Sabtu, 17 Januari 2015

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Para Terpidana Mati Kasus Narkoba Tunggu Giliran Dieksekusi

Posted: 17 Jan 2015 09:16 PM PST

Kejaksaan Agung baru mengeksekusi mati 6 terpidana mati kasus narkoba. Jaksa Agung HM Prasetyo menegaskan, pihaknya dalam waktu dekat akan kembali mengeksekusi terpidana mati lainnya.

‎"Semua segera dilaksanakan setelah masalah hukum tuntas," tegas Prasetyo, di Kejaksaan Agung, Jakarta, Minggu (18/1/2015).

Namun sebelum proses eksekusi mati berlangsung, Jaksa Agung memastikan hak hukum terpidana tidak tercederai. Selain itu, pengajuan grasi masih diperbolehkan dan hak presiden untuk menolak atau menerima.

Prasetyo menggarisbawahi, bila seorang terpidana mengajukan grasi, artinya orang tersebut telah mengakui kesalahannya dan meminta pengampunan.

"(Upaya dan hak hukum) Akan kita cermati lagi. Acuan kita ketika sudah ajukan grasi maka yang bersangkutan mengaku diri bersalah dan mohon ampun, tak perlu lagi dia ajukan upaya hukum lain. Kita anggap semua selesai dan bisa dilaksanakan," tegas Prasetyo.

Prasetyo melanjutkan, pemberitahuan lokasi dan waktu pelaksanaan eksekusi sudah sesuai aturan berlaku. Hal ini demi memperlihatkan Kejaksaan Agung melakukan hukuman ini dengan proses transparan.

"(Pers) Anda yang kejar beri informasi, saya kira tak salah. Saya mau masyarakat tahu kita lakukan secara transparan tak secara tersembunyi, sudah dilakukan sesuai ketentuan UU. Ini sinyal dan pesan bahwa kita tak main-main dengan kejahatan narkotika," tandas Prasetyo.

Mantan politisi Nasdem ini menambahkan, tak mau ada gelombang eksekusi mati. Indikator keberhasilan negara memerangi kejahatan narkoba adalah meminimalkan hukuman eksekusi mati.

‎"Kita berharap tak ada gelombang, kalau banyak akan mabok. Tidak banyak itu, penanggulangan narkotika baik dan makin berkurang," ungkap dia.

Usai mengeksekusi mati 6 terpidana mati narkoba, kini kata Badan Narkotika Nasional (BNN), masih ada sekitar 66 terpidana mati kasus narkotika sedang menunggu jadwal untuk dieksekusi.

Berdasarkan data dari BNN, dari jumlah itu, 39 orang merupakan Warga Negara Asing (WNA) dan sisanya Warga Negara Indonesia. Terpidana WNA didominasi dari Afrika dan Asia, dengan jumlah terbanyak pemegang paspor Nigeria dan Malaysia, masing-masing enam orang.

Kejaksaan Agung mengeksekusi 6 terpidana mati pada Minggu 18 Januari dini hari. Lima terpidana mati dieksekusi di Pulau Nusakambangan, Cilacap, dan 1 lainnya di Boyolali, Jawa Tengah. (Sun/Yus)

Pelatih Arema: Jangan Remehkan Cristian Gonzales!

Posted: 17 Jan 2015 09:15 PM PST

Pelatih Arema Cronus Suharno mengaku tak pernah meragukan kemampuan Cristian Gonzales. Menurutnya, suatu kesalahan besar jika musuh meremehkan ketajaman pemain berjuluk El Loco tersebut.
 
Gonzales sudah berusia 38 tahun. Usia ini cukup tua untuk ukuran striker. Namun, Suharno menegaskan dirinya masih percaya pada mantan bomber Persib Bandung tersebut.
 
"Gonzales masih pantas jadi striker utama, walaupun dia tidak muda lagi. Di timnas Indonesia dia juga masih dipakai," kata Suharno.
 
"Kondisi Gonzales bagus. Jika tidak bagus, tidak mungkin kita pertahankan. Kita juga harapkan dia bisa bimbing pemain-pemain muda Arema."
 
Gonzales sudah dua musim membela Singo Edan. Ia mencetak 33 gol dalam 57 laga.
 
Gonzales akan diandalkan Arema di turnamen Surya Citra Media (SCM) Cup 2015. Pada laga perdana, Singo Edan akan bentrok dengan Mitra Kukar di Stadion Kanjuruhan, Minggu, 18 Januari 2015.
 

Nama-nama Bayi yang Dilarang di 10 Negara

Posted: 17 Jan 2015 09:15 PM PST

Di Indonesia, nama adalah doa. Beberapa orang tua berusaha memberi nama anak-anaknya seunik mungkin, sehingga tidak pasaran. Nama anak juga memperlihatkan identitas asal atau keturunan.

Beberapa orang tua yang terlalu kreatif, memberi nama-nama anaknya sangat unik dan satu-satunya di dunia. Namun karena beberapa alasan nama itu dilarang oleh negara.

Berikut 10 nama bayi yang dilarang di beberapa negara:

1. Selandia Baru

Departemen dalam negeri sejak 2001 melarang penggunaan nama bayi yang berhubungan dengan jabatan dalam pemerintahan. Beberapa nama yang dilarang itu misalnya major, duke, princess

2. Swedia
Seorang warga memberi nama anaknya Brfxxccxxmn-pcccclllmmn-prxvclmnck-ssqlbb11116, sebagai bentuk protes kepada negara yang membatasi penggunaan nama oleh warganya. Nama yang dilafalkan sebagai “Aliiin” ini dilarang dipakai. Di Swedia pemberian nama depan dan nama belakang harus diajukan ke pihak yang berwenang untuk disetujui. Nama seperti IKEA, Metallica dilarang. Namun “google” masih bisa dipakai.

3. Malaysia

Negara yang mayoritas warganya muslim ini melarang penggunaan nama bayi “violet”. Di Malaysia orang tua tidak boleh menamai anaknya dengan nama-nama yang berkaitan dengan unsur binatang, serangga, buah, sayuran dan warna-warna.

4. Jerman

Buku tutorial pemberian nama untuk anak melarang orang tua menggunakan kata-kata yang berhubungan dengan kekejian dan kejahatan saat menamai anaknya. Nama Hitler dilarang, begitu juga Osama bin Laden,Kennedy, Taylor, Riley dan Quinn. Penamaan anak juga harus mengacu pada gender yang jelas. 

5. Portugal

Di negeri ini, nama Monalisa adalah salah satu nama yang ada di daftar nama yang dilarang digunakan. Monalisa mengacu pada lukisan perempuan yang tersenyum misterius karya Leonardo Da Vinci. Begitu juga nama Pablo, Nirvana dan Olaf

6. Arab Saudi

Di negara ini nama-nama seperti Elaine, Laura, Sandy  dilarang karena berhubungan dengan kerajaan, bukan bahasa arab asli dan islami dan dianggap menggangu sesnsibilitas kereligiusan.

7. Belgia

Orang tua di sini dilarang menamai anaknya Jerusalem, namun nama Bethlehem diperbolehkan, seperti nama-nama lain yang ada di daftar

8. Jepang

Tak ada di negeri matahari terbit ini anak yang bernama Akuma. Karena nama yang artinya setan itu dilarang disini.

9. Meksiko

Negeri ini melarang penggunaan nama Rambo untuk bocah-bocah yang baru lahir.  Ada 61 nama anak yang berhubungan dengan karakter fiksi yang dilarang di Meksiko. Nama lain yang dilarang tersebut adalah James Bond dan Harry Potter. 

*Sumber: therich.com

Top 5: Cara Gratis Hemat Memori Gadget Bikin Penasaran

Posted: 17 Jan 2015 09:11 PM PST

Gadget yang kita miliki umumnya dilengkapi fitur multimedia yang aktif menghasilkan data berukuran cukup besar. File berukuran besar tentu akan dengan mudah membuat ruang penyimpanan penuh dan sesak. Kartu memori dan ruang penyimpanan awan jadi solusi kebutuhan kapasitas penyimpanan supaya file-file dari perangkat gadget bisa terpenuhi.

Artikel ini paling banyak diburu pembaca di kanal Tekno Liputan6.com kemarin, Sabtu (17/1/2015). Apalagi berita terpopuler kemarin? Simak rangkuman Top 5 Berita Terpopuler Tekno di bawah ini.

1. Hemat Memori Gadget Pakai Layanan Cloud Gratis

File berukuran besar tentu akan dengan mudah membuat ruang penyimpanan penuh dan sesak. Kartu memori dan ruang penyimpanan awan jadi solusi kebutuhan kapasitas penyimpanan supaya file-file dari perangkat gadget bisa terpenuhi. Berikut ini beberapa layanan cloud computing yang bisa dimanfaatkan sebagai media penyimpanan mobile bagi pengguna perangkat mobile yang aktif.

2. Pria Lamar Kekasih Pakai 3D Printing & Pesawat Tanpa Awak

Banyak cara kreatif yang bisa dilakukan seorang pria untuk menaklukkan hati sang pujaan hati. Namun cara yang satu ini berbeda dengan yang lain, di mana pria bernama Sefi melamar kekasihnya, Tania, menggunakan proses 3D printing untuk membuat cincin dan pesawat tanpa awak.

3. Google Resmi Hentikan Pengembangan Google Glass

Google Glass adalah salah satu proyek inovasi kembangan Google yang cukup menarik perhatian para penggiat teknologi dunia. Namun, setelah pemasarannya sempat tertunda pada tahun 2014 lalu, proyek kacamata pintar inovatif itu seakan tak lagi terlalu diperhatikan. Ternyata, Google diam-diam telah memutuskan untuk tidak lagi mengembangkan Google Glass.

4. Ini Jadinya Bila PS4 & Xbox One Dimodif jadi Satu Perangkat

Mengapa harus memilih Xbox One dan PS4 ketika Anda dapat memiliki keduanya? Kini ada konsol game bernama `PlayBox`, sebuah laptop kustom yang berhasil mencangkokan Xbox One dan PS4 ke dalam satu perangkat 22 inci dengan layar full HD 1080p.

5. 10 Board Game Pilihan Untuk Anak Anda

Di jaman yang serba canggih ini, banyak sekali game yang menyajikan gameplay yang rumit. Bahkan anak-anak pun ikut-ikutan untuk memainkan game tersebut. Mungkin sekarang saatnya Anda kembali mengajak anak-anak untuk memainkan permainan jadul (jaman dulu) berupa board game (permainan yang berbentuk papan) yang konon bisa 'menahan' mereka dari godaan TV dan gadget. 

(dhi/dew)

Main Bagus, Evan Dimas Justru Belum Nikmati Laga

Posted: 17 Jan 2015 09:04 PM PST

Gelandang muda Persebaya Surabaya Evan Dimas mengaku sangat senang bisa bermain melawan Semen Padang, Sabtu (17/1/2015). Namun mantan kapten timnas U-19 itu mengaku masih ada ganjalan saat bermain.
 
Persebaya menang tipis 1-0 atas Semen Padang melalui gol yang dicetak Ilham Udin Armaiyn. Menariknya, pelatih Persebaya Ibnu Grahan tak ragu menurunkan Evan meski harus bertarung dengan pemain senior lawan seperti Esteban Vizcarra, Yu Hyun Koo, dan Hendra Adi Bayau.
 
"Saya belum bisa menikmati pertandingan, tapi kita harus bersyukur karena sudah mendapat hasil baik," ujar Evan pada Liputan6.com usai pertandingan.
 
"Ya saya senang bermain dengan para pemain yang lebih senior, seru," kata Evan menambahkan.

Kemenangan atas Semen Padang membuat Persebaya menjadi pemuncak klasemen sementara Grup A SCM Cup 2015. Pada laga selanjutnya, Senin (19/1/2015), Tim Bajul Ijo akan menantang Persija Jakarta.

Mengenal Ian Callum, Sosok di Balik Bodi Seksi Jaguar!

Posted: 17 Jan 2015 09:03 PM PST

"Saya selalu percaya bahwa desain yang bagus berawal dari dua atau tiga garis," cerita Ian Callum sekaligus menjelaskan pakem yang selalu ia aplikasikan dalam menghasilkan desain-desain elok mobil Jaguar.

Dengan setelan kaus abu-abu dan mengenakan topi hitam berlogo pabrikan mobil mewah kenamaan. Ia melempar senyum sembari melipat tangannya ke arah mata kamera.

Saat ini, ia tak pernah lepas dari buruan para pewarta. Pertanyaan hingga kritikan pun acapkali ia terima ketika sukses menggarap mobil baru Jaguar.

Dulu, tak banyak yang tahu siapa itu Ian Callum. Kiprahnya di ranah otomotif langsung bersinar kala dirinya gabung ke pabrikan Amerika, Ford.

Merintis karir di Ford, Callum hanya mendapat kesempatan di proyek-proyek kecil. Kemudian, ia pun mulai dilibatkan untuk menggarap beberapa model yang saat ini menjadi produk flagship, Fiesta.

Lama kelamaan, bakatnya mulai bersinar. Ia secara khusus dipercaya untuk menggarap RS200 dan Escort RS Coswortg bersama rekannya Peter Horbury. Kemudian, Callum pun ditunjung sebagai Design Manager dan bertanggung jawab atas Ghia Desigen Studio di Turin dan bekerja pada proyek mobil konsep Via, Zig, dan Zag.

>>Klik laman berikutnya!

-- Keluar dari Ford

11 tahun bisa dikatakan waktu yang cukup bagi pria berbintang Leo ini untuk keluar dari lingkungan korporasi dan bergabung bersama Peter Stevens dan Tom Walkinshaw pada tahun 1990.

Melalui dua orang kawannya, Callum melalui TWR Design mulai merancang mobil-mobil mewah. Tercatat ia menjadi sosok di balik lahirnya Aston Martin DB7. Tak cuma itu ia pun turut menggarap beberapa proyek untuk Aston Martin Vanquish, DB7 Vantage dan mobil konsep Project Vintage.

Tak cuma Aston Martin, di TWR Design Callum yang menjabat Chief Designer turut menuangkan kreatifitas di beberapa mobil berbendera Volvo, Mazda, dan HSV.

Di tahun 1995, kepiawaiannya dalam mencetak Aston Martin DB7, Callum pun menyabet Jim Clark Memorial Award pada. Tiga tahun berselang ia pun kembali mendapat kepercayaan untuk merancang Nissan R390.

>>Klik laman berikutnya!

-- Berlabuh ke Jaguar karena 'Ford'

Pada tahun 1990, Ford Motor Company yang menjadi induk Jaguar menggunakan jasa Callum untuk merancang mobil mewah. Pada 1999, ia diminta untuk mengisi posisi Design Director Jaguar menggantikan posisi Geoff Lawson.

Pada masa awal, Callum dilibatkan dalam pengerjaan mobil Jaguar dan Aston Martin. Ia pun disebut-sebut membuat sketsa awal model DB9 untuk kemudian dirampungkan oleh Henrik Fisker.

Hingga akhirnya, bayang-bayang Lawson ia hilangkan di budaya desain Jaguar dengan memproduksi mobil uang lebih tradisional seperti X-Type, S-Type, dan XJ dengan wajah baru.

Kemudian karyanya berlanjut ke model XK pada 2006 yang dideskripsikan Callum sebagai kendaraan yang mengedepankan aspek keamanan.

Tak puas, ia pun melanjutkan sihirnya di model XF pada 2008 yang diketahui sebagai tangan dingin Callum di masa kepemimpinannya di Jaguar.

"Jaguar harus dianggap sebagai mobil keren dan menarik," tuturnya seperti dilansir dari Caranddriver.

Weekly Top 5 Bisnis: Lotre Terbuang di Tong sampah Jadi Hits

Posted: 17 Jan 2015 09:02 PM PST

Memenangkan lotre dengan hadiah triliunan rupiah selama ini mampu mengubah orang biasa menjadi miliarder dalam waktu singkat. Sayangnya, seorang wanita asal Inggris tak pernah mengalami kejadian manis tersebut bahkan saat deretan angka lotrenya cocok dengan angka yang memenangkan undian saat itu.

Hal itu terjadi karena suami dari wanita tersebut membuang tiket aslinya ke tempat sampah tanpa menyadari bahwa deretan angka di kertas itu dapat menjadikan keduanya kaya raya dalam sekejap.

Informasi mengenai pasangan yang tak gagal menjadi milarder tersebut banyak menarik perhatian di kanal bisnis selama seminggu kemarin.

Selain itu ada beberapa artikel lain yang juga menarik perhatian pembaca. Berikut lima artikel terpopuler di kanar Bisnis Liputan6.com selama sepekan ini:

1. Hadiah Lotre Rp 2,28 Triliun Musnah di Tong Sampah

Pada 2010, pasangan asal Inggris membuat kesalahan menyedihkan saat sang istri ternyata memenangkan jackpot senilai US$ 181 juta atau Rp 2,28 triliun (kurs: 12.587/US$) tapi tak bisa memilikinya. Pasalnya, suami wanita tua tersebut membuang tiket aslinya ke tempat sampah tanpa menyadari bahwa deretan angka di kertas itu dapat menjadikan keduanya kaya raya dalam sekejap.

2. Harga BBM Premium Turun Jadi Rp 6.600, Solar Rp 6.400 per Liter

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengumumkan harga BBM premium dan solar turun. Kali ini harga harga bahan bakar minyak (BBM) premium turun menjadi Rp 6.600 per liter dan solar Rp 6.400 per liter. Artinya, harga BBM premium turun sebesar Rp 1.000 per liter, dan solar turun Rp 850 per liter. Ini diumumkan Presiden Jokowi di halaman Istana, Jumat (16/1/2015).

3. Harga BBM Baru Berlaku 19 Januari 2015, Ini Alasannya

Menurut Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, harga baru premium dan solar baru berlaku mulai Senin, 19 Januari 2015 agar para pengusaha Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) tidak mengalami kerugian.

4. Tenggelamkan Kapal Pencuri Ikan, Menteri Susi Dapat Surat Kaleng

Tindakan tegas yang ditunjukkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam menangani tidak pencurian ikan di perairan Indonesia rupanya menimbulkan beraga mereaksi. Bahkan Susi mengaku mendapat kiriman surat kaleng yang isinya meminta dirinya untuk mempertimbangkan kembali tindakan penenggelaman kapal yang dilakukan kepada kapal-kapal asing yang ketahuan mencuri ikan.

5. Ini Rencana Jokowi Agar Rakyat RI Sejahtera

Pemangkasan anggaran subsidi bahan bakar minyak (BBM) secara drastis melalui skema mencabut subsidi premium dan subsidi tetap bagi solar di era pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) menuai kritikan keras. Kebijakan tersebut dianggap kurang pro rakyat seperti janji kedua pemimpin ini saat kampanye. (Gdn)

FDA Peringatkan Ibu Hamil Jauhi USG Buat Kenang-kenangan

Posted: 17 Jan 2015 09:00 PM PST

Ibu hamil yang ingin melihat janin di dalam kandungannya biasanya dengan melihat di USG. Namun, belakangan ini USG kerap dikomersilkan untuk rekreasi yakni hasil USG dijadikan kenang-kenangan. Cara inilah yang mendapat peringatan dari Food and Drug Administration (FDA)

Dengan munculnya tren tersebut, FDA menganjurkan agar wanita menjauhinya.

Teknologi USG 3D/4D sering direkomendasikan dokter hanya jika mereka mencurigai ada masalah. Dengan teknologi tersebut, gambar yang dihasilkan lebih jelas dan lebih rinci dibanding pendahulunya yang 2D. Sayangnya, pengusaha mengambil keuntungan dari daya tarik tersebut.

Ultrasound merupakan alat medis yang mahal untuk memantau pertumbuhan janin, menentukan usia dan posisi, serta menilai tingkat cairain ketuban, dan melihat kemungkinan lahir cacat. Sampai saat ini memang belum diketahui bahaya untuk ibu dan bayi, tapi jika penggunaan USG di pengawasan medis.

Bulan lalu, FDA baru memperingatkan penggunaan USG untuk tujuan rekreasi. Badan ini merekomendasikan, USG hanya digunakan ketika ada kebutuhan medis dan hanya dilakukan operator terlatih di bawah pengawasan dokter.

"USG bisa memanaskan jaringan dan pada beberapa kasus, juga bisa menghasilkan gelembung yang sangat kecil (kavitasi) dalam beberapa jaringan," kata Shahram Vaezy, seorang insinyur biomedis di FDA.

Namun, efek jangka panjang dari pemanasan jaringan dan kavitasi belum diketahui.

Saat ini muncul bisnis USG komerial. Cara ini memungkinkan calon ibu membeli foto 3D dari janinnya, serta  DVD yang menunjukkan secara langsung aksi bayinya. Keluarga dan teman-teman juga bisa datang bersama di sebuah ruangan dengan kenyamanan seperti di rumah, termasuk ada televisi layar datar yang besar. Di sana calon orangtua bisa menonton secara real time bayi yang sedang menghisap jarinya, menguap, atau bahkan tersenyum.

Tapi, USG rekreasi ini bisa mengakibatkan kontak yang terlalu lama. Beberapa vendor menggunakan mesin USG selama satu jam untuk mendapatkan gambar yang bagus dan beberapa ibu sering menggunakan USG untuk melacak perkembangan bayinya.

"Selain itu, jumlah sesi atau lamanya sesi dalam pemindaian janin tak terkontrol dan meningkatkan potensi yang membahayakan janin dan akhirnya ibu," ujar Vaezy seperti dilansir Worldmag, Jumat (16/1/2015).

American Institute of Ultrasound Medicine di (AIUM) memperingatkan kemungkinan risiko dari penggunaan yang tepat dari warna, USG Doppler, atau pengaturan indeks termal atau mekanis yang berlebihan.

Meski sudah ada peringatan FDA, USG untuk kenang-kenangan masih berkembang. Peringatan itu sama sekali tak memengaruhi bisnis. Contohnya Pemilik Belly Factory di Franfort, Illinois, Dori Dunkman, menjelaskan, mereka masih memindah sekitar 250 wanita perbulannya.

Paris Hilton Pamer Belahan Dada dan Paha di Milan Fashion Week

Posted: 17 Jan 2015 09:00 PM PST

Wanita seksi selalu menjadi perhatian. Paris Hilton rupanya begitu sadar akan hal itu. Maka, dalam ajang Milan Fashion Week, wanita itu tampil seksi. Seperti diberitakan Dailymail, Sabtu (17/1/2015), Paris mengenakan baju dan akseseoris serba hitam.

Ia memamerkan belahan dada dengan gaun panjang itu. Untuk menambah perhatian ia mengenakan kalung bermanik warna hitam dan putih. Paris membiarkan belahan dadanya itu menjadi tontonan orang-orang lain yang hadir. Beberapa dari mereka lantas minta foto bareng.



Belum cukup dengan itu, Paris ternyata juga memamerkan pahanya. Roknya memang panjang dan hitam. Namun belahan rok yang berada di samping itu mencapai hampir di area miss V miliknya.

Ketika berfoto di depan kamera, beberapa orang di belakang sosialita ini tampak tersenyum nakal. Coba perhatikan. Dua pria di belakang wanita 33 tahun itu tampak mencuri-curi pandang.



Tak lupa, Paris juga mengenakan properti wajibnya, sepasang sarung tangan kulit Chanel. Rambut pirangnya yang digerai membuat penampilan Paris yang dinilai seronok ini makin mencuri perhatian. (Put/Ade)

Eksekusi Mati, Peringatan Keras Bagi Pengedar Narkoba

Posted: 17 Jan 2015 08:46 PM PST

Eksekusi mati terhadap 6 terpidana kasus narkoba yang dilakukan dini hari tadi adalah peringatan pemerintah bagi para pengedar barang haram tersebut. Seperti diungkapkan Jaksa Agung HM Prasetyo.

"Eksekusi yang dilakukan malam tadi adalah proses perjalanan terakhir atas perbuatan yang sudah dilakukan masing-masing dan wujud dari sikap tegas pemerintah Indonesia bahwa kita tak ada kompromi dengan pelaku jaringan, sindikat, dan bandar narkotika ini," kata Prasetyo di Kejaksaan Agung, Jakarta, Minggu (18/1/2015).

Dia pun mengimbau kepada semua kalangan agar turut aktif mencegah peredaran narkoba. Menurut Prasetyo, pengedaran narkotika termasuk kategori kejahatan uar biasa. Sehingga harus ditangani dengan luar biasa juga.

"Memang ada yang belum yakin betapa ini harus kita lakukan, seiring dengan berjalannya waktu, apa yang dilakukan ini tidak keliru. Banyak dukungan warga masyarakat atas penanganan perkara narkotika ini, walau masih ada yang belum paham ini demi kepentingan kita bersama," tutur dia.

‎Beberapa waktu lalu, sambung dia, Badan Narkotika Nasional (BNN) menangkap 9 pengedar asal Cina yang kedapatan membawa sabu seberat 800 kg. Prasetyo memastikan pihaknya akan menuntut agar pelaku diberikan hukum maksimal sesuai UU di Indonesia.

"Itu niscaya dan kita ada komitmen. Kejaksaan tidak akan surut untuk menuntut hukuman maksimal pada pelaku kejahatan narkotika, khususnya para pengedar, pengimpor, dan bandar. Dituntut seberat-beratnya," tandas Prasetyo.

Hormati Hukum Indonesia

5 Dari 6 terpidana yang telah dieksekusi dini hari tadi merupakan warga negara asing. Di antaranya adalah warga Brasil. Presiden Brasil Dilma Roussef dikabarkan meminta kepada Presiden Jokowi agar warganya diampuni.

Begitu juga yang dilakukan oleh Menteri Luar Negeri Belanda Bert Koenders namun tetap tak membuahkan hasil.

Jaksa Agung HM Prasetyo ‎memastikan, pada akhirnya negara asing mencoba memahami dan menghormati hukum positif yang berlaku di Indonesia. Apa yang dilakukan 2 petinggi negara asing itu, kata dia, adalah hal yang wajar, sebagai bentuk perlindungan pada warga negaranya sendiri.

"Kita bisa pahami karena ada tanggung jawab moral untuk memperhatikan dan melindungi warga negaranya. Tentu akan kembali masing-masing negara hormati hukum positif di negara masing-masing. Hukum positif di Indonesia masih perlakukan hukuman mati. Kita sudah jelaskan, dan mereka bisa mengerti apa yang jadi concern kita," tutur dia.

"Putusan sudah dijatuhkan dan berkekuatan hukum tetap, apa yang dilakukan, kita hargai itu, tapi kewajiban untuk hadapi eksekusi mati tetap harus dilaksanakan," tutur Prasetyo.

Dia menuturkan, kurir adalah alasan klasik para pelaku pengedaran narkotika. Namun, kata dia, UU menyatakan, segala perbuatan memasukkan narkotika ke Indonesia terancam hukum pidana paling berat. (Ndy/Yus)

Tidak ada komentar: