Senin, 05 Januari 2015

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Wamenkeu Diam-diam Hubungi Call Centre Pajak

Posted: 05 Jan 2015 09:15 PM PST

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan siap melakukan program transformasi kelembagaan yang fokus pada lima tema utama. Ada beberapa inisiatif percepatan transformasi kelembagaan yang sanggup memberikan hasil dalam waktu singkat.

Wakil Menteri Keuangan, Mardiasmo mengatakan, transformasi kelembagaan telah mengidentifikasi beberapa inisiatif quickwins yang merupakan program unggulan dan dapat diselesaikan dengan cepat.

"Inisiatif tersebut, antara lain, peningkatan kapasitas kring pajak, kantor modern Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) 2.0, modul penerimaan negara Generasi 2 atau MPN G2, arsitektur dan informasi kinerja dalam RKAKL, sistem informasi manajemen pengadaan langsung, dan e-auction," ujar dia di acara Transformasi Kelembagaan, Jakarta, Selasa (6/1/2015).

Lebih jauh Mardiasmo mengatakan, sebagai contoh, tiga pengembangan utama dalam inisiatif peningkatan kapasitas kring pajak dengan menambah agent call center menjadi 120 agent dari sebelumnya 54 agent.

Sementara contoh lain transformasi kelembagaan menyangkut pembentukan kantor modern DJBC 2.0 yang memuat berbagai terobosan dalam rangka menurunkan dwelling time atau waktu tunggu barang impor di pelabuhan laut.

Terobosan itu, antara lain, meningkatkan pendekatan berbasis risiko untuk menurunkan persentase jalur merah, mendorong importir jalur prioritas untuk lebih memanfaatkan fasilitas prenotification, melakukan transisi penuh untuk penyerahan dokumen pelengkap pabean secara online.

"Melakukan transisi penuh penyerahan dokumen pelengkap pabean secara online dan mempersingkat waktu penyerahan hardcopy, pemeriksaan fisik, serta mengoptimalkan pemanfaatan Hico Scan X-ray Container," jelas dia.

Terobosan lain yang diujicobakan di kantor modern ini, tambah Mardiasmo, telah menghasilkan penurunan dwelling time di Pelabuhan Tanjung Priok cukup signifikan dari 7,9 hari pada Januari 2013 menjadi 5,6 hari di Oktober 2014.

"Transformasi kelembagaan bertujuan dengan model operasional untuk menjadi model berkelas dunia. Menjawab berbagai tantangan global dengan menggulirkan program transformasi kelembagaan pada 2013," jelasnya.

Dalam acara ini, Mardiasmo yang juga Dirjen Pajak menghubungi langsung call center melalui kring pajak untuk mengetahui pelayanan Direktorat Jenderal Pajak. Tidak butuh waktu lama bagi Wakil Menteri Keuangan ini untuk masuk dan berbicara dengan call center pajak. Ketua Panitia Seleksi Terbuka ini langsung disapa dengan ramah, menyebutkan nomor NPWP maupun beberapa identitas.

Call center Pajak tidak mengetahui sama sekali bahwa yang menghubunginya adalah salah seorang pejabat di lingkungan Kementerian Keuangan. Setelahnya, Mardiasmo langsung menanyakan informasi terkait perbedaan penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak atau e-filling melalui website dan AFP. Pertanyaan ini ternyata sanggup dijawab seluruhnya oleh call center dengan lancar. (Fik/Ahm)


Sexpedia: Fantasi Seks yang Normal dan Tidak Normal

Posted: 05 Jan 2015 09:15 PM PST

Membayangkan bercinta dengan pasangan sendiri atau justru orang lain sering kali disebut dengan fantasi seks. Namun, sebenarnya fantasi seks seperti apa yang masuk kategori normal dan tidak normal?

Psikolog Seksual Zoya Amirin M.Psi punya jawaban tentang pertanyaan tersebut dalam Sexpedia episode Selasa (6/1/2015).

 

Berikut Videonya:

 

10 Negara yang Tak Memiliki Pasukan Militer

Posted: 05 Jan 2015 09:12 PM PST

Pasukan militer merupakan pasukan penjaga keamanan yang didanai oleh pemerintah dan terdiri dari Angkatan Laut, Angkatan Darat, serta Angkatan Udara. Sebuah negara biasanya memiliki tiga elemen tersebut dalam menjaga kedaulatan wilayah di dalam negara.

Uniknya, ada beberapa negara yang tak mempunyai pasukan militer. Negara-negara tersebut hanya memiliki sepasukan kecil kepolisian untuk menjaga keamanan. Negara-negara apa saja yang tak memiliki pasukan militer? Ini dia.

10. Samoa

samoa

Pulau Samoa terletak di Selatan Samudera Pasifik. Negara ini memperoleh kemerdekaannya dari Selandia Baru pada tahun 1962. Saat ini, negara ini tidak mempunyai pasukan tentara. Namun, Samoa mempunyai pasukan kepolisian yang kecil dengan tingkat kejahatan yang rendah.

Sumber utama kejahatan biasanya berkaitan dengan narkoba. Samoa juga memiliki Unit Maritim untuk menjaga keamanan internal serta pasukan penjaga kedaulatan di laut yang disebut Nafanua.  

Kiribati

9. Kiribati

kirabati

Terletak di bagian Barat Samudera Pasifik dan berbatasan dengan Indonesia, Filipina, serta Mikronesia. Jepang pernah menduduki pulau ini selama Perang Dunia I. Pulau ini memperoleh kedaulatan penuh pada tahun 1994. Saat ini, tak ada tentara yang menjaga pulau ini. Namun terdapat sepasukan kepolisian serta 30 orang penjaga daerah laut.

Tuvalu

8. Tuvalu

tuvalu

Adalah bagian dari Kepulauan Polinesia dan terletak di antara Hawai dan Australia. Sebelumnya dikenal sebagai Kepulauan Ellice dan merupakan negara paling padat ketiga di dunia. Meski begitu, negara ini tidak memiliki kekuatan militer reguler. Negara ini hanya mempunyai pasukan polisi yang disebut Kepolisian Tuvalu dan Unit Maritim serta Lembaga Permasyarakatan. Negara ini memperoleh kemerdekaan pada tahun 1978 dari Kerajaan Inggris.

Marshall

7. Marshall

Beautiful corals in shallow reef Marshall Islands Majuro Atoll

Negara kepulauan yang satu ini terletak di bagian Utara Samudera Pasifik. Pemerintahan secara resmi baru didirikan di negara ini pada tahun 1986 dan memperoleh kedaulatan dari Amerika Serikat. Meski telah merdeka sejak 1990, Amerika Serikat akan terus memberikan bantuan dan perlindungan selama perang sesuai perjanjian. Hal ini membuat negara ini tidak mempunyai tentara karena kebutuhan akan pasukan keamanan didatangkan langsung dari Amerika.

Grenada

6. Grenada

grenada

Negara yang dikenal juga sebagai Tanah Rempah-rempah ini terletak di dekat Laut Karibia. Negara ini merupakan bagian dari koloni Inggris dan baru merdeka pada tahun 1974. Negara ini tidak memiliki tentara tetap namun memiliki layanan keamanan Kerajaan Kepolisian dan Internal. Negara ini bergantung pada negara terdekat untuk bantuan dalam perlindungan. Sama seperti Pulau Marshall, Grenada juga menerima bantuan dari Amerika.

Nauru

5. Nauru

nauru

Adalah republik terkecil di dunia yang luas wilayahnya hanya 8,1 meter persegi. Negara paling padat kedua di dunia ini terletak di Pasifik Selatan dan sempat diduduki Jepang selama Perang Dunia II. Negara ini memperoleh kemerdekaan pada tahun 1968. Meski tidak memiliki pasukan militer, Nauru menerima bantuan keamanan dari Australia sesuai perjanjian mereka. Nauru hanya mempunyai kepolisian internal.

Andorra

4. Andorra

andorra

 

Negara ini dikelilingi oleh Prancis dan Spanyol. Negara ini memiliki jumlah populasi yang kecil dan kerap didatangi wisatawan yang jumlahnya melebihi jumlah warganya sendiri. Negara ini mendapat perlindungan dari Spanyol dan Prancis. Hanya ada sepasukan kecil penjaga keamanan yang menjaga negara ini.

Kosta Rika

3. Kosta Rika

costa rica

Negara yang terletak di Amerika Tengah ini telah lama menjadi negara dengan tingkat pendapatan penduduk paling baik. Negara ini sebelumnya dipimpin oleh diktator militer dan baru memperoleh kemerdekaan pada tahun 1950. Negara ini tidak mempunyai pasukan tentara dan berada di bawah perlindungan Amerika Serikat.

Vatikan

2. Vatikan

vatican-city

Didirikan pada tahun 1929, Vatikan merupakan negara terkecil di dunia sekaligus paling padat. Negara ini tidak mempunyai pasukan pertahanan. Pertahanan militer diperoleh dari bantuan Italia. Terdapat juga pasukan Garda Swiss yang menjaga tahta suci Vatikan.

Liechtenstein

1. Liechtenstein

liechtenstein

Negara in merupakan negara dengan perndapatan per kapita tertinggi di dunia. Selain disebut-sebut sebagai negara dengan standar hidup tertinggi di dunia, negara ini juga memiliki tingkat kejahatan paling rendah di dunia. Tentara dihapuskan setelah Perang Austro-Prusia pada tahun 1868. Meski makmur secara ekonomi, negara ini tetap memilih tidak memiliki pasukan militer. Hanya ada sepasukan kecil kepolisian yang bekerja sama dengan Austria dan Swiss dalam menjaga keamanan.

Nah, terbukti bukan. Tak mesti memiliki pasukan militer untuk mempertahankan kedaulatan negara.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

Katy Perry Kepergok Jalan Bersama John Mayer Lagi, Ada Apa?

Posted: 05 Jan 2015 09:10 PM PST

Katy Perry diam-diam telah menjalin hubungan dengan Diplo. Namun kali ini pelantun hits Dark Horse itu kembali terlihat mesra bersama mantan kekasihnya, John Mayer.

Dilansir dari laman Daily Mail, Selasa (6/1/2015), Katy Perry kepergok makan malam bersama John Mayer di salah satu restoran Beverly Hills, California, di akhir pekan. Keduanya terlihat begitu menikmati menghabiskan malam bersama.

Wanita berusia 30 tahun itu nampak tertawa lepas saat terus berbincang dengan John Mayer. Penampilan Katy Perry dan pria tampan itu juga terlihat kompak. Mereka mengenakan pakaian berwarna senada dengan mantel panjang.

Saat tertangkap kamera paparazi, keduanya langsung menjauh. Baik Katy Perry maupun pria berusia 37 tahun itu berjalan terpisah seperti orang yang tak dikenal. Mereka kembali bertemu setelah hampir setahun putus.

Pertemuan dua musisi tersebut kembali bermula saat Katy Perry dan John Mayer menghadiri undangan teman mereka. Dari situlah keduanya mulai menjalin komunikasi kembali.(Fir/Feb)

Basarnas: Kami Tak Ada Kekurangan Alat untuk Cari AirAsia QZ8501

Posted: 05 Jan 2015 09:05 PM PST

Badan SAR Nasional (Basarnas) memetakan wilayah yang diduga lokasi hilang dan jatuhnya pesawat [AirAsia QZ8501](2156821 ""). Selain menambah daerah prioritas pencarian, Basarnas juga menyiapkan seluruh alat untuk menemukan bangkai pesawat.

"Seluruh alat, sistem yang kita butuhkan sudah ada untuk mencari benda di bawah air. Semuanya sudah ada di daerah operasi," kata Kepala Badan SAR Nasional Marsekal Madya Bambang Soelistyo dalam jumpa pers di Kantor Basarnas, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (6/1/2015).

Ia menegaskan, tidak ada kekurangan dalam mencari bangkai pesawat yang diduga berada di dasar laut perairan Karimata, Kalimantan Tengah.

"Tidak ada lagi kita kekurangan alat, sistem mulai 2 hari ini. Kekuatan, alat dan sistem ada. Tinggal bagaimana kita lakukan pencarian itu," tambah Bambang.

Dalam jumpa pers Senin 5 Desember kemarin, Bambang mengatakan, di dasar laut Selat Karimata para penyelam kesulitan dalam melakukan pencarian lantaran kondisi penglihatan yang minim. Meski ada alat yang mampu melacak sinyal sonar di dasar laut.

"Tidak bisa turun ke bawah (dasar laut) melihat apa yang sebenarnya ditemukan sonar, itu alatnya apa. Saya sampaikan submersible vehicle (kapsul selam berawak) namanya," kata Bambang di Kantor Basarnas, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin.

Bambang menjelaskan, alat berbentuk kapal selam mini seperti kapsul ini hanya dibawa oleh Rusia. Namun kapsul milik Rusia tak bisa diawaki manusia, hanya mampu digerakkan dari jarak jauh. Sementara, Basarnas ingin kapsul yang bisa dikendarai.

"Ada yang man (berawak) ada yang unman (tidak berawak). Saya butuh yang man, supaya rescuer (penyelamat) kita itu nyetir kapal selam kecil di dalam," jelas Bambang.

[Pesawat AirAsia](2156859 "") rute Surabaya-Singapura hilang kontak dari Air Traffic Controller (ATC) Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Minggu 28 Desember 2014 sekitar pukul 06.17 WIB. Pesawat dengan nomor penerbangan QZ8501 itu tinggal landas dari Bandara Juanda, Surabaya, Jawa Timur pukul 05.20 WIB, dan seharusnya tiba di Bandara Changi, Singapura pukul 08.30 waktu setempat. (Mvi/Yus)

 

TIPS : Hilangkan Bau Sepatu Dengan Kopi

Posted: 05 Jan 2015 09:05 PM PST

Sepatu Anda seringkali bau? Coba bersihkan dengan kopi. Bagaimana bisa? Ternyata Kopi memiliki khasiat menyerap bau apak. Simak videonya disini. (Liz)

Jalani Piala FA Terakhir, Gerrard Ingin Bawa Liverpool Juara

Posted: 05 Jan 2015 09:01 PM PST

Steven Gerrard bertekad untuk mengakhiri kariernya bersama Liverpool dengan indah. Itu sebabnya ia akan mengeluarkan seluruh kemampuan terbaiknya demi meraih Piala FA musim ini.

Bukti pertama Gerrard sudah dilakukan dalam babak ketiga melawan Wimbledon AFC, Senin (5/1/2015). Legenda The Reds itu mencetak dua gol sekaligus membawa timnya menang tipis 2-1.

"Mimpi yang harus saya wujudkan adalah memenangkan Piala FA di musim terakhir ini. Saya selalu menikmati bermain di kompetisi ini," kata Gerrard semringah seperti dilansir Mirror.

"Apalagi ini adalah kali terakhir saya bermain di sini. Jadi saya akan memberikan segalanya untuk menjadi kampiun," ujarnya menambahkan.

Baca Halaman Selanjutnya......

Sudah Dua Kali Juara

Gerrard sudah dua kali meraih Piala FA yakni pada tahun 2001 dan 2006. Namun ia ingin kembali meraihnya sebagai ucapan terima kasih pada fans Liverpool.

"Saya tumbuh dengan menyaksikan Piala FA. Jadi saya sangat tahu artinya bagi suporter. Semoga saja kami bisa juara," kata Gerrard antusias.

Baca Juga:

[Eks Bintang Arsenal Kepergok Berkencan dengan 2 Model Kembar](2156530 "")

[Tak Macho, Peter Crouch Ternyata Takut Hamster Mungil](2156451 "")

[Tanda-tanda Kepindahan Messi ke Chelsea Makin Menguat  ](2156736 "")

 

Pengacara Siap Bela Keluarga Korban AirAsia Dapatkan Asuransi

Posted: 05 Jan 2015 09:00 PM PST

Sejumlah pertanyaan mengenai polis asuransi keluarga korban kecelakaan pesawat AirAsia QZ8501 kian merebak setelah pihak berwenang mengklaim penerbangan tersebut telah melanggar prosedur yang berlaku.

Meski demikian, beberapa pengacara asal Malaysia menegaskan, para keluarga korban tetap berhak mendapatkan asuransi meski hasil investigasi menunjukkan penerbangan dilakukan tanpa izin.

Persoalannya saat ini adalah siapa yang akhirnya harus menanggung seluruh kompensasi tersebut.

Seperti dikutip dari The Malay Mail Online, Selasa (6/1/2015), pengacara di bidang hukum penerbangan dan maritim asal Malaysia Jeremy Joseph mengatakan, di bawah Warsaw Convention, tanggungan minimum untuk penerbangan internasional berjumlah senilai US$ 160 ribu per penumpang.

Dia mengatakan, jika penerbangan dilakukan tanpa izin dan melanggar standar prosedur yang berlaku, maka pihak keluarga justru dapat menuntut jumlah santunan yang lebih besar.

"Warsaw Convention adalah polis publik dan jika terbukti maskapai melanggar aturan, maka keluarga dapat menuntut kompensasi yang lebih besar," tuturnya.

Pengacara di ChooI & Company, Malaysia, Alwin Rajasurya mengatakan, jika penerbangan dilakukan tanpa izin, perusahaan asuransi maskapai bisa jadi tidak memberikan kompensasi pada keluarga. Jika terbukti melanggar, maskapai yang harus menanggung jatah kompensasi tersebut.

"Keluarga korban akan mendapatkan kompensasinya. Sekarang tinggal siapa yang harus membayarnya. Itu akan tergantung pada kesepakatan antara maskapai dan perusahaan asuransi saat investigasi kasus selesai," ungkap Alwin.

Alwin menjelaskan, para penumpang yang membeli tiket pesawat tentu saja tidak tahu bahwa penerbangannya melanggar aturan. Artinya, tidak ada alasan untuk menarik klaim asuransi korban.

"Jika perusahaan asuransi menarik polisnya karena pembelian tiket ilegal, keluarga dapat melakukan klaim pada maskapai," jelasnya.

Sementara itu, seorang konsultan hukum dari sebuah perusahaan asuransi mengatakan, polis bagi keluarga korban tewas akan tetap diberikan meskipun investigasi pelanggaran aturan penerbangan berjalan.

Puluhan Artis Ramaikan Konser Raya 20 Tahun Indosiar

Posted: 05 Jan 2015 08:55 PM PST

Sejumlah pengisi acara HUT Indosiar seusai konferensi pers di SCTV Tower, Senayan, Jakarta, Senin (5/1/2015). (Liputan6.com/Faisal R Syam)

Scarlett Johansson Bintangi Adaptasi Manga Ghost in the Shell

Posted: 05 Jan 2015 08:50 PM PST

Proyek film adaptasi anime Ghost in the Shell yang kini tengah digarap DreamWorks, baru saja menyebut nama aktris Hollywood populer untuk terlibat di dalamnya. Ia adalah Scarlett Johansson yang tengah terlibat franchise film superhero Marvel Studios.

Dilansir dari Variety melalui Ace Showbiz, Senin (5/1/2014), bintang Black Widow di The Avengers itu, dikabarkan bakal memerankan Mayor Motoko Kusanagi, agen rahasia yang melawan kejahatan teknologi di dunia futuristik cyberpunk.

Dalam manga maupun anime, Mayor Motoko Kusanagi digambarkan sebagai tokoh utama yang merupakan sesosok manusia sibernetik setengah robot yang bertugas sebagai pemimpin pasukan Keamanan Publik Seksi 9.

Film live-action perdana ini, aslinya berasal dari manga Ghost in the Shell karya Masamune Shirow pada 1989. Anime layar lebar berjudul sama dirilis pada 1995. Lokasinya berkisah pada tahun 2029 dan berkisar pada aksi Mayor Motoko serta timnya dalam melakukan kegiatan perang cyber anti teroris untuk mempertahankan Jepang di era futuristik.

Rupert Sanders (Snow White and the Huntsman) rencananya bakal duduk di bangku sutradara dengan naskah yang digarap oleh Bill Wheeler. Avi Arad dan Steven Paul memegang jabatan sebagai produser.

Namun belum ada rincian mengenai jadwal rilis maupun konsep yang akan ada di film adaptasi Ghost in the Shell. Hal-hal seperti lokasi yang berada di Tokyo atau nama karakter utamanya Motoko Kusanagi, belum diketahui apakah tetap sesuai dengan aslinya atau akan ada banyak perubahan.

Pada Oktober 2013 lalu, aktris yang akrab disapa ScarJo itu ditawari bayaran sebanyak USD 10 juta (Rp 126,5 miliar) untuk tampil sebagai Motoko Kusanagi. Sebelumnya, peran ini hampir jatuh ke tangan Margot Robbie yang pada akhirnya lebih memilih Suicide Squad, proyek superhero DC Comics garapan Warner Bros.

Scarlett Johansson akan tampil di film superhero Avengers: Age of Ultron, proyek Marvel Studios-Disney terdekat yang bakal dirilis 1 Mei 2015 mendatang. Ant-Man menutup tahap kedua franchise untuk tayang pada 17 Juli 2015. (Rul/Ade)

Tidak ada komentar: