Jumat, 02 Januari 2015

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Top 5: Rekrutan Sukses MU, Gerrard Tinggalkan Liverpool

Posted: 02 Jan 2015 09:02 PM PST

Kabar soal Manchester United kembali menghiasi daftar top 5 kanal bola Liputan6.com. Kali ini yang menarik perhatian adalah berita soal 10 pembelian terbaik MU di era Sir Alex Ferguson.

Selain berita tersebut, ada empat berita lainnya yang juga laris disoroti pembaca. Berikut ulasan singkatnya:

[1. 10 Pemain Top Paling 'Maknyus' Rekrutan Ferguson di MU](2155122 "")
Sir Alex Ferguson menjadi salah satu orang yang paling berpengaruh di Manchester United. Selain memberikan banyak trofi untuk kubu Setan Merah, ia juga pernah merekrut pemain-pemain bintang ke Old Trafford Stadium.

Dari sekian banyak rekrutannya, setidaknya ada 10 pemain yang dianggap paling sukses. Mereka adalah David De Gea, Steve Bruce, Ruud Van Nistelrooy, Denis Irwin, Ole Gunnar Solskjaer, Nemanja Vidic, Roy Keane, Cristiano Ronaldo, Peter Schmeichel, dan Eric Cantona.

[2. 7 Transfer Terbaik Serie A di Bursa Transfer Januari](2155441 "")
Bursa transfer musim dingin kembali dibuka. Seluruh klub Eropa termasuk dari Liga Italia Serie A bisa melakukan aktivitas jual beli pemain sepanjang Januari hingga awal Februari 2015.

Menengok ke belakang, transfer fantastis pernah terjadi di bursa transfer musim dingin. Sejumlah klub dianggap melakukan pembelian yang tepat. Pemain-pemain seperti Mario Balotelli, Mark van Bommel, Dejan Stankovic, dan Radja Nainggolan menjadi contoh rekrutan terbaik di bursa transfer musim dingin.

[3. 4 Bintang La Liga yang Bisa Didapatkan Secara Gratis](2155415 "")
Empat pemain bintang di ajang La Liga belum memperpanjang kontraknya yang akan berakhir Juni 2015. Kondisi tersebut tentunya memberikan peluang bagi klub lain yang ingin menampungnya di musim panas nanti.

Keempatnya adalah Stephane M'Bia, Jose Antonio Reyes, Dani Alves, dan Sami Khedira. Mereka bakal berstatus bebas transfer jika sampai musim panas nanti tak juga membubuhkan tanda tangan di proposal kontrak baru.

[4. Resmi, Liverpool Lepas Steven Gerrard](2155491 "")
Liverpool akan melepas Steven Gerrard akhir musim nanti. Kedua belah pihak sepakat tidak akan memperpanjang kontrak kerja sama yang berakhir Juni 2015 mendatang.

"Ini menjadi keputusan terberat dalam karier saya. Saya mengumumkan keputusan ini sekarang agar manajer tim tidak terganggu dengan berbagai spekulasi soal masa depan saya," ucap Gerrard yang dimuat di situs resmi Liverpool.

[5. Terancam, Hazard Bisa Tinggalkan Inggris](2155369 "")
Manajer Chelsea, Jose Mourinho sangat tidak puas dengan kekalahan telak 3-5 Chelsea dari Tottenham pada Jumat (2/1/2014) dini hari WIB. Ada saja alasan atau hal yang disalahkan oleh manajer asal Portugal tersebut terkait kekalahan "The Blues".

Selain wasit, Mourinho juga menyalahkan tekel-tekel keras yang didapatkan pemain bintang "The Blues", Eden Hazard. Mourinho mengingatkan, bintang muda asal Belgia itu bisa tinggalkan Inggris jika wasit tak tegas melihat aksi tekel keras yang didapatkan pemainnya dari lawan.

"Ada satu, dua, tiga, empat, lima, 10 tekel agresif kepada dia. Lawan menendang dan menendang dan menendang dan Hazard selalu mencoba lolos. Hazard pemain jujur, itu agak menyulitkan dia juga," ucap Mourinho.

Suzuki Patenkan Desain All New Vitara

Posted: 02 Jan 2015 09:00 PM PST

Pasca All New Vitara disingkap di Paris Motor Show 2014, Suzuki kini telah mengajukan paten untuk desain crossover tersebut.

Berdasarkan laporan media Tiongkok, Changan-Suzuki sedang mengajukan dokumen memeroleh desain paten dari otoritas setempat. Dilansir dari Indianautosblog, Kamis (1/12/2014), All New Vitara rencananya akan dipasarkan untuk pertama kali ke pasar Eropa.

Suzuki Patenkan Desain All New Vitara

Adapun, All New Vitara tersedia dengan mesin bensin dan diesel empat silinder 1,6 liter. Menyoal tenaga, mobil bisa menyemburkan 120 horse power (HP) dan torsi 156 Nm pada varian bensin, sementara diesel melontarkan 120 HP dan torsi 320 Nm.

Suzuki Patenkan Desain All New Vitara

Untuk varian mesin bensin, All New Vitara dikemas dengan transmisi manual lima percepatan atau otomatis enam percepatan.

Seluruh varian memiliki sistem penggerak roda depan. Sedangkan pada varian tertinggi bakal dibekali teknologi ALLGRIP 4WD.

Suzuki mengumumkan, spesifikasi All New Vitara untuk pasar Eropa meliputi dimensi panjang 4.175 mm, lebar 1.775 mm, tinggi 1.610 dengan jarak sumbu roda 2.500 mm. Kemudian mobil memiliki lima kursi penumpang dan kapasitas penyimpanan 375 liter. (Gst/Dst)

*Kredit foto: indianautosblog

Kylie Jenner Unggah Foto Setelah Tindik Dadanya?

Posted: 02 Jan 2015 09:00 PM PST

Kylie Jenner memang tak pernah kehabisan cara untuk menjadi topik pembicaraan di dunia maya. Kali ini ia mengunggah foto ke Instagram dengan penampakan puting payudara yang menonjol. Anak termuda dalam keluarga Kardashian ini seperti baru saja membuat tindikan baru di putingnya itu. Pasalnya tonjolan di dada Kylie itu dinilai tidak biasa.

Laporan laman Mirror.co.uk, Sabtu (3/1/2015) Kylie terlihat dengan make up tebal pada bagian mata dan bibirnya. Ia mengenakan kaos tak berlengan berwarna ungu. Foto setengah badan itu benar-benar memperlihatkan dada besarnya dan tonjolan aneh.



Para netizen pun langsung berkoar,"Gila Kris (Jenner) membiarkan anak di bawah umur melakukan `nipple piercings." Ya, Kylie memang masih 17 tahun saat ini.

"Aku benar-benar yakin dia menindik putingnya," tulis yang lain. Namun ada juga yang terang-terangan membela, "kupikir aku buta karena aku tidak melihat tindikan apapun."

"Ya mengapa orang-orang peduli. Toh, jika dia memang menindik ya tak masalah, kalau ternyata tidak ya tidak apa-apa," komentar netizen lain.(Put/Mer)

Komandan Lanud Adisutjipto Siap Bantu Pemakaman Pilot AirAsia

Posted: 02 Jan 2015 08:56 PM PST

Rekan satuan Kapten Pilot Iriyanto di Pangkalan Utama TNI Angkatan Udara (Lanud) Adisutjipto, Yogyakarta turut prihatin dengan kecelakaan yang menimpa [AirAsia QZ8501](2155656 "").

Komandan Lanud Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Yadi Indrayadi Sutanandika mengatakan, pilot AirAsia QZ8501 Kapten Iriyanto gugur dalam melaksanakan tugasnya. Hal ini diungkapkan Yadi saat hadir dalam doa bersama di rumah kediaman orangtuanya di Nanggulan, RT 05/RW 16, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Yadi hadir bersama 100 anggota satuan dari Lanud Adisutjipto. Pesawat AirAsia QZ 8501 rute Surabaya tujuan Singapura diberitakan hilang kontak pada Minggu pagi 28 Desember 2014.

"Perhatian dari kami kepada saudara kami yang sedang alami kesripahan (kematian) Kapten Iriyanto gugur melaksanakan tugas," ujar Yadi kepada wartawan, Jumat (2/1/2015).

Yadi menjelaskan, kedatangan ia bersama anggota Lanud Adisutjipto sebagai bentuk kepedulian kepada Kapten Iriyanto dan keluarganya. Ratusan anggotanya ikut berdoa atau tahlilan di rumah keluarga Iriyanto. Tak hanya itu, pihaknya siap membantu untuk menyiapkan pemakaman jika dilakukan di Yogya.

"Kepedulian kami tunjukkan dengan kedatangan kami ke sini. Akan hadir juga senior kami yang dulu pernah tugas bersama Kapten Iriyanto. Kita akan menanyakan dahulu ke keluarga kalau pemakaman di Yogya kami akan bantu menyiapkannya," ujar dia.

Yadi pun meminta kepada masyarakat untuk mendoakan kapten pilot dan korban lainnya agar diterima di sisi Tuhan. Ia pun berdoa agar keluarga korban yang ditinggalkan mendapatkan kekuatan untuk menerimanya.

"Kami harapkan doa dari masyarakat agar segala amalnya (Kapten Iriyanto) diterima dan ditempatkan di tempat yang suci. Kepada keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan," ucap Yadi.

Hingga kini keluarga kapten pilot AirAsia QZ8501 Iriyanto masih berharap ada mukjizat. Daru Lalito Wistoro, kakak sepupu Iriyanto berharap adanya keajaiban bahwa sang kapten pilot ditemukan selamat.

"Pihak keluarga masih berharap ada mukjizat dari Allah terhadap saudara kami," ujar Daru di Yogyakarta, Jumat 2 Januari 2014.

Daru pun yakin jika ada keajaiban dari Tuhan kepada adik sepupunya. Hal inilah yang mendasari keluarga tidak melakukan salat gaib dan menggelar doa untuk kapten Iriyanto.

Sejauh ini, Badan SAR nasional (Basarnas) dibantu tim lain, baik dari lokal maupun internasional telah menemukan 30 jenazah penumpang [AirAsia QZ8501](2155712 "") yang jatuh di Selat Karimata. Pencarian korban lainnya terus dilakukan, mengingat jumlah penumpang dan kru pesawat yang berada di kapal terbang jenis Airbus 320-200 itu mencapai 162 orang. (Ans/Riz)

Awal 2015, Harga Beras dan Telur Naik di Bogor

Posted: 02 Jan 2015 08:50 PM PST

Pemerintah telah menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi yang mulai berlaku 1 Januari 2015. Meski demikian, hal itu tidak diikuti dengan harga komoditas di Bogor, Jawa Barat. Harga bahan pangan terutama beras dan sayuran masih tinggi.

Hal itu terjadi di Pasar tradisional Kebon Kembang, Kota Bogor. Bahkan tidak hanya sayur mayur dan beras, harga telur ayam juga naik sebesar 20 persen menjadi Rp 22.000 per kg sedangkan harga beras juga naik sekitar 7 persen.

Salah satu pedagang telur ayam, Efendi (35), mengatakan tidak tahu kenapa harga telur bisa naik. Memang harga telur dalam satu minggu ini harganya turun naik di kisaran Rp 18.000- Rp 19.000.

"Sejak dari kemarin saja harganya sudah naik jadi Rp 22 ribu, naik Rp 4 ribu. Harga itu paling tinggi sejak turunnya harga BBM. Nggak tahu saya juga kenapa bisa naik," ungkapnya di Pasar Kebon Kembang, Kota Bogor, Sabtu (3/1/2015).

Sementara menurut Narsih, pedagang beras di Pasar Induk Jambu Dua Bogor mengatakan, hampir seluruh harga jenis beras mengalami kenaikan. Rata-rata kenaikan harga bervariasi dari Rp 500-Rp 1.000 per kg.

Narsih mengatakan, kenaikan harga tersebut dikarenakan memang stok beras di pasar tradisional Bogor sangat terbatas. Keterbatasan tersebut sudah terjadi sejak seminggu lalu.

"Harga beras IR 64 naik menjadi Rp8.500 dari harga awal Rp 8.000. Terus harga beras pera juga naik seribu rupiah, dari Rp 9.000 menjadi Rp 10.000," kata Narsih sambil menakar beras.

Sementara, lanjutnya, untuk harga beras rojolele naik dari harga Rp 11.000 per liter menjadi Rp 11.500 per liter. Kemudian beras ketan juga tak kalah ikutan naik dari harga Rp 11.000 menjadi Rp 12.000 per liter.

Sedangkan untuk harga daging ayam dan sapi relatif masih stabil. Seperti di Pasar Tradisional Bogor, harga dading ayam stabil di harga Rp45.000 per kg. "Kalau harga daging sapi masih sama dari sebelum tahun baru juga harganya masih Rp100.000 per kilogram," ujar Helmi (40) pedagang daging sapi. (Bima F/Ahm)

Pesawat Jatuh di Kentucky AS, 4 Orang Tewas

Posted: 02 Jan 2015 08:48 PM PST

[Kecelakaan pesawat](2155437 "") terjadi di wilayah terpencil dan berhutan di Kentucky, Amerika Serikat. Ada 5 penumpang yang berada di dalam kapal terbang. Seorang bocah di antaranya selamat, dan mengabarkan insiden itu ke warga di sekitar lokasi jatuhnya burung besi.
 
"Kru menemukan 4 jenazah dan puing-puing dari sebuah pesawat kecil di wilayah terpencil di sebuah hutan Kentucky. Setelah satu-satunya korban selamat, seorang bocah perempuan berusia 7 tahun, berjalan ke rumah terdekat untuk meminta bantuan," kata pihak berwenang seperti dikutip dari NBC News, Sabtu (2/1/2015).

Penyidik mengatakan, empat korban adalah pilot dan penumpangnya. "Bocah perempuan itu kini dirawat karena cedera ringan. Identitas mereka belum dipublikasikan sampai kerabatnya bisa diberitahu," ujar dia.

Polisi negara bagian mengatakan operator 911 menerima telepon sekitar 06.30 waktu setempat, dari penduduk dekat lokasi berhutan lebat di Suwanee di Lyon County, Kentucky. Si penelepon menuturkan kepada polisi, bahwa seorang anak perempuan berjalan ke rumahnya dan mengatakan sedang kesulitan, karena terlibat dalam kecelakaan pesawat.

Badan Manajemen Darurat Kentucky menegaskan, bahwa anak perempuan itu adalah satu-satunya yang selamat.

Sementara Federal Aviation Administration mengungkap bahwa mereka menerima panggilan darurat dari sebuah pesawat pribadi di daerah yang dilaporkan kecelakaan. Namun belum dapat merincinya lebih lanjut. (Tnt/Riz)

LA Galaxy Siapkan Gaji Fantastis untuk Gerrard

Posted: 02 Jan 2015 08:45 PM PST

Klub Major league Soccer (MLS), LA Galaxy, bergerak cepat untuk mendapatkan jasa Steven Gerrard. Hal itu dilakukan pasca Gerrard dipastikan tak lagi berseragam Liverpool musim depan.

Gerrard telah memutuskan tak akan memperpanjang kontraknya bersama Liverpool. Itu berarti Gerrard akan menyudahi kebersamaan dirinya dengan Liverpool yang telah terjalin selama 17 tahun.

Mendengar kabar tersebut, LA Galaxy langsung bergerak untuk berusaha mengamankan jasa mantan kapten timnas Inggris tersebut.

Seperti dilaporkan The Mirror, klub yang pernah diperkuat David Beckham tersebut bersedia menawarkan gaji selangit demi membuat Gerrard tertarik bergabung. LA Galaxy siap menggaji gelandang berusia 34 tahun itu sebesar 100.000 poundsterling (Rp 1.9 milyar) per pekan.  

Namun, keinginan LA Galaxy untuk dapatkan Gerrard tak akan berjalan dengan mudah. Pasalnya, klub MLS lain seperti Toronto FC dan New York Red Bulls juga dikabarkan tertarik untuk mendaratkan pemain asli binaan akademi Liverpool itu.

Gerrard sendiri telah bersama Liverpool sejak berusia tujuh tahun. Jadi, hingga sekarang, terhitung sudah 28 tahun Gerrard berseragam Liverpool. Selama masa baktinya, Stevie-G bermain sebanyak 695 kali dan mencetak 180 gol.

Baca juga:

[Juve Lebih Hebat Ketimbang Chelsea dan Bayern?](2155668 "")

[Liburan di Dubai, Bintang Juventus Sempatkan Salat Jumat](2155645 "")

[Tinggalkan Liverpool, 5 Klub Ini Siap Tampung Gerrard](2155508 "")

5 Pantai Unik Memanjakan di Dunia

Posted: 02 Jan 2015 08:44 PM PST

Pantai merupakan tempat yang memiliki daya tarik tersendiiri bagi para wisatawan di belahan dunia manapun, pantai menyajikan suasana yang cerah dan asyik untuk bermain atay hanya bersantai ria untuk melepas penat.

Terdapat lima pantai terkenal di dunia yang memiliki keunikan tersendiri, apa sajakah itu?

1. Pantai Papakolea (Pantai Pasir Hijau, Pantai Mahama)

merupakan pantai yang memiliki pasir berwarna hijau. Pantai unik ini terletak di barat daya gugusan karang Mauna Loa, dekat South Point, Ka’u District Hawaii. Papakolea merupakan satu dari dua pantai di dunia yang memiliki pasir berwarna hijau setelah Galapagos. Warna hijau Papakolea berasal dari kandungan mineral olivine yang berasal dari cekungan tebing.

Pantai Plage de Saleccia

2. Pantai Plage de Saleccia

terletak di dekat St. Florent, Kepulauan Corsica. Keunikan pantai ini adalah pasirnya yang putih dengan kejernihan airnya. Pemandangan menarik lainnya di Saleccia berkumpulnya hewan ternak seperti sapi ataupun kerbau yang berjemur di bibir pantai. Meskipun terkadang keberadaan hewan-hewan tersebut membuat para pengunjung pantai tidak nyaman, karena bagaimana pun mereka adalah mahluk liar. Tidak mudah untuk mencapai Pantai Saleccia, akses dengan jalan yang terjal sepanjang 12 Km hanya mampu ditempuh dengan berjalan kaki.

Bermuda

3. Bermuda

memiliki banyak pantai indah di dunia, mulai dari yang kecil hingga besar. Setiap pantai memiliki keunikan dan keindahan yang berbeda, salah satunya adalah pantai yang memiliki hamparan pasir berwarna pink. warna pasir tersebut ternyata bukan berasal dari proses vulkanis, melainkan dari karbonasi kalsium yang berasal dari cangkang dan tulang-belulang hewan-hewan invertebrata seperti kerang, remis dan binatang bercangkang keras lainnya.

Pantai Playa de Gulpiyuri

4. Pantai Playa de Gulpiyuri, Spanyol

Sementara pantai unik yang berada di kawasan Llanes, Spanyol, terdapat di bawah permukaan tanah. Pantai Playa de Gulpiyuri terbentuk dari daratan yang amblas, kemudian terisi oleh rembesan air Laut Cantabrian. Meskipun Pantai Playa de Gulpiyuri terlihat kecil, namun memiliki ombak layaknya pantai terbuka. Ombak tersebut tercipta dari beradunya dua arus, yakni arus dari Cantabrian dan Teluk Biscay.

Pantai Air Hangat

5. Pantai Air Hangat, Selandia Baru

Selandia Baru merupakan salah negara kepulauan yang memiliki pemandangan alam luar biasa, salah satu buktinya adalah Pantai Air Hangat yang terletak di kawasan pesisir timur Coromandel Peninsula, New Zealand. Garis pantai berair hangat ini mencapai 12 Km dari bagan tenggara Whitianga, dan sekitar 175 Km dari Auckland melalui perjalanan kendaraan. Air hangat yang terdapat di pantai yang satu ini berasal dari seumber mata air panas yang keluar melalui pasir pantainya. Suhu air Pantai Coromandel mencapai 64°C, sehingga akan terasa cukup panas bagi para pengunjung.

Bagaimana? Tentunya pantai ini dapat menjadi rekomendasi menarik bagi kalian penyuka pantai. Liburan seperti ini memang menghabiskan biaya yang tidak sedikit, namun tentunya sesuai dengan keindahan alam yang disajikan. Selamat Mencoba para Travellers.

Pengirim:

Rayna Ocha

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6?. Caranya bisa dibaca di sini

Posko Pusat Identifikasi Jenazah Korban AirAsia Tetap di Surabaya

Posted: 02 Jan 2015 08:42 PM PST

Direktur Eksekutif Disaster Victim Identification (DVI) Polri Komisaris Besar Anton Castelani mengatakan, posko pusat identifikasi jenazah penumpang Pesawat [AirAsia](2155696 "") QZ8501 batal dipindahkan RSUD Imanuddin, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Anton mengatakan posko pusat identifikasi tetap berada di Surabaya, Jawa Timur.

"Tidak jadi (dipindahkan)," kata Anton di Lanud Iskandar Pangkalan Bun, Kalimantan‎ Tengah, Sabtu (3/1/2015).

Anton mengatakan, ada beberapa hal yang jadi pertimbangkan posko pusat identifikasi tetap di Surabaya. Pertama, baik sumber daya manusia (SDM) maupun fasilitas lebih lengkap di RS Bhayangkara Polda Surabaya ketimbang di RSUD Imanuddin.

"Yang jelas untuk memindahkan fasilitas 'bedol desa' kemarin itu tentu kita pertimbangkan faktor efisiensinya," ucap dia.

Belum lagi pertimbangan keluarga penumpang yang mesti juga dibawa ke Pangkalan Bun. Tentu juga harus dipikirkan tempat menampung mereka selama kegiatan identifikasi dilakukan.

"Kemudian dengan keadaan serba keterbatasan ini tentu secara fisik dan psikis akan sangat rawan bagi anggota keluarga ini. Jadi tidak menutup kemungkinan secara emosional bisa terkikis," kata Anton.

Memasuki hari ke-7 pencarian dan evakuasi Pesawat AirAsia QZ8501 ini, total sudah 30 jenazah penumpang Pesawat AirAsia QZ8501 yang ditemukan. Rinciannya, 18 jenazah sudah berada di Surabaya, 4 jenazah masih berada di RSUD Imanuddin untuk identifikasi awal, 7 jenazah masih di KRI Bung Tomo, dan 1 jenazah lagi masih KD Pahang Malaysia.

Pesawat AirAsia rute Surabaya-Singapura hilang kontak dari Air Traffic Controller (ATC) Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Minggu 28 Desember 2014 sekitar pukul 06.17 WIB. Pesawat dengan nomor penerbangan QZ8501 itu take off dari Bandara Juanda, Surabaya, Jawa Timur pukul 05.20 WIB, dan seharusnya tiba di Bandara Changi, Singapura pukul 08.30 waktu setempat.

Pesawat jenis Airbus A320-200 dengan register PK-AXC itu dipiloti Kapten Iriyanto dan kopilot Kapten Remi Emmanuel Plesel, serta 4 awak kabin, yakni Wanti Setiawati, Khairunisa Haidar Fauzi, Oscar Desano, Wismoyo Ari Prambudi, dan 1 teknisi bernama Saiful Rakhmad.

Pesawat [AirAsia](2155683 "") itu berpenumpang 155 orang, terdiri atas 138 penumpang dewasa, 16 penumpang anak-anak, dan ‎1 bayi. Penumpang didominasi dari warga negara Indonesia, 1 WN Singapura, 1 WN Inggris, 1 WN Malaysia, dan 3 WN Korea Selatan. (Riz/Ans)

Live Update AirAsia QZ8501 Ditemukan

Posted: 02 Jan 2015 08:35 PM PST

Perkembangan berita terkini penemuan pesawat AirAsia QZ8501 yang hilang kontak sejak Minggu 28 Desember 2014. Selengkapnya klik di tautan ini dan ini.

Sabtu 3 Januari 2015

Pukul 11:15 WIB

Pencarian [AirAsia QZ8501](2155705 "") telah memasuki hari ketujuh. Tepat Pukul 10.34 WIB, 2 Helikopter Bell milik TNI AL mendarat di Lapangan Udara (Lanud) Sultan Iskandar, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.


Pukul 10:49 WIB


Upaya pencarian [AirAsia](2155696 "") QZ8501 terus dilakukan. Sebanyak 57 penyelam gabungan ‎di bawah koordinasi Badan SAR Nasional (Basarnas) hari ini kembali menuju Selat Karimata menuju 2 objek besar yang dipastikan merupakan bagian pesawat AirAsia QZ8501.



Pukul 10:27 WIB

Pencarian dan evakuasi Pesawat [AirAsia QSZ8501](2155686 "") memasuki hari ke-7. Dalam pencarian ini, tim search and rescue (SAR) gabungan mendapatkan hasil yang cukup signifikan, yakni sudah menemukan 30 jenazah penumpang burung besi maskapai Malaysia tersebut.

Pukul 10.19 WIB

KRI Banda Aceh pagi ini menjemput 8 jenazah korban kecelakaan pesawat AirAsia QZ8501 di perairan Laut Jawa. 1 Jenazah dari kapal Malaysia KD Pahang dan 7 lainnya dari KRI Bung Tomo. Kedelapan jenazah itu akan dikirim ke Pangkalan Bun.

Pukul 10.02 WIB

Pemerintah Rusia ikut membantu pencarian puing pesawat dan jenazah korban AirAsia dengan mengerahkan pesawat. "Tambahan kekuatan pagi ini dari Rusia. Yang satu pesawat Beriev Be-200 yang bisa mendarat di air. Satu lagi Illyushin untuk transportasi," ujar Kepala Basarnas Marsekal Madya FH Bambang Soelistyo.

Pukul 09.45 WIB

Kepala Basarnas F Henry Bambang Soelistyo mengatakan pihaknya mendeteksi  2 objek besar yang terdiri dari objek 3 dimensi dan objek 2 dimensi. Kedua objek yang berada di kedalaman 30 meter itu masing-masing berukuran 9,2 x 4,6 x 0,5 meter dan 7,2 x 0,5 meter.

"Pada (Jumat 2 Februari) pukul 23.40 WIB berhasil mendeteksi objek besar. Posisinya (keduanya) berdekatan antara satu dengan yang lain," ungkap Bambang di kantor Basarnas Pusat, Jalan Angkasa, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (3/1/2015).

Selain itu, tim pencari juga menemukan adanya genangan minyak yang merupakan avtur atau bahan bakar pesawat AirAsia QZ8501."Saya pastikan itu adalah bagian AirAsia yag kita cari selama ini," imbuh dia.

Pukul 09:23 WIB

Komandan Lanud Iskandar Pangkalan Bun Letnan Kolonel Penerbangan TNI AU Johnson Simatupang mengatakan kondisi cuaca pagi ini terbilang bagus. Karenanya, seluruh unsur udara akan diterbangkan untuk melakukan pencarian dan evakuasi Pesawat AirAsia QZ8501.

Pukul 06:43 WIB

TNI Angkatan Laut di bawah koordinasi Basarnas terus berupaya mencari korban dan keberadaan bangkai pesawat AirAsia QZ8501. Namun, tim penyelam gabungan yang berniat mencari bangkai pesawat yang mengangkut 155 penumpang itu pun gagal [karena cuaca buruk](2155635 "").

Pukul 05:41 WIB

Sebanyak 10 jenazah korban AirAsia tiba di Rumah Sakit Bhayangkara, Surabaya, tadi malam. Namun tim DVI Mabes Polri baru akan [melakukan identifikasi](2155633 "") postmortem 10 jenazah itu hari ini, Sabtu (3/1/2015) pagi. Alasannya, tim DVI Mabes Polri tadi malam sibuk mengumpulkan data pendukung korban yang diberikan pihak keluarga.

Pukul 04:53 WIB

Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol Awi Setiyono mengatakan, kesulitan tim DVI mengambil data itu lantaran pihak keluarga korban yang berada di Pulau Karibia, Prancis. Untuk itu pihak Mabes Polri, kata Awi, akan menggandeng pihak [Interpol](2155627 "") untuk mengambil data itu.

Pukul 03:54 WIB

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) membuka pusat komando pengendalian dan operasi dalam Ekspedisi Pencarian AirAsia QZ8501 yang dilakukan oleh kapal riset [Baruna Jaya I](2155626 "") (BJ 1) BPPT.

Pukul 02:52 WIB

Salah satu keluarga penumpang AirAsia QZ8501 meminta polisi agar tidak melibatkan media massa saat melakukan [serah terima jenazah](2155623 ""). Sebab, sejumlah keluarga korban mengaku tidak siap wajahnya masuk dalam tayangan televisi ketika tengah berduka cita.

Pukul 01:23 WIB

Direktur Safety dan Security AirAsia Captain Raden Achmad Sadikin mengaku belum mendengar secara resmi terkait [pembekuan rute](2155611 "") perjalanan Surabaya-Singapura oleh Kemenhub.

 

Jumat 2 Januari 2015

 

Jumat 2 Januari 2015

Pukul 23:15 WIB

Sekitar pukul 21.00 WIB, rombongan keluarga dan pelayat [mengantarkan jenazah](2155602 "") pramugari AirAsia QZ8501 Khairunisa Haidir Fauzie ke tempat peristirahatan terakhir di pemakaman keluarga di daerah Bukit Kecil, Palembang.

Pukul 21:17 WIB

Sepuluh jenazah [korban AirAsia QZ8501](2155589 "") tiba di base off Landasan Udara Angkatan Laut, Juanda, Surabaya. Sepuluh jenazah itu tiba dengan menumpang Pesawat CN 295 TNI Angkatan Udara.

Pukul 20:48 WIB

Tim Basarnas kembali menemukan 8 jenazah penumpang Pesawat AirAsia QZ8501 di Selat Karimata, perairan dekat Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. 8 Jenazah itu saat ini masih berada di Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Bung Tomo. Hingga kini, total jenazah yang ditemukan dalam operasi hari ini berjumlah [30 jenazah](2155585 "").

Pukul 20:33 WIB

Pertanyaan mengenai apakah[ Air Traffic Controller](2155582 "") (ATC) memberikan izin kepadaAirAsia QZ8501 untuk menaikan ketinggian terjawab. Perum Air Navigasi Indonesia memastikan, permintaan pilot AirAsia tersebut tidak ditolak.

Pukul 19:44 WIB

Enam hari berlalu sejak [pesawat AirAsia QZ8501](2155426 "") hilang kontak pada 28 Desember 2014, duka masih menyelimuti keluarga penumpang.

Apalagi setelah mendapati kenyataan, burung besi nahas itu berakhir di perairan Karimata, Kalimantan Tengah. Namun seiring berjalannya waktu, mereka pasrah akan nasib orang-orang yang dicintai. Kondisi psikologis keluarga korban pun kian baik.

 

Pukul 18:14 WIB

‎Sebanyak [10 jenazah penumpang Pesawat](2155530 "")AirAsia QZ8501 diterbangkan dari Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, ke Surabaya, Jawa Timur. Ke-10 jenazah itu diterbangkan menggunakan Pesawat CN 295 TNI Angkatan Udara.

Pukul 17:53 WIB

Jenazah [pramugari Pesawat AirAsia](2155526 "") QZ8501, Khairunnisa Haidar Fauzi, akan diberangkatkan menuju kampung halamannya, Palembang, Sumatera Selatan. Peti jenazah dinaikkan ke Pesawat AirAsia khusus di terminal 2 Bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur. Rencananya, jenazah Nisa akan [dimakamkan malam ini](2155525 "").

Pukul 17:52 WIB

KSAU Agus Supriyatna menyatakan tak ingin terburu-buru menyimpulkan [penyebab kecelakaan pesawat AirAsia](2155490 ""). Dia berharap tim SAR dapat segera menemukan blackbox pesawat untuk mengungkap misteri dari kecelakaan QZ8501 itu.

Pukul 17:24 WIB

Komandan Lanud Iskandar Pangkalan Bun Letnan Kolonel Penerbang Johnson Simatupang mengatakan, dari [8 jenazah](2155513 "") yang sudah diturunkan di Pangkalan Bun itu 4 berjenis kelamin laki-laki dan 4 perempuan.

Pukul 16:56 WIB

Helikopter Sea Hawk milik Amerika Serikat kembali menurunkan [4 kantong jenazah](2155485 "") di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Keempat kantong jenazah berisi jasad penumpang AirAsia QZ851 itu dibawa dari perairan Selat Karimata.

Pukul 15:59 WIB

Pencarian jenazah korban hilangnya pesawat AirAsia QZ8501 masih terus dilakukan. Di tengah proses ini, [salat gaib ](2155480 "")pun digelar jajaran Polda Jawa Timur demi memohon agar ratusan korban lainnya segera ditemukan.

Pukul 15:52 WIB

Sebanyak [3 jenazah penumpang AirAsia QZ8501](2155475 "") sudah diidentivikasi tim DVI Polda Jatim. Jenazah tersebut diserahkan Kapolda Jatim Irjen Pol Anas Yusuf kepada pihak AirAsia, serta diserahkan kepada keluarga korban di Rumah Sakit Bhayangkara, Surabaya.

Pukul 15:25 WIB

Helikopter Sea Hawk DDG 102 milik Amerika Serikat (AS) membawa 4 kantung jenazah dari perairan Selat Karimata ke Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. 3 Dari 4 kantung jenazah itu diduga berisi jasad penumpang pesawat AirAsia QZ8501.

Pukul 14:52 WIB

Tim Disaster Victim Identification Polri telah mengidentifikasi 3 jenazah penumpang AirAsia QZ8501. Ketiganya merupakan warga negara Indonesia. Pertama, label B 002 atas nama Grayson Herbert Linaksita.

Kedua, label B 004, atas nama Khairunisa Haidar Fauzi. Ketiga, label B 006, teridentifikasi atas nama Kevin Alexander Soetjipto.

Pukul 12:24 WIB

10 jenazah penumpang pesawat AirAsia QZ8501 yang ditemukan mulai diidentifikasi. 8 Jenazah sudah dibawa ke Surabaya dan 2 lainnya masih berada di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

Kesepuluh jenazah diidentifikasi tim Disaster Victim Identification (DVI) di RSUD Sultan Imanuddin Kotawaringin Barat, Kalteng.

Pukul 11:42 WIB

Kepala Basarnas FH Bambang Soelistyo mengatakan, pencarian hari ini difokuskan pada dua hal. Yakni badan pesawat dan lokasi kotak hitam (black box) pesawat.

Pukul 10:11 WIB

Badan SAR Nasional (Basarnas) menyatakan, total sudah 10 jenazah  korban yang berhasil ditemukan.

Kepala Basarnas Marsdya TNI F Henry Bambang Sulistyo mengatakan, 8 dari 10 jenazah korban yang ditemukan itu telah dikirim ke Surabaya, Jawa Timur. Dan saat ini tengah dalam proses identifikasi. Sementara 2 lainnya baru saja dievakuasi ke Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. 

Pukul 08:46 WIB

Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polda Jawa Timur kembali menerima 4 jenazah korban [AirAsia QZ8501](2155334 "") di Rumah Sakit Bhayangkara, Surabaya, Jawa Timur, guna dilakukan identifikasi. Setelah pada Rabu 31 Desember 2014 Tim DVI telah mengidentifikasi 2 jenazah korban.

Pukul 07:34 WIB

Kapal milik Amerika Serikat (AS) USS Sampson 104 menemukan 6 jenazah korban [AirAsia](2155309 "") QZ8501 di antara perairan Selat Karimata dan Laut Jawa. 2 Jenazah dan serpihan juga dilaporkan tiba di Pangkalan Bun.


Pukul 06:55 WIB

Tan hana wighna tan sirna atau Tak ada rintangan yang tak dapat dihadapi. Semboyan Komando Pasukan Katak TNI Angkatan Laut ini terpatri begitu kuat dalam misi kemanusiaan pencarian korban pesawat [AirAsia QZ8501](2155307 "") di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

Pukul 05:00 WIB

Tim SAR gabungan telah bekerja efektif. Tapi proses evakuasi penumpang dan pencarian badan pesawat [AirAsia](2155298 "") terkendala cuaca buruk dan ombak.

Pukul 04:16 WIB

Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polda Jawa Timur terus mengumpulkan data antemortem dari pihak keluarga korban pesawat [AirAsia](2155295 "") QZ8501, termasuk dari keluarga kopilot pesawat, Remi Emmanuel Plesel.

Pukul 02:36 WIB

Komando Pasukan Katak (Kopaska) akan menyisir di dalam lautan demi mencari pesawat [AirAsia](2155287 "") QZ8501 yang diduga jatuh di perairan Selat Karimata. Menurut salah satu pimpinan Kopaska yang berada di Kapal KN 101 Purworejo, Letda Laut Edi Abdillah, mereka akan menyelam 25 sampai 30 meter bahkan bisa mencapai 40 meter setelah pindah ke KRI Banda Aceh.

Pukul 01:14 WIB

Identifikasi jenazah korban pesawat [AirAsia QZ8501](2155281 "") masih terus dilakukan Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polda Jawa Timur. Termasuk identifikasi terhadap 2 jenazah yang pada Kamis (1/1/2015) malam tiba di Rumah Sakit Bhayangkara, Surabaya.

 

Pukul 00:26 WIB

Setelah semua berkas dan kelengkapan pemulangan jenazah pramugari [AirAsia](2155279 ""), Khairunissa Haidir Fauzie rampung, dipastikan Jumat ini jenazah Nissa akan diterbangkan ke kota kelahirannya, Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

>>>Kamis 1 Januari 2015>>>

Kamis 1 Januari 2015

Kamis 1 Januari 2015


Pukul 23:39 WIB

Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polda Jawa Timur terus mengumpulkan data antemortem dari pihak keluarga korban hilangnya pesawat [AirAsia](2155273 "") QZ8501 guna proses identifikasi jenazah.


Pukul 23:17 WIB

Pencarian dan evakuasi jasad korban musibah pesawat [AirAsia QZ8501](2155272 "") perlahan mulai terlihat hasilnya. Terhitung sudah 8 jenazah yang bisa dievakuasi ke Surabaya, Jawa Timur. Hanya saja bangkai pesawat jenis Airbus A320-200 dengan register PK-AXC itu belum juga dapat ditemukan.

Pukul 22:00 WIB

Tim gabungan Search and Rescue (SAR) kembali menemukan barang-barang yang menjadi bagian pesawat [AirAsia QZ8501](2155260 ""). Hal itu disampaikan Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya TNI FH Bambang Soelistyo.

Pukul 21:55 WIB

2 Jenazah penumpang maskapai [AirAsia](2155258 "") tiba di Rumah Sakit Bhayangkara, Surabaya, Jawa Timur. Sebelumnya kedua jasad ini diterbangkan dari Lapangan Udara Iskandar, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah menuju Landasan Udara TNI Angkatan Laut Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur.

Pukul 21:10 WIB

Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya TNI FH Bambang Soelistyo mengatakan, pihaknya besok akan mengirim kapal tanker berisi bahan bakar minyak (BBM) ke daerah operasi evakuasi korban musibah pesawat [AirAsia](2155244 "") QZ8501. Tanker itu merupakan bantuan dari Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).


Pukul 20:35 WIB

Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya TNI FH Bambang Soelistyo mengatakan, tim gabungan Search and Rescue (SAR) akan mendapat bantuan peralatan deteksi objek bawah air dari Singapura. Alat-alat itu akan dikirim untuk pelaksanaan operasi pencarian dan evakuasi pesawat [AirAsia QZ8501](2155232 "").


Pukul 20:12 WIB

Panglima Armabar Laksamana Muda TNI Widodo memantau KRI Banda Aceh untuk mengecek kesiapan lokasi pencarian dan evakuasi korban [AirAsia](2155228 "") di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Selain itu dia juga mengecek KRI Banda Aceh selaku pemegang kendali SAR laut.

Pukul 20:03 WIB

Setelah sempat terhambat oleh cuaca yang tiba-tiba buruk, Kapal KN 101 Purworejo akhirnya bergerak menuju KRI Banda Aceh. Hal ini untuk mengantar para penyelam yang telah siap untuk melakukan evakuasi penumpang [AirAsia](2155225 "").

Pukul 15:22 WIB

Deputi Operasi Basarnas Mayjen TNI Tatang Zainudin mengatakan, ada 2 unit armada udara yang pagi tadi diterbangkan dari Lapangan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta menuju Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

Yakni 1 pesawat CN-295 dan 1 Hercules C-130 dari TNI AU yang tinggal landas ke lokasi pencarian pesawat AirAsia QZ8501.

Pukul 14:00 WIB

Polisi menemukan tabung gas yang diduga milik pesawat AirAsia di Pelabuhan Kumai, Kalimantan Tengah.

Pukul 12:30 WIB

Rumah Sakit Bhayangkara, Surabaya, Jawa Timur kembali menerima jenazah korban hilangnya maskapai penerbangan AirAsia QZ8501. Ada 4 jenazah tiba di rumah sakit di Jalan Ahmad Yani ini.

Tiga mobil jenazah milik TNI Angkatan Laut (AL) yang mengangkut 4 jenazah tiba lewat pintu depan RS Bhayangkara sekitar pukul 12.30 WIB.

Pukul 11:23 WIB

KN SAR 101 Purworejo,  kapal terbesar yang dimiliki Badan SAR Nasional (Basarnas) diikutsertakan dalam pencarian AirAsia QZ8501. Salah satu kelebihan kapal ini, yakni memiliki landasan Helikopter (Helipad).

Pukul 11:11 WIB

Petugas SAR gabungan menerbangkan 4 jenazah korban pesawat AirAsia QZ8501 dari Pangkalan Bun menuju Bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur untuk kemudian diidentifikasi di RS Bhayangkara Surabaya, Jatim.

Pukul 09:37 WIB

Pada hari ke-5 pencarian, Badan Pengkajian dan Pengembangan Teknologi (BPPT) telah mengirimkan kapal untuk mendeteksi sinyal dari kotak hitam (blackbox) pesawat nahas tersebut.  Saat ini kapal tersebut telah berada di lokasi pencarian di Selat Karimata.

Pukul 09:33 WIB

Proses evakuasi tim SAR gabungan kembali membuahkan hasil. 2 Jenazah lagi telah dievakuasi dari lokasi pencarian AirAsia QZ8501 di perairan Selat Karimata ke Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, untuk kemudian dibawa ke RSUD Sultan Imanuddin.

Pukul 08:48 WIB

Cuaca cerah di sekitaran lokasi pencarian korban AirAsia QZ8501 langsung dimanfaatkan untuk melakukan pencarian. Tak tanggung-tangggung, 4 helikopter diterbangkan sekaligus ke perairani Selat Karimata, Kalimantan Tengah. Sementara para penyelam sudah turun lebih pagi dari sebelumnya.

Pukul 08:17 WIB

Operasi pencarian dan evakuasi korban musibah pesawat [AirAsia](2155014 "") QZ8501 terus dilakukan. Di awal tahun 2015, terhitung sudah 8 jenazah ditemukan Tim Search and Rescue (SAR) gabungan.


Pukul 07:28 WIB

6 Anggota Bidang Dokter Kesehatan (Dokkes) Polda Jawa Tengah diminta membantu identifikasi jasad korban [AirAsia](2154997 "") QZ8501 di Jawa Timur dan Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Menurut Kabid Dokkes Polda Jateng Kombes Rini Muliawati, permintaan ini disebabkan karena jam terbang tim DVI Polda Jateng yang sudah tinggi.

Pukul 06:50 WIB

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) akan memantau keadaan keluarga korban pramugari senior [AirAsia](2154992 "") QZ8501 rute Surabaya ke Singapura yang jatuh di perairan Selat Karimata, Wanti Setiawati. Orangtua Wanti adalah warga Kampung Lembur Tengah, RT04/05 Desa Sariwangi Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.


Pukul 05:41 WIB

Teluk Kumai di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, menjadi titik pusat dalam pencarian dan evakuasi korban pesawat [AirAsia]( 2154990 "") QZ8501. Teluk yang dipenuhi banyak nelayan itu ternyata memiliki cerita versi para pencari ikan yang diduga melihat pesawat tersebut.


Pukul 04:44 WIB

Evakuasi korban hilangnya pesawat [AirAsia QZ8501](2154995 "") masih terus diupayakan oleh Tim SAR gabungan. Ternyata ditemukan berbagai kendala saat evakuasi pasca-penemuan serpihan dan beberapa jasad korban musibah pesawat jenis Airbus A320-200 tersebut.

Pukul 03:00 WIB

Tantangan besar menanti tim SAR gabungan dalam mengevakuasi korban [AirAsia](2154967 "") QZ8501 dari KRI Bung Tomo menuju Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Beberapa helikopter yang dikerahkan tidak semuanya sanggup menjalankan misi dengan baik. Hanya helikopter jenis Dolphin milik Basarnas yang bisa mengangkut jenazah menuju darat.

Pukul 02:21 WIB

Malam Tahun Baru atau malam pergantian tahun 2015 identik dengan perayaan dan gemerlap kembang api. Tapi dalam kondisi duka evakuasi korban pesawat [AirAsia](2154970 "") QZ8501, suasana malam pergantian tahun justru sebaliknya.

Pukul 01:50 WIB

Dua jasad korban jatuhnya pesawat [AirAsia QZ8501 ](2154966 "") akhirnya dapat dievakuasi melalui posko Pelabuhan Kumai, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Rabu (31/12/2014) sekitar pukul 23.00 WIB.

Pukul 00:30 WIB

Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya TNI F Henry Bambang Sulistyo membantah kabar adanya jasad korban kecelakaan pesawat [AirAsia ](2154961 "") QZ8501 yang mengenakan jaket pelampung (life jacket).

 

>>>Rabu 31 Desember 2014>>>

 

Rabu 31 Desember 2014

Pukul 23:22 WIB

Proses evakuasi korban pesawat [AirAsia QZ8501](2154957 "") tampaknya harus tertunda karena cuaca. Tak hanya penemuan yang terhambat, proses evakuasi jenazah yang sudah berada di KRI Bung Tomo pun jadi tidak maksimal.

Pukul 23:18 WIB

Satu per satu penumpang pesawat [AirAsia]( 2154958 "") QZ8501 ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. Salah satunya diduga pramugari asal Palembang, Khairunissa Haidar Fauzie. Identitas jenazah pramugari cantik ini diperjelas dengan baju pramugari yang dipakai, ID card atau kartu pengenal atas nama korban.

Pukul 22:17 WIB

Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polda Jawa Timur telah melakukan pemeriksaan sementara terhadap 2 jasad penumpang pesawat [AirAsia QZ8051](2154954 "") yang hilang kontak pada Minggu pagi 28 Desember 2014.



Pukul 21:55 WIB

CEO [AirAsia](2154953 "") Indonesia Sunu Widyatmoko mengaku saat pertama kali mendengar telah ada temuan terkait pesawat tersebut, pihaknya terkejut dan shock. Sebab tak menyangka yang ditemukan adalah tubuh yang mengapung di lautan.

Pukul 20:58 WIB

2 Jenazah korban hilangnya pesawat [AirAsia QZ8501](2154949 "") yang baru saja tiba di Rumah Sakit Bhayangkara, Surabaya sudah diperiksa Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri.


Pukul 20:44 WIB

CEO AirAsia Indonesia, Sunu Widyatmoko enggan menyebutkan berapa kompensasi dan tunjangan yang akan diberikan pihaknya kepada keluarga korban kecelakaan pesawat [AirAsia QZ8501](2154947 "").

Pukul 20.13 WIB

Total sudah 7 jasad penumpang Pesawat AirAsia QZ8501 yang berhasil ditemukan dan dievakuasi oleh tim gabungan search and rescue (SAR). 2 jasad di antaranya sudah diterbangkan dari Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, ke Surabaya, Jawa Timur, untuk diidentifikasi lebih mendalam.

Deputi Operasional Basarnas Mayor Jenderal TNI Tatang Zainuddin mengatakan, kemungkinan 5 jasad lagi baru akan diterbangkan ke Surabaya pada Kamis 1 Januari 2015 besok. "Besok pagi kemungkinan 5 jenazah baru bisa diterbangkan ke Surabaya," ujar Tatang.

Pukul 19.51 WIB

Tim survei yang beranggotakan Ikatan Surveyor Indonesia dan Asosiasi Kontraktor Survey Laut Indonesia akan menurunkan robot jenis R-O-V di dasar laut Selat Karimata. Robot ini nantinya akan mengambil data visual berupa foto dan video di tempat yang diduga menjadi titik jatuhnya pesawat.

Pukul 18.36 WIB

Satu tim survei yang tergabung dalam Asosiasi Kontraktor Survey Laut Indonesia diberangkatkan menuju Selat Karimata, Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, untuk membantu mencari badan pesawat AirAsia QZ8501.

Pukul 17.03 WIB

2 Jenazah korban jatuhnya Pesawat AirAsia QZ8501 dibawa dari Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo menuju Rumah Sakit Bhayangkara, Surabaya.

Pukul 16.28 WIB

Kapal riset Baruna Jaya I milik Badan Pengkajian dan Pengembangan Teknologi (BPPT) semakin mendekati lokasi penemuan serpihan pesawat AirAsia QZ8501 di perairan Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

"Berangkat jam 12 dini hari tadi, paling tidak butuh satu hari mencapai lokasi serpihan pesawat ditemukan," kata Kepala Seksi Program Balai Teknologi Survei Kelautan BPPT M Ilyas di Jakarta.

Pukul 16.22 WIB

2 Jenazah korban jatuhnya pesawat AirAsia QZ8501 yang dijemput dari Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah akhirnya tiba di Lanud TNI AL Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur. 2 Jenazah tersebut tiba sekitar pukul 16.14 WIB.

Pukul 14.42 WIB

CEO AirAsia Tony Fernandes menyambangi Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, tempat evakuasi jasad penumpang AirAsia QZ8501. Tony langsung memasuki ruang pertemuan kecil yang berada tak jauh dari posisi landing.

Pukul 14.00 WIB

Tim Basarnas berhasil mengevakuasi 2 jenazah korban Pesawat AirAsia QZ8501 ke Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Jenazah lalu dibawa ke RSUD Sultan Imanuddin.

Pukul 12.48 WIB

Pemerintah Kota Waringin Barat menyiapkan 162 peti jenazah untuk seluruh jasad penumpang AirAsia QZ8501. "162 peti jenazah yang sesuai dengan standar kami siapkan. Nanti dikerjakan semua petugas yang ada," kata Bupati Kota Waringin Barat Ujang Iskandar di RSUD Sultan Imanuddin.

Pukul 11.25 WIB

Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya FH Bambang Soelistyo mengatakan pihaknya kembali menemukan 1 jenazah pada pencarian AirAsia QZ8501 Rabu pagi  tadi. Dengan demikian, hingga kini, ada 7 jasad penumpang yang ditemukan. Kondisi seluruh jasad masih utuh.

Pukul 11.02 WIB

Posko Crisis Center bagi keluarga korban AirAsia QZ8501 di Terminal II Bandara Juanda segera pindah ke Rumah Sakit Bhayangkara, Surabaya, Jawa Timur. Hal itu disampaikan Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Jawa Timur, Kombes Pol Budiyono.

Pukul 10:24 WIB

Kapal Badan SAR Nasional (Basarnas) KN 224 balik ke pangkalan di Pelabuhan Kumai lantaran ombak di sekitar area pencarian puing dan jasad penumpang AirAsia setinggi 3 meter.

Pukul 10:22 WIB

Penyelam dari Komando Pasukan Katak‎ (Kopaska) TNI Angkatan Laut diterjunkan untuk mencari pesawat dan penumpang AirAsia QZ8501 di kedalaman 30 meter.

Pukul 09:43 WIB

93 Keluarga korban AirAsia QZ 8501 telah memberikan data Antemortem guna membantu proses identifikasi jenazah korban. Selain itu, tim DVI juga telah menerima 30 sampel DNA.

Pukul 09:28 WIB

Bandara Juanda, Sidoarjo, bersama Pemerintah Provinsi Surabaya telah menyiapkan 130 ambulans guna mengantar seluruh jenazah korban AirAsia QZ8501 ke Rumah Sakit Bhayangkara.

Pukul 09:03 WIB

Kepala Basarnas Marsekal Madya FH Bambang Soelistyo mengungkapkan, saat ini sudah ada bantuan berupa peti mati untuk jenazah yang ditemukan. Semua berada di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

"Disiapkan 168 peti, kontribusi dari bupati," kata Bambang.

Pukul 08:31 WIB

Hingga pagi ini telah ditemukan 6 jasad dari AirAsia QZ8501. Seluruhnya sudah dievakuasi.

"Posisi terakhir ada 6 jenazah yang sudah dievakuasi. Perkembangan sangat dinamis. Ditemukan 3 jenazah. 2 Laki-laki, 1 perempuan berpakaian pramugari," kata Kepala Basarnas Marsekal Madya FH Bambang Soelistyo.

Pukul 08:20 WIB

General Manager Bandara Juanda Trikora Harjo memastikan bahwa keluarga korban AirAsia QZ8501 batal untuk berangkat memantau langsung lokasi [penemuan korban ](2154505 "")dan serpihan pesawat di Pangkalan Bun, Kalimantan Barat hari ini. Padahal sebelumnya, AirAsia dan Angkasa Pura berjanji akan mengajak seluruh keluarga untuk meninjau langsung lokasi pencarian pesawat.

Pukul 07:16 WIB

Seusai mendapat laporan ditemukannya serpihan pesawat yang diduga merupakan pintu emergency exit dari AirAsia QZ8501 pada Selasa 30 Desember 2014, kapal Badan SAR Nasional ([Basarnas](2154487 "")) KN 224 mulai menuju titik point tersebut di tepi barat Dumai. Baru berjalan sekitar 15 menit, Kapal KN 224 menemukan benda yang mengambang.

Pukul 06:08 WIB

Proses evakuasi jasad penumpang AirAsia mengalami hambatan pada Selasa 30 Desember 2014 lantaran cuaca yang tidak mendukung. Tim [Basarnas Special Group](2154479 "") (BSG) di kapal KN 224 hari ini siap melakukan penyelaman untuk mengevakuasi jasad penumpang Pesawat AirAsia QZ8501 tersebut.

Pukul 05:54 WIB

 

Cuaca yang tidak bersahabat pada Selasa 30 Desember 2014 kemarin membuat proses evakuasi penumpang AirAsia terhambat. Pada pagi ini, [KRI Bung Tomo](2154478 "") siap melanjutkan proses evakuasi penumpang QZ8501 tersebut.

Pukul 04:00 WIB

Panglima TNI Moeldoko menyatakan pihaknya bakal menambah kekuatan untuk membantu proses evakuasi jenazah dan serpihan pesawat AirAsia QZ8501 yang sudah ditemukan di perairan Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

Pukul 03:00 WIB

Untuk investigasi penyebab kecelakaan [AirAsia](2154462 "") itu, Airbus menyatakan siap bekerja sama dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Hal ini merupakan bagian dari komitmennya terhadap keselamatan penumpang.

Pukul 02:00 WIB

Duta Besar Korea Selatan (Korsel) untuk Indonesia Cho Tai-Yong mengakui insiden [AirAsia](2154460 "") QZ8501 sangat melukai hatinya. Pasalnya, tiga warga negaranya di dalam pesawat yang jatuh pada Minggu 28 Desember 2014 pagi.

Pukul 00:30 WIB

Posko SAR Pontianak di Pangkalan Udara Supadio Pontianak resmi ditutup pada pukul 17.00 WIB. Tujuannya untuk mengevakuasi pesawat  [AirAsia](2154454 "") di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Tim SAR Pontianak pun bergerak cepat. Namun, jajaran Pangkalan Udara (Lanud) Supadio Pontianak tetap siaga di wilayahnya.

>>>Selasa 30 Desember 2014>>>

Selasa 30 Desember 2014

 

Pukul 23:45 WIB

Kepala Sub Seksi [Operasi SAR](2154453 "") Pontianak, Yulius Cahyono mengungkapkan, setelah mendapat kabar adanya penemuan pesawat AirAsia di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, pihaknya langsung dikontak Basarnas pusat untuk berpindah ke wilayah tersebut.

Pukul 23:17 WIB

Badan SAR Nasional (Basarnas) menyatakan akan memfasilitasi setiap keinginan keluarga penumpang pesawat [AirAsia](2154451 "") QZ8501. Termasuk jika ada pihak keluarga yang ingin ke Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

Pukul 22:25 WIB

Kementerian Luar Negeri Inggris (FCO) segera merespons penemuan serpihan dan jasad penumpang pesawat [AirAsia](2154448 "") QZ8501. Mereka memastikan salah satu penumpang di pesawat itu adalah warga negaranya.

Pukul 21:21 WIB

Keluarga penumpang Pesawat [AirAsia](2154438 "") QZ8501 menggelar doa bersama di rumah Jo Indri yang berada di Jalan Kupang Baru Nomor 58, Surabaya, Jawa Timur. Penumpang atas nama Jo Indri, Jie Stephanie Gunawan, Jie Steven Gunawan, Jie Stevie Gunawan, Jie Charly Gunawan, Meiji Thejakusuma serta Kristanto adalah 1 keluarga.

Pukul 20:42 WIB

Pencarian yang dilakukan tim SAR gabungan membuahkan hasil. Beberapa [serpihan pesawat AirAsia](2154411 "") QZ8501 dan beberapa korban penumpang pesawat jurusan Surabaya-Singapura itu ditemukan di perairan Kalimantan tak jauh dari Pangkalan Bun.

Pukul 20:23 WIB

Minggu 28 Desember 2014 adalah [penerbangan terakhir bagi AirAsia](2154397 "") QZ8501. Laju pesawat rute Surabaya-Singapura itu terhenti di perairan bagian utara Laut Jawa dekat Selat Karimata.


Pukul 20:12 WIB

Presiden Joko Widodo atau [Jokowi menginstruksikan](2154390 "") kepada seluruh tim SAR gabungan untuk segera melakukan pencarian besar-besaran korban dan serpihan pesawat AirAsia QZ8501 di perairan Karimata.

Pukul 19:39 WIB

Polri turut ambil bagian dalam upaya pencarian pesawat AirAsia QZ8501 yang hilang sejak hari Minggu lalu. Sedikit berbeda dengan tim lainnya, Polri memanfaatkan [sinyal telepon seluler](2154372 "") (ponsel) untuk melacak keberadaan korban.

Pukul 19:35 WIB

Kepala Basarnas Marsdya TNI Henry Bambang Sulistyo memastikan, [benda-benda yang ditemukan](2154361 "") di perairan Kalimantan dekat Selat Karimata adalah bagian dari pesawat AirAsia QZ8501 yang hilang kontak sejak Minggu 28 Desember 2014.

Pukul 19:21 WIB

Sejumlah serpihan dan jasad pesawat maskapai [AirAsia](2154360 "") dengan nomor penerbangan QZ8501 telah ditemukan di perairan Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah melihat langsung ke lautan tempat ditemukannya puing dan korban dengan menggunakan pesawat Hercules C-130.

Pukul 19:00 WIB

Sebanyak [3 jasad telah dievakuasi](2154346 "") tim pencari pesawat AirAsia QZ8501 di perairan Kalimantan dekat Selat Karimata. Saat ini, jenazah telah berada di KRI Bung Tomo yang terdiri dari 2 wanita dan 1 laki-laki.

Basarnas AirAsia

Pukul 18.26 WIB

Kabid Dokkes Polda Jawa Timur Kombes Pol Dokter Budiyono mengatakan, dengan temuan jasad penumpang, pihaknya segera mengumpulkan antemortem dari keluarga korban guna mengidentifikasi jasad [pesawat AirAsia QZ8501](2154316 "") yang ditemukan. Antemortem adalah data yang didapatkan dari keluarga ataupun dari instansi korban semasa hidup. DNA dan sidik jari termasuk dalam data ini.

Pukul 18.15 WIB

Tim SAR menemukan 10 benda berwarna putih yang dipastikan serpihan pesawat AirAsia dan pelampung. Penemuan serpihan ini berada di 190 kilometer Barat Daya Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Tim SAR juga [menemukan banyak jenazah penumpang](2154311 "") pesawat yang menjadi korban dalam kecelakaan ini di Pulau Gosong Sengora sekitar 90 kilometer dari Pangkalan Bun.

Serpihan di Lokasi Pencarian AirAsia

Pukul 18.00 WIB

Badan SAR Nasional (Basarnas) Provinsi Bangka Belitung (Babel) menyediakan [200 unit kantong jenazah](2154309 "") untuk mengevakuasi korban diduga penumpang pesawat AirAsia QZ8501 yang hilang sejak Minggu 28 Desember lusa kemarin. Kantong mayat itu disalurkan tim pencari AirAsia ke posko Pangkalan Bun yang menjadi tempat evakuasi penemuan mayat dan serpihan pesawat.

200 Kantong Jenazah Disiapkan untuk Evakuasi Korban AirAsia

Pukul 17.00 WIB

Badan SAR Nasional (Basarnas) akan [mengerahkan seluruh aset udara](2154263 "") di Bangka Belitung ke Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah, untuk membantu proses evakuasi dan pengangkatan serpihan dan korban AirAsia QZ8501 yang ditemukan di sekitar wilayah itu.

Proses Pencarian AirAsia Lewat Laut

Pukul 16.34 WIB

Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya FH Bambang Soelistyo mengatakan, Tim Dissaster Victim Identification (DVI) Mabes‎ Polri telah disiapkan untuk [mengidentifikasi jasad-jasad](2154256 "") yang sudah ditemukan. Tim DVI akan mengidentifikasi jasad-jasad itu di Surabaya, Jawa Timur.

airasia ditemukan

Pukul 16.05 WIB

[Presiden Jokowi](2154232 "") langsung berangkat menuju salah satu posko pencarian hilangnya pesawat AirAsia QZ8501 yang terletak di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Jokowi beserta rombongan akan meninjau langsung proses evakuasi korban pesawat yang hilang sejak Minggu 28 Desember 2014 lalu.

Datangi Basarnas, Jokowi Koordinasikan Pencarian AirAsia QZ8501

Pukul 15.34 WIB

Pesawat AirAsia QZ8501 yang hilang dalam penerbangan Surabaya-Singapura pada Minggu 28 Desember 2014 ditemukan di hari ketiga. Di bawah laut Selat Karimata. Setidaknya 3 jasad penumpang telah dievakuasi ke [Pangkalan Bun](2154178 ""). Proses pencarian akan terus dilakukan meski sejumlah hambatan dialami tim seperti kondisi ombak lebih dari 2 meter, dan kecepatan angin lebih dari 20 knot.

Pukul 15.05 WIB

[Tim SAR mengevakuasi satu jasad](2154182 "") di lokasi pencarian pesawat AirAsia QZ8501 di Selat Karimata, perairan Kalimantan Selatan. Jasad yang diduga wanita itu terapung di laut.

Suasana Pencarian AirAsia dari Atas Hercules

Pukul 15.04 WIB

Penyelam diterjunkan evakuasi AirAsia QZ8501

Basarnas AirAsia

Pukul 14.58 WIB

Setelah penemuan serpihan berwarna merah di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, yang dinyatakan bagian dari pesawat AirAsia QZ8501 berupa emergency exit door dan jasad korban. Pihak Basarnas memastikan seluruhnya akan dibawa ke Pangkalan Bun. Pemilihan lokasi tersebut, sambung Bambang, karena pangkalan itu dianggap sebagai landasan yang terdekat dengan lokasi penemuan benda-benda atau serpihan-serpihan yang diduga pesawat itu.

Pukul 14.50 WIB

Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsdya TNI F Henry Bambang Sulistyo menjelaskan soal penemuan serpihan diduga pesawat AirAsia QZ8501 yang ditemukan di perairan Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Dia mengatakan, di antara beberapa serpihan yang ditemukan, ada objek yang sangat mirip pintu darurat pesawat. Kata dia, kemungkinan serpihan itu berasal dari pesawat AirAsia QZ8501.

Suasana Pencarian AirAsia dari Atas Hercules

Pukul 14.49 WIB

Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Bambang Sulistyo menyatakan, tim pencari pesawat AirAsia QZ8501 yang hilang kontak menemukan benda-benda serpihan pesawat, bayangan pesawat, dan objek yang diduga jasad penumpang.

Pukul 14.48 WIB

Pesawat AirAsia QZ8501 dipastikan telah ditemukan. Serpihan demi serpihan yang ditemukan di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Basarnas memastikan benda-benda tersebut merupakan bagian dari pesawat AirAsia QZ8501. "Saya pastikan benda-benda itu adalah bagian dari pesawat yang kita cari (AirAsia QZ8501)," kata Kepala Basarnas Bambang Sulistyo di Kantor Basarnas, Kemayoran, Jakarta, Selasa (30/12/2015).

Kepastian itu, menurut Bambang, diperolehnya atas penglihatan di lapangan oleh komandan unsur yang menyatakan telah menemukan emergency exit door atau pintu keluar darurat.



Pukul 13.55 WIB

Tim pencari pesawat AirAsia QZ8501 dari TNI Angkatan Udara (AU) dikabarkan melihat sesosok jasad manusia, di perairan Selat Karimata yang berada dekat dengan Teluk Air Hitam, Kalimantan Barat. Penemuan tersebut terlihat dari jepretan gambar seorang fotografer media yang berada di dalam Hercules A139 yang dipiloti Mayor Penerbang Akal Juang.

Pukul 13.28 WIB

Ada 10 serpihan di lokasi pencarian AirAsia QZ8501 di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

Serpihan Diduga AirAsia

Pukul 12.30 WIB

Kepolisian Perairan Polda Kepulauan Bangka Belitung menerima laporan penemuan serpihan benda berbentuk segi empat berwarna merah. Laporan itu disampaikan seorang nelayan asal Kecamatan Belinyu.

Serpihan Ditemukan di Lokasi Pencarian AirAsia QZ8501

Pukul 09.22 WIB

Kepala Basarnas Marsdya TNI Bambang Sulistyo mendapat informasi adanya 2 nelayan yang mengaku melihat dan mendengar dentuman di sekitar lokasi hilangnya AirAsia QZ8501. Basarnas langsung menindaklanjuti informasi itu pada pencarian hari ketiga ini.

Pukul 07.10 WIB

Pencarian AirAsia QZ8501 dilanjutkan. Lokasi pencarian diperluas menjadi 13 titik.

 

>>Senin 29 Desember 2014>>

Senin 29 Desember 2014

Senin 29 Desember 2014

Pukul 19.20 WIB

Pencarian AirAsia QZ8501 di selat karimata dihentikan dan dilanjutkan Selasa.

Pukul 18.01 WIB

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AL Laksamana Pertama Manahan Simorangkir mengatakan pihaknya telah memeriksa lokasi diduga jatuhnya tumpahan minyak di laut atau tepatnya di Selat Karimata, antara Pulau Kalimantan dan Pulau Belitung, di bawah rute penerbangan pesawat AirAsia QZ8501 yang hilang kontak. Namun menurut petugas di lokasi, tumpahan minyak itu bukan dari AirAsia.

Pukul 16.48 WIB

Pesawat Orion milik Australia dilaporkan mendeteksi 'objek' dekat Pulau Nangka, di Barat Daya Pangkalan Bun, Kalimantan. Atau sekitar 1.120 km dekat lokasi AirAsia QZ8501 hilang kontak.

Pukul 15.59 WIB

Wakil Presiden Jusuf Kalla mendatangi Posko Crisis Center, tempat para keluarga penumpang pesawat AirAsia QZ8501 menunggu kabar keluarga mereka di Terminal II Bandara Juanda, Surabaya, Jawa Timur.

Pukul 15.06 WIB

Basarnas Mulai cari tumpahan minyak AirAsia QZ8501 di Selat Karimata

Pukul 14.40 WIB

Jokowi ke Kantor Basarnas cek perkembangan pencarian AirAsia QZ8501

Pukul 14.15 WIB

Kepala Dinas TNI Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama Manahan Simorangkir mengatakan, proses pencarian Pesawat AirAsia dengan nomor penerbangan QZ8501 saat ini berpotensi menemui kendala. Pertama adalah lokasi pasti hilangnya pesawat tersebut. Sebab, belum ada kepastian di titik mana pesawat tipe Airbus A320-200 itu hilang. Kendala lain adalah kurangnya data-data saat pesawat itu hilang, belum lagi saat ini musim angin utara‎. Di mana dengan kondisi seperti ombak di lautan begitu deras.

Pukul 10.01 WIB

TNI AD menerbangkan 4 helikopter dari Pusat Penerbang TNI AD (Puspenerbad) untuk melakukan pencarian AirAsia QZ8501 di wilayah perairan Bangka Belitung dan wilayah darat Kalimantan Barat. Kepala Dinas Penerangan TNI AD, Kolonel Wuryanto mengatakan, 4 heli tersebut terdiri dari 2 Heli Bell 412 dan 2 Heli MI 35P. 2 Heli diterbangkan ke Tanjung Pandan pulau Bangka. 1 Heli menuju Pangkalan Bun Kalbar dan 1 heli menuju ke Pangkal Pinang. TNI Angkatan Laut (AL) juga menyiapkan 8 Kapal Perang Republik Indonesia (KRI).

Pukul 09.41 WIB

Kepala Basarnas Marsekal Madya Bambang Soelistyo mengatakan, diperkirakan pesawat AirAsia QZ8501 yang mengangkut 155 penumpang dan 7 awak tersebut berada di dasar laut yang diperkirakan di Laut Jawa.

Pukul 09.11 WIB

Pencarian AirAsia QZ8501 dilanjutkan, Basarnas perluas titik pencarian di Laut Jawa

 

>>Minggu 28 Desember 2014>>

Minggu 28 Desember 2014

Minggu 28 Desember 2014

Pukul 22.00 WIB

Pencarian AirAsia QZ8501 dihentikan

Pukul 21.37 WIB

Hercules dan Heli Superpuma Diterjunkan Cari Pesawat AirAsia

Pukul 17.43 WIB

Polri Terjunkan Regu Ditpolair Kalbar Cari AirAsia QZ8501

Pukul 17.17 WIB

TNI Kerahkan 5 Pesawat dan 3 KRI Cari AirAsia QZ8501

Pukul 16.24 WIB

8 Boat Basarnas Diterjunkan Melacak Jejak AirAsia

Pukul 15.58 WIB

Hercules dan Heli Superpuma Diterjunkan Cari Pesawat AirAsia

Pukul 14.27 WIB

Pusat informasi di Terminal 2 Bandara Juanda pun dipenuhi keluarga penumpang.

Pukul 13.10 WIB

Pelaksana Tugas Dirjen Perhubungan Udara Djoko Murdjatmodjo menyatakan, jika masih terbang pesawat AirAsia QZ8501 tersebut sudah kehabisan bahan bakar karena sejak terbang sampai saat ini sudah melewati lebih dari 8 jam. "Kalau masih terbang terus sampai sekarang bahan bakarnya habis. Posisi lost contact (hilang kontak) sudah lebih 1 jam terbang," ujar Djoko.

Pukul 12.49 WIB

Untuk pencarian AirAsia QZ8501, Basarnas mengirim 7 kapal pencari ke posisi antara Tanjung Pandan, Belitung, dan Pontianak, Kalimantan Barat.

Pukul 12.31 WIB

Kementerian Hubungan telah memastikan Pesawat AirAsia jurusan Surabaya-Singapura mengalami hilang kontak. Namun, pesawat dengan nomor penerbangan QZ 8501 itu belum dinyatakan celaka.

Pukul 12.21 WIB

Badan Penerbangan Singapura (CAAS) mengatakan Angkatan Udara Singapura telah menerjunkan 2 pesawat jenis Hercules C130 untuk membantu petugas Indonesia mencari AirAsia yang mengangkut 155 orang tersebut.

Pukul 11.46 WIB

TNI AU mengirimkan pesawat Boeing 737 surveilance untuk mencari Pesawat AirAsia yang hilang kontak dalam perjalanan dari Surabaya, Jawa Timur, menuju Singapura. Tim pencari terdiri atas 17 orang terdiri dari tim outing dan tim pemantau radar.

Pukul 10.49 WIB

Badan SAR Nasional (Basarnas) melaporkan pesawat jenis Airbus 320 itu hilang kontak di sekitar Teluk Kumai, dekat Pulau Belitung. "Menurut Petugas ATC Bandara Soekarno Hatta Jakarta, koordinat terakhir kontak pesawat pada 03 09 15 S – 111 28 21 E," demikian keterangan Basarnas lewat akun Facebook.

Pukul 07.28 WIB

Sesuai prosedur, ATC Jakarta menyatakan pesawat AirAsia QZ8501 hilang kontak pada pukul 07.08 WIB sebagai tahap pertama. Lalu tahap lanjutan, 20 menit kemudian dinyatakan hilang pukul 07.28 WIB, diikuti pukul 07.55 WIB dinyatakan pesawat hilang.

Pukul 06.18 WIB

Pesawat benar-benar menghilang dari radar. Hanya ada rencana penerbangan saja pada radar. Namun jejak si burung besi telah menghilang.

Pukul 06.17 WIB

Pesawat mulai tak terlacak. Pesawat hanya tampak sinyal HDSP. Pada saat itu pesawat sekaligus hilang kontak dengan ATC.

Pukul 06.12 WIB

Pesawat AirAsia QZ8501 kontak ATC (Air Traffic Controller/menara pengawas) radar Jakarta pada frekuensi 125 megahertz (MHz). Saat itu, pesawat dapat diidentifikasi oleh layar radar Jakarta. Namun saat kontak tersebut, pesawat meminta untuk naik ke ketinggian 38 ribu kaki demi menghindari awan.

Pukul 05.36 WIB

Pesawat AirAsia QZ8501 berangkat dari Surabaya menuju Singapura dengan ketinggian 32 ribu kaki atau flight level plan 320. Pesawat terbang dengan jalur M635.

(Mut)

Tidak ada komentar: