir pekan, di mana satu orang dikabarkan tewas tenggelam.

Dikatakan pula bahwa para imigran berada di 11 perahu kecil yang mengambil risiko berbahaya untuk menyeberang dari Afrika ke Spanyol.

Di sepanjang 2017, PBB mencatat sedikitnya 660 orang imigran tewas ketika melintasi perairan Mediterania.

Selain itu, selama empat bulan pertama di 2018, total 22.439 imigran berhasil mencapai pantai-pantai Eropa, di mana sebagian besar berlabuh di Spanyol dan Italia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Teken Perpres, BBM Premium Kembali Tersedia di 3 Wilayah Ini

Posted: 03 Jun 2018 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) No 43 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak (BBM).

Dalam Perpres Nomor 43 Tahun 2018 itu ditegaskan, bahwa BBM jenis bensin (gasoline) RON minimum 88 (Premium) wajib tersedia di SPBU-SPBU wilayah Jawa, Madura, dan Bali (Jamali).

"Berdasarkan rapat koordinasi yang dipimpin menteri yang mengoordinasikan bidang perekonomian, menteri dapat menetapkan distribusi BBM jenis bensin (gasoline) RON minimum 88 di wilayah penugasan yang dikecualikan sebagaimana dimaksud dalam ayat 3," bunyi Pasal 3 ayat 4 Perpres tersebut, mengutip laman Sekretariat Kabinet (4/6/2018).

Sebelumnya, dalam Pasal 3 ayat 3 disebutkan, bahwa wilayah penugasan distribusi BBM jenis bensin (gasoline) RON minimum 88 meliputi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), kecuali di wilayah Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, Provinsi Banten, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Provinsi Bali.

Dengan perpres tersebut, meskipun tidak termasuk ke dalam wilayah penugasan, Jamali tetap bisa mendapatkan alokasi premium yang berstatus penugasan asalkan disetujui oleh hasil rapat bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan disetujui oleh Menteri terkait.

"Instruksi Presiden sudah jelas. Presiden ingin kebutuhan masyarakat akan premium terpenuhi di semua wilayah Indonesia. Jadi, Menteri ESDM menugaskan kepada Pertamina untuk menyediakan premium di Jamali," tegas Agung Pribadi, Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Kamis (31/5/2018).

 

Sebelum Lebaran

Aktivitas pengisian BBM di SPBU Cikini, Jakarta, Rabu (30/9/2015). Menteri ESDM, Sudirman Said menegaskan, awal Oktober tidak ada penurunan atau kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) baik itu bensin premium maupun solar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menindaklanjuti perpres tersebut, Menteri ESDM Ignasius Jonan pada 28 Mei 2018 telah menandatangani Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM Nomor 1851 K/15/MEM/2018 tentang Penyediaan dan Pendistribusian Jenis Bahan Bakar Minyak Khusus Penugasan di Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, Provinsi Banten, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Provinsi Bali.

Dalam kepmen itu, Menteri ESDM menetapkan Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, Provinsi Banten, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Provinsi Bali sebagai wilayah penugasan penyediaan dan pendistribusian jenis BBM Khusus Penugasan.

"Penyediaan dan pendistribusian jenis BBM Khusus Penugasan  dilaksanakan oleh badan usaha berdasarkan penugasan dari Badan Pengatur (BPH Migas)," bunyi Kepmen.

Kepmen itu juga menyatakan, Badan Pengatur menetapkan ketentuan lebih lanjut mengenai lokasi dan alokasi volume penugasan penyediaan dan pendistribusian jenis BBM Khusus Penugasan.

Dengan adanya Perpres tersebut, Kementerian ESDM memperkirakan, BBM jenis Premium akan kembali tersedia di 571 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Jamali sebelum Lebaran 2018. Sementara penyaluran Premium untuk SPBU-SPBU lainnya, dilakukan secara bertahap.

Berdasarkan data BPH Migas, saat ini ada 1.926 SPBU di wilayah Jamali yang sudah tidak menjual Premium.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Respons Fans Rossi di MotoGP Italia Bikin Marquez Tertawa

Posted: 03 Jun 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Mugello - Pembalap Repsol Honda Team, Marc Marquez, menanggapi dengan santai respons pendukung Valentino Rossi di MotoGP Italia yang berlangsung di Sirkuit Mugello, Minggu (3/6/2018).

Pada balapan MotoGP Italia, Marquez gagal mendulang poin. Dia hanya finis di urutan ke-16. Hal itu karena dia sempat tergelincir di tikungan ke-10.

Saat jatuh tersebut, Sirkuit Mugello yang notabenenya dipenuhi pendukung Rossi langsung bersorak gembira. Bahkan, Marquez menilai sorakan itu lebih kencang ketimbang perayaan kemenangan Jorge Lorenzo.

"Ada yang lucu dari MotoGP Italia. Penggemar (Rossi) bersorang lebih kencang saat saya mengalami kecelakaan, ketimbang kemenangan Lorenzo," ucap Marquez, dikutip dari GP One.

"Namun wajar, karena itu bagian dari olahraga ini," kata rider MotoGP berusia 25 tahun tersebut.

 

Tetap Puncaki Klasemen MotoGP

 

Meski gagal mendulang poin di Sirkuit Mugello, Marquez masih memuncaki klasemen MotoGP. Dia meraup 95 poin unggul 23 poin dari rival terdekatnya, Valentino Rossi.

"Bagi saya, kegagalan meraih poin di Italia membuat situasi tidak berubah. Saya masih memimpin dengan keunggulan 23 poin dan itulah yang terpenting," ujar Marquez.

 

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, saat beraksi di MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, Minggu (3/6/2018). Lorenzo finis dengan catatan waktu 41 menit 43,230 detik. (AFP/Filippo Monteforte)

Klasemen MotoGP

1. Marc Marquez : 95

2. Valentino Rossi: 72

3. Maverick Vinales: 67

4. Andrea Dovizioso: 66

5. Johann Zarco: 64

6. Danilo Petrucci: 63

7. Andrea Iannone: 60

8. Cal Crutchlow: 56

9. Jack Miller: 49

10. Jorge Lorenzo: 41

11. Alex Rins: 33

12. Dani Pedrosa: 29

13. Tito Rabat: 27

14. Pol Espargaro: 23

15. Alvaro Bautista: 19

16. Hafizh Syahrin: 17

17. Franco Morbidelli: 17

18. Aleix Espargaro: 13

19. Takaaki Nakagami: 10

20. Bradley Smith: 7

21. Mika Kallio: 6

22. Scott Redding: 5

23. Karel Abraham: 1

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Ussy Sulistiawaty Rayakan Lebaran Bersama Keluarga di Kampung Halaman

Posted: 03 Jun 2018 09:30 PM PDT

Bintang.com, Jakarta Lebaran tinggal menghitung hari, Ussy Sulistiawaty beserta keluarga-nya berencana akan merayakan hari raya Idul Fitri 1438 H di Malang, Jawa Timur. Ussy mengatakan bahwa ia punya tradisi kumpul sesama keluarga besar di kampung halaman.

"Jadi, kita se-keluarga besar nanti kumpul di Malang. Setelah itu, kita juga Batu (Malang). Semua ikut jadi kalau mudik bukan cuma aku sama anak-anak, tapi mama ku, papaku, adekku juga ikut," kata Ussy Sulistiawaty kepada awak media saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, belum lama ini.

Perempuan kelahiran Jakarta, 13 Juli 1981 itu mengatakan bahwa mudik lebaran menjadi ajang kumpul bersama keluarga besar. Bahkan, adik kandung yang tinggal di kampung halaman juga ikut ke Jakarta pasca lebaran nanti.

"Begitu pun kalau dari Malang mudik ke Jakarta, adik-adiknya pada ikut. Itu sebelum pada nikah, tapi adikku yang bontot yang belum nikah pasti ikut-ikutan juga. Jadi mudiknya rombongan," kata Ussy Sulistiawaty.

Ussy Sulistiawaty (Nurwahyunan/bintang.com)

Saat ditanya rencana mudik lebaran, Ussy Sulistiawaty akan mudik sebelum hari lebaran. Pasalnya, ia harus menunggu suaminya selesai bekerja.

"Rencana sehari sebelum lebaran (H-1), Andhika kerjaannya lumayan banyak jadi berangkat mudiknya mendekati hari lebaran saja," kata Ussy Sulistiawaty.

(Instagram/ussypratama)

Pesinetron 3 Semprul Mengejar Surga juga mengatakan bahwa ia tidak ada persiapkan khusus untuk mudik lebaran. Namun, ia sudah membayangkan jika liburan lebaran ini bisa berkumpul bersama keluarga besar.

"Mudik nggak ada persiapan khusus, meski liburan lebaran lama. Kebetulan, mama juga ultah tanggal 21 Juni mendatang. Makanya, kita mau ngerayainnya di Malang. Kita pulang sehari, lanjut lagi liburan sama anak-anak Jadi lumayan panjang," kata Ussy Sulistiawaty.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keenan Pearce Gelar Syukuran 4 Bulan Kehamilan Istri

Posted: 03 Jun 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Keenan Pearce dan Gianni Fajri tak lama lagi resmi menjadi orangtua. Saat ini usia kandungan Gianni Fajri telah memasuki usia 19 minggu.

Lewat akun Instagramnya, Keenan Pearce memperlihatkan momen saat mengadakan acara syukuran empat bulan kehamilan sang istri. Di dalam fotonya, kakak Pevita Pearce ini menyematkan satu kata dengan arti mendalam.

"Family," tulis Keenan Pearce secara singkat, Senin (4/6/2018).

Berlatarkan hiasan bunga yang cantik, Keenan Pearce dan Gianni Fajri kompak memakai busana muslim serba putih. Rona kebahagiaan pun tak bisa disembunyikan dari wajah keduanya.

Doa

[Foto: Instagram Keenan]

Para warganet pun mendoakan agar Gianni Fajri dan janin yang dikandungnya selalu diberi kesehatan hingga waktu persalinan tiba.

"so happy and excited to to see your baby with @ghyan," kata pemilik akun Instagram @melisasylviaam

"Sehat selalu mama dan si baby 😍@ghyan @keenanpearce," imbuh pengguna akun @annadwiandana.

Pernikahan

Melihat dari unggahan di akun media sosial @keenan.ghyan, terdapat sederet momen bahagia saat hari pernikahan Keenan dan Ghyan. Pertama ada akad nikah yang digelar sore dengan nuansa putih dari kedua mempelai. (Instagram/keenan.ghyan)

Keenan Pearce telah menanggalkan status lajangnya dengan menikahi sang kekasih hati, Gianni Fajri di Masjid Al Irsyad, Kota Baru Parahyangan, Bandung, 14 Januari 2018.

Usai menjalani akad nikah, malam harinya Keenan Paerce dan Gianni Fajri melangsungkan BBQ Party bersama keluarga dan sahabat dekat. Banyak momen spesial di malam yang indah itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 6 Penambang Emas Ilegal Tewas Tertimbun Longsor

Posted: 03 Jun 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Enam penambang emas ilegal tewas tertimbun material longsor di Sulawesi Utara. Lokasi penambangan berada di sebuah lereng curam yang sangat rawan longsor.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: #RecehkanTwitter Bikin Warganet Ngakak Paling Hits

Posted: 03 Jun 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pada Minggu, (3/6/2018), linimasa Twitter Indonesia mendadak diramaikan oleh #recehkantwitter.

Diketahui, tagar ini rupanya berisi berbagai cuitan kocak yang diunggah warganet. Saking kocaknya, tidak sedikit pengguna Twitter yang mengaku terhibur dengan tagar ini. 

Artikel tagar Recehkan Twitter yang ramai di media sosial microblogging tersebut bikin penasaran para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com.

Berita lain yang juga membuat penasaran pembaca datang dari gim Fortnite akan menyambangi konsol Nintendo Switch, dan remaja masa kini lebih memilih pakai Snapchat dan Instagram ketimbang Facebook.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler berikut ini.

1. Tagar Recehkan Twitter Bikin Warganet Terpingkal-pingkal

Salah satu cuitan warganet dengan tagar Recehkan Twitter (Sumber: Twitter @jokosambernyawa)

Linimasa Twitter Indonesia mendadak dipenuhi oleh tagar Recehkan Twitter (#recehkantwitter). Recehkan Twitter menjadi bukti masih banyak warganet yang menggunakan Twitter meskipun ada beragam media sosial lainnya.

Recehkan Twitter rupanya berisi berbagai cuitan kocak yang diunggah warganet. Saking kocaknya, tidak sedikit pengguna Twitter yang mengaku terhibur dengan tagar ini.

Misalnya saja dicuitkan oleh pengguna dengan akun @elelviraa. "Scrolling #recehkantwitter Twitterku berasa hidup kembali," cuitnya.

Selengkapnya baca di sini

 

2. Fortnite Dilaporkan Siap Sambangi Nintendo Switch

Fortnite kini sudah menyambangi iOS (sumber: Epic Games)

Sejak meluncur di pasaran tahun lalu, Fortnite, menjadi pesaing berat gim PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) dan semakin populer.

Tak hanya populer di platform (PC, PS4, dan Xbox One), gim yang berkonsep battle royale ini juga meraup kesuksesan yang luar biasa ketika meluncur di iOS.

Baru meluncur 4 hari di iOS saja, gim tersebut sudah meraup untung sebesar Rp 20 miliar. Epic Games, selaku pengembang gim pun sudah berencana untuk meluncurkan Fortnite di Android pada musim panas tahun ini.

Selengkapnya baca di sini

3. Tinggalkan Facebook, Remaja Masa Kini Lebih Pilih Instagram dan Snapchat

Ilustrasi Facebook (iStockPhoto)

Facebook kerap disebut sebagai raksasa media sosial. Hal itu bukannya tanpa alasan mengingat media sosial yang dibangun Mark Zuckerberg tersebut memang memiliki jumlah pengguna yang luar biasa besar.

Namun, laporan terbaru mengungkap jumlah pengguna Facebook ternyata turun dalam beberapa tahun terakhir. Data ini diperoleh berdasarkan studi yang dilakukan oleh Pew Research Center.

Badan riset itu menemukan pengguna Facebook di Amerika Serikat dengan usia 13 hingga 17 tahun ternyata hanya 51 persen. Jumlah ini turun cukup drastis dari riset serupa yang dilakukan pada 2015.

Selengkapnya baca di sini

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Remaja Ini Nyaris Meninggal Usai Angkat Beban Selama 90 Menit

Posted: 03 Jun 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Texas, Amerika Serikat Banyak orang mengalami nyeri otot dan rasa sakit setelah olahraga yang intens. Ada satu sesi olahraga di gym, yang membuat seorang remaja harus dilarikan ke rumah sakit.

Remaja berusia 17 tahun asal Texas, Amerika Serikat, nyaris meninggal karena terlalu banyak latihan angkat beban. Jared Shamburger termasuk anggota gym yang baru.

Ia bertekad mengikuti jejak ayah dan kakaknya, yang berhasil mengikuti latihan angkat beban selama bertahun-tahun. Namun, setelah latihan angkat beban selama 90 menit, ia mengalami nyeri dan bengkak.

Rasa nyeri dan bengkak tersebut tidak jua hilang.

"Oh, ini benar-benar sangat sakit," kata Jared, dikutip dari CBS News, Senin (4/6/2018). "Semuanya sakit. Rasanya sakit saat disentuh, dan juga bengkak."

Ibu Jared khawatir terhadap kondisi anaknya. Ia mulai mencari gejala sakit yang dialami Jared secara daring.

"Aku segera memanggil dokter anak dan berkata, 'Aku berpikir, anakku terkena rhabdo (rhabdomyolysis)," ucap ibu Jared.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

Kerusakan jaringan otot

Jared didera kerusakan jaringan otot. (iStockphoto)

Pikiran ibu Jared pun benar. Dokter mendiagnosis Jared mengalami rhabdomyolysis. Kondisi ini ditandai dengan kerusakan jaringan otot yang mengarah pada pelepasan isi serat otot ke dalam darah.

Adanya pelepasan zat itu sering menyebabkan kerusakan ginjal. Dalam beberapa kasus, pasien dapat tak tertolong nyawanya.

Menurut National Library of Medicine Amerika Serikat, ada sejumlah penyebab yang dapat menyebabkan rhabdomyolysis. Misal, cedera karena trauma, infeksi, dehidrasi berat, dan pengerahan tenaga yang berat.

Jared akhirnya dirawat di rumah sakit selama lima hari. Ia diperkirakan akan sembuh total.

Cegah rhabdomyolysis

Ada cara cegah kerusakan otot. (iStockphoto)

Gejala rhabdomyolysis meliputi kekakuan otot dan kelemahan, air kencing berwarna gelap atau merah, penurunan jumlah air kencing, kelelahan, nyeri sendi, kejang, dan kenaikan berat badan yang mendadak.

Perawatan dini biasanya pasien diberi cairan infus agar membantu mencegah komplikasi lebih lanjut. Untuk mencegah kerusakan jaringan otot, minum banyak cairan setelah olahraga berat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keliling Banyuwangi, Bupati Anas Terus Kampanyekan Gus Ipul-Puti

Posted: 03 Jun 2018 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Banyuwangi - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang sedang cuti kampanye menemani Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno berkeliling ke daerahnya bertemu sejumlah kelompok masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Anas selalu mengajak warga untuk mencoblos calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti pada Pilkada Jatim 27 Juni 2018 mendatang.

Dia menyebut, Puti memiliki pemikiran inovatif, keren, dan progresif untuk membangun Banyuwangi dan Jawa Timur.

"Ada banyak sektor yang bakal dikerjakan Mbak Puti ke depan untuk membantu masyarakat Banyuwangi dan Jatim," ujar Anas.

Menurut Anas, Puti merupakan sosok pemimpin yang selalu dekat dengan persoalan-persoalan rakyat. Sebagai cucu Presiden Soekarno, dia mengatakan, Puti mewarisi pemikiran yang pro wong cilik.

Soekarno, kata dia, dikenal dengan pemikiran dan tindakannya yang selalu berani berada di garis terdepan dalam membela masyarakat.

"Pemihakan Mbak Puti jelas, yaitu masyarakat kecil, kelompok perempuan, dan anak-anak muda. Maka keluarlah program gratis SMA/SMK yang dicetuskan Gus Ipul-Mbak Puti, program Nutrisi Makmur untuk menjamin kesehatan ibu hamil dan balita, serta modal murah-mudah untuk usaha kecil," jelas Anas.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Blusukan Seharian

Calon Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut 2 Puti Guntur Soekarno. (Liputan6.com/Dian Kuriawan)

Pada pagi hari, Anas bertemu dengan sejumlah kelompok perempuan dan perwakilan umat Hindu. Pertemuan digelar di tiga titik. Dia sendirian tanpa didampingi Puti yang baru mendarat siang hari.

Usai menyambut Puti di Bandara Banyuwangi, Anas beserta Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDI Perjuangan Jatim Sonny T Danaparamita dan Ketua PDIP Banyuwangi Made Cahyana Negara meluncur ke pabrik pengolahan produk perikanan. Di sana, Puti disambut gegap gempita.

Kemudian, pertemuan dengan hampir seribu orang komunitas perempuan kemudian digelar sore hari sambil menunggu berbuka puasa. Rombongan kemudian salat isya dan tarawih di Masjid Agung Baiturrahman.

Usai salat, Puti dan Anas menyambangi salah satu pusat perbelanjaan dan membuat heboh suasana. Ratusan karyawan dan pengunjung berebut foto dengan cucu Bung Karno tersebut.

 

 

Reporter : Bruriy Susanto

Sumber  : Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Real Madrid Bidik Raul Gonzalez Gantikan Zidane

Posted: 03 Jun 2018 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Real Madrid masih mencari pelatih baru untuk menggantikan Zinedine Zidane. Terbaru, Los Galacticos membidik legendanya sendiri, Raul Gonzalez.

Real Madrid saat ini sedang mencari sosok yang tepat sebagai pelatih baru pasca mundurnya Zinedine Zidane, lima hari setelah membawa Madrid menjadi juara Liga Champions musim 2017/18.

Beberapa nama kini sudah disebut akan jadi kandidat pelatih baru Madrid. Ada nama Maurichio Pochettino yang disebut sebagai kandidat potensial. Tapi, sang pelatih masih punya komitmen bersama dengan Tottenham dan dia baru saja meneken kontrak baru.

Opsi lain, ada nama Jurgen Klopp yang membuat Liverpool tampil memukau pada musim ini. Joachim Loew yang jadi otak permainan timnas Jerman. Arsene Wenger yang sedang tidak terikat kontrak pun masuk dalam incaran.

Tapi, seperti yang dikutip dari AS, Real Madrid juga akan mempertimbangkan opsi beberapa nama lain. Salah satunya adalah Raul. Ia dinilai punya potensi untuk mengikuti jejak Zidane yang sukses sebagai pemain dan pelatih.

 

Strategi Sama

Raul Gonzalez selebrasi gol ke gawang Barcelona (AFP)

Problem krusial yang bakal dihadapi oleh Madrid jika memilih Raul adalah lisensi kepelatihan. Sang legenda masih dalam proses mendapatkan lisensi melatih dari UEFA dan akan mengambil peran di tim muda Madrid lebih dulu.

Bisa jadi, Real Madrid akan memakai strategi yang sama saat menunjuk Zidane untuk menggantikan Rafael Benitez pada tahun 2016 silam.

Raul, dengan statusnya sebagai legenda klub, akan dipersiapkan sebagai pelatih jangka panjang Madrid. Sosok yang pernah bermain di Al Sadd tersebut, besar kemungkinan tidak akan ditunjuk langsung sebagai pelatih baru musim depan.

Jika dibanding dengan sang pemilik nomor tujuh sebelum era Cristiano Ronaldo, Madrid sebenarnya punya sosok lain yang lebih potensial. Dia adalah Guti Hernandez.

Sama seperti Raul, Guti juga merupakan legenda Madrid. Kedua pemain bahkan merasakan era kejayaan Madrid pada periode yang sama.

Dari segi kesiapan, Guti jelas lebih siap pakai dibandingkan dengan Raul. Ia sudah mengantongi lisensi kepelatihan UEFA. Selain itu, jebolan akademi Madrid ini juga sudah punya pengalaman melatih tim muda Madrid dalam beberapa tahun terakhir.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Unggah Foto Bugil, Istri Lee Jeong Hoon Dihujat

Posted: 03 Jun 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejak kehamilannya cukup besar, istri Lee Jeong Hoon kerap memamerkan tubuh mulusnya dalam beberapa foto di akun Instagram. Dan kini, bayi tersebut telah berusia satu bulan.

Rupanya, istri Lee Jeong Hoon begitu bahagia, bisa kembali memiliki seorang putri pada pernikahan keduanya tersebut. Ia pun mengenang masa kehamilannya.

Ia mengunggah foto di usia kehamilan delapan bulan. Namun bukan itu yang menjadi fokus warganet.

Pose istri Lee Jeong Hoon dalam bathtub tanpa busana yang diunggah kembali di akun Instagram @itzM3 MoA, Senin (4/6/2018) membuat warganet marah. 

Dihujat

(Instagram/@moa_aeim)

Warganet pun langsung membanjiri kolom komentar yang tak ditutup oleh Moa Aeim, istri Lee Jeong Hoon. Mereka mengingatkan tentang toleransi, juga menyebutkan bahwa pose ini terlalu vulgar untuk ukuran budaya Indonesia. 

"Astafirullahalazim maaf sblm @moa_aeim skrng di bulan ramadhan seharus jgn posting beginian, tanpa busana lagi, wlw beda agama kita harus menghargai agama lain nya," tulis akun @shintanyarahman.

"Kok ada ya yg seperti ini.. kamu hidup di indonesia yg mayoritas islam hargailah sesama agama.. ini di bulan suci ramdhan," tambah akun @yeyenaminah.

"Mbak in dnia timur yh jgn smakan dnia barat.dnia tmur sgt mnjunjung tinggi hrga dri prempuan.jdi tlg jgan umbar auratnya yah.fto kyk gt di smpan pribadi jha.hnya brmksud mnjaga spya tdk ad niat jhat," kata @ulupaha.

"Ini indonesia, bukan korea," kata @windy.annasya.

"Terlalu fulgarrr," tutur @rizky.amalia94.

 

 

 

Lahirkan Bayi Perempuan

(Instagram/leejeonghoon)

Istri Lee Jeong Hoon, melahirkan bayi perempuannya pada 5 Mei 2018 lalu, dengan berat badan 2,5 kilogram, dan panjang 45 sentimeter.

Pasangan ini pun memberikan nama pada bayi ini Kimora Hazel Amber Lee.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPS: Inflasi Mei 2018 Tercatat 0,21 Persen

Posted: 03 Jun 2018 09:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, tingkat inflasi pada Mei 2018 sebesar 0,21 persen. Angka ini lebih tinggi dibandingkan inflasi April 2018 yang sebesar 0,1 persen.

Untuk inflasi tahun kalender sebesar 1,3 persen. Sedangkan inflasi tahun ke tahun (year on year) sebesar 3,23 persen. "Perkembangan harga komoditas pada Mei menunjukkan adanya peningkatan," jelas Kepala BPS, Suhariyanto, Senin (6/4/2018).

Dari 82 kota yang dihitung Indeks Harga Konsumen (IHK), terdapat 65 kota yang mengalami inflasi dan terdapat 17 kota mengalami deflasi. "Inflasi tertinggi terjadi di Tual dan terendah terjadi di Purwokerto dan tangerang," tambah dia.

Ia melanjutkan, pada inflasi pada Ramadan 2018 ini jika dibandingkan dengan Ramadan 2017 yang tercatat 0,39 persen dan Ramadan 2016 yang sebesar 0,66 persen maka untuk tahun ini jauh lebih rendah.

Prediksi Ekonom

Pedagang melayani pembeli di pasar, Jakarta, Jumat (6/10). Dari data BPS inflasi pada September 2017 sebesar 0,13 persen. Angka tersebut mengalami kenaikan signifikan karena sebelumnya di Agustus 2017 deflasi 0,07 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Ekonom PT Bank Permata Tbk, Josua Pardede memperkirakan inflasi Mei ini sebesar 0,23 persen Month to Month (MoM) atau 3,25 persen (Year on Year/YoY). Inflasi tahunan ini diprediksi lebih rendah dari bulan sebelumnya di 3,41 persen YoY.

"Penggerak inflasi Mei adalah komponen volatile food dan administered prices," tegas dia dalam analisisnya yang diterima Liputan6.com.

Lebih jauh kata Josua, harga beberapa komoditas pangan meningkat selama periode Mei, seperti daging ayam, daging sapi dan telur ayam yang berkontribusi terhadap inflasi. Sedangkan beras, bawang putih, cabai berkontribusi terhadap deflasi pada komponen makanan.

Dia menjelaskan, permintaan daging ayam dan telur meningkat selama puasa dan diperkirakan akan terus naik menjelang Lebaran. Sementara harga beras dapat dikelola dalam jangka pendek karena pemerintah mengambil langkah impor sejak awal tahun ini, serta dampak musim panen Maret dan April tahun ini.

"Inflasi dari administered prices juga berkontribusi terhadap inflasi di belakang uptrend dalam harga transportasi pada Idul Fitri," terangnya.

Melihat perkembangan inflasi 2018, lanjutnya, inflasi volatile food tumbuh lebih cepat daripada inflasi headline yang menunjukkan bahwa pasokan komoditas pangan perlu ditingkatkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

[Cek Fakta] Harga Tiket Pesawat Jakarta-Surabaya Rp 4 Juta

Posted: 03 Jun 2018 09:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Harga tiket transportasi setiap musim libur lebaran kerap mengalami kenaikan. Tak terkecuali tiket pesawat dengan berbagai rute.

Apalagi, jumlah pemudik yang akan menggunakan jasa angkutan udara mengalami kenaikan 10 persen pada Lebaran 2018 ini. Bahkan, jumlah pemudik per 7-24 Juni 2018 mencapai angka 5,68 juta untuk wilayah Indonesia bagian barat.

Klaim

Beredar Informasi yang mennyebut, harga tiket pesawat jurusan Jakarta-Surabaya bisa mencapai Rp 4 juta di masa libur Lebaran 2018. 

Bantahan Kemenhub

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menegaskan, tarif paling tinggi penerbangan rute Jakarta-Surabaya adalah Rp 1,3 juta atau Rp 2,6 juta Pulang Pergi (PP). Pernyataan ini menepis kabar yang menyebut harga tiket pesawat tujuan tersebut menembus Rp 4 juta pada arus mudik Lebaran 2018 ini.

"Berdasarkan ketentuan maksimal tarif maskapai tersebut adalah Rp 1,3 juta atau PP sebesar Rp 2,6 juta. Saya telah mengatakan kepada operator maskapai penerbangan menetapkan tarif usahakan jangan sampai ke batas atas," kata Budi Karya seperti dikutip dari laman resmi Setkab.go.id, Jakarta, Minggu (3/6/2018).

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Forum ILO, Menteri Hanif Pastikan Indonesia Terus Lakukan Perbaikan Ketenagakerjaan

Posted: 03 Jun 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri memimpin Delegasi Indonesia dalam rangkaian acara Konferensi Perburuhan Internasional atau Internasional Labor Conference (ILC) ke-107 yang diselenggarakan di Jenewa Swiss.

Menaker Hanif mengatakan pemerintah Indonesia mendukung penyelenggaraan ILC ke-107 ini sebagai sarana meningkatkan komitmen dan kerja sama bidang ketenagakerjaan di antara negara-negara anggota International Labour Organization (ILO) .

"Kegiatan ILC ini harus dimanfaatkan secara optimal untuk memperbaiki dan meningkatkan pembangunan ketenagakerjaan serta memperjuangkan kepentingan Indonesia di dunia internasional," kata Menaker Hanif, dalam keterangan pers Biro Humas Kemnaker, Minggu (3/6).

ILC ke-107 ini diagendakan berlangsung dari 28 Mei hingga 8 Juni 2018 dan dihadiri oleh perwakilan delegasi dari 187 negara anggota International Labour Organization (ILO) dengan melibatkan jumlah delegasi yang mencapai sekitar 5.700 orang.

Pertemuan-pertemuan dalam ILC yang digelar setiap tahun secara rutin ini melibatkan unsur tripartit dari masing-masing negara, yang terdiri dari unsur pemerintah, unsur asosiasi pengusaha dan unsur serikat pekerja/serikat buruh (SP/SB).

Pertemuan ILC ke-107 mengusung tema utama : Ending Violance and Harrashmenst in The World of Work atau Mengakhiri Kekerasan dan Pelecehan di Dunia Kerja telah dibuka secara resmi pada tanggal 28 Mei 2018.

Sidang ILC ini didahului dengan pertemuan masing-masing unsur tripartit kemudian dilanjutkan dengan dialog bersama untuk mencari terobosan solusi dalam menangani berbagai isu dan tantangan ketenagakerjaan yang tengah terjadi.

Pada Sidang ILC tahun ini, delegasi Indonesia yang dipimpin Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri terlibat aktif dengan melakukan penyampaian pendapat Pemerintah Indonesia dalam 5 komite pembahasan.

Komite pertama adalah Komite Aplikasi Standar yang membahas laporan penerapan konvensi yang belum dan telah diratifikasi periode laporan 2017.

Kedua, Komite General Discussion yang membahas kemitraan finansial, kebijakan dan pengembangan peranan ILO dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Ketiga, Komite Standar Setting yang membahas upaya-upaya yang akan mengatur secara komprehensif perlindungan pekerja dari tindakan kekerasan dan pelecehan di tempat kerja.

Keempat, Komite Recurrent Discussion yang membahas mengenai tujuan strategis dialog sosial dan tripartisme dalam menghadapi perkembangan ketenagakerjaan di era digital.

Kelima, Komite Abrogation yang mencabut konvensi ILO yang sudah tidak relevan lagi dengan perkembangan ketenagakerjaan dewasa ini.

Dalam kunjungan kerjanya ini, Menaker Hanif juga diagendakan melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa negara untuk membahas berbagai hal dan upaya peningkatan kerja sama di bidang ketenagakerjaan.

Delegasi Indonesia berkomitmen melaksanakan tugas secara optimal dengan mengikuti persidangan secara seksama dan dapat memberikan usulan dan masukan yang konstruktif untuk kepentingan pembangunan ketenagakerjaan di Indonesia khususnya dan internasional pada umumnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Legenda Real Madrid Minta Ronaldo Bertahan di Bernabeu

Posted: 03 Jun 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mantan Bintang Real Madrid, Luis Figo, berharap Cristiano Ronaldo akan tetap bertahan bersama Los Blancos. Ini sesuai dengan harapan fans yang ingin Ronaldo tetap tinggal di klub juara Liga Champions itu.

Seperti diketahui, masa depan Ronaldo telah mendominasi berita utama sejak pemain berusia 33 tahun mengisyaratkan akan hengkang. Ini diutarakan Ronaldo usai Real Madrid memenangi Liga Champions berturut-turut.

Pemenang penghargaan Ballon d'Or lima kali ini, yang kemudian minta maaf atas komentar soal masa depannya itu, telah dikaitkan dengan kembalinya ke mantan klubnya Manchester United (MU) dan juara Prancis Paris Saint-Germain (PSG).

"Saya berharap Cristiano [Ronaldo] tetap tinggal seperti harapan semua penggemar Real Madrid," kata Figo.

"Suatu hari dia akan berhenti bermain, tapi Real Madrid akan terus menjadi salah satu klub terbaik di dunia."

Minta Naik Gaji

Pemain Real Madrid, Cristiano Ronaldo sedang bingung apakah bakal melanjutkan kariernya di Real Madrid atau tidak (AP/Matthias Schrader)

Sebelumnya, muncul kabar Ronaldo sudah mengajukan permintaan kepada manajemen klub jika ingin bertahan di Santiago Bernabeu musim depan. Pemain asal Portugal itu, minta ada kenaikan gaji.

Dilansir dari El Confidencial, Ronaldo tidak menutup kemungkinan untuk bertahan di Madrid. Namun, ia meminta kenaikan gaji yang signifikan jika El Real masih ingin menggunakan jasanya.

Persiapan Piala Dunia

Cristiano Ronaldo berpose menunjukkan lima jarinya bersama kekasihnya Georgina Rodriguez saat merayakan kemenangannya di Liga Champions di Stadion NSK Olimpiyskiy, Ukraina (26/5). (AP/Darko Vojinovic)

Kelanjutan karier Ronaldo di Madrid sempat menjadi tanda tanya besar. Sang pemain mengisyaratkan ingin menimbang kembali masa depannya di Madrid.

Saat ini Ronaldo bersiap untuk Piala Dunia bersama Portugal. Mereka akan menghadapi Spanyol (15 Juni), Maroko (20 Juni) dan Iran (25 Juni) di Grup B.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Universitas Airlangga Bantah Terpapar Radikalisme

Posted: 03 Jun 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Universitas Airlangga (Unair) Surabaya membantah pernyataan BNPT bahwa instansinya terpapar radkalisme. Rektor Unair meminta BNPT memberikan data yang akurat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mutiara Hati: Allah Tidak Mungkin Berlaku Tidak Adil

Posted: 03 Jun 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Al Adel adalah keadilan sempurna. Seorang yang adil belum tentu keadilannya mencapai puncak. Semua keadilan-keadilan yang sempurna adalah sifat Allah SWT.

Ada beberapa definisi keadilan di kalangan para pakar. Ada yang berkata keadila adalah menempatkan segala sesuatu pada tempatnya.

Menempatkan sesuatu pada tempatnya tidak mutlak dia harus baik. Menempatkan segala sesuatu pada tempatnya menjadikan seseorang tidak dinamai adil jika memberikan senjata kepada anak kecil, karena itu bukan tempatnya.

Allah maha adil. Orang berlaku aniaya kalau butuh, orang berlaku aniaya kalau takut. Allah tidak butuh, Allah tidak takut, sehingga Allah tidak mungkin melakukan penganiayaan dan Allah tidak mungkin berlaku tidak adil.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: