Rabu, 27 Juni 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Arinal Menang Pilkada Lampung Versi Quick Count Sesuai Prediksi Survei

Posted: 27 Jun 2018 11:06 PM PDT

Liputan6.com, Lampung - Hasil hitung cepat atau quick count Pilkada Serentak 2018 sudah selesai. Termasuk juga Pilkada Lampung yang perhitungannya sudah 100 persen.

Salah satu lembaga survei Rakata Institute memenangkan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur nomor 3 Arinal Djunaidi-Chusnunia Halim dengan angka 34,80 persen.

Hasil tersebut tak berbeda jauh dengan survei Pilkada Lampung yang dilakukan sebelumnya pada 12-17 Juni 2018.

Kala itu, perolehan elektabilitas Arinal-Nunik 33,30 persen, Herman HN-Sutono 31,30 persen, Ridho-Bachtiar 22,30 persen, dan Mustafa-Ahmad Jajuli 10,50 persen. Margin of error sebesar 3,10 persen.

Menurut Direktur Eksekutif Rakata Institute Eko Kuswanto, sebuah survei yang dipersiapkan dengan baik secara ilmiah akan menghasilkan data yang baik pula, begitu sebalikmya.

"Rakata telah berpengalaman menguji metode kami selama 10 tahun ini dan hasilnya sangat dinanti publik, baik survei maupun hitung cepatnya. Menjadi kontraproduktif saat publik sedang mencermati dinamika pilgub Lampung, tapi data kami April menjadi cibiran dan bully yang tidak ilmiah lagi. Sudah menyerang personal," ujar Eko melalui keterangan tertulisnya, Kamis (28/6/2018).

Dia menjelaskan, lembaganya saat itu sedang menjalani hukuman dari KPU Lampung yang melarang memublikasikan hasil surveinya.

"Nah kami patuhi itu. Tapi ternyata data kami bocor ke media tanpa kami rilis," ucapnya.

Akhirnya Rakata, lanjut Eko, meluruskan berita itu agar tidak menjadi kesalahpahaman. Dirinya tetap yakin atas data Pilkada Lampung 2018 yang disajikan ke masyarakat.

"Kami tetap yakin akan data yang kami miliki. Namun tekanan dari banyak pihak mengaburkan data ini dengan isu-isu lain yang di luar konteks," kata Eko.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Data yang Disajikan Benar

Grup Band Wali menjadi salah satu pengisi acara pada Kampanye Akbar Arinal-Nunik, Minggu 22 Oktober 2018. (Ist)

Eko menjelaskan, data April lalu makin dikuatkan dengan data Juni yang kecenderungannya memang sama bahwa pasangan Arinal-Nunik lebih unggul dari paslon lainnya meski tidak secara mutlak.

"Akhirnya data hari ini melalui Quick Count Rakata Institute mendapatkan legitimasi atas data-data kami sebelumnya. Bahwa memang paslon 3 lebih unggul," tuturnya.

Eko menambahkan, sebuah pelajaran berharga bahwa data bisa diumpamakan sebagai jamu yang sangat pahit.

"Pahitnya data mungkin kelak akan terkonversi menjadi manisnya hasil, jika memandang data survei sebagai acuan dan digunakan untuk evaluasi," tutup Eko.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penuhi Panggilan KPK, Ganjar Ingin Tepati Janji

Posted: 27 Jun 2018 11:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hari ini datang memenuhi panggilan KPK terkait kasus dugaan korupsi e-KTP. Datang sebagai saksi, Ganjar hanya ingin memenuhi janjinya kepada lembaga antirasuah tersebut.

"Saya hari ini menepati janji karena waktu ada pemanggilan saya meminta ditunda maka persis sehari setelah pencoblosan, hari ini saya datang untuk menghadiri undangan dari KPK terkait dengan kesaksian untuk Irvanto sama Pak Oka," kata Ganjar Pranowo di Gedung KPK, Kamis (28/6/2018).

Ganjar mengaku sama sekali tidak kenal dengan Irvanto Hendra Pambudi Cahyo dan Made Oka Masagung, yang sudah ditetapkan tersangka dalam kasus ini. Lalu apa yang ditanyakan KPK kepada Ganjar?

"Sama masih seperti yang dulu proses penganggaran, kenal atau tidak, terima uang atau tidak. Itu saja," ungkap Ganjar.

Ganjar mengatakan, keterangan yang dia sampaikan kepada KPK sama seperti yang sudah pernah dia sampaikan di persidangan.

Lebih jauh Ganjar mengatakan, kedatangannya tanpa menunggu penjadwalan ulang KPK hari ini, demi mempercepat proses hukum.

"Ya iya lah saya hanya minta setelah coblosan (diperiksa). Enggak enak juga kan kalau masih proses (pencalonan) gitu nanti enggak konsen," ujar Ganjar Pranowo.

 

 *Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel.

Tak Ganggu Pencalonan Pilkada

Calon Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meninggalkan Gedung KPK seusai menjalani pemeriksaan di Jakarta, Kamis (28/6). Ganjar diperiksa sebagai saksi kasus dugaan korupsi E-KTP sehari setelah mengikuti Pilkada di Semarang. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Ganjar mengatakan proses hukum di KPK ini sama sekali tidak mengganggu proses pencalonannya kembali sebagai Gubernur Jateng 2018-2023.

"Kan sudah selesai pencoblosan sudah selesai. Quick countnya kan juga sudah ada," kata Ganjar yang menang di Jateng menurut lembaga survei.

KPK pernah memanggil Ganjar untuk memberikan kesaksian pada 5 Juni 2018. Namun, karena sedang mempersiapkan pencalonan di Pilgub Jateng 2018, politikus PDI Perjuangan itu meminta KPK menjadwalkan ulang pemeriksaan setelah pemungutan suara pilkada pada 27 Juni 2018.

Akan tetapi, sebelum KPK menjadwalkan ulang, Ganjar sudah menepati janjinya untuk memberikan kesaksian sehabis pemungutan suara pilkada.

 

Saksikan tayangan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendikbud: PPDB Sistem Zonasi Mudahkan Sekolah

Posted: 27 Jun 2018 11:01 PM PDT

Liputan6.com, Malang - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerapkan sistem zonasi untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2018. Sistem ini bisa memudahkan sekolah untuk merencanakan PPDB tahun selanjutnya termasuk segala kebutuhannya.

Menteri Mendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendi mengatakan, dengan sistem zonasi Dinas Pendidikan dan sekolah sudah bisa merencanakan PPDB untuk tahun depan. Sebab sudah tahu berapa jumlah siswa SD yang akan lulus dan hendak masuk SMP di satu kawasan tertentu.

"Tidak kalang kabut di tiap tahun ajaran baru karena sebelumnya sudah diproyeksikan. Bisa tahu akan menerima berapa siswa, butuh ruang kelas baru atau tidak," kata Muhadjir saat di Malang, Rabu, 27 Juni 2018.

Dengan sistem zonasi, PPDB berdasarkan radius terdekat rumah calon siswa ke sekolah. Sekolah di kawasan dengan populasi padat, bisa saja kekurangan rombel dan mengajukannya sejak jauh hari ke Kemendikbud. Ada argumentasi jelas dari tiap sekolah yang menambah ukuran rombel.

"Sekolah harus cerdas mensiasati kebutuhan rombel ini. Kepala sekolah itu harus bisa mengatur layaknya manajer, itu sesuai peraturan yang baru," ucap Muhadjir.

 

Bisa Dihapus

Jika ini bisa diterapkan, sistem PPDB yang saat ini berlaku bisa saja dihapus. Sedangkan nilai ujian bisa menempatkan posisi seorang siswa dalam sistem belajar – mengajar di sekolah. Misalnya, menjadikan seorang siswa dengan nilai ujian yang baik sebagai tutor untuk siswa lain.

"Nanti bisa dikembangkan di sekolah ada belajar bersama. Di pelajaran tertentu tak harus diajar guru. Sebagai apresiasi, anak yang pintar bisa jadi tutor untuk adik kelasnya," kata Muhadjir.

Muhadjir berharap PPDB sistem zonasi ini bisa disosialisasikan pada orang tua siswa SD jika lulus maka anaknya akan masuk di SMP yang masih dalam radius yang sama. Sistem ini juga sekaligus untuk memerangi praktik kecurangan di sekolah yang selama ini terjadi.

"Kita juga ingin membersihkan praktik tak terpuji seperti titipan, jual beli kursi yang selama ini terjadi di sekolah," kata Muhadjir.

Sistem zonasi dalam PPDB 2018 itu diatur melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2018. Isinya, menyatakan bahwa kriteria utama pada seleksi PPDB adalah jarak dari rumah calon siswa ke sekolahnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Jepang Vs Polandia: Hidup Matinya Samurai Biru

Posted: 27 Jun 2018 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Volgograd - Jepang akan menghadapi Polandia di Volgograd Arena, pada matchday ketiga Piala Dunia Grup H, Kamis (28/6/2018). Bagi Jepang, ini akan menjadi laga hidup mati mereka.

Samurai Biru, julukan Jepang, berada di puncak klasemen Grup H dengan raihan empat poin. Meski demikian, kemenangan menjadi harga mati bagi Jepang agar lolos ke babak 16 besar.

Bila kalah, kesempatan mereka ke fase gugur bisa hilang bila Kolombia atau Senegal yang akan bertanding di waktu bersamaan bisa meraih tiga poin.

Kans Jepang untuk bisa meraih poin dari Polandia sejatinya cukup besar, mengingat sang lawan merupakan tim terlemah di Grup H. Dari dua laga, Polandia belum mendapatkan satu poin pun. 

Selain itu, Jepang sendiri mampu memetik kemenangan 2-0 di pertemuan terakhir mereka melawan Polandia atau tepatnya pada laga uji coba di 2003.

Para pemain Jepang pun terlihat sangat termotivasi lolos dari fase grup. "Saya akan membantu Jepang untuk lolos ke fase gugur," ujar kiper Jepang, Eiji Kawashima.

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di liputan6.com.

Kekuatan Polandia

Proses terjadinya gol yang dicetak gelandang Kolombia, Juan Cuadrado, ke gawang Polandia pada laga grup H Piala Dunia di Kazan Arena, Kazan, Minggu (24/6/2018). Kolombia menang 3-0 atas Polandia. (AP/Frank Augstein)

Di kubu lawan, Polandia tak mau pulang dari Rusia dengan wajah tertunduk. Mereka ingin mendapat poin di Piala Dunia 2018.

"Ini bukan saat yang mudah bagi kami, terutama dari sudut pandang mental. Kami semua sadar bahwa kami gagal. Kami memiliki impian tetapi tidak dapat memenuhinya," ujar gelandang Polandia, Jakub Blaszczykowski.

"Pertandingan melawan Jepang sangat penting bagi Polandia karena kami harus membuktikan bahwa kami adalah tim yang tidak pernah menyerah. Kami ingin memberi orang-orang Polandia kebahagiaan dalam empat tahun terakhir. Kami tidak memberi para penggemar mimpi-mimpi itu di sini sama sekali. Kami ingin mengubahnya di laga nanti."

 

 

 

Perkiraan Susunan Pemain

Jepang (4-2-3-1): Kawashima; Sakai, Yoshida, Shoji, Nagatomo; Hasabe, Shibasaki; Haraguchi, Kagawa, Inui; Osako.

Polandia (4-2-3-1): Szczesny; Piszczek, Pazdan, Glik, Rybus; Krychowiak, Zielinski; Blaszczykowski, Milik, Grosicki; Lewandowski.

Sima video pilihan berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jurnalis Laporkan Pemilik Akun Facebook Pengunggah 'Wartawan Dukun Palsu'

Posted: 27 Jun 2018 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Kupang - Forum Wartawan Ende (FWE), Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) melaporkan akun Facebook, Sarmento Ega ke Polres Ende, Selasa (26/6/2018). Selain melaporkan akun Facebook Sarmento, FWE juga melaporkan admin grup facebook Forum Gare Bego (FGB) terkaitpenghinaan profesi wartawan..

Alexius Raja Seko, jurnalis harian Timor Expres yang bertugas di Kabupaten Ende menyatakan pihaknya merasa dihina atas salah satu postingan akun Facebook Sarmento Ega yang mengunggah foto dirinya di grup facebook Forum Gare Bego (FGB) dengan menuliskan kata-kata penghinaan.

"Akun itu mengunggah foto saya bersama teman-teman wartawan lain yang sedang melakukan wawancara dengan tulisan 'Inilah profesi ganda Wartawan dan dukun palsu yang selalu tebar fitnah dan Hoax, dan 'Pasukan nasi bungkus jilid 1 dan jilid 2," ujar Alex kepada Liputan6.com, Selasa (26/6/2018).

FWE juga melaporkan admin grup Facebok Forum Gare Bego (FGB) karena dinilai melakukan pembiaran terhadap akun Facebook yang melakukan penghinaan.

"Kita juga laporkan admin grupnya karena setiap postingan anggota grup harus mendapat persetujuan admin, sehingga admin juga harus bertanggungjawab," katanya.

Kanit satu SPKT IPDA Tommi Subardi mengaku sudah menerima laporan dari Forum Wartawan Ende (FWE). Laporan itu sudah diterima dan dibuktikan dengan tanda terima laporan polisi.

Dia mengatakan, laporan resmi diterima Polres Ende dengan nomor laporan polisi, LP/121/VI/2018/ Res Ende. "Sudah ada laporan resmi dan akan di limpahkan ke Reskrim," kata Tommi.

Polisi berjanji akan mengusut tuntas kasus penghinaan profesi wartawan itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Guyon Warganet Kembali Ramaikan Quick Count Pilkada 2018

Posted: 27 Jun 2018 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak baru saja selesai diselenggarkan 27 Juni 2018. Kali ini, Pilkada digelar bersamaan di 171 daerah.

Meski belum ada penghitungan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), sejumlah lembaga survei sudah merilis hasil quick count penghitungan suara di sejumlah daerah.

Sama seperti peristiwa lain, topik mengenai quick count Pilkada 2018 ini pun menarik perhatian warganet. Seperti biasa, cuitan seputar quick count tak melulu membahas hal serius.

Sejumlah kicauan warganet mengenai quick count nyatanya malah mengundang tawa. Pantauan Tekno Liputan6.com, Kamis (28/6/2018), kebanyakan warganet membuat plesetan dalam format hasil penghitungan suara versi quick count.

Bahkan, ada warganet yang menghubungkan hasil quick count ini dengan kekalahan Jerman dari Korea Selatan tadi malam.

Nah, seperti apa kicauan para warganet seputar hitung cepat Pilkada yang bakal membuatmu tertawa? Berikut beberapa cuitan warganet sudah dihimpun.

Twit Kocak Recehkan Pilkada, Ada yang Sampai Curhat Jodoh

Warga ditemani petugas berkostum pocong memasukkan surat suara setelah mencoblos pada Pilkada Serentak 2018 di TPS 7 Randusari, Kota Semarang, Rabu (27/6). TPS tersebut didekor dengan suasana menyeramkan dan berbau mistis. (Liputan6.com/Gholib)

Sebelumnya, Pilkada serentak 2018 ini juga diramaikan dengan beragam guyon receh di Twitter. Warganet meramaikannya dengan tagar #RecehkanPilkada.

Pantauan Tekno Liputan6.com, Rabu (27/6/2018), banyak pengguna Twitter mengunggah berbagai lelucon soal jodoh atau pilihan hati menggunakan tagar #RecehkanPilkada.

Mereka menghubungkan Pilkada dengan harapan tentang jodoh bernada guyonan.

Berikut beberapa kicauan guyon dengan tagar #Recehkan Pilkada yang berhasil kami rangkum:

"Jadi takut besok untuk memilih. Takut ditinggal lagi pas sayang-sayangnya :") #RecehkanPilkada," tulis @kapurbarusss.

"Ayo teman-teman jangan lupa pilih yang pasti pasti aja, kalo ga pasti tinggalin aja #RecehkanPilkada,"kicau pengguna Twiter dengan akun @shintah.

"Bilang sama ayah kamu, suruh cepet cepet ke TPS ya, soalnya udah ada saksi. #RecehkanPilkada," tulis @ridwan_baihaqie.

"Hari ini pada sibuk pilih kepala daerah, kamu pilih akunya kapan? ( ._.) #RecehkanPilkada," twit dari pengguna @AiNaSaKoi.

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sah, Rizal Armada Resmi Menikah dengan Monica Imas

Posted: 27 Jun 2018 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Momen yang dinanti Rizal Armada dan Monica Imas akhirnya tiba. Hari ini, Kamis (28/6/2018), Rizal dan Monica resmi menjadi sepasang suami istri.

Akad nikah Rizal Armada dan Monica Imas berlangsung di Masjid Surakarta, Solo, Jawa Tengah. Momen ijab kabul Rizal Armada ini diabadikan dan dibagikan oleh Anji melalui Instagram pribadinya.

Pelantun "Asal Kau Bahagia" itu tampak mengenakan beskap putih dan blangkon. Wajahnya cukup tegang sebelum akad berlangsung. "Ekspresi mau menjadi SUAMI. Semua Uang Adalah Milik Istri.. @rizalarmada," ledek Anji.

Rizal Armada terdengar mampu melafalkan ijab kabul hanya dengan sekali napas. "SAH! Alhamdulillah... @rizalarmada," tulis Anji di kolom keterangan video yang diunggahnya.

Untuk maskawinnya sendiri, Rizal Armada memberikan emas sebesar 20 gram.

 

• [video] SAH! Alhamdulillah... @rizalarmada

A post shared by Anji MANJI (@duniamanji) on

Pasang Cincin

Rizal Armada resmi menikah [foto: instagram.com/duniamanji]

Namun wajah tegang itu berubah menjadi senyuman ketika Rizal dipertemukan dengan mempelai wanita yang tak lain adalah Monica Imas. Keduanya lantas melakukan prosesi pemasangan cincin usai ijab kabul berlangsung.

"Ingat selalu sayang, hatiku kau genggam.. @rizalarmada @monicaimas..... ATM-mu juga," gurau Anji yang mengunggah foto momen Rizal dan Monica pasang cincin di Instagram Story-nya.

 

Menikah di Solo

Vokalis Armada, Tsandi Rizal Adi Pradana itu akan mempersunting Monika di Solo Jawa Tengah, tempat kelahiran calon istrinya. (Instagram/monicaimas)

Sebelumnya, Rizal Armada memang sudah membocorkan bahwa pernikahannya akan digelar selepas Ramadan, atau pada bulan Syawal. Karena beberapa alasan, Rizal Armada akan menggelar pesta pernikahannya di Solo, Jawa Tengah.

"Jadi kebetulan kan calon orang Solo, terus juga kita pakai adatnya Solo, adat Jawa, pertimbangannya lebih sakral lagi kalau dilakukan di Solo, di pusatnya langsung. Makanya kita milihnya di Solo," kata Rizal Armada belum lama ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pelanggaran di Pilgub Jateng Versi Sudirman Said

Posted: 27 Jun 2018 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cagub Jawa Tengah, Sudirman Said menduga ada pelanggaran yang terjadi di Pilgub Jateng. Ia mengatakan 1.000 advokat akan mengawal rekapitulasi suara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Militer AS Bantu Cari Tim Sepak Bola Remaja Thailand yang Hilang di Gua

Posted: 27 Jun 2018 11:00 PM PDT

Personel militer AS tiba di Taman Hutan Non Khun Nam Nang dekat gua Than Luang di provinsi Chiang Rai (28/6). Tim penyelamat berjuang menyelamatkan anak-anak 11-16 tahun dan pelatih mereka telah terjebak sejak 23 Juni. (AFP Photo/Lillian Suwanrumpha)

Personel militer AS tiba di Taman Hutan Non Khun Nam Nang dekat gua Than Luang di provinsi Chiang Rai (28/6). Tim penyelamat berjuang menyelamatkan anak-anak 11-16 tahun dan pelatih mereka telah terjebak sejak 23 Juni. (AFP Photo/Lillian Suwanrumpha)

Personel militer AS tiba di Taman Hutan Non Khun Nam Nang dekat gua Than Luang di provinsi Chiang Rai, Thailand (28/6). Kunjungan militer AS untuk membantu operasi penyelamatan tim sepak bola remaja dan pelatih yang hilang. (AFP Photo/Lillian Suwanrumpha)

Personel militer AS tiba di Taman Hutan Non Khun Nam Nang dekat gua Than Luang di provinsi Chiang Rai, Thailand (28/6). Kunjungan militer AS untuk membantu operasi penyelamatan tim sepak bola remaja dan pelatih yang hilang. (AFP Photo/Lillian Suwanrumpha)

Tentara membawa sepatu yang berlumuran tanah saat mencari tim sepak bola remaja dan pelatih yang hilang  di Taman Hutan Non Khun Nam Nang dekat gua Than Luang di provinsi Chiang Rai, Thailand (28/6). (AFP Photo/Lillian Suwanrumpha)

Tentara membawa sepatu yang berlumuran tanah saat mencari tim sepak bola remaja dan pelatih yang hilang di Taman Hutan Non Khun Nam Nang dekat gua Than Luang di provinsi Chiang Rai, Thailand (28/6). (AFP Photo/Lillian Suwanrumpha)

Tentara Thailand membawa persedian medis selama operasi penyelamatan untuk tim sepak bola remaja yang hilang dan pelatih mereka di Taman Hutan Non Khun Nam Nang dekat gua Than Luang di provinsi Chiang Rai, Thailand (28/6). (AFP Photo/Lillian Suwanrumpha)

Tentara Thailand membawa persedian medis selama operasi penyelamatan untuk tim sepak bola remaja yang hilang dan pelatih mereka di Taman Hutan Non Khun Nam Nang dekat gua Than Luang di provinsi Chiang Rai, Thailand (28/6). (AFP Photo/Lillian Suwanrumpha)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

LG V40 Diprediksi Punya 5 Kamera dan Notch

Posted: 27 Jun 2018 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - LG diprediksi akan meramaikan pasar smartphone premium dengan produk baru, V40, pada semester II tahun ini. Sejumlah laporan tentang smartphone ini juga sudah beredar di ranah maya.

Dilansir Phone Arena, Kamis (28/6/2018), laporan baru menyebutkan LG berencana menggunakan panel OLED pada seri perangkat V, termasuk V40. Smartphone tersebut dilaporkan memiliki lima kamera, yang disebut sebagai salah satu keunggulan utamanya.

Tiga kamera akan berada di sisi belakang, sedangkan sisanya di depan. Dua dari tiga kamera belakang memiliki sensor wide dan ultrawide, sedangkan yang satu lagi belum diketahui.

Salah satu kamera depan sendiri disebut memiliki sensor yang berfungsi agar pengguna bisa membuka kunci V40 dengan wajah mereka.

Selain itu, LG V40 juga akan memiliki desain layar dengan notch atau "poni". Namun, pengguna bisa menyembunyikan notch tersebut jika tidak menyukainya, sama seperti desain LG G7.

Lebih lanjut, LG V40 dilaporkan juga bakal diperkuat prosesor Snapdragon 845 milik Qualcomm dan tombol khusus untuk Google Asistant. Sensor sidik jari berada di bodi belakang.

Smartwatch Anyar LG Siap Meriahkan Pasar Wearable Tahun Ini

Ilustrasi smartwatch (iStockPhoto)

Pasar perangkat wearable masih akan dibanjiri dengan sejumlah smartwatch terbaru. Beberapa di antaranya adalah jam tangan pintar baru dari LG.

Terlepas dari produk smartphone, tahun ini akan menjadi momen sibuk LG di pasar perangkat wearable. Pasalnya, perusahaan asal Negeri Ginseng itu dilaporkan akan merilis sejumlah smartwatch.

LG dikabarkan tengah mengajukan sertifikasi untuk dua smartwatch dengan nomor model berbeda kepada FCC. Keduanya kian memperpanjang deretan smartwatch baru LG.

LG pada bulan lalu juga melakukan hal serupa. Namun, saat itu perusahaan mengajukan sertifikasi untuk tiga varian smartwatch kepada FCC.

Masing-masing merupakan suksesor lini Sport dan Style, serta smartwatch yang bisa terhubung ke jaringan 4G LTE.

Adapun untuk dua produk baru, salah satunya memiliki nomor model LM-W315. Satu varian lain dengan nomor model LM-W319 dan tidak memiliki dukungan konektivitas untuk 3G atau pun 4G. Keduanya dilengkapi Bluetooth dan WiFi.

Pihak LG belum memberikan konfirmasi terkait waktu peluncuran smartwatch barunya. Namun, semuanya diperkirakan akan rilis pada tahun ini.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berlapis Emas, Ayam Goreng Ini Dibanderol Rp 13 Juta, Tertarik?

Posted: 27 Jun 2018 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ayam goreng menjadi santapan kesukaan banyak orang. Ya, hampir semua bagian tubuh ayam menjadi makanan favorit, dan salah satu bagian tubuh ayam yang paling disukai adalah sayap. Meskipun tidak memiliki banyak daging namun memiliki sensasi sendiri saat menyantapnya.

Salah satu restoran terkenal berkreasi dengan sayap ayam. Restoran bernama The Ainsworth di New York City ini memang hanya membuat sayap ayam goreng, namun yang berbeda adalah balutan sayap ayam goreng ini menggunakan emas. Dilansir dari foodandwine.com, Selasa (26/6) menu sayap ayam ini diberi nama FOODGD 24k Gold Buffalo Wings. 

Cara pembuatan ayam goreng berlapis emas ini dimulai dengan rendaman dalam mentega kelapa, chipotle, dan adonan madu selama 24 jam, setelah itu digoreng, dilanjutkan dengan pencelupan dalam saus emas metalik yang memberikan sayap ayam ini tampilan mengkilap berlapis emas. Kemudian sayap ayam juga ditaburi dengan emas yang dapat dimakan dengan celupan blue cheese.

 

(Sumber cuplikan video Food Insider)

Sayap ayam berlapis emas ini mendapat banyak perhatian masyarakat dan bahkan dunia sejak bulan lalu. Ini setelah Jonathan Cheban, salah seorang co-creator-nya, menjulukinya dengan nama 'Foodgod' atau dewa makanan ketika memamerkannya melalui Instagram.

"Kamera saya bahkan gemetar, sayap ayam ini sangat terang. Ini tidak bisa dipercaya," kata Cheban.

Menurut The Ainsworth, sayap ayam bling-out ini tersedia dalam tiga tingkatan harga yakni sajian 10 sayap seharga USD30 atau Rp 405.000 (kurs Rp 13.500), sajian 20 sayap seharga USD60 atau Rp 810.000, dan sajian 50 sayap dengan sebotol sampanye Armand de Brignac dihargai USD 1.000 atau Rp 13,5 juta.

FOODGD 24k Gold Buffalo Wings diluncurkan di restoran The Ainsworth's yang berlokasi di Chelsea dan East Village (New York) bulan lalu.

Selain itu, sayap ayam emas ini rencananya akan dijual atau ditetapkan sebagai menu permanen di semua cabang restoran The Ainsworth's dalam waktu dekat.

Reporter:

Syifa Fauziah

Sumber: Brilio.net

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sampaikan Keluhan, Petani Bakal Bertemu Jokowi Kamis Siang Ini

Posted: 27 Jun 2018 10:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah petani dari berbagai daerah dijadwalkan bakal bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara Kamis siang ini. Pertemuan tersebut merupakan kesempatan bagi petani untuk menyampaikan aspirasi secara langsung kepada Jokowi.

"Presiden menyediakan waktu untuk bertemu dan berdialog dengan petani. Presiden memang menaruh perhatian pada masalah pertanian. Beliau minta waktu agar bisa berdialog dengan petani," ungkap Ketua Umum HKTI, Moeldoko, di JCC, Jakarta, Kamis (28/6/2018).

Kepala Staf Kepresidenan ini pun menjelaskan para petani yang bakal ketemu Jokowi tersebut berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

"Sebentar sekitar jam 14.30 akan bertemu dengan Presiden. Mereka datang dari beberapa daerah," ujar dia.

Sebagai ketua organisasi petani, Moeldoko tentu amat berharap para petani tersebut bisa secara langsung menyampaikan keluhan dan harapan kepada Jokowi.

"Misalnya, soal batuan pupuk. Saat dibutuhkan oleh petani belum tersedia. Pada saat sudah tersedia, pupuknya tidak sesuai dengan keinginan petani, seperti itu," ujar dia.

 

 

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

 

HKTI Bakal Selenggarakan HKTI Innovation Award 2018

Ketua Umum HKTI Moeldoko (Foto: Merdeka.com/Wilfridus S)

Selain itu,Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) berkomitmen meningkatkan kualitas sektor pertanian di Indonesia. Salah satu bentuknya dengan memberikan apresiasi kepada para petani inovatif dari seluruh Indonesia dalam 'HKTI Innovation Award 2018'.

Koordinator HKTI Innovation Award, Dr Avanti Fontana, mengatakan HKTI telah menetapkan 10 penerima penghargaan tersebut yang nama-namanya akan diumumkan pada 1 Juli mendatang. 

"Ada 21 peserta finalis dan 12 penilai dalam seleksi tahap Il ini. Tipe inovasi peserta mencakup on-farming innovation, off-farming innovation, dan social innovation," ungkapnya di JCC, Jakarta, Kamis pekan ini.

Para penerima penghargaan tersebut merupakan hasil seleksi dari puluhan peserta yang mendaftar. Proses seleksi telah berjalan sejak awal Juni oleh Tim Juri yang terdiri atas sejumlah pakar dan praktisi bidang inovasi pertanian. 

"Ada 67 peserta dari berbagai daerah dari 16 provinsi yang mendaftar mengikuti seleksi HKTI Innovation Award 2018," kata Avanti yang juga merupakan Waketum HKTI Bidang lnovasi. 

Para peserta 'HKTI Innovation Award 2018' berasal dari berbagai latar belakang seperti para pemuda, pemudi, praktisi, akademisi, komunitas petani, guru, dan para inovator lainnya.

"Penghargaan Inovasi HKTI Tahun 2018 merupakan bentuk apresiasi inovasi kepada organisasi/tim/individu yang memiüki karya inovasi yang dihasilkan dalam kurun waktu setidaknya lima tahun terakhir (2014-2018)," ujar dia.

Selain ketiga kategori tadi, panitia juga menyediakan penghargaan khusus bagi generasi muda inovator (young innovator). "Penghargaan ini untuk merangsang dan mamacu semangat generasi muda dalam mencintai dunia pertanian dan mendorong terjadinya regenerasi petani," tutur Avanti. 

Melalui ajang penghargaan karya inovasi ini, HKTI ingin mengapresiasi para inovator di berbagai sektor pertanian, yang karya inovasinya memberikan manfaat besar bagi pengembangan pertanian, meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat, serta memberikan solusi menghadapi tantangan yang semakin besar.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PKKSG-UMJ Apresiasi Sikap Netral Polri di Pilkada Serentak 2018

Posted: 27 Jun 2018 10:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Pusat Kajian Keamanan & Strategi Global Universitas Muhammadiyah Jakarta (PKKSG-UMJ) Hery Sucipto menilai kesuksesan Pilkada serentak 2018 ini tak lepas dari kesiapan penyelanggara pemilu KPU-Bawaslu serta TNI-Polri yang mengamankan proses berjalannya pesta demokrasi ini. Dia mengapresiasi sikap netralitas Kapolri Jenderal Tito Karnavian sehingga tidak ada anggota Polri atau oknum yang terlibat dalam politik praktis mendukung pasangan tertentu.

"Ada beberapa faktor yang membuat suksesnya penyelenggaraan Pilkada serentak ini. Pertama, kesiapan penyelenggara dalam hal ini KPU dan juga Panwas dalam menyiapkan segala rangkaian pesta demokrasi. Kedua, kesiapan dan kesigapan aparat keamanan dalam hal ini Polri yang dibantu TNI serta pihak pemerintah Pusat maupun daerah dalam mensukseskan pelaksanaan Pilkada serentak. Ketegasan Polri juga ditunjukkan dalam mencegah, mendeteksi dini, dan menangani persoalan yang muncul terkait Pilkada. Sehingga konflik dapat dihindari dan dicegah sedini mungkin," ujar Hery dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (28/6/2018).

Menurut dia, tingkat kesadaran dan partisipasi masyarakat memilih terus meningkat sehingga Pilkada serentak ini dapat dimaknai sebagai pesata demokrasi yang menggemberikan dan dijalani dengan penuh kesadaran. Tak hanya itu, dalam Pilkada 2018, money politic dan isu SARA juga menurun drastis.

"Money politics dan politik SARA juga kian menurun drastis seiring kesadaran masyarakat menciptakan iklim demokrasi dan pemerintahan yang bersih dan menyehatkan. Diharapkan hal positif ini akan terus meningkat di masa mendatang, terlebih di tahun depan akan ada Pileg dan Pilpres serentak," jelas Hery.

Kendati lembaga survei telah mengumumkan pemenang Pilkada versi hitung cepat, Hery tetap meminta semua pihak tetap menahan diri hingga Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengeluarkan hasil resmi. Dia juga mengajak para pemenang tidak bersikap berlebihan dalam merayakan kemenangan serta yang kalah tak larut dalam kesedihan.

 

Hasil Pilkada

Hasil quick count Pilkada Sultra 2018 (Liputan6.com/ Ahmad Akbar Fua)

Hasil pilkada serentak sudah mulai terlihat berdasarkan hitung cepat di hari pencoblosan, Rabu 27 Juni 2018. Di Jawa Timur pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak dipastikan unggul. Paslon yang diusung Demokrat, Golkar, NasDem, PPP, PAN dan Hanura itu menang atas Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno yang diusung PDIP, PKB, Gerindra, dan PKS.

Sedangkan di Jawa Barat, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum yang diusung NasDem, PPP, PKB, dan Hanura, unggul tipis dengan Sudrajat-Ahmad Syaikhu yang diusung PKS, Gerindra, dan PAN. Sementara dua terbawah ditempati oleh Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi yang diusung Demokrat dan Golkar, serta TB Hasanuddin-Anton Charliyan yang diusung PDIP.

Di Jawa Tengah, petahana Ganjar Pranowo-Taj Yasin menang atas Sudirman Said-Ida Fauziyah. Ganjar diusung koalisi PDIP, Golkar, Demokrat, PPP, dan Nasdem.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiket Pre Sale Guns N Roses Habis dalam Waktu 3 Jam

Posted: 27 Jun 2018 10:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Para penggemar sepertinya tak sabar untuk segera menyaksikan konser Guns N Roses di Jakarta. Ini dibuktikan dengan ludesnya tiket Pre Sale konser Guns N' Roses - "Not In This Lifetime" Tour in Jakarta 2018. Tiketnya sendiri habis terjual hanya dalam kurun waktu 3 jam dari waktu dibukanya penjualan. 

Keseluruhan 7 kategori dari tiket Pre Sale dibuka untuk penjualan online pukul 11:00 WIB yang kemudian sold-out pada pukul 14:00 WIB. Tiket kategori Rockzone A Standing dengan harga Rp 1.000.000 dan Orange Zone Seated seharga Rp 1.800.000 adalah tiket yang habis terjual paling awal.

Fans yang belum berkesempatan untuk mendapatkan tiket selama periode pre sale berlangsung, dapat melakukan pembelian tiket general mulai tanggal 29 Juni 2018 di situs resmi BookMyShow id.bookmyshow.com/gnrjkt yang merupakan mitra penjualan.

"Penjualan tiket Pre Sale Guns N Roses sangat sukses dengan terjual hanya dalam waktu 3 jam. Kami berterima kasih kepada fans yang sangat antusias membeli tiket. Untuk fans yang belum berkesempatan mendapatkan tiket, terus pantau penjualan tiket general yang akan berlangsung tanggal 29 Juni. Kami menyarankan kepada fans untuk dapat membeli tiket lebih awal sebelum tiketnya habis," ujar Samantha Tzovolos, CEO Third Eye Management (TEM) dalam keterangan tertulisnya, Kamis (28/6/2018).

 

Rangkaian Tour

Dipastikan jika Axl Rose dan Slash untuk sementara setuju melakukan tur dunia tahun depan, dimana mereka akan menghadiri sejumlah festival musik di Amerika dan Eropa sebelum tur dunia yang bertepatan dengan ulang tahun ke-30 Guns N Roses. (Bintang/EPA)

Rangkaian Guns N Roses - "Not In This Lifetime" Tour Eropa tahun ini dibuka pada tanggal 3 Juni di Berlin dan akan diakhiri tanggal 24 Juli di Islandia.

 

Pembuka

Tiket Guns n' Roses

Pada tanggal 8 November 2018, Jakarta akan menjadi kota pembuka untuk rangkaian tur Asia yang bertempat di Stadion ikonik Gelora Bung Karno (GBK), dan tur Asia ini akan ditutup tanggal 21 November 2018 di Hong Kong.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buaya Kali Grogol Masuk Gorong-Gorong, Damkar Pancing dengan Ayam

Posted: 27 Jun 2018 10:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Keberadaan buaya di Kali Grogol, Jakarta Barat masih misteri. Petugas pun kini memutar otak mencari cara untuk memancing kawanan buaya tersebut. Salah satunya dengan menaruh umpan di berbagai sudut kali.

Sebelumnya, warga melihat beberapa ekor buaya berenang di sebuah gorong-gorong di Kali Grogol tepatnya di Jalan Latumenten, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Salah satu warga mengatakan buaya itu muncul pukul 08.30 WIB.

Kepala Seksi Pengendalian Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat, Rompis Romlih menjelaskan, petugas memasang umpan disetiap sudut kali. Setidaknya ada tiga ayam hidup ditaruh dan diikat menggunakan seutas tali.

"Kami sudah berusaha memberi umpan ayam di setiap sudut. Tiga ayam hidup disudut digantung," kata dia, Kamis (28/6/2018).

Sayangnya, usaha itupun belum juga membuahkan hasil. Tak ada satupun ayam yang dimakan oleh buaya tersebut.

"Sampai sekarang enggak dimakan," ujar dia.

 

Terus menyisir

Rompis melanjutkan, pencarian terhadap kawanan buaya terus dilanjutkan. Hari ini Sedikitnya, 24 personil gabungan dari Pemadam Kebakaran dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Masing-masing dibagi dua regu betugas mondar-mandir menyisir. Dilakukan dari awal penemuan buaya hingga 500 meter.

"Kita menggunakan manual seperti haring perahu karet, pancingan, tambang. Tapi sejak melakukan penyisiran dari jam 8 pagi sampai saat ini belum juga ketemu," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Pertandingan Piala Dunia Jepang Vs Polandia

Posted: 27 Jun 2018 10:45 PM PDT

Jakarta - Jepang siap mengamankan langkah mereka ke 16 besar Piala Dunia 2018. Di laga terakhir Grup H, malam ini, mereka akan berhadapan dengan Polandia yang sudah masuk kotak.

Jepang saat ini menjadi pemuncak klasemen sementara Grup H Piala Dunia 2018 dengan poin empat. Namun, poin yang dikoleksi Samurai Biru, termasuk selisih gol, sama seperti yang dibukukan Senegal yang berada di posisi runner-up.

Dari perhitungan, Jepang sudah cukup aman bermain imbang dengan Polandia untuk lolos ke babak 16 besar, apa pun hasil yang dicatatkan dari laga lain di Grup H, Senegal vs Kolombia.

Seandainya Kolombia menang dan Jepang kalah, wakil Asia itu masih bisa tetap melaju ke 16 besar asal tidak kebobolan gol lebih banyak dari yang diderita Senegal.

Berikut jadwal pertandingan Piala Dunia Jepang vs Polandia.

Jadwal Lengkap

Kamis, 28 Juni 2018

21.00 WIB: Jepang vs Polandia di Volgograd Arena, Volgograd

Live Trans TV

 Pertandingan ini juga bisa dilihat di Bukalapak

Klasemen Grup H

1 Jepang 2 1 1 0 4 3 1 4

2 Senegal 2 1 1 0 4 3 1 4

3 Kolombia 2 1 0 1 4 2 2 3

4 Polandia 2 0 0 2 1 5 -4 0

Sumber: www.bola.com

Saksikan video pilihan di bawah ini

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Sehari Setelah Pilkada, Ganjar Pranowo Tebar Senyum di KPK

Posted: 27 Jun 2018 10:45 PM PDT

Calon Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berjalan keluar seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (28/6). Ganjar diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Irvanto Hendra Pambudi Cahyo dan Made Oka Masagung. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Calon Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berjalan keluar seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (28/6). Ganjar diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Irvanto Hendra Pambudi Cahyo dan Made Oka Masagung. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Calon Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berjalan keluar seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (28/6). Ganjar diperiksa sebagai saksi kasus dugaan korupsi E-KTP sehari setelah mengikuti Pilkada di Semarang. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Calon Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berjalan keluar seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (28/6). Ganjar diperiksa sebagai saksi kasus dugaan korupsi E-KTP sehari setelah mengikuti Pilkada di Semarang. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Calon Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menjawab pertanyaan seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (28/6). Ganjar diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Irvanto Hendra Pambudi Cahyo dan Made Oka Masagung. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Calon Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menjawab pertanyaan seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (28/6). Ganjar diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Irvanto Hendra Pambudi Cahyo dan Made Oka Masagung. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Calon Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meninggalkan Gedung KPK seusai menjalani pemeriksaan di Jakarta, Kamis (28/6). Ganjar diperiksa sebagai saksi kasus dugaan korupsi E-KTP sehari setelah mengikuti Pilkada di Semarang. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Calon Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meninggalkan Gedung KPK seusai menjalani pemeriksaan di Jakarta, Kamis (28/6). Ganjar diperiksa sebagai saksi kasus dugaan korupsi E-KTP sehari setelah mengikuti Pilkada di Semarang. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Calon Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berada di dalam mobilnya seusai pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (28/6). Ganjar diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Irvanto Hendra Pambudi Cahyo dan Made Oka Masagung. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Calon Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berada di dalam mobilnya seusai pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (28/6). Ganjar diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Irvanto Hendra Pambudi Cahyo dan Made Oka Masagung. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sentuhan Sporty untuk Riasan Musim Panas

Posted: 27 Jun 2018 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bosan dengan gaya makeup minimalis? Tak ada salahnya sesekali tampil berani dengan makeup bold namun tetap bisa diaplikasikan sehari-hari. Kali ini, tema sporty menjadi salah satu tren kecantikan yang bisa diadaptasi untuk makeup Anda.

Tanpa terkesan berlebih, The Body Shop menciptakan kesan sporty yang didominasi dengan permainan garis eyeliner serta diimbangi aplikasi riasan minimalis.

Sentuhan Sporty untuk Riasan Musim Panas

Ingin menginfusi tema sporty pada makeup Anda? Simak inspirasi yang satu ini.

Tema sporty vibes kali ini fokus Pada permaian area mata dengan sentuhan eyeliner bold. Eyeshadow yang digunakan juga bernuansa warna netral yang mampu menciptakan kesan mata yang lebih ekspresif.

 

Sentuhan Sporty untuk Riasan Musim Panas

Ingin menginfusi tema sporty pada makeup Anda? Simak inspirasi yang satu ini.

Agar kesan riasan yang ditampilkan tidak terlalu berat, maka Anda bisa menyempurnakan kompleksi dengan penggunaan foundation ringan yang dibaurkan tipis pada wajah. Highlighter juga bisa menjadi kunci dari tampilan ini sehingga fitur wajah dapat terlihat lebih sempurna. Jangan lupa untuk menciptakan kesan segar dengan semburat rona cerah pada pipi untuk menyempurnakan keseluruhan tampilan bertema sporty.

Get the look!

Ingin menginfusi tema sporty pada makeup Anda? Simak inspirasi yang satu ini.

Get the look!

1. The Body Shop Brow Sport

2. The Body Shop Smoky 2 in 1 Gel Liner

3. The Body Shop Matte Lip Liquid

 

Akreditasi:

Makeup: The Body Shop

Model: Zorana by Tayu Models

Fotografer: Daniel Kampua

Stylist: Nabila Mecadinisa

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

12 Bank Nasional dan Asing Masuk Penilaian Indeks Investasi Hijau

Posted: 27 Jun 2018 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - International NGO Forum on Indonesian Development (INVID) dan Indonesia Working Group and on Forest Finance (IWGFF) meluncurkan Indeks Investasi Hijau (IIH) perbankan Indonesia. Indeks ini bertujuan untuk melihat sejauh mana komitmen investasi hijau yang dilakukan oleh perbankan di Indonesia.

Koordinator Indonesia Working Group and on Forest Finance (IWGFF), Willem Pattinasarany mengatakan, indeks ini merupakan upaya mendorong perbaikan kebijakan pada lembaga jasa keuangan khususnya perbankan di Indonesia. Hal ini diupayakan dapat sejalan dengan konsep keuangan berkelanjutan peta jalan (roadmap) dan regulasinya telah diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Penyusunan indeks investasi hijau ini menggunakan data yang diambil dari laporan tahunan dan laporan berkelanjutan di 2016 dari bank-bank yang berkomitmen menjalankan kebijakan keuangan berkelanjutan OJK, memiliki aset besar, serta memberikan pinjaman dan investasi pada sektor bisnis perkebunan kelapa sawit, hutan dan tambang," ungkapnya dalam Peluncuran dan Dialog Indeks Investasi Hijau Sektor Industri Berbasis Lahan, Jakarta, Kamis (28/6/2018).

Berdasarkan kriteria, terdapat 12 bank nasional maupun internasional yang beroperasi di Indonesia masuk ke dalam penilaian indeks. Perbankantersebut di antaranya adalah Bank Negara Indonesia (BNI 46), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Mandiri, BCA, Danamon, Panin Bank, CIMB Niaga, Citibank, Permata, Rabobank, Sumitomi, DBS Bank.

Willem membeberkan, dari hasil temuan indeks ini tidak ada bank yang memiliki prosentase 'sangat bagus' karena berdasarkan hasil penilaian dan pengukuran yang dilakukan tidak ada bank yang masuk dalam interfal nilai 81-100 persen. "Hanya ada dua bank yang masuk dalam interval 61-80 persen atau kategori bagus yaitu Citibank dan Rabobank," imbuhnya.

Sedangkan bank yang masuk dalam interval 41-60 persen atau kategori 'cukup' di antaranya adalah Bank Mandiri, BNI, BRI, CIMB Niaga, Sumitomi. Sementara dua bank yang berada pada interval 21-40 persen untuk kategori 'kurang' adalah Danamon dan DBS.

 

 

Reporter : Dwi Aditya Putra

Sumber : Merdeka.com

Selanjutnya

Ilustrasi Bank

Sebagai informasi, penentuan metode, prinsip dan indikator hasil dari studi ini merupakan hasil dari konsultasi lewat metode expert judgment dengan melibatkan pemerhati perbankan, akademisi, pengusaha, ahli statistik dari Badan Pusat Statistik dan indeks dari berbagai lembaga, tidak ada bank yang memiliki prosentase sangat bagus.

Sebagaimana penentuan kelas peringkat disusun berdasarkan lima kategori. Mulai dari yang tertinggi sampai yang terendah yakni, sangat bagus, bagus, cukup, kurang, dan sangat kurang.

Willem menyimpulkan, hasil pengukuran indeks investasi hijau ini menunjukan bahwa Citibank dan Rabobank sebagai bank asing memperoleh skor indeks yang lebih tunggi dibandingkan 10 bank lainnya. Dirinya menilai, bank lain pun umumnya juga sudah menunjukan perhatian pada isu lingkungan dan sosial dalam program-program CSR, namun belum sampai pada penyediaan dana secara khusus dan pendanaan berkelanjutan secara inklusif.

"Boleh dikatakan kedua bang ini (Citibank dan Rabobank) sudah mempunyai produk-produk finansial yang terintegrasi pada nilai-nilai keberlanjutan green banking baik secara internal maupun eksternal," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lee Jeong Hoon Tak Menyangka Korsel Kalahkan Jerman di Piala Dunia 2018

Posted: 27 Jun 2018 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kemenangan tim Korea Selatan (Korsel) atas Jerman di Piala Dunia 2018, Rabu (27/6/2018), mengejutkan banyak pihak. Sebagai salah satu warga Korsel, presenter Lee Jeong Hoon pun mengaku tak menyangka.

Bukan tanpa alasan, Korsel bersanding dengan Jerman, tim yang selalu diagung-agungkan dalam ajang pertandingan sepakbola empat tahun sekali itu. Lee Jeong Hoon bahkan mengaku sempat pesimis dengan pertandingan di Piala Dunia 2018 tersebut.

"Saya enggak nyangka. Saya enggak nonton. Saya pikir sudah pasti kalah karena lawannya Jerman, kan berat," ujar Lee Jeong Hoon, di Jalan Kapten Tendean, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kamis (28/6/2018).

Meski tak berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018, tim Korsel tetap membuat Lee Jeong Hoon berbangga hati. Pasalnya, Lee Jeong Hoon menganggap timnasnya itu pulang kampung secara terhormat.

 

Bangga

(Nurwahyunan/Bintang.com)

"Ternyata Puji Tuhan, kalahnya terhormat lah karena berarti sudah dua laga, dia sudah enggak menang. Tapi ini mereka bisa menang (melawan Jerman). Jadi saya bangga," lanjut Lee Jeong Hoon.

 

Luar Biasa

(Nurwahyunan/bintang.com)

Lee Jeong Hoon juga menjamin bahwa warga Korea Selatan ikut berbangga hati dengan kemenangan timnasnya atas Jerman. Menurut Lee Jeong Hoon, keterlibatan timnas pada ajang Piala Dunia saja sudah cukup membanggakan, apalagi sampai mengalahkan tim besar seperti Jerman.

"Sayang banget mereka enggak bisa masuk ke 16 besar, tapi semoga World Cup nextnya bisa menang. Tapi saya bangga, sebagai orang Korea Selatan, Asia kan masih masuk World Cup itu luar biasa," tutup Lee Jeong Hoon.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Misteri Penampakan Gambar Manusia Raksasa di Lokasi Terpencil Australia

Posted: 27 Jun 2018 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Adelaide - Pekan ini menandai 20 tahun penemuan sebuah gambar manusia raksasa, yang hanya bisa dilihat dari ketinggian udara. Berlokasi di sebuah kawasan terpencil di negara bagian Australia Selatan, visual tidak biasa itu memiliki tinggi sekitar 4,2 kilometer.

Dijuluki Marree Man yang merujuk pada nama kota terdekat, Marree, temuan tersebut merupakan desain visual terbesar yang pernah diukir di atas tanah.

Dikutip dari BBC pada Rabu (27/6/2018), seorang pengusaha asal Australia menawarkan hadiah senilai 5.000 dolar (setara Rp 52,4 juta) untuk informasi apapun yang berkaitan dengan asal-usul karya seni itu.

Marree Man telah menjadi daya tarik wisata dirgantara sejak penemuannya di padang pasir, yang berlokasi sekitar 700 kilometer di utara kota Adelaide.

Dengan total cakupan wilayah seluas 28 kilometer persegi, area di balik pagar Maree Man memiliki kedalaman sekitar 35 sentimeter.

Oleh masyarakat Australia, visual tersebut diyakini menggambarkan seorang pria Aborigin yang tengah membawa "woomera", sejenis tongkat lempar, di tangan kirinya.

Salah seorang petugas pengola kawasan taman nasional setempat, Phillip Turner, meyakini bahwa pencipta karya langka tersebut ada seorang "profesional" yang kemungkinan telah memahami teknologi GPS.

"Entah siapa yang membuat struktur garis raksasa itu, yang pasti setiap sekitar 10 meter, ditandai dengan potongan kayu," kata Turner menjelaskan.

"Jika Anda tidak memiliki koordinat, Anda tidak akan tahu apakah berdiri di kaki kiri atau sikunya. Mengingat teknologi GPS masih dalam masa perkembangan yang lambat kala itu, menandakan Maree Man sebagai pretasi luar biasa di eranya," lanjut Turner.

Beberapa teori tentang penciptaan Marree Man telah beredar selama bertahun-tahun. Pilot Trevor Wright, yang pertama melihatnya pada 26 Juni 1998, mengatakan bahwa ia menyadari temuan unik itu secara kebetulan.

Namun di waktu bersamaan, muncul faks anonim ke beberapa lembaga dan media lokal, yang mengabarkan tentang keberaan Maeree Man.

Ada yang menduga karya misterius itu diciptakan oleh seorang seniman Amerika Serikat, karena ditemukan beberapa ejaan dan referensi yang merujuk ke Negeri Paman Sam.

Selain itu, ditemukan pula sebuah plakat dengan bendera AS dan cincin olimpiade di sekitar lokasi terkait, yang dikenal sebagai salah satu kawasan terpencil di Australia.

 

Simak video pilihan berikut:

 

 

Picu Beda Pendapat

Bendera negara Australia - AFP

Sementara itu, lokasi Marree Man berada di wilayah tanah tradisional milik masyarakat sub-etnis Arabana.

Manajer Arabana Aboriginal Corporation, Lorraine Merrick mengatakan bahwa kemunculannya pada 1998, pada awalnya, telah membuat marah beberapa orang Aborigin karena dianggap mencemari tanah mereka.

Sayangnya, masih menurut Merrick, ada "campour tangan pendapat" saat ini, yang membuat Marree Man berstatus tak lebih dari ikon wisata.

Penunjukkan visual unik itu sebagai ikon wisata didasarkan apda persetujuan dengan penduduk setempat pada 2016, beberapa tahun setelah eksistensinya sempat memudar.

"Mungkin situs ini memang menarik perhatian. Namun,s esuangguhnya tidak ada orang yang datang ke saya, ataupun petugas pengelola, tentang siapa "orang gila" yang melakukan (pembangunan) karya luar baisa itu," pungkas Merrick.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Neymar Datang, Real Madrid Rela Lepas Bintang Muda Spanyol

Posted: 27 Jun 2018 10:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Real Madrid sudah lama dikabarkan ingin mendatangkan Neymar. Bahkan, disebutkan Real Madrid rela melepas Marco Asensio demi mendanai perekrutan Neymar.

Nama, Asensio melambung dalam dua musim terakhir. Sebab meski masih muda, 22 tahun, ia mampu menunjukkan performa yang impresif. Ia disebut masuk jajaran pemain muda terbaik di Eropa.

Kemampuannya itu kemudian mengundang ketertarikan banyak klub. Namun pada akhirnya Real Madrid memproteksinya dengan memberikan kontrak baru.

Kontrak baru itu membuatnya bertahan di Santiago Bernabeu hingga 2023 mendatang. Ia juga diberi klausul pelepasan dalam kontraknya yang disebut bernilai 442 juta euro.

Neymar Tak Betah

Penyerang Brasil, Neymar Jr menggiring bola saat bertanding melawan Serbia pada grup E Piala Dunia 2018 di Stadion Spartak di Moskow, Rusia (27/6). Brasil menang 2-0 atas Serbia dan melaju ke babak 16 besar dengan poin 7. (AP Photo/Andre Penner)

Sementara itu sejak pertengahan musim lalu, Neymar disebut tak lagi betah bertahan di PSG. Padahal ia baru pindah ke Parc des Princes pada musim panas 2017 kemarin.

Ia tak betah karena disebut tak akur dengan rekan-rekannya. Ia juga disebut menganggap level kompetisi Ligue 1 tak sebagus kompetisi di tempatnya berkarir sebelumnya, La Liga.

Kemudian Neymar dikabarkan ingin kembali ke La Liga, Namun bukan ke Barca melainkan ke klub rival Real Madrid. Kabar itu disambut positif sejumlah penggawa Los Blancos.

Siap Boyong Neymar

Penyerang Brasil, Neymar menangis seraya menutupi wajah dengan kedua tangannya pada akhir pertandingan Grup E Piala Dunia 2018 melawan Kosta Rika di St Petersburg, Rusia Jumat (22/6). Dalam laga tersebut, Brasil menang 2-0. (AP/Andre Penner)

Kabar itu akhinya juga direspon positif oleh Real Madrid. Menurut laporan dari Sport, Los Blancos kini siap untuk memindahkan pemain asal Brasil itu ke Santiago Bernabeu.

Namun ada kendala yang harus dihadapi oleh Madrid. Mereka harus menebus harganya yang sangat mahal. PSG disebut meminta bayaran sekitar 300 juta Euro atau sekitar 264 juta Pounds.

Media Spanyol itu lantas menyebut Presiden El Real Florentino Perez siap untuk mendanai transfer Neymar dengan melego Asensio. Klub-klub yang mengejarnya sendiri dikabarkan siap menyetorkan dana sampai sekitar 150 juta Pounds.

Banyak Pengantre

Penyerang timnas Brasil, Neymar menutup wajah dengan jerseynya setelah kehilangan kesempatan mencetak gol pada laga Grup E Piala Dunia 2018 melawan Kosta Rika di St Petersburg, Jumat (22/6). Neymar mencetak satu gol pada menit ke-97. (AP/Petr David Josek)

Madrid jelas tak akan kesulitan untuk menjual Asensio. Sebab peminatnya masih tetap banyak meski klausul pelepasannya bernilai begitu besar.

Klub-klub yang disebut berminat pada Asensio antara lain Chelsea , Manchester United dan Manchester City. Begitu juga dengan Liverpool.

Namun belakangan ini, justru Liverpool yang paling sering dikait-kaitkan dengan Asensio. Bahkan ada kabar The Reds menyiapkan dana sekitar 180 juta Euro demi mendatangkannya ke Anfield musim panas ini.

Sumber: bola.net

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di liputan6.com.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Sambut Ultah Ke-60, Pameran Michael Jackson Digelar di London

Posted: 27 Jun 2018 10:34 PM PDT

Pengunjung melihat karya seni Keith Haring berjudul 'Untitled' pada pameran 'Michael Jackson: On The Wall' di National Potrait Gallery, London, Rabu (27/6). Pameran ini memperingati ulang tahun Michael Jackson pada 29 Agustus. (AP/Kirsty Wigglesworth)

Pengunjung melihat karya seni Keith Haring berjudul 'Untitled' pada pameran 'Michael Jackson: On The Wall' di National Potrait Gallery, London, Rabu (27/6). Pameran ini memperingati ulang tahun Michael Jackson pada 29 Agustus. (AP/Kirsty Wigglesworth)

Seorang wanita mengamati karya seni Todd Gray pada pameran 'Michael Jackson: On The Wall' di National Potrait Gallery, London, Rabu (27/6). Dalam pameran ini, karya-karya yang dihasilkan lebih dari 40 seniman dipamerkan. (AP/Kirsty Wigglesworth)

Seorang wanita mengamati karya seni Todd Gray pada pameran 'Michael Jackson: On The Wall' di National Potrait Gallery, London, Rabu (27/6). Dalam pameran ini, karya-karya yang dihasilkan lebih dari 40 seniman dipamerkan. (AP/Kirsty Wigglesworth)

Seorang wanita mengamati karya seni Donald Urquhart pada pameran 'Michael Jackson: On The Wall' di National Potrait Gallery, London, Rabu (27/6). Pameran ini menggambarkan bagaimana Michael Jackson menginspirasi dunia seni. (AP/Kirsty Wigglesworth)

Seorang wanita mengamati karya seni Donald Urquhart pada pameran 'Michael Jackson: On The Wall' di National Potrait Gallery, London, Rabu (27/6). Pameran ini menggambarkan bagaimana Michael Jackson menginspirasi dunia seni. (AP/Kirsty Wigglesworth)

Petugas berpose dekat karya seni seniman Inggris Appau Jnr Boakye-Yiadom pada pameran 'Michael Jackson: On The Wall' di National Potrait Gallery, London, Rabu (27/6). Pameran ini berlangsung dari 28 Juni hingga 21 Oktober 2018. (Daniel LEAL-OLIVAS/AFP)

Petugas berpose dekat karya seni seniman Inggris Appau Jnr Boakye-Yiadom pada pameran 'Michael Jackson: On The Wall' di National Potrait Gallery, London, Rabu (27/6). Pameran ini berlangsung dari 28 Juni hingga 21 Oktober 2018. (Daniel LEAL-OLIVAS/AFP)

Pengunjung mengambil gambar karya seni seniman AS, Andy Warhol pada pameran 'Michael Jackson: On The Wall' di National Potrait Gallery, London, Rabu (27/6). Pameran ini memperingati ulang tahun Michael Jackson pada 29 Agustus. (AP/Kirsty Wigglesworth)

Pengunjung mengambil gambar karya seni seniman AS, Andy Warhol pada pameran 'Michael Jackson: On The Wall' di National Potrait Gallery, London, Rabu (27/6). Pameran ini memperingati ulang tahun Michael Jackson pada 29 Agustus. (AP/Kirsty Wigglesworth)

Petugas berpose dekat karya seni seniman AS Mark Ryden pada pameran 'Michael Jackson: On The Wall' di National Potrait Gallery, London, Rabu (27/6). Dalam pameran ini, karya-karya yang dihasilkan lebih dari 40 seniman dipamerkan. (Daniel LEAL-OLIVAS/AFP)

Petugas berpose dekat karya seni seniman AS Mark Ryden pada pameran 'Michael Jackson: On The Wall' di National Potrait Gallery, London, Rabu (27/6). Dalam pameran ini, karya-karya yang dihasilkan lebih dari 40 seniman dipamerkan. (Daniel LEAL-OLIVAS/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Bukti Kemesraan Hubungan Mahathir Mohamad dengan Soeharto

Posted: 27 Jun 2018 10:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad akan berkunjung ke Jakarta mulai dari 28 hingga 29 Juni 2018. Dalam kunjungannya ke Indonesia, PM Mahathir Mohamad akan bertemu Presiden RI Joko Widodo. Mereka kemudian akan menghadiri jamuan makan bersama.

Kunjungan bilateral Mahathir Mohamad kali ini merupakan yang pertama ke negara-negara Asia Tenggara. Sebagai kepala pemerintahan Malaysia yang cukup lama memerintah, Mahathir mempunyai hubungan cukup baik dengan sejumlah tokoh pemimpin di Indonesia.

Salah satu tokoh yang cukup dekat dengan Mahathir yaitu, Presiden RI ke-2 Soeharto. Dulu Presiden Soekarno mengobarkan perang gerilya dengan Malaysia periode 1963. Namun setelah Soekarno jatuh, Soeharto tak berniat melanjutkan peperangan itu.

Soeharto secara perlahan menggagas perdamaian antar kedua negara. Malaysia menyambut baik uluran perdamaian Indonesia. Kala itu mereka pun kewalahan menghadapi gerilyawan Kalimantan yang sebenarnya pasukan elite TNI. Malaysia bahkan sampai meminta bantuan pasukan elite inggris dan negara persemakmuran.

Mahathir Mohamad kemudian menjadi sahabat Soeharto. Dia memuji kepemimpinan Soeharto yang berwibawa. Kala itu Malaysia sangat menghormati Indonesia.

"Saya merasa terhormat dapat diterima Pak Harto sebagai sahabat," kenang Mahatir dalam buku 'Pak Harto The Untold Stories' terbitan Gramedia Pustaka Utama.

Berikut Bukti Mesranya hubungan Mahathir Mohamad dengan Soeharto:

 

 

 

 

Kampung Soeharto Malaysia

Perdana Menteri Malaysia baru, Mahathir Mohamad memberi keterangan saat konferensi pers di Petaling Jaya, Malaysia (10/8). Mahathir menjadi perdana menteri ketujuh Malaysia pada usia 92 tahun. (AP Photo / Sadiq Asyraf)

Felda Soeharto atau kampung Soeharto terletak di Selangor, Malaysia. Luasnya sekitar 2.909,35 hektar. Ada juga klinik kesehatan yang bernama Soeharto di sana.

Kampung ini diberi nama Soeharto untuk menghormati Presiden kedua RI. Pada 1977, Soeharto dan Ibu Tien mengunjungi Felda Sungai Dusun. Sebagai penghormatan nama kampung ini diubah menjadi Felda Soeharto.

Kunjungan Soeharto ke Selangor sekaligus mencairkan hubungan Indonesia-Malaysia yang sempat tegang akibat konfrontasi Ganyang Malaysia yang dicetuskan Soekarno.

Pujian Mahathir

Perdana Menteri Malaysia baru, Mahathir Mohamad memberi keterangan saat konferensi pers di Petaling Jaya, Malaysia (10/8). Mahathir menjadi perdana menteri ketujuh Malaysia pada usia 92 tahun.

Seorang yang benar-benar, sungguh-sungguh," puji Perdana Menteri Malaysia Tunku Abdul Rahman saat berdialog dengan Presiden Soeharto soal Selat Malaka. Pertemuan keduanya berlangsung tahun 1970.?

Tunku Abdul Rahman memuji Soeharto karena komitmennya mewujudkan perdamaian antara Indonesia dan Malaysia. Menurutnya Soeharto berperan besar untuk mengembangkan hubungan baik antara negara jiran ini.

Tunku Abdul Rahman berkonfrontasi dengan Soekarno saat Dwikora. Baru setelah Soekarno lengser, kedua negara memasuki era baru.

Sebut Soeharto Pemimpin ASEAN

Soeharto didampingi wakilnya, BJ Habibie, membacakan pidato pengunduran dirinya sebagai Presiden RI pada 21 Mei 1998. Soeharto yang telah telah menjadi presiden Indonesia selama 32 tahun mundur setelah runtuhnya dukungan untuk dirinya. (AGUS LOLONG/AFP)

Pujian ini dicetuskan oleh mantan Perdana Menteri Malaysia Mahatir Mohamad. Menurut Mahatir, Soeharto sangat disegani para pemimpin di ASEAN. Indonesia kala itu memegang peranan penting di Asia Tenggara,

"Di ASEAN, Pak Harto memainkan peranan yang sangat penting. Para pemimpin negara ASEAN mendudukkan Pak Harto sebagai orang tua. Kejatuhan Pak Harto merupakan kerugian yang besar di Asia Tenggara karena beliau sangat dihormati oleh para pemimpin Asean lainnya," kenang Mahatir dalam buku Pak Harto The Untold Stories terbitan Gramedia Pustaka Utama.

Indonesia pun digelari Big Brother di ASEAN. Mereka sering menunjuk Indonesia untuk menjadi penengah bila ada konflik.

Saat Soeharto berkuasa, Perdana Menteri Mahatir Mohammad tak pernah meremehkan Indonesia. Dia membenarkan infrastruktur di Malaysia lebih maju. Tetapi itu disebabkan wilayah Malaysia lebih kecil.

"Kita tidak boleh membandingkan Indonesia dengan Malaysia. Indonesia adalah negara yang luas dengan banyak pulau, jumlah penduduk yang besar dengan suku-suku yang dimiliki. Sedangkan Malaysia adalah negara kecil sehingga lebih mudah kami mengurus sesuatu. Jadi kejayaan Pak Harto lebih besar dibandingkan kejayaan di Malaysia," kenang Mahatir di buku Pak Harto The Untold Stories terbitan Gramedia Pustaka Utama.

Begitu dengan Singapura yang merupakan negara paling maju di Asia Tenggara. Mahatir menilai Singapura hanya negara kota.

"Melihat Indonesia tidak bisa sama dengan melihat Malaysia. Sama halnya melihat Malaysia dengan Singapura, karena Singapura hanya sebuah bandar (kota). Dengan demikian, mengelola sebuah negara yang kecil lebih mudah dibandingkan mengelola sebuah negara yang besar.

Indonesia-Malaysia Satu Bangsa

PM baru Malaysia Mahathir Mohamad berdoa saat menghadiri pertemuan bulanan pertamanya di Putrajaya, Malaysia (21/5). Kabinet pemerintahan Malaysia di bawah komando PM Mahathir Mohamad resmi dilantik pada Senin (21/5). (AP/Vincent Thian)

Menurut mantan Perdana Menteri Malaysia Mahatir Mohamad Indonesia adalah satu bangsa. Begitu juga Soeharto yang menganggap Indonesia dan Malaysia bersaudara.

"Pak Harto menganggap Malaysia sebagai bangsa yang serumpun, begitu pula saya menempatkan Indonesia sebagai bangsa serumpun. Hanya karena sejarah yang membuat Indonesia dan Malaysia terpisahkan, namun sesungguhnya kedua bangsa berasal dari satu bangsa."

"Dimana-mana, dalam hubungan dua negara selalu ada konflik. Secara geografis Malaysia berada di tengah-tengah di antara lima negara ASEAN. Dengan setiap negara, Malaysia memiliki masalah. Malaysia memiliki masalah dengan Thailand, Singapura, Philipina, Brunei Darussalam, dan Indonesia, tetapi yang paling mudah diselesaikan adalah dengan Indonesia. Jadi saya merasa berutang budi terhadap Indonesia dan Pak Harto," puji Mahatir.

Reporter: Ramadhian Fadillah

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenalkan Lila, Sparko Cilik Asal Malang yang Penuh Semangat

Posted: 27 Jun 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Malang - Akhir-akhir ini kita pasti sering mendengar "Komunitas Sparko" entah itu di lingkungan sekitar kita ataupun di media sosial Instagram. Sparko merupakan komunitas olahraga. Saat kamu tergabung dalam komunitas ini, kamu akan lebih termotivasi untuk melakukan olahraga bersama.

Kamu bisa berolahraga dengan semangat dan tanpa ada kata bosan. Apalagi dengan semakin banyaknya jumlah anggota yang ikut dalam latihan di setiap minggunya.

Sparko merupakan komunitas olahraga yang mengabungkan antara gerakan Lunges, Regular Push Up, Classic Crunch, Squats, Diamond Push Up, Lying Leg Raises, High Knees, Russian twist, Jumping Squat, Pull Up, dan Shuttle Run.

Cukup berat memang, tak heran jika olahraga ini biasanya diikuti oleh kalangan remaja. Namun di Malang ada hal yang menarik, seorang gadis kecil berusia 9 tahun rutin mengikuti latihan ini.

Dokumentasi Pelatih Sparko Malang

Khalillah Cahyarahma Apsari atau yang biasa dipanggil Lila, sudah 2 bulan terakhir Lila rutin mengikuti latihan bersama Komunitas Sparko Malang. Semangat adik ini cukup membuat beberapa pelatih kagum.

"Apapun materi latihan yang diberikan dia tidak pernah mengeluh, Lila selalu semangat dan tersenyum saat latihan," ujar Serda Ridho, pelatih Sparko Malang. Gadis cilik yang duduk dikelas 4 Sekolah Dasar ini membuat anggota yang lain juga makin semangat dalam mengikuti latihan.

Selanjutnya

Dokumentasi Pelatih Sparko Malang

Bagi kalian yang tertarik untuk bergabung di komunitas ini, langsung saja mendaftar lewat media sosial Instagram @sparko_malang1. Bergabung dengan komunitas olahraga seperti ini akan makin banyak teman dan sahabat yang memikirkan pentingnya kesehatan tubuh. Biasanya pertemanan karena komunitas akan menjadi lebih erat karena adanya kesamaan minat. Ayo, hidup sehat !

Penulis :Astri Noviyanti (Surabaya)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Cara Penyandang Tunanetra Nobar Piala Dunia 2018

Posted: 27 Jun 2018 10:30 PM PDT

Yogyakarta - Ketika banyak orang menikmati momen Piala Dunia 2018 dengan ikut nonton bareng (nobar) bersama teman-teman, para penyandang tunanetra pun turut menikmati ajang empat tahun sekali itu. Caranya dengan "Dengar Bareng".

"Pemain-pemain Jerman yang mengenakan kostum hijau-putih dengan kaus kaki hijau berusaha menusuk jantung pertahanan Korea! Merangsek masuk ke kotak penalti! Ah tapi sayang sepakan Tony Kroos hanya membentur tiang gawang. Kedudukan masih kosong-kosong untuk kedua kesebelasan hingga menit ke-78 babak kedua."

Narasi detail ini terdengar begitu utuh disampaikan penyiar RRI Didik Mainaki dan Indra Virgiantara. Sepenggal narasi yang begitu diperhatikan dengan seksama oleh penyandang tunanetra Yogyakarta yang berkumpul di Yayasan Mardi Wuto Jalan Cik Di Tiro Rabu, 27 Juni 2018 malam.

Pantauan KRJogja.comteriakan histeris seringkali terdengar saat nada bicara sang penyiar mulai meninggi ketika bola mulai mendekati kotak penalti. Jerman ingin menang untuk bisa lolos, sementara Korea tak ingin pulang tanpa satu pun poin dari Piala Dunia 2018.

Sepak bola sungguh universal, disukai siapa pun bahkan di tengah keterbatasan penglihatan yang dimiliki. Terbukti lebih dari 40 penyandang tunanetra di Yogyakarta begitu serius mengikuti kata per kata yang keluar dari mulut kedua penyiar senior olahraga tersebut dalam acara "Dengar Bareng" bersama RRI Yogyakarta.

Beberapa bahkan sangat serius hingga sama sekali tak menampakkan tawa atau senyum di bibir saat mendengarkan para penyiar berbicara menggambarkan keadaan terkini Kazan Arena. Ada pula relawan yang berusaha sedikit banyak ikut menjelaskan visual yang tampak dari layar proyektor yang ditancapkan di salah satu dinding.

Kemegahan stadion pelaksana Piala Dunia 2018 tersebut memang tak bisa dilihat langsung oleh difabel netra atau tunanetra yang berkumpul malam ini, hanya melalui gambaran cerita pendengaran. Namun ternyata kondisi ini tak sedikitpun menyurutkan semangat mereka menikmati pertandingan olahraga paling populer di dunia.

 

Baca berita menarik lainnya dari KRJogja.com di sini.

 

Penyandang Tunanetra Merasakan Euforia Piala Dunia 2018

Pemain timnas Jerman, Thomas Muller, Manuel Neuer dan Mario Gomez berjalan di lapangan pada akhir laga Grup F melawan Korea Selatan di Kazan Arena, Rabu (27/6). Langkah Jerman terhenti di Piala Dunia 2018 setelah kalah dari Korsel (AP/Thanassis Stavrakis)

Ketegangan pun semakin terlihat karena sebagian besar pendengar menjagokan Jerman untuk menang dan melaju ke babak selanjutnya. Mereka tampak tidak tenang terlihat dari bibir yang mulai sedikit komat-kamit berharap ada gol untuk Tim Panzer malam hari ini.

Namun, nyatanya malah Korea yang berhasil mencetak dua gol dan mengajak Jerman pulang dari Rusia bersama-sama. Hanya mencatat tiga poin nyatanya membuat kedua tim wakil Eropa dan Asia ini tidak lolos dan merelakan tempat untuk Meksiko dan Swedia.

Begitulah sekelumit gambaran bagaimana tunanetra di Yogyakarta ikut dalam gegap gempita Piala Dunia Rusia 2018 yang benar-benar menghinggapi seluruh masyarakat dunia. Sungguh pemandangan yang menarik sekaligus menggugah kecamuk perasaan di dalam hati.

KRJOGJA.com pun menyempatkan berbincang dengan salah satu tunanetra yang menikmati pertandingan malam tadi, Alma Malik Dewantara. Bagi dia, siaran radio yang menjelaskan dengan detail jalannya pertandingan sepakbola menjadi andalan menikmati sebuah laga.

"Kami sangat terbantu karena tidak bisa menonton, hanya bisa mendengar. Kalau dapat penjelasan detail seperti ini dengan atmosfer bersama-sama rasanya jauh lebih mengena serunya pertandingan. Meski jagoan saya Jerman akhirnya kalah, tapi kalau bisa ada dengar bareng seperti ini setiap hari, sangat membantu kami yang tunanetra tapi suka sepak bola," ungkapnya tersenyum.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pabrik Harley-Davidson di Amerika Serikat Terancam Tutup

Posted: 27 Jun 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Harley-Davidson, produsen kendaraan roda dua kebanggaan warga Amerika Serikat ini terancam menutup pabrik di rumahnya sendiri. Harley-Davidson sedang disudutkan oleh perhitungan finansial.

Dilansir dari CNN, hal itu terjadi setelah Uni Eropa menerapkan tarif 25 persen pajak tambahan untuk produk Amerika Serikat yang beredar di Eropa. Tentunya, regulasi tersebut mengancam peredaran Harley-Davidson di benua biru tersebut.

Untungnya, pihak Harley-Davidson sudah memiliki beberapa fasilitas produksi di luar Amerika Serikat, seperti Thailand, India, Brazil, dan Australia. Dengan demikian, mereka berencana untuk memindahkan lini produksi ke berbagai negara tersebut seandainya pabrik di Amerika Serikat resmi ditutup.

Dampaknya, Harley-Davidson bisa terhindar dari regulasi Uni Eropa jika motornya diproduksi di luar Amerika Serikat. Dengan kata lain, mereka berhasil selamat dari beban pajak sebesar US$100 jutaan per tahunnya.

 

Pemerintah AS Melarang

Namun, pihak pemerintah Amerika Serikat nampaknya akan melarang penutupan pabrik Harley-Davidson itu. Pasalnya, lini produksi mereka tergolong industri padat karya dan pasti akan menambah angka pengangguran seandainya benar akan ditutup.

Upaya keras Harley-Davidson untuk menyelamatkan uang perusahaan terbilang cukup keras. Pasalnya, lebih dari 50 persen penjualannya berasal dari luar Amerika Serikat.

Sumber: Otosia.com

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Piala Dunia 2018: Grup A-H, Brasil Juara Grup

Posted: 27 Jun 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Brasil tampil gemilang di Piala Dunia 2018. Tim Samba muncul sebagai pemuncak klasemen Piala Dunia Grup E usai menang 2-0 atas Serbia dalam matchday terakhir di Stadion Otkrytiye Arena, Rabu (27/6/2018) atau Kamis (28/6/2018) dini hari WIB.

Neymar dan kawan-kawan meraih hasil cukup sempurna di grup ini. Mereka meraih 7 poin hasil sekali imbang dan 2 kali menang.

Pada laga lain, Swiss bermain 2-2 ketika bersua Kosta Rika, di Krestovsky Stadium. Kendati tidak meraup poin penuh, Swiss masih menempati peringkat kedua klasemen Piala Dunia Grup E dan berhak menemani Brasil ke 16 besar.

Sebelumnya, pada matchday terakhir Grup F Piala Dunia 2018, Rabu (27/6/2018), Jerman secara mengejutkan tersingkir akibat takluk 0-2 dari Korea Selatan.

Kali pertama sejak 1938, Jerman tersingkir di fase grup. Selain itu, Korea Selatan juga memutus catatan impresif tim Panser yang selalu menang ketika melawan para wakil Asia sepanjang sejarah Piala Dunia.

Berikut klasemen Piala Dunia 2018 selengkapnya usai laga Jerman vs Korsel dan Brasil vs Serbia.

Grup A-B

Ekspresi para pemain Uruguay saat merayakan gol ke gawang Rusia pada laga grup A Piala Dunia 2018 di Samara Arena, Samara, Rusia, (25/6/2018). Uruguay menang 3-0. (AP/Efrem Lukatsky)

Klasemen Grup A

1 Uruguay 3 3 0 0 5 0 9

2 Rusia 3 2 0 1 8 4 6

3 Arab Saudi 3 1 0 2 2 7 3

4 Mesir 3 0 0 3 2 6 0

 

Klasemen Grup B

1 Spanyol 3 1 2 0 6 5 5

2 Portugal 3 1 2 0 5 4 5

3 Iran 3 1 1 1 2 2 4

4 Maroko 3 0 1 2 2 4 1

Grup C-D

Gelandang Prancis, Nabil Fekir, berusaha melewati gelandang Denmark, Larsen Jens Stryger, pada laga grup C Piala Dunia di Stadion Luzhniki, Moskow, Selasa (26/6/2018). Kedua negara bermain imbang 0-0. (AP/Antonio Calanni)

Klasemen Grup C

1 Prancis 3 2 1 0 3 1 2 7

2 Denmark 3 1 2 0 2 1 1 5

4 Peru 3 1 0 2 2 2 0 3

3 Australia 3 0 1 2 2 5 -3 1

 

Klasemen Grup D

1 Kroasia 3 3 0 0 7 1 6 9

2 Argentina 3 1 1 1 3 5 -2 1

3 Nigeria 3 1 0 2 3 4 -1 3

3 Islandia 3 0 1 2 2 5 -3 1

Grup E-F

Klasemen Grup E

1 Brasil 3 2 1 0 5 1 4 7

2 Swiss 3 1 2 0 5 4 1 5

3 Serbia 3 1 0 2 2 4 -2 3

4 Kosta Rika 3 0 1 2 2 5 -3 1

Klasemen Grup F

1 Swedia 3 2 0 1 5 2 3 6

2 Meksiko 3 2 0 1 3 4 -1 6

3 Korea Selatan 3 1 0 2 3 3 0 3

4 Jerman 3 1 0 2 2 4 -2 3

Grup G-H

Klasemen Grup G

1 Inggris 2 2 0 0 8 2 6 6

2 Belgia 2 2 0 0 8 2 6 6

3 Tunisia 2 0 0 2 3 7 -4 0

4 Panama 2 0 0 2 1 9 -8 0

Klasemen Grup H

1 Jepang 2 1 1 0 4 3 1 4

2 Senegal 2 1 1 0 4 3 1 4

3 Kolombia 2 1 0 1 4 2 2 3

4 Polandia 2 0 0 2 1 5 -4 0

 

 

Pilkada:

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di liputan6.com.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dua Minggu Lalu, Doojoon Highlight Ramalkan Jerman Keok di Piala Dunia 2018

Posted: 27 Jun 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Mengingat Jerman adalah juara Piala Dunia 2014, tak heran banyak yang menjagokan Tim Panser dalam perhelatan serupa yang digelar tahun ini di Russia.

Namun faktanya, dalam pertandingan yang berlangsung pada Rabu (27/6/2018), tim nasional Jerman justru dipermalukan Korea Selatan dengan skor 2-0. Alhasil, Manuel Neuer dkk gagal melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2018.

Tersingkirnya pemain sekuat Jerman sejak babak penyisihan Piala Dunia 2018 ini tentu membuat banyak orang kaget.

Namun salah satu bintang K-Pop, Doojoon Highlight, telah membuat prediksi jitu tentang hal ini sejak dua minggu lalu.

Nasib Buruk Jerman

Pemain timnas Jerman, Mario Gomez, Mats Hummels dan Niklas Suele bereaksi setelah kalah dari Korea Selatan pada pertandingan Grup F di Kazan Arena, Rabu (27/6). Langkah Jerman terhenti di Piala Dunia 2018 setelah kalah dari Korsel. ((AP/Michael Probst)

Dilansir dari Allkpop, Kamis (28/6/2018), hal ini diungkapkan oleh Doojoon Highlight saat menjadi bintang tamu dalam acara talk show tentang sepak bola, Ball Show Lee Young Pyo di KBS 2TV, yang tayang 11 Juni lalu.

Kala itu, idola yang memang menggemari sepak bola ini memprediksi nasib buruk akan menghantui Jerman.

 

Kutukan Pemenang

Doojoon Highlight. (Foto: soompi.com)

"Mungkin ini hanya sekadar guyonan, tapi ada satu hal yang disebut kutukan pemenang. Dalam tahun-tahun lalu, pemenang dari Piala Dunia sebelumnya selalu berpenampilan jelek dan tereliminasi," kata dia.

 

Jerman Ditundukkan Meksiko

Doojoon Highlight (Instagram/ beeeestdjdjdj)

Ia bahkan membuat prediksi yang lebih tajam lagi. "Kalau Meksiko menang terhadap Jerman dalam pertandingan pertama, tak ada yang bisa menyetopnya," kata dia.

Dalam episode kala itu, prediksi Doojoon Highlight dianggap guyonan belaka. Namun kini, ternyata pernyataannya menjadi kenyataan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Heboh Penemuan Bayi Laki-laki di Laci Kamar Hotel

Posted: 27 Jun 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bayi berjenis kelamin laki-laki ditemukan didalam laci meja rias di kamar hotel Solo, Jawa Tengah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yokai Watch World, Gim Mobile Baru Penantang Pokemon Go

Posted: 27 Jun 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Developer video gim asal Jepang, GungHo, bekerja sama dengan Level-5 Inc menggarap gim baru Yokai Watch World. Gim mobile ini memiliki gameplay serupa dengan Pokemon Go.

Dikutip dari Bloomberg, Kamis (27/6/208), Yokai Watch World menggunakan fitur lokasi GPS ala Pokemon Go pada smartphone, yang membuat para pemainnya bisa "menjelajahi" Jepang.

Yokai Watch World memanfaatkan Google Maps untuk menciptakan lingkungan gim 3D berdasarkan lokasi dunia nyata.

Gim ini telah tersedia di Jepang untuk perangkat Android dan iOS mulai Rabu (27/6/2018).

GungHo pernah meraup sukaes besar saat gim Puzzle & Dragon pada 2012 menjadi gim mobile dengan pendapatan tertinggi.

Kini perusahaan mencari sukses baru dengan gameplay serupa Pokemon Go. GungHo optimistis Yokai Watch World dapat memilat perhatian gamer mobile.

"Kami menyertakan pengalaman berbasis lokasi dari Puzzle & Dragon Radar di gim ini. Kami memiliki kombinasi pemetaan 3D Google yang unggul, ini merupakan daya tarok Yokai Watch,"  ungkap Presiden GungHo, Kazuki Morishita.

Asyik, Pemain Pokemon Go Bisa Saling Tukar Monster

Seorang pria asal London tak sengaja menemukan pasangan mesum saat bermain Pokemon Go. (Foto: Mirror)

Persaingan di industri gim semakin sengit, para developer pun terus memperkuat produknya, termasuk Pokemon Go. Gim ini beberapa waktu lalu merilis fitur baru, yang sudah lama ditunggu sebagian besar pemainnya.

Developer Pokemon Go, Niantic, telah merilis fitur pertukaran koleksi monster antar pemain. Namun sekarang, fitur ini masih terbatas pemain di level tertentu.

Berdasarkan keterangan akun Twitter resmi Pokemon Go, fitur ini baru tersedia untuk pemain di level 30 hingga 40.

"Perhatian, teman. Fitur hadiah (gift) dan jual (trade) kini tersedia untuk pelatih dengan level 30 hingga 40," tulis akun @PokemonGoApp.

Niantic menyebut fitur ini akan hadir secara bertahap untuk pemain dengan level di bawah 30. Kendati demikian, proses pemberian hadiah atau penjualan Pokemon ini tak dapat dilakukan begitu saja. 

Developer menerapkan sistem pertemanan untuk para pemain Pokemon Go sebelum mereka dapat mencicipi fitur tersebut.

Jadi, pemain harus menjalin hubungan dengan yang lainnya untuk dapat berkirim item atau sekadar berbagi bonus.

Hubungan pertemanan antar pemain juga dibagi dalam beberapa tingkat, mulai dari Good Friend hingga Best Friend. Untuk penjualan Pokemon, pemain menggunakan stardust sebagai alat pembayaran.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cairan Vape Tanpa Pita Cukai Masih Boleh Beredar hingga 1 Oktober

Posted: 27 Jun 2018 10:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pengenaan cukai terhadap cairan rokok elektrik atau vape mulai berlaku pada 1 Juli 2018. Namun demikian, Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) masih memberikan batas waktu hingga 1 Oktober bagi cairan vape yang belum memiliki pita cukai untuk beredar di pasaran.

Kepala Subdit Tarif Cukai DJBC, Sunaryo mengatakan, ‎di dalam Rancangan Peraturan Menteri Keuangan (RPMK) diatur terkait dengan transisi pengenaan cukainya.

"Terkait dengan peredaran di pasaran diberikan waktu hingga 1 Oktober. Misalnya di pasar masih ada yang (belum ada pita cukai rokok elektrik), ini keluar (diproduksi) sebelum 1 Juli, kita persilahkan beredar sampai 1 Oktober. Ini sambil nunggu mereka (pabrik) pesan pita cukai, kita biarkan beredar tidak apa-apa. Secara legal masih boleh," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Kantor DJBC, Jakarta, Kamis (28/6/2018).

Menurut Sunaryo, masa waktu tiga bulan ini sebagai bentuk toleransi kepada komoditas ini. Mengingat, pengenaan cukai terhadap cairan vape ini merupakan hal yang baru.

"Itu toleransi, karena ini hal yang baru sehingga pasar perlu penyesuaian‎. Kita memberikan toleransi (vape), sehingga di lapangan yang belum memenuhi syarat sampai dengan 1 Oktober. Dengan catatan itu diproduksi sebelum 1 Juli," kata dia.

 

Tanpa Pita Cukai Bakal Disita

Ilustrasi Rokok Elektrik atau Vape (iStockphoto)

Selain itu, adanya waktu toleransi ini juga untuk mengantisipasi agar penjual cairan vape tidak secara masif mengembalikan produk tersebut ke pabrik karena belum dikenakan cukai.

"Ini sebagai buffer, sehingga pedagang tidak rush (buru-buru) mengembalikan semua barang dagangannya (cairan vape) ke produsen. Kita apresiasi pelaku usaha dan pabrikan ini siap-siap dan welcome. Saya kira ini bagus," kata dia.

Namun setelah 1 Oktober, lanjut Sunaryo, semua cairan vape yang beredar di pasaran tanpa pita cukai akan disita. Hal ini sebagai bentuk penegakan hukum di lapangan.

"Tapi setelah 1 Oktober, ditarik semua. 1 Oktober di lapangan harus sudah pakai pita semua. (Kalau masih tanpa pita cukai) disita," tandas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sesi I, IHSG Tinggalkan Level 5.700

Posted: 27 Jun 2018 10:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terus tertekan sepanjang sesi pertama perdagangan saham Kamis (28/6/2018).

Pada penutupan sesi pertama perdagangan saham, Kamis pekan ini, IHSG turun 94,86 poin atau 1,64 persen ke posisi 5.692,86. Indeks saham LQ45 tergelincir 1,64 persen ke posisi 886,21. Seluruh indeks saham acuan tertekan.

Sebanyak 340 saham melemah sehingga menekan IHSG. 68 saham menguat dan 76 saham diam di tempat. Pada sesi pertama, IHSG sempat berada di level 5.801,34 dan terendah 5.662,92.

Transaksi perdagangan saham cukup ramai. Total frekuensi perdagangan saham sekitar 260.229 kali dengan volume perdagangan saham 5,1 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 3,9 triliun. Investor asing jual saham Rp 147,31 miliar di pasar regular. Posisi dolar Amerika Serikat berada di kisaran Rp 14.278.

10 sektor saham kompak tertekan. Sektor saham industri dasar susut 3,37 persen, dan catatkan penurunan terbesar. Disusul sektor saham manufaktur susut 2,13 persen dan sektor saham tambang tergelincir 2,02 persen.

Saham-saham yang menguat antara lain saham MITI naik 6,67 persen ke posisi Rp 112 per saham, saham BIPI melonjak 5,36 persen ke posisi Rp 59 per saham, dan saham JRPT naik 3,85 persen ke posisi Rp 675 per saham.

Sedangkan saham-saham yang tertekan antara lain saham ENRG turun 8,4 persen ke posisi Rp 120 per saham, saham TKIM tergelincir 6,29 persen ke posisi Rp 16.750 per saham, dan saham ERAA susut 6,2 persen ke posisi Rp 2.570 per saham.

Bursa saham Asia sebagian besar tertekan. Indeks saham Hong Kong Hang Seng naik 0,37 persen, indeks saham Shanghai mendaki 0,12 persen dan indeks saham Singapura menanjak 0,10 persen.

Selain itu, indeks saham Korea Selatan Kospi susut 1,21 persen, indeks saham Thailand melemah 0,43 persen dan indeks saham Taiwan turun 0,35 persen.

 

 

IHSG Menguat Tipis di Awal Sesi Perdagangan

Pekerja menunjuk layar sekuritas di Jakarta, Senin (1/8). IHSG mengakhiri perdagangan hari ini ditutup di teritori positif. Seharian, IHSG bergerak di zona hijau dan ditutup melesat hingga nyaris 3%. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak di zona hijau pada awal sesi perdagangan saham Kamis pekan ini.

Pada pra pembukaan perdagangan saham, Kamis 28 Juni 2018, IHSG naik tipis 4,03 poin atau 0,07 persen ke posisi 5.791,58. Indeks saham LQ45 menguat tipis 0,11 persen ke posisi 902.

Pada pembukaan pukul 09.00 WIB, IHSG masih bergerak naik terbatas. IHSG mendaki 2,5 poin atau 0,04 persen ke posisi 5.790. Indeks saham LQ45 naik 0,14 persen ke posisi 902.

Pada awal sesi perdagangan, IHSG sempat berada di level tertinggi 5.798,49 dan terendah 5.787,92. Sebanyak 118 saham menguat sehingga mendorong IHSG ke zona hijau. Sementara itu, 77 saham melemah dan 98 saham diam di tempat.

Transaksi perdagangan saham juga cukup ramai. Total frekuensi perdagangan saham sekitar 21.606 kali dengan volume perdagangan 489,1 juta saham. Nilai transaksi harian saham Rp 302,8 miliar. Investor asing jual saham Rp 18,25 miliar di pasar regular. Posisi dolar Amerika Serikat berada di kisaran Rp 14.268.

Sebagian besar sektor saham menguat dengan sektor tambang catatkan penguatan terbesar. Sektor tambang naik 0,62 persen, diikuti sektor saham aneka industri menguat 0,54 persen dan sektor saham pertanian menanjak 0,31 persen. Sektor saham infrastruktur turun 0,24 persen, dan catatkan penurunan terbesar.

Saham-saham catatkan penguatan antara lain saham MITI naik 15,24 persen ke posisi Rp 121 per saham, saham BIPI menguat 12,50 persen ke posisi Rp 63 per saham, dan saham IIKP mendaki 8,18 persen ke posisi Rp 238 per saham.

Sedangkan saham-saham yang tertekan antara lain saham SDMU melemah 10,75 persen ke posisi Rp 166 per saham, saham BIMA susut 6,67 persen ke posisi Rp 70 per saham, dan saham PKPK tergelincir 4,46 persen ke posisi Rp 150 per saham.

Bursa Asia pun bervariasi dengan kecenderungan melemah. Indeks saham Korea Selatan Kospi susut 0,44 persen, indeks saham Jepang Nikkei melemah 0,30 persen, indeks saham Shanghai turun 0,21 persen dan indeks saham Taiwan melemah 0,16 persen. Sedangkan indeks saham Singapura menguat 0,24 persen.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Shandy Aulia Sebut Komentar Warganet Lebih Seram dari Film Horor

Posted: 27 Jun 2018 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi seorang public figure seperti artis sekelas Shandy Aulia ternyata tak luput dari serangan haters. Shandy Aulia menjadi korban bullying salah satu warganet di akun Instagramnya.

Hal itu terjadi di unggahan Instagram Shandy Aulia pada Rabu (27/6/2018). Kala itu, Shandy Aulia mengunggah sebuah foto sedang berbaring di dalam kabin pesawat dengan keterangan foto "Back home. ✈️".

Entah apa sebabnya, sebuah akun Instagram meninggalkan komentar pedas di unggahan tersebut. Ia menyinggung Shandy Aulia yang tak kunjung punya anak.

"Istri man**l bisanya cuma ngabisin duwit suami doang buat foya2 keluar negri kasihan bngt suaminya mending cerai aja," tulis warganet dengan akun @dropnshop_deva.

 

Seram

Shandy Aulia. (Instagram/shandyaulia)

Shandy Aulia yang mengetahui hal tersebut kemudian mengabadikan komentar itu dan mengunggahnya di Instagram Story-nya. Shandy menyebut komentar tersebut menyeramkan melebihi film horor.

 

Lebih dari Setan

Komentar Shandy Aulia (Instagram.com)

Tak hanya itu saja, dari komentar tersebut, Shandy Aulia menyadari sesuatu. Katanya perkataan dari mulut seseorang terkadang bisa lebih menyeramkan dari s***n.

"Seram sekali mulutnya...😅 lebih seram dari film horror. Memang mulut manusia bisa lebih seram dari s***n," tulis Shandy Aulia.

 

Dukungan

Shandy Aulia

Unggahan Instagram story Shandy Aulia tersebut, warganet banyak memberikan dukungan. Mereka juga balik menyerang akun @dropnshop_deva.

"Sabar mb...jangan dihiraukan mulut jahatnya..karma akan menimpanya cepat atau lambat.tetap semangat mb @shandyaulia," tulis akun @niabrands.

"Ka shandy sabar yah atas penghinaan yg di lakukan oleh orang itu, berdoa saja agar dia dapat karma nya..!!" tulis @shettysea94.

 

Menghilang

Shandy Aulia.

Tak hanya itu saja, banyak warganet yang menyarankan Shandy Aulia melaporkan pemilik akun tersebut. Sayangnya, beberapa saat setelah komentarnya diunggah Shandy Aulia, akun tersebut hilang dan tidak dapat ditemukan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

15 Negara Sudah Tersingkir di Piala Dunia 2018

Posted: 27 Jun 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Kazan - Piala Dunia 2018 tinggal memasuki babak 16 besar. Hingga kini, sudah 15 tim tersingkir di even terbesar sepak bola yang berlangsung di Rusia tersebut.

Jerman, juara bertahan Piala Dunia, menjadi salah satunya. Tentunya hal itu mengejutkan.

Pada Rabu (27/6/2018) di Kazan Arena, Der Panzer, julukan Jerman, kalah 0-2 dari Korea Selatan. Kekalahan tersebut membuat Jerman berada di dasar klasemen Grup F.

Ini kedua kalinya Jerman gagal melewati putaran pertama. Sebelumnya, Die Mannschaft juga tak mampu lolos dari putaran pertama Piala Dunia 1938.

Saat itu, Jerman takluk dari Swiss. Pada laga perdana, kedua tim bermain 1-1 di Stadion Parc de Princes, Paris, pada 4 Juni. Gol Jerman dicetak Josep Gauchel pada menit ke-29. Namun, Swiss membalas pada menit ke-43 berkat gol Andre Abeggien.

Satu tim tersisa yang bakal tersingkir di Piala Dunia 2018 berada di Grup H. Di fase Grup H Piala Dunia, Jepang akan menghadapi tim yang sudah dipastikan tersingkir, Polandia. Beban Jepang pun lebih ringan.

Laga hidup mati di Piala Dunia tentunya bakal terjadi dalam duel Senegal melawan Kolombia. Dua negara ini masih berpeluang besar lolos ke fase gugur. 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di liputan6.com.

Tersingkir

Berikut 15 tim yang telah tersingkir di Piala Dunia 2018:

Arab Saudi

Mesir

Polandia

Iran

Maroko

Peru

Australia

Nigeria

Islandia

Serbia

Kosta Rika

Korea Selatan

Jerman

Tunisia

Panama

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tren Matte, Yamaha XMax Keluarkan 4 Warna Baru

Posted: 27 Jun 2018 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pasar skuter premium di Tanah Air semakin berkembang. Begitu juga dengan salah satu line-up skuter yang disebut maxi oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), XMax.

Bahkan, untuk terus memberikan pilihan baru untuk pecinta motor berkapasitas 250 cc ini, Yamaha resmi meluncurkan empat warna baru untuk XMax.

Untuk pilihannya, Yamaha XMax kini tersedia dengan kelir Matte Red, Matte Black, Matte Silver, Matte Blue.

Pemilihan warna matte untuk Yamaha XMax ini, karena pabrikan berlambang garpu tala tersebut menilai warna ini tengah naik daun, dan menjadi tren di industri otomotif kendaraan premium, karena menciptakan kesan elegan dan premium.

"Warna-warna baru ini menjadikan tampilan Yamaha XMax lebih segar, makin elegan dan modern," jelas Hiroshi Setogawa, Direktur Marketing PT YIMM, dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Kamis (28/6/2018).

Selanjutnya

Makin Keren, Yamaha Rilis 4 Warna Baru XMax (Foto:YIMM)

Untuk diketahui, inspirasi empat warna baru Yamaha XMax ini selaras dengan konsep warna TMax di Eropa. Terutama, Matte Blue yang merupakan hero bike Tmax di Eropa. Warna Matte Blue, Matte Black, Matte Silver dipasarkan di global market. Sedangkan Matte Red warna khusus untuk pasar ASEAN, yang menggantikan warna sebelumnya yaitu Racing Yellow.

Untuk bisa mendapatkan empat warna baru Yamaha XMax ini, konsumen bisa melakukan order online, mulai jam 10.00 WIB hari Minggu 1 Juli 2018 di www.yamahamotoronline.co.id.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kendall Jenner dan Ben Simmons Berciuman di SPBU

Posted: 27 Jun 2018 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Kisah cinta Kendall Jenner selalu menarik untuk disimak. Tak lama setelah berciuman dengan adik Gigi Hadid, Anwar Hadid, Kendall Jenner langsung menggandeng pebasket muda NBA Ben Simmons.

Belum diketahui jelas seperti apa status hubungan mereka yang sebenarnya. Namun, Kendall Jenner berulang kali tertangkap menghabiskan waktu bersama Ben Simmons. Begitu juga dengan kali ini.

Model cantik berusia 22 tahun itu baru saja tertangkap muncul di sebuah pompa bensin yang terletak di Los Angeles pada Rabu (27/6) kemarin. Di sanalah ia tampak keluar dari mobilnya bersama sang kekasih tercinta.

Namun ternyata, kamera paparazi berhasil mengabadikan sebuah pemandangan yang sangat mencuri perhatian. Bintang Keeping Up With The Kardashians itu mendadak masuk kembali ke dalam mobil dan mendekatkan tubuh Ben ke arahnya.

Ingin menikmati momen intimnya tanpa gangguan kamera media, Kendall Jenner dan Ben benar-benar larut dalam dunianya sendiri. Dengan bantuan kaca gelap mobilnya, pasangan ini pun asyik berciuman dengan penuh privasi.

Tampil Santai

Ben Simmons (AFP/Rob Carr)

Hari itu Kendall dan Ben terlihat kompak berdandan santai dan kasual. Mereka juga sama-sama menjatuhkan pilihannya pada perpaduan t-shirt, celana jeans, dan sepatu sneakers.

Kendall bahkan muncul dengan wajah yang nyaris polos tanpa makeup. Ia terlihat cantik natural kala itu, terlebih dengan rambutnya yang ditata messy ponytail. Tampilan kasual untuk kencan santai yang benar-benar romantis.

Kencan Sempurna

Kendall Jenner (AFP)

Tak hanya mengisi bensin untuk mobilnya, pasangan ini juga menyempatkan diri singgah ke dalam sebuah minimarket. Untuk kencan romantisnya, tentu beberapa camilan favorit mereka menjadi pelengkap yang sempurna bukan? (Soraya/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani Minta Belanja Negara Rp 2.220 Triliun Dikelola Secara Transparan

Posted: 27 Jun 2018 10:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, pentingnya melakukan perbaikan dalam proses pengadaan barang dan jasa di pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Hal tersebut disampaikan dalam sosialisasi Peraturan Presiden nomor 16 tahun 2018 mengenai Pencegahan Korupsi di bidang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.

Sri Mulyani mengatakan, jumlah anggaran belanja negara tahun ini sebesar Rp 2.220,7 triliun. Dari jumlah tersebut, sebesar Rp 1.454,5 triliun dialokasikan untuk belanja pemerintah. Dana yang cukup besar ini harus dapat dikelola dengan baik dan transparan dalam menunjang perekonomian melalui belanja.

"Bagaimana negara mampu untuk menunjang perekonomian melalui belanja negara yang bisa meng-create bisnis, baik yang skala besar maupun sampai yang skala kecil," ujar Sri Mulyani di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (28/6/2018).

Sri Mulyani melanjutkan, belanja negara yang cukup besar harus mampu menciptakan keadilan bagi pelaku ekonomi dan masyarakat. Menurutnya, keadilan dalam pengadaan barang dan jasa merupakan suatu instrumen yang penting di dalam mewujudkan cita-cita Negara Republik Indonesia.

"Suatu negara yang anggarannya besar, namun dari sisi pengadaannya dilakukan tidak mengikuti tata kelola yang baik dan prinsip persaingan yang sehat dan adanya yang disebut level playing field dan keadilan, maka negara tersebut akan menciptakan iri hati," jelasnya.

"Dan tentu saja dalam hal itu ketimpangan dari sisi pelaku ekonomi. Jadi saya tidak under estimate bahwa upaya kita terus-menerus untuk memperbaiki proses pengadaan dan barang jasa itu tidak hanya sekedar untuk menciptakan yang disebut penghematan atau perbaikan dari sisi belanja," tandas Sri Mulyani

 

Reporter : Anggun P. Situmorang

Sumber : Merdeka.com

Utang Pemerintah RI Turun Jadi Rp 4.169 Triliun

Tumpukan uang kertas pecahan rupiah (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Utang pemerintah Indonesia menciut. Totalnya kini mencapai Rp 4.169,09 triliun hingga Mei 2018. Jumlah ini turun Rp 11,52 triliun dibanding posisi April lalu yang sebesar Rp 4.180,61.

Dikutip Liputan6.com dari data APBN Kita Edisi Juni, Jakarta, pada 25 Juni 2018, utang pemerintah Indonesia per Mei ini yang sebesar Rp 4.169,09 triliun, terdiri atas pinjaman Rp 767,82 triliun dan penerbitan Surat Berharga Negara (SBN) sebesar Rp 3.401,77 triliun.

Merinci lebih dalam, pinjaman senilai Rp 767,82 triliun itu, terdiri atas pinjaman luar negeri yang nilainya sebesar Rp 762,41 triliun dan pinjaman dalam negeri sebesar Rp 5,40 triliun.

Adapun pinjaman luar negeri Rp 762,41 triliun bersumber dari pinjaman bilateral yang senilai Rp 322,01 triliun, multilateral Rp 397,80 triliun, pinjaman komersial Rp 41,38 triliun, dan suppliers Rp 1,22 triliun.

Sementara dari penerbitan surat utang atau SBN yang senilai Rp 3.401,77 triliun hingga akhir Mei ini, berasal dari SBN berdenominasi rupiah senilai Rp 2.408,40 triliun dan denominasi valuta asing (valas) sebesar Rp 992,87 triliun.

Dengan total utang pemerintah pusat sebesar Rp 4.169,09 triliun hingga bulan kelima ini setara dengan rasio utang 29,58 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Turun dari posisi rasio bulan sebelumnya yang sebesar 29,88 persen dari PDB.

Adapun nilai PDB Indonesia sampai dengan Mei 2018 diperkirakan mencapai Rp 14.092,72 triliun. Dengan jumlah PDB tersebut, rasio utang pemerintah per akhir Mei tetap terjaga di bawah 30 persen atau sebesar 29,58 persen.

Persentase atau rasio utang tersebut masih jauh di bawah batas 60 persen terhadap PDB sebagaimana ketentuan Undang-undang (UU) Keuangan Negara Nomor 17 Tahun 2003.

Dalam kurun waktu hingga Mei ini, pemerintah telah membayar bunga utang sebesar Rp 112,48 triliun atau 47,14 persen dari alokasi Rp 238,61 triliun di APBN 2018.

 

Posisi utang pemerintah dari Januari-Mei 2018:

- Januari : Rp 3.958,66 triliun

- Februari : Rp 4.034,8 triliun

- Maret : Rp 4.136,39 triliun

- April : Rp 4.180,61 triliun

- Mei : Rp 4.169,09 triliun

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemendagri: Mari Berdamai dengan Hasil Pilkada Serentak 2018

Posted: 27 Jun 2018 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Dalam Negeri meminta para pemenang maupun pihak yang kalah dalam hitung cepat Pilkada Serentak 2018 bersikap dewasa. Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Bahtiar, memandang kalah dan menang dalam sebuah kontestasi adalah hal biasa.

"Intinya saya ingin mengajak dan mengatakan, mari berdamai dengan hasil Pilkada Serentak 2018," ucap Bahtiar saat dikonfirmasi, Kamis (28/6/2018).

Dia menyebut, jika memang ada yang merasa tak puas, maka dia meminta pihak tersebut menempuh jalur sesuai aturan berlaku.

Menurutnya, kubu yang kalah bisa menggugat misalnya ke Mahkamah Konstitusi (MK). Adapun, jika itu menyangkut pelanggaran etik penyelenggara, bisa layangkan pengaduan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

"Ya bagi pendukung yang calonnya kalah agar menempuh jalur hukum sesuai yang diatur UU Pilkada," ungkap Bahtiar.

Dia meminta agar pemerintah daerah mengerahkan segala sumber daya untuk tetap membantu dan mengawal proses dan kondisi pasca pencoblosan, hingga dilantiknya kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih.

"Pemda harus segera melakukan langkah-langkah dan memanfaatkan berbagai forum pertemuan masyarakat untuk merekatkan dan menyatukan kembali sekat-sekat sosial politik yang terjadi dalam masyarakat selama proses Pilkada Serentak 2018. Pembangun daerah dan masyarakat harus terus berjalan," ujar mantan Direktur Politik Dalam Negeri Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri ini.

Dia menyebut, Indonesia telah menunjukkan kepada dunia bahwa suksesi kepemimpinan tingkat lokal yang melibatkan banyak aktor dan sumberdaya, berhasil dilalui dengan baik. Tentu, publik harus mengapresiasi kerja penyelenggara, begitu juga dengan dukungan Pemda dan aparat keamanan yang telah bekerja keras selama pelaksanaan pilkada.

"Kita harus berterima kasih pada mereka yang telah mengawal proses demokrasi pilkada ini sehingga berjalan lancar. Mari kita kawal bagian akhir dari proses pilkada hingga pelantikan kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih pada 171 daerah," dia memungkasi.

 

Saksikan video terkait pilkada berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MUI: Tugas Terberat Paslon Pilkada yang Menang Melakukan Islah

Posted: 27 Jun 2018 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mensyukuri pelaksanaan Pilkada serentak 2018 di 171 daerah berjalan aman, lancar, damai, dan demokratis. MUI menyebut ada tugas terberat yang menanti oleh pasangan calon yang menang dalam pertarungan Pilkada 2018.

Menurut  Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Sa'adi tugas berat itu adalah islah. Dia menilai islah tersebut perlu dilakukan pasangan calon yang menang lantaran selama pelaksanaan Pilkada berlangsung terdapat perbedaan pilihan dan pandangan politik di masyarakat.

"Tugas terberat pertama yang harus diselesaikan oleh paslon pemenang pilkada ialah melakukan islah atau rekonsiliasi sosial antarwarga yang selama proses pelaksanaan pilkada terjadi berbagai perbedaan, baik perbedaan pilihan paslon (pasangan calon)maupun perbedaan sikap dan pandangan politik," ujar Zainut Tauhid Sa'adi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (28/7/2018).

MUI juga mengajak agar pasangan calon yang menang untuk mencegah pendukungnya melakukan euforia yang berlebihan karena dikhawatirkan dapat membuat paslon yang kalah bersikap antipasti. MUI meminta semua pihak untuk bersabar dengan hasil perolehan suara Pilkada dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"MUI mengajak kepada semua pihak untuk menghormati hasil Pilkada karena itu adalah hasil pilihan rakyat dari sebuah proses demokrasi yang harus dijunjung tinggi," ucap Zainut.

Selain itu, MUI turut mengapresiasi para penyelanggara Pilkada, baik KPUD, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan aparat keamanan yang telah mengamankan pelaksanaan Pilkada.

 

Hasil Pilkada

Penghitungan suara Pilkada Kota Malang di TPS 19 Oro - Oro Dowo, Kota Malang. (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Hasil pilkada serentak sudah mulai terlihat berdasarkan hitung cepat di hari pencoblosan, Rabu 27 Juni 2018. Di Jawa Timur pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak dipastikan unggul. Paslon yang diusung Demokrat, Golkar, NasDem, PPP, PAN dan Hanura itu menang atas Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno yang diusung PDIP, PKB, Gerindra, dan PKS.

Sedangkan di Jawa Barat, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum yang diusung NasDem, PPP, PKB, dan Hanura, unggul tipis dengan Sudrajat-Ahmad Syaikhu yang diusung PKS, Gerindra, dan PAN. Sementara dua terbawah ditempati oleh Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi yang diusung Demokrat dan Golkar, serta TB Hasanuddin-Anton Charliyan yang diusung PDIP.

Di Jawa Tengah, petahana Ganjar Pranowo-Taj Yasin menang atas Sudirman Said-Ida Fauziyah. Ganjar diusung koalisi PDIP, Golkar, Demokrat, PPP, dan Nasdem.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Modal dan Lahan Makin Sempit Jadi Kendala Petani Indonesia

Posted: 27 Jun 2018 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum HKTI, Moeldoko membeberkan sejumlah masalah yang saat ini dihadapi petani Indonesia. Salah satu tantangan menurut mantan Panglima TNI itu adalah sempitnya lahan yang dikelola.

"Rata-rata nasional lahan petani kita 0,2 sampai 0,3 hektare. Lahan yang kecil itu juga rusak karena penggunaan pestisida dan pupuk anorganik yang berlebihan," kata Moeldoko dalam acara Agriculture and Food Forum (ASAFF) yang diselenggarakan HKTI, di JCC, Jakarta, Kamis (28/6/2018).

Permodalan juga masih menjadi kendala. Meskipun Pemerintah sudah hadir dalam berbagai program untuk membantu permodalan petani, tapi masih saja petani sulit mengakses perbankan.

"Aspek capital, modal petani kita tidak terbiasa berhubungan dengan perbankan, walau Pemerintah sudah punya KUR," ujar dia.

Penggunaan teknologi, kata Kepala Staf Kepresidenan ini juga masih belum terlalu menyentuh proses pengolahan lahan. "Management. Petani tidak terbiasa dengan pendekatan management. Mereka business as usual. 'Ya sudah seperti itu saja'," ujar dia.

Selain itu, pengelolaan pasca panen menjadi tantangan. Petani akan kehilangan hasil pertanian, sebanyak 10 persen kalau tidak dikelola dengan baik. "Saya harap melalui ASAFF ini persoalan-persoalan ini dapat dicari solusinya," tegas dia.

 

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

 

 

 

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

 

 

HKTI Gelar Konferensi Pertanian dan Ketahanan Pangan

Ketua Umum HKTI Moeldoko (Foto: Merdeka.com/Wilfridus S)

Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) menyelenggarakan Asian Agriculture and Food Forum (ASAFF) di Jakarta Convention Center (JCC), dari 28 Juni-1 Juli 2018.

ASAFF 2018 mengusung tema 'Transforming Challenges into Opportunities: Agricultural Innovation and Food Security'. Beberapa program kegiatan yang akan dilaksanakan, yaitu Konferensi Pangan Asia, Pameran Pertanian Asia, Forum Bisnis, dan Food Festival.

Ketua Umum HKTI, Moeldoko mengatakan pertanian Indonesia memiliki potensi yang sangat besar. Potensi tersebut harus terus dikembangkan dan diperkenalkan terus guna meningkatkan kesejahteraan petani Indonesia.

"Melalui acara ini kita akan membicarakan masalah pertanian, inovasi dan industri terlintas yang berkaitan dengan food security," ujar dia. dalam pembukaan ASAFF 2018.

Dia pun berharap melalui ASAFF 2018 berbagai pihak yang berkecimpung di sektor pertanian dapat berdiskusi dan diharapkan dapat saling berbagi kiat berdasarkan pengalaman mengembangkan pertanian di wilayah masing-masing.

"Acara ini diikuti oleh beberapa negara tetangga, Seperti Singapura, Malaysia, India, Iran, Timor Leste, dan lainnya. Ini bisa menjadi etalase bagi produk khas dan unggulan Nusantara," kata dia.

"Kita juga mengajak negara lain untuk terlibat dan peduli pada isu food security, water security. Juga peduli pada sumber yang kita miliki," tandas Moeldoko.

ASAFF 2018 diikuti oleh 300 peserta dari berbagai kalangan, seperti pengurus HKTI, akademisi, juga perwakilannya dari negara tertangg. Ditargetkan jumlah pengunjung mencapai 5.000 di tiga hari pelaksanaannya.

 

 Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Tanda Anda Menggunakan Pelembap yang Salah

Posted: 27 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pelembap adalah salah satu dasar dari perawatan kulit. Namun, masih banyak orang cenderung menyepelekan produk yang satu ini.

Melansir dari purewow.com, Kamis (28/6/2018), berikut ini adalah beberapa tanda bahwa Anda telah menggunakan pelembap yang salah. Penasaran?

1. Terasa menyengat ketika diaplikasikan

Anda mungkin tidak terlalu memikirkannya, namun jika pelembap terasa menyengat ketika diaplikasikan, ini adalah tanda sesuatu di dalamnya tidak sesuai dengan pH kulit. Coba lakukan tes terlebih dahulu sebelum membeli pelembap, letakkan di atas punggung tangan, sebelum mengaplikasikannya di seluruh wajah.

 

 

Tanda Anda menggunakan pelembap yang salah

Ilustrasi kecantikan pakai krim wajah (iStockphoto/Ridofranz)

2. Muncul benjolan

Jika setelah mengaplikasikan sebuah produk pelembap, muncul sekelompok kecil jerawat, ini artinya kulit Anda terinfeksi. Usahakan untuk selalu menggunakan produk pelembap dengan label non komedogenik atau tidak akan menyumbat pori-pori Anda.

3. Muncul jerawat

Tanda lain jika Anda menggunakan pelembap yang salah adalah munculnya jerawat. Sekali lagi, kuncinya adalah menggunakan produk pelembap dengan label non komedogenik dan bebas minyak.

Tanda Anda menggunakan pelembap yang salah

Ilustrasi kecantikan pakai pelembap (iStockphoto/Youngoldman)

4. Kulit masih terlihat kering

Jika Anda merasa telah melembapkan kulit setiap hari, namun tetap memiliki bagian kulit yang kering, berarti produk yang digunakan tidak melakukan tugasnya dengan benar. Carilah produk dengan kandungan asam hialuronat atau gliserin, yang dapat menarik kelembapan dari udara ke dalam kulit untuk hidrasi yang lebih tahan lama.

5. Riasan Anda mengelupas

Ketika Anda menemukan diri sendiri terus menerus menumpuk foundation, berarti pelembap yang digunakan salah. Cobalah menggunakan pelembap dengan formula yang lebih ringan agar menyerap lebih mudah ke dalam kulit.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Musim Panas Kian Semarak dengan Riasan Bernuansa Sunset

Posted: 27 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Berbicara mengenai tren makeup tentu tak ada habisnya. Dalam hal makeup, tak ada pakem yang mengikat untuk menciptakan sebuah kreasi riasan. Untuk menghasilkan tema tertentu, semua bisa disesuaikan ide awal yang dikreasikan menjadi sebuah tampilan yang memiliki ciri khas tersendiri.

Kali ini, The Body Shop menghadirkan tema makeup yang bisa Anda aplikasikan untuk mewarnai musim panas Anda. Tema riasan ini yang fokus pada area mata. dengan warna berani, riasan ini akan menampilakn kesan tersendiri bagi total look Anda.

Sunset eye

Romansa warna sunset menginspirasi warna riasan kali ini. Sontek inspirasinya berikut ini.

Jika ingin tampil berani di musim panas kali ini, tema sunset eye akan pas bagi Anda. Riasan ini fokus pada permainan warna pada area mata yang terinspirasi dari nuansa warna matahari terbenam yang memancarkan dimensi warna cantik sekaligus romantis. 

Untuk menciptakan look ini, Anda membutuhkan kombinasi dua warna eyeshadow bernuansa cokelat bata dan kuning. Aplikasikan bagian kelopak mata dengan warna kuning, lalu baurkan dengan rona merah bata pada area luar hingga dalam mata. Jika sudah terbaur sempurna, jangan lupa untuk membingkai mata dengan eyeliner pada bagian atas mata.

Sunset eye

Romansa warna sunset menginspirasi warna riasan kali ini. Sontek inspirasinya berikut ini.

Untuk kompleksi, cukup ratakan warna kulit dengan penggunaan foundation yang diiringi dengan bedak tabur serta highlighter untuk memberikan dimensi pada wajah. Lalu agar terkesan tak berlebih, rona nude pada bibir bisa dijadikan opsi penyempurna tampilan yang tepat.

Get The Look!

Romansa warna sunset menginspirasi warna riasan kali ini. Sontek inspirasinya berikut ini.

Get The Look!

1. The Body Shop Eyeshadow Santiago Citrine

2. The Body Shop Eyeshadow Kaku Jesper

3. The Body Shop Mascara

 

Akreditasi:

Makeup: The Body Shop

Model: Zorana by Tayu Models

Fotografer: Daniel Kampua

Stylist: Nabila Mecadinisa

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pilkada Serentak 2018 Jadi Bahan Lucu-lucuan Warganet, Seperti Apa?

Posted: 27 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa pun yang terpilih pada Pilkada ini, tentu saja masyarakat mengharapkan mendapatkan pemimpin yang amanah, dan menjadikan daerah tersebut lebih baik dari sebelumnya. Untuk itu, tentu saja masyarakat juga diminta untuk selektif dan mengenali sebelum memilih.

Momen Pilkada ini rupanya jadi ajang meme-meme lucu yang bermunculan. Biar nggak debat dengan perbedaan yang dipilih, meme-meme ini siap ceriakan harimu. Berikut dirangkum dari berbagai sumber meme Pilkada 2018.

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

Hore, Bisa Pilih Calon Pasangan

1. Langsung ke KUA aja bang...

(Sumber Instagram/@pujanggadungan via Brilio.net)

2. Asal jangan bawa ke hati aja.

(Sumber Instagram/@indopostgram via Brilio.net)

3. Semoga tintanya nggak bertepuk sebelah tangan.

(Sumber Instagram/@uinjktgram via Brilio.net)

4. Nah, lho.

(Sumber Instagram/@anjirland via Brilio.net)

5. Ah, Neng bisa aja.

(Sumber istimewa di Brilio.net)

Bisa Garing Juga, Kurang Lucu

6. Sebuah pesan untuk kita semua.

(Sumber istimewa di Brilio.net)

7. Keterampilan jenis baru, nih.

 

(Sumber istimewa di Brilio.net)

8. Nomor 5 untuk pasangan hidup, ea.

(Sumber Instagram/@nursacai via Brilio.net)

9. Kalau nggak lucu gimana, Bang?

(Sumber Instagram/@a.d.i_s via Brilio.net)

10. Tetap semangat.

(Sumber istimewa di Brilio.net)

Reporter:

Hira Hilary Aragon

Sumber: Brilio.net

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Paling Ampuh Cegah Sakit dan Flu

Posted: 27 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ada cara mudah dan sehat untuk mencegah datangnya flu. Bukan dengan obat, cukup dengan olahraga rutin tiap hari.

Ahli kesehatan dari Appalachian State University, David Nieman, mengatakan olahraga merupakan senjata paling ampuh mencegah penyakit, termasuk flu. Sebab, olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Teknisnya, olahraga akan meningkatkan pergerakan sel darah putih yang berperan melawan serangan virus dalam tubuh.

Untuk urusan flu, sebuah penelitian mengatakan kalau olahraga seperti jogging, bersepeda, atau berenang selama minimal 20 menit setiap hari bisa meningkatkan kekebalan tubuh dalam menangkal serangan virus influenza. Olahraga masih bisa dilakukan meski orang tersebut sudah terserang flu. Namun, kita harus memperhatikan jenis obat yang dikonsumsi.

"Sejumlah obat flu mengandung dekongestan yang bisa meningkatkan kerja jantung. Jadi olahraga yang dilakukan pun jangan terlalu keras untuk menjaga jantung tidak bekerja terlalu keras," ucap Nieman seperti dikutip dari Indiavision, Kamis (28/6/2018).

Yang jelas, olahraga bisa jadi solusi yang baik untuk mencegah flu ketika cuaca tidak bersahabat bagi tubuh. Perubahan cuaca yang tidak menentu dapat berpengaruh buruk bagi daya tahan tubuh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukit Jamur dan Petir, Sebuah Kisah Nestapa Remaja

Posted: 27 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Pontianak Namanya Bukit Jamur, sebuah bukit dengan ketinggian 500 meter di Kalimantan Barat. Namun, bukit ini menyimpan kisah nestapa, yakni tewasnya seorang remaja yang mencoba menaikinya akibat disambar petir.

Aldio Zuhrio Setiawan, 15 tahun, baru lulus dari Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kota Pontianak. Ia tewas akibat disambar petir di Bukit Jamur.

Menurut Kepala Humas Kantor SAR Pontianak, Untung Supriadi, Aldio langsung dibawa teman-temannya ke Rumah Sakit.

"Kronologi kejadian, polisi yang lebih paham," kata Untung Supriadi.

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda Kalimantan Barat Kombes Polisi Nanang Purnomo membenarkan peristiwa itu. Sehari-hari Aldio tinggal di Jalan Sejahtera, Nomor 30 Gang  Gunung Puting 2, Kelurahan Sungai Bangkong, Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak.

Kisah berawal ketika Aldio dan temannya menaiki bukit itu. Tiba di Bukit Jamur, mereka langsung mendirikan tenda untuk beristirahat karena hujan tiba-tiba turun.

"Saat peristiwa, korban saja yang sedang tidur di dalam tenda. Teman-temannya ada di luar," kata Nanang.

Tiba-tiba ada petir menyambar sebuah pohon yang berada di dekat tenda. Teman-teman korban merasa seperti tersengat listrik pada bagian kaki.

"Teman korban juga melihat korban yang sedang tidur langsung kejang-kejang," kata Nanang.

Melihat tubuh Aldio kejang-kejang, teman-temannya panik. Mereka langsung mencoba menolong dengan nafas buatan. Namun, karena tak ada perubahan, mereka kemudian meminta tolong warga.

Aldio dibawa ke Rumah Sakit Bengkayang. Hasil pemeriksaan medis RSUD Bengkayang tak menemukan luka atau memar. Mulai dari wajah, perut, kaki, kepala. Namun, Aldio sudah meninggal dunia.

"Kesimpulan yang menyebabkan korban meninggal dunia belum diketahui. Harus dilakukan pemeriksaan dalam atau autopsi," kata Nanang.

Kejadian Jumat, 22 Juni 2018 ini makin mengukuhkan prediksi BMKG bahwa cuaca di Pontianak sedang tidak stabil dan membawa bahaya. Bukan hanya hujan dan angin, petir juga bisa menjadi ancaman.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dianggap Menzalimi Ibu, Kumalasari: Mama Bipolar

Posted: 27 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ibunda Kumalasari, Della, mengunggah video yang di-posting kembali oleh akun Instagram gosip @lambe_turah. Dalam rekaman singkat tersebut, tampak wanita berusia hampir 60 tahun ini mengamuk.

Della, menyebut kalau dirinya telah dizalimi oleh kedua anaknya, termasuk Kumalasari. Bahkan, ia mengaku dihina dengan sebutan binatang.

Melihat hal itu, Kumalasari pun angkat bicara. Melalui cumi-cumi.com, Rabu (27/6/2018), istri Galih Ginanjar ini mengklarifikasi.

"Kaget juga ya. Tadi saya dikasih tahu teman, dia bilang ini nih ada mama. Kaget gimana ya, aku sudah diancam Mama satu hari sebelumnya hanya karena aku enggak bisa temenin Mama hari Senin," terang Kumalasari.

 

Menangis

Kumalasari. (Instagram/barbiekumalasari)

"Jadi gini, hari Jumat malam om aku meninggal. Kakak-kakaknya Mama telepon Mama, ketika datang Sabtu malam Minggu datang ke Jakarta, nginap di rumah aku. Jam 1 pagi tanya, 'Kamu mau anterin Mama enggak hari Senin'. Aku bilang, "Ma badanku lagi enggak enak'," lanjut Kumalasari.

Sang ibu pun sempat mengungkit mengenai kehidupannya yang sulit di Yogyakarta.

"Tiba-tiba mamaku nangis-nangis, seperti aku menelantarkan, katanya mamaku jualan mpek-mpek. Dia jualan mpek-mpek memang aku yang suruh, aku modalin biar apa, karena di Yogya kan cuma berdua aja. Untuk cari kesibukan aja. Sedangkan papa tiriku kan kerja di Jakarta," tambahnya.

 

Bipolar

Kumalasari (Foto:Instagram)

Rupanya, konflik yang terjadi antara Kumalasari dan sang ibu bukan baru saja terjadi sekali ini.

"Seorang anak bisa berkata kasar pada orangtuanya pasti kan ada sebab. Mamaku ini kan kayak punya penyakit bipolar. Dia itu kayak dua kepribadian gitu, dia suka lupa baru dua tiga detik, mungkin faktor umur juga," kata wanita yang telah menghabiskan uang Rp 4 miliar untuk langsing ini.

 

Ajak Keluar Negeri

Galih Ginanjar dan Kumalasari [Foto: Faizal Fanani/Liputan6.com]

Bukan hanya memberi uang bulanan saja, Kumalasari juga sering mengajak wanita yang melahirkannya itu berlibur ke luar negeri.

"Bahkan aku suka ajak mamaku ke luar negeri juga, baru pulang udah habisin uang Rp 100 juta misalnya, besoknya kalau ada yang tidak dia suka langsung ngamuk. Para tetangga juga udah pada tahu," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kegagalan Jerman di Piala Dunia 2018 Dikaitkan dengan Erdogan

Posted: 27 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Moskow - Didier Drogba punya analisa menarik kala mengomentari kegagalan Timnas Jerman melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2018. Mantan striker Chelsea tersebut menyebut dua pemain, Mesut Ozil dan Ilkay Gundogan sebagai penyebab utamanya.

Ozil dan Gundogan melakukan pertemuan dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan sebelum Piala Dunia 2018, atau tepatnya pada Mei lalu. Kala itu, Erdogan tengah menggelar kunjungan ke Inggris.

Ketiganya sempat berfoto bersama yang memicu pro dan kontra di kalangan masyarakat Jerman. Bahkan, Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) sampai merilis pernyataan resmi terkait pertemuan Ozil dan Gundogan dengan Erdogan.

Drogba menilai pertemuan ketiganya membuat internal Jerman tidak kondusif. Bahkan ia mengklaim, ada perpecahan di tubuh skuat berjuluk Der Panzer tersebut.

"Saya pikir suasananya tidak tepat di ruang ganti. Kita tahu Mesut Ozil dan Ilkay Gundogan yang bertemu Presiden Turki (Erdogan), dan Jerman tidak bersatu karena hal itu. Kemudian kita melihat hasilnya," ujar Drogba disadur dari BBC.

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

Keturunan Turki

Mesut Ozil dengan tatapan kosong melihat setelah timnya kalah 0-2 dari Korea Selatan pada laga grup F Piala Dunia 2018 di Kazan Arena, Kazan, Rusia, (27/6/2018). Kekalahan tersebut membuat Jerman gagal melju ke babak 16 besar. (AP/Frank Augstein)

DFB menganggap Ozil dan Gundogan melanggar nilai sepak bola dengan menghadiri pertemuan dengan Erdogan. DFB menuduh keduanya telah dijadikan alat kampanye politik.

Ozil dan Gundogan merupakan pemain kelahiran Jerman, tapi kental memiliki darah Turki. "Sepak bola adalah hidup kami, bukan politik," kata Gundogan.

Jerman Gagal Lolos

Untuk pertama kalinya sejak Piala Dunia 1938 lampau, Jerman tersingkir di babak penyisihan. Selain itu, Der Panzer juga gagal mematahkan tradisi juara bertahan yang kandas di fase grup sejak 2010 lalu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 3 Orang Tewas Bawa Rekap Suara Pilkada Papua

Posted: 27 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tiga orang tewas ditembak kelompok bersenjata di Papua saat membawa hasil rekap suara Pilkada.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Catat, Ini Tanggal Peluncuran Samsung Galaxy Note 9

Posted: 27 Jun 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah serangkaian rumor Galaxy Note 9, Samsung akhirnya memberikan bocoran soal pengumumannya.

Flagship smartphone tersebut akan diumumkan dalam acara Unpacked pada 9 Agustus 2018.

Dilansir Phone Arena, Kamis (28/6/2018), Samsung merilis sebuah teaser di media sosial miliknya, termasuk YouTube, yang diduga merujuk pada Galaxy Note 9.

Teaser itu tidak menyebutkan secara spesifik Galaxy Note 9, tapi kehadiran S Pen berwarna emas pada teaser menguatkan dugaan tentang smartphone tersebut.

Melihat S Pen menjadi fokus dalam video, stylus tersebut diprediksi mendapatkan upgrade. Sebelumnya, perangkat itu dilaporkan akan memiliki konektivitas Bluetooth.

Teaser Samsung Galaxy Note 9 (Foto: Ist)

Sayangnya, Samsung tidak menyertakan keterangan lain dalam teaser tersebut, hanya tanggal acara pengumuman.

Selain itu, Samsung juga akan menyiarkan acaranya secara langsung dan bisa diakses melalui www.samsung.com.

Galaxy Note 9 akan menjadi flagship smartphone terbaru Samsung pada tahun ini. Perusahaan asal Negeri Ginseng tersebut memiliki dua seri flagship, Galaxy S dan Galaxy Note, yang dirilis pada periode berbeda.

 

Spesifikasi Galaxy Note 9

Samsung Galaxy Note 8. Liputan6.com/ Yuslianson

Samsung sampai saat ini belum memberikan bocoran tentang spesifikasi Galaxy Note 9. Namun, beberapa di antaranya sudah beredar di ranah maya.

Galaxy Note 9 dilaporkan memiliki prosesor Snapdragon 845 untuk pasar Amerika Serikat (AS), sedangkan varian internasional dengan Exynos 9810 Octa.

Smartphone ini juga dilengkapi RAM 6GB dan memori internal 128 atau 256GB. Sejumlah pasar akan mendapatkan Galaxy Note 9 dengan RAM 8GB dan memori internal 512GB.

Spesifikasi lainnya termasuk OS Android 8.1 Oreo dan nantinya akan mendapatkan pembaruan ke Android P.

Lebih lanjut, Samsung diperkirakan menggelar pre-order Galaxy Note 9 dua pekan setelah diumumkan. Pengapalan perdana akan dilakukan pada pekan terakhir Agutus 2018.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1 komentar:

Amisha mengatakan...

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut