Selasa, 26 Juni 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Polda Metro Antisipasi Aksi Teroris di Pilkada 2018

Posted: 26 Jun 2018 10:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pihak Polda Metro Jaya memastikan bahwa pihaknya sudah mengantisipasi aksi teror dalam Pilkada 2018. Hal itu guna melancarkan dan memberikan keamanan kepada pemilih.

"Ya itu (teroris) pasti kita mengantisipasi," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono di Jakarta, Rabu (27/6).

Namun, ia tidak menjelaskan secara rinci antisipasi seperti yang dilakukan pihak kepolisian dalam mengamankan Pilkada 2018.

"Tidak bisa kita sampaikan bagaimana teknisnya, yang terpenting kita mengajak masyarakat untuk memerangi terorisme," katanya.

Argo juga mengatakan, tiap TPS akan ada anggota kepolisian yang berjaga. Di mana anggota akan berjaga sebanyak dua orang di masing-masing TPS.

"Untuk keseluruhan akan ada 41.381 personel pengamaman. Dalam pengamanan tersebut, Polri dibantu TNI dan stakeholder lainnya seperti Linmas," ujarnya.

Argo pun menegaskan, pada prinsipnya dari kepolisian Polda Metro Jaya netral dalam Pilkada 2018.

"Sudah ada instuksi dari bapak Kapolri, seandainya ada yang tidak netral, ada sanksi, mulai dari ringan sampe berat, artinya mulai dari teguran sampai PTDH," pungkasnya.

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka.com

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di liputan6.com.

 

Saksikan tayangan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Report Pencoblosan Pilkada Serentak 2018

Posted: 26 Jun 2018 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hari pencoblosan Pilkada Serentak 2018 tiba. Sebanyak 171 daerah menggelar pemungutan suara yang dilaksanakan di 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten yang bisa disaksikan secara live streaming di sini.

Pilkada Serentak 2018 hari ini, (27/6/2018), diikuti 520 pasangan calon. Rinciannya, 55 pasangan pada pilkada provinsi, 344 pasangan pada pilkada bupati, dan 121 pasangan pada pilkada wali kota. 

Menurut data dari KPU pusat melalui infopemilu.kpu.go.id, daftar pemilih tetap pada Pilkada Serentak 2018 ini mencapai 152.058.452 orang, dengan jumlah TPS mencapai 387.566.

Ikuti perkembangan berita terkini pencoblosan Pilkada Serentak 2018 dari sejumlah daerah secara langsung di Liputan6.com

Update 12.04 WIB

Hastag Recehkan Pilkada mulai ramaikan jagad twitter. Pantauan Tekno Liputan6.com, Rabu (27/6/2018), banyak pengguna Twitter mengunggah berbagai lelucon soal jodoh atau pilihan hati menggunakan tagar #RecehkanPilkada.

Mereka menghubungkan Pilkada dengan harapan tentang jodoh bernada guyonan.

Beberapa recehan pilkada itu di antaranya, "Jadi takut besok untuk memilih. Takut ditinggal lagi pas sayang-sayangnya :") #RecehkanPilkada," tulis @kapurbarusss.

 

"Ayo teman-teman jangan lupa pilih yang pasti pasti aja, kalo ga pasti tinggalin aja #RecehkanPilkada,"kicau pengguna Twiter dengan akun @shintah.

Update 12.00 WIB

Cagub NTB Zulkieflimansyah mencoblos tepat Pukul 12.01 Wita. Zulkieflimansyah mencoblos di TPS 05, Bajur, Lombok Barat. Politikus PKS ini mencoblos bersama istrinya pada pukul 12.01 Wita.

Usai mencoblos Zul bersama relawannya kemudia menuju ke kediamannya. Disaa, para relawan Zul-Rohmi menunggu kedatangan calon gubernur yang diusung partai Demokrat dan PKS ini.

Update 11.56 WIB

Polres Cirebon selidiki hilangnya 2.467 surat suara di TPS Desa Danamulya Kabupaten Cirebon.

Update 11.40 WIB

Calon Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mendatangi TPS 061 di Jatiwaringin, Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat. Bersama sang istri, Giselawati Mizwar, keduanya berjalan dari rumah ke arah TPS yang tepat di seberang rumahnya.

Calon Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar. (Liputan6.com/Radityo Priyasmoro)

Pantauan di lokasi, keduanya hadir pukul 09.30 WIB. Kedatangan Deddy sontak disambut tetangga sekitar, tampak ada yang mengajak bersalaman dan juga berselfie.

Update 11.23 WIB

Calon Gubernur Sumut nomor urut 1 Edy Rahmayadi menggunakan hak pilih pada Pilkada Sumut 2018 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 15 Lingkungan VII, Kelurahan Pangkalan Mansyur Jalan Karya Bakti, Kecamatan Medan Johor.

Calon Gubernur Sumut nomor urut 1 Edy Rahmayadi. (Liputan6.com/Reza Efendi)

Edy mengatakan, pencoblosan Pilkada ini merupakan pengalaman pertama usai kembali sebagai masyarakat sipil setelah pensiun dini saat menjabat Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

Update 11.22 WIB

Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau Gus Ipul mengajak masyarakat Jawa Timur bisa menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada Serentak 2018, Rabu (27/3/2018). Gus Ipul mencoblos di TPS 03 Gayungan, Surabaya, ditemani istri Fatma Saifullah Yusuf dan dua putranya, serta politikus senior Eros Djarot.

Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau Gus Ipul. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

"Jangan golput. Mari gunakan hak pilih sesuai nurani demi Jawa Timur yang makmur," kata Gus Ipul usai mencoblos di TPS 03.

Update 11.20 WIB

Calon Gubernur Sulawesi Selatan Ichsan Yasin Limpo (IYL) bersama keluarga menyalurkan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 24, Kelurahan Tidung, Kecamatan Rappocini Makassar.

Ichsan Yasin Limpo datang bersama istri Novita serta dua orang anaknya yaitu Nursadly Jaffi dan Halifah. Mereka terlihat antusias dalam menyalurkan hak pilihnya di Pilkada Serentak 2018.

Update 11.15 WIB

Pasangan calon Gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur nomor urut dua, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul dan Puti Guntur Soekarno atau Mbak Puti menggelar acara tumpengan ke-2 usai mencoblos di TPS, Rabu (27/6/2018).

Tumpengan ke-2 tersebut merupakan perayaan ulang tahun ke 47 Puti Guntur Soekarno (Mbak Puti) yang dirayakan di rumah Gus Ipul di perumahan The Gayungsari X/30.

Update 11.13 WIB

Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto, memantau TPS 05 Bojongkoneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Rabu (27/6/2018). (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto, memantau TPS 05 Bojongkoneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Rabu (27/6/2018).

Agung tiba di TPS tempat pencoblosan calon Wakil Bupati Bogor, Inggrid Kansil, sekitar pukul 09.00 WIB.

Budi menyampaikan kedatangannya untuk memastikan bahwa wilayah Bogor aman dan damai pada saat pelaksaan Pilkada Serentak 2018. 

Update 10.46 WIB

Komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja meninjau TPS 17 Desa Bojongkoneng, Hambalang, Bogor. Dirinya ditemani tim Komisi Pemilihan Umum (KPU) luar negeri.

Menurut Bagja, TPS Bojongkoneng menjadi TPS yang rawan sebab pemukimannya dihuni salah satu elit partai politik yang ingin maju jadi Capres 2019 yakni Prabowo Subianto. Maka dari itu, Bagja mereferensikan KPU luar negeri untuk meninjau TPS Bojongkoneng.

Update 10.37 WIB

Cawagub Jabar nomor urut 4 , Dedi Mulyadi menggunakan hak suaranya dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Barat. Dedi tiba di TPS bersama istri Anne Ratna Mustika dan kedua anaknya sekitar pukul 09.00 WIB, Rabu (27/6/2018).

Cawagub Jabar nomor urut 4 , Dedi Mulyadi menggunakan hak suaranya dalam Pilkada Jabar 2018. (Liputan6.com/Abramena)

Dedi Mulyadi datang ke TPS dengan berjalan kaki sepanjang 2 Kilometer dengan tampilan serba putih mengenakan iket khas Sunda Mahkuta Wangsa.

Kedatangan Dedi disambut warga yang berada di TPS 6, serta sejumlah petugas di TPS. Lima menit kemudian Dedi dipanggil petugas TPS untuk memilih dalam bilik suara, usai mencoblos, Dedi Mulyadi mencelupkan jarinya ke wadah tinta, dan meninggalkan TPS pada pukul 09.30 WIB.

Update 10.34 WIB

Calon Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, bersama istri Aini Wismansyah datangi TPS 7 di Gang Teladan 1 RT 03/04, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Rabu (27/6/2018). Dia mencoblos melawan kotak kosong di Pilkada Tangerang.

Update 10.19 WIB

Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep ikut mencoblos dalam Pilkada Jawa Tengah.  (Liputan6.com/Fajar Abrori)

Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep ikut mencoblos dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah, Rabu, 27 Juni 2018. Ia datang ke TPS dengan diantar ibundanya, Iriana Joko Widodo.

Pantauan Liputan6.com, Ibu Negara yang mengantar putra bungsunya Kesang Pangarep tiba di TPS 23, Tirtoyoso RT 05 RW 13, Manahan, Banjarsari sekitar pukul 09.20 WIB. Kedatangan keluarga Presiden Joko Widodo itu dikawal ketat petugas Paspampres.

Update 10.17 WIB

Bawaslu RI dapat laporan surat suara hilang di Cirebon.

Update 10.06 WIB

Calon Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi dan Calon Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara LM Sjafei Kahar tidak ikut mencoblos pada Pilgub 2018 di Sultra. Informasi Dari KPU Sultra, KTP keduanya terdaftar warga DKI Jakarta.

Ali Mazi cagub nomor urut 1 berpasangan dengan Lukman Abunawas. Sedangkan, LM Sjafei Kahar adalah calon wakil gubernur nomor urut 3 berpasangan dengan Rusda Mahmud.

Update 10.00 WIB

Calon Gubernur Bali Nomor Urut 2 Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra mencoblos di TPS 8, Banjar Bengkel, Sumerta Kelod, Denpasar.

Rai Mantra datang ditemani istri Selly Mantra, ibunda Ny. Prof. Mantra beserta anak dan menantu. Rai Mantra tiba di TPS sekitar pukul 08.30 Wita.

Rai Mantra datang ke TPS mengenakan pakaian adat Bali berwarna putih kuning dan memakai udeng berwarna putih.

Update 09.56 WIB

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo pantau Pilkada Serentak 2018 di Semarang

Update 09.38 WIB

Calon gubernur Bali nomor urut 1, Wayan Koster memilih di Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Buleleng. Koster yang mengenakan pakaian adat Bali Kamen (kain) berwarna merah dan kemeja serta udeng berwarna putih mencoblos di TPS 06. Koster didampingi istrinya Ni Putu Putri Suastini mengenakan pakaian adat Bali dominan berwarna merah dan dua putrinya.

Koster datang ke TPS pukul 07.00 Wita dan selesai mencoblos pada pukul 08.00 Wita. Ia mengajak seluruh warga Bali menggunakan hak politiknya demi kemajuan Pulau Dewata ke depan. Koster juga mengimbau agar semua lapisan masyarakat menjaga ketertiban dan kedamaian Bali agar demokrasi di Bali dapat terwujud tanpa ada cela, agar proses demokratisasi di Bali tak terciderai oleh sesuatu apapun.

Update 09.20 WIB

Ridwan Kamil sudah mencoblos di TPS 21 di kelurahan Cigadung, Kecamatan Cibeunying Kaler, Bandung, bersama istri dan anaknya. Paslon Cagub Jabar ini menggunakan jersey Spanyol dan istrinya menggunaka jersey Portugal.

Update 09.16 WIB

Calon Gubernur Jawa Tengah Sudirman Said, berserta keluarga dan kerabatnya, bersilaturhmi ke rumah-rumah tetangganya di kampungnya di Brebes dan berziarah ke makam kedua orang tuanya di Tempat Pemakaman Desa Slatri. Sudirman Said, tercatat sebagai warga DKI Jakarta sehingga tak ikut mencoblos di Pilkada Jawa Tengah.

Update 09.00 WIB

Bersama istri, kandidat petahana Wali Kota Cirebon Nasrudin Azis menyoblos di TPS 30 Ciremai Giri Kelurahan Kecapi Kota Cirebon pukul 08.59 WIB.

Update 08.41 WIB

Calon Gubernur Sulsel Nurdin Halid bersama istrinya tiba di TPS 01 RW 01 Jalan Tidung Mariolo, Kelurahan Tidung, Kecamatan Rappocini, Makassar. Ia tiba tepat pukul 09.00 wita sesuai jadwal yang direncanakan sebelumnya.

Setelah tiba di TPS yang tak jauh dari kediamannya di Jalan Mapala, Kecamatan Rappocini, Makassar, Nurdin dan istrinya langsung menyapa dan menyalami warga sekitar yang sejak awal memenuhi sekitaran TPS.

Selang dua menit diarahkan duduk oleh petugas TPS, keduanya pun langsung menuju ke kotak suara untuk menyalurkan hak pilihnya baik pada pilkada Makassar maupun Pilgub Sulsel periode 2019-2023.

Update 08.31 WIB

Gubernur Maluku Said Assagaff menyalurkan hak politik pada Pilkada Maluku 2018 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) II kelurahan Mangga Dua, kecamatan Nusaniwe, Rabu (27/6/2018).

Update 08.24 WIB

Cagub Sumatera Utara Edy Rahmayadi sudah mencoblos di TPS. Dengan mengenakan kemeja putih dah berpeci, Edy Rahmayadi mencoblos ditemani istrinya.

 

Update 08.17 WIB

Calon Gubernur Jawa Barat Sudrajat lari pagi bersama cucunya sebelum mencoblos. Rencananya, Sudrajad akan mencoblos di TPS 27 di Jalan Cikendi RT 04 RW 09 Kelurahan Hegarmanah, Kecamatan Cidadap tak jauh dari rumahnya. Sudrajat akan mencoblos dengan istrinya.

 

Bersama para cucu lari pagi sebelum ke tempat pemungutan suara

A post shared by Mayjen (Purn) Sudrajat (@mayjensudrajat) on

 

Update 08.12 WIB

Calon Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi datang ke di TPS 15, Jalan Karya Bakti, Kelurahan Pangkalan Masyhur, Medan Johor untuk menyalurkan hak pilihnya. Edy datang bersama istrinya Nawal Lubis.

Update 08.00 WIB

Calon Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Halid datang bersama istrinya ke TPS 01 RW 01 Tidung Mariolo, Kelurahan Tidung, Kecamatan Rappocini, Makassar untuk menggunakan hak pilihnya di Pilkada Sulawesi Selatan.

Update 07.57 WIB

Calon Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo datang ke TPS 2 di Kelurahan Gajahmungkur, Semarang untuk menyalurkan hak suaranya. Ganjar datang bersama istirnya, Siti Atiqoh Supriyanti.

Calon Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Tim Media Ganjar)

Update 07.56 WIB

Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) sudah menggunakan hak suaranya di Pilkada Sulsel.

Update 07.30 WIB

Deddy Mizwar akan mencoblos pukul 09.00 WIB di TPS 61, Jatiwaringin, Bekasi. Di TPS itu, warga sudah mulai berkumpul untuk mencoblos.

Update 07.00 WIB

Masyarakat bisa mencoblos mulai saat ini atau pukul 07.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB. Dengan syarat menunjukkan e-KTP asli, atau C6 (pemberitahuan memilih). Sementara waktu pencoblosan untuk para pemilih di kategori DPTb dimulai pukul 12.00 sampai dengan pukul 13.00 WIB. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Amnesty International: 13 Pejabat Myanmar Terlibat Kejahatan HAM pada Etnis Rohingya

Posted: 26 Jun 2018 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Naypyidaw - Lembaga pemerhati HAM, Amnesty International, dikabarkan telah mengindentifikasi 13 orang pejabat militer dan polisi Myanmar, yang memiliki peran kunci dalam kejahatan kemanusian terhadap minoritas Muslim Rohingya di Myanmar.

Laporan identifikasi di atas kembali menegaskan desakan kepada Dewan Keamanan PBB untuk merujuk situasi terkait ke Pengadilan Pidana Internasional.

Dikutip dari Time.com pada Rabu (27/6/2018), Amnesty International mengklaim memiliki bukti bahwa sembilan dari 11 Kejahatan HAM yang tercantum dalam Statuta Roma, termasuk pembunuhan, pemerkosaan dan penyiksaan, dilakukan terhadap minoritas Rohingya sejak akhir tahun lalu.

Laporan setebal 190 halaman itu, berdasarkan lebih dari 400 wawancara yang dilakukan selama sembilan bulan di Myanmar dan Bangladesh, menggambarkan saksi dan laporan lain tentang pembunuhan di luar hukum, perkosaan massal, perampasan sumber daya vital, dan pembakaran desa-desa Rohingya dalam "cara yang disengaja".

Ditambahkan oleh Amnesty International, masyarakat Rohingya merupakan minoritas muslim yang teraniaya dan kebanyakan tanpa kewarganegaraan dari negara bagian Rakhine di wilayah barat Myanmar, negara dengan mayoritas penganut Buddha.

Setelah kelompok pemberontak yang dikenal sebagai Arakan Rohingya Salvation Army (ARSA) melancarkan beberapa serangan terhadap pasukan keamanan negara pada 25 Agustus 2017, militer Myanmar melakukan pembalasan brutal yang menargetkan warga sipil Rohingya.

Sejak itu, lebih dari 700.000 warga Rohingya melarikan diri melintasi perbatasan ke Bangladesh, mewakili sekitar 80 persen dari total populasi mereka di wilayah utara negara bagian Rakhine.

Sekitar 200.000 orang warga Rohingya tinggal di permukiman pengungsi di distrik Cox's Bazar, Bangladesh, setelah melarikan diri dari kekerasan sebelumnya. Kini, kelompok pengungsi itu memiliki perkiraan total populasi sekitar 1,1 juta orang.

Lebih lanjut, Amnesty International menuduh bahwa pelanggaran militer terjadi, baik sebelum dan sesudah serangan ARSA Agustus tahun lalu, serupa dengan "serangan brutal" yang terjadi pada Oktober 2016.

Laporan tersebut juga mengidentifikasi dua divisi tempur yang diketahui terlibat dalam pelanggaran serupa lainnya di Myanmar, yakni 33rd and 99th light infantry divisions yang dikerahkan ke negara bagian Rakhine sebelum kekerasan Agustus terjadi.

Amnesty International juga memperoleh rekaman audio tentang "konflik Agustus 2017" --diyakini otentik-- yang didapat dari panggilan telepon antara penduduk Rohingya dan seorang perwira militer setempat.

Dalam rekaman itu, petugas mengatakan, dalam bahasa Burma, "Kami mendapat perintah untuk membakar seluruh desa jika ada gangguan. Jika Anda penduduk desa tidak hidup dengan damai, kami akan menghancurkan segalanya ... Kami memulai operasi ... Jika Anda hanya diam, tidak akan ada masalah. Jika tidak, Anda semua akan berada dalam bahaya."

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di liputan6.com.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Pemberian Akses Terbatas

Muslim Rohingya saat melakukan pelayaran maut untuk mengungsi dari Rakhine. (AFP)

Sejak tensi krisis Rohingya meningkat, pemerintah Myanmar, yang dipimpin oleh peraih Nobel Aung San Suu Kyi, membantah tudingan kejahatan HAM, termasuk memblokir hampir semua akses ke berbagai titik di negara bagian Rakhine.

Pemerintah hanya memberikan kemungkinan akses kunjungan terbatas pada diplomat, petugas kemanusiaan, dan jurnalis terverifikasi.

Sampai saat ini, tujuh tentara diketahui telah diselidiki, dan mungkin dipenjara, karena peran mereka dalam pembunuhan 10 pria Rohingya di satu desa. Tetapi, Amnesty International mengatakan semua penyelidikan yang dipimpin militer Myamnar "tidak bisa sepenuhnya dipercaya".

Laporan tentang identifikasi pejabat yang terlibat kejahatan HAM itu merupakan langkah besar untuk mengajukan rekomendasi hukum kepada PBB, ASEAN, masyarakat internasional, otoritas Myanmar, kepemimpinan ARSA, pemerintah Bangladesh, dan lembaga kemanusiaan, guna memastikan perdamaian, keadilan, dan peluang mata pencaharian yang berkelanjutan bagi warga Rohingya.

Pada hari Senin, 25 Juni 2018, Uni Eropa dan Kanada mengumumkan sanksi terhadap tujuh pejabat senior militer Myanmar, yang dituduh terlibat dalam kampanye melawan Rohingya, termasuk Mayjen Maung Maung Soe, mantan kepala Komando Barat ketika konflik terjadi.

Maung Maung Soe sempat dipindahkan ke komando lain, sebelum kemudian diberhentikan pada pekan ini karena kinerja militernya dianggap kurang, selama penangana konflik di negara bagian Rakhine. Ia juga dikabarkan terkena sanksi dari Amerika Serikat karena perannya dalam konflik.

Awal bulan ini, Myanmar menandatangani perjanjian dengan berbagai lembaga PBB, yang berjanji memastikan proses pemulangan pengungsi Rohingya berjalan sebagaimana mestinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Klise Pengguna Narkoba di Yogyakarta

Posted: 26 Jun 2018 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - Polresta Yogyakarta menangkap 23 pelaku penyalahgunaan narkoba dari 20 laporan kasus dalam kurun waktu dua bulan terakhir, April sampai Juni 2018. Para tersangka penyalahgunaan narkoba itu terdiri dari 11 pemakai dan 12 pengedar.

Barang bukti yang disita berupa ganja 20,63 gram, tembakau gorila 34,48 gram, Alprazolam 141 butir, Riklona 11 butir, dan pil Yarindu 1.418 butir.

"Belum ditemukan pengedar besar, barang bukti tersangka jumlahnya sedikit, tetapi tetap saja narkoba," ucap AKBP Armaini, Kapolresta Yogyakarta, Senin, 25 Juni 2018.

Ia menyebutkan latar belakang tersangka penyalahgunaan narkoba bervariasi, mulai dari mahasiswa, karyawan swasta, sampai pengangguran. Mereka rata-rata tergolong usia produktif 20 sampai 30 tahun.

Menurut Armaini, kondisi ini membahayakan bangsa karena para pemuda calon pemimpin di masa depan sudah terkontaminasi narkoba.

Ia memaparkan motivasi pengguna narkoba selalu berkisar seputar tekanan hidup, baik tekanan ekonomi maupun sosial.

"Bila keimanannya tipis mencari pelarian melalui miras atau narkoba," ujarnya.

Armaini menjelaskan narkoba memberi efek rasa senang dan halusinasi. Pengguna akan melupakan berbagai tekanan hidup. Setelah pengaruh obat hilang, mereka cenderung ingin mengonsumsinya lagi.

Apabila dipakai berkelanjutan, narkoba dapat merusak daya ingat dan pikiran. Akibatnya, orang yang sudah kecanduan bisa berbuat kejahatan, mulai dari pencurian sampai kekerasan.

Para tersangka dijerat ancaman hukuman bervariasi. Pemakai narkoba berkisar tiga sampai 10 tahun penjara, sedangkan pengedarnya lima sampai 15 tahun penjara.

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Berawal dari Penasaran

pengguna narkoba di Yogyakarta selalu mengungkapkan jawaban yang nyaris serupa saat ditanya alasan menggunakan narkoba.

Seorang tersangka penyalahgunaan narkoba yang ditangkap adalah perempuan muda berusia 20 tahun berinisial NG. Dia ditangkap pada 29 April 2018 di Umbulharjo, Yogyakarta.

Di kantong celana NG terdapat sembilan butir pil Riklona.

NG mengaku sudah setahun mengonsumsi narkoba karena salah pergaulan. Awalnya ia hanya coba-coba setelah ditawari oleh teman laki-lakinya.

"Penasaran jadi dicoba," ujarnya.

Setelah mencoba, ia menjadi ketagihan dan ingin mengulanginya lagi karena efek dari narkoba yang membuatnya fly, merasa ringan, dan senang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Pertandingan Piala Dunia 2018 Korsel Vs Jerman

Posted: 26 Jun 2018 10:00 PM PDT

Jakarta - Jerman siap menghadapi Korea Selatan malam ini di laga terakhir Grup F Piala Dunia 2018. Jerman wajib menang untuk mengamankan tiket ke 16 besar.

Tertinggal tiga poin atas Meksiko yang menghuni urutan teratas dan unggul selisih gol atas Swedia di tempat ketiga, Jerman harus meraih kemenangan ketika menghadapi Korea Selatan.

Sebab, jika bermain imbang atau bahkan kalah, Tim Panser harus angkat koper dari Piala Dunia 2018. Namun, hal itu bakal menjadi kenyataan jika Swedia menang atas Meksiko di Central Stadium.

Peluang timnas Jerman meraih kemenangan atas Korea Selatan terbilang besar. Sebab, dari tiga pertemuan terakhir, Jerman memetik dua kemenangan dan hanya sekali kalah dari Korsel.

Akan tetapi, Taegeuk Warriors harus tetap diwaspadai. Sebab, pada pertemuan terakhir melawan Jerman, mereka meraih kemenangan 3-1 di Busan Asiad Main Stadium dalam laga persahabatan, 19 Desember 2004.

Berikut adalah jadwal siaran langsung Korsel vs Jerman di Piala Dunia 2018:

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

Jadwal Siaran Langsung

Rabu, 27 Juni 2018

Korea Selatan Vs Jerman - pukul 21.00 WIB - Kazan Arena

Trans TV

Pertandingan ini juga bisa dilihat di Bukalapak

Klasemen Grup F

1 Meksiko 2 2 0 0 3 1 2 6

2 Jerman 2 1 0 1 2 2 0 3

3 Swedia 2 1 0 1 2 2 0 3

4 Korea Selatan 2 0 0 2 1 3 -2 0

Sumber: www.Bola.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Penerimaan CPNS 2018, Beredar Surat Palsu Catut Nama Kemendagri

Posted: 26 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ajang rekrutmen dan pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) masih menjadi peluang para oknum untuk mencari keuntungan. Kali ini beredar surat palsu mengatasnamakan institusi pemerintah dan meminta pungutan biaya kepada CPNS Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di seluruh Indonesia sebagai biaya pembekalan CPNS.

Surat palsu yang terbit 18 Juni 2018 tersebut menjelaskan bahwa panitia pembekalan CPNS Kemendagri akan melaksanakan pembekalan bagi 2.000 CPNS di lingkungan Kemendagri yang telah lulus mengikuti tes umum. Rencananya, pembekalan akan diadakan di Hotel Horison Kota Bandung, Jawa Barat dan kepada para CPNS diminta menyetorkan sejumlah uang.

Menanggapi kabar hoaks tersebut, Kepala Bagian Hubungan Media dan Pengaduan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN), Yudhantoro Bayu Wiratmoko, mengimbau kepada masyarakat agar tidak mengindahkan segala bentuk informasi yang tidak jelas asal sumbernya dan terus waspada agar tidak terjebak pada tindak kejahatan yang dilakukan oknum tak bertanggung jawab.

"Kami tak lelah-lelah mengingatkan masyarakat untuk hanya merujuk informasi seputar CPNS kepada media informasi resmi milik pemerintah," papar Bayu dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu (27/6/2018).

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur memastikan penerimaan CPNS 2018 akan segera dibuka.

Dia mengungkapkan, bila tidak ada halangan, pengumuman penerimaan tersebut akan dilakukan sebelum akhir Juli 2018.

"Tunggu saja, sebentar lagi. Ini Juli, sebelum akhir Juli mudah-mudahan sudah bisa diumumkan (penerimaan CPNS 2018)," paparnya.

 

Selanjutnya

3 Tes Kesehatan Wajib untuk CPNS (Liputan 6)

Asman mengungkapkan, saat ini proses perhitungan terhadap jumlah dan formasi penerimaan CPNS 2018 telah selesai dilakukan. Namun, sesuai rencana sebelumnya, proses penerimaannya akan dilakukan setelah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

‎"Sudah finalisasi, untuk formasi (CPNS). Nanti kita umumkan secara terbuka. Doakan saja supaya cepat," kata dia.

Menurut Asman, pada tahun ini, jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS yang akan pensiun mencapai 220 ribu orang. Sehingga jumlah penerimaan CPNS tidak akan jauh dari angka tersebut.

"Yang pensiun 220 ribu, berapa yang akan diumumkan ya tunggu saja. Karena kan pedomannya tetap jumlah yang pensiun," kata dia.

Sementara untuk posisi yang akan dibuka, Asman menyatakan pada tahun ini akan diprioritaskan untuk tenaga pendidik dan tenaga kesehatan. Hal tersebut mengingat kebutuhannya cukup besar, khususnya di daerah.

"Itu prioritas, tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan," tandasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hamil Tua, Istri Sammy Simorangkir Ngidam Ferrari dan Lamborghini

Posted: 26 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pada umumnya setiap ibu hamil biasanya merasakan ngidam. Berbagai keinginan yang aneh-aneh sering terlintas di benak ibu hamil.

Demikian pula yang dirasakan istri Sammy Simorangkir, Viviane. Ketika ngidam sesuatu, Viviane sering terbawa perasaan. Bahkan menurut Sammy, sang istri bisa menangis ketika keinginannya tak terwujud.

"Terus kalau ada lagi ngidam apa, terus enggak keturutan jadi menangis sendiri," kata Sammy Simorangkir di Abbe Studio, kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (26/6/2018).

Selama istri menjalani proses kehamilan, Sammy Simorangkir mengaku lebih banyak mengalah. Bagaimana tidak, karena Viviane sering marah-marah tanpa sebab. Mood Viviane begitu cepat naik-turun.

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

Sensitif

Viviane dan Sammy Simorangkir

"Ada-lah beda perilaku. Dia pas lagi hamil gini sensitif ada-lah. Marah-marah enggak jelas, cuma wajarlah namanya wanita kan kalau lagi hamil, di-iyain saja dulu deh. Kita mengalah," tutur Sammy Simorangkir.

Ngidam Aneh

Sammy Simorangkir dan Viviane |(foto : Deki Prayoga/Bintang.com)

Biasanya, ada permintaan yang aneh-aneh ketika wanita hamil ngidam. Banyak cerita dari suami-suami yang menjadi korban dari aksi ngidam istrinya. Lalu bagaimana dengan Sammy Simorangkir?

"Oh ada (aneh-aneh), minta Ferrari, Lamborghini, pesawat. Aneh-lah pokoknya," tutur Sammy Simorangkir dengan mimik bercanda. (Anto/Bintang.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kocak, Ini Cuitan Warganet Soal Pilkada yang Berujung Curhatan Ngenes

Posted: 26 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pada hari Rabu (27/6), sebanyak 171 daerah yang terdiri dari 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten melakukan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada). Ya, perhelatan ini menjadi pesta demokrasi yang ditunggu-tunggu masyarakat Indonesia yang berhak memilih.

Calon pemilih yang akan memberi hak suaranya pagi ini (27/6) juga sudah mempersiapkan diri untuk memilih kandidat mana yang akan dicoblos dan ditetapkan sebagai pemimpin di wilayah mereka mendatang.

Dari media sosial Twitter, sudah diramaikan warganet yang sedikit memberikan tips dan cuitan dengan tagar #PilkadaBermartabat, yang mereka ramaikan dari kemarin hingga pesta demokrasi hari ini berlangsung.

Dikutip brilio.net dari Twitter, Rabu (27/6), berbagai cuitan yang diunggah dengan sedikit curcol ala jomblo di media sosial ini pun semakin banyak. Simak cuitan-cuitan selengkapnya sebagai berikut.

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

Status Belum Menikah

(Sumber Twitter/@azizasyari1993 via Brilio.net)

Jangan Nikah Sama Orang Golput, Nanti...

(Sumber Twitter/@angelinegrc_ via Brilio.net)

Kok Malah Curhat Ya

(Sumber Twitter/@kulkashalal via Brilio.net)

Jangan Dikira Lagi di Warnet Ya

(Sumber Twitter/@kardoes_oesang via Brilio.net)

Kenal Dulu Ya

(Sumber Twitter/@RisqiAgnes via Brilio.net)

Ingat Ya

(Sumber Twitter/@RisqiAgnes via Brilio.net)

Curhat Lagi

(Sumber Twitter/@RisqiAgnes via Brilio.net)

Awas Ditinggalin

(Sumber Twitter/@RisqiAgnes via Brilio.net)

Padahal Bukan Penyanyi

(Sumber Twitter/@RisqiAgnes via Brilio.net)

Reporter:

Eko Wahyu Putradinata

Sumber: Brilio.net

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: BNN Temukan Obat Batuk Anak yang Bikin Mabuk

Posted: 26 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta BNN temukan obat batuk yang mempunyai efek memabukkan. Obat ini biasanya dikonsumsi oleh anak dan remaja di Indonesia Timur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspada, Kalah Pilkada Bisa Picu Serangan Jantung

Posted: 26 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hari ini, 27 Juni 2018, Pemilihan Umum Kepada Daerah (Pilkada) diadakan secara serentak seantero Indonesia. Pesta demokrasi ini memang bisa berlangsung mendebarkan, tidak hanya bagi para calon kepala daerah, tapi juga bagi para pendukungnya.

Namun ada satu hal yang harus diwaspadai. Jika tidak hati-hati, kekalahan yang mungkin terjadi dalam Pilkada bisa memicu serangan jantung.

Tanpa disadari, emosi yang dirasakan seseorang berdampak pada kesehatan jantung. Emosi ini dapat berupa rasa marah, kaget, kecewa, dan kesedihan. Sebagai contoh, kekalahan dalam Pilkada tentu akan menimbulkan rasa kecewa, marah, dan sedih. Apalagi bagi para pasangan calon dan para pendukung setianya.

Saat hal tersebut terjadi, tubuh akan mengeluarkan senyawa, yaitu sitokin. Sitokin bersifat aritmogenik, yaitu dapat membuat irama jantung menjadi tidak teratur. Kondisi ini dapat menyebabkan gangguan irama jantung (aritmia) dan bila dibiarkan dapat berakibat fatal, bahkan hingga memicu terjadinya serangan jantung.

Tak hanya itu, rasa sedih dan stres psikologis juga dapat memicu keluarnya hormon stres, yaitu kortisol. Hormon kortisol dapat menyebabkan kadar gula tidak stabil, meningkatkan tekanan darah, dan menyebabkan gangguan tidur seperti insomnia. Bila rasa sedih yang dirasakan berkepanjangan, bahkan hingga menyebabkan depresi, maka akan menyebabkan seseorang rawan mengalami berbagai penyakit. Hal ini disebabkan senyawa interleukin yang dapat melemahkan daya tahan tubuh dan membuat seseorang mudah jatuh sakit.

Kiat menerima kekalahan dan menghindari stres usai PilkadaRasa sedih dan kecewa ketika mengalami kekalahan usai Pilkada sangat wajar. Namun, jangan sampai emosi yang membuncah tersebut menguasai Anda hingga menyebabkan gangguan kesehatan seperti serangan jantung. 

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com

Saksikan juga video menarik berikut:

 

Tips Bebas Stres dan Cegah Serangan Jantung

Awas, Kalah dalam Pilkada Rentan Picu Serangan Jantung! (thebigland/Shutterstock)

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan, baik sebagai pasangan calon maupun pendukung, agar bebas stres pasca Pilkada:

  1. Adakan "pesta kekalahan". Tak hanya pasangan yang menang saja yang dapat merayakan dengan berpesta, pasangan (termasuk pendukung) yang kalah pun dapat mengadakan pesta. Pesta kekalahan ini lebih bertujuan untuk berbagi kekecewaan dan kesedihan dengan orang lain. Dengan demikian, Anda tidak akan merasa sendirian ketika merasa kecewa. Selain itu, pesta kekalahan ini dapat menjadi kesempatan untuk mengevaluasi penyebab kekalahan secara positif.
  2. Istirahat cukup. Istirahat yang cukup akan memberi kesempatan bagi tubuh untuk pulih kembali setelah hiruk pikuk menjelang, saat, dan pasca Pilkada. Dengan tubuh yang segar dan bugar, Anda tentu dapat berpikir lebih positif.
  3. Tetap berolahraga. Sekalipun merasa lemah akibat rasa kecewa, usahakan agar Anda tetap berolahraga. Pilihlah olahraga dengan intensitas ringan seperti jalan, lari santai, atau bersepeda. Olahraga dapat memicu pengeluaran dopamin dalam tubuh yang akan menimbulkan rasa nyaman dan senang.
  4. Hindari media sosial. Untuk sementara waktu, hindari paparan terhadap media sosial, terutama bila beritanya masih bernuansa politik dan Pilkada. Bukan berarti Anda harus mengasingkan diri, tetapi hal ini bertujuan untuk memberi kesempatan pada diri Anda untuk tenang dan fokus merencanakan langkah berikutnya.

Kekecewaan saat kalah Pilkada atau ketika pasangan calon unggulan tidak mendapat suara terbanyak memang tidak terelakkan. Jalan terbaik untuk menghadapinya adalah menerima kekalahan dengan lapang dada sambil tetap menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan bugar. Ingat, intinya adalah Anda sudah ikut andil dalam pesta demokrasi Indonesia, dan bersama-sama mendukung pemenang untuk menata wilayahnya jauh lebih baik ke depannya. Jika sudah legawa begini, kekalahan dalam Pilkada tidak akan menimbulkan gangguan kesehatan, termasuk memicu serangan jantung.

Penulis: dr. Sepriani Timurtini Limbong. Sumber: Klikdokter.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Khasiat Alpukat dan Madu untuk Mewujudkan Kulit Wajah yang Lebih Cerah

Posted: 26 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Alpukat dan madu merupakan dua bahan alami yang memiliki manfaat baik untuk kulit. Cara kerjanya menutrisi kulit dari dalam sehingga kulit wajah Anda terlihat lebih cerah bercahaya.

Jika Anda memiliki permasalahan kulit kusam dan gelap, tidak ada salahnya untuk mencoba perawatan rutin di rumah menggunakan alpukat dan madu. Kedua bahan ini juga sangat mudah didapatkan.

Kandungan vitamin hingga mineral pada alpukat dan madu memiliki manfaat bagi kecantikan kulit. Mulai dari melembapkan kulit, menyamarkan kerutan, melindungi kulit dari paparan sinar matahari, menuntaskan jerawat, hingga membuat kulit terlihat lebih cerah.

 

Bahan-bahan

Berikut manfaat alpukat dan madu untuk perawatan kulit lebih cerah bercahaya. (Foto: iStockphoto)

Seperti dilansir dari situs Boldsky, Rabu (27/6/2018), berikut cara menggunakan alpukat dan madu sebagai perawatan kulit agar lebih cerah bercahaya.

Bahan-bahan:

1 buah alpukat yang ranum

1 sendok makan madu murni

 

Langkah-langkah pembuatan

Berikut manfaat alpukat dan madu untuk perawatan kulit lebih cerah bercahaya. (Foto: iStockphoto)

Langkah-langkah pembuatan:

1. Kupas alpukat dan ambil dagingnya. Taruh pada wadah kemudian hancurkan hingga menjadi adonan yang halus.

2. Tambahkan satu sendok madu ke dalam wadah kemudian aduk hingga merata.

3. Aplikasikan masker pada seluruh bagian wajah dan leher secara merata. Biarkan selama 15 hingga 20 menit.

4. Selama proses ini nutrisi pada alpukat dan madu akan diresap oleh kulit. Bilas wajah Anda menggunakan air hangat untuk membuka pori-pori dan mengeluarkan kotoran pada kulit.

5. Lakukan perawatan ini rutin dua kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal. Kulit wajah Anda perlahan akan terlihat lebih bersih dan cerah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Kabupaten di Papua Batal Gelar Pilkada Hari Ini

Posted: 26 Jun 2018 09:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menyatakan dua kabupaten di Provinsi Papua batal menyelenggarakan Pilkada, Rabu (27/6/2018) ini. Dua daerah tersebut adalah Kabupaten Nduga dan Pinai.

Menurut Wiranto, Kabupaten Nduga tidak bisa melaksanakan Pilkada serentak karena pendistribusian logistik belum selesai menyusul situasi keamanan yang tidak kondusif.

Pesawat Trigana Air yang membawa 18 anggota Brimob saat akan bertugas mengamankan proses pilkada serentak di Kabupaten Nduga ditembaki oleh kelompok kriminal sipil bersenjata (KKSB) dua hari lalu.

"Aparat keamanan dari Brimob ditembaki sehingga logistiknya masih terlambat. Tapi sekarang sedang proses pengamanan," kata Wiranto usai memantau pelakasanaan Pilkada di Kota Bogor, Jawa Barat.

Kemudian di Kabupaten Pinai, pelaksanaan Pilkada ditunda karena terjadi konflik usai penetapan dua pasangan calon bupati dan wakil bupati.

"Masyarakat menghendaki satu calon. Ini masih ribet. Perlu diselesaikan dulu," kata dia.

Kondisi ini mengakibatkan pelaksanaan Pilkada di dua kabupaten tersebut terpaksa ditunda dan baru akan dilaksanakan pada saat situasi dan kondisi di wilayah itu sudah betul-betul kondusif.

"Tapi akan dilaksanakan dikemudian," kata mantan Panglima ABRI di era Presiden Suharto.

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kelompok Separatis Menyerang, TNI-Polri Kirim Pasukan Tambahan

Posted: 26 Jun 2018 09:52 PM PDT

Jakarta - Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata kembali melakukan penyerangan pada Selasa 26 Juni 2018. Jelang Pilkada 2018, mereka meneror tujuh wilayah di Papua, seperti di Nduga, Kabupaten Puncak.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan, sejak beberapa hari lalu, pihaknya telah mengirim pasukan Kostrad untuk mengamankan Bandara Ilaga, Puncak.

Jumlahnya satu satuan setingkat kompi (SSK). Seluruhnya dikerahkan untuk mengamankan Bandara Ilaga. Sebab, beberapa hari belakangan sering terjadi penembakan di lokasi tersebut.

"Untuk melakukan pengamanan wilayah sekitar bandara yang biasanya rawan terjadi penembakan pesawat," kata Hadi, Selasa.

Selain itu, pasukan tersebut turut diperintah untuk memperkuat pengamanan di sekitar Bandara Ilaga. Tugas itu dilaksanakan bersama aparat kepolisian yang sudah ditugaskan dalam pengamanan pilkada serentak di Papua.

Mabes Polri juga menambah pasukan untuk pengamanan pilkada di Papua. Wakapolri Komjen Syafruddin menyatakan, pasukan tambahan itu ditugaskan untuk mengatasi serangan KKSB. Pasukan tambahan yang sudah dikerahkan ke Papua, terang dia, mencapai 18 ribu personel atau hampir setara dengan dua batalyon.

"Personel tambahan sekitar 18 ribu, lebih besar dan ditambah dibanding tahun lalu," kata dia seusai rapat koordinasi persiapan Asian Games di Istana Wakil Presiden kemarin. Berdasar data dari kepolisian, Papua masuk dalam zona VII.

Polri sudah menyiapkan pasukan Korps Brimob dari Maluku Utara sebanyak 614 personel. Sedangkan di Maluku ada 1.591 personel yang siap siaga. Total kekuatan personel Korps Brimob yang disiapkan dalam pengamanan pilkada serentak tahun ini mencapai 41.333 orang.

Syafruddin menjelaskan, Papua memang salah satu wilayah yang menjadi atensi polisi sejak awal karena merupakan wilayah rawan.

Pengamanan itu dilakukan bukan hanya saat pemungutan suara hari ini (27/6/2018), tapi juga pascapencoblosan. Yakni pada saat kotak suara dipindahkan dari TPS menuju kelurahan dan kecamatan. "Jadi, titik rawan itu pada saat pencoblosan itu aman saja. Namun, setelah penghitungan di TPS dan mengangkut ke PPS (panitia pemungutan suara di kelurahan, Red), lalu di kecamatan di situ rawan sehingga perlu dikawal," tuturnya.

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Peran Serta Masyarakat

Jenderal polisi dengan tiga bintang di pundak itu meminta keterlibatan masyarakat, termasuk media massa, untuk membantu pengawalan tersebut agar semakin aman. Daerah lain yang juga diwaspadai Polri berdasar letak geografis adalah NTT dan Maluku Utara. Sedangkan berdasar potensi konflik wilayah, yang diwaspadai Polri adalah Kalimantan Barat dan Sumatera Utara.

"Yang menyangkut demografi yang cukup besar di Jawa. Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan semua merupakan bagian dari yang kita waspadai jadi daerah rawan," imbuh Syafruddin.

Khusus wilayah yang mendapat atensi Polri, Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto menyampaikan, instansinya sudah mengirim pasukan yang dipastikan cukup guna mengantisipasi setiap potensi ancaman. Pasukan tersebut terpisah dari total pasukan Polri sebanyak 170 ribu personel yang telah disiapkan sebelumnya.

 

Baca berita menarik lainnya di Jawapos.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Nyoblos, Puti Guntur Soekarno Rayakan Ultah

Posted: 26 Jun 2018 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Pasangan calon Gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur nomor urut dua, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul dan Puti Guntur Soekarno atau Mbak Puti menggelar acara tumpengan ke-2 usai mencoblos di TPS, Rabu (27/6/2018).

Tumpengan ke-2 tersebut merupakan perayaan ulang tahun ke-47 Puti Guntur Soekarno yang dirayakan di rumah Gus Ipul di perumahan The Gayungsari X/30.

Mbak Puti tiba di rumah Gus Ipul sekitar pukul 10.00 WIB dan bergabung dengan keluarga Gus Ipul di ruang tamu. Saat itulah, istri Gus Ipul, Fatma Saifullah Yusuf tiba-tiba mengeluarkan tumpeng dan diikuti kedatangan Joy Kameron.

"Ulang tahun Mbak Puti spesial, kemarin sudah tumpengan hari ini tumpengan lagi. Tumpeng harus dua," ujar Gus Ipul sambil meminta Mbak Puti memotong tumpeng.

Gus Ipul mengaku bangga bisa berdampingan dengan Mbak Puti di pemilihan gubernur kali ini. "Ini takdir, kami mulai awal tidak pernah berfikir untuk bergandengan di Pilkada kali ini," kata Gus Ipul.

Sebagai cucu proklamator Soekarno (Bung Karno), Mbak Puti, Kata Gus Ipul, sangat pantas untuk menjadi pemimpin di Jawa Timur. "Bung Karno lahir dan meninggal dimakamkan di Jawa Timur. Saat ini salah satu cucunya siap memimpin Jawa Timur," kata dia.

Sementara itu, usai memotong tumpeng, Mbak Puti lantas menyerahkan potongan tumpeng kedua ini pada Gus Ipul.

"Saya bangga bisa mendampingi Gus Ipul. Semoga kami berdua bisa mengabdi untuk rakyat Jawa Timur," kata Mbak Puti.

Potong tumpeng sendiri lantas diakhiri dengan doa bersama tang dipimpin Gus Fahrurrozy, pengasuh pesantren An Nur 1, Bululawang, Malang.

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Mencoblos, Cagub Sulsel Arifin Numang Berdoa di Masjid Raya

Posted: 26 Jun 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Makassar - Calon Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Numang bersama istrinya menunaikan salat Subuh dilanjutkan salat Dhuha di Masjid Raya Makassar sebelum bergegas ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) 5 untuk mencoblos di Pilkada Sulsel 2018.

Di TPS yang berada di Kompleks Mawar, Jalan Pengayoman, Makassar, mantan Wakil Gubernur Sulsel pendamping Syahrul Yasin Limpo selama dua periode itu kemudian menggunakan hak pilihnya di Pilkada Sulsel 2018.

"Ini merupakan momen penting dan menentukan untuk Sulsel ke depan," kata Agus Arifin Numang, Rabu (26/6/2018).

Ia mengungkapkan, dalam Pilkada Sulsel 2018, terdapat 30 persen warga yang sama sekali tak mau terlibat dalam kepentingan politik maupun Pilkada Serentak. Sehingga yang diperebutkan oleh 4 kandidat di Pilgub Sulsel hanya 70 persen.

"Jika suara terbagi dari 70 persen itu, yah tentunya aman. Makanya sejak awal kami sudah bekerja maksimal termasuk menggarap 30 persen suara yang di maksud tersebut," ujar Agus Arifin Numang saat ditemui usai mencoblos di TPS 5 Kompleks Mawar Jalan Pengayoman, Makassar tersebut.

Berbicara terkait daerah basis pemenangan, ia mengklaim hampir sama dengan kandidat lainnya. Di mana hampir seluruh daerah di Sulsel telah ia garap dengan maksimal, termasuk daerah tanah Luwu yakni Masamba, Palopo dan Toraja.

"Kalau bicara soal itu, semua kita sudah garap dan alhamdulillah daerah-daerah yang dimaksud sangat antusias," jelas Agus Arifin Numang.

Ditempat yang sama, Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 5 Kompleks Mawar, Abdul Kadir mengatakan total pemilih yang terdaftar mencoblos di TPS tempatnya berjumlah 682 pemilih.

"Semuanya total 682 pemilih yang terdaftar di TPS sini," singkat Kadir.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di liputan6.com.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Julio Banuelos, Mantan Bek yang Jadi Pelatih Kiper Timnas Indonesia U-23

Posted: 26 Jun 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bakal ada nama baru dalam staf kepelatihan timnas Indonesia U-23. Ya, dia adalah Julio Banuelos yang bakal menggantikan Eduardo Perez sebagai pelatih kiper.

Seperti diketahui, Perez memutuskan untuk mengundurkan diri. Pelatih berkepala botak itu kabarnya hengkang setelah menerima tawaran salah satu klub di Qatar.

Pengumuman mundurnya Perez dikonfirmasi langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria. PSSI menyebut Eduardo Perez mengajukan pengunduran diri setelah laga uji coba Timnas Indonesia U-23 kontra Korea Selatan U-23 pada Sabtu (23/6/2018).

"PSSI mengucapkan terima kasih kepada coach Eduardo yang telah memberikan banyak ilmu dan manfaat untuk Timnas Indonesia maupun sepak bola Indonesia. Begitu coach Eduardo menyampaikan pengunduran diri, kami menunjuk Julio Banuelos sebagai pengganti sesuai rekomendasi tim pelatih Timnas Indonesia U-23," ujar Ratu Tisha.

"Persiapan Timnas U-23 tetap akan berjalan sesuai rencana. Kami rasa tak ada masalah berarti terkait penggantian pelatih kiper karena Julio juga punya kualitas dan semoga ini menjadi yang terbaik demi target di Asian Games nanti," kata Ratu Tisha menambahkan.

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

 

 

Posisinya Bek

Pelatih kiper timnas Indonesia U-22, Eduardo Perez hengkang dari timnas Indonesia U-23 (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Julio Banuelos bakal menjabat sebagai pelatih kiper. Uniknya, saat masih aktif bermain, Banuelos ternyata berposisi sebagai bek.

Banuelos tercatat pernah menimba ilmu di akademi Real Madrid. Banuelos naik ke level senior mulai 1988 dengan membela sejumlah klub, seperti Mirandes, Zaragoza B, Maspalomas, Badalona, dan Balaguer.

Dunia kepelatihan pun bukan hal baru bagi Banuelos. Tercatat, ia pernah melatih lima tim seperti Alaves, Mirandes, dan Burgos.

AEK Larnaca

Julio kemudian turun pangkat menjadi asisten pelatih saat bergabung ke klub Siprus, AEK Larnaca pada 2014-2016. Dari sana, ia melanjutkan karier sebagai asisten pelatih di APOEL, dan Leeds United.

Kini Julio akan mendapat tugas baru sebagai pelatih kiper di bawah komando Luis Milla dengan kontrak hingga Asian Games berakhir. Julio akan memulai melatih kiper Timnas Indonesia U-23 pada pemusatan latihan Juli mendatang. Pemusatan latihan itu rencananya digelar di Bali hingga menjelang Asian Games 2018 pada Agustus 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kreatif, Ada TPS Bernuansa Piala Dunia di Kota Tangerang

Posted: 26 Jun 2018 09:44 PM PDT

Aktivitas di TPS 29 Gandasari yang bertema Piala Dunia pada Pilkada Serentak 2018 di Kota Tangerang, Rabu (27/6). TPS ini membuat warga yang menggunakan hak pilih untuk Pilkada Kota Tangerang merasakan sensasi Piala Dunia 2018. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Aktivitas di TPS 29 Gandasari yang bertema Piala Dunia pada Pilkada Serentak 2018 di Kota Tangerang, Rabu (27/6). TPS ini membuat warga yang menggunakan hak pilih untuk Pilkada Kota Tangerang merasakan sensasi Piala Dunia 2018. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Petugas KPPS menunjukkan surat suara pada Pilkada Serentak 2018 di TPS 29 Gandasari, Kota Tangerang, Rabu (27/6). Di TPS ini warga yang menggunakan hak pilih untuk Pilkada Kota Tangerang dapat merasakan sensasi Piala Dunia 2018 (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Petugas KPPS menunjukkan surat suara pada Pilkada Serentak 2018 di TPS 29 Gandasari, Kota Tangerang, Rabu (27/6). Di TPS ini warga yang menggunakan hak pilih untuk Pilkada Kota Tangerang dapat merasakan sensasi Piala Dunia 2018 (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pemilih memasukkan surat suara setelah mencoblos pada Pilkada Serentak 2018 di TPS 29 Gandasari, Kota Tangerang, Rabu (27/6). Di TPS ini warga yang memilih untuk Pilkada Kota Tangerang dapat merasakan sensasi Piala Dunia 2018 (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pemilih memasukkan surat suara setelah mencoblos pada Pilkada Serentak 2018 di TPS 29 Gandasari, Kota Tangerang, Rabu (27/6). Di TPS ini warga yang memilih untuk Pilkada Kota Tangerang dapat merasakan sensasi Piala Dunia 2018 (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pemilih berada di bilik suara untuk mencoblos pada Pilkada Serentak 2018 di TPS 29 Gandasari, Kota Tangerang, Rabu (27/6). Di TPS ini warga yang memilih untuk Pilkada Kota Tangerang dapat merasakan sensasi Piala Dunia 2018 (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pemilih berada di bilik suara untuk mencoblos pada Pilkada Serentak 2018 di TPS 29 Gandasari, Kota Tangerang, Rabu (27/6). Di TPS ini warga yang memilih untuk Pilkada Kota Tangerang dapat merasakan sensasi Piala Dunia 2018 (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pemilih memasukkan surat suara setelah mencoblos pada Pilkada Serentak 2018 di TPS 29 Gandasari, Kota Tangerang, Rabu (27/6). Di TPS ini warga yang memilih untuk Pilkada Kota Tangerang dapat merasakan sensasi Piala Dunia 2018 (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pemilih memasukkan surat suara setelah mencoblos pada Pilkada Serentak 2018 di TPS 29 Gandasari, Kota Tangerang, Rabu (27/6). Di TPS ini warga yang memilih untuk Pilkada Kota Tangerang dapat merasakan sensasi Piala Dunia 2018 (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Seorang warga menggunakan hak politiknya dalam Pilkada Serentak 2018 di TPS 29 Gandasari, Kota Tangerang, Rabu (27/6). Di TPS ini warga yang memilih untuk Pilkada Kota Tangerang dapat merasakan sensasi Piala Dunia 2018 (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Seorang warga menggunakan hak politiknya dalam Pilkada Serentak 2018 di TPS 29 Gandasari, Kota Tangerang, Rabu (27/6). Di TPS ini warga yang memilih untuk Pilkada Kota Tangerang dapat merasakan sensasi Piala Dunia 2018 (Liputan6.com/Angga Yuniar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Michelle Joan Curhat Pengalaman Pribadi di Lagu Terbaru, soal Pacar?

Posted: 26 Jun 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Terkenal sebagai aktris, ternyata Michelle Joan kini tengah disibukkan dengan aktivitasnya sebagai musikus. Ya, pemain sinetron Ganteng Ganteng Serigala itu tengah menggodok materi untuk single lagu terbarunya.  

Menariknya, Michelle Joan juga turun langsung dalam pembuatan lagu tersebut. Terbukti, dirinya menjadi salah satu pencetus ide sekaligus pencipta lirik lagu yang masih dirahasiakan judulnya tersebut. 

"(Lagu) ciptaan aku barengan sama produsernya. Aku memang suka nyanyi dari dulu. Cuma memang kemarin-kemarin belum pede gitu, kan," ujar Michelle Joan, saat ditemui di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (26/6/2018). 

 

Pengalaman Pribadi

Michelle Joan. (Galih W Satria/Bintang.com)

Michelle Joan mengaku mendapat inspirasi lirik lagu dari pengalaman pribadinya. Lagu yang tampaknya bernada mellow itu bercerita soal kisah cinta yang terhalang sebuah perbedaan. 

"Liriknya tentang galau galau gitu, patah hati dah. Kayak saling cinta, tapi berbeda-lah, bedanya bisa apa saja. Mungkin beda agama, prinsip, beda pola pikir, pokoknya gitu deh," ucap Michelle Joan. 

 

Kisah Cinta

Web TV Asia Awards 2016 (Doc: Ulfara)

"Ya campur, ada pengalaman pribadi aku sedikit, ada pengalaman teman juga. Jadi, rata-rata masalahnya berbeda, tapi global gitu. Jadi berbedanya tuh enggak spesifik, jadi berbeda dalam banyak hal. Pasti (semua orang) ngalamin deh putus karena sesuatu," sambung Michelle Joan seraya senyum penuh arti.  

Lantas, apakah Michelle Joan bercerita soal kisah cintanya dengan sang kekasih Raes? Atau justru dirinya mengenang hubungannya dengan Chris Laurent yang telah kandas? 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Twit Kocak Recehkan Pilkada, Ada yang Sampai Curhat Jodoh

Posted: 26 Jun 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pilkada Serentak 2018 tengah digelar di berbagai daerah di Indonesia.

Pesta demokrasi ini tidak hanya dimeriahkan dengan berbagai harapan untuk kepala daerah baru, tapi juga beragam guyon receh dengan tagar #RecehkanPilkada.

Pantauan Tekno Liputan6.com, Rabu (27/6/2018), banyak pengguna Twitter mengunggah berbagai lelucon soal jodoh atau pilihan hati menggunakan tagar #RecehkanPilkada.

Mereka menghubungkan Pilkada dengan harapan tentang jodoh bernada guyonan.

Berikut beberapa kicauan guyon dengan tagar #RecehkanPilkada yang berhasil kami rangkum:

"Jadi takut besok untuk memilih. Takut ditinggal lagi pas sayang-sayangnya :") #RecehkanPilkada," tulis @kapurbarusss.

"Ayo teman-teman jangan lupa pilih yang pasti pasti aja, kalo ga pasti tinggalin aja #RecehkanPilkada,"kicau pengguna Twiter dengan akun @shintah.

"Bilang sama ayah kamu, suruh cepet cepet ke TPS ya, soalnya udah ada saksi. #RecehkanPilkada," tulis @ridwan_baihaqie.

"Hari ini pada sibuk pilih kepala daerah, kamu pilih akunya kapan? ( ._.) #RecehkanPilkada," twit dari pengguna @AiNaSaKoi.

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

Pilkada Serentak 2018 Jadi Topik Populer Nasional

Ilustrasi Pilkada Serentak

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, Rabu pagi (27/6/2018), tagar #PilkadaSerentak2018 menduduki posisi puncak Indonesia trending topic di Twitter saat berita ini ditulis.

Selain itu, juga ada berbagai tagar dan topik populer lain terkait pilkada, termasuk #PilkadaBermartabat, Tempat Pemungutan Suara dan ke TPS.

Berikut beberapa kicauan warganet dengan tagar #PilkadaSerentak2018:

"Mari gunakan hak pilih Anda dan sukseskan pemilihan kepala daerah hari ini, libur bukan berarti malas-malasan jangan sampai golput ya, masa depan 5 thn daerah ada di tngan anda msing2 hari ini. Salam Demokrasi!#PilkadaSerentak2018 #PilkadaDamai," kicau @Chrifanoldry.

"Hari ini 27 juni 2018 kita melaksanakan #PilkadaSerentak2018 disebagian besar wilayah Indonesia dengan jumlah 171 Daerah, 17 Gubernur, 115 Bupati dqn 39 wali kota," tulis pengguna Twitter dengan akun @suryaMD23.

"Semoga pernyataan Moeldoko memberi ketenangan bagi publik agar tidak berpikir negatif kepada aparat TNI-POLRI. Semoga memang tidak pernah ada unsur politis oleh aparat negara yang memang harus netral dalam PILKADA 2018 ini. #PilkadaBermartabat #PilkadaSerentak2018," tulis @Frida_Wahyumi.

 

(Din)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anggota Polri Meninggal Dunia Saat Amankan Pilkada di Surabaya

Posted: 26 Jun 2018 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berita duka datang dari keluarga besar Polri. Di tengah-tengah tugas mengamankan Pilkada Serentak 2018, dalah satu anggotanya meninggal dunia. Anggota Polri itu wafat saat tengah mengamankan salah satu TPS di Gubeng, Surabaya, Jawa Timur.

"Innalillahi wa innalillahi rojiun. Telah Meninggal dunia rekan/saudara/anggota Satreskrim Polrestabes Surabaya, Aiptu Mulyoto," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal melalui keterangan tertulis, Jakarta, Rabu (27/6/2018).

Iqbal menuturkan, anggotanya tersebut mengembuskan napas terakhir sekitar pukul 1.00 WIB dini hari tadi. Saat itu, dia tengah mengamankan TPS 12, 13, dan 14 di wilayah hukum Polsek Gubeng, Surabaya.

"Diduga karena serangan jantung pada saat sedang melaksanakan tugas negara pengamanan TPS," ucapnya.

Jenazah kemudian dibawa ke RS Dokter Soetomo Surabaya. Selanjutnya jenazah dibawa pulang untuk dikebumikan ke kampung halamannya di Madiun, Jawa Timur.

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deddy Mizwar: Menyiapkan Kemenangan Lebih Sulit dari Kekalahan

Posted: 26 Jun 2018 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mendatangi TPS 061 di Jatiwaringin, Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat. Bersama sang istri, Giselawati Mizwar, keduanya berjalan dari rumah ke arah TPS yang tepat di seberang rumahnya.

Pantauan di lokasi, keduanya hadir pukul 09.30 WIB. Kedatangan Deddy sontak disambut tetangga sekitar, tampak ada yang mengajak bersalaman dan juga berselfie.

"Menyiapkan kekalahan sangat mudah, menyiapkan kemenangan itu lebih sulit, karena amanahnya adalah lima tahun kedepan," pesan Deddy Mizwar, panggilan karibnya, sebelum mencoblos saat diburu awak media di lokasi, Rabu (27/6/2018).

Tak sampai 10 menit, Demiz dan sang istri menunaikan hak politiknya sebagai warga negara. Mengaku lega dan optimis, Demiz mengatakan akan segera bergegas ke posko pemenangan di Bandung, Jawa Barat.

"Ya jadi ini ke Bandung berangkat jam 10.00 WIB, supaya jam 12.00 WIB atau jam 13.00 WIB sudah sampai sana, kita bersama saksikan sehingga jam 2 sudah lihat quick count, dan sekaligus persiapkan kemenangan," pungkas Deddy Mizwar.

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Piala Dunia 2018 Swiss Vs Kosta Rika: Demi Jadi Juara Grup

Posted: 26 Jun 2018 09:30 PM PDT

Jakarta Swiss akan berhadapan dengan Kosta Rika pada pertandingan terakhir Grup E Piala Dunia 2018, di Stadion Nizhny Novgorod, Rabu (27/6/2018) atau Kamis (28/6/2018) dini hari WIB. Swiss pun berpeluang besar lolos ke 16 besar dengan status juara grup.

Selain kemenangan, skor juga akan berpengaruh bagi ambisi Swiss menjadi pemuncak klasemen akhir Grup E. Ada poin lain, yakni hasil akhir pertandingan Brasil kontra Serbia. 

Andai Brasil kalah atau seri, sementara Swiss menaklukkan Kosta Rika, sang wakil Eropa bisa memetik ambisi tersebut. Andai Brasil menang, Swiss harus mengungguli Kosta Rika dengan hasil akhir mencapai selisih lebih dari 2 gol dari skor kemenangan Brasil.

Terlepas dari memburu status jawara Grup E, konsentrasi Swiss adalah memastikan mendapat hasil imbang, jangan sampai terpeleset. Pelatih Swiss, Vladimir Petkovic menegaskan, timnya memang mengejar posisi puncak.

"Tapi itu hanya bonus. Level tujuan kami adalah lolos ke fase berikutnya. Kami tak ingin bermain aman dengan hanya seri, melainkan tiga angka. Jika Brasil mengalami sesuatu yang negatif, itu hanya sekadar benefit bagi kami yang sudah bekerja keras," jelas Vladimir Petkovic, di Bild.de, Selasa (26/6/2018).

Ucapan Vladimir Petkovic memiliki modal kuat. Selain permainan yang sedang bagus di panggung Rusia 2018, Swiss membawa catatan bagus. Mereka bisa lolos dari fase grup dalam 3 dari 4 partisipasi terakhir di pentas Piala Dunia 2018. Swiss pernah melakukan itu pada Piala Dunia 1994, 2006, dan 2014.

Kekuatan tradisi menjadi milik Swiss. Tim berjuluk Rossocrociati tersebut tak pernah kalah saat bersua negara dari zona CONCACAF. Artinya, Swiss sedang menuju status tak terkalahkan untuk kali kedua sepanjang sejarah fase grup Piala Dunia, setelah sebelumnya pernah menuai dua menang dan dua seri pada Piala Dunia 2006.

Kapten Swiss, Stephan Lichtsteiner mengungkapkan, rekan-rekannya memiliki level kepercayaan diri tinggi setelah menunjukkan performa bagus pada 2 partai awal di Rusia 2018. "Kami berada di zona yang benar. Kosta Rika berbahaya, dan kami tak boleh terpeleset," sebutnya.

Stephan Lichtsteiner mengakui, titik kekuatan Kosta Rika ada di area belakang. Faktor pengalaman kiper Keylor Navas dan bek Oscar Duarte, membuat lini lain berjalan solid.

Kekuatan lini pertahanan Kosta Rika sudah terlihat pada dua laga Grup E. Mereka kalah 0-1 dari Serbia, lalu berhasil menahan Brasil sampai injury time. "Kewaspadaan itu termasuk bagaimana kami menjaga kepercayaan diri. Pintu ke fase knock-out sudah terbuka," tegas Petkovic.

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

Misi Kosta Rika

Piala Dunia 2018 Swiss Vs Kosta Rika (Bola.com/Adreanus Titus)

Kosta Rika berjanji tak ingin pulang dengan kepala tertunduk. Kapten Kosta Rika, Bryan Ruiz menegaskan, rekan-rekannya akan bermain tanpa beban. "Dan itu yang akan membuat Swiss kesulitan," tegasnya.

Pelatih Kosta Rika, Oscar Ramirez sadar anak asuhnya tak diunggulkan, terutama jika melihat dua kekalahan di Grup E. "Selalu ada kesulitan, dan saya pikir kami akan melewati ini dengan baik," tegasnya.

Ada modal Kosta Rika, setidaknya dari sisi catatan statistik. Kosta Rika memiliki sejarah tak terlalu buruk kala melakoni pertandingan terakhir fase grup di pentas Piala Dunia. Mereka menuai sekali menang, dua kalah dan sekali seri.

Pada sisi 'keburukan' statistik, Kosta Rika tak pernah menang pada empat laga terakhir kontra negara asal Eropa pada ajang Piala Dunia, yakni 3 seri dan sekali kalah. Sepanjang periode tersebut, Kosta Rika hanya mencetak satu gol.

Selain itu, Kosta Rika juga tak pernah menang pada lima laga terakhir di panggung Piala Dunia. Catatan semakin buruk, karena mereka gagal mencetak gol pada empat dari lima partai tersebut.

Prakiraan Pemain:

Swiss: Yann Sommer; Stephan Lichtsteiner, Fabian Schar, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez; Valon Behrami, Granit Xhaka; Xherdan Shaqiri, Blerim Dzemaili, Steven Zuber; Mario Gavranovic.

Kosta Rika: Keylor Navas; Johnny Acosta, Giancarlo Gonzalez, Oscar Duarte, Bryan Oviedo, Cristian Gamboa; Celso Borges, David Guzman, Bryan Ruiz, Christian Bolanos; Marco Urena. ​

Sumber: Berbagai sumber

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Cabai Semakin Pedas, Tembus Rp 50 Ribu per Kg

Posted: 26 Jun 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Harga sejumlah bahan pangan di Pasar Baru, Bekasi, Jawa Barat, terus merangkak naik. Peningkatan paling terlihat pada cabai yang sudah menembus angka Rp 50 ribu per kilogram (Kg).

Salah satu pedagang Sayur di Pasar Baru, Ria mengungkapkan, kenaikan cabai terjadi terutama pada rawit merah. Menurutnya, kenaikan ini dikarenakan adanya kekosongan pada stok barang akibat gagal panen di beberapa daerah.

"Dagangannya enggak ada, kosong abis Lebaran, orang enggak pada metik dan ada yang gagal (panen). Kalau cabai gampang-gampang susah kalau hujan terus juga susah," ungkapnya kepada merdeka.com saat ditemui dilokasi Pasar Baru Bekasi, Rabu (27/6/2018).

Ria melanjutkan, untuk saat ini harga jual cabai rawit merah sendiri dibanderol Rp 50 ribu per kg. Sedangkan cabai merah keriting Rp 35 ribu per kg,. Untuk cabai rawit hijau juga tercatat Rp 35 ribu per kg.

Selain cabai, Ria juga menyebut kenaikan harga juga terjadi pada sayuran buncis. "Buncis mahal, Rp 15 ribu per kg dari normal Rp 10 ribu per kg," imbuhnya.

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

Lebih Mahal Dibanding Lebaran

Seorang pedagang memilah cabai di sebuah pasar di Jakarta, Kamis (11/1). Saat ini harga cabai rawit merah naik sebesar Rp 20 ribu hingga Rp 30 ribu per kilogram. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Tak berbeda jauh, Nababan juga mengakui terjadi kenaikan harga pada cabai. Ia membanderol harga jual pada cabai rawit merah sebesar Rp 48 ribu per kg. Sedangkan untuk cabai merah keriting ditaksir sebesar Rp 35 ribu per kg dan cabai rawit hijau dijual mencapai Rp 40 ribu per kg.

"Mahalan abis Lebaran dari pada Lebaran. Barang dari sana kan turun enggak banyak datengnya. Sedikit-sedikit, enggak banyak," ujarnya.

Dirinya juga mengakui, tidak hanya pada harga cabai saja namun harga jual buncis juga mengalami peningkatan. "Sekarang buncis di atas Rp 20 ribu sampai Rp 24 per kg. Sedikit di sananya enggak pada musim kali. Dari musim kemarau ke musim hujan itu biasanya rusak dimakan ulet, jadi faktor cuaca," pungkasnya.

Sementara bila melansir Informasi Pangan Jakarta hari ini, untuk rata-rata harga jual pada cabai di pasar tradisional Jakarta rawit merah berada di kisaran Rp 44.210 per kg, untuk cabai merah keriting Rp 35.550 per kg, dan cabai rawit hijau berada di Rp 34.200 per kg.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gara-Gara Ini, Dhawiya Zaida Sempat Dilarikan ke Rumah Sakit

Posted: 26 Jun 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini Dhawiya Zaida masih menjalani masa tahanan di Rutan Pondok Bambu akibat kasus narkoba. Seperti diketahui, anak Ratu Dangdut Elvy Sukaesih ini terlibat kasus narkoba bersama kekasihnya.

Selama ditahan, kesehatan Dhawiya Zaida rupanya sempat menurun. Bahkan Ramadan kemarin, ia sampai harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat tindakan medis.

"Dibawa ke rumah sakit juga sama asistennya Umi, kita kirim ke sana dua kali. Karena memang Dhawiya Zaida kan ada sinus," ujar kakak Dhawiya, Fitria, di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (26/6/2018).

"Sinusnya kan lumayan parah karena memang dia sinus tapi dia enggak bisa hilangkan hobinya minum es. Jadi kemarin itu mungkin puasa kan panas segala macam, jadi kemarin memang agak parah sinusnya," sambungnya.

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

Dijenguk Keluarga

Dhawiya Zaida (Liputan6.com/HO/Udin)

Sebagai orangtua, Elvy Sukaesih pun selalu menyempatkan diri menjenguk anaknya di tahanan. Hal ini tentunya menjadi asupan semangat dan dukungan bagi Dhawiya Zaida sendiri.

"Umi besuk terus. Umi terakhir besuk Hari Raya kedua di rutan. Kami datang ramai-ramai di rutan, keluarga besar," ungkap Fitria.

Tak Gunakan Eksepsi

Artis Dhawiya Zaida (kiri) dan Muhammad saat mengikuti sidang kasus narkoba di PN Jakarta Timur, Selasa (26/6).  (Liputan6.com/HO/Udin)

Sementara itu, Dhawiya Zaida dan kekasihnya, Muhammad, kembali menjalani sidang kasus narkoba di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (26/6/2018). Sidang kedua tersebut beragendakan eksepsi.

Sayangnya, hak eksepsi itu tidak dipergunakan oleh Reyno Yohanes Romein, selaku pengacara Dhawiya Zaida dan pacarnya. Sidang pun ditunda hingga pekan depan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ibu Pelempar Bayi dari Lantai 3 Ternyata asal Indonesia

Posted: 26 Jun 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Telah terungkap identitas ibu yang tega melempar bayinya sendiri dari lantai 3 di Malaysia. Ibu bernama Sri Rahmadini tersebut ternyata berasal dari Indonesia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Episode Perdana Bintang Pantura 5 Disambut Peragaan Busana Mewah

Posted: 26 Jun 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Episode perdana Bintang Pantura 5 tayang penuh keseruan di Indosiar pada Senin (25/6/2018) kemarin malam. Episode pertama ini menampilkan momen sambutan untuk para mentor dan timses di depan Studio 5.

Keempat mentor Bintang Pantura 5, yakni Inul Daratista (Tim Bling Bling), Zaskia Gotik (Tim Hoa Hoe), Dewi Persik (Tim Syantik), dan Nassar (Tim Hebring) datang dengan mengendarai mobil mewah dan disambut dengan iringan tarian sambutan yang sangat elegan.

Keceriaan tersebut berlanjut di dalam Studio 5 dengan penampilan acara peragaan gaun-gaun mewah dari empat disainer ternama dan perkenalan "Goyang Pantura Angel" yang diperagakan secara khas langsung oleh para Pantura Angel.

Kompetisi Bintang Pantura 5 ini dibuka dengan penampilan Dewi Mountic, biduan dengan goyangan khas Goyang Cocol dengan lagu "Juragan Empang". Namun sayangnya, penampilan biduan asal Indramayu ini tidak menarik hati para mentor untuk memilihnya.

Tarik Tuas

Pantura Angel  memeragakan Goyang pantura Angel

Hal serupa juga menimpa Intan Chacha dari Kota Blitar dengan lagu "Konco Mesra" dan Jus Geboy dari Banten dengan lagu "Goyang Inul" yang belum mampu meluluhkan hati para mentor untuk memilih mereka.

Acara dibuat menarik saat dikejutkan dengan penampilan dua orang biduan menggoyang panggung dengan "Bumi Semakin Panas". Duo Gemes dari Kota Kendal ternyata mampu memukau Mentor Dewi Persik yang tanpa ragu menarik tuas untuk pertama kalinya.

Terpilih

Beginilah perbedaan dandanan Dewi Perssik dulu dan kini, menurut kamu lebih cantik yang mana? (Foto: Bintang.com)

Duo Gemes terpilih menjadi salah satu dari delapan peserta yang akan dilatih Dewi Persik dari Tim Syantik untuk merebut gelar juara Bintang Pantura 5. Acara Bintang Pantura 5 ini dapat disaksikan terus setiap harinya pukul 19.00 WIB, hanya di Indosiar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peneliti: Pilkada Serentak Hari Ini Refleksi Pilpres 2019

Posted: 26 Jun 2018 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 171 daerah secara serentak melaksanakan Pilkada 2018. Ternyata, hasil Pilkada ini diperkirakan akan menjadi refleksi dan acuan kemenangan para calon presiden (capres) di 2019.

"Ada dua hal diskursus. Satu perbincangan di elite, apa yang terjadi hari ini akan merefleksikan bagaimana Pilpres tahun depan, seperti apa Wakil Presiden Jokowi," ujar Peneliti Senior KedaiKOPI Kunto Adi Wibowo saat berbicang dengan Liputan6.com di SCTV Tower Jakarta, Rabu (27/6/2018).

Tak hanya itu, hasil Pilkada hari ini, menurut dia, akan menentukan koalisi partai dalam Pilpres 2019. Kunto menyebut calon kepala daerah yang menang akan membantu capres yang diusung dari partai yang sama.

Kendati begitu, lanjut dia, ada perbedaan di level pemilih atau grasshoot. Kunto mengatakan berdasarkan hasil survei di Jawa Barat, sebanyak 30 persen masyarakatnya tidak melihat ada hubungannya antara Pilkada Serentak dengan Pilpres.

"Tapi karena politik itu adalah pemilih, mereka tidak realisasikan apa yang terjadi hari ini di tahun depan. Sekarang kita lihat koalisi partai (untuk Pilpres) belum jelas. Disini ada perbedaan di elite dan grassroot," jelas Kunto.

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

PDIP-PKS-Gerindra Bersatu

Beredar foto pasangan Gus Ipul - Puti Guntur yang diusung PDIP untuk Pilkada Jatim 2018 (Istimewa)

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wens Manggut menilai bahwa Pilkada Serentak 2018 berjalan damai dan tidak ada ketegangan dalam hal ideologis. Hal ini bisa dilihat dari bergabungnya PDIP-Gerindra-PKS yang mendukung Gus Ipul-Puti Guntur dalam Pilgub Jawa Timur, yang mana sebelumnya tiga partai besar itu berbeda pandangan di Pilgub DKI Jakarta. PDIP mendukung pasangan Ahok-Djarot sedangkan PKS-Gerindra mengusung Anies-Sandi.

"Sebenarnya ada hal yang disyukuri di Pilkada ini. Di Jatim PDIP-PKS-Gerindra bersatu, artinya sebetulnya Pilkada ini paling fun, tidak terlalu tegang soal ideologis, bahwa Pilkada ini telah membentuk masyarakat tidak ideologis," tutur dia.

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Punya Sedikit Mainan, Anak Lebih Bahagia

Posted: 26 Jun 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Orang dewasa kerap menganggap anak-anak makin bahagia bila punya banyak mainan. Sehingga di berbagai kesempatan orangtua kerap membelikan anak mainan aneka rupa. Faktanya, tidak seperti itu.

Anak-anak yang tumbuh di lingkungan dengan mainan sedikit rupanya lebih bahagia. Fakta menarik ini terungkap lewat studi yang dipublikasikan dalam Infant Behaviour & Development mengutip laman Good Housekeeping, Rabu (27/6/2018).

Temuan menarik ini diketahui lewat studi yang melibatkan 35 bayi usia 18-30 bulan. Mereka dibagi dalam dua kelompok, ada yang bermain di sebuah ruangan dengan empat mainan, sisanya dengan 16 mainan.

Hasilnya, anak yang berada di ruangan dengan jumlah mainan sedikit, mereka terlihat lebih asyik dengan benda-benda di depannya. Mereka jadi menggunakan naluri kreatif untuk mengeksplorasi berbagi cara untuk menggunakan mainan yang sama. Ini artinya kreativitas mereka berkembang lebih baik.

"Ini bukti bahwa kehadiran mainan yang lebih banyak malah mungkin menciptakan gangguan eksternal, membuat anak jadi cepat meninggalkan mainan yang ada di tangan beralih ke mainan lain," kata peneliti.

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

Saksikan juga video menarik berikut:

Kerugian batita punya banyak mainan

Ilustrasi anak bermain(iStockphoto)

Dari studi ini, peneliti juga mengatakan di awal-awal perkembangan, perhatian anak memang pendek. Jika diberi banyak mainan, fokus perhatiannya cepat teralihkan.

"Cukup sederhana, semakin banyak mainan anak miliki, semakin kurang fokus mereka," kata peneliti.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Korea Selatan Vs Jerman: Penentu Nasib Der Panzer

Posted: 26 Jun 2018 09:15 PM PDT

Jakarta - Timnas Jerman berjumpa Korea Selatan dalam matchday terakhir Grup F Piala Dunia 2018, di Stadion Kazan Arena, Rabu (27/6/2018). Kedua tim masih bisa lolos ke babak 16 besar dan sama-sama harus memenangi laga ini.

Jerman dalam tekanan sebelum menghadapi Korea Selatan. Sang juara bertahan wajib menang dengan selisih minimal dua gol untuk mengamankan peluang bermain di 16 besar.

Situasi itu terjadi karena Jerman menduduki posisi kedua di klasemen sementara Grup F. Mereka memiliki selisih gol dan jumlah poin serupa dengan Swedia yang mengoleksi tiga angka di posisi ketiga.

Swedia pun berpeluang ke 16 besar Piala Dunia 2018 andai menang saat bersua Meksiko, dan Jerman tidak meraup tiga poin kontra Korea Selatan. Oleh karena itu, kemenangan adalah harga mati bagi Marco Reus dan kawan-kawan ketika melawan Korea Selatan.

Pelatih Jerman, Joachim Low, menegaskan kepada anak-anak asuhnya untuk tampil maksimal. Low ingin Jerman tampil 100 persen agar bisa memastikan langkah ke babak selanjutnya.

"Kami harus menang dengan keunggulan dua gol. Situasi ini sejatinya bergantung kepada performa kami. Kami harus mengerahkan segalanya dengan cara kami sendiri," kata Low.

"Jerman rentan dalam menghadapi serangan balik. Kami telah berbicara mengenai situasi ini berulang kali. Saat ini, masalah pertahanan bukanlah satu-satunya hal yang harus dibenahi," ujar Low.

Terkait komposisi pemain, Jerman diprediksi akan tampil dengan skuat terbaiknya. Namun, mereka belum bisa memainkan Jerome Boateng yang absen akibat hukuman akumulasi kartu.

Prediksi susunan pemain

Jerman (4-2-3-1): Manuel Neuer; Joshua Kimmich, Mats Hummels, Antonio Rudiger, Hector; Ilkay Gundogan, Toni Kroos; Thomas Muller, Marco Reus, Julian Draxler; Timo Werner.

Pelatih: Joachim Low

Korea Selatan (4-2-3-1): Hyun-Woo; Min Woo, Young-Gwon, Hyun Soo, Lee Yong; Ju Sae-Jong, Ki Sung-yueng; Hee Chan, Jae Sung, Seon-Min;  Son.

Pelatih: Shin Tae-Yong

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

Statistik Kedua Tim

Head to Head

  • (19/12/2004) Jerman vs Korea Selatan
  • (25/06/2002) Korea Selatan 3-1 Jerman
  • (28/06/2094) Jerman 1-0 Korea Selatan

Lima Pertandingan Terakhir Korea Selatan:

  • (23/06/2018) Korea Selatan 1-2 Meksiko
  • (18/06/2018) Swedia 1-0 Korea Selatan
  • (11/06/2018) Senegal 2-0 Korea Selatan
  • (07/06/2018) Korea Selatan 0-0 Bolivia
  • (01/06/2018) Korea Selatan 1-3 Bosnia Herzegovina 

Lima Pertandingan Terakhir Jerman

  • (24/06/2018) Jerman 2-1 Swedia
  • (17/06/2018) Jerman 0-1 Meksiko
  • (09/06/2018) Jerman 2-1 Arab Saudi
  • (03/06/2018) Austria 2-1 Jerman
  • (28/03/2018) Jerman 0-1 Brasil

Prediksi Bola.com

Korea Selatan 45-55 Jerman

Sumber: Berbagai sumber

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

TPS Belum Siap, Wali Kota Solo Tunggu 45 Menit Coblos di Pilkada Jateng 2018

Posted: 26 Jun 2018 09:14 PM PDT

Solo - Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada Jateng 2018 di tempat pemungutan suara (TPS) 16 RT 002 RW 009, Pucangsawit, Kecamatan Jebres, Solo, Jawa Tengah Rabu (27/6/2018).

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Rudy dengan menggunakan baju berwarna merah datang ke TPS didampingi istrinya, E Endang Prasetyaningsih. Rudy berjalan kaki ke TPS yang berjarak 100 meter dari rumahnya pukul 06.45 WIB.

Tak ada perlakuan istimewa, Rudy dan istri sama seperti warga lainnya harus menunggu giliran untuk mencoblos. Keduanya terlihat santai duduk di kursi tunggu TPS. Rudy bahkan datang lebih awal menunggu petugas menyiapkan pencoblosan. Dia menunggu hingga 45 menit untuk mencoblos surat suara dalam Pilkada Jateng 2018.

"Datang lebih awal sekaligus memberikan motivasi masyarakat untuk datang ke TPS memberikan hak pilihnya," katanya.

Hak pilih masyarakat dinilai penting untuk menentukan nasib warga Jawa Tengah. Sesuai target Komisi Pemilihan Umum (KPU) pemilih memberikan hak pilihnya pada Pilkada Jateng 2018 atau Pilgub Jateng sebesar 77,5 persen. Rudy berharap pemilihan gubernur di Kota Bengawan berjalan lancar dan kondusif.

Ketua KPPS TPS 16, M. Zaenal Abidin mengatakan jumlah total daftar pemilih tetap (DPT) TPS 16 ada sebanyak 430. Sementara jumlah kartu suara Pilkada Jateng 2018 yang diterima ada sebanyak 441.

"Pencoblosan dibuka sejak pukul 07.30 WIB dan ditutup 13.00 WIB," katanya.

Baca berita menarik dari Solopos.com lain di sini.

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengalaman Pertama, Edy Rahmayadi Mencoblos di TPS 15

Posted: 26 Jun 2018 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Calon Gubernur Sumut nomor urut 1 Edy Rahmayadi menggunakan hak pilih pada Pilkada Sumut 2018 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 15 Lingkungan VII, Kelurahan Pangkalan Mansyur Jalan Karya Bakti, Kecamatan Medan Johor.

Edy Rahmayadi hadir ke TPS Pukul 08.00 WIB didampingi istrinya, Nawal Lubis, dan putra putri mereka, Siti Andina dan Siti Andira Ramayana serta Gilang Prasetyo.

Edy mengatakan, pencoblosan Pilkada ini merupakan pengalaman pertama usai kembali sebagai masyarakat sipil setelah pensiun dini saat menjabat Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

"Ini pengalaman saya seumur hidup ikut mencoblos sebagai pemiluh pemula dan mencoblos diri saya sendiri setelah lepas dari institusi TNI kembali menjadi masyarakat sipil," kata Edy usai menggunakan hak pilih, Rabu (27/6/2018).

Edy cukup optimistis masyarakat Sumut yang menginginkan Sumut Bermartabat akan menjatuhkan pilihan kepada dirinya dan Musa Rajekshah 'Ijeck' (Eramas) pada Pilkada Sumut hari ini.

"Saya yakin tim saya dan masyarakat Sumut yang menginginkan mewujudkan Sumut Bermartabat akan memilih saya dan Musa Rajekshah. Saat ini gerimis, Insyallah berkah. Saya optimis menang," ucapnya.

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

Berkumpul di Posko

Usai mencoblos Edy mengaku akan berkumpul bersama Calon Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, tim dan relawan Eramas di Posko Tim Pemenangan Eramas Jalan A Rivai Medan. Namun sebelumnya ia akan terlebih dulu akan bersujud ke Masjid Agung Jalan P Diponogoro Medan.

"Saat saya memastikan diri maju sebagai Cagubsu saya bersujud di Masjid Agung dan saya akan kembali Masjid Agung untuk bersujud di Masjid Agung apapun hasilnya nanti. Setelah itu baru ke Posko," ujarnya.

Saat ditanya kembali seberapa besar optimis dirinya untuk kemenangan Eramas pada Pilgubsu ini Edy pun menegaskan kalau dirinya optimis Eramas dapat meraih suara 68 persen.

Sedangkan saat ditanyakan apakah ada pesan yang akan disampaikan dirinya kepada pasangan Cagubsu dan Cawagubsu nomor urut 2 Djoss dengan santai Edy mengatakan semoga pasangan tersebut senantiasa diberi kesehatan.

"Saya ucapakan semoga Pak Djarot dan Pak Sihar sehat-sehat selalu," ujarnya.

Sekedar informasi Edy dan keluarga mencobolos di TPS 15 dengan total pemilih sesuai data pemilih tetap sebanyak 740 pemilih.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cagub Ichsan Yasin Limpo Coblos Pilkada Sulsel 2018 Bareng Anak dan Istri

Posted: 26 Jun 2018 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Makassar - Calon Gubernur Sulawesi Selatan Ichsan Yasin Limpo (IYL) bersama keluarga menyalurkan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 24, Kelurahan Tidung, Kecamatan Rappocini, Makassar.

Ichsan Yasin Limpo datang bersama istrinya, Novita, serta dua orang anaknya, yaitu Nursadly Jaffi dan Halifah. Mereka terlihat antusias dalam menyalurkan hak pilihnya di Pilkada Serentak 2018.

"Alhamdulillah, sudah ikut berkontribusi untuk Sulsel dan bangsa," ujar Ichsan usai mencoblos di TPS tersebut, seperti dilansir Antara, Rabu (27/6/2018).

Ketika datang di TPS 24, Ichsan dan keluarga langsung disambut seluruh panitia di TPS. Setelah menyerahkan surat undangan memilih, ia langsung menuju bilik suara. Sebelum meninggalkan TPS, Ichsan sebelumnya menyapa para saksi dari semua kandidat.

Dalam kesempatan tersebut, pasangan calon Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Mudzakkar ini sempat menjelaskan soal keputusannya maju lewat jalur independen.

Ia menegaskan, maju melalui jalur independen tidak membuatnya minder.

"Jalur parpol kendaraannya parpol. Jalur independen, kendaraannya adalah rakyat. Rakyat sudah paham. Yang akan dipilih bukan parpol, tapi figur," ucap Ichsan Yasin Limpo.

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

 

Tak Mau Sesumbar

Cagub Sulsel Ichsan Yasin Limpo Gaet Para Mantan (Liputan6.com/ Eka Hakim)

Mantan Bupati Gowa dua periode ini juga menyatakan dirinya tidak mau sesumbar dan bersikap bijak dengan menyebut jika semua kandidat berpeluang unggul.

"Hasil lembaga survei bervariasi dalam kalkulasi. Tapi kalbu saya, ketika rakyat bersatu tak bisa dikalahkan," kata Ichsan.

Setelah menyalurkan hak pilihnya, ia menuju Posko Pemenangan Rumah Kita yang berada di Jalan Hertasning untuk bertemu dengan tim pemenangannya, dan rencana selanjutnya akan memantau perhitungan cepat atau quick count.

Pilkada Serentak tahun ini menampilkan empat kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel. Mereka adalah Ichsan Yasin Limpo-Andi Muzakkar, Nurdin Halid-Azis Kahar Muzakkar, Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman, dan Agus Arifin Numang-Tanribali Lamo.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapolda Jabar Pantau TPS Tempat Nyoblos Inggrid Kansil

Posted: 26 Jun 2018 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto, memantau TPS 05 Bojongkoneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Rabu (27/6/2018).

Budi tiba di TPS tempat pencoblosan calon Wakil Bupati Bogor, Inggrid Kansil, sekitar pukul 09.00 WIB.

Budi menyampaikan kedatangannya untuk memastikan bahwa wilayah Bogor aman dan damai pada saat pelaksaan Pilkada Serentak 2018. Menurutnya, sampai saat ini situasi Pilkada Serentak 2018 di wilayah Jabar khususnya Kabupaten Bogor berjalan damai dan lancar.

"Saya berharap agar selama pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 berlangsung berjalan aman dan masyarakat dapat menerima hasil penghitungan suara akhir," kata Budi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pilkada Serentak 2018 Menggema di Lini Masa, Warganet: Jangan Sampai Golput

Posted: 26 Jun 2018 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia pada hari ini, Rabu (27/6/2018), menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak di 171 daerah.

Sama seperti berbagai peristiwa penting lainnya, pesta demokrasi ini pun menjadi topik populer di jejaring sosial Twitter.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, Rabu pagi (27/6/2018), tagar #PilkadaSerentak2018 menduduki posisi puncak Indonesia trending topic di Twitter saat berita ini ditulis.

Selain itu, juga ada berbagai tagar dan topik populer lain terkait pilkada, termasuk #PilkadaBermartabat, Tempat Pemungutan Suara dan ke TPS.

Berikut beberapa kicauan warganet dengan tagar #PilkadaSerentak2018:

"Mari gunakan hak pilih Anda dan sukseskan pemilihan kepala daerah hari ini, libur bukan berarti malas-malasan jangan sampai golput ya, masa depan 5 thn daerah ada di tngan anda msing2 hari ini. Salam Demokrasi!#PilkadaSerentak2018 #PilkadaDamai," kicau @Chrifanoldry.

"Hari ini 27 juni 2018 kita melaksanakan #PilkadaSerentak2018 disebagian besar wilayah Indonesia dengan jumlah 171 Daerah, 17 Gubernur, 115 Bupati dqn 39 wali kota," tulis pengguna Twitter dengan akun @suryaMD23.

"Semoga pernyataan Moeldoko memberi ketenangan bagi publik agar tidak berpikir negatif kepada aparat TNI-POLRI. Semoga memang tidak pernah ada unsur politis oleh aparat negara yang memang harus netral dalam PILKADA 2018 ini. #PilkadaBermartabat #PilkadaSerentak2018," tulis @Frida_Wahyumi.

"Ada alasan lain ikut nyoblos selain milih pemimpin, dapat diskon. #PilkadaDamai #pilkada #PilkadaSerentak2018," demikian twit dari @kasiyanta_deka.

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

Persiapan Pilkada 100 Persen, KPU Minta Masyarakat Gunakan Hak Pilih

Pilkada serentak

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan, memastikan persiapan Pilkada Serentak di 171 daerah besok, Rabu, 27 Juni 2018, telah sempurna.

Menurut dia, KPU berserta tim telah menyelesaikan hal mendetail, seperti daftar pemilih, kesiapan TPS, petugas pemantau, dan distribusi surat suara.

"Kami sudah siap 100 persen, semua sudah sesuai rencana ya," kata Wahyu saat dikonfirmasi via telepon oleh para wartawan, Selasa (26/6/2018).

Karena itu, hal paling utama yang ditekankan oleh KPU saat ini adalah imbauan kepada masyarakat pemilih untuk bisa menggunakan hak politiknya di gelaran Pilkada 2018.

"Jadi kami mengimbau kepada pemilih yang sudah terdaftar, maupun yang belum, untuk datang ke TPS untuk gunakan hak pilih. Kita berkomitmen menjamin suara hak politik pemilih untuk dapat digunakan di Pilkada 2018," ucap Wahyu.

Sebagai informasi, pemilih dengan nama yang sudah terdaftar dalam daftar pemilih terap (DPT) diberikan waktu mencoblos mulai pukul 07.00 hingga pukul 13.00 waktu setempat.

Pemilih diminta langsung mengarah ke di tempat pemungutan suara (TPS) yang sesuai pada data DPT atau domisili KTP.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hari Anti Narkoba Dunia, Ini Fakta Mengejutkan soal Obat Terlarang di Indonesia

Posted: 26 Jun 2018 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tanggal 26 Juni, ditandai oleh badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai Hari Anti Penyalahgunaan dan Peredaran Obat-Obatan Terlarang Internasional (Narkoba).

Di Indonesia biasanya dikenal dengan sebutan Hari Anti Narkotika Internasional, demikian dikutip dari laman ABC Indonesia, Rabu (27/6/2018).

Dari data milik Badan Nasional Narkotika (BNN) yang diperoleh ABC disebutkan sepanjang tahun 2017 lalu ada lebih dari 46 ribu kasus terkait narkoba yang berhasil diungkap BNN.

Tersangka yang terlibat mencapai lebih dari 58 ribu orang, yang bukan hanya warga Indonesia tapi beberapa di antaranya adalah warga asing.

Barang bukti dan narkoba yang disita termasuk lebih dari 4,7 ton sabu-sabu, lebih dari 150 ton ganja, dan lebih dari 2,9 juta butir pil ekstasi.

Tak hanya itu di tahun 2007, BNN juga menemukan 60 jenis narkoba baru yang sudah masuk dan beredar di Indonesia.

Sementara di Australia, dari sebuah survei yang dilakukan oleh Institut Kesehatan dan Kesejahteraan Australia di tahun 2016 ditemukan ada sekitar 3,1 juta warga Australia yang menggunakan narkotika dan zat terlarang lainnya.

Di Australia, ganja adalah jenis zat terlarang yang paling banyak digunakan, diikuti oleh penyalahgunaan obat-obatan dari apotek, kokain, dan ekstasi.

Ganja paling banyak digunakan di Kawasan Australia Utara. Sementara kokain lebih banyak digunakan di negara bagian New South Wales yang beribukota Sydney

Meski penggunaan metafetamin yang tergolong sebagai narkoba di Australia telah berkurang dibanding tahun-tahun sebelumnya, tapi penggunaan sabu-sabu masih terus menjadi masalah.

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di liputan6.com.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Polisi Sita 300 Kg Narkoba Dalam Spidol

Ilustrasi Narkoba 3 (Liputan6.com/M.Iqbal)

Sebelumnya, Kepolisian New South Wales di Australia mencegah jutaan sabu-sabu beredar di jalanan Australia.

Sebanyak 300 kilogram narkoba jenis efedrin disita. Obat-obatan terlarang itu disembunyikan di dalam 21.000 spidol jenis highlighter.

Spidol tersebut ditemukan kepolisian perbatasan, Australian Border Force (ABF) pada 10 Februari lalu, saat sedang ada pemeriksaan rutin pengiriman alat tulis dari China.

Inspektur Detektif Peter McErlain dari tim Drug and Firearms di Kepolisian NSW mengatakan penyitaan tersebut setara dengan 2,4 juta dosis narkoba yang benar-benar akan menghancurkan Sydney, negara bagian New South Wales, jika narkoba tersebut beredar.

"Kejahatan terorganisir berpotensi mengantongi sekitar US$120 juta atau senilai Rp 1,2 triliun dari keuntungan ini," kata McErlain seperti dikutip dari Australia Plus.

"Jadi ini sangat penting ... kemitraan penegakan hukum yang hebat."

Pejabat NSW Police dan ABF membiarkan pengiriman narkoba tersebut hingga sampai ke gudang penyimpanan di Sydney. Sesampai di sana, polisi menangkap tiga orang pria berusia 26, 27 dan 34 tahun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kabupaten Empat Lawang Berpotensi Rawan Konflik Pilkada di Sumsel

Posted: 26 Jun 2018 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Palembang - Perseteruan yang terjadi antara tim sukses (timses) pasangan calon (paslon) Kabupaten Empat Lawang, yaitu paslon nomor urut 1 David Haryanto – Eduar Kohar dan paslon nomor urut 2 Joncik Muhammad –Yulius menjadi perhatian serius Polda Sumatera Selatan (Sumsel).

Aksi anarkis yang terjadi pada hari Selasa, 12 Juni 2018, ini, diduga karena paslon nomor urut 1 mengejek paslon lain. Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) pun melayangkan teguran.

Karena tidak menerima teguran Panwascam, paslon nomor urut 1 diduga melakukan aniaya terhadap Panwascam. Tindakan paslon nomor urut 1 ini ternyata memancing emosi paslon lainnya.

Pada Selasa sore, terjadi bentrok antar timses paslon nomor urut 1 dan 2. Konflik antar timses Pilkada Kabupaten Empat Lawang tersebut bahkan memakan korban. Satu orang timses meninggal dunia usai ditembak oleh salah satu oknum, serta tiga orang timses mengalami luka tembak.

Jelang pencoblosan pada hari Rabu (27/6/2018), Polda Sumsel bekerjasama dengan TNI sudah menurunkan personelnya untuk mengamankan daerah yang berpotensi rawan konflik pilkada ini.

Menurut Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, sudah ada backup personelnya di Kabupaten Empat Lawang untuk menambah pengawalan.

"Kendali operasi sudah ada tiga Kompi Brimob, satu Peleton Sabara, 300 Personil TNI dan di setiap kecamatan 1 Peleton pengamanan," ujarnya kepada Liputan6.com, saat Konferensi Persi Rapat Koordinasi Pengamanan Pilkada Serentak 2018 di Ruang Kerja Kapolda Sumsel, Selasa (26/6/2018).

Ada empat kategori TPS yang dikawal anggota kepolisian, yaitu kategori aman, rawan satu, rawan dua, dan TPS khusus. Untuk TPS aman, akan dikawal dua polisi di tiap empat dan lima TPS. Namun, untuk TPS rawan satu dan rawan dua akan diawasi satu orang polisi di satu TPS.

 

Ribuan Personel TNI

Rapat Koordinasi Pengamanan Pilkada Sumsel (Dok. Humas Pemprov Sumsel / Nefri Inge)

Panglima Kodam II/Sriwijaya Mayjen TNI AM. Putranto mengungkapkan, sejauh ini semua lokasi Pilkada Serentak di Sumsel sudah kondusif.

"Kita sudah siapkan personel TNI dan secara umum di lima provinsi sudah disiapkan berjumlah 8.530 personil TNI," katanya.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin berharap, pelaksanaan Pilkada Serentak di Sumsel bisa berjalan lancar dan aman. Terlebih Sumsel menjadi satu-satunya provinsi yang menggelar dua even besar bersamaan, yaitu Pilkada Serentak 2018 dan Asian Games 2018.

"Kita mempunyai satu posisi yang sangat rawan dalam tanda kutip. Yaitu menyelesaikan Pilkada Serentak dan melaksanakan Asian Games. Bersama-sama kita harus menjaga kondusifitas provinsi ini," ujarnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Qantas Terbang Perdana Rute Melbourne-Bali

Posted: 26 Jun 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Maskapai Qantas resmi membuka rute penerbangan harian Melbourne, Australia-Denpasar, Bali pada 26 Juni 2018. Rute penerbangan ini telah beroperasi sejak 23 Juni 2018.

Menggunakan armada Boeing 737-800, rute terbaru Qantas ini hadir seiring dengan peningkatan frekuensi penerbangan Melbourne-Denpasar milik anak usahanya, Jetstar, dari 10 kali seminggu menjadi dua kali sehari.

CEO Qantas International, Alison Webster mengungkapkan, sebagai sebuah grup, perusahaan memiliki fleksibilitas dalam jaringan Qantas untuk menanggapi pertumbuhan permintaan di wilayah yang telah diidentifikasi. 

"Kami melihat Bali, Indonesia sebagai destinasi liburan yang sangat populer dan dapat menjawab berbagai anggaran maupun selera yang berbeda-beda. Melalui peningkatan frekuensi layanan antar kedua negara, kami mampu menawarkan pilihan yang semakin beragam pada para pelanggan," jelas Webster dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu (27/6/2018).

Rute Melbourne melengkapi layanan harian Qantas untuk rute Sydney-Denpasar yang kini telah tersedia pula sepanjang tahun. Hal ini mencerminkan tingginya permintaan dari para pelanggan yang menginginkan pengalaman berwisata full-service ke Pulau Dewata, sebagai salah satu destinasi liburan paling populer di Australia.

"Dalam lima tahun terakhir, kami melihat jumlah wisatawan Australia yang bepergian ke Bali meningkat lebih dari dua kali lipat. Tahun lalu saja, Qantas dan Jetstar telah menerbangkan 1,6 juta pelanggan di rute tersebut," kata Webster.

Untuk melayani rute Melbourne-Denpasar, Qantas akan mengoperasikan pesawat Boeing 737 yang terdiri atas dua kelas penumpang. Harga tiket telah mencakup pula alokasi bagasi penumpang, inflight entertainment, serta hidangan makanan dan minuman.

Bersama Jetstar, Qantas Group kini menawarkan 84 layanan pulang-pergi menuju Bali dari seluruh wilayah Australia. Ini menjadikan Qantas Group sebagai grup maskapai internasional terbesar yang beroperasi di pulau Bali.

 

 

 

 

Ancaman Mogok Pilot Garuda Indonesia Bukan Karena Gaji

Ilustrasi (Istimewa)

Pemerintah mengatakan penyelesaian sengketa antara manajemen Garuda Indonesia dan pekerja masih terus berlangsung. Hal ini dimediasi oleh Satuan Tugas (Satgas) dari berbagai instansi terkait. 

Deputi Bidang Kedaulatan Maritim Kemenko Bidang Kemaritiman Purbaya Yudhi Sadewa menjelaskan, mediasi itu dilakukan oleh tim Satgas  yang beranggotakan Kemenko Bidang Kemaritiman, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian BUMN.

Targetnya akan  akan selesai dalam minggu ini. Lebih cepat dari target sebelumnya yang harus selesai di minggu pertama Juli 2018.

"Targetnya Jumat ini selesai. Sepertinya bisa," ungkap Purbaya di kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Selasa (26/6/2018).

Ia menjelaskan, beberapa persoalan yang ditemukan lebih merupakan persoalan prosedural terkait perjanjian antara pegawai maupun pilot Garuda Indonesia dan manajemen.

"Sama sekali gaji tidak ada (masalah). Mungkin ada beberapa kebingungan karena ada beberapa prosedur yang belum clear," kata dia.

"Nanti ke depannya kita coba prosedur-prosedur itu clear. Perjanjian kerja sama pegawai sama perusahaan. Ini sudah habis 2017, PKB (perjanjian kerja bersama). Jadi harusnya kan tetap berlaku, tapi ada kebingungan apakah diperpanjang, sehingga ada beda pendapat. Sehingga kita bereskan aja di samping masalah lainnya," Purbaya menambahkan. 

Ia pun berharap, proses penyelesaian sengketa ini dapat berlangsung dengan lancar, sehingga tidak perlu timbul pergolakan, semisal ancaman untuk kembali mogok kerja.

"Kita coba usahakan supaya mereka tidak mogok kerja. Sekarang kita dengarkan. Bahkan Menko (Maritim) sudah ketemu mereka secara langsung beberapa kali. Menhub juga sama. Menteri BUMN juga sama, sudah mengirimkan utusannya untuk dengar keluhan mereka. Saya sih melihat ini bisa dicari titik tengahnya," tandasnya.

 

Reporter : Wilfridus Setu Embu 

Sumber : Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Pria Dikelilingi Hiu Selama 4 Jam, Senyum Jennifer Dunn Jelang Sidang

Posted: 26 Jun 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Apa yang akan kalian lakukan jika terombang-ambing di lautan lepas dengan dikelilingi oleh hiu? Hal ini mungkin bagaikan mimpi buruk bagi kalian, namun ini benar-benar dialami oleh pelaut asal Filipina bernama Moscoso.

Hal mengerikan ini terjadi ketika Moscoso terjatuh ke laut ketika bertugas. Sayangnya tak ada seorangpun yang mendengar teriakan Moscoso yang terombang ambing di tengah laut. Keadaan semakin memburuk ketika seekor hiu tiba-tiba berenang ke arahnya. Hiu itu pun mulai mengitarinya beberapa saat sebelum pergi.

Artikel tentang pria yang berhasil selamat usai dikelilingi hiu selama 4 jam di laut menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Sementara itu, artikel kedua terpopuler yakni tentang potret santai Jennifer Dunn saat hadiri sidang putusan kasus narkoba yang menjeratnya. Sedangkan artikel tentang Ridwan Kamil yang membuka persyaratan tak biasa untuk calon menantunya berada pada posisi ketiga terpopuler.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Nyaris Tewas, Pria Ini Selamat Usai Dikelilingi Hiu Selama 4 Jam di Laut

(Rangkuman Brilio.net dari Facebook/Loregie Moscoso)

Pekerjaan sebagai seorang pelaut bukanlah pekerjaan mudah. Selain masa kerja yang hampir sepanjang tahun dan berpisah dari keluarga, mereka harus mengatasi banyak hal yang menakutkan.

Para pelaut harus menyesuaikan diri dengan 'rumah' baru mereka setiap waktu, tetapi mereka tak pernah benar-benar terbiasa. Selain orang-orang yang hilang, bahaya ketika berada di laut juga tak terhindarkan. Mereka benar-benar dalam rahang kematian setiap hari.

Seperti pengalaman seorang pelaut asal Filipina. Pria 23 tahun ini mengira maut akan menjemputnya saat tiba-tiba tercebur ke laut dari kapal. Pria bernama Loregie Moscoso ini membagikan pengalamannya itu lewat akun Facebook miliknya.

Selengkapnya...

2. Sebelum Divonis 4 Tahun Penjara, Jennifer Dunn Santai Hadiri Sidang Putusan

Sebelum sidang dimulai pukul 14.00 WIB, Jedun lebih dulu menunggu di ruang tahanan pengadilan. Ia tampak lebih ceria dengan riasan dan rambut panjangnya yang diikat ke belakang. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Siapa tak kenal sosok Jennifer Dunn? Artis cantik yang lekat dengan kontroversi ini baru saja menjalani sidang putusan terkait kasus narkobanya.

Sidang putusan tersebut berlangsung pada hari Senin (25/6) kemarin. Jennifer atau yang kerap disapa Jedun ini terlihat sangat santai ketika menghadiri sidang yang berlangsung di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan itu.

Sebelumnya Jennifer dituntut 8 bulan penjara. Namun, pihaknya mengajukan pleidoi dengan alasan Jedun merupakan korban dari peredaran narkoba.

Selengkapnya...

3. Ridwan Kamil Buka Pendaftaran Calon Menantu, Persyaratannya Tidak Biasa

Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.(Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Walikota Bandung, Ridwan Kamil dikenal sebagai sosok yang lucu dan penuh guyon. Hal itu dapat terlihat dari unggahan-unggahannya di media sosial. Kali ini, saat anak pertamanya, Emmeril berulang tahun, Ridwan Kamil memberi ucapan yang cukup menggelitik.

Anak pertama Ridwan Kamil kini telah menjadi mahasiswa ITB. Doa untuk si ganteng Eril antara lain semoga tetap beragama, menjaga adat, dan tetap berprestasi.

Namun pengumuman tambahan yang spesial untuk tahun ini. Ridwan Kamil yang biasa disapa Kang Emil membuka peluang bagi para gadis di luar sana untuk menjadi menantunya.

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: 7 Gim Keren yang Diobral di Steam Summer Sale

Posted: 26 Jun 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tujuh (7) gim keren yang didiskon di Steam Summer Sale, mencuri perhatian pembaca kanal Tekno Liputan6.com pada Selasa (26/6/2018).

Tak cuma itu, ada juga dua artikel lain yang tak kalah populernya. Di antaranya ada lima (5) aplikasi kencan online paling hits di 2018 dan aplikasi Google yang bisa membantu untuk mencari WiFi publik.

Tanpa berpanjang lebar, simak rangkuman ketiga berita terpopuler di atas berikut ini.

1. 7 Gim Keren yang Didiskon 50 Persen di Steam Summer Sale

15 Juta Gamer Login ke Steam di Waktu yang Sama. (Doc: Steam)

Steam Summer Sale dimulai oleh Microsoft pada Jumat (22/6/2018).

Ajang sales yang diadakan pada pertengahan tahun ini memang spesial. Pasalnya, momen tersebut dianggap sebagai musim liburan bagi anak-anak sekolah.

Pada ajang ini, PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) mendapat diskon sebesar 33 persen daan Dragon Ball FighterZ jadi diskon 40 persen.

Ada juga judul-judul terkenal lain yang mendapat diskon 50 persen atau lebih.

Berikut gim keren beserta angka diskonnya di Steam seperti dilansir Business Insider, Selasa (26/6/2018).

Selengkapnya baca di sini

2. Para Jomblo, Simak 5 Aplikasi Kencan Online Paling Hits di 2018

Tinder (Foto: Ist)

Di era berkembangnya teknologi seperti sekarang ini, sudah banyak sekali aplikasi pencari jodoh yang ada di Google Play Store dan App Store.

Beberapa di antaranya mungkin sudah terdengar familier dan kerap digunakan pengguna yang masih jomblo.

Dari sekian banyak aplikasi kencan online, berikut Tekno Liputan6.com akan tawarkan lima (5) aplikasi pencari jodoh terbaik di 2018 yang cocok bagi kamu yang tak sabar bertemu dengan belahan jiwa atau cuma sekadar ingin menjajal bertemu dengan orang baru.

Apa saja? Berikut daftarnya.

Selengkapnya baca di sini

3. Sulit Cari WiFi? Aplikasi Besutan Google Ini Bisa Jadi Pilihan

Aplikasi yang bantu pengguna mencari lokasi WiFi. (Doc: Google Play Store)

Tak dapat dimungkiri, internet memang sudah menjadi kebutuhan semua orang yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari.

Sayangnya, meski jaringan yang ditawarkan operator seluler cukup cepat, koneksi sering mengalami gangguan atau kerap dibatasi dengan kuota.

Mengakali hal tersebut, banyak pengguna mengandalkan koneksi internet dengan menghubungkan perangkat mobile ke WiFi, khususnya yang gratis.

Selengkapnya baca di sini

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

[vidio:Tutorial PS4 - Tekno]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terungkap, Calon Istri Caisar Ternyata Mantan Sopir Indadari

Posted: 26 Jun 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pekan ini Caisar akan menanggalkan status dudanya. Mantan suami Indadari tersebut akan menikahi seorang janda bernama Almaratu Intan di Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 30 Juni 2018.

Belakangan diketahui bahwa Almaratu Intan adalah mantan sopir Indadari. Fakta ini diketahui dari pernyataan ayah Caisar, Dadang.

"Itu kan bekas sopirnya. Bekas sopirnya Indadari. Kenalnya sudah lama," kata Dadang saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (26/6/2018).

Dadang mengaku sudah lama mengenal sosok Almaratu Intan dan sering menjalin silaturahmi. Perangai Intan yang baik membuat ayah Caisar merestui hubungan mereka.

"Sudah pernah ketemu kan dia ke sini (rumah Dadang), saya ke sana (rumah Intan). Kan, melamar, datang antar undangan," jelasnya.

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

Digelar Sederhana

Caisar dan Almaratu Intan [foto: Instagram/caisar_yang_belomsempurna]

Tak seperti pernikahan selebritas kebanyakan yang berlangsung mewah, pernikahan Caisar dan Intan nantinya akan digelar dengan sederhana. Bagi keduanya yang terpenting adalah sahnya pernikahan.

Ijab Kabul dan Resepsi

Caisar [foto: instagram/caisar_yang_belomsempurna]

"Enggak undang-undang artis. Pokoknya sederhana. Saya nikahkan anak saya dengan mas kawin pakai Alquran, sudah gitu saja," jelas sang ayah.

Usai melakukan ijab kabul, sore harinya juga akan diadakan resepsi secara sederhana. "Ada (resepsi) tapi ala rumahan sampai sore," ia menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kepala Desa Sodomi Seorang Bocah

Posted: 26 Jun 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang kepala desa dilaporkan ke polisi setelah diduga sodomi seorang bocah dengan iming-iming uang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Celupkan 2 Jari, Gus Ipul Larang Warga Jatim Golput

Posted: 26 Jun 2018 08:54 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau Gus Ipul mengajak masyarakat Jawa Timur bisa menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada Serentak 2018, Rabu (27/3/2018). Gus Ipul mencoblos di TPS 03 Gayungan, Surabaya, ditemani istri Fatma Saifullah Yusuf dan dua putranya, serta politikus senior Eros Djarot.

"Jangan golput. Mari gunakan hak pilih sesuai nurani demi Jawa Timur yang makmur," kata Gus Ipul usai mencoblos di TPS 03.

Sementara itu, saat mencoblos di TPS 03, yang berada di dalam kompleks Yayasan Pondok Kasih, Gus Ipul dan keluarga juga harus mengantre.

Gus Ipul mendapatkan nomor antrean 149, kemudian Fatma Saifullah Yusuf di urutan selanjutnya 150, dan Mohammad Faluhuddin Daffa mendapatkan nomor 151.

Ada yang unik saat Gus Ipul mengggunakan hak pilihnya. Setelah mencoblos, Gus Ipul dan keluarga kompak mencelupkan dua jari mereka.

"Alhamdulillah kami sekeluarga sudah menggunakan hak pilih. Saya mengimbau masyarakat tidak hanya mencoblos, tapi juga bersama mengawasi guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," kata Gus Ipul usai mencoblos.

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peneliti: Popularitas Tak Jadi Penentu Dipilih dalam Pilkada 2018

Posted: 26 Jun 2018 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pilkada Serentak 2018 memasuki puncaknya. Hari ini, Rabu (27/6/2018) sebanyak 171 daerah melakukan pencoblosan. Masyarakat memilih mulai dari wali kota, bupati, hingga gubernur.

Masing-masing pasangan calon yang maju di Pilkada 2018 sudah melakukan yang terbaik agar mendapat perhatian dari masyarakat. Semua berusaha untuk menarik hati dan suara dari para pemilih.

Menurut Peneliti Senior KedaiKOPI Kunto Adi Wibowo, masih ada hubungan popularitas dengan elektabilitas pasangan calon.

"Ada korelasi, dalam artian yang popularitasnya tinggi, maka elektabilitas tinggi," ujar Kunto saat berbincang dengan Liputan6.com di SCTV Tower Jakarta.

Namun, ia mengingatkan popularitas bukan satu-satunya. Kunto mencontohkan di Pilkada Jawa Barat yang memiliki empat pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Ridwan Kamil-Uu Ruhzanul Ulum, TB Hasanuddin-Anton Charliyan, Sudrajat-Ahmad Syaikhu, dan Dedi Mizwar-Deddy Mulyadi.

"Dari survei, popularitas Dedi Mizwar yang tinggi, di atas 91 persen. Ridwan Kamil popoularitasnya di bawah 90 persen, antara 80-85 persen, tapi ketika di survei terakhir terbalik," ucap Kunto.

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

 

Popularitas Bukan Satu-satunya

Ilustrasi – Pemungutan suara dalam Pilkada Cilacap 2017. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Dengan begitu, Kunto menegaskan jika popularitas bukanlah satu-satunya menjadi acuan agar dipilih oleh para pemilih.

"Popularitas membuat elektabilitas tinggi, tapi itu bukan satu-satunya. Ada beberapa faktor yang terkait dengan popularitas, misalnya berdasarkan pengetahuan warga," jelas Kunto.

Sehingga, Kunto berharap para pemilih dapat memilih berdasarkan visi, misi, dan hal-hal lain yang bisa dipandang secara rasional.

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Serbia Vs Brasil: Berharap pada Neymar

Posted: 26 Jun 2018 08:50 PM PDT

Jakarta - Brasil punya peluang bagus lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018. Mereka cuma butuh hasil imbang saja saat bertemu Serbia pada matchday terakhir Grup E, di Otkrytie Arena, Rabu (27/6/2018).

Saat ini, Brasil memuncaki klasemen sementara Grup E dengan perolehan poin empat, unggul selisih gol dari  Swiss di posisi kedua. Serbia menempati peringkat ketiga dengan perolehan tiga poin, diikuti Kosta Rika yang menjadi juru kunci karena belum meraih poin. 

Pada pertandingan terakhir, Brasil "hanya" menang 2-0 atas Kosta Rika setelah sebelumnya bermain 1-1 melawan Swiss. Meski sempat menuai kritik, pelatih Brasil, Tite, mengatakan, tidak akan mengubah pendekatannya strateginya saat melawan Serbia. 

"Kami akan tetap menggunakan rencana yang sama. Saya sangat senang dengan reaksi para pemain ketika menghadapi Kosta Rika pada babak kedua," kata Tite. 

Di sisi lain, meski pada partai sebelumnya kalah dari Swiss, Serbia tetap memiliki peluang lolos ke 16 besar. Apabila bermain 1-1 melawan Brasil, sementara pada laga lainnya Swiss kalah melawan Kosta Rika, Nemanja Matic dan kawan-kawan akan tetap memastikan langkah ke babak selanjutnya. 

Pelatih Serbia, Mladen Krstajic, mengatakan, Brasil memang merupakan calon kuat juara. Meski demikian, Serbia, menurut dia, tidak akan gentar menghadapi Neymar dan kawan-kawan. 

"Kami tidak takut melawan Brasil, tetapi kami memang wajib tampil sabar, disiplin, dan bermain sebagai tim. Kami harus bangga sebagai negara di turnamen ini," kata Krstajic. 

"Kami akan tampil tanpa beban, tetapi jika tidak siap, kami tentu akan kalah. Anda mungkin akan kalah, namun Anda tidak meninggalkan tanggung jawab," ia menambahkan. 

Terkait komposisi pemain, Brasil akan tetap menggunakan pemain-pemain andalan pada laga-laga sebelumnya. Danilo masih absen karena masalah lutut, sedangkan Douglas Costa mengalami cedera hamstring.  

Enam pemain Serbia telah menerima kartu kuning dan mereka akan absen pada babak selanjutnya jika mampu melangkah ke 16 besar Piala Dunia 2018. Keenam pemain tersebut, antara lain Sergej Milinkovic-Savic, Luka Milivojevic, Aleksandar Mitrovic, Aleksandar Prijovic, Nemanja Matic, dan Branislav Ivanovic.

Prakiraan susunan pemain:

Serbia: Vladimir Stojkovic; Aleksandar Kolarov, Dusko Tosic, Nikola Milenkovic, Branislav Ivanovic; Nemanja Matic, Luka Milvojevic, Adem Ljajic, Sergej Milinkovic-Savic, Dusan Tadic; Aleksandar Mitrovic

Pelatih: Mladen Krstajic

Brasil: Alisson; Fagner, Thiago Silva, Miranda, Marcelo; Paulinho, Casemiro, Philippe Coutinho; Willian, Gabriel Jesus, Neymar

Pelatih: Tite

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

 

Statistik

Head to head

--

Lima pertandingan terakhir Serbia

  • 22/6/2018 - Serbia 1-2 Swiss (Piala Dunia)
  • 17/6/2018 - Kosta Rika 0-1 Serbia (Piala Dunia)
  • 9/6/2018 - Serbia 5-1 Bolivia (Uji coba)
  • 4/6/2018 - Serbia 0-1 Cile (Uji coba)
  • 27/3/2018 - Nigeria 0-2 Serbia (Uji coba)

Lima pertandingan terakhir Brasil

  • 22/6/2018 - Brasil 2-0 Kosta Rika (Piala Dunia)
  • 17/6/2018 - Brasil 1-1 Swiss (Piala Dunia)
  • 10/6/2018 - Austria 0-3 Brasil (Uji coba)
  • 3/6/2018 - Brasil 2-0 Kroasia (Uji coba)
  • 27/3/2018 - Jerman 0-1 Brasil (Uji coba)

Prediksi Bola.com

Serbia 45 - 55 Brasil

Sumber: Berbagai sumber

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Gunakan Hak Pilih, Ganjar Antar Sopir dan Keponakan Nyoblos

Posted: 26 Jun 2018 08:44 PM PDT

Liputan6.com, Semarang - Calon Gubernur Jateng petahana Ganjar Pranowo telah menggunakan hak pilihnya di TPS 2 Kelurahan Gajahmungkur. Tidak langsung pulang ke rumah, Ganjar memutuskan mengantar sopir dan tiga keponakannya mencoblos di TPS masing-masing.

Dari Gajahmungkur, Ganjar langsung meluncur ke Kelurahan Sambiroto, Kecamatan Tembalang. Cagub Jateng nomor urut 1 itu mengantar sopirnya, Arfan, mencoblos di TPS 11 Sambiroto.

Kehadiran Ganjar menjadi perhatian warga sekitar yang akan menggunakan hak pilih. Mereka bahkan rela meninggalkan antrean untuk berfoto bareng Ganjar.

Setelahnya, Ganjar kembali ke rumah kontrakannya di Jalan Tengger Timur Raya. Mengetahui tiga keponakannya baru akan berangkat ke TPS, Ganjar pun menyertai.

"Mau sekalian lihat TPS, kan dekat, cukup jalan kaki," kata Ganjar Pranowo, Rabu (27/6/2018).

Tiga keponakan Ganjar, yakni Nadella, Fatma, dan Veni. Ketiganya sebenarnya ber-KTP Purbalingga. Namun, karena berada di Semarang, maka harus mencoblos dengan surat pindah atau A5. Dari ketiganya, Nadella yang baru pertama memilih.

"Usia saya 20 tahun, kemarin seharusnya sudah milih di Pilkada Purbalingga, tapi waktu itu lagi ujian," kata Nadella.

Ganjar mengantar mereka ke TPS 16 Gajahmungkur. TPS yang memiliki DPT 451 pemilih itu terletak di SD 1 Gajahmungkur. Di sekolahan itu juga terdapat TPS 17 dengan 375 pemilih.

Ganjar yang ditemani istrinya hanya duduk di luar ruang kelas yang menjadi lokasi TPS. "Saya senang sejauh ini proses berjalan baik dan kondusif, semoga sampai penghitungan selesai tetap baik ya," pungkas Ganjar Pranowo.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di liputan6.com.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mencoblos Ditemani Istri, Ganjar Pranowo Minta Maaf ke Sudirman-Ida

Posted: 26 Jun 2018 08:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ditemani istrinya, Ganjar Pranowo berseri-seri saat memasuki TPS 2 Kelurahan/kecamatan Gajahmungkur Semarang. Dia merasakan dua kebahagiaan sekaligus, sebagai kandidat dan sebagai Gubernur Jawa Tengah.

Sebagai calon Gubernur Jateng, Ganjar yang hadir ke TPS pukul 08.00 WIB tersebut menyampaikan terima kasih kepada warga masyarakat, pemilih dan petugas. Ganjar juga menyampaikan terima kasih kepada para pendukung, baik pendukung Ganjar-Yasin maupun Sudirman-Ida.

"Saya juga sekaligus menyampaikan mohon maaf kalau selama kampanye kemarin ada yang terluka, ada yang sakit hati, ada yang tidak berkenan di hati, khususnya pada Pak Dirman dan Mbak Ida. Tapi kita tetap bersahabat, tetap baik-baik," kata Ganjar Pranowo usai mencoblos, Rabu (27/6/2018).

Sebagai gubernur, dia tengah merasa bangga karena Jawa Tengah kemarin dinyatakan sebagai provinsi yang sangat aman, sehingga pendidikan politik yang terjadi di Jawa Tengah cukup bermartabat.

"Ini dukungan kawan-kawan pers juga, pemberitaannya baik. Bahwa ada satu-dua yang harus diluruskan, tapi hari ini kita senang, proses demokrasinya bagus kelihatan betul kualitas demokrasi dan ini bisa memberi pendidikan politik buat kita semua," katanya.

Di TPS tempat Ganjar dan istri menyumbangkan suara terdapat 282 DPT. Namun, 20 pemilih di antaranya dicoret karena 14 pindah domisili, tiga meninggal dunia, dan sisanya tidak bisa ditemui.

Sebagai petahana, Ganjar Pranowo mengaku terdapat perbedaan mencolok dalam keberlangsungan pesta demokrasi di Jawa Tengah pada 2013 dan saat ini.

"Hari ini kampanye agak berbeda karena medsos mendominasi. Kata baik dan tidak baik bersaing di sana," katanya.

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

Bertanggung Jawab

Dia pun berharap ke depan orang makin bertanggung jawab menggunakan medsos, sehingga keberadaannya bisa digunakan dengan positif. Tidak hoaks dan tidak fitnah.

"Baik juga sih, kalau ada ketentuan lebih baik semua akun tidak anonim, akunnya beneran. Yang anonim dipastikan dilaporkan sekali langsung tutup. Umpama begitu, sehingga hal-hal negatif bisa dikurangi," katanha.

Dia mengatakan saat ini komunikasi politik mengalami perubahan yang sangat drastis. Ada pergeseran paradigma orang dalam berkomunikasi, tentu karena keberadaan teknologi komunikasi yang mendominasi.

Berbicara soal kalah atau menang, Ganjar berjanji akan tetap menjaga tali silaturrahmi, sesuai perintah para pemuka agama dan orang-orang yang dituakan di masyarakat. Dan memang begitulah yang dia lakukan saat kali pertama bertarung dan memenangi Pilgub Jateng pada 2013.

"Agar kemenangan tidak menjadi kesombongan. Datang kemudian ngobrol dan bersilaturrahmi. Sampai hari ini kita masih bersilaturrahmi baik-baik saja dan kita senang," katanya.

Dia menambahkan, hal itu adalah tradisi yang baik yang bisa ditunjukkan. Lagi-lagi dia merasakan besarnya fungsi media dan medsos karena dengan itu kebaikan bisa disampaikan secara masif.

 

Sakskan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bawaslu Ajak KPU Luar Negeri Pantau Langsung TPS Prabowo Subianto

Posted: 26 Jun 2018 08:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja meninjau TPS 17 Desa Bojongkoneng, Hambalang, Bogor. Dirinya ditemani tim Komisi Pemilihan Umum (KPU) luar negeri.

"Kami ada program election studies mengundang teman-teman pemantau luar negeri dan juga KPU KPU ada sekitar 14 KPU luar negeri berkunjung ke Indonesia untuk lihat Pilkada Serentak 2018," katanya di TPS 17 Bojongkoneng.

Menurut Bagja, TPS Bojongkoneng menjadi TPS yang rawan sebab pemukimannya dihuni salah satu elit partai politik yang ingin maju jadi Capres 2019 yakni Prabowo Subianto. Maka dari itu, Bagja mereferensikan KPU luar negeri untuk meninjau TPS Bojongkoneng.

"Kami berikan informasi ke teman-teman tersebut kamu yang mana kita berikan pilihan ini salah satu TPS yang rawan. Karena salah satu Parpol mantan capres itu ada di sini sehingga dan akan lanjut lagi jadi Presiden. Di beberapa tempat daerah tertentu luar negeri juga jadi perhatian tempat-tempat seperti itu," tambahnya.

Bagja mengkhawatirkan TPS Bojongkoneng rawan dikooptasi. Maka dari itu, Bawaslu RI ingin menunjukkan pada internasional walau TPS tersebut dekat dengan petinggi parpol, namun jalannya pemilihan tetap profesional. Dengan kesan ini Pemilu 2019 akan dianggap aman.

"Rawannya itu siapa tahu kan dikooptasi. Sekarang kan tidak mungkin. Kita perlihatkan kepada dunia internasional, walaupun TPS-nya berada di sarangnya Ketua Umum Parpol, tempat kediaman Ketua Umum Parpol, penyelenggaraan Pemilu itu tetap secara terbuka, dan bisa disaksikan, tidak ada yang tertutup," tutur Bagja.

"Kesan saja kepada dunia luar bahwa penyelenggaraan pemilu kita itu aman. Anda bisa bayangkan 80 persen pemilih, 150 juta," tambahnya.

Selain di TPS Bojongkoneng, Bawaslu berencana menuju ke Cikeas daerah kediaman ketua umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.

"SBY, Cikeas. Kemungkinan kami ke sana. Mantan presiden (SBY) dan calon presiden (Prabowo) jadinya kan," tandasnya.

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Unik, TPS Dihias Bertema Piala Dunia

Posted: 26 Jun 2018 08:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah TPS di Bogor dihias dengan ornamen ala Piala Dunia di Rusia. Usaha ini dilakukan untuk menarik minat memilih para warga.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RI Menangkan Gugatan Iklan Minyak Kelapa Sawit di Prancis

Posted: 26 Jun 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia memenangkan gugatan atas iklan minyak kelapa sawit Indonesia di Lyon, Prancis. Hal tersebut merupakan kesimpulan dari keputusan resmi komisi etika periklanan Prancis atau Jury de Deontologie Publicitaire (JDP) pada 15 Juni 2018.

Dengan keputusan tersebut, iklan minyak kelapa sawit Indonesia yang dipublikasikan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Lyon dipastikan tidak melanggar aturan.

"Hasil keputusan JDP adalah kemenangan legal bagi Indonesia, karena keputusan JDP tidak memenuhi keluhan pelapor, yang menganggap iklan ITPC Lyon tidak benar dan tidak berdasar," kata Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, Oke Nurwan, dalam keterangan tertulis, Rabu (27/6/2018).

Dengan kemenangan ini, Indonesia berhasil mempertahankan citra minyak kelapa sawit Indonesia sebagai produk yang lebih berkelanjutan dan lebih ramah lingkungan.

Namun, Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita mengingatkan pemerintah untuk tetap waspada mengawal minyak kelapa sawit Indonesia.

"Indonesia masih harus tetap bersiap atas langkah-langkah yang mungkin diambil Uni Eropa untuk mencegah kembali masuknya minyak kelapa sawit ke pasar Eropa," ungkap Enggartiasto.

Akhir tahun lalu, ITPC Lyon mempublikasikan iklan dengan informasi 'L'huile de palme Indonésienne est plus durable et plus écologique' atau 'Minyak kelapa sawit Indonesia lebih berkelanjutan dan lebih ramah lingkungan'.

Iklan minyak kelapa sawit ini diadukan ke JDP. Pelapor mengadukan pernyataan dalam iklan sebagai pernyataan yang tidak benar dan tidak berdasar. Kasus bergulir mencapai puncaknya pada sesi dengar pendapat, 1 Juni 2018.

Dalam sesi dengar pendapat tersebut, delegasi Indonesia dipimpin Direktur Pengamanan Perdagangan Kemendag, Pradnyawati. Delegasi Indonesia terdiri atas perwakilan KBRI Paris, perwakilan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), serta Sekretariat Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO).

 

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

Dua Keputusan

Perkebunan Kelapa Sawit (AFP PHOTO/Saeed KHAN)

Kesimpulan dari keputusan JDP adalah pertama, secara garis besar JDP mengakui data dan dokumen yang disampaikan oleh ITPC Lyon selama pemeriksaan menunjukkan adanya evolusi undang-undang dan sertifikasi produksi minyak kelapa sawit di Indonesia.

Hal ini mengarah pada produksi minyak kelapa sawit yang lebih berkelanjutan dan lebih ramah lingkungan. Meskipun begitu, informasi tersebut memang tidak dicantumkan dengan jelas dalam iklan.

Kedua, aduan pelapor tidak menjadi bagian dari keputusan JDP. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa JDP menyetujui secara substantif bahwa iklan ITPC Lyon tidak menyalahi aturan penggunaan terminologi pembangunan berkelanjutan (sustainable development).

"Kuasa hukum pemerintah Indonesia melihat bahwa JDP tidak menganggap iklan tersebut menyesatkan atau tidak benar, seperti yang dituduhkan oleh pelapor. Dalam hal ini, JDP tidak menolak substansi atau isi iklan tersebut," kata Oke menambahkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Cara Mencuci Buah yang Tepat

Posted: 26 Jun 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rutin mengonsumsi buah bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena kaya nutrisi dan serat. Tapi, ada yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi buah, yaitu kebersihannya. Buah yanh tak dicuci atau dibersihkan dengan benar justru akan berbahaya bagi kesehatan.

Meski dari luarnya terlihat segar dan bersih, tidak sedikit buah yang masih mengandung pestisida dan membahayakan kesehatan. Karena hal inilah, penting bagi kita untuk mencuci buah hingga benar-benar bersih agar buah tersebut benar-benar bersih dari pestisida. Mencuci buah dengan air saja tidak cukup menghilangkan pestisida yang menempel pada buah.

Cara mencuci buah yang tepat dan sehat adalah dengan mencuci buah dengan sabun yang mengandung klorin. Jika takut ada bahan kimia berbahaya pada sabun, kita bisa memanfaatkan soda kue untuk mencuci buah

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

Saksikan juga video berikut ini:

 

Cara Mencuci

Ilustrasi Membersihkan  Buah dan Sayur (iStockphoto)

Melansir dari laman brightside.com, kandungan pada sabun dengan kandungan klorin dan soda kue bisa mengangkat pestisida yang menempel pada buah dengan baik. Tak hanya mengangkat pestisida pada buah, dua bahan ini juga bisa dimanfaatkan untuk mencuci sayuran.

Untuk mencuci buah dengan sabun dengan kandungan klorin atau pun dengan soda kue, kita hanya perlu memakai 1 sdt sabun/soda kue untuk setiap 1,5 air bersih. Campur sabun/soda kue dengan air kemudian cuci buah di air ini. Selanjutnya, kita bisa membilas buah dengan air bersih biasa.

Semoga informasi ini bermanfaat. Semoga setelah ini kita bisa mencuci buah dan sayur dengan cara yang lebih tepat dan sehat bebas pestisida ya?

 

Reporter: Rohmitriasih

Sumber: Vemale.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: