Minggu, 11 Januari 2015

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Cegah Flu Burung, Kandang Unggas Disemprot Massal

Posted: 11 Jan 2015 09:20 PM PST

Ribuan burung puyuh mati mendadak diketahui positif terkena flu burung (H5N1) atau Avian Influenza (A1). Hal ini membuat Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan (Diskepenak) Kulonprogo melakukan penyemprotan di Pedukuhan Sedan Desa Sidorejo Kecamatan Lendah.

Kabid Kesehatan Hewan Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Kepenak) Kulonprogo Drajat Purbandi mengatakan penyemprotan yang dilakukan di Lendah ini merupakan penyemprotan massal yang bertujuan untuk mencegah penularan hewan ke manusia. Penyemprotan ke kandang unggas milik warga ini menggunakan desinfektan. Khusus penyemprotan hari ini Kepenak telah menyiapkan 10 liter desinfektan untuk menyemprot seluruh tempat yang memelihara unggas di wilayah terkena flu burung.

"Kita sedang penyemprotan di Sidorejo Lendah secara massal. Harapannya nanti diteruskan oleh masyarakat sesuai dengan desikfektan yang kita bagi jadi tidak setiap hari kita lakukan massal terus. Jadi ini memberitahukan ke masyarakat untuk meningkatkan awareness bagi masyarakat," ujar Drajat Senin (12/1/2015).

Drajat menekankan kegiatan penyemprotan ini ditujukan kepada warga yang memelihara unggas khususnya masyarakat umum. Tidak hanya bagi peternak unggas namun juga warga yang memiliki unggas seperti ayam. Pasalny warga di Sidorejo Lendah 80% nya memelihara unggas.

"Di Sidorejo Lendah ada 3 peternak puyuh,  tapi yang memelihara unggas lain ada juga. Soalnya 80 persen warga di sini memelihara unggas seperti pitik (ayam) entok (mentok) jadi yang terutama ya warga terutama yang punya puyuh," ujar Drajat.

Drajat mengatakan usai ditemukan kasus flu burung di Lendah pada Senin (5/1) pekan lalu hingga saat ini belum ditemukan lagi kasus flu burung lainnya di Kulonprogo. Untuk mencegah penyebaran virus flu burung, pihaknya sudah menyiapkan desinfektan bagi masyarakat yang membutuhkan bahan kimia ini di tempatnya.

"Tidak ditemukan kasus lagi. Jadi kita ingin kesadaran masyarakat dengan melakukan penyemprotan ini. Kita masih punya banyak selama masyarakat membutuhkan," pungkasnya.

Sebelumnya Ribuan burung puyuh mati mendadak di Pedukuhan Sedan Desa Sidorejo Kecamatan Lendah, positif terkena flu burung (H5N1) atau Avian Influenza (A1). Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan (Diskepenak) Kulonprogo memastikan itu setelah adanya hasil uji laboratorium terhadap sampel bangkai unggas ke Balai Besar Veteriner (BBVet) Wates. (Fathi mahmud)

John Legend Sabet Penghargaan Golden Globe, Istri Menangis

Posted: 11 Jan 2015 09:20 PM PST

Pada ajang bergengsi Golden Globe yang diselenggarakan di Beverly Hilton Hotel, Los Angeles pada 11 Januari 2015 waktu setempat, John Legend  and Common meraih penghargaan untuk kategori `Best Original Song` yang bertajuk Glory dari film berjudul `Selma`.

Dalam sebuah video yang disiarkan NME, terlihat percakapan untuk kolaborasi Common dan John Legend. Keduanya mengusung tema perjuangan pada masa Civil Right Movements I.

"Hari pertama aku melangkah di proses pembuatan Selma, aku merasa ini akan menjadi film yang besar," kata John di atas panggung seperti dikutip Huffington Post, Minggu (11/1/2015).

Sang istri, Chrissy Teigen terharu melihat hasil jerih payah suaminya itu. Tak kuasa, model cantik itu meneteskan air mata. Wajahnya tertegun, bergulat antara perasaan senang, bangga, dan haru.



"Orang-orang yang berjuang untuk mendapatkan haknya mungkin adalah mereka yang ditolak karena jati dirinya adalah seorang wanita kulit hitam. Atau mereka adalah pria kulit hitam yang tidak memiliki lengan, dan justru diberi senapan dan peluru. Selma telah membangkitkan rasa kemanusiaan itu," kata John yang didampingi Common.



Ini adalah penghargan pertama Common dan John Legend setelah mengalahkan nominee yang lain. Mereka adalah lagu milik Lorde "Yellow Flicker Beat" dari `The Hunger Games: Mockingjay - Part 1`, Lana Del Rey dengan "Big Eyes" dari judul film yang sama, Patti Smith and Lenny Kaye dengan "Mercy Is" dari film `Noah` dan Sia and Greg Kurstin dengan "Opportunity" dari film `Annie`

Sebelumnya pada 2014, Us dan Danger Mouse dengan "Ordinary love" meraih Best Original Song untuk soundtrack film `Mandela: Long Walk to Freedom`. (Put/Ade)

Harga Minyak Turun, Ekonomi Asia Tak Nikmati Untung Besar?

Posted: 11 Jan 2015 09:18 PM PST

Harga minyak yang merosot tajam saat ini dipercaya para analis dapat berdampak positif bagi perekonomian di sebagian besar negara Asia yang berperan sebagai importir minyak.

Faktanya, penurunan harga minyak tidak berhasil melambatkan aliran dana keluar atau meningkatkan proyeksi pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia.

Mengutip laman CNBC, Senin (12/1/2015), selama sepekan terakhir, para investor asing telah menarik dana sekitar US$ 2,16 miliar ke luar dari kawasan Asia Pasifik dan fokus pada perdagangan saham. Kondisi tersebut tetap terjadi di tengah penurunan harga minyak yang menyentuh level terendah sejak April 2009.

Kemerosotan harga minyak juga telah terjadi selama tujuh pekan berturut-turut. Selama ini, penurunan harga minyak selalu dianggap positif bagi perekonomian Asia di mana sebagian besar negara di kawasan tersebut berperan sebagai importir.

"Ini memang menguntungkan bagi Asia. Tapi manfaatnya tidak dapat dirasakan secara langsung seperti yang banyak dipikirkan para pelaku pasar," ungkap Chief Investment Officer untuk Pasicif Basin, AllianceBernstein, Stuart Rae.

Dia juga mencontohkan kebijakan subsidi minyak di Indonesia. Pemerintah Indonesia telah mampu memangkas subsidi minyaknya dan menghemat sekitar 2 persen dari produk domestik bruto (PDB).

Sebagian dari hasil penghematan subsidi itu akan digunakan untuk mengembangkan infrastruktur. "Tapi bagi para konsumen, mereka tidak melihat keuntungan tersebut," ujar Rae.

HSBC juga mencatat bahwa rendahnya harga minyak dan harga komoditas lain tidak seluruhnya menguntungkan bagi perekonomian ASia. Para analis di HSBC juga menyebutkan jatuhnya harga minyak tidak akan membantu menguatkan saham para importir minyak di Asia.

"Sementara harga minyak mentah membantu sebagian negara Asia, tapi tidak dengan Australia dan Selandia Baru. Pengeluaran modal di sektor energi juga masih berada di bawah tekanan," seperti tertera dalam laporan HSBC.

Pihaknya juga menjelaskan, Asia merupakan importir minyak besar, tapi sektor energi dan materian hanya bernilai sekitar 15 persen dari seluruh pendapatan. Sementara bagi sektor lain, dampak positif dirasakan pada total pendapatan yang lebih tinggi. (Sis/Nrm)

UEU Putra dan UPH Putri Juara LIMA Basket Jakarta

Posted: 11 Jan 2015 09:18 PM PST

Tim putra Universitas Esa Unggul (UEU) berhasil menjadi juara di Liga Mahasiswa (LIMA) Basketball regional Jakarta. Di final, UEU menggebuk Perbanas dengan kemenangan tipis 66-63 di GOR Rawamangun, Minggu (11/1/2015).
 
Duel final untuk kategori putra sudah berlangsung seru sejak menit awal. Kedua kubu unjuk aksi tembakan tiga angka yang membuat penonton turut terhibur.  Rahul Tamara Putra yang diandalkan Perbanas sebagai shooter seolah-olah ditantang  jago shooter UEU Ferry Pangihutan. Mereka berdua seperti berbalas tembakan tiga angka.  

Di kuarter pertama ini skor terus imbang mulai dari 16-16, 19-19, hingga 21-21. UEU baru bisa menjaga jarak poin jauh di kuarter ketiga dengan unggul 53-49.  Namun pada kuarter akhir,  Perbanas kembali mempersempit jarak. Namun berkat permainan yang konsisten, UEU akhirnya berhasil mempertahkan keunggulan hingga peluit akhir berbunyi.

“Hari ini anak-anak mainnya bagus dan good defence makanya kita bisa raih kemenangan,” ungkap Dewah Wiratno kapten tim UEU seperti rilis yang diterima Liputan6.com. Dewah juga berharap timnya terus konsisten agar bisa meraih juara di LIMA National Basketball tahun ini.

UEU juga meraih penghargaan lewat Grahita Abraham Damar yang meraih Most Valuable Players (MVP) putra. Sedangkan dari tim putri pemain UPH Rohtiastari yang meraih gelar MVP.

Lanjut ke halaman berikutnya untuk kategori Putri----->

Dari  pertandingan putri, Universitas Pelita Harapan (UPH) sukses  merebut juara setelah mengalahkan UEU juga dengan skor ketat 63-60. Bagi UPH ini sekaligus pembalasan atas kekalahan yang dialami dari lawan yang sama pada seri 2 babak reguler November lalu. Saat itu UEU menang dengan skor 68-58.

UPH sempat unggul jauh di kuarter pertama dengan 20-10. Namun dengan determinasi tinggi, UEU perlahan mengejar poin demi poin. Di kuarter kedua UEU menempel ketat UPH dengan selisih satu poin, 27-28. Sang kapten UEU Sari Dewi Fitryana tampil dengan stamina yang luar biasa dengan berulang kali melakukan intercept lalu sprint.

Sari Dewi dan Yosiana Rosemary kompak menyumbang 14 angka untuk timnya. Tertinggal 44-46 UEU akhirnya bisa menyamakan kedudukan 51-51 dan berbalik unggul di half time kuarter keempat dengan 54-53 lewat tembakan three points dari Sari Dewi.

Ketinggalan angka dari UEU tidak membuat konsentrasi tim UPH berkurang. UPH terus menyerang untuk bisa unggul kembali. Keberuntungan berada di pihak UPH, di 15 detik terakhir, UPH mendapatkan free throw sehingga skor 60-63. Di satu detik terakhir UEU mencoba tembakan three point lewat Yosiana Rosemary untuk menyamakan kedudukan.

Sayangnya, tembakan itu gagal dan skor tetap tidak berubah. UPH keluar sebagai pemenang.

Berikut hasil pertandingan final playoffs regional Jakarta:

Final

UPH vs UEU (putri): 63-60 (Juara )
UEU vs Perbanas (putra): 66-63 (Juara )

Perebutan Tempat Ketiga

Untar vs Perbanas (putri) : 40-61 ( Peringkat 3)

UPH vs Unsada (putra): 76-73 (Peringkat 3)

Sexpedia: Tanda Perempuan Tidak Perawan

Posted: 11 Jan 2015 09:15 PM PST

Adakah tanda khusus pada perempuan yang tidak perawan dan pria yang tidak perjaka? Lebih penting mana pasangan yang masih perawan atau pasangan yang sudah mahir bercinta?

Jika Anda begitu penasaran dengan jawaban akan pertanyaan tersebut, tenang karena Psikolog Seksual Zoya Amirin M.Psi menjawab segala kegundahan Anda dalam Sexpedia episode Senin, (12/1/2015).

 

Berikut Videonya:

Penertiban Bangunan Liar di Waduk Pluit

Posted: 11 Jan 2015 09:13 PM PST

Situasi penertiban pemukiman di pinggir Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta, Minggu (11/1/2015). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Untuk Kali Pertamanya, Kroasia Dipimpin Seorang Perempuan

Posted: 11 Jan 2015 09:13 PM PST

Sejarah baru tercipta di Kroasia. Negara pecahan Yugoslavia ini untuk pertama kalinya dipimpin oleh seorang perempuan. Kolinda Grabar-Kitarovic, namanya, menjadi presiden setelah unggul dalam penghitungan suara pemilihan presiden.

Tokoh dari kaum konservatif itu, berdasarkan keterangan Komisi Pemilihan Umum Kroasia, mendapat suara sebanyak 50,4 persen dari 99 persen suara yang sudah dihitung. Dirinya hanya ungul tipis dari Presiden petahanana atau incumbent Ivo Josipovic yang mendapat 49, 6 persen.

"Ayo kita sama-sama bekerja," ucap Grabar-Kitarovic singkat kepada para pendukungnya seperti dikutip dari New York Times, Senin (12/1/2015).

"Pekerjaan sulit menanti kita di depan. Mari kita bersatu, mari kita satukan patriotisme kita untuk tanah tercinta dan rumah kita Kroasia," sambung dia.

Selain dikenal sebagai tokoh konservatif, Grabar-Kitarovic adalah mantan asisten Sekretaris NATO dan eks Duta Besar Kroasia untuk AS serta pernah menjadi Menteri Luar Negeri.

Dengan menduduki jabatan Presiden, perempuan 46 tahun ini harus menyelesaikan setumpuk pekerjaan rumah. Pasalnya, Kroasia yang baru bergabung dengan Uni Eropa tersebut merupakan salah satu negara dengan perekonomian terlemah di Benua Biru. (Ger)

Johnny Depp & Amber Heard Berciuman Mesra di Red Carpet

Posted: 11 Jan 2015 09:10 PM PST

Jika Benedict Cumberbatch membuat berita heboh sekitar seminggu sebelum ajang Golden Globe dengan kehamilan tunangannya, Sophie Hunter, Johnny Depp dan Amber Heard juga membuat kaget orang-orang di malam sebelum acara besar itu.

Keduanya berciuman di Red Carpet Art of Elysium Heaven Gala yang diselenggarakan sehari sebelum Golden Globe Awards 2015 di Los Angeles. Depp dan Heard tampak begitu spontan melakukannya di depan umum.



Dikutip Celebuzz, Minggu (11/1/2015) Johnny Depp dan Amber Heard memang sedang gencar dikabarkan mengalami keretakan rumahtangga. Namun hal itu tak ditanggapi oleh keduanya.

Mereka seperti menjawab pertanyaan media dan orang banyak tentang masalah itu. Depp dan Heard tampak tak ragu mempertemukan bibir mereka di hadapan banyak orang yang ada di Hanger 8, Los Angeles. Ciuman mesra itu berlangsung cukup lama, sampai banyak orang mengabadikan gambarnya.

Heard mengenakan gaun Dior vintage berwarna krem  dan sepatu Christian Louboutin, sedang pemain Pirates of Carribean itu memakai jas hitam dengan banyak kalung rantai. (Put/Ade)

 

Messi Pindah ke Chelsea? Bagaimana Superstar Barca Menjawabnya

Posted: 11 Jan 2015 09:08 PM PST

Bintang Barcelona, Lionel Messi, akhirnya angkat bicara soal kisruh dan rumor yang menderanya dalam beberapa pekan terakhir. Messi dengan tegas mengatakan kabar negatif tentang dirinya itu adalah kebohongan.

“Saya tidak menuntut apapun agar tetap bertahan, karena saya tidak punya niat untuk meninggalkan klub,” ujar sang superstar kepada Barca TV.

Menurut Messi, kabar rivalitas antara dirinya dengan pelatih Luis Enrique juga tidak benar. "Mereka [media] harusnya tidak melempar kotoran kepada kami. Kami hanya ingin meraih prestasi bersama klub.”

Messi juga menanggapi laporan yang mengatakan ayahnya telah berbicara dengan Manchester City atau dengan Chelsea. Semuanya itu bohong, bohong!” tegasnya.

Messi belakangan disebut-sebut menjadi pemicu kekacauan di tubuh internal Barca selepas tak diturunkan sebagai starter dalam kekalahan 0-1 dari Real Sociedad.

Pemain asal Argentina ini juga dilaporkan memiliki hubungan tak baik dengan Enrique. Kondisi ini memunculkan rumor yang mengatakan bahwa Messi siap meninggalkan Camp Nou untuk bergabung ke Chelsea atau Manchester City.

Messi bahkan dikabarkan sempat meminta presiden Josep Maria Bartomeu untuk memecat Enrique. Hal ini diperparah dengan perginya direktur olahraga klub, Andoni Zubizarreta dan Carles Puyol.

 

Baca Juga:

Taklukkan MU, Koeman: Kami Tak Takut Siapapun!

Kabur dari Old Trafford, Masa Depan Falcao Bersama MU Diragukan?

5 Data dan Fakta Menarik Usai MU Takluk dari Soton

Warga Antusias Lihat Ekor Pesawat AirAsia QZ8501

Posted: 11 Jan 2015 09:06 PM PST

Warga menyaksikan bangkai ekor dari Pesawat AirAsia QZ8501, di Pelabuhan Panglima Utar, Kalteng, Minggu (12/01/2015). (Liputan6.com/Andrian M Tunay)

Tidak ada komentar: